Kamis, 27 Februari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Potret Terbaru Manohara Odelia, Klarifikasi Soal Pindah Keyakinan

Posted: 27 Feb 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengenai aktris Manohara Odelia yang pindah keyakinan baru-baru ini mencuri perhatian publik. Hal ini dikerenakan unggahan Manohara melalui Instagram Story beberapa waktu lalu.

Tak ingin kabar mengenai keyakinannya semakin diperbincangkan publik, wanita kelahiran 28 Februari 1992 ini pun angkat bicara. Melalui postingan di akun Instagram pribadinya, Manohara Odelia menegaskan jika dirinya penganut agama Kristen.

Bahkan, pada unggahan tersebut wanita yang pernah bermain dalam film Me & You vs The World ini mengungkapkan, bahwa dirinya telah beberapa tahun berpindah keyakinan. Sebelumnya, Manohara Odelia memang tak pernah mau menegaskan mengenai keyakinan yang dianutnya. Pasalnya ia menganggap jika keyakinan seseorang merupakan hak privasi.

Wanita yang kini genap berusia 28 tahun ini pun meyakini jika apapun keyakinan seseorang, dirinya tetaplah warga Indonesia dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @manodelia, Jumat (28/2/2020) berikut ini beberapa potret terbaru Manohara Odelia yang mulai jarang tersorot.

1. Ini dia unggahan klarifikasi Manohara terkait dengan pemberitaan dirinya yang pindah keyakinan.

Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)
Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)

2. Penampilan Manohara dengan menggunakan kebaya ini pun membuatnya terlihat makin menawan.

Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)
Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)

3. Ia juga cukup sering menggalang program peduli terhadap sesama dan binatang.

Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)
Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)

4. Meski sudah jarang terlihat di layar kaca, akan tetapi dirinya masih sering mengunggah kegiatan di akun Instagram pribadinya.

Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)
Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)

5. Ia juga beberapa kali menunjukkan aktivitas saat tengah berolahraga.

Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)
Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)

6. Manohara tak ambil pusing dengan pemberitaan mengenai dirinya.

Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)
Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)

7. Meski begitu, dirinya juga mengungkapkan keraguannya untuk memberitahu masyarakat soal hal yang dianggapnya sebagai privasi.

Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)
Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penangguhan Umrah Akibat COVID-19, Perhatikan Imbauan untuk WNI di Arab Saudi

Posted: 27 Feb 2020 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penangguhan sementara visa umrah oleh pemerintah Arab Saudi akibat merebaknya Virus Corona (COVID-19) membuat KBRI Riyadh kembali mengimbau warga negara Indonesia (WNI) di Arab Saudi. Salah satu imbauannya, WNI harus memerhatikan kesehatan sebagai langkah pencegahan terhadap COVID-19.

"Seperti yang sudah disampaikan KBRI Riyadh pada 29 Januari 2020 lalu, sekali lagi KBRI Riyadh mengimbau seluruh WNI di Arab Saudi untuk selalu menjaga kesehatan dan melakukan langkah pencegahan," demikian bunyi keterangan resmi KBRI Riyadh yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Jumat (28/2/2020). 

Langkah pencegahan yang dimaksud antara lain mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), menggunakan masker, dan mengindari bersentuhan dengan hewan hidup atau pun mati yang berpotensi menularkan penyakit. 

"Selalu rutin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menghindari sentuhan langsung dengan hewan (hidup atau mati), tidak mengunjungi pasar hewan. Bagi yang sedang menderita gejala sesak napas untuk tetap berada di rumah serta menutup mulut dan hidungnya dengan masker apabila batuk atau bersin. 

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi secara mengejutkan menerbitkan penghentian sementara kunjungan jamaah umrah dari sejumlah negara, termasuk Indonesia, per hari Kamis (27/2/2020). Keputusan tersebut diklaim untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Pemerintah Siapkan Langkah Antisipasi 

Menyikapi penangguhan sementara kunjungan umrah oleh Arab Saudi, pemerintah Indonesia telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi. Langkah tersebut dipaparkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai Rapat Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK, kemarin.

Muhadjir mengatakan, pemerintah Indonesia memahami keputusan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi berkaitan dengan penghentian sementara izin masuk untuk pelaksanaan umrah dan/atau ziarah.

Pemerintah Indonesia juga memahami keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan kepentingan kesehatan umat yang lebih besar, terutama para jamaah umrah dan ziarah.

"Pemerintah Indonesia telah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, antara lain agar jamaah yang sedang melakukan ibadah dapat melanjutkan ibadahnya. Bagi mereka yang sudah terlanjur atau akan mendarat juga agar diizinkan untuk melanjutkan ibadah atau ziarah," ungkap Muhadjir.

Lindungi Kepentingan Calon Jemaah

Muhadjir menegaskan, pemerintah masih akan melakukan rapat koordinasi lanjutan dengan tujuan semaksimal mungkin melindungi kepentingan calon jemaah. Hal ini berkaitan dengan biro perjalanan, maskapai penerbangan, akomodasi seperti hotel, dan visa.

Diketahui jumlah jemaah umrah Indonesia dalam lima tahun terakhir terus mengalami peningkatan, menurut keterangan resmi yang diperoleh Health Liputan6.com.

Berdasarkan data Kementerian Agama, jumlah jamaah umrah Indonesia dalam kurun 2014-20125 berjumlah 649.000 orang, meningkat di tahun 2015-2016 sebanyak 677.509 orang, naik lagi di 2016-2017 yaitu 876.246 orang. 

Lonjakan signifikan terjadi pada tahun 2017-2018, mencapai 1.005.336 orang. Ada juga penurunan sedikit pada tahun 2018-2019 menjadi 974.650 jemaah.

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uang Beredar di Januari 2020 Capai Rp 6.046,7 Triliun

Posted: 27 Feb 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) meningkat pada Januari 2020.

Dikutip dari data Bank Indonesia, Jumat (28/2/2020), posisi M2 pada Januari 2020 tercatat Rp 6.046,7 triliun atau tumbuh 7,1 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 6,5 persen (yoy). 

Akselerasi pertumbuhan M2 disumbang oleh kenaikan seluruh komponennya, baik komponen uang beredar dalam arti sempit (M1), uang kuasi, maupun surat berharga selain saham.

Uang beredar dalam arti sempit (M1) meningkat, dari 7,4 persen (yoy) pada Desember 2019 menjadi 7,9 persen (yoy) pada Januari 2020, terutama disebabkan oleh pertumbuhan uang kartal.

Uang kuasi pada Januari 2020 juga meningkat sebesar 6,8 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya (6,1 persen yoy).

Peningkatan juga terjadi pada surat berharga selain saham, dari 26,5 persen pada bulan sebelumnya menjadi 31,8 persen (yoy) pada Januari 2020.

 

Faktor yang Mempengaruhi

Teller menunjukkan mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berdasarkan faktor yang memengaruhi, peningkatan pertumbuhan M2 pada Januari 2020 disebabkan oleh akselerasi pertumbuhan aktiva luar negeri bersih.

Pertumbuhan aktiva luar negeri bersih meningkat, dari 4,4 persen (yoy) pada Desember 2019 menjadi 9,9 persen (yoy).

Di sisi lain, aktiva dalam negeri bersih tumbuh melambat, seiring dengan perlambatan penyaluran kredit serta kontraksi operasi keuangan pemerintah.

Kredit pada Januari tumbuh 5,7 persen (yoy), melambat dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 5,9 persen (yoy).

Sementara itu, operasi keuangan pemerintah tercatat kontraksi sejalan dengan perlambatan tagihan bersih kepada Pemerintah Pusat (Pempus), dari 3,8 persen (yoy) pada Desember 2019 menjadi 1,8 persen (yoy) pada bulan laporan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky, Ada Kaus Semasa Pacaran

Posted: 27 Feb 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pasangan selebritas yang dikenal harmonis ialah Desta Mahendra dan Natasha Rizky.  Meski terpaut usia 16 tahun dengan suami, tak menjadi hambatan bagi dua sejoli ini. Terbukti, memasuki usia pernikahan ketujuh pada tahun ini, dua sejoli ini terlihat harmonis. 

Sebagai publik figur, tak hanya kehidupan rumah tangganya saja yang menarik perhatian, tapi juga kediamannya, termasuk isi lemari. Sukses menjadi seleb terkenal, pasangan ini selalu memperhatikan penampilannya. 

Tak ayal, baik Natasha Rizky ataupun Desta  memiliki berbagai koleksi fashion item yang jumlahnya tak sedikit loh! Seperti yang terlihat dalam vlog DESTAnya NATASHA RIZKY yang bertajuk 'Bongkar Lemarinya Desta'  pada 25 Oktober 2019.  

Melalu vlog tersebut, ibu tiga anak ini tak sungkan membongkar isi lemarinya. Menariknya, di dalam lemari tersebut terdapat kaus couple yang digunakan ketika masih pacaran. Dalam kaus tersebut juga mencantumkan panggilan sayang masing-masing dan tanggal jadian.

Jadi, penasaran seperti apa isinya lemari pasangan ini?  Dilansir dari vlog DESTAnya NATASHA RIZKY, berikut Liputan6.com ulas isi lemari Natasha Rizky dan Desta, Jumat (28/2/2020) 

1. Tepat di sebelah kamar tidur, terdapat walk in closet yang menyimpan sejumlah fashion item pasangan seleb terkenal ini.

Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/  DESTAnya NATASHA RIZKY)
Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/ DESTAnya NATASHA RIZKY)

2. Dalam walk in closet, Natasha Rizky menunjukkan gaun-gaun muslim yang ia miliki.

Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/  DESTAnya NATASHA RIZKY)
Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/ DESTAnya NATASHA RIZKY)

3. Sebagai wanita muslim berhijab, ibu tiga anak ini juga memiliki koleksi hijab desainnya sendiri yakni Alur Cerita.

Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/  DESTAnya NATASHA RIZKY)
Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/ DESTAnya NATASHA RIZKY)

4. Beralih ke lemari sang Desta, baju suaminya lebih didominasi warna-warna gelap seperti hitam ataupun biru.

Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/  DESTAnya NATASHA RIZKY)
Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/ DESTAnya NATASHA RIZKY)

5. Berbeda dari sebelumnya, pada bagian atas lemari terdapat koleksi jersey Desta.

Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/  DESTAnya NATASHA RIZKY)
Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/ DESTAnya NATASHA RIZKY)

6. Menariknya, terdapat kaus couple semasa pacaran dua sejoli ini dengan panggilan sayang. Punya Natasha Rizky bertuliskan Etata yang bermakna Desta.

Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/  DESTAnya NATASHA RIZKY)
Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/ DESTAnya NATASHA RIZKY)

7. Sedangkan punya Desta bertuliskan Ata dilengkapi dengan tanggal jadian pasangan ini yakni 10 November 2012 lalu.

Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/  DESTAnya NATASHA RIZKY)
Isi Lemari Desta dan Natasha Rizky (Sumber: YouTube/ DESTAnya NATASHA RIZKY)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Virus Corona COVID-19, Masjid Indonesia di Tokyo Meniadakan Salat Jumat

Posted: 27 Feb 2020 09:08 PM PST

Liputan6.com, Tokyo - Kasus Virus Corona (COVID-19) yang penyebarannya semakin luas, mengakibatkan terganggunya sejumlah kegiatan dan jadwal rutin termasuk salat Jumat yang menjadi rutinitas umat Muslim. 

Masjid Indonesia di Tokyo terpaksa meniadakan jadwal salat Jumat mulai hari ini, 28 Februari 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Hal tersebut diinformasikan melalui rilis yang disebarluaskan melalui akun Twitter @KBRITokyo. 

Keputusan tersebut dibuat sesuai dengan imbauan dari pemerintah Jepang dan konsultasi KBRI Tokyo dengan KMII Jepang. 

Salat Jumat juga Ditiadakan di Iran

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

Kementerian Kesehatan Iran pada Kamis 27 Februari mengkonfirmasi tujuh kematian lagi akibat Virus Corona COVID-19, menjadikan total 26, jumlah korban tertinggi di luar Tiongkok.

Sebanyak 106 kasus dikonfirmasi dalam 24 jam terakhir, tambah kementerian. Ini membuat jumlah orang yang terinfeksi oleh Virus Crona menjadi 245.

Wabah itu mendorong pihak berwenang untuk membatalkan salat Jumat di beberapa kota termasuk Teheran, TV pemerintah kemudian melaporkan.

Sementara, kantor berita negara IRNA mengatakan Iran telah melarang warga China memasuki negara itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Memelihara Kelinci di Rumah bagi Pemula

Posted: 27 Feb 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara memelihara kelinci di rumah harus diperhatikan agar ia berumur panjang. Apalagi, kelinci adalah hewan peliharaan yang unik. Mereka memiliki kebutuhan khusus untuk menjalani hidup yang panjang, bahagia dan sehat.

Pada umumnya umur kelinci mencapai 5 hingga 10 tahun bahkan bisa lebih. Banyak orang yang memilih kelinci sebagai hewan peliharaannya karena menggemaskan dan juga berbulu lembut. Untuk memeliharanya, tentunya kamu perlu mengetahui berbagai kebutuhan kelinci terlebih dahulu.

Cara memelihara kelinci di rumah membutuhkan persiapan dan pengetahuan yang cukup. Jika tidak, mungkin saja kelinci peliharaanmu tidak akan hidup lama. Kelinci mungkin mudah dicintai, tetapi mereka tidak semudah itu dirawat. Cara merawat kelinci memang susah-susah gampang.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara memelihara kelinci di rumah dari berbagai sumber, Jumat (28/2/2020).

Menyediakan Kandang yang Nyaman

Ilustrasi kelinci (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi kelinci (Sumber: Pixabay)

Cara memelihara kelinci di rumah yang pertama adalah menyiapkan tempat tinggal yang nyaman. Kandang kelinci harus ditempatkan di dalam ruangan, karena ia tidak dapat mentolerir suhu ekstrem dengan baik, apalagi pada musim panas.

Bahkan, hanya dengan melihat atau mendengar suara binatang buas di dekatnya dapat menyebabkan kelinci begitu tertekan sehingga mereka dapat menderita stres hingga serangan jantung dan benar-benar mati ketakutan.

Kelinci membutuhkan banyak ruang untuk bergerak dengan mudah. Kandang kelinci harus berukuran minimal lima kali ukuran kelinci. Kelinci harus dapat benar-benar berbaring di kandangnya dan berdiri dengan kaki belakangnya tanpa menabrak kepalanya di atas kandang.

Jika meletakkan kelinci di kandang kawat, pastikan untuk melapisi lantai dengan kardus atau bahan lainnya. Letakkan kotak kardus atau "kondominium kelinci" di dalam kandang sehingga kelinci memiliki tempat yang nyaman untuk bersembunyi, dan beri ia waktu tenang (kelinci biasanya tidur di siang dan malam hari, serta bermain main saat fajar dan senja).

Ketika kelinci ditaruh di kandang, mereka harus dikeluarkan selama beberapa jam setiap hari untuk berolahraga. Selain berlari dan melompat, kelinci juga senang menjelajahi lingkungan mereka. Ini adalah waktu yang ideal untuk bermain dan berinteraksi dengan kelinci. Pastikan bahwa ia memiliki area aman untuk bermain dan menjelajah.

Menyiapkan Kotak Kotoran

Masih terkait dengan kandang, kamu juga perlu menyiapkan kotak kotoran sebagai salah satu cara memelihara kelinci di rumah. Kelinci memiliki kecenderungan alami untuk buang air kecil dan besar di satu area. Manfaatkan ini dengan menyiapkan kotak kotoran kucing berukuran sedang atau tempat penyimpanan dangkal di dekat mangkuk makanan atau air.

Jika kelinci bebas berkeliaran di beberapa ruangan di rumah, ada baiknya kamu memiliki kotak kotoran di beberapa tempat. Banyak kelinci menikmati menghabiskan waktu bersantai di kotak kotorannya, jadi pastikan ukurannya cukup besar.

Memberikan Makanan yang Seimbang

Ilustrasi kelinci (Sumber: iStockphoto)
Ilustrasi kelinci (Sumber: iStockphoto)

Cara memelihara kelinci di rumah yang sangat penting diperhatikan adalah pemberian makanan. Kelinci memiliki sistem pencernaan yang kompleks, sehingga sangat penting bagi mereka untuk mendapatkan makanan yang tepat. Banyak masalah kesehatan pada kelinci disebabkan oleh makanan yang tidak sesuai dengan fisiologi pencernaan mereka.

Berikut beberapa makanan utama dan camilan kelinci yang harus disiapkan sebagai cara memelihara kelinci di rumah:

Makanan Utama

- Rumput jerami

Kelinci membutuhkan rumput jerami yang membantu sistem pencernaan mereka dan menyediakan serat yang diperlukan untuk membantu mencegah masalah kesehatan seperti bola rambut, diare, dan obesitas.

- Sayuran

Selain jerami, makanan dasar kelinci dewasa harus terdiri dari sayuran berdaun hijau gelap seperti daun selada, peterseli, daun ketumbar dan lainnya. Varietas ini sangatlah penting, jadi beri kelinci tiga sayuran berbeda sekaligus. Saat memperkenalkan sayuran baru ke pola makan kelinci, coba satu per satu dengan jumlah terbatas.

Camilan

- Buah

Sementara jerami dan sayuran adalah dasar dari makanan sehat, kelinci juga menikmati camilan. Mungkin kamu mengira camilan yang paling disukai kelinci adalah wortel. Memang banyak kelinci menikmati wortel, tetapi sayuran bertepung tersebut sebaiknya diberikan hanya sebagai hadiah saja.

Camilan lain yang mungkin dinikmati kelinci adalah apel (tanpa batang atau biji), blueberry, pepaya, stroberi, pir, persik, prem, atau melon. Buah-buahan ekstra-manis seperti pisang, anggur, dan kismis juga bisa jadi pilihan, tetapi harus diberikan dalam jumlah sedikit.

- Pelet

Jika menjadikan pelet sebagai bagian dari makanan kelinci, sebaiknya menggunakannya sebagai suplemen untuk sayuran hijau tua, bukan sebagai pengganti atau makanan utama. Pelet ini hanya boleh diberikan dalam jumlah kecil (1/8 -1/4 cangkir per lima pon berat badan per hari, disebarkan selama dua kali pemberian makan setiap hari).

Juga, pastikan untuk membeli pelet berbasis Timotius. Banyak merek pakan kelinci mengandung biji, jagung, dan makanan lain yang terlalu tinggi kalori untuk dijadikan dasar bagi diet kelinci yang sehat.

Penuh Asupan Air dan Hindari Beberapa Jenis Makanan

Ilustrasi kelinci (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi kelinci (Sumber: Pixabay)

Air

Kelinci harus selalu memiliki persediaan air bersih yang cukup. Pastikan untuk mengganti air kelinci setidaknya sekali sehari. Air dapat disimpan dalam botol atau mangkuk.

Jika kamu menggunakan botol sipper, perhatikan kelinci baru untuk memastikan mereka tahu cara menggunakan botol, dan bersihkan botol setiap hari sehingga tabungnya tidak tersumbat. Jika menggunakan mangkuk, pastikan mangkuk itu cukup berat untuk menghindari tumpahnya air.

Makanan yang Harus Dihindari

Dengan sistem pencernaan sensitif, ada sejumlah makanan yang harus dihindari kelinci. Ini termasuk tomat, kol, jagung, kacang-kacangan, kacang polong, kentang, bit, bawang merah, kelembak, bambu, biji-bijian, dan banyak lagi lainnya.

Juga, jangan memberi cokelat, permen, apa pun yang berjamur pada kelinci. Jika tidak yakin tentang makanan tertentu, tanyakan kepada dokter hewan.

Selain itu, karena kelinci suka mengunyah, pastikan semua kabel listrik berada di luar jangkauannya. Mengunyah kabel yang tersambung dapat menyebabkan cedera parah atau bahkan kematian. Jauhkan juga kelinci dari benda-benda beracun seperti insektisida, rodentisida, dan bahan pembersih.

Selain itu perlu diketahui bahwa tanaman umum seperti lidah buaya, azalea, Calla lily, Lily of the Valley, philodendron, dan berbagai macam umbi tanaman dapat meracuni kelinci.

Cara Memegang Kelinci

Ilustrasi kelinci (Sumber: iStockphoto)
Ilustrasi kelinci (Sumber: iStockphoto)

Cara memegang termasuk ke dalam cara memelihara kelinci di rumah yang baik. Kelinci adalah hewan rapuh yang harus dipegang dengan hati-hati. Akibatnya, jika tidak pegang dengan baik, kelinci yang memberontak dapat mematahkan tulang mereka sendiri.

Banyak orang yang mengangkat atau menggendong kelinci dengan memegang telinganya. Namun hal ini adalah salah besar. Untuk mengambil kelinci, letakkan satu tangan di bawah bagian depan kelinci dan tangan lainnya di bawah punggungnya.

Angkat dengan hati-hati dengan kedua tangan dan bawa ke tubuh kamu. Jangan biarkan tubuh kelinci menggantung bebas, jangan pernah mengangkat perut, dan jangan pernah mengangkat kelinci di telinganya.

Kelinci tidak memiliki kemampuan untuk memuntahkan atau membatukkan bola rambut seperti kucing, jadi cobalah untuk menghilangkan bulu yang rontok ketika kamu memiliki kesempatan untuk melakukannya.

Pelihara Lebih dari Satu Kelinci dan Jaga Kebersihannya

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

Pelihara Lebih dari Satu Kelinci

Cara memelihara kelinci di rumah dengan baik agar berumur panjang adalah tidak membiarkannya hidup sendirian. Kelinci adalah hewan sosial dan sebagian besar akan jauh lebih bahagia sebagai bagian dari pasangan atau trio daripada hidup sendiri.

Jika kamu belum memiliki kelinci, pertimbangkan untuk mengadopsi kelinci sepasang. Kelinci adalah makhluk yang kompleks secara sosial, psikologis, dan fisiologis. Mereka membutuhkan banyak perhatian dan pengawasan khusus.

Menjaga Kebersihan Kelinci

Cara memelihara kelinci di rumah yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihannya dan kandangnya. Bersihkanlah kandang kelinci setiap minggu. Pastikan kelinci tetap dalam pengawasan saat kamu membersihkan kandang. Singkirkan jerami atau serutan kayu kotor dari dalam kandang. Lalu, cuci kandang dengan air hangat bersabun. Bilas bersih dan keringkan. Isi kandang dengan jerami atau serutan bersih.

Selain itu, sikat badan kelinci dengan sikat lembut untuk membersihkan bulunya setiap 1-2 hari. Kelinci tidak perlu dimandikan, kecuali jika benar-benar kotor dan tidak mampu membersihkan diri dengan baik. Bahkan, jika kamu memiliki 2 kelinci, kamu akan melihat kelinci-kelinci tersebut saling membantu merawat diri.

Cara memelihara kelinci di rumah yang terakhir adalah membawa kelinci ke dokter setidaknya sekali dalam setahun. Kelinci perlu menjalani pemeriksaan tahunan untuk menjamin kesehatannya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Perlu Bingung, Ini 9 Ide Bisnis Cuma Bermodalkan Suara

Posted: 27 Feb 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin resolusi Anda tahun ini adalah memiliki sebuah bisnis. Ada banyak peluang bisnis yang bisa dicoba bagi siapa pun yang ingin terjun di dunia bisnis.

Tapi tak sedikit juga yang masih ragu untuk memulainya. Ada banyak alasan, mulai dari tidak paham, takut salah pilih jenis usaha, hingga khawatir tak untung.

Salah satu kendala dalam berbisnis adalah modal berupa materi atau uang, namun siapa yang tidak memiliki suara? Nah ternyata suara juga memiliki potensi yang tidak kalau menggiurkannya dibandingkan dengan bisnis kreatif lainnya.

Pada kesempatan kali ini Ngobi akan coba membagikan beberapa peluang usaha yang bisa Sobat Ngobi coba cukup dengan bermodalkan suara Sobat Ngobi. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya di channel NGOBI hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menu Makan Siang di Outlet Milik Gibran-Chef Arnold, Rice Bowl Sumsum Tulang Disiram Sambal Korek

Posted: 27 Feb 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apa jadinya bila sumsum tulang disajikan di atas nasi sajian rice bowl, lalu disiram dengan sambal korek? Sajian menggiurkan inilah yang paling diminati oleh pencinta Mangkok Ku.

Restoran keroyokan Gibran Rakabuming Raka-Kaesang Pangarep dengan selebritas chef, Arnold Poernomo, menyuguhkan menu khas Indonesia yang diracik secara modern untuk para pencinta pedas. 

Secara tampilan, sama seperti rice bowl kebanyakan. Nasi diletakkan di paling bawah wadah mangkok. Di atasnya disusun serapi mungkin menu lauk yang dipilih. 

Untuk menu Brisket with Sambal Korek Bawang Bown Marrow ini, tulang berukuran kecil dibelah, sehingga terlihat sumsum berwarna susu di atasnya. Sebagai pelengkap, sumsum ditambahi sambal korek bawang yang tidak begitu banyak. Maka, gurihnya sumsum tetap terasa ketika disantap.

Di sebelah sumsum terdapat lauk tambahan, yakni irisan daging iga yang sudah dibumbui saus manis mirip yakiniku ala Jepang. Sebagai penguat rasa, taburan irisan daun bawang ditambahkan di paling atas sajian rice bowl tersebut.

Cara memakannya, sumsum tinggal diambil dengan sendok dari tulangnya, kemudian diaduk-aduk dengan nasi hangat yang juga sudah tercampur dengan irisan iga sapi. Ketika mendarat di mulut, rasa gurih dan pedas sambal korek bawang, kelembutan sumsum serta iga irisnya bersatu, menciptakan rasa yang sangat enak untuk dikunyah.

"Bikin nagih, nyendok lagi, lagi, tau-tau habis," ujar Sherly, salah seorang pengunjung yang ditemui Liputan6.com, Rabu, 26 Februari 2020.

 

 

Menu Lain

Beragam menu rice bowl di gerai Mangkok Ku. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)
Beragam menu rice bowl di gerai Mangkok Ku. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Atau mau mencoba sensasi telur dadar yang disiram kuah kari Jepang yang super kental, bisa juga dicicipi di restoran tersebut. Sejauh ini, kedua menu tersebut yang menjadi andalan di restoran itu.

Menurut Sherly, makanan tersebut sangat cocok bila temannya adalah minuman Fresh Frutea dari Goola. "Rasa minumannnya kan enggak macam-macam atau bikin eneg. Jadi, hanya teh ada jeruk dan campuran buah stroberinya itu, cocok buat nemenin menu yang pedas gini," katanya. 

Bila keduanya dipesan, pengunjung harus mengeluarkan kocek Rp 75 ribu sampai Rp 90 ribu. Harganya terbilang lebih tinggi dibandingkan restoran rice bowl tetangga yang cabangnya ada di mana-mana.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: India Ubah Bus Tua Menjadi Toilet untuk Perempuan

Posted: 27 Feb 2020 09:00 PM PST

Foto pada 9 Februari 2020, petugas memeriksa persediaan pembalut di dalam toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek bernama 'Ti Toilet' ini memiliki 11 toilet portabel, rata-rata digunakan oleh lebih dari 200 perempuan setiap hari. (Indranil MUKHERJEE/AFP)
Foto pada 9 Februari 2020, petugas memeriksa persediaan pembalut di dalam toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek bernama 'Ti Toilet' ini memiliki 11 toilet portabel, rata-rata digunakan oleh lebih dari 200 perempuan setiap hari. (Indranil MUKHERJEE/AFP)

Foto pada 9 Februari 2020, petugas memeriksa persediaan pembalut di dalam toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek bernama 'Ti Toilet' ini memiliki 11 toilet portabel, rata-rata digunakan oleh lebih dari 200 perempuan setiap hari. (Indranil MUKHERJEE/AFP)

Foto pada 9 Februari 2020 menunjukkan seorang perempuan  berjalan melewati toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek Ti Toilet, sebuah bus yang diubah menjadi toilet dan diluncurkan pada tahun 2016, adalah gagasan Ulka Sadalkar dan Rajeev Kheer. (Indranil MUKHERJEE/AFP)
Foto pada 9 Februari 2020 menunjukkan seorang perempuan berjalan melewati toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek Ti Toilet, sebuah bus yang diubah menjadi toilet dan diluncurkan pada tahun 2016, adalah gagasan Ulka Sadalkar dan Rajeev Kheer. (Indranil MUKHERJEE/AFP)

Foto pada 9 Februari 2020 menunjukkan seorang perempuan berjalan melewati toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek Ti Toilet, sebuah bus yang diubah menjadi toilet dan diluncurkan pada tahun 2016, adalah gagasan Ulka Sadalkar dan Rajeev Kheer. (Indranil MUKHERJEE/AFP)

Foto pada 9 Februari 2020, petugas memeriksa persediaan pembalut di dalam toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek bernama 'Ti Toilet' ini memiliki 11 toilet portabel, rata-rata digunakan oleh lebih dari 200 perempuan setiap hari. (Indranil MUKHERJEE/AFP)
Foto pada 9 Februari 2020, petugas memeriksa persediaan pembalut di dalam toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek bernama 'Ti Toilet' ini memiliki 11 toilet portabel, rata-rata digunakan oleh lebih dari 200 perempuan setiap hari. (Indranil MUKHERJEE/AFP)

Foto pada 9 Februari 2020, petugas memeriksa persediaan pembalut di dalam toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek bernama 'Ti Toilet' ini memiliki 11 toilet portabel, rata-rata digunakan oleh lebih dari 200 perempuan setiap hari. (Indranil MUKHERJEE/AFP)

Foto pada 9 Februari 2020 menunjukkan petugas membersihkan bagian dalam toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek Ti Toilet, sebuah bus yang diubah menjadi toilet dan diluncurkan pada tahun 2016, adalah gagasan Ulka Sadalkar dan Rajeev Kheer. (Indranil MUKHERJEE/AFP)
Foto pada 9 Februari 2020 menunjukkan petugas membersihkan bagian dalam toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek Ti Toilet, sebuah bus yang diubah menjadi toilet dan diluncurkan pada tahun 2016, adalah gagasan Ulka Sadalkar dan Rajeev Kheer. (Indranil MUKHERJEE/AFP)

Foto pada 9 Februari 2020 menunjukkan petugas membersihkan bagian dalam toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek Ti Toilet, sebuah bus yang diubah menjadi toilet dan diluncurkan pada tahun 2016, adalah gagasan Ulka Sadalkar dan Rajeev Kheer. (Indranil MUKHERJEE/AFP)

Foto pada 9 Februari 2020 menunjukkan seorang petugas terlihat menjaga toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek bernama 'Ti Toilet' ini memiliki 11 toilet portabel, rata-rata digunakan oleh lebih dari 200 perempuan setiap hari. (Indranil MUKHERJEE/AFP)
Foto pada 9 Februari 2020 menunjukkan seorang petugas terlihat menjaga toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek bernama 'Ti Toilet' ini memiliki 11 toilet portabel, rata-rata digunakan oleh lebih dari 200 perempuan setiap hari. (Indranil MUKHERJEE/AFP)

Foto pada 9 Februari 2020 menunjukkan seorang petugas terlihat menjaga toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek bernama 'Ti Toilet' ini memiliki 11 toilet portabel, rata-rata digunakan oleh lebih dari 200 perempuan setiap hari. (Indranil MUKHERJEE/AFP)

Foto pada 9 Februari 2020 menunjukkan petugas membersihkan bagian dalam toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek Ti Toilet, sebuah bus yang diubah menjadi toilet dan diluncurkan pada tahun 2016, adalah gagasan Ulka Sadalkar dan Rajeev Kheer. (Indranil MUKHERJEE/AFP)
Foto pada 9 Februari 2020 menunjukkan petugas membersihkan bagian dalam toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek Ti Toilet, sebuah bus yang diubah menjadi toilet dan diluncurkan pada tahun 2016, adalah gagasan Ulka Sadalkar dan Rajeev Kheer. (Indranil MUKHERJEE/AFP)

Foto pada 9 Februari 2020 menunjukkan petugas membersihkan bagian dalam toilet keliling di sebuah bus di taman umum di Pune, India. Proyek Ti Toilet, sebuah bus yang diubah menjadi toilet dan diluncurkan pada tahun 2016, adalah gagasan Ulka Sadalkar dan Rajeev Kheer. (Indranil MUKHERJEE/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Matt Wright Kumpulkan Donasi untuk Penanganan Buaya di Palu

Posted: 27 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Palu - Pegiat konservasi buaya dan presenter National Geographic asal Australia, Matt Wright membuka donasi untuk membantu penanganan buaya berkalung ban di Sungai Palu. Pihak BKSDA Sulteng sendiri, menyatakan hal tersebut adalah murni inisiatif Matt Wright.

Matt Wright ternyata tidak hanya melakukan upaya penyelamatan buaya berkalung ban di Sungai Palu. Melalui situs Crowdfunding dan Fundraising, Matt juga mencari dan membuka donasi untuk penanganan buaya di Sungai Palu yang dilakukan BKSDA Sulteng.

Matt mulai membuka donasi melalui situs tersebut sejak 16 Februari lalu. Hingga Kamis, 27 Februari 2020, aksi Matt telah berhasil mengumpulkan ribuan dolar. Matt sendiri telah mengunggah keinginanya mengumpulkan donasi tersebut di akun instagramnya pada 16 Februari lalu.

Mengenai aksi galang dana oleh Matt itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulteng melalui Kepala Satgas Penanganan Buaya Berkalung Ban, Haruna Hamma, menyatakan bahwa hal tersebut adalah murni inisiatif dari Matt Wright.

"Kami belum pernah bicara atau membahas donasi bersama Matt Wright. Itu murni dari (inisiatif) Matt dan jadi tanggung jawab dia," jelas Haruna, kamis (27/2/2020).

Haruna juga meminta semua pihak tidak buru-buru memvonis aksi yang dilakukan ahli satwa liar itu, sebab bisa jadi aksi tersebut dilakukan dengan niat baik untuk keberlangsungan hidup satwa yang dilindungi itu.

"Saya kira terlalu dini menyimpulkan aksi Matt tersebut, semua inisiatif dia," Haruna menambahkan.

Sebelum kembali ke Australia, selama lebih dari sepekan di Kota Palu sendiri, selain melakukan aksi penyelamatan, Matt Wright juga sempat memberikan pelatihan penanganan buaya kepada petugas BKSDA Sulteng. Matt juga berjanji akan kembali ke Palu untuk menuntaskan misinya menyelamatkan buaya berkalung ban.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apartemen Murah Jadi Incaran Keluarga Milenial

Posted: 27 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Potensi pasar properti pada tahun ini, ternyata diyakini lebih baik dibanding 2 tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari bermunculan proyek baru yang ditawarkan pada masyarakat, khususnya generasi milenial atau keluarga baru.

Catatan Colliers International menyebutkan, di kuartal IV 2019 ada tambahan pasokan apartemen sebanyak 2.458 atau meningkat 4,8 persen secara tahunan.

Bergeraknya sektor properti di awal tahun 2020 ini adalah momentum yang baik bagi pelaku industri properti, pasar dan juga investor karena di tahun sebelumnya daya serap pasar tertahan karena hajatan politik.

Rita Megawati, Project Coordiantor apartemen Cambio Lofts mengatakan, munculnya proyek baru di Jabodetabek karena pengembang optimis dengan kondisi bisnis dan juga permintaan pasar yang relatif masih tinggi. "Tapi dalam meluncurkan proyek, pengembang harus hati-hati terkait posisi harga dan penentuan konsep pada nilai jualnya," ujarnya.

Yang dimaksud hati-hati oleh Rita adalah konsep produk harus berbeda dan menarik, selain itu harga juga harus bisa bersaing. Untuk itu, proyek besutan developer asal Singapora ini mengangkat konsep Highrise of Homes yang mengutamakan efisiensi dan memberikan kenyamanan dengan suasana Holiday Season Everyday.

Cambio Lofts yang dikembangkan oleh ACT Group di kawasan Alam Sutera, membawa warna baru hunian vertikal dengan sentuhan inovasi produk yang bisa dirasakan pada tiap unitnya. Sebagai developer tingkat dunia yang telah mengembangkan lebih dari 30 proyek berskala internasional, ACT Group ingin memberikan sentuhan berbeda pada hunian bagi pasar di Indonesia.

"Konsep interiornya memberikan view luas di tiap ruangan, Ini membuat setiap untinya memiliki ventilasi alami guna pencahayaan sinar matahari yang masuk dalam ruangan. Selain itu kita maksimalkan fungsi dalam setiap sudut yang ada dalam ruangan," jelas Rita.

Lebih lanjut, proyek ini juga memiliki kelebihan seperti lokasi yang sangat strategis. Berada di tengah Alam Sutera, berseberangan dengan pusat belanja, rumah sakit Internasional, Area Kuliner, pasar modern dan juga dekat menuju kawasan perkantoran karena Cambio Lofts berada di ruas jalan utama Alam Sutera.

Walau berada di kawasan premium, Cambio Lofts memiliki harga yang sangat menarik yaitu hanya Rp 700 jutaan, dimana permeter perseginya hanya berkisar Rp 20 juta.

"Posisi harga seperti ini tentu sangat menarik bagi pasar yang ingin memiliki hunian di Alam Sutera. Beberapa proyek lain yang segmennya sama dengan kami rata-rata sudah diatas Rp 23 juta per meter, sedangkan di Cambio Lofts masih diangka Rp 20 juta per meter," ujar Rita. (Pramita Tristiawati)

 

Ciputra Bangun Apartemen Dekat Stasiun LRT Jakarta Timur, Berapa Harganya?

Ilustrasi Apartemen.
Ilustrasi Apartemen.

Masih tetap dengan misinya, menyasar pasar milenial, di kuartal pertama 2020, Ciputra Group mengembangkan hunian apartemen berbasis Transit Oriented Development (TOD), di Ciracas, Jakarta Timur.

Harga yang ditawarkan adalah Rp 300 jutaan dan masih di wilayah Jakarta. Apartemen ini diklaim cocok untuk kalangan keluarga muda dan kaum milenial.

"Sebab lokasinya hanya sekitar 1 km dari Stasiun LRT Ciracas, jadi boleh dikatakan ini adalah proyek pertama Ciputra Group berkonsep transit oriented development (TOD)," ungkap Artadinata Djangkar, Senior Director Ciputra Group, seperti dikutip pada Minggu (16/2/2020).

Tahap perdana, Ciputra Group akan melepas 1.200 unit dalam dua menara apartemen. Konstruksi fisiknya akan dimulai tahun ini dengan estimasi gross development value (GDV) Rp 1,2 triliun dengan target operasional Semester I-2024.

Di proyek ini, Trisula Corporation pun diajak untuk bermitra. Sebab sebelumnya, mereka bekerja sama dalam proyek Ciputra International dan Asia Green Real Estate.

Artadinata juga memperkenalkan, bila Citra Landmark ini, adalah hunian yang dibangun di atas lahan swluas 7 hektar. Nantinya, akan ada 11 tower apartemen dan berbagai fasilitas pendukung lain khas hunian kaum urban.

   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Liverpool di Ambang Juara

Posted: 27 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Liverpool semakin kokoh di singgasana klasemen Liga Inggris. Kemenangan 3-2 atas West Ham United di Anfield, Senin (24/2/2020) atau Selasa dini hari WIB membawa tim asuhan Jurgen Klopp memimpin jauh dari rival.

The Reds memenangkan pertandingan berkat gol Giorginio Wijnaldum, Mohamed Salah, dan Sadio Mane. Sementara gol West Ham dicetak Issa Diop dan Pablo Fornals.

Tambahan tiga angka dari laga ini membuat koleksi poin Liverpool menjadi 79 dari 27 pertandingan Liga Inggris musim ini. Mereka unggul 22 nilai di atas pesaing terdekat sekaligus juara bertahan Manchester City.

Dengan kondisi ini, Liverpool bisa mengamankan gelar dengan memenangkan empat dari 11 partai tersisa. Tugas mereka dapat lebih mudah jika Manchester City terpeleset.

Berikut klasemen Liga Inggris memasuki pekan 27 musim 2019/2020:

Klasemen Liga Inggris

Logo Liga Premier Inggris
Logo Liga Premier Inggris

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Triumph Siap Luncurkan 3 Motor 250 Cc dengan Harga Terjangkau

Posted: 27 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Triumph yang telah resmi bekerja sama dengan Bajaj sedang mempersiapkan motor 250 cc dengan harga terjangkau agar bisa menggaet lebih banyak konsumen.

Pihak Triumph pun telah menyatakan bahwa mereka tengah menguji prototype dari motor 250 cc tersebut. Diprediksi, model ini akan melakoni debutnya pada 2022 mendatang.

 

Memang belum banyak informasi yang bisa digali dari mesin 250 cc Triumph. Namun, mengutip dari Visordown.com, pabrikan asal Inggris itu akan langsung menghadirkan 3 model sekaligus.

Pertama ialah Triumph Speed Twin yang terlahir sebagai naked-bike bergaya retro. Lalu ada Triumph Street Twin yang juga bernuansa lawas, tapi posisi berkendaranya lebih santai dan cenderung tegak.

 

Triumph Tiger

Yang ketiga ialah motor adventure Triumph Tiger. Berbeda seperti model lainnya, dual-sportbike ini tampak lebih modern, gagah, dan jangkung. Bodinya cenderung menyudut dan berlekuk tegas.

Dengan pengembangan mesin dan desain dilakukan Triumph serta diproduksi di India oleh Bajaj, motor 250 cc ini akan dibanderol dengan harga yang cenderung terjangkau. Menarik untuk ditunggu.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Penangguhan Umrah, Ini Tanggapan Ketua Amphuri Jatim

Posted: 27 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Para pengusaha travel umrah yang tergabung dalam Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Jawa Timur meminta penangguhan penerimaan jamaah umrah yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi dengan alasan ancaman Covid-19 tidak berlangsung lama.

"Kami menyadari kebijakan Arab Saudi tersebut, tapi Amphuri meminta penutupan itu tidak terlalu lama sehingga bisnis ini masih bisa berjalan normal kembali," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Amphuri Jawa Timur, Mohammad Sufyan, Kamis, 28 Februari 2020.

Sufyan dikonfirmasi di Surabaya mengatakan, banyak rekannya yang pusing karena kebijakan tersebut berdampak negatif terhadap bisnis travel umrah dan haji di Indonesia.

"Kita setiap hari itu memberangkatkan 1.700 hingga 1.800 jamaah dari seluruh Jawa Timur untuk umrah. Berapa uang berputar dari sana," kata Sufyan, dilansir dari Anatara.

Beberapa jamaah umrah bahkan sudah melakukan pembayaran lunas, terutama untuk biaya visa, tiket pesawat dan hotel.

"Jika penutupan ini tidak membuat semua biaya itu hangus, bagi travel itu tidak menjadi masalah. Tapi, ketika biaya itu hangus, maka akan berdampak sangat buruk," kata dia.

Sebab, kata dia, biaya paling mahal dari bisnis ini adalah tiket pesawat dan hotel. "Kalau hotel 20 persen dan tiket pesawat sebesar 50 persen dari total biaya umrah. Kalau itu sampai hangus, maka hancurlah kita," kata Sufyan, mengeluh.

 

Terkait Biaya Umrah

Umat Muslim melaksanakan salat dengan menghadap Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (16/8). Jutaan umat Islam dari berbagai negara semakin memadati Masjidil Haram menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji. (AP Photo/Dar Yasin)
Umat Muslim melaksanakan salat dengan menghadap Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (16/8). Jutaan umat Islam dari berbagai negara semakin memadati Masjidil Haram menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji. (AP Photo/Dar Yasin)

Sufyan berharap, maskapai dan hotel di Arab Saudi bisa memahami kondisi ini. Karena ini adalah force major yang tidak bisa diprediksi sebelumnya.

"Kami juga memohon semua pihak memahami itu, jikalau pun pihak maskapai dan hotel tidak akan mengembalikan biaya itu, diakui Sufyan pihaknya tidak akan meminta kepada jamaah.

"Pihak travel rela menanggung biaya yang sudah hangus itu. Sedikit pun kami tidak akan meminta jamaah menanggung itu. Yang penting, jamaah sabar menunggu Kerajaan Arab Saudi membuka kembali pintunya bagi kita untuk beribadah," kata pemilik travel Al Multazam Utama Nusantara itu.

Sementara itu, Wakil Ketua Amphuri Jatim Heliosa Soewianto mengkui kondisi ini sangat berdampak tidak baik bagi bisnis travel.

Apalagi, semua travel umrah dan haji plus tidak lagi menerima pendaftaran jamaah untuk sementara waktu sambil menunggu kepastian Arab Saudi membuka kembali pintunya.

"Tapi saya dengar beberapa maskapai tidak menghanguskan biaya tiketnya. Tapi kami juga punya kekuatan hukum kalau itu dihanguskan. Karena kesalahannya bukan dari kami," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Isi UU Kewarganegaraan India yang Disebut Pemicu Aksi Massa

Posted: 27 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Situasi India tengah memanas pasca aksi massa yang disusul bentrokan polisi dan antar massa. Aksi protes massa ditujukan atas Amandemen Undang-Undang Kewarganegaraan India yang disebut diskriminatif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dewi Perssik Alami Kejadian Aneh di Rumahnya, Diteror?

Posted: 27 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dewi Perssik baru saja mengalami kejadian yang kurang mengenakkan. Kaca tebal di kediaman barunya tiba-tiba pecah tanpa diketahui penyebabnya.

Hal itu disampaikan Dewi Perssik melalui unggahan di Instagramnya pada Kamis (27/2/2020). Dalam keterangan yang menyertai unggahannya itu, Dewi Perssik masih tidak yakin mengapa kaca tersebut bisa mendadak pecah.

"Perbuatan alamkah? Atau dilempar seseorang ? Atau mistiskah? Semoga Tuhan melindungi kita semua...," tulis Dewi Perssik.

Jikalau memang ada orang yang tidak suka dengannya, Dewi Perssik justru mendoakan orang tersebut.

 

 

Tidak Takut

kaca rumah Dewi Perssik pecah (https://www.instagram.com/p/B9E9O77hA5x/)
kaca rumah Dewi Perssik pecah (https://www.instagram.com/p/B9E9O77hA5x/)

Yang pasti, Dewi Perssik menyatakan bahwa ia dan keluarganya tidak akan pernah takut dengan teror apa pun.

 

Doakan Sehat

"Yg sakit hati mudah2an sehat amin yarobbal alamin... kami gak akan pernah takut... krn semua atas seijin Allah...," lanjut Dewi Perssik.

 

Diselidiki Polisi

Dewi Perssik (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Dewi Perssik (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Peristiwa tersebut juga diunggah di kanal YouTube milik Dewi Perssik. Dari keterangan di vlog itu, saat ini pihak Dewi Perssik masih menunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian.

 

Masih Misteri

Dewi Perssik (Nurwahyunan/Bintang.com)
Dewi Perssik (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Dan Hal tersebut masih menjadi misteri karena masih dalam proses penyelidikan oleh pihak yang berwajib, semoga saja tidak ada hal buruk yang terjadi ya D'Prends," tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Microsoft Bicara Soal Dampak Teknologi Digital Saat Ini dan Masa Depan

Posted: 27 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - CEO Microsoft Satya Nadella kembali mendatangi Indonesia di tahun ini. Kedatangannya kali ini merupakan bagian dari acara Digital Economy Summit sekaligus menandai 25 tahun kiprah Microsoft di Indonesia.

Dalam kunjungannya kali ini, Satya membahas mengenai dampak teknologi digital yang sudah mengubah dunia dalam sepuluh tahun terakhir. Dia mengatakan hal itu ditandai dengan internet untuk konsumen dan revolusi cloud.

"Keduanya sudah membawa perubahan besar bagi masyarakat kita. Dan, teknologi ini sudah digunakan secara luas, mulai dari bidang ekonomi, baik bisnis besar dan kecil, hingga sektor publik maupun swasta," tuturnya saat hadir di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Satya mengatakan teknologi komputasi digital saat ini sudah hadir di banyak lini kehidupan, mulai dari tempat kerja, rumah sakit, termasuk beragam industri, seperti energi, ritel, pertanian, dan finansial.

"Semuanya sudah bertransformasi oleh teknologi digital. Setiap profesi juga terdampak, tidak hanya pekerja berpendidikan, tapi juga buruh manufaktur dan ritel, kini mendapat keuntungan dari teknologi digital," tutur pria kelahiran Haiderabad itu lebih lanjut.

 

Era intelligent cloud

CEO Microsoft, Satya Nadella (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)
CEO Microsoft, Satya Nadella (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Dengan kondisi ini, pria asal India itu mengatakan bahwa dunia saat ini dapat digambarkan sebagai era intelligent cloud atau intelligent age. Maksudnya, dalam 10 tahun ke depan, sistem komputasi digital dapat ditemukan dan tersedia di mana saja.

Dalam kondisi itu, ada dua pertanyaan kunci untuk setiap organisasi di Indonesia, yaitu seberapa cepat dapat mengambil dan mengadopsi teknologi kelas dunia, dan yang kedua adalah bagaimana membangun teknologi digital sendiri.

"Hal itu yang dapat benar-benar menentukan seberapa cepat ekonomi dan masyarakat membuat kemajuan. Jadi itu dinamakan tech intensity," ujar pria berusia 52 tahun tersebut.

Oleh sebab itu, menghadapi dunia yang semakin digital, Satya memiliki tiga pemikiran untuk para developer yang hadir, yakni teknologi yang inklusif, membangun rasa percaya dengan teknologi, dan bergerak ke arah yang berkelanjutan.

Ketiga hal itu, berdasarkan penuturan Satya, merupakan kunci yang harus didasari oleh para developer. Dengan demikian, pertumbuhan yang diinginkan dapat dicapai.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pro dan Kontra Manfaat Mengkudu yang Belum Anda Tahu

Posted: 27 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Buah mengkudu atau Morinda citrifolia merupakan buah yang banyak ditemukan di Tahiti, Hawaii, Asia Tenggara, Australia dan India. Buah ini sering dijadikan sebagai obat sejak dulu.

Buah yang juga disebut murbei India cukup diminati karena kulitnya bisa digunakan sebagai pewarna merah dan kuning untuk pakaian dan batik. Lalu, batang, daun, kulit kayu, dan akar pohon ini juga digunakan sebagai obat.

Buah ini juga sering disebut buah keju karena aromanya yang kuat dan rasanya yang pahit.

Orang tua dulu sering meminum jusnya untuk mengobati sembelit, diare, infeksi kulit, dan sariawan. Tumbukan daunnya juga dipakai untuk mengobati luka.

Jus mengkudu dikenal kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Sehingga praktisi pengobatan tradisional sering menggunakannya sebagai obat diabetes, hipertensi, gangguan haid, penyakit jantung, penyakit lambung, depresi, aterosklerosis, HIV, dan kanker. Sayangnya bukti penelitian yang mendukung klaim ini belum kuat.

Dr Pat O'Mahony, kepala spesialis bioteknologi Food Safety Authority of Ireland (FSAI) mengatakan, "Tidak ada bukti ilmiah untuk membenarkan klaim bahwa jus mengkudu memberikan manfaat kesehatan khusus atau bahkan menyembuhkan atau mencegah suatu penyakit."

"Kami takut bahwa konsumen lebih memilih penawaran manfaat jus mengkudu (yang belum ada buktinya) dan meninggalkan perawatan medis konvensional." ujarnya.

Efek anti radang jus mengkudu sering dilebih-lebihkan oleh produsen obat tradisional, namun ada satu manfaat nyata bagi seorang perokok. Studi tahun 2012 dari University of Illinois melaporkan bahwa minum jus mengkudu 29,5-188 milimeter per hari selama 30 hari secara rutin akan mengurangi kadar kolesterol, trigliserida, dan peradangan pada perokok, dilansir dari VeryWellFit.

Meskipun temuan ini menjanjikan, namun jus mengkudu tidak menunjukkan dapat mengurangi efek merokok atau memberi efek serupa pada non-perokok. Maka dari itu masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Di sisi lain, Dr. Manoj K. Ahuja, Rumah Sakit Fortis mengatakan, buah mengkudu telah digunakan secara medis untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendetoksifikasi tubuh selama ribuan tahun. Banyak orang Asia percaya, mengkudu kaya akan antioksidan kuat seperti Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B3 (niasin) dan zat besi.

Dokter Anak yang berbasis di Baltimore, Dr. Mona Harrison, MD mengatakan, "Saya memiliki berbagai pasien yang telah mendapat manfaat dari jus mengkudu, dan bagi banyak orang tampaknya memengaruhi begitu banyak sistem tubuh".

Model Australia Miranda Kerr telah minum jus Tahitian Noni (mengkudu) selama 14 tahun sampai sekarang dan itu satu-satunya hal yang tidak bisa ia tinggalkan, terutama jika ia memiliki hari yang panjang. "Ini tidak hanya bagus untuk kulit Anda, tetapi juga untuk kesehatan secara umum."

 

 

 

 

 

Kontraindikasi

Mengkudu. (Via: sites.google.com)
Mengkudu. (Via: sites.google.com)

Meskipun kemungkinan aman untuk dikonsumsi, ada kekhawatiran jika mengonsumsi jus mengkudu atau ekstraknya dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kerusakan hati.

Hal itu karena mengkudu mengandung antrakuinon, senyawa yang bersifat hepatotoksik (Racun bagi hati) dan bersifat karsinogenik. Dalam beberapa laporan telah mengkonfirmasi cedera hati, termasuk hepatitis dan gagal hati terkait konsumsi mengkudu.

National Institutes of Health menyarankan untuk tidak memberikan jus mengkudu pada penderita penyakit hati, terutama hepatitis C kronis dan hepatitis B.

Jus mengkudu yang kaya kalium juga harus dihindari bagi penderita penyakit jantung, ginjalm dan hati, serta bagi pengguna potassium-sparing diuretics, inhibitor angiotensin-converting enzyme (ACE) atau penghambat reseptor angiotensin karena dapat menyebabkan hiperkalemia (kadar kalium yang terlalu tinggi).

Bagi penderita kelainan darah atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti Coumadin (warfarin) atau Plavix (clopidogrel), meminum jus mengkudu akan memperlambat pembekuan darah. Mengkudu juga tinggi kadar gulanya, jadi harus digunakan hati-hati pada penderita diabetes.

Mengkudu juga dapat berinteraksi dengan obat dan perawatan lain, seperti kemoterapi, radiasi dan masih banyak lagi.

Karena kurangnya penelitian keamanan maka sebaiknya mengkudu tidak diberikan kepada wanita hamil, ibu menyusui, atau anak-anak.

Dosis

Masih belum ada pedoman penggunaan yang tepat, tapi dalam sebuah penelitian tahun 2009 mengemukakan bahwa mengkudu aman dikonsumsi hingga 750 mL (atau sekitar 700 gram) per hari. Jus mengkudu dan suplemennya hanya dimaksudkan untuk penggunaan jangka pendek saja.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Niacinamide untuk Kecantikan, Bikin Wajah Sehat

Posted: 27 Feb 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Niacinamide merupakan salah satu bahan yang biasa ditemukan dalam produk perawatan wajah. Produk perawatan wajah dengan niacinamide banyak dicari karena dikenal ampuh mengatasi masalah kulit wajah.

Niacinamide adalah bentuk dari Niacin atau B3 yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit seperti keriput, mempromosikan kesehatan kulit, dan memberikan manfaat anti-inflamasi.

Zat yang satu ini dapat ditemukan dalam kebanyakan jenis perawatan wajah mulai dari pembersih, serum, dan daily cream. Niacinamide biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti rosacea, jerawat, kulit berminyak, dehidrasi, warna kulit tidak merata, dan hiperpigmentasi.

Niacinamide berfungsi sebagai barrier pada kulit. Ketika diaplikasikan, niacinamide mampu menangkal polusi dan gangguan atau serangan dari luar sekaligus menjaga kelembapan alami dari dalam. Skin barrier merupakan garda utama yang melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal mulai dari menangkal infeksi bakteri, polusi, sinar UV, bahan kimia berbahaya, hingga menjaga kulit dari gesekan atau goresan.

Barrier alami kulit akan semakin melemah seiring bertambahnya usia dan faktor luar lainnya. Di sinilah niacinamide menjalankan tugasnya dengan maksimal. Berikut manfaat niacinamide lainnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/2/2020).

Mengatasi Jerawat

Berjerawat
Berjerawat

Manfaat niacinamide pertama adalah mampu membantu mengatasi masalah jerawat. Jenis vitamin B3 ini ampuh membantu mengatasi jerawat, eksim, dan rosacea. Rosacea merupakan penykit kulit yang menyebabkan wajah dan hidung menjadi kemerahan.

 

Menyamarkan Noda Hitam

Noda hitam bekas jerawat.
Noda hitam bekas jerawat.

Manfaat niacinamide untuk kecantikan berikutnya dapat membantu mencerahkan kulit. Manfaat ini didapat karena niacinamide dapat merangsang produksi kolagen kulit sehingga noda hitam bekas jerawat jadi tersamarkan.

Melembapkan Kulit

Kulit lembap / Image: Unsplash
Kulit lembap / Image: Unsplash

Manfaat niacinamide berikutnya dapat melembapkan dan menghaluskan kulit. Mengoleskan niacinamide ke kulit dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

 

Mengatur Produksi Minyak Alami Wajah

Pastikan Wajah Bersih dan Bebas Minyak
Pastikan Wajah Bersih dan Bebas Minyak

Niacinamide memiliki kemampuan untuk menjaga hidrasi kulit. Dengan terjaganya hidrasi kulit dengan baik, secara tidak langsung dapat membuat produksi minyak alami pada wajah akan lebih terkontrol. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan terhindar dari risiko munculnya jerawat akibat produksi minyak berlebih.

Menyamarkan Kerutan dan Garis Halus

Penuaan Dini dan Kerutan di Wajah
Penuaan Dini dan Kerutan di Wajah

Niacinamide memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas pada kulit. Menggunakan niacinamide untuk perawatan wajah sehari-hari, maka akan menjadikan permukaan dan tekstur kulit menjadi lebih halus, garis halus dan keriput di wajah tersamarkan.

Meningkatkan Imunitas Kulit

Wajah Sehat (Sumber Foto: Shutterstock/The List)
Wajah Sehat (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Paparan sinar matahari secara langsung terus-menerus dapat mengakibatkan kerusakan kulit. Ketika kulit terbakar atau terpapar matahari, sel Langerhans yang berfungsi untuk melindungi akan menghilang sementara dan meninggalkan kulit tanpa perlindungan. Dengan menggunakan niacinamide akan membuat imunitas kulit menguat. Hal ini dikarenakan vitamin tersebut mampu meningkatkan kemampuan anti-inflamasi.

Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi

Terkena paparan sinar matahari. (Foto: iStockphoto)
Terkena paparan sinar matahari. (Foto: iStockphoto)

Hipermigmentasi disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan pada kulit, khususnya saat kulit terkena paparan sinar matahari. Menggunakan produk perawatan dengan niacinamide dapat memperlambat proses perpindahan melanin pada epidermis akibat sinar UV ini. Dengan begitu risiko pembentukan hiperpigmentasi pun akan berkurang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Virus Corona di Korea Selatan Tembus 2.000, BTS Batalkan Konser

Posted: 27 Feb 2020 08:53 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Warga Korea Selatan sedang menerapkan status darurat untuk menangkal penyebaran Virus Corona (COVID-19). Jumlah pasien yang tertular kini sudah tembus 2.000 orang.

Dilaporkan CNBC, Jumat (28/2/2020), pusat pengendalian penyakit di Korsel melaporkan ada 256 kasus baru sehingga jumlah tertular mencapai 2.022 orang. Belum ada laporan ada korban meninggal lagi di Korsel.

Di antara 256 kasus baru itu, 182 berasal dari kota Daegu yang menjadi sumber penyebaran Virus Corona. Seperti diketahui, virus itu tersebar dari gereja di Daegu. Anggota gereja itu diketahui pernah ke Wuhan, China.

Penyebaran Virus Corona di Korsel berdampak ke industri K-Pop. BTS membatalkan rangkaian konser pada pertengahan April nanti di Olympic Stadium, Seoul. Label Big Hit Entertainment mengakui penyebabnya adalah Virus Corona.

Ada 200 ribu penonton yang diperkirakan hadir di konser. Pembeli tiket konser BTS akan mendapat refund. 

Seoul Fashion Week 2020 juga dibatalkan akibat Virus Corona.

Kasus Virus Corona masih dominan di China, terutama provinsi Hubei. Ada 78 ribu orang yang sudah tertular dan 2.788 di antaranya sudah meninggal.

Virus Corona juga menyebar ke luar negeri seperti Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Arab Saudi pun akhirnya tutup pintu sementara dari pengunjung asing agar Virus Corona tak menyebar.

Saudi Hentikan Layanan Umrah Sementara

Virus corona menjadi wabah yang mendunia, epidemi ini menyebabkan sejumlah negara melakukan penangguhan visa untuk meminimalisir penyebaran virus. (Foto: Unsplash)
Virus corona menjadi wabah yang mendunia, epidemi ini menyebabkan sejumlah negara melakukan penangguhan visa untuk meminimalisir penyebaran virus. (Foto: Unsplash)

Arab Saudi membatasi orang yang masuk ke negara itu demi menekan penyebaran Virus Corona COVID-19. Menangguhkan masuknya orang-orang yang ingin melakukan umrah atau mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah, sebagaimana ditentukan oleh otoritas kesehatan negara kerajaan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah Indonesia menyatakan memahami keputusan yang diambil oleh pihak Kerajaan Arab Saudi diambil berdasarkan pertimbangan kepentingan kesehataan jemaah yang lebih besar.  

Dalam keterangan tertulisnya yang Liputan6.com terima Kamis, 27 Februari 2020, pemerintah Indonesia menyatakan akan terus berkoordinasi di bawah Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK) terkait pengelolaan dampak dari kebijakan tersebut. 

Menurut informasi yang diberikan oleh Duta Besar Saudi Arabia di Jakarta, kebijakan tersebut berlaku mulai pada saat diumumkan.

Pedoman untuk mencegah masuknya virus ke negeri kerajaan itu juga termasuk penangguhan perjalanan ke dan dari Arab Saudi untuk warga negara Gulf Cooperation Council (GCC) atau Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk menggunakan kartu ID nasional.

Namun, mengutip Al Arabiya, disebutkan ada pengecualian bagi warga Saudi yang berada di luar negeri dan ingin kembali jika mereka keluar dari Kerajaan dengan kartu identitas nasional, dan warga negara-negara GCC saat ini di dalam Kerajaan yang ingin kembali ke negara mereka jika masuk dengan kartu identitas nasional.

Ada juga penangguhan entri visa turis bagi mereka yang datang dari negara-negara yang sudah terpapar oleh penyebaran Virus Corona COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wartawan Valencia Terjangkit Virus Corona Usai Liputan Liga Champions

Posted: 27 Feb 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Milan - Wartawan yang berpergian ke Milan, Italia, bersama Valencia positif terinfeksi virus corona model terbaru atau kini dikenal dengan sebutan COVID-19. Wartawan tersebut datang ke San Siro, Milan saat Valencia melawan Atalanta pada leg 1 babak 16 besar Liga Champions, 20 Februari lalu. 

Kabar ini disampaikan oleh Las Provincias seperti dikutip dari Marca, Kamis (27/2/2020) waktu setempat. Pria berusia 44 tahun tersebut dinyatakan positif virus Corona setelah menjalani tes pertama. Selanjutnya, sampel dikirim ke kota Madrid, Spanyol, untuk dianalisis lebih jauh. 

Menteri Kesehatan Spanyol, pada Kamis kemarin, mengkonfirmasi kasus virus corona kedua yang menimpa komunitas warga Valencia dan sesuai teori, kemungkinan pasien itu adalah sang wartawan.  

Pasien sebelumnya mengunjungi RS Clinico Universitario de Valencia dengan gejala ringan penderita virus corona. Keterangan lebih jauh akan diberikan pemerintah pada pukul 11. 00 waktu setempat.

Saat ini, Italia memang sedang berjuang keras memerangi penyebaran  virus Corona model terbaru atau COVID-19. Peningkatan jumlah kasus yang sangat cepat memaksa Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan rencana darurat, pada Sabtu malam 22 Februari 2020 lalu. 

Sejumlah kota di kawasan utara Italia, seperti Lombardy dan Veneto yang dianggap sebagai wilayah paling terdampak segera dikarantina. Pemerintah membatasi kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar, termasuk pertandingan sepak bola dan karnaval. Sampai saat ini, sesuai data yang dilansir Channel News Asia, telah terdapat 650 kasus di Italia di mana 17 orang meninggal dunia.    

 

 

 

 

 

Empat Suporter Jalani Tes Virus Corona

Para pemain Atalanta merayakan kemenangan atas Valencia usai pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions di stadion San Siro di Milan, Italia, Rabu, (19/2/2020). Atalanta menang telak atas Valencia 4-1.  (AP Photo/Luca Bruno)
Para pemain Atalanta merayakan kemenangan atas Valencia usai pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions di stadion San Siro di Milan, Italia, Rabu, (19/2/2020). Atalanta menang telak atas Valencia 4-1. (AP Photo/Luca Bruno)

Sebelumnya, empat orang pendukung Valencia juga diduga terjangkit virus Covid-19 usai menyaksikan tim kesayangannya bertanding melawan Atalanta di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, pekan lalu. Mereka telah menjalani serangkaian tes dan diminta untuk sementara mengisolasi diri.

Seperti dilansir Marca, langkah ini diambil setelah keempat suporter itu mengalami gejala terinfeksi virus corona model terbaru atau COVID-19 sepulang dari Milan, Italia. Hal ini seperti disampaikan oleh pemerintah daerah lewat sub-direktur jenderal Epidemiologi, Hermelinda Vanaclocha, Selasa kemarin. 

"Langkah pertama yang kami lakukan adalah berbicara kepada mereka," kata Vanaclocha.

"Lalu kami melakukan studi Epidemiologi untuk memastikan berapa lama mereka di Milan, ketika gejalanya pertama kali muncul dan seperti apa mereka dan dari sana kita akan menentukan apakah mereka perlu menjalani pengujian lebih lanjut atau tidak," beber Vanaclocha menambahkan.

Jadwal Leg 2 Babak 16 Besar Liga Champions 2019/2020

Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)
Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)

11 Maret 2020

RB Leipzig vs Tottenham Hotspur

Valencia vs Atalanta

 

12 Maret 2020

PSG vs Borussia Dortmund

Liverpool vs Atletico Madrid

 

18 Maret 2020

Manchester City vs Real Madrid

Juventus vs Lyon

 

19 Maret 2020

Barcelona vs Napoli

Bayern Munchen vs Chelsea

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Dalami Kasus Gratifikasi Tanah Lewat Direktur Operasi Jakpro

Posted: 27 Feb 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mendalami kasus dugaan penerimaan gratifikasi yang menjerat Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Kalimantan Barat (2012-2016) yang juga Kakanwil BPN Provinsi Jawa Timur (2016-2018) Gusmin Tuarita.

Untuk mendalami kasus ini, tim penyidik KPK menjadwalkan memeriksa Direktur Operasi PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Muhammad Taufiqurrachman.

"Yang bersangkutan (Muhammad Taufiqurrachman) akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka GTU (Gusmin Tuarita)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat (28/2/2020).

Belum diketahui secara pasti kaitan Muhammad Taufiqurrachman dan Jakpro dalam kasus ini.

KPK menetapkan Gusmin Tuarita sebagai tersangka penerimaan gratifikasi. Selain Gusmin, KPK juga menjerat Kabid Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah kantor BPN Wilayah Kalimantan Barat Siswidodo.

Sebagai Kakanwil BPN, Gusmin memiliki kewenangan dalam pemberian hak atas tanah sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala BPN Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2013 tentang Pelimpahan Kewenangan Pemberian Hak atas Tanah dan Kegiatan Pendaftaran Tanah.

Salah satu kewenangan Gusmin adalah memberikan Hak Guna Usaha (HGU) atas tanah yang luasnya tidak lebih dari dua juta meter persegi. Dalam melaksanakan tugas dan kewenangan tersebut, Gusmin dibantu Siswidodo.

 

Gratifikasi Rp 22,23 Miliar

Sebelum memberikan izin HGU, terdapat proses pemeriksaan tanah oleh panitia yang dibentuk oleh Gusmin. Susunan panitia antara lain adalah Gusmin sebagai ketua merangkap anggota panitia dan Siswidodo sebagai anggota.

Pada tahun 2013-2018, Gusmin diduga menerima sejumlah uang dari para pemohon hak atas tanah termasuk pemohon HGU baik secara langsung dari pemohon hak atas tanah ataupun melalui Siswidodo.

Atas penerimaan uang tersebut, Gusmin diduga telah menyetorkan sendiri maupun melalui orang lain sejumlah uang tunai dengan total sebesar Rp 22,23 miliar. Uang tersebut disetorkan ke beberapa rekening miliknya pribadi, rekening milik istrinya, dan rekening milik anak-anaknya.

Selain itu, uang tunai yang diterima oleh Siswidodo dari pihak pemohon hak atas tanah dikumpulkan ke bawahannya yang kemudian digunakan sebagai uang operasional tidak resmi, membayar honor tanpa kwitansi dan sebagainya.

Gusmin dan Siswidodo tidak pernah melaporkan penerimaan uang-uang tersebut kepada Komisi Pemberantasan Korupsi dalam jangka waktu 30 hari kerja terhitung sejak tanggal uang-uang tersebut diterima.

Atas dugaan tersebut, dua tersangka disangkakan melanggar Pasal 12 B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Industri Perbankan Belum Terdampak Penghentian Sementara Umrah

Posted: 27 Feb 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Arab Saudi membatasi orang masuk ke negara itu demi menekan penyebaran Virus Corona atau mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah, sebagaimana ditentukan oleh otoritas kesehatan negara kerajaan tersebut. Sejauh ini industri perbankan belum terdampak dengan adanya larangan umrah tersebut.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, industri perbankan belum terpengaruh oleh keputusan Arab Saudi yang melakukan penghentian sementara jemaah umrah dari beberapa negara. Sebab perjalanan umrah lebih banyak dilakukan oleh agen perjalanan (travel).

"Efek langsung belum berpengaruh kepada perbankan," kata Pandji dalam Diskusi Bersama CIMB Niaga Syariah di Graha CIMB Niaga, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2020).

Kecuali, kata Pandji, bank yang memiliki travel perjalanan umrah. Biasanya perbankan lebih banyak berhubungan dengan pembiayaan untuk ibadah haji.

Saat ini juga sudah ada 25 bank yang tergabung dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). Sementara hal yang sama juga baru mulai diterapkan di bisnis perjalanan umrah.

Itu pun baru dua atau tiga bank yang melakukan hal yang sama. Bank CIMB Niaga Syariah pun kata Pandji baru akan merilis program pembiayaan umrah bulan depan.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Dubes RI untuk Arab Saudi: Visa Umrah WNI Dihentikan Sementara

Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)
Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan peringatan penutupan akses masuk ke negaranya, 

src=
src=
class=
class=
dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Corona COVID hingga 47 negara di dunia. Orang-orang yang ingin melakukan umrah atau mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah terpaksa ditangguhkan.

Mengutip Arab News, Kamis (27/2/2020), penerapan itu dilakukan sebagaimana ditentukan oleh otoritas kesehatan negara kerajaan tersebut.

 

Merespons hal tersebut, Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel mengatakan terkejut dengan hal tersebut. "Kami sedang lobi Saudi," ucapnya kepada Liputan6.com melalui pesan singkat.

"Visa umrah dihentikan sementara, saya baru saja komunikasi dengan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi, Dr. Mohammed Saleh Benten," jelasnya lagi.

Dubes Agus menuturkan, 

src=
src=
class=
class=
penyetopan visa umrah untuk WNI ini diberlakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Artinya warga Indonesia yang akan umrah dalam waktu dekat dan belum mengantongi visa, maka visanya tidak akan dikeluarkan atau ditangguhkan.

Sementara mereka yang sudah mengantongi visa umrah, akan mengalami penundaan keberangkatan. "Berdasarkan (arahan) rilis seperti itu," imbuh Dubes Agus.

Berdasarkan rilis dari pihak kerajaan, Arab Saudi menegaskan bahwa langkah-langkah tersebut di atas adalah sementara, dan penerapannya akan terus di evaluasi oleh lembaga-lembaga kompeten yang terkait.

"Untuk jemaah WNI yang sudah masuk akan kita pantau dan berikan bantuan untuk kelancaran," tambahnya.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyatakan tetap mendukung upaya internasional guna membatasi penyebaran Virus Corona COVID-19.

Selanjutnya, Kementerian Luar Negeri meminta warganegara Arab Saudi untuk tidak bepergian ke negara-negara yang saat ini terkena wabah Virus Corona baru (COVID-19).

KBRI Riyadh menyatakan terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi guna memastikan pelaksanaan teknis dari kebijakan penghentian sementara masuknya jamaah umrah ke Arab Saudi dari negara-negara lain termasuk Indonesia, serta memastikan keberadaan jemaah WNI yang saat ini sudah berada di wilayah Arab Saudi.

Seperti yang sudah disampaikan KBRI Riyadh pada 29 Januari 2020 lalu, KBRI Riyadh mengimbau seluruh WNI di Arab Saudi untuk selalu menjaga kesehatan dan melakukan langkah pencegahan antara lain: Selalu rutin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menghindari sentuhan langsung dengan hewan (hidup atau mati), tidak mengunjungi pasar hewan, bagi yang sedang menderita gejala sesak napas untuk tetap berada di rumah serta menutup mulut dan hidungnya dengan masker apabila batuk atau bersin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia: Tim Garuda Ditunggu UEA

Posted: 27 Feb 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Shin Tae-yong segera menjalani debut resmi sebagai pelatih Timnas Indonesia. Pria asal Korea Selatan itu akan memimpin Timnas Indonesia menghadapi tiga pertandingan terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Menurut jadwal, Timnas Indonesia akan menjamu Uni Emirat Arab (UEA). Kemudian, dua laga lainnya yakni melawan Thailand dan Vietnam berlangsung di kandang lawan.

Bagi Shin Tae-yong, hal ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri. Eks pelatih timnas Korsel itu harus meraih hasil positif meski hanya punya waktu singkat mempersiapkan tim.

Selain itu, timnas Indonesia juga dibebani hasil buruk di laga sebelumnya. Timnas Indonesia sudah menelan lima kekalahan.

Rinciannya, Tim Garuda di ajang yang sama kalah melawan Vietnam, Malaysia (2 kali), Thailand, dan UEA.

Pada laga terakhir, skuat Garuda kalah 0-2 di kandang Malaysia.

Berikut jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022:

Jadwal Pertandingan

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

26 Maret 2020

Thailand Vs Indonesia

31 Maret 2020 

Indonesia Vs UEA

4 Juni 2020

Vietnam Vs Indonesia

Skuat Timnas

Kiper:

1. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

2. Muhammad Riyandi (Barito Putera)

3. Nadeo Argawinata (Bali United)

4. Muhammad Adi Satrio (PSMS Medan)

Belakang:

5. Fachruddin Aryanto (Madura United)

6. Bagas Adi Nugroho (Arema FC)

7. Andy Setyo Nugroho (Tira Persikabo)

8. Rudolf Yanto Basna (PT Prachuap)

9. Hansamu Yama (Persebaya Surabaya)

10. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)

11. Ricky Fajrin (Bali United)

12. Gavin Kwan Adsit (Bali United)

13. Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC)

14. Firza Andika (PSM Makassar)

15. Asnawi Mangkualam (PSM Makassar)

16. Pratama Arhan Alif (PSIS Semarang)

Tengah:

17. Sani Rizki Fauzi (Bhayangkara FC)

18. T.M. Ichsan (Bhayangkara FC)

19. Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya)

20. Muhammad Tahir (Persipura Jayapura)

21. Bayu Pradana (Barito Putera)

22. Zulfiandi (Madura United)

23. Septian David Maulana (PSIS Semarang)

24. Stefano Lilipaly (Bali United)

25. Irfan Bachdim (PSS Sleman)

26. Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera)

27. Febri Hariyadi (Persib Bandung)

28. Saddil Ramdani (Tanpa Klub)

29. Rizky Eka Pratama (PSM Makassar)

30. Osvaldo Haay (Tanpa Klub)

Depan:

31. Ilija Spasojevic (Bali United)

32. Lerby Eliandry (Bali United)

33. Irfan Jauhari Bali United)

34. Muhammad Rafli (Arema FC)

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rotasi di Kejaksaan Agung, Adi Toegarisman Gantikan Ali Mukartono Jadi Jampidsus

Posted: 27 Feb 2020 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Agung merotasi beberapa pejabat tinggi. Rotasi itu dilakukan terhadap bidang Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) dan Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Pembinaan.

Adi Toegarisman yang menjabat sebagai Jampidsus, kini digantikan oleh Ali Mukartono karena pensiun. Untuk Jampidum sendiri yang sebelumnya diisi Noor Rochmad kini diisi oleh Sunarta karena pensiun. Lalu, untuk Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Pembinaan diisi oleh Mangihut Sinaga.

Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin memberikan amanat atau penekanan tugas yang harus dilakukan kepada tiga pejabat baru tersebut. Untuk Jampidsus, ia ingin rumuskan kebijakan, sekaligus arahkan, kendalikan dan awasi penanganan perkara tindak pidana korupsi yang tidak hanya semata-mata fokus kepada pendekatan represif.

"Namun juga mampu menyeimbangkan antara pendekatan represif dan pendekatan preventif, terlebih proaktif untuk menciptakan sistem anti korupsi bagi perbaikan tata kelola pemerintahan, di segenap wilayah satuan kerja pusat dan daerah, sehingga perbuatan korupsi tidak terulang di kemudian hari," kata Burhanuddi di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Kemudian, Burhanuddin juga menekankan penanganan perkara terkait dugaan penyalahgunaan pengelolaan dana desa secara hati-hati, cermat, proporsional, matang, dan terukur. Sekaligus hindari upaya mencari-cari kesalahan dengan tetap memperhatikan adanya mens rea (sikap batin jahat) dalam perbuatan tersebut.

Kemudian, kata dia, sedapat mungkin mengutamakan langkah pencegahan sebelum melakukan langkah penindakan, sehingga dampak tidak tersalurkannya dana desa dapat diminimalisir.

Selain itu, ia ingin agar Jampidsus juga menangani perkara tindak pidana korupsi di tengah berlangsungnya perhelatan Pilkada tahun 2020 sesuai dengan Instruksi Jaksa Agung RI Nomor 9 tahun 2019 tentang Optimalisasi Peran Kejaksaan RI dalam Mendukung dan Menyukseskan Penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020.

"Agar penanganan tindak pidana korupsi tidak dipolitisir dan dimanfaatkan sebagai isu untuk menggagalkan pencalonan pihak tertentu dalam pilkada," ujarnya.

Sedangkan untuk Jampidum, ia ingin agar segera merumuskan kebijakan terkait diskresi penuntutan yang berisi ketentuan mengenai pengesampingan perkara pidana karena alasan-alasan tertentu.

"Jumlah kerugian yang kecil, usia terdakwa di atas 70 tahun dan sebagainya, agar penuntutan seyogianya benar-benar memperhatikan hati nurani dan rasa keadilan masyarakat, tidak hanya berdasarkan atas penilaian yuridis formil atau keadilan formal semata, melainkan juga senantiasa berpijak kepada keadilan substansial. Dengan demikian, saya berharap kejadian penuntutan perkara pencurian getah sebagaimana yang terjadi di Kabupaten Simalungun tidak terulang kembali," jelasnya.

Jampidum juga diminta untuk merumuskan kebijakan penyusunan surat dakwaan yang profesional, efektif dan efisien, sebagai representasi mahkota Jaksa saat pembuktian. Hal itu agar kekeliruan penyusunan surat dakwaan yang kerap menimbulkan polemik, terlebih bertentangan dengan rasa keadilan masyarakat dapat dihindari.

"Optimalisasikan kapasitas dan kompetensi seluruh jajaran untuk melakukan penanganan tindak pidana pilkada secara profesional, tidak memihak, tidak diskriminatif, serta bebas dari anasir dan muatan yang didasari pada kepentingan pribadi maupun golongan tertentu, sehingga terjamin kredibilitas keseluruhan proses Pilkada 2020," ucapnya.

Bidang Pembinaan

Sedangkan untuk Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Pembinaan diamanatkan agar melaksanakan tugas dengan memberikan telaah, pengkajian dan pemikiran mengenai permasalahan aktual di bidang pembinaan, baik diminta maupun tidak dan menyampaikannya kepada Jaksa Agung.

"Saya berharap dengan pengalaman dan wawasan luas yang saudara miliki akan sangat bermakna membantu pimpinan dalam membuat keputusan dan merumuskan kebijakan yang tepat, komprehensif dan holistik guna menanggapi setiap permasalahan yang ada," tuturnya.

Ia mengungkapkan, dipilihnya Ali Mukartono untuk menggantikan posisi Adi Toegarisman karena kualitas yang dimiliki oleh Ali tak jauh berbeda dengan Adi dalam menangani suatu perkara atau kasus.

"Pasti karena kalau saya pilih ya tentunya yang mampu dan insya Allah Pak Ali akan sama polanya dengan Pak Adi. Karena bagaimanapun juga, kami sama-sama di sini. Jadi tahu persis pergerakan-pergerakannya," ungkapnya.

"Jadi, insya Allah Pak Ali bisa sama dengan Pak Adi, tentunya Pak Adi juga tidak jauh-jauh ada di Jakarta. Jadi bisa lakukan koordinasi," tutupnya.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa Kabar Mahasiswa Lamongan yang Tertinggal di Wuhan?

Posted: 27 Feb 2020 08:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah mengevakuasi 238 warga negara Indonesia (WNI) dari ancaman virus corona di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Sejatinya, ada 241 WNI yang siap dievakuasi dan telah menunggu tim penjemput di bandara. Namun, tiga orang lainnya tidak bisa diangkut pulang ke Tanah Air.

Tiga WNI yang berstatus mahasiswa tersebut tidak lolos pemeriksaan kesehatan di bandara. Salah satunya Humaidi Zahid (28), warga Payaman, Solokuro, Lamongan, Jawa Timur, yang saat ini menempuh studi S2 di Central China Normal University (CCNU), Wuhan.

Setelah tertinggal pesawat tim evakuasi, Humaidi dikembalikan ke Kampus CCNU. Hingga saat ini, dia memilih bertahan seorang diri di salah satu kamar asrama mahasiswa CCNU di tengah kondisi kota yang terisolasi akibat wabah virus corona atau COVID-19.

"Alhamdulillah sehat. Kalau kondisi kesehatan baik-baik saja, cuma ya mental ini kadang naik turun, namanya berada di dalam kondisi seperti ini, entah musibah atau apa ini enggak tahu saya," ujar Humaidi saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis 27 Februari 2020 malam.

Humaidi menceritakan, dia tertinggal di Wuhan lantaran saat dijemput tim evakuasi pada 2 Februari lalu, dirinya sedang batuk ringan. Dia bersama dua mahasiswa lainnya terpaksa ditahan sementara dan dicek kondisi suhu tubuh dan kesehatannya hingga tiga kali dalam waktu sekitar satu setengah jam sebelum akhirnya dilepas.

Namun takdir berkata lain. Saat dirinya dilepas petugas kesehatan bandara, pesawat tim evakuasi telah terbang meninggalkan Kota Wuhan. Humaidi pun dikembalikan ke kampus dan tinggal di asrama mahasiswa yang mulai sepi hingga saat ini.

"Kan waktu itu semua harus isi formulir, di kolom kesehatan saya centang kolom batuk. Harapannya ya enggak mau ngerepotin temen-temen, barang kali nanti di pesawat dapat tempat duduk khusus," ucap alumni Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu.

 

Terima Takdir

Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan dievakuasi berpose bersama di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan, Hubei, China, Sabtu, (1/2/2020). Sebanyak 245 WNI di Wuhan akan dievakuasi ke Indonesia terkait merebaknya virus corona di kota tersebut. (foto:Duta Besar RI di Beijing)
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan dievakuasi berpose bersama di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan, Hubei, China, Sabtu, (1/2/2020). Sebanyak 245 WNI di Wuhan akan dievakuasi ke Indonesia terkait merebaknya virus corona di kota tersebut. (foto:Duta Besar RI di Beijing)

Humaidi enggan menyalahkan siapa-siapa. Dia sadar, ini memang sudah menjadi jalan hidupnya. "Ada temen sebelah saya yang merasa kayak (suhu badannya) panas, tapi tidak mengisi kolom. Entah kenapa saya kok mengisi kolom batuk. Mungkin memang takdirnya," katanya sedikit tertawa.

Sejak tertinggal di Wuhan, pemerintah melalui KBRI di Beijing terus memantaunya, begitu pula kampus asalnya, Unesa. Pihak kampus juga menjamin kebutuhan logistiknya selama tinggal di asrama mahasiswa CCNU.

Humaidi tidak banyak berharap. Dia hanya mengajak berdoa agar Wuhan kembali pulih dari wabah virus corona. Dia menyatakan siap dipulangkan ke Tanah Air kapan saja, tapi tidak berharap lebih.

"Kalau nanti saya terlalu berharap tapi yang ditunggu enggak datang-datang, malah stres sendiri saya. Mending saya coba ikhlas menjalani hari-hari di sini. Itu lebih baik menurut saya," ucap alumni Pesantren Darul Ma'arif Payaman ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Inter Milan Akui Sulit Kalahkan Ludogorets Tanpa Penonton

Posted: 27 Feb 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Milan- Bek Inter Milan, Andrea Ranocchia mengakui timnya harus kerja keras untuk kalahkan Ludogorets Razgard. Inter berhasil menang dan lolos ke babak selanjutnya.

Inter Milan menjamu Ludogorets pada leg kedua babak 32 besar Liga Europa, Jumat (28/2) dini hari WIB. Bermain di Giuseppe Meazza, Nerazzurri menang dengan skor 2-1.

Inter sejatinya sempat tertinggal lewat gol Cauly Oliviera Souza. Akan tetapi, tuan rumah mampu membalikkan keadaan lewat Cristiano Biraghi dan Romelu Lukaku.

Dengan kemenangan ini, Inter akhirnya memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Pasukan Antonio Conte melaju dengan mengantongi agregat 4-1 atas wakil Bulgaria tersebut.

Pertandingan Inter Milan kontra Ludogorets sendiri harus digelar tanpa penonton. Hal itu lantaran saat ini sedang mewabah virus Corona di Italia.

 

Tidak Mudah

Inter Milan merayakan kemenangan lawan Ludogorets dalam kondisi tanpa penonton (AFP)
Inter Milan merayakan kemenangan lawan Ludogorets dalam kondisi tanpa penonton (AFP)

Ranocchia merasa sangat puas dengan kemenangan yang diraih timnya atas Ludogorets. Namun, ia mengakui kalau bermain tanpa penonton itu juga tidak mudah.

"Kami tidak terbiasa bermain tanpa dukungan langsung dari para pendukung dan laga berjalan sedikit sulit, namun hal terpenting adalah kami lolos ke babak berikutnya. Kami berhasil mencapai target tersebut," kata Ranocchia di laman resmi Inter.

Setelah menghadapi Ludogorets, Inter akan berkunjung ke markas Juventus, Senin (2/3) dini hari WIB. Ranocchia meminta Inter untuk segera mengalihkan fokus pada laga tersebut.

"Kini fokus kami beralih ke laga kontra Juventus pada Senin dini hari. Tiga poin dipertaruhkan dan ini merupakan pertandingan besar di Italia, yang mana kami tahu bahwa para pendukung Nerazzurri berharap yang terbaik maka kami akan siap menghadapi laga ini," tandasnya.

Sumber: Inter.it

Disadur dari Bola.net (Aga Deta,published 28/2/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Surabaya: Pasangan Bacawali Yasin-Gunawan Masih Hadapi Jalan Panjang

Posted: 27 Feb 2020 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menyatakan kalau calon wali kota dan calon wakil wali kota lewat jalur perseorangan masih hadapi beberapa tahapan lagi meski lolos verifikasi jumlah syarat minimal dukungan.

Hal itu termasuk yang akan dilalui oleh pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya jalur perseorangan, M.Yasin dan Gunawan. Pasangan tersebut harus melalui dua tahap lagi setelah dinyatakan lolos tahapan verifikasi syarat jumlah minimal dukungan.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Surabaya, Kholid Asyadulloh menuturkan, meski lolos dalam verifikasi jumlah syarat minimal dukungan, bukan berarti pasangan bakal calon ini bisa mendaftar sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota di Pilkada Surabaya.

"Jalan masih panjang, karena masih ada beberapa tahapan lagi," tutur dia.

Diketahui dukungan kepada Gunawan-Yasin sebagai pasangan bakal calon perseorangan berdasarkan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) jumlahnya sekitar 140 ribu. Tapi setelah dilakukan verifikasi jumlahnya 139.700.

Sedangkan jumlah minimal syarat dukungan yang ditetapkan KPU Surabaya sebesar 138.565 dan tersebar di minimal 16 kecamatan dari 31 kecamatan di Surabaya.

Menurut dia, tahapan yang akan dijalani pasangan bakal calon perseorangan setelah ini adalah verifikasi administrasi yang dimulai 27 Februari sampai 25 Maret 2020.

"Proses verifikasi ini di antaranya mencocokkan KTP pendukung, apakah benar KTP Surabaya dan apakah KTP itu benar milik pendukung," kata dia.

Tahapan selanjutnya adalah verifikasi faktual mulai 25 Maret sampai 15 April. Dalam verifikasi ini petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan mendatangi satu persatu pendukung pasangan bakal calon.

"Mereka akan ditanya apakah benar mendukung, kalau iya maka dukungan itu dinyatakan MS (Memenuhi Syarat). Kalau tidak ya TMS (Tidak Memenuhi Syarat)," kata Kholid.

Kholid menuturkan kalau ada kekurangan jumlah dukungan dalam proses verifikasi lanjutan itu, nantinya pasangan bakal calon bisa melakukan perbaikan.

"Perbaikan jumlah dukungan itu selisih dari jumlah dukungan dikalikan dua. Misalnya dari proses awal dinyatakan lolos dengan jumlah dukungan 139 ribu, kemudian dalam tahapan verifikasi selanjutnya menyusut karena tidak memenuhi syarat maka pasangan bakal calon harus menyerahkan kekurangan itu dua kali jumlahnya. Kalau kurang 6 ribu ya dikalikan dua, jadinya 12 ribu," ujar dia.

Namun, lanjut dia, kalau pasangan bakal calon sudah memenuhi syarat setelah melalui serangkaian tahapan verifikasi ini maka bisa mendaftar sebagai kontestan. "Pasangan bakal calon bisa mendaftar sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota Surabaya pada 15 sampai 18 Juni 2020," ujar dia.

Ada 5 Pasangan yang Ambil Formulir Pendaftaran

Pilkada serentak
Pilkada serentak

Diketahui sebelumnya ada lima pasangan bakal calon perseorangan yang mengambil formulir pendaftaran di KPU Surabaya. Mereka adalah Usman Hakim-Sirojul Alam, Muhammad Sholeh-Taufiq Hidayat, Mohammad Yasin-Gunawan, Sungkono Ari Saputra-Agung Purnomo, dan Fatchkul Muid-Tatik Effendi.

Namun, pada hari terakhir penyerahan dokumen syarat dukungan, hanya ada tiga pasang bakal calon perseorangan yang di KPU Surabaya pada Minggu, 23 Februari 2020. Mereka adalah Yasin-Gunawan, Sholeh-Taufik dan Usman-Sirojul. Hanya saja dari ketiga pasangan bakal calon perseorangan tersebut yang menyerahkan dokumen hanya Sholeh-Taufik dan Usman-Sirojul.

Sedangkan pasangan Usman-Sirojul datang ke KPU tanpa membawa formulir dokumen syarat minimal berupa fotocopy KTP elektronik sebanyak 138.565 lembar yang sudah dimasukkan ke Silon.

KPU Surabaya kemudian menetapkan pasangan bakal calon perseorangan Sholeh-Taufiq tidak memenuhi syarat dukungan. Hasil pengecekan jumlah sebaran dan dukungan bakal pasangan calon perseorangan mulai 23-26 Februari 2020 menghasilkan pasangan Yasin-Gunawan memenuhi syarat dukungan.

Sementara bakal pasangan calon Sholeh-Taufik tidak memenuhi syarat dukungan. Jumlah dokumen yang diserahkan pasangan Sholeh-Taufik sebanyak 140.384 lembar. Namun, jumlah dokumen yang lengkap hanya 86.404 lembar dan jumlah dokumen yang tidak lengkap 53.980 lembar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasa Marga Gaet Swasta Kembangkan Kawasan di Koridor Tol Japek Selatan

Posted: 27 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menandatangani kesepakatan kerja sama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Sentraloka Adyabuana untuk pengembangan kawasan di koridor Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Selatan.

Penandatanganan MoU yang difokuskan untuk pengembangan kawasan di koridor Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan ini dilakukan oleh Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Adrian Priohutomo dan Direktur Utama PT Sentraloka Adyabuana Fadel Muhammad.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit, mengapresiasi inisiasi pengembangan koridor jalan tol oleh Jasa Marga yang telah membuka peluang kerjasama dengan pihak swasta.

"Kita sudah mulai punya tantangan baru untuk meningkatkan investasi di jalan tol. Untuk itulah, Jasa Marga juga perlu mengembangkan beberapa bisnis pendukung, salah satunya dengan mengembangkan koridor jalan tol," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (28/2/2020).

"Kami juga bangga Jasa Marga bisa mengembangkan kemitraan dengan pihak swasta. Ini saya kira juga seperti yang diharapkan oleh Menteri BUMN (Erick Thohir)," tambah Danang.

 

Bagian dari Misi Perusahaan

Jalan Tol Jakarta-CIkampek II
Jalan Tol Jakarta-CIkampek II

Selaras dengan Danang, Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo mengatakan bahwa pengembangan kawasan merupakan bagian dari misi perusahaan.

Adrian juga berharap, pengembangan kawasan di koridor jalan tol dapat menjadi pengungkit bangkitan lalu lintas serta dapat menjadi revenue stream lainnya.

"Kami sadar memiliki pengalaman di jalan tol. Tetapi untuk bisnis pengembangan kawasan, kami perlu belajar dari perusahaan yang memang sudah lebih berpengalaman dalam pengembangan kawasan seperti PT Sentraloka Adyabuana. Selain itu, yang paling utama adalah mereka juga telah memiliki lahan di sekitar koridor Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan," tuturnya.

Adrian pun memproyeksikan, Jasa Marga akan terus mengembangkan usaha non-jalan tol melalui pengembangan bisnis pada koridor jalan tol.

"Ini untuk meningkatkan nilai tambah bagi stakeholder, seperti pengembangan kawasan pada koridor jalan tol atau pemanfaatan daerah ruang milik jalan tol," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kasus Corona Meningkat, KBRI Seoul Tutup

Posted: 27 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Diemukannya virus corona baru COVID-19 di Korea Selatan. membuat Pemerintah RI menutup KBRI dan pusat promosi investasi di negara itu. Penutupan bersifat sementara dan dalam waktu yang tidak ditentukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dul Jaelani Menduga Maia Estianty dan Ahmad Dhani Masih Menyimpan Cinta

Posted: 27 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maia Estianty dan Ahmad Dhani kebetulan dipertemukan dalam program acara yang sama dan disiarkan secara live di televisi swasta. Tentu saja ini merupakan momen langka di antara Maia Estianty dan Ahmad Dhani.

Meski sudah sekian lama tak berinteraksi di hadapan publik, Maia Estianty dan Ahmad Dhani tampak tak canggung sama sekali. Ahmad Dhani bahkan masih melemparkan kalimat-kalimat menghangatkan untuk mantan istrinya itu.

Kebetulan, momen ini juga disaksikan langsung oleh kedua anak mereka, Al Ghazali dan Dul Jaelani. Dengan nada bercanda, sang anak bungsu menduga masih ada rasa sayang di antara orangtuanya.

"Ya saya mencium aroma cinta yang bersemi kembali," ujar Dul Jaelani saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (26/2/2020) malam.

 

Diaminkan Al Ghazali

El Rumi, Ahmad Dhani, Al Ghazali, Dul Jaelani, dan Maia Estianty. (Instagram/elelrumi)
El Rumi, Ahmad Dhani, Al Ghazali, Dul Jaelani, dan Maia Estianty. (Instagram/elelrumi)

Mendengar pernyataan Dul Jaelani, Al Ghazali tak mampu menanggapi lebih jauh. Ia hanya bisa mengaminkan apa yang diucapkan oleh adiknya.

 

Sapaan Manis

Ahmad Dhani dan Maia Estianty acara Grand Final Indonesian Idol X, Senin (24/2/2020) malam. (Adrian Putra/Fimela.com)
Ahmad Dhani dan Maia Estianty acara Grand Final Indonesian Idol X, Senin (24/2/2020) malam. (Adrian Putra/Fimela.com)

Dalam program acara tersebut, Ahmad Dhani bahkan menyapa Maia Estianty dengan kalimat yang manis. Istri Irwan Mussry itu pun meresponsnya dengan memberi flying kiss.

"Selamat malam ibunya Al El Dul yang tersayang," kata Ahmad Dhani pada Maia Estianty di atas panggung sembari tersenyum.

 

Rahasia Lagu

Maia Estianty acara Grand Final Indonesian Idol X, Senin (24/2/2020) malam. (Adrian Putra/Fimela.com)
Maia Estianty acara Grand Final Indonesian Idol X, Senin (24/2/2020) malam. (Adrian Putra/Fimela.com)

Tak hanya itu, Ahmad Dhani juga mengatakan bahwa ia menciptakan lagu legendaris "Cinta Kan Membawamu Kembali" untuk Maia Estianty.

"Tapi lagu ini memang saya buat untuk Maia, waktu itu," kata dia.

 

Berdiri dari Kursi

Maia Estianty dan Ahmad Dhani (Sumber: Instagram/@jud1ka)
Maia Estianty dan Ahmad Dhani (Sumber: Instagram/@jud1ka)

Mendengar ini, Maia Estianty pun berdiri dari kursinya dan membungkuk pada Ahmad Dhani sebagai ungkapan terima kasih. Penonton seisi studio seketika menjadi heboh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian BUMN Kelola Tambang Batu Bara Milik Tersangka Jiwasraya

Posted: 27 Feb 2020 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyatakan, Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menyerahkan pengelolaan PT Gunung Bara Utama, tambang batu bara milik salah satu tersangka Jiwasraya, Heru Hidayat untuk dikelola oleh BUMN.

Dengan demikian, per tanggal 18 Februari 2020, Kementerian BUMN resmi mengelola tambang batu bara yang terletak di kawasan Kutai, Kalimantan Timur tersebut.

"Jadi, sekarang kita akan mulai kelola tambang batu bara Heru Hidayat. Ini adalah kerja yang dilakukan oleh Kejagung," ujar Arya di Kementerian BUMN, Jumat (28/02/2020).

Lanjut Arya, menurut Kejaksaan Agung, tambang batu bara ini adalah salah satu aset hasil dari Jiwasraya, sehingga Kementerian BUMN kemudian menunjuk PT Bukit Asam untuk mengelola tambang tersebut.

"Jadi kami kerja cepat, Kejagung maupun Kementerian BUMN tidak mau berlama-lama. Bahkan kalau memang terbukti, secepatnya kita akan ambil alih asetnya," imbuh Arya.

Dengan demikian, segala hasil pengelolaan tambang batu bara tersebut nantinya akan dimiliki oleh PT Bukit Asam.

Aset Tersangka Jiwasraya Dilarikan ke Luar Negeri, Apa Temuan PPATK?

Ilustrasi Jiwasraya (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ilustrasi Jiwasraya (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kejaksaan Agung (Kejagung) akan menyelidiki aset tersangka kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya yang dilarikan ke luar negeri. Dalam hal ini, Kejagung turut menggaet Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk melacak aset milik tersangka.

Lantas, apa saja temuan PPATK dari kasus korupsi Jiwasraya ini?

Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin mengatakan, pihaknya telah melaksanakan tugas yang diberikan. Hasilnya juga sudah diserahkan kepada Kejaksaan Agung.

"Itu sudah kami lakuan sesuai dengan tugas dari PPATK. Itu sudah disampaikan kepada penegak hukum yang diminta," ujar Kiagus saat sesi Media Gathering di Pusdiklat PPATK Cimanggis, Depok, Kamis (27/2/2020). 

Namun begitu, ia memohon maaf lantaran belum bisa menyampaikan data temuan terkait kasus Jiwasraya ini agar tak menimbulkan kehebohan.

"Kita tidak boleh mengumumkan. Selain itu, kami juga diminta supaya bekerja dan tidak menimbulkan kegaduhan," ucap dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Masa Kecil Irish Bella Ini Menggemaskan Banget

Posted: 27 Feb 2020 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Irish Bella tentu sudah tidak asing lagi untuk para pecinta sinetron Tanah Air. Wanita kelahiran Cirebon ini mengawali karier dari sebuah agensi model di Bandung.

Namanya mulai dikenal berkat perannya sebagai Bening di Binar Bening Berlian. Sosok wanita blasteran Indonesia-Belgia ini semakin melejit saat bermain peran di Cinta Suci beradu akting dengan suaminya, Ammar Zoni.

Membintangi banyak judul sinetron, wanita kelahiran 1996 ini kerap disebut-sebut sebagai salah satu ratu sinetron Indonesia. Tak heran jika kehidupannya selalu mendapatkan sorotan. Mulai dari asmara, keluarga hingga potret masa kecilnya. 

Enggak banyak yang tahu, Irish Bella semasa kecil punya wajah yang bule banget loh. Melihat potret masa kecil Irish Bella, tak sedikit warganet yang memberi komentar bahkwa kecantikannya sudah terlihat sejak masih kecil. 

Jadi, penasaran kan dengan potret masa kecil Irish Bella? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret masa kecil Irish Bella, Jumat (28/2/2020).

1. Terlahir dari ayah yang berasal dari Belgia, semasa kecil Irish Bella punya wajah yang bule banget ya!

Potret Masa Kecil Irish Bella  (Sumber: Instagram/debeulejohan2018)
Potret Masa Kecil Irish Bella (Sumber: Instagram/debeulejohan2018)

2. Punya lesung pipi yang manis, wajah cantik istri Ammar Zoni ini sudah terlihat sejak kecil ya!

Potret Masa Kecil Irish Bella  (Sumber: Instagram/debeulejohan2018)
Potret Masa Kecil Irish Bella (Sumber: Instagram/debeulejohan2018)

3. Sejak kecil, wanita kelahiran Cirebon ini memang sudah pintar bergaya.

Potret Masa Kecil Irish Bella  (Sumber: Instagram/debeulejohan2018)
Potret Masa Kecil Irish Bella (Sumber: Instagram/debeulejohan2018)

4. Semasa kecil wanita kelahiran 1996 ini punya rambut yang lurus dan berwarna pirang.

Potret Masa Kecil Irish Bella  (Sumber: Instagram/debeulejohan2018)
Potret Masa Kecil Irish Bella (Sumber: Instagram/debeulejohan2018)

5. Berbeda dengan penampilannya sekarang, semasa kecil pemain sinetron ini terlihat tomboi ya?

Potret Masa Kecil Irish Bella  (Sumber: Instagram/debeulejohan2018)
Potret Masa Kecil Irish Bella (Sumber: Instagram/debeulejohan2018)

6. Potret lawas Irish bersama ayah dan adiknya. Irish dan Sean terlihat menggemaskan ya!

Potret Masa Kecil Irish Bella  (Sumber: Instagram/debeulejohan2018)
Potret Masa Kecil Irish Bella (Sumber: Instagram/debeulejohan2018)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Java Jazz Festival 2020 Hadirkan Mendiang Chrisye, Bagaimana Bisa?

Posted: 27 Feb 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pagelaran musik jazz terbesar di Indonesia, Java Jazz Festival 2020, akan kembali digelar. Java Jazz Festival 2020 siap diselenggarakan di JI-Expo Kemayoran, pada 28-29 Februari dan 1 Maret 2020 mendatang.

Ada yang menarik dari gelaran Java Jazz Festival 2020 ini. Erwin Gutawa akan memberikan persembahan spesial.

Erwin Gutawa akan "menghadirkan" Chrisye di panggung Java Jazz Festival 2020. Hal itu disampaikan oleh Program Coordinator Jakarta International Java Jazz, Nikita Dompas, dalam jumpa pers pada Kamis (27/2/2020).

"Tahun ini JJF kita kedatangan The Jacksons, Omar Apollo dan ada beberapa nama dari Indonesia, salah satu yang paling keren adalah Chrisye live experience by Erwin Gutawa," kata Nikita.

 

Padukan Audio dan Visual

Dewi Gontha_jumpa pers Java Jazz Festival 2020. (Bambang E Ros/Fimela.com)
Dewi Gontha_jumpa pers Java Jazz Festival 2020. (Bambang E Ros/Fimela.com)

Dalam Chrisye Live Experience di Java Jazz Festival 2020 nanti, Erwin Gutawa memadukan visual dan audio dari mendiang Chrisye dengan balutan musik orkestra. Menghadirkan kembali sosok sang legenda musik Indonesia, melalui rekaman suara asli serta dukungan visual yang diambil dari beragam panggung, tur maupun konser tunggal mulai 1994.

 

Persembahan Istimewa

Chrisye di videoklip. (Musica Studio's)
Chrisye di videoklip. (Musica Studio's)

Ini merupakan persembahan istimewa dari sahabat serta partner dalam bermusik Chrisye, Erwin Gutawa. Di BNI JJF 2020, gitaris GeSit atau Gerald Situmorang akan turut bermain di projek ini.

 

Hadirkan Mendiang Chrisye

"Di sana kami 'menghadirkan' mendiang Chrisye didukung dengan visual dan musik live. Itu experience baru dan dapat dinikmati di JJF," sambungnya.

 

Hadir 7 Bintang

Tak hanya itu saja, ada hal istimewa lain yang selalu ditunggu di Java Jazz setiap tahunnya, salah satunya adalah 7 Bintang Feat. Deddy Dhukun, Fariz RM, Mus Mujiono, Trie Utami, Yuni Shara, Ita Purnamasari, dan Memes. 7 Bintang merupakan sebuah kolaborasi yang berumur panjang.

 

Dulu Ada Dian Pramana Poetra

Proyek kolaborasi ini telah melahirkan hits "Jalan Masih Panjang". Dahulu, 7 Bintang terdiri dari Dian Pramana Poetra, Deddy Dhukun, Malyda, Mus Mujiono, Yopie Latul, Trie Utami dan Atiek CB.

 

Formasi Baru

Selepas kepergian Dian Pramana Poetra, 7 Bintang tersisa menjadi Trie Utami, Mus Mujiono, dan Deddy Dhukun. Di BNI Java Jazz ke 16, 7 Bintang akan tampil dengan formasi Deddy Dhukun, Fariz RM, Mus Mujiono, Trie Utami, Yuni Shara, Ita Purnamasari dan Memes.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester United Bantai Brugge di Liga Europa, Bruno Fernandes Banjir Pujian

Posted: 27 Feb 2020 08:20 PM PST

Manchester- Manchester United melaju mulus ke babak 16 besar Liga Europa usai menghajar klub asal Belgia, Club Brugge 5-0 di Old Trafford, Jumat (28/2/2020) dini hari WIB. MU lolos dengan agregat 6-1 dan Bruno Fernandes tampil memesona di laga ini.

Gol-gol kemenangan Manchester United dicetak Bruno Fernandes lewat titik putih pada menit 27', Odion Ighalo (34'), Scott McTominay (41'), dan Fred (82' dan 90').

Selain menyumbang gol penalti, Bruno Fernandes menyumbang dua assist pada Ighalo dan McTominay. Usai laga Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, melontarkan pujian setinggi langit ke gelandang serang asal Portugal itu.

"Bruno masuk membuat perbedaan besar. Dia terlibat tiga gol di babak pertama. Saya sangat senang dengan kontribusinya. Ia banyak menciptakan peluang emas," kata Solskjaer.

"Dia masuk di tengah musim dalam kondisi bugar. Dia dalam kondisi yang baik. Kami merasa dia adalah sesuatu yang kami butuhkan. Ia pemain siap pakai."

Pelatih asal Norwegia tersebut memuji kinerja pemain Manchester United yang bermain sangat ofensif sepanjang laga.

"Saya sangat senang. Ketika Anda mencetak gol dan bermain seperti ini, Anda akan mendapatkan lebih percaya diri. Itu brilian untuk melihat awal pertandingan. Mereka memiliki niat yang tepat dan menciptakan banyak peluang. Permainan kami lebih lebih hidup setelah hukuman kartu merah buat pemain mereka," katanya.

Keluarnya Simon Deli pada menit ke-23 membuat Manchester United lebih leluasa mengobrak-abrik pertahanan Club Brugge.

Gol Odion Ighalo

Odion Ighalo Debut di MU (Dok MU)
Odion Ighalo Debut di MU (Dok MU)

Manchester United mendominasi jalannya laga melawan Club Brugge. Red Devils unggul mutlak penguasan bola 67 berbanding 33 persen. Sepanjang pertandingan Setan Merah melayangkan 28 kali tembakan ke gawang, 10 di antaranya tepat sasaran.

Selain Bruno, penyerang anyar United, Odion Ighalo, jadi pusat perhatian lewat gol perdananya buat klub. Ia jadi pemain Afrika pertama yang mencetak gol untuk United di semua kompetisi sejak Eric Bailly pada Agustus 2017 melawan Swansea di Premier League.

Sumber: BBC

Disadur dari Bola.com (Ario Josia,published 28/2/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WNI di Turki Terdampak Penyetopan Umrah, KBRI Ankara-Turkish Airline Kerja Sama Memulangkan

Posted: 27 Feb 2020 08:16 PM PST

Liputan6.com, Istanbul- Setelah adanya pemberhentian sementara terhadap layanan jemaah umrah oleh Pemerintah Arab Saudi, KBRI Ankara melaporkan ada sejumlah warga negara Indonesia (WNI) di negara itu yang terdampak.

Pihak KBRI Ankara mengatakan bahwa mereka telah berkoordinasi dengan pihak Maskapai Turkish Airlines untuk pemulangan para jemaah Indonesia yang berada di Istanbul Airport, Turki.

Menurut informasi yang diperoleh oleh KBRI Ankara pada 27 Februari 2020, sebanyak 310 WNI jemaah umrah berada di Istanbul Airport, Turki, dengan tujuan Arab Saudi. Selain itu, 910 WNI jemaah umrah yang menggunakan Turkish Airlines juga dilaporkan masih berada di Jeddah.

"Turkish Airlines akan melakukan langkah – langkah hasil dari koordinasi yaitu dengan menerbangkan 74 WNI jemaah umrah ke Jakarta dengan TK 056 pada 28 Februari 2020," demikian seperti dikutip dari rilis KBRI Ankara, Jumat, (28/2/2020).  

Layanan Penerbangan

Pesawat Turkish Airlines. (AFP)
Pesawat Turkish Airlines. (AFP)

Pemulangan WNI jamaah umrah juga dikatakan akan dipercepat oleh Turkish Airlines, dengan padatnya penerbangan TK 056 ke Jakarta, sebagian dari mereka akan dipulangkan dari Istanbul menggunakan penerbangan rute ke Denpasar dan Singapura.

Hingga setibanya dari Denpasar dan Singapura, para jemaah WNI tersebut juga akan diterbangkan ke daerah/kota tempat tinggal mereka di Indonesia. Turkish Airlines juga akan memproses ini berkoordinasi dengan biro perjalanan yang terkait.

Para jamaah WNI yang mengikuti penerbangan itu juga dipastikan tidak akan dikenakan denda atau biaya tambahan apapun.

Opsi dikatakan akan diberikan oleh Turkish Airlines kepada jamaah WNI untuk mendapatkan penerbangan ke Arab Saudi saat kondisinya sudah memungkinkan untuk kesana, tanpa dikenakan biaya tambahan.

Kapasitas penerbangan Jeddah-Istanbul guna memastikan seluruh WNI jamaah umrah yang terkena dampak dapat segera dipulangkan, juga akan ditambah oleh Turkish Airlines.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Lengkap Persib Bandung di Shopee Liga 1 2020

Posted: 27 Feb 2020 08:15 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung akan menjalani laga krusial pada pekan 17 dan 33 di Shopee Liga 1 2020. Dua pekan ini bakal seru dan panas karena mereka akan menghadapi Persija Jakarta.

Bobotoh -sebutan pendukung Persib- bakal menuntut hasil positif atas nama gengsi dari Persija. Selain itu, raihan angka juga bisa membantu Persib Bandung memperbaiki prestasi.

Maung Bandung gagal bicara banyak sejak format kompetisi menggunakan identitas Liga 1. Terpuruk di posisi 13 tahun 2017, mereka melesat ke urutan empat pada edisi berikutnya.

Namun, Persib kembali terpuruk ke peringkat enam di ajang 2019. Catatan ini bakal coba diperbaiki pelatih Robert Alberts.

Pada musim kedua di Kota Kembang, sosok asal Belanda tersebut diharapkan makin menyatu dengan pemain. Polesannya bakal krusial pada usaha Persib Bandung memenangkan titel. Berikut jadwal lengkap Persib di kompetisi mendatang:

Pertandingan-pertandingan Shopee Liga 1 2020 termasuk laga Persib Bandung dapat disaksikan di Indosiar, O Channel, dan live streaming di Vidio.com

Putaran Pertama

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

1. Persib Bandung vs Persela Lamongan (1/3/2020)

2. Arema FC vs Persib Bandung (8/3/2020)

3. Persib Bandung vs PSS Sleman (15/3/2020)

4. Persita Tangerang vs Persib Bandung (5/4/2020)

5. Persib Bandung vs Barito Putera (10/4/2020)

6. Madura United vs Persib Bandung (18/4/2020)

7. Persib Bandung vs Bali United (23/4/2020)

8. PSM Makassar vs Persib Bandung (3/5/2020)

9. Persib Bandung vs Tira Persikabo (7/5/2020)

10. Persib Bandung vs Persiraja Banda Aceh (14/5/2020)

11. PSIS Semarang vs Persib Bandung (13/6/2020)

12. Persib Bandung vs Borneo FC (20/6/2020)

13. Persebaya Surabaya vs Persib Bandung (28/6/2020)

14. Persib Bandung vs Bhayangkara FC (2/7/2020)

15. Persik Kediri vs Persib Bandung (6/7/2020)

16. Persib Bandung vs Persija Jakarta (12/7/2020)

17. Persipura Jayapura vs Persib Bandung (17/7/2020)

Putaran Kedua

18. Persela Lamongan vs Persib Bandung (26/7/2020)

19. Persib Bandung vs Arema FC (30/7/2020)

20. PSS Sleman vs Persib Bandung (3/8/2020)

21. Persib Bandung vs Persita Tangerang (9/8/2020)

22. Barito Putera vs Persib Bandung (13/8/2020)

23. Persib Bandung vs Madura United (18/8/2020)

24. Bali United vs Persib Bandung (23/8/2020)

25. Persib Bandung vs PSM Makassar (28/8/2020)

26. Tira Persikabo vs Persib Bandung (12/9/2020)

27. Persiraja Banda Aceh vs Persib Bandung (16/9/2020)

28. Persib Bandung vs PSIS Semarang (30/9/2020)

29. Borneo FC vs Persib Bandung (26/9/2020)

30. Persib Bandung vs Persebaya Surabaya (4/10/2020)

31. Bhayangkara FC vs Persib Bandung (14/10/2020)

32. Persib Bandung vs Persik Kediri (18/10/2020)

33. Persija Jakarta vs Persib Bandung (25/10/2020)

34. Persib Bandung vs Persipura Jayapura (30 Oktober-1 November)

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Klarifikasi Berita Tentang 230 Petahana Potensial Salahgunakan Kekuasaan

Posted: 27 Feb 2020 08:15 PM PST

Liputan6.com, Denpasar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mempertegas pernyataannya yang menyebut 230 petahana punya potensi akan mencalonkan diri kembali di Pilkada tahun 2020. Menurutnya, pernyataan itu rujukannya adalah dari Indeks Kerawanan Pemilu yang dikeluarkan oleh Bawaslu.

Tapi, Mendagri mengaku kaget saat membaca berita sebuah media online yang menulis pernyataannya yang diungkapkan dalam Rapat Koordinasi Bidang Politik dan Pemerintahan Umum dan Deteksi Dini Mendukung Sukses Pilkada Serentak Tahun 2020 di Bali dengan tendensius.

Dalam berita itu disebutkan, ia menyatakan 230 petahana itu berpotensi salahgunakan kewenangan. Ada kesalahan dalam memaknai ucapannya. Ia merasa perlu mengklarifikasi itu, agar tidak ada informasi yang menyesatkan.

"Maksudnya ada potensi kurang lebih 230 kepala daerah maupun wakil kepala daerah yang petahana dan berpotensi akan mencalonkan lagi, padahal itu kan bagian dari Indeks Kerawanan Pemilu yang dikeluarkan oleh penyelenggara Pemilu dalam hal ini Bawaslu. Tidak maksud saya menyebut ada potensi penyalahgunaan wewenang atau kekuasaan petahana," kata Mendagri.

 

UU Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada

Tidak hanya itu, UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah, khususnya Pasal 71, kata Tito, dengan rinci mengatur apa saja larangan bagi petahana atau kepala daerah yang hendak maju kembali dalam Pilkada.

Pasal 71 ayat (1) misalnya dengan tegas menyatakan, pejabat negara, pejabat daerah, pejabat aparatur sipil negara, anggota TNI atau Polri dan kepala desa atau sebutan lain atau lurah dilarang membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

Pasal 71 ayat (2) pun, mengatur dengan rinci larangan bagi petahana terkait dengan penggantian pejabat. Pasal 71 ayat (2) menyatakan Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri.

"Ketentuan penggantian jabatan hanya untuk mengisi kekosongan jabatan dengan sangat selektif, serta tidak melakukan mutasi atau rotasi dalam jabatan, kemudian proses pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi dilaksanakan melalui seleksi terbuka sebagai amanat ketentuan Pasal 108 UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN. Apabila belum dilaksanakan seleksi terbuka, maka untuk mengisi kekosongan jabatan dapat diangkat Plt dengan mempedomani surat edaran dari BKN," jelasnya.

Pasal 71 ayat (3) UU Pilkada lanjut Tito juga mengatur larangan lain yang tidak boleh dilakukan petahana yang maju lagi dalam pencalonan. Dalam Pasal 71 ayat (3) disebutkan, Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon baik di daerah sendiri maupun di daerah lain dalam waktu 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan pasangan terpilih.

Tidak hanya itu, Pasal 71 ayat (4) menyatakan ketentuan seperti yang dimaksud pada ayat (1) sampai dengan ayat (3) berlaku juga untuk penjabat Gubernur atau Penjabat Bupati atau Walikota. Dan, jika ada yang melanggar menurut Tito, ada sankinya yang diatur dalam Pasal 71 ayat (5).

"Pasal 71 ayat (5) menyatakan dalam hal Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota selaku petahana melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3), petahana tersebut dikenai sanksi pembatalan sebagai calon oleh KPU Provinsi atau KPU Kabupaten atau Kota. Dan ayat (6) menyatakan sanksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sampai dengan ayat (3) yang bukan petahana diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tuturnya.

 

Tata Cara Penggantian Pejabat

Tito juga menjelaskan tata cara penggantian pejabat di daerah. Kata dia penggantian pejabat di daerah dilakukan melalui beberapa tata cara. Pertama, Gubernur atau Plt atau Pj atau Pjs Gubernur mengajukan permohonan penggantian pejabat melalui layanan aplikasi sistem informasi online layanan administrasi (SIOLA) Kemendagri dan e-mutasi.

Kedua, Bupati atau Walilta atau Plt,Pj atau Pjs Bupati dan Walikota mengajukan permohonan kepada Mendagri melalui Gubernur selaku wakil pemerintah pusat melalui layanan aplikasi sistem informasi online layanan administrasi (SIOLA) Kemendagri dan e-mutasi.

Ketiga, Gubernur menerbitkan surat pengantar beserta dokumen kelengkapan usulan dalam waktu paling lama 7 hari kerja sejak surat permohonan penggantian pejabat di terima gubernur.

Keempat, dalam hal Gubernur tidak menerbitkan surat pengantar dakam jangka waktu 7 hari kerja, maka usulan dapat diproses oleh Mendagri

"Dengan demikian jelas bahwa pernyataan mengenai 230 potensi petahana tersebut merujuk pada data yang dikeluarkan Bawaslu, dan potensi itu juga merujuk pada undang-undang, dan perlu saya tegaskan kembali bukan berpotensi menyalahgunakan kekuasaan pada Pilkada 2020, ini yang perlu diluruskan" kata Tito menegaskan.

 

Taati Aturan yang Berlaku

Rapat Koordinasi Bidang Politik dan Pemerintahan Umum dan Deteksi Dini Mendukung Sukses Pilkada Serentak Tahun 2020 di Bali.
Rapat Koordinasi Bidang Politik dan Pemerintahan Umum dan Deteksi Dini Mendukung Sukses Pilkada Serentak Tahun 2020 di Bali.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar juga menyatakan hal serupa. Menurutnya, pernyataan Mendagri itu maknanya hanya imbauan. Mengimbau mereka yang jadi petahana dan akan kembali lagi maju dalam Pilkada agar jangan menyalahgunakan wewenang. Karena dalam Indek Kerawanan Pilkada yang dikeluarkan Bawaslu, hal itu ada disebutkan. Artinya, mesti taat aturan.

Dalam UU pun, telah diatur dengan tegas, terkait soal itu, mulai dari larangan pergantian pejabat enam bulan sebelum tanggal penegaoan calon sampai akhi masa jabatan, kecuali ada persetujuan tertulis dari menteri. Tidak hanya itu, petahana juga dilarang menggunakan kewenangan, program dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon baik di daerah sendiri maupun di daerah lain dalam enam bulan sebelum tanggal penetapan calon.

"Artinya UU juga telah memberi rambu-rambu agar petahana yang maju lagi dalam pencalonan tidak menyalahgunakan wewenangnya. Ini yang harus ditaati petahana. Jadi, Mendagri rujukannya UU dan Indek Kerawanan Pemilu yang dikeluarkan Bawaslu, bukan menyatakan bahwa petahana yang maju pasti atau berpotensi salahgunakan Wewenang. Ini hanya imbauan agar petahana itu taat kepada rambu UU. Karena ada sanksi yang diatur. Tujuan dan maksud Pak Mendagri ingin Pilkada itu berjalan demokratis. Kompetisinya fair dan adil," kata Bahtiar panjang lebar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Terus Meluas, Rupiah Ambruk ke 14.135 per Dolar AS

Posted: 27 Feb 2020 08:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terjatuh dalam pada perdagangan Jumat ini. Investor melepas aset-aset berisiko dan mulai mengoleksi instrumen safe haven karena Virus Corona semakin menyebar.

Mengutip Bloomberg, Jumat (28/2/2020), rupiah dibuka di angka 14.060 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya di angka 14.025 per dolar AS. Menuju siang, rupiah terus melemah ke 13.135 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.060 per dolar AS hingga 14.135 per dolar AS. Jika dhitung dari awal tahun, rupiah melemah 1,62 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.234 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.018 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi melemah, seiring beralihnya investor ke aset investasi berisiko rendah atau safe haven karena khawatir dampak wabah virus Corona.

"Sentimen kelihatannya masih belum membaik. Tekanan terhadap aset berisiko karena peningkatan penyebaran wabah Virus Corona di luar China, masih besar," kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari Antara.

Tingkat imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun juga terus merosot, bahkan sempat menyentuh 1,235 persen yang merupakan level terendah sepanjang masa.

"Ini mengindikasikan banyak yang membeli obligasi tersebut untuk mengamankan nilai aset," ujar Ariston.

Ariston memprediksi rupiah hari ini masih berpotensi tertekan di kisaran 14.000 per dolar AS hingga 14.100 per dolar AS.

"Rupiah berpotensi melemah karena belum ada sentimen baru," katanya.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi juga memprediksi rupiah hari ini masih berpotensi tertekan di kisaran 13.960 per dolar AS hingga 14.060 per dolar AS.

Akibat Virus Corona, KBRI Seoul Tutup Pelayanan untuk Sementara Waktu

Pengecekan suhu ketika sedang memasuki gedung KBRI Seoul. (Source: KBRI Seoul)
Pengecekan suhu ketika sedang memasuki gedung KBRI Seoul. (Source: KBRI Seoul)

Sehubungan dengan satu kasus terkonfirmasi pasien Virus Corona (COVID-19) di Yeouido yang diumumkan otoritas setempat pada sore Kamis 27 Februari 2020, maka dalam rangka upaya pencegahan serta menjamin keamanan dan keselamatan bersama, kantor KBRI dan IIPC Seoul tutup sementara mulai Jumat tanggal 28 Februari 2020 sampai dengan waktu yang akan ditentukan kemudian.

Keputusan tersebut dibuat lantaran kompleks KBRI Seoul maupun kantor IIPC Seoul berada dalam radius yang sangat dekat dari pergerakan pasien tersebut di kawasan Yeouido. 

Kendati demikian, staf KBRI dan IIPC Seoul tetap akan bekerja dari kediaman masing-masing.

"Penutupan layanan ini hanya bersifat sementara, untuk memastikan kondisi pelayanan yang kondusif sehubungan dengan merebaknya wabah virus Covid-19 yang sudah menjangkit korban dengan radius dekat kantor pelayanan KBRI. Hal ini juga sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat untuk mengurangi pengumpulan orang dalam jumlah besar pada satu waktu dan satu tempat," demikian tutur Dubes RI untuk Korea Selatan Umar Hadi.

Langkah-langkah pengamanan ekstra dan sterilisasi kompleks KBRI Seoul dan kantor IIPC Seoul sedang terus dilakukan.

Duta Besar RI bersama tim inti Satgas Bahaya COVID-19 pun terus bekerja penuh di Posko KBRI Seoul dan Posko Aju (dekat Daegu) demi terus melakukan langkah-langkah perlindungan WNI di Korea Selatan.

Loket layanan publik untuk pengurusan visa, paspor dan jasa-jasa konsuler juga sementara ditutup. Untuk kasus-kasus darurat, WNI bisa menghubungi telepon hotline nomor +82-10-5394-2546.

Bagi WNI yang membutuhkan bantuan terkait Virus Corona di Korea Selatan dapat menghubungi nomor telepon hotline Posko KBRI Seoul +82-10-5450-2181 dan nomor telepon hotline Posko Aju +82-10-3601-9980.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aice Tepis Tuduhan Menjual Produk Es Krim yang Tercemar Mikroba

Posted: 27 Feb 2020 08:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Demo buruh PT Alpen Food Industry (AFI) yang memproduksi es krim Aice berbuntut panjang. Dalam demo yang digelar di depan kantor Kementerian Tenaga Kerja pada Kamis, 27 Februari 2020, para pendemo membawa dua poster lebar yang berisi sejumlah keluhan para pekerja.

Salah satu yang menarik perhatian adalah yang tercantum pada poin dua, yakni diduga produksi terkontaminasi mikroba dan tetap dijual. Pihak perusahaan segera merespons tuduhan tersebut. Legal Corporate PT AFI, Simon Audry Halomoan Siagian, menyatakan tuduhan tersebut sangat menyesatkan.

"Tuduhan itu bagi kami sungguh keji karena kita benar-benar tidak ingin mencelakai konsumen karena moto kita jelas, filosofi kita jelas," ujarnya dalam media briefing yang berlangsung di sebuah restoran di Jakarta Pusat, kemarin.

Ia menerangkan seluruh pabrik PT AFI telah mendapatkan nomor registrasi dari Badan POM dan sudah diaudit BP POM terkait mekanisme sistem keamanan pangan. Selain itu, pihak pabrik juga sudah menerapkan Sistem Jaminan Mutu ISO 90001/205 dan sertifikasi sistem jaminan keamanan pangan (HACCP) yang merupakan sertifikasi jaminan mutu pangan tertinggi.

"Sehingga dengan adanya sertifikasi jaminan mutu dan sertifikasi jaminan keamanan pangan ini. Mekanisme rilis produk ke pasar diatur secara ketat melalui SOP dan diawasi oleh BPOM dan lembaga sertifikasi melalui mekanisme audit," kata dia.

Simon juga menyatakan setiap batch produk yang diproduksi Aice diawasi secara ketat di laboratorium. Pihaknya melakukan tiga jenis uji, yakni uji indeks sensori, uji kimiawi, dan uji mikrobiologi.

Uji indeks sensori dimaksudkan untuk menguji berat bersih dari setia produk. Sementara, uji kimiawi berfungsi untuk mendeteksi kandungan dalam produk apakah ada yang berisiko kesehatan atau tidak. Terakhir, uji mikrobiologi yang berfungsi menguji kandungan cemaran mikroba dalam produk es krim Aice.

"Di pabrik ada satu mesin yang mengeluarkan semacam sinar infrared dan juga sinar pendeteksi logam yang sangat mikro untuk mendeteksi barang apa pun secara mikro," ujarnya.

"Ketika ada satu produk kemasukan barang, ukurannya mikro, langsung kita akan reject satu batch, bukan hanya barang itu. Jadi, kita pastikan ini adalah informasi tidak berdasar dan sangat merugikan brand kami," sambungnya lagi.

Ambil Langkah Hukum

AICE menjadi salah satu es krim populer saat ini. Hal itu dibuktikan melalui sejumlah penghargaan bergengsi yang diterima oleh Aice di usianya yang masih muda.
AICE menjadi salah satu es krim populer saat ini. Hal itu dibuktikan melalui sejumlah penghargaan bergengsi yang diterima oleh Aice di usianya yang masih muda.

Simon juga menanggapi tuduhan kualitas K3 di pabrik es krim Aice yang disebut tidak memenuhi standar. Ia mengatakan, perusahaan memiliki standar dan semua melalui proses audit.

Ia menyebut setiap pekerja yang masuk ke ruang produksi harus mengenakan alat pelindung diri. Perusahaan juga mengklaim memiliki SOP yang mengatur ketat tentang hal itu.

"Mesin kita, kondisi kerja, kebisingan, limbah kita, semuanya sudah tersertifikasi dengan sangat rapi. Ini tuduhan yang sangat serius yang perlu kita tindak lanjuti nanti," kata dia.

Simon melanjutkan, para pihak yang membuat tuduhan tersebut, pihak perusahaan akan mengambil tindakan hukum. "Dan serahkan ke aparat hukum karena ini merupakan tuduhan yang tidak ada dasarnya sama sekali," ujar Simon.

Pihaknya juga mempersilakan bagi media untuk mengecek langsung kondisi pabrik meski sebenarnya pabrik yang di Cikarang tidak terbuka untuk publik lantaran tidak memiliki viewing area. Berbeda halnya dengan pabrik yang di Mojokerto yang didesain untuk menerima kunjungan ke pabrik dari luar setiap hari.

"Kita tidak terbuka untuk publik untuk kurangi risiko kontaminasi pada produk, tetapi karena ada tuduhan tidak tepat, kami open kok," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Berlebihan, Kemampuan Shockbreaker Motor Ada Batasnya

Posted: 27 Feb 2020 08:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selain membawa penumpang, sepeda motor sering digunakan untuk membawa beragam macam hal lainnya. Misalkan saja hasil panen, ayam, hingga kambing.

Tentu barang-barang yang diangkut itu tidak ringan. Padahal, sesungguhnya sepeda motor memiliki batas kemampuan pengangkutan. Seperti dikutip dari laman Suzuki Indonesia, jika sering mengangkut barang dengan berat berlebihan, shockbreaker sepeda motor bisa jadi korban.

Shockbreaker ini menjadi salah satu komponen penting untuk menunjang keselematan di jalan. Shockbreaker memiliki batas kemampuan, sehingga ketika sudah rusak maka mengendarai sepeda motor pun jadi tak akan nyaman lagi.

Shocbreaker bawaan pabrik memiliki kapasitas berat tertentu. Rata-rata kapasitas shockbreaker sepeda motor di Indonesia sama dengan rata-rata berat orang Indonesia dan dikalikan dua. Jika sudah melebihi kapasitas tersebut, sepeda motor bisa tidak stabil dan shockbreaker pun tak berfungsi.

Maka itu, ada baiknya untuk membatasi barang bawaan agar shockbreaker panjang umur. Dengan tidak membawa barang melebihi kapasitas maksimal, juga bisa membuat perjalanan lebih aman.

Sumber: Otosia.com

 

Shockbreaker Motor Matik Perlu Perhatian Khusus, Begini Caranya

Motor bertransmisi otomatis atau motor matik merupakan jenis motor yang populer di Indonesia. Motor matik menawarkan kepraktisan dan juga beragam pilihan mesin.

Lantaran sudah jadi kendaraan favorit masyarakat karena yang mudah dan simple dikendarai, cukup gas dan rem, shockbreaker motor jenis matik juga memerlukan perhatian tersendiri, baik yang monoshock samping maupun shockbreaker belakang ganda.

 

Menurut Galuh Afriyanto, Koordinator Servis Yamaha SBR Pemalang, Jawa Tengah, pada dasarnya perawatan rear cushion unit (RCU) yang lebih dikenal shock absorber atau lebih akrab lagi shockbreaker belakang tidaklah sulit.

"Sebetulnya cukup sederhana kalo shockbreaker bagian belakang karena memang desainnya yang kebanyakan sudah minim perawatan, baik ganti oli maupun spring atau pegasnya. Cukup jaga kebersihan bagian sensitif dari shockbreaker, seperti bagian as shock," bukanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dorong Pelaku UMKM Naik Kelas, BRI Rangkul Pegadaian dan PNM

Posted: 27 Feb 2020 08:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menunjukkan komitmen untuk mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan perseroan bersinergi dengan Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam kaitannya pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Sunarso menjelaskan, saat ini BRI tengah menggodok skema alternatif sinergi tersebut untuk memberikan added value bagi pelaku UMKM yang menikmati fasilitas pinjaman Ultra Mikro.

"Bentuk kerjasama yang nyata dan bisa diwujudkan dalam waktu dekat diantaranya melalui pemanfaatan Agen BRILink milik BRI yang bisa dimanfaatkan untuk nasabah PNM dan Pegadaian," imbuh Sunarso.

Hingga akhir Desember 2019, BRI telah memiliki 422.160 Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia dengan transaksi mencapai Rp 673 Triliun dalam satu tahun.

"Dengan pemanfaatan jaringan BRI tentu kami harap akan memudahkan nasabah PNM dan Pegadaian mendapatkan akses keuangan dan mendorong program pemerintah dalam kaitannya meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia," ujar Sunarso.

 

Skema Pembiayaan

Perseroan juga tengah menyusun skema agar nasabah PNM dan Pegadaian yang telah naik kelas bisa langsung mendapat pembiayaan dari BRI sebagai upaya mendorong pelaku UMKM naik kelas.

"BRI tidak hanya memberikan fasilitas pembiayaan namun juga pelatihan dan pendampingan serta inkubasi agar para pelaku UMKM di Indonesia mampu naik kelas dan bersaing di pasar global," pungkas Sunarso.

Sebelumnya, pada Rabu (26/02) Menteri BUMN RI Erick Thohir menyampaikan Bank BRI akan menjadi Bank luar biasa apabila bersinergi dengan Pegadaian dan PNM. Kolaborasi ini sangat dimungkinkan karena ketiga perusahaan pelat merah itu memiliki fokus bisnis yang sama, yakni di segmen UMKM.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Mahasiswa China di Malaysia Ludahi Kolam Renang, Diduga Sebar Virus Corona

Posted: 27 Feb 2020 08:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mewabahnya Virus Corona COVID-19 nampaknya kian meluas. Penyebarannya yang merajalela membuat korban terinfeksi dan meninggal terus bertambah.

Penyebarannya yang begitu cepat kita harus waspada untuk selalu menjaga kesehatan. Terlebih lagi banyak korban Virus Corona yang diduga sengaja menularkannya lewat cara-cara tak terduga.

Seperti yang dilakukan oleh seorang mahasiswi dari China, yang sedang menempuh pendidikan di sebuah universitas di Cheras, Malaysia.

Artikel tentang mahasiswa China di Malaysia ketahuan  meludahi kolam renang diduga sebar virus Corona menjadi terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang potret bukti punya anak itu menguji kesabaran.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang penumpang ojol yang malah beri bintang 1 saat diminta pakai helm.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Diduga Sebarkan Covid-19, Mahasiswi China Kepergok Ludahi Kolam Renang

foto: World of buzz
foto: World of buzz

Dalam sebuah video yang beredar, mahasiswi asal China tersebut terlihat meludah di kolam renang sebuah apartemen di Malaysia. Video yang kemudian viral ini dibagikan oleh seorang warganet yang tidak mau mau disebutkan identitasnya.

Selengkapnya...

2. 7 Potret Bukti Punya Anak Itu Menguji Kesabaran Banget

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

Kehadiran anak-anak bisa membawa suasana terasa ceria. Tak heran, pasangan yang berkeluarga terkadang terasa kurang lengkap bila belum memiliki anak.

Namun, memiliki anak berarti Anda harus siap dengan segala kelakuan mereka yang ajaib. Adakalanya mereka menumpahkan minuman di karpet, merusak laptop, atau bahkan mencoret mobil dengan kunci.

Selengkapnya...

3. Beri Bintang 1 karena Diminta Pakai Helm, Penumpang Ini Bikin Warganet Geram

Ojek online menunggu penumpang di Jakarta, Kamis (20/2/2020). Kementerian Perhubungan sedang menggodok kenaikan tarif ojek online. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Ojek online menunggu penumpang di Jakarta, Kamis (20/2/2020). Kementerian Perhubungan sedang menggodok kenaikan tarif ojek online. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Memiliki profesi sebagai ojek online bukanlah hal yang mudah. Setiap harinya pengemudi akan menemukan penumpang baru. Karena hal itulah tak jarang driver ojek online memiliki kisah yang berbeda setiap harinya.

Tak sedikit dari mereka yang mengalami hal yang tak menyenangkan. Salah satunya seperti kisah yang dialami pengemudi ojek online ini ketika ia menyuruh penumpangnya untuk menggunakan helm.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syifa Hadju Dapat Ancaman Pembunuhan dan Pemerkosaan, Dari Siapa?

Posted: 27 Feb 2020 08:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pesinetron Syifa Hadju mendapatkan ancaman pembunuhan hingga pemerkosaan. Tak hanya sekali, Syifa Hadju mendapatkan ancaman tersebut berkali-kali hingga mengusik ketenangan hidupnya.

Menurut Syifa Hadju, ia mendapatkan ancaman tersebut melalui layanan Direct Message (DM) di aplikasi Instagram. 

Rupanya, pelaku pengirim ancaman pembunuhan dan pemerkosaan yang dilayangkan kepada Syifa Hadju tak menggunakan akun asli. Sebab, artis yang dikabarkan pacaran dengan aktor Rizky Nazar ini tak mampu melacak pemilik akun tersebut.

Karena merasa jengah, Syifa Hadju akhirnya melaporkan masalah ini ke polisi. Ia juga sudah berkoordinasi dengan pengacara Sandy Arifin.

Teror

Sandy Arifin, pengacara Syifa Hadju (Adrian Putra/bintang.com)
Sandy Arifin, pengacara Syifa Hadju (Adrian Putra/bintang.com)

Sandy Airifin membenarkan jika berbagai ancaman yang dialamatkan kepada Syifa Hadju sedang diproses ke kepolisian. "Klien kami (Syifa Hadju) mengakui mendapat teror," kata Sandy Arifin saat dihubungi pewarta, Jumat (28/2/2020).

Sudah Lama

Syifa Hadju (Daniel Kampua/Fimela.com)
Syifa Hadju (Daniel Kampua/Fimela.com)

Teror kepada Syifa Hadju, kata Sandy Arifin, dilakukan sejak lama. "Hampir beberapa bulan ini klien kami mendapatkan teror melalui Instagram," Sandy Arifin memastikan.

Orangtua Syifa Hadju Juga Diancam

Syifa Hadju (Adrian Putra/Fimela.com)
Syifa Hadju (Adrian Putra/Fimela.com)

Ancaman tersebut juga disampaikan pelaku melalui orangtua dan juga asisten pribadi Syifa Hadju. ‎Sehingga membuat orang-orang di sekitar Syifa Hadju cemas.

Ancaman

Syifa Hadju (Adrian Putra/Fimela.com)
Syifa Hadju (Adrian Putra/Fimela.com)

"Lebih parahnya lagi bukan kepada klien kami. Tapi pada asisten pribadi dan orangtuanya juga men-DM langsung. Tapi malah dibalas dengan ancaman," kata Sandy Arifin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bejat, Ayah di Musi Banyuasin Cabuli Anak Kandung hingga Hamil 2 Kali

Posted: 27 Feb 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Baru saja terkuak hubungan sedarah atau inses kakak beradik di Sumatera Barat (Sumbar) yang menghebohkan warga Indonesia. Kini kasus incest tersebut turut terjadi di Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal ini juga dialami AN (18), warga Desa Bandar Jaya Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel, yang menjadi korban pemuas nafsu AR, ayah kandungnya sendiri.

Bahkan, remaja ini menjadi korban asusila ayah kandungnya sejak usianya masih di bawah umur. Dari hasil hubungan terlarang tersebut, korban sempat melahirkan anak pertamanya.

Aksi bejat tersebut dilakukan AR sekitar tahun 2017, ketika AN masih berusia 15 tahun. Agar permasalahan ini tidak menyeruak ke publik, AR sekeluarga diduga menutupinya dan membawa bayi hasil hubungan terlarangnya ke luar Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel.

Namun, aksi bejat AR tidak berhenti di situ saja. Pria yang bekerja sebagai buruh kasar ini, kembali menggauli anak kandungnya, hingga hamil dua bulan.

Kondisi kehamilan AN, awalnya ditutupi AR. Hingga akhirnya, pemilik kebun karet curiga ketika korban muntah dan merasa pusing, saat sedang menyadap karet di kebunnya.

Kapolsek Sekayu Iptu Heri Suprianto mengungkapkan, setelah ditanya, korban akhirnya mengaku hamil usai diperkosa oleh ayah kandungnya sendiri.

Pemilik kebun karet tersebut memberitahu ke warga lain. Mereka akhirnya sepakat melaporkan pencabulan AN ke Polsek Sekayu. Mendapat laporan tersebut, aparat kepolisian langsung menangkap AR di kediamannya.

"Perbuatan bejat itu dilakukan pelaku sejak tahun 2018 hingga Februari 2020. Tindak asusila ini akhirnya terungkap setelah tetangga korban curiga, AN hamil namun belum menikah," ucapnya, Kamis (27/2/2020).

Dalam menjalankan aksinya, pelaku selalu mengancam korban secara fisik dan mental. AR kerap mencekik leher korban dan mengancam akan menceraikan ibu korban, jika AN tidak mau menuruti kemauan AR.

Perbuatan asusila ini dilakukan pelaku pada malam hari, ketika istri pelaku sedang tertidur. Bahkan, aksi bejatnya itu, dilakukan di satu kamar yang sama, dengan istrinya. Padahal, istri pelaku juga sedang hamil 8 bulan.

Dari pengakuan pelaku, awalnya mereka tinggal di Kabupaten Muara Enim. Di sanalah pertama kali pelaku mencabuli korban hingga hamil dan melahirkan anaknya. Lalu pelaku, korban, dan istrinya pindah ke Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel.

 

 

Lahirkan Bayi Inses

Warga Kabupaten Musi Banyuasin AR mengaku jika anaknya sudah pernah melahirkan buah hatinya di tahun 2017 (Dok.Humas Polsek Sekayu / Nefri Inge)
Warga Kabupaten Musi Banyuasin AR mengaku jika anaknya sudah pernah melahirkan buah hatinya di tahun 2017 (Dok.Humas Polsek Sekayu / Nefri Inge)

"Tidak tahu juga anaknya dibawa ke mana usai dilahirkan. Lalu mereka pindah ke Sekayu, pelaku kembali mencabuli anaknya hingga sekarang hamil 2 bulan," ucapnya.

Atas perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan Pasal 81 Ayat (1), (2) dan (3) Jo Pasal 76 D UU RI No 35 Tahun 2014. Yaitu tentang Perubahan Atas UU RI No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan atau Pasal 285 KUHP.

Pelaku bisa diancam dengan kurungan penjara paling lama 15 tahun. Kasus ini pun telah dilimpahkan ke Unit PPA Polres Musi Bayuasin, untuk proses hukum lebih lanjut.

Saat diinterogasi, AR mengakui jika dirinya yang berulang kali mengajak anak kandungnya berhubungan intim. Dia memanfaatkan momen ketika istrinya tidur.

"Saya memang berulang kali mengajak anak saya berhubungan intim, ketika istri saya tidur. Ruangan hanya dibatasi sekat antara kamar saya dan istri dengan kamar anak," ujarnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arema FC Tidak Mau Dipusingkan Lawan Berat di 10 Pekan Pertama Shoppe Liga 1 2020

Posted: 27 Feb 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Malang - Arema FC ditunggu lawan-lawan kuat pada 10 pekan pertama Shopee Liga 1 2020. Kompetisi yang disiarkan Indosiar, O Channel, dan Vidio.com itu bakal mulai bergulir pada 29 Februari. Tapi, pelatih Arema FC Mario Gomez mengaku tak dipusingkan dengan hal itu.

Arema FC bakal menjalani laga tandang di pekan perdana. Skuat Singo Edan menantang tuan rumah PS TIRA-Persikabo di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (2/3/2020).

Di laga selanjutnya, Arema FC akan melawan Persib Bandung, PSIS Semarang, Borneo FC, Persebaya Surabaya, Bhayangkara FC, Persik Kediri, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan Persela Lamongan. Gomez menegaskan, hanya mau fokus ke satu pertandingan yang ada di depan mata.

"Bagi kami, yang paling penting adalah laga melawan PS TIRA-Persikabo nanti. Kami tak memikirkan lawan-lawan lainnya yang ada di pertandingan selanjutnya," kata Gomez di Malang.

 

 

Tak Ada Tim Lemah

Arema FC Logo (Bola.com/Adreanus Titus)
Arema FC Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Mario Gomez menilai semua lawan Arema FC di Liga 1 2020 nanti merupakan tim kuat. Menurut juru taktik asal Argentina itu, tak ada istilah lawan lemah.

Total 17 klub peserta yang akan dihadapi Arema FC memiliki sejumlah keistimewaan masing-masing. Hanya saja, pelatih asal Argentina ini tak mau menyebut secara gamblang terkait keistimewaan itu.

"Saya pikir setiap tim lawan punya kesulitan tersendiri jika ingin mengalahkannya. Karena, semua tim punya pemain yang bagus," ujarnya.

"Tapi, bagi kami yang terpenting sekarang ini adalah bersiap untuk laga perdana melawan PS TIRA-Persikabo. Kami persiapkan semuanya selangkah demi selangkah," imbuhnya.

 

 

Siapkan Mental Pemain Arema

Untuk menghadapi semua laga di Liga 1 2020, baik kandang maupun tandang, Mario Gomez sudah menyiapkan segalanya. Selain taktik dan strategi yang akan dipakai, pelatih berusia 63 tahun itu juga menyiapkan mental pemainnya.

"Saya rasa saat ini mental pemain sedang bagus karena kami terus bekerja keras setiap hari. Kami menyiapkan kondisi fisik, teknik dan taktik untuk pemain, ini penting bagi kami," tutupnya.

 

Berikut 10 Laga Pertama Arema FC di Shopee Liga 1 2020

1. Senin, 2 Maret 2020, 18.30 WIB PS TIRA vs Arema.

2. Minggu, 8 Maret 2020, 18.30 WIB Arema vs Persib Bandung.

3. Sabtu, 14 Maret 2020, 15.30 WIB PSIS Semarang vs Arema.

4. Jumat, 3 April 2020, 18.30 WIB Arema vs Borneo FC.

5. Sabtu, 11 April 2020, 18.30 WIB Persebaya Surabaya vs Arema.

6. Jumat, 17 April 2020, 18.30 WIB Arema vs Bhayangkara FC.

7. Senin, 27 April 2020, 20.30 WIB Persik Kediri vs Arema.

8. Sabtu, 2 Mei 2020, 20.30 WIB Arema vs Persija Jakarta.

9. Minggu, 10 Mei 2020, 20.30 WIB Arema vs Persipura Jayapura.

10. Sabtu, 16 Mei 2020, 20.30 WIB Arema vs Persela Lamongan

 

Sumber: We Aremania

Saksikan video Arema FC berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Pasok Gas untuk 52 Pembangkit Listrik PLN

Posted: 27 Feb 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina melalui subholding PT Perusahaan Gas Negara akan lakukan gasifikasi terhadap 52 lokasi pembangkit dengan total kapasitas sekitar 1,8 Giga Watt.

Kerjasama tersebut tertuang dalam HoA (Heads of Agreement) antara Pertamina dan PLN untuk menjalankan program gasifikasi PLN dengan menyediakan gas hasil regasifikasi LNG.

Penandatanganan HoA ini dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dan Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini di Jakarta (27/02/2020), kemarin.

 

"Sinergi BUMN untuk menjadi solusi bagi ketahanan energi nasional yang berkelanjutan. Dengan adanya kerjasama ini akan menambah serapan gas domestik, yang merupakan komitmen nyata dari pertamina untuk memberikan kontribusi penggunaan energy mix," ungkap Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati.

Pelaksanaan penyediaan pasokan dan infrastruktur LNG untuk 52 titik pembangkit listrik PLN, akan dilakukan dalam empat tahap dari wilayah Sumatera hingga Papua

Dimulai dari tahap pertama dengan kapasitas 430 Mega Watt di wilayah Krueng Raya, Nias, Gilimanuk, Tanjung Selor, Sorong dan Jayapura pada 2020.

Pertamina Ajukan Insentif untuk Turunkan Harga Gas

logo pertamina
logo pertamina

PT Pertamina (Persero) usulkan sejumlah insentif untuk menurunkan harga gas menjadi USD 6 per MMBTU.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi Vi DPR RI, Selasa (25/02/2020), Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan bahwa Pertamina telah membuat simulasi untuk menurunkan harga gas menjadi USD 6 per MMBTU.

"Kami mensimulasi bagiamana kami bisa mem-provide gas untuk 6 dolar," ujar Nicke.

Adapaun sejumlah insentif yang dimaksud, antara lain tambahan bagian kontraktor produsen gas, insentif pajak dan relaksasi perlakuan aset negara.

"Nah, untuk itu, untuk bisa USD 6 dapat terpenuhi," tegasnya.

Nicke menambahkan, dengan insentif tersebut akan bisa menurunkan harga gas bumi dari sisi hulu menjadi USD 4,5.

Selain itu, Pertamina juga akan meminta Perusahaan Gas Negara (PGN) melakukan efisiensi, untuk menurunkan biaya distribusi gas.

"PGN juga harus membangun infrastruktur dan efisiensi," pungkasnya.  

DPR Usulkan Dua Formula Penurunan Harga Gas

Warga memasak menggunakan jaringan gas PGN rumah tangga di Rusunawa Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Pembangunan infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga dan industri kecil untuk meningkatkan pemanfaatan gas domestik serta menekan penggunaan LPG. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Warga memasak menggunakan jaringan gas PGN rumah tangga di Rusunawa Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Pembangunan infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga dan industri kecil untuk meningkatkan pemanfaatan gas domestik serta menekan penggunaan LPG. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Komisi VII DPR memandang pemerintah perlu mematangkan skenario penurunan harga gas untuk sektor industri, salah satu pilihanya dengan mengurangi bagian negara dari sisi hulu.

Dalam rapat dengar pendapat Komisi VII DPR dengan PGN, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/2/2020).‎ Anggota Komisi VII DPR Falah Amru mengatakan,‎ formula pengurangan bagian negara dari sisi hulu untuk menurunkan harga gas sebesar USD 6 persen ditingkat konsumen industri harus dikaji dengan matang, didukung dengan skenario yang baik dari pemerintah.

"Harus kita cari formulanya. Agar sekenario besar gas ini dapat dijalankan,"‎ kata Falah, dikutip Selasa (11/2/2020).

Dia melanjutkan, sekma lain yang memungkinkan untuk ‎menurunkan harga gas bumi menjadi USD 6 per MMBTU ditingkat konsumen industri adalah mengurangi pajak pertambahan nilai (PPn).

"Bagian pemerintah di hulu ini harus dikurangi, atau PPN ini harus dikurangi, ‎" tuturnya.

Menurutnya, pemerintah pun harus pintar memilah industri yang berhak mendapat penurunan harga gas menjadi US$ 6 per MMBTU. "Implementasi pemerintah terkait industri industri mana yang akan di ditunjuk harganya oleh pemerintah," tuturnya.

Dia memandang, untuk penurunan harga gas‎ perusahaan penyalur gas di antaranya Perusahaan Gas Negara (PGN) hanya bisa menunggu kepasitan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, selaku regulator yang mengatur harga gas.

"Untuk harga gas, sebenarnya menunggu kementrian untuk menjawab hal ini, agar dapat segera dijalankan oleh PGN," tandasnya.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suasana Masjidil Haram Usai Arab Saudi Setop Umrah

Posted: 27 Feb 2020 08:00 PM PST

Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)
Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)

Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)

Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)
Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)

Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)

Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)
Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)

Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)

Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)
Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)

Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)

Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)
Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)

Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)

Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)
Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)

Umat Muslim mengenakan masker di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Kamis (27/2/2020). Suasana Masjidil Haram berjalan sebagaimana biasanya pascapengumuman Pemerintah Arab Saudi yang melarang sementara jemaah umrah ke Tanah Suci terkait pencegahan penyebaran virus korona. (Abdulghani BASHEER/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar Coding untuk Anak-Anak Sejak Dini Adalah Investasi

Posted: 27 Feb 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah merombak kurikulum pendidikan karena mendesaknya kebutuhan SDM dalam menghadapi revolusi industri 4.0 di Indonesia.

Dalam rangka memperluas akses pembelajaran coding di Indonesia, Coding Bee Academy, sekolah coding khusus untuk anak berusia 5-17 tahun, bersama dengan BPK Penabur Jakarta menyelenggarakan acara K12 Computer Science Education Fair pada 6-8 Maret 2020 di Main Atrium Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara.

Acara ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya keterampilan coding untuk anak-anak, terutama sejak usia dini.

Oleh karena itu, coder, khususnya programmer muda, diajak untuk berpartisipasi di Code Olympiad, ajang kompetisi coding yang akan menampilkan kemampuan mereka dalam membuat aplikasi dan software dengan tema "Computer Science for Social Good".

"Acara ini diadakan untuk memberikan pandangan baru bagi orang tua dan semua pihak yang ingin memajukan pendidikan Indonesia menuju kurikulum pendidikan 4.0. Coding akan menjadi game-changer dalam mendukung industri 4.0 di seluruh dunia," ujar Eko Haripin, Co-Founder Coding Bee Academy dalam keterangan tertulis.

Coding adalah investasi

Eko berharap para orang tua dapat menjadikan pendidikan coding sebagai sebuah investasi bagi anak-anak.

"Kelak anak-anak diharapkan dapat menjadi pencipta teknologi guna mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia," tutur Eko.

K12 Computer Science Education Fair 2020 juga turut mengundang masyarakat dan profesional di bidang pendidikan untuk berpartisipasi di Smart Talk Show bertajuk "Coding for Future Kids" pada 6 Maret 2020 di Skenoo Hall, Emporium Pluit Mall.

Acara itu akan turut dihadiri oleh Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Harris Iskandar. Pembicara lainnya dua perwakilan dari organisasi nirlaba Code.org, Leonardo Ortiz Villacorta dan Jake Bell, yang akan memaparkan bagaimana pendidikan coding di dunia.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nasib Jemaah Umrah Indonesia Tertahan di Sri Lanka

Posted: 27 Feb 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Puluhan Jemaah Umrah tertahan di Colombo Sri Lanka karena tidak dapat melanjutkan penerbangan ke Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi menutup penerbangan menuju dan keluar negaranya karena virus Corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: