Sabtu, 08 Februari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Polisi Tangkap Penipu Bermodus Pejabat Bea Cukai 

Posted: 08 Feb 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mencokok penipu bermodus pejabat bea cukai Pelabuhan Tanjung Priok. Dari tangan pelaku, petugas menyita seragam pegawai beacukai sebagai barang bukti.

"Polisi sita seragam bea cukai dari pelaku. Pelaku kami tangkap di Jalan Stasiun Senen pada 6 Februari 2020," kata Kabid Humas PMJ Kombes Yusri Yunus, saat dikonfirmasi, Minggu (9/2/2020).

Yusri mengatakan, dari laporan korban, pelaku menawarkan transaksi jual beli barang elektronik dengan harga miring senilai Rp 7 juta. Kesepakatan keduanya awalnya terjadi di Facebook hingga keduanya bertemu di Pelabuhan Tanjung Priok dekat kantor Beacukai.

"Korban bertemu dengan pelaku yang memakai seragam bea cukai, setelah keduanya sampai di kantor Bea Cukai Pelabuhan Tanjung Priok, pelaku masuk ke dalam kantor namun tidak kembali lagi, sementara korban ditinggal di luar," jelas Yusri.

Korban yang merasa tertipu langsung mengadukan yang bersangkutan ke pihak berwajib. Tak dinyana, pelaku ternyata adalah seorang buron yang tengah diburu Polda Jawa Tengah dengan kasus pembobolan ATM di Magelang pada 4 Februari 2020.

"Pelaku adalah DPO, bernama Yoris. Kami kenakan pelaku Pasal 378 dan atau Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara," Yusri menandasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia: Debut Resmi Shin Tae-yong Diuji Thailand

Posted: 08 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia masih akan berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Skuat Garuda masih harus melakoni tiga pertandingan lagi.

Pada laga terakhir, skuat Garuda kalah 0-2 di kandang Malaysia. Ini merupakan kekalahan kelima bagi Tim Garuda di ajang yang sama. Sebelumnya, mereka kalah melawan Vietnam, Malaysia, Thailand, dan UEA.

Meski demikian langkah Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 belum usai. Ada sisa tiga pertandingan lagi. 

Namun dari tiga laga tersebut, Timnas Indonesia hanya sekali bermain kandang yakni saat melawan UEA. Sementara dua laga lainnya yakni melawan Thailand dan Vietnam harus dimainkan di kandang lawan.

Tantangan semakin berat karena laga ini menjadi debut pelatih baru yang diisi pelatih asal Korsel, Shin Tae Yong.

Berikut jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022:

Jadwal

Pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama Muhammad Iriawan saat diperkenalkan kepada publik pada jumpa pers di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12). Dirinya dikontrak selama empat tahun oleh PSSI. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama Muhammad Iriawan saat diperkenalkan kepada publik pada jumpa pers di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12). Dirinya dikontrak selama empat tahun oleh PSSI. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

26 Maret 2020, Thailand Vs Indonesia

31 Maret 2020, Indonesia Vs UEA

4 Juni 2020, Vietnam Vs Indonesia

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Kronologi Jatuhnya Putri Karen Idol dari Lantai 6 Apartemen

Posted: 08 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Karen Idol saat ini tengah diselimuti suasana haru. Putri tercintanya, Zefania Carina Claproth, telah meninggal dunia.

Putri Karen Idol itu meninggal dunia karena diduga jatuh dari lantai 6 apartemen sang ayah, Arya Satria Claproth. Wemmy Amanupunyo, kuasa hukum Karen Idol, menjelaskan bagaimana putri Karen Idol itu bisa terjatuh.

Menurutnya, kuat dugaan bahwa putri Karen Idol itu terjatuh ketika tengah main air hujan. Hal itu disampaikannya saat ditemui di Rumah Duka RS Fatmawati, Sabtu (8/2/2020) malam.

"Menurut keterangan yang saya dapat, ini anak katanya naik di atas kursi. Kemudian lagi main air hujan. Tahu-tahu jatuh," katanya.

 

Naik Kursi

Karen Idol. (Foto: Dok. Instagram @karenpooroe)
Karen Idol. (Foto: Dok. Instagram @karenpooroe)

Dugaan itu muncul karena di tempat kejadian terdapat sebuah kursi.

"Bapaknya sendiri memang tidak tahu kejadian waktu anaknya jatuh. Ada kursi di situ di atas balkon di apartemen tersebut. Berarti logikanya ya anak itu naik ke kursi gitu," ungkapnya.

 

Tengah Bekerja

Karen Idol.
Karen Idol.

Saat kejadian, sang ayah tidak berada di lokasi. "Ketika kejadian, bapaknya memang tidak tahu. Yang saya dengar, sedang bekerja," lanjutnya lagi.

 

Pertanyaan

Kejadian ini meninggalkan sebuah pertanyaan bagi keluarga Karen Idol. Pasalnya, sang putri itu terjatuh sekitar pukul 22.00 WIB semalam sebelumnya, sementara Karen Idol mendapat kabar baru keesokan paginya.

"Gambarannya bahwa anak dari mbak Karen itu jatuh dari apartemen lantai 6, pastinya sekitar pukul 22.00 WIB. Kemudian kami dari pihak keluarga itu baru tahu kurang lebih pukul 11.00 WIB hari ini, itu yang kami pertanyakan. Justru kami dapat kabar dari kepolisian, sekitar pukul 11.00 WIB. Jadi yang tahu kejadiannya pihak dari bapaknya saja. Sedangkan ibunya sama sekali tak tahu. Tahunya pukul 11.00 WIB itu. Kurang lebih sekitar 12 jam (setelahnya) ya," dia mengakhiri.

Proses Perceraian

Saat ini, Karen Pooroe dan suaminya, Arya Satria Claproth, sedang menghadapi perceraian. Sang putri sendiri diketahui tinggal bersama suami Karen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampilan Mayangsari dan Sang Putri Disebut Bak Kakak Adik

Posted: 08 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Putri Mayangsari dan Bambang Trihatmodjo, Khirani Siti Hartina Trihatmodjo atau Khiran telah beranjak remaja. Tinggi Khiran pun sudah hampir sama dengan sang bunda.

Penampilan Khiran yang modis, bahkan tak kalah cantik dengan Mayangsari. Hal itu tampak dalam potret yang dibagikan Mayang dalam akun Instagram pribadinya awal Februari 2020 lalu.

"Sat'date santuyyy," tulis Mayangsari.

Dalam potret itu, Mayang tampak mesra bersama Khiran di sebuah mal. Mayang tampil mengenakan baju kaus warna hitam dipadu jeans biru dan sepatu berhak tinggi.

Sementara Khiran mengenakan kaus dari Champion dan celana hitam serta sepatu putih. Sebuah ikat kepala kian membuat penampilan Khiran terlihat cantik.

Mayangsari dan Khiran melengkapi penampilan dengan sebuah tas branded warna cokelat dan hitam. Mereka kompak mengumbar senyum menghadap ke kamera dengan rambut terurai.

 

Mirip Kakak dan Adik

Mayangsari dan Khiran dinilai mirip kakak dan adik (Dok.Instagram/@mayangsaritrihatmodjoreal/https://www.instagram.com/p/B8BPKjcgGiZ/Komarudin)
Mayangsari dan Khiran dinilai mirip kakak dan adik (Dok.Instagram/@mayangsaritrihatmodjoreal/https://www.instagram.com/p/B8BPKjcgGiZ/Komarudin)

Penampilan ibu dan anak itu mendapat banyak komentar positif dari sejumlah warganet. Tak terkecuali dari teman-teman Mayangsari.

Mereka di antaranya Ussy Sulistiawaty, Inul Daratista, Melly Goeslaw, Rossa, Cut Keke, Ingrid Kansil, Viona Rosalina, Arzetti Bilbina. Selain memuji, mereka juga menilai Mayang dan Khiran mirip kakak dan adik.

"@mayangsaritrihatmodjoreal kaka sama ade mau kemana cie," tulis @viona__rosalina. 

"Kayak adik kakak," timpal @melly_goeslaw.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Beras Diklaim Normal di Jakarta

Posted: 08 Feb 2020 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Adi mengklaim posisi harga beras di berbagai pasar Jakarta hingga saat ini masih normal. Harga beras dijamin tidak akan naik hingga akhir bulan ini.

"Biasanya kalau di bulan Desember, Januari, dan Febuari seperti ini pasokannya agak kurang sehingga harga bergerak naik tapi kita mau kasih statement semuanya beras normal," kata dia ditemui di Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Posisi normal harga beras saat ini tidak lepas dari ketersedian stok yang ada. Di mana posisi stok beras di Pasar Induk Cipinang sendiri mencapai di atas 40 ribu ton. Adapun dari jumlah itu, beras per harinya yang masuk di gudangnya mencapai sekitar 2.500 sampai dengan 3.000 ton.

"Jadi kondisi masih cukup baik. Kita juga apresiasi juga dari Kementan hasilnya keliatan bahwa produksi padi kita sangat baik hari ini," kata dia.

Di samping itu, cadangan beras berada di Perum Bulog juga masih aman. Adapun stok di beras di Bulog mencapai 1,8 juta ton. "Dan ini sangat baik," tambah dia.

Berdasarkan info pangan Jakarta, harga beras di beberapa pasar tradisonal Jakarta terbilang stabil. Di mana, posisi untuk beras IR III saat ini berada di angka Rp 9.646 per kilo gram (Kg).

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Bulog Ekspor Beras Kemasan Renceng ke Arab Saudi

Perum Bulog siap menjual produk terbarunya, beras premium dalam kemasan renceng atau sachet. (Liputan6.com/Septian Deny)
Perum Bulog siap menjual produk terbarunya, beras premium dalam kemasan renceng atau sachet. (Liputan6.com/Septian Deny)

Perum Bulog akan mengekspor beras kemasan renceng ke Arab Saudi pekan depan. Langkah tersebut guna memenuhi kebutuhan konsumsi pangan warga negara Indonesia yang bekerja di sana, maupun yang tengah beribadah umrah dan haji di negara tersebut.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso mmengatakan, Bulog akan ekspor beras renceng kemasan 250 gram sebanyak delapan kontainer. Sebelumnya, perusahaan importir Arab Saudi telah berkunjung ke Kantor Bulog, melakukan uji rasa, hingga akhirnya melakukan kontrak pembelian beras dengan Bulog.

"Untuk tahap awal ini insya Allah minggu depan, sebanyak delapan kontainer. Semua sudah kita siapkan. Kebetulan yang diminta Arab Saudi sudah dalam produk jadi beras renceng," kata Budi Waseso seperti dikutip dari Antara, Rabu (5/2/2020).

Pria yang juga akrab dipanggil Buwas ini menjelaskan, ekspor beras ke Arab Saudi ini tidak hanya berhenti pada jenis beras renceng saja, melainkan juga pada beras kemasan 5 kilogram dan 10 kilogram pada tahap selanjutnya.

Ada pun beras yang diekspor ini berasal dari pengadaan beras lokal dalam negeri untuk memenuhi permintaan importir Arab Saudi. Namun demikian, Buwas enggan menyebutkan nilai ekspor beras renceng itu.

"Bagi saya ini bukan soal nilainya, berarti kita sudah bisa ekspor, karena itu justru menguntungkan buat kita," kata Buwas.

Buwas menegaskan bahwa beras yang diekspor tersebut sudah terjangkau, seperti yang diinginkan pihak Arab Saudi. Kondisi tersebut mengingat harga beras Indonesia umumnya sulit bersaing di luar negeri karena tingginya biaya produksi.

Ada pun saat ini stok beras di gudang Bulog mencapai 1,8 juta ton, terdiri dari beras CBP (cadangan beras pemerintah) sebanyak 1,7 juta ton dan beras komersial 121.162 ton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

15 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Alat, Mudah dan Tidak Merusaknya

Posted: 08 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara meluruskan rambut secara alami merupakan tindakan yang dirasa tepat dan aman. Bagi kamu pemilik rambut yang cenderung keriting dan bergelombang, dalam beberapa momen pasti menginginkan rambut lurus.

Meluruskan rambut dengan alat pelurus rambut merupakan salah satu cara yang sangat singkat. Namun, di balik hasilnya yang cepat ternyata alat pelurus rambut dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat.

Cara meluruskan rambut dengan alat pelurus ini dapat berdampak buruk karena kerap menggunakan panas dan bahan kimia yang sangat buruk untuk kesehatan rambut. Seiring berjalannya waktu, penggunaan alat pelurus rambut dapat membuat ujung rambut terbelah atau bercabang dan akhirnya rambut menjadi rusak dan tidak sehat.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan cara meluruskan rambut secara alami. Cara meluruskan rambut ini terbilang aman dan menyehatkan. Hal ini dikarenakan penggunaan bahan-bahan alami untuk meluruskan rambut.

Selain mudah ditemukan dan menyehatkan, cara meluruskan rambut secara alami juga sangat mudah dipraktikkan. Berikut cara meluruskan rambut secara alami yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (9/2/2020).

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Alat: Pepaya dan Pisang

Pepaya (via: istimewa)
Pepaya (via: istimewa)

Pepaya

Cara meluruskan rambut secara alami pertama dengan menggunakan pepaya. Pada buah pepaya memiliki kandungan mineral yang sangat efektif untuk meluruskan rambut keriting dan bergelombang. Begini cara meluruskan rambut dengan pepaya:

- Siapkan pepaya matang dan madu.

- Haluskan pepaya.

- Campurkan sedikit madu pada pepaya yang telah dihaluskan, lalu aduk hingga rata.

- Oleskan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala.

- Diamkan selama 1 jam agar meresap. Lalu bilas dengan air bersih.

- Gunakan shampoo, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

- Keringkan dengan handuk.

- Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali.

Pisang

Cara meluruskan rambut rambut secara alami berikutnya dengan menggunakan pisang. Buah dengan tinggi nutrisi ini dapat membantu meluruskan rambut keriting dan bergelombang. Berikut cara menggunakannya:

- Siapkan satu buah pisang susu kondisi benyek dan 2 sdm madu.

- Haluskan pisang.

- Campurkan pisang yang telah dihaluskan dengan 2 sdm madu lalu aduk hingga rata.

- Oleskan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala.

- Diamkan selama 1 jam, baru bilas dengan air bersih.

- Gunakan shampo kemudian bilas dengan air hingga bersih.

- Keringkan dengan handuk.

- Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali.

 

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Alat: Seledri dan Lidah Buaya

Seledri (Adrian Putra/Bintang.com).
Seledri (Adrian Putra/Bintang.com).

Seledri

Seledri merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang sudah dipercaya mampu merawat kesehatan rambut. Oleh karena itu, seledri juga dapat dijadikan sebagai cara meluruskan rambut secara alami. Berikut cara menggunakannya:

- Siapkan seledri dan air, lalu haluskan seledri hingga benar-benar halus.

- Oleskan seledri yang telah menjadi pasta pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala.

- Bungkus rambut dengan shower cap selama semalaman.

- Pagi harinya sisir rambut menggunakan sisir bergigi renggang.

- Bilas dengan air bersih. Gunakan shampo kemudian bilas dengan air hingga bersih.

- Keringkan dengan handuk.

- Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali.

Lidah Buaya

- Ambil satu batang lidah buaya, belah dan ambil gelnya.

- Masukkan gel ke dalam wadah untuk merebus, panaskan gel lidah buaya tersebut hingga mencair.

- Setelah cairan lidah buaya dingin, oleskan pada batang rambut, lalu biarkan dulu selama 30 menit.

- Bersihkan rambut dengan shampo dan bilas dengan air bersih.

 

 

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Alat: Santan Kelapa dan Susu Murni

Ilustrasi santan/copyright shutterstock
Ilustrasi santan/copyright shutterstock

Santan Kelapa

Santan kelapa juga efektif untuk meluruskan rambut kamu yang keriting dan bergelombang. Berikut cara meluruskan rambut dengan santan kelapa:

- Siapkan satu buah kelapa tua, parut daging kelapa yang telah dibersihkan.

- Peras parutan kelapa hingga menghasilkan santan kental.

- Campurkan satu gelas santan kelapa dengan 2 sdm jeruk nipis, aduk hingga rata.

- Diamkan dalam kulkas selama 2 jam hingga mengental.

- Oleskan santan kelapa yang telah mengental pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala.

- Sisir rambut agar santan kelapa tersebut merata.

- Bungkus rambut dengan shower cap lalu tunggu hingga kering.

- Bilas dengan air bersih.

- Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali.

Susu Murni

Susu juga sudah terkenal dengan kandungan nutrisinya yang dapat menyehatkan tubuh. Selain itu, ternyata susu juga efektif untuk meluruskan rambut keriting dan bergelombang. Begini cara menggunakannya:

- Siapkan satu gelas susu dan setengah cangkir air.

- Campurkan kedua bahan tersebut, lalu aduk hingga rata.

- Semprotkan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala.

- Diamkan selama 1 jam. Kemudian sisir dengan menggunakan sisir bergigi renggang.

- Bilas dengan air bersih. Gunakan shampo agar lebih bersih lalu bilas dengan air hingga bersih

- Keringkan dengan handuk.

- Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Alat: Minyak Zaitun dan Minyak Kedelai

Ilustrasi/copyright shutterstock
Ilustrasi/copyright shutterstock

Minyak Zaitun dan Telur

- Siapkan 2 butir telur dan 1 sdm minyak zaitun.

- Kocok kedua telur itu kemudian tambahkan 1 sdm minyak zaitun.

- Oleskan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 2 jam agar meresap dan kering.

- Bilas dengan air bersih, gunakan shampo kemudian bilas dengan air hingga bersih

- Keringkan dengan handuk.

- Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali.

Minyak Kedelai dan Minyak Jarak

- Siapkan satu sendok makan minyak kedelai dan dua sendok makan minyak jarak.

- Masukkan ke dalam wadah, lalu campurkan ke dua bahan tersebut.

- Panaskan sebentar, lalu biarkan sampai menjadi dingin.

- Oleskan pada helai rambut dan kulit kepala, sambil memijit dan mengurutnya. Kemudian diamkan selama 30 menit.

- Bersihkan rambut dengan shampo dan bilas dengan air hangat.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Alat: Tepung Beras dan Yogurt

Putih Telur / Sumber: iStockphoto
Putih Telur / Sumber: iStockphoto

Tepung Beras dan Telur

- Siapkan satu butir telur, pisahkan bagian putihnya dari bagian kuning.

- Masukkan putih telur ke dalam wadah, lalu tambahkan 5 sendok makan tepung beras kemudian aduk hingga rata dan mengental.

- Aplikasikan pada rambut dan sisir rambut.

- Diamkan selama 1 jam, lalu bersihkan rambut dengan shampo dan air hangat.

Yogurt dan Telur

- Siapkan 3 butir telur ayam dan ambil putih telurnya saja.

- Tambahkan 3 cangkir yogurt.

- Aduk hingga kedua bahan tersebut hingga merata dan terbentuk menjadi pasta.

- Oleskan pasta masker pada batang rambut dari ujung ke bawah, lalu tutupi rambut dengan shower cap.

- Diamkan selama 20 menit.

- Bersihkan rambut dengan shampo dan air hangat.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami: Pisang dan Telur

Ilustrasi Pisang (Foto: iStockphoto)
Ilustrasi Pisang (Foto: iStockphoto)

Pisang dan Pepaya

- Tumbuk dan haluskan pisang dan pepaya, lalu campurkan keduanya hingga merata.

- Tambahkan satu sendok makan madu, campur seluruh bahan-bahan tersebut.

- Aplikasikan campuran bahan di atas pada batang rambut dan kulit kepala.

- Diamkan sejenak hingga mongering lalu bersihkan rambut dengan shampo dan air bersih.

Telur dan Susu

- Siapkan 3 butir telur ayam, lalu ambil putih telurnya saja.

- Tambahkan 3 cangkir susu.

- Aduk hingga merata dan terbentuk menjadi pasta.

- Oleskan pasta masker pada batang rambut dari ujung ke bawah, lalu tutupi rambut dengan shower cap.

- Diamkan selama 20 menit.

- Bersihkan rambut dengan shampo dan air hangat.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami: Cuka dan Bedak Bayi

Ilustrasi Foto Bedak Bayi (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Bedak Bayi (iStockphoto)

Cuka dan Air

- Masukkan 5 tetes cuka ke dalam segelas air.

- Kemudian aplikasikan pada helai rambut.

- Diamkan sebentar, lalu bilas rambut.

Bedak Bayi

- Tuangkan bedak bayi dalam wadah dan tambahkan sedikit air.

- Oleskan secara merata pada rambut yang kering.

- Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut dengan shampo dan air bersih.

Membalut Rambut

- Lembabkan rambut terlebih dahulu, kemudian sisir seluruh rambut.

- Oleskan minyak tea tree, minyak argan, atau minyak rambut lainnya.

- Belah rambut dan lilitkan setiap bagian rambut agar mengelilingi kepala kamu.

- Sikat setiap bagian rambut ke bawah dan gunakan jepit rambut untuk mempertahankan posisi setiap rambut.

- Bungkus kepala kamu dengan syal sutra atau satin agar rambut tidak bergerak, lalu buka penutup rambut pada keesokan harinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elon Musk Sindir WhatsApp

Posted: 08 Feb 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk, menyindir WhatsApp melalui twit di akun pribadinya.

Di akun @elonmusk, dia mengunggah sebuah meme yang ditujukan untuk beberapa perusahaan teknologi. Meme itu memuat lengan mekanis untuk Apple, Google, Microsoft, Samsung, serta WhatsApp.

"Emoji baru," tulis Elon Musk dikutip dari Business Insider, Minggu (9/2/20202). "(lengan mekanis) yang terakhir (WhatsApp) disertai dengan peretasan ponsel gratis."

WhatsApp belakangan ini memang menjadi sorotan lantaran masalah sistem keamanannya yang rentan. Akun WhatsApp CEO Amazon, Jeff Bezos, beberapa waktu lalu juga sempat diretas.

Pada 2019 lalu, ada 12 kerentanan keamanan pada WhatsApp dan 7 di antaranya cukup parah. Menurut laporan, jumlah ini lebih tinggi dari tahun sebelum-sebelumnya yang biasanya hanya memiliki satu atau dua kerentanan.

Dark Mode WhatsApp Bakal Lebih Keren di Versi Terbaru

WhatsApp belum lama ini memasukkan update-an aplikasi ke Google Play Beta Program, menghadirkan versi terbaru 2.20.31.

Mengutip laman Webetainfo, Jumat (7/2/2020), salah satu fitur baru yang dihadirkan adalah warna gelap pada dark mode yang lebih solid.

WhatsApp sebenarnya sudah menggulirkan dark mode di versi 2.20.13 beta. Namun, lewat pembaruan yang teranyar, WhatsApp meningkatkan dark mode tersebut. 

Nantinya, warna gelap yang lebih solid (dark solid colors) akan tersedia di Wallpaper Setting.

Adapun warna gelap solid yang tersedia antara lain adalah hitam, coklat gelap, biru gelap, hijau olive gelap, ungu gelap, dan merah gelap.

(Fitriah Nurul Annisa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Viral, Pengendara Arogan yang Tantang Polisi Akhirnya Ditangkap

Posted: 08 Feb 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah viral di media sosial, seorang pengendara arogan yang menantang polisi saat hendak ditilang karena berhenti di bahu jalan tol Angke, akhirnya ditangkap. Penangkapan pengemudi yang bernama Tohab Silaban ini, dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Tengku Arsya Khadafi.

"Iya betul sudah ditangkap," ujar Arsya, seperti Liputan6.com sitat dari laman resmi Korlantas Polri, Sabtu (8/2/2020).

Sebelumnya, memang beredar pengendara mobil Toyota Agya B 2340 ini terlibat perseteruan dengan polisi lalu lintas, Bripka Rudy Rustam, tepatnya di 300 meter dari pembayaran gardu tol Angke 2.

Dalam video yang beredar luas di media sosial ini, terlihat pengemudi arogan ini memarahi dan menantang petugas polantas yang hendak melakukan tindak tilang. Bahkan ia berkali-kali mendorong polisi.

Pria tersebut memegang leher polisi dan mendorongnya hingga terkena bagian belakang mobil. Polisi yang didorong tetap melakukan tugasnya tanpa terpancing emosi.

"Copot baju lu. Ayo tilang, jangan banyak omong lu. Lu tilangin, gua cari lu entar. Dirlantas mana lu," tantang Tohab kepada Bripka Rudy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Virus Corona, Pemerintah Kirim 20 Ribu Masker untuk WNI di Hong Kong

Posted: 08 Feb 2020 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengirimkan bantuan berupa 20 ribu masker untuk Warga Negara Indonesia (WNI) di Hong Kong. Hal ini sebagai salah satu upaya pemerintah agar WNI yang berada di Hong Kong tak tertular wabah virus corona

Masker itu dititipkan Moeldoko kepada Nur Meliani, warga Indonesia di Hong Kong yang sedang pulang ke Tanah Air. Dia berharap masyarakat Indonesia juga dapat memberikan bantuan kepada WNI di luar negeri, khususnya yang terpapar virus Corona asal Wuhan, China itu.

"Kita coba membantu saudara kita di Hong Kong. Perhatian dari kita akan sangat berarti bagi mereka," kata Moeldoko dikutip dari keterangan pers, Minggu (9/2/2020).

Moeldoko menyebut pemberian bantuan masker tersebut merupakan upaya pemerintah memberikan solusi bagi seluruh warganya dimana pun berada.

Pemerintah, kata dia, saat ini melakukan berbagai langkah untuk menghadapi penyebaran virus corona dan dampaknya.

"Kemarin saya pimpin rapat koordinasi yang dihadiri beberapa menteri, hasilnya adalah menunjuk KSP sebagai pusat informasi terpadu penanganan corona di Indonesia," ujarnya.

 

Menyebar ke 21 Negara

Hingga kini, setidaknya 24 orang di Hongkong terkena virus corona, satu diantaranya meninggal. Hong Kong disebut menjadi salah satu negara yang penduduknya berisiko tinggi terpapar wabah ini.

Sementara, setidaknya terdapat 200 ribu warga Indonesia tinggal di wilayah tersebut. Adapun virus Corona sendiri kini dikabarkan telah menyebar di 21 negara hanya dalam tempo kurang dari sebulan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Status Waspada Virus Corona di Singapura Berubah Oranye, Apa Makna dan Pengaruhnya?

Posted: 08 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Status waspada Disease Outbreak Response System Condition (Dorscon) virus corona di Singapura naik menjadi oranye pada 7 Februari 2020. Peringatan ini berubah, yang sebelumnya kuning menjadi oranye.

Ministry of Health (MOH) menaikkan tingkat peringatan risiko dari Kuning ke Oranye karena terjadi beberapa kasus virus corona di Singapura, bahkan tanpa berkaitan dengan riwayat perjalanan ke Tiongkok. Dorscon yang menjadi oranye akan memengaruhi lingkungan sekolah, tempat kerja, dan lembaga layanan kesehatan di Singapura.

Dorscon adalah kerangka kode warna yang menunjukkan situasi penyakit saat ini. Melansir Today Online, Minggu (9/2/2020), berikut ini pengaruh Dorscon oranye.

Aktivitas Sekolah

Untuk sekolah ada penangguhan kegiatan antar sekolah dan eksternal. Ini berlaku juga bagi sekolah nasional, perjalanan belajar dan kamp. Penangguhan akan berlangsung hingga akhir liburan sekolah pada Maret 2020, menurut direktur sekolah di Ministry of Education Liew Wei Li.

Ia menjelaskan bahwa tujuan dari langkah-langkah penangguhan untuk mengurangi pembauran dan paparan siswa terhadap orang banyak. MOH menyampaikan, sekolah akan terus menerapkan langkah-langkah yang disempurnakan, seperti waktu istirahat yang tidak lama dan kegiatan sekolah dalam kelompok yang lebih kecil.

Di sekolah dasar, para guru menemani siswa hingga sebelum waktu istirahat. Demi mencegah virus corona, mereka juga memastikan siswa mencuci tangan sebelum makan. Para siswa juga didorong untuk membersihkan alas atau meja makan mereka setelah makan, tambah Liew.

Di prasekolah, ada perubahan tingkat siaga, sekolah akan membatasi jumlah pengunjung.

Lembaga Layanan Kesehatan

Penerbangan dari Wuhan Ditutup:  Pelancong berjalan melintasi papan informasi tentang penerbangan dari Wuhan telah dibatalkan di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing pada Kamis (23/1/2020). China menangguhkan semua transportasi dari dan ke kota pusat penyebaran virus corona. (AP/Mark Schiefelbein)
Penerbangan dari Wuhan Ditutup: Pelancong berjalan melintasi papan informasi tentang penerbangan dari Wuhan telah dibatalkan di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing pada Kamis (23/1/2020). China menangguhkan semua transportasi dari dan ke kota pusat penyebaran virus corona. (AP/Mark Schiefelbein)

Tingkat penilaian risiko yang berubah oranye berarti penerapan penyaringan suhu tubuh dan kontrol yang lebih ketat dari titik masuk di rumah sakit. Rumah sakit juga akan memperkenalkan langkah-langkah merawat pasien dengan pneumonia secara terpisah dari pasien lain untuk mengurangi risiko infeksi.

MOH akan bekerja dengan lembaga layanan kesehatan untuk meningkatkan pengendalian infeksi, sedangkan layanan perawatan orangtua akan membatasi jumlah pengunjung ke tempat mereka.

Ukur Suhu Tubuh Karyawan

Di tempat kerja, MOH menyarankan semua perusahaan agar mengukur suhu tubuh karyawannya dua kali sehari. Perusahaan juga harus mewaspadai karyawan dengan gejala gangguan pernapasan, seperti batuk dan pilek, dan demam.

Bagi karyawan yang merasa tidak sehat harus segera meninggalkan kantor dan pergi ke dokter. MOH menyarankan semua tempat kerja meningkatkan rencana kesinambungan bisnis yang mencakup boleh mengizinkan karyawan untuk bekerja dari rumah atau tim secara terpisah.

Batal atau Tunda Acara Skala Besar

Tabung sampel biomaterial ditempatkan di Laboratorium Huoyan yang dibuat khusus dalam uji asam nukleat pada 2019-nCoV di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (6/2/2020). Penguatan imunitas tubuh mampu mencegah penyakit corona virus. (Chinatopix via AP)
Tabung sampel biomaterial ditempatkan di Laboratorium Huoyan yang dibuat khusus dalam uji asam nukleat pada 2019-nCoV di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (6/2/2020). Penguatan imunitas tubuh mampu mencegah penyakit corona virus. (Chinatopix via AP)

Pemerintah menyarankan penyelenggara acara untuk membatalkan atau menunda acara berskala besar yang tidak penting. Bagi mereka yang tetap akan menggelar acara, MOH mengatakan bahwa tindakan pencegahan harus diambil.

Selain pemeriksaan suhu dan imbauan perjalanan, langkah-langkahnya termasuk memastikan semua tempat acara berventilasi dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk mencuci tangan.

Mengurangi Berjabat Tangan

MOH mengingatkan bahwa tindakan yang diambil di tingkat nasional akan efektif menahan penyebaran virus corona, hanya jika individu memainkan peran mereka.

Ini menyarankan individu untuk meminimalisirkan berjabat tangan selama periode waspada virus corona, tetapi Anda tetap bersikap hormat dan salam jika bertemu orang lain.

Di sisi lain, pekerja yang menjumpai pelanggan yang tidak sehat harus menyarankan pelanggan tersebut untuk pergi menemui dokter.

Yang paling utama, metode yang paling efektif untuk mencegah penularan virus corona melalui kebersihan pribadi yang baik dengan mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air. Gunakan pembersih tangan tatkala sabun dan air tidak tersedia.

Bagi yang tidak sehat harus tinggal di rumah dan memakai masker jika mereka pergi ke dokter.

Makna Warna Dorscon

Penjaga keamanan memberi isyarat di Terminal Kapal Tak Kai, Hong Kong, Rabu (5/2/2020). Virus corona berkembang cepat pada orang yang berimun rendah dan memiliki penyakit penyerta. (AP Photo/Vincent Yu)
Penjaga keamanan memberi isyarat di Terminal Kapal Tak Kai, Hong Kong, Rabu (5/2/2020). Virus corona berkembang cepat pada orang yang berimun rendah dan memiliki penyakit penyerta. (AP Photo/Vincent Yu)

Adapun makna dari warna Dorscon, sebagai berikut:

Hijau: Gejala penyakit ringan atau tidak mudah menular. Warga disarankan lebih menjaga kebersihan dan diam di rumah bila sakit.

Kuning: Gejala penyakit parah atau mudah menular tapi terjadi di luar Singapura. Warga disarankan menjaga kebersihan dan perhatikan imbauan kesehatan dari otoritas setempat.

Oranye: Gejala penyakit parah dan mudah menular tapi tidak menyebar luas di Singapura. Ada gangguan pada perjalanan internasional, seperti karantina, pengecekan temperatur, dan pembatasan pengunjung rumah sakit.

Merah: Gejala penyakit parah dan menyebar luas (hampir ke seluruh wilayah). Hal ini bisa berujung terjadi penutupan sekolah, kantor, dan angka kematian tinggi. Warga diimbau menjaga jarak sosial dan menjauhi area yang ramai.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cegah Virus Corona, Anjing di Taiwan Juga Pakai Masker

Posted: 08 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seekor anjing tampak menggunakan masker saat melintasi kota Taipei, Taiwan. Ini dilakukan sang pemilik untuk mencegah penularan virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Pencuri Baik Hati di Madura, Galau Lalu Menyerahkan Diri ke Polisi

Posted: 08 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bangkalan - Dalam dunia kriminal, tak banyak penjahat macam Hosnan. Pria 44 tahun berkepala plontos ini jenis penjahat yang langka, sehingga layak digelari: pencuri baik hati. Setelah mencuri, hatinya sama sekali tidak bungah, pikirannya justru rongseng. Maka dia menyerahkan diri ke polisi, sebagai obat galau plus cara menebus dosa.

Cerita Hosnan sebermula senin, 27 januari lalu. Bagi warga Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Senin adalah hari pasaran.

Pusat pasar terletak di Desa Ketawang Larangan. Pedagang dan pembeli tumpah ruah di sana. Senin juga berarti hari penuh kemacetan.

Dari rumah di Desa Payudan Nangger, Kecamatan Guluk-guluk, Hosnan juga ke Pasar Ganding Senin itu dan tergiur oleh sebuah kalung yang melingkar di leher seorang bocah di gendongan ibunya.

Dengan gerak tangan yang cepat, sekali tarik kalung itu telah berpindah tangan. Hosnan bergegas pergi, meninggalkan pasar riuh oleh seorang ibu yang baru sadar kalung anaknya telah raib.

Berhari-hari setelahnya, Hosnan justru dilanda bingung, pikirannya galau. Mungkin ia memang tak punya bakat jadi pencuri. Ia hanya berada di tempat dan waktu yang salah, Senin itu, dan tentu dengan sebuah alasan klasik: kerasukan setan.

"Tersangka bingung dan khawatir, perbuatannya akan menyengsarakan keluarganya di kemudian hari," kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti.

Cerita ke Keluarga

Setelah menyerahkan diri, Hosnan berswafoto dengan aparat Polsek Ganding
Setelah menyerahkan diri, Hosnan berswafoto dengan aparat Polsek Ganding

Hosnan yang tak menemukan solusi dalam hatinya, memilih jalan terakhir yaitu menceritakan perampasan emas itu ke keluarga dan orang terdekat.

Entah bagaimana reaksi keluarga setelah mendengar kejujuran Hosnan. Yang pasti ending cerita Hosnan ini adalah keluarga mendukungnya menyerahkan diri ke polisi.

Mengakui dosa adalah obat mujarab agar hati dan pikirannya tak lagi dihantui kegelisahan.

Pada 1 Februari 2020, sepekan setelah Hosnan merampas kalung, ia menyerahkan diri ke kantor Kepolisian Sektor Ganding, sekitar 50 meter dari pasar, diantar langsung keluarga.

Sebuah kalung yang telah terputus menjadi dua bagian, lengkap dengan liontinnya juga diserahkan sebagai barang bukti.

Semoga penjara benar-benar bisa melenyapkan gundah dan menenangkan hati pria kelahiran 1976 ini. Apalagi antara waktu menyerahkan diri dan mencuri masih di jam yang sama. Menurut catatan polisi, ia menjambret jam 09.45 dan menyerahkan diri pas jam 09.00 WIB. Mungkin kebetulan ini sebuah isyarat baik bagi Hosnan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peran Pertama hingga Masuk Oscar 2020, Ini 7 Potret Perbedaan Artis Hollywood Dulu dan Sekarang

Posted: 08 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan penampilan seorang bintang film pasti akan terjadi seiring berjalannya waktu. Semakin panjang perjalanan, semakin dewasa dan semakin maju perkembangan zaman,  artis dan aktor akan mengubah gaya mereka. Perubahan tersebut untuk membuat para penggemar mereka semakin takjub dan tentunya menanti-nantikan mereka untuk memerani film-film terbaru bukan?

Tak terasa tinggal dalam hitungan hari, puncak Oscar 2020 atau Academy Award ke-92 akan diselenggarakan di The Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, AS, Minggu 9 Februari 2020 atau Senin (10/2/2020) pagi waktu Indonesia. Ada beberapa artis dan aktor yang masuk nominasi melalui film terbaru mereka.

Namun untuk mendapatkan itu semua ada banyak proses yang mereka lalui. Sebelum mereka menjadi senior dan terkenal seperti sekarang ini mereka pernah muda dan kanak-kanak. Ada dari beberapa mereka yang sudah bermain film saat masih muda belia. Bahkan itu menjadi film pertama mereka yang mengantarkan mereka menuju Oscar 2020.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari BuzzFeed, berikut potret perbedaan bintang film tersebut pada peran pertama hingga peran mereka sekarang yang membuat mereka masuk nominasi Oscar 2020:

1. Antonio Banderas

Sumber : BuzzFeed//Berbagai Sumber
Sumber : BuzzFeed//Berbagai Sumber

Pada tahun 1982, dia berperan sebagai Antonio Juan di PestaƱas postizas. Sekarang Antonio dinominasikan sebagai Aktor Terbaik untuk penampilannya di Pain and Glory.

2. Brad Pitt

Sumber: BuzzFeed//Berbagai sumber
Sumber: BuzzFeed//Berbagai sumber

Pada tahun 1987, Brad bermain film di Hunk. Sekarang dia dinominasikan sebagai Aktor Pendukung Terbaik untuk penampilannya di Once Upon a Time di Hollywood.

3. Kathy Bates

Sumber : BuzzFeed//Berbagai Sumber
Sumber : BuzzFeed//Berbagai Sumber

Pada tahun 1971, ia berperan sebagai penyanyi audisi di Taking Off. Sekarang Kathy dinominasikan sebagai Aktris Pendukung Terbaik pada penampilannya di Richard Jewell.

4. Leonardo DiCaprio

Sumber : BuzzFeed//Berbagai Sumber
Sumber : BuzzFeed//Berbagai Sumber

Pada tahun 1991, Leo berperan sebagai Josh di Critters 3. Sekarang ia dinominasikan sebagai Aktor Terbaik dalam penampilannya di Once Upon a Time di Hollywood.

5. Saoirse Ronan

Sumber : BuzzFeed//Berbagai Sumber
Sumber : BuzzFeed//Berbagai Sumber

Pada 2007, Saoirse bermain sebagai Izzie Mensforth di I Could Never Be Your Woman. Sekarang dirinya mendapat nominasi sebagai Aktris Terbaik dalam penampilannya di Little Women.

6. Scarlett Johansson

Sumber ; BuzzFeed//Berbagai Sumber
Sumber ; BuzzFeed//Berbagai Sumber

Pada 1994, dia memainkan peran sebagai Laura Nelson di North. Sekarang Scarlett mendapat nominasi sebagai Aktris Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik  dalam Marriage Story dan Jojo Rabbit.

7. Tom Hanks

Sumber : BuzzFeed//Berbagai Sumber
Sumber : BuzzFeed//Berbagai Sumber

Pada 1980, Tom memainkan Elliot di He Knows You're Alone. Sekarang ia dinominasikan untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk penampilannya di A Beautiful Day in the Neighborhood.

Penulis

Ayu Ester Simanjuntak

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Proliga Hari Ini, Minggu 9 Februari 2020

Posted: 08 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Proliga 2020 kembali mempertandingkan duel-duel menarik di GOR PSCC Palembang pada Minggu (9/2/2020). Empat pertandingan yang main hari ini bisa Anda saksikan di televisi.

Partai pertama Proliga 2020 yang berlangsung hari ini akan mempertemukan tim putri Bandung BJB Tandamata melawan Jakarta PGN Popsivo Polwan.

Setelah duel tersebut akan ada laga sengit di tim putra antara Lamongan Sadang MHS melawan Jakarta Pertamina Energi.

Laga hari ini juga melibatkan tim putra dan putri Jakarta BNI 46. Tim putri akan bertarung melawan Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jatim. Sementara tim putra menghadapi Palembang Bank Sumsel Babel.

Lihat jadwal pertandingan Proliga hari ini di halaman selanjutnya.

 

Jadwal Pertandingan

Putri: 14.00 WIB, Bandung BJB Tandamata vs Jakarta Popsivo Polwan (iNews)

Putra: 16.00WIB, Lamongan Sadang vs Jakarta Pertamina (iNews)

 

Jadwal Selanjutnya

Putri: 18.00 WIB, Gresik Petrokimia vs Jakarta BNI 46 (iNews)

Putra: 20:00 WIB, Jakarta BNI 46 vs Palembang Bank Sumsel (iNews)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [CERITA] Kisah Pekerja Medis China di Tengah Ancaman Virus Corona

Posted: 08 Feb 2020 09:00 PM PST

Petugas medis menyemprotkan desinfektan ke kacamata menyusul wabah virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Minggu (26/1/2020). Sebuah studi menemukan setidaknya 40 pekerja perawat kesehatan terinfeksi virus Corona oleh pasien di satu rumah sakit di Wuhan pada Januari lalu. (Chinatopix via AP)
Petugas medis menyemprotkan desinfektan ke kacamata menyusul wabah virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Minggu (26/1/2020). Sebuah studi menemukan setidaknya 40 pekerja perawat kesehatan terinfeksi virus Corona oleh pasien di satu rumah sakit di Wuhan pada Januari lalu. (Chinatopix via AP)

Petugas medis menyemprotkan desinfektan ke kacamata menyusul wabah virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Minggu (26/1/2020). Sebuah studi menemukan setidaknya 40 pekerja perawat kesehatan terinfeksi virus Corona oleh pasien di satu rumah sakit di Wuhan pada Januari lalu. (Chinatopix via AP)

Seorang pekerja medis menulis nama rekan mereka pada baju pelindung untuk membantu identifikasi menyusul wabah virus corona di Rumah Sakit Zhongnan, Wuhan University, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Jumat (24/1/2020). Penemuan virus corona pertama kali diungkapkan oleh dr Li Wenliang. (Xiong Qi/Xinhua
Seorang pekerja medis menulis nama rekan mereka pada baju pelindung untuk membantu identifikasi menyusul wabah virus corona di Rumah Sakit Zhongnan, Wuhan University, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Jumat (24/1/2020). Penemuan virus corona pertama kali diungkapkan oleh dr Li Wenliang. (Xiong Qi/Xinhua

Seorang pekerja medis menulis nama rekan mereka pada baju pelindung untuk membantu identifikasi menyusul wabah virus corona di Rumah Sakit Zhongnan, Wuhan University, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Jumat (24/1/2020). Penemuan virus corona pertama kali diungkapkan oleh dr Li Wenliang. (Xiong Qi/Xinhua

Dokter berpakaian pelindung memeriksa citra medis ketika dia mengunjungi pasien di hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). Dokter Li Wenliang mengungkapkan penemuannya tentang virus corona kepada teman-temannya. (Chinatopix via AP)
Dokter berpakaian pelindung memeriksa citra medis ketika dia mengunjungi pasien di hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). Dokter Li Wenliang mengungkapkan penemuannya tentang virus corona kepada teman-temannya. (Chinatopix via AP)

Dokter berpakaian pelindung memeriksa citra medis ketika dia mengunjungi pasien di hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). Dokter Li Wenliang mengungkapkan penemuannya tentang virus corona kepada teman-temannya. (Chinatopix via AP)

Para pekerja berpakaian pelindung duduk di luar hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). Dokter pengungkap virus corona, dr Li Wenliang, sempat dituduh menyebarkan informasi palsu. (Chinatopix via AP)
Para pekerja berpakaian pelindung duduk di luar hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). Dokter pengungkap virus corona, dr Li Wenliang, sempat dituduh menyebarkan informasi palsu. (Chinatopix via AP)

Para pekerja berpakaian pelindung duduk di luar hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). Dokter pengungkap virus corona, dr Li Wenliang, sempat dituduh menyebarkan informasi palsu. (Chinatopix via AP)

Pekerja medis berpakaian pelindung menulis pada sebuah tabung setelah mengumpulkan sampel untuk tes asam nukleat dari pasien yang diduga terinfeksi virus corona di hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Selasa (4/2/2020). (Chinatopix via AP)
Pekerja medis berpakaian pelindung menulis pada sebuah tabung setelah mengumpulkan sampel untuk tes asam nukleat dari pasien yang diduga terinfeksi virus corona di hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Selasa (4/2/2020). (Chinatopix via AP)

Pekerja medis berpakaian pelindung menulis pada sebuah tabung setelah mengumpulkan sampel untuk tes asam nukleat dari pasien yang diduga terinfeksi virus corona di hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Selasa (4/2/2020). (Chinatopix via AP)

Pekerja medis berpakaian pelindung mengumpulkan sampel untuk tes asam nukleat dari pasien yang diduga terinfeksi virus corona di hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Selasa (4/2/2020). (Chinatopix via AP)
Pekerja medis berpakaian pelindung mengumpulkan sampel untuk tes asam nukleat dari pasien yang diduga terinfeksi virus corona di hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Selasa (4/2/2020). (Chinatopix via AP)

Pekerja medis berpakaian pelindung mengumpulkan sampel untuk tes asam nukleat dari pasien yang diduga terinfeksi virus corona di hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Selasa (4/2/2020). (Chinatopix via AP)

Pekerja berpakaian pelindung menyemprotkan desinfektan pada lorong hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). Pengungkap virus corona, dr Li Wenliang, meninggal pada 7 Februari 2020 akibat virus corona. (Chinatopix via AP)
Pekerja berpakaian pelindung menyemprotkan desinfektan pada lorong hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). Pengungkap virus corona, dr Li Wenliang, meninggal pada 7 Februari 2020 akibat virus corona. (Chinatopix via AP)

Pekerja berpakaian pelindung menyemprotkan desinfektan pada lorong hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). Pengungkap virus corona, dr Li Wenliang, meninggal pada 7 Februari 2020 akibat virus corona. (Chinatopix via AP)

Para pekerja berpakaian pelindung berbincang di luar hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). (Chinatopix via AP)
Para pekerja berpakaian pelindung berbincang di luar hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). (Chinatopix via AP)

Para pekerja berpakaian pelindung berbincang di luar hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). (Chinatopix via AP)

Pekerja berpakaian pelindung didesinfeksi di luar hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). (Chinatopix via AP)
Pekerja berpakaian pelindung didesinfeksi di luar hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). (Chinatopix via AP)

Pekerja berpakaian pelindung didesinfeksi di luar hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Senin (3/2/2020). (Chinatopix via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tentara Pelaku Penembakan di Mall Thailand Ditembak Mati

Posted: 08 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Korat - Pasukan keamanan Thailand menembak mati seorang tentara yang melakukan penembakan di mall. Sebelum tewas, pelaku setidaknya membunuh 21 orang dan melukai 42 orang lainnya.

Dilaporkan AP, Minggu (9/2/2020), pasukan keamanan Thailand telah mengepung mall Terminal 21 di Korat, area terjadinya pada Sabtu malam kemarin. Pelaku juga akhirnya ditembak di dalam mall.

Awalnya, ia hanya menembak dua orang, kemudian lanjut mengamuk di dalam mall. Para pengunjung panik dan berlarian ke segala arah.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Thailand Kongcheep Tantrawanit berkata pelaku penembakan bernama Jakrapanth Thomma. Pihak pemerintah tidak mengungkap detail lainnya.

Ketika beraksi, pelaku penembakan sempat memposting di Facebook serta mengupdate status.

"Tidak ada yang bisa lari dari kematian," tulis salah satu pos. "Haruskan saya menyerah," tulis pelaku. "Saya sudah berhenti," tulisnya lagi.

Profil Facebook si pelaku penembakan kini sudah tak bisa diakses. Warganet Thailand di Twitter pun banyak yang menolak menyebarkan nama pelaku dan memilih mengapresiasi tindakan petugas keamanan.

Ratusan Orang Sempat Terjebak dalam Mal

Tentara mengawal pengunjung yang keluar dari mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Akibat penembakan tersebut sebanyak 20 orang tewas. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)
Tentara mengawal pengunjung yang keluar dari mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Akibat penembakan tersebut sebanyak 20 orang tewas. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)

 bermula pada Sabtu 8 Februari malam ketika tentara itu menembaki sebuah rumah sebelum bergeser ke pangkalan militer dan kemudian ke pusat perbelanjaan di Nakhon Ratchasima, yang berada 250 Km dari ibu kota Bangkok, kata polisi.

"Kami tidak tahu mengapa pelaku melakukan ini. Tampaknya ia gila," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Kongcheep Tantrawanit.

Pasukan keamanan Thailand turut menyelamatkan ratusan orang yang sempat terjebak di dalam mal. Tak diketahui pasti jumlah pengunjung atau pun pegawai toko yang masih berada di dalam, kata Kongcheep, seperti dilansir Antara.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Gelar Operasi Pasar Cabai dan Bawang di 22 Lokasi

Posted: 08 Feb 2020 08:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan membuka kegiatan Operasi Pasar (OP) Cabai Rawit Merah, Cabai Merah Keriting, dan Bawang Putih di Toko Tani Indonesia Centre Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/2/2020) pagi. Sebanyak 22 kendaraan membawa 500 kg bawang putih dan 250 kg cabai akan didistribusikan ke 22 pasar di wilayah DKI Jakarta.

Harga yang akan dijual dalam OP juga murah, yakni bawang putih seharga Rp 30.000 per kilogram dan cabai rawit merah seharga Rp 35.000 per kilogram.

Menurut Anies, operasi pasar dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, menekan laju inflasi, pengendalian kenaikan harga, serta memastikan ketiga stok bumbu cukup.

"Pagi ini kita menyaksikan pemberangkatan 22 kendaraan yang akan melakukan operasi pasar. Jakarta memiliki ketergantungan pasokan pangan pada wilayah di luar Jakarta. Di sisi lain, harga yang terjadi di Jakarta memiliki implikasi nasional. Pada saat harga mengalami kenaikan, di situlah negara hadir dengan membawa pasokan tambahan untuk membuat harga menjadi stabil kembali," kata Anies dalam keterangan.

Dia menambahkan, intervensi yang dilakukan pihkanya dalam bentuk operasi pasar pasokan untuk cabai merah dan bawang putih. Hal ini sebagai bagian untuk menstabilkan harga. "Dan insyaAllah dengan operasi yang dilakukan ini, harga di Jakarta bisa lebih stabil," ujar dia. 

Anies juga menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pertanian RI melalui Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian atas kerja samanya telah bersinergi dengan PT. Food Station Tjipinang Jaya Tbk dalam melaksanakan Operasi Pasar.

Mantan Mendibkud itu berharap kegiatan Operasi Pasar ini sukses menjangkau bukan hanya pada 22 pasar, tetapi juga ke seluruh pasar-pasar di Jakarta dan tepat sasaran untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan wirausaha kuliner UMKM.

"Jadi tujuan paling akhir bukan sekadar harga pasarnya yang stabil, tapi keluarga di Jakarta merasakan ketenangan dan kesejahteraan, karena kebutuhan pokoknya harganya terprediksi dan stabil. Harapannya, seluruh kawasan di Jakarta mendapatkan pasokan kebutuhan pokok secara stabil, harganya stabil, keluarganya bahagia," ujarnya.

Lokasi 22 Pasar

Adapun ke 22 (dua puluh dua) Pasar tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pasar Tomang Barat

2. Pasar Kramat Jati

3. Pasar Tanah Abang

4. Pasar Jatinegara

5. Pasar Kebayoran Lama

6. Pasar Klender SS

7. Pasar Senen

8. Pasar Anyer Bahari

9. Pasar Glodok

10. Pasar Johar Baru

11. Pasar Tebet Barat

12. Pasar Pondok Labu

13. Pasar Koja Baru

14. Pasar Gondangdia

15. Pasar Mampang Prapatan

16. Pasar Petojo Ilir

17. Pasar Kelapa Gading

18. Pasar Cijantung

19. Pasar Pulogadung

20. Pasar Pal Merah

21. Pasar Metro Atom

22. Pasar Minggu

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yanti Noor Dimakamkan Satu Liang Lahad dengan Chrisye

Posted: 08 Feb 2020 08:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah sitri Chrisye, Yanti Noor, sudah selesai dimakamkan. Yanti Noor Dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, jenazah Yanti Noor diberangkatkan dari rumah duka di Jalan Kuricang sektor 3A Bintaro Jaya, Tangerang Selatan. Jenazah kemudian tiba sekitar pukul 09.00 WIB.

Jenazah Yanti Noor diantarkan ke peristirahatan terakhirnya oleh keluarga dan kerabat dekat. Terlihat juga kedua anaknya, Masha dan Pasha.

Setelahnya, jenazah dikebumikan satu liang lahad dengan mendiang suami, Chrisye.

 

Meninggal di Cipanas

Rumah Duka Alm. Alex Kumara (Galih W. Satria/bintang.com)
Rumah Duka Alm. Alex Kumara (Galih W. Satria/bintang.com)

Seperti diketahui, istri mendiang musisi legendaris Chrisye itu meninggal dunia Sabtu siang pukul 12.15 WIB di Cipanas, Jawa Barat. Hal itu dikabarkan pengamat musik Stanley Tulung kepada Liputan6.com

 

Stroke

Rumah Duka Alm. Alex Kumara (Galih W. Satria/bintang.com)
Rumah Duka Alm. Alex Kumara (Galih W. Satria/bintang.com)

Diketahui Yanti Noor meninggal dunia akibat store. Saat mengembuskan nafas terakhir, Yanti Noor sedang menikmati akhir pekan bersama teman-temannya.

Chrisye

Sementara itu, mendiang Chrisye sendiri meninggal dunia 30 Maret 2007 lantaran penyakit kanker. Setelah musisi dan penyanyi legendaris itu meninggal, Yanti dan keempat anaknya pindah ke Bintaro dari kediaman mereka di kawasan Cipete.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Parodi Jomblo ala Chika Jessica Ini Ngenes dan Lucu Abis

Posted: 08 Feb 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hubungan persahabatan Chika Jessica dengan artis cantik Annisa Rahma dikenal sangat dekat. Seperti baru-baru ini Chika Jessica bersama Annisa Rahma dan suami tengah melakukan liburan bersama ke Jepang. Banyak tempat dikunjungi Chika Jessica dan Annisa Rahma.

Chika Jessica dan Annisa Rahma nampak bahagi berlibur dan mengunjungi berbagai destinasi di negeri Sakura tersebut.  Selebritis ini juga kompak mengunggah momen bahagia dan keseruan liburan mereka di media sosial.

Lucunya lagi, Chika Jessica juga menggunggah parodi ngenes ala jomblo saat melihat kemesraan Annisa Rahma dan suami. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 parodi jomblo ala Chika Jessica ini ngenes dan lucu abis, Minggu (9/2/2020).

1. Chika Jessica bersama Annisa Rahma dan suami baru saja melakukan liburan bersama ke Jepang.

Parodi Jomblo ala Chika Jessica Ini Ngenes  dan Lucu Abis (Sumber:Instagram:chikajessica88)
Parodi Jomblo ala Chika Jessica Ini Ngenes dan Lucu Abis (Sumber:Instagram:chikajessica88)

2. Chika Jessica memparodikan kondisi seorang jomblo yang melihat pasangan romantis.

Parodi Jomblo ala Chika Jessica Ini Ngenes  dan Lucu Abis (Sumber:Instagram:chikajessica88)
Parodi Jomblo ala Chika Jessica Ini Ngenes dan Lucu Abis (Sumber:Instagram:chikajessica88)

3. Gaya Chika Jessica yang sedih melihat Annisa Rahma dan suami mesra terlihat lucu.

Parodi Jomblo ala Chika Jessica Ini Ngenes  dan Lucu Abis (Sumber:Instagram:chikajessica88)
Parodi Jomblo ala Chika Jessica Ini Ngenes dan Lucu Abis (Sumber:Instagram:chikajessica88)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPRD Surabaya Dorong Pemkot Segera Terapkan Aplikasi Surat Keterangan Miskin

Posted: 08 Feb 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Warga Surabaya mengharapkan aplikasi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), SKM (Surat Keterangan Miskin), dan SKBK (Surat Keterangan Bantuan Kesehatan) berbasis daring segera diterapkan di "Kota Pahlawan", Jatim itu.

Ketua Komisi D (Bidang Kesra) DPRD Kota Surabaya Khusnul Khotimah menuturkan, salah satu hasil reses yang dilakukannya di wilayah RW X Pengampon, Kelurahan Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantian, beberapa hari lalu, ada keinginan warga agar aplikasi MBR-SKM-SKBK daring diterapkan.

"Maka dari itu, saya mendorong pemerintah kota untuk segera menyediakan aplikasi yang sudah dipaparkan kepada RT/RW pada saat dikumpulkan di Gedung Sawunggaling, beberapa waktu lalu. Warga ingin tahu aplikasi tersebut bentuknya seperti apa," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 8 Februari 2020.

Ia menuturkan, ada sejumlah permasalahan yang muncul pada saat reses, yaitu BPJS Kesehatan terblokir dan dinonaktifkan, pemberian makanan tambahan lansia seharusnya sebulan empat kali sekarang satu kali, serta Program Keluarga Harapan (PKH).

"Ini adalah permasalahan sosial yang sering kali memang terjadi di lingkungan kita," tutur dia.

Untuk itu, pihaknya akan merangkum semua hasil reses anggota Komisi D DPRD Surabaya, lalu diklasifikasi, dan akan diputuskan kebijakan apa yang perlu diambil. "Saya selaku ketua komisi D bisa menangkap dan saya kira itu pun, saat ini pun dialami juga oleh teman-teman (dewan, red.) lainnya yang melakukan reses," ujar dia.

Kata Bappeda

Ilustrasi aplikasi (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi aplikasi (Sumber: Pixabay)

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Surabaya Eri Cahyadi pada kesempatan sebelumnya, mengatakan Pemkot Surabaya ingin mempermudah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya mempercepat proses pelayanan melalui aplikasi berbasis daring.

"Sekarang sudah pakai Whatsapp, secara otomatis aplikasi ini akan kita unduh ke ponselnya (ketua RW, red.) masing-masing. Nanti Pak RW itu akan melaporkan siapa yang akan terdaftar ke MBR," kata dia.

Ia menuturkan, ketika warga tidak terdaftar dalam MBR, maka ketua RW-nya dapat mendaftarkan melalui aplikasi MBR. Ketua RW hanya tinggal memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan alamat domisili warganya, secara otomatis data yang dilaporkan itu masuk aplikasi lurah.

"Intinya ketua RW hanya memasukkan laporan NIK dan alamat saja (domisili, red.), setelah itu kan secara otomatis masuk ke dalam lurah. Kami punya waktu 48 jam untuk menyatakan ini masuk MBR atau tidak," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sukseskan PON XX, Polri Pantau Persiapan Sejumlah Venue di Papua

Posted: 08 Feb 2020 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dipimpin Kabaintelkam Komjen Pol Agung Maryoto didampingi Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dan Asops Polri Irjen Pol Herry Rudolf Nahak disambut langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memantau persiapan penyelenggaraan PON XX di Papua, Kamis 6 Februari 2020.

Pantauan pertama, rombongan menuju ke GOR Gidi yang berlokasi di Jalan Raya Abepura-Kotaraja, Kabupaten Jayapura. GOR yang sedang dalam proses pembangunan ini rencananya akan digunakan untuk cabang beladiri Muathai dan Kempo.

Selanjutnya rombongan bertolak ke pembangunan arena Cricket dan lapangan Hockey Indoor dan Outdoor di kawasan Doyo. Dalam kunjungannya, Kabaintelkam Polri Komjen Agung Maryoto memberikan testimoni dan ucapan pada petugas.

"Selamat bertugas dan bekerja ya, pengabdian Anda semua untuk kemajuan bangsa dan negara," kata Agung Maryoto dalam keterangannya, Mingggu (9/2/2020).

Sementara itu pada pantaun lokasi ketiga di Stadion Papua Bangkit, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono  akan menghitung dan mempersiapkan pelayanan pengamanan dan pengaturan khususnya untuk atlet, official dan tamu undangan PON XX.

"Prediksi terutama atlet sekitar 6.000 dan official 3.000 an, dalam hitungan kami semuanya akan kita cover. Termasuk waktu tempuh dari venue stadion, penginapan dan bandara." quote Kakorlantas

 

Turunkan Personel

Terkait kondisi jalan dan personel, Kakorlantas mengatakan bahwa pihaknya akan mengcover baik dengan roda dua maupun roda empat.

"Personel nanti kami back up dari wilayah Polda terdekat diantaranya Manado, Makasar dan Maluku serta dari Mabes. Tentunya akan kita latihkan terlebih dahulu." quote Kakorlantas.

Turut hadir dalam rombongan Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto, Dirut Jasa Raharja, Jasa Marga, BMKG serta pejabat utama Polda Papua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zidane: Real Madrid Sudah Lupakan Kegagalan di Copa del Rey

Posted: 08 Feb 2020 08:35 PM PST

Madrid - Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane kecewa timnya gagal melangkah ke semifinal Copa del Rey. Meski demikian, juru taktik asal Prancis itu menyebut pasukannya sudah melupakan hasil minor tersebut.

Real Madrid bersua Real Sociedad di Santiago Bernabeu, Kamis (6/2/2020). Los Blancos tampil dominan dengan mencatatkan 64,7 persen penguasaan bola, berbanding 35,3 persen milik Sociedad.

Bukan hanya itu, Real Madrid juga melepaskan 24 tembakan yang 10 di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Real Sociedad hanya memperoleh lima peluang bagus dari 10 kesempatan.

Meski menguasai jalannya laga, Madrid kalah efektif ketimbang Sociedad. El Real pun akhirnya menelan kekalahan 3-4 dari La Real.

Ketiga gol Real Madrid disarangkan Marcelo pada menit ke-59, Rodrygo Goes menit ke-81, dan Nacho menit ke-90+3'. Adapun keempat gol Real Sociedad tercipta atas nama Martin Odegaard (22'), Alexander Isak (54', 56'), dan Mikel Merino (69').

Hasil tersebut sekaligus membuat catatan tak terkalahkan Real Madrid di seluruh ajang terhenti di angka 21. Real Madrid juga gagal lolos ke semifinal Copa del Rey.

Sudah Lupa

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Real Zaragoza pada pertandingan Copa del Rey di stadion La Romareda di Zaragoza (29/1/2020). Real Madrid melaju mantap ke perempatfinal Copa del Rey setelah mengalahkan Zaragoza 4-0. (AFP Photo/Jose Jordan)
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Real Zaragoza pada pertandingan Copa del Rey di stadion La Romareda di Zaragoza (29/1/2020). Real Madrid melaju mantap ke perempatfinal Copa del Rey setelah mengalahkan Zaragoza 4-0. (AFP Photo/Jose Jordan)

Zinedine Zidane menyebut timnya sudah melupakan hasil minor di Copa del Rey. Kini, Los Blancos akan fokus menjalani laga yang tersisa pada musim ini, yakni di La Liga dan Liga Champions.

Lawan berikutnya yang akan dihadapi Real Madrid adalah Osasuna di Estadio El Sadar, Minggu (9/2/2020). Madrid wajib memetik kemenangan jika ingin mengamankan puncak klasemen sementara La Liga.

Saat ini, mereka mendulang 49 poin hasil dari 22 laga. Karim Benzema dkk. unggul tiga poin atas Barcelona di peringkat kedua.

"Kami tidak gembira dengan pertandingan di Copa del Rey. Kami sudah menganalisa semua hal dan hal positif yang kami miliki adalah kami akan bermain tiga hari kemudian," ujar Zidane.

"Sekarang kami hanya memikirkan mengenai pertandingan ini (kontra Osasuna) saja, dan untuk kembali melakukan apa yang sedang kami lakukan. Kami tidak akan menyia-yiakan performa yang telah kami lakukan hingga saat ini karena satu pertandingan saja," lanjutnya.

Sumber: Real Madrid

Disadur dari Bola.com (Penulis Rizki Hidayat, Published 09/02/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Virus Corona dengan Hand Sanitizer, Efektifkah?

Posted: 08 Feb 2020 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran virus corona saat ini sudah sampai hingga ke 28 negara. Untuk mencegah terkena virus corona, banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk rajin cuci tangan menggunakan sabun. Namun, bagaimana jika hanya menggunakan hand sanitizer?

Dilansir dari Asia One, Jumat, 6 Februari 2020, menurut konsultan senior penyakit menular di National Center for Infectious Diseases (NCID), Dr Kalisvar Marimuthu mengatakan, cara terbaik sebenarnya ialah mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Sebab, sabun dan air mampu mengurangi jumlah semua jenis kuman di tangan, sehingga dengan sering mencuci tangan akan terjaga kebersihannya. 

Jika Anda tidak dapat mengakses air, hand sanitizer pun bisa digunakan. Namun, pembersih tangan tersebut setidaknya harus mengandung alkohol sebesar 60 persen. 

Untuk lebih efektif, tuangkan hand sanitizer ke seluruh tangan. Setelah itu gosokkan pada tangan Anda selama sekitar 20 detik dan biarkan kering dengan sendirinya. 

Menurut United States Centres for Disease Control and Prevention, hand sanitizer dangan 60-90 persen alkohol membersihkan jauh lebih baik daripada yang tidak memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Juga dikatakan sabun dan air lebih baik, karena hand sanitizer tidak menghilangkan semua jenis kuman. 

Alternatif lainnya yang sering digunakan ialah tisu antiseptik. Namun, menurut Dr Marimuthu tisu tersebut sebenarnya digunakan untuk membersihkan benda dan lingkungan bukan untuk tangan. 

Seorang ahli virologi dari Queen Mary University of London melakukan penelitian tentang tisu basah beberapa tahun lalu. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa dalam beberapa kejadian, menggunakan tisu basah sebenarnya justru dapat menyebarkan kuman daripada menghilangkannya. Tetapi, jika tisu tersebut memiliki kandungan pembunuh kuman setidaknya 40 persen, tisu bisa efektif digunakan. 

 

 

 

 

Tips Cuci Tangan

Ilustrasi cuci tangan. (dok. Slavoljubovski/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi cuci tangan. (dok. Slavoljubovski/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Mencuci tangan pun tentu tidak bisa sembarangan. Ada beberapa langkah yang harus diikuti agar hasilnya bersih maksimal. Berikut caranya: 

1. Basahi tangan dengan air mengalir yang bersih, matikan keran, dan oleskan sabun. Hindari menggunakan genangan air di dalam baskom, sebab kemungkinan bisa terkontimasi bakteri dari tangan orang yang cuci tangan sebelumnya. 

2. Sabuni tangan dengan cara menggosokan sabunnya secara langsung. Hal ini akan menimbulkan gesekan yang bisa membantu mengangkat kotoran, lemak, dan kuman penyebab penyakit dari kulit. 

3. Gosok tangan setidaknya selama 20 detik. 

4. Bilas tangan dengan baik di bawah air mengalir yang bersih.

5. Keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau keringkan dengan udara. Kuman dapat dipindahkan dengan mudah ke dan dari tangan yang basah.

Mencuci tangan ialah salah satu langkah untuk melindungi keluarga dari bahaya penyakit. Sebaiknya Anda mencuci tangan sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan. Jangan lupa pula cuci tangan setelah menggunakan toilet. 

Saat Anda menggunakan tangan untuk menutup hidung saat bersin dan batuk, segeralah untuk mencuci tangan setelahnya. Dan, cuci tangan setelah menyentuh hewan dan memegang sampah. (Tri Ayu Lutfiani)

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal La Liga Nanti Malam: Siaran Langsung Real Madrid dan Barcelona

Posted: 08 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Dua klub raksasa La Liga, Barcelona dan Real Madrid menelan pil pahit tersingkir dari Copa del Rey 2019-2020 pada pertengahan pekan kemarin. Kini keduanya harus fokus kembali bertarung di La Liga.

Azulgrana tersingkir usai kalah 0-1 dari Athletic Bilbao. Sedangkan Real Madrid tak disangka juga dipermalukan Real Sociedad 3-4 di stadion Bernabeu. Pemain pinjaman Martin Odegaard menjadi pemain yang mencetak gol penentu bagi Sociedad.

Barcelona utamanya harus segera bangkit setelah terpuruk di dua laga terakhir. Tekanan makin besar karena konflik internal juga sedang menggerogoti tim dalam beberapa hari ini.

Seperti apa dan siapa lawan Real Madrid dan Barcelona di jadwal Liga Spanyol? Berikut detailnya:

Jadwal

Ilustrasi
Ilustrasi

Minggu (9/2/2020)

18:00 WIB Espanyol vs Mallorca

20:00 WIB Real Sociedad vs Athletic Bilbao

22:00 WIB Osasuna vs Real Madrid (Live Bein Sports)

Senin (10/2/2020)

00:30 WIB Celta Vigo vs Sevilla

03:00 WIB Real Betis vs Barcelona (Live Bein Sports)

Klasemen Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Panen Raya, Kementan Canangkan Gerakkan Kostraling di Sleman

Posted: 08 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Sleman Kementerian Pertanian memfasilitasi akses kemudahan usaha bagi petani di Kabupaten Sleman DIY melalui program Komando Strategi Penggilingan Padi atau dikenal dengan Kostraling. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud implementasi program Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk melindungi petani dari gejolak harga saat panen raya.

Menggandeng BNI dan Perpadi pada hari Sabtu (8/2) dilaksanakan implementasi kostraling melalui akses KUR di desa Gancahan, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, DIY.

"Pencanangan kostraling pertama kali dilakukan di Sleman ini, dan minggu depan rencana se-Jateng akan kita kumpulkan dan kita akan terus bergerak ke wilayah lain," tutur Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Suwandi yang hadir dalam acara tersebut.

Sesuai dengan arahan Mentan SYL bahwa bulan Februari harus tuntas menyerap KUR dari alokasi target yang ada.

"Seperti Sleman ini, targetnya Rp 200 miliar terserap, kenapa kita kejar di Februari ini supaya nanti di bulan Maret April saat panen raya harga stabil," terang Suwandi.

Kostraling sebagai langkah upaya Kementan untuk menjaga kestabilan harga gabah. Petani penggilingan didorong untuk menyerap gabah petani. Namun demikian pemerintah tidak hanya mempush saja, difasilitasilah kelompok penggilingan ini untuk memdapat akses pembiayaan dari perbankan dengan bunga yang rendah.

 

Optimalkan KUR

Menurut Suwandi pembiayaan KUR bukan hanya untuk operasional modal kerja saja namun bisa untuk investasi. Yang terpenting adalah komitmen dari petani untuk dapat memberi kepercayaan kepada pihak perbankan.

"Pembiayaan dari KUR ini sangat ringan, bunga hanya 6 persen, bisa untuk upgrade gudang. Jadi nanti tidak ada cerita gabah petani tidak tertampung, dan lagi kualitas juga bisa diupgrade dengan investasi peralatan," tambahnya.

Langkah selanjutnya menurut Suwandi dengan menaikkan kelas pangsa pasarnya.

"Jangan hanya dipasarkan sekitarnya tapi juga bisa tembus supermarket bahkan harus bisa menyisihkan untuk ekspor, petani harus bisa naik kelas," tandasnya.

Senada dengan yang diungkapkan Dirjen Tanaman Pangan, Staf Ahli Menteri Bidang Investasi Gatot Irianto bahkan meminta andil penerima bantuan alsintan pasca panen untuk ikut share produksinya ke pangsa ekspor, terutama untuk beras premium dan beras khusus.

"Pada dasarnya KUR adalah hak dan kesempatan semua masyarakat, tinggal bagaimana dimanfaatkan seoptimal mungkin," tandas Gatot.

 

Respon pengusaha penggilingan padi

Sebagai pihak yang memiliki peran penting dalam kostraling ini, petani peggilingan yang diwakili Ketua Perpadi Sutarto Alimoeso menyatakan kesiapan para pengusaha penggilingan padi.

"Kami sangat terbantu dengan adanya program pemerintah ini, karena pada dasarnya 90 persen industri penggilingan ini masuk di penggilingan kecil yang sulit akses kredit," tutur Sutarto.

Pembiayaan bagi penggilingan padi nanti akan berguna untuk investasi revitalisasi alat modern dan untuk modal kerjanya, sehingga tidak ada lagi produksi beras yang jelek, tidak bisa simpan lama dan mudah rusak.

 

Dukungan penuh perbankan

Menanggapi hal tersebut, Eka Nugraha dari pihak BNI pusat yang juga hadir menyatakan kesiapannya menyediakan pembiayaan baik bagi petani maupun pengusaha penggilingan.

Bahkan dikatakan Eka tidak hanya padi saja yang bisa dibiayai, budidaya yang lain seperti jagung, tebu, dan horti pun bisa dibantu. Yang menguntungkan lagi, petani bisa bayar pinjamnya yarnen setelah panen.

"Jadi petani fokus saja berusaha, nanti setelah panen bisa baru membayarnya. Bunganya juga ringan sekali," ungkap Eka.

 

 

Contoh Kelompok Tani Sukses

Kelompok tani Sidomulyo menjadi contoh keberhasilan pembiayaan petani. Diceritakan oleh Bangun pembina kelompok tani tersebut, bahwa mereka sudah 4 kali mengakses pembiayaan dari perbankan dan hasilnya Gapoktan Sidomulyo mampu mengembangkan usaha taninya.

"Omset perputaran kita ada 600 juta sebulan dan itu dipakai terus untuk kami fasilitasi petani. Kami beri pinjaman, namun mereka harus komitmen memenuhi target produksi," ungkap Bangun.

"Jadi suplai kami bisa kontinyu terus. Contohnya kami beri pinjaman untuk beli benih, pupuk, mol dan biaya olah tanah tapi mereka juga harus sanggup memenuhi produksi. Misalnya target kami seperti beras merah 40 ton, pandanwangi 40 ton dan beras hitam 18 ton," terangnya.

Gapoktan Sidomulyo yang beranggota 6 poktan dan 150 petani ini mampu memenuhi produksi 200 ton per bulan mulai dari beras merah, beras hitam, menthik susu, pandan wangi, brown rice, ciherang dan IR 64. Bahkan 62 hektarnya sudah menerapkan pertanian organik.

Bangun berkeyakinan Gapoktan Sidomulyo bisa jadi contoh usahaa tani yang sustain. Bahkan kelompoknya telah mendapat bantuan sentra pelayanan petani terpadu (SP3T) dari Kementan tahun 2018. Bantuan yang diberikan kala itu berupa vertical dryer, RMU dan husker.

"Rencana kami akan tambah alat lagi supaya kerjanya lebih optimal, kalo optimal kan biaya produksi bisa ditekan jadi keuntungan bagi poktan bisa bertambah, pungkas Bangun.

Di tempat yang sama Arofa Noor Indriani selaku Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY mengapresiasi atas program Kementan dan menyatakan kesiapannya mengawal kostraling.

"Dengan mekanisme yang semakin jelas ini kami akan mensupport dan mengawal untuk perluasan akses pembiayaan bagi petani di DIY," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stok Bawang Putih di Food Station Tjipinang Cuma Sampai Akhir Februari

Posted: 08 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Stok bawang putih di gudang PT Food Station Tjipinang Jaya hanya mampu bertahan sampai dengan akhir bulan. Adapun posisi stok bawang putih saat ini berada sekitar 1.000 ton atau setara dengan 38 kontainer.

"Ini (stok) kita sampai dengan akhir Febuari ini," kata Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Adi di Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Arief mengatakan pihaknya per hari hanya mampu mengeluarkan bawang putih mencapai 20 ton untuk kebutuhan pasar di Jakarta. Artinya untuk sampai dengan akhir Febuari ketersediaan stok di Food Station akan kurang atau menipis.

Dia berharap dengan kondisi seperti itu pemerintah dapat segera mengeluarkan rekomendasi impor produk holtikultura (RIPH). Dengan begitu, pihaknya dapat kembali melakukan impor dan menjamin ketersediaan stok bawang putih.

"Memang harus segera diputuskan untuk dikeluarkan RIPH dan SPI dari dari Kemendag," imbuh dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Ada Operasi Pasar, 22 Pasar Ini Jual Bawang Putih Hanya Rp 30 Ribu per Kg

Aktivitas pedagang bawang putih di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, Rabu (5/2/2020). Kelangkaan pasokan bawang putih di dalam negeri berimbas tingginya harga komoditas tersebut yang mencapai kisaran Rp 57.500/kilogram. (merdeka.com/magang/ Muhammad Fayyadh)
Aktivitas pedagang bawang putih di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, Rabu (5/2/2020). Kelangkaan pasokan bawang putih di dalam negeri berimbas tingginya harga komoditas tersebut yang mencapai kisaran Rp 57.500/kilogram. (merdeka.com/magang/ Muhammad Fayyadh)

Guna mengantisipasi lonjakan harga bawang putih, Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan menggelar operasi pasar (OP) bawang putih dan cabai. Operasi pasar berlangsung di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), kawasan Jati Padang, Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Operasi pasar tersebut ditujukan agar masyarakat bisa mendapatkan harga pangan terutama bawang putih dan cabai dengan harga yang lebih murah dari pasar. Asal tahu saja, harga bawang putih per Kgnya telah mencapai Rp 60 ribu saat ini.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi menyatakan, gelaran OP ini merupakan bentuk intervensi pemerintah untuk mengendalikan harga bahan pangan.

"Operasi pasar kali ini bahan pokoknya bawang putih dan cabai karena harga naik. Penyebabnya bermacam-macam, yang jelas Kementan dan Pemda DKI turun sebagai bentuk intervensi untuk kendalikan harga," ujar Agung kepada wartawan.

Bekerja sama dengan para importir dan pemasok, OP ini akan mengguyur pasar dengan 20 ton bawang putih dan 10 ton cabai setiap harinya. Untuk harganya sendiri, bawang putih dijual Rp 30 ribu per Kg dan cabai Rp 35 ribu per Kg.

Adapun, OP ini akan dilakukan hingga harga bawang putih dan cabai menyentuh harga normal. "Idealnya sampai sesuai harga yang kita kehendaki. Bawang putih maksimal Rp 40 ribu, cabai rawit merah maksimal Rp 50 ribu, kalau sudah, jangan," imbuh Agung.

 

Daftar Pasar

Berikut daftar 22 pasar yang berpartisipasi dalam OP ini:

1. Pasar Minggu

2. Pasar Kebayoran Lama

3. Pasar Tomang Barat

4. Pasar Jatinegara

5. Pasar Glodok

6. Pasar Palmerah

7. Pasar Klender SS

8. Pasar Senen

9. Pasar Pulo Gadung

10. Pasar Tebet Barat

11. Pasar Metro Atom

12. Pasar Tanah Abang

13. Pasar Johar Baru

14. Pasar Anyer Bahari

15. Pasar Koja Baru

16. Pasar Petojo Ilir

17. Pasar Mampang Prapatan

18. Pasar Pondok Labu

19. Pasar Gondangdia

20. Pasar Kelapa Gading

21. Pasar Cijantung

22. Pasar Keramat Jati

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendikbud: Program Setahun di Luar Kampus Tidak Hanya Magang

Posted: 08 Feb 2020 08:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan kebebasan untuk mahasiswa dalam salah satu kebijakan Kampus Merdeka, yang menerapkan hak belajar tiga semester di luar kampus tidak hanya berupa magang.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizar saat melakukan sosialisasi dan implementasi empat kebijakan baru Kampus Merdeka di Jakarta pada Kamis, 6 Februari 2020.

"Program hak satu tahun di luar kampus itu tidak hanya magang," ujar Nizar.

Nizar mengatakan sekarang kompetensi tidak cukup hanya diperoleh di dalam ruang kelas. Ruang tersebut harus dibuka seluas-luasnya untuk mahasiswa dalam mengadapi masa depan yang tidak pasti.

"Dunia sekarang semakin membutuhkan kompetensi yang tidak cukup hanya diperoleh di dalam ruang kelas. Ruang-ruang itu mesti kita buka lebih luas. Learning space, tempat untuk kita memperoleh ilmu, memperoleh kompetensi, kesiapan kita menghadapi masa depan itu sekarang ada dimana-mana. Dan ini harus kita buka sebagai bagian dari menyiapkan anak-anak kita, cucu-cucu kita untuk bisa fleksibel menghadapi masa depan kita yang tidak pasti," lanjut Nizar.

Terkait dengan kebebasan tersebut, Nizar juga mendukung upaya mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya sendiri sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

"Mereka bisa melakukan penelitian. Mahasiswa yang tertarik untuk yang sifatnya naturalis, dia tertarik untuk meneliti. Dia bisa aja di Kebun Raya bogor, pabrik jamur, mahasiswa yang astronomi misalnya dia ingin ikut di observatori teknisi. Bisa seperti itu, kesempatan membuka pintu magang ini sesuai dengan kompetensi dirinya," ungkap Nizar.

Magang dalam arahan Kemendikbud adalah masa di mana mahasiswa bisa menyiapkan karirnya di masa depan. Dengan pengalaman yang melibatkan semua lini, sesuai keyakinan dan kemantapan tiap mahasiswa.

"Dan kemudian nanti meyakini itu sebagai profesi karirnya ke depan ini yang ingin kita ubah. Jadi bukan sekadar magang di industri. Bisa membangun desa, bisa membuat project, bisa penelitian, bisa juga membuat  start up, bisa juga dengan sosialisasi desa. Misalnya ahli komunikasi kok di pmi bisa saja, misalnya selama satu tahun itu dia mendapatkan pengalaman apa saja. Selama satu semester itu dan untuk dirinya dan oleh perguruan tinggi bisa diakui sebagai 20 sks. Jadi di sini tidak hanya sekadar magang," jelas Nizar.

 

Kolaborasi Perguruan Tinggi

Demi mewujudkan masa depan yang terarah tersebut. Kemendikbud pun membuka selebar-lebarnya perguruan tinggi untuk membuka kolaborasi.

"Ini yang kita dorong, kampus-kampus untuk berkolaborasi  antara lain misalnya, satu semester mengambil kuliah di perguruan tinggi lain. Perguruan tinggi juga bisa berkolaborasi, sharing courses, kuliah bersama, sharing melalui online. Ini kan sekarang bisa terbuka sekali . Di satu sisi membuka pintu, dengan industri di sisi lain juga medorong perguruan tinggi untuk saling berkolaborasi. Karena dengan kolaborasi itu akan terbangun potensi kemampuan untuk maju bersama," tegas Nizar.

Diketahui hak belajar tiga semester di luar program studi tersebut merupakan kebijakan Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Acara yang dihadiri sejumlah Rektor Perguruan Tinggi maupun swasta tersebut juga menghadirkan Jamil Salmi yang merupakan Global Tertiary Education Expert, yang menjadi pembicara dalam tema New Challenges & Opportunities for Tertiary Education in the 21st Century.

 (Okti Nur Alifia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Tandang Barcelona Buruk, Quique Setien: Terkadang Sulit Mengubahnya

Posted: 08 Feb 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona Quique Setien tidak berusaha menyembunyikan performa buruk skuatnya ketika bermain tandang. Dia mengakui Lionel Messi dan kawan-kawan memang kesulitan dan harus segera berubah.

Tercatat, dari 11 laga tandang Liga Spanyol sejauh musim ini, Barcelona hanya meraih empat kemenangan, tiga hasil imbang, dan 4 kekalahan. Torehan ini jelas tidak memuaskan.

Barcelona memang belum menemukan kestabilan sejak awal musim. Hal ini yang berujung pada pemecatan Ernesto Valverde sebagai pelatih pada bulan lalu.

Kini, Setien harus mewarisi masalah performa tandang buruk Barcelona.

 

 

Mengapa Buruk?

Pemain Barcelona, Lionel Messi dan Frenkie de Jong, terlihat lemas saat Valencia berhasil mencetak gol ke gawang Barcelona. Valencia menang 2-0 atas Barcelona di Mestalla, dalam laga jornada 21 La Liga, Sabtu (25/1/2020). (Jose Jordan/AFP)
Pemain Barcelona, Lionel Messi dan Frenkie de Jong, terlihat lemas saat Valencia berhasil mencetak gol ke gawang Barcelona. Valencia menang 2-0 atas Barcelona di Mestalla, dalam laga jornada 21 La Liga, Sabtu (25/1/2020). (Jose Jordan/AFP)

Bermain tandang memang tidak mudah, ada banyak aspek yang berpengaruh. Setien mengaku tidak tahu pasti penyebab timnya kesulitan, entah karena taktik atau karena masalah mental.

"Saya bukan peramal, tapi faktanya ada banyak hal kecil yang berpengaruh. Ada argumen tentang permainan sepak bolanya, tapi sisi psikologis juga penting," buka Setien kepada Sport.

"Saya tidak tahu persentase setiap hal yang berpengaruh, tapi laju tandang buruk seperti itu memang terjadi dalam sepak bola dan terkadang sulit mengubahnya."

 

 

Tetap Optimistis

Kendati demikian, bukan berarti Setien tidak mencoba mencari jalan keluar. Dia yakin skuadnya mampu memperbaiki laju buruk tersebut. Mereka hanya perlu mendapatkan momentum.

"Beberapa hari lalu, di Bilbao, kami sudah berkembang, tapi kami tidak beruntung. Di babak pertama, di menit kelima, kami menciptakan peluang matang tapi gagal mencetak gol," sambung Setien.

"Lalu, di akhir pertandingan, mereka mencetak gol (0-1). Hal seperti itu memang bisa terjadi."

 

 

Tidak Logis

Setien menyinggung kegagalan di perempat final Copa del Rey beberapa hari lalu. Barcelona sudah bermain sangat baik hanya untuk kebobolan di menit ke-90+3 dan tersingkir dari kompetisi.

"Terkadang tidak ada penjelasan logis, tapi itu memang terjadi. Secara tiba-tiba, keadaan juga bisa berubah," imbuh Setien.

"Kami tidak boleh terlalu meratapinya, hanya fokus berkembang dan mencoba melakukannya ketika membawa bola," tandasnya.

Sumber: Sport

Disadur dari Bola.net (Penulis Richard Andreas, Published 09/02/2020)

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Tips Mengatasi Masakan yang Kemanisan, Tetap Enak

Posted: 08 Feb 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mengolah bahan-bahan makanan menjadi masakan lezat merupakan kegiatan menyenangkan. Namun, dalam proses membuat masakan kerap terjadi kesalahan-kesalahan kecil. Salah satunya masakan terlalu manis atau kemanisan.

Beberapa orang memang menyukai hidangan dengan rasa manis. Namun, masakan yang terlalu manis justru akan membuat hidangan menjadi tidak nikmat. Baik pemula maupun yang sudah berpengalaman pasti pernah mengalami kondisi memasak masakan kemanisan seperti ini.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kamu tetap bisa menyantap masakan lezat dengan menyeimbangkan rasanya. Ada beberapa bahan-bahan alami yang perlu kamu tambahkan ke masakan yang kemanisan ini.

Berikut beberapa tips mengatasi masakan yang kemanisan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (9/2/2020).

Menambahkan Perasa Asam atau Pahit

Ilustrasi memasak/copyright shutterstock
Ilustrasi memasak/copyright shutterstock

Rasa manis identik dengan lawannya, yaitu rasa asin. Namun, untuk mengatasi masakan yang kemanisan bukan dengan menambahkan garam. Menambahkan garam pada masakan yang kemanisan justru akan membawa rasa manis makin keluar.

Sebaiknya gunakan tambahan rasa asam atau pahit untuk mengatasi masakan yang kemanisan ini. Kamu bisa menambahkan sesuatu yang asam seperti lemon, jeruk nipis atau cuka makan, namun tambahkan sedikit demi sedikit.

Menambahkan Air atau Diencerkan

Ilustrasi memasak/copyright shutterstock
Ilustrasi memasak/copyright shutterstock

Tips mengatasi masakan yang kemanisan berikutnya dengan menambahkan air atau sedikit mengencerkannya. Menambahkan air ke dalam masakan yang terlalu manis sedikit demi sedikit dapat membuatnya menjadi lebih encer dan rasa manis akan berkurang.

Misalnya saja kamu sedang membuat saus spageti yang hasilnya terlalu manis. Kamu bisa menambahkan satu sendok teh bubuk cabai dan tambahkan sekaleng tomat yang dihancurkan. Tambahan ini dapat membantu mengencerkan rasa yang terlalu manis.

 

Menambahkan Rasa Pedas

Ilustrasi memasak/copyright shutterstock
Ilustrasi memasak/copyright shutterstock

Pilihan lain untuk menyeimbangkan masakan yang terlalu manis dengan rasa pedas. Kamu bisa mempertimbangkan sebelumnya untuk menambahkan perasa pedas ke dalam masakan yang kemanisan.

Cara mengatasi masakan kemanisan ini dapat menyeimbangkan rasa pada masakan yang kemanisan. Ada beberapa perasa pedas yang bisa kamu tambahkan seperti cabai, saus pedas, paprika merah, atau cabai rawit.

Pastikan ketika menambahkan salah satu bahan-bahan tersebut dilakukan dengan sedikit demi sedikit. Hal ini untuk menghindari masakan menjadi terlalu pedas.

Menambahkan Susu

Ilustrasi memasak/copyright shutterstock
Ilustrasi memasak/copyright shutterstock

Tips mengatasi masakan yang kemanisan berikutnya dengan menambahkan susu. Produk susu tertentu dapat memberikan keseimbangan rasa yang dibutuhkan ketika masakan terlalu manis.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Waduh, Ada 'Penguin' Berkeliaran di Car Free Day Jakarta

Posted: 08 Feb 2020 08:15 PM PST

Aktivis Greenpeace turun dari kereta kuda mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/FaizalFanani)
Aktivis Greenpeace turun dari kereta kuda mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/FaizalFanani)

Aktivis Greenpeace turun dari kereta kuda mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/FaizalFanani)

Sejumlah aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivis Greenpeace mengenakan topeng penguin saat menggelar aksi dalam car free day di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Mereka mengajak pemerintah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional (Global Ocean Treaty). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Virus Corona, Kemenaker Pantau 40 Ribu Tenaga Kerja Asing Asal Tiongkok

Posted: 08 Feb 2020 08:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan memantau sekitar 40.357 tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang ada di Indonesia untuk mencegah penyebaran virus corona. Upaya ini sebagai pencegahan agar tidak terjadi potensi penyebaran virus tersebut di tempat kerja.

Kepala Perlindungan TKI Masa Penempatan Kementerian Ketenagakerjaan Maptuha menyampaikan, ada pembinaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di tempat kerja TKA masing-masing.

"TKA kita yang berasal dari Tiongkok 40.357 orang per 3 Februari 2020. Terhadap TKA yang ada di Indonesia dilakukan pembinaan atau ditingkatkan pembinaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), khususnya kesehatan kerja, dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona baru," katanya saat konferensi pers di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, ditulis Minggu (9/2/2020).

Selain itu, sebagai upaya pencegahan penyakit di tempat kerja juga sengan melakukan peningkatan peran panitia pembina K3 di perusahaan. Beberapa upaya dengan deteksi dini dan pengendalian faktor bahaya di tempat kerja.

"Kemudian, meningkatkan peran pelayanan kesehatan kerja dan dokter perusahaan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di tempat kerja," ujar Maptuha

Untuk visa, TKA asal Tiongkok akan diberikan sepanjang Kemenaker memberikan izin kerja untuk TKA yang memang sudah berada di Indonesia.

Pekerja Migran Indonesia

Pekerja Pabrik Pakaian Rajut Songyo membuat masker untuk perlindungan terhadap coronavirus baru di Pyongyang (6/2/2020). Wabah yang dimulai dari kota Wuhan di China tersebut telah menyebar ke puluhan negara di dunia. (AFP/Kim Won-Jin)
Pekerja Pabrik Pakaian Rajut Songyo membuat masker untuk perlindungan terhadap coronavirus baru di Pyongyang (6/2/2020). Wabah yang dimulai dari kota Wuhan di China tersebut telah menyebar ke puluhan negara di dunia. (AFP/Kim Won-Jin)

Sebagai antisipasi terhadap virus corona, Kemenaker juga akan mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang terdaftar untuk melarang melakukan penempatan tenaga kerja ke daratan Tiongkok.

Hal tersebut dilakukan menyusul kebijakan Kementerian Luar Negeri yang melarang Warga Negara Indonesia (WNI) untuk berkunjung ke Tiongkok.

P3MI juga diimbau melakukan pengetatan atau pengurangan penempatan pekerja migran Indonesia (P3MI) di Hong Kong dan Taiwan.

"Karena negara tersebut kan berdekatan dengan daratan Tiongkok," Maptuha menerangkan.

Adapun bentuk pengetatan yang akan dilakukan melalui komunikasi intensif dengan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk mengingatkan, kondisi di Tiongkok dan negara-negara yang berdekatan berisiko tinggi terpapar virus corona.

Selain itu, P3MI harus melakukan pemeriksaan kesehatan yang ketat. Apabila ada calon pekerja migran yang pergi merupakan orang yang terbukti sehat.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Potret Kocak Warga Thailand Pakai Masker Nyeleneh

Posted: 08 Feb 2020 08:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona tengah menjadi kekhawatiran publik saat ini. Beberapa negara yang warganya telah terinfeksi virus mematikan tersebut segera diisolasi. Mereka juga melakukan pencegahan penularan Virus Corona dengan berbagai macam cara.

Menutup mulut menggunakan masker menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan banyak individu untuk terhindar dari virus tersebut. Sayangnya, penjualan masker meningkat setelah wabah Virus Corona meluas.

Artikel tentang potret nyeleneh warga pakai masker kocak menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang potret banjir Jakarta bidikan warga.

Sementara artikel ketiga tentang tingkah polos anak-anak yang bikin elus dada.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Potret Warga Pakai Masker Super Nyeleneh, Pengganti Masker N95

Sumber : Instagram// Berbagai Sumber
Sumber : Instagram// Berbagai Sumber

Karena sulitnya mencari masker, warga di Thailand terpaksa membeli masker bergambar karakter lucu. Masker tersebut digunakan di beberapa tempat umum saat mereka sedang menjalani aktivitas.

Selengkapnya...

2. 8 Potret Banjir Jakarta Pagi Ini Bidikan Warga

Kendaraan melintas saat banjir menggenangi Jalan Perintis Kemerdekaan, Pedongkelan, Jakarta, Sabtu (2/8/2020). Banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak semalam tersebut mengakibatkan lalu lintas dari Pulo Gadung menuju Senen dan arah sebaliknya macet. (merdeka.com/Imam Buhori)
Kendaraan melintas saat banjir menggenangi Jalan Perintis Kemerdekaan, Pedongkelan, Jakarta, Sabtu (2/8/2020). Banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak semalam tersebut mengakibatkan lalu lintas dari Pulo Gadung menuju Senen dan arah sebaliknya macet. (merdeka.com/Imam Buhori)

Warganet juga menyarankan agar para penggendara untuk waspada dan berhati-hati ketika melintas di beberapa ruas jalan Jakarta yang banjir.

Berikut beberapa foto dan video banjir Jakarta, hasil bidikan warga seperti merangkum dari Twitter.

Selengkapnya...

3. 7 Tingkah Polos Anak-Anak, Lucu tapi Bikin Elus Dada

Kelakuan anak-anak yang membuat geleng-geleng kepala
Kelakuan anak-anak yang membuat geleng-geleng kepala

Anak-anak cenderung mencoba berbagai hal baru yang menarik untuk mereka lakukan. Sikap polosnya sering membuat kita tertawa karena lucu dan gemas ketika melihatnya. Namun, tak jarang pula tingkahnya membuat kita mengelus dada.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan: Kemarin Hujan Ekstrem, Jakarta Terkendali dengan Baik

Posted: 08 Feb 2020 08:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Jakarta dilanda hujan yang sangat ekstrem. Hal itu berdasarkan prediksi yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terhadap beberapa wilayah di Indonesia beberapa hari lalu.

"Kemarin, sejak Sabtu dini hari Jakarta mengalami curah hujan yang cukup tinggi. Curah hujan itu disebut lebat bila di antara 50-100 mm, disebut sangat lebat bila 100-150 mm, dan ekstrem bila di atas 150 mm. Yang kemarin dialami di Jakarta itu sampai dengan 244 mm, jadi kita mengalami curah hujan ekstrem," kata Anies di TTIC, Jakarta Selatan, Minggu (9/2/2020).

Dengan begitu, Anies telah menyiagakan sejumlah alat untuk bisa mengendalikan air akibat hujan yang sangat ekstrem yang terjadi di Jakarta.

"Kita mensiagakan seluruh jajaran kita terkait pengendalian air hujan dan di tempat-tempat yang terjadi hujan intensif maka kita siagakan semua infrastruktur baik petugas maupun alat untuk memastikan bisa dikendalikan dengan baik," ujarnya.

Anies mengungkapkan, pihaknya sudah mulai menyiagakan para petugas untuk menangani banjir sejak Jumat 7 Februari 2020.

"Kemarin di Jakarta mulai jam 10 malam kita sudah mulai siaga hari Jumat malam karena kita menyaksikan di bendung Katulampa sudah mengalami peningkatan status kesiagaan dan Alhamdulillah kemarin sudah sampai puncaknya dan lewat hingga terkendali dengan baik," ungkapnya.

"Ke depan kita selalu siaga, semua petugas bersiap dan kita berharap seluruh masyarakat mengantisipasi karena curah hujan ekstrem," sambung Anies Baswedan.

 

Siagakan Pompa Air

Selain itu, Anies bakal menyiagakan pompa air untuk beberapa wilayah yang memang tidak adanya saluran air. Hal itu untuk menghindari bilamana terjadi hujan yang ekstrem atau lebat lagi.

"Ya terutama kalau hujan itu di tempat-tempat yang belum tentu ada saluran air. Jadi, tempat-tempat yang mengalami curah hujan itu tempat-tempat yang belum tentu ada aliran sungai, itu berbeda dengan kalau hujan kiriman," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Lamaran Resmi Caesar Hito dan Felicya Angelista, Romantis di Pinggir Pantai

Posted: 08 Feb 2020 08:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hubungan pasangan selebritas Tanah Air, Immanuel Caesar Hito dan Felicya Angelista semakin memasuki tahapan serius. Kemarin Sabtu (8/2/2020), Hito melamar Feli di D'Banquet Pantai Mutiara Sports Club. Acara tersebut berlangsung meriah dengan dihadiri oleh keluarga dekat dan tamu undangan.

Digelar di pinggir pantai, Hito dan Feli berpenampilan sangat tampan dan cantik. Keduanya memilih menggunakan konsep pakaian adat Jawa. Hito tampan dengan mengenakan busana warna coklat, sementara Feli terlihat cantik dengan kebaya warna merah muda kalem.

Pasangan yang sudah berpacaran 7 tahun tersebut resmi bertukar cincin sebagai tanda pengikat sementara sebelum pernikahan. Namun sebelum acara lamaran resmi yang bertempat di pinggir pantai tersebut, Hito dan Feli sempat merasa khawatir apabila cuaca tidak bersahabat.

"Kan tadi pagi, hujan deres banget kan ya, apalagi kelihatannya hujannya rata. Aku sama Hito sempat was-was, udah ada ketakutan, tapi kita kayak bawa terus dala doa dan dibantu support-support semuanya, puji Tuhan cuacanya cerah" ujar Felicya seperti Liputan6.com kutip dari Acara SCTV Hot Shot, Minggu (9/2/2020).

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, momen lamaran Caesar Hito dan Felicya Angelista, Minggu (9/2/2020).

 

1. Kemarin Sabtu (8/2/2020), Caesar Hito resmi melamar Felicya Angelista di D'Banquet Pantai Mutiara Sports Club.

6 Momen Lamaran Resmi Caesar Hito dan Felicya Angelista, Romantis di Pinggir Pantai (sumber: Instagram.com/hitocaesar)
6 Momen Lamaran Resmi Caesar Hito dan Felicya Angelista, Romantis di Pinggir Pantai (sumber: Instagram.com/hitocaesar)

2. Hito sangat antusias hadiri acara lamarannya dengan menggandeng kedua orang tuanya dengan mesra menuju venue acara.

6 Momen Lamaran Resmi Caesar Hito dan Felicya Angelista, Romantis di Pinggir Pantai (sumber: Instagram.com/hitocaesar)
6 Momen Lamaran Resmi Caesar Hito dan Felicya Angelista, Romantis di Pinggir Pantai (sumber: Instagram.com/hitocaesar)

3. Ini dia momen mengharukan saat Hito memberi sepatah dua kata untuk calon istrinya, Felicya. Feli begitu terharu dengan kata-kata pria yang sudah berpacaran dengannya selama 7 tahun tersebut.

6 Momen Lamaran Resmi Caesar Hito dan Felicya Angelista, Romantis di Pinggir Pantai (sumber: Instagram.com/felitolovers_17)
6 Momen Lamaran Resmi Caesar Hito dan Felicya Angelista, Romantis di Pinggir Pantai (sumber: Instagram.com/felitolovers_17)

4. Dengan pakaian adat Jawa, Hito resmi melingkarkan cincin di jari manis Feli tanda pengikat sementara hubungan mereka sebelum menikah.

6 Momen Lamaran Resmi Caesar Hito dan Felicya Angelista, Romantis di Pinggir Pantai (sumber: Instagram.com/hitocaesar_ofc)
6 Momen Lamaran Resmi Caesar Hito dan Felicya Angelista, Romantis di Pinggir Pantai (sumber: Instagram.com/hitocaesar_ofc)

5. Raut wajah bahagia tidak bisa disembunyikan dari wajah Feli maupun Hito saat keduanya bertukar cincin.

6 Momen Lamaran Resmi Caesar Hito dan Felicya Angelista, Romantis di Pinggir Pantai (sumber: Instagram.com/hitocaesar_ofc)
6 Momen Lamaran Resmi Caesar Hito dan Felicya Angelista, Romantis di Pinggir Pantai (sumber: Instagram.com/hitocaesar_ofc)

6. Acara yang digelar di pinggir pantai tersebut berlangsung meriah dengan dihadiri keluarga dekat keduanya dan banyak tamu undangan.

6 Momen Lamaran Resmi Caesar Hito dan Felicya Angelista, Romantis di Pinggir Pantai (sumber: Instagram.com/zackanggi)
6 Momen Lamaran Resmi Caesar Hito dan Felicya Angelista, Romantis di Pinggir Pantai (sumber: Instagram.com/zackanggi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ragam Warna Eksotisme Bintan Siap Meriahkan Gelaran Tour de Bintan 2020

Posted: 08 Feb 2020 08:05 PM PST

Liputan6.com, Bintan Tour de Bintan 2020 menjadi penegas destinasi Bintan, Kepulauan Riau, bebas Virus Corona. Wisatawan tetap bisa mengeksplorasi beragam warna eksotisnya, 27-29 Maret 2020. Apalagi, event ke-10 tersebut tetap berstatus Gran Fondo World Series Union Cycliste Internationale (UCI)
 
Edisi ke-10 Tour de Bintan 2020 menyajikan lima nomor dengan venue berbeda. Untuk nomor Individual Time Trial sepanjang 175 Km digelar di Plaza Lagoi, Bintan, pada Jumat (27/3). Sehari berikutnya, giliran Gran Fondo Classic 146 Km dan Gran Fondo Challenge 85 Km digelar di Simpang Lagoi, Bintan. Hari ke-3 menyajikan Gran Fondo Century 108 Km dan Gran Fondo Discovery 55 Km di Bintan Lagoon Resort.
 
Tetap digelarnya Tour de Bintan 2020 jadi bukti Bintan sebagai destinasi nyaman. Apalagi, stakeholder pariwisata di Bintan sudah menyatakan destinasi tersebut bebas Virus Corona.
 
Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar mengungkapkan, publik harus bergabung di Tour de Bintan 2020 karena spot ini sepenuhnya aman dari paparan Virus Corona atau familiar sebagai Novel Coronavirus-2019 (nCov).
 
"Publik tidak perlu khawatir datang ke Bintan. Destinasi ini bebas Virus Corona. Tetap dinyatakan aman dan steril dari sebaran virus tersebut. Secara keseluruhan, wilayah di Kepulauan Riau juga bebas Virus Corona. Stakeholder di sini sangat cekatan menghadang virus ini masuk, meski posisinya dekat dengan Singapura," ungkap Buralimar, Sabtu (8/2).
 
 

Siap tangkal Virus Corona

Secara geografis, Bintan dan Kepulauan Riau memang dekat dengan Singapura. Kedua poros tersebut dihubungkan oleh jalur laut dan udara secara langsung. Sebagai informasi, Virus Corona tersebut sudah muncul di Singapura. Hingga Selasa (4/2), penderita virus Corona di Singapura berjumlah 24 orang. Total ada 25 negara yang memberikan konfirmasi pasien positif nCov.
 
"Bintan dan Kepri memberikan pengawasan ketat untuk menangkal Virus Corona masuk. Semuanya itu sesuai prosedur dan standard yang berlaku. Seluruh pintu masuk wisman diawasi secara ketat. Hasilnya tetap negatif. Kami optimistis Tour de Bintan 2020 tetap meriah. Jumlah pesertanya banyak meski di luar negeri saat ini sedang ramai oleh virus nCov," tegas Buralimar.

Peserta terus meningkat

Tour de Bintan 2019.
Tour de Bintan 2019.
 
Tour de Bintan sebelumnya selalu ramai oleh peminatnya. Selain domestik, event balap sepeda tersebut selalu dibanjiri peserta mancanegara. Pada Tour de Bintan 2019, jumlah peserta 9% dari edisi event 2018. Dari total jumlah peserta, 13% diantaranya pembalap wanita. Menariknya, slot peserta asing mencapai 1.116 nama dari 48 negara. Angka tersebut tumbuh 4% dari penyelenggaraan 2018.
 
Profil Tour de Bintan semakin menarik karena beberapa nomor menjadi favorit. Untuk nomor balapan dengan durasi waktu 2 hari jumlah peminatnya tumbuh 6%. Menjadi magnet utama, Tour de Bintan 2019 mampu menarik wisatawan dari 28 negara. Mereka datang ke Bintan untuk menikmati alam, budaya, dan kulinernya. Jumlah wisatawan yang menikmati tur 2 hari tumbuh 4%, lalu durasi 2 hari naik 12%.
 
"Tour de Bintan tetap menjadi fenomena karena peminatnya besar. Kami optimistis angka itu akan tetap tumbuh tahun ini meski dunia sedang dihadapkan pada sebaran Virus Corona. Sebab, destinasi Bintan dan sekitarnya tetap aman. Event tahun ini juga digelar meriah. Kemasannya dibuat lebih fresh. Peserta dijamin lebih enjoy," jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan Wan Rudy Iskandar.
 
 

Eksplorasi sisi lain Bintan

Tour de Bintan 2019.
Tour de Bintan 2019.
Selain berkompetisi, peserta Tour de Bintan 2020 akan disuguhkan dengan beragam hiburan. Ada live music & DJ hingga jamuan makan. Lebih spesial lagi, peserta dan wisatawan umum bisa mengeksplorasi sisi lain destinasi Bintan. Destinasi ini punya alam indah. Sebut saja, Lagoi Bay, Telaga Biru, Bukit Pasir Busung, Bukit Panglong, Pulau Beralas Pasir, Trasure Bay, hingga Pantai Trikora dan Senggiling.
 
Berada dalam situs besar budaya Melayu, Bintan juga memiliki beragam budaya. Identik dengan budaya di wilayah Kepulauan Riau lainnya, beberapa tarian khas bisa dinikmati di Bintan. Ada Tari Melemang, Makyong, Zapin, Tandak, juga Joged Lambak. Untuk kulinernya, terdiri Gonggong, Otak-Otak Tulang, Lakse, Nasi Dagang, Kerang Bulu, Bubur Pedas, Asam Pedas Melayu, juga Roti Jala.
 
"Tour de Bintan 2020 memberikan banyak experience bagi wisatawan. Destinasi Bintan juga aman dari Virus Corona, hal sama dengan wilayah Indonesia secara keseluruhan. Kami mengundang publik untuk bergabung di Tour de Bintan 2020," tutup Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelengggara Kegiatan (Event) Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Rizki Handayani.
 
 
(*)
 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Meninggal di China Bertambah Jadi 811, Epidemi Virus Corona Telah Memuncak?

Posted: 08 Feb 2020 08:01 PM PST

Liputan6.com, Beijing - Komisi Kesehatan Nasional China pada Minggu (9/2/2020) pagi mengungkap jumlah korban meninggal dunia akibat Virus Corona di daratan China mencapai 811 orang.

Angka itu melebihi jumlah kematian akibat epidemik SARS pada 2002-2003. Kematian baru pada Sabtu 8 Februari mencapai rekor harian yakni 89 kematian, menurut data, melampaui total lebih dari 774 yang meninggal akibat SARS, atau Infeksi Saluran Pernapasan Berat.

Sebanyak 81 kematian akibat Virus Corona berada di Provinsi Hubei, China tengah, tempat virus telah menginfeksi sebagian besar orang. Kematian baru di ibu Kota Hubei, Wuhan, yang menjadi lokasi munculnya virus, mengalami penurunan yang langka.

Kasus infeksi Virus Corona baru pada Sabtu mencatat penurunan pertama sejak 1 Februari, berkurang lagi di bawah 3.000 menjadi 2.656 kasus. Sebanyak 2.147 kasus di antaranya berada di Provinsi Hubei.

 

Epidemi Sudah Memuncak?

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Image)

Profesor epidemiologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat di Universitas Michigan, Joseph Eisenberg, mengatakan terlalu dini untuk menentukan apakah epidemik tersebut sedang mencapai puncaknya, lantaran ketidakpastian dalam jumlah kasus.

"Bahkan jika kasus yang dilaporkan mungkin memuncak, kami tidak tahu apa yang terjadi dengan kasus yang tidak dilaporkan," katanya.

Total kasus virus corona terkonfirmasi di China mencapai 37.198 kasus, demikian data komisi kesehatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa yang Bikin Wanita Senang Berbelanja?

Posted: 08 Feb 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wanita terkenal sebagai makhluk yang senang berbelanja. Bahkan ada yang menganggap berbelanja itu seperti berbicara. Maksudnya, tidak perlu poin yang jelas atau objektif dan bisa berlangsung berjam-jam.

Demikian disampaikan Ahli Body Language dari Australia dan motivator dalam bukunya Why Men Don't Listen and Women Can't Read Maps.

"Wanita merasa berbelanja bisa meremajakan dan bersantai, entah mereka membeli sesuatu atau tidak," kata Pease.

Bahkan ketika berbelanja, kata Pease, wanita suka mencoba banyak pakaian dan meminta pendapat pasangannya. Namun, tetap saja tidak membelinya.

Menurutnya, wanita suka mencoba pakaian hingga ganti berkali-kali karena menyesuaikan dengan pola otak mereka dengan berbagai emosi dan perasaan. Setiap pakaian yang berbeda akan mencerminkan suasana hati itu.

 

Bagaimana dengan pria?

Belanja Baju / Sumber: iStockphoto
Belanja Baju / Sumber: iStockphoto

Berbeda dengan pria, Pease bilang, biasanya mulai cemas dan frustasi setelah berada di toko pakaian lebih dari 20 menit. Namun, wanita bisa membua pria bersemangat dengan memberitahukan target yang akan dicapai dan jadwalnya.

"Untuk memotivasi seorang pria pergi berbelanja, berikan dia kriteria yang jelas- warna, ukuran, merek, gaya - dan beri tahu di mana Anda akan berbelanja dan berapa lama. Dengan tujuan yang jelas, Anda akan kagum dengan antusiasme pria dalam berbelanja," kata Pease.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhirnya China Jemput 61 Warga Asal Wuhan di Bali

Posted: 08 Feb 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Denpasar - Pemerintah China menjemput puluhan warganya asal Wuhan yang tengah berada di Bali. Sabtu siang, sekitar pukul 12.20 WITA pesawat tersebut tiba di Bali.

Selanjutnya pada pukul 14.11 WITA, pesawat yang datang khusus dari Guangzhou, China itu telah kembali ke negara asalnya dengan tujuan Wuhan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

"Rinciannya ada 49 penumpang dewasa dan 12 anak-anak. Jenis pesawatnya adalah Boeing 737-800 dengan nomor penerbangan MU700. Pesawat tersebut dari negara asalnya tidak membawa penumpang dan hanya khusus menjemput warganya yang ada di Bali," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado, Sabtu (8/2/2020).

Ia menjelaskan, sesuai protap, kru pesawat yang terdiri dari pilot dan pramugari tidak diperkenankan untuk turun dari pesawat untuk masuk ke terminal ataupun menginap di Bali. Sementara para penumpang telah menjalani pemeriksaan yang cukup ketat sebelum memasuki pesawat.

"Untuk penumpang mereka masuk ke tempat check-in Imigrasi lalu masuk ke ruang tunggu. Di sana petugas KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) melakukan pemeriksaan para wisatawan asal China tersebut. Dari hasil pemeriksaan seluruhnya dalah kondisi sehat," terangnya. 

Sebelum memasuki pesawat, di tangga pesawat para penumpang tersebut kembali diperiksa ulang. "Di tangga pesawat diperiksa ulang dan semuanya dinyatakan sehat. Pesawat pun berangkat ke tempat tujuan," tuturnya.

Sementara itu, di dalam pesawat tersebut juga terdapat tim medis dari China sebanyak empat orang. "Awak pesawat itu sebanyak 16 orang, di mana empat orang di antaranya adalah tim medis. Rute pesawat itu Guangzhou-Denpasar lalu Denpasar-Wuhan," tuturnya.

Sementara itu, Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok, Mr Gou Haodong mengatakan, pemulangan ini atas inisiatif lembaganya mengingat banyak warganya yang meminta untuk dipulangkan karena rindu kampung halaman. Apalagi, dalam waktu dekat akan digelar Cap Gomeh.

"Biar bagaimanapun, Tiongkok adalah kampung halaman mereka dan mereka merindukan kampung halamannya. Hingga kini masih ada sekitar tiga ribuan warga Tiongkok yang berada di Bali," katanya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jose Mourinho Cukur Rambut Hingga Gundul Seperti Guardiola, Kenapa?

Posted: 08 Feb 2020 08:00 PM PST

London- Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho terkenal dengan gaya nyelenehnya. Kali ini, dia melakukan hal yang nyeleneh dengan rambut yang baru saja dipangkasnya.

Sebelumnya, tingkah polah mantan manajer Manchester United itu juga sempat jadi sorotan fans. Tertutama dalam laga yang mempertemukan Tottenham Hotspur dengan Manchester City, Minggu (2/2/2020).

Mourinho beberapa kali menunjukkan ekspresi khasnya. Dalam cuplikan video pendek yang beredar, Jose Moruinho menunjukkan perubahan ekspresi hanya dalam sekian detik. Ia terlihat gembira saat kiper Higo Lloris mampu menepis tendangan penalti Ilkay Gudongan.

Mourinho, bersama asistennya, terlihat sangat puas dan kembali ke tempat duduknya sambil bertepuk tangan. Namun dua detik kemudian, pelatih asal Portugal itu menyadari bahwa Raheem Sterling pantas diganjar kartu kuning karena diving di kotak penalti Tottenham.

Dengan wajah kesal, Jose Mourinho menghampiri wasit dan menunjukkan protesnya. Kini, lima hari setelah laga kemenangan Spurs atas Manchester City itu, Mourinho kembali berulah.

The Sun melaporkan, sang manajer mencukur habis rambutnya. Kini tampilan Jose Murinho senada dengan gaya manajer Manchester City, Pep Guardiola.

Keduanya sama-sama menggunakan gaya pelontos yang memesona. Pertanyaan baru pun muncul. Apa yang sebenarnya ingin disampaikan Jose Mourinho denga manuver kepala botaknya itu. Padahal pada tahun 2014 lalu, Jose sempat meledek gaya pelontos ala Pep Guardiola itu.

"Ketika kita bahagia dengan apa yang kita lakukan, kita tidak akan kehilangan rambut. Dan Guardiola botak. Ia tidak bahagia dnegan sepak bola," ujar Jose Mourinho pada 2014 lalu.

 

Bukan Kali Pertama

Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho (@spursofficial)
Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho (@spursofficial)

Ini bukan kali pertama Mourinho memilih mencukur habis rambut di kepalanya itu. Pada musim 2006/2007, kala masih bersama Chelsea, sang pelatih juga pernah melakukan manuver yang sama.

Saat itu, Mourinho juga mencukur habis rambutnya dan berkata siap berperang. Ternyata keyakinan itu berbuah manis. The Blues berhasil memenangkan sembilan dari sebelas pertandingan pembuka mereka.

Dengan demikian, tidak belebihan jika fans menyebut manuver itu adalah bukti optimisme Jose Mourinho menyongsong laga sisa di Premier League bersama Spurs. Apalagi, Tottenham Hotspur masih berpeluang menembus tiga besar jika bisa tampil konsisten di sisa pertandingan musim ini.

Selanjutnya, Tottenham Hotspur bakal melawat ke markas Aston Villa pada Senin (16/2/2020).

Disadur dari Bola.com (Hesti Puji Lestari/Hendry Wibawa,published 8/2/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Karen Idol Jatuh dari Lantai 6 Apartemen, Keluarga Pertanyakan Hal Ini

Posted: 08 Feb 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari Karen Pooroe alias Karen Idol. Putrinya, Zefania Carina Claproth meninggal dunia.

Putri Karen Idol itu diduga meninggal karena mengalami kecelakaan di apartemen ayahnya. Putri Karen Idol dikabarkan jatuh dari lantai 6 apartemen.

Ditemui di rumah duka di RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (8/2/2020), pihak keluarga Karen Idol, diwakili oleh Wemmy Amanupunyo selaku kuasa hukum, menceritakan kronologi meninggalnya putri Karen Idol.

Dari penuturannya, diketahui bahwa putri Karen Idol itu terjatuh dari apartemen itu semalam sebelumnya.

 

Jatuh Pukul 22.00 WIB

Karen Idol.
Karen Idol.

"Kronologis tentang kejadian memang saya belum ada kepastiannya ya. Saya belum mendengar dengan ini (pasti), tapi gambarannya bahwa anak dari Mbak Karen itu jatuh dari apartemen lantai 6, pastinya sekitar pukul 22.00 WIB. Kemudian kami dari pihak keluarga itu baru tahu kurang lebih pukul 11.00 WIB hari ini," katanya.

 

Bersama Ayah

Potret Karen Idol atau Karen Pooroe. (Sumber: Instagram/@karenpooroe)
Potret Karen Idol atau Karen Pooroe. (Sumber: Instagram/@karenpooroe)

Saat kejadian, putri Karen Idol itu masih tinggal dengan ayahnya yaitu Arya Satria Claproth.

"Iya. Memang sementara anak itu kan masih di bapaknya. Karena proses untuk hak asuh sedang berlangsung di PN Jaksel. Cuma memang belum sempat putus, sudah kejadian seperti ini. Jadi memang sampai dengan meninggalnya anak, itu ada di bapaknya," lanjutnya.

 

Mempertanyakan

Pihak keluarga Karen Idol pun mempertanyakan mengapa ia tidak langsung diberi tahu kejadian yang dialami putrinya itu. Karen Idol baru mengetahui kejadian tersebut keesokan paginya justru dari pihak kepolisian.

"Sama sekali tidak tahu. Itu yang kami pertanyakan. Justru kami dapat kabar dari kepolisian, sekitar pukul 11.00 WIB. Jadi yang tahu kejadiannya pihak dari bapaknya saja. Sedangkan ibunya sama sekali tak tahu. Tahunya pukul 11.00 WIB itu. Kurang lebih sekitar 12 jam (setelahnya) ya. Itu kan jadi tanda tanya juga," ungkap Wemmy Amanupunyo.

Proses Perceraian

Sementara itu, saat ini Karen Pooroe dan suaminya, Arya Satria Claproth, sedang menghadapi kasus perceraian. Sang putri sendiri diketahui tinggal bersama suami Karen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OnePlus 8 Rilis Akhir Maret?

Posted: 08 Feb 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah vendor sedang bersiap untuk merilis smartphone baru dalam waktu dekat ini, termasuk OnePlus. Smartphone yang akan diumumkan bernama OnePlus 8 dan 8 Pro.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (9/2/2020), OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro dilaporkan akan meluncur pada akhir Maret, atau April 2020. Peluncurannya lebih cepat daripada pendahulunya, OnePlus 7 dan 7 Pro yang dirilis pada pertengahan Mei 2019.

Langkah OnePlus itu disebut agar perusahaan tidak ketinggalan dari vendor smartphone lain. OnePlus berusaha agar flagship baru miliknya tidak terlalu terlambat setelah vendor termasuk Samsung dan Huawei merilis produk mereka.

Kendati demikian, sejauh ini belum ada bocoran dari pihak OnePlus tentang waktu peluncuran smartphone tersebut. Namun berbagai informasi terkait seri OnePlus 8 diprediksi akan semakin banyak beredar menjelang hari pengumumannya.

OnePlus juga dilaporkan menyiapkan varian Lite dari seri OnePlus 8. Belum ada informasi apakah smartphone tersebut akan dirilis bersamaan dengan 8 dan 8 Pro, atau secara terpisah.

Ini Harga Samsung Galaxy Z Flip dan Galaxy S20 Ultra

Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sebelum OnePlus, kompetitornya yaitu Samsung akan mengumumkan flagship terbarunya pada bulan ini yaitu seri Galaxy S20 dan Z Flip. Kedua smartphone ini akan diumumkan pada 11 Februari 2020.

Galaxy Z Flip dilaporkan akan dirilis di pasar pada 14 Februari 2020. Harga jualnya USD 1.400, atau berkisar Rp 19 juta.

Sementara Galaxy S20, S20+ dan S20 Ultra kemungkinan akan tersedia di pasar mulai 6 Maret 2020. Galaxy S20 Ultra akan dibanderol USD 1.300, atau sekira Rp 17 jutaan.

Ketiga varian Samsung Galaxy S20 memiliki peringkat ketahanan air IP68, dan hadir dengan pelindung layar langsung dari pabrik.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Manchester City Vs West Ham United: Waktunya Mengakhiri Tren Minor

Posted: 08 Feb 2020 07:55 PM PST

Manchester - Manchester City akan menghadapi West Ham United pada laga pekan ke-26 Liga Inggris di Stadion Etihad, Minggu (9/2/2020). Bermain di kandang sendiri, skuat racikan Pep Guardiola bertekad menang, sekaligus menyudahi tren minor.

Manchester City menelan kekalahan dalam dua laga terakhir. Mereka menyerah 0-1 dari Manchester United pada pertandingan leg kedua semifinal Piala Liga Inggris, 29 Januari 2020.

Selain itu, Man City juga ditekuk Tottenham Hotspur dengan skor 0-2 dalam laga pekan ke-26 Premier League pada 2 Februari lalu. Sebagai catatan, City melepaskan 19 tembakan, sedangkan Tottenham cuma tiga kali dalam laga tersebut.

Bermain dominan namun kalah, manajer Manchester City, Pep Guardiola, harus bisa membangkitkan kepercayaan diri timnya. Melawan West Ham, mereka dituntut tampil lebih baik dan lebih ganas di depan gawang.

Adapun The Hammers, tanpa satu kemenangan dalam enam laga terakhir di semua ajang (2 imbang; 4 kalah). West Ham juga selalu kalah dalam tiga pertandingan tandang terakhirnya di Premier League.

Pergantian manajer dari Manuel Pellegrini ke David Moyes ternyata belum menunjukkan hasil memuaskan untuk West Ham. Performa mereka masih mencemaskan.

Alhasil, The Hammers kini berada di peringkat 18 klasemen sementara Premier League dengan nilai 24. Mereka tertinggal 27 poin dari City yang menghuni posisi kedua.

Pada pekan pembuka Premier League musim ini, West Ham yang masih dilatih Pellegrini dihajar Manchester City dengan skor 0-5 di kandang sendiri. Kali ini, di markas City, dengan lawan yang sedang berusaha mencari penawar luka, West Ham sepertinya bakal kembali kehilangan tiga angka.

 

Perkiraan Susunan Pemain:

Aksi Sergio Aguero pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (28/2). Manchester City menang 1-0 atas West Ham United. (AFP/Oli Scarff)
Aksi Sergio Aguero pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (28/2). Manchester City menang 1-0 atas West Ham United. (AFP/Oli Scarff)

Manchester City (4-3-3): Ederson; Mendy, Laporte, Fernandinho, Walker; De Bruyne, Rodrigo, David Silva; Gabriel Jesus, Aguero, Bernardo Silva

Pelatih: Pep Guardiola

Info skuat: Zinchenko (skorsing), Sane (sangat meragukan), Mendy (meragukan), Sterling (meragukan)

West Ham United (4-1-4-1): Fabianski; Cresswell, Ogbonna, Diop, Fredericks; Rice; Antonio, Noble, Soucek, Snodgrass; Haller

Pelatih: David Moyes

Info skuat: Wilshere (cedera), Yarmolenko (cedera), Felipe Anderson (cedera)

Statistik dan Catatan Pertemuan Kedua Tim

Selebrasi gol tunggal Sergio Aguero pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (28/2). Manchester City menang 1-0 atas West Ham United. (AFP/Lindsay Parnaby)
Selebrasi gol tunggal Sergio Aguero pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (28/2). Manchester City menang 1-0 atas West Ham United. (AFP/Lindsay Parnaby)

Head to head kedua tim:

  • 10-08-2019 West Ham United 0-5 Manchester City (Premier League)
  • 28-02-2019 Manchester City 1-0 West Ham United (Premier League)
  • 24-11-2018 West Ham United 0-4 Manchester City (Premier League)
  • 29-04-2018 West Ham United 1-4 Manchester City (Premier League)
  • 03-12-2017 Manchester City 2-1 West Ham United (Premier League)

Lima Pertandingan Terakhir Manchester City:

  • 18-01-2020 Manchester City 2-2 Crystal Palace (Premier League)
  • 22-01-2020 Sheffield United 0-1 Manchester City (Premier League)
  • 26-01-2020 Manchester City 4-0 Fulham (Piala FA)
  • 30-01-2020 Manchester City 0-1 Manchester United (Piala Liga Inggris)
  • 02-02-2020 Tottenham Hotspur 2-0 Manchester City (Premier League)

Lima Pertandingan Terakhir West Ham United:

  • 18-01-2020 West Ham United 1-1 Everton (Premier League)
  • 23-01-2020 Leicester 4-1 West Ham United (Premier League)
  • 25-01-2020 West Ham United 0-1 West Brom (Piala FA)
  • 30-01-2020 West Ham United 0-2 Liverpool (Premier League)
  • 01-02-2020 West Ham United 3-3 Brighton (Premier League)

Prediksi Bola.com:

Manchester City 60 - 40 West Ham United

Man City yang berhasil meraih kemenangan dalam delapan laga terakhir kontra West Ham United, diunggulkan memetik tiga poin. Kemenangan juga membuat City menyudahi hasil buruk dalam dua pertandingan terakhir. Meski begitu, The Hammers yang belum pernah menang dalam enam laga sebelumnya di seluruh ajang harus tetap diwaspadai.

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Gia Yuda Pradana/Published: 07/02/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kala Ridwan Kamil dan Prabowo Akrab Usai Berpisah di Pilgub Jabar

Posted: 08 Feb 2020 07:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hubungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang sempat sedikit panas pada Pilgub Jabar 2018, kini tampaknya mulai mencair. Momen akrab keduanya tertangkap saat sama-sama menjadi saksi pernikahan Putri dari Ketua DPRD Jawa Barat, Taufik Hidayat di Trans Luxury, Bandung, Sabtu (8/2/2020) kemarin.

Keduanya nampak akrab berbincang, tertawa dengan hangat. Ridwan mengaku pertemuannya dengan Prabowo adalah momen pertama dirinya kembali bisa berbincang langsung dengan Menteri Pertahanan RI tersebut sejak Pilgub Jabar.

"Saya mengucapkan selamat atas penugasan sebagai menteri pertahanan saya mendoakan beliau sukses lancar karena ini bukan tugas sederhana. Mengucapkan selamat datang di Bandung," katanya dalam keterangan, Minggu (9/2/2020).

Menurutnya momen pertemuan kemarin juga unik karena saksi nikahnya ada tiga. "Saya kira hanya Pak Prabowo saja. Biasanya kalau saksi nikah dua kan berhadapan (posisi duduknya) kalau ini mah tiga. Sehingga duduknya berdampingan," tuturnya.

Ridwan mengaku momen tersebut tidak membuat dirinya canggung, meski momen politik sempat hubungan keduanya tidak kondusif. Dia juga memastikan sikap hangat Prabowo menunjukan kedewasaan yang bersangkutan.

"Enggak (canggung), saya sudah biasa menghadapi situasi seperti itu, mengalir saja. Dan terlihat memang sudah cair sih. Mungkin persepsi orang menganggap bagaimana. Tapi saya melihat kepribadian Pak Prabowo yang melihat masa depan lebih penting ketimbang masa lalu," katanya.

"Di sela itu saya minta maaf sebagai yang muda ke yang sepuh terhadap apapun yang mungkin dalam perjalanan kurang berkenan di mata beliau karena sebuah takdir," ujarnya.

 

Tak Bahas Agenda Nasional

Ridwan mengaku pertemuan kemarin tidak sempat membahas agenda nasional maupun Pilpres 2024.

"Boro-boro. Saya gak mikir kesana. Ada momen kita ngobrol, saling mendoakan karier dan pekerjaan. Hanya ringan begitu saja dan mohon maaf lahir batin untuk apapun yang mungkin kurang berkenan," katanya.

"Semua khusyuk mendengarkan MC mengatur flow acara, ada pengajian kita khidmat, lagi ceramah tunduk, akadnya kita ikuti. Jadi gak ada waktu spesifik," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Ki Sabdo Jagad Royo Klaim Temukan Obat Virus Corona

Posted: 08 Feb 2020 07:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sempat heboh video paranormal Ki Sabdo Jagad Royo yang menjaga proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu, 20 Oktober 2019. Kini paranormal tersebut kembali hadir dengan menyatakan kalau menemukan obat atasi virus corona.

Ki Sabdo Jagad Royo sebelumnya mengunggah video di salah satu layanan aplikasi video pada 31 Januari 2020. Pada video berdurasi 1 menit 32 detik itu, ia mengatakan, kalau dirinya siap membantu negara China dan negara lainnya untuk menghilangkan penyakit berbahaya, menular dan mematikan virus corona.

Dalam tayangan video tersebut, ia mengklaim kalau hal tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

Artikel Ki Sabdo Jagad Royo klaim temukan obat virus corona menyita perhatian pembaca di Surabaya. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut tiga artikel terpopuler di Surabaya yang dirangkum pada Minggu (9/2/2020):

1.Ki Sabdo Jagad Royo Klaim Temukan Obat Virus Corona

Sempat heboh video paranormal Ki Sabdo Jagad Royo yang menjaga proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu, 20 Oktober 2019. Kini paranormal tersebut kembali hadir dengan menyatakan kalau menemukan obat atasi virus corona.

Ki Sabdo Jagad Royo sebelumnya mengunggah video di salah satu layanan aplikasi video pada 31 Januari 2020. Pada video berdurasi 1 menit 32 detik itu, ia mengatakan, kalau dirinya siap membantu negara China dan negara lainnya untuk menghilangkan penyakit berbahaya, menular dan mematikan virus corona.

Dalam tayangan video tersebut, ia mengklaim kalau hal tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Risma Cabut Laporan Kasus Dugaan Penghinaan Dirinya, Ini Langkah Polisi

Polrestabes Surabaya menyatakan sudah menerima pencabutan laporan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) terhadap ZD (43), yang menghina Risma di akun media sosial facebook.

"Ya benar, nanti akan dilakukan gelar perkara," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran saat dihubungi Liputan6.com, lewat pesan singkat, Sabtu, 8 Februari 2020.

Sudamiran menuturkan, kasus tersebut lanjut tergantung dari hasil gelar perkara. "Keputusan tunggu dari hasil gelar perkara," kata dia.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) resmi mencabut laporan yang ditujukan kepada ZD (43), warga Bogor, Jawa Barat yang menghinanya melalui akun media sosial. Surat pencabutan laporan diserahkan ke Polrestabes Surabaya pada Jumat, 7 Februari 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

3. Pesan Harmonisasi dalam Lontong Capgomeh

Perayaan Capgomeh kini dirayakan meriah. Perayaan dilakukan setelah Imlek, atau tepatnya pada hari ke-15 atau hari terakhir bulan pertama menurut kalender China.

Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa Jawa Timur, Gatot S.Santoso menuturkan, perayaan capgomeh kini dirayakan komunitas-komunitas tidak hanya oleh masyarakat Tionghoa saja.   Perayaan capgomeh juga meriah, seperti halnya dengan Imlek. Adapun perayaan capgomeh ini menutup serangkaian acara Imlek. 

"Di Tionghoa, jadi petani kembali kerja di sawah karena musim semi cocok untuk kerja. Capgomeh ini sebagai penutup rangkaian acara Imlek. Perayaan Imlek sendiri dimulai seminggu sebelum Imlek," ujar Gatot saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu, 8 Februari 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Operasi Pasar, 22 Pasar Ini Jual Bawang Putih Hanya Rp 30 Ribu per Kg

Posted: 08 Feb 2020 07:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Guna mengantisipasi lonjakan harga bawang putih, Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan menggelar operasi pasar (OP) bawang putih dan cabai. Operasi pasar berlangsung di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), kawasan Jati Padang, Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Operasi pasar tersebut ditujukan agar masyarakat bisa mendapatkan harga pangan terutama bawang putih dan cabai dengan harga yang lebih murah dari pasar. Asal tahu saja, harga bawang putih per Kgnya telah mencapai Rp 60 ribu saat ini.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi menyatakan, gelaran OP ini merupakan bentuk intervensi pemerintah untuk mengendalikan harga bahan pangan.

"Operasi pasar kali ini bahan pokoknya bawang putih dan cabai karena harga naik. Penyebabnya bermacam-macam, yang jelas Kementan dan Pemda DKI turun sebagai bentuk intervensi untuk kendalikan harga," ujar Agung kepada wartawan.

Bekerja sama dengan para importir dan pemasok, OP ini akan mengguyur pasar dengan 20 ton bawang putih dan 10 ton cabai setiap harinya. Untuk harganya sendiri, bawang putih dijual Rp 30 ribu per Kg dan cabai Rp 35 ribu per Kg.

Adapun, OP ini akan dilakukan hingga harga bawang putih dan cabai menyentuh harga normal. "Idealnya sampai sesuai harga yang kita kehendaki. Bawang putih maksimal Rp 40 ribu, cabai rawit merah maksimal Rp 50 ribu, kalau sudah, jangan," imbuh Agung.

Daftar Pasar

Aktivitas pedagang bawang putih di pasar Kebayoran Lama, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pedagang bawang putih di pasar Kebayoran Lama, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berikut daftar 22 pasar yang berpartisipasi dalam OP ini:

1. Pasar Minggu

2. Pasar Kebayoran Lama

3. Pasar Tomang Barat

4. Pasar Jatinegara

5. Pasar Glodok

6. Pasar Palmerah

7. Pasar Klender SS

8. Pasar Senen

9. Pasar Pulo Gadung

10. Pasar Tebet Barat

11. Pasar Metro Atom

12. Pasar Tanah Abang

13. Pasar Johar Baru

14. Pasar Anyer Bahari

15. Pasar Koja Baru

16. Pasar Petojo Ilir

17. Pasar Mampang Prapatan

18. Pasar Pondok Labu

19. Pasar Gondangdia

20. Pasar Kelapa Gading

21. Pasar Cijantung

22. Pasar Keramat Jati

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Underpass Kemayoran Masih 3 Meter

Posted: 08 Feb 2020 07:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Underpass Gandhi di Kemayoran, Jakarta Pusat masih terendam air. Banjir menggenangi sejak kemarin seiring hujan deras melanda jakarta dan sekitarnya pada 8 Februari dini hari.

Kepala Divisi Manajemen Pemeliharaan Lingkungan Pusat Pengelola Kawasan (PPK) Kemayoran, Ahmad Suryadi mengatakan, saat ini Petugas gabungan di lokasi masih melakukan penyedotan air dan mengoperasikan 17 pompa.

"Jumlah pompa 17 pompa," kata Ahmad Suryadi dikonfirmasi, Minggu (9/2/2020).

Hingga pukul 10.00 WIB, menurut Ahmad Suryadi underpass itu masih tergenang sekitar 3,5 meter. "Saat ini ketinggian air 3,5 meter," ucapnya.

Suryadi berharap apabila tak turun hujan lagi, underpass itu diperkirakan akan kering sore atau nanti malam.

Diketahui, ketinggian air sudah mulai naik sejak pukul 03.00 WIB. Penyedotan air pun segera dilakukan.

Sebelumnya, underpass Kemayoran ini memang sering dilanda banjir bila curah hujan tinggi mengguyur Jakarta. Pada Jumat 24 Januari 2020, banjir juga telah memutuskan akses jalan di underpass Kemayoran tersebut.

 

 

Butuhkan Waktu hingga 3 Hari

Penyedotan air pun dibutuhkan waktu satu hingga tiga hari untuk menguras air di lokasi tersebut.

"Ini sudah langganan banjir, tapi tergantung curah hujan. Kalau curah hujan tinggi dia selalu kayak gini," kata petugas Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat, Ristu, Sabtu 25 Januari 2020.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Manuver Shin Tae-yong di Timnas Indonesia yang Patut Diacungi Jempol

Posted: 08 Feb 2020 07:35 PM PST

Jakarta - Perubahan dilakukan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di skuat Garuda Muda. Beberapa perubahan yang dilakukan juru taktik asal Korea Selatan itu bahkan layak diacungi jempol.

Shin Tae-yong diyakini bakal membawa Timnas Indonesia menjadi tim yang layak diperhitungkan di Asia. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu disebut memiliki semua unsur yang diperlukan PSSI untuk membangun Timnas Indonesia menjadi lebih baik.

Sayangnya, Timnas Indonesia U-19 di bawah Shin Tae-ying belum menunjukkan tajinya. Mereka kalah dalam tiga laga uji coba terakhir, yakni kala melawan Busan IPark, Kyung Hee University, dan Seongnam FC.

Namun, itu masih laga uji coba. Hasil tersebut tak begitu membebani Shin Tae-yong. Menurut mantan pelatih Korea Selatan itu, hasil bukan tujuan utamanya saat ini.

Shin mengaku lebih mengedepankan peningkatan dan kualitas para pemain dalam pertandingan uji coba. Shin Tae-yong juga mengklaim beberapa lini Tim Garuda Muda masih harus mendapat perbaikan.

"Kami masih harus memperbaiki pertahanan kami dan juga taktik. Akan tetapi, hasil ini wajar karena kami memang belum mempelajari taktik. Namun, kami semakin bagus dalam hal fisik," kata Shin Tae-yong seperti dikutip situs resmi PSSI.

Mengacu pada hal tersebut, Shin Tae-yong tidak tinggal diam. Beberapa manuver dan keputusannya membuat performa Timnas Indonesia meningkat. Capaian itu membuat Shin Tae-yong layak diacungi jempol.

Berikut tiga manuver Shin Tae-yong di Timnas indonesia yang layak diacungi jempol. Berikut perinciannya.

 

1. Belajar Bahasa Indonesia dan Kultur Agama Islam

Shin Tae-Yong memberi keterangan resmi pertama saat perkenalan pelatih baru Timnas Indonesia di Ruang VVIP Stadion Pakansari, Kab Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). Shin Tae-Yong resmi menandatangani kontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia selama 4 tahun. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Shin Tae-Yong memberi keterangan resmi pertama saat perkenalan pelatih baru Timnas Indonesia di Ruang VVIP Stadion Pakansari, Kab Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). Shin Tae-Yong resmi menandatangani kontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia selama 4 tahun. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Manuver pertama Shin Tae-yong yang perlu diacungi jempol adalah kegigihan untuk cepat beradaptasi. Kabarnya, Shin mulai belajar Bahasa Indonesia sejak resmi menangani Timnas Indonesia pada Januari lalu.

Bahkan, dalam kontraknya bersama PSSI, Shin Tae Yong minta diberikan guru les. Permintaan itu bisa dimaklumi.

Timnas Indonesia adalah tim negara Asia Tenggara pertama yang ditangani Shin Tae-yong. Ia tidak mengerti Bahasa Melayu sama sekali. Padahal, pelatih dan pemain harus punya chemistry untuk sukses dalam kerja samanya.

Oleh sebab itu, Shin Tae-yong rela belajar Bahasa Indonesia demi bisa berkomunikasi lebih baik dengan para pemainnya. Selain itu, Shin Tae-yong disebut juga minta dijarkan kultur Agama Islam.

Hal ini dilakukan sebab Shin Tae-yong ingin menjadi pelatih yang punya respek kepada pemain beragama Islam, terutama tentang jadwal salat atau pun jadwal puasa nanti.

2. Rencana Matang

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan saat latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjalankan tugas perdananya dengan memantau dan memberikan arahan di seleksi timnas U-19. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan saat latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjalankan tugas perdananya dengan memantau dan memberikan arahan di seleksi timnas U-19. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Shin Tae-yong juga menjadi salah satu pelatih yang punya rencana matang. Shin tahu benar apa yang harus dilakukannya lebih dulu.

Misalnya saja tentang teknik dasar pengagwa Timnas Indonesia. Alih-alih mengajari teknik baru kepada pemain Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong justru menyuruh mereka memahami teknik dasar terlebih dahulu.

"Kami fokus menjalani sesi latihan bagaimana para pemain nanti bisa mengoper bola dengan baik dan benar. Baik umpan pendek atau panjang," ungkap Shin Tae-yong.

Keputusan Shin tersebut bukan tanpa alasan. Menurutnya, pemain harus ahli dalam teknik dasar sebagai modal improvisai teknik lanjutan.

Setelah teknik dasar dirasa lumayan, Shin diyakini bakal menerapkan rencana lanjutan yang telah ia persiapkan. Satu di antaranya dengan melakukan perombakan besar-besaran di Timnas Indonesia.

3. Beri Kesempatan Pemain Muda

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjadi supervisi untuk Timnas Indonesia senior, U-22, U-20, dan U-16. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjadi supervisi untuk Timnas Indonesia senior, U-22, U-20, dan U-16. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Manuver Shin Tae-yong yang juga layak diacungi jempol adalah rencananya untuk memberi kesempatan pemain muda. Arsitek asal Spanyol itu melakukan peremajaan Tim Garuda dengan banyak memberdayakan pemain interval usia 20-23 tahun.

Itu berarti, Shin Tae-yong bakal menerapkan strategi yang mirip dengan Luis Milla. Pada 2017 lalu, Luis Milla juga melakukan peremajaan terhadap skuat Garuda Muda.

Rencana Shin Tae-yong tersebut bisa dibilang cerdas. Pasalnya, Indonesia sedang butuh pemain yang bisa dijadikan tumpuan untuk hari ini dan di masa yang akan datang.

Disadur dari Bola.com (Penulis Hesti Puji Lestari / Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 09/02/2020)

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia Nanti Malam: Siaran Langsung Inter Milan vs AC Milan

Posted: 08 Feb 2020 07:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Liga Italia akhir pekan ini bakal menghadirkan duel derby sekota Inter Milan melawan AC Milan. Kebetulan, keduanya sedang dalam tren positif, terutama AC Milan yang terus menaik usai kehadiran Zlatan Ibrahimovic.

AC Milan memang ingin meneruskan tren positif mereka saat melakoni jadwal Liga Italia ke-23. Meski masih jauh dari posisi zona Liga Champions,Milan sudah tak terkalahkan di lima laga terakhir.

Inter Milan juga punya motivasi besar untuk menjaga posisi. Saat ini, mereka tertinggal tiga poin dari Juventus yang bertengger aman di klasemen Liga Italia.

Kemenangan atas AC Milan bisa membawa Inter Milan memuncaki klasemen Liga Italia. Pasalnya Juventus semalam kalah 1-2 dari Hellas Verona.

Berikut jadwal siaran langsung Inter Milan vs AC Milan yang akan disiarkan di RCTI. 

Jadwal

Senin, 10 Februari 2020

02.45 WIB, Inter Milan vs AC Milan

Stadion Giuseppe Meazza

Live: RCTI

Jadwal Lainnya

Minggu (9/2/2020)

18:30 WIB SPAL vs Sassuolo

21:00 WIB Genoa vs Cagliari

21:00 WIB Napoli vs Lecce

21:00 WIB Brescia vs Udinese

Senin (10/2/2020)

00:00 WIB Parma vs Lazio (RCTI)

 

Klasemen Liga Italia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tentara Thailand Tembaki Pengunjung Mal, 20 Tewas

Posted: 08 Feb 2020 07:30 PM PST

Tentara mengawal pengunjung yang keluar dari mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Akibat penembakan tersebut sebanyak 20 orang tewas. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)
Tentara mengawal pengunjung yang keluar dari mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Akibat penembakan tersebut sebanyak 20 orang tewas. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)

Tentara mengawal pengunjung yang keluar dari mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Akibat penembakan tersebut sebanyak 20 orang tewas. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)

Sejumlah tentara komando bersenjata terlihat di luar mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Petugas langsung mengevakuasi pengunjung dari dalam mal Terminal 21 Korat. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)
Sejumlah tentara komando bersenjata terlihat di luar mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Petugas langsung mengevakuasi pengunjung dari dalam mal Terminal 21 Korat. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)

Sejumlah tentara komando bersenjata terlihat di luar mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Petugas langsung mengevakuasi pengunjung dari dalam mal Terminal 21 Korat. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)

Orang-orang berlarian menuju pintu keluar mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Pelaku seorang perwira militer junior yang diidentifikasi sebagai Sersan Mayor Jakrapanth Thomma. (Crime Suppression Division of The Royal Thai Police via AP)
Orang-orang berlarian menuju pintu keluar mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Pelaku seorang perwira militer junior yang diidentifikasi sebagai Sersan Mayor Jakrapanth Thomma. (Crime Suppression Division of The Royal Thai Police via AP)

Orang-orang berlarian menuju pintu keluar mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Pelaku seorang perwira militer junior yang diidentifikasi sebagai Sersan Mayor Jakrapanth Thomma. (Crime Suppression Division of The Royal Thai Police via AP)

Dua tentara terlihat dalam mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Serangan terjadi saat mal dalam kondisi penuh pada akhir pekan yang panjang. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)
Dua tentara terlihat dalam mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Serangan terjadi saat mal dalam kondisi penuh pada akhir pekan yang panjang. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)

Dua tentara terlihat dalam mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Serangan terjadi saat mal dalam kondisi penuh pada akhir pekan yang panjang. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)

Sejumlah tentara komando bersenjata berjalan di luar mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Sebelumnya, pelaku juga menembak tiga orang di barak tentara terdekat. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)
Sejumlah tentara komando bersenjata berjalan di luar mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Sebelumnya, pelaku juga menembak tiga orang di barak tentara terdekat. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)

Sejumlah tentara komando bersenjata berjalan di luar mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Sebelumnya, pelaku juga menembak tiga orang di barak tentara terdekat. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)

Polisi berjaga di luar mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Pelaku mencuri kendaraan militer dan melaju ke pusat kota kemudian melakukan pembantaian. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)
Polisi berjaga di luar mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Pelaku mencuri kendaraan militer dan melaju ke pusat kota kemudian melakukan pembantaian. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)

Polisi berjaga di luar mal Terminal 21 Korat saat terjadi penembakan di Nakhon Ratchasima, Thailand, Nakhon Ratchasima, Thailand, Minggu (9/2/2020). Pelaku mencuri kendaraan militer dan melaju ke pusat kota kemudian melakukan pembantaian. (AP Photo/Sakchai Lalitkanjanakul)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran Kafe di Jatinegara, Api Berasal dari Lantai 2 Karaoke

Posted: 08 Feb 2020 07:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satu unit ruko berlantai empat di Jatinegara, Jakarta Timur, terbakar pagi ini, pukul 05.20 WIB. Empat orang menjadi korban si jago merah, satu di antaranya meninggal dunia.

"Korban ada empat, satu wanita meninggal dunia bernama Irma(35) alamat Cianjur, tiga korban lainnya tidak meninggal dunia, dua orang pria dan satu orang wanita," tulis Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, lewat siaran pers diterima, Minggu (9/2/2020).

Kebakaran ruko ini tepatnya terjadi di Jalan Jatinegara Timur, Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara.

Berdasarkan laporan diterima dari warga, api dikatakan berasal dari lantai dua ruang karaoke. Namun Tim Sudin Damkar Jaktim sampai saat ini masih menyelidiki penyebab pasti.

"Sebab pasti masih diselidiki," jelas Gatot.

Saat pemadaman, sebanyak 10 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) diperbantukan. Lima mobil pompa dan lima mobil alat pendukung. Terkait jumlah personel diturunkan, total ada 50 anggota diterjunkan dalam kebakaran di Jatinegara tersebut.

"Hingga pukul 07.00 WIB tadi, api masih dalam proses pemadaman," Gatot menutup.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: