Kamis, 20 Februari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Nenek 62 Tahun Sulap Kota Jadi Ramah Disabilitas dengan Ramp Lego

Posted: 20 Feb 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita lansia, Rita Ebel (62) telah memberdayakan balok-balok Lego lebih dari sekadar mainan bocah. Nenek asal Hanau, Jerman ini menyulap kotanya jadi ramah disabilitas dengan menyusun ramp kursi roda menggunakan Lego.

Rita Ebel menjadi pengguna kursi roda sejak mengalami kecelakaan mobil seperempat abad lalu. Setelah menggunakan kursi roda, Rita menyadari bahwa tak semua sudut kotanya mudah diakses oleh individu difabel seperti dirinya.

Namun, nenek yang penuh akal ini menemukan solusi bagi rintangan itu dengan menyusun ramp dari balok-balok Lego. Ia mengaku terinspirasi dari seorang pengguna kursi roda lain di Jerman bagian barat yang menyusun ramp dari Lego.

"Bagiku, itu hanyalah upaya membuat dunia sedikit lebih peka (disabilitas) dan meminimalisir hambatan saat bepergian," ujar Rita Ebel.

Dengan bantuan sang suami, Rita menghabiskan waktu hingga tiga jam membangun ramp, menempel ratusan balok Lego dengan lem. Balok-balok Lego itu didapat Rita dari donasi para penggemar mainan tersebut dari seluruh Jerman. Mereka menyumbangkan Lego tersebut pada toko-toko secara gratis.

Balok-balok Lego yang mungil tak dimungkiri tampak rapuh, meski telah disusun menjadi ramp. Tapi, jangan remehkan kekuatannya.

"Ramp-ramp itu super stabil dan bisa digunakan oleh orang-orang dengan beragam tinggi. Ada kelebihan lainnya yaitu mereka bisa dipindahkan dan memiliki daya cengkeram yang baik," jelas Rita, melansir laman New York Post.

 

Diminati di Negara Lain

Ramp Lego warna-warni buatan Rita Ebel menyedot perhatian warga Hanau, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Warna-warni balok Lego pada ramp juga memudahkan para disabilitas lain melihat benda itu dari kejauhan.

Kabarnya, karya Rita Ebel tersebut juga mendapat perhatian internasional. Asosiasi pariwisata Spanyol dan AS sama-sama menunjukkan ketertarikan mereka. Tak hanya itu, Rita Ebel pun rupanya mengirimkan cara membuat ramp Lego itu pada masyarakat di Austria dan Swiss agar mereka bisa membuat sendiri ramp serupa di kota mereka.

"Tujuan kampanye kami adalah percepatan dan terus bergulir," ujar Rita. "Sangat menyenangkan melihat baanyak orang tertarik dengan benda itu dan ingin berpartisipasi," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2.000 Personel TNI-Polri Siap Amankan Aksi 212 di Patung Kuda

Posted: 20 Feb 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pihaknya siap menurunkan ribuan personel gabungan bersama TNI dalam melakukan pengamanan aksi 212 di Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Aksi 'Berantas Mega Korupsi Selamatkan NKRI' tersebut rencananya akan diikuti oleh Front Pembela Islam (FPI), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, dan Persaudaraan Alumni (PA) 212.

"Kesiapan untuk kegiatan hari ini ada kegiatan massa dari rekan-rekan 212 yang mungkin rencana setelah salat Jumat nanti di Patung Kuda. Kesiapan pengamanan dari Polda Metro Jaya bersama teman-teman dari TNI dan Polres Jakarta Selatan sudah siap, dengan kekuatan sekitar 2.000 personel yang kita turunkan untuk kesiapan pengamanam siang nanti," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2/2020). 

Kegiatan Aksi 212 rencananya bakal digelar selepas salat Jumat hingga sore hari.

"Pelaksanaan kegiatan setelah salat Jumat. Memang dalam pemberitahuan kemarin sampai dengan 18.00 WIB, tapi hasil koordinasi ini kegiatan yang damai, menurut korlip yang ada. Intinya adalah Polri dalam hal ini siap mengawal dan mengamankan kegiatan ini sampai dengan selesai sesuai yang diatur UU No 9 Tahun 2019 tentang penyampaian pendapat di muka umum, batas waktu 18.00 WIB," ujar Yusri.

Pengalihan Arus Situasional

Para Peserta Aksi Membubarkan Diri Pada Pukul 08.24 WIB. Panitia Menghimbau Peserta Untuk Memungut Sampah Disekitaran Lokasi Aksi 212. ( Fotografer : Rizki Putra Aslendra)
Para Peserta Aksi Membubarkan Diri Pada Pukul 08.24 WIB. Panitia Menghimbau Peserta Untuk Memungut Sampah Disekitaran Lokasi Aksi 212. ( Fotografer : Rizki Putra Aslendra)

Sementara itu, untuk pengalihan arus lalu lintas di sekitaran lokasi aksi akan bersifat situasional. Jika memang diharuskan untuk dilakukan penutupan jalan atau pengalihan arus, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah personel untuk mengatur hal itu.

"Situasional, kita melihat kekuatan nanti teman-teman yang akan melaksanakan penyampaiam pendapat dimuka umum nanti. Penutupam jalan situasional, kalau memang harus dengan penutupan, kita siapkan di titik-titik dimana pengalihan arus, personel sudah kita floating," ungkap Yusri. 

Yusri menyebut, untuk jumlah massa aksi sendiri diperkirakan mencapai ribuan orang. Namun, aksi tersebut dipastikan akan berjalan sencara kondusif.

"(Jumlah massa) Enggak sampai 2.000, 1.000 sampai dengan 2.000 (massa)," pungkas dia

 

Reporter: Nur Habibie 

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Munculnya Kota Barus sebagai Perintis Bahasa Indonesia

Posted: 20 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Medan - Sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, Sumatera Utara (Sumut), tidak hanya memiliki ragam suku dan budaya, tetapi juga sebagai provinsi tempat dirintis dan dilahirkannya bahasa Indonesia, yaitu dari Kota Barus, Tapanuli Tengah (Tapteng).

Kepala Balai Bahasa Sumut, Maryanto, mengatakan, bahasa Indonesia yang dilahirkan di Barus menjadi perantara hingga akhirnya mempersatukan bangsa Indonesia. Namun, kondisi saat ini, banyak yang tidak mengetahui sejarah tersebut.

Hal itu dikatakan Maryanto dalam seminar nasional dengan tema "Bahasa dan Sepeda Bangsa" dan subtema "Dari Barus ke Barus Pemusatan Kebudayaan Melayu di Sumatera Utara Menangkal Gelombang 'Tsunami' Kebahasaan" di Kota Medan.

"Wujud dari bahasa perantara itu, dulu dirintis di Barus. Mengapa kegiatan ini dari Barus ke Barus, karena gagasan keindonesiaan yang bahasa persatuan dilahirkan dari bahasa Melayu, dikembalikan ke Barus. Saat ini macet, berhenti di Melayu Selat Malaka," kata Maryanto, Kamis (20/2/2020).

Ia mengungkapkan, problematika yang terjadi saat ini di kalangan masyarakat dan generasi muda, banyak yang mengira bahasa Indonesia dilahirkan dari Melayu Selat Malaka, dan sangat jarang yang mengetahui dari Sumut.

"Ini yang menimbulkan potensi gelombang tsunami. Karena bahasa persatuan kita menjadi arus Melayu di sana (Selat Malaka) yang arahnya deras," ungkapnya.

Dikatakan Maryanto, sesungguhnya yang terkandung di dalam bahasa Indonesia adalah Melayu lintas ras yang berasal dari Barus, karena kedatangan dari Arab dan India. Melayu di sini juga harus dibedakan, Melayu Ras dan Melayu Agama Islam, dan Melayu Dunia Bahasa.

"Yang kita kelola ini adalah bahasa yang melahirkan keindonesiaan. Tidak hanya melahirkan keindonesiaan, tetapi melahirkan keberagaman," ujarnya.

Dalam seminar ini, makna "Dari Barus ke Barus" adalah kembali memperkuat rajutan Indonesia dalam istilah "sepeda" untuk menyambungkan mata rantai yang terputus. Harapannya tidak terputus hanya di pemahaman Melayu Selat Malaka, tapi juga disambungkan ke Barus.

"Bahasa Indonesia yang jelas dilahirkan, penggeraknya adalah Sanusi Pane. Ini dari Sumut juga. Ketika bahasa Indonesia dimasukkan kembali ke embrio, dalam konteks Melayu Selat Malaka. Ini seolah-olah bahasa Indonesia masih ada dalam Bahasa Melayu," terangnya.

Disebutkan Maryanto, temuan terakhir pada 15 Februari 2020 menyatakan bahasa Indonesia sebagai salah satu dari 100 bahasa besar dunia dengan jumlah penutur 198.733.600 orang. Bahasa Indonesia berada di urutan ke-10.

"Tapi, kebesarannya itu dimasukkan ke dalam konteks bahasa Melayu Selat Malaka. Ini yang menimbulkan gejolak bahasa Indonesia selalu tetap dalam bahasa Melayu. Sementara bahasa Indonesia sudah lahir menjadi entitas wujud sendiri. Antara yang melahirkan dan yang dilahirkan tidak sama," sebutnya.

Menurut Maryanto, ketika ada upaya menyamakan dan meyeragamkan akan bahaya. Hal ini akan menjadi "tsunami" besar. Hanya Melayu Sumut yang bisa menangkal, karena Melayu dari Barus menghasilkan tradisi Arab Melayu, dan Barus membawa serta memasukkan ajaran Islam.

"Kemudian lahirlah tokoh-tokoh Islam yang ketika itu produktif di dunia sastra, yaitu Hamzah Fansuri yang di Barus pada abad ke-15 dan 16," kata Maryanto.

Dituturkannya, masyarakat sering terbawa dalam pemahaman dan pengetahuan karya sastra yang menjadi rujukan bahasa Indonesia adalah 'Gurindam Dua Belas' karya Ali Haji bin Raja Haji Ahmad, yang notabene ada di sekitar Selat Malaka.

"Ini yang menjadi mengapa di Selat Malaka, karena sering dibawa ke pemahaman semacam perintisan bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia dari Gurindam Dua Belas-nya Ali Haji. Sering begitu disebut-sebutkan," tuturnya.

Maryanto mengungkapkan bahwa ahli bahasa sudah melakukan kajian mendalam sejak tahun 2002, dan menemukan ternyata karya sastra Ali Haji sebanyak 50 persen lebih, yang syair 'Perahu' dipengaruhi syair 'Perahu' Hamzah Fansuri.

"Atinya, Gurindam Dua Belas Ali Haji itu dipengaruhi karya sastra Hamzah Fansuri. Tidak apa-apa pemahaman itu, tapi jangan diputus. Mata rantai sejarah bahasa kita disambungkan dengan sejarah Barus," ungkapnya.

 

Langkat Jadi Laboratorium Awal

Buku Tata Bahasa Melayu Betawi. (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)
Buku Tata Bahasa Melayu Betawi. (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Maryanto menyebut untuk membuka pikiran serta mendudukkan sejarah bahasa Indonesia, Balai Bahasa Sumut bekerja sama dengan Dinas Kabupaten Langkat membuat laboratorium pemusatan bahasa.

"Ke depan, Langkat menjadi laboratorium awal bagaimana Melayu juga lestari di daerahnya," sebutnya.

Langkat sebagai suatu daerah, juga memiliki kebudayaan Melayu. Begitu juga dengan Asahan. Balai Bahasa Sumut ingin menumbuhkan keberagaman, karena Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang dilahirkan oleh sosok yang sangat jarang didengar, yaitu Sanusi Pane.

"Sanusi Pane harus diangkat menjadi tokoh nasional. Dibandingkan adiknya, Lafran Pane, sangat jauh. Gagasan untuk Indonesia-nya lebih luar biasa Sanusi Pane. Bayangkan, ketika itu mempersatukan manusia berbangsa-bangsa menjadi satu bangsa," ucapnya.

Sanusi Pane tidak hanya menggerakkan kelahiran bahasa Indonesia, tetapi juga menggerakkan kelahiran lembaga yang menangani dan bertugas melayani bahasa yang dilahirkan. Meski belum ada negara, Sanusi Pane melahirkan bahasa Indonesia dan melahirkan gagasan lembaganya, Institut Bahasa Indonesia tahun 1938, ketika Kongres Bahasa Indonesia Pertama.

"Istilah lahirkan bahasa Indonesia itu 2 Mei 1926 ketika Kongres Pemuda Pertama berlangsung, jauh sebelum Indonesia merdeka. Ketika empat tokoh mendiskusikan apa pembentuk bangsa, karena ketika itu belum terbentuk bangsa Indonesia. Lalu dibentuk pemersatu bangsa adalah bahasa Indonesia," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alasan Aturan Kamar Terpisah di RUU Ketahanan Keluarga

Posted: 20 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta RUU Ketahanan Keluarga tengah diusulkan oleh sejumlah anggota DPR RI. Salah satunya mengatur soal pembagian kamar anggota keluarga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Kemacetan, Jasa Marga Terapkan Contraflow di Tol Cipularang

Posted: 20 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Uji coba rekayasa lalu lintas di Tol Cipularang akan dilakukan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mulai Jumat (21/2/2020) hari ini secara situasional. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan karena penanganan Ruang Milik Jalan (Rumija) di Km 118+600 yang terdampak longsor.

Mengikuti diskresi Kepolisian, Jasa Marga Cabang Purbaleunyi selaku pengelola Jalan Tol akan melakukan sistem lawan arus atau contraflow mulai dari Km 120+000 sampai dengan Km 118+100 Tol Cipularang arah Jakarta.

General Manager Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Pratomo Bimawan Putra mengatakan, saat diberlakukannya contraflow maka akan ada pengaturan kendaraan yang melewati lajur eksisting dan lajur contraflow.

"Kendaraan besar akan diarahkan untuk menggunakan lajur eksisting (lajur 2). Sementara itu, untuk kendaraan kecil (Golongan I) akan diarahkan untuk menggunakan lajur contraflow. Untuk memastikan hal ini berjalan dengan aman, kami akan menyiapkan rambu-rambu untuk pengamanan, serta petugas pengaturan lalu lintas di Tol Cipularang," katanya seperti dilansir kanal Ekonomi Liputan6.com.

Sedangkan untuk pelaksanaan pekerjaan penanganan dampak longsor di Rumija Jalan Tol Cipularang, Bima juga memastikan pekerjaan akan dilakukan secara situasional sesuai dengan kondisi lalu lintas.

Akhir Pekan

"Terutama di akhir pekan kami akan atur proses pekerjaannya. Jika memang berdampak pada kepadatan, akan kita hentikan dulu pengerjaannya agar tidak mengganggu arus lalu lintas," ujar Pratomo.

"Sementara untuk antisipasi kepadatan lalu lintas yang mungkin terjadi, kami dan Kepolisian akan menyiapkan rekayasa lalu lintas contraflow menggunakan satu lajur yang ke arah Bandung," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Potret Bahagia Pernikahan Sheila Marcia dan Kekasih

Posted: 20 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sheila Marcia dan sang kekasih bernama Dimas menggelar pernikahan sederhana di Bali. Acara ini hanya dihadiri oleh keluarga dan sahabat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer MU Mengeluhkan Bola yang Dipakai Melawan Brugge, Seperti Ini Spesifikasinya

Posted: 20 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Brugge - Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer, mengeluhkan bola yang dipakai saat berhadapan dengan Club Brugge pada babak 32 besar Liga Europa, Jumat dini hari WIB (21/2/2020). Duel yang berlangsung di Stadion Jan Breydelstadion, Belgia, itu berakhir dengan skor imbang 1-1.

Meski terhindar dari kekalahan, Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer, tidak terlalu gembira menyambut hasil ini. Sebab menurutnya, banyak faktor yang membuat timnya tidak tampil maksimal malam itu. 

Salah satunya, bola yang digunakan dalam pertandingan. Seperti dilansir Mirror, Molten yang menjadi bola resmi pada Liga Europa musim ini sulit dikendalikan di lapangan berair akibat cuaca hujan. 

"Itu laga yang sulit melawan tim dengan tim terorganisir di kondisi yang sulit juga," katanya. 

"Saya pikir ini bukan pertandingan terbaik, kami sedikit ceroboh dengan lapangan dan bola membuat kondisi semakin lebih sulit," beber pelatih asal Norwegia itu menambahkan. 

"Bolanya sangat berbeda dan sulit untuk dimainkan, tapi ini sama saja untuk kedua tim. Bolanya ringan, Anda harus punya dan mencobanya," kata Solskjaer. 

 

Seperti Apa Bentuknya?

Pemain Club Brugge,  Emmanuel Bonaventure (kanan) berebut bola dengan bek Manchester United, Diogo Dalot dalam leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Jan Breydelstadion, Kamis (20/2/2020). Manchester United gagal meraih hasil maksimal usai ditahan imbang Club Brugge 1-1. (JOHN THYS / AFP)
Pemain Club Brugge, Emmanuel Bonaventure (kanan) berebut bola dengan bek Manchester United, Diogo Dalot dalam leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Jan Breydelstadion, Kamis (20/2/2020). Manchester United gagal meraih hasil maksimal usai ditahan imbang Club Brugge 1-1. (JOHN THYS / AFP)

Seperti diketahui, bola resmi yang digunakan pada Europa League 2019/2020 resmi dinamai Molten Europa League 2019/2020. Sedangkan F5U5003-G9 merupakan nomor model bola tersebut.

Bola ini dianggap memiliki keunikan tersendiri dibanding model-model sebelumnya. Seperti dilansir football-balls.com, bola resmi Europa League 2019/2020 memiliki 32 panel klasik yang mampu menghasilkan putaran sempurna dengan kekuatan maksimum berkat konstruksi yang kokoh. 

Karakteristik terbangnya juga ditingkatkan dengan mengadopsi permukaan berlesung pipit mirip struktur bola golf. Dan menurut Alexander Mulder dari Piri Sport, Molten Europa League 2019/2020 merupakan bola yang paling sedikit menyerap air.

"Bola ini memberikan pertunjukan sepak bola yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bola yang memberikan dimensi yang benar-benar baru bagi para pemain sepak bola, di permukaan dan dalam kondisi cuaca seperti apapun dia dimainkan," ujar Mulder. 

Tidak Sependapat

Bek Manchester United, Harry Maguire (tengah) berebut bola dengan gelandang Club Brugge,  Charles De Ketelaere dalam leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Jan Breydelstadion, Kamis (20/2/2020). Manchester United gagal meraih hasil maksimal usai ditahan imbang Club Brugge 1-1. (JOHN THYS / AFP)
Bek Manchester United, Harry Maguire (tengah) berebut bola dengan gelandang Club Brugge, Charles De Ketelaere dalam leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Jan Breydelstadion, Kamis (20/2/2020). Manchester United gagal meraih hasil maksimal usai ditahan imbang Club Brugge 1-1. (JOHN THYS / AFP)

Sementara itu, Pelatih Brugge, Philippe Clement, tidak sependapat dengan Solskjaer. Menurut Clement, bola yang mereka gunakan sama dan selama ini tidak pernah bermasalah dengan itu. 

 "Kami dapat bola dari UEFA, jadi itu bukan bola kami. Di Europa League semua pakai bola yang sama, jadi saya tidak melihat ada masalah di sana," kata Clement menanggapi komplain Solskjaer.

Bertanding di depan pendukung sendiri, Brugge sudah unggul pada menit ke-15.  Dennis berhasil memanfaatkan kesalahan kiper MU, Sergio Romero, dengan melepas bola lob di luar jangkauannya. 

Namun tuan rumah gagal berpesta. Sebab pada menit ke-36, Martial mampu membalasnya. 

Clement menilai, wasit seharusnya memberi kartu merah kepada Romero akibat pelanggaran menggunakan dua kaki yang dilakukannya terhadap Dennis. "Bagi saya itu jelas-jelas penalti. Jika mengacu pada beberapa gambar di sejumlah negara, itu jelas-jelas kartu merah," kata Clement. 

"Jika Anda memakai dua kaki untuk melanggar seseorang, itu sudah pasti kartu merah."

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Hambat Pengerjaan Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung

Posted: 20 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra mengatakan pengerjaaan proyek kereta cepat Jakarta - Bandung terganggu wabah Virus Corona.

"Masalah Corona jangan terlalu lama, jadi kita bisa datangin orang (pekerja)," ujar dia setelah rapat bersama para menteri di Gedung Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Hal ini terkait kebijakan pemerintah Indonesia yang masih melarang seluruh penerbangan dari dan ke China terhitung 4 februari 2020.

Imbas dari ini, lebih dari 300 pekerja China yang terdiri dari berbagai level jabatan, belum kembali ke Indonesia. Alhasil, kondisi berdampak pada terganggunya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Semua level dari project director, project manager, set manager, engineer, sampai kosultan juga ada," jelas dia.

Kendala lain, sulitnya mendatangkan material asal China, seperti waterproofing dan waterstop. itu karena banyak perusahaan yang berhenti beroperasi akibat Corona di China.

"Di sana produksi pabrik belum hidup itu kendala, itu material dari sana terbatas," ungkap dia.

Untuk itu, Chandra mendorong pihak kontaraktor untuk tidak bergantung dengan tenaga kerja asal China dalam menyelesaikan mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Saya sedang tekankan ke kontrakator, kalau mereka nggak datang bagaimana caranya?, bikin plan sesuai saat ini," pungkas dia.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Pekerja Kereta Cepat yang Diduga Kena Virus Corona Sudah Kembali Kerja

Aktivitas pekerja saat menyelesaikan pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Desa Bunder, Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/3).  Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ditargetkan rampung pada 2021. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Aktivitas pekerja saat menyelesaikan pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Desa Bunder, Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/3). Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ditargetkan rampung pada 2021. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pekerja PT Kereta Api Cepat Indonesia-China (KCIC) yang sempat diduga terjangkit virus Corona sudah kembali bekerja. Warga Negara (WN) China ini sebelumnya sempat diisolasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

"Dia di sini, sudah kerja lagi," kata Direktur Utama PT Kereta Api Cepat Indonesia-China (KCIC), Chandra Dwiputra di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Dia memastikan saat ini sudah tidak ada lagi karyawan KCIC yang menjalani perawatan di RSHS. Meski begitu pihaknya mengaku tidak berinisiatif melakukan pemeriksaan satu persatu.

Katanya cukup melihat berbagai tanda atau gejala. Jika suhu tubuh di atas 38 derajat lalu menganggu aktivitas baru dilakukan pemeriksaan.

"Dan yang diingatkan kan kalau pulang dari sana dalam waktu 3 Minggu sebelumnya," kata dia.

Termasuk karyawan yang sudah terlanjur datang ke Indonesia, akan dilakukan pemeriksaan. Jika bersih dari dugaan terjangkit virus, maka langsung bekerja seperti biasa.

Saat ini, ada 300-an karyawan KCIC yang tertahan di China setelah merayakan Imlek di negara asalnya. Hingga kini mereka diliburkan sampai tanggal 9 Februari mendatang.

Dia belum bisa memastikan kapan para pekerjanya kembali ke Indonesia. "Mengikuti aturan pemerintah China, jadi sampai tgl 9 kan diliburkan, artinya belum ada kepastian," pungkasnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbas Virus Corona, Jumlah Wisatawan di Bintan Turun 50 Persen

Posted: 20 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bintan - Dampak menyebarnya virus corona di berbagai negara ternyata mulai menimbulkan kerugian di sektor pariwisata internasional. Seperti salah satunya Indonesia, khususnya di Bintan.

Jumlah wisatawan di Bintan turun drastis usai Singapura menjadi salah satu negara yang beresiko terhadap penyebaran virus corona. 

 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Wan Rudy Iskandar mengatakan 2 bulan terakhir di awal tahun 2020 dipredisksi wisman turun hingga 50 persen.

"Padahal kita targetkan wisatawan domestik meningkat 15 hingga 20 persen," kata Wan kepada Liputan6.com, Jumat (21/2/2020).

Untuk mencapai target tersebut, Pemkab Binta akan berkerja sama dengan Bintan Cakrawala Resort selaku pengembang Resort yang ada di Bintan Utara dan Asosiasi Pariwisata Bahari (Aspabri) Kepulauan Riau.

Ia menyebutkan ada 13 resort berkelas internasional yang selama ini menjadi destinasi idola wisatawan asing.

 

Promosikan Paket Wisata Murah

Wisata di Bintan sepi imbas virus corona (dok: Ajang Nurdin)
Wisata di Bintan sepi imbas virus corona (dok: Ajang Nurdin)

Sementara itu Ketua Asosiasi Pariwisata Bahari (Aspabri ) Provinsi Kepri Surya Wijaya mengatakan pada bulan ini akan meluncurkan paket wisata baru. Dalam pemasarannyam mereka akan bekerjasama dengan 49 agen perjalanan.

"Dengan konsep ini akan kita presentasikan segala yang bisa dinikmati di Bintan dengan biaya yang murah. Selama ini kita dengar Bintan itu cukup mahal," kata dia.

Selama ini, wisatawan yang banyak mengunjungi Bintana dalah wisatawan dari Singapura dan China.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Chris Hemsworth Olahraga, Pria Tertampan Versi Top Beauty World

Posted: 20 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Chris Hemsworth mulai dikenal luas oleh publik setelah membintangi serial televisi Australia Home and Away. Pria asal Australia ini semakin dikenal setelah membintnagi film Star Trek pada 2009 dan A Perfect Getaway di tahun yang sama.

Berbagai film layar lebar pun telah dibintangi oleh pria 36 tahun ini. Tak sedikit pula film-film tersebut sukses di pasaran. Keberhasilan Chris Hemsworth sendiri memerankan karakter Thor dalam serial Marvel Cinematic Universe pun semakin membuatnya dikenal luas. Bahkan, dirinya juga turut bermain dalam film Avengers: Endgame.

Berkat karakter yang diprankannya ini juga membuatnya menjadi salah satu aktor dengan bayaran fantastis. Tak hanya dikenal sebagai sosok aktor berbakat saja.

Beberapa waktu lalu Chris Hemsworth juga mendapatkan predikat pria tertampan 2019 versi Top Beauty World. Hal ini juga diketahui dari unggahan resmi media sosial Top Beauty World. Pria kelahiran 11 Agustus 1983 ini tak hanya dikenal karena ketampanannya saja, akan tetapi juga kesehatan tubuhnya.

Dilihat dari akun Instagram pribadinya, Chris Hemsworth juga cukup aktif mengunggah foto saat dirinya tengah berolahraga. Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram pribadinya, berikut ini beberapa potret Chris Hemsworth saat tengah berolahraga.

1. Chris cukup sering mengunggah foto maupun video saat olahraga.

Chris Hemsworth (Sumber: Instagram/chrishemsworth)
Chris Hemsworth (Sumber: Instagram/chrishemsworth)

2. Chris Hemsworth sendiri memang dikenal sebagai sosok yang rajin berolahraga.

Chris Hemsworth (Sumber: Instagram/chrishemsworth)
Chris Hemsworth (Sumber: Instagram/chrishemsworth)

3. Perannya sebagai Thor pun sukses membuat namanya semakin melambung.

Chris Hemsworth (Sumber: Instagram/chrishemsworth)
Chris Hemsworth (Sumber: Instagram/chrishemsworth)

4. Berhasil mendapat predikat sebagai pria tertampan membuat banyak netizen yang menyetujui hal tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Minta Pilihkan Foto, Perbincangan Terakhir BCL dan Ashraf Sebelum Meninggal

Posted: 20 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepergian Ashraf Sinclair masih menyisakan duka bagi keluarga khususnya sang istri tercinta Bunga Citra Lestari. Bagaimana tidak, meninggalnya Ashraf yang sangat mendadak sontak membuat BCL sangat terkejut. Ashraf sendiri diketahui meninggal dunia pada Selasa (18/2) lalu karena serangan jantung.

Sesaat sebelum Ashraf menghembuskan napas terakhir pun dirinya bahkan masih sempat berbincang seperti biasa dengan BCL. Dikutip dari Merdeka, detik-detik kepergian Ashraf pun diceritakan langsung oleh sepupu BCL, Ivan Permana.

Dirinya mengatakan bahwa Senin subuh Bunga dan Ashraf baru saja kembali dari New York. Setelah itu keduanya beraktifitas seperti biasa, Ashraf bahkan sempat berolahraga pada malam harinya.

"Sampai sini itu, Ashraf masih harus meeting, banyak urusan, sorenya dia masih nganterin Bunga ke Idol. Nah habis maghrib itu, sekitar jam 8, dia olahraga crossfit, mungkin dia pikir biar capek sekalian, biar tidurnya enak. Padahal kondisinya dia belum tidur waktu itu," ujar Ivan.

Sempat bangunkan Ashraf

Ashraf Sinclair, BCL, dan Noah Aidan Sinclair. (Foto: Instagram @ashrafsinclair)
Ashraf Sinclair, BCL, dan Noah Aidan Sinclair. (Foto: Instagram @ashrafsinclair)

Ivan kembali bercerita bahwa sesaat sebelum meninggal Ashraf dan Bunga sempat mengobrol bersama.

"Belum tidur dan dia melakukan olahraga yang berat banget. Pulang ke rumah masih belum kenapa-kenapa, jam 2 Bunga pulang dari Idol, itu masih ngobrol, Bunga tinggal ke kamar mandi buat bersihin make up sama milih-milih foto, mungkin buat konten atau apa. Udah keluar dari kamar mandi enggak ada setengah jam, itu Ashraf tidur munggungin." ujar Ivan.

Ivan melanjutkan ceritanya dengan mengatakan bahwa Bunga pun sempat membangunkan Ashraf dan memintanya untuk memilihkan foto. Tetapi, tidak mendapat respon dari Ashraf.

"Disamperin sama Bunga, 'bantuin aku dong nih pilih foto', enggak respons dibangunin. 'Kamu kok tidurnya nyenyak banget sih. Bentar dong bangun pilih foto'. Ya sudah enggak bangun. Bunga histeris, maminya naik ke lantai atas, ya sudah bawa ke IGD, udah enggak ada," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realme X50 Pro Bakal Hadir dengan 6 Kamera

Posted: 20 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Realme X50 Pro akan segera meramaikan pasar smartphone. Bocoran baru tentang smartphone tersebut juga sudah beredar di internet.

Dilansir dari GSM Arena, Jumat (21/2/2020), berdasarkan informasi yang beredar, Realme X50 Pro akan hadir dengan enam kamera. Dua berada di bagian depan, dan empat kamera belakang.

CMO Realme, Xu Qi Chase mengungkapkan tentang kamera untuk X50 Pro tersebut di media sosial Weibo. Ia juga mengunggah hasil foto dari kamera tersebut.

Realme X50 Pro dilengkapi dengan kamera utama 64MP, dan bisa melakukan 20x hybrid zoom. Selain itu, smartphone tersebut juga akan bisa merekam video dari kamera ultrawide. Night mode pun akan melengkapi kamera Realme X50 Pro.

Realme X50 Pro akan disokong chipset Snapdragon 865, layar Super AMOLED 90Hz, dan dual mode konektivitas 5G. 

Peluncuran global Realme X50 Pro dijadwalkan akan digelar pada 24 Februari 2020. Acaranya akan diadakan di Madrid, Spanyol.

Batal ke MWC 2020, Realme Pilih Luncurkan X50 Pro 5G Secara Online

Salah satu smartphone Realme (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)
Salah satu smartphone Realme (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Acara peluncuran X50 Pro 5G yang direncanakan di MWC 2020 di Barcelona, Spanyol pada akhir bulan ini terpaksa dibatalkan karena penyebaran virus Corona.

"Setelah melampaui diskusi yang komprehensif, dengan sangat menyesal kami memberitahukan bahwa kami telah memutuskan untuk membatalkan keterlibatan kami pada perhelatan MWC 2020 demi memastikan keamanan bersama," kata Krisva Angnieszca, Public Relations Manager realme Indonesia melalui pesan singkat, Jumat (14/12/2020).

Pun demikian, Realme tetap merilis Realme X50 Pro 5G secara online di Madrid, Spanyol pada Senin, 24 Februari 2020, waktu setempat.

"Awalnya kami berencana meluncurkan Realme X50 Pro 5G pada MWC Barcelona 2020, namun melihat situasi dan kondisi saat ini, kami akan mengubah rencana peluncuran menjadi peluncuran online secara global di Madrid pada tanggal 24 Februari 2020," Krisva melanjutkan.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ragam Kreasi Hijab Pashmina ala Yuna, Adik Ipar Ashraf Sinclair

Posted: 20 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Yuna  Zara'ai merupakan musisi internasional Malaysia sekaligus istri dari adik Ashraf Sinclair, yaitu Adam Sinclair. Perempuan yang berkecimpung di dunia industri hiburan tersebut menjadi satu-satunya penyanyi rock-indie perempuan yang mengenakan hijab. 

Kariernya sebagai musisi sudah dimulai sejak 2008 dan telah mendapatkan berbagai penghargaan. Album Yuna, EP pernah masuk dalam lima nominasi di ajang musik Malaysia, Anugerah Industri Muzik. Juga, ia pernah mendapatkan penghargaan sebagai pendatang baru terbaik 

Dalam kesehariannya, pemilik nama lengkap Yunalis Mat Zara'ai tampil dengan gaya hijab yang terbilang unik dan menawan. Dilihat dari unggahan di akun Instagram-nya (@yuna), penyanyi tersebut sering tampil dengan menggunakan turban hingga pashmina yang dipercantik dengan berbagai aksesori. 

Berikut enam gaya hijab modis milik Yuna Zara'ai yang dikumpulkan oleh Liputan6.com, Jumat, 21 Februari 2020. 

1. Dihiasi Aneka Jepit Rambut

Salah satu gaya hijab yang sering digunakan oleh Yuna ialah menggunakan jilbab menjuntai sehingga terlihat tampak seperti rambut yang panjang. Kali ini, untuk mempercantik tampilannya, Yuna mengenakan jepit rambut warna-warni dari kepala hingga ke bagian jilbab di dada. 

Warna jilbab yang hitam dipadukan dengan jepit rambut berwarna senada dengan busananya membuat Yuna terlihat ceria dan menggemaskan, apalagi dengan ekspresinya yang sedang menutup mata. 

2. Gaya Tahun 1950

Gaya hijab Yuna Zara'ai. (dok. instagram @yuna/https://www.instagram.com/p/ByW5AwuhtT9/I/Tri Ayu Lutfiani
Gaya hijab Yuna Zara'ai. (dok. instagram @yuna/https://www.instagram.com/p/ByW5AwuhtT9/I/Tri Ayu Lutfiani

Dalam unggahan fotonya pada 6 Juni, Yuna tampak mengenakan kebaya sebagai outfit dalam rangkaian perayaan Hari Raya Idulfitri 2019. Kebaya tersebut dipadukan dengan kain tenun yang digunakan sebagai hijabnya. 

Yuna mengatakan tampilan tersebut mencerminkan perempuan di era 1950. Meskipun tradisional, Yuna tampak modern dengan gaya hijab modisnya. 

3. Jilbab Dipadukan dengan Kupluk Hitam

Gaya hijab Yuna Zara'ai. (dok. instagram @yuna/https:/https://www.instagram.com/p/B8l7QxWhPJx/Tri Ayu Lutfiani)
Gaya hijab Yuna Zara'ai. (dok. instagram @yuna/https:/https://www.instagram.com/p/B8l7QxWhPJx/Tri Ayu Lutfiani)

Selain menambahkan jepit rambut di jilbabnya, Yuna pun memvariasikan dengan sentuhan kupluk di atasnya. Unggahannya baru-baru ini menampilkan Yuna sedang berada di acara New York Fashion Weeks untuk menghadiri Coach, merek fesyen asal Amerika. 

Yuna berpose dengan mengenakan jilbab ungu yang dibiarkan menjuntai. Untuk mempelok tampilan, ia menambahkan sentuhan kupluk hitam yang senada dengan sepatu boot-nya

4. Jilbab Model Rambut

Gaya hijab Yuna Zara'ai. (dok. instagram @yuna/https://www.instagram.com/p/B640GvshEJT//Tri Ayu Lutfiani)
Gaya hijab Yuna Zara'ai. (dok. instagram @yuna/https://www.instagram.com/p/B640GvshEJT//Tri Ayu Lutfiani)

Dalam kolaborasinya bersama salah satu produk penjual tanaman hias, Yuna tampil sederhana dengan pashmina biru. Yuna meletakkan kedua sisi pashmina di sebelah kiri dan mengikatnya. Dengan kreasi itu, tampilan Yuna terlihat kasual dan sederhana.

5. Tampilan Serba Gelap

Gaya hijab Yuna Zara'ai. (dok. instagram @yuna/https:/https://www.instagram.com/p/B8IB4hhhLrS//Tri Ayu Lutfiani)
Gaya hijab Yuna Zara'ai. (dok. instagram @yuna/https:/https://www.instagram.com/p/B8IB4hhhLrS//Tri Ayu Lutfiani)

Membiarkan jilbab menjutai menjadi salah satu gaya hijab favorit yang biasa digunakan oleh Yuna. Dalam unggahan pada 4 Februari 2020, Yuna terlihat lebih tomboi dengan celana panjang hitam dan sepatu bot. 

Saat itu, ia menggunakan pashmina hitam polos yang dibiarkan menjuntai hingga ke bagian perut. Seperti kebiasannya, ia memadukan kupluk berwarna merah sebagai pelengkap tampilan. 

6. Perpaduan Jilbab Warna Gelap dengan Kupluk Krem

Gaya hijab Yuna Zara'ai. (dok. instagram @yuna/https:/https://www.instagram.com/p/B8bVxYHhQhD//Tri Ayu Lutfiani)
Gaya hijab Yuna Zara'ai. (dok. instagram @yuna/https:/https://www.instagram.com/p/B8bVxYHhQhD//Tri Ayu Lutfiani)

Warna hitam sepertinya menjadi favorit Yuna dalam memadukan hijabnya dengan berbagai aksesori. Warna netral tersebut pun tampak dalam tampilan Yuna saat berpose dengan sang kakak ipar, Bunga Citra Lestari saat keduanya sedang berada di New York pekan lalu. 

Kali ini Yuna memadukan pashmina hitam dengan kupluk berwarna krem. Kedua sisi pashmina yang ia biarkan menjuntai ke depan secara sekilas terlihat seperti rambut panjang yang tergerai. (Tri Ayu Lutfiani)

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Cantik Carla Yules, Sang Pemenang Miss Indonesia 2020

Posted: 20 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Miss Indonesia 2020 akhirnya terpilih pada acara malam puncak yang digelar di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (20/2/2020) malam kemarin.

Sebanyak 34 finalis Miss Indonesia 2020 dari seluruh provinsi di Tanah Air, disaring menjadi 16 besar, yang kemudian dieliminasi kembali menjadi lima peserta.

Setelah menjawab pertanyaan pamungkas, akhirnya ditentukan pemenang ajang Miss Indonesia 2020, Carla Yules.

Siapa dia? Berikut sejumlah fakta menarik tentang sang Miss Indonesia 2020:

 

1. Biodata

Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram/ missindonesia)
Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram/ missindonesia)

Wanita 23 tahun ini memiliki nama lengkap Pricilia Carla Yules. Dilansir dari situs resmi Miss Indonesia, ia memiliki tubuh yang semampai, mencapai 172 sentimeter. Ayah dan ibunya, berasal dari Sulawesi Selatan.

2. Jago Basket

Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram/ carlayules)
Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram/ carlayules)

Ditunjang dengan postur tubuhnya yang tinggi, Carla Yules meraih sejumlah prestasi dalam bidang basket sejak SMP hingga kuliah.

3. Kuliah di Australia

Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram/ carlayules)
Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram/ carlayules)

Carla merupakan lulusan William Angliss Institut di Melbourne, jurusan Patisserie dan Hospitality.

 

4. Aksi Sosial

Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram/ carlayules)
Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram/ carlayules)

Kemampuan memasak yang ia dapat dari bangku kuliah, ia manfaatkan untuk melakukan aksi sosial. Salah satunya adalah menjadi relawan untuk memasak dan melayani makan di tempat penampungan tunawisma, Melbourne pada 2016.

 

5. Traveling dan Kuliner

Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram/ carlayules)
Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram/ carlayules)

Di media sosial, Carla Yules terbilang cukup aktif. Salah satu hal yag sering ia bagikan di akun Instagram miliknya, @carlayules, adalah kegiatan traveling dan petualangan kulinernya.

6. Jawaban Tenang

Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram/ carlayules)
Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram/ carlayules)

Salah satu hal yang membuat Carla meraih kemenangan di panggung Miss Indonesia 2020, adalah ketangkasannya dalam menjawab pertanyaan dari dewan juri.

Salah satunya saat ditanya mengenai pendapatnya soal pernyataan Aristoteles, yang menyebut bahwa mendidikan akal pikiran tak bisa tanpa mengedukasi hati.

"Bila hati dan pikiran tak berpadu menjadi satu, mustahil untuk berkembang sebagai seorang manusia. Mengedukasi tak hanya fokus kepada apa yang ada di pikiran kita, tapi juga hal-hal yang membuat seseorang menjadi manusia, dan ini membuat kita manusia seutuhnya," jawab Carla dengan bahasa Inggris yang lancar.

 

Babak Final

Di babak final, ia juga menjawab dalam bahasa Inggris mengenai kekuatan pengetahuan dan budi pekerti bagi seorang manusia.

"Kalau kamu punya pengetahuan, kamu akan bisa melakukan banyak hal di hidup ini, pengetahuan membuatmu menjadi sosok kuat. Tapi memiliki hati yang baik adalah pondasi hidupmu. Dan bila kamu memiliki hati yang baik, itu adalah sosok manusia yang paling kuat," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Langkah Berdamai dengan Cemburu Berlebihan

Posted: 20 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketika teman-teman mendapatkan kenaikan gaji dan kamu sedang berjuang keras, atau melihat pasangan menghabiskan waktu dengan orang yang lebih cantik atau tampan darimu, mungkin saja pada titik tertentu kamu akan merasa sedikit cemburu.

Dilansir dari Prevention pada Kamis, (20/2/2020), untungnya rasa sakit akibat cemburu biasanya akan hilang setelah beberapa saat. Namun, bagaimana jika kecemburuan itu tidak kunjung hilang atau bahkan lebih buruk? 

Inilah yang dikatakan oleh para ahli untuk dapat mengendalikan emosi yang ada dalam diri. 

"Kenyataannya adalah setiap orang sesekali merasakan cemburu, itu bagian dari menjadi manusia," kata penulis Irrelationship and Relationship Sanity, Mark B. Borg Jr, PhD.

Rasa cemburu itu bagaikan sesuatu yang dapat membuat seseorang merasa hubungan dengan orang yang dicintainya sedang terancam. Kecemburuan juga dapat mengacaukan suasana hati seseorang yang sedang mengalaminya.

Mungkin kamu berpikir bahwa cara terbaik untuk mengatasi kecemburuan adalah dengan cara mengabaikannya, tetapi berpura-pura terhadap perasaan sendiri itu akan berdampak buruk.

Borg mengatakan, "Begitu cemburu menjadi sebuah racun dan dirasakan terlalu berlebihan, itu bisa menjadi sangat merusak hubungan.".

Jadi, kamu bisa mengendalikan emosi dengan memulai untuk menarik napas panjang. Luangkan waktu juga untuk memikirkan bagaimana perasaanmu yang sebenarnya, dan bagaimana kamu ingin meresponnya, itu sebuah rekomendasi dari ahli terapi perkawinan dan keluarga di Columbia, Risa Ganel, MS, LCMFT.

Cara berdamai dengan rasa cemburu

Ilustrasi Foto Pasangan Bertengkar (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Pasangan Bertengkar (iStockphoto)

1. Pisahkan diri dari perasaan

Ini dapat membantumu agar tidak terlalu hanyut dalam perasaan emosi. Perlu diingat juga bahwa pikiranmu pada saat itu hanya menyerahkan rasa cemburu

"Itu membuatnya menjadi lebih mudah untuk memilih apakah ini adalah perasaan yang perlu ditibdajlanjuti atau apakah dibiarkan saja," ujar ahli terapi perkawinan dan keluarga di Columbia.

2. Cari tahu darimana asal rasa cemburu datang

Apakah perasaan cemburu itu berasal dari sesuatu yang telah dilakukan orang tersebut di masa lalu, atau apakah itu berasal dari rasa tidak amanmu sendiri?

Ketahui jawaban dari pertanyaan tersebut untuk mengetahui apakah masalah tersebut perlu diatasi dengan yang bersangkutan. 

3. Tuliskan

Berhenti sejenak utnuk mencurahkan segalanya di secarik kertas. Kadang-kadang itu dapat membantu seseorang untuk meredakan emosinya dan membantu untuk bisa berpikir lebih jernih sebelum mengambil tindakan.

4. Bicarakan

Setelah merasa tenang dan meluangkan waktu untuk mengklarifikasi perasaanmu yang sebenarnya, lalu bicarakanlah. Bersikap untuk jujur dan terbuka tentang apa yang terjadi di dalam kepala dan perasaanmu.

Mintalah bantuan untuk mengatasi kecemburuan daripada memberikan berbagai kritikan. 

"Ini memberimu kesempatan untuk berbicara tentang memperkuat hubungan dari sinyal kecemburan," ujar Ganel.

Mungkin saja mereka melakukan itu juga karena sebenarnya mereka juga merasa cemburu.

Yang tidak boleh dilakukan ketika cemburu

Ilustrasi pasangan bertengkar (iStockpohoto/GeorgeRudy)
Ilustrasi pasangan bertengkar (iStockpohoto/GeorgeRudy)

Cobalah menahan untuk tidak menyerang, bahkan ketika kamu benar-benar merasa sangat cemburu. Menuduh orang yang dicintai atau menyalahkan mereka atas perasaanmu adalah cara yang dapat memicu pertengkaran.

Menurut Ganel, jangan memantau pasangan atau menyerang privasi mereka untuk membuktikan bahwa perasaan cemburumu itu benar adanya. Itu karena tidak ada hubungan yang membaik melalui pengintaian yang terlalu berlebihan.

Pada intinya, jangan biarkan rasa cemburumu itu menjadi lepas kendali. Normal apabila sesekali merasa cemburu, tetapi jika kamu merasa cemburu setiap hari atau kecemburuan memicu rasa marah yang hebat, itu tandanya kamu berurusan dengan ketidaknyamanan internal yang layak ditangani oleh terapis.

Penulis : Vina Muthi A.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

bank bjb Raih 2 Penghargaan dari Artajasa

Posted: 20 Feb 2020 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penghargaan bergengsi kembali diraih oleh bank bjb, kali ini 2 penghargaan sekaligus diboyong yaitu The Best Digital Banking Innovation & The Best Banking in Financial Inclusion dalam ajang Artajasa Award 2020. Penghargaan tersebut diberikan di Raffles Hotel Jakarta, Kamis (20/2/2020) malam.

Apresiasi di bidang inovasi digital ini merupakan yang kedua kali diterima perseroan sepanjang pembukaan tahun 2020. Sebelumnya, bank bjb juga telah ditunjuk sebagai Innovative Company For Digital Transformation Implementation in Banking Services dalam ajang yang diselenggarakan Warta Ekonomi pada 12 Februari 2020 lalu. Selain itu bank bjb juga terbukti memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan inklusi keuangan yang juga diganjar penghargaan oleh Artajasa.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan penghargaan ini merupakan bukti apresiasi nyata atas kinerja perseroan. bank bjb berkomitmen kuat untuk senantiasa melakukan inovasi di berbagai lini usahanya, tak terkecuali, pembaruan infrastruktur digital yang memang menjadi salah satu fokus belakangan dan peningkatan akses terhadap produk dan jasa perbankan melalui inklusi keuangan yang akan mendorong ekonomi masyarakat.

"Kami menyadari, pelayanan terbaik harus selalu diberikan kepada para nasabah dan mitra setia demi kepuasan, rasa aman sekaligus nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas transaksi keuangan. Inovasi digital menjadi salah satu kunci strategis dalam mengimplementasikan tujuan tersebut. Segala usaha yang ditempuh perseroan yang mempertimbangkan secara matang orientasi usaha untuk menjawab kebutuhan pasar seiring dengan visi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan," ujar Yuddy.

Beragam rupa inovasi teknologi memang telah banyak diupayakan oleh perseroan. bank bjb akan melakukan pengembangan digitalisasi produk dan layanan. Beberapa yang teranyar, bank bjb telah melakukan peningkatan aplikasi bjb digi sehingga menjadi lebih ramah dan mudah saat digunakan. bank bjb juga menjadi salah satu perbankan yang telah mengadopsi teknologi QR Code Indonesian Standard (QRIS) payment yang saat ini tengah direncanakan untuk diterapkan secara menyeluruh yang akan mengakselerasi beberapa produk dan layanan elektronik serta digital banking seperti pengembangan e-money server based. Kemudian, integrasi bisnis digital dengan perusahaan Fintech termasuk e-commerce, self service banking machine atau e-kiosk dan transaksi menggunakan chat bot.

bank bjb juga akan mengoptimalkan kerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam bentuk elektronifikasi layanan pengelolaan keuangan daerah, antara lain digitalisasi layanan publik, digitalisasi Pemerintahan Daerah dan mendukung program Smart City. Beberapa program kolaborasi dengan Pemerintah Daerah yang telah berjalan antara lain layanan Pembayaran PBB-P2, E-Channel Samsat (E-Samsat), Tabungan Samsat (T-Samsat), Samsat Jawa Barat Ngabret/Bergerak Cepat (SAMSAT Jbret), Samsat Banten Hebat (SAMBAT), Internet Banking Corporate (IBC) dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP).

bank bjb juga terus mendorong naiknya angka inklusi keuangan di Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan adalah meningkatkan literasi masyarakat untuk memanfaatkan produk dan jasa perbankan termasuk melalui program business matching.   Lebih lanjut Yuddy mengatakan, "Upaya penetrasi tingkat inklusi keuangan dilakukan melalui garda terdepan bank bjb yaitu agen Laku Pandai. Agen dengan call name bjb BiSA yang dimiliki bank bjb ini menjadi salah satu ujung tombak pengenalan produk-produk perbankan kepada masyarakat." Tutup Yuddy.

bjb BiSA sendiri adalah kegiatan menyediakan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tanpa melalui jaringan kantor. Penyediaan tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan pihak lain dan didukung penggunaan sarana teknologi informasi. bank bjb bekerja sama dengan para agen yang berasal dari pelbagai jenis profesi macam petani, nelayan, perangkat desa, pensiunan, guru, ibu rumah tangga, pedagang, bidan dan sebagainya.

Tak hanya dalam bentuk perorangan, agen bjb BiSA ini juga bisa berbentuk badan hukum, seperti koperasi, kelompok tani atau nelayan, BumDes, perusahaan dan lembaga lain sesuai dengan ketentuan OJK. Agen bjb BiSA ini tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat dan daerah lain yang menjadi lokasi nasabah bank bjb.

Penunjukkan bank bjb sebagai peraih apresiasi Digital Banking Innovation dan The Best Banking in Financial Inclusion ini dilakukan setelah melalui sejumlah tahapan seleksi yang ketat. Para juri yang berasal dari kalangan akademisi maupun profesional di sektor industri keuangan telah melakukan penyaringan bertahap kepada seluruh pihak yang diseleksi secara nasional. Berdasarkan hasil seleksi penjurian pada seluruh fase oleh Tim Bisnis Indonesia Intelligence Unit (BIIU).

Pada kategori The Best Digital Banking Innovation, bank bjb dinilai berdasarkan inovasi dalam layanan digital perbankan yang ditawarkan. Bukan hanya ide namun sudah diaplikasikan dan terbukti membuat layanan perbankan lebih efisien. Dinilai juga dari sisi user experience.  

Sedangkan di kategori The Best Banking in Financial Inclusion, bank bjb dinilai memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Ukuran peran perbankan dalam meningkat inklusi keuangan didasarkan pada Dimensi Sistem Keuangan Inklusif dari Bank Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Tunggu Keputusan Jepang untuk Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess

Posted: 20 Feb 2020 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan secepatnya memutuskan evakuasi untuk para 74 warga negara Indonesia (WNI) di Kapal Pesiar Diamond Princess yang negatif terinfeksi virus Corona. Tidak hanya cara evakuasi, dia akan mempersiapkan penempatan rumah sakit yang akan diputuskan.

"Apakah nanti dievakuasi dengan kapal rumah sakit langsung atau evakuasi dengan pesawat ini belum diputuskan, saya kira secepatnya," kata Jokowi di Pekanbaru, Jumat (21/2/2020).

Dia menjelaskan, pemerintah saat ini sedang menunggu keputusan pihak Jepang untuk mengevakuasi WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess yang negatif terinfeksi virus Corona.

"Jepang itu kita minta ini (evakuasi), minta itu tetapi di sana masih menjawabnya. Kita harapkan segera ada sebuah keputusan sehingga kita bisa langsung menentukan," ungkap Jokowi.

Sebelumnya Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyatakan kesiapan pemerintah untuk mengevakuasi 74 warga negara Indonesia (WNI) di Kapal Pesiar Diamond Princess. WNI yang akan dievakuasi sudah dinyatakan negatif terinfeksi virus Corona COVID-19.

"Kami membicarakan tentang evakuasi ada beberapa opsi, intinya pemerintah punya komitmen kuat untuk itu dan akan koordinasi ke bapak Presiden," jelas Menko Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (20/2).

Keputusan untuk memulangkan ini diambil usai Menko Muhadjir melakukan rapat koordinasi bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hady Tjahjanto, Menteri Kesehatan Terawan Agus, Menkumham Yasonna Laoly, dan tim perwakilan dari BNPB.

Menkes: KRI Soeharso Mampu Merawat WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess

Bus-bus terparkir dekat kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di sebuah pelabuhan di Yokohama, Jepang, Rabu (19/2/2020). Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo mengonfirmasi WNI yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di kapal itu bertambah menjadi empat orang. (AP Photo/Jae C. Hong)
Bus-bus terparkir dekat kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di sebuah pelabuhan di Yokohama, Jepang, Rabu (19/2/2020). Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo mengonfirmasi WNI yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di kapal itu bertambah menjadi empat orang. (AP Photo/Jae C. Hong)

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto menegaskan, Kapal Republik Indonesia (KRI) Soeharso 990 memiliki kemampuan untuk memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) kru Kapal Pesiar Diamond Princess di Jepang sekaligus merawatnya apabila mengalami sakit.

"Ini kapal rumah sakit yang punya kemampuan melakukan perawatan dan sebagainya. Karena ini kan kapal yang dirancang untuk mengatasi penyakit apapun," kata Terawan saat meninjau KRI Soeharso di Dermaga Komando Armada II Surabaya, Kamis malam 20 Februari 2020. Demikian dilansir dari Antara.

Terawan yang melakukan pengecekan langsung kapal yang juga disebut RS Apung Soeharso tersebut menambahkan bahwa kapal itu memiliki sejumlah fasilitas kesehatan yang dinilai telah memenuhi persyaratan.

Menkes menyebut KRI Soeharso memiliki ruangan isolasi, ruangan karantina, dan sistem aliran udara satu arah untuk mencegah terjadinya penularan virus.

Terawan mengatakan pihaknya bertugas menyiapkan sarana prasarana untuk menjemput WNI di Jepang dengan berbagai opsi yang telah disiapkan pemerintah.

Namun, Menkes menerangkan keputusan penjemputan WNI di Jepang masih harus dibahas lebih lanjut melalui rapat koordinasi yang selanjutnya akan ditetapkan oleh presiden.

Sebanyak 78 WNI menjadi kru kapal Diamond Princess yang berada di perairan Yokohama Jepang. Sebanyak empat WNI dinyatakan positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19 dan dirawat di dua rumah sakit.

Sementara 74 WNI lainnya dinyatakan sehat dan rencananya akan dijemput oleh pemerintah Indonesia untuk kembali ke Tanah Air.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Rekomendasi Penanganan Virus Corona COVID-19 di Indonesia

Posted: 20 Feb 2020 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Centre for Dialogue and Cooperation Among Civilizations (CDCC), Prof. Dr. M. Din Syamsuddin mengatakan bahwa dalam mengantisipasi juga mengurangi resiko masuknya Virus Corona COVID-19 secara internasional maupun di Indonesia, diperlukan adanya sense of crisis dengan menerapkan kewaspadaan, pola hidup bersih dan sehat.

Komisi IX DPR RI, F- PAN, Dr. Saleh P. Daulay juga menyampaikan bahwa langkah-langkah yang ia rekomendasikan untuk pemerintah di antaranya dengan memberlakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Yang penting untuk dilakukan adalah meningkatkan kesadaran melalui sosialisasi, di tengah masyarakat dalam hal itu (kewaspadaan Virus Corona COVID-19)", kata Dr. Saleh P. Daulay, di Diskusi Publik bertema 'Wabah Corona, Apa dan Bagaimana' yang diselenggarakan CDCC, Kamis 20 Februari 2020 di kantornya di bilangan Jakarta Selatan.

Dr. Saleh P. Daulay mengatakan bahwa pemerintah dikabarkan telah menyiapkan 100 rumah sakit yang disediakan untuk tindakan penanganan Virus Corona COVID-19. Namun ia katakan rumah sakit itu (jumlahnya) masih kurang dengan besarnya populasi di Indonesia. Maka dari itu, ia menyampaikan perlu adanya penambahan layanan medis.

"Ini belum tentu cukup, rakyat kita berjumlah lebih dari 260 juta, dan yang disiapkan 100 rumah sakit dan itu sebagian adalah rumah sakit umum daerah, bukan rumah sakit provinsi, tapi rumah sakit daerah yang ada di kabupaten kota, inilah yang patut menjadi perhatian", tambah Dr. Saleh P. Daulay.

Sekilas Mengenai Acara

Acara
Acara

Diselenggarakan di kantor CDCC di kawasan Jakarta Selatan, acara diskusi ini diramaikan dengan Ketua CDCC Prof. Dr. M. Din Syamsuddin sebagai pengantar acara, dengan tamu pembicara di antaranya Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Lansung Kementerian Kesehatan RI, Dr. Wiendra Waworuntu, M. Kes, Komisi IX DPR RI, F- PAN, Dr. Saleh P. Daulay, Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Daeng M. Faqih, Ahli Epidemiologi Kesmas, Dosen Fakultas Kesmas UI, Dr. Tri Yunis Miko W., MSc, dan Direktur Sabang-Merauke Institute, Dr. Syahganda Nainggolan. 

Acara diskusi ini membahas peran pemerintah dalam antisipasi serta penanganan, pelayanan medis, dan dampak jika adanya konfirmasi kasus Virus Corona COVID-19 di Indonesia. 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi Akhir April 2020

Posted: 20 Feb 2020 09:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ruas Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 pada Jumat, 21 Februari 2020 ini. Secara keseluruhan, pembangunan tol Pekanbaru-Dumai diharapkan selesai akhir April 2020.

"Insya Allah, akhir April selesai sehingga Lebaran bisa lewat sini. Kalau dulu 4-5 jam sekarang jadi 1,5-2 jam," ujar Jokowi.

Turut mendampingi dalam peninjauan Jokowi antara lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Presiden Moeldoko dan jajaran pemerintahan lainnya.

Dari total panjang ruas tol Trans Sumatera yang sebesar 2.900 km, ada 460 km ruas yang sudah beroperasi. "Lalu, yang dalam proses ini 490 km, dan yang mau dilelang ini ada 740 km. Kami harap 2024 bisa selesai," papar dia.

Mengutip data Hutama Karya (HK), ruas tol ini memiliki panjang 131 km dengan nilai investasi Rp 16,2 triliun serta mulai dibangun 2017 lalu. Uniknya, tol yang memiliki 6 seksi ini bisa dilalui oleh gajah yang hidup di hutan sekitar tol.

Terowongan khusus gajah tersebut terletak di seksi 4 dan 5 serta bisa dilintasi hingga 100 ekor gajah.

Nantinya setelah diresmikan, jalan tol Pekanbaru-Dumai diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah Pekanbaru, Dumai dan pulau Sumatera secara keseluruhan.

Unik, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Dilengkapi Perlintasan Gajah

Pembangunan lintasan gajah di jalan tol Pekanbaru-Dumai (dok: Athika)
Pembangunan lintasan gajah di jalan tol Pekanbaru-Dumai (dok: Athika)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, ruas jalan Tol Pekanbaru-Dumai ditargetkan dapat beroperasi sebelum Lebaran 2020, tepatnya pada bulan April.

Tak cuma diklaim bakal mendongkrak ekonomi daerah sekitar, keberadaan tol ini juga diklaim mendukung ekosistem lingkungan hidup berkelanjutan. Salah satunya dengan adanya lintasan bagi gajah.

Menteri Basuki turut melakukan peninjauan di underpass perlintasan gajah ini. Progresnya belum sampai setengahnya, tapi pembangunan underpass ini terus dikebut.

"Nanti gajahnya lewat sini, di sekitar sini kan margasatwa habitat gajah. Nanti kami akan tanam tanaman yang menarik perhatian gajah supaya mereka makan dan lewat sini," ujar salah satu karyawan Hutama Karya (pengembang jalan tol Trans Sumatera) kepada Menteri Basuki, sebagaimana ditulis Jumat (21/20/2020).

 

6 Perlintasan

Adapun, underpass perlintasan gajah di ruas ini terbagi menjadi enam perlintasan.

Pertama berada di Sungai Tekuana lokasinya di seksi 2 dan tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak dimana di kawasan itu terdapat sedikitnya 13 gajah Sumatera liar.

Sedangkan lima perlintasan lainnya berada di Seksi 4, dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja. Diperkirakan underpass Tol Trans Sumatera dapat dilintasi hingga seratus ekor gajah.

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tersandung Kasus Narkoba, Artis Aulia Farhan Berbaju Tahanan

Posted: 20 Feb 2020 09:45 PM PST

Petugas memperlihatkan barang bukti saat rilis kasus narkoba artis peran Aulia Farhan di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2/2020). Aulia Fahran diciduk bersama seseorang berinisial G di lobi sebuah hotel di Jakarta Selatan pada Kamis (20/2) dini hari dengan paket sabu-sabu. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas memperlihatkan barang bukti saat rilis kasus narkoba artis peran Aulia Farhan di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2/2020). Aulia Fahran diciduk bersama seseorang berinisial G di lobi sebuah hotel di Jakarta Selatan pada Kamis (20/2) dini hari dengan paket sabu-sabu. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas memperlihatkan barang bukti saat rilis kasus narkoba artis peran Aulia Farhan di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2/2020). Aulia Fahran diciduk bersama seseorang berinisial G di lobi sebuah hotel di Jakarta Selatan pada Kamis (20/2) dini hari dengan paket sabu-sabu. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menghadirkan artis peran Aulia Farhan saat rilis kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2/2020). Aulia Fahran ditangkap Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya di Hotel Amaris, Jakarta pada Kamis, 20 Februari 2020 saat tengah menunggu pesanan sabu dari rekannya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Polisi menghadirkan artis peran Aulia Farhan saat rilis kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2/2020). Aulia Fahran ditangkap Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya di Hotel Amaris, Jakarta pada Kamis, 20 Februari 2020 saat tengah menunggu pesanan sabu dari rekannya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menghadirkan artis peran Aulia Farhan saat rilis kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2/2020). Aulia Fahran ditangkap Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya di Hotel Amaris, Jakarta pada Kamis, 20 Februari 2020 saat tengah menunggu pesanan sabu dari rekannya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menghadirkan artis peran Aulia Farhan (kanan) saat rilis kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2/2020). Aulia Fahran diciduk bersama seseorang berinisial G di lobi sebuah hotel di Jakarta Selatan pada Kamis (20/2) dini hari dengan paket sabu-sabu. (merdeka.com/Imam Buhori)
Polisi menghadirkan artis peran Aulia Farhan (kanan) saat rilis kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2/2020). Aulia Fahran diciduk bersama seseorang berinisial G di lobi sebuah hotel di Jakarta Selatan pada Kamis (20/2) dini hari dengan paket sabu-sabu. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menghadirkan artis peran Aulia Farhan (kanan) saat rilis kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2/2020). Aulia Fahran diciduk bersama seseorang berinisial G di lobi sebuah hotel di Jakarta Selatan pada Kamis (20/2) dini hari dengan paket sabu-sabu. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menghadirkan artis peran Aulia Farhan saat rilis kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2/2020). Aulia Fahran ditangkap Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya di Hotel Amaris, Jakarta pada Kamis, 20 Februari 2020 saat tengah menunggu pesanan sabu dari rekannya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Polisi menghadirkan artis peran Aulia Farhan saat rilis kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2/2020). Aulia Fahran ditangkap Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya di Hotel Amaris, Jakarta pada Kamis, 20 Februari 2020 saat tengah menunggu pesanan sabu dari rekannya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menghadirkan artis peran Aulia Farhan saat rilis kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2/2020). Aulia Fahran ditangkap Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya di Hotel Amaris, Jakarta pada Kamis, 20 Februari 2020 saat tengah menunggu pesanan sabu dari rekannya. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayo Lawan Hoaks Sambil Fun Gathering Bareng Pegiat Cek Fakta Liputan6.com!

Posted: 20 Feb 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar dusta atau hoaks menjadi masalah bersama. Tak ada satu negara pun di dunia yang kebal terhadapnya, Amerika Serikat sekalipun. Dalam konteks Indonesia, hoaks bisa menjadi ancaman atas kerukunan bangsa kita. 

Kemajuan teknologi membuat penyebaran hoaks kian tak terbendung. Kabar dusta menyebar liar lewat media sosial dan aplikasi percakapan. Rendahnya tingkat literasi di Indonesia membuat orang gampang percaya dengan informasi yang mereka terima tanpa mengecek dulu kebenarannya. Emosi pun mudah terpancing saat membaca judul atau narasi, dengan mengabaikan isi serta konteksnya.

Liputan6.com telah menginisiasi sebuah gerakan bersama masyarakat untuk melawan hoaks, dengan nama Pegiat Cek Fakta Liputan6.com. 

Diawali dari percakapan grup WhatsApp di lima wilayah di Indonesia, Liputan6.com kini mengundang para pegiat cek fakta di Jakarta dan sekitarnya untuk turut hadir dalam acara fun gathering. Acara ini akan digelar di Hall SCTV Lantai 8, SCTV Tower, Jakarta pada Kamis 27 Februari 2020 mendatang, dimulai pukul 15.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Acara itu akan mempertemukan para pegiat cek fakta dan awak redaksi Liputan6.com. Pertemuan tersebut juga akan menjadi momentum untuk berbagi materi mengenai cara menangkal dan melawan kabar palsu atau hoaks.

Selain mendapat materi dan pengalaman langsung sebagai pegiat cek fakta, peserta akan mengikuti games menarik. Tentunya juga berkesempatan mendapat hadiah dari Liputan6.com.

Saatnya untuk menyatukan kekuatan bersama melawan hoaks dengan menghadiri fun gathering Pegiat Cek Fakta Liputan6.com! 

 

Klik tautan ini untuk masuk ke formulir pendaftaran fun gathering  Pegiat Cek Fakta Liputan6.com!

Apa Itu Pegiat Cek Fakta Liputan6.com?

Pegiat Cek Fakta Liputan6.com adalah sebuah gerakan cek fakta partisipatif, yang menggabungkan kekuatan media dan masyarakat untuk melawan hoaks atau kabar dusta yang menyebar di internet maupun lewat desas-desus di kehidupan nyata.

Keuntungan Bergabung sebagai Pegiat Cek Fakta Liputan6.com:

1. Menjadi bagian dari gerakan cek fakta partisipatif pertama di Indonesia,

2. Mendapatkan pelatihan cek fakta maupun digital literasi,

3. Mendapatkan reward sesuai keaktifan dalam grup,

4. Eksposure di media Liputan6.com,

5. Mendapat sertifikat dan dapat mewakili Pegiat Cek Fakta Liputan6.com sebagai pembicara di level daerah atau nasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi Indonesia Disebut Masih Belum Ideal

Posted: 20 Feb 2020 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Posisi perekonomian Indonesia dalam dua tahun terakhir disebut tidak dalam posisi ideal. Penyebabnya, Indonesia saat ini masih mengalami defisit neraca perdagangan.

Impor tercatat lebih besar daripada ekspor, yang mengakibatkan rupiah secara jangka panjang akan terus melemah.

Ini disampaikan Plt Bidang Usaha Pertambangan, Energi, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Heri Purnomo dalam acara Ngopi BUMN ke 26 pada Jumat (21/02/2020).

Dia menyebut, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing dalam jangka panjang dapat menyebabkan inflasi.

"Karena kebutuhan konsumsi dan produksi kita kontribusinya masih besar dari impor, Kalau mata uang kita turun, artinya kita akan membayar lebih untuk impor. Kalau sudah begitu, maka harga barang jadi akan naik," ujar dia.

Lebih jauh, Heri Purnomo juga memaparkan bahwa seiring naiknya harga barang jadi, maka kesejahteraan bisa menurun.

"Kita impor lebih besar dari ekspor. Pada 2018, 75 persen kita impor berupa bahan baku. Padahal Indonesia sangat kaya akan natural resources. Kan sedih sekali," kata dia.

Ke depannya, diharapkan Indonesia mampu untuk melakukan substitusi barang impor, sehingga bisa menekan impor untuk kestabilan ekonomi dalam negeri.

BI Pangkas Target Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 Jadi 5 Persen

Bank Indonesia (BI) perkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 akan lebih rendah, yaitu menjadi 5,0-5,4 persen, dari prakiraan semula 5,1-5,5 persen, dan kemudian meningkat pada tahun 2021 menjadi 5,2-5,6 persen.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia perlu terus didorong sehingga tetap berdaya tahan di tengah risiko tertundanya prospek pemulihan perekonomian dunia." ucap Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Rapat Dengar Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada Kamis (20/02/2020).

Perry juga menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi tersebut ditopang permintaan domestik yang terjaga, sedangkan kinerja ekspor menurun sejalan pengaruh perlambatan permintaan global dan penurunan harga komoditas.

"Secara spasial, permintaan domestik yang tetap baik ditopang oleh meningkatnya perdagangan antardaerah seperti di wilayah Sumatera. Selain itu, pertumbuhan ekonomi Kalimantan dan Bali-Nusa Tenggara tetap terjaga didukung oleh perbaikan ekspor komoditas primer." jelas Perry.

Adanya koreksi perkiran terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama karena pengaruh jangka pendek tertahannya prospek pemulihan ekonomi dunia pasca meluasnya Covid-19 (Corona Virus Disease 2019), yang memengaruhi perekonomian Indonesia melalui jalur pariwisata, perdagangan, dan investasi.

Kendati demikian, pada 2019 pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik yakni 5,02 persen, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan capaian tahun 2018 sebesar 5,17 persen.

Perry menambahkan, ke depannya, Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan Otoritas terkait guna memperkuat sumber, struktur, dan kecepatan pertumbuhan ekonomi, termasuk mendorong investasi melalui proyek infrastruktur dan implementasi RUU Cipta Kerja dan Perpajakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Peringati Gelar Juara Piala Dunia 1970, Brasil Buatkan Pele Patung Spesial

Posted: 20 Feb 2020 09:35 PM PST

Anak-anak berdiri dekat  patung pemain sepak bola legendaris Brasil, Pele, di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)
Anak-anak berdiri dekat patung pemain sepak bola legendaris Brasil, Pele, di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)

Anak-anak berdiri dekat patung pemain sepak bola legendaris Brasil, Pele, di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)

Mantan legenda sepakbola Brasil, Dario (kiri) dan Presiden CBF Rogerio Caboclo berfoto dengan patung Pele di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Patung Pele diluncurkan sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)
Mantan legenda sepakbola Brasil, Dario (kiri) dan Presiden CBF Rogerio Caboclo berfoto dengan patung Pele di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Patung Pele diluncurkan sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)

Mantan legenda sepakbola Brasil, Dario (kiri) dan Presiden CBF Rogerio Caboclo berfoto dengan patung Pele di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Patung Pele diluncurkan sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)

Seorang anak berswafoto dengan patung pemain sepak bola legendaris Brasil, Pele, di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)
Seorang anak berswafoto dengan patung pemain sepak bola legendaris Brasil, Pele, di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)

Seorang anak berswafoto dengan patung pemain sepak bola legendaris Brasil, Pele, di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)

Presiden CBF Rogerio Caboclo membuka penutup patung legenda sepak bola Brasil, Pele, di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)
Presiden CBF Rogerio Caboclo membuka penutup patung legenda sepak bola Brasil, Pele, di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)

Presiden CBF Rogerio Caboclo membuka penutup patung legenda sepak bola Brasil, Pele, di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)

Mantan pemain legendaris Brasil dan presiden CBF Rogerio Caboclo berfoto dengan patung Pele di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)
Mantan pemain legendaris Brasil dan presiden CBF Rogerio Caboclo berfoto dengan patung Pele di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)

Mantan pemain legendaris Brasil dan presiden CBF Rogerio Caboclo berfoto dengan patung Pele di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)

Patung legenda sepak bola Brasil, Pele, berdiri di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)
Patung legenda sepak bola Brasil, Pele, berdiri di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)

Patung legenda sepak bola Brasil, Pele, berdiri di Museum Tim Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Kamis (20/2/2020). Konfederasi Sepak Bola Brasil meluncurkan patung Pele sebagai bagian dari peringatan 50 tahun sejak kemenangan Piala Dunia 1970. (AP/Leo Correa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Md: Adu Kekuatan Senjata dengan China Kita Kalah, tapi...

Posted: 20 Feb 2020 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menko Polhukam Mahfud Md mengakui China memiliki sumber daya manusia (SDM) dan senjata yang lebih besar dari Indonesia. Karenanya, Indonesia tidak akan melawan secara fisik langsung terkait kasus sengketa wilayah perairan di Natuna Utara.

"Kalau kita adu kekuatan bersenjata dengan (China), yang jumlahnya lebih banyak, China besar sekali. Penduduknya 1,3 miliar, pasti lebih besar kekuatannya dari Indonesia. Sehingga kalau kita hadapi secara fisik hitungan matematis ya kita bisa kalah," kata Mahfud di Gedung Bakamla, Jumat (21/2/2020).

Meski sadar akan kalah bila adu senjata, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini meyakini bahwa Indonesia bisa menang dan menguasai Natuna. Sebab Indonesia berpegang pada hukum dan Tuhan.

"Tetapi kita punya hukum internasional, konstitusi, dan lebih dari itu Tuhan Yang Maha Kuasa. Sehingga kita akan tetap mempertahankan wilayah itu sebagaimana amanat konstitusi, melindungi segenap bangsa dan tumpah darah. Itu artinya melindungi teritori," ucap  Mahfud Md

Salah satu upaya mempertahankan Natuna adalah kesepakatan lintas instansi untuk mengamankan wilayah tersebut dari kapal China.

"Bagian dari mempertahankan wilayah integrasi atau integritas teritori itu antara lain kita lakukan hari ini. Melalui kesepakatan bersama, kita memperkuat kehidupan atau kehadiran negara di laut Natuna utara," ucap Mahfud

Pengelolaan Kelautan Indonesia

Presiden Joko Widodo (kedua kanan), Menko Polhukam Mahfud Md (kedua kiri), Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar (kanan), dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat Rapat Koordinasi Nasional Kebakaran Hutan dan Lahan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo (kedua kanan), Menko Polhukam Mahfud Md (kedua kiri), Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar (kanan), dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat Rapat Koordinasi Nasional Kebakaran Hutan dan Lahan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Diketahui, Mahfud Md menghadiri penandatanganan kesepakatan bersama pengawasan dan pengamanan pemanfaatan sumber daya ikan di laut Natuna Utara di Mabes Bakamla, Jakarta.

Kesepakatan itu ditandatangani terdiri dari Kemenkopolhukam, Kemenkumham, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, TNI, Polri, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia, PT Pertamina, Aliansi Nelayan Indonesia, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia, dan Kelompok Nelayan Mandiri.

"Hari ini kami 13 pejabat utama yang bertanggung jawab langsung dalam pengelolaan kelautan Indonesia untuk menjaga keutuhan teritori dan membangun kehidupan ekonomi di laut Natuna, telah melakukan penandatanganan kerjasama, kesepakatan untuk bersinergi dalam melaksanakan tugas-tugas. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih atau tidak terjadi kekosongan penanganan," kata Mahfud. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Martin Braithwaite, Leganes Merasa Dizalimi Barcelona

Posted: 20 Feb 2020 09:30 PM PST

Barcelona - Direktur Utama Leganes, Martin Ortega, mengklaim operator La Liga berlaku tidak adil. Hal ini terkait transfer Martin Braithwaite ke Barcelona.

Leganes juga merasa ada luka parah yang ditinggalkan akibat dari lepasnya Braithwaite ke Camp Nou, dan menilai Barcelona tega melakukan transfer tersebut.

Barcelona resmi mendapatkan Braithwaite usai menebus klausul pembelian senilai 18 juta euro. Leganes mau tak mau harus melepasnya karena tertuang dalam kontrak tersebut.

La Liga dan PSSI-nya Spanyol memberikan izin kepada Barca untuk mendatangkan 'striker darurat' di luar bursa transfer. Keputusan ini menyusul cedera panjang yang menimpa Ousmane Dembele dan Luis Suarez.

Akan tetapi, Leganes tidak diperbolehkan membeli/meminjam pemain sebagai pengganti Braithwaite. Ini membuat Presiden Klub, Victoria Pavon dan Direktur Utama, Ortega geram.

"Leganes dizalimi, ini membuat kami semakin lemah. Saya tak mau banyak bicara, lukanya sudah terlanjur ada," kata Pavon ditemui wartawan di depan markas Leganes, Stadion Butarque.

Leganes diketahui sudah mencoba meminta pihak La Liga untuk diberikan hak serupa seperti Barcelona, tapi langsung ditolak mentah-mentah karena skuat mereka dinilai 'aman'.

Barcelona Tega

Presiden Barcelona Josep Bartomeu María (JOSEP LAGO / AFP)
Presiden Barcelona Josep Bartomeu María (JOSEP LAGO / AFP)

Pada sesi konferensi pers, Ortega lebih sigap dalam melayani pertanyaan wartawan dan memberikan pernyataan formal. Akan tetapi, ia tetap kesulitan menyembunyikan kekecewaan.

"Regulasi yang ada saat ini bertolak belakang dengan integritas La Liga dan kontradiktif dengan hak-hak tiap tim dalam hak kesetaraan dan sportivitas," kata Ortega.

"Timbul kerusakan yang tak tergantikan, tapi kami akan berusaha menemukan solusi terbaik."

"Barcelona tahu dampak yang bisa menimpa Leganes jika mereka tetap membeli Braithwaite, kami semua tahu peraturan ini tidak adil. Barcelona memanfaatkan regulasi yang tidak adil ini. Kami, Leganes, yang jadi korbannya," kata Ortega memungkasi.

Sumber: AS

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Diminta Utamakan Bayar Klaim Nasabah Produk Tradisional Jiwasraya

Posted: 20 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Program Studi Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Telisa Aulia Falianty menyarankan pemerintah dan manajemen PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dapat memprioritaskan pembayaran terhadap nasabah produk asuransi tradisional ketimbang nasabah JS Saving Plan.

Telisa menjelaskan, hal ini dikarenakan imbal hasil produk asuransi tradisional Jiwasraya terhitung lebih rendah, atau seperti layaknya return pada produk asuransi umum lainnya.

Sementara untuk produk JS Saving Plan, besaran imbal hasilnya diketahui di atas suku bunga deposito dan obligasi sehingga resikonya lebih tinggi.

Selain faktor di atas, imbuh Telisa alasan mengapa nasabah produk tradisional harus diprioritaskan juga didasarkan pada jumlah pesertanya yang lebih banyak dibandingkan nasabah Jiwasraya di produk JS Saving Plan. Di mana nasabah Jiwasraya di produk tradisional jumlahnya mencapai 4,7 juta orang. Sedangkan, nasabah Jiwasraya di produk JS Saving Plan hanya 17 ribu orang.

"Nasabah Saving Plan penting juga, cuma baiknya yang 4,7 juta dulu dong yang pastinya yang rentan dulu," ujar Telisa kepada wartawan di Jakarta, Jumat, (21/2/2020).

Sebagai informasi, mayoritas nasabah tradisional Jiwasraya merupakan masyarakat menengah ke bawah seperti pensiunan, dan pegawai. Sementara nasabah JS Saving Plan, berangkat dari kalangan masyarakan menengah ke atas yang diyakini memahami resiko atas investasi.

Telisa berpandangan, dengan adanya potret ini maka efek psikologis dari diprioritaskannya nasabah dari masyarakat bawah lebih besar sehingga memiliki dampak politik yang juga lebih tinggi.

"Kalau dari sektor keuangan juga yang diutamakan yang paling basic. Jadi by the time kalau itu sudah beres, lama-lama diharapkan Jiwasraya restrukturisasinya berjalan sehingga bisa mengembangkan portofolionya, baru bisa bayar JS Saving Plan," sambung Telisa.

 

Opsi 70:30

Ilustrasi Jiwasraya (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ilustrasi Jiwasraya (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menyusul adanya rencana pembayaran nasabah Jiwasraya, Telisa melanjutkan, pemerintah juga bisa menggunakan skema pembayaran 70 persen untuk nasabah produk tradisional dan 30 persen sisanya untuk membayar nasabah JS Saving Plan.

Oleh karena itu diperlukan kerjasama dari seluruh pihak agar skema pembayaran para nasabah bisa berjalan dengan baik.

"Cuma memang pemerintah harus punya roadmap yang jelas. Kalau mau cicil, kaya gimana cicilannya. Jangan sampai nanti nyicl terus tidak jelas," pungkas Telisa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Indonesia Tolak WNI Eks ISIS, Ini Analisa Pengamat AS

Posted: 20 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia telah resmi menyatakan warganya di luar negeri yang bergabung sekaligus dibaiat ISIS bukan lagi WNI. Dan mereka tidak bisa kembali ke Indonesia. Menurut pengamat AS kebijakan menolak kembalinya warga negara yang telah menyeberang ke ISIS justru kontraproduktif membendung terorisme.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lens Baru Snapchat Ubah Daratan Jadi Lava Panas

Posted: 20 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Snapchat merilis Lens baru yang dapat mengenali dan mengubah daratan di lingkungan sekitar menjadi secara real time.

Beberapa efek dari Lens terbaru ini adalah lava panas atau aliran air tenang. Pengalaman berbasis AR ini didukung model machine learning.

Untuk mencoba Lens baru ini, ikut langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Snapchat di iOS atau Android
  • Klik kamera untuk membuka Lens
  • Pilih Carousel (Klik dua kali layar atau klik "switch" di sudut kanan atas jika Kamu perlu beralih ke world-facing view)
  • Geser Lens Carousel untuk menemukan Lens "Floor is Water" dan "Floor is Lava"
  • Klik atau tahan 🔘 untuk mengambil Snap!

 

Pendiri Snapchat: TikTok Bisa Gulingkan Instagram

Diwartakan sebelumnya pendiri Snapchat Evan Spiegel mengatakan TikTok berpotensi untuk menyalip Instagram sebagai aplikasi media sosial terbesar ketiga di dunia.

Dalam obrolan di Digital Life Design, Spiegel bahkan menyebut, dirinya adalah fans berat TikTok.

"Saya cinta TikTok. Saya adalah fans berat TikTok," kata Spiegel, dikutip Tekno Liputan6.com dari The Next Web, Rabu (22/1/2020).

Suami Miranda Kerr ini mengatakan media sosial dalam konstruksinya adalah tentang status.

"Media sosial merepresentasikan kita, menunjukkan ke orang-orang, bahwa mereka keren, mendapatkan likes dan komentar, dan hal-hal semacam itu," kata Spiegel.

Spiegel mengatakan, para pengguna membuat konten di TikTok untuk memperlihatkan talenta, bukannya status sosial.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangis BCL Kembali Pecah Setelah Tertawa

Posted: 20 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tentu bukan hal yang mudah bagi BCL untuk menerima kenyataan bahwa suaminya, Ashraf Sinclair, telah pergi meninggalkan dirinya untuk selamanya. Terlebih, kondisi Ashraf Sinclair tampak sehat sebelum meninggal.

Salah satu kerabat, Ivan Permana, menyampaikan kondisi terkini BCL setelah ditinggal oleh Ashraf Sinclair, suami tercintanya. Pelantun lagu "Kecewa" ini masih butuh dukungan dari orang terdekat.

"Acara tahlilan kemarin itu, alhamdullilah kita saudara-saudaranya di sini, teman-teman, sahabat-sahabatnya masih berusaha bercandain dia," ungkap Ivan Permana di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (20/2/2020).

Ivan menyatakan, BCL sudah mulai bisa tersnyum, meski tak lama kemudian air matanya kembali mengalir deras. Tampaknya, psikologis BCL begitu terguncang.

 

Masih Menangis

Tangis Bunga Citra Lestari atau BCL saat pemakaman jenazah Ashraf Sinclair di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Selasa (18/2/2020). Ashraf Sinclair mengembuskan napas terakhir pukul 04.51 WIB pagi tadi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Tangis Bunga Citra Lestari atau BCL saat pemakaman jenazah Ashraf Sinclair di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Selasa (18/2/2020). Ashraf Sinclair mengembuskan napas terakhir pukul 04.51 WIB pagi tadi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Saya liat kemarin udah mulai bisa sedikit tertawa, tapi setelah itu ya dia masih nangis, masih sedih. Habis pengajian dia masih pecah lagi air matanya," tutur sang kerabat.

 

Anak Alami Hal yang Sama

Meski mata merah dan sembab, karena banyak menangis, Bunga Citra Lestari terus mencoba menenangkan putranya, Noah Sinclair. Mencium, memeluk dan mengelus dadanya, agar putra semata wayangnya bisa lapang dada dengan kepergian ayahnya, Ashraf Sinclair. (Bambang E Ros/Fimela.com)
Meski mata merah dan sembab, karena banyak menangis, Bunga Citra Lestari terus mencoba menenangkan putranya, Noah Sinclair. Mencium, memeluk dan mengelus dadanya, agar putra semata wayangnya bisa lapang dada dengan kepergian ayahnya, Ashraf Sinclair. (Bambang E Ros/Fimela.com)

Kondisi tak jauh berbeda juga dialami anak semata wayang Ashraf, Noah Aiden Sinclair. Ia masih amat bersedih atas kepergian orang yang paling dicintainya.

"Noah juga sama begitu. Main sama sepupu-sepupunya, entar ketawa, entar diam lagi. Habis pengajian dia nangis lagi," ujar Ivan Permana.

 

Dukungan Keluarga

BCl dan Noah Sinclair pemakaman Ashraf Sinclair di San Diego Hils, Karawang, Selasa (18/2). (Bambang E Ros/Fimela.com)
BCl dan Noah Sinclair pemakaman Ashraf Sinclair di San Diego Hils, Karawang, Selasa (18/2). (Bambang E Ros/Fimela.com)

Hingga saat ini, keluarga besar memang masih berkumpul di kediaman BCL. Sebisa mungkin mereka berusaha menjadi pelipur lara aktris berusia 36 tahun itu.

 

Menemani BCL dan Noah

foto: Kapanlagi
foto: Kapanlagi

"Di rumah masih ada mamanya, masih ada adiknya, semua nungguin dia kok dan kita sebagai keluarga insya Allah seada-adanya waktu kita, kita akan datang setiap Magrib malam kita akan temenin dia," sang kerabat mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda Prediksi Surabaya Berpeluang Hujan Sambut Akhir Pekan

Posted: 20 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda menyatakan cuaca di Surabaya, Jawa Timur diprediksi turun hujan pada Jumat (21/2/2020).

Prakirawan BMKG Juanda, Tommy Setiawan mengatakan, hujan berpotensi turun di Surabaya pada siang hingga malam hari dengan intensitas ringan hingga lebat.

"Surabaya berpotensi turun hujan pada siang sampai malam, intensitasnya ringan hingga lebat. Suhu udara sekitar 25 sampai 33 derajat celsius," kata Tommy saat berbincang dengan Liputan6.com pada Jumat pekan ini.

Tommy menambahkan, kelembaban udaranya mencapai 60 – 95 persen dan angin dari arah barat dengan kecepatan 5 – 30 KM per jam.

Hujan yang diprediksi turun di Surabaya berpotensi adanya petir dan angin kencang. Oleh karena itu, Tommy mengimbau masyarakat agar waspada terhadap cuaca buruk yang sedang terjadi di Surabaya.

"Waspada terhadap cuaca buruk yang akan terjadi. Jika sedang berkendara perhatikan genangan air. Hindari pohon tua atau pohon besar,"ujar Tommy.

Ia juga berharap agar masyarakat waspada terhadap hujan yang turun dengan durasi lama karena dapat menyebabkan tanah longsor.

Mengutip data BMKG Juanda, hujan petir bakal terjadi sejumlah wilayah di Surabaya, Jawa Timur pada siang hari ini. Suhu udara 33 derajat celsius dengan kelembapan udara 60 persen. Arah angin dari barat dengan kecepatan 30 km per jam. Mengutip laman web juanda.jatim.bmkg.go.id, hampir sebagian besar daerah di Jawa Timur diprediksi turun hujan dengan intensitas berbeda.

Peringatan Dini Tiga Harian

Ilustrasi – hujan lebat disertai angin kencang rawan terjadi pada musim pancaroba. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Ilustrasi – hujan lebat disertai angin kencang rawan terjadi pada musim pancaroba. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

BMKG Juanda juga menginformasikan peringatan dini tiga harian pada Jumat pekan ini untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore antara lain di Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Pulau Bawean, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan.

Selain itu, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sumenep.

Sementara itu pada malam hari di Jombang, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi. Sedangkan dini hari di Magetan, Bondowoso dan Situbondo.

 

(Shafa Tasha Fadilla-Mahasiswa PNJ)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Salshabilla Adriani Pakai Busana Putih, Modis dan Cantik

Posted: 20 Feb 2020 09:20 PM PST

Meski masih berusia 19 tahun, Salshabilla selalu memperhatikan penampilannya. Ia juga kerap membagikan OOTD-nya yang memukau dalam memadupadankan pakaian di akun Instagram. Paling menarik adalah ketika ia memosting outfit dengan busana putih elegan. (Liputan6.com/IG/@salshabillaadr)
Meski masih berusia 19 tahun, Salshabilla selalu memperhatikan penampilannya. Ia juga kerap membagikan OOTD-nya yang memukau dalam memadupadankan pakaian di akun Instagram. Paling menarik adalah ketika ia memosting outfit dengan busana putih elegan. (Liputan6.com/IG/@salshabillaadr)

Meski masih berusia 19 tahun, Salshabilla selalu memperhatikan penampilannya. Ia juga kerap membagikan OOTD-nya yang memukau dalam memadupadankan pakaian di akun Instagram. Paling menarik adalah ketika ia memosting outfit dengan busana putih elegan. (Liputan6.com/IG/@salshabillaadr)

Wanita yang hobi travelling ini memiliki gaya busana hits dan stylish bikin yang membuat warganet makin mengidolakannya. Busana serba putih yang ia kenakan kali ini bermodel sabrina. Salshabilla terlihat semakin anggun. (Liputan6.com/IG/@salshabillaadr)
Wanita yang hobi travelling ini memiliki gaya busana hits dan stylish bikin yang membuat warganet makin mengidolakannya. Busana serba putih yang ia kenakan kali ini bermodel sabrina. Salshabilla terlihat semakin anggun. (Liputan6.com/IG/@salshabillaadr)

Wanita yang hobi travelling ini memiliki gaya busana hits dan stylish bikin yang membuat warganet makin mengidolakannya. Busana serba putih yang ia kenakan kali ini bermodel sabrina. Salshabilla terlihat semakin anggun. (Liputan6.com/IG/@salshabillaadr)

Makeup yang natural seakan sudah menjadi gaya andalan Salshabilla. Di berbagai kesempatan ia juga kerap tampil kasual dengan baju putih. Penampilannya yang keren ini membuat banyak orang terinspirasi dalam memilih outfit.  (Liputan6.com/IG/@salshabillaadr)
Makeup yang natural seakan sudah menjadi gaya andalan Salshabilla. Di berbagai kesempatan ia juga kerap tampil kasual dengan baju putih. Penampilannya yang keren ini membuat banyak orang terinspirasi dalam memilih outfit. (Liputan6.com/IG/@salshabillaadr)

Makeup yang natural seakan sudah menjadi gaya andalan Salshabilla. Di berbagai kesempatan ia juga kerap tampil kasual dengan baju putih. Penampilannya yang keren ini membuat banyak orang terinspirasi dalam memilih outfit. (Liputan6.com/IG/@salshabillaadr)

Salshabilla Adriani dikenal sebagai seleb wanita yang kerap tampil feminin. Di kesehariaannya ia selalu tampil anggun dengan berbagai outfit. Makeup tipis yang menghiasi wajahnya itu membuat paras cantiknya semakin terpancar. (Liputan6.com/IG/@salshabillaadr)
Salshabilla Adriani dikenal sebagai seleb wanita yang kerap tampil feminin. Di kesehariaannya ia selalu tampil anggun dengan berbagai outfit. Makeup tipis yang menghiasi wajahnya itu membuat paras cantiknya semakin terpancar. (Liputan6.com/IG/@salshabillaadr)

Salshabilla Adriani dikenal sebagai seleb wanita yang kerap tampil feminin. Di kesehariaannya ia selalu tampil anggun dengan berbagai outfit. Makeup tipis yang menghiasi wajahnya itu membuat paras cantiknya semakin terpancar. (Liputan6.com/IG/@salshabillaadr)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Hentikan 36 Penyelidikan Kasus, Demokrat: Melahirkan Tanda Tanya Besar

Posted: 20 Feb 2020 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR Komisi III Fraksi Demokrat Didik Mukrianto menilai, penghentian penyelidikan 36 kasus di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan tanda tanya.

Didik mempertanyakan apakah ada tebang pilih oleh KPK era baru sehingga beberapa penyelidikan dihentikan.

"Tentu langkah dan keputusan KPK yang menghentikan penyelidikan atas 36 kasus dugaan korupsi ini cukup mengagetkan dan melahirkan tanda tanya besar, ada apa dengan KPK? Ada apa dengan pemberantasan korupsi? Apakah ada kesalahan fundamental dalam memberantas korupsi selama ini sehingga harus dihentikan? Apakah ada indikasi pick and choose atau tebang pilih dengan basis selera dan target, sehingga tidak bisa dilanjutkan?" ujar Didik dalam keterangan tertulis, Jumat (21/2/2020). 

Didik mengatakan, langkah KPK yang tak dibarengi penjelasan ke publik dapat menimbulkan spekulasi besar.

"Bisa saja muncul spekulasi tentang ketidakproperan KPK masa lalu dalam menangani kasus. Bisa juga muncul spekulasi dengan basis yang subjektif terhadap KPK saat ini," ucap dia.

Jelaskan Utuh ke Masyarakat

Didik berharap, KPK bisa menjelaskan kepada masyarakat secara utuh atas langkah tersebut. Dengan penjelasan yang terang, menurutnya hal itu membuat masyarakat bisa memberikan masukan untuk evaluasi KPK.

"Saya berharap KPK segera menjelaskan kepada publik secara terang dan utuh langkah dan keputusannya, agar tidak menimbulkan kegelisahan dan spekulasi publik terkait dengan upaya pemberantasan korupsi saat ini dan ke depan," ucapnya.

Dia mengingatkan, pemberantasan korupsi akan optimal jika partisipasi dan dukungan publik mengalir.

"Apabila rakyat sudah pesimis dan tidak percaya kepada aparat penegak hukumnya termasuk KPK, saya khawatir rakyat dan sejarah akan melakukan koreksi dengan cara mereka," kata Didik.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Klaim 6 Kandidat di Pilkada Jateng Bakal Lawan Kotak Kosong

Posted: 20 Feb 2020 09:11 PM PST

Liputan6.com, Semarang - Enam pasang bakal calon kepala daerah di Provinsi Jawa Tengah yang diusung PDIP berpotensi melawan kotak kosong pada Pilkada Serentak 2020.

"Dari 12 paslon yang sudah mendapat rekomendasi dari DPP, ada enam paslon yang dimungkinkan melawan kotak kosong pada pilkada mendatang," kata Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Kusriyanto di Semarang, Kamis (21/2/2020).

Keenam bakal paslon itu adalah Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Kota Semarang), Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto (Kabupaten Grobogan), Joko Sutopo-Sriyono (Kabupaten Wonogiri), Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Suroto (Kabupaten Sragen), Mohammad Said Hidayat-Wahyu Irawan (Kabupaten Boyolali), Ngesti Nugraha-Basari (Kabupaten Semarang).

"Misalnya pilkada di Kabupaten Semarang, sampai tahapan rekom ini keluar, partai lain tidak mengusulkan, berpotensi gak ada lawan," ujar pria yang akrab disapa Bambang Kribo itu seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, pilkada melawan kotak kosong akan meringankan kerja partai pengusung kandidat pilkada.

"Kalau lawan bumbung (kotak) kosong, gak ada pertarungan, kami konsolidasi saja," katanya.

Kendati demikian, Bambang Kribo menyebut mesin partai PDIP sudah siap untuk bergerak memenangkan paslon yang diusung pada pilkada.

"Reorganisasi di tingkat ranting, anak ranting, dan PAC saat ini bisa dimanfaatkan masing-masing paslon untuk konsolidasi, DPD juga support untuk masing-masing kabupaten/kota, kita sampaikan ke DPP calon-calon yang berpotensi menang," ujarnya.

Visi Misi Calon Akan Disusun Partai

Ia menambahkan, visi dan misi paslon yang diusung PDIP akan disusun oleh partai karena terkait dengan Trisakti Bung Karno dan Pola Pembangunan Semesta Berencana Berkelanjutan.

Selain keenam bakal paslon kepala daerah yang berpotensi menjadi calon tunggal pada pilkada di Jateng mendatang, DPP PDIP telah mengeluarkan rekomendasi untuk Agus Sukoco-Eko Priyono (Kabupaten Pemalang).

Kemudian Sri Mulyani-Aris Prabowo (Kabupaten Klaten), Esti'anah-Joko Sutanto (Kabupaten Demak), Arif Sugiyanto-Rista (Kabupaten Kebumen), Arif Rohman-Tri Yuli Setyowati (Kabupaten Blora), Dyah Hayuning Pratiwi-Sudono (Kabupaten Purbalingga).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikabarkan Akan Melamar, Ini 6 Momen Mesra Gading Marten dan Juria Hartmans

Posted: 20 Feb 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Usai bercerai dari Gisella Anastia, Gading Marten dikabarkan tengah dekat dengan model asal Inggris, Juria Hartmans. Beredar kabar, di awal Maret 2020 Gading Marten akan melamar wanita yang digadang-gadang sebagai kekasihnya itu.

Menanggapi hal itu, Roy Marten selaku ayah hanya mendoakan yang terbaik buat putranya. Roy Marten tak bisa memastikan kebenaran anaknya akan melamar pujaan hatinya pada Maret mendatang. ‎Yang pasti, ia mendukung keputusan Gading Marten untuk menikah lagi.

"Enggak tahu kapan (lamaran), mau Maret atau bulan apa aja silahkan. Ya mudah-mudahan, lebih cepat labih baik. Gading bisa move on, nikah lagi dengan orang yang dicintai dan mencintai. Menurut saya sangat bagus," ujar Roy Marten, di kawasan Kapten P. Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (20/2/2020).

Awal mula kedekatan mereka terlihat saat keduanya kerap berbalas komentar dengan kata-kata manis di Instagram. Beberapa waktu lalu, keduanya terlihat berlibur bersama di London. Dari laman instagram keduanya, Gading dan Juria kompak mengunggah momen kebersamaan mereka. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen kebersamaan Gading Marten dan Juria Hartmans, Jumat (21/2/2020).

1. Gading Marten dan model asal Inggris, Juria Hortmans dikabarkan dekat sejak Oktober 2019 silam.

Gading Marteen dan Juria Hartmans (Sumber: Instagram//milkshakesspeare/
Gading Marteen dan Juria Hartmans (Sumber: Instagram//milkshakesspeare/

2. Beredar kabar ayah Gempi ini akan melamar Juria Hortmans pada awal Maret mendatang. Namun, hingga saat ini belum ada konfirmasi dari keduanya.

Gading Marteen dan Juria Hartmans (Sumber: Instagram//gadiiing/
Gading Marteen dan Juria Hartmans (Sumber: Instagram//gadiiing/

3. Kedekatan Gading dan Juria kerap diunggah di media sosial. Bulan Januari silam, keduanya pergi berlibur di London.

Gading Marteen dan Juria Hartmans (Sumber: Instagram//milkshakesspeare/
Gading Marteen dan Juria Hartmans (Sumber: Instagram//milkshakesspeare/

4. Model cantik ini juga sudah akrab dengan teman-teman pria berusia 37 tahun ini.

Gading Marteen dan Juria Hartmans (Sumber: Instagram//gadiiing/
Gading Marteen dan Juria Hartmans (Sumber: Instagram//gadiiing/

5. Momen kebersamaan Gading Marten dan Juria Hortmans, manis banget ya!

Gading Marteen dan Juria Hartmans (Sumber: Instagram//gadiiing/
Gading Marteen dan Juria Hartmans (Sumber: Instagram//gadiiing/

6. Melihat kedekatan Gading dan Juria, enggak sedikit warganet yang memberikan doa agar Gading lekas melepas masa dudanya.

Gading Marteen dan Juria Hartmans (Sumber: Instagram//gadiiing/
Gading Marteen dan Juria Hartmans (Sumber: Instagram//gadiiing/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Club Brugge vs MU: Anthony Martial dan Bruno Fernandes Dapat Pujian Solskjaer

Posted: 20 Feb 2020 09:09 PM PST

Jakarta - Anthony Martial dan Bruno Fernandes bermain gemilang di tengah kesulitan Manchester United (MU) saat jadi tamu Club Brugge di laga leg pertama 32 besar Liga Europa 2019-2020, Jumat (21/2/2020) dini hari WIB. Setan Merah harus puas bermain imbang 1-1.

Skor itu tidak buruk, tapi jelas bukan yang terbaik. Paling tidak pasukan Ole Gunnar Solskjaer bisa mencuri gol tandang untuk sedikit mempermudah duel leg kedua di Old Trafford pada pekan depan.

Solskjaer mengakui timnya tidak bermain maksimal. Masalah eksternal seperti kondisi cuaca dan kondisi bola menyulitkan MU, juga keputusan rotasi skuad yang merusak ritme tim.

Untungnya Martial berhasil mencetak gol tandang yang jadi modal berharga untuk leg kedua nanti. Gol Martial boleh jadi lahir dari kesalahan lawan, tapi Solskjaer yakin striker andalannya itu sudah mulai menemukan rasa percaya diri.

Pertandingan ini sulit, Martial jarang mendapatkan suplai bola, tapi akhirnya dia tetap bisa membuktikan diri.

"Sekarang dia lebih percaya diri di depan gawang. Pertandingan ini membuat frustrasi sampai momen untuk gol Anthony itu. Dia tidak mendapatkan banyak suplai," kata Solskjaer di Manutd.com.

"Mereka bertahan dengan baik, melakukan man-marking, terus mengikuti pemain-pemain kami. Jadi tidak banyak ruang kosong dan bola benar-benar liar di lapangan. Kami cukup puas dengan hasil ini, pulang ke rumah dan bersiap untuk pekan depan," imbuh manajer MU itu.

Pembuktian Bruno Fernandes

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes. (AP/Martin Rickett)
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes. (AP/Martin Rickett)

Selain Martial dengan golnya, ada Bruno Fernandes yang tampil impresif sebagai pemain pengganti Manchester United. Bruno baru bermain pada menit ke-81 tapi sudah bisa mengubah ritme pertandingan.

"Dia langsung membuat perbedaan besar. Tentu saja penting bagi kami memberinya kesempatan untuk menyesuaikan diri," sambung Solskjaer.

Komponen Penting

Menurut Solskjaer, Fernandes menjadi salah satu komponen penting pasukannya di lapangan.

"Akan tetapi kami perlu lebih banyak menguasai bola dan bermain lebih tenang untuk mencoba mencetak gol kedua. Dia menciptakan sejumlah peluang dan membuktikan apa yang bisa dia lakukan," pungkasnya.

Sumber: Manutd

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 21/2/2020)

Hasil Liga Europa

Sporting CP 3-1 Istanbul Basaksehir

Getafe 2-0 Ajax

Copenhagen 1-1 Celtic

CFR Cluj 1-1 Sevilla

Club Brugge 1-1 Manchester United

Ludogorets 0-2 Inter Milan

Eintracht Frankfurt 4-1 Salzburg

Shakhtar Donetsk 2-1 Benfica

Wolverhampton Wanderers 4-0 Espanyol

Bayer Leverkusen 2-1 Porto

APOEL 0-3 Basel

Olympiacos 0-1 Arsenal

AZ 1-1 LASK

Wolfsburg 2-1 Malmo FF

AS Roma 1-0 Gent

Rangers 3-2 Sporting Braga

Saksikan Video Club Brugge vs MU di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra: Sebagian Besar Anggota Fraksi Tak Dukung RUU Ketahanan Keluarga

Posted: 20 Feb 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, sebagian besar anggota fraksinya di DPR tidak mendukung RUU Ketahanan Keluarga. Namun, Gerindra tidak bisa mencabut dukungan karena sejak awal yang mengusulkan hanya anggota individu, Sodik Mujahid.

"Justru sebagian besar sudah menyatakan tidak mendukung," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Dasco mengakui, RUU Ketahanan Keluarga tersebut menjadi kontroversi di masyarakat. Sehingga Gerindra memutuskan untuk menginventarisir masalah dan juga akan meminta klarifikasi kepada Sodik.

"Ada rencana dari fraksi meminta klarifikasi dari salah satu anggota Gerindra yang menjadi pengusul RUU tersebut," ujarnya.

Setelah ada penjelasan Sodik kepada fraksi mengenai usulan RUU Ketahanan Keluarga, Gerindra akan memberikan keputusan.

"Secara fraksi nanti akan diputuskan dan itu juga bukan karena usulan inisiatif DPR dan fraksi, sehingga pada saat ini kita tidak bisa menyatakan mencabut dukungan apa pun karena kita tidak pernah menjadi pengusul secara fraksi," ucap Dasco.

Pengusul dari Golkar Menarik Diri

Ilustrasi Foto Berkas atau Dokumen. (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Berkas atau Dokumen. (iStockphoto)

Anggota Fraksi Golkar Endang Maria menarik diri sebagai pengusul RUU Ketahanan Keluarga. Endang mengakui RUU itu hanya usulan pribadi dirinya tanpa membawa nama Fraksi Golkar.

"Sebetulnya itu usulan pribadi dan memang sudah ditarik," ujar Endang kepada wartawan, Kamis (20/2/2020).

Endang menyebut, yang menjadi alasannya ikut mengusulkan RUU Ketahanan Keluarga ini karena tingginya masalah kekerasan seksual, narkoba, sampai miras. Hingga kasus pemerkosaan anak-anak terhadap balita.

"Perilaku anak-anak SD, SMP, SLTA yang sudah mengarah ke seks bebas dan tiba-tiba anak SMP melahirkan tanpa dia tahu sudah hamil. Itu sangat memprihatinkan pribadi saya," ucap dia.

Dia mengatakan, saat rapat dengan Kementerian Agama dan Kementerian PPA, belum ada perkembangan signifikan. Sehingga perlu solusi pencegahan dari keluarga.

"Kita berharap solusi utamanya pencegahan yang paling baik harus dari keluarga. Jika keluarga rapuh, yang terjadu seperti saya uraikan di atas," kata Endang.

Dia juga menyinggung visi misi presiden terkait SDM unggul dan revolusi mental. Kata dia, dua hal itu tercapai dengan diawali dari keluarga.

"SDM unggul harus diawali dari keluarga dan bagaimana keluarga tidak rapuh. Itu sebagai PRnya," kata Endang.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Goyang TikTok Bareng Anies Baswedan dan Ridwan Kamil, Aksi Kocak Ganjar Pranowo Jadi Sorotan

Posted: 20 Feb 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini TikTok menjadi aplikasi yang sedang hype di dunia. Pasalnya, membuat video sambil menari ditambah dengan iringan musik menjadi hal yang menyenangkan adalah keunggulan Tiktok. Uniknya, bukan hanya generasi milenial saja yang bisa melakukannya melainkan juga para pejabat negara.

Tiga gubernur sekaligus juga ikut menyelesaikan tantangan bermain TikTok. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Diiringi dengan lagu Any Song Challange dari Zico, para gubernur itu menari sesuai dengan musik yang ada.

Kejadian langka itu bermula ketika ketiganya hadir sebagai bintang tamu di acara Mata Najwa di Ciputra Artpreneur pada Rabu (19/2/20). Usai ketiga gubernur tersebut membahas mengenai gaya pacaran anak muda zaman sekarang, Najwa Shihab sebagai tuan rumah dalam acara tersebut menantang ketiganya untuk bergoyang TikTok.

Para gubernur bergoyang dengan luwes

Tiga gubernur goyang TikTok Any Song Challange
Tiga gubernur goyang TikTok Any Song Challange

Tanpa protes, tiga gubernur itu langsung menyiapkan diri dan menunggu musik berbunyi. Dalam videonya, tampak para gubernur itu bergoyang dengan luwes sambil mengikuti alunan musik. Mereka bahkan tak ragu-ragu dalam menggerakan anggota tubuhnya.

Karena aksi Anies, Ganjar, dan Ridwan Kamil ini pun para penonton tertawa. Mereka merasa terhibur dengan ekspresi dan goyangan dari ketiga gubernur tersebut. Para penonton kemudian memberikan tepuk tangan untuk mereka karena usahanya dalam menirukan gaya di video yang telah dicontohkan.

Menariknya dari ketiga gubernur tersebut, Ganjar Pranowo lah yang menjadi favorit para warganet karena goyangan dan ekspresinya yang terlihat sangat menghayati daripada gubernur lainnya. Walau tak hafal, gerakan mereka cukup mirip terlebih ekspresi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

 

Komentar Warganet

Tiga gubernur goyang TikTok Any Song Challange
Tiga gubernur goyang TikTok Any Song Challange

Usai melakukan aksi kocak ini, nama Ganjar Pranowo menjadi ramai diperbincangkan warganet di Twitter. Bahkan nama ketiganya masuk ke dalam Trending Topic Twitter Indonesia. Tak sedikit dari mereka yang memberi penilaian bagi ketiga gubernur tersebut.

 

Penulis: 

Ulya Kaltsum

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampilan Istri Anies Baswedan Pakai Batik Jakarta Saat Hadiri Fashion Show

Posted: 20 Feb 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Fery Farhati Ganis, merupakan satu dari sekian banyak tamu yang menghadiri pembukaan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, 20 Febuari 2020.

Head to toe, Fery memilih busana serba nude. Ia menyebut, mulai dari baju, outer, sampai tas, semuanya merupakan karya para pengrajin Ibu Kota. Soal pemilihan warna, ia mengatakan bahwa sebenarnya tak puny spesifik kesukaan pada satu warna tertentu dalam berbusana.

"Tergantung acara. Kalau saya biasanya cari yang nyaman dipakai. Lebih sering pakai karya pengrajin DKI," katanya di bilangan Jakarta Pusat, 20 Februari 2020.

Long outer batik jadi item yang disebut sebagai statement penampilan lulusan Universitas Illinois Utara, DeKalb, Amerika Serikat tersebut. Pemakaiannya, disebutkan Fery, jadi bukti bahwa batik Jakarta tak hanya berwarna cerah.

"Karena sekarang banyak sekali batik Jakarta. Ada batik gobang, batik marunda, rawa bebek, hampir setiap tempat ada batiknya," tuturnya.

Terkait penampilan, Fery mengakui, di acara-acara tertentu, ia memang menggunakan jasa stylist. "Tapi, kalau cuma sehari-hari, saya sendiri," imbuh perempuan yang sudah menikah dengan Anies Baswedan sejak 1996 tersebut.

Secara keseluruhan, busana yang dikenakan Fery ke pembukaan MUFFEST berupa long outer batik berpadu skirt bermotif senada, serta inner hitam yang serasi dengan sepatunya. Tas tangan terbuat dari kayu, serta aksesori berupa kalung dan jam tangan pun matching dengan pemilihan warna secara keseluruhan.

Fesyen Berkelanjutan

Fery Farhati Ganis, istri dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menghadiri pembukaan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 di JCC, Senayan, Jakarta, 20 Februari 2020. (Liputan6.com/Asnida Riani)
Fery Farhati Ganis, istri dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menghadiri pembukaan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 di JCC, Senayan, Jakarta, 20 Februari 2020. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Menarik benang merah dengan tema Muslim Fashion Festival (MUFFEST) tahun ini, yakni fesyen berkelanjutan, Fery sepakat bahwa proses produksi teksil sendiri sudah banyak menghasilkan limbah. "Dari pewarnaannya, benang, sampai kain, itu sudah ada limbah," ucapnya.

Kendati demikian, Fery mengambahkan, ia menyambut baik anak-anak  muda yang aktif, seperti Sadari Sedari, yang mendorong kebiasaan publik untuk tidak selalu pakai baju baru.

"Terus sehari-hari, kalau baju belum terlalu kotor, jangan dicuci dulu lah. Diangin-angin dan seterika saja. Jadi, bisa mengurangi sedikit demi sedikit limbahnya," ujarnya.

Juga, ia mendorong produsen untuk makin sering menggunakan pewarna alam. Kemudian, habit publik mesti diubah jadi menjual kembali pakaian bekas. "Karena mungkin bosan dengan baju tersebut, padahal masih bagus dan bisa digunakan lagi," katanya.

Dalam gelaran MUFFEST 2020, Fery menyebut semata datang sebagai tamu. Kendati, ia sembari melihat-lihat kemungkinan para pengrajin Jakarta bisa turut bergabung di penyelenggaraan berikutnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi 212 Kembali Digelar, Catat Rekayasa Lalu Lintasnya

Posted: 20 Feb 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aksi 212 bakal kembali berlangsung, hari ini (21/2/2020). Menyikapi hal tersebut, Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan sejumlah rencana pengalihan arus di sekitar Monas, jakarta Pusat.

Pengalihan arus akan dilakukan situasional merujuk pada kondisi di lapangan. Berikut pengalihannya, seperti disitat dari kanal news Liputan6.com:

- Arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan menuju ke Jl Veteran III akan diluruskan ke TL Harmoni.

- Lalu lintas dari Jl Merdeka Timur yang akan menuju ke Jl Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jl Perwira.

- Lalu lintas dari Jl Ridwan Rais yang akan menuju ke Jl Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jl Medan Merdeka Timur.

- Lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jl Kebon Sirih.

- Di lintas Jl Abdul Muis nantinya yang akan belok ke kiri ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Fachrudin dan alur lalu lintas dari Jl Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Adul Muis.

- Arus lalu lintas dari Jl Tanah Abang II yang akan lurus ke Jl Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jl Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jl Museum diluruskan ke Jl Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jl Muesum diluruskan ke Jl Majapahit.

- Terakhir, arus lalu lintas dari Jl Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl Juanda dan arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jl Majapahit diluruskan ke Jl Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jl Gajah Mada.

Diketahui, massa 212 kembali turun ke jalan berdemonstrasi hari ini. Massa yang terdiri dari sejumlah elemen, seperti Front Pembela Islam (FPI), GNPF Ulama, dan Persaudaraan Alumni (PA) 212 mengangkat tema aksi 'Berantas Mega Korupsi Selamatkan NKRI'. Rencananya, aksi dihelat usai salat Jumat di sekitaran Masjid Istiqlal dan Monas.

3 Faktor Utama Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

Bertumbuhnya populasi kendaraan bermotor di Indonesia diikuti dengan angka kecelakaan. Menurut Ditlantas Polda Metro Jaya, korban kecelakaan berada di kisaran usia 21 hingga 30 tahun.

Setidaknya ada 3 faktor dominan yang yang menjadi penyebab kecelakaan, yakni kesalahan manusia (human error), teknis kendaraan dan lingkungan atau fasilitas jalan.

Faktor manusia menjadi faktor terbesar penyebab kecelakaan. Terkait faktor manusia, menurut Divisi Safety Riding PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengutip Institute for Traffic Accident Research and Data Analysis Japan, sedikitnya ada 3 tiga titik kritis atau kesalahan.

Pertama adalah kesalahan analisa situasi (recognition mistake). Faktor ini menjadi penyebab terbesar kecelakaan, yakni sebanyak 58 persen.

"Misalnya, saat kita naik motor trus mau menyalip, di depannya ada truk, dia tidak bisa memperhitungkan panjang truk, lalu main masuk, akhirnya ada kendaraan di depan," kata Tamy Pratama, instruktur safety riding DAM.

Kedua adalah kesalahan pengambilan keputusan (judgment mistake). Faktor ini menjadi terbanyak kedua sebesar 23,5 persen.

"Nah ini mirip-mirip pertama. Misalnya ragu-ragu mau menyusul kendaraan di depan. Ketika mau mendahului, dia ragu, antara memberi klakson dulu atau langsung tancap gas. Akhirnya diputuskan, ya sudah gas dulu saja, akhirnya terjadi tabrakan dengan kendaraan di depan," papar mantan pembalap Honda ini.

Terakhir adalah kesalahan. Faktor ini menjadi penyebab ketiga dengan prosentase 17,6 persen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Hapus Ratusan Aplikasi Bermuatan Iklan Mengganggu

Posted: 20 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Google menghapus sedikitnya 600 aplikasi mengganggu dari toko aplikasi Play Store. Tak hanya itu, pengembang aplikasi-aplikasi ini juga diblokir.

Penghapusan ratusan aplikasi dari Play Store ini dilakukan sebagai upaya mengendalikan penipuan iklan seluler yang sering terjadi.

Mengutip The Verge, Jumat (21/2/2020), kebijakan Google tidak mengizinkan adanya iklan yang ditampilkan ketika aplikasi tidak digunakan serta iklan yang menipu pengguna untuk mengklik secara tidak sengaja.

Google juga mendefinisikan ulang apa itu iklan mengganggu. Menurut Senior Product Manager Google Per Bjorke, iklan mengganggu adalah "iklan yang ditampilkan ke pengguna dengan cara tak diinginkan. Itu termasuk iklan yang mengganggu fungsi perangkat."

Batasan mengganggu antara lain adalah menutupi layar dengan iklan hingga pop-up iklan yang kerap muncul di layar saat pengguna sedang menelepon atau memakai aplikasi navigasi.

Bjorke juga mencatat, Google telah mengembangkan sebuah pendekatan berbasis machine learning untuk membantu mereka mendeteksi iklan yang tak sesuai konteks. Machine learning inilah yang membantu Google menghapus setidaknya 600 iklan mengganggu.

Pengembang Tiongkok

Head of Android Google Sundar Pichai mengatakan jika ia berada di bisnis menciptakan malware, ia kemungkinan akan menargetkan Android juga.
Head of Android Google Sundar Pichai mengatakan jika ia berada di bisnis menciptakan malware, ia kemungkinan akan menargetkan Android juga.

"Pengembang jahat memang kini lebih pintar dalam membuat iklan-iklan mengganggu. Namun kami juga mengembangkan teknologi-teknologi baru untuk melindungi pengguna dari iklan yang jahat dan mengganggu," kata Bjorke.

Pengembang Tiongkok

Menurut laporan yang dipublikasi BuzzFeed News, kebanyakan aplikasi jahat dibuat oleh para pengembang yang berbasis di Tiongkok, India, dan Singapura. Parahnya, iklan-iklan mengganggu ini menyasar pengguna berbahasa Inggris.

Salah satu pengembang jahat yang tak pernah bosan membuat iklan-iklan mengganggu adalah Cheetah Mobile, sebuah perusahaan yang berbasis di Tiongkok.

Cheetah Mobile memiliki lebih dari 40 aplikasi di Play Store yang telah diblokir oleh Google.

Banyak Pengembang Nakal

Android malware (ist.)
Android malware (ist.)

Bjorke menyebut, tampaknya banyak pengembang yang melanggar dengan teknik serupa, yakni menghindari deteksi. Namun, pihaknya tidak mengetahui apakah penghindaran deteksi itu merupakan upaya yang terkoordinasi.

Google pun menyebut bakal menerapkan pengembalian uang kepada brand yang iklannya telah terdampak pop-up mengganggu.

Ini bukan pertama kalinya Google bertindak keras kepada pengembangnya. Pada Juli lalu, Google menghapus pengembang Tiongkok CooTek yang memakai plug in adware dan mengirimi iklan-iklan agresif pada pengguna, bahkan ketika aplikasi sedang tak dipakai.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pencipta Lagu Bento Naniel Yakin Sempat Dijenguk Deddy Corbuzier

Posted: 20 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka kembali menerpa industri musik nasional. Salah satu pencipta lagu terbaik Indonesia, Naniel Yakin, berpulang menghadap Sang Pencipta.

Kabar meninggalnya Naniel Yakin diinformasikan sejumlah kerabat dekatnya di Facebook. Naniel Yakin meninggal pada Jumat, 21 Februari 2020.

"Sugeng tindak Naniel Yakin, semoga mendapat yang terbaik disisiNya, amiiin...," tulis akun Facebook Roi Rahmanto, salah seorang colector item musik Indonesia.

Naniel Yakin sudah beberapa bulan terakhir terbaring di sebuah kontarakan kecil di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Ia mengalami patah kaki yang membuat aktivitasnya tersendat.

Pencipta Lagu Bento

Naniel C Yakin
Naniel C Yakin

Sepak terjang Naniel Yakin di industri musik cukup fenomenal. Ia membuat karya cipta yang digandrungi banyak orang. Salah satunya "Bento" yang populer dibawakan Iwan Fals. Menurut berbagai sumber lagu itu diciptakan bersama Iwan Fals dan Sawung Jabo.

Dikenal Sebagai Wartawan

kabar meninggalnya Naniel Yakin (Facebook)
kabar meninggalnya Naniel Yakin (Facebook)

Naniel Yakin juga punya rekam jejak di dunia jurnalistik. Namanya tercatat sebagai wartawan yang pernah bekerja di sebuah surat kabar harian. Ia menggeluti aktifitas sebagai wartawan medio 1980-an.

Dijenguk Deddy Corbuzier

Sutrisno Buyil, Naniel Yakin dan Deddy Corbuzier (Dok. Pribadi Sutrisno Buyil)
Sutrisno Buyil, Naniel Yakin dan Deddy Corbuzier (Dok. Pribadi Sutrisno Buyil)

Beberapa waktu lalu, Naniel Yakin pernah dikunjungi oleh Deddy Corbuzier. Kunjungannya kala itu sebagai bagian dari kegiatan sosial Forwan, kelompok jurnalis yang peduli pada rekan seprofesinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Obat Biosimilar, Pilihan Obat Kanker Payudara dengan Harga Terjangkau

Posted: 20 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menurut keterangan dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), kanker payudara adalah kanker yang paling sering terjadi pada wanita dan juga menyebabkan jumlah terbesar kematian terkait kanker di antara wanita.

Ahli Bedah Onkologi & Staf Divisi Bedah Onkologi RS. Dharmais, serta Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedan Onkologi Indonesia (PERABOI), Dr. Walta Gautama ST, SpB(K) Onk dalam acara media gathering di Jakarta, Selasa, (18/2/2020) pun juga menyatakan bahwa hingga saat ini kanker payudara menempati urutan tertinggi dalam kasus kanker pada wanita, baik di dunia maupun di Indonesia.

Kira-kira, kata Ketua PERABOI, terdapat kurang lebih 1.200 kasus kanker payudara per tahun.

Dokter Walta menambahkan, "Sekitar 70 hingga 65 persen sebagian besar termasuk kasus advance yaitu kasus yang sudah sampai pada stadium 3 dan 4.".

"Dimana stadium 4 itu ada penyebaran atau metastasis," kata dr Walta.

Walta menambahkan, bahwa itu juga memberikan masalah buat hampir sebagian besar negara bagaimana menangani ledakan pada kasus kanker payudara.

Namun, saat ini bagi para pasien kanker payudara dapat mengatasinya dengan penggunaan obat biosimilar.

Obat biosimilar adalah obat-obatan biologic yang mempunyai kemiripan struktur dan manfaat yang hampir sama dengan obat yang sebelumnya sudah ada dipasaran. Obat ini sangat mirip baik bentuk dan kegunaannya seperti obat original, seperti Trastuzumab.

Keterangan dari dokter Walta bahwa obat biosimiliar memiliki tujuan agar menjadi pilihan obat pengobatan kanker payudara yang tidak mahal.

"Untuk supaya jangkauan yg mendapatkan obat jadi lebih banyak," dokter Walta menambahkan.

Meskipun begitu, obat similar tidak dapat bekerja sendiri dan harus diimbangi dengan kemotetapi. Biasanya itu diberikan selama setahun, tetapi kemoterapi hanya diberikan 6 sampai 8 kali, kata Ketua PERABOI.

Bentuk dan cara pengaplikasiannya

Ilustrasi kanker payudara /Copyright unsplash.com/@anthonytran (Photo by Olga Kononenko on Unsplash)
Ilustrasi kanker payudara /Copyright unsplash.com/@anthonytran (Photo by Olga Kononenko on Unsplash)

Obat biolsimilar terbuat dari berbagai macam bahan-bahan alami.

Dikatakan oleh perencana strategis Indofarma, Yasser Arafat, obat biosimilar itu sendiri pada dasarnya dalam bentuk serbuk. Pengaplikasiannya pun serbuk itu kemudian dimasukkan ke dalam infus pada pasien kanker payudara.

"Dan sampai saat ini belum bisa (diminum secara oral) apabila dibentuk tablet," ujar Yasser.

Penulis : Vina Muthi A.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangunan Hunian Tetap bagi Korban Tsunami Palu Rampung April 2020

Posted: 20 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan menargetkan pembangunan hunian tetap bagi korban bencana alam tsunami di Palu, Sulawesi Tengah dapat diselesaikan pada April 2020 mendatang.

"Kami menargetkan pembangunan Huntap bagi korban bencana di Palu untuk tahap pertama akan selesai pada akhir April 2020 mendatang," ujar Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tengah Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Rezki Agung, Jumat (21/2/2020).

 

Rezki Agung menerangkan, Kementerian PUPR nantinya akan membangun hunian tetap di dua daerah untuk para korban bencana alam di Palu, yakni di Kelurahan Duyu Kota Palu dan Desa Pombewe Kabupaten Sigi. Adapun Jumlah hunian tetap yang akan dibangun di dua lokasi itu sebanyak 630 unit.

"Total pembangunan Huntap tahap pertama adalah 630 unit yakni di Pombewe sebanyak 400 unit dan Duyu 230 unit," jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan kontraktor pelaksana pembangunan hunian tetap yakni PT Wijaya Karya Beton. Dirinya juga memerintahkan seluruh tim untuk bekerja dengan maksimal.

"Kami telah menugaskan tenaga kerja yang memang ahli dalam pembangunan rumah serta memaksimalkan waktu dengan baik agar hunian tersebut cepat selesai dan nyaman untuk ditempati para korban bencana alam," kata dia.

Kualitas Bangunan Dijaga

Pandangan udara memperlihatkan sejumlah bangunan rusak usai dilanda gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). Gempa berkekuatan 7,4 Magnitudo disusul tsunami melanda Palu dan Donggala pada 28 September 2018. (JEWEL SAMAD/AFP)
Pandangan udara memperlihatkan sejumlah bangunan rusak usai dilanda gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). Gempa berkekuatan 7,4 Magnitudo disusul tsunami melanda Palu dan Donggala pada 28 September 2018. (JEWEL SAMAD/AFP)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, tim pembangunan hunian tetap Palu dari SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tengah Kementerian PUPR mulai bekerja dari pukul 08.00 hingga 22.00 WITA.

Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tengah juga memerintahkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Hunian Tetap Pasca Bencana Sulawesi Tengah untuk melakukan pengecekan secara rutin ke lapangan agar kualitas pembangunan bisa terjaga dengan baik.

Meskipun seluruh tim mengejar waktu pembangunan, namun pihak SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tengah tetap meminta agar para pekerja di lapangan tetap menjaga keselamatan dan kesehatan selama melaksanakan pembangunan rumah di lapangan.

"Saya juga minta PPK Hunian Tetap Pasca Bencana Sulawesi Tengah untuk mengecek ke lapangan pada waktu pagi dan malam hari guna melihat proses pekerjaan Huntap. Para pekerja juga bekerja lembur sampai malam agar pembangunan rumah cepat selesai," ungkap Rezki Agung.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR terus berupaya membantu masyarakat di Palu Sulawesi Tengah yang terdampak bencana alam gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang terjadi pada 28 September 2018 lalu. Akibat bencana alam tersebut, ribuan warga harus mengungsi karena tempat tinggal mereka mengalami kerusakan yang cukup parah.

Untuk menyediakan hunian bagi para pengungsi di Palu, Kementerian PUPR membangun hunian tetap menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) yang dikembangkan oleh Puslitbangkim Kementerian PUPR.

Adapun tipe Huntap yang akan dibangun Kementerian PUPR nantinya adalah rumah berukuran tipe 36. Hunian tersebut akan dibangun di atas tanah seluas 150 meter persegi yakni berukuran 10 x 15 meter. Pemanfaatan teknologi Risha yang menggunakan panel dari beton diharapkan dapat membuat hunian tersebut lebih tahan terhadap guncangan gempa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Persib di Liga 1 2020: Langsung Lawan Persela

Posted: 20 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persib telah menerima draft jadwal Liga 1 2020. Dalam draf jadwal yang dirilis PT Liga Indonesia Baru, selaku operator kompetisi tertinggi di Indonesia itu, Maung Bandung mendapat jadwal yang cukup berat di awal kompetisi.

Di tiga pertandingan awal, klub kebanggaan masyarakat Bandung ini akan menjalani dua laga kandang dan satu laga tandang. Persib akan menantang Persela Lamongan pada laga perdana Liga 1 2020. Bertindak sebagai tuan rumah, duel akan digelar pada 1 Maret 2020.

Sementara di laga kedua, Persib akan bertandang ke Arema FC. Laga rencananya akan digelar pada 8 Maret 2020, mulai pukul 18.30 WIB.

Sedangkan dalam laga ketiga, Persib akan kembali menjadi tuan rumah. Mereka akan menantang PSS Sleman pada 15 Maret 2020 pukul 18.30 WIB.

Meski demikian jadwal Persib tersebut dapat berubah tergantung feedback dari kedua klub. Berikut draft jadwal Persib di tiga laga awal Liga 1 2020.

Jadwal Persib

Persib Bandung Logo (Bola.com/Adreanus Titus)
Persib Bandung Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

1 Maret 2020

18.30 WIB, Persib Vs Persela

8 Maret 2020

18.30 WIB, Arema Vs Persib

15 Maret 2020

18.30 WIB, Persib Vs PSS Sleman

Hasil Ujicoba

Persib 2-1 Barito Putera

Persis 0-2 Persib

PSS 0-2 Persib

PSCS 3-1 Persib

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jejak Kolonial Belanda dalam Perkembangan Bahasa Melayu di Tanah Air

Posted: 20 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Batam - Bahasa Melayu telah lama dikenal sebagai bahasa pemersatu di wilayah Semenanjung Melayu, Kepulauan Riau-Lingga, serta Pantai Timur Sumatera. Karena telah dipakai selama berabad-abad sebagai lingua franca itulah, bahasa Melayu akhirnya ditetapkan sebagai dasar bahasa Indonesia.

RM Suwardi Soerjaningrat, yang lebih dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara, menjadi orang pertama yang mengusulkan bahasa Melayu dijadikan sebagai bahasa persatuan dalam pergerakan nasional dan di alam Indonesia merdeka pada 1916. Usulan itu disampaikan Ki Hajar Dewantara dalam makalahnya yang dibacakan saat Kongres Pengajaran Kolonial di Den Haag, Belanda, pada 28 Agustus 1916.

Ki Hajar Dewantara berpendapat bahasa Melayu-lah yang harus dijadikan bahasa persatuan dengan melihat perkembangan pesat bahasa Melayu pada saat itu.

Hal itu ditegaskan lagi oleh Ki Hajar Dewantara saat Kongres I Bahasa Indonesia di Solo pada 1938. Dalam makalahnya "Bahasa Indonesia di dalam Perguruan", Ki Hajar menyebut, "Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu… dasarnya berasal dari 'Melayu Riau'…".

Namun, apa sebab bahasa Melayu Riau yang dipakai sebagai rujukan sementara bahasa Melayu yang tersebar luas di berbagai wilayah, termasuk di Sriwijaya, Johor, dan Lingga?

Tentu saja hal itu tak bisa dilepaskan dari kiprah Raja Ali Haji, Haji Ibrahim, dan Raja Ali Kelana—para penyair dan sastrawan Kerajaan Riau-Lingga. H Abdul Malik, dekan FKIP dan dosen bahasa di Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamini hal tersebut.

"Raja Ali Haji punya peran besar dalam membina bahasa dan kebudayaan. Dengan kearifan Beliau bahwa hanya dengan bahasa yang samalah kita bisa merdeka. Karena, menurut Raja Ali Haji, bahasa merupakan unsur yang paling kuat untuk mempersatukan bangsa," ujarnya pada Kamis (20/2/2020).

Salah satu karya Raja Ali Haji dalam bidang bahasa yang memiliki pengaruh kuat sampai saat ini adalah Kitab Pengetahuan Bahasa yang terbit pada 1858. Kitab ini menjadi dasar pengajaran bahasa Melayu hingga tersebar luas pada masa itu.

 

Peran Pemerintah Kolonial

Buku Tata Bahasa Melayu Betawi. (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)
Buku Tata Bahasa Melayu Betawi. (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Meski demikian, perlu juga dicatat peran pemerintah kolonial dalam pembakuan bahasa Melayu. Sebab menilai bahasa Melayu standar Riau-Lingga telah menyebar ke seluruh Nusantara dan sangat disukai seluruh penduduk Kepulauan Nusantara, maka tak ada jalan bagi pemerintah kolonial Belanda untuk menjadikan bahasa Melayu Riau-Lingga sebagai bahasa pengantar di Lembaga Pendidikan yang didirikan untuk pribumi, termasuk di Pulau Jawa.

"Bahasa Melayu yang dijadikan bahasa nasional itu adalah bahasa tulis baku, bukan bahasa lisan. Bahasa baku itulah yang dijadikan standar oleh pemerintah kolonial Belanda untuk digunakan sebagai bahasa pengantar di sekolah-sekolah pribumi," kata Malik.

Malik menambahkan, Pemerintah Hindia Belanda mengangkat Von de Wall menjadi pegawai bahasa dan menugaskan dia untuk menyusun buku tata bahasa Melayu, kamus Melayu-Belanda, dan kamus Belanda-Melayu.

"Pedoman yang digunakan oleh pemerintah kolonial Belanda adalah bahasa Melayu Kepulauan Riau yang dibina oleh Raja Ali Haji," katanya.

Disebutkan, Von de Wall lantas bolak-balik ke Kerajaan Riau-Lingga sejak 1857. Bahkan, pegawai Belanda kelahiran Jerman ini sempat bermukim di Tanjungpinang hingga 1860. Dua tahun kemudian, Von de Wall sempat bolak-balik Batavia-Riau-Lingga sampai 1873 untuk menyelesaikan tugasnya dan mendalami bahasa Melayu.

Bahkan, dalam masa tugasnya itu, Von de Wall sempat menyunting buku karya Haji Ibrahim, Cakap-Cakap Rampai-Rampai Bahasa Melayu Johor pada 1868 dan pada 1872 terbit jilid keduanya.

Dari senarai karya para penulis Riau-Lingga itulah, telah ada upaya pembinaan dan pengembangan bahasa Melayu secara intensif. Meliputi tata bahasa, ejaan dan perkamusan oleh Raja Ali Haji, etimologi dan morfologi oleh Haji Ibrahim, hingga semantik oleh Raja Ali Kelana.

Di kemudian hari, dasar-dasar ini dipakai pemerintah kolonial Belanda untuk kepentingan komunikasi, surat-menyurat dan pengajaran, hingga akhirnya menjadi bahasa persatuan yang dikukuhkan pada Sumpah Pemuda 1928.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Selamat Hari Bahasa Ibu Internasional

Posted: 20 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional. UNESCO memperkirakan 3000 bahasa daerah akan punah pada tahun 2100. Apa pentingnya bahasa ibu bagi kehidupan kita?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Arti Simbol Segitiga pada Botol Plastik, Kenali Kegunaannya

Posted: 20 Feb 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan produk plastik tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Mulai dari tempat makanan dan minuman, perabot rumah, hingga mainan anak. Keamanan menggunakan plastik pun menjadi pro dan kontra karena diangggap dapat merusak lingkungan dan kesehatan. 

Biasanya pada botol plastik, Anda akan menemukan simbol segitiga kecil di bawah. Simbol ini biasanya disertai dengan kode angka tertentu. Namun, tahukah Anda apa arti simbol tersebut?

Simbol segitiga ini merupakan simbol daur ulang. Namun, simbol ini tidak berarti produk tersebut dapat didaur ulang. Simbol ini hampir selalu ditemukan pada sebagian besar botol plastik, wadah, dan kemasan produk plastik lainnya.

Di dalam setiap segitiga panah, ada angka yang berkisar dari satu hingga tujuh. Tujuan dari angka tersebut adalah untuk mengidentifikasi jenis plastik yang digunakan untuk produk dan tidak semua plastik dapat didaur ulang atau bahkan dapat digunakan kembali.

Maka dari itu penting untuk mengetahui arti simbol-simbol ini dalam penggunaan produk plastik. Berikut arti simbol segitiga pada botol dan produk plastik lainnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(21/2/2020).

Angka 1 (PET/PETE)

Angka 1 (PET/PETE)  (sumber: Pixabay)
Angka 1 (PET/PETE) (sumber: Pixabay)

Botol atau kemasan plastik lainnya dengan simbol segitiga 1 (PET/PETE) adalah salah satu plastik yang paling umum digunakan dalam produk konsumen. Bahan plastik ini biasa ditemukan di sebagian besar botol air kemasan. Botol atau wadah dengan simbol ini dimaksudkan untuk aplikasi sekali pakai.

Angka 1 di dalam segitiga menunjukkan plastik tersebut adalah polietilen tereftalat, yang disingkat menjadi PET atau PETE. Produk yang terbuat dari plastik 1 (PET) tidak bisa digunakan kembali sebagai wadah minuman atau makanan.

Penggunaan berulang meningkatkan risiko pencucian dan pertumbuhan bakteri. Meski begitu, plastik ini masih bisa didaur ulang dengan mudah.

Angka 2 (HDPE)

Angka 2 (HDPE)  (sumber: Pixabay)
Angka 2 (HDPE) (sumber: Pixabay)

Angka 2 di dalam segitiga menunjukkan plastik tersebut adalah polietilen densitas tinggi, high-density polyethylene atau HDPE. Plastik ini bisa ditemukan di dalam botol susu, botol sampo, wadah mentega dan yogurt, botol oli motor, tas belanja dan sampah, dan pembersih rumah tangga dan botol deterjen.

HDPE adalah plastik yang paling sering didaur ulang dan dianggap sebagai salah satu bentuk plastik paling aman. Plastik HDPE sangat tahan pakai dan tidak terurai di bawah paparan sinar matahari atau pemanasan atau pembekuan yang ekstrem. Untuk alasan ini, HDPE digunakan untuk membuat meja, kursi, dan perabot lainnya.

Meski aman untuk mengemas minuman dan makanan. Plastik jenis ini dianjurkan hanya digunakan sekali pakai saja.

Angka 3 (PVC)  (sumber: Pixabay)
Angka 3 (PVC) (sumber: Pixabay)

Angka 3 di dalam segitiga menunjukkan plastik adalah vinil atau polivinil klorida. PVC adalah plastik lunak dan fleksibel yang digunakan untuk membuat pembungkus makanan plastik bening, botol minyak goreng, mainan anak-anak, dan kemasan blister untuk berbagai produk konsumen.

Produk PVC tidak boleh digunakan kembali untuk aplikasi dengan makanan atau untuk penggunaan anak-anak. PVC dijuluki "plastik beracun" karena mengandung banyak racun yang dapat larut selama seluruh siklus hidupnya.

Kandungan DEHA (Diethylhydroxylamine) yang ada di dalamnya akan bereaksi saat bersentuhan langsung dengan makanan. Reaksi ini bisa berbahaya bagi kesehatan ginjal dan hati.

Angka 4 (LDPE)

Angka 4 (LDPE)  (sumber: Pixabay)
Angka 4 (LDPE) (sumber: Pixabay)

Angka 4 di dalam segitiga menunjukkan plastik tersebut adalah polietilen densitas rendah, low-density polyethylene atau LDPE. Plastik ini biasa ditemukan di tas belanja, botol yang bisa diremas, dan plastik pada makanan beku atau roti. Tas belanja plastik yang digunakan di sebagian besar toko saat ini dibuat menggunakan plastik LDPE.

LDPE dianggap kurang beracun dibandingkan plastik lainnya, dan relatif aman untuk digunakan. Produk yang dibuat menggunakan plastik LDPE dapat digunakan kembali dengan jangka waktu pendek, tetapi tidak selalu dapat didaur ulang karena sulit dihancurkan.

Angka 5 (PP)

Angka 5 (PP)  (sumber: Pixabay)
Angka 5 (PP) (sumber: Pixabay)

Angka 5 di dalam segitiga mengindikasikan plastik tersebut adalah polypropylene atau PP. Botol dan wadah lainnya yang memiliki kode ini merupakan jenis pilihan plastik terbaik untuk minuman dan makanan. Plastik polypropylene tangguh dan ringan, dan memiliki kualitas tahan panas yang sangat baik.

Plastik ini berfungsi sebagai penghalang terhadap kelembaban, minyak dan bahan kimia. Simbol ini kerap tertulis pada botol dan wadah makanan plastik yang bisa digunakan berkali-kali. Botol minuman dengan kode ini dianggap aman untuk digunakan kembali. Plastik ini juga mudah untuk didaur ulang.

Angka 6 (PS)

Angka 6 (PS)  (sumber: Pixabay)
Angka 6 (PS) (sumber: Pixabay)

Angka 6 di dalam segitiga menunjukkan plastik tersebut adalah polystyrene (PS). Polystyrene adalah plastik yang murah, ringan dan mudah dibentuk dengan berbagai macam kegunaan. Bahan paling sering digunakan untuk membuat gelas dan piring styrofoam sekali pakai, pembungkus makanan, karton telur, dan sendok garpu piknik plastik.

Karena secara struktural lemah dan sangat ringan, polystyrene mudah putus dan mudah tersebar ke seluruh lingkungan alami. Pantai di seluruh dunia memiliki serpihan-serpihan polistiren ini yang merusak ekosistem.

Penggunaan plastik ini sangat tidak disarankan untuk makanan dan minuman. Polystyrene dapat melepaskan styrene yang bersifat karsinogen. Zat ini bisa keluar terutama ketika dipanaskan. Bahan kimia yang ada dalam polystyrene telah dikaitkan dengan kesehatan manusia dan disfungsi sistem reproduksi. Polystyrene harus dihindari sedapat mungkin.

Angka 7 (Other)

Angka 7 (Other)  (sumber: Pixabay)
Angka 7 (Other) (sumber: Pixabay)

Setiap plastik yang tidak jatuh di bawah salah satu dari enam jenis di atas memiliki kode 7 di dalam segitiga. Plastik ini biasanya terbuat dari SAN (Styrene Acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), dan PC (Polycarbonate. Biasanya produk dengan simbol ini akan mencantumkan kode SAN, ABC, atau PC.

SAN biasa ditemukan pada termos, piring makan, sikat gigi, atau mangkuk mixer. ABS bisa ditemukan di wadah makanan dan minuman, mainan anak, dan pipa. Sementara PC bisa ditemukan pada beberapa botol bayi.

Namun, penggunaan botol dan wadah makanan dengan PC sangat tidak disarankan. Ini karena plastik dengan bahan PC bisa menghasilkan BPA yang bisa menganggu kesehatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melawan Keterbatasan, Remaja Afghanistan Melukis dengan Mulut

Posted: 20 Feb 2020 08:45 PM PST

Seniman Robaba Mohammadi duduk di sebelah lukisannya selama wawancara dengan AFP mulut di studionya di Kabul pada 5 Desember 2019. Melalui lukisan, seniman asal Afghanistan ini mengekspresikan bahwa wanita dan disabilitas bukan lagi hal yang bisa dipandang sebelah mata. (NOORULLAH SHIRZADA/AFP)
Seniman Robaba Mohammadi duduk di sebelah lukisannya selama wawancara dengan AFP mulut di studionya di Kabul pada 5 Desember 2019. Melalui lukisan, seniman asal Afghanistan ini mengekspresikan bahwa wanita dan disabilitas bukan lagi hal yang bisa dipandang sebelah mata. (NOORULLAH SHIRZADA/AFP)

Seniman Robaba Mohammadi duduk di sebelah lukisannya selama wawancara dengan AFP mulut di studionya di Kabul pada 5 Desember 2019. Melalui lukisan, seniman asal Afghanistan ini mengekspresikan bahwa wanita dan disabilitas bukan lagi hal yang bisa dipandang sebelah mata. (NOORULLAH SHIRZADA/AFP)

Foto yang diambil pada 5 Desember 2019 menunjukkan seniman Robaba Mohammadi melukis menggunakan mulut di studionya di Kabul. Untuk membuktikan bahwa stigma negatif tentang perempuan dan disabilitas salah, Robaba mengembangkan bakat di bidang seni lukis. (NOORULLAH SHIRZADA/AFP)
Foto yang diambil pada 5 Desember 2019 menunjukkan seniman Robaba Mohammadi melukis menggunakan mulut di studionya di Kabul. Untuk membuktikan bahwa stigma negatif tentang perempuan dan disabilitas salah, Robaba mengembangkan bakat di bidang seni lukis. (NOORULLAH SHIRZADA/AFP)

Foto yang diambil pada 5 Desember 2019 menunjukkan seniman Robaba Mohammadi melukis menggunakan mulut di studionya di Kabul. Untuk membuktikan bahwa stigma negatif tentang perempuan dan disabilitas salah, Robaba mengembangkan bakat di bidang seni lukis. (NOORULLAH SHIRZADA/AFP)

Seniman Robaba Mohammadi menggunakan ponsel dengan jari kaki di studionya di Kabul pada 5 Desember 2019. Meski terlahir dengan kaki dan tangan yang tidak bisa digunakan serta tak mendapatkan akses pendidikan, Robaba mampu membuat lukisan yang terbilang rumit dan penuh warna. (NOORULLAH SHIRZADA/AFP)
Seniman Robaba Mohammadi menggunakan ponsel dengan jari kaki di studionya di Kabul pada 5 Desember 2019. Meski terlahir dengan kaki dan tangan yang tidak bisa digunakan serta tak mendapatkan akses pendidikan, Robaba mampu membuat lukisan yang terbilang rumit dan penuh warna. (NOORULLAH SHIRZADA/AFP)

Seniman Robaba Mohammadi menggunakan ponsel dengan jari kaki di studionya di Kabul pada 5 Desember 2019. Meski terlahir dengan kaki dan tangan yang tidak bisa digunakan serta tak mendapatkan akses pendidikan, Robaba mampu membuat lukisan yang terbilang rumit dan penuh warna. (NOORULLAH SHIRZADA/AFP)

Seniman Robaba Mohammadi melukis dengan mulut di studionya di Kabul, 5 Desember 2019. Karya-karya Robaba telah dijual dan dipamerkan secara internasional dimana hasil penjualan lukisan membuatnya dapat meluncurkan pusat khusus untuk membantu melatih seniman difabel lainnya. (NOORULLAH SHIRZADA/AFP)
Seniman Robaba Mohammadi melukis dengan mulut di studionya di Kabul, 5 Desember 2019. Karya-karya Robaba telah dijual dan dipamerkan secara internasional dimana hasil penjualan lukisan membuatnya dapat meluncurkan pusat khusus untuk membantu melatih seniman difabel lainnya. (NOORULLAH SHIRZADA/AFP)

Seniman Robaba Mohammadi melukis dengan mulut di studionya di Kabul, 5 Desember 2019. Karya-karya Robaba telah dijual dan dipamerkan secara internasional dimana hasil penjualan lukisan membuatnya dapat meluncurkan pusat khusus untuk membantu melatih seniman difabel lainnya. (NOORULLAH SHIRZADA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Berburu Hadiah dari Sanksi Manchester City

Posted: 20 Feb 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester City saat ini berada di zona Liga Champions untuk musim depan. Tim asuhan Pep Guardiola itu masih berada di posisi kedua dengan mengemas 54 dalam klasemen Liga Inggris.

Sayangnya mereka mendapat sanksi dari UEFA. Manchester City dilarang tampil di Liga Champions atau Liga Europa dalam dua musim ke depan.

Tentunya, slot yang menjadi milik Manchester City, bila berhasil finis di posisi empat besar, menjadi 'hadiah' untuk tim yang finis di posisi kelima dalam klasemen akhir Liga Inggris.

Saat ini, masih banyak klub yang memiliki kesempatan untuk memperebutkan 'hadiah' dari sanksi Manchester City. Mereka adalah, Tottenham Hotspur (40 poin), Sheffield United (39 poin), Manchester United (38 poin), hingga Wolverhampton Wanderers (36 poin).

Namun semua itu bakal terjadi bila banding yang dilakukan Manchester City ditolak oleh CAS atau Pengadilan Arbitrase Olahraga. Lihat klasemen Liga Inggris selengkapnya di halaman berikut.

 

Klasemen Liga Inggris

 

Jadwal Liga Inggris Pekan Ke-27

Pertandingan Middlesbrough vs Arsenal ini menjadi laga penutup pekan ke-33.
Pertandingan Middlesbrough vs Arsenal ini menjadi laga penutup pekan ke-33.

Sabtu, 22 Februari 2020

19.30 WIB, Chelsea vs Tottenham Hotspur (Mola TV)

22.00 WIB, Southampton vs Aston Villa (TVRI)

22.00 WIB, Burnley vs Bournemouth (Mola TV)

22.00 WIB, Crystal Palace vs Newcastle United (Mola TV)

22.00 WIB, Sheffield United vs Brighton (Mola TV)

 

Jadwal Selanjutnya

Minggu, 23 Februari 2020

00.30 WIB, Leicester City vs Manchester City (Mola TV)

21.00 WIB, Manchester United vs Watford (TVRI)

21.00 WIB, Wolverhampton vs Norwich City (Mola TV)

23.30 WIB, Arsenal vs Everton (Mola TV)

Selasa, 25 Februari 2020

03.00 WIB, Liverpool vs West Ham United (Mola TV)

Saksikan video Liga Inggris berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Rumah Mewah Ahmad Dhani, Usung Konsep Percampuran 3 Budaya

Posted: 20 Feb 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ahmad Dhani adalah salah satu musisi yang namanya telah malang melintang di belantika musik Indonesia. Pimpinan dari Republik Cinta Management ini ternyata memiliki selera desain rumah yang unik.

Di dalam rumahnya, Ahmad Dhani memiliki koleksi ratusan barang antik yang ia jadikan pajangan di salah satu ruangan khusus. Dikutip dari channel YouTube Atta Halilintar, suami Mulan Jameela ini mengaku memiliki konsep rumah eclectic.

"Konsepnya eclectic itu percampuran budaya. Jadi kalau di Jakarta biasanya percampuran budaya Kolonial, budaya Tionghoa dan Jawa. Itu kalau kita ngomongin eclectic di Jakarta. Kenapa kita bicara kolonialisme, tentu kita bicara Eropa. Karena orang eropa tentu kebetulan berkuasa disini lama pasti mempengaruhi budaya," jelas Dhani.

Rumah yang berada di Kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan tersebut di bagian depannya nampak seperti istana dengan konsep gothic. Menurut Ahmad Dhani, di rumah inilah ia membesarkan anak-anaknya.

Berikut adalah 7 potret design interior rumah mewah Ahmad Dhani, dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (21/02/2020).

1. Ahmad Dhani dikenal gemar koleksi barang antik

Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)
Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)

2. Rumah Ahmad Dhani mengusung perpaduan antara 3 budaya, yakni Kolonial, Tionghoa dan Jawa

Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)
Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)

3. Koleksi foto tokoh pemimpin Indonesia, salah satunya Ir. Soekarno

Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)
Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)

4. Ahmad Dhani juga memiliki koleksi foto raja-raja Jawa

Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)
Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)

5. Meskipun nampak temaram, namun memiliki kesan unik dan klasik

Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)
Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)

6. Salah satu spot di rumah Ahmad Dhani yang akan digunakan untuk merekam podcast bersama Atta halilintar

Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)
Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)

7. Koleksi litografi milik Ahmad Dhani yang begitu beragam

Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)
Potret design interior rumah mewah dari Ahmad Dhani. (Sumber: YouTube Atta Halilintar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: