Senin, 10 Februari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


10 Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Serius

Posted: 10 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bangun di pagi hari merupakan awal yang baik untuk memulai rutinitas hidup sehat. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah berolahraga. Tak perlu melakukan olahraga berat di pagi hari.

Cara yang paling sederhana untuk mendapat manfaat kesehatan di pagi hari adalah dengan jalan kaki. Berjalan kaki 30 menit di pagi hari dapat memberikan manfaat menakjubkan bagi tubuh. Udara pagi yang segar juga dapat menenangkan saraf, meningkatkan susasan ahati, dan memberi energi positif.

Jalan kaki di pagi hari dapat menurunkan risiko yang berhubungan dengan gaya hidup, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung. Jalan kaki di pagi hari adalah cara mudah meregangkan ersendian dan jantung.

Berikut manfaat jalan kaki di pagi hari, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (11/2/2020).

Manfaat jalan pagi

Ilustrasi berat badan. (iStock)
Ilustrasi berat badan. (iStock)

Bantu penurunan berat badan

Berjalan di pagi hari dapat membantu mencapai tujuan penurunan berat badan. Berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori. Dikombinasikan dengan diet sehat dan latihan kekuatan, berat badan akan turun dengan segera. Berjalan membantu meningkatkan detak jantung dan membakar kalori yang penting untuk menurunkan berat badan.

Turunkan risiko diabetes

Jalan pagi 30 menit dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah serta membantu manajemen insulin pada diabetes Tipe 2. Berjalan memungkinkan sel-sel di otot menggunakan lebih banyak glukosa, membantu membakar lemak tubuh yang tidak diperlukan, dan juga membantu meningkatkan Indeks Massa Tubuh.

Berjalan juga membakar kalori yang dapat mencegah obesitas. Obesitas adalah penyebab utama penyakit diabetes yang disebabkan karena gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Manfaat jalan pagi

Ilustrasi jantung (iStock)
Ilustrasi jantung (iStock)

Baik untuk jantung

Berjalan santai merupakan pilihan baik bagi orang yang memiliki masalah jantung. Berjalan 30 menit di pagi hari dapat membantu menurunkan tekanan darah. Melakukan rutinitas ini setiap hari dapat memperkuat jantung dan mengontrol tekanan darah. Jalan pagi juga dapat menurunkan kadar trigliserida dan mencegah hipertensi.

Cegah Arthritis dan Osteoporosis

Gaya hidup yang tidak aktif dalam memicu kaku pada persendian. Kekakuan ini dapat memicu perkembangan gejala radang sendi. Aktivitas fisik ringan seperti berjalan 5 kali dalam seminggu dapat membantu meredakan nyeri artritis, kekakuan serta menyediakan energi untuk tubuh. Berjalan melatih sendi dengan lembut dan menguatkannya, bersama dengan meningkatkan kepadatan tulang.

Manfaat jalan pagi

stroke (iStockphoto)
stroke (iStockphoto)

Cegah stroke

Jalan pagi membantu menjaga jantung tetap kuat dan sehat. Berjalan cepat selama setengah jam lima kali seminggu membantu dalam menurunkan risiko stroke. Selain itu, berjalan di pagi hari juga dapat membantu pemulihan bagi orang yang mengalami stroke.

Kontrol kolesterol

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah jantung yang berbahaya bagi kesehatan. Mengikuti gaya hidup aktif dan termasuk berjalan di pagi hari adalah cara terbaik untuk memastikan kadar kolesterol dalam tubuh tetap terkontrol.

Jalan pahi membantu mencegah Aterosklerosis. Ini merupakan kondisi i yang disebabkan oleh arteri yang tersumbat karena penimbunan plak atau kolesterol pada dinding arteri. Penyumbatan terjadi di dinding bagian dalam arteri di organ-organ seperti otak, ginjal, jantung, dan kaki.

Manfaat jalan pagi

Ilustrasi Jalan Kaki. (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Jalan Kaki. (Sumber: Pixabay)

Kuatkan otot

Berjalan dapat membantu memperkuat otot-otot di kaki. Untuk hasil terbaik, berjalanlah dengan kecepatan sedang hingga cepat. Cobalah untuk mengubah rutinitas dan naiki tangga, berjalan naik dan turun bukit, atau berjalan di turunan atau di atas treadmill. Tambahkan latihan penguatan kaki seperti squat dan lunges beberapa kali seminggu untuk lebih otot yang lebih sehat.

Bantu fokus sepanjang hari

Jalan pagi dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dan kemampuan untuk fokus sepanjang hari. Berjalan kaki di pagi hari bisa meningkatkan fungsi kognitif. Berjalan juga dapat membantu Anda berpikir lebih kreatif. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan membuka aliran gagasan secara bebas, yang dapat membantu memecahkan masalah dengan lebih baik.

Olahraga teratur, seperti berjalan, dapat membantu melindungi ingatan dan meningkatkan keterampilan berpikir. Ketika berjalan oksigen dan suplai darah ke otak dipercepat. Ini mengarah pada peningkatan kewaspadaan mental, fungsi otak, dan memori.

Manfaat jalan pagi untuk kesehatan mental

Ilustrasi Foto Tidur (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Tidur (iStockphoto)

Bantu tidur nyenyak di malam hari

Berjalan dapat membantu tidur nyenyak di malam hari. Sebuah studi kecil tahun 2017 mengamati orang dewasa berusia 55 hingga 65 yang mengalami kesulitan tidur di malam hari atau hidup dengan insomnia ringan. Mereka yang berolahraga di pagi hari mengalami kualitas tidur yang lebih baik di malam hari. Jalan pagi membantu menenangkan pikiran dan pada akhirnya, Anda bisa tidur nyenyak dan merasa cukup istirahat ketika bangun keesokan harinya.

Cegah depresi

Ada manfaat fisiologis untuk berjalan di pagi hari. Gangguan suasana hati ini mungkin sering menimbulkan banyak gangguan lainnya pada anak muda dan orang dewasa. Berjalan di pagi gari bisa jadi solusi sederhana untuk mengatasi masalah ini. Saat berjalan endorfin pembunuh rasa sakit alami mengalir dengan baik ke seluruh tubuh. Berjalan cepat setiap hari selama 30 hingga 60 menit mampu meningkatkan mood, mengurangi stres, kecemasan, dan kelelahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Airbnb Tutup Layanan di Beijing demi Hindari Penyebaran Virus Corona

Posted: 10 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Airbnb menutup layanannya di seluruh Beijing guna mematuhi peraturan setempat.

Ini dilakukan demi menghindari virus corona yang tengah menyebar di seluruh Tiongkok dan sejumlah negara lainnya.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (11/2/2020), perusahaan berbasis di San Fransisco ini menawarkan pengembalian uang kepada semua pengguna yang terkena dampak pembatalan pesanan akibat penutupan layanan.

Selain Airbnb, perusahaan lokal Xiaozhu juga melakukan tindakan yang sama seperti Airbnb. Xiaozhu juga untuk sementara waktu menutup layanannya dan mengembalikan uang kepada pengguna yang telah melakukan pesanan.

Di aplikasi mobile Airbnb, dikatakan bahwa beberapa pemesanan apartemen di Beijing telah ditangguhkan. Di samping itu, pengguna direkomendasikan untuk beralih ke hotel.

Sony Tarik Diri dari MWC 2020 Akibat Virus Corona

Sony Xperia Z5 (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)
Sony Xperia Z5 (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Sony kembali menambah daftar perusahaan teknologi yang mengundurkan diri dari ajang MWC 2020 (Mobile World Congress). Informasi ini diumumkan perusahaan asal Jepang itu melalui situs resminya.

Dikutip dari situs resminya, Senin (10/2/2020), keputusan ini diambil menyusul pernyataan World Health Organization pada 30 Januari 2020 yang menyebut penyebaran virus corona sebagai darurat global.

"Mengingat kami mementingkan keamanan dan kesehatan pelanggan, rekanan, media, dan karyawan, kami mengambil keputusan sulit dengan membatalkan eksibisi dan partisipasi di MWC 2020 di Barcelona, Spanyol," tulis perusahaan.

Sebagai ganti keikutsertaan di MWC 2020, konferensi pers Sony akan dilakukan melalui siaran langsung di kanal YouTube resmi Xperia. Menurut Sony, konferensi pers itu dijadwalkan akan dilakukan pada 24 Februari 2020.

(Fitriah Nurul Annisa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PODCAST Bola: Mengenang Kobe Bryant

Posted: 10 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Kobe Bryant telah pergi meninggalkan legacy di ajang bola basket dunia. Kepergiannya yang tiba-tiba membuat publik bola basket dunia, khususnya NBA, terhenyak, nyaris tak percaya.

Mantan bintang LA Lakers itu tewas mengenaskan bersama delapan penumpang lainnya, termasuk putri Kobe Bryant, Giana dalam sebuah kecelakaan helikopter.

Tak hanya para penggemar basket yang berduka. Begitu banyak pihak yang merasa kehilangan figur pria yang pernah menyumbangkan dua emas bola basket Olimpiade untuk Amerika Serikat.

Berbagai penghormatan pun digelar untuk mengenang dan menghormati kepergian Kobe Bryant.

Nah, di podcast kali ini, Kanal Bola Liputan6.com juga secara khusus membahas kiprah dan mengenang legacy sang legenda bersama Edu Krisnadefa dan Thomas.

Simak keseruannya....

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulan Jameela Harap Penurunan Harga Gas Tak Ganggu Investasi Migas

Posted: 10 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi VII DPR meminta penurunan harga gas bumi menjadi USD 6 di tingkat konsumen tidak boleh menggangu investasi perusahaan penyalur gas, dengan mengurangi biaya distribusi.

Anggota Komisi VII DPR Mulan Jameela mengatakan, untuk menurunkan harga gas di tingkat konsumen menjadi USD 6 per MMBTU seharunya ‎memotong bagian negara, bukan mengorbankan biaya penyaluran gas.

"Bahwa pemberian insentif ke 7 sektor industri sesuai perpres ini diperoleh dari pengurangan bagian negara,‎ bukan dari kontribusi maupun pengelolaan infrastruktur PGN," kata Mulan, saat rapat dengan PGN, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Menurut Mulan, perusahaan penyalur gas harus menjalankan pembangunan infrastruktur gas bumi untuk memperluas pemanfaatan gas bumi. Sebab itu sumber investasi ‎perusahaan harus tetap dijaga.

"Sebagai BUMN hilir gas bumi dan subholding gas, karena bagaimana nantinya PGN mau kembangkan infrastruktur gas bumi dan sebagainya, apalagi yang sudah kita ketahui semua, bawa PGN ini diberikan banyak penugasan oleh pemerintah," tuturnya.

Mulan pun menyinggung opsi impor gas untuk menurunkan harga gas, dia memandang harus ada pembagian pasokan gas ke dalam negeri yang jelas ‎antara sumber dari dalam negeri dengan impor.

"Sebagaimana telah dijalankan Pertamina dan bagaimana menyikapi opsi impor gas oleh swasta," tandasnya.

Mulan Jameela Khawatir Status SKK Migas Bisa Ganggu Iklim Investasi

Gaya hijab 'jadul' Mulan Jameela saat kerja jadi anggota DPR, jadi sorotan. (Sumber: Instagram/@mulanjameelacenter)
Gaya hijab 'jadul' Mulan Jameela saat kerja jadi anggota DPR, jadi sorotan. (Sumber: Instagram/@mulanjameelacenter)

Anggota Komisi VII DPR RI Mulan Jameela mempertanyakan status Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sebagai lembaga yang menaungi kegiatan produksi migas Indonesia. Status SKK Migas yang merupakan lembaga sementara ini ditakutkan bisa mengganggu iklim investasi di Indonesia.

Mulan mengatakan, SKK Migas merupakan lembaga sementara pengganti ‎Badan Pengatur Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas). Lembaga ini dibubarkan oleh Mahkamah Konsititusi (MK) pada 2012. 

Pembubaran tersebut terjadi akibat digugurkannya sejumlah pasal yang menyangkut kedudukan BP Migas dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang migas.

"Saya baca beberapa informasi berdasarkan keputusan MK mengenai pembubaran BP Migas. Jadi  status SKK Migas sekarang hanya sementara," kata Mulan, saat rapat dengar Pendapat Komisi VII DPR dengan SKK Migas, di Gedung‎ DPR, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Setelah BP Migas‎ bubar, MK meminta kajian mengenai institusi permanen pengganti BP Migas. Mulan pun mempertanyakan terkait realisasi kajian yang diminta MK tersebut.

"Pertama apakah sudah dibuat kajian tersebut? Kalau sudah informasikan ke kami, kalau belum kenapa?" tuturnya.

Menurut Mulan, kajian tersebut penting sebab status permanen lembaga yang menangani kegiatan produksi migas Indonensia akan mempengaruhi iklim investasi yang saat ini kurang kondusif.

Istri musisi Ahmad Dhani ini pun meminta SKK Migas melakukan kajian mengenai lembaga permanen pengganti BP Migas, meski hal tersebut menjadi urusan pemerintah.

"Terkait status SKK Migas sendiri, bisa dibilang urusan pemerintah tidak salah juga kalau SKK Migas proaktif. Ini bisa mempengaruhi iklim investasi yang kurang kondusif," tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Minibus Terguling di Tol Cipali, 1 Tewas

Posted: 10 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan maut kembali terjadi di ruas tol Cipali hari Selasa (11/2) pagi. Minibus terguling dan mengakibatkan seorang penumpang tewas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Meninggal Dunia, Karen Pooroe: Saya Sering Cubit Diri Sendiri, Ini Mimpi atau...

Posted: 10 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Karen Pooroe masih tidak percaya anaknya, Zefania Carina, meninggal dunia akibat jatuh dari balkon apartemen, Sabtu (8/2/2020).

Apalagi, Karen Pooroe tahu kabar meninggalnya sang putri setelah beberapa jam meninggal dunia. Dan itupun, Karen Pooroe diberi tahu oleh pihak kepolisian dan bukan ayahnya yang selama ini mengasuhnya.

‎"Masih syok, saya masih cubit diri saya sendiri bahwa ini mimpi atau nggak. Saya berharap ini mimpi buruk, sampai saya tahu apa yang sebenar-benarnya terjadi terhadap anak saya," kata Karen Pooroe ditemui di Polres Jakarta Selatan, Senin (10/2/2020) malam.

‎Bahkan, kata Karen Pooroe, hingga kini ia tidak tahu pasti kronologi meninggalnya sang anak. Ia masih kebingungan dengan apa yang sebenarnya terjadi pada anaknya itu.

 

 

Tak Tahu Informasi Pasti

Karen Pooroe. (instagram.com/karenpooroe)
Karen Pooroe. (instagram.com/karenpooroe)

"Kronologisnya sampai hari ini pun saya tidak tahu, itu yang harus semua ketahui. Kronologis anak saya meninggal jam berapa, siapa yang menemukan dia, siapa yang membawa dia ke rumah sakit, prosesnya bagaimana," ujar Karen Pooroe.

 

 

Kesal Tak Langsung Diberitahu

Potret Karen Idol atau Karen Pooroe. (Sumber: Instagram/@karenpooroe)
Potret Karen Idol atau Karen Pooroe. (Sumber: Instagram/@karenpooroe)

Yang membuat Karen Pooroe geram, ia tidak diberitahu langsung saat putrinya jatuh dari balkon apartemen. Malahan ia tahu dari pihak kepolisian beberapa jam setelah kejadian.

Diberitahu Polisi

Potret Karen Idol atau Karen Pooroe. (Sumber: Instagram/@karenpooroe)
Potret Karen Idol atau Karen Pooroe. (Sumber: Instagram/@karenpooroe)

"Kenapa saya baru diberitahu baru jam 11 siang, sementara anak saya meninggal malam. Itu pun yang memberitahu polisi," kata Karen Pooroe.

 

Hak Asuh

Pemakaman Zefania Carina, anak Karen Idol (Sumber: Kapanlagi.com)
Pemakaman Zefania Carina, anak Karen Idol (Sumber: Kapanlagi.com)

Sebagai ibu, seharusnya Karen Pooroe punya hak untuk mengasuh anaknya. Namun selama tiga bulan ini, ia harus berpisah dengan anaknya sampai akhirnya mendapatkan kabar putrinya telah meninggal dunia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syarat PDIP untuk Calon Wali Kota di Pilkada Solo

Posted: 10 Feb 2020 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tiga bakal calon Wali Kota Solo dan Wakil Wali Kota, Achmad Purnomo, Teguh Prakosa dan Gibran Rakabuming Raka, telah melakukan fit and proper test di kantor DPP PDIP, Jakarta.

Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan, yang juga salah satu panelis fit and proper test, Puan Maharani mengatakan, semuanya telah menyampaikan program.

"Program yang disampaikan tadi intinya adalah kemudian bagaimana Solo itu bisa menjadi kota yang lebih baik, berkebudayaan kemudian menjaga saling toleransi, kemudian membuka diri. Yang paling penting adalah berkomunikasi diantara warga dan tokoh-tokoh yang ada di Solo," kata Puan di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Menurut dia, mekanisme yang dilakukan oleh seluruh calon sudah sesuai dengan PDIP.

"Jadi mekanisme ini sudah dijalankan, tahapan, dan kemudian kalau kemungkinan keluar rekomendasi, itu artinya kami PDIP merasa bahwa mekanisme itu sudah dijalani," jelas Ketua DPR RI ini.

Komitmen

Dia pun menuturkan, tak perlu mempertanyakan komitmen calon untuk setia berada di Solo, jika terpilih nanti.

"Ya itu kan bukan ditanya, itu kan kewajiban secara moral dari calon-calon yang nantinya bisa menang, kalau mendapatkan rekomendasi atau kalau nanti terpilih dan dipilih oleh rakyatnya," ungkap Puan.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amien Rais Beri Wejangan ke Peserta Kongres PAN di Kendari

Posted: 10 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Kendari - Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara, digelar tertutup dan dimulai sekitar pukul 11.00 WITA. Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais pun hadir dalam rapat tersebut.

Politikus PAN Muslim Ayub menyampaikan, Amien Rais akan memberikan pengarahan kepada seluruh kader PAN peserta kongres.

"Sekarang Pak Amien Rais lagi di ruangan memberikan wejangan, masukan, kepada peserta itu. Asal jangan terjadi hal yang mencoreng kongres kita ini ke arah yang tidak baik, begitu," tutur Muslim di lokasi, Selasa (11/2/2020).

Menurut Muslim, rapat kongres menjadi lokasi yang tepat Amien Rais memberikan nasihat. Sebab memang hal itu diperuntukkan kepada kader PAN, bukan masyarakat umum.

"Nggak ada kemarin (saat pembukaan Kongres PAN) juga Pak Amien bagaimana Pak Amien memberikan tausiyah kalau voter (peserta kongres) tidak ada (keseluruhan). Ini kan ajang kongres, tausiyah itu memang disampaikan kepada peserta bukan kepada rakyat yang tidak mempunyai hak pilih," jelas dia.

Pembukaan Kongres PAN dilaksanakan di Lapangan MTQ Kendari dengan gelaran pesta rakyat. Tiga Caketum PAN yakni Zulkifli Hasan, Asman Abnur, dan Dradjad Wibowo hadir di sana, sementara Mulfachri Harahab absen.

"Urgensinya adalah ketidakhadiran beliau itu memang tidak ada, gimana ya, seandainya Mulfachri tidak hadir itu tidak jadi persoalan. Dia kan bukan peserta juga, tapi dia kandidat. Tetapi karena di kubu sebelah juga tidak hadir sebagian (voters), di kubu B juga tidak hadir, makanya dia melihat juga. kemarin kalau memang kedua kubu itu hadir, dia hadir," Muslim menandaskan.

Lokasi Kongres Didominasi Kubu Zulhas dan Mulfachri

Suasana di Kongres PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). (Liputan6.com/ Nanda Perdana Putra)
Suasana di Kongres PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). (Liputan6.com/ Nanda Perdana Putra)

Lokasi Kongres PAN di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara sudah ramai para kader sejak pagi hari. Suasana pun didominasi para pendukung calon Ketua Umum (Caketum) PAN Zulkifli Hasan dan Mulfachri Harahap.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (11/2/2020), suasana pun sempat kembali memanas saat massa saling meneriakkan dukungan terhadap caketum yang didukungnya.

"Lanjutkan," teriak massa pendukung Zulkifli Hasan.

Tidak terima dengan itu, massa pendukung Mulfachri menimpali. Nada suaranya dibuat lebih lantang.

"Apa lanjutkan, lanjutkan. Mulfachri menang," balasnya.

Kongres PAN sendiri digelar tertutup dan dimulai sekitar pukul 11.00 Wita. Awak media dilarang memasuki ruangan rapat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Chat Ibu Nyuruh Anak Ini Kocak, Bikin Geleng Kepala

Posted: 10 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Zaman modern ini semua serba mudah dan cepat. Termasuk menyuruh anak bisa lewat chat. Dengan chat, membuat ibu jadi lebih fleksibel dalam menyuruh anaknya. Mulai dari menyuruh mengangkat galon hingga menyuruh menjemput menjadi beberapa manfaat adanya aplikasi chat bagi ibu. 

Namun dalam chat ibu menyuruh anak, ada beberapa momen kocak yang menyertainya. Seperti postingan akun Instagram @receh.id pada Senin (10/2/2020). Akun Instagram tersebut mengunggah chat kocak ibu ke anaknya yang meminta dibelikan nasi goreng.

Ibu yang minta dibelikan nasi goreng dengan kocaknya masih mencoba chat anaknya walaupun sudah 2 hari berlalu. Alhasil, chat ibu ke anak ini viral dan sudah mendapatkan lebih dari 40,7 ribu like dan 312 komentar. 

Penasaran kan apa saja isi chat ibu menyuruh anak yang kocak? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, chat ibu menyuruh anak, Selasa (11/2/2020).

1. Udah dua hari berlalu, si ibu tetap aja nge-chat.

6 Chat Ibu Nyuruh Anak Ini Kocak, Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)
6 Chat Ibu Nyuruh Anak Ini Kocak, Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)

2. Trik agar chat enggak dicuekin anak ini patut ditiru.

6 Chat Ibu Nyuruh Anak Ini Kocak, Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)
6 Chat Ibu Nyuruh Anak Ini Kocak, Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)

3. Ya enggak dinaikin gitu juga kali galonnya.

6 Chat Ibu Nyuruh Anak Ini Kocak, Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)
6 Chat Ibu Nyuruh Anak Ini Kocak, Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)

4. Yah, si ibu malah bikin penasaran aja.

6 Chat Ibu Nyuruh Anak Ini Kocak, Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)
6 Chat Ibu Nyuruh Anak Ini Kocak, Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)

5. Minta jemput aja sampai ngetiknya pakai emotikon gitu.Ibu yang gaul.

6 Chat Ibu Nyuruh Anak Ini Kocak, Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)
6 Chat Ibu Nyuruh Anak Ini Kocak, Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)

6. Pulang nak, ibu tahu kamu sad boy.

6 Chat Ibu Nyuruh Anak Ini Kocak, Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)
6 Chat Ibu Nyuruh Anak Ini Kocak, Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekjen PPP: Kami Antusias Dukung Gibran di Pilkada Solo

Posted: 10 Feb 2020 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengatakan, partainya antusias untuk mengusung putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Solo. Kendati demikian, Arsul tidak ingin melangkahi PDIP yang belum memutuskan mengusung siapa di Solo.

"Nah kalau PPP sendiri saya lihat teman-teman muda PPP di sana juga antusias mendukung Mas Gibran ini juga nanti kita hormatilah ya aspirasi mereka ya," ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Arsul mengakui, PDIP memiliki kekuatan yang dominan di Solo dengan 40 kursi. PPP akan menunggu apakah Gibran dapat rekomendasi dari PDIP.

"PPP itu akan menunggu keputusan DPP PDIP tentang siapa bakal calon wali kota Solo yang akan direkomendasikan karena bagimana pun kan Mas Gibran itu kader PDIP jadi etikanya ya tentu partai-partai lain akan melihat menunggu akan seperti apa," ujar Arsul.

Belum Ada Keputusan

PPP, menurutnya dapat berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung pasangan calon. Arsul mengatakan, sampai saat ini belum ada keputusan yang kongkrit.

"Ya kan kalau dilihat dari syarat minimal pengusungan kan sekitar syarat pengusungan kan 9 ada sisa 15 kursi nah tidak tertutup kemungkinan partai-partai itu berkoalisi untuk kemudian mengusung, karena memang secara aturan masih terbuka untuk itu," kata Arsul.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Baru di Sidang Perdana Aulia Kesuma Pembunuh Suami dan Anak

Posted: 10 Feb 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa Aulia Kesuma dan Geovani Kelvin menjalani sidang perdana kasus pembunuhan berencana terhadap Edi Chandra Purnama alias Pupung Sadili (54) dan anaknya M Adi Pradana alias Dana (23).

Sidang perdana terdakwa Aulia Kesuma dan Geovani Kelvin ini berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 10 Februari 2020 dengan agenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Saat duduk di kursi pesakitan, Aulia yang mengenakan pakaian putih dan jilbab hitam itu mengeluarkan air mata. Rupanya ia teringat suami yang dihabisi olehnya, Pupung.

Aulia dan Kelvin membunuh Pupung serta Dana pada Agustus 2019 silam. Saat itu tersangka Aulia terdesak utang oleh pihak bank. Akhirnya Aulia memiliki niat untuk menghabisi atau membunuh Pupung dan anak tirinya.

Aulia membunuh suami dan anak tirinya dengan cara diracun terlebih dahulu, lalu dimasukkan ke dalam mobil dengan maksud dibuang dan dibakar sebelum diterjunkan ke jurang di wilayah Sukabumi, Jawa Barat.

Ketika sidang perdana Senin kemarin, terungkap fakta-fakta baru. Salah satunya adalah Aulia sempat membeli ulekan sebelum membunuh kedua korban.

Berikut fakta-fakta baru yang terungkap saat sidang perdana kasus pembunuhan berencana Pupung dan Dana dengan terdakwa Aulia Kesuma serta Geovani Kelvin dihimpun Liputan6.com:

 

Beli Ulekan

Sidang perdana Aulia Kesuma di PN Jaksel (Nur Habibi/Merdeka.com)
Sidang perdana Aulia Kesuma di PN Jaksel (Nur Habibi/Merdeka.com)

Aulia Kesuma (45) terdakwa kasus pembunuhan suami dan anak tiri di Lebak Bulus, Jakarta Selatan sempat membeli ulekan kayu sebelum beraksi. Ulekan ini rencananya dijadikan sebagai salah satu alat untuk membunuh kedua korban.

Fakta tersebut terungkap dalam persidangan dengan agenda pembacaan dakwaan terhadap tersangka Aulia Kesuma dan putranya, Geovani Kelvin Oktavianus Robert (24) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Senin 10 Februari 2020.

"Setelah mengantar Reyna dan Bella di lobi apartemen, terdakwa satu Aulia Kesuma membeli satu set ulekan kayu dan tali sumbu sebanyak empat helai, lalu pulang ke rumahnya," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sigit Hendradi saat membacakan dakwaannya, seperti dilansir Antara.

 

Beli Obat Tidur

Tersangka Aulia Kesuma (dua kiri) saat rekonstruksi pembunuhan suami dan anak tirinya di Jalan Lebak Bulus 1, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019). Aulia menghabisi nyawa Edi Chandra Purnama alias Pupung Sadili dan anaknya M. Adi Pradana alias Dana di rumah ini. (merdeka.com/Arie Basuki)
Tersangka Aulia Kesuma (dua kiri) saat rekonstruksi pembunuhan suami dan anak tirinya di Jalan Lebak Bulus 1, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019). Aulia menghabisi nyawa Edi Chandra Purnama alias Pupung Sadili dan anaknya M. Adi Pradana alias Dana di rumah ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pada pembacaan dakwaan tersebut kemudian disampaikan, ulekan kayu dibeli Aulia Kesuma untuk menumbuk 30 butir obat tidur dengan dosis 25 miligram (mg) per butir. Obat tidur itu digunakan untuk meracuni suami dan anak tirinya.

Obat tidur yang sudah halus lalu dikemas dalam dua bungkus kertas. Kemudian disimpan di kamar anaknya yang bernama Reyna.

 

Beli Kaos Kaki dan Sandal Jepit

Tersangka Aulia Kesuma saat mengikuti rekonstruksi kasus istri bunuh dan bakar suami serta anak tiri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (9/9/2019). Aulia dan model yang memerankan tersangka Kelvin memeragakan tiga adegan pembakaran korban di dalam mobil. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Tersangka Aulia Kesuma saat mengikuti rekonstruksi kasus istri bunuh dan bakar suami serta anak tiri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (9/9/2019). Aulia dan model yang memerankan tersangka Kelvin memeragakan tiga adegan pembakaran korban di dalam mobil. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Selain itu, Aulia juga sempat mampir ke minimarket untuk membeli lima pasang kaos kaki dan empat pasang sandal jepit warna hitam.

"Lima pasang kaos kaki dan empat pasang sandal jepit yang akan digunakan sebagai alat menghilangkan jejak sidik jari kaki dalam proses membunuh korban," kata JPU Sigit Hendradi.

 

Beli Obat Nyamuk Bakar dan Korek Api

Dampak Buruk Obat Nyamuk Bakar bagi Kesehatan Anda (ribeiroantonio/shutterstock)
Dampak Buruk Obat Nyamuk Bakar bagi Kesehatan Anda (ribeiroantonio/shutterstock)

Tidak hanya itu, Aulia pergi ke toko kelontong di daerah Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan untuk membeli dua bungkus obat nyamuk bakar, dua pak korek api kayu, dan satu buah korek api gas yang akan digunakan sebagai alat pembakaran dalam proses membunuh suami dan anak tirinya.

Dalam sidang dakwaan tersebut terungkap bahwa Aulia Kesuma bersama anaknya Geovanni telah merencanakan dan menyiapkan seluruh peralatan untuk menghabisi nyawa suami dan anak tirinya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaringan Gas Kota Jadi Cara Pemerintah Tekan Subsidi Elpiji

Posted: 10 Feb 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nilai subsidi elpiji 3 kilogram (kg) terus membengkak hingga Rp 42,47 triliun pada 2019. Sehingga pemerintah berencana mencabut subsidi sebagai salah satu upaya efisiensi keuangan negara.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM mengatakan, kemampuan pemerintah saat ini hanya 21 persen- 25 persen. Kemitraan badan usaha swasta dan pemerintah sangat diharapkan.

"Beban pemerintah besar dari sisi subsidi LPG. Triwulan 4, tahun 2019 karena kebutuhan LPG 75 persen dari impor atau 5,9 juta MT, itu sangat bebani keuangan negara Rp 42,47 triliun belum teraudit," ujarnya pada FGD flexible / thermoplastic gas pipeline, Selasa (11/2/2020).

Alimuddin Baso juga menambahkan jika tidak dikelola masalah gas ini akan membebani keuangan pemerintah. Salah satu alternatif yang sedang dikembangkan Kementerian ESDM ialah penggunaan jaringan gas (jargas) kota.

Alternatif tersebut dianggap cukup efisien untuk menekan pembengkakan anggaran dengan lingkup yang lebih luas.

"Pemanfaatan gasnya tidak begitu besar. Kalau lihat neraca gas 6.600 mmscfd kira-kira 0,8 persen untuk jargas yang bisa utilisasi untuk 500 ribuan Saluran Rumah (SR)," pungkasnya.

 

Pembangunan Pipa Gas Ruas Transmisi Cirebon-Semarang Dimulai

Petugas PT Perusahaan Gas Negara (PGN) memeriksa meteran jaringan gas bumi di perumahan warga di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12). Pemerintah melalui PGN memberi tambahan 5.120 jargas pada tahun 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas PT Perusahaan Gas Negara (PGN) memeriksa meteran jaringan gas bumi di perumahan warga di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12). Pemerintah melalui PGN memberi tambahan 5.120 jargas pada tahun 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Badan Pengatur Hulu Minyak dan Gas (BPH Migas) dan PT Rekayasa industri (Rekind) melakukan groundbreaking pembangunan jaringan pipa gas ruas transmisi Cirebon-Semarang. Pipa transmisi ini merupakan bagian dari visi pemerintah membangun infrastruktur Jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi yang bakal menggantikan pemakaian gas elpiji 3 kg di sektor industri dan rumah tangga.

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa mengungkapkan, dengan terlaksananya pembangunan Ruas Pipa Transmisi Gas Bumi Cirebon- Semarang ini diharapkan dapat mendorong pengembangan kawasan-kawasan industri baru di sepanjang jalur pipa.

"Para pelaku industri juga diharapkan dapat beralih dari penggunaan bahan bakar, khususnya HSD dengan memanfaatkan gas bumi dalam pengoperasiannya. Sehingga kita dapat memaksimalkan pemanfaatan gas bumi domestik," ujar dia di Kantor BPH Migas, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Kehadiran pipa ruas transmisi ini juga dianggapnya akan mendukung rencana Pemerintah yang mau menghentikan pasokan gas ke Singapura sebanyak 300 MMSCFD (juta standar kaki kubik per hari) pada 2023. Penghentian ekspor ini bertujuan untuk memenuhi pasokan dalam negeri.

"Pembangunan pipa gas Cirebon-Semarang ini akan sangat bermanfaat dalam mendukung terintegrasinya pipa gas bumi Trans Sumatera dan Jawa. Ke depan BPH Migas akan melaksanakan lelang ruas pipa transmisi seperti Ruas Dumai-KEK Seimangke serta lelang Wilayah Jaringan Distribusi (WJD) yang telah diusulkan oleh badan usaha sejumlah 193 wilayah untuk peningkatan pemanfaatan gas bumi di Indonesia," bebernya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menjaga Lingkungan Lewat Mural di Manggarai

Posted: 10 Feb 2020 09:13 PM PST

Pejalan kaki dan warga melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pejalan kaki dan warga melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pejalan kaki dan warga melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kendaraan melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kendaraan melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kendaraan melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pejalan kaki melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pejalan kaki melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pejalan kaki melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kendaraan melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kendaraan melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kendaraan melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pejalan kaki melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pejalan kaki melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pejalan kaki melintasi mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pedagang berjualan di depan mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pedagang berjualan di depan mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pedagang berjualan di depan mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pejalan kaki dudu di depan mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pejalan kaki dudu di depan mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pejalan kaki dudu di depan mural yang berisi pesan ajakan untuk menjaga lingkungan di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Mural tersebut bertujuan mengingatkan bahwa permasalahan lingkungan merupakan masalah serius yang harus dihadapi bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Sejarah di Oscar 2020, Ini 5 Fakta Sosok Bong Joon-ho Sutradara Parasite

Posted: 10 Feb 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Academy Award atau disebut juga piala Oscar selalu disambut gembira oleh para pekerja di bidang seni peran khususnya film. Oscar merupakan penghargaan film Amerika untuk menghargai karya dalam industri film.

Pargelaran bergengsi setiap tahun ini tak hanya memasukan kategori film asal Amerika saja melainkan film dari berbagai belahan dunia yang mampu masuk dalam kriteria. Tahun ini pun Oscars sukses digelar di The Dolby Theatre in Hollywood, Los Angeles, AS, Minggu (9/2/2020) atau Senin (10/2/2020) waktu Indonesia.

Kali ini ada yang berbeda dari Oscars dari tahun sebelumnya. Parasite, film asal Korea Selatan mampu merebut piala kategori Film Terbaik. Parasite berhasil mengalahkan 9 film terbaik lainnya yaitu Ford v Ferrari, The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, Marriage Story, 1917 dan Once Upon a Time in Hollywood.

Tak hanya itu, Parasite juga melambungkan nama sang sutradara Bong Joon-ho. Lewat film Parasite, Bong Joon-ho juga sukses menyabet piala kategori Penyutradaraan Terbaik, Skenario Asli Terbaik dan Film Berbahasa Asing Terbaik. Total Parasite karya Bong Joon-ho sukses menyabet 4 piala Oscars, sekaligus mencetak sejarah baru.

Berhasil menjadi "raja baru" di Oscars berkat Parasite, sosok Bong Joon-ho sebelumnya sudah lama bergelut di dalam industri film. Dirinya telah banyak mengeluarkan film-film di tanah kelahirannya.

Berikut ini 5 fakta sosok Bong Joon-ho, sutradara film Parasite yang dirangkum oleh Liputan6.com, Selasa (11/2/2020) dari berbagai sumber.

1. Sutradara dan Penulis

Bong Joon Ho. (Foto: Instagram @ernestprakasa)
Bong Joon Ho. (Foto: Instagram @ernestprakasa)

Bong Joon-ho merupakan pria kelahiran Daegu, 14 September 1969. Ia merupakan sutradara sekaligus penulis latar Korea Selatan. Sebelum Parasite, Bong Joon-ho pernah menghasilkan karya film hits di antaranya Memories of Murder (2003), berdasarkan pada kasus pembunuhan berantai kisah nyata, film monster, The Host (2006) dan film berbahasa Inggris pertamanya soal film petualangan fiksi ilmiah Snowpiercer (2013).

Ia mendapatkan julukan "Bong Tae-il" yang jika diucapkan dalam Bahasa Korea terdengar seperti "detai". Hal tersebut lantaran, Bong Joon-ho adalah sutradara yang sangat memperhatikan emosi dan latar secara detail serta diisi dengan humor (dark jokes) dan perubahan suasana hati yang drastis.

2. Kehidupan Keluarga

Bong Joon-Ho. (Foto: Instagram @TheAcademy)
Bong Joon-Ho. (Foto: Instagram @TheAcademy)

Dalam kehidupan pribadinya, Bong Joon-ho merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ayahnya adalah Bong Sang-gyun, seorang desainer dan profesor grafis dan industri, sementara ibunya Park So-young adalah seorang ibu rumah tangga.

Kakeknya yaitu Park Tae-won adalah seorang penulis terhormat selama masa kolonial Jepang. Karya yang paling terkenal berjudul A Day in the Life of Gubo the Novelist dan soal kisah ke Korea Utara pada tahun 1950.

Kakak Bong Joon-ho, Bong Joon-so, adalah seorang Inggris profesor di Universitas Nasional Seoul, sementara kakak perempuannya Bong Ji-hee mengajar gaya busana di Universitas Anyang, dikutip dari People.

3. Cinta dengan Film Sejak SMP

Sutradara Parasite, Bong Joon Ho. (Paul Drinkwater/NBC via AP)
Sutradara Parasite, Bong Joon Ho. (Paul Drinkwater/NBC via AP)

Bong Joon-ho diketahui sudah membuat film sejak dirinya duduk di bangku Sekolah Menenagah Pertama. Ayahnya adalah seorang perancang dan kakeknya adalah seorang pengarang terkenal membuatnya turut cinta terhadap film. Ia mempelajari sosiologi di Universitas Yonsei pada akhir 1980-an dan mendirikan klub film bernama Yellow Door.

Pada awal 1990-an, ia menyelesaikan program dua tahun di Akademi Seni Film Korea. Saat di sana, ia membuat beberapa film pendek berjudul 16mm, film kelulusannya yaitu Memory Within the Frame dan Incoherence. Film itu berhasil diundang untuk ditayangkan di Festival Film Internasional Vancouver dan Festival Film Internasional Hong Kong. Ia lulus dari Yonsei pada 1995.

4. Penulis Skenario Film

Sutradara Korea Bong Joon Ho. foto: guidetravel.biz
Sutradara Korea Bong Joon Ho. foto: guidetravel.biz

Selain menjadi sutradara, Bong Joon-ho juga tak jarang ikut dalam pembuatan skenario. Untuk menghasilkan film yang ia inginkan, hampir semua karyanya ia turut terlibat dalam penulisan skeniario dan menjadi sutradara sekaligus produser.

Beberapa karya Bong Joon-ho yang melibatkan dirinya dalam pembuatan naskah antara lain Parasite (2019), Okja (2017), Mother (2009), Memories of Murder (2003), Phantom: The Submarine (1999).

5. Karier Internasional

Bong Joon Ho dan 4 Piala Oscar. (Foto: Instagram @TheAcademy)
Bong Joon Ho dan 4 Piala Oscar. (Foto: Instagram @TheAcademy)

Film garapannya yang berjudul The Host, menjadi film yang membuka kariernya di kancah internsional. Film ini bercerita soal seekor monster yang menculik putri dari seorang pria, dan upayanya untuk menyelamatkannya.

Bong Joon-ho harus ekstra keras menggarap film ini lantaran membutuhkan teknologi animasi yang canggih. Kabarnya ia harus bekerjasama dengan tim digital di Selandia Baru. Film ini pun berhasil diputar di Director's Fortnight Festival Film Cannes 2006 lalu.

Kesuskesannya tersebut mengantarkan film lainnya seperti Mother, 3.11 A Sense of Home, Snowpiercer menjadi kategori di acara penghargaan bergengsi lainnya.

Film Parasite yang tayang pada 2019 lalu sukses membawa dirinya, kru serta para aktor dan aktris lainnya ke ajang bergengsi Oscars. Bong Joon-ho meraih 4 piala Oscars dan mewakili Asia dalam acara tersebut.

Bong Joon-ho bersama Parasite mencetak sejarah baru dalam pargelaran Oscras 2020 sebagai film asing (non bahasa Inggris) pertama kali yang memenangkan Film Terbaik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lokasi Kongres PAN Didominasi Massa Zulhas dan Mulfachri

Posted: 10 Feb 2020 09:09 PM PST

Liputan6.com, Kendari - Lokasi Kongres PAN di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara sudah ramai para kader sejak pagi hari. Suasana pun didominasi para pendukung calon Ketua Umum (Caketum) PAN Zulkifli Hasan dan Mulfachri Harahap.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (11/2/2020), suasana pun sempat kembali memanas saat massa saling meneriakkan dukungan terhadap caketum yang didukungnya.

"Lanjutkan," teriak massa pendukung Zulkifli Hasan.

Tidak terima dengan itu, massa pendukung Mulfachri menimpali. Nada suaranya dibuat lebih lantang.

"Apa lanjutkan, lanjutkan. Mulfachri menang," balasnya.

Kongres PAN sendiri digelar tertutup dan dimulai sekitar pukul 11.00 Wita. Awak media dilarang memasuki ruangan rapat.

Berdasarkan informasi, baru 10 menit dibuka oleh pimpinan Steering Committee (SC), peserta Kongres PAN langsung melakukan interupsi. Bahkan terjadi saling lempar air mineral gelas. Hingga pukul 12.00 Wita, sidang kemudian diskors dengan batas waktu yang belum diketahui.

 

Rapat Bahas Sejumlah Poin

Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). (Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu)
Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). (Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu)

Partai Amanat Nasional (PAN) memulai rangkaian Kongres V PAN dengan sidang pleno pertama. Kongres V PAN ini digelar di Hotel Claro Kendari, Sulawesi Tenggara, 10-12 Februari 2020.

Wasekjen PAN Soni Sumarsono mengatakan, sidang dibuka pada pukul 11.00 Wita oleh Ketua Steering Committee (SC) sekaligus sekjen PAN Eddy Soeparno.

"Ketua SC didampingi para anggota SC antara lain Farhan Hamid, Saleh Daulay, Totok Daryanto, M Najib dan lain-lain," kata dia, di Hotel Claro Kendari, Selasa (11/2/2020).

Hadir dalam pleno pertama, lanjut Soni, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Soetrisno Bachir, dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais juga hadir di ruang sidang. Caketum PAN Mulfachri Harahap dan Asman Abnur juga tampak di ruang sidang.

"Pak Amien Rais juga hadir dan Bendum (bendahara umum) PAN Nasrullah. Mulfahri Harahap, Hatta Rajasa juga hadir di ruang sidang," lanjut dia.

Dia menjelaskan, sidang pleno pertama memang bersifat tertutup. Poin-poin yang akan dibahas dalam sidang di kongres PAN, antara lain materi draf tata tertib kongres, draf acara, dan draf materi.

Juga dibahas dalam sidang, draf AD/ART, draf azas plaftorm PAN, draf garis perjuangan partai, draf program kerja, dan draf kebijakan partai.

"Dan draf tata tertib pemilihan ketua formatur dan anggota formatur dan draf pemilihan Ketua MPP," jelas dia.

Setelah dibuka oleh Eddy Soeparno, sidang kemudian dilanjutkan dipimpin oleh Ahmad Farhan Hamid yang merupakan anggota SC senior.

"Sebelum mengawali sidang Ahmad Farhan Hamid berpesan agar peserta sidang tetap bersatu meskipun dalam perbedaan dan tetap gembira," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nurhadi Terus Mangkir, Kini KPK Panggil Istri Eks Sekretaris MA Itu

Posted: 10 Feb 2020 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan istri dari mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, Tin Zuraida. Tin akan dimintai keterangan seputar kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat suaminya.

Pantauan Liputan6.com hingga pukul 11.30 WIB, Tin belum tiba di KPK.

Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal Hiendra Soenjoto (HS). Tin akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum Kemenpan RB.

"Saksi Tin Zuraida akan diperiksa untuk tersangka HS," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

KPK juga memanggil tiga saksi lainnya untuk tersangka Hiendra, yaitu adovokat Yosef B Badeoda, Albert Christian Kairupan karyawan swasta, dan Lusi Indriati, istri dari tersangka Hiendra.

Pada kasus ini, KPK mengultimatum Nurhadi untuk kooperatif menjalani proses hukum di lembaga antirasuah. Jika tidak, KPK merencanakan penjemputan paksa terhadap Nurhadi.

"Mudah-mudahan dengan kami sampaikan ini para tersangka tetap kooperatif, bisa untuk menyerahkan diri atau bisa datang ke Gedung KPK sebelum nanti kami dari penyidik akan melakukan tindakan tersebut, karena secara administratif (jemput paksa) sudah kami siapkan," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (4/2/2020).

 

Lima Kali Mangkir

Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurachman usai menjadi saksi pada sidang lanjutan dugaan suap terkait pengurusan sejumlah perkara dengan terdakwa Eddy Sindoro di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (21/1). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurachman usai menjadi saksi pada sidang lanjutan dugaan suap terkait pengurusan sejumlah perkara dengan terdakwa Eddy Sindoro di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (21/1). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Nurhadi diketahui sudah lima kali mangkir panggilan pemeriksaan baik sebagai saksi maupun tersangka. Ali Fikri belum bersedia membeberkan kapan pihak lembaga antirasuah akan menjemput paksa Nurhadi.

"Tidak bisa kami sampaikan kapan waktunya ya, karena tentu ini bagian dari penanganan perkara," kata Ali.

Sebelumnya, KPK menetapkan Nurhadi sebagai tersangka karena yang bersangkutan melalui Rezky Herbiono, diduga telah menerima suap dan gratifikasi dengan nilai Rp 46 miliar.

Tercatat ada tiga perkara sumber suap dan gratifikasi Nurhadi, pertama perkara perdata PT MIT vs PT Kawasan Berikat Nusantara, kedua sengketa saham di PT MIT, dan ketiga gratifikasi terkait dengan sejumlah perkara di pengadilan.

Diketahui Rezky selaku menantu Nurhadi diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto untuk mengurus perkara itu. Cek itu diterima saat mengurus perkara PT MIT vs PT KBN.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ICW: KPK Sebaiknya Fokus Buru Harun Masiku, Bukan Safari Lembaga Negara

Posted: 10 Feb 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Corruption Watch (ICW) kembali mengkritik gaya kepemimpinan Komjen Firli Bahuri di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan, seharusnya Firli dan komisioner KPK lainnya lebih fokus menangani sebuah perkara dibanding melakukan pertemuan ke beberapa lembaga.

Menurut Kurnia, lebih baik pimpinan KPK menjelaskan kepada publik upaya yang dilakukan dalam menemukan politikus PDIP Harun Masiku. Diketahui, sudah lebih dari satu bulan pasca-ditetapkan sebagai tersangka, KPK masih belum menemukan Harun.

"Pimpinan KPK bukannya malah serius menangani perkara ini, akan tetapi justru malah terlalu sering safari ke beberapa lembaga negara," ujar Kurnia saat dikonfirmasi, Selasa (11/2/2020).

Melihat gaya kepemimpinan Firli cs di lembaga antirasuah yang gemar safari, menurut Kurnia wajar jika masyarakat memandang pimpinan KPK jilid V ini tak serius dalam menangani sebuah perkara.

Tak hanya itu saja, menurut Kurnia, masih ada beberapa faktor yang dia sebut pimpinan KPK tak serius menangani perkara.

"Misalnya saja merujuk pada kegagalan KPK dalam menyegel kantor PDIP, kegagalan pimpinan KPK menjelaskan apa yang terjadi di PTIK, dan perihal kantor DPP PDIP yang sampai saat ini tak kunjung digeledah oleh KPK," kata Kurnia.

 

Masak Nasi Goreng

Ketua KPK Firli Bahuri menghadiri upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah pejabat tinggi Polri di Rupatama Mabes Polri, Selasa (11/2/2020). Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin 8 Kapolda yang dirotasi dan pejabat utama lain untuk melafalkan sumpah jabatan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Ketua KPK Firli Bahuri menghadiri upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah pejabat tinggi Polri di Rupatama Mabes Polri, Selasa (11/2/2020). Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin 8 Kapolda yang dirotasi dan pejabat utama lain untuk melafalkan sumpah jabatan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kurnia juga menyayangkan aksi Firli Bahuri yang memperlihatkan kepiawaiannya dalam memasak nasi goreng. Menurut Kurnia, tak ada relevansinya antara masak nasi goreng dengan penanganan perkara.

Kurnia pun menuntut agar Firli cs serius menahkodai lembaga antirasuah.

"Pimpinan KPK harus menjelaskan kepada publik tenggat waktu pencarian Harun Masiku. Sebab, proses ini sudah terlalu berlarut-larut," kata Kurnia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikarantina di Kapal Karena Virus Corona, Pasangan Ini Pesan Wine Pakai Drone

Posted: 10 Feb 2020 09:04 PM PST

Liputan6.com, Yokohama - Sebanyak 41 kasus positif Virus Corona ditemukan dalam Kapal pesiar Diamond Princess yang kini menepi di Yokohama, Jepang. Semua penumpang pun langsung dikarantina di dalam kapal pesiar tersebut.

Kapal pesiar Diamond Princess berlayar di lepas pantai dengan sekitar 3.700 orang saat seluruhnya ditahan untuk dikarantina selama dua pekan sejak mereka tiba di pelabuhan Yokohama.

Melansir dari New York Post, Selasa (11/2/2020), salah satu penumpang di kapal itu adalah pasangan Australia yang telah berhasil mendapatkan dua botol wine yang dikirim ke kapal dengan menggunakan drone. Rupanya mereka tetap terus membuat "pesta mengalir" meskipun masih dengan kondisi terjebak untuk beberapa hari ke depan di kapal pesiar Diamond Princess itu. 

Pasangan Jan dan Dave Binskin dari Queensland, Australia, telah membagikan perjalanan mereka saat terjebak dan menikmati minuman alkohol ketika mereka terdampar di kapal Diamond Princess di lepas pantai Tokyo selama seminggu terakhir.

Melalui tulisan yang diunggah di akun Facebook milik mereka, keduanya mengatakan bahwa "Kami telah memasuki hari ke 6 dari 14 dikarantina, terjebak dalam kamar kami di kapal pesiar Diamond Princess di Yokohama, Jepang."

Masih terus berbagi kisahnya selama dikarantina, pasangan itu mengunggah pemandangan laut dan mengatakan bahwa pandangan mereka hanyalah laut untuk 13 hari ke depan, atau bahkan 28 hari mengingat mereka baru saja menemukan 10 orang positif terjangkit Virus Corona.

Pasangan itu mengatakan, mereka diperbolehkan keluar setiap 4 atau 5 hari selama 1 jam untuk berjalan di deck kapal. Mereka juga menyampaikan bahwa kondisinya baik-baik saja, juga dalam semangat yang baik.

Binskins Menikmati Wine

Sebuah kapal pesiar Diamond Princess berlabuh di Pelabuhan Yokohama pada saat kedatangan di Yokohama, dekat Tokyo, Selasa, (4/2/2020). (Kyodo News via AP)
Sebuah kapal pesiar Diamond Princess berlabuh di Pelabuhan Yokohama pada saat kedatangan di Yokohama, dekat Tokyo, Selasa, (4/2/2020). (Kyodo News via AP)

Meskipun pasangan Australia itu mendapati pemandangan laut, namun dengan kondisi laut yang semakin tidak mulus, pasangan Binskins membutuhkan sebuah wine untuk situasi seperti itu.

Pasangan itu kemudian menikmati wine dari Naked Wine Club dan sangat menyenangkan bagi mereka untuk menerima dua botol Pinot Noir yang dikirim ke pintu kamar mereka dengan menggunakan drone.

"Naked Wine Club, kau luar biasa. Baru saja mendapat kiriman pertama," seperti yang ditulis oleh pasangan itu pada Jumat, bersama dengan foto Dave yang sedang berbaring di tempat tidur mengenakan masker dan memegang gelas.

Dengan rasa ingin tahu apakah bisa mendapatkan pengiriman wine dengan kondisi terjebak di kapal, mereka segera memesan dan rupanya Naked Wine Club menerima permintaan wine dari pasangan Australia itu. 

Melalui sebuah unggahan di akun Facebook, pasangan itu mengatakan bahwa dua botol wine dikirim ke kapal dengan menggunakan drone. Mereka juga mengatakan bahwa penjaga pantai Jepang tidak mengetahui apa yang sedang terjadi terkait pemesanan wine.

"Terima kasih Tuhan untuk drone, dan para penjaga pantai Jepang tidak tahu apa yang terjadi," seperti yang ditulis Binskins.

Pada senin (10/2), sebuah foto yang memperlihatkan keduanya mengenakan masker di kapal diunggah melalui akun Facebook Binskins. Tak sedikit warganet yang ikut memberikan semangat dan dukungan kepada keduanya di setiap unggahan mereka agar tetap selamat dan proses karantina cepat selesai.

 

Reporter: Jihan Fairuzzia

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pedagang Motor Bekas Ogah Beli Vespa, Ini Alasannya

Posted: 10 Feb 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki pengguna setia, merek Vespa di Indonesia cukup dikenal. Tak hanya versi lawasnya, beragam model berjenis matik yang hadir saat ini juga menjadi incaran konsumen Tanah Air.

Selain mendapat perkembangan teknologi terbaru, merek asal Italia ini juga memiliki nilai historis. Masuk dalam segmen premium, harga baru Vespa pun cukup mahal, yakni mulai dari Rp30 jutaan.

Bagi konsumen yang tak memiliki kocek besar, bisa memilih edisi bekasnya. Namun, tak mudah menemukan motor ini di pedagang motor bekas.

Beberapa pedagang mengaku tak mau menampung motor bekas Vespa untuk dijual kembali meski dengan kondisinya masih sangat mulus. Salah satunya showroom motor bekas di Bekasi Barat, Luminta Motor.

"Motor itu jarang peminatnya, karena harganya mahal, bengkel servisnya juga enggak banyak, jadi memang cukup sulit menjualnya" kata Simon, pemilik Luminta Motor.

 

Pedagang Lainnya

Hal senada juga diungkapkan Rudy, pemilik showroom jual beli motor bekas di Jelambar, Jakarta Barat. Pihaknya menilai penjualan Vespa bisa diterima dengan baik hanya di antara komunitas dan penggemar setia motor ini.  

"Kalau sesama komunitas memang cepat saja jualnya. Tapi, kalau mau jual untuk masyarakat umum sulit. Mereka akan lebih memilih kendaraan seperti Vario, Beat atau Mio karena memang servisnya lebih murah juga. Itu masuk motor hobi lah," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Gaun, Billie Eilish Kenakan Setelan Kedodoran Serba Chanel di Oscar 2020

Posted: 10 Feb 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Semarak ajang penghargaan bergengsi dunia perfilman, Oscar 2020 telah berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat pada Minggu, 9 Februari 2020, waktu setempat. Gelaran ini turut dihadiri oleh deretan pesohor, tak terkecuali penyanyi Billie Eilish.

Seperti bintang lainnya, penampilan pelantun Ocean Eyes ini jadi sorotan ketika melenggang di karpet merah Oscar 2020. Seperti biasa, Billie Eilish tampil dengan gaya khasnya yang nyentrik dan sukses jadi sorotan.

Penyanyi berusia18 tahun tersebut tentunya tak mengenakan gaun seperti pesohor kebanyakan. Namun, Billie Eilish memilih bergaya dengan busana serba Chanel.

Dilansir Allure, Selasa (11/2/2020), Billie Eilish tampil dalam balutan atasan dan celana oversized serba putih dari Chanel pada penampilan perdananya di Academy Awards ke-92 tersebut.

Ia melengkapi penampilan dengan sarung tangan renda serta pin yang juga dari rumah mode asal Prancis tersebut. Rambutnya yang hitam dan dicat hijau neon ditata loose updo.

Tata rambutnya ditambah dengan aksesori rambut dari Chanel. Billie juga hadir bersama kakak laki-lakinya, Finneas O'Connell di karpet merah Oscar 2020 yang mengenakan busana yang seluruhnya dari rumah mode Gucci.

Serba Chanel

Billie Eilish saat tampil di karpet merah Oscar 2020. (Amy Sussman / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)
Billie Eilish saat tampil di karpet merah Oscar 2020. (Amy Sussman / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Billie Eilish tampil spesial saat di karpet merah dengan manicure khusus. Kuku yang berbentuk persegi panjang. Jari-jemarinya dilapisi cat kuku warna hitam dengan top coat mengkilap dengan permata kecil di ujungnya.

Tampak pula aksesori Chanel mulai dari anting-anting panjang hingga kalung-kalung dibalut nuansa emas yang membuat tampilan Billie kian glamor dan mewah.

Cincin-cincin besar turut disematkan di jari-jarinya yang tampak penuh kilau. Billie melengkapi gaya dengan sepasang sepatu hitam putih yang dibalut sentuhan fluffy.

Sementara, Billie Eilish menyuguhkan aksi panggung dalam In Memoriam di Oscar 2020. Bersama Finneas, mereka mempersembahkan lagu Yesterday dari The Beatles untuk mengenang para sineas dunia film dan pebasket Kobe Bryant yang meninggal dunia pada 26 Januari 2020 dalam kecelakaan helikopter.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Imbau Warga NTT Waspada Fenomena Alam Madden Julian Oscillation

Posted: 10 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Kupang - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Nusa Tenggara Timur waspada terhadap fenomena alam Madden Julian Oscillation (MJO), yang memicu hujan deras disertai angin kencang 

"Hujan disertai angin kencang yang terjadi di beberapa wilayah di NTT saat ini, disebabkan oleh fenomena MJO yang saat ini berada di kuadran 5 (maritime continent)," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi El Tari, Agung Sudiono Abadi dikutip Antara, Selasa (11/2/2020).

MJO adalah fenomena gelombang atmosfer yang bergerak merambat dari barat (Samudera Hindia) ke timur dengan membawa massa udara basah.

Dia menjelaskan fenomena MJO yang saat ini berada di kuadran 5 (maritime continent), berdampak terhadap anomali curah hujan di suatu wilayah yang dilaluinya.

"Masuknya aliran massa udara basah dari Samudera Hindia ini, memicu meningkatnya curah hujan di daerah-daerah yang dilalui, termasuk wilayah NTT," kata dia.

Kondisi itu, kata dia, masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan kilat atau petir.

Selain itu, kata dia, pengguna dan operator jasa transpotasi laut, nelayan, wisata bahari, dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir, diimbau mewaspadai potensi tinggi gelombang laut.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Fenomena Banjir 'Darah' Usai Gempa di Turki

Posted: 10 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan Januari 2020, Turki mengalami gempa yang cukup besar, yaitu 6,8 magnitudo. Gempa tersebut memakan korban jiwa sebanyak 36 orang dan korban luka-luka 1.607 orang. Gempa bumi terjadi pada kedalaman sekitar 9 mil dan berpusat di dekat distrik Sivrice, di provinsi Elazig, Turki timur.

Kemudian provinsi itu diguncang lebih jauh oleh serangkaian gempa susulan mulai dari antara 5,4 hingga 3,3 skala Richter. Sehabis gempa muncul fenomena aneh yang meresahkan yaitu berubahnya air menjadi merah seperti darah.

Perubahan air menjadi merah seperti darah yang terjadi di Turki bisa dibilang pemandangan yang tak biasa. Banyak warga di sana yang mengira itu sebagai tanda untuk mereka naik ke perbukitan yang tinggi. Berdasarkan informasi yang dikutip dari DailyStar, belum diketahui secara pasti apa penyebab fenomena alam ini. Terilihat jelas dalam video, cairan berwarna merah seperti darah mengalir membajiri tanaman hingga ke jalanan.

Tidak Masuk Akal

Sumber : DailyStar
Sumber : DailyStar

Beberapa orang percaya dan berkomentar bahwa penyebab kejadian itu bisa jadi pewarna yang telah dimasukkan ke dalam pasokan air untuk membantu mendeteksi kebocoran. Akan tetapi, pemikiran tersebut telah ditentang karena sangat tidak masuk akal pewarna merah darah dimasukkan ketika tidak hujan dan tak bocor.

Ada lagi penjelasan yang mengatakan bahwa kejadian itu disebabkan oleh tercampurnya sumber air dengan limbah darah dari Rumah Potong Hewan.

Tanda-tanda Kiamat

Sumber : DailyStar
Sumber : DailyStar

Banyak yang menerka-nerka penyebab terjadinya fenomena ini dengan pikiran yang tidak masuk akal. Ada juga yang menyambungkan dengan prediksi di tahun-tahun sebelumnya tentang tanda-tanda kiamat di akhir zaman.

Penulis :

Ayu Ester Simanjuntak

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Pebisnis di China Kembali Jalankan Usaha di Tengah Wabah Corona

Posted: 10 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Warga China perlahan-lahan kembali bekerja di awal pekan ini, usai kegiatan mereka terbatasi wabah Virus Corona yang melanda negara tersebut. Banyak pemerintah daerah yang memperpanjang liburan Tahun Baru Imlek lebih dari seminggu demi menjaga penularan virus lebih lanjut.

Meski demikian, kegiatan yang berjalan masih jauh dari kondisi bisnis seperti biasa di negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut.

Melansir laman CNN, Selasa (11/2/2020), para pejabat telah mengeluarkan berbagai panduan tentang hal yang seharusnya perusahaan lakukan ketika hari libur nasional berakhir dan jutaan warga China harus kembali bekerja.

Perusahaan diminta untuk memeriksa suhu pekerja yang datang ke kantor. Bahkan, muncul instruksi yang lebih spesifik, seperti di distrik di Shenzhen bagi perusahaan yang memiliki banyak pekerja migran untuk mengatur area karantina, bagi yang kembali dari "zona terinfeksi."

Hingga kini, Virus Corona telah membunuh lebih dari 900 orang dan menginfeksi setidaknya 40.000, kebanyakan di Cina daratan. Sebagian besar kasus berada di provinsi Hubei, Cina tengah.

Di lokasi lain di China, beberapa perusahaan besar juga berusaha untuk kembali beroperasi- meskipun dengan melakukan tindakan pencegahan secara serius. Sementara yang lain masih tutup.

Seperti Huawei, pembuat smartphone top negara itu, kembali membuka kantor pusatnya di Shenzhen, yang mempekerjakan sekitar 40.000 orang, menurut sumber.

Operasional sejalan dengan keputusan pemerintah lokal yang mengizinkan bisnis dibuka kembali. Namun pekerja Huawei kembali ke lingkungan yang sangat berbeda dari yang mereka tinggalkan Januari.

Setiap pagi, pekerja harus memberikan rincian tentang suhu tubuh dan keberadaan mereka selama dua minggu terakhir. Juga ada pemeriksaan suhu di gedung-gedung perkantoran dan tempat parkir, sementara disediakan masker wajah dan pembersih tangan.

Pekerja Tencent dan Alibaba tinggal di rumahTencent (TCEHY), yang juga berbasis di Shenzhen, memutuskan untuk mempekerjakan para staf di China daratan dari rumah. Keputusan ini berlaku setidaknya selama dua minggu ke depan.

"Kesehatan dan keselamatan karyawan kami adalah yang paling penting bagi kami," kata seorang juru bicara perusahaan.

"Tencent akan terus memantau situasi dengan cermat dan akan merevisi pengaturan ini sebagaimana diperlukan."

Banyak pula yang mengambil pendekatan serupa. Tim Microsoft (MSFT) juga bekerja dari rumah setidaknya satu minggu ke depan. Sementara kantornya di Hong Kong terus beroperasi seperti biasa, kata seorang juru bicara.

 

Langkah Antisipasi

Pekerja menyemprot tempat sampah di luar Stasiun Kereta Api Hankou yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Pemerintah China mengisolasi Kota Wuhan yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa untuk menahan penyebaran virus corona. (Chinatopix via AP)
Pekerja menyemprot tempat sampah di luar Stasiun Kereta Api Hankou yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Pemerintah China mengisolasi Kota Wuhan yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa untuk menahan penyebaran virus corona. (Chinatopix via AP)

Pekerja e-commerce raksasa Alibaba (BABA) juga meminta karyawan untuk bekerja dari rumah selama satu minggu lagi.

Baidu (BIDU), penyedia mesin pencari teratas China, mengatakan bahwa mereka secara bertahap membuka kembali kantornya pada hari Senin. "Tetapi karyawan yang masuk harus memenuhi persyaratan karantina, dan mereka hanya dapat kembali bekerja di kampus setelah persetujuan," kata perusahaan itu dalam memo internal.

Dane Anderson, wakil presiden dan manajer regional Asia Pasifik di Forrester Research, mengatakan kebingungan di antara perusahaan tentang bagaimana mengelola wabah itu dapat diprediksi, mengingat kurangnya persiapan.

Pabrik Toyota dan GM memutuskan tetap tutup. Toyota sempat mempertimbangkan untuk membuka kembali pabriknya di China hari Senin, namun kemudian keputusan berubah. Penutupan diperpanjang hingga seminggu lagi.

General Motors (GM) mengatakan akan melanjutkan produksi di Cina mulai 15 Februari. Ini mengacu pada upaya pemulihan selama dua minggu berdasarkan faktor-faktor seperti keselamatan karyawan, kesiapan rantai pasokan dan kebutuhan persediaan produk.

Pemerintah China kemungkinan akan segera memberikan kejelasan tentang kondisi bisnis di negaranya.

Dewan Negara China berencana untuk mengadakan konferensi pers pada hari Selasa waktu setempta untuk membahas bagaimana China membantu perusahaan melanjutkan produksi.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puluhan CPNS Kediri Gugur di Hari Pertama Tes

Posted: 10 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tidak hadir saat tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di hari pertama berlangsung, sehingga secara otomatis gugur menjadi peserta.

"Empat sesi tidak sampai penuh semua. Jadi, karena tidak hadir dianggap tidak ikut dan tidak mungkin tes susulan," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri Mohamad Solikin di Kediri, Jawa Timur, Senin, 10 Februari 2020.

Ia mengatakan, per sesi ada 280 kursi yang disediakan untuk peserta tes SKD CPNS di Kabupaten Kediri. Kegiatan sesi pertama dimulai pukul 10.00 WIB hingga berlangsung empat sesi, dilansir dari Antara.

Untuk sesi pertama, dari peserta per sesi untuk sebanyak 280 ternyata sesi pertama yang ikut tes 257 orang peserta. Untuk sesi dua yang ikut tes adalah 268 peserta, sesi tiga yang ikut tes adalah 260 peserta, dan sesi empat yang ikut tes adalah 262 peserta.

Pelaksanaan tes SKD CPNS di Kabupaten Kediri berlangsung mulai 10 Februari hingga 14 Februari 2020. Total formasi untuk Kabupaten Kediri adalah 690 orang, yang terdiri atas posisi guru 430, posisi tenaga kesehatan 158, tenaga teknis 102, sehingga totalnya 690.

Solikin menyebut, jumlah calon peserta yang mengisi formulir sebelumnya adalah 9.444 orang, lalu yang mengirimkan formulir adalah 9.065. Dari jumlah tersebut, yang memenuhi syarat adalah 6.676 orang. Mereka akan ikut tes SKD CPNS yang dibagi sesuai dengan jadwal jam ujian masing-masing.

 

Berjalan Lancar

Ilustrasi tes CPNS
Ilustrasi tes CPNS

Ia juga menambahkan, selama tes pertama ini relatif lancar. Pemkab juga sudah melakukan uji coba sehari sebelum pelaksaana tes, dan semua relatif juga lancar, sehingga saat tes berlangsung dengan tertib.

"Pelaksanaan ujian relatif lancar. Kemarin uji coba lancar. Tadi ada pergantian genset, tidak masalah," kata dia.

Sementara itu, lokasi tes digelar di area Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri.

Sebelum tes dimulai, peserta harus melakukan registrasi di meja yang telah disediakan. Mereka lalu harus melewati jalur khusus. Seluruh barang bawaan yang tidak terkait dengan ujian diletakkan di rak khusus. Demi mencegah tertukar, setiap tas dan barang bawaan lainnya diberi nomor.

Peserta lalu masuk di ruangan khusus untuk ujian. Untuk peserta disabilitas maupun peserta lain yang membutuhkan, panitia juga sudah menyediakan kursi roda ditempatkan di area ruang tunggu.

Proses ujian berlangsung dengan daring. Peserta mengenakan baju bawahan hitam dan atasan putih. Selain yang tidak berkepentingan tidak diizinkan masuk. Bahkan, petugas sampai membawa alat pendeteksi logam, demi mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Acara Pengumuman Realme X50 Pro 5G Berlangsung 24 Februari

Posted: 10 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Realme tengah menyiapkan peluncuran smartphone terbaru, X50 Pro 5G. Informasi tentang smartphone tersebut juga sudah beredar di ranah internet.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (11/2/2020), Realme mengungkapkan tanggal pengumuman X50 Pro 5G yakni pada 24 Februari 2020. Acaranya akan digelar di Mobile World Congress (MWC) Barcelona, Spanyol. Hal ini diketahui dari undangan acara yang beredar di internet.

Kehadiran undangan tersebut sekaligus mengonfirmasi kehadiran Realme di MWC 2020. Seperti diketahui, sejumlah perusahaan teknologi termasuk LG dan Sony, membatalkan kehadirannya di acara tersebut untuk menghindari penyebaran virus Corona.

X50 Pro 5G akan semakin meramaikan pasar smartphone dengan dukungan 5G pada tahun ini. Sebelumnya, Realme juga sudah merilis smartphone 5G lain dari seri yang sama yaitu Realme X50 5G.

Smartphone ini sekaligus menandakan bahwa Realme telah memasuki era 5G. Realme X50 5G hadir pada Januari 2020 dengan chipset Snapdragon 765G, sedangkan varian Pro akan disokong Snadragon 865.

Realme X50 5G Meluncur

Realme X50 5G. Liputan6.com/Diyah Naelufar
Realme X50 5G. Liputan6.com/Diyah Naelufar

Realme resmi merilis smartphone 5G miliknya, Realme X50 5G, di Beijing, Tiongkok pada Selasa (7/1/2020). Namun produk ini hanya bisa ditemukan di pasar Tiongkok saja.

Smartphone ini sekaligus menandakan bahwa Realme telah memasuki era 5G. Ke depannya Realme berupaya memegang tren 5G, serta akan menghadirkan smartphone 5G yang terjangkau dan trendi bagi generasi muda.

Chief Marketing Officer Realme, Xi Qu Chase, mengatakan bahwa setiap era memiliki tren masing-masing, era 3G didominasi oleh musik, era 4G diisi dengan video, dan di 5G adalah era gaming.

Realme X50 5G dilengkapi chipset Snapdragon 765G yang sudah terintegrasi 5G, sehingga memberikan tampilan yang lebih baik. Berbekal layar 6.75 inci, smartphone ini telah dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 5.

Realme X50 5G juga memiliki fitur Sunlight Display Technology dan Dark Mode. Selain itu, fitur pemindai sidik jarinya terhubung dengan tombol power.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan, Segera Hindari

Posted: 10 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyebab gigi ngilu berkepanjangan bisa disebabkan berbagai faktor. Gigi ngilu merupakan pertanda sensitivitas pada gigi. Gigi ngilu merupakan sensasi ketidaknyamanan pada gigi sebagai respons terhadap rangsangan tertentu, seperti suhu panas atau dingin.

Gigi ngilu bisa bersifat ringan atau kronis, dapat memengaruhi satu gigi, beberapa gigi, atau semua gigi. Gigi sensitif yang kronis bisa menyebabkan ngilu yang berkepanjangan. Penyebab gigi ngilu berkepanjangan disebabkan oleh pengikisan lapisan pelindung gigi yang disebut enamel.

Gigi ngilu pastinya menimbulkan ketidaknyamanan penderitanya. Penyebab gigi ngilu berkepanjangan biasanya bisa diobati dan dihindari. Penyebab gigi ngilu berkepanjangan bisa berupa cara menyikat gigi yang salah, makanan, atau kebiasan buruk lainnya.

Terkadang penyebab gigi ngilu berkepanjangan disebabkan oleh penyakit tertentu seperti penyakit lambung. Mengetahui penyebab gigi ngilu berkepanjangan dapat membuat kamu lebih waspada terhadap masalah ini. Penyebab ini bisa kamu hindari untuk mencegah gigi sensitif yang lebih parah. Berikut 10 penyebab gigi ngilu berkepanjangan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/2/2020).

Penyebab gigi ngilu berkepanjangan

Minuman Soda dan asam (Benjamas11/Shutterstock)
Minuman Soda dan asam (Benjamas11/Shutterstock)

Makanan dan minuman asam

Makanan dan minuman bersifat asam seperti jus jeruk, tomat, buah dan yogurt dapat menyebabkan sensitivitas yang menyakitkan pada gigi berkepanjangan. Jika jalur saraf terpapar makanan asam, kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit dan ngilu.

Paparan yang sering terhadap makanan asam dapat mengikis enamel. Ini menyebakan gigi menjadi lebih sensitif. Mengonsumsi makanan asam dalam jangka panjang juga bisa menjadi penyebab gigi ngilu berkepanjangan.

Soda

Soda dapat menimbulkan erosi pada lapisan terluar gigi. Ini yang menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif dan mudah ngilu. Erosi ini menyebakan pengikisan yang jika terus dibiarkan akan menyebabkan gigi berlubang.

Jika kamu ingin tetap mengonsumsi minuman bersoda, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Minum soda dengan cepat dan berkumur setelahnya dapat mencegah pengikisan enamel gigi yang menyebakan gigi sensitif.

Penyebab gigi ngilu berkepanjangan

Es batu/copyright: shutterstock
Es batu/copyright: shutterstock

Mengunyah es batu

Bagi sebagian orang, mengunyah es batu adalah cara ampuh mengatasi dehidrasi atau rasa pedas. Namun, melakukannya terlalu sering dapat memberi dampak buruk pada gigi.

Seiring berjalannya waktu, mengunyah es batu bisa mengikis enamel gigi. Ketika enamel terkikis, gigi bisa menjadi sangat sensitif terhadap zat panas dan dingin.

Makanan dan minuman dengan suhu ekstrem

Sensitivitas gigi disebabkan oleh enamel gigi yang aus atau saraf yang terbuka di gigi. Ketika kamu makan atau minum sesuatu dengan suhu yang sangat rendah atau tinggi, kamu mungkin merasakan rasa ngilu yang tiba-tiba dan tajam. Paparan pada panas ekstrem atau dingin bisa membuat gigi lebih sensitif dan lebih berisiko menimbulkan ngilu berkepanjangan.

Penyebab gigi ngilu berkepanjangan

ilustrasi sikat gigi/copyright Shutterstock
ilustrasi sikat gigi/copyright Shutterstock

Sering menggemeretakkan gigi

Sering menggemeretakkan gigi dapat menyebabkan sensitivitas gigi kronis yang menyebabkan ngilu berkepanjangan. Menggemeretakkan gigi bisa merusak enamel dan mengganggu dentin, atau lapisan tengah gigi, yang berisi tabung berlubang yang mengarah ke saraf. Stres tinggi dan kurang tidur dapat meningkatkan kebiasaan menggemeretakkan gigi.

Menyikat gigi terlalu kuat

Kadang-kadang sensitivitas gigi berasal dari menyikat dengan terlalu kuat. Menyikat gigi yang kuat dapat merusak lapisan pelindung gigi dan mengekspos dentin gigi. Ketika tabung ini terpapar suhu ekstrem atau makanan yang asam atau lengket, sensitivitas dan ketidaknyamanan gigi dapat terjadi.

Penyebab gigi ngilu berkepanjangan

Ilustrasi Foto Gigi (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Gigi (iStockphoto)

Plak yang menumpuk

Penumpukan plak yang berlebihan dapat menyebabkan enamel gigi aus yang menyebabkan gigi ngilu berkepanjangan. Ini karena gigi kehilangan perlindungan yang diberikan oleh enamel. Plak tidak hanya menggerogoti gigi tetapi juga gusi yang menyebabkan sensitivitas pada keduanya.

Untuk mengurangi penumpukan plak, lakukan rutinitas perawatan mulut yang baik yang meliputi penyikatan dan flossing secara menyeluruh.

Masalah asam lambung

Sakit maag atau gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat menyebabkan asam lambung mengalir ke mulut (refluks). Sifat asam ini dapat mengikis enamel gigi yang menyebabkan gigi ngilu.

Penyebab gigi ngilu berkepanjangan

Ilustrasi pasta gigi. (dok. Bruno/Germany/Pixabay)
Ilustrasi pasta gigi. (dok. Bruno/Germany/Pixabay)

Sikat gigi yang salah

Menggunakan jenis sikat gigi yang salah juga dapat menjadi penyebab gigi ngilu berkepanjangan. Menggunakan sikat gigi yang kasar dapat merusak lapisan pelindung gigi. Solusi paling sederhana adalah beralih ke sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut. Pastikan juga untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali.

Produk perawatan gigi dengan pemutih

Banyak produsen menambahkan bahan kimia pemutih gigi ke formula pasta gigi. Beberapa orang bisa lebih sensitif pada bahan ini. Bahan pemutih juga tak hanya ditemukan pada pasta gigi namun juga produk lainnya seperti strip pemutih atau lainnya.

Produk ini membuat kamu berisiko lebih tinggi terhadap sensitivitas gigi. Rasa sakit pada gigi yang disebabkan oleh pemutihan gigi seringkali bersifat sementara dan biasanya akan mereda jika berhenti menggunakannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Dorong Sektor Kesehatan BUMN Aktif Lakukan Penelitian Terhadap Vaksin Virus Corona

Posted: 10 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong agar sektor kesehatan BUMN ikut terlibat dalam menanggapi ancaman infeksi virus corona. Salah satunya adalah terkait pengembangan vaksin.

Saat ini, para ahli menyatakan bahwa Novel Coronavirus adalah virus yang memiliki strain baru. Sehingga, belum ada vaksin yang bisa mencegahnya, maupun obat yang secara pasti mengobatinya.

Dalam sambutannya di First Indonesia Healthcare Corporation Medical Forum, Erick mengatakan bahwa sektor kesehatan BUMN perlu secara aktif untuk mempelajari dan melakukan penelitian serta pengembangan vaksin untuk novel coronavirus.

"Siapa tahu tiba-tiba ada penemuan dari Indonesia. Bisa jadi orang kaya lho," kata Erick di Senayan, Jakarta pada Senin kemarin, ditulis Selasa (11/2/2020).

Selain itu, Erick juga meminta agar BUMN yang bergerak di bidang sektori kesehatan juga ikut melakukan sosialisasi terkait virus corona pada masyarakat.

"Tolong sosialisasi, tapi bukan menakut-nakuti," kata Erick.

Munculkan Stereotipe

Petugas kesehatan di China yang berjaga di klinik selama Virus Corona kian merebak.(Source: Chinatopix via AP File)
Petugas kesehatan di China yang berjaga di klinik selama Virus Corona kian merebak.(Source: Chinatopix via AP File)

Selain di bidang kesehatan dan ekonomi, mantan Ketua Panitia Penyelenggara ASIAN Games 2018 ini mengatakan bahwa infeksi virus corona juga menimbulkan stereotipe buruk terhadap orang-orang Asia.

"Yang menyedihkan, sudah mulai banyak sekarang di negara-negara, ada stereotip bahwa penyakit ini penyakitnya orang Asia," kata Erick.

Maka dari itu, Erick mengatakan bahwa Indonesia seharusnya juga bisa ikut membuktikan diri di tengah wabah yang mengancam kesehatan dunia ini.

"Karena itu kita mesti tunjukkan kepada dunia, khususnya Indonesia, kita adalah bangsa yang kuat, yang hebat, bukan hanya menjadi market," ujarnya.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Piala Gubernur Jatim: Persija vs Persela

Posted: 10 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Persija Jakarta kini berlabel Los Galacticos. Begitu banyak bintang nomor satu diboyong klub asal ibukota itu menjelang Liga 1 2020.

Kini, Persija mendapat ujian serius dalam turnamen Piala Gubernur Jatim 2020. Di laga perdana Grup B, Selasa (11/2/2020), Persija Jakarta berhadapan dengan Persela Lamongan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Persija Jakarta membawa skuat terbaik di Piala Gubernur Jatim. Sebut saja Otavio Dutra, Marc Klok, Marko Simic, Evan Dimas, dan yang lainnya. Praktis, Persija jadi satu di antara unggulan juara di Piala Gubernur Jatim 2020.

Namun, Persija tidak ingin terlena. Mereka tetap merendah jelang laga pertama. Maklum, mereka masih dalam tahap persiapan, sama seperti kontestan lainnya.

Sementara kubu Persela justru lebih percaya diri menghadapi duel ini. Asisten pelatih Persela, Didik Ludiyanto, paham posisi tim besutannya dianggap paling lemah di Grup B.

Namun, dari situ justru dia ingin membuktikan jika tim berjulukan Laskar Joko Tingkir itu bisa berbuat banyak di Piala Gubernur Jatim.

Dapatkan link live streaming MNC TV untuk menyaksikan pertandingan Piala Gubernur Jatim: Persija vs Persela mulai pukul 15.00 WIB, di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Penyerang Borneo FC, Titus Bonai, berusaha melewati pemain Persija Jakarta pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Sabtu (14/4/2018). Persija unggul 1-0 atas Borneo FC di babak pertama. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Penyerang Borneo FC, Titus Bonai, berusaha melewati pemain Persija Jakarta pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Sabtu (14/4/2018). Persija unggul 1-0 atas Borneo FC di babak pertama. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Untuk link live streaming pertandingan Piala Gubernur Jatim: Persija vs Persela di MNC TV silakan klik di sini...

Perkiraan Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-2-3-1): Shahar Ginanjar; Alfath Faathier, Otavio Dutra, Ryuji Utomo, Rezaldi Hehanussa; Sandi Sute, Rohit Chand; Riko Simanjutak, Ramdani Lestaluhu, Novri Setiawan; Marko Simic.  

Pelatih: Sergio Farias

Persela Lamongan (4-3-3): Reky Rahayu;   Novan Sasongko, M. Zaenuri, Jasmin Mecinovic, Eky Taufik; Rizky Dwi Febrianto, Shunsuke Nakamura, Ahmad Bustomi; Rafinha, Gabriel do Carmo, Sugeng Efendy.

Pelatih: Nilmaizar

Jadwal Piala Gubernur 2020

Selasa (11/2/2020)

15:00 WIB: Persija vs Persela

18:30 WIB: Arema vs Sabah FA

Rabu (12/2/2020)

15:00 WIB: Bhayangkara FC vs Persebaya

18:30 WIB: Persik vs Madura United

Kamis (13/2/2020)

15:00 WIB: Sabah FA vs Persija

18:30 WIB: Arema vs Persela

Jumat (14/2/2020)

15:00 WIB: Persik vs Bhayangkara FC

18:30 WIB: Madura United vs Persebaya

Sabtu (15/2/2020)

15:00 WIB: Persela vs Sabah FA

18:30 WIB: Arema vs Persija

 

Klasemen Piala Gubernur Jatim, Grup A

 

Posisi Tim Main Menang Imbang Kalah Gol Kemasukan Selisih Gol Poin
1 Persebaya 1 1 0 0 3 1 +2 3
2 Madura United  1 0 1 0 1 1 0 1
3 Bhayangkara FC 1 0 1 0 1 1 0 1
4 Persik Kediri 1 0 0 1 1 3 -2 0

Klasemen Piala Gubernur Jatim, Grup B

 

Posisi Tim Main Menang Imbang Kalah Gol Kemasukan Selisih Gol Poin
1 Arema FC 0 0 0 0 0 0 0 0
2 Persija Jakarta 0 0 0 0 0 0 0 0
3 Persela  0 0 0 0 0 0 0 0
4 Sabah FA 0 0 0 0 0 0 0 0

Saksikan Video Persija di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pengasuh Ponpes Lirboyo KH Ahmad Habibullah Zaini Tutup Usia

Posted: 10 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Kyai Haji Ahmad Habibullah Zaini meninggal dunia pada Senin (10/2/2020). Kabar duka ini disampaikan lewat akun twitter Pesantren Lirboyo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Danny Rukmana Segera Menikah Lagi, Ini Calon Istrinya

Posted: 10 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cucu Presiden Soeharto, Danny Rukmana, membawa kabar bahagia. Setelah bercerai dari Lulu Tobing, Danny Rukmana telah menemukan tambatan hatinya yang baru.

Danny Rukmana dikabarkan akan segera menikah dengan seorang wanita asal Makassar, Raiyah Chitra Caesaria. Keduanya akan menjalani pernikahan pada 15 Februari 2020.

Kabar baik itu diketahui dari unggahan Tutut Soeharto melalui unggahan di Instagramnya. Dari unggahan tersebut diketahui bahwa Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria itu telah menjalani lamaran pada September 2019 lalu.

"Alhamdulillah..., pada tanggal 14 September 2019, anak saya Danny Bimo Hendro Utomo, telah melamar gadis dari Makassar bernama Raiyah Chitra Caesaria. Putri bapak. H. Andi Abdussalam Tabusalla dan ibu Hj. Andi Dalaisya Rifai," tulisnya.

 

Keponakan Andi Darussalam Tabusalla

foto lamaran Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria (https://www.instagram.com/p/B2oiM66gL4_/)
foto lamaran Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria (https://www.instagram.com/p/B2oiM66gL4_/)

Raiyah Chitra Caesaria merupakan keponakan dari seorang tokoh sepakbola di Indonesia yaitu Andi Darussalam Tabusalla. Sang paman sempat dipercayakan mengelola kompetisi sepakbola pada awal dasawarsa 2000-an, dan pernah memberikan kontribusi di Tim Nasional Indonesia sebagai manajer.

 

Cucu Gubernur Pertama Sulawesi Selatan

foto lamaran Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria (https://www.instagram.com/p/B2oiM66gL4_/)
foto lamaran Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria (https://www.instagram.com/p/B2oiM66gL4_/)

Selain sosok sang paman, Kakek Raiyah Chitra Caesaria juga adalah orang penting di Sulawesi Selatan. Kakeknya yaitu Mayjen A.A Rivai, adalah Gubernur pertama Sulawesi Selatan periode 1960-1966 silam.

Pramugari

Sementara itu, Raiyah Chitra Caesaria sendiri merupakan seorang pramugari sebuah maskapai penerbangan Singapura. Namun belum dapat dipastikan apakah saat ini ia masih bekerja di maskapai tersebut atau tidak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persija Vs Persela: Ujian Perdana Macan Kemayoran

Posted: 10 Feb 2020 08:56 PM PST

Jakarta - Persija Jakarta berhadapan dengan Persela Lamongan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang dalam laga perdana Piala Gubernur Jatim 2020 sore ini. Laga ini akan menjadi ujian perdana bagi Macan Kemayoran yang musim ini bertabur bintang.

Persija membawa skuat terbaik. Sebut saja Otavio Dutra, Marc Klok, Marko Simic, Evan Dimas, dan yang lainnya. Praktis, Persija jadi satu di antara unggulan juara di Piala Gubernur Jatim 2020.

Namun, Persija tidak ingin terlena. Mereka tetap merendah jelang laga pertama. Maklum, mereka masih dalam tahap persiapan, sama seperti kontestan lainnya.

Justru Persela yang merasa tak punya beban karena mereka selalu dipandang sebagai tim medioker. Bahkan di Liga 1 2019, mereka nyaris terdegradasi.

Pelatih Persija, Sergio Farias, sangat memahami label tim bintang yang disematkan untuk tim besutannya. Itulah mengapa dia tidak ingin main-main di ajang ini. Manajemen dan suporter sudah berekspektasi tinggi kepada tim berjulukan Macan Mayoran ini.

"Kami sudah melakukan persiapan selama tiga pekan. Harus diakui kalau Persija datang dengan kondisi yang masih belum sempurna. Tapi, tidak dimungkiri ini tim bagus dengan pemain berkualitas. Jadi, Persija akan memresentasikan sebagai tim besar dan suporter besar dalam turnamen ini," jelas pelatih asal Brasil tersebut.

Seperti tim lainnya, Persija masih fokus dengan persiapan tim sendiri ketimbang memetakan kekuatan lawan. Farias akan menyusun komposisi tim untuk menjalani tiga laga fase grup karena dia tidak mungkin menghabiskan semua tenaga pemain utamanya di laga pertama.

"Saya tahu ini hanya turnamen pramusim. Tapi, tetap semua ingin hasil terbaik. Karena itu, kami datang dengan kerja keras untuk dapat hasil yang baik juga," jelas Farias.

Persela Tak Keder

Shunsuke Nakamura, gelandang asal Jepang rekrutan baru Persela. (Bola.com/Aditya Wany)
Shunsuke Nakamura, gelandang asal Jepang rekrutan baru Persela. (Bola.com/Aditya Wany)

Sementara kubu Persela justru lebih percaya diri menghadapi duel ini. Asisten pelatih Persela, Didik Ludiyanto, paham posisi tim besutannya dianggap paling lemah di Grup B. Namun, dari situ justru dia ingin membuktikan jika tim berjulukan Laskar Joko Tingkir itu bisa berbuat banyak di Piala Gubernur Jatim.

"Bisa dibilang Persela tim kecil dibandingkan yang lainnya. Tapi, semua strategi sudah disiapkan pelatih kepala Nilmaizar. Kami datang dengan komposisi penuh. Pelatih sudah berpesan akan bermain habis-habisan besok untuk membuktikan Persela tidak bisa dipandang sebelah mata," jelas Didik.

Biasanya Persela sering memberi kejutan dalam turnamen pramusim. Tahun lalu, mereka mempermalukan Arema di Malang dalam ajang Piala Presiden 2019. Mereka juga lolos sebagai juara grup dengan status tim non-unggulan.

"Ini memang bagian dari pramusim Persela. Namun, pelatih sudah berpesan ingin memenangi setiap pertandingan. Jadi, targetnya tentu lolos ke fase selanjutnya," katanya.

Hal ini berarti Persela tak keder dengan label tim bertabur bintang yang melekat pada Persija. Saat ini mereka juga punya pemain sarat pengalaman seperti Ahmad Bustomi.

Selain itu, hanya satu pemain asing yang dipertahankan dari musim lalu, Rafinha. Selebihnya adalah tiga nama baru, yakni Shunsuke Nakamura, Jasmin Mecinovic, dan Gabriel Carmo.

"Kami sudah punya empat pemain asing juga. Jadi, sekali lagi full team dalam turnamen ini," tegas Didik.

Prakiraan Susunan Pemain

Piala Gubernur Jatim 2020: Persija Jakarta vs Persela Lamongan. (Bola.com/Dody Iryawan)
Piala Gubernur Jatim 2020: Persija Jakarta vs Persela Lamongan. (Bola.com/Dody Iryawan)

Persija Jakarta (4-2-3-1): Shahar Ginanjar; Alfath Faathier, Otavio Dutra, Ryuji Utomo, Rezaldi Hehanussa; Sandi Sute, Rohit Chand; Riko Simanjutak, Ramdani Lestaluhu, Novri Setiawan; Marko Simic.  

Pelatih: Sergio Farias

Persela Lamongan (4-3-3): Reky Rahayu;   Novan Sasongko, M. Zaenuri, Jasmin Mecinovic, Eky Taufik; Rizky Dwi Febrianto, Shunsuke Nakamura, Ahmad Bustomi; Rafinha, Gabriel do Carmo, Sugeng Efendy.

Pelatih: Nilmaizar

Disadur dari: Bola.com (penulis Iwan, editor Aning, published 11/2/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biasa Tampil Natural, Ini 6 Potret Anya Geraldine dengan Makeup Tebal

Posted: 10 Feb 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selebgram Anya Geraldine sudah tak asing bagi masyarakat. Namanya mulai dikenal lantaran kasusnya dengan KPAI. Saat itu Vlog-nya yang dinilai terlalu vulgar. Kini, pemilik nama asli Nur Amalina Hayati ini mulai terjun di dunia perfilman. 

Wanita 24 tahun ini sudah membintangi beberapa film seperti Tusuk Jelangkung di Lubang Buaya pada 2018 dan 'Yowis Ben 2' dan 'Rembulan Tenggelam di Wajahmu' pada 2019. Selain dikenal sebagai sosok aktris yang suka berpenampilan seksi, gadis kelahiran 15 Desember 1995 ini punya penampilan yang khas dengan riasan naturalnya. 

Bahkan enggak jarang, mantan kekasih Bio One  ini tampil tanpa makeup. Biasa tampil natural, penampilan Anya Geraldine saat bermakeup tebal pun sukses mencuri perhatian. Meski jarang, dalam beberapa kesempatan ia pernah tampil dengan polesan makeup tebal.

Tak ayal penampilan Anya dengan makeup tebal pun sukses bikin pangling. Bahkan, beberapa warganet mengatakan saat Anya menggunakan makeup tebal, wajahnya justru mirip dengan Ariana Grande.  Jadi, penasaran seperti apa penampilan Anya dengan makeup tebal? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, penampilan Anya Geraldine dengan makeup tebal, Selasa (11/2/2020)

 

1. Biasa tampil dengan makeup natural, penampilan Anya dengan makeup bold ini terlihat elegan ya?

Anya Geraldine dengan Makeup Tebal (Sumber: Instagram//anyageraldine/)
Anya Geraldine dengan Makeup Tebal (Sumber: Instagram//anyageraldine/)

2. Mantan kekasih Bio One ini terlihat berbeda dengan riasan penuh di wajahnya. Meski begitu ia tetap cantik ya!

Anya Geraldine dengan Makeup Tebal (Sumber: Instagram//anyageraldine/)
Anya Geraldine dengan Makeup Tebal (Sumber: Instagram//anyageraldine/)

3. Menggunakan lipstik dengan warna merah menyala, membuat aura kekasih Ovi Rangkuti ini terlihat berbeda ya?

Anya Geraldine dengan Makeup Tebal (Sumber: Instagram//anyageraldine/)
Anya Geraldine dengan Makeup Tebal (Sumber: Instagram//anyageraldine/)

4. Berdandan dengan makeup bold, enggak sedikit warganet yang mengatakan Anya justru mirip Ariana Grande. Setuju enggak nih?

Anya Geraldine dengan Makeup Tebal (Sumber: Instagram//anyageraldine/)
Anya Geraldine dengan Makeup Tebal (Sumber: Instagram//anyageraldine/)

5. Penampilan Anya saat berdandan ala Maleficent

Anya Geraldine dengan Makeup Tebal (Sumber: Instagram//anyageraldine/)
Anya Geraldine dengan Makeup Tebal (Sumber: Instagram//anyageraldine/)

6. Menggunakan sofltense dan eyeshadow bold, penampilan Anya dengan riasan tebal ini sukses bikin pangling.

Anya Geraldine dengan Makeup Tebal (Sumber: Instagram//anyageraldine/)
Anya Geraldine dengan Makeup Tebal (Sumber: Instagram//anyageraldine/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Akan Diserahkan DPR Hari Ini?

Posted: 10 Feb 2020 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani menyebut surat presiden serta naskah Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja akan diserahkan ke DPR hari ini, Selasa (11/2/2020). Arsul menyebut Surpres akan diserahkan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Kabar memang hari Selasa ini pemerintah akan menyerahkan tentu surpres disertai naskah akademik dan RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja," kata Arsul, di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (11/2/2020).

Arsul mengaku, pihaknya tidak kaku dengan target penyelesaian pembahasan omnibus law selama 100 hari kerja, seperti yang ditargetkan Presiden Joko Widodo.

"Ini kan RUU inisiatif pemerintah, DPR kan posisinya menunggu saja. Yakin atau tidak harus kita baca dulu isinya apa. Kemudian apa respons masyarakat. Dua hal itu akan menentukan," katanya.

Ingin Dibahas Cepat

Menurut Ketua Fraksi PPP ini, DPR tentu ingin bekerja cepat, dan berharap pembahasna lancar apabila draft itu tidak berisi hal-hal kontroversial.

"Kalau isinya misalnya tidak ada hal-hal yang kontroversial, respons masyarakat biasa-biasa saja ya pasti yakin (cepat). Tapi kalau respons masyarakat demikian besar nanti kita lihat," tandasnya.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkop Selidiki Kasus Gagal Bayar Koperasi Simpan Pinjam Tinara

Posted: 10 Feb 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM tengah menyelidiki kasus gagal bayar koperasi simpan pinjam (KSP) Tinara Banyuwangi kepada anggotanya.  

Sebelumnya beredar informasi, sepuluh orang anggota dari 470 anggota melaporkan KSP Multi Dana Sejahtera (Tinara) ke Polda Jatim dengan dugaan penipuan yang dilakukan Ketua KSP Tinara, Linggawati. Dengan total kerugian mencapai Rp 250 milyar.

Sejak September 2019 lalu, KSP milik Linggawati ini tidak memberikan bunga kepada para anggotanya dengan bunga 11 persen per tahunnya.

"Kabar ini kan tersebar melalui media sosial, karena itu kita Cross Check dulu kebenarannya, sebab itu kedatangan kami hadir di Banyuwangi. Ini ada oknum pribadi yang mencari keuntungan dengan mengatasnamakan koperasi," kata Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM Suparno, di Jakarta, Selasa, (11/2/2020).

Suparno mengatakan, kalau melihat data koperasi, KSP Tinara memiliki izin sejak 2016 tetapi izin ini ada masa berlakunya, dan karena ini berskala kabupaten apakah aktivitas koperasi ini dilaporkan ke dinas Kabupaten. Ini yang sedang dipelajari.

"Dan saya juga telah meminta kepada Kepala Dinas Koperasi Banyuwangi untuk tidak ragu menindak oknum-oknum pribadi yang mencari keuntungan mengatasnamakan koperasi. Jangan sampai citra koperasi yang sudah bagus dirusak oknum," ujarnya. Tapi ini belum ada laporan dari anggota lebih lanjut untuk KSP Tinara ini.

Laporan Neraca Koperasi

Petugas menata tumpukan uang kertas di ruang penyimpanan uang
Petugas menata tumpukan uang kertas di ruang penyimpanan uang

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Banyuwangi RR Nanin Oktaviantie, mengatakan laporan neraca KSP Tinara tahun 2018 yang disampaikan kepada Dinas Koperasi, UM dan Perdagangan tidak disebutkan ada simpanan berjangka dari anggota dengan nilai sefantastis itu.

Bahkan pada saat itu, Dinas Koperasi dan UMKM menyatakan laporan neraca KSP Tinara tahun 2018 tidak bermasalah karena telah disetujui oleh anggota dalam rapat anggota tahunan (RAT).

"Saat itu (KSP Tinara) kami nyatakan sehat. Nilai ekuitasnya (dalam laporan neraca) pun tidak sampai 10 Miliar," jelasnya.

Namun disisi lain, Ia mengaku tidak bisa memberi penilaian apakah laporan neraca KSP Tinara tahun 2018 itu fiktif atau tidak. Merujuk data Dinas Koperasi, UM, dan Perdagangan Banyuwangi, KSP Tinara terakhir diketahui mengirim laporan pada Oktober tahun 2019 lalu. "Setelah itu tidak ada (laporan),"ujarnya

Selebihnya, Ia menyatakan tugas dan fungsi Bidang Koperasi pada Dinas Koperasi, UM, dan Perdagangan sudah sesuai dengan Undang-undang nomor 25 tahun 1992. "Fungsi kami sebatas pada pembinaan, perlindungan, dan fasilitasi," ungkapnya.

Pengelolaan Koperasi

Pekerja menyelesaikan produksi kulit lumpia di rumah industri Rusun Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM terus mendongkrak UMKM dengan menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbunga cukup rendah, yakni 6 persen. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Pekerja menyelesaikan produksi kulit lumpia di rumah industri Rusun Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM terus mendongkrak UMKM dengan menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbunga cukup rendah, yakni 6 persen. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Terkait kelembagaan koperasi itu sendiri, lanjutnya, adalah bersifat independen. Karena pada dasarnya tidak ada pihak lain yang bisa ikut campur dalam pengelolaan koperasi kecuali anggota itu sendiri.

"Pengurus dan pengawas dibentuk oleh anggota. Memang pengurus diperbolehkan merekrut manajer atau karyawan diluar dari anggota untuk menjalankan usaha," ungkapnya.

Terkait dugaan investasi bodong KSP Tinara, hal yang aneh bila pengawas tidak mengetahui ada ketidaksesuaian antara modal yang diterima dengan laporan neraca yang dibuat oleh pengurus.

"Setiap RAT, pengurus wajib mempertanggung jawabkan dan melaporkan kinerja terkait organisasi, modal, dan usaha kepada anggota," jelasnya.

Kendati begitu bila dalam RAT laporan pertanggung jawaban pengurus, diterima dan disetujui oleh anggota koperasi, maka koperasi bisa dinyatakan tidak bermasalah. Terkait permodalan koperasi, ia  menyatakan boleh dari pihak ketiga yang sifatnya di luar anggota, seperti bank.

Namun demikian, segala modal yang masuk, wajib dilaporkan ke dalam neraca keuangan koperasi. Kemungkinan, lanjutnya, pihak-pihak yang akan melaporkan pengurus KSP Tinara, kepada pihak berwajib tersebut adalah pihak ketiga yang notabene bukan anggota.

Berkaca dari kasus KSP Tinara, pihaknya berharap masyarakat memahami betul tentang koperasi. "Kami siap memberikan pelayanan konsultasi kepada masyarakat," pungkas Nanin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Piala Gubernur Jatim 2020: Persebaya di Puncak

Posted: 10 Feb 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Madura - Turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim telah selesai menghelat dua laga awal. Persebaya menaklukkan Persik Kediri 3-1 pada laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Senin (10/2/2020).

Tiga gol Persebaya dicetak pada babak pertama. Gol pertama Bajul Ijo dicetak Supriadi, disusul gol Hambali Tholib, kemudian gol Alwi Slamat.

Sementara, satu gol Persik dicetak pada babak kedua. Ante Bekmaz sukses memanfaatkan umpan Faris Aditama untuk memperkecil ketinggalan.

Sayangnya, tidak ada dua gol tambahan yang dibutuhkan Persik di sisa pertandingan. Mereka pun kalah dari Persebaya.

Pada pertandingan Piala Gubernur Jatim lainnya, tuan rumah Madura United harus puas memetik hasil imbang 1-1 dengan Bhayangkara FC. Dengan hasil itu, kedua tim hanya memetik satu poin.

Berikut klasemen Piala Gubernur Jatim 2020

Grup A

Persebaya Surabaya menang 3-1 atas Persik di laga perdana. (Bola.com/Dody Iryawan)
Persebaya Surabaya menang 3-1 atas Persik di laga perdana. (Bola.com/Dody Iryawan)

 

Posisi Tim Main Menang Imbang Kalah Gol Kemasukan Selisih Gol Poin
1 Persebaya 1 1 0 0 3 1 +2 3
2 Madura United  1 0 1 0 1 1 0 1
3 Bhayangkara FC 1 0 1 0 1 1 0 1
4 Persik Kediri 1 0 0 1 1 3 -2 0

Grup B

 

Posisi Tim Main Menang Imbang Kalah Gol Kemasukan Selisih Gol Poin
1 Arema FC 0 0 0 0 0 0 0 0
2 Persija Jakarta 0 0 0 0 0 0 0 0
3 Persela  0 0 0 0 0 0 0 0
4 Sabah FA 0 0 0 0 0 0 0 0

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI Sosialisasikan Germas, Sumber Pola Hidup Sehat

Posted: 10 Feb 2020 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kepada seluruh karyawan perseroan. Acara itu dihadiri Wakil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto, Jajaran Direksi Bank BRI, dan Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI Rizkiyana Sukandhi Putra, serta karyawan Bank BRI dilaksanakan di Gedung BRILian Center Kantor Pusat BRI, Jakarta, Selasa (11/2).

"Sebagai korporasi, kami menyadari pentingnya membiasakan diri pola hidup sehat untuk seluruh karyawan. Mulai hari ini Germas kami jadikan acuan sebagai sebuah culture. Tidak hanya dilakukan di kantor pusat BRI, namun juga secara serentak dilaksanakan oleh unit kerja BRI seluruh Indonesia," ungkap Catur.

Germas merupakan sebuah gerakan yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Terdapat sepuluh anjuran dalam Germas diantaranya, makan dengan gizi seimbang, rajin berolahraga, cuci tangan pakai sabun, menjaga kebersihan lingkungan.

 

Sadar Pola Hidup Sehat

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI Rizkiyana Sukandhi Putra (baju putih).
Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI Rizkiyana Sukandhi Putra (baju putih).

Selain itu terdapat anjuran untuk tidak merokok, menggunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam, makan makanan yang dimasak sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan, bila demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan, jangan lupa berdoa, dan minum air mineral delapan gelas per hari.

Kegiatan sosialisasi Germas diawali dengan kegiatan olahraga bersama yang merupakan bagian dari anjuran Germas yakni rajin berolahraga.

Jajaran Direksi bersama dengan karyawan BRI bertanding futsal di Lapangan Olahraga BRI. Usai berolahraga, dilanjutkan dengan acara Sosialisasi Germas yang dibuka oleh Wakil Direktur Utama Bank BRI. Kemudian dilanjutkan acara inti yakni pemaparan Germas dari Kemenkes RI.

"Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh karyawan semakin sadar pentingnya pola hidup sehat. Kalau karyawan sehat, pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih bersemangat dan tentunya bisa memberikan pelayanan yang prima kepada nasabah," jelas Catur.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Telisik Kasus Suap Kalapas Sukamiskin ke Kadiv PAS Jabar dan Ibu Rumah Tangga

Posted: 10 Feb 2020 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kadiv PAS Kemenkumham Jabar) Abdul Aris dijadwalkan diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (11/2/2020).

Abdul Aris akan dimintai keterangan seputar kasus dugaan suap terkait pemberian fasilitas atau perizinan keluar Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

"Yang bersangkutan (Abdul Aris) akan diperiksa untuk tersangka TCW (Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (11/2/2020).

Selain Abdul Aris, penyidik KPK memanggil seorang saksi lainnya, yakni seorang ibu rumah tangga bernama Dian Anggraini. Dian juga akan diperiksa untuk Wawan.

Kasus suap di Lapas Sukamiskin ini terungkap dari penangkapan terhadap mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein. Wahid sudah divonis 8 tahun penjara dalam perkara ini.

Dalam pengembangan perkara, KPK menemukan adanya suap lain yang diterima Wahid Husein.

 

5 Tersangka Lain

Ilustrasi Foto Berkas atau Dokumen. (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Berkas atau Dokumen. (iStockphoto)

KPK pun menetapkan lima tersangka baru terkait pengembangan kasus dugaan suap jual-beli fasilitas di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Pengembangan perkara dilakukan setelah KPK menemukan adanya keterlibatan pihak-pihak lain.

Kelima tersangka itu yakni, Wahid Husen dan Deddy Handoko yang merupakan mantan Kalapas Sukamiskin, terpidana Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, Direktur Utama PT Glori Karsa Abadi Rahadian Azhar, dan Fuad Amin.

KPK menghentikan proses penyidikan terhadap Fuad Amin karena telah meninggal dunia.

KPK menduga Wahid Husein menerima mobil Toyota Land Cruiser Hardtop Tahun 1981 dari salah seorang napi, Mitsubishi Pajero Sport dari Rahadian dan Rp 75 juta dari Wawan. Sementara Deddy diduga menerima Toyota Kijang Innova Putih Reborn G Luxury dari Wawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PAN Gelar Rapat Pleno, Bahas AD/ART hingga Formatur

Posted: 10 Feb 2020 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) memulai rangkaian Kongres V PAN dengan sidang pleno pertama. Kongres V PAN ini digelar di Hotel Claro Kendari, Sulawesi Tenggara, 10-12 Februari 2020.

Wasekjen PAN Soni Sumarsono mengatakan, sidang dibuka pada pukul 11.00 Wita oleh Ketua Steering Committee (SC) sekaligus sekjen PAN Eddy Soeparno.

"Ketua SC didampingi para anggota SC antara lain Farhan Hamid, Saleh Daulay, Totok Daryanto, M Najib dan lain-lain," kata dia, di Hotel Claro Kendari, Selasa (11/2/2020).

Hadir dalam pleno pertama, lanjut Soni, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Soetrisno Bachir, dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais juga hadir di ruang sidang. Caketum PAN Mulfachri Harahap dan Asman Abnur juga tampak di ruang sidang.

"Pak Amien Rais juga hadir dan Bendum (bendahara umum) PAN Nasrullah. Mulfahri Harahap, Hatta Rajasa juga hadir di ruang sidang," lanjut dia.

Dia menjelaskan, sidang pleno pertama memang bersifat tertutup. Poin-poin yang akan dibahas dalam sidang di kongres PAN, antara lain materi draf tata tertib kongres, draf acara, dan draf materi.

 

Draf AD/RT

Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). (Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu)
Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). (Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu)

Juga dibahas dalam sidang, draf AD/ART, draf azas plaftorm PAN, draf garis perjuangan partai, draf program kerja, dan draf kebijakan partai.

"Dan draf tata tertib pemilihan ketua formatur dan anggota formatur dan draf pemilihan Ketua MPP," jelas dia.

Setelah dibuka oleh Eddy Soeparno, sidang kemudian dilanjutkan dipimpin oleh Ahmad Farhan Hamid yang merupakan anggota SC senior.

"Sebelum mengawali sidang Ahmad Farhan Hamid berpesan agar perserta sidang tetap bersatu meskipun dalam perbedaan dan tetap gembira," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Hal Ini Dilakukan Gibran Rakabuming Raka Agar Lolos Balon Wali Kota Surakarta

Posted: 10 Feb 2020 08:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka menjalani fit and proper test kedua bakal calon Wali Kota Surakarta ke DPP PDIP di Jakarta, Senin (10/2/2020).

Tak sendiri, bakal calon Wali Kota Solo yang diusung PDIP Solo, Achmad Purnomo-Teguh Prakosa juga ikut melakukan fit and proper test kedua bersama Gibran Rakabuming Raka.

Sebelum mengikuti tes kedua, putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu pun mengaku tidak memiliki persiapan khusus.

Meski begitu, dia sudah meminta doa restu kepada sang ayah, Jokowi dan ibundanya, Iriana. Dia mengaku bertemu dengan orangtuanya di Jakarta pada Jumat, 7 Februari 2020.

Tak hanya itu, Gibran pun bertemu dengan Wali Kota Solo yang juga Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Berikut hal-hal yang dilakukan Gibran Rakabuming Raka agar lolos maju di Pilkada Surakarta 2020 dihimpun Liputan6.com:

 

Minta Doa Restu Orangtua

Gibran Rakabuming meminta restu kepada ibundanya Iriana Jokowi (Dok.Instagram/@gibran_rakabuming/https://www.instagram.com/p/B59ly5ZBA2B/Komarudin)
Gibran Rakabuming meminta restu kepada ibundanya Iriana Jokowi (Dok.Instagram/@gibran_rakabuming/https://www.instagram.com/p/B59ly5ZBA2B/Komarudin)

Sebelum mengikuti uji kelayakan dan kepatutan tahap kedua untuk menjadi bakal calon Wali Kota Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah meminta restu orangtuanya, Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana.

Gibran mengaku sudah bertemu dengan keduanya di Jakarta pada Jumat, 7 Februari 2020.

"Saya setelah ketemu dengan bapak dan ibu minta doa restu, kemudian kembali ke Solo dan Senin, 10 Februari, kembali ke Jakarta lagi untuk mengikuti fit and proper test," papar Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri acara Doa dan Silaturahmi di DPC Projo Surakarta, Minggu 9 Februari 2020 seperti dilansir Antara.

Temui Wali Kota Sekaligus Ketua DPC PDIP Solo

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming melakukan pertemuan tertutup dengan Wali Kota Solo, Rabu (18/9).(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming melakukan pertemuan tertutup dengan Wali Kota Solo, Rabu (18/9).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Gibran pun juga bertemu dengan Wali Kota Solo yang juga Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo di rumah dinas Loji Gandrung, Minggu, 9 Februari 2020.

Dalam pertemuan itu, bos Markobar juga berpamitan untuk mengikuti agenda uji kelayakan dan kepatutan di Kantor DPP PDIP.

Pertemuan yang ditunggu-tunggu antara Gibran dan Ketua DPC PDIP Solo yang akrab disapa Rudy akhirnya terjadi. Suami Selvi Ananda itu mendatangi mantan wakil Jokowi saat menjabat Wali Kota Solo itu di sela-sela kegiatan menghadiri deklarasi relawan dan konvoi motor.

Gibran pun membenarkan terkait pertemuan dengan Rudy itu. Padahal selama ini ayah Jan Ethes Srinarendra itu mengaku kesulitan untuk bisa bertemu dengan Wali Kota Solo itu. Tepatnya setelah dirinya memutuskan untuk mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Solo melalui PDIP.

"Iya benar, tadi siang bertemu dengan Pak Rudy. Bertemu untuk pamitan besok mau fit and proper test," kata Gibran kepada wartawan di Solo.

Menurut dia, pertemuan tersebut berlangsung dengan suasana yang cair dan penuh kekeluargaan. Bahkan, Rudy juga sempat memberikan banyak wejangan dan pesan kepada Gibran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Sebut Pernyataan Jokowi Jadi Dasar Buat Keputusan soal WNI Eks ISIS

Posted: 10 Feb 2020 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengaku tak setuju apabila ratusan WNI eks ISIS pulang ke Tanah Air. Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, pernyataan Jokowi itu akan dijadikan dasar untuk membuat keputusan pemerintah.

Hal ini disampaikannya usai mengadakan rapat tertutup dengan Menteri Agama Fachrul Razi, Menkumham Yasonna H Laoly, Kepala BNPT Suhardi Alius, dan beberapa lembaga serta kementerian lainnya, di kantornya. Rapat ini digelar untuk membahas WNI yang pernah menjadi Foreign Terorists Fighter (FTF).

"Pastilah menjadi dasar (pernyataan Presiden) untuk dibahas nanti. Nanti kan akan dibahas di situ," kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Menurut dia, dari pembahasan terkait WNI eks ISIS tersebut, belum ada yang baru. Semuanya masih dalam tahap pembicaraan.

"Belum ada perkembangan," jelas Mahfud.

Sementara Yasonna memilih tak bicara terkait hal ini. Setali tiga uang, Fachrur juga menyerahkan sepenuhnya kepada Mahfud.

"Itu Pak Menko. Sudah sepakat Pak Menko. Ini kantornya kan kantornya Pak Menko. Enggak boleh dong (ngomong)," tukasnya.

Sementara Suhardi memilih keluar tidak dari pintu utama kantor Menko Polhukam, untuk langsung meninggalkan lokasi dan tak berkomentar soal WNI eks ISIS

 

Pernyataan Jokowi

Presiden Joko Widodo saat memimpin penganugerahan gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara, Jakarta, Kakis (8/11). Keputusan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional termaktub dalam Keputusan Presiden Nomor 123/TK/2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo saat memimpin penganugerahan gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara, Jakarta, Kakis (8/11). Keputusan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional termaktub dalam Keputusan Presiden Nomor 123/TK/2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku tak setuju apabila ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) eks ISIS pulang ke Tanah Air.

Namun, Jokowi mengatakan keputusan itu harus dibahas terlebih dahulu dalam rapat terbatas.

"Kalau bertanya pada saya, ini belum ratas lho ya, kalau bertanya pada saya, saya akan bilang tidak. Tetapi masih dirataskan," kata Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Dia menjelaskan bahwa pemerintah harus menghitung plus minus apabila WNI eks ISIS itu dipulangkan ke Indonesia. Jokowi mengaku dirinya harus mendengarkan masukan dari kementerian terkait.

Setelah itu, barulah dirinya akan memutuskan hal itu dalam rapat terbatas. Meski begitu, Jokowi telah menerima laporan soal rencana kepulangan WNI eks ISIS. "Kita ini pastikan harus semuanya lewat perhitungan kalkulasi plus minusnya semuanya dihitung secara detail," kata Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Maksud Gubernur NTT, Perempuan Makan Kelor Jika Ingin Nikah

Posted: 10 Feb 2020 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur NTT, Viktor Laiskodat instruksikan masyarakat tanam kelor di rumah. Viktor menyebut pohon kelor atau marungga sebagai tanaman ajaib.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Md Siapkan Alternatif Pilihan ke Jokowi soal Polemik Pemulangan WNI Eks ISIS

Posted: 10 Feb 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan alternatif pilihan ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal wacana pemulangan WNI eks ISIS.

Hal ini disampaikannya usai mengadakan rapat tertutup dengan Menteri Agama Fachrul Razi, Menkumham Yasonna H. Laoly, Kepala BNPT Suhardi Alius, dan beberapa lembaga serta kementerian lainnya, di kantornya.

"Kita sudah membuat alternatif-alternatif yang nanti siang akan dilaporkan ke Presiden," kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Menurut dia, wacana pemulangan WNI eks ISIS perlu dibahas lebih lanjut karena sudah terlanjur menjadi perhatian publik.

"Ada yang mengatakan itu tidak boleh dipulangkan karena itu virus. Ada yang mengatakan seperti Pak Dim Syamsuddin, Komnas HAM, mengatakan itu tugas negara untuk memulangkan mereka," jelas Mahfud.

Tak Mau Bocorkan

Meski begitu, Mahfud masih enggan mengatakan alternatif pilihan yang akan diajukan kepada Jokowi.

"Nanti lah. Nanti nunggu keputusan istana," pungkasnya

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Aktivitas yang Ditakuti Nia Ramadhani, Tak Mau Kupas Mangga

Posted: 10 Feb 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak mengenal Nia Ramadhani? Pemilik nama asli Prianti Nur Ramadhani tersebut sudah berkecimpung di dunia entertainment sejak 1995 sebagai penari cilik. Untuk debut akting, Nia memerankan karakter Helen di sinetron Bidadari 2.

Terkait asmara, Nia Ramadhani menikah dengan pria bernama Ardi Bakrie pada 1 April 2010. Dari pernikahan tersebut, Nia dan Ardi dianugerahi tiga buah hati yakni Mikhayla Zalindra Bakrie, Mainaka Zanatti Bakrie dan Magika Zalardi Bakrie.

Sebagai seorang ibu, Nia Ramadhani sempat dihebohkan dengan sikap disiplinnya kepada sang anak. Setelah Minggu kemarin melarang anaknya bernama Mainaka makan nasi agar berat badannya tidak berlebihan, kini perempuan 29 tahun kembali menjadi sorotan publik lagi berkat pernyataannya di Instagram.

Nia Ramadhani mengakui tidak bisa makan di pinggir jalan jika tidak membawa ajudan. Pasalnya Nia takut ada kucing yang mendekatinya. Tak hanya takut pada kucing, Nia Ramadhani juga takut melakukan beberapa aktivitas. Penasaran kan apa saja aktivitas yang ditakuti Nia Ramadhani?

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, aktivitas yang ditakuti Nia Ramadhani, Selasa (11/2/2020).

1. Takut kecipratan minyak

4 Aktivitas yang Ditakuti Nia Ramadhani, Tak Mau Dekat Kucing    (Liputan6.com/Faizal Fanani)
4 Aktivitas yang Ditakuti Nia Ramadhani, Tak Mau Dekat Kucing (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebagai selebritas cantik Tanah Air, Nia Ramadhani mengakui tidak bisa memasak telur ceplok apabila minyaknya terlalu meletup-letup. Hal tersebut disampaikan Nia pada salah satu progam televisi swasta. Pada saat itu, Nia sangat takut kecipratan minyak saat memasak telur cepok bahkan ia menyerah dan tidak melanjutkan aktivitas memasaknya.

"Aw, nggak bisa eh nggak bisa. Udahan ah, soalnya minyaknya agak meletup-letup ya" ujar Nia ketakutan pada progam acara televisi swasta (19/1/2020) 

2. Takut disuruh mertua kupas mangga

Nia Ramadhani saat mengupas buah-buahan (sumber: Instagram.com/ngopidara_ttv)
Nia Ramadhani saat mengupas buah-buahan (sumber: Instagram.com/ngopidara_ttv)

Kehidupan Nia Ramadhani memang sangat menarik untuk diulik. Salah satu fakta mencengangkan tentang kehidupan Nia Ramadhani adalah takut disuruh kupas mangga oleh mertua. Nia mengakui ia ketakutan saat berada di meja makan bersama mertua. Ibu 3 anak ini takut apabila mertua menyuruhnya kupas mangga karena Nia tidak tahu bagaimana cara mengupasnya.

"Jadi mertua ku tuh suka tuh kalau lagi makan sama-sama, aku udah takut kalau 'Nia tolong dong kupasin mangga' awal-awal ya, sekarang sih dia sudah tahu ya, 'aku kupasin mangga' mati deh gue. Gue nggak ngerti lagi caranya mulai belah dari mana," ujar Nia Ramadhani di salah satu acara televisi swasta bersama Jessica Iskandar (27/2/2020).

3. Ketakutan saat berlatih olahraga yoga

4 Aktivitas yang Ditakuti Nia Ramadhani, Tak Mau Dekat Kucing  (Adrian Putra/Bintang.com)
4 Aktivitas yang Ditakuti Nia Ramadhani, Tak Mau Dekat Kucing (Adrian Putra/Bintang.com)

Aktivitas yang tidak bisa dilakukan Nia Ramadhani lainnya adalah olahraga yoga. Nia mengakui kesulitan melakukan yoga dan kerap beberapa kali bicara 'enggak bisa'. Bahkan Nia juga merasa panik dan lebih memilih main congklak dibandingkan olahraga yoga.

"Enggak bisa, duduk dulu duduk dulu, agak panik ya, tau enggak sih main congklak aja ya" ujar Nia Ramadhani dalam acara yang dipandunya bareng Jessica Iskandar (9/12/2019).

4. Takut sama kucing

Nia Ramadhani (Instagram/ramadhaniabakrie)
Nia Ramadhani (Instagram/ramadhaniabakrie)

Terbaru, Nia Ramadhani mengungkapkan bahwa ia sangat takut dengan kucing. Bahkan Nia berujar, saat makan di pinggir jalan, ia sangat mempermasalahkan kehadiran kucing hingga kakinya harus naik ke kursi saking takutnya.

"Masalahnya aku tuh bukannya nggak suka makan di pinggir jalan, tapi aku tuh takut banget sama kucing," jawab Nia Ramadhani menjelaskan video Instagram Story-nya, Sabtu (9/2/2020).

Ketakutannya akan kucing, sampai membuat Nia Ramadhani memanggil ajudan untuk menjaga meja makannya dari gangguan kucing. Nia mengungkapkan bahwa ia membawa beberapa ajudan agar bisa makan dengan tenang.

"Makanya kan kayak kelihatan sombong ya, sebenarnya bukan gara-gara sombong. Cuman itu kucing lewat-lewat. Aku nggak bisa (kalau ada kucing), yang ada nggak bakal makan-makan. Jadi bawa ajudan beberapa, jagain kucing. Itu aku takut soalnya," pungkas Nia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mesut Ozil Pasrah Jika Akhirnya Dilepas Arsenal

Posted: 10 Feb 2020 08:35 PM PST

London - Mesut Ozil mengaku pasrah melihat masa depannya di Arsenal. Bahkan ia ragu bakal diberi kontrak baru oleh The Gunners.

Saat Unai Emery masih duduk di kursi manajer Arsenal, Mesut Ozil minim kesempatan untuk tampil. Ozil tak hanya jadi penghangat di bangku cadangan, namun juga tidak diikutsertakan dalam pertandingan.

Di Liga Europa musim ini misalnya, gelandang berusia 31 tahun tersebut tidak masuk skuat The Gunners dalam empat pertandingan. Mesut Ozil hanya sekali tampil dari enam laga yang dijalani Arsenal pada Grup F Liga Europa.

Namun, sejak Mikel Arteta menangani Tim Gudang Peluru pada akhir Desember 2019, Ozil kembali dipercaya menghuni skuat inti. Dari sembilan laga terakhir yang dijalani Arsenal, dia selalu tampil sejak menit awal dalam delapan pertandingan.

Satu-satunya laga Mesut Ozil duduk di bangku cadangan adalah ketika Arsenal menang 2-1 atas Bournemouth, dalam laga babak keempat Piala FA, 27 Januari 2020.

Ragu Bertahan

4. Mesut Ozil (Arsenal) - Raja assist adalah julukan untuk pemain asal Jerman ini dengan performa konsisten di setiap musimnya dengan mencatatkan 71 asisst dari 196 laga yang dilakoninya. (Photo by Adrian DENNIS / AFP)
4. Mesut Ozil (Arsenal) - Raja assist adalah julukan untuk pemain asal Jerman ini dengan performa konsisten di setiap musimnya dengan mencatatkan 71 asisst dari 196 laga yang dilakoninya. (Photo by Adrian DENNIS / AFP)

Kendati telah kembali menghuni tim inti, Mesut Ozil mengaku tak bisa memastikan masa depannya di Arsenal. Dia hanya ingin menghormati kontraknya bersama The Gunners yang akan berakhir pada 30 Juni 2021.

"Setelah musim ini, saya memiliki satu tahun lagi dan setelah itu saya tidak tahu apa yang akan terjadi, karena saya tidak bisa melihat masa depan," kata Ozil.

"Apa yang bisa saya lakukan adalah memberikan segalanya untuk tim, untuk saya sendiri, untuk menjadi sukses dan mari kita lihat apa yang terjadi pada masa depan," tuturnya.

Sejumlah klub pun tertarik untuk mendapatkan tanda tangan Mesut Ozil, mulai dari tim MLS Amerika Serikat, DC United, dan Fenerbahce dari Turki. Namun hingga kini, belum ada tawaran resmi yang diajukan. 

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.com (penulis Rizki H, published 11/2/2020)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FAO Singgung Lambatnya Pembangunan Berkelanjutan di Asia Pasifik

Posted: 10 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pangan dan Pertanian atau Food and Agriculture Organization (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membuka sesi ke-28 Asia and Pacific Commision on Agricultural Statistics (APCAS) di Bali pada Senin (10/2/2020) kemarin. Kegiatan ini berfokus pada kebutuhan dukungan spesifik data statistik pangan dan pertanian di Asia Pasifik.

Acara APCAS sesi ke-28 ini dipandu oleh Pemerintah Indonesia dan dihadiri 100 delegasi dari 30 negara, serta 9 organisasi internasional dan regional dengan 17 tujuan SDG's, 169 target, dan 232 indikator. Tujuanya untuk memantau kemajuan demi meningkatkan sistem pendataan statistik dan analisis untuk perencanaan yang lebih baik di sektor pertanian, ternak, perikanan, dan kehutanan.

Kepala Statistik FAO Pietro Gennari menyampaikan tentang catatannya perihal kesenjangan data yang signifikan di Asia-Pasifik dalam memonitor pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG's), dan lambatnya kemajuan untuk mencapai tujuannya.

"Komitmen negara yang lambat untuk mengukur SDG, dan kinerja yang buruk untuk mencapai SDG, terkait erat. Kami menyaksikan inversi aksioma yang lazim di mana apa yang diukur dan yang akan dilakukan. Kami tidak mengukur indikator SDG, dan ini adalah salah satu alasan penting mengapa kami tidak berada di jalur yang tepat untuk mencapai target SDG," singgungnya dal keterangan tertulis, Selasa (11/2/2020).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan jika pertukaran pengetahuan dan pengalaman terbaik melalui pertemuan APCAS adalah suatu cara untuk meningkatkan, memperbaiki, dan mempercepat perkembangan statistik pertanian untuk memonitor pencapaian SDGs di wilayah Asia Pasifik.

"Melakukan kerjasama antara FAO dan pemerintah, termasuk dalam pemerintah sendiri seperti antara BPS dan Kementerian Pertanian dan juga dengan kementerian/lembaga lain yang terkait, sangat diperlukan untuk menghasilkan statistik pertanian berkualitas yang akurat, tepat waktu, dan relevan untuk menyediakan indikator SDGs," imbuhnya.

Kelaparan dan Kekurangan Gizi

Nybol Madut duduk bersama anak-anaknya di tempat penampungan di Sudan Selatan (22/11). Mereka menderita krisis air bersih dan kelaparan karena minimnya persediaan pangan. (AFP Photo/Albert Gonzalez Farran)
Nybol Madut duduk bersama anak-anaknya di tempat penampungan di Sudan Selatan (22/11). Mereka menderita krisis air bersih dan kelaparan karena minimnya persediaan pangan. (AFP Photo/Albert Gonzalez Farran)

Selain statistika data, dalam acara tersebut turut dibahas tentang urgensi statistik dalam proses untuk mengakhiri kelaparan. Dimana kerawanan pangan memainkan peran penting dalam berbagai bentuk kelaparan dan kekurangan gizi. Mayoritas kelaparan dunia dan anak-anak yang terkena dampak stunting tinggal di Asia.

Perwakilan FAO untuk Indonesia Stephen Rudgard menyampaikan, hampir setengah miliar orang yang kelaparan masih berjuang untuk bertahan hidup.

Dia juga mengungkapkan bahwa FAO sudah memperkuat kemitraan diantara pemerintah, internasional organisasi, dan sektor swasta untuk menyelesaikan permasalahan ini.

"FAO siap mendukung upaya nasional melalui program bantuan teknisnya," seru dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Targetkan Pengapalan 2,5 Juta Unit Galaxy Z Flip Tahun Ini

Posted: 10 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan menargetkan pengapalan Galaxy Z Flip akan mencapai 2,5 juta unit pada tahun ini. Smartphone layar lipat tersebut diperkirakan muncul di Unpacked di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada hari ini, Selasa (11/2/2020), waktu setempat.

Dilansir dari The Korea Herald, Selasa (11/2/2020), sejumlah sumber industri mengatakan Samsung sedang menyiapkan gelombang pertama pengapalan Galaxy Z Flip sebanyak 500 ribu unit. Total, perusahaan menargetkan pengapalan sekira 2,5 juta unit pada tahun ini.

Galaxy Z Flip akan menjadi smartphone lipat kedua Samsung, setelah Galaxy Fold meluncur pada tahun lalu. Galaxy Z Flip dilaporkan memiliki desain lipat bergaya clamshell seperti Motorola Razr.

Beberapa orang di industri skeptis tentang perkiraan pengapalan Galaxy Z Flip. Pasalnya, angka penjualan Galaxy Fold yang lebih dahulu dirilis belum mencapai satu juta unit. Smartphone tersebut diperkirakan baru terjual sekira 500 ribu unit.

Di sisi lain, Samsung dilaporkan menetapkan harga jual Galaxy Z Flip sekira 1,5 juta won atau berkisar Rp 17,3 juta untuk meningkatkan angka penjualan. Harganya lebih terjangkau daripada Galaxy Fold yang dibanderol 2,3 juta won.

Samsung Konfirmasi Nama Galaxy Z Flip

Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Lebih lanjut, sebelumnya muncul informasi baru tentang kepastian nama Galaxy Z Flip. Dilansir GSM Arena, Samsung Rumania membuat sebuah laman web resmi untuk case kulit pelindung Galaxy Z Flip. Hal ini sekaligus mengonfirmasi bahwa smartphone lipat Samsung itu akan memiliki nama Galaxy Z Flip.

Sayangnya, laman tersebut tidak mencantumkan rincian apa pun tentang Galaxy Z Flip. Namun sebelumnya sudah beredar bocoran tentang spesifikasinya.

Galaxy Z Flip dilaporkan akan hadir dengan chipset Snapdragon 855+, Android 10, RAM 8GB, dan memori internal 256GB. Smartphone ini akan memiliki dua layar, yaitu Infinity Flex FHD+ 6,7 inci sebagai layar lipat utama dan 1,06 inci sebagai layar eksternal kedua.

Untuk fotografi, Galaxy Z Flip dilengkapi kamera depan 10MP, serta dua kamera utama dengan resolusi 12MP. Spesifikasi lainnya termasuk fitur pemindai sidik jari dan baterai 3.300mAh dengan dukungan fast charging 15W.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gummi Crayon Pop Umumkan Pernikahan Sekaligus Kehamilan

Posted: 10 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Gummi Crayon Pop akan segera melepas masa lajangnya. Dilansir dari Soompi, Selasa (11/2/2020), berdasarkan laporan dari TV Report, ia akan menggelar pernikahan secara privat pada 23 Februari mendatang.

Tidak diungkap identitas calon suami Gummi Crayon Pop. Hanya disebutkan bahwa pria ini adalah seorang pebisnis di Amerika Serikat, dan keduanya telah saling mengenal cukup lama.

Tak hanya itu, dikabarkan juga bahwa Gummi Crayon Pop kini tengah berbadan dua. Kandungannya kini telah berusia 10 minggu.

Tulisan Tangan

Gummi Crayon Pop akan menikah (TV Report / Soompi)
Gummi Crayon Pop akan menikah (TV Report / Soompi)

Gummi sendiri mengabarkan hal ini lewat sebuah surat tulisan tangan di fan cafe resminya. Di awal suratnya, ia menyapa para penggemar dan melakukan kilas balik kenangannya di Crayon Pop.

Bersama Crayon Pop

Crayon Pop (Instagram/ crayonpop_official_)
Crayon Pop (Instagram/ crayonpop_official_)

"Aku debut sebagai anggota Crayon Pop pada 2012, dan waktu itu bisa terasa panjang maupun singkat. Masa-masa yang kulalui bersama kalian lewat di pikiranku seperti kaleidoskop," kata dia.

 

Agak Janggal

Gummi mengaku sebenarnya merasa janggal mengumumkan hal ini.

"Jadi...Alasan aku menulis surat ini adalah karena aku ingin penggemar menjadi yang pertama tahu. Agak aneh mengatakan ini...Aku akan menjadi istri seseorang pada 23 Februari mendatang. Dan aku tengah bersiap untuk menjadi seorang ibu," kata wanita yang kini terjun ke dunia akting dengan nama Song Bo Ram.

 

Minta Restu

Gummi mengatakan calon suaminya ini adalah orang yang bisa ia andalkan. "Aku berjanji untuk menghabiskan sisa hidupku dengan pria ini, yang mengerti benar apa arti kebahagiaan," kata dia.

Terakhir, Gummi meminta restu penggemar atas pernikahannya, meski kabar ini datang begitu mendadak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nekat, Pengendara Motor Lawan Arah Masuk Jalan Tol

Posted: 10 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria tua mengendarai motor di jalan tol. Pelanggaran yang ia lakukan ternyata tak sampai di situ. Si pria tua juga nekat melawan arah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih dari 100 Tentara AS Alami Cedera Otak Usai Serangan Rudal Iran

Posted: 10 Feb 2020 08:27 PM PST

Liputan6.com, Baghdad - Lebih dari 100 anggota Militer Amerika Serikat mengalami cedera otak traumatis yang berasal dari serangan rudal Iran di sebuah pangkalan di Irak, pada Januari lalu. 

Pasukan AS mengalami cedera segera ketika Iran menembakkan rudal ke pangkalan Ain al-Asad di Irak sebagai pembalasan atas pembunuhan terhadap Jenderal Pengawal Revolusi Qassem Soleimani dalam serangan pesawat tak berawak di bandara Baghdad pada 3 Januari. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (11/2/2020). 

Serangan-serangan rudal Iran itu mengakhiri aksi kekerasan yang telah dimulai pada akhir Desember. Kedua belah pihak telah menahan diri dari eskalasi militer lebih lanjut, tetapi meningkatnya jumlah korban AS dapat meningkatkan pengawasan pada pendekatan administrasi Presiden Donald Trump ke Iran.

Pada Senin 10 Februari, ada lebih dari 100 kasus Traumatic Brain Injury (TBI), naik dari 64 yang dilaporkan sebelumnya bulan lalu.

Pentagon, dalam sebuah pernyataan, mengonfirmasi sejauh ini ada 109 anggota militer AS telah didiagnosis dengan cedera otak traumatis ringan. Ia menambahkan bahwa 76 dari mereka telah kembali bertugas.

Sebelumnya, militer AS mengatakan bahwa ada kemungkinan peningkatan jumlah pada minggu-minggu setelah serangan itu terjadi, karena gejalanya yang memakan waktu untuk bermanifestasi dan juga bahwa pasukan terkadang membutuhkan waktu lebih lama untuk melaporkannya.

Sebelumnya Diagnosis Ringan

Tentara dan jurnalis AS memeriksa puing-puing di pangkalan udara Ain al-Asad, Anbar, Irak, Senin (13/1/2020). Iran menghujani pangkalan militer AS tersebut dengan rudal sebagai balasan atas kematian Jenderal Qasem Soleimani. (AP Photo/Qassim Abdul-Zahra)
Tentara dan jurnalis AS memeriksa puing-puing di pangkalan udara Ain al-Asad, Anbar, Irak, Senin (13/1/2020). Iran menghujani pangkalan militer AS tersebut dengan rudal sebagai balasan atas kematian Jenderal Qasem Soleimani. (AP Photo/Qassim Abdul-Zahra)

Jenderal Angkatan Darat Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan bulan lalu bahwa anggota layanan yang menderita cedera otak traumatis telah didiagnosis dengan kasus-kasus ringan. Dia menambahkan bahwa diagnosis dapat berubah seiring waktu.

Gejala cedera concussive memiliki gejala seperti sakit kepala, pusing, sensitivitas terhadap cahaya dan mual.

Pejabat Pentagon telah berulang kali mengatakan tidak ada upaya untuk menutup-nutupi atau menunda informasi tentang cedera concussive.

Tetapi pernyataan tersebut kemudian kembali memunculkan pertanyaan tentang bagaimana pihak Pentagon menanggapi dan menangani masalah ini. 

Senator Republik AS Joni Ernst mengatakan lebih banyak jawaban diperlukan.

"Saya telah meminta Pentagon untuk memastikan keselamatan & perawatan pasukan kami yang dikerahkan yang mungkin terkena cedera ledakan di Irak," kata Ernst di Twitter.

Presiden AS Donald Trump tampaknya menutupi fakta tentang cedera otak yang dialami bulan lalu, mengatakan ia "mendengar bahwa mereka mengalami sakit kepala dan beberapa hal lain" setelah serangan itu, yang memicu kecaman dari anggota parlemen dan kelompok veteran AS.

Berbagai kelompok kesehatan dan medis selama bertahun-tahun telah berusaha meningkatkan kesadaran tentang keseriusan cedera otak, termasuk gegar otak.

Sejak tahun 2000, sekitar 408.000 anggota militer telah didiagnosis dengan cedera otak traumatis, menurut data Pentagon.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Vicy Melanie Pakai Gaun Pengantin, Dikabarkan Segera Nikah

Posted: 10 Feb 2020 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kevin Aprilio dan Vicy Melanie menjadi salah satu pasangan yang dinantikan pernikahannya. Setelah menjalin asmara sekitar 4 tahun, keduanya pun mulai terdengar rencana menikah. Anak dari musisi Addie MS ini kabarnya akan menggelar pernikahan pada pertengahan tahun ini.

Sebelumnya Kevin Aprilio dan Vicy telah resmi bertunangan pada Minggu (20/1/2019) lalu. Kevin melamar kekasih cantiknya itu saat mereka berada di Korea Selatan. Kevin bahkan sudah memanggil Vicy dengan sebutan calon istri.

Dikabarkan segera menikah, ayah Kevin Aprilio yaitu Addie MS pun turut buka suara. Kevin Aprilio kabarnya tak ingin membebani orang tua dalam pernikahannya nanti.

"Ini Kevin pernikahannya enggak mau dibiayai oleh orangtua. Saya bilang 'Vin, enggak apa-apa, kewajiban aku Vin. Orangtua dimana-mana memang kewajiban," kata Addie MS di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020) lalu. Meski demikian, Kevin tetap ingin menikah dengan kekasihnya, Vicy Melanie, dengan usahanya sendiri.

Calon istri kevin, Vicy Melanie, dikenal sebagai model majalah, busana, hingga kecantikan. Ia sempat membintangi katalog fashion hijab di salah satu majalah ternama. Hingga saat ini, Vicy cukup sering menjadi model baju pernikahan.

Pesona kekasih Kevin Aprilio memang kerap ramai dibicarakan. Diisukan segera menikah, berikut ini 6 potret Vicy Melanie, kekasih Kevin Aprilio saat memakai gaun pernikahan. Dirangkum dari Instagram pribadinya oleh Liputan6.com, Selasa (11/2/2020).

1. Vicy Melanie tampil elegan saat memakai gaun panjang berwarna serba putih.

Potret cantiknya Vicy Melanie saat pakai gaun pengantin. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)
Potret cantiknya Vicy Melanie saat pakai gaun pengantin. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)

2. Vicy Melanie tampil memesona dengan makeup tebal serta rambutnya dihias mawar.

Potret cantiknya Vicy Melanie saat pakai gaun pengantin. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)
Potret cantiknya Vicy Melanie saat pakai gaun pengantin. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)

3. Kekasih Kevin Aprilio ini memang dikenal sebagai model dan sering menjadi model majalah.

Potret cantiknya Vicy Melanie saat pakai gaun pengantin. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)
Potret cantiknya Vicy Melanie saat pakai gaun pengantin. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)

4. Perjalanan cinta Vicy dan kevin Aprilio memang tak selalu mulus terlebih lagi saat Kevin sempat mendapatkan masalah utang beberapa waktu lalu.

Potret cantiknya Vicy Melanie saat pakai gaun pengantin. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)
Potret cantiknya Vicy Melanie saat pakai gaun pengantin. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)

5. Pasangan ini diketahui mulai berpacaran sejak akhir tahun 2015 lalu hingga kini.

Potret cantiknya Vicy Melanie saat pakai gaun pengantin. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)
Potret cantiknya Vicy Melanie saat pakai gaun pengantin. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)

6. Berawal dari bertemu lewat Instagram, pasangan ini pun memutuskan menjalin hubungan ke jenjang yang lebih serius.

Potret cantiknya Vicy Melanie saat pakai gaun pengantin. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)
Potret cantiknya Vicy Melanie saat pakai gaun pengantin. (Sumber: Instagram/@vicymelanie)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: