Jumat, 18 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mantan Ratu Kecantikan Inggris Terlibat dalam Penemuan Vaksin Covid-19

Posted: 18 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang mantan ratu kecantikan Inggris ternyata terlibat dalam proses pengembangan vaksin Covid-19. Carina Tyrrell, pemegang gelar doktor yang juga mantan Miss England menghabiskan tahun lalu dalam penelitian ujung tombak di Universitas Oxford.

Tyrrell bergabung dengan tim Oxford untuk memastikan vaksin aman untuk digunakan oleh semua warga Inggris. Ia berkolaborasi dengan para peneliti dan ahli medis dari seluruh dunia untuk memastikan uji coba vaksin Covid-19 yang tepat menerima pendanaan yang sesuai.

Mereka bekerja sama untuk mencari vaksin paling tepat dengan membadingkan seluruh pengujian berbeda di seluruh dunia. Timnya bertanggung jawab dalam mengerjakan vaksin untuk Pfizer, Moderna, dan Oxford AstraZeneca. Sekitar 728 hasil penelitian lain dipelajarinya bersama tim sebelum mempublikasikan hasil penelitian timnya sendiri, beberapa bulan lalu.

"Aku telah melihat uji klinis vaksin dan pengobatan sebelum mencoba mengidentifikasi kandidat vaksin dan pengobatan yang paling menjanjikan. Dan tentu saja, memastikan vaksin relevan untuk kelompok tertentu," kata dia, dikutip dari laman The Sun, Sabtu (19/12/2020).

Ia menyebut penerima vaksin terdiri dari berbagai macam etnis, usia, dan kondisi kesehatan. Maka, studi dilakukan dengan memperhatikan seluruh pihak agar tidak ada yang tertinggal. "Kami harus memastikan vaksin akan efektif bagi orang tua dan muda, orang dengan dan tanpa kanker, itu adalah hal yang penting," sambung Tyrrell.

Ia mengaku, mengumpulkan data dari seluruh dunia sembari mencoba mengidentifikasi kandidat vaksin yang paling menjanjikan. Ia menyebut kemampuan bekerja sama dari berbagai pihak merupakan unsur terpenting dalam penelitian tersebut. Ia melihat kemampuan itu menonjol di masa pandemi Covid-19.

"Terkait kebijakan, aku telah mengarahkan penyusunan beberapa kebijakan dan kertas ilmiah yang akan dipublikasikan di Jurnal Medis Inggris. Ini tentang bagaimana kami mengelola sejumlah orang bergejala Covid-19 di rumah sakit ketika kita berjuang dengan kapasitas terbatas dan mengelola situasi peningkatan orang-orang yang datang ke rumah sakit," jelas dia lagi.

 

 

Perempuan Terpintar

Mantan Miss England 2014 Carina Tyrrell terlibat dalam penelitian penemuan vaksin Covid-19. (dok. Instagram @carina_tyrrell_official/https://www.instagram.com/p/BmYANjIjbj3/Dinny Mutiah)
Mantan Miss England 2014 Carina Tyrrell terlibat dalam penelitian penemuan vaksin Covid-19. (dok. Instagram @carina_tyrrell_official/https://www.instagram.com/p/BmYANjIjbj3/Dinny Mutiah)

Tyrrell dinobatkan menjadi salah satu pemikir muda terpintar di Inggris enam tahun setelah memenangkan gelar Miss England pada 2014. Dalam ajang Miss World, ia menempati urutan ke-4 di antara seluruh finalis yang berkompetisi.

Perempuan berusia 31 tahun itu kini menjadi pekerja garis depan yang menangani krisis kesehatan terbesar yang dihadapi Inggris dalam seratus tahun teraakhir. Ia meraih gelar sarjana kedokteran dari Universitas Cambridge, berpengalaman sebagai dokter junior di rumah sakit, dan meraih gelar master kesehatan masyarakat.

"Aku masih mendukung baik Miss World maupun Miss England, dan aku masih menjadi juri untuk kontes Miss England," kata dia.

Ia mengaku tidak pernah menyangka enam tahun yang dihabiskannya untuk meneliti berujung pada studi pencarian vaksin untuk mengatasi pandemi global. Saat pekerjaaannya menemui titik terang, ia merasa semua kerja kerasnya telah terbayarkan.

Meski begitu, Tyrrell mengingatkan bahwa perlu waktu semua hal kembali ke situasi normal walau vaksin sudah ditemukan, setidaknya beberapa bulan lagi ke depan. Ia juga mengingatkan agar semua orang bersedia divaksin ketika ditawari. Itulah langkah maju karena vaksinasi tidak hanya membantu diri sendiri, tetapi juga populasi yang lebih luas.

"Dengan menerimanya, mereka akan mendukung tetangga mereka, baik mereka yang tinggal di sekitar atau yang berada di negara tetangga. Dan sangat penting untuk diingat bahwa sampai kita mendapat seluruh dosis vaksin, masyarakat wajib menjalankan semua aturan jaga jarak," jelasnya.

Ia menyebut pandemi Covid-19 merupakan salah satu kasus paling sulit untuk diatasi karena virus menyebar begitu cepat dan sulit dikontrol. Namun, pengalaman menangani Covid-19 menjadi bekalnya untuk mengatasi potensi pandemi di masa depan.

"Karena sayangnya akan ada yang lain di masa depan," kata Tyrrell.

Vaksin Covid-19 Gratis di Berbagai Negara

INFOGRAFIS: Deretan negara yang gratiskan vaksin Covid-19 ke warganya (Liputan6.com / Triyasni)
INFOGRAFIS: Deretan negara yang gratiskan vaksin Covid-19 ke warganya (Liputan6.com / Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tukar Kado Natal Keluarga Pangeran William-Kate Middleton dengan Pangeran Harry-Meghan Markle

Posted: 18 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle, Pangeran Harry, Kate Middleton, dan Pangeran William merayakan musim liburan dengan saling bertukar kado Natal. Melansir laman People, Sabtu (19/12/2020), keluarga Sussex dan Cambridge telah saling mengirim hadiah Natal sebelum liburan.

Hadiah sendiri telah dikirim bolak-balik antara seluruh keluarga kerajaan. Seperti keluarga lain di dunia, mereka menjalani Natal pertama yang 'berjarak' akibat pandemi corona COVID-19.

Meghan dan Pangeran Harry, bersama putra keduanya yang berusia 19 bulan, Archie, bersiap merayakan musim liburan pertama di rumah baru mereka di Montecito, California. Keluarga itu bersemangat untuk mendekorasi rumah dengan nuansa Natal, kata sebuah sumber.

Sementara itu, Pangeran William dan Kate mengatakan, mereka masih tak yakin dengan rencana Natal setelah diumumkan bahwa Ratu Elizabeth telah membatalkan perjalanan tahunan ke Sandringham.

"Ini sangat sulit. Kami masih berusaha untuk membuat rencana," kata William selama Royal Train Tour bersama Kate.

Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip, akan tinggal di Kastil Windsor, tempat mereka menghabiskan sebagian besar waktu sejak Maret. Tahun ini menandai pertama kalinya sejak 1987 Ratu akan menghabiskan Natal di Windsor ketimbang di Sandringham.

Seorang sumber kerajaan menuturkan, "Mereka (Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip) beruntung bisa menghabiskan Natal bersama keluarga setiap tahun, tapi mereka memahami bahwa keluarga mereka akan memiliki saingan tuntutan selama periode Natal dan puas memiliki musim perayaan yang tenang tahun ini."

Semangat Ketiga Anak Pangeran William dan Kate Middleton

Kate Middleton dan Pangeran William merilis kartu Natal 2020 yang berisi  potret keluarga mereka. (Tangkapan Layar Instagram @kensingtonroyal/https://www.instagram.com/p/CI3-aCEleK4/)
Kate Middleton dan Pangeran William merilis kartu Natal 2020 yang berisi potret keluarga mereka. (Tangkapan Layar Instagram @kensingtonroyal/https://www.instagram.com/p/CI3-aCEleK4/)

Sedangkan, Pangeran Charles dan Camilla punya rencana untuk mengunjungi Ratu dan Pangeran Philip di Kastil Windsor beberapa kali selama masa liburan. Namun, belum diketahui apakah Pangeran William, Kate, dan ketiga anak mereka akan melakukan kunjungan serupa.

"Seperti semua orang, harapan mereka adalah normalitas akan kembali pada 2021," tambah sumber itu. 

Terlepas dari ketidakpastian seputar perayaan tersebut, anak-anak Pangeran William-Kate, Pangeran George, Puteri Charlotte, dan Pangeran Louis, kian memperlihatkan semangat Natal. Kakak-beradik ini dengan penuh semangat melakukan debut karpet merah mereka minggu lalu di pertunjukan pantomim Natal di London Palladium.

Nenek anak-anak, Carole Middleton, juga berbagi bahwa ketiganya akan membantu menghias pohon Natal melalui panggilan video.

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur sebagai Anggota Senior Kerajaan Inggris

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nirwana LIDA Cerita soal Pentingnya Seseorang Lewat Rasa

Posted: 18 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak keluar menjadi juara di LIDA Dangdut Indosiar 2019, Nirwana tak berkecil hati. Langkahnya untuk menjadi pedangdut pun tak berhenti sampai di situ saja.

Itu dibuktikan Nirwana LIDA dengan single terbaru Nirwana bertajuk "Rasa" ciptaan Nirwan Kusri.

Penyanyi kelahiran Bengkulu, 6 September 1995 yang mengidolakan Lesti Kejora ini menceritakan kisah lagunya tersebut.

 

Universal

Nirwana LIDA (Foto: Ist)
Nirwana LIDA (Foto: Ist)

Lagu "Rasa" tak hanya untuk sepasang kekasih tapi juga bisa diartikan sebagai sahabat. "Lagu Rasa menceritakan tentang perasaan seseorang dengan pasangannya, seberapa berartinya seseorang dalam kehidupan kita. Namun secara luas bisa juga mengisahkan dua orang sahabat," tuturnya melalui keterangan tertulis, beberapa waktu lalu.

 

Tak Terbayangkan

Nirwana LIDA (Foto: Ist)
Nirwana LIDA (Foto: Ist)

Diakui wanita asal Bengkulu 25 tahun ini, bahwa ia tak pernah terbayangkan sebelumnya bisa terjun ke dunia tarik suara. Meski sejak kecil Nirwana sudah menjadi penyanyi.

"Saya sejak kelas empat SD sudah naik panggung. Dan mulai ikut kompetisi pada 2010 lalu, dan menjadi juara. Saya hanya mengikuti alur kehidupan saya yang membawa saya ke titik saat ini," lanjutnya.

 

Pengalaman Seru

Bisa sampai ke titik seperti sekarang ini bukan perjalanan mudah bagi wanita bernama asli Sri Sugiarti ini. Ia pun memiliki pengalaman seru.

"Pada saat show waktu itu pernah High Heels saya patah jadi nyanyi tanpa alas kaki. Dan itu luar biasa pecah acaranya. Saya dulu pernah juga jadi anak band, kalau manggung sama teman-teman komunitas dibayarnya cuma makan," paparnya.

 

Harapan

Baru saja merilis single perdana, tentu Nirwana LIDA memiliki harapan besar di panggung Hiburan Tanah Air.

"Harapan saya lagu-lagu saya bisa didengar oleh seluruh lapisan penikmat musik. Dan semoga nantinya saya bisa melahirkan banyak karya di Industri Musik indonesia," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Suntik Vaksin COVID-19 Pfizer, Mike Pence: Sungguh, Suatu Keajaiban

Posted: 18 Dec 2020 10:24 PM PST

Liputan6.com, New York - Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence, menerima suntikan vaksin COVID-19 buatan Pfizer dan BioNTech, serta disiarkan di televisi pada Jumat, 18 Desember 2020, waktu setempat.

Ini merupakan upaya guna meningkatkan kepercayaan publik terhadap keefektifan dari vaksin Pfizer tersebut.

Vaksin COVID-19 Pfizer juga diberikan kepada istrinya, Karen Pence, dan Kepala Badan Kesehatan Masyarakat AS, Jerome Adams.

Vaksinasi COVID-19 dilakukan Mike, Karen, dan Jerome di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower yang berdekatan dengan Gedung Putih oleh tenaga medis dari Walter Reed Militer Medical Center Nasional.

Usai menerima suntikan vaksin COVID-19 Pfizer di lengan sebelah kiri, Mike Pence, mengaku, tidak merasakan apa-apa.

 

Kehadiran Vaksin COVID-19 Pfizer di Amerika Serikat

Menurut Mike Pence, kehadiran vaksin COVID-19 merupakan keajaiban di bidang medis. Sebab, butuh waktu lama, bahkan bisa sampai 12 tahun, untuk mengembangkan, memroduksi, serta mendistribukan sebuah vaksin.

"Tapi kami berada di jalur yang tepat di sini, di Amerika Serikat, untuk memberikan jutaan dosis kepada rakyat Amerika dalam waktu kurang dari satu tahun. Sungguh, suatu keajaiban," kata Mike Pence dikutip dari situs NBC News pada Sabtu, 19 Desember 2020.

 

AS Tak Ambil Jalan Pintas

Lebih lanjut Mike Pence, mengatakan, dia dan sang istri menggunakan vaksin COVID-19 tersebut untuk meyakinkan rakyat AS bahwa pemerintah tidak mengambil jalan pintas.

"Terimakasih atas kerja keras National Institutes of Health, dan kerja keras serta kehati-hatian FDA, kepemimpinan presiden kami, Operation Warpd Speed, rakyat Amerika dapat yakin memiliki satu, dan, mungkin dalam beberapa jam, dua vaksin Virus Corona yang aman dan efektif untuk Anda dan keluarga Anda," ujarnya.

Para dokter yang menyuntikkan vaksin COVID-19 Pfizer mengingatkan Mike Pence dan Karen untuk melakukan vaksinasi (menerima dosis kedua vaksin Pfizer) kembali 21 hari kemudian.

Serta mereka diingatkan bahwa mungkin saja akan merasakan rasa sakit di lokasi suntikkan.

Simak Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Akad Nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto, Pakai Adat Jawa

Posted: 18 Dec 2020 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah menggelar berbagai prosesi persiapan pernikahan di hari sebelumnya, akhirnya pada Sabtu (19/12/2020), Karina Nadila resmi melepas masa lajangnya. Kini, Puteri Indonesia Pariwisata 2017 ini telah resmi menyandang status sebagai istri dari Rangga Prihartanto.

Akibat adanya pandemi Corona Covid-19, akad nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto digelar secara terbatas. Acara ini pun hanya dihadiri oleh keluarga serta kerabat dekat.

Di hari spesial ini, Karina dan Rangga nampak mengusung adat budaya Jawa. Wanita kelahiran 21 Agustus 1992 nampak mengenakan kebaya berwarna putih dan Paes Solo Putri. Sedangkan Rangga juga mengenakan beskap berwarna putih.

Berikut merupakan 6 potret akad nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh liputan6.com, Sabtu (19/12/2020).

1. Pada hari akad nikahnya, Karina Nadila mengusung adat Jawa. Ia nampak menawan mengenakan kebaya berwarna putih yang dipadukan dengan Paes Solo Putri.

6 Momen Akad Nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto. (Sumber: Instagram/karinadila8921)
6 Momen Akad Nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto. (Sumber: Instagram/karinadila8921)

2. Akad nikah wanita 28 tahun dan Rangga Prihartanto berjalan lancar dan khidmat. Acara pernikahan keduanya juga menerapkan protokol kesehatan.

6 Momen Akad Nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto. (Sumber: Instagram/karinadila8921)
6 Momen Akad Nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto. (Sumber: Instagram/karinadila8921)

3. Hari spesial dari Karina dan Rangga Prihartanto ini digelar di Hotel The Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta.

6 Momen Akad Nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto. (Sumber: Instagram/karinadila8921)
6 Momen Akad Nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto. (Sumber: Instagram/karinadila8921)

4. Pada momen pernikahan Puteri Indonesia Pariwisata 2017 ini hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat.

6 Momen Akad Nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto. (Sumber: Instagram/karinadila8921)
6 Momen Akad Nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto. (Sumber: Instagram/karinadila8921)

5. Nampak pula Bunga Jelitha, Dea Rizkita, dan Kevin Liliana yang kompak hardir mengenakan seragam kebaya kutu baru bermotif bunga-bunga.

6 Momen Akad Nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto. (Sumber: Instagram/karinadila8921)
6 Momen Akad Nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto. (Sumber: Instagram/karinadila8921)

6. Perasaan bahagia nampak jelas tergambar di wajah dua sejoli ini.

6 Momen Akad Nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto. (Sumber: Instagram/karinadila8921)
6 Momen Akad Nikah Karina Nadila dan Rangga Prihartanto. (Sumber: Instagram/karinadila8921)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Buka Lowongan Direktur STAN, Ini Syaratnya

Posted: 18 Dec 2020 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengadakan seleksi terbuka untuk mengisi jabatan Direktur dan Wakil Direktur Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN periode 2021-2025.

Adapun jabatan target yang akan diisi melalui seleksi tersebut yakni Direktur PKN STAN, Wakil Direktur Bidang Akademik PKN STAN, Wakil Direktur Bidang Keuangan dan Umum PKN STAN, serta Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan PKN STAN.

Berdasarkan informasi yang diberikan Kementerian Keuangan, Sabtu (19/12/2020), masa pendaftaran seleksi ini dibuka sampai dengan 30 Desember 2020 pukul 17.00 WIB.

Proses pemilihan akan dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) melalui tiga tahapan yakni, seleksi administrasi, kompetensi, dan wawancara.

Berdasarkan informasi yang diberikan Pansel, sampai dengan Sabtu (19/12/2020) hari ini, telah terdapat dua orang pendaftar yang mengikuti seleksi terbuka dimaksud.

Seleksi ini terbuka untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS serta non-PNS dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan akreditasi unggul yang memenuhi syarat.

Adapun proses pendaftaran calon peserta dan seluruh pengumuman dalam tahapan seleksi penyaringan terbuka telah diumumkan pada 14 Desember 2020 melalui pengumuman nomor: PENG-01/PANSEL-PKN/2020 yang dapat diakses pada laman pendaftaran: https://seleksi-terbuka.kemenkeu.go.id/.

1.014 Lulusan PKN STAN Bakal Disalurkan ke K/L dan Pemda

Menkeu Sri Mulyani hadiri wisuda STAN pada Kamis (18/10/2018) (Foto:Merdeka.com/Wilfridus S)
Menkeu Sri Mulyani hadiri wisuda STAN pada Kamis (18/10/2018) (Foto:Merdeka.com/Wilfridus S)

Tahun ini, Kementerian Keuangan kembali mengalokasikan lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN ke K/L hingga ke Pemda.

Adapun total lulusan yang diwisuda tahun ini sebanyak 2.447 orang. Rinciannya, 156 lulusan program D-I dan 2.291 lulusan program D-III. Dari jumlah tersebut, 1.014 orang diantaranya akan ditempatkan ke 41 K/L dan 13 Pemda, masing-masing 647 dan 367 orang.

"Para lulusan PKN STAN pada dasarnya adalah calon-calon Aparatur Sipil Negara (ASN) terbaik," kata Sekjen Kemenkeu, Hadiyanto, saat memberikan sambutan dalam seremoni penandatanganan MoU yang dilaksanakan secara virtual, Kamis (12/11/2020).

Hadiyanto menjelaskan, lulusan PKN STAN ini memiliki intelegensi dan kemampuan yang tinggi. Sebab, saat mendaftar ke PKN STAN mereka telah menyisihkan pesaing lainnya yang jumlahnya rata-rata setiap tahun lebih dari 120 ribu orang.

"Mereka cepat belajar, beradaptasi dan memahami pekerjaan," kata dia.

Hasil evaluasi tingkat kepuasan kinerja para pegawai lulusan PKN STAN pada tahun 2019 meningkat menjadi 4,23 dari tahun 2018 sebesar 4,19 (skala 5).

Hal ini menunjukkan bahwa penempatan lulusan PKN STAN pada K/L telah sesuai dengan ekspektasi kinerja yang diharapkan. Kemenkeu menyampaikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan K/L dan Pemda untuk merekrut lulusan PKN STAN sebagai pegawai baru.

"Dengan implementasi kebijakan Leaders Factory di bidang Keuangan Negara, maka direncanakan tahun 2021 dan 2022, akan lebih banyak lulusan PKN STAN yang dialokasikan pada K/L dan Pemda. Mudah-mudahan hal ini akan mempercepat pemenuhan kebutuhan akan pengelola keuangan negara pada K/L dan Pemda" jelas Sekjen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penemuan Bayi Beruang di Perlintasan Gajah Kabupaten Kuansing

Posted: 18 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Seorang warga di Desa Pulau Rengas, Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuansing, menemukan anak beruang terpisah dari induknya. Usianya baru beberapa hari.

Warga tadi memberikan anak beruang itu kepada anaknya untuk dirawat. Sang anak lalu mengunggah ke media sosial hingga akhirnya Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengetahui hal itu.

Dalam unggahannya, dia menulis, "Biruang di asua le, urang gadi di asua tak omua jinak2 ro". Artinya "Beruang diasuh lagi, karena gadis diasuh tak mau jinak.

Anak beruang itu akhirnya dijemput Kepala Resort Rimbang Ar Azmi. Setelah menceritakan beruang merupakan satwa dilindungi, pria tadi secara suka rela menyerahkannya.

Ar Azmi memperkirakan anak beruang saat ditemukan masih berusia 4 hari.

Penemuan bermula ketika seorang warga yang tengah bekerja di sebuah perusahaan hutan tanaman industri menemukan perlintasan gajah di kebun.

Dari perlintasan itu, pekerja mendengar suara pekikan satwa masih bayi lalu mencari sumbernya. Saat itulah ada anak beruang yang belum terbuka matanya sendirian.

"Karena takut dimakan ular jika ditinggalkan, maka diambil dan dipelihara masyarakat," katanya.

 

Sehat dan Stabil

Dokter klinik satwa BBKSDA Riau bersama anak beruang yang terpisah dari induknya. (Liputan6.com/BBKSDA Riau/M Syukur)
Dokter klinik satwa BBKSDA Riau bersama anak beruang yang terpisah dari induknya. (Liputan6.com/BBKSDA Riau/M Syukur)

Saat mengambil anak beruang itu, pekerja mengaku tidak melihat induknya. Pengakuan warga, di daerah itu sebelumnya tidak pernah terlihat beruang.

"Warga tadi meyerahkan beruang ini ke anaknya untuk dirawat," ucap Azmi.

Sementara itu, dokter klinik satwa BBKSDA Riau Rini Deswita menyebut anak beruang itu diperkirakan berumur satu pekan. Matanya masih tertutup sehingga harus dibantu petugas memberikan susu formula.

"Kondisinya sehat dan stabil serta perlu perawatan karena masih bayi, kelaminnya betina," kata dr Rini.

Rini menyebut anak beruang itu menjadi penghuni baru klinik satwa BBKSDA Riau. Beruang ini bakal dipelihara selama beberapa tahun untuk kemudian dilepasliarkan jika besar nanti.

"Kalau sudah besar tentu dilihat kemampuan berburunya untuk bertahan di alam," jelas Rini.

Kepala BBKSDA Riau Suharyono berterimakasih kepada warga yang menyerahkan beruang ini. Dia juga mengimbau warga yang merawat satwa dilindungi untuk menyerahkan ke petugas.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pakai Ketapel, Pengunjuk Rasa Palestina Lawan Pemukim Yahudi Israel

Posted: 18 Dec 2020 10:00 PM PST

Pengunjuk rasa Palestina menggunakan ketapel saat bentrok melawan tentara Israel di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)
Pengunjuk rasa Palestina menggunakan ketapel saat bentrok melawan tentara Israel di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

Pengunjuk rasa Palestina menggunakan ketapel saat bentrok melawan tentara Israel di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

Pengunjuk rasa Palestina menggunakan ketapel saat bentrok melawan tentara Israel di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)
Pengunjuk rasa Palestina menggunakan ketapel saat bentrok melawan tentara Israel di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

Pengunjuk rasa Palestina menggunakan ketapel saat bentrok melawan tentara Israel di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

Pemukim Yahudi menggunakan anjing saat bentrok dengan pengunjuk rasa Palestina di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)
Pemukim Yahudi menggunakan anjing saat bentrok dengan pengunjuk rasa Palestina di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

Pemukim Yahudi menggunakan anjing saat bentrok dengan pengunjuk rasa Palestina di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

Pemukim Yahudi menggunakan anjing saat bentrok dengan pengunjuk rasa Palestina di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)
Pemukim Yahudi menggunakan anjing saat bentrok dengan pengunjuk rasa Palestina di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

Pemukim Yahudi menggunakan anjing saat bentrok dengan pengunjuk rasa Palestina di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

Pemukim Yahudi dan tentara Israel berkumpul di pos terdepan pemukiman Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)
Pemukim Yahudi dan tentara Israel berkumpul di pos terdepan pemukiman Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

Pemukim Yahudi dan tentara Israel berkumpul di pos terdepan pemukiman Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

Tentara Israel menghentikan pengunjuk rasa Palestina untuk mencapai pos pemukiman Yahudi di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)
Tentara Israel menghentikan pengunjuk rasa Palestina untuk mencapai pos pemukiman Yahudi di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

Tentara Israel menghentikan pengunjuk rasa Palestina untuk mencapai pos pemukiman Yahudi di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

Tentara Israel menggunakan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa Palestina selama bentrokan di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)
Tentara Israel menggunakan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa Palestina selama bentrokan di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

Tentara Israel menggunakan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa Palestina selama bentrokan di Desa Mughayer, Ramallah, Tepi Barat, Jumat (18/12/2020). Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan ketapel terlibat bentrok dengan pemukim Yahudi yang menggunakan anjing. (AP Photo/Nasser Nasser)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaleidoskop 2020 : 5 Atlet Dunia yang Terjangkit Covid-19

Posted: 18 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona Covid-19 mengancam siapa saja. Tidak peduli tua muda, lelaki perempuan, termasuk juga kalangan atlet yang sudah terbiasa hidup sehat dan memiliki kondisi fisik prima.

Di sepak bola, beberapa nama sempat dinyatakan positif Covid-19. Sebut saja Cristiano Ronaldo, Zlatan Ibrahimovic, Paulo Dybala, dan lainnya.

Sementara dari dunia balap, Valentino Rossi sempat dua kali dinyatakan terjangkit virus tersebut. Juara dunia Formula 1 2020 Lewis Hamilton juga terpapar virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok.

Dari kompetisi bola basket paling ternama, NBA, sejumlah pemain dinyatakan terjangkit virus tersebut. Kevin Durant dan tiga rekannya di Brookly Nets nyatakan positif virus.

Berikut kami rangkum 5 atlet dunia yang terjangkit Covid-19 sepanjang 2020.

 

 

1. Cristiano Ronaldo

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, tampak kecewa usai gagal mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Atalanta pada laga lanjutan Liga Italia di Allianz Stadium, Kamis (17/12/2020) dini hari WIB. Juventus bermain imbang 1-1 menghadapi Atalanta. (AFP/Marco Bertorello)
Juventus Ditahan Imbang Atalanta

Cristiano Ronaldo pertama kali dinyatakan positif Covid-19 pada 13 Oktober 2020. Bintang Juventus itu diduga terpapar saat memperkuat Timnas Portugal. Sebab, kiper Timnas Portugal Anthony Lopez telah lebih dulu positif.

Ronaldo kemudian mengisolasi diri selama 10 hari untuk melakukan tes kedua. Namun, hasil tes kedua yang dilakukan pada 23 Oktober menunjukkan pemain berusia 35 tahun tersebut masih positif.

Selama dinyatakan sebagai pasien Covid-19, Ronaldo tidak menunjukkan gejala. Dengan demikian, dia adalah pasien tanpa gejala. Ronaldo kemudian menjalani tes ketiga. Tapi, lagi-lagi hasilnya positif.

Pada 30 Oktober, Juventus mengonfirmasi jika Ronaldo telah negatif dari Covid-19. "Cristiano Ronaldo melakukan pemeriksaan dengan tes diagnostik (swab) untuk Covid-19," demikian pernyataan Juventus.

"Hasilnya menunjukan negatif. Maka dari itu, sang pemain telah dinyatakan sembuh setelah 19 hari melakukan isolasi mandiri di rumah."

 

 

2. Valentino Rossi

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. (AFP/Jose Jordan)
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. (AFP/Jose Jordan)

Valentino Rossi mengumumkan dirinya positif Covid-19 pada 16 Oktober 2020. Pembalap Yamaha ini kemudian harus menjalani karantina selama tiga pekan sebelum dinyatakan sembuh. Tetapi, dia harusmelewatkan dua seri balapan MotoGP, yaitu Aragon dan Teruel akibat kondisi tersebut.

Rossi kembali dinyatakan positif Covid-19 untuk kali kedua usai menjalani tes pada 10 November lalu. Akibatnya, pembalap berusia 41 tahun itu absen di MotoGP Valencia.

Rossi pun sedih dan terkejut dengan dua hasil tes PCR. "Virus ini sangat rumit dan serius. Saya merasa tidak enak selama dua hari, kemudian dalam beberapa hari saya kembali fit sepenuhnya, pada kondisi 100 persen. Saya mengisolasi diri di rumah sepanjang waktu dan mengikuti nasihat tim medis dengan cermat," kata Rossi, dikutip dari Crash.

5 November lalu, tes PCR Rossi di Italia dinyatakan negatif. Alhasil, juara dunia sembilan kali tersebut diizinkan untuk mengakhiri isolasi mandiri yang sud ah dilakukannya sejak pertengahan Oktober lalu setelah dinyatakan positif virus Covid-19.

 

 

3. Lewis Hamilton

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton berpartisipasi dalam konferensi media sebelum Grand Prix Formula 1 Bahrain di Sirkuit Internasional di Sakhir, Bahrain, Kamis (26/11/2020). Hamilton akan absen pada Grand Prix Sakhir akhir pekan ini usai dinyatakan positif COVID-19. (Mario Renzi, Pool via AP, File)
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton berpartisipasi dalam konferensi media sebelum Grand Prix Formula 1 Bahrain di Sirkuit Internasional di Sakhir, Bahrain, Kamis (26/11/2020). Hamilton akan absen pada Grand Prix Sakhir akhir pekan ini usai dinyatakan positif COVID-19. (Mario Renzi, Pool via AP, File)

Masih dari dunia balap. Kali ini yang positif terjangkit Covid-19 adalah juara Formula 1 2020 Lewis Hamilton. Pembalap Merceders tersebut dinyatakan positif setelah mengalami gejala ringan namun tetap bugar dan baik-baik saja.

"Lewis tiga kali dites pekan lalu dan hasilnya negatif pada masing-masing tes, yang terakhir terjadi Minggu sore di Bahrain International Circuit sebagai bagian dari program tes standard balapan akhir pekan," kata Mercedes seperti dikutip Reuters, 2 Desember 2020.

"Namun dia bangun Senin pagi dengan mengalami gejala ringan dan diberi tahu di saat yang sama bahwa seorang kontak sebelum tiba di Bahrain mendadak dites dan positif."

"Oleh karena itu Lewis pun menjalani tes lebih jauh dan hasilnya positif," bunyi pernyataan Mercedes selanjutnya.

Setelah menjalani isolasi mandiri selama 10 hari, Hamilton dinyatakan bebas dari virus itu. Pembalap asal Inggris tersebut kemudian ambil bagian dalam seri pamungkas F1 di GP Abu Dhabi meski masih merasakan sisa dampak dari Covid-19.

"Saya belum (pulih) 100 persen. Saya masih merasakan (sisa dampak Covid-19) di paru-paru saya," ucap Hamilton seperti dikutip Reuters.

 

 

4. Novak Djokovic

Petenis Serbia, Novak Djokovic, tampak menghela nafas usai ditaklukkan Petenis Rusia, Daniil Medvedev, pada ATP Finals di O2 Arena, London, Kamis (19/11/2020). Petenis nomor satu dunia itu takluk 3-6 3-6. (AP/Frank Augstein)
Petenis Serbia, Novak Djokovic, tampak menghela nafas usai ditaklukkan Petenis Rusia, Daniil Medvedev, pada ATP Finals di O2 Arena, London, Kamis (19/11/2020). Petenis nomor satu dunia itu takluk 3-6 3-6. (AP/Frank Augstein)

Novak Djokovid dilaporkan positif Covid-19. Petenis nomor satu dunia itu terpapar virus itu setelah ambil bagian dalam turnamen eksibisi Adria Tour di Belgrade, Serbia, Juli 2020.

Seperti dilaporkan Sky Sports, Djokovic mengatakan telah menjalani tes Covid-19 dan hasilnya positif. Akibatnya, laga final antara Djokovic dan Andrey Rubiev asal Rusia terpaksa dibatalkan.

Selain Djokovic, petenis lain yang juga berpatisipasi di turnamen tersebut dan positif Covid-19 adalah Grigor Dimitrov dan Borna Coric.

Djokovic dinyatakan terbebas dari Covid-19 setelah menjalani tes 10 hari usai dinyatakan positif. "Novak Djokovic negatif Covid-19. Hal ini ditunjukkan lewat tes PCR yang digelar di Belgrade," tulis tim media Djokovic.

 

 

5. Kevin Durant

Serangan virus corona membuat Kevin Durant semakin berat dalam menjalani kompetisi NBA musim ini. (AFP/Emilee Chinn)
Serangan virus corona membuat Kevin Durant semakin berat dalam menjalani kompetisi NBA musim ini. (AFP/Emilee Chinn)

Kevin Durant dinyatakan positif tertular Covid-19 pada Maret lalu. Meski demikian, peraih gelar MVP NBA dua kali menyatakan baik-baik saja.

Durant merupakan salah satu dari empat pemain Brookly Nets yang terpapar vitus tersebut. Tetapi, dia tidak memperlihatkan gejala-gejala khas Covid-19.

"Semua orang tetap hati-hati, jaga diri Anda dan terapkan swakarantina. Kita semua akan bisa melewati ini," kata Durant.

Awal April lalu, Nets memastikan Durant dan tida rekannya dinyatakan sembuh dari Covid-19. "Sejauh ini semuanya telah kembali sehat. Pemain-pemain yang telah dinyatakan positif sebelumnya telah sembuh setelah melakukan karantina selama 14 hari," kata Manajer Umum Nets, Sean Marks seperti dikutip dari New York Post.

Saksikan Video Cristiano Ronaldo di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Benchmark Qualcomm Snapdragon 888 Terungkap

Posted: 18 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm kembali mengungkapkan informasi lain tentang Snapdragon 888. Chipset Snapdragon 888 ini telah diumumkan pada 1 Desember dan akan digunakan oleh berbagai vendor untuk flagship smartphone terbaru.

Dilansir dari GSM Arena, Sabtu (19/12/2020), Qualcomm kali ini mengungkapkan hasil benchmark Snapdragon 888.

Pengujian dilakukan Qualcomm dengan sebuah perangkat yang ditenagai Snapdragon 888, RAM 12GB, memori internal 512GB UFS 3.0, dan layar FHD 6,65 inci dengan refresh rate 120Hz.

Masing-masing pengujian benchmark dilakukan tiga kali dan menghasilkan skor rata-rata dengan pengaturan default pada perangkat.

Alat benchmark yang digunakan untuk Snapdragon 888 termasuk AnTuTu, Geekbench, GFXBendh, Ludashi AiMark, AITuTu, MLPerf, dan UL Procyon.

Hasil Benchmark AnTuTu dan Geekbench

Ilustrasi Qualcomm Snapdragon (Foto: Ist)
Ilustrasi Qualcomm Snapdragon (Foto: Ist)

Untuk AnTuTu versi 8.3.4, Snapdragon 888 mencetak skor rata-rata 735.439. Saat ini, juara di AnTuTu adalah Huawei Mate 40 Pro+ dengan skor 698.654.

Sementara di Geekbench versi 5.0.2, chipset tersebut mencetak skor 1.135 dalam pengujian single-core, dan 3.794 untuk multi-core.

Pencapaian ini membuat Snapdragon 888 memiliki 20 persen skor single-core lebih tinggi daripada Snadpragon 865, dan 10 persen peningkatan dari sisi performa multi-core.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Luna Eks f(X) RIlis Lagu untuk Gim Marvel

Posted: 18 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik bagi penggemar Luna eks personel girlband f(X). Luna merilis single berjudul 'Flow' untuk gim Marvel, ia pun menjadi salah satu karakter yang bernama Luna Snow.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bebas dari Penjara, Vanessa Angel Lupa Rasanya Dengar Suara Anak Nangis

Posted: 18 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Vanessa Angel akhirnya bisa kembali bertemu buah hatinya, Gala Sky Ardiansyah. Vanessa Angel mendapat asimilasi Covid-19 sesuai Permenhumkam 10 tahun 2020 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Lapas dan Rutan.

Istri dari Bibi Ardiansyah ini sejatinya bukan bebas dari hukuman. Vanessa Angel tetap menjalani hukumannya, tapi di rumah.

Setelah Vanessa Angel bebas dari penjara, banyak yang menyambut dengan suka cita. Termasuk keluarga tercintanya.

 

Lupa

Bebas dari Penjara, Vanessa Angel Lupa Rasanya Dengar Suara Anak Nangis. (instagram.com/bibliss)
Bebas dari Penjara, Vanessa Angel Lupa Rasanya Dengar Suara Anak Nangis. (instagram.com/bibliss)

Ada pemandangan yang menarik dari Vanessa Angel setelah kembali ke rumah. Yaitu ketika Vanessa Angel menghadapi putranya yang tengah menangis keras.

Bahkan sang suami mengira bahwa Vanessa Angel sudah lupa rasanya mendengar anak menangis.

"Udah lupa rasanya denger anak nangis," tulis Bibi Ardiansyah pada Jumat (18/12/2020).

 

Sudah Lama

Bebas dari Penjara, Vanessa Angel Lupa Rasanya Dengar Suara Anak Nangis. (instagram.com/bibliss)
Bebas dari Penjara, Vanessa Angel Lupa Rasanya Dengar Suara Anak Nangis. (instagram.com/bibliss)

Sambil menenangkan buah hatinya, Vanessa Angel mengaku merasa sudah cukup lama ia tidak mendengar langsung tangisan sang putra.

"Gimana ibu rasanya ibu, jadi ibu lagi?" tanya Bibi Ardianysah.

"Udah lama ga denger dia nangis," jawab Vanessa Angel.

 

Selamanya Jadi Ibu

Dapat Asimilasi COVID-19, ini 6 Potret Terbaru Vanessa Angel Kumpul Keluarga Usai Bebas (sumber: Instagram.com/vanessaangelofficial)
Dapat Asimilasi COVID-19, ini 6 Potret Terbaru Vanessa Angel Kumpul Keluarga Usai Bebas (sumber: Instagram.com/vanessaangelofficial)

Kendati demikian, tak butuh waktu lama bagi Vanessa Angel untuk membuat sang buah hati berhenti menangis dan kembali tenang. Dalam unggahan lain, terlihat Gala Sky Ardiansyah tengah bersandar saat digendong oleh Vanessa, sambil dinyanyikan lagu "Just the Two of Us" dari Grover Washington Jr.

"Sekali jadi ibu. Selamanya jadi ibu," tulis Bibi Ardiansyah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah COVID-19, Italia Terapkan Pembatasan Libur Natal - Tahun Baru

Posted: 18 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Roma - Perdana Menteri Giuseppe Conte mengumumkan Jumat malam (18 Desember) bahwa Italia akan menerapkan pembatasan baru selama liburan Natal dan Tahun Baru

Di bawah kebijakan baru itu, pertokoan, bar, dan restoran akan ditutup dan perjalanan antar wilayah di Italia akan dilarang, sepeti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (19/12/2020). 

Selain itu, aktivitas keagamaan juga hanya akan diizinkan sampai pukul 10 malam.

Langkah tersebut dilakukan ketika Lombardy, Veneto dan Lazio kembali mencatat tingkat penularan COVID-19, yang berarti virus kembali menyebar di tiga wilayah utama setelah berminggu-minggu penurunan kasus.

Angka kasus COVID-19 di Italia secara nasional kini adalah 0,86 persen. 

"Pakar kami khawatir kurva infeksi akan meningkat selama liburan Natal," kata PM Conte.

Perdana menteri mengakui bahwa otoritas Italia tidak memiliki sarana atau niat untuk menanggapi pelanggaran aturan dengan tindakan penahanan, namun ia tetap meminta warga untuk menghormati pembatasan baru itu. 

"Virus terus menyebar dimana-mana. Kami bisa menanganinya, tetapi kami mungkin tidak bisa mengalahkannya, '' ujar PM Conte.

"Inilah sebabnya mengapa bahkan di antara para ahli kami ada kekhawatiran kuat kurva penularan dapat melonjak selama periode Natal," lanjutnya. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Sejumlah Pertokoan Dibuka dengan Aturan Jam Malam

Seorang pria membawa anjingnya jalan-jalan di depan Colosseum, Roma, Italia, 3 April 2020. Menurut Departemen Perlindungan Sipil Italia pada 6 April 2020, jumlah kasus virus corona COVID-19 di negara tersebut menjadi 132.547 infeksi, 16.523 meninggal, dan 22.837 sembuh. (Filippo MONTEFORTE/AFP)
Seorang pria membawa anjingnya jalan-jalan di depan Colosseum, Roma, Italia, 3 April 2020. Menurut Departemen Perlindungan Sipil Italia pada 6 April 2020, jumlah kasus virus corona COVID-19 di negara tersebut menjadi 132.547 infeksi, 16.523 meninggal, dan 22.837 sembuh. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Sementara itu, toko yang menjual bahan makanan, salon tata rambut, apotek, penjual tembakau dan binatu, serta toko buku di Italia akan tetap dibuka. 

Pertokoan di Italia, diizinkan untuk buka sampai pukul 21.00 dengan warga yang akan diperbolehkan untuk bergerak di luar rumah.

PM Conte pun menyatakan bahwa kebijakan lockdown akan dilonggarkan pada 28 sampai 30 Desember mendatang, serta 4 Januari 2021.

Namun pembatasan baru tetap melarang diadakannya acara makan siang di restoran pada saat liburan Natal. 

Tetapi untuk melunakkan dampak ke sektor yang sudah parah akibat pembatasan, keputusan itu memasukkan dana bantuan hingga 645 juta euro. 

Italia, saat ini memiliki 60 juta penduduk dan merupakan salah satu populasi tertua di Eropa.

Per 18 Desember, Italia melaporkan 674 kematian terkait COVID-19 yang jumlahnya lebih besar dibanding 683 pada hari sebelumnya, menurut Kementerian Kesehatan negara tersebut. 

Sementara itu, penambahan kasus harian telah menurun menjadi 17.992 dari 18.236, menjadikan totalnya saat ini sebanyak 1,92 juta infeksi. 

Italia telah mencatat 67.894 kematian akibat COVID-19 sejak wabah Virus Corona pertama kali muncul pada Februari 2020, dan merupakan jumlah kematian tertinggi di Eropa dan tertinggi kelima di dunia.

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Kelemahan Pemerintah dalam Menangani COVID-19 Menurut CISDI

Posted: 18 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Center  for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI) menyebut, pemerintah memilih jalan yang berujung pada ledakan wabah COVID-19 yang tidak kunjung usai dan menyebabkan hilangnya nyawa manusia.

Salah satu indikator pernyataan tersebut adalah dibukanya kembali aktivitas perekonomian sebelum penilaian situasi wabah COVID-19 dilakukan dengan maksimal melalui test, trace, treat, isolations, dan quarantine.

Padahal, wabah merupakan ancaman sangat serius sehingga dibutuhkan birokrasi, kerangka regulasi, dan anggaran yang kuat untuk menghadapinya. Pernyataan tersebut tercantum dalam Health Outlook 2021.

Dokumen Health Outlook berisikan rekomendasi kebijakan yang dikeluarkan setiap tahun oleh CISDI sesuai dengan situasi dan tantangan kesehatan yang dihadapi untuk mendukung upaya pembuatan kebijakan kesehatan di Indonesia.

Health Outlook tersebut mencatat beberapa kelemahan pemerintah dalam menangani wabah. Pertama, tidak ditemukan strategi koheren pemerintah dari pusat hingga komunitas dalam penanganan wabah.

"Kebijakan pengendalian bertumpu pada imbauan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), namun tidak dibarengi aksi lacak dan tes yang agresif," kata Direktur Kebijakan CISDI, Olivia Herlinda dalam rilis Jumat (19/12/2020).

9 Kelemahan Lainnya

Kelemahan kedua, penambahan kasus di Indonesia termasuk yang terburuk di kawasan Asia Tenggara, dikarenakan jumlah kasus konfirmasi dan kematian harian terbanyak, tren jumlah kasus harian yang konsisten meningkat, dan jumlah tes per kasus konfirmasi terendah.

Ketiga, Indonesia menyia-nyiakan periode emas penanganan wabah. Hal ini terlihat dari ditetapkannya PP Pembatasan Sosial Berskala Besar pada 1 April 2020, dua minggu setelah penetapan pandemi oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) dan bencana nasional oleh Presiden.

Keempat, keterbatasan sumber daya membuat intervensi tes, lacak, dan isolasi tidak berada dalam proporsi ideal. Dengan 270 juta penduduk, Indonesia harus melakukan tes untuk 40 ribu orang per hari untuk memenuhi standar minimum 1 per 1.000 populasi secara konsisten setiap harinya.

Kelima, kegagalan mengidentifikasi orang-orang yang terpapar COVID-19 dengan yang tidak terpapar. Rasio lacak-isolasi (RLI) Indonesia per 9 Desember 2020 adalah 1,62, terpaut jauh dari standar WHO yang memerlukan RLI 30.

Keenam, kurva epidemi COVID-19 Indonesia, baik tingkat nasional maupun sub-nasional, tidak tersedia. Dengan demikian, jumlah kasus konfirmasi tambahan yang dilaporkan tidak mencerminkan jumlah kasus baru harian.

Ketujuh, terjadi tumpang tindih sistem pendataan dari tingkat kecamatan hingga tingkat pusat.

Kedelapan, ambang kapasitas layanan tidak tersedia sehingga transmisi wabah jauh lebih cepat daripada ketersediaan kapasitas pemantauan kebutuhan di layanan kesehatan.

Kesembilan, penanganan COVID-19 terlalu berfokus di rumah sakit dan tidak menempatkan layanan kesehatan primer sebagai pelindung terdepan kesehatan populasi.

Kesepuluh, layanan kesehatan primer tidak pernah menjadi prioritas pelaksanaan surveilans berbasis masyarakat yang menjamin test, trace dan isolate berjalan atas dasar data yang solid.

Infografis 3 Cara Jadi Pahlawan Pelindung Keluarga dari COVID-19

Infografis 3 Cara Jadi Pahlawan Pelindung Keluarga dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Cara Jadi Pahlawan Pelindung Keluarga dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Peserta Aksi 1812 Jadi Tersangka Terkait Kepemilikan Senjata Tajam dan Ganja

Posted: 18 Dec 2020 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 455 peserta Aksi 1812 yang menuntut pembebasan pemimpin FPI, Rizieq Shihab diamankan. Dari angka tersebut, lima orang di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Sejauh ini tercatat peserta aksi yang diamankan berjumlah 445 orang. Dari jumlah itu 22 orang di antaranya dilokalisir ke Batalyon Infanteri Jayayudha 201, Jakarta Timur. Sisanya diamankan di Mapolres masing-masing," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/12/2020).

Argo menyebut, lima peserta Aksi 1812 ditetapkan sebagai tersangka dengan tuduhan membawa senjata tajam hingga narkoba jenis ganja.

"Total penemuan tindak pidana meliputi 5 tersangka membawa sajam di antaranya di Polres Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Tangerang Kota, dan dua tersangka membawa narkotika jenis ganja di Polres Depok," beber dia.

Tak hanya itu, saat pengamanan aksi demonstrasi di depan Kantor Gubernur DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, terdapat anggota kepolisian yang menjadi terluka akibat senjata tajam.

"Terdapat dua anggota Polda Metro Jaya terluka pada saat melakukan upaya penangkapan," ujar dia.

 

26 Peserta Aksi 1812 Reaktif Covid-19

Massa 1812 Menuntut Pemimpin FPI RIzieq Shihab Dibebaskan. (Foto: Yopi Makdori/Liputan6.com).
Massa 1812 Menuntut Pemimpin FPI RIzieq Shihab Dibebaskan. (Foto: Yopi Makdori/Liputan6.com).

Disisi lain, kepolisian juga menemukan 26 peserta aksi 1812 yang dinyatakan reaktif Covid-19 saat dilakukan rapid test.

"Sampai dengan saat ini (Jumat) pukul 16.00 WIB, total pengunjuk rasa yang reaktif Covid-19 sejumlah 26 orang," ujar Argo.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu menyampaikan, peserta aksi tersebut langsung dibawa ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Dibawa ke RSD Wisma Atlet, Kemayoran," ujar Argo.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran Corona COVID-19 Surabaya pada 18 Desember 2020

Posted: 18 Dec 2020 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif Corona COVID-19 bertambah 37 orang di Surabaya, Jawa Timur. Total kasus positif Corona COVID-19 mencapai 17.589 di Surabaya, Jawa Timur.

Sementara itu, pasien sembuh dari Corona COVID-19 bertambah 38 orang di Surabaya. Total pasien sembuh dari Corona COVID-19 mencapai 16.240 orang.

Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 nihil pada Jumat, 18 Desember 2020. Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 118 orang. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Sabtu, (19/12/2020).

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah pada 18 Desember 2020 di Surabaya antara lain:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 2.765 orang

Sembuh: 2.570 orang

Meninggal: 174 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.887 orang

Sembuh: 1.704 orang

Meninggal: 177 orang

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.619 orang

Sembuh: 2.417 orang

Meninggal: 195 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 5.415 orang

Sembuh: 5.032 orang

Meninggal: 341 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 4.903 orang

Sembuh: 4.517 orang

Meninggal: 344 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilkada 2020: Pleno KPU Yalimo Papua Sempat Ricuh, Seorang Polisi Terpanah

Posted: 18 Dec 2020 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pilkada 2020 yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yalimo, Papua, hingga Jumat 18 Desember 2020 malam, sempat berlangsung ricuh. Kericuhan terjadi akibat massa pendukung salah satu pasangan calon memaksa masuk ke aula DPRD Yalimo, tempat pelaksanaan rapat pleno.

Aksi massa berhasil diredam 300 personel yang disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan pleno Pilkada 2020, namun satu anggota Polri, yakni Briptu Alexander Noriwari, anggota Polres Jayawijaya yang di-BKO ke Polres Yalimo terluka akibat dipanah massa.

Kapolres Yalimo AKBP Rachmad membenarkan sempat terjadi kericuhan tersebut. Bahkan, massa juga melepaskan anak panah hingga mengenai anggota BKO dari Polres Jayawijaya, yakni Briptu Alexander di bagian pantat.

"Yang bersangkutan sudah dievakuasi ke Wamena," kata Rachmad seperti dilansir Antara, Sabtu (19/12/2020).

Dia menjelaskan, seusai rapat pleno Pilkada 2020, seluruh anggota KPU dan Bawaslu dievakuasi ke Wamena guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Secara keseluruhan saat ini situasi kamtibmas di Elelim, kondusif dan aktivitas masyarakat berlangsung normal.

"Sabtu pagi aktivitas masyarakat normal," ujar Rachmad seraya menambahkan 300 personel dikerahkan untuk mengamankan pleno termasuk BKO Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Hasil Pleno

Anggota Bawaslu Papua Jamaludin, secara terpisah mengakui, rapat pleno KPU Yalimo sempat ricuh. Namun rekapitulasi selesai dilaksanakan.

"Usai rapat pleno, kami langsung dievakuasi ke Wamena melalui jalan darat," kata Jamal.

Hasil rapat pleno KPU Yalimo, paslon Bupati Erdi Dabi-Jhon Wilil mendapatkan 47.881 suara, sedangkan paslon Lukius Peyon-Nahum Mabel memperoleh 43.067 suara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Kondangan Online Dadakan ala Warganet Ini Bikin Ketawa Ngakak

Posted: 18 Dec 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di masa pandemi Corona Covid-19 ini, masyarakat diimbau untuk mengurangi interaksi langsung dan kerumuman. Maka dari itu, banyak kegiatan yang akhirnya harus ditunda bahkan dibatalkan.

Misalkan saja seperti pesta pernikahan. Jika normalnya pesta pernikahan akan dihadiri oleh banyak orang, kini banyak yang menyelenggarakan acara pernikahan secara virtual sehingga tamu undangan yang datang pun terbatas kerabat dekat saja.

Namun, beda ceritanya dengan aksi kondangan online dadakan yang dilakukan oleh para warganet TikTok kali ini. Secara spontan, para warganet TikTok saling mengunggah video kondangan yang masih saling berkaitan. Ada yang menjadi pengantin, ada yang menjadi tamu undangan, bahkan ada pula yang menjadi tukang cuci piring.

Seperti apakah kisanya? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (19/12/2020).

 

Kondangan online

@yusroncahyo

Kurang apa lagi😂#kondangan #fyp

♬ original sound - imam sby - imam sby

Dalam postingan yang diunggah oleh @yusroncahyo tersebut nampak kompilasi sejumlah warganet TikTok yang sedang menghadiri hajatan pernikahan. Bak sungguhan, masing-masing dari mereka pun menjalani perannya dengan baik. Ada yang menjadi pengantin, tukang sound, bagian keamanan, penjaga buku tamu, dan tamu undangan yang tengah menikmati hidangan.

Kompilasi tersebut awalnya terjadi karena warganet TikTok bernama @zakaria yang mengunggah video dirinya seolah-olah tengah menikmati hidangan di hajatan pernikahan. Bak sedang kondangan, ia pun mengenakan baju batik dan menggunakan backsound lagu dangdut yang biasa disetel saat ada acara pernikahan.

Respon warganet

@yusroncahyo

Balas @cireengg Bubar ya, acara selesai😂 #kondangan #fyp

♬ original sound - imam sby - imam sby

Video yang diposting oleh @yusroncahyo di akun Instagramnya tersebut pun viral di kalangan warganet. Bahkan, hingga berita ini ditulis, video tersebut telah ditonton sebanyak 10 Juta kali.

"2020 bukan di tutup dengan drama dino, tapi ditutup dengan kondangan online," tulis @IlmiArt24

"Demi apasih gue ngakak sama tukang parkir," tulis @annasavitri

"Ada yang kurang woi, bocah lari-lariannya gak ada," tulis @Rahmat Anggara

"Yang tetangga bener banget woiii hahahahaha," tulis @haiiauu

"Kreativitas warga TikTok memang sudah gak diragukan lagi," tulis akun @owghty

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Diminta Tak Ambil Pusing Soal Anggaran Vaksin Gratis

Posted: 18 Dec 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati meminta pemerintah tidak ambil pusing terkait kemampuan anggaran untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 gratis bagi seluruh warga negara Indonesia.

Sebab, kata Enny, banyak alternatif anggaran yang bisa dipungut oleh pemerintah untuk menutup biaya vaksinasi secara cuma-cuma tersebut.

"Ini kan masalah utama, tidak ada alasan lagi kalo bicara anggaran. Ibaratnya gini mas, anak lagi sakit, kira-kira kalo ngga punya uang apapun akan dilakukan. Utang pun dilakukan, jadi banyak caranya," tuturnya dalam acara Vaksin dan Prospek Pemulihan Ekonomi, Sabtu (19/12/2020).

Selain itu, belum terserap seluruhnya anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Klaster Kesehatan dinilai bisa menjadi alternatif baru untuk menambal anggaran program vaksinasi gratis.

"Indonesia punya anggaran di 2020 melalui PEN di alokasi kesehatan sampai November belum 50 persen. Artinya setidaknya sampai akhir tahun meski ada Rp20 triliun sampai Rp30 triliun lah untuk Sinovac yang kemari sudah datang 1,2 juta dosis atau 1,6 juta dosis berapa itu," ucapnya.

 

Evaluasi Proyek Strategis Nasional

Sejumlah siswa mencari lokasi calon ibu kota baru pada peta saat kegiatan belajar bertema wawasan Nusantara di SDN Menteng 02, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan belajar wawasan Nusantara itu memberitahukan lokasi pemindahan ibu kota RI dari Jakarta ke Kalimantan Timur.(merdeka.com/Imam Buhori)
Sejumlah siswa mencari lokasi calon ibu kota baru pada peta saat kegiatan belajar bertema wawasan Nusantara di SDN Menteng 02, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan belajar wawasan Nusantara itu memberitahukan lokasi pemindahan ibu kota RI dari Jakarta ke Kalimantan Timur.(merdeka.com/Imam Buhori)

Selanjutnya, pemerintah juga diminta untuk mau mengevaluasi kelanjutan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) demi menghemat anggaran di masa pandemi Covid-19.

Mengingat upaya vaksinasi dinilai jauh lebih penting untuk memerangi virus Covid-19 yang kian mengancam serius aspek kesehatan masyarakat.

"PSN ini tujuannya kan percepatan infrastruktur. Tetapi sekarang kan Infrastuktur kesehatan melalui vaksinasi dong yang lebih penting soalnya persoalan kesehatan ini. Lalu, kenapa kita masih memikirkan PSN," tegasnya.

Pun, imbuh Enny, vaksinasi gratis dinilai sebagai pembuktian komitmen pemerintah untuk menunjukan sisi sense of crisis di masa kedaruratan kesehatan ini.

Untuk itu, tidak ada alasan bagi pemerintah untuk memikirkan kemampuan anggaran dalam mewujudkan vaksin Covid-19 gratis.

"Apapun mestinya respon urgen saat ini harus dilakukan, termasuk juga vaksin gratis. Kalau tiba-tiba vaksin gratis ada perdebatan anggaran, pernyataannya kita masih waras ngga?," ucap dia mengakhiri.

Sulaeman

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren Pencarian Seputar Traveling di 5 Kabupaten Favorit Turis di Bali pada Desember 2020

Posted: 18 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Preferensi aktivitas perjalanan selama pandemi corona COVID-19 boleh saja berubah, tapi belum ada yang bisa menggeser pesona Bali. Ya, sejak resmi dibuka bagi wisatawan nusantara (wisnus) pada akhir Juli lalu, Pulau Dewata memastikan posisinya sebagai salah satu tujuan wisata populer, meski terdapat penyesuaian demi tetap menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan keterangan resmi pada Liputan6.com, Jumat, 18 Desember 2020, data internal Traveloka menyatakan Bali sebagai salah satu destinasi paling diminati pada Desember 2020

Data serupa juga ditunjukkan Google Trends, di mana pada bulan November--Desember, Bali jadi provinsi favorit, entah sebagai destinasi staycation maupun road trip. Berikut tren pencarian seputar perjalanan di sejumlah kabupaten favorit di pulau tetangga Lombok tersebut.

Gianyar

Dikenal sebagai pusat kesenian dan budaya ukiran, Kabupaten Gianyar menempati posisi pertama dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 42 persen. Tak heran, meningat keindahan alam yang ditawarkan pun jadi daya tarik tersendiri. Sebut saja kawasan Ubud yang dikenal akan asrinya persawahan.

Wisata dan Rekreasi: Hot Air Balloon Experience with Meals di Tanah Gajah, Mason Elephant Park, Bali Safari Park, dan Taman Nusa Bali.

Wisata Kuliner: Abiansila Restaurant And Sunset Pool Bar, Bebek Bengil, dan Kober Mie Setan.

Akomodasi Penginapan: Aksari Resort Ubud, Padma Resort Ubud, Natya Resorts Ubud, The Kayon Jungle Resort by Pramana, Swarapadi Villa, dan Element by Westin Bali Ubud.

Pura Taman Ayun (dyah_np/instagram.com)
Pura Taman Ayun (dyah_np/instagram.com)

Tabanan

Kabupaten di mana Tanah Lot berada ini menempati posisi kedua destinasi paling dicari pada Desember 2020 dengan pencarian mencapai 35 persen. Dengan luas mencapai 839,33 kilometer persegi yang melingkupi 14,90 persen dari luas Bali, ada banyak sekali pesona wisata yang bisa dijelajahi saat berkunjung ke Tabanan.

Wisata dan Rekreasi: Pura Taman Ayun, Air Terjun Blahmantung, Pemandian Air Panas Angseri, dan Alas Kedaton.

Wisata Kuliner: Paon Mak Mo, Restoran Ulun Danu Beratan, dan Bali Strawberry Farm & Restaurant.

Akomodasi Penginapan: Ulaman Eco Retreat, Nirjhara, Desa Atas Awan Eco-Boutique Hotel, dan Handara Golf & Resort Bali.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Karangasem

Air Terjun Tukad Cepung, Bangli, Bali. (pastrayasa15/Instagram)
Air Terjun Tukad Cepung, Bangli, Bali. (pastrayasa15/Instagram)

Kabupaten di sisi utara Bali ini terkenal akan panorama menawan Gunung Agung. Dengan rata-rata persentase mencapai 32 persen, Karangasem menempati urutan ketiga sebagai destinasi paling dicari bulan ini.

Wisata dan Rekreasi: Telaga Waja River Rafting oleh BTR, Tukad Cepung Waterfall, Pura Besakih, dan PADI Discover Scuba Diving.

Wisata Kuliner: Oasis Restaurant, Seasalt at Alila Manggis, dan Warung Biker.

Akomodasi Penginapan: Nirwana Beach & Resort, Candi Beach Resort and Spa, Amed Dream Hotel & Ibus Beach Club, dan Mathis Lodge Amed.

Badung

Patung Garuda Wisnu Kencana. (Foto: Dok. PT. SNN)
Patung Garuda Wisnu Kencana. (Foto: Dok. PT. SNN)

Kabupaten yang memiliki monumen terkenal, Garuda Wisnu Kencana (GWK), ini punya rata-rata pencarian 27 persen. Di samping, Badung juga dikenal lewat nama-nama populer, seperti Kuta dan Nusa Dua.

Wisata dan Rekreasi: GWK, Waterbom Bali, dan Devdan Theater Bali.

Wisata Kuliner: The Cuisine, Koral Bali, Lopodo Café & Catering Canggu, dan Café del Mar Bali.

Akomodasi Penginapan: The Apurva Kempinski Bali, Lv8 Resort Hotel, The Anvaya Beach Resort Bali, dan The Royal Bali Villas Canggu.

Buleleng

Lumba-lumba berenang dekat perahu yang berisi wisatawan di perairan Pantai Lovina di Singaraja, Bali, Jumat (30/10/2020). Pantai Lovin aini salah satu destinasi pariwisata di Pulau Bali yang menawarkan pemandangan matahari terbit dan wisata mengamati lumba-lumba di laut lepas. (SONNY TUMBELAKA/AFP)
Lumba-lumba berenang dekat perahu yang berisi wisatawan di perairan Pantai Lovina di Singaraja, Bali, Jumat (30/10/2020). Pantai Lovin aini salah satu destinasi pariwisata di Pulau Bali yang menawarkan pemandangan matahari terbit dan wisata mengamati lumba-lumba di laut lepas. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Persentase sekitar 21 persen membuat Buleleng menduduki posisi kelima sebagai destinasi paling dicari pada Desember 2020. Kabupaten ini memiliki topografi sangat beragam, mulai dari dataran rendah, perbukitan, pegunungan, hingga pesisir.

Wisata dan Rekreasi: Air Sanih, Gedong Kirtya, Air Terjun Gitgit, dan Pantai Lovina.

Wisata Kuliner: Ngiring Ngewedang Restaurant & Bar, Beatrix Patisserie and Gourmet, La Costa Beach Lounge, dan Lovinalife Room & Cafe.

Akomodasi Penginapan: Plataran Menjangan Resort and Spa, Menjangan Dynasty Resort, Brits Resort Lovina, dan The Lovina Bali.

Aturan Wajib Swab PCR Test

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (dok. Biro Humas dan Komunikasi Publik Kemenparekraf)
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (dok. Biro Humas dan Komunikasi Publik Kemenparekraf)

Pada Kamis, 17 Desember 2020, Sekretaris Daerah Provinsi Bali mengumumkan hasil koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Informasi tersebut disampaikan dalam unggahan melalui Instagram resmi I Gusti Ngurah Rai Airport.

Lewat rapat itu diputuskan adanya penyesuaian terkait Surat Edaran Gubernur Provinsi Bali nomor 2021 Tahun 2020 yang disepakati dengan tiga poin utama. Mereka adalah periode perjalanan, hasil negatif uji swab berbasis PCR, serta pengecualian.

1. Ketentuan tersebut (hasil negatif Swab PCR test) berlaku mulai 19 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

2. Hasil negatif uji swab berbasis PCR paling lama 7x24 jam sebelum keberangkatan.

3. Ketentuan tersebut berlaku untuk semua pengguna jasa, kecuali:

- Anak umur 12 tahun ke bawah tidak perlu membawa hasil test swab berbasis PCR, Rapid Antigen, ataupun Rapid Antibodi.

- Crew aktif / EOB / FOO cukup menggunakan Rapid Antibodi.

- Penumpang transit.

- Penumpang yang pesawatnya dialihkan ke Denpasar.

- Penumpang yang berasal dari daerah yang tidak memiliki fasilitas tes swab berbasis PCR (namun penumpang tersebut akan dilakukan test Rapid Antigen pada saat kedatangan di Bali).

- ASN, TNI, Polisi yang mendapat tugas mendadak.

Ketentuan membawa hasil negatif COVID-19 uji swab PCR sendiri berlaku untuk perjalanan udara. Sementara, di jalur darat dan laut, pelancong diwajibkan menyertakan hasil negatif uji rapid test antigen maksimal tujuh hari sebelum kedatangan.

Tingkat Pembatalan Tiket ke Bali

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (Dewi/Liputan6.com)
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (Dewi/Liputan6.com)

Sehubungan dengan perubahan aturan tersebut, Andhini Puteri, Vice President Marketing Transport & Financial Services Traveloka, menjelaskan bahwa pihaknya melihat peningkatan terhadap pembatalan perjalanan dan permintaan refund untuk destinasi Bali.

"Namun, jumlahnya masih dapat ditangani dengan baik oleh tim Customer Care Traveloka," ungkapnya melalui pesan elektronik pada Liputan6.com, baru-baru ini.

Mereka pun menyatakan telah melengkapi layanan dengan tes COVID-19 yang terdiri dari semua jenis, seperti rapid test, serologi, PCR maupun Swab Antigen, baik In-Clinic maupun Drive-Thru. Dalam praktiknya, Traveloka bekerja sama dengan lebih dari 30 mitra dengan lebih dari 450 pilihan produk penyedia layanan tes COVID-19.

Infografis Tips Libur Panjang Bebas COVID-19

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KISS Awards 2020 Indosiar Sajikan Segmen Spesial Mengenang Glenn Fredly dan Didi Kempot

Posted: 18 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta KISS Awards 2020 Indosiar ditayangkan akhir pekan ini. Selama dua hari Sabtu (19/12/2020) dan Minggu (2020/12/2020) malam Indosiar menayangkan ajang penghargaan atau apresiasi kepada pelaku industri hiburan tanah air yang telah hadir menghibur pemirsa di program-program Indosiar dan Infotainment periode 2019 - 2020.

Dalam acara penghargaan yang baru digelar tahun ini itu, ada segmen spesial untuk mengenang Glenn Fredly dan Didi Kempot. Kehilangan tokoh-tokoh seniman terkenal di tahun 2020 itu memang menjadi highlight di Kiss Awards 2020. Pada gelaran malam pertama yaitu Sabtu, 19 Desember 2020 malam ini mulai pukul 19.00 WIB akan ada segmen spesial untuk mengenang kepergian Sang Maestro Pop Jawa Didi Kempot.

Sedangkan pada Kiss Awards 2020, malam terakhir Minggu, 20 Desember 2020, akan ada Tribute to Glenn Fredly. Seperti diketahui Glenn meninggal dunia 8 April 2020 karena sakit. Sementara Didi Kempot mengembuskan nafas terakhir pada 5 Mei 2020. 

Indosiar akan menghadirkan langsung keluarga mendiang Didi Kempot maupun Glenn Fredly serta karya-karya terbaik mereka juga akan dipersembahkan di panggung Kiss Awards 2020. 

 

Pasangan Kiyut Terkiss

Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Ada 12 penghargaan dari 12 kategori yang akan dianugerahkan pada hari Sabtu, 19 Desember 2020. Sementara 12 kategori lainnya akan dianugerahkan pada hari Minggu, 20 Desember 2020 malam di jam yang sama. Pemenang didapat dari suara dukungan pemirsa. 

Di Malam pertama KISS Awards 2020 akan mengumumkan pemenang dari kategori:  "Sultan Terkiss", "Princess Terkiss", "Penyanyi Dangdut Wanita Terkiss", "Penyanyi Dangdut Pria Terkiss", "Selebriti Tiktok Terkiss", "Pasangan Kiyut Terkiss",  "Jomblo Terkiss",  "Hobi Terkiss","Keluarga Terkiss", "Aktris Suara Hati Terkiss", "Aktor Suara Hati Terkiss", dan "Pernikahan Terkiss".

Sementara 12 kategori yang akan diberikan di malam terakhir, Minggu malam yakni "Hot PapaTerkiss", "Hot Mama Terkiss", "Penyanyi Pop Wanita Terkiss", "Penyanyi Pop Wanita Terkiss", "MomenRomantis Terkiss", "Netizen Darling Terkiss", "Komika Terkiss", "Move On Terkiss", "KomedianTerkiss", "Selebriti Sensasi Terkiss", "Pendatang Baru Terkiss", dan "Host Terkiss".

 

Yang Bikin Sebal Pemirsa

Gita Sinaga (Sumber: Instagram/gitasinaga)
Gita Sinaga (Sumber: Instagram/gitasinaga)

Menariknya, kategori "Aktor Suara Hati Istri Terkiss" ada 10 aktor akan bersaing. Jika selama ini aktor Suara Hari Istri  kerap membuat dongkol hati pemirsa lewat peran yang mereka lakoni FTV Indosiar itu, tapi di ajang "KissAwards 2020" mereka justru harus mampu mencuri perhatian pemirsa demi mendapat dukungan sebanyak-banyaknya.

Mereka yang menjadi nomine adalah Hans Hosman akan bersaing dengan sembilan aktor lainnya yakni Aditya Herpavi, Arie DwiAndika, Dearly Dave, Ferdi Ali, Habibie, Meidian Maladi, Nicky Tirta, Panji Saputra, dan Teuku Mirza.

 

Yang Viral

Artis Barbie Kumalasari berpose saat ditemui di kawasan Tandean, Jakarta, Selasa (4/9). Foto Kumalasari dan pria paruh baya tersebut tersebar di beberapa akun gosip di media sosial beberapa waktu lalu.  (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Artis Barbie Kumalasari berpose saat ditemui di kawasan Tandean, Jakarta, Selasa (4/9). Foto Kumalasari dan pria paruh baya tersebut tersebar di beberapa akun gosip di media sosial beberapa waktu lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Berbagai kejadian menarik yang dialami sejumlah selebriti juga tidak jarang menjadi viral di berbagai social media dan platform digital. Indosiar kali ini mengumpulkan sejumlah kejadian tersebut menjadi lima nominasi yang tergabung dalam kategori "Momen Romantis Terkiss".

Kelima nominasi tersebut adalah "Atta Beri Cincin di Hari Ultah Aurel", "Amanda Mendapat Make Up Mahal dari Billy",  "Billar Beri Surprise Kado Sepatu di Ultah Lesti",  "Lesti Jatuh Manja di Depan Billar", serta "Lesti & Billar Menangis Bahagia Duet Terlena".

Tidak hanya berbagai momen yang membuat pemirsa ikut terhanyut dengan romantisme pasangan selebriti, Kiss Awards 2020 juga akan menganugerahkan gelar "Terkiss" kepada selebriti yang memicu sensasi panas dalam kategori "Selebriti Sensasi Terkiss".

Pada kategori ini Nikita Mirzani akan bersaing dengan tujuh selebriti lainnya yakni Gisella Anastasia, Jessica Iskandar, Kriss Hatta, Barbie Kumalasari, Roy Kiyoshi, Vanessa Angel, dan Vicky Prasetyo.

Cara Dukung

Cara Voting Kiss Awards 2020 di Vidio. (Sumber : Dok. vidio.com)
Cara Voting Kiss Awards 2020 di Vidio. (Sumber : Dok. vidio.com)

Indosiar memberikan kesempatan kepada pemirsa untuk memberikan dukungan sebanyak-banyaknya melalui Instagram dan Vidio. Mekanisme voting melalui Instagram yakni follow akun @indosiar kemudian berikan "Like" salah satu foto nominasi favorit untuk masing-masing kategori. Satu akun hanya bisa memberikan vote satu kaliuntuk masing-masing kategori.

Sementara mekanisme melalui Vidio, cukup dengan mengunduh aplikasi tersebu tkemudian login, pilih "More" pada bagian bawah aplikasi Vidio lalu klik "Games" dan pilih "Vidio Gamez". Pilih nominasi favorite "Kiss Awards 2020", klik "Mulai" lalu vote nominasi favorite. Satu akun hanya dapatmemberikan vote 1 kali untuk masing-masing kategori.

Periode voting Kiss Awards 2020 telah dibuka sejaktanggal 22 November 2020 lalu dan akan berakhir pada tanggal 19 Desember 2020 pukul 15.00 WIB mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Penangkapan Artis TA Terkait Dugaan Prostitusi Online di Bandung

Posted: 18 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus prostitusi online kembali menjerat pesohor Tanah Air. Artis TA yang juga selebgram dan model ini ditangkap di Bandung, Jawa Barat dengan sejumlah barang bukti dugaan kasus prostitusi.

Penangkapan terhadap artis TA bermula lewat giat patroli siber yang dilakukan oleh penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jabar. Dari patroli tersebut RJ (44) dan AH (40) ditangkap.

Keduanya diketahui bertugas mengiklankan artis, model, atau selebgram melalui media sosial untuk ditawarkan kepada para pria hidung belang.

"Mereka bekerja sama mencari perempuan untuk ditawarkan melalui media sosial berinisial BM," ungkap Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Erdi Adrimulan Chaniago, Jumat, 18 Desember 2020. 

Dari hasil pengembangan, polisi kembali menangkap satu orang yang diketahui bertindak sebagai muncikari. MR diamankan di Bogor. Sedangkan RJ dan AH masing-masing ditangkap di Jakarta dan Medan.

Ketiganya kini telah ditetapkan sebagai tersangka, sementara, artis TA masih berstatus sebagai saksi.

Berikut deretan fakta penangkapan artis TA yang diduga terlibat kasus prostitusi online hingga ditetapkan tersangka:

1. Diamankan di Sebuah Hotel

Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Barat (Jabar) Kompol Reonald Simanjuntak mengatakan TA diamankan di sebuah hotel di Kota Bandung, Kamis sore, 17 Desember 2020.

"TA ini profesinya artis, selebgram, dan model, nanti kita periksa dulu karena sementara yang bersangkutan (TA) sebagai saksi ," kata Reonald di Polda Jabar, Kota Bandung, Kamis, dikutip Antara.

Saat diamankan, menurut dia, TA sedang kedapatan berada dalam suatu kamar hotel bersama dengan seorang pria yang diduga akan menggunakan jasa prostitusi itu.

Kemudian ketika digiring ke Gedung Ditreskrimum Polda Jabar, TA nampak menggunakan gaun berwarna hijau, dengan kepala yang ditutupi kain oleh petugas kepolisian. Saat itu TA tidak berkomentar apapun.

2. Sita Barang Bukti Dugaan Prostitusi

Sejumlah barang bukti disita polisi dari pengungkapan itu. Barang bukti yang disita terdiri dari laptop, ponsel, buku tabungan, kartu ATM hingga alat kontrasepsi berupa kondom.

Dari sejumlah barang bukti yang ditemukan, ada kondom yang menjadi bukti adanya praktik prostitusi tersebut. Kondom ditemukan di tempat kejadian perkara.

"Yang menguatkan adalah adanya alat kontrasepsi, kemudian ada pembayaran dan ada muncikari serta korbannya," kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Erdi Adrimulan Chaniago di Mapolda Jabar, Jumat, 18 Desember 2020.

3. Muncikari Ditangkap

Sebelumnya, polisi telah mengamankan satu orang muncikari yaitu MR. Petugas menangkap MR di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penangkapan MR dari hasil pengembangan kasus oleh Mapolda Jabar.

Awalnya, penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jabar melakukan patroli siber. Dari patroli tersebut, polisi kemudian mencokok dua orang pengiklan.

"Ditemukan adanya satu praktik prostitusi online. Dari situ penyidik melakukan pendalaman dan kemudian berhasil menangkap dua orang. Ini adalah rangkaian dari beberapa waktu penyelidikan yang dilakukan penyidik," beber Erdi.

Kedua orang tersebut berinisial RJ (44) yang diamankan di Jakarta dan AH (40) yang diamankan di Medan.

"Inisial AH ditangkap di Medan, sedangkan RJ di Jakarta. Mereka berdua bertugas untuk mencari atau mengiklankan wanita berprofesi sebagai artis, selebgram kemudian model. Mereka lah yang mengiklankan," kata Erdi di Mapolda Jabar, soal prostitusi online artis tersebut, Jumat, 18 Desember 2020.

MR juga diketahui memiliki jaringan yang luas dengan muncikari lain.

"Dari pengembangan penyelidikan yang bersangkutan punya jaringan yang sangat luas sekali, bisa dikatakan seluruh Indonesia," tuturnya. 

4. Tarif Artis TA

Dari penyelidikan ini, polisi juga mengungkap tarif kencan TA. Artis TA sendiri mematok tarif Rp 75 juta dalam sekali kencan dengan durasi kencan sehari.

"TA ini yang kita dapatkan keterangan Rp 75 juta," tutur Erdi soal kasus prostitusi online artis itu.

5. RJ, AH, MR Ditetapkan Tersangka

Atas dugaan telah melibatkan artis dan model berinisial TA dalam kasus prostitusi online, ketiga penyalur yakni RJ. AH, dan MR kini telah ditetapkan tersanga. Sementara, TA masih berstatus saksi. 

Polisi menjerat ketiga tersangka dengan Pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 Ayat (1) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang ITE dan/atau pasal 12 UU RI no 21 tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang.

"Ancaman hukumannya 6 tahun sampai 15 tahun," ucap Erdi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Calon Pusat Wisata Baru, Pagar Jembatan Pesona Ogan Ilir Malah Dicuri

Posted: 18 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Jembatan Pesona di Tanjung Senai Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan (Sumsel), direncanakan akan menjadi pusat wisata baru usai pembangunan rampung.

Namun sayangnya, target Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir Sumsel tersebut terpaksa tertunda. Pasalnya, pagar yang baru saja dipasang di jembatan tersebut tiba-tiba hilang dicuri.

Bahkan, hampir sebagian dari pagar besi di kedua sisi Jembatan Pesona Ogan Ilir tersebut, sudah hilang.

Menurut warga Ogan Ilir Anto, dia melihat sendiri besi pagar jembatan masih lengkap pada Kamis (17/12/2020) malam ketika melewati kawasan jembatan itu.

"Semalam saya lewat jembatan, tapi masih ada besi pagarnya. masih ada. Tapi pada Jumat pagi lewat jembatan ini, sudah banyak yang hilang," ujarnya, Jumat (18/12/2020).

Pencurian besi pagar jembatan tersebut, bukan menjadi kasus baru di masyarakat Ogan Ilir Sumsel. Karena sebelumnya, sudah beberapa kali pilar besi pagar jembatan itu yang hilang.

Namun baru kali ini, pagar besi Jembatan Pesona Ogan Ilir tersebut hilang dalam jumlah yang banyak.

Mendengar informasi pencurian pagar jembatan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ogan Ilir, langsung ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memperbaiki kerusakan.

Kepala Dinas PUPR Ogan Ilir Juni Eddy mengatakan, dugaan perusakan dan pencurian besi pagar Jembatan Pesona tersebut, sudah disampaikan tim Satpol PP Ogan Ilir Sumsel.

Bahkan di TKP, anggota Satpol-PP Ogan Ilir menemukan pagar besi yang sudah dilepaskan dari jembatan namun belum sempat dibawa kabur pelaku.

 

Pemasangan Besi Pagar

Kondisi sisi pinggir Jembatan Pesona Kabupaten Ogan Ilir Sumsel setelah besi pagar dicuri (Liputan6.com / Nefri Inge)
Kondisi sisi pinggir Jembatan Pesona Kabupaten Ogan Ilir Sumsel setelah besi pagar dicuri (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Saya sudah instruksikan petugas untuk mengelas pagar jembatan tersebut dan diperkuat lagi. Bagian yang hilang, akan segera diganti sehingga pagar jembatan kembali tegak," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya pencurian lagi, dia menginstruksikan timnya untuk memasang pagar jembatan tidak menggunakan baut. Namun langsung dilas, agar tidak bisa dilepaskan dan dicuri lagi.

Juni menambahkan, Dinas PUPR Ogan Ilir juga sudah melaporkan dugaan pencurian tersebut ke Polres Ogan Ilir. Dia berharap kepada seluruh warga Ogan Ilir, untuk bersama-sama melakukan pengawasan dan perawatan.

"Mari kita jaga sama-sama fasilitas ini karena kita lah yang menikmatinya," katanya.

Belasan Pagar Hilang

Pemasangan besi pagar Jembatan Pesona di Kabupaten Ogan Ilir Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)
Pemasangan besi pagar Jembatan Pesona di Kabupaten Ogan Ilir Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

Ditambahkan Kasi Ops Satpol PP Ogan Ilir Ardani, ada sekitar 35 meter panjang besi yang hilang dan dicuri oleh oknum tak bertanggungjawab.

"Kami masih memperbaiki pagar jembatan ini karena ada potongan besi yang lepas dan tidak hilang. Kalau yang hilang itu kebanyakan pilar pagar, kira-kira ada 12 batang yang hilang," ungkapnya.

Dia mengimbau kepada warga maupun wisatawan yang mengunjungi Tanjung Senai, agar sementara waktu tidak mendekat ke Jembatan Pesona.

"Selama perbaikan, warga jangan dulu mendekat atau berdiri di sisi jembatan. Dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjatuh ke air," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal Malah Krisis Pemain Jelang Hadapi Everton, Manchester City dan Chelsea

Posted: 18 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, London - Manajer Arsenal, Mikel Arteta mengaku ta punya banyak pilihan pemain jelang menghadapi jadwal padat pekan ini. Arsenal paling tidak harus bertanding tiga kali sehari jelang tahun baru 2021.

"Mari lihat, pemain kami yang tersedia. Kami kehilangan banyak pemain di setiap pertandingan. Mari lihat siapa yang siap besok," kata Arteta seperti dilansir Football London.

"Tidak ada banyak hal yang bisa kami rencanakan dengan skuat yang kami miliki saat ini. Jadi, mari menghadapinya per pertandingan," ujarnya menambahkan.

Akhir pekan ini, Meriam London harus berhadapan dengan tuan rumah Everton di Liga Inggris, Minggu (20/12/2020). Tiga hari setelahnya, mereka akan menjamu Manchester City di Piala Liga.

Kemudian empat hari berselang, Arsenal harus melakoni derby London menghadapi Chelsea di pentas Liga Inggris. The Gunners saat ini menempati peringkat ke-15 klasemen sementara.

 

Beberapa Mulai Fit

Bek Arsenal, David Luiz memegang handuk pada luka di kepalanya setelah terlibat benturan dengan Raul Jimenez dari Wolverhampton Wanderers pada pekan kesepuluh Liga Inggris di Emirates Stadium, London, Minggu (29/11/2020). Arsenal takluk 1-2 dari Wolverhampton Wanderers. (John Walton/Pool via AP)
Bek Arsenal, David Luiz memegang handuk pada luka di kepalanya setelah terlibat benturan dengan Raul Jimenez dari Wolverhampton Wanderers pada pekan kesepuluh Liga Inggris di Emirates Stadium, London, Minggu (29/11/2020). Arsenal takluk 1-2 dari Wolverhampton Wanderers. (John Walton/Pool via AP)

Lebih lanjut, Arteta mengatakan ada beberapa pemain Arsenal yang berada di tahap akhir proses penyembuhan cedera. Namun ia belum bisa memastikan mereka dapat dimainkan dalam waktu dekat.

"Pemain seperti Calum Chambers, Pablo Mari telah bermain beberapa menit di Liga Europa. Shkodran Mustafi juga," kata Arteta.

"Gabi Martinelli juga hampir sebuh dan bugar. Itu kabar bagus dan mari lihat apa yang akan terjadi," ujarnya mengakhiri.

Jadwal Liga Inggris

Sabtu, 19 Desember 2020

19.30 WIB: Crystal Palace vs Liverpool

22.00 WIB: Southampton vs Manchester City

 

Minggu, 20 Desember 2020

00.30 WIB: Everton vs Arsenal

03.00 WIB: Newcastle United vs Fulham

19.00 WIB: Brighton & Hove Albion vs Sheffield United

21.15 WIB: Tottenham Hotspur vs Leicester City

23.30 WIB: Manchester United vs Leeds United

Selanjutnya

Senin, 21 Desember 2020

02.15 WIB: West Bromwich Albion vs Aston Villa

 

Selasa, 22 Desember 2020

00.30 WIB: Burnley vs Wolverhampton Wanderers

03.00 WIB: Chelsea vs West Ham United

Saksikan Video Arsenal di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Penyebab Bronkitis, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahannya

Posted: 18 Dec 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui dan memahami penyebab bronkitis adalah upaya menjaga sistem pernapasan manusia. Bronkitis terjadi ketika ada infeksi yang menyebabkan iritasi dan peradangan pada bronkus paru-paru.

Iritasi dan peradangan ini terjadi karena dipicu oleh berbagai macam penyebab bronkitis. Asap rokok, peptisida, alergen, virus, bakteri, dan masih banyak lagi. Jika hal ini terjadi, maka bronkus tidak lagi dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Bronkus merupakan tabung pipa bercabang yang membawa oksigen ke paru-paru. Dinding bronkus berperan menghasilkan lendir penyaring debu dan partikel penyebab iritasi. Ketika bermasalah, dinding bronkus akan memproduksi lebih banyak lendir dan menyebabkan batuk pada penderita bronkitis.

Maka dari itu, penting mengetahui penyebab bronkitis agar bisa menghindari dan masalah ini tidak terjadi. Berikut Liputan6.com ulas penyebab bronkitis dari berbagai sumber, Sabtu (19/12/2020).

Penyebab Bronkitis

Ilustrasi asap rokok | dok. Pascal Unsplash
Ilustrasi asap rokok | dok. Pascal Unsplash

Rokok

Saat mengisap rokok, banyak bahan kimia masuk ke tubuh melalui sistem pernapasan termasuk paru-paru. Jumlahnya bisa mencapai empat ribuan.

Bahan kimia tersebut adalah karbon monoksida, tar, nikotin, arsenik, dan lain-lainnya. Tak heran bila merokok dapat mencetuskan berbagai masalah yang berkaitan dengan pernapasan.

Salah satunya menjadi penyebab bronkitis. Asap rokok yang penuh dengan bahan kimia akan membuat rambut halus hidung tidak bisa menyapu lendir dan zat berbahaya. Risikonya menyebabkan kerusakan permanen pada silia, lapisan dinding bronkus, dan memicu sinusitis kronis.

Virus

Virus pilek dan flu dapat memengaruhi saluran pernapasan termasuk bronkus. Virus yang sering menyebabkan bronkitis umumnya adalah virus flu biasa. Virus ini terdapat pada lendir yang berada pada hidung atau mulut seseorang ketika bersin atau batuk.

Penyebab bronkitis karena paparan virus yang paling sering menyerang manusia adalah Rhinovirus, patogen pemicu flu. Lalu virus influenza, parainfluenza pemicu khusus bronkitis serta pneumonia, dan adenovirus pemicu masalah pernapasan, diare peradangan, dll.

Bronkitis yang disebabkan infeksi virus disebut akut. Bronkitis akut yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya dapat sembuh secara spontan dalam beberapa minggu jika anda memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Penyebab Bronkitis

Ilustrasi bakteri | (iStock)
Ilustrasi bakteri | (iStock)

Bakteri

Sebagian kecil kasus bronkhitis akut juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Bronkitis yang disebabkan infeksi bakteri juga disebut akut. Pada bronkhitis akut yang disebabkan oleh bakteri, diperlukan pemberian antibiotik secara teratur untuk menghilangkan kuman penyebab bronkhitis.

Jenis bakteri yang dapat menjadi penyebab bronkitis pada anak adalah Mycoplasma pneumoniae. Selain bronkitis, bakteri ini dapat memicu masalah pneumonia. Persis dengan bronkitis karena virus, bronkitis infeksi bakteri dapat terjadi melalui udara dan benda yang terkontaminasi.

Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi adalah peradangan membran hidung yang muncul sebagai reaksi berlebih dari sistem kekebalan tubuh terhadap alergen (pemicu alergi). Alergen yang dimaksud antara lain debu, tungau, lumut, atau serpihan sel kulit mati binatang.

Kondisi ini bisa menjadi penyebab bronkitis ketika ada infeksi yang menyebabkan iritasi dan peradangan pada area bronkus di paru-paru. Utamanya karena paparan jangka panjang alergen. Ketika terjadi bronkitis, iritasi dan peradangan membuat dinding bronkus memproduksi lebih banyak lendir.

Gangguan Sistem Imunitas

Seseorang dengan sistem imunitas tubuh yang sangat rendah. Respon imun yang kurang dapat menjadikan tubuh lebih lemah atau rapuh ketika menghadapi infeksi. Tubuh menjadi mudah sekali sakit dan terkena paparan virus ataupun bakteri.

Tidak heran jika gangguan sistem imun atau penyakit autoimun termasuk penyebab bronkitis dan masalah pernapasan yang lain. Mengingat bronkitis sangat dipengaruhi oleh paparan berbagai macam virus dan bakteri pemicu masalah pernapasan.

Ada banyak sekali jenis penyakit autoimun yang melibatkan sistem organ yang berbeda-beda. Namun, ada juga penyakit autoimun yang hanya menyerang organ tertentu saja.

Misalnya, kelenjar tiroid, hati, saluran cerna, ginjal, saraf, jantung, kulit, dan sendi. Ada juga penyakit autoimun yang bersifat sistemik, artinya melibatkan banyak sistem organ seperti penyakit lupus.

Penyebab Bronkitis

Ilustrasi Sakit Perut | Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Ilustrasi Sakit Perut | Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

GERD

Asam lambung naik/GERD bisa menimbulkan masalah pernapasan. Hal ini disebabkan asam lambung yang terhirup oleh paru. Hingga dapat memicu iritasi pada paru-paru sekaligus tenggorokan. Akibatnya, menimbulkan masalah pernapasan. 

Gangguan pernapasan menimbulkan gejala asma, penumpukan lendir di dada, bronkitis, batuk kering, laringitis, dan pneumonia. Lebih baik segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganannya. Dokter akan memberikan pengobatan berdasarkan jenis penyakit pernapasan yang diderita.

Peptisida

Peptisida merupakan zat kimia yang biasa digunakan untuk membasmi hama tanaman. Kerap digunakan oleh petani untuk memakmurkan hasi panennya. Sayangnya, peptisida termasuk zat yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan, salah satunya bronkitis.

Peptisida bisa menjadi penyebab bronkitis karena racun yang disemprotkan seperti debu, uap, dan gas terhirup oleh sistem pernapasan manusia. Tidak hanye menyebabkan bronkitis, peptisida juga meningkatkan risiko pneumonitis, pembengkakan paru-paru, dan kematian.

Gejala Bronkitis

Ilustrasi sakit kepala | Pexels
Ilustrasi sakit kepala | Pexels

Gejala bronkitis adalah batuk yang terus menerus dan produktif yang lendirnya berwarna kuning keabu-abuan atau kehijauan. Gejala bronkitis yang lainnya mirip dengan flu biasa atau sinusitis.

Gejala berikut juga mungkin timbul:

1. Sakit tenggorokan.

2. Sakit kepala.

3. Hidung berair atau tersumbat.

4. Sakit dan nyeri dada atau perut karena batuk terus-menerus.

5. Kelelahan.

6. Demam yang tidak terlalu tinggi.

7. Meriang dan menggigil.

8. Pada bronkitis kronis, sering terjadi penderita akan mengalami sesak napas atau mengi karena saluran udara yang meradang.

Jangan sepelekan kondisi jika terjadi batuk berdarah atau batuk berlendir yang kental dan gelap. Segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih tepat.

Jenis-Jenis Bronkitis

Ilustrasi orang batuk | (dok. Nastya_gepp/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi orang batuk | (dok. Nastya_gepp/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Bronkitis Akut

Peradangan yang terjadi hanya sementara. Gejala batuk dan produksi lendir yang berlebih dapat berlangsung hingga tiga minggu. Infeksi akut ini bisa menyerang semua golongan usia.

Akan tetapi, anak-anak di bawah lima tahun merupakan golongan yang cukup sering terkena bronkitis akut. Diketahui penyakit ini lebih sering terjadi di musim dingin dan sering berkembang setelah selesma biasa, sakit tenggorokan, atau flu.

Bronkitis Kronik

Berupa batuk produktif (banyak lendir) yang dapat berlangsung selama tiga bulan dalam setahun dan setidaknya terjadi dalam dua tahun berturut-turut.

Bronkitis kronik sering menyerang mereka yang berusia di atas 40 tahun dan kadangkala berhubungan dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Cara Mengobati dan Mencegah Bronkitis

Ilustrasi lari | (dok. Pixabay.com/StockSnap)
Ilustrasi lari | (dok. Pixabay.com/StockSnap)

Cara Mengobati Bronkitis

Bronkitis akut sebetulnya dapat sembuh sendiri dalam beberapa minggu dengan banyak minum air putih dan cukup beristirahat. Di lain pihak, pengobatan bronkitis kronik merupakan proses yang tidak mudah dan tidak selalu berhasil. Perubahan gaya hidup diperlukan untuk meredakan gejala penyakit bronkitis kronis, yaitu:

1. Mengonsumsi makanan sehat sehingga tubuh memiliki daya tahan untuk membantu mencegah infeksi paru-paru dan seluruh sistem saluran pernapasan.

2. Olahraga ringan dan teratur agar berat badan stabil dan sistem pernapasan terlatih. Kelebihan berat badan membuat tubuh menanggung beban pada sistem pernapasan yang membuat bernapas pun lebih sulit. Olahraga akan melatih paru-paru dan jantung untuk bekerja lebih efisien dan optimal.

3. Menghindari lingkungan berasap kabut.

4. Berhenti merokok dan hindari sebisa mungkin menjadi perokok pasif. Terpapar asap rokok sebagai perokok pasif kini diketahui sama berbahayanya seperti perokok aktif.

5. Bawang putih adalah obat alami yang baik untuk mengobati bronkitis. Sebabnya bawang putih memiliki sifat antibiotik alami serta mengandung sifat antivirus.

6. Minum air kunyit juga dipercaya bermanfaat untuk mengobati bronkitis karena kunyit mengandung sifat anti inflamasi yang membantu dalam menyingkirkan kelebihan lendir.

7. Vitamin C sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga minum air jeruk bermanfaat untuk menyehatkan tubuh dari serangan penyakit bronkitis.

8. Jahe juga mengandung sifat anti inflamasi. Minum air jahe sebanyak 2-3 kali dalam sehari bermanfaat untuk menenangkan tenggorokan Anda.

9. Lendir yang ada di membran bronkus dapat dibersihkan dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Sehingga berkumur air garam hangat berkhasiat untuk sembuhkan bronkitis.

10. Madu dapat memberikan efek menenangkan di tenggorokan Anda karena sifat anti bakteri yang terkandung di dalamnya. Makan madu juga berkhasiat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

11. Basil seringkali dikenal memiliki ciri yang mirip dengan kemangi. Tanaman ini sering digunakan untuk mengobati peradangan paru-paru di negara India. Untuk mengobati bronkitis, cobalah makan daun basil dalam keadaan yang mentah agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Cara Mencegah Bronkitis

Rajin dan seksama mencuci tangan dapat membantu mencegah serta menurunkan risiko bronkitis. Kenakan juga masker hidung-mulut yang memadai jika bekerja di tempat yang banyak menghamburkan bahan iritan seperti serat kain atau asap. Vaksin flu juga dianggap bermanfaat untuk menurunkan risiko bronkitis.

Berhenti merokok merupakan anjuran utama. Asap dan bahan kimia dalam rokok dapat membuat bronkitis menjadi semakin parah. Merokok dan menjadi perokok pasif merupakan faktor risiko tinggi penyebab bronkitis kronik dan PPOK. Semakin dini menghindari kedua hal tersebut akan semakin baik manfaatnya bagi kesehatan paru-paru.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Ini Sasaran Operasi Lilin 2020 yang Dimulai 21 Desember

Posted: 18 Dec 2020 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Korlantas Polri memberikan instruksi kepada personel yang bertugas dalam Operasi Lilin 2020 untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Salah satunya yang menjadi perhatian adalah penerapan di kawasn rest area.

"Mulai Banten hingga Cikampek ada sekitar 70 titik rest area. Nanti kita akan melakukan random check khusus menggunakan swab antigen kepada pengunjung yang melanggar protokol kesehatan," kata Kakorlantas Polri, Irjen Istiono dalam keterangannya, Sabtu (19/12/2020).

Istiono menerangkan, Operasi Lilin 2020 berlangsung pada 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021 dengan melibatkan 123.451 personel yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Target operasi adalah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mewujudkan Kamtibmas yang mantap dan kondusif dalam pelaksanaan ibadah Natal serta Tahun Baru, dan terciptanya Kamseltibcarlantas demi menurunkan jumlah fatalitas korban kecelakaan," ujar dia.

Di samping itu, Istiono menjelaskan, kepolisian bersama otoritas terkait bakal menggelar operasi yustisi protokol kesehatan skala besar. Salah satu sasaranya yakni gereja-gereja.

 

Operasi Yustisi di Gereja

Kakorlantas Polri, Irjen Istiono mengklaim pelaksaan operasi Zebra 2020 berjalan lancar. (Dok: Korlantas Polri
Kakorlantas Polri, Irjen Istiono mengklaim pelaksaan operasi Zebra 2020 berjalan lancar. (Dok: Korlantas Polri

Istiono mengatakan, pihaknya ingin memastikan semua gereja mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Mereka membatasi jumlah pengunjung 50 persen dan selebihnya dilakukan melalui virtual. Tidak boleh mendirikan tenda diluar gereja. Ini berlaku disemua wilayah, tidak terkecuali wilayah yang mayoritas umat kristiani," ucap dia.

Sementara itu, Istiono melanjutkan, dalam perayaan tahun baru ini kepolisian tidak memberikan ijin keramaian baik di hotel maupun di lokasi wisata.

"Pengetatan ini akan dilakukan mulai 18 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021 demi mencegah penyebaran Covid-19," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Bakal Panggil Kepala BKPM Bahas Realisasi Investasi

Posted: 18 Dec 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berencana memanggil Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terkait banyaknya komitmen investasi yang belum direalisasikan oleh investor. Komisi VI melihat, realisasi investasi cukup penting, mengingat Indonesia membutuhkan investasi besar untuk mendorong perekonomian.

"Katanya komitmen investasi besar, tapi realisasinya minim. Kami perlu duduk dengan mitra kami dari BKPM untuk mengevaluasi sebenarnya ada apa sih. Banyak berita gembira komitmen investasi begitu, tapi realisasinya belum ada," kata anggota Komisi VI DPR RI, Amin AK dikutip Sabtu (19/12/2020).

Seperti diketahui, di tengah kondisi pandemi Covid-19, kabar mengenai komitmen investasi dari investor asing terus mengalir ke Indonesia. Seperti pada pekan lalu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto yang membawa kabar gembira bahwa Amerika Serikat (AS) dan Jepang berkomitmen membenamkan investasi di Indonesia dengan total nilai USD6 miliar atau sebesar Rp84,5 triliun.

Sebelumnya juga ada Contemporary Amperex Technology Co. Ltd yang telah menandatangani komitmen investasi senilai USD4,6 miliar atau setara Rp67,8 tiliun untuk pengembangan baterai listrik di Indonesia. Begitu pun dengan Abu Dhabi yang menyatakan komitmen investasi hingga USD22,8 miliar atau Rp319,8 triliun di awal 2020 lalu.

"Abu Dhabi katanya deal terbesar, tapi tidak ada realisasi. Mungkin setelah mereka tahu hi-cost besar, kemudian imbal baliknya buat mereka apa. Artinya ada informasi yang dia tangkap di awal gitu, setelah mereka kunjungi dan dalami itu berbeda jauh. Ya sampai saat ini memang belum ada pernyataan batal, tapi realisasi juga belum ada," kata Amin.

Pada Oktober 2020 lalu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bahkan menyebutkan, untuk sektor manufaktur saja, komitmen investasi hingga 2023 sudah mencapai Rp1.084 triliun. Daftar rencana investasi bahkan sudah tercatat di BKPM.

Rencana Investasi

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)
lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Terpisah, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet mengatakan, rencana investasi asing ke Indonesia yang cukup tinggi tidak diimbangi dengan realisasi komitmen investasi.

Ia memaparkan, investor kerap menemui berbagai hambatan untuk merealisasikan rencananya. Selain soal perizinan, lahan dan tenaga kerja, hambatan investasi juga dipicu kurang ketatnya koordinasi antara kementerian dan lembaga sertai permasalahan hubungan pemerintah pusat dan daerah.

Menurutnya, hal lain yang menjadi pertimbangan investor dalam merealisasikan investasi adalah insentif pajak. Maklum, di tengah kompetisi antar negara dalam memperebutkan investasi, insentif pajak akan menjadi pemanis untuk menambah daya tarik suatu negara. Apalagi, negara-negara jiran tergolong royal dalam menggelontorkan insentif fiskal demi menarik investasi.

Itu sebabnya, Yusuf bilang, perlu juga mempertimbangkan pemberian insentif berdasarkan kebutuhan industri yang akan dibidik oleh investor. Tentu, ini membutuhkan usaha yang lebih besar untuk menghitung kebutuhan insentif tiap sektor dan berapa lama imbal hasil masing-masing sektor.

Pemberian insentif dalam rangka menarik investasi tidak bisa dipukul rata. Karena jika ditilik lebih dalam, investor yang berkomitmen untuk berinvestasi datang dari berbagai jenis industri mulai industri manufaktur, barang konsumen hingga produk inovasi seperti mobil listrik. Hal ini menunjukkan bahwa investor membutuhkan jenis insentif yang berbeda.

"Ini mungkin saja dilakukan dalam rangka menarik investasi untuk mendorong masing-masing industri," pungkas Yusuf.*

Infografis Peringkat Investasi Indonesia

Peringkat Investasi Indonesia Naik (Liputan6.com/Triyas)
Peringkat Investasi Indonesia Naik (Liputan6.com/Triyas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Pengajian dan Siraman Rosiana Dewi Jelang Menikah, Penuh Kebahagiaan

Posted: 18 Dec 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hanya dalam hitungan hari lagi, Rosiana Dewi dan Handika Pratama akan resmi menyandang status sebagai suami-istri. Usai menjalani hubungan asmara selama 4 tahun lebih, keduanya pun mantap untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Bersamaan itu, jelang pernikahan sejumlah persiapan pun tentunya sudah dilakukan oleh mereka.

Mulai dari prewedding, lamaran, pengajian hingga acara siraman. Di kediamannya, Rosiana Dewi menggelar acara pengajian dan siraman pada Jumat (19/12/2020). Lewat unggahan di Instagram-nya, pemain film Belenggu Dua Hati itu memperlihatkan rangkaian momen pengajian dan siraman.

Dihadiri oleh keluarga besar, prosesi tersebut berlangsung khidmat dan penuh kebahagiann. Tak hanya itu, Rosiana Dewi pun tampak memesona dengan balutan busana berwarna salem saat pengajian. Sementara pada prosesi siraman, wanita kelahiran Jepang tersebut mengenakan kain batik dilapisi dengan bunga melati.

Penasaran seperti apa acara pengajian dan siraman calon istri Handika Pratama ini? Berikut 7 momen Pengajian dan Siraman Rosiana Dewi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (19/12/2020).

1. Penampilan pemilik nama lengkap Siti Afifah Rosiana Dewi ini di hari pengajiannya terlihat begitu cantik.

Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/threeartphotography)
Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/threeartphotography)

2. Sebelum melaksanakan prosesi siraman, Rosiana Dewi dan keluarganya lebih dulu menggelar pengajian.

Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/threeartphotography)
Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/threeartphotography)

3. Momen pengajian calon istri Handika Pratama tersebut berjalan dengan begitu hikmat.

Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/threeartphotography)
Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/threeartphotography)

4. Usai pengajian, wanita kelahiran Jepang ini juga melangsungkan berbagai prosesi untuk siraman.

Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/rsn.dw)
Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/rsn.dw)

5. Tampak ibunda Nikita Willy, Yora Febrina turut hadir di acara siraman pemilik nama asli Siti Afifah Rosiana Dewi.

Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/yoraberina)
Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/yoraberina)

6. Siraman ini menjadi salah satu acara yang dilakukan Rosiana Dewi sebelum sah menjadi istri Handika Pratama.

Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/rsn.dw)
Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/rsn.dw)

7. Momen siraman pemeran sinetron 'Belenggu Dua Hati' ini pun berlangsung penuh kebahagiaan.

Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/rsn.dw)
Rosiana Dewi (Sumber: Instagram/rsn.dw)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Jakarta Sabet Penghargaan Provinsi Terinovatif dari Kemendagri

Posted: 18 Dec 2020 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendapatkan penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai provinsi terinovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyatakan, saat ini globalisasi di segala bidang menuntut suatu negara untuk berinovasi. Salah satunya, dalam bidang informasi teknologi.

Kata dia, Kemendagri meminta pemerintah daerah untuk berinovasi dengan sistem desentralisasi yang diterapkan oleh pemerintahan pusat.

"Dengan kewenangan yang lebih besar pada pemerintahan daerah, spiritnya adalah daerah mampu untuk mandiri dan berkreasi mengembangkan segala sumber daya yang ada, dengan kewenangan yang ada," kata Riza dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/12/2020).

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian berharap, pemerintah daerah mampu mandiri dalam berbagai bidang. Hal itu guna mempermudah pelayanan publik seperti urusan keuangan fiskal.

Kata dia, kemampuan fiskal yang tinggi atau kuat dapat ditandai dengan adanya pendapatan asli daerah (PAD) yang lebih tinggi daripada dana transfer pusat.

"Selain itu, ada juga kapasitas fiskal yang sedang, artinya imbang, lebih kurang sama antara transfer pusat dengan PAD, 50:50 atau 60:40. Tapi banyak juga daerah yang sangat tergantung kepada transfer pusat PAD," ucapnya.

 

Penghargaan Keterbukaan Informasi

Suasana Balai Kota Jakarta, Selasa (1/12/2020). Kantor Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpaksa ditutup sementara setelah Anies Baswedan dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap yang dilakukan pada Senin (30/10) kemarin. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Suasana Balai Kota Jakarta, Selasa (1/12/2020). Kantor Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpaksa ditutup sementara setelah Anies Baswedan dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap yang dilakukan pada Senin (30/10) kemarin. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga meraih penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang diberikan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan unggahan dari media sosial instagram milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan @aniesbaswedan.

Anies mengatakan, penghargaan sebagai Pemda berkualifikasi informatif merupakan kali ketiga berturut-turut yang diterima Pemprov DKI Jakarta.

"Alhamdulillah, tiga tahun berturut-turut! Pemprov DKI Jakarta kembali dinobatkan sebagai pemda berkualifikasi informatif oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020," kata Anies dalam unggahan yang dikutip Liputan6.com, Kamis (26/11/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan penghargaan dari KIP merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran dengan masyarakat. Dalam kolaborasi tersebut dapat menghasilkan keterbukaan informasi publik yang mengedepankan transparansi dan akuntabilitas.

"Ini sebuah prestasi yang harus disyukuri namun lebih penting lagi dipertahankan dan ditingkatkan, dengan terus menghasilkan karya, inovasi dan trobosan yang sesuai dengan tantangan kekinian," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Perjuangan Shifa Adelia, Calon Pilot Cantik yang Berhasil Selesaikan 230 Jam Penerbangan

Posted: 18 Dec 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Malaysia - Setiap individu tentu memiliki cita-cita semasa kecil. Namun, seiring bertambahnya usia kita akan merasakan perubahan. Kita akan merasa cita-cita semasa kecil sulit bahkan mustahil untuk dicapai.

Namun, berbeda dengan wanita asal Malaysia ini. Gadis bernama Shifa Adelia Mumtaz bercita-cita ingin menjadi seorang pilot mengikuti jejak ayahnya. Ia memiliki minat dan keinginan yang kuat dalam dunia penerbangan sehingga gender bukanlah halangan baginya.

Gadis berusia 20 tahun itu kini sedang dalam proses mengambil lisensi penerbangan komersial di Florida Fylers Fight Academy, St Augustine, Florida, Amerika Serikat (AS).

Sempat ragu dan takut karena pilihannya

Shifa berhasil selesaikan 230 jam penerbangan. Sumber: Twitter/@4deliaa
Shifa berhasil selesaikan 230 jam penerbangan. Sumber: Twitter/@4deliaa

Gadis yang akrab disapa---Shifa ini percaya bahwa siapa pun boleh mengejar impiannya asalkan memiliki minat dan kesungguhan untuk mencapainya, meski terhambat dengan gender sekalipun.

"Di sekolah penerbangan ini pun mayoritas adalah siswa laki-laki. Hanya ada beberapa wanita termasuk saya. Semua guru adalah laki-laki," kata Shifa dilansir dari mStar, Jumat (18/12/2020).

Pada awalnya, ia juga mengaku sempat takut dan ragu atas pilihanya. Namun, kini ia merasa bahwa tugas menerbangkan pesawat merupakan hal yang bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa melihat pria atau wanita.

"Awalnya saya takut, bertanya-tanya apakah saya bisa sebaik mereka. Karena itu biasanya dilihat sebagai karir pria. Namun, sekarang saya rasa tugas menerbangkan pesawat adalah sesuatu yang bisa dilakukan siapa saja," imbuhnya. 

Ia berhasil menyelesaikan 230 jam penerbangan

Shifa berhasil selesaikan 230 jam penerbangan. Sumber: Twitter/@4deliaa
Shifa berhasil selesaikan 230 jam penerbangan. Sumber: Twitter/@4deliaa

Melalui akun Twitter-nya @4deliaa, wanita berhijab itu membagikan momen dirinya saat pertama kali melakukan penerbangan hingga saat ini telah menyelesaikan 230 jam terbang.

Respons Warganet

Shifa berhasil selesaikan 230 jam penerbangan. Sumber: Twitter/@4deliaa
Shifa berhasil selesaikan 230 jam penerbangan. Sumber: Twitter/@4deliaa

Penampilannya itu pun sukses mencuri perhatian warganet dan viral di media sosial. Hingga Jumat (18/12/2020), unggahannya telah disukai lebih dari 53 ribu dan di-retweet sebanyak 4,8 ribu pengguna Twitter.

Tak sedikit warganet yang mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Shifa, tetapi ada pula yang salah fokus dengan kecantikan Shifa.

"Congrats Shifa!" tulis @sarranadhirv

"Terbaik, congrats, walaupun tak kenal. Saya dulu ingin menjadi pilot, tapi tak kesampaian karena rabun," tulis @syafareturn

"What an achievement! Mabrook," tulis @bambangkajairi

"You're so pretty omg," tulis @chewytaro

"Aku sangat mengagumi kulitmu," tulis @aplainbel

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kelakuan Pengendara Motor di Perempatan Lampu Merah yang Bikin Geregetan

Posted: 18 Dec 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengendara sepeda motor di Indonesia sering melakukan hal-hal yang nyelenah dan terkadang bikin geregetan. Salah satu yang paling sering ditemui adalah berhenti di perempatan lampu merah yang tidak sesuai dengan aturan.

Mulai dari berhenti melampaui markah jalan hingga emak-emak parkir motor seenaknya. Kelakuan tersebut tentu mengundang rasa penasaran dan ada saja yang mengabadikannya dan disebarluaskan di media sosial.

Selain emak-emak yang berulah, rupanya bapak-bapak juga memperlihatkan kelakuan nyeleneh di perempatan lampu merah yang bikin geregetan. 

Penasaran kan dengan kelakuan nyeleneh pengendara sepeda motor saat di perempatan lampu merah? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, kelakuan nyeleneh pengendara sepeda motor di perempatan lampu merah.

1. Ya ampun, bapak-bapak ini ngapain sih?

6 Kelakuan Pengendara di Marka Lampu Merah Ini Nyeleneh (sumber: Twitter.com/atcsmkotatasikmalaya)
6 Kelakuan Pengendara di Marka Lampu Merah Ini Nyeleneh (sumber: Twitter.com/atcsmkotatasikmalaya)

2. Demi tidak kepanasan apapun dilakukan.

6 Kelakuan Pengendara di Marka Lampu Merah Ini Nyeleneh (sumber: 1cak.com)
6 Kelakuan Pengendara di Marka Lampu Merah Ini Nyeleneh (sumber: 1cak.com)

3. Astaga, gara-gara takut panas sampai jauh banget jaraknya dengan marka lampu merah.

6 Kelakuan Pengendara di Marka Lampu Merah Ini Nyeleneh (sumber: 1cak.com)
6 Kelakuan Pengendara di Marka Lampu Merah Ini Nyeleneh (sumber: 1cak.com)

4. Ya enggak diparkir juga motornya bu.

6 Kelakuan Pengendara di Marka Lampu Merah Ini Nyeleneh (sumber: 1cak.com)
6 Kelakuan Pengendara di Marka Lampu Merah Ini Nyeleneh (sumber: 1cak.com)

5. Ya ampun, si ibu dengan santainya cek isi jok motor.

6 Kelakuan Pengendara di Marka Lampu Merah Ini Nyeleneh (sumber: Twitter.com/crazyinINA)
6 Kelakuan Pengendara di Marka Lampu Merah Ini Nyeleneh (sumber: Twitter.com/crazyinINA)

6. Ya ampun, satu pengendara malah berhentinya melebihi marka jalan.

6 Kelakuan Pengendara di Marka Lampu Merah Ini Nyeleneh (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
6 Kelakuan Pengendara di Marka Lampu Merah Ini Nyeleneh (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Negara yang Bakal Modali Lembaga Pengelola Investasi

Posted: 18 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 3 negara telah berkomitmen untuk menyuntikan modal kepada Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau atau Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia, yakin Amerika Serikat (AS), Jepang dan Kanada.

Ketiga negara tersebut akan memberikan pemasukan modal kepada Lembaga Pengelola Investasi hingga sebesar Rp 113,5 triliun.

Sebelum mendapatkan suntikan modal ini, pemerintah telah bernegosiasi dengan ketiga negara untuk mengembangkan opsi pembiayaan dan investasi sektor swasta terhadap proyek strategis nasional (PSN) dan prioritas lainnya sebagai bagian dari reformasi ekonomi.

Seperti ditulis Sabtu (19/12/2020), berikut daftar 3 negara yang akan menggelontorkan investasi di LPI:

1. Amerika Serikat

Perusahaan pembiayaan Amerika Serikat atau The US International Development Finance Corporation (DFC) akan menggelontorkan dana investasi sebesar USD 2 miliar, setara Rp 28,3 triliun (kurs 14.152 per dolar AS) untuk LPI Indonesia.

Leter of Interest (LOI) telah ditandatangani oleh CEO US DFC Adam Boehler di Washington DC pada Kamis, 19 November 2020. Penandatanganan ini turut disaksikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Pada tahap awal, Pemerintah RI akan menyuntikkan dana USD 5-6 miliar ke dana abadi tersebut. Setidaknya ada enam sektor pembangunan yang nantinya didorong dana Lembaga Pengelola Investasi, mulai dari kesehatan, pertanian, infrastruktur, hingga pembangunan ibu kota. 

 

2. Jepang

Ilustrasi bendera Jepang (AFP/Toru Yamanaka)
Ilustrasi bendera Jepang (AFP/Toru Yamanaka)

Jepang melalui Japan Bank for International Cooperation (JBIC) juga mendukung pembentukan LPI atau Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia. Dukungan tersebut diberikan saat Menko Luhut bertemu dengan Gubernur JBIC, Maeda Tadashi.

Dukungan tersebut diberikan lewat komitmen investasi dari JBIC kepada LPI Indonesia dengan nilai mencapai Rp 57 triliun.

"JBIC siap mendukung pendanaan SWF Indonesia sebesar USD 4 Miliar (Rp 57 Triliun), dua kali lipat lebih besar dari yang disampaikan the US International Development Finance Corporation (DFC), lembaga pembiayaan asal Amerika Serikat," terang Menko Luhut dikutip dari pernyataan tertulis.

Komitmen itu disampaikan Gubernur JBIC Maeda Tadashi dalam pertemuan di Tokyo pada Jumat pekan lalu. Dalam pertemuan ini, Luhut didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Menurut Erick Thohir, komitmen yang disampaikan oleh JBIC tersebut akan segera ditindaklanjuti di tingkat teknis. Harapannya, investasi JBIC dapat mulai masuk ke Indonesia pada kuartal I 2021.

 

3. Kanada

Ilustrasi bendera Kanada (AFP/Geoff Robins)
Ilustrasi bendera Kanada (AFP/Geoff Robins)

Menko Luhut melaporkqn, Kanada akan memberikan dana untuk SWF Indonesia sebesar USD 2 miliar atau sekitar Rp 28,2 triliun.

"SWF kita kemarin kita dapat tambahan USD 2 miliar dari Kanada. Mereka akan komitmen," kata Luhut di Danau Toba, Sumatera Utara, Jumat (18/12/2020).

Luhut menyebutkan, Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait LPI ini Juga telah ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sehingga organisasi pengelola pendanaan dari luar negeri ini telah dibentuk

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hal yang Perlu Dilakukan Pasien Covid-19 untuk Jaga Paru-paru

Posted: 18 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polusi udara menjadi salah satu yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti jantung, stroke, gangguan pernapasan, dan lain-lain. Selain itu, di masa pandemi Covid-19 ini, menghirup udara yang tercemar itu dinilai dapat memberi efek buruk terhadap organ pernapasan.

Sebuah penelitian yang terbit dari jurnal Cardiovascular Research menunjukkan bahwa polusi udara dapat meningkatkan kematian hingga 15 persen di seluruh dunia akibat Covid-19.

Selain itu, polusi udara juga dapat meningkatkan risiko infeksi SARS-CoV-2. Hal itu dapat memperburuk keadaan bagi mereka yang sudah positif Covid-19.

Perlu diketahui, polusi udara dapat menyebabkan kerusakan sel dan peradangan dalam tubuh. Partikel beracun yang terdapat dalam udara yang kotor dapat memperparah orang yang sudah memiliki riwayat penyakit kronis.

Terlebih jika berlama-lama di dalam kondisi udara yang sudah tercemar, pasti akan sangat memperburuk kesehatan paru-paru, khususnya yang sudah positif Covid-19.

"Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda atau siapa pun yang memiliki riwayat penyakit pernapasan apalagi Covid-19, harus mengambil tindakan pencegahan," kata Arvind Kate, Dokter di Rumah Sakit Zen Multispeciality, Chembur, Mumbai.

Berikut ini beberapa tips yang boleh dicoba, terlebih untuk pasien Covid-19 guna menjaga kesehatan paru-paru di tengah meningkatnya polusi seperti saat ini, seperti mengutip laman Timenews.com, Sabtu (19/12/2020).

1. Jangan keluar rumah jika kualitas udara di daerah Anda buruk. Jika diharuskan untuk keluar, gunakanlah masker yang sesuai agar Anda bisa terhindar dari udara yang sudahtercemar.

 

2. Mencegah debu dan jamur

Ilustrasi paru-paru | unsplash.com/@sarabakhshi
Ilustrasi paru-paru | unsplash.com/@sarabakhshi

Menjaga kebersihan rumah sangat penting. Bersihkan jendela dan tutup agar debu-debu tidak masuk ke dalam rumah.

3. Mengonsumsi wortel, jeruk, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang baik untuk paru-paru Anda. Tetaplah banyak minum air putih karena dapat membantu Anda mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

4. Pasien Covid-19 sangat dilarang untuk merokok karena akan semakin menyumbat saluran pernapasan.

5. Melakukan olahraga ringan, seperti berjalan atau jumping jack. Namun, jangan berlebihan melakukannya.

Selain itu, lakukan beberapa gerakan untuk melatih pernapasan yang dapat membuat Anda tidak kesulitan untuk bernapas. Anda juga bisa melakukan relaksasi, seperti yoga atau meditasi.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarot Cinta: Nikmatilah Saat Ini

Posted: 18 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Simak prediksi Tarot Cinta periode 19 - 25 Desember 2020 selengkapnya

3 of Cups

Ada perayaan kebahagiaan. Penuh sukacita dan kegembiraan. Lupakan sejenak persoalan dan kesulitan.

Nikmatilah saat ini. Demikianlah kehidupan cintamu dalam minggu ini. Penuh kebahagiaan bersama kawan dan orang-orang tercinta.

Jomblo

Keluarlah sejenak dari kesendirianmu. Bersenang-senanglah bersama temanmu. Tetap patuhi protokol kesehatan ya...

PDKT

Semakin membahagiakan. Saling menemukan kecocokan. Siap melanjutkan ke fase selanjutnya.

 

Pacaran dan Menikah

Pacaran

Semakin mesra dan harmonis.

Menikah

Nikmatilah hari-hari bersama keluarga. Tidak perlu liburan ke tempat yang jauh. Kebersamaan jadi hal yang membahagiakan.

Saran Cinta

Tarot
Tarot

9 of Cups

Tetap bergerak meskipun tampak pelan. Tetap melaju di atas ombak kegalauan cinta. Jagalah kebahagiaan di hati. Buang jauh ketakutan dan kekhawatiran. Situasi di depan dapat kamu lalui dengan baik.

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seminggu Dirawat di Rumah Sakit, Ustaz Yusuf Mansur Rindu Keluarga

Posted: 18 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seminggu sudah Ustaz Yusuf Mansur menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. Itu karena Ustaz terpapar virus Corona Covid-19.

Selama itu juga pempinan Pondok Pesantren Daarul Quran tak bertemu dengan istri dan anak-anaknya.

Melalui akun Instagram terverifkasi, Sabtu (19/12/2020), pemilik nama asli Jam'an Nurkhatib Mansur mengungkapkan kerinduannya.

 

Kangen Berat

Ustaz Yusuf Mansur (Foto: Instgram/@yusufmansurnew)
Ustaz Yusuf Mansur (Foto: Instgram/@yusufmansurnew)

Dengan mengunggah foto kebersamaannya dengan keluarga, Ustaz Yusuf Mansur memanggil anggota keluarganya.

"Mamah... Ka Wir... Ka Quum... Bang Kun... Bang Haafizh... Dede 'Aisyah... Kangen beraaaaaaaaaaaaaattttt....," tulisnya.

 

Dijagain

Ustaz Yusuf Mansur (Foto: Instgram/@yusufmansurnew)
Ustaz Yusuf Mansur (Foto: Instgram/@yusufmansurnew)

Di tengah sakitnya, pria kelahiran Jakarta, 19 Desember 1976 ini tetap mendoakan keluarganya.

"Baik2 aja semua yaaaa... Allah jagain kita semua dan seluruh MakhlukNya di Seluruh Semesta," lanjutnya.

 

Diingatkan

Ustaz Yusuf Mansur juga mengingatkan keluarga terus berdoa untuk kesehatan semuanya.

"Jgn putus2 zikir dan doa2. Nuntut ilmu dan bergerak aktif...," pungkasnya.

 

Banjir Doa

Kolom komentar Ustaz Yusuf Mansur pun dibanjiri doa dari para warganet.

"Syafakallah ustadz.. Semoga Allah ringankan sakitnya, sembuh sedia kala bisa aktivitas lagi dn kembali berkumpul bersama Keluarga. Aamiin 😢," tulis akun @rinijoca.

"Semoga pak kyai lekas sembuh , kami masih butuh bimbingan njenengan 😢😢😢," tambah akun @hadijoyojoyo71.

"Aamiin ya Allah, ustadz pun semoga cepat diangkat segala penyakit agar bisa pulang dan ketemu keluarga, aamiin," lanjut akun @fatan26.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Liga Italia Parma Vs Juventus : Misi Tiga Poin di Kandang Lawan

Posted: 18 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Parma - Juventus akan bertandang ke markas Parma pada pekan ke-13 Liga Italia. Laga ini bakal dimainkan di Stadion Ennio Tardini, Minggu (20/12/2020) dini hari WIB.

Menjelang laga ini, Juventus baru kehilangan poin. Pasukan Andrea Pirlo cuma mendapat tambahan satu poin usai ditahan imbang Atalanta 1-1 pada 12 Desember lalu.

"Bukan hasil yang kami inginkan, tetapi sekarang saatnya untuk pulih dengan baik dan fokus ke pertandingan berikutnya!" kata bintang Juventus Cristiano Ronaldo.

Hasil ini membuat Juventus tetap di posisi ketiga klasemen dengan 24 poin. Sang juara bertahan empat poin di belakang pemuncak klasemen AC Milan.

Sementara Parma naik ke peringkat ke-14 dengan 12 poin. Ini tak lepas dari hasil imbang dari tiga laga, salah satunya melawan pemuncak klasemen AC Milan.

Secara kualitas, skuat Juventus berada di atas Parma. Namun, pemain-pemain Parma seperti Gervinho dan Hernani patut diwaspadai karena bisa sangat merepotkan.

Karena itu, tidak akan mudah bagi Juve untuk membawa tiga poin dari markas Parma.

 

 

Kondisi Skuat

Gelandang Juventus, Adrien Rabiot, berusaha melewati pemain Torino pada laga Liga Italia di Stadion Allianz, Minggu (6/12/2020). Juventus menang dengan skor 2-1. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)
Gelandang Juventus, Adrien Rabiot, berusaha melewati pemain Torino pada laga Liga Italia di Stadion Allianz, Minggu (6/12/2020). Juventus menang dengan skor 2-1. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

Juventus dapat kabar baik jelang laga kontra Parma. Sebagian besar pemain yang sebelumnya cedera sudah mulai kembali fit untuk Juventus, tetapi Merih Demiral dan Giorgio Chiellini tetap menempi.

Adrien Rabiot dan Alex Sandor siap dimainkan. Kedua pemain ini dapat masuk starting XI dengan mengorbankan Arthur dan Danilo.

Di kubu Parma, pelatih Fabio Liverani menyambut kembali Wylian Cyprien dan Giuseppe Pezzella dari cedera saat bermain imbang melawan dengan AC Milan. Leverani kemungkinan akan menurunkan tim yang sama saat bermain imbang melawan Cagliari.

 

 

Head to Head

Gelandang Juventus, Aaron Ramsey (depan) berebut bola pada lanjutan pertandingan Liga Serie A Italia melawan Parma di Stadion Allianz, Minggu (19/1/2020). Menghadapi Parma, Juventus menang 2-1 berkat dua gol Cristiano Ronaldo. (Fabio Ferrari/LaPresse via AP)
Gelandang Juventus, Aaron Ramsey (depan) berebut bola pada lanjutan pertandingan Liga Serie A Italia melawan Parma di Stadion Allianz, Minggu (19/1/2020). Menghadapi Parma, Juventus menang 2-1 berkat dua gol Cristiano Ronaldo. (Fabio Ferrari/LaPresse via AP)

5 Pertemuan Terakhir

20-01-2020 Juventus 2-1 Parma (Liga Italia)

24-08-2019 Parma 0-1 Juventus (Liga Italia)

03-02-2019 Juventus 3-3 Parma (Liga Italia)

02-09-2018 Parma 1-2 Juventus (Liga Italia)

11-04-2015 Parma 1-0 Juventus (Liga Italia)

 

 

Perkiraan Susunan Pemain

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, melintas di depan Cristiano Ronaldo usai melawan Sampdoria pada laga Serie A di Stadion Allianz, Minggu (20/9/2020). Juventus menang dengan skor 3-0. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)
Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, melintas di depan Cristiano Ronaldo usai melawan Sampdoria pada laga Serie A di Stadion Allianz, Minggu (20/9/2020). Juventus menang dengan skor 3-0. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

Parma: Luigi Sepe; Simone Iacoponi, Yordan Osorio, Bruno Alves, Riccardo Gagliolo; Hernani, Gaston Brugman, Jasmin Kurtic; Yann Karamoh, Roberto Inglese, Gervinho

Juventus: Wojciech Szczesny; Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Alex Sandro; Federico Chiesa, Weston McKennie, Adrien Rabiot, Rodrigo Bentancur, Cuadrado; Alvaro Morata, Cristiano Ronaldo

 

Saksikan Video Liga Italia di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengunjungi Desa Pembuatan Kerajinan Tangan Bergaya Mesir Kuno

Posted: 18 Dec 2020 09:00 PM PST

Seorang pemahat bekerja di sebuah bengkel kerajinan alabaster atau sejenis batu pualam di Desa Gurna, Luxor, Mesir, 17 Desember 2020. Desa Gurna terkenal sebagai penghasil kerajinan tangan dan suvenir bergaya Mesir kuno yang dibuat dari pahatan alabaster. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
Seorang pemahat bekerja di sebuah bengkel kerajinan alabaster atau sejenis batu pualam di Desa Gurna, Luxor, Mesir, 17 Desember 2020. Desa Gurna terkenal sebagai penghasil kerajinan tangan dan suvenir bergaya Mesir kuno yang dibuat dari pahatan alabaster. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Seorang pemahat bekerja di sebuah bengkel kerajinan alabaster atau sejenis batu pualam di Desa Gurna, Luxor, Mesir, 17 Desember 2020. Desa Gurna terkenal sebagai penghasil kerajinan tangan dan suvenir bergaya Mesir kuno yang dibuat dari pahatan alabaster. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Para pemahat bekerja di sebuah bengkel kerajinan alabaster atau sejenis batu pualam di Desa Gurna, Luxor, Mesir, 17 Desember 2020. Desa Gurna terkenal sebagai penghasil kerajinan tangan dan suvenir bergaya Mesir kuno yang dibuat dari pahatan alabaster. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
Para pemahat bekerja di sebuah bengkel kerajinan alabaster atau sejenis batu pualam di Desa Gurna, Luxor, Mesir, 17 Desember 2020. Desa Gurna terkenal sebagai penghasil kerajinan tangan dan suvenir bergaya Mesir kuno yang dibuat dari pahatan alabaster. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Para pemahat bekerja di sebuah bengkel kerajinan alabaster atau sejenis batu pualam di Desa Gurna, Luxor, Mesir, 17 Desember 2020. Desa Gurna terkenal sebagai penghasil kerajinan tangan dan suvenir bergaya Mesir kuno yang dibuat dari pahatan alabaster. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Seorang pemahat bekerja di sebuah bengkel kerajinan alabaster atau sejenis batu pualam di Desa Gurna, Luxor, Mesir, 17 Desember 2020. Desa Gurna terkenal sebagai penghasil kerajinan tangan dan suvenir bergaya Mesir kuno yang dibuat dari pahatan alabaster. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
Seorang pemahat bekerja di sebuah bengkel kerajinan alabaster atau sejenis batu pualam di Desa Gurna, Luxor, Mesir, 17 Desember 2020. Desa Gurna terkenal sebagai penghasil kerajinan tangan dan suvenir bergaya Mesir kuno yang dibuat dari pahatan alabaster. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Seorang pemahat bekerja di sebuah bengkel kerajinan alabaster atau sejenis batu pualam di Desa Gurna, Luxor, Mesir, 17 Desember 2020. Desa Gurna terkenal sebagai penghasil kerajinan tangan dan suvenir bergaya Mesir kuno yang dibuat dari pahatan alabaster. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Seorang pria melintasi sebuah bengkel kerajinan alabaster atau sejenis batu pualam di Desa Gurna, Luxor, Mesir, 17 Desember 2020. Desa Gurna terkenal sebagai penghasil kerajinan tangan dan suvenir bergaya Mesir kuno yang dibuat dari pahatan alabaster. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
Seorang pria melintasi sebuah bengkel kerajinan alabaster atau sejenis batu pualam di Desa Gurna, Luxor, Mesir, 17 Desember 2020. Desa Gurna terkenal sebagai penghasil kerajinan tangan dan suvenir bergaya Mesir kuno yang dibuat dari pahatan alabaster. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Seorang pria melintasi sebuah bengkel kerajinan alabaster atau sejenis batu pualam di Desa Gurna, Luxor, Mesir, 17 Desember 2020. Desa Gurna terkenal sebagai penghasil kerajinan tangan dan suvenir bergaya Mesir kuno yang dibuat dari pahatan alabaster. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 19 Desember: 75 Juta Orang di Dunia Positif COVID-19, 42 Juta Pulih

Posted: 18 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Total infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada hari Sabtu per pukul 10.48 WIB telah mencapai 75.627.593 kasus, dan 42.630.731 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan COVID-19 Dashboard by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University.

Total 1.674.060 orang dunia tercatat telah meninggal dunia akibat COVID-19, seperti dikutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, Sabtu (19/12/2020).

Data Johns Hopkins University juga menunjukkan bahwa India berada di posisi teratas untuk pasien pulih yakni 9.520.827 lalu disusul Brasil sebanyak 6.322.955. 

Infeksi di AS, negara dengan jumlah kasus COVID-19 terbesar di dunia, telah mencapai 17.459.296. 

Negara Bagian New York mencatat jumlah pasien sembuh COVID-19 terbanyak di AS, yaitu 94.057 orang pulih.

India, Brasil, Rusia, dan Prancis tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah AS.

India berada di posisi kedua dengan jumlah infeksi Virus Corona COVID-19 terbesar di dunia, sebanyak 9.979.447 kasus. 

Selanjutnya, kasus COVID-19 terbesar ketiga di dunia tercatat di Brasil, sebanyak 7.162.978 infeksi.

Sementara di Rusia, 2.764.843 orang dinyatakan positif terkena Virus Corona COVID-19, dan 2.207.398 pulih. 

Prancis kini berada di posisi kelima untuk kasus terbanyak, tercatat memiliki 2.499.529 infeksi dan 188.488 orang sembuh.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

1.771 Pekerja Medis di Malaysia Terinfeksi COVID-19

Banner Infografis 5 Saran Dokter untuk Penyintas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis 5 Saran Dokter untuk Penyintas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Sebanyak 1.771 kasus COVID-19 tercatat di antara pekerja kesehatan di Malaysia, dengan 1.359 kasus terdeteksi selama gelombang ketiga pandemi COVID-19, menurut keterangan dari kementerian kesehatan negara tersebut. 

Dilansir Channel News Asia, Kementerian Kesehatan Malaysia menambahkan bahwa 43 kasus baru tercatat pada 18 Desember 2020.

Dari mereka yang terinfeksi, yang sebagian besar adalah perawat, dengan 690 kasus yang tercatat, kata Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah.

Sementara kasus lainnya dialami oleh pekerja medis, staf medis, asisten dokter, dan petugas medis pascasarjana.

Menurut Dr Noor HIsham, 587 pekerja medis terinfeksi di antara masyarakat sementara 565 pekerja lainnya tertular virus dari rekan kerja mereka.

Selain itu, sebanyak 152 kasus infeksi terjadi dari pasien yang belum dipastikan positif, 58 kasus dengan sumber penularan yang tidak diketahui dan 409 kasus masih dalam penyelidikan untuk mengetahui sumber penularan.

"Saat ini 280 personel menerima perawatan dan dalam kondisi stabil di rumah sakit, dengan tingkat kesembuhan 84,2 persen," terang  Dr. Noor Hisham. 

"Sebanyak 1.697 petugas kesehatan di seluruh negeri sedang menjalani Perintah Pengawasan Rumah (HSO), baik di rumah atau fasilitas karantina mereka," lanjutnya. 

Malaysia telah melaporkan 1.683 infeksi baru COVID-19 selama 24 jam terakhir, menjadikan jumlah total kasus di negara itu sebanyak 90.816.

Namun belum ada kematian baru yang tercatat selama 24 jam terakhir, menjadikan jumlah total kematian akibat COVID-19 tetap sebanyak 432 orang. 

Selangor kini masih menjadi negara bagian Malaysia dengan jumlah kasus harian tertinggi yang tercatat, dengan total 692 infeksi baru.

Sementara itu, 1.214 kasus infeksi COVID-19 di Malaysia telah pulih, menjadikan total pemulihan mencapai 75.244.

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Vaksin Covid-19 Moderna Dapat Izin Penggunaan Darurat BPOM AS

Posted: 18 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta BPOM AS (FDA) memberikan izin penggunaan darurat vaksin covid-19 Moderna. Hingga kini sudah ada dua vaksin yang diizinkan dipakai di AS, yaitu Pfizer dan Moderna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Infinix Klaim Jual 40.000 Unit Smartphone di Harbolnas 12.12 Lazada

Posted: 18 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Infinix menjadi brand smartphone dengan unit penjualan terbanyak di gelaran Harbolnas 12.12, menurut data Lazada Indonesia.

Merek smartphone asal Hong Kong ini menjual lebih dari 40.000 unit smartphone di gelaran Harbolnas 12.12.

Ini bukan pertama kalinya mengingat di festival belanja 9.9 dan 11.11 sebelumnya di Lazada Indonesia Infinix juga meraih capaian serupa.

Country Marketing Manager Infinix Indonesia Sergio Ticoalu mengatakan, tahun 2020 ini, Infinix memiliki capaian luar biasa dalam hal penjualan dan branding.

"Kami fokus pada konsumen dengan selalu memberi smartphone dengan kualitas baik, spesifikasi terkini, dan harga terjangkau," tutur Ticoalu dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Jumat (18/12/2020).

Menurut dia, kunci dari semua capaian Infinix adalah memberi jawaban atas smartphone yang diinginkan konsumen di Indonesia.

Infinix Note 8 Paling Laris

Infinix Note 8 (Foto: Infinix Indonesia)
Infinix Note 8 (Foto: Infinix Indonesia)

Dari seluruh smartphone Infinix yang dijual di Indonesia, Infinix Note 8 jadi yang paling laris di Harbolnas 12.12 Lazada.

Smartphone paling baru Infinix ini dianggap menarik perhatian. Perangkat ini baru dirilis beberapa waktu lalu dan jadi salah satu smartphone Rp 2 jutaan yang unggul untuk keperluan gaming.

Tanpa menyebut jumlah, Infinix Note 8 diklaim habis terjual selama pelaksanaan flash sale Harbolnas 12.12 Lazada.

Tentang Infinix Note 8

Infinix Note 8 didukung gaming chipset Helio G80 yang memang ditujukan untuk perangkat entry level yang punya keunggulan di bidang gim mobile.

"Tahun ini kami merilis 3 smartphone yang ditujukan untuk pecinta gim mobile, Infinix Hot 10, Infinix Note 8, dan Infinix Zero 8 yang merupakan perangkat flagship," tutur Ticoalu.

Lebih lanjut, ketiganya menjadi perangkat gaming dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 1 jutaan.

Selain di Indonesia, Infinix mengklaim telah menjadi merek paling laris di Harbolnas Lazada Asia Tenggara.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Paslon Harno-Bayu Resmi Gugat Hasil Pilkada Rembang ke MK

Posted: 18 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Rembang - Tim kuasa hukum pasangan calon (paslon) Bupati dan wakil Bupati, Harno-Bayu Andriyanto, secara resmi telah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dengan permohonan perselisihan hasil Pilkada yang telah ditetapkan KPU Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Pengajuan gugatan MK tersebut, telah diterima secara resmi oleh panitera MK bernama Muhidin dan telah tercatat dalam website resmi MK pada Kamis (17/12/2020) pukul 23.59 WIB.

Salah satu kuasa hukum Harno-Bayu Andriyanto, Nimerodi Gulo menjelaskan, pihaknya menemukan banyak kecurangan yang ditengarai dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif. Bahkan, kecurangan tersebut tampak terang-terangan dilakukan.

"Pemilukada yang dilaksanakan di Rembang terdapat banyak kecurangan-kecurangan. Bahkan potensi TSM cukup terlihat, yakni ada yang bermain dengan menggunakan kekuasaannya dalam mengatur pemenangan pasangan calon tertentu," ungkap Gulo dalam keterangannya, Jumat (18/12/2020).

Sejumlah alat bukti, kata Gulo, telah dilampirkan dalam berkas gugatan tersebut. Menurutnya, pengajuan gugatan MK tersebut semata-mata untuk mencari keadilan terhadap kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam pelaksanaan Pilkada Rembang.

"Upaya untuk mencari keadilan terhadap kecurangan itu, kami sebagai PH mengajukan permohonan ke MK, sekaligus melakukan upaya-upaya lain termasuk melaporkan ke pihak-pihak terkait atas pelanggaran yang dilakukan oleh KPU dan Banwas," jelasnya.

Senada, tim advokasi Harno-Bayu Andriyanto, Karyono menyebut dugaan-dugaan pelanggaran yang terjadi di sejumlah TPS sejatinya telah diungkapkan secara langsung kepada pihak penyelenggara maupun panwas tingkat Kecamatan.

Hanya saja, kata Karyono, temuan-temuan tersebut tidak ditindaklanjuti oleh pihak terkait. Meskipun, temuan-temuan itu sempat diamini oleh sejumlah pihak.

"Temuan-temuan ini sebenarnya sudah secara langsung disampaikan oleh saksi-saksi kami dalam proses rekap kemarin di tingkat Kecamatan, hanya saja belum ada tindak lanjut. Kami datang ke Bawaslu membawa segepok data yang kami suguhkan untuk dicermati, sehingga Bawaslu Kabupaten bisa segera mengambil tindakan," terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Rembang, M Iqbal Fahmi saat dihubungi Liputan6.com mengatakan, pihaknya menghormati hak paslon nomor urut 01 Harno-Bayu Andriyanto untuk mengajukan gugatan terhadap hasil Pilkada.

"Kita akan mengikuti proses yang akan berlangsung di MK," ungkap Iqbal, sapaan akrabnya, Jumat (18/12/2020).

Sebelumnya diberitakan, KPU Kabupaten Rembang telah menetapkan paslon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 02 Abdul Hafidz-Hanies Cholil Barro pemenang Pilkada Rembang.

Meski demikian, KPU Kabupaten Rembang masih menunggu ada tidaknya gugatan yang diajukan MK oleh paslon lain atau partai pengusung nomor urut 01, yakni Harno-Bayu Andriyanto.

"Kita masih tunggu kalau hasil penetapan itu ada yang keberatan bisa mengajukan ke MK," kata Iqbal.

Menurutnya, apabila benar-benar ada gugatan itu, sesuai aturan maksimal waktunya selama 3 hari usai penetapan hasil rekapitulasi suara pada Selasa malam (15/12/2020).

"Ada tidaknya gugatan ke MK, terakhir hari Jumat ini pukul 24.00 WIB," terang Iqbal.

Dari hasil penetapan KPU, paslon nomor urut 01 Harno-Bayu Andriyanto yang diusung oleh partai Demokrat, Nasdem, Gerindra, PKS, dan Hanura meraih 208.736 suara.

Paslon ini menang di 5 kecamatan, yakni di Kecamatan Rembang kota, Kecamatan Kaliori, Kecamatan Sumber, Kecamatan Gunem, dan Kecamatan Kragan.

Sedangkan, paslon nomor urut 02 Abdul Hafidz-Hanies Cholil Barro yang diusung PPP, PKB, PDI Perjuangan, dan Golkar meraih 214.237 suara.

Paslon ini menang di 9 kecamatan, yakni di Kecamatan Bulu, Kecamatan Sale, Kecamatan Sarang, Kecamatan Sedan, Kecamatan Pamotan, Kecamatan Sulang, Kecamatan Pancur, Kecamatan Sluke, dan Kecamatan Lasem.

Selisih antara paslon nomor urut 01 dan 02, yakni 5.501 suara atau 1,3 persen. Artinya, paslon nomor urut 02 Abdul Hafidz-Hanies Cholil Barro mengungguli suara dari paslon nomor urut 01 Harno-Bayu Andriyanto.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Liga Inggris Southampton Vs Manchester City : Tim Tamu Haus Gol

Posted: 18 Dec 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Southampton bukanlah tim terberat yang menjadi lawan Manchester City di ajang Liga Inggris musim ini. Namun Saints yang tengah dalam performa fantastis berpotensi menjadi batu sandungan bagi The Citizens saat kedua tim bertemu di St Mary Stadium, Sabtu malam (19/12/2020) kick off 22.00 WIB.

Southampton saat ini berada di urutan ketiga pada papan klasemen sementara Liga Inggris 2020 dengan 24 poin, Sementara Manchester City terpaut lima peringkat di urutan 9 dengan 20 poin.

Bagi City, tambahan tiga poin sangat penting setelah dalam dua laga terakhir hanya mampu bermain imbang saat bertemu Manchester United (0-0) dan West Bromwich Albion (1-1). Kemenangan juga setidaknya bakal mengangkat moral para pemain The Citizens yang sedang terpuruk musim ini. 

Bukan perkara mudah bagi Manchester City mengalahkan Southampton yang tengah on fire. Namun Manchester City setidaknya memiliki amunisi yang mumpuni untuk menyelesaikan misi 3 poin ini.

Satu hal yang mungkin menjadi celah bagi Manchester City adalah performa lini depannya. Ketajaman The Citizens sedang menurun belakangan ini dan kerap kesulitan dalam menciptakan gol. 

"Dibandingkan tiga musim terakhir, tentu kami harus mencetak gol lebih banyak lagi--ini realitasnya, semua tahu itu," kata Guardiola seperti dilansir dari Sky Sports jelang pertandingan. 

"Namun ini tidak hanya tergantung pada satu pemain saja, semua juga bisa cetak gol. Ini masalah mental dan keinginan mereka mencetak gol. Jadilah positif, jadilah agresif," kata Guardiola. 

Sejauh ini, performa Sergio Aguero yang bertahun-tahun menjadi mesin gol City memang masih belum stabil. Cedera yang menimpa pemain Argentina itu membuat permainannya terus menurun. Sementara Gabriel Jesus sudah enam pertandingan tidak mencetak gol. Meski demikian, Guardiola belum menyerah dan masih berharap pada pemain lain mampu mengambil alih tanggung jawab itu.

"Dari 32 sampai 33 pertandingan yang kami jalani, Aguore hanya bisa tampil lima kali. Sementara Garbiel Jesus adalah pemain dengan menit bermain dan gol banyak di Premire League. Dia merupakan satu dari tiga penyerang terbaik sepanjang sejarah," ujar Guardiola menjelaskan.

"Namun tentu beban itu tidak hanya berada di pundaknya saja. Sebagai striker dia memang punya tugas mencetak gol, tapi seperti saya katakan tadi, siapapun bisa mencetak gol," beber Guardiola.

Lalu seperti apa prediksi susunan pemain Shouthampton Vs Manchester City? Simak di halaman selanjutnya. 

 

 

 

Prediksi Line Up

Southampton vs Manchester City (Liputan6.com/Abdillah)
Southampton vs Manchester City (Liputan6.com/Abdillah)

Southampton: McCarthy; Walker-Peters, Bednarek, Vestergaard, Bertrand; Walcott, Ward-Prowse, Romeu, Armstrong; Adams, Ings

Manchester City:Ederson; Walker, Stones, Dias, Cancelo; Fernandinho, Gundogan; Mahrez, De Bruyne, Sterling; Aguero

Head to head

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Head-to-Head (Premier League)

Pertemuan: 32

Southampton menang: 7

Gol Southampton: 34

Imbang: 7

City menang: 18

Gol City: 56.

 

5 Pertemuan Terakhir

06-07-2020 Southampton 1-0 City (EPL)

02-11-2019 City 2-1 Southampton (EPL)

30-10-2019 City 3-1 Southampton (EFL Cup)

30-12-2018 Southampton 1-3 City (EPL)

04-11-2018 City 6-1 Southampton (EPL).

 

5 Pertandingan Terakhir

 

5 Laga Terakhir Southampton

24-11-20 Wolverhampton 1-1 Southampton (EPL)

29-11-20 Southampton 2-3 MU (EPL)

08-12-20 Brighton 1-2 Southampton (EPL)

13-12-20 Southampton 3-0 Sheffield (EPL)

17-12-20 Arsenal 1-1 Southampton (EPL).

 

5 Laga Terakhir City

02-12-20 Porto 0-0 City (UCL)

05-12-20 City 2-0 Fulham (EPL)

10-12-20 City 3-0 Marseille (UCL)

13-12-20 MU 0-0 City (EPL)

16-12-20 City 1-1 West Brom (EPL).

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Infrastruktur Bukan Sekedar Bangun Jalan, tapi Konektivitas ke 75 Ribu Desa

Posted: 18 Dec 2020 08:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi, menyatakan komitmennya dalam enam tahun membangun infrastruktur yang menghubungkan antardaerah. Menurut dia, pemerintah tidak sebatas membangun jalan tol, jalur kereta api, dan lainnya, tapi juga konektivitas digital ke seluruh wilayah.

"Infrastruktur juga meningkatkan konektivitas budaya, gagasan, dan semangat sebagai sebuah bangsa besar," tulis Jokowi dalam akut Twitter resminya, @jokowi, seperti dilihat Liputan6.com, Sabtu (19/12/2020).

Jokowi meyakini, konektivitas fisik dan digital akan semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Selain itu, menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, konektivitas juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi pengalaman dalam membangun daerah dan desa.

"Ingat ada 75 ribu desa, 514 kabupaten/kota yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Kita terus membangun infrastruktur digital yang lengkap dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia," jelas Jokowi.

 

Gunakan untuk Tujuan Positif

Mantan Wali Kota Solo ini pun mengajak, agar masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan konektivitas sebagai infrastruktur yang digunakan untuk tujuan yang positif

"Mari kita manfaatkan untuk hal-hal yang positif. Mengisinya dengan penuh tanggung jawab, termasuk mengisi pemberitaan di media sosial dengan keteduhan dan kesejukan," Jokowi menandasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernah Dikabarkan Dekat dengan Reza D'Academy, Ini 6 Potret Terbaru Uyaina Arshad

Posted: 18 Dec 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Reza D'Academy sebentar lagi akan melepas masa lajangnya. Beberapa waktu yang lalu, ia telah bertunangan dengan sang kekasih yakni Valda Alviana. Dua sejoli ini pun juga telah melakukan pemotretan prewedding.

Sebelum akhirnya melabuhkan hatinya pada Valda Alviana lewat taaruf, Reza D'Academy pernah dikabarkan dekat dengan pembawa acara Dangdut Academy Asia asal Malaysia bernama Uyaina Arshad.

Kabar ini pun bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan chemistry keduanya yang nampak sangat serasi ketika berada di atas panggung. Bahkan, keduanya pun sempat didoakan agar bisa berjodoh oleh para penggemar. Kendati demikian, hubungan keduanya hanya sebatas teman. 

Berikut ini merupakan kumpulan potret Uyaina Arshad, wanita yang pernah dikabarkan dekat dengan Reza D'Academy. Dilansir dari laman Instagram @uyainaarshad oleh Liputan6.com, Sabtu (19/12/2020).

 

1. Uyaina Arshad pernah menjadi pembawa acara ajang pencarian bakat Dangdut Academy Asia 4 dan 5.

Potret Uyaina Arshad. (Sumber: Instagram/uyainaarshad)
Potret Uyaina Arshad. (Sumber: Instagram/uyainaarshad)

2. Wanita bernama lengkap Shaidatul Naseha Uyaina Arshad ini merupakan juara Puteri Muslimah Asia.

Potret Uyaina Arshad. (Sumber: Instagram/uyainaarshad)
Potret Uyaina Arshad. (Sumber: Instagram/uyainaarshad)

3. Dara kelahiran Kuala Kangsar, 16 November 1992 ini adalah lulusan jurusan hukum di salah satu kampus di Malaysia.

Potret Uyaina Arshad. (Sumber: Instagram/uyainaarshad)
Potret Uyaina Arshad. (Sumber: Instagram/uyainaarshad)

4. Pembawaan yang ceria serta parasnya yang menawan membuat Uyaina Arshad sering menjadi sorotan.

Potret Uyaina Arshad. (Sumber: Instagram/uyainaarshad)
Potret Uyaina Arshad. (Sumber: Instagram/uyainaarshad)

5. Tak hanya berkarier sebagai pembawa acara saja, namun wanita yang akrab disapa Yana ini juga merambah ke bidang akting.

Potret Uyaina Arshad. (Sumber: Instagram/uyainaarshad)
Potret Uyaina Arshad. (Sumber: Instagram/uyainaarshad)

6. Chemistry yang apik dari Yana dan Reza D'Academy di atas panggung, membuat keduanya sempat didoakan berjodoh oleh para penggemar pada tahun 2019 lalu.

Potret Uyaina Arshad. (Sumber: Instagram/uyainaarshad)
Potret Uyaina Arshad. (Sumber: Instagram/uyainaarshad)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Bentrokan Massa Pendukung Rizieq Shihab dengan Polisi

Posted: 18 Dec 2020 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aksi unjuk rasa pendukung Rizieq Shihab hari Jumat (18/12) berujung ricuh. Sebagian peserta demo bentrok dengan polisi di daerah Tanah Abang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kilang Pertamina Cilacap Dukung UMKM melalui Implementasi Pasar Digital

Posted: 18 Dec 2020 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap berkomitmen mendukung perkembangan UMKM, salah satunya melalui implementasi Pasar Digital (PaDi) UMKM. Hal itu diungkapkan Senior Manager Operation & Manufacturing (SMOM) Pertamina RU IV Cilacap, Didik Subagyo dalam sambutan Sosialisasi dan Implementasi PaDi UMKM Kementerian BUMN di Pertamina RU IV Cilacap, Rabu (16/12/2020).

Didik Subagyo menyatakan PaDi merupakan platform digital untuk memfasilitasi pengembangan potensi pelaku ekonomi lokal di Indonesia. "Kehadiran PaDi UMKM bertujuan memonitor kontribusi BUMN terhadap UMKM di Indonesia. Melalui PaDi ini semua bisa melihat bagaimana BUMN memberikan nilai lebih bagi perkembangan UMKM," ujarnya.

Diharapkan PaDi UMKM bisa memberikan manfaat besar, dan membuat UMKM semakin handal sehingga semakin sejahtera secara berdikari. "UMKM adalah salah satu instrumen penting dalam rantai ekonomi di Indonesia. Pemanfaatan teknologi melalui PaDi diyakini mampu mendukung percepatan pertumbuhan sektor ini," imbuh Didik.

Manajer Procurement Pertamina RU IV, John Wane Sinaga menjelaskan target dari sosialisasi ini adalah agar UMKM di wilayah Kabupaten Cilacap bisa bergabung dengan PaDi UMKM.

"UMKM di Kabupaten Cilacap sebenarnya sudah banyak, hanya belum registrasi di PaDi. Kami mengajak pelaku UMKM Cilacap meramaikan platform digital ini, karena realisasi transaksi di platform ini masih 25 % sehingga diharapkan segera naik," katanya.

Diketahui, pada platform PaDi UMKM, Pertamina bersama 7 BUMN lain bertugas sebagai pilot pada 9 kelompok kegiatan UMKM, termasuk UMKM yang diasuh dalam program pembinaan Rumah BUMN dan Community Development Center (CDC) tiap-tiap BUMN.

Bagi UMKM kemudahan yang diperoleh antara lain akses pasar lebih luas hingga BUMN, e-commerce skala lokal dan global, pembiayaan/permodalan, dan insight bagi UMKM untuk peningkatan kualitas produk. Bagi BUMN, PaDi UMKM memudahkan perbelanjaan kebutuhan kantor dengan seller yang terverifikasi dan monitoring procurement yang jelas. Sedangkan bagi pemerintah, PaDi UMKM menjadi dasar untuk program peningkatan ekonomi rakyat, dengan memberikan data valid terkait profil UMKM dan pemetaan usaha rakyat.

Ketua Forum UMKM Cilacap, Erna Juliana menyambut antusias kehadiran PaDi UMKM sebagai sarana memperluas jejaring pemasaran produk-produk UMKM Cilacap. "Pandemi Covid-19 di sisi lain mempercepat digitalisasi pemasaran produk, karena mobilitas kita yang jelas dibatasi. Maka alternatif paling tepat melalui pasar digital PaDi ini," katanya.

Sosialisasi diselenggarakan secara virtual diikuti sejumlah pejabat dinas terkait, forum UMKM, dan para pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Cilacap.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPJamsostek Genjot Kerjasama Pastikan Perlindungan Jamsostek Bagi PMI

Posted: 18 Dec 2020 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tiga tahun berselang, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) terus ditingkatkan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK). Karena, pasca-terbitnya Undang undang Nomor 18 tahun 2017, perlindungan jaminan sosial PMI resmi diambil alih BPJAMSOSTEK. Hal ini dibuktikan dengan kerjasama-kerjasama strategis yang dilakukan BPJAMSOSTEK seperti dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dalam memberikan jaminan perlindungan bagi PMI.

Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto mengatakan pihaknya telah menjalin berbagai kerjasama dengan stakeholder terkait untuk memastikan PMI dapat mengakses BPJAMSOSTEK di manapun mereka berada, khususnya bagi mereka yang telah berada di negara penempatan.

Hal ini diakui oleh Agus sebagai tantangan yang harus bisa ditaklukkan, agar para PMI khususnya yang sudah berada di negara penempatan tetap mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. "Kerjasama dengan BP2MI kali ini akan memudahkan PMI dalam melakukan pendaftaran, mendapatkan layanan dan informasi terkait BPJAMSOSTEK.

Agus menyatakan perlindungan BPJAMSOSTEK ini tanpa memandang jenis pekerjaan, seluruh individu yang memiliki aktivitas kerja tentunya terpapar oleh risiko pekerjaan yang berpotensi mengancam kesejahteraan dari sisi sosial ekonomi para pekerja. Para pekerja tersebut antara lain pekerja Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU), termasuk pula PMI.

Tantangan inilah yang dimaksud oleh Agus bahwa PMI punya risiko kerja yang tidak kalah besar. Melalui program BPJAMSOSTEK, PMI mendapatkan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan secara opsional PMI dapat ikut serta dalam program Jaminan Hari Tua (JHT). Agus mengatakan bahwa hingga saat ini, jumlah PMI yang terdaftar sebagai peserta aktif sebanyak 424 ribu, dari jumlah PMI yang tercatat sebanyak kurang lebih 3 juta pekerja.

Tantangan terbesar dari menggaet kepesertaan PMI yang masih sangat besar itu terjadi karena sebagian besar PMI sudah berada di negara penempatan pada saat regulasi tersebut diberlakukan. "Gap yang cukup besar tersebut dapat kita minimalisir salah satunya dengan melakukan kerjasama strategis bersama instansi terkait untuk memberikan akses kepada PMI di negara penempatan,"tuturnya.

Penandatanganan nota kesepahaman dengan BP2MI dilakukan di Lounge PMI Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (18/12), antara Agus Susanto bersama dengan Benny Rhamdani, Kepala BP2MI. Poin penting yang dapat diambil dari kerjasama ini adalah memastikan perlindungan kepada PMi dan Calon PMI mulai dari tahapan sebelum bekerja, saat bekerja, dan setelah pulang dari negara penempatan. Selain itu juga mengakomodir pelayanan klaim dan integrasi aplikasi calon PMI dan PMI, di samping melakukan sosialisasi dan edukasi jaminan sosial ketenagakerjaan bersama.

Masih jelas dalam ingatan pada bulan November 2020 yang lalu BPJAMSOSTEK juga menjalin kerjasama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) agar para PMI bisa melakukan pendaftaran secara mandiri melalui portal milik Kemenlu yang telah terintegrasi dengan aplikasi milik BPJAMSOSTEK.

"Semoga dengan kerjasama ini seluruh pekerja WNI mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang menjadi hak mereka dalam mencapai kesejahteraan dan menjamin keamanan dan kenyamanan dalam menjalani aktivitas bekerja," tutup Agus.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PD Pasar Jaya Klaim Distribusi Sembako Bansos Covid-19 di Jakarta Tepat Sasaran

Posted: 18 Dec 2020 08:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Manager Pemasaran Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya Gatra Vaganza, menyatakan pelaksanaan distribusi sembako bantuan sosial (bansos) Covid-19 di DKI Jakarta sudah dilakukan berdasarkan data yang ada.

"PD Jaya selaku pelaksana dari Dinas Sosial DKI Jakarta terkait dana dan untuk pendistribusian bantuan Covid-19 sudah sangat tepat sasaran," kata Gatra dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/12/2020).

Dia menuturkan, PD Pasar Jaya telah melakukan pertemuan dengan poros Rawamangun terkiat pendistribusian tersebut. Dia juga mengklaim, pembagian bansos tersebut telah dilakukan berdasarkan prosedur yang ada.

"Dari mulai gudang, packing dan pendistribusiannya PD Jaya selalu mengutamakan pelayanan masyarakat, juga diawasi oleh Dinsos dan Inspektorat yang selalu hadir setiap saat di gudang, mengawasi terkait dengan item dan kualitasnya," ucapnya.

 

Bansos Covid-19 Sembako Diganti Jadi Tunai

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI sepakat mengganti bantuan sosial atau Bansos kebutuhan pangan diganti menjadi bantuan tunai. Nilai bantuan tunai sebesar Rp 300 ribu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kesepakatan itu diambil saat Pemprov DKI melakukan rapat bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi.

"Kami, Pak Gubernur, sepakat bansos 2021 dalam bentuk sosial tunai," ucap Riza di Balai Kota, Kamis (17/12/2020).

Bantuan yang akan dimulai pada Januari hingga Juni 2021 akan ditransfer melalui Bank DKI atau PT Pos Indonesia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian ESDM Raih Penghargaan di Bidang Top Public Relation

Posted: 18 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Iconomics Research and Consulting memberikan apresiasi kepada insan Humas atau Public Relations (PR) melalui Iconomics Indonesia PR Person Award 2020. Apresiasi tersebut diberikan kepada individu yang memiliki peran dalam Kehumasan di masing-masing instansinya.

Pada acara tersebut, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjadi salah satu penerima penghargaan. Melalui Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Agung Pribadi, Kementerian ESDM meraih Top 40 Public Relations (PR) Persons Award 2020.

Penghargaan ini diberikan kepada tokoh PR institusi sebagai gambaran atau wajah dari sebuah institusi. Di masa krisis, kemampuan penyampaian pesan sang ujung tombak institusi dalam mendiseminasikan kebijakan dan program menjadi hal yang utama. Kemampuan dari seorang personal PR juga dituntut semakin agile dan adaptif di masa pandemic Covid-19, dimana sebagian pekerjaan telah dialihkan dalam ranah daring.

Award ini memilih 40 insan PR berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh Iconomics Research. Insan PR yang terpilih berasal dari Perusahaan, Kementerian, Lembaga dan Organisasi. "Kriteria penilaian berdasarkan 3 aspek, yakni Exposure, Influence, dan Creativity," kata Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro.

Adapun exposure merupakan insan PR yang menerima Award memiliki keterkenalan (Personal Brand Awareness) di kalangan media maupun publik. Influence didefinisikan insan Penerima Award memiliki pengaruh dari sisi pembentukan opini dan pemikiran media maupun publik. Dan creativity merupakan praktisi PR yang terpilih memiliki pendekatan yang dinamis dan kreatif dalam menjalankan komunikasi institusinya.

 

Tingkatkan Peran

Apresiasi kepada para praktisi PR/kehumasan ini harapannya dapat mendorong para insan PR yang lainnya untuk meningkatkan perannya. Harapan lainnya adalah lahirnya praktisi-praktisi PR yang mumpuni serta inovatif dan kreatif.

Selain Agung Pribadi dari Kementerian ESDM, untuk kalangan birokrat Kementerian/Lembaga, award ini juga diberikan kepada Suryo Utomo (Direktorat Jenderal Pajak), Arya Mahendra Sinulingga (Kementerian BUMN), Endra S. Atmawidjaja (Kementerian PUPR) dan Irjen Pol Argo Yuwono (Kepolisian Negara Republik Indonesia).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ancol Raih Sertifikasi CHSE Jelang Libur Akhir Tahun 2020, Apa Saja yang Lolos?

Posted: 18 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar baik bagi Taman Impian Jaya Ancol jelang libur akhir tahun 2020. Destinasi wisata yang berada di utara Jakarta itu baru saja meraih sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE) yang diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Sertifikasi CHSE diberikan untuk pengelola industri pariwisata yang dinilai telah memiliki dan menerapkan protokol kesehatan adekuat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Tidak seluruh fasilitas yang berada di Ancol memperolehnya. 

Dikutip dari rilis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (19/12/2020), sertifikasi CHSE yang diperoleh Ancol terbagi menjadi empat, yakni wisata selam, daya tarik wisata, restoran, dan MICE. Dari kategori daya tarik wisata, ada tiga area yang memperolehnya, yakni Dunia Fantasi dan toko merchandise-nya, Ocean Dream Samudra, dan Sea World Ancol.

Sea World Ancol mewakili kategori selam yang mendapat sertifikasi CHSE. Sementara, restoran yang mendapat sertifikasi CHSE adalah Restoran Nyiur di Putri Duyung Resort dan Restoran Ombak Laut di kawasan Pantai Carnaval. Terakhir, Allianz Ecopark meraih sertifikasi tersebut untuk kategori MICE.

"Perolehan sertifikasi ini memberikan motivasi yang baik, sehingga dapat meningkatkan komitmen kami untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik dengan standar protokol kesehatan yang aman dan nyaman," kata Resort & Tirta Group Head Taman Impian Jaya Ancol, Thomas Riandi Jo.

Ia menerangkan sejak beroperasi kembali selama masa PSBB Transisi, Manajemen Ancol menerapkan konsep Senang Selamat Bareng-Bareng (SSBB) kepada seluruh pengunjung, mitra, dan karyawan. Protokol yang diberlakukan meliputi disiplin melaksanakan 3M dan pembelian tiket secara daring sebagai pencegahan penyebaran Covid-19.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ancol Tanpa Event Akhir Tahun

Pengunjung menikmati suasana Pantai Ancol, Jakarta, menjelang berlakunya PSBB, Sabtu (12/9/2020). Pemprov DKI berencana menutup sejumlah tempat rekreasi di antaranya Ancol, Ragunan, Monas, dan Taman Mini Indonesia Indah saat PSBB total pada 14 September mendatang. (Liputan6.com/Herman Zaharia)
Pengunjung menikmati suasana Pantai Ancol, Jakarta, menjelang berlakunya PSBB, Sabtu (12/9/2020). Pemprov DKI berencana menutup sejumlah tempat rekreasi di antaranya Ancol, Ragunan, Monas, dan Taman Mini Indonesia Indah saat PSBB total pada 14 September mendatang. (Liputan6.com/Herman Zaharia)

Head Corporate Communication PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari menambahkan, manajemen Ancol kini membolehkan pengunjung yang ber-KTP non-DKI Jakarta untuk berkunjung ke kawasan wisata tersebut. Meski begitu, kebijakan reservasi masih diberlakukan.

"Kami masih terus mendorong pengunjung membeli tiket secara online dan melakukan reservasi. On the spot bisa dilayani bila kondisi darurat. Misalnya sudah beli tiket (online) lima, tapi yang datang enam, nah kita layani tambahan satunya," tutur Rika.

Selain itu, pengunjung yang berusia di bawah 9 tahun dan di atas 65 tahun sudah diperkenankan berkunjung ke ruang terbuka hijau yang ada di kawasan Ancol. Hanya saja, pembatasan waktu operasional masih berlaku, yakni maksimal dibuka hingga pukul 21.00 WIB untuk pintu gerbang dan pukul 22.00 WIB untuk kawasannya.

"Kuotanya juga hanya 50 persen dari kapasitas," imbuh dia.

Perihal acara tahun baru yang biasanya digelar manajemen Ancol secara meriah, Rika memastikan tidak akan ada event apa pun untuk tahun ini. Hal tersebut sesuai arahan pemerintah pusat soal menghindari kerumunan untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Kami pastikan tidak ada event apa pun pas saat tanggal 31, tidak ada kegiatan apa pun," kata Rika.

Tips Libur Aman Bebas Covid-19

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: