Minggu, 02 Februari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jelang Pilkada, DPP PDIP Panggil Seluruh Anggota Fraksi dan Pengurus DPC Solo

Posted: 02 Feb 2020 09:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP memanggil seluruh pengurus DPC dan anggota fraksi PDIP DPRD Solo ke Jakarta. Menurut rencana, mereka akan mengikuti konsolidasi internal. Apakah pemanggilan tersebut terkait Pilkada Kota Solo, 23 September 2020?

Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa, membenarkan kabar tersebut. Bakal calon Wakil Wali Kota Solo tersebut mengaku telah mendapatkan undangan dari DPP PDIP sejak Jumat (31/1/2020). Namun dia belum bisa memastikan, agenda pembicaraan dalam pertemuan tersebut. Namun dia memperkirakan terkait pilkada.

"Kami sudah menerima undangannya sejak hari Jumat kemarin. Kegiatannya terkait konsolidasi internal. Saya belum tahu apa yang akan dibahas. Saya kira ada hubungannya dengan Pilkada Solo," ujar Teguh kepada wartawan di gedung DPRD Kota Solo, Senin (3/2/2020).

Menurut dia, total ada 36 kader yang diundang ke kantor DPP PDIP. Dari jumlah tersebut, satu kader bernama Dyah Retno Pratiwi, karena sedang hamil tua. Pagi ini mereka berkumpul di gedung DPRD Solo dan berangkat bersama-sama menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo.

Bulat Usung Achmad Purnomo-Teguh Prakosa

Terkait kemungkinan diumumkannya rekomendasi dalam pertemuan siang nanti, Teguh mengaku tidak mengetahui. Yang jelas, lanjut mantan Ketua DPRD itu, pertemuan digelar untuk memastikan kader solid terhadap keputusan DPP.

"Belum tahu kalau soal rekomendasi. Soalnya tidak disinggung itu. Yang jelas tersirat bahwa soliditas partai dibutuhkan, apapun nanti keputusannya DPP," tandasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, terkait Pilkada, DPC PDIP Solo selama ini sudah melaksanakan tugas sesuai Peraturan PDIP nomor 24 tahun 2017. Yakni dengan melakukan penjaringan tertutup yang secara bulat mengusung pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa sebagai pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo.

Reporter : Arie Sunaryo

Sumber: Merdeka

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Khofifah Bawa Foto Gus Sholah dengan Wajah Terpukul

Posted: 02 Feb 2020 09:49 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur menyambut kedatangan jenazah peti KH Salahuddin Wahid atau lebih dikenal Gus Sholah di Bandara Internasional Juanda Surabaya, di Sidoarjo pada Senin (3/2/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

Saat jenazah diturunkan, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi Bersama beberapa jajaran lainnya ikut menggotong peti jenazah Gus Sholah. Di depannya diikuti oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Tampak Khofifah dengan memakai baju dan hijab putih memegang foto Gus Sholah. Wajah Khofifah sedih dan terpukul dengan kepergian Gus Sholah.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan menyambut jenazah tokoh Nahdlatul Utama KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Senin siang (3/2/2020).

"Ibu gubernur akan menyambut jenazah Gus Sholah di bandara," ujar Plt Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim Aries Agung Paewai, seperti dikutip dari Antara, Senin pekan ini.

Setelah disemayamkan di rumah duka di Jakarta Selatan, jenazah Gus Sholah akan diterbangkan ke Jombang, Jawa Timur melalui Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 10.00 WIB.

Jenazah diterbangkan menggunakan salah satu pesawat milik grup Lion dan dijadwalkan tiba di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo sekitar pukul 11.30 WIB.

Jenazah diperkirakan tiba di Jombang, Jawa Timur, sekitar pukul 14.00 WIB. "Setelah menyambut jenazah, Ibu Gubernur juga menghadiri langsung pemakaman Gus Sholah di Tebuireng," kata Aries yang saat ini menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim tersebut.

 

Sosok Gus Sholah di Mata Khofifah Indar Parawansa

Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya KH Salahuddin Wahid. Pria yang akrab disapa Gus Sholah ini meninggal pada usia 77 tahun.

"Mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan segenap masyarakat, saya menyampaikan duka cita mendalam seiring lantunan doa semoga Allah SWT menempatkan beliau di tempat terbaik di sisi-Nya, mengampuni seluruh khilaf, dan menerima semua amal ibadahnya," tulis Khofifah dalam akun instagramnya @khofifah.ip, Senin, 3 Februari 220.

Ia menambahkan, semoga Allah memberikan ketabahan dan keikhlasan bagi keluarga besar Gus Sholah. Khofifah juga menulis, kalau Gus Sholah termasuk salah satu putra terbaik bangsa.

"Boleh dibilang beliau adalah paket lengkap dari seorang negarawan yakni guru, aktivis, ulama, cendekia, sekaligus Tokoh Hak Asasi Manusia di Indonesia.

"Selamat Jalan Gus. Insya Allah, Husnul Khotimah. Amin," tulis dia.

Khofifah menulis kabar meninggalnya Gus Sholah lewat akun instagramnya. Ia juga mengunggah foto  saat bersama dengan Gus Sholah. Khofifah juga mengajak masyarakat Jatim turut mendoakan Gus Sholah.

"Inna lilahi wa inna ilaihi raji'un. Telah berpulang ke rahmatullah, Gus Sholah (KH Sholahuddin Wahid) di RS Jantung Harapan Kita, Minggu (2/2) sekitar pukul 21.00 WIB," tulis Khofifah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI dan Bank Sentral Filipina Perkuat Kerja Sama Sistem Pembayaran

Posted: 02 Feb 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) atau Bank Sentral Filipina menyepakati kerja sama di bidang sistem pembayaran dan inovasi keuangan digital untuk memperkuat hubungan bilateral kedua bank sentral.

Kesepakatan tersebut dituangkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo dan Gubernur BSP, Benjamin E. Diokno di tengah pertemuan bilateral antara BI dengan BSP pada Senin ini di Manila, Filipina.

Kesepakatan ini melengkapi kerja sama BI dan BSP sebelumnya terkait anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APU PPT) di bidang sistem pembayaran dan penyelesaian akhir, pada 2018 lalu.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko menjelaskan, kesepakatan ini menandai langkah konkrit kedua bank sentral menuju keuangan inklusif melalui kerja sama dan pengembangan sistem pembayaran dan keuangan digital.

"Nota Kesepahaman ini bertujuan menyediakan kerangka kerja untuk kerja sama yang lebih erat antara kedua bank sentral dalam rangka mendukung tersedianya sistem pembayaran yang lebih aman, efisien, dan handal serta mendorong inovasi keuangan digital," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Senin (3/2/2020).

Selain itu, Nota kesepahaman juga menjadi menjadi fondasi dalam pelaksanaan kerja sama Bank Indonesia dan BSP ke depan yang diimplementasikan dalam berbagai bentuk kegiatan yaitu dialog kebijakan, pertukaran informasi, kolaborasi inovasi, pengembangan kapasitas, program pengenalan bisnis teknologi finansial (tekfin) masing-masing bank sentral, dan pembentukan kelompok kerja teknis.

 

Terus Perkuat

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut merupakan puncak dari pertemuan bilateral antara BI dan BSP yang membahas berbagai perkembangan dalam bidang ekonomi digital di dunia kebanksentralan, pembiayaan infrastruktur dengan instrumen pasar keuangan, serta kerangka kerja dari pembiayaan yang berkelanjutan.

Di akhir pertemuan, BI dan BSP berkomitmen untuk terus memperkuat kerja sama bilateral dalam rangka mendorong lebih lanjut pengembangan ekonomi dan sistem keuangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang Sosok Gus Sholah di Mata Para Tokoh

Posted: 02 Feb 2020 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gus Sholah atau KH Salahuddin Wahid tutup usia pada Minggu, 2 Februari 2020. Gus Sholah meninggal dunia di RS Harapan Kita, Jakarta pada pukul 20:55 WIB.

Menurut putranya Irfan Wahid, kondisi kesehatan sang ayah memang menurun sejak dua minggu lalu. Saat itu, Gus Sholah mengalami gangguan di organ jantung.

"Ada keluhan ritme jantung yang tidak beraturan. Dilakukanlah ablasi (operasi) semacam kateter untuk mengisolir elektromagnetik liar," ujar Irfan dalam akun Twitternya.

Kepergian pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur itu meninggalkan duka yang dalam. Tak hanya bagi santri-santrinya, para tokoh Indonesia juga berduka.

Misalnya saja Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi. Ia pun mengenang pesan terakhir Gus Sholah kepadanya yang disampaikan melalui WhatsApp pada 30 Januari 2020.

""Pesan terakhir beliau kepada saya disampaikan oleh putra beliau Gus Billy Wahid melalui pesan WA pada tanggal 30 Januari 2020 terkait dengan rencana pemutaran film Jejak Langkah 2 Ulama KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari. Beliau berpesan agar Gus Billy Wahid berkomunikasi dengan saya, untuk hal tersebut saya menyambut dengan senang hati," kata Zainut Tauhid.

Berikut kenangan sosok Gus Sholah di mata para tokoh Indonesia dihimpun Liputan6.com:

 

Haedar Nashir

Gus Sholah dan Haedar Nashir. (Foto: Liputan6.com/Switzy Sabandar)
Gus Sholah dan Haedar Nashir. (Foto: Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir bercerita pada 31 Januari 2020 lalu, dirinya sempat membesuk Gus Sholah yang sedang dalam proses operasi jantung di RS Harapan Kita, Jakarta.

Haedar mengungkapkan sudah lama mengenal sosok Gus Sholah. Di mata Haedar, Gus Sholah adalah sosok yang rendah hati.

"Gus Sholah suka bergaul luas dengan banyak kalangan, moderat, memiliki komitmen keislaman yang kuat, dan visi kebangsaan yang luas," ujar Haedar, Minggu, 2 Februari 2020.

Haedar masih ingat benar pada 2017 bersama dengan Gus Sholah dan istri masing-masing menunaikan ibadah haji atas undangan khusus Raja Salman.

Saat musim haji itu, ia bersama Gus Sholah termasuk rombongan perwakilan dunia Islam yang bertemu Raja Salman di Istana Mina.

Kesederhanaan dan kesantuan Gus Sholah tetap dirasakan Haedar ketika itu. Mereka banyak berdiskusi tentang Muhammadiyah dan NU, umat Islam, bangsa, dan perkembangan global.

"Wawasan Gus Sholah moderat dan melintasi, selalu menjaga keseimbangan," ucap Haedar.

Haedar juga sempat berkomunikasi dengan Gus Sholah sebelum pemilik nama lengkap Solahudin Wahid itu terbaring sakit.

Ketika itu mereka berbincang perihal rencana pemutaran Film Dua Tokoh Kiai Dahlan dan Kiai Hasyim Asyari, yang rencananya mengundang Presiden RI.

"Beliau ingin agar umat dan masyarakat luas mengenal KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asyari, kedua tokoh umat dan bangsa yang besar jasanya dan melahirkan Muhammadiyah dan NU sebagai warisan terpenting," tuturnya.

Pada akhirnya, Haedar mengajak masyarakat untuk melepas kepergian Gus Sholah dengan ikhlas.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, semoga almarhum husnul khatimah dan diterima di sisi Allah SWT," kata Haedar.

 

Khofifah Indar Parawansa

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan keterangan kepada awak media usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/6/2019). Khofifah mengaku membahas sejumlah proyek infrastruktur dan transportasi di Jawa Timur. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan keterangan kepada awak media usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/6/2019). Khofifah mengaku membahas sejumlah proyek infrastruktur dan transportasi di Jawa Timur. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menilai KH Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah adalah paket lengkap dari seorang negarawan dan putra terbaik yang dimiliki Bangsa Indonesia.

"Beliau adalah guru, aktivis, ulama, cendekiawan, sekaligus tokoh hak asasi manusia (HAM) di Indonesia. Insya Allah, Husnul Khotimah (wafat dengan akhir yang baik)," kata Khofifah.

Mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan seluruh masyarakat Jawa Timur, Khofifah mendoakan semoga Allah SWT menempatkan Gus Sholah di tempat terbaik.

"Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadahnya, mengampuni seluruh khilaf dan memberikan ketabahan serta keikhlasan bagi keluarga besar Gus Sholah," ucap dia.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga sempat mengunggah foto bersama Gus Sholah di akun Instagramnya, @khofifah.ip.

Di caption, ia menulis tentang kabar meninggalnya Gus Sholah dan mengajak masyarakat mendoakan agar almarhum diterima di sisi Allah SWT.

"Innalillahi wainna ilaihirojiun. Telah berpulang ke rahmatullah, Gus Sholah (KH Sholahudin Wahid) di RS Jantung Harapan Kita, Minggu (2/2) sekitar pukul 21.00," tulis gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

 

Zainut Tauhid

'Bawor Dadi Ratu' lakon wayang kulit yang digelar di Lapangan Desa Wanatirta, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, (7/10/2018).
'Bawor Dadi Ratu' lakon wayang kulit yang digelar di Lapangan Desa Wanatirta, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, (7/10/2018).

Menurut Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid, Gus Sholah merupakan seorang negarawan, ulama, cendekiawan dan pegiat kemanusiaan.

Dia mengatakan, Gus Sholah mengayomi semua golongan tanpa memandang suku, ras, agama dan golongan. Gus Sholah, lanjut dia, adalah perekat persatuan dan penjaga harmoni kebhinnekaan.

"Beliau adalah tokoh NU yang berpikiran terbuka, demokratis, dan jernih dalam melihat masalah. Sehingga dalam memberikan solusi salalu mengedepankan pertimbangan kemaslahatan untuk kepentingan yang lebih besar, dan mengenyampingkan kepentingan kelompok dan golongan," ujar Zainut kepada Liputan6.com, Minggu, 2 Februari 2020.

Dia menambahkan, Gus Sholah tidak segan menyampaikan kritik kepada siapa pun jika dianggap salah, dan membela siapa pun yang benar meskipun orang lain menganggap salah. Semua itu dilakukan tanpa ada pamrih dan beban, karena disampaikan dengan penuh keihlasan.

"Beliau menjadi jembatan yang menghubungkan semua golongan. Jembatan yang menghubungkan tokoh-tokoh agama, pemerintah dan masyarakat," kata dia.

Bahkan di kalangan NU, lanjutnya, Gus Sholah menjadi jembatan antara golongan muda dan golongan tua. Sehingga, di NU tidak terjadi kesenjangan generasi, baik dari aspek pemikiran maupun sikap keagamaannya.

Sebelum wafat, lanjut Zainut, Gus Sholah menyampaikan pesan kepadanya. Pesan itu disampaikan melalui pesan WhatsApp pada 30 Januari 2020.

"Pesan terakhir beliau kepada saya disampaikan oleh putra beliau Gus Billy Wahid melalui pesan WA pada tanggal 30 Januari 2020 terkait dengan rencana pemutaran film Jejak Langkah 2 Ulama KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari. Beliau berpesan agar Gus Billy Wahid berkomunikasi dengan saya, untuk hal tersebut saya menyambut dengan senang hati," ujar dia.

"Tidak lama setelah saya mendapat informasi beliau dirawat di rumah sakit karena kondisinya lemah. Belum sempat saya sowan beliau ternyata Allah Yang Maha Pengasih berkehendak lain," imbuh Zainut.

Zainut mengatakan, bangsa Indonesia kehilangan Gus Sholah sebagai seorang ulama besar putra terbaik bangsa yang mengabdikan hidupnya untuk kepentingan umat dan bangsa.

"Beliau adalah seorang negarawan, ulama, cendekiawan dan pegiat kemanusiaan. Beliau mengayomi semua golongan tanpa memandang suku, ras, agama dan golongan. Beliau adalah perekat persatuan dan penjaga harmoni kebhinnekaan," katanya.

Dia juga mengenal Gus Sholah sebagai tokoh NU yang berpikiran terbuka, demokratis dan jernih dalam melihat masalah.

Sehingga, lanjut Zainut, dalam memberikan solusi salalu mengedepankan pertimbangan kemaslahatan untuk kepentingan yang lebih besar dan mengesampingkan kepentingan kelompok dan golongan.

"Semoga Allah SWT memberikan pahala surga kepadanya. Selamat jalan Gus Sholah. Guru bangsa yang mulia, pintu-pintu langit terbuka lebar dan para malaikat menyambutmu dengan hamparan surga. Amin," demikian Zainut Tauhid Saadi.

 

Fachrul Razi

Menteri Agama Fachrul Razi (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Agama Fachrul Razi (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Meninggalnya Gus Sholah mengingatkan Menteri Agama Fachrul Razi pada saat pemilihan presiden (Pilpres 2004), yang mana Gus Solah merupakan Calon Wakil Presiden dari Calon Presiden Wiranto.

"Kesan saya waktu sama-sama dengan beliau waktu pilpres beberapa tahun lalu, beliau calon wakilnya Pak Wiranto. Saya pada saat itu kumpul cukup lama dan saya tahu sekali bagaimana rendah hatinya, baiknya beliau," kata Fachrul di kediaman Gus Sholah, Jakarta Selatan.

Ia pun merasa sangat kehilangan sosok Gus Sholah yang merupakan tokoh agama serta tokoh nasional. Menurutnya, Gus Sholah selalu memberikan pesan-pesan yang tak pernah menyinggung perasaan orang lain.

"Ya kita kehilangan seorang tokoh nasional, tokoh agama yang luar biasa bukan saja untuk agama Islam tapi untuk semua agama," ujarnya.

"Beliau selalu menyampaikan pesan-pesan sejuk, tidak pernah menyinggung perasaan orang lain dan mudah-mudahan harapan kita ke depan kita dapat lagi tokoh tokoh seperti beliau," sambung Fachrul.

 

Ma'ruf Amin

Ma'ruf Amin saat menjenguk Gus Solah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). (Istimewa)
Ma'ruf Amin saat menjenguk Gus Solah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). (Istimewa)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin jalannya salat jenazah Almarhum KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah pagi ini pukul 05.20 WIB.

Usai mengimami jalannya salat jenazah, Ma'ruf memberikan keterangan pers terkait berpulangnya adik kandung dari Presiden Gus Dur tersebut.

"Saya kenal baik, saya sangat dekat, orang yang banyak mengabdikan diri dalam masalah kenegaraan, dan juga masalah keagamaan," kata Ma'ruf di rumah duka, Jalan Bangka, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020).

Selain itu, Ma'ruf juga mengenang bagaimana dirinya yang sering berdiskusi dengan almarhum selama mondok di Pesantren Tebu Ireng Jombang.

Terlebih, Ma'ruf menilai, setelah kepemimpinan pesantren berpindah ke tangah almarhum, banyak kemajuan pesat terjadi di pesantren tersebut.

"Beliau pimpin pesantren itu, jadi maju dan banyak perubahan pesat, selain menambah jumlah santri dan jumlah pesantren dan dibangun pesantren science ini luar biasa," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf mengaku, sangat hormat terhadap perjuangan almarhum di jalan kerukunan antarumat beragama dan demokrasi.

Dia mengatakan, Gus Sholah adalah penerus langkah Presiden Gus Dur dalam melanjutkan tujuan kerukunan umat beragama.

"Persaudaraan Islam beliau sangat intens beliau membangun ukuwah Islam, khususnya NU dan Muhammadiyah, beliau juga melanjutkan apa yang dilakukan Gus Dur dalam hal demokrasi. Beliau orang baik mengawal kehidupan keagamaan kerukunan dan kemajuan pendidikan dan SDM," imbuh Wapres Ma'ruf.

 

Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melayat ke rumah duka KH Shalahuddin Wahid atau Gus Sholah, Senin (3/2/2020).  (Liputan6/Putu Merta)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melayat ke rumah duka KH Shalahuddin Wahid atau Gus Sholah, Senin (3/2/2020). (Liputan6/Putu Merta)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melayat ke rumah duka KH Shalahuddin Wahid atau Gus Sholah, Senin (3/2/2020). Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat, Jokowi menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya Gus Sholah.

Jokowi mengatakan, Gus Sholah adalah cendekiawan muslim yang menjadi panutan bersama. Sehingga, atas meninggalnya Gus Sholah masyarakat Indonesia sangat kehilangan.

"Semoga segala amal baik Gus Sholah diterima di sisi Allah SWT khusnul khotimah dan yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran," ujar Jokowi di rumah duka, Jakarta.

Jokowi mengungkapkan, terakhir bertemu dengan Gus Sholah saat berada di istana. Saat itu, kata Jokowi, Gus Sholah banyak menyampaikan mengenai keislaman dan ke-Indonesiaan.

"Saya kira hal yang terkait dengan islam dan kebangsaan yang disampaikan beliau kepada saya banyak titipan kepada kita tetapi saya kira tidak perlu saya sampaikan di sini," kata Jokowi.

 

Prabowo Subianto dan Romo Benny

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turut hadir di rumah duka untuk melayat almarhum Gus Sholah.

"Kita hari ini datang untuk menyampaikan penghargaan, penghormatan saya," kata Prabowo di rumah duka, di bilangan Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020).

Dia menuturkan, kehilangan tokoh Islam yang sangat penting.

"Kita kehilangan tokoh nasional, tokoh Islam yang menurut saya sangat penting. Kita sangat kehilangan. Semoga beliau diterima di sisi maha kuasa," pungkas Prabowo.

Sementara itu, menurut Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP RI Romo Benny Susetyo, Indonesia telah kehilangan salah satu figur ulama sekaligus pemimpin umat yang memiliki visi kemanusian dan memperjuangkan HAM, nilai demokrasi dan pluralisme.

"Kita kehilangan tokoh besar setia pada perjuangan nilai agama untuk kemanusian. Kita kehilangan tokoh memberikan keteladan dalam memperjuangkan demokrasi dan HAM," kata dia dalam keterangan tertulis.

Romo Benny mengenang kembali pertemuan dengan Almarhum bersama para tokoh kala berdiskusi guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Papua.

"Bersama Gus Sholah waktu bertemu dengan para uskup Papua untuk mencari solusi perdamaian," ujar dia.

Sejak saat itu perjumpan cukup intensif mengatasi konflik Ambon dan Paso bersama dengan tim lintas agama. Pertemuan itu pun semakin intens.

Terakhir, kata Romo Benny, bersama Gus Sholah dalam gerakan moral para tokoh lintas agama mengingatkan kekuasan agar bertindak adil.

Menurut Romo Benny, Gus Sholah figur yang teduh dan pikiran jernih mencermati dinamika bangsa serta konsisten dalam masalah memperjuangkan nilai kemanusian yang universal dan selalu berupaya menjaga agar bangsa ini selalu tunduk konsitusi.

"Dalam dialog Tebuireng menjelang pilres beliau berpesan agar bangsa tetap menjaga bhineka tungal ika dan mendepankan rekonsialisi," tandas dia.

 

Gus Ipul

Ketua PBNU Saifullah Yusuf. (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)
Ketua PBNU Saifullah Yusuf. (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menilai sosok Gus Sholah yang memiliki sikap menghargai perbedaan patut diteladani.

"Beliau dikenal sangat menghargai dan menghormati perbedaan, sama seperti kakak kandungnya, Gus Dur," ujarnya ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin (3/2/2020) dini hari.

Menurut dia, Gus Sholah menjunjung tinggi perbedaan karena setiap orang memiliki pandangan yang belum tentu sama, namun tetap sesuai koridor sehingga menjadikan seseorang lebih bijak.

"Beliau juga tidak memaksakan pendapat yang sama. Cara menyelesaikan perbedaan juga tidak saling menghujat. Ini yang harus diteladani," ucap dia dilansir Antara.

Mantan Wagub Jatim itu, mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya dan mendoakan almarhum Gus Sholah diterima di sisi Allah SWT serta keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran.

"Saya sangat sering komunikasi dengan putra Gus Sholah, Ipang Wahid, termasuk menanyakan kabar ayahnya saat tadi sempat kritis dan masuk rumah sakit. Sekarang, kita semua berduka karena ditinggalkan ulama hebat di negeri ini," katanya.

Atas nama PBNU, ia juga mengimbau kepada pengurus wilayah, cabang, lembaga, badan otonom, serta pondok pesantren mendoakan almarhum Gus Sholah melalui doa bersama, tahlil, dan menunaikan salat gaib.

 

Abdul Mu'ti

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti (kanan) membacakan pernyataan sikap PP Muhammadiyah terhadap Pilkada Serentak 15 Februari di Jakarta, Senin (13/2). Ada tujuh butir pernyataan sikap PP Muhammadiyah. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti (kanan) membacakan pernyataan sikap PP Muhammadiyah terhadap Pilkada Serentak 15 Februari di Jakarta, Senin (13/2). Ada tujuh butir pernyataan sikap PP Muhammadiyah. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sekertaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan, Gus Sholah adalah salah satu ulama dan tokoh Nahdatul Ulama (NU) yang dinilai sangat dekat dengan berbagai kalangan salah satunya yakni dengan Muhammadiyah.

"Gus Sholah adalah salah satu ulama dan tokoh NU yang sangat dekat dengan berbagai kalangan, khususnya dengan Muhammadiyah. Beberapa kali beliau mengisi dan menghadiri acara Muhammadiyah," kata Sekertaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti dalam keterangannya, Senin (3/1/2020).

Oleh karena itu, lanjut dia, Muhammadiyah merasa sangat kehilangan dengan wafatnya Gus Sholah. Terlebih, Gus Sholah memang pernah beberapa kali mengisi acara di Muhammadiyah.

"Secara pribadi dan atas nama PP Muhammadiyah, saya menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Gus Sholah. Kami merasa sangat kehilangan," ujarnya.

Selain itu, Gus Sholah juga dinilai sebagai orang yang tak pernah membeda-bedakan orang lain di matanya. Meskipun usia dirinya dengan orang lain sangat berbeda jauh.

"Gus Sholah adalah sosok yang terbuka dan egaliter. Dalam bergaul, beliau tidak membedakan usia dan hangat dengan siapa siapa saja. Usia beliau sangat jauh di atas saya, bahkan seusia dengan ayah saya," ungkapnya.

"Walau demikian, sepertinya tidak ada jarak antara saya dengan Gus Sholah. Kami sering diskusi masalah umat dan bangsa. Bahkan, saking dekatnya, beliau sering cerita dapurnya NU," sambungnya.

Dengan sifat yang rendah hati tersebut, adik dari Presiden ke-4 Indonesia KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini merupakan teladan bagi seluruh umat.

"Beliau sosok yang sederhana dan bersahaja. Inilah kepribadian yang membuat saya terkesan dan menjadi teladan bagi umat dan bangsa," pungkas Abdul Mu'ti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Siti Badriah Setelah Filler Bibir, Makin Seksi

Posted: 02 Feb 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak mengenal Siti Badriah? Pedangdut Tanah Air ini memulai kariernya sebagai penyanyi sejak 2012. Saat itu nama perempuan yang akrab disapa Sibad mulai dikenal publik melalui lagu berjudul Berondong Tua.

Sepanjang kariernya, Sibad sudah menelurkan dua judul album, Satu Sama (2014) dan Lagi Syantik (2018). Bahkan lagu Lagi Syantik sangat populer pada 2018 dan menyabet beberapa penghargaan. Penghargaan yang pernah diraih berkat lagu Lagi Syantik adalah sebagai Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Kontemporer Terbaik di  Anugerah Musik Indonesia 2018.

Meroketnya nama Siti Badriah membuatnya menjadi publik figur ternama di dunia entertainment. Sebagai publik figur, perempuan kelahiran 11 November 1991 harus memperhatikan penampilannya agar tetap menawan. Salah satu cara yang dilakukan Sibad untuk menjaga penampilannya adalah dengan melakukan filler bibir.

Ditemani suaminya, Krisjiana Baharudin, Sibad melakukan filler bibir di pusat kecantikan yang ada di Jakarta. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @rezagladys dan @sitibadriahh, penampilan Siti Badriah setelah filler bibir, Senin (3/2/2020). 

1. Kemarin (2/2/2020), Siti Badriah melakukan perawatan wajah ditemani dengan Krisjiana. Sebelum filler, Sibad melakukan beberapa treatment wajah untuk mengangkat kotoran dan kulit mati.

6 Potret Terbaru Siti Badriah Setelah Filler Bibir, Makin Seksi (sumber: Instagram.com/rezagladys)
6 Potret Terbaru Siti Badriah Setelah Filler Bibir, Makin Seksi (sumber: Instagram.com/rezagladys)

2. Setelah treatment di wajah, kemudian Sibad melakukan filler bibir agar terlihat semakin seksi.

6 Potret Terbaru Siti Badriah Setelah Filler Bibir, Makin Seksi (sumber: Instagram.com/rezagladys)
6 Potret Terbaru Siti Badriah Setelah Filler Bibir, Makin Seksi (sumber: Instagram.com/rezagladys)

3. Ini dia hasil filler bibir yang dilakukan Siti Badriah. Tampak bibirnya terlihat mengembang usai melakukan filler.

6 Potret Terbaru Siti Badriah Setelah Filler Bibir, Makin Seksi (sumber: Instagram.com/rezagladys)
6 Potret Terbaru Siti Badriah Setelah Filler Bibir, Makin Seksi (sumber: Instagram.com/rezagladys)

4. Bahkan dokter kecantikan menyebut Siti Badriah semakin seksi seperti Lucinta Luna yang juga baru saja melakukan filler bibir.

6 Potret Terbaru Siti Badriah Setelah Filler Bibir, Makin Seksi (sumber: Instagram.com/rezagladys)
6 Potret Terbaru Siti Badriah Setelah Filler Bibir, Makin Seksi (sumber: Instagram.com/rezagladys)

5. Penampilan terbarunya ini semakin membuat perempuan berusia 28 tahun tersebut tampil percaya diri.

6 Potret Terbaru Siti Badriah Setelah Filler Bibir, Makin Seksi (sumber: Instagram.com/sitibadriahh)
6 Potret Terbaru Siti Badriah Setelah Filler Bibir, Makin Seksi (sumber: Instagram.com/sitibadriahh)

6. Bila diperhatikan, setelah filler bibir, penampilan Siti Badriah memang tampak lebih memesona. Setuju kan?

6 Potret Terbaru Siti Badriah Setelah Filler Bibir, Makin Seksi (sumber: Instagram.com/sitibadriahh)
6 Potret Terbaru Siti Badriah Setelah Filler Bibir, Makin Seksi (sumber: Instagram.com/sitibadriahh)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Ancam Pendapatan Maskapai

Posted: 02 Feb 2020 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan pemerintah untuk melarang masuknya turis China ke Indonesia untuk mencegah penularan virus corona berujung pada pembatalan beberapa rute penerbangan oleh maskapai.

Sebut saja Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air serta Citilink telah menghentikan sementara operasional penerbangannya yang melintasi Ghuangzhao, Beijing, Shanghai, Sanya Hainan, Chongqing, Yaoqing dan kota lainnya di China.

Tentu, pembatalan penerbangan yang telah dijadwalkan ini akan berpengaruh pada operasional maskapai secara keseluruhan.

Pengamat Penerbangan sekaligus Pendiri AIAC Aviation Arista Atmadjati menyatakan, ada beberapa dampak virus corona yang akan dialami dunia penerbangan Indonesia imbas penyetopan penerbangan ini.

"Pertama, kehilangan expected revenue (perkiraan pendapatan) bagi maskapai reguler dan charter seperti Garuda, Batik Air, Lion Air dan lainnya dalam pencapaian target revenue 2020)," tutur Arista dalam keterangannya, Senin (03/02/2020).

 

Ganggu Utilitas Pesawat

Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)
Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Lanjut Arista, maskapai juga akan mengalami gangguan utilisasi pesawat berbadan lebar (wide body) seperti Airbus 330 dan pesawat narrow body seperti Boeing 737 800 NG dan Airbus 320. Sudah jelas, pesawat tersebut tidak akan digunakan selama pelarangan berlangsung, padahal maskapai tetap harus membayar biaya sewa.

Oleh karenanya, Arista menyarankan agar regulator memberikan insentif-insentif selama tenggat waktu pelarangan agar maskapai tetap bergairah dalam menjalankan bisnisnya.

"(Misalnya) insentif atau diskon landing, parking fee di seluruh bandara Indonesia agar maskapai bisa mengalihkan penerbangannya ke rute-rute domestik, mengingat Februari hingga Mei adalah low season, insentif tersebut dapat mendorong maskapai tetap bergairah menjalankan bisnisnya," jelas Arista.

Insentif lain yang bisa diberikan ialah insentif tax spare part, biaya MRO, biaya navigasi serta direct indirect cost lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jenazah Gus Sholah akan Dimakamkan di Ponpes Tebu Ireng

Posted: 02 Feb 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jenazah KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah akan dimakamkan di Pondok Pesantren Tebu Ireng. Dari pagi ratusan pelayat terus berdatangan ke rumah duka Gus sholah. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Daya Tubuh, Pemain dan Pelatih Persib Diberi Vaksin Flu

Posted: 02 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Bandung Persiapan Persib Bandung dalam mengarungi Liga 1 2020 tidak hanya dilakukan melalui program latihan. Pemberian vaksin juga diberikan kepada pemain, pelatih, dan juga ofisial tim Maung Bandung.

Kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan di Gedung Biofarma, Kota Bandung, Senin (3/2/2020).

Dokter tim Persib, Raffi Ghani, mengatakan vaksinasi yang diberikan kepada pemain agar stamina terjaga selama mengarungi kompetisi nanti. Vaksin yang diberikan adalah vaksin flubio.

"Sebagaimana kita ketahui, Persib akan mengarungi kompetisi yang panjang dan tempatnya berpindah-pindah. Jadi, ini suatu vaksin yang dibutuhkan semua atlet ofisial dan pelatih," kata Ghani.

Tak Khawatirkan Flu

Gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz, menggiring bola saat melawan Persiwa Wamena pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (11/2). Persib menang 7-0 atas Persiwa. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz, menggiring bola saat melawan Persiwa Wamena pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (11/2). Persib menang 7-0 atas Persiwa. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Dengan pemberian vaksin flu tersebut, kata Ghani, semua pemain, pelatih dan ofisial tidak perlu khawatir dengan gejala flu.

"Mudah-mudahan atlet-atlet kita semakin sehat, mengarungi kompetisi dengan baik dan akhirnya kita dapatkan yang paling maksimal, yaitu juara," ujarnya.

Antisipasi Cuaca

Sementara itu, Direktur Utama PT Biofarma Honesti Basyir mengatakan, pemberian vaksin flu ini bertujuan untuk mendukung para pemain dan pelatih Persib lebih fit dalam sisi stamina.

"Kondisi cuaca memang lagi sering berubah dan seperti kita tahu berkembangnya beberapa virus baru seperti virus corona. Namun, vaksin ini bisa meningkatkan daya tahan. Kalau daya tahan bagus, virus tidak akan berkembang," ucapnya.

Simak video pilihan di bawah ini:

Saksikan Video Persib di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Blunder Ketika Sebut Pemenang Super Bowl 2020

Posted: 02 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Washington, D.C. - Amerika Serikat (AS) baru saja puas menonton final Super Bowl 2020. Acara yang ditayangkan langsung oleh TV ini tidak hanya dinikmati pecinta football, sebab National Football League (NFL) turut mengundang penyanyi untuk menghibur audiens ketika jeda pertandingan. 

Super Bowl tahun ini dimeriahkan Shakira dan Jennifer Lopez.

Tahun lalu, 98,2 juta orang menonton Super Bowl, dan ternyata angka penonton itu masih termasuk sedikit. Para pebisnis pun mengincar pemasangan iklan di Super Bowl, termasuk Presiden AS Donald Trump yang memasang iklan kampanye. 

Antusiasme Presiden Trump sayangnya malah diikuti blunder. Ketika menyebut pemenang Super Bowl tahun ini, Donald Trump malah salah alamat. 

Pemenang Super Bowl 2020 adalah Kansas City Chiefs yang mengalahkan San Fransisco 49ers. Presiden Trump malah mengira Kansas City Chiefs berasal dari negara bagian Kansas, padahal tidak demikian.

"Selamat kepada Kansas City Chiefs untuk permainan yang hebat, dan comeback yang fantastis, di bawah tekanan berat. Kalian mewakilkan Negara Bagian Luar Biasa Kansas, dan juga faktanya seluruh AS. Negara kita bangga pada kalian!" ujar Trump via Twitter. 

Faktanya, Kansas City Chiefs berasal dari negara bagian Missouri. Donald Trump pun tak lama kemudian menghapus twit tersebut dan mengganti Kansas menjadi Missouri.

"Kami bangga pada kalian dan Negara Bagian Luar Biasa Missouri. Kalian adalah Juara sejati!" tulis Trump kepada juara Super Bowl

Ini bukan pertama kali Donald Trump blunder saat menyampaikan selamat di Twitter. Pada 2018, Trump menyampaikan Selamat Hari Diwali di Twitter. Hari itu dirayakan beberapa umat di dunia, termasuk Hindu. Namun, Trump tidak menyertakan umat Hindu dalam twitnya yang pertama, barulah ia menyebutnya lagi di twit selanjutnya.

Pengacara Donald Trump Minta Jangan Seenaknya Makzulkan Presiden

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjuk sambil makan bersama para tentara di Pangkalan Udara Bagram, Afghanistan, Kamis (28/11/2019). Kunjungan dadakan Trump pada hari Thanksgiving tersebut mengejutkan pasukan AS yang bertugas di Afghanistan. (AP Photo/Alex Brandon)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjuk sambil makan bersama para tentara di Pangkalan Udara Bagram, Afghanistan, Kamis (28/11/2019). Kunjungan dadakan Trump pada hari Thanksgiving tersebut mengejutkan pasukan AS yang bertugas di Afghanistan. (AP Photo/Alex Brandon)

Sidang pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah masuk ke lantai senat. Tim hukum Trump menyampaikan argumen bahwa tuduhan dalam pemakzulan tidak punya standar.

Pandangan itu diberikan ahli hukum konstitusi Alan Dershowitz yang juga profesor emeritus Universitas Harvard. Ia menyebut berbahaya jika memakzulkan presiden berdasarkan tuduhan yang standarnya tidak jelas. 

Dua tuduhan pemakzulan Donald Trump adalah penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power) ketika menahan bantuan ke Ukraina dan mengobstruksi Kongres yang sedang menginvestigasi.

"Kata-kata seperti abuse of power dan obstruksi Kongres tidak memiliki standar. Tidak mungkin menaruh standar ke kata-kata yang subjektif dan dapat diartikan berbeda-beda berdasarkan interpretasi partisan," ujar Alan Dershowitz di Senat AS, seperti ditulis Selasa, 28 Januari 2020.

Alan Dershowitz berkata tuduhan abuse of power bisa bersifat politis. Ia mencontohkan banyak presiden AS yang pernah diserang tuduhan itu.

Sebelum Donald Trump, beberapa presiden fenomenal yang pernah dituding melakukan abuse of power adalah Presiden Thomas Jefferson, Abraham Lincoln, Woodrow Wilson, Theodore dan Franklin Roosevelt, Ronald Reagan, presiden pertama AS George Washington, dan banyak presiden lainnya.

"Abuse of power adalah tuduhan yang dengan mudah bisa digunakan oleh musuh politik terhadap presiden yang kontroversial. Dalam sejarah panjang kita banyak presiden yang telah dituduh melakukan abuse of power," ujar Dershowitz.

Jangan Subjektif

Presiden AS Donald Trump (AP PHOTO)
Presiden AS Donald Trump (AP PHOTO)

Alan Dershowitz turut memberi contoh bahaya jika menerapkan hukuman pemakzulan tanpa standar yang jelas. Ia mengacu pada beberapa pakar hukum yang pernah menyebut Trump harus dimakzulkan karena tweet.

Ada pula yang mengatakan Trump harus dimakzulkan karena pendiriannya yang tidak percaya perubahan iklim. Kriteria demikian, menurut Dershowitz, tidak layak untuk pemakzulan.

"Jika kamu tidak suka kebijakan presiden terkait perubahan iklim, maka pilihlah kandidat lain," ujarnya. "Jika kamu tidak suka twit presiden, maka pilihlah kandidat yang tidak mengetwit," lanjutnya.

"Tetapi jangan membiarkan penilaian subjektifmu untuk menentukan apa kesalahan yang bisa dan tidak bisa menimbulkan pemakzulan," tegasnya di akhir paparan.

Alan Dershowitz mengaku bukan pendukung Presiden Donald Trump dan memilih Hillary Clinton dalam pilpres 2020. Ia berkata membela Donald Trump dalam rangka memberikan pandangan sesuai konstitusi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilamar, Ini 6 Potret Mesra Greysia Polii dan Kekasih yang Jarang Tersorot

Posted: 02 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Greysia Polii tentu sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Greysia Polii merupakan atlet bulutangkis kebanggaan Tanah Air. Wanita kelahiran 1987 ini telah menorehkan banyak prestasi di kancah internasional.

Sibuk meniti karier sebagai pemain bulutangkis ganda, kehidupan pribadi Greysia Polii hampir jarang disorot publik. Dirinya lebih sering tampil dilayar kaca kala beraksi membawa nama Indonesia di pertandingan bulutangkis dunia.

Tak banyak yang tahu jika Greysia Polii memiliki kekasih tampan. Keduanya bahkan telah bertunangan dan siap naik ke pelaminan. Lewat Instagram pribadinya, Greysia mengakui jika dirinya memang jarang unggah dan menebar momen kemesraannya dengan sang kekasih yang bernama, Felix Djimin.

Hal itu ia tuliskan pada unggahan di Instagram pada Juli 2018 lalu. Jarang tersorot, berikut ini 6 potret mesra Greysia Polii dan kekasihnya dirangkum dari laman Instagram pribadinya oleh Liputan6.com, Senin (3/2/2020).

1. Inilah momen saat Greysia Polii dilamar sang kekasih yang dilihat oleh rekan-rekan mereka pada 2018 lalu.

Potret mesra Greysia Polii dan kekasihnya, Felix Djimin, yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@greyspolii)
Potret mesra Greysia Polii dan kekasihnya, Felix Djimin, yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@greyspolii)

2. Hubungannya semakin serius, keduanya memang jarang mengunggah momen kemesraan di media sosial.

Potret mesra Greysia Polii dan kekasihnya, Felix Djimin, yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@greyspolii)
Potret mesra Greysia Polii dan kekasihnya, Felix Djimin, yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@greyspolii)

3. Meski sibuk bertanding di berbagai negara, Greysia selalu menyempatkan berlibur dengan kekasihnya.

Potret mesra Greysia Polii dan kekasihnya, Felix Djimin, yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@greyspolii)
Potret mesra Greysia Polii dan kekasihnya, Felix Djimin, yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@greyspolii)

4. Greysia dan Felix tampil kompak dengan busana gelap saat menghadiri acara formal.

Potret mesra Greysia Polii dan kekasihnya, Felix Djimin, yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@greyspolii)
Potret mesra Greysia Polii dan kekasihnya, Felix Djimin, yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@greyspolii)

5. Kabarnya Greysia Polii dan Felix sudah menjalin hubungan lebih dari lima tahun.

Potret mesra Greysia Polii dan kekasihnya, Felix Djimin, yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@greyspolii)
Potret mesra Greysia Polii dan kekasihnya, Felix Djimin, yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@greyspolii)

6. Meski kerap tampil garang di lapangan, Greysia bisa bertingkah kocak dan tak jaim jika bersama sang kekasih.

Potret mesra Greysia Polii dan kekasihnya, Felix Djimin, yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@greyspolii)
Potret mesra Greysia Polii dan kekasihnya, Felix Djimin, yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@greyspolii)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 WNI Gagal Dipulangkan dari Wuhan, Tak Lolos Kesehatan Namun Kini Membaik

Posted: 02 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia diketahui sudah mengevakuasi sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China. Mereka dipulangkan ke Indonesia menggunakan pesawat carter Batik Air dari Bandara Internasional Tianhe.

Seharusnya, ada 245 WNI yang dipulangkan dari Wuhan, China. Namun, 7 lainnya gagal dipulangkan ke Indonesia. 4 WNI menolak pulang lantaran sudah nyaman di China. Sedangkan 3 orang lainnya dinyatakan tidak lolos pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pemerintah China.

Ketiganya tidak memenuhi persyaratan kesehatan untuk terbang dengan pesawat. Menurut Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, WNI di Wuhan yang menolak pulang merupakan hak asasi yang bersangkutan dan pemerintah tidak akan memaksanya.

"Kalau yang sakit itu karena regulasi tidak membolehkan. Orang sakit ga boleh terbang. Meski bukan corona pun kalau sakit gak bisa terbang," ujar Terawan, Minggu, 2 Februari 2020.

Senada, Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Judha Nugraha menegaskan, ketiganya hanya tidak lolos pemindaian kesehatan untuk terbang, bukan terpapar virus corona.

Berikut tiga hal seputar tiga WNI yang gagal dipulangkan dari Wuhan, China karena kondisi kesehatannya dihimpun Liputan6.com:

Tak Lolos Pemeriksaan Kesehatan

Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan dievakuasi tiba di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan, Hubei, China, Sabtu, (1/2/2020). Sebanyak 245 WNI di Wuhan, China, direncanakan tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, pagi ini, Minggu (2/2/2020). (foto:Duta Besar RI di Beijing)
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan dievakuasi tiba di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan, Hubei, China, Sabtu, (1/2/2020). Sebanyak 245 WNI di Wuhan, China, direncanakan tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, pagi ini, Minggu (2/2/2020). (foto:Duta Besar RI di Beijing)

Menkes Terawan menjelaskan, ada 238 jumlah WNI yang tiba di Natuna, bukan 245 seperti yang direncanakan semula. Artinya ada tujuh orang yang batal dipulangkan karena sejumlah alasan.

Terawan mengatakan, tiga orang mengundurkan diri dan menolak pulang. Sedangkan tiga orang lainnya dinyatakan tidak lolos pemeriksaan oleh pemerintah China.

Dia menyebut bahwa sebelum keberangkatan dari Wuhan ke Tanah Air, pemerintah China juga telah melakukan pemeriksaan terhadap WNI. Sehingga dinyatakan WNI yang dipulangkan dari Wuhan dalam kondisi yang sehat.

Pemerintah China, kata Terawan, melakukan 3 rangkai tahapan pemeriksaan kesehatan yang harus dilalui WNI untuk dapat meninggalkan China.

"Dan itu membuat kita merasa nyaman bahwa yang berangkat ke sini sudah dipastikan pemerintah China adalah orang sehat," ucap dia.

Namun, lanjutnya, sesuai peraturan, maka setelah mendarat di Indonesia, Kementerian Kesehatan harus memastikan kembali.

"Setelah mendarat di sini, saya yang memastikan sehat betul atau tidak, standar sama atau tidak, itu kegiatan cek dan ricek sesuai standar WHO," tuturnya.

"Sebelum diterbangkan ke Indonesia, mereka sudah diperiksa dan dinyatakan sehat. Demikian pula di Indonesia, satu demi satu tahapan mesti kita kerjakan sesuai arahan WHO (Badan Kesehatan Dunia) agar bisa dipastikan semuanya dalam kondisi sehat," sambung Terawan.

Bukan Terpapar Virus Corona

Ilustrasi Virus Corona/copyright shutterstock By Halfbottle
Ilustrasi Virus Corona/copyright shutterstock By Halfbottle

Walaupun ketiga WNI tidak dapat dipulangkan dari Wuhan, China bukan berati ketiganya terpapar virus Corona. Hal ini ditegaskan oleh Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Judha Nugraha. Dia menyebut bahwa ketiganya hanya tidak lolos pemindaian kesehatan untuk terbang.

Melalui pernyataan tertulisnya, Minggu, 2 Februari 2020. Kemlu RI menyatakan terus berkomunikasi dengan ketiga WNI serta berkoordinasi dengan pihak asrama universitas dan otoritas China, memastikan kondisi dan keperluan mereka.

"Kemlu RI juga telah menghubungi keluarga mereka masing-masing di Indonesia," kata Judha.

Mulai Membaik

Tim gabungan dari KBRI Beijing melakukan pendataan nama-nama WNI yang hendak dievakuasi di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan, Hubei, China (1/2/2020). Sebanyak 245 WNI di Wuhan, China, direncanakan tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, pagi ini, Minggu (2/2/2020). (foto:Duta Besar RI di Beijing)
Tim gabungan dari KBRI Beijing melakukan pendataan nama-nama WNI yang hendak dievakuasi di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan, Hubei, China (1/2/2020). Sebanyak 245 WNI di Wuhan, China, direncanakan tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, pagi ini, Minggu (2/2/2020). (foto:Duta Besar RI di Beijing)

Diketahui tiga WNI yang gagal dipulangkan dengan menggunakan pesawat carter Batik Air dari Bandara Internasional Tianhe, lantaran tidak lolos pemeriksaan kesehatan karena suhu badannya tiba-tiba naik.

Ketiga WNI tersebut berstatus sebagai mahasiswa. Kini ketiganya masih bertahan di ibu kota Provinsi Hubei, China.

Namun, Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun mengatakan, kondisi kesehatan tiga WNI yang gagal dievakuasi ke tanah air itu berangsur membaik.

"Yang satu sudah kembali ke asrama kampus, sedangkan yang dua dalam perjalanan menuju asrama kampus," kata Djauhari seperti dikutip dari Antara.

Ketiganya pun mendapatkan perawatan di klinik bandara, sehingga kondisi tiga WNI tersebut sudah berangsur membaik dan langsung dikembalikan ke asarama kampus.

Tiga WNI ini diduga kelelahan saat menunggu proses evakuasi yang dilakukan pemerintah Indonesia pada Sabtu, 1 Februari sore lalu.

Seorang dari ketiganya diketahui tinggal di asrama kampus di Kota Wuhan, sedangkan dua lainnya tinggal di Xianning yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Bandara Tianhe. Pemerintah Indonesia terus memantau ketiga WNI itu selama berada di Kota Wuhan, China.

"Kami tetap memperhatikan mereka dengan mencukupi kebutuhan mereka untuk sepekan ke depan," kata Dubes.

 

(Winda Nelfira)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jumlah Pasien Corona di China Tembus 17 Ribu Kasus

Posted: 02 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Otoritas kesehatan China mengumumkan sampai saat ini sudah ada 17 ribu lebih kasus virus corona yang terkonfirmasi i China. Jumlah ini diikuti kenaikan angka korban tewas akibat virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Tutup Semua Toko dan Kantor di Tiongkok Gara-Gara Virus Corona

Posted: 02 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apple memutuskan untuk menutup sementara seluruh toko resmi dan kantornya di Tiongkok hingga 9 Februari 2020.

Penutupan ini seiring dengan ketakutan akan penyebaran Virus Corona yang terus mengancam. Menurut laporan terbaru, korban meninggal dunia akibat Virus Corona kini mencapai 250 jiwa.

Dalam pernyataannya, Apple menyebut penutupan seluruh toko dan kantor Apple ini berdasarkan saran para ahli kesehatan.

"Karena alasan kehati-hatian dan berdasarkan saran terbaru dari para ahli kesehatan terkemuka, kami menutup semua kantor perusahaan, toko, dan contact center kami di Tiongkok hingga 9 Februari," kata Apple dalam pernyataan, sebagaimana dikutip Reuters, Senin (3/2/2020).

Perusahaan berharap bisa membuka kembali toko "sesegera mungkin". Sebelumnya pada pekan lalu, Apple telah menutup tiga toko resminya di Tiongkok, juga karena khawatir akan penyebaran Virus Corona.

Kata Tim Cook

Antrean pembelian iPhone 8 di Apple Store di London tak seramai biasanya (Asanka Brendon Ratnayake/Anadolu Agency)
Antrean pembelian iPhone 8 di Apple Store di London tak seramai biasanya (Asanka Brendon Ratnayake/Anadolu Agency)

Tidak hanya toko Apple, perusahaan waralaba seperti Starbucks dan McDonald juga menutup gerainya sebagai upaya pencegahan terhadap Virus Corona.

Apple sendiri sangat bergantung pada Tiongkok, baik dari segi penjualan maupun manufaktur produknya.

Dalam pernyataan kepada para investor, CEO Apple Tim Cook menyebut perusahaan telah mengambil langkah mitigasi untuk menangani kemungkinan kerugian produksi dari pemasoknya di Kota Wuhan.

Wuhan disebut-sebut merupakan tempat asal wabah Virus Corona, sekaligus pabrik bagi beberapa pemasok Apple.

Sebelumnya Cuma 3 Toko yang Ditutup

Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)
Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)

Keputusan menutup sementara tiga toko Apple di Tiongkok ini dilakukan untuk melindungi karyawan dari wabah Virus Corona yang kini menghantui Negara Tirai Bambu.

Mengutip laman Business Insider, Jumat (31/1/2020), penambahan jumlah toko Apple yang ditutup sementara ini diumumkan melalui laman Apple.

Sebelumnya, ketiga toko Apple yang ditutup sementara di Tiongkok antara lain adalah, Rainbow City store yang berlokasi di distrik Nanjing, Tahoe Plaza store yang berlokasi di Fuzhou, dan Vientiane City yang berlokasi di Qingdao.

Rainbow City dan Tahoe Plaza store ditutup hingga 2 Februari dan rencananya akan dibuka kembali pada 3 Februari 2020. Sementara itu, toko Qingdao ditutup hingga 3 Februari dan baru akan buka 4 Februari mendatang.

Namun, hingga keputusan terbaru, toko Apple baru akan dibuka pada 9 Februari 2020. 

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Indah Kalalo Syuting Film di Tempat Keramat, Bertemu Hantu?

Posted: 02 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indah Kalalo seolah tak bisa dipisahkan dari akting di film horor. Baru-baru ini, Indah Kalalo menyelesaikan syuting film terbaru, Kajeng Kliwon.

Kajeng Kliwon, bagi Indah Kalalo, merupakan film horor tak biasa. Banyak cerita menegangkan yang didapat Indah Kalalo selama syuting. Kajeng Kliwon diambil dari cerita budaya Bali yang hingga kini masih dipercaya masyarakat setempat.

Untuk menjaga cerita, menurut Indah Kalalo, dipilihlah lokasi syuting yang menggambarkan kisah Kajeng Kliwon dengan keaslian dan khas budaya Bali.

Lokasi Keramat

Indah Kalalo (ist)
Indah Kalalo (ist)

Indah Kalalo tahu bahwa lokasi pengambilan gambar untuk film terbarunya merupakan tempat keramat yang tak banyak dijamah masyarakat.

Takut

(Instagram/indahkalalo)
(Instagram/indahkalalo)

"Pada waktu syuting kami memang agak takut karena lokasinya benar-benar masih keramat dan jarang boleh dipakai. Misalnya Puri Gunung Kawi," kata Indah Kalalo saat dijumpai di Jakarta, baru-baru ini.

Hal Gaib

(Instagram/indahkalalo)
(Instagram/indahkalalo)

Ketakutan yang dirasakan Indah Kalalo bertambah manakala ada orang-orang yang terlibat dalam penggarapan film Kajeng Kliwon mengalami hal-hal gaib.

 

Kesurupan

(Instagram/indahkalalo)
(Instagram/indahkalalo)

"Pada hari pertama saja ada yang kesurupan. Akhirnya para pemain agak parno (takut)," Indah Kalalo menyambung.

Selama syuting, Indah Kalalo berusaha untuk tetap tenang agar bisa menampilkan akting yang maksimal. Kajeng Kliwon bakal tayang di bioskop mulai 13 Februari 2020. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama 2019, Kunjungan Wisman ke Indonesia Capai 16,11 Juta

Posted: 02 Feb 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia pada Desember 2019 mengalami penurunan 2,03 persen dibanding jumlah kunjungan pada Desember 2018.

"Jika dibandingkan dengan November 2019, jumlah kunjungan wisman pada Desember 2019 mengalami kenaikan sebesar 7,52 persen," ujar Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Senin (3/2).

Selama 2019, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 16,11 juta kunjungan atau naik 1,88 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2018 yang berjumlah 15,81 juta kunjungan.

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Indonesia pada Desember 2019 mencapai rata-rata 59,39 persen atau turun 0,36 poin dibandingkan dengan TPK Desember 2018 yang tercatat sebesar 59,75 persen.

"Sementara itu, jika dibanding TPK November 2019, TPK hotel klasifikasi bintang pada Desember 2019 mengalami kenaikan sebesar 0,81 poin," paparnya.

Rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada hotel klasifikasi bintang selama Desember 2019 tercatat sebesar 1,76 hari, terjadi kenaikan sebesar 0,01 poin jika dibandingkan keadaan Desember 2018.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Ternyata, 97 Persen Wisman yang ke Labuan Bajo Berasal dari Timor Leste

Pastikan Anda berkunjung ke lima destinasi ini saat berlibur ke Labuan Bajo. (foto: shutterstock)
Pastikan Anda berkunjung ke lima destinasi ini saat berlibur ke Labuan Bajo. (foto: shutterstock)

Nusa Tenggara Timur (NTT) berpotensi jadi primadona wisata Indonesia selanjutnya setelah Bali. Destinasi seperti Labuan Bajo telah mendapat dukungan penuh dari pemerintah sebagai Bali Baru, bahkan masuk ke dalam 5 destinasi super prioritas yang programnya sedang dikebut saat ini.

Meski wisatawan mancanegara (wisman) yang berlalu lalang sering terlihat berkulit putih, ternyata jumlah wisman NTT terbanyak berasal dari Timor Leste.

Mengutip data Bank Indonesia, Selasa (10/12/2019), jumlah wisatawan NTT dari Timor Leste mencapai 70.568 orang atau sekitar 97,3 persen dari keseluruhan jumlah pengunjung luar negeri. 

Wisman dari benua Eropa hanya berjumlah 725 orang atau sekitar 1 persen. Wisman dari Australia berjumlah 218 orang atau 0,3 persen dan Filipina 145 orang atau 0,2 persen.

Tentu ini adalah potensi yang sangat besar mengingat NTT tak kalah indah dengan Bali. Diharapkan, dengan program-program yang diusulkan pemerintah, wisman dari Eropa, Amerika dan benua lainnya dapat meningkat.

"Beberapa program yang ada diharapkan bisa menggenjot jumlah wisatawan di NTT. Ditambah lagi, Labuan Bajo sekarang menjadi salah satu destinasi super prioritas," ujar Rut W. Eka Trisilowati, Asisten Direktur Kantor Perwakilan BI Provinsi NTT. 

Jokowi: Labuan Bajo Jadi Wisata Super Premium di 2020

Presiden Jokowi meninjau rencana pengembangan Bandara Komodo setibanya di Labuan Bajo, NTT. Rabu (10/7/2019).(Liputan6.com/ Lizsa Egeham)
Presiden Jokowi meninjau rencana pengembangan Bandara Komodo setibanya di Labuan Bajo, NTT. Rabu (10/7/2019).(Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Pemerintah Jokowi-Maruf tengah berupaya mencari tambahan devisa untuk menopang penerimaan negara. Salah satu sektor yang terus digenjot adalah pendapatan dari pariwisata dengan membangun 10 Bali baru, salah satunya Labuan Bajo.

Presiden Joko Widodo mengatakan, dari 10 Bali baru tersebut, tahun depan pemerintah akan menjadikan Labuan Bajo sebagai wisata super premium. Tidak hanya membuat wisata super premium, pemerintah juga akan mengelompokkan wisata yang dapat didatangi beramai-ramai dan khusus.

"Tambahan devisa destinasi wisata baru, kita punya Bali ya, kita punya 10 Bali baru, 2 tahun ini hanya 5 dulu, 5 selesai nanti fokus ke 5 berikutnya, mana 5 itu? Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, Danau Toba, Manado," ujarnya di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (28/11). 

Penetapan Labuan Bajo untuk menjadi wisata super premium sudah disampaikan kepada Menteri Pariwisata Wishnutama. Nantinya Kemenpar diharapkan mampu mempromosikan Labuan Bajo ke negara lain.

"Labuan Bajo juga super premium, hati-hati jangan sampai dicampur aduk menengah bawah kalau perlu ada kuotanya, berapa orang yang boleh masuk ke Labuan Bajo 1 tahun, saya sudah kasih arahan itu ke Menpar Wishnutama," jelasnya.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rokok dan Cabai Sumbang Inflasi Januari 2020

Posted: 02 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Januari 2020 sebesar 0,39 persen. Inflasi tersebut secara umum disebabkan oleh kenaikan harga pada beberapa komoditas seperti cabai merah, cabai rawit, ikan segar serta kelompok tembakau yaitu rokok.

"Jadi kalau kita summary kan penyebab utama inflasi Januari 2020 yakni cabai merah, cabai rawit, ikan segar, rokok," ujar Kepala BPS, Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Secara umum, inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 1,62 persen.

Selain itu, kelompok pakaian dan alas kaki juga menyumbang sebesar 0,12 persen. Kemudian kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga menyumbang sebesar 0,13 persen, lalu kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,09 persen.

Ada juga kelompok kesehatan menyumbang sebesar 0,42 persen. Sementara kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan menyumbang sekitar 0,04 persen.

BPS juga mencatat ada kenaikan harga pada kelompok rekreasi, olahraga dan budaya yang menyumbang inflasi sebesar 0,18 persen. Kemudian kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,19 persen dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,46 persen.

"Sementara kelompok yang mengalami deflasi yaitu kelompok transportasi sebesar 0,89 persen dan kelompok pendidikan sebesar 0,14 persen," jelasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

BPS Catat Inflasi Januari 2020 Capai 0,39 Persen

Pedagang merapikan barang dagangannya di Tebet, Jakarta, Senin (3/10). Secara umum, bahan makanan deflasi tapi ada kenaikan cabai merah sehingga peranannya mengalami inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pedagang merapikan barang dagangannya di Tebet, Jakarta, Senin (3/10). Secara umum, bahan makanan deflasi tapi ada kenaikan cabai merah sehingga peranannya mengalami inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Januari 2020 mencapai 0,39 persen. Inflasi tahun kalender tercatat 0,39 persen sementara inflasi tahun ke tahun atau year on year (yoy) mencapai 2,68 persen.

"IHK Januari itu ada kenaikan, Januari 2020 terjadi inflasi sebesar 0,39 persen. Inflasi tahun kalender sama, tahun ke tahun 2,68 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Senin (3/1/2020).

Suhariyanto mengatakan, tahun ini jumlah kota survei Indeks Harga Kumulatif (IHK) mengalami perubahan apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebelumnya, ada 82 kota saat ini berubah menjadi 90 kota.

"Yang berubah dulu 82 kota, Januari gunakan 90 kota, 34 ibu kota provinsi dan 56 kota kabupaten yang pertumbuhan signifikan dan punya kegiatan ekonomi yang banyak. Perubahan ini untuk mengakomodir dan mengetahui pola konsumsi masyarakat, itu hal biasa 5 tahun sekali," paparnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Khofifah Sambut Jenazah Gus Sholah di Bandara Juanda

Posted: 02 Feb 2020 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyambut kedatangan jenazah KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah yang tiba di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, sekitar pukul 11.00 WIB, Senin (3/2/2020).

Khofifah didampingi  Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Panglima Kodam V Brawijaya Mayjend TNI R Wisnoe Prasetja Boedi dalam penyambutan tersebut.

Ketika jenazah diturunkan, Kapolda dan Pangdam bersama beberapa jajaran lainnya ikut menggotong peti jenazah. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa terlihat di depan sembari membawa foto Gus Sholah.

Tampak juga keluarga besar Gus Sholah yang mendampingi prosesi penyambutan jenazah ini. Beberapa diantaranya Lili Wahid, Ipang Wahid dan Menteri Agama kabinet Indonesia Kerja Lukma Hakim Syaifuddin. Lantunan tahlil terdengar mengiringi jenazah Gus Sholah.

Jenazah Gus Sholah langsung dimasukkan ke mobil jenazah yang sudah disiapkan di lokasi. Nantinya pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng ini akan dibawa ke Jombang untuk dimakamkan di sana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan Rumah Sakit Khusus Corona di Wuhan yang Segera Dibuka

Posted: 02 Feb 2020 09:15 PM PST

Pemandangan bagian dalam rumah sakit Huoshenshan (Gunung Dewa Api) di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Minggu (2/2/2020). Rumah sakit Huoshenshan tersebut diserahkan kepada militer China untuk merawat ribuan pasien yang terjangkit virus korona. (Photo by STR / AFP)
Pemandangan bagian dalam rumah sakit Huoshenshan (Gunung Dewa Api) di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Minggu (2/2/2020). Rumah sakit Huoshenshan tersebut diserahkan kepada militer China untuk merawat ribuan pasien yang terjangkit virus korona. (Photo by STR / AFP)

Pemandangan bagian dalam rumah sakit Huoshenshan (Gunung Dewa Api) di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Minggu (2/2/2020). Rumah sakit Huoshenshan tersebut diserahkan kepada militer China untuk merawat ribuan pasien yang terjangkit virus korona. (Photo by STR / AFP)

Pekerja China bekerja di lokasi pembangunan Rumah Sakit Huoshenshan (Gunung Dewa Api) di Wuhan, provinsi Hubei, Minggu (2/2/2020). Rumah sakit ini adalah salah satu dari dua fasilitas khusus yang dibangun untuk membantu mengatasi wabah Virus Corona tersebut. (Photo by STR / AFP)
Pekerja China bekerja di lokasi pembangunan Rumah Sakit Huoshenshan (Gunung Dewa Api) di Wuhan, provinsi Hubei, Minggu (2/2/2020). Rumah sakit ini adalah salah satu dari dua fasilitas khusus yang dibangun untuk membantu mengatasi wabah Virus Corona tersebut. (Photo by STR / AFP)

Pekerja China bekerja di lokasi pembangunan Rumah Sakit Huoshenshan (Gunung Dewa Api) di Wuhan, provinsi Hubei, Minggu (2/2/2020). Rumah sakit ini adalah salah satu dari dua fasilitas khusus yang dibangun untuk membantu mengatasi wabah Virus Corona tersebut. (Photo by STR / AFP)

Foto udara menunjukkan rumah sakit Huoshenshan yang berarti Gunung Dewa Apidi Wuhan, provinsi Hubei, China pada Minggu (2/2/2020). Rumah Sakit khusus pasien virus korona dengan 1.000 ranjang pasien yang dibangun hanya dalam delapan hari tersebut telah siap dibuka. (Photo by STR / AFP)
Foto udara menunjukkan rumah sakit Huoshenshan yang berarti Gunung Dewa Apidi Wuhan, provinsi Hubei, China pada Minggu (2/2/2020). Rumah Sakit khusus pasien virus korona dengan 1.000 ranjang pasien yang dibangun hanya dalam delapan hari tersebut telah siap dibuka. (Photo by STR / AFP)

Foto udara menunjukkan rumah sakit Huoshenshan yang berarti Gunung Dewa Apidi Wuhan, provinsi Hubei, China pada Minggu (2/2/2020). Rumah Sakit khusus pasien virus korona dengan 1.000 ranjang pasien yang dibangun hanya dalam delapan hari tersebut telah siap dibuka. (Photo by STR / AFP)

Pemandangan bagian dalam rumah sakit Huoshenshan (Gunung Dewa Api) di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Minggu (2/2/2020). Rumah sakit Huoshenshan tersebut diserahkan kepada militer China untuk merawat ribuan pasien yang terjangkit virus korona. (Photo by STR / AFP)
Pemandangan bagian dalam rumah sakit Huoshenshan (Gunung Dewa Api) di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Minggu (2/2/2020). Rumah sakit Huoshenshan tersebut diserahkan kepada militer China untuk merawat ribuan pasien yang terjangkit virus korona. (Photo by STR / AFP)

Pemandangan bagian dalam rumah sakit Huoshenshan (Gunung Dewa Api) di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Minggu (2/2/2020). Rumah sakit Huoshenshan tersebut diserahkan kepada militer China untuk merawat ribuan pasien yang terjangkit virus korona. (Photo by STR / AFP)

Foto udara menunjukkan rumah sakit Huoshenshan yang berarti Gunung Dewa Apidi Wuhan, provinsi Hubei, China pada Minggu (2/2/2020). Rumah sakit ini adalah salah satu dari dua fasilitas khusus yang dibangun untuk membantu mengatasi wabah Virus Corona tersebut. (Photo by STR / AFP)
Foto udara menunjukkan rumah sakit Huoshenshan yang berarti Gunung Dewa Apidi Wuhan, provinsi Hubei, China pada Minggu (2/2/2020). Rumah sakit ini adalah salah satu dari dua fasilitas khusus yang dibangun untuk membantu mengatasi wabah Virus Corona tersebut. (Photo by STR / AFP)

Foto udara menunjukkan rumah sakit Huoshenshan yang berarti Gunung Dewa Apidi Wuhan, provinsi Hubei, China pada Minggu (2/2/2020). Rumah sakit ini adalah salah satu dari dua fasilitas khusus yang dibangun untuk membantu mengatasi wabah Virus Corona tersebut. (Photo by STR / AFP)

Pekerja China bekerja di lokasi pembangunan Rumah Sakit Huoshenshan (Gunung Dewa Api) di Wuhan, provinsi Hubei, Minggu (2/2/2020). Rumah Sakit khusus pasien virus korona dengan 1.000 ranjang pasien yang dibangun hanya dalam delapan hari tersebut telah siap dibuka. (Photo by STR / AFP)
Pekerja China bekerja di lokasi pembangunan Rumah Sakit Huoshenshan (Gunung Dewa Api) di Wuhan, provinsi Hubei, Minggu (2/2/2020). Rumah Sakit khusus pasien virus korona dengan 1.000 ranjang pasien yang dibangun hanya dalam delapan hari tersebut telah siap dibuka. (Photo by STR / AFP)

Pekerja China bekerja di lokasi pembangunan Rumah Sakit Huoshenshan (Gunung Dewa Api) di Wuhan, provinsi Hubei, Minggu (2/2/2020). Rumah Sakit khusus pasien virus korona dengan 1.000 ranjang pasien yang dibangun hanya dalam delapan hari tersebut telah siap dibuka. (Photo by STR / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Virus Corona, Masker Buatan Indonesia Diborong China

Posted: 02 Feb 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan China telah memesan masker buatan Indonesia dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona di negaranya. Bahkan, produksi masker sampai 3 bulan ke depan sudah dipesan untuk China.

"Seluruh produksi masker ini sudah di lock sama China," kata Airlangga di Wisma Antara, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Airlangga mengingatkan, agar semua produksi masker juga menyiapkan kebutuhan untuk dalam negeri. Jangan sampai semua diserap untuk ekspor dan masyarakat Indonesia tidak kebagian.

Sebab, semua negara saat ini hanya bisa melakukan upaya pencegahan. Sebagaimana diketahui, hingga saat ini anti virusnya pun belum ditemukan.

Moratorium turis atau kedatangan dari China pun sudah dilakukan berbagai negara dalam rangka pencegahan penyebaran virus. Sebab penyebarannya bisa lewat medium apa saja.

Saat ini semua negara masih menunggu perkembangan informasi tentang virus. Airlangga berharap anti virus corona segera ditemukan.

"Tinggal nunggu nasib aja sebenarnya," kata Airlangga.

 

Industri Penerbangan Paling Terdampak

Petugas mengenakan alat pelindung saat mengevakuasi WNI dari Wuhan, China di bandara internasional Hang Nadim, Batam, Minggu (2/2/2020). Korban meninggal dunia akibat Virus Corona di seluruh wilayah daratan China  telah mencapai 304 orang. (Photo by Handout/Indonesian Embassy/AFP)
Petugas mengenakan alat pelindung saat mengevakuasi WNI dari Wuhan, China di bandara internasional Hang Nadim, Batam, Minggu (2/2/2020). Korban meninggal dunia akibat Virus Corona di seluruh wilayah daratan China telah mencapai 304 orang. (Photo by Handout/Indonesian Embassy/AFP)

Katanya, untuk sementara waktu perlawanan terhadap virus dengan daya tahan tubuh. "Seberapa jauh mereka bertahan dari virus itu," imbuhnya.

Politikus Partai Golkar ini juga menyampaikan industri penerbangan dan pariwisata jadi paling terdampak akibat virus corona. Banyak pembatalan penerbangan dari China yang bermaksud berlibur ke Indonesia.

"Di industri airline semua orang dari cina membatalkan penerbangan karena khawatir," katanya.

Sementara itu dari sektor perdagangan pemerintah masih melakukan pengecekan. Dalam waktu dekat kata Airlangga, Presiden Joko Widodo akan menggelar rapat terkait dampak virus corona.

"Kami kita siapkan semuanya," kata Airlangga mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WP KPK: Gus Sholah Ikut Berjasa Berantas Korupsi 

Posted: 02 Feb 2020 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK) Yudi Purnomo Harahap mengatakan, KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah turut berjasa dalam pemberantasan korupsi.

"Indonesia telah kehilangan tokoh nasional, bapak bangsa, dan sosok negarawan yang juga berjasa dalam pemberantasan korupsi di negeri ini, yaitu dengan selalu menjaga KPK selama ini baik dukungan datang langsung ke Gedung KPK maupun mendukung upaya KPK di bidang pencegahan korupsi," kata Yudi di Jakarta, Senin (3/2/2020).

Ia pun mencontohkan pada 2017 lalu, Gus Sholah menggagas Deklarasi Tebuireng untuk melawan budaya korupsi dengan para pemimpin lintas agama. Keluarga besar pegawai KPK pun, kata dia, turut berduka cita atas wafatnya Gus Sholah.

"Semoga ke depan akan lahir sosok-sosok pewaris pemikiran beliau yang menjaga negeri ini dalam bingkai kebhinekaan, NKRI, dan menyuarakan gerakan antikorupsi," kata Yudi dilansir dari Antara.

Tokoh penting Nahdlatul Ulama KH Salahuddin Wahid adalah putra pahlawan nasional K.H. Wahid Hasyim, dan adik kandung presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid tutup usia pada pukul 20.55 WIB usai kritis menjalani perawatan di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta, Minggu.

Informasi wafatnya Gus Sholah pertama kali dibagikan putra Gus Sholah, Irfan Wahid (Ipang Wahid), melalui akun media sosial Facebook dan Twitternya.

Rencananya Gus Sholah akan dimakamkan di kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin petang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tentukan Calon Wali Kota, Partai-Partai di Kota Semarang Tunggu Rekomendasi PDIP

Posted: 02 Feb 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Semarang - Prediksi banyak pihak akan adanya kolom kosong pada kertas coblosan di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Semarang 2020 semakin menguat. Setelah Partai Golkar dan Partai Nasdem Kota Semarang menyatakan berkoalisi, serta kemudian PKS menyatakan membuka komunikasi, kini giliran Partai Demokrat, Gerindra, dan PAN menyusul merapat ke PDIP Kota Semarang.

Sejumlah partai di Kota Semarang yang telah sepakat berkoalisi dengan PDIP itupun menegaskan, akan mengusulkan rekomendasi satu nama yang sama kepada pengurus pusat masing-masing partai.

Adapun terkait nama yang diusulkan akan mengacu pada rekomendasi calon Wali Kota Semarang yang diajukan oleh pengurus pusat PDI Perjuangan.

Hal tersebut diakui salah satunya oleh Ketua PAN Kota Semarang, Wachid Nurmiyanto. Dirinya menjelaskan jika koalisi akan mengajukan satu calon yang sama.

"Calonnya siapa kita belum tahu, masih menunggu rekom, tapi yang penting kendaraannya kita siapkan dulu dengan membangun koalisi," terang Wachid. "Nama itu kemudian akan dimintakan rekomendasi ke masing-masing pengurus pusatnya. Misalnya nanti mas Hendi, ya sudah mas Hendi kita mintakan rekom," pungkasnya.

Sementara itu Partai Demokrat Kota Semarang melalui ketuanya Wahyu Winarto menegaskan jika sama seperti perhelatan pilwalkot sebelumnya di tahun 2015, pada kali ini pun Demokrat masih konsisten bersama PDIP di Kota Semarang.

"Kalau kita sudah ada kedekatan, dari lima tahun ke belakang sampai sekarang, komunikasinya terjaga betul," aku pria yang akrab disapa Liluk tersebut.

Sikap Partai Demokrat di tingkat Kota Semarang itu kemudian juga diamini oleh pengurus di tingkat provinsi. Rintho Subekti, Ketua DPW Partai Demokrat Provinsi Jawa Tengah mengungkapkan nantinya calon yang akan diusung bersama adalah memang sosok yang sangat dibutuhkan masyarakat Kota Semarang.

"Dari Partai Demokrat Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah sudah sepakat dengan mas Hendi. Kami menunggu ada keputusan, setelah itu kami akan meminta DPP," ungkap Rinto.

Gerindra

Di sisi lain, Gerindra Kota Semarang mengungkapkan jika keputusan partainya ke PDIP didasari atas jajak pendapat, pertimbangan ahli, serta seluruh pengurus Gerindra pada tingkat Kecamatan.

"Dari road show yang kami lakukan, semua mengatakan bahwa pembangunan yang dilakukan petahana wali Kota Semarang saat ini luar biasa, dan harus dilanjutkan," beber Ketua Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso.

"Maka dari itu kami akan berkoalisi mengusung calon bersama PDIP dan menjaga pemerintahan ke depan," imbuhnya.

Terkait tercapainya kesepakatan PDIP dengan hampir seluruh partai yang memiliki kursi di DPRD Kota Semarang, Sekretaris PDIP Kota Semarang, Kadar Lusman meyakini dengan begitu maka proses demokrasi di tahun 2020 dapat berjalan lebih kondusif, dan tidak mengganggu keberlanjutan pembangunan. "Hampir seluruh partai sudah menyatakan sepakat berkoalisi, dan kami menghargai sikap dari rekan-rekan partai lain yang menunggu rekom PDIP turun dulu baru mengeluarkan rekom masing-masing," tuturnya.

"Setelah ini setiap partai akan mensosialisasikan keputusannya sampai ke tingkat paling bawah, sehingga diharapkan semua bisa saling menjaga," imbaunya.

Reporter : Beginoto

Sumber: Merdeka

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Alasan Wanita Lebih Tertarik dengan Bad Boy

Posted: 02 Feb 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memilih pasangan adalah hak setiap orang. Khususnya bagi wanita dalam mencari pasangan, harus sangat teliti dan hati-hati. Beberapa penelitian menyatakan bahwa banyak wanita yang suka memiliki pasangan yang bad boy

 

Tidak sedikit dari kita yang tak menyadari mengapa lebih tertarik terhadap pasangan yang bad boy. Menurut BrightSide.me,  ada 5 alasan mengapa wanita lebih suka dengan pria yang disebut Bad Boy.

 

1. Pria yang Terkesan Jahat Punya Sensasi Tersendiri Loh

Joaquin Phoenix sebagai Joker. (Foto: Dok. IMDb/ Warner Bros.)
Joaquin Phoenix sebagai Joker. (Foto: Dok. IMDb/ Warner Bros.)

Hal ini bukan fiktif belaka namun memang benar adanya. Tidak sedikit pria yang domianan adalah seorang perokok, pemabuk, bertato, dan memiliki tingkah impulsif.

Perilaku-perilaku pria tersebut yang menjadi sensasi untuk wanita tanpa mereka sadari. Wanita akan menjadi sasaran empuk mereka dan seperti bendungan kesusahan.

2. Wanita Sangat Tertarik dengan Pria yang Mampu Mengambil Keputusan

Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.
Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Wanita juga sangat ingin pria yang mampu menuntun dirinya untuk memilih sebuah keputusan. Karena hanya sedikit dari wanita yang mampu mengambil keputusan sendiri. Menurut mereka, pria dominan pasti mampu mengambil keputusan dengan cepat tanpa perlu menimbang-nimbang. 

3. Menurut Wanita, Pria Baik Membosankan

Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/Matheus Ferrero.
Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/Matheus Ferrero.

Pria dominan adalah orang yang tidak bisa diam dalam satu titik tempat atau suasana. Mereka akan lebih liar dan suka mencari sebuah hal yang baru. Mencoba banyak kegiatan di luar meskipun hal tersebut berimbas buruk.

Karena wanita tidak suka hubungan yang membosankan, lantas hal ini menjadi salah satu alasan mereka memilih pria yang dominan karena menjadi suatu tantangan tersendiri bagi dirinya. 

4. Jangan Mengacaukan Dominasi Menurut Penilaian Sendiri Guys

Ilustrasi pasangan bertengkar (iStockpohoto/GeorgeRudy)
Ilustrasi pasangan bertengkar (iStockpohoto/GeorgeRudy)

Pria Dominan terkenal dengan pria yang hebat dan percaya diri. Mereka juga terkadang terlihat sebagai seorang yang kasar dan terkesan tidak mencintai pasangannya. Ternyata mereka hanya mengendalikan perasaan mereka dan bukan berarti tidak mencintai. Setiap orang harus mampu membedakan mana pelecehan mana dominasi. Kedua hal tersebut sering dikaitkan dan disalahartikan. 

5. Masa Kanak- Kanak Beri Dampak Banyak dalam Kehidupan Wanita

Peran ayah memengaruhi kehidupan anak perempuan. (Ilustrasi: The Meta Picture)
Peran ayah memengaruhi kehidupan anak perempuan. (Ilustrasi: The Meta Picture)

Setiap wanita selalu menjadikan patokan pengalamanya bersama sang ayah dalam mencari pasangan. Karena menurut penelitian, hubungan ditentukan dari bagaimana setiap orang dibesarkan. Jadi, masa kecil sangat berpengaruh dalam menentukan pilihan. 

Ketika wanita dibesarkan dengan sebuah peraturan pasti dirinya juga menginginkan hal yang sama terjadi di luar sana. 

 

Penulis : 

Ayu Ester Simanjuntak

Politeknik Negeri Jakarta

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru 2 Hari, 341 Motor Kena Tilang Elektronik di Jakarta

Posted: 02 Feb 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berlaku sejak tanggal 1 Februari 2020, Polda Metro Jaya mencatat 341 pemotor mendapatkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE karena melanggar lalu lintas di dua lokasi yang telah dipasang.

Hal itu disampaikan Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar kepada wartawan, Jakarta, Senin (3/2/2020).

"Sebanyak 341 pemotor melanggar lalu lintas berdasarkan hasil capture pelanggaran pada empat lokasi selama dua hari," kata Fahri seperti dilansir kanal Megapolitan, Liputan6.com.

Fahri mengatakan, kamera tilang elektronik berhasil mencatat jumlah pelanggaran pada hari pertama sebanyak 167 kasus dan hari kedua Minggu mencapai 174 kasus. Mencapai 171 kasus, jenis pelanggaran terbanyak, ialah melintasi jalur busway.

"Pelanggaran itu terdiri dari 118 pelanggaran sepeda motor melintas jalur busway dan 6 pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm," ujar Fahri.

Ditambahkan oleh Fahri, bahwa pelanggaran melintasi jalur busway terbanyak di Halte Duren Tiga Koridor 6 Transjakarta mencapai 124 kasus.

Berikut tiga jenis pelanggaran yang terekam kamera tilang elektronik:

1. Pelanggaran rambu lalu lintas

2. Pelanggaran marka jalan

3. Penggunaan helm

 

Sistem Kerjanya

1. Kamera ETLE akan menangkap gambar kendaraan bermotor yang melanggar aturan lalu lintas.

2. Hasil tangkapan gambar tersebut terkirim langsung ke pusat data di TMC Polda Metro Jaya.

3. Petugas akan memverifikasi jenis pelanggaran pengendara motor yang tertangkap kamera ETLE dan mengidentifikasi nomor pelat nomor.

4. Apabila sudah terverifikasi jenis pelanggarannya, petugas akan menerbitkan surat konfirmasi.

5. Surat konfirmasi akan dikirim ke alamat pengendara motor yang melanggar selambat-lambatnya tiga hari setelah pelanggaran dilakukan.

6. Pelanggar diberikan waktu 7 hari setelah pengiriman surat konfirmasi untuk klarifikasi jika ada kekeliruan dalam proses tilang.

7. Klarifikasi dari pemilik kendaraan dapat dilakukan melalui situs web http://www. etle-pmj.info, melalui aplikasi yang nantinya dapat diunduh melalui Play Store, atau mengirimkan kembali belangko konfirmasi yang telah diisi kepada kepolisian.

8. Pemilik kendaraan bisa mengklarifikasi jika saat itu kendaraannya dikendarai orang lain, atau kendaraan itu sudah bukan lagi miliknya namun belum dilakukan balik nama oleh pemilik yang baru.

9. Sesudah klarifikasi, pelanggar mendapatkan surat tilang biru sebagai bukti pelanggaran, serta kode BRI virtual sebagai kode virtual pembayaran melalui Bank BRI.

10. Pembayaran bisa dilakukan lewat bank atau mengikuti sidang sesuai jadwal yang ditentukan. Pelanggar memiliki waktu 7 hari lagi setelah proses klarifikasi untuk membayar denda.

Kendaraan yang ditilang dan tidak secepatnya membayar denda maka STNK akan terblokir dan tidak bisa diperpanjang. STNK bisa diaktifkan kembali setelah pengemudi membayar denda tilang.

Denda yang dibayarkan sesuai jenis pelanggaran yang diatur Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detail Riasan Isyana Sarasvati Hasil Polesan Bubah Alfian di Resepsi Pernikahan

Posted: 02 Feb 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Isyana Sarasvati dan Rayhan Maditra telah resmi melangsungkan pernikahan pada Minggu, 2 Februari 2020. Cerita cinta keduanya akhirnya bermuara di pelaminan setelah 12 tahun menjalin kasih.

Prosesi akad dilaksanakan di salah satu hotel berbintang lima di Bandung, Jawa Barat. Kala dipinang, pelantun "Lembaran Buku" ini tampil dalam balutan kebaya kutubaru rancangan desainer Didiet Maulana.

Pada prosesi tersebut makeup Isyana saat akad nikah dipoles oleh makeup artist Marlene Hariman. Sementara, paes oleh Ambar Paes Jakarta dan robe oleh M&M Atelier.

Setelah resmi menjadi pasangan suami istri, Isyana Sarasvati dan Rayhan menggelar resepsi pernikahan. Masih di momen membahagiakan tersebut, penyanyi berusia 26 tahun itu tampil cantik dalam polesan makeup oleh makeup artist ternama Bubah Alfian.

Polesan riasan flawless kian membuat Isyana terlihat memesona. Alisnya yang tebal kian dipertegas, garis matanya pun ditambahkan dengan eyeliner hitam dan perpaduan eyeshadow yang terbaur indah.

Pipinya merona dan contour tersapu apik. Lalu, tak ketinggalan pulasan lipstik warna nude yang tampak sedikit glossy. Sedangkan, rambut Isyana ditata bun oleh hairdresser Woko.

Kenakan Dress Backless

7 Momen Prosesi Pernikahan Isyana Sarasvati, Dari Lamaran Hingga Resepsi (sumber: Instagram.com/thebridestory)
7 Momen Prosesi Pernikahan Isyana Sarasvati, Dari Lamaran Hingga Resepsi (sumber: Instagram.com/thebridestory)

Pada momen resepsi pernikahan, Isyana Sarasvati kian memukau dalam balutan dress backless berlengan panjang yang merupakan rancangan desainer Yefta Gunawan.

Dress dengan bagian leher yang dibuat agak tinggi itu berwarna putih yang dipenuhi oleh ragam motif cantik. Lalu, penyertaan beads di berbagai sisi semakin membuat tampilan Isyana cantik di hari bahagiannya.

Ia juga mengenakan sepatu hak tinggi persembahan Cava Prive dan perhiasan oleh Mondial Jeweler. Isyana turut membawa buket bunga putih oleh Plum & Peach Floral Atelier.

Sementara, Rayhan ketika resepsi pernikahan memakai setelan dari Wong Hang Tailor. Suami Isyana ini juga mengenakan sepatu oleh Mario Minardi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpeluang Hujan hingga Malam Hari pada Awal Pekan

Posted: 02 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi Surabaya, Jawa Timur berpeluang hujan hingga malam hari pada Senin (3/2/2020).

Prakirawan BMKG Juanda, Oky Sukma Hakim menuturkan, potensi hujan pada siang hingga sore hari dengan intensitas sedang dan lebat di Surabaya. Sedangkan hujan dengan intensitas ringan dan sedang terjadi pada malam hari.

"Suhu udara diperkirakan 25-33 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-95 persen. Kecepatan angin maksimal 30 KM per jam," ujar Oky saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Senin pekan ini.

Mengutip data BMKG Juanda, sejumlah wilayah di Surabaya berpotensi hujan petir dengan suhu udara 33 derajat Celsius pada siang hari. Kelembapan udara sekitar 60 persen dan kecepatan angin maksimal 30 KM per jam.

Instagram @infobmkgjuanda menyebutkan untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hari dan soe hari di Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Bawean, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi.

Selain itu, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Sedangkan pada malam hari di Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Pulau Bawean, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Jember, Situbondo, dan Bangkalan.

Pemkot Surabaya Kerahkan Personel Gabungan Antisipasi Cuaca Ekstrem

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Sebelumnya, sejumlah titik wilayah di Surabaya, Jawa Timur menjadi perhatian pemerintah kota Surabaya seiring ada peringatan dini berupa cuaca ekstrem dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika pada sore hingga malam ini.

Oleh karena itu, Pemkot Surabaya menyebar personel gabungan di beberapa titik di Kota Pahlawan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem tersebut.

"Penyebaran personel sudah kita lakukan, sekitar 25-50 personel di setiap titik," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya, Eddy Christijanto, seperti dikutip dari Antara, Minggu (2/2/2020).

Ia menuturkan, peringatan dini yang disampaikan pada situs resmi BMKG yakni bmkg.go.id menyebut akan terjadi cuaca ekstrem di 26 provinsi di Indonesia termasuk di Surabaya.

Personel gabungan tersebut terdiri dari Badan Penanggungan Bencana (BPB) Linmas, Satpol PP, dan Satgas PU Bina Marga dan Pematusan serta personel dari Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya.

Personel-personel itu disebar di titik-titik yang diprediksi masih akan ada genangan. Adapun beberapa titik yang menjadi pusat perhatian pemkot itu di antaranya adalah Kupang Jaya, HR. Muhammad, seputaran Opak, Wonokromo depan RSI, Ahmad Yani dan Margorejo. Sedangkan di pusat kota diantaranya di Bubutan, Gubeng, dan juga Jalan Semarang dan sekitarnya.

"Beberapa titik yang sempat tergenang saat hujan deras, sudah dilakukan normalisasi saluran oleh Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, sehingga kami harapkan kembali normal," kata dia.

Menurut Eddy, berdasarkan prediksi BMKG, Ahad pukul 16.00-22.00 WIB akan ada hujan petir. Sedangkan arah angin mulai dari Barat ke Timur, sehingga di Surabaya barat dan Surabaya selatan seperti kemarin diperkirakan ada curah hujan tinggi.

"Sementara, kelembaban 60 persen. Suhunya minus 40 sampai 50 derajat, sehingga bisa menimbulkan awan cibi," kata dia.

Oleh karena itu, kata dia, Pemkot Surabaya mengimbau kepada seluruh warga Surabaya untuk tidak keluar rumah apabila tidak ada kepentingan yang sangat mendesak. Terutama pada pukul 16.00-22.00 WIB. "Lebih baik di rumah saja jika tidak ada kepentingan mendesak, semoga tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan bersama," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wabah Virus Corona, Garuda Masih Layani Penerbangan ke Hong Kong

Posted: 02 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia lakukan penghentian sementara rute penerbangan dari dan menuju China. Hal tersebut menyusul peningkatan skala epidemik virus Corona dan status darurat global yang ditetapkan WHO.

Hal tersebut sejalan dengan kebijakan Pemerintah terkait penundaan sementara layanan penerbangan dari dan menuju Cina yang akan mulai diberlakukan pada Rabu, 5 Februari 2020, terhitung pukul 00.00, hingga waktu yang akan ditentukan lebih lanjut.

"Penundaan sementara tersebut melingkupi layanan penerbangan dari dan menuju Beijing, Shanghai, Guangzhou, Zhengzhou dan Xi'an," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Senin (3/2/2020).

Saat ini, Garuda Indonesia melayani sebanyak 30 fekuensi penerbangan setiap minggunya ke China. Sementara itu penerbangan dari dan menuju Hong Kong masih dilayani dengan pengawasan penuh bersama dengan otoritas terkait.

Irfan juga menegaskan, penundaan sementara penerbangan dari dan ke China tersebut merupakan bentuk perhatian serius Garuda Indonesia terhadap upaya antisipasi penyebaran virus tersebut, dengan mengedepankan aspek keselamatan penerbangan serta keselamatan penumpang dan awak pesawat.

"Kebijakan tersebut juga merupakan tindak lanjut komitmen dan dukungan penuh Garuda Indonesia terhadap upaya Pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona di Indonesia yang salah satunya dilakukan melalui penundaan sementara rute penerbangan dari dan menuju China," ujar Irfan.

 

Terus Pantau

(Liputan6.com/Fahrizal Lubis)
(Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Maskapai berplat merah itu juga terus memantau situasi terkini, serta dan akan mengambil tindakan yang diperlukan. Termasuk memberikan informasi terbaru khususnya terkait tindak lanjut atas layanan operasional penerbangan.

Melalui penundaan sementara penerbangan ke Cina tersebut, Garuda Indonesia memberlakukan kebijakan yang fleksibel mekanisme reschedule dan reroute untuk layanan penerbangan.

Garuda Indonesia juga menganjurkan kepada calon penumpang untuk melakukan pengecekan jadwal penerbangan secara berkala pada kanal media sosial resmi Garuda Indonesia seperti website, Twitter, dan Facebook khususnya untuk ruta-rute yang rawan akan penyebaran virus Corona.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Uji Laboratorium Warga Cirebon yang Diduga Terinfeksi Virus Corona

Posted: 02 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Cirebon - Tim dokter RSUD Waled Cirebon menyatakan pasien SH (44) yang sebelumnya diduga terinfeksi Virus Corona dinyatakan negatif. Pernyataan tersebut menyusul turunnya hasil uji laboratorium dari Litbangkes.

Direktur RSUD Waled Kabupaten Cirebon, dr. Budi Setiawan Soenjaya menjelaskan sebelumnya pasien sempat melakukan perjalanan ke Taiwan untuk mengikuti seminar selama 12 hari. Kemudian pada, Senin (27/1/2020) yang lalu SH masuk ke RSUD Waled atas dasar rujukan salah satu klinik karena terindikasi terpapar virus Corona.

"Mengingat dari gejala yang dirasakan tidak jauh beda dengan gejala virus corona. Setelah mendapat rujukan, pasien masuk dalam ruangan isolasi karena suspect virus Corona," kata dia, Minggu (2/2/2020).

Satu hari kemudian, tim dari Kemenkes mendatangi RSUD Waled Cirebon untuk mengambil sampel darah, lidah, tenggorokan hingga rongga hidung. Namun, kata dia, tidak lama kemudian hasilnya langsung dilaporkaan kembali.

Dari hasil uji laboratorium, kata Budi, pasien SH dinyatakan negatif. Kondisi pasien dinilai semakin membaik bahkan SH sudah tidak diberi bantuan alat pernafasan.

"Hari Minggu ini juga pasien sudah boleh pulang dan SH memang mengaku ingin segera pulang karena kondisinya membaik," ujar dia.

Budi memastikan, pasien tidak terinfeksi virus corona melainkan infeksi saluran pernafasan bawah. Sakit yang diderita SH merupakan hasil diagnosa dari dokter ahli yang menanganinya.

Dari hasil uji laboratorium itu, Budi meminta masyarakat agar tetap menjaga pola hidup sehat. Termasuk tidak mudah panik jika mengalami gejala yang dianggap mirip dengan virus Corona di Cirebon.

Tetap Waspada

Kadinkes Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni dan Dirut RUSD Waled Budi S Soenjaya memberikan keterangan pers terkait dugaan infeksi virus corona terhadap warga Cirebon SH. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)
Kadinkes Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni dan Dirut RUSD Waled Budi S Soenjaya memberikan keterangan pers terkait dugaan infeksi virus corona terhadap warga Cirebon SH. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

"Pemerintah juga sudah mengantisipasi sebelumnya jadi jangan khawatir tetap tenang dan jangan panik," kata Budi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni mengaku laporan hasil uji laboratorium dikirim melalui email. Dia mendapat surat elektronik itu dari bidang Penelitian dan Pengembangan kesehatan Kementerian Kesehatan RI terkait hasil laboratorium pasien yang menyatakan pasien SH negatif Corona.

Eni mengimbau agar masyarakat tidak panik dan takut dengan adanya satu orang yang baru diduga terinfeksi Corona. Karena untuk memastikan virus tersebut positif harus melalui uji laboratorium.

"Jangan panik dan khawatir hanya karena satu pasien di RSUD Waled dinyatakan negatif terpapar virus Corona," pinta Enny.

Pada kesempatan tersebut, Enny menyatakan hingga saat ini belum ada informasi WNI asal Cirebon yang ikut dievakuasi oleh pemerintah dari China dan Taiwan.

Hanya saja, Dinkes Kabupaten Cirebon tetap menggunakan sistem kewaspadaan dini yang masih terus berjalan hingga saat ini.

"Walaupun belum dapat informasi ada tidaknya warga Cirebon yang ikut dievakuasi dari Cina kami tetap waspada dan melakukan antisipasi," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah, Guardiola Kurung Pemain Manchester City di Ruang Ganti Selama 40 Menit

Posted: 02 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, London - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengunci para pemainnya di ruang ganti selama lebih dari 40 menit setelah kekalahan 2-0 dari tuan rumah Tottenham Hotspur, Minggu (2/2/2020).

Kekalahan itu membuat Manchester City tertinggal 22 poin dari Liverpool, yang memuncaki klasemen sementara Liga Inggris. Itu berarti The Citizens semakin sulit mengejar The Reds.

Dua gol Tottenham ke gawang Ederson Moraes disarangkan Steven Bergwijn pada menit ke-63 dan Son Heung-min pada menit ke-71 di Tottenham Hotspur Stadium, London.

Guardiola diyakini menceramahi anak-anak asuhnya usai kekalahan memalukan itu. Apalagi, Guardiola takluk dari rivalnya, Jose Mourinho, yang diketahui berada di kursi pelatih The Lilywhites.

Sekitar 45 menit setelah pertandingan selesai, Guardiola akhirnya keluar dari ruang ganti Manchester City. Kejadian ini juga bisa membuat Guardiola didenda oleh Liga Inggris.

Mudahkan Liverpool

Pemain Tottenham Hotspur, Steven Bergwijn, mencetak gol ke gawang Manchester City pada laga Premier League di Stadion Tottenham Hotspur, Minggu (2/2/2020). Tottenham menang 2-0 atas Manchester City. (AP/Ian Walton)
Pemain Tottenham Hotspur, Steven Bergwijn, mencetak gol ke gawang Manchester City pada laga Premier League di Stadion Tottenham Hotspur, Minggu (2/2/2020). Tottenham menang 2-0 atas Manchester City. (AP/Ian Walton)

Ketika ditanya apa yang dia katakan kepada para pemainnya, Guardiola berkata: "Betapa bangganya saya kepada mereka, tetapi itu tidak cukup. Saya suka melihat pemain saya bermain seperti itu."

Kekalahan dari Tottenham membuat Liverpool sekarang hanya butuh enam kemenangan lagi untuk memastikan gelar juara Liga Inggris pertama mereka dalam 30 tahun terakhir.

Poin Tertinggi

Manchester City masih menjadi tim yang memegang rekor poin tertinggi (100 poin dan 98 poin) ketika menjuarai Liga Inggris. Namun, melihat torehan The Reds, rekor tersebut berpotensi terlampaui.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dugaan Bakso Tikus di Madiun, Ini Hasil Penyelidikan Polisi

Posted: 02 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Video viral dugaan bakso mengandung daging tikus di Madiun sempat membuat heboh dan meresahkan. Pihak kepolisian bergerak menyelidiki kasus ini. Bagaimana hasilnya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampilan Ciamik Cristiano Ronaldo Saat Juventus Hajar Fiorentina

Posted: 02 Feb 2020 09:00 PM PST

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo mencetak gol ke gawang Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Fabio Ferrari/Lapresse via AP)
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo mencetak gol ke gawang Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Fabio Ferrari/Lapresse via AP)

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo mencetak gol ke gawang Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Fabio Ferrari/Lapresse via AP)

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo mencetak gol lewat tendangan penalti saat menghadapi Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Fabio Ferrari/Lapresse via AP)
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo mencetak gol lewat tendangan penalti saat menghadapi Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Fabio Ferrari/Lapresse via AP)

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo mencetak gol lewat tendangan penalti saat menghadapi Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Fabio Ferrari/Lapresse via AP)

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo saat menghadapi Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Marco Bertorello/AFP)
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo saat menghadapi Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Marco Bertorello/AFP)

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo saat menghadapi Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Marco Bertorello/AFP)

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo duduk di lapangan sambil adu argumen saat menghadapi Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Fabio Ferrari/Lapresse via AP)
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo duduk di lapangan sambil adu argumen saat menghadapi Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Fabio Ferrari/Lapresse via AP)

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo duduk di lapangan sambil adu argumen saat menghadapi Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Fabio Ferrari/Lapresse via AP)

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo (kanan) bereaksi saat salah seorang pemain Fiorentina terkapar di lapangan pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Marco Bertorello/AFP)
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo (kanan) bereaksi saat salah seorang pemain Fiorentina terkapar di lapangan pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Marco Bertorello/AFP)

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo (kanan) bereaksi saat salah seorang pemain Fiorentina terkapar di lapangan pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Marco Bertorello/AFP)

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo (kiri) berdebat dengan wasit Fabrizio Pasqua pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Marco Bertorello/AFP)
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo (kiri) berdebat dengan wasit Fabrizio Pasqua pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Marco Bertorello/AFP)

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo (kiri) berdebat dengan wasit Fabrizio Pasqua pada pertandingan Liga Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (2/2/2020). Ronaldo tampil memukau dengan menorehkan dua gol saat Juventus menang 3-0. (Marco Bertorello/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joaquin Phoenix Menang BAFTA 2020, Pidato Kemenangannya Bikin Merinding

Posted: 02 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lewat film Joker, Joaquin Phoenix membawa pulang Piala BAFTA. Ini kali pertama Joaquin Phoenix menang BAFTA setelah dinominasikan lewat Walk The Line, Her, dan The Master.

Pencapaian Joaquin Phoenix disambut tepuk tangan para tamu. Di atas panggung BAFTA 2020, Joaquin Phoenix menyampaikan pidato kemenangan. Yang diucapkan sang aktor malam tadi disebut sebagai salah satu pidato paling powerful.

Joaquin Phoenix mengingatkan bahwa lingkungan kerja termasuk di industri film sangat beragam. Keragaman inilah yang patut dirawat. Publik merinding mendengar pidato pemeran Joker.

Pesan Yang Sangat Jelas

Joaquin Phoenix menghadiri malam puncak BAFTA 2020, di London, Inggris, pada Minggu (2/2/2020) malam. (Foto: Dok. Vianney Le Caer/Invision/AP)
Joaquin Phoenix menghadiri malam puncak BAFTA 2020, di London, Inggris, pada Minggu (2/2/2020) malam. (Foto: Dok. Vianney Le Caer/Invision/AP)

"Saya merasakan pergolakan karena banyak sahabat sesama aktor yang pantas namun tak mendapat kehormatan. Saya berpikir kita telah mengirim pesan yang sangat jelas bahwa masyarakat kulit berwarna tak layak berada di sini," beber Joaquin yang mengenakan setelan jas dan dasi kupu-kupu warna hitam.

"Saya pikir itulah pesan yang kita kirim kepada mereka yang telah berjasa besar dalam media maupun industri kita, yang dari situ kita beroleh keuntungan," sambung aktor kelahiran 28 Oktober 1974.

Diakui dan Diapresiasi

Joaquin Phoenix sebagai Joker. (Foto: Dok. IMDb/ Warner Bros.)
Joaquin Phoenix sebagai Joker. (Foto: Dok. IMDb/ Warner Bros.)

Joaquin Phoenix percaya para pekerja seni kulit berwarna tidak gila hormat maupun gila piala. Namun, mereka berhak mendapat pengakuan maupun perlakuan istimewa.

"Saya tak berpikir setiap orang ingin mendapat penghargaan atau perlakuan istimewa, meski itu yang kita dambakan setiap tahunnya. Saya pikir mereka hanya ingin diakui, diapresiasi, dan dihargai atas kerja mereka," ia menyambung.

Malu Jadi Bagian Masalah

Aktor Joaquin Phoenix berpose saat menghadiri Golden Globes 2020 di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, Amerika Serikat, Minggu (5/1/2020). (FREDERIC J. BROWN/AFP)
Aktor Joaquin Phoenix berpose saat menghadiri Golden Globes 2020 di The Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California, Amerika Serikat, Minggu (5/1/2020). (FREDERIC J. BROWN/AFP)

Dalam pandangan Joaquin Phoenix ini bukanlah perlakuan yang bermoral. "Dan saya malu untuk mengatakan bahwa saya jadi bagian dari masalah ini," katanya.

Joaquin Phoenix mengingatkan bintang papan atas sekalipun tak mungkin bekerja sendiri di lokasi syuting. Ada orang lain yang menolong hingga proses produksi film berlangsung mulus.

Kewajiban Kita

Joaquin Phoenix sebagai Joker, masuk dalam nominasi di piala Oscar 2020. (Foto: Dok. IMDb/ Warner Bros.)
Joaquin Phoenix sebagai Joker, masuk dalam nominasi di piala Oscar 2020. (Foto: Dok. IMDb/ Warner Bros.)

"Saya tak mungkin memastikan dan mengerjakan semuanya sendiri di lokasi syuting. Saya pikir ini lebih dari sekadar punya lingkungan kerja yang multikultural," beri tahu dia.

"Kita perlu berupaya keras agar bisa lebih memahami arti sistem rasialis. Saya pikir ini kewajiban mereka yang menciptakan, melanggengkan, dan mengambil keuntungan dari sistem penindasan yang mesti dibongkar. Sekarang itu jadi kewajiban kita," Joaquin Phoenix mengakhiri. Pidato ini disambut para tamu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta Kesehatan: Kumur Air Garam Bisa Efektif Cegah Pneumonia Wuhan?

Posted: 02 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus Novel Coronavirus atau Virus Corona akhir-akhir ini menimbulkan sejumlah isu terkait kebenarannya. Seperti yang baru-baru ini terjadi, tersebar sebuah kabar di media sosial yang disebut berasal dari Zhong Nanshan, seorang dokter paru-paru di Tiongkok, mengenai cara sederhana mencegah pneumonia Wuhan, yaitu dengan kumur air garam.

Berikut isinya:

 

Zhong Nanshan, seorang ahli paru-paru Cina yang menemukan virus corona SARS pada tahun 2003, menyarankan cara-cara sederhana untuk mencegah pneumonia Wuhan.

Dianjurkan agar Anda berkumur dengan air garam ringan sebelum pergi ke rumah sakit atau tempat umum lainnya (dan melakukan hal yang sama setelah kembali ke rumah).  Metodenya adalah sebagai berikut;

  1. Memegang seteguk air garam encer,
  2. Mengangkat kepala, biarkan air garam tetap di sekitar area tenggorokan Anda
  3. Buka mulut sedikit dan buang napas perlahan. Biarkan udara menggelegak melalui air di tenggorokan dan buatlah suara "ha"
  4. Memuntahkan air garam setelah beberapa detik
  5. Ulangi tiga sampai kali

Karena virus atau bakteri mengintai di faring melalui saluran hidung, air garam encer dapat membunuh mereka di tempat, sehingga mencapai tujuan mencegah infeksi. Selama SARS, saya mempromosikan dan mengawasi metode ini di antara murid-murid saya.  Akibatnya, tidak ada siswa kami di kelas kami yang kedinginan, batuk, dan demam.

Metode ini sederhana, efektif, mudah dilakukan. Tetapi membutuhkan ketekunan.

Zhong Nanshan

21 Januari 2020"

 

Kabar tersebut pertama kali disebarluaskan oleh warga Filipina, Jp Fajue, di Facebook dalam versi bahasa Inggris untuk membantu orang-orang di sana. Kemudian, versi lain pun bermunculan. Lantas, apa benar kumur air garam dapat mencegah pneumonia Wuhan?

Health Liputan6.com menanyakan langsung mengetahui kebenaran kabar itu kepada Pulmonologist dari RS EMC, Desilia Atikawati.

"Kalau aku sih bilang enggak dulu. Karena enggak ada rekomendasi yang mengarah ke sana, belum ada penelitian yang jelas," katanya.

Riset

Air garam dapat menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan kulit
ater-in-morning5.jpg

Selanjutnya, Health Liputan6.com melakukan penelusuran guna memastikan kebenarannya. Dan, ditemukan bahwa benar Zhong Nashan merupakan seorang dokter paru Cina yang menemukan SARS pada 2003.

Sementara Jp Fajuea, yang unggahannya itu telah dibagikan sebanyak 1,2 ribu kali, diketahui menerjemahkan informasi Nashan dari bahasa Cina. Namun, setelah didalami, ternyata tidak ditemukan unggahan melalui dokter tersebut.

Sebuah laman dari Pinoy Trending News (website Filipina) juga ikut menyebarluaskan mengenai hal ini, dan lagi-lagi, tidak ada sumber yang jelas, dan dalam artikel tersebut tidak ada yang berkomentar, serta nama penulis tanpa identitas yang jelas (hanya menuliskan PTN di bagian penulis).

Dikonfimasi berdasarkan Bangkok Post, yang didukung oleh AFP Fact Check (kantor berita global)dituliskan bahwa kumur air garam dapat mencegah pneumonia Wuhan tidaklah benar.

 

"Beberapa unggahan di Weibo, Twitter, dan Facebook yang dibagikan pada bulan Januari menyatakan pakar pernapasan Tiongkok Zhong Nanshan mengatakan kepada orang-orang untuk kumur mulut mereka dengan larutan air garam untuk mencegah infeksi dari wabah virus baru.

Namun, klaim itu palsu. Tim ahli mengatakan bahwa saline tidak akan "membunuh" virus baru dan mendesak orang untuk tidak percaya atau berbagi rumor online yang tidak akurat secara medis.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengatakan kepada AFP bahwa tidak ada bukti bahwa larutan garam akan melindungi orang dari infeksi coronavirus baru," 

 

Didukung pernyataan Desi, jika belum ada uji klinis, dan belum tau kebenarannya, tetap tidak bisa dipastikan.

Tidak ada rekomendasi

Ilustrasi Garam (iStockphoto)​
Ilustrasi Garam (iStockphoto)​

Desi mengatakan, meskipun kumur air garam mempunyai efek sebagai anti septik di saluran napas atas (faring), kumur air garam tidak dapat menyembuhkan ataupun mencegah pneumonia Wuhan.

 "Saya sih enggak tau ya kalau ada penelitiannya. Kalau penelitiannya apakah secara efektif akan menurunkan, saya belum baca, tapi kalau masker itu sudah ada penelitiannya," kata Desi, yang ditemui beberapa waktu lalu di Dear Netizen Liputan6.com.

Menurutnya, tidak ada rekomendasi kumur air garam dapat mencegah pneumonia dari Organisasi Kesehatan Dunia maupun Kementerian Kesehatan.

Ia merekomendasikan untuk memakai masker, mencuci tangan, punya etika batuk yang baik, menghindari perjalanan ke Cina, dan jika sakit untuk tetap di rumah.

"Karena dengan pakai masker dan cuci tangan lumayan bisa menurunkan risiko untuk penyakit-penyakit airbone. Penelitiannya juga 70 persen jika dipakai secara betul," ujar Dita.

Menanggapi kumur air garam tersebut, Desi menjelaskan jika fakta dari rekomendasi omongan orang merupakan rekomendasi terendah dalam bilang ilmiah.

"Kalau kita ngomongin tentang fakta, jika di dalam level kedokteran, ada di level-level. Expert opinion itu justru ada di paling bawah, tetapi jika sudah melewati penelitian lebih bisa kita pegang, yang sudah teruji secara klinis," Desi menekankan.

 

Penulis: Lorenza Ferary

 

Simak Video Menarik Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merusak Komputer, Trojan hingga Worm Menyamar Jadi File Virus Corona

Posted: 02 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan keamanan siber Kaspersky telah menemukan file berbahaya yang menyamar sebagai file terkait tentang virus corona. Belakangan ini virus corona memang tengah menjadi berita utama media massa.

File berbahaya yang Kasperksy temukan berkedok file pdf, mp4, docx tentang virus corona. Nama-nama yang digunakan file itu juga mengelabui bahwa mereka memuat instruksi video tentang cara melindungi diri dari virus corona, info terkini seputar ancamannya, bahkan prosedur deteksi virus. Tentu saja, sebenarnya tidak demikian.

Menurut Kaspersky, file-file berjenis Trojan hingga Worm ini dapat merusak, memblokir, memodifikasi atau menyalin data, serta mengganggu pengoperasian komputer atau jaringan komputer.

"Virus corona, yang sedang dibahas secara luas sebagai berita utama, telah digunakan sebagai umpan oleh para pelaku kejahatan siber. Sejauh ini kami hanya melihat sejumlah sepuluh file unik, tetapi karena aktivitas demikian kerap terjadi dengan topik populer di media, maka kami memperkirakan kecenderungan ini akan bertambah," ujar Anton Ivanov, analis malware di Kaspersky, dalam keterangannya.

"Ketika masyarakat masih memiliki kekhawatiran akan kesehatan mereka, kita mungkin melihat semakin banyak malware yang tersembunyi di dalam dokumen palsu tentang penyebaran virus corona," tutur Anton lebih lanjut.

Nama file berbahaya

Kaspersky mendeteksi file tentang virus corona dengan nama-nama sebagai berikut:

Worm.VBS.Dinihou.r

Worm.Python.Agent.c

UDS:DangerousObject.Multi.Generic

Trojan.WinLNK.Agent.gg

Trojan.WinLNK.Agent.ew

HEUR:Trojan.WinLNK.Agent.gen

HEUR:Trojan.PDF.Badur.b

Rekomendasi Kaspersky

Guna menghindari menjadi korban program berbahaya yang menyamar Kaspersky merekomendasikan untuk mengambil langkah-langkah berikut:

  • Selalu menghindari tautan mencurigakan, yang menjanjikan konten eksklusif. Rujuklah ke sumber resmi untuk memperoleh informasi yang sah dan dapat dipercaya.
  • Lihatlah ekstensi file yang diunduh. Dokumen dan file video seharusnya tidak dibuat dalam format .exe atau .lnk.
  • Gunakan solusi keamanan andal, seperti Kaspersky Security Cloud, untuk perlindungan komprehensif dari berbagai ancaman.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muhammadiyah Jatim Sampaikan Belasungkawa Atas Wafatnya Gus Sholah

Posted: 02 Feb 2020 08:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Muhammadiyah Jawa Timur menyampaikan turut duka cita dan mendoakan almarhum KH Salahuddin Wahid atau lebih dikenal Gus Sholah.

Wakil Ketua PWM Jawa Timur, Nadjib Hamid teringat rencana KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) yang berniat membangun kerja sama di bidang kesehatan dalam waktu dekat.

"Beberapa waktu lalu beliau ke PWM Jatim dan ingin membangun proyek kerja antara Muhammadiyah dan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang," tutur Nadjib, seperti dikutip dari Antara, Senin (3/2/2020).

Mewakili organisasi dan pribadi, eks-Komisioner KPU Jatim tersebut mengucapkan turut duka cita dan mendoakan almarhum Gus Sholah diterima di sisi Allah SWT.

Ia menuturkan, Muhammadiyah, juga merasa sangat kehilangan atas meninggalnya Gus Sholah dan menilainya sebagai salah seorang tokoh perekat umat.

"Kami sangat kehilangan. Semoga almarhum ditempatkan di tempat terbaik dan husnul khotimah," kata Nadjib.

Gus Sholah Tutup Usia

Polisi berdiri dekat karangan bunga ucapan duka cita atas meninggalnya KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal usai perawatan pascaoperasi jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Polisi berdiri dekat karangan bunga ucapan duka cita atas meninggalnya KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal usai perawatan pascaoperasi jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, tokoh penting Nahdlatul Ulama, Gus Sholah, tutup usia usai sempat kritis dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta, pukul 20.55 WIB, Minggu.

Putra Gus Sholah, Irfan Wahid menuturkan, ayahnya mengalami komplikasi sakit jantung setelah sempat menjalani perawatan di RS Harapan Kita.

Rencananya, setelah disemayamkan di rumah duka di Jakarta Selatan, jenazah Gus Sholah diterbangkan ke Jombang, Jawa Timur, melalui Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 10.00 WIB, Senin.

Irfan menuturkan jenazah akan diangkut menggunakan salah satu pesawat milik Lion Group dan dijadwalkan tiba di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo sekitar pukul 11.30 WIB. Jenazah diperkirakan tiba di Jombang, Jawa Timur, sekitar pukul 14.00 WIB.

Rencananya jenazah Gus Sholah akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng sekitar pukul 16.00 WIB.

Gus Sholah adalah adik kandung dari Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang juga pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. Gus Sholah lahir di Jombang, 11 September 1942 dan menghembuskan nafas terakhir pada usia 77 Tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta Kesehatan: Penularan Virus Corona Bisa Lewat Tatapan Mata?

Posted: 02 Feb 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan semakin banyaknya negara yang menyatakan kasus infeksi virus corona terhadap warga mereka, merebak pula kabar simpang siur seputar penyebaran virus tersebut.

Salah satu informasi yang berkembang di masyarakat baru-baru ini virus corona bisa menyebar lewat tatapan mata. Anggapan tersebut muncul usai seorang pakar mengatakan bahwa virus tersebut bisa menginfeksi lewat mata.

Dikutip dari laman Mirror, Wang Guangfa, seorang dokter Tiongkok yang pernah membantu mengatasi SARS tahun 2003 menyatakan bahwa dia sempat terinfeksi virus yang menyerang pernapasan ini karena tidak menggunakan kacamata pelindung.

Sejak saat itu, berkembang anggapan bahwa hanya dengan tatapan mata, novel coronavirus bisa menyebar. Benarkah demikian?

 

Tidak Menular dari Tatapan Mata

Endang Budi Hastuti, Kepala Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan bahwa virus corona tidak menular lewat tatapan mata.

"Pernah dengar tidak? Itu juga ada. Jadi makanya disarankan pakai masker yang sampai menutupi mata. Tapi bukan seperti itu, tidak menular melalui tatapan mata," kata Endang dalam presentasinya di gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta pada hari Jumat yang lalu.

Walaupun begitu, Endang mengatakan bahwa mata tetap menjadi bagian tubuh yang rentan untuk menjadi tempat masuknya virus.

"Kalau kita kucek-kucek mata saat tangannya kotor, terkontaminasi, bisa menular juga ke orang lain. Jadi bukan tatapannya," kata Endang.

Maka dari itu, untuk mencegah penyakit masuk lewat mata, hindari mengucek mata dengan tangan yang kotor. Selain itu, jagalah kebersihan bagian tubuh tersebut dengan rutin mencucinya menggunakan air dan sabun. 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Dirut PT Karya Pemuda Syamsurachman Terkait Dugaan Korupsi Kemenag

Posted: 02 Feb 2020 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengusut kasus korupsi di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag). Kali ini penyidik memanggil Direktur Utama PT Karya Pemuda Mandiri Syamsurachman terkait dugaan korupsi proyek pengadaan barang dan jasa di Ditjen Binmas Islam Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2011.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri menyampaikan, Syamsurachman akan dimintai keterangan untuk tersangka Undang Sumantri (USM).

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka USM," tutur Ali dalam keterangannya, Senin (3/2/2020).

Sebelumnya, KPK menetapkan Undang Sumantri sebagai tersangka korupsi pengadaan peralatan laboratorium komputer untuk Madarasah Tsanawiyah (MTs) dan pengadaan pengembangan Sistem Komunikasi dan Media Pembelajaran Terintegrasi untuk Jenjang MTs dan Madarasah Aliyah (MA) pada Ditjen Pendis Kemenag pada 2011.

KPK menduga Undang melakukan tindak pidana korupsi dalam dua perkara. Perkara pertama terkait pengadaan peralatan laboratorium komputer Madrasah Tsanawiyah dengan dugaan kerugian keuangan negara setidaknya Rp 12 miliar.

Pada perkara kedua, terkait pengadaan pengembangan Sistem Komunikasi dan Media Pembelajaran Terintegrasi Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Diduga terdapat kerugian negara sekitar Rp 4 miliar.

Tersangka Undang diduga melanggar Pasal 2 ayat (1) dan/atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Bertahap

Mantan terpidana Fahd El Fouz sebelumnya mengaku telah menerima uang Rp 3,4 miliar terkait proyek pengadaan Alquran di Ditjen Binmas Islam Kementerian Agama tahun 2011-2012 dan pengadaan laboratorium komputer MTS. Uang tersebut diperoleh Fahd dari rekanan pelaksana proyek.

"Saya terima Rp 3,4 miliar secara bertahap," kata Fahd dalam persidangan di PN Tipikor Jakarta Pusat, Kamis 24 Agustus 2017.

Fahd mengatakan uang tersebut didapat dari Direktur PR Sinergi Pustala Indonesia, Abdul Kadir Alaydrus.

Dia menerima uang tersebut melalui Vasko Ruseimy, Syamsurachman, dan Rizky Moelyoputro. Mereka merupakan bagian keuangan PT Karya Sinergy Alam Indonesia (KSAI).

Rekening perusahaan itu diduga menjadi tempat penampungan uang suap dari para rekanan kepada sejumlah pejabat negara.

Fahd menuturkan, dirinya minta penyerahan uang teraebut dilakukan secara tunai. Sebab, Fahd khawatir transfer bank dapat diketahui KPK.

"Saya dapatnya cash. Saya bilang jangan pakai transfer, karena saya sudah dicekal saat itu," ujar dia.

Namun, Fahd El Fouz mengaku uang tersebut telah dikembalikan ke KPK. Uang tersebut dikembalikan sejak tahap penyidikan, Fahd sudah menyetorkan jumlah uang yang dia terima kepada rekening penampungan KPK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi Tinjau Kampung di Sukajaya, Tempat Tewasnya 7 Orang Akibat Longsor

Posted: 02 Feb 2020 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi meninjau Kampung Sinar Harapan yakni tempat tewasnya tujuh warga tertimbun longsor sesampainya di lokasi bencana Desa Harkatjaya Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tiba di lokasi pukul 10.04 WIB bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimujono serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, disambut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Bogor Ade Yasin.

Seperti dikutip dari Antara, puluhan siswa sekolah dasar (SD) dengan mengenakan rompi merah bertuliskan "save the children" menyanyikan yel-yel selamat datang ketika mantan Gubernur DKI Jakarta itu turun dari mobil Lexus berwarna hitam.

Jokowi dengan mengenakan jaket bomber berwarna hijau dan topi putih polos meninjau beberapa lokasi terdampak longsor dan banjir bandang di Kampung Sinar Harapan.

Sedikitnya ada tujuh warga tertimbun longsor di Kampung Sinar Harapan saat bencana yang terjadi pada Rabu (1/1/2020). Empat korban bernama Charly (5), Asti (45), Muhammad Hudri (24), dan Rumsah (65) berhasil ditemukan di hari yang sama dalam kondisi tewas.

Sementara, tiga korban lainnya, yaitu Saroh (26), Cici (10), Amri (60) dinyatakan tewas lantaran tak berhasil ditemukan meski Tim SAR sudah melakukan pencarian selama 14 hari sejak terjadinya bencana.

Banjir dan Longsor

Cuaca buruk yang terjadi di awal tahun 2020 mengakibatkan sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor terdampak banjir dan longsor. Longsor terjadi di Kecamatan Sukajaya, Nanggung, dan Cigudeg, sedangkan banjir terjadi di Kecamatan Gunung Putri, dan Jasinga.

Kejadian tersebut juga menelan korban jiwa sebanyak delapan orang, dan tiga orang hilang yang kini sudah dinyatakan meninggal meninggal dunia. Kemudian, 12 orang mengalami luka berat, dan 517 orang mengalami luka ringan.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia Vs Thailand: Menanti Racikan Shin Tae-yong

Posted: 02 Feb 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 belum berakhir. Skuat Garuda masih harus melakoni tiga laga tersisa.

Pada laga terakhir, timnas Indonesia kalah 0-2 di kandang Malaysia. Itu merupakan kekalahan kelima bagi Tim Garuda di ajang yang sama. Sebelumnya, mereka kalah melawan Vietnam, Malaysia, Thailand, dan UEA.

Meski demikian langkah Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 belum usai. Hanya saja, harapan untuk lolos ke fase berikutnya telah musnah.

Dari tiga laga tersebut, Timnas Indonesia hanya sekali bermain kandang yakni saat melawan UEA. Sementara dua laga lainnya yakni melawan Thailand dan Vietnam harus dimainkan di kandang lawan.

Tantangan semakin berat karena laga ini menjadi debut pelatih baru yang diisi pelatih asal Korsel, Shin Tae Yong.

Berikut jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022:

Jadwal Pertandingan

Shin Tae-Yong saat perkenalan pelatih baru Timnas Indonesia di Ruang VVIP Stadion Pakansari, Kab Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong resmi menandatangani kontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia selama 4 tahun. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Shin Tae-Yong saat perkenalan pelatih baru Timnas Indonesia di Ruang VVIP Stadion Pakansari, Kab Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong resmi menandatangani kontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia selama 4 tahun. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

26 Maret 2020, Thailand Vs Indonesia

31 Maret 2020, Indonesia Vs UEA

4 Juni 2020, Vietnam Vs Indonesia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

20 Orang yang Dievakuasi Prancis dari China Menunjukkan Gejala Virus Corona

Posted: 02 Feb 2020 08:41 PM PST

Liputan6.com, Istres- Pada 2 Febuari, penerbangan dari China dikabarkan telah mendarat di Prancis yang mengangkut 250 orang karena wabah Virus Corona.

Penerbangan tersebut merupakan yang kedua untuk membawa pengungsi kembali dari China ke Prancis, seperti dikutip dari Chanel News Asia, Senin, (3/2/2020).

Namun, sekitar 20 penumpang tersebut dilaporkan menampakkan gejala-gejala terpapar Virus Corona, menurut Menteri Kesehatan Prancis, Agnes Buzyn.

Agnes Buzyn mengatakan kepada wartawan, bahwa "Sekitar 20 orang yang menunjukkan gejala tetap berada di landasan" di Bandara Istres di Selatan Prancis. Orang-orang tersebut dilaporkan termasuk warga negara Prancis dan non-Eropa.

Menteri Kesehatan Junior, Adrien Taquet, mengatakan bahwa dalam 250 penumpang yang ada dalam penerbangan ini termasuk dengan 65 Warga Negara Prancis. Mereka ikut penerbangan ini untuk keluar dari Wuhan, dimana virus pertama kali terdeteksi.

Para penumpang tersebut sedang megikuti tes dari petugas medis Angkatan Darat di sana untuk melihat bila mereka benar-benar memiliki Virus Corona dan hasilnya diharapkan dapat dilihat dengan segera. 

Total angka kematian karena Virus Corona telah mencapai 361 orang, dengan 17.205 orang di seluruh negeri terinfeksi virus, setelah 2.829 kasus baru dilaporkan, seperti dikutip dari Aljazeera.

Karantina Akan Segera Diproses

Ilustrasi bandara. (iStockphoto)
Ilustrasi bandara. (iStockphoto)

Menteri Luar Negeri, Jean-Yves Le Drian mengatakan kepada penyiar Prancis RTL, bahwa penerbangan ini juga membawa orang – orang yang memiliki 30 kebangsaan yang berbeda – beda.

Ia juga mengatakan bahwa beberapa penumpang akan tetap di karantina dengan Warga Negara Perancis selama 14 hari, sementara yang lain akan langsung kembali ke negara asal mereka jika mereka tidak menunjukkan gejala.

Karantina Pada Penerbangan Pertama

Ilustrasi bandara. (iStock)
Ilustrasi bandara. (iStock)

Penerbangan pertama telah tiba pada Jumat, 31 Januari lalu dan saat ini sedang menjalani karantina di sebuah desa di wilayah pesisir Mediterania.

2 penumpang dari penerbangan tersebut dikabarkan teridentifikasi dengan kemungkinan memiliki Virus Corona, namun hasil tes terhadap mereka berujung negatif.

Sejauh ini, Prancis hanya memiliki 6 kasus Virus Corona yang terdeteksi.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat 9 Pertandingan Arsenal di Bawah Sentuhan Mikel Arteta

Posted: 02 Feb 2020 08:35 PM PST

London - Arsenal bermain imbang tanpa gol dengan Burnley pada laga pekan ke-25 Liga Inggris, Minggu (2/2/2020). Hasil tersebut membuat The Gunners masih terjebak di papan tengah klasemen. Dalam sembilan laga yang dijalani Arsenal di semua kompetisi, Mikel Arteta belum memperlihatkan kemajuan yang signifikan.

Mikel Arteta menjalani debutnya sebagai manajer Arsenal saat The Gunners ditahan imbang 1-1 oleh Bournemouth pada laga boxing day 26 Desember lalu. Arteta yang ditunjuk untuk menggantikan Unai Emery masih memerlukan adaptasi untuk bisa membangkitkan Arsenal dari keterpurukan.

Namun, The Gunners justru mengalami kekalahan saat menjamu Chelsea di Emirates Stadium pada laga kedua kepemimpinan Mikel Arteta atau laga pertamanya di depan publik Emirates Stadium. Arsenal kalah 1-2 dari The Blues dalam laga tersebut.

Kekalahan tersebut tentu memberikan kekecewaan besar bagi para penggemar The Gunners. Namun, kekecewaan itu tidak berlangsung lama. Para penggemar Arsenal bisa tertawa lebar ketika dalam laga berikutnya tim kesayangan mereka membungkam Manchester United dengan skor 2-0 di Emirates Stadium.

Mikel Arteta yang juga merupakan mantan pemain Arsenal tentu bisa menjadi idola baru di kursi manajerial Arsenal. Meski diawali dengan hasil yang tidak bagus, kemenangan atas Manchester United seakan mengobati luka tersebut.

Tak Ada Perkembangan Signifikan

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta (kanan) berjabat tangan dengan para pemainnya usai pertandingan melawan Bournemouth pada putaran keempat Piala FA di Stadion Vitalitas di Bournemouth, Inggris (27/1/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas Bournemouth. (AFP Photo/Glyn Kirk)
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta (kanan) berjabat tangan dengan para pemainnya usai pertandingan melawan Bournemouth pada putaran keempat Piala FA di Stadion Vitalitas di Bournemouth, Inggris (27/1/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas Bournemouth. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Tiga hasil berbeda dalam tiga pertandingan pertamanya menangani Arsenal mungkin hanya menjadi awal bagi Mikel Arteta. Namun, dalam enam laga selanjutnya, Arteta seakan tidak memberikan kekecewaan, tapi juga tidak memberikan kepuasan bagi para penggemar The Gunners.

Kemenangan atas Manchester United di Premier League berlanjut saat Arsenal menghadapi Leeds United di Piala FA. The Gunners menang 1-0 atas Leeds United dalam laga tersebut.

Namun, saat kembali ke Premier League, Arsenal seakan tidak bisa memberikan performa terbaik. Menghadapi Crystal Palace, Sheffield United, dan Chelsea, Arsenal hanya mampu meraih satu poin di setiap pertandingan.

Tentu hasil tersebut tidak mengecewakan, terutama karena satu poin dalam laga kontra Crystal Palace dan Chelsea diraih saat The Gunners menjalani laga tandang.

Bahkan Arsenal kembali ke Piala AFC dan meraih kemenangan 2-1 di kandang Bournemouth FC pada 28 Januari lalu. Sayang, hasil imbang tanpa gol dengan Burnley memastikan Arsenal belum lagi meraih kemenangan di Premier League sejak membungkam Manchester United.

Para penggemar The Gunners tentu tidak bisa terlalu kecewa karena Mikel Arteta membawa tim kesayangan mereka belum terkalahkan dalam tujuh laga terakhir.

Namun, mereka pun tidak telalu puas karena setelah kemenangan atas The Red Devils, The Gunners hanya meraih empat hasil imbang di Premier League.

Disadur dari Bola.com (Penulis Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 03/02/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Tempat Wisata di Berastagi Terpopuler, Bikin Liburan Berkesan

Posted: 02 Feb 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Berastagi ada beraneka ragam yang sangat terkenal dan memukau. Berastagi merupakan kota kecil di Kabupaten Karo yang beribukotakan Kabnjahe dan memiliki sederet tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi.

Walaupun luas Berastagi tidak terlalu luas, ternyata Berastagi tercatat dalam literasi sejarah kemerdekaan. Di mana Bung Karno sempat diasingkan di kota yang populer dengan komoditas buah dan bunga.

Berastagi sudah menjadi salah satu kota wisata di Sumatra Utara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan berbagai daerah. Hal ini dikarenakan tempat wisata di Berastagi memiliki alam yang asri dan sejuk seperti pegunungan, sehingga cocok untuk menghilangkan jenuh dan penat tersebut.

Berikut tempat wisata di Berastagi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/2/2020).

Tempat Wisata di Berastagi: Bukit Gundaling dan Taman Lumbini

Pagoda Taman Alam Lumbini. Foto: Liputan6.com/Unoviana Kartika
Pagoda Taman Alam Lumbini. Foto: Liputan6.com/Unoviana Kartika

Objek Wisata Bukit Gundaling

Tempat wisata di Berastagi pertama yang wajib dikunjungi adalah Objek Wisata Bukit Gundaling. Tempat wisata ini merupakan daerah bukit yang terletak di Jalan Jamin Ginting, Gundaling I, Berastagi, Kabupaten Karoini.

Di sini kamu dapat dengan leluasa menyaksikan pemandangan Kota Berastagi dari ketinggian. Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 1.575 mdpl ini hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Berastagi.

Tempat ini sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk melihat aktivitas Gunung Sinabung. Berkeliling sambil menunggangi kuda bisa kamu pilih untuk menikmati seluruh keindahan alam di sini.

Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini merupakan rekomendasi tempat wisata di Berastagi terpopuler berikutnya yang wajib dikunjungi. Taman Alam Lumbini ini terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo.

Taman ini merupakan bagian dari sebuah Vihara yang sengaja dibangun sebagai tempat ibadah masyarakat Budha yang ada di sekitar daerah Karo. Biasanya. mayoritas pengunjung taman ini hanya memanfaatkan bagian sekitar taman terutama bagian Vihara untuk dijadikan sebagai latar belakang pengambilan foto.

Tempat Wisata di Berastagi: Bukit Kubu dan Penatapan Berastagi

Tugu Berastagi / Sumber: Wikimedia
Tugu Berastagi / Sumber: Wikimedia

Bukit Kubu Berastagi

Bukit Kubu merupakan tempat wisata di Berastagi yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Letjen Jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi, Semajaya, Kabupaten Karo.

Tempat wisata ini tergolong paling mudah untuk diakses dari di antara tempat wisata di Karo lainnya. Adapun berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di sini, mulai dari berkeliling menggunakan kuda dan delma, bermain flying fox, main mobil remote control, dan lain sebagainya.

Penatapan Berastagi

Penatapan Berastagi merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi untuk melepas penat. Di tempat ini kamu bisa duduk-duduk santai sembari menikmati pemandangan alam dan sajian kuliner sederhana seperti mi rebus dan jagung bakar.

Kondisi alam di sekitar Penatapan ini benar-benar masih asri. Kondisi udaranya masih sangat segar dengan pepohonan besar yang tumbuh di seluruh bagian penjuru wilayahnya. Ketika berkunjung saat malam hari, kamu akan menyaksikan pemandangan cantik. Pasalnya kamu akan melihat kelap-kelip lampu kota yang indah, ditemani dengan sajian kuliner.

 

Tempat Wisata di Berastagi: Lau Sidebuk-debuk dan Air Terjun Dua Warna

Ilustrasi Kolam Air Hangat / Sumber: Pixabay
Ilustrasi Kolam Air Hangat / Sumber: Pixabay

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-Debuk

Tempat wisata di Berastagi terpopuler berikutnya adalah Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-Debuk. Pemandian ini terletak di Desa Daulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 58 kilometer dari Kota Medan.

Pemandian air panas ini memiliki sumber air panas alami dengan belerang yang berasal dari lava Gunung Sibayak sehingga cocok dijadikan untuk sekedar relaksasi dan merasakan hangatnya air belerang ditambah sejuknya udara pegunungan.

Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna merupakan destinasi wisata di Berastagi yang wajib dikunjungi. Air terjun ini terletak di Kawasan Perkemahan Sibolangit yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan debit air yang cukup deras.

Mirip namanya, air terjun ini memiliki dua warna, yaitu biru dan hijau. Aliran air yang mengalir ke air terjun ini berasal dari arus sungai yang terbentuk berkat letusan Gunung Sibayak. Walaupun mengandung belerang, air di tempat ini cenderung tidak lengket dan tidak beraroma belerang sama sekali.

Tempat Wisata di Berastagi: Desa Peceren dan Desa Lingga

Desa Lingga / Sumber: Wikimedia
Desa Lingga / Sumber: Wikimedia

Desa Peceren

Tempat wisata di Berastagi berikutnya adalah Destinasi Desa Peceran. Desa ini merupakan salah satu desa budaya yang masing memegang teguh tradisi dan budaya suku Karo.

Berkunjung ke sini kamu akan disuguhkan berbagai mavam wisata sejarah dan budaya Karo. Mulai dari rumah adat hingga kehidupan budaya masyarakat sekitar, semuanya bisa kamu nikmati di tempat ini.

Salah satu tempat palin menarik yang selalu menjadi buruan wisatawan saat berkunjung ke tempat ini adalah rumah adat suku Karo. Ada sekitar enam rumah adat di desa ini.

Desa Lingga

Tempat wisata berikutnya di Berastagi adalah Kampung Tradisional Desa Lingga. Tempat wisata ini berlokasi 15 kilometer dari pusat Kota Berastagi. Kampung ini merupakan salah satu dari beberapa kampung di Kari yang masih menjaga budaya dan tradisi suku Karo.

Desa Lingga ini terletak sekitar 1.200 mdpl. Ada banyak bangunan rumah tradisional atau rumah adat suku Karo yang sudah berusia lebih dari 250 tahun. Selain rumah adat, Desa Lingga juga memiliki banyak bangunan tradisional lainnya seperti Jambur, Geriten, Sapo Page, Museum, dan lain sebagainya.

Seluruh bangunan tradisional yang didirakan menggunakan arsitektur bangunan tradisonal suku Karo, yaitu berbentuk memanjang dengan satu ruangan besar di dalamnya tanpa ruang kamar mandi. Uniknya lagi, satu bangunan rumah adat bisa menampung 8 hingga 10 keluarga. Hal ini dikarenakan rumah adat ini tidak memiliki ruang kamar.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: J.Lo dan Shakira Menghentak Super Bowl Halftime 2020

Posted: 02 Feb 2020 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Jennifer Lopez dan Shakira sukses menghentak panggung Super Bowl Halftime 2020 di Florida, Amerika Serikat. J.lo bahkan mengajak putrinya ikut berduet di atas panggung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Jatim Bakal Sambut Jenazah Gus Sholah di Bandara Juanda

Posted: 02 Feb 2020 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan menyambut jenazah tokoh Nahdlatul Utama KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Senin siang (3/2/2020).

"Ibu gubernur akan menyambut jenazah Gus Sholah di bandara," ujar Plt Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim Aries Agung Paewai, seperti dikutip dari Antara, Senin pekan ini.

Setelah disemayamkan di rumah duka di Jakarta Selatan, jenazah Gus Sholah akan diterbangkan ke Jombang, Jawa Timur melalui Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 10.00 WIB.

Jenazah diterbangkan menggunakan salah satu pesawat milik grup Lion dan dijadwalkan tiba di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo sekitar pukul 11.30 WIB.

Jenazah diperkirakan tiba di Jombang, Jawa Timur, sekitar pukul 14.00 WIB. "Setelah menyambut jenazah, Ibu Gubernur juga menghadiri langsung pemakaman Gus Sholah di Tebuireng," kata Aries yang saat ini menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim tersebut.

Rencananya jenazah Gus Sholah dimakamkan di Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng sekitar pukul 16.00 WIB. Gus Sholah tutup usia setelah sempat kritis dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta, pukul 20.55 WIB, Minggu, 2 Februari 2020.

Putra Gus Sholah, Irfan Wahid menuurkan, ayahnya mengalami komplikasi sakit jantung setelah sempat menjalani perawatan di RS Harapan Kita. "Ada masalah di jantung, ada cairan di selaput jantung dan dioperasi pada Jumat 31 Januari 2020 itu," kata Ipang Wahid, sapaan akrabnya.

Sosok Gus Sholah di Mata Khofifah Indar Parawansa

Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya KH Salahuddin Wahid. Pria yang akrab disapa Gus Sholah ini meninggal pada usia 77 tahun.

"Mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan segenap masyarakat, saya menyampaikan duka cita mendalam seiring lantunan doa semoga Allah SWT menempatkan beliau di tempat terbaik di sisi-Nya, mengampuni seluruh khilaf, dan menerima semua amal ibadahnya," tulis Khofifah dalam akun instagramnya @khofifah.ip, Senin, 3 Februari 220.

Ia menambahkan, semoga Allah memberikan ketabahan dan keikhlasan bagi keluarga besar Gus Sholah. Khofifah juga menulis, kalau Gus Sholah termasuk salah satu putra terbaik bangsa.

"Boleh dibilang beliau adalah paket lengkap dari seorang negarawan yakni guru, aktivis, ulama, cendekia, sekaligus Tokoh Hak Asasi Manusia di Indonesia.

"Selamat Jalan Gus. Insya Allah, Husnul Khotimah. Amin," tulis dia.

Khofifah menulis kabar meninggalnya Gus Sholah lewat akun instagramnya. Ia juga mengunggah foto  saat bersama dengan Gus Sholah. Khofifah juga mengajak masyarakat Jatim turut mendoakan Gus Sholah.

"Inna lilahi wa inna ilaihi raji'un. Telah berpulang ke rahmatullah, Gus Sholah (KH Sholahuddin Wahid) di RS Jantung Harapan Kita, Minggu (2/2) sekitar pukul 21.00 WIB," tulis Khofifah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkah Kapal China Kelabuhi Radar Indonesia di Laut Natuna

Posted: 02 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah masih menemukan kapal-kapal China berseliweran di laut Natuna. Padahal, larangan melintasi ZEE milik Indonesia itu sudah diultimatumkan.

Temuan terbaru TNI Angkatan Laut memperlihatkan bahwa masih ada beberapa kapal China yang berjejer di batas landas kontinen Indonesia-Vietnam. Dan ternyata, kapal milik China diketahui sengaja tidak menyalakan transponder agar tidak terdeteksi perangkat milik TNI AL.

Mengutip postingan akun resmi Instagram Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) @puspenerbal, Senin (03/02/2020), tanggal 29 Januari 2020, tercatat 4 kapal pemerintah Vietnam masih terdeteksi memagari batas landas kontinen Indonesia-Vietnam, dan 1 unit kapal Coast Guard China ditemukan berkeliaran di ZEE Indonesia.

Data tersebut diperoleh dari patroli udara rutin yang dilakukan oleh pesawat CN235 MPA TNI AL.

 
 
 
View this post on Instagram

Masih ditemukan kapal coast guard cina melintas di ZEE Indonesia tanpa menyalakan transponder Tanggal 29 Januari 2020, 4 kapal pemerintah Vietnam masih terdeteksi berjajar, memagari sepanjang batas landas kontinen Indonesia-Vietnam sementara satu buah kapal _Coast Guard_ Cina masih ditemukan berkeliaran di ZEE Indonesia. Data tersebut diperoleh dari patroli udara rutin yang dilaksanakan oleh pesawat CN235 MPA TNI Angkatan Laut. Seluruh kapal pemerintah Vietnam tersebut menyalakan _transponder_ sehingga terdeteksi oleh perangkat penerima AIS _(Automatic Identification System)_ milik instansi-instansi pengawas maritim di Indonesia termasuk oleh pesawat dengan call sign P-8304 milik TNI Angkatan Laut yang sedang berpatroli ini. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk menunjukkan bahwa mereka bersungguh-sungguh dalam menjaga sumber daya mereka. Namun berbeda halnya dengan kapal _Coast Guard_ Cina, kapal ini tidak menyalakan transponder sehingga tidak terpantau manuvernya oleh perangkat AIS _receiver_ manapun. Namun kapal ini terdeteksi oleh radar _surveillance_ canggih milik pesawat P-8304 dari jarak 120 NM (sekitar 222 km) berupa titik yang bergerak cepat. Setelah diobservasi selama beberapa menit, May Febriyanto selaku _Captain pilot_ memutuskan untuk melaksanakan identifikasi visual. Kontak permukaan laut tersebut teridentifikasi sebagai kapal _Coast Guard_ China dengan nomor lambung CCG-5305. Kegiatan melintas di perairan ZEE Indonesia sebenarnya bukan merupakan pelanggaran, namun kehadiran kapal _Coast Guard_ Cina keberadaannya sering bertujuan untuk mengawal kapal-kapal ikan Cina. Kapal-kapal ikan inilah yang kerap kali ditemukan melaksanakan pelanggaran dengan beroperasi menangkap ikan dan sumber daya laut lainnya di ZEE Indonesia. Dengan adanya Kapal _Coast Guard_ Cina di perairan ZEE, apalagi dengan transponder yang tidak menyala, maka TNI Angkatan Laut perlu mewaspadai intensi dari kapal tersebut, sehingga sepanjang melintas, kapal tersebut diawasi oleh pesawat patroli maritim TNI Angkatan Laut CN235 MPA dan beberapa kapal perang Indonesia.

A post shared by Puspenerbal Official (@puspenerbal) on

"Seluruh kapal Vietnam menyalakan transponder sehingga terdeteksi oleh perangkat penerima AIS (Automatic Identification System) milik TNI AL. Namun, berbeda dengan kapal Coast Guard China yang tidak menyalakan, sehingga tidak terpantau manuvernya," demikian tulis admin akun tersebut.

Kendati demikian, kapal China ini berhasil terdeteksi radar surveillance milik pesawat P-8304 dari jarak 120 NM, sekitar 222 km. Setelah diobservasi beberapa menit, Kapten Pilot May Febriyanto memutuskan untuk melakukan identifikasi visual.

"(Ternyata), kontak permukaan laut tersebut teridentifikasi sebagai kapal Coast Guard China dengan nomor lambung CCG-5305," demikian keterangan menyebutkan.

Meskipun tidak dianggap melanggar, namun kehadiran kapal Coast Guard China sering ditujukan untuk mengawal kapal ikan China yang memancing di area ZEE Indonesia. Oleh karenanya, TNI AL mengawasi kapal tersebut dengan pesawat patroli maritim TNI AL CN235 MPA serta beberapa kapal perang Indonesia.

China Selalu Protes Kebijakan Susi Tenggelamkan Kapal, Pengamat: Teruskan Saja

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat acara diskusi
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat acara diskusi

Pakar hukum internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana berkata China sering tidak terima karena Susi Pudjiastuti pernah menenggelamkan kapal mereka. China cenderung tidak terima atas tuduhan illegal fishing.

"Pada masa ibu Susi itu biasanya (kapal pencuri ikan) diproses hukum lalu nanti pengadilan mengatakan benar melakukan illegal fishing kemudian dimusnahkan barang bukti kemudian itu ada istilah tenggelamkan,"  ucap Hikmahanto Juwana pada diskusi Centre for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDDC) di Jakarta, Senin (13/1/2020). 

"China selalu protes karena kalau dari segi perspektif pemerintah China, nelayan (mereka) sah kok," lanjutnya.

Kedatangan China ke Laut China Selatan hingga Natuna ternyata juga punya motif bisnis. Mas Achmad Sentosa, CEO Indonesia Ocean Justice Initiative, berkata kondisi Laut Kuning dan Laut China Timur sedang kronis akibat overfishing.

China memang punya predikat eksportir ikan terbesar dan konsumsi ikan di negaranya juga tinggi. Alhasil, nelayan China pun masuk ke wilayah negara lain.

"Konsusmi ikan di China dan kemampuan ekspor china yang terbesar di dunia ingin dipertahankan," ujar Achmad. "Jadi merambah ke wilayah kita," jelasnya.

Lebih lanjut, Hikmahanto berkata China datang ke Natuna untuk mempertegas klaim Sembilan Garis Putus mereka agar tak sekadar di peta saja. China pun menunggu bergantinya pemerintahan untuk melihat apakah ada inkonsistensi terhadap Natuna.

Ia pun mendukung agar kebijakan menenggelamkan kapal yang sebelumnya perah dilakukan Susi Pudjiastuti agar kembali dilanjutkan.

"Menurut saya yang soal (kebijakan) tenggelam-tenggelam diteruskan," pungasknya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Miliarder Jepang Urung Cari Pasangan untuk Pergi ke Bulan

Posted: 02 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu miliarder Jepang, Yusaku Maezawa, berencana untuk terbang ke Bulan bersama dengan pasangannya.

Karena itu, dia pun langsung mengumumkan pencarian jodoh untuk menemaninya ke Bulan. Namun, rencana tersebut urung dilakukan oleh Yusaku.

Artikel miliarder Jepang yang membatalkan pencarian pasangan ini membuat penasaran pembaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Minggu (2/2/2020).

Artikel lain yang turut populer, termasuk smartphone Nokia 5.2 yang akan diluncurkan, dan Instagram akan ungkap fitur baru DM.

Lebih lengkapnya, kamu bisa cek di bawah ini.

1. Miliarder Jepang Batal Cari Pasangan untuk Pergi ke Bulan

Beberapa waktu lalu, miliarder Jepang Yusaku Maezawa yang memiliki rencana terbang ke Bulan mengumumkan tengah mencari pacar untuk pergi bersamanya ke satelit Bumi tersebut.

Lewat laman situs webnya, dia mempromosikan tidak hanya mencari seorang teman melainkan pasangan untuk menemaninya ke luar angkasa. Namun dari pernyataan terbaru, Yusaku ternyata membatalkan pencarian tersebut.

Awalnya, pencarian pasangan ini akan dilakukan dalam sebuah acara TV, tapi karena alasan pribadi, Yusaku memutuskan untuk membatalkan untuk ikut serta dalam acara yang bernama 'Full Moon Lovers' tersebut.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. HMD Global Akan Luncurkan Nokia Captain America di MWC 2020

HMD Global disebutkan bakal mengumumkan seri smartphone terbaru mereka dalam acara tahunan di Barcelona, yakni Mobile World Congress (MWC) 2020.

Pada acara yang digelar mulai dari 24 - 27 Februari 2020, HMD Global akan meluncurkan smartphone Nokia teranyar yang memiliki kode nama "Captain America".

Kabar ini diungkap oleh pembocor infromasi ternama di industri smartphone, Evan Blass.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Instagram Siapkan Fitur Baru untuk DM

Instagram termasuk media sosial yang sering merilis fitur baru. Kali ini, perusahaan kembali dilaporkan sedang menyiapkan fitur baru untuk layanan berbagi foto dan video tersebut.

Dilansir Phone Arena, Minggu (2/2/2020), fitur baru tersebut adalah Reactions for Direct Messages (DM). Informasi ini berasal dari Jane Wong, yang kerap menemukan fitur-fitur yang belum diumumkan.

Tech Communications Manager Facebook, Alex Voica, disebut telah mengonfirmasi temuan Jane tersebut.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikita Mirzani Diserahkan ke Kejaksaan Hari Ini

Posted: 02 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nikita Mirzani telah ditahan di Polres Metro Jakarta Selatan sejak Jumat (31/1/2020) dini hari. Hal ini merupakan buntut dari kasus penganiayaan dirinya terhadap Dipo Latief.

Setelah tiga hari menjalani masa tahanan, rencananya Nikita Mirzani akan diserahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan pada hari ini, Senin (3/2/2020).

"InsyaAllah hari ini. Jamnya saya akan koordinasi di atas. Apakah jam 9 atau 10. Itu kita lihat," ungkap pengacara Nikita Mirzani, Fachmi Bachmid saat ditemui di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020).

"Yang jelas saya akan mendampingi, juga ada beberapa keluarga Niki untuk mengantar sampai ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan," ia menyambung pernyataan.

 

Anak Ikut

Nikita Mirzani (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Nikita Mirzani (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ada kemungkinan, anak ketiganya, Arkana Mawardi juga akan ikut sang ibunda ke Kejaksaan. Sejak Nikita Mirzani ditahan, bayi berusia sembilan bulan tersebut memang sempat ikut menginap di Polres Jakarta Selatan.

 

Tak Mungkin Ditinggal

Nikita Mirzani (Deki Prayoga/Bintang.com)
Nikita Mirzani (Deki Prayoga/Bintang.com)

"Arkana kalau ada yang ikut pasti ikut (ke Kejari). Kan enggak mungkin ditinggal sendiri. Artinya kalau babysitter-nya juga ikut ya ikut sama-sama. Kalau Arkana, ada kok nantinya," papar sang pengacara.

 

Menyusui

Nikita Mirzani (Nurwahyunan/Bintang.com)
Nikita Mirzani (Nurwahyunan/Bintang.com)

Salah satu alasan mengapa artis berusia 32 tahun ini tak bisa berlama-lama dipisahkan dari sang buah hati adalah karena Nikita Mirzani masih harus menyusui.

 

Kepentingan Anak

Nikita Mirzani (Nurwahyunan/Bintang.com)
Nikita Mirzani (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Dalam hukum itu ada UU kesehatan, yang memang mengharuskan seorang ibu menyusui minimal 6 bulan sampai maksimal 2 tahun. Itu diatur untuk kepentingan anak itu diatur di undang-undang kesehatan," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS Catat Inflasi Januari 2020 Capai 0,39 Persen

Posted: 02 Feb 2020 08:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Januari 2020 mencapai 0,39 persen. Inflasi tahun kalender tercatat 0,39 persen sementara inflasi tahun ke tahun atau year on year (yoy) mencapai 2,68 persen.

"IHK Januari itu ada kenaikan, Januari 2020 terjadi inflasi sebesar 0,39 persen. Inflasi tahun kalender sama, tahun ke tahun 2,68 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Senin (3/1/2020).

Suhariyanto mengatakan, tahun ini jumlah kota survei Indeks Harga Kumulatif (IHK) mengalami perubahan apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebelumnya, ada 82 kota saat ini berubah menjadi 90 kota.

"Yang berubah dulu 82 kota, Januari gunakan 90 kota, 34 ibu kota provinsi dan 56 kota kabupaten yang pertumbuhan signifikan dan punya kegiatan ekonomi yang banyak. Perubahan ini untuk mengakomodir dan mengetahui pola konsumsi masyarakat, itu hal biasa 5 tahun sekali," paparnya.

 

Tertinggi di Meulaboh

Aktivitas jual beli beli di pasar kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Bank Indonesia memproyeksikan terjadi inflasi di Januari 2020 bersumber dari beberapa komoditas pangan yang mengalami tekanan harga, di antaranya telur ayam akan berkontribusi juga ke inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas jual beli beli di pasar kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Bank Indonesia memproyeksikan terjadi inflasi di Januari 2020 bersumber dari beberapa komoditas pangan yang mengalami tekanan harga, di antaranya telur ayam akan berkontribusi juga ke inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dengan adanya perubahan tersebut, maka catatan inflasi bulan ini tidak signifikan jika dibandingkan dengan lima tahun belakangan. "Ini dengan catatan, ini tidak apple to apple, karena ini tahun dasarnya berbeda," katanya.

Adapun kota yang mengalami inflasi tertinggi adalah Meulaboh, lalu inflasi terendah adalah Gorontalo. Sementara itu, kota yang mengalami deflasi tertinggi adalah Baubau, dan deflasi terendah adalah Kudus.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penghormatan Terakhir Jokowi dan Tokoh Nasional untuk Gus Sholah

Posted: 02 Feb 2020 08:28 PM PST

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah akan dimakamkan di Jombang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah akan dimakamkan di Jombang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah akan dimakamkan di Jombang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (ketiga kanan) saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah akan dimakamkan di Jombang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (ketiga kanan) saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah akan dimakamkan di Jombang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (ketiga kanan) saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah akan dimakamkan di Jombang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal pada usia 78 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal pada usia 78 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal pada usia 78 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Cendekiawan muslim Quraish Shihab (kedua kanan) bersama anaknya Najwa Shibab saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Cendekiawan muslim Quraish Shihab (kedua kanan) bersama anaknya Najwa Shibab saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Cendekiawan muslim Quraish Shihab (kedua kanan) bersama anaknya Najwa Shibab saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Istri Abdurahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Istri Abdurahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Istri Abdurahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal pada usia 78 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal pada usia 78 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal pada usia 78 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat melayat KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di rumah duka kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Gus Sholah meninggal di RS Harapan Kita Jakarta karena sakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wuhan Siap Buka Rumah Sakit Khusus Virus Corona yang Dibangun Kebut

Posted: 02 Feb 2020 08:26 PM PST

Liputan6.com, Wuhan - China telah siap untuk segera membuka rumah sakit baru di Kota Wuhan, karena jumlah orang yang terinfeksi virus corona terus bertambah.

BBC menyebut Rumah Sakit Huoshenshan dengan 1.000 ranjang pasien telah siap dibuka di Kota Wuhan. Bangunan tersebut dibangun hanya dalam delapan hari. Sementara CGTN melaporkan sembilan hari, dengan perincian dibangun sejak 25 Januari hingga 2 Februari dan dibuka pada 3 Februari.

Sedangkan sejumlah media menyebut dibangun dalam 10 hari. Meski penyebutan waktunya berbeda-beda, metode pembangunan ala Roro Jonggrang atau  terbilang singkat itu yang jadi sorotan.

Huoshenshan Hospital, ini adalah salah satu dari dua fasilitas khusus yang dibangun untuk membantu mengatasi wabah Virus Corona tersebut.

Dikutip dari BBC, Senin (3/2/2020), media pemerintah China melaporkan pada hari Minggu bahwa pembangunan rumah sakit Huoshenshan yang baru telah selesai, dan akan dibuka pada Senin 3 Februari 2020. 

Laporan TV lokal mengatakan bahwa ada 1.400 staf medis tentara China, di mana beberapa dari mereka memiliki pengalaman dalam menangani penyakit menular, telah tiba di Wuhan dan siap ditugaskan ke rumah sakit baru itu. 

Rumah sakit kedua di Leishenshan diharapkan akan selesai pada hari Rabu.

Juru bicara Komisi Kesehatan Nasional Jiao Yahui, mengatakan kepada Reuters bahwa dengan rumah sakit-rumah sakit baru yang memiliki lebih dari 10.000 tempat tidur, akan cukup untuk mengatasi kasus-kasus yang diduga dan dikonfirmasi saat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Totok Wajah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted: 02 Feb 2020 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manfaat totok wajah bisa berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Totok atau acupressure sering juga disebut sebagai akupuntur tanpa menggunakan jarum. Totok melibatkan penekanan di titik-titik tertentu pada tubuh menggunakan ujung jari atau alat khusus. Beberapa titik tekan tersebut tersebar di wajah.

Totok wajah merupakan metode perawatan kecantikan yang dilakukan dengan terapi pemijatan pada daerah wajah dan menggunakan teknik-teknik khusus. Totok wajah merupakan terapi perpaduan dua metode, yaitu acupressure (pijit/tekan) dan bio energy atau tenaga dalam yang langsung disalurkan ke wajah, sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan.

Manfaat totok wajah untuk kesehatan dan kecantikan harus dilakukan oleh ahlinya. Perawatan kecantikan dengan totok wajah membutuhkan keterampilan tertentu yang tidak bisa dilakukan sembarang orang. Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan perawatan totok wajah di tempat yang terpercaya dan terbukti sudah ahli.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/2/2020) tentang manfaat totok wajah.

Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan

Ilustrasi totok wajah (iStockphoto)
Ilustrasi totok wajah (iStockphoto)

Tujuan dari totok wajah adalah untuk mengaktifkan titik-titik aura pada wajah, sehingga wajah akan terlihat lebih cerah, kencang, serta awet muda. Karena itulah, manfaat totok wajah untuk kecantikan sangatlah besar.

Berikut beberapa manfaat totok wajah untuk kecantikan kulit wajah:

Mencegah Penuaan Dini

Stres yang dialami sehari-hari sering kali mengakibatkan ketegangan pada otot yang menimbulkan garis-garis keriput pada dahi, alis dan sepanjang garis bibir. Kondisi ini merupakan tanda penuaan dini.

Pijatan lembut pada wajah secara rutin dapat membantu mengendurkan otot serta mengurangi kerut wajah. Manfaat totok wajah ini biasa dikombinasikan dengan penggunaan pelembap yang juga dapat mengatasi kulit kering serta flek hitam pada wajah.

Selain itu, metode totok wajah tergantung pada kondisi kulit, usia, serta tujuan dari perawatan kulit. Manfaat totok wajah ini dapat merangsang aliran darah, sehingga membuat kulit menjadi tampak lebih segar dan bersinar, sehingga kamu akan terlihat lebih muda dan terhindar dari penuaan dini.

Mengurangi Ketegangan Otot Wajah

Ketika otot wajah tegang, maka memicu timbulnya keriput. Stres yang menumpuk pun dapat menyebabkan beberapa masalah pada wajah, seperti pengetatan alis dan rahang.

Manfaat totok wajah dapat menguranginya serta memberikan efek penampilan yang lebih relaks dan segar. Efek relaksasi ini juga akan menyebar ke seluruh tubuh.

Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan Berikutnya

Kulit Wajah Lebih Bercahaya

Manfaat totok wajah menstimulasi otot-otot wajah dengan membawa oksigen ke area yang berisiko terkena penuaan dini. Kelancaran aliran darah ini akan membantu wajah meningkatkan produksi kolagen, sehingga memberikan efek kulit bercahaya yang sehat dan alami.

Membantu Penyerapan Make-up

Teknik pemijatan pada wajah dapat merangsang sirkulasi darah, sehingga membantu membuang kotoran, serta racun. Selain itu, manfaat totok wajah juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Kulit pun lebih cerah dan tampak lebih muda.

Peningkatan sirkulasi darah pada totok wajah dapat membantu mengurangi bengkak dan mengecilkan pori-pori, sehingga kulit tampak lebih halus dan lembap. Kondisi ini membantu produk kosmetik yang kamu gunakan terserap lebih mudah ke dalam kulit. Riasan pun dapat bertahan lebih lama.

Manfaat Totok Wajah untuk Kesehatan

Manfaat Totok Wajah (Studio Grand Quest/Shutterstock)
Manfaat Totok Wajah (Studio Grand Quest/Shutterstock)

Mengatasi Sakit Kepala dan Migrain

Salah satu cara alami untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan manfaat totok wajah. Terapi alternatif ini diduga dapat meringankan sakit kepala yang disebabkan oleh mata lelah atau sinusitis.

Titik yang ditekan adalah yang berada di antara kedua alis selama satu menit, atau bisa juga dengan menekan kedua sisi pangkal hidung selama 10 detik.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa totok wajah juga bisa meredakan sakit kepala kronis akibat migrain. Totok wajah dapat membantu melancarkan aliran darah di kepala dan wajah, sehingga membantu mengurangi rasa nyeri. Akan tetapi, pengobatan migrain tetap membutuhkan obat-obatan dari dokter, tidak dapat mengandalkan totok wajah saja.

Menghilangkan Stres dan Cemas Berlebihan

Manfaat totok wajah selanjutnya adalah untuk menghilangkan stress dan cemas berlebihan. Terapi alternatif ini dapat membantu melancarkan aliran darah, mengurangi ketegangan otot, dan membantu kamu merasa lebih relaks.

Totok wajah untuk mengurangi stres bisa dilakukan dengan cara memijat daerah di antara kedua alis dengan gerakan melingkar selama 5 – 10 menit, atau dengan menekan titik di telinga bagian atas selama dua menit. Saat mencoba totok wajah di bagian tersebut, tarik napas dalam kemudian hembuskan. Atur iramanya hingga kamu merasa lebih tenang.

Dalam mengenali manfaat totok wajah untuk kesehatan dan kecantikan ini, kamu harus memahami bahwa melakukan totok wajah hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah ahli atau berpengalaman.

Proses Totok Wajah

Perawatan kecantikan dengan totok wajah membutuhkan keterampilan tertentu dan harus dilakukan oleh ahlinya.

Berikut ini merupakan tahapan totok wajah:

- Setelah wajah dibersihkan dengan lembut, terapi dimulai dengan beberapa pijat ringan di tubuh untuk mengendurkan otot. Terapis harus memastikan kamu merasa nyaman dengan tingkat tekanan yang diberikan.

Pijatan tersebut fokus pada daerah wajah, leher dan punggung bagian atas. Pijatan tubuh ini akan membuat tubuh relaks dan melancarkan peredaran darah sebelum masuk ke bagian inti, yaitu wajah.

- Langkah berikutnya melibatkan totok dan memijat wajah. Dengan lebih dari 360 titik yang distimulasi, cara ini dianggap sebagai fase pengobatan yang paling intens. Sama seperti saat dipijat, terapis akan membagi daerah wajah menjadi kanan dan kiri.

Bersamaan dengan fase ini, biasanya terapis akan memberikan krim nutrisi. Sebagian besar titik tekanan yang dirangsang selama totok wajah terletak di area sekitar alis dan mata, serta sepanjang sisi dahi, tulang pipi dan dagu. Langkah terakhir adalah aplikasi masker untuk meningkatkan kesegaran kulit.

- Langkah terakhir yang merupakan inti dari perawatan kecantikan ini adalah dengan melakukan pemijatan pada beberapa area wajah seperti area garis senyum, pelipis, alis bagian atas, dan daerah pangkal hidung.

Risiko Perawatan Totok Wajah

Manfaat Totok Wajah (Coka/Shutterstock)
Manfaat Totok Wajah (Coka/Shutterstock)

Mengenai perawatan towok wajah ini, kamu perlu melihat kondisi kulit wajah saat akan melakukannya. Karena pemijatan pada kulit wajah hanya boleh dilakukan pada kulit wajah yang tidak berjerawat.

Pemijatan pada wajah tujuannya adalah untuk melancarkan peredaran darah di bawah kulit, menjaga elastisitas kulit, serta memberikan efek relaksasi. Namun, pemijatan pada wajah berjerawat dapat memperburuk peradangan jerawat tersebut.

Umumnya, totok wajah tidak berbahaya. Namun, sebagian orang mungkin akan merasa pusing setelah melakukan totok wajah. Terkadang, totok wajah juga dapat menimbulkan nyeri atau memar pada beberapa titik yang ditekan.

Totok wajah tidak boleh dilakukan di atas luka terbuka, memar, atau bagian wajah yang bengkak. Selain itu, totok wajah juga tidak bisa dilakukan pada semua orang. Mereka yang sedang hamil atau menderita penyakit osteoporosis, patah tulang di bagian wajah, kanker, gangguan pembekuan darah, penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi harus berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mencoba totok wajah.

Meskipun terlihat mudah dan cukup efektif meredakan beberapa penyakit dan membuat kulit wajah lebih cantik, lakukanlah totok wajah hanya dengan ahli yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi jelas.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: