Rabu, 19 Februari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


5 Cara Mencegah Kulit Wajah Keriput saat Tidur, Hindari Kebiasaan Buruk

Posted: 19 Feb 2020 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kulit wajah menjadi keriput memang akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Namun, kulit wajah keriput dapat terjadi dalam usia dini akibat melakukan kebiasaan buruk. Salah satunya adalah saat tidur.

Kebiasaan tidur yang buruk dapat membuat kerutan yang nantinya akan berubah menjadi garis-garis halus dan membuat kulit wajah terlihat tua. Misalnya saja kebiasaan tidur tengkurap yang dapat menyebabkan wajah bergesekan dengan sarung bantal.

Selain itu, posisi tidur tersebut juga dapat membuat wajah menekan bantal dalam waktu lama. Apabila kebiasaan ini diteruskan, maka akan menyebabkan kulit menjadi kusut dan menimbulkan lipatan pada wajah. Akibatnya elastisitas pada kulit bisa hilang.

Bukan hanya tidur tengkurap, ada beberapa kebiasaan buruk lainnya yang perlu kamu hindari untuk mencegah wajah keriput saat tidur. Berikut kebiasaan baik yang bisa kamu lakukan saat tidur untuk mencegahnya yang telah Liptan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/2/2020). 

Pastikan Wajah Bersih Sebelum Tidur

Membersihkan Wajah.
Membersihkan Wajah.

Cara mencegah kulit keriput saat tidur pertama dengan membersihkan wajah dari polesan makeup. Pastikan untuk selalu mencuci wajah sebelum tidur untuk menghapus tumpukan minyak, kotoran, keringat, dan makeup.

Tidak membersihkan wajah sebelum tidur dapat menjadikan pori-pori tersumbat akibat sisa debu dan kotoran. Oleh karena itu, penting untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur untuk mencegah sel kulit baru timbul ke permukaan.

Tidak Menjadikan Tangan Sebagai Bantal

Ilustrasi Tidur (iStockphoto)
Ilustrasi Tidur (iStockphoto)

Beberapa orang memiliki kebiasaan tidur dengan menggunakan tangan sebagai bantal. Kebiasaan ini secara tidak langsung dapat menimbulkan tekanan pada kulit hingga menyebabkan wajah keriput. Oleh karena itu, sebaiknya tidak menggunakan tangan sebagai bantal saat tidur.

Rutin Mengganti Sarung Bantal

Ilustrasi sarung bantal/copyright shutterstock
Ilustrasi sarung bantal/copyright shutterstock

Kebiasaan buruk saat tidur lainnya yang dapat menyebabkan wajah keriput adalah tidak mengganti sarung bantal secara rutin. Mengganti sarung bantal dengan bahan yang lebih lembut dapat mencegah wajah menjadi keriput.

Kamu dapat menjadikan bahan kain satin atau sutra untuk sarung bantal. Kedua bahan kain ini akan membantu mencegah lipatan atau kerutan pada kulit. Kedua bahan tersebut memungkinkan kulit tidak banyak mengalami gesekan sehingga mengurangi kerutan pada kulit.

Hindari Tidur Tengkurap

Tidur Tengkurap. / Sumber: iStock
Tidur Tengkurap. / Sumber: iStock

Tidur tengkurap atau menyamping menandakan kamu memberikan tekanan konsisten pada wajah. Seiring waktu, kebiasaan ini akan menghasilkan keriput tidur yang tidak diinginkan.

Kamu bisa menyiasatinya dengan tidur telentang. Posisi tidur ini tidak akan memberikan tekanan apapun pada wajah. Memang, posisi tidur telentang kurang nyaman. Namun, kamu bisa melatihnya dengan menempatkan bantal tambahan di bawah lutut untuk menjaga posisi tersebut selama tidur.

Letakkan bantal besar di satu sisi tubuh dan konsentrasikan berat tubuh kamu di sisi tersebut sebanyak yang kamu bisa. Gunakan bantal ini sebagai penopang bahu dan sebagian dada. Kemudian letakkan kaki dan pinggul di atas bantal tersebut.

Posisi ini akan membuat kepala kamu sedikit menjauhi bantal tidur dan membuang banyak tekanan dari wajah.

Gunakan Krim Malam dan Konsumsi Vitamin

Krim Malam. Photo: Shutterstocks
Krim Malam. Photo: Shutterstocks

Cara mencegah wajah keriput saat tidur lainnya dengan menggunakan krim malam dan mengonsumsi vitamin sebelum tidur. Pelembap wajah yang dirancang khusus untuk digunakan saat malam dapat membantu kulit meremajakan diri dan memperbaiki kerusakan.

Pilihlah produk krim malam yang mengandung hyaluronic acid yang dapat membantu mengenyalkan dan mengencangkan kulit dan retinol untuk meremajakan kulit dengan mendorong produksi kolagen yang bisa mencegah timbulnya keriput.

Selain itu, kamu juga bisa mengimbangi dengan konsumsi vitamin A, C, B komoleks, dan E untuk membantu memastikan penampulan kulit yang sehat, segar, dan tampak muda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akan Dijadikan Sirkuit Balap Moto GP 2021, Wapres Ma'ruf Tinjau Proyek Wisata Mandalika

Posted: 19 Feb 2020 10:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin melanjutkan hari kedua kunjungan kerjanya di Lombok, NTB. Lewat siaran pers diterima, diketahui Ma'ruf pagi ini beraktivitas menegok proyek wisata Mandalika.

"Sembari olahraga gerak jalan, kegiatan hari kedua kunjungan kerja di Pulau Seribu Masjid, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berolahraga jalan santai sambil proyek-proyek wisata Mandalika," tulis keterangan pers Kantor Sekretariat Wakil Presiden, diterima, Kamis (20/2/2020).

Gerak jalan Ma'ruf Amin dimulai sekitar pukul 06.11 waktu setempat. Wapres didampingi oleh Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin, dan segenap rombongan Kantor Sekretariat Wakil Presiden berjalan sepanjang 3,8 km untuk menikmati keindahan pantai Balawista.

"Di seperempat perjalanan, Wapres menghentikan langkahnya saat melihat gambar pusat pengawasan area pantai Balawista yang terpampang di pertigaan jalan yang memaparkan rencana pengembangan kavling lahan 200 hektar siap bangun," lanjut siaran pers tersebut.

Melihat hal itu, Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer yang ikut olahraga bersamanya, langsung menjelaskan rencana pengembangan kavling tersebut.

"Proyek-proyek wisata Mandalika juga akan dilanjutkan ke pembanganunan Gedung Balawista The Mandalika," tutur Abdulbar.

Diketahui, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014, yang diharapkan dapat mengakselerasi sektor pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sangat potensial.

Karenanya, pemerintah memberikan fasilitas dan kemudahan, baik melalui insentif fiskal maupun non-fiskal, seperti perizinan, ketenagakerjaan, keimigrasian, dan pertanahan.

"KEK Mandalika memiliki konsep pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan (sustainable tourism), melalui pembangunan obyek wisata dan daya tarik wisata yang berorientasi pada pelestarian dan kualitas lingkungan hidup di wilayah sekitarnya," terang siaran pers tersebut.

Penyelenggaraan Moto GP

Ma'ruf berharap, pengembangan wisata yang berkualitas dapat meningkatkan devisa, melindungi dan menjaga lingkungan, alam, serta budaya. Lebih dari itu, Destinasi Mandalika juga dipersiapkan untuk penyelenggaraan sport tourism Moto GP bulan Oktober 2021, dan diharapkan tes sirkuit dapat dilakukan awal tahun 2021.

"Untuk agenda Moto GP 2021 di Indonesia sudah mendapatkan lisensi dari Dorna Sports sebagai pihak penyelenggara Moto GP," tandas siaran pers tersebut.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Final Piala Gubernur Jatim Persija vs Persebaya

Posted: 19 Feb 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Duel sengit bakal terjadi antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya final Piala Gubernur Jatim 2020, sore ini. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Bagi Persebaya, laga ini seolah merupakan pertaruhan harga diri. Ya, di final Piala Gubernur Jatim 2020 Persebaya seolah sedang menjaga harga diri Jawa Timur. Jika mereka kalah, turnamen ini bakal jadi kali pertama dijuarai oleh tim dari luar provinsi ujung timur di Pulau Jawa tersebut.

Di sisi lain, Persija datang dengan skuatnya yang bertabur pemain bintang di ajang ini. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu menjadi satu-satunya kontestan Piala Gubernur Jatim 2020 yang belum terkalahkan.

Dikutip dari Kominfo Jatim, sejak digelar pada 2002, Persela Lamongan merupakan peraih gelar Piala Gubernur Jatim terbanyak (2003, 2007, 2009, 2010, dan 2012). Disusul Persik Kediri dengan empat gelar (2002, 2004, 2006, 2008, dan 2014.)

Persebaya dan Arema sama-sama meraih satu gelar. Persebaya juara pada 2005, sedangkan Arema pada 2013. Pertandingan final Piala Gubernur Jatim 2020 dapat disaksikan melalui link live streaming di MNCTV mulai pukul 15.30 WIB.

Link Live Streaming

Final Piala Gubernur Jatim 2020: Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya. (Bola.com/Dody Iryawan)
Final Piala Gubernur Jatim 2020: Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya. (Bola.com/Dody Iryawan)

Final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya vs Persija akan dimulai pada pukul 15.30 WIB. Anda bisa menyaksikanya melalui link berikut ini......

 

Prakiraan Susunan Pemain

Final Piala Gubernur Jatim 2020: Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya. (Bola.com/Dody Iryawan)
Final Piala Gubernur Jatim 2020: Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya. (Bola.com/Dody Iryawan)

Persebaya (4-3-3): Rivky Mokodompit; Mokhamad Syaifuddin, Zoubairou Garba, Arif Satria, Rizky Ridho; Aryn Williams, Muhammad Hidayat, Makan Konate (tengah); Mahmoud Eid, David da Silva, Irfan Jaya.

Pelatih: Aji Santoso

Persija (4-3-3): Shahar Ginanjar; Otavio Dutra, Maman Abdurrahman, Marco Motta, Alfath Faathier; Tony Sucipto, Adrianus Dwiki, Rohit Chand; Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Marko Simic.

Pelatih: Sergio Farias

Road to Final Persebaya

Fase Grup A

10 Februari 2020

Persebaya 3-1 Persik

12 Februari 2020

Bhayangkara 1-0 Persebaya

14 Februari 2020

Madura United 2-4 Persebaya

Semifinal

18 Februari 2020

Persebaya 4-2 Arema

 

Road to Final Persija

Fase Grup B

11 Februari 2020

Persija 4-1 Persela

13 Februari 2020

Sabah FA 0-2 Persija

15 Februari 2020

Arema 1-1 Persija

Semifinal

17 Februari 2020

Persija 2-1 Madura United

Saksikan video Persebaya berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BKN Bakal Sanksi Peserta yang Tak Hadir Ujian CPNS 2019

Posted: 19 Feb 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat ada 287.965 yang tidak hadir dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Formasi Tahun 2019. Jumlah ini 12,57 persen dari total peserta SKD yakni 3.361.802 peserta.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, banyak peserta yang hanya coba-coba ikut seleksi CPNS. Dia berencana memberikan sanksi tegas pada peserta yang tidak datang ke lokasi tes tanpa kabar.

"Kami akan memberikan sanksi, jadi daftar CPNS tidak untuk coba-coba," kata Bima di Kantor BKN Jakarta Timur, Kamis (20/2/2020).

Beberapa kemungkinan sanksi yang diberikan salah satunya memblokir NIK agar tidak dapat mendaftar CPNS tahun berikutnya. Ini perlu dilakukan karena banyak merugikan negara maupun peserta lainnya.

"Ini buang-buang resources, dan biaya yang sudah dikeluarkan," kata Bima.

Tak hanya itu, peserta yang main-main mengganggu tempat yang bisa diisi dengan yang lain. Padahal, ruang kosong 12,5 persen itu banyak sekali yang bisa disimpan. Misalnya, ongkos infrastruktur tempat yang harus dibayar per hari.

"Kalau tidak digunakan itu kan mahal membuang-buang uang negara," kata Bima.

 

Peserta Terlambat

CPNS melihat nilai sementara SKD di ruang tunggu di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
CPNS melihat nilai sementara SKD di ruang tunggu di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Selain tidak hadir tanpa kabar, ada juga peserta tidak ikut seleksi karena terlambat datang ke lokasi ujian. Fakta di lapangan, banyak peserta datang terlambat karena tidak mendapat izin cuti untuk seleksi dari tempat kerja.

Kalau pun diberikan izin, waktu yang diberikan tempat asal kerja sangat mepet dengan waktu ujian.

"Konsekuensinya, datang ke sini (tempat ujian) sudah lewat," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen.

Sehingga mereka tidak bisa mendapatkan pin untuk mengakses soal ujian. Sebab, lima menit sebelum ujian, akses untuk mendapatkan soal sudah terkunci.

Kasus yang sama juga pernah terjadi pada seleksi sebelumnya. Namun saat itu, panitia masih bisa memberikan akses soal kepada peserta yang terlambat. Akibatnya terjadi ketidakseragaman. Untuk itu tahun ini akses pin soal dari panitia pun dimatikan.

 

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKB dan PDIP Usung Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo di Pilkada Bantul

Posted: 19 Feb 2020 10:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Koalisi antara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Pilkada Bantul 2020 memasuki babak baru.

Menyusul keluarnya rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP yang mengusung pasangan Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo sebagai pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Bantul pada Pilkada Bantul 2020.

Keluarnya rekomendasi ini disikapi positif oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Bantul Hanung Raharjo. Koalisi antara PKB dan PDIP dinilainya sudah cukup kuat untuk bertarung pada Pilkada Bantul 2020.

Gabungan 17 kursi di DPRD Bantul, masing-masing 6 kursi dari PKB dan 11 kursi dari PDIP menjadi modal yang berharga. 

"PKB dan PDIP merupakan partai besar dengan pendukung yang tidak sedikit," tegas Hanung di ruang kerjanya, Rabu, 19 Februari 2020. 

Walau demikian masih terbuka pintu bagi partai politik lain untuk bergabung dalam koalisi bersama PKB dan PDIP. Sebab dalam sistem multi partai koalisi dengan partai lain menjadi keharusan. Karena setiap kebijakan eksekutif membutuhkan dukungan dari legislatif di parlemen. 

Segera Dibentuk Tim Pemenangan

ilustrasi Pilkada serentak
ilustrasi Pilkada serentak

Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Bantul Subhan Nawawi juga mengaku optimistis keluarnya rekomendasi dari DPP PDIP ini segera diikuti dengan keluarnya rekomendasi dari DPP PKB yang mengusung pasangan Abdul Halim Muslih (AHM) dan Joko Purnomo (JP) pada Pilkada Bantul 2020. 

Dia berharap akan segera dibentuk tim pemenangan untuk menyusun program kampanye. 

"Seluruh jajaran PKB hingga tingkat bawah siap berkerja keras mendukung pasangan AHM-JP," tegas Wakil Ketua 2 DPRD Bantul ini terkait koalisi PKB-PDIP pada Pilkada Bantul 2020.

 

Simak berita Times Indonesia lainnya di sini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Tahun Bersama, Ini 7 Potret Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair

Posted: 19 Feb 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan cinta Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair yang kini terpisah oleh maut menjadi perhatian publik. Kisah cinta dua sejoli ini seolah menjadi inspirasi bagi pasangan lain untuk tetap setia hingga maut memisahkan. 

Ashraf Sinclair dan Bunga Citra Lestari pertama kali dipertemukan secara tak sengaja di Malaysia. Keduanya bertemu pertama kali pada tahun 2007. Terdapat momen lucu di awal keduanya bertemu, Ashraf yang saat itu menjadi presenter salah menyebut nama BCL dengan Bunga Cinta Lestari.

Dari situlah hubungan Ashraf dan wanita yang akrab disapa Unge ini semakin dekat. Keduanya pun berpacaran selama 1 tahun dan harus menjalani LDR karena terpisah jarak antara Malaysia dan Indonesia. Usai satu tahun berpacaran, keduanya memutuskan untuk menikah tepatnya pada 8 November 2008. Resepsi digelar dua kali yaitu di Jakarta dan Kuala Lumpur.

Dua tahun setelah menikah, pasangan beda usia 4 tahun ini dikaruniai putra tampan bernama Noah Sinclair. Kehadiran Noah melengkapi kebahagiaan keluarga pasangan yang selalu dikenal romantis itu. 11 Tahun menjalani biduk rumah tangga, hubungan pasangan ini jauh dari gosip miring. 

Kepergian sang suami, tentu saja menjadi duka yang mendalam bagi pelantun lagu "Pernah Muda" ini. Seolah menjadi bukti cinta sejati, BCL tak hanya menyiapkan liang lahat untuk mendiang suami saja. Pelantun Kecewa ini juga sudah memesan tanah untuk makamnya kelak, tepat di sisi makam sang suami. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret perjalanan cinta BCL dan Ashraf Sinclair, Kamis (20/2/2020).

1. Pelantun lagu 'Cinta Sejati' ini pertama kali bertemu dengan Ashraf Sinclair pada tahun 2007 silam dalam sebuah sesi wawancara musik di Malaysia.

Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram/ashrafsinclair
Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram/ashrafsinclair

2. Enggak banyak yang tahu, rupanya Bunga Citra Lestari dan suami pernah disandingkan bersama dalam film Saus Kacang.

Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Brilio)
Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Brilio)

3. Setelah 1 tahun berpacaran, pasangan beda usia 4 tahun ini memutuskan untuk mengikat janji sehidup semati pada tahun 8 November 2008 silam.

Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram//bclsinclair/
Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram//bclsinclair/

4. 2 Tahun setelah menikah, pasangan ini dikaruniai putra tampan yang mereka beri nama Noah Sinclair yang lahir pada 2010 silam.

Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram/ashrafsinclair
Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram/ashrafsinclair

5. Di tengah kesibukannya, dua sejoli ini selalu menyempatkan waktu untuk putra semata wayangnya.

Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram//bclsinclair/
Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram//bclsinclair/

6. Pasangan yang menikah pada tahun 2008 ini dikenal sebagai pasangan yang harmonis dan romantis. Biduk rumah tangga mereka jauh dari gosip miring.

Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram//bclsinclair/
Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram//bclsinclair/

7. Setelah 11 tahun bersama, perjalanan cinta BCL dan Ashraf harus terpisah oleh maut.

Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram//bclsinclair/
Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram//bclsinclair/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Rekor Baru, Pelari Tradisional di India Ini Kecepatannya Kalahkan Usain Bolt

Posted: 19 Feb 2020 10:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banyak proses dan tantangan yang harus dilewati ketika kita ingin menjadi seorang yang besar dan berhasil. Termasuk jika kita ingin menjadi atlet lari yang akan mengharumkan nama bangsa dari mana kita berasal. Pasti ada perjuangan dan kerja keras yang dilakukan untuk tercapainya impian itu.

Srivisana Gowda, Joki Kambala (perlombaan kerbau tradisional) dari Moodabidri, Karnataka, India, baru saja mencetak rekor baru sebagai pelari tercepat dalam sejarah olahraga tradisional. Di mana ia telah mengalahkan Usain Bolt (Pelari dari Jamaika) dengan waktu 9,58 detik di 2009 pada saat 100 Meter Olimpiade Dunia.

Berdasarkan info yang dilansir dari Gulf News, Menteri Pemuda dan Olahraga, Uni Kiren Rijiju, akan memanggil pelari tradisional ini karena sudah berhasil mengalahkan Usain Bolt dan untuk diuji coba.

Menurut Menteri  Pemuda dan Olahraga Negara  India Kiren Rijiju menulis dalam akun twitternya, @KirenRijiju "Saya akan memanggil Srinivasa Gowda, Karnataka untuk diuji coba oleh para Pelatih SAI papan atas. Ada kurangnya pengetahuan dalam massa standar tentang Olimpiade terutama dalam atletik di mana kekuatan dan daya tahan manusia yang tertinggi dilampaui."

Lebih Cepat dari Usain Bolt Pelari Asal Jamaika

Sumber : GulfNews
Sumber : GulfNews

Pelari yang berusia 28 tahun ini adalah pekerja konstruksi dan hanya butuh 13,62 detik untuk menempuh jarak 145 meter di Kambala, desa Aikala, sekitar 30 kilometer dari Mangaluru. Srinivasa, juga cuma butuh waktu 9,55 detik untuk berlari sejauh 100 meter dan netizen dengan cepat berkomentar bahwa ia lebih cepat dari peraih medali emas Olimpiade delapan kali, Usain Bolt.

Kambala adalah lomba tahunan yang diadakan di Karnataka di mana orang berlari 142 meter di sawah dengan kerbau. Secara tradisional, ini disponsori oleh tuan tanah dan rumah tangga Tuluva lokal di distrik pesisir Dakshina Kannada dan Udupi.

Hanya Berlari di Sawah Berlumpur

Sumber : Daily Mail
Sumber : Daily Mail

Dalam sebuah wawancara dengan media lokal, Srinivasa berkata, "Orang-orang membandingkan saya dengan Usain Bolt. Dia adalah juara dunia, saya hanya berlari di sawah yang berlumpur. "

Melalui tweet lainnya, Menteri Pemuda dan Olahraga India ini juga mengatakan bahwa Srinivasa sedang dalam perjalanan.

"Iya @PMuralidharRaoJi. Pejabat dari SAI telah menghubunginya. Tiket kereta apinya sudah selesai dan dia akan mencapai pusat SAI pada hari Senin. Saya akan memastikan pelatih nasional teratas untuk melakukan uji coba dengan benar. Kami adalah tim @narendramodiji dan akan melakukan segalanya untuk identitas bakat olahraga!"

 

Penulis :

Ayu Ester Simanjuntak

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perang Turki Vs Suriah di Ambang Mata

Posted: 19 Feb 2020 10:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasukan Turki telah membanjiri wilayah Idlib, Suriah. Bahkan masih banyak tentara Turki yang sedang menuju ke daerah perbatasan untuk memukul mundur serangan pasukan pemerintah Suriah terhadap pemberontak di barat laut negara itu yang hanya tinggal menunggu waktu.

Pasukan Turki tak lama lagi akan berhadapan langsung dengan pasukan Suriah yang didukung Rusia, setelah negosiasi dengan Rusia menemui kegagalan, ujar Presiden Tayyip Erdogan.

Pihak Kremlin mengatakan, bentrokan antara pasukan Turki dan Suriah akan menjadi "skenario terburuk" dan Rusia akan berusaha untuk mencegah situasi semakin buruk.

Pasukan Suriah yang didukung pesawat tempur dan pasukan khusus Rusia telah bertempur sejak Desember untuk membasmi para pemberontak di benteng terakhir mereka yang berada di provinsi Idlib dan Aleppo.

Operasi militer yang dilakukan pasukan Suriah itu bisa menjadi salah satu episode terakhir perang saudara tersebut, yang sudah berlangsung selama sembilan tahun. Sudah hampir satu juta warga sipil mengungsikan diri dari serangan udara dan serangan artileri ke arah perbatasan. Keadaan itu membuat badan-badan bantuan internasional kewalahan menangani krisis kemanusiaan.

 

Peringatan Terakhir Erdogan

Kendaraan militer Turki melaju menuju perbatasan Suriah dekat Akcakale di Provinsi Sanliurfa, Turki, Rabu (9/10/2019). Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menamakan tindakan militer ini sebagai 'Operation Peace Spring'. (BULENT KILIC/AFP)
Kendaraan militer Turki melaju menuju perbatasan Suriah dekat Akcakale di Provinsi Sanliurfa, Turki, Rabu (9/10/2019). Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menamakan tindakan militer ini sebagai 'Operation Peace Spring'. (BULENT KILIC/AFP)

Turki, yang telah menampung 3,6 juta pengungsi Suriah, mengatakan tidak dapat menangani lebih banyak lagi pengungsi.

Ketika berbicara kepada anggota parlemen dari Partai AK yang berkuasa pada Rabu 19 Februari, Erdogan mengatakan Turki bertekad menjadikan Idlib sebagai zona aman. Perundingan dengan Rusia akan dilanjutkan. Sejauh ini, beberapa putaran perundingan diplomatik gagal mencapai kesepakatan, katanya, seperti dilansir Antara, Kamis (20/2/2020).

"Kami memasuki hari-hari terakhir bagi rezim untuk menghentikan permusuhannya di Idlib. Kami membuat peringatan terakhir," kata Erdogan, yang negaranya memiliki jumlah tentara terbesar kedua di NATO.

"Turki telah melakukan persiapan untuk melaksanakan rencana operasi militer sendiri. Saya katakan bahwa kita dapat datang kapan saja. Dengan kata lain, serangan Idlib hanya masalah waktu."

 

Pasukan Turki

Sejumlah warga Kurdi melemparkan batu ke kendaraan militer Turki di dekat kota Al-Muabbadah, bagian timur laut Hassakah, Suriah (8/11/2019). Aksi dilakukan memprotes  terhadap serangan militer yang dilancarkan Turki. (AFP/Delil Souleiman)
Sejumlah warga Kurdi melemparkan batu ke kendaraan militer Turki di dekat kota Al-Muabbadah, bagian timur laut Hassakah, Suriah (8/11/2019). Aksi dilakukan memprotes terhadap serangan militer yang dilancarkan Turki. (AFP/Delil Souleiman)

Sumber militer oposisi mengatakan bahwa 15.000 tentara Turki sekarang berada di Suriah barat laut setelah sejumlah konvoi militer mengalir ke wilayah itu dalam beberapa hari terakhir.

"Anda tidak dapat membayangkan skala bala bantuan Turki, setengah dari Reyhanli sekarang penuh dengan pasukan Turki yang siap memasuki Suriah," katanya, merujuk pada kota perbatasan Turki. "Mereka menyiapkan pasukan mereka, operasi militer dapat dimulai kapan saja."

Ankara dan Moskow menandatangani perjanjian pada 2018 untuk membangun zona penurunan ketegangan di Idlib yang memungkinkan kedua belah pihak mendirikan pos-pos pengamatan.

Pada Rabu 19 Februari, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan pasukan Suriah mendukung perjanjian sebelumnya tetapi juga bereaksi terhadap provokasi.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan "Jika kita berbicara tentang operasi melawan otoritas Suriah dan angkatan bersenjata yang sah, tentu saja ini merupakan skenario terburuk."

 

Ankara Murka

Dua wanita Kurdi melemparkan batu ke kendaraan militer Turki di dekat kota Al-Muabbadah, bagian timur laut Hassakah, Suriah (8/11/2019). Pelemparan batu terjadi saat militer Turki melakukan konvoi dengan militer Rusia. (AFP/Delil Souleiman)
Dua wanita Kurdi melemparkan batu ke kendaraan militer Turki di dekat kota Al-Muabbadah, bagian timur laut Hassakah, Suriah (8/11/2019). Pelemparan batu terjadi saat militer Turki melakukan konvoi dengan militer Rusia. (AFP/Delil Souleiman)

Dalam sepekan terakhir, tentara Suriah telah menguasai puluhan kota di sekitar Aleppo dan jalan raya M5 yang menghubungkan Damaskus dengan Aleppo.

Tidak jelas kapan Ankara dan Moskow akan melanjutkan pembicaraan. Ankara merupakan Ibu Kota Turki dan Moskow adalah Ibu Kota Rusia.

Jenderal pertahanan militer Suriah Ahmad Rahhal mengatakan pembicaraan di Moskow pada Senin "menghina Turki" dan membuat Ankara murka.

"Rusia telah melakukan kesalahan," katanya. "Kami sedang mengarah untuk melancarkan operasi militer Turki di Suriah tetapi tidak ada yang tahu kapan dilaksanakan ... Ini mungkin dimulai secara bertahap."

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Setuju Beri Dana Khusus untuk Pelayanan Terpadu di Daerah

Posted: 19 Feb 2020 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengabulkan permintaan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk memberikan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Daerah. Dana tersebut rencananya akan dikucurkan paling lambat tahun 2021.

"Saya sudah langsung perintah ke Menteri Keuangan kalau bisa tahun ini, kalau enggak bisa tahun depan DAK akan diberikan kepada PTSP," kata Jokowi saat membuka rapat koordinasi nasional investasi untuk Indonesia Maju yang digelar Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) diRitz Calton, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Jokowi berharap Dana Alokasi Khusus tersebut dapat digunakan untuk sosialisasi, serta memperbaiki manajemen sistem dalam melayani masyarakat. Sehingga kata dia, PTSP bukan lagi kantor kelas 2 atau 3. "Saya ingin kantor PTSP berada di rangking satu dari seluruh gagasan daerah," ungkap Jokowi.

Tidak hanya melayani masyarakat, PTSP juga betul-betul bisa mengurus perizinan investasi. Dan menyelesaikan masalah yang dialami investor. "Melayani investasi dan menyelesaikan masalah yang dialami investor," kata Jokowi.

Izin Usaha Kini Dikelola BKPM

Seorang konsumen saat berada di loket Migas kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/10/2015). Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan komitmen pemerintah demi memberikan pelayanan prima dan cepat kepada investor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Seorang konsumen saat berada di loket Migas kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/10/2015). Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan komitmen pemerintah demi memberikan pelayanan prima dan cepat kepada investor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan mulai Senin 3 Februari 2010, perizinan usaha tingkat nasional sudah bisa dilakukan satu pintu di kantornya. Termasuk untuk mengurus insentif fiskal, tax holiday, tax amnesti dan pajak impor barang modal.

"Mulai hari ini kita launching, pas 3 Februari," kaya Bahlil di Wisma Antara, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Mulai hari ini sudah ada 25 wakil dari kementerian/lembaga yang berkantor di BKPM. Hal ini sebagaimana amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha segala urusan perizinan dikelola BKPM.

Inpres tersebut menuliskan kewenangan kementerian/lembaga yang mengelola izin didelegasikan ke BKPM. Sehingga BKPM akan mengurus dari mulai izin usaha sampai keluarnya izin diurus di kantor BKPM. Tetapi secara teknis masih akan dikerjakan oleh masing-masing kementerian/lembaga.

Sementara itu, terkait izin usaha tingkat kota/kabupaten dan provinsi masih dilakukan oleh pemerintah daerah setempat lewat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Berseragam Ojol Bikin Ciut Pengendara Nakal

Posted: 19 Feb 2020 10:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Melihat tak ada polisi yang berjaga, pengendara motor sering kali melakukan pelanggaran lalu lintas, seperti lawan arah, menerobos lampu merah, hingga melewati jalur TransJakarta.

Meski demikian, polisi tak kehilangan akal untuk menangkap pengendara nakal yang gemar melakukan pelanggaran. Selain bersembunyi di tempat tak terlihat, sebuah video memperlihatkan seorang polisi menyamar menjadi driver ojek online saat menindak seorang pengendara motor.

Seperti dilansir aku Instagram @fakta.indo, Kamis (20/2/2020), terlihat seorang driver ojol tengah mengadang pemotor yang diketahui melakukan pelanggaran lalu lintas. Disebutkan, pengendara tersebut memacu motor dengan arogan.

Merasa tak bersalah, pemotor tersebut berusaha memacu kendaraannya untuk kabur dan hampir menabrak driver ojol tersebut.

Saat driver ojol membuka jaket hijau dan helm yang dikenakan, pemotor tersebut baru sadar bila yang menghadang ialah seorang polisi. Melihat hal tersebut ia akhirnya menurut dan menepikan kendaraannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sempat Tutup Karena Corona, Wisata Danau Barat di China Dibuka Kembali

Posted: 19 Feb 2020 10:06 PM PST

Orang-orang mengunjungi taman botani Hangzhou di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur (19/2/2020). Sebagai upaya pencegahan coronavirus baru, kawasan indah tersebut telah menetapkan batas jumlah pengunjung saat ini dan semua yang memasuki kawasan itu diwajibkan mengenakan masker. (Xinhua/Zheng M
Orang-orang mengunjungi taman botani Hangzhou di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur (19/2/2020). Sebagai upaya pencegahan coronavirus baru, kawasan indah tersebut telah menetapkan batas jumlah pengunjung saat ini dan semua yang memasuki kawasan itu diwajibkan mengenakan masker. (Xinhua/Zheng M

Orang-orang mengunjungi taman botani Hangzhou di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur (19/2/2020). Sebagai upaya pencegahan coronavirus baru, kawasan indah tersebut telah menetapkan batas jumlah pengunjung saat ini dan semua yang memasuki kawasan itu diwajibkan mengenakan masker. (Xinhua/Zheng M

Seorang anak saat mengunjungi kawasan Danau Barat yang indah di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur (19/2/2020). Taman-taman dan objek wisata yang tergabung dalam kawasan Danau Barat telah dibuka kembali secara teratur pada Rabu (19/2). (Xinhua/Zheng Mengyu)
Seorang anak saat mengunjungi kawasan Danau Barat yang indah di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur (19/2/2020). Taman-taman dan objek wisata yang tergabung dalam kawasan Danau Barat telah dibuka kembali secara teratur pada Rabu (19/2). (Xinhua/Zheng Mengyu)

Seorang anak saat mengunjungi kawasan Danau Barat yang indah di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur (19/2/2020). Taman-taman dan objek wisata yang tergabung dalam kawasan Danau Barat telah dibuka kembali secara teratur pada Rabu (19/2). (Xinhua/Zheng Mengyu)

Seorang wanita berfoto di taman botani Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China (19/2/2020). Sebagai upaya pencegahan coronavirus baru, kawasan indah tersebut telah menetapkan batas jumlah pengunjung saat ini dan semua yang memasuki kawasan itu diwajibkan mengenakan masker. (Xinhua/Zheng Mengyu)
Seorang wanita berfoto di taman botani Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China (19/2/2020). Sebagai upaya pencegahan coronavirus baru, kawasan indah tersebut telah menetapkan batas jumlah pengunjung saat ini dan semua yang memasuki kawasan itu diwajibkan mengenakan masker. (Xinhua/Zheng Mengyu)

Seorang wanita berfoto di taman botani Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China (19/2/2020). Sebagai upaya pencegahan coronavirus baru, kawasan indah tersebut telah menetapkan batas jumlah pengunjung saat ini dan semua yang memasuki kawasan itu diwajibkan mengenakan masker. (Xinhua/Zheng Mengyu)

Seorang pengunjung memotret bunga plum di taman botani Hangzhou di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur (19/2/2020). Taman-taman dan objek wisata yang tergabung dalam kawasan Danau Barat telah dibuka kembali secara teratur pada Rabu (19/2). (Xinhua/Zheng Mengyu)
Seorang pengunjung memotret bunga plum di taman botani Hangzhou di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur (19/2/2020). Taman-taman dan objek wisata yang tergabung dalam kawasan Danau Barat telah dibuka kembali secara teratur pada Rabu (19/2). (Xinhua/Zheng Mengyu)

Seorang pengunjung memotret bunga plum di taman botani Hangzhou di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur (19/2/2020). Taman-taman dan objek wisata yang tergabung dalam kawasan Danau Barat telah dibuka kembali secara teratur pada Rabu (19/2). (Xinhua/Zheng Mengyu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kehabisan Masker, Wanita Ini Kenakan Kostum Jerapah Demi Cegah Virus Corona

Posted: 19 Feb 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Merebaknya virus Corona belakangan ini masih menggemparkan masyarakat dunia. Sejak kemunculannya di Wuhan, China pada akhir 2019 lalu setiap negara terus melakukan pencegahan. Virus Corona yang telah menewaskan ribuan jiwa ini membuat kepanikan di kalangan masyarakat.

Ketakutan yang terjadi, membuat warga Negara Tirai Bambu itu berusaha melindungi dirinya dari ancaman virus Corona. Salah satunya dengan mengenakan masker. Namun karena banyaknya permintaan masker membuat persediaan yang ada tidak dapat mencukupi.

Meskipun produsen masker sudah berlomba-lomba memproduksi, namun tetap saja tidak dapat memenuhi permintaan pasar. Akibatnya banyak orang yang tidak dapat memperoleh masker.

Kurangnya persediaan masker di China membuat warganya mulai berkreasi dengan membuat alat perlindungannya sendiri. Belum lama ini, seorang wanita di China bermarga He menjadi viral setelah muncul di rumah sakit dengan perlindungan yang sangat unik.

Ia mendatangi rumah sakit untuk mengambil obat anggota keluarganya dengan mengenakan kostum tak biasa yang menutupi sekujur tubuhnya. Hal itu ia lakukan untuk menghindari terkena virus Corona atau kini dikenal Covid-19.

Mengenakan Kostum Jerapah

Mengenakan kostum jerapah (Sumber: World of Buzz)
Mengenakan kostum jerapah (Sumber: World of Buzz)

Demi terhindar dari virus mematikan itu, banyak orang berlomba-lomba untuk melindungi dirinya. Hal serupa juga dilakukan oleh He yang mengenakan kostum jerapah saat mengambil obat di rumah sakit.

Usai kehabisan masker di berbagai toko, wanita itu mengatakan bahwa ia tidak punya pilihan selain membeli dua kostum unik secara online. Kostum itu He gunakan saat mengunjungi rumah sakit di Luzhou, China.

Ia mengunjungi rumah sakit tersebut, karena sang ayah adalah pasien reguler yang sedang membutuhkan obat. He juga meminta dokter yang menangani ayahnya untuk melakukan konsultasi virtual dengan melalui webcam.

Uniknya, kostum jerapah itu memiliki jendela kecil dengan film plastik bening agar tetap dapat melihat sekitar. Wanita tersebut mengatakan bahwa dirinya adalah orang yang paling sehat di keluarganya. Sehingga He setuju untuk menjalankan tugas seperti berbelanja bahan makanan, membeli obat dan lain sebagainya karena ia tidak ingin orang tuanya terkena virus.

Tidak Menjamin Tak Tertular Virus Corona

Tidak menjamin tak tertular virus corona (Sumber: World of Buzz)
Tidak menjamin tak tertular virus corona (Sumber: World of Buzz)

Selain kostum jerapah, He juga membeli kostum alien untuk mencoba melindungi dirinya sendiri. Masker yang ia miliki telah kedaluwarsa dan ia tidak bisa membeli yang baru karena sulitnya mencari masker di pasaran China saat ini.

Namun, pihak terkait mengatakan bahwa kostum seperti yang dikenakan oleh wanita itu tidak dapat melindungi manusia dari infeksi dan perlu didesinfeksi setelah digunakan. Para petugas medis Cina juga menyarankan masyarakat untuk mengganti masker secara teratur karena bakteri dapat tumbuh jika masker digunakan berulangkali. Bahkan staf medis diminta untuk mengganti masker setiap enam jam sekali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Produksi Nelayan BRI bersama KKP Dorong Literasi Keuangan

Posted: 19 Feb 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong literasi keuangan terhadap nelayan melalui sinergi Program Pemberdayaan Kepada Nelayan Tangkap di Morodemak, Jawa Tengah (19/02).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan hasil tangkap nelayan dan memberikan keterampilan untuk pengolahan ikan sehingga memiliki nilai lebih. Pemberdayaan yang dilakukan tidak hanya kepada nelayan, namun juga kepada istri nelayan.

 

(Foto:@BRI)
(Foto:@BRI)

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari menyebutkan kerjasama ini merupakan bentuk upaya Bank BRI dalam upaya pengentasan kemiskinan melalui perluasan akses dan edukasi keuangan kepada masyarakat pesisir. Saat ini jumlah nelayan di Morodemak tercatat 1.085 orang terdiri dari 160 Pemilik Kapal, 925 Anak Buah Kapal (ABK).

"Dengan adanya sinergi antara Bank BRI dengan KKP harapannya mampu memberikan nilai tambah sehingga menggerakkan ekonomi kerakyatan bagi nelayan di Morodemak," imbuhnya.

 

(Foto:@BRI)
(Foto:@BRI)

Dalam kegiatan ini, nelayan akan mendapatkan pelatihan bersertifikasi dan praktek pengolahan ikan sehingga mampu meningkatkan kapasitas maupun kapabilitas usahanya. Sebelumnya, Bank BRI bersama KKP telah meluncurkan Kartu Pelaku Utama Sektor Kelautan dan Perikanan (KUSUKA) sebagai identitas tunggal pelaku usaha yang tervalidasi secara online sehingga memudahkan akses layanan jasa perbankan, sarana efektif untuk menentukan kebijakan, monitoring dan evaluasi program pemerintah.

"Untuk tahap awal telah dicetak lebih dari seribu kartu khusus piloting di Jawa Tengah, selanjutnya akan diterapkan secara Nasional," urai Supari.

Bank BRI juga terus mendukung program pemerintah melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), tak terkecuali kepada nelayan. Hingga akhir Desember 2019, tercatat BRI telah menyalurkan KUR di Jawa Tengah sebesar Rp 17,1 Triliun atau setara 19,1% dari total KUR yang disalurkan BRI di tahun 2019 sebesar Rp 87,9 Triliun.

(Foto:@BRI)
(Foto:@BRI)

Bank BRI juga terus mendukung program pemerintah melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), tak terkecuali kepada nelayan. Hingga akhir Desember 2019, tercatat BRI telah menyalurkan KUR di Jawa Tengah sebesar Rp 17,1 Triliun atau setara 19,1% dari total KUR yang disalurkan BRI di tahun 2019 sebesar Rp 87,9 Triliun.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yang Perlu Anda Ketahui tentang CrossFit, Olahraga yang Dilakoni Ashraf Sinclair

Posted: 19 Feb 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga CrossFit mendadak ramai jadi perbincangan usai meninggalnya pesohor Ashraf Sinclair. Sebelum tutup usia, ia sempat berlatih CrossFit di sebuah pusat kebugaran tak jauh dari kediamannya.

Saat berlatih CrossFit, Ashraf didampingi pelatih, Oka Tripambudi. Ia berlatih dengan wajah ceria selama satu jam, mulai pukul 19.30-20.30 WIB.

Lalu, apa yang dimaksud dengan CrossFit? CrossFit meminjam gerakan dari berbagai olahraga termasuk, senam, angkat besi, powerlifting, dan dayung. Itu dibuat oleh mantan pesenam Greg Glassman, seperti melansir dari laman Menshealth, 19 Februari 2020.

Tujuan CrossFit adalah untuk meningkatkan kebugaran dan membantu agar dapat bergerak lebih baik, apakah itu selama pertandingan hoki atau mengangkat beban berat. Ini dicapai dengan melakukan banyak gerakan fungsional dengan intensitas tinggi.

Mathew Forzaglia, pelatih pribadi dan pelatih CrossFit di New York City, mengatakan Anda harus mulai dengan mengangkat barbel hampa sampai Anda memahami gerakannya.

"Anda tak dapat melompat ke hasil akhir tanpa melakukan langkah pertama," jelasnya.

Menurut Forzaglia, mengetahui tentang apa yang akan dan tidak akan Anda dapatkan dari CrossFit sangat penting. Karena latihan ini tak khusus, seseorang harus mengetahui banyak hal.

 

CrossFit Berbahaya?

Ilustrasi CrossFit (Dok.Pixabay)
Ilustrasi CrossFit (Dok.Pixabay)

Seperti halnya bentuk olahraga apa pun, tentu disertai risiko. Namun, berdasarkan studi menyebutkan CrossFit cukup aman. Diterbitkan di Orthopaedic Journal of Sports Medicine, peneliti di Kennesaw State University menyimpulkan bahwa CrossFit cukup aman dibandingkan dengan jenis latihan lainnya.

Setelah menganalisis 3.000 tanggapan survei dari para peserta CrossFit, mereka menemukan bahwa orang-orang yang baru mengenal CrossFit atau berlatih kurang dari tiga hari seminggu lebih cenderung mengalami cedera. Hal itu terjadi karena mereka tak terbiasa dengan gerakan-gerakan.

Sementara itu, sebuah studi pada 2014 yang diterbitkan dalam Orthopaedic Journal of Sports Medicine Research menemukan bahwa orang yang berlatih CrossFit dengan didampingi pelatih langsung sedikit mengalami cedera.

Selain itu, perlu latihan di mana para pelatih fokus pada kualitas gerakan dan keselamatan. Dua hal itu sesuatu yang sangat penting.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Positif Pakai Sabu, Begini Kronologi Penangkapan Artis Aulia Farhan

Posted: 19 Feb 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang artis kembali terjerat kasus narkoba. Kali ini, Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya menangkap Aulia Fahran di Hotel Amaris, Jakarta Selatan pada Kamis (20/2/2020) sekitar pukul 02.00 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya menangkap dua orang pelaku atas penyalahgunaan narkoba. Salah satunya artis bernama Aulia Fahran.

"Subdit 2 mengamankan dua orang pelaku Inisial G dan AF atau FP," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Kamis (20/2/2020).

Yusri menerangkan, pihaknya lebih dulu menangkap G di Lobby Hotel. Saat itu ditemukan satu paket sabu, dan satu paket plastik kosong diduga bekas menaruh sabu. Menurut keterangan, sabu paket diantar untuk Aulia Farhan.

"Tim lalu segera melakukan penangkapan yang bersangkutan di Hotel," kata dia.

Sementara itu, dalam penangkapan Aulia Farhan ditemukan bong. "Kami sita alat hisab sabu dan handphone," ujar dia.

Positif Sabu

Berdasarkan hasil tes urine yang dijalani Aulia Farhan, Yusri memastikan positif narkoba.

"Positif sabu. Dia habis pakai juga kok," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kamis (20/2/2020).

Saat ini, kedua pelaku dibawa ke Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya untuk diperiksa lebih jauh. "Apakah yang bersangkutan memang sebagai pengguna atau masih ada lagi," ucap dia.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tatkala JJLS Cilacap Berubah Bak Kubangan Kerbau

Posted: 19 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Cilacap - Mestinya warga Cilacap, terutama di sekitar Kecamatan Kedungreja, Gandrungmangu dan Bantarsari, sedang bungah hatinya. Penantian panjang warga untuk memiliki jalan nasional Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) tampaknya bakal segera terwujud.

Sejak beberapa bulan lalu, truk-truk lalu lalang mengangkut material urukan jalan berupa pasir dan batu. Namun mendadak, muatan truk-truk itu berubah menjadi material batu pasir yang bercampur tanah dan padas.

Material itu lantas ditimbun menggunung di sepanjang JJLS Cilacap ruas Kedungreja-Bantarsari yang rencananya dibangun sepanjang lima kilometer lebih. Musim hujan tiba, material tak kunjung dipadatkan. Warga pun mulai khawatir dampak yang ditimbulkan material urukan ini.

Kekhawatiran warga akhirnya terbukti. Saat dipadatkan, bukannya membuat jalan jadi keras, material itu justru menyulap jalan aspal menjadi kubangan lumpur. Kondisi jalan licin dan sangat berbahaya ini dilintasi sepeda motor.

Berkali-kali warga berupaya menghubungi pelaksana proyek pembangunan JJLS Cilacap. Namun, upaya itu mentah. Jalan tetap berlumpur, dan bahkan semakin parah.

Semakin lama, dampak meluas dan pula sempat menyebabkan banjir lantaran saluran drainase tertutup material proyek pembangunan jalan nasional ini. Akhirnya, kesabaran warga pun habis.

Rabu, 19 Februari 2020, ratusan orang yang tergabung dalam Forum Peduli Jalan (FPJ) JJLS yang berasal dari sejumlah desa di Kecamatan Kedungreja dan Bantarsari berdemonstrasi menuntut penanggulangan dampak pembangunan JJLS Cilacap ini, di antaranya dari Desa Cisumur, Sidamukti dan Desa Gandrungmanis.

Peserta aksi, Ahmad Suwanto mengatakan pelaksana proyek JJLS Cilacap terkesan abai dengan dampak yang ditimbulkan. Terlebih, dampaknya sudah sangat menyusahkan warga.

 

Jalan Sulit Dilalui, Pasar Sepi

JJLS Cilacap ruas Kedungreja-Bantarsari berubah bak kubangan kerbau akibat tanah urukan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
JJLS Cilacap ruas Kedungreja-Bantarsari berubah bak kubangan kerbau akibat tanah urukan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

"Dengan adanya dampak proses pembangunan, mestinya pelaksana pembangunan, dalam hal ini PT Trimurti ya harus bertanggung jawab atas dampak yang ditimbulkan. Beberapa daerah di sini banjir, di sana banjir," katanya.

Dampak lainnya, penggalian drainase jalan juga tak memperhatikan sisi keamanan. Padahal, drainase itu digali hanya dengan jarak antara 20-50 sentimeter dan bisa menyebabkan bangunan di sekitarnya ambruk.

Dia bilang, selain menyebabkan jalan berlumpur dan banjir, dampak pembangunan juga dirasakan oleh warga di perkampungan. Pasalnya, jalan-jalan kampung banyak digunakan untuk melintas dump truck sehingga jalan rusak parah.

"Kemudian yang perlu diketahui drainase yang digali, hanya berjarak sekitar 20-50 sentimeter (dari bangunan warga) tidak ada pengamanan. Nah, bagaimana kalau rumah itu ambruk," ujarnya.

Ketua FPJ-JJLS, Nurdawam menegaskan warga menuntut agar pelaksana pembangunan segera melakukan langkah untuk mengantisipasi banjir dan bahaya lain yang ditimbulkan. Warga juga mendesak pemerintah untuk mengawasi dengan ketat dan bertindak tegas kepada pelaksana pembangunan JJLS jika yang terbukti melanggar lantaran abai terhadap dampak negatif yang ditimbulkan.

Nurdawam menegaskan, warga sangat mendukung upaya pemerintah untuk membangun akses JJLS. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, mestinya proyek tersebut juga tetap memperhatikan kepentingan umum dengan tidak mengesampingkan dampak yang ditimbulkan.

"Kepentingan warga jangan sampai diabaikan," ucapnya.

Pembangunan JJLS ruas Kedungreja-Bantarsari rupanya juga berdampak negatif terhadap para pedagang di pasar tradisional Cisumur, Kecamatan Gandrungmangu. Nyaris semua pedagang pasar mengalami penurunan omzet lebih dari 50 persen.

Seorang pedagang sayur, Suparno mengatakan dampak lebih parah terjadi pada musim hujan ini. Jalan nyaris tak bisa dilalui karena tertutup lumpur tebal.

Upaya Pemdes Desa Terdampak Pembangunan JJLS

Seratusan warga sejumlah desa terdampak pembangunan JJLS Cilacap demonstrasi menuntut penanggulangan dampak negatif proyek. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Seratusan warga sejumlah desa terdampak pembangunan JJLS Cilacap demonstrasi menuntut penanggulangan dampak negatif proyek. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Akibatnya, para pelanggan yang berasal dari desa-desa di sepanjang JJLS enggan ke pasar Cisumur. Sebab, jalan ini berbahaya dilintasi oleh sepeda motor karena licin dan banyak kubangan lumpur.

"Ya jadi ini jalannya jadi mengurangi pendapatan. Kalau enggak seperti ini, yang kemarin-kemarin enggak seperti ini (sepi). Ini kan sekarang jadi sepi," katanya.

Suparno mengaku mengalami penurunan omzet hingga 50 persen lebih. Sebelum terdampak pembangunan JJLS, omzet sehari mencapai Rp1,5 juta. Namun, akibat pembangunan ini, omzet harian hanya kisaran Rp500 ribu–Rp600 ribu per hari.

"Terutama karena jalan rusak, jadi (konsumen) malas ke pasar. Kalau biasanya (omzet) sampai Rp1,5 juta, ini sekarang separuh saja tidak sampai," ucapnya.

Kepala Desa Cisumur, Supriyo mengatakan ia bersama dua kepala desa lainnya, yakni Kepala Desa Sidamukti dan Gandrungmanis tengah berupaya berkomunikasi dengan pelaksana proyek. Pasalnya, banyak warga terdampak telah mengadu agar proyek segera selesai dan mereka terbebas dari dampak negatifnya.

"Memang dalam pelaksanaan proyek ada beberapa hal yang tidak semestinya terjadi. Kami akan menjembatani tuntutan warga kepada pelaksana proyek," ucapnya.

Supriyo mengungkapkan, akibat proses pembangunan JJLS tersebut, banyak terjadi kecelakaan akibat jalan licin tertutup lumpur. Kemudian, muncul pula laporan bahwa pengurukan menyebabkan sejumlah saluran air tersumbat dan menyebabkan banjir rendaman.

"Saya yakin warga juga mendukung proyek ini. Cuma dengan dampaknya ini ada yang memaklumi, ada juga yang perlu seperti itu, menyampaikan aspirasinya," ujarnya.

Selain berkomunikasi dengan pelaksana proyek, Supriyo juga bilang akan berkoordinasi dengan binamarga untuk mengurangi dampak pembangunan JJLS ruas Kedungreja-Bantarsari ini. Dia berharap, pengawasan yang ketat dari pemerintah akan membuat pelaksana proyek lebih disiplin dan tidak mengabaikan kepentingan warga.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Keseruan Para Pro Player Esports Bertanding Di Dunia Nyata!

Posted: 19 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, industri esports di Tanah Air sangat menjajikan. Pasalnya Indonesia sendiri kini menjadi salah satu pasar video game terbesar di Asia Pasifik.

Tidak heran jika di Indonesia sendiri banyak organisasi esports, diantaranya yang terkenal ada, Rex Regum Qeon (RRQ) dan Onic. Kedua organisasi tersebut merupakan wadah berkumpulnya player-player esports pada beberapa divisi games.

Biasanya kita dapat melihat mereka bertandingan dalam dunia maya, namun kali ini di channel Onic eSports akan membagikan video kolaborasi antara 2 team esports tersebut bertanding dalam dunia nyata, atau lebih tepatnya akan bertanding di arena trampolin.

Penasaran kira-kira seperti apa keseruannya? Yuk, langsung saja simak videonya di bawah ini.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Wonderkid yang Bisa Bikin MU Berjaya Lagi

Posted: 19 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United (MU) terus terpuruk sejak Sir Alex Ferguson pensiun tahun 2013 lalu. Meski sudah belanja besar-besaran, Setan Merah tak kunjung kembali menjadi juara.

Pada musim 2019-2020, MU masih terjerembab di posisi tujuh klasemen Liga Inggris. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer terancam gagal lolos ke Liga Champions lagi.

Jika sampai tak lolos ke Liga Champions musim depan, MU akan kembali melakukan perombakan tim. Beberapa pemain yang minim kontribusi bakal dibuang.

Salah satu pemain yang mungkin didepak MU adalah gelandang Paul Pogba. Pemain Prancis ini sudah terang-terangan mengaku ingin pindah. Penjualan Pogba bisa menghasilkan dana segar lebih dari 100 juta euro.

Uang penjualan Pogba bisa dipakai untuk meremajakan skuat. MU mengincar pemain-pemain muda berbakat. Ada tiga wonderkid yang dibidik untuk bisa mengubah peruntungan klub. Siapa saja mereka? Simak di halaman selanjutnya:

Erling Haaland

Erling Braut Haaland (AFP/Ina Fassbender)
Erling Braut Haaland (AFP/Ina Fassbender)

Haaland saat ini menjadi penyerang muda paling ditakuti di Eropa. Meski baru berusia 19 tahun, Haaland sangat tajam baik di kompetisi domestik maupun Liga Champions.

Pemuda Norwegia itu sudah membuat 10 gol dari tujuh laga Liga Champions musim ini. Ketajaman Haaland tak berkurang meski baru pindah klub dari Salzburg ke Borussia Dortmund musim dingin lalu.

MU sebenarnya juga mengincar Haaland saat masih di Salzburg, tapi kemudian kalah bersaing dengan Dortmund.

Jika bisa membajak Haaland pada musim panas 2020, masalah di lini depan MU akan selesai. Duet Haaland dengan Marcus Rashford bakal membuat MU punya lini serang mematikan.

Jadon Sancho

Jadon Sancho (AFP/Adrian Dennis)
Jadon Sancho (AFP/Adrian Dennis)

MU juga dikaitkan dengan wonderkid Inggris Jadon Sancho. Sama seperti Haaland, Sancho juga berasal dari Borussia Dortmund. Sancho bersinar di Jerman usai dibuang Manchester City.

Mirror mengklaim, Sancho sangat tertarik pindah ke MU musim panas nanti. Setan Merah pun difavoritkan akan mendapatkan jasa Sancho. MU akan menjadikan Sancho sebagai pembelian terbesar klub di musim panas 2020.

Sancho diharapkan bisa menjadi simbol perubahan MU setelah hancur lebur dalam beberapa musim terakhir. MU siap memberikan gaji besar kepada Sancho.

Jika jadi bergabung ke Old Trafford, Sancho akan mendapat gaji 200.000 per pekan. Sancho juga diimingi nomor punggung 7 andai bergabung ke Old Trafford.

Sandro Tonali

Sandro Tonali (AFP/Timo Aalto)
Sandro Tonali (AFP/Timo Aalto)

Satu lagi wonderkid yang masuk radar MU adalah gelandang Sandro Tonali dari Brescia. Pemuda Italia itu digadang-gadang sebagai titisan Andrea Pirlo.

Meski Brescia tak terlalu bagus di Liga Italia musim 2019-2020, penampilan Tonali cukup memukau. Banyak pencari bakat yang mengamati aksinya musim ini.

Tonali punya umpan-umpan akurat. Dia biasa mengatur irama permainan dari lini tengah. Gelandang seperti Tonali tak dimiliki MU lagi sejak pensiunnya Michael Carrick.

MU harus saling sikut dengan Juventus, Manchester City hingga Paris Saint Germain untuk memiliki Tonali.

Saksikan Video MU Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8.900 Personel Gabungan Siap Amankan Laga Persebaya Surabaya vs Persija di Sidoarjo

Posted: 19 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 8.900 personel gabungan diterjunkan Polda Jawa Timur untuk mengamankan laga final Piala Gubernur Jawa Timur 2020 antara Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, pukul 15.30 WIB, Kamis (20/2/2020).

"Ada 5.704 personel yang mengamankan di area lapangan. Yang berjaga dari seluruh jajaran ada total 8.900 personel gabungan, (TNI, Polri, Satpol PP)," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan.

Luki menuturkan, pola pengamanan yang dipakai pada final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta adalah dengan dibuat empat ring pengamanan. Masing-masing ring nanti dijaga oleh personel keamanan.

"Pengamanan kami ada ring 1, ring 2, ring 3 dan ring 4. Saat ini anggota yang di ring 4 yang berjaga mengantisipasi adanya benda berbahaya seperti senjata tajam, ketapel dan gir," ujar jenderal bintang dua tersebut.

Pihak kepolisian juga akan melakukan sweeping guna mengantisipasi suporter Persija yang nekat datang ke stadion. Sweeping akan dilakukan di pintu-pintu masuk ke arah Sidoarjo.

"Saat ini semua anggota untuk yang mengarah ke Sidoarjo terutama yang akan menonton baik suporter dari Bonek atau suporter Persija yang memang dilarang datang. Ini mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," tutur dia.

Imbauan Kapolda Jatim

Kapolda Jatim Pol Luki Hermawan (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kapolda Jatim Pol Luki Hermawan (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara untuk mengawal tim Persija ke stadion, Polda Jatim memberikan dua kendaraan taktis (rantis) untuk mendampingi tim berjuluk Macan Kemayoran ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

"Kita akan kawal ketat. Rantis dua tim untuk mendampingi Persija. Kami optimal agar final berjalan lancar," kata dia.

Luki meminta untuk tim yang juara tidak berlebihan dalam merayakan kemenangannya. Sedangkan yang kalah diimbau tidak melakukan hal-hal yang merugikan orang lain.

"Saya minta untuk yang menang tidak berlebihan. Yang kalah jangan sampai kecewa dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak kita inginkan. Yang jelas kita all out mengamankan Jatim. Saya rasa masyarakat Jatim ikut menjaga Jatim," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BKN Temukan Joki Berteknologi Canggih di Seleksi CPNS 2019

Posted: 19 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan ada 5 pelanggaran joki terjadi di masa Seleksi Kompetensi Dasar SKD CPNS Formasi Tahun 2019. Lima kasus itu terjadi di Sulawesi Selatan.

"Diskualifikasi pelanggaran joki ada 5 perserta, " kata Bima di Kantor BKN, Jakarta Timur, Kamis (20/2/2020).

Kasus joki di Sulawesi Selatan ini bukan pertama kali. Hampir tiap tahun ada saja kasus sejenis. "Sepertinya ini profesional dengan gadget elektronik yang hebat," ucap Bima.

Dari lima joki tes CPNS itu ada yang tertangkap di dalam ruangan menggunakan teknologi canggih. Ada juga yang lari saat ketahuan oleh panitia.

Meski begitu, pihak panitia sudah mengantongi identitas para pengguna joki. Secara otomatis kelimanya tidak mendapatkan nilai karena tidak mengikuti ujian.

Bagi peserta yang menggunakan joki, BKN mengusulkan diberi sanksi tidak boleh ikut lagi ikut seleksi CPNS. Jika perlu tidak boleh ikut seleksi selama 10 tahun. Tujuannya agar memberikan efek jera.

"Tapi itu masih usulan kami, kalau diskualifikasi iya," kata Bima.

Sementara itu, pelaku joki tes telah diserahkan kepada pihak kepolisian. Sebab, telah melakukan pelanggaran hukum.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

287 Ribu Peserta Tidak Hadir Saat Tes SKD CPNS 2019

CPNS saat mengikuti SKD di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
CPNS saat mengikuti SKD di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat 3.361.802 pelamar terdaftar sebagai peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Formasi tahun 2109. Jumlah tersebut merupakan data terkini sampai 19 Februari 2020.

Sementara itu, jumlah peserta yang tidak hadir mengikuti SKD sebanyak 287.965 orang. Mereka tersebar di 114.959 instansi pusat dan 173.006 instansi daerah.

Plt. Kepala Biro Humas BKN, Paryono dalam keterangan tertulisnya mengatakan pemerintah telah menjadwalkan tahapan SKD akan berlangsung hingga pekan pertama Maret 2020.

 

 

 

Hingga kini persentase kelulusan passing grade (PG) SKD, sampai dengan Rabu, 19 Februari 2020 pukul 17.57 WIB, sebagai berikut.

Formasi umum mencapai 42,68 persen; Tenaga Cyber 56,32 persen; Putra/Putri Papua 25,53 persen; Lulusan Terbaik 91,52 persen; Diaspora 100%; dan Penyandangan Disabilitas 64,81%.

Ketentuan peserta SKD yang memenuhi PG dan dinyatakan lolos ke tahapan SKB adalah peserta SKD dengan nilai terbaik yang diurutkan berdasarkan 3 x formasi yang dilamar.

Detil ketentuan ini sudah disampaikan melalui Permenpan 23/2019 dan Permenpan 24/2019. Peserta yang lolos tahap akhir seleksi CPNS akan ditentukan berdasarkan integrasi SKD dan SKB dengan bobot 40 persen SKD dan 60 persen SKB.

"Pengumuman hasil SKD pada pertengahan Maret 2020," kata Paryono dalam keterangan tertulis, Kamis (20/2/2020).

Setelah itu  akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada akhir Maret-April 2020. 

Pada CPNS Formasi Tahun 2019 ini, Pemerintah membuka 150.315 formasi dengan rincian 36.935 pada 65 Instansi Pusat dan 113.380 pada 456 Instansi Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota).

Proses pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Formasi Tahun 2019 yang dimulai tanggal 27 Januari 2020, pada hari ini Kamis, 20 Februari 2020 telah memasuki hari ke-24.

Terhitung sampai dengan hari ini, 329 instansi (20 Pusat dan 309 Daerah) telah selesai melaksanakan SKD. Sementara sebanyak 130 (39 Pusat dan 91 Daerah) masih melangsungkan SKD dan 62 instansi (6 Pusat dan 56 Daerah) belum menyelenggarakan SKD.

Adapun Top 5 Instansi pelamar CPNS Formasi Tahun 2019 terbanyak untuk Instansi Pusat yakni Kemenkumham, Kemenag, Kejagung, MA, dan Kemenhub. Sementara untuk Top 5 pelamar Instansi Pemerintah Daerah yakni Pemprov Jatim, Pemprov Jateng, Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jabar, dan Pemprov Sumbar. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Suho EXO Segera Rilis Album Solo?

Posted: 19 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Leader grup EXO, Suho disebut-sebut akan segera merilis album solo debutnya. Jika benar maka Suho akan jadi member ketiga EXO yang merilis laggu dan album solo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Muhadjir Ingin Produksi Obat dan Alat Kesehatan Dalam Negeri Diperkuat

Posted: 19 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy ingin produksi obat dan alat kesehatan dalam negeri semakin diperkuat. Ia menyebut hal tersebut bentuk kemandirian di bidang kesehatan, yang mana wujud kemajuan bangsa. 

Di mata Muhadjir, Indonesia sudah punya banyak sekali inovasi dan produk-produk alat kesehatan dari dalam negeri yang berkualitas. Namun, rumah sakit di Indonesia masih cenderung menggunakan peralatan dan obat-obatan dari luar negeri. 

"Padahal menggunakan produk dari inovasi bangsa sangat berkaitan dengan kebanggaan dan kecintaan tanah air. Memang masih perlu ada kekuatan yang memaksa itu. Kalau tidak dipaksa nanti tidak akan jalan (produk obat dalam negeri). Di Indonesia, masih ada keberpihakan rumah sakit dan dokter dengan produsen obat," kata Muhadjir dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, kemarin (19/2/2020).  

Melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, pemerintah akan memperkuat regulasi terkait penyediaan obat-obatan dan alat kesehatan dari dalam negeri. Regulasi pun termaktub pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 Tahun 1998 tentang Pengamanan Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan, yang akan direvisi.

Pembahasan Revisi PP di atas bertujuan menyusun dan menyempurnakan regulasi di bidang pengawasan sediaan farmasi serta tata kelola dan bisnis proses pengawasan sediaan farmasi. Revisi juga untuk melindungi masyarakat dari bahaya, yang disebabkan penggunaan sediaan farmasi dan alat kesehatan yang tidak memenuhi standar dan/atau persyaratan keamanan, khasiat/manfaat, dan mutu.

Memajukan Riset dan Inovasi Kesehatan

Menristek Bambang Brodjonegoro dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 Tahun 1998 tentang Pengamanan Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (19/2/2020). (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)
Menristek Bambang Brodjonegoro dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 Tahun 1998 tentang Pengamanan Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (19/2/2020). (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)

Menko PMK dalam rapat meminta pihak Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Nasional (Kemenristek/BRIN) dapat memajukan riset dan inovasi di bidang kesehatan. Hal ini mendukung upaya membangun kemandirian di bidang kesehatan. 

Ia juga meminta pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan serta pihak Kementerian Kesehatan menjaga harga obat-obatan dan bisa memperkuat hilirisasi produk obat dan alat kesehatan.

Menristek Bambang Brodjonegoro menyampaikan, pembahasan membahas Revisi PP 72 Tahun 1998 harus mampu mendorong penggunaan produksi obat dan inovasi produk dalam negeri. Ia berharap revisi PP 72 juga menjadikan hilirisasi produksi obat dan alat kesehatan dengan memanfaatkan kekayaan sumber daya alam yang memiliki segudang manfaat.

"Kami harap revisi PP bisa mendorong Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk menggunakan produk dalam negeri. Intinya, kami ingin revisi PP ini memberi dukungan pada produk dalam negeri," terangnya.

Revisi PP Akan Ditunda

Menko Muhadjir, Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro, dan Kepala BPOM Penny K. Lukito usai RTM PP Nomor 72 Tahun 1998 tentang Pengamanan Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (19/2/2020). (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)
Menko Muhadjir, Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro, dan Kepala BPOM Penny K. Lukito usai RTM PP Nomor 72 Tahun 1998 tentang Pengamanan Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (19/2/2020). (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)

Keputusan rapat mengenai Revisi PP 72 Tahun 1998 ini, lanjut Muhadjir, akan ditunda hingga UU Omnibus Law Cipta Kerja disahkan. Namun, berbagai pembahasan mengenai Revisi PP ini kata Muhadjir akan terus dimatangkan dan dibahas sampai tuntas. 

Bila omnibus law sudah disahkan oleh presiden, maka Revisi PP di atas sebagai bentuk dari inovasi omnibus law juga akan langsung disahkan dan langsung diberlakukan.

"Dengan begitu akan serempak semua peraturan pemerintah yang menyertai omnibus law sekarang sudah disediakan. Jadi, tidak menunggu disahkan baru kita siapkan kita rapat kita susun, tidak. Semua peraturan pemerintah begitu disahkan langsung akan digulirkan peraturan pemerintah. Termasuk penyediaan farmasi dan alat-alat kesehatan, yang pada dasarnya sudah setengah matang. Begitu selesai omnibus law sah, baru Presiden sahkan (revisi PP)," tutup Muhadjir.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final Piala Gubernur Jatim 2020: Suporter Persija Dilarang Datang

Posted: 19 Feb 2020 09:59 PM PST

Liputan6.com, Surabaya- Polda Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Pengamanan (Rakorpam) dengan PSSI Jawa Timur membahas tentang kesiapan pertandingan sepak bola piala Gubernur Jatim antara kesebelasan Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta, di ruang Bromo Mapolda Jatim, Rabu (19/2/2020).

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyampaikan bahwa pertandingan antara Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta di Deltras Sidoarjo nanti tanpa kehadiran suporter Jakmania.

"Polda Jatim sudah berkoordinasi dengan Polda Metro untuk menghimbau agar suporter Persija Jakarta untuk tidak menonton secara langsung di Gelora Deltras Sidoarjo, dan cukup nobar di wilayah masing - masing," tuturnya.

Luki juga menghimbau kepada jajarannya dan kepada semua pihak untuk menyiapkan fasilitas Nonton Bareng (Nobar). Sehingga tidak harus berjubel di Stadion Deltras Sidoarjo untuk menonton.

"Sedangkan untuk pemain Persija Jakarta nantinya akan mendapat pengawalan. Dan sebagai tamu harus dihormati dan saya minta kepada seluruh suporter harus tertib," katanya.

Tindak Tegas

"Saya sudah mengintruksikan kepada seluruh jajaran Polda Jatim untuk menindak tegas jika ada yang mencoba berbuat ricuh dan tidak tertib" ujar Luki.

Sementara itu, Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhanuddin mengatakan bahwa pihaknya mempersilakan rekan - rekan Bonek untuk datang ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Namun perlu diingat, jaga Jawa Timur supaya aman, tertib dan tentunya pasti ada tindakan kalau ada oknum yang melanggar aturan.

"Untuk Persija, seperti kesepakatan di liga ketika pertandingan digelar di homebase Persebaya maka diharapkan dengan sangat pendukungnya tidak datang ke stadion," ujar Amir. 

Jadwal

Kamis, 20 Februari 2020

Pukul 15.30 WIB

Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta

Venue: Stadion Gelora Delta, Sidoardjo

Live di MNC TV

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Menawan Zoe Abbas Jackson Dalam Busana Feminin

Posted: 19 Feb 2020 09:55 PM PST

Memiliki paras cantik, Zoe memiliki wajah blasteran yang manis. Selain itu ia pun memiliki gaya busana yang kekinian. Tentunya hal ini pun menjadi sorotan para penggemarnya yang setia menantikan episode terbaru Kisah Cinta Anak Tiri. (Liputan6.com/IG/@zoeabbasjackson).
Memiliki paras cantik, Zoe memiliki wajah blasteran yang manis. Selain itu ia pun memiliki gaya busana yang kekinian. Tentunya hal ini pun menjadi sorotan para penggemarnya yang setia menantikan episode terbaru Kisah Cinta Anak Tiri. (Liputan6.com/IG/@zoeabbasjackson).

Memiliki paras cantik, Zoe memiliki wajah blasteran yang manis. Selain itu ia pun memiliki gaya busana yang kekinian. Tentunya hal ini pun menjadi sorotan para penggemarnya yang setia menantikan episode terbaru Kisah Cinta Anak Tiri. (Liputan6.com/IG/@zoeabbasjackson).

Zoe terlihat beberapa kali tampil feminin. Hal ini pun diunggahnya dalam media sosial Instagramnya yang buat para penggemar memuji akan penampilannya. (Liputan6.com/IG/@zoeabbasjackson).
Zoe terlihat beberapa kali tampil feminin. Hal ini pun diunggahnya dalam media sosial Instagramnya yang buat para penggemar memuji akan penampilannya. (Liputan6.com/IG/@zoeabbasjackson).

Zoe terlihat beberapa kali tampil feminin. Hal ini pun diunggahnya dalam media sosial Instagramnya yang buat para penggemar memuji akan penampilannya. (Liputan6.com/IG/@zoeabbasjackson).

Sebagai seorang seleb, Zoe pun kerap memadukan busananya dengan berbagai warna. Salah satunya kaus berwarna hitam dan rok berwarna abu-abu. Terlihat simpel namun sempurna saat dipakai Zoe. (Liputan6.com/IG/@zoeabbasjackson).
Sebagai seorang seleb, Zoe pun kerap memadukan busananya dengan berbagai warna. Salah satunya kaus berwarna hitam dan rok berwarna abu-abu. Terlihat simpel namun sempurna saat dipakai Zoe. (Liputan6.com/IG/@zoeabbasjackson).

Sebagai seorang seleb, Zoe pun kerap memadukan busananya dengan berbagai warna. Salah satunya kaus berwarna hitam dan rok berwarna abu-abu. Terlihat simpel namun sempurna saat dipakai Zoe. (Liputan6.com/IG/@zoeabbasjackson).

Apalagi saat ia tampil dalam sebuah acara premiere film. Selain memakai gaun dan makeup maksimal, Zoe pun sangat cantik dengan riasannya yang elegan. (Liputan6.com/IG/@zoeabbasjackson).
Apalagi saat ia tampil dalam sebuah acara premiere film. Selain memakai gaun dan makeup maksimal, Zoe pun sangat cantik dengan riasannya yang elegan. (Liputan6.com/IG/@zoeabbasjackson).

Apalagi saat ia tampil dalam sebuah acara premiere film. Selain memakai gaun dan makeup maksimal, Zoe pun sangat cantik dengan riasannya yang elegan. (Liputan6.com/IG/@zoeabbasjackson).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aulia Farhan Diciduk Polisi dengan Barang Bukti Sabu

Posted: 19 Feb 2020 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jajaran artis Tanah Air yang terjerat kasus narkoba kembali bertambah panjang. Yang terbaru adalah pemain sinetron Aulia Farhan yang ditangkap oleh Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya.

Aulia Farhan atau yang dikenal dengan nama Farhan Petterson ditangkap Satuan Narkoba Polda Metro Jaya, Kamis (22/2/2020).

"Barang buktinya sabu. Kalau banyaknya belum dihitung," ujar Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (20/2/2020).

Dalam penangkapan Aulia Farhan, polisi mengamankan dua paket sabu.

 

Dua Klip

Aulia Farhan atau Farhan Petterson (Instagram/ farhanpetterson)
Aulia Farhan atau Farhan Petterson (Instagram/ farhanpetterson)

Satu di antara kedua paket tersebut sudah dipakai oleh Aulia Farhan bersama temannya yang berinisial G, yang ikut ditangkap.

"Cuma ada satu clip kecil, dan satu clip lagi belum dipakai," kata Yusri.

Barang Bukti

Selain sabu, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti lainnya seperti alat isap sabu dan handphone untuk bertransaksi membeli sabu.

"Ada alat isap bong sama handphone,"kata Yusri.

 

Diperiksa

Saat ini Aulia Farhan masih menjalani pemeriksaan di Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya. Ia tengah dimintai keterangan terkait kepemilikan barang ilegal tersebut.

"Sekarang ditahan di Polda,"‎ kata Yusri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Rasis di NY Fashion Week, Perguruan Tinggi Mode AS Minta Maaf

Posted: 19 Feb 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, New York - Sebuah perguruan tinggi mode bergengsi di New York minta maaf setelah sebuah catwalk yang menampilkan para model mengenakan bibir merah, telinga, dan alis tebal buatan palsu yang dianggap rasis, dalam New York Fashion Week.

Permintaan maaf ini dinyatakan pada Rabu, 19 Februari 2020. Presiden Fashion Institute of Technology mengatakan, mereka sedang menyelidiki penggunaan aksesori oleh model, di salah satu bagian acara New York Fashion Week pada 7 Februari.

Joyce Brown mengatakan itu bukan niat penciptanya untuk menimbulkan pernyataan tentang RAS tetapi "sekarang sangat jelas hasilnya."

"Untuk itu, kami meminta maaf - kepada mereka yang berpartisipasi dalam pertunjukan, kepada siswa, dan kepada siapa saja yang telah tersinggung dengan apa yang mereka lihat," katanya dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (20/2/2020).

Minta Maaf

Seorang model berjalan di landasan pacu mengenakan Junkai Huang selama Pameran Seni Rupa Fashion Dan Teknologi Fashion Institute Of Technology (Liputan6/AFP)
Seorang model berjalan di landasan pacu mengenakan Junkai Huang selama Pameran Seni Rupa Fashion Dan Teknologi Fashion Institute Of Technology (Liputan6/AFP)

Acara itu menjadi berita utama setelah model Afrika-Amerika, Amy Lefevre (25) mengatakan kepada tabloid New York Post bahwa dia menolak untuk memakai alat peraga karena mereka "jelas rasis."

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di Instagram, Jonathan Kyle Farmer, ketua program desain fashion yang mengelola acara tersebut, meminta maaf langsung kepada Lefevre.

Kontroversi itu muncul setelah Rumah Mode Italia, Prada, mengatakan awal bulan ini akan mengambil langkah-langkah untuk memerangi rasisme dan mempromosikan keberagaman. Sebelumnya, mereka pernah mengalami keributan terkait penjualan patung-patung gantungan kunci mirip monyet.

Prada juga pernah meminta maaf pada Desember 2018 setelah menampilkan benda yang disebut "Pradamalia", di mana benda itu dianggap telah membesar-besarkan bibir merah dan membangkitkan karikatur wajah hitam.

Sudah Ada Sejak 1830

Miley Cyrus berjalan di catwalk untuk show Marc Jacobs Fall 2020 selama New York Fashion Week di New York City, Rabu (12/2/2020). Miley Cyrus memancarkan energi rockstar dalam balutan bralette hitam dipadu celana panjang dengan warna senada serta menenteng coat zebra (Slaven Vlasic/Getty Images/AFP)
Miley Cyrus berjalan di catwalk untuk show Marc Jacobs Fall 2020 selama New York Fashion Week di New York City, Rabu (12/2/2020). Miley Cyrus memancarkan energi rockstar dalam balutan bralette hitam dipadu celana panjang dengan warna senada serta menenteng coat zebra (Slaven Vlasic/Getty Images/AFP)

Para kritikus mengatakan barang dagangan itu, yang akhirnya ditarik setelah berbagai macam protes,  memiliki kemiripan dengan Sambo yakni karikatur rasis yang memperkuat stereotip negatif tentang komunitas kulit hitam Amerika.

Masalah wajah atau kulit hitam memang sudah berawal sekitar 1830.

Pada saat itu, para penyanyi berkulit putih menutupi wajah mereka dengan cat minyak atau semir sepatu dan menggambar bentuk bibir yang berlebihan.  

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Walk in Closet Shireen Sungkar, Banyak Koleksi Tas Mewah

Posted: 19 Feb 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi penggemar sinetron tentunya sudah tak asing dengan sosok Shireen Sungkar. Wanita berdarah Arab-Minang ini merupakan putri dari aktor Mark Sungkar dan aktris Fenny Bauty. Lahir dari keluarga seleb membuat Shireen menyukai akting sejak kecil.

Namanya semakin melejit usai membintangi sinetron Cinta Fitri. Kini karier istri Teuku Wisnu ini semakin melonjak. Kemudian ia mulai merambah ke dunia tarik suara. Shireen juga sempat membuat duo vocal grup dengan kakaknya Zaskia Sungkar bernama The Sisters.

Meski sudah tak lagi bermain dalam sinetron, Shireen Sungkar bersama sang suami sukses menjadi pebisnis. Ia menjalankan beberapa usaha di bidang fashion dan kuliner. Tak hanya itu, Shireen juga menjajal peruntungan di dunia YouTube. Menjalankan bisnis dan punya channel YouTube membuat pundi-pundi rupiah keluarga Shireen bertambah.

Keduanya pun hidup dengan bergelimang harta. Bahkan Shireen juga memiliki koleksi barang-barang branded. Memiliki banyak barang mewah, Shireen Sungkar tak hanya membutuhkan sebuah lemari. Wanita 28 tahun ini juga punya walk in closet yang menyimpan berbagai koleksi fashion itemnya dari mulai sepatu, tas, baju dan aksesori.

Walk in closet tersebut berada di kamarnya dan didominasi dengan warna putih. Berikut potret walk in closet Shireen Sungkar dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (20/2/2020).

1. Sama seperti artis lainnya, Shireen Sungkar juga punya lemari ala walk in closet yang super besar di kamarnya.

Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)
Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)

2. Adik Zaskia itu mengaku jarang beli baju baru, semua koleksi gamisnya didapat secara gratis dari kantor.

Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)
Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)

3. Diam-diam Shireen punya cukup banyak tas mewah, ia menyimpannya dengan dibungkus. Namun untuk beli baru, sang suami meminta Shireen untuk menjual tas yang sudah tak dipakai.

Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)
Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)

4. Saking besarnya, Shireen sampai memilah beberapa koleksi bajunya dengan sangat rapi.

Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)
Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)

5. Shireen juga punya banyak sekali vest atau rompi. Menurutnya, vest bisa dicocokkan dengan berbagai gaya untuk para hijabers.

Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)
Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)

6. Meski lemarinya sangat besar ternyata Shireen menyisakan satu bagian yang diisi oleh baju-baju Wisnu. Lemari milik sang suami terlihat minimalis.

Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)
Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)

7. Zaskia juga didandani oleh Shireen dengan menggunakan outfit yang biasa ia kenakan.

Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)
Shireen Sungkar (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Pekanbaru-Dumai Ditargetkan Beroperasi Penuh Sebelum Lebaran 2020

Posted: 19 Feb 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan ruas Tol Pekanbaru-Dumai ditargetkan akan beroperasi penuh April 2020. Tol tersebut diharapkan bisa dilalui saat liburan Idul Fitri 2020.

Pembangunan ruas Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1, Pekanbaru-Minas, sendiri sudah rampung, dengan persentase pembebasan lahan mencapai 99 persen.

"Diharapkan tol Pekanbaru-Dumai bisa operasional penuh dan diresmikan Pak Presiden April (2020) sebelum Lebaran. Besok seksi 1 dijadwalkan akan ditinjau," ujar Basuki saat ditemui usai meninjau MTsN 3 Pekanbaru, Kamis (20/02/2020).

Ruas tol ini memiliki panjang 131 km dengan nilai investasi Rp 16,2 triliun serta mulai dibangun 2016 lalu. Uniknya, tol yang memiliki enam seksi ini bisa dilalui oleh gajah yang hidup di hutan sekitar tol.

Terowongan khusus gajah tersebut terletak di seksi 4 dan 5 serta bisa dilintasi hingga 100 ekor gajah.

Nantinya setelah diresmikan, jalan tol Pekanbaru-Dumai akan memangkas waktu perjalanan yang sebelumnya sampai 6-7 jam jadi hanya 2-3 jam saja.

Bakal Ada Terowongan Khusus Gajah di Tol Pekanbaru - Dumai

Pada 6 Oktober 2016, gajah jantan Asia yang terluka, dikenal sebagai Sidda dari Bendungan Manchinbele, pinggiran Bangalore, India. (source: AP/Aijaz Rahi)
Pada 6 Oktober 2016, gajah jantan Asia yang terluka, dikenal sebagai Sidda dari Bendungan Manchinbele, pinggiran Bangalore, India. (source: AP/Aijaz Rahi)

Sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero), kontraktor utama jalan Tol Pekanbaru-Dumai menyatakan, progres pembangunan konstruksi enam terowongan atau underpass gajah di proyek di Provinsi Riau tersebut mencapai 50 persen hingga akhir 2019.

"Saat ini proses pembangunan underpass gajah ini sudah memasuki tahap konstruksi dengan progres pembangunan yang sudah mencapai hampir 50 persen," kata Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (HK), M Fauzan, dalam pernyataan pers di Pekanbaru, dilansir Antara

Pembangunan terowongan khusus untuk gajah dilakukan HK agar mamalia yang terancam punah tersebut dapat tetap bebas berkeliaran dan melintas di habitatnya dan tidak mengganggu pengguna jalan tol.

Fauzan mengatakan pembangunan terowongan itu disebabkan dalam berlangsungnya pembangunan proyek, pekerja HK di lapangan beberapa kali melihat gajah Sumatera liar secara langsung maupun jejak-jejaknya di lokasi pembangunan perlintasan gajah.

"Jalur itu kemudian ditandai dan akan didesain khusus sesuai dengan habitat alaminya, agar gajah tak asing dengan rumahnya," kata Fauzan.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, pada Selasa (17/12) mempertanyakan PT Hutama Karya perihal kelanjutan pembangunan terowongan gajah yang didesain khusus untuk konservasi gajah sumatera.

"Saya kepingin kepada Hutama Karya mengajak kita lakukan pengecekan karena sampai sekarang Hutama Karya belum melaporkan progres pembangunannya," kata Suharyono kepada Antara.

Suharyono mengatakan mendapat informasi bahwa sebagian dari jalan tol sepanjang sekitar 131 kilometer tersebut akan diujicoba pada akhir tahun ini. Namun, ia mengaku pihaknya selaku yang berkepentingan untuk memastikan kelayakan terowongan gajah, sama sekali tidak dihubungi.

"Saya belum berani mengecek ke sana tanpa undangan Hutama Karya karena itu lokasi proyek," ujarnya.

Ia berharap pada akhir tahun ini pihak kontraktor utama melakukan pengecekan enam pembangunan terowongan gajah. Sebabnya, sejak awal BBKSDA Riau meminta agar desain konstruksi terowongan ibarat "benteng alami" agar satwa yang melintas bisa merasa aman.

"Ya tentunya kita desain sealami mungkin termasak di bawah terowongan meski nanti ada pengerasan tetap nanti dibuat benteng alami. Beton-beton yang nampak di terowongan tadi ditutup semak bambu pakan kesukaan gajah itu," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Berduka Ashraf Sinclair Meninggal, BCL Tak Akan Tampil di Love Fest 2020

Posted: 19 Feb 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ashraf Sinclair mengembuskan napas terakhirnya pada Selasa (18/2/2020). Suami BCL itu meninggal karena serangan jantung.

Padahal, BCL memiliki jadwal manggung di acara Love Fest 2020 pada 21-22 Februari 2020 mendatang.

Namun, pada saat ini BCL masih dalam kondisi berduka setelah Ashraf Sinclair meninggalkannya untuk selama-lamanya. 

Batal

Meski mata merah dan sembab, karena banyak menangis, Bunga Citra Lestari terus mencoba menenangkan putranya, Noah Sinclair. Mencium, memeluk dan mengelus dadanya, agar putra semata wayangnya bisa lapang dada dengan kepergian ayahnya, Ashraf Sinclair. (Bambang E Ros/Fimela.com)
Meski mata merah dan sembab, karena banyak menangis, Bunga Citra Lestari terus mencoba menenangkan putranya, Noah Sinclair. Mencium, memeluk dan mengelus dadanya, agar putra semata wayangnya bisa lapang dada dengan kepergian ayahnya, Ashraf Sinclair. (Bambang E Ros/Fimela.com)

"Masih dalam suasana duka atas wafatnya suami dari Bunga Citra Lestari, kami dengan sedih mengumumkan BCL tidak dapat hadir di Love Fest 2020," ungkap pihak penyelenggara Love Fest 2020, seperti dilansir Antara, Rabu (19/2/2020). 

Diganti Band Noah

Dan penyelenggara telah menyiapkan pengganti BCL, yaitu band Noah.

 

Bertema Cinta

Band Noah akan ikut meramaikan acara yang bertema cinta ini pada hari pertama, Jumat (21/2/2020).

 

Sebagai Kejutan

"Tapi jangan sedih ya #SobatFeeling kami sudah menyiapkan kejutan bagi kalian yang akan datang ke Love Fest 2020. Noah akan hadir di #FestivalPakePerasaan," lanjutnya.

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

35 Kata-Kata Vespa Sederhana, Buktikan Tali Persaudaraan Sangat Erat

Posted: 19 Feb 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata Vespa sederhana cocok untuk menggambarkan ikatan persaudaraan. Vespa merupakan kendaraan tahun tua yang popularitas dan penggemarnya tidak pernah lekang oleh waktu.

Bahkan dari tahun ke tahun semakin banyak orang ingin memiliki Vespa. Banyaknya peminat Vespa, membuat pengendara satu dengan yang lainnya bisa saling peduli. Bukan sesuatu yang aneh, kalau anggota klub motor mereka yang paling banyak.

Klub Vespa dibentuk bukan hanya sebatas sebagai wadah untuk menampung orang-orang dengan hobi sama, melainkan mereka juga akan saling membantu ketika pengendara motor mogok atau mati di jalan. Inilah yang membuktikan tali persaudaraan anak Vespa sangat erat. Untuk menggambarkan nuansa kebersamaan anak Vespa, kamu bisa membaca kata-kata Vespa sederhana.

Mulai dari kata-kata bijak, mutiara, lucu, hingga romantis bisa kamu gunakan untuk posting status di akun media sosial pribadi. Berikut kumpulan kata-kata Vespa sederhana yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/2/2020).

Kata-Kata Vespa Sederhana untuk Anak Vespa

Ilustrasi Kebersamaan (iStockphoto)
Ilustrasi Kebersamaan (iStockphoto)

1. "Ke mana roda vespa ini berputar, maka di situ aku berada."

2. "Vespa memanglah seperti kehidupan, kalau dipakai terus, semakin punya banyak cerita."

3. "Satu vespa, satu juta saudara. Maka dengan bervespa, kita semua bersaudara."

4. "Dari vespa tercipta banyak cerita. Seberapa pun uang yang Kamu punya, tidak mungkin bisa membeli suka duka kenanganku bersama Vespa."

5. "Motor itu bukan cuma sekadar kendaraan, melainkan yang dapat menambah banyak pertemanan dan mempererat persaudaraan."

6. "Tanpa Vespa, negeri ini akan miskin persaudaraan."

7. "Anak Vespa suka kedamaian, peace for all."

Kata-Kata Vespa Sederhana yang Romantis

Ilustrasi Pasangan Romantis (iStockphoto)
Ilustrasi Pasangan Romantis (iStockphoto)

1. "Hanya touring yang bisa tahu perasaan aku sekarang ini."

2. "Romantis itu di kala pria dan wanita sedang duduk bareng di atas Vespa."

3. "Walau akhirnya belum tentu bahagia, paling tidak kita pernah ketawa bareng di atas Vespa tua."

4. "Saya cuma anak Vespa, hidup ku tidak jauh dari jalan raya. Tapi kalau soal cinta jangan ditanya, rasa sayang tidak mungkin kadaluwarsa."

5. "Laki-laki itu mainnya ya di jalan, bukan di hatinya perempuan."

6. "Getaran cintaku padamu tidak lebih terasa dibandingkan getaran mesin kanan vespaku."

7. "Vespa itu mengajarkan kesetiaan, saat yang baru bermunculan, di situlah keinginan akan menggoyahkan kesetiaan."

Kata-Kata Vespa Sederhana yang Bijak

Ilustrasi Vespa / Sumber: Pixabay
Ilustrasi Vespa / Sumber: Pixabay

1. "Jangan lupa saling tegur sapa sesama pengendara Vespa."

2. "Vespaku mungkin sudah jadi besi tua, tapi masih bisa berlari gesit seperti kuda."

3. "Lebih baik naik vespa daripada jalan kaki."

4. "Biarpun dikata tua, mogokan, boros, tapi di situlah cerita akan menciptakan warna dalam bervespa."

5. "Bukan tentang seberapa banyak vespamu, bukan tentang seberapa jauh touringmu, tapi seberapa pedulikah kamu dengan saudaramu."

6. "Kendaraan bukan sekedar kendaraan, kendaraan yang bisa menambah banyak kenalan, kendaraan yang bisa mempererat pertemanan, kendaraan yang bisa menunjukkan arti nyata dari sebuah persaudaraan."

 

Kata-Kata Vespa Sederhana agar Percaya Diri

Ilustrasi percaya diri. (dok. 3. skill an knowledge/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi percaya diri. (dok. 3. skill an knowledge/Adhita Diansyavira)

1. "Rasa percaya diriku terpacu saat kulihat bayangan vespa dan diriku terpantul dari body mobilmu."

2. "Bukan hanya berkutat di kandang saja, tetapi touring bersama akan membuka mata mu tentang pesona pelosok daerah yang menakjubkan."

3. "Kamu tidak perlu gengsi dengan tongkrongan kuda besi mu. Cukup bermodal Vespa butut, mereka adalah keluarga di sepanjang perjalan kamu."

4. "Diam bukanlah kelemahan, jika diiringi dengan perbuatan dan hasil nyata."

5. "Meskipun pada akhirnya belum tentu bahagia, setidaknya kita pernah tertawa bersama di atas Vespa tua."

6. "Rasa setia kawan bukan hanya sekedar tepuk tangan, tetapi dibuktikan dengan banyaknya saudara di setiap daerah."

7. "Vespa bukanlah barang tua, tetapi saksi kenangan sejarah para scooterist."

Kata-Kata Vespa Sederhana yang Lucu

ilustrasi tertawa (Sumber: Unsplash) / David Calderon
ilustrasi tertawa (Sumber: Unsplash) / David Calderon

1. "Mogok itu seninya bervespa, agar saling sapa dan toleransi antar sesama. Tetapi kalau mogok terus berarti sudah waktunya untuk di service."

2. "Kabel kopling vespa saja putus langsung diganti. Masa kamu putus minta balikan."

3. "Kenapa rata-rata pemilik Vespa pada jomblo? Karena mereka lebih senang mencari saudar daripada mencari cinta."

4. "Biarkan saja mereka mengatakan anak Vespa nakal, suka berbuat maksiat. Tetapi yang pasti kita selalu ingat bahwa semua yang kita perbuat akan ditanya oleh para malaikat."

5. "Ketika busi lebih penting daripada lipstik. Oli samping lebih penting daripada sunblock. Ban cadangan lebih penting daripada selingkuhan. Peralatan vespa lebih penting daripada peralatan makeup."

6. "Wajah anak Vespa memang gelap, sebab kami keluar siang bukan keluar malam seperti cabe-cabean."

7. "Tali kopling boleh putus, tetapi tali silaturahmi jangan sampai putus."

8. "Jangankan pindah ke lain hati. Pindahin ban dalam Vespa saja aku tidak bisa."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Pantang Raih Tiket Liga Champions dari Sanksi Manchester City

Posted: 19 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Peluang Manchester United (MU) mendapatkan tiket Liga Champions musim depan kembali terbuka. Hal itu dipastikan setelah UEFA memberikan sanksi larangan bermain di Liga Champions selama dua musim kepada Manchester City karena melanggar Financial Fair Play.

Dengan sanksi Manchester City, tiket ke Liga Champions musim depan bisa menjadi tim yang berada di peringkat kelima dalam klasemen Liga Inggris. Hal itu bisa terjadi, jika pasukan Pep Guardiola finis di posisi empat besar.

Namun, manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer pantang mendapatkan jatah ke Liga Champions musim depan dari Manchester City. Dia menegaskan, Setan Merah, sebutan MU, akan berusaha sendiri demi finis di posisi empat besar.

Andai gagal berada di empat besar Liga Inggris, Setan Merah punya cara lain, yakni memenangkan Liga Europa. Saat ini, MU sudah berada di babak 32 besar Liga Europa.

"Saat ini, kami sedang membicarakan tentang Liga Europa. Kami bermimpi untuk memenangkan turnamen ini yang bisa memberi kami kesempatan (main di Liga Champions musim depan)," ucap Solskjaer, dikutip dari situs resmi klub.

"Kami juga harus meningkatkan dan melangkah lebih jauh. Kami harus konsisten dan mendapatkan hasil yang bagus agar punya peluang finis di empat besar Liga Inggris," kata manajer MU berusia 46 tahun itu melanjutkan.

 

Fokus Hadapi Club Brugge

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. (AFP Photo/Glyn Kirk)
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Namun, untuk saat ini, Solskjaer lebih memikirkan duel MU melawan Club Brugge di Jay Breydelstadion, Kamis (20/2/2020) atau Jumat dini hari WIB pada leg pertama babak 32 besar Liga Europa.

Dalam pertandingan ini, Solskjaer berniat bermain dengan formasi 3-5-2 yang bisa diubah menjadi 5-3-2. Dia juga berencana menurunkan dua penggawa MU sejak awal, Bruno Fernandes dan Odion Ighalo.

"Ighalo dan Fernandes memberi kami banyak opsi. Kami juga melakukan pertandingan baik saat melawan Chelsea. Sepertinya, kami juga bisa bermain dengan tiga bek, meski MU tidak pernah melakukannya," ucap Solsjkaer.

 

Prediksi Susunan Pemain

Club Brugge: Simon Mignolet, Clinton Mata, Brandon Mechele, Federico Ricca, Krepin Diatta, Ruud Vormer, Mats Rits, Charles De Ketelaere, Eduard Sobol, Hans Vanaken, Siebe Schrijvers.

Pelatih: Philippe Clement.

MU: Sergio Romero, Diogo Dalot, Eric Bailly, Harry Maguire, Brandon Williams, Nemanja Matic, Fred, Bruno Fernandes, Daniel James, Anthony Martial, Odion Ighalo.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Depan Jokowi, Kepala BKPM Pamer Target Investasi 2019 Terlampaui

Posted: 19 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, melaporlan hasil realisasi investasi sepanjang 2019 di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahlil menyebut hasil realisasi investasi sepanjang 2019 telah melebihi target yang ditetapkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Kami laporkan ketika kami ditunjuk dan diperintahkan untuk bantu bapak presiden dan ditugaskan di BKPM. Bahwa realisasi investasi 2019 Rp 809,6 triliun, dari target Bappenas Rp 792 triliun," katanya dalam acara Rakoornas Investasi 2020, di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Saat melanjutkan posisi kepala BKPM sebelummya, realisasi investasi pada Oktober kurang lebih baru sekitar Rp 602 triliun. Di mana realisasi itu terbagi dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar 48 persen dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 52 persen.

Namun setelah tiga bulan di bawah kendalinya, realisasi investasi berhasil tembus mencapai target ditetapkan pemerintah yakni hingga Rp 809,6 triliun. Peningkatan luar biasa ini menggambarkan tujuan investasi tak hanya berada di Jawa.

Kemudian pembangunan infrastruktur lima tahun kemarin pun dinilai cukup memberikan manfaat dalam rangka pemerataan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dari Rp 809,6 triliun dapat serap tenaga kerja kurang lebih 1.035.000 orang," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

BKPM Optimistis Realisasi Investasi Capai Rp 886 Triliun di 2020

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan paparan saat diskusi panel V Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Rabu (13/11/2019). Panel V itu membahas penyederhanaan regulasi dan reformasi birokrasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan paparan saat diskusi panel V Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Rabu (13/11/2019). Panel V itu membahas penyederhanaan regulasi dan reformasi birokrasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan dirinya optimistis terkait outlook investasi di 2020 akan melebihi 2019.

"Saya pikir gini kalau untuk outlook tahun 2020, pertama kita berpijak pada tahun 2019, 2019 itu per realisasi investasi lampaui target dari Rp790,2 triliun menjadi Rp809,6 triliun beranjak dari apa yang terjadi di tahun 2019, realisasi yang ditargetkan tahun 2020 mencapai Rp 886 triliun," kata Bahlil kegiatan Indonesia Economic & Investment Outlook 2020, di Gedung Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM), pada Senin 17 Februari 2020.

Kalau ditanya apa optimis apa tidak, saya ingin katakan dari data-data BKPM yang sudah punya potensi investasi yang akan direalisasikan bakal mencapai target," kata dia.

Kendati begitu, dengan melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2019, ia mengatakan sekali pun dengan angka 5,02 persen realisasinya alami perkembangan, itu bukanlah angka yang baik sekali, begitupun tidak dikatakan jelek sekali, melainkan sedang saja. Karena memang pada tahun 2019, merupakan tahun politik, yang di dalamnya terjadi perseteruan antara dua kubu pemilihan presiden dan wakil presiden. 

"Di balik kedua kubu yang membuat masyarakat terbelah dua, tetapi posisi Indonesia dalam menjaga pertumbuhan ekonominya stabil, dia cuma turun 0,1 sekian persen. Dibandingkan pertumbuhan ekonomi G-20 Indonesia masih jauh lebih baik karena di bawah China," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bahlil juga mengatakan langkah yang dilakukannya dalam menyelesaikan investasi yang berhenti di tengah jalan atau mangkrak, pihaknya berhasil menyelesaikan investasi mangkrak tersebut dalam kurun waktu 3,5 bulan.

"Ketika kami menyelesaikan investasi mangkrak Rp708 triliun sekarang hampir Rp200 triliun dalam kurun waktu 3,5 bulan kami selesaikan, apa yang terjadi? Menyelesaikan investasi tidak cukup dengan pendekatan regulasi, tapi juga butuh pendekatan pendekatan lapangan. Contoh konkret Lotte, Lotte itu investasi 4,2 bilion US dolar, itu mangkrak sekitar 4 tahun, enggak selesai, masalahnya tanah, selesai," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wanita Ini Mainkan Biola Saat Operasi Tumor Otak

Posted: 19 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pemain biola, Dagmar Turner, tetap sadarkan diri dan bermain biola saat tengah menghadapi operasi pengangkatan tumor otak di kepalanya. Ia sengaja melakukan itu karena takut keahliannya bermain instrumen biola menghilang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Artis Sinetron Aulia Farhan Ditangkap karena Narkoba

Posted: 19 Feb 2020 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pesinetron Aulia Farhan atau dikenal dengan nama Farhan Petterson ditangkap Satuan Narkoba Polda Metro Jaya, Kamis (22/2/2020). Tak sendiri, Aulia Farhan ditangkap bersama temannya berinisial G.

Saat penangkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan narkoba golongan 1 jenis sabu dari tangan Aulia Farhan.

"Barang buktinya sabu. Kalau banyaknya belum dihitung," ujar Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (20/2/2020).

 

Ditahan di Polda

 

Sata ini, Aulia Farhan tengah menjalani pemeriksaan di Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, untuk dimintai keterangan terkait kepemilikan barang haram tersebut.

"Sekarang ditahan di Polda,"‎ kata Yusri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Virus Corona, Kemenkes: Hasil Uji Spesimen Justru Temukan H1N1

Posted: 19 Feb 2020 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengungkapkan bahwa hingga Selasa kemarin, mereka telah melakukan pemeriksaan pada 112 spesimen terkait virus corona COVID-19. Meski sebagian besar dinyatakan negatif, namun kebanyakan memiliki virus H1N1.

"Yang kita periksa itu kita mendapatkan yang paling banyak virusnya adalah H1N1," kata Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto di Kemayoran, Jakarta, ditulis Kamis (20/2/2020).

Dikutip dari Webmd, H1N1 merupakan penyebab dari apa yang dikenal sebagai flu babi. Namun, kondisi tersebut sudah tidak separah ketika tahun 2009 di mana penyakit tersebut sempat menjadi pandemi. Masalah tersebut saat ini merupakan flu musiman dan bisa diobati.

Yuri mengatakan berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) terhadap spesimen tersebut menyatakan bahwa hingga Rabu kemarin, 110 spesimen dinyatakan nihil COVID-19.

Kemenkes menerima 112 spesimen tersebut dari 41 rumah sakit di 21 provinsi. Sementara, dua spesimen lain masih menanti hasilnya.

Yang Dikhawatirkan adalah Mutasinya

Ilustrasi penelitian. (iStockphoto)
Ilustrasi penelitian. (iStockphoto)

Namun, masyarakat tak perlu panik dengan ancaman flu babi di Indonesia. Yuri mengatakan adalah flu tersebut adalah musiman. Yang perlu diwaspadai adalah apabila ada mutasi terhadap virus H1N1.

"Ini seasonal flu, tetapi yang kita anggap sebagai virus yang lazim di dalam influenza kita harus diteliti lagi. Jangan-jangan ada mutasi lagi dari H1N1, sehingga menimbulkan keluhan yang lebih berat misalnya," kata Yuri.

Maka dari itu, karena juga merangkap sebagai laboratorium untuk penelitian dan pengembangan, Balitbangkes tidak hanya menjalankan proses pemeriksaan saja tetapi tetap melakukan penelitian terhadap H1N1 yang mereka temukan.

"Kalau H1N1 sih kita tidak ada apa-apa, tapi kan kita takut kalau ada mutasi, tapi ternyata tidak, masih murni," kata Yuri.

"Sebenarnya kita takut mutasinya H1N1. Karena itu 'asli Indonesia' nih. Kalau dia macam-macam, banyak yang kena. Karena H1N1 itu kan 'anak sini' kalau COVID-19 kan 'anak sana,'" kata Yuri senantiasa berseloroh.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi Bertunangan, Ini 6 Momen Kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee

Posted: 19 Feb 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jenna Dewan dan sang kekasih Steve Kazee kini telah resmi bertunangan pada Selasa (18/02/2020). Keduanya bertunangan setelah berkencan selama setahun dan kini sedang menanti kelahiran sang buah hati.

Sejak Oktober 2018, Jenna Dewan dikabarkan telah berkencan dengan Steve Kazee. Keduanya mengumumkan hubungan tersebut setelah beberapa saat bertemu secara diam-diam. Pada September 2019, Jenna mengumumkan bahwa keduanya sedang menanti anak pertama mereka.

Aktris asal Amerika Serikat ini sebelumnya telah resmi bercerai dengan Channing Tatum sejak November 2019. Pasangan yang dipertemukan melalui Film Step Up (2006) ini telah mengumumkan perpisahannya sejak April 2018 setelah menikah selama kurang lebih 9 tahun.

Jenna Dewan berbagi hak asuh bersama dengan Channing Tatum atas anak perempuan mereka, Everly. Meskipun telah berpisah, dilaporkan bahwa Channing Tatum merasa turut bahagia atas pertunangan Jenna dengan Steve Kazee. Kini Channing Tatum sedang berkencan dengan penyanyi asal Inggris, Jessie J.

Berikut adalah momen kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee, dihimpun oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (20/02/2020).

1. Sembari mengumumkan pertunangannya, Jenna Dewan juga memamerkan cincin berlian yang diberikan Steve Kazee saat melamarnya.

Momen kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee selama berpacaran hingga akhirnya bertunangan pada Selasa (18/02/2020). (Sumber: Instagram @stevekazee)
Momen kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee selama berpacaran hingga akhirnya bertunangan pada Selasa (18/02/2020). (Sumber: Instagram @stevekazee)

2. Jenna Dewan dan Steve Kazee sering menghabiskan waktu bersama untuk liburan.

Momen kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee selama berpacaran hingga akhirnya bertunangan pada Selasa (18/02/2020). (Sumber: Instagram @stevekazee)
Momen kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee selama berpacaran hingga akhirnya bertunangan pada Selasa (18/02/2020). (Sumber: Instagram @stevekazee)

3. Steve Kazee sering menuliskan caption romantis untuk Jenna Dewan.

Momen kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee selama berpacaran hingga akhirnya bertunangan pada Selasa (18/02/2020). (Sumber: Instagram @jennadewan)
Momen kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee selama berpacaran hingga akhirnya bertunangan pada Selasa (18/02/2020). (Sumber: Instagram @jennadewan)

4. Steve Kazee dan Jenna Dewan bertemu melalui teman mereka.

Momen kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee selama berpacaran hingga akhirnya bertunangan pada Selasa (18/02/2020). (Sumber: Instagram @jennadewan)
Momen kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee selama berpacaran hingga akhirnya bertunangan pada Selasa (18/02/2020). (Sumber: Instagram @jennadewan)

5. Potret keduanya saat menemani Everly di kebun binatang Los Angeles, Amerika Serikat.

Momen kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee selama berpacaran hingga akhirnya bertunangan pada Selasa (18/02/2020). (Sumber: Instagram @jennadewan)
Momen kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee selama berpacaran hingga akhirnya bertunangan pada Selasa (18/02/2020). (Sumber: Instagram @jennadewan)

6. Momen Kebersamaan antara Steve Kazee, Everly, dan Jenna Dewan di acara pertunangan.

Momen kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee selama berpacaran hingga akhirnya bertunangan pada Selasa (18/02/2020). (Sumber: Instagram @jennadewan)
Momen kemesraan Jenna Dewan dan Steve Kazee selama berpacaran hingga akhirnya bertunangan pada Selasa (18/02/2020). (Sumber: Instagram @jennadewan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: 4 WNI yang Terkena Virus Corona di Kapal Diamond Princess Dirawat di RS Jepang

Posted: 19 Feb 2020 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan empat Warga Negara Indonesia (WNI) kru kapal pesiar Diamond Princess yang positif terjangkit virus corona kini sudah dirawat di salah satu rumah sakit Jepang. Dia memastikan pihak KBRI di Jepang juga terus memantau kondisi empat WNI itu.

"Sampai saat ini saya telah menerima info ada 4 yang positif kena virus corona di kapal pesiar Diamond yang ada di Jepang. Itu sudah dibawa ke RS di Jepang. KBRI selalu memantau itu," kata Jokowi di Hotel Ritz Carlton Pasific Place Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Menurut dia, saat ini masih ada 74 WNI kru di kapal pesiar itu yang masih negatif terpapar virus asal Wuhan, China itu. Jokowi memastikan bahwa Kementerian Luar Negeri terus berkoordinasi dengan perusahaan dan otoritas Jepang terkait kondisi 74 WNI itu.

"Kita ingin memastikan mereka mendapat perlakuan sesuai protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan WHO," jelasnya.

Diisolasi

Ada total 78 WNI yang bekerja di Diamond Princess sejatinya sedang menyelesaikan masa isolasi yang akan selesai pada 19 Februari. Para WNI itu positif Virus Corona satu hari sebelum masa karantina usai.

Di akhir masa karantina, empat WNI tersebut dinyatakan positif corona. Dua diantaranya dirawat di rumah sakit Kota Chiba, Jepang.

Seluruh penumpang di Kapal Diamond Princess berjumlah 3.711 dengan total penumpang 2.666.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VLOG: Peluncuran Galaxy S20 Series dan Galaxy Z Flip di San Francisco, Amerika Serikat

Posted: 19 Feb 2020 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tim Tekno Liputan6.com mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan secara langsung peluncuran flagship smartphone terbaru Samsung, Galaxy S20 Series dan Galaxy Z Flip di The Palace of Fine Arts, San Francisco, California, Amerika Serikat, pada 11 Februari 2020, waktu setempat. 

Kami merangkum gegap gempita momen peluncuran Galaxy S20 Series dan Galaxy Z Flip dalam sebuah vlog berikut ini.

Galaxy S20 Series sendiri merupakan penerus dari Galaxy S10 Series yang diluncurkan oleh Samsung pada tahun lalu, juga di San Francisco, Amerika Serikat. 

Alih-alih menggunakan nama Galaxy S11 yang berarti kelanjutan dari Galaxy S10, Samsung mengusung nama Galaxy S20 pada flagship smartphone-nya tahun ini seiring dengan lompatan-lompatan teknologi yang disuguhkannya. 

Di antara lompatan-lompatan teknologi tersebut, Galaxy S20 Series sudah hadir didukung dengan jaringan 5G untuk negara-negara yang sudah menerapkan 5G. Sayangnya Indonesia tidak kebagian Galaxy S20 5G karena memang belum menerapkan teknologi ini. 

Selain itu, peningkatan atau lompatan yang begitu revolusioner juga ada di segi kemampuan kameranya yang bisa merekam video 8K. Bahkan di satu tipe tertingginya, yakni Galaxy S20 Ultra, Samsung memboyong lensa kamera 108MP dengan kemampuan space zoom 100x. 

Samsung juga membenamkan prosesor terbarunya, yakni Exynos 990 yang membuat kinerja perangkat kian cekatan dan mampu mengoptimalkan kerja sensor-sensornya secara bersamaan, membuat fitur single take mungkin untuk bekerja dengan baik. 

Single take sendiri merupakan modus pengambilan beberapa gambar dan video dengan sekali pencet tombol shutter, tetapi hasilnya bisa jadi bermacam-macam efek. 

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seberapa Penting Restorasi Karya Seni? Ini Kata Sejarawan Seni Italia

Posted: 19 Feb 2020 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada seminar "Konservasi dan Valorisasi Warisan Budaya dalam Model Italia" yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Italia untuk Indonesia dan Institut Kebudayaan Italia Jakarta di Galeri Nasional Indonesia, tak hanya konservasi warisan budaya yang dibahas, restorasi merupakan salah satunya.

Dijelaskan oleh sejarawan seni spesialis gambar dan lukisan antik Marco Riccómini, restorasi memegang peran penting guna mempertahankan dan melestarikan sebuah karya seni sehingga dapat dilihat untuk waktu berkelanjutan.

Kurator Galeri Nasional Indonesia dan dosen seni rupa ITB Rizki Zaelani menjelaskan bahwa restorasi tidak berarti menambah (nilai), melainkan mengembalikan sejauh mungkin sebuah karya sampai kondisi awalnya. Tak hanya itu, restorasi juga bermanfaat untuk mendekatkan kita dengan sejarah dari sebuah karya.

Namun, rupanya di Indonesia masih belum banyak diterapkan restorasi seperti yang telah dilakukan Italia. "Untuk penerapan restorasi di Indonesia masih belum berkembang," kata Rizki Zaelani dalam seminar pada Rabu (19/2/2020).

Tujuan utama restorasi adalah untuk membuat sesuatu, khususnya seni, agar dapat dibaca dan dimengerti oleh para penikmat karya seni. Intinya, agar karya seni tersebut menjadi readable

Jadi, ketika Anda memutuskan untuk membuat sebuah karya agar bisa dibaca atau dipahami maknanya, perlu juga untuk memutuskan apa yang dapat membuat karya seni tersebut bisa dibaca. 

Hal yang paling penting adalah bagaimana dapat berhasil mempertahankan gambaran atau citra sejarah yang terdapat pada sebuah karya seni. Antara imajinasi dan inspirasi itu tidak bisa dipisah, dari mulai membuat karya hingga jadi latar untuk pencitraan.

Apa Itu Restorasi?

ilustrasi restorasi. (iStockphoto)
ilustrasi restorasi. (iStockphoto)

Restorasi adalah sebuah cara untuk mengembalikan atau memulihkan sesuatu (tidak hanya dalam bidang seni) kepada kondisi dan bentuk semulanya. 

Pada dasarnya restorasi adalah untuk melestarikan seni asli dan idealnya melestarikan selama berabad-abad yang akan datang. Dan hal itu tidak mudah, terutama di masa lalu. 

Konservasi dan restorasi warisan budaya berpusat pada perlindungan dan perawatan warisan budaya yang memiliki wujud, seperti karya seni, arsitektur, arkeologi, dan koleksi museum lainnya.

Selain membahas restorasi pada acara seminar "Konservasi dan Valorisasi Warisan Budaya dalam Model Italia,"  diperkenalkan juga beberapa lukisan mahakarya seniman ternama, seperti Leonardo da Vinci, Raffaello Sanzio da Urbino, dan Michelangelo.

Sejarah terkait lukisan-lukisan dan bangunan juga dijelaskan dari beberapa kota di Italia seperti Florence, Roma, Milan, Urbino. Tak kalah penting, pokok-pokok utama dari perkembangan seni rupa di negara-negara bagian Eropa turut menjadi topik pembicaraan.

 

Reporter: Jihan Fairuzzia 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Target Produksi Blok Masela Dipercepat Jadi 2026

Posted: 19 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Blok Masela ditargetkan mulai produksi pada 2026, lebih cepat dari target awal yaitu 2027. Total investasi Blok Masela mencapai USD 19,8 miliar.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan, SKK Migas akan bekerja keras untuk menyelesaikan proyek ini agar tidak terjadi keterlambatan.

"Pak Menteri (ESDM) bilang harus onstream pada 2026, saya coba untuk lobi di 2027 tapi saya tidak berhasil." ujarnya, seperti ditulis Kamis (20/2/2020).

Berdasarkan data SKK Migas, pengembangan Lapangan Abadi Blok Masela mampu menciptakan dampak berantai bagi keekonomian nasional, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dari sisi Produk Domestik Bruto (PDB), dampak produksi gas Blok Masela yang dimulai dari 2022 sampai 2055 mencapai USD 153,6 miliar. Terdiri dari masa konstruksi (2022-2027) sebesar USD 7,5 miliar dan masa operasi (2027-2055) USD 146,1 miliar.

Dari sisi pendapatan rumah tangga diproyeksi mencapai sebesar USD 33,2 miliar. Terdiri dari masa konstruksi sebesar USD 3,1 miliar. Pada masa operasi diproyeksi mencapai USD 30 miliar.

Sebelumnya, dengan total investasi Blok Masela yang mencapai USD 19,8 miliar, pemerintah Republik Indonesia berencana untuk lebih meningkatkan jaringan energi melalui pengembangan pipa gas dan infrastruktur listrik di seluruh negeri, dari Sabang ke Merauke dan dari Miangas ke Pulau Rote.

 

Keamanan Energi Kunci Ekonomi

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)
Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrim, mengatakan bahwa keamanan energi adalah salah satu kunci dalam meningkatkan pembangunan ekonomi Indonesia.

"Implementasi pemanfaatan energi untuk pengembangan ekonomi tentu saja akan lebih meningkatkan pendapatan negara dari sektor energi dan menciptakan efek berganda bagi masyarakat dengan membuka peluang kerja baru," terang Arifin.

Untuk diketahui, telah berlangsung penanda tanganan Nota Kesepahaman Suplai Gas PLN, Pupuk Indonesia dari Proyek LNG Abadi pada Rabu malam (19/02/2020) kemarin, bertempat di Fairmont Hotel, Senayan.

Adapun pihak yang menanda tangan Nota Kesepakatan, antara lain; INPEX, diwakili Kenji Kawano selaku Presiden Direktur INPEX Masela, Ltd, sebagai Kontraktor Kontra Kerja Sama (KKKS) menanda tangani Nota Kesepahaman dengan PT PLN yang diwakili oleh Zulkilfi selaku Presiden Direktur, kemudian Pupuk Indonesia diwaliki oleh Aas Asikin Idat selaku Presiden Direktur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Presiden Korsel Makan Siang Bareng Sutradara dan Pemain Film Parasite

Posted: 19 Feb 2020 09:20 PM PST

Sutradara Bong Joon Ho  dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berjalan untuk makan siang di Blue House, Seoul, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite yang membawa pulang empat Piala Oscar 2020. (KIM HONG-JI/AFP)
Sutradara Bong Joon Ho dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berjalan untuk makan siang di Blue House, Seoul, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite yang membawa pulang empat Piala Oscar 2020. (KIM HONG-JI/AFP)

Sutradara Bong Joon Ho dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berjalan untuk makan siang di Blue House, Seoul, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite yang membawa pulang empat Piala Oscar 2020. (KIM HONG-JI/AFP)

Sutradara Bong Joon Ho berbicara di sebelah Presiden Korea Selatan Moon Jae-in saat makan siang di Blue House, Seoul, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite yang membawa pulang empat Piala Oscar 2020. (KIM HONG-JI/AFP)
Sutradara Bong Joon Ho berbicara di sebelah Presiden Korea Selatan Moon Jae-in saat makan siang di Blue House, Seoul, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite yang membawa pulang empat Piala Oscar 2020. (KIM HONG-JI/AFP)

Sutradara Bong Joon Ho berbicara di sebelah Presiden Korea Selatan Moon Jae-in saat makan siang di Blue House, Seoul, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite yang membawa pulang empat Piala Oscar 2020. (KIM HONG-JI/AFP)

Aktor film Parasite Song Kang-ho berbicara di sebelah Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Ibu Negara Kim Jung-sook saat makan siang di Blue House, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite di Oscar 2020 (KIM HONG-JI/AFP)
Aktor film Parasite Song Kang-ho berbicara di sebelah Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Ibu Negara Kim Jung-sook saat makan siang di Blue House, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite di Oscar 2020 (KIM HONG-JI/AFP)

Aktor film Parasite Song Kang-ho berbicara di sebelah Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Ibu Negara Kim Jung-sook saat makan siang di Blue House, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite di Oscar 2020 (KIM HONG-JI/AFP)

Presiden Korsel, Moon Jae-in dan Ibu Negara Kim Jung-sook bertemu sutradara Bong Joon Ho dan pemain film Parasite di Blue House, Seoul, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite di Oscar 2020. (Kim Hong-Ji/Pool via AP)
Presiden Korsel, Moon Jae-in dan Ibu Negara Kim Jung-sook bertemu sutradara Bong Joon Ho dan pemain film Parasite di Blue House, Seoul, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite di Oscar 2020. (Kim Hong-Ji/Pool via AP)

Presiden Korsel, Moon Jae-in dan Ibu Negara Kim Jung-sook bertemu sutradara Bong Joon Ho dan pemain film Parasite di Blue House, Seoul, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite di Oscar 2020. (Kim Hong-Ji/Pool via AP)

Sutradara Bong Joon Ho bertemu Presiden Korsel, Moon Jae-in dan Ibu Negara Kim Jung-sook saat makan siang di Blue House, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite yang membawa pulang empat Piala Oscar 2020 (KIM HONG-JI/AFP)
Sutradara Bong Joon Ho bertemu Presiden Korsel, Moon Jae-in dan Ibu Negara Kim Jung-sook saat makan siang di Blue House, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite yang membawa pulang empat Piala Oscar 2020 (KIM HONG-JI/AFP)

Sutradara Bong Joon Ho bertemu Presiden Korsel, Moon Jae-in dan Ibu Negara Kim Jung-sook saat makan siang di Blue House, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite yang membawa pulang empat Piala Oscar 2020 (KIM HONG-JI/AFP)

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengundang sutradara Bong Joon Ho dan pemain serta tim film Parasite untuk makan siang di Blue House, Seoul, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite di Oscar 2020. (KIM HONG-JI/AFP)
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengundang sutradara Bong Joon Ho dan pemain serta tim film Parasite untuk makan siang di Blue House, Seoul, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite di Oscar 2020. (KIM HONG-JI/AFP)

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengundang sutradara Bong Joon Ho dan pemain serta tim film Parasite untuk makan siang di Blue House, Seoul, Kamis (20/2/2020). Presiden Moon mengundang Sutradara Bong Joon Ho dan seluruh tim untuk merayakan kemenangan Parasite di Oscar 2020. (KIM HONG-JI/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudahkan Konsumen Bertransaksi, Adira Finance Rilis Adiraku

Posted: 19 Feb 2020 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat diungkapkan kehadirannya tahun lalu, Adira Finance akhirnya meluncurkan aplikasi Adiraku.

Adapun Adiraku sendiri merupakan aplikasi yang dihadirkan untuk memudahkan konsumen Adira Finance bertransaksi.

"Adiraku menjadi jembatan bagi konsumen untuk terus terhubung 24 jam dengan Adira Finance, untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik lagi," tutur Direktur Utama Adira Finance Hafid Fadeli saat peluncuran aplikasi Adiraku di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Hafid mengatakan, beberapa fitur yang hadir di aplikasi Adiraku ini adalah pengingat jatuh tempo, jumlah besarnya angsuran yang harus dibayarkan, melihat tanggal transaksi, hingga informasi penawaran dari Adira Finance untuk nasabah terpilih termasuk promosi.

"Lewat aplikasi ini kami memiliki program Eazy Klik, yaitu penawaran spesial personalized pre-approved credit bagi konsumen terpilih yang memenuhi syarat," tutur Hafid menjelaskan. Kehadiran aplikasi Adiraku ini sekaligus menandai kiprah 30 tahun Adira Finance di Indonesia.

 

Sudah Rilis di Google Play Store

Aplikasi Adiraku kini sudah dapat diunduh di Google Play Store dan App Store. Nantinya, pengguna dapat melakukan registrasi dengan memakai nomor smartphone yang dimilikinya.

Sebagai bagian dari penawaran dalam peluncuran ini, konsumen Adira Finance yang mengunduh aplikasi Adiraku hingga April 2020 dapat mengikuti program Undian Seru Adiraku. Lewat program ini, konsumen berkesempatan mendapatkan beragam hadiah, mulai dari sepeda motor hingga hadiah lain.

Meski memang ditujukan untuk mempermudah konsumen Adira Finance, aplikasi Adiraku sebenarnya juga dapat digunakan oleh konsumen non-nasabah. Dengan aplikasi ini, mereka dapat mengakses informasi umum, seperti produk, promo, hingga simulasi kredit berbagai produk.

"Harapannya, dengan aplikasi ini, konsumen Adira Finance dapat lebih dekat dan terhubung dengan Adira Finance. Hal ini sejalan dengan visi perusahaan, yakni menciptakan nilai bersama untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia," tutur Hafid mengakhiri pembicaraan.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Jenis Rumput Laut yang Bisa Dimakan, Lezat Kaya Nutrisi

Posted: 19 Feb 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jenis rumput laut yang bisa dimakan memiliki ragam bentuk. Rumput laut tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia, tetapi paling sering dimakan di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea dan Cina. Jenis rumput laut yang bisa dimakan terdiri dari ragam genus.

Jenis rumput laut yang cukup populer adalah nori yang berasal dari Jepang. Indonesia juga punya pembudidayaan rumput lautnya sendiri. Sejumlah jenis rumput laut yang bisa dimakan dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan jenis rumput laut yang bisa dimakan ini menjadi komoditas ekspor yang menjanjikan.

Jenis rumput laut yang bisa dimakan ini biasanya dikeringkan dan diolah menjadi tambahan makanan. Jenis rumput laut yang bisa dimakan ini juga diolah menjadi tepung yang menjadi bahan dasar agar-agar. Rumput laut juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Ini bisa menjadikan rumput laut sebagai bahan makanan sehat yang kaya nutrisi.

Berikut 10 jenis rumput laut yang bisa dimakan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (20/2/2020).

Jenis rumput laut yang bisa dimakan

Jenis rumput laut yang bisa dimakan (Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)
Jenis rumput laut yang bisa dimakan (Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)

Rumput Laut Jelly

Rumput laut jelly kerap ditemukan dalam campuran es buah dan es rumput laut. Rumput laut yang memiliki nama latin Eucheuma cottonii ini banyak dibudidayakan di Indonesia. Rumput laut jelly biasanya berwarna coklat, merah, atau hijau. Bentuknya silindris atau pipih dengan cabang tidak beraturan.

Di Indonesia, budidaya E. cottonii terdapat di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Jawa Timur. Selain dimakan langsung, rumput laut ini juga diolah menjadi tepung, agar-agar, hingga bahan kosmetik.

Selada laut

Selada laut atau Ulva merupakan jenis rumput laut yang tersebar secara luas di sepanjang pantai lautan dunia. Masing-masing bilah daun selada laut dapat tumbuh hingga lebih dari 400 mm. Bentuk rumput laut ini menyerupai daun selada dengan warna hijau terang sampai tua.

Jenis rumput laut yang bisa dimakan

Warga tengah memilah rumput laut di Kawasan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Hasil laut tersebut dijual dengan harga Rp7000 per kilogram untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari yang rata-rata mata pencahariannya adalah Nelayan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Warga tengah memilah rumput laut di Kawasan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Hasil laut tersebut dijual dengan harga Rp7000 per kilogram untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari yang rata-rata mata pencahariannya adalah Nelayan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Gelidium

Gelidium merupakan jenis rumput laut merah yang juga merupakan komoditas rumput laut di Indonesia yang banyak diekspor. Gelidium sp. memiliki panjang kurang lebih 20 cm dan lebar 1,5 mm. Thallusnya berwarna merah, coklat, hijau-coklat atau pirang.

Adapun sentra budidaya rumput laut Gelidium sp. terdapat di pesisir Kepulauan Seribu, Kepulauan Riau, Lombok, Sulawesi, Maluku dan Papua. Gelidium merupakan bahan utama pembuatan agar-agar.

Gracilaria

Gracilaria merupakan jenis rumput laut yang digunakan sebagai bahan pembuat agar-agar. Gracilaria Merupakan jenis rumput laut merah yang dapat dijumpai hampir di semua perairan tropik seperti Indonesia. Di Indonesia Gracilaria digunakan sebagai bahan baku pabrik agar-agar di dalam negeri dan juga merupakan komoditas ekspor.

Jenis rumput laut yang bisa dimakan

Warga tengah memilah rumput laut di Kawasan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Hasil laut tersebut dijual dengan harga Rp7000 per kilogram untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari yang rata-rata mata pencahariannya adalah Nelayan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Warga tengah memilah rumput laut di Kawasan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Hasil laut tersebut dijual dengan harga Rp7000 per kilogram untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari yang rata-rata mata pencahariannya adalah Nelayan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sargassum

Sargassum merupakan jenis rumput laut cokelat yang juga banyak ditemui di Indonesia. Ciri utama Sargassum sp. adalah bentuk talus silindris atau gepeng yang pipih. Sargassum diolah menjadi bahan baku agar-agar.

Sargassum juga mulai diteliti karena manfaatnya yang dapat menurunkan berat badan dan mencegah sejumlah penyakit. Ini membuat Sargassum juga diolah sebagai suplemen.

Hypnea

Hypnea merupakan jeni rumput laut merah yang biasa diolah menjadi tepung dan agar-agar. Hypnea memiliki cabang yang lemah dan berwarna cokelat atau kehijauan. Sepanjang talus bisa dilihat terdapat rambut-rambut halus.

Rumput laut jenis ini biasa dimanfaatkan bagian karagenannya sebagai bahan baku industri. Perkembangbiakan tumbuhan rumput laut jenis ini dalam budidayanya biasanya diperbanyak dengan vegetatif buatan yaitu menggunakan stek thallus.

Jenis rumput laut yang bisa dimakan

Ilustrasi Nori (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi Nori (sumber: iStockphoto)

Nori

Nori merupakan jenis rumput laut yang bisa dimakan paling terkenal. Nori berasal dari jenis rumput laut Porphyra yang dikeringkan menjadi bentuk lembaran. Lembaran kering yang sudah jadi dibuat oleh proses penghancuran dan pengeringan di rak yang menyerupai pembuatan kertas.

Nori merupakan bahan makanan pokok di Jepang. Rumput laut ini biasa digunakan sebagai pembungkus sushi, onigiri, dan pendamping makanan lainnya.

Kombu

Kombu merupakan jenis rumput laut dari spesies Laminaria japonica. Rumput laut ini banyak dibudidayakan di kawasan Asia Timur seperti Jepang, Korea, dan Tiongkok.

Kombu berbentuk lembaran daun yang biasanya dikeringkan sebelum dijual dan dikonsumsi. Kombu biasa dimasak bersama sayur-sayuran, daging, atau dijadikan kaldu.

Jenis rumput laut yang bisa dimakan

Ilustrasi wakame (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi wakame (sumber: iStockphoto)

Wakame

Wakame adalah jenis rumput laut yang bisa dimakan yang telah dibudidayakan di Jepang dan Korea selama berabad-abad. Wakame memiliki nama ilmiah Undaria pinnatifida.

Daun Wakame berwarna hijau dan memiliki rasa yang manis dan tekstur yang halus. Daunnya harus dipotong kecil-kecil karena akan mengembang saat dimasak. Selain membawa rasa dan tekstur yang unik untuk sup dan salad, wakame juga rendah kalori dan kaya nutrisi.

Dulse

Dulse merupakan jenis rumput laut merah dengan nama latin Palmaria palmata. Rumput laut ini biasa menempel pada batu dengan bentuk pipih memanjang dan berwarna merah. Rumput laut ini biasa dikeringkan dan dijadikan campuran sup atau bahan bumbu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Purnomo Pasrah Menunggu Rekomendasi Megawati soal Pilkada Solo

Posted: 19 Feb 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Solo - Calon wali kota (cawali) usulan DPC PDIP Solo, Achmad Purnomo, mengaku hanya bisa sabar, optimistis, dan pasrah menanggapi belum turunnya rekomendasi dari DPP PDIP, Rabu (19/2/2020).

Pada Rabu (19/2/2020), PDIP baru mengumumkan 48 pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada Serentak 2020. Pengumuman tersebut tak menyertakan Solo dan Sukoharjo.

Achmad Purnomo mengaku masih sabar menunggu. Ia juga optimistis bakal mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

"Saya menunggu dengan sepenuh hati, sungguh-sungguh. Di koran infonya (rekomendasi) sudah di tangan Bu Mega dan Pak Sekjen," kata dia di kediamannya, Rabu (19/2/2020).

Kapan rekomendasi akan disampaikan, Wakil Wali Kota Solo itu mengaku tidak tahu. "Saya mencari informasi pun enggak bisa. Informasi yang jelas dari DPD atau DPP," kata dia.

Purnomo mengaku pasrah dengan hasil keputusan DPP. Sebagai kader, ia siap menjalani apa pun yang diamanatkan partai berlambang moncong putih itu.

Minta Segera Diumumkan

Sebelumnya, pria 71 tahun itu mengaku pernah meminta DPP PDIP untuk segera mengumumkan nama calon untuk Pilkada Solo. Menurutnya, semakin cepat diumumkan, kondisi internal partai bisa lebih cepat kondusif.

Dia hanya mendengar informasi rekomendasi untuk Solo akan diumumkan bersama daerah lain, seperti Makassar dan Denpasar. Rupanya, pengumuman itu absen pada gelombang pertama.

"Semua rekomendasi kalau bisa secepatnya, khususnya, Solo. Ya, dulu saat saya sampaikan dijawab iya, iya, tapi kok belum. Daerah lain malah sudah," tandasnya.

Simak berita Solopos lainnya di sini.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Terminal Bungurasih yang Modern, Tak Kalah Seperti Bandara

Posted: 19 Feb 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Semakin bagus moda transportasi umum dan pendukungnya bertujuan agar masyarakat semakin nyaman dalam menggunakankan. Selain nyaman, hal ini pun berkaitan agar semakin banyak masyarakat yang menggunakan transoportasi umum. Seperti halnya Terminal Purabaya yang memiliki nama populer Terminal Bungurasih.

Berada di luar perbatasan Kota Surabaya, Terminal Bungurasih merupakan terminal tersibuk di Indonesia. Sebagai terminal yang sibuk, Terminal Bungurasih memiliki penampakan yang unik. Terminal ini miliki suasana layaknya bandara. Hal ini pun disampaikan oleh media sosial Instagram @surabayabusstation, Selasa (18/2/2020).

Selain itu tempatnya yang bersih sudah jauh dari kesan terminal pada masa lalu yang kotor dan penuh dengan putung rokok. Kini ruang tunggunya pun nyaman dan memiliki dua lantai dengan berbagai fasilitas umum yang menunjang para pengguna transportasi bus ini.

Berikut 7 potret Terminal Bungurasih yang Liputan6.com kutip dari Instagram @surabayabusstation, Kamis (20/2/2020).

1. Terminal Purabaya atau lebih populer Terminal Bungurasih merupakan terminal kelas A yang berada di Kota Surabaya

Terminal Bungurasih (Sumber: Instagram/surabayabusstation)
Terminal Bungurasih (Sumber: Instagram/surabayabusstation)

2. Dengan renovasinya terminal ini, penampakan Terminal Bungurasih pun layaknya seperti sebuah bandara

Terminal Bungurasih (Sumber: Instagram/surabayabusstation)
Terminal Bungurasih (Sumber: Instagram/surabayabusstation)

3. Ruang tunggu terminal yang nyaman dan petugas yang informatif

Terminal Bungurasih (Sumber: Instagram/surabayabusstation)
Terminal Bungurasih (Sumber: Instagram/surabayabusstation)

4. Penumpang pun menjadi lebih nyaman manakala akan bepergian dengan barang-barang yang banyak

Terminal Bungurasih (Sumber: Instagram/surabayabusstation)
Terminal Bungurasih (Sumber: Instagram/surabayabusstation)

6. Selain itu keamanan dalam terminal ini pun juga dipantau dengan bantuan CCTV

Terminal Bungurasih (Sumber: Instagram/surabayabusstation)
Terminal Bungurasih (Sumber: Instagram/surabayabusstation)

7. Pemandangan penumpang yang hendak gunakan transportasi ini pun seperti halnya saat berada di bandara

Terminal Bungurasih (Sumber: Instagram/surabayabusstation)
Terminal Bungurasih (Sumber: Instagram/surabayabusstation)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala BKPM: Dampak Corona Sangat Sistemik, Masif dan Terstruktur

Posted: 19 Feb 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengatakan bahwa kondisi ekonomi global saat ini tidak terlalu menggembirakan. Hal itu dikarenakan munculnya virus Corona yang membuat kondisi ekonomi global berdampak, tak terkecuali Indonesia.

"Perang dagang AS - China sudah hampir selesai tiba-tiba muncul Corona. Corona membuat kita pusing betul," katanya dalam acara Rakoornas Investasi 2020, di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Menurut Bahlil mewabahnya virus Corona ini berdampak secara sistemik, masif dan sangat terstruktur. "Andaikan ada pilpres dan pilkada kali ini maka Corona akan laku di negara kita," imbuh dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengakui awal 2020 menjadi titik berat bagi ekonomi global. Sebab, mewabahnya virus Corona menjadi ancaman bagi negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

"Problem sangat cepat Corona virus membuat dinamika hanya sebulan, optimisme lebih baik di 2019 nampak terhantui oleh muculnya masalah virus Corona," kata dia.

Sri Mulyani mengatakan, imbas dari virus Corona yang mengancam ekonomi China berdampak ke dunia lantaran negeri Tirai Bambu itu memegang porsi yang besar. "Maka terjadi revisi sangat signifikan karena RRT menjadi pusat ekonomi terbesar di dunia," imbuh dia.

Dia menambahkan, sektor ekonomi berpotensi terdampak yakni sektor jasa khususnya pariwisata. Mengingat pangsa pasar turis China di Indonesia 13 persen terbesar ke dua setelah Malaysia.

Selain sektor pariwisata, sektor manufaktur dan perdagangan internasional juga akan terdampak. Mengingat, 27 persen impor non migas berasal dari China, kemudian 16,7 persen pangsa ekspor Indonesia adalah China.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Pemerintah Segera Evakuasi 74 WNI Negatif Virus Corona di Kapal Diamond Princess

Aktivitas pasien dengan gejala ringan virus corona COVID-19 yang beristirahat pada malam hari di stadion olahraga yang diubah menjadi rumah sakit darurat di Wuhan, China pada 18 Februari 2020. Jumlah korban virus corona hingga Kamis (20/2) kembali meningkat menjadi 2.120 orang. (STR/AFP)
Aktivitas pasien dengan gejala ringan virus corona COVID-19 yang beristirahat pada malam hari di stadion olahraga yang diubah menjadi rumah sakit darurat di Wuhan, China pada 18 Februari 2020. Jumlah korban virus corona hingga Kamis (20/2) kembali meningkat menjadi 2.120 orang. (STR/AFP)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, pemerintah siap mengevakuasi 74 warga negara Indonesia (WNI) di Kapal Pesiar Diamond Princess terkait wabah virus corona.

WNI yang akan dievakusi adalah mereka yang dinyatakan negatif terinfeksi virus corona atau COVID-19.

"Kami membicarakan tentang evakuasi, ada beberapa opsi. Intinya pemerintah punya komitmen kuat untuk itu dan akan kordinasi ke Bapak Presiden," jelas Menko Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020).

Keputusan untuk memulangkan ini diambil usai Menko Muhadjir melakukan rapat koordinasi bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hady Tjahjanto, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menkumham Yasonna Laoly, dan tim perwakilan dari BNPB.

Selain sepakat untuk segera mengevakuasi, hasil rapat koordinasi juga merilis dua opsi terkait cara penjemputan 74 WNI negatif virus corona. Opsi pertama dilakukan penjemputan via laut, dan opsi kedua penjemputan dilakukan via udara.

"Opsi pertama dijemput KRI Suharso, Kedua dijemput melalui udara. Semua sudah dihitung apa hambatan dan yang akan yang bisa dari segi efisiensinya, tapi detiknya belum bisa saya jelaskan," kata Menko Muhadjir.

Menurut Muhadjir, detil dari evakuasi WNI negatif virus corona di kapal pesiar ini wajib dilaporkan dulu ke Presiden Jokowi usai rapat koordinasi.

"Detilnya menyusul setelah lapor presiden, sementara demikian yang dapat kami sampaikan," Muhadjir menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Sepele, 1 Hal Ini Sering Dilupakan Bikers

Posted: 19 Feb 2020 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang yang berkendara di jalan raya harus mengutamakan keselamatan berkendara. Tak hanya saat kendaraan sudah melaju, keselamatan berkendara bisa dilakukan bikers sebelum mengendarai motor.

Satu hal yang kerap diabaikan oleh pengendara motor adalah safety check. Langkah ini sebenarnya sederhana, tapi mungkin banyak yang menganggapnya remeh.

"Saat akan mengendarai sepeda motor memang lebih baik melakukan pengecekan kendaraan, tapi ini jarang dilakukan," kata Instruktur Safety Riding PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor sepeda motor Honda Jatim dan NTT Hari Setiawan, saat pelatihan safety riding bersama awak media, Rabu (19/2/2020), di MPM Learning Centre Sedati.

 

Safety check ini terdiri dari pengecekan secara menyeluruh untuk kendaraan. Mulai dari kondisi rem, tekanan ban, rantai, spion, dan komponen kendaraan lain. Jika terasa sudah aman dan tak ada masalah maka berkendara pun akan lebih aman dan nyaman.

 

Safety Check

"Safety check itu intinya memastikan kondisi kendaraan aman baru naik. Ini juga bisa menjadi terjadinya kecelakaan saat berkendara," terang Hari.

Selain itu, pengendara juga harus mengenakan perlengkapan berkendara standar dan wajib. Yakni, helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. Jangan lupa pula untuk membawa surat-surat berkendara, yakni SIM dan STNK.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baking with Love, Wujud Cinta BCL bagi Ashraf Sinclair dan Keluarga

Posted: 19 Feb 2020 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bunga Citra Lestari (BCL) tak hanya memiliki kemampuan dalam menyanyi, istri almarhum Ashraf Sinclair itu juga pintar membuat kue. Ia memanfaatkan waktunya untuk membuat kue untuk keluarganya, mulai dari untuk suami, anak, dan keluarganya yang lain.

Dalam sejumlah unggahannya, BCL memamerkan hasil memasaknya itu. Di antaranya, donat, cherry pie, cookies, cream cupcakes, chocolate cake, chocolate orange cake, dan pancake.

Berdasarkan akun Instagram pribadinya, BCL sudah beberapa tahun mengunggah potret kue-kue hasil buatannya. Hal itu yang membuat beberapa warganet paham bahwa selain menyanyi, BCL ternyata pintar membuat kue.

"Saat menjalani peran sebagai istri dan ibu, Aku berusaha untuk menciptakan kehangatan tersendiri di rumah. 'Baking with love'adalah aktivitas favoritku di rumah," tulis BCL pada 27 Agustus 2018 lalu.

BCL sempat mengunggah sebuah potret saat sedang berada di dapur. Dalam potret tampak terlihat dua buah loyang berisi kue dan beberapa toples.

"What i love to do 😊 #baking #bclbaking #bungacitralestari (alangkah aku suka melakukannya)," tulis BCL dalam salah satu unggahannya pada 4 Juni 2018.

Kue untuk Keluarga

BCL membuatkan kue ulang tahun untuk suami tercintanya, Ashraf Sinclair (Dok.Instagram/@bclsinclair/https://www.instagram.com/p/Bn4CWHqFFTz/Komarudin)
BCL membuatkan kue ulang tahun untuk suami tercintanya, Ashraf Sinclair (Dok.Instagram/@bclsinclair/https://www.instagram.com/p/Bn4CWHqFFTz/Komarudin)

BCL sosok yang sangat mencintai keluarganya. Ia lebih memilih membuat sendiri kue untuk suami dan anak serta ibunya untuk momen istimewa, seperti acara ulang tahun.

Dalam sebuah unggahannya pada 22 Juli 2018, ia sempat membuatkan pancake untuk merayakan ulang tahun ibunya.

"Make this special "BIRTHDAY panCAKE" for my Mom's bday 🙂 #bungacitralestari #motherdaughtertime #bclbaking," tulis BCL.

BCL juga sempat membuatkan Ashraf kue cokelat oranye. Ia sengaja membuatkan itu saat suami tercintanya berulang tahun ke-39 pada September 2019.

Kue untuk Noah

BCL membuatkan kue khusus untuk ulang tahun putra tercintanya, Noah Sinclair (Dok.Instagram/@bclsinclair/https://www.instagram.com/p/BoDgkU5lBjp/Komarudin)
BCL membuatkan kue khusus untuk ulang tahun putra tercintanya, Noah Sinclair (Dok.Instagram/@bclsinclair/https://www.instagram.com/p/BoDgkU5lBjp/Komarudin)

BCL pun pernah memamerkan kue buatannya yang dibuat khusus untuk ulang tahun Noah. Ia mengatakan Noah ingin dibuatkan kue oleh ibunya.

"Noah wanted Mommy's cake.. So Mommy baked him a cake.. and cinnamon rolls.. and chocolate rolls.. and chocolate cookies.. and choco chip cookies.. Mommy doesn't know when to stop.. 😂 #bungacitralestari #bclbaking," tulis BCL yang menyebut membuatkan kue cinnamon rolls, chocolate rolls, dan choco chip cookies untuk putranya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpeluang Hujan Intensitas Sedang

Posted: 19 Feb 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi peluang hujan pada Kamis (20/2/2020) di Surabaya, Jawa Timur.

Prakirawan BMKG Juanda, Ari menuturkan, Surabaya berpotensi hujan pada siang dan sore hari dengan intensitas ringan hingga sedang. Akan tetapi, hujan itu bersifat lokal. Sementara itu, pada malam hari peluang hujan kecil.

"Suhu di Surabaya 25-33 derajat celsius. Arah angin dari barat 5-30 KM. Kelembapan udara sekitar 60-95 persen," ujar Ari saat dihubungi Liputan6.com, Kamis pekan ini.

Ia mengimbau, masyarakat waspada dan hati-hati pada musim penghujan. Apalagi awan cumulonimbus (cb) cenderung lebih aktif terbentuk pada musim hujan.

 "Awan cb sumber terjadinya angin kencang sesaat, hujan lebat dan petir. Jadi hati-hati dan waspada karena musim penghujan lebih aktif cb," ujar dia.

Mengutip data BMKG Juanda Surabaya, cuaca Surabaya pada siang hari ini cenderung hujan lokal di sejumlah wilayah. Sedangkan di Pakal, alami hujan petir. Suhu udara 33 derajat celsius pada Kamis siang di Surabaya. Kelembapan udara 25-33 derajat celsius.

Peringatan Dini

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Untuk peringatan dini tiga harian di Jawa Timur pada Kamis 20 Februari 2020 antara lain pada siang hingga sore hari di Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek.

Selain itu, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Bangkalan. Sementara itu pada malam hari di Kota Madiun, Magetan dan Ponorogo. Sedangkan dini hari di Magetan, Pacitan, dan Kota Kediri.

BMKG: Puncak Musim Hujan hingga Maret

ilustrasi hujan. (Pixabay)
ilustrasi hujan. (Pixabay)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem di Indonesia akan berlangsung hingga Maret 2020.

"Kalau menurut prediksi BMKG untuk wilayah Indonesia terjadinya cuaca ekstrem tidak serempak, silih berganti. Rata-rata puncak musim hujan Februari-Maret, khusus DIY dan Jateng berlangsung pada Januari-Februari," kata Kepala BMKG Dwikora Karnawati di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa 11 Februari 2020.

Selanjutnya, ujar dia, di kisaran April-Mei sudah memasuki musim kemarau, transisinya adalah pancaroba.

"Untuk ancaman bencananya beda lagi, bukan longsor atau banjir tetapi angin puting beliung. Imbauan kami agar ini bisa diwaspadai oleh seluruh pihak," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Tuban Wiyoso mengatakan lebih awalnya cuaca ekstrem yang menjangkau Jawa Tengah dibandingkan wilayah lain karena cuaca di Jawa lebih didominasi oleh pengaruh angin monsun.

"Ini terjadi pada kurun waktu Desember-Februari, puncaknya Januari-Februari. Angin monsun sendiri merupakan angin yang bertiup dari Asia ke wilayah Indonesia. Seperti angin darat, yaitu angin laut tetapi skala musiman, ini dipengaruhi oleh posisi matahari," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, terkait dengan potensi bencana pada musim pancaroba, dikatakannya selain angin puting beliung, ada bencana lain yang wajib diwaspadai yaitu angin kencang, petir, dan hujan lebat yang datang tiba-tiba.

Mengenai daerah yang berpotensi terkena bencana tersebut, dikatakannya, cenderung merata.

"Kalau Jawa Tengah itu angin kencang merata, tidak milih wilayah. Kemarin juga sudah dimulai angin puting beliung karena sempat ada jeda hujan sebentar, itu masa transisi," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Salah Ketik RUU Cipta Kerja, Ini Kata Jokowi

Posted: 19 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat bicara soal polemik salah ketik dalam draf Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja. Jokowi menyatakan bahwa pemerintah dan DPR sangat terbuka terhadap pembahasan RUU tersebut.

"Kita pemerintah bersama DPR selalu terbuka. Ini masih baru awal. Mungkin masih tiga empat lima bulan baru selesai. Ya kan?" kata Jokowi di Hotel Ritz Carlton Pasific Place Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Menurut dia, baik DPR dan kementerian selalu menerima serta mendengar masukan-masukan dari masyarakat selama proses pembahasan beleid tersebut.

Sebelum RUU Cipta Kerja disahkan menjadi UU, maka masyarakat masih diperbolehkan menyampaikan pendapat dan kritiknya.

"Artinya apa? Pemerintah membuka seluas-luasnya masukan. DPR juga saya kira akan membuka seluas-luasntanya masukan mungkin lewat dengar pendapat," jelas Jokowi.

Tunggu Masukan Masyarakat

Terkait banyaknya kritik terhadap draf RUU Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi meminta semua pihak untuk bersabar. Pasalnya, RUU itu belum disahkan menjadi UU dan masih proses pembahasan.

"Wong satu per satu belum dilihat sudah dikritik, ini belum UU lo ya. RUU yang baik asosiasi, serikat, masyarakat masih bisa memberikan masukan kepada pemerintah, kementerian maupun DPR. Ini yang ditunggu itu justru," ujar dia.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: