Minggu, 13 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Rizieq Shihab Akan Ajukan Praperadilan ke PN Jakarta Selatan

Posted: 13 Dec 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab berencana mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini, Senin (14/12/2020).

Diketahui, Rizieq Shihab telah ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. Adapun yang bersangkutan sudah ditetapkan menjadi tersangka atas kasus dugaan pelanggaran Covid-19 pada kegiatan di Tebet, Jakarta Selatan, dan Petamburan, Jakarta Pusat.

"Insyaallah (hari ini) segera diserahkan ke PN Jaksel," kata kuasa hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar saat dikonfirmasi.

Meski demikian, dirinya tak mau membeberkan lebih lanjut alasan Rizieq Shihab mengajukan praperadilan. Menurutnya, itu akan dijelaskan usai resmi melaporkan prosesnya ke PN Jaksel.

"Nanti dijelaskan," singkat dia.

 

Rizieq Shihab Ditahan

Sebelumnya, Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab resmi ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya sejak Minggu dini hari. Penahanan disampaikan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, Minggu (13/12/2020).

Argo menjelaskan, penahanan dilakukan atas rekomendasi penyidik yang menangani kasus dugaan pelanggaran Covid-19 pada kegiatan di Tebet, Jakarta Selatan, dan Petamburan, Jakarta Pusat.

Penyidik menilai perlu menahan Rizieq Shihab selama 20 hari ke depan terhitung dari 12 Desember 2020.

Kepolisian menemukan ada pelanggaran hukum pada kegiatan yang terjadi Jumat 13 November dan Sabtu 14 November 2020 di Tebet, Jakarta Selatan dan Petamburan, Jakarta Pusat. Penyidik menilai Rizieq Shihab melanggar Pasal 160 KUHP dan Pasal 216 KUHP.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton 7 Drama Korea Gratis di Vidio Selama Bulan Desember, Yuk Cek Daftar Judulnya

Posted: 13 Dec 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Drama Korea selalu bisa mencuri perhatian lewat kisah-kisah menarik yang disuguhkan. Setiap tahunnya, banyak drama baru dengan cerita unik yang sayang untuk dilewatkan. 

Bahkan, ada beberapa drama Korea yang kisahnya bikin penonton sulit move on. Tak jarang, hal itu membuat sejumlah orang memilih untuk menonton kembali drama tersebut karena punya cerita yang begitu berkesan.

Di penghujung tahun 2020 ini, platform streaming Vidio kembali menyuguhkan deretan drama Korea gratis yang bisa kamu tonton selama bulan Desember.

Meski bukan tergolong drama baru, namun judul-judul yang disuguhkan adalah serial yang populer pada masanya. Jalan ceritanya pun apik dan didukung akting keren para selebriti papan atas Korea Selatan.

Kira-kira drama Korea apa saja ya yang bisa ditonton gratis? Yuk, simak artikelnya berikut ini.

1. Welcome To Waikiki

Serial drama Korea Welcome to Waikiki. (Sumber: Vidio)
Serial drama Korea Welcome to Waikiki. (Sumber: Vidio)

Drama komedi Welcome To Waikiki menceritakan persahabatan Kang Dong Goo (Kim Jung Hyun), Bong Doo Sik (Son Seung Won) dan Lee Jon Ki (Lee Yi Kyun). Demi bertahan hidup, ketiganya menjalankan bisnis guest house yang sepi pengunjung bernama Waikiki.

Suatu pagi, mereka dikejutkan dengan bayi misterius yang muncul secara tiba-tiba. Meski awalnya membuat hidup mereka semakin kacau, kehadiran bayi tersebut justru membawa berkah.

Usaha penginapan mereka mendadak ramai. Namun, kedatangan ibu dari bayi tersebut justru membuat keadaan semakin ruwet. Aksi kocak dari para pemainnya dijamin bisa bikin kamu ketawa terpingkal-pingkal jika menonton drama ini.

2. Strong Girl Bong Soon

Drama Korea Strong Girl Bong Soon kini dapat ditonton di paltform streaming Vidio. (Sumber: Vidio)
Drama Korea Strong Girl Bong Soon kini dapat ditonton di paltform streaming Vidio. (Sumber: Vidio)

Serial Strong Girl Bong Soon berpangkal pada cerita seorang gadis imut bertubuh mungil yang memiliki kekuatan super. Do Bong Soon (Park Boo Young) mewarisi kekuatan tersebut dari keluarganya.

Tak disangka, kelebihan itu membawa berkah bagi Bong Soon. Pertemuannya dengan Min Hyuk (Park Hyung Sik) menjadi jalan bagi dirinya untuk mendapatkan pekerjaan. Min Hyuk adalah seorang CEO perusahaan video gim Ainsoft.

Kerap mendapat teror dari orang tak dikenal, ia pun merekrut Bong Soon sebagai bodyguard yang bisa melindunginya. Kisah cinta segitiga antara Bong Soon, Min Hyuk, dan In Guk Doo (Ji Soo) menjadi bumbu pelengkap dalam drama ini.

3. The World of the Married

Drama Korea The World of the Married di Vidio. (credit: Vidio)
Drama Korea The World of the Married di Vidio. (credit: Vidio)

The World of the Married sukses menjadi salah satu drama paling hits di tahun 2020. Kisahnya tentang rumah tangga Ji Sun Woo (Kim Hee Ae) dan Lee Tae Oh (Park Hae Joon) yang hancur akibat orang ketiga.

Mengetahui suaminya berselingkuh dengan Da Kyung (Han So Hee), Ji Sun Woo tak ingin gegabah. Ia pun menyusun rencana balas dendam untuk membuat hidup Lee Tae Oh menderita.

4. Descendants of the Sun

Drama Korea Descendants of The Sun yang kini bisa ditonton di Vidio. (credit: Vidio).
Drama Korea Descendants of The Sun yang kini bisa ditonton di Vidio. (credit: Vidio).

Dirilis pada 2016 silam, Descendants of the Sun dapat dikatakan sebagai salah satu drama terbaik sepanjang masa. Sampai saat ini, masih banyak penggemar yang sulit move on dengan peran Song Joong Ki dan Song Hye Kyo dalam serial tersebut.

Kisahnya tentang Yoo Si Jin (Song Joong Ki), pimpinan pasukan khusus Angkatan Darat Korea Selatan bernama Tim Alpha. Pertemuannya dengan dokter Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) menjadi fokus drama ini.

Lantaran berbeda profesi, Kang Mo Yeon ragu akan hubungannya dengan Si Jin. Pekerjaan Si Jin sebagai tentara bisa membunuh orang sewaktu-waktu. Di sisi lain, Mo Yeon adalah dokter yang menganggap nyawa manusia adalah hal paling utama untuk diselamatkan.

5. The Beauty Inside

Drama Korea The Beauty Inside kini tayang di Vidio. (Sumber: Vidio)
Drama Korea The Beauty Inside kini tayang di Vidio. (Sumber: Vidio)

Serial drama yang diadaptasi dari film berjudul serupa ini dibintangi Seo Hyun Jin dan Lee Min Ki. The Beauty Inside berkisah tentang Han Se Gae (Seo Hyun Jin), seorang aktris papan atas yang memiliki rahasia besar. 

Se Gae akan mengalami perubahan menjadi orang lain selama satu minggu setiap pekannya. Sedangkan Seo Deo Jae (Lee Min Ki) adalah CEO kaya yang tidak bisa membedakan wajah orang karena memiliki cedera otak.

6. My Sassy Girl

Drama Korea My Sassy Girl dapat disaksikan di platform streaming Vidio. (Sumber: Vidio)
Drama Korea My Sassy Girl dapat disaksikan di platform streaming Vidio. (Sumber: Vidio)

My Sassy Girl merupakan drama yang diadaptasi dari film berjudul serupa. Diproduksi pada 2001, serial ini mengusung genre komedi romantis yang berlatar di era Dinasti Joseon. 

Gyeon Woo (Jo Won) adalah pria berhati dingin. Sementara Hye Myung (Oh Yeon Seo) merupakan putri raja yang kerap membuat masalah. Keduanya sama-sama memiliki karakter unik. 

7. Hwarang

Serial Drama Korea Hwarang. (Sumber: Vidio)
Serial Drama Korea Hwarang. (Sumber: Vidio)

Dibintangi Park Seo Joon, drama ini berpangkal pada konflik yang terjadi di zaman Kerajaan Silla 1.500 tahun lalu. Untuk melindungi tahta Raja Sam Maek Jong, dibentuklah sebuah pasukan elite laki-laki bernama "Hwarang".

Sesuai dengan namanya yang berarti "indah seperti bunga", syarat untuk masuk kelompok prajurit ini haruslah laki-laki tampan, pintar, dan pandai bela diri.

Selain Park Seo Joon, drama ini juga diperankan sederet aktor tampan lainnya seperti Park Hyung Sik, Choi Min Ho, dan Kim Tae Hyung alias V BTS.

Nah, itu adalah tujuh drama Korea gratis yang bisa kamu tonton di platform streaming Vidio selama bulan Desember 2020. Jangan lupa juga untuk mengunduh aplikasi Vidio supaya memudahkan kamu menonton tayangan berkualitas lainnya di mana pun dan kapan pun.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perbandingan Kandungan Kafein Kopi, Teh, dan Cokelat, Pilih Sesuai Kebutuhan

Posted: 13 Dec 2020 10:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kopi, teh, dan cokelat merupakan minuman populer di dunia. Ketiga minuman ini punya penggemarnya masing-masing. Baik kopi, teh, dan cokelat, ketiganya punya banyak manfaat bagi tubuh.

Salah satu hal yang diperhatikan dari ketiga minuman ini adalah kafeinnya. Kopi, teh, dan cokelat sama-sama memiliki jumlah kafein. Ketiga minuman ini punya jumlah kafein yang berbeda.

Tingkat kafein antara kopi, teh, dan cokelat juga berbeda tergantung pengolahan dan cara penyajiannya. Kafein dalam bubuk kakao, teh, dan kopi bisa membantu mengawali hari yang lebih bersemangat dan merasa lebih produktif sepanjang hari.

Menurut MayoClinic, 400 mg kafein sehari dianggap aman bagi kebanyakan orang dewasa. Namun, kepekaan orang terhadap kafein bervariasi. Jadi, penting mengetahui perkiraan jumlah kafein setiap minuman, terutama kopi, teh, dan cokelat.

Berikut perbandingan kandungan kafein dalam kopi, teh, dan cokelat, yang berhasil Liputan6.com rangkum, Senin(14/12/2020).

Kafein dalam kopi

ilustrasi secangkir kopi/Photo by Brigitte Tohm on Unsplash
ilustrasi secangkir kopi/Photo by Brigitte Tohm on Unsplash

Dilansir Liputan6.com dari Live Strong, jumlah kafein dalam secangkir kopi dapat bervariasi tergantung pada bagaimana biji kopi dipanggang, digiling dan diseduh. Namun secara keseluruhan, kopi mengandung kafein paling banyak jika dibandingkan dengan teh atau kakao.

Jika Anda ingin mengurangi asupan kafein, minum kopi tanpa kafein atau menggantinya dengan teh atau cokelat dapat sangat membantu.

Perkiraan jumlah kafein dalam kopi

ilustrasi secangkir kopi/Photo by Public Domain Pictures/Pexels
ilustrasi secangkir kopi/Photo by Public Domain Pictures/Pexels

Dilansir Liputan6.com dari Healthline, berikut perkiraan jumlah kafein dalam beberapa jenis kopi:

Kopi tanpa kafein (decaf): 1 cangkir mengandung sekitar 2 mg kafein.

Kopi hitam (reguler): 1 cangkir mengandung rata-rata 95 mg kafein.

Espresso: 1 shot (30 ml) mengandung sekitar 63 mg kafein.

Kopi instan: 1 cangkir kopi instan mengandung 63 mg kafein.

Latte atau moka: 1 cangkir mengandung 63-126 mg kafein.

Kafein dalam teh

Ilustrasi teh (unsplash.com/Rawpixel).
Ilustrasi teh (unsplash.com/Rawpixel).

Menurut Live Strong, seperti kopi, teh mengandung tingkat kafein yang berbeda. Perbedaan ini tergantung pada lamanya waktu menyeduh, merek, bagian air teh, dan ukuran porsi. Misalnya, teh hijau mengandung lebih sedikit kafein daripada teh hitam.

Beda dengan teh yang terbuat dari daun Camelia Sinesis, teh herbal seperti teh jahe, kembang sepatu, chamomole, dan tumbuhan lainnya tidak mengandung jumlah kafein.

Perkiraan jumlah kafein dalam teh

ilustrasi teh herbal/Photo by Drew Jemmett on Unsplash
ilustrasi teh herbal/Photo by Drew Jemmett on Unsplash

Dilansir Liputan6.com dari Healthline, berikut perkiraan jumlah kafein dalam beberapa jenis teh:

Teh hitam: 1 cangkir mengandung 25-48 mg kafein

Teh hijau: 1 cangkir mengandung 25-29 mg kafein

Teh oolong: 1 cangkir mengandung rata-rata 36 mg kafein

Teh putih: 1 cangkir mengandung rata-rata 37 mg kafein

Teh pu-erh: 1 cangkir pu-erh hitam mengandung 60-70 mg kafein, sedangkan 1 cangkir pu-erh hijau mengandung 30-40 mg kafein.

Teh chai: 1 cangkir mengandung antara 31-45 mg kafein.

Kombucha: kombucha biasanya mengandung hingga setengah dari kandungan kafein yang ditemukan dalam teh yang dibuat dengannya, atau tidak sama sekali jika dibuat dengan teh herbal.

Kafein dalam cokelat

Cokelat panas (iStockphoto)
Cokelat panas (iStockphoto)

Menurut Live Strong, seperti kopi dan teh, cokelat panas juga mengandung kafein. Apa pun yang terbuat dari cokelat pasti mengandung kafein. Ini karena coklat terbuat dari biji kakao yang mengandung kafein. Namun, kandungan kafein dalam cokelat jauh lebih rendah daripada kopi dan teh.

Jumlah pasti kafein yang ditemukan dalam cokelat panas bergantung pada bagaimana ia dibuat. Minuman dari cokelat hitam biasanya paling banyak berkafein. Itu karena cokelat hitam mengandung lebih banyak padatan kakao daripada cokelat susu.

Jika Anda ingin menurunkan jumlah kafein dalam cokelat, coba tambahkan lebih banyak susu sambil mengurangi jumlah bubuk kakao dalam cangkir, atau campur bubuk kakao dengan lebih banyak air panas. Cokelat bisa jadi minuman alternatif dari kopi atau teh bagi Anda yang menghindari kafein.

Perkiraan jumlah kafein dalam cokelat

Ilustrasi Cokelat Panas Credit: unsplash.com/Giancarlo
Ilustrasi Cokelat Panas Credit: unsplash.com/Giancarlo

Dilansir Liputan6.com dari Healthline, berikut perkiraan jumlah kafein dalam beberapa jenis cokelat:

Susu coklat siap minum: 1 cangkir mengandung 0-2 mg kafein.

Minuman cokelat hitam: 1 cangkir bisa mengandung 8-25 mg kafein.

Minuman berbahan dasar cokelat Meksiko: 1 cangkir mengandung sekitar 1 mg kafein.

Manfaat kafein

ilustrasi cokelat panas/Photo by Erol Ahmed on Unsplash
ilustrasi cokelat panas/Photo by Erol Ahmed on Unsplash

Dalam resep dan obat bebas, kafein digunakan untuk mengobati kelelahan dan kantuk, dan untuk meningkatkan efek dari beberapa pereda nyeri. Makanan yang mengandung kafein dapat membantu memulihkan kewaspadaan. Berikut beberapa manfaat kafein:

Tingkatkan level energi

Kopi dapat membantu tubuh merasa tidak terlalu lelah dan meningkatkan tingkat energi. Setelah mengonsumsi kafein, zat ini diserap ke aliran darah. Dari sana, ia bergerak ke otak. Di otak, kafein memblokir neurotransmitter adenosin penghambat. Ketika ini terjadi, jumlah neurotransmitter lain seperti norepinefrin dan dopamin meningkat, yang menyebabkan peningkatan energi.

Tingkatkan fungsi otak

Banyak penelitian terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak - termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi, dan fungsi mental secara umum.

Bantu bakar lemak

Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak komersial. ni adalah salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolisme. Ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Turunkan risiko diabetes tipe 2

Untuk beberapa alasan, peminum kopi memiliki risiko diabetes tipe 2 yang berkurang secara signifikan. Menurut tinjauan besar dari 18 penelitian di total 457.922 orang, setiap cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan 7% risiko diabetes tipe 2.

 

Dampak negatif kafein

ilustrasi kafein/Photo by Nathan Dumlao on Unsplash
ilustrasi kafein/Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Beberapa efek samping yang terkait dengan asupan berlebih kopi termasuk kecemasan, kegelisahan, tremor, detak jantung tidak teratur, dan kesulitan tidur. Terlalu banyak kafein juga dapat meningkatkan sakit kepala, migrain, dan tekanan darah tinggi pada beberapa individu.

Selain itu, kafein dapat dengan mudah melewati plasenta, yang dapat meningkatkan risiko keguguran atau berat badan lahir rendah. Wanita hamil harus membatasi asupan kafein.

Kafein juga dapat berinteraksi dengan beberapa obat. Orang yang memakai pelemas otot Zanaflex atau antidepresan Luvox harus menghindari kafein karena obat ini dapat meningkatkan efeknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tumbangkan Yaris dan Jazz, Mobil Ini Sabet Gelar Mobil Terbaik di Jepang

Posted: 13 Dec 2020 10:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penghargaan mobil terbaik Jepang atau Car of The Year Japan 2020-2021 menobatkan Subaru Levorg sebagai jawaranya. Mobil ini mengalahkan dua pesaing beratnya, Toyota Yaris dan Honda Jazz.

Melansir Motoring Research, Subaru Levorg mendapatkan gelar sebagai yang terbaik, berdasarkan penilaian dari 60 juri.

Mobil ini, mendapatkan 437 suara mengalahkan Toyota Yaris yang hanya mendapatkan 320 suara dan berhak menjadi yang terbaik kedua. Sedangkan Honda Jazz yang mendapatkan 300 suara menempati posisi ketiga.

"Merupakan kehormatan besar bahwa Levorg telah diakui dengan penghargaan istimewa ini," kata Presiden Subaru Corporation, Tomomi Nakamura.

"Saya ingin berterima kasih kepada pelanggan kami dan semua pemangku kepentingan lainnya atas dukungan mereka yang berkelanjutan untuk Subaru," tambahnya.

Subaru Levorg sendiri baru dijual untuk pasar Jepang. Tapi, jenama Negeri Matahari Terbit ini, berencana untuk meluncurkan Levorg di Eropa dan Australia. Namun, belum diketahui pasti, kapan model ini akan meluncur di pasar lain.

Daftar mobil terbaik di Jepang

1. Subaru Levorg

2. Toyota Yaris

3. Honda Fit/Jazz

4. Peugeot e208

5. Land Rover

6. Audi e-Tron

7. Mazda MX-30

8. BMW Alpina B3

9. BMW 2-Series Gran Coupe

10. Nissan Kicks 

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:Serunya Subaru WRX Diajak Menaklukkan Kubangan Lumpur]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK: Indonesia Kuasai Pasar IPO di ASEAN Selama Pandemi Covid-19

Posted: 13 Dec 2020 10:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, Pasar Modal Indonesia memiliki jumlah pencatatan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) tertinggi di antara seluruh negara ASEAN selama pandemi Covid-19.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen melaporkan, jumlah perusahaan yang telah memperoleh pernyataan efektif untuk melakukan IPO hingga November 2020 telah mencapai 46 emiten baru.

"Penambahan jumlah emiten tersebut juga merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan seluruh negara di kawasan Asean," ujar Hoesen dalam sesi webinar yang diselenggarakan Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (14/12/2020).

Sebagai catatan, BEI hingga 14 Desember 2020 telah kedatangan dua tambahan emiten baru, yakni PT Djasa Ubersakti Tbk (PTDU) dan PT Trimitra Prawara Goldland Tbk (ATAP). Dengan begitu, jumlah IPO di sepanjang tahun ini telah mencapai 48 emiten.

Lebih lanjut, Hoesen menceritakan, Pasar Modal Indonesia juga sebenarnya tak luput dari tekanan pandemi Covid-19. Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat terpuruk di titik terendahnya pada Maret 2020, yakni di posisi 3.937,63.

"Namun pada 7 Desember 2020, IHSG sudah kembali menguat dan berada pada posisi 5.930,76, atau tumbuh minus 5,85 persen year to date," jelasnya.

Adapun pada sesi penutupan perdagangan Jumat (11/12/2020) akhir pekan lalu, IHSG ditutup di posisi 5.938,42 poin, naik 0,08 persen dari sesi penutupan Kamis (10/12/2020) sebelumnya.

Hoesen pun mengatakan, nilai kapitalisasi pasar (market cap) di Bursa Efek Indonesia telah mencapai lebih dari Rp 6.895 triliun, dan jadi yang tertinggi di Asia Tenggara.

"Kondisi ini lebih baik jika dibandingkan dengan peer country di Asean, seperti Singapura yang mengalami minus 12,25 persen, Thailand minus 8,23 persen, dan Filipina minus 7,83 persen," paparnya.

"Berbagai data indikator pasar modal kita di atas menunjukan bahwa kepercayaan publik dan calon emiten terhadap Pasar Modal Indonesia masih cukup tinggi. Dan saya optimistis pasar modal kita ke depan masih akan membukukan kinerja yang lebih baik lagi," ujarnya.

BEI Luncurkan IDX ESG Leaders, Isinya 30 Saham Besar

Pekerja tengah melintas di dekat papan pergerakan IHSG usai penutupan perdagangan pasar modal 2017 di BEI, Jakarta, Jumat (29/12). Pada penutupan perdagangan saham, Jumat (29/12/2017), IHSG menguat 41,60 poin atau 0,66 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja tengah melintas di dekat papan pergerakan IHSG usai penutupan perdagangan pasar modal 2017 di BEI, Jakarta, Jumat (29/12). Pada penutupan perdagangan saham, Jumat (29/12/2017), IHSG menguat 41,60 poin atau 0,66 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk diketahui, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan indeks baru IDX ESG Leaders. Melalui Pengumuman Bursa Nomor Peng-00363/BEI.POP/12-2020 tanggal 8 Desember 2020, BEI telah menetapkan 30 saham emiten besar.

Adapun kriteria penetapan saham yang masuk ke dalam IDX ESG Leaders antara lain memiliki penilaian Environmental, Social, and Governance (ESG) yang baik, tidak terlibat pada kontroversi secara signifikan, memiliki likuiditas transaksi, serta kinerja keuangan yang baik.

Sekretaris Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji Sadono mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan investasi berkelanjutan dan peningkatan praktik ESG di Pasar Modal Indonesia.

Hal ini ditunjukkan dengan bergabungnya BEI menjadi anggota United Nations Sustainable Stock Exchange (SSE) Initiative sejak April 2019, dan melalui berbagai inisiatif yang telah dituangkan dalam Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan.

"Peluncuran Indeks IDX ESG Leaders mempertegas komitmen BEI dalam mendorong praktik ESG dan menjadi salah satu milestone dalam penerapan investasi berkelanjutan di Indonesia," kata Yulianto, Senin (14/12/2020).

Indeks IDX ESG Leaders dibangun berdasarkan penilaian risiko ESG yang mengukur sejauh mana penerapan ESG dilakukan oleh perusahaan tercatat berdasarkan eksposur risiko di masing-masing bidang usaha. BEI bekerjasama dengan Sustainalytics, lembaga independen yang bergerak dalam bidang penelitian ESG dan tata kelola perusahaan dalam penyediaan data ESG.

"Data ESG yang disediakan berupa penilaian risiko ESG dan analisis kontroversi yang akan menjadi dasar dalam penetapan konstituen Indeks IDX ESG Leaders," jelas Yulianto.

Proses pemilihan konstituen Indeks IDX ESG Leaders dilakukan sebagai berikut:

1. BEI menetapkan saham-saham semesta untuk pemilihan Indeks IDX ESG Leaders yaitu dari konstituen Indeks IDX80 yang memiliki skor risiko ESG dari Sustainalytics

2. Mengeluarkan saham-saham dengan kontroversi tinggi (kategori 4 dan 5)

3. Mengeluarkan saham-saham dengan skor risiko ESG pada kategori tinggi (high) dan berat (severe)

4. Dari saham-saham yang tersisa, berdasarkan nilai risiko ESG terendah ditentukan konstituen Indeks IDX ESG Leaders terpilih yaitu sebanyak paling sedikit 15 saham dan paling banyak 30 saham.

Yulianto menyampaikan, evaluasi berkala atas IDX ESG Leaders yakni Evaluasi Mayor akan dilakukan pada awal Maret dan September. Sedangkan Evaluasi Minor pada awal Juni dan Desember.

"Hasil evaluasi indeks akan berlaku efektif di hari Rabu ketiga pada bulan evaluasi atau Hari Bursa setelahnya apabila bukan merupakan Hari Bursa," ungkapnya.

Metode penghitungan Indeks IDX ESG Leaders menggunakan metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted & ESG Tilt Factored dengan diterapkan pembatasan bobot saham paling tinggi sebesar 15 persen yang disesuaikan pada saat evaluasi. Indeks IDX ESG Leaders telah dihitung sejak hari dasarnya pada 4 Februari 2014 dengan nilai dasar 100.

"Pada masa mendatang, selain dapat digunakan oleh investor sebagai panduan untuk berinvestasi, diharapkan kehadiran Indeks IDX ESG Leaders ini juga dapat digunakan sebagai underlying produk-produk pasar modal, seperti reksa dana dan Exchange Traded Fund (ETF), sehingga investor dapat lebih mudah berinvestasi dengan Indeks ESG Leaders sebagai acuan," tutur Yulianto.

Daftar Saham

Pekerja tengah melintas di bawah papan pergerakan IHSG usai penutupan perdagangan pasar modal 2017 di BEI, Jakarta, Jumat (29/12). Perdagangan bursa saham 2017 ditutup pada level 6.355,65 poin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja tengah melintas di bawah papan pergerakan IHSG usai penutupan perdagangan pasar modal 2017 di BEI, Jakarta, Jumat (29/12). Perdagangan bursa saham 2017 ditutup pada level 6.355,65 poin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berikut daftar 30 saham yang masuk ke dalam IDX ESG Leaders:

1. PT Ace Hardware Tbk (ACES)

2. PT AKR Corporindo Tbk (AKRA)

3. PT Astra International Tbk (ASII)

4. PT Bank Centrak Asia Tbk (BBCA)

5. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)

6. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBNI)

7. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)

8. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

9. PT Ciputra Development Tbk (CTRA)

10. PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS)

11. PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)

12. PT XL Axiata Tbk (EXCL)

13. PT HM Sampoerna Tbk (HMSP)

14. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP)

15. PT Indosat Tbk (ISAT)

16. PT Jasa Marga Tbk (JSMR)

17. PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI)

18. PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN)

19. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS)

20. PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)

21. PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS)

22. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA)

24. PT Summarecon agung Tbk (SMRA)

24. PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM)

25. PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL)

26. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG)

27. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM)

28. PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR)

29. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

30. PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Formula 1 : Lewis Hamilton Jelaskan Kenapa Belum Tanda Tangan Kontrak Baru dengan Mercedes

Posted: 13 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lewis Hamilton menuntaskan balapan Formula 1 musim ini dengan hasil memukau. Namun masa depan pembalap asal Inggris itu bersama Mercedes belum juga terjawab hingga seri terakhir. 

Hamilton menutup kiprahnya pada balapan Formula 1 musim ini dengan meraih podium di seri terakhir yang berlangsung di Abu Dhabi, Minggu (13/12/2020). Setelah absen pada seri sebelumnya di Sakhir, akibat terjangkit COVID-19, Hamilton harus puas finis di urutan ketiga pada seri penutup, kemarin. 

Posisi pertama pada GP Abu Dhabi berhasil direbut oleh pembalap Red Bull, Max Verstappen. Sementara posisi kedua jatuh ke tangan pembalap Mercedes lainnya, yakni Valtteri Bottas.  

Hamilton tetap keluar sebagai juara dunia. Hamilton memimpin klasemen akhir Formula 1 musim ini dengan koleksi 347 poin. Menyusul Bottas di urutan kedua dengan 223 poin. Sementara Verstappen yang menjadi andalan Red Bull berada di urutan ketiga dengan total perolehan 214 poin. 

Ini merupakan gelar juara dunia Formula 1 ketujuh Hamilton. Pria berusia 35 tahun tersebut saat ini telah menyamai rekor yang dipegang oleh pembalap legendaris Ferarri, Michael Schumacher.  

 

Kontrak Hamilton

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton keluar dari mobilnya usai menjuarai balapan Formula 1 di Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir, Bahrain, Minggu (29/11/2020). Lewis Hamilton akan absen pada Grand Prix Sakhir akhir pekan ini usai dinyatakan positif COVID-19. (Hamad Mohammed, Pool via AP, File)
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton keluar dari mobilnya usai menjuarai balapan Formula 1 di Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir, Bahrain, Minggu (29/11/2020). Lewis Hamilton akan absen pada Grand Prix Sakhir akhir pekan ini usai dinyatakan positif COVID-19. (Hamad Mohammed, Pool via AP, File)

Terlepas dari pencapaian Hamilton pada musim ini, seri penutup F1 di Abu Dhabi memberi nuansa berbeda dalam perjalanan kariernya sebagai pembalap jet darat. Sebab ketika semua tim berkemas untuk menata kembali kekuatan pada musim berikutnya, masa depan Hamilton justru belum jelas. 

Ya, seperti dilansir dari GPFans.com, Hamilton belum juga menandatangani kontrak baru dengan Mercedes. Saat ditanya mengenai hal ini, Hamilton berharap hal itu bisa rampung saat Natal nanti.  

"Saya harap dalam beberapa pekan ke depan," kata Hamilton dalam wawancara usai balapan. 

"Dengan senang hati, kami ingin hal itu selesai sebelum Natal. Saya pikir, saya berniat untuk tetap berada di sini pada tahun depan, saya ingin bertahan tahun depan," kata Hamilton menambahkan. 

"Sebagai tim, kami harus lebih melakukannya bersama-sama dan mendapatkan lebih banyak lagi di dalam maupun luar olahraga ini. Jadi saya berhadap, diskusi bisa dimulai pekan ini dan berharap semuanya bisa selesi sebelum Natal tiba," beber Hamilton menambahkan. 

 

Tertunda karena COVID-19

Hamilton terakhir kali menandatangani kontrak pada Juli 2018 lalu dengan durasi 2 tahun. Artinya, bila tidak menemukan kata sepakat, maka tahun depan Hamilton bakal berstatus free agent. Dalam percakapan dengan Wolff, Hamilton menegaskan kalau kekhawatiran ini tidak bakal terjadi. 

"Tidak ada alasan hal itu akan terjadi. Kami akan mulai pembicaraan," kata Hamilton.

Hamilton menjelaskan, bahwa sejak awal mereka sudah berkomitmen untuk membicarakan perpanjangan kontrak setelah dia memastikan gelar juara dunia musim ini. Namun sayang, pembicaraan yang sejatinya berlangsung usai GP Turki, mundur 10 hari karena COVID-19.  

"Jadi kami akan segera duduk bersama, mungkin virtual atau bertemu langsung," katanya. 

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

iPad 2021 Pakai Chipset A13 Bionic dan Harga Lebih Murah

Posted: 13 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja memperkenalkan iPad generasi terbaru beberapa bulan lalu. Namun, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu kini dilaporkan sudah mempersipkan penerusnya.

Dikutip dari Gizmochina, Senin (14/12/2020), iPad ini rencananya akan diperkenalkan pada awal 2021. Dengan demikian, jarak dengan iPad yang diperkenalkan pada tahun ini tidak terlalu jauh.

Berdasarkan bocoran dari akun Twitter @cozyplanes, iPad 2021 ini akan memiliki layar berukuran 10,5 inci. Sama seperti generasi sebelumnya, tablet ini hadir dengan tombol home fisik yang juga memiliki fungsi Touch ID.

Berbekal bocoran itu, desain perangkat ini tidak akan jauh berbeda dengan model yang rilis di 2020. Hanya dari bocoran yang diungkap, model tahun memiliki bodi lebih tipis dan bobot lebih ringan.

Nantinya, iPad ini akan dibekali chipset A13 Bionic yang juga digunakan di lini iPhone 11. Serupa dengan model di tahun sebelumnya, Apple juga akan menghadirkan pilihan dua kapasitas memori, 32GB dan 128GB.

Uniknya, meski terbilang baru, harga iPad generasi terbaru ini bakal dibanderol lebih murah dari yang diperkenalkan tahun ini. Apabila versi 2020 dijual USD 329, model yang rilis tahun depan dijual mulai USD 299.

Kendati demikian, perlu diketahui informasi ini masih sebatas bocoran dan belum pernyataan resmi dari Apple mengenai hal tersebut. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman lebih lanjut.

iPad Gen 8 Resmi Diumumkan, Harganya?

iPad 8th Gen memiliki layar Retina Display berukuran 10,2 inci. (Liputan6.com/ Yuslianson)
iPad 8th Gen memiliki layar Retina Display berukuran 10,2 inci. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Apple baru saja mengumumkan sederetan produk terbaru mereka dalam acara khusus yang digelar dini hari Rabu 16 September 2020.

Dari sekian produk yang diumumkan Apple pagi hari tadi, seri iPad terbaru milik perusahaan rintisan Steve Jobs ini cukup menarik perhatian.

Diketahui, Apple merilis dua seri tablet terbarunya pada acara bertajuk Time Flies, yakni iPad Air dan iPad generasi ke-8 (iPad gen 8).

Namun dari kedua iPad yang diumumkan, seri iPad gen 8 cukup menarik perhatian. Kenapa?

Salah satu alasannya adalah harga yang terjangkau, prosesor lebih cepat seri sebelumnya, dan bentang layar berukuran 10.2 inci.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, iPad gen 8 ini sudah dilengkapi dengan layar IPS Retina Display berukuran 10.2 inci beresolusi 2160 x 1620 piksel.

Apple menyebutkan, layar iPad gen 8 ini sudah mendukung aksesoris Apple Pencil generasi pertama.

Spesifikasi iPad Gen 8

Nikmat untuk nonton konten multimedia di iPad 8th Gen. (Liputan6.com/ Yuslianson)
Nikmat untuk nonton konten multimedia di iPad 8th Gen. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dalam hal performa, Apple sudah menyematkan prosesor baru buatan perusahaan, yakni A12 Bionic.

Tak hanya menawarkan performa yang lebih cepat, chipset A12 Bionic ini juga memiliki kemampuan "Neural Engine" yang akhirnya hadir ke seri iPad kelas bawah ini.

Perusahaan mengklaim, prosesor baru ini akan menawarkan performa grafis yang lebih baik ketimbang dari serri sebelumnya. 

Untuk kategori kamera, iPad gen 8 dilengkapi dengan kamera 8MP (megapiksel) dengan aperture f//2.4.

Lensa ini juga sudah mendukung kemampuan merekam video HD 1080p di 30 fps, slo-mo 720p di 120 fps, dan sudah dilengkapi dengan video image stabilizaion.

Bagi yang ingin selfie dan FaceTime, perusahaan juga sudah menyematkan kamera 1.2MP berkemampuan retina flash, HDR, Live Photos, Burst Mode, dan lainnya.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keahlian Wali Kota Risma Potong Cabang Pohon

Posted: 13 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Risma ternyata memiliki keahlian dalam memotong cabang pohon. Petugas Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya pun diperingatkan Wali Kota Risma agar tidak sembarangan memotong cabang pohon di kawasan pedestrian selama musim hujan.

Ia mengungkapkan jika ada cabang pohon yang akan dipangkas, maka dipastikan maksimal bercabang tiga. Ketiga cabang itu berada di tiga sisi yang berbeda dan segitiga cabang paling sempurba kekuatannya.

"Pohon yang memiliki banyak cabang, yang dipotong sebaiknya cabang yang kecil-kecil saja," ujar Wali Kota Risma, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (14/12/2020).

Sementara, cabang besar dibiarkan saja, kecuali kalau cabang besar mengganggu orang lewat atau dia sudah terlalu tinggi. Untuk ranting-ranting pohon yang terlalu lebat daunnya sebaiknya dipangkas.

Tujuannya, supaya cahaya matahari dan angin bisa lewat sehingga pohon tidak mudah roboh.

Ia juga meminta petugas DKRTH memangkas cabang pohon yang posisinya terlalu rendah karena bisa mengganggu warga yang melewati kawasan pedestrian.

"Kalau orang tidak bisa lewat karena cabang pohon terlalu rendah, orang akan turun ke jalan dan bisa tertabrak mobil, kami yang salah (kalau seperti itu)," kata Wali Kota Risma.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Alasan Maudy Ayunda Perankan Sri Film Losmen Bu Broto, Bukan Mumpung Libur Kuliah

Posted: 13 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Oktober 2020, film Losmen Bu Broto mengumumkan dua pemeran utamanya, yakni Maudy Koesnaedi dan Mathias Muchus. Desember 2020, sejumlah pemeran pendukung diumumkan termasuk Maudy Ayunda.

Dalam Losmen Bu Broto yang disutradarai Eddie Cahyono dan Ifa Isfansyah, Maudy Ayunda memerankan Jeng Sri. Mengejutkan, bintang film Habibie & Ainun 3 ini terlibat dalam Losmen Bu Broto.

Pasalnya, Maudy Ayunda tengah kuliah di Universitas Stanford, California, AS. Pelantun "Untuk Apa" ini membantah anggapan main film Losmen Bu Broto karena mumpung libur kuliah.

 

Menyanyi dan Memasak

Baskara Mahendra dengan para pemain film Losmen Bu Broto. (Foto: Dok. Paragon Pictures)
Baskara Mahendra dengan para pemain film Losmen Bu Broto. (Foto: Dok. Paragon Pictures)

"Kalau Mbak Pur suka masak, Jeng Sri suka menyanyi. Nanti akan terlihat di filmnya, bahwa itu menjadi sumber konflik mungkin karena Jeng Sri punya tanggung jawab di losmen," urai Maudy Ayunda.

Sri versi Maudy Ayunda akan menghadapi dilema antara memilih losmen atau passion-nya di musik. Ini disampaikan Maudy Ayunda dalam gelar wicara virtual, Minggu (13/12/2020).

Kaitan Dengan Libur

Maudy Ayunda. (Foto: Instagram @maudyayunda)
Maudy Ayunda. (Foto: Instagram @maudyayunda)

"Pembahasan film ini tuh belum ngomongin skedul sebenarnya. Jadi tidak ada hubungannya dengan oh pas libur nih, maka diambil proyeknya," Maudy Ayunda memaparkan.

Aktris kelahiran Jakarta, 19 Desember 1994, ini menyebut setidaknya ada tiga alasan mengapa terlibat dalam Losmen Bu Broto. Pertama, skenario yang ditulis Alim Sudio berbasis serial Losmen TVRI.

 

Skenario dan Lawan Main

Baskara Mahendra dengan para pemain film Losmen Bu Broto. (Foto: Dok. Paragon Pictures)
Baskara Mahendra dengan para pemain film Losmen Bu Broto. (Foto: Dok. Paragon Pictures)

"Aku memang sangat tertarik dan tergerak untuk bergabung di proyek ini karena pertama, cerita dan skenarionya. Bahwa ini warisan yang dulu sangat dicintai dan diapresiasi banyak orang," ujarnya.

Terlibat dalam versi layar lebar dari serial legendaris di eranya, bagi Maudy Koesnaedi, kehormatan. Alasan lain, "Senang sekali bisa bermain dengan aktor yang sangat aku hargai dan apresiasi." 

Setelah Itu, Baru Jadwal

Maudy Ayunda. (Foto: Instagram @maudyayunda)
Maudy Ayunda. (Foto: Instagram @maudyayunda)

Bekerja sama dengan Ifa Isfansyah yang dikenal lewat Garuda Di Dadaku dan Sang Penari, juga Eddie Cahyono yang menggagas film Siti kesempatan berharga buat Maudy Ayunda.

"Setelah itu baru ngomongin skedul dan mungkin setelah itu sebenarnya, semua pemain dicari availability yang memang sama untuk kita bisa menemukan waktu yang tepat," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PK Ditolak, PAN DKI Minta Pemprov Keluarkan Izin Reklamasi Pulau G

Posted: 13 Dec 2020 10:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi PAN DPRD DKI meminta Pemprov DKI Jakarta mematuhi putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak Peninjauan Kembali (PK) Pemprov DKI terhadap perizinan reklamasi Pulau G.

"Apapun keputusan Mahkamah Agung, tentu hal tersebut menjadi kewajiban untuk diikuti oleh Pemprov. Karena keputusannya punya ketetapan hukum," kata Bendahara Fraksi PAN DPRD DKI Farazandi Fidinansyah, dalam keterangannya, Senin (14/12/2020).

Farazandi menyebut, apabila keputusan MA tidak dijalankan, maka hal itu justru berpotensi terjadi masalah baru lagi.

"Bisa jadi akan ada pertanyaan dan polemik baru nanti jika ketetapan hukum tersebut tidak dijalankan," ucapnya.

Diketahui, Pemprov DKI harus mengeluarkan izin reklamasi Pulau G dengan pengembang PT Muara Wisesa Samudera, yang proyeknya sempat dihentikan.

Sesuai Keputusan MA

Pemberian izin itu sesuai dengan keputusan Mahkamah Agung yang menolak peninjauan kembali atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta dengan nomor perkara 4/P/FP/2020/PTUN.

Putusan tersebut diketok pada 26 November 2020. Adapun Panitera Pengganti Retno Nawangsih, dan Hakim 1 Yodi Martono Wahyunadi, Hakim 2 Hary Djatmiko dan Hakim 3 Supandi.

"Amar putusan tolak PK," demikian bunyi putusan yang dikutip Liputan6.com dari laman MA, Kamis (10/12/2020).

Dengan ditolaknya PK tersebut, maka kembali pada keputusan PTUN sebelumnya, agar Anies Baswedan selaku Gubernur DKI menerbitkan izin reklamasi tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fatwa Majelis Ulama Singapura: Vaksin COVID-19 Halal

Posted: 13 Dec 2020 10:29 PM PST

Liputan6.com, Singapura - Penggunaan vaksin COVID-19 dinyatakan halal oleh ulama Singapura. Dasar fatwa halal tersebut adalah keperluan untuk melindungi nyawa.

Fatwa itu dikeluarkan oleh Majelis Agama Islam Singapura (MUIS) pada Minggu, 13 Desember 2020.

"Majelis Agama Islam Singapura memegang posisi bahwa vaksin COVID-19 diizinkan untuk digunakan (umat) Muslim," tulis MUIS dalam situs resminya yang Liputan6.com kutip Senin (14/12/2020).

"Kami ingin menyarankan dan mendorong agar umat Muslim divaksinasi begitu sudah tersedia dan saat vaksinnya sudah mendapat izin medis yang aman dan efektif, sebab ini adalah keperluan pokok untuk melindungi nyawa dalam konteks pandemi global," lanjut MUIS.

Menurut pandangan MUIS, hukum Islam mementingkan nyawa manusia, sehingga usaha melindungi nyawa melalui vaksin sangat didukung dalam Islam.

MUIS turut meminta agar jangan melihat vaksin COVID-19 dengan sudut pandang halal yang sempit, melainkan harus holistik.

"Pandangan religius terhadap vaksin COVID-19 harus mengambil pijakan holistik yang berada di atas masalah sempit tentang kehalalan atau diperbolehkannya dari komposisinya," tulis MUIS.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tiga Pertimbangan

Seorang wanita duduk di Marina Bay di Singapura pada 6 Maret 2020. Tempat-tempat wisata utama di Singapura sepi dari turis di tengah epidemi virus corona COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)
Seorang wanita duduk di Marina Bay di Singapura pada 6 Maret 2020. Tempat-tempat wisata utama di Singapura sepi dari turis di tengah epidemi virus corona COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)

MUIS menyebut ada tiga aspek yang dipertimbangkan secara matang pada fatwa vaksin halal.

Pertama, vaksin disebut sebagai keperluan penting untuk menyelamatkan nyawa dan agar masyarakat bisa berfungsi dengan aman.

Kedua, aspek keamanan dan efikasi vaksin. MUIS meminta agar vaksin COVID-19 harus dinyatakan aman secara medis. Hal ini sesuai dengan prinsip menghindari bahaya dalam hukum Islam.

Ketiga, terkait kehalalan, MUIS menyatakan ada situasi ketika bahan-bahan yang dilarang (haram) dapat dijadikan obat. Ini pernah terjadi sebelumnya pada fatwa obat Heparin di 2015.

Heparin memiliki bahan berupa enzim babi.

MUIS menyebut ada proses kimia dalam pembuatan obat atau vaksin, sehingga bahan yang haram tidak lagi terdeteksi atau negligible (dapat diabaikan) pada produk final.

MUIS berkata proses itu mirip dengan konsep istihala dalam fiqih, yakni ketika bahan asli berubah bentuk dan sifat sehingga tidak lagi haram.

Selain itu, ada pula vaksin yang tak memakai komponen binatang, seperti vaksin COVID-19 yang menggunakan mRNA.

WHO Akan Izinkan Pemakaian Vaksin COVID-19 Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca

PM Israel Benjamin Netanyahu menghadiri upacara untuk menandai kedatangan pesawat yang membawa gelombang pertama vaksin COVID-19 Pfizer di Bandara Internasional Ben Gurion, Tel Aviv, Israel, 9 Desember 2020. Israel memesan sekitar 8 juta vaksin Pfizer. (Xinhua/JINI/Marc Israel Sellem)
PM Israel Benjamin Netanyahu menghadiri upacara untuk menandai kedatangan pesawat yang membawa gelombang pertama vaksin COVID-19 Pfizer di Bandara Internasional Ben Gurion, Tel Aviv, Israel, 9 Desember 2020. Israel memesan sekitar 8 juta vaksin Pfizer. (Xinhua/JINI/Marc Israel Sellem)

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO berharap dapat memutuskan perihal izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 buatan Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca dalam beberapa pekan mendatang, menurut kepala ilmuwan pada Jumat 11 Desember 2020. 

Soumya Swaminathan mengatakan badan kesehatan global itu akan memutuskan nasib calon vaksin Pfizer dalam "beberapa pekan" ke depan. Selanjutnya, mereka juga akan meninjau calon vaksin produksi Moderna dan AstraZeneca, Reuters melaporkan, seperti dikutip dari Antara, Minggu 13 Desember 2020. 

Restu WHO akan memungkinkan pendistribusian sebuah vaksin di sejumlah negara, yang badan pengawas obat nasionalnya belum dapat melakukan evaluasi.

Menurut Swaminathan, sedikitnya 10 perusahaan telah menyatakan minat atau mengajukan permintaan izin penggunaan darurat untuk calon vaksin.

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan hampir satu miliar dosis vaksin telah diamankan untuk program COVAX, guna dibagikan kepada-negara negara miskin dan menengah. Ada 189 negara yang berpartisipasi dalam program tersebut.

Namun, sejumlah pejabat WHO mencatat bahwa masih dibutuhkan waktu untuk memproduksi dosis vaksin COVID-19 yang mencukupi permintaan.

Menurut Swaminathan, pasokan vaksin COVID-19 sepertinya akan terbatas untuk paruh pertama 2021.

Infografis COVID-19:

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Siapkan Rp 9,4 Triliun Bangun Kawasan Industri Batang dan Subang

Posted: 13 Dec 2020 10:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengungkapkan alokasi anggaran untuk dukungan pengembangan kawasan industri di Batang, Jawa Tengah dan Subang, Jawa Barat pada tahun depan sebesar Rp 9,4 triliun.

Dalam paparannya, Menteri Basuki mengatakan alokasi anggaran tersebut untuk mendukung pengembangan kawasan industri Batang seluas 4.000 hektare dan kawasan industri Subang seluas 1.600 hektare.

"Dukungan untuk pengembangan kawasan industri Batang dan Subang, kita menyediakan air baku, membangun bendungan dan pengaman pantai, interchange jalan tol, dan sebagainya," ujar Menteri PUPR dalam seminar daring di Jakarta seperti dikutip dari Antara, Senin (14/12/2020).

Kedua kawasan industri memanfaatkan jaringan jalan tol Trans Jawa yang sudah tersambung, sehingga kawasan ini bisa terhubung dengan kawasan-kawasan industri di koridor utara Pulau Jawa.

"Ini kita siapkan semua, sehingga saat investor masuk sudah (tersedia). Dengan pendekatan ini mudah-mudahan ada relokasi industri dari Tiongkok ke Indonesia," kata Menteri Basuki.

Sedangkan tujuan lainnya, lanjut dia, dari dukungan pengembangan kawasan industri di Batang dan Subang ini adalah penciptaan lapangan kerja di Indonesia.

 

Tampung Investasi

PT Jababeka bahkan sudah membebaskan 600 hektare (ha) lahan di Kendal, Jawa Tengah sebagai lahan kawasan industri.
PT Jababeka bahkan sudah membebaskan 600 hektare (ha) lahan di Kendal, Jawa Tengah sebagai lahan kawasan industri.

Sebelumnya Kementerian Perindustrian mendukung akselerasi pengembangan kawasan industri di Batang, Jawa Tengah, guna menangkap peluang masuknya investasi potensial ke Tanah Air dari sejumlah sektor industri yang ingin merelokasi pabriknya dari China.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan pihaknya akan mendorong kepada pengelola kawasan industri melengkapi fasilitasnya, termasuk infrastruktur pasokan energi dan akses logistik. Hal ini akan menjadi daya tarik bagi investor karena terciptanya area yang terintegrasi.

Saat ini, terdapat tujuh perusahaan yang sudah memastikan bakal merelokasi usahanya ke Indonesia. Diperkirakan relokasi tersebut akan mendatangkan nilai investasi sebesar 850 juta dolar AS dan mampu menyerap 30.000 tenaga kerja lokal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peneliti LIPI: Pencapaian Golkar di Pilkada 2020 Fenomenal

Posted: 13 Dec 2020 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti senior LIPI Prof. Dr. Siti Zuhro, M.A. menilai pencapaian kemenangan pasangan calon (paslon) yang diusung Partai Golkar dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 cukup fenomenal.

"Apa yang dicapai kader-kader Partai Golkar pada tanggal 9 Desember lalu itu terhitung luar biasa," kata Siti Zuhro, dalam pernyataannya di Jakarta, Senin (14/12/2020).

Dia juga memberi selamat atas pencapaian kader-kader Partai Golkar di Pilkada Serentak 2020. Dalam pencoblosan yang digelar pada 9 Desember 2020 di 270 daerah pemilihan se-Indonesia, partai yang dipimpin Airlangga Hartarto itu memenangi 165 daerah pemilihan.

Hasil Pilkada Serentak 2020 yang digelar di 270 daerah memang belum diumumkan secara resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena masih terus melakukan perhitungan akhir.

Namun, dari sejumlah hitung cepat yang dilakukan oleh lembaga penelitian yang kredibel, Golkar banyak memimpin di sejumlah daerah.

"Akan tetapi, saya kira Partai Golkar termasuk yang paling sukses. Mungkin bahkan tidak meleset jauh dari target awal," ujarnya.

Ia mencontohkan Golkar di beberapa daerah, seperti Sumatera Utara, mampu mendudukkan kadernya memenangi Pilkada Serentak 2020, seperti kader Golkar Anser Silalahi mampu menang 76 persen suara di Kota Pematang Siantar.

Tentu yang paling fenomenal adalah kemenangan di Pilkada Tangerang Selatan, kata dia, saat Golkar maju sebagai partai tunggal mengusung pasangan Benjamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan.

Dalam Pilkada Tangsel, Golkar berkat soliditas kader dan anggota partai mampu meruntuhkan dinasti politik yang dibangun oleh partai-partai lain.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sejak awal sudah mematok target kemenangan sebesar 60 persen. Namun, dalam penghitungan cepat yang sudah dilakukan melampaui target tersebut dengan merebut kemenangan hingga 61,11 persen.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Perlu Perhitungan Matang

Siti Zuhro menegaskan bahwa pilkada serentak merupakan kontestasi calon kepala daerah yang didukung politik partai dan antarpartai yang perlu perhitungan matang untuk menjalaninya.

Program yang ditawarkan atau diusung oleh calon kepala daerah yang bersinergi dengan strategi yang dibuat oleh partai, seperti Golkar, menjadi kunci kemenangan.

"Tentu pemetaan kondisi masyarakat di setiap dapil harus benar-benar baik. Dari pemetaan ini harus melibatkan kalangan pemilik suara, voters, atau perilaku pemilih," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Lepas Ekspor Benih Jagung Hibrida ke Thailand

Posted: 13 Dec 2020 10:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Benih jagung hibrida hasil inovasi rakitan anak bangsa sukses bersaing di pasar ekspor. Kali ini, sebanyak 14 ton dari 60 ton kontrak varietas JH 37 dan RK 457 benih yang diciptakan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) diekspor ke Thailand. 

Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi mengatakan Kementan di bawah kepemimpinan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo terus mendorong program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks). Gerakan untuk meningkatkan kontribusi sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan sekaligus kesejahteraan petani.

Komoditas ekspor pangan sangat banyak dan kali ini benih jagung hibrida yang merupakan hasil dari program korporasi petani menuai hasil yang membanggakan, di mana diekspor ke Thailand.

"Dengan ekspor, membuktikan benih dalam negeri mampu bersaing dengan luar negeri. Apalagi dengan kemampuan kita dari on farm hingga off farm, bahkan pemasaran. Ke depan ada potensi untuk ekspor benih ke Timor Leste, Brunai Darusalam, Filifina, Bangladesh dan Afrika. Semoga bisa terwujud untuk memperluas pasar ekspor benih Indonesia," demikian ujar Suwandi di Jakarta, Senin (14/12/2020).

Perlu diekspor ekspor benih jagung hibrida tersebut berlangsung di Kabupaten Tuban pada tanggal 12 Desember 2020.

Direktur Perbenihan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementan, Mohammad Takdir Mulyadi mewakili Menteri Pertanian saat melepas ekspor benih jagung tersebut mengatakan program korporasi petani Mentan benar-benar memberikan hasil yang mengejutkan. Pasalnya, merubah Indonesia dari negara pengimpor benih jagung hibrida kini menjadi pengekspor.

"Dulu, kita pengimpor benih jagung hibrida (F1) dari Thailand, kini Indonesia pertama kalinya ekspor benih jagung hibrida ke Negeri Gajah Thailand senilai 56 ribu dolar AS atau sekitar Rp 800 juta.," ujar Takdir saat melepas ekspor benih jagung tersebut bersama Bupati Tuban, Fathul Huda.

"Butuh kerja keras untuk bisa ekspor benih jagung hibrida. Merubah pola pikir petani, untuk disiplin, kejujuran yang tinggi dan inovasi dalam produksi benih jagung hibrida," pintanya.

Takdir memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang mendukung kesuksesan korporasi perbenihan ini baik dari Kementan, Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan pendampingan dari mitra PT. Tunas Widji Inti Nayotama (Twin) serta kepada petani Tuban.

Ekspor benih akan memberikan nilai tambah dua kali lipat keuntungannya dibandingkan konsumsi dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani.

"Harapannya kegiatan ini dapat direplikasi di daerah lain, petani dapat menyediakan benih insitu secara mandiri dan dikelola kelembagaanya menjadi kawasan yang lebih besar berbasis korporasi petani," cetusnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tuban, Fathul Huda mengungkapkan rasa syukur dan bangganya, sebab pengembangan benih jagung di Kabupaten Tuban ini merupakan wujud impian yang selalu dicita-citakannya sejak lama, bahkan mampu menembus pasar ekspor luar negeri.

 

Apreasi Pemda

Kementan Lepas Ekspor Benih Jagung Hibrida ke Thailand
Kementan Lepas Ekspor Benih Jagung Hibrida ke Thailand

Pemerintah Kabupaten Tuban memberikan apresiasi kepada Kementan atas bimbingan dan kepercayaan yang telah mengalokasikan kegiatan pengembangan benih jagung hibrida berbasis korporasi di Tuban.

"Kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Tuban, terutama petani, bisa memenuhi kebutuhan benih jagung sendiri sesuai musim tanam dan harga jauh lebih murah karena hasil benihnya sendiri," katanya.

Selain itu, dijelaskan Fathul, juga membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar, sehingga bisa memberikan nilai tambah dan meningkatkan kesejahteraan petani. Bahkan membawa Indonesia untuk ekspor benih jagung hibrida.

"Keberhasilan ini tentu hasil kerja keras kita bersama, khususnya para petani, saya sangat bangga," tutur Huda.

Sementara itu, Asisten Perekonomian Pembangunan Pemprov Jawa Timur, Jumadi mewakili Guburnur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap Pemerintah Kabupaten Tuban yang sukses mengembangkan benih jagung hibrida berbasis korporasi hingga ekspor ke luar negeri dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Tuban saat ini menjadi brand smart, sebagai percontohan pengembangan benih jagung hibrida pertama.

"Kami berharap ini bisa direplikasi secara cepat di beberapa daerah di Provinsi Jatim sebagai model untuk memperbaiki dan menurunkan angka kemiskinan di pedesaan. Dirinya optimis, petani di Kabupaten Tuban akan semakin sejahtera," sebut dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Eceran Tertinggi Vaksin Covid-19 Diusulkan Rp 100 Ribu

Posted: 13 Dec 2020 10:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 dari Sinovac telah tiba di Indonesia beberapa waktu lalu. Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Rizal Edy Halim meminta penggunaan vaksin asal China ini dilakukan setelah mengikuti berbagai ketentuan yang telah diatur. Termasuk melakukan uji klinis dan mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Dalam rekomendasi kami vaksin ini harus mengikuti ketentuan yang ada termasuk pengajuan uji klinis sebelum diserahkan ke masyarakat," kata Rizal dalam Catatan Akhir Tahun BPKN 2020, Jakarta, Senin (14/12).

Pemerintah meminta masyarakat menengah atas untuk melakukan vaksinasi mandiri. Rizal menilai jika pemerintah melakukan ini maka harus ada penetapan harga eceran tertinggi untuk vaksinasi. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah melonjaknya harga vaksin di pasaran.

"Penetapan harga eceran tertinggi ini wajib dilakukan pemerintah dengan data yang sudah ada," kata dia.

Rizal mengaku BPKN telah mengajukan rekomendasi kepada Menteri Kesehatan yang ditembuskan kepada Presiden Joko Widodo untuk mengimplementasikan UU Kesehatan tentang pengambilan tanggung jawab penuh pemerintah atas kesehatan masyarakat. Untuk itu pengaturan tentang harga rapid test, PCR test, swab test dan vaksin juga harus ditetapkan pemerintah.

BPKN Usul Harga Eceran Vaksin Maksimal Rp 100.000

Wakil Ketua Komisi Penelitian dan Pengembangan, Anna Maria Tri Anggraini mengatakan penetapan harga vaksin harus menyesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sehingga diharapkan batas maksimal harga vaksin di Indonesia yakni Rp 100 ribu.

"Untuk vaksin berbayar ini batas atasnya kira-kira seratus ribu rupiah sesuai standar yang dikeluarkan WHO dan benchmarking yang kita terima," kata dia.

Pemerintah juga harus memastikan pendataan masyarakat mana saja yang bisa menerima vaksin secara cuma-cuma dan yang harus berbayar. Selain itu BPKN meminta proses vaksinasi di Indonesia dilakukan setelah keluarnya uji klinis ketiga dan hasil kajian dari Badan POM.

Sebab Badan POM harus memastikan keamanan vaksin termasuk dari sisi kehalalan vaksin. Bila ini sudah dilakukan dan telah mendapatkan Emergency Use of Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat dari BPOM.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Bio Farma Bantah Sudah Buka Layanan Pre-order Vaksin Covid-19

Vaksin Corona Covid-19 Sinovac. Foto: Muchlis Jr - Sekretariat Presiden
Vaksin Corona Covid-19 Sinovac. Foto: Muchlis Jr - Sekretariat Presiden

PT Bio Farma (Persero) menyatakan belum membuka sistem pelayanan pre order untuk Vaksin Covid-19 jalur mandiri dalam bentuk apa pun. Pelayanan baik untuk keperluan fasilitas kesehatan maupun perorangan.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Bio Farma, Bambang Heriyanto menyikapi beredar iklan atau promo mengenai Pre-Order Vaksinasi Covid-19 jalur mandiri yang beredar di sosial media, dari beberapa fasilitas kesehatan.

Hingga saat ini, pemerintah masih menyelesaikan skema pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 baik untuk kebutuhan program bantuan pemerintah maupun kebutuhan mandiri.

"Saat ini, Bio Farma masih mengembangkan sistem yang akan digunakan untuk pemesanan Pre-Order vaksinasi COVID-19 khususnya untuk jalur mandiri, dan hingga saat ini, belum ada ketentuan maupun pengaturan teknis dari pemerintah terkait hal tersebut, dan yang terpenting adalah, pelaksanaan vaksinasinya sendiri, tetap menunggu izin penggunaan dari Badan POM," kata dia, seperti melansir Antara, Minggu (13/12/2020).

Kedatangan Vaksin Covid-19 tahap pertama sejumlah 1,2 juta dosis dari Sinovac pada 6 Desember 2020 yang lalu, telah menarik perhatian masyarakat banyak.

Saat ini, selagi proses evaluasi izin penggunaan dari Badan POM berjalan, pemerintah sedang mempersiapkan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Mengenai penyediaan layanan Vaksinasi Covid-19 seperti Rumah Sakit Klinik dan Fasilitas Kesehatan lainnya, lanjut Bambang, masih dilakukan proses pendaftaran dan verifikasi, untuk jalur mandiri, melalui asosiasi-asosiasi resmi.

Selanjutnya, memahami adanya inisiatif, dan kebutuhan untuk mempersiapkan dari awal masyarakat yang berminat vaksinasi, Bio Farma mengimbau kepada penyedia layanan kesehatan untuk menunggu pengumuman resmi pemerintah terkait petunjuk teknis pelaksanaan pemesanan pre-order Vaksinasi Covid-19 jalur mandiri.

Infografis Yuk Kenali Perbedaan Vaksin, Vaksinasi dan Imunisasi Cegah Covid-19

Infografis Yuk Kenali Perbedaan Vaksin, Vaksinasi dan Imunisasi Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Yuk Kenali Perbedaan Vaksin, Vaksinasi dan Imunisasi Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ada Rekaman Saat Baku Tembak FPI, Dirut Jasa Marga: CCTV Kebetulan Terganggu

Posted: 13 Dec 2020 10:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, ada gangguan perekaman pada CCTV di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek. Akibat hal itu, 23 CCTV mulai dari KM 49 - KM 72 tidak dapat melakukan perekaman data dalam rentang waktu terjadinya insiden tewasnya 6 orang Laskar FPI.

"Itu di 23 titik itu tidak kekirim data. Tidak ada rekaman," kata Subakti di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (14/12/2020).

Subakti melanjutkan, sebenarnya pihaknya akan melakukan perbaikan. Hanya saja, kondisi hari itu tengah terjadi hujan, sehingga perbaikan terjadi keterlambatan.

"Karena mau perbaikan hujan, karena itu kan harus dideteksi pakai satu alat sehingga perlu waktu," klaim Subakti.

Dengan gangguan selama beberapa jam tersebut, Subakti menegaskan bahwa CCTV dimiliki bukan rusak namun hanya mengalami gangguan.

"Kalau kemudian mengenai CCTV kemudian dikabarkan rusak, itu sebenarnya enggak, CCTV kita itu semuanya berfungsi, kemarin memang kebetulan terganggu (KM 49-72), tapi di gerbang-gerbang ada semua," tandas Subakti.

Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) Raddy R Lukman pada Selasa 8 Desember 2020 mengatakan, ada gangguan pada link jaringan backbone CCTV/Fibre Optic di Km 48+600 sejak hari Minggu (6/12/2020) pukul 04.40 WIB.

Gangguan di titik tersebut mengakibatkan jaringan CCTV mulai dari Km 49+000 (Karawang Barat) sampai dengan Km 72+000 Cikampek menjadi offline/mati. Namun karena alasan cuaca yang hujan dan kondisi lalu lintas, perbaikan baru dapat diselesaikan pada hari Senin (7/12/2020) sekitar pukul 16.00 WIB.

Sebelumnya, anggota Polda Metro Jaya dan anggota Front Pembela Islam (FPI) terlibat baku tembak di Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 50. Hal itu terjadi pada pukul 00.30 WIB, Senin (7/12/2020).

Akibat peristiwa itu, enam laskar FPI pengawal Rizieq Shihab itu meninggal. Komnas HAM pun telah membuat tim khusus untuk mengusut insiden penembakan 6 anggota Front Pembela Islam atau FPI oleh polisi. 

Komnas HAM Panggil Dirut Jasa Marga dan Kapolda Metro Jaya

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (tengah) bersama Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman (kedua kiri) memberi keterangan terkait penyerangan petugas di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/12/2020). Polisi menembak mati enam pengikut Rizieq Shihab pada dini hari tadi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (tengah) bersama Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman (kedua kiri) memberi keterangan terkait penyerangan petugas di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/12/2020). Polisi menembak mati enam pengikut Rizieq Shihab pada dini hari tadi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Komnas HAM memanggil Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Senin (14/12/2020). Menurut Ketua Komnas HAM Taufan Damanik, hal itu dilakukan guna menggali keterangan terkait tewasnya enam orang Laskar FPI.

"Jam 10 pemeriksaan Dirut Jasa Marga, jam 13.00 dengan Kapolda Fadil Imran, kita terus mengumpulkan bahan-bahan," ujar Damanik, Senin (14/12/2020).

Damanik melanjutkan, dalam tiga hari terakhir, Komnas HAM telah bekerja terjun langsung ke tempat perkara baku tembak FPI dengan polisi di KM 50 Tol Jakarta Cikampek. Dia menyatakan, seluruh informasi diperoleh masih didalami.

"Ya sudah melakukan olah lapangan tiga hari. Saya pada hari ketiga juga turun langsung. Kita masih dalam proses penelusuran, data, fakta, segala macam," jelas Damanik.

Terkait investigasi ini, Damanik meminta publik bersabar dengan kerja yang dilakukan tim Komnas HAM. Dia mengatakan, adanya pro kontra di masyarakat membuat penelusuran fakta di lapangan dituntut semakin terang dengan tidak membicarakan substansi sebelum valid.

"Kita tahu di publik kita ini ada pro kontra. Jadi saya kira. Itu akan sangat berpengaruh pada tim kami. Terutama tim kami yang masih muda-muda ini, karena itu kami berharap sebaiknya ini dikumpulkan semua, dianalisis, dikroscek, itu sudah substansi," tandas Damanik.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kocak Pernikahan Dimas Djayadiningrat dengan Faradina Mufti

Posted: 13 Dec 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari industri hiburan, dimana pasangan Dimas Djayadiningrat yang seorang sutradara kondang resmi memperistri aktris Faradina Mufti. Pernikahan keduanya pun berlangsung pada tanggal cantik, yaitu Sabtu (12/12/2020).

Kabar ini pun diketahui melalui unggahan Instagram keduanya yang mengunggah potret buku nikah dan masih dalam balutan busana pengantin. Foto-foto hasil jepretan @davylinggar ini pun makin curi perhatian netizen.

Dimana potret pernikahan keduanya pun kocak. Dimas Djay sapaan aktor kondang ini pun berfoto bersama dengan istrinya yang terpaut usia 17 tahun di depan gerobak soto.

Banyak ucapan selamat pun membanjiri kolom komentar Instagram keduanya. Berikut 7 potret kocak pernikahan Diman Djayadiningrat dan Faradina Mufti yang Liputan6.com kutip dari Instagram @davylinggar, Senin (14/12/2020).

1. Begini potret pernikahan Dimas Djayaningrat dan Faradina Mufti yang curi perhatian netizen.

Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/dimas.djay)
Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/dimas.djay)

2. Kini keduanya resmi menjadi suami istri usai menikah pada Sabtu (12/12/2020).

Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/davylinggar)
Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/davylinggar)

3. Sebelumnya pasangan ini tidak banyak mengunggah potret kebersamaan dalam media sosial Instagram masing-masing.

Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/davylinggar)
Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/davylinggar)

4. Dalam pemotretan ini pasangan yang terpaut usia 17 tahun ini terlihat kocak.

Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/davylinggar)
Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/davylinggar)

5. Usai sah jadi istri Dimas Djay, Faradina Mufti pun menjadi sosok seorang ibu bagi anak Dimas Djay.

Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/davylinggar)
Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/davylinggar)

6. Begini detail makeup yang dikenakan oleh Faradina Mufti pada momen pernikahannya.

Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/davylinggar)
Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/davylinggar)

7. Sampai saat ini masih banyak netizen pun membanjiri ucapan selamat di kolom komentar Instagram keduanya.

Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/davylinggar)
Potret pernikahan Dimas Djay dan Faradina Mufti (Sumber: Instagram/davylinggar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raffi Ahmad Unggah Potret Lawas Ibunda dan Mendiang Ayah, Adik Malah Heran

Posted: 13 Dec 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada Senin (14/12/2020), ibunda Raffi Ahmad, Amy Qanita, sudah menginjak usia yang ke-55 tahun. Ucapan selamat pun datang dari Raffi dan istrinya, Nagita Slavina.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina merayakan ulang tahun Amy Qanita dengan cara mengunggah foto lawas nenek Rafathar itu. Dalam fotonya, pesona ibunda Raffi Ahmad semasa mudanya sudah sangat terpancar.

"Siapakah Itu????? Happy Bday Mama Amy," tulis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina melalui keterangan foto di akun Instagram @raffinagita1717.

Pose Mama Amy dan Mendiang Suami

Amy Qanita ibunda Raffi Ahmad semasa muda bersama mendiang suaminya. (Instagram @raffinagita1717)
Amy Qanita ibunda Raffi Ahmad semasa muda bersama mendiang suaminya. (Instagram @raffinagita1717)

Tampak Mama Amy sedang berpose sambil menopang dagu dan tersenyum ke arah kamera. Mendiang ayah Raffi Ahmad yang sedang melihat ke belakang, turut hadir di sisi Mama Amy.

Bikin Takjub Adik Raffi

Nisya Ahmad (Sumber: YouTube/NisNaz Channel)
Nisya Ahmad (Sumber: YouTube/NisNaz Channel)

Adik Raffi Ahmad, Nisya Ahmad, tampak takjub dengan foto ibunya semasa muda. Ia memberikan emotikon terkagum dan tertawa lepas. Selain itu, Nisya tampak heran Raffi bisa mendapatkan foto tersebut.

"Dari mana sih ini foto-foto," tulis Nisya Ahmad bertanya melalui kolom komentar.

Banjir Ucapan Selamat

Potret Amy Qanita semasa muda yang diunggah Raffi Ahmad itu membuat warganet berbondong-bondong mengucapkan selamat ulang tahun.

Pujian Bertebaran

Terlihat juga sejumlah warganet yang terpesona oleh kecantikan Amy Qanita semasa muda. Mama Amy pun disebut sebagai wanita yang cantik pada eranya. Sebagian besar penggemar pun mendoakan kesehatannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BSSN Dorong Penerapan ICS Demi Keamanan Siber bagi Dunia Industri

Posted: 13 Dec 2020 10:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memasuki era revolusi industri 4.0 ini, berbagai infrastruktur kritikal nasional memanfaatkan Information Technology dan Operation Technology untuk mengatur berbagai proses pengolahan aset strategis, yang bernilai vital bagi publik.

Pemanfaatan Information Technology dan Operation Technology pada sektor infrastruktur kritikal nasional tersebut membuka peluang serangan siber yang dapat berdampak masif bagi masyarakat. Untuk itu, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), mengajak masyarakat industri, untuk mewaspadai serangan siber.

Sebab serangan siber bisa berakibat fatal, mulai dari berhentinya proses produksi hingga bencana besar. Insiden serangan siber, tidak hanya merusak Industrial Control System, tetapi juga akan langsung berimplikasi pada produk, reputasi iklim investasi dan bahkan keselamatan masyarakat.

Untuk mencegah terjadinya serangan siber pada sektor industri, pelaku industri tentu saja harus menyiapkan Industrial Control System (ICS). Industrial Control System merupakan komponen utama dalam Operation Technology. Industrial Control System terdiri dari sistem yang digunakan untuk memantau dan mengontrol proses industri.

Setiap Industrial Control System memiliki fungsi yang berbeda, mengkoordinasikan berbagai sistem kerja sektor industri dan infrastruktur penting (manufaktur, transportasi, energi dan air minum) sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Deputi Bidang Proteksi BSSN Akhmad Toha mengatakan, BSSN terus melakukan penguatan koordinasi antara BSSN dengan pemangku kepentingan keamanan siber sektor IIKN (Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional) yang telah menggunakan Industrial Control System, sehingga membutuhkan keamanan siber untuk keberlangsungan bisnisnya.

"Koordinasi melalui forum dikusi yang kita lakukan diharapkan dapat membentuk pola koordinasi dan sinergi pelaku industri strategis sebagai pemangku kepentingan keamanan siber sektor IIKN dengan BSSN sebagai pembuat kebijakan keamanan siber Indonesia mulai dari tahap identifikasi, proteksi dan deteksi sehingga penanggulangan dan pemulihan," papar Akhmad Toha.

Sementara itu, dalam berbagai kesempatan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian mengungkapan, era revolusi industri 4.0 juga membawa pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan industri yang mengadaptasi pemanfaatan teknologi. Penerapan sistem otomatis pada sistem produksi, komputasi awan (cloud computing) dan pemanfaatan teknologi lainnya tentu membawa keuntungan di antaranya tebih efektif dan efisien. Begitu juga dengan proses produksi dan pengontrolan. Pemanfaatan teknologi ICT juga berpotensi untuk meningkatkan pendapatan pangsa pasar dan keuntungan bagi industri.

"Insiden serangan siber tidak hanya merusak Industrial Control System, tetapi juga akan langsung berimplikasi pada produk, termasuk kenyamanan investor," jelas Hinsa.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beberapa RS Swasta Buka Pendaftaran Vaksinasi COVID-19, Merek dan Harga Tunggu Pemerintah

Posted: 13 Dec 2020 10:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa rumah sakit swasta di Indonesia dikabarkan telah membuka pendaftaran untuk vaksinasi COVID-19 secara mandiri. Salah satunya adalah Rumah Sakit Universitas Islam Indonesia (RS UII) di Yogyakarta.

Dalam salah satu unggahan di akun Instagramnya beberapa hari yang lalu, RS UII menyatakan bahwa mereka membuka pendaftaran untuk vaksinasi COVID-19.

"Rumah Sakit UII melayani reservasi melalui appointment Vaksin Covid 19 dengan estimasi kedatangan vaksin 1-2 bulan," tulis keterangan di unggahan tersebut.

Health Liputan6.com pada Senin (14/12/2020) awalnya mencoba menghubungi nomor Whatsapp di unggahan tersebut. Namun, pesan balasan mengarahkan nomor telepon lain apabila pesan lama dibalas, call center tersebut akhirnya dapat dihubungi.

"(Pendaftaran) sudah ditutup, per tadi malam (14 Desember 2020)," kata call center RS UII ketika coba dikonfirmasi soal pendaftaran vaksinasi COVID-19. Pendaftaran vaksinasi di RS UII ditutup karena kuota penuh.

Lebih lanjut, RS UII mengatakan bahwa kisaran harga, proses, dan merek vaksin COVID-19 nantinya masih menunggu keputusan dari pemerintah. "Kami hanya membantu data saja."

Selain itu, mereka menyatakan bahwa vaksinasi COVID-19 yang akan mereka lakukan hanya kepada masyarakat umum untuk vaksin mandiri.

RS Lainnya

Ilustrasi Vaksin Virus Corona COVID-19. (File foto: AFP / John Cairns)
Ilustrasi Vaksin Virus Corona COVID-19. (File foto: AFP / John Cairns)

Selain RS UII, Primaya Hospital juga membuka pre-registrasi vaksin COVID-19. Hal ini juga mereka umumkan di Instagramnya.

"Pelaksanaan vaksinasi dapat dilakukan di seluruh cabang Primaya Hospital. Khusus perusahaan, vaksinasi dapat dilakukan di lokasi yang Anda tentukan," tulis Primaya di laman registrasi vaksinasi COVID-19 mereka.

Namun, Primaya memberikan keterangan bahwa pelaksanaan vaksinasi COVID-19 akan dilakukan setelah mendapatkan konfirmasi dari pemerintah, bahwa rumah sakit swasta diizinkan untuk melakukan vaksinasi.

Selain itu, spesifikasi produk dan harga menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah di kemudian hari.

 

Rumah sakit lain yang santer diberitakan telah membuka pendaftaran vaksinasi COVID-19 adalah RSU Bunda Jakarta.

Namun, saat dihubungi oleh Health Liputan6.com, Humas RS Bunda Group mengatakan, mereka masih menunggu keputusan dan arahan pemerintah.

"Jadi segala informasi terkait vaksin COVID-19 akan kami sampaikan begitu ada arahan dari pemerintah," kata perwakilan dari Humas RS Bunda Group. Ia menambahkan bahwa mereka akan mengumumkan lagi, apabila ada informasi lebih lanjut terkait hal ini.

Bisa Mendaftar Melalui Aplikasi dan Website

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan bahwa masyarakat yang menginginkan vaksinasi secara mandiri bisa mendaftar melalui aplikasi dan website. Namun, bagi masyarakat yang terkendala sinyal internet, proses vaksinasi akan melibatkan TNI atau Polri wilayah setempat secara manual.

"Yang sulit aksesnya atau keterbatasan secara digital akan melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas. Manual bisa diaktifkan dari TNI dan Polri," kata Erick dalam Webinar Persiapan Infrastruktur Data dan Layanan Vaksinasi Covid-19, Jakarta, Selasa (1/12/2020). 

Soal pendaftaran vaksinasi, Erick Thohir menyatakan pihaknya melakukan pendekatan dari bawah (bottom up) bersama perusahaan swasta mengajak masyarakat melakukan vaksin sejak dini.

"Pendaftaran mandiri kita bottom up. Perusahaan individu bisa dapatkan dari sekarang," kata dia.

Diharapkan, masyarakat sejak dini sudah melakukan pendaftaran. Khususnya bagi mereka yang berada di kelompok menengah yang diharapkan melakukan vaksinasi mandiri.

"Makanya semua harus didaftar, kapan disuntik, kapan antre, kapan suntik kedua. Kita kembali seperti balita ya disiplin," ungkap Menteri BUMN ini. Vaksinasi tahap awal akan diberikan kepada mereka yang berada di rentang usia 18 tahun sampai 59 tahun. Namun hasil riset terus berkembang dan bukan tidak mungkin mereka yang berusia di atas 59 tahun bisa divaksin.

Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia

Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Metro Akan Penuhi Panggilan Komnas HAM Terkait Kematian 6 Laskar FPI

Posted: 13 Dec 2020 10:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran akan memenuhi panggilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait investigasi kasus kematian enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) saat mengawal rombongan Rizieq Shihab di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek.  

"Jadi Kapolda bahkan datang sendiri nanti," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada media, Senin (14/12/2020).

Secara terpisah, Ketua Komnas HAM Taufan Damanik, mengaku telah memanggil Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk datang hari ini pukul 13.00 WIB. Pemanggilan dilakukan, setelah Komnas HAM menggali keterangan dari Dirut Jasa Marga Subakti Syukur terkait insiden tersebut.

"Jam 10 pemeriksaan Dirut Jasa Marga, jam 1 (13.00 WIB) dengan Kapolda Fadil Imran. Kita terus mengumpulkan bahan-bahan," ujar Damanik.

Terkait investigasi ini, Damanik meminta publik bersabar terhadap kerja yang dilakukan tim Komnas HAM. Dia mengamini, adanya pro dan kontra di masyarakat membuat penelusuran fakta di lapangan dituntut semakin terang dengan tidak membicarakan substansi sebelum valid. 

"Kita tahu di publik kita ini ada pro kontra. Jadi saya kira. Itu akan sangat berpengaruh pada tim kami. Terutama tim kami yang masih muda-muda ini, karena itu kami berharap sebaiknya ini dikumpulkan semua, dianalisis, dikroscek, itu sudah substansi," dia menandasi. 

Temuan Komnas HAM

Mobil ambulans yang membawa jenazah laskar Front Pembela Islam (FPI) memasuki Jalan KS Tubun, Jakarta, Selasa (8/12/2020). Sebanyak 6 jenazah laskar FPI yang baku tembak di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (7/12) lalu diserahkan kepada pihak keluarga untuk disalatkan. (merdeka.com/Imam Buhori)
Mobil ambulans yang membawa jenazah laskar Front Pembela Islam (FPI) memasuki Jalan KS Tubun, Jakarta, Selasa (8/12/2020). Sebanyak 6 jenazah laskar FPI yang baku tembak di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (7/12) lalu diserahkan kepada pihak keluarga untuk disalatkan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, Komnas HAM menyatakan, tidak bisa memenuhi undangan polisi untuk menyaksikan rekonstruksi penembakan 6 laskar FPI. Lantaran, sedang mendalami berbagai temuan dalam penyelidikan yang sudah dilakukan.

Ketua Tim Penyelidikan Komnas HAM M Chorul Anam menyebut, temuan yang didapatkan saat penyelidikan akan membuat kasus penembakan laskar FPI ini kian terang.

"Puzzle terangnya peristiwa semakin detail kami dapatkan. Dan berharap semakin banyak yang diperoleh, semakin cepat terang," ujar dia dalam keterangannya, Minggu (13/12/2020).

Dia berharap masyarakat yang mengetahui kejadian tersebut tak ragu membongkarnya ke Komnas HAM. Apalagi, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) siap memberikan perlindungan.

"Harapan kami bagi masyarakat yang mengetahui peristiwa tersebut dapat memberi keterangan ke Komnas HAM," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

60 Tahun Dicuri, Patung Dewi Cybele Berusia 1.700 Tahun Akhirnya Kembali ke Turki

Posted: 13 Dec 2020 10:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Patung Dewi Cybele, simbol kelimpahan dan kesuburan, hilang dicuri dan diselundupkan ke luar negeri hampir 60 tahun lalu. Namun, patung berusia 1.700 tahun itu kini telah ditemukan dan kembali ke Turki.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki Mehmet Nuri Ersoy menyampaikan pengumuman itu dan memperkenalkan patung tersebut dengan menggelar konferensi pers di Museum Arkeologi Istanbul, sehari setelah patung itu tiba di Turki dari Amerika Serikat, pada Minggu 13 Desember waktu setempat.

Patung tersebut ditemukan pada 1960-an di Provinsi Afyonkarahisar, Turki barat, saat proses konstruksi sebuah jalan, tetapi kemudian diselundupkan dan dijual di Israel, ungkap Ersoy. Kemudian Turki baru-baru ini mendapat informasi bahwa artefak tersebut masuk ke Amerika Serikat untuk dijual di sebuah rumah lelang.

"Kami meminta para pejabat di sana untuk menghentikan penjualannya," tutur Ersoy seperti dilansir Xinhua, Senin (14/12/2020), yang menambahkan bahwa otoritas Turki menunjukkan dokumen ilmiah yang membuktikan bahwa patung tersebut berasal dari Anatolia.

Simbol Kesuburan

Patung Dewi Cybele, simbol kelimpahan dan kesuburan, berusia 1.700 tahun. (Osman Orsal/Xinhua)
Patung Dewi Cybele, simbol kelimpahan dan kesuburan, berusia 1.700 tahun. (Osman Orsal/Xinhua)

Cybele dipuja sebagai Dewi Ibu, simbol pelindung kesuburan dan kelimpahan di Lembah Mediterania, khususnya di Anatolia, sejak zaman prasejarah, menurut para sejarawan.

Singa di kedua sisi patung itu menunjukkan dominansi Cybele atas alam dan hewan-hewan, papar sebuah artikel baru-baru ini yang diterbitkan di platform berita arkeologi.

Ersoy mengatakan patung tersebut akan dipamerkan di sebuah museum baru yang akan dibangun di Afyonkarahisar di masa mendatang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Bakal Tambah Insentif Sektor Perumahan di 2021

Posted: 13 Dec 2020 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di 2021 menjadi tahun penuh harapan dan optimisme dalam proses pemulihan ekonomi, tidak hanya di Indonesia tapi juga secara global. Semua sektor diharapkan dapat pulih dan memberikan kontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi termasuk sektor properti/perumahan.

Untuk memacu sektor tersebut diperlukan dukungan seluruh stakeholders di antaranya adalah Pemerintah, Jasa Keuangan dan Perbankan, Pengembang dan juga sektor pendukung lain yang menjadi ekosistem di sektor ini.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI Andin Hadiyanto menyampaikan dalam paparannya pada saat HUT KPR-BTN ke-44 pekan lalu di Jakarta,  pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2021 diproyeksikan dapat mencapai 5 persen. Angka itu jauh membaik dibandingkan tahun 2020 yang diperkirakan mengalami kontraksi sebesar -1,7 persen hingga -0,6 persen.

Andin menilai sektor properti/perumahan sangat berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi karena Pemerintah juga meyakini sektor tersebut sangat strategis, sehingga menjadi perhatian dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), 

"Karena sektor properti sangat strategis, melekat di berbagai dimensi, tidak hanya dimensi ekonomi, tapi juga dimensi sosial, keuangan dan juga fiskal. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi backlog perumahan nasional, jadi akan banyak tambahan rumah yang bisa diakses masyarakat, khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," kata Andin, Senin (14/12/2020).

Andin menilai dibutuhkan intervensi langsung dari Pemerintah untuk MBR. Sebab, angka backlog kepemilikan rumah sebesar 11,4 juta orang. Sementara backlog keterhuniaan adalah sebesar 7,6 juta orang.

Intervensi yang dilakukan Pemerintah mencakup sejumlah aspek diantaranya mendorong supply side dengan mengusahakan ketersediaan rumah, meningkatkan akses pembiayaan, harga rumah yang terjangkau dan program berkelanjutan.

Untuk itu, Kementerian Keuangan menurut Andin sudah memberikan sejumlah insentif fiskal dan alokasi anggaran belanja seperti Subsidi Selisih Bunga (SSB), Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM), Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT), Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Dana Alokasi Khusus Fisik (DAKF) serta dana bergulir Fasilitas Pembiayaan. 

Dukungan Pemerintah dari tahun ke tahun terus meningkat nilainya. Pada tahun 2020, dana bergulir FLPP Rp 9 triliun,  SBUM Rp 600 miliar dan  SSB Rp 3,87 triliun. Sedangkan PMN untuk SMF Rp 1,75 triliun, PEN Perumahan Rp 1,3 triliun dan DAKF Rp1,42 triliun.

"Pada tahun 2021, alokasi tersebut bertambah, yakni dana bergulir FLPP menjadi Rp 16,62 triliun, SBUM menjadi Rp 630 miliar dan SSB menjadi Rp 5,97 triliun. Sedangkan PMN untuk SMF menjadi Rp 2,25 triliun dan DAKF menjadi Rp1 triliun," kata Andin.

Dengan dukungan Pemerintah tersebut, Andin optimistis para pelaku sektor properti/perumahan dapat diakselerasi dengan baik.  Perbankan khususnya dapat memaksimalkan perannya menjadi penyalur dana pemerintah baik  anggaran subsidi maupun Dana PEN yang sudah dialirkan sejak Juni lalu.

 

Kata Dirut BTN

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Pahala N Mansury (dok: BTN)
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Pahala N Mansury (dok: BTN)

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Pahala Nugraha Mansury pada kesempatan yang sama menyambut baik dukungan Pemerintah dalam mendorong sektor properti/perumahan tersebut. Berkat dukungan Pemerintah, pada saat pandemi sekali pun, sektor properti terbukti dapat tumbuh positif. 

"Tidak semua sektor terpengaruh pandemi, salah satu sektor yang memiliki kinerja yang cukup baik adalah sektor real estate, di triwulan III pertumbuhannya mencapai 2 persen," jelas Pahala. 

Di tengah pandemi, dukungan pemerintah dioptimalkan dengan baik oleh Bank BTN, misalnya penyaluran Dana PEN, dan dana subsidi perumahan.

"Pemerintah menempatkan dana di Bank BTN sebesar Rp 10 triliun. Hal itu guna mendorong sektor perbankan khususnya sektor perumahan. Hingga November 2020, Bank BTN telah berhasil merealisasikan Rp 25,6 triliun, hampir mencapai target yang sebesar Rp 30 triliun yang sebagian besar mengalir ke KPR," kata Pahala. 

Kedepannya, Pahala menegaskan tetap dibutuhkan dukungan di sektor perumahan. Tidak hanya di sisi demand, tapi juga sisi supply.    

"Sektor supply pun tetap butuh bantuan, misalnya kredit subsidi untuk kredit konstruksi, kalau selama ini  subsidi diberikan untuk demand atau konsumen saja, mungkin dapat dipertimbangkan untuk pengembang  untuk diberikan susbidi," kata Pahala.

Sementara itu, Bank BTN ke depan juga terus berkomitmen meningkatkan kinerjanya, melakukan inovasi produk KPR dan terus mengembangkan digitalisasi untuk meningkatkan akses sektor perumahan melalui  portal www.btnproperti.co.id.  

"Dengan pengembangan dan perbaikan portal tersebut, kami harapkan aksesibilitas terhadap perumahan dapat lebih baik," kata Pahala.

Pahala sangat optimis stimulus yang diberikan Pemerintah untuk tahun 2021 bakal dapat mengakselerasi sektor properti lebih cepat lagi karena perekonomian diprediksi membaik. Seperti diketahui, sektor perumahan memiliki multiplier effect yang tinggi, berpengaruh terhadap 174 sektor domestic, padat karya, padat modal dan dapat membuka lapangan pekerjaan.   

"Sektor properti memiliki peluang dalam percepatan pemulihan perekonomian nasional tersebut dikarenakan memiliki kontribusi yang positif terhadap penyerapan tenaga kerja dan peningkatan nilai PDB," kata Pahala

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Versi Polisi, Ini Pemicu 4 Anggota FPI Ditembak Dalam Mobil

Posted: 13 Dec 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rekonstruksi atau reka ulang kasus bentrokan polisi dan anggota FPI di jalan tol Jakarta-Cikampek KM 50 digelar Senin (14/12) dini hari. Polisi ungkap alasan terjadi penembakan anggota FPI dalam mobil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Calon Bupati Dibawah Usia 30 Tahun, Unggul Versi Sirekap KPU

Posted: 13 Dec 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia baru saja menggunakan hak suaranya dalam Pilkada 2020 yang digelar serentak pada 9 Desember 2020. Pesta demokrasi tersebut sebelumnya akan digelar pada Maret 2020 lalu namun ditunda.

Meski digelar ditengah pandemi Covid-19, sejumlah pasangan calon tetap berkampanye sesuai dengan protokol kesehatan. Begitu pula dengan lokasi-lokasi pemungutan suara di berbagai daerah di Tanah Air.

Telah digelar dan kini KPU tengah sibuk melakukan perhitungan cepat, sejumlah nama pasangan calon pun turut menjadi perbincangan. Pasalnya sederet nama calon Bupati pada Pilkada 2020 ini memunculkan nama politikus muda.

Unggul menurut SiRekap KPU, nama-nama calon Bupati yang masih berusia diabwah 30 tahun ini diduga bakal menjadi kepala daerah selanjutnya. Berikut ini Liputan6.com rangkum, 7 calon Bupati dibawah usia 30 tahun yang unggul versi perhitungan sementara KPU dilansir dari berbagai sumber, Minggu (14/12/2020).

1. Rezita Meylani Yopi

Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@kosgoro1957.riau)
Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@kosgoro1957.riau)

Sosok Rezita Meylani Yopi mendadak jadi perbincangan usai muncul menjelang pemilihan kepala daerah tahun ini. Bagaimana tidak, ia adalah kandidat termuda sebagai calon Bupati yang masih berusia 26 tahun.

Sebelumnya pada 2010 silam, Yopi Arianto, sang suami, tercatat dalam rekor MURI sebagai bupati termuda di Indonesia pada usia 30 tahun. Kini giliran sang istri yang bakal memecahkan rekor sang suami.

Calon kepala daerah termuda di Indonesia asal Indragiri Hulu (Inhu) ini juga diketahui unggul berdasarakan SiRekap Komisi Pemilihan Umum. Rezita Meylani Yopi dan Junaidi Rachmat meraih 28,9 persen untuk Kabupaten Indragiri Hulu.

 

2. Indrata Nur Bayuaji

Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@inb_indratanurbayuaji)
Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@inb_indratanurbayuaji)

Indrata Nur Bayuaji merupakan keponakan Presiden ke-6 yakni Susilo Bambang Yudhoyono. Berpasangan dengan politikus Partai Golkar, Gagarin, mereka unggul mutlak berdasarkan hasil hitung cepat di seluruh tempat pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pasangan yang mengusung jargon "Nyawiji Sumrambah" tersebut unggul dengan 74,6 persen suara. Kendati perhitungan resmi versi KPU Kabupaten Pacitan belum keluar, calon bupati yang masih berusia 27 tahun tersebut akui optimis menang.

3. Aditya Halindra Faridzki

Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@adityahalindra)
Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@adityahalindra)

Nama dan sosok Aditya Halindra Faridzki mendadak viral di media sosial. Hal tersebut lantaran banyak netizen yang justru salah fokus dengan paras tampan calon Bupati Tuban, Jawa Timur ini. 

Meski masih berusia 28 tahun, Aditya dan pasangannya Riyadi, masih memimpin perolehan suara sementara berdasarkan pehitungan resmi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pilkada 2020 Kabupaten Tuban. Pasangan ini sukses meraih suara mencapai 57,76 persen.

4. Hanindhito Himawan Pramono

Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@dhitopramono)
Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@dhitopramono)

Putra dari Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramana turut maju menjadi calon Bupati Kediri pada Pilkada 2020 ini. Berpasangan dengan Dewi Maria Ulfa, pasangan ini berhasil unggul dengan sukses mendapat 76,53 persen suara. 

Sebelumnya saat diumumkan sebagai kepala daerah, ia merasa wajar jika ada yang meremehkannya maju dalam Pilkada di usia muda.

"Memang stigma masyarakat terhadap anak muda maju menjadi calon kepala daerah ini pasti isone opo? Bisa apa? Itu sudah pasti. Stigma inilah yang ingin saya patahkan," kata pria yang akrab disapa Dhito, Jumat (24/7/2020) lalu.

Masih berusia 28 tahun, dirinya optimistis dan berterimakasih kepada masyarakat Kabupaten Kediri usai perhitungan cepat KPU.

5. Vandiko Timotius Gultom

Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@vandikogultomofficial)
Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@vandikogultomofficial)

Pasangan calon Bupati Samosir dengan nomor urut 2 yakni Vandiko Timotius Gultom, ST dan Martua Sitanggang, MM, unggul sementara dalam penghitungan suara di Pilkada Samosir.

Pasangan Vandiko Timotius, ST dan Martua Sitanggang, MM, nomor urut 2 unggul 60,5 persen. Pria berusia 28 tahun tersebut untuk sementara menang di 8 kecamatan.

6. Ahmad Muhdlor Ali

Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@ahmadmuhdlorali)
Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@ahmadmuhdlorali)

Calon Bupati milenial yakni Ahmad Muhdlor Ali unggul sementara versi data KPU di Pilkada Sidoarjo 2020. Paslon nomor urut 02 Ahmad Muhdlor-Subandi mendapatkan suara lebih unggul sebanyak 40,3 persen.

Ahmad Muhdlor merupakan satu diantara kaum muda yang ikut terjun mencalonkan kepala daerah dan amsih berusia 29 tahun. Diketahui, Ahmad Muhdlor Ali atau yang akrab disapa Gus Muhdlor ini masih tergolong muda untuk terjun di dunia politik.

7. Bobby Nasution

Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@bobbynst)
Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun. (Sumber: Instagram/@bobbynst)

Sosok yang sudah awam dikalangan masyarakat yakni Bobby Nasution juga terjun di Pilkada 2020. Menantu Presiden Joko Widodo dan juga suami dari Kahiyang Ayu ini mencalonkan diri sebagai calon wali kota kota Medan.

Pria yang masih berusia 29 tahun tersebut memimpin dengan perolehan 55,64 persen. Dari hasil penghitungan cepat (quick count) yang masuk, bisa dikatakan bahwa pasangan Bobby-Aulia diprediksi akan memenangkan Pilkada Kota Medan 2020.

Sebelumnya, calon Wali Kota Medan Bobby Nasution sendiri menggunakan hak suara pada Pilkada Medan. Bersama Kahiyang Ayu, keduanya mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 022, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil di TV, Meghan Markle Apresiasi Peran Relawan di Masa Pandemi Covid-19

Posted: 13 Dec 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle membuat penampilan mengejutkan di televisi menjelang akhir tahun. Meski tidak tertera dalam jadwal, Meghan menjadi bintang tamu kejutan dalam acara penghargaan tahunan 'CNN, Heroes: An All-Star Tribute'.

Acara spesial ini memberi penghargaan tahunan pada masyarakat biasa yang melakukan hal-hal inspiratif selama pandemi corona Covid-19 di Amerika Serikat (AS), seperti memberi bantuan makanan pada mereka yang membutuhkan.

Dilansir dari laman CNN, Senin (14/12/2020), Meghan Markle tampil memberikan pidato singkat selama sekitar dua menit dalam acara yang berlangsung Minggu, 13 Desember 2020 waktu setempat.

Ia terlihat memakai blus berwarna cokelat muda dan riasan simpel, dan duduk di bangku dengan latar kebun bunga berwarna ungu. Istri dari Pangeran Harry ini membahas seputar krisis di masa pandemi yang sangat berat tapi terasa lebih ringan karena beberapa orang mau berbagi dan membantu sesama dengan menjadi relawan.

"Mereka memastikan kalau tetangga atau orang-orang di sekitar mereka tidak kelaparan selama menjalani isolasi di masa pandemi," tuturnya dalam acara tersebut.

Meghan sangat mengapresasi peran para relawan, apalagi ia dan Harry juga beberapa kali menyumbangkan dan menyalurkan makanan pada mereka yang membutuhkan sejak menempati rumah baru mereka di Los Angeles.

"Di masa sulit ini, kita melihat kekuatan jiwa manusia dengan cara luar yang mau membantu orang-orang disekitar mereka. Banyak dari mereka bersatu untuk memastikan komunitas mereka tidak mengalami kelaparan dan kebutuhan dasar mereka bisa terpenuhi," sambung Meghan.

Tanpa Kehadiran Penonton

Ucapan Terima Kasih Meghan Markle untuk Para Relawan di Masa Pandemi. (dok.Instagram @yahoostyleca/https://www.instagram.com/p/CIxBoT9lo45/Henry)
Ucapan Terima Kasih Meghan Markle untuk Para Relawan di Masa Pandemi. (dok.Instagram @yahoostyleca/https://www.instagram.com/p/CIxBoT9lo45/Henry)

Pidato tersebut merupakan penampilan perdana Meghan Markle di depan publik sejak ia mengungkapkan dirinya keguguran pada musim panas lalu. Peristiwa keguguran tersebut diceritakan Meghan secara detil dalam sebuah artikel di New York Times pada November lalu.

Tulisan yang berisi curahan hati ibu satu anak itu berjudul The Losses We Share. Ia merefleksikan pentingnya menjangkau orang lain, terlepas dari banyaknya perbedaan.

Sementara itu, selama 14 tahun terakhir, penghargaan CNN Heroes selalu disiarkan secara langsung di studio dan disaksikan banyak penonton. Namun situasi pandemi membuat acara di tahun ini direkam lebih dulu di beberapa lokasi berbeda tanpa ada kehadiran penonton.

Selain Meghan Markle, beberapa selebritas lainnya yang tampil mengisi acara ini adalah komedian Jim Gaffigan and Patton Oswalt, aktris Angela Bassett dan Gal Gadot serta bintang tamu spesial Dr. Anthony Fauci and Chef José Andrés.

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Rekonstruksi Baku Tembak Polisi dan FPI di Tol Cikampek

Posted: 13 Dec 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian menggelar rekonstruksi penembakan enam anggota Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek, Senin (14/12/2020) dini hari tadi.

"Rekonstruksi kejadian di kilometer 50 jalan Tol Jakarta-Cikampek digelar di empat titik," ujar Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra saat memimpin apel persiapan rekonstruksi di Mapolres Karawang, Minggu, 13 Desember 2020 malam.

Rekonstruksi penembakan enam anggota FPI di Tol Jakarta-Cikampek itu digelar dengan pengawalan ratusan aparat kepolisian dari Polres Karawang, Polda Jabar, dan Polda Metro Jaya.

Menurut Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, petugas lalu lintas disebar di sejumlah titik agar kegiatan rekonstruksi berjalan lancar.

Selain itu, Gerbang Tol Karawang Barat ditutup untuk sementara saat kegiatan rekonstruksi berlangsung.

"Personel juga ditugaskan untuk melakukan penutupan Gerbang Tol Karawang Barat, agar kegiatan rekonstruksi berjalan dengan aman dan lancar," ujar Sambodo, dilansir Antara.

Dari hasil rekonstruksi terungkap, di titik atau lokasi kejadian pertama, terdapat adegan dua mobil yang diduga dari rombongan Rizieq Shihab menghadang petugas.

Berikut deretan fakta terkait rekonstruksi penembakan enam anggota FPI di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 50 dihimpun Liputan6.com:

 

Digelar di 4 Titik

Mobil ambulans yang membawa jenazah laskar Front Pembela Islam (FPI) memasuki Jalan KS Tubun, Jakarta, Selasa (8/12/2020). Sebanyak 6 jenazah laskar FPI yang baku tembak di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (7/12) lalu diserahkan kepada pihak keluarga untuk disalatkan. (merdeka.com/Imam Buhori)
Mobil ambulans yang membawa jenazah laskar Front Pembela Islam (FPI) memasuki Jalan KS Tubun, Jakarta, Selasa (8/12/2020). Sebanyak 6 jenazah laskar FPI yang baku tembak di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (7/12) lalu diserahkan kepada pihak keluarga untuk disalatkan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Rekonstruksi penembakan enam anggota Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 50 dilaksanakan di empat titik.

Rekonstruksi tersebut dilakukan mulai Minggu malam, 13 Desember 2020 hingga Senin dini hari (14/12/2020).

"Rekonstruksi kejadian di kilometer 50 jalan Tol Jakarta-Cikampek digelar di empat titik," kata Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra saat memimpin apel persiapan rekonstruksi di Mapolres Karawang, Minggu malam, 13 Desember 2020.

Rama mengatakan, rekonstruksi akan digelar pada waktu yang sama dengan kejadian penembakan laskar FPI yang mengiringi rombongan Rizieq Shihab.

 

Gerbang Tol Karawang Barat Ditutup Sementara dan Dijaga Ratusan Petugas

Kendaraan yang membawa pemudik di tol Jakarta-Cikampek dikeluarkan ke Gerbang tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jumat (24/4/2020). Akses transportasi mobil pribadi dan bus angkutan penumpang dari tol Jakarta Cikampek menuju Karawang ditutup mulai Jumat (24/4). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kendaraan yang membawa pemudik di tol Jakarta-Cikampek dikeluarkan ke Gerbang tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jumat (24/4/2020). Akses transportasi mobil pribadi dan bus angkutan penumpang dari tol Jakarta Cikampek menuju Karawang ditutup mulai Jumat (24/4). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Gerbang Tol Karawang Barat ditutup untuk sementara saat kegiatan rekonstruksi penembakan enam anggota FPI di Kilometer jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 50 wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin dini hari (14/12/2020).

Kegiatan rekonstruksi di jalan Tol Jakarta-Cikampek digelar dengan pengawalan ratusan aparat kepolisian dari Polres Karawang, Polda Jabar, dan Polda Metro Jaya.

"Petugas lalu lintas disebar di sejumlah titik agar kegiatan rekonstruksi berjalan lancar," ujar Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat apel persiapan rekonstruksi penembakan di Mapolres Karawang, dilansir Antara.

Dia mengatakan, personel juga ditugaskan untuk melakukan penutupan Gerbang Tol Karawang Barat, agar kegiatan rekonstruksi berjalan dengan aman dan lancar.

"Ada empat titik lokasi rekonstruksi penembakan. Dari empat titik itu ada titik ruas tol. Jadi untuk kelancaran kegiatan rekonstruksi itu dilakukan penutupan Gerbang Tol Karawang Barat," jelas Sambodo.

 

Terungkap Lokasi Adegan Baku Tembak

Polisi menghalau kendaraan berpenumpang di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar ke Gerbang tol Cikarang Barat, Kab. Bekasi, Jumat (24/4/2020). Akses transportasi mobil pribadi dan bus angkutan penumpang dari tol Jakarta Cikampek menuju Karawang ditutup mulai Jumat (24/4). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Polisi menghalau kendaraan berpenumpang di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar ke Gerbang tol Cikarang Barat, Kab. Bekasi, Jumat (24/4/2020). Akses transportasi mobil pribadi dan bus angkutan penumpang dari tol Jakarta Cikampek menuju Karawang ditutup mulai Jumat (24/4). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selama rekonstruksi aksi baku tembak polisi vs FPI, di titik lokasi pertama yang merupakan akses jalan ke Gerbang Tol Karawang Barat itu benar-benar steril.

Ratusan personel kepolisian tersebar di sejumlah titik pertama di lokasi rekonstruksi penembakan pengawal Rizieq Shihab itu.

Rekonstruksi itu sendiri digelar di empat titik. Untuk rekonstruksi di titik pertama, di jalan Interchange Karawang Barat, tepatnya di sekitar Bundaran Badami Karawang, dimulai pada Senin dini hari sekitar pukul 00.35 WIB.

Dilansir dari Antara, di titik atau lokasi kejadian pertama, terdapat adegan dua mobil yang diduga dari rombongan Rizieq Shihab menghadang petugas.

Di titik itu, salah satu kendaraan yang ditumpangi rombongan anggota FPI menabrak kendaraan petugas, dan langsung kabur atau melarikan diri.

Lalu di jalan sebelum Bundaran Badami, di titik rekonstruksi yang sama, kendaraan lain rombongan FPI menghadang kendaraan petugas.

Saat itu, empat orang pelaku turun dari mobil sambil membawa senjata tajam dan melakukan penyerangan ke arah petugas.

Petugas melakukan penembakan peringatan sambil berteriak "anggota polisi, jangan bergerak". Lalu para pelaku masuk ke dalam mobil. Tapi pelaku lainnya justru melakukan penembakan ke arah mobil petugas. Kemudian petugas pun melakukan penembakan kembali ke arah mobil pelaku.

Setelah itu, pelaku masuk mobil dan kabur ke arah jalan Tol Jakarta-Cikampek. Usai adegan itu, kegiatan rekonstruksi dilanjutkan di titik yang kedua.

 

Detik Demi Detik Kejadian Aksi Baku Tembak

Polisi menghalau kendaraan berpenumpang di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar ke Gerbang tol Cikarang Barat, Kab. Bekasi, Jumat (24/4/2020). Akses transportasi mobil pribadi dan bus angkutan penumpang dari tol Jakarta Cikampek menuju Karawang ditutup mulai Jumat (24/4). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Polisi menghalau kendaraan berpenumpang di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar ke Gerbang tol Cikarang Barat, Kab. Bekasi, Jumat (24/4/2020). Akses transportasi mobil pribadi dan bus angkutan penumpang dari tol Jakarta Cikampek menuju Karawang ditutup mulai Jumat (24/4). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lokasi reka ulang adegan baku tembak antara polisi dan laskar FPI digelar di tempat kejadian perkara Senin 7 Desember lalu. Reka ulang adegan dimulai di seberang Hotel Novotel Karawang pada Minggu, 13 Desember 2020.

Pemeran pengganti memeragakan laskar FPI turun dari mobil dan menghampiri kendaraan polisi. Mereka turun dengan membawa sejumlah senjata tajam. Mereka kemudian menghantamkan senjata tajam itu ke mobil polisi yang sudah ditandai titik-titiknya dan kembali ke mobil.

Adegan selanjutnya diperagakan ketika mereka sudah masuk mobil tersebut. Pada saat itu, dua orang laskar FPI menjulurkan senjata api ke arah mobil petugas. Sebagian tubuh mereka keluar dari jendela.

Reka ulang kemudian memperlihatkan, polisi yang berada di balik kursi kemudi membuka pintu untuk mengacungkan senjata. Setelah itu, mobil laskar FPI melaju. Rekonstruksi di titik pertama pun rampung.

Rekonstruksi berganti ke Jembatan Madani tak jauh dari Gerbang Tol Karawang Barat. Kali ini, terlihat mobil yang diberi tanda "Pelaku" berada di jalur kiri tol.

Adegan kedua, mobil yang diberi tanda "Petugas" berada di bahu jalan, berada di antara mobil "Pelaku" dan pembatas jalan.

Pada saat itu, laskar FPI menodongkan kembali senjata api ke arah mobil polisi. Posisi mobil laskar FPI lebih maju ketimbang mobil petugas. Petugas Inafis menunjukkan adegan itu merupakan adegan ke-14.

Kemudian, mobil "Pelaku" melaju meninggalkan mobil "Petugas". Mobil "Petugas" pun mengikutinya dari belakang dengan mengambil posisi di sebelah kanan mobil "Pelaku".

Petugas yang berada di kursi penumpang depan terlihat menunduk sembari mengacungkan senjata api ke arah mobil "Pelaku".

Pada jarak berdekatan, laskar FPI membuka jendela dan membalas mengacungkan senjata. Ada tiga orang yang berada di kursi penumpang bagian tengah. Namun, hanya satu orang yang mengacungkan senjata api.

Rekonstruksi selanjutnya berada di dekat Jembatan Madani. Pada saat itu mobil "Petugas" berada di depan dan berada agak ke tepi jalan.

Reka ulang adegan ketiga dilakukan di rest area KM 50 tol tersebut yang dimulai dengan memeragakan adegan ke-22. Kali ini, ada mobil biru metalik yang berada di tengah jalan rest area. Di belakangnya, ada mobil dengan tanda "Pelaku" di pelat nomornya.

Adegan selanjutnya, dua orang dari mobil "Petugas" mendekati mobil "Pelaku" dari belakang. Mereka membawa senjata api. Sementara keenam orang yang berada di mobil "Pelaku" belum keluar ataupun membuka kaca mobilnya.

Seorang petugas mengacungkan senjata ke arah mobil "Pelaku", lainnya menyiagakan senjata ke arah badan jalan.

Adegan berikutnya memperlihatkan empat petugas mengepung mobil "Pelaku". Seorang petugas berada di pintu sopir mobil tersebut. Seorang lagi di pintu penumpang tepat di belakang kursi kemudi. Dua petugas tetap di belakang.

Setelahnya, seorang petugas yang di belakang bergerak maju dan membuka pintu kursi penumpang yang berada di sebelah kiri.

Petugas kemudian menggiring empat laskar FPI keluar mobil. Keempatnya keluar dengan tangan berada di belakang kepala, tanda menyerah. Mereka lalu tengkurap di badan jalan.

Dua petugas berjaga di belakang dan satu orang di samping mereka sembari tetap mengacungkan senjata api.

Seorang petugas lainnya di tetap berjaga di pintu kiri mobil "Pelaku". Sementara, dua orang yang mengenakan tag "Pelaku" masih berada di mobil. Satu berada di kursi penumpang depan, seorang lagi berada tepat di belakangnya.

Selanjutnya, salah seorang petugas menggeledah empat "pelaku" yang tiarap. Petugas memeriksa mereka dengan meraba badan hingga pinggul keempatnya.

Petugas yang lain kemudian mengecek kondisi keduanya, dimulai dari "pelaku" yang berada di kursi penumpang depan. Petugas juga menggeledah mobil tersebut. Petugas mengamankan senjata tajam dan ponsel dari mobil tersebut.

Adegan setelahnya, petugas membuka pintu bagasi mobil "Petugas" dan kembali ke mobil "Pelaku". Dia dan seorang petugas lainnya kemudian menggotong "pelaku" yang masih berada di mobil. "Pelaku" yang digotong ini terlihat sudah lemas.

Dua pelaku ini diletakkan di bagasi dengan posisi kepala berlawanan. Petugas kemudian membawanya meninggalkan lokasi.

Tak lama, polisi memperlihatkan adegan yang melibatkan sebuah mobil derek. Mobil derek itu ternyata digunakan untuk menderek mobil "Pelaku".

Usai polisi menaikkan mobil "Pelaku" ke mobil derek, tiga petugas menggiring empat yang tadi tiarap ke mobil lain milik kepolisian.

Lokasi keempat reka ulang adegan baku tembak polisi dan laskar FPI berada di KM 51 tol pada rest area yang sama. Namun, reka adegan kali ini, mobil petugas sudah berada di jalan keluar rest area.

 

Total 58 Adegan Rekonstruksi

Ilustrasi – Tersangka pencabulan balita di Kebumen diborgol. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Ilustrasi – Tersangka pencabulan balita di Kebumen diborgol. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri bersama Polda Metro Jaya dan Polres Karawang menggelar rekonstruksi kasus baku tembak antara laskar FPI dengan penyidik Polda Metro Jaya di Tol Jakarta-Cikampek Km 50. Berlangsung di empat tempat kejadian perkara (TKP), ada 58 adegan yang dipraktikkan.

"Dalam proses rekonstruksi malam ini setidaknya ada 58 adegan rekonstruksi," ujar Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono saat meninjau langsung proses rekonstruksi di Tol Jakarta-Cikampek, Senin dini hari (14/12/2020).

Argo mengatakan, rekonstruksi baku tembak laskar FPI dengan anggota polisi itu dilakukan secara transparan dan dapat dilihat oleh masyarakat. Bahkan kata dia, ada 28 orang saksi yang menyaksikan proses rekonstruksi tersebut.

"Jumlah saksi yang dihadirkan malam ini ada 28 orang. Saksi korban ada empat," kata Argo.

 

Terungkap 4 Laskar FPI Ditembak di Mobil Polisi

Ilustrasi pistol (Liputan6.com/Rino Abonita)
Ilustrasi pistol (Liputan6.com/Rino Abonita)

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian membeberkan runut baku tembak antara enam anggota laskar FPI dengan kepolisian yang terjadi di Tol Jakarta-Cikampek. Pada peristiwa itu, empat simpatisan Rizieq Shihab terpaksa ditembak saat berada di mobil polisi.

"Dari TKP 1 terjadi penyerangan terhadap anggota Polri, sehingga tentu menyikapi itu penyidik yang ada dalam kendaraan melakukan pengejaran," tutur Andi di Tol Jakarta-Cikampek KM 51+200, Jawa Barat, Senin (14/12/2020).

Menurut Andi, penembakan polisi-laskar FPI telah terjadi mulai dari TKP 1 yakni sekitar bundaran Hotel Novotel Karawang dan TKP 2 di Jembatan Badami atau sekitar 600 meter dari TKP 1.

"Di dalam proses pengejaran, melihat gelagat dari pelaku yang mencoba arahkan tembakan ke petugas, daripada didahului anggota melakukan tindakan tegas," jelas dia.

Pada aksi tembak-menembak itu, lanjut Andi, mobil petugas menyalip dari sebelah kanan dan mengarahkan tembakan ke kendaraan laskar FPI. Hal itu mendapatkan perlawanan dengan todongan senjata dari jendela kiri mobil laskar FPI.

"Ternyata sampai di TKP 3 begitu berhasil diblok, begitu dibuka, ditemukan bahwa dua dari pelaku dalam keadaan terluka," ujar Andi.

TKP 3 sendiri berada di rest area KM 50 Tol Jakarta-Cikampek. Di sana, polisi meminta empat anggota laskar FPI lainnya untuk menyerah.

"Adegan di TKP 3 itu, empat pelaku yang masih hidup itu diamankan ke dalam mobil dengan tujuan dibawa penyidik ke Polda Metro Jaya. Dalam perjalanan tidak jauh jaraknya, dari KM 50 rest area sampai KM 51,2 terjadi penyerangan atau mencoba merebut senjata anggota," beber Andi Rian.

Akhirnya, polisi melakukan pembelaan diri dengan mengambil tindakan tegas terukur di kendaraan. Keempat anggota laskar pun menerima tembakan dari petugas hingga akhirnya meninggal dunia.

"Di situlah terjadi upaya dari penyidik yang ada dalam mobil untuk melakukan tindakan pembelaan sehingga keempat pelaku dalam mobil mengalami tindakan tegas dan terukur dari anggota yang ada dalam mobil," Andi menandaskan.

Pencopotan Baliho Rizieq Shihab dan Wacana Pembubaran FPI

Infografis Pencopotan Baliho Rizieq Shihab dan Wacana Pembubaran FPI. (Ilustrasi/Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pencopotan Baliho Rizieq Shihab dan Wacana Pembubaran FPI. (Ilustrasi/Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nissan Magnite Sebentar Lagi Meluncur di Indonesia, Ini Buktinya

Posted: 13 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nissan dalam waktu dekat akan meluncurkan Nissan Magnite. Model ini menyuguhkan sebuah lompatan evolusioner dalam jajaran DNA SUV global Nissan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan di Tanah Air.

Dijelaskan Evensius Go, Presiden Direktur, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI), kompak SUV terbaru ini dirancang dengan identitas desain Nissan yang berani, kaya akan fitur dan teknologi, serta dapat menjadi pendamping berpetualang yang sempurna di perkotaan bagi pelanggan aspiratif Indonesia.

"Produk ini akan menampilkan kecanggihan teknologi Nissan Intelligent Mobility, yang memberikan kepercayaan diri, antusias tinggi, dan koneksi yang lebih besar ke dunia di sekitar pemilik," ujar Evensius Go, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (14/12/2020).

Meskipun belum ada informasi detail terkait model yang akan diluncurkan jenama asal Jepang tersebut, namun dari gambar siluet yang dikirimkan NMDI, model tersebut dipercaya adalah Magnite. Terlihat dari desain wajah, baik lampu, grill, dan bumper.

Hadir di segmen SUV kompak, produk terbaru Nissan di Indonesia ini membawa desain sporty dan dinamis, yang akan menjadikannya sebagai pusat perhatian di jalan.

Garis Desain

Garis-garis desain badannya yang tegas dan berani memberikan perpaduan tepat antara gaya dan fungsionalitas. Dimensi kompak membuatnya mudah bergerak lincah di tengah lalu-lintas khas Indonesia.

"Mobil ini dikembangkan untuk memberikan pengalaman berkendara yang mudah dan menyenangkan. Di balik kap depan, mesinnya tidak hanya menawarkan performa yang luar biasa, tetapi juga penggunaan bahan bakar yang efisien sehingga mampu memuaskan pelanggan," tutup Evensius Go.

Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia

Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Nissan Garap Teknologi yang Bikin Mobil Bisa Cuci Sendiri]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Berusia 7 Tahun, Gadis Ini Mampu Angkat Beban hingga 80 Kg

Posted: 13 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Kanada - Anda mungkin biasa melihat orang dewasa melakukan olahraga ekstrem deadlift atau angkat beban. Namun, bagaimana jadinya jika yang melakukan olahraga tersebut adalah anak-anak?

Mungkin terdengar mustahil, tapi tidak jika kalian melihat anak perempuan satu ini. Dia adalah Rory van Ulft, seorang gymnastic asal Kanada berusia 7 tahun.

Rory baru-baru ini membuat orang berdecak kagum dengan prestasinya dalam olahgara angkat besi. Dia bahkan berhasil menjadi peserta termuda dalam US Youth National Champion sepanjang sejarah.

Rory mulai angkat beban sekitar dua tahun lalu, sebagai upaya untuk menjadi lebih kuat. Awalnya dia sudah mulai melakukan senam atau gymnastic tetapi dia menyadari bahwa dirinya bisa terluka ata cedera jika dia tidak cukup kuat.

Mulai Berlatih Angkat Beban

foto: IG/@roryvanulft
foto: IG/@roryvanulft

Rory pun mulai berlatih mengangkat beban dengan gaya snatch dan clean and jerk di bawah pengawasan dari seorang pelatih. Secara bertahap Rory mengembangkan kekuatannya ke titik di mana dia sekarang mampu mengangkat beban layaknya orang dewasa.

Dia bisa melakukan snatch dengan beban 32kg, clean and jerk dengan beban 42kg, serta squat dengan beban 61kg, dan deadlift dengan beban 80kg menggunakan bar wanita.

"Saat dia pertama kali memulai, saya membencinya," kata Lindsay Noad, ibu Rory, kepada CBC.

"Sangat menakutkan menyaksikannya mengangkat benda-benda berat yang hampir tidak bisa saya angkat. Sekarang saya melihatnya dan saya hanya berpikir, 'Saya sangat bangga padamu!' Dia sangat keren dan dia bisa melakukan hal-hal luar biasa."

Menang Kejuaraan

foto: IG/@roryvanulft
foto: IG/@roryvanulft

Melakukan teknik yang tepat untuk menghindari cedera merupakan kunci dalam program pelatihan Rory. Tahun lalu, Rory mengalahkan delapan dari tiga belas anak di Kejuaraan Pemuda Nasional AS, dalam kategori anak perempuan di bawah 13 tahun.  

Meskipun menjadi pesaing termuda dalam dua tahun dan dengan beban paling ringan dengan hampir 10 kilogram. Rory membuat kesan yang baik, jadi tidak ada yang terkejut bahwa di kejuaraan tahun ini, dia berhasil mengambil tempat nomor satu.

 

Senang Menjadi Kuat

foto: IG/@roryvanulft
foto: IG/@roryvanulft

Rory yang gemar mengenakan tato palsu ketika mengangkat beban mengatakan bahwa dia suka menjadi lebih kuat sebagai hasil dari angkat beban, karena ini memungkinkannya untuk melakukan hal-hal baru dalam rutinitas senamnya.

"Saya suka menjadi lebih kuat. Menjadi lebih kuat memungkinkan saya melakukan lebih banyak dan menjadi lebih baik dalam segala hal yang saya coba. Saya tidak memikirkan tentang apa yang terjadi sebelumnya atau apa yang akan terjadi setelahnya. Saya tidak memikirkan apa pun. Saya hanya menjernihkan pikiran dan melakukannya," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Benarkah Tips dalam Video Ini Bisa Bikin Swab PCR Covid-19 Jadi Negatif?

Posted: 13 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di Youtube cara agar tes swab PCR untuk virus corona covid-19 menjadi negatif. Video ini ramai dibicarakan di platform video tersebut sejak sebulan lalu.

Pengunggahnya adalah akun bernama dr. Edy Gunawan. Video itu berdurasi tujuh menit dan 39 detik. Ia mengklaim bisa memberikan hasil swab test ke arah negatif dengan beberapa tipsnya.

Dalam videonya, dr. Edy menyebut seminggu sebelum melakukan swab test harus berkumur dengan betadine. Dia juga menyebut obat kumur tersebut juga tidak berbahaya untuk diminum.

Ia juga menyebut daerah hidung juga bisa dilakukan pembersihan dengan betadine yang dicampur dengan air.

Sementara tips kedua ia juga menyarankan agar berkumur dengan campuran air garam untuk dikumur atau dimasukkan hidung. Hingga saat ini video tersebut sudah ditonton lebih dari 207 ribu kali dan mendapat 2.800 likes.

Lalu benarkah tips yang diberikan dalam video tersebut agar bisa mengubah hasil swab PCR virus corona covid-19 menjadi negatif?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menghubungi dr. RA Adaninggar. Sp.PD. Dia menyebut informasi yang disampaikan dalam video tidak benar.

"Tidak ada pengaruhnya jika kita melakukan tips di atas dan swab PCR kita bisa negatif. Apalagi jika patokannya setelah rapid test, karena rapid test mendeteksi antibodi kita, jadi bisa saja waktu di swab PCR hasilnya negatif tanpa melakukan tips di video itu," ujar dr. Adaninggar saat dihubungi Liputan6.com, Senin (14/12/2020).

Terkait penggunaan obat merah atau betadine (povidone iodine) juga dianggap berbahaya, apalagi jika sampai diminum.

"Senyawa povidone iodine memang bisa membunuh virus corona covid-19. Namun penelitian ini masih sebatas in vitro atau penelitian di laboratorium, sama sekali tidak melibatkan relawan manusia," ujarnya.

"Sesuai dengan petunjuknya, obat luar hanya untuk di luar tubuh, bukan untuk diminum. Bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal, menganggu hormon tiroid, dan bisa menyebabkan iritasi mukosa. Dan jika mukosa rusak maka virus malah bisa masuk," katanya menambahkan.

Jurnal yang menjelaskan soal penelitian PI pada covid-19 bisa dilihat dalam link ini dan ini....

Sementara terkait berkumur dengan air garam, dr. Ning juga menyebut belum ada bukti ilmiahnya bisa mencegah atau mengobati orang yang terinfeksi covid-19.

"Uji klinisnya terkait cuci hidung bisa mencegah infeksi covid-19 baru akan dilakukan dan memang sudah terdaftar di clinicaltrials.gov. Jika hanya dikumur tidak masalah, tapi kalau diminum berbahaya, terutama pada orang hipertensi," ujarnya.

"Tidak perlu melakukan hal-hal yang belum teruji keamanannya. Satu-satunya cara untuk mencegah covid-19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan yakni menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan serta menjaga imun tubuh kita."

Terkait beberapa hoaks terkait pencegahan covid-19 sudah pernah ditulis oleh Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini, ini, dan ini..

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Video yang mengklaim beberapa tips untuk mengubah hasil swab PCR covid-19 menjadi negatif adalah salah.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Diabetes Alami Retinopati Diabetik, Bisakah Kerusakan Mata Ini Sembuh?

Posted: 13 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kerusakan mata yang dikenal retinopati diabetik seringkali dialami pasien diabetes melitus. Apalagi bila kontrol gula darah tidak teratur dalam jangka waktu lama. Diabetes kian lama bisa merusak pembuluh darah pada mata.

Kondisi retinopati diabetik disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah pada jaringan retina. Penglihatan pasien kian lama akan blur dan tidak jelas. Pada tahap lanjut dan tidak segera ditangani, kebutaan bisa mengancam.

Lantas apakah retinopati diabetik bisa sembuh? Dokter spesialis mata konsultan Arief Kartasasmita menyampaikan, tergantung derajat kondisi keparahan. Apakah masih dalam tahap ringan atau berat.

"Kalau retinopati diabetik ringan dan segera diketahui, lalu gula darah diperbaiki dengan baik. Maka, tidak terjadi komplikasi bengkak pada saraf mata atau perdarahan. Biasanya sih setelah itu penglihatan tidak akan banyak berubah," jelas Arief saat dialog virtual Fight Against Blindness from Diabetes, ditulis Minggu (13/12/2020).

"Tetapi kalau untuk kondisi retinopati diabetiknya berat. Terapinya memang banyak pilihan, salah satunya laser atau bisa juga dengan menyuntikan satu obat khusus ke dalam mata atau pembedahan. Dengan berkembangnya teknologi terapi ini, kita bisa mengurangi kemungkinan terjadi gangguan penglihatan yang lebih berat."

Kondisi Keparahan Mata Kiri-Kanan Bisa Berbeda

Keparahan mata beda. Ilustrasi mata. (dok. Blender Timer/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Keparahan mata beda. Ilustrasi mata. (dok. Blender Timer/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Ketika pasien diabetes melitus mengalami retinopati diabetik, derajat keparahan pada mata kiri-kanan bisa berbeda. Artinya, kerusakan mata atau pembuluh mata antara mata kiri-kanan belum tentu sama kondisinya.

"Tentu saja, kondisi ini bisa berbeda. Antara mata kiri-kanan bisa berbeda tingkat keparahannya. Ya, walaupun kadang-kadang ditemukan sama," Arief menjelaskan.

"Jadi, tidak menutup kemungkinan bisa berbeda. Tetapi jarang sekali kita temukan mata yang sebelahnya retinopati diabetik, lalu (mata) satunya lagi normal itu. Yang pasti terjadi, selalu biasanya dua-duanya alami retinopati dan sangat tergantung dari kondisi vaskuler, pembuluh darah dari mata kiri-kanan."

Meski retinopati diabetik bisa diobati, Arief menekankan, pencegahan agar tidak mengalami kondisi itu menjadi penting. Dalam hal ini, pasien diabetes harus menjaga kondisi gula darah dan kesehatan. Tak lupa, memeriksakan kesehatan mata.

"Tetap saja pencegahan akan jauh lebih baik dibanding kalau kita obati. Intinya, pengobatan awal itu ya upaya pencegahannya," pungkasnya.

Infografis 4 Tips Penderita Diabetes Hindari Penularan Covid-19

Infografis 4 Tips Penderita Diabetes Hindari Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Tips Penderita Diabetes Hindari Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PTPP Lagi Buka 2 Posisi Lowongan Kerja, Tertarik Daftar?

Posted: 13 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT PP Properti (Persero) Tbk yang merupakan salah satu perusahaan properti, membuka 2 posisi lowongan kerja untuk para pencari kerja.

Seperti melansir dari situs resminya ptpp.co.id, Senin (14/12/2020), 2 posisi yang dibuka sekarang ini adalah sebagai DCOMM dan IT.

Berikut ini adalah persyaratan lengkap dan deskripsi pekerjaan dari masing-masing posisi lowongan kerja tersebut:

1. DCOMM

Kode Loker (2020006/PT PP PROPERTI/DCOMM/FG/DKV)

Lokasi Tes: Jakarta

Deskrips Pekerjaan:

Sebagai penanggung jawab terhadap komunikasi digital Perusahaan

 

Persyaratan

- Sarjana Desain Komunikasi Visual/Ilmu Komunikasi

- Minimum 2 tahun pengalaman di bidang yang sama

- Jujur, loyal dan mampu bekerja di bawah tekanan

 

Tanggung Jawab

- Menjadi koordinator untuk pembuatan coporate kit

- Menyusun dan monitoring content website dan media social perusahaan

- Melakukan publikasi iklan di media massa

- Mengelola dan mengembangkan komunikasi digital perusahaan

- Pembuatan master template design

- Pembuatan Graphic Standar Manual dalam kaitannya brand identity Perusahaan

 

 

 

2. IT

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Kode Loker: 2020005/PT PP PROPERTI/IT DEV/FG/TIF

Lokasi Tes: Jakarta

Deskripsi Pekerjaan:

Pengelolaan penanganan insiden, masalah, serta permintaan layanan TI (aplikasi & infrastruktur) dari pengguna sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yang telah ditetapkan.

 

Persyaratan

- Sarjana Teknik Informatika/Sistem Informasi/Ilmu Komputer

- Minimal 2 tahun pengalaman di bidang yang sama- Jujur, loyal dan mampu bekerja di bawah tekanan

Tanggung Jawab:

- Mengelola penanganan insiden, masalah, serta permintaan layanan TI (aplikasi & infrastruktur) dari pengguna

- Melakukan pengelolaan operasi perangkat, jaringan, dan Data Center

- Melakukan konfigurasi sistem

- Melakukan perancangan dan pemodelan schema database

- Mengkonfigurasi hardware dan software agar berfungsi secara optimal dengan DBMS (database management system)

- Memantau dan mengelola keamanan DBMS - Melakukan quality assurance atas proyek TI - Merencanakan dan mengelola serta menganalisa sistem sesuai dengan portfolio proyek dari IT master plan

Catat ya, batas waktu pengumpulan berkas untuk kedua posisi kedua lowongan kerja, pada 31 Desember 2020

Untuk informasi lebih lanjut tentang tata cara melamar dan lainnya, simak di https://recruitment.ptpp.co.id/frontend/jobs_vacancy

 

Reporter: Yoga Senjaya Putra

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menyambut Natal, Sinterklas Curi Atensi Pengunjung Restoran di Gaza

Posted: 13 Dec 2020 10:00 PM PST

Seorang pramusaji Palestina berpakaian Sinterklas menggendong seorang anak untuk berfoto di sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). Restoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)
Seorang pramusaji Palestina berpakaian Sinterklas menggendong seorang anak untuk berfoto di sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). Restoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)

Seorang pramusaji Palestina berpakaian Sinterklas menggendong seorang anak untuk berfoto di sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). Restoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)

Pramusaji Palestina berpakaian Sinterklas menggendong seorang anak untuk berfoto di sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). REstoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)
Pramusaji Palestina berpakaian Sinterklas menggendong seorang anak untuk berfoto di sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). REstoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)

Pramusaji Palestina berpakaian Sinterklas menggendong seorang anak untuk berfoto di sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). REstoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)

Warga Palestina berswafoto dengan pramusaji yang berpakaian Sinterklas di sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). Restoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)
Warga Palestina berswafoto dengan pramusaji yang berpakaian Sinterklas di sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). Restoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)

Warga Palestina berswafoto dengan pramusaji yang berpakaian Sinterklas di sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). Restoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)

Seorang pramusaji Palestina berpakaian berpakaian Sinterklas menyambut pengunjung di pintu masuk sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). Restoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)
Seorang pramusaji Palestina berpakaian berpakaian Sinterklas menyambut pengunjung di pintu masuk sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). Restoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)

Seorang pramusaji Palestina berpakaian berpakaian Sinterklas menyambut pengunjung di pintu masuk sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). Restoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)

Pramusaji Palestina berpakaian Sinterklas menggendong seorang anak untuk berfoto di sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). REstoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)
Pramusaji Palestina berpakaian Sinterklas menggendong seorang anak untuk berfoto di sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). REstoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)

Pramusaji Palestina berpakaian Sinterklas menggendong seorang anak untuk berfoto di sebuah restoran di pantai di Kota Gaza, Minggu (13/12/2020). REstoran tersebut didandani dengan tema Natal, pelayanannya pun berpakaian seperti Sinterklas. (AP Photo/Khalil Hamra)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Kandidat Pengganti Mikel Arteta di Arsenal

Posted: 13 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Posisi Mikel Arteta sebagai manajer Arsenal semakin di ujung tanduk. Meriam London kembali menelan kekalahan di Liga Inggris. Pada Minggu (13/12/2020), Arsenal kalah 0-1 dari Burnley.

Bermain di kandang sendiri, Arsenal tak bisa menjebol gawang Burnley. Gawang Arsenal malah kebobolan di babak kedua oleh bunuh diri penyerang Pierre Emerick Aubameyang.

Kekalahan dari Burnley membuat Arsenal terbenam di posisi 15 klasemen sementara Liga Inggris. Arsenal baru mendapatkan 13 poin dari 12 pertandingan.

Praktis Arsenal kalah beruntun empat kali di laga kandang Liga Inggris. Ini menjadi catatan terburuk mereka sejak Desember 1959.

Kekalahan dari Burnley membuat Arteta kemungkinan besar akan dipecat Arsenal. Pria Spanyol itu dikabarkan akan didepak pada pekan ini.

Ada tiga kandidat terkuat untuk menggantikan Arteta jika Arsenal benar-benar memecatnya. Siapa saja? Simak di halaman berikutnya:

Maurizio Sarri

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri. (AFP/Jonathan Nackstrand)
Pelatih Juventus, Maurizio Sarri. (AFP/Jonathan Nackstrand)

Menurut laporan StadioSport, salah satu sosok yang disiapkan Arsenal untuk menggantikan Arteta adalah mantan pelatih Juventus Maurizio Sarri.

Kebetulan Sarri sedang menganggur saat ini usai didepak Juventus akhir musim lalu meski mampu mempersembahkan Scudetto.

Arsenal yakin Sarri takkan kesulitan beradaptasi. Pasalnya Sarri sudah pernah melatih klub Inggris lainnya Chelsea. Ketika itu Sarri membantu Chelsea juara Liga Europa.

Pengalaman melatih Chelsea membuat Sarri sudah paham dengan bahasa Inggris sehingga tidak akan merepotkan Arsenal saat menunjuknya menggantikan Arteta.

Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri (AFP/Isabella Bonotto)
Massimiliano Allegri (AFP/Isabella Bonotto)

Satu lagi pelatih Italia yang masuk radar Arsenal adalah Allegri. Allegri juga kebetulan sedang tidak melatih tim manapun. Sejak musim lalu Allegri cuti dari dunia sepak bola.

Allegri diyakini sangat tertarik mencoba petualangan di Inggris. Dia sudah belajar bahasa Inggris sejak beberapa tahun lalu.

Mantan aristek AC Milan ini cukup cocok memoles tim seperti Arsenal. Allegri mampu membangkitkan beberapa pemain yang mulai redup sinarnya.

Eddie Howe

Eddie Howe. (afcb.co.uk)
Eddie Howe. (afcb.co.uk)

Eddie Howe sebenarnya sudah lama dikaitkan dengan Arsenal. Howe sempat dijagokan melatih Arsenal usai Arsene Wenger memutuskan mundur.

Kini Howe kembali dikaitkan dengan Arsenal sebagai pengganti Arteta. Howe juga menganggur usai mundur dari Bournemouth akhir musim lalu akibat terdegradasi.

Howe sempat sukses di Bournemouth dan mengorbitkan beberapa pemain. Dia selama delapan tahun menangani Bournemouth.

Saksikan Video Menarik Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tengkawang: Ekologi, Nilai Sosial-Budaya dan Ekonomi Hutan Adat Borneo (Bagian II)

Posted: 13 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bengkayang - Tengkawang sempat menjadi komoditi andalan Kalimantan Barat, terutama Tengkawang tungkul. Di awal 1990-an, ekspor Tengkawang mencapai 3519,2 ton dengan nilai US$ 7.707.800 (Winarni et al, 2005).

"Kegiatan pendampingan hasil pengumpulan informasi mengenai nilai ekonomi, sosial dan budaya tengkawang di atas menjadi bekal pengetahuan kami untuk melangkah ke tahap pendampingan, yang menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) untuk mendorong pembelajaran di antara semua yang terlibat," kata Valentinus Heri.

Kegiatan inti terdiri dari siklus Refleksi – Perencanaan – Pelaksanaan (aksi) – Monitoring/evaluasi – Refleksi – Penyesuaian rencana dan aksi berikutnya, demikian seterusnya. PAR hanya akan efektif jika ada isu 'pengikat' yang menjadi kebutuhan bersama (Kusumanto dkk. 2005).

Adanya isu 'pengikat' (common concern and entry point) juga merupakan salah satu prinsip pendekatan bentang alam (Landscape Approach). Dalam memfasilitasi proses PAR di bentang alam DAS Labian-Leboyan, isu pengikat itu adalah upaya peningkatan pendapatan masyarakat dari Tengkawang.

Peneliti dan Koordinator Proyek Tengkawang di Balai Besar Penelitian Dipterokarpa Kementerian Kehutanan, Dr Rizki Maharani, menyebut pemanfaatan hasil hutan bukan kayu (HHBK) Tengkawang untuk Biofood, Biomedicine dan Biocosmetik potensi untuk biomedicine, yaitu sebagai obat penurun panas (bahan pengganti lemak coklat).

"Keunikan jika dipergunakan sebagai pengganti mentega di sejumlah masakan (manfaat biofood), ada rasa yang khas unik yang hanya dipunyai oleh lemak Tengkawang," kata Rizki Maharani kepada Liputan6.com seraya menjelaskan, untuk pemanfaatannya sebagai krim pelembab manfaat biocosmetic, kelembapan yang akan dirasakan akan tahan lama dan rasanya seperti juicy.

"Contohnya pada lib balm atau lipstick yang sering dibeli di Arab pada saat kita ibadah haji. Arab/Timur Tengah memang target ekspornya," ucapnya.

Dia bilang, tentu dengan ada pemanfaatan buah Tengkawang sangat berperan dalam peningkatan ekonomi. Ini karena memang manfaat yang diambil tanpa merusak hutan. Yang perlu dipastikan adalah produksi buahnya yang berkelanjutan rutin dengan syarat tempat tumbuh habitatnya tetap dijaga baik secara utuh.

"Mengingat nilai ekonominya yang tinggi jika dijadikan produk lemak Tengkawang, bahkan bisa diekspor, maka jika dikelola dengan serius akan tidak ada alasan lagi untuk dibabat membabi buta dengan dalih alih konversi," ucapnya mengingatkan jangan ada penebangan kayu Tengkawang.

 

Uji Klinis Tengkawang

Tengkawang. (Foto: Liputan6.com/Aceng Mukaram)
Tengkawang. (Foto: Liputan6.com/Aceng Mukaram)

Dia membeberkan, terkait buah Tengkawang sedang dilakukan atau diuji klinis. Ini karena butuh pasien dengan jumlah memadai untuk sample. Targetnya adalah anak-anak dan ibu hamil.

"Karena memang pengobatan yang paling aman tanpa efek samping menjadi targetnya. Target ekpor adalah di beberapa negara di Eropa, Timur Tengah dan Asia Tenggara. Memang selama ini kebanyakan kita baru ekspor lemaknya, bukan produk turunannya, sehingga hal tersebut mestinya menjadi perhatian. Justru di beberapa produk turunan biocosmetic dari negara-negara tersebut sudah lazim menggunakannya dengan legalitas terstandard," ucap wanita mengambil gelar doktor di Jepang itu.

Dia bilang, lemak Tengkawang di luar negeri dikenal dengan nama Borneo Tallow Nut. Namun begitu, dia mengaku uji klinis membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Semoga bisa secepatnya, karena memang melibatkan banyak pihak. Lumayan lama ya, masuk 2 tahunanan, sekaligus ada lanjutan penelitiannya untuk formulasi yang tepat. Masuk tahun ke-3," kata dia.

Yang pasti, dia berkata dari keunikan dan kekhasan lemak tengkawang (Borneo Tallow Nut), membuat produk turunanya menjadi unik spesial. Untuk pasar diinginkan dan sangat layak secara ekonomi. Yang penting bagiamana bentuk inovasi lain diciptakan agar pemanfaatannya dapat lebih luas.

Inovasi beberapa produk turunannya, baik biofood, biocoametic ataupun biomedicine. Semakin banyak aplikasi sebagai bahan utama atau pelengkap pada produk turunan tersebut, maka semakin banyak peluang agar lemak tengkawang termanfaatkan maksimal.

"Paling potensial dari seluruh wilayah yang kami lakukan pengkajian ya di Dusun Melayang, Desa Sahan, Kabupaten Bengkayang" ucapnya. "Rekom kami sangat kuat menjadikannya sebagai hutan adat agar terjaga. Mestinya daerah-daerah lain juga begitu. Bengkayang mempunyai spesies Tengkawang yang dapat berbuah sepanjang tahun dengan kondisi cepat tumbuh habitat terjaga dan sesuai (Shorea mecysopterix)".

Dia berharap, kelestarian spesies ini perlu dijaga dan perlu budidaya yang tepat untuk keberlanjutannya. Ini karen, spesies ini istimewa dibanding jenis lain. Karena menghasilkan lemak yang berkualitas ekspor, bahkan jenis yang dulunya primadona (Shorea stenoptera) bisa digeser.

"Pertimbangan kontinuitas keberlanjutan bahan baku mesti diperhatikan. Salah satu rekom kami memang begitu. Tanam yang memang sudah diteliti dan menjanjikan. Utamakan tanam spesies yang memang sudah diteliti dan menjanjikan : Shorea mecysopterix dan Shorea stenoptera," kata Peneliti dan Koordinator Proyek Tengkawang di Balai Besar Penelitian Dipterokarpa Kementerian Kehutanan, Dr Rizki Maharani.

 

Potensi dan penelitian Tengkawang

Tengkawang. (Foto: Liputan6.com/Aceng Mukaram)
Tengkawang. (Foto: Liputan6.com/Aceng Mukaram)

"Besok kita bincang-bincang ya," kata Guru Besar Universitas Tanjungpura Pontianak, Profesor Thamrin Usman kepada Liputan6.com menyoal Tengkawang.Dia bilang, pada April 2018, Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak, Gusti Hardiansyah dan Guru Besar dari Universitas Toulouse Francis yaitu Zephirin Mouloungul, melihat potensi dan penelitian hutan adat di Desa Sahan tumbuh-tumbuhan langka khas Kalbar seperti tengkawang.

"Tengkawang (Illipe' de Borneo,Nama Perancis) tak tumbuh di tempat lain kecuali di hutan Kalbar: Sambas, Bengkayang, Kapuas Hulu dan Melawi," kata dia.

Dia berkata, minyak atau lemak yang hampir 90 persen disusun asam lemak stearat. Sehingga mudah membeku pada temperatur kamar. Ini karena sifat fisikanya yang demikian, sehingga minyak Tengkawang selalu membuat suatu formula makanan atau kosmetik tidak mudah melumer atau meleleh. Banyak dicampur ke dalam adonan cokelat, kosmetik.

"Panen Tengkawang menunggu jatuhnya buah tengkawang yang kecil. Tengkawang tungkul di hutan Bengkayang, sepanjang tahun panen. Dan tengkawang yang lebih besar yang panen per lima tahun yang banyak ditemukan di hutan Kapuas Hulu dan sekitarnya," ucapnya menjelaskan.

Dengan kearifan lokal, maka hutan Tengkawang dapat terhindar kepunahan, menjadi cara konservasi alamiah yang sangat menarik.

"Hasil penelitiaan yang positif menggemmbirakan bahwa produk akhir berupa cream pelembab kulit setelah diformulakan yang mana salah satu engredien nya yaitu minyak tengkawang. Daya lembabnya bagus. Kita belum menemukan investor nasional untuk industrialisasi kosmetik Base On minyak Tengkawang," kata Guru Besar Universitas Tanjungpura Pontianak, Profesor Thamrin Usman.

Mata Rantai Nilai Tengkawang

Direktur Eksekutif Institut Riset dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan (INTAN), Deman Huri, bilang UMKM lagi didorong menghadapi krisis ekonomi di masa pandemi dari produk olahan buah Tengkawang.

"Ada keluarkan SK Gubernur Industri strategis Kalbar. Salah satu pengolahan Tengkawang," kata Deman Huri kepada Liputan6.com. "Jadi kami memperjuangkan bukan hanya memperkuat tingkat masyarakat seperti mendorong industri mini pengolahan Tengkawang di Bengkayang".

Dia melihat, tataniaganya Tengkawang kurang mendukung. Ini karena nilai ekonomi seolah turun. Padahal unsur senyawa kimiawi dalam Tengkawang sangat dibutuhkan untuk produk makanan, komestik dan industri obat-obatan.

"Nilai ekonomi tinggi Tengkawang. Tidak semua wilayah di dunia ada Tengkawang. Bahkan di Indonesia punya Tengkawang. Intinya Tengkawang punya nilai konservasi tinggi dan ekonomi tinggi," pria lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Setelah diteliti Guru Besar dari Universitas Tanjungpura Pontianak Prof DR Thamrim Usmman dan Ahli Kimia dari Francis, produk turunan tengkawang masuk dalam produk butter bukan termasuk golongan minyak atau margarin.

"Karena ini murni produk alam tidak dicampur dengan senyawa lain seperti minyak dan margarin umumnya. Jadi bukan minyak," kata Deman Huri.

Dia mengusulkan ke Kementerian Industrian NO HS Code memberi No HC Code butter buah Tenggkawang. Ini karena kesulitan pengirim sampel ke beberapa negara, cukup sulit menyebutkan produknya butter buah tengkawang

"Karena belum dikenal HS Code butter Tengkawang. Yang dikenal baru nomor HC Kode Cocoa butter," kata dia.

"Kalau sertifikasi, selama ini pengalaman kita tergantung buyer. Kayak di Australia buyer itu harus ada sertifikasi Palm Oil Free. Sementara di Indonesia itu enggak boleh free palm oil. Kemarin dari pihak Australia tidak mau menerima jika tidak ada sertifikasi itu," kata Deman Huri."Tergantung buyer, kalau internasional itu punya sertifikasi sendiri jadi seperti itu. Kalau yang lokal sesuai dengan BPOM. Yang jelas yang diproduksi masyarakat kita sudah bahwa. Itu sudah masuk standar nasional, Indonesia udah masuk SNI sudah standarnya".

Dia menjelaskan, secara ekonomi Tengkawang memiliki potensi ekonomi tinggi dari daun, pohon, getah(damar) dan buah sangat bernilai ekonomi tinggi. Secara konservasi, dia mengamati pohon Tengkawang memiliki nilai konservasi tinggi. Ini karena pohon Tengkawang banyak tumbuh selain di lahan milik warga, juga hidup di kawasan konservasi terutama di kawasan sumber air.

"Secara sosial budaya, ekonomi, Tengkawang memiliki nilai budaya secara tururun menurun di masyarakat dayak, temasuk di komunitas masyarakat Dayak Bekati di Desa Sahan, Kabupaten Bengkayang. Secara turun temurun digunakan untuk acara kebudayaan seperti ritual adat dan juga untuk pengobatan berbagai penyakit," kata Deman Huri menjelaskan."Deversifikasi porduk tengkawang merupakan produk hilir dari pohon tengkawang. Sehingga produktivitas pohon tengkawang memiliki nilai lebih. Semakin banyak nilai tambah produk hilir maka semakin banyak pula nilai tambah yang tinggi pohon Tengkawang. Beberapa produk hilir dari pohon tengkawang yang dapat dilakukan jika ingin membuat industri tengkawang agar bernilai ekonomis tinggi,".

 

Manfaat produk turunan Tengkawang

Tengkawang. (Foto: Liputan6.com/Aceng Mukaram)
Tengkawang. (Foto: Liputan6.com/Aceng Mukaram)

Selama ini produk utama dari pohon Tengkawang yang dihasilkan adalah buah Tengkawang. Pada saat musim panen buah Tengkawang, masyarakat melakukan panen buah. Lalu menjual buahnya kepada tengkulak kampung atau pengepul dengan harga buah basah sekitar Rp 2000,- dan buah kering Rp 5000 hingga Rp 7.000,-.

Produk turunan dari buah Tengkawang kebanyakan dikenal oleh masyarakat disebutnya minyak atau mentega dari buah Tengkawang. Kata Deman Huri, menurut beberapa ahli ketika penyebutnya minyak atau mentega maka harga akan lebih murah. Dari senyawa kimia yang dimiliki dan bentuk produk maka disebut butter nabati (green butter).

Butter dari buah Tengkawang di pasaran dunia dikenal dengan Borneo Illipi (Gren butter) karena satu-satunya yang ada di dunia. Keunggulan dari butter dari buah Tengkawang proses pembuatanya tidak ada campuran bahan lain termasuk campuran dari senyawa kimia untuk membuat sebuah butter. Maka produk ini disebut produk organik.

Proses pembuatan butter dari buah Tengkawang dapat dilakukan secara rumahan oleh masyarakat. Ataupun pabrik skala besar. Pemanfaat butter dari buah Tengkawang sangat banyak sekali. Dalam sebuah produk butter buah Tengkawang hanya digunakan sebagai esensial saja. Pemafaatan butter dari buah tengkawang digunakan oleh masyarakat dalam bidang industri makanan, kue, kuliner, industri kecantikan, dan industri obat-obatan.

Seperti yang dilakukan oleh komunitas ibu-ibu di Desa Sahan. Sudah sejak lama pembuatan butter di sana. Harga dari butter buah Tengkawang di pasaran lokal untuk butter dari buah Tengkawang layar sekitar Rp 90.000,-/kg, sampai Rp 100.000,-/kg. Sementara harga butter dari buah Tengkawang tunggul Rp. 130.000,-/kg sampai Rp.160.000,-/kg. Buah Tengkawang yang diolah bisa menghasilkan butter 40 persen menjadi butter.

Dalam membuat butter buah Tengkawang adalah buah yang sudah dijadikan tepung meninggalkan sisa limbah sekitar 60 persen. Limbah dalam bentuk tepung tersebut masih mengantung protein dan lemak sangat tinggi. Secara tradisional masyarakat menggunakan limbah dari sisa produksi butter buah tengkawang digunakan untuk pakan ternak seperti ayam, babi dan ikan. Ada juga masyarakat menggunakannya untuk pupuk tanaman perkebunan dan sayur-sayuran di kebun mereka.

Setelah panen buah Tengkawang, masyarakat membersihkan buah Tengkawang sepeti membuang sayaf buah Tengkawang dan kulit buah Tengkawang. Setelah itu mereka menjemurnya. Banyaknya limbah dari sayap buah dan kulit buah Tengkawang.

"Sebenarnya bisa diolah oleh masyarakat menjadi berbagai produk seperti hiasan, arang aktif. Atau bioenergi untuk baha bakar pengering buah Tengkawang," kata Deman Huri.

Semua jenis pohon tengkawang menghasilkan damar. Biasanya setiap tahunya masyarakat menggambil damar Tengkawang di bawah pohon Tengkawang. Dulu waktu ada pembeli di pasaran harga damar pohon tengkawang sekitar Rp. 3.000,-/Kg sampai Rp.5.000,-kg.

Kebanyakan masyarakat di sana menggunakan damar dari pohon Tengkawang sebagai perekat pembuatan perahu sunggai agar tidak bocor. Hingga kini perekat tradisional ini masih digunakan masyarakat menggunakan perekat dari damar Tengkawang.

Perekat dari damar pohon tengkawang biasanya dikenal dengan nama kruing. Cara pembuatanya sangat mudah. Damar Tengkawang yang sudah bubuk dicampur dan diaduk dengan air panas. Setelah siap jadi perekat oleh pembuatan perahu sampan atau perahu motor mereka rekatan anatar papan agar tidak bocor dengan menggunakan perekat damar pohon Tengkawang.

Bibit pohon Tengkawang dibutuhkan untuk program koservasi dan rehabilitas lahan ataupun untuk pengembangan tanaman tengkawang. Maka, bibit Tengkawang memiliki nilai ekonomis apabila dikelola dengan baik.

Harga bibit pohon Tengkawang siap tanam diantar Rp.5.000/pohon sampai Rp.7.000,-/pohon. Untuk membangun bisnis bibit tengkawang diperlukan pembangunan areal pembibitan. Selain peluang mejual bibit siap tanam juga bisa menjual dalam bentuk buah yang baik untuk dijadikan benih.

Deman bilang, saat ini yang sudah membangun pabrik mini Tengkawang di Kalimantan Barat adalah di Desa Sahan, Kabupaten Bengkayang, Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka 2 Desa Poring, Kecamatan Manukung, Kabupaten Melawi.

"IAR ada juga memmbangun mini pabrik di wilayah dampingan di Kabupaten Melawi," kata Direktur Eksekutif Institut Riset dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan (INTAN), Deman Huri seraya menambahkan Tropical Forest Conservation ACT (TFCA) Kalimantan berperan besar dalam pelaksanaan program meningkatkan kontribusinya dalam konservasi keanekaragaman hayati di Kalimantan. TFCA Kalimantan adalah program kerjasama pengalihan utang antara pemerintah Indonesia dan Amerika, dengan TNC dan WWF sebagai swap partner, sementara Yayasan KEHATI berperan sebagai administrator TFCA Kalimantan.

 

Antara Fungsi Ekologis, Ekonomi dan BPOM

Tengkawang. (Foto: Liputan6.com/Aceng Mukaram)
Tengkawang. (Foto: Liputan6.com/Aceng Mukaram)

Tokoh Pemuda Dayak Kalbar, Maskendari menegaskan Tengkawang maskot Kalbar. Maka, harus dilestarikan dan dilindungi dengan menggalakkan penanaman di lahan baru. "Bisa dengan skema misalnya hutan adat," kata dia kepada Liputan6.com.

Selain itu dia mengingatkan, Tengkawang memiliki fungsi ekologis untuk penghasil oksigen, hidrologis dan fungsi ekonomi karena buahnya bisa dipanen untuk dijual.

"Pemerintah harus membantu membina masyarakat dalam proses panen sehingga sesuai dengan kualitas yang dibutuhkan pasar sehingga harganya baik di tingkat petani," kata dia menegaskan.

Namun begitu, dia mengingatkan kembali bahwa pemanfaatan buah Tengkawang tidak mengganggu fungsi ekologisnya.

"Merusak kalau ditebang diambil kayunya itu yang dilarang. Pasarnya belum menguntungkan masyarakat adat. Masih dikuasai jaringan pengepul tertentu yang bisa menentukan harga," kata Tokoh Pemuda Dayak Kalbar, Maskendari.

Kepala Bidang Pemeriksaan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pontianak, Berthin Hendry Dunard, mengakui jika untuk produk yang berbahan baku Tengkawang sudah banyak dimanfaatkan. Khususnya sebagai produk kosmetik, seperti lipstick, lipbalm dan bodywash.

"Tengkawang ini dijadikan bahan baku dalam pembuatan kosmetik yang biasa dikenal dengan sebutan Butter illipe. Sebagai tanaman endemik Kalimantan Barat, kita dukung untuk dapat dimanfaatkan lebih luas lagi untuk produk lainnya," kata dia kepada Liputan6.com.

Dia bilang, khusus untuk pemanfaatannya menjadi produk pangan, langkah awal yang harus dilakukan oleh pelaku usaha adalah melakukan permohonan kajian terhadap Tengkawang ini, kepada BPOM untuk keamanan bahan baku pangan nantinya.

"Kita sangat mendorong agar nantinya Tengkawangn ini bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan baku maupun bahan tambahan dalam pangan yang telah didaftarkan untuk mendapatkan izin edar. Sehingga dapat diedarkan dan dipasarkan tidak saja di Indonesia tetapi sampai ke mancanegara," ucapnya.

"Kita bantu dalam pengajuan permohonan untuk kajian bahan baku. Termasuk pendampingan dalam pendaftaran produknya apabila kajian bahan baku yang kemudian dilanjutkan dalam kajian kategori pangan telah selesai (produk pangan)".

Terkait perizinan Tengkawang, dia bilang tidak sulit. Hanya saja yang sangat dibutuhkan adalah data kajian terhadap bahan alam ini.

"Karena hal ini sangat diperlukan untuk pembahasan lebih lanjut terkait keamanan bahan alam ini digunakan sebagai bahan lanjutan untuk produk pangan," ucapnya menjelaskan soal perizinan produk turunan buah TengkawangUntuk kosmetik sudah ada yang terdaftar, dia bilang ada Illipe body wash sweet oranye. "Ini nama produk mereka. Berbahan Tengkawang (kosmetik)," kata dia.

Untuk itu dia mendorong, agar masyarakat melakukan permohonan kajian ke BPOM. "Kami bantu," kata Kepala Bidang Pemeriksaan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan.

Artikel ini didukung oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Balikpapan dan Tropical Forest Conservation Act (TFCA) Kalimantan pada program fellowship mengambil tema utama tentang keanekaragaman hayati di Kalimantan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Ibu Hamil Ditelantarkan Saat Berada di Rumah Sakit

Posted: 13 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ibu hamil akan segera melahirkan hanya bisa menunggu di mobil ambulans. Karena belum mendapatkan penanganan dari pihak rumah sakit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Foto Gading Marten Dicium Mesra Karen Nijsen

Posted: 13 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar menghebohkan datang dari mantan suami Gisella AnastasiaGading Marten. Kini soal kehidupan asmaranya.

Itu terjadi setelah seorang wanita bernama Karen Nijsen mengunggah foto bersama Gading Marten. Dalam foto bernuansa hitam putih itu, Karen tampak mencium ayah Gempita Nora Marten.

Saat dikecup Karen Nijsen, bintang film Guru-Guru Gokil tampak tersenyum ke arah kamera. Sayang, Karen tak menyertakan keterangan apa pun selain me-mention akun Gading Marten.

Mencermati akun Instagramnya, Gading Marten sering menyukai unggahan wanita yang berprofesi sebagai model ini.

Hasil Jepretan Gading

[Foto: Instagram karennijsen]
[Foto: Instagram karennijsen]

Tak hanya itu, Karen terpantau beberapa kali mengunggah foto dirinya hasil jepretan Gading Marten. Namun, belum diketahui pasti apa hubungan antara keduanya. Unggahan ini jadi perhatian warganet. Mereka menyambut baik potret kemesraan itu.

Respons

(Instagram/gadiiing)
(Instagram/gadiiing)

"Wah kalo ini aku dukung papa gempi dapat yg terbaikkk," kata salah satu warganet. "Sapa pun itu, semoga dapet yg lebih baik," ucap warganet lain.

"Semoga Papading selalu berbahagia bersama orang-orang terbaik di sekelilingnya. Amin amin. #fansberatPapading," yang lain menambahkan.

Gosip dengan Juria Hartsman

Sebelumnya Gading Marten digosipkan memiliki hubungan spesial dengan Juria Hartsman. Saat dikonfirmasi, mereka mengaku hanya teman dekat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Shia LaBeouf Hadapi Tuntutan Kekerasan Seksual dari FKA Twigs

Posted: 13 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Shia LaBeouf dituntut eks kekasihnya yang juga musikus, FKA Twigs atas dugaan tuntutan kekerasan seksual selama mereka berpacaran. LaBeouf juga bahkan disebut mencekik FKA Twigs di atas tempat tidur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Astronom Temukan Jalan Tol untuk Percepat Perjalanan Ruang Angkasa

Posted: 13 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Astronom baru saja menemukan cara untuk mempersingkat waktu tempuh perjalanan ruang angkasa. Dengan cara ini, perjalanan sebuah objek di ruang angkasa dapat lebih cepat dari yang diketahui sekarang ini.

Dikutip dari Science Alert, Senin (14/12/2020), para astronom melalukan analisis berbekal data observasi dan simulasi untuk menemukan cara agar bisa melakukan perjalanan ruang angkasa yang lebih cepat.

Tim astronom yang berasal dari Belgrade Astronomical Observatory di Serbia ini menganalisis sejumlah lengkungan tidak kasat mata yang saling terhubung di ruang angkasa. Struktur ini dikenal sebagai lipatan ruang (space manifold).

Lalu para astronom mencoba mengkalkulasikan space manifold yang dimiliki tiap-tiap planet di Tata Surya. Dari situ, para astronom lantas membuat model jaringan atau jalur yang digambarkan sebagai jalan tol autobahn di Jerman.

Setelah dilakukan perhitungan, jalur ini disebut dapat dimanfaatkan untuk memindahkan objek dari Jupiter ke Neptunus dalam kurun waktu 10 tahun saja. Padahal, normalnya untuk melakukan hal tersebut membutuhkan waktu ratusan hingga ribuan tahun.

Di sisi lain, temuan struktur ini memungkinkan para peneliti untuk menjelajah kemungkinan perjalanan ruang angkasa dalam waktu tempuh lebih cepat, termasuk mempelajari pergerakan objek luar angkasa lain, seperti komet dan asteroid.

Kendati demikian, para astronom yang dipimpin oleh Nataša Todorović masih terus melakukan observasi lebih lanjut. Salah satunya dilakukan dengan melakukan studi kuantitatif yang lebih detail.

Tiongkok Uji Coba Pesawat Ruang Angkasa untuk Pemakaian Berulang Kali

Ilustrasi pesawat ruang angkasa. Kredit: skeeze from Pixabay
Ilustrasi pesawat ruang angkasa. Kredit: skeeze from Pixabay

Di sisi lain, kompetisi di industri pesawat ruang angkasa kian memanas. Jika sebelumnya SpaceX meluncurkan 60 Satelit internet Starlink dengan tujuan menghadirkan internet berkecepatan 100Mbps, kini giliran Tiongkok unjuk gigi.

Pada Jumat (4/9/2020), Tiongkok melakukan peluncuran pesawat ruang angkasa eksperimental untuk pemakaian berulang kali (reusable).

Laporan dari media pemerintah Tiongkok, Xinhua, mengatakan peluncuran itu berlangsung sukses dan roket Long March 2F mengirim pesawat ruang angkasa ke orbit dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi.

Uji Coba Pesawat Ruang Angkasa dari Tiongkok

"Setelah periode operasi orbit, pesawat ruang angkasa itu akan kembali ke lokasi pendaratan yang dijadwalkan di Tiongkok. Itu akan menguji teknologi yang dapat digunakan kembali selama penerbangannya," kata Xinhua dalam laporan itu sebagaimana dikutip dari Space.com, Minggu (6/9/2020),

Dalam laporan sebelumnya, Tiongkok mengatakan berencana untuk merancang kendaraan luar angkasa yang dapat digunakan kembali, yang akan lepas landas dan mendarat seperti pesawat terbang, secara horizontal.

Pejabat dari China Aerospace Science and Industry Corporation menambahkan pada 2017 silam bahwa mereka telah menyelesaikan beberapa uji lapangan untuk mesin dan komponen lainnya.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segera Menikah dengan Adipati Dolken, Ini 6 Momen Siraman Canti Tachril

Posted: 13 Dec 2020 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari pasangan seleb Adipati Dolken dan Canti Tachril. Tak butuh waktu lama, keduanya mantap melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Adipati Dolken dan sang kekasih juga telah melangsungkan prosesi pertunangan pada 18 September 2020 lalu.

Kini dua sejoli itu akan segera menggelar acara pernikahan. Pihak manajemen juga mengumumkan bahwa pernikahan Adipati dan Canti Tachril akan berlangsung pada 18 Desember 2020 mendatang. Nantinya, pernikahan keduanya akan digelar tertutup karena wabah yang belum mereda.

Berbagai persiapan jelang pernikahan pun telah mereka lakukan. Beberapa hari menjelang hari pernikahannya, pemain film Teman Tapi Menikah itu menggelar pengajian dan siraman. Meski tak menjelaskan tempat acaranya dilangsungkan, Canti Tachril membagikan momen bahagia tersebut di Instagram Stories-nya.

Acara tersebut berlangsung penuh kebahagiaan. Berikut 6 momen siaraman Canti Tachril yang segera menikah dengan Adipati Dolken, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (14/12/2020).

1. Sebelum acara siraman berlangsung, Canti Tachril menggelar acara pengajian. Ia tampak cantik dalam balutan busana lilac.

Canti Tachril (Sumber: Instagram/rtachril)
Canti Tachril (Sumber: Instagram/rtachril)

2. Jelang menikah dengan Adipati Dolken, seleb cantik ini menggelar acara siraman.

Canti Tachril (Sumber: Instagram/rtachril)
Canti Tachril (Sumber: Instagram/rtachril)

3. Kekasih pemain Posesif ini terlihat meminta restu pada orang tuanya.

Canti Tachril (Sumber: Instagram/stefannyerlangga)
Canti Tachril (Sumber: Instagram/stefannyerlangga)

4. Kebahagiaan begitu terpancar pada wajah Canti Tachril di momen sakral tersebut.

Canti Tachril (Sumber: Instagram/stefannyerlangga)
Canti Tachril (Sumber: Instagram/stefannyerlangga)

5. Pada prosesi siraman, Canti mengenakan kain batik dilapisi dengan bunga melati.

Canti Tachril (Sumber: Instagram/cantitachril)
Canti Tachril (Sumber: Instagram/cantitachril)

6. Setelah momen siraman berlangsung, acara dilanjutkan dengan Midodareni. Ia tampak memesona dengan balutan kebaya warna merah.

Canti Tachril (Sumber: Instagram/stefannyerlangga)
Canti Tachril (Sumber: Instagram/stefannyerlangga)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BEI Luncurkan IDX ESG Leaders, Isinya 30 Saham Besar

Posted: 13 Dec 2020 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan indeks baru IDX ESG Leaders. Melalui Pengumuman Bursa Nomor Peng-00363/BEI.POP/12-2020 tanggal 8 Desember 2020, BEI telah menetapkan 30 saham emiten besar.

Adapun kriteria penetapan saham yang masuk ke dalam IDX ESG Leaders antara lain memiliki penilaian Environmental, Social, and Governance (ESG) yang baik, tidak terlibat pada kontroversi secara signifikan, memiliki likuiditas transaksi, serta kinerja keuangan yang baik.

Sekretaris Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji Sadono mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan investasi berkelanjutan dan peningkatan praktik ESG di Pasar Modal Indonesia.

Hal ini ditunjukkan dengan bergabungnya BEI menjadi anggota United Nations Sustainable Stock Exchange (SSE) Initiative sejak April 2019, dan melalui berbagai inisiatif yang telah dituangkan dalam Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan.

"Peluncuran Indeks IDX ESG Leaders mempertegas komitmen BEI dalam mendorong praktik ESG dan menjadi salah satu milestone dalam penerapan investasi berkelanjutan di Indonesia," kata Yulianto, Senin (14/12/2020).

Indeks IDX ESG Leaders dibangun berdasarkan penilaian risiko ESG yang mengukur sejauh mana penerapan ESG dilakukan oleh perusahaan tercatat berdasarkan eksposur risiko di masing-masing bidang usaha. BEI bekerjasama dengan Sustainalytics, lembaga independen yang bergerak dalam bidang penelitian ESG dan tata kelola perusahaan dalam penyediaan data ESG.

"Data ESG yang disediakan berupa penilaian risiko ESG dan analisis kontroversi yang akan menjadi dasar dalam penetapan konstituen Indeks IDX ESG Leaders," jelas Yulianto.

Proses pemilihan konstituen Indeks IDX ESG Leaders dilakukan sebagai berikut:

1. BEI menetapkan saham-saham semesta untuk pemilihan Indeks IDX ESG Leaders yaitu dari konstituen Indeks IDX80 yang memiliki skor risiko ESG dari Sustainalytics

2. Mengeluarkan saham-saham dengan kontroversi tinggi (kategori 4 dan 5)

3. Mengeluarkan saham-saham dengan skor risiko ESG pada kategori tinggi (high) dan berat (severe)

4. Dari saham-saham yang tersisa, berdasarkan nilai risiko ESG terendah ditentukan konstituen Indeks IDX ESG Leaders terpilih yaitu sebanyak paling sedikit 15 saham dan paling banyak 30 saham.

Yulianto menyampaikan, evaluasi berkala atas IDX ESG Leaders yakni Evaluasi Mayor akan dilakukan pada awal Maret dan September. Sedangkan Evaluasi Minor pada awal Juni dan Desember.

"Hasil evaluasi indeks akan berlaku efektif di hari Rabu ketiga pada bulan evaluasi atau Hari Bursa setelahnya apabila bukan merupakan Hari Bursa," ungkapnya.

Metode penghitungan Indeks IDX ESG Leaders menggunakan metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted & ESG Tilt Factored dengan diterapkan pembatasan bobot saham paling tinggi sebesar 15 persen yang disesuaikan pada saat evaluasi. Indeks IDX ESG Leaders telah dihitung sejak hari dasarnya pada 4 Februari 2014 dengan nilai dasar 100.

"Pada masa mendatang, selain dapat digunakan oleh investor sebagai panduan untuk berinvestasi, diharapkan kehadiran Indeks IDX ESG Leaders ini juga dapat digunakan sebagai underlying produk-produk pasar modal, seperti reksa dana dan Exchange Traded Fund (ETF), sehingga investor dapat lebih mudah berinvestasi dengan Indeks ESG Leaders sebagai acuan," tutur Yulianto.

 

Daftar Saham

Pekerja duduk di depan layar grafik pergerakan saham di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (14/10/2020). Pada prapembukaan perdagangan Rabu (14/10/2020), IHSG naik tipis 2,09 poin atau 0,04 persen ke level 5.134,66. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja duduk di depan layar grafik pergerakan saham di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (14/10/2020). Pada prapembukaan perdagangan Rabu (14/10/2020), IHSG naik tipis 2,09 poin atau 0,04 persen ke level 5.134,66. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berikut daftar 30 saham yang masuk ke dalam IDX ESG Leaders:

1. PT Ace Hardware Tbk (ACES)

2. PT AKR Corporindo Tbk (AKRA)

3. PT Astra International Tbk (ASII)

4. PT Bank Centrak Asia Tbk (BBCA)

5. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)

6. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBNI)

7. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)

8. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

9. PT Ciputra Development Tbk (CTRA)

10. PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS)

11. PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)

12. PT XL Axiata Tbk (EXCL)

13. PT HM Sampoerna Tbk (HMSP)

14. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP)

15. PT Indosat Tbk (ISAT)

16. PT Jasa Marga Tbk (JSMR)

17. PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI)

18. PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN)

19. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS)

20. PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)

21. PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS)

22. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA)

24. PT Summarecon agung Tbk (SMRA)

24. PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM)

25. PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL)

26. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG)

27. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM)

28. PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR)

29. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

30. PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD).

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia dan Meksiko Sepakat Kerja Sama Memastikan Vaksin COVID-19 Terjangkau

Posted: 13 Dec 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menyadari tantangan ekonomi akibat pandemi COVID-19, Indonesia dan Meksiko sepakat untuk menjajaki kerja sama di bidang kesehatan, ekonomi digital, pertanian, pariwisata dan sustainable green economy, serta menyusun Stock Taking List yang berisi kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan guna mempercepat penyelesaian perundingan sejumlah perjanjian yang masih berlangsung.

Kedua negara memandang penting kerja sama internasional untuk memastikan ketersediaan vaksin COVID-19 yang dapat dijangkau (affordable and accessible) oleh semua masyarakat.

Hal-hal tersebut mengemuka dalam pertemuan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) RI-Meksiko ke-7 yang diselenggarakan pada 8 Desember 2020 secara virtual.

Pertemuan juga membahas berbagai isu yang menjadi perhatian bersama, antara lain sepakat mendorong pertemuan atau dialog langsung antarinstansi terkait kerja sama ekonomi dan perdagangan, pertanian, serta perikanan. Kedua pihak memandang penting pertemuan pejabat tingkat tinggi serta kerja sama antar Parlemen guna memperkokoh hubungan bilateral.

Dibahas pula peluang peningkatan people-to-people contact melalui kerja sama di bidang sosial dan budaya, utamanya bidang pengelolaan warisan budaya serta beasiswa seni budaya dan bahasa.

Kedua pihak juga bertukar pandangan atas berbagai isu global dan regional, di antaranya perkembangan terakhir situasi di Asia Pasifik dan Kawasan Amerika, serta perkembangan terakhir pertemuan ASEAN dan Pacific Alliance.

Dalam kesempatan itu, disampaikan harapan Indonesia atas dukungan Meksiko terhadap presidensi Indonesia di G20 pada 2022, antara lain melalui kehadiran Presiden Meksiko dan dukungan terhadap program prioritas.

Meksiko Mitra Indonesia

Kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Meksiko sebagai upaya pemulihan pasca pandemi COVID-19. (Dok: Kemlu RI)
Kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Meksiko sebagai upaya pemulihan pasca pandemi COVID-19. (Dok: Kemlu RI)

FKB ke-7 RI-Meksiko dilaksanakan setelah 3 tahun tertunda akibat pemilu di Meksiko (2018) dan di Indonesia (2019).

Indonesia bertindak sebagai tuan rumah, dengan Delegasi dipimpin oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI, Ngurah Swajaya, sedang Delegasi Meksiko dipimpin oleh Direktur Jenderal Asia dan Pasifik Kemlu Meksiko, Claudia Franco Hijuelos.

Anggota delegasi terdiri dari Kemlu dan sejumlah Kementerian dan Lembaga terkait seperti Kementerian Ekonomi, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian. Meksiko akan mendapat giliran sebagai tuan rumah FKB ke-8 tahun 2021.

Meksiko merupakan salah satu mitra strategis Indonesia di benua Amerika dengan GDP US$ 1,274 trilyun dan jumlah penduduk 120 juta jiwa. Selain kerja sama bilateral, kedua negara negara memiliki kerjasama yang baik di berbagai forum regional dan internasional seperti G-20, APEC, MIKTA dan FEALAC.

Perdagangan dan investasi diharapkan dapat ditingkatkan dalam masa pemulihan ekonomi pasca pandemi, mengingat saat ini total perdagangan kedua negara baru tercatat senilai USD 1,2 miliar pada tahun 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IPW Sebut Ada 3 Kejanggalan di Rekonstruksi Baku Tembak dengan Laskar FPI

Posted: 13 Dec 2020 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane, menyebut ada kejanggalan dalam rekonstruksi baku tembak antara polisi dan laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek yang dilakukan Bareskrim Polri.

Neta melihat terdapat setidaknya ada tiga kejanggalan dalam rekonstruksi itu, terutama dalam kasus kematian empat anggota FPI di dalam mobil polisi.

Pertama, kata dia, saat keempat anggota FPI yang masih hidup. Sebagaimana dalam rekonstruksi, keempatnya digiring ke mobil polisi tanpa diborgol.

"Ini sangat aneh, Rizieq sendiri saat dibawa ke sel tahanan di Polda Metro Jaya tangannya diborgol aparat. Kenapa keempat anggota FPI yang baru selesai baku tembak dengan polisi itu tangannya tidak diborgol saat dimasukkan ke mobil polisi?" tanya dia, dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Senin (14/12/2020).

Pada SOP Polri, pemborgolan dapat dilakukan ketika tersangka/terduga dirasa berpotensi melawan atau melarikan diri.

Kedua, lanjut dia, polisi memasukkan keempat anggota FPI yang baru selesai baku tembak dengan polisi ke mobil polisi yang berkapasitas delapan orang. Menurut dia, tindakan ini tidak masuk akal.

"Ketiga, anggota Polri yang seharusnya terlatih terbukti tidak promoter (profesional, modern dan terpercaya) dan tidak mampu melumpuhkan anggota FPI yang tidak bersenjata, sehingga para polisi itu main hajar menembak dengan jarak dekat, hingga keempat anggota FPI itu tewas," ujarnya.

"Dari ketiga kecerobohan ini terlihat nyata bahwa aparatur kepolisian sudah melanggar SOP yang menyebabkan keempat anggota FPI itu tewas di satu mobil. Dari penjelasan Kadiv Humas Polri itu terlihat betapa cerobohnya anggota polisi tersebut," kata Neta.

 

Desakan IPW

Neta pun menyoroti keterangan yang disampaikan, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono soal penembakan keempat orang itu karena mereka melakukan perlawanan.

"Namun, saat keempat orang itu diamankan di rest area KM 50 dan dibawa ke mobil oleh petugas, di perjalanan melakukan perlawanan. Pelaku mencoba merebut pistol dan sempat mencekik petugas saat mobil baru berjalan 1 kilometer di jalan tol Jakarta-Cikampek. Kemudian terjadi pergumulan di dalam mobil yang akhirnya memaksa petugas melakukan tindakan tegas terukur. Keempatnya tewas setelah polisi melakukan tindakan tegas terukur," kata Argo yang jadi sorotan Neta.

Dari penjelasan Argo tersebut, IPW mempertanyakan sikap promoter Polri.

Oleh sebab itu, lanjut dia, Komnas HAM dan Komisi III perlu mendesak pembentukan Tim Independen Pencari Fakta agar kasus ini terang benderang. 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek Tol Layang Cikunir-Karawaci Bakal Ditawarkan Kuartal III 2021

Posted: 13 Dec 2020 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan dua proyek dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yakni Jalan Tol Layang Dalam Kota Cikunir-Karawaci dan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami, akan ditawarkan pada kuartal III 2021.

"Untuk bidang jalan dan jembatan, ada dua yakni jalan tol dan jalan nontol. Jalan tol kita banyak sekali yang sedang diproses," ujar Menteri PUPR dalam seminar daring di Jakarta seperti dikuti dari Antara, Senin (14/12/2020).

Pada kuartal sama, Kementerian PUPR juga menawarkan proyek KPBU berupa pemeliharaan Jembatan Suramadu, Jawa Timur.

Total estimasi biaya investasi untuk ketiga proyek KPBU itu sebesar Rp48,37 triliun.

Sementara, proyek KPBU jalan tol dan jembatan lainnya yakni Jalan Tol Mamminasata, Kamal-Teluknaga-Rajeg, Semanan-Balaraja, Bogor-Serpong via Parung, Sentul Selatan-Karawang Barat, Semarang Harbour (Semarang-Kendal), Gilimanuk-Mengwi, Akses Pelabuhan Patimban, dan Jembatan Batam-Bintan ditawarkan pada kuartal I tahun depan.

Total estimasi biaya investasi proyek KPBU jalan tol dan jembatan yang ditawarkan pada kuartal I 2021 itu sebesar Rp117,3 triliun.

Untuk proyek KPBU jalan tol dan jembatan yang ditawarkan pada kuartal IV 2021 adalah jalan tol ruas Cilacap-Yogyakarta, Demak-Tuban, Jember-Lumajang, Ngawi-Bojonegoro-Babat, Jember-Situbondo, Tulungagung-Kepanjen, dan Samarinda-Bontang, serta proyek jembatan yakni Tanah Bumbu-Pulau Laut dan Muna-Buton.

Total estimasi biaya investasi proyek KPBU jalan tol dan jembatan yang ditawarkan pada kuartal IV 2021 itu sebesar Rp96,6 triliun

Jalan Tol Krian-Manyar Mulai Berbayar pada 13 Desember 2020

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan uji coba operasional Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) secara perdana dengan melakukan tapping kartu tol elektronik di Gerbang Tol Cerme, Gresik, Sabtu (28/11/2020).
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan uji coba operasional Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) secara perdana dengan melakukan tapping kartu tol elektronik di Gerbang Tol Cerme, Gresik, Sabtu (28/11/2020).

Tari tol seksi 1-3 ruas Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) mulai berlaku pada Minggu, 13 Desember 2020 pukul 00.00 WIB.

Sebelumnya jalan tol sepanjang 29 KM ini dapat dilintasi masyarakat tanpa tarif atau gratis selama dua pekan untuk masa sosialisasi.

"Jalan tol ini akan diterapkan dengan sistem transaksi tertutup," ujar Direktur Utama PT Waskita Toll Road yang sekaligus menjabat sebagai Direktur Utama PT Waskita Bumi Wira, Herwidiakto   dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, (13/12/2020).

Banyak Truk Obesitas di Tol Trans Sumatera, Pengusaha Salahkan Petugas PengawasWaskita Karya Bangun 3 Ruas Jalan Tol di Jawa Timur, Ini Daftarnya  

Penetapan tarif itu sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) Nomor 1677/KPTS/M/2020 mengenai Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Seksi 1-3 tanggal 19 November 2020.

Herwidiakto mengatakan, Jalan Tol KLBM seksi 1-3 telah beroperasi secara fungsional sejak diresmikan 28 November 2020. Demikian seperti dilansir dari Antara.

Berikut rincian tarif Tol KLBM seksi 1-3:

Asal Lebani Gresik tujuan Belahanrejo Golongan I: Rp14.500

Golongan II & III: Rp22.000

Golongan IV & V: Rp29.500

Asal Lebani Gresik tujuan Cerme Golongan I: Rp34.500

Golongan II & III: Rp52.500

Golongan IV & V: Rp69.000

Asal Lebani Gresik tujuan Bunder Gresik

Golongan I: Rp43.500

Golongan II & III: Rp65.500

Golongan IV & V: Rp87.500

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sirekap KPU 100 Persen, Idris-Imam Berjaya pada Pilkada Kota Depok

Posted: 13 Dec 2020 09:43 PM PST

Liputan6.com, Depok - Pasangan calon (Paslon) nomor urut 2 Idris-Imam mengungguli pasangan calon nomor urut 1 Pradi-Afifah pada Pilkada Kota Depok 2020. Hal ini berdasarkan data Sirekap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok dengan data masuk 100 persen.

Dari hasil Sirekap KPU melalui https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/3276, terlihat Pasangan Idris-Imam mendapatkan 415.305 suara atau 55,6 persen. Untuk pasangan Pradi-Afifah mendapatkan 331.822 suara atau 44,4 persen.

Data tersebut dihimpun dari 4.015 TPS yang sudah melakukan penghitungan suara. Untuk hasil suara per kecamatan, KPU Kota Depok telah melakukan penghitungan melalui Sirekap.

Adapun data per kecamatan sebagai berikut:

1 Kecamatan Pancoranmas telah melakukan penghitungan 100 persen, Pradi-Afifah mendapatkan 46.744 suara dan Idris-Imam 50.441 suara.

2. Kecamatan Cimanggis telah melakukan penghitungan 100 persen, Pradi-Afifah mendapatkan 35.783 suara dan Idris-Imam 48.088 suara.

3. Kecamatan Sawangan telah melakukan penghitungan 100 persen, Pradi-Afifah mendapatkan 31.789 suara dan Idris-Imam 38.573 suara.

4. Kecamatan Limo telah melakukan penghitungan 100 persen, Pradi-Afifah mendapatkan 20.990 suara dan Idris-Imam 18.877 suara.

5 Kecamatan Sukmajaya telah melakukan penghitungan 100 persen, Pradi-Afifah mendapatkan 42.241 suara dan Idris-Imam 50.465 suara.

6. Kecamatan Beji telah melakukan penghitungan 100 persen, Pradi-Afifah mendapatkan 29.013 suara dan Idris-Imam 32.976 suara.

7. Kecamatan Cipayung telah melakukan penghitungan 100 persen, Pradi-Afifah mendapatkan 27.759 suara dan Idris-Imam 34.179 suara.

8. Kecamatan Cilodong telah melakukan penghitungan 100 persen, Pradi-Afifah mendapatkan 24.194 suara dan Idris-Imam 35.048 suara.

9. Kecamatan Cinere telah melakukan penghitungan 100 persen, Pradi-Afifah mendapatkan 12.688 suara dan Idris-Imam 15.965 suara.

10. Kecamatan Tapos telah melakukan penghitungan 100 persen, Pradi-Afifah mendapatkan 43.108 suara dan Idris-Imam 57.653 suara.

11. Kecamatan Bojongsari telah melakukan penghitungan 100 persen, Pradi-Afifah mendapatkan 17.513 suara dan Idris-Imam 33.040 suara.

Data ini berasal dari foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim KPPS melalui Sirekap. Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web Tingkat Kecamatan.

Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka.

Real Count PKS, Idris-Imam Raih 55,57 % Pilkada Depok

Calon Wali Kota Depok nomor urut 2 Mohammad Idris saat akan menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada 2020 di TPS 14 Jatimulya, Depok, Rabu (9/12/2020). Pilkada Depok 2020 diikuti oleh Pradi Supratna-Afifah Alia serta Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Calon Wali Kota Depok nomor urut 2 Mohammad Idris saat akan menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada 2020 di TPS 14 Jatimulya, Depok, Rabu (9/12/2020). Pilkada Depok 2020 diikuti oleh Pradi Supratna-Afifah Alia serta Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memastikan pasangan nomor urut 2 Idris - Imam yang diusungnya meraih 55,57% suara pemilih di pilkada Depok tahun 2020.

PKS menghitung semua data C-1 yang masuk dari setiap saksi dari seluruh TPS yang ada di Kota Depok dan menghasilkan pasangan Idris-Imam Paslon nomor 2 Unggul dengan perolehan 420.595 suara (55,57%), sedangkan Paslon 1 Pradi-Afifah hanya mendapatkan 336.324 Suara (44,43%).

"Alhamdulillah proses perhitungan real count 100% telah kami tuntaskan, kami telah menghimpun Form C1 dari saksi-saksi di 4.015 TPS di 11 kecamatan se-Kota Depok," ungkap Ketua Tim pemenangan Idris-Imam, Mohammad Hafid Nasir, Minggu (13/12/2020).

Hafid menyebut perolehan suara ini tidak jauh dari prediksi quick count sebelumnya maupun dari lembaga survei yang disiarkan di berbagai Televisi Nasional yang memprediksi pasangan Idris-Imam unggul di kisaran 10% - 12% dari rivalnya Pradi - Afifah.

"Alhamdulillah, terimakasih kepada semua pihak. Saat ini kami terus mengawal penghitungan rekapitulasi form C-1 di tingkat PPK dan kota Depok sekaligus mempertanggungjawabkan kevalidan data yang dimiliki PKS kepada publik," pungkas Hafid.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Buat Jari Palsu untuk Temannya yang Diamputasi, Bikin Salut Warganet

Posted: 13 Dec 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kisah haru, baru-baru ini viral dalam media sosial TikTok. Dalam media sosial tersebut, ada seorang netizen yang mengunggah kisah temannya yang alami kecelakaan kerja hingga dua jarinya harus diamputasi.

Netizen dengan akun TikTok @3dprint_project, ini pun mengunggah temannya yang alami kecelakan kerja dimana jari telunjuk dan tengahnya usai diamputasi. Tak ingin temannya bersedih, pria ini pun dengan segenap hati membantunya. 

Ia pun membuatkan jari prostetik atau jari palsu untuk sahabatnya ini.  Tidak hanya ia sendiri, beberapa teman kerjanya yang lain pun turut membantu membuat jari palsu ini. Kisah ini pun viral di media sosial TikTok dan sukses bikin warganet kagum.

Berikut Liputan6.com ulas kisah pria yang membuatkan jari palsu untuk temannya, Senin (14/12/2020). 

Sang Teman Alami Kecelakaan Kerja Hingga 2 Jarinya Diamputasi

Buatkan jari prostetik untuk teman (Sumber: TikTok/3dprint_project)
Buatkan jari prostetik untuk teman (Sumber: TikTok/3dprint_project)

Dalam setiap pekerjaan pasti ada sebuah resiko. Salah satunya ialah resiko kecelakaan kerja yang dapat menimpa siapapun. Hal ini pun banyak terjadi dalam lingkungan kerja pabrik, tambang, hingga konstruksi. Kecelakaan kerja yang tidak terelakan pun bisa membuat anggota tubuh cidera hingga diamputasi.

Seperti yang dialami oleh teman netizen akun TikTok @3dprint_project. Dua ruas jari telunjuk dan tengahnya terjepit mesin press sehingga harus diamputasi. Dalam laman TikToknya, mengatakan kawannya juga sudah iklas dengan kondisinya. 

"Dia sudah ikhlas dengan segala tindakan medis yang akan dilakukan" ujar akun TikTok @3dprint_project

Buatkan Jari Palsu untuk Temannya

Pria yang merupakan anak teknik ini pun membuatkan jari prostetik atau jari palsu untuk temannya. Meski ia bukan ahli prostetik, ia pun dengan segenap hati membantunya.

Pria ini membuat jari prostetik melalui print 3D. Ia pun mendesain, hingga mengukur jari prostetik yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan temannya. Selama pengerjaannya, ia pun mengalami beberapa kali kendala yang akhirnya bisa ia lalui.

@3dprint_project

Sedikit kisah Semoga dapat menginspirasi untuk membantu sesama -Man for Other- #3dprint #Temukan2021mu #fyp #prostetic

♬ When She Loved Me - Evynne Hollens

Berhasil buatkan jari prostetik hingga videonya viral

Netizen dengan akun @3dprint_project ini pun viral dalam media sosial TikTok. Hingga sampai saat ini telah mendapat like sebanyak 100 ribu dari netizen. Banyak yang kagum dengan aksinya tersebut.

Padahal selama pengerjaan ia pun sempat alami kendala. Yaitu masalah mesin print 3D. Ia pun mengatasi masalah tersebut dengan patungan bersama teman pabriknya.

Sekali pembuatan, ternyata kurang pas hingga harus menyesuaikan ukuran dan desain yang dibuat ulang. Hingga akhirnya, kini desainnya pun makin rapi dan temannya mulai bisa beraktivitas dengan jari prostetik tersebut.

@3dprint_project

Ayo Sobat, Tetap Semangat!!! Walau bukan ahli Prostetik, kami akan Support penuh. Terimakasih @thingiverse #3dprint #3dprinting #prostetic #fyp

♬ Glow Up - IZΛ

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayu Ting Ting dan Adiknya Double Date di Kondangan, Kompak dengan Pasangan

Posted: 13 Dec 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ayu Ting Ting tampak makin serius dengan sang kekasih, Adit Jayusman. Bahkan, beberapa kali Ayu memamerkan sejumlah potret berisi momen kebersamaannya dengan Adit.

Potret-potret mesra Ayu Ting Ting dan Adit kerap menjadi perbincangan publik. Keduanya hampir selalu menghabiskan waktu bersama. Termasuk saat menghadiri acara pernikahan.

Di suatu acara pernikahan sahabat, Ayu Ting Ting datang dengan busana bernuansa serbaungu. Batik Adit Jayusman yang berwarna senada pun tampak cocok dengan dress Ayu.

Bersama Adik

Ayu Ting Ting bersama Adit Jayusman dan adiknya, Syifa yang didampingi kekasih. (Instagram @ramazangoden)
Ayu Ting Ting bersama Adit Jayusman dan adiknya, Syifa yang didampingi kekasih. (Instagram @ramazangoden)

Dalam foto, terlihat juga adik Ayu Ting Ting, Syifa, didampingi kekasihnya. Dua pasangan ini kompak berfoto dengan pengantin. Pose yang diunggah adalah gaya bebas.

 

Makan Bersama

Ayu Ting Ting bersama Adit Jayusman dan adiknya, Syifa yang didampingi kekasih. (Instagram @ayutingting92)
Ayu Ting Ting bersama Adit Jayusman dan adiknya, Syifa yang didampingi kekasih. (Instagram @ayutingting92)

Tampak juga dalam foto lain dua pasangan ini makan bersama di sebuah mal sekaligus melakukan double date. Ayu Ting Ting mengunggah foto tersebut. "Our sunday #bereskondangan #tinggalkitayangdikondangin," tulis pelantun "Alamat Palsu."

Menjadi Sorotan

Momen kondangan bersama kekasih dan adik jadi sorotan warganet. Doa agar Ayu Ting Ting dan Adit Jayusman segera naik ke pelaminan membanjir di medsos.

 

Doa Warganet

"Ayu dan Adit serasi banget gayanya, semoga cepat nyusul ke pelaminan. Amiiin," ujar pemilik akun @etis_nia08.

"Senangnyaa dalam hati... semogaa segeraaaa bersanding buu @ayutingting92," tulis @ta2mania.

"Ditunggu undanganya bu ayu," kata @jamila__putri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luhut: Kesepakatan Pembangunan Smelter antara Freeport dan Investor China Ditandatangani Maret 2021

Posted: 13 Dec 2020 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rencana PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk membangun pabrik pemurnian atau smelter tembaga di Weda Bay, Halmahera Tengah, Maluku Utara memasuki babak baru. Freeport dan investor asal China, Tshingshan Steel tampaknya telah menemui kesepakatan baru untuk membangun smelter di Teluk Weda, Halmahera senilai USD 1,8 miliar.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam sebuah wawancara bersama Asia Times memproyeksikan, kesepakatan tersebut dapat ditandatangani sebelum Maret 2021.

"Kami senang dengan kesepakatan tersebut. Tapi kedua pihak (Freeport dan Tshingshan) masih dalam tahap pembahasan rinci," kata Luhut seperti dikutip Asia Times, Senin (14/12/2020).

Saat ini, tersedia beberapa opsi untuk lokasi smelter tembaga PT Freeport Indonesia. Pertama, memperluas pabrik peleburan tembaga Mitsubishi Material Corporation yang ada di Gresik, Jawa Timur. Pilihan lainnya yakni membangun smelter tembaga yang jauh lebih mahal di kawasan industri terdekat, atau memindahkan seluruh proyek ke Halmahera.

Menurut laporan Asia Times, Luhut dan sumber lainnya yang mengetahui kesepakatan tersebut menyatakan, Tshingshan telah sepakat untuk menyelesaikan smelter dalam waktu 18 bulan.

Di sisi lain, Freeport dan Mitsubishi telah sepakat untuk memperluas smelter yang saat ini dioperasikan PT Smelting di Gresik senilai USD 250 juta. Hal tersebut dapat dilihat sebagai tanda komitmen Freeport terhadap pengolahan konsentrat perseroan di dalam negeri.

Mitsubishi dan Freeport sendiri telah menyetujui nota kesepahaman (MoU) pada 13 November 2020, untuk menambah 300 ribu kapasitas pengolahan, dari 1 juta metrik ton per tahun menjadi 1,3 juta metrik ton per tahun.

Tapi menurut sumber yang diterima Asia Times menyampaikan, Freeport tetap siap, meski enggan, untuk membangun smelter baru jika kesepakatan dengan Tsingshan gagal terlaksana.

Freeport juga berkomitmen untuk membangun kilang logam mulia di lokasi yang sama pasca izin ekspornya untuk anode slime berakhir. Anode slime merupakan sedimen yang kaya akan emas, perak, selenium dan telurium yang tersisa dari proses peleburan (smelting).

Freeport Indonesia Buka Opsi Bangun Smelter di Halmahera

Tambang Grasberg PT Freeport Indonesia. Foto: Liputan6.com/Ilyas Istianur P
Tambang Grasberg PT Freeport Indonesia. Foto: Liputan6.com/Ilyas Istianur P

PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka opsi untuk membangun pabrik pemurnian atau smelter tembaga di Weda Bay, Halmahera Tengah, Maluku Utara. Saat ini PT Freeport tengah membahas potensi kerja sama dengan investor asal CHina , Tsingshan Steel yang merupakan salah satu investor di PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) yang berlokasi di Halmahera.

"Memang benar bahwa kami di-approach (didekati) oleh Tsingshan yang berkeinginan juga untuk membangun pabrik tembaga di Halmahera dan kami masih dalam tahap pembicaraan," kata Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas dikutip dari Antara, Jumat (11/12/2020). 

Pemerintah sebenarnya membuka dua pilihan untuk lokasi smelter tembaga PT Freeport Indonesia. Pertama adalah di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur. Sedangkan pilihan kedua bertempat di Kawasan Industri Weda Bay milik PT IWIP, Halmahera Tengah.

Perwakilan dari pemerintah dalam hal ini Mining Industry Indonesia (MIND ID) sebagai holding milik BUMN, melalui Direktur Utama Orias Petrus Moedak mendukung rencana PT Freeport Indonesia untuk menggandeng Tsingshan tersebut dan memilih lokasi di Weda Bay.

Namun Orias mensyaratkan bahwa biaya pembangunannya nanti harus lebih kecil dibanding hitungan awal di Gresik yang membutuhkan investasi sebesar USD 3 miliar, di mana MIND ID selaku induk usaha harus menanggung beban USD 1,2 miliar hingga USD 1,5 miliar.

Sedangkan jika smelter tersebut dibangun di Weda Bay, nilai proyeknya diperkirakan akan turun menjadi USD 1,8 miliar.

"Jadi, kami mendukung (smelter di Halmahera). Tapi saat ini semua masih dalam tahap awal pembicaraan," kata Orias dalam kesempatan yang sama.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus: Banjir Datang Ratusan Terendam

Posted: 13 Dec 2020 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perbarui informasi Anda di Fokus edisi (14/12) kali ini, dengan berita di antaranya, Banjir Datang Ratusan Terendam, Buaya Serang Warga, Kakus Termahal Se-Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengaduan Terkait E-Commerce Naik Drastis di 2020, Terbanyak Soal Ini

Posted: 13 Dec 2020 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang tahun 2020, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) telah menerima 282 pengaduan di sektor e-commerce. Jumlah pengaduan ini meningkat drastis dibandingkan 3 tahun sebelumnya yang hanya 32 pengaduan secara akumulasi.

Komisi III, BPKN, Rolas B Sitinjak mengatakan insiden yang banyak diadukan terkait one time password (OTP) atau kode verifikasi dan pengelabuan (phising).

"Insiden yang paling sering terjadi ini OTP dan phising," kata Rolas dalam Catatan Akhir Tahun BPKN 2020, Jakarta, Senin (14/12).

Phising merupakan salah satu jenis kejahatan online yang bisa menimpa siapa saja. Korban phising biasanya tidak merasa berbelanja tapi mendapatkan tagihan dalam jumlah tertentu atau dana yang dimilikinya berkurang bahkan habis.

Baik insiden OTP atau phising menurut Rolas, ini terjadi karena kelalaian konsumen. Konsumen tidak berhati-hati dalam hal memberikan kata kunci (password) kepada pihak yang tidak dikenal.

"Jadi konsumen yang harus cerdas dan lebih hati-hati," ungkap dia.

Pengaduan tentang pengembalian dana dari pembelian produk atau jasa (refund) juga menjadi pengaduan yang banyak dilakukan konsumen. Pengaduan ini banyak berhubungan dengan tiket pesawat atau penginapan. Dalam hal ini, menurut Rolas baik konsumen dan pengusaha tidak dalam posisi bersalah. Sebab pembatalan keberangkatan pesawat atau penginapan terjadi karena situasi pandemi.

Hanya saja dia menyayangkan pengembalian dana dari tiket pesawat yang dibeli penumpang berupa voucher dalam jumlah yang sama dengan harga pembelian. Dalam hal ini sebenarnya tidak diperbolehkan dalam peraturan perundang-undangan.

"Ini sebenarnya tidak boleh karena konsumen membeli dengan uang maka jika dikembalikan harus dalam bentuk yang juga bukan dalam bentuk voucher," kata dia.

Namun sisi lain, Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan kebijakan terkait pengembalian dana kepada konsumen diperbolehkan dalam bentuk voucher. "Tapi ada Permenhub yang membolehkan ini karena satu dan lain hal," kata dia.

Pengaduan Terkait TIX point

E-commerce adalah (Image by mohamed Hassan from Pixabay)
E-commerce adalah (Image by mohamed Hassan from Pixabay)

Selain itu ada juga pengaduan terkait TIX point. Rolas menjelaskan banyak pelaku usaha yang mengiming-imingi konsumen untuk mengumpulkan poin yang dalam jumlah tertentu bisa dipakai untuk bertransaksi.

Tetapi ketika konsumen hendak menggunakan poin yang dikumpulkan, maka program tersebut sudah tidak bisa dipakai. Ada beragam alasan, salah satunya batas waktu pemakaian poin yang habis.

"Jadi begitu konsumen mau pakai tidak bisa karena berbagai alasan. Nah ini juga banyak diadukan ke kami," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Infografis Hari Belanja Online

Infografis Hari Belanja Online (Liputan6/desi)
Infografis Hari Belanja Online (Liputan6/desi)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: