Kamis, 10 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Anjing Pintar, Selalu Pakai Masker saat Naik Motor Sekalipun

Posted: 10 Dec 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Bahau - Virus Corona Covid-19 yang melanda dunia memaksa manusia untuk mengubah kebiasaan. Salah satunya adalah menggunakan masker. Terkadang manusia masih suka meremehkan anjuran yang satu ini, namun rupanya seekor anjing bisa dilatih agar bisa menggunakan masker.

Anjing bernama Fatty Ong milik Zhang Shihua, seorang pekerja kebun di Bahau, Negeri Sembilan, Malaysia, terlihat mau menggunakan masker. Keduanya berhasil menjadi perhatian publik karena kompak menggunakan masker saat naik motor.

Masyakarat pun tertarik untuk mengabadikan momen anjing saat menggunakan masker ini. Pasalnya tentunya jarang melihat hewan menggunakan masker di tengah pandemi seperti saat ini.

Zhang melatih anjingnya mulai bulan Juni 2020. Tentu prosesnya tidak mudah, karena anjing ini awalnya menggonggong hingga ingin menggigit pemiliknya.

Diberi Hukuman

Cerita Unik. (Sumber: World of Buzz)
Cerita Unik. (Sumber: World of Buzz)

Dilansir Liputan6.com dari World of Buzz, Fatty Ong sangat patuh untuk selalu menggunakan masker ketika ikut majikannya keluar rumah. Fatty Ong menunggu majikannya diatas motor tanpa membuka masker yang ia kenakan. Namun ketika Fatty Ong akan melepaskan maskernya dengan kakinya, namun ketika melihat ini, Zhang langsun melarang dan kemudian membantu Fatty Ong untuk kembali menggunakan maskernya.

Jika sang anjing peliharaan tidak menggunakan masker, Zhang akan memberi hukuman. Sebagai hukuman, Zhang tidak memberikan makanan atau minuman khusus yang biasa diminum oleh Fatty Ong. Oleh sebab itu, anjing peliharaan yang bernama Fatty Ong ini menerima peraturan untuk selalu menggunakan masker ketika ingin ikut majikannya keluar rumah. Saat ini, setelah memakai masker, Fatty Ong langsung melompat ke atas motor dan ikut dengan majikannya.

Kebiasaan untuk selalu menggunakan masker yang dilakukan oleh Fatty Ong ini bisa dijadikan contoh. Manusia tentunya lebih paham untuk menjaga kesehatan dengan selalu menggunakan masker di tengah pandemi seperti saat ini. Jika itu baik, kebiasaan dan pelajaran baik bisa didapatkan dari kebiasaan anjing peliharaan seperti Fatty Ong.   

Sumber: Hot Liputan6.com

Penulis: Selma Intania Hafidha

Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19

Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Benarkah Minyak Kayu Putih Bisa Cerahkan Miss V dan Membuat Mr P Tahan Lama?

Posted: 10 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan klaim tentang minyak kayu putih yang dipercaya bisa mencerahkan area Miss V atau alat kelamin wanita. Selain itu, minyak kayu putih juga diklaim bisa membuat kelamin pria menjadi tahan lama saat ereksi.

Akun Facebook yang menggunakan nama Hayisah Zahro menyebut minyak kayu putih punya banyak manfaat, yakni mencerahkan ketiak hitam hingga Miss V atau alat kelami wanita. Klaim itu dipostingnya pada 16 November 2020.

Begini narasinya:

"Yuukk bunda sy bagi informasi yg lain..bunda punya keluhan ketiak hitam.. Di pusar bunda jg hitam bahkan di area miss V jg hitam.. Tenang bund.. Coba aja pake minyak kayu putih di bahasi di kapas.. Dan sapukan di daerh yg hitam.. Untuk hasil yg maximal ulangi setiap kali bunda ada wktu.. Sekali coba psti lgsg ada hasil nya..tp klo di area miss V ada rasa gmn gitu ya bundπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ™πŸ™πŸ™ Tp klo sdh biassa hasil nya memuaskan,, slmt mencoba".

Sementara di akun lain, Suami Istri, mengunggah video yang menebut minyak kayu putih bisa membuat Mr P menjadi tahan lama saat ereksi. Akun itu membuat tips memperbesar alat vital pria dengan cara mengoleskan minyak kayu putih ke sebuah timun.

Begini narasi untuk video tersebut:

"Cukup Dengan Minyak Kayu Putih Kamu Bisa Tahan Lama".

Sejak berada di media sosial, klaim tersebut sudah mendapat 1,2 ribu komentar dan 38 ribu respons dari warga Facebook lainnya.

Lalu, benarkah minyak kayu putih memiliki manfaat seperti yang diklaim?

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi dr Ivony Moesa SpKK yang merupakan dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin. Disebutkan oleh dr Ivony Moesa, klaim minyak putih bisa mencerahkan Miss V tidak benar.

"Itu minyak kan panas, terus bikin iritasi. Pada akhirnya kulit akan mengelupas karena proses radang. Memang akan terlihat lebih cerah warnanya (Miss V), tapi hanya sesaat dan bakal gelap lagi," ujarnya saat dihubungi Cek Fakta Liputan6.com, Jumat (11/12/2020).

Lebih lanjut, dr Ivony Moesa memaparkan beberapa penyebab warna Miss V menjadi hitam. Dia menyebut hal ini terjadi karena hormonal setiap wanita.

"Miss V yang menghitam biasanya karena hormonal, misalnya setelah kehamilan atau saat haid di hari pertama, tiap orang berbeda-beda. Haid penyebabnya dari dalam, kalau diputihkan bisa terjadi peningkatan hormon lagi," kata dr Ivony Moesa menegaskan.

Kemudian, dr Ivony Moesa juga melusurkan klaim yang menyebut minyak kayu putih bisa membuat Mr P menjadi tahan lama saat ereksi.

"Semua yang panas-panas bisa bikin pelebaran pembuluh darah atau disebut vasodilatasi. Penis ereksi isinya darah yang terjebak di sana. Dipijat bisa membantu memperlancar peredarah darah saja."

"Namun, untuk tahan lama, saya tidak bisa menjamin. Kebanyakan ejakulasi dini terjadi karena faktor psikologis dibanding faktor fisiknya," ucapnya menjelaskan.

Terakhir, dr Ivony Moesa juga pernah menjelaskan soal minyak kayu putih yang bisa mencerahkan ketiak hitam. Baca artikelnya di tautan ini.

 

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Klaim yang menyebut minyak kayu putih bisa mencerahkan Miss V dan membuat Mr P menjadi tahan lama saat ereksi adalah salah. Sebab, minyak kayu putih bisa menimbulkan iritasi bila diolehkan ke alat vital manusia.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Foto KTP Gadis yang Kelewat Cantik, Bikin Warganet Salah Fokus

Posted: 10 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial kembali diramaikan dengan beredarnya foto viral Kartu Tanda Penduduk (KTP) seorang gadis yang kelewat cantik.

KTP tentu wajib dimiliki setiap warga Indonesia. Dalam kartu identitas pribadi itu juga terdapat foto wajah si pemiliknya.

Terkadang banyak individu yang enggan menunjukkan KTP-nya karena foto yang kurang memuaskan. Namun, tampaknya itu bukan menjadi masalah bagi wanita satu ini.

Sebuah unggahan baru-baru ini menjadi perbincangan viral karena foto E-KTP seorang wanita yang kelewat cantik.

Foto yang diunggah akun Instagram @iniayu.lubis_ menunjukkan foto E-KTP dirinya yang berlatar biru. Namun, warganet salah fokus karena foto E-KTP wanita itu berbeda dengan milik mereka, karena parasnya yang cantik.

Klaim Salah Pilih Warna Hijab

(@iniayu.lubis_/instagram.com)
(@iniayu.lubis_/instagram.com)

Meski foto E-KTP miliknya banyak dielu-elukan warganet, tapi wanita dari Medan ini malah menganggap bahwa fotonya itu tidak memuaskan karena dirinya salah memilih warna hijabnya.

Selain itu, dia juga mengklaim bahwa wajahnya tidak simetris sehingga fotonya tidak terlihat sempurna.

"Nasib foto ktp pake pashmina putih. *btw mukanya emang ga simetris," keterangan dalam unggahan itu.

Dielu-elukan Warganet

Saking ramainya warganet yang memperbincangkan foto E-KTP gadis itu, unggahan tersebut hingga kini bahkan telah disukai lebih dari 16 ribu akun.

Warganet pun tak lupa untuk memberikan responsnya. Banyak dari mereka mengklaim bahwa foto E-KTP gadis itu sangat cantik dan mereka merasa iri. Banyak dari warganet juga kepincut dengan kecantikan gadis itu.

"Baru kali ini lihat foto di KTP secantik ini," kata akun @garindii.

"Orang lain foto KTP ko cakep cakep ya," sahut akun @ilhmlukmn.

"Bisa bisa nya cantik gini di foto ktp," komentar akun @ayunvtsrr.

"Cakep bener sih mbakk," tulis akun @rayva.alqindy__.

"Foto ktp ko cakep amatt sih yuuu," sahut akun @fauzanrzqd.

"Make up ga si itu bund? cantik bangett," tanya akun @fitri.noveraa.

"Foto nya pake filter yh?" kata akun @faridsallim.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Derby Manchester, Solskjaer Serahkan Nasibnya pada 14 Pemain MU

Posted: 10 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester United atau MU akan berjumpa rival satu kota Manchester City pada lanjutan Liga Inggris, di Old Trafford, Minggu dinihari (13/12/2020). Situasi berbeda dirasakan kedua tim jelang Derby Manchester.

Tekanan berat dirasakan manajer Man Utd, Ole Gunnar Solskjaer, sebelum menghadapi pertandingan bergengsi tersebut. Kritikan diarahkan pada pelatih asal Norwegia terkait dengan taktik dan formasi.

Banyak pihak menyarankan agar Solskjaer melakukan perubahan dengan meniru cara legenda MU Sir Alex Ferguson. Para pendukung menginginkan pertimbangan itu agar menghasilkan hasil yang lebih konsisten.

"Jika kami turun di babak pertama, pesannya sederhana: Jangan panik. Hanya berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas. Jika kami masih turun - katakanlah, 1–2 - dengan 15 menit tersisa, saya siap untuk ambil lebih banyak resiko," kata Ferguson.

Bahkan pelayan paling setia Ferguson seperti Gary Neville dan Paul Scholes mengakui legenda United itu tidak terlalu memperumit masalah secara taktis. Dia adalah seorang master dalam motivasi, disiplin dan kepemimpinan daripada guru taktis ala Pep Guardiola.

Dipercaya

Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer pada laga grup H Liga Champions antara Istanbul Basaksehir dan Manchester United di stadion Fatih Terim di Istanbul, Rabu, 4 November 2020. (Foto AP)
Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer pada laga grup H Liga Champions antara Istanbul Basaksehir dan Manchester United di stadion Fatih Terim di Istanbul, Rabu, 4 November 2020. (Foto AP)

Jadi, mengingat situasi Paul Pogba saat ini dan performa buruk Anthony Martial dan David de Gea, Solskjaer harus bertahan dengan sejumlah pemain yang dia rasa bisa dia percayai.

Dean Henderson pasti harus memperhitungkan gol, di depan empat bek Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire dan Alex Telles. Melanjutkan untuk memainkan 5 bek akan memberikan kesan yang salah. Solskjaer harus memainkan 4-2-3-1.

Buang Pogba

Gelandang Manchester United (MU) Paul Pogba terlihat lesu setelah melanggar bek Arsenal Hector Bellerin yang menghasilkan tendangan penalti pada pekan ketujuh Liga Inggris di Old Trafford. Minggu (1/11/2020). (Paul Ellis / Pool via AP )
Gelandang Manchester United (MU) Paul Pogba terlihat lesu setelah melanggar bek Arsenal Hector Bellerin yang menghasilkan tendangan penalti pada pekan ketujuh Liga Inggris di Old Trafford. Minggu (1/11/2020). (Paul Ellis / Pool via AP )

Dan, melawan City dan selama beberapa pertandingan berikutnya, Solskjaer pasti harus membuang Pogba, setelah komentar Mino Raiola dan meninggalkan orang-orang seperti Martial, Jesse Lingard, Daniel James dan Odion Ighalo.

Fred, Scott McTominay dan Donny van de Beek seharusnya dipercaya Solskjaer untuk mengisi lini tengah. Hal yang sama bisa dilakukan pada Marcus Rashford dan Mason Greenwood, serta Edinson Cavani jika fit.

Alasan Kegagalan

Gelandang Manchester United (MU) Bruno Fernandes dan Paul Pogba saat menghadapi Sevilla di semifinal Liga Europa 2019/20. (foto: AP Photo/Martin Meissner, Pool)
Gelandang Manchester United (MU) Bruno Fernandes dan Paul Pogba saat menghadapi Sevilla di semifinal Liga Europa 2019/20. (foto: AP Photo/Martin Meissner, Pool)

Sebelumnya, strategi Solskjaer saat menghadapi klub Jerman dengan menggunakan sistem 5-3-2 mendapat kritikan. Banyak yang percaya kurangnya kecerdasan taktis dari pelatih asal Norwegia itu jadi alasan utama kegagalan.

Dalam pandangan mereka, strategi tersebut tidak akan berhasil dan harus diganti. Ini adalah tahap ketika nama Mauricio Pochettino biasanya dimasukkan ke dalam perdebatan.

Klasemen Liga Inggris

 

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Kanker Punya Risiko Meninggal Lebih Besar Bila Terinfeksi COVID-19

Posted: 10 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta COVID-19 dapat berdampak buruk bagi setiap orang, namun bagi pasien kanker virus tersebut bahkan lebih buruk lagi.

Menurut dokter spesialis obstetri-ginekologis dari Dharmais National Cancer Center Hospital, Jakarta, Muhammad Yusuf, jika pasien kanker terinfeksi COVID-19 maka kondisinya akan lebih buruk atau lebih cepat memburuk dibanding pasien lain.

"Perburukan ini akan jauh lebih cepat dari pasien yang tidak menderita kanker di mana angka kematiannya hampir 39 persen dibanding pasien non kanker yang hanya 9 persen," ujar Yusuf dalam webinar AstraZeneca RS Dharmais Jakarta, Kamis (10/12/2020).

Ia melansir penelitian dari Wuhan, China yang menyebut bahwa pasien dengan riwayat kemoterapi yang terkena COVID-19 memiliki peningkatan risiko kematian hingga 75 persen dibanding pasien tanpa riwayat kemoterapi dan operasi yang kena Corona.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Dampak Pandemi Pada Rumah Sakit

Yusuf juga menyampaikan beberapa dampak pandemi COVID-19 pada rumah sakit di Indonesia khususnya di RS Dharmais.

Menurutnya, COVID-19 memicu penurunan drastis terhadap kunjungan pasien kanker ke rumah sakit. Penurunan paling tajam terjadi di Mei 2020 sebanyak 35 persen.

"Pasien yang datang untuk radioterapi itu menurun hampir 13 persen dan pasien yang datang untuk one day care menurun sampai 9 persen."

Namun, saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dilonggarkan menjadi transisi, kunjungan pun kembali penuh bahkan melebihi kapasitas. Hal ini menyebabkan rumah sakit kesulitan dalam menerapkan ketentuan jarak sosial.

"Problem lain selama pandemi ini adalah infrastruktur dan fasilitas rumah sakit tidak memadai untuk pasien yang menderita kanker dan secara bersamaan terkena COVID-19."

Dampak Pandemi Pada Pasien Kanker

Selain pada rumah sakit, pandemi COVID-19 juga tentu berdampak pada pasien. Hal yang paling dirasakan adalah dari sisi birokrasi.

"Yang tadinya pasien berkunjung ke rumah sakit tanpa harus skrining sekarang harus skrining."

Selain itu, pasien juga mendapatkan pembatasan layanan karena rumah sakit memiliki keterbatasan sumber daya manusia (SDM).

"Karena beberapa perawat dan dokter kita juga ada yang terpapar (COVID-19) sehingga kita harus mengurangi atau menurunkan kuota kunjungan pasien harian."

Dalam aspek transportasi, pasien juga mengalami keterbatasan. Selama PSBB pilihan moda transportasi semakin terbatas dan pasien pun harus melalui skrining tertentu untuk berpindah dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

Infografis 3 Cara Vaksin COVID-19 Picu Kekebalan Tubuh

Infografis 3 Cara Vaksin Covid-19 Picu Kekebalan Tubuh. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Cara Vaksin Covid-19 Picu Kekebalan Tubuh. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei Mate 40 Pro Jadi Ponsel Berkamera Terbaik di Dunia Versi DxOMark

Posted: 10 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - DxOMark baru saja mengungkap seri smartphone dengan kemampuan kamera terbaik di dunia, yaitu Huawei Mate 40 Pro.

Mengutip laporan yang dibeberkan oleh DxOMark, Jumat (11/12/2020), Huawei Mate 40 Pro mampu mengungguli Xiaomi Mi 10 Ultra yang sebelumnya diposisi pertama dengan 136 poin.

Sedangkan, smartphone anyar milik Xiaomi tersebut harus cukup puas menyabet penghargaan smartphone dengan kemampuan zoom terbaik.

Walau tidak memiliki kemampuan optical image stabilization, DxOMark menyebutkan kemampuan kamera Mate 40 Pro mengalami peningkatan yang signifikan.

Informasi, Mate 40 Pro hadir dengan konfigurasi tiga kamera berkemampuan 50MP, 20MP (ultra-wide angle), dan 12MP (telephoto).

Dengan kemampuan masing-masing kamera, Huawei Mate 40 Pro juga mampu merekam video hingga 4K dengan resolusi 2160p/60fps.

 

Posisi Kedua dan Ketiga di Daftar DxOMark

Lalu merek smartphone apa yang masuk dalam daftar smartphone dengan kamera terbaik? Seperti disebutkan di atas, Mi 10 Ultra menempati posisi kedua dalam daftar dengan skor 133.

Sedangkan untuk posisi ketiga hingga kelimanya ditempati merek-merek smartphone seperti, Huawei P40 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan iPhone 12 Pro.

Adapun masing-masing ponsel mengantongi skor 132, 130, dan 128 di DxOMark.

Huawei Mate 40 Pro Siap Meluncur di Indonesia

Huawei baru saja memastikan akan kembali menambah lini produk smartphone besutannya untuk pasar Indonesia. Kali ini, seri yang akan diboyong ke Tanah Air adalah Huawei Mate 40 Pro.

"Kami sangat bangga dapat dipercaya untuk memperlihatkan teknologi terbaik dari HUAWEI Mate 40 Pro. Kami sudah tidak sabar untuk memperlihatkan seri terbaru dari Mate untuk Huawei fans di Indonesia," tutur Country Director Huawei CGB Indonesia, Fisher Jiang, dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (7/12/2020).

Rencananya, Huawei Mate 40 Pro akan diluncurkan di Indonesia pada 15 Desember 2020. Menyambut kehadiran produk anyar ini, Huawei juga sudah menyiapkan promosi bagi para pelanggan yang ingin memiliki Mate 40 Pro.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menikmati Pergantian Warna Daun Saat Musim Gugur di Kuil Joshinji Tokyo

Posted: 10 Dec 2020 10:00 PM PST

Seorang pria yang mengenakan masker mengunjungi kuil Buddha Joshinji sambil mengamati warna dedaunan musim gugur di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)
Seorang pria yang mengenakan masker mengunjungi kuil Buddha Joshinji sambil mengamati warna dedaunan musim gugur di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)

Seorang pria yang mengenakan masker mengunjungi kuil Buddha Joshinji sambil mengamati warna dedaunan musim gugur di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)

Orang-orang yang mengenakan masker mengunjungi kuil Buddha Joshinji sambil mengamati warna dedaunan musim gugur di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)
Orang-orang yang mengenakan masker mengunjungi kuil Buddha Joshinji sambil mengamati warna dedaunan musim gugur di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)

Orang-orang yang mengenakan masker mengunjungi kuil Buddha Joshinji sambil mengamati warna dedaunan musim gugur di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)

Orang-orang yang mengenakan masker mengunjungi kuil Buddha Joshinji sambil mengamati warna dedaunan musim gugur di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)
Orang-orang yang mengenakan masker mengunjungi kuil Buddha Joshinji sambil mengamati warna dedaunan musim gugur di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)

Orang-orang yang mengenakan masker mengunjungi kuil Buddha Joshinji sambil mengamati warna dedaunan musim gugur di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)

Seorang pria yang mengenakan masker mengunjungi kuil Buddha Joshinji sambil mengamati warna dedaunan musim gugur di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)
Seorang pria yang mengenakan masker mengunjungi kuil Buddha Joshinji sambil mengamati warna dedaunan musim gugur di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)

Seorang pria yang mengenakan masker mengunjungi kuil Buddha Joshinji sambil mengamati warna dedaunan musim gugur di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)

Seorang perempuan membungkuk sebelum keluar dari gerbang kuil Buddha Joshinji sementara pengunjung yang mengenakan masker mengamati warna dedaunan musim gugur yang jatuh di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)
Seorang perempuan membungkuk sebelum keluar dari gerbang kuil Buddha Joshinji sementara pengunjung yang mengenakan masker mengamati warna dedaunan musim gugur yang jatuh di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)

Seorang perempuan membungkuk sebelum keluar dari gerbang kuil Buddha Joshinji sementara pengunjung yang mengenakan masker mengamati warna dedaunan musim gugur yang jatuh di Tokyo, Jepang pada 9 Desember 2020. (AP Photo/Kiichiro Sato)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Gempa Bumi Dangkal Sesar Brebes

Posted: 10 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat di wilayah Brebes perlu mewaspadai aktivitas Sesar Brebes yang sewaktu-waktu bisa memunculkan gempa bumi. Hal itu setidaknya diutarakan Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, Jumat (11/12/2020).

"Melihat aktivitasnya, Sesar Brebes merupakan sumber gempa yang patut diwaspadai, karena aktivitas gempa dengan kekuatan di bawah 5,0 jika kedalamannya sangat dangkal dapat menimbulkan kerusakan," katanya.

Dia mengatakan, jika mencermati aktivitas kegempaan di zona Sesar Brebes tampak bahwa sesar ini masih sangat aktif, yang tampak dari seismisitas dan catatan sejarah kegempaannya.

Jalur Sesar Brebes di peta terletak di sebelah barat daya Kota Brebes yang struktur sesarnya memanjang sekitar 22 kilometer ke arah barat-timur, memiliki magnitudo tertarget 6,5. Sesar Brebes ini merupakan bagian dari Baribis-Kendeng Fold Thrust Zone.

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Sejarah Gempa Sesar Brebes

Dia menjelaskan, pada 13 Juli 2013 wilayah Brebes dan Kuningan pernah diguncang gempa berkekuatan 4,7 yang dipicu oleh Sesar Brebes. Guncangan dirasakan di Brebes dalam skala intensitas III MMI, Sedangkan di Kecamatan Cibingbing dan Kecamatan Bantarkawung intensitasnya mencapai mencapai IV MMI.

Dampak gempa saat itu tercatat ada 36 jiwa atau sembilan kepala keluarga yang terdampak gempa, dua rumah rusak berat di Dukuh Sindangsari dan Kastori, sedangkan tujuh rumah rusak ringan di Dukuh Pasir Salem.

Pusat gempa saat itu berada di perbatasan antara Kecamatan Cibingbing Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dan Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Selain itu, katalog gempa Jawa juga mencatat bahwa wilayah Kabupaten Brebes dan Kuningan pernah terjadi gempa akibat aktivitas sesar aktif pada 21 Oktober 1931, 16 Juni 1971, dan 4 Februari 1992 yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan.

Kejadian gempa terbaru tercatat pada Jumat (11/12) pukul 05.51.55 WIB yang mengguncang wilayah Brebes, Kuningan, Cirebon dan sekitarnya. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini memiliki kekuatan 4,2. Episenter terletak pada koordinat 7,07 LS dan 108,87 BT tepatnya di darat pada jarak 28 km arah barat daya Brebes, Jawa Tengah, pada kedalaman 5 kilometer.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa tersebut merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas Sesar Brebes.

Dampak gempa berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) dan laporan dari masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Brebes, Kuningan, dan Cirebon dengan Skala Intensitas II-III MMI dimana guncangan dirasakan seakan akan ada truk berlalu. Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai dampak kerusakan bangunan yang ditimbulkan oleh gempa tersebut.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEOGRAFIS: Mekanisme Vaksin Covid-19 Memicu Kekebalan Tubuh

Posted: 10 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Vaksin Covid-19 diyakini jadi salah satu solusi untuk mengakhiri pandemi. Bagaimana sebenarnya mekanisme vaksin dalam mencegah virus meninfeksi tubuh manusia?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spider-Man 3 Disebut Bakal Tampilkan Daredevil Versi Serial TV

Posted: 10 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar terbaru seputar Spider-Man 3 versi Marvel Cinematic Universe alias MCU semakin memanas. Setelah nama-nama seperti Andrew Garfield, Tobey Maguire dan sejumlah aktor dari film-film sebelumnya mencuat, satu nama kembali disebut.

Melansir dari Inverse.com, baru-baru ini, aktor Charlie Cox yang sempat memerankan Daredevil versi serial televisi, dikabarkan juga akan muncul untuk pertama kalinya di layar lebar sebagai Matt Murdock alias Daredevil dalam Spider-Man 3 versi MCU.

Kabar tersebut juga berseliweran di media sosial maupun situs asing seperti Murphy's Multiverse. Namun, hingga tulisan ini dibuat, isu Daredevil tersebut masih sekadar rumor yang beredar di kalangan fans dan orang-orang yang mengklaim dekat dengan pihak studio film Spider-Man 3, entah itu Marvel Studios atau Sony.

 

Klaim Satu Berita

Serial Daredevil. (Netflix)
Serial Daredevil. (Netflix)

Dalam situs Murphy's Multiverse penulis berita mengklaim bahwa ia mendapat kabar dari orang dalam studio film, mengenai kembalinya Charlie Cox sebagai Daredevil versi Netflix untuk Spider-Man 3.

Meskipun belum dikonfirmasi oleh pihak Sony maupun Marvel Studios, pada Maret 2020, isu ini disebarkan oleh Kevin Smith dan penulis Marc Bernardin di podcast mereka yang bertema Fat Man Beyond.

 

Sempat Dibantah Charlie Cox

Charlie Cox dalam serial Daredevil. (Netflix)
Charlie Cox dalam serial Daredevil. (Netflix)

Namun begitu, Charlie Cox membantah pada akhir April 2020 kepada Comicbook.com mengenai isu keterlibatannya dengan Sony dan Marvel untuk tampil di Spider-Man 3 versi MCU. Ia bahkan berkata bahwa seandainya ada Daredevil pun bukan dirinya yang diajak.

 

Bersama Aktor Lain

"Saya belum mendengar rumor itu, tapi ini pastinya bukan dengan Daredevil versi saya. Saya tak terlibat di dalamnya. Kalau itu benar, itu bukan bersama saya. Itu bersama aktor lainnya," kata Charlie Cox kepada Comicbook.com.

 

Bebas Digunakan

Marvel Studios kini sudah bebas menggunakan Daredevil untuk proyek-proyek mendatang sejak 29 November 2020 dikarenakan batas waktu Netflix untuk merilis serial baru sudah kedaluwarsa.

Terakhir kali, serial tersebut dinyatakan tak lanjut musim keempat pada 29 November 2018. Dan Netflix membutuhkan waktu dua tahun untuk meluncurkannya jika masih ingin memegang hak ciptanya.

Karakter Lainnya

Selain Daredevil, Netflix juga sudah kehabisan jatah untuk memproduksi serial Marvel dari karakter lainnya seperti Jessica Jones, Luke Cage, Iron Fist, dan juga Punisher.

Sebelumnya, penggemar dikejutkan dengan kembalinya Jamie Foxx sebagai Electro dan Alfred Molina sebagai Doctor Octopus untuk Spider-Man 3. Mereka sebelumnya tampil sebagai karakter tersebut di film-film Spider-Man lawas sebelum MCU.

Kabar mengenai Andrew Garfield dan Tobey Maguire memerankan Spider-Man kembali pun sempat mencuat dan masih berupa rumor yang belum terkonfirmasi hingga kini. Film Spider-Man 3 versi MCU dijadwalkan tayang Desember 2021.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UU Cipta Kerja Beri Keadilan ke UMKM

Posted: 10 Dec 2020 09:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakan Hukum, dan Ketahanan Ekonomi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Elen Setiadi memastikan bahwa implementasi Undang-Undang (UU) Cipta Kerja akan adil bagi UMKM. Khususnya terkait perizinan berusaha.

"UU Cipta Kerja ini akan lebih adil bagi UMKM. Karena selama ini pengurusan izin berusaha antara UMKM dan perusahaan besar itu disamaratakan, sehingga ini memberatkan UMKM," tuturnya dalam acara Serap Aspirasi Implementasi UU Cipta Kerja: Sektor Perindustrian, Perdagangan, dan Transportasi, Jumat (11/12/2020).

Anak buah Menko Airlangga ini mengatakan, melalui UU Cipta Kerja, pemerintah akan memudahkan UMKM dalam proses perizinan berusaha. Di mana para pelaku UMKM cukup mengurus izin untuk memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB).

"Sehingga untuk UMKM yang telah mengantongi NIB bisa langsung mendapatkan izin. Artinya tidak perlu ada izin usaha lainnya lagi bagi UMKM," terangnya.

Selain itu, proses pengurusan izin NIB juga bisa dilakukan secara online. Alhasil biaya pengurusan NIB yang ditanggung oleh UMKM bisa lebih murah.

"Kan modal UMKM rata-rata cuma Rp 5 juta. Sementara kalau dulu itu disamakan dengan perusahaan yang mempunyai modal Rp 5 triliun. Sehingga UU Cipta Kerja ini lebih adil bagi UMKM," tutupnya.

 

Sertifikasi Halal

MenkopUKM Teten Masduki meninjau rencana pembangunan rumah produksi bersama di Jombangrejo, Mandong, Trucuk, Klaten, Minggu (6/12/2020).
MenkopUKM Teten Masduki meninjau rencana pembangunan rumah produksi bersama di Jombangrejo, Mandong, Trucuk, Klaten, Minggu (6/12/2020).

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyebut kehadiran Undang-Undang (UU) Cipta Kerja semakin memudahkan UMKM untuk mendapatkan sertifikasi produk halal. Sebab, di dalam UU berisi 812 halaman itu, salah satu poinya membebaskan biaya sertifikasi halal bagi UMKM.

Dia menyadari tantangan terbesar sertifikasi halal bagi UMKM saat ini adalah biaya mengaksesnya. Akibatnya hanya usaha menengah dan besar yang memiliki kecukupan modal untuk mampu mendapat sertifikasi halal selama ini.

"Tapi Alhamdulillah, melalui UU Cipta Kerja, sertifikasi halal bagi UMK tanpa biaya atau gratis," kata Menkop Teten dalam Peluncuran Program Pelatihan Digitalisasi Pemasaran dan Manajemen Halal bagi UMKM, secara virtual di Jakarta, pada Selasa 20 Oktober 2020.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taylor Swift Kejutkan Fans lewat Album Baru Evermore, Dianalogikan seperti Masuk Hutan

Posted: 10 Dec 2020 09:54 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Sebuah cuitan di akun Twitter pribadi Taylor Swift pada Kamis (11/12/2020) kemarin, bikin heboh para penggemarnya. Pasalnya ini bukan cuitan biasa mengenai keseharian pelantun "Blank Space" tersebut. Taylor Swift memperkenalkan album baru miliknya.

"Aku sangat berbahagia mengatakan kepada kalian bahwa album studio ke-9 ku, saudari dari folklore, akan dirilis pada malam ini, tengah malam wilayah timur. Judulnya evermore," tulis peraih 10 Piala Grammy ini. 

Kekasih aktor Joe Alwyn ini menyertakan foto memunggungi kamera, menampilkan rambut pirangnya yang dikepang, dengan suasana musim gugur di latar belakang. 

Hutan Dongeng

Unggahan Taylor Swift. (Twitter/ taylorswift13)
Unggahan Taylor Swift. (Twitter/ taylorswift13)

Biduan berusia 30 tahun ini kemudian menceritakan sekilas proses kreatif di balik albumnya ini.

"Bila diceritakan secara datar saja, kami tak bisa berhenti membuat lagu. Bila diceritakan dengan lebih puitis, rasanya seperti kami berdiri di pinggir hutan dunia dongeng dan punya pilihan: berputar balik dan pergi atau masuk lebih dalam ke hutan musik ini. Kami memutuskan untuk masuk lebih dalam," tulis Taylor Swift. 

Berbeda dari Sebelumnya

Taylor Swift di MTV VMA 2019 (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)
Taylor Swift di MTV VMA 2019 (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)

Taylor Swift mengatakan albumnya ini berbeda dari proyek yang ia kerjakan jauh sebelumya. Yakni, masih terkait dengan karyanya sebelum ini, Folklore.

"Pada masa lalu aku selalu memperlakukan albumku sebagai satu era saja, dan setelah albumnya rilis aku berpindah untuk merencanakan yang selanjutnya. Ada sesuatu yang berbeda dengan folklore. Saat membuatnya, tak terasa seperti aku berangkat, lebih seperti aku kembali," cuitnya. 

Mimpi dan Tragedi

Taylor Swift (Chris Delmas / AFP)
Taylor Swift (Chris Delmas / AFP)

Kesan yang kuat dari Folklore membuatnya ingin menggali terus tema serupa. 

"Aku menyukai eskapisme yang kutemukan dalam dongeng imajiner/bukan imajiner ini. Aku juga sangat suka bagaimana kalian menyambut dunia mimpi dan tragedi dan dongeng hebat mengenai cinta yang hilang dan ditemukan, ke dalam hidup kalian. Jadi aku terus menulisnya," Taylor Swift menyambung. 

Masalah dengan Scooter Braun

Album baru ini menambah kebahagiaan Taylor Swift, yang selama beberapa tahun terakhir bersengketa dengan Scooter Braun. Seperti diketahui, November lalu, ia sudah bisa mulai merekam album-album lama yang masternya sempat dikuasai produser kondang ini. 

Scooter Braun sendiri bulan lalu diketahui telah menjual master album milik Taylor Swift dengan harga lebih dari 4 triliun rupiah. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut Harap Perusahaan AS Jadikan Indonesia Basis Industri Manufaktur

Posted: 10 Dec 2020 09:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - United States Trade Representative (USTR) Amerika Serikat (AS) secara resmi telah mengeluarkan keputusan untuk memperpanjang pemberian fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) kepada Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berharap, perusahaan AS dapat melihat kebijakan tersebut sebagai peluang untuk menjadikan Indonesia sebagai basis manufaktur mereka.

"Pemerintah Indonesia berharap perusahaan-perusahaan AS dapat melihat ini sebagai peluang menjadikan Indonesia sebagai basis manufaktur mereka untuk ekspor ke AS, ke pasar Asia dan ke Pasar Indonesia yang besar yaitu 272,73 juta jiwa dengan PDB lebih dari USD 1 triliun," kata Luhut dalam US-Indonesia Investment Summit ke-8, Jumat (11/12/2020).

Luhut meirncikan, terdapat 3.572 pos tarif yang telah diklasifikasikan oleh US Customs and Border Protection (CBP) pada level Harmonized System (HS) 8-digit yang mendapatkan pembebasan tarif melalui skema GSP.

Adapun 3572 pos tarif tersebut mencakup produk-produk manufaktur dan semi manufaktur, pertanian, perikanan dan juga industri primer. LEbih lanjut, daftar produk yang mendapatkan pembebasan tarif bisa dilihat pada Harmonized Tariff Schedule of the United States (HTS-US).

Di sisi lain Luhut menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mencanangkan visi Indonesia 2045. Dimana Indonesia akan tumbuh sebagai ekonomi terbesar di dunia.

"Kami yakin, bahwa kami sebagai pemerintah telah melakukan bagian kami. Dimana Anda termasuk dalam komunitas investasi akan memulai bersama kami, seperti apa yang kami harapkan," ujar Luhut dalam forum.

Menko Luhut Klaim Indonesia Mulai Keluar dari Resesi

Menkomaritim Luhut Binsar Panjaitan memberi sambutan saat menghadiri penandatanganan kerja sama antar bank sindikasi di Jakarta, Jumat (29/12). Kerja sama antar bank tersebut sebesar 19,25 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menkomaritim Luhut Binsar Panjaitan memberi sambutan saat menghadiri penandatanganan kerja sama antar bank sindikasi di Jakarta, Jumat (29/12). Kerja sama antar bank tersebut sebesar 19,25 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia sudah mulai keluar dari resesi ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19. Hal ini merujuk pada perbaikan dari kontraksi ekonomi per kuartal.

"Kita sudah mulai keluar dari resesi angka dari kontraksi 5,32 persen, kemarin hanya 3,49 persen. Angka ini saya kira sudah bagus," kata Luhut di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (12/11/2020).

Menurut Luhut dari data tersebut sudah menunjukkan perbaikan. Dia mengklaim tidak ada masalah yang berarti di semua bank baik dari buku I, II, III maupun IV.

"Dan lebih penting lagi semua bank buku 1 2 3 4 tidak ada masalah dengan cashflow di dalam," ungkap Luhut.

Selain itu ketersediaan dana juga sudah cukup untuk menghadapi sisa dampak dari pandemi. Luhut meyakini secara ekonomi, kondisi Indonesia sudah membaik.

"Ketersediaan dana itu juga cukup sehingga kita betul-betul dalam konteks ekonomi sudah membaik," kata dia.

Sementara itu dari sisi penanganan kesehatan, Luhut menilai dalam 2 pekan terakhir terus mengalami perbaikan. Khususnya peningkatan kasus baru di kota yang angkanya mulai berkurang.

Kata mantan Menkopolhukam ini, bila disiplin protokol kesehatan terus digalakkan pengendalian penyebaran virus akan semakin mudah dilakukan. Apalagi pasca libur panjang di bulan Oktober lalu tidak menunjukkan peningkatan kasus baru yang mengkhawatirkan. Namun itu jauh berbeda dari angka agustus

"Libur panjang beberapa daerah masih flattening ada terus menurun dan beberapa naik di sedikit tempat di Jawa," kata dia.

Ini menunjukkan tambah Luhut, kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan sudah sangat baik. "Menurut saya kesadaran terhadap pentingnya protokol kesehatan sudah sangat baik," kata dia mengakhiri. 

Infografis Protokol Kesehatan

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi COVID-19, Mesin ATM Isi Sayuran Laku Keras di Prancis

Posted: 10 Dec 2020 09:54 PM PST

Paris - Pandemi COVID-19 membuat orang berupaya menciptakan inovasi agar terus dapat melangsungkan hidup. Salah satunya di Prancis, melalui mesin ATM berisi sayuran.

Bagi petani, ini memang peluang di masa pandemi Corona COVID-19. Dengan mesin penjual otomatis, mereka bisa menjangkau pembeli 24 jam sehari. Semuanya bahkan sesuai aturan kesehatan.

Seperti dikutip dari DW Indonesia, Jumat (11/12/2020), mesin anjungan mandiri untuk penjualan barang memang makin banyak bermunculan di sepanjang jalan raya di kawasan pertanian Prancis.

Salah satu yang meraup untung dari tren baru ini adalah perusahaan kecil Le Casier Francais, pembuat mesin penjual otomatis yang kini dibanjiri dengan pesanan dari berbagai penjuru negeri. Perusahaan ini memperkirakan, omzet mereka tahun ini akan naik dua kali lipat dibanding 2019, yang mencapai 1,2 juta euro (sekitar Rp 20 miliar).

Bisnis Berkembang Pesat

Le Casier Francais, perusahaan kecil di Prancis utara ini mendesain dan membuat mesin penjual otomatis sesuai kebutuhan. Termasuk model mutakhir dengan mesin pendingin dan terhubung ke internet.

Sejak awal krisis COVID-19 yang mendorong Prancis untuk memberlakukan lockdown pertamanya pada bulan Maret lalu, bisnis ini berkembang pesat.

Direktur Le Casier Francais Manuel Moutier mengatakan industrinya justru mengalami peningkatan produksi.

"Kami menerima puluhan permintaan setiap hari," tutur Manuel Moutier.

Kendati demikian, Manuel Moutier mengungkap, tak semua langsung berujung pada pesanan. Alasannya, karena dibutuhkan waktu untuk menyelesaikan proyek yang sering kali juga melibatkan pembiayaan dari bank.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Mesin Anjungan Mandiri Andalan Petani

ilustrasi buah dan sayur/Photo by S'well on Unsplash
ilustrasi buah dan sayur/Photo by S'well on Unsplash

Satu mesin penjualan otomatis dari Le Casier Francais dengan seratus loker kecil harganya sekitar 40 - 50 ribu euro (Rp 684 - 855 juta). Bagi petani, ini adalah investasi yang cukup besar. Tapi menurut penjual mesin ini, investasi itu bisa cepat kembali dengan meningkatnya permintaan produk sayuran.

Manuel Moutier, tidak hanya petani yang sekarang menggunakan mesinnya. "Klien-klien terbaru kami, seperti kafetaria dan toko makanan sampai perusahaan, sekarang dapat menawarkan hidangan kapan saja".

Benoit Soufflet, petani sayuran di luar kota Lille, memasang mesin anjungan mandiri dengan 60 loker pada awal Juli lalu.

"Dalam tiga bulan saja, 30 ribu euro (Rp 513 juta) yang diinvestasikan telah kembali," katanya.

Omsetnya per bulan bisa mencapai 10 - 15 ribu euro (Rp 170 - 250 juta). "Peternakan kami terletak di samping supermarket ... dan banyak orang yang berhenti dan meminta untuk membeli salad atau seikat lobak, itu yang memberi memberi kami ide ini," tambahnya.

Terhubung ke internet untuk pembayaran dengan kartuMarie Froment memasang mesin penjual otomatis dengan 88 loker di dekat pertaniannya di Thun-Saint-Amand, sebuah desa dengan 1.100 penduduk dekat perbatasan dengan Belgia. Dengan mesin itu dia menjual produk susu dan produk lokal lainnya, termasuk sayuran, jus apel, telur, dan wafel.

"Dengan adanya Virus Corona COVID-19, orang lebih suka menggunakan mesin otomatis daripada masuk ke toko," ujarnya.

Tetapi tidak selalu mudah untuk memasang mesin otomatis yang terhubung dengan internet di daerah pedesaan.

"Terkadang ada masalah dengan koneksi 4G," kata Mathieu Lucas, petani di Bailleul-le-Soc sekitar satu jam di utara Paris.

Keuntungannya, dengan koneksi internet mesin bisa menerima pembayaran kartu. Ini tidak hanya memudahkan bagi pembeli, tetapi juga mencegah pencurian uang tunai di mesin. Selain itu, pemilik mesinnya tidak perlu sibuk mengisi mesin penjualnya dengan koin untuk uang kembali. Yang perlu adalah mengisi mesin otomatis itu dengan barang dagangan mereka.

"Kami memiliki seseorang yang bekerja penuh waktu untuk mesin tersebut, yang mengisinya setidaknya dua kali sehari. Karena kalau loker kosong, klien tidak akan kembali," kata Benoit Soufflet.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesal Dapat Kado Ulang Tahun Diskonan, Cowok Ini Pakai Untuk Keset

Posted: 10 Dec 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Momen ulang tahun memang menjadi salah satu momen berkesan. Dalam setiap tahun banyak orang memperingati hari lahirnya tersebut dengan berbagai macam cara.

Mulai dari acara ulang tahun pada umumnya, hingga acara doa bersama di rumah dengan keluarga. Selain itu banyak pula keluarga dan sahabat memberikan hadiah kado.

Hadiah kado ulang tahun bermacam-macam, bisa berupa uang hingga barang-barang mahal. Namun, tentunya kado dari setiap pemberian adalah wujud rasa tulus dan kasih sayang yang harus diterima.

Tetapi ada seorang netizen yang baru-baru ini ulang tahun namun kesal mendapat kado baju yang ternyata diskonan. Karena tahu dari barang diskon, ia pun menggunakan baju dari kado tersebut untuk keset. Aksinya ini pun viral dan menjadi sorotan banyak netizen seperti Liputan6.com kutip dari TikTok, Jumat (11/12/2020).

Dapat kado ulang tahun dari diskonan, netizen ini pun kesal

Kesal dapat kado diskonan (Sumber: TikTok/mcbib1)
Kesal dapat kado diskonan (Sumber: TikTok/mcbib1)

Seorang pengguna TikTok bernama @mcbib1 baru-baru ini viral usai mengunggah videonya saat membuka kado ulang tahun dari temannya. Ia pun berulang tahun pada 4 November 2020 kemarin. Namun ia sendiri baru mengunggah kado ulang tahunnya ini pada 6 Desember 2020 di media sosial TikTok.

Ia memperlihatkan kado dari temannya tersebut berupa baju. Namun bukannya bahagia, ia malah merasa kesal karena kado tersebut merupakan barang diskon usai dicek ke tokonya. Video ini pun viral dan sampai saat ini ia mendapat lebih dari 3 ribu komentar.

Karena kesal, hadiah ulang tahunnya ini pun dijadikan keset

Kesal dapat kado diskonan (Sumber: TikTok/mcbib1)
Kesal dapat kado diskonan (Sumber: TikTok/mcbib1)

Karena kesal mendapat kado baju diskonan, ia pun menggunakan hadiah tersebut sebagai keset. Sikapnya yang tak terpuji itu lantas langsung banjir komentar dari banyak netizen atas sikapnya tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joe Biden dan Kamala Harris Jadi Person of The Year 2020 Majalah Time

Posted: 10 Dec 2020 09:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris didaulat sebagai "Person of the Year" 2020 oleh majalah Time

Hal itu diumumkan pihak majalah Time pada 10 Desember 2020. 

Dilansir AFP, Jumat (11/12/2020) kedua kandidat presiden dan wakil presiden dari Partai Demokrat AS tersebut dipilih dari tiga finalis lainnya, yakni sebuah gerakan keadilan rasial, pekerja perawatan kesehatan garis depan AS Anthony Fauci, dan Presiden Donald Trump yang dikalahkan Biden dalam pemilu AS pada November 2020. 

Sampul majalah Time, menampilkan potret Biden (78) dan Harris (56) dengan judul "Changing America's story". 

Dalam pemilu AS 2020, Biden unggul dengan memenangkan 306 electoral college sementara Trump meraih 232 electoral college.

Selain itu, Biden juga menerima sekitar tujuh juta suara lebih banyak daripada pesaingnya dari Partai Republik, yang belum mengakui kemenangannya, dan mengklaim adanya penipuan dalam Pemilu AS 2020.

Sekilas Penghargaan Tahunan oleh Majalah Time

Gambar Tangkapan Layar Foto Situs Majalah TIME.
Gambar Tangkapan Layar Foto Situs Majalah TIME.

Penghargaan majalah Time - dibagikan setiap tahun sejak 1927 - dibuat dalam rangka memberikan penghormatan untuk seseorang atau mereka yang telah memberikan pengaruh kapada publik.

Pada Kamis pagi, Time memilih legenda bola basket LeBron James sebagai Athlete of the Year atas prestasinya di dalam dan di luar lapangan.

Pemain Los Angeles Lakers berusia 35 tahun itu mendapat kehormatan karena perjuangannya dalam melawan penindasan pemilih di antara warga kulit hitam dalam satu tahun ketika ia memenangkan gelar NBA keempatnya.

Sementara itu, grup penyanyi K-pop BTS, mendapatkan Entertainer of the Year.

Adapun aktivis perubahan iklim,remaja, Greta Thunberg, yang menjadi Time's Person of the Year pada 2019 lalu, sementara Trump meraihnya pada tahun 2016.

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPR RI Minta Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 Aman

Posted: 10 Dec 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong pemerintah, untuk melakukan edukasi dan sosialiasi ke masyarakat terkait vaksin Covid-19.

Hal ini disampaikan Puan dalam pidato di Rapat Paripurna Penutupan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2020-2021, di Gedung Parlemen, Jumat (11/12/2020).

Menurut dia, sosialisasi dan edukasi vaksin Covid-19 ini penting agar dapat dipahami dan tidak terjadi salah informasi.

Politisi PDIP ini memandang, vaksin Covid-19 adalah sebuah harapan besar masyarakat Indonesia untuk segera mengakhiri pandemi ini. Karena itu, dia meminta pemerintah memastikan vaksin tersebut aman.

"Kami meminta pemerintah agar memastikan bahwa vaksin tersebut aman dan layak untuk digunakan," kata Puan.

Meski vaksin Covid-19 tinggal menunggu waktu, menurutnya pemerintah tidak boleh lengah melakukan kontrol protokol kesehatan. Terlebih, menjelang natal dan tahun baru, dicemaskan Puan akan terjadi potensi kerumunan massa.

"Memasuki akhir Desember, terdapat perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Pemerintah agar memastikan pelaksanaan protokol kesehatan, khususnya di bandara, pelabuhan, terminal, dan stasiun," ujar Puan.

 

Jangan Lengah

Puan berpandangan, meski libur akhir tahun sudah dikurangi, potensi meningkatnya arus transportasi pada akhir Desember harus tetap diperhatikan.

Sebab, melihat kondisi kasus positif harian yang terus meningkat.

"Penambahan jumlah kasus per hari telah mencetak rekor baru sehingga Pemerintah agar segera melakukan upaya yang lebih kuat," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perduli Nasib Muslim Uighur, Striker Barcelona Antoine Griezmann Tinggalkan Huawei

Posted: 10 Dec 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Striker Barcelona, Antoine Griezmann, menghentikan kerjasama sponsorship dengan perusahaan telekomunikasi asal China, Huawei. Langkah ini diambil setelah Huawei diduga ikut ambil bagian dalam tindakan diskriminatif terhadap kelompok muslim Uighur lewat pengembangan aplikasi penanda wajah.

Griezmann telah menjalin kerjasama dengan Huawei usai Piala Dunia 2018 lalu di mana Prancis keluar sebagai juara dunia. Sejak saat itu, Griezmann beberapa kali terlibat dalam iklan produk  Huawei. 

Namun belum lama ini, Griezmann memutuskan mengakhiri kerjasama ini. Lewat akun Instagram-nya seperti dilansir dari Marca, mantan pemain Atletico Madrid itu kemudian menyampaikan alasannya. 

"Menyusul dugaan kuat kalau Huawei berkontribusi terhadap pengembangan 'Uyghur alert' atau 'peringatan Uighur' lewat salah satu program pemindai wajah, maka dengan ini saya mengumumkan untuk mengakhiri kerjasama dengan perusahaan ini secepatnya," ujar Griezmann. 

 

Komentar Selanjutnya

Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann, tampak kecewa usai gagal mencetak gol ke gawang Dynamo Kiev pada laga Liga Champions di Stadion Camp Nou, Kamis (5/11/2020). Barcelona menang dengan skor 2-1. (AP/Joan Monfort)
Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann, tampak kecewa usai gagal mencetak gol ke gawang Dynamo Kiev pada laga Liga Champions di Stadion Camp Nou, Kamis (5/11/2020). Barcelona menang dengan skor 2-1. (AP/Joan Monfort)

"Lewat kesempatan ini, saya mengundang Huawei untuk tidak hanya menyangkal kasus ini tapi juga mengambil langkah konkret sesegera mungkin untuk mengambil tindakan konkret dalam mengutuk penindasan massal ini, dan menggunakan pengaruhnya untuk berkontribusi pada penghormatan hak asasi manusia di masyarakat," pemain berusia 29 tahun itu menambahkan pada akun Instagram-nya.

 

Menuai Kritik

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah China telah menuai dikritik dari berbagai pihak atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap kelompok minoritas Uighur di negaranya. Kelompok ini berasal dari Daerah Otonomi Xinjiang Barat yang mayoritas adalah Muslim.

Namun China selalu membantah tudingan itu. Bahkan pemerintah China belum lama ini menganggap komentar Paus Fransiskus terkait isu Uighur sebagai tudingan yang tidak berdasar sama sekali.    

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satelit Satria 1 Hasil Kerja Sama Indonesia-AS Meluncur ke Orbit Kuartal IV 2023

Posted: 10 Dec 2020 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengatakan bahwa Indonesia menjalin jerma sama dengan Amerika Serikat (AS) melalui untuk proyek Satelit Satria 1. Satelit ini dibuat oleh Tales Alemania Space dan roket peluncurnya menggunakan Space X Falcon 95500 asal AS yang saat ini sedang dalam proses produksi.

"Kerja sama secara konkrit Kementerian kominfo dengan Amerika Serikat setidaknya dari dorongan untuk terus memastikan rocket launcher-nya," kata Menkominfo, Johnny G Plate dalam US-Indonesia Investment Summit ke-8, Jumat (11/12/2020).

Saat ini, Johnny menyebutkan ada 9 satelit yang digunakan di Indonesia. Lima diantaranya merupakan satelit nasional, sementara empat lainnya merupakan satelit asing.

Untuk Satelit Satria 1 sendiri, rencananya akan diluncurkan pada kuartal IV-2023. Satelit ini akan ditempatkan pada slot orbit 146 Bujur Timur (BT).

Satelit dengan kapasitas 150 Gbps ini merupakan salah satu yang terbesar di Asia. Untuk kepentingan Indonesia, satelit akan digunakan untuk layanan Wi-Fi di 150 ribu titik layanan publik.

Kedepannya, Johnny juga melihat kelanjutan kerjasama Indonesia-AS di sektor telekomunikasi yang berkaitan dengan ekonomi digital mendatang. Sehingga, penting bagi kedua negara untuk meningkatkan hubungan ekonominya.

"Berbagai potensi dan peluang usaha di sektor telekomunikasi dan digital ekonomi yang perlu kita bersama, antara Indonesia dan Amerika Serikat untuk meningkatkan relasi dan hubungan ekonomi antar dua negara agar semakin bertumbuh berkembang," pungkas dia.

Langkah Pemerintah Amankan Slot Orbit Satelit Satria-1

Ilustrasi satelit (@freephotos/Pixabay).
Ilustrasi satelit (@freephotos/Pixabay).

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate baru saja mengumumkan situasi terkini pengadaan satelit Satria-1. Salah satu yang diumumkan adalah mundurnya jadwal peluncuran satelit tersebut karena pandemi saat ini berpengaruh pada proses produksi.

Untuk itu, Johnny mengatakan pemerintah sudah meminta perpanjangan waktu selama 14 bulan untuk tetap dapat menempatkan satelit Satria-1 di slot orbit 146 BT (Bujur Timur).

Sebagai informasi, satelit ini direncanakan untuk dapat meluncur ditempatkan di orbit pada Maret 2023. Namun karena penundaan ini, satelit ini paling cepat baru bisa mencapai orbitnya pada kuartal keempat 2023.

"Dengan demikian, kita semua masih yakin bahwa satelit Satria-1 akan ditempatkan di orbit sesuai tambahan waktu penempatan yang diminta oleh Indonesia," tutur Johnny dalam siaran pers yang dikutip dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Selain meminta perpanjang waktu, Johnny juga menuturkan pemerintah telah mempersiapkan dua langkah alternatif lain untuk memastikan orbit satelit di 146BT tetap bisa digunakan Indonesia.

Langkah lain yang dilakukan pemerintah adalah menyiapkan backup filling satelit yang sudah didaftarkan di ITU (International Telecommunication Union) sebagai cadangan.

"(Ada) Nusantara PE1-A, apabila filing satelit PSN-146E tidak dapat digunakan lagi. Mudah-mudahan hal ini tetap masih bisa kita gunakan karena itu biasa terjadi di dalam industri ini," tutur Johnny melanjutkan.

Dia juga menjelaskan proses pendaftaran dan penyelesain koordinasi sudah dijalankan sejak lama. Karenanya, masalah koordinasi krusial dengan negara yang diwajibkan, banyak yang telah diselesaikan.

Langkah alternatif kedua adalah operator satelit Indonesia dapat menyewa dan menempatkan satellite floater dalam jangka waktu tertentu. Lewat alternatif ini, Indonesia tetap dapat memenuhi kewajiban regulasi ITU untuk menempati slot orbit 146BT.

"Dengan demikian, filing PSN 146 E akan tetap terjaga keberadaannya dan dapat digunakan oleh Satelit Satria-1," ujar Johnny menjelaskan. Lewat tiga langkah itu, Johnny pun mengatakan pengadaan dan penempatan satelit Satria-1 ini dapat berlangsung baik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Santai Hyun Bin, Tetap Kece dan Curi Perhatian

Posted: 10 Dec 2020 09:35 PM PST

Sebelum bermain dalam drama Korea Selatan Crash Landing on You, gaya rambut Hyun Bin juga menjadi perhatian publik. Di berbagai penampilannya, pria 38 tahun ini lebih sering terlihat menggunakan jaket. (Liputan6.com/IG/@vast.ent)
Sebelum bermain dalam drama Korea Selatan Crash Landing on You, gaya rambut Hyun Bin juga menjadi perhatian publik. Di berbagai penampilannya, pria 38 tahun ini lebih sering terlihat menggunakan jaket. (Liputan6.com/IG/@vast.ent)

Sebelum bermain dalam drama Korea Selatan Crash Landing on You, gaya rambut Hyun Bin juga menjadi perhatian publik. Di berbagai penampilannya, pria 38 tahun ini lebih sering terlihat menggunakan jaket. (Liputan6.com/IG/@vast.ent)

Penampilan semi-formal yang dikenakan oleh Hyun Bin satu ini juga bisa jadikan inspirasi gaya OOTD. Bahkan, rambutnya yang terlihat sedikit gondrong pun dinilai menambah poin penampilannya. (Liputan6.com/IG/@vast.ent)
Penampilan semi-formal yang dikenakan oleh Hyun Bin satu ini juga bisa jadikan inspirasi gaya OOTD. Bahkan, rambutnya yang terlihat sedikit gondrong pun dinilai menambah poin penampilannya. (Liputan6.com/IG/@vast.ent)

Penampilan semi-formal yang dikenakan oleh Hyun Bin satu ini juga bisa jadikan inspirasi gaya OOTD. Bahkan, rambutnya yang terlihat sedikit gondrong pun dinilai menambah poin penampilannya. (Liputan6.com/IG/@vast.ent)

Meski sering terlihat menggunakan jaket, namun, penampilan Hyun Bin saat menggunakan kaus juga berhasil mencuri perhatian. Kaus putih polos dengan model V-neck satu ini pun hanya memiliki detail pada kantung saku di bagian depan. (Liputan6.com/IG/@vast.ent)
Meski sering terlihat menggunakan jaket, namun, penampilan Hyun Bin saat menggunakan kaus juga berhasil mencuri perhatian. Kaus putih polos dengan model V-neck satu ini pun hanya memiliki detail pada kantung saku di bagian depan. (Liputan6.com/IG/@vast.ent)

Meski sering terlihat menggunakan jaket, namun, penampilan Hyun Bin saat menggunakan kaus juga berhasil mencuri perhatian. Kaus putih polos dengan model V-neck satu ini pun hanya memiliki detail pada kantung saku di bagian depan. (Liputan6.com/IG/@vast.ent)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih dari 110 Ribu Restoran Tutup Permanen di Amerika Serikat

Posted: 10 Dec 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 telah melumpuhkan berbagai industri di Amerika Serikat (AS), salah satunya restoran. Lebih dari 110 ribu restoran telah tutup secara permanen atau jangka panjang di seluruh AS akibat dampak pandemi corona Covid-19.

Data tersebut merupakan perhitungan nasional berdasarkan survei yang dirilis pada Senin lalu oleh Asosiasi Restoran Nasional (NRA), AS. Melansir dari laman Bloomberg, Kamis, 10 Desember 2020, angka penutupan restoran naik sekitar 100 ribu dalam survei yang dilaksanakan pada September 2020.

Asosiasi yang berbasis di Washington itu membagikan hasil terbaru dengan para pemimpin Kongres AS. Mereka berupaya untuk mengamankan dukungan keuangan restoran sebagai sektor yang diguncang oleh kenaikan biaya dan penurunan penjualan.

"Industri restoran tak bisa menunggu bantuan lebih lama lagi," ujar Sean Kennedy, Wakil Presiden Eksekutif untuk urusan publik NRA, dalam suratnya kepada Kongres. "Apa yang diperjelas oleh temuan ini adalah bahwa lebih dari 500 ribu restoran dari setiap jenis bisnis - waralaba, rantai, dan independen - berada dalam ekonomi yang terjun bebas."

Saat orang terus tinggal dan makan di rumah dan larangan makan dalam ruangan baru muncul di seluruh AS, pemilik restoran telah berjuang untuk mempertahankan penjualan. Banyak daerah yang paling terpukul, seperti di negara bagian New York dan Illinois.

Hampir 90 persen restoran dengan layanan lengkap dalam survei tersebut melaporkan penurunan, dengan pendapatan rata-rata turun 36 persen. Pengeluaran juga meningkat di tengah pandemi, sebanyak 59 persen operator mengatakan total biaya tenaga kerja sebagai persentase penjualan lebih tinggi daripada sebelum pandemi.

Industri telah memohon bantuan, dengan banyak yang menggantungkan harapan mereka pada Undang-Undang Restoran, yang akan menetapkan dana senilai 120 miliar dolar AS untuk membantu restoran, serta Program Perlindungan Gaji.

Tak Stabil hingga 2021

Ilustrasi Restoran (Dok.Unsplash)
Ilustrasi Restoran (Dok.Unsplash)

Sementara itu, prospek sektor restoran sangat mengkhawatirkan. Sebanyak 37 persen operator mengatakan kecil kemungkinan restoran mereka akan tetap beroperasi enam bulan dari sekarang jika tidak ada paket bantuan tambahan pemerintah. Lebih dari satu dari tiga operator sedang mempertimbangkan menutup restoran mereka untuk sementara hingga kondisi membaik.

Dengan kasus Covid-19 yang terus meningkat, Gubernur Andrew Cuomo mengatakan makan di dalam ruangan akan ditutup di New York City dan dikurangi di seluruh negara bagian jika tingkat rawat inap regional belum stabil setelah lima hari.

Penderitaan dirasakan di antara rantai perdagangan publik serta perusahaan independen. Indeks S&P, saham restoran turun sebanyak 1,3 persen pada Senin lalu, dengan Dave & Buster's Entertainment Inc., BJ's Restaurants Inc. dan Cheesecake Factory Inc. termasuk di antara penurunan terbesar. Masing-masing memiliki eksposur yang relatif besar ke California, yang terus diguncang oleh penguncian, kebakaran hutan, dan pemadaman listrik.

"Sulit tampaknya melewati tren penjualan dan lalu lintas industri restoran yang sangat susah untuk mencari sinar terang bagi industri (restoran) saat ini," tulis analis Telsey Advisory Group Bob Derrington dalam sebuah catatan.

Dia memperkirakan tren penjualan akan tetap "tidak stabil" hingga 2021. Hal itu terjadi karena lebih banyak negara bagian dan kota menindak setiap kerumunan orang, termasuk makan di bar dan restoran.

Cara Aman Pesan Makanan Lewat Online dari Covid-19

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Tersingkir dari Liga Champions Gara-Gara Raiola

Posted: 10 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United baru saja dipastikan tersingkir dari Liga Champions. MU tak mampu lolos dari fase grup setelah kalah dari Red Bull Leipzig di laga pamungkas pertengahan pekan ini.

Butuh hasil imbang untuk lolos ke 16 besar Liga Champions, MU malah kalah 2-3 dari Leipzig. Akibatnya MU harus puas finis di posisi ketiga klasemen Grup G Liga Champions.

MU kalah bersaing dengan Paris Saint Germain dan Leipzig yang mewakili Grup G ke 16 besar. The Red Devils turun kasta ke Liga Europa.

Kegagalan MU ini disesalkan legenda klub Dimitar Berbatov. Pria Bulgaria itu lantas menyalahkan agen Paul Pogba, Mino Raiola sebagai biang keladinya.

Berbatov menyoroti pernyataan Raiola yang menyatakan Pogba sudah tak betah di MU dan ingin pergi. Pernyataan tersebut dibuat jelang laga penting kontra Leipzig.

 

 

Tak Pantas

Gelandang Manchester Uniteed, Paul Pogba, tampak kecewa usai kalah dalam laga lanjutan Liga Inggris menghadapi Arsenal di Old Traford, Senin (2/11/2020) dini hari WIB. Manchester United kalah 0-1 oleh Arsenal. (AFP/Paul Ellis/pool)
Gelandang Manchester Uniteed, Paul Pogba, tampak kecewa usai kalah dalam laga lanjutan Liga Inggris menghadapi Arsenal di Old Traford, Senin (2/11/2020) dini hari WIB. Manchester United kalah 0-1 oleh Arsenal. (AFP/Paul Ellis/pool)

Ocehan Raiola ini dianggap Berbatov memberi pengaruh pada ruang ganti MU, sehingga pasuukan Ole Gunnar Solskjaer kalah dari Leipzig.

"Komentar Mino Raiola mengenai Pogba tidak bahagia datang di waktu yang sangat buruk, tepat sebelum pertandingan besar di Liga Champions. Ini tidak ideal dan saya yakin itu terasa dir uang ganti sebelum laga," ujar Berbatov.

"Saya tidak berpikir Pogba akan tahu apa yang Raiola akan katakan, yang mana memalukan bagi pemain. Pada akhirnya agen bekerja untuk pemain, jadi agen harus melakukan apa yang diperintahkan pemain kepadanya, itu tidak peduli siapa Anda-Anda bekerja untuk sang pemain," lanjut Berbatov kepada Betfair seperti dikutip dari Tribal Football.

Suasana Tak Kondusif

"Itu adalah cara yang salah untuk melakukan sesuatu, itu menciptakan keributan besar yang sama sekali tidak perlu sebelum pertandingan. Di sisi lain, jika Pogba memberitahu agennya untuk mengatakan hal-hal itu maka jelas ada sesuatu yang tidak beres."

Pogba sendiri memang mulai sering dicadangkan di MU musim ini. Saat melawan Leipzig pun, Pogba cuma masuk sebagai pemai pengganti.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kreatif, Cara Pria Memanen Buah Mangga Tanpa Melukainya

Posted: 10 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memanen mangga adalah hal yang sangat menyenangkan bagi pemiliknya. Seperti dilakukan seorang pria ini memanen mangga dengan cara kreatif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Calon Istri Nassar Berinisial F, Sebut Pernikahannya Digelar Setelah Resepsi Vicky Prasetyo dan Kalina Ocktaranny

Posted: 10 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Niatan Nassar untuk melepas status duda bukan main-main. Diam-diam, pedangdut kelahiran Bandung, 5 Januari 1988 ini sudah mempersiapkan diri menuju pelaminan. Kabarnya, Nassar meminta bantuan desainer Caren Delano untuk menyiapkan detail pernikahan.

Nassar dan Caren Delano diketahui membahas mengenai perhiasan yang bakal dijadikan sebagai mahar pernikahan. Pedangdut yang dikenal melalui lagu "Seperti Mati Lampu" ini benar-benar ingin membahagiakan calon istrinya di hari bahagia mereka nanti. Salah satunya, dengan memberikan mahar pernikahan terbaik.

"Dia (Nassar) lagi konsultasi sama saya, berapa karat berlian yang mau diberikan (kepada istrinya sebagai mahar pernikahan)," kata Caren Delano membeberkan persiapan pernikahan mantan suami Muzdalifah itu, saat ditemui di kawasan Jalan Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (11/12/2020).

Salah Tingkah

Nassar. (Foto: Instagram @kingnassar88)
Nassar. (Foto: Instagram @kingnassar88)

Disinggung mengenai persiapan pernikahan oleh Caren Delano, Nassar terlihat salah tingkah. Terutama, saat pembicaraan mulai mengarah ke urusan perhiasan.

"Jangan begitu Caren, nanti disangka orang benar (mau menikah). Nanti disangka orang benar loh, bukannya kamu yang mau kawin," tanya Nassar kepada Caren Delano.

Rencana Terbongkar

Nassar (Wimbarsana/Bintang.com)
Nassar (Wimbarsana/Bintang.com)

Caren Delano kemudian membalas ucapan Nassar sekaligus membongkar permintaan pedangdut 32 tahun itu untuk mengurus detail pernikahannya.

"Lo tadi yang barusan bilang, gue disuruh ngurusin (pernikahan Nassar)," kata Caren Delano yang langsung dibalas ekspresi salah tingkah oleh Nassar.

Beri Kesempatan Vicky Prasetyo dan Kalina

Vicky Prasetyo - Kalina Ocktaranny (Foto: Instagram/@kalinaocktaranny)
Vicky Prasetyo - Kalina Ocktaranny (Foto: Instagram/@kalinaocktaranny)

Nassar kemudian menyinggung pernikahannya bakal digelar setelah acara pernikahan Vicky Prasetyo dan Kalina Ocktaranny berlangsung. "Gue ngasih waktu dulu buat Vicky sama Kalina," Nassar menyampaikan.

"Kalau Vicky sama Kalina rencananya (nikah) Februari, kalau ini (menunjuk Nassar) rencananya Juni ya. Doain saja ya," Caren Delano menimpali.

Inisial F

Nassar. (Foto: Instagram @kingnassar88)
Nassar. (Foto: Instagram @kingnassar88)

Di akhir pembicaraan dengan Caren Delano, terungkap bahwa calon istri Nassar berinisial F. "Pokoknya inisialnya F," beber Caren Delano yang kembali ditanggapi Nassar dengan ekspresi panik dan salah tingkah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesepak Bola Antoine Griezmann Putus Kontrak dengan Huawei Terkait Isu Uighur

Posted: 10 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola asal Prancis Antoine Griezmann memutus kontraknya dengan Huawei. Griezmann menduga ada kecurigaan kuat Huawei berkontribusi dalam isu penindasan kelompok minoritas Uighur di Tiongkok.

Informasi pengakhiran kontrak Griezmann dengan Huawei diumumkan via Instagram.

Keputusan penghentian kontrak ini seiring dengan laporan media yang menyebut Huawei tengah menguji software pengenalan wajah yang ditujukan untuk membantu Tiongkok mengawasi kelompok minoritas Uighur.

"Mengikuti adanya kecurigaan yang kuat bahwa Huawei telah berkontribusi dalam pengembangan "Uighur alert' melalui software pengenalan wajah, saya mengumumkan untuk segera menghentikan kemitraan dengan perusahaan itu," kata Griezmann dalam akun Instagram, dikutip dari The Guardian, Jumat (11/12/2020).

"Dalam kesempatan ini, saya mengundang Huawei tidak hanya menyangkal tudingan tetapi juga mengambil langkah nyata secepat mungkin untuk mengutuk penindasan dan menggunakan pengaruhnya untuk berkontribusi menghormati hak asasi manusia dan hak-hak perempuan di masyarakat," tulis Antoine Griezmann.

Kata Huawei

Logo Huawei
Logo Huawei

Sekadar informasi, Antoine Griezmann merupakan brand ambassador global Huawei. Pemain bola berusia 29 tahun ini juga pernah muncul dalam sejumlah iklan promosi smartphone Huawei.

Sementara itu, juru bicara Huawei menyebut, pihaknya ingin mengajak Antoine Griezmann untuk berbicara lebih lanjut.

"Kami ingin menyampaikan undangan untuk berbicara dengannya secara pribadi, menjelaskan pekerjaan yang saat ini dilakukan di tingkat tertinggi di dalam perusahaan, untuk menangani masalah hak asasi manusia, kesetaraan, dan diskriminasi di semua tingkatan," kata juru bicara Huawei.

Huawei Punya Prinsip Non-diskriminasi

Lebih lanjut, pihak Huawei menanggapi klaim tentang uji pengenalan wajah untuk mendeteksi kaum minoritas Uighur dan mengirim peringatan ke pihak berwenang.

"Itu tidak sesuai dengan nilai-nilai Huawei. Teknologi kami tidak dirancang untuk mengidentifikasi kelompok etnis. Non-diskriminasi adalah inti dari nilai-nilai kami sebagai perusahaan," katanya.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran Corona COVID-19 Surabaya pada 10 Desember 2020

Posted: 10 Dec 2020 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur bertambah 37 orang pada Kamis, 10 Desember 2020. Total kasus positif COVID-19 di Surabaya mencapai 17.269 orang.

Sementara itu, pasien sembuh dari Corona COVID-19 bertambah 37 orang. Total pasien sembuh dari Corona COVID-19 mencapai 15.963 orang.

Di satu sisi, tambahan pasien meninggal karena Corona COVID-19 bertambah satu orang menjadi 1.222 orang. Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 84 orang. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Jumat, (11/12/2020).

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah pada 10 Desember 2020 di Surabaya antara lain:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 2.725 orang

Sembuh: 2.535 orang

Meninggal: 173 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.867 orang

Sembuh: 1.685 orang

Meninggal: 176 orang

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.586 orang

Sembuh: 2.379 orang

Meninggal: 192 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 5.305 orang

Sembuh: 4.940 orang

Meninggal: 339 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 4.786 orang

Sembuh: 4.424 orang

Meninggal: 342 orang

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Tertarik dengan Konsep Sovereign Wealth Fund yang Ditawarkan Menko Luhut

Posted: 10 Dec 2020 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Luhut) mengakui kerja sama Indonesia dan Amerika Serikat (AS) masih belum optimal. Namun, ia cukup puas atas kunjungannya baru-baru ini ke AS yang mengindikasikan kerja sama lebih lanjut antara Indonesia-AS.

"Saya berkunjung baru-baru ini ke Amerika Serikat dan saya bertemu dengan Presiden (Donald Trump) dan tim. Saya berdiskusi dengan beliau tentang bagaimana kedua negara bisa bekerja lebih lanjut lagi," kata Luhut dalam US-Indonesia Investment Summit ke-8, Jumat (11/12/2020).

Selain itu, dalam kunjungannya itu, Luhut mengaku Trump cukup tertarik dengan rencana pembentukan Indonesia Sovereign wealth fund. Ia yakin, dengan rencana tersebut, Indonesia akan bisa berkontribusi untuk memperkuat hubungan perekonomian antara Amerika Serikat dan Indonesia.

"Saya senang sekali bahwa di masa akhir jabatannya, Trump tertarik pada konsep Indonesia Sovereign wealth fund," kata Luhut.

"Saya yakin Indonesia Sovereign wealth fund dapat menarik investasi di market AS ke perekonomian di Indonesia yang nantinya akan berkontribusi untuk memperkuat perekonomian hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia," sambung dia.

Sehubungan dengan itu, Luhut mengatakan pemerintah Indonesia tetap memperhatikan perkembangan perekonomian global, termasuk perang dagang dan juga dampak pandemi covid-19.

Dimana hal-hal tersebut juga berimbas pada pasar di negara berkembang seperti Indonesia. Meskipun demikian, Luhut melihat tren perbaikan ekonomi dalam waktu dekat setelah mengalami kontraksi 5,20 persen pada kuartal ketiga-2020

"Indonesia berharap dapat memulihkan lebih baik lagi kedepannya," pungkas dia.

Menko Luhut: Jepang Siap Investasi Rp 57 Triliun Dukung Sovereign Wealth Fund Indonesia

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa Japan Bank for International Cooperation (JBIC) sangat mendukung pembentukan Lembaga Pengelola Investasi atau Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia. Dukungan tersebut diberikan saat Menko Luhut bertemu dengan Gubernur JBIC Maeda Tadashi.

Bahkan, dukungan tersebut diberikan lewat komitmen investasi dari JBIC kepada Sovereign Wealth Fund Indonesia tersebut dengan nilai mencapai Rp 57 triliun.

"JBIC siap mendukung pendanaan SWF Indonesia sebesar USD 4 Miliar (Rp 57 Triliun), dua kali lipat lebih besar dari yang disampaikan the US International Development Finance Corporation (DFC), lembaga pembiayaan asal Amerika Serikat (AS," kata Menko Luhut dikutip dari pernyataan tertulis, Sabtu (5/20/2020).

Komitmen itu disampaikan Gubernur JBIC Maeda Tadashi dalam pertemuan di Tokyo pada  Jumat kemarin. Dalam pertemuan itu, Luhut didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Menteri Erick menambahkan, komitmen yang disampaikan oleh JBIC tersebut akan segera ditindaklanjuti di tingkat teknis Harapannya investasi JBIC dapat mulai masuk ke Indonesia pada kuartal I 2021.

"Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur SWF Indonesia akan selesai pada pertengahan Desember ini dan tentunya PP tersebut tentunya akan semakin percepat pembentukan lembaga dana abadi Indonesia," ucap Erick.

Sementara itu, Dubes Heri Akhmadi menyebutkan, JBIC akan menjadi salah satu lembaga keuangan yang berpartisipasi dalam master Fund SWF Indonesia yang disebut Nusantara Investment Authority (NIA).

"Dukungan dari JBIC dan Pemerintah Jepang tentunya akan memperkuat ikatan kerja sama strategis Indonesia – Jepang, dan semakin menarik sektor swasta Jepang lainnya berinvestasi di Indonesia," imbuh dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PCR adalah Penemuan Besar dalam Sejarah Umat Manusia

Posted: 10 Dec 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polymerase Chain Reaction atau PCR adalah teknologi yang berfungsi melipatgandakan fragmen DNA pada komplek makromolekul genom yang berasal dari berbagai sumber baik hewan, tumbuhan, bakteri, maupun virus. Yang membuat semakin dikenalnya teknolgi PCR adalah tingkat sensitifitas yang cukup tinggi dan hanya butuh secuplik sampel DNA saja untuk mendapat jutaan kopi DNA baru.

Sejak pertama kali ditemukan oleh Kary Banks Mullis sekitar 37 tahun silam, teknologi PCR sudah merevolusi berbagai aspek biologi molekular yang ada di seluruh dunia. Kemudian pada tahun 1993, sang penemu PCR dianugerahi hadiah Nobel pada bidang kimia. Bahkan, para ilmuwan sepakat apabila ditemukannya PCR sejajar dengan utas DNA (Deoxyribonucleic acid) yang ditemukan oleh James D. watson dan Francis Crick sekitar tahun 1953.

Salah satu dampak besar dari kehadiran teknologi PCR adalah kloning gen yang semula tidak mungkin dilakukan, saat ini jadi kenyataan. Maka tidak dipungkiri, jika PCR adalah penemuan yang dapat membawa bioteknologi menjadi lebih modern.

Semakin modern bidang bioteknologi, memang tidak lepas dari kehadiran PCR. Teknologi tersebut membantu dalam penemuan jenis protein-protein baru melalui teknologi DNA rekombinan seperti insulin, hormon faktor pertumbuhan serta antibodi. Bahkan dengan kehadiran teknologi PCR juga membantu pengurutan basa-basa DNA manusia jadi lebih cepat diselesaikan dalam kurun waktu relatif singkat.

Bahkan, dari bidang pertanian beberapa dampak ditemukannya PCR adalah mampu diperbaikinya varietas-varietas padi melalui rekayasa genetik, sehingga menciptakan padi dengan kualitas unggul baik nutrisi maupun daya adaptasi yang lebih tangguh.

Untuk mempelajari lebih jauh mengenai apa itu PCR dan berbagai hal di dalamnya, berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (11/12/2020).

Perkembangan Teknologi PCR

Ilustrasi Laboratorium - Image by RAEng_Publications from Pixabay
Ilustrasi Laboratorium - Image by RAEng_Publications from Pixabay

Seiring berjalannya waktu dan semakin majunya zaman, teknologi PCR turut mengalami inovasi, terutama untuk menjawab berbagai kebutuhan di bidang riset atau diagnostic. Inovasi yang dilakukan pada teknologi PCR adalah komponen "software" yaitu enzim maupun komponen kimia pendukungnya, komponen "technique" yaitu metodologi PCR, serta komponen "hardware" yaitu mesin yang digunakan untuk PCR itu sendiri.

Bahkan, penggunaan PCR yang semula hanya untuk perbanyakaan DNA, saat ini sudah jauh berkembang. Contohnya pada bidang kedokteran, di mana dengan PCR dapat memprekdisi suatu penyakti atau mengukur efektivitas obat dengan perhitungan jumlah salinan gen, analisa keragaman gen pembawa penyakit bahkan dari analisa mutasi gen.

Jenis Mesin PCR

Mesin PCR - Mmparedes, CC BY 3.0 via Wikimedia Commons
Mesin PCR - Mmparedes, CC BY 3.0 via Wikimedia Commons

Dengan perkembangan zaman, inovasi pada mesin PCR adalah hal yang lumrah. Setidaknya saat ini sudah ada empat jenis mesin PCR yang dikembangkan dan digunakan pada penelitian serta diagnostic. Beberapa jenis mesin PCR adalah:

1. Mesin PCR Konvensional Biasa

Merupakan jenis mesin PCR yang tidak banyak memiliki fitur dan bisa dikatakan mesin yang paling sederhana dalam penggunaannya. Tentu, jika dibandingkan dengan mesin PCR lainnya, mesin jenis ini sudah sangat ketinggalan zaman. Tapi, memang mesin ini masih banyak digunakan di beberapa belahan dunia.

 

2. Mesin PCR Konvensional dengan Gradient Temperature

Pada jenis mesin PCR yang dilengkapi dengan gradient temperature, terdapat fungsi utama yaitu untuk optimasi suhu annealing primer secara paralel pada pemakainya. Tujuannya untuk mendapatkan suhu annealing terbaik yang akan digunakan pada proses menyalin DNA selanjutnya.

Pengguna mesin ini cukup memilih suhu annealing yang diingikan sesuai dengan acuan nilai Tm (Melting Temperature) primer dikurangi 5 derajat Celsius .

 

3. Real-Time PCR

Sedangkan pada mesin Real-Time PCR sudah menggunakan teknologi komputerisasi. Fitur di dalam mesin ini sudah sangat lengkap, termasuk program gradient temperature. Real Time PCR punya keunggulan dalam beberapa hal, antara lain:

- Perbanyakan DNA selama proses PCR dapat diamati secara langsung (Real-Time).

- Mampu menghitung secara tepat jumlah DNA yang diperbanyak pada tiap siklusnya dan memungkinkan material genetika yang terdapat pada sampel bisa lebih tepat dihitung.

- Tersedia beragam jenis deteksi seperti mutasi, genotyping, perhitungan jumlah sel dan ekspresi gendan.

- Eliminasi keharusan analisa lebih lanjut seperti elektroforesis yang jadi keterbatasan pada mesin PCR konvesional.

 

4. Droplet Digital PCR

Mesin PCR ini merupakan teknologi paling maju dari mesin PCR. Droplet digital PCR dikembangkan oleh perusahaan bernama Bio-Rad Ltd. Alih-alih proses amplifikasi DNA dilakukan pada sistem aquoes, dengan mesin droplet digital PCR proses sintesis DNA dilakukan secara enkapsulasi air yang teremulsi dalam minyak.

Metode ini menyebabkan perhitungan atau analisa DNA menggunakan droplet digital PCR didapatkan hasil yang lebih akurat. Mesin PCR ini juga memberi dampak bagi penelitian maupun diagnostik seperti:

- Deteksi mutasi DNA yang langka.

- Analisa keragaman jumlah salinan DNA.

- Ekspresi gen dan analisa microRNA.

- Aplikasi dalam Next Generation Sequencing (NGS)

- Analisa aktivitas enzim dengan resolusi skala sel tunggal (single cell).

Cara Kerja PCR

Mesin PCR - Karl Mumm, CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons
Mesin PCR - Karl Mumm, CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons

Kunci dari pelaksanaan reaksi PCR adalah tersedianya Taq Polymerase, Primer, DNA template dan nukleotida (blok pembangun DNA). Seluruh bahan tersebut dicampur ke dalam sebuah tube, bersama kofaktor yang dibutuhkan oleh enzim. Kemudian, bahan tersebut melewati siklus pemanasan dan pendinginan berulang yang menyebabkan amplifikasi DNA.

Berikut ketiga tahapnya:

1. Denaturation / denaturasi (96°C)

Pada proses denaturasi, panas memengaruhi strand DNA dan akan terpisah menjadi DNA beruntai tunggal (single-stranded).

2. Annealing / penempelan (55-65°C)

Pada tahap penempelan ini, suhu annealing primer akan menempel kemudian berikatan pada daerah komplementer di sekuen single-stranded DNA.

3. Extension / elongasi (72°C)

Ketika ada di suhu ini, Taq polymerase melakukan pemanjangan membentuk strand DNA baru.

 

Siklus di atas bisa saja dilakukan berulang hinga 25-35 kali, serta dibutuhkan waktu sekitar 2-4 jam tergantung dari Panjang DNA yang ingin disalin. Apabila reaksinya efisien, wilayah target bisa berubah dari satu atau beberapa salinan jadi milyaran.

Sebabnya, ada banyak salinan atau untai ganda primer serta banyak molekul Taq polymerase yang mengambang di sekitar reaksi. Hal tersebut membuat jumlah molekul DNA kira-kira akan berlipat ganda dalam setiap putaran siklus.

Hasil reaksi PCR bisa dilihat dengan Gel Electrophoresis. Penggunaan gel ini memanfaatkan kutub positif dan negatif elektroda untuk menarik fragmen DNA yang ada di dalam matriks gel berarus listrik, sehingga fragmen DNA terpisah berdasar ukurannya.

Sebagai tolak ukur, digunakan DNA ladder untuk mengukur ukuran suatu fragment DNA hasil PCR. Fragmen DNA yang memiiki panjang sama akan membentuk 'pita' pada gel, dan akan terlihat dengan mata jika gel diwarnai dengan pewarna pengikat DNA.

Tapi, teknologi PCR pasti akan terus mengalami inovasi seiring perkembangan ilmu pengetahuan. Yang perlu untuk diingat, tiga komponen utama dalam inovasi teknologi PCR adalah software, hardware, serta technique.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Dengerin Single Kolaborasi Kedua dari Afgan dan Raisa yang Berjudul ‘Tunjukkan’ di Vidio

Posted: 10 Dec 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dua penyanyi terbaik tanah air kembali berkolaborasi untuk project terbaru mereka. Ya, setelah beberapa tahun Afgan dan Raisa kembali merilis single terbaru mereka yang berjudul 'Tunjukkan'.

Ini merupakan project kedua Afgan dan Raisa, setelah sebelumnya berkolaborasi dalam lagu 'Percayalah'. Sontak hal ini membuat para netizen tak sabar untuk mendengarkan hits terbaru dua penyanyi papan atas ini.

Lagu 'Tunjukkan' sendiri dirilis pada tanggal 6 November 2020 kemarin. Lagu dengan gaya R&B ini sangat menarik hati untuk didengar siapapun dan saat situasi apapun. Liriknya pun dibuat sangat catchy yang menyesuaikan keadaan generasi milenial saat ini.

Konsep video klipnya pun dibuat seunik mungkin, dimana Afgan dan Raisa membuat sebuah video dari kegiatan keseruan mereka yang seolah-olah terlihat candid. Dalam proses pembuatan lagu ini hingga akhir mereka berhasil melakukannya dengan hebat.

Duet yang tidak direncanakan

Afgan dan Raisa (Sumber: Instagram/afgansyah.reza)
Afgan dan Raisa (Sumber: Instagram/afgansyah.reza)

Awalnya Afgan dan Raisa tidak merencanakan mereka akan membuat kolaborasi project single kedua ini. Semuanya bermula ketika, Afgan menerima demo lagu dari demo lagu dari Alam Urbach. 

Kemudian Afgan terlintas untuk menjadikan ini sebuah lagu duet dan nama Raisa langsung terbesit di benak kepalanya. "Awalnya sih kaget dapet ajakan kolaborasi ini. Nuansanya lagunya berbeda dengan Percayalah, jadi excited untuk ngerjainnya, dan lagunya cepet nyangkut di kepala. Selalu seru kerja bareng Afgan," ungkap Raisa.

Pada single terbarunya ini mereka juga menampilkan unsur yang berbeda dari lagu sebelumnya yang berjudul 'Percayalah' ini. Dalam single 'Percayalah' nuansa pop dari lagu tersebut begitu kental dan terasa. Sedangkan, di project lagu keduanya ini mereka lebih memasukan unsur groovy agar setiap yang mendengarkan bisa menjadi lebih riang dalam menjalani aktivitas.

Nah, sudah penasaran banget kan mau dengerin lagunya? Kalian bisa langsung menonton video di bawah ini untuk mendengarkan single terbaru Afgan dan Raisa 'Tunjukkan'. Atau bisa juga mengunjungi kanal Trinity Production yang tersedia di platform streaming Vidio.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Prediksi Nama Sekda Sudah Ada di Awal Tahun 2021

Posted: 10 Dec 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi Jakarta atau Pemprov DKI telah mengumumkan tiga nama yang terpilih dalam seleksi terbuka tahap akhir untuk jabatan Sekretaris Daerah atau Sekda Jakarta.

Kepala Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir memprediksi awal tahun 2021 nama definitif untuk jabatan Sekda sudah ada.

"Sekarang tinggal tergantung di tim penilaian akhir. Kalau diujung Desember sudah ada (calon nama), Januari atau Februari awal sudah keluar SK dan pelantikan, dan itu tepat," kata Chaidir saat dihubungi, Jumat (11/12/2020).

Dia menjelaskan, untuk jabatan pengganti sementara Sekda atau penjabat paling lama hanya tiga bulan saja. Namun, bila hingga tiga bulan jabatan tersebut belum ada Sekda definitif, maka harus dilakukan perpanjangan.

"Kalau Januari belum diputuskan, jabatan Pj harus diperpanjang. Bilamana disetujui, Pj diperpanjang, namun bila kebijakan sana tidak menyetujui, ada pertimbangan lain, bisa menunjuk pejabat eselon 1 yang ada," jelas Chaidir.

 

Menunggu Surat Keputusan Presiden

Tiga nama telah dipilih untuk jabatan Sekda DKI Jakarta. Nantinya, satu kandidat ini akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Tim Penilai Akhir (TPA) di Presiden RI untuk menentukan satu terbaik dari tiga terbaik yang diusulkan Pemda DKI Jakarta," kata Chaidir saat dihubungi, Jumat (11/12/2020).

Dia menuturkan, tiga nama calon Sekda ini sudah diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk nantinya diberikan kepada Jokowi. Bagi yang terpilih, akan dituangkan dalam Keputusan Presiden atau Kepres.

Adapun tiga nama yang terpilih dan memenuhi syarat untuk menduduki kursi Sekda DKI Jakarta, yakni Penjabat Sekda DKI Sri Haryati, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, dan Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko.

"SK Presiden (Jokowi) akan diserahkan ke gubernur untuk dilanjutkan pelantikan oleh gubernur dan atau menteri dalam negeri," jelas Chaidir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joe Biden Akan Kampanye di Georgia untuk Kandidat Senat Partai Demokrat 

Posted: 10 Dec 2020 09:09 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C- Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden akan menggelar kampanye pada 14 Desember di Negara Bagian Georgia . Kampanye itu untuk dua kandidat Senat Partai Demokrat yang terlibat dalam pemilihan penting putaran kedua pada Januari 2021.

Pemilihan putaran kedua itu akan menentukan apakah Demokrat atau Republik yang akan mengontrol Senat selama dua tahun pertama kepresidenan Biden, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (11/12/2020). 

Pada 10 Desember, Biden menyatakan akan tampil bersama para kandidat - pembuat film dokumenter investigasi Jon Ossoff dan pendeta Raphael Warnock - di Atlanta, ibu kota negara bagian dan kota terbesar di Georgia.

Dalam pemilihan pada 5 Januari mendatang, kedua kandidat dari Demokrat itu menghadapi anggota Senat petahana dari Partai Republik petahana - Ossoff menyaingi Senator David Perdue dan Warnock menyaingi Senator Kelly Loeffler.

Berdasarkan jajak pendapat di Georgia, kedua pemilihan tersebut diperebutkan dengan ketat.

Demokrat Perlu Keunggulan 50-50 

Calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden berbicara selama debat presiden pertama dengan Presiden Donald Trump di Case Western University and Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio, Selasa (29/9/2020). (AP Photo/Patrick Semansky)
Calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden berbicara selama debat presiden pertama dengan Presiden Donald Trump di Case Western University and Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio, Selasa (29/9/2020). (AP Photo/Patrick Semansky)

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump dan Wakil Presiden Mike Pence telah berkampanye di Georgia atas nama Perdue dan Loeffler.

Namun Pence akan kembali mengunjungi negara bagian tersebut untuk berkampanye pada Kamis malam waktu setempat.

Sejauh ini, Partai Republik mengantongi keunggulan 50-48 atas Demokrat di Senat AS yang mulai menjabat pada awal Januari.

Untuk mengambil kendali langsung, yang akan memberi partai tersebut mayoritas di semua komite Senat dan hak untuk menetapkan agenda Senat,Partai Republik harus meraih setidaknya satu dari dua kursi Senator dari Georgia. 

Sementara Demokrat harus memenangkan kedua kursi untuk mencapai posisi 50-50, yang akan memberi Wakil Presiden terpilih Kamala Harris suara yang menentukan untuk mendukung Demokrat dan mayoritas setelah Biden dan Harris dilantik pada 20 Januari mendatang. 

Georgia, diketahui telah lama menjadi benteng Republik, tetapi Demokrat telah memperoleh keuntungan besar dalam pendaftaran pemilih untuk mengubah negara bagian tersebut menjadi medan pertempuran politik.

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tips Jitu Memilih Kaca Film untuk Mobil Kesayangan, Jangan Sampai Menyesal

Posted: 10 Dec 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kaca film merupakan komponen yang memiliki berbagai peranan penting pada mobil. Kaca film bisa menyamarkan isi kabin untuk menjaga privasi, mengurangi sengatan panas matahari agar kabin lebih adem, dan membuat mata lebih sejuk saat sedang berkendara di siang hari.

Kaca film juga memiliki teknologi untuk menolak sinar UV dari matahari dan mengurangi berbagai risiko kesehatan, beberapa kaca film juga sanggup menahan pecahan kaca agar tidak melukai penumpang.

Namun, jika salah memilih kaca film bisa membuat Anda tidak merasakan berbagai manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya. Contohnya saja memilih kaca film yang terlalu gelap sehingga mengurangi visibiltas. Contoh lainnya juga membeli kaca film karena tergiur harga murah.

Itulah mengapa, penting memahami bagaimana cara memilih kaca film mobil seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Sesuaikan Budget

Cara memilih kaca film mobil yang terakhir tidak lain perihal budget. Sebelum membeli kaca film ada baiknya menyesuaikan budget, jenis mobil, domisili dan selera. Memang, kaca film dengan kualitas terbaik dipastikan kualitasnya tahan lama, lebih menarik mata serta bisa dipastikan jika memiliki kemampuan untuk menolak panas yang lebih baik.

Tapi, jika memang budget sangat terbatas, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak toko penjual kaca film, dan cari solusi terbaik. Pasalnya, nekat menggunakan kaca film murah hanya akan merugikan dan membuat Anda keluar uang berkali-kali. 

2. Pilih yang Memiliki Purna Jual Baik

Selain dari beberapa cara memilih kaca film mobil di atas, perlu diketahui jika layanan purna jual kaca film juga jadi pertimbangan besar. Layanan purna jual akan menjamin kualitas dari kaca film yang digunakan.

Kualitas purna jual yang baik meliputi garansi pelayanan terhadap perubahan warna, pengelupasan, keretakan, delaminasi atau demetalisasi yang bisa disebabkan oleh kesalahan manufaktur bahan maupun instalasi.  

3. Pilih Merek Ternama

Berbagai jenis kaca film punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka tidak heran jika cara memilih kaca film mobil akan lebih bijak apabila memilih merek-merek ternama. Sebab, beragam merek yang sudah lama eksis di Indonesia pasti telah mengenal dengan baik karakter cuaca, suhu serta karakter pemakaian rata-rata pengguna mobil di Tanah Air. Dengan begitu, tidak perlu khawatir jika kaca film yang digunakan dari merek ternama tidak cocok dan justru membuat tidak nyaman. 

4. Sesuaikan dengan Warna Mobil

Kaca Film (Image by Avi Chomotovski from Pixabay)
Kaca Film (Image by Avi Chomotovski from Pixabay)

Selanjutnya, cara memilih kaca film mobil juga perlu diperhatikan dari segi warnanya. Pasalnya, pemilihan warna yang tepat pada kaca film akan sangat memengaruhi estetika. Jika asal memilih warna serta kepekatan kaca film, bisa jadi akan membuat tampilan mobil jadi kurang menarik bahkan terkesan tidak rapi, karena warna kaca film dan bodi mobil saling bertabrakan.  

5. Pilih yang Memiliki Fitur UV 400

Seperti yang sudah umum diketahui, salah satu fungsi dari penggunaan kaca film yaitu untuk menahan panas matahari. Maka tidak heran, jika sangat disarankan untuk memilih kaca film yang memiliki perlindungan UV 400.

Sebab, adanya fitur kaca film berupa UV 400 mampu melindungi kulit dari panasnya sinar matahari. Fitur perlindungan UV 400 tersebut dapat menolak sinar matahari bahkan mencapai 99 persen. Dengan cara memilih kaca film mobil tersebut, selain mampu membuat nyaman penumpang yang ada di dalam mobil, juga menjaga kesehatan tubuh terutama kulit dari paparan UV berlebih. 

6. Terlihat Terang dari Dalam

Cara memilih kaca film mobil selanjutnya, pastikan jika pandangan pengemudi mobil meski menggunakan kaca film tetap terlihat terang dari dalam. Sebab, beberapa jenis kaca film tampak gelap baik dari dalam maupun luar mobil. Dengan kondisi tersebut tentunya sangat mengganggu pandangan pengendara terutama pada malam hari.  

7. Sesuaikan Tingkat Kegelapan

Penggunaan kaca film yang gelap memang bisa membuat kendaraan terasa lebih aman dan lebih mendapat privasi, sebab tidak dapat dilihat dari luar. Kendati demikian, jika kaca film terlalu gelap, justru berakibat pada risiko gangguan keselamatan. Sebab, kaca film yang terlalu gelap bisa memengaruhi jarak pandang dari pengemudi.

Maka, pemilik mobil disarankan untuk memilih jenis kaca dengan tingkat kegelapan maksimal 40 persen. Pasalnya tingkat kegelapan 40 persen atau kurang, masih sangat memungkinkan pengendara memiliki jarak pandang cukup jauh di siang hari dengan jarak visibilitas minimal 500 meter ke depan. 

Sumber: Hot Liputan6.com

Penulis: Fakhriyan Ardyanto

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Diluncurkan 5 Hari, Akun Instagram Anjing Rose BLACKPINK Sudah Punya 345 Ribu Pengikut

Posted: 10 Dec 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota BLACKPINK, Rose baru-baru ini mengadopsi seekor anjing terlantar. Anjing berbulu cokelat kopi susu dan putih itu ikut kecipratan popularitas sang majikan.

Baru sekitar lima hari diluncurkan, akun Instagram @hank_says_hank sudah memiliki hampir 350ribu pengikut. Berdasarkan penelusuran, foto pertama anjing peliharaan Rose BLACKPINK diunggah pada 6 Desember 2020.

Anjing berbulu panjang itu terlihat menggemaskan dalam balutan mantel rajutan berwarna putih gading. Wajahnya sedikit dimiringkan saat berpose di pangkuan Rose yang tak memperlihatkan wajahnya. Hanya rambut panjang warna pirang yang terlihat di foto tersebut.

Hank diketahui merupakan anjing terlantar yang diadopsi penyanyi kelahiran Auckland, Selandia Baru itu, dari sebuah tempat penampungan hewan Gangneung Shelter. Pengelola tempat penampungan tersebut sempat mengunggah momen saat Hank akhirnya menemukan rumah selamanya.

"Kami harap ia hidup bahagia dan tetap sehat dengan keluarga barunya," tulis akun shelter tersebut, dikutip dari AllKPop, Jumat (11/12/2020).

Anjing jantan tersebut terlihat dekat dengan sang pemilik. Dari sederet potret yang diunggah di media sosialnya menunjukkan betapa nyamannya ia bersama Rose, walau wajah penyanyi itu tak diperlihatkan.

 

Pujian dari Warganet

Hank, anjing peliharaan Rose BLACKPINK. (dok. Instagram @hank_says_hank/https://www.instagram.com/p/CIh7V4pJ2-3/Dinny Mutiah)
Hank, anjing peliharaan Rose BLACKPINK. (dok. Instagram @hank_says_hank/https://www.instagram.com/p/CIh7V4pJ2-3/Dinny Mutiah)

Aksi Rose mengadopsi Hank disambut pujian warganet. Ia dianggap menyebarkan pengaruh positif lewat tindakan baiknya tersebut.

Rose dipuji berhati baik karena memilih mengadopsi anjing sebagai peliharaan daripada membelinya di pusat perbelanjaan. 

"Rose sangat ramah dan baik hari, dan dia cantik," komentar salah satu warganet.

"Hank, semoga hidupmu bahagia," imbuh yang lain. 

Untuk memuaskan penggemarnya, Rose rutin memperbarui foto-foto Hank lewat akun Instagramnya.

 

Infografis Pesona K-Pop

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Insecure, Ini 6 Potret Perjuangan Cinta Kuya Hadapi Sakit Skoliosis

Posted: 10 Dec 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan keluarga selebritas Tanah Air sangat menarik untuk diikuti. Seperti kehidupan keluarga Uya Kuya yang memiliki dua buah hati yakni Cinta Kuya dan Nino Nuya. Cinta merupakan anak sulung Uya Kuya yang kini aktivitasnya selalu tersorot kamera.

Terbaru, Cinta Kuya diketahui memiliki penyakit kelainan tulang belakang yang melengkung atau Skoliosis. Perempuan kelahiran 2 Februari 2004 memberitahukannya melalui TikTok. Demi sembuh dari Skoliosis, Cinta harus jalani beberapa perawatan.

Awal mula Cinta Kuya menderita Skoliosis, ia mengaku insecure. Seperti diketahui, insecure adalah istilah yang menggambarkan sifat gelisah, takut dan malu karena suatu keadaan tertentu. Anak sulung Uya Kuya ini sempat insecure namun seiring berjalannya waktu, ia mulai menerima keadaannya dan berjuang sembuh.

"Jujur gue insecure dengan kekurangan gue ini. tapi at the end we have to accept kekurangan kita. Dengan cerita ini gue harap, kalian banyak bersyukur ya," tulis Cinta Kuya di TikTok, Kamis (10/12/2020).

Cinta Kuya terus berusaha agar cepat sembuh dari Skoliosis. Berikut Liputan6.com rangkum dari TikTok @cintakuya, potret perjuangan Cinta Kuya jalani perawatan Skoliosis, Jumat (11/12/2020).

1. Demi sembuh dari Skoliosis, Cinta Kuya harus jalani perawatan agar tulang belakang yang melengkung bisa lurus.

Sempat Insecure, Ini 6 Potret Perjuangan Cinta Kuya Hadapi Sakit Skoliosis (sumber: TikTok/cintakuya)
Sempat Insecure, Ini 6 Potret Perjuangan Cinta Kuya Hadapi Sakit Skoliosis (sumber: TikTok/cintakuya)

2. Berbagai posisi perawatan harus dilakukan Cinta agar tulang punggungnya alami perubahan posisi menjadi lurus.

Sempat Insecure, Ini 6 Potret Perjuangan Cinta Kuya Hadapi Sakit Skoliosis (sumber: TikTok/cintakuya)
Sempat Insecure, Ini 6 Potret Perjuangan Cinta Kuya Hadapi Sakit Skoliosis (sumber: TikTok/cintakuya)

3. Perempuan 16 tahun ini juga harus memakai korset khusus penderita Skoliosis secara rutin.

Sempat Insecure, Ini 6 Potret Perjuangan Cinta Kuya Hadapi Sakit Skoliosis (sumber: TikTok/cintakuya)
Sempat Insecure, Ini 6 Potret Perjuangan Cinta Kuya Hadapi Sakit Skoliosis (sumber: TikTok/cintakuya)

4. Cinta Kuya ekstra bersabar dalam jalani perawatan kelainan tulang belakangnya yang melengkung.

Sempat Insecure, Ini 6 Potret Perjuangan Cinta Kuya Hadapi Sakit Skoliosis (sumber: TikTok/cintakuya)
Sempat Insecure, Ini 6 Potret Perjuangan Cinta Kuya Hadapi Sakit Skoliosis (sumber: TikTok/cintakuya)

5. Sampai saat ini Cinta Kuya masih berjuang dan terus semangat agar tulang belakangnya kembali normal.

Sempat Insecure, Ini 6 Potret Perjuangan Cinta Kuya Hadapi Sakit Skoliosis (sumber: TikTok/cintakuya)
Sempat Insecure, Ini 6 Potret Perjuangan Cinta Kuya Hadapi Sakit Skoliosis (sumber: TikTok/cintakuya)

6. In dia ronsen dari tubuh Cinta Kuya dimana terlihat jelas bahwa tulang belakang Cinta melengkung.

Sempat Insecure, Ini 6 Potret Perjuangan Cinta Kuya Hadapi Sakit Skoliosis (sumber: TikTok/cintakuya)
Sempat Insecure, Ini 6 Potret Perjuangan Cinta Kuya Hadapi Sakit Skoliosis (sumber: TikTok/cintakuya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UU Cipta Kerja Jadi Solusi untuk Hadapi Bonus Demografi 2030

Posted: 10 Dec 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakan Hukum, dan Ketahanan Ekonomi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Elen Setiadi menyambut baik kehadiran Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Penerapan UU Cipta Kerja ini sangat diperlukan untuk memperluas penyediaan lapangan kerja jelang bonus demografi pada 2030.

"Kita akan dihadapkan pada persoalan masa depan, antara lain bonus demografi pada 2030. Artinya jumlah usia produktif komposisinya akan jauh lebih besar. Kita perlu solusi untuk mengantisipasi bonus demografi ini dengan peningkatkan lapangan kerja," ujar dia dalam acara Serap Aspirasi Implementasi UU Cipta Kerja: Sektor Perindustrian, Perdagangan, dan Transportasi, Jumat (11/12/2020).

Berdasarkan survei BPS, kata Elen, pada 2030 nanti setidaknya ada tambahan 52 juta penduduk usia produktif yang membutuhkan lapangan pekerjaan. Ironisnya justru saat ini Indonesia masih dihadapkan pada persoalan regulasi yang menghambat penyediaan lapangan kerja dalam jumlah besar.

"Bapak dan Ibu bisa bayangkan, saat ini ada 44 ribu aturan yang menghambat iklim investasi maupun dunia usaha mulai dari Perpres, Perppu, PP, Perda, Pergub dna lainnya. Sehingga regulasi kita terlalu gemuk ini sangat menghambat orang yang ingin berusaha atau membuka lapangan kerja di kita," terangnya.

Oleh karena itu, pemerintah menyadari penting untuk sedini mungkin mempermudah regulasi terkait perizinan berusaha di Indonesia. Tujuannya untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif, sehingga mampu menarik lebih banyak investor baik dari dalam maupun luar negeri.

"Salah satu upayanya ya melalui Penerapan UU Cipta Kerja untuk tadi menyiapkan lapangan kerja secara lebih luas jelang bonus demografi pada 2030. Kalau tidak mampu mengelola perizinan berusaha mulai dari sekarang, malah demografi justru akan jadi masalah. Akibatnya jadi beban ekonomi dan berdampak sosial juga politik," ucap dia mengakhiri.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Portal UU Cipta Kerja Sudah Diakses 3,5 Juta Orang

Massa aksi demo saat menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja sekaligus refleksi satu tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Selasa (20/20/2020). Aksi ribuan pengunjuk rasa dari berbagai elemn berjalan aman. (merdeka.com/ Arie Basuki)
Massa aksi demo saat menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja sekaligus refleksi satu tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Selasa (20/20/2020). Aksi ribuan pengunjuk rasa dari berbagai elemn berjalan aman. (merdeka.com/ Arie Basuki)

Sebelumnya, sebagai upaya pemulihan ekonomi jangka panjang, pemerinah telah menerbitkan UU Cipta Kerja atau Omnibus Law. Salah satu yang dimuat dalam baleid tersebut yakni berkaitan dengan penciptaan lapangan pekerjaan.

Seperti diketahui, pemerintah kini tengah pengebut penyelesaian 44 aturan turunan UU Cipta Kerja. Dalam prosesnya, pemerintah menyediakan ruang bagi masyarakat untuk turut menyampaikan aspirasinya dalam penyelesaian peraturan turunan tersebut.

44 aturan turunan UU Cipta Kerja itu terdiri terdiri dari 40 rancangan peraturan pemerintah (RPP) dan 4 rancangan peraturan presiden (Perpres). Saat ini, tercatat sudah ada 30 aturan yang sudah bisa diakses dan diberikan masukan oleh masyarakat melalui laman https://uu-ciptakerja.go.id.

"Hingga semalam sudah mencapai 3,5 juta pengunjung untuk melihat sekaligus memberikan masukan dan saran kepada pemerintah," ujar Deputi Bidang Koordinasi Kerjasama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian, Rizal Affandi Lukman dalam The 8th US - Indonesia Investment Summit, Selasa (8/12/2020).

Rizal menjelaskan, keterlibatan publik dalam penyusunan aturan turunan UU Cipta Kerja ini merupakan bagian dari proses audiensi publik. Tak hanya itu, pemerintah juga melakukan sosialisasi dan audiensi publik di 15 kota besar di seluruh negeri.

"Kami juga menyelenggarakan pertemuan virtual dengan 29 kamar dagang asing sekitar 2 minggu lalu," sambung dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim SAR Evakuasi 4 Jasad Penambang Emas Ilegal di Banten, 2 Masih Dalam Pencarian

Posted: 10 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Banten - Kepala Basarnas Banten, Zaenal Arifin, Jumat (11/12/2020) mengatakan, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi empat orang penambang emas ilegal yang tewas di Desa Citorek Sabrang, Kabupaten Lebak, karena tertimbun tanah longsor akibat hujan lebat.

"Empat orang dilaporkan meninggal dan dua orang lainnya masih dalam pencarian," katanya. 

Keempat penambang itu antara lain Oyan (30), Suhana (42), Asyura (45) dan Yanto (30), warga Kampung Babakan Tipar, Desa Majasari, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten.

Namun, dua penambang lainya bernama Rudi (37) dan Mahmudin (44) hingga kini masih dalam pencarian.

"Kami berharap dua penambang itu segera bisa ditemukan," katanya menjelaskan.

Menurut dia, peristiwa kecelakaan terjadi Sabtu (5/12/2020). Mereka para penambang menuju Cikatumbiri dengan tujuan membuat lubang untuk tambang emas.

Mereka para penambang emas tanpa izin sekitar pukul 02.00 WIB masih kontak hubungan bersama anggota keluarga, namun di hari yang sama pada pukul 03.00 WIB kontak hubungan menghilang.

Karena itu, anggota keluarga mendatangi kepala desa setempat untuk melakukan pencarian bersama masyarakat.

Lokasi penambangan emas ilegal itu berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

"Semua penambang emas ilegal itu warga Citorek, Lebak," katanya menambahkan.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Viral Video Diklaim Konvoi Pendukung Gibran Usai Menang Pilkada Solo 2020, Benarkah?

Posted: 10 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim konvoi pendukung Gibran Rakabuming Raka usai menang Pilkada Solo 2020 beredar di media sosial. Video tersebut diunggah akun Facebook Triwahyuni pada 11 Desember 2020.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, terlihat masssa memadati jalanan dengan mengendarai mobil dan motor. Sebuah mobil hitam tampak berada di barisan depan.

Di mobil tersebut terdapat tulisan "Militan PDI Perjuangan". Di barisan belakang mobil, tampak sejumlah orang naik sepeda motor. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan konvoi pendukung Gibran usai menang Pilkada Solo 2020.

"Beda banget perlakuan anak Jokowi dgn anak nya pernikahan IB HRSCoba lihat dan bisa bedakan sendiri perayaan kemenangan anak nya Jokowi sebagai pemenang pilkada.....

Warga bebas tanpa masker.... Hukum luar biasa istimewa' buat Pilkada solo terhadap anak si jahe perlakuannya istimewa' GK ada satu pun gubenur dan kapori di copot dari jabatannya beda dgn IB HRS menikahi anaknya mlh di perkarakan jadi jelaskan kalo virus Corona itu tidak ada jadi buka mata kita lihat," tulis akun Facebook Triwahyuni.

Video yang disebarkan akun Facebook Triwahyuni telah 50 kali dibagikan dan mendapat 18 komentar warganet.

Benarkah video tersebut merupakan konvoi pendukung Gibran di Pilkada Solo 2020? Berikut penelusurannya.

 

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim konvoi pendukung Gibran Rakabuming Raka usai menang Pilkada Solo 2020. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Yandex.

Hasilnya, terdapat video serupa yang dimuat di situs berbagi video YouTube. Satu di antaranya video "Kampanye pilpres 2019 jokowi amin | keren | cantik | seksi | surakarta | jogja" yang dimuat Channel YouTube Bersabarlah pada 11 April 2019 lalu.

Namun video itu tidak terkait dengan konvoi pendukung Gibran usai menang Pilkada Solo 2020.

"Berbeda pilihan boleh, berbeda pendapat boleh, jangan saling mencela dan selalu guyub rukun,

Siapa pun yg akan menjadi presiden kita besok, semoga Indonesia semakin Jaya,," tulis Channel YouTube Bersabarlah.

Liputan6.com kemudian menemukan artikel yang berisi pernyataan Gibran untuk tidak menggelar perayaan kemenangan Pilkada Solo 2020. Artikel tersebut berjudul "Unggul Quick Count Pilkada Solo, Gibran Janji Tak Ada Perayaan Kemenangan" yang dimuat situs merdeka.com pada 11 Desember 2020.

Merdeka.com - Hasil hitung cepat atau quick count sementara Pilkada Solo 2020 yang dilakukan DPC PDIP Solo hingga pukul 16.00 WIB menunjukkan pasangan PDIP, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa unggul dari pasangan independen Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo).

Berdasarkan data, jumlah total suara yang masuk sebanyak 205.608. Suara tersebut berasal dari 935 TPS dari total 1.231.

Pasangan nomor urut 1 Gibran - Teguh memperoleh angka 83,46 persen atau 171.610 suara. Sedangkan calon nomor urut 2, Bajo mendapat 26,54 persen atau 33.998 suara. Sementara suara rusak atau tidak sah sebanyak 28.025.

"Yang terpenting bagi kami Pilkada ini berjalan dengan aman dan lancar. Masyarakatnya sehat semua," ujar Gibran saat konferensi pers di DPC PDIP, Rabu (9/12).

Saat ditanyakan apakah akan ada syukuran atau acara lainnya, putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengaku tidak memikirkannya.

"Tidak ada selebrasi sama sekali. Kita tunggu perhitungan resmi dari KPU dulu. Setelah ini kita akan melakukan komunikasi intensif, sinkronisasi dengan wali kota dan wakil wali kota agar proses transisi berjalan lancar," katanya.

Gibran menilai, secara umum Pilkada berjalan dengan baik dan aman. Menurutnya, warga antusias dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Itu yang paling penting. Untuk angka nanti kami evaluasi. Yang penting Pilkada berjalan aman," pungkas dia.

 

 

Kesimpulan

Video yang diklaim konvoi pendukung Gibran Rakabuming Raka usai menang Pilkada Solo 2020 ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan konvoi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin saat kampanye Pilpres 2019. Konten yang disebarkan akun Facebook Triwahyuni masuk kategori palsu.

 

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Kisah Pria 5 Tahun Pacaran Tak Berakhir di Pelaminan, Warganet: The Real Jagain Jodoh Orang

Posted: 10 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial diramaikan dengan kisah viral pria yang ditinggal menikah setelah lima tahun menjalin hubungan.

Ditinggal menikah setelah menjalin hubungan lama dengan orang tersayang tentu menyesakkan dada. Setiap pasangan pastinya ingin menjalin hubungan serius dengan orang tersayang hingga menuju jenjang pernikahan.

Namun, jika Tuhan sudah berkehendak, apa pun yang kita rencanakan bisa saja berubah, seperti kisah yang dialami pria bernama Rachmad Arief ini.

Melalui akun TikTok-nya @pangeranarief, ia membagikan kisahnya bersama kekasihnya yang kini telah menjadi milik orang lain. Dalam videonya yang kini viral, tampak momen-momen kebersamaan keduanya hingga ia harus menerima wanita itu naik pelaminan bersama pria lain yang merupakan jodohnya.

"Terima kasih untuk 5 tahunnya, aku ikut bahagia melihat orang yang dicintainya bahagia meski bukan denganku. 5 tahun kita bersama. Selalu temenin aku di semua kegiatanku. Selalu bisa bikin aku seneng kalau sama kamu. Kamu lulus sidang skripsi itu bahagianya aku, aku sayang banget sama kamu. Tapi garis Tuhan berkata lain. Orang yang aku sayang bersama jodohnya. Tolong jaga orang yang aku sayang, bahagiakan dia dengan keluarganya," tulis @pangeranarief dalam videonya. 

Ia lapang dada dan mendoakan kebahagian untuk mantannya

Kisah pria ditinggal nikah setelah 5 tahun menjalani hubungan.
Kisah pria ditinggal nikah setelah 5 tahun menjalani hubungan.

Dalam videonya, ia juga tampak menghadiri pernikahan wanita yang dulu pernah menjadi kekasihnya itu. Terdengar pula, temannya berkata "seharusnya elo yang ada di sana Rif."

Namun, ia harus ikhlas melihat orang yang pernah ia sayang bahagia bersama pilihannya. Tak lupa ia mendoakan mantannya agar selalu bahagia.

Diketahui, pria berusia 23 tahun itu harus mengakhiri hubungannya karena terbentur restu orangtua.

Respons Warganet

Kisah pria ditinggal nikah setelah 5 tahun menjalani hubungan.
Kisah pria ditinggal nikah setelah 5 tahun menjalani hubungan.

Video itu pun viral di media sosial dan terus diunggah ulang oleh beberapan akun Instagram. Kisah pilu tersebut lantas mendapat berbagai komentar dari warganet yang bersimpati pada Rachmad hingga mengalami hal yang sama.

"Yang 5 tahun aja bisa pisah, apalagi lo yang Cuma nanyain udah makan minum doang☹" tulis @kegoblogangarislucu.

"Karena wanita butuh kepastian," tulis @agustin12_12.

"Aku malah mau lamaran keluarga masing-masing udah setuju eh mantannya balik lagi dan dia milih mantannya. Lucu kan," tulis @hilmi_mbrq.

"Real yang namanya jagain jodoh orang ya ini," tulis @ditalailan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Kriteria Ideal Vaksin Berkualitas, Apa Saja?

Posted: 10 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai kriteria ideal terkait vaksin berkualitas. Kriteria ideal vaksin berupa efikasi dan efektivitas memiliki peran mengukur manfaat vaksin, terutama dalam pengendalian terhadap COVID-19.

Dalam konferensi pers pada Kamis, 10 Desember 2020, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito memaparkan, aspek efikasi dan efektivitas vaksin.

Pertama, aspek efikasi, yaitu besar kemampuan vaksin mencegah penyakit dan menekan penularan pada individu, sehingga mencapai kondisi yang ideal dan terkontrol.

"Hal ini dapat dilihat dari hasil uji klinis vaksin di laboratorium yang dilakukan kepada populasi dalam jumlah yang terbatas," papar Wiku di Kantor Presiden, Jakarta.

Kedua, aspek efektivitas, yaitu penilaian kemampuan vaksin melindungi masyarakat secara luas. Ini terkait penilaian kemampuan vaksin melindungi masyarakat secara luas. Menyasar masyarakat yang heterogen (beragam).

"Terdapat berbagai faktor yang dapat memengaruhi efektivitas vaksin, antara lain penerima vaksin, seperti usia komorbid, riwayat infeksi sebelumnya serta jangka waktu semenjak vaksinasi dilakukan. Kemudian faktor karakteristik dari vaksin. Misal, jenis vaksin aktif atau inaktif, komposisi vaksin juga cara penyuntikannya," terang Wiku.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Efektivitas Vaksin COVID-19 dari Kecocokan Strain Virus

Banner Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Faktor lain yang memengaruhi efektivitas vaksin adalah kecocokan strain virus yang beredar pada masyarakat. Untuk mengetahui aspek efektivitas vaksin perlu data surveilans.

"Ini untuk melihat perkembangan kasus serta memantau dampaknya," kata Wiku.

"Butuh juga data imunisasi untuk melihat cakupan imunisasinya serta data klinis individu pendukung melihat aspek lain yang memengaruhi kondisi kesehatan individu."

Menyoal efisiensi vaksin, kita dapat melihat bagaimana nilai pembelanjaan vaksin. Vaksin dapat mencegah pengeluaran biaya kesehatan yang lain untuk menangani orang yang sakit akibat penyakit tersebut.

Infografis Negara Pertama Suntik Vaksin Covid-19, Inggris atau China?

Infografis Negara Pertama Suntik Vaksin Covid-19, Inggris atau China? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Negara Pertama Suntik Vaksin Covid-19, Inggris atau China? (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Lucunya Milagro, Bayi Tapir yang Lahir di Kebun Binatang Nikaragua

Posted: 10 Dec 2020 09:00 PM PST

Tapir berumur satu tahun bernama
Tapir berumur satu tahun bernama

Tapir berumur satu tahun bernama

Tapir berumur satu tahun yang bernama
Tapir berumur satu tahun yang bernama

Tapir berumur satu tahun yang bernama

Dokter hewan Eduardo Sacasa dan penjaga Kebun Binatang Nasional memberi makan tapir berumur satu tahun bernama
Dokter hewan Eduardo Sacasa dan penjaga Kebun Binatang Nasional memberi makan tapir berumur satu tahun bernama

Dokter hewan Eduardo Sacasa dan penjaga Kebun Binatang Nasional memberi makan tapir berumur satu tahun bernama

Tapir berumur satu tahun yang bernama
Tapir berumur satu tahun yang bernama

Tapir berumur satu tahun yang bernama

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pre-order iPhone 12 di Indonesia Mulai Hari Ini 11 Desember 2020

Posted: 10 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Erajaya Group sudah membuka pre-order seri iPhone 12 di Indonesia mulai hari ini, Jumat (11/12/2020). Program pre-order iPhone 12 ini digelar di berbagai gerai Erajaya Group selaku rekanan Apple di Indonesia.

Seri iPhone 12 akan dijual di gerai ritel Erafone, iBox, dan Urban Republic. Sementara program pre-order tersedia di ibox.co,id, iBox Official Store di Shopee, dan seluruh gerai iBox.

Berikut harga seri iPhone 12 yang dihimpun dari website resmi iBox:

iPhone 12 mini (64GB): Rp 12.999.000

iPhone 12 mini (128GB): Rp Rp 14.499.000

iPhone 12 mini (256GB): Rp 15.999.000

 

iPhone 12 (64GB): Rp 14.999.000

iPhone 12 (128GB): Rp 16.499.000

iPhone 12 (256GB): Rp 17.999.000

 

iPhone 12 Pro (128GB): Rp 18.499.000

iPhone 12 Pro (256GB): Rp 20.999.000

iPhone 12 Pro (512GB): Rp 24.999.000

 

iPhone 12 Pro Max (128GB): Rp 20.499.000

iPhone 12 Pro Max (256GB): Rp 22.999.000

iPhone 12 Pro Max (512GB): Rp 26.999.000

Ketentuan Pre-order

Tampilan salah satu seri iPhone 12 yang dilengkapi dengan teknologi 5G sehingga lebih cepat diluncurkan Apple pada Selasa (13/10/2020). Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)
Tampilan salah satu seri iPhone 12 yang dilengkapi dengan teknologi 5G sehingga lebih cepat diluncurkan Apple pada Selasa (13/10/2020). Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)

Periode pre-order mulai dari 11 hingga 16 Desember 2020. Pengiriman dilakukan mulai 18 Desember 2020, dan pengambilan di toko mulai 18 hingga 20 Desember 2020.

Metode pre-order yang dapat dipilih konsumen adalah pengiriman melalui ekspedisi dan ambil toko (Click & Pick Up). Erajaya memberikan layanan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia selama periode pre-order.

Untuk pengambilan di toko, waktunya di bagi dalam tiga hari berdasarkan waktu pre-order. Berikut rinciannya:

11 - 12 Desember 2020: 18 Desember 2020

13 - 14 Desember 2020: 19 Desember 2020

15 - 16 Desember 2020: 20 Desember 2020

Apabila konsumen tidak bisa melakukan pengambilan di toko sesuai jadwal yang ditentukan, maka pengambilan bisa dilakukan mulai 21 hingga 31 Desember 2020.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sule Ultimatum Teddy tentang Pembagian Harta Lina Jubaedah, Kesal Anak-anaknya Disinggung soal Warisan

Posted: 10 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Emosi komedian Sule memuncak mengetahui Teddy Pardiyana alias Teddy, suami dari mendiang Lina Jubaedah, terus menerus membahas soal masalah harta peninggalan mendiang Lina Jubaedah. Yang terbaru, Teddy kabarnya menuding Putri Delina, anak Sule dari pernikahan bersama Lina Jubaedah, mengambil harta warisan tersebut.

Sule merasa Teddy tak seharusnya membicarakan harta peninggalan Lina Jubaedah di depan pewarta. Apalagi, ia tak rela Teddy menuding anak-anaknya mengambil harta warisan milik Lina Jubaedah. Kata Sule, yang terjadi sebenarnya bukan merebut harta warisan Lina Jubaedah dari tangan Teddy.

Putri Delina, yang disebut Teddy mengambil harta warisan peninggalan Lina Jubaedah, merupakan ahli waris yang sudah jauh-jauh hari dipersiapkan Lina Jubaedah untuk menerima harta peninggalan dari mendiang jika meninggal dunia.

Bicara Baik-Baik

Suami mendiang Lina Jubaedah, Teddy Pardiyana.(Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Suami mendiang Lina Jubaedah, Teddy Pardiyana.(Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Sule menyayangkan cara Teddy yang terkesan memperkeruh suasana dengan membahas peninggalan harta warisan mendiang Lina Jubaedah. Apalagi, kata Sule, itu dilakukannya di depan kamera pewarta.

"Kalau berani ayo ketemu. Ketemu aja yuk, mau apa. Secara baik-baik kan bisa. Toh saya enggak ada dendam, enggak ada apa. Saya sudah mengikhlaskan semuanya," ujar Sule.

Jangan Bahas Harta

Sule. [foto: instagram/ferdinan_sule]
Sule. [foto: instagram/ferdinan_sule]

Sule meminta Teddy tak lagi membahas harta peninggalan Lina Jubaedah. Ia juga mengingatkan Teddy untuk tak memojokkan nama anak-anaknya terkait harta tersebut.

"Tapi jangan seperti ini. Terus-terusan sama anak-anak saya yang dicecar. Harta gono gini. Harta gono-gini apa, itu ahli waris. Yang istilahnya dia mengamankan semuanya. Karena kan tidak hanya Putri, Rizwan juga kebagian," Sule menegaskan.

Diberikan Sule

Sule bersama Rizky Febian dan Putri Delina (Liputan6.com/IG/rizkyfbian)
Sule bersama Rizky Febian dan Putri Delina (Liputan6.com/IG/rizkyfbian)

Sule mengingatkan Teddy bahwa harta Lina Jubaedah merupakan pemberiannya saat proses perceraian bergulir. Kala itu, Sule menawarkan harta gana-gini kepada Lina Jubaedah.

"Kalau gono-gini kan sama saya. Waktu peradilan kan enggak dapat, saya kasih. Terus mau itu, ambil," ujarnya geram.

Tantang Teddy Bertemu

Komedian Sule (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Komedian Sule (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jika masih ingin bicara mengenai harta warisan, dikatakan Sule, ia menantang Teddy untuk menghampirinya ke rumah. Sule membuka pintu lebar-lebar untuk menyambut kedatangan Teddy.

"You're welcome. Ayo, jangan undang media. Temui saya. Datang ke Tambun, saya enggak ke mana-mana," tantang Sule. (Kapanlagi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dimediasi Donald Trump, Maroko Normalisasi Hubungan dengan Israel

Posted: 10 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Maroko akhirnya resmi melakukan normalisasi hubungan dengan Israel. Maroko disebut-sebut sudah sempat membuka wisata untuk Israel secara diam-diam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal F1 Seri Yas Marina Abu Dhabi: Duel Bottas vs Verstappen di Balapan Penutup

Posted: 10 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Abu Dhabi - Formula 1 (F1) musim ini hanya menyisakan satu seri lagi. Dua pembalap, yakni Valtteri Bottas (Mercedes), dan Max Verstappen (Red Bull Honda,) akan bersaing untuk finis di posisi runner up.

Ya, gelar juara F1 musim ini memang sudah menjadi milik Lewis Hamilton. Pembalap asal Inggris itu mengemas 332 poin dan tak mungkin dikejar lagi.

Hamilton menurut perkembangan terakhir bisa tampil di seri terakhir yang akan berlangsung di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi akhir pekan ini. Sebelumnya, ia dinyatakan positif Covid-19.

Namun demikian, mata publik akan tertuju ke persaingan antara Bottas dan Verstappen yang akan memanaskan seri terakhir ini. Bottas sejauh ini unggul dengan 205 poin, sementara Verstappen ada di posisi ketiga dengan 189 poin.

Secara matematis, Verstappen masih mungkin menyalip Bottas. Namun pembalap asal Belanda itu tetap butuh dukungan Dewi Fortuna.

Itu karena Verstappen harus meraih podium pertama dan di saat yang sama Bottas gagal menuntaskan balapan. Berikut jadwal F1 seri terakhir di Abu Dhabi.

Jadwal Balapan

Aksi Valtteri Bottas di sesi kualifikasi F1 Emilia Romagna (AP)
ri Bottas

Jumat 11 Desember 2020

16.00 WIB, Latihan 1

20.00 WIB, Latihan 2

 

Sabtu 12 Desember 2020

17.00 WIB, Latihan 3

20.00 WIB, Kualifikasi

 

Minggu 13 Desember 2020

20.10 WIB, Balapan

Klasemen Pembalap

1 Lewis Hamilton Mercedes 332
2 Valtteri Bottas Mercedes 205
3 Max Verstappen Red Bull Racing Honda 189
4 Sergio Perez Racing Point BWT Mercedes 125
5 Daniel Ricciardo Renault 112
6 Charles Leclerc Ferrari 98
7 Carlos Sainz McLaren Renault 97
8 Alexander Albon Red Bull Racing Honda 93
9 Lando Norris McLaren Renault 87
10 Lance Stroll Racing Point BWT Mercedes 74
11 Pierre Gasly AlphaTauri Honda 71
12 Esteban Ocon Renault 60
13 Sebastian Vettel Ferrari 33
14 Daniil Kvyat AlphaTauri Honda 32
15 Nico Hulkenberg Racing Point BWT Mercedes 10
16 Kimi RΓ€ikkΓΆnen Alfa Romeo Racing Ferrari 4
17 Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing Ferrari 4
18 George Russell Mercedes 3
19 Romain Grosjean Haas Ferrari 2
20 Kevin Magnussen Haas Ferrari 1
21 Nicholas Latifi Williams Mercedes 0
22 Jack Aitken Williams Mercedes 0
23 Pietro Fittipaldi Haas Ferrari 0

Saksikan Video F1 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI Ventures Suntik Modal Rp 30 Miliar ke Startup Minuman Kekinian Haus!

Posted: 10 Dec 2020 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - BRI Ventures melalui Dana Ventura Sembrani Nusantara mengumumkan investasi di perusahaan rintisan atau startup minuman lokal kekinian Haus! Nilai investasi tersebut mencapai Rp 30 miliar.

Haus! merupakan usaha yang bergerak di industri makanan dan minuman atau food and beverage (FnB) dengan sasaran konsumen milenial kalangan menengah dan menengah bawah.

"Kita ucapkan selamat kepada Haus! atas pendanaannya, brand lokal seperti Haus! memiliki pertumbuhan yang sangat pesat," VP of Investor Relations & Strategy BRI Ventures: Markus Liman Rahardja dalam konferensi pers virtual, Jumat (11/12/2020).

Dana Ventura Sembrani Nusantara sendiri secara konsisten melakukan investasi ke startup digital dan UMKM yang memiliki pertumbuhan terukur. Saat ini, Dana Ventura Sembrani Nusantara memilih menyuntikkan modal kepada Haus! karena beberapa alasan.

Markus menjelaskan, Haus! dekat dengan konsumennya karena melakukan ekspansi di area sub-urban, bukan di pusat perbelanjaan atau mall.

"Haus! berada di daerah padat penduduk sehingga bisa dibilang ini menjadi kunci kenapa Haus! bisa tumbuh pesat, karena dekat dengan mereka dan dengan pricing yang sangat kompetitif," ujar Markus.

 

Pembeda

Dalam kesempatan yang sama, CEO Haus! Indonesia Gufron Syarif mengatakan, perbedaan Haus! dengan brand minuman kekinian lain ialah dari segi harga.

"Dengan harga Rp 5.000 siapa yang nggak bisa beli, gitu, karena harga air mineral botol, kan ada di kisaran itu," ujar Gufron.

Saat ini, Haus! memiliki 103 outlet yang tersebar di Jabodetabek. Hingga saat ini, Haus! berhasil menjual lebih dari 43.000 cup minuman kekinian per hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Gaya 7 Artis Jebolan D'Academy saat Prewedding dengan Berbagai Tema

Posted: 10 Dec 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kontes ajang pencarian bakat D'Academy yang ditayangkan di Indosiar. Sampai saat ini telah menelurkan berbagai macam talenta hebat di industri musik. Usai ajang tersebut, kini banyak penyanyi yang makin terkenal.

Awal kepopuleran para artis ini pun memang dilalui melalui ajang D'Academy yang mengantarkan namanya meroket. Hingga pada akhirnya, para jebolan D'Academy ini pun mengembangkan kariernya di bidang lain seperti akting.

Seiring berjalannya waktu, para jebolan D'Academy ini pun akhirnya menemukan tambatan hatinya. Hingga pada akhirnya memutuskan untuk menikah.

Menjadi seorang artis, banyak jebolan D'Academy ini pun memaknai momen spesial sebelum pernikahan ini pun dengan berbagai macam foto prewedding. Banyak diantaranya menggunakan berbagai tema seperti pakai busana kasual hingga Arabian Style.

Berikut 7 gaya artis jebolan D'Academy saat prewedding yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Jumat (11/12/2020).

1. Reza D'Academy dan Valda Alviana menjalani pemotretan prewedding dengan mengusung tema Arabian style yang saat ini jadi sorotan

Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/reza_zakarya_daa)
Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/reza_zakarya_daa)

2. Pemotretan prewedding Tria dan Ady Bima yang menikah pada Oktober 2019 lalu ini begitu romantis

Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/da2_tria)
Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/da2_tria)

3. Rafly dan Ega Noviantika melakukan pemotretan prewedding dengan tema busana India

Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/randilagimoto)
Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/randilagimoto)

4. Evi Masamba dan Arif Hajrianto melakukan pemotretan prewedding dengan busana batik

Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/phiutografiastudio)
Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/phiutografiastudio)

5. Dona D'Academy dan Ujang menikah pada tahun 2019, menjalani pemotretan prewedding studio

Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/donaladyrocker)
Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/donaladyrocker)

6. Endah D'Academy tampil serasi dengan pasangannya saat pemotretan prewedding berkonsep outdoor dengan gaun dan jas

Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/endah_mentil_da2)
Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/endah_mentil_da2)

7. Rafi yang terlibat cinta lokasi, membuat prewedding dengan gaya kasual

Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/rafi_gimbal)
Prewedding artis jebolan D'Academy (Sumber: Instagram/rafi_gimbal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Boris Johnson: Inggris Harus Bersiap Tak Ada Kesepakatan Brexit yang Dihasilkan

Posted: 10 Dec 2020 08:48 PM PST

Liputan6.com, London - Perdana Menteri Boris Johnson telah berjanji untuk bekerja secara "ekstra" untuk meraih kesepakatan perdagangan Brexit, tetapi menginstruksikan pemerintahnya untuk mempersiapkan Inggris jatuh dari pasar tunggal Uni Eropa pada akhir tahun ini.

Mengutip Channel News Asia, Jumat (11/12/2020), kesepakatan perdagangan Brexit masih berlarut-larut setelah Johnson dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengumumkan batas waktu pada hari Minggu untuk memutuskan apakah akan terus mengupayakan kesepakatan atau sekadar menyerah. 

PM Boris Johnson menekankan dia ingin negosiatornya "terus berjalan, dan kami akan bekerja ekstra" untuk kesepakatan terakhir, dan mengatakan dia siap untuk melakukan perjalanan lagi ke Brussel, serta ke Paris atau Berlin untuk menyelesaikannya.

Tetapi setelah pertemuan tersebut, pemimpin Konservatif mengatakan para menterinya "sangat setuju dengan saya bahwa kesepakatan di atas meja sebenarnya tidak tepat untuk Inggris saat ini".

"Jadi apa yang saya katakan kepada kabinet malam ini adalah untuk melanjutkan dan membuat persiapan itu" tanpa kesepakatan, katanya.

Nilai poundsterling kini telah merosot di pasar mata uang karena para pedagang menyesuaikan diri dengan kemungkinan yang membayang bahwa setelah lima dekade integrasi antara Inggris dan daratan Eropa, perdagangan lintas-saluran akan dikenakan tarif dan kuota baru di Tahun Baru.

Perjanjian Dagang Pasca-Brexit

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen (kanan) berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sebelum pertemuan di kantor pusat Uni Eropa di Brussel, Rabu, 9 Desember 2020. (Foto: Olivier Hoslet, Pool via AP)
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen (kanan) berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sebelum pertemuan di kantor pusat Uni Eropa di Brussel, Rabu, 9 Desember 2020. (Foto: Olivier Hoslet, Pool via AP)

Tanpa kesepakatan pasca-Brexit, perdagangan Inggris dengan pasar terbesarnya di masa depan akan beroperasi berdasarkan aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang diperkecil, atau istilah Australia karena Johnson lebih suka menyebutnya untuk konsumsi publik.

"Kami tidak menghentikan pembicaraan, kami akan terus bernegosiasi, tetapi melihat di mana kami berada, saya pikir sangat penting bahwa setiap orang sekarang bersiap untuk opsi Australia itu," kata Johnson.

Dalam dua minggu terakhir, ia menuduh Uni Eropa menghidupkan kembali tuntutan untuk "kesetaraan", yang berarti Inggris akan terikat untuk mengikuti standar peraturan masa depan yang ditetapkan oleh Brussel untuk mencegah kedua belah pihak mendapatkan keunggulan kompetitif.

Penolakan berarti Inggris menghadapi "hukuman, sanksi, tarif atau apapun", katanya.

Masalah besar lainnya adalah akses masa depan anggota Uni Eropa ke perairan perikanan Inggris yang kaya, kata Johnson.

"Setelah bertahun-tahun sekarang memberikan suara untuk meninggalkan Uni Eropa, kami tidak akan tetap memiliki kendali atas perairan kami dan itu tidak baik. Maka kabinet sangat setuju dengan itu bahwa kami benar-benar belum berada di sana sama sekali," katanya.

Kepala negosiator Inggris David Frost dan mitranya dari Uni Eropa, Michel Barnier, melanjutkan pembicaraan di Brussel pada Kamis, meskipun pesimisme meningkat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPP Klaim Menangi 123 Daerah di Pilkada 2020

Posted: 10 Dec 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Partai Pembangunan Persatuan (PPP) mengklaim, memenangkan 123 daerah di Pilkada 2020.

Adapun rinciannya yakni, 94 daerah PPP menjadi pengusung, dan 29 daerah hanya menjadi pendukung. Data itu berdasarkan perolehan sementara di Pilkada 2020 per 11 Desember 2020.

"Total sementara ini PPP telah berhasil ikut memenangkan paslon dalam Pilkada di 123 daerah," kata Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani dalam keterangannya, Jumat (11/12/2020).

PPP menjadi partai pengusung pasangan calon di 174 daerah. Sementara, 48 daerah menjadi pendukung karena tak memiliki kursi DPRD.

"PPP tidak ikut mengusung meskipun memiliki kursi DPRD setempat di 4 daerah dan abstain atau tidak memberikan dukungan kepada paslon manapun di 44 Pilkada," jelas Arsul.

Dari jumlah kemenangan yang dicatat, Arsul mengatakan, masih bisa bertambah karena belum memasukan hasil Pilkada 2020 dari Papua, Papua Barat, NTT dan Sultra.

"Di daerah-daerah ini proses perhitungannya masih berlangsung dan kalaupun ada hasil hitung cepat (quick count) kami nilai belum bisa dipergunakan untuk memproyeksikan menang-kalahnya paslon yang diusung atau didukung," kata anggota Komisi III DPR RI ini.

 

Mendekati Target

Arsul juga menuturkan, masih ada data yang belum dimasukan karena daerah PPP menjadi pengusung ada perbedaan tipis hasil hitung cepat dengan progres real count di KPU.

Sehingga belum diambil kesimpulan. Namun, dari data sementara ini, Arsul mengatakan hasilnya sudah mendekati target Pilkada PPP.

"Dari target pemenangan Pilkada PPP yang 60% dari jumlah yang diikuti, maka capaian Pilkada PPP ini telah mendekati target" kata dia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ukir Sejarah, Bocah Perempuan 7 Tahun Sanggup Angkat Beban 80 Kg

Posted: 10 Dec 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rory van Ulft, bocah perempuan berusia 7 tahun di Kanada mampu mengangkat beban seberat 80 kg. Ayahnya, Cavan van Ulft percaya, tidak ada bocah lain di dunia yang mampu menandinginya saat ini. 

Seperti dilansir dari AS, Rory kini tercatat sebagai juara nasional Amerika Serikat kelompok usia U-11 dan U-13 termuda sepanjang sejarah. Dia telah melakukan angkatan seberat 32 kg, lalu 42 kg untuk kategori tarik, 61 kg untuk kategori skuat, dan 80 kg untuk kategori deadlifts (sebatas pinggang).    

Rory Ulft sebenarnya tidak berniat menjadi atlet angkat berat. Awalnya dia justru berlatih senam. 

Namun Rory sadar tanpa dukungan tubuh yang kuat, dia berpotensi mengalami cedera.    

Dia kemudian beralih ke cabang angkat berat. Ternyata Ulft sangat tertarik di cabang barunya.

 

Terkuat di Dunia ?

Rory van Ulft, bocah perempuan berusia 7 tahun yang mampu mengangkat beban seberat 70 kg (Instagram)
Rory van Ulft, bocah perempuan berusia 7 tahun yang mampu mengangkat beban seberat 70 kg (Instagram)

Dia kemudian berlatih berbagai jenis angkatan. Tidak hanya itu, dalam setiap penampilannya, Ulft berusaha tampil atraktif lewat tato sementara yang menempel di badannya.

"Berdasarkan pencapaiannya saat ini, Rory (Ulft) bukan hanya bocah perempuan 7 tahun terkuat di dunia, tapi dia mungkin merupakan bocah tujuh tahun baik untuk kategori pria atau wanita terkuat yang pernah hidup yang pernah ikut kompetisi," kata Cavan van Ulft, ayah Rury Ulft.

 

"Dalam hal kekuatan rata-rata Rory dibandingkan dengan semua juara nasional dalam kategori berat badan rendah dan usia perempuan, saat ini tidak ada yang lebih baik dari dia," beber Cavan. 

 

Pro dan Kontra

Pro dan kontra bermunculan di tengah pencapaian Rory. Mereka menyoroti mengenai etika terkait besarnya upaya dan sorotan terhadap bocah perempuan seusia Rory van Ulft. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BUMN Indonesia Bisa Kalahkan Temasek, Ini Caranya

Posted: 10 Dec 2020 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia menyebutkan bahwa valuasi dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa mengalahkan holding perusahaan negara lain seperti Temasek yang dimiliki oleh Pemerintah Singapura.

Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, agar BUMN Indonesia bisa mengalahkan valuasi Temasek adalah dengan cara semua BUMN yang ada melantai di bursa saham (IPO). Dengan demikian, menurutnya bukan tidak mungkin nilainya akan lebih besar dari Temasek.

"Jika kita IPO perusahaan milik negara ini menjadi dua kali lipat, maka secara teoritis kita akan mendapatkan nilai pasar Rp 4.800 triliun atau dengan nilai tukar saat ini sekitar USD 380 miliar. Jadi sebenarnya sedikit lebih besar dari Temasek," ujar Budi dalam acara US-Indonesia Investment Summit ke-8, Jumat (11/12/2020).

Budi menambahkan, dalam pengelolaan aset negara, pemerintah perlu untuk melibatkan sektor swasta. Dalam hematnya, nilai aset dan pendapatan BUMN saat ini tercatat lebih besar dari milik pemerintah Indonesia sendiri.

"Jadi jika presiden ingin memindahkan perusahaan dalam PDB, dia tidak bisa begitu saja mendorong Kementerian untuk melakukannya. Ia perlu melibatkan sektor swasta," kata Budi.

Saat ini BUMN memiliki total aset sekitar Rp 8.400 triliun lebih dan pendapatan sebelum pandemi COVID-19 mencapai Rp 2.400 triliun setahun.

"Sekarang BUMN punya 140 perusahaan, total asetnya sekitar Rp 8.400 triliun jadi sebenarnya lebih besar dari aset pemerintah Indonesia, dan total pendapatan yang terakhir saya lihat sekitar Rp 2.400 triliun, juga sama dengan pendapatan pemerintah," sebut Budi.

Daftar 10 BUMN Penyumbang Deviden Terbesar, Siapa Saja?

Gedung Kementrian BUMN. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Gedung Kementrian BUMN. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan realisasi pendapatan dari kekayaan negara dipisahkan (KND) pada tahun 2019. Pendapatan ini salah satunya sumbangan dari BUMN melalui setoran deviden.

Mengutip Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2019, Kamis (3/12/2020), penerimaan pendapatan dari KND di tahun 2019 naik 79,15 persen dari tahun 2018, yaitu sebesar Rp 80,7 triliun.

Dari angka tersebut, bagian atas laba BUMN mencapai Rp 50,63 triliun. Laba BUMN ini terdiri atas BUMN perbankan dengan kontribusi Rp 18,595 triliun yang seluruhnya berasal dari BUMN di bawah Kementerian BUMN.

Lalu, BUMN non perbankan dengan kontribusi Rp 31,17 triliun (di bawah Kementerian BUMN) dan Rp 860,5 miliar (di bawah Kementerian Keuangan).

Tercatat, terdapat kenaikan pendapatan atas laba BUMN sebesar Rp 5,5 triliun karena dipengaruhi peningkatan kinerja yang membaik.

Dari realisasi tersebut, terdapat 10 BUMN yang menyumbang deviden terbesar. Siapa saja mereka? Ini daftarnya:

1. PT BRI dengan setoran Rp 9,25 triliun

2. PT Telekomunikasi Indonesia dengan setora Rp 8,45 triliun

3. PT Pertamina dengan setoran Rp 7,95 triliun

4. PT Bank Mandiri dengan setoran Rp 6,7 triliun

5. PT PLN dengan setoran Rp 4 triliun

6. PT BNI dengan setoran Rp 2,25 triliun

7. PT Pegadaian dengan setoran Rp 1,38 triliun

8. PT Inalum/MIND ID dengan setoran Rp 1,08 triliun

9. PT Pupuk Indonesia dengan setoran Rp 1,045 triliun

10. PT Jasa Raharja dengan setoran Rp 891 miliar

Secara total, 10 BUMN ini berkontribusi kepada pendapatan negara sebesar Rp 43,073 triliun, atau sekitar 85 persen dari total kontribusi laba BUMN terhadap pendapatan KND 2019.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: