Rabu, 16 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


10 Tahun Federal Oil Konsisten Bawa Indonesia di Moto2

Posted: 16 Dec 2020 11:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Federal Oil kembali menyokong tim Gresini Racing yang bertarung di kelas Moto2 musim balap 2021. Ini merupakan kerjasama yang memasuki tahun ke-10, dan salah satu bentuk kemitraan paling lama dan konsisten sejak 2012, ketika tim Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2) resmi berkompetisi di ajang balap internasional kelas Moto2.

Secara tidak langsung Federal Oil telah membawa nama Indonesia di kancah balap motor berskala dunia selama satu dekade terakhir.

Patrick Adhiatmadja selaku Head of Indonesia Lubricants Market ExxonMobil menyampaikan, pihaknya senang bisa memperpanjang kemitraan untuk musim 2021 dengan tim Gresini Racing.

Tak lupa Ia berterima kasih dan mengapresiasi Fausto Gresini sebagai Federal Oil Gresini Moto2 Team Manager dan seluruh keluarga Gresini Racing karena Federal Oil dapat melanjutkan perjalanan ini bersama.

"Kami berdua (Federal Oil dan Gresini Racing) ingin kembali menjadi sorotan. Kami berdua ingin bersaing di puncak klasemen," terang Patrick dalam keterangan resminya, Kamis (17/12/2020).

Ia pun bersemangat menatap musim balap tahun depan, terlebih lagi Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP.

"Selamat datang di tim FOGM2, Diggia! Menantikan musim 2021 yang lebih baik dan mari kita buat pengendara motor Indonesia bangga melihat merek Federal Oil memberikan performa terbaik di sirkuit terbaik di seluruh dunia, termasuk GP Mandalika pertama kami," ujar Patrick.

 

Siap Menatap Musim Balap 2021

Senada dengan Patrick, Fausto Gresini juga antusias menatap musim balap tahun depan. "Tujuan kami adalah untuk kembali menjadi salah satu protagonis dalam kategori yang sangat penting dan kompetitif ini," katanya.

"Untuk melakukannya, kami membutuhkan tambahan yang kuat dan segar seperti Di Giannantonio, dan terutama konfirmasi penting oleh Federal Oil untuk musim kesepuluh bersama kami. Terima kasih saya kepada Federal Oil, kami siap untuk tahun 2021 yang benar-benar penting," Fausto menambahkan.

Untuk diketahui, untuk musim balap tahun depan, tim Gresini Racing akan diperkuat oleh Nicolo Bulega dan Fabio Di Giannantonio.

 

Catatan Pencapaian

Federal Oil memiliki sejarah panjang bersama Tim Gresini Racing. Torehan prestasi podium telah dicatatkan para pembalap-pembalap andalannya saat itu, seperti Gino Rea, Xavier Simeon, dan Sam Lowes.

Tidak hanya itu, Federal Oil juga membawa nama Indonesia ke pentas balapan paling bergengsi di dunia melalui tim FOGM2. Pada 2013, FOGM2 membawa Doni Tata sebagai pembalap utama asal Indonesia yang pertama kali tampil di kelas Moto2.

Pada 2017 FOGM2 juga memberikan jatah wildcard kepada pembalap Indonesia lain, Dimas Ekky Pratama pada gelaran seri Sepang, Malaysia.

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Soetta Sediakan Fasilitas Tes PCR bagi Penumpang Tujuan Bali

Posted: 16 Dec 2020 11:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), ikut mensosialisasikan aturan Pemprov Bali yang mengharuskan wisatawan hendak mengunjungi pulau tersebut, untuk menyertakan hasil negatif Swab PCR.

Hal ini juga terdapat dalam Surat Edaran No. 2021/2020 yang mana mengatur Pelaku Perjalanan Dalam Negeri untuk memasuki Bali. Dimana, kebijakan tersebut berlaku mulai 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Dalam hal ini, bagi setiap penumpang yang akan ke Bali melalui Bandara Soekarno-Hatta, bisa melakukan swab test di bandar udara tersebut.

"Untuk PCR Swab Test sudah kita sediakan fasilitasnya, dan berada di Airport Health Center di SMMILE Center yang teletak di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Blok L dan M kedatangan domestik," kata Plt Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Mulyono, Kamis (17/12/2020).

Lanjutnya, layanan itu dibuka mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Dan untuk bisa mendapatkan layanan tersebut, setiap calon penumpang bisa langsung mendatangi lokasi tes dengan membawa identitas diri.

"Hanya dengan membawa identitas diri dan calon penumpang bisa mendapatkan layanan itu," ujarnya.

Untuk tarif swab test terdapat dua kategori, dimana untuk PCR Swab Test Reguler dikenakan biaya Rp. 885.000 dengan estimasi hasil keluar dalam 24 jam. Sementara, untuk PCR Swab Test ID Now dikenakan biaya Rp1.385.000 dengan estimasi hasil keluar dalam 20 menit.

Sementara itu, untuk layanan Rapid Test dibuka selama 24 jam dengan tarif yang dikenakan sebesar Rp85 ribu dengan hasil keluar dalam 15-30 menit.

Liburan ke Bali Wajib Tes PCR, Pengusaha Hotel Langsung Rugi Rp 317 Miliar

Mulia Bali siap menyambut new normal dengan sejumlah protokol kesehatan WHO. Seperti apa pelaksanaannya? (Foto: Mulia Bali)
Mulia Bali siap menyambut new normal dengan sejumlah protokol kesehatan WHO. Seperti apa pelaksanaannya? (Foto: Mulia Bali)

Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2020-2021, pemerintah mengumumkan bagi wisatawan yang hendak pergi ke Bali wajib melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Tes ini untuk meminimalisir meluasnya virus Covid-19.

Kewajiban tes PCR ini ternyata disambut negatif oleh para wisatawan yang sudah merencanakan untuk pergi ke Bali. Bahkan, tak sedikit yang meminta pengembalian tiket atau refund akibat imbauan tersebut.

"Kita dari kemarin disibukkan oleh komplain dari masyarakat mau pergi ke Bali. Tiba-tiba terjadi permintaan harus PCR," sebut ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani dalam video konferensi, Rabu (16/12/2020).

Dalam catatannya, sampai dengan kemarin malam sudah ada permintaan refund sebanyak 133 ribu pax. Hariyadi menyebutkan, refund ini meningkat 10 kali lipat dibandingkan permintaan refund pada situasi normal.

Sementara kerugian dari refund tersebut mencapai Rp 317 miliar. Serta imbasnya ke perekonomian Bali secara keseluruhan mencapai Rp 967 miliar.

"Jadi memang angka ini yang perlu kita perhatikan. Artinya, di satu sisi kami tentu sangat mendukung sepenuhnya upaya pemerintah untuk memutus mata rantai dari penyebaran covid ini.

Namun, lanjut Hariyadi, di sisi lain memang ada faktor-faktor lainnya juga harus diperhatikan, yaitu faktor-faktor ekonomi. Bahkan, Hariyadi menyebutkan bahwa Bali sudah tiga kuartal mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang minus. "Bali itu sekarang sudah di Kuartal ketiga pertumbuhan minus 12,28," kata dia.

"Ini tentunya bagi masyarakat Bali sangat memprihatinkan. Karena mereka expecting satu tahun itu festive-nya sebetulnya dua kali ya. Liburan pertengahan tahun dan liburan akhir tahun," jelas dia.

Untuk itu, Hariyadi meminta kepada pemerintah ar kebijakan terkait pariwisata dapat didiskusikan terlebih dahulu. Sehingga sosialisasi dapat dilakukan jauh-jauh hari untuk meminimalisir kerugian, baik bag konsumen maupun pelaku usaha sektor pariwisata.

"Kita sangat berharap, nantinya paling tidak kami selaku pelaku usaha di bidang industri pariwisata diajak bicara pendapatnya bagaimana. Tentu kami akan memberikan pendapat-pendapat yang sangat objektif dan memberikan pendapat dalam bentuk fakta dan data yang kami siapkan," pungkas Hariyadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aturan Bawa Hasil Tes COVID-19 di Berbagai Wilayah Selama Liburan Natal dan Tahun Baru

Posted: 16 Dec 2020 11:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mencegah lonjakan kasus COVID-19 di momen liburan Natal dan Tahun Baru, syarat perjalanan domestik mengalami penyesuaian. Semula, hasil rapid test sudah cukup melengkapi syarat perjalanan berbagai moda transportasi, termasuk kereta api dan pesawat terbang.

Dalam Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19, Senin, 14 Desember 2020, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta implementasi pengetatan di musim liburan Natal dan Tahun Baru dapat dimulai pada 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Bali

Khusus Bali, Luhut mewajibkan semua wisatawan melakukan tes PCR dua hari sebelum penerbangan ke Pulau Dewata, melansir laman Antara Kamis (17/12/2020). Sementara, pelancong jalur darat, termasuk laut, wajib menyertakan hasil rapid test antigen H-2 sebelum masuk ke Bali.

Jawa Barat

Langkah serupa pun segera diambil Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar). Komite Kebijakan COVID-19 Jabar mewacanakan kewajiban wisatawan membawa hasil negatif rapid test antigen ketika akan memasuki lokasi wisata di wilayah tersebut.

Berdasarkan laporan News Liputan6.com, mereka yang datang ke zona pariwisata, seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Pangandaran, wajib menyertakan hasil rapid test antigen.

Jakarta

Selaras dengan itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan bahwa pemberlakuan aturan keluar-masuk Jakarta dengan menyertakan hasil rapid test antigen mulai berlaku pada 18 Desember 2020.

Persyaratan menyertakan hasil negatif rapid test antigen, kata Syafrin, berlaku untuk semua angkutan, yakni udara, laut dan darat. "Jadi, masa angkutan itu ada dua periode untuk angkutan darat, perkeretaapian, dan udara tanggal 18 Desember--4 Januari. Sementara, untuk angkutan laut sampai 8 Januari," jelas Syafrin.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Jawa Timur

Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Dok AP I)
Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Dok AP I)

Menurut laporan Antara, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta agar pelancong yang keluar-masuk daerah wisata di wilayah setempat membawa serta hasil rapid test antigen. Khofifah pun meminta wilayah di Jatim, terutama daerah perbatasan, menguatkan dalam pengawasan praktik protokol kesehatan.

Khofifah meminta para kepala daerah untuk memperkuat perbaruan konsolidasi Satgas, hingga penggalakan Operasi Yustisi. Pun dengan fungsi-fungsi ruang karantina dan Kampung Tangguh di setiap daerah untuk direvitalisasi.

Khofifah menambahkan, meski Jatim tercatat sebagai provinsi dengan jumlah rapid test tertinggi di Indonesia, tetap perlu dilakukan analisa bersama. Terutama soal langkah strategis yang diambil, guna mengendalikan penyebaran virus corona baru.

 

Jawa Tengah

Terminal Baru Bandara Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah. (Dok AP I)
Terminal Baru Bandara Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah. (Dok AP I)

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) juga mewajibkan pelampiran hasil rapid test antigen bagi pendatang di titik-titik peristirahatan saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Tadi disepakati, yang mau naik angkutan umum, transportasi udara, kereta, dan bus, mesti ada rapid test antigen. Hitung-hitungannya akan deteksi lebih baik lagi, lebih akurat (dibanding rapid test antibodi)," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menurut Antara.

Selain itu, Pemprov Jateng juga menyiapkan pos kontrol untuk mengurai kerumunan yang dimungkinkan terjadi. Juga, operasi yustisi yang akan digelar pada titik-titik rawan kerumunan.

Demi mengantisipasi penambahan kasus COVID-19, Pemprov Jateng juga menyiapkan tempat karantina terpusat. Termasuk di dalam daftar tersebut, yakni Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, dan kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jateng, Kota Semarang.

 

Larangan Perayaan Tahun Baru

Aktivitas pengunjung mal Grand Indonesia di Jakarta, Kamis (17/9/2020). Pada PSBB jilid dua atau pengetatan yang mulai diterapkan pada 14 September 2020 kemarin, Mal atau pusat perbelanjaan tetap diizinkan beroperasi dengan kapasitas wajib maksimal 50 persen dari kapasitas. (merdeka.com/Imam Buhori)
Aktivitas pengunjung mal Grand Indonesia di Jakarta, Kamis (17/9/2020). Pada PSBB jilid dua atau pengetatan yang mulai diterapkan pada 14 September 2020 kemarin, Mal atau pusat perbelanjaan tetap diizinkan beroperasi dengan kapasitas wajib maksimal 50 persen dari kapasitas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Luhut menegaskan, pengetatan aktivitas masyarakat akan dilakukan secara terukur dan terkendali. Termasuk di dalamnya, yakni larangan perayaan tahun baru dan pembatasan jam operasional tempat hiburan yang jadi titik kumpul masyarakat.

"Pengetatan masyarakat secara terukur meliputi WFH 75 persen, pelarangan perayaan tahun baru di seluruh provinsi, dan pembatasan jam operasional mal, restoran, tempat hiburan sampai pukul 19.00 untuk Jabodetabek dan 20.00 untuk zona merah di Jabar, Jateng, dan Jatim," jelasnya

Pengetatan penerapan protokol kesehatan juga akan dilakukan di rest area dan tempat-tempat wisata.

Infografis Tips Libur Panjang Bebas COVID-19

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serba-serbi Vaksin Covid-19 di Indonesia, Cara Pendaftaran hingga soal Jaminan

Posted: 16 Dec 2020 11:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi menyatakan akan memberikan vaksin Covid-19 gratis kepada masyarakat Indonesia.

"Saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi, gratis tidak dikenakan biaya sama sekali," ujar Jokowi di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 16 Desember 2020.

Jokowi menyebut setidaknya 182 juta atau 70 persen penduduk Indonesia harus disuntik vaksin Covid-19. Hal ini untuk mencapai herd immunity (kekebalan komunitas) sehingga pandemi Covid-19 di Tanah Air segera berakhir.

Jokowi mencotohkan, apabila 70 persen dalam satu RW yang divaksin, maka mengurangi risiko 30 persen warga lainnya terinfeksi virus Corona.

Ada pun anak-anak yang di bawah usia 18 tahun tidak diberikan vaksin karena belum ada uji klinisnya. Jadi, vaksin Covid-19 tersebut untuk warga Indonesia yang berusia 18-59 tahun.

Setelah diputuskan gratis, Juru Bicara Vaksinasi dan Perwakilan Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, ada alur vaksinasi Covid-19 yang harus diketahui masyarakat.

"Pertama, calon penerima vaksin Covid-19 akan mendapatkan pemberitahuan dari SMS. Pemerintah akan mengintegrasi data masyarakat penerima vaksin Corona," kata Nadia dalam live Instagram ruang Merdeka 'Efektifkah Vaksin Covid-19'.

Berikut deretan hal terkait perkembangan vaksin Covid-19 di Indonesia:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Jokowi Jadi Orang Pertama yang Disuntik Vaksin Covid-19 di Indonesia

Jokowi melihat langsung uji klinis Vaksin COVID-19 atau Vaksin Corona Sinovac hari pertama di Bandung. Tampak, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto dan Menteri BUMN Erick Tohir mendampingi Presiden Jokowi. (Foto: Sekretariat Presiden)
Jokowi melihat langsung uji klinis Vaksin COVID-19 atau Vaksin Corona Sinovac hari pertama di Bandung. Tampak, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto dan Menteri BUMN Erick Tohir mendampingi Presiden Jokowi. (Foto: Sekretariat Presiden)

Vaksin Corona Covid-19 sudah tiba di Indonesia dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi siap menjadi orang yang pertama disuntikkan. Jokowi pun memastikan hal tersebut.

"Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama di vaksin pertama kali," ujar Jokowi di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 16 Desember 2020.

 

Pendaftaran Vaksin Melalui SMS

Ilustrasi vaksin corona, vaksin covid-19. Kredit: fernando zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi vaksin corona, vaksin covid-19. Kredit: fernando zhiminaicela via Pixabay

Juru Bicara Vaksinasi dan Perwakilan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, calon penerima vaksin Covid-19 akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS.

Dia mengatakan, pemerintah akan mengintegrasi data masyarakat penerima vaksin Covid-19.

"Jadi nanti calon penerima vaksin akan menerima SMS notifikasi karena kita mengintegrasikan satu data untuk vaksinasi ini. Informasi satu data ini akan mencatat barcode dari jenis vaksin yang akan didapatkan setiap orang" kata Nadia saat berbincang dengan Merdeka.com.

Kemudian, lanjut Nadia, setelah mendapat notifikasi SMS, masyarakat akan mengisi data dari SMS tersebut. Lalu, mereka akan mendapatkan layanan vaksinasi pada waktu yang tempat sudah ditentukan.

"Masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan selama memberikan layanan vaksinasi sehingga tidak menumpuk di fasilitas kesehatan dan masyarakat tetap bisa menjaga jarak," terang Nadia.

 

Vaksin Covid-19 Disuntik 2 Kali

Ilustrasi vaksin COVID-19 (Source: Pexels/Artem Podres)
Ilustrasi vaksin COVID-19 (Source: Pexels/Artem Podres)

Nadia menambahkan, vaksin Covid-19 akan berbeda. Masyarakat akan disuntik dua kali vaksin dengan selang waktu yang berbeda. Misalnya, hari ini di suntik vaksin Sinovac, 14 hari kemudian harus kembali disuntik.

"Jangan baru vaksinasi satu terus hilang atau lupa jadi ini sangat penting karena tujuan kita adalah kekebalan kelompok dan benteng pertahanan kita melawan Covid-19," ucap dia.

 

Jamin Keamanan Vaksin Covid-19

Sampel vaksin COVID-19 nonaktif di Sinovac Biotech Ltd. Beijing, China. (Xinhua/Zhang Yuwei)
Sampel vaksin COVID-19 nonaktif di Sinovac Biotech Ltd. Beijing, China. (Xinhua/Zhang Yuwei)

Kemudian, Nadia pun memastikan vaksinasi Covid-19 di Indonesia aman. Hal tersebut merupakan dipastikan Nadia merupakan jaminan dari pemerintah.

"Pemerintah pasti akan menjamin keamanannya. Vaksinasi bukan pertama kali di Indonesia. Kita sudah membebaskan negara kita dari cacar dengan melakukan vaksinasi secara nasional dan rutin untuk anak sekolah dan usia di bawah satu tahun," papar dia.

Nadia pun meminta masyarakat Indonesia untuk belajar dari vaksinasi cacar tersebut. Sehingga, menurut dia, masyarakat tidak perlu lagi khawatir. Dia mengklaim pemerintah tidak mungkin mendatangkan vaksin yang tidak aman.

"Para remaja perempuan dan calon pengantin juga mendapatkan vaksinasi. Dari sini kita lihat, melakukan vaksinasi atau memilih vaksin yang aman bukan baru pertama kali dilakukan pemerintah," jelas Nadia.

 

Enam Jenis Vaksin Akan Digunakan Indonesia

Pekerja memproduksi vaksin COVID-19 di perusahaan Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, 12 Agustus 2020. Pemerintah melalui Bio Farma berupaya untuk memenuhi kebutuhan domestik dengan mempersiapkan sebanyak 15 juta bulk vaksin COVID-19 untuk tahap pertama. (BAY ISMOYO/AFP)
Pekerja memproduksi vaksin COVID-19 di perusahaan Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, 12 Agustus 2020. Pemerintah melalui Bio Farma berupaya untuk memenuhi kebutuhan domestik dengan mempersiapkan sebanyak 15 juta bulk vaksin COVID-19 untuk tahap pertama. (BAY ISMOYO/AFP)

Pemerintah menetapkan enam jenis vaksin Covid-19 yang dapat digunakan di Indonesia untuk mengatasi pandemi corona. Keenam jenis vaksin tersebut antara lain, yang diproduksi oleh PT Bio Farma (Persero), AstraZeneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Moderna, Pfizer Inc. and BioNTech, dan Sinovac Biotech Ltd.

Seperti diketahui, pemerintah sendiri telah mendatangkan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac, China. Vaksin yang baru tiba ini merupakan bagian dari pengadaan tahap pertama sebanyak 3 juta dosis. Vaksin Covid-19 Sinovac ini berjenis SARS-CoV-2 yang telah diinaktivasi.

Sebelum disuntikkan ke masyarakat, vaksin harus terlebih dahulu melalui beberapa tahapan dan harus mengantongi izin Emergency Use of Authorization dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Hal ini guna menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat.

 

Masih Buka Pintu Kandidat Vaksin Lain

Menkes Terawan tinjau simulasi vaksin COVID-19 di RSPI Sulianti Saroso Jakarta Utara. (Istimewa)
Menkes Terawan tinjau simulasi vaksin COVID-19 di RSPI Sulianti Saroso Jakarta Utara. (Istimewa)

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto tidak menutup kemungkinan akan ada vaksin baru yang menjadi kandidat vaksin Covid-19 di Indonesia, yang mana disarankan oleh Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

"Bila perkembangannya yang ada atas saran ITAGI, daftar enam vaksin masih dapat berubah. Selanjutnya akan dimasukkan juga jenis-jenis vaksin yang baru, yang sudah uji klinis 3 serta berada di list WHO. Kami memberikan relaksasi maupun fleksibilitas, supaya tidak ada mengunci di 1 atau 2 jenis vaksin," ungkap Terawan dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kamis, 10 Desember 2020.

Dalam pasal keempat Keputusan Menkes tersebut memang tertulis bahwa Menkes dapat melakukan perubahan jenis vaksin Covid-19 berdasarkan rekomendasi dari ITAGI atau KPCPEN.

 

Reporter : Rifa Yusya Adilah

Sumber : Merdeka

Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia

Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temukan Pistol di Rumah, Bocah 2 Tahun Tewas Tak Sengaja Tembak Dirinya Sendiri

Posted: 16 Dec 2020 11:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sudah seharusnya orangtua mengawasi anak-anak mereka setiap saat terlebih jika masih balita. Tak lupa orangtua juga harus menyingkirkan benda-benda berbahaya dari jangkauan anak-anak demi keselamatan. Belum lama ini seorang anak laki-laki di Indiana, Amerika Serikat, meninggal dunia usai secara tak sengaja "bermain" pistol dan menembak dirinya sendiri.

 

Dikutip dari Metro, seorang anak laki-laki berusia dua tahun bernama Leighton mengambil pistol dan secara tidak sengaja menembak mati dirinya sendiri ketika ibunya memberi makan adik perempuannya di kamar sebelah.

Menurut keterangan polisi Leighton meninggal tak lama setelah menemukan pistol Ruger sembilan milimeter di sebuah kamar tidur di rumahnya di Fairmount, Indiana.

Sang Ibu Berada di Dekat Kejadian

Ilustrasi balita (pixabay.com)
Ilustrasi balita (pixabay.com)

Saat kejadian, ibunya, Caci Seals, hanya berjarak beberapa meter saja darinya pada saat penembakan. Ayah Leighton, Noah Collins, sedang tak berada di rumah saat itu.

"Bukti menunjukkan anak laki-laki itu menarik pelatuk pada Ruger dan terkena satu peluru. Leighton dilarikan ke rumah sakit, tetapi dokter tidak dapat menyelamatkannya dan dia kemudian dinyatakan meninggal," kata seorang juru bicara Kepolisian Negara Bagian Indiana.

 

Masih Dilakukan Penyelidikan

Ilustrasi mobil Polisi. (Silodrome)
Ilustrasi mobil Polisi. (Silodrome)

Polisi masih terus melakukan penyelidikan atas kematian Leighton. Juru bicara polisi itu menambahkan bahwa tidak ada informasi lebih lanjut tentang keadaan di sekitar penembakan, termasuk di mana pistol itu berada ketika Leighton mengambilnya.

Juru bicara tersebut menambahkan temuan mereka akan diteruskan ke jaksa penuntut setelah penyelidikan selesai, yang berarti tuntutan pidana bisa menyusul.

Lama GoFundMe yang disiapkan untuk membayar pemakaman Leighton menulis "Jika Anda mengenal Leighton, Anda akan tahu bahwa dia pintar, lucu, dan akan sangat menyenangkan untuk berada di dekatnya. Dia mencintai keluarganya dan mencintai kehidupannya."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Manchester United, Gelandang AC Milan Sudah Tak Mempan Iming-iming

Posted: 16 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester United atau MU telah lama dikaitkan dengan kepindahan gelandang AC Milan, Hakan Calhanoglu. Klub Liga Inggris mengklaim bahwa mereka bersedia memberinya kontrak besar di Old Trafford.

Iming-iming itu akan diberikan Setan Merah jika gelandang Rossoneri tersebut menolak menandatangani kontrak baru di AC Milan, sehingga bisa tiba dengan gratis.

Selama ini kontrak Calhanoglu tetap menjadi masalah bagi Milan karena akan berakhir musim panas mendatang. Dan, karenanya dia akan bebas bernegosiasi dengan klub pada Januari.

AC Milan sedang berusaha untuk membujuk pemain asal Turki berusia 26 tahun itu untuk menandatangani kontrak baru. Calciomercato.it melaporkan bahwa agennya sksn mengadakan pertemuan dengan manajemen Rossoneri sore ini.

Situs web tersebut menjelaskan bahwa masa depan Calhanoglu masih belum jelas. Sementara, manajemen Milan dan sang agen ingin terus bekerja sama, karena belum ada kesepakatan mengenai perpanjangan kontrak.

Suasana Tenang

Gelandang AC Milan, Hakan Calhanoglu berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Bodoe/Glimt pada pertandingan Liga Europa di Stadion San Siro di Milan, Italia, Kamis (24/9/2020). AC Milan menang tipis atas  Bodoe/Glimt 3-2. (AP Photo/Luca Bruno)
Gelandang AC Milan, Hakan Calhanoglu berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Bodoe/Glimt pada pertandingan Liga Europa di Stadion San Siro di Milan, Italia, Kamis (24/9/2020). AC Milan menang tipis atas Bodoe/Glimt 3-2. (AP Photo/Luca Bruno)

Namun, kini muncul suasana tenang untuk negosiasi. Pasalnya, meskipun ada minat dari klub lain, seperti Manchester United, Juventus dan Inter Milan, Calhanoglu justru ingin memberikan prioritas kepada klubnya saat ini.

Mereka bekerja untuk menemukan kesepakatan dan pertemuan hari ini berupaya untuk menutup 'jarak' yang ada antara kedua belah pihak.

Kehilangan

Pemain AC Milan Hakan Calhanoglu (kiri) berebut bola dengan pemain Parma Simone Iacoponi pada pertandingan Serie A di Stadion San Siro, Milan, Italia, Minggu (13/12/2020). AC Milan masih puncaki klasemen usai bermain imbang 2-2 lawan Parma. (AP Photo/Luca Bruno)
Pemain AC Milan Hakan Calhanoglu (kiri) berebut bola dengan pemain Parma Simone Iacoponi pada pertandingan Serie A di Stadion San Siro, Milan, Italia, Minggu (13/12/2020). AC Milan masih puncaki klasemen usai bermain imbang 2-2 lawan Parma. (AP Photo/Luca Bruno)

Manajemen dan agen pemain akan terus mengerjakannya dalam beberapa hari mendatang karena ada kemauan di kedua belah pihak untuk menemukan kesepakatan.

Itu menunjukkan Manchester United akan kehilangan pemain internasional Turki itu, jika minat mereka yang dilaporkan itu lebih dari sekadar alat untuk menekan Milan.

Mencuat

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes mengontrol bola saat bertanding melawan Manchester City pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Old Trafford di Manchester, Inggris, Minggu (13/12/2020). MU dan City bermain imbang 0-0. (AP Photo/Paul Ellis/ Pool via AP)
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes mengontrol bola saat bertanding melawan Manchester City pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Old Trafford di Manchester, Inggris, Minggu (13/12/2020). MU dan City bermain imbang 0-0. (AP Photo/Paul Ellis/ Pool via AP)

Manchester United, sebelumnya dilaporkan sudah medapat kabar baik soal Calhanoglu. Pemain AC Milan itu, dilaporkan belum mencapai kesepakatan pembaharuan kontrak dengan klub.

Kabar ini mencuat setelah Gazzetta dello Sport melihat situasi beberapa pemain utama di Liga Italia. Dua di antaranya adalah bintang Milan: Gianluigi Donnarumma dan pemain internasional Turki itu.

Beri Peluang

Sementara ada optimisme kuat Donnarumma bakal menandatangani kontrak lain di markas AC Milan di San Siro. Hal berbeda menimpa rekan setimnya Calhanoglu, sehingga memberi peluang bagi MU untuk bermain di Liga Inggris.

Dijelaskan bahwa saat ini ada 'lampu merah' dalam negosiasi antara klub dan perwakilan Calhanoglu, karena ada perbedaan besar antara tuntutan dari sisi pemain dan apa yang siap ditawarkan Milan.

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duh, Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 di Palu Jeblok

Posted: 16 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Palu - Partisipasi pemilih dalam Pilkada Kota Palu turun jauh dari target yang ditetapkan. KPU Palu menyebut persentase penurunannya bahkan jauh dibanding Pilpres dan Pileg 2019 lalu.

KPU Palu mencatat partisipasi pemilih pada pilkada 2020 kali ini hanya mencapai angka 65,5 persen dari  jumlah DPT 250.635. Persentase itu jauh dari target partisipasi pemilih yang ditetapkan secara nasional yakni 77,5 persen.

"Angka itu jauh dari ekspektasi target kami. Bahkan, jauh dibanding persentase pemilih saat Pilpres dan Pilleg tahun 2019 lalu yang mencapai 86 persen," Ketua KPU Kota Palu, Agus Salim Wahid mengungkapkan saat ditemui di kantornya, Rabu (16/12/2020).

Meski begitu Agus mengklaim pihaknya telah melakukan sosialisasi dengan maksimal sebelum hari pemungutan suara dilaksanakan pada 9 Desember lalu untuk mencapai target partisipasi yang ditetapkan atau minimal mendekati jumlah pemilih saat Pilpres dan Pileg 2019 lalu.

Dia mengakui situasi Covid-19 menjadi salah satu penyebab penurunan pemilih itu. Selain juga karena penambahan jumlah DPT dibanding tahun 2019 yang sebanyak 213.000 pemilih.

"Semua sudah kami lakukan (sosialisasi) termasuk dengan mengerahkan relawan demokrasi. Hanya saja situasi Covid-19 tidak bisa dipungkiri membuat sebagian pemilih enggan ke TPS," kata Agus.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak 5 Cara Menangkal Hoaks Versi BNPT

Posted: 16 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) membagikan tips mudah agar tidak termakan hoaks yang semakin merajalela di ruang digital. BNPT meminta masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi.

Melalui akun Facebook resminya, BNPT membagikan tips menangkal hoaks dengan cara yang sederhana. Ada lima cara menangkal hoaks versi BNPT, yakni:

1. Jangan mudah percaya berita dan informasi.

2. Periksa kredibilitas sumber dan validitas kontennya.

3. Jangan malas verifikasi dan bandingkan berita.

4. Cari informasi pembanding di media terpercaya.

5. Jangan share jika informasi menyesatkan dan berisi provokasi.

"Masyarakat yang cerdas tidak akan mudah terpengaruh dan terprovokasi oleh informasi yang tidak jelas sumber dan validitas kontennya," begitu bunyi kicauan BNPT di Facebook resminya untuk mengajak masyarakat terhindar hoaks.

 

Masyarakat yang cerdas tidak akan mudah terpengaruh dan terprovokasi oleh informasi yang tidak jelas sumber dan validitas kontennya. #cerdasdiduniamaya #jauhiprovokasi #saringsebelumsharing

Posted by BNPT on Wednesday, December 16, 2020

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jago Main Drum, Imansyah Aditya dapat Apresiasi dari Yayasan Down Syndrome Internasional

Posted: 16 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Imansyah Aditya Fitri adalah penyandang down syndrome yang mahir memainkan drum. Keahlian itu membawanya ke berbagai panggung dan acara besar.

Baru-baru ini, remaja yang akrab disapa Adit itu mendapatkan apresiasi dari Yayasan Down Syndrome Internasional. Keberhasilan tersebut tak lepas dari dukungan sang ibu, Emsyarfi.

Sadar bahwa anaknya memiliki kebutuhan khusus, Emsyarfi tidak tinggal diam. Ia membimbing dan mendidik Adit dalam berbagai kegiatan terutama musik. Kesabaran dan ketekunannya dalam membawa sang anak ke arah yang lebih baik ternyata membuahkan hasil.

Pada Jumat (11/12/2020) lalu berita tentang Adit diunggah di Yayasan Down Syndrome International. Hal ini juga menandakan keberhasilan Emsyarfi dalam menyebarkan kesadaran tentang anak down syndrome (ADS).

"Berawal dari keinginan memperkenalkan bakat dan aktivitas Adit pada media yang lebih luas. Hampir 2 tahun yang lalu,  saya mulai mencari link-link yang bisa memberi kesempatan itu," kata Emsyarfi kepada Disabilitas Liputan6.com melalui pesan singkat, Selasa (15/12/2020).

Setelah Mencari di Internet

Setelah melakukan pencarian di internet, akhirnya ia menemukan Yayasan Down Syndrom International. Berbagai kegiatan grup tersebut diikutinya, sesekali ia membagikan foto dan video tentang Adit.

Oktober lalu yayasan itu mengunggah beberapa foto anggotanya berkegiatan selama pandemi, foto terbaik akan dipublikasikan.

"Saya dan adit bersemangat membaca informasi ini. Kami ingin dunia luar juga tahu apa kegiatan anak down syndrom di  Indonesia." 

Emsyarfi kemudian mengirimkan 4 foto disertai tulisan pendek tentang kegiatan selama pandemi seperti yang diminta panitia.

"Hampir sebulan menunggu,  kami menerima email pemberitahuan dari yayasan itu yang berisi berita Adit dimuat hari Jumat 11 Desember 2020."

"Saya dan Adit gembira sekali. Kami membuka laman Down Syndrom Internasional dan kami menemukan foto adit di antara foto-foto ADS lain yang berasal dari India,  USA,  dan lain-lain."

Dengan demikian, remaja yang juga hobi berkebun itu tampil sebagai satu-satunya ADS Dari Indonesia.

"Sungguh mengharukan, apresiasi yang sungguh besar dari Yayasan Down Syndrome International untuk ADS Indonesia yang kali ini diwakili Adit." 

"Semoga perjalanan panjang Adit mencari jalan mandirinya ini menyemangati semua keluarga dengan anak berkebutuhan khusus untuk tidak lelah memperjuangkan kemajuan ananda tercinta," tutup Emsyarfi.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sahrul Gunawan Dirawat dan Kenakan Selang di Hidung, Kecapekan Pilkada?

Posted: 16 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sahrul Gunawan, melalui perhitungan suara KPU, Selasa (15/12/2020) berhasil meraih suara terbanyak di Pilkada 2020. Bersama rekannya, Dadang Supriatna, meraih dukungan suara 56,01 persen dan memenangi Pilkada Kabupaten Bandung. 

Pesinetron Pernikahan Dini ini justru memperlihatkan kondisinya terkini. Ia berada di rumah sakit mengenakan selang infus di hidung.

Namun, kesehatan mantan kekasih Intan Nuraini  ini sudah membaik. Hal itu ditunjukkan dengan melakukan selfie.

 

Bisa Pulang

Sahrul Gunawan (Foto: Instagram/@sahrulgunawanofficial)
Sahrul Gunawan (Foto: Instagram/@sahrulgunawanofficial)

Melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (17/12/2020), Sahrul memperlihatkan foto selfienya mengenakan kaus berwarna hitam.

"Asalamualaikum.. selamat pagi...Sudah bs selfie saat di rawat di RS itu ktnya tanda2 sbntr lg udah bs pulang ke rumah," tulisnya.

 

Minta Didoakan

Sahrul Gunawan (Foto: Instagram/@sahrulgunawanofficial)
Sahrul Gunawan (Foto: Instagram/@sahrulgunawanofficial)

Pria kelahiran Bogor, 23 Mei 1976 ini tetap meminta doa kepada penggemarnya untuk kesehatannya. "Hehe mhn doanya ya InsyaAlaah 🙂🙏," lanjutnya.

 

Jaga Kesehatan

Tak lupa, bapak tiga anak ini juga mengingatkan penggemarnya untuk selalu menjaga kesehatan.

"Sehat sehat terus ah semuanya💪selamat beraktifitas dan jaga kesehatan selalu. Smg Allah senantiasa melindungi," sambungnya.

 

Kecapekan

Banjir doa pun memenuhi kolom komentar miliknya. Tak sedikit selebritas Tanah Air yang berharap Alul, begitu biasa disapa, bisa kembali beraktivitas lagi.

"Ya Allaaah Syahrul 😢lekas sembuh yah dan bisa beraktifitas lagi 🤲🤲," tulis Chintami Atmanegara.

"Kecapekan kampanye kemarin, ditambah puasa juga... Skrg saatnya kembalikan imun, makan yg banyak ya.....Nanti kota tunggu diskusi nya ttg pembangunan Kab Bandung...🙏🙏🙏 Bedaskeun!!" jelas Dede Yusuf.

"Get well soon pak wakil walikota," tambah Bertrand Antolin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Detik-Detik Jambret Gagal Mencuri Ponsel di Stang Skuter Listrik

Posted: 16 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beredar video detik-detik jambret gagal mencuri ponsel di stang skuter listrik. Jambret itu akhirnya kabur menggunakan motornya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GoPro Hero9 Black Resmi Hadir di Indonesia dengan Harga Rp 8 Jutaan

Posted: 16 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kamera aksi GoPro Hero9 Black resmi hadir di Indonesia. Perangkat ini dibanderol seharga Rp 8.099.000 dan tersedia di Urban Republic serta Official Store GoPro di Tokopedia dan Blibli dengan pre-order mulai 15-22 Desember 2020.

GoPro Hero9 Black sendiri hadir dengan sensor baru yang mampu merekam video hingga resolusi 5K dan foto hingga 20MP.

Perangkat ini juga didukung fitur stabilisasi video HyperSmooth 3.0 dengan perataan cakrawala dalam kamera, tampilan depan baru, desain belakang lebih besar, serta masa pakai baterai 30 persen lebih lama dibanding pendahulunya.

Bersamaan dengan diluncurkannya GoPro Hero9 Black ini, perusahaan juga mengungkapkan komitmen tidak lagi memakai plastik pada kemasan Hero9 Black dan tas perjalanan sesuai dengan dudukan dan aksesoris tambahan.

Pendiri dan CEO GoPro Nicholas Woodman mengatakan, Hero9 Black hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, termasuk value for money.

Fitur dan Kemampuan Hero9 Black

GoPro Hero9 Black (Foto: Erajaya)
GoPro Hero9 Black (Foto: Erajaya)

"Perusahaan berkomitmen mengurangi penggunaan plastik sebanyak mungkin. Kami mengemas Hero9 Black dalam tak travel yang lebih bernilai tinggi dibanding kemasan tradisional yang boros," katanya.

Komitmen mengurangi plastik ini juga dilakukan untuk semua kamera lainnya di akhir 2021.

GoPro Hero9 Black hadir dengan kapabilitas perekaman video hingga resolusi 5K di 30fps dan 4K di 60fps. Untuk foto, sensornya menggunakan 20MP.

Bagian belakangnya terdapat layar sentuh 2,27 inci yang lebih besar. Sementara pratinjau depannya memiliki ukuran 1,4 inci.

GoPro Hero9 Black diklaim 30 persen lebih hemat daya dibandingkan pendahulunya. Lalu, baterai isi ulangnya juga dapat dilepas.

Dukung Live Streaming

Perangkat ini juga didukung fitur HyperSmooth 3.0 dan perataan horizon dalam kamera. Ada juga fitur TimeWarp 3.0 yang menampilkan kecepatan nyata dan kecepatan setengah.

Untuk live streaming perangkat ini mendukung resolusi 1080 piksel dan mode webcam 1080 piksel.

Kemampuan lain yang diusung adalah video night scape SuperPhoto + HDR, foto RAW, lensa digital, kontrol suara dengan 14 perintah dalam 11 bahasa, 3 mikrofon dengan noise cancellation, audio stereo, speaker lebih besar, serta penutup lensa yang bisa dilepas.

Dalam kesempatan yang sama, GoPro juga memperkenalkan the All-New Max Lens Mod untuk Hero9 Black. Lens mod ini mendukung stabilisasi video, perekaman ultra lebar dengan resolusi hingga 2,7K di 60 fps, juga memungkinkan penguncian cakrawala ketika kamera diputar 360 derajat.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Belasan Polisi Positif Covid-19, Polsek di Garut Ditutup Sementara

Posted: 16 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah polsek di wilayah Garut, Jawa Barat harus ditutup sementara setelah sebelas anggotanya positif Covid-19. Kini para pasien sedang dirawat di rumah sakit darurat Garut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fans Berat, Ini 6 Momen Ibunda Inul Ketemu Amanda Manopo dan Arya Saloka

Posted: 16 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejak tayang, sinetron yang dibintangi Amanda Manopo dan Arya Saloka ini terus ramai diperbincangkan. Selain menyuguhkan cerita yang penuh polemik kehidupan rumah tangga, para pemain sinetron Ikatan Cinta yang ditayangkan SCTV ini juga menjadi idola masyarakat Tanah Air.

Beberapa kali Amanda Manopo bahkan mengunggah bagaimana antusiasnya warga mendatangi lokasi syuting. Rupanya tak hanya warga sekitar, ibu Inul Daratista juga diketahui menjadi penggemar berat para pemain Ikatan Cinta tersebut.

Untuk mewujudkan keinginan sang ibu bertemu para aktor dan aktris, pedangdut asal Pasuruan tersebut akhirnya mengajak ke lokasi syuting. Lewat unggahan di Instagram pribadinya, Inul membagikan momen bahagia sang ibu bertemu Amanda Manopo, Arya Saloka hingga Glenca Chysara.

Berikut ini 6 momen ibunda Inul Daratista saat bertemu dengan Amanda manopo dan Arya Saloka di lokasi syuting sinetron Ikatan Cinta, dirangkum dari Instagram @inul.d oleh Liputan6.com, Kamis (17/12/2020).

1. Lewat unggahan di Instagram, Inul membagikan momen kala sang ibu datang ke lokasi syuting sinetron yang dibintangi Amanda Manopo.

Inul Daratista ajak sang ibunya ke lokasi syuting Amanda Manopo. (Sumber: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista ajak sang ibunya ke lokasi syuting Amanda Manopo. (Sumber: Instagram/@inul.d)

2. Terlihat ibunda Inul bersama Arya Saloka dan Amanda Manopo pamer raut wajah dan senyum bahagia.

Inul Daratista ajak sang ibunya ke lokasi syuting Amanda Manopo. (Sumber: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista ajak sang ibunya ke lokasi syuting Amanda Manopo. (Sumber: Instagram/@inul.d)

3. Tak mau ketinggalan, Inul juga turut berfoto dengan dua bintang sinetron yang sedang naik daun tersebut.

Inul Daratista ajak sang ibunya ke lokasi syuting Amanda Manopo. (Sumber: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista ajak sang ibunya ke lokasi syuting Amanda Manopo. (Sumber: Instagram/@inul.d)

4. Meski sempat takut menganggu jalannya proses syuting, rupanya kehadiran ibu Inul disambut hangat.

Inul Daratista ajak sang ibunya ke lokasi syuting Amanda Manopo. (Sumber: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista ajak sang ibunya ke lokasi syuting Amanda Manopo. (Sumber: Instagram/@inul.d)

5. Ibunda Inul yang dipanggil Simbok ini juga bertemu dengan pemeran Elsa, Glenca Chysara.

Inul Daratista ajak sang ibunya ke lokasi syuting Amanda Manopo. (Sumber: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista ajak sang ibunya ke lokasi syuting Amanda Manopo. (Sumber: Instagram/@inul.d)

6. Wanita berhijab ini juga sempat berfoto dengan Ayya Renita alias pemeran Kiki.

Inul Daratista ajak sang ibunya ke lokasi syuting Amanda Manopo. (Sumber: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista ajak sang ibunya ke lokasi syuting Amanda Manopo. (Sumber: Instagram/@inul.d)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kuil Pashupatinath di Nepal Dibuka Kembali Setelah Delapan Bulan Ditutup Akibat COVID-19

Posted: 16 Dec 2020 11:00 PM PST

Orang-orang terlihat di Kuil Pashupatinath di Kathmandu, Nepal (16/12/2020). Hampir delapan bulan Kuil Pashupatinath ditutup karena pandemi COVID-19. (Xinhua/Sulav Shrestha)
Orang-orang terlihat di Kuil Pashupatinath di Kathmandu, Nepal (16/12/2020). Hampir delapan bulan Kuil Pashupatinath ditutup karena pandemi COVID-19. (Xinhua/Sulav Shrestha)

Orang-orang terlihat di Kuil Pashupatinath di Kathmandu, Nepal (16/12/2020). Hampir delapan bulan Kuil Pashupatinath ditutup karena pandemi COVID-19. (Xinhua/Sulav Shrestha)

Para pekerja membersihkan lingkungan Kuil Pashupatinath di Kathmandu, Nepal (16/12/2020). Total kasus COVID-19 di Nepal mencapai 250 ribu, sembuh 239 ribu dan meninggal 1.730 orang. (Xinhua/Sulav Shrestha)
Para pekerja membersihkan lingkungan Kuil Pashupatinath di Kathmandu, Nepal (16/12/2020). Total kasus COVID-19 di Nepal mencapai 250 ribu, sembuh 239 ribu dan meninggal 1.730 orang. (Xinhua/Sulav Shrestha)

Para pekerja membersihkan lingkungan Kuil Pashupatinath di Kathmandu, Nepal (16/12/2020). Total kasus COVID-19 di Nepal mencapai 250 ribu, sembuh 239 ribu dan meninggal 1.730 orang. (Xinhua/Sulav Shrestha)

Seorang pria melakukan ritual sembahyang di Kuil Pashupatinath di Kathmandu, Nepal (16/12/2020). Kuil Pashupatinath adalah salah satu kuil Hindu Siwa yang paling signifikan di dunia, terletak di tepi Sungai Bagmati di bagian timur Kathmandu, ibu kota di Nepal. (Xinhua/Sulav Shrestha)
Seorang pria melakukan ritual sembahyang di Kuil Pashupatinath di Kathmandu, Nepal (16/12/2020). Kuil Pashupatinath adalah salah satu kuil Hindu Siwa yang paling signifikan di dunia, terletak di tepi Sungai Bagmati di bagian timur Kathmandu, ibu kota di Nepal. (Xinhua/Sulav Shrestha)

Seorang pria melakukan ritual sembahyang di Kuil Pashupatinath di Kathmandu, Nepal (16/12/2020). Kuil Pashupatinath adalah salah satu kuil Hindu Siwa yang paling signifikan di dunia, terletak di tepi Sungai Bagmati di bagian timur Kathmandu, ibu kota di Nepal. (Xinhua/Sulav Shrestha)

Orang-orang terlihat di Kuil Pashupatinath di Kathmandu, Nepal (16/12/2020). Kuil ini menjabat sebagai kursi dari dewa nasional, Tuhan Pashupatinath, Nepal adalah negara sekuler. (Xinhua/Sulav Shrestha)
Orang-orang terlihat di Kuil Pashupatinath di Kathmandu, Nepal (16/12/2020). Kuil ini menjabat sebagai kursi dari dewa nasional, Tuhan Pashupatinath, Nepal adalah negara sekuler. (Xinhua/Sulav Shrestha)

Orang-orang terlihat di Kuil Pashupatinath di Kathmandu, Nepal (16/12/2020). Kuil ini menjabat sebagai kursi dari dewa nasional, Tuhan Pashupatinath, Nepal adalah negara sekuler. (Xinhua/Sulav Shrestha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPJS Kesehatan: Sistem Rujukan Bukan untuk Membatasi Peserta JKN-KIS

Posted: 16 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tujuh tahun sistem asuransi sosial BPJS Kesehatan berjalan, sistem rujukan masih menjadi isu hangat. Banyak peserta maupun non peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS Kesehatan bertanya-tanya, mengapa saat berobat perlu ke puskesmas atau klinik dulu dan tidak bisa langsung berobat ke rumah sakit.

"Kita (BPJS Kesehatan) seolah-olah membatasi yang dirujuk, seolah-olah ya. Padahal tidak. Kita tidak membatasi," kata Deputi Direksi Bidang Jaminan Pelayanan Kesehatan Primer BPJS Kesehatan, Ari Dwi Ariyani.

Ari menjelaskan bahwa saat pasien berobat ke puskesmas atau klinik maupun dokter umum yang termasuk dalam fasilitas kesehatan tahap pertama (FKTP) bakal menyaring perlu atau tidak merujuk pasien JKN yang datang.

"Dokter di FKTP, memiliki 144 kompetensi penyakit yang bisa ditangani. Jadi, dokter umum itu akan memfilter apakah kondisi pasien tersebut bisa dikerjakan sendiri atau tidak. Kalau bisa, tidak perlu dirujuk," kata Ari dalam webinar Progres Upaya Perbaikan Kualitas Layanan Program JKN -KIS pada Rabu (16/12/2020)

Ari yang menegaskan bahwa dokter umum di Indonesia memang kompeten. Sebaiknya masyarakat terutama peserta JKN-KIS tidak perlu ragu akan kompetensi mereka.

"Jadi, ketika dirujuk ya harus dirujuk. Dengan ada 144 penyakit yang bisa diatasi ya akan diobati oleh dokter tersebut, kalau tidak bisa maka akan dirujuk," Ari menjelaskan.

Selain itu, proses rujukan juga memiliki manfaat bagi pasien. Bila pasien yang termasuk dalam 144 penyakit yang bisa ditangani di puskesmas maupun klinik, tidak perlu ke rumah sakit yang mana penuh virus atau bakteri penyebab penyakit.

"Di RS juga ada banyak infeksi, kalau tidak penting sekali tidak perlu ke RS," ujar Ari.

 

Beda Persepsi Dokter dan Pasien

Sudut pandang sakit dan sembuh antara dokter dan pasien yang kerap berbeda turut membuat pasien banyak mengeluhkan tidak sembuh bila dirawat di puskesmas atau klinik.

Wanita yang berlatar belakang sebagai dokter umum ini memahami perbedaan sakit dan sembuh ini.

"Dokter bilang enggak apa-apa, tapi pasien merasa apa-apa. Misalnya saya, sebagai seorang dokter, ketika anak demam dan melihat bahwa ini demam yang tidak apa-apa ya tidak membawa anak ke rumah sakit. Berbeda dengan suami yang merasa bahwa demam harus dibawa ke rumah sakit," tuturnya.

"Sehingga, hal ini yang perlu dipahami bersama."

Infografis

Infografis Tarik Ulur Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Tarik Ulur Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan. (Liputan6.com/Trieyasni)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Destinasi Wisata Banyuwangi Lawan Pandemi dengan Protokol Covid-19

Posted: 16 Dec 2020 10:56 PM PST

Liputan6.com, Banyuwangi - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus bergerak ke sejumlah destinasi wisata Tanah Air dalam upaya mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional. Sejalan dengan itu, penegakan disiplin protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 pun digalakkan.

Kali ini, Liputan6.com mendapat kesempatan untuk ikut menyambangi sejumlah lokasi di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur, dengan perjalanan mulai 10 Desember hingga 13 Desember 2020.

Kedatangan di Banyuwangi langsung diarahkan menuju D'dajawatan yang berada di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, sebuah destinasi wisata yang mengandalkan keindahan bernuansa hutan. Di sana, petugas bermasker sigap menyambut pengunjung dengan alat pengukur suhu tubuh di tangannya. 

Ini menjadi bagian dari gerakan Indonesia Care, yakni penerapan CHSE alias Cleanliness, Healt, Safety & Environment.

Antrean di pintu masuk pun diatur demi menerapkan protokol jaga jarak. Di sejumlah sudut lokasi ditempatkan westafel protabel lengkap dengan sabun untuk cuci tangan.

Jawatan memiliki daya tarik sebagai tempat berfoto. Beberapa spot bahkan sangat kuat keindahannya jika dijadikan sebagai lokasi prewedding.

Sangat diharapkan kesadaran para pengunjung agar kerumunan tidak terjadi di lokasi ini. Hal itu juga memudahkan tugas pihak keamanan yang tampak turut berpatroli di lokasi wisata tersebut.

Lokasi selanjutnya adalah Pantai Boom yang terletak di Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi. Pantai itu sejatinya merupakan pelabuhan yang hingga kini aktivitasnya masih ada, namun tidak lagi ramai. 

Objek wisata ini juga menjadi pilihan lantaran dinilai oleh kaum muda sangat  instagramable. Saat tiba di sana sore hari, kondisinya terbilang sepi pengunjung.

Tampak upaya destinasi wisata untuk bangkit di tengah pandemi lewat penerapan protokol kesehatan. Beberapa lokasi telah dibangun fasilitas cuci tangan, termasuk imbauan penggunaan masker dan menjaga jarak.

Baik Jejawatan dan Pantai Boom, keduanya tidak menerapkan tarif kunjungan secara formal. Penikmat wisata yang datang ke sana cukup menyiapkan uang parkir jika membawa kendaraan pribadi. 

Pesona Kawah Ijen dan Little Africa Baluran

Selama masa pandemi, destinasi wisata Kawah Ijen menerapkan aturan pendakian yang dibuka pukul 03.00 WIB dini hari. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama tim pun memulai keberangkatan menuju lokasi sejak pukul 00.30 WIB.

Perjalanan menuju ke sana dari titik menginap memakan waktu sekitar 70 menit melalui jalur sekitar hutan tanpa penerangan, juga menanjak. Sesampainya di lokasi, udara dingin tentunya menusuk dan mesti ditangkal dengan pakaian hangat.

Titik awal pendakian Kawah Ijen pun ramai dengan imbauan penerapan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Para pendamping juga meminta peserta pendakian agar tertib mengikuti aturan #bersamajagaindonesia.

Kawah ijen berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Mengenakan masker di puncak Gunung Ijen sebenarnya sudah menjadi kebiasaan, sebab ada kondisi saat aroma belerang sangat menyengat hingga membuat pendaki sulit bernapas dan mata perih.

Sebelum mendaki, para petugas terlebih dulu akan sibuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung, pengawasan cuci tangan, dan pengecekan kesiapan protokol kesehatan lainnya.

Setelah pagi hari di kawasan pegunungan, sorenya tim beralih ke kawasan padang rumput di Taman Nasional Baluran. Lokasinya berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih.

Destinasi wisata ini dijuluki little Africa in Java. Meski begitu, selama pandemi ini pengunjung tidak begitu saja dibiarkan tanpa pengawasan penegakan protokol kesehatan.

Di muka pintu masuk, petugas menyiapkan dua wastafel untuk para pengunjung secara bergantian mencuci tangan. Penggunaan masker juga turut menjadi perhatian petugas sembari melakukan pengecekan suhu tubuh.

Berkelana di Taman Nasional Baluran mesti menggunakan kendaraan. Selain demi efisiensi menjelajahi lokasi yang luasnya 25 ribu hektare, juga agar pengunjung aman dari kera buntut panjang yang jumlahnya mendominasi. Fauna lain yang terpantau ada kerbau liar dan burung merak.

Kondisi yang tidak seramai biasanya menunjukkan bagaimana lokasi wisata benar-benar terdampak pandemi Covid-19. 

 

Indahnya Alam Laut di Pulang Menjangan

Pesona Taman Wisata Baluran Banyuwangi yang disebut sebagai
Pesona Taman Wisata Baluran Banyuwangi yang disebut sebagai

Meski Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan merupakan destinasi wisata yang mengharuskan pengunjung menyeberangi laut, penerapan protokol kesehatan Covid-19 nyatanya tetap ditegakkan. Saat tim tiba di titik awal persiapan penyeberangan via kapal kayu bertenaga motor, petugas sibuk menertibkan pengunjung.

Untuk menuju dua pulau itu, tim mesti berkumpul di Pantai Watudodol. Di pintu masuk pun telah disiapkan fasilitas cuci tangan, lengkap dengan sabun. 

Para pengunjung wajib menjalani pemeriksaan protokol kesehatan terlebih dahulu oleh petugas seperti kelengkapan masker dan cek suhu tubuh, sebelum melanjutkan perjalanan menuju pulau yang berada di selat Bali itu. 

Pesona Indonesia yang ditawarkan Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan adalah keindahan pantai hingga dasar laut. Wisatawan dapat melakukan aktivitas menyelam atau snorkeling untuk melihat cantiknya terumbu karang.

Pengunjung juga diberikan rasa aman lewat pemeliharaan sanitasi baik itu kapal, pelampung, hingga alat-alat snorkeling. Petugas dan pendamping juga selalu sigap mengimbau pentingnya penggunaan masker dan cuci tangan.

Protokol Covid-19 di Hotel dan Restoran

Selama berada di Banyuwangi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memfasilitasi tim menginap di Kokoon Hotel Banyuwangi yang berlokasi di Dadapan, Kecamatan Kabat.

Kebiasaan disiplin protokol kesehatan Covid-19 yang diterapkan di hotel juga terbilang ketat. Siapa pun yang keluar masuk hotel wajib menggunakan hand sanitizer yang disediakan di pintu masuk.

Petugas yang mengenakan masker dan sarung tangan selalu berjaga sambil melakukan pengecekan suhu tubuh ke pengunjung, meski sudah beberapa kali keluar masuk hotel.

Hand sanitizer juga disediakan di setiap spot lift dan pintu masuk ruang apapun. Penyajian makanan di restorannya pun tidak sembarangan. Petugas berjaga di setiap titik pengambilan makanan dan melayani secara langsung sambil melakukan pengawasan disiplin protokol kesehatan.

Untuk di luar hotel, tim diajak mengunjungi tempat makan Kedai Panorama di Penataban, Kecamatan Giri dan Srengenge Wetan Resto di Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi. Keduanya juga menerapkan disiplin protokol kesehatan, khususnya aturan jaga jarak. 

Sebelum masuk, pengunjung harus antre mencuci tangan. Petugas juga melakukan pengecekan suhu tubuh di dahi, sambil tetap mengimbau agar melepas masker hanya saat aktivitas makan saja.

Menjadi kewajiban bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menaati aturan disiplin protokol kesehatan Covid-19 di mana pun, termasuk di lokasi wisata. Adapun terkait upaya percepatan pertumbuhan ekonomi nasional selama pandemi, dapat juga mengakses www.indonesia.travel/id/id/i-do-care-covid19 sebagai referensi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sistem Baru Penggajian PNS Belum Diterapkan di 2021

Posted: 16 Dec 2020 10:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah menggodok skema gaji baru untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS. Dalam perubahan ini, akan dirombak dari semula berbasis pangkat, golongan ruang dan masa kerja menjadi sistem penggajian berbasis harga jabatan dan nilai jabatan.

Deputi Pembinaan Manajemen Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto, menyatakan implementasi skema baru penggajian PNS ini akan mengikuti ketersediaan anggaran dari pemerintah.

Menurut dia, alokasi anggaran saat ini masih banyak berfokus pada penanganan pandemi Covid-19. Sehingga penerapan gaji baru PNS diperkirakan belum akan dilakukan pada 2021 mendatang.

"Tentunya ini harus disesuaikan dengan anggaran yang ada. Kembali pada kemampuan keuangan negara," ujar Haryomo dalam Rakornas Kepegawaian yang digelar secara virtual, Kamis (17/12/2020).

"Sehingga sekali lagi kalau ada pertanyaan apakah akan tahun depan berlaku, tentunya ini masih dalam pembahasan sambil menunggu semua persyaratan itu sudah terpenuhi. Padahal sekarang pemerintah baru concern untuk mengatasi masa pandemi Covid-19 ini," ungkapnya.

Sementara berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2011 tentang Manajemen PNS, Haryomo menjelaskan, sistem penggajian yang baru ini akan dilakukan secara bertahap.

 

Detail Penggajian

Ilustrasi Gaji
Ilustrasi Gaji

Lebih lanjut, Haryomo menerangkan detil skema baru penggajian PNS. Pembayaran upah abdi negara nantinya akan diberikan pada beberapa kriteria, seperti menghilangkan sistem pemangkatan.

"Di dalam UU ASN (Nomor 5/2014) atau PP 11/2017, bahwasanya pangkatan itu tingkatan dalam jabatan. Sehingga kalau misalnya nanti kembali ke divisi itu untuk gaji itu dasarnya bukan pada pangkat, golongan dan masa kerja lagi, tetapi tingkatan dalam jabatan yang diwujudkan dalam nilai jabatan yang bisa diperoleh melalui kelas jabatan, evaluasi jabatan," urainya.

"Sehingga ketika seseorang itu menduduki suatu jabatan, maka jabatan itu akan diberikan kelasnya.penyusunan analisa jabatan sesuai dengan perkembangan yang ada saat ini. Tentunya semua melakukan evaluasi jabatan, sehingga untuk semua jabatan yang ada di dalam instansi itu harus sudah punya kelas jabatan," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Enam Daerah di Jawa Timur Ini Masuk Zona Merah COVID-19

Posted: 16 Dec 2020 10:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jawa Timur mencatatkan enam daerah masuk zona merah atau berisiko tinggi terhadap penyebaran COVID-19. Hal ini seiring kasus COVID-19 meningkat di enam daerah di Jawa Timur itu.

"Kasusnya sekarang meningkat lagi setelah sempat melandai hingga ada enam daerah statusnya zona merah," tutur Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, seperti dilansir dari Antara, ditulis Kamis (17/12/2020).

Berdasarkan data nasional yang diterima Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, pada Rabu, 16 Desember 2020 pukul 16.00 WIB, enam daerah yang berisiko tinggi penularan itu meliputi Kabupaten Kediri, Jember, Banyuwangi, dan Tuban, serta Kota Blitar dan Kota Malang.

Secara rinci, per 16 Desember 2020, tambahan kasus yang terjadi di daerah tersebut, yakni Kabupaten Kediri bertambah 40 kasus sehingga totalnya mencapai 1.885 kasus, Jember juga bertambah 40 kasus sehingga totalnya 3.692 kasus, dan Banyuwangi bertambah 61 kasus sehingga totalnya 3.539 kasus.

Tuban bertambah 23 kasus sehingga totalnya mencapai 1.205 kasus, Kota Blitar bertambah 10 kasus sehingga totalnya 447 kasus, serta Kota Malang bertambah 91 kasus sehingga totalnya 2.925 kasus.

Selain itu, di Jatim saat ini tidak ada satu pun daerah berstatus zona kuning atau berisiko rendah, sebab 32 kabupaten/kota lainnya masuk zona oranye atau berisiko sedang. Sebanyak 32 daerah tersebut, yakni Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganuk, Madiun, dan Magetan.

Selain itu, Ngawi, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Selebihnya tujuh kota yakni Kediri, Probolinggo, Pasuruan, Mojokerto, Madiun, Surabaya, dan Batu.

Berdasarkan peta situasi COVID-19 dari data nasional, angka kumulatif konfirmasi 72.124 kasus, setelah 16 Desember 2020 mendapat tambahan 755 kasus baru. Secara rinci, konfirmasi dirawat 4.831 kasus (6,7 persen), konfirmasi sembuh 62.277 kasus (86,35 persen), serta konfirmasi meninggal dunia 5.016 kasus (6,95 persen).

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Khofifah Minta Warga Tak Berhenti Terapkan Protokol Kesehatan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Khofifah berharap seluruh masyarakat di Jatim tidak berhenti menerapkan protokol kesehatan ketat sebab saat ini terlihat agak longgar.

"Ingat, pandemi belum berakhir. Jangan lengah dan mengabaikan protokol kesehatan. Laksanakan 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir," ujar dia.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Gugus Tugas Kuratif Satgas COVID-19 Jatim dr. Joni Wahyuhadi menyampaikan bahwa imbauan untuk tidak menggelar berbagai acara apapun pada akhir tahun sebagai langkah tepat demi menekan laju penularan virus corona baru atau Sars-CoV-2 yang sebabkan COVID-19.

"Menjelang akhir tahun, jangan sampai lengah dan abai terhadap protokol kesehatan. Masyarakat harus patuh dan tidak meremehkan COVID-19," tutur Direktur RSUD dr Soetomo tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Ketatnya Penerapan Protokol Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta dan Maskapai Penerbangan

Posted: 16 Dec 2020 10:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia kembali gencar mensosialisasikan pentingnya penerapan disiplin protokol kesehatan pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19, yang sejalan dengan semangat pemulihan ekonomi nasional. Khususnya di area bandara dan maskapai penerbangan.

Kali ini, Liputan6.com berkesempatan ikut memantau melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang dengan tujuan destinasi Banyuwangi, Jawa Timur, dimulai pada Kamis 10 Desember 2020.

Di Terminal 3 Bandara Soetta sendiri, petugas langsung menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat di muka pintu. Para pengguna bandara diwajibkan mengenakan masker yang sesuai dengan ketentuan.

Masuk bandara, mereka langsung dihadapkan dengan thermal camera yang dapat secara akurat mengecek suhu tubuh. Hand sanitizer juga tampak tersedia di berbagai titik yang mudah dilihat sehingga mempermudah pengunjung menemukan dan mencuci tangan kapan saja. Tidak ketinggalan protokol jaga jarak diterapkan di setiap tempat duduk yang disediakan.

Sejak pukul 04.00 WIB pagi, pengguna bandara sudah cukup ramai. Petugas sibuk mengatur agar prosedur jaga jarak dapat sesuai dengan aturan.

Setelah masuk gate, para pengguna bandara wajib menunjukkan bukti hasil rapid test Covid-19. Ada sekitar 12 loket validasi hasil rapid test yang disediakan untuk melakukan konfirmasi pengecekan sebelum menghadap petugas loket tiket maskapai penerbangan.

Di loket tiket maskapai Garuda Indonesia, para petugas lengkap mengenakan alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan. Dari balik pembatas mika, layanan diberikan dengan memperhatikan protokol Covid-19. Termasuk pemeriksaan kembali hasil rapid test.

Setelah semua sesuai dengan prosedur, pengguna bandara kemudian dapat melanjutkan aktivitasnya sembari menunggu boarding.

 

Jaga Antrean

Para pengguna bandara yang akan memasuki pesawat juga sangat diperhatikan dalam hal menjaga jarak ketika antrean berlangsung. Pramugari dan pramugara yang menyapa dari dalam pesawat pun lengkap mengenakan alat pelindung diri.

Dalam kabin pesawat, kursi penumpang pun dikosongkan di bagian tengah dengan tanda sandaran kepala berwarna oranye, demi terlaksananya penerapan disiplin jaga jarak antar penumpang.

Untuk pesawat Garuda Indonesia sendiri dilengkapi dengan sistem HEPA Filter yang berfungsi untuk menyaring partikel kecil, virus, dan bakteri, bahkan yang terkecil antara 0,1 hingga 0,3 mikron dengan efisiensi hingga 99,995 persen.

Secara teknis, udara di kabin akan selalu mengalir keluar dan ke dalam saat terbang dikarenakan udara terus diperbaharui setiap dua hingga tiga menit dengan sistem tersebut.

Layanan makanan juga diperhatikan. Keseluruhannya diawasi agar jauh dari kontaminasi eksternal, seperti menggunakan bungkusan plastik dan diberikan secara langsung tanpa bantuan kontak antar penumpang. Pihak maskapai juga tidak lagi menawarkan minuman kepada penumpang dengan gelas, namun menggunakan botol sekali pakai, sebagai bagian dari bentuk #TerbangAman bersama Garuda Indonesia #BecauseYouMatter.

Saat tiba di Bandara Internasional Banyuwangi, petugas meminta penumpang agar turun dengan sabar berdasarkan nomor bangku pesawat paling depan secara bergantian. Penumpang juga diwajibkan mengisi dokumen elektronik Indonesian Health Alert Card sebelum meninggalkan bandara sebagai bentuk rekaman perjalanan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Harus Tarik Pajak Lebih Banyak untuk Bayar Utang yang Bengkak Akibat Pandemi Covid-19

Posted: 16 Dec 2020 10:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat utang Pemerintah Indonesia membengkak. Hal itu terjadi karena penerimaan negara yang anjlok sementara belanja pemerintah melonjak.

"Akibatnya utang kita naik, karena penerimaan kita turun, kemudian belanja naik. Demikian akan berlanjut di 2021," kata Tim Asistensi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Raden Pardede, dalam acara diskusi Menjaga Momentum Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual, di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Meningkatnya posisi utang Indonesia tentu menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Utamanya adalah bagaimana agar ekonomi Indonesia dapat tumbuh lebih cepat. Dengan begitu pemerintah bisa kembali membayar utang yang digunakan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Mungkin 2-3 tahun atau 4 tahun akan datang (bisa bayar utang). Pemerintah harus tarik pajak lebih banyak lagi supaya bisa menutup akibat utang yang naik akibat dari program ini," kata dia.

Dia menambahkan, tidak ada yang salah terhadap utang apalagi dalam program PEN. Mengingat stimulus seperti itu juga dilakukan hampir seluruh dunia.

"Jadi kalau bapak atau ibu lihat nanti bagaimana utang di seluruh negara naik, ini dalam rangka stimulus fiskal untuk membantu kelompok rentan daripada pandemi Covid-19," sebut dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Sri Mulyani Buka-bukaan Alasan Indonesia Perlu Utang

Suasana jam pulang kerja di jalur pedestrian kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (22/6/2020). Pemprov DKI Jakarta mulai menerapkan perubahan sif kerja dengan waktu jeda tiga jam, yaitu pukul 07.00-16.00 pada sif pertama dan pukul 10.00-19.00 pada sif kedua. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Suasana jam pulang kerja di jalur pedestrian kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (22/6/2020). Pemprov DKI Jakarta mulai menerapkan perubahan sif kerja dengan waktu jeda tiga jam, yaitu pukul 07.00-16.00 pada sif pertama dan pukul 10.00-19.00 pada sif kedua. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan mengenai kondisi utang yang terjadi di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020.

Hal tersebut diungkapkan Sri Mulyani dalam kegiatan mengajar kepada siswa siswi di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian Kemenkeu Mengajar ke-5 dilakukan secara serempak di hari yang sama oleh lebih dari 1250 Relawan dan 84 sekolah di Tanah Air.

Dia mengatakan, pendapatan negara tahun ini tidak sebanding dengan belanja dikeluarkan pemerintah. Sehingga untuk menutup selisih tersebut pemerintah terpaksa menarik utang.

Di dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2020 sendiri pendapatan negara ditetapkan hanya sebesar RP1.699,1 triliun. Sementara belanja negara mencapai Rp 2.738,4 triliun. Dengan demikian, masih ada selisih atau defisit sebesar Rp1.039,2 triliun.

"Kalau pendapatnya cuma Rp1.699 triliun tapi belanjanya lebih banyak ibu dapat dari mana? dari utang," kata dia dalam acara Kemenkeu Mengajar 5, Senin (30/11).

Sri Mulyani menyadari utang sering dianggap jelek oleh sekelompok masyarakat. Namun di satu sisi, pemerintah tetap perlu membutuhkan utang karena kebutuhan dikeluarkan begitu banyak karena adanya pendemi Covid-19.

Dia menambahkan, sebetulnya bisa saja belanja negara dikurangi. Akan tetapi dampaknya bisa kepada masyarakat. Sebab ketika pemerintah melakukan pengurangan belanja maka harus betul-betul menjaga belanjanya harus hemat, efektif, efisien dan tidak boleh dikorupsi.

"Nah kalau belanjanya sudah dijaga pendapatannya kurang kita memang berutang karena alasan tadi kebutuhan begitu banyak," kata dia.

Dia menyebut, alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi mencapai ratusan triliun. Di mana anggaran kesehatan mencapai RP97,90 triliun, perlindungan sosial Rp233 triliun, dan sektoral K/L dan pemda Rp65,97 triliun.

Selain itu ada juga bantuan UMKM sebesar Rp115 triliun, pembiayaan korporasi Rp61,22 triliun dan insentif usaha sebesar Rp120,6 triliun.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Dosa Kondektur Bus Ungkap Pembunuhan di Jaktim Setahun Silam

Posted: 16 Dec 2020 10:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengakuan dosa kondektur bus menjadi pembuka jalan kepolisian mengungkap kasus dugaan pembunuhan pada 2019 silam. Jasad perempuan berinisial HH (22), ditemukan tergeletak di Taman Kota Tol Jagorawi mengarah ke Taman Mini, Jakarta Timur pada Minggu 7 April 2019.

MQF alias Unyil (20) sepertinya tak kuat memendam kesalahan sendirian. Dia mencoba meluapkan ke orang-orang di sekitar. Unyil mengaku pernah membantu seseorang membuang jasad di Tol Jagorawi. Cerita Unyil itu pun sampai ke telingga aparat kepolisian.

"Jadi awal mulanya ada cerita orang yang mengaku-ngaku bahwa dia pernah membantu seseorang membuang mayat di pinggir Tol Jagorawi. Orang yang mendengar cerita lapor ke kami. Terus kami tindak lanjuti gabungan antara Polsek Makasar dan Polres Jaktim untuk mengetahui kebenaran cerita itu," papar Kapolsek Makasar Kompol Saiful Anwar saat dihubungi, Kamis (17/12/2020).

Dari hasil introgasi, kepolisian mendapatkan petunjuk indentitas korban. Pengakuan Unyil memang pada tahun 2019 penah membantu supir bus untuk menguburkan mayat yang diketahui berjenis kelamin perempuan.

"Unyil bilang kenal, lalu kita minta alamat identitas wanita ini indetitasnya di mana akhirnya dia memberitahukan kita bahwa ada kakaknya yang jualan di Terminal Kampung Rambutan, kita cari kakaknya ternyata betul tahun 2019 dulu adiknya hilang," ucapnya.

Saiful mengatakan, kakaknya memberikan informasi bahwa korban menjalin hubungan dengan seorang sopir bus. Kepolisian mencocokan keterangan dari Unyil dan kakak korban. Kepolisian meyakini sopir yang belakangan diketahui bernama Indra sebagai pelaku utama.

"Kita kejar Indra ke kediamanya di Bekasi. Sampai sana kita ketemu rumahnya tapi dia enggak ada, yang ada hanya istrinya. Nah dari istrinya kita intrograsi bahwa si Indra ini kerja di perusahaan ekspedisi di Bekasi juga, akhirnya kita lari ke tempat kerjanya. Sampai sana betul kalau Indra karyawan salah satu ekspedisi di situ, tetapi saat itu dia sedang bawa barang ke daerah Jawa Tengah," papar Saiful.

Saiful menerangkan, kepolisian dikerahkan untuk memburu Indra ke daerah Jawa Tengah. Pencarian membuahkan hasil. Indra diringkus di daerah Bawen.

"Kami temukan dia lagi mau bongkar barang dan tidur di mobil," ucap dia.

 

Kronologi Pembunuhan

Foto: Ilustrasi pembunuhan
Foto: Ilustrasi pembunuhan

Saiful menerangkan, pembunuhan berawal dari cekcok antara Indra dengan korban. Keduanya memamg memiliki hubungan spesial. Padahal, Indra telah berstatus suami orang.

"Si korban pacaran sama tersangka ini si Indra, nah tersangka ini sudah punya istri. Nah si korban masih gadis, karena mereka sudah satu tahun pacaran kemudian sudah tinggal satu rumah di kosan si cewek," ucap Saiful.

Saiful mengatakan, H kemudian hamil lima bulan dan meminta pertanggungjawaban Indra untuk menikahinya. Namun, Indra selalu menolak permitaan tersebut.

"Dalam keadaan hamil si perempuan ini minta pertanggungjawaban si tersangka Indra. Karena sering kali minta pertanggungjawaban dan marah dan saat itu dia minta supaya istrinya si Indra itu diceraikan," ucap dia.

Saiful mengatakan, desakan bertubi-tubi membuat Indra kalap dan menghabisi nyawa H. Indra kemudian meminta bantuan kondektur untuk menghilangkan jejak pembunuhan.

"Si Indra dengan spontanitas dia kalap dipukul lah pakai balok kepalanya, akhirnya meninggal. Setelah meningal si korban dibuang lah di situ dengan minta bantuan si unyil tadi," ucap dia.

Kepada polisi, Unyil mengaku terpaksa membantu karena terus berada di bawah ancaman. "Tidak, Unyil tidak diberi uang, dia justru takut makanya mau bantu," ucap dia.

Sebelumnya, jasad wanita ditemukan di pinggir Tol Jagorawi pada Minggu, 7 April 2019 sekira pukul 07.00 WIB.

Jasad ditemukan oleh seorang warga yang hendak mencari burung Love Bird hingga ke dalam Taman Kota Tol Jagorawi. Saat itu, burung tidak berhasil ditangkap.

Pada saat warga itu akan kembali ke jalan raya mencium bau busuk dan kemudian melihat tumpukan daun pisang. Setelah mendekat, ternyata terlihat jari tangan manusia sebelah kiri. Warga tersebut kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek Makasar, Jakarta Timur.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pierluigi Collina Dinobatkan Sebagai Wasit Terbaik Sepanjang Sejarah

Posted: 16 Dec 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lama tak terdengar, nama Pierluigi Collina kembali menghiasi pemberitaan sepak bola dunia. Wasit karismatik asal Italia itu baru saja mendapatkan penghargaan dari majalah France Football. 

Seperti dilansir dari Marca, media asal Prancis itu menobatkan Collina sebagai wasit terbaik sepanjang masa, Rabu waktu setempat (16/12/2020). Collina yang dikenal lewat sosoknya yang unik dengan ciri khas kepala plontos dan mata yang besar berhasil menyingkirkan sembilan kandidat lainnya. 

"Ketika berbicara tentang wasit, namanya yang pertama muncul di benak kami, tepat sejak debutnya pada tahun 1977 hingga pensiun 2005, Collina mencatat sejarah sepak bola," editorial France Football.

Football France telah meniadakan pemilihan Ballon d'Or musim ini karena pandemi virus Corona COVID-19. Meski demikian, majalah mingguan ternama itu tetap memberikan penghargaan terhadap sosok-sosok yang dianggap ikut mewarnai perjalanan sepak bola, termasuk pengadil lapangan.  

 

Siapa Collina?

Wasit asal Italia, Pierluigi Collina
Wasit asal Italia, Pierluigi Collina

Collina merupakan wasit yang sangat terkenal. Saking tenarnya, Collina adalah satu-satunya wasit yang menghiasi sampul video game sepak bola Pro Evolution Soccer 3 yang dirilis pada tahun 2003. 

Colliina lahir di Bologna, Italia, 13 Februari 1960. Dia mulai memimpin pertandingan sejak 1988.

Di Indonesia, sosok Collina dikenal saat Liga Italia menjadi totontan populer di era 90-an. Selain sikapnya yang tegas saat meminpin pertandingan, Collina juga mudah dikenali lewat kepala plontos yang menjadi ciri khasnya. Para pencinta Serie A juga tentu tidak akan pernah lupa pada sorot mata Collina saat melotot ketika beradu argumen dengan pemain yang mempertanyakan keputusannya. 

 

Laga Krusial Collina

Tidak hanya di liga domestik, Collina juga menjadi andalan dalam memimpin partai-partai internasional bergengsi. Salah satunya adalah babak final UEFA Champions League 1999 yang mempertemukan Manchester United dan Bayern Munchen. Dalam duel ini, MU menang dramatis dengan skor 2-1. 

Beberapa final berkesan yang juga pernah dipimpin Collina adalah, FIFA World Cup 2002, Jerman Vs Brasil, Liga Champions 2009, MU v Bayern Munich, dan Olimpiade 1996, Argentina Vs Nigeria.

Berkat dedikasinya, Collina juga pernah tercatat sebagai pemegang gelar penghargaan wasit terbaik FIFA selama enam tahun beruntun. Di luar profesi sebagai wasit, Collina juga tercatat sebagai lulusan Universitas Bologna dengan gelar sarjana ekonomi yang diraihnya pada tahun 1984. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinar Mas Land Tawarkan Layanan Bayar DP Rumah via Fintech

Posted: 16 Dec 2020 10:45 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengembang mulai berinivasi dalam penyediaan pembiayaan perumahan. Salah satunya yang dilakukan Sinar Mas Land. Kini pembayaran uang muka (DP) pembelian rumah Sinar Mas Land bisa melalui fintech.

Hal ini dikarenakan Sinar Mas Land menjalin kerja sama dengan PT Kawan Cicil Teknologi Utama atau yang akrab disebut KawanCicil, platform layanan keuangan (pinjam meminjam) berbasis teknologi informasi yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2018.

Bentuk kerja sama berupa produk #KawanDP yaitu program pinjaman melalui platform KawanCicil yang bertujuan membantu pelanggan dalam membayar cicilan properti Sinar Mas Land yang dimiliki.

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land Mulyawan Gani menjelaskan bahwa Sinar Mas Land sebagai perusahaan properti yang sudah malang melintang di industri selama lebih dari 40 tahun senantiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk memberikan produk dan layanan terbaik bagi konsumen.

"Kerjasama dengan Kawan Cicil ini merupakan upaya kami untuk meringankan konsumen dalam pembayaran sehingga semakin memudahkan masyarakat luas dalam membeli properti. Kolaborasiini menjadi salah satu inisiatif dan inovasi yang membedakan Sinar Mas Land dari kompetitornya," kata dia dalam keterangannya, Kamis (17/12/2020).

Tujuan dari kerja sama strategis ini adalah untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat terhadap akses pembiayaan properti selain bank, pembiayaan melalui platform fintech ini menjadi salah satu opsi yang dapat dipilih karena kemudahan dan kecepatan yang diberikan.

Dengan menggandeng KawanCicil sebagai alternatif pembiayaan lainnya, Sinar Mas Land melihat peluang untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan saat membeli rumah.

"Kita menyaksikan bahwa secara keseluruhan penilaian pengalaman konsumen bukan hanya dilihat dari kenyaman mereka dalam memilih rumah idaman mereka, tapi juga bagaimana pengembang membantu memberikan penyediaan solusi pembiayaan," ungkap Gani.

 

Keuangan Terdampak Covid-19

Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation Hadirkan Rumah Canggih Bergaya Jepang (dok: Humas)
Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation Hadirkan Rumah Canggih Bergaya Jepang (dok: Humas)

Alternatif pembiayaan melalui KawanCicil dapat membantu menata kembali cash flow para pelanggan Sinar Mas Land yang mungkin terganggu di masa pandemi sekarang ini.

Kolaborasi ini juga membuka akses kepada pangsa pasar baru, yang ingin memiliki properti namun mungkin belum dapat memenuhi persyaratan pengajuan pembiayaan dari bank.

Antusiasme terhadap kerja sama ini juga datang dari pihak KawanCicil. Managing Director KawanCicil Joyce Andries percaya bahwa kerja sama ini akan membawa pengaruh positif tidak hanya untuk kedua belah pihak, namun juga kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia melalui inovasi dan solusi finansial yang ditawarkan.

"KawanCicil sebagai peer-to-peer lending platform senantiasa memberikan pengalaman yang terbaik bagi para pelanggannya dengan menyediakan berbagai jenis produk untuk bermacam-macam kebutuhan keuangan masyarakat. Dengan kerja sama ini, kami menambah satu produk lagi, #KawanDP yang dapat memberikan solusi finansial secara spesifik sesuai dengan kebutuhan pelanggan," ujar Joyce.

Program #KawanDP ini bisa dinikmati mulai dari Januari 2021 dengan jumlah pinjaman hingga Rp 2 miliar. Dalam memberikan kemudahan kepada konsumen, Joyce mengatakan bahwa tim KawanCicil tetap akan melakukan analisis secara komprehensif terlebih dahulu melalui persyaratan dan dokumen yang dilengkapi untuk menentukan apakah pengajuan pinjaman dapat disetujui atau tidak.

Sebagai informasi, akses pengajuan #KawanDP dapat dilakukan dengan langkah mudah melalui website kawancicil atau aplikasi KawanCicilBorrower yang dapat didownload di Apple App Store maupun Google Play Store.

Pelanggan terlebih dahulu harus mendaftar akun KawanCicil dan kemudian melengkapi data-data. Setelah terdaftar, pelanggan dapat mengajukan pinjaman dengan memilih jenis pinjaman yang ditampilkan pada akun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pemotretan Indah Permatasari dalam Balutan Bubble Wrap Ini Memesona

Posted: 16 Dec 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktris dan model Indah Permatasari merupakan selebriti yang namanya sudah populer. Menjadi aktris di layar kaca merupakan profesi yang sudah dilakoninya sejak tahun 2009.

Dalam dunia modeling, ia kerap curi perhatian dengan penampilannya. Memiliki paras cantik meski tanpa makeup, penampilannya pun makin menawan saat tampil di atas catwalk.

Baru-baru ini, Indah Permatasari baru saja jalani pemotretan bersama fotografer bernama Roni Bachroni. Selain itu riasannya pun dikerjakan oleh MUA kondang Bubah Alfian.

Busana yang dikenakannya pun berbeda dari biasanya, yaitu menggunakan plastik bubble wrap. Berikut 7 pemotretan Indah Permatasari dalam balutan bubble wrap yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Kamis (17/12/2020).

1. Sudah kerap jadi model pemotretan, setiap penampilan Indah Permatasari selalu curi perhatian.

Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/indahpermatas)
Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/indahpermatas)

2. Dalam pemotretan kali ini ia pun tampil menawan dengan makeupnya.

Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/indahpermatas)
Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/indahpermatas)

3. Selain itu ia tampil dalam balutan plastik bubble wrap.

Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/indahpermatas)
Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/indahpermatas)

4. Pemotretannya kali ini diabadikan oleh fotografer bernama Roni Bachroni.

Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/bubahalfian)
Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/bubahalfian)

5. Hasil makeup yang menawan ini merupakan karya dari MUA kondang Bubah Alfian.

Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/bubahalfian)
Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/bubahalfian)

6. Indah Permatasari mengunggah hasil pemotretan ini dalam media sosial Instagram dan tuai pujian dari netizen.

Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/bubahalfian)
Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/bubahalfian)

7. Banyak selebriti pun memuji penampilannya yang anti mainstream ini.

Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/bubahalfian)
Pemotretan Indah Permatasari (Sumber: Instagram/bubahalfian)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Wisata Kuliner Banyuwangi yang Terkenal Enak dan Wajib Dicoba

Posted: 16 Dec 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Banyuwangi seakan-akan tidak begitu terdengar dibandingkan wisata alamnya. Padahal, makanan khas Banyuwangi ini tidak kalah menarik untuk dinikmati sembari mengunjungi alamnya yang indah. Ada beragam kuliner khas yang unik dan wajib kamu coba saat ke Banyuwangi.

Kamu bisa menemukan berbagai kuliner Banyuwangi ini di tiap sudut kota. Bahkan, sejumlah tempat wisata kuliner Banyuwangi juga dikelola dengan baik dan mengundang banyak wisatawan. Liburan ke Banyuwangi tentunya tak lengkap jika tidak mencicipi menu wisata kulinernya.

Wisata kuliner Banyuwangi kaya akan rempah dan memiliki cita rasa yang unik. Banyak dari makanan khas Banyuwangi ini yang bahkan sudah melegenda dan menjadi kebanggaan warga Banyuwangi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/12/2020) tentang wisata kuliner Banyuwangi.

Sego Tempong dan Ayam Pedas

Sego Tempong, kuliner khas Banyuwangi
Sego Tempong, kuliner khas Banyuwangi

Sego Tempong

Sego Tempong adalah wisata kuliner Banyuwangi yang sangat terkenal. Dalam bahasa Osing, tempong berarti tampar. Dinamai demikian karena rasa pedas dari nasi tempong memberikan sensasi seperti ditampar.

Sego tempong berisi aneka sayuran seperti bayam, kenikir, kol, dan kemangi yang telah direbus. Sayuran kemudian dipadukan bersama nasi dan lauk seperti tahu, tempe, bakwan jagung goreng, dan ikan jambal. Nasi, sayur, dan lauk ini kemudian disiram dengan sambal kacang yang diberi kencur.

Sego tempong yang terkenal di Banyuwangi diantaranya Sego Tempong Mbok Nah di Jalan Letkol Sugiono, Kertosari, Banyuwangi dan Warung Mbok Wah, Jalan Gembrung No. 22, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Ayam Pedas

Wisata kuliner Banyuwangi selanjutnya adalah ayam pedas. Makanan satu ini juga dapat menjadi alternatif kuliner bagi kamu pencinta pedas. Ayam yang telah dibakar terlebih dahulu, kemudian diolah bersama kuah yang pedas dan menggugah selera. Menikmati ayam pedas ini bersama nasi putih hangat dan lalapan sangatlah memuaskan. Kamu bisa mengunjungi Ayam Pedas Rantinem di Jalan Raya Jember, Genteng.

Kuliner Olehsari dan Sego Cawuk

Sego Cawuk (sumber: pesona travel)
Sego Cawuk (sumber: pesona travel)

Kuliner Olehsari

Kuliner Olehsari berlokasi di Dusun Krajan, Olehsari, Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Pasar kuliner ini dibentuk untuk melestarikan kuliner asli suku Osing di Banyuwangi. Wisata kuliner Banyuwangi ini hanya buka pada tiap Sabtu malam.

Di tempat ini kamu dapat menemukan beragam masakan dan jajanan khas Banyuwangi. Makanan ini seperti nasi tempong, nasi cawuk, kesrut ayam atau uyah asem, lodoh kupat, nasi pecel, kucur, ketan kirip, cenil dan kopi. Aneka kuliner khas ini bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau.

Sego Cawuk

Sego Cawuk memiliki rasa gurih dan manis yang berasal dari kuah pindang. Nasi ini bisa diisi berbagai macam lauk seperti telur pindang, pepes ikan, pepes cumi, pepes telur ikan, kikil, dan dendang manis. Nasi kemudian ditaburi parutan kelapa dan serutan jagung bakar yang dibumbui cabai, bawang merah, bawang putih serta sedikit asam.

Sego Cawuk yang paling terkenal adalah Sego Cawuk Bu Mantih. Warung Sego Cawuk ini berada di dekat Stasiun Rogojampi tepatnya di Jalan Wahid Hasyim, Prejengan, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi.

Pecel Rawon dan Rujak Soto

Pecel Rawon

Makanan yang satu ini menggabungkan rawon dengan pecel. Wisata kuliner Banyuwangi ini merupakan perpaduan Pecel yang menyegarkan dengan bumbu khas, dan kuah rawon yang gurih. Biasanya kuah rawon disajikan tanpa menggunakan daging. Kamu bisa mengunjungi Warung Mbak Sumi di Jalan Ahmad Yani untuk menikmati kuliner satu ini

Rujak Soto

Rujak soto merupakan kuliner khas Banyuwangi yang berisi paduan rujak sayur dan soto. Soto bisa berupa soto daging sapi, ayam, atau babat. Rujak soto disajikan dengan cara menyiram potongan lontong, irisan timun, potongan tempe, kangkung, tauge, daun turi, daging, babat, kikil, usus, dan sambal kacang, serta petis dengan kuah kuning berempah.

Biasanya rujak soto dinikmati bersama es temulawak. Beberapa tempat untuk menikmati rujak soto yang terkenal adalah Pondok Rujak Soto di Jl Basuki Rahmat 143 Karangagung Banyuwangi. Ada juga Rujak Soto Mbok Mbret yang berada di Jalan Raya Jember nomor 72, Banyuwangi.

 

Pecel Pitik dan Sop Kesrut

Sop Kesrut, Kuliner Khas Suku Osing yang Mulai Langka
Sop Kesrut, Kuliner Khas Suku Osing yang Mulai Langka

Pecel Pitik

Pecel Pitik merupakan kuliner khas suku Osing di Banyuwangi. Makanan satu ini dulunya hanya dihidangkan pada acara selametan di desa adat Kemiren. Namun, seiring berjalannya waktu, pecel pitik menjadi kuliner khas yang bisa dinikmati kapan saja. Bahan utama pecel pitik adalah ayam kampung muda yang telah dibumbui dan kemudian dipanggang utuh di perapian.

Satu porsi pecel pitik biasanya terdiri dari nasi putih, suwiran ayam potong, aneka sayuran yang dicampur dengan gula merah dan parutan kelapa muda. Pecel pitik memiliki cita rasa pedas dan gurih dari bumbu dan taburan parutan kelapanya. Pecel pitik yang khas bisa ditemukan di desa adat Kemiren.

Sop Kesrut

Sop Kesrut mungkin menjadi salah satu wisata kuliner Banyuwangi yang tidak banyak diketahui orang. Olahan kuah yang lezat dan berpadu dengan balungan atau tulang ayam kampung yang gurih dan empuk tentunya akan sangat lezat di lidah. Sop Kesrut ini bisa kamu temukan di Sop Kesrut Rodiyah yang beralamat di Desa Segobang.

Pasar Wit-Witan dan Pecinan Street Food

Kuliner Banyuwangi
Kuliner Banyuwangi

Pasar Wit-Witan

Pasar Wit-witan terletak di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi. Dinamai Wit-Witan karena pasar ini berada di bawah pepohonan yang rindang. Pasar Wit-Witan merupakan pasar kuliner tradisional yang buka setiap hari Minggu pagi, mulai pukul 06.00 - 10.00.

Di sini terdapat beragam kuliner khas Banyuwangi seperti sego cawuk, sego tempong, hingga aneka kudapan tradisional seperti tiwul dan gatot. Untuk minuman, Anda bisa menemukan mulai dari jamu hingga es cendol. Di sini kamu juga bisa merasakan suasana pedesaan khususnya suasana masyarakat suku Osing.

Tak hanya itu, para pedagang makanan juga diwajibkan mengenakan busana adat khas masyarakat Osing Banyuwangi. Di pasar ini juga tak boleh ada wadah dan sampah plastik. Para penjual makanan menggunakan daun pisang hingga tempurung kelapa untuk makan dan minum.

Pecinan Street Food

Pecinan Street Food yang berada di kawasan Kelengteng Hoo Tong Bio, Jalan Ikan Gurami, Kelurahan Karangrejo, Banyuwangi. Di sini kamu bisa menemukan aneka makanan khas Tionghoa seperti ayam kunpao, dimsum, bakcang, lontong cap go meh, bebek dan ayam Peking, bakcang, hingga teh Luo Han Kuo.

Pasar ini dibuka setiap Jumat malam. Pasar Pecinan Street Food buka mulai sore pukul 16.00 WIB sampai malam pukul 21.00 WIB.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Formasi Baru, Cokelat Semakin Energik dengan Single Agresi

Posted: 16 Dec 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menarik Aiu Ratna sebagai vokalis baru pada 29 November 2020, band Cokelat yang terdiri dari Edwin Marshal Sjarif (gitar), Ernest Fardiyan Syarif (gitar), Ronny Febry Nugroho (bass) dan Axel Andaviar (drum), kembali menancapkan gas untuk membuat lagu baru.

Cokelat kini telah memiliki sebuah single bernuansa energik yang diberi judul "Agresi". Lagu ini benar-benar jauh berbeda dari konsep Cokelat dari formasi sebelum-sebelumnya.

Sejak awal, Edwin yang menulis lagu "Agresi" sudah membayangkan kontur alternative rock sesuai idealismenya. Kehadiran Aiu menyempurnakan konsep musik di lagu baru Cokelat ini.

 

Suntikan dari Aiu

Band Cokelat formasi 2020 dengan vokalis tetap Aiu Ratna. (Foto: @warprocks)
Band Cokelat formasi 2020 dengan vokalis tetap Aiu Ratna. (Foto: @warprocks)

Aiu yang sudah lama berada di pusaran musik rock Tanah Air, menyuntikkan magnet berupa eksekusi yang sepadan. Karakter musikalitas para personel Cokelat yang lain mampu mengimbangi Aiu lewat olahan vokalnya yang khas di lagu "Agresi" ini.

 

Sudah Menyatu

Band Cokelat formasi 2020 dengan vokalis tetap Aiu Ratna. (Foto: @warprocks)
Band Cokelat formasi 2020 dengan vokalis tetap Aiu Ratna. (Foto: @warprocks)

Selain menandai debut Aiu di dalam formasi Cokelat (bukan lagi featuring), "Agresi" juga membuka kesempatan besar bagi Cokelat untuk bereksplorasi serta berekspresi sebebas mungkin.

Pasalnya ini juga menjadi kiprah perdana Cokelat untuk rekaman tanpa didukung oleh label besar, sejak mereka memutuskan untuk berjalan secara independen.

"Sudah saatnya. Kami sekarang sudah indie, dan kami ingin berkarya lebih bebas. Gue enggak mau terlalu perduli dengan apa yang terjadi di pasar industri kekinian. Seperti apa musik yang Cokelat mau? Itu ada di karya terbaru kami ini," cetus Edwin dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini.

 

Menjadi Tidak Biasa

Menurut Edwin lagi, kehadiran Aiu membuat lagu "Agresi" menjadi berbeda dari lagu-lagu rock kebanyakan. Karakter vokal Aiu dianggap sangat bertenaga namun bisa membius dengan nada-nada khas yang disampaikan dengan sangat emosional.

"Lagu 'Agresi' ini menjadi sangat unik ketika dinyanyikan oleh Aiu. Lagu ini sangat tidak biasa, dan memang itu target gue. Dan bisa dibilang, ini kolaborasi pertama gue dengan Aiu yang dituangkan bersama Cokelat, yang menjadi sebuah komposisi idealisme," ujar Edwin bersemangat.

"Lagu ini memang lebih siap dibawakan formasi bersama Aiu. Dia dasarnya memang rocker dan sudah terbiasa dengan musik yang lebih keras. Matching banget," seru Ronny menimpali.

"Agresi" sudah dirilis secara resmi pada 15 Desember 2020 melalui berbagai gerai digital streaming.

 

Kilas Balik Cokelat

Cokelat merupakan band rock asal Bandung, Jawa Barat, yang sudah dua dekade lebih berkarya. Grup yang berdiri pada 1996 ini memang sudah berganti-ganti personel dan warna musik meskipun berakar pada rock.

Namun sampai saat ini, Cokelat masih bisa berdiri dengan banyaknya terpaan badai di industri musik Tanah Air. Banyaknya band-band generasi baru tak membuat mereka gentar untuk tetap eksis.

Hingga kini, Cokelat telah melahirkan delapan album studio yang berisi sejumlah hit seperti "Karma", "Segitiga", "Jauh", hingga "Bendera". Pada 2020 ini, Cokelat merilis single "Anak Garuda" yang masuk dalam nominasi AMI Awards 2020 kategori Band Rock Terbaik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPJS Ketenagakerjaan: 66.924 Nomor Rekening Penerima Subsidi Gaji Masih Bermasalah

Posted: 16 Dec 2020 10:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto melaporkan, ada 66.924 nomor rekening yang belum mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji karena rekeningnya bermasalah.

"Ada beberapa yang tidak bisa ditransfer sehingga harus dikembalikan atau retur itu dikembalikan kepada BPJS ketenagakerjaan," kata Agus Susanto dalam konferensi pers Kupas Tuntas Program Bantuan Subsidi Upah, Kamis (17/12/2020).

Data yang dipakai untuk subsidi upah kali ini adalah data peserta aktif per bulan Juni 2020, data ini telah diserahkan ke Kementerian Ketenagakerjaan sebanyak 12,4 juta nomor rekening pekerja di akhir bulan September.

Data atau rekening tersebut tersebar di seluruh Indonesia ada di 128 bank, data tersebut sebelum diserahkan telah dilakukan validasi secara berlapis. Namun pada saat dilakukan transfer ditermin pertama ada beberapa rekening bermasalah.

"Ada sebanyak 154.887 nomor rekening yang tidak bisa ditransfer kemudian kita perbaiki kita koordinasi dengan seluruh cabang kita seIndonesia dengan rekening tersebut dengan pekerja dan pemberi kerja," ujarnya.

Lanjutnya, dari 154.887 nomor rekening itu diperoleh 87.963 rekening yang sudah kita perbaiki dan diserahkan ke Kemnaker. Namun masih ada sisa 66.924 rekening yang masih dalam proses validasi untuk bisa dilakukan perbaikan.

"Tentunya segera akan kita serahkan kepada Kemnaker setelah di perbaiki, beberapa penyebab rekening tersebut tidak bisa ditransfer meskipun sebelumnya telah kita lakukan validasi, namun ada beberapa hal yang ternyata elemen validasi atau alat uji validasi tersebut berbeda," ungkapnya.

Diantaranya rekening peserta BSU ditutup, pada saat BPJS Ketenagakerjaan melakukan validasi masih belum ditutup namun setelah ditransfer rekeningnya ditutup, kemudian ada rekening bank yang bukan anggota sistem kliring nasional (SKN), lalu pihaknya lakukan validasi kepada bank-bank anggota SKN.

 

Diblokir

Para pekerja menyelesaikan proyek Tol Becakayu di Jalan Ahmad Yani, Senin (26/10/2020). Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bantuan subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan gelombang kedua akan cair pada awal November 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Para pekerja menyelesaikan proyek Tol Becakayu di Jalan Ahmad Yani, Senin (26/10/2020). Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bantuan subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan gelombang kedua akan cair pada awal November 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kemudian ada juga yang rekeningnya dibekukan dan diblokir nama rekening yang tidak sesuai, ada juga rekening pasif, selanjutnya ada rekening pinjaman begitu diisi untuk transfer BSU malah ditolak.

"Inilah beberapa hal penyebab rekening BSU tidak bisa ditransfer, tapi kami BPJS Ketenagakerjaan berusaha semaksimal mungkin agar bisa kita serahkan," katanya.

Hal itu sebagai bentuk kehati-hatian BPJamsostek untuk memastikan bahwa data-datanya itu bagus, valid, akuntabel, supaya BSU ini tepat sasaran maka selain melakukan validasi berlapis, BPJamsostek juga berkoordinasi beberapa Kementerian lembaga terkait dengan BPK, KPK, BPKP, Dirjen pajak Kementerian Keuangan, dan untuk pemadanan data.

"Seluruh data dari BPJS ketenagakerjaan yang kita kirimkan ke Kementerian Ketenagakerjaan secara keseluruhan kita lakukan pemadanan data dengan dirjen pajak dan ini telah dilaksanakan. Hasil koordinasi terakhir penggunaan data BPJS Ketenagakerjaan dapat terus digunakan untuk penyaluran bantuan subsidi upah termin kedua," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Defisit APBN Indonesia Bisa Kembali ke 3 Persen, Ini Saran Bank Dunia

Posted: 16 Dec 2020 10:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia telah menetapkan defisit APBN tahun anggaran 2021 mencapai 5,7 persen atau sebesar Rp 1.006,4 triliun. Angka ini lebih kecil jika dibandingkan dengan defisit di 2020 sebesar 6,34 persen atau Rp 1.039 triliun.

Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia Ralph Van Doorn mengatakan, sebagai negara yang sudah dinyatakan masuk dalam upper income country, Indonesia memiliki bekal untuk bisa kembali mencapai defisit APBN pada level 3 persen.

Sehubungan dengan itu, Ralph menuturkan Indonesia perlu untuk memperkuat pendapatan. Diantaranya dengan mempertimbangkan untuk memangkas belanja negara dan efisiensi subsidi.

"Untuk memperkuat pendapatan, ada juga belanja yang bisa dipangkas. Tapi harus dipertimbangkan dengan baik sehingga efisiensi itu bisa dicapai," ujar dia dalam Indonesia Economy Prospects, Kamis (17/12/2020).

Ralph menghimbau agar pemerintah Indonesia mempertimbangkan alokasi subsidi untuk kelompok yang lebih rentan. "Jadi kalau misalnya mau menggunakan sosial transfer, yaitu subsidinya menyasar 40 persen (kelompok) terbawah itu juga bisa membantu peningkatan PDB dan perlindungan sosial," kata dia.

Dengan begitu, defisit fiskal bisa ditekan hingga 3 persen. Namun, langkah ini juga tergantung pada pendapatan perpajakan serta beberapa faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan lebih lanjut.

"Untuk mengurangi defisit fiskal hingga mencapai 3 persen itu tergantung pada tingkat progresifitas sistem perpajakan, pengeluaran yang bijak, dan bisa juga dilakukan dengan cara yang pro dengan lingkungan hidup," pungkas pejabat Bank Dunia itu.

Bank Dunia Kembali Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi Minus 2,2 Persen

Ilustrasi Anggaran Belanja Negara (APBN)
Ilustrasi Anggaran Belanja Negara (APBN)

Bank Dunia (World Bank) kembali mengoreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini menjadi minus 2,2 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan publikasi pertumbuhan ekonomi yang dilakukan pada September lalu yaitu minus 1,6 persen.

Sementara untuk proyeksi 2021, World Bank memperkirakan ekonomi Indonesia positif 3,1 persen. Angka ini juga lebih rendah dibandingkan perkiraan sebelumnya yakni 4,7 persen.

Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia Ralph Van Doorn menjelaskan, koreksi ini mencerminkan pemulihan yang lebih lambat dari perkirakan untuk kuartal III dan sebagian kuartal keempat akibat pembatasan sosial dan meningkatnya kasus covid-19.

"Proyeksi kami untuk 2020 sudah diestimasikan ada sedikit resesi, tapi ada perubahan pada 2021 yaitu tumbuh 4,4 persen untuk PDB riil dan 5,5 persen untuk government budget balance," katanya dalam Indonesia Economy Prospects, Kamis (17/12/2020).

Meski demikian, Bank Dunia mencatatkan ekonomi Indonesia 2021 akan membaik dan perlahan menguat pada 2022. Hal ini didasarkan pada pembukaan ekonomi tahun depan yang diikuti pembukaan lebih lanjut serta dilonggarkannya aturan pembatasan sosial sepanjang 2022.

Bank Dunia memperkirakan untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan akan berada di angka 4,4 persen yang secara umum didorong oleh pemulihan konsumsi swasta. seiring dengan longgarnya pembatasan sosial.

Perkiraan tersebut juga mengasumsikan bahwa kepercayaan konsumen meningkat. Di sisi lain, hilangnya pendapatan rumah tangga tetap rendah akibat hasil pasar tenaga kerja yang lebih baik dan bantuan sosial yang memadai.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk 2022 diperkirakan menguat ke level 4,8 persen didorong oleh menguatnya konsumsi, investasi dan meningkatnya kepercayaan dengan syarat tersedianya vaksin yang efektif dan aman.

Di sisi lain, menurut Bank Dunia proyeksi acuan dasar ini akan dipengaruhi oleh ketidakpastian yang sangat tinggi terkait dinamika pandemi di Indonesia dan di negara-negara lain.

Bank Dunia mencatat adanya potensi pertumbuhan Indonesia merosot menjadi 3,1 persen pada 2021 dan 3,8 persen pada 2022. Lebih rendah dari skenario terburuk akibat pengetatan PSBB, pertumbuhan global yang lebih lemah dan harga komoditas.

Oleh sebab itu, kinerja pertumbuhan jangka menengah Indonesia sangat bergantung pada penanggulangan potensi dampak negatif krisis terhadap investasi, produktivitas dan modal manusia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Instruksi Anies untuk Warga Jakarta Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Posted: 16 Dec 2020 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jelang libur panjang Natal dan tahun baru, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan sejumlah instruksi untuk warganya.

Hal tersebut dikeluarkan Anies melalui Ingub Nomor 64 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengendali Kegiatan Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 di masa Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Ingub tersebut ditandatangani oleh Anies pada 16 Desember 2020.

Salah satunya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memperketat pembatasan kegiatan di luar rumah selama libur akhir tahun untuk mencegah penularan Covid-19.

Karena menurut Anies, potensi masyarakat keluar rumah mulai 24 Desember sampai 2 Januari akan sangat tinggi.

"Karena itu seruan kita akan siapkan, bahwa yang kita atur pengetatannya potensi di luar rumah itu tinggi yaitu pada 24 sampai 27 Desember, 31 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021. Periode yang harusnya masyarakat ada di rumah," ucap Anies dalam keterangan pers, Kamis (17/12/2020).

Selain itu, para pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk bepergian ke luar kota di masa liburan Natal dan Tahun Baru.

Berikut sejumlah aturan dan imbauan yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jelang libur panjang Natal dan tahun baru dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Batasi Kapasitas Perkantoran-Tempat Wisata 50 Persen

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berolahraga di balkon rumah dinas, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020). Anies Baswedan yang masih melakukan isolasi mandiri di rumah dinas gubernur karena positif Covid-19 menyempatkan diri untuk berolahraga pada pagi ini (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berolahraga di balkon rumah dinas, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020). Anies Baswedan yang masih melakukan isolasi mandiri di rumah dinas gubernur karena positif Covid-19 menyempatkan diri untuk berolahraga pada pagi ini (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan seruan tentang pembatasan aktivitas warga di Jakarta jelang natal dan tahun baru 2021 terkait pencegahan penularan Covid-19.

Seruan dengan Nomor 17 Tahun 2020 itu mengatur batasan kapasitas maksimal bagi perkantoran dan tempat-tempat wisata.

"Menerapkan batasan kapasitas jumlah orang paling banyak 50 persen yang bekerja di kantor/tempat kerja dalam satu waktu bersamaan kecuali yang menyelenggarakan fungsi pelayanan masyarakat dan kedaruratan," ujar Anies dalam seruan tersebut yang dikutip pada Kamis (17/12/2020).

Anies juga mengatur jam kerja operasional perkantoran paling lambat pukul 19.00 WIB.

Sama seperti perkantoran, persentase pembatasan pengunjung untuk mal, rumah makan, kafe, restoran, bioskop dan tempat kawasan wisata sebesar 50 persen. Namun, untuk jam operasional, tempat-tempat tersebut tutup pada pukul 21.00 WIB.

Seruan ini, berlaku sejak 18 Desember sampai 8 Januari 2021.

 

Atur Jam Buka Mal pada 24-27 dan 31 Desember-3 Januari

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai memenuhi undangan klarifikasi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Anies memenuhi panggilan Polda Metro Jaya untuk dimintai klarifikasi terkait kerumunan massa di rumah Rizieq Shihab pada masa PSBB transisi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai memenuhi undangan klarifikasi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Anies memenuhi panggilan Polda Metro Jaya untuk dimintai klarifikasi terkait kerumunan massa di rumah Rizieq Shihab pada masa PSBB transisi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain penerapan protokol kesehatan Covid-19, Anies juga meminta adanya batas waktu operasional untuk tempat industri dan pusat perbelanjaan atau mal.

"Khusus pada tanggal 24 Desember 2020 sampai 27 Desember 2020 dan 31 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021 batasan jam operasional paling lama sampai pukul 19.00 WIB," kata Anies.

Anies juga meminta adanya pembatas kapasitas pengunjung mal paling banyak 50 persen dari total kapasitas.

 

Di Rumah Saja

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlihat di balkon rumah dinas Jalan Suropati, Menteng, Kamis (3/12/2020). Anies Baswedan yang masih melakukan isolasi mandiri di rumah dinas gubernur karena positif Covid-19 menyempatkan diri untuk berolahraga pada pagi ini (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlihat di balkon rumah dinas Jalan Suropati, Menteng, Kamis (3/12/2020). Anies Baswedan yang masih melakukan isolasi mandiri di rumah dinas gubernur karena positif Covid-19 menyempatkan diri untuk berolahraga pada pagi ini (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anies memperketat pembatasan kegiatan di luar rumah selama libur akhir tahun untuk mencegah penularan Covid-19. Dia mengatakan, potensi masyarakat keluar rumah mulai 24 Desember sampai 2 Januari sangat tinggi.

"Karena itu seruan kita akan siapkan, bahwa yang kita atur pengetatannya potensi di luar rumah itu tinggi yaitu pada 24 sampai 27 Desember, 31 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021. Periode yang harusnya masyarakat ada di rumah," ucap Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berharap, pengetatan tersebut dapat menekan lonjakan kasus Covid-19 di Ibu Kota.

Selain itu, dia mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi kegiatan di luar rumah jelang Natal dan Tahun Baru 2021.

"Kami mengimbau agar masyarakat tetap memprioritaskan berada di rumah dan mengurangi kegiatan di luar rumah kecuali untuk kegiatan yang mendasar atau mendesak," papar Anies.

 

Larang PNS DKI Jakarta Bepergian Luar Kota Saat Natal dan Tahun Baru

Rencana pembukaan bioskop, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tegaskan pelaku usaha bioskop harus patuhi protokol kesehatan saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020). (Dok Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19)
Rencana pembukaan bioskop, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tegaskan pelaku usaha bioskop harus patuhi protokol kesehatan saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020). (Dok Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19)

Anies melarang para pegawai di lingkungan Pemprov DKI bepergian ke luar kota di masa liburan Natal dan tahun baru.

"Kepala Badan Kepegawaian Daerah memastikan pegawai negeri sipil dan nonpegawai negeri sipil untuk tidak bepergian ke luar kota," kata Anies.

Selain itu, dia juga meminta agar para pegawai menunda pelaksanaan cuti tahunan guna mendukung pelaksanaan pengendalian kegiatan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 saat libur akhir tahun.

Kemudian, Anies juga meminta agar BKD juga membatasi kapasitas kantor 50 persen untuk para pegawai di lingkungan Pemprov.

Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap Jadi Ibu Bupati Kendal dan Tinggalkan Jakarta, Ini 5 Penuturan Chacha Frederica

Posted: 16 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pesta demokrasi di masa pandemi ternyata banyak artis yang kemudian maju dan ikut Pilkada 2020. Beberapa artis bahkan diketahui menang dalam Pilkada serentak yang dilakukan pada 9 Desember 2020 kemarin. Artis ternama, Chacha Frederica juga ikut merasakan euforia dan memeriahkan Pilkada 2020 lalu.

Suami Chacha Frederica, Dico Ganinduto terpilih menjadi Bupati Kendal, Jawa Tengah berpasangan dengan Windu Suko Basuki. Dalam hitung cepat KPU Kendal, pada pukul 18.20 WIB, Paslon 1 Dibas mendapatkan suara 50,8 persen, paslon 2 Nurani mendapatkan 38,9 persen, dan paslon 3 TIM mendapatkan 10,3 persen. Jumlah tersebut baru terhitung di 20 TPS atau 0,89 persen dari jumlah total TPS yang ada 2.242.

Ikut mendampingi suami untuk menjalankan amanah kepada masyarakat, Chacha Frederica siap mendampingi sang suami dan akan meninggalkan kariernya di industri hiburan. Selain itu, banyak yang sudah memanggil artis berusia 31 tahun dengan panggilan Ibu Bupati.

Ucap syukur pun dituliskan Chacha Frederica di laman Instagram pribadinya pada 10 Desember 2020 lalu. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang penuturan Chacha Frederica yang siap tinggalkan industri hiburan dan menjadi Ibu Bupati Kendal, Kamis (17/12/2020).

1. Ucap Syukur

Chacha Frederica Siap Jadi Ibu Bupati Kendal. (Sumber: Instagram.com/chafrederica)
Chacha Frederica Siap Jadi Ibu Bupati Kendal. (Sumber: Instagram.com/chafrederica)

Sang suami, Dico Ganinduto terpilih menjadi Bupati Kendal, Jawa Tengah berpsangan dengan Windu Wuko Basuki. Ucap syukur pun disampaikan Chacha Frederica di laman Instagram pribadinya. Dengan terpilihnya sang suami sebagai Bupati Kendal, artis berusia 31 tahun ini belajar menjadi lebih baik dan siap melayani masyarakat Kendal dengan baik.

"Banyak harapan yang diharapkan oleh masyarakat di Kendal kepada kepemimpinan mas Dico, itu menjadi kebahagiaan tersendiri, di sisi lain pun dalam tanda kutip itu jadi beban tersendiri yang harus buat menjadi pecut buat kita untuk kita bener nggak ni bisa kerja baik dan benar," ucap Chacha.

2. Respon Chacha saat Dipanggil Ibu Bupati

Chacha Frederica dan suaminya (Instagram/chafrederica)
Chacha Frederica dan suaminya (Instagram/chafrederica)

Suami terpilih menjadi Bupati Kendal, membuat Chacha juga menjadi dipanggil Ibu Bupati. Selain banyak yang mengucapkan selamat di laman Instagram pribadinya, tak sedikit juga yang menyebut Chacha dengan sebutan Ibu Bupati. Menurutnya, semua itu adalah satu bentuk antusiasme masyarakat khususnya warga Kendal. 

Hal tersebut direspon baik oleh Chacha, bahkan tak sedikit pula warganet yang menuturkan bahwa ia mendukung sang suami menjadi Bupati Kendal, Jawa Tengah.

"Itu teman-teman netizen kali aja ya, buk bupati-buk bupati terus bupati baru ku, terus mas Dico dipanggil Bupati ku Viral gitu katanya, itu respons dari antusiasme masyarakat yang kita tidak bisa tanah," jelasnya.

3. Sudah Ada Permintaan dari Masyarakat

Chacha Frederica dan suaminya (Instagram/chafrederica)
Chacha Frederica dan suaminya (Instagram/chafrederica)

Menjabat sebagai Ibu Bupati Kendal mendampingi sang suami, Chacha Frederica menuturkan bahwa sudah banyak masyarakat yang menyampaikan permintaannya untuk Kendal, Jawa Tengah. Chacha tentunya akan belajar menjadi lebih baik untuk melayani masyarakat Kendal.

"Banyak yang sekarang, mas Dico tolong perbaikan jalan di sini-di sini gitu, aku-nya menyampaikan dengan baik-baik, maksudnya Alhamdulillah itu artinya mereka punya harapan kepada kita, antusiasme mereka cukup tinggi terhadap kita, tapi tetapkan kita hidup di negara hukum ada aturannya bahwa, mas Dico pun belum di lantik, dilantiknya nanti masih bulan Februari," ucap Chacha.

4. Selalu Mendampingi Suami

Chacha Frederica Siap Jadi Ibu Bupati Kendal. (Sumber: Instagram.com/chafrederica)
Chacha Frederica Siap Jadi Ibu Bupati Kendal. (Sumber: Instagram.com/chafrederica)

Dalam pernyataan sebelumnya, Chacha Frederica juga pernah mengatakan bahwa ia akan setia menemani sang suami berjuang di daerah. Ia siap mengawal program yang bakal dijalankan oleh suaminya dan jajarannya kelak.

"Ya, selalu ngedampingi mas dico untuk memajukan kendal, ya udah deh kalau jadi namanya manusia itu pingin sesuatu yang baik. Banyak lah obrolan aku sama suami kalau kita sebelum tidur itu eh kalau kita jadi beneran itu mau buat apa ya," ucapnya.

5. Tinggalkan Jakarta

(Adrian Putra/Bintang.com)
(Adrian Putra/Bintang.com)

Mendampingi suami untuk menjalankan tugas sebagai Bupati Kendal, Chacha Frederica siap meninggalkan Jakarta dan kariernya di industri hiburan Tanah Air.

"Bismillahirohmanirrohim ... yg nanya knp aku belum syuting2 lg, karna skarang lg jadi pendukung suami @dicoganinduto sebagai calon Bupati Kendal InsyaAllah... lg mau ibadah cari pahala cari ridho suami, karna sehebat2 nya istri klo suami gak ridho yaaahhh huhu bukan istri hebat namanya ... suamiku ridho nya aku disni mendampingi beliau…" tulis Chacha Frederica di laman Instagram pribadinya pada 2 Desember 2020 lalu.

Selain itu, artis kelahiran 1989 ini menuturkan bahwa ia akan selalu menemani dan menjaga sang suaminya untuk menjalankan tugas. Jika ia harus ke Jakarta, ia harus mengantongi izin sang suami. Prioritas masyarakat Kendal adalah hal yang utama untuk Chacha Frederica.

"Prinsip siap ya tinggal di Kendal. Excited si mendengar ini karena sebentar lagi tinggal di Kendal. Paling sesekali ke Jakarta jika tidak terlalu sibuk di Kendal, itu pun jika diizinkan suami. Yang terpenting bagaimana saya bisa bersama dengan masyarakat Kendal ke depan," tandas Chacha Frederica.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Denny Cagur Minta Restu Istri dan Ibu Sebelum ke Politik, Butuh 2 Hari Gabung Parpol

Posted: 16 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Denny Cagur terjun ke politik. Keputusan ini bermula saat personel Cagur itu berkolaborasi dengan Eko Patrio untuk membuat konten di kanal YouTube. Setelahnya keduanya membahas poltik.

Denny Cagur menyebut, politik bukan hal baru baginya. "Lo kalau search Instagram atau Twitter gue, gue tuh follow politisi-politisi. Gue update banget berita politik yang lagi terjadi," urainya.

Bahkan lima tahun terakhir, Denny Cagur mencermati suhu politik dan bagaimana setiap kubu melancarkan strategi. Dari situ, ia makin melek politik dan tertarik untuk terjun.

Gue Ikuti Semuanya

Denny Cagur. (Foto: Instagram @dennycagur)
Denny Cagur. (Foto: Instagram @dennycagur)

"Gue mengikuti semuanya tapi gue menempatkan diri sebagai penonton (gue cuma) seru di luar saja," beri tahu komedian kelahiran Bandung, 29 Agustus 1977 ini. Ia mengandaikan politik kayak ikan cupang.

"Istilahnya, kalau lo lagi senang ikan cupang lo mulai beli ikan cupang, lo makin senang kan. Begitu pun gue, semakin gue mengikuti berita selama beberapa tahun ini mengikuti perkembangannya gue makin tertarik," katanya.

Tawaran dari Mas Eko

Denny Cagur dalam konten Nikita Mirzani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir Real)
Denny Cagur dalam konten Nikita Mirzani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir Real)

Ini disampaikannya dalam video "Bukan Main-main, Beginilah Strategi Jadi Politik Ala Nikita Mirzani dan Denny Cagur" di kanal YouTube Nikita Mirzani, Rabu (16/12/2020).

"Akhirnya datang tawaran dari Mas Eko. Awalnya collab YouTube ngobrol-ngobrol. (Gue tanya) mas gimana rasanya jadi politisi. (Dia bilang) seru begini-begini-begini," ia menyambung.

 

Gue Mau, Gue Tertarik

Denny Cagur. (Foto: Instagram @dennycagur)
Denny Cagur. (Foto: Instagram @dennycagur)

Beberapa hari setelahnya, Eko Patrio menghubungi Denny Cagur lewat WhatsApp. Suami Viona Rosalina menawarinya menjadi pengurus partai politik. Denny Cagur tak langsung mengiyakan.

"Jawaban gue begini: secara pribadi gue mau, gue tertarik," kenang ayah dua anak ini kemudian menambahkan, "Ada dua orang yang mesti gue mintai restu, istri dan orangtua." 

Minta Waktu Dua Hari

Denny Cagur. (Foto: Instagram @dennycagur)
Denny Cagur. (Foto: Instagram @dennycagur)

Tak butuh waktu lama bagi Denny Cagur untuk meminta restu ibunda dan istri tercinta. "Mas, gue minta waktu dua hari gue mau minta restu istri dan ibu," bintang Opera Van Java mengingat.

Sebelumnya, Denny Cagur menyebut profesi apapun ada sisi hitam dan putih. Politikus hitam menyalahgunakan kekuasaan dan korupsi untuk memperkaya diri sekaligus menyengsarakan rakyat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tingkat Kesembuhan Pasien COVID-19 Indonesia di Atas Rata Rata Global

Posted: 16 Dec 2020 10:30 PM PST

Mural imbauan untuk melawan COVID-19 terlihat di bawah kolong jembatan di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut tingkat kesembuhan kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini sudah mencapai 82 persen. (Liputan6.com/JohanTallo)
Mural imbauan untuk melawan COVID-19 terlihat di bawah kolong jembatan di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut tingkat kesembuhan kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini sudah mencapai 82 persen. (Liputan6.com/JohanTallo)

Mural imbauan untuk melawan COVID-19 terlihat di bawah kolong jembatan di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut tingkat kesembuhan kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini sudah mencapai 82 persen. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sejumlah pedagang berjalan di dekat mural imbauan untuk melawan COVID-19 di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Menurutnya, capaian tersebut sudah lebih baik, bahkan berada di atas rata-rata tingkat kesembuhan global. (Liputan6.com/JohanTallo)
Sejumlah pedagang berjalan di dekat mural imbauan untuk melawan COVID-19 di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Menurutnya, capaian tersebut sudah lebih baik, bahkan berada di atas rata-rata tingkat kesembuhan global. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sejumlah pedagang berjalan di dekat mural imbauan untuk melawan COVID-19 di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Menurutnya, capaian tersebut sudah lebih baik, bahkan berada di atas rata-rata tingkat kesembuhan global. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kendaraan melintasi mural untuk melawan COVID-19 di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Airlangga mengatakan, dengan tingkat kesembuhan di atas global maka menjadi sinyal positif di tengah pelonggaran aktivitas masyarakat seiring protokol kesehatan yang terus dijaga pemerintah. (Liputan6.com/JohanTallo)
Kendaraan melintasi mural untuk melawan COVID-19 di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Airlangga mengatakan, dengan tingkat kesembuhan di atas global maka menjadi sinyal positif di tengah pelonggaran aktivitas masyarakat seiring protokol kesehatan yang terus dijaga pemerintah. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kendaraan melintasi mural untuk melawan COVID-19 di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Airlangga mengatakan, dengan tingkat kesembuhan di atas global maka menjadi sinyal positif di tengah pelonggaran aktivitas masyarakat seiring protokol kesehatan yang terus dijaga pemerintah. (Liputan6.com/JohanTallo)

Mural imbauan untuk melawan COVID-19 terlihat di bawah kolong jembatan di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Airlangga mengajak seluruh stakeholder maupun civitas akademi untuk bersama-sama mengendalikan penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/JohanTallo)
Mural imbauan untuk melawan COVID-19 terlihat di bawah kolong jembatan di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Airlangga mengajak seluruh stakeholder maupun civitas akademi untuk bersama-sama mengendalikan penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/JohanTallo)

Mural imbauan untuk melawan COVID-19 terlihat di bawah kolong jembatan di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Airlangga mengajak seluruh stakeholder maupun civitas akademi untuk bersama-sama mengendalikan penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/JohanTallo)

Pengendara motor menunggu lampu merah di dekat mural melawan COVID-19 di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah sangat optimistis dalam pengendalian pandemi Covid-19. (Liputan6.com/JohanTallo)
Pengendara motor menunggu lampu merah di dekat mural melawan COVID-19 di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah sangat optimistis dalam pengendalian pandemi Covid-19. (Liputan6.com/JohanTallo)

Pengendara motor menunggu lampu merah di dekat mural melawan COVID-19 di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah sangat optimistis dalam pengendalian pandemi Covid-19. (Liputan6.com/JohanTallo)

Mural imbauan untuk melawan COVID-19 terlihat di bawah kolong jembatan di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Optimisme tersebut dilandasi dari sejumlah angka-angka indikator pengendalian Covid-19 di Indonesia. (Liputan6.com/JohanTallo)
Mural imbauan untuk melawan COVID-19 terlihat di bawah kolong jembatan di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Optimisme tersebut dilandasi dari sejumlah angka-angka indikator pengendalian Covid-19 di Indonesia. (Liputan6.com/JohanTallo)

Mural imbauan untuk melawan COVID-19 terlihat di bawah kolong jembatan di Jakarta, Kamis (17/11/2020). Optimisme tersebut dilandasi dari sejumlah angka-angka indikator pengendalian Covid-19 di Indonesia. (Liputan6.com/JohanTallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pimpinan Partai Republik AS di Senat Akui Kemenangan Joe Biden

Posted: 16 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemimpin Partai Republik AS di Sent, Mitch McConnell menyampaikan selamat atas kemenangan Joe Biden-Kamala Harris dalam Pilpres AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Likee Ajak Kreator Konten Ikuti Kompetisi Video Pendek

Posted: 16 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut tahun 2021, Likee menghadirkan Likee LIVE of The Year 2020 (LOTY Award 2020), sebuah ajang penghargaan yang ditujukan untuk kreator konten dalam rangka berkompetisi memperebutkan gelar Hosts of the Year di Likee.

Berlangsung dari 8 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021, platform pembuatan video pendek asal Singapura ini berupaya memberikan apresiasi kepada kreator konten atas karya mereka selama satu tahun ke belakang.

"Sejalan dengan tagline Likee yaitu 'Saatnya Kamu Bersinar', acara penghargaan kali ini mengajak para pengguna untuk menunjukkan dan menyalurkan kreativitas mereka," ujar Theon Shu, Country Manager of Likee Indonesia dalam keterangan tertulis.

Likee LIVE of The Year 2020 menghadirkan empat kategori penghargaan, yaitu #LOTYSinger, #LOTYDancer, #LOTYMukbang, dan #LOTYCakep.

Untuk menjadi salah satu kreator konten terpilih di ajang ini, para pengguna dapat bergabung dan mencalonkan diri sebagai kandidat dengan mengikuti serangkaian aktivitas yang termasuk:

Kategori

1. Menunjukkan kemampuan olah vokal melalui #LOTYSinger

Di tema #LOTYSinger para kreator konten dapat memamerkan kemampuan bernyanyi. Untuk di kategori #LOTYSinger, para pengguna dapat merekam video bernyanyi dengan tagar #LOTYSinger.

2. Memperlihatkan keterampilan menari melalui #LOTYDancer

Selain olah vokal, Likee LIVE of The Year 2020 juga mencari kreator konten yang berbakat di bidang seni tari. Di kategori #LOTYDancer, kreator konten yang memiliki bakat menari dapat menunjukkan bakatnya dan merekamnya dalam bentuk video pendek.

Kategori (2)

3. Mengekspresikan diri saat menyantap makanan melalui #LOTYMukbang

Kreator konten juga dapat membuat video menyantap makanan dalam di Likee LIVE of The Year 2020.

4. Menampilkan gaya terbaik melalui #LOTYCakep

Di kategori terakhir, para kreator konten dapat unjuk gigi di tema #LOTYCakep dengan berkreasi membuat video pendek untuk menunjukkan gaya terbaik mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LIPI: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bisa 4 Persen di 2021, tapi Ada Syaratnya

Posted: 16 Dec 2020 10:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memprediksi pertumbuhan ekonomi nasional akan bergerak menuju perbaikan di tahun 2021. Namun perbaikan perekonomian ini bergantung pada kecepatan pemerintah dalam melakukan program vaksinasi secara nasional.

"Kami memiliki keyakinan bahwa pergerakan perekonomian nasional yang sangat tergantung pada vaksin yang ada dan ini perlu jadi perhatian pemerintah," kata Kepala Puslit Ekonomi, LIPI, Agus Eko Nugroho, dalam Media Briefing: Outlook Perekonomian 2021, Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Agus menuturkan, keberadaan vaksin dan program vaksinasi nasional akan mendorong ekspektasi sektor konsumsi. Dia pun membuat beberapa simulasi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) 2021.

Bila tahun depan berjalan tanpa vaksin, maka PDB akan tumbuh di kisaran 1,57 persen sampai 2,07 persen. Bila vaksinasi telah dilakukan sebanyak 30 persen maka pertumbuhan ekonomi akan tumbuh di kisaran 2,99 persen sampai 3,49 persen.

Bila proses vaksinasi telah mencapai 50 persen pada 2021, maka pertumbuhan PDB diprediksi tumbuh 3,21 persen sampai 3,7 persen. Sedangkan bila proses vaksinasi telah dilakukan 80 persen, maka PDB akan tumbuh di kisaran 3,53 persen sampai 4,09 persen.

"Kalau ini bisa sampai 4 persen ini bisa jadi prestasi," kata Agus.

Tentunya kata Agus kondisi ini akan terjadi bila pergerakan manusia dan ekspektasi konsumsi bergerak signifikan. Meskipun prediksi yang dibuat LIPI menjadi yang terendah dari yang dibuat pemerintah. Maka pemerintah harus tetap memberikan berbagai stimulus kepada masyarakat walau program vaksinasi telah berjalan.

"Karena itu vaksin ekonomi atau kebijakan ekonomi yang kritikal tetap harus diperhatikan," kata dia.

Anisyah Al Faqir

Merdeka.com

Vaksin Covid-19 Belum Jadi Jaminan Ekonomi Indonesia Bangkit

Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Meski membaik, namun pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 masih tetap minus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Meski membaik, namun pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 masih tetap minus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

COVID-19 telah menjadi pemicu terjadinya resesi ekonomi Indonesia. Situasi ini menjadi pukulan yang amat berat bagi perekonomian Indonesia utamanya pada triwulan II dan III 2020.

Dalam upaya menjaga kestabilan ekonomi selama pandemi, Indonesia mengandalkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan serta stimulus ekonomi. Upaya ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga dan mencegah terjadinya lonjakan pengangguran.

Sayangnya, kedua upaya tersebut belum membuahkan hasil yang menggembirakan. Saat ini, ketersediaan vaksin tampaknya menjadi jalan utama menuju pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat akibat pandemi ini.

"Vaksin dianggap mampu membantu pemulihan kondisi psikologis masyarakat sehingga terbentuk ekspektasi rasional yang lebih positif imbas kondisi ketidakpastian yang menurun," ujar Kepala Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Agus Eko Nugroho seperti dikutip, Kamis (17/12/2020).

Kendati begitu, Agus menyebut ketersediaan vaksin tidak serta merta menyelesaikan persoalan ekonomi di tanah air. Karena pada saat yang sama, perekonomian Indonesia tetap dibayangi oleh sejumlah persoalan klasik yang hingga kini belum terselesaikan. Seperti persoalan ketahanan pangan, perdagangan internasional, pemberdayaan UMKM, dan lain-lain.

Diagnosa sektoral yang dilakukan Pusat Penelitian Ekonomi LIPI atas PDB 2020 menunjukan bahwa selama pandemi, kontribusi pertumbuhan beberapa sektor seperti perdagangan besar dan eceran, transpotasi pergudangan, dan penyediaan akomodasi makanan/minuman yang cukup resesif pada kondisi normal, justru menjadi kontributor dominan dalam kontraksi perekonomian.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FPI Demo di Kantor Polisi, Bupati Bogor Ade Yasin Minta MUI Turun Tangan

Posted: 16 Dec 2020 10:29 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Bupati Bogor, Ade Yasin, meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) turun tangan dalam menangani massa Front Pembela Islam (FPI) yang berdemo di sejumlah kantor polisi wilayahnya.

"Saya minta camat agar berkoordinasi dengan MUI, tokoh masyarakat, tokoh agama juga," kata Ade Yasin di Cibinong, Bogor, seperti dilansir Antara, Kamis (17/12/2020).

Dia meminta MUI melakukan langkah persuasif kepada massa yang protes atas penahanan Pimpinan FPI Rizieq Shihab oleh Mabes Polri. Langkah ini merupakan upaya agar mereka tidak melanggar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 jika tetap kekeh demo di kantor polisi.

"Kalaupun ada aspirasi yang harus disampaikan, jangan sampai berbondong-bondong, 10 orang bisalah. Karena yang penting kan tersampaikan pesannya," kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor itu soal demo FPI.

 

Tanggapan MUI

Ketua MUI Kabupaten Bogor, KH Ahmad Mukri Aji mengajak kepada umat islam di Kabupaten Bogor agar tetap menaati aturan hukum yang berlaku di Indonesia.

"Karena ini aspek hukum, ya kita serahkan saja kepada hukum yang berlaku, khususnya lembaga penegak hukum. Tentu kita semua yakin, aparat bisa bekerja seadil-adilnya dan sebijaknya-bijaknya," kata Mukri.

Menurut dia, rentetan dinamika keagamaan yang belakangan terjadi merupakan ujian besar bagi umat islam. Dia berharap situasi tersebut bisa segera berlalu.

"Ini ujian dari Allah, yang namanya ujian itu jelas kita mesti lolos dan lulus agar kita punya nilai di ujian keimanan dan keikhlasan ini," tutur Mukri.

Kapolres Bogor Polda Jawa Barat, AKBP Roland Ronaldy menyarankan agar massa FPI yang melakukan aksi di kantor polisi untuk menempuh jalur hukum, yaitu mengajukan praperadilan.

"Kita kan negara hukum ya, ada aturan hukum, ada jalur hukum, kalau tidak puas terhadap proses hukum, silahkan praperadilan. Gitu aja kan sudah ada ranahnya semua, semua sudah tahu lah," ungkap Roland.

Meski begitu, ia menganggap aksi demo massa FPI yang dilakukan di beberapa kantor Polsek di wilayah Kabupaten Bogor masih terpantau kondusif

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenag Evaluasi Lembaga Amil Zakat yang Terafiliasi Jaringan Terorisme

Posted: 16 Dec 2020 10:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menegaskan pihaknya akan mengevaluasi Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang diduga melakukan penyimpangan dalam pengumpulan dan penyaluran dana zakat di masyarakat. Hal itu menyusul temuan polisi terkait adanya pendanaan jaringan terorisme lewat dana kotak amal.

"Kita akan mengevaluasi Lembaga Amil Zakat yang diduga menyalahgunakan kewenangannya," tutur Kamaruddin dalam keterangannya, Kamis (17/12/2020).

Polri sendiri mengungkap adanya dana kotak amal disalurkan untuk kelompok jaringan terorisme Jamaah Islamiyah (JI). Kelompok tersebut memangkas lebih dulu uang yang terkumpul di kotak amal, sebelum diserahkan ke lembaga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setiap enam bulan.

"Kemenag dan Baznas pusat sedang telusuri informasi tersebut. Jika terbukti, tentu ada sanksi. Bisa sampai pencabutan izin," kata Kamaruddin.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, kelompok jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI) menggunakan skema pemotongan dana hasil sumbangan kotak amal yayasan resmi, yang disebar di sejumlah tempat.

"Setiap penarikan atau pengumpulan uang infak dari kotak amal, sebelum dilaporkan atau audit, sudah dipotong terlebih dahulu untuk alokasi Jamaah. Sehingga jumlah bersih yang didapatlah yang dimasukkan ke dalam laporan audit keuangan, yang mana laporan keuangan tersebut yang nanti akan di laporkan kepada Baznaz (Badan Amil Zakat Nasional) setiap per semester, agar legalitas kotak amal tetap terjaga," tutur Argo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/12/2020).

Menurut Argo, yayasan bentukan kelompok JI ada dua macam. Yaitu yayasan pengumpul infak umum dengan metode kotak amal dan pengumpulan infak khusus lewat acara tertentu seperti pengajian dan tabligh akbar.

Keduanya pun memiliki legalitas Surat Keterangan (SK) yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Baznaz agar mendapatkan izin pengumpulan dana infak, juga Kementerian Agama (Kemenag) agar mudah melakukan kegiatan keagamaan hingga mendapat kepercayaan masyarakat. Dari situ, audit yang dilakukan setiap tahunnya pun berjalan normal.

Beberapa yayasan pengumpul infak umum kelompok JI adalah ABA dan FKAM. Kemudian yayasan pengumpul infak khusus yaitu Syam Organizer (SO), One Care (OC), Hashi, dan Hilal Ahmar.

"Untuk Jamaah Islamiah, pemilihan anggota Jamaah Islamiah yang mengemban tugas untuk go publik memiliki persyaratan seperti namanya masih bersih dari keterangan BAP. Jamaah Islamiah sendiri belum pernah menggunakan yayasan palsu," jelas Argo.

Untuk kotak amal, lanjutnya, biasanya menggunakan kotak persegi kaca dengan rangka alumunium dan kayu. Di bagian luar juga melampirkan nama yayasan, nomor kontak pengurus yayasan, SK Kemenkumham, SK Baznaz, SK Kemenag.

Dilampirkan juga majalah yang menggambarkan sejumlah program yayasan. Penempatannya sendiri memilih warung makan konvensional, sebab tidak memerlukan izin khusus selain pemilik warung.

"Untuk pengumpulan dana khusus, untuk bantuan Suriah dan Palestina yang mana uang infak dikumpulkan dengan cara membuat acara tabligh yang menghadirkan tokoh-tokoh dari Suriah atau Palestina, dan uang infak diambil dari para peserta tabligh. Biasannya kurang transparansi jumlah uang infak yang terkumpul yang dimunculkan ke publik karena tidak ada lembaga auditor," Argo menandaskan.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Penggunaan Dana

Sebelumnya, polisi mengungkap alasan jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI) masih tetap eksis hingga saat ini lantaran memiliki dukungan finansial yang kuat.

"Polri juga menemukan bahwa JI memiliki sejumlah dukungan dana yang besar di mana dana ini bersumber dari badan usaha milik perorangan, atau milik anggota JI sendiri," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono di Jakarta, Senin (30/11/2020).

Awi bahkan menyebut JI mendapatkan pendanaan dari sejumlah kotak amal yang tersebar di minimarket yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

"Dan penyalahgunaan fungsi dana kotak amal yang kami temukan terletak di minimarket yang ada di beberapa wilayah di Indonesia," sebut Awi.

Dana-dana ini, kata Awi digunakan oleh JI untuk operasi memberangkatkan para teroris ke Suriah dalam rangka pelatihan militer dan taktik teror. Bahkan digunakan untuk membayar gaji rutin para pimpinan Markaziyah JI.

"Serta pembelian persenjataan dan bahan peledak yang akan digunakan untuk amaliyah atau jihad organisasi JI," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasa Raharja Berikan Santunan ke Korban Kecelakaan Lintas Riau - Sumbar

Posted: 16 Dec 2020 10:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Lintas Pekanbaru – Bangkinang, Km 24, Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau pada Rabu pukul 05.30 WIB bermula dari KBM. Truk Fuso BA 9128 QU yg dikemudikan oleh (sopir lari pada TKP) bergerak dari arah Pekanbaru menuju arah Bangkinang, sesampainya di TKP, KBM. Truk Fuso berbelok (berbalik arah) di U-Turn KM 24, pada saat KBM.

Lalu, truk Fuso berbelok arah, datang dari arah Pekanbaru menuju arah Bangkinang KBM. Daihatsu Sigra BM 1733 ZT yang dikemudikan Kemal Akbar dengan kecepatan tinggi, karena jarak yang sudah dekat dan tidak bisa dihindari, maka bagian depan KBM, Daihatsu Sigra BM 1733 ZT menabrak bagian belakang sebelah kanan KBM truk Fuso BA 9128 QU. Dalam kejadian ini mengakibatkan 5 orang meninggal dunia.

Direktur Operasional Jasa Raharja, Amos Sampetoding menyampaikan bela sungkawa dan prihatin atas kejadian musibah kecelakaan tersebut.

"Bahwa korban terjamin Jasa Raharja dan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 16 tahun 2017, bagi seluruh korban meninggal dunia, masing-masing ahli warisnya berhak menerima santunan sebesar Rp.50.000.000,- sementara bagi korban luka-luka, Jasa Raharja akan berkoordinasi dengan rumah sakit dimana korban dirawat, guna penerbitan surat jaminan biaya perawatan kepada rumah sakit dengan biaya perawatan maksimum Rp.20.000.000,- serta menyediakan manfaat tambahan bantuan biaya P3K maksimum Rp.1.000.000,- dan bantuan biaya ambulance maksimum sebesar Rp.500.000,- terhadap masing-masing korban luka", terang Amos.

Menindaklanjuti musibah ini, Jasa Raharja setelah menerima laporan kejadian kecelakaan langsung berkoordinasi dengan Unit Laka Lantas Polres Riau dan RSUD Arifin Ahmad - Pekanbaru untuk pendataan korban/ahli waris dan koordinasi untuk penjaminan biaya rawatan korban luka di rumah sakit. Korban Meninggal Dunia dalam kecelakaan tersebut yakni Abdul Kadir (34), Irhamdi (36), Lisman Nedi (35), Herwan Susilo (35) dan Kemal akbar (21).

 

Jasa Raharja berikan santunan kepada keluarga korban kecelakaan lintas Riau - Sumbar.
Jasa Raharja berikan santunan kepada keluarga korban kecelakaan lintas Riau - Sumbar.

"Untuk korban meninggal dunia, santunan telah kami serahkan kepada masing – masing ahli warisnya kurang dari 1x24 jam," ujar Amos.

Jasa Raharja yang tergabung dalam Group Holding Perasuransian dan Penjaminan atau Indonesia Financial Group (IFG) senantiasa berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat dan tepat sebagai wujud negara hadir bagi korban kecelakaan alat angkutan umum dan korban kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

"Jasa Raharja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat senantiasa mengedepankan transformasi digital pelayanan, melalui sistem yang terintegrasi dengan BPJS Kesehatan, Korlantas Polri, Ditjen Dukcapil dan Perbankan sehingga memudahkan kami agar hak masyarakat atas santunan Jasa Raharja dapat diterima dengan cepat dan tepat," tutup Amos Sampetoding.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pleidoi, Tommy Sumardi Benarkan Ada Pemberian Suap kepada Napoleon dan Prasetijo

Posted: 16 Dec 2020 10:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa Tommy Sumardi mengajukan pleidoi atau nota pembelaan atas perkara penghapusan red notice Djoko Soegiarto Tjandra. Tommy didakwa menjadi perantara suap dari Djoko kepada Irjen Napoleon Bonaparte dan Brigjen Prasetijo Utomo.

Dalam pleidoinya, Tommy menyatakan semua keterangan yang dia sampaikan baik dalam proses penyidikan maupun persidangan adalah benar. Termasuk soal penerimaan uang yang masuk ke kantong Napoleon dan Prasetijo.

"Yang pasti, peristiwa penyerahan uang itu benar adanya. Sebagian pihak, khususnya pihak terdakwa Napoleon Bonaparte dan Prasetijo Utomo menuduh saya merekayasa kasus, sungguh tidak masuk akal dan mengada-ada. Untuk apa saya merekayasa kasus, sementara saya sendiri menderita dalam penjara, tidak dapat bertemu istri dan anak-anak saya," ujar dia di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2020).

Tommy mengatakan, sejak awal dirinya diperiksa sebagai saksi, dia diminta penyidik untuk jujur. Faktor umur yang dijadikan patokan oleh penyidik agar Tommy tak mengada-ada. Namun Tommy meminta maaf jika dirinya lupa terkait waktu pemberian uang kepada Napoleon dan Prasetijo.

"Kalau ada sesuatu yang keliru mengenai tanggal dan waktu pertemuan dengan Napoleon Bonaparte, Prasetijo Utomo, dan peristiwa penyerahan uang, saya mohon maaf karena usia dan tekanan fisik dan psikis selama dalam tahanan membuat saya agak linglung di persidangan ini," kata dia.

Sambil menangis, Tommy menceritakan sedikit soal kehilangan momen kebersamaan dengan keluarganya. Namun dia memastikan bahwa dirinya masih bisa berfikir jernih dan tak merekayasa semua keterangannya.

"Majelis hakim yang mulia, di sini saya tegaskan saya masih waras, hanya orang gila yang merekayasa kasus untuk memenjarakan dirinya sendiri. Saya punya keluarga, punya anak, dan pekerjaan. Untuk apa saya meninggalkan semua ini hanya demi merekayasa kasus? sungguh tidak masuk akal," kata dia.

 

Minta Diputuskan dengan Adil

Dia kemudian meminta kerendahan hati Majelis Hakim Pegadilan Tipikor agar memutuskan perkara yang membelitnya dengan adil.

"Majelis hakim yang saya muliakan, saya sudah berusia 63 tahun, saya ingin mengisi sisa hidup saya dengan tenang bersama keluarga saya, dengan tulus mohon maaf sebesar-besarnya atas kekeliruan dan kesalahan saya, saya berjanji tidak akan mengulangi perbuatan saya lagi," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum menuntut Tommy Sumardi pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan. Tommy diduga bersalah sebagai perantara antara terpidana hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra dengan dua jenderal Polri, Brigjen Prasetijo Utamo dan Irjen Napoleon.

"Menghukum Terdakwa Tommy Sumardi dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan dng perintah agar Terdakwa tetap ditahan di rutan," ujar jaksa dalam amar tuntutannya di PN Tipidkor Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Selain tuntutan hukuman penjara, jaksa juga menuntut Tommy Sumardi dengan membayar denda Rp 100 juta subsider 6 bulan.Dalam tuntutan ini, Jaksa menilai terdakwa memiliki hal meberatkan dan meringankan. Hal memberatkan adalah karena perbuatannya tidak mendukung program pemerintah dalam upaya pemberantasan korupsi, kolusi dan, nepotisme (KKN)."Hal meringankan, Terdakwa Tommy mengakui perbuatannya dan bukan pelaku utama," jelas amar tersebut.

Karena pertimbangan yang meringankan tersebut, Jaksa meminta majelis hakim mengabulkan permohonan Justice Collaborator untuk terdakwa."Terdakwa sebagai saksi pelaku yang bekerja sama atau Justice Collaborator telah memberikan keterangan atau bukti-bukti yang signifikan dalam mengungkap tindak pidana dan pelaku lainnya," Jaksa menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BP Jamsostek akan Gunakan Data Penerima Subsidi Gaji untuk Peserta Vaksin Covid-19 Gratis

Posted: 16 Dec 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - BP Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan diminta olehpPemerintah untuk menyiapkan data pekerja yang terdaftar di BP Jamsostek. Data ini akan menjadi dasar bagi pemerinta untuk memberikan bantuan subsidi vaksin Covid-19.

Direktur Utama BPJamsostek Agus Susanto mengatakan, salah satu bentuk nilai tambah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan selain mendapatkan manfaat utama perlindungan atas kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pensiun. Ternyata ada nilai tambah yang lain yaitu bantuan vaksin.

"Saat ini kita semua sudah melihat peserta BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan bantuan subsidi upah dan pada saat ini juga pemerintah kami telah diminta oleh Pemerintah tentunya untuk menyiapkan data pekerja yang terdaftar di BPJS ketenagakerjaan untuk mendapatkan bantuan vaksin," kata Agus Susanto dalam konferensi pers Kupas Tuntas Program Bantuan Subsidi Upah, Kamis (17/12/2020).

Ia menjelaskan pihaknya sudah melakukan pendataan dan akan terus melakukan pendataan kepada para pekerja yang belum terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Selain untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial juga untuk memenuhi permintaan dari pemerintah menyiapkan data para penerima vaksin.

Oleh karena itu dalam kesempatan yang baik ini, Agus menghimbau kepada para pekerja dan para pemberi kerja agar memastikan telah memiliki jaminan sosial Ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Pastikan sudah terdaftar karena selain mendapatkan manfaat yang saya sebutkan, ada manfaatnya tambahan," ujarnya.

Agus menegaskan BPJamsostek telah mengelola dan menggunakan data-data yang sudah valid, akuntabel dan sudah teruji, yang mana Ini sudah diimplementasikan di bantuan subsidi upah dan akan digunakan untuk bantuan vaksin.

"Harapan kami juga mungkin ada program-program yang lain dari Kementerian Ketenagakerjaan, mudah-mudahan tahun depan kita lebih baik dan ada alokasi lagi, kami siap untuk menyiapkan data yang terkait data yang sudah valid sudah yang teruji sehingga seluruh bantuan subsidi dari pemerintah bisa tersalurkan tepat sasaran," pungkasnya.

Jokowi: Saya akan Jadi Penerima Pertama Vaksin COVID-19

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) meninjau fasilitas produksi dan pengemasan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat Selasa (11/8/2020).  Jokowi menggunakan pakaian lengkap penelitian untuk melihat Laboratorium Bio Farma. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) meninjau fasilitas produksi dan pengemasan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat Selasa (11/8/2020). Jokowi menggunakan pakaian lengkap penelitian untuk melihat Laboratorium Bio Farma. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa dirinya akan menjadi penerima pertama vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

Pernyataan itu dikeluarkan Jokowi lewat keterangan persnya pada Rabu (16/12/2020), yang juga disiarkan di saluran Youtube Sekretariat Presiden.

"Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali," kata Jokowi

Jokowi mengatakan, hal itu dilakukan untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin COVID-19 yang digunakan aman.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengatakan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis.

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat, dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Jokowi.

"Sekali lagi, gratis tidak dikenakan biaya sama sekali," tegas Jokowi.

Jokowi pun menginstruksikan seluruh jajaran kabinet, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

"Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada menteri keuangan untuk memprioritaskan dan mere-alokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini, sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," kata Jokowi.

Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia

Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Krisis Akibat Pandemi Covid-19 Perburuk Capaian SDGs

Posted: 16 Dec 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui bahwa pandemi Covid-19 membawa dampak negatif baik di sektor kesehatan maupun perekonomian. Menurut dia, kondisi krisis ini membuat target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi sulit untuk tercapai.

"Saat ini tantangan untuk mencapai target SDGs kini semakin berat. Pandemi telah akibatkan krisis kesehatan dan perekonomian yang memperburuk capaian SDGs kita, bahkan juga capaian SDGs dunia," kata Jokowi saat memberi sambutan untuk Konferensi Tahunan SDGs Indonesia melalui Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (17/12/2020).

Kendati begitu, dia menekankan bahwa kondisi ini tak membuat pemerintah menurunkan target SDGs. Untuk itu, Jokowi meminta adanya terobasan dan inovasi baru dalam mencapai target SDGs.

"Tidak ada cara lain, bahwa inovasi harus terus dilakukan, cara yang lebih efektif dan efisien harus terus dikembangkan, hasil yang lebih maksimal harus terus diperjuangakan," katanya.

Dia menilai dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta berkerj asama dengan peneliti, akademisi, hingga institusi target SDGs Indonesia dapat tercapai.

Pasalnya, setiap praktisi baik di pemerintahan, masyarakat sipil, maupun swasta memiliki keunggulan dan pengalaman yang berbeda-beda.

"Kekayanan pengetahuan itulah yang harus kita sinergikan, dibutuhkan keseriusan untuk saling berbagi dan saling bersinergi. Dibutuhkan agenda yang jelas di setiap forum-forum semacam ini dengan target yan jelas," tuturnya.

 

Percepat Pencapaian Target SDGs

Jokowi mengingatkan pejabat kementerian/lembaga untuk selalu meminta masukan dari para ahli. Selain itu, dia meminta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa untuk mempercepat pencapaian target SDGs.

"Siapkan orkestrasi nasional yang berkelanjutan agar pemanfaatan Iptek dapat dimaksimalkan di dalam perumusan-perumusan kebijakan dan dalam pelaksanaan program-program pemerintah. Termasuk untuk percepatan pencapaian target SDGs," ujar Jokowi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Losmen Bu Broto Sempat Trending Topic, Produser Ungkap Fase Belasan Kali Revisi Naskah

Posted: 16 Dec 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Minggu (13/12/2020), film Losmen Bu Broto mengumumkan barisan pemeran pendukung antara lain Putri Marino, Maudy Ayunda, Baskara Mahendra, Danilla Riyadi, dan Marthino Lio.

Warganet menyambut hangat. Film Losmen Bu Broto jadi trending topic Twitter keesokan harinya. Mereka menilai barisan bintang muda yang mendukung Maudy Koesnaedi dan Mathias Muchus menambah daya tarik film ini.

Akun @AlyssaRasheedah misalnya, senang mendengar kabar kolaborasi Danilla Riyadi dan Maudy Ayunda yang mengisi lagu tema Losmen Bu Broto. Ia tak sabar untuk mendengar hasil akhir kolaborasi dua artis ini.

Ramai Dibahas Warganet

Maudy Koesnaedi. (Foto: Instagram @maudykoesnaedi)
Maudy Koesnaedi. (Foto: Instagram @maudykoesnaedi)

"Maudy Ayunda sama kak Danilla Riyadi bakal kolaborasi nih. Filmnya juga pasti seru banget ada Kak Maudy. Gak sabar bgt," @AlyssaRasheedah mencuit. Akun @pottertoblabla mengekspresikan perasaan serupa.

"Kak Mod and Kak Danilla Riyadi is going to have a collab on a new movie, and i am excited haaaaaaaa!" tulisnya. Produser Paragon Pictures, Robert Ronny, berterima kasih atas antusiasme warganet.

Sambil Cari Para Pemain

Maudy Koesnaedi dan Putri Marino. (Foto: Twitter @RobertRonny)
Maudy Koesnaedi dan Putri Marino. (Foto: Twitter @RobertRonny)

Berbincang dengan Showbiz Liputan6.com lewat sambungan telepon, Robert menyebut Losmen Bu Broto melewati proses panjang hingga akhirnya menemukan Maudy Koesnaedy, Mathias Muchus, dan kawan-kawan.

"Ide mengusung intellectual property Losmen ke layar lebar muncul sekitar dua tahun lalu. Kami menulis naskah sambil cari pemain. Setelah ditentukan Maudy Koesnaedi dan kawan-kawan, kami putuskan merombak naskah," kenangnya.

Belum Setua Mieke Widjaya

Maudy Koesnaedi. (Foto: Instagram @maudykoesnaedi)
Maudy Koesnaedi. (Foto: Instagram @maudykoesnaedi)

"Maudy Koesnaedy belum setua Mieke Widjaya dalam serial Losmen TVRI. Karenanya, kami putuskan menempatkan film Losmen Bu Broto prekuel," Robert Ronny menyambung.

Maka film karya Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono menampilkan fase awal Bu Broto dan suami merintis Losmen Srikandi hingga jadi tempat ikonis dalam sejarah serial televisi Tanah Air. 

Syuting di Kota Gede

Maudy Koesnaedi. (Foto: Instagram @maudykoesnaedi)
Maudy Koesnaedi. (Foto: Instagram @maudykoesnaedi)

Tim Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono menemukan bangunan yang layak dijadikan losmen keluarga Bu Broto. Lokasinya di Kota Gede, Yogyakarta. Syuting dimulai Senin (14/12/2020).

"Benar, di Kota Gede. Kami menemukan rumah yang luas, asri, dan autentik banget. Saya dengar milik keluarga Sultan, didirikan sekitar tahun 1800-an," Robert Ronny membocorkan.

[vidio:maudy koesnaedi jadi ibu arjuna galau_li]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minta Rizieq Shihab Dibebaskan, Amien Rais Sambangi Mabes Polri

Posted: 16 Dec 2020 10:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Amien Rais bersama rombongannya mendatangi Mabes Polri, Jakarta Selatan terkait kasus Pimpinan FPI Rizieq Shihab. Dia mengaku bermaksud bertemu dengan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

"Jadi alhamdulillah kami berdelapan ingin ketemu Kapolri tapi beliau ada di luar kantor. Kami pokoknya ingin ketemu siapa pun wakilnya, kemudian dibawa ke Divisi Humas, Kepala Divisi Humas pun tadi sedang pergi jadi tadi kami diterima stafnya. Yang akan kita sampaikan tuh apa, silakan dibaca," tutur Amien di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (17/12/2020).

Deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Marwan Batubara membacakan, kedatangan mereka ke Mabes Polri dalam rangka menjadi penjamin atas penahanan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

"Kepolisian segera melepaskan HRS dari tahanan dan sebagai gantinya kami yang tercantum di bawah ini siap menjadi penjamin," kata Marwan.

Mereka yang menjadi penjamin Rizieq Shihab adalah Amien Rais, Muhyiddin Junaidi, Abdullah Hehamahua, T Zulkrnaen, Abdul Chair, Bukhori Muslim, Neno Warisman, Ansyufri Sambo, Syamsul Balda, Marwan Batubara, dan Nurdiati Akma.

 

Juga soal Laskar FPI

Kemudian, lanjut Marwan, pihaknya juga meminta pengusutan tuntas kasus penembakan enam laskar FPI yang tewas di Tol Jakarta-Cikampek.

"Segera dibentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang independen, bebas dari pengaruh dan tekanan pihak mana pun guna mengusut tuntas kejahatan HAM berat dan tindak pidana terorisme atas terbunuhnya enam orang laskar FPI," jelas dia.

Lebih lanjut, Marwan mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk terus mengawasi, mengawal, dan ikut mengadvokasi seluruh proses penuntasan kasus tersebut.

"Perlu kami ingatkan bahwa tindakan pembiaran, rekayasa, dan penggelapan atas proses penuntasan tragedi kemanusiaan ini sangat berpotensi memicu kemarahan rakyat, sehingga dapat menimbulkan huru-hara dan perlawanan sosial yang meluas," Marwan menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kevin Marsing, Pria yang Dikabarkan Jadi Pacar Natasha Wilona

Posted: 16 Dec 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kisah asmara Natasha Wilona memang kerap jadi sorotan netizen dan penggemar. Usai dikabarkan putus dengan Verrell Bramasta, selang beberapa waktu ia pun tidak menjalin hubungan dengan pria lain.

Namun belakangan, kabar mengenai hubungan asmaranya pun viral di media sosial. Yaitu kedekatannya dengan sosok pria yang bernama Kevin Marsing.

Kevin Marsing terlihat saat memberi kejutan ulang tahun untuk Natasha Wilona. Hal ini terlihat pada unggahan YouTube dari Surya Citra Televisi (SCTV).

Berikut 6 potret Kevin Marsing yang dikabarkan pacar baru Natasha Wilona seperti Liputan6.com kutip dari Instagram @kevinmarsing, Kamis (17/12/2020).

1. Begini potret kebersamaan Natasha Wilona dan Kevin Marsing pada kejutan ulang tahunnya.

Natasha Wilona dan Kevin Marsing (Sumber: YouTube/Surya Citra Televisi (SCTV))
Natasha Wilona dan Kevin Marsing (Sumber: YouTube/Surya Citra Televisi (SCTV))

2. Kevin Marsing merupakan sosok pria yang menyukai fitness.

3. Dalam media sosialnya, ia kerap mengunggah momen saat berada di lokasi gym.

4. Selain itu, dikabarkan bahwa hubungan Natasha Wilona dan Kevin Marsing ini sudah berjalan lebih dari dua bulan.

5. Sampai saat ini banyak netizen membanjiri kolom komentar Kevin Marsing karena hubungan keduanya.

6. Dalam media sosial Instagramnya, Kevin sendiri sangat jarang unggah foto selfie.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Couscous Menjadi Warisan Budaya Takbenda UNESCO

Posted: 16 Dec 2020 10:13 PM PST

Jakarta - Hidangan couscous masuk daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada hari Rabu 16 Desember 2020 menambahkan jenis makanan tersebut ke dalam daftar warisannya. Terlepas dari beberapa perbedaan, Aljazair, Maroko, Tunisia, dan Mauritania bergabung mengusung kecintaan hidangan mereka dan mendaftarkannya ke UNESCO.

Selain couscous, terdapat tarian Budima Zambia, festival kuda dan anggur Spanyol serta budaya jajanan Singapura.

Sejumlah pendatang baru lainnya juga ada dalam daftar warisan takbenda UNESCO.

"Tradisi menentukan kami. Perbedaan kami tidak penting, kami adalah satu. Pengetahuan, praktik, dan tradisi yang terkait dengan persiapan dan konsumsi couscous baru saja tertulis di daftar warisan takbenda," kata badan PBB itu di media sosial seperti dikutip dari DW Indonesia, Kamis (17/11/2020). 

 

Selamat dari UNESCO

Ilustrasi UNESCO  (AP Photo/Jacques Brinon)
Ilustrasi UNESCO (AP Photo/Jacques Brinon)

Memberikan selamat kepada keempat negara tersebut, UNESCO menyebutnya sebagai "contoh kerja sama internasional."

"Ini adalah kesempatan untuk merayakan budaya, merayakan keberagaman dan terutama untuk merayakan semua hal yang menyatukan kita," tambahUNESCO.

Selain terbuat dari gandum, couscous juga bisa dibuat menggunakan jagung atau millet yang ditumbuk menjadi semolina. Kemudian digulung menjadi bola-bola kecil, direndam, dan dikukus berulang kali.

Meskipun rasanya hambar, couscous disajikan dengan berbagai makanan lezat lainnya seperti semur pedas, daging, ikan, atau sayuran, yang membuat hidangan tersebut semakin nikmat.

Couscous juga biasa disebut seksu, kusksi, atau kseksu yang merupakan makanan pokok di sejumlah negara, dan kerap kali disamakan dengan nasi atau mi di beberapa negara Asia.

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penembakan Laskar FPI, Komnas HAM Klaim Kantongi Rekaman CCTV Tol Cikampek

Posted: 16 Dec 2020 10:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ahmad Taufan Damanik, mengaku telah mengantongi bukti CCTV kejadian penembakan antara polisi dan laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek, Senin 7 Desember 2020 dini hari.

Menurut Ahmad Taufan, pihaknya tengah mendalami bukti tersebut.

"Sedang didalami staf," kata Ahmad saat dikonfirmasi Liputan6.com soal pengusutan kasus penembakan laskar FPI itu, Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Ia menjelaskan kamera CCTV di lokasi kejadian sebenarnya tidak rusak.

"Tidak (rusak)," kata Ahmad Taufan.

Jika nanti bahan yang diberikan oleh Jasa Marga mengalami kekurangan, kata dia, pihak Jasa Marga bakal terbuka menyediakan berbagai data untuk Komnas HAM demi pengungkapan kasus tersebut.

Data CCTV dianggap begitu dibutuhkan dalam insiden yang telah menewaskan enam laskar FPI tersebut. Pasalnya terjadi ketidaksesuaian kronologi yang diungkapkan oleh pihak kepolisian dengan FPI.

"Bahan sudah diberikan Dirut Jasa Marga, kami pelajari selengkapnya dulu. Nanti kalau ada kekurangan Dirut janji akan membantu semaksimalnya," ujar Ahmad Taufan.

Sebelumnya, Ahmad Taufan mengatakan pihaknya memiliki kesepakatan dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk mendalami peristiwa terbunuhnya enam laskar FPI oleh polisi dalam sebuah baku tembak di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek.

"Nanti kami akan mendalami lagi lebih detail satu per satu dari berbagai aspek, termasuk juga nanti barang bukti, tadi sudah disepakati," ujar Ahmad Taufan Damanik di Jakarta, Senin (14/12/2020).

 

Janji Kooperatif

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berjanji akan kooperatif dan terbuka dalam proses investigasi yang dilakukan Komnas HAM dan menegaskan memiliki kepentingan juga agar peristiwa yang menewaskan enam orang pengikut FPI dapat terang benderang.

"Polda Metro Jaya akan transparan dan memberikan ruang kepada Komnas HAM agar hasil investigasi menjadi akuntabel," ujar Fadil Imran.

Sebelumnya, tim pemantauan dan penyelidikan yang dibentuk Komnas HAM sudah meminta keterangan dari FPI, saksi, keluarga korban, dan masyarakat. Selan itu, tim melakukan pemantauan lapangan secara langsung serta memperdalam penyelidikan di tempat kejadian perkara (TKP).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Covid-19 Bikin Sejumlah Formasi Jabatan pada Penerimaan CPNS Hilang

Posted: 16 Dec 2020 10:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengimbau seluruh instansi pemerintah untuk menghitung ulang kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru ke depan. Pasca masa pandemi Covid-19, beberapa formasi jabatan CPNS mungkin sudah tidak dibutuhkan lagi di era adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

"Jadi mungkin banyak jabatan yang tidak dibutuhkan dan banyak juga jabatan baru yang dibutuhkan," kata Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto dalam Rakornas Kepegawaian yang digelar secara virtual, Kamis (17/12/2020).

"Oleh karena itu kami berharap seluruh instansi melakukan anaisis jabatan, evaluasi jabatan, dan penghitungan beban kerja dan penghitungan kebutuhan ASN," dia menegaskan.

Aris mengungkapkan, setelah tiap kementerian dan lembaga atau pemerintah daerah (pemda) menghitung kebutuhan akan CPNS baru, untuk kemudian diserahkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB),

Hasil perhitungan tersebut pun nantinya akan menentukan, apakah perekrutan CPNS 2021 akan dibuka tahun depan atau tidak.

"Itu diajukan kepada Kementerian PANRB dan kebijakan apakah tahun 2021 akan dilakukan perekrutan atau penerimaan ASN itu nanti akan dibicarakan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan," tutur Aris.

BKN Percepat Perumusan Kebijakan Sistem Pangkat dan Penghasilan PNS

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Direktorat Kompensasi ASN tengah berupaya mempercepat penyiapan bahan perumusan kebijakan sebagai bagian dari proses menuju reformasi sistem pangkat dan penghasilan (gaji dan tunjangan) serta fasilitas PNS.

Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN. Kebijakan ini nantinya dapat mempercepat proses perumusan kebijakan teknis tentang pangkat, gaji, tunjangan dan fasilitas PNS melalui Peraturan Pemerintah (PP), yakni PP tentang Pangkat PNS dan PP tentang Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas PNS.

 

"Dalam prosesnya, BKN terus berkoordinasi dengan sejumlah Kementerian/Lembaga, seperti Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Sekretariat Negara, termasuk juga dengan Pemerintah Daerah," jelas Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerjasama BKN Paryono dalam keterangannya, Kamis (26/11/2020).

Reformasi Sistem Pangkat PNS pada prinsipnya selaras dengan mandat UU ASN dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS sebagaimana telah dibuah dengan PP Nomor 17 Tahun 2020.

Pada sistem sebelumnya, pangkat melekat pada orang/PNS (tingkat seseorang PNS), sementara pada sistem pangkat ke depan Ppangkat melekat pada Jabatan (tingkatan Jabatan).

Proses perumusan kebijakan tentang gaji, tunjangan, dan fasilitas PNS merujuk pada amanat Pasal 79 dan 80 UU ASN dan mengarahkan penghasilan PNS ke depan yang sebelumnya terdiri dari banyak komponen disimplifikasi menjadi hanya terdiri dari komponen Gaji dan Tunjangan.

Formula Gaji PNS yang baru akan ditentukan berdasarkan Beban Kerja, Tanggung Jawab, dan Resiko Pekerjaan. Implementasi formula Gaji PNS ini nantinya dilakukan secara bertahap.

"Diawali dengan proses perubahan sistem penggajian yang semula berbasis Pangkat, Golongan Ruang, dan Masa Kerja menuju ke sistem penggajian yang berbasis pada Harga Jabatan," jelasnya.

Tunjangan PNS

Sementara untuk formula Tunjangan PNS meliputi Tunjangan Kinerja dan Tunjangan Kemahalan. Rumusan Tunjangan Kinerja didasarkan pada capaian kinerja masing-masing PNS, sedangkan rumusan Tunjangan Kemahalan didasarkan pada Indeks Harga yang berlaku di daerah masing-masing.

Secara substansial, perubahan sistem penggajian yang semula berbasis Pangkat, Golongan Ruang, dan Masa Kerja menuju ke Sistem Berbasis pada Harga Jabatan (Job Price) didasarkan pada Nilai Jabatan (Job Value), dimana Nilai Jabatan diperoleh dari hasil Evaluasi Jabatan (Job Evaluation) yang menghasilkan Kelas Jabatan atau Tingkatan Jabatan, yang selanjutnya disebut dengan Pangkat.

Adapun, pengaturan tentang Pangkat PNS saat ini saling terkait dengan pengaturan tentang Gaji PNS sebagaimana yang diatur didalam PP Nomor 7 Tahun 1977 tentang Gaji PNS sebagaimana telah diubah delapan belas kali, terakhir dengan PP Nomor 15 Tahun 2019.

"Begitu juga dengan regulasi yang mengatur tentang Gaji PNS memiliki keterkaitan erat dengan regulasi-regulasi lainnya, seperti Jaminan Pensiun PNS, Jaminan/Tabungan Hari Tua PNS, Jaminan Kesehatan, dan lain-lain," katanya.

Seluruh kebijakan penetapan penghasilan PNS tersebut, lanjut Paryono, berkaitan erat dengan kondisi keuangan negara, sehingga dibutuhkan upaya ekstra hati-hati dan didukung dengan hasil analisis dan simulasi yang mendalam dan komprehensif.

Hal ini dimaksudkan agar kebijakan tentang Pangkat, Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas PNS yang nantinya tidak memberikan dampak negatif, baik terhadap kesejahteraan PNS maupun kondisi keuangan negara. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berusia 30-an? Jangan Abaikan 6 Gejala Ini di Tubuh Anda

Posted: 16 Dec 2020 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah mengalami rasa sakit yang aneh di bagian tubuh tertentu? Apakah Anda tiba-tiba merasa sulit mencerna beberapa makanan favorit yang biasa Anda makan sepanjang waktu?

Selamat datang di usia 30-an, waktu di mana rasa sakit akibat penuaan mulai terasa. Ini tentu saja, bukan sesuatu yang dialami oleh semua orang. Tetapi bagi kebanyakan dari kita yang hidup bahkan dengan gaya hidup rata-rata, tidak ada cara untuk menghindari tanda-tanda awal ini:

 

1. Lutut terasa sakit saat bangun atau berolahraga

Ilustrasi lutut | cottonbro dari Pexels
Ilustrasi lutut | cottonbro dari Pexels

Ini adalah kondisi yang cukup umum di antara orang-orang berusia 30-an, sebanyak orang yang sudah berusia 70-an dan 80-an. Pada dasarnya ini terjadi karena 'bantalan' di antara sendi lutut Anda - yang membantunya bergerak dengan lancar - telah aus.

Beberapa orang mendapatkan kondisi ini yang disebut osteoartritis hanya karena faktor genetik, sementara yang lain mengalaminya karena cedera atau hanya karena penuaan.

Jika Anda merasakan hal ini, sebaiknya konsultasikan dengan ahli ortopedi dan minta nasihat medis mereka sebelum memburuk.

 

2. Perut terasa kurang enak setiap kali makan sesuatu

Ilustrasi sakit perut. Image by Darko Djurin from Pixabay
Ilustrasi sakit perut. Image by Darko Djurin from Pixabay

Seiring bertambahnya usia, perut kita menghasilkan lebih sedikit asam yang membantu memecah makanan yang kita makan. Sebagian besar makanan masih baik untuk dimakan tetapi ada juga yang lebih sulit dicerna oleh perut Anda yang berusia 30 tahun.

Makanan bertekstur kenyal seperti cumi-cumi atau tiram mungkin lebih sulit dicerna, sementara makanan pedas juga bisa melukai perut Anda.

 

3. Sering lupa

ilustrasi perempuan stres/Photo by Engin Akyurt from Pexels
ilustrasi perempuan stres/Photo by Engin Akyurt from Pexels

Pernahkah Anda masuk ke sebuah ruangan dan benar-benar lupa untuk apa Anda masuk ke dalam ruangan itu? Atau mungkin Anda lupa sesuatu yang biasa seperti menutup pintu mobil sebelum berjalan pergi atau meninggalkan kompor dalam keadaan hidup di rumah?

Kebanyakan orang mungkin menganggap ini sebagai hal yang biasa. Tetapi jika Anda sangat sering melupakan sesuatu, Anda mungkin sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan paling ampuh untuk masalah memori ringan adalah berolahraga secara teratur. Anda juga mendapatkan berbagai manfaat lain dari berolahraga, dan tentu saja itu adalah situasi yang sama-sama menguntungkan.

 

4. Merasa mengantuk bahkan sebelum mulai bekerja di kantor

Ilustrasi menguap/mengantuk. Image by Sammy-Williams from Pixabay
Ilustrasi menguap/mengantuk. Image by Sammy-Williams from Pixabay

Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang tidak dapat melewati hari kerja tanpa merasa mengantuk atau lelah bahkan sebelum hari dimulai? Ini bisa berarti Anda hanya malas, atau Anda mengalami kelelahan yang dapat disebabkan oleh masalah kesehatan lain seperti anemia, hipertiroidisme, depresi, atau hanya karena penuaan dini.

Ada juga faktor lain yang berkontribusi terhadap kelelahan, seperti pola makan dan gaya hidup kita.

Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter jika Anda selalu kesulitan menjalani hari bahkan dengan tidur dan nutrisi yang cukup.

 

5. Jangan mengabaikan plak di gigi

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

Plak adalah lapisan bakteri lengket yang terus-menerus menumpuk di dan di antara gigi Anda. Jika bakteri plak tidak dihilangkan, dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan kemerahan, pendarahan, dan peradangan.

Gusi berdarah juga merupakan manifestasi dari radang gusi, yang jika tidak diobati dapat menyebabkan periodontitis, infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan pada akhirnya dapat merusak tulang yang menopang gigi Anda. Periodontitis dapat menyebabkan gigi kendur atau menyebabkan gigi tanggal. Jadi jika Anda ingin menjaga gigi, pastikan Anda menjaganya tetap bersih dan memeriksanya secara rutin.

 

6. Bangun tidur dengan perasaan capek

Ternyata, jam bangun seseorang bisa mengungkapkan kepribadiannya. (Foto: Unsplash)
Ternyata, jam bangun seseorang bisa mengungkapkan kepribadiannya. (Foto: Unsplash)

Banyak orang yang berusia di atas 30-an menderita satu atau lebih masalah tidur. Sebagian dari mereka mengaku bahwa mereka bangun di tengah malam sementara ada pula yang mengatakan mereka merasa lelah atau capek saat bangun di pagi hari.

Meskipun ada banyak faktor yang dapat memengaruhi tidur Anda, satu faktor yang dapat Anda perbaiki dengan mudah adalah memastikan Anda memiliki kasur yang berkualitas baik. Sebab, kasur yang bagus bisa meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Promo Akhir Tahun untuk Skutik 150 Cc, Ada yang Didiskon Hingga Belasan Juta

Posted: 16 Dec 2020 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu model yang banyak diminati, skuter matik bermesin 150cc tak luput dari promo dan diskon akhir tahun dari dealer resmi. Tersedia beragam model skutik, hampir seluruhnya mendapat penawaran menarik.

Untuk dealer resmi Yamaha, terdapat potongan harga bagi konsumen yang ingin melakukan pembelian Yamaha Nmax. Tak tanggung-tanggung, salah satu tenaga penjual motor di Jakarta mengaku potongan yang bisa diberikan mencapai Rp 1,5 juta.

"Ada yang menarik kalau memang niat ambil kredit. Diskonnya sampai Rp1,5 juta. Nanti masuknya ke uang muka. Cuma tenornya enggak bisa yang setahun, harus 35 bulan," ujarnya kepada Liputan6.com, Kamis (17/12/2020).

Saat disinggung promo menarik apabila melakukan pembelian secara cash, tenaga penjual yang sama menegaskan, diskon yang bisa diberikan hanya di angka Rp 500 ribu.

Untuk skutik lainnya, dealer Yamaha nampaknya masih enggan memberikan promo meski sudah dipenghujung tahun 2020. Pabrikan motor asal Jepang tersebut nyatanya tidak memberikan diskon untuk Yamaha Aerox.

"Enggak ada kalau Aerox. Promonya cuma untuk NMax saja," tuturnya.

Honda Motor

Tak mau ketinggalan, Honda juga memberikan potongan harga alias diskon kepada PCX. Khusus di Jakarta, potongan harga yang bisa didapatkan mencapai Rp 1,1 juta untuk pembelian secara kredit.

"Sistemnya masuk ke uang muka. Jadi memang hanya untuk pembelian kredit diskonnya. Kalau untuk pembelian cash beda lagi," ujar tenaga penjual Honda.

Lebih menarik lagi, promo diberikan kepada PCX Hybrid. Bagaimana tidak, khusus model ini, diskon yang diberikan mencapai Rp 11 juta untuk pembelian cash dan kredit.

"Sampai akhir Desember ini promonya. Selama stok masik ada, berarti diskon masih berlaku. Pokoknya siapa cepat ya dia yang dapat," kata tenaga penjual Honda.

Potongan harga yang sama juga diberikan Vario 150 dan ADV 150 apabila melakukan pembelian secara kredit. "Kalau cash enggak besar diskonnya, paling juga Rp 200 ribu," tuturnya.

Infografis Libur Panjang Akhir Tahun 2020 Akan Dipangkas

Infografis Libur Panjang Akhir Tahun 2020 Akan Dipangkas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Libur Panjang Akhir Tahun 2020 Akan Dipangkas. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: