Selasa, 22 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Donald Trump Ancam Veto Stimulus COVID-19, Minta Bantuan Ditambah

Posted: 22 Dec 2020 10:06 PM PST

Liputan6.com, Washington, D.C. - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam akan melakukan veto terhadap RUU anggaran stimulus COVID-19 senilai US$ 9 miliar. Trump berkata bantuannya terlalu sedikit dan banyak pemborosan yang tak terkait COVID-19.

RUU itu sejatinya merupakan omnibus law. Donald Trump protes ada alokasi anggaran untuk bantuan luar negeri, museum, produksi unggas, hingga pembangunan markas FBI. Sementara, bantuan langsung ke rakyat hanya US$ 600. 

"Namanya RUU bantuan COVID tetapi hampir tidak ada hubungannya dengan COVID," ujar Donald Trump via Twitter, Rabu (23/12/2020).

Biaya bantuan itu turun setengah dari sebelumnya, yakni US$ 1.200. Netizen AS ramai-ramai protes di media sosial, sebab bantuan ini sudah dinantikan sejak lama.

Donald Trump berkata bahwa Kongres AS tidak membaca omnibus law setebal lebih dari lima ribu halaman itu.

"Tak ada anggota Kongres yang membacanya karena kepanjangan dan kompleksitasnya," kata Trump.

Ia juga menyindir bahwa Kongres punya uang pihak asing, pelobi, dan kepentingan khusus, tetapi hanya memberikan sedikit ke masyarakat.  Trump lantas meminta agar bantuan naik menjadi US$ 2.000 per orang.

"Saya meminta Kongres untuk mengamandemen RUU ini dan menambah US$ 600 yang rendah dan konyol menjadi US$ 2.000 atau US$ 4.000 untuk pasangan. Saya juga meminta Kongres untuk menyingkirkan hal-hal yang boros dan tak diperlukan pada legislasi ini," kata Donald Trump.

Alokasi Anggaran Tidak Nyambung

Puluhan perawat yang menangani pasien virus Corona (COVID-19) berdemo di luar sebuah rumah sakit di New York, Amerika Serikat (AS)(2/4/2020). Di kota ini pasien corona nyaris 100 ribu dengan 2.300 orang meninggal dunia. (AP/Bebeto Matthews)
Puluhan perawat yang menangani pasien virus Corona (COVID-19) berdemo di luar sebuah rumah sakit di New York, Amerika Serikat (AS)(2/4/2020). Di kota ini pasien corona nyaris 100 ribu dengan 2.300 orang meninggal dunia. (AP/Bebeto Matthews)

Donald Trump menyorot banyak alokasi anggaran di stimulus COVID-19 yang malah diberikan ke luar negeri. Berikut beberapa yang ia sorot:

- US$ 134 juta untuk Burma (Myanmar)

- US$ 1,3 miliar untuk Mesir dan militernya

- US$ 25 juta untuk program demokrasi dan gender di Pakistan

- US$ 505 juta untuk Belize, Kosta Rica, Nikaragua, El Savador, Guatemala, Honduras, dan Panama

Ada pula anggaran dalam negeri yang tak terkait COVID-19:

- US$ 40 juta untuk Kennedy Center di Washington DC

- US$ 1 untuk The Smithsonian

- US$ 154 juta untuk National Gallery of Arts

- US$ 3 juta untuk teknologo produksi unggas

- US$ 566 juta untuk proyek konstruksi di FBI

Lebih lanjut, netizen menemukan ada anggaran untuk militer AS dan Israel.

Manuver Nancy Pelosi

(Saul Loeb/AFP)
(Saul Loeb/AFP)

Masalah anggaran bantuan COVID-19 menjadi isu yang berlangsung berbulan-bulan. Sebelum pilpres AS 2020, Ketua DPR AS Nancy Pelosi dari Partai Demokrat terus menolak mengetok anggaran. 

Pelosi menyalahkan Gedung Putih karena masalah ini. 

Sebelumnya, pemerintahan Trump mengajukan anggaran sebesar US$ 1,8 triliun bantuan. Kubu Pelosi menolak karena mau anggaran sebesar US$ 2,2 triliun. Ironisnya, setelah pilpres Pelosi meloloskan anggaran yang justru lebih rendah. 

Pada Oktober, Donald Trump pernah menawarkan RUU stimulus mandiri sebesar US$ 1.200, tanpa embel-embel lain. Gagasan itu ditolak oleh Nancy Pelosi. 

Kini, Nancy Pelosi berkata setuju permintaan Trump untuk menambah stimulus. 

"Anggota Demokrat siap untuk membawa ini ke Lantai (Kongres) pekan ini dengan persetujuan bersama. Mari lakukan!" ujar Nancy Pelosi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda Bangkitkan Kembali Salah Satu Motor Ikoniknya

Posted: 22 Dec 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Honda dikabarkan siap menghidupkan kembali salah satu model ikonik mereka. Informasi yang beredar, Honda diketahui telah mengajukan merek dagang dengan nama ST125 yang disinyalir menjadi nama dari produk yang bakal dibangkitkan nanti.

Ia bakal meluncur dengan kombinasi tampilan klasik dan fitur modern. Kuda besi yang biasa dikenal Dax itu cocok untuk kalangan pehobi dan kolektor yang menyukai kendaraan bertampang unik.

Berkat pengajuan merek dagang di Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) dan Kantor Paten dan Merek Dagang AS, menjadi alasan kuat kalau Dax bakal meluncur dalam waktu dekat.

Proses pendaftaran sebetulnya telah dimulai dari Juni 2020. Honda mengajukan merek dagang untuk kata "Trailsport". Kemudian pada 16 Desember 2020, pihaknya mengajukan permohonan merek dagang "ST125" ke EUIPO.

Registrasi tersebut diprediksi oleh media Jepang sebagai Honda ST125 Dax yang lahir kembali namun dengan platform modern.

Dax yang dihidupkan kembali diprediksi masih mengadopsi tampilan model lawas. Jati diri yang masih dipertahankan yakni penggunaan rangka baja model tulang punggung horizontal dari depan hingga belakang.

Ciri khas lain yang membuatnya menarik yakni pemakaian jok tebal dan setang tinggi. Tak lupa juga suspensi ringkas ala Monkey dan roda kecil dengan ban gemuk melengkapi citra ST atau Dax.

Dari segi mesin, diharapkan Honda menghadirkan jantung mekanis yang sama dengan versi Monkey. Itu berarti menggendong mesin injeksi (PGM-FI) berkapasitas total 124,89 cc dengan standar Euro 5.

Mampu menghasilkan tenaga maksimal 9,6 Hp pada 7.000 rpm dan torsi sebesar 11 Nm pada 5.250 rpm. Jelas cukup tangguh untuk ukuran motor kecil. Diracik dengan bore x stroke: 52,4 x 57,9 mm dengan rasio kompresi: 9,3:1.

Keseluruhan output tersalur melalui transmisi manual empat percepatan. Perbekalan ini sejatinya mirip juga dengan ramuan Super Cub C125, termasuk pula penggunaan sistem pendingin udara.

 

Fitur Lainnya

Untuk fiturnya memang belum diketahui pasti, tapi bisa ditebak kalau semua pencahayaan sudah berteknologi LED. Agar nuansa motor klasik era 70an tak hilang, di atas lampu utama diberikan panel meter digital full LCD berbentuk bulat.

Bisa dipastikan isinya pun serupa dengan kepuanyaan Monkey. Ada odometer dengan dua trip meter, indikator BBM, dan indikator perpindahan gigi.

Karena berdimensi mungil, boleh jadi ia disematkan ABS satu chanel yang ditunjang dengan Inertial Measurement Unit (IMU).

Sama seperti yang ada di Monkey, fitur itu bekerja untuk mencegah ban belakang terangkat saat pengereman mendadak.

Jadi, motor tidak terjungkal ke depan. Meski bagian buntut terangkat pun, motor dikembalikan secara cepat oleh teknologi IMU. Terapan itu wajib ada demi keamanan maksimal.

 

Sejarah SIngkat

Honda ST125 'Dax' diharapkan bisa ditawarkan di pasar Asia, menyusul Honda Monkey, Super Cub dan CT125.

Dengan begitu, line up motor street mini dari pabrikan asal Jepang makin komplet. Tapi hingga saat ini belum ada kepastian mengenai harga dan tanggal peluncurannya.

Untuk diketahui, sejak dulu Honda Dax bisa dibilang merupakan motor miniatur dari sosok S series seperti S90. Hadir dengan mesin lateral (mesin tidur berpendingin udara yang khas) dikombinasi dengan kehadiran sasis monokok.

Sepeda motor ini sangat familiar di era 60 sampai 70an. Aslinya, ia diluncurkan pada 1969 dan merupakan lambang kendaraan mungil di 1970-an.

Kuda besi ini dikenal sebagai Dax di Eropa dan Jepang, serta 'Trailsport' di Amerika Serikat. Model ini sebenarnya adalah seri ST. Di zamannya, tersedia berbagai versi, mulai dari ST50, ST70, dan ST90.

Sumber: Oto.com

Infografis Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi

Infografis Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi. (Abdillah/Liputan6.com)
Infografis Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi. (Abdillah/Liputan6.com)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasang Spanduk Ucapan Hari Ibu di Depan Kantor Ibunya, Aksi Pemuda Ini Menyentuh Hati

Posted: 22 Dec 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Tanah Air baru saja meramaikan momen Hari Ibu dengan berbagai ucapan menyentuh hati untuk ibu mereka. Meski momen tersebut telah berlalu, tetapi kasihnya tetap mendekap hangat dalam sanubari keluarganya.

Sosok ibu tentu sangat berperan bagi anak-anaknya dan perngorbanannya tentu tidak akan pernah bisa dibalas. Untuk itu, di momen Hari Ibu ini banyak anak menunjukkan kasih sayang mereka dengan berbagai cara, salah satunya dengan memberi ucapan.

Hal tersebut pun dilakukan seorang pemuda yang tengah viral ini. Namun, dia memiliki cara berbeda dan super unik ketika memberi ucapan selamat Hari Ibu untuk ibunya.

Melalui unggahan akun TikTok @hanstuuu_, pemuda itu memperlihatkan bagaimana dirinya mempersiapkan kejutan Hari Ibu untuk ibunya dengan membuat sebuah banner atau spanduk besar yang berisi foto kebersamaannya dengan ibunya.

"Happy Mothers Day," tulisan dalam banner tersebut.

 

Meminta ibu keluar dari kantor

(@hanstuuu_/tiktok.com)
(@hanstuuu_/tiktok.com)

Segala perlengkapan sudah siap, tiba saatnya pria itu mendatangi dan memanggil ibunya ke dalam kantor. Sesampainya di ruangan ibunya, ia mendapati ibunya tengah meneguk air minum.

Dia pun menyuruh ibunya keluar ke area depan kantor untuk melihat hadiah yang sudah disiapkan.

@hanstuuu_

ga cukup ngerekam reaksinya 🥺

♬ original sound - hanstuuu

Tangis ibu melihat kejutan

Anehnya, ibunya tak segera menyadari hal yang mencurigakan yang dilakukan oleh putranya itu. Dia baru sadar ketika membalik badan dan melihat sebuah spanduk terpampang di depannya yang bertuliskan, "Selamat Hari Ibu."

Rasa haru bercampur bahagia terlihat dari wajah ibu itu. Dia pun sontak sambil memeluk anaknya.

@hanstuuu_

Reply to @febyshb

♬ original sound - hanstuuu

Respons Warganet

Unggahan seorang anak yang beri kejutan ibunya di momen Hari Ibu tuai perhatian warganet. Sebagian dari mereka fokus pada reaksi ibu itu ketika melihat banner yang berhasil membuat ibunya terharu.

"Kalo emak gua dibuatin ginian paling reaksinya, apa ini mending beliin emak kalung emas," tulis akun @matahari418.

"sebenernya mau nangis tapi, malu bgt kalo nangis depan ortu," ujar akun @bunny.bubbs.

"Salting dong ibunya," sahut akun @bubuclaraa.

"Nahh kejawab siapa yg msang banner, gua tdi lwt penasaran," balas akun @niiiiaaaa._.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Destinasi Wisata di Jakarta yang Tutup di Libur Natal dan Tahun Baru

Posted: 22 Dec 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai upaya terus dilancarkan wilayah-wilayah di Tanah Air guna menekan lonjakan kasus Covid-19 di libur Natal dan Tahun Baru 2021. Wujud nyata dari kebijakan itu satu di antaranya dengan ditutupnya sederet destinasi wisata di Jakarta.

Beberapa destinasi wisata yang bernaung di bawah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ditutup. Penutupan dilakukan pada 25 dan 31 Desember 2020 serta 1 Januari 2021.

Berdasarkan keterangan yang dibagikan Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram resmi, disertakan pula deretan destinasi wisata yang ditutup di libur akhir tahun. Masyarakat terus diimbau untuk berkegiatan di rumah saja.

Pengunjung menikmati suasana Pantai Ancol, Jakarta, menjelang berlakunya PSBB, Sabtu (12/9/2020). Pemprov DKI berencana menutup sejumlah tempat rekreasi di antaranya Ancol, Ragunan, Monas, dan Taman Mini Indonesia Indah saat PSBB total pada 14 September mendatang. (Liputan6.com/Herman Zaharia)
Pengunjung menikmati suasana Pantai Ancol, Jakarta, menjelang berlakunya PSBB, Sabtu (12/9/2020). Pemprov DKI berencana menutup sejumlah tempat rekreasi di antaranya Ancol, Ragunan, Monas, dan Taman Mini Indonesia Indah saat PSBB total pada 14 September mendatang. (Liputan6.com/Herman Zaharia)

Lantas, destinasi-destinasi wisata di Jakarta yang tutup pada libur Natal dan Tahun Baru? Mulai dari sederet museum, seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum MH. Thamrin, Museum Joang '45, Museum Taman Prasasti, Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Tekstil, serta Museum Seni Rupa dan Keramik.

Berlanjut dengan penutupan pulau, seperti Pulai Kelor, Pulau Onrust, dan Pulau Cipir. Ada pula destinasi wisata kesenian, seperti Rumah Si Pitung, Gedung Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Wayang Orang Bharata, hingga Taman Benyamin Sueb.

Selain itu, destinasi wisata lain yang ditutup meliputi Gedung Kesenian Miss Tjitjih, Gedung Latihan Kesenian (lima wilayah kota), Laboraturium Tari dan Karawitan Condet, serta Kawasan Perkampungan Budaya Betawi. Masih di tanggal yang sama, penutupan juga dilakukan di Taman Margasatwa Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol, hingga Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Ketentuan Perjalanan Dalam Negeri

Penumpang keluar dari terminal kedatangan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (17/12/2020). Pemerintah mewajibkan penumpang semua moda transportasi yang masuk dan keluar Jakarta untuk melakukan rapid test antigen mulai 18 Desember 2020 - 8 Januari 2021. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Penumpang keluar dari terminal kedatangan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (17/12/2020). Pemerintah mewajibkan penumpang semua moda transportasi yang masuk dan keluar Jakarta untuk melakukan rapid test antigen mulai 18 Desember 2020 - 8 Januari 2021. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 merilis Surat Edaran No. 3 Tahun 2020. Surat Edaran tersebut mengenai protokol kesehatan perjalanan orang selama libur hari raya Natal dan menyambut Tahun Baru 2021 dalam masa pandemi Covid-19.

Setiap pelaku perjalanan dalam negeri harus mengikuti beragam ketentuan. Untuk perjalanan dari dan ke Pulau Jawa serta di dalam Pulau Jawa (antar Provinsi/Kabupaten/Kota), transportasi udara dan kereta api antarkota wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Untuk transportasi darat, baik pribadi maupun umum, diimbau menggunakan Rapid Test Antigen paling lama 3 x 24 jam dan harus pula mengisi e-HAC Indonesia. Anak-anak di bawah 12 tahun, tidak diwajibkan untuk tes RT-PCR maupun Rapid Antigen.

Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen

Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Bocah Tenggelam dalam Septic Tank Perumahan di Tenayan Raya

Posted: 22 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Warga Jalan Simpang Jengkol, Kelurahan Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, Riau, dikejutkan dengan insiden dua bocah tenggelam di septic tank. Satu di antaranya, meninggal dunia setelah mendapat perawatan intensif di salah satu rumah sakit Pekanbaru.

Informasi dirangkum, dua bocah tenggelam yang keduanya kakak beradik ini bernama Arsyad dan Arsy. Septic tank itu berada di Perumahan Nuansa Kulim Indah yang belum selesai dibangun oleh developer PT Putra Anas Jaya.

Kapolsek Tenayan Raya Ajun Komisaris Manapar Situmeang menyebut insiden bocah tenggelam ini terjadi pada Senin petang, 21 Desember 2020. Saat itu, ada lima anak bermain di perumahan dan melihat septic tank terbuka.

Beberapa hari sebelum kejadian, septic tank itu tidak terisi air. Namun, pada Minggu malam, 20 Desember 2020, turun hujan di sekitar lokasi.

"Akibatnya septic tank itu terisi air hingga ke permukaan tanah," kata Manapar.

Melihat air itu, lima bocah tadi bermain di sana. Selanjutnya, bocah Arsyad mencoba masuk lalu tenggelam dan meminta tolong kepada teman serta adiknya Arsy.

"Adiknya menolong dan masuk juga ke air itu, beberapa menit kemudian baru terlihat warga," sebut Manapar.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Developer Harus Tanggung Jawab

Warga langsung menarik keduanya dari septic tank. Arsy dikeluarkan lebih dahulu karena berada di atas badan kakaknya, Arsyad. Saat itu, Arsyad sudah pingsan.

Kedua bocah itu dibawa ke klinik terdekat, kemudian dirujuk ke dua rumah sakit berbeda. Arsyad ke Rumah Sakit Aulia Panam tapi akhirnya meninggal dunia pukul 08.00 WIB.

"Sementara Arsy di Rumah Sakit Syafira, masih perawatan," kata Manapar.

Manapar menyatakan septic tank itu berada di perumahan yang masih dibangun. Developernya hingga kini tidak bisa dihubungi polisi untuk diminta pertanggungjawaban.

"Iya, (developer) bisa kena kelalaian yang menyebabkan orang meninggal dunia," tegas Kapolsek.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Latihan Napas bagi Orangtua Anak Disabilitas untuk Redam Stres

Posted: 22 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap orangtua rentan mengalami stres terutama orangtua dengan anak disabilitas yang memerlukan usaha lebih dalam mendidik anak. Ada berbagai cara untuk meredam stres salah satunya dengan pelatihan napas.

Menurut penulis sekaligus ibu dari anak disabilitas, Grace Melia, banyak orang yang skeptis tentang pelatihan napas. Namun, kenyataanya banyak orang yang terbantu dengan cara sederhana ini.

"Ternyata banyak sekali orang yang sangat terbantu untuk mengelola emosi dan menenangkan diri sendiri ketika sudah berlatih napas," ujar Grace dalam webinar Konekin, ditulis Selasa (22/12/2020).

Teknik pelatihan napas dapat dilakukan dengan menggunakan telapak tangan. Salah satu telapak tangan dibuka dan telunjuk tangan satunya mengikuti tinggi rendahnya jari.

"Ketika jari naik kita tarik (napas) ketika turun kita hembus. Cara seperti ini ternyata sangat membantu."

Me Time

Selain pelatihan napas, orangtua dengan anak disabilitas pun dapat mengelola stres dengan memanfaatkan waktu untuk diri sendiri (me time) dan mengenal kemampuan diri.

"Untuk orangtua dengan anak lebih dari satu dan pekerjaan yang menyita waktu mungkin lebih susah dari orang lain tapi sebagai manusia kita tidak boleh lupa bahwa kita diberi waktu yang sama."

Salah satu cara menikmati waktu adalah dengan tidur 10 sampai 15 menit lebih malam atau bagun 10 sampai 15 menit lebih pagi. Cara ini bukan berarti untuk menunda-nunda pekerjaan namun untuk memberi waktu pada diri sendiri agar dapat melakukan hal yang disukai.

Menikmati waktu 10 sampai 15 menit ini dapat dilakukan dengan bercocok tanam, ngeteh, ngopi, intinya memberi waktu untuk mendengar dan mengakomodasi kebutuhan diri sendiri sebagai manusia.

Mengenal Kemampuan Diri

Dalam menjaga pikiran agar tetap prima, orangtua dengan anak disabilitas juga perlu mengetahui apa yang mampu dikontrol dan apa saja yang di luar kendali.

Grace mengenalkan sebuah metode untuk mengetahui apa saja yang dapat dikontrol dan apa saja yang tidak. Metode tersebut dilakukan dengan menggambar telapak tangan di kertas kemudian menuliskan berbagai hal.

Hal-hal yang dapat dikontrol dituliskan di dalam gambar telapak tangan tersebut dan hal yang tidak dapat dikontrol dapat dituliskan di luar telapak tangan.

Contoh hal yang dapat dikontrol adalah cara agar tidak mudah lelah ketika mengurus anak. Sedang, contoh kekhawatiran yang tidak dapat dikontrol adalah kekhawatiran tentang masa depan anak jika orangtua sudah meninggal.

"Kita harus bisa membedakan, mana kekhawatiran yang ada di luar kuasa manusia dan mana yang masih bisa kita bantu untuk perbaiki," pungkasnya.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia : Juventus Gagal Mendekat, AC Milan dan Inter Lanjutkan Persaingan

Posted: 22 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Klasemen Liga Italia musim 2020-2021 tidak banyak berubah setelah beberapa pertandingan giornata ke-14, Rabu dinihari WIB (23/12/2020). Namun, kejutan dialami klub raksasa Juventus pada laga pertengahan pekan ini. AC Milan dan Inter hingga kini masih ada di puncak klasemen sementara.

Juventus di luar perkiraan dikalahkan Fiorentina 0-3 di Stadion Allianz. Hasil ini membuat Cristiano Ronaldo dkk harus rela peringkatnya turun ke posisi ke-4. Perolehan angka Si Nyonya Tua kini sama dengan Napoli dan AS Roma.

Juventus juga sebelumnya kehilangan angka setelah banding Napoli ke Komite Olimpiade Italia (CONI) diterima. Komite menyatakan laga Juventus lawan Napoli harus dijadwalkan ulang dan skuat asuhan Andrea Pirlo pun kehilangan tiga poin yang sebelumnya didapatkan.

Sementara itu, AC Milan dan Inter yang baru akan melakoni laga, Kamis dini hari nanti masih terus bersaing di papan atas klasemen Liga Italia. Milan masih ada di puncak dengan raihan 31 poin, sedangkan Inter menguntitnya dengan 30 angka.

Persaingan akan berlanjut pada pertangahan pekan ini. Keduanya juga mendapatkan lawan sulit. Rossoneri akan menghadapi Lazio, sedangkan Inter akan bertandang ke markas Verona.

Klasemen Liga Italia

ilustrasi logo liga italia (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo liga italia (Liputan6.com/Abdillah)
 

Jadwal Liga Italia

Zlatan Ibrahimovic, Rafael Leao, dan Franck Kessie merayakan gol pertama AC Milan ke gawang Cagliari pada pekan ke-38 Liga Italia di San Siro, Minggu (2/8/2020) dini hari WIB. AC Milan menang 3-0. (Spada/LaPresse via AP)
Zlatan Ibrahimovic, Rafael Leao, dan Franck Kessie merayakan gol pertama AC Milan ke gawang Cagliari pada pekan ke-38 Liga Italia di San Siro, Minggu (2/8/2020) dini hari WIB. AC Milan menang 3-0. (Spada/LaPresse via AP)

Kamis, 24 Desember 2020

 

 

00.30 - Hellas Verona vs Inter Milan

02.45 - Bologna vs Atalanta

02.45 - AC Milan vs Lazio

02.45 - Sampdoria vs Sassuolo

Jadwal Lainnya

02.45 - Napoli vs Torino

02.45 - Udinese vs Benevento

02.45 - AS Roma vs Cagliari

02.45 - Spezia vs Genoa

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi Jadi Menteri Sosial, Segini Harta Tri Rismaharini

Posted: 22 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tri Rismaharini resmi menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos), menggantikan Juliari P Batubara. Ini merupakan bagian dari langkah Reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang dilakukan Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sebelumnya Tri Rismaharini merupakan Walikota Surabaya. Dia dikenal memiliki sepak terjang yang mumpuni dalam mengelola kota tersebut.

Lalu seberapa besar kekayaan yang dimiliki Risma panggilan akrab Tri Rismaharini.

Mengutip Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KKP, Rabu (23/12/2020), dia tercatat terakhir melaporkan kekayaan pada 27 Maret 2019.

Kekayaan Risma total sebesar Rp Rp. 7.179.254.946. Ini terdiri dari Tanah dan Bangunan senilai Rp 6.481.252.000. Dengan rincian:

-Tanah dan Bangunan Seluas 112 m2/90 m2 di Surabaya Rp 232.662.000

- Tanah dan Bangunan Seluas 90 m2/50 m2 di Surabaya Rp 152.690.000

- Tanah dan Bangunan Seluas 135 m2/133 m2 di Surabaya Rp 1.650.000.000

- Tanah dan Bangunan Seluas 264 m2/338 m2 di Surabaya Rp. 4.445.900.000

Adapula harta alat transportasi dan mesin Rp. 985.000.000. Ini berupa

- Mobil Toyota Kijang Innova 2.4 Q AT Tahun 2016 Rp. 425.000.000

- Mobil Mitsubishi Pajero SPR 2 4L Dakar Tahun 2017 Rp. 560.000.000.

Kemudian Harta Bergerak Lainnya Rp 85.000.000, Kas dan Setara Kas Rp 580.481.649. Dia tercatat memiliki utang Rp 952.478.703.

Baru Dilantik Jadi Mensos, Risma Diminta Jokowi Cairkan Bansos Awal Januari 2021

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) (Foto: Dok Pemkot Surabaya)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) (Foto: Dok Pemkot Surabaya)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini untuk merealisasikan bantuan sosial (bansos) pada awal Januari 2021. Adapun Risma baru saja dilantik menjadi Mensos.

"Yang diminta Bapak Presiden adalah yang sangat urgen, bagaimana realisasi bantuan untuk triwulan IV dan nanti awal 2021 Januari itu minggu pertama harus bisa keluar," jelas Risma usai dilantik di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Menurut dia, Jokowi ingin pencairan bansos sesegera mungkin agar dapat menggerakkan perekonomian nasional di tengah pandemi Covid-19. Risma mengaku akan langsung bekerja agar tahun depan bansos sudah diterima masyarakat.

"Kami harus kerja keras sehingga minggu pertama Januari yang untuk 2021, bisa segera tersampaikan (bantuan) kepada penerima bantuan," kata dia.

Di samping itu, Risma mengatakan akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dalam memperbaiki data-data penerima bantuan. Dia ingin nantinya bantuan yang diterima masyarakat dalam bentuk cashless atau melalui transaksi elektronik.

"Kita lakukan dengan transparan dan tidak ada tunai, cash. Tapi akan kami gunakan semua transaksi elektronik," ujar Risma.

Setidaknya, ada enam kementerian yang dirombak oleh Jokowi. Dalam reshuffle kabinet kali ini, dia menambah lima wakil menteri di struktur kabinet Indonesia Maju.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengisi posisi Menteri Sosial menggantikan rekannya di PDIP, Juliari Batubara. Saat ini, Juliari tersandung kasus dugaan suap dana bantuan sosial.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Persahabatan Erick Thohir, Sandiaga dan Muhammad Lutfi, Kini Jadi Menteri

Posted: 22 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo mengumumkan reshuffle kabinetnya pada Selasa (22/12/2020). Terdapat 6 menteri yang direshuffle, dari nama-nama tersebut terdapat nama Sandiaga Uno dan Muhammad Lutfi.

Sandiaga Uno ditunjuk jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sementara Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan.

Sosok ini merupakan nama yang populer. Selain itu, keduanya merupakan sahabat dari Erick Thohir. Dulunya jadi teman nongkrong, kini ketiganya menjadi menteri dalam waktu yang sama untuk Presiden Joko Widodo.

Persahabatan ketiganya pun sudah dimulai sejak muda. Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Muhammad Lutfi sudah bersahabat saat berkuliah di Amerika Serikat.

Dalam unggahan media sosial Instagram milik Menteri BUMN, Erick Thohir mengunggah potret lawas ketiganya saat bersama. Berikut 6 potret persahabatan Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Muhammad Lutfi yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Rabu (23/12/2020).

1. Begini potret lawas persahabatan Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Muhammad Lutfi sejak berkuliah di Amerika Serikat

Potret Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Muhammad Lutfi (Sumber: Instagram/erickthohir)
Potret Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Muhammad Lutfi (Sumber: Instagram/erickthohir)

2. Sandiaga Uno kini menjadi Menparekraf, dua sahabat ini dekat dan kerap saling membantu dalam bidang bisnis

Potret Erick Thohir, Sandiaga Uno  (Sumber: Instagram/erickthohir)
Potret Erick Thohir, Sandiaga Uno (Sumber: Instagram/erickthohir)

3. Meski dalam pemilu berbeda pilihan, persahabatan keduanya tidak pernah lepas

4. Sandiaga Uno pernah membantu Erich Thohir saat akuisisi bisnis media

5. Muhammad Lutfi kini ditunjuk menjadi Menteri Perdagangan, kedua sahabat ini merupakan partner bisnis dalam mendirikan Mahaka Grup

6. Belakangan memang Erick Thohir lebih banyak mengunggah potretnya bersama Sandiaga Uno, karena sebelumnya Muhammad Lutfi menjadi Duta Besar di Amerika Serikat

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei UI: Tenaga Kesehatan Sumber Paling Dipercaya tentang Informasi COVID-19

Posted: 22 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tenaga kesehatan masih menjadi sumber yang paling dipercaya oleh masyarakat terkait informasi soal virus Corona atau terkait COVID-19.

Dalam survei yang dilakukan Tim Sinergi Mahadata Universitas Indonesia (UI) Tanggap COVID-19 pada 2 hingga 4 November 2020 terhadap 2.125 orang, sebanyak 44,2 persen responden mengatakan bahwa tenaga kesehatan menjadi sumber terpercaya soal informasi tentang virus Corona.A

Ada 21,1 persen responden survei juga menyatakan bahwa mereka sangat percaya akan tenaga kesehatan, apabila menyangkut informasi tentang COVID-19.

"65 persen dari partisipan atau kalau bisa dibilang populasi online Indonesia, menyatakan bahwa mereka percaya terhadap tenaga kesehatan," kata salah satu dari tim peneliti, Laras Sekarasih dari Fakultas Psikologi UI dalam webinar pada Senin (21/12/2020).

Namun, menurut Laras, dari jumlah tersebut, bisa diartikan bahwa sekitar 1 dari 3 orang akan menjawab netral, tidak percaya, atau sangat tidak percaya akan tenaga kesehatan sebagai sumber informasi COVID-19.

"Tentu ini menjadi alarm buat kita, bagaimana bisa meningkatkan kepercayaan terhadap tenaga kesehatan," kata Laras.

Selain tenaga kesehatan, staf pemerintah dan teman/keluarga, menjadi kelompok lain yang dipercaya oleh masyarakat, sebagai sumber informasi seputar COVID-19.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Teman, Keluarga, dan Selebgram

Ilustrasi konsultasi dokter online | unsplash.com/@annademy
Ilustrasi konsultasi dokter online | unsplash.com/@annademy

Laras menjelaskan, hasil temuan pada teman/keluarga dan pemerintah tidak jauh berbeda. Sebanyak 26,1 persen mengatakan bahwa mereka percaya kepada teman/keluarga sebagai sumber informasi COVID-19, dan 7 persen sangat percaya.

Sementara 31 persen percaya dan 6,9 persen sangat percaya terhadap staf pemerintah sebagai sumber informasi tentang virus corona.

"Di satu sisi kita bisa khawatir karena pesan yang beredar di antara teman atau keluarga, bisa jadi pesan yang valid tetapi bisa juga pesan yang tidak valid," ujarnya.

Maka dari itu, perlu dipikirkan bagaimana kredibilitas pemerintah sebagai sumber informasi soal COVID-19 dibandingkan teman dan keluarga.

"Namun di sisi lain, kita juga bisa melihat bahwa teman dan keluarga merupakan kanal yang memiliki potensi untuk dijadikan sebagai kanal edukasi," ujarnya.

Dalam survei tersebut, sebanyak 11,4 persen responden percaya dan 2,8 persen sangat percaya pada influencer media sosial atau selebgram, sebagai sumber informasi soal COVID-19. Laras menyebut di kelompok tersebut 63,4 persen menjawab netral.

"Tentu saja kita tidak bisa menyebutkan bahwa semua influencer atau selebgram menyebarkan pesan yang salah. Namun demikian, di sini kalau kita hendak bekerja sama dengan mereka, kita harus melakukannya dengan hati-hati," ujarnya.

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gisel Diperiksa Lagi soal Kasus Video Syur Mirip Dirinya, Bakal Jalani Pemeriksaan Tambahan

Posted: 22 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gisella Anastasia alias Gisel kembali diperiksa polisi. Tim penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya memanggil kembali mantan istri Gading Marten dalam kasus penyebaran video syur mirip dirinya.

Dalam pemeriksaan kali ini, Gisel masih berstatus sebagai saksi. Janda satu anak itu terlihat mendatangi Polda Metro Jaya dengan mengenakan kemeja berwarna putih. Ia tak banyak melontarkan komentar terkait pemanggilan kedua terkait kasus video syur mirip dirinya.

Tak sendiri, Gisel mendatangi Polda Metro Jaya bersama dengan kuasa hukumnya, Sandy Arifin. Usai turun dari kendaraan pribadinya, Gisel bersama Sandy Arifin langsung memasuki ruangan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Penuhi Panggilan

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kanan) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel terlihat mengenakan kemeja putih. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kanan) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel terlihat mengenakan kemeja putih. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gisel menjelaskan kedatangan Gedung Dirkrimsus Polda Metro Jaya untuk memenuhi panggilan sebagai saksi. "Tidak ada (persiapan), hanya memenuhi panggilan saja," kata Gisel kepada wartawan, Rabu (23/12/2020).

Panggilan Kedua

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (tengah) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel hanya menjelaskan kedatangannya untuk memenuhi panggilan sebagai saksi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (tengah) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel hanya menjelaskan kedatangannya untuk memenuhi panggilan sebagai saksi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, kepolisian melayangkan panggilan kepada Gisel untuk dimintai keterangan sebagai saksi atas kasus video syur. Pemeriksaan diagendakan pada Rabu, 23 Desember 2020.

"Kita rencananya memanggil saudari G untuk dilakukan pemeriksaan tambahan. Kami minta yang bersangkutan hadir besok," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Selasa (22/12/2020)

BAP Tambahan

Gisel. (Liputan6.com/IG/@gisel_la)
Gisel. (Liputan6.com/IG/@gisel_la)

Yusri menyebut, ini kali kedua Gisel dipanggil sebagai saksi. Menurut dia, kepolisian perlu mengklarifikasi beberapa hal berkaitan dengan tersebarnya video syur mirip Gisel.

"Kami harap hadir besok untuk BAP tambahan lagi karena ada beberapa pertanyaan lagi yang harus ditanyakan kepda yang bersangkutan," tandas Yusri.

Penetapan Dua Tersangka

Gisella Anastasia atau Gisel. (Foto: Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia atau Gisel. (Foto: Instagram @gisel_la)

Sebelumnya, polisi menetapkan PP dan MM sebagai tersangka penyebar video syur mirip artis Gisel. Polisi menyebut keduanya menyebarkan secara masif di akun Twitter pribadinya dengan tujuan meningkatkan jumlah pengikut di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cetak Rekor Guinness, Pertunjukan Animasi Terlama dengan Drone

Posted: 22 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Langit Tianjin China dihiasi dengan ratusan drone yang membentuk animasi unik. Pertunjukan ini catat waktu terlama dan masuk rekor guinness.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Tak Dilarang, PNS Nekat Cuti saat Natal dan Tahun Baru Bisa Kena Sanksi

Posted: 22 Dec 2020 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dihimbau untuk tidak berpergian dan cuti saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Ketentuan ini tercantum dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 72/2020.

Pembatasan gerak untuk PNS saat Nataru ini berlaku sejak 21 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tatalaksana Kementerian PANRB, Rini Widiyantini, mengatakan PNS sejatinya tak dilarang untuk berpergian atau cuti saat Nataru. Asalkan yang bersangkutan telah mendapat izin dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari instansi asal.

"Jadi sebetulnya ASN peroleh cuti, silakan saja tetap cuti. Itu diberikan kepada PPK. PPK diberikan, hanya saja dihimbau untuk dilakukan pengetatan," jelas Rini dalam sesi teleconference, Rabu (23/12/2020).

Kendati demikian, Rini mengingatkan, PNS yang tak mendapat izin cuti namun nekat untuk berpergian saat Nataru bisa mendapatkan sanksi. Pemberian sanksi pun mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

"Disiplin memang sudah diatur. PPK bisa atur apakah mereka dapat sanksi disiplin ringan atau sedang sesuai aturan tersebut. Itu mengacu pada PP 53/2010," ujarnya.

Adapun dalam PP 53/2010, jenis sanksi bagi PNS dibagi ke dalam 3 klasifikasi, yakni tingkat hukuman disiplin ringan, sedang dan berat. Sanksi ringan berupa teguran lisan, teguran tertulis, dan pernyataan tidak puas secara tertulis.

Sementara hukuman disiplin sedang yakni penundaan kenaikan gaji dan pangkat berkala selama 1 tahun, serta penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 tahun.

Sedangkan sanksi berat yang bisa diterima PNS berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun, pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah, pembebasan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS, dan pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS.

Jika mencermati ucapan Rini sebelumnya, PNS yang melanggar ketentuan cuti dengan nekat berpergian saat Nataru akan mendapatkan hukuman sanksi ringan ataupun sedang.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Minta PNS Tak ke Luar Kota saat Libur Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id
Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id

Selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru (Nataru) 2021, pemerintah melakukan pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah dan pengetatan pemberian cuti bagi aparatur sipil negara (ASN) atau PNS. Hal ini bertujuan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang berpotensi meningkat selama masa liburan.

Imbauan ini terdapat dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 72/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah dan Pengetatan Pemberian Cuti Bagi Pegawai ASN Selama Libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Covid-19. SE tersebut berlaku sejak 21 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

"ASN dan keluarganya diimbau untuk tidak melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah selama periode libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021," ujar Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam keterangan tertulis, Selasa (22/12/2020).

Namun begitu, Menteri Tjahjo mengingatkan, apabila seorang PNS perlu bepergian ke luar daerah, terdapat empat hal yang harus diperhatikan.

Pertama, peta zonasi risiko penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Kedua, peraturan dan/atau kebijakan pemerintah daerah asal dan daerah tujuan mengenai pembatasan keluar/masuk orang.

Ketiga, kriteria, persyaratan, dan protokol perjalanan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Keempat, protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Sedangkan untuk Cuti Bersama, dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 17/2020 tentang Cuti Bersama Pegawai ASN Tahun 2020 sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Presiden Nomor 23/2020.

Atur Cuti

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) juga diminta melakukan pengaturan pemberian cuti (selain cuti bersama) secara ketat, selektif, dan akuntabel kepada PNS di lingkungan instansinya selama akhir tahun ini.

"Ada dua hal yang harus diperhatikan oleh PPK dalam memberikan cuti bagi pegawai. Pertama, kebutuhan dan/atau kepentingan ASN. Kedua, persyaratan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11/2017 tentang Manajemen PNS sebagaimana diubah dengan PP No. 17/2020 dan PP Nomor 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)," terang Tjahjo.

Kedisiplinan PNS disebut menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam penerapan SE Menteri PANRB ini guna mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. PPK juga diimbau untuk memastikan agar PNS selalu menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti SE tersebut.

"Bagi ASN yang melanggar akan diberikan hukuman disiplin sesuai yang diatur dalam PP Nomor 53/2010 tentang Disiplin PNS dan PP Nomor 49/ 2018 tentang Manajemen PPPK," tukas Tjahjo.

Infografis PNS Dapat Libur Tambahan

Infografis PNS Dapat Libur Tambahan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis PNS Dapat Libur Tambahan (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Jumlah Harta Eks Danjen Kopassus Herindra yang Jadi Wakil Prabowo Subianto

Posted: 22 Dec 2020 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi melantik Letjen Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan). Herindra yang pernah menjabat Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus ini akan bekerja sama dengan Menhan Prabowo Subianto.

Berdasarkan laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diakses melalui elhkpn.kpk.go.id, harta Herindra mencapai Rp 14,5 miliar. Harta tersebut dia laporkan ke KPK pada 28 April 2020 untuk pelaporan periodik tahun 2019.

Dalam laman tersebut tercatat Herindra memiliki 3 bidang tanah di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dengan nilai Rp 8.830.291.162. Untuk harta bergerak dia melaporkan memiliki satu unit mobil Alphard senilai Rp 715 juta.

Kas dan setara kas yang dilaporkan Herindra sebesar Rp 4.132.603.262. Harta lainnya senilai Rp 895.005.523. Dia tercatat tak memiliki utang. Jadi total hartanya senilai Rp 14.572.899.947.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengangkat Letjen Muhammad Herindra menjadi Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan).

Adapun Herindra merupakan Kepala Staf Umum TNI. Dia kemudian ditunjuk Jokowi menjadi Wamenhan menggantikan Wahyu Sakti Trenggono, yang kini menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan. Wahyu mengisi posisi Edhy Prabowo yang tersandung kasus korupsi ekspor benih lobster.

 

Daftar Menteri dan Wamen

Herindra merupakan lulusan terbaik akademi militer tahun 1987. Dia merupakan perwira tinggi TNI berlatar Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Dengan begitu, Herindra kini mendampingi seniornya yang juga berasal dari lingkungan Baret Merah, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto.

​​​​​​​Herindra sebelumnya menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus TNI AD pada 2015-2016. Kemudian, dia pernah menjadi panglima Kodam III/Siliwangi pada 2016-2017.

Seperti diketahui, Jokowi juga melantik 6 menteri dan 5 wakil menteri hasil reshuffle kabinet. Dalam reshuffle kali ini, Jokowi mengisi dua posisi yang kosong lantaran pejabat sebelumnya tersandung kasus korupsi. Dia juga mengganti beberapa kementerian dengan pemain baru.

Selain itu, Jokowi menambah tiga jabatan wakil menteri di kabinet Indonesia Maju. Tiga jabatan baru itu antara lain, Wakil Menteri Kesehatan, Wakil Menteri Pertanian, dan Wakil Menteri Hukum dan HAM.

Berikut 6 menteri baru yang dilantik Jokowi:

1. Menteri Sosial: Tri Rismaharini

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Salahudin Uno

3. Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

4. Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas

5. Menteri Kelautan dan Perikanan: Wahyu Sakti Trenggono

6. Menteri Perdagangan: Muhammad Luthfi

Sementara itu, 5 wakil menteri yang dilantik Jokowi antara lain:

1. Wakil Menteri Pertahanan: Letjen TNI M. Herindra

2. Wakil Menteri Hukum, dan HAM: Edward Komar Syarief Hiariez

3. Wakil Menteri Kesehatan: Dante Saksono Harbuwono

4. Wakil Menteri Pertanian: Harfiq Hasnul Qolbi

5. Wakil Menteri BUMN I: Pahala Nugraha Mansyuri

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakers Awali NBA 2020-2021 dengan Kekalahan

Posted: 22 Dec 2020 09:48 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles- Juara bertahan Los Angeles Lakers mengawali NBA musim 2020-2021 dengan kekalahan. Main di Staples Center, Lakers yang bertindak sebagai tuan rumah dipermalukan rival sekota LA Clippers 109-116, Rabu (23/12/2020) siang WIB.

Sebelum laga hari pertama NBA 2020-2021 dimulai, para pemain dan ofisial Lakers menerima cincin juara musim lalu. Proses terasa aneh karena pertandingan masih digelar tanpa penonton akibat Covid-19. Keluarga pemain juga tak boleh hadir.

Lakers terlambat panas. Clippers tampil perkasa pada kuarter pertama. Clippers unggul telak 39-19 di kuarter pertama. Dua pemain anyar Clippers Serge Ibaka dan Nicolas Batum tampil menjanjikan.

Memasuki kuarter dua Lakers bangkit. Dimotori point guard baru Dennis Schroder, Lakers mulai bisa memangkas jarak. Saat jeda babak pertama, Lakers cuma terpaut dua poin saja.

Selisih dua poin untuk Clippers terus bertahan hingga 3 menit akhir kuarter tiga. Situasi berubah ketika Paul George kembali dimasukkan Clippers. Tembakan-tembakan jitu George membuat Clippers memiliki modal keunggulan 11 poin saat memulai kuarter empat.

 

George

Pemain Lakers LeBron James berduel dengan bintang Clippers Kawhi Leonard di laga pembuka NBA 2020-2021 (AP)
Pemain Lakers LeBron James berduel dengan bintang Clippers Kawhi Leonard di laga pembuka NBA 2020-2021 (AP)

Lakers kesulitan mendekati perolehan poin Clippers di kuarter terakhir. Dominannya Clippers dalam offensive rebound membuat Lakers mati kutu dan mengakhiri laga dengan margin tujuh poin.

George menjadi bintang di laga ini dengan sumbangan 33 poin, enam rebound dan tiga assists. Kawhi Leonard menyusul dengan 26 angka.

2 Pemain Baru Lakers

Di kubu Lakers, LeBron James memimpin dengan 22 angka. Dua pemain baru juga tampil solid. Schroder nyaris triple double dengan 14 poin, 12 rebound dan delapan assists.

Big man anyar Lakers yang merupakan eks Clippers, Montrezl Harrell juga main bagus dengan double-doble (17 poin dan 10 rebound).

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat Politik: Risma Hadapi Banyak PR dan Tantangan Jadi Menteri Sosial

Posted: 22 Dec 2020 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tri Rismaharini (Risma) dinilai akan hadapi banyak tantangan dan pekerjaan rumah (PR) setelah ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Sosial.

"Ini tentu capaian yang pantas mendapatkan apresiasi. Dari sisi apapun Bu Risma layak mendapat kepercayaan ini setelah dua periode mampu memimpin dan mengangkat Kota Surabaya ke level yang lebih tinggi dengan segenap kinerja, dedikasi dan prestasinya selama ini," ujar Pengamat politik sekaligus Direktur Surabaya Survey Center (SSC) Mochtar W. Oetomo , seperti dilansir dari Antara, ditulis Rabu (23/12/2020).

Dia menuturkan, secara politis capaian ini banyak diinterpretasikan oleh berbagai pengamat sebagai capaian strategis Risma untuk membangun jalan politik berikutnya, baik dikaitkan dengan konteks Pilkada DKI maupun Pilkada Jatim ke depan, atau bahkan dikaitkan dengan konstalasi politik 2024.

"Karena dengan jabatan baru ini Risma menjadi memiliki panggung politik yang jauh lebih besar dan lebih luas," ujar dia.

Terlepas dari itu semua, ia menuturkan, di sisi lain tentu ini juga amanah yang tidak ringan. Ada begitu banyak PR (pekerjaan rumah) dan tantangan yang harus mampu dijawab Risma untuk bisa menjawab ekspektasi publik.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

PR Risma

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) (Foto: Dok Pemkot Surabaya)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) (Foto: Dok Pemkot Surabaya)

Pertama, sebagai mensos Risma akan langsung berhadapan dengan situasi sosial yang pelik. Pandemi COVID-19 yang masih jauh dari kata akhir menyisakan banyak problem sosial yang harus mendapat perhatian dan penyelesaian.

"Apalagi ditambah lagi sekarang ini masuk bulan-bulan dengan cuaca dan curah hujan yang tidak menentu, yang memungkinkan munculnya banyak bencana dan musibah alam," ujar dia.

Kedua, sebagai mensos baru, Risma harus menghadapi berbagai problem internal kementerian yang ditinggalkan oleh mensos sebelumnya hingga membuatnya terkena OTT KPK. Kooordinasi, konsolidasi dan berbagai pembenahan internal kementerian tentu bukan hal yang gampang dan memerlukan energi tersendiri.

Ketiga, sebagai mensos baru, Risma mau tidak mau harus berhadapan dengan citra diri lembaga Kementeria Sosial (Kemensos) yang bisa dibilang ada pada titik nadir dengan berbagai kasus yang menjerat mensos-mensos sebelumnya.

"Mengembalikan citra diri kemensos tentu bukan pekerjaan gampang yang bisa ditempuh dengan cepat. Setidaknya Risma harus membuktikan Kemensos akan lebih bersih dan berintegrasi ke depannya," ujar dia.

Keempat, selama ini Kementerian ini selalu dikaitkan dengan kepentingan politik jejaring partai. Dalam hal ini, Risma memiliki tantangan besar untuk bisa menunjukkan kepada publik, kementerian ini bisa independen dari kepentingan politik jejaring partai.

Dalam konteks ini, Risma telah berhasil menunjukkan keberhasilannya bisa lepas dari kepentingan oligarki politik selama dua periode jadi wali kota Surabaya.

"Setidaknya itu yang dibaca oleh publik. Dan mudah mudahan kembali bisa Risma buktikan saat menjadi mensos," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FIFA : Kado Natal Buruk untuk Sepp Blatter

Posted: 22 Dec 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mantan Presiden FIFA, Sepp Blatter, mendapat kado Natal yang kurang mengenakkan tahun ini. Itu setelah, lembaga yang pernah dipimpinnya mengajukan gugatan hukum baru terhadap dirinya. 

Blatter mengundurkan diri dari jabatannya sejak tahun 2015 lalu akibat skandal korupsi yang melilit tubuh induk olahraga sepak bola dunia tersebut. Padahal saat itu, Blatter baru saja memenangkan pemilihan presiden baru usai meyingkirkan kandidat lain, Prince Ali bin Hussein. 

Blatter selalu membantah telah berbuat salah. Namun belum lama ini, FIFA yang saat ini dipimpin oleh Gianni Infantino kembali menemukan 'dosa' Blatter terkait pengelolaan museum di Zurich, Swiss.

Menurut FIFA seperti dilansir dari rnz mengutip BBC, kepengurusan Blatter telah menghabiskan dana sebesar 500 juta Swiss Franc untuk merenovasi gedung yang sama sekali bukan milik FIFA. Selain itu, perjanjian kontrak jangka panjang yang ditandatangani sama sekali tidak menguntungkan.

"Mengingat besarnya biaya terkait dengan museum ini, serta cara kerja umum manajemen FIFA sebelumnya, audit forensik dilakukan untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di sini," kata Alasdair Bell, Wakil Sekretaris Jenderal (Administrasi) FIFA dalam keterangannya. 

"Audit tersebut mengungkapkan berbagai keadaan mencurigakan dan kegagalan manajemen, beberapa di antaranya mungkin bersifat kriminal dan perlu diselidiki dengan benar oleh otoritas terkait."

 

Ajukan Gugatan

Logo FIFA. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)
Logo FIFA. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)

Untuk mengungkap lebih jauh kecurigaan ini, FIFA pun memutuskan menempuh jalur hukum. Mereka melaporkan Blatter dan temuan tersebut kepada kejaksaan di Zurich agar ditindaklanjuti lebih jauh.

Dalam pernyataannya, FIFA mengaku akan terus bekerjasama dengan berbagai pihak berwenang di Swiss maupun tempat lain untuk mengungkap keboborkan yang selama ini menggerogoti FIFA. Mereka ingin pihak-pihak yang terlibat di dalamnya bisa segera mempertanggung jawabkan perbuatannya. 

 

Bantahan Sepp Blatter

Proyek museum FIFA telah dimulai pada tahun 2013 lalu atau dua tahun sebelum Blatter lengser. Sebelumnya Blatter telah memimpin induk asosiasi sepak bola dunia itu selama 17 tahun.  

Lorenz Erni, pengacara Blatter menganggap tuduhan FIFA tidak berdasar. Dia juga menolak dengan tegas semua tuduhan yang dialamatkan kepada kliennya. Blatter sendiri sampai saat ini masih menjalani sanksi etik berupa larangan berkecimpung di sepak bola selama enam tahun. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciri-Ciri Iklan yang Benar, Pahami Pengertian, Jenis-Jenis, dan Unsurnya

Posted: 22 Dec 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memahami ciri-ciri iklan yang benar akan membuat proses pembuatannya lebih mudah dilakukan. Iklan adalah layanan informasi yang berbayar dan ditujukan untuk memengaruhi serta membujuk.

Ciri-ciri iklan memang terlihat sangat sepele, tetapi khas inilah yang membuat iklan berhasil merebut pasar. Apalagi iklan adalah bentuk komunikasi komersial dan non-personal.

Jika pembuatannya tidak memenuhi ciri-ciri iklan dan unsurnya, maka iklan yang dihasilkan hanya akan sia-sia saja. Pesan menjadi tidak sampai atau sulit disampaikan dan rugi karena berbayar.

Berikut Liputan6.com ulas ciri-ciri iklan yang benar, pengertian, jenis-jenis, dan unsurnya dari berbagai sumber, Rabu (23/12/2020).

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Ilustrasi koran | (dok. pexels.com/Markus Spiske)
Ilustrasi koran | (dok. pexels.com/Markus Spiske)

Russel & Lane (1990)

Iklan adalah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.

Wright (1978)

Iklan adalah proses komunikasi yang memiliki kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang sangat membantu dalam menjual barang, memberikan layanan dan gagasan melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi persuasif.

Kriyantono (2008)

Iklan adalah bentuk komunikasi non-personal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor yang jelas guna untuk mempengaruhi orang agar membeli produk dengan membayar biaya untuk media yang digunakan.

Durianto (2003)

Iklan adalah proses komunikasi yang tujuannya untuk membujuk atau menggiring orang agar mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

Suhandang (2005)

Iklan adalah salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan.

Wells (1992)

Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor dengan menggunakan media massa dan bertujuan untuk membujuk dan mempengaruhi audience (penonton, pendengar atau pembaca).

Lee (2004)

Iklan adakah sebuah komunikasi komersil dan non-personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke khalayak ramai dengan target melalui media yang bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum.

Rhenald Kasali (1992)

Iklan adalah sebuah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui media.

Kotler (2002)

Iklan adalah bentuk penyajian dan promosi tentang ide, barang atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.

Ciri-Ciri Iklan yang Benar

1. Ciri-ciri iklan adalah memiliki isi yang jelas. Isi iklan disarankan singkat, jujur, menarik perhatian, objektif dan tidak menyinggung salah satu pihak.

2. Ciri-ciri iklan adalah selalu Informatif. Bersifat memberi informasi dan mampu menerangkan tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Ciri-ciri iklan adalah menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Iklan harus menggunakan bahasa yang mudah pahami dan di mengerti sebab memang iklan sendiri tujuannya agar orang ingin dan mau mencoba serta menggunakan produk atau jasa yang diiklankan

4. Ciri-ciri iklan adalah dikemas untuk menarik perhatian dan minat para pembacanya. Sehingga seseorang ingin mencoba apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.

5. Ciri-ciri iklan adalah bersifat mengajak dan membujuk. Iklan yang harus memliki sifat mengajak yang bertujuan agar dapat menarik simpatik banyak orang untuk mencoba dan memakai apa yang diiklankan.

Tujuan Iklan

Ilustrasi iklan | unsplash.com/@mr_fresh
Ilustrasi iklan | unsplash.com/@mr_fresh

Informing (Memberi Informasi)

Periklanan bisa memberitahukan pasar tentang suatu produk baru serta perubahan harga, menyusulkan kegunaan suatu produk baru menjelaskan cara kerja, dan membangun citra perusahaan.

Persuading (Membujuk)

Periklanan bisa membentuk preferensi merek, mengubah persepsi konsumen tentang atribut produk, membujuk konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan dan mangajak konsumen untuk membelinya sekarang.

Reminding (Mengingatkan)

Iklan melindungi agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen serta meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada.

Adding Value (Penambahan Nilai)

Iklan memberi nilai tambah yang berupa inovasi, penyempurnaan kualitas atau mengubah persepsi konsumen. Periklanan yang efektif dapat merubah persepsi dari konsumen.

Assisting (Mendampingi)

Fungsi periklanan adalah sebaai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran. Sehingga perusahaan dapat lebih cepat mencapai target yang diinginkan.

Jenis-Jenis Iklan

Ilustrasi Menonton TV | Kredit: Mohamed Hassan from Pixabay
Ilustrasi Menonton TV | Kredit: Mohamed Hassan from Pixabay

Berdasarkan Isi

1. Iklan Pengumuman (Pemberitahuan)

Jenis iklan pemberitahuan ini bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan. Contohnya:

- Iklan reuni alumni kampus atau sekolah.

- Iklan berita duka cita.

2. Iklan Niaga (Penawaran)

Iklan ini bertujuan untuk menawarkan produk barang atau jasa kepada konsumennya. Contohnya:

- Iklan penawaran produk, seperti kosmetik, rokok, pakaian, parfume, tas, sepatu, smartphone, dan lain-lain.

- Iklan penawaran jasa, seperti jasa kurir, jasa pengobatan alternatif, dan lain-lain.

3. Iklan Layanan Masyarakat

Tujuan iklan ini adalah untuk memberikan informasi atau edukasi kepada masyarakat luas tentang sebuah isu tertentu. Iklan ini biasanya dibuat oleh instansi pemerintah atau organisasi non-profit. Contoh:

- Iklan tentang larangan penggunaan narkotika.

- Iklan tentang pentingnya penggunaan masker selama pandemi Covid-19.

Berdasarkan Media

1. Iklan Media Cetak

Jenis iklan media cetak dipasang pada media yang memakai teknik cetak (printing), baik itu berupa laser, sablon, letterpress, atau lainnya. Contoh:

- Iklan di surat kabar

- Iklan di majalah

-nIklan di tabloid

- Iklan poster

- Iklan stiker, dan lain sebagainya.

2. Iklan Media Elektronik

Jenis iklan media elektronik ini memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik seperti televisi, radio, film, dan media digital interaktif (internet). Berikut beberapa iklan elektronik tersebut:

- Iklan Digital

Iklan di media digital ditampilkan di berbagai media online yang banyak pengunjungnya. Beberapa jenis iklan di media digital diantaranya social media ads, contextual ads, email ads, banner ad, website, sponsorship, classified Ads, dan lain-lain.

- Iklan Televisi

Iklan di media televisi terdapat unsur suara, gambar, gerak, dan teks, sehingga jauh lebih menarik bagi target audiens. Contohnya: sponsor program, running text, backdrop, credit title, ad-lib, promo ad, live action, animation, stop action, musik, dan superimposed.

- Iklan Film

Iklan di media film dapat dilihat ketika kita melihat sebuah film, movie atau cinema. Biasanya iklan tayang sebelum, ditengah, dan di akhir film yang berbentuk live action, credit title dan endorsement.

- Iklan Radio

Iklan di radio hanya bisa didengarkan saja karena hanya berbentuk hanya suara (audio). Contoh: Iklan Ad-lib, Spot, dan Sponsor Program.

- Iklan Luar Ruang

Jenis iklan ini termasuk dalam iklan elektronik yang berada di luar ruangan dan posisinya terlihat oleh khalayak ramai. Contohnya: mobile billboard, outdoor standar, display, iklan transit, dan lainnya.

Berdasarkan Tujuan

1. Iklan Komersial (Bisnis)

Iklan komersial ini dipasang dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi karena iklan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan. Terdapat tiga bagian dalam iklan komersial, yaitu:

- Iklan konsumen, adalah jenis iklan yang ditunjukan langsung kepada konsumen.

- Iklan bisnis, merupakan jenis iklan yang ditunjukan kepada seorang pengelola baik perorangan, instansi atau koordinasi perusahaan yang kemudian pengelola tersebut yang menjual produk atau jasa kepada konsumen.

- Iklan profesional, merupakan iklan jenis bisnis yang ditunjukan kepada para pembisnis profesional yang dapat mengelola dengan baik iklan yang di ajukan kepada para pembisnis.

Iklan Non-Komersial

Iklan non-komersial tidak menitik beratkan pada keutungan materiil atau ekonomi. Iklan non-komersial justru bertujuan untuk mendapatkan keuntungan sosial.

Tujuannya agar masyarakat mendapatkan tambahan wawasan, kesadaran diri dan merubah perlaku dan sikap masyarakat terhadap masalah yang ditampilkan pada iklan tersebut.

Unsur-Unsur Iklan

Agar strategi promosi anda tepat sasaran dan tidak berakhir sia-sia. Maka iklan yang akan anda buat setidaknya harus memenuhi unsur-unsur iklan berikut ini:

Kalimat Deskriptif

Kalimat deskriptif merupakan kalimat yang berfungsi untuk menjelaskan produk atau layanan yang akan diiklankan. Kalimat ini harus disusun dengan sangat efisien agar tidak menimbulkan kesan bertele-tele.

Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif merupakan salah satu bagian terpenting dari iklan. Kalimat ini berfungsi untuk membujuk orang untuk menggunakan suatu produk atau layanan yang sedang diiklankan.

Attention (Perhatian)

Iklan yang baik merupakan iklan yang mampu menarik perhatian masyarakat. Sehingga diperlukan ide kreatif agar masyarakat mampu melirik iklan tersebut.

Interest (Minat)

Setelah mampu mendapatkan perhatian masyarakat, iklan tersebut harus menimbulkan minat untuk mencari tahu tentang produk atau jasa tersebut lebih lanjut.

Desire (Keinginan)

Suatu iklan harus mampu menggerakan hati konsumen. Hal ini berkaitan dengan segmen dan preferensi dari masyarakat yang menjadi sasaran iklan.

Conviction (Rasa Percaya)

Untuk mendapatkan rasa percaya konsumen, maka iklan harus dibuat dengan tujuan mengedukasi dan bukan menipu. Sehingga kita tidak mengiklankan sebuah kenyataan yang dibuat-buat atau harus sesuai dengan realita.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspor Merosot, Impor Rokok Justru Naik 23,7 Persen di Masa Pandemi

Posted: 22 Dec 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Asisten Deputi Pengembangan Industri Kemenko Perekonomian, Atong Soekirman mengatakan rokok menjadi salah satu produk andalan ekspor Indonesia. Namun selama periode pandemi covid-19, ekspor rokok mencatatkan penurunan.

"Kalau kita lihat laju pertumbuhan ekspor rokok (yoy) pada kuartal-III/2020 mengalami penurunan minus 2,3 persen. Sementara impor mengalami kenaikan mencapai 23,7 persen," ujar Atong dalam diskusi virtual, Rabu (23/12/2020).

Sementara, laju pertumbuhan ekspor tembakau olahan secara tahunan pada kuartal-III/2020 juga mencatatkan penurunan mencapai minus 26,3 persen. Begitu juga dengan impor yang minus 7,5 persen.

Industri pengolahan tembakau sendiri memiliki kontribusi sebesar 0,85 persen pada PDB kuartal III/2020. Atau tumbuh minus 5,19 persen, namun masih lebih tinggi jika dibandingkan kuartal sebelumnya yakni minus 10,84 persen.

Sebagai informasi, Atong juga memaparkan industri pengolahan tembakau yang mengalami penurunan utilisasi selama pandemi covid-19 berlangsung. Sampai dengan November 2020, utilisasi industri pengolahan tembakau tercatat tumbuh 57,5 persen, lebih rendah dibandingkan sebelum covid 66 persen.

"Kondisi pandemi berpengaruh pada IHT, berdampak pada the weakest link industri yaitu pekerja buruh rokok, petani tembakau, dan pedagang retail," papar dia.

Volume Produksi Rokok Turun 10,2 Persen di November 2020

Ilustrasi Industri Rokok
Ilustrasi Industri Rokok

Selama tahun 2020, Ditjen Bea Cukai mencatat ada tren penurunan produksi rokok. Sampai dengan November 2020, tercatat penurunan sebesar 10,2 persen dibandingkan tahun 2019.

"Sampai dengan November 2020 terjadi penurunan produksi sebesar 10,2 persen. Jadi trennya menurun. Dari tadinya sekitar 317,67 miliar batang, menjadi 285,38 miliar batang," terang Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Ditjen Bea Cukai, Nirwala Dwi Heryanto dalam webinar, Rabu (23/12/2020).

Rinciannya, berdasarkan jenis rokok, sigaret kretek mesin (SKM) turun 16,0 persen menjadi 203 miliar batang dari 242,9 miliar batang pada 2019. Kemudian untuk sigaret putih mesin (SPM) turun 27,4 persen menjadi 10,1 miliar batang dibandingkan 12,9 miliar batang pada 2019.

Sementara, untuk jenis sigaret kretek tangan (SKT), justru mencatatkan kenaikan sebesar 17 persen. Menjadi 71,3 miliar batang dibandingkan produksi tahun 2019 sebanyak 60,9 miliar batang.

"Kalau kita lihat berdasarkan jenis rokoknya, ternyata kebijakan tahun 2020 ini menunjukkan keberpihakan kita pada jenis rokok yang label intensive dan local contentnya tinggi," kata Nirwala.

Nirwala menyebutkan, kebijakan cukai hasil tahun 2020 dan kondisi pasar yang belum stabil akibat pandemi covid-19, memberikan ruang bagi industri kecil-menengah untuk berkembang melalui pengenaan beban fiskal yang relatif lebih rendah.

Apapun berdasarkan golongannya, Nirwala memaparkan justeru golongan kecil yang mencatatkan peningkatan paling banyak.

"Dari golongannya, yang meningkat justru golongan kecil." kata dia. Rinciannya, untuk golongan 1 minus 20,3 persen. MEnjadi 195,5 miliar batang dari 245,2 miliar batang pada 2019.

Sedangkan untuk golongan 2 naik 13 persen, menjadi 61,9 miliar batang dibandingkan tahun sebelumnya 54,5 miliar batang. Yang paling banyak, golongan 3 yakni naik 55,7 persen, menjadi 27,9 miliar batang dari 17,9 batang rokok pada 2019. 

Infografis Merokok Sambil Berkendara Didenda Rp 750 Ribu

Infografis Merokok Sambil Berkendara Didenda Rp 750 Ribu. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Merokok Sambil Berkendara Didenda Rp 750 Ribu. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Sejumlah Destinasi Wisata di Jakarta yang Tutup Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Posted: 22 Dec 2020 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah lokasi wisata di DKI Jakarta melakukan penutupan sementara saat libur Natal dan Tahun Baru 2021. Hal tersebut berada unggahan pada media sosial Instagram Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta.

"Libur Natal dan Tahun Baru, destinasi wisata di Jakarta tutup. Jumat dan Kamis (25 Desember dan 31 Desember 2020), Jumat 1 Januari 2021," bunyi dalam unggahan tersebut yang dikutip Liputan6.com, Rabu (23/12/2020).

Karena hal itu, Pemprov DKI Jakarta mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan libur tersebut dengan berkegiatan di rumah saja. Misalnya yakni mengikuti tur virtual, festival seni budaya virtual, hingga berkegiatan dengan keluarga.

Berikut daftar tempat wisata dan ruang terbuka di Jakarta yang ditutup saat Natal dan Tahun Baru:

1. Taman Margasatwa Ragunan

2. Taman Impian Jaya Ancol

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

4. Museum Sejarah Jakarta

5. Museum Taman Prasasti

6. Museum MH Thamrin

7. Museum Joang 45

8. Museum Seni Rupa dan Keramik

9. Museum Tekstil

10. Museum Wayang

11. Museum Bahari

12. Pulau Cipir

13. Pulau Kelor

14. Pulau Onrust

15. Rumah Si Pitung

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Lokasi Wisata Lain

16. Taman Ismail Marzuki (TIM)

17. Gedung Kesenian Jakarta

18. Wayang Orang Bharata

19. Taman Benyamin Suaib

20. Miss Tjijih

21. Gedung Latihan Kesenian di lima kota administrasi

22. Laboratorium Tari dan Karawitan Condet

23. Kawasan Perkampungan Budaya Betawi

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar tempat makan, kafe, restoran, hingga tempat wisata juga dilakukan batas operasional mulai 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Hal tersebut berdasarkan pada Ingub Nomor 64 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengendali Kegiatan Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 di masa Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Ingub tersebut ditandatangani oleh Anies pada 16 Desember 2020.

Anies meminta agar Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) memberikan batas operasional hingga pukul 21.00 WIB.

"Khusus pada tanggal 24 Desember 2020 sampai 27 Desember 2020 dan 31 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021 batasan jam operasional paling lama sampai pukul 19.00 WIB," kata Anies dalam Ingub tersebut, Kamis (17/12/2020).

Lalu dia juga meminta adanya pembatasan waktu operasional di bioskop yakni, jadwal tayang terkahir pukul 19.00 WIB. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga meminta adanya pembatas kapasitas pengunjung.

"Membatasi jumlah pengunjung paling banyak 50 persen dari total kapasitas," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Bitcoin hingga Ransomware, Ini 5 Prediksi Ancaman Finansial 2021

Posted: 22 Dec 2020 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan keamanan siber Kaspersky memprediksi, pada 2021, banyak pelaku kejahatan siber finansial cenderung menargetkan Bitcoin lebih sering dari sebelumnya.

Sementara kelompok hacker jahat lainnya akan beralih ke mata uang kripto transit ketika menuntut pembayaran dari korban.

Selain itu, praktik pemerasan akan menjadi lebih luas, baik itu sebagai bagian dari serangan DDoS atau ransomware, dengan operator sebagai pihak terakhir akan mengkonsolidasikan dan menggunakan eksploitasi tingkat lanjut untuk menargetkan korban.

Menurut Kaspersky, ancaman siber finansial termasuk yang paling berbahaya karena secara langsung berdampak pada kesejahteraan keuangan para korban, baik itu individu maupun organisasi.

Dmitry Bestuzhev, Peneliti Keamanan di Kaspersky, mengungkapkan pada 2021 akan ada perluasan yang lebih besar dari skimming kartu dan ransomware yang digunakan untuk menargetkan bank.

"Memperkirakan potensi ancaman yang akan datang itu penting, karena memungkinkan kami untuk mempersiapkan diri di masa datang, dan kami yakin prediksi para ahli akan membantu banyak profesional keamanan siber untuk mengerjakan model ancaman mereka," kata Bestuzhev, melalui keterangannya, Rabu (23/12/2020).

Berdasarkan tinjauan tentang apa yang telah terjadi selama tahun 2020, para peneliti Kaspersky dapat mempersiapkan prediksi lanskap ancaman keuangan (finansial) tahun 2021 untuk membantu organisasi membentengi diri dengan lebih baik. Berikut ringkasan prediksi utama mereka.

 

1. MageCarting

Ilustrasi Bitcoin (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi Bitcoin (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

MageCarting atau biasa disebut JS-skimming (metode mencuri data kartu pembayaran dari platform e-commerceb), akan berpindah ke sisi server.

Bukti menunjukkan bahwa dari hari ke hari semakin sedikit pelaku ancaman yang mengandalkan serangan sisi klien yang menggunakan JavaScript. Peneliti Kaspersky memprediksi tahun depan serangan akan bergeser ke sisi server.

2. Mata Uang Transisi (Transition Currencies)

Kemampuan berupa teknis khusus untuk memantau, menghapus nama pengguna, dan menyita akun Bitcoin akan menjadi metode yang digunakan oleh banyak pelaku kejahatan siber untuk meminta pembayaran.

Mata uang privasi lain yang ditingkatkan seperti Monero kemungkinan akan digunakan sebagai mata uang transisi pertama, dengan dana yang kemudian dikonversi ke mata uang kripto lainnya, termasuk Bitcoin, untuk menutupi jejak pelaku kejahatan siber.

 

3. Upaya Pemerasan Meningkat

Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)
Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

Karena operasi mereka yang sukses dan berbagai pemberitaan yang luas tahun ini, pelaku ancaman di balik ransomware bertarget secara sistematis meningkatkan jumlah korban yang diharapkan untuk membayar uang tebusan.

Sekarang para peneliti Kaspersky mengantisipasi pertumbuhan yang lebih tinggi dalam upaya pemerasan sebagai cara untuk mendapatkan uang.

Organisasi menjadi pihak yang mungkin dirugikan oleh hilangnya data dan proses pemulihan yang melelahkan, dengan lebih banyak pelaku kejahatan siber menargetkan mereka dengan serangan ransomware atau DDoS atau bahkan keduanya.

 

4. Eksploitasi Zero-day Oleh Kelompok Ransomware

Ilustrasi Ransomware WannaCrypt atau yang disebut juga Wannacry (iStockphoto)
Ilustrasi Ransomware WannaCrypt atau yang disebut juga Wannacry (iStockphoto)

Selain itu, grup ransomware yang berhasil mengumpulkan dana dari sejumlah serangan yang berhasil pada tahun 2020 akan mulai menggunakan eksploitasi zeroday--kerentanan yang belum ditemukan oleh pengembang --serta eksploitasi N-days untuk meningkatkan efektivitas serangan mereka.

Meskipun membeli eksploitasi adalah upaya yang cukup memakan biaya, berdasarkan jumlah keberhasilan yang diperoleh beberapa operator ransomware dari korbannya, mereka sekarang memiliki cukup dana untuk diinvestasikan di dalamnya.

 

5. Pencurian Bitcoin

Ilustrasi Bitcoin (iStockPhoto)
Ilustrasi Bitcoin (iStockPhoto)

Pencurian Bitcoin akan menjadi lebih menarik karena banyak negara jatuh ke dalam kemiskinan akibat pandemi.

Dengan ekonomi runtuh dan mata uang lokal jatuh, lebih banyak orang mungkin terlibat dalam kejahatan siber, yang mengarah ke lebih banyak kasus.

Seperti yang diantisipasi oleh para peneliti Kaspersky, karena kelemahan mata uang lokal, lebih banyak orang mungkin fokus pada penipuan yang menuntut Bitcoin, serta pencurian Bitcoin, karena ini adalah mata uang kripto yang paling luas.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iran Cari Sukarelawan Uji Coba Vaksin COVID-19 Buatan Lokal Tahap Pertama

Posted: 22 Dec 2020 09:41 PM PST

Liputan6.com, Teheran - Pemerintah Iran tengah mencari sejumlah sukarelawan untuk program uji coba vaksin COVID-19 domestik, alias buatan negara tersebut.

Laporan Xinhua News mengutip kantor berita resmi IRNA, Rabu (23/12/2020) menyebut, Iran pada Selasa 22 Desember mulai membuka pendaftaran bagi sukarelawan yang ingin terlibat dalam tahap pertama uji coba pada manusia untuk vaksin COVID-19 lokal.

"Dengan izin dari Kementerian Kesehatan dan setelah beberapa tahap pengujian vaksin (sebelumnya) berhasil dilaksanakan, maka pendaftaran untuk sukarelawan yang ingin berpartisipasi dalam tahap pengujian (pada manusia) untuk vaksin Virus Corona baru Iran dimulai hari ini," demikian menurut pernyataan, Kepala Eksekutif Staf Komando Imam, Mohammad Mokhber.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyatakan kepada publik Iran bahwa "mereka yang tertarik dan memiliki usia serta kondisi fisik yang dipersyaratkan dapat mendaftar dalam proyek nasional in."

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Iran Salah Satu Negara Timur Tengah Terdampak COVID-19 Paling Parah

Iran, salah satu negara di Timur Tengah yang terdampak pandemi Virus Corona COVID-19 paling parah. Per Selasa 22 Desember, total 1.170.743 kasus termasuk 54.003 kematian.

Kasus positif pertama di negara itu dilaporkan pada 19 Februari lalu.

Sementara itu, hingga kini Amerika Serikat masih berada di urutan teratas sebagai negara dengan infeksi COVID-19 terbanyak. Termasuk angka kematiannya.

Infografis Varian Baru Virus Corona Hantui Inggris

Infografis Varian Baru Virus Corona Hantui Inggris. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Varian Baru Virus Corona Hantui Inggris. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pertamina Tambah 251.480 Tabung LPG Subsidi di Serang

Posted: 22 Dec 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina memastikan ketersediaan LPG Jelang Natal dan Tahun Baru. Hal ini dengan memberikan penambahan fakultatif untuk LPG hingga 14 persen atau setara dengan tambahan 251.480 tabung untuk LPG Subsidi dan 2 persen untuk LPG Nonsubsidi di wilayah Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kabupaten Cilegon.

"Antisipasi kenaikan konsumsi LPG, Pertamina akan memberikan extra dropping di bulanDesember secara keseluruhan (Bright Gas, Elpiji 12kg dan LPG subsidi 3kg) di wilayah Serangdan Cilegon sekaligus mengaktifkan 122 pangkalan siaga yang siap memberikan pelayanan dihari libur," ujar Unit Manager Communication, Relations & CSR PertaminaRegional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (23/12/2020).

"Khusus untuk LPG 3 Kg, rata-rata harian konsumsi untuk Serang dan Cilegon adalah 69.800 tabung per hari. Selama Periode Desember, kami siapkan extra dropping 251.480 tabung atau setara dengan kenaikan 14 persen," tambah Eko.

Pertamina juga terus melakukan pemantauan kebutuhan LPG 3 Kg di sejumlah wilayah yangmenjadi tujuan mudik serta sejumlah lokasi tujuan wisata yang sering kali dimanfaatkan olehusaha mikro untuk mengolah dan menjajakan produknya.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2007 tentang Penyediaan,Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG Tabung 3 Kg, LPG 3 Kg bersubsidi diperuntukkanhanya bagi rumah tangga pra sejahtera dan usaha mikro.

"Usaha mikro adalah usaha dengan asetmaksimal 50 juta dan omset maksimal 300 juta per tahun&quot," tambah Eko.

Bagi masyarakat dari kalangan mampu, usaha kecil dan menengah ke atas, Pertamina menyediakan tabung Bright Gas yang saat ini tersedia dalam kemasan 5.5 Kg dan 12 Kg BrightGas, dilengkapi segel hologram yang berfungsi untuk menjamin isi tabung dan konsumen bisamengetahui rusak tidaknya tabung Elpiji.

Ditambah dengan safety valve yang berfungsi untukmengeluarkan tekanan gas secara perlahan bila tekanan dalam tabung terlalu tinggi, serta BrightGas dilengkapi dengan QR Code yang dapat dipindai oleh aplikasi QR Code smartphone untukmendapatkan informasi lokasi pengisian.

Eko juga menambahkan bahwa dukungan penuh dari masyarakat, untuk mengawasi peruntukkan LPG 3 Kg untuk rakyat miskin dan usaha mikro, sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No 26Tahun 2009 tentang penyediaan dan pendistribusian LPG sangat diperlukan. Apabila terdapatinformasi terkait pangkalan dan agen, Pertamina menyediakan layanan contact center Pertamina135 atau melalui email pcc@pertamina.com.

Pertamina Pastikan Stok BBM dan Elpiji di Kalimantan Aman Saat Natal dan Tahun Baru

Jelang Nataru, Pertamina MOR I Prediksi Realisasi Harian BBM dan LPG Naik.
Jelang Nataru, Pertamina MOR I Prediksi Realisasi Harian BBM dan LPG Naik.

Menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 atau Nataru, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan melakukan upaya antisipasi terhadap peningkatan konsumsi masyarakat akan BBM dan elpiji di wilayah Kalimantan.

Dalam mengawal kelancaran distribusi BBM dan elpiji, Pertamina membentuk Satuan Tugas (Satgas) terhitung mulai 7 Desember 2020 sampai dengan 10 Januari 2021 di kantor Region dan seluruh lokasi suplai point BBM dan elpiji yang tersebar di wilayah Kalimantan.

Pada Nataru, kebutuhan BBM diprediksi akan mengalami peningkatan sejak H-3 untuk gasoline dan H-10 untuk gasoil. Lonjakan konsumsi BBM pada Nataru 2020, Pertamina melakukan beberapa hal di antaranya adalah peningkatan stok gasoline,

"Untuk premium sebesar 1 persen dari konsumsi normal bulanan atau sekitar 2.930 KL/hari menjadi 2.948 KL/hari di wilayah Kalimantan. Untuk Kalimantan Barat, peningkatan stok Premium sebesar 4 persen dari konsumsi normal bulanan atau sekitar 752 KL/hari menjadi 783 KL/hari," kata Executive General Manager Pertamina Mor VI, Freddy Anwar dalam keterangan resminya pada Selasa (22/12/2020).

Untuk Pertalite sebesar 2 persen dari konsumsi normal bulanan atau sekitar 3.101 KL/hari menjadi 3.166 KL/hari di wilayah Kalimantan. Untuk Kalimantan Barat, peningkatan stok Pertalite sebesar 4,9 persen dari konsumsi normal bulanan atau sekitar 926 KL/hari menjadi 971 KL/hari.

Pertamax sebesar 1 persen dari konsumsi normal bulanan atau sektiar 584 KL/hari menjadi 587 KL/hari di wilayah Kalimantan. Untuk Kalimantan Barat, peningkatan stok Pertamax sebesar 46 persen dari konsumsi normal bulanan atau sekitar 36 KL/hari menjadi 53 KL/hari.

Sedangkan, untuk Pertamax Turbo sebesar 3 persen dari konsumsi normal bulanan atau sekitar 19 KL/hari menjadi 20 KL/hari di wilayah Kalimantan. Untuk Kalimantan Barat, stok Pertamax Turbo normal, dimana konsumsi normal bulanan atau sekitar 1 KL/hari.

"Secara umum, konsumsi gasoil (Solar, dexlite, dan Pertamina Dex) turun 2,3 persen mengacu pada data historis Nataru 2019. Namun, Pertamina tetap menyiagakan stok gasoil sesuai dengan kebutuhan," kata Freddy Anwar.

Selain itu, Pertamina juga menyiagakan SPBU di jalur mudik dan wisata sebanyak 70 SPBU yang tersebar di Kalimantan Timur 9 SPBU, Kalimantan Barat 36 SPBU, Kalimantan Tengah 9 SPBU, dan Kalimantan Selatan 16 SPBU.

Seluruh SPBU siaga ini akan beroperasi selama 24 jam dan telah dilakukan build up stok sejak H-7. Khusus untuk area wisata Derawan, Pertamina juga menyiapkan 1 SPBU kantong untuk mengantisipasi lonjakan wisata.

Selain meningkatkan stok, Pertamina juga menyiapkan penambahan Mobil Tanki sebanyak 29 unit dan 58 Awak Mobil Tangki, maka pada Nataru ini total armada Mobil tanki yang beroperasi menjadi 662 Mobil Tangki dan 1.336 Awak Mobil Tangki yang dikerahkan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deddy Corbuzier Nilai Kalina Ocktaranny Terlalu Cepat Menikah dengan Vicky Prasetyo

Posted: 22 Dec 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Meski tak mau mencampuri urusan mantan istrinya, Kalina Ocktaranny, Deddy Corbuzier mau buka suara soal rencana pernikahannya. Deddy menganggap apa yang akan dilakukan Kalina dan Vicky Prasetyo terlalu cepat. 

Deddy Corbuzier menganggap keputusan Kalina untuk menikah harus dipikirkan ulang. Apalagi, Kalina baru mengenal Vicky Prasetyo.

"Nah kalau tanyanya sama gue, menurut gue terlalu cepat. Kenapa terlalu cepat? Kan Kalina ini nikahnya bukan baru sekali, sudah berkali-kali," kata Deddy dalam video YouTube Crazy Nikmir Real.

 

 

 

Tidak Menikah

Vicky Prasetyo dan Kalina Ocktaranny (Liputan6.com/ GusMun)
Vicky Prasetyo dan Kalina Ocktaranny (Liputan6.com/ GusMun)

Deddy menegaskan bila dirinya menjadi Kalina maka tidak akan tidak akan menikah dalam waktu cepat.  

"Kalau gue baru dua bulan kenal enggak akan menikah," ujar ayah Azka tersebut.

 

Tak Percaya

Vicky Prasetyo dan Kalina Ocktaranny (Liputan6.com/ GusMun)
Vicky Prasetyo dan Kalina Ocktaranny (Liputan6.com/ GusMun)

Deddy mengaku tidak pernah percaya pada pandangan pertama, sebagaimana diungkapkan Kalina terhadap Vicky. Sebab, tambah dia, pandangan pertama bukanlah cinta.  

"Itu nafsu atau kepentingan," tutur dia.

 

Mendoakan

Meski demikian, Deddy tetap mendoakan yang terbaik untuk hubungan Kalina dan Vicky Prasetyo.  

"Tapi kalau mereka benar-benar cinta dan sebagainya terus mereka mau nikah dalam waktu cepat dan sebagainya, silakan," tuturnya.

 

Jangan Dibawa

Hanya saja, Deddy meminta Kalina dan Vicky tidak membawa-bawa dirinya dan Azka jika suatu saat muncul permasalahan di tengah hubungan Kalina dan Vicky. 

"Tapi satu hal, jangan bawa-bawa saya. Azka misalnya juga, enggak usah dibawa-bawa, saya mah enggak ada masalah sama Vicky atau Kalinanya," pungkas Deddy.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PNS Boleh Liburan Natal dan Tahun Baru, Simak Syaratnya

Posted: 22 Dec 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengimbau aparatur sipil negara (ASN) atau PNS untuk melakukan pembatasan keluar daerah selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Imbauan ini terdapat dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 72/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah dan Pengetatan Pemberian Cuti Bagi Pegawai ASN Selama Libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Pembatasan gerak untuk PNS tersebut berlaku sejak 21 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Namun demikian, PNS yang terpaksa harus melakukan perjalanan saat Nataru tetap diperkenankan dengan memperhatikan 4 arahan. Pertama, abdi negara dapat memperhatikan peta zonasi risiko Covid-19 yang ditetapkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

"Di sana sudah dicantumkan mana zona merah, zona biru, zona hijau. Ini dimaksudkan agar ASN tidak berpergian ke zona risiko tinggi," jelas Deputi Bidang Kelembagaan dan Tatalaksana Kementerian PANRB Rini Widiyantini dalam sesi teleconference, Rabu (23/12/2020).

Rini melanjutkan, PNS juga wajib mengikuti peraturan atau kebijakan pemerintah daerah asal dan daerah tujuan mengenai pembatasan keluar/masuk orang. Ketiga, ASN juga wajib memenuhi kriteria/persyaratan/protokol perjalanan yang ditetapkan Satgas Penanganan Covid-19 dalam Surat Edaran (SE) Nomor 3 Tahun 2020.

Terakhir, Rini menyatakan, pegawai ASN juga harus selalu menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, di mana pun dan kapan pun.

"Paling mudah dengan mencuci tangan, memakai masker dan menjauhi kerumunan. Dengan demikian, PNS bisa bantu pemerintah kurangi atau memutus mata rantai covid-19," jelas Rini.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Minta PNS Tak ke Luar Kota saat Libur Natal dan Tahun Baru

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru (Nataru) 2021, pemerintah melakukan pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah dan pengetatan pemberian cuti bagi aparatur sipil negara (ASN) atau PNS. Hal ini bertujuan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang berpotensi meningkat selama masa liburan.

Imbauan ini terdapat dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 72/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah dan Pengetatan Pemberian Cuti Bagi Pegawai ASN Selama Libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Covid-19. SE tersebut berlaku sejak 21 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

"ASN dan keluarganya diimbau untuk tidak melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah selama periode libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021," ujar Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam keterangan tertulis, Selasa (22/12/2020).

Namun begitu, Menteri Tjahjo mengingatkan, apabila seorang PNS perlu bepergian ke luar daerah, terdapat empat hal yang harus diperhatikan.

Pertama, peta zonasi risiko penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Kedua, peraturan dan/atau kebijakan pemerintah daerah asal dan daerah tujuan mengenai pembatasan keluar/masuk orang.

Ketiga, kriteria, persyaratan, dan protokol perjalanan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Keempat, protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Sedangkan untuk Cuti Bersama, dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 17/2020 tentang Cuti Bersama Pegawai ASN Tahun 2020 sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Presiden Nomor 23/2020.

Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) juga diminta melakukan pengaturan pemberian cuti (selain cuti bersama) secara ketat, selektif, dan akuntabel kepada PNS di lingkungan instansinya selama akhir tahun ini.

"Ada dua hal yang harus diperhatikan oleh PPK dalam memberikan cuti bagi pegawai. Pertama, kebutuhan dan/atau kepentingan ASN. Kedua, persyaratan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11/2017 tentang Manajemen PNS sebagaimana diubah dengan PP No. 17/2020 dan PP Nomor 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)," terang Tjahjo.

Kedisiplinan PNS disebut menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam penerapan SE Menteri PANRB ini guna mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. PPK juga diimbau untuk memastikan agar PNS selalu menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti SE tersebut.

"Bagi ASN yang melanggar akan diberikan hukuman disiplin sesuai yang diatur dalam PP Nomor 53/2010 tentang Disiplin PNS dan PP Nomor 49/ 2018 tentang Manajemen PPPK," tukas Tjahjo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Terduga Perampok Kecebur Hingga Dihakimi Massa

Posted: 22 Dec 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Diduga perampok, pria ini kecebur got dan dihakimi oleh massa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gisel Kembali Jalani Pemeriksaan Terkait Kasus Video Syur

Posted: 22 Dec 2020 09:30 PM PST

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kiri) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel diperiksa sebagai saksi atas kasus video syur mirip dirinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kiri) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel diperiksa sebagai saksi atas kasus video syur mirip dirinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kiri) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel diperiksa sebagai saksi atas kasus video syur mirip dirinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kiri) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel tiba pada pukul 10.50 WIB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kiri) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel tiba pada pukul 10.50 WIB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kiri) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel tiba pada pukul 10.50 WIB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kanan) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel terlihat mengenakan kemeja putih. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kanan) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel terlihat mengenakan kemeja putih. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kanan) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel terlihat mengenakan kemeja putih. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (tengah) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel memakai face shiled dan mulutnya juga tertutup masker putih. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (tengah) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel memakai face shiled dan mulutnya juga tertutup masker putih. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (tengah) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel memakai face shiled dan mulutnya juga tertutup masker putih. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (tengah) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel hanya menjelaskan kedatangannya untuk memenuhi panggilan sebagai saksi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (tengah) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel hanya menjelaskan kedatangannya untuk memenuhi panggilan sebagai saksi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (tengah) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gisel hanya menjelaskan kedatangannya untuk memenuhi panggilan sebagai saksi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (tengah) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Sebelumnya, polisi menetapkan PP dan MM sebagai tersangka penyebar video syur mirip Gisel. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (tengah) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Sebelumnya, polisi menetapkan PP dan MM sebagai tersangka penyebar video syur mirip Gisel. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (tengah) didampingi pengacaranya tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Sebelumnya, polisi menetapkan PP dan MM sebagai tersangka penyebar video syur mirip Gisel. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kedua kiri) menjalani rapid test saat tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Polisi menyebut tersangka PP dan MM menyebarkan video syur mirip Gisel di twitter untuk meningkatkan jumlah pengikut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kedua kiri) menjalani rapid test saat tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Polisi menyebut tersangka PP dan MM menyebarkan video syur mirip Gisel di twitter untuk meningkatkan jumlah pengikut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selebritas Gisella Anastasia atau Gisel (kedua kiri) menjalani rapid test saat tiba di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Polisi menyebut tersangka PP dan MM menyebarkan video syur mirip Gisel di twitter untuk meningkatkan jumlah pengikut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Liburan Sandiaga Uno Keliling Indonesia, Menteri Parekraf Baru

Posted: 22 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Reshuffle kabinet Indonesia Maju dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Selasa (22/12/2020). Ada 6 calon menteri baru yang diumumkan dan diperkenalkan melalui tayangan live channel YouTube Sekretariat Presiden.

Dari 6 nama yang diperkenalkan, nama Sandiaga Uno paling mencuri perhatian. Pria berusia 51 tahun tersebut menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menggantikan Wishnutama Subandio. Sandiaga diharapkan bisa membangkitkan kembali segi pariwisata yang lesu akibat COVID-19.

Terlepas dari status Sandiaga Uno yang kini menjadi Menteri Parekraf, beliau memang terkenal sebagai sosok yang aktif keliling Indonesia. Ya, calon Wakil Presiden RI pada Pemilu 2019 lalu ini kerap berlibur di berbagai destinasi wisata di berbagai wilayah Indonesia.

Gaya liburan Sandiaga Uno pun mencuri perhatian karena ia selalu tampil kekinian bak anak muda. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @sandiuno, gaya liburan Sandiaga Uno keliling Indonesia, Rabu (23/12/2020).

1. Saat berlibur ke Pantai Tanjung Binga, Belitung, Sandiaga terlihat begitu menikmati suasana tenang dari bibir pantai.

6 Gaya Liburan Sandiaga Uno Keliling Indonesia, Menteri Parekraf Baru (sumber: Instagram.com/sandiuno)
6 Gaya Liburan Sandiaga Uno Keliling Indonesia, Menteri Parekraf Baru (sumber: Instagram.com/sandiuno)

2. Pantai Pemuteran, Bali menjadi tempat yang asik bagi Sandiaga untuk menghabiskan waktu bersama sang istri.

6 Gaya Liburan Sandiaga Uno Keliling Indonesia, Menteri Parekraf Baru (sumber: Instagram.com/sandiuno)
6 Gaya Liburan Sandiaga Uno Keliling Indonesia, Menteri Parekraf Baru (sumber: Instagram.com/sandiuno)

3. Saat mengunjungi Maumere, Sandiaga Uno tak bisa sembunyikan raut wajah bahagia melihat keindahan alam di sana.

6 Gaya Liburan Sandiaga Uno Keliling Indonesia, Menteri Parekraf Baru (sumber: Instagram.com/sandiuno)
6 Gaya Liburan Sandiaga Uno Keliling Indonesia, Menteri Parekraf Baru (sumber: Instagram.com/sandiuno)

4. Palangkaraya tak luput dikunjungi oleh Menteri Parekraf baru ini. Sandiaga mengunjungi pengrajin rotan Elsi di sana.

6 Gaya Liburan Sandiaga Uno Keliling Indonesia, Menteri Parekraf Baru (sumber: Instagram.com/sandiuno)
6 Gaya Liburan Sandiaga Uno Keliling Indonesia, Menteri Parekraf Baru (sumber: Instagram.com/sandiuno)

5. Saat berlibur ke Desa Wisata Kampoeng Rawa di Ambarawa, Semarang, Sandiaga takjub dengan pemandangan indah dari sawah dan perbukitan di sana.

6 Gaya Liburan Sandiaga Uno Keliling Indonesia, Menteri Parekraf Baru (sumber: Instagram.com/sandiuno)
6 Gaya Liburan Sandiaga Uno Keliling Indonesia, Menteri Parekraf Baru (sumber: Instagram.com/sandiuno)

6. Gaya kekinian dengan melompat juga pernah dilakukan pria berusia 51 tahun ini saat berlibur di Pantai Falajawa, Ternate.

6 Gaya Liburan Sandiaga Uno Keliling Indonesia, Menteri Parekraf Baru (sumber: Instagram.com/sandiuno)
6 Gaya Liburan Sandiaga Uno Keliling Indonesia, Menteri Parekraf Baru (sumber: Instagram.com/sandiuno)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris : Big Match Panaskan Libur Natal

Posted: 22 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Liga Inggris tidak libur selama Natal dan Tahun Baru. Justru banyak duel seru yang tersaji. Salah satuny antara Arsenal vs Chelsea di Emirates Stadium, Minggu (27/12/2020) dinihari WIB.

Arsenal sedang dalam periode sulit setelah baru memetik 14 poin dari 14 pertandingan. Mereka tercecer di peringkat ke-15 Liga Inggris antaran baru mengemas 4 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 8 kekalahan.

Posisi Mikel Arteta selaku manajer pun di ujung tanduk. Fans Arsenal mulai mendesak manajer asal Spanyol itu dipecat.

Di sisi Chelsea, pasukan Frank Lampard juga butuh kemenangan. Pasalnya, performa Chelsea menukik di tiga laga terakhir.

Alhasil, The Blues terlempar dari lima besar klasemen. Timo Werner dkk. mengantongi 22 poin dan duduk di peringkat ke-8 klasemen.

Selain Arsenal vs Chelsea, ada juga laga Leicester City vs Manchester United yang tak kalah seru. Berikut jadwal Liga Inggris selengkapnya.

 

Jadwal

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Sabtu 26 Desember 2020

19.30 WIB, Leicester City vs Manchester United

22.00 WIB, Aston Villa vs Crystal Palace

22.00 WIB, Fulham vs Southampton

 

Minggu 27 Desember 2020

00.30 WIB, Arsenal vs Chelsea

03.00 WIB, Manchester City vs Newcastle United

03.00 WIB, Sheffield United vs Everton

19.00 WIB, Leeds United vs Burnley

21.15 WIB, West Ham United vs Brighton Albion

23.30 WIB, Liverpool vs West Bromwich

 

Senin 28 Desember 2020

02.15 WIB, Wolverhampton vs Tottenham Hotspur

Klasemen Liga Inggris

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Profil Enam Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju, Siapa Saja?

Posted: 22 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet pada jumpa pers di Istana Negara, 22 Desember 2020. Ada enam menteri baru yang ditunjuk menggantikan menteri lama di Kabinet Indonesia Maju. Diantaranya ialah mantan wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Titi DJ Berang Disinggung Masa Lalu dengan Mantan Suami, Ingatkan Soal Menghargai Orang Lain

Posted: 22 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Titi DJ memperlihatkan ekspresi tak suka saat masa lalunya bersama mantan suami disinggung. Diva pop Indonesia itu meluapkan kekesalan terhadap rekan-rekannya sesama juri di ajang Indonesian Idol.

Dalam acara yang tayang 22 Desember 2020, pelantun Bahasa Kalbu bersama rekan juri yang lain menyaksikan perfoma kontestan bernama Axel Ramanda. Di panggung, kontestan itu tampil layaknya rocker.

Tiba giliran sang pembawa acara, Daniel Mananta, menyapa Axel usai tampil. Melihat karakternya yang sangat rocker, Daniel Mananta mengaitkan hal itu dengan Titi DJ. "Titi DJ mengerti banget soal rocker," kata Daniel Mananta.

Ari Lasso dan Anang Bingung

Ari Lasso, Judika, Anang Hermansyah, dan Bunga Citra Lestari, Juri Indonesian Idol 2020, 2 Maret 2020. (Adrian Putra/Fimela.com)
Ari Lasso, Judika, Anang Hermansyah, dan Bunga Citra Lestari, Juri Indonesian Idol 2020, 2 Maret 2020. (Adrian Putra/Fimela.com)

Pernyataan Daniel Mananta membuat para juri seperti Ari Lasso dan Anang Hermansyah bingung. Hingga kemudian, Ramanda tahu apa yang dimaksud dengan pernyataan mantan VJ MTV itu.

"Jelasin coba mengerti banget soal rocker itu apa," tanya Anang Hermansyah.

"Mama aku sama dengan nama panggilan anaknya, anaknya rocker," kata Ramanda.

 

Sebut Ovy /rif

Ovy Rif (Daniel Kampua/Fimela.com)
Ovy Rif (Daniel Kampua/Fimela.com)

Lagi-lagi Anang Hermansyah mengaku tak paham maksud Ramanda. "Rocker yang mana, aku enggak paham. Oh Ovy (Rif) ya?," tanya Anang Hermansyah. Mendengar ini, Ari Lasso tiba-tiba menghindar. "Aku enggak ikut-ikutan ya," kata Ari Lasso.

 

Reaksi Titi DJ

Titi DJ (@AldhiTR/Twitter).
Titi DJ (@AldhiTR/Twitter).

Titi DJ yang menjadi sasaran ledekan para juri tidak terima. Menurut Titi DJ masa lalu seharusnya tidak dibahas. "Hei, hei, hei, kalian ini kekanak-kanakan sekali deh. Kalian harus menghargai, respect dong. Dia (Ovy) kan sudah berkeluarga, enggak boleh, enggak boleh gitu," ucap Titi DJ.

 

Emosi

Titi DJ. (Foto: Instagram @ti2dj)
Titi DJ. (Foto: Instagram @ti2dj)

Melihat Titi DJ sedikit emosi, Daniel Mananta minta maaf. Anang Hermansyah melempar kesalahan ke Daniel Mananta. "Enggak ada benarnya nih Daniel, kamu kan mancing," kata Anang Hermansyah.

Titi DJ pun kecewa, acara Indonesian Idol tak seperti saat dulu ia jadi juri. "Aku nggak nyangka deh Indonesial Idol malah begini," ucap Titi DJ. Diketahui Titi dan Ovy pernah berumah tangga selama 4 tahun. Tahun 2011 keduanya bercerai. (Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketatnya Penerapan Prokes Cegah Covid-19 Bagi Penumpang LRT Palembang

Posted: 22 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Light Rail Transit atau LRT di Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), menjadi moda transportasi yang disiapkan jelang event internasional Asian Games 2018 lalu.

Kereta api cepat ini juga, merupakan salah satu pilihan transportasi berbasis teknologi, dengan fasilitas yang membuat penumpangnya nyaman dan aman.

Namun di tengah pandemi Covid-19, pengelola LRT Palembang menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat ke para penumpangnya.

Hal ini dialami oleh Abdullah (24), warga Kalidoni Palembang yang tidak diperbolehkan masuk ke stasiun LRT Palembang karena tidak menggunakan masker.

Ia lupa mengenakan dan membawa masker. Sehingga petugas LRT Palembang terpaksa melarang karyawan swasta tersebut, untuk melanjutkan perjalanan menggunakan kereta.

"Saya tadi buru-buru. Makanya, lupa bawa masker. Jadi beli dulu masker di minimarket dekat stasiun. Baru diperbolehkan masuk ke dalam stasiun LRT Palembang," ucapnya, Selasa (22/12/2020).

Selain menggunakan masker, para penumpang LRT Palembang juga diimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang, serta diukur suhu tubuhnya.

Di dalam tunggu stasiun, petugas LRT Palembang memberi banyak tanda untuk mengatur jarak antar penumpang.

Seperti di tempat duduk, antrian loket serta antrian saat masuk kereta. Kondisi di gerbong kereta juga sama. Jarak tempat duduk diatur melalui berbagai tanda.

Di antaranya tempat berdiri juga diberi tanda, dengan jarak sekitar dua meter. Bahkan di setiap gerbong disediakan hand sanitizer dan penumpang dilarang berbicara dengan jarak berdekatan satu sama lain.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, jumlah penumpang LRT Palembang hanya sekitar 70 persen dari kapasitas penumpang di dalam gerbong LRT Palembang.

Jika kapasitas 70 persen kursi penumpang sudah penuh, penumpang LRT Palembang lainnya harus menunggu kedatangan kereta api selanjutnya.

"Aturan ini memang kami buat agar LRT Palembang menjadi angkutan massal yang nyaman, aman dan sehat untuk dinaiki serta bebas dari penularan Covid-19," katanya.

 

Penumpang LRT Palembang

Calon penumpang mengantre untuk menjalani swab antigen di Stasiun Senen, Jakarta, Senin (21/12/2020). Penumpang kereta api jarak jauh menunjukkan surat bebas Covid-19 dengan melakukan tes PCR atau tes rapid antibodi yang masih berlaku 14 hari sejak diterbitkan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Calon penumpang mengantre untuk menjalani swab antigen di Stasiun Senen, Jakarta, Senin (21/12/2020). Penumpang kereta api jarak jauh menunjukkan surat bebas Covid-19 dengan melakukan tes PCR atau tes rapid antibodi yang masih berlaku 14 hari sejak diterbitkan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

PT KAI juga menerapkan disiplin prokes yang ketat, terhadap karyawannya selama bertugas. Mereka wajib mengenakan masker, face shield dan sarung tangan selama bekerja dan melayani penumpang.

"Seluruh sarana dan prasarana juga dibersihkan setiap satu jam sekali. Baik berbagai ruangan dan bagian stasiun hingga gerbong," katanya.

Menurutnya, kepercayaan masyarakat pun lambat laun tumbuh. Karena selama November 2020, jumlah penumpang LRT Sumsel mengalami kenaikan.

Total LRT Sumsel telah mengangkut 54.136 penumpang. Rata-rata penumpang saat hari libur mencapai 2.846 orang penumpang. Sementara di hari biasa, rata-rata 1.763 orang penumpang.

Pelayanan Penumpang KA

Petugas stasiun memandu penumpang KRL Commuterline di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/6/2020) pagi. Puluhan polisi, TNI, Satpol PP, dan petugas stasiun diterjunkan untuk memandu penumpang mengantisipasi antrean panjang seperti kemarin. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas stasiun memandu penumpang KRL Commuterline di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/6/2020) pagi. Puluhan polisi, TNI, Satpol PP, dan petugas stasiun diterjunkan untuk memandu penumpang mengantisipasi antrean panjang seperti kemarin. (merdeka.com/Arie Basuki)

"Per 1 Desember 2020 lalu, jumlah perjalanan ditambah menjadi 42 perjalanan. Dari sebelumnya hanya 22 perjalanan," ungkapnya.

Diakuinya, di awal pandemi Covid-19, warga masih banyak yang takut untuk menggunakan transportasi umum.

Namun, seiring dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat. Serta mulai dikuranginya pembatasan aktivitas. Pengguna LRT Sumsel terus meningkat.

"Kami akan terus meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi penumpang, dengan tetap menerapkan secara ketat prokes," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEOGRAFIS: Mekanisme Vaksin Covid-19 Memicu Kekebalan Tubuh

Posted: 22 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Vaksin Covid-19 diyakini jadi salah satu solusi untuk mengakhiri pandemi. Bagaimana sebenarnya mekanisme vaksin dalam mencegah virus meninfeksi tubuh manusia?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus : Presiden Lantik Menteri Dan Wamen Baru

Posted: 22 Dec 2020 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perbarui informasi Anda di Fokus edisi (23/12) kali ini memiliki berita di antaranya, Presiden Lantik Menteri Dan Wamen Baru, Penumpang Kereta Antre Tes Rapid Antigen, Rapid Antigen Pelanggar Protokol Kesehatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ingatkan Wamenkes Dante Saksono Prioritaskan Serapan Anggaran dan Vaksinasi Covid-19

Posted: 22 Dec 2020 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono untuk mempercepat serapan anggaran di kemnteriannya. Jokowi meminta agar anggaran di Kemenkes dibelanjakan dengan efektif dan maksimal.

"Mengingat situasi kondisi yang sekarang dalam kondisi pandemi, maka serapan itu harus efektif, harus tepat guna, dan harus maksimal. Serapan anggaran tersebut menjadi tulang punggung kita untuk mengatasi pandemi ini secara cepat," jelas Dante usai dilantik Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Selain itu, Jokowi meminta Kemenkes memprioritaskan program vaksinasi Covid-19. Pasalnya, Jokowi menargetkan vaksinasi gratis dapat dimulai pada Januari 2021.

"Karena dengan melakukan vaksinasi secepat mungkin maka kita akan bisa memperoleh herd immunity yang lebih baik," ujar Dante.

 

 

Latar Belakang Wamenkes

 Sebagai informasi, Dante merupakan spesialis endokrologi dan ahli molekular diabetes. Dia akan bekerja sama dengan Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Kesehatan.

Budi merupakan Wakil Menteri BUMN yang ditunjuk meggantikan Terawan Agus Putranto. Posisi Wakil Menteri BUMN kemudian diisi oleh Pahala Nugraha Mansyuri. Dia dikenal sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk,.

Dalam reshuffle kabinet kali ini, Jokowi mengisi dua posisi yang kosong lantaran pejabat sebelumnya tersandung kasus korupsi. Dia juga mengganti beberapa kementerian dengan pemain baru.

Selain itu, Jokowi menambah tiga jabatan wakil menteri di kabinet Indonesia Maju. Tiga jabatan baru itu antara lain, Wakil Menteri Kesehatan, Wakil Menteri Pertanian, dan Wakil Menteri Hukum dan HAM.

Berikut 6 menteri baru yang dilantik Jokowi:

1. Menteri Sosial: Tri Rismaharini

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Salahudin Uno

3. Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

4. Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas

5. Menteri Kelautan dan Perikanan: Wahyu Sakti Trenggono

6. Menteri Perdagangan: Muhammad Luthfi

Sementara itu, 5 wakil menteri yang dilantik Jokowi antara lain:

1. Wakil Menteri Pertahanan: Letjen TNI M. Herindra

2. Wakil Menteri Hukum, dan HAM: Edward Komar Syarief Hiariez

3. Wakil Menteri Kesehatan: Dante Saksono Harbuwono

4. Wakil Menteri Pertanian: Harfiq Hasnul Qolbi

5. Wakil Menteri BUMN I: Pahala Nugraha Mansyuri

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Menteri, Sakti Wahyu Trenggono Lepas Jabatan Komisaris di Perusahaan Ekspor Benih Lobster

Posted: 22 Dec 2020 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono menegaskan jika dirinya sudah tidak lagi menjabat sebagai Komisaris Utama di PT Agro Industri Nasional. Seperti diketahui, perusahaan ini menjadi salah satu yang mendapat izin ekspor benih lobster.

"Tentu Wakil Menteri Pertahanan berikutnya yang akan menjadi Komisaris Utama di sana (PT Agro Industri Nasional). Saya sudah tidak bisa," kata dia saat ditemui di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Adapun Agro Industri merupakan dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan Kementerian Pertahanan.

Dengan tugas menjalankan peran strategis mewujudkan ketahanan pangan, ketahanan energi, dan ketahanan air lewat usaha di bidang produksi tanaman pangan, produksi perikanan, bioenergi, konservasi, distribusi pangan dan teknologi produksi pangan.

Di mana Wakil Menteri Pertahanan memang akan mendapat jabatan sebagai ex-officio dalam perusahaan tersebut.

"Itu sudah dari awal saya sampaikan, itu adalah perusahaan di bawah Kementerian Pertahanan, dan wakil menteri sebagai ex-officio," jelas dia.

Perihal jabatan komisaris Sakti Wahyu Trenggono ini memang sempat dipertanyakan Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) Susan Herawati.

Susan khawatir karena pengusaha bidang IT tersebut nantinya akan menggawangi kementerian yang membawahi sektor perikanan dan kelautan.

Susan mengatakan, setidaknya ada dua hal yang menjadi perhatiannya terkait Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru. Pertama, soal status komisaris Sakti Wahyu Trenggono di perusahaan ekspor benih lobster, yaitu PT Agro Industri Nasional (Agrinas). 
 
Kemudian, Sakti Wahyu Trenggono juga tercatat pernah menjabat Komisaris PT. Merdeka Copper Gold Tbk, yang perusahaan tambang emas yang melakukan eksploitasi kawasan gunung Tumpang Pitu (bukit tujuh) di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.
 
Pertambangan ini dilakukan melalui dua anak perusahaannya, yaitu: yang dilakukan oleh PT. Bumi Suksesindo (PT. BSI) dan PT. Damai Suksesindo (PT. DSI) sejak tahun 2012.
 
Reporter: Dwi Aditya Putra
 
Sumber: Merdeka.com
 
 

Keliling Indonesia

Sakti Wahyu Trenggono
Sakti Wahyu Trenggono

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono berencana melakukan lawatan keliling Indonesia untuk bertemu dengan para nelayan yang ada di daerah. Kunjungan tersebut dilakukan untuk mendengar persoalan atau masalah yang dihadapi oleh nelayan di Tanah Air.

"Saya akan keliling seluruh Indonesia untuk bertemu seluruh nelayan. Saya ingin mendengar masalah terhadap nelayan-nelayan Indonesia, beberapa yang jadi perhatian mereka dan harapan mereka akan mereka bisa sejahtera," kata dia di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Sebelum melakukan perjalanan, dirinya mengaku ingin terlebih dahulu melakukan kunjungan ke Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan. Selain ingin melihat ruangan kerja barunya, dirinya akan bertemu dengan seluruh eselon I yang ada di kementeriannya.

"Habis itu saya pengen jalan langsung ke daerah," imbuh dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik 6 menteri dan 5 wakil menteri di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12). Prosesi pelantikan dilakukan dengan protokol kesehatan.

Sekitar pukul 9.30 WIB para menteri bersiap untuk melakukan sumpah jabatan. Pelantikan menteri berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 133/P/Tahun 2020 Tentang Pengisian dan penggantian beberapa negeri negara Kementerian Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Sementara itu para wakil menteri dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) no 76/M/2020 tentang pemberhentian dan pemberhentian dan pengangkatan wakil menteri negara kabinet Indonesia Maju Tahun 2019/2024.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muhammad Lutfi akan Langsung Lakukan Ini Usai Menjabat Menteri Perdagangan

Posted: 22 Dec 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan produk buatan Indonesia berkesempatan ikut berkompetisi di tingkat dunia.

Dia pun memastikan akan seluruh barang di bisa di ekspor dan kompetitif. "Dan ini adalah bagian dari pada perbaikan daripada ekonomi nasional dan berharap bisa jadi daya ungkit baru untuk tumbuhnya pertumbuhan ekonomi yang sehat," kata dia dalam pernyataan pers di Istana, Rabu (23/12).

Selain itu, Mendag Muhammad Lutfi juga akan memastikan bahwa arus barang berjalan dengan baik. Sehingga bisa menjadi bagian untuk kepercayaan kepada masyarakat agar segera memulihkan daya beli.

"Dan ini merupakan agenda agenda utama yang saya laksanakan pada waktu yang singkat ini," ujarnya.

Sebelumnya, Mendag Lutfi, berjanji untuk bekerja secara optimal untuk perbaikan ekonomi nasional di masa mendatang. Alasannya, melihat kondisi perekonomian global yang tengah menghadapi kondisi sulit akibat dampak pandemi Covid-19.

Maka dari itu, Kementerian Perdagangan harus dapat menjalankan fungsinya dengan baik agar dapat memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya berjanji akan bekerja sekuat mungkin, sepandai mungkin, secakap mungkin untuk memastikan perekonomian indonesia akan lebih baik di masa yang akan datang," tuturnya di Istana Negara Jakarta, Selasa (22/12/2020).

"Seperti kita ketahui bahwa ekonomi dunia berada pada situasi yang sangat sulit, beliau (Jokowi) mempercayakan saya untuk memimpin Kementerian Perdagangan. Kementerian ini adalah sesuatu lembaga yang mekanismenya adalah memastikan bahwa arus barang berjalan dengan baik, kegiatan ekonomi berjalan dengan baik agar kesejahteraan dapat tercipta bagi rakyat Indonesia," papar dia.

Muhammad Lutfi Ibaratkan Jabatan Menteri Perdagangan Seperti Wasit Tinju

Bianca Adinegoro istri Muhammad Lutfi (Sumber: Instagram/bianca.alinda)
Bianca Adinegoro istri Muhammad Lutfi (Sumber: Instagram/bianca.alinda)

Muhammad Lutfi mengibaratkan penunjukan dirinya sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) seperti wasit tinju. Dia pun berjanji akan menjadi wasit tinju yang adil selama memimpin Kementerian Perdagangan. 

"Pada saat yang bersamaan saya akan berjanji karena Menteri Perdagangan itu kalau dianalogikan sama seperti wasit bertinju. Di mana pembeli dan penjualnya adalah petinjunya dan rakyat indonesia adalah penontonnya," ujar dia di Istana Negara, Selasa (22/12/2020).

Dia mengatakan, saat seorang wasit dalam hal ini Menteri Perdagangan tidak melakukan tugas sesuai dengan hal semestinya maka masyarakat selaku penonton dan pedagang selaku petinju akan merasa dicurangi. "Oleh karena itu, saya akan berjanji menjadi transparan," jelas dia.

Mantan Dubes RI untuk Amerika Serikat ini juga berjanji akan memperbaiki kinerja Kementerian Perdagangan.

Diantaranya harus bekerja secara lebih efisien. "Ini untuk menyejahterakan bangsa dan negara," ucap dia mengakhiri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, resmi memberi amanah Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan yang baru. Rencananya pelantikan akan berlangsung Rabu, 23 Desember 2020 besok.

Muhammad Lutfi sempat mengisi posisi menteri perdagangan pada zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, 14 Februari 2014, menggantikan Gita Wirjawan.

Selain itu, Lutfi juga tercatat sempat menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) periode 16 Mei 2005 - 22 Oktober 2009.

Rekam jejak Lutfi terbilang kental di ranah ekonomi dan bisnis. Dia juga pernah menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk Jepang pada 2010 dan Amerika Serikat pada 14 September 2020.

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Parekraf Sandiaga Uno Sembuh dari Covid-19, 6 Artis Ini Kirim Doa dan Ucapan Selamat

Posted: 22 Dec 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Sandiaga Uno disebut Presiden Jokowi dalam reshuffle kabinet yang diumumkan di Jakarta, (22/12/2020). Ia dipercaya menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Sandiaga Uno menjabat Menparekraf menggantikan Wishnutama. Kabar baik lainnya, Sandiaga Uno sembuh dari Covid-19 berdasarkan swab test atau uji usap pekan ini.

Diberitakan sebelumnya, awal Desember 2020, Sandiaga Uno positif Covid-19. Ia positif Covid-19 sehari setelah sang istri, Nur Asia Uno terpapar Corona Covid-19.

 

Swab Test PCR

Sandiaga Uno saat menyampaikan pernyataan setelah ditunjuk sebagai Menparekraf di Istana Negara pada Selasa, 22 Desember 2020. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Sandiaga Uno saat menyampaikan pernyataan setelah ditunjuk sebagai Menparekraf di Istana Negara pada Selasa, 22 Desember 2020. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

"Selamat pagi. Alhamdulillah kemarin saya sudah melakukan tes swab PCR kesekian kalinya untuk membuktikan bahwa saya sudah benar-benar negatif dan sembuh dari covid-19," cuit Sandiaga Uno.

"Setelah kurang lebih 2 minggu beristirahat, kini saya sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasa, salah satunya lari pagi," tulis mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, di akun Instagram terverifikasinya, Rabu (23/12/2020).

Tolong Jaga Kesehatan

Unggahan Sandiaga Uno. (Foto: Instagram @sandiuno)
Unggahan Sandiaga Uno. (Foto: Instagram @sandiuno)

Sandiaga Uno bersyukur sembuh dari Covid-19, mengingat tugas baru untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menanti. Ia pun mengirim pesan penting buat khalayak.

"Buat kalian semuanya, tolong jaga kesehatan. Patuhi protokol kesehatan dengan baik. Pakai masker dan rajin mencuci tangan," pungkas pengusaha kelahiran Pekanbaru, 28 Juni 1969.

 

Alhamdulillah Pak Menteri

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno (Foto: Istimewa)

Status teks ini menyertai foto Sandiaga Uno mengenakan topi, masker monokrom, dan kaus merah lengan pendek. Tak sampai dua jam, lebih dari 200 ribu warganet mengirim tanda hati.

Sejumlah artis menyelamati Sandiaga Uno yang telah sehat. "Alhamdulillah Pak Menteri," ujar Hengky Kurniawan lalu menyematkan emotikon tangan menjura di kolom komentar. 

Selamat Bertugas

Sandiaga Uno saat berkunjung ke kantor Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Rabu (8/3). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sandiaga Uno saat berkunjung ke kantor Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Rabu (8/3). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Yovie Widianto juga menyelamati. "Selamat bertugas Mas Sandi Uno, smeoga dimudahkan dan dilancarkan segalanya. Amin ya Rabb," cuap pencipta lagu "Kasih Putih." Melanie Putria menambahkan, "Salam sehat Mas. Selamat buat tugas barunya ya. semoga selalu amanah dan dimudahkan."

"Congrats and selamat bertugas Pak Menteri," Merry Riana menimpali. Tak ketinggalan desainer kondang Didiet Maulana mendoakan, "Selamat Mas Sandi. Salam sehat dan selamat atas penugasannya." Terakhir, Helmalia Putri menimbrung, "Selamat bertugas Pak Menteri, semangat."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Harfiq dan Herindra Dikontak Istana untuk Menjadi Wamen

Posted: 22 Dec 2020 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Harfiq Hasnul Qolbi mengaku ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi wakil menteri pertanian pada Selasa (23/12) sore. Sebelumnya diketahui Hasnul baru saja dilantik Jokowi untuk membantu menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo.

"Mengenai kapan saya dihubungi, saya diminta baru kemarin sore," kata Hasnul di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Tidak hanya Hasnul, Letjen TNI Muhammad Herindra yang ditunjuk jadi Wakil Menteri Pertahanan pun baru kemarin diberi tahu untuk membantu menteri pertahanan Prabowo Subianto. Dia mengaku jabatannya saat ini sesuai dengan latar belakangnnya saat ini.

"Terus terang saya baru diberitahu kemarin ketika akan menjabat sebagai wakil menteri pertahanan dan memang ini tugas yang tidak jauh dari apa yang menjadi prioritas selama ini," ungkap Herindra.

 

Lantik 5 Menteri

Sebelumnya diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 5 wakil menteri di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12). Pelantikan dilakukan dengan protokol kesehatan.

Lima wakil menteri yang dilantik adalah Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan, Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan, Harfiq Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian dan Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) no 76/M/2020 tentang pemberhentian dan pemberhentian dan pengangkatan wakil menteri negara kabinet Indonesia Maju Tahun 2019/2024. Pelantikan dilakukan bersamaan dengan pelantikan para 6 menteri baru yang sudah dikenalkan Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Arahan Erick Thohir untuk Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury

Posted: 22 Dec 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik 6 menteri dan 5 wakil menteri baru hasil reshuffle kabinet, Rabu (23/12/2020). Salah satunya, Pahala N Mansury yang diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN I menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

Ditemui awak media di Istana Kepresidenan, Pahala membeberkan tugas dan peran yang akan diembannya ke depan sebagai Wakil Menteri BUMN I.

"Pertama, tentu kita ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden yang sudah mempercayakan kami menggantikan Pak Budi Gunadi Sadikin sebagai Wamen BUMN," ujarnya.

Pahala melanjutkan, saat itu Menteri BUMN Erick Thohir lah menghubunginya terkait hal ini. Pahala mengungkapkan, interaksinya dengan Erick cukup sering dan mereka cukup dekat.

Selain itu, Pahala mengatakan bahwa Erick telah menyampaikan visi dan misi Kementerian BUMN untuk terus melakukan transformasi.

"Bagaimana melakukan penciptaan nilai, dan di luar itu bisa berikan impact dan manfaat kepada masyarakat yang lebih luas," ujar Pahala.

Dia menambahkan, di tengah kondisi pandemi, Indonesia harus bekerja lebih keras untuk mencapai pertumbuhan ekonomi ke depan.

"Bagaimana BUMN bisa memberikan kontribusi yang tinggi dalam pemulihan ekonomi nasional, ini yang jadi arahan beliau," tandasnya.

Dirut BTN Pahala Mansury Ditunjuk Jadi Wamen BUMN Gantikan Budi Gunadi Sadikin

Direktur Finance & Treasury Bank Mandiri, Pahala N Mansury memberikan sambutan saat MoU Signing Ceremony antara Bank Mandiri dengan KfW IPEX-Bank, Jakarta, Rabu (20/4). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Direktur Finance & Treasury Bank Mandiri, Pahala N Mansury memberikan sambutan saat MoU Signing Ceremony antara Bank Mandiri dengan KfW IPEX-Bank, Jakarta, Rabu (20/4). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik 5 Wakil Menteri di Istana Negara Jakarta, Rabu pagi ini. Salah satu wakil menteri yang akan dilantik adalah Pahala Nugraha Mansury.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, pelantikan wakil menteri ini bersamaan dengan pelantikakan enam menteri hasil reshuffle yang telah diumumkan pada Selasa kemarin. 

Salah satu wakil menteri yang akan dilantik adalah Pahala Nugraha Mansury. Saat ini Pahala menduduki jabatan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Pahala Nugraha Mansury akan dilantik menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara. Dia menggantikan posisi Budi Gunadi Sadikin yang dipilih Jokowi menjadi Menteri Kesehatan.

"Semua wamen di lantik juga bersama para menteri. Lima orang (wakil menteri)," kata Heru Budi Hartono kepada Liputan6.com, Rabu (23/12/2020). 

Pahala lahir di Bogor pada 8 April 1971. Ia lulusan Universitas Indonesia dan MBA program studi Finance di Stern School of Business, New York University, Amerika Serikat.

Pengalamannya di sektor perbankan sebelum menjadi direktur utama BTN sudah diasahnya di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Sebelumnya ia juga sempat menjadi direksi di beberapa BUMN seperti Garuda Indonesia dan Pertamina. 

Infografis 6 Wajah Baru dalam Reshuffle Kabinet Jokowi

Infografis 6 Wajah Baru dalam Reshuffle Kabinet Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 6 Wajah Baru dalam Reshuffle Kabinet Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah Ini Bikin Ngakak

Posted: 22 Dec 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Masa-masa sekolah tentunya tak dapat dipisahkan dari yang namanya tugas. Setiap hari ada saja tugas yang diberikan guru untuk mengasah kemampuan muridnya. Soal yang diberikan terbilang cukup susah, hal itu membuat para murid kesulitan ketika menjawabnya.

Hambatan berpikir yang menghampiri, akhirnya membuat seorang murid mengalami kebuntuan atau kebingungan menjawab soal-soal tersebut. Alhasil para murid menggunakan kereativitasnya untuk menjawab tugas sekolah yang diberikan. Namun, bagaimana jika kreativitas murid malah kebablasan? Mereka akan menjawab dengan kocak dan tidak masuk akal.

Jawaban tersebut tentu mengundang tawa dan membuatmu geleng-geleng kepala. Seperti yang dialami oleh seorang pengguna Twitter @DiajengLrst. Ia membagikan foto soal dan hasil jawaban yang dikerjakan oleh muridnya, Selasa (22/12/2020). Dalam soal tersebut berisi tentang isi pantun.

Namun sang murid memberikan jawaban di luar dugaan. Sontak jawaban kreatif tersebut menjadi viral dan banjir komentar dari netizen. Tak hanya itu, rupanya banyak warganet yang juga mengalami hal serupa. Berikut jawaban murid saat kerjakan tugas sekolah yang bikin ngakak, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (23/12/2020).

1. Disuruh mengisi kata-kata yang kosong, murid ini malah ucap 'I Love You'.

Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@vianosuwuh)
Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@vianosuwuh)

2. Meski agak nyeleneh, tapi kalo dibaca enggak salah juga sih jawabannya.

Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@aispotonk)
Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@aispotonk)

3. Diminta menulis isi bagian pantun, murid ini malah memberitahu keadaannya sedang sehat.

Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@DiajengLrst)
Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@DiajengLrst)

4. Di luar dugaan, murid ini menulis ulang soal pada lembar jawabannya.

Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@fatalforyou)
Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@fatalforyou)

5. Disuruh jawab soal, murid ini menjawabnya dengan bernyanyi.

Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@pajekpenyok)
Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@pajekpenyok)

6. Nah kalau ini anak media sosial banget, jawabannya bikin ngakak.

Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@yumnahannisa)
Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@yumnahannisa)

7. Mungkin sudah buntu, murid ini malah jawab tempat wisata Gua Rong.

Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@rusaasvaada)
Jawaban Murid saat Kerjakan Tugas Sekolah (Sumber: Twitter/@rusaasvaada)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Arahan Jokowi dan Ma'ruf Amin untuk Menparekraf Sandiaga Uno

Posted: 22 Dec 2020 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sandiaga Uno resmi menempati posisi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio yang menjabat selama satu tahun dua bulan. Acara serah terima jabatan pun dilakukan di Gedung Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, pada Rabu pagi (23/12/2020).

Sesaat setelah menerima dua dokumen terkait Kemenparekraf, Sandiaga memaparkan rencana kerjanya ke depan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin. Setidaknya ada tiga hal yang jadi penekanan untuk segera dilakukan dalam setahun ke depan.

Pertama, ia diminta menyempurnakan persiapan lima destinasi super prioritas, yakni Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, Danau Toba, dan Likupang. Bukan hanya satu aspek, tapi menyeluruh atau, sebagaimana disebut Sandi, secara 360 derajat.

"Tidak hanya infrastrukturnya, tapi detail of every aspect harus best of the best, dari seni budaya, talenta, SDM-nya, pelayanannya," kata Sandi.

Kedua, ia diminta untuk mengelola calender of event. Kalender kegiatan itu dibutuhkan untuk menggeliatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sekaligus.

"Diminta untuk menggeliatkan kalender mingguan, bulanan yang tingkat regional, dan world class every year," ujar petinggi HIPMI itu.

Sementara, Wapres Ma'ruf Amin mengingatkan soal penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19 di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Wapres juga meminta Sandi menerapkan pendekaatan holistik agar lebih dari 30 juta pelaku sektor tersebut bisa terbantu melewati pandemi Covid-19.

"Diperlukan inovasi-inovasi seperti produk-produk wisata halal, desa wisata, dan beberapa kegiatan yang menyentuh aspek ekonomi rakyat," kata Sandiaga.

 

Hanya Setahun

Sandiaga Uno saat menyampaikan pernyataan setelah ditunjuk sebagai Menparekraf di Istana Negara pada Selasa, 22 Desember 2020. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Sandiaga Uno saat menyampaikan pernyataan setelah ditunjuk sebagai Menparekraf di Istana Negara pada Selasa, 22 Desember 2020. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Sandiaga yang baru dinyatakan negatif Covid-19 setelah melewati dua minggu proses pemulihan menegaskan bahwa kesehatan tak bisa dianggap remeh. "Kita harus jaga betul protokol kesehatan. 3M itu sangat penting, ada CHSE. Kita pastikan harus bisa atasi sisi kesehatan sebelum bicara sektor-sektor lain, terutama pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Ia menyebut waktunya tak banyak untuk bisa memulihkan sektor yang menjadi penopang hidup lebih dari 30 juta pelaku usaha. Ia berkomitmen untuk segera bekerja.

"We don't have much time," ujarnya seraya menyebut inovasi, adaptasi, dan kolaborasi sebagai tiga kunci untuk mengatasi masalah sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sementara itu, Wishnutama menitip pesan agar Sandi bisa memajukan kedua sektor tersebut. Ia juga mengingatkan situasi pandemi memaksa banyak rencana tidak dapat dieksekusi.

"Setahun terakhir ini menghadapi pandemi yang sangat berat sekali. Ini juga akan jadi tantangan luar biasa buat Bang Sandi ke depan," ucap Wishnutama.

Menteri Baru Jokowi

Infografis 6 Wajah Baru dalam Reshuffle Kabinet Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 6 Wajah Baru dalam Reshuffle Kabinet Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Airlangga Raih Gelar Doktor Kehormatan di Bidang Manajemen Olahraga

Posted: 22 Dec 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan anugerah Honoris Causa atau Doktor Kehormatan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Gelar ini dari Program Doktor Pendidikan Olahraga Pascasarjana Unnes dalam bidang Manajemen Olahraga.

Gelar Honoris Causa ini diberikan kepada Airlangga Hartarto terkait kepemimpinannya dalam organisasi olahraga Pengurus Besar (PB) Wushu Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga memberikan orasi ilmiah berjudul Transformasi Organisasi Olahraga melalui Kepemimpinan Humanis. Dia mengatakan, masa pandemi Covid-19 merupakan kondisi yang tidak menguntungkan bagi dunia olahraga.

"Status pandemi ini mengharuskan untuk menjaga jarak fisik, sehingga berbagai kompetisi or di berbagai tingkat daerah, nasional dan internasional harus ditunda dan dibatalkan," ujar dia dalam siaran video resmi, Rabu (23/12/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat memberikan pesan kepadanya, bahwa situasi pandemi ini juga memberikan kesempatan untuk melakukan rebooting dan restart guna merancang kembali tata kelola pembinaan atlit yang disinergikan.

Itu dapat dilakukan baik di tingkat daerah sampai pusat, dari lembaga pendidikan umum sampai lembaga pendidikan olahraga, melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi secara maksimal.

"Bukan hanya dalam pengembangan pusat pelatihan berbasis sains, namun juga berbasis manajemen baru yang lebih baik. Termasuk di dalamnya melakukan review ekosistem olahraga nasional untuk prestasi olahraga," imbuh Airlangga.

"Salah satu bentuk pengembangan manajemen dan pengembangan manajemen strategi pada olahraga prestasi. Perbaikan tata kelola merupakan prioritas utama dari 5 prioritas," dia menekankan.

Menurutnya, prestasi olahraga pada dasarnya muncul dari performa atlet dan pelatih. Namun peran dan kinerja organisasi juga mempengaruhi performa atlet yang berdampak pada pencapaian prestasi.

"Tujuan lain yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kesinambungan prestasi melalui proses talent scouting yang accountable, scientific dan tetap memberikan sentuhan manusiawi," kata Airlangga Hartarto.

Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan anugerah Honoris Causa atau Doktor Kehormatan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Dok Kemenko
Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan anugerah Honoris Causa atau Doktor Kehormatan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Dok Kemenko

Jadi Pembina Atlet Wushu, Airlangga Hartarto dapat Penghargaan di Hari Olahraga Nasional

Ketua Umum PB Wushu Indonesia (PBWI), Airlangga Hartarto. (dok PBWI)
Ketua Umum PB Wushu Indonesia (PBWI), Airlangga Hartarto. (dok PBWI)

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mendapat penghargaan sebagai pembina olahraga terbaik dari dari Presiden Jokowi dalam acara Puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional yang akan digelar di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta.

Penghargaan tersebut rencananya akan diserahkan langsung melalui virtual oleh Presiden Joko Widodo pada oukul 18.30 WIB hari ini.

Sekjen PP Wushu, Ngatino Salim mengatakan, pemberian penghargaan kepada Airlangga dinilai sebagai apresiasi yang diberikan pemerintah atas dedikasi Airlangga dalam memajukan olahraga nasional dalam kapasitasnya sebagai ketua umum Pengurus Pusat Wushu Indonesia.

"Di bawah kepemimpinannya, atlet-atlet Wushu Indonesia meraih prestasi di berbagai ajang persaingan internasional, termasuk kejuaraan dunia dan single-event lainnya," ucap Ngatino di Jakarta Rabu (9/9/2020).

Ngatino menyebut salah satu prestasi yang diukir yaitu raihan Edgar Xavier Marvelo, atlet wushu asal DKI Jakarta berusia 21 tahun yang menyumbang tiga medali emas untuk Indonesia pada Kejuaraan Dunia Wushu 2019 di Shanghai, China.

"Edgar Xavier Marvelo dianugerahi atlet berprestasi bersama Ni Nengah Widiasih dari cabor atletik," kata dia.

Seluruhnya ada 16 insan terbaik tanah air yang akan mendapatkan penghargaan dari pemerintah melalui Kemenpora terkait peringatan Haornas 2020.

Penghargaan diberikan kepada pembina olahraga, penggerak olahraga, dan pelaku olahraga berprestasi tahun 2020.

Airlangga Hartarto dianugerahi penghargaan pembina olahraga berprestasi bersama tujuh orang lainnya. Yakni, Mochamad Basoeki Hadimoelyono, Edhy Prabowo, Djoko Pramono, Rohidin Mersyah, Longki Djonggala, Hendrar Prihadi, SE, dan Harry Warganegara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Kepala BNN, Berapa Harta Kekayaan Petrus Golose?

Posted: 22 Dec 2020 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi melantik Irjen Petrus Reinhard Golose sebagai kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Rabu (23/12/2020).

Berdasarkan laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diakses melalui elhkpn.kpk.go.id, harta Petrus mencapai Rp 12.540.901.169

Dalam laporan yang disampaikan Petrus pada 26 Mei 2020 itu, tercatat Petrus memiliki 9 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Bogor, Makassar, dan Manado. Total harta tidak bergeraknya itu mencapai Rp 15.704.790.000.

Sementara untuk harta bergerak, Petrus melaporkan dirinya memiliki dua mobil yakni, Toyota Harrier tahun 2005 senilai Rp 130 juta, dan Jeep Wrangler tahun 1995 senilai Rp 150 juta. Sehingga totalnya Rp 280 juta.

Petrus mempunyai harta bergerak lainnya senilai Rp 300 juta. Kas dan setara kas lainnya yang dia laporkan senilai Rp 956.111.169. Namun, Petrus juga tercatat memiliki utang senilai Rp 4,7 miliar. Sehingga total harta kekayaannya Rp 12.540.901.169.

 

Dilantik Jokowi

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik mantan Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020). Adapun Petrus menggantikan posisi Komjen Heru Winarko.

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, pelantikan dimulai sekitar pukul 09.50 WIB. Petrus dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 203/TPA tahun 2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi utama di lingkungan BNN.

Petrus tercatat pernah berkarir di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), sebelum menjadi Kapolda Bali. Dia duduk di posisi Deputi Bidang Kerja Sama Internasional dan Direktur Penindakan BNPT.

Di waktu bersamaan, Jokowi juga melantik Hartono Prawiraatmadja menjadi Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove. Dia dilantik berdasarkan Keppres 78/M tahun 2020.

Jokowi kemudian memimpin sumpah jabatan, yang kemudian diikuti oleh kedua Petrus dan Hartono. Keduanya berjanji akan bertugas dengan sebaik-baiknya.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dgn sebaikbaiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar Petrus dan Hartono bersamaan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Volume Produksi Rokok Turun 10,2 Persen di November 2020

Posted: 22 Dec 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selama tahun 2020, Ditjen Bea Cukai mencatat ada tren penurunan produksi rokok. Sampai dengan November 2020, tercatat penurunan sebesar 10,2 persen dibandingkan tahun 2019.

"Sampai dengan November 2020 terjadi penurunan produksi sebesar 10,2 persen. Jadi trennya menurun. Dari tadinya sekitar 317,67 miliar batang, menjadi 285,38 miliar batang," terang Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Ditjen Bea Cukai, Nirwala Dwi Heryanto dalam webinar, Rabu (23/12/2020).

Rinciannya, berdasarkan jenis rokok, sigaret kretek mesin (SKM) turun 16,0 persen menjadi 203 miliar batang dari 242,9 miliar batang pada 2019. Kemudian untuk sigaret putih mesin (SPM) turun 27,4 persen menjadi 10,1 miliar batang dibandingkan 12,9 miliar batang pada 2019.

Sementara, untuk jenis sigaret kretek tangan (SKT), justru mencatatkan kenaikan sebesar 17 persen. Menjadi 71,3 miliar batang dibandingkan produksi tahun 2019 sebanyak 60,9 miliar batang.

"Kalau kita lihat berdasarkan jenis rokoknya, ternyata kebijakan tahun 2020 ini menunjukkan keberpihakan kita pada jenis rokok yang label intensive dan local contentnya tinggi," kata Nirwala.

Nirwala menyebutkan, kebijakan cukai hasil tahun 2020 dan kondisi pasar yang belum stabil akibat pandemi covid-19, memberikan ruang bagi industri kecil-menengah untuk berkembang melalui pengenaan beban fiskal yang relatif lebih rendah.

Apapun berdasarkan golongannya, Nirwala memaparkan justeru golongan kecil yang mencatatkan peningkatan paling banyak.

"Dari golongannya, yang meningkat justru golongan kecil." kata dia. Rinciannya, untuk golongan 1 minus 20,3 persen. MEnjadi 195,5 miliar batang dari 245,2 miliar batang pada 2019.

Sedangkan untuk golongan 2 naik 13 persen, menjadi 61,9 miliar batang dibandingkan tahun sebelumnya 54,5 miliar batang. Yang paling banyak, golongan 3 yakni naik 55,7 persen, menjadi 27,9 miliar batang dari 17,9 batang rokok pada 2019.

Sri Mulyani: Cukai Rokok Naik untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani Tembakau

Petugas memperlihatkan rokok ilegal yang telah terkemas di Kantor Dirjen Bea Cukai, Jakarta, Jumat (30/9). Rokok ilegal ini diproduksi oleh mesin dengan total produksi 1500 batang per menit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memperlihatkan rokok ilegal yang telah terkemas di Kantor Dirjen Bea Cukai, Jakarta, Jumat (30/9). Rokok ilegal ini diproduksi oleh mesin dengan total produksi 1500 batang per menit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemerintah menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok rata-rata 12,5 persen. Tarif terbaru ini berlaku mulai Februari 2021.

Menteri Keuangan Sri Mulyanu Indrawati mengatakan, kenaikan cukai rokok untuk untuk meningkatkan kesejahteraan petani tembakau dan buruh industri hasil tembakau (IHT). Terlebih, pemerintah menggunakan 50 persen dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBH CHT) untuk membantu para petani hasil tembakau.

"Kita juga minta 50 persen dari dana bagi hasil ini sekarang ditujukan bagi petani, buruh tani tembakau maupun buruh rokok. Ini tujuannya adalah mereka bisa menikmati kesejahteraan yang lebih dari hasil cukai hasil tembakau ini," kata dia dalam APBN Kita di Jakarta, Senin (21/12/2020).

Bendahara Negara itu menyebut, dalam Peraturan Kementerian Keuangan (PMK) Nomor 7/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, Dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakaualokasi DBH CHT untuk bidang kesehatan adalah 50 persen.

Namun mulai tahun depan akan dilakukan perubahan komposisi, yang mana penggunaan DBH CHT sebesar 25 persen untuk bidang kesehatan. Sementara itu 25 persen sisanya akan digunakan untuk law enforcement (penegakan hukum).

"Penggunaan dana bagi hasil cukai 25 persen masih untuk bidang kesehatan, terutama untuk membantu masyarakat yang tidak bisa mengiur JKN (jaminan kesehatan nasional) kita, dan juga untuk meningkatkan prevalensi dari merokok dan stunting sehingga kesehatan masyarakat menjadi lebih baik," paparnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Siaran Langsung Pakar Kesehatan Top AS Anthony Fauci Suntik Vaksin COVID-19

Posted: 22 Dec 2020 09:04 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C- Anthony Fauci (79) spesialis penyakit menular terkemuka di Amerika Serikat, telah menerima dosis pertama vaksin Virus Corona COVID-19 pada Selasa (22 Desember 2020) waktu setempat. 

Dilansir AFP, Rabu (23/12/2020), Fauci menerima suntikan vaksin itu bersama dengan pejabat senior AS lainnya dan enam pekerja medis, dalam sebuah acara yang disiarkan langsung di Institut Kesehatan Nasional AS (NIH).

Ilmuwan yang sangat dihormati itu tampak menyingsingkan lengan baju kirinya, dan menyampaikan bahwa ia menerima suntikan vaksin COVID-19. "Sebagai simbol bagi seluruh negeri bahwa saya merasa sangat yakin akan keamanan dan kemanjuran vaksin ini".

"Saya ingin mendorong setiap orang yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan vaksinasi sehingga kita bisa memiliki selubung perlindungan atas negeri ini, yang akan mengakhiri pandemi ini," tambah Fauci. 

Ia pun kemudian tampak memberi tanda jempol dan bertepuk tangan untuk rekan-rekannya, saat meninggalkan panggung auditorium di markas NIH di Bethesda, pinggiran Washington.

Fauci, yang terus berpraktik sebagai dokter, termasuk dalam kelompok prioritas vaksin di AS yang dikembangkan oleh Moderna dan National Institute of Allergies and Infectious Diseases (NIAID) NIH, yang ia pimpin sejak 1984.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Menteri Kesehatan AS Alex Azar Guga Menerima Suntikan Vaksin COVID-19

Banner Vaksin Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Vaksin Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Tak hanya Fauci, Direktur NIH Francis Collins dan Menteri Kesehatan AS Alex Azar juga menerima vaksinasi COVID-19 dalam acara tersebut.

"Saya ingin rakyat Amerika tahu bahwa saya memiliki kepercayaan mutlak dan penuh pada integritas dan kemandirian proses yang digunakan oleh FDA (Food and Drug Administration) untuk menyetujui vaksin ini," kata Menkes Azar. 

Sementara itu, enam petugas kesehatan menerima suntikan, banyak yang tampak emosional ketika menjelaskan mengapa mereka memilih untuk divaksinasi.

"Saya bekerja langsung dengan pasien COVID-19 jadi saya merasa punya kesempatan, kenapa tidak," ungkap seorang perawat bernama Naomi Richardson.

INFOGRAFIS: Deretan Negara yang Gratiskan Vaksin COVID-19 ke Warganya

INFOGRAFIS: Deretan negara yang gratiskan vaksin Covid-19 ke warganya (Liputan6.com / Triyasni)
INFOGRAFIS: Deretan negara yang gratiskan vaksin Covid-19 ke warganya (Liputan6.com / Triyasni)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Emak-Emak Bikin Konten, Motor Tukang Es Cendol Jadi Korbannya

Posted: 22 Dec 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengguna media sosial, membuat konten yang menarik adalah upaya untuk mendapatkan tambahan pengikut dan juga like. Tak heran jika semua orang berlomba-lomba untuk membuat konten yang menarik, termasuk emak-emak.

Hanya saja, dalam proses pembuatan konten sebaiknya jangan sampai merugikan pihak lain, seperti emak-emak yang sedang menaiki motor tukang es cendol.

Berdasarkan video yang diunggah akun Instagram @ndorobeii, terlihat seorang emak-emak yang ingin berfoto menggunakan motor milik tukang es cendol. Hanya berselang beberapa detik saja, emak-emak tersebut terjatuh bersamaan dengan dagangan tukang es cendol.

"Diduga kehilangan keseimbangan, wanita ini membuat gerobak pedagang es itu jatuh ke tanah dan isi dagangannya berserakan. Melihat kejadian ini, warganet ikut menyesali tingkah wanita yang dinilai ceroboh tersebut," tulis @ndorobeii sebagai caption.

Kehilangan keseimbangan diduga menjadi salah satu penyebab terjatuhnya emak-emak tersebut. Bobot motor tukang es cendol yang berbeda dengan motor biasa memang tak bisa dianggap remeh, sehingga butuh keahlian khusus untuk menggunakannya.

 

Tanggapan Warganet:

Kejadian ini tentu saja mengundang perhatian warganet, beragam tanggapan dilontarkan pada kolom komentar.

Karena si ibu tidak bisa ganti rugi akhirnya mereka menikah.. tamat, tulis @nugrohonatha.

Alhamdulillah, cepet dengan abis. Bisa langsung pulang, tulis endikkk06.

Sebel banget sama tingkah ibu2 jaman skrg, ampun dah terlalu mementingkan gaya sampe lupa akan tanggung jawab😒 ibu2 skrg makin didepan, anak2 muda kalah sama buibu😭, tulis mithanurmalindap.

Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19

Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gus Menteri Sebut SDGs Desa Sejalan dengan Stranas ATS

Posted: 22 Dec 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan, arahan baru pembangunan desa ingin memastikan terwujudnya desa peduli anak sebagai tekanan agar desa mempedulikan masa depan anak dengan memperhatikan kesehatan dan pendidikannya.

"Khusus di desa, kepedulian terhadap anak terangkum dalam tujuan SDGs Desa," katanya saat memberikan Keynote Speech dalam Peluncuran dan Peresmian Strategi Nasional Penanganan Anak Tidak Sekolah (Stranas ATS) dan Diseminasi Nasional Hasil Monitoring Dampak COVID-19 terhadap Permasalahan Anak Tidak Sekolah yang diselenggarakan oleh Bappenas, Rabu (23/12/2020).

Menurut pria yang akrab disapa Gus Menteri ini, pencapaian agenda dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing di antaranya dapat diukur dengan melihat perkembangan anak baik dari segi kesehatan maupun pendidikan anak.

Dalam bidang pendidikan, data sensus 2017 memperkirakan terdapat 4,4 juta anak-anak usia 7 sampai 18 tahun yang tidak sekolah (ATS). Khusus di desa, angka partisipasi murni (APM) sekolah dasar Desa relatif telah serupa dengan kota. Namun, kesenjangan mulai muncul pada jenjang sekolah menengah.

Pada tahun 2019, APM sekolah dasar di desa 97% sedang di kota 98,18%, APM sekolah menengah pertama di desa 74,98% sementara di kota 81,89%, APM sekolah menengah atas di desa 49,6% sementara di kota 59,3%.

"Secara operasional pengembangan pembangunan mewujudkan SDM berkualitas dan berdaya saing tersebut salah satunya diturunkan dalam rencana aksi strategis nasional penanganan anak tidak sekolah (Stranas ATS)," ujarnya.

 

Stranas ATS

Dok. Kemendes PDTT.
Dok. Kemendes PDTT.

Stranas ATS bertujuan untuk memastikan adanya penguatan, perbaikan, perluasan, serta koordinasi yang lebih baik dan efektif dari berbagai program dan inisiatif pemerintah dan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan pelatihan anak-anak di Indonesia.

"Tujuan Stranas ATS tersebut sejalan dengan tujuan SDGs Desa keempat, yaitu Pendidikan Desa Berkualitas. Di desa, langkah pertama untuk mencapai tujuan SDGs Desa ini demi mendukung pendidikan anak, desa harus memiliki daftar anak sekolah, anak putus sekolah dan anak tidak sekolah," jelasnya.

"Karena itulah, pencapaian 18 SDGs di desa kami mulai dengan pengumpulan data desa berbasis rukun tetangga, berbasis rumah tangga dan juga individu. Data yang dikumpulkan dari Desa dimiliki oleh desa dan digunakan untuk desa tersebut dan akan tersedia dalam dashboard SDGs desa yang disediakan Kemendes PDTT," sambungnya.

Dengan ketersediaan data tersebut, tambahnya, maka pembangunan bidang pendidikan, baik yang dilakukan oleh desa, supra desa, maupun oleh masyarakat termasuk juga NGO yang bergerak di desa dan bidang pendidikan akan lebih terarah, fokus dan langsung mengenai sasaran yang tepat, yaitu individu-individu anak yang rentan tidak sekolah maupun putus sekolah.

 

Bantuan Biaya Pendidikan

Dok. Kemendes PDTT.
Dok. Kemendes PDTT.

Lebih lanjut Gus Menteri mengatakan, khusus pemerintah Desa, program dan kegiatan yang mendukung Stranas ATS serta pencapaian SDGs Desa keempat, Pendidikan Desa berkualitas, dapat dipraktekkan secara bijaksana dengan menyalurkan bantuan biaya sekolah bagi anak didik sekolah atau bagi anak tidak sekolah atau putus sekolah.

Karena ketidakmampuan ekonomi juga, desa dapat menyalurkan peralatan persiapan untuk masuk sekolah bagi kalangan keluarga miskin diikuti dengan penyediaan bantuan biaya pendidikan misalnya transportasi, uang buku, seragam dan lain-lain hingga jenjang pendidikan menengah pertama dan atas.

"Pemberian bantuan biaya pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus juga perlu disiapkan tentu penyediaan smartphone dan langganan internet bersama bagi anak-anak dan keluarga tidak mampu. Ketika pendidikan dilaksanakan secara daring juga dapat dilakukan bahkan jika dibutuhkan desa dapat juga membiayai operasionalisasi pelatihan anak-anak di luar jam sekolah," ungkap Gus Menteri.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Budi Gunadi Gantikan Terawan, CISDI: Menkes Harus Bisa Ambil Alih Penanganan COVID-19

Posted: 22 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri BUMN sekaligus Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Budi Gunadi Sadikin, dilantik menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) pada 23 Desember 2020. Budi Gunadi menggantikan posisi yang diisi sebelumnya oleh Terawan Agus Putranto. 

Pergantian ini membuat Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI) memberi saran terkait penanganan COVID-19. 

CISDI mendorong Menkes Budi untuk melakukan reformasi layanan kesehatan primer serta terus menegakkan upaya tes, lacak kasus, pengobatan dan isolasi sebagai jalan keluar pandemi.

 "Dalam kacamata kami, perlu ada reformasi sistem kesehatan termasuk penguatan layanan kesehatan primer," ujar Direktur Kebijakan CISDI, Olivia Herlinda dalam keterangan pers, Selasa (22/12/2020).

Ia menambahkan, penguatan layanan kesehatan primer bertujuan untuk mendorong tidak hanya kesiapan faskes dan distribusi vaksin, tetapi juga menegakkan surveilans, 3T (test, trace, treatment), serta upaya promotif dan pencegahan di tingkat komunitas dan individu.

"Yang tidak kalah penting, kesiapan logistik dan penerimaan masyarakat terhadap vaksin juga harus digarap secara serius."

Upaya tersebut membutuhkan intervensi sistemik yang perlu disiapkan dengan cepat. Olivia mewakili CISDI berharap Menkes yang baru dapat melihat perspektif kesiapan sistem sebagai sebuah upaya integral dalam menyelesaikan permasalahan pandemi.

Artinya, transformasi puskesmas dan perspektif kesehatan masyarakat perlu segera diperkuat.

Selain itu, CISDI juga meminta Menkes menetapkan indikator yang jelas sesegera mungkin khususnya terkait penurunan jumlah orang sakit dan orang tertular.

Indikator ini nantinya akan melindungi tenaga kesehatan dan mampu mengurangi beban kesehatan. Kesiapan vaksinasi juga berarti harus mempertimbangkan kesiapan layanan kesehatan Indonesia, baik publik maupun swasta.

"Maka, integrasi layanan dan reformasi sistem kesehatan secara jangka panjang juga perlu segera dilakukan."

Dengan fragmentasi layanan yang terjadi sekarang, Indonesia akan kesulitan melakukan penanganan COVID-19 secara optimal, termasuk melakukan proses vaksinasi. Publik menaruh harapan sangat besar pada perbaikan penanganan COVID-19 di Indonesia, kata Olivia.

CISDI setuju bahwa yang dibutuhkan sekarang adalah orang dengan pemahaman kesehatan masyarakat dan kemampuan manajerial yang baik tanpa memedulikan latar belakang pendidikan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Dalam Diskusi CISDI Sebelumnya

Dalam diskusi pakar "Membangun Kembali Sektor Kesehatan Indonesia" yang diselenggarakan oleh CISDI pada Jumat, 18 Desember 2020, Budi Gunadi yang kala itu masih menjadi Ketua Satgas PEN, mengakui bahwa kepemimpinan sektor kesehatan belum optimal.

"Sektor ekonomi bergerak cepat karena kami sudah mengalami tiga krisis ekonomi. Tetapi krisis ekonomi saat ini disebabkan oleh krisis kesehatan," ujar Budi mengutip keterangan pers CISDI, Rabu (23/12/2020).

"Sehingga respons kebijakan yang diterapkan seharusnya berbeda dari respons kebijakan terhadap krisis ekonomi. Sektor kesehatan harus menjadi yang terdepan (dalam merespons pandemi ini), bukan orang ekonomi," tambahnya.

Sebagai Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional sejak 20 Juli 2020, Budi bersama Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, intens melakukan diplomasi multilateral terkait pengadaan vaksin COVID-19.

Hasilnya, organisasi kesehatan dunia (WHO) menjanjikan Indonesia sebagai negara penerima vaksin bagi 23 persen populasi. Per 6 Desember 2020, Indonesia sudah menerima kloter pertama vaksin yang diproduksi oleh PT. Sinovac BioTech sebanyak 1,2 juta dosis.

Kloter kedua vaksin tersebut akan diterima sebanyak 1,8 juta dosis sementara 30 juta dosis akan dikirim dalam bentuk bahan baku curah di bulan Januari 2021.

Meskipun vaksin sudah masif digadang sebagai jalan keluar untuk menghentikan pandemi, umum diketahui bahwa vaksin tidak akan menjadi peluru perak dari segala kekacauan ini.

"Kami sepakat dengan apa yang disampaikan Menkes Budi bahwa sektor kesehatan harus menjadi yang terdepan dalam penanganan pandemi dan Menkes harus bisa mengambil alih kepemimpinan secara nasional," pungkas Olivia.

 

Infografis Lonjakan Kasus COVID-19 dan Amarah Jokowi

Infografis Lonjakan Kasus Covid-19 dan Amarah Jokowi. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Lonjakan Kasus Covid-19 dan Amarah Jokowi. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orangtua Anak Disabilitas Perlu Jaga Pikiran Tetap Prima, Begini Caranya

Posted: 22 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rasa lelah yang luar biasa dapat dirasakan setiap orangtua yang bekerja sekaligus harus merawat anak dengan disabilitas. Dalam hal ini, orangtua perlu memiliki kemampuan jaga pikiran agar tetap prima.

Menurut penulis sekaligus ibu dari anak disabilitas, Grace Melia, salah satu cara menjaga pikiran agar tetap bisa menjalankan kehidupan sehari-hari dengan baik adalah me time atau menikmati waktu sendiri.

"Untuk orangtua dengan anak lebih dari satu dan pekerjaan yang menyita waktu mungkin lebih susah dari orang lain tapi sebagai manusia kita tidak boleh lupa bahwa kita diberi waktu yang sama," ujar Grace dalam webinar Konekin ditulis Selasa (22/12/2020).

Salah satu cara menikmati waktu adalah dengan tidur 10 sampai 15 menit lebih malam atau bagun 10 sampai 15 menit lebih pagi. Cara ini bukan berarti untuk menunda-nunda pekerjaan namun untuk memberi waktu pada diri sendiri agar dapat melakukan hal yang disukai.

Menikmati waktu 10 sampai 15 menit ini dapat dilakukan dengan bercocok tanam, ngeteh, ngopi, intinya memberi waktu untuk mendengar dan mengakomodasi kebutuhan diri sendiri sebagai manusia.

Mengenal Kemampuan Diri

Dalam menjaga pikiran agar tetap prima, orangtua dengan anak disabilitas juga perlu mengetahui apa yang mampu dikontrol dan apa saja yang di luar kendali.

Grace mengenalkan sebuah metode untuk mengetahui apa saja yang dapat dikontrol dan apa saja yang tidak. Metode tersebut dilakukan dengan menggambar telapak tangan di kertas kemudian menuliskan berbagai hal.

Hal-hal yang dapat dikontrol dituliskan di dalam gambar telapak tangan tersebut dan hal yang tidak dapat dikontrol dapat dituliskan di luar telapak tangan.

Contoh hal yang dapat dikontrol adalah cara agar tidak mudah lelah ketika mengurus anak. Sedang, contoh kekhawatiran yang tidak dapat dikontrol adalah kekhawatiran tentang masa depan anak jika orangtua sudah meninggal.

"Kita harus bisa membedakan, mana kekhawatiran yang ada di luar kuasa manusia dan mana yang masih bisa kita bantu untuk perbaiki," pungkasnya.

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: