Minggu, 27 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jangkau Daerah Terluar, Menhub Bakal Beli Pesawat Karya Anak Bangsa N219

Posted: 27 Dec 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membeli pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Pesawat ini akan dibeli untuk memenuhi kebutuhan pesawat yang menjangkau daerah 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan).

"Kita harapkan ini bisa menjangkau daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan (3TP)," kata Budi di acara Aero Summit 2020 secara virtual, Jakarta, Senin (28/12/2020).

Selain itu pesawat ini akan digunakan juga untuk keperluan kalibrasi fasilitas penerbangan dan sebagai angkutan perintis. Budi berharap adanya pesawat N219 ini bisa diikuti dengan pengembangan pembangunan.

Salah satunya untuk kebutuhan daerah pariwisata yang juga sedang dikembangkan pemerintah. Sehingga pihaknya tidak perlu lagi membangun banyak bandara di berbagai tempat yang harus memiliki landasan pacu dengan lahan luas. Sebab pesawat ini bisa mendarat dengan landasan 700 meter.

"Sehingga Kementerian Perhubungan tidak perlu bangun bandara di semua wilayah, ini memberikan manfaat maksimal," kata dia.

Sebagai informasi N219 merupakan pesawat udara kategori komuter. High-wing monoplane dengan mid tail empennage dan unpressurised cabin berkapasitas maksimum 19 penumpang.

Pengembangan dari pesawat N259 ini memiliki roda pendarat fuselage mounted non-retractable tricycle, 2(dua) engine turboprop PT6A-42 dengan 4 bilah propeller Hartzell. Dilengkapi juga dengan sistem navigasi-komunikasi Garmin 1000 Next Generation.

Pesawat N219 akhirnya mendapatkan sertifikat setelah menjalani proses sertifikasi selama hampir 7 tahun.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Lolos Uji, Kemenhub Serahkan Sertifikat Pesawat N219 ke PT Dirgantara Indonesia

Pesawat N219 Nurtanio produksi PT Dirgantara Indonesia (Tommy Kurnia/Liputan6.com)
Pesawat N219 Nurtanio produksi PT Dirgantara Indonesia (Tommy Kurnia/Liputan6.com)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi menyerahkan sertifikat tipe Pesawat N219 kepada PT Dirgantara Indonesia (DI). Penyerahan sertifikat oleh Ditjen Perhubungan Udara kepada PT DI disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (28/12/2020).

Sesuai dengan UU. No.1 tahun 2009, pasal 13 menyebutkan bahwa pesawat udara, mesin pesawat udara, dan baling-baling pesawat udara yang akan dibuat untuk digunakan secara sah (eligible), harus memiliki rancang bangun yang disertifikasi oleh Ditjen Perhubungan Udara. Setelah melalui rangkaian uji dalam proses sertifikasi dan final certification board meeting pada 18 Desember 2020, sertifikat tipe untuk pesawat udara N219 resmi diterbitkan.

"Kami mengapresiasi tersertifikasinya pesawat N219 yang merupakan karya anak bangsa. Selesainya proses sertifikasi tipe diharapkan menjadi tonggak bersejarah kebangkitan industri rancang bangun pesawat udara di Indonesia setelah era pengembangan pesawat buatan anak bangsa N250 sekitar 30 tahun lalu yang diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia ke-3 B. J. Habibie, " Budi Karya.

Menhub berharap, pencapaian ini dapat menjadi motivasi PT Dirgantara Indonesia untuk terus berinovasi, karena masih diperlukan penyempurnaan teknis pada pesawat generasi selanjutnya sehingga bisa bersaing dengan pesawat buatan luar negeri dan mempunyai daya jual yang tinggi.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, Kemenhub berencana memesan pesawat N219 utk keperluan kalibrasi fasilitas penerbangan dan memenuhi kebutuhan pesawat untuk menjangkau daerah 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan) serta angkutan perintis.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto menjelaskan, Sertifikasi terhadap pesawat udara model N219 dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Udara sejak Febuari 2014. Sesuai dengan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) bagian 21 atau Civil Aviation Safety Regulation (CASR) Part 21, masa sertifikasi berlaku selama 3 tahun, dan Ditjen Perhubungan Udara telah memberikan 2 (dua) kali ijin perpanjangan pada tanggal 8 Februari 2017 dan 11 Februari 2020.

Kebanggaan

Kementerian Perhubungan secara resmi menyerahkan sertifikat tipe Pesawat N219 kepada PT Dirgantara Indonesia (DI). (Foto: Kemenhub)
Kementerian Perhubungan secara resmi menyerahkan sertifikat tipe Pesawat N219 kepada PT Dirgantara Indonesia (DI). (Foto: Kemenhub)

Direktur Utama PT Digantara Indonesia Elfien Guntoro mengatakan, Pesawat N219 merupakan sebuah kebanggaan bagi bangsa Indonesia karena sepenuhnya merupakan karya anak bangsa dan juga merupakan prestasi pertama untuk dapat menyelesaikan evaluasi dan tes bagi pesawat dengan kompleksitas cukup besar ini.

"Sebuah kebanggaan bagi bangsa Indonesia untuk pertama kali berhasil menyelesaikan sertifikasi pesawat yang sepenuhnya merupakan karya anak bangsa dan juga merupakan prestasi pertama bagi PT. Dirgantara Indonesia serta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk dapat menyelesaikan evaluasi dan test bagi produk pesawat terbang nasional dengan kompleksitas cukup besar ini" kata Erfien.

Sebagai informasi N219 adalah pesawat udara kategori komuter, high-wing monoplane dengan mid tail empennage, unpressurised cabin berkapasitas maksimum 19 penumpang, dengan roda pendarat fuselage mounted non-retractable tricycle, 2(dua) engine turboprop PT6A-42 dengan 4 bilah propeller Hartzell, serta dilengkapi sistem navigasi-komunikasi Garmin 1000 Next Generation. Pesawat N219 akhirnya mendapatkan sertifikat setelah menjalani proses sertifikasi selama hampir 7 tahun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta soal Video Viral Parodikan Lagu Indonesia Raya

Posted: 27 Dec 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Viral sebuah video parodi lagu kebangsaan Indonesia Raya di sosial media. Akun penyebar video tersebut diduga milik warga negara Malaysia.

Pada video parodi itu, lirik lagu Indonesia Raya diubah oleh pelaku menjadi kata-kata yang provokatif. Selain itu, Burung Garuda yang menjadi simbol negara Indonesia diganti menjadi ayam.

Pemeritah Malaysia pun angkat bicara. Lewat kedutaan besar-nya yang ada di Jakarta, pihak terkait menyampaikan pernyataan resmi.

"Apabila konten tersebut diunggah oleh warga Malaysia, maka langkah tegas akan diambil oleh Pemerintah Malaysia sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," tulis pernyataan tersebut di akun Twitter @MYEmbJKT.

Senada, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan, investigasi pelecehan lagu Indonesia Raya itu dilakukan kepolisian Malaysia sejak Sabtu 26 Desember 2020.

Berikut fakta-fakta terkait viral video parodi lagu kebangsaan Indonesia Raya di sosial media dihimpun Liputan6.com:

 

Viral di Sosial Media, Netizen Indonesia Geram

Ilustrasi Media Sosial. KreditL Photo Mix from Pixabay
Ilustrasi Media Sosial. KreditL Photo Mix from Pixabay

Sebuah video yang memparodikan lagu kebangsaan Indonesia Raya viral di media sosial. Diduga, akun penyebar video tersebut milik warga negara Malaysia.

Dalam video parodi lagu Indonesia Raya yang diunggah, pelaku melakukan perubahan dalam bentuk lirik. Tiap kata yang diubah mengandung kata-kata provokatif.

Bukan berhenti situ saja, Burung Garuda yang menjadi simbol negara Indonesia juga diganti menjadi ayam. Dalam rekaman video itu juga terlihat kalimat Bhinneka Tunggal Ika yang ditulis secara terbalik.

Pengguna media sosial Indonesia mengecam tindakan tersebut. Dalam kolom komentar, banyak pihak yang menyarankan agar video berisik pesan provokatif di parodi lagu Indonesia Raya itu di-report.

"Siapapun oknum tsb...saya yakin segera di tangkap ,tolong jangan di ampuni tindak tegas ini menyangkut harkat dan martabat bangsa Indonesia," tulis akun Miftachur Rifqi.

"HALLO WARGA INDONESIA🙏 PLISS YA JANGAN BUAT BALIK LAGU KEBANGSAAN MALAYSIA JADI PARODI,TUNJUKKAN BAHWA INDONESIA LEBIH BISA BERFIKIR CERDAS," tulis akun Anggun permata sona.

"Aku orang malaysia..aku kecewa sikap individu yang menghina indonesia," tulis hyper malaya.

Kini, video yang bersumber dari akun asli tersebut terpantau tak bisa diakses kembali. Namun, masih ada sejumlah akun yang menyimpan dan membagikan ulang di situs pemutar video.

 

Kedubes Malaysia Angkat Bicara

Dubes Zainal memberi pidato untuk membuka perayaan HUT Kemerdekaan malaysia di Indonesia, Rabu (11/9/2019) (Liputan6.com/Windy Febriana)
Dubes Zainal memberi pidato untuk membuka perayaan HUT Kemerdekaan malaysia di Indonesia, Rabu (11/9/2019) (Liputan6.com/Windy Febriana)

Pemeritah Malaysia angkat suara terkait video parodi lagu Indonesia Raya yang viral di media sosial. Lewat Kedutaan Besar-nya yang ada di Jakarta, pihak terkait menyampaikan pernyataan resmi.

Dalam sebuah pernyataan, Kedubes Malaysia menyampaikan bahwa pihaknya telah memproses hal ini ke pihak berwenang.

"Apabila konten tersebut diunggah oleh warga Malaysia , maka langkah tegas akan diambil oleh Pemerintah Malaysia sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," tulis pernyataan tersebut di akun Twitter @MYEmbJKT.

Pemerintah Malaysia juga menyebutkan bahwa pihaknya mengutuk keras segala bentuk provokasi negatif.

Termasuk upaya atau niat untuk memengaruhi hubungan bilateral kedua negara yang selama ini terjalin antara Pemerintah Malaysia dan Indonesia.

 

Kemlu Sebut Polisi Malaysia Lakukan Investigasi

Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan, kepolisian Malaysia tengah melakukan investigasi terkait video yang beredar di media sosial yang mendiskreditkan Republik Indonesia. Video tersebut berisi lagu kebangsaan Indonesia Raya yang liriknya diubah dengan kata-kata provokatif.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan, investigasi pelecehan lagu Indonesia Raya itu dilakukan kepolisian Malaysia sejak Sabtu 26 Desember 2020.

"Berdasarkan laporan KBRI KL, pihak kepolisian Malaysia sedang melakukan investigasi hal ini. (Investigasi) kemarin," ujar Teuku kepada merdeka.com, Minggu 27 Desember 2020.

Teuku tidak berkomentar banyak terkait lokasi pembuatan konten video parodi Lagu Indonesia Raya yang diduga dari Malaysia itu.

"Kita tunggu hasil investigasi ya," jelas Teuku.

 

DPR Minta Malaysia Lakukan Langkah Konkret

Ilustrasi Bendera Indonesia Credit: unsplash.com/Nick
Ilustrasi Bendera Indonesia Credit: unsplash.com/Nick

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengecam dan mengutuk keras penghinaan dan pelecehan lagu Indonesia Raya di akun Youtube My Asean yang mengaku berasal dari Malaysia.

Azis Syamsuddin mendesak Kedubes Malaysia untuk Indonesia dapat mengambil langkah konkret serta mengungkap aktor di balik parodi lagu Indonesia Raya yang dapat menimbulkan efek buruk bagi hubungan bilateral ke dua negara.

"Malaysia harus dapat menangkap pelaku dan mengumumkan secara resmi. Ini sebuah penghinaan terhadap simbol negara bangsa Indonesia, lagu kebangsaan Indonesia Raya merupakan salah satu empat simbol negara selain bendera, bahasa dan lambang negara," kata Azis Syamsuddin dalam keterangannya, Senin (28/12/2020).

Politikus Golkar itu meminta Kementerian Luar Negeri serta institusi negara yaitu Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Badan Intelijen Negara (BIN) dapat melakukan komunikasi dan koordinasi serta mengambil langkah tegas dan terukur terhadap permasalahan tersebut.

"Kemenlu harus tegas menyampaikan nota diplomatik, mengirimkam surat protes kepada Pemerintah Malaysia dan pihak BSSN serta BIN dapat segera bekerja melakukan investigasi dan menggali informasi terhadap motif tersebut. Antarnegara tetangga perlu saling menghormati," tutup Azis.

Urutan Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia

INFOGRAFIS: Urutan Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Urutan Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontroversi Kontes Kecantikan untuk Wanita Plus-Size di Malaysia

Posted: 27 Dec 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Malam final kontes kecantikan Miss Plus World Malaysia (MPWM) 2020 yang dijadwalkan berlangsung pada 2 Januari 2021 di Sunway Putra Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, terancam batal. Melansir laman Says, Senin (28/12/2020), ajang bagi wanita plus-size itu tak boleh diselenggarakan, menurut pemerintah.

Ahmad Marzuk Shaary, Wakil Menteri Departemen Perdana Menteri yang membidangi Urusan Agama, mengatakan bahwa pemerintah berpandangan tak tepat untuk menyelenggarakan kontes kecantikan plus-size seperti itu.

Bernama melaporkan, Ahmad Marzuk mengatakan, pemerintah masih menunggu tanggapan dari penyelenggara kontes plus-size tentang kesimpulan akhir penyelenggara acara tersebut. Ia mengatakan, pemerintah melalui Yayasan Dakwah Islamiah Malaysia (YADIM), telah menemui penyelenggara untuk membujuk mereka membatalkan penayangan program itu.

Pekan lalu, YADIM, kelompok yang dibentuk untuk mempromosikan Islam, memprotes malam final Miss Plus World Malaysia 2020. Presiden kelompok itu, Nasruddin Hassan, mengklaim bahwa program seperti itu mengeksploitasi perempuan dan mempromosikan budaya hedonistik.

Menurut Wamenhub, acara tersebut bahkan melanggar syariat Islam. "Kami berpandangan bahwa tak tepat untuk menyelenggarakan program seperti itu. Pertama, karena ini adalah masalah (melawan) hukum Islam dan kedua, karena negara ini masih menghadapi pandemi COVID-19. Jadi, pertemuan kelompok harus dihindari," katanya.

Dalam protesnya, YADIM mengklaim, penyelenggaraan acara tersebut dapat memberi sinyal yang salah pada masyarakat bahwa pemerintah telah menyetujuinya. Padahal, sebagaimana diklaim, tak ada satu pun agama, khususnya Islam, yang mengizinkan kontes kecantikan tersebut.

"Padahal, kami tahu perdana menteri sangat serius dalam menghentikan semua kegiatan yang tak berkontribusi pada pembangunan akhlak dan moral," kata Presiden YADIM.

Tanggapan Penyelenggara

Kontestan ajang kecantikan wanita plus-size di Malaysia, Malaysia Plus World Icon. (dok. Facebook/missmalaysiaplusworld)
Kontestan ajang kecantikan wanita plus-size di Malaysia, Malaysia Plus World Icon. (dok. Facebook/missmalaysiaplusworld)

Menurut penyelenggara MPWM 2020, acara tersebut diperuntukkan bagi semua wanita plus-size di Malaysia, tanpa memandang ras, warna kulit, dan agama.

"Kami tak ingin gadis Muslim didiskualifikasi atau merasa tak nyaman. Kami dapat mengubah nama kontes kami, tidak masalah, tapi tak mendiskualifikasi kontestan mana pun," kata penyelenggara.

"MPWM, yang merupakan bagian dari kontes internasional Miss Plus World (MPW), adalah organisasi yang digerakkan oleh kemanusiaan yang mewakili suara semua wanita plus-size, termasuk wanita Muslim Melayu. Jadi, kami tidak bisa begitu saja menghilangkan wanita Muslim dari program kami," imbuh mereka.

Pihaknya mengaku mengetahui bahwa fatwa Islam melarang wanita Muslim mengikuti kontes kecantikan karena dianggap haram atau dosa. Namun, partai Islam diminta melihat konten dan konsep kontes daripada semata judulnya.

"Kontes ini tidak memiliki bikini show, juga tak memilih peserta berdasarkan penampilan fisik. Kami memilih peserta dan ratu berdasarkan kecerdasan, komitmen, sikap, kemauan untuk mengabdi pada komunitasnya, dan melakukan pekerjaan kemanusiaan. Kami juga tak meminta ratu berjilbab kami untuk melepas jilbab mereka," tambah penyelenggara.

Selama audisi pada 27 Oktober, total 24 peserta dipilih dari ribuan peserta. 24 orang dipilih untuk dua kategori, yakni Nona Plus dan Nyonya Plus. Empat finalis Miss Plus adalah Muslim, sementara enam finalis Muslim Mrs Plus. Pemenang kontes akan berkompetisi di Miss Plus World Finals 2020--2021 di Amerika Serikat pada Februari 2021.

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biar Mungil, Daya Jelajah Mobil Listrik Toyota Ini Bisa Mencapai 150 Km

Posted: 27 Dec 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Toyota resmi meluncurkan mobil listrik mungil dua penumpang, C+pod. Kemunculan roda empat ramah lingkungan pesaing Smart EQ ForTwo ini hanya bersifat terbatas, untuk pengguna fleet, pemerintah daerah di Jepang, serta organisasi lain yang telah menjajaki opsi mobilitas.

Melansir Paultan, C+pod ini ditujukan untuk pengguna korporat yang secara teratur mengujungi pelanggannya di perkotaan atau pegunungan, yang membutuhkan opsi transportasi tidak terbatas dan ramah lingkungan.

Mobil ini, memiliki dimensi panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm, dengan jarak sumbu roda 1.780 mm, dan radius putas 3,9 m untuk bermanuver melalui sudut tajam di jalan sempit dan meminimalkan pengoperasian roda kemudi.

Mobil listrik ini mengandalkan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga hingga 12,3 Tk dan torsi 56 Nm, dengan kecepatan maksimum 60 km/jam.

Sumber tenagannya, berasal dari baterai lithium ion 9,06 kWh yang membutuhkan waktu sekitar lima jam untuk mengisi daya hingga penuh. Sedangkan daya jelajah mobil ini, berdasarkan uji WLTC Kelas 1 mampu menempuh jarak hingga 150 km.

Mobil listrik ini memiliki sistem bantuan pengemudi aktif yang sesuai dengan fungsi di perkotaan, dan dilengkapi sistem keselamatan sebelum tabrakan yang mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki baik siang maupun malam hari, serta deteksi pengendara sepeda di siang hari.

Fitur

Sementara itu, intelligent clearance sonar dengan parking support brakes hadir untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan akibat kontak dengan dinding atau benda diam lainnya di kecepatan rendah.

Dalam hal keamanan pasif, pod C + menggunakan struktur yang menyerap dan menyebarkan energi benturan ke beberapa komponen, dan mengurangi benturan untuk mengurangi cedera pada pejalan kaki.

Eksterior C+pod dilengkapi lampu depan LED dan lampu belakang kombinasi LED, dan panel bodi yangterbuat dari plastik untuk menghemat berat. Bagian dalam memiliki lebar interior 1.100 mm, dengan instrumen yang terletak di tengah dasbor.

Sebagai informasi, walaupun saat ini hanya terbatas penggunaan secara borongan, tapi untuk konsumen retail akan tersedia pada 2022.

Infografis Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi

Infografis Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi. (Abdillah/Liputan6.com)
Infografis Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi. (Abdillah/Liputan6.com)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Insentif Pajak Beli Mobil Baru Belum Dapat Lampu Hijau Sri Mulyani

Posted: 27 Dec 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita telah mengajukan usul insentif pada pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk pembelian mobil baru.

Usulan ini telah disodorkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah pengajuan pajak 0 persen untuk mobil baru sebelumnya tidak disetujui.

Agus Gumiwang mengatakan, Jokowi menyambut baik usulan insentif pajak mobil baru. Namun sayang, keputusan belum final lantaran Menteri Keuangan Sri Mulyani beserta jajarannya masih mempertimbangkan kebijakan tersebut.

"Ini memang sudah kita usulkan. Dan saya sudah laporkan ke presiden dan secara prinsip beliau setuju. Tapi Menteri Keuangan masih dalam proses hitung menghitung," kata Agus Gumiwang, Senin (28/12/2020).

Kendati demikian, ia mewajari sikap yang diberikan Kementerian Keuangan yang disebutnya tak mau menghamburkan uang negara secara sia-sia.

"Kemenkeu masih proses hitung-menghitung karena mereka merupakan bendahara negara, mereka punya penilaian sendiri. Kita belum mendapatkan green light dari Kemenkeu," ujarnya.

Meski kepastian insentif pajak untuk mobil baru masih digantung, Agus Gumiwang tidak berkecil hati. Sebab kegiatan di sektor industri otomotif telah menunjukan adanya perbaikan pada kuartal III 2020 dibanding kuartal II sebelumnya.

"Kita berharap di kuartal IV nanti akan semakin membaik dari sektor industri otomotif. Walaupun memang ini salah satu sektor industri yang akan lebih lama mencapai titik normal dibandingkan sebelum Covid-19 datang ke Indonesia. Ini harus kita proteksi secara serius," tuturnya.

Pajak untuk Mobil Baru Tak Jadi 0 Persen

Salah satu cara yang dinilai efektif adalah membuat suatu pameran di pusat perbelanjaan ataupun mengikuti pameran otomotif.
Salah satu cara yang dinilai efektif adalah membuat suatu pameran di pusat perbelanjaan ataupun mengikuti pameran otomotif.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan bahwa Kementerian Keuangan tidak akan menerapkan pajak nol persen untuk mobil baru. Hal tersebut karena sudah ada insentif yang akan diberikan kepada industri keseluruhan.

"Kami tidak mempertimbangkan saat ini untuk memberikan pajak mobil baru sebesar nol persen seperti yang disampaikan industri maupun Kementerian Perindustrian," jelas Sri Mulyani dalam APBN KiTa, Senin (19/10/2020).

Setiap insentif yang diberikan akan dievaluasi lengkap agar pemberian insentif tidak memberi dampak negatif kepada kegiatan ekonomi lainnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengajukan wacana tersebut untuk mendongkrak pasar industri otomotif yang terdampak pandemi COVID-19.

Jika wacana itu direalisasikan, ia berharap harga kendaraan roda empat baru akan jauh lebih murah dibandingkan sebelumnya.

"Kalau kita beri perhatian agar daya beli masyarakat bisa terbantu dengan relaksasi pajak, maka kita terapkan. Kemudian pada gilirannya bisa membantu pertumbuhan industri manufaktur di bidang otomotif tersebut," katanya.

Agus menambahkan kinerja industri otomotif pada semester pertama 2020 terbilang melambat dibandingkan periode yang sama tahun lalu, meski mulai semester kedua tahun ini, ada perkembangan yang positif.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Targetkan Bangun 5 Juta Unit Rumah Murah hingga 2024

Posted: 27 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Jokowi-Ma'ruf menargetkan sebanyak 5 juta unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam RPJMN 2020-2024.

Di mana di dalam RPJMN tersebut, terdapat program untuk pelayanan infrastruktur dasar masyarakat, salah satunya adalah pengembangan perumahan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan di dalam RPJMN 2020-2024 setidaknya ada 70 persen masyarakat yang harus memiliki akses terhadap perumahan dan pemukiman laik. Paling tidak rumah tersebut memiliki rasa aman serta terjangkau oleh masyarakat khususnya MBR.

"Di dalam target RPJM itu target kita adalah 5 juta unit rumah," kata dia dalam acara Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Sektor Perumahan, Senin (28/12).

Dia merincikan dari dari target 5 juta unit rumah tersebut terdiri dari subsidi perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Subsidi Selisih Bunga (SSB), dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) sebanyak 900 ribu unit. Kemudian Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) 100 ribu unit/

Selanjutnya untuk Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) khusus ASN, TNI dan Polri sebanyak 500 unit. "Tapera ini akan mulai beroperasi pada tahun 2021 sebanyak 500.000 unit tadi dikhususkan untuk ASN dan TNI Polri," imbuh dia.

Kemudian penyediaan dari Sarana Multigriya Finansial (SMF) 50 ribu unit dan kolaborasi pemerintah melalui pusat, daerah, swasta, dan masyarakat mencapai 3,5 juta unit. "Ini adalah target atau Renstra 2020-2024 dari sektor perumahan kita," jelasnya.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Realisasi Program Sejuta Rumah Capai 856.758 Unit

Pemilik rumah membuat rangka penguat dapur rumah di Perumahan Griya Samaji,Cieseng, Bogor, Rabu (19/02/2020). BTN pada 2019 telah merealisasikan 735.000 rumah dalam Program pemerintah satu juta rumah dengan kredit kepemilikan rumah bersubsidi sekitar Rp 111 trilyun. (merdeka.com/Arie Basuki)
Pemilik rumah membuat rangka penguat dapur rumah di Perumahan Griya Samaji,Cieseng, Bogor, Rabu (19/02/2020). BTN pada 2019 telah merealisasikan 735.000 rumah dalam Program pemerintah satu juta rumah dengan kredit kepemilikan rumah bersubsidi sekitar Rp 111 trilyun. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan update penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui program Sejuta Rumah.

Hingga pertengahan Desember 2020, realisasi capaian pembangunan program Sejuta Rumah telah mencapai 856.758 unit di seluruh Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, program Sejuta Rumah terus dilaksanakan agar setiap warga negara Indonesia dapat memiliki dan tinggal di rumah yang layak huni. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini rumah menjadi salah satu hal penting bagi masyarakat agar bisa terhindar dari penularan virus

"Program Sejuta Rumah akan tetap dilanjutkan karena rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang harus dipenuhi," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/12/2020).

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, capaian program Sejuta Rumah status per 14 Desember 2020 telah mencapai angka 856.758 unit rumah.

Khalawi menambahkan, capaian program Sejuta Rumah sebanyak 856.758 unit tersebut terbagi menjadi dua, yakni pembangunan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 661.715 unit dan rumah untuk non-MBR sebanyak 195.043 unit.

Pada kegiatan pembangunan tersebut, presentase rumah untuk MBR adalah sebanyak 77 persen dari total capaian sedangkan sisanya sebanyak 23 persen adalah rumah untuk non-MBR.

Menurut Khalawi, untuk capaian rumah non-MBR berasal dari hasil pembangunan rumah khusus sebanyak 630 unit, rumah swadaya 187.379 unit, dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 3.541 unit.

Selain itu, pembangunan perumahan juga dilaksanakan oleh kementerian/ lembaga terkait sebanyak 51.136 unit. Pemerintah daerah juga ikut berkontribusi dalam pembangunan rumah untuk masyarakat dan tercatat sebanyak 33.952 unit rumah telah dibangun.

"Kami mencatat hasil pembangunan perumahan yang dilaksanakan pengembang telah mencapai angka 376.520 unit. Angka tersebut terbagi menjadi dua yakni hasil pembangunan perumahan dengan program pembiayaan perumahan sebanyak 85.339 unit dan hasil pembangunan perumahan tanpa program pembiayaan perumahan sebanyak 291.181 unit," terangnya.

Khalawi menambahkan, sektor swasta melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) juga menyumbang hasil pembangunan hunian untuk masyarakat sebanyak 3.681 unit. Sedangkan hasil pembangunan perumahan yang dilaksanakan oleh masyarakat tercatat 4.903 unit.

Adapun pembangunan rumah untuk non-MBR saat ini tercatat dilaksanakan oleh pengembang perumahan sebanyak 148.522 unit, yang terdiri dari rumah tapak sebanyak 109.422 unit dan rumah susun sebanyak 39.100 unit. Sedangkan pembangunan rumah yang dilaksanakan masyarakat untuk rumah non MBR sebanyak 46.521 unit.

"Total capaian program Sejuta Rumah dari minggu lalu tepatnya tanggal 7 Desember 2020 adalah 777.708 unit sehingga ada penambahan pembangunan rumah sebanyak 79.050 unit. Kami berharap hasil capaian rumah bisa mendekati angka 950.000 unit hingga akhir tahun 2020 ini," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Foto yang Diklaim Tentara Jerman dan Inggris Main Sepak Bola Saat Natal 1914

Posted: 27 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari Natal, 25 Desember 2020, beredar foto hitam putih. Foto itu diklaim sebagai tentara Jerman dan Inggris yang memilih gencatan senjata dengan cara bermain sepak bola di hari Natal pada Perang Dunia 1.

Dalam klaim yang diunggah akun Facebook Jamaludin, tentara Jerman dan Inggris melakukan gencatan senjata pada hari Natal di tahun 1914. Untuk merayakan hari raya umat kristiani, mereka memilih bermain sepak bola.

Begini narasi dari klaim tersebut:

"On This Day In 1914 - Sekitar 100,000 tentara Inggris dan Jerman di Perang Dunia I sepakat melakukan gencatan senjata untuk merayakan Natal bersama. Salah satu bentuk perayaannya dengan memainkan pertandingan sepakbola di sebuah 'Tanah Tak Bertuan'."

Benarkah klaim tentara Jerman dan Inggris memilih gencatan senjata dengan cara bermain sepak bola di Natal 1914? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menelusurinya dengan pencarian gambar terbalik, Google Images. Hasil penelusuran ditemukan ada gambar yang sangat mirip di situs Hoax of Fame.

Dalam situs tersebut, dijelaskan kalau foto itu merupakan peristiwa di hari Natal pada tahun 1915, bukan 1914. Narasinya pun bukan gencatan senjata tentara Jerman dan Inggris.

Begini narasi foto yang ada di Hoax of Fame:

"Dibagikan dengan keterangan bertuliskan: 'Tentara Jerman dan Inggris sejenak melupakan perang dan bermain sepak bola di Gencatan Senjata Natal 1914 di Perang Dunia I'. Foto ini sebenarnya menunjukkan tentara Inggris dengan keterangan: 'Tentara Inggris dan orang-orang dari Kereta Amunisi Divisi 26 (Angkatan Darat Service Corps) bermain sepak bola di Salonika, Yunani, Natal 1915'."

Hasil penelusuran Google Images juga mengarahkan ke situs News.com.au dalam artikel berjudul: "The WWI Christmas Truce, what really happened?". Artikel ini sudah berada di ruang digital pada 24 Desember 2014.

Artikel ini juga menjelaskan apa yang terjadi di Hari Natal 1914. Sebab, ada banyak klaim yang menyebut tentara Jerman, Inggris, bahkan Prancis bermain sepak bola di hari itu.

Dijelaskan dalam artikel tersebut, pada malam Natal, 24 Desember 1914, tentara Jerman, Inggris, dan Prancis menggali parit di tanah tak bertuan. Mereka melakukan banyak hal pada hari itu, seperti mengobrol hingga minum kopi bersama, kecuali bermain sepak bola.

Kemudian, tentara Jerman menempatkan beberapa pohon cemara di parit yang mereka buat. Namun menurut Profesor Peter Stanley dari Universitas New South Wales Canberra, itu bukanlah gencatan senjata dalam arti sesungguhnya. "Itu bukanlah satu gencatan senjata, tetapi serangkaian gencatan senjata spontan," Profesor Stanley menjelaskan.

Perhatikan perbandingan foto di bawah ini:

 

Foto dengan klaim tentara Jerman dan Inggris gencatan senjata di Natal 1914 dengan cara bermain sepak bola (kiri) dan foto yang ditemukan di situs Hoax of Fame dengan keterangan tentara Inggris dan orang-orang dari Kereta Amunisi Divisi 26 bermain sepak bola di tahun 1915 (kanan).
Foto dengan klaim tentara Jerman dan Inggris gencatan senjata di Natal 1914 dengan cara bermain sepak bola (kiri) dan foto yang ditemukan di situs Hoax of Fame dengan keterangan tentara Inggris dan orang-orang dari Kereta Amunisi Divisi 26 bermain sepak bola di tahun 1915 (kanan).

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Klaim foto tentara Jerman dan Inggris memilih gencatan senjata dengan cara bermain sepak bola di Natal 1914 adalah tidak benar. Narasi yang ada di foto itu salah dan sudah berada di luar konteks.

Faktanya, foto tersebut merupakan tentara Inggris dan orang-orang dari Kereta Amunisi Divisi 26 (Angkatan Darat Service Corps) bermain sepak bola di Salonika, Yunani, Natal 1915.

 

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Sulap Barang Bekas Jadi Robot Super Keren, Hasilnya Dijamin Bikin Takjub

Posted: 27 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, New York - Seorang pria asal New York memiliki keahlian mengolah barang sehari-hari menjadi robot-robot keren seperti yang kerap Anda saksikan di dalam film. Pria bernama Peter Kokis tersebut dikenal sebagai "Transformer Brooklyn" dan telah menjadi sosok yang sangat dikenal di New York.

Pria yang merupakan mantan pilot militer ini menggunakan pengalamannya dalam dunia penerbangan untuk mulai menggabungkan barang-barang yang dia miliki di sekitar rumah menjadi kerangka luar yang mengesankan yang kemudian dinamainya sebagai Squid Boy.

Tapi itu baru permulaan, karena selama bertahun-tahun dia membuat kostum yang dapat dikenakan yang terinspirasi oleh robot-robot seperti dalam film The Transformers, The Terminator atau Xenomorphs of Alien.

Pria yang berbasis di Brooklyn ini membuat robot-robotnya 100 persen bahan daur ulang, terkadang bahkan dari barang-barang yang ditemukannya di rongsokan.

Terbuat dari Benda Sehari-hari

foto: IG/@brooklyn_robbotworks
foto: IG/@brooklyn_robbotworks

Beberapa kali dia bahkan memanfaatkan barang-barang seperti kaleng saringan, alat pengiris telur, tempat tisu toilet, atau saluran pembuangan dapur.

"Saya benar-benar menggunakan pengalaman saya dalam penerbangan untuk membangun robot saya," katanya kepada Pix11.

Peter saat ini memiliki sembilan kerangka robot yang unik, beberapa di antaranya memiliki berat badan yang sama dengan berat tubuhnya.

"Tidak ada seorang pun di dunia ini yang melakukan apa yang seperti saya lakukan," kata Kokis kepada News12 Brooklyn.

Bagi kalian yang penasaran berikut deretan potret kerangka robot buatan Peter yang dijamin bikin kalian takjub.   

Peter memiliki julukan sebagai Transformer Brooklyn

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Peter Kokis (@brooklyn_robotworks)

Keahliannya mengolah barang sehari-hari menjadi kerangka robot keren membuatnya menjadi sosok yang sangat dikenal di New York

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Peter Kokis (@brooklyn_robotworks)

Peter menggunakan pengalamannya dalam dunia penerbangan untuk membuat kerangka robot tersebut

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Peter Kokis (@brooklyn_robotworks)

Deretan kreasi kerangka robot buatan Peter telah banyak membuat orang takjub melihatnya

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Peter Kokis (@brooklyn_robotworks)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

The Mandalorian dari Disney Plus Jadi Seri Paling Sering Kena Bajak di 2020

Posted: 27 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seri orisinal besutan Disney Plus, yakni The Mandalorian, tidak dimungkiri tengah naik daun. Terlebih, musim keduanya ini menyajikan kisah yang memanjakan para fans Star Wars.

Seiring kepopulerannya, The Mandalorian ternyata diketahui menjadi serial TV paling banyak dibajak sepanjang 2020. Informasi ini diketahui dari TorrentFreak beberapa waktu lalu.

Dilansir Ubergizmo, Senin (28/12/2020), predikat itu sebelumnya selalu dipegang oleh seri besutan HBO, yakni Game of Thrones. Namun mengingat serial itu sudah berakhir, status serial TV paling banyak dibajak kini milik The Mandalorian.

Seri ini sebenarnya sudah mencuat sejak musim pertamanya rilis di tahun lalu. Ketika itu, The Mandalorian ada di peringkat ketiga sebagai serial TV paling banyak dibajak.

Aksi pembajakan ini kemungkinan besar terjadi karena kehadiran Disney Plus yang belum merata di seluruh negara. Sementara The Mandalorian merupakan konten eksklusif yang ada di platform streaming tersebut.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah tren ini akan berkurang di tahun depan saat musim ketiga The Mandalorian rilis dan kemungkinan jangkauan Disney Plus kian luas.

Ini Harga Paket Disney Plus Hotstar di Indonesia

Ilustrasi Aplikasi Disney Plus Hotstar. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Aplikasi Disney Plus Hotstar. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebagai informasi, layanan Disney Plus Hotstar sendiri sudah bisa dinikmati di Indonesia sejak September 2020.

Pelanggan juga bisa berlangganan langsung ke Disney Plus Hotstar dengan biaya Rp39.000 per bulan, atau Rp199.000 per tahun melalui www.DisneyPlusHotstar.id atau aplikasi Disney Plus Hotstar pada perangkat Android dan iOS.

Disney Plus Hotstar akan menampilkan beragam film serial TV, dan konten asli eksklusif termasuk dari Disney, Pixar, Marvel, Star Wars, dan National Geographic. 

Pelanggan dapat menikmati lebih dari 500 film dan 7.000 episode konten dari Disney, Pixar, Marvel, Star Wars, National Geographic, dan lainnya, termasuk akses eksklusif ke Disney+ Originals, s

Fitur Nonton Bareng Akhirnya Hadir di Disney Plus

Ilustrasi Disney Plus Hotstar. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Disney Plus Hotstar. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Di sisi lain, Disney Plus akhirnya meluncurkan fitur nonton bareng. Sesuai rumor yang beredar sebelumnya, fitur ini hadir dengan nama GroupWatch.

Dikutip dari Engadget, Rabu (30/9/2020), fitur ini akhirnya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat, setelah sempat diuji coba di Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Seperti bocoran sebelumnya, dengan fitur ini, pengguna dapat mengajak enam orang lainnya untuk menonton konten di Disney Plus secara bersama-sama. Namun perlu diingat, mereka juga harus memiliki akun Disney Plus.

Fitur ini dapat diakses melalui aplikasi di perangkat mobile, smart TV, hingga situs web. Nantinya, ikon GroupWatch akan muncul di sebelah tombol Putar yang ada di laman depan konten.

Bagi pengguna yang ingin mengajak teman-temannya menonton konten di Disney Plus, mereka tinggal mengetuk ikon GroupWatch dan membagikan tautan undangan untuk menonton.

Disney mengatakan fitur ini akan saling tersinkronisasi dengan seluruh akun yang ikut menonton. Selain itu, pengguna juga dapat memberikan berinteraksi dan bereaksi pada konten yang diputar lewat emoji.

Fitur ini akan mendukung untuk seluruh konten yang ada di Disney Plus. Hanya, fitur ini belum tersedia untuk pengguna global.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Pilihan, MU Kebingungan Rekrut Bek Tengah Baru

Posted: 27 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjelang jendela transfer musim dingin, Manchester United atau MU tampaknya semakin kecil kemungkinan akan merekrut bek tengah, meski sangat dibutuhkan.

Performa bagus melawan Leicester City kemarin diwarnai sistem pertahanan yang lebih tidak kompeten. Bahkan, masalah ini juga nampak dalam kemenangan mengesankan atas Leeds United akhir pekan lalu.

MU kini telah kebobolan 23 gol di Liga Inggris. Ini rekor terburuk ke-15 di kompetisi tersebut.

Dan ketika klub-klub Inggris yang bermain di Eropa mendapat peringkat berdasarkan clean sheet, United berada di bawah klasemen - bahkan di belakang Arsenal yang sedang berjuang.

Sebenarnya ada bek kelas dunia yang tersedia, meski tidak harus (meskipun tidak mustahil) pada bulan Januari, tetapi pasti pada bulan Juni. Namun MU tampaknya menjauhkan diri dari mereka.

Bebas Bicara

Penyerang Chelsea, Tammy Abraham membawa bola dari kawalan bek Bayern Munchen, David Alaba pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Allianz Arena, Jerman (8/8/2020). Munchen menang 4-1 atas Chelsea dan melaju ke perempat final dengan aggregat skor 7-1. (AP Photo/Matthias Schrader)
Penyerang Chelsea, Tammy Abraham membawa bola dari kawalan bek Bayern Munchen, David Alaba pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Allianz Arena, Jerman (8/8/2020). Munchen menang 4-1 atas Chelsea dan melaju ke perempat final dengan aggregat skor 7-1. (AP Photo/Matthias Schrader)

Salah satunya adalah David Alaba. Pemain Austria itu menolak menandatangani kontrak baru 200.000 euro per minggu dengan Bayern Munich dan bebas berbicara dengan klub lain mulai Jumat karena kontraknya berakhir pada Juni.

Media Spanyol AS mengklaim minggu ini bahwa MU memimpin pengejaran untuk mengontraknya. Dan, ini sesuatu yang masuk akal mengingat kebutuhan mereka akan pemain kelas dunia yang siap pakai tanpa biaya transfer besar-besaran. Sayangnya, The Athletic melaporkan bahwa klaim AS tidak berdasar.

Terlalu Besar

Striker Manchester United (MU) Edinson Cavani menyundul bola dalam laga kontra Chelsea pada pekan keenam Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (24/10/2020). (Michael Regan/Pool via AP)
Striker Manchester United (MU) Edinson Cavani menyundul bola dalam laga kontra Chelsea pada pekan keenam Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (24/10/2020). (Michael Regan/Pool via AP)

'Manchester United telah dikreditkan dengan ketertarikan pada pemain berusia 28 tahun, yang bisa bermain sebagai bek sayap, bek tengah, dan lini tengah dengan standar elit. Tetapi setelah disadarkan tentang biaya yang terkait dengan kepindahan tersebut, United tidak akan masuk dalam pencalonan, itu dapat dikonfirmasi."

'Ole Gunnar Solskjaer ingin mempertahankan tim dengan pendapatan seimbang sebanyak mungkin dan skala yang dibutuhkan untuk mengamankan Alaba akan terlalu besar.'

Kompensasi

Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer memberikan instruksi dalam laga kontra Leeds United pada pekan ke-14 Liga Inggris di Old Trafford, Senin (21/11/2020) dini hari WIB. (Nick Potts/Pool via AP)
Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer memberikan instruksi dalam laga kontra Leeds United pada pekan ke-14 Liga Inggris di Old Trafford, Senin (21/11/2020) dini hari WIB. (Nick Potts/Pool via AP)

Dana sebesar 200.000 pounds per minggu, menurut standar United untuk bek tengah terlalu banyak. Tapi, fakta bahwa mereka akan dapat merekrut pemain dengan nilai pasar 65 juta euro (59 juta pounds tanpa bayaran di Juni atau hampir tidak ada di bulan Januari pasti akan membantu mengkompensasi gaji yang tinggi.

Pemain lain yang dikejar Setan Merah adalah Dayot Upamecano dari RB Leipzig. Pada November terungkap ahli transfer Jerman Christian Falk bahwa kesepakatan bisa dicapai pada Januari jika sebuah klub mencocokkan klausul pelepasan 45 juta euro (40 juta pounds) dari Upamecano yang menjadi aktif pada Juni.

Bukan Target Utama

Mendatangkan pemain berusia 23 tahun dengan harga itu sepertinya tidak perlu dipikirkan lagi bagi MU, yang telah mengejar pemain Prancis itu sejak dia berusia 16 tahun. Tetapi sekali lagi, The Athletic mengklaim bahwa 'dia bukan lagi target utama dan tim Old Trafford.

Pau Torres dari Villareal dan Ben White dari Brighton juga telah dikaitkan dengan MU. Namun, mereka bisa dibilang merupakan penurunan besar dalam hal kualitas dari Alaba dan Upamecano.

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

14 Manfaat Buah Naga untuk Wanita, Bikin Sehat dan Tampil Cantik

Posted: 27 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Membicarakan manfaat buah naga untuk wanita, memang sangat menarik. Kesehatan, kecantikan, dan kehamilan wanita dapat terjaga dengan baik dengan konsumsi buah naga.

Tidak hanya daging buahnya saja, tetapi kulit buah naga juga membuat manfaat buah naga untuk wanita lebih kaya. Ada antioksidan, vitamin E, vitamin C, zat besi, mineral, karbohidrat, asam folat, dan prebiotik.

Kandungan dalam daging buah naga dan kulitnya yang membuat manfaat buah naga untuk wanita juara. Mampu mencegah pertumbuhan sel kanker, menjaga kulit, mencegah anemia, menyehatkan pencernaan, menjaga kesehatan ibu dan janin.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat buah naga untuk wanita dari berbagai sumber, Senin (28/12/2020).

Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Ilustrasi hamil | (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi hamil | (Sumber: Pixabay)

Baik untuk Kehamilan

Buah naga memiliki antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janin. Menjaga dari radikal bebas, mengendalikan kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan membantu perkembangan otak janin.

Buah ini kaya zat besi dan mengonsumsinya selama kehamilan dapat membantu mencegah anemia. Selain dikonsumsi langsung, buah naga juga baik dibuat jus.

Nutrisi dapat terserap dengan lebih cepat oleh ibu hamil saat buah naga dibuat jus. Manfaat buah naga untuk wanita ini berdampak pula pada kelancaran sirkulasi darah, pembentukan tulang, dan kesehatan otak janin.

Membasmi Jerawat

Manfaat buah naga untuk wanita tidak hanya pada daging buahnya, tetapi kulitnya juga. Kulit buah naga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi jerawat.

Hal ini disebabkan karena buah naga kaya antioksidan dan vitamin C. Kombinasi keduanya mampu mengatasi berbagai masalah jerawat yang membandel pada wajah. Penerapannya sangat mudah, ambil sedikit potongan buah naga lalu haluskan. Setelah itu oleskan buah naga yang telah dihaluskan tersebut pada area wajah yang terkena jerawat.

Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Tunggu olesan buah naga sampai kering, kemudian basuh dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Mengatasi Kerusakan Rambut 

Rambut yang telah diwarnai dengan zat kimia dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan. Risiko ini dapat diminimalkan dengan manfaat buah naga untuk wanita, cocok untuk perawatan rambut jenis ini.

Penerapannya dengan memanfaatkan buah naga yang sudah dijus. Kemudian, oleskan jus buah naga pada kulit kepala sebelum keramas.

Hal ini akan membantu melindungi kesehatan folikel rambut. Vitamin dan mineral didalam buah naga dapat memberikan nutrisi pada kulit kepala agar pertumbuhan rambut sehat. 

Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Ilustrasi Wajah Terawat | Credit: pexels.com/Shiny
Ilustrasi Wajah Terawat | Credit: pexels.com/Shiny

Melembapkan Kulit

Manfaat buah naga untuk wanita sangat baik untuk kecantikan kulitnya. Buah naga adalah sang ahli melembapkan kulit secara alami. Apalagi bagi yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, polusi, dan debu.

Salah satu jenis yang direkomendasikan adalah buah naga merah. Buah naga merah mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit, seperti vitamin C, E, dan vitamin B3 yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan.

Coba mengonsumsi kulit buah naga sebagai teh. Bisa pula dijadikan masker wajah alami karena buah naga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Jadi, kulit akan lembap sepanjang hari.

Buah naga pun akan menghidrasi kulit dengan memiliki kadar air tinggi hingga 90 persen. Rutin mengonsumsinya, akan membuat kulit wajah dan tubuh yang cenderung kering menjadi kembali lembap dan terhidrasi dengan baik.

Meregenerasi Kulit

Selama manusia hidup, maka seluruh sel-sel yang ada di dalam tubuh akan selalu mengalami peremajaan atau regenerasi. Regenerasi sel bertujuan untuk mengganti sel-sel mati dan secara tidak langsung, sel-sel baru akan menjalankan fungsinya dengan lebih baik.

Manfaat buah naga untuk wanita ini sangat direkomendasikan untuk mempercepat regenerasi, apalagi wanita kerap mengalami penundaan regenerasi karena penggunaan makeup-nya.

Percepat proses regenerasi kulit wajah agar tampak lebih cerah dengan mengaplikasikan masker buah naga ke kulit wajah. Caranya, hanya perlu menambahkan madu dan menghaluskan daging buah naga.

Lalu campurkan dengan madu dan aplikasikan ke kulit wajah Anda. Tunggu 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Setelah itu, bilas kembali menggunakan air bersih dan gunakan handuk bersih sebagai langkah terakhir.

Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Ilustrasi Anemia | Credit: pexels.com/Polina
Ilustrasi Anemia | Credit: pexels.com/Polina

Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit

Manfaat buah naga untuk wanita, dapat mencerahkan kulitnya. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin B3 yang dapat mencerahkan kulit wajah. Bisa dengan mengonsumsi dan memakai masker atau lulur buah naga rutin agar wajah lebih cerah.

Selain itu, buah naga juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar, akibat adanya penumpukan sel-sel kulit mati. Kandungan vitamin C, protein, dan asam folat dalam buah naga dipercaya ampuh dan efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Mulai gunakan dengan cara menjadikannya masker pada wajah dan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit tubuh. Terapkan perawatan kulit yang tepat sebagai penunjangnya juga.

Mencegah Anemia

Zat besi, hadir dalam buah naga, baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada individu yang memiliki anemia. Kandungan ini juga membantu dalam produksi sel darah merah (RBC).

Lalu membantu dalam oksigenasi yang tepat dari organ-organ vital. Manfaat buah naga untuk wanita ini baik saat hari menstruasinya tiba. Banyaknya darah yang keluar tidak akan membuatnya lemas sampai anemia, ketika dikonsumsi dengan tepat.

Zat besi memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Ini juga memainkan peran penting dalam memecah makanan menjadi energi. Enam ons buah naga cincang menyediakan 1,26 mg zat besi.

Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Ilustrasi penuaan dini | Pexels
Ilustrasi penuaan dini | Pexels

Mencegah Penuaan Dini

Vitamin E dikenal sebagai kandungan yang dapat membantu mencegah dan memperlambat penuaan dini pada kulit wajah. Hal ini membuat buah naga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Manfaat buah naga untuk wanita juga mengandalkan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Buah naga merah akan membantu kulit dalam menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel.

Konsumsi jus buah naga merah secara rutin. Namun, untuk hasil perawatan yang lebih maksimal, dapat menghaluskan dan menggunakannya sebagai masker wajah secara rutin.

Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia. Selain olahraga dan selalu memperhatikan gizi makanan yang masuk ke dalam tubuh, konsumsi buah naga sangat diperlukan. Terutama bagi wanita yang rentan mengalaminya.

Berdasarkan penelitian, kulit buah naga mengandung fitoalbumin yang apabila dikomboinasikan dengan vitamin C dan mineral lainnya mampu mencegah penyakit kanker, seperti kanker paru-paru, kanker darah, kanker payudara, kanker liver, dan lain sebagainya.

Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Ilustrasi sinar matahari | (Photo by Kaitlin Duffey on Unsplash)
Ilustrasi sinar matahari | (Photo by Kaitlin Duffey on Unsplash)

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Buah naga dapat dijadikan sebagai perlindungan dan pengobatan saat terpapar sinar matahari. Manfaat buah naga untuk wanita ini dapat dibuat menjadi lotion.

Body lotion alami dari buah naga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Caranya, ambil sari buah naga untuk dioleskan ke kulit sebelum keluar rumah. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan.

Meredakan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Tidak hanya melindungi dari paparan sinar matahari, manfaat buah naga untuk wanita, dapat meredakan kulit terbakar akibat sinar matahari.

Kombinasi vitamin C dan E yang terkandung di dalamnya mampu meredakan inflamasi. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 1/4 potong buah naga dengan 1 kapsul vitamin E untuk diolah menjadi krim kental.

Oleskan krim buah naga alami di atas kulit yang terbakar dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas. Hindari kebiasaan terpapar sinar matahari terlalu lama agar tidak semakin memperparah kondisinya.

Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Ilustrasi bayi dan tali pusarnya | (Sumber Flickr/lunar caustic)
Ilustrasi bayi dan tali pusarnya | (Sumber Flickr/lunar caustic)

Stamina Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil membutuhkan lebih banyak energi (tenaga) dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk itu manfaat buah naga untuk wanita sangat diperlukan agar berbagi nutrisi dapat terpenuhi dengan baik untuk janin yang dikandungnya.

Dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 - 14 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai suplemen energi yang alami. Ibu hamil yang mengonsumsi buah naga akan mendapatkan tambahan tenaga dan kekuatan.

Menyehatkan Janin

Manfaat buah naga untuk wanita sangat berdampak bagi janin dalam kandungannya ketika tengah hamil. Terdapat kandungan asam folat yang berfungsi untuk memperkuat janin, serta mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

Ada berbagai macam mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Mengkonsumsi buah ini membuat ibu hamil dan janin yang dikandungnya akan memiliki tulang yang kuat dan mencegah pengeroposan tulang.

Menjaga Pencernaan Ibu Hamil

Manfaat buah naga untuk wanita, mampu untuk memperbaiki pencernaan saat sedang menjalani masa kehamilan. Ibu hamil mudah mengalami sembelit atau susah buang air besar, karena pengaruh hormonal dan desakan janin dalam perut.

Buah naga adalah buah yang kaya akan serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Konsumsi serat yang cukup dapat mencegah sembelit, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Buah naga juga merupakan prebiotik yang sangat baik untuk kesehatan usus.

Prebiotik adalah jenis serat spesifik yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus. Secara khusus, buah naga terutama mempromosikan pertumbuhan dua keluarga bakteri sehat, bakteri asam laktat dan bifidobacteria.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Antrean di Merak Menumpuk, Tak Ada Tes Swab Antigen Covid-19

Posted: 27 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Antrean panjang terlihat di Pelabuhan Merak seiring dengan peningkatan jumal kendaaan yang akan menyebrang dari Jawa ke Sumatera.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepanjang 2020, Deddy Corbuzier Kumpulkan 1,2 Miliar penonton Lewat Siaran Podcast

Posted: 27 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pandemi Covid-19, Deddy Corbuzier menorehkan prestasi membanggakan. Siaran Podcast Deddy Corbuzier yang mengudara di kanal YouTube beroleh perhatian besar.

Tak main-main, Deddy Corbuzier lewat podcast mengumpulkan penonton hingga satu miliar lebih. Pencapaian ini disampaikan Deddy Corbuzier lewat akun Instagram terverifikasinya.

Mentalist kelahiran Jakarta, 28 Desember 1976 menyebut pencapaian ini tak bisa didapat tanpa atensi masyarakat dan narasumber yang berkenan datang ke program Deddy Corbuzier Close The Door.

Minat, Keringat, Kerja Keras

Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)

Ia menulis, "1.2 MILLIAR PENONTON di tahun 2020 adalah pencapaian yang tak akan terjadi tanpa kalian... Ur the best!!So.. I just wanna say Thank you for you all."

"Trust me I'm doing this with my passion, sweat and hardwork to bring better things in our country (percayalah, gue lakukan ini dengan minat, keringat dan kerja keras untuk membawa hal yang lebih baik buat negara ini)," akunya.

Kebebasan Bersuara

Unggahan Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)
Unggahan Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)

Siaran podcast di kanal YouTube upaya Deddy Corbuzier menyuarakan pendapat di jalur yang benar. Setiap warga negara berhak bersuara. YouTube dan podcast medium yang pas.

"To have a freedom of speech in a right way, to entertain. This won't happen without u all (untuk punya kekebasan bersuara dengan cara yang tepat, untuk menghibur. Ini tak kan terjadi tanpa kalian)," Deddy Corbuzier menyambung.

2020 Tahun Yang Sulit

Deddy Corbuzier. (Liputan6.com/IG/mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier. (Liputan6.com/IG/mastercorbuzier)

Bintang film The Mentalist dan Triangle the Dark Side mengakui 2020 tahun yang sulit. Bukan berarti 2020 sepenuhnya kelabu. Masih ada banyak hal yang bisa disyukuri.

Ia mengakhiri unggahannya dengan tulisan, "2020 is a hard year for us all, but doesn't mean we can't beat it! Love u all (2020 tahun yang sulit bagi kita semua tapo bukan berarti kita tak bisa melewatinya. Cinta kalian semua)."

Dari Berapa Kasus Orang

Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)

Hingga artikel ini disusun, unggahan Deddy Corbuzier pada Minggu (27//12/2020) ini disukai lebih dari 60 ribu orang. Sejumlah selebritas menyelamati pencapaian Deddy Corbuzier.

Ari Lasso mengirim tanda hati. "Wow! Top Markotop! Selamat. Selamat. Selamat!" tulis Tung Desem Waringin di kolom komentar. "Dari berapa kasus orang ini Om?" sahut Tretan Muslim. "Cool!" timap Thalita Latief.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengunjung Wajib Kantongi Hasil Rapid Test Saat Masuk ke Sumsel

Posted: 27 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru, kian memperketat masuknya para pengunjung dari luar Sumsel.

Salah satunya dengan mengeluarkan surat edaran mewajibkan para pengunjung di luar Sumsel, untuk mengantongi hasil rapid test jika akan bertandang ke Sumsel.

Salah satu poin dalam surat edaran tersebut, yakni meminta masyarakat yang hendak datang ke Sumsel, agar membekali diri dengan hasil pemeriksaan rapid test. Baik rapid test antibody, rapid test antigen bahkan swab test atau PCR.

Surat edaran tersebut, sudah disebar ke 17 kabupaten/kota di Sumsel untuk ditindaklanjuti. Terlebih jelang libur Tahun Baru 2021 mendatang.

"Kita sudah buat putusan, semua pengunjung dari luar Sumsel harus miliki hasil pemeriksaan kesehatan diri," ucapnya, Minggu (27/12/2020).

Surat edaran dengan Nomor 072/SE/DINKES 2020 tentang Upaya Pencegahan Penyebaran Covid 19 jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 mendatang, sudah ditandatangani pada hari Rabu (23/12/2020) lalu.

Diungkapkannya, surat edaran tersebut ditujukan kepada Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumatra Selatan, RUPSLB Angkasa Pura SMB II Palembang, KSOP Palembang, Kepala KKP Kelas II Palembang, Pengelola Jalan Tol, Ketua PHRI Sumsel dan bupati serta wali kota (wako) yang ada di wilayah Sumsel.

"Surat hasil pemeriksaan kesehatan diri ini berlaku, baik mereka yang datang menggunakan transportasi darat, sungai maupun udara. Dan untuk hasil pemeriksaan paling lama 3x24 jam," ujarnya.

Jika tidak dibekali dengan surat hasil pemeriksaan tersebut, lanjut Herman Deru, maka para pengunjung dapat melakukan pemeriksaan di tempat yang disediakan.

Beberapa lokasi pemeriksaan kesehatan yang disiapkan, yaitu di pintu tol Kayuagung, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, pelabuhan, fasilitas pelayanan kesehatan dan lainnya di Sumsel.

Batasi Kegiatan Ramai

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)

"Tidak ada alasan untuk masyarakat melewatkan ini. Langkah ini diambil, agar kita bisa memastikan Covid-19 tidak menyebar luas di Sumsel selama liburan," ujarnya.

Dalam surat edaran tersebut juga, berisi imbauan kepada masyarakat untuk membatasi kegiatan atau pertemuan yang menyebabkan kerumunan orang selama nataru.

Mantan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Sumsel ini, meminta kepada pengelola hotel, restoran, kafe, tempat hiburan atau wisata untuk membatasi kegiatan.

Seperti mengumpulkan orang banyak atau keramaian, serta memastikan bahwa protokol kesehatan (prokes) dijalankan dengan baik.

 

Meminta Tunda Mudik

Gubernur Sumsel Herman Deru akan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan di Sumsel (Dok. Humas Pemprov Sumsel / Nefri Inge)
Gubernur Sumsel Herman Deru akan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan di Sumsel (Dok. Humas Pemprov Sumsel / Nefri Inge)

"Semua pengunjung harus pakai masker, jaga jarak dan menyediakan tempat cuci tangan dan sabun. Ini akan diawasi ketat oleh pemerintah daerah setempat, yang bekerjasama dengan instasi terkait," katanya.

Dia juga meminta kepada masyarakat, agar menunda kegiatan mudik atau melakukan perjalanan dalam dan keluar Sumsel jika tidak penting.

"Saya juga meminta agar semua pihak terkait, Satgas Penanganan Penyebaran Covid-19, untuk meningkatkan koordinasi selama natal dan tahun baru," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus : Pasca Libur Natal, Stasiun Padat

Posted: 27 Dec 2020 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perbarui informasi Anda di Fokus edisi (28/12) ini dengan pilihan berita-berita di antaranya, Pasca Libur Natal, Stasiun Padat, Pasien COVID-19 di Jawa Timur Melonjak, Wisata Kabut di Lereng Gunung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei KPAI: 78,17 Persen Peserta Didik Setuju Sekolah Tatap Muka Dibuka Januari 2021

Posted: 27 Dec 2020 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melakukan survei singkat persepsi peserta didik tentang rencana pemerintah membuka pembelajaran tatap pada Januari 2021. Hasilnya, 78 persen dari 62.448 responden setuju sekolah tatap muka dimulai Januari 2021.

"Dari 62.448 responden, mayoritas setuju sekolah tatap muka dibuka pada Januari 2021 yaitu, sebanyak 48.817 siswa atau 78,17 persen dari total responden," kata Komisioner KPAI Retno Listyarti dikutip dari siaran persnya, Senin (28/12/2020).

Sedangkan, 6.241 siswa atau 10 persen dari total responden menyatakan tidak setuju. Adapun yang menjawab ragu-ragu mencapai 10.078 siswa atau sekitar 16,13 persen dari total responden.

Retno menjelaskan, para siswa yang setuju beralasan sudah jenuh terhadap pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring. Mereka mengaku membutuhkan variasi dengan pembelajaran tatap muka (PTM), khususnya untuk praktikum.

"Terutama untuk praktikum dan membahas materi-materi yang sangat sulit yang tidak bisa diberikan melalui PJJ, hampir 56 persen responden yang setuju PTM menyatakan alasan ini, terutama siswa kelas 6 SD dan siswa kelas 9 SMP dan siswa kelas 12 SMA/SMK," jelas dia.

Sementara itu, para siswa tak setuju sekolah tatap muka dimulai Januari 2021 karena khawatir tertular Covid-19. Pasalnya, mereka menilai bahwa penyebaran Covid-19 di daerahnya saat ini masih cukup tinggi.

"Ada juga yang menyatakan meragukan kesiapan sekolahnya dalam menyediakan infrastruktur dan protocol kesehatan/SOP adapatasi kebiasaan baru (AKB) di sekolah di satuan pendidikan," ujar Retno.

Survei untuk mendengarkan suara anak-anak Indonesia

Guru mengajar tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020).  Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona  penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Guru mengajar tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Survei dilaksanakan pada 11-18 Desember 2020 dengan jumlah responden atau partisipan peserta didik mencapai 62.448 siswa.

Retno mengatakan, survei ini dibuat untuk mendengarkan suara anak-anak Indonesia terkait rencana pemerintah membuka pembelajaran tatap muka awal 2021.

Penyebaran kuesioner survei dilakukan melalui aplikasi WhatsApp dan Facecook, dengan dibantu oleh penggiat pendidikan dan para guru dalam jaringan Federasi Serikat Guru Indonesia. Jenjang pendidikan yang berpartisipasi antara lain, siswa SD mencapai 28.164 anak (45 persen) dan siswa SMP sejumlah 28.132 anak (46 persen).

Siswa SMA yang berpartisipasi hanya 3.707 orang (5,6 persen), siswa SMK lebih banyak, yaitu 4.184 orang (6,7 persen). Sedangkan siswa SLB yang mengikuti survei sebanyak 49 anak (0,08 persen).

Sisanya 900 anak berasal dari Madrasah (1,44%). Responden berasal dari 34 provinsi, dengan mayoritas responden berasal dari Pulau Jawa.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan Pengelola Pasar pada RPP Perdagangan

Posted: 27 Dec 2020 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) menyampaikan aspirasi dan masukan mengenai Undang-undang 11/2020 tentang Cipta Kerja dan draf peraturan turunannya di sektor perdagangan.

Ada beberapa temuan yang disampaikan oleh para pengelola pasar yakni definisi dari Pasar Rakyat, kesesuaian Rencana Tata Ruang Wilayah, ketentuan penjualan langsung dari distributor kepada pengguna akhir, pengenaan pajak dan biaya listrik, serta penyediaan internet dalam semangat digitalisasi pasar.

Terkait definisi dan kualifikasi dari Pasar Rakyat pada UU Cipta Kerja, Dirut PD Pasar Surya Surabaya Muhibudin berpendapat bahwa dengan definisi yang ada sekarang, nanti pedagang (kecil) akan termasuk dalam definisi Pasar Rakyat.

"Sehingga nanti akan dibebankan pajak 10 (sepuluh) persen yang tentu memberatkan," katanya saat webinar Bersama Tim Serap Aspirasi (TSA) UU Cipta pada Selasa, 22 Desember 2020.

Dia menyarankan agar pada peraturan turunannya dapat diberikan suatu ketentuan yang lebih tajam mengenai definisi ataupun kualifikasi atas Pasar Rakyat.

Pada kesempatan sama, Anugerah Esa yang merupakan Direktur Perumda Pasar Jaya DKI Jakarta menyatakan bahwa Pasal 79 RPP sektor Perdagangan memiliki ketentuan yang kemudian akan mempersulit pengelola pasar.

"Lokasi pendirian Pasar Rakyat harus mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten/Kota atau Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten/Kota," demikian ketentuan yang dikritisi tersebut.

Padahal jika memang harus berdasarkan RTRW tersebut, ketika mau melakukan revitalisasi pasar ternyata banyak zonasi yang sudah bukan termasuk zonasi pasar, sehingga banyak pasar di Jakarta yang tadinya dua lantai menjadi satu lantai karena zonasinya sudah berubah.

"Padahal keberadaan Pasar Rakyat terbentuk sudah dari dulu sebelum zonasi RT RW Wilayah muncul," ujarnya.

Dia juga menyarankan agar ketentuan tersebut untuk dipertimbangkan kembali dan memperhatikan zonasi pasar yang sudah terbentuk dari masyarakat.

Adapun Zulkarnaen yang merupakan Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Batam meminta klarifikasi atas ketentuan Pasal 48 dari RPP sektor Perdagangan yang megisyaratkan penjualan langsung (direct selling) antara distributor dengan konsumen.

Selain dari hal-hal yang disebutkan di atas, pengelola pasar serentak menyampaikan kekhawatirannya sehubungan dengan pengenaan biaya pajak dan listrik yang tinggi meskipun pemasukan berkurang seiring pandemi Covid-19. Para pengelola pasar juga sangat mendukung pemerintah untuk mewujudkan digitalisasi pasar dengan segera mengingat pada era pandemi ini, masyarakat takut untuk datang ke pasar, sehingga transaksi dilakukan hampir semuanya melalui online.

Karena itu, para pengelola pasar yang tergabung dalam Asparindo dengan Ketua Umum Y. Joko Setiyanto, sangat mengharapkan adanya penyediaan atau subsidi penyediaan internet secara gratis di Pasar Rakyat yang sekiranya dapat dipertegas pada RPP sektor Perdagangan.

Ketua Tim Serap Aspirasi Franky Sibarani menyatakan bahwa aspirasi yang telah disampaikan telah diterima dengan baik dan akan menjadi catatan sebagai rumusan yang akan disampaikan kepada Kemenko Perekonomian."

Webinar Bersama kalangan pengelola pasar tersebut bisa disaksikan ulang melalui akun official Youtube TSA. Sementara RPP Perdagangan tersebut dapat diakses di https://uu-ciptakerja.go.id/wp-content/uploads/2020/12/RPP-Peraturan-Pelaksanaan-Undang-Undang-Nomor-11-Tahun-2020-Tentang-Cipta-Kerja-Sektor-Perdagangan.pdf

Tim Serap Aspirasi (TSA) masih terus menerima masukan dari masyarakat untuk penyusunan peraturan turunan UUCK. TSA telah membuka berbagai kanal yang dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya.

TSA juga memiliki beberapa kanal media sosial untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan TSA serta menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat di platform Instagram: @tsa_ciptakerja dan Twitter: @TSA_CiptaKerja.

Terserap 147 Aspirasi

Suasana Rapat Paripurna pengesahan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/10/2020). Fraksi Partai Demokrat dan PKS menolak pengesahan, sementara tujuh fraksi lainnya menyetujui RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Suasana Rapat Paripurna pengesahan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/10/2020). Fraksi Partai Demokrat dan PKS menolak pengesahan, sementara tujuh fraksi lainnya menyetujui RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Momen libur panjang akhir tahun tak menyurutkan semangat publik memberi kontribusi untuk penyusunan penyusunan peraturan turunan dan pelaksanaan Undang-Undang 11/2020 tentang Cipta Kerja. Tak mengenal libur, Tim Serap Aspirasi (TSA) tetap menampung aspirasi-aspirasi yang masuk.

Tercatat hingga Sabtu 27 Desember 2020, TSA sudah menerima total 147 aspirasi dari perseorangan, ormas, lembaga swadaya masyarakat, juga kalangan bisnis. Aspirasi disampaikan melalui berbagai kanal yang disediakan.

Wakil Juru Bicara TSA Dyah Paramita mengatakan pihaknya masih akan terus menerima masukan dari masyarakat sampai dengan awal Januari 2021. Peraturan turunan dari UU Cipta Kerja diamanatkan untuk dapat selesai dalam waktu 3 (tiga) bulan sejak diundangkannya UU Cipta Kerja.

"Seluruh peraturan turunan harus sudah selesai di akhir bulan Januari 2021 sehingga dapat difinalisasi sebelum 1 Februari 2021," jelasnya.

Untuk itu TSA sudah menyiapkan tiga jalur penyampaian aspirasi yang dapat digunakan oleh masyarakat luas dalam menyampaikan aspirasinya:

Pertama, aspirasi bisa melalui online form yang dapat diakses di bit.ly/tsakirimaspirasi. Kedua, aspirasi bisa via email ke timserapaspirasi@ekon.go.id. Ketiga, aspirasi bisa disampaikan dengan mengirimkan surat yang bisa dikirim atau diantar langsung ke kantor Sekretariat TSA di Gedung Kantor Pos Besar Lantai 6, Jl. Lapangan Banteng Utara No. 1, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

UU Cipta Kerja telah disetujui dalam Rapat Paripurna DPR pada 5 Oktober 2020 dan disahkan oleh Presiden pada 2 November 2020. Peraturan turunan yang tengah disusun mencakup 40 Peraturan Pemerintah (PP) dan 4 Peraturan Presiden (Perpres).

Draf RPP dan draf RPerpres yang tengah disusun dapat diakses di https://uu-ciptakerja.go.id/678-2/ dan https://uu-ciptakerja.go.id/daftar-rancangan-peraturan-presiden-uu-cipta-kerja/

Adapun informasi untuk mengetahui berbagai kegiatan diskusi TSA dapat dilihat melalui media sosial yaitu Instagram: @tsa_ciptakerja dan Twitter: @tsa_ciptakerja.

Infografis Pasal-Pasal Fokus UU Cipta Kerja

Infografis Pasal-Pasal Fokus UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pasal-Pasal Fokus UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Investasi Rp 28 Triliun, Toyota Siap Produksi Mobil Listrik di Indonesia pada 2023

Posted: 27 Dec 2020 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Toyota Group Jepang siap bekerja sama dengan Indonesia untuk membangun pabrik atau memproduksi mobil listrik di Indonesia. Komitmen tersebut diberikan oleh Toyota melakukan pertemuan dengan Menperin Agus beberapa waktu lalu.

Dari hasil pertemuan tersebut, Toyota telah berkomitmen untuk menanamkan investasi untuk kendaraan listrik di Indonesia sebesar Rp 28 triliun. Penyuntikan modal tersebut akan dilakukan untuk jangka waktu 3 tahun.

"Pihak Toyota juga sudah memberikan komitmen pada saya, pada Kementerian Perindustrian, bahwa mereka akan mulai melakukan investasi sampai 3 tahun ke depan sebesar Rp 28 triliun," jelasnya dalam konferensi akhir tahun 2020, Senin (28/12/2020).

Dari hasil kesepakatan tersebut, Toyota disebutnya akan mulai memproduksi kendaraan listrik di Tanah Air mulai 2023 mendatang.

"Mereka akan membangun atau mengembangkan produk-produk hybrid, plug-in hybrid, dan juga mereka akan membangun satu jenis full electric vehicle di Indonesia yang rencananya akan mulai produksi pada 2023," paparnya.

Agus Gumiwang mengaku, ia telah melihat secara langsung apa-apa saja produk hybrid, plug-in hybrid, dan juga full electric vehicle yang akan dikembangkan oleh Toyota di Indonesia.

"Jadi ini suatu hal yang sangat promising untuk pengembangan kendaraan berbasis baterai listrik yang ada di Indonesia," ujar dia.

Menhub Budi Karya Resmi Pakai Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjajal langsung dengan mengendarai mobil listrik berwarna putih bernomor polisi RI 35. (Dok Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjajal langsung dengan mengendarai mobil listrik berwarna putih bernomor polisi RI 35. (Dok Kemenhub)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah merealisasikan penggunaan kendaraan listrik untuk kendaraan operasional kedinasan. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjajal langsung dengan mengendarai mobil listrik berwarna putih (Ioniq) bernomor polisi RI 35, yang nantinya akan segera digunakan untuk kendaraan operasional sehari-hari.

"Hari ini saya bahagia karena rencana kami untuk menggunakan kendaraan dinas dengan kendaraan listrik hari ini bisa terwujud hari ini," kata Menhub Budi Karya di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

 

Menhub mengatakan, kendaraan listrik adalah kendaraan masa depan yang ramah lingkungan sehingga bisa menjadikan bumi lebih sehat dan bebas dari polusi udara. Dia mengapresiasi jajarannya yang telah mengupayakan dan merealisasikan penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional di Kemenhub.

Lebih lanjut, ia mengajak instansi lain untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasionalnya. Tidak hanya untuk kendaraan dinas, Menhub juga terus mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk transportasi publik, seperti angkutan sewa khusus dan Bus Rapid Transit (BRT).

Pemerintah mengutamakan penggunaan mobil listrik ini dengan maksud mendorong perkembangan kendaraan yang ramah lingkungan. Itu terwujud dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Berbasis Baterai.

Pada 2021, Kemenhub akan mengalokasikan kendaraan listrik sebanyak 100 unit yang akan digunakan untuk para Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenhub.

Sebelumnya pada 2019 lalu, Kemenhub juga telah menggunakan sebanyak 6 motor listrik untuk mendukung kegiatan operasional kedinasan di Direktorat Jendral Perhubungan Darat.

Di Stasiun Gambir, Menhub Budi Karya juga mengecek penerapan protokol kesehatan menjelang Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021. Itu dilakukan untuk memastikan penumpang bisa melakukan perjalanan kereta api dengan aman dan sehat di tengah pandemi Covid-19.

Dia pun mengapresiasi penerapan protokol kesehatan (prokes) 3M yang sudah diterapkan dengan baik oleh PT KAI. "Saya berharap penerapan prokes bisa dilakukan dengan konsisten dan disiplin untuk mencegah terjadinya penularan di transportasi pubik dan mencegah bertambahnya kasus positif Covid-19 usai masa libur Natal dan Tahun Baru," pungkasnya. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil NBA : Lakers Menang Mudah Lawan Timberwolves

Posted: 27 Dec 2020 09:46 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles- Los Angeles (LA) Lakers berhasil meraih kemenangan kedua di NBA musim ini usai mengalahkan Minnesota Timberwolves 127-91 di Staples Centre, Senin (28/12/2020). Kyle Kuzma memimpin perolehan angka dengan 20 poin.

Sedangkan LeBron James hanya kurang 1 rebound untuk mencetak double double dengan 18 poin dan 9 rebound. Penampilan Lakers tanpa Anthony Davis sang big man cukup apik sejauh ini.

Perolehan poin dibagi cukup merata. Bahkan pemain dari bench, Montrez Harrel masih bisa mencetak 12 poin.

Sementara itu, perolehan poin Timberwolves dipimpin Antony Edward. Dia mencetak 15 poin, sedangkan posisi dua diizi Naz Reid dengan 11 poin.

Ricky Rubio tak memberi dampak yang cukup bagi Timberwolves karena hanya menyumbang 9 poin pada duel NBA wilayah Barat ini.

 

Jalannya Pertandingan

Lakers vs Minesota Timberwolves di lanjutan NBA, Senin 28 Desember 2020 (AP)
Lakers vs Minesota Timberwolves di lanjutan NBA, Senin 28 Desember 2020 (AP)

 

Lakers sudah memimpin sejak kuarter pertama. Lakers sudah unggul jauh 40-23 di kuarter pertama.

Pada babak kedua, Lakers masih unggul dari Timberwolves. Mereka berhasil mengoleksi 27 poin sehingga akhiri kuarter ini dengan 67-45.

Lakers seakan tak terkejar setelah unggul 103-67 di kuarter ketiga. Pada kuarter keempat kedua tim sama-sama mengoleksi 24 poin dan Lakers unggul jauh 127-91.

Saksikan Video NBA di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Terkait Video Viral Parodi Lagu Indonesia Raya, Tuai Kecaman Netizen

Posted: 27 Dec 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini media sosial tengah dihebohkan dengan adanya sebuah video yang memparodikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Video tersebut diketahui diunggah sebuah akun YouTube milik warga negara Malaysia.

Pada video yang beredar luas di media sosial, sang pelaku memparodikan lagu Indonesia Raya dengan mengubah lirik lagu. Tak hanya itu saja, kata-kata dalam lirik tersebut pun diubah dengan kata-kata yang mengandung provokarif.

Tak berhenti disitu saja, akan tetapi lambang negara Indonesia, Burung Garuda juga diganti menjadi seekor ayam. Bahkan, kalimat Bhinneka Tunggal Ika juga ditulis secara terbalik.

Video yang diunggah oleh akun YouTube tersebut pun menuai banyak kecaman dari netizen Indonesia. Tak sedikit pula netizen yang menganggap unggahan video parodi lagu Indonesia Raya tersebut bisa menjadi sebuah provokasi terhadap hubungan kedua negara.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait video yang memparodikan lagu Indonesia Raya, Senin (28/12/2020).

1. Diunggah oleh akun YouTube milik warga negara Malaysia

Bendera Indonesia-Malaysia (asean-investor.com)
Bendera Indonesia-Malaysia (asean-investor.com)

Video parodi terkait lagu kebangsaan Indonesia Raya ini pertama kali ramai menjadi perbincangan setelah diunggah oleh akun Instagram @rizieqstres pada Minggu (27/12/2020). Dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com, Senin (28/12/2020) akun Instagram tersebut mengunggah sebuah video berdurasi 1 menit 34 detik yang berisikan video parodi lagu Indonesia Raya.

"Martabat bangsa Indonesia benar-benar direndahkan. Bagaimana tidak, Presiden dan Lagu Indonesia Raya dilecehkan. Bahkan dalam lagu ini, Presiden Jokowi dan Soekarno dihina habis-habisan. Chanel You tube yang diduga membuat video ini adalah Asean channel my. Sekarang dia udah punya akun ke 2 namanya asean channel my 2."tulisnya.

Dari bahasa yang terdengar dalam video tersebut lirik lagu diubah dengan kalimat-kalimat tak menyenangkan bahkan cenderung mengandung provokasi.

2. Kementerian Luar Negeri angkat bicara

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, saat menghadiri press briefing yang digelar secara virtual pada Kamis (23/7/2020) oleh Kementerian Luar Negeri RI. (Photo credit: Kementerian Luar Negeri RI).
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, saat menghadiri press briefing yang digelar secara virtual pada Kamis (23/7/2020) oleh Kementerian Luar Negeri RI. (Photo credit: Kementerian Luar Negeri RI).

Adanya video yang memparodikan lagu kebangsaan dan beredar di media sosial membuat Kementerian Luar Negeri (Kemlu) akhirnya angkat bicara. Melalui Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah menyebutkan jika kepolisian Malaysia tengah melakukan investigasi pada Sabtu, 26 Desember 2020 lalu.

"Berdasarkan laporan KBRI KL, pihak kepolisian Malaysia sedang melakukan investigasi hal ini. (Investigasi) kemarin," ujar Teuku kepada merdeka.com, Minggu 27 Desember 2020.

Teuku pun memilih untuk tak memberikan komentar berlebih terkait dengan video parodi yang viral di media sosial tersebut. Kini, pemerintah tengah menunggu hasil investigasi yang dilakukan oleh kepolisian Malaysia.

3. Pemerintah Malaysia akan Tindak Tegas

Bendera Malaysia (AFP PHOTO)
Bendera Malaysia (AFP PHOTO)

Adanya video parodi mengenai Indonesia Raya tersebut pun membuat banyak netizen Indonesia merasa geram. Bahkan, tak sedikit yang mengecam aksi provokasi tersebut di media sosial.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Malaysia pun angkat suara dan menerbitkan pernyataan resmi. Dalam sebuah pernyataan, Kedutaan Besar Malaysia mengungkapkan jika pihaknya akan menindak tegas pelaku sesuai ketentuan hukum.

"Apabila konten tersebut diunggah oleh warga Malaysia , maka langkah tegas akan diambil oleh Pemerintah Malaysia sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," tulis pernyataan tersebut di akun Twitter @MYEmbJKT.

Tak hanya itu saja, pemerintah Malaysia juga menyebutkan jika pihaknya mengutuk keras segala bentuk provokasi yang dilakukan. Termasuk dalam upaya atau niat mempengaruhi hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia yang telah lama terjalin.

4. Tuai Kecaman Netizen

Beredarnya mengenai video yang memparodikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ini pun sukses membuat banyak netizen Indonesia merasa geram. Bahkan, tak sedikit pula yang mengecam tindakan sang pelaku yang membuat dan mengunggah di media sosial. Tak hanya itu saja, beberapa warga Malaysia juga turut menyampaikan kekecewaannya yang telah mencoreng nama Malaysia dengan menghina Indonesia.

"Aku orang malaysia..aku kecewa sikap individu yang menghina indonesia," tulis hyper malaya.

"Siapapun oknum tsb...saya yakin segera di tangkap ,tolong jangan di ampuni tindak tegas ini menyangkut harkat dan martabat bangsa Indonesia," tulis akun Miftachur Rifqi.

"punya akal sehat gak sih?ga habis pikir kenapa lagu kebangsaan di buat beginian.Dia kira buat beginian lucu?please,use your brain before doing anything.semoga pelakunya cepat ketangkap #IndonesiaRaya" tulis akun @yikesdeezy

"Sakit hati banget sumpah, masalahnya lu make lagu kebangsaan Indonesia terus seenaknya ngubah lirik dgn kata² kek gitu, inget jgn ada yg bales pake cara itu tunjukkin kalo kita bisa ngebela bangsa kita dgn cara yg elegant" ujar akun @widiaaa_m

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bangunan Rumah Roboh Tergerus Air Sungai

Posted: 27 Dec 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Terekam kamera warga detik detik bangunan rumah roboh karena tergerus air sungai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

14 Juta Masyarakat Tinggal di Rumah Tak Layak Huni

Posted: 27 Dec 2020 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyebut masih ada sekitar 14 juta keluarga yang tidak memiliki rumah layak huni. Data tersebut dihimpun berdasarkan laporan dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas).

"14 juta dari 70 juta masyarakat yang belum memiliki rumah layak huni," kata dia dalam acara Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Sektor Perumahan, Senin (28/12/2020).

Sementara, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2019, jumlah keluarga di Indonesia yang memiliki rumah sebesar 80,07 persen. Sehingga saat ini diperkirakan ada 20 persen keluarga di Indonesia yang belum memiliki rumah.

Untuk mengatasi backlog perumahan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya di antaranya dengan memberikan bantuan pembiayaan kepemilikan rumah, reformasi perizinan, dan insentif fiskal.

"Ini terus kita upayakan melalui program-program yang ada saat ini kita perlu menyediakan rumah yang sehat agar warganya lebih produktif," kata dia.

Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 sekarang ini rumah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Sebab, setiap orang harus beraktivitas atau berkegiatan dari rumah.

"Orang harus bekerja dari rumah, bermain di rumah, belajar di rumah, berkegiatan di rumah. Ini perlu sekali lingkungan rumah yang lebih baik," jelasnya.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Beragam Upaya Pemerintah Pulihkan Sektor Perumahan

Dana yang dikucurkan jelang dua minggu sebelum Hari Raya ini sangat potensial untuk dialokasikan sebagai dana tambahan untuk uang muka rumah.
Dana yang dikucurkan jelang dua minggu sebelum Hari Raya ini sangat potensial untuk dialokasikan sebagai dana tambahan untuk uang muka rumah.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin membeberkan ada beberapa cara untuk mendukung pemulihan ekonomi di sektor perumahan atau properti. Salah satunya adalah menerima masukan dari berbagai pihak dalam penyediaan perumahan laik dan nyaman bagi masyarakat.

"Terutama masyarakat berpenghasilan rendah, baik untuk sektor formal maupun informal," kata dia dalam acara Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Sektor Perumahan, Senin (28/12/2020).

Dia mengakui memang masih banyak hal yang perlu dibenahi di dalam sektor perumahan. Utamanya dalam menghadapi tekanan ekonomi karena pandemi Covid-19.

Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi atau collaborative working. Sebab, menurutnya, sebesar apapun subsidi dan insentif pemerintah untuk sektor perumahan, tidak akan berjalan dengan baik jika masing-masing stakeholder hanya peduli dengan dirinya sendiri.

"Pembangunan di bidang perumahan tidak akan optimal jika hanya ditangani oleh Pemerintah. Kata kuncinya adalah kolaborasi. Kolaborasi itu artinya kerjasama untuk mencapai cita-cita, yaitu menyediakan rumah yang nyaman dan aman untuk masyarakat." jelasnya.

Adapun kolaborasi yang dimaksud yakni dengan berbagai pihak, antara lain Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, para pengembang perumahan, bank penyalur KPR, dan stakeholder terkait lainnya. Dengan kebersamaan dan dengan kerja keras, Indonesia mampu menghadapi semuanya.

"Karena itulah apa yang pemerintah canangkan dalam kolaborasi adalah untuk membangun optimisme dan pertumbuhan berkelanjutan," katanya.

Di samping itu, juga dibutuhkan yang namanya skema padat karya. Dia memandang pada masa pandemi ini dan juga dalam upaya pemulihan ekonomi, diharapkan pembangunan perumahan khususnya bagi MBR menggunakan skema padat karya agar memberikan pekerjaan dan manfaat langsung kepada masyarakat.

"Selain itu, seluruh pembangunannya agar menggunakan bahan dan material-material produksi dalam negeri dan bahkan bahan bangunan hasil industri lokal," katanya.

Tidak kalah penting adalah peranan bank penyalur KPR untuk penyediaan KPR bagi pekerja sektor informal. Apalagi enam puluh persen (60 persen) masyarakat Indonesia bekerja di sektor informal.Hanya saja, pekerja pada sektor informal saat ini masih relatif lebih sulit dalam mendapatkan persetujuan pengajuan KPR, terlebih di kondisi pandemi saat ini.

"Besar harapan Pemerintah agar bank penyalur KPR dapat menjadi pelopor bagi penyediaan KPR untuk pekerja sektor informal," imbuh dia.

Lebih lanjut, Wapres Ma'ruf mengatakan saat ini pemerintah juga sangat peduli dengan pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah di Indonesia. Bank penyalur KPR dapat memanfaatkan peluang ini dengan mencoba melakukan penetrasi dan kerjasama dalam hal penyediaan pembiayaan Syariah perumahan.

"Seperti kita ketahui banyak kalangan masyarakat yang ingin memiliki rumah melalui fasilitas pembiayaan yang berbasis Syariah," sebutnya.

Terakhir yang tidak kalah penting dalam pemulihan sektor perumahan yakni pengembang harus menjaga kredibilitas dan kepercayaan masyarakat. Sebab, di tengah kondisi penurunan ekonomi, masyarakat menjadi lebih peduli dengan apa yang disebut value for money. Sehingga dalam membeli barang yang nilainya tinggi, masyarakat tidak hanya memperhatikan masalah harga, tetapi juga akan memperhatikan track record dari penyedia barang jasa.

"Oleh sebab itu, penting bagi para pengembang perumahan, untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan terus menjaga kualitas dari rumah dan fasilitas perumahan yang dibangun serta layanan kepastian hukumnya," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Seleksi CPNS Kembali Dibuka Usai Mei 2021

Posted: 27 Dec 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berencana membuka kembali penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di 2021. Rencananya, seleksi CPNS akan dibuka usai Mei 2021.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi bidang SDM Kementerian PAN-RB, Teguh Widjinarko mengatakan seleksi CPNS yang dibuka akan memprioritaskan beberapa formasi.

"Setelah bulan mei, tapi belum ditentukan tanggalnya," ujar Teguh kepada Liputan6.com, seperti dikutip Senin (28/12/2020).

Dia menuturkan adapun formasi CPNS 2021 yang dibuka, yakni prioritas pada tenaga kesehatan, pendidikan dan tenaga-tenaga teknis yang dibutuhkan dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan jangka menengah dan panjang. 

Teguh Widjinarko membeberkan, formasi CPNS 2021 belum diketahui pasti. Kendati begitu, pihaknya masih mendata jumlah kebutuhan CPNS di tiap instansi baik pusat maupun daerah.

"Nanti setelah ini selesai dan ada pertimbangan Menkeu (Menteri Keuangan Sri Mulyani) dan BKN, barulah bisa kita tetapkan," jelas dia.

Saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah merampungkan proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Saat ini, BKN tengah melakukan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) sebelum sampai ke tahap selanjutnya.

Adapun, progress penetapan NIP di BKN dapat dicek di laman https://www.bkn.go.id/penetapan-nip-cpns-ta-2019. 

Proses Seleksi CPNS 2019 Hampir Kelar, Sudah Tahap Apa?

CPNS saat mengikuti SKD di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
CPNS saat mengikuti SKD di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah merampungkan proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Saat ini, BKN tengah melakukan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) para CPNS sebelum sampai ke tahap selanjutnya.

Adapun, progress penetapan NIP CPNS di BKN dapat dicek di laman https://www.bkn.go.id/penetapan-nip-cpns-ta-2019.

Plt Kepala Biro Humas BKN Paryono, mengatakan ketika penetapan NIP sudah selesai, maka instansi yang bersangkutan harus menerbitkan Surat Keputusan (SK).

"Kalau di BKN sudah sampai tahap penetapan NIP, sudah ada yang selesai, ada juga yang masih proses. Kalau sudah selesai di BKN berarti instansi harus segera menerbitkan Surat Keputusan CPNS," jelas Paryono saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (27/12/2020).

Pantauan Liputan6.com, sebagian besar peserta CPNS telah mendapatkan penetapan NIP. Hanya, ada 9 peserta yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) untuk diangkat sebagai CPNS.

Sekedar informasi, merujuk pada Peraturan BKN Nomor 14 Tahun 2018, PPK masing-masing instansi diberi waktu paling lama 30 hari kerja setelah menerima NIP dari Kepala BKN/Kepala Kantor Regional BKN, untuk menetapkan keputusan pengangkatan calon PNS.

Berdasarkan peraturan tersebut, maka tenggat waktu pengangkatan CPNS 2019 oleh masing-masing instansi pada 31 Desember 2020.

 

 

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yoo In Na Gabung dengan Jisoo Blackpink di Drakor Snowdrop

Posted: 27 Dec 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Aktri papan atas Negeri Ginseng, Yoo In Na, akhirnya dipastikan bakal tampil di drama Korea Snowdrop yang dibintangi Jisoo Blackpink. Dilansir dari Soompi, Senin (28/20/2020), hal ini secara resmi telah dikabarkan oleh JTBC. 

Bintang Goblin ini akan memerankan karakter seorang ahli bedah bernama Kang Chung Ya.

Dalam drakor ini, Kang Chung Ya digambarkan sebagai sosok berbakat sekaligus berparas cantik, dengan pesona yang bisa memikat seseorang dalam sepersekian detik saja. Kang Chung Ya memiliki reputasi tinggi, tapi rupanya menyimpan rahasia misterius.  

Bertabur Bintang

Jisoo Blackpink. (Instagram/ sooyaaa__)
Jisoo Blackpink. (Instagram/ sooyaaa__)

Dengan pengumuman ini, alhasil Snowdrop kian bertabur bintang. Selain Jisoo Blackpink, aktor yang tengah naik daun Jung Hae In dan Kim Hye Yoon juga tampil di drakor ini. 

Jung Hae In memerankan karakter Im Soo Ho seorang mahasiswa universitas ternama yang besar di Jerman yang hangat, tapi menyimpan sebuah rahasia.

Sementara Jisoo melakoni karakter Eun Young Cho yang menolong saat Im Soo Ho mengalami saat genting. 

Sineas Sky Castle

Sky Castle
Sky Castle

Drama ber-setting tahun 1987 ini menarik perhatian publik, bukan hanya karena jajaran bintangnya saja. Melainkan juga karena sutradara dan penulis drama kondang Sky Castle bergabung dalam proyek ini. 

Syuting Sempat Berhenti

Ilustrasi gambar SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Corona COVID-19, diisolasi dari seorang pasien di AS. Diperoleh 27 Februari 2020 milik National Institutes of Health yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)
yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)

November lalu, syuting Snowdrop sempat dihentikan sementara. Ini karea seorang pemain figuran Snowdrop tercatat melakukan kontak dekat dengan orang yang terkonfirmasi positif Corona.

Sang penderita Covid-19 ini berhubungan dengan aktor figuran dari drama lain yang juga positif Corona. Karena hal ini, syuting Snowdrop dihentikan sejak 23 November 2020. 

Tayang 2021

Untungnya, kini produksi Snowdrop bisa dilanjutkan. Drama ini ditargetkan untuk tayang pada tahun 2021 mendatang. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komnas HAM Tegaskan Belum Ada Kesimpulan Kasus Penembakan Laskar FPI

Posted: 27 Dec 2020 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menegaskan, belum ada kesimpulan apapun atas hasil penyelidikan kasus penembakan Laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek.

"Kami belum pernah mengambil kesimpulan apapun. Jadi kalau ada berita begitu kami pastikan itu hoaks. Ahli dan forensik saja belum kami lakukan," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (28/12/2020).

Choirul menyebut, sejauh ini Komnas HAM baru mengumpulkan sejumlah keterangan saksi dan barang bukti saja mengenai penembakan laskar FPI. Masih ada tahapan yang perlu dilakukan sebelum kesimpulan investigasi diambil.

"Jadi kecepatan kami menemukan ini semua. Karena sifat kehati-hatian kami, seperti ini ada earphone entah berhubungan atau tidak, kami ambil. Ini kami lakukan sebelum ada informasi di publik jadi kami menelusuri, apapun yang kita dapat kita dapat," jelas dia.

"Banyak proses ini yang belum tentu nyambung tapi kita ambil sebelum informasi ada di publik. Ini yang membutuhkan informasi lebih lanjut," lanjut Choirul.

Wakil Ketua Komnas Ham Amiruddin menambahkan, pihaknya juga mendapatkan adanya sejumlah pemberitaan bohong alias hoaks terkait hasil investigasi Komnas HAM. Untuk itu dia berharap masyarakat dapat bijaksana dalam menerima informasi penyelidikan kasus penembakan Laskar FPI.

"Kami melihat ada upaya mencampuradukkan keterangan Komnas Ham dengan peristiwa yang lain. Kami mengharapkan masyarakat berhati-hati dengan hoaks seperti ini. Karena Komnas HAM masih dalam proses terus menguji sehingga dapat menyampaikan seperti apa peristiwa itu real-nya," kata Amiruddin.

Kasus Penembakan Laskar FPI, Komnas HAM Tunjukkan 7 Peluru yang Ditemukan di Tol

Tim Penyelidik dari Komnas HAM didampingi penyidik Polda Metro Jaya melakukan pemeriksaan mobil yang digunakan oleh polisi dan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) dalam insiden Tol Jakarta-Cikampek KM 50 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/12/2020).
Tim Penyelidik dari Komnas HAM didampingi penyidik Polda Metro Jaya melakukan pemeriksaan mobil yang digunakan oleh polisi dan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) dalam insiden Tol Jakarta-Cikampek KM 50 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/12/2020).

Sementara itu, Komnas HAM menunjukkan sejumlah temuannya di lapangan terkait kasus penembakan Laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek. Sejumlah barang temuannya itu adalah proyektil dan selongsong peluru.

Wakil Ketua Komnas HAM Amiruddin menyampaikan, pihaknya memang telah melakukan investigasi dan menelusuri lokasi penembakan Laskar FPI. Meski begitu, temuan yang ada masih perlu dilakukan pengujian ahli.

"Didapatkan proyektil peluru, ini bentuknya sudah ini (ada yang tidak utuh), dan juga selongsong. Ini didapatkan tim Komnas HAM di lapangan, di jalanan itu," tutur Amiruddin di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (28/12/2020).

Selain proyektil peluru, lanjut Amiruddin, ada temuan pecahan bagian mobil yang diduga hasil serempetan antara kendaraan Laskar FPI dan kepolisian. Kemudian sejumlah rekaman CCTV juga telah diamankan.

"Terhadap ini semua bukti-bukti, ini terutama selongsong dan proyektil, tentu kami membutuhkan ahli untuk mengujinya," kata Amiruddin.

 2 dari 3 halaman Belum Dipastikan KaitannyaKomisioner Komnas HAM Choirul Anam menambahkan, untuk jumlah proyektil peluru yang didapatkan berjumlah tujuh butir. Satu di antaranya tidak utuh sehingga belum dapat dipastikan keterkaitannya.

Kemudian ada empat selongsong peluru dengan satu di antaranya tidak utuh. Sementara itu, ada banyak pecahan bagian mobil yang identik secara kasat mata.

"Masih membutuhkan uji balistik dan kami sedang mengupayakan uji balistiknya transparan dan akuntabel. Sedang kami usahakan. Ini kita temukan di beberapa titik. Kami tidak bisa menyebutkan di mana saja karena itu kami sedang terus crosscheck ulang," ujar Choirul Anam.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Virus Corona COVID-19 Melonjak, Israel Terapkan Lockdown Nasional Ketiga

Posted: 27 Dec 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Israel telah memulai kebijakan lockdown ketiga di wilayahnya secara nasional pada Minggu 27 Desember, dalam upaya meredam penyebaran Virus Corona COVID-19

Dilaporkan AFP, Senin (28/12/2020), kebijakan lockdown itu dimulai pukul 17.00 waktu setempat, mendorong warga Israel untuk tetap berada di rumah dan menjaga jarak hingga 1.000 meter dari rumah mereka.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pun menyuarakan optimisme upaya vaksinasi di negaranya dan menyebutnya sebagai "rekor dunia", untuk menuju normalitas dalam beberapa pekan mendatang. 

Menyusul lonjakkan tajam dalam jumlah infeksi, pemerintahan Netanyahu memberlakukan kembali langkah-langkah pembatasan ketat di Israel yang sebelumnya membantu membatasi penularan COVID-19.

Terdapat berbagai pengecualian dalam kebijakan lockdown di Israel, yang di antaranya termasuk berbelanja bahan makanan, mencari keperluan medis, menghadiri proses hukum, atau berolahraga.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Aturan Lockdown Pengaruhi Aktivitas Sekolah

Warga Israel duduk di sebuah kedai kopi luar ruangan di Tel Aviv, Rabu (27/5/2020). Setelah lebih dari dua bulan ditutup untuk membendung penularan virus corona, restoran hingga kafe di Israel diizinkan dibuka kembali hari Rabu, 27 Mei. (AP Photo/Sebastian Scheiner)
Warga Israel duduk di sebuah kedai kopi luar ruangan di Tel Aviv, Rabu (27/5/2020). Setelah lebih dari dua bulan ditutup untuk membendung penularan virus corona, restoran hingga kafe di Israel diizinkan dibuka kembali hari Rabu, 27 Mei. (AP Photo/Sebastian Scheiner)

Sementara perbedaan utama dalam aturan lockdown ketiga di Israel dibandingkan dengan yang sebelumnya yaitu terkait dengan sekolah, dimana para pelajar pada saat itu masih bisa menghadiri kelas.

Alih-alih menutup secara total, Israel tetap membuka sekolah namun tetap dengan batasan, dimana sebagian besar pelajar akan dijadwalkan belajar dan kelas dan juga belajar di rumah. 

Sementara itu, pasar rempah rempah Neeman di di Yerusalem, dilaporkan relatif aktif pada hari Minggu, dipenuhi dengan para pembeli yang mencari bahan makanan pada menit-menit terakhir sebelum kebijakan lockdown dimulai.

Saat ditanya apakah toko rempah-rempah di pasar tersebut akan tetap beroperasi selama lockdown, seorang penjual menjawab, "Sejauh yang kami ketahui, kami terbuka."

"Belum ada yang memberi tahu kami apa yang terjadi," lanjutnya. 

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panduan Perjalanan ke Lombok di Libur Natal dan Tahun Baru, Wajib Rapid Test Antigen

Posted: 27 Dec 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2021, pemerintah mengeluarkan beragam kebijakan terkait perjalanan dalam negeri. Begitu pula saat akan bepergian ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), ada beberapa hal yang wajib diketahui para pelaku perjalanan, termasuk wajib Rapid Test Antigen.

Berdasarkan Surat Edaran Gubernur NTB No. 440/2020 tanggal 24 Desember 2020, bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang akan memasuki Provinsi NTB dengan transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil uji Rapid Test Antigen. Surat keterangan ini berlaku 14 hari sejak tanggal diterbitkan.

Selain itu, para pelaku perjalanan juga diwajibkan untuk mengisi e-HAC. Formulir ini dapat diakses melalui situs web resmi Kementerian Kesehatan atau mengunduh aplikasi di  Android Play Store atau Apple App Store.

"Selama berada di Provinsi NTB, mereka juga harus punya surat keterangan hasil uji rapid test antigen yang masih berlaku," bunyi keterangan tersebut.

Bagi para pelaku perjalanan yang berangkat dari Provinsi NTB, surat keterangan hasil uji Rapid Test Antigen yang masih berlaku dapat digunakan untuk perjalanan kembali ke Provinsi NTB. Selain itu, ada ketentuan lain yang perlu diketahui.

Untuk perjalanan di dalam Provinsi NTB, misalnya dari dan ke Lombok, Sumbawa Besar, atau Bima, cukup menggunakan Rapid Test Antibodi. Adapun ketentuan ini berlaku efektif hingga 8 Januari 2021 mendatang.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Layanan Rapid Test Antigen

Para pelaku perjalanan wajib Rapid Test Antigen sebelum terbang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (dok. Instagram @lombokairport/https://www.instagram.com/p/CJM2m2-hcPC/)
Para pelaku perjalanan wajib Rapid Test Antigen sebelum terbang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (dok. Instagram @lombokairport/https://www.instagram.com/p/CJM2m2-hcPC/)

Bandara Lombok juga menyediakan layanan Rapid Test Antigen melengkapi layanan Rapid Test Antibodi. Lokasi layanan berada di area parkir kendaraan sebelah barat Bandara Lombok.

Layanan ini buka setiap hari mulai 06.00--16.00 WITA. Tarif Rapid Test Antigen seharga Rp250 ribu dan Rp85 ribu untuk Rapid Test Antibodi (khusus calon penumpang pesawat).

Tak hanya di bandara, para calon penumpang juga dapat Rapid Test Antigen di beberapa lokasi lain di NTB. Diimbau, demi kenyamanan dan ketenangan, lebih baik tes 1--2 hari sebelum keberangkatan.

Infografis Perbedaan Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen, Swab PCR Test

Infografis Perbedaan Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen, Swab PCR Test (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Perbedaan Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen, Swab PCR Test (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

iBox dan Pengguna TikTok Akhirnya Sepakat Damai

Posted: 27 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat ramai dibicarakan di media sosial, iBox dan pemilik akun TikTok @julio.ioio akhirnya sepakat menyelesaikan permasalahan yang terjadi secara baik dan kekeluargaan.

"Kedua pihak telah bertemu dan sepakat bahwasanya permasalahan yang ada telah diselesaikan dengan baik dan secara kekeluargaan," tulis Erajaya Swasembada sebagai pengelola iBox dalam keterangannya, Senin (28/12/2020).

Dalam keterangan itu, Erajaya juga menuturkan pihaknya selalu menghargai maupun menyambut baik masukan pelanggan yang konstruktif dan faktual. Hal itu dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan di seluruh jaringan ritel Erajaya Group.

Oleh sebab itu, Erajaya mengatakan pihaknya mengundang seluruh pelanggan ritel miliknya untuk tidak segan menyampaikan kritik dan saran lewat kanal resmi yang sudah tersedia.

Sebelumnya, pemilik akun TikTok @julio.ioio juga telah meminta maaf setelah video berisi kritikan iBox unggahannya viral di media sosial. Permohonan maaf itu dilakukan lewat akun miliknya.

"Gue mau klarifikasi soal video yang viral kemarin. Kalau pihak iBox merasa dirugikan, gue mohon maaf yang sebesar-besarnya. Ini hanya murni pendapat customer. Gue ga pengen viral juga di sini, ngapain ya," ujar Julio.

Ia pun menceritakan kronologinya terkait pelayanan iBox yang menurut dia kurang ramah.

"Kronologinya pas gue masuk sama pacar gue, gue tuh harus panggil mereka dulu agar gue bisa bertanya. Pertanyaan-pertanyaan yang gue dan pacar gue tanya, jawabannya sih kurang puas ya. Menurut gw sih ogah-ogahan, menurut gue," ucapnya menjelaskan.

Julio sekali lagi menekankan kalau itu cuma opini pelanggan. Meski merasa kurang puas dengan pelayanan iBox, ia mengaku tetap menjadi pelanggan setia iBox.

"Toh, gue tetap pelanggan setianya iBox kok. Mau beli MacBook Pro Touchbar, iPad Pro, udah gitu iPhone. iPhone gue ada dua, gue beli semua di iBox. Tapi kalau tersinggung, gue minta maaf," Julio memungkaskan.

Penjelasan Detail Erajaya

iPhone XS Max, iPhone XS, dan iPhone XR di iBox (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
iPhone XS Max, iPhone XS, dan iPhone XR di iBox (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sebelumnya, iBox ramai dihujat oleh warganet di media sosial karena dianggap tidak ramah dalam memberi pelayanan ke konsumen. Hal ini terjadi setelah ada sebuah video viral dari akun @julio.ioio yang berisi keluhannya saat berbelanja di gerai iBox yang ada di Mall Senayan City.

Dalam video viral, pelanggan ini mengeluh, merasa tidak mendapatkan pelayanan terbaik dari customer service iBox karena datang ke gerai dengan sandal jepit dan pakaian yang kurang rapi.

Hal ini pun diklarifikasi oleh pihak Erajaya Swasembada sebagai pengelola iBox, melalui keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Sabtu (27/12/2020).

"Pertama-tama, kami selalu menghargai dan menyambut baik masukan pelanggan. Feedback yang konstruktif dan faktual akan membantu memperbaiki dan meningkatkan pelayanan staf di seluruh jaringan retail Erajaya Group," kata Erajaya dalam keterangan.

Erajaya pun menelusuri kasus ini, baik dengan cara wawancara staf yang terlibat dan meninjau rekaman CCTV di toko iBox. Dari hasil investigasi, diketahui kasus ini terjadi pada Kamis, 24 Desember 2020 pukul 12.49 WIB.

Dikatakan pihak Erajaya, saat itu staf iBox menyambut pelanggan dengan salam "Hallo, welcome to iBox'.

"Kemudian (staf) menanyakan produk Apple yang dicari. Staf kami kemudian menawarkan untuk membantu memberikan informasi, namun kustomer diam saja. Staf kami tetap mendampingi sampai kustomer berada di booth iPhone," kata pihak Erajaya.

Selanjutnya selama durasi 9 menit 4 detik, Erajaya menyebut, staf iBox terus melakukan probing di booth tersebut.

Beri Penjelasan dan Temani Kustomer

"Kustomer menanyakan stok barang, perbedaan iPhone 11 dengan 12. Staf kami menjelaskan stok barang yang ada, namun kustomer masih kurang paham, sampai teman wanitanya merekomendasikan iPhone 12 Pro warna Gold," tulis Erajaya dalam klarifikasinya.

Lebih lanjut Erajaya mengatakan, staf iBox mencoba menjelaskan kembali mengenai kondisi stok, karena barang yang diminati (iPhone 12 Pro Max warna Pasific Blue) tidak tersedia.

Erajaya menyebut, staf iBox tetap melayani dan mendampingi kustomer hingga akhirnya kustomer memutuskan memilih iPhone 12 Pro 256GB warna Gold.

Selanjutnya pada pukul 12.59 WIB dari hasil rekaman CCTV disebutkan, kustomer berpindah ke bagian aksesoris. Saat itu, selama 5 menit, staf iBox menawarkan berbagai macam aksesoris pelengkap, dari mulai casing hingga tempered glass.

Saat itu kustomer ingin mencari casing clear, namun karena stok tidak tersedia, kustomer memutuskan untuk menggunakan tempered glass Lamina.

Kemudian pada 13.11 WIB, staf membawa unit yang dibeli kustomer ke meja aktivasi untuk diperiksa bagian aktivasi. Pada durasi selama 5 menit 47 detik, staf melakukan proses aktivasi produk.

"Staf kami kemudian meninggalkan kustomer dengan tim Lamina karena produk yang telah dibeli akan sekalian dipasang lapisan anti gores," kata Erajaya.

Atas adanya perbedaan kronologi kejadian yang disampaikan staf dan rekaman CCTV gerai dengan video viral di media sosial tersebut, pihak Erajaya Group pun mengundang pemilik akun TikTok @julio.ioio melalui direct message dan WhatsApp.

"Untuk mengetahui lebih jauh persepsi kurangnya pelayanan staf iBox, kami telah mengundang pemilik akun TikTok untuk dapat bersilaturahmi, namun saat ini belum mendapatkan tanggapan," kata pihak Erajaya.

Lebih lanjut, Erajaya mengimbau agar yang bersangkutan bisa meluangkan waktu untuk bertemu dengan perwakilan Erajaya.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran Corona COVID-19 Surabaya pada 27 Desember 2020

Posted: 27 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif Corona COVID-19 bertambah 42 orang di Surabaya, Jawa Timur pada Minggu, 27 Desember 2020. Dengan demikian, total kasus konfirmasi positif COVID-19 di Surabaya mencapai 17.971.

Sementara itu, pasien sembuh dari Corona COVID-19 bertambah 45 orang. Total pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 16.605 orang. Pasien meninggal karena COVID-19 bertambah satu orang menjadi 1.242.

Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 124 orang. Demikian mengutip dari lawancovid-19.surabaya.go.id, Senin (28/12/2020).

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah pada 27  Desember 2020 di Surabaya antara lain:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 2.839 orang

Sembuh: 2.632 orang

Meninggal: 177 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.909 orang

Sembuh: 1.727 orang

Meninggal: 177 orang

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Sebaran Wilayah

Balai Kota Surabaya (Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)
Balai Kota Surabaya (Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.651 orang

Sembuh: 2.445 orang

Meninggal: 195 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 5.525 orang

Sembuh: 5.145 orang

Meninggal: 342 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 5.047 orang

Sembuh: 4.656 orang

Meninggal: 351 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Jual Luis Suarez ke Atletico, Messi: Itu Transfer Gila

Posted: 27 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona sudah melepas Luis Suarez ke Atletico Madrid musim ini. Lionel Messi menilai itu sebagai sebuah transfer gila.

Messi buka-bukaan soal dirinya dan kondisi Barcelona saat diwawancara media Spanyol, La Sexta belum lama ini. Dalam wawancara itu, Messi juga mengomentari dilepasnya Suarez ke Atletico Madrid.

"Saya sempat memikirkan transfer Luis Suarez sebelum dia pergi, tapi itu transfer gila," ujar Messi.

"Saya tak suka cara dia tinggalkan klub. Saya pikir tak pantas dia pergi meninggalkan klub seperti itu. Dia dijual gratis untuk tim yang bersaing dengan kami."

Kombinasi Messi dengan Luis Suarez memang dikenal sangat tajam di Barcelona. Keduanya selalu mendominasi daftar pencetak gol di Liga Spanyol.

 

Grup Whatsapp

Lionel Messi dan Luis Suarez saat masih bersama (AFP Photo/Lluis Gene)
Lionel Messi dan Luis Suarez saat masih bersama (AFP Photo/Lluis Gene)

Messi juga tak menampik dia masih melakukan kontak dengan Neymar. Messi, Suarez dan Neymar bahkan punya grup Whatsapp sendiri.

"Kami bicara dari waktu ke waktu. Baru-baru ini, saya dan Neymar bicarakan soal duel di Liga Champions," ujar Messi.

"Saya tak suka pengundian itu karena kami jumpa tim kuat. Begitu juga Neymar, karena meskipun kami belum di level terbaik, kami masih bisa membaik."

 

Hubungan Baik

Luis Suarez suburu dengan Atletico Madrid (AFP/Gabriel Bouys)
Luis Suarez suburu dengan Atletico Madrid (AFP/Gabriel Bouys)

 

Messi menegaskan dia, Neymar dan Suarez memiliki hubungan yang sangat baik. Bahkan ketiganya selalu berbicara setiap hari.

"Saya bicara dengan Suarez hampir tiap hari dan kami bertiga punya hubungan yang sangat baik," ujarnya.

 

Klasemen Liga Spanyol

 

Jadwal Liga Spanyol

Selasa (29/12/2020)

23.00 WIB : Sevilla vs Villarreal

 

Rabu (30/12/2020)

01.15 WIB : Barcelona vs Eibar

03.30 WIB : Cadiz vs Real Valladolid

03.30 WIB : Levante vs Real Betis

23.00 WIB : Granada vs Valencia

 

Kamis (31/12/2020)

01.15 WIB : Atletico Madrid vs Getafe

01.15 WIB : Celta Vigo vs Huesca

03.30 WIB : Elche vs Real Madrid

20.00 WIB : Athletic Bilbao vs Real Sociedad

22.15 WIB : Osasuna vs Deportivo Alaves

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Cara Menggunakan Daun Mint untuk Jerawat, Ketahui Manfaatnya

Posted: 27 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Daun mint dapat membantu menghilangkan jerawat dan bekas luka. Mint memiliki sifat antibakteri yang kuat dan mengandung asam salisilat. Keduanya secara efektif mencegah jerawat.

Daun mint juga mengandung vitamin A yang mengontrol sekresi minyak pada kulit berminyak dan rentan berjerawat.

Asam salisilat dalam daun mint termasuk agen anti-inflamasi dan digunakan untuk membersihkan folikel yang tersumbat. Asam salisilat kerap ditemukan di larutan pembersih jerawat dan pengelupasan kulit.

Daun mint bisa digunakan dalam bentuk masker, pasta, atau toner. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang mudah ditemukan. Berikut cara menggunakan daun mint untuk jerawat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/12/2020).

Cara Menggunakan Daun Mint untuk Jerawat

daun mint  (sumber: Pixabay)
daun mint (sumber: Pixabay)

Pasta mint

Daun mint bersifat antimikroba dan mengandung antioksidan. Ini dapat menekan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi stres oksidatif. Pasta mint juga membantu mengurangi bekas jerawat.

Haluskan 10-15 lembar daun mint. Tambahkan air hingga membentuk konsistensi kental seperti pasta. Oleskan pasta ke area berjerawat dan biarkan mengering. Setelah kering, bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini sekali sehari.

Toner mint

Toner ini memiliki sifat astringen dan merupakan sumber asam salisilat tinggi yang mencegah jerawat dan menghilangkan bekas luka. Toner mint juga membuat kulit terasa segar dan merupakan teman yang sempurna selama musim panas.

Tambahkan 1 ½ gelas air dan 1 cangkir daun mint yang sudah dirobek atau diparut ke wadah dan rebus dengan api kecil selama 5 menit. Matikan apinya dan tutup wadahnya. Biarkan hingga dingin lalu pindahkan ke botol semprot. Kamu bisa menyimpannya di lemari es. Semprotkan toner ke wajah 2-3 kali sehari.

Cara Menggunakan Daun Mint untuk Jerawat

madu (Dok.Unsplash/ Arwin Neil Baichoo)
madu (Dok.Unsplash/ Arwin Neil Baichoo)

Mint dan madu

Perawatan jerawat menggunakan daun mint dan madu sangat cocok bagi pemilik kulit kering. Baik madu dan mint memiliki sifat antibakteri yang bekerja pada jerawat dan noda. Madu juga meningkatkan kelembapan kulit.

Hancurkan 10-15 lembar daun mint. Tambahkan 1 sendok teh madu Manuka atau madu organik. Campur dengan baik dan oleskan ke area berjerawat. Biarkan selama minimal 30 menit lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini sekali sehari.

Mint dan air mawar

Air mawar tidak hanya mengontrol sekresi minyak berlebih tetapi juga membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Air mawar membuat kulit tetap terhidrasi dan menjadiastringent alami. Bersama dengan mint, air mawar melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat dan mencegah masalah kulit.

Haluskan 10-15 lembar daun mint dan tambahkan 1 sendok teh air mawar hingga membentuk pasta halus. Aplikasikan pada area berjerawat dan biarkan mengering selama 30 menit. Bilas dengan air dan gunakan cara ini sekali sehari sampai jerawat hilang.

Cara Menggunakan Daun Mint untuk Jerawat

Ilustrasi Oatmeal Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Oatmeal Credit: pexels.com/pixabay

Scrub mint dan oat

Scrub wajah ini dapat meremajakan kulit dan membantu menghilangkan minyak berlebih dan bakteri. Oat dengan lembut mengelupas sel kulit mati, mencegahnya menumpuk di folikel. Mint, madu, dan mentimun menjaga kulit tetap terhidrasi dan mengurangi peradangan.

Hancurkan 10-15 lembar daun mint. Haluskan bersama 1 sendok makan rolled oat. Campurkan 1 sendok makan jus mentimun dan 1 sendok teh madu. Oleskan ke seluruh wajah, dengan fokus pada area yang berjerawat. Biarkan mengering dan bilas dengan lembut dengan air.

Masker mint, yogurt, dan timun

Minyak zaitun mengandung antioksidan dan asam oleat, dan, bersama dengan mint dan lemon, membantu menyingkirkan bakteri penyebab jerawat. Masker ini baik digunakan untuk semua jenis kulit.

Haluskan 15-20 daun mint, campur dengan ½ sendok teh minyak zaitun dan 1 sendok makan jus lemon. Bersihkan wajah dengan air lalu oleskan pasta tersebut di seluruh wajah atau hanya di area yang berjerawat. Pijat dengan lembut dan biarkan meresap selama 20 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan gunakan 3 kali seminggu.

Cara Menggunakan Daun Mint untuk Jerawat

Ilustrasi Lemon Credit: unsplash.com/Han
Ilustrasi Lemon Credit: unsplash.com/Han

Mint, minyak zaitun dan lemon

Perawatan ini membantu meremajakan yang menenangkan peradangan dan menyembuhkan jerawat, kerusakan akibat sinar matahari, dan hiperpigmentasi. Yogurt menghidrasi kulit dan meminimalkan noda. Mentimun dan mint mendinginkan kulit dan membantu meredakan jerawat dan bekas luka.

Haluskan 10-15 lembar daun mint. Campur dengan masing-masing 1 sendok makan yogurt dan mentimun parut. Simpan di lemari es selama 15 menit untuk efek relaksasi. Oleskan pada wajah dan diamkan hingga mengering. Bilas dengan air hingga bersih dan gunakan masker ini tiga kali seminggu.

Mint dan lemon

Daun mint mengandung asam salisilat yang dapat mengobati dan mencegah timbulnya jerawat. Jus lemon memiliki sifat pemutihan ringan yang memudarkan bekas jerawat. Jus lemon juga mengandung vitamin C yang meningkatkan proses penyembuhan kulit.

Haluskan 10-12 daun mint dan 1 sendok makan jus lemon. Oleskan campuran ini ke jerawat, bekas jerawat, dan area kulit yang rentan berjerawat. Biarkan selama sekitar 15 menit. Lanjutkan untuk membilas wajah Anda dengan air dingin.

Cara Menggunakan Daun Mint untuk Jerawat

Ilustrasi kecantikan pakai masker wajah (iStockphoto/diego_cervo)
Ilustrasi kecantikan pakai masker wajah (iStockphoto/diego_cervo)

Mint dan basil

Mint dan basil adalah sahabat terbaik bagi kulit. Herbal ini tidak hanya menghilangkan jerawat tetapi juga membersihkan kulit dari infeksi dan menjaganya tetap bersinar dan sehat. Hancurkan 10-12 daun mint dan 10-12 lembar daun kemangi. Campur dengan 1 sendok makan gel lidah buaya dan buat pasta halus.

Oleskan pasta ini ke wajah dan biarkan selama setidaknya 20-30 menit. Bilas dengan air dan gunakan masker ini dua kali seminggu.

Mint untuk bekas jerawat

Lemon dan madu memiliki khasiat pemutihan ringan yang memudarkan bekas jerawat dan noda. Dikombinasikan dengan mint, masker ini meningkatkan sirkulasi darah dan mengelupas sel kulit mati, meningkatkan pergantian sel yang sehat dan membantu mendapatkan kulit yang bersih.

Haluskan 15 lembar daun mint. Campurkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh air lemon. Oleskan campuran tersebut ke bekas jerawat. Biarkan campuran selama sekitar 15 menit. Bilas wajah dengan air dingin setelahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atta Halilintar Ditanya Kabar Aurel Hermansyah, Singgung Soal Hubungan yang Langgeng

Posted: 27 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang pekan lalu isu Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah putus santer terdengar dan ramai dibahas warganet. Pasangan ini jarang memamerkan kemesraaan di Instagram Stories atau YouTube.

Kabar ini menguat kala putri Anang Hermansyah pindah ke Bali. Pelantun "Kepastian" menyusul keluarganya yang lebih dulu menetap di sana karena rumah Cinere direnovasi.

"Masih dipakai, gelang dan cincinnya masih dipakai semua," tepis Atta Halilintar, dilansir dari video Dikabarkan Putus, Ada Apa Dengan Aurel Hermansyah Atta Halilintar (Hot Issue Pagi) di kanal YouTube Indosiar, Sabtu (26/12/2020).

 

Di Bali Sama Keluarga

Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

Dalam kesempatan berbeda, YouTuber dengan 26 juta pengikut lebih ini mengiakan Aurel Hermansyah di Bali. Namun Atta Halilintar tak menjelaskan lebih detail soal kabar putus.

"Dia di Bali sama keluarganya lagi pada kerja di sana keluarga Mpok Nur. Aku manggilnya Mpok Nur," bintang film 13 The Haunted dan Kembalinya Anak Iblis ini membeberkan.

Pacarannya Enggak Settingan

Atta Halilintar dalam konten Diaz Hendropriyono. (Foto: YouTube Diaz Hendropriyono)
Atta Halilintar dalam konten Diaz Hendropriyono. (Foto: YouTube Diaz Hendropriyono)

Ia membantah hubungan dengan Aurel Hermansyah rekayasa. "Pacarannya enggak settingan. Benaran. Kadang-kadang, cinta itu enggak bisa disetting ya. Cinta itu bisa datang dari hati kita," kata Atta Halilintar.

Ini terekam dalam video "Apa Kabar Aurel, Bongkar Rencana Pernikahan Atta Halilintar & Aurel" yang dipublikasikan kanal YouTube Diaz Hendropriyono, Minggu (27/12/2020).

 

Hubungan Langgeng

Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

"Ketika cinta sudah mengetuk, tok tok, itu sudah enggak bisa disetting biasanya," ungkap YouTuber kelahiran Dumai, 20 November 1994. Jauh di lubuk hati, ia ingin melanggengkan hubungan.

"Untuk hubungan langgeng atau enggak itu urusan kita bagaimana caranya bisa langgeng sama dia. Tapi kalau untuk ketukan pertama cinta itu yang…," ulas Atta Halilintar tanpa melanjutkan. 

Ujungnya Akan Menjelekkan Orang

Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

Diberitakan sebelumnya, dalam sesi tanya jawab di Instagram Stories, Jumat (25/12/2020), seorang netizen mencuit, "Tolong jelasin ada apa dong untuk fans2mu. Jelasin masalahnyalah apa biar kita tahu."

Atta Halilintar merespons, "Menjelaskan seringnya ujungnya akan menjelekkan orang, saya tidak mau itu. Kalau pada bingung enggak apa-apa, salahin saya saja. jangan orang lain, ya:)."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Penembakan Laskar FPI, Komnas HAM Tunjukkan 7 Peluru yang Ditemukan di Tol

Posted: 27 Dec 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menunjukkan sejumlah temuannya di lapangan terkait kasus penembakan Laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek. Sejumlah barang temuannya itu adalah proyektil dan selongsong peluru.

Wakil Ketua Komnas HAM Amiruddin menyampaikan, pihaknya memang telah melakukan investigasi dan menelusuri lokasi penembakan Laskar FPI. Meski begitu, temuan yang ada masih perlu dilakukan pengujian ahli.

"Didapatkan proyektil peluru, ini bentuknya sudah ini (ada yang tidak utuh), dan juga selongsong. Ini didapatkan tim Komnas HAM di lapangan, di jalanan itu," tutur Amiruddin di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (28/12/2020).

Selain proyektil peluru, lanjut Amiruddin, ada temuan pecahan bagian mobil yang diduga hasil serempetan antara kendaraan Laskar FPI dan kepolisian. Kemudian sejumlah rekaman CCTV juga telah diamankan.

"Terhadap ini semua bukti-bukti, ini terutama selongsong dan proyektil, tentu kami membutuhkan ahli untuk mengujinya," kata Amiruddin.

 

Belum Dipastikan Kaitannya

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menambahkan, untuk jumlah proyektil peluru yang didapatkan berjumlah tujuh butir. Satu di antaranya tidak utuh sehingga belum dapat dipastikan keterkaitannya.

Kemudian ada empat selongsong peluru dengan satu di antaranya tidak utuh. Sementara itu, ada banyak pecahan bagian mobil yang identik secara kasat mata.

"Masih membutuhkan uji balistik dan kami sedang mengupayakan uji balistiknya transparan dan akuntabel. Sedang kami usahakan. Ini kita temukan di beberapa titik. Kami tidak bisa menyebutkan di mana saja karena itu kami sedang terus crosscheck ulang," ujar Choirul Anam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituduh Lakukan Kekerasan, Shia LaBeouf Jalani Pengobatan

Posted: 27 Dec 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - FKA Twigs mengajukan gugatan terhadap Shia LaBeouf awal bulan ini dengan tuduhan pelecehan seksual dan fisik. Dalam gugatan itu, mantan kekasih lainnya, stylist Karolyn Pho, juga menuduhnya dengan perilaku serupa.

Pemain film Transformers 2 ini dilaporkan tengah aktif mencari pengobatan, setelah dituduh oleh Twigs yang juga mantan kekasih Robert Pattinson.

Bahkan, pengacara pemilik nama asli Shia Saide LaBeouf itu mengatakan kepada Variety beberapa waktu lalu bahwa aktor tersebut sedang mencari bantuan.

Rawat Inap

THUMBNAIL SHIA LABEOUF
THUMBNAIL SHIA LABEOUF

"Shia membutuhkan bantuan dan dia tahu itu. Kami secara aktif mencari jenis perawatan rawat inap yang bermakna, intensif, jangka panjang yang sangat dia butuhkan," kata Shawn Holley, sang pengacara, dalam sebuah pernyataan yang dikutip People, Minggu (27/12/2020).

 

Diduga Tidak Setuju

FKA Twigs (Foto: Instagram/@fkatwigs)
FKA Twigs (Foto: Instagram/@fkatwigs)

Pengacara wanita bernama asli Tahliah Debrett Barnett, Bryan Freedman, mengatakan kepada Variety bahwa gugatan itu diajukan setelah LaBeouf diduga "tidak mau setuju untuk mendapat bantuan yang sesuai" ketika kliennya mencoba menyelesaikan masalah di depan publik.

 

Trauma

"Ini bukan tentang karier Shia. Ini tentang memastikan trauma dan rasa sakit yang dialami klien saya dan orang lain tidak terjadi lagi. Shia adalah pelaku kekerasan yang diakui dan dia perlu mendapatkan bantuan yang berarti untuk mengatasi perilaku kekerasannya," ujar Freedman.

Tidak Setuju

Di sisi lain, pengacara Shia LaBeouf tidak setuju. Ia mengatakan kepada Variety, "Ketika tuduhan ini pertama kali muncul setahun yang lalu, Shia segera menerima tanggung jawab atas banyak kesalahan yang dia lakukan dan menyatakan kesediaannya untuk melakukan apa yang Twigs ingin dia lakukan, hampir semuanya masuk akal."

"Untuk itu, dia membayar, menjadwalkan, menjadwal ulang, dan melakukan perjalanan dari negara lain untuk menghadiri mediasi yang diatur oleh pengacara kedua belah pihak," tambah Holley.

Kembali ke Jalur

Holley melanjutkan, "Ketika pengacara Twigs membatalkan mediasi, pengacara Shia mencoba menjadwalkannya kembali. Posisi Shia tidak pernah berubah dan saya telah menghubungi Freedman untuk melihat bagaimana keadaan bisa kembali ke jalurnya."

Kedua pengacara ini tidak segera menanggapi permintaan People untuk berkomentar lebih lanjut terkait kasus ini.

 

Kecaman

Perilaku buruk LaBeouf membuatnya mendapat kecaman di dunia film yang digelutinya. Ia baru-baru ini diketahui telah dipecat dari proyek film Olivia Wilde berjudul Don't Worry Darling.

Selain itu, Netflix juga menghapus nama Shia LaBeouf dari halaman kampanye penghargaan FYC untuk filmnya, Pieces of a Woman. (Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemlu: Kasus WNI Positif COVID-19 di Uni Emirat Arab Naik Jadi 82

Posted: 27 Dec 2020 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melaporkan ada tambahan dua kasus WNI yang terpapar COVID-19 di Uni Emirat Arab. Totalnya kini ada 85 WNI yang positif di negara tersebut.

"Tambahan WNI terkonfirmasi COVID-19 di Uni Emirat Arab dan sembuh Kuwait. Total WNI terkonfirmasi di luar negeri adalah 2.445: 1.683 sembuh, 164 meninggal dan 598 dalam perawatan," tulis akun @Kemlu_RI, Senin (28/12/2020).

Kasus WNI terkena COVID-19 di Kuwait relatif tinggi, yakni 169 orang. Namun, sebanyak 161 pasien dinyatakan sembuh.

WNI yang terpapar COVID-19 di Timur Tengah sangatlah tinggi. Arab Saudi mencatat total 270 kasus dan 101 meninggal dan Qatar mencatat 188 WNI.

Di Asia-Pasifik, WNI yang terkena COVID-19 banyak berada di Malaysia dengan 168 kasus, lalu Taiwan hingga mencapai 135 dan Hong Kong dengan total 137 kasus.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Peta Penyebaran COVID-19 WNI di Luar Negeri

Menlu RI Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir memberikan pengarahan pers terkait kunjungan bilateral ke Uni Emirat Arab (22/8/2020). Keduanya membahas berbagai kerja sama Indonesia-UEA, mulai dari penanganan COVID-19 hingga ekonomi (DIREKTORAT INFOMED KEMLU RI).
Menlu RI Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir memberikan pengarahan pers terkait kunjungan bilateral ke Uni Emirat Arab (22/8/2020). Keduanya membahas berbagai kerja sama Indonesia-UEA, mulai dari penanganan COVID-19 hingga ekonomi (DIREKTORAT INFOMED KEMLU RI).

Berikut peta penyebaran COVID-19 di kalangan WNI dari Kemlu:

Presiden Rusia Vladimir Putin Akan Disuntik Vaksin COVID-19 Sputnik V

Presiden Rusia Vladimir Putin. (AFP)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (AFP)

Presiden Rusia Vladimir Putin diumumkan akan menerima suntikan vaksin Virus Corona COVID-19 Sputnik V.

Dilansir Channel News Asia, pengumuman itu disampaikan oleh juru bicara pemerintah Dmitry Peskov kepada saluran TV pemerintah Rusia pada Minggu (27 Desember 2020) waktu setempat. 

"Dia (Putin) mengatakan akan divaksinasi, ia sedang meninjau keputusan dan menunggu sampai semua formalitas selesai," terang pernyataan Peskov, yang dikutip dari laman situs Channel TV Rossiya 1. 

Diketahui bahwa pada awal Desember 2020, Rusia meluncurkan program vaksinasi COVID-19 dengan vaksin Sputnik V, yang dimulai dengan kelompok prioritas atau mereka yang rentan terkena penyakit di Moskow. 

Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin pun menyampaikan bahwa warga yang berusia di atas 60 tahun dapat mulai mengajukan permohonan untuk mendapatkan vaksin. 

Hal itu disampaikannya sehari setelah Kementerian Kesehatan Rusia menyatakan bahwa vaksin tersebut telah disetujui untuk digunakan orang tua setelah percobaan terpisah.

Infografis COVID-19:

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jajaki Investasi Mobil Listrik, Elon Musk Kirim Tim Tesla ke Indonesia Awal 2021

Posted: 27 Dec 2020 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengklaim, CEO Tesla Elon Musk telah menanggapi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengirimkan timnya ke Indonesia pada Januari 2021. Undangan ini untuk menjajaki peluang investasi kendaraan listrik Tesla ke Tanah Air.

"Tesla akan kirim timnya awal Januari nanti di Indonesia untuk follow up pembicaraan pak Presiden (Jokowi) dengan pemilik Tesla Elon Musk," kata Agus Gumiwang dalam konferensi pers akhir tahun Kemenperin secara virtual, Senin (28/12/2020).

Agus Gumiwang menilai kedatangan Tesla merupakan sinyal baik untuk masuknya investasi untuk kendaraan listrik. Pemerintah disebutnya akan berupaya sedemikian rupa untuk membujuk Tesla agar komitmen untuk suntikan investasi ke Indonesia.

"It's a good start. Tesla akan kirim timnya untuk perdalam tawaran, it's a good start. Kita akan yakini agar mereka bisa investasi di Indonesia," ujar dia.

Menurut dia, Indonesia dengan jumlah populasi besar memiliki daya tarik tersendiri bagi investor dunia. Ditambah rasio kepemilikan mobil di Indonesia yang masih rendah, sehingga membuat investor semakin yakin untuk menanamkan modalnya untuk produksi kendaraan listrik di Indonesia.

"Tapi, yang akan bawa ketertarikan investor bahwa faktanya rasio kepemilikan kendaraan bermotor roda 4 di Indonesia itu masih sangat sangat sangat rendah dibanding rasio kepemilikan untuk Thailand, Malaysia. Bahkan untuk Vietnam aja kita masih sangat rendah," tutur Agus Gumiwang.

Mengacu pada kondisi tersebut, pemerintah disebutnya memiliki target besar pada 2030 ketika Indonesia diproyeksikan bisa jadi 10 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar dunia.

Jika proyeksi tersebut berhasil tercapai, Agus menambahkan, secara otomatis daya beli masyarakat akan jauh meningkat. Sehingga membuat kebutuhan akan kepemilikan mobil pribadi turut naik.

"Pasti di situ akan mendorong, mengungkit masyarakat akan lebih secara alamiah saja, dia akan belanja mobil. Itu nanti space-nya, ruangnya sangat besar. Jadi bukan hanya populasi kita yang 270 juta. Itu poin yang dilihat investor," tandasnya.

Telepon CEO Tesla, Jokowi Lobi Elon Musk Investasi ke Indonesia

CEO Tesla, Elon Musk, memperkenalkan Cybertruck di studio desain Tesla di Hawthorne, California (21/11/2019). Truk Pikap ini dibekali dua motor Listrik dengan sistem penggerak menggunakan konfigurasi semua roda atau yang biasa disebut 4WD. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)
CEO Tesla, Elon Musk, memperkenalkan Cybertruck di studio desain Tesla di Hawthorne, California (21/11/2019). Truk Pikap ini dibekali dua motor Listrik dengan sistem penggerak menggunakan konfigurasi semua roda atau yang biasa disebut 4WD. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menelpon CEO Tesla Elon Musk, pada Jumat, 11 Desember 2020. Pada pertemuan tersebut, keduanya membahas peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia.

Mengutip keterangan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), Jokowi, turut mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan.

"Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik," demikian ditulis Minggu (13/12/2020).

Selain itu, Jokowi juga mengajak Elon Musk selaku CEO Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X. Seperti diketahui, Space X ialah perusahaan transportasi luar angkasa swasta yang telah mengembangkan keluarga roket Falcon dengan tujuan menjadi kendaraan peluncuran yang dapat dipakai ulang.

Elon Musk sendiri menanggapi undangan tersebut dan tertarik untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut. Dia berencana akan mengirimkan timnya ke Indonesia tahun depan.

"Elon Musk akan mengirimkan timnya ke Indonesia pada bulan Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut," demikian mengutip keterangan Kemenko Marves.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chauvinisme adalah Suatu Paham atau Ajaran, Ketahui Dampak Positif dan Negatif

Posted: 27 Dec 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Chauvinisme adalah sebuah bentuk dari perasaan cinta, bangga, loyalitas yang tinggi, fanatisme atau kesetiaan pada suatu Tanah Air atau negara tanpa mempertimbangkan pandangan dari orang lain tentang suatu bangsa lain.

Bisa dikatakan juga, chauvinisme adalah sebuah ajaran dan paham tentang fanatisme seseorang terhadap Tanah Air yang berlebihan. Sehingga merendahkan kualitas negara lain atau menganggap bangsa lain sebagai bangsa yang tidak bagus di mana paham seperti ini cenderung menimbulkan lebih banyak kontra yang kontroversial dan pandangan buruk dari bangsa lain terhadap bangsanya sendiri.

Meski bisa memberi dampak positif, beberapa dampak negatif dari chauvinisme adalah konflik yang bisa saja timbul akibat tidak dapat menerima perbedaan pendapat dan selalu merasa lebih baik dari bangsa lain.

Mungkin chauvinisme adalah istilah yang masih cukup asing bagi Anda. Berikut ini Liputan6.com melansir dari Fimela.com dan sumber lainnya mengenai seluk-beluk dari chauvinisme tersebut, Senin (28/12/2020).

Apa Itu Chauvinisme?

Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Burst
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Burst

Mengutip Macmillan (2015), chauvinisme adalah kepercayaan pada superioritas atau dominasi kelompok atau orang sendiri yang dipandang kuat dan berbudi luhur. Sementara yang lain dianggap lemah atau tidak berharga.

Kemudian, jika merujuk pernyataan ahli teori politik Hannah Arendt (1945), konsep chauvinisme adalah produk yang bentuknya hampir sama dari konsep nasional, sejauh ia bersumber langsung dari gagasan lama tentang "misi nasional".

Istilah chauvinisme sendiri, apabila merujuk pada sejarah sebenarnya mulai muncul sekitar tahun 1960. Awalnya, chauvinisme dikenal sebagai bentuk dari pandangan agresif pria terhadap wanita. Chauvinisme dicetuskan oleh tokoh bernama Nicolas Chauvin. Dirinya merupakan seorang tentara setia dari Napoleon Bonaparte. Bahkan, meski Napoleon kalah kala itu, Chauvin masih tetap setia kepadanya.

itulah mengapa, istilah tersebut akhirnya muncul dengan sebutan mirip nama Chauvin. Jika melihat lebih jauh lagi, sebenarnya pengertian Chauvinisme ada berbagai macam menurut para ahli.

Seperti chauvinisme menurut St. Times. Menurutnya, chauvinisme adalah rasa cinta tanah air secara berlebihan dengan mengagung-agungkan bangsa sendiri sehingga merendahkan bangsa lain. Begitu juga menurut Inovania, chauvinisme adalah sebuah istilah yang dipergunakan merujuk pada sebuah kesetiaan yang ekstrem terhadap sesuatu tanpa mempertimbangkan alternatif lain.

Ciri dari Sikap Chauvinisme

Ilustrasi Demonstrasi Melawan Rasisme Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Demonstrasi Melawan Rasisme Credit: pexels.com/pixabay

Tidak hanya sampai pada konsep dari chauvinisme itu sendiri, ada baiknya untuk memahami juga gambaran mengenai ciri dari sikap chauvinisme tersebut. Berikut ciri dari sikap chauvinisme:

1. Sikap Fanatik Terhadap Bangsa dan Negaranya dengan Berlebihan

Salah satu ciri sikap chauvinisme adalah menunjukkan sikap fanatik yang berlebihan terhadap bangsa serta negaranya. Pasalnya, seseorang yang menganut konsep chauvinisme sangat percaya jika ras dan bangsanya adalah yang terbaik dari yang terbaik. Maka tidak heran jika penganut konsep chauvinisme membuatnya merasa superior dan berhak atas orang lain.

 

2. Memandang Rendah dan Menindas Ras serta Bangsa Lain

Kemudian ciri kedua dari sikap chauvinisme adalah memandang ras dan bangsa lain lebih rendah darinya. Bahkan tidak ragu-ragu untuk melakukan sebuah penindasan. Hal tersebut yang pada akhirnya jadi latar belakang seseorang melakukan tindakan rasis pada orang lain hanya karena menganggap dirinya lebih baik dan berhak atas mereka yang memiliki perbedaan seperti, warna kulit, mata dan lain sebagainya.

 

3. Punya Pemimpin Revolusionis dan Dikktatoris

Selanjutnya, ciri yang ketiga dari penganut chauvinisme adalah dipimpin oleh seorang pemimpin yang memiliki kecenderungan revolusionis dan diktatoris. Revolusionis yang dimaksud adalah memimpin dengan kekerasan. Sedangkan diktator maksudnya tidak memimpin secara demokratis dan pemimpin tersebut punya kekuasaan sangat mutlak serta tidak bisa diganggu gugat oleh siapa saja.

Dampak Positif Sikap Chauvinisme

Ilustrasi Perwujudan Sikap Chauvinisme Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Perwujudan Sikap Chauvinisme Credit: pexels.com/pixabay

Meski merupakan salah satu konsep yang sudah sangat lama ada, serta erat kaitannya dengan pandangan hidup suatu negar. Chauvinisme adalah salah satu konsep yang punya dampak positif bagi kehidupan.

Tapi memang, tidak terlalu banyak dampak positif dari konsep chauvinisme tersebut. Adapun dampak positif chauvinisme adalah mampu mempersatukan warga negara menjadi satu kesatuan yang tunduk akan pemerintahan.

Umumnya, ketika menganut konsep ini, bangsa atau suatu negara bisa terhindar dari konflik internal. Pasalnya, hampir semua warga negaranya tunduk serta memberi kepercayaan yang sangat besar pada pemerintah.

Dampak Negatif Sikap Chauvinisme

Ilustrasi Perlawanan Terhadap Tindakan Rasisme Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Perlawanan Terhadap Tindakan Rasisme Credit: pexels.com/pixabay

Selain dampak positif yang bisa didapatkan, ada beberapa dampak negatif dari konsep chauvinisme adalah sebagai berikut:

- Berpotensi merusak perdamaian dunia.

- Jadi alasan seorang pemimpin punya keyakinan besar untuk menyerang bangsa lain demi kekuaasaan.

- Menjadikan seseorang tidak bisa berpikir hal-hal baik tentang bangsa lain.

- Pemicu pertentangan dan peperangan antar bangsa dan negara.

- Menjadikan jiwa seseorang lebih tertutup dan sulit bersosialisasi.

- Jadi penyebab seseorang untuk melupakan konsep Ketuhanan yang Maha Esa.

Negara yang Pernah Menerapkan Chauvinisme

Ilustrasi Benito Mussolini dan Adolf Hitler. (Dreamstime)
Ilustrasi Benito Mussolini dan Adolf Hitler. (Dreamstime)

1. Jerman

Jerman pernah memiliki pemimpin kejam, kaku, memusuhi kaum yahudi, anak anak cacat kaum kembar serta menganut paham Chauvinisme yang menganggap bangsa lain tidak baik dan hanya Jerman yang patut jadi negara terbaik di dunia. Paham tersebut memicu terjadinya perang dunia di mana Jerman kala itu dipimpin Adolf Hitler.

 

2. Jepang

Jepang pernah dipimpin oleh Tenno Haika yang menganut chauvinisme, di mana menganggap negara lain tidak lebih baik dari negaranya.

 

3. Italia

Italia dahulu pernah dipimpin oleh Benito Mussolini yang menganggap negara lain adalah negara peniru dan tidak kreatif. Sehingga pahamnya dikenal dengan paham yang kaku dan sombong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Fogging Cegah DBD saat Pandemi COVID-19 di Kawasan Kebayoran Lama

Posted: 27 Dec 2020 09:15 PM PST

Petugas melakukan fogging untuk membasmi nyamuk DBD di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Selain angka kematian yang tinggi disebabkan oleh virus Covid 19, DBD juga mengancam kehidupan manusia khususnya di Indonesia. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas melakukan fogging untuk membasmi nyamuk DBD di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Selain angka kematian yang tinggi disebabkan oleh virus Covid 19, DBD juga mengancam kehidupan manusia khususnya di Indonesia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas melakukan fogging untuk membasmi nyamuk DBD di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Selain angka kematian yang tinggi disebabkan oleh virus Covid 19, DBD juga mengancam kehidupan manusia khususnya di Indonesia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas melakukan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Sepanjang Tahun 2020 DBD di Indonesia mencapai 95.893 Kasus DBD. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas melakukan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Sepanjang Tahun 2020 DBD di Indonesia mencapai 95.893 Kasus DBD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas melakukan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Sepanjang Tahun 2020 DBD di Indonesia mencapai 95.893 Kasus DBD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas melakukan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Pengasapan tersebut (fogging) dilakukan untuk mengantisipasi Demam Berdarah. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas melakukan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Pengasapan tersebut (fogging) dilakukan untuk mengantisipasi Demam Berdarah. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas melakukan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Pengasapan tersebut (fogging) dilakukan untuk mengantisipasi Demam Berdarah. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas melakukan fogging untuk membasmi nyamuk DBD di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Selain angka kematian yang tinggi disebabkan oleh virus Covid 19, DBD juga mengancam kehidupan manusia khususnya di Indonesia. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas melakukan fogging untuk membasmi nyamuk DBD di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Selain angka kematian yang tinggi disebabkan oleh virus Covid 19, DBD juga mengancam kehidupan manusia khususnya di Indonesia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas melakukan fogging untuk membasmi nyamuk DBD di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Selain angka kematian yang tinggi disebabkan oleh virus Covid 19, DBD juga mengancam kehidupan manusia khususnya di Indonesia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas melakukan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Sepanjang Tahun 2020 DBD di Indonesia mencapai 95.893 Kasus DBD. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas melakukan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Sepanjang Tahun 2020 DBD di Indonesia mencapai 95.893 Kasus DBD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas melakukan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Sepanjang Tahun 2020 DBD di Indonesia mencapai 95.893 Kasus DBD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas melakukan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Pengasapan tersebut (fogging) dilakukan untuk mengantisipasi Demam Berdarah. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas melakukan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Pengasapan tersebut (fogging) dilakukan untuk mengantisipasi Demam Berdarah. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas melakukan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di kawasan Rumah Penduduk Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2019). Pengasapan tersebut (fogging) dilakukan untuk mengantisipasi Demam Berdarah. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Patut Dicoba, Begini Cara Unik Tukang Tambal Ban Perbaiki Kebocoran

Posted: 27 Dec 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bengkel tambal ban merupakan tempat darurat bagi seseorang yang mengalami kebocoran ban ketika melintas di jalan raya. Di saat-saat seperti ini, seseorang akan berjalan dan mencari bengkel terdekat untuk segera memperbaikinya. 

Dengan mengandalkan jasa tukang tambal ban, pengendara kendaraan bermotor tak perlu merasa khawatir dan repot-repot mengganti ban baru.  

Usai memeriksa lubang kebocoran melalui unggahan video Tiktok @w_bebeb, pengendara mulai memerhatikan hal aneh dari tukang tambal itu hingga dia melontarkan beberapa pertanyaan. 

Menuangkan tepung di dalam ban

(@w_bebeb/tiktok.com)
(@w_bebeb/tiktok.com)

Setibanya di bengkel, pemuda itu merasa ada yang ganjal dengan cara tukang tambal itu mengatasi kebocoran ban itu. Pasalnya dia menggunakan tepung tapioka sebagai pengganti cairan ban tubeless yang menutup lubang secara otomatis. 

Usai perangkat ban motor dilepaskan, tepung itu dituangkan ke seluruh bagian permukaan dalam ban. Dan untuk meratakannya, tukang itu memutarkan bannya 360°.

 

Satu hari pemakaian

@w_bebeb

##fypdongggggggg ##fyp ##fypシ cobain deh

♬ Figurinha - Ao Vivo - Douglas & Vinicius

Ternyata, ramuan tepung tukang tambal itu benar-benar berhasil menutup lubang yang bocor hanya dalam sehari penggunaan.

Respon Warganet

Unggahan tukang bengkel memperbaiki ban motor yang bocor tuai pujian. Sebagian dari mereka menganggap hal itu sebagai lelucon yang mengandaikan ban itu diandaikan seperti makanan.  

"Jelas ini teknik yang salah karena kurang air, telur, dan baking sodanya😂," tulis akun @Indomie campur nasi.

"Insinyur Jepang menangis melihat penemuan ini😂," sahut akun @galih senja.

"Reviewnya setelah mencoba cara ini ban motor saya terasa empuk dan renyah saat menghantam polisi tidur," ujar akun @joongun1.

"Abis itu bannya berubah jadi donat😷," kata akun @learinjane.

"Fix menu baru, bakwan tepung ban goreng 😭😭😭," tambah akun @sy_maulanaaa.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek PLBN Terpadu Serasan di Natuna Target Rampung Februari 2022

Posted: 27 Dec 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Serasan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, yang ditargetkan rampung pada Februari 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan kawasan perbatasan seperti di PLBN Terpadu Serasan ini merupakan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mendukung kegiatan sosial-ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia.

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (28/12/2020).

PLBN Terpadu Serasan termasuk pos lintas batas dengan kategori kaut, sehingga hanya dapat diakses melalui jalur perairan. Menurut data Kementerian PUPR, jumlah pelintas PLBN Serasan sekitar 30 orang tiap pekan.

Konstruksi PLBN Terpadu Serasan mulai dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Kepulauan Riau, Direktorat Jenderal Cipta Karya sejak 5 November 2020, dan ditargetkan selesai 27 Februari 2022.

Saat ini tengah dilakukan pekerjaan persiapan dan mobilisasi alat serta material antara lain tiang pancang, pasir, batu split, besi cor, dan alat batching plant dengan progres fisik multi years contract (MYC) sekitar 3,45 persen, atau 81,26 persen untuk tahun anggaran 2020.

Dalam pengerjaan proyek juga turut dibangun berbagai fasilitas seperti gudang barang, gudang transit, mess dan wisma pegawai. Kemudian juga kantor administrasi, tower air, tempat cuci mobil, 4 rumah dinas, pos jaga, power house, tempat pengelolaan sampah, hingga rumah pompa air.

Total nilai kontrak pembangunan PLBN Serasan sebesar Rp 133,1 miliar yang bersumber dari APBN tahun 2020-2021 (MYC).

Pembangunan kawasan perbatasan PLBN Terpadu Serasan ke depan tidak hanya fokus pada bangunan pos lintas batas saja, namun juga Kantor Syahbandar untuk mendukung pengawasan transportasi laut. PLBN Serasan berjarak sekitar 536,61 km dari Pelabuhan Sri Bintan Pura di Kota Tanjung Pinang.

Selain Dibangun PLBN, Kawasan Perbatasan akan Dijadikan Pusat Ekonomi Baru

PLBN Skouw. (Dok. Kementerian PUPR)
PLBN Skouw. (Dok. Kementerian PUPR)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan pembangunan infrastruktur di sekitar Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Arik di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, pengembangan kawasan perbatasan tidak hanya dengan membangun PLBN, namun kawasan tersebut juga akan didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Dengan demikian kehadiran PLBN akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk, namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi kawasan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," kata Menteri Basuki, Kamis (12/11/2020).

Pembangunan PLBN Aruk tahap 1 meliputi zona inti yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Maret 2017. Zona inti PLBN Aruk dibangun di atas lahan 9,1 ha dengan total luas bangunan 7.619 m3 dan anggaran sebesar Rp 131 miliar.

Bangunan yang berada pada zona inti meliputi bangunan utama PLBN, bangunan pemeriksaan terpadu, rumah pompa, bangunan gudang sita, car wash, checkpoint, serta hardscape dan landscape kawasan yang diharapkan dapat melayani hingga 360 pelintas per hari sampai dengan 2025.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Pemohon Legalisasi Ganja untuk Medis yang Lumpuh Otak Meninggal

Posted: 27 Dec 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anak dari ibu yang merupakan salah satu pemohon judicial review atau uji materil terhadap Pasal 6 Ayat (1) huruf a dan Pasal 8 ayat (1) Undang-Undang Narkotika di Mahkamah Konstitusi (MK) meninggal dunia. Anak tersebut menderita cerebral palsy atau kelumpuhan otak dan disebut memiliki kecocokan dengan pengobatan menggunakan ganja.

"Kabar duka datang dari salah satu pemohon uji materil pasal pelarangan narkotika untuk pelayanan kesehatan, yakni Ibu Dwi Pertiwi yang baru saja kehilangan putranya," tulis siaran pers Koalisi Advokasi Narkotika untuk Kesehatan yang diterima Liputan6.com, Senin (28/12/2020).

Koalisi Advokasi Narkotika Untuk Kesehatan mengabarkan, sang anak meninggal pada 26 Desember 2020 setelah selama 16 tahun hidup dengan kondisi lumpuh otak. Kondisinya pun menjadi latar belakang pengajuan permohonan uji materi UU Narkotika ke MK pada 19 November 2020.

Anak tersebut awalnya mengalami pneumonia saat baru berusia 40 hari. Namun, karena terdapat kekeliruan dalam pemberian diagnosis dan pengobatannya, penyakit pneumonia itu berkembang menjadi meningitis yang menyerang otak.

Pada 2016, dia sempat mendapatkan pengobatan atau terapi menggunakan ganja di Australia. Dalam waktu satu bulan penuh, ada hasil yang dinilai sangat signifikan untuk perkembangan kondisi kesehatannya.

Namun saat kembali ke Indonesia, sang ibu tidak dapat melanjutkan pengobatan dengan ganja lantaran larangan dalam UU Narkotika. Risiko itu tidak dapat diambil, sehingga pengobatan dengan ganja terhadap sang anak terpaksa harus dihentikan.

Berharap Ganja Dilegalkan untuk Pengobatan, 3 Ibu Gugat UU Narkotika ke MK

Ilustrasi Mahkamah Konstitusi (MK) (Liputan6/Putu Merta)
Ilustrasi Mahkamah Konstitusi (MK) (Liputan6/Putu Merta)

Sebelumnya, tiga ibu mengajukan judicial review atau uji materi terhadap Pasal 6 Ayat (1) huruf a dan Pasal 8 ayat (1) Undang-Undang Narkotika ke Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka berharap dengan melakukan uji materi tersebut, bisa memanfaatkan ganja sebagai pengobatan. Tiga ibu ini anaknya mengalami cerebral palsy atau kelumpuhan otak.

Kuasa hukum pemohon, Erasmus, mengatakan uji materi ini bukan tak berdasarkan ilmiah. Menurut dia, salah satu ibu membawa anaknya ke Australia untuk menjalani terapi ganja.

"Ada perkembangan kesehatan yang signifikan dari anak pemohon I karena terapi ganja di Australia," tutur Erasmus dalam sidang MK yang dilakukan secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Namun, itu tak bisa dilakukan di Indonesia mengingat ganja ilegal. Sementara pengobatan mesti terus dilakukan dan hasil positifnya pun sampai ke telinga dua ibu yang anaknya juga mengalami penyakit gangguan otak, juga epilepsi.

"Pemohon dua tidak bisa membawa anaknya ke Australia karena keterbatasan biaya," jelasnya.

Sama halnya dengan pemohon tiga, obat-obatan dari BPJS juga kini tidak bisa diberikan karena terbatas usia si anak. Ketiga ibu itu hanya bisa bergantung pada pengobatan terapi ganja yang diklaim telah meningkatkan kesehatan salah satu anak penderita lumpuh otak.

"Alasan permohonan uji materi kita ada tiga," ujar Erasmus.

Selain tiga ibu tadi, selaku pemohon I, II, dan III, ada Rumah Cemara, ICJR, dan LBH Masyarakat menggugat hal yang sama.

Selain Erasmus, kuasa hukum lainnya menjelaskan, dengan keberadaan Pasal 6 ayat (1) huruf a dan Pasal 8 ayat (1) UU Narkotika telah mengakibatkan hilangnya hak para pemohon untuk mendapatkan hak jaminan kesehatan, sebagaimana diatur dalam Pasal 28 H ayat 1 UUD 1945.

"Kedua, larangan narkotika Golongan I menegasikan pemanfaatan narkotika Golongan I untuk kepentingan kesehatan. Ketiga, ketentuan penjelasan Pasal 6 ayat (1) huruf a dan Pasal 8 ayat (1) UU Narkotika telah mengakibatkan hilangnya hak para pemohon untuk mendapatkan manfaat dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berupa manfaat kesehatan dari narkotika Golongan I," jelas kuasa hukum tersebut.

Dipandangnya, Pasal 6 ayat (1) huruf a dan Pasal 8 ayat (1) UU Narkotika yang melarang penggunaan narkotika Golongan I untuk kepetingan medis telah secara jelas bertentangan dengan Pasal 28C ayat (1) UUD 1945 yang berbunyi; setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.

"Pasal 6 ayat (1) huruf a dan Pasal 8 ayat (1) UU Narkotika telah membuat pengobatan tidak dapat dilakukan di Indonesia. Pemohon tidak dapat mendapatkan hak pelayanan kesehatan tertinggi," kata kuasa hukum.

Adapun permohonan yang diajukan adalah, pemohon meminta MK menyatakan Pasal 6 ayat (1) huruf a dan Pasal 8 ayat (1) UU Narkotika bertangan dengan Pasal 28C ayat (1) dan pasal 28H ayat (1) UUD 1945, sepanjang tidak dibaca dalam ketentuan ini yang dimaksud narkotika Golongan I adalah narkotika yang dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan layanan kesehatan dan terapi yang sangat minim mengakibatkan ketergantungan.

Kemudian menyatakan penjelasan Pasal 6 ayat (1) huruf a Pasal 8 ayat (1) UU Narkotika tidak memiliki kekuatan hukum mengikat, sepanjang tidak dibaca dalam ketentuan ini yang dimaksud narkotika Golongan I adalah narkotika yang dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan layanan kesehatan dan terapi yang sangat minim mengakibatkan ketergantungan.

"Kami meminta kepada Mahkamah untuk menerima dan mengabulkan permohonan untuk seluruhnya," kuasa hukum menandaskan.

MK Minta Diyakinkan Bahwa Ganja Bisa untuk Pengobatan

Pekerja menyiram tanaman ganja medis di Tweed INC., Smith Falls, Ontario, Kanada (5/12). Tweed INC. merupakan salah satu lokasi budi daya ganja medis terbesar di Kanada. (AFP Photo/Lars Hagberg)
Pekerja menyiram tanaman ganja medis di Tweed INC., Smith Falls, Ontario, Kanada (5/12). Tweed INC. merupakan salah satu lokasi budi daya ganja medis terbesar di Kanada. (AFP Photo/Lars Hagberg)

Tiga ibu mengajukan judical review atau uji materi terhadap Pasal 6 Ayat (1) huruf a dan Pasal 8 ayat (1) Undang-Undang Narkotika ke Mahkamah Konstitusi (MK), berharap ganja bisa dilegalkan untuk pengobatan.

Usai mendengarkan keterangan pemohon, Ketua Majelis Hakim Suhartoyo minta diyakini bahwa memang ada ganja untuk pengobatan, terlebih untuk anak-anak.

"Pemohon I, II, III, kalau mendalilkan bukti, apa yang bisa memberikan keyakinan terhadap mahkamah bahwa ada relevansinya antara narkotika Golongan I dengan dampak pengobatan anak-anak. Itu juga yang bisa dipertanggungjawabkan, bukan eksperimen atau empirik. Badan apa yang bisa meyakinkan mahkamah bahwa ini berkorelasi narkotika Golongan I ini dengan ini," tutur Suhartoyo dalam sidang yang digelar secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Menurut dia, pemohon hanya menguraikan pengalaman pasien setelah menerima pengobatan menggunakan ganja dan dinilai sangat membantu progres kesehatan. Suhartoyo pun berharap adanya argumentasi yang lebih dalam sehingga pihaknya bisa mempertimbangkan untuk mengabulkan permohonan tersebut.

"Tetapi tarikan daripada norma itu kan pesannya kan jangan sampai ada ketergantungan. Nah, kekhawatiran norma yang tidak boleh ada ketergantungan itu yang merupakan satu kesatuan dengan norma yang khusus untuk ilmu pengetahuan, tidak boleh untuk terapi tapi yang kemudian satu kesatuan berdampak pada adanya ketergantungan," jelas dia.

Suhartoyo menyebut, hakim atau pun pemohon tidak memiliki kapasitas menentukan apakah penggunaan narkotika Golongan I atau ganja ini dapat menanggalkan ketergantungan atau pun bisa murni pengobatan. Seyogyanya ada lembaga khusus yang berwenang atas hasil tersebut.

"Nah itu tolong diyakinkan mahkamah melalui bukti atau uraian penjelasan yang bisa meyakinkan kami, bahwa ini bukan pendapat subjektif atau empirik para pemohon yang telah mencoba itu, sehingga berdampak bagus bagi anak-anaknya," kata Suhartoyo.

"Coba dipertimbangkan kembali bagaimana merepresentasikan itu dan meyakinkan mahkamah, bahwa ini bukan pendapat tapi betul-betul ada korelasi antara penggunaan narkotika Golongan I dengan penyakit ini. Ini untuk menegaskan legal standing-nya. Tolong dielaborasi kembali," lanjut dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkop UKM Tegaskan Tak Bisniskan Penyaluran Banpres Produktif di Bolaang Mongondow Timur

Posted: 27 Dec 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) buka suara terkait pernyataan Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sulawesi Utara Sehan Salim Landjar yang menduga adanya penyalahgunaan penyaluran bantuan presiden (banpres) Produktif di Boltim.

Sebelumnya, Sehan mengkritik penyaluran banpres 'dibisniskan' oleh lembaga pembiayaan PT Esta Dana Ventura sebagai lembaga pengusul penerima banpres. Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman menegaskan, penyaluran banpres tidak ada hubungannya tentang kaitan dengan lembaga tersebut.

"Kami menegaskan, penyaluran ini sudah tepat sasaran, sesuai prosedur, tidak ada kaitannya dengan lembaga pengusul dan tidak dipungut biaya apapun," kata Hanung dalam konferensi pers, Senin (28/12/2020).

Sebagai informasi, dugaan Sehan ini berawal saat dirinya melakukan tinjauan ke lapangan untuk mengecek progres penyaluran banpres produktif. Temuannya, sekitar 125 orang pelaku UMKM mengaku diusulkan menjadi penerima banpres oleh PT Esta Dana Ventura.

Berdasarkan keterangan salah satu pelaku UMKM, Esta Dana Ventura menyalurkan pinjaman kepada nasabah yang ingin diusulkan jadi penerima bantuan. Skema pinjamannya ialah nasabah meminjam Rp 3,4 juta dengan dana yang diterima yaitu Rp 2,7 juta, dimana sisanya menjadi simpanan perusahaan.

Dana yang disalurkan tersebut harus dikembalikan oleh nasabah bengkak menjadi Rp 6,25 juta dengan skema cicilan Rp 250 ribu per minggu. Hal inilah yang membuat Sehan geram.

 

Urusan OJK

Pekerja menyelesaikan pembuatan kue kering di Jakarta, Rabu (30/9/2020). Kemenkop UKM menyatakan realisasi penyaluran bantuan presiden (Banpres) produktif untuk UMKM senilai 2,4 juta/UKM hingga 21 September 2020 mencapai 5.909.647 usaha mikro atau sekitar 64,50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja menyelesaikan pembuatan kue kering di Jakarta, Rabu (30/9/2020). Kemenkop UKM menyatakan realisasi penyaluran bantuan presiden (Banpres) produktif untuk UMKM senilai 2,4 juta/UKM hingga 21 September 2020 mencapai 5.909.647 usaha mikro atau sekitar 64,50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Hanung sendiri meluruskan, permasalahan mengenai skema pinjaman yang dilakukan Esta Dana Ventura menjadi urusan lembaga pengawas jasa keuangan, yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kemudian, mengenai ketentuan masalah yang disampaikan oleh pak bupati bahwa terkait pinjaman dan koperasi usaha yang dilakukan PT Esta Dana Ventura adalah ranahnya OJK," katanya.

"Jadi, OJK tentunya akan mendalami sesuai yang disampaikan Pak Bupati," tandas Hanung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Skandal Penyimpangan Seksual di RS Covid-19 Wisma Atlet

Posted: 27 Dec 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Skandal seksual sesama jenis terjadi di RS Darurat Covud-19 di Wisma Atlet Jakpus berhasil diungkap Polres Metro Jakarta Pusat. Skandal terjadi antara perawat dan pasien.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

36 Orang Reaktif Covid-19 Terjaring di Operasi Lilin Jaya 2020

Posted: 27 Dec 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya dalam Operasi Lilin Jaya 2020 yang dilakukan sejak 23 Desember 2020, telah menemukan 36 orang reaktif Covid-19. Total, ketika dilakukan swab gratis di stasiun kereta dan beberapa tempat termasuk drive thru sebanyak 2.830 orang.

"Sudah 36 reaktif dari 2.794 orang yang nonreaktif yang kita lakukan swab gratis," papar Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus, dilansir dari News Liputan6.com, ditulis Senin (28/12/2020).

Lanjutnya, bagi yang reaktif, akan dirujuk ke rumah sakit terdekat dari pos pemeriksaan tersebut. Hal itu supaya mereka mencegah penularan Covid-19 ke orang lain.

"Bagi yang reaktif kita rujuk langsung ke rumah sakit terdekat termasuk ke (Rumah Sakit Darurat) Wisma Atlet, untuk orang-orang yang kita temukan reaktif karena harus ada aturan protokol kesehatan," papar dia.

Yusri menyebut, Operasi Lilin Jaya 2020 dilangsungkan selama 15 hari. Sejak 23 Desember hingga 4 Januari 2021. Polda Metro Jaya menerjunkan sebanyak 8.179 personel.

"Ada sedikit kelebihan pengamanan operasi lilin yang seperti tahun sebelumnya, sekarang ini Lilin Jaya Plus, karena situasi pandemi Covid-19 ini kita ketahui bahwa kita berkolaborasi melakukan operasi kemanusiaan," pungkasnya.

30 pos pengamanan

Yusri menyebut, ada 30 pos pengamanan dalam Operasi Lilin Jaya 2020 tersebut.

"Di 30 pos itu kita siapkan swab dan rapid tes gratis untuk bisa memudahkan keamanan. Ada aturan beberapa wilayah atau daerah harus menggunakan swab antigen ini, yang kemudian kita buatkan operasi kemanusiaan yang kita kedepankan," kata dia.

Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19

Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap Gaun Pengantin Behati Prinsloo Saat Menikah 6 Tahun Lalu

Posted: 27 Dec 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Behati Prinsloo menampilkan gaun pengantin yang ia kenakan ketika mengikat janji suci pernikahan dengan Adam Levine pada 2014 lalu. Gaun pengantin yang belum pernah terlihat sebelumnya itu ternyata rancangan desainer Alexander Wang.

Behati Prinsloo menunjukkan gaun pengantin tersebut dalam perayaan ulang tahun sang desainer. Hal itu dibagikan model berusia 32 tahun ini melalui unggahan Instagram Stories, baru-baru ini.

"So many memories together!!!! Including my wedding day (Begitu banyak kenangan bersama!!!! Termasuk hari pernikahan saya)" tulisnya.

Behati lantas membagikan potret lain yang menampilkan gaun dengan garis leher terbuka dan celah di kedua sisi gaun tersebut. Sang model tampak begitu antusias dalam nostalgia itu.

"This dress you made for my wedding. I'm still not over it haha! (Gaun yang Anda bikin untuk pernikahan saya. Sulit melupakannya haha)" lanjut Behati.

Sementara, Behati Prinsloo dan Adam Levine menikah pada 19 Juli 2014 di San Jose del Cabo, Meksiko. Dilansir dari laman People, Senin (28/12/2020), salah seorang sahabat terdekat Adam, Jonah Hill, meresmikan pernikahan mereka.

Gaun Pengantin Behati Prinsloo

Behati Prinsloo membagikan potret dalam balutan gaun pengantin sebagai bentuk perayaan ulang tahun sang desainer Alexander Wang. (Tangkapan Layar Instagram Stories @behatiprinsloo)
Behati Prinsloo membagikan potret dalam balutan gaun pengantin sebagai bentuk perayaan ulang tahun sang desainer Alexander Wang. (Tangkapan Layar Instagram Stories @behatiprinsloo)

Kala itu, People melaporkan, Behati memilih gaun Marchesa blush yang dibuat khusus. Gaun ini hasil kerja sama selama empat bulan dengan Georgina Chapman, yang mendirikan merek bersama Keren Craig.

Gaun ini menampilkan applique bunga romantis dan kereta tulle. Namun, desain gaun itu memiliki siluet yang lebih ramping dengan tali spaghetti tipis dari sutra dan berpotongan punggung rendah.

Pengantin perempuan itu menutup penampilannya dengan veil sutra putih sepanjang lantai. Gaun bukan satu-satunya sentuhan yang disesuaikan untuk hari bahagianya.

Behati mengenakan busana tersebut dengan sepatu Christian Louboutin "Valnina" yang dikenakan selama pertunjukan Marchesa musim semi 2014. Sepatu hak tinggi ini secara khusus dibuat dalam suede putih.

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Syarat Rapid Test Antigen Jika ke Bogor, Hotel hingga Kebun Raya Sepi

Posted: 27 Dec 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan membawa hasil rapid test antigen negatif Covid-19 yang dikeluarkan pemerintah saat libur panjang Natal dan Tahun Baru rupanya memiliki dampak bagi sejumlah tempat wisata di beberapa daerah.

Misalnya di daerah Bogor, Jawa Barat. Para pelaku usaha hotel dan tempat wisata di daerah tersebut harus berlapang dada lantaran wisatawan membatalkan reservasi mereka karena kewajiban membawa hasil rapid test antigen negatif Covid-19.

Kebijakan rapid test antigen itu membuat wisatawan terbebani biaya sehingga akhirnya ramai-ramai membatalkan reservasi momen libur akhir tahun ini.

"Iya betul, kemungkinan seperti itu. Tapi bagaimana lagi kita pelaku usaha harus patuh dengan aturan yg dikeluarkan pemerintah," ujar Wakil Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor Boboy Ruswanto, Sabtu, 26 Desember 2020.

Selain itu, sepinya pengunjung juga dirasakan di Kebun Raya Bogor mulai Kamis, 24 Desember 2020. Menurut Humas Pengelola Kebun Raya Bogor (KRB) Zainal Arifin, pengunjung Kebun Raya Bogor pada akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu, sekitar 3.000 hingga 4.000 orang.

"Pada hari Sabtu kemarin pengunjung hanya sekitar 2.000 orang, turun sekitar 30 persen hingga 40 persen," kata Zainal Arifin.

Berikut dampak yang dirasakan di kawasan Bogor, Jawa Barat dengan adanya kebijakan membawa hasil rapid test antigen negatif Covid-19 saat berwisata dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Pengunjung Hotel Merosot Tajam

Hotel di Puncak Bogor mulai buka di masa pandemi Covid-19. (Achmad Sudarno/Liputan6.com)
Hotel di Puncak Bogor mulai buka di masa pandemi Covid-19. (Achmad Sudarno/Liputan6.com)

Libur panjang yang diharapkan meningkatkan jumlah kunjungan justru saat ini terus menurun ke titik terendah setelah setiap tamu yang akan menginap maupun berwisata diwajibkan menyertakan hasil rapid test antigen negatif Covid-19.

Kebijakan rapid test antigen itu membuat wisatawan terbebani biaya sehingga akhirnya ramai-ramai membatalkan reservasi momen libur akhir tahun ini.

"Iya betul, kemungkinan seperti itu. Tapi bagaimana lagi kita pelaku usaha harus patuh dengan aturan yg dikeluarkan pemerintah," ujar Wakil Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor Boboy Ruswanto, Sabtu, 26 Desember 2020.

Tingkat hunian atau okupansi hotel di Kabupaten Bogor sempat menggeliat kembali pada Juli-Oktober 2020 saat pemerintah setempat memberikan kelonggaran pada sektor ekonomi yang tidak dikecualikan. Sebelumnya, sektor perhotelan di Kabupaten Bogor terpuruk pada April-Mei lantaran penutupan sementara akibat pandemi Covid-19.

Disaat bisnis perhotelan dan pariwisata mulai menggeliat, okupansi hotel memasuki libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kembali merosot tajam dampak kebijakan rapid test antigen.

"Libur Natal (okupansi) turun drastis mencapai 70-80 persen. Untuk booking malam tahun baru juga masih sedikit, karena ada yang cancel," jelas Ruswanto.

Senada, Marketing Communication Manager Royal Safari Garden, Dian Sagita mengaku okupansi pada libur panjang Nataru tahun ini menurun drastis.

Sampai hari ini, Sabtu, 26 Desember 2020, tingkat pesanan kamar untuk malam pergantian tahun di Hotel Royal Safari Garden baru mencapai 25 persen.

"Sepi, masih 25 persen. Itu juga banyak yang pindah buat Januari," kata Dian.

 

Taman Safari Sepi

Taman Safari Indonesia © Youtube Dunia Dinda
Taman Safari Indonesia © Youtube Dunia Dinda

Tak hanya perhotelan, objek wisata pun demikian. Salah satunya adalah Taman Safari Indonesia yang berlokasi di Cisarua, Bogor.

Tingkat kunjungan wisatawan ke kebun binatang yang berada di kawasan Puncak itu menurun hingga 50 persen.

"Perbandingan libur natal tahun lalu dengan tahun ini turun drastis. Keluhannya pasti semua sama," ujar Humas Taman Safari Indonesia Yulius Suprihardo.

 

Pengunjung Kebun Raya Bogor Menurun

Kebun Raya Bogor Kembali Dibuka: Pengunjung bersepeda di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/7/2020). Kebun Raya Bogor menerapkan pemesanan tiket secara daring serta kapasitas pengunjung dibatasi hanya 50 persen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kebun Raya Bogor Kembali Dibuka: Pengunjung bersepeda di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/7/2020). Kebun Raya Bogor menerapkan pemesanan tiket secara daring serta kapasitas pengunjung dibatasi hanya 50 persen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) menurun akibat diterapkan bebas Covid-19, mulai Kamis, 24 Desember 2020.

Humas Pengelola Kebun Raya Bogor (KRB) Zainal Arifin mengatakan pengunjung Kebun Raya Bogor pada akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu, sekitar 3.000 hingga 4.000 orang.

"Pada hari Sabtu kemarin pengunjung hanya sekitar 2.000 orang, turun sekitar 30 persen hingga 40 persen," kata Zainal Arifin.

Zainal menjelaskan penerapan aturan wajib memperlihatkan hasil tes cepat antigen atau hasil tes usap PCR negatif, diberlakukan bagi pengunjung dari luar Bogor, sedangkan pengunjung dari Kota Bogor dan Kabupaten Bogor wajib memperlihatkan kartu tanda penduduk (KTP) untuk memastikan domisilinya di Bogor.

Sejak diberlakukannya aturan wajib memperlihatkan hasil tes cepat antigen atau hasil tes usap PCR negatif, mulai Kamis, 24 Desember 2020, kata Zainal, sudah ratusan orang yang batal mengunjungi Kebun Raya Bogor karena tidak diizinkan masuk.

Pengelola Kebun Raya Bogor membuka dua pintu masuk untuk pengunjung pada akhir pekan dan hari besar nasional, yakni pintu utama atau pintu I di Jalan H Juanda serta pintu III di Jalan Raya Pajajaran.

Zainal menjelaskan di pintu masuk penjagaan terhadap pengunjung dilakukan oleh petugas tiket, Satpam Kebun Raya Bogor, serta diawasi oleh petugas dari Satpol PP Kota Bogor.

Bahkan, pada hari pertama diberlakukannya aturan wajib memperlihatkan hasil tes cepat antigen atau hasil tes usap PCR yang negatif, juga ada pengawasan dari petugas Kepolisian.

"Pada hari pertama diberlakukan aturan ini, Wali Kota Bogor meninjau langsung ke Kebun Raya Bogor," ucap Zainal.

Menurut Zainal, penerapan aturan wajib memperlihatkan hasil tes cepat antigen atau hasil tes usap PCR yang negatif berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Bogor Nomor 440.45-911 tahun 2020, serta Surat Edaran Satgas Covid-19 Kota Bogor Nomor 01/STPC.BGR/XII Tahun 2020.

"Sasarannya, untuk mencegah penyebaran virus corona. Pengelola Kebun Raya Bogor mendukung langkah Pemerintah Kota Bogor dalam mencegah penyebaran Covid-19 selama liburan Nataru tahun 2020," jelas Zainal.

Pengelola Kebun Raya Bogor, kata dia, berharap pandemi Covid-19 bisa segera berakhir, sehingga kondisinya bisa normal kembali.

 

Ratusan Wisatawan ke Puncak Diputarbalik

Petugas gabungan melakukan pemeriksaan surat rapid test antigen bagi wisatawan yang masuk ke wilayah Puncak di Gadog, Bogor, Kamis (24/12/2020). Wisatawan yang tidak memiliki surat keterangan rapid test antingen disuruh putar balik. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas gabungan melakukan pemeriksaan surat rapid test antigen bagi wisatawan yang masuk ke wilayah Puncak di Gadog, Bogor, Kamis (24/12/2020). Wisatawan yang tidak memiliki surat keterangan rapid test antingen disuruh putar balik. (merdeka.com/Arie Basuki)

Ratusan wisatawan yang melintas di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, diminta putar balik karena tidak membawa surat keterangan bebas Covid-19 antigen, setelah terjaring petugas di Bundaran Lampu Gentur-By Pass Cianjur.

Kabag Ops Polres Cianjur AKP Alan mengatakan, penyekatan dilakukan Polres Cianjur bersama Gugus Tugas sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus berbahaya saat libur panjang akhir tahun, dimana pendatang atau wisatawan wajib membawa surat bebas Covid-19 antigen.

"Sebagian besar yang dipulangkan kembali ke daerah masing-masing adalah pendatang dan wisatawan yang hendak berlibur ke kawasan Puncak-Cipanas. Jumlahnya lebih dari 100 orang yang terjaring di Bundaran Lampu Gentur," ujar Alan dikutip dari Antara, Minggu, 27 Desember 2020.

Penyekatan juga dilakukan di sejumlah titik mulai dari pintu masuk Cianjur dari Bandung Barat, Jalur Cianjur-Sukabumi tepatnya di Jalan Raya Gekbrong dan perbatasan Bogor-Cianjur tepatnya di Kawasan Puncak Pass. Mereka yang tidak mengantongi surat bebas Covid-19 antigen, dikembalikan ke kota asalnya masing-masing.

Ia menuturkan, penyekatan akan dilakukan hingga malam pergantian tahun, sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus berbahaya dan upaya meningkatkan kesadaran warga dalam menerapkan protokol kesehatan serta antisipasi terjadinya kerumunan menjelang pergantian tahun.

"Kami juga akan membubarkan setiap kerumunan yang terjadi, kalau masih ada yang membandel akan dikenakan sanksi tegas. Kami imbau bagi pengendara dari luar kota akan diizinkan berlibur di wilayah Cianjur, dengan catatan membawa surat bebas Covid-19 antigen," tegas Alan.

Sementara puluhan pengendara roda empat bernopol luar kota seperti Bandung yang melintas di Jalur By Pass Cianjur, memilih balik kanan ketika melihat penyekatan yang dilakukan petugas gabungan. Bahkan hal yang sama terlihat di kawasan Puncak Pass dan perbatasan Bandung Barat-Cianjur.

Perbedaan Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen, Swab PCR Test

Infografis Perbedaan Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen, Swab PCR Test (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Perbedaan Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen, Swab PCR Test (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Pesan Berantai Daftar Obat Covid-19 untuk Perawatan di Rumah

Posted: 27 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan pesan berantai daftar obat covid-19 untuk perawatan mandiri di rumah. Pesan berantai tersebut ramai dibagikan di Whatsapp sejak pekan lalu.

Dalam pesan berantai tersebut terdapat daftar obat untuk pasien covid-19 beserta kegunaannya. Berikut isi lengkap pesan berantai tersebut:

"Kalau ada yg kena covid tdk perlu panik dan tdk harus ke RS kalau memang tdk terlalu parah sesak napas sampai perlu ICU dan ventilator, krn saat ini RS khusus covid semua penuh.

Bisa diobati sendiri, obat di RS untuk pasien covid seperti ini:

- Antibiotik: azitromycin atau zitrothromax 500 mg diminum 10 hari

- Antivirus: fluvir 75

- Anti batuk dan kluarin dahak: fluimucil 200mg

- Anti radang: Dexamethasone 0,5

- Turun panas: Paracetamol, sanmol

- jgn panik dan Stress.

Untuk jaga imun diatas 55 thn

Tetap hrs minum multi vitamin C 1000 mg .D 5000 Iu .E 400 Iu .Zinc zat (besi )dan usahakan berjemur matahari pagi hari setidaknya 15 menit.

Lianghua sangat bagus untuk membantu meredakan gejala spt batuk dan sesak napas diminum 3x4 kapsul sehari

Silahkan di share ke semua yg membutuhkan, semoga dapat membantu dan cepat sembuh🙏 20kims12"

Lalu benarkah isi pesan berantai daftar obat covid-19 untuk perawatan mandiri di rumah tersebut?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Penelusuran Fakta:

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menghubungi dr RA Adaninggar, SpPD. Dia menjelaskan isi pesan berantai tersebut tidak benar.

"Sesuai dengan pedoman tatalaksana covid-19, penanganan pasien disesuaikan dengan gejalanya, yakni ringan, sedang dan berat. Kita tidak boleh mengobati sendiri karena kondisi setiap orang berbeda, harus selalu konsultasi ke dokter," kata dr Adaninggar saat dihubungi Liputan6.com, Senin (28/12/2020).

"Dexamethason, antivirus, antibiotik semuanya termasuk obat keras, tidak semua pasien bisa minum ada penilaian indikasi dan kontraindikasi dari dokter. Pasalnya kalau tidak maka bisa berpotensi ada bahaya efek samping obat, interaksi obat, dan reaksi obat yang bisa terjadi pada kondisi tertentu," ujarnya menambahkan.

"Khusus untuk Lianghua jika digabung pemakaiannya dengan obat modern bisa membantu gejala hilang lebih cepat. Tetapi ini hanya berlaku untuk gejala ringan yang sedang," ujarnya.

Untuk pedoman tatalaksana covid-19 bisa dilihat lebih lengkap di link ini...

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Pesan berantai yang berisi daftar obat covid-19 untuk penanganan mandiri di rumah adalah tidak benar. Faktanya obat untuk covid-19 harus dikonsultasikan dengan dokter karena kondisi pasien berbeda satu sama lain.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tegakkan Keadilan Hukum, SIGAB Ajak Organisasi Disabilitas di Berbagai Daerah Jadi Vocal Point

Posted: 27 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) adalah lembaga yang aktif bergerak dalam pendampingan dan penanganan hukum bagi penyandang disabilitas.

Para penyandang disabilitas yang memiliki masalah hukum dapat meminta bantuan pada SIGAB melalui organisasi-organisasi disabilitas di daerah.

Menurut Koordinator Advokasi Jaringan Lembaga SIGAB, Sipora Purwanti, lembaga ini menggunakan pendekatan twin track. Artinya, mendorong organisasi-organisasi disabilitas di berbagai daerah untuk menjadi vocal point untuk hukum.

"Jadi organisasi difabel daerah menjadi tempat awal penyandang disabilitas melaporkan masalah jika dirasa ada ketidakadilan hukum," ujar Purwanti dalam saluran YouTube Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia, ditulis Jumat (25/12/2020).

SIGAB juga telah memberi pendidikan pada anggota organisasi disabilitas daerah untuk menjadi paralegal untuk mengenali hukum mulai dari kasus-kasus, cara advokasi, hingga mengenal pemangku kepentingan di wilayah masing-masing.

"Paralegal ini kita buat jaringan di wilayah bersama lembaga-lembaga layanan, pemerintah daerah, hingga lembaga bantuan hukum."

"Sehingga ketika ada kasus mereka sudah tahu harus ke mana."

Pengajaran Lainnya

Para penyandang disabilitas juga diajarkan tentang tahapan proses hukum.

"Advokasinya akan seperti apa ketika butuh DNA, ketika butuh profile assessment dan menyelesaikan hambatan-hambatan disabilitasnya."

Purwanti mencontohkan, tidak semua rumah sakit mengerti tentang visum psikiatrikum bagaimana menilai trauma seseorang. Hal ini juga diajarkan kepada para difabel bagaimana cara menyusun visum psikiatrikum sesuai dengan undang-undang.

"Berapa dokter yang harus terlibat memeriksa dia, bagaimana proses observasinya, bagaimana proses interaksinya, wawancaranya,  ini harus kita lakukan karena tidak semua psikolog memahami disabilitas."

Pasalnya, setiap penyandang disabilitas memiliki keadaan dan kebutuhan yang berbeda. Prosedur penanganan pada penyandang tuli akan berbeda dengan prosedur untuk penyandang tunanetra. Beda pula dengan penyandang disabilitas intelektual, psikososial, dan disabilitas lainnya.

 

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Chat Penipu Ngaku Jadi Ayah Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 27 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi jika tangkap layar chat yang dibagikan netizen di media sosial selalu mencuri perhatian. Seperti chat penipu yang mengaku seorang ayah agar bisa mendapatkan uang. Modus penipuan mengaku ayah ini memang cara klasik yang kerap dilakukan penipu di zaman sekarang.

Mulai dari mengaku sebagai ayah dengan meminta diisikan pulsa hingga minta kirim uang Rp 500 ribu karena lagi di kantor polisi, menjadi bukti chat penipu mengaku ayah ini bikin geleng kepala. Tak hanya bikin geleng kepala, chat penipu ini juga bikin geregetan siapa saja yang membacanya.

Saking bikin geregetan, chat penipu mengaku menjadi ayah ini sampai disebarluaskan di media sosial. Siapa sangka, chat penipu mengaku ayah langsung viral karena ternyata banyak yang menerima chat penipuan serupa. Berbagai respons netizen setelah membaca chat penipu mengaku ayah ini berhasil bikin tepuk jidat.

Penasaran kan dengan chat penipu ngaku jadi ayah? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, chat penipu jadi ayah, Senin (28/12/2020).

1. Padahal belum menikah, malah ada yang ngaku-ngaku jadi anaknya lho!

6 Chat Penipu Ngaku Jadi Ayah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: 1cak.com)
6 Chat Penipu Ngaku Jadi Ayah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: 1cak.com)

2. Guyonan lawas yang cocok untuk mengusili penipu.

6 Chat Penipu Ngaku Jadi Ayah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/humorsegar)
6 Chat Penipu Ngaku Jadi Ayah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/humorsegar)

3. Artinya si penipu minta pulsa. Namun yang mau ditipu malah bilang si penipu enggak modal.

6 Chat Penipu Ngaku Jadi Ayah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Twitter.com/17_obby)
6 Chat Penipu Ngaku Jadi Ayah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Twitter.com/17_obby)

4. Malah didoakan biar enggak dimarahin malaikat dong.

6 Chat Penipu Ngaku Jadi Ayah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/humorsegar)
6 Chat Penipu Ngaku Jadi Ayah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/humorsegar)

5. Si bapak lupa kalau udah meninggal.

6 Chat Penipu Ngaku Jadi Ayah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/humorsegar)
6 Chat Penipu Ngaku Jadi Ayah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/humorsegar)

6. Astaga, si penipu salah target. Dikira orang Sunda eh ternyata orang Ambon.

6 Chat Penipu Ngaku Jadi Ayah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/humorsegar)
6 Chat Penipu Ngaku Jadi Ayah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/humorsegar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus

Posted: 27 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung direncanakan bakal mengungkap deretan smartphone premium terbaru mereka, yakni Galaxy S21 pada 14 Januari 2021.

Disebutkan, perusahaan asal Korea Selatan itu akan mengumumkan tiga seri penerus Galaxy S20, antara lain Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra.

Jelang acara tersebut, berbagai bocoran informasi tentang smartphone baru Samsung inipun semakin marak beredar, salah satunya soal spesifikasi trio Galaxy S21 itu.

Setelah bocoran soal spesifikasi Galaxy S21 Ultra bermunculan di internet minggu kemarin, kini giliran hardware Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus yang bocor.

Dikutip dari Winfuture via GSM Arena, Senin (28/12/2020), Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus akan ditenagai oleh Snapdragon 888 (Amerika Serikat) atau Exynos 2100.

Kedua seri Galaxy S21 tersebut akan sudah langsung menggunakan OS Android 11 dengan balutan One UI 3.1, RAM 8GB, dan dua opsi memori--12GB dan 256GB.

 

Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus

Lebih lanjut, seri Galaxy S21 akan tampil dengan layar Dynamic AMOLED FullHD+ Infinity-O berukuran 6,2 inci.

Sedangkan untuk model seri Plus, Samsung akan menyematkan panel layar 6,7 inci dengan resolusi serupa Galaxy S21.

Kedua layar seri itu sudah dilindungi oleh teknologi Gorilla Glass Victus, dan kemampuan refresh rate maksimum hingga 120Hz.

 

Kamera dan Baterai

Soal fotografi, Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus akan menggunakan tiga kamera belakang dengan salah satu lensanya berkemampuan sensor 64MP.

Sedangkan untuk selfie, kedua seri akan dilengkapi dengan sensor kamera 10MP yang terletak di tengah layar.

Galaxy S21 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh, sedangkan model Galaxy S21 Plus pakai baterai 4.800 mAh. Nah, penasaran apakah bocoran informasi yang bocor di internet saat ini akan menjadi kenyataan?

(Ysl/Isk) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: