Rabu, 05 Februari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Pesawat Latih AL Mendarat Darurat di Area Tambak Sidoarjo

Posted: 05 Feb 2020 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat latih jenis Tobago, milik Angkatan Laut mendarat darurat di tambak milik warga di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin sore. Belum diketahui pasti kerusakan pesawat akibat insiden tersebut, tapi kedua kru dipastikan selamat. Guna keperluan penyelidikan, jalan menuju lokasi steril dari warga.

Foto pesawat latih jenis Tobago T-2405, milik Angkatan Laut yang mendarat darurat di area tambak, di Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo diambil warga yang menyaksikan proses pendaratan, dan sempat diunggah di media sosial. Guna keperluan penyelidikan terkait pendaratan daruratnya pesawat latih tersebut, akses jalan menuju lokasi disterilkan, dan dijaga petugas TNI AL. 

Menurut Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut atau Puspenerbal, Laksma Edwin sebelum mendarat darurat, pesawat latih itu ditumpangi dua kru yakni, instruktur dan siswanya yang  latihan terbang di area Bangil.

Namun, saat latihan berlangsung diduga terdapat gangguan mesin dan terpaksa mendarat darurat di area tambak Sidoarjo. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kedua kru selamat kemudian dibawa ke pangkalan.

Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab pendaratan darurat pesawat latih milik TNI AL, dan masih dalam investigasi petugas. Akibat medan sulit, dan akses jalan baru rencananya Selasa dilakukan evakuasi pesawat. Demikian video liputannya pada Fokus, (5/2/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PAN Usul Pembentukan Pansus Cawagub DKI, NasDem Tak Mau Dibuat Rumit

Posted: 05 Feb 2020 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menyatakan harus ada panitia khusus terlebih dahulu dalam proses pemilihan calon Wakil Gubernur DKI. Panitia khusus nantinya untuk mengesahkan tata tertib pemilihan Cawagub, sekaligus landasan hukum panitia pemilihan.

Sebelum pembentukan pansus, terlebih dahulu dilakukan rapat pimpinan gabungan (rapimgab) untuk menyusun tata tertib. Sebab, kata dia, pembahasan tata tertib oleh anggota DPRD sebelumnya tidak tuntas. Sehingga, pembahasan awal tatib mengenai cawagub harus dilakukan sedari awal.

"Tatib itu harus disahkan dulu, karena kalau mau ada panlih (panitia pemilih), panlih itu bekerja harus ada tatibnya. (Tatib) periode lama itu enggak selesai. Maka perlu dibuat pansus untuk disahkan tatib. Enggak bisa dong pakai hasil dewan yang lama," kata politikus PAN itu saat dihubungi, Kamis (6/2/2020).

Putri dari mantan Ketua MPR Zulkifli Hasan itu menampik jika pembentukan Pansus hanya akan mengulur waktu lagi proses pemilihan. Jika ada kekhawatiran pembentukan Pansus akan membuat pemilihan Cawagub kembali molor, penentuan waktu bisa diputuskan saat rapimgab.

Zita menjelaskan sikap kukuhnya agar ada Pansus karena pertimbangan hukum. Mengingat, ia menegaskan produk DPRD periode sebelumnya tidak selesai.

"Kita berfikir hukum. Produk hukum yang dikerjakan dewan lama yang belum selesai itu kan enggak ada kekuatan hukumnya," tandas anggota Fraksi PAN tersebut.

Jangan Berbelit-belit

Sementara Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Nova Paloh tak mempersoalkan pembentukan pansus sebagaimana usulan Zita dari Fraksi PAN. Namun ia tidak secara tegas setuju ataupun menolak adanya pansus.

Kuncinya, kata Nova, rapimgab digelar dan menentukan waktu penyusunan tatib untuk pencalonan Wagub DKI. Wakil Ketua Komisi D itu berharap agar rangkaian proses pemilihan cawagub tidak bertele-tele.

"Jangan berbelit-belit. Kalau buat saya sendiri di rapimgab ditentuin sampai kapan kita udah ada Wagub," kata Nova.

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Razia 2 Tempat Hiburan Malam, BNN Jaring 108 Pengunjung Positif Narkoba

Posted: 05 Feb 2020 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) merazia sejumlah tempat hiburan malam di DKI Jakarta pada Kamis dini hari (6/2/2020). Sebanyak 108 pengunjung digelandang ke BNNP DKI Jakarta karena positif menggunakan narkoba.

Petugas memeriksa urine sejumlah pengunjung di Tempat Hiburan Malam Venue bilangan Jakarta Selatan. Sebanyak 105 pengunjung diperiksa urinenya.

Pun demikian dengan Tempat Hiburan Malam Golden Crown di Taman Sari, Jakarta Barat. Petugas juga memeriksa 184 urine dari pengunjung. Hasilnya, ditemukan 108 pengunjung positif narkoba baik itu sabu maupun ekstasi.

"Venue yang positif 1 orang. Sedangkan, di Golden Crown 107 orang. Mereka sekarnag dibawa ke BNNP DKI Jakarta," kata Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irjen Pol Arman Depari dalam keteranganya, Kamis (6/2/2020).

Arman Depari mengatakan, razia akan gencar dilakukan di seluruh tempat hiburan yang ada di Indonesia. BNN juga akan melibatkan unsur-unsur terkait. Tujuannya agar menekan angka peredaraan narkoba serta pengguna narkoba di tempat tersebut.

"Paling tidak dengan kehadiran petugas mampu atau dapat mengurangi niat bagi mereka yang ingin menggunakan narkoba. Mudah-mudahan dengan kegiatan yang kita lakukan seperti ini akan menyadarkan dan juga akan memberikan pengetahuan buat mereka untuk tidak menggunakan narkoba," tutup dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Siap Legalkan Konversi Motor Tua ke Motor Listrik

Posted: 05 Feb 2020 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian melalui Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP), Putu Juli Ardika, berencana untuk meresmikan konversi motor lama atau jadul berbahan bakar minyak (BBM), menjadi teknologi battery electric vehicle (BEV) atau juga disebut motor listrik.

" Kurang lebih ada 100 juta motor tiap harinya di jalan. Masalah impor bahan bakar fosil ini memang cukup memberatkan, yang mana motor menjadi kendaraan yang paling banyak menggunakan bahan bakar fosil tersebut," ungkap Putu ke wartawan di Jakarta Pusat, kemarin (5/2).

Menurutnya, pemerintah berencana mengonversi motor tua atau yang sudah tidak diproduksi oleh pabrik. Saat ini proses yang sedang dikerjakan adalah pembuatan standardisasi konversi dan menyiapkan sertifikasi bagi modifikator yang mengerjakan peralihan energi itu.

Komponen utama dari motor listrik yaitu baterai. Jika ini akan terwujud maka Indonesia membutuhkan baterai yang cukup banyak. "Indonesia sudah bisa menciptakan baterai sendiri. Kendalanya adalah pembuangan limbah bekas proses pembuatan baterai," sambung Putut.

Rencananya proses konversi akan dilakukan di bengkel yang sudah tersertifikasi. Skema selanjutnya adalah menerapkan metode isi ulang baterai atau sewa baterai motor listrik di gerai tertentu seperti mini market atau SPBU.

 

Selesai Tahun Depan

"Kita masih studi untuk semuanya. Kami pun mengajak peneliti-peneliti dari UI, ITB, D4P, dan Udayana. Semua ini sudah dimulai sejak 28 Agustus tahun lalu dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2021," ujar Putu.

"Tapi intinya adalah gimana kita bisa benar-benar mengonversi motor sehingga secara masif bisa mengurangi impor bahan bakar fosil, berupa gasoline. Nantinya akan tersedia lembaga sertifikasi dan juga badan uji sehingga motor yang telah dikonversi bisa layak jalan dan tentunya aman seperti pada umumnya," pungkasnya.

Penulis: Gilang Seftian

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wabah Virus Corona, Panitia Lokal Olimpiade Tokyo 2020 Sangat Waswas

Posted: 05 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Tokyo - Panitia Lokal Olimpiade Tokyo 2020 sangat khawatir dengan penyebaran virus corona model terbaru yang telah menginfeksi puluhan ribu orang dan menewaskan 490 di antaranya. Akibat wabah ini, sejumlah pertandingan kualifikasi Olimpiade dan sejumlah agenda olahraga lainnya dibatalkan.

Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 yang akan berlangsung mulai Juli mendatang. Pimpinan National Olympic Committee (NOC), Toshiro Muto, berharap wabah ini bisa segera ditanggulangi. 

"Kami sangat khawatir dalam arti bahwa penyebaran virus menular dapat menuangkan air dingin kepada momentum untuk Olimpiade, "kata Muto seperti dilansir dari BBC.

Virus corona model terbaru pertama kali ditemukan di Wuhan, China, akhir Desember tahun lalu. Hingga saat ini, virus yang diduga berasal dari Kelelawar itu sudah menginfeksi 24.300 orang di berbagai penjuru dunia. Sampai saat ini Wuhan yang menjadi lokasi awal penemuan virus, ditutup. 

Meski demikian, virus belakangan juga ditemukan di luar China. Di Jepang, menurut data terbaru yang dikeluarkan Pusat Pengendalian Penyakit Penular Eropa, sudah ditemukan 20 kasus virus corona model terbaru. Sebanyak sepuluh di antaranya merupakan penumpang kapal pesiar milik Jepang

Virus corona juga sejauh ini telah merenggut 490 korban jiwa. Dua di antaranya ditemukan di luar China, yakni Hongkong dan Filipina. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah ini sebagai isu global dan kini terus bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menanggulangi penyebarannya. 

Wabah virus corona model terbaru juga telah menyebabkan sejumlah agenda olahraga dibatalkan, termasuk kualifikasi cabang olahraga tinju yang seharusnya berlangsung di Wuhan. Kejuaraan Dunia Atletik Indoor juga ditunda. Sedangkan balapan Formula E di China sementara ditangguhkan.

Sejumlah atlet asal China yang tengah berada di luar negeri juga terpaksa dikarantina di hotel. 

 

 

 

Berusaha Maksimal

Pekerja berjalan di kapal tongkang yang membawa Cincin Olimpiade di Distrik Odaiba, Tokyo, Jepang, Jumat (17/1/2020). Cincin Olimpiade dengan tinggi 15,3 meter dan panjang 32,6 meter tersebut akan berada di sana hingga Olimpiade 2020 berakhir. (AP Photo/Jae C. Hong)
Pekerja berjalan di kapal tongkang yang membawa Cincin Olimpiade di Distrik Odaiba, Tokyo, Jepang, Jumat (17/1/2020). Cincin Olimpiade dengan tinggi 15,3 meter dan panjang 32,6 meter tersebut akan berada di sana hingga Olimpiade 2020 berakhir. (AP Photo/Jae C. Hong)

Pemerintah Jepang, melalui Perdana Menteri (PM), Shinzo Abe, menyatakan bakal bekerja keras untuk meminimalisir dampak penyebaran virus corona terhadap Olimpide 2020. Sementara Saburo Kawabuchi, walikota Kampung Atlet berharap Olimpiade Tokyo 2020 bisa berjalan lancar, apalagi ajang multievent empat tahunan ini diperkirakan bakal diikuti 11 ribu atlet dari berbagai negara. 

"Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk melindungi para atlet dan memberi mereka kenyamanan untuk menunjukkan performa terbaik mereka," kata Saburo Kawabuchi.

 

IOC Kerja Keras

Sejumlah orang makan di restoran hotel ketika kapal tongkang membawa Cincin Olimpiade di Distrik Odaiba, Tokyo, Jepang, Jumat (17/1/2020). Cincin Olimpiade dengan tinggi 15,3 meter dan panjang 32,6 meter tersebut akan berada di sana hingga Olimpiade 2020 berakhir. (AP Photo/Jae C. Hong)
Sejumlah orang makan di restoran hotel ketika kapal tongkang membawa Cincin Olimpiade di Distrik Odaiba, Tokyo, Jepang, Jumat (17/1/2020). Cincin Olimpiade dengan tinggi 15,3 meter dan panjang 32,6 meter tersebut akan berada di sana hingga Olimpiade 2020 berakhir. (AP Photo/Jae C. Hong)

  Sementara itu, International Olympic Committee (IOC) mengaku telah menjalin komunikasi intensif dengan WHO dan pakar kesehatan yang mereka miliki. IOC yakin semua pihak yang berwenang bakal megambil tindakan yang tepat untuk mengatasi penanggulangan wabah virus corona model terbaru. 

"Penanggulangan terhadap penyakit menular merupakan bagian penting dari rencana Tokyo 2020 untuk menjadi tuan rumah Olimpiade yang aman dan terjamin," ujar jurubicara IOC. 

"Tokyo 2020 akan terus bekerja sama dengan semua organisasi terkait dan secara hati-hati terus memantau setiap kejadian penyakit menular dan akan meninjau setiap tindakan pencegahan yang mungkin diperlukan dengan semua organisasi terkait."

"Persiapan untuk Tokyo 2020 berlanjut seperti yang direncanakan dan kami berharap untuk kembali untuk melakukan evaluasi lanjutan pada bulan Februari," jurubicara IOC menambahkan. 

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kepri Capai 7 Persen

Posted: 05 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) periode 2020-2025 resmi dilantik Rabu Malam (6/2/2020) di Hotel Radisson, Batam. Kepengurusan tersebut dikukuhkan secara langsung oleh Ketua Umum Kadin Indonesia melalui wakilnya, Anindya Bakrie.

Pada momen tersebut, Akhmad Ma'ruf Maulana kembali terpilih sebagai Ketua Umum Kadin Kepri untuk periode berikutnya, setelah melalui proses Musyawarah Provinsi (Musprov) IV tahun 2020 di Radisson Hotel Batam.

Ketua Umum Kadin Kepri yang baru terpilih, Akhmad Ma'ruf Maulana menegaskan untuk mempertahankan pertumbuhan Investasi yang meningkat, pihaknya mengaku memiliki target untuk mewujudkan dan mengawal ekonomi Kepulauan Riau (Kepri) minimal 7 persen.

Tidak hanya mengembangkan dan menarik investasi dari luar negeri, Kadin Kepri juga memiliki program dimana pada 2020 merupakan tahun politik. Untuk itu, Kadin Kepri menantang para calon yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk bisa mewujudkan pertumbuhan ekonomi minimal 7 persen.

"Kami akan kawal calon kepala daerah dan gubernur untuk bisa membuat kontrak politik ekonomi 7 persen dengan Kadin Kepri. Memang hal tersebut tidaklah gampang. Akan tetapi, jika bakal calon kepala daerah tersebut fokus dan konsisten, tentunya bersama-sama dengan Kadin tidaklah susah," Ungkap Makruf

Menurut Makruf untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kepri, kepala daerah harus memiliki semangat proinvestasi dan memiliki iktikad baik untuk merangkul dunia usaha.

Selain itu, Kadin Kepri dalam periode 2020-2025 akan mencoba membantu pemerintah dengan cara menarik investasi dari rekan-rekannya di luar negeri, seperti dari Amerika, Jepang, Tiongkok, dan lainnya. Serta berupaya membantu pemerintah dalam meningkatkan investasi.

Kadin Kepri juga mengaku mendukung kebijakan pemerintah pusat yang akan menyatukan kawasan FTZ Batam, Bintan, dan Karimun (BBK). Pemilik salah satu kawasan industri di Batam ini juga memberikan saran mengenai penataan ketiga kawasan FTZ tersebut.

"Dan merebaknya Virus Corona, ternyata juga mendatangkan keuntungan tersendiri bagi Provinsi Kepri. Mengingat, investor pasti tidak lagi mau mengambil risiko untuk menanam investasinya di satu negara saja. Karena dengan wabah ini, kelanjutan usahanya pasti terhambat," paparnya.

Dukungan Kadin Pusat

Ketua Umum PRSI, Anindya Novyan Bakrie, mengaku pihaknya sudah menyiapkan strategi matang untuk mengakhiri panceklik 25 tahun tanpa medali dari cabang olahraga akuatik di Asian Games. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)
Ketua Umum PRSI, Anindya Novyan Bakrie, mengaku pihaknya sudah menyiapkan strategi matang untuk mengakhiri panceklik 25 tahun tanpa medali dari cabang olahraga akuatik di Asian Games. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Bidang Organisasi Keanggotaan dan Pemberdayaan Daerah, Anindya Bakrie dalam sambutannya menyambut baik rencana peningkatan pertumbuhan ekonomi 7 persen yang dilakukan oleh Kadin Kepri. Mengingat, apa yang dilakukan tersebut secara tidak langsung juga mendongrak angka pertumbuhan ekonomi nasional nantinya.

"Jika fokus pertumbuhan ekonomi Kepri bisa melebihi dari target 7 persen, tentunya hal ini akan memberikan dampak positif juga pada pertumbuhan ekonomi di tingkat nasional. Jadi saya sangat mendukung dan mengapresiasikan apa yang sudah dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Kepri ini," terangnya.

Di Wilayah Provinsi Kepri merupakan suatu daerah yang memiliki berkah yang sangat luar biasa. Letaknya yang sangat strategis, tentunya memiliki nilai lebih. Tidak hanya untuk pengembangan Industri saja, akan tetapi juga bisa dikembangkan menjadi kawasan pariwisata.

"Jadi, marilah sama-sama kita membangun Provinsi Kepri, sehingga apa yang kita lakukan secara langsung akan mendatangkan nilai positif juga bagi Kepri. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Ketua Umum Kadin Kepri yang baru saja dilantik secara aklamasi ini," terangnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: WNI di Natuna Miulai Kuliah Secara Online

Posted: 05 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa WNI yang baru pulang dari China di Natuna mulai kuliah secara online. Setiap hari petugas memantau kondisi kesehatan mereka, mereka juga diberi fasilitas internet untuk berkomunikasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lama Tak Muncul, Ini 7 Potret Terbaru Jebe & Petty X Factor

Posted: 05 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu penggemar ajang pencarian bakat, tentu masih ingat kompetisi X Factor. Setiap peserta ajang pencarian bakat ini selalu menarik untuk dikulik. Seperti juara pertama X Factor season 2, Petty dan Jebe.

Kedua wanita cantik ini, Donna Michelle Jessica Bennette atau yang akrab disapa Jebe dan Patrecia Sarah laresa, Petty ini mulai dikenal setalah mengikuti ajang pencarian bakat. Duo ini pun berhasil menjadi juara dalam ajang X Factor musim kedua. Nama Jebe & Petty pun semakin dikenal setelah mengeluarkan single Di Dekatmu pada 2017 lalu.

Duo cantik ini juga pernah berduet dengan Mulan Jameela dengan mengeluarkan lagu berjudul Bye Bye Boy pada 2018 lalu. Penampilan Jebe & Petty ini pun langsung jadi sorotan. Pasalnya, Petty berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 20 kg dalam 3 bulan pada 2017 lalu.

Duo Jebe & Petty sendiri saat ini sudah mulai jarang muncul di layar kaca. Meski begitu wanita keduanya masih aktif mengunggah berbagai kegiatannya di akun Instagram masing-masing.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (6/2/2020) berikut ini beberapa potret terbaru Jebe & Petty X Factor yang makin memesona.

1. Penampilan Jebe & Petty pun terlihat cukup berbeda dibandingkan sebelumnya.

Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)
Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)

2. Keduanya pun tampil cukup stylish saat tengah berpergian.

Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)
Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)

3. Begini gaya Jebe saat tengah nonton konser dan Petty yang semakin stylish.

Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)
Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)

4. Kini keduanya pun cukup jarang mengunggah foto bersama.

Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)
Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)

5. Tak sedikit pula netizen yang cukup menantikan aksi keduanya di atas panggung lagi.

Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)
Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)

6. Sama-sama blasteran, gaya bicara keduanya pun memiliki aksen yang cukup unik.

Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)
Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)

7. Jika Jebe cukup sering tampil dengan gaya boyish, Petty lebih sering tampil girly.

Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)
Jebe & Petty (Sumber: Instagram/its.jebe/patrecianelson)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barbie Kumalasari Mantap Gugat Cerai Galih Ginanjar?

Posted: 05 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Akhir-akhir ini Barbie Kumalasari jarang sekali mendampingi suaminya, Galih Ginanjar, menghadapi persidangan. Keadaan ini pun memancing berbagai spekulasi.

Banyak yang menduga bahwa hubungan Barbie Kumalasari dan Galih Ginanjar sedang tidak harmonis. Terkait hal ini, artis kontroversial itu tidak menyangkal.

"Iya lagi enggak terlalu intens konunikasi kayak biasanya, karena ada sedikit hal yang lagi miss komunikasi," ucap Barbie Kumalasari di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

 

Ingin Gugat Cerai?

Galih Ginanjar dan Kumalasari [Foto: Instagram Kumalasari]
Galih Ginanjar dan Kumalasari [Foto: Instagram Kumalasari]

Bahkan sempat beredar rumor yang mengatakan bahwa Barbie Kumalasari segera menggugat cerai Galih Ginanjar. Benarkah?

 

Tenangkan Diri

Tak Ditemani Barbie Kumalasari, Ini 5 Potret Terbaru Galih Ginanjar saat Hadiri Sidang (sumber: KapanLagi.com/Budy Santoso)
Tak Ditemani Barbie Kumalasari, Ini 5 Potret Terbaru Galih Ginanjar saat Hadiri Sidang (sumber: KapanLagi.com/Budy Santoso)

"Kalau untuk sampai menggugat cerai sih masih belum ya, karena masih lebih cooling down dulu, mungkin setelah ini dia punya pemikiran yang jauh lebih baik lagi," tutur ibu satu anak tersebut.

 

Memahami Situasi

Artis Barbie Kumalasari ditemani suaminya Galih Ginanjar memberi keterangan saat ditemui di kawasan Tandean, Jakarta, Selasa (4/9). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Artis Barbie Kumalasari ditemani suaminya Galih Ginanjar memberi keterangan saat ditemui di kawasan Tandean, Jakarta, Selasa (4/9). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ya, Barbie Kumalasari sedang mencoba memahami situasi yang dihadapi oleh suaminya saat ini. Kehidupan penjara yang keras, tentu akan mempengaruhi psikis dan cara berpikir Galih Ginanjar.

 

Lingkungan Sekitar

Baik Galih ataupun Kumalasari, keduanya tidak malu-malu menunjukkan momen kebersamaannya. Dalam berbagai kesempatan Galih dan Kumalasari sering terlihat bersama. (Kapanlagi.com/Budy Santoso)
Baik Galih ataupun Kumalasari, keduanya tidak malu-malu menunjukkan momen kebersamaannya. Dalam berbagai kesempatan Galih dan Kumalasari sering terlihat bersama. (Kapanlagi.com/Budy Santoso)

"Karena mungkin pengaruh lingkungan juga kan, namanya orang di dalam sana enggak sesehat pemikiran kita ya, jadi psikologisnya juga kan ngedrop," ia menjelaskan.

"Belum lagi masukan dari lingkungan sekitarnya, jadi membuat dirinya jalan di tempat aja pemikirannya. Kalau aku pemikirannya sudah jauh kemana-mana," sambung Barbie Kumalasari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realme Ungkap Smartphone Flagship Anyar di MWC 2020?

Posted: 05 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona, Spanyol, pada 24 Februari hingga 27 Februari, Realme dikabarkan akan mengungkap tabir misteri sejumlah perangkat baru mereka.

Selain mengumumkan smart TV dan seri TWS terbaru, Realme disebut akan mengumumkan smartphone flagship terbarunya di MWC 2020.

Informasi terungkap lewat cuitan di akun Twitter Realme Eropa (@realmeeurope) yang bertuliskan di bawah ini:

Saat memasukkan koordinat yang ada di foto ke Google Maps, kamu akan dibawa langsung ke Fire de Barcelona, tempat acara tahunan MWC.

Hal menarik lainnya dari gambar di Twitter itu adalah kata-kata "1st global launch" atau "peluncuran global pertama"

Beberapa memprediksi, smartphone Realme berikutnya dirilis bersamaan di beberapa lokasi di dunia tidak hanya berfokus di negara-negara, seperti India atau Tiongkok.

 

Versi Upgrade Realme X50?

Sama seperti seri X2 dan X2 Pro, smartphone flagship milik perusahaan akan menjadi versi upgrade dari ponsel pintar 5G pertama perusahaan, yakni X50.

Diluncurkan bulan lalu, Realme X50 5G menawarkan LCD 6,57 inci dengan refresh rate 120Hz.

Yang membedakan smartphone ini dari seri flagship lainnya adalah tentang spesifikasi, yang hanya akan menggunakan Snapdragon 765G.

Spesifikasi Realme C3 Sudah Terungkap

Sebelumnya, Realme C3 dipastikan akan meluncur pada 6 Februari 2020, di India. Dikutip dari GSM Arena, Jumat (31/1/2020), Realme C3 dipersenjatai dengan Helio G70. Ada dua opsi memori, yakni RAM 3GB/ROM 32GB dan RAM 4GB/ROM 64GB.

Memiliki layar 6,5 inci, smartphone ini mengusung desain notch waterdrop. Layar Realme C3 sudah dibekali dengan Gorilla Glass, tapi belum diungkap lebih lanjut tipe yang digunakan.

Beralih ke sektor fotografi, Realme C3 memiliki dua kamera belakang yang masing-masing beresolusi 12MP dan 2MP. Sebagai penunjang performanya, perangkat ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000mAh.

Berbekal kapasitas itu, Realme menyebut smartphone ini mampu bertahan dalam kondisi standby selama 30 hari. Selain itu, untuk bermain gim PUBG Mobile, perangkat ini disebut mampu bertahan hingga 10 jam.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apartemen Rp 200 Juta Mengusung Filosofi Jepang Hadir di Bekasi

Posted: 05 Feb 2020 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta The MAJ Group berkolaborasi dengan perusahaan asal Jepang, Leopalace21, dan juga PT Central Graha Sejahtera sebagai pemilik lahan, menghadirkan hunian apartemen The MAJ Residences Bekasi Barat. 

Apartemen ini mengusung filosofi Jepang dengan harga Rp 200 juta-an, yang berlokasi di Jalan Kemakmuran 65, Marga Jaya Bekasi, Bekasi Barat.

The MAJ Residences Bekasi Barat dirancang dengan tujuan membuat hunian berkualitas yang dapat diakses oleh lebih banyak orang.

President Director The MAJ Residences Bekasi Barat Juanto Salim mengatakan, The MAJ Residences Bekasi Barat dirancang dengan tujuan membuat hunian berkualitas yang dapat diakses oleh lebih banyak orang, terutama generasi milenial.

"Para milenial selalu mencari tempat dimana mereka dapat menemukan makna, maka kami menawarkan hunian yang sarat dengan sense of community, The MAJ Residences Bekasi Barat jawabannya" ujar Juanto dalam keterangan tertulis, Kamis (6/2/2020).

 

Fasilitas yang beragam dan dirancang untuk memanjakan generasi milenial di antaranya, Zen Garden, Game Room, Olympic-size Swimming Pool, Sky Lounge, Co-working Space, Sky Garden Space, Children Playground, Gym, Jogging Track dan masih banyak fasilitas pendukung lainnya termasuk O2O Kiosks.

Pembangunan apartemen akan dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama akan dibangun 1668 unit, dengan 4 pilihan tipe unit antara lain, STUDIO A (20,42 m2), STUDIO B (24,13 m2), 2 BEDROOM C (32,49 m2), serta 2 BEDROOM D (38,67 m2).

The MAJ Residences Bekasi Barat dipasarkan dengan harga perdana hanya Rp 10 juta per m2. Ini merupakan penawaran harga yang menarik bila melihat kisaran harga rata-rata apartemen di Bekasi yang sudah mencapai Rp 25 juta per m2.

Berlokasi di pusat kota Bekasi dan dekat dengan pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat pendidikan, serta pusat pemerintahan membuat The MAJ Residences Bekasi Barat menjadi pilihan kaum suburban untuk bertempat tinggal.

Tidak hanya itu, The MAJ Residences Bekasi Barat juga menawarkan kemudahan akses transportasi, hanya memakan waktu sekitar 5 menit untuk menuju Stasiun KRL Bekasi dan ke Halte Busway Summarecon. Serta sekitar 1 km ke Gerbang Tol Jakarta-Cikampek Bekasi Barat dan 3,5 km ke Gerbang Tol Becakayu Jakasampurna.

Selain itu, hadirnya kereta bandara, jalur rel dwiganda (DDT) Manggarai-Bekasi (2021) dan LRT Jabodebek (2021) akan membuat mobilitas dari dan ke Bekasi semakin cepat.

Untuk Investasi yang Menjanjikan

The Maj Residences
The Maj Residences

Berbicara tentang hunian khususnya apartemen memang tidak luput dari kata investasi. Pasalnya, tidak hanya untuk ditinggali, banyak orang juga menjadikan apartemen sebagai instrumen investasi.

The MAJ Residences Bekasi Barat menawarkan potensi Return on Investment (ROI) minimal sebesar min 15 persen. Nilai investasi di The MAJ Residences Bekasi Barat lebih baik bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Apalagi seperti yang kita ketahui, harga hunian semakin lama akan terus merangkak naik.

Saat ini, untuk sewa apartemen di Bekasi Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar 3 juta rupiah per bulannya, namun di The MAJ Residences Bekasi Barat dengan hanya 2 jutaan per bulannya Anda sudah bisa punya unit apartemen sendiri.

Dengan harga yang tak tertandingi, menjadikan The MAJ Residences Bekasi Barat pilihan investasi favorit kaum milenial untuk dijadikan tempat tinggal. Keuntungan nilai jual masa depan dan keuntungan harga sewa juga dapat diprediksikan akan meningkat signifikan.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kekerasan Terhadap Rohingya Jadi Fokus Penyelidikan Mahkamah Pidana Internasional

Posted: 05 Feb 2020 09:26 PM PST

Liputan6.com, Dhaka - Sebuah tim dari Kantor Penuntut Mahkamah Pidana Internasional (International Criminal Court/ ICC) berada di Bangladesh untuk mulai memetakan sebuah penyelidikan atas kejahatan kemanusiaan terhadap warga Rohingya dari Myanmar.

"Kami berusaha mencari kebenaran. Kami berusaha menemukan mereka yang bertanggung jawab atas kejahatan ini," kata Phakiso Mochochoko, yang memimpin divisi yurisdiksi di Mahkamah kepada VOA dalam wawancara telepon. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (5/2/2020). 

Dia memimpin sebuah tim untuk melakukan serangkaian pertemuan dengan pejabat Bangladesh di Dhaka, dan juga dengan para pengungsi di Cox Bazar. Lebih dari 700 ribu warga Muslim Rohingya melarikan diri dari negara bagian Rakhine di Myanmar setelah terjadi penumpasan oleh militer pada Agustus 2017.

Pada November tahun lalu, ICC memberikan otorisasi bagi penyelidikan terhadap perkosaan, pembunuhan, dan pembakaran desa-desa Rohingya.

Myanmar menolak keputusan ICC untuk melakukan penyelidikan.

Penyelidikan seperti itu "tidak sesuai dengan hukum internasional," kata Zaw Htay, juru bicara pemerintah Myanmar. 

Situasi Saat Ini

Sekitar 200.000 Rohingya berunjuk rasa di kamp pengungsian Bangladesh memperingati 'Hari Genosida'. (AFP)
Sekitar 200.000 Rohingya berunjuk rasa di kamp pengungsian Bangladesh memperingati 'Hari Genosida'. (AFP)

Situasi terkini dari para pengungsi yang berada di Rohingya, banyak dari mereka yang mengidap penyakit HIV. 

Virus HIV dan penyakit menular seksual lainnya mewabah di kamp pengungsian Rohingya, Bangladesh. Pemerintah Bangladesh melaporkan, 395 warga Rohingya yang hidup di Cox's Bazar tercatat mengidap penyakit mematikan tersebut.

Pada 2019 saja sudah sebanyak 105 kasus yang terdaftar. Pemerhati kesehatan memperkirakan, jumlah pengidap infeksi yang sesungguhnya jauh lebih tinggi lagi.

Selengkapnya di sini...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gusdurian Surabaya Dukung Fandi Utomo Maju Pilkada Surabaya

Posted: 05 Feb 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komunitas pengagum pemikiran K.H. Abdurahman Wahid (Gus Dur) atau dikenal Gusdurian menyatakan siap mensukseskan Fandi Utomo sebagai bakal calon wali kota Surabaya di Pilkada Surabaya 2020.

Ketua Gerakan Masyarakat Penyambung Perjuangan Gusdur (Gempur) Kota Surabaya Sodikin, mengatakan kesepakatan mendukung Fandi Utomo maju Pilkada Surabaya 2020 atas pertimbangan yang matang.

"Pada saat kita musyawarah pengurus, teman-teman sepakat mendukung bapak Fandi Utomo maju di Pilkada Surabaya," ujarnya di Surabaya, seperti dikutip dari Antara, Rabu (4/2/2020).

Sodikin menjelaskan permintaan itu sangat berdasar, dikarenakan Fandi Utomo sebagai tokoh nasional sangat merakyat dan kepeduliannya terhadap rakyat sangat tinggi. Hal itu ditunjukkan dengan apa yang sudah dilakukannya terhadap warga Surabaya.

"Orangnya selalu ingin bantu orang yang membutuhkan," ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, Fandi utomo juga bisa mengayomi semua elemen masyarakat. Bahkan, beberapa kali kegiatan Gempur selalu ada campur tangan Fandi Utomo.

"Bapak Fandi sangat peduli sekali dengan ormas," katanya.

Sodikin menegaskan Fandi Utomo merupakan sosok tokoh yang pintar, cerdas, dan cekatan dalam merancang konsep, sehingga Surabaya sangat membutuhkan sosok Fandi Utomo untuk menjadi pemimpin ke depan.

Dukungan

Sodikin berjanji Gempur akan sepenuhnya mengawal Fandi Utomo maju sebagai bakal calon wali kota Surabaya. Untuk itu, lanjut dia, pihaknya siap mendukung penuh dan menggerakkan Gusdurian Surabaya.

"Bapak Fandi sangat peduli pada rakyat bawah, sehingga beliau sangat layak memimpin Surabaya. Gusdurian di Surabaya mencapai ribuan, dan semua siap bergerak mendukung Fandi Utomo," katanya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada yang Bikin Baper di Konser LIDA 2020 Top 70

Posted: 05 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selain penonton, dewan juri LIDA 2020 seringkali terpancing emosi haru dan bahkan terbawa baper saat menyaksikan penampilan para duta dari 34 propinsi. Seperti pada episode LIDA 2020 Top 70 Grup 6 Putih, Selasa (4/2/2020) malam, para juri milenial berkualitas" Fildan DA, Lesty DA, Wenny DA dan Reza DA dibuat terpana dan memerikan standy ovation.

Itu terjadi saat Agung, duta provinsi Bengkulu tampil di konser LIDA 2020 malam itu. Penghayatan lagu "Putus Cinta" yang diberikan Agung menuai tiga standing ovation. "Penampilan kamu sempurna, cengkoknya, penghayatannya, aku mau nunggu penampilan kamu yang selanjutnya" ungkap Weni DA, salah satu juri.

Selain itu yang juga mencuri perhatian adalah Bella (Jawa Tengah) saat membawakan lagu "Pacar Dunia Akhirat". Balutan gaun pink putih tidak hanya memikat pandangan Dewan Juri, karena tarikan suara Bella juga mampu menarik hati. "Suara remaja kamu membuat kita menjadi terbawa suasana" puji Fildan DA, juri yang lain.

Pujian bertubi-tubi diarahkan ke beberapa peserta. Tapi, ada juga yang membuat juri LIDA 2020 agak kecewa. Bagaimana?

 

Kritik

Konser LIDA 2020 Top 70 Grup 6 Putih, Selasa (4/2/2020) malam di studio Emtek City, Jakarta Barat
Konser LIDA 2020 Top 70 Grup 6 Putih, Selasa (4/2/2020) malam di studio Emtek City, Jakarta Barat

Lain halnya yang terjadi pada Dea. Duta provinsi Kalimantan Timur ini tampil membuka kompetisi dengan lagu "Kau Tetap Misteri" yang sebelumnya dipopulerkan Rita Sugiarto. Semua Dewan Juri sepakat teknik bernyanyi Dea bagus.

Namun tetap saja penampilan tersebut dirasa kurang maksimal jauh dari potensi yang sebenarnya dimiliki gadis asal Samarainda. "Kamu belum sepenuh hati membawakan lagunya, kritik Reza DA". Aksinya semalam menjadi penampilan terakhirnya di Panggung LIDA 2020 karena perolehan polling menempatkannya di posisi terendah.

Nia (Sulawesi Selatan) pun tidak mau kehilangan momen untuk juga mengambil perhatian Dewan Juri. Lagu "Kabut Biru" yang disuguhkannya juga berhasil mendapatkan 3 standing ovation dari Dewan Juri. Bukan hanya suaranya, Reza DA pun dibuat terpesona oleh wajahnya yang cantik rupawan. Senada dengan Reza DA, Weni DA pun mengungkapkan hal yang sama "Kamu cantik sekali malam ini, aku suka penampilan kamu malam ini, paket lengkap" pujinya. 

Memuji

Konser LIDA 2020 Top 70 Grup 6 Putih, Selasa (4/2/2020) malam di studio Emtek City, Jakarta Barat
Konser LIDA 2020 Top 70 Grup 6 Putih, Selasa (4/2/2020) malam di studio Emtek City, Jakarta Barat

Kemegahan panggung LIDA 2020 semalam terasa sangat istimewa dengan kehadiran Hj. Siti Nurazizah yang merupakan putri dari Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin. Dukungan langsung tokoh Banten ini seolah menjadi amunisi buat Arifin (Banten) tampil memukau dan sukses meraih 3 standing ovation dari Dewan Juri lewat Lagu "Benang Biru" .

Juara D'Star Fildan yang juga duduk di kursi Dewan Juri memuji penampilan Arifin malam tadi, "Suara kamu itu bagus dan memiliki power, cengkok kamu tidak berlebih tetapi tetap merdu".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Franda dengan Rambut Baru, Dipotong Sebahu

Posted: 05 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Efranda Stefanus atau yang lebih dikenal Franda merupakan artis sekaligus presenter Tanah Air. Namun, sejak menikah dengan Samuel Zylgwyn wanita asal Malang, Jawa Timur ini mengurangi kegiatannya di dunia hiburan. Ia memilih fokus menjadi istri dan mengurus buah hatinya. Meski sudah menjadi ibu rumah tangga biasa, penampilan Franda semakin memesona.

Franda dikenal sebagai wanita yang identik dengan rambut panjangnya. Namun baru-baru ini ia tampil berbeda dengan memotong rambut panjangnya menjadi sebahu. Awalnya istri Samuel Zylgwyn ini kebingungan memilih gaya potongan rambut.Kemudian banyak orang yang menyarankan Franda untuk menyumbangkan rambut panjangnya untuk penderita kanker.

Akhirnya ibu satu anak ini memotong rambutnya minimal 30 cm agar bisa disumbangkan. Melalui postingan di Instagram, Franda meminta informasi pada netizen ke mana ia harus sumbangkan rambutnya itu. Meski kini berambut pendek, penampilannya tetap mencuri perhatian. Berikut beberapa potret gaya rambut terbaru Franda dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (6/2/2020).

1. Identik dengan rambut panjang, Franda kini tampil memesona dengan rambut pendek.

Franda (Sumber: Instagram/@frandaaa87)
Franda (Sumber: Instagram/@frandaaa87)

2. Tak sekedar memotong, Franda ingin menyumbangkan rambutnya ke penderita kanker.

Franda (Sumber: Instagram/@frandaaa87)
Franda (Sumber: Instagram/@frandaaa87)

3. Potret Franda dan buah hati, kompak dengan pose yang sama. Baby Zylvechia Ecclesie Heckenbucker terlihat menggemaskan.

Franda (Sumber: Instagram/@marialynch94)
Franda (Sumber: Instagram/@marialynch94)

4. Dengan gaya rambut pendeknya, Franda banjir pujian dari warganet.

Franda (Sumber: YouTube/Samuel Franda VLOG)
Franda (Sumber: YouTube/Samuel Franda VLOG)

5. Kini penampilan ibu satu anak ini semakin cantik dan memesona.

Franda (Sumber: YouTube/Samuel Franda VLOG)
Franda (Sumber: YouTube/Samuel Franda VLOG)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNI Siap Gelontorkan KUR Sebesar Rp 22 Triliun di 2020

Posted: 05 Feb 2020 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) memastikan terus konsisten melakukan perencanaan, strategi inisiasi, eksekusi, monitoring, evaluasi dan perbaikan terhadap program penyaluran KUR dari tahun ke tahun untuk memastikan manfaat dari kredit tersebut. Adapun plafon KUR BNI pada 2020 dengan skema bunga 6 persen adalah sebesar Rp 22 triliun.

Direktur Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah dan Jaringan BNI Tambok P Setyawati menuturkan, pihaknya terus berinovasi dalam menyalurkan KUR mulai dari penyaluran berbasis klaster, penetrasi pasar orange zone di sekitar outlet BNI, value chain financing mitra usaha dari debitur korporasi (baik pada komoditas pertanian, perikanan dan perdagangan).

Kemudian mengembangkan program pemerintah berupa KUR Tani, bersinergi dengan mitra startup, meningkatkan kualitas dan ketepatan pola penyaluran secara one on one serta mengembangkan kemudahan akses pembiayaan KUR melalui digital.

"Inovasi-inovasi tersebut mengantarkan BNI dinobatkan sebagai Penyalur KUR Terbaik 1 pada 2019 lalu dari Kementerian Koordinator Perekonomian RI," ujar Tambok.

Pemimpin Divisi Bisnis Usaha Kecil-2 BNI Bambang Setyatmojo mengatakan bahwa ekspansif KUR BNI terlihat cukup agresif.

Pada 2018, target awal KUR BNI adalah sebesar Rp 13 triliun. Dalam perjalanannya penyaluran KUR BNI telah mencapai target pada September 2018, sehingga BNI mendapatkan tambahan alokasi plafond KUR sebesar Rp 3 triliun. Total realisasi penyaluran KUR BNI pada akhir 2018 mencapai Rp15,989 triliun kepada 185.223 debitur.

"Dengan konsisten melakukan inovasi, sinergi dan makin menghadirkan pendampingan," kata dia.

Dia mengungkapkan, pada 2019, BNI mendapat plafond KUR sebesar Rp 16 triliun dan target sudah tercapai pada bulan September 2019.

Lalu, pada Oktober lalu, kami mendapatkan tambahan plafond KUR sebesar Rp 2 triliun. Hingga akhir 2019, BNI berhasil mencatatkan penyaluran KUR sebesar Rp 17,7 triliun kepada 241.306 debitur. 

 

Majukan UKM

Pekerja menyelesaikan produksi kulit lumpia di rumah industri Rusun Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Penyediaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga rendah diharapkan dapat menjadi peluang bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan daya saing. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Pekerja menyelesaikan produksi kulit lumpia di rumah industri Rusun Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Penyediaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga rendah diharapkan dapat menjadi peluang bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan daya saing. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Aspek permodalan memang menjadi masalah klasik pada pengembangan UMKM. Padahal, secara prospek sebenarnya banyak UMKM memiliki usaha yang layak untuk diberikan akses perbankan (feasible).

Namun di sisi lain, UMKM belum memiliki banyak kesempatan untuk mengakses perbankan apabila dibandingkan dengan sektor usaha korporasi.

Peran strategis BNI dalam pelaksanaan pembangunan nasional, salah satunya adalah memberikan manfaat nyata kepada masyarakat yang sebelumnya tidak mendapatkan akses literasi keuangan menjadi bankable dan kesejahteraan lebih merata dengan dukungan permodalan yang murah dan cepat melalui pola klaster serta menghadirkan pendampingan sehingga monitoring usaha debitur KUR mudah dilakukan dan akses pendampingan dan bantuan lebuh dapat dimaksimalkan.

Pola pembiayaan yang diberikan kepada UMKM dikelompokkan atas dasar tiga kondisi kemampuan usaha.

Pertama, UMKM yang potensial feasible namun belum bankable, pola pembiayaan diberikan melalui skema kemitraan.

Kedua, UMKM yang telah feasible namun belum bankable, pola pembiayaan diberikan dalam bentuk skema subsidi atau pinjaman dengan subsidi bunga oleh pemerintah lainnya. Ketiga, UMKM yang feasible dan bankable, diberikan fasilitas kredit komersil segmen kecil.

Harapannya adalah, selain BNI mampu memberi akses permodalan KUR yang lebih mudah dan familiar bagi pelaku UMKM, juga dapat memberi kebermanfaatan bagi peningkatan usaha serta kesejahteraan bagi UMKM Indonesia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hal Terkait Banjir Tangerang yang Belum Kunjung Surut

Posted: 05 Feb 2020 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banjir melanda kawasan Kecamatan Periuk, Kota Tangerang sejak Senin, 3 Februari 2020. Banjir tersebut terjadi akibat luapan Kali Ledug.

Akibat banjir, ribuan warga pun mengungsi. Petugas gabungan dari BPBD, Tim Tagana, Satpol PP, sejak Senin malam itu melakukan evakuasi gencar-gencaran dan menyisir tiap rumah warga yang terendam 150 hingga 250 cm.

Saat ini, sebagian mereka mengungsi di GOR Total Persada. Ribuan warga itu mengeluhkan ketercukupan air bersih untuk sekedar MCK atau mencuci botol susu anak.

Meski sudah hampir seminggu, banjir belum juga surut. Hal itu lantaran aliran air yang berada di bawah jembatan Jalan Raya Kutabumi melamban.

Kecepatan air mengalir lamban lantaran terhalang jembatan yang tanahnya berada di wilayah Kabupaten Tangerang.

Berikut 5 hal tentang banjir di kawasan Kecamatan Periuk, Kota Tangerang dihimpun Liputan6.com:

 

Ribuan Warga Mengungsi

Warga Tangerang mengungsi karena banjir, Senin (3/2/2020) (Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)
Warga Tangerang mengungsi karena banjir, Senin (3/2/2020) (Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)

Ribuan warga di kawasan Kecamatan Periuk, Kota Tangerang diungsikan ke puluhan titik tempat pengungsian lantaran ketinggian air banjir mencapai 2,5 meter.

Petugas gabungan dari BPBD, Tim Tagana, Satpol PP, sejak Senin malam 3 Februari 2020 melakukan evakuasi gencar-gencaran, dan menyisir tiap rumah warga yang terendam 150 hingga 250 cm, akibat luapan Kali Ledug.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin bersama sejumlah kepala OPD Pemkot Tangerang, meninjau langsung kawasan perumahan yang terdampak banjir tersebut.

"Usahakan agar masyarakat bisa dievakuasi karena air sudah tinggi dan kemungkinan masih akan turun hujan," ujarnya kepada petugas gabungan yang membantu proses evakuasi warga di perumahan Periuk Damai RW. 08, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Senin malam 3 Februari 2020.

Pemerintah Kota Tangerang juga telah menurunkan sejumlah petugas gabungan yang terdiri dari petugas Dishub, Satpol PP, BPBD, Dinas PUPR, serta bantuan dari TNI guna membantu proses evakuasi serta pengamanan di sekitar lokasi terdampak banjir.

"Sebagai langkah preventif, Pemkot memutus sementara aliran listrik di lokasi-lokasi yang saat ini sedang tergenang banjir, supaya lebih aman dan tidak ada korban akibat aliran listrik," kata Wakil Wali Kota Tangerang ini.

Ketinggian air yang menggenangi perumahan Periuk Damai mencapai 250 cm. Dampaknya, sebanyak 1.116 jiwa mengungsi di Masjid Al Jihad yang juga berada di perumahan tersebut. Warga juga ada yang mengungsi di gor RW yang berdekatan dengan masjid tersebut.

 

Banjir Akibat Tanggul Jebol

Warga mengevakuasi barang-barangnya saat banjir melanda Perumahan Total Persada, Periuk, Kota Tangerang, Selasa (4/2/2020). Banjir akibat tanggul kali Ledug jebol membuat ratusan rumah di Total Persada terendam banjir hingga mencapai 3,5 meter. (merdeka.com/Arie Basuki)
Warga mengevakuasi barang-barangnya saat banjir melanda Perumahan Total Persada, Periuk, Kota Tangerang, Selasa (4/2/2020). Banjir akibat tanggul kali Ledug jebol membuat ratusan rumah di Total Persada terendam banjir hingga mencapai 3,5 meter. (merdeka.com/Arie Basuki)

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang akan segera menanggulangi tanggul yang jebol di Perumahan Total Persada dan Periuk Damai, Kota Tangerang yang membuat dua perumahan tersebut terendam 2 sampai 3,5 meter.

Namun, hal tersebut akan dilakukan setelah banjir sudah surut. Sebab, saat ini posisi tanggul sudah terendam luapan air Kali Ledug.

"Saat ini fokus sama evakuasi dulu, setelah surut baru perbaikan, supaya lebih mudah. Kita juga ada pompa air supaya air surut lebih cepat," ujar Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang, Taufik Syahzeni.

Taufik menjelaskan, bila di perumahan Periuk Damai yang jebol adalah turab. Sementara di Total Persada yang jebol adalah tanggung, yang memisahkan ratusan rumah warga dengan aliran Kali Ledug.

Hujan yang mengguyur wilayah kota Tangerang sejak kemarin, Senin, 3 Februari 2020 membuat volume air di Kali Ledug melebihi kapasitas, hingga membuat pemisah tersebut jebol dan mengakibatkan rumah warga terendam air.

Taufik juga menjelaskan, posisi kali tersebut berada di atas pemukiman warga. Wilayah tersebut juga memiliki ketinggian dataran yang berbeda-beda. Sehingga, wilayah yang paling rendah terdampak banjir paling parah, bahkan hingga mencapai ketinggian lebih dari 1 meter.

"Jadi posisi rumah warga, terutama yang di RT 08 ada di bawah kali. Sehingga terdampak paling parah. Yang rumahnya di dataran lebih tinggi juga ikut kena karena luapan airnya besar sekali," tuturnya.

 

Kendala Banjir Susah Surut

Kepolisian melakukan patroli menggunakan perahu karet ke lokasi banjir di Kota Tangerang, Selasa (4/2/2020). (Pramita Tristiawati/Liputan6.com)
Kepolisian melakukan patroli menggunakan perahu karet ke lokasi banjir di Kota Tangerang, Selasa (4/2/2020). (Pramita Tristiawati/Liputan6.com)

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah ungkap kendala dalam penanganan luapan Kali Ledug dan anak sungai lain yang terhubung, sehingga menyebabkan banjir yang menggenangi ratusan rumah warga di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, hingga saat ini masih tinggi.

"Kemarin siang itu, informasi dari Kabid OP Balai Besar Sungai Ciliwung-Cisadane, arus air di bawah jembatan Jalan Raya Kutabumi kecepatan aliran airnya melamban, 0.5 meter/detik," kata Arief, Kamis (6/2/2020) pagi.

Lalu setelah jembatan, kecepatan aliran airnya langsung mengarah ke angka 1.15 meter/detik. Sehingga ada kelambatan sekitar 0,5 meter/detik di bawah jembatan tersebut.

Petugas pun memyimpulkan, aliran air melamban lantaran terhalang jembatan yang ranahnya berada di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Untuk itu, kami segera tindaklanjuti temuan ini dengan pihak terkait, agar hambatan ini bisa diatasi," kata Wali Kota Arief.

Dia juga mengusulkan kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, agar Sungai Cirarab yang melintas di wilayah Kecamatan Periuk dapat segera dinormalisasi.

"Sebelumnya kita sudah ajukan rencana normalisasi sungai," terang Arief.

Pengajuan tersebut bukan tanpa alasan mengingat kapasitas Sungai Cirarab dirasa kurang memadai saat menerima kiriman air dari hulu, terlebih di saat memasuki musim penghujan sehingga membutuhkan penanganan lebih lanjut.

"Seperti sekarang akhirnya air limpas ke perumahan. Padahal sudah ada turap yang dibangun di sepanjang wilayah Kecamatan Periuk," kata Arief.

 

Pompa Mulai Sedot Air Banjir

12 Pompa Satelit Mulai Dioperasikan di Tangerang untuk Sedot Banjir (Liputan6/Pramitha)
12 Pompa Satelit Mulai Dioperasikan di Tangerang untuk Sedot Banjir (Liputan6/Pramitha)

Banjir mulai surut, 12 pompa satelit yang berada di tanggul Kali Ledug mulai dioperasikan untuk menyedot volume air banjir di sejumlah pemukiman warga.

"Sudah dari kemarin pagi dioperasikan. Karena aliran kali disekitar Situ Bulakan sudah mulai surut, jadi kita maksimalkan pompa-pompa yang ada," tutur Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Kamis (6/2/2020).

Menurutnya, ada 6 pompa yang sudah dioperasikan di Pintu Kali Ledug. Lalu 3 lainnya di kali di sekitar Situ Bulakan, sisanya ditambah dari pengoperasian 2 unit mobil pompa.

"Kita optimis bisa maksimal, buktinya dari kemarin itu sudah mulai surut. Begitu juga hari ini, kita usahakan semaksimal mungkin," ujar Arief.

Sementara, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang telah mengerahkan petugas yang mengoperasionalkan pompa air di pintu air 5 dan pintu air 3 Situ Bulakan yang berada di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Kepala Bidang Tata Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang Fachri Wahyudi mengatakan, Dinas PUPR sudah mengerahkan petugas khusus untuk mengoperasionalkan pompa air.

"Kalau untuk yang standby di pompa air ada 12 petugas yang kami kerahkan, mereka tidak pulang, mereka siaga kalau ada kenaikan dan penurunan debit air," katanya.

Selain itu, Fachri menjelaskan di pintu air 3 Mutiara Pluit, Pemkot Tangerang melalui Dinas PUPR menyediakan 3 pompa air berkapasitas 700 liter, 500 liter dan 300 liter/detik.

 

Keluhan Warga

Warga menggunakan perahu karet melintasi banjir yang melanda Perumahan Total Persada, Periuk, Kota Tangerang, Selasa (4/2/2020). Banjir akibat tanggul kali Ledug jebol membuat ratusan rumah di Total Persada terendam banjir hingga mencapai 3,5 meter. (merdeka.com/Arie Basuki)
Warga menggunakan perahu karet melintasi banjir yang melanda Perumahan Total Persada, Periuk, Kota Tangerang, Selasa (4/2/2020). Banjir akibat tanggul kali Ledug jebol membuat ratusan rumah di Total Persada terendam banjir hingga mencapai 3,5 meter. (merdeka.com/Arie Basuki)

Ratusan rumah di Kecamatan Periuk Kota Tangerang masih terendam banjir hingga sepekan ini. Banjir sempat mencapai ketinggian hingga 3,5 meter. Ribuan warga yang terdampak pun mulai membutuhkan lebih banyak air bersih dan MCK yang memadai.

Seperti para pengungsi di GOR Total Persada, ribuan warganya mengeluhkan ketercukupan air bersih untuk sekedar MCK atau mencuci botol susu anak.

"Iya, kamar mandinya cuma dua. Orangnya banyak banget, jadi ya harus sabar-sabar," kata Lastri, salah seorang pengungsi, Rabu malam 5 Februari 2020.

Warga pun memanfaatkan air bersih dari sejumlah tempat fasilitas umum lain yang tidak ikut terendam banjir. Seperti Sekolah dasar, posyandu dan puskesmas yang berada di satu lokasi.

Aduan warga soal kebutuhan air bersih pun langsung dijawab oleh pemkot setempat. PDAM Tirta Benteng misalnya, yang langsung menyediakan toren di sejumlah titik.

"Kalau Total Persada baru 2 hari ini terendam banjir, sementara Garden City dan Periuk Damai sudah lebih dulu, jadi kita fokus di sana baru saat Total Persada juga ikut terdampak, kita kirim air bersih ke sini," tutur Humas PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ikhsan Sodikin.

Sampai saat ini, ada 11 titik toren dengan kapasitas 2.300 sampai 3.000 liter air bersih yang disediakan.

Untuk pengungsian di Total Persada disediakan 6 toren, di antaranya berada di GOR Total Persada tersedia 2 toren air bersih, sisanya ada di Masjid Al Jihad, lalu 2 titik lain di Perumahan Taman Elang.

"Jadi setiap ada laporan air toren habis, petugas langsung menuju lokasi dengan membawa mobil tangki air bersih. Kita isi ulang terus sampai musibah banjir ini selesai," ungkap Ikhsan.

Bukan hanya ketersediaan air bersih, kebutuhan MCK pun ditambah. Seperti ketersediaan MCK Portable yang disediakan Dinas Perkim di sejumlah titik pengungsian.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pemerintah terus memberikan bantuan kepada seluruh korban banjir yang mengungsi ke sejumlah posko yang telah disediakan.

"Kita akan bantu warga yang mengungsi baik dilakukan pengecekan kesehatan, pasokan makan hingga air bersih," ujar Arief.

Bukan hanya di Total Persada saja, hingga saat ini terdapat 4.900 jiwa yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Periuk.

Arief juga mengklaim, semua tim sudah dikerahkan, baik dari Pemerintah Kota Tangerang, Polri dan TNI untuk membantu korban banjir.

Bahkan bantuan dari Polda sebanyak tiga tim sudah bersiaga dengan perahu karetnya sejak Senin, 3 Februari 2020. Lalu TNI bersama ibu rumah tangga setempat yang tidak terdampak banjir, sudah bahu membahu memasak di Dapur Umum yang berdekatan dengan lokasi pengungsian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Infrastruktur 5 Kawasan Wisata Super Prioritas Telan Biaya Rp 5,2 Triliun

Posted: 05 Feb 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan dukungan infrastruktur untuk pengembangan 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas pada akhir 2020. Anggaran sebesar Rp 5.224 miliar (Rp 5,2 triliun) disiapkan untuk mendukung hal tersebut

"Tahun 2020 difokuskan 5 KSPN Prioritas, khususnya untuk infrastruktur harus selesai di akhir 2020 sehingga mulai tahun 2021 dapat menyentuh 5 KSPN lain," ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterantan tertulis, Kamis (6/2/2020).

Infrastruktur KSPN yang dibangun Kementerian PUPR mencakup konektivitas seperti penanganan jalan dan jembatan, bidang sumber daya air seperti pembangunan tampungan air dan infrastruktur pengendali banjir, bidang permukiman diantaranya penataan kawasan dan peningkatan kapasitas tempat pembuangan sampah, dan bidang perumahan meliputi pembangunan sarana hunian pendukung dengan total anggaran sekitar Rp 6 triliun.

Dukungan infrastruktur yang dikerjakan pada Tahun Anggaran 2020 beberapa diantaranya telah memasuki tahap lelang pada Desember 2019 dan diharapkan mulai konstruksi pada Februari 2020. Seperti penataan Kampung Ulos Hutaraja di KSPN Danau Toba senilai Rp 42,3 miliar.

Lalu ada peningkatan jalan dan trotoar di Jalan Soekarno Hatta Atas-Jalan Soekarno Bawah-Jalan Pede di KSPN Labuan Bajo dengan biaya Rp 181 miliar, dan penataan Kawasan Pantai Paal di KSPN Manado Bitung-Likupang dengan biaya Rp 96 miliar.

Jembatan Tano Ponggol

Foto udara yang diambil 4 April 2019 ini menunjukkan Danau Toba dari kawasan Sigapitan, Sumatera Utara. Danau terbesar di Asia Tenggara yang dikelilingi tujuh kabupaten di Sumatera Utara tersebut luasnya hampir dua kali ukuran Negara Singapura. (GOH CHAI HIN / AFP)
Foto udara yang diambil 4 April 2019 ini menunjukkan Danau Toba dari kawasan Sigapitan, Sumatera Utara. Danau terbesar di Asia Tenggara yang dikelilingi tujuh kabupaten di Sumatera Utara tersebut luasnya hampir dua kali ukuran Negara Singapura. (GOH CHAI HIN / AFP)

Penataan lain yang akan memasuki tahap lelang diantaranya penggantian Jembatan Tano Ponggol di KSPN Danau Toba sepanjang 450 meter pada Maret 2020, dan pengembangan Kawasan 3 Gili di KSPN Mandalika pada Juni 2020 dengan biaya Rp 70 miliar.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul," ungkap Menteri Basuki.

Dengan terbangunnya infrastruktur pendukung KSPN, Menteri Basuki mengatakan Indonesia dapat bersaing dengan negara lain melalui sektor pariwisata karena memiliki keunikan tersendiri. Di samping itu, melalui sektor pariwisata juga bisa lebih cepat dalam membuka lapangan kerja, menarik investasi, dan menciptakan peluang ekonomi lokal.

"Pembangunan kawasan pariwisata ini jawaban untuk memperkecil ketimpangan antar daerah. Pariwisata juga paling cepat meng-create lapangan pekerjaan dan murah," pungkas Menteri Basuki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Ibu Tiri di Sinetron, Ini 6 Potret Amanda Manopo yang Penuh Totalitas

Posted: 05 Feb 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Amanda Manopo namanya tidak asing lagi di dunia hiburan. Gadis 20 tahun ini namanya mulai dikenal sejak bermain dalam sinetron Mermaid In Love sebagai Ariel pada 2016 silam. Berkat kelihaiannya dalam bermain peran, kekasih Chris Laurent ini didapuk menjadi pemeran utama di sinetron 'Ratapan Ibu Tiri'. 

Berbeda dengan beberapa judul sinetron lainnya, di sini Amanda Manopo berperan sebagai Khanza, seorang ibu tiri yang mempunyai tiga orang anak. Ia beradu akting dengan artis senior Atalarik Syah, bahkan Amanda Manapo dan Atalarik Syah menjadi pasangan suami istri.

Dalam sinetron ini Amanda digambarkan sebagai ibu yang tersiksa dan terzalimi oleh anak-anak tirinya. Meski terpaut usia jauh dengan Atalarik namun chemsitry yang terjalin antara keduanya patut diacungi jempol. Amanda Manopo terlihat bermain dengan penuh totalitas.

Enggak heran, sinetron ini jadi digemari oleh masyarakat. Jadi penasaran kan gimana sosok Amanda Manopo saat berperan sebagai ibu tiri? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret Amanda Manopo saat berperan sebagai ibu tiri, Kamis (6/2/2020).

1. Berbeda dari sinetron sebelumnya, kali ini Amanda Manopo berperan sebagai istri dari Atalarik Syah.

Jadi Ibu Tiri di Sinetron, Ini 6 Potret Amanda Manopo yang Penuh Totalitas  (Sumber: Instagram//ariksyach/
Jadi Ibu Tiri di Sinetron, Ini 6 Potret Amanda Manopo yang Penuh Totalitas (Sumber: Instagram//ariksyach/

2. Gadis 20 tahun ini menjadi ibu tiri yang yang tersiksa dan terzalimi oleh anak tirinya.

Jadi Ibu Tiri di Sinetron, Ini 6 Potret Amanda Manopo yang Penuh Totalitas  (Sumber: Instagram//ariksyach/
Jadi Ibu Tiri di Sinetron, Ini 6 Potret Amanda Manopo yang Penuh Totalitas (Sumber: Instagram//ariksyach/

3. Ini dia akting Amanda manaopo saat berderai air mata, totalitas banget nih.

Jadi Ibu Tiri di Sinetron, Ini 6 Potret Amanda Manopo yang Penuh Totalitas  (Sumber: Instagram/
Jadi Ibu Tiri di Sinetron, Ini 6 Potret Amanda Manopo yang Penuh Totalitas (Sumber: Instagram/

4. Meski terpaut usia jauh, namun tak menjadi penghalang bagi Atalarik dan Amanda untuk menjalin chemstry yang apik.

Jadi Ibu Tiri di Sinetron, Ini 6 Potret Amanda Manopo yang Penuh Totalitas  (Sumber: Instagram//ariksyach/
Jadi Ibu Tiri di Sinetron, Ini 6 Potret Amanda Manopo yang Penuh Totalitas (Sumber: Instagram//ariksyach/

5. Potret Amanda Manopo saat break syuting. Cantik banget ya.

Jadi Ibu Tiri di Sinetron, Ini 6 Potret Amanda Manopo yang Penuh Totalitas  (Sumber: Instagram//amandamanopo/
Jadi Ibu Tiri di Sinetron, Ini 6 Potret Amanda Manopo yang Penuh Totalitas (Sumber: Instagram//amandamanopo/

6. Meski di sinetron tak akur, namun di luar lokasi syuting Amanda dan Helsi Herlinda akrab banget loh.

Jadi Ibu Tiri di Sinetron, Ini 6 Potret Amanda Manopo yang Penuh Totalitas  (Sumber: Instagram//helsi_herlinda
Jadi Ibu Tiri di Sinetron, Ini 6 Potret Amanda Manopo yang Penuh Totalitas (Sumber: Instagram//helsi_herlinda

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Karpet Merah Oscar 2020 Mulai Terbentang

Posted: 05 Feb 2020 09:10 PM PST

Kesibukan pekerja memasang karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)
Kesibukan pekerja memasang karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)

Kesibukan pekerja memasang karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)

Pandangan umum dari karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)
Pandangan umum dari karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)

Pandangan umum dari karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)

Kesibukan pekerja memasang karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)
W_OLPPEwv_gQadk=/673x379/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/3042901/original/060379500_1580965294-20200205-Pekerja-Pasang-Karpet-Merah-Piala-Oscar-AFP-3.jpg

Kesibukan pekerja memasang karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)

Kesibukan pekerja memasang karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)
Kesibukan pekerja memasang karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)

Kesibukan pekerja memasang karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)

Pandangan umum dari karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)
Pandangan umum dari karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)

Pandangan umum dari karpet merah ajang bergengsi Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Hollywood & Highland, Hollywood, California, pada Rabu (5/1/2020). Academy Awards ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 waktu setempat atau 10 Februari waktu Indonesia. (VALERIE MACON / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mercedes-Benz Putuskan Suntik Mati X-Class

Posted: 05 Feb 2020 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mercedes-Benz akhirnya memutuskan untuk menyuntik mati pikap X-Class. Alasan pabrikan asal Jerman itu menghentikan penjualan mobil pekerja keras berbasis Nissan Navara tersebut lantaran tidak terlalu laku.

Bila dihitung, eksistensi nomenklatur X berarti hanya bertahan tiga tahun. Tak aneh memang bila si model anyar ini menjadi korban keputusan Daimler untuk memangkas biaya.

Dikabarkan Mercedes selalu meninjau kembali portofolio secara berkala. Saat ini mereka memutuskan bahwa X-Class bakal dimatikan pada Mei. Pasalnya, divisi Van Mercedes tempat bernaung X-Class, mengalami kerugian sebanyak 2,4 miliar Euro pada 2019.

Padahal pernah ada rencana mempertahankan line up ini. Di kuartal pertama 2019, Mercedes berniat untuk memproduksi unit di Argentina. Namun ternyata kenyataan berkata lain. Ekspektasi pasar terhadap harga diyakini tidak memungkinkan bagi X-Class untuk dapat bersinar di Amerika Selatan.

Faktanya, ia tidak terlahir sebagai model orisinal Mercedes Benz. Mereka mengambil Nissan Navara dan membungkus ulang agar membawa identitas berkelas ala pabrikan asal Jerman. Lihat saja profil samping, persis sang saudara dari Jepang meski Mercedes terbukti sanggup membuatnya tampil lebih mewah di interior.

Pun dari segi harga, X-Class tidak dapat dibilang kompetitif. Dengan inti mendasar mobil pekerja, Nissan dapat ditebus lebih murah 16 ribu Euro di Jerman atau sekitar Rp 243 juta.

Banderol Renault Alaskan, juga mengenakan basis Navara, lebih murah 4 ribu Euro. Sebagai basis, harga dasar Mercedes dilabeli 48.790 Euro, sekitar Rp 742 jutaan. Memang ada keunikan selain kemewahan, yakni sokongan dapur pacu diesel V6 di varian X350d.

Dianggap Terlalu Mahal

Kendati begitu, mewah dan unik mungkin bukan jawaban di segmen mobil komersial pekerja keras. Posisinya tidak praktis untuk sebuah kendaraan peningkat gaya hidup.

Juga terlalu mahal di jajaran mobil komersial. Di samping itu, ia benar-benar terlihat bagai Nissan Navara. Tak mengherankan bila akhirnya tidak laku.

Terbukti dari data penjualan. Secara global, X-Class hanya pernah mencatatkan penjualan maksimum 16.700 unit per tahun di 2018. Kemudian menurun di 2019 dengan angka 15.300 unit – ia hanya menjalani siklus setahun penuh selama dua periode.

Kala membandingkan dengan Navara, Nissan menorehkan penjualan 66.000 unit di semester pertama 2019. Sangat jauh bukan?

Dalam line up global, X-Class hanyalah produk niche yang berkontribusi di kawasan Australia dan Afrika Selatan. Untuk saat ini Mercedes tetap memenuhi permintaan konsumen, dengan X350d menjadi varian yang masih ditawarkan.

Ia menggendong unit V6 diesel 3.0 liter dengan gelontoran tenaga 258 PS berikut daya puntiran besar 550 Nm. Sementara varian berkode X250d dan X220d sudah hilang dari daftar pada situs di Jerman.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aura Kasih Berbagi Daftar Ucapan yang Terlarang Disampaikan kepada Perempuan yang Baru Punya Anak

Posted: 05 Feb 2020 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aura Kasih berbagai tips kepada warganet tentang hal-hal yang dihindari saat bertemu dengan perempuan yang baru punya anak. Hal itu ia sampaikan lewat akun Instagram pribadinya, Selasa, 4 Februari 2020.

Namun, ia meminta warganet, terutama para ibu agar tidak mengambil hati terkait unggahannya itu. Hampir 200 ribu warganet yang memberi tanda hati.

"nih hal2 yang perlu kalian perhatikan dan jaga kalau ketemu MAMA2 yang baru punya anak...," tulis Aura mengawali unggahannya itu. "1. gendut banget skrg, 2. tetekmu gede banget! 3. naik berapa kilo? 4. kapan mau turunin?," jelas Aura.

Menurut Aura, itu juga yang akan membuat para mama stres dan tak mudah menerima perubahan. Jadi, lebih baik tak usah komentar tentang perubahan fisik.

"Apalagi mereka yang sedang menyusui...ur kid is more important yah!di banding penampilan mu...yang penting bersih rapih...," sambung Aura Kasih.

Tetap Semangat

Aura Kasih – Eryck Amaral tengah menjalankan puasa pertamanya sebagai seorang suami – istri (Liputan6.com/IG/aurakasih)
Aura Kasih – Eryck Amaral tengah menjalankan puasa pertamanya sebagai seorang suami – istri (Liputan6.com/IG/aurakasih)

Dalam keterangan video singkat, Aura Kasih meminta untuk menyetop body shaming kepada para mama yang baru punya anak.

"1.kok belum tumbuh gigi? 2.kok kurus 3. kok gada rambut 4. kok belum bsa jalan 5. kok gak pake anting? (klo cw) 6. kok belum bisa bicara? 7. kok rewel?" imbuh Aura.

Warganet memberikan semangat atas dua unggahan Aura Kasih tersebut. Beberapa warganet meminta Aura untuk bersabar.

"Sabar mba, itu namanya byk yg peduli sama anak mba aura kasih. Keep positif aja," kata seorang warganet.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 9 Bahasa Daerah di Indonesia, Coba Tebak Apa Saja?

Posted: 05 Feb 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merupakan sebuah negara dengan suku dan bahasa yang sangat beragam. Indonesia sendiri memiliki jumlah bahasa daerah terbanyak kedua di dunia setelah Papua Nugini.

Berdasarkan hasil penelitian Badan Pengembangan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan Kebudayaan menyatakan, berdasarkan data terakhir, Indonesia memiliki  652 bahasa daerah.

Cretivox kali ini ingin mencoba memperkenalkan 9 bahasa daerah dengan cara menebak bahasa daerah tertentu, di antaranya ada Bahasa Karo, Bahasa Sunda, Bahasa Banjar, Bahasa Jawa dan masih banyak lainnya.

Penasaran seperti apa keseruannya? Saksikan selengkapnya di channel Cretivox hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Warga Jerman dari Tempat Karantina Virus Corona

Posted: 05 Feb 2020 09:01 PM PST

Berlin - Jerman menjadi salah satu negara yang sudah mengevakuasi warganya dari pusat wabah Virus Corona Wuhan. Kini sekitar 120 orang yang dievakuasi militer Jerman dari sana sudah dikarantina di pangkalan militer dekat kota Frankfurt.

Apa saja pengalaman mereka selama karantina Virus Corona?

Mengutip DW Indonesia, Kamis (6/2/2020), Yannik Weis adalah mahasiswa Jerman yang sedang studi di China, ketika Virus Corona menyebar dari kota metropolitan Wuhan. Dia salah satu dari sekitar 120 orang yang dibawa ke pangkalan militer di Gemersheim untuk masa karantina selama 14 hari.

Seperti Yannik, kebanyakan warga yang dikarantina berada dalam keadaan sehat. Namun kepada DW dia mengakui, situasi karantina dan ancaman Virus Corona membuat mereka "menjadi stres".

"Kalau mau ke luar kamar, kita selalu harus pakai masker. Kita memang boleh ke luar, jalan-jalan di udara segar, tapi sepanjang waktu harus pakai masker," kata Yannik Weis. Mereka ditempatkan di sebuah barak militer yang khusus disiapkan untuk karantina medis.

Di Jerman 14 Kasus Virus Corona

Banner Infografis Wabah Virus Corona Darurat Kesehatan Global. (Sumber Foto: John Hopkins University CSSE)
Banner Infografis Wabah Virus Corona Darurat Kesehatan Global. (Sumber Foto: John Hopkins University CSSE)

Dua orang yang turut dievakuasi dari Wuhan kini terbukti mengidap virus corona. Keduanya kini dirawat di sebuah rumah sakit di Frankfurt.

"Tidak ada simtom yang terlihat pada kedua pasien, mereka keduanya sehat," kata Ketua Dinas Kesehatan Frankfurt Rene Gottschalk.

Hingga saat ini di Jerman tercatat ada 12 kasus infeksi Virus Corona, termasuk 2 anak-anak.

Yannik Weis juga tidak khawatir terjangkit virus corona ketika berada di pesawat yang mengevakuasi mereka. "Semua orang di pesawat pakai masker selama perjalanan. Jadi saya pikir, risiko terinfeksi di sana sangat kecil," jelasnya.

Dia sendiri setuju dengan kebijakan karantina, karena dianggapnya penting untuk menghentikan kemungkinan penyebaran wabah.

Jalanan Kosong, tapi...

Ilustrasi Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV). (CDC via AP, File)
Ilustrasi Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV). (CDC via AP, File)

Yannik Weis menceritakan, kota Wuhan adalah kota yang sangat hidup, sebelum munculnya wabah Virus Corona.

"Di mana-mana kelihatan banyak orang, penuh dengan manusia. Tapi setelah (ada wabah) itu, mendadak jalan-jalan kosong," kata Yannik Weis.

Dia mengatakan, meskipun ada perubahan situasi yang mendadak seperti itu dalam kehidupan sehari-hari di Wuhan, penduduk bereaksi dengan tenang dalam situasi itu.

"Semua orang tenang saja, tidak ada kepanikan," tambahya.

Cina secara efektif menutup kota Wuhan dan beberapa kota metropolitan lain dalam upaya untuk menghentikan penyebaran Virus Corona.

Hingga saat ini, pemerintah Cina mengumumkan ada lebih 400 orang meninggal dan lebih 20 ribu orang yang terinfeksi. Angka kematian ini sudah melampaui kasus epidemi SARS, yang antara tahun 2002 dan 2003 menewaskan 249. Namun menurut para ahli, virus corona tidak seganas virus SARS, yang lebih mematikan.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Sony Wakwaw, Baru Lulus SD dan Pernah Jualan Sepatu

Posted: 05 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sosok Sony Wakwaw dikenal sebagai bocah lucu yang kerap mondar-mandir sambil mengucapkan jargon 'Wakwaw' di sinetron Emak Ijah Pengen ke Mekkah pada 2013. Pemilik nama asli Sony Setiawan memang memiliki kekurangan dalam segi mental, namun berkat kerja keras kru dalam membimbing Sony, akhirnya karakter Wakwaw bisa berhasil dan menjadi terkenal.

Hampir 7 tahun berselang sejak bermain di sinetron Emak Ijah Pengen Ke Mekkah, kini Sony Wakwaw jarang terlihat lagi di layar kaca. Terakhir kali ia membintangi sinetron berjudul Tendangan Garuda yang tayang perdana pada 23 April 2018 lalu.

Sekarang Sony baru saja lulus kelas enam sekolah dasar (SD) dan mengaku sangat rindu dengan dunia akting. Sony masih menunggu tawaran akting yang datang padanya. Sambil menunggu, Sony pun pernah berusaha membuat bisnis sepatu, namun sayang bisnis tersebut kini sudah tutup.

"Alhamdulillah sekarang udah lulus, baru lulus kelas 6 SD," kata ayah Sony dikutip dari YouTube Ricky Cuaca berjudul BEGINI NASIB SONY WAKWAW SEKARANG, PRIHATIN! (4/7/2019).

Terlepas dari Sony yang sudah lulus SD dan pernah berbisnis toko sepatu, kini Sony sudah beranjak remaja. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, penampilan terkini Sony Wakwaw, Kamis (6/2/2020).

1. Ini dia penampilan Sony Wakwaw yang jarang terlihat lagi di layar kaca televisi.

6 Potret Terbaru Sony Wakwaw, Baru Lulus SD dan Pernah Jualan Sepatu (sumber: YouTube Obralsusu Official)
6 Potret Terbaru Sony Wakwaw, Baru Lulus SD dan Pernah Jualan Sepatu (sumber: YouTube Obralsusu Official)

2. Sony baru saja lulus dari kelas 6 SD. Sebelum lulus, Sony sempat ambil bagian dalam sinetron Tendangan Garuda.

6 Potret Terbaru Sony Wakwaw, Baru Lulus SD dan Pernah Jualan Sepatu (sumber: Instagram.com/kiesha.alvaro)
6 Potret Terbaru Sony Wakwaw, Baru Lulus SD dan Pernah Jualan Sepatu (sumber: Instagram.com/kiesha.alvaro)

3. Persahabatan antara Kiesha Alvaro dan Sony Wakwaw pun masih tetap terjalin meskipun Tendangan Garuda sudah tidak tayang lagi.

6 Potret Terbaru Sony Wakwaw, Baru Lulus SD dan Pernah Jualan Sepatu (sumber: Instagram.com/kiesha.alvaro)
6 Potret Terbaru Sony Wakwaw, Baru Lulus SD dan Pernah Jualan Sepatu (sumber: Instagram.com/kiesha.alvaro)

4. Kini Sony mengaku sangat merindukan dunia akting dan berharap segera mendapatkan tawaran berakting lagi.

6 Potret Terbaru Sony Wakwaw, Baru Lulus SD dan Pernah Jualan Sepatu (sumber: Instagram.com/mfachrialbukhori)
6 Potret Terbaru Sony Wakwaw, Baru Lulus SD dan Pernah Jualan Sepatu (sumber: Instagram.com/mfachrialbukhori)

5. Beberapa tahun lalu, Sony dan sekeluarga sempat berbisnis membuka toko sepatu. Sayang toko sepatu tersebut kini telah tutup.

6 Potret Terbaru Sony Wakwaw, Baru Lulus SD dan Pernah Jualan Sepatu (sumber: YouTube Ricky Cuaca)
6 Potret Terbaru Sony Wakwaw, Baru Lulus SD dan Pernah Jualan Sepatu (sumber: YouTube Ricky Cuaca)

6. Di usianya ke-16 tahun, kini Sony sudah mulai beranjak remaja. Semoga Sony Wakwaw sukses terus ya.

6 Potret Terbaru Sony Wakwaw, Baru Lulus SD dan Pernah Jualan Sepatu (sumber: Instagram.com/mumtaz raffy)
6 Potret Terbaru Sony Wakwaw, Baru Lulus SD dan Pernah Jualan Sepatu (sumber: Instagram.com/mumtaz raffy)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serunya Berbagi Tips Kebugaran Lewat TikTok

Posted: 05 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak cuma komedi, tarian, dan filter unik yang menghibur, TikTok kini mulai digunakan untuk berbagi konten bermanfaat.

Sejumlah pengguna bahkan memanfaatkan TikTok untuk berbagi tips kreatif, mulai dari membuat karya, tips kesehatan hingga kebugaran.

Nah, salah satu pengguna TikTok yang rajin berbagi tips kebugaran adalah akun bernama @dienlimano.

Ia memberikan tips bagaimana cara olahraga yang baik, pengetahuan diet, dan informasi kebugaran lainnya.

Akun @dienlimino sendiri diketahui sebagai pemilik sebuah pusat kebugaran dan pelatih pribadi bersertifikat. Jadi, tips yang diberikan @dienlimino dijamin aman. Demikian menurut TikTok, Kamis (6/2/2020).

Salah satu video dengan views terbesar yang dibagikan @dienlimino adalah soal pentingnya karbohidrat bagi tubuh. Video tersebut tercatat telah dilihat lebih dari 14 ribu viewers.

 

Saran @dienlimino

@dienlimano. Dok: tiktok.com
@dienlimano. Dok: tiktok.com

Dalam videonya, @dienlimino bersama rekannya menepis anggapan orang-orang yang suka diet karbohidrat yang justru menjauhi zat yang dibutuhkan tubuh.

"Karbohidrat adalah sumber energi yang paling efisien untuk tubuh kita. Memang bener kalau kalian diet karbo, berat badan bisa turun dengan cepat. Tapi itu karena kalian kehilangan kadar air, padahal tubuh kita perlu air untuk berfungsi. Makanya orang yang diet karbo itu ujung-ujungnya banyak masalah, seperti pusing, ada yang pingsan lagi," jelas @dienlimino dalam video.

"Kalian bisa kok diet karbo, turunkan berat badan tanpa mengeliminasi karbo. Memang kebanyakan dari kalian goal-nya untuk menurunkan berat badan, tapi jangan lupa kesehatan kalian juga sangat penting," sambungnya.

 

Punya 115 Ribu Follower

@dienlimano. Dok: tiktok.com
@dienlimano. Dok: tiktok.com

Karena rutin berbagai tips kebugaran lewat TikTok, @dienlimino saat ini telah memiliki lebih dari 115 ribu follower.

Sementara jumlah like yang diperoleh telah mencapai 682 ribu. Melihat antusiasme yang mampu dicapai akun @dienlimino dan berbagai kreator lainnya, TikTok mengklaim menjadi wadah untuk konten yang menghibur dan juga bermanfaat.

TikTok telah tersedia di lebih dari 150 pasar dan mendukung 75 bahasa, dengan strategi lokalisasi untuk mendorong pengguna menciptakan serta berinteraksi melalui konten yang relevan dengan budaya serta tren lokal.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Bella Saphira dan Keluarga di Rumahnya yang Luas

Posted: 05 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga Bella Saphira dan suaminya Agus Surya Bakti, yang baru ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Aneka Tambang Tbk (Antam) terbilang harmonis. Seperti diketahui pasangan beda profesi ini menikah pada 2013 lalu.

Setelah menjadi istri Letjen (Purn) Agus Surya Bakti, Bella Saphira lebih fokus mendampingi suami yang kala itu sempat menjadi Pangdam VII/Wirabuana di Sulawesi Selatan. Meski Bella sudah tak menjalani kegiatan sebagai artis, tapi ia masih sering menjadi sorotan warganet. 

Rumah Bella Saphira yang dihuni bersama sang suami dan kedua anak sambungnya, pun sempat mengundang sorotan publik.

Diketahui, rumah mereka memiliki ukuran yang sangat luas dan terlihat nyaman.

Warna yang Dominan

Bella Saphira (Instagram/agussb_84)
Bella Saphira (Instagram/agussb_84)

Rumah Bella Saphira dan suami didominasi oleh warna cokelat dengan lantai marmer yang berukuran besar.

Tirai dan Vas Bunga

Pada beberapa potret, terlihat tirai raksasa, sebuah rak besar, serta tempat untuk menyimpan guci dan vas.

Sofa

Menariknya, pada beberapa potret, tampak sofa di rumah Bella memiliki nuansa beragam. Ada yang kuning keemasan serta abu-abu kehitaman.

Seperti Apa?

Nah, seperti apa bentuk rumah Bella Saphira? Yuk kita intip tampilannya seperti dihimpun Brillio melalui potret di Instagram berikut ini.

1. Ruang Keluarga yang Luas

Potret rumah Bella Saphira dan keluarga. (Instagram @diandra84sb_)
Potret rumah Bella Saphira dan keluarga. (Instagram @diandra84sb_)

Ruang keluarga rumah Bella Saphira dan suami tampak luas dan tertata rapi. Sofa abu-abu yang diletakkan semakin menambah kenyamanan.

2. Ruang Menonton TV

Potret rumah Bella Saphira dan keluarga. (Instagram @toddch)
Potret rumah Bella Saphira dan keluarga. (Instagram @toddch)

Masih di tampilan ruang tengah, rupanya ini merupakan tempat Bella dan keluarga sering menonton televisi bersama.

3. Spot Lain di Ruang Keluarga

Potret rumah Bella Saphira dan keluarga. (Instagram @diandra84sb_)
Potret rumah Bella Saphira dan keluarga. (Instagram @diandra84sb_)

Salah satu potret lain juga memperlihatkan ruang keluarga dari sudut lain. Pada sisi ini, ruangan tersebut tampak seperti ruang tamu.

4. Ruang Tengah

Potret rumah Bella Saphira dan keluarga. (Instagram @diandra84sb_)
Potret rumah Bella Saphira dan keluarga. (Instagram @diandra84sb_)

Sebuah potret ruang tengah, memperlihatkan bentuk lantai marmer serta berbagai bunga yang menghiasinya.

5. Ruang Makan

Potret rumah Bella Saphira dan keluarga. (Instagram @toddch)
Potret rumah Bella Saphira dan keluarga. (Instagram @toddch)

Sempat terlihat juga sebuah foto yang memperlihatkan ruang makan rumah Bella Saphira dan keluarga.

6. Ruang Makan Kecil

Salah satu sudut rumah Bella Saphira juga memiliki sebuah meja makan yang ukurannya lebih kecil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Pesta Juara di Anfield Semakin Dekat

Posted: 05 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool semakin kukuh berada di puncak klasemen Liga Inggris. Kemenangan 4-0 atas Southampton Sabtu (2/2) membuat mereka sulit dlengserkan.

Apalagi, sehari setelahnya, rival utama mereka Manchester City kalah 0-2 dari Tottenham Hotspur.

Berkat kekalahan itu, The Citizens tertinggal 22 poin dari The Reds di klasemen Liga Inggris. Dengan kompetisi masih menyisakan 13 pertandingan, Liverpool hanya butuh enam pekan untuk memastikan gelar juara menjadi milik mereka.

Tentu saja Liverpool bahkan bisa menjadi juara lebih cepat jika lagi-lagi Manchester City terpeleset dalam enam pertandingan selanjutnya. The Citizens, yang kini mengoleksi 51 poin di klasemen Liga Inggris memang masih berpeluang terpeleset.

Sebab, dalam enam pertandingan berikutnya, tim asuhan Pep Guardiola masih harus menghadapi Manchester United dan Chelsea. 

Namun, dengan perhitungan matematika bahwa The Citizens juga mampu meraih kemenangan dalam laga-laga selanjutnya, Liverpool akan memastikan gelar juara pada akhir Maret.

Tepatnya di Anfield, The Reds yang menjamu Crystal Palace pada 21 Maret 2020 bisa memberi senyum manis di wajah para pendukungnya yang hadir langsung di stadion.

Klasemen Liga Inggris

Jadwal Liga Inggris

Sabtu 8 Februari 2020

19.30 WIB, Everton vs Crystal Palace (TVRI)

Minggu 9 Februari 2020

00.30 WIB, Brighton Albion vs Watford FC (Mola TV)

21.00 WIB, Sheffield United vs Bournemouth (Mola TV)

23.30 WIB, Manchester City vs West Ham United (Mola TV)

 

 

Jadwal Lainnya

Sabtu 15 Februari 2020

03.00 WIB, Wolverhampton Wanderers vs Leicester City (Mola TV)

19.30 WIB, Southampton vs Burnley (Mola TV)

Minggu 16 Februari 2020

00.30 WIB, Norwich City vs Liverpool (TVRI)

21.00 WIB, Aston Villa vs Tottenham Hotspur (TVRI)

23.30 WIB, Arsenal vs Newcastle United (Mola TV)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Besar-besaran, Operator Kereta Cepat Jakarta-Bandung Buka 2.400 Lowongan Kerja

Posted: 05 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ditargetkan beroperasi pada 2021. Terkait ini, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membutuhkan 2.400 pekerja baru dalam pengoperasian perdananya.
 
Direktur Human Resources PT KCIC Puspita Anggraeni mengatakan, pihaknya mau merekrut sumber daya manusia (SDM) unggul yang bisa memberikan pelayanan profesional dalam mengoperasikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
 
 
"KCIC membuka kesempatan bagi putra dan putri terbaik bangsa untuk menjadi bagian dari keluarga Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Yang terpilih ini nantinya akan menjadi generasi pertama di Indonesia yang mampu mengoperasikan sarana dan prasarana kereta cepat," ujar dia, Kamis (6/2/2020).
 
Rekrutmen karyawan dilakukan secara masif dalam beberapa gelombang untuk ditempatkan pada berbagai posisi yang terkait dengan operasional kereta cepat seperti di bidang persinyalan, teknisi, hingga passanger attendant. 
 
Dalam hal ini, PT KCIC membuka kesempatan bagi lulusan baru (fresh graduate) maupun yang telah berpengalaman, khususnya di bidang transportasi. Utamanya posisi yang perlu terpenuhi dengan segera seperti Masinis dan personil untuk Operation Control Center (OCC) kereta cepat.
 
Pada gelombang pertama, telah direkrut 30 calon karyawan dan saat ini sedang menjalani sejumlah program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan sesuai dengan standar yang dibutuhkan dalam pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung.   
 
Adapun karyawan yang membutuhkan sertifikasi khusus nantinya akan mendapatkan kesempatan pendidikan hingga ke luar negeri.

KCIC Minta Bantuan Menko Luhut Bebaskan Lahan Proyek Kereta Cepat

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) pemasangan girder pertama proyek kereta cepat Jakarta-Bandung pada Senin (30/9/2019).
PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) pemasangan girder pertama proyek kereta cepat Jakarta-Bandung pada Senin (30/9/2019).

Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra mengatakan kemajuan pembangunan fisik proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 42 persen. Namun dia mengaku masih ada kendala pembebasan lahan di sekitaran Cimahi dan Bandung.

Maka dari itu, dia mengkoordinasikan masalah pembebasan lahan yang tinggal 0,05 persen tersebut kepada Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

 
 

"Ada kesulitan apa, dikoordinasikan dengan Pak Luhut," kata Chandra di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Ada banyak masalah terkait pembebasan lahan kereta cepat Jakarta-Bandung dan sangat kompleks kata Chandra. Misalnya kepemilikan tanah yang berubah-ubah, terjadi kesalahan dalam pengecekan lahan.

Meski begitu, dia optimis masalah ini bakal rampung di bulan Februari nanti. "Jadi harapannya di bulan Februari selesai semua," ujar Chandra.

Terkait masalah persinyalan, Chandra mengaku baru mendapatkan kabar tak enak. Ada masalah terkait sinyal yang sangat penting dan perlu segera diselesaikan.

"Kalau sinyal kan ada GSM ada LTE, nah ini ternyata di atasnya lagi. Jadi saya harus pastikan dulu," kata Chandra.

Masalah sinyal jadi sangat penting karena berkaitan dengan keselamatan penumpang. Dia perlu memastikan lagi sebelum sistem itu diterapkan di Indonesia.

"Nah kita harus pastikan itu, harus hati-hati, enggak boleh sembarang," sambungnya.

Dia pun perlu memastikan frekuensi yang ditawarkan sistem pernah dicoba sebelumnya di China. Dia tak ingin Indonesia jadi kelinci percobaan.

"Saya enggak mau ujicoba di sini, kalau enggak aman siapa yang mau naik nanti," katanya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hoaks Seputar Virus Corona Dinilai Picu Harga Masker Melonjak

Posted: 05 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Heboh soal novel coronavirus atau lebih dikenal dengan sebutan virus corona membuat banyak orang berburu masker untuk melindungi diri dari infeksi virus dengan strain baru ini.

Bahkan, dilaporkan, harga masker di beberapa tempat penjualan alat kesehatan seperti di Pasar Pramuka, Jakarta, mengalami kenaikan.

Terkait hal ini, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Wiendra Waworuntu mengatakan, hal itu dipicu juga oleh adanya hoaks yang beredar di masyarakat.

"Itu karena virus, hoaksnya lebih banyak," kata Wiendra ditemui di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta beberapa waktu lalu ditulis Kamis (6/2/2020). 

Wiendra kembali mengingatkan bahwa hingga saat ini belum ditemukan kasus virus corona yang terkonfirmasi di Indonesia. 

Kalau Sakit Lebih Baik Istirahat

Pedagang menunjukkan masker jenis N-95 (kiri) dan biasa di toko alat kesehatan di Pasar Pramuka, Jakarta, Selasa (4/2/2020). Isu merebaknya wabah virus corona di Indonesia membuat penjualan masker di Pasar Pramuka meningkat pesat meski dalam sepekan harga melonjak tajam. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Pedagang menunjukkan masker jenis N-95 (kiri) dan biasa di toko alat kesehatan di Pasar Pramuka, Jakarta, Selasa (4/2/2020). Isu merebaknya wabah virus corona di Indonesia membuat penjualan masker di Pasar Pramuka meningkat pesat meski dalam sepekan harga melonjak tajam. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Lebih lanjut, Wiendra mengatakan agar apabila Anda sakit atau batuk, masker memang sudah seharusnya digunakan oleh pasien. Selain itu, apabila ada orang yang sakit, sebaiknya tidak terlalu dekat dengan mereka.

"Kemudian jika Anda sakit, lebih baik tinggal di rumah. Anda istirahat yang cukup daripada pakai masker," katanya.

Menurutnya, yang membuat masyarakat takut sesungguhnya ada pada masyarakat itu sendiri.

"Karena kita merasa bahwa itu kebutuhan dasar," kata Wiendra menjelaskan. "Padahal, kebutuhan dasar itu adalah makan makanan dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup, kemudian kalau sakit pergi ke fasilitas pelayanan kesehatan. Cukup kan itu."

Walau begitu, Wiendra mengatakan bahwa masker boleh saja digunakan apabila untuk melindungi dirinya dari menularkan penyakitnya ke orang lain atau di saat udara tercemar.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Banjir Kota Tangerang Mulai Surut

Posted: 05 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta BPBD Kota Tangerang mengerahkan 2 pompa untuk mengurangi volume banjir di perumahan Total Persada Kota Tangerang. Banjir di Kota Tangerang berangsur surut, warga mulai menengok kondisi rumah-rumah mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Museum Tsunami Aceh, Sebuah Lorong Waktu

Posted: 05 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Aceh - Saat saya mengunjungi Museum Tsunami, pengelola museum sedang tidak mengutip biaya retribusi. Di pos pembayaran ada pengumuman bahwa museum sedang direnovasi, karena itu terdapat beberapa ruangan yang tidak boleh dimasuki pengunjung.

Hati berdebar saat saya memasuki 'lorong tsunami.' Lorong itu memiliki bidang menurun serta alur yang melengkung, bersuasana gelap serta memiliki manipulasi air yang terus menerus merembes di dindingnya.

Beberapa orang yang pernah berkunjung ke museum itu mengaku rambang hingga terkesiap saat memasuki lorong tersebut. Suara ombak serta orang bertahlil yang bersiponggang sepanjang lorong itu sekonyong-konyong membuat bulu roma merinding.

Berada di lorong itu seolah-olah sedang memasuki dimensi liyan. Anehnya, yang ada di dalam kepala saya saat itu hanyalah sebait lirik lagu berjudul 'Like a Stone' miliknya Audioslave.

"I was lost in the pages of a book full of death."

Tapi saya telah dibawa ke tempat liyan: di situ ada almarhumah ibu sedang membersihkan pecahan keramik yang berserakan di lantai. Pagi itu, beberapa hiasan yang ditaruh di dalam bufet yang ada di ruang tamu jatuh ke lantai akibat goncangan gempa.

Kejadian itu hanyalah awal dari sebuah kiamat 'sugra' yang sebentar lagi akan memorakporandakan sebagian besar wilayah Serambi Makkah. Bunyi gemuruh dari tembok lapangan bola yang dihantam gelombang raksasa itu masih terngiang di telinga saya, terdengar seperti suara roda tandem roller sedang menggilas jalan makadam.

Semua ingatan tentang kejadian itu lesap seketika saat saya tiba di mulut sebuah ruangan gelap yang dipenuhi kotak paralelogram berwarna oren. Ruangan ini diberi kaca reflektif yang memantulkan setiap bayangan benda yang ada di tempat itu.

Kotak paralelogram-kotak paralelogram tersebut memiliki layar tampilan di atasnya, yang menampilkan berbagai momen yang berhasil ditangkap saat tsunami menerjang 15 tahun lalu. Di antaranya, foto dua lelaki sedang menarik seseorang dari dalam air.

Foto yang menarik perhatian saya yaitu foto seorang lelaki yang mengapung bersama longgokan balok kayu. Tidak ditulis siapa yang telah memotret momen-momen mengharukan sesaat usai tsunami menerjang tersebut.

"Potret segerombolan bocah yang sedang tertawa lepas di pekarangan barak pengungsian, itu, kan, yang ingin kau cari?"

Seorang lelaki paruh baya sedang bercakap-cakap dengan seorang gadis muda. Gadis yang mengenakan baju warna navy blue serta jilbab putih itu terlihat menekuri salah satu layar tampilan.

"Ingat bagaimana bule-bule jangkung itu mengatakan, 'how cute are you', mendapati adikmu yang tengah bermain di tepas barak dengan boneka ulil yang kumal. Umurmu berapa saat itu, ya?" sambung lelaki tersebut.

"Mereka itu suka sekali memotretnya," celetuk gadis itu dengan raut wajah yang datar.

"Aku ingin mencari foto orang-orang yang riang gembira saja, trauma dengan hal yang begini-begini," imbuh perempuan itu sambil beranjak diikuti lelaki tadi.

Saya Harus Keluar!

Ruangan di Museum Tsunami Aceh yang berisi nama-nama korban bencana tersebut (Liputan6.com/Rino Abonita)
Ruangan di Museum Tsunami Aceh yang berisi nama-nama korban bencana tersebut (Liputan6.com/Rino Abonita)

Saya tertegun!

Itu sebuah ruangan remang-remang berbentuk lingkaran yang tidak terlalu luas dan memiliki atasan yang semakin melengkung —jika kita melihat ke atas, akan terlihat tulisan 'Allah' dalam huruf Arab. Nama Sang Khalik itu berada tepat di atas ubun-ubun.

Dari pantulan lampu dinding elektrik itu saya dapat melihat nama-nama korban bencana tsunami di Aceh. Sepertinya, ada ribuan nama.

Nama-nama itu ditempel dengan fischer. Beberapa huruf dari nama-nama tersebut tampak tidak sejajar lagi.

Saya rasa saya telah terseret oleh dramatitasi yang ada di ruangan itu. Suara lantunan ayat suci Alquran bikin suasana di ruangan itu semakin sarat, saya harus segera keluar dari situ.

Dari Ruang ke Ruang

MIniatur Masjid Raya Baiturrahman di Museum Tsunami Aceh (Liputan6.co,/Rino Abonita)
MIniatur Masjid Raya Baiturrahman di Museum Tsunami Aceh (Liputan6.co,/Rino Abonita)

Lantai satu dan dua museum dihubungkan oleh sebuah jembatan. Banyak sekali bendera pelbagai negara yang dipasang di kisi-kisi langit-langit jembatan itu —itu mungkin saja sebagai wujud rasa terima kasih kepada semua negara yang pernah membantu Aceh pascatragedi.

Ada sebentuk silinder berukuran besar yang merunjung ke atas. Silinder itu mencuat hingga ke atas bangunan museum, katanya berfungsi sebagai mercusuar, yang liyan menyebutnya cerobong kapal, karena museum itu menyerupai kapal.

Di ujung jembatan, saya menangkap suara orang sedang bercengkerama. Ternyata di sana tersedia tempat istirahat berupa sofa, suasana yang nyaman, serta kafe dengan menu sederhana.

Ada miniatur museum yang ditaruh di dalam bak kaca di tempat itu. Saya juga menemukan banyak sekali miniatur serta maket di ruangan liyan yang ada di museum itu.

Miniatur-miniatur dan maket tersebut menceritakan momen yang sewarna. Sebagian ruangan di museum itu juga menampilkan pelbagai benda yang pernah hanyut dibawa gelombang.

Semuanya tampak kumal dan kusam. Benda-benda itu ditaruh di dalam tempat khusus yang diberi kaca agar pengunjung bisa melihat-lihat.

Saya juga beberapa kali menemukan Alquran dengan kondisi yang kusut. Ada yang ditaruh terpisah, ada yang ditaruh di dalam tempat yang sama.

Di salah ruang terdapat rumah-rumahan beserta orang-orangan yang diterangi neon. Instalasi-instalasi itu terlihat seperti nyala api di dalam gelap.

Suatu Masa

Suasana jembatan penghubung antara lantai satu dan dua Museum Tsunami Aceh (Liputan6.com/Rino Abonita)
Suasana jembatan penghubung antara lantai satu dan dua Museum Tsunami Aceh (Liputan6.com/Rino Abonita)

Hal yang yang paling saya ingat tentang kehidupan di barak pengungsian adalah uang jatah hidup. Kami mengenalnya dengan akronim jadup.

Setiap jiwa diberi jadup sebanyak Rp3000 per hari atau Rp90.000 per bulan. Sebelum diberi jadup, para pengungsi mesti mengantre terlebih dahulu untuk difoto agar satu orang hanya dapat jatah satu kali untuk setiap kali pembagian.

Memiliki uang dengan jumlah segitu merupakan sebuah kemewahan tersendiri saat itu. Kemewahan yang liyan adalah saat uang itu saya habiskan untuk membeli empat am mariyuana dari seorang bandar 'kecil' di blok sebelah.

'Ekor tupai' adalah yang terbaik, ditambah sebotol wiski 'gepeng' lebih mantap. Hari-hari memang terasa naif saat itu.

Belakangan saya tahu, uang jadup yang diperuntukan kepada korban bencana itu telah disunat di sana-sini oleh orang-orang di instansi terkait. Indonesian Corruption Watch (ICW) mencatat bahwa nilai uang yang dikorup mencapai Rp512 juta —per Desember 2005, atau terhitung bulanan setelah pembagian jadup tahap pertama.

Belasan tahun kemudian, saya duduk di antara tumpukan kaleng ikan sarden, di antara tungku dan bahan dapur yang ditumpuk di bawah tenda. Ada dua buah kotak kardus bertuliskan 'World Food Programme' serta sebuah egg tray yang tergeletak di lantai.

Saya pun melirik ke dalam barak. Kelambu antinyamuk, pakaian yang berserakan, dan semua benda yang tergantung di dinding mengingatkan saya akan hari-hari di barak pengungsian.

"Nanti kita akan jadi apa?"

"Sudah, jangan dipikir, jadi apa sajalah asal jangan jadi anggota dewan."

"Kan, itu bikin malu mamak!"

"Hahaha."

Saya ingat. Malam itu saya dan tiga orang teman bercakap-cakap di tepas barak sebelum terpisah oleh titimangsa juga hal-hal liyan yang rumit.

Masterpiece Urang Sunda

Miniatur Museum Tsunami Aceh (Liputan6.com/RIno Abonita)
Miniatur Museum Tsunami Aceh (Liputan6.com/RIno Abonita)

Apakah Museum Tsunami menarik untuk dikunjungi? Bagi saya, museum tersebut merupakan paket komplet dari sebuah situs wisata; sejarah, budaya, religi, plus rohani, tapi, saya juga mengenang cinta yang 'gagal' juga pertemanan saat berkunjung ke ruang maket barak pengungsi.

Suatu hari saya berdiskusi tentang sejarah gerakan perlawanan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh asal Aceh dengan seorang teman yang lahir dari seorang ibu 'Sunda.' Ia menolak 'Sunda' disebut bagian dari Jawa kendati Bandung, yang berisi mayoritas etnis Sunda berada di Jawa Barat.

Ia mengatakan bahwa Sunda dan Aceh terikat oleh sesuatu. Ia mengaitkannya dengan keberadaan makam Cut Nyak Dien di Sumedang, serta bagaimana pimpinan besar dari sebuah persatuan ulama Aceh, Daud Beureueh memproklamasikan Aceh sebagai bagian dari Negara Islam Indonesia (NII) di bawah kepemimpinan Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo.

"Kita saudara dekat, setidaknya saudara sepemberontakan," Ia mengatakan ini sambil tertawa.

Saya baru tahu bahwa arsitek dari Museum Tsunami ialah Mochamad Ridwan Kamil yang saat itu memenangkan sayembara desain museum sebesar Rp275 juta. Kamil adalah 'Urang Sunda' yang menjadi gubernur Jawa Barat sejak September 2018.

Sejumlah artikel menulis bahwa museum yang pernah dinobatkan sebagai museum paling populer ini dibangun dengan dana sebanyak Rp140 miliar, di atas lahan seluas 2500 meter persegi. Pembangunannya dimulai pada 2007, dan diresmikan pada 2009.

Total koleksi di museum ini mencapai 55 unit, terdiri dari 22 alat peraga, 26 foto dan 7 maket. Terdapat juga bioskop mini yang menampilkan kejadian gempa melalui simulasi elektronik.

Eksterior atau tembok museum berupa relief geometrik. Saya melihatnya seperti anyaman raksasa dari kejauhan, di atas sepeda motor 'ojek daring' yang saya tumpangi, ketika saya beranjak, meninggalkan museum beserta sekelumit kenangan yang meruap di antara maket yang ada di dalam museum.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres Ma'ruf Amin Melayat ke Rumah Duka KH Ahmad Bagja

Posted: 05 Feb 2020 08:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan rasa duka mendalam usai ditinggal sahabatnya, KH Ahmad Bagja di Nadhlatul Ulama (NU). Ma'ruf terakhir bertemu almarhum kemarin sore.

"Kemarin sore menjenguk almarhum usai menghadiri pelantikan Kepala BPIP di Istana, Wapres berserta Ibu Hj. Ma'ruf Amin menyempatkan besuk di rawat RS Jakarta Medical Center (JMC)," tulis siaran tertulis Kantor Sekretariat Wakil Presiden, Kamis (6/2/2020).

Saat mendengar berita duka tersebut, Wapres Ma'ruf langsung melayat almarhum KH Ahmad Bagja di rumah duka Villa Mas Garden Blok Bekasi Utara.

"Tadi pagi melayat didampingi Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin, Wapres tiba di rumah duka pada pukul 06.51 WIB. Usai mendoakan almarhum dan menyampaikan duka cita kepada keluarga almarhum, Wapres pamit meninggalkan rumah duka pada pukul 07.00 WIB," lanjut siaran pers tersebut.

Dimakamkan di Cirebon

Berdasarkan informasi ditulis laman NU, KH Ahmad Bagja meninggal dunia pada dini hari ini pukul 01.09 WIB, di RS Jakarta Medical Center (JMC). Almarhum adalah Sekjen PBNU pada periode kedua kepengurusan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tahun 1989-1994.

"Alhamarhum dikenal dengan pemikiran-pemikirannya yang ingin agar NU tetap maju," jelas siaran pers Kantor Sekretariat Wakil Presiden.

Sebagai informasi, almarhum pada pukul 10.00 WIB akan salatkan di PBNU. Kemudian pukul 12.00 jenazah akan dibawa ke Cipeujeuh Kulon, Lemah Abang, Cirebon untuk dimakamkan.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kubu Zulhas Klaim Kantongi 400 Suara, Kubu Mulfachri: Jangan Berlebihan

Posted: 05 Feb 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kubu pendukung calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Mulfachri Harahap-Hanafi Rais tidak yakin calon Ketum Zulkifli Hasan akan kembali terpilih lewat aklamasi. Politikus PAN pendukung Mulfachri-Hanafi, Eneng Humaeroh mengatakan, DPW PAN malah menginginkan Mulfachri-Hanafi terpilih secara aklamasi ada Kongres ke-V PAN.

"Justru banyak DPW-DPW yang menginginkan aklamasi untuk Mulfachri-Hanafi," ujar Eneng melalui pesan singkat, Kamis (6/2/2020).

Dia mempertanyakan klaim dukungan kubu Zulkifli. Dia tidak percaya petahana itu didukung 400 dari 590 suara pada Kongres PAN mendatang.

"Mereka mengklaim 80%? Ya kalau bicara yang benar jangan berlebihan lah," kata dia.

Eneng sendiri merahasiakan berapa jumlah dukungan DPW yang diterima Mulfachri-Hanafi. Dia meyakini suara dukungan untuk Mulfachri lebih besar ketimbang Zulkifli.

"Kita lihat saja nanti siapa yang paling besar dukungannya. Yang jelas kubu Mulfachri-Hanafi sudah siap bertanding dan insyaallah kami menang," pungkasnya.

Diberitakan, Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Kongres ke-V di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 10-12 Februari mendatang. Salah satu agendanya ialah menentukan calon Ketua Umum periode 2020-2025.

Wakil Sekretaris Jenderal PAN, Rizki Aljupri menyatakan, dari beberapa kandidat caketum yang muncul di antaranya, Zulkifli Hasan, Dradjad Wibowo, Asman Abnur hingga Mulfachri Harahap. Siapa jagoannya?

"Ya kalau kita mau bicara apa adanya memang Pak Zul paling diunggulkan dari sisi jumlah pemegang suara, karena pemegang suara itu kan sekali lagi hanya Ketua DPW, sekretaris DPW dan Ketua DPD," ujar Rizki, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Dukungan untuk Zulkifli

Rizki menambahkan, Zulkifili Hasan sudah mengantongi dukungan lebih dari 400 suara dari total 590 pemilik hak suara. Masing-masing sudah memberikan surat dukungan yang ditanda tangi oleh pemegang hak suara langsung dan distempel basah (DPW dan DPD).

Rizki membeberkan dukungan terhadap Zulkifli Hasan tidak sekadar klaim. Sebab dirinya bersama tim yang menginventarisir dan memegang salinan dukungan dari para pemilik suara.

"Memang real apa adanya, ya kalau misalkan tiap wilayah ada satu atau dua daerah yang enggak mendukung Pak Zul ya enggak apa-apa, kita kan demokrasi, cuma hampir rata-rata dukung Pak Zul," ulas Rizki.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpeluang Hujan hingga Sore Hari

Posted: 05 Feb 2020 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan Surabaya, Jawa Timur berpotensi alami hujan intensitas sedang hingga lebat pada Kamis (6/2/2020).

Prakirawan BMKG Juanda, Arif Krisna menuturkan, Surabaya berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Kamis siang hingga sore hari. Suhu udara di Surabaya diperkirakan 25 derajat celsius hingga 32 derajat celsius dan kelembapan 65-95 persen. Kemudian arah angin dengan kecepatan 5-30 KM per jam.

"Kalau siang ini Surabaya cerah berawan. Di Malang pesisir selatan sudah hujan," ujar Arif saat dihubungi Liputan6.com, Kamis pekan ini.

Mengutip data BMKG Juanda, sejumlah wilayah di Surabaya cerah berawan pada siang hari dengan suhu udara 32 derajat celsius. Kelembapan udara 65 persen dengan kecepatan angin 30 KM per jam.

Ia mengimbau masyarakat mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di sejumlah wilayah antara lain Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Situbondo, dan Malang pada siang hari hingga sore hari. Sedangkan dini hari terjadi di Sumenep.

Pemkot Surabaya Kerahkan Personel Gabungan Antipasi Cuaca Ekstrem

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas Kota Surabaya, Eddy Christijanto, (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas Kota Surabaya, Eddy Christijanto, (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, sejumlah titik wilayah di Surabaya, Jawa Timur menjadi perhatian pemerintah kota Surabaya seiring ada peringatan dini berupa cuaca ekstrem dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika pada sore hingga malam ini.

Oleh karena itu, Pemkot Surabaya menyebar personel gabungan di beberapa titik di Kota Pahlawan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem tersebut.

"Penyebaran personel sudah kita lakukan, sekitar 25-50 personel di setiap titik," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya, Eddy Christijanto, seperti dikutip dari Antara, Minggu, 2 Februari 2020.

Ia menuturkan, peringatan dini yang disampaikan pada situs resmi BMKG yakni bmkg.go.id menyebut akan terjadi cuaca ekstrem di 26 provinsi di Indonesia termasuk di Surabaya.

Personel gabungan tersebut terdiri dari Badan Penanggungan Bencana (BPB) Linmas, Satpol PP, dan Satgas PU Bina Marga dan Pematusan serta personel dari Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya.

Personel-personel itu disebar di titik-titik yang diprediksi masih akan ada genangan. Adapun beberapa titik yang menjadi pusat perhatian pemkot itu di antaranya adalah Kupang Jaya, HR. Muhammad, seputaran Opak, Wonokromo depan RSI, Ahmad Yani dan Margorejo. Sedangkan di pusat kota diantaranya di Bubutan, Gubeng, dan juga Jalan Semarang dan sekitarnya.

"Beberapa titik yang sempat tergenang saat hujan deras, sudah dilakukan normalisasi saluran oleh Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, sehingga kami harapkan kembali normal," kata dia.

Menurut Eddy, berdasarkan prediksi BMKG, Ahad pukul 16.00-22.00 WIB akan ada hujan petir. Sedangkan arah angin mulai dari Barat ke Timur, sehingga di Surabaya barat dan Surabaya selatan seperti kemarin diperkirakan ada curah hujan tinggi.

"Sementara, kelembaban 60 persen. Suhunya minus 40 sampai 50 derajat, sehingga bisa menimbulkan awan cibi," kata dia.

Oleh karena itu, kata dia, Pemkot Surabaya mengimbau kepada seluruh warga Surabaya untuk tidak keluar rumah apabila tidak ada kepentingan yang sangat mendesak. Terutama pada pukul 16.00-22.00 WIB. "Lebih baik di rumah saja jika tidak ada kepentingan mendesak, semoga tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan bersama," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil NBA: Menang Dramatis, Raptors Raih 12 Kemenangan Beruntun

Posted: 05 Feb 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Toronto- Juara bertahan Toronto Raptors menorehkan rekor 12 kemenangan beruntun. Raptors menang dramatis 119-118 ketika menjamu Indiana Pacers pada lanjutan NBA, Kamis (6/2/2020) pagi WIB.

Pada laga di Scotiabank Arena itu, Raptors sempat tertinggal 19 poin. Mereka bangkit dan menang dramatis berkat tembakan tiga angka Serge Ibaka saat laga tersisa 30 detik lagi.

Raptors memulai laga dengan baik dan unggul 30-20 di kuarter pertama. Namun Pacers menggila di kuarter dua. Tim tamu mencetak 43 poin dan berbalik unggul karena mampu meredam Raptors hanya membuat 18 angka.

Pacers makin percaya diri di awal kuarter tiga. Mereka sempat menjauh sampai 19 poin. Namun perlawan Raptors bisa bangkit sejak pertengahan kuarter tiga dengan dimotori point guard Kyle Lowry.

Raptors hanya tertinggal empat poin saja saat kuarter tiga berakhr. Pacers kembali menjauh 11 poin saat laga tersisa tiga menit 50 detik.

 

Lowry

Usaha mati-matian Raptors akhirnya membuahkan hasil. Mereka bisa unggul di detik-detik akhir berkat tembakan tiga angka Ibaka setelah sebelumnya pemain Pacers Victor Oladipo gagal melesakkan tembakan tiga angka.

Lowry jadi bintang utama kemenangan Raptors. Dia hampir mencetak triple double dengan 32 poin, 10 assists dan delapan rebound. Ibaka menyusul dengan 30 angka.

Di kubu Pacers, Malcolm Brogdon menghasilkan 23 poin, disusul Justin Holiday dengan 22 poin.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

25 Ribu Rumah Tangga di Timur Indonesia Belum Nikmati Listrik

Posted: 05 Feb 2020 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong PT PLN (Persero) menggandeng pihak swasta untuk melistriki daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Staff Khusus Menteri ESDM Bidang Perencanaan Pembangunan Infrastruktur dan Investasi Triharyo Soesilo mengatakan, saat ini masih ada 25 ribu rumah tangga di wilayah 3 T Indonesia Timur yang belum mendapat pasokan listrik dari jaringan PLN.

‎"Di Indonesia Timur 25 ribu rumah tangga, masih banyak pekerjaan rumahnya," kata Triharyo, di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Menurut Triharyo, untuk mempercepat penyediaan lis‎trik di Indonesia Timur, Menteri ESDM Arifin Tasrif telah mengarahkan PLN menggandeng investor. Hal ini untuk meringankan PLN dalam membangun infrastruktur kelistrikan.

"Arahan Pak Menteri coba dorong investor, kalau PLN sibuk dengan 35 ribu MW, di dunia ternyata banyak investor melistrik daerah tertinggal, di Afrika," tuturnya.

Dia mengungkapkan, ‎skema penyediaan listrik di wilayah 3T di Indonesia Timur bisa memanfaatkan dana desa yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Nantinya BUMDes tersebut bisa menggandeng perusahaan listrik swasta (Independent Power Producer/IPP). Dia pun berharap dengan skema tersebut bisa melistriki masyarakat 3T di Indonesia Timur dalam 2 tahun.

"Tolong IPP dengan Kementerian Desa, dengan dana desa BUMDes membiayai listrik luar biasa. Mari kita laksanakan prgram ini kalau bisa 2 tahun selesai," tandasnya.

PLN Evaluasi Pembangkit Tua yang Bakal Dipensiunkan

Aktivitas pekerja di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bengkok, Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/10). PLTA Bengkok kini ditetapkan sebagai cagar warisan budaya oleh Pemda Jawa Barat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Aktivitas pekerja di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bengkok, Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/10). PLTA Bengkok kini ditetapkan sebagai cagar warisan budaya oleh Pemda Jawa Barat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

PT PLN (Persero) mengkaji rencana pemerintah mengganti pembangkit tenaga uap yang usianya sudah tua dengan Energi Baru Terbarukan (EBT). Rencananya ada 69 unit pembangkit yang akan diganti.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, PLN berkomitmen menyediakan pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk mewujudkannya perlu didukung dengan pembangkit yang andal dan sistem kelistrikan yang memadai.

"‎Kami akan lakukan dengan sungguh-sungguh ke depan. Pembangkitnya cukup, transmisi baik, distribusi baik, gardu induk baik, kita akan memperkuat semua," kata Zulkifli, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Menurut Arifin, saat ini PLN sedang mengevaluasi pembangkit tua yang akan dipensiunkan. Selain itu, PLN juga tengah mengevaluasi pembangkit pengganti yang akan dioperasikan.

"Kita lagi review itu, yang jelas kita berkomitmen menyediakan listrik yang cukup bagi semua rakyat Indonesia," tuturnya.

Dengan mengganti pembangkit usia tua akan meningkatkan pelayanan ke pelanggan, sebab pemadaman listrik dapat diminimalisasi.

"Artinya listrik cukup supply. Bagus, kita coba semaksimal mungkin minimalkan pemadaman, dengan kualitas listrik yang baik dari PLN, tidak hanya di Jawa, Sulawesi, Sumatera Kalimantan, tapi juga di semua pulau," katanya.

Pembangkit Tua

Aktivitas pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Lontar unit 4 di Balaraja, Banten, Jumat (29/3/2019). Jika selesai, PLTU di atas tanah seluas 11 hektare persegi ini bisa memperkuat kapasitas listrik Jawa-Bali dan menghemat pengeluaran PLN. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Aktivitas pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Lontar unit 4 di Balaraja, Banten, Jumat (29/3/2019). Jika selesai, PLTU di atas tanah seluas 11 hektare persegi ini bisa memperkuat kapasitas listrik Jawa-Bali dan menghemat pengeluaran PLN. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, banyak pembangkit tenaga uap yang usianya sudah lebih dari 20 tahun, yaitu PLTU sebanyak 23 unit di 7 provinsi dengan total kapasitas 5,6 ribu Mega Watt‎ (MW) dan 46 unit PLTGU di 5 provinsi dengan total kapasitas 5,9 ribu MW.

"Banyak pembangkit tenaga uap yang usia lanjut," kata Arifin.

Puluhan unit pembangkit tenaga uap yang usianya sudah tua tersebut akan digantikan dengan pembangkit listrik yang energinya bersumber dari energi baru terbarukan, seperti tenaga matahari dan air.

"Apakah kita akan gunakan uap kita prefer EBT, bisa dimanfaatkan untuk replacement pembangkit listrik tenaga uap," katanya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Sapa Anies Baswedan: Tak Resmi Jadi Kader Gerindra, Tapi Hatinya

Posted: 05 Feb 2020 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara HUT ke-12 Partai Gerindra di DPP Gerindra, Jalan Harsono RM 54, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020). Acara pun, dihadiri Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Acara HUT ini dimulai sekitar pukul 10.30 WIB dan didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh anggota dan kader Gerindra. Lalu mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Prabowo Subianto. Setelah itu pembacaan UUD 1945, Pancasila dan Mars Gerindra.

Dalam sambutannya, Prabowo sempat menyapa Anies dan Sandiaga. Menurut Prabowo, Gubernur DKI Jakarta itu bukan kader Gerindra.

"Yang saya hormati Gubernur Jakarta Raya, Bapak Anies Baswedan. Ya walaupun tidak resmi jadi kader Gerindra tapi hatinya," kata Prabowo di lokasi, Kamis (6/2/2020).

Spontan, para kader dan simpatisan yang hadir langsung cetus mengucapkan kalau Anies adalah kader Gerindra. "Gerindra," teriak para kader dan simpatisan.

"Kira-kira begitu," saut Prabowo.

Candaan Kepada Sandiaga

Sementara itu prihal Sandiaga, Prabowo melemparkan candaan kepada kader dan simpatisan. Di mana Prabowo mengaku kalau dirinya hingga kini belum melantik Sandiaga sebagai wakilnya.

"Yang saya hormati Sandiaga Uno, wakil saya, yang jadi belum dilantik," ujar Prabowo.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Menyimpan Telur yang Baik dan Benar, Jadi Lebih Awet

Posted: 05 Feb 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan telur yang baik dan benar perlu diperhatikan lagi, karena menyimpan dengan cara yang salah justru dapat merugikan. Alih-alih membuat stok telur tetap terjaga dalam waktu yang lama, hal ini malah akan membuatnya menjadi tidak awet dan cepat rusak.

Sebagai bahan makanan yang sangat mudah didapatkan, telur tentunya menjadi salah satu bahan wajib yang ada di dapur. Apalagi menilik telur bisa dijadikan berbagai olahan yang lezat, tidak heran bahwa telur selalu disiapkan dalam jumlah banyak di dapur.

Cara menyimpan telur yang baik dan benar perlu dipahami agar lebih awet. Walaupun telur memiliki daya tahan yang lebih mumpuni daripada bahan makanan lainnya, jika cara menyimpannya salah tetap saja akan cepat rusak dan membusuk.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/2/2020) cara menyimpan telur yang baik dan benar.

Bersihkan Sebelum Disimpan

Cara menyimpan telur yang baik dan benar bisa kamu terapkan agar telur lebih awet. Sebelum menyimpannya, kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu. Pastikan telur yang akan kamu simpan sudah bebas dari kotoran-kotoran yang menempel di kulitnya.

Kotoran yang menempel pada cangkang tersebut bisa saja mengandung bakteri yang dapat mengontaminasi isi telur. Diketahui juga, cangkang telur memiliki pori-pori yang cukup besar sehingga mudah terkontaminasi yang berakibat isi telur menjadi mudah rusak, dan membusuk.

Sebenarnya, mencuci telur ini tidak begitu disarankan. Namun jika kamu memang benar-benar ingin mencuci telur, pastikan untuk menggunakan air hangat dan menghindari sabun. Sementara, jika kamu baru saja membeli telur yang dijual di supermarket atau dalam kemasan, disarankan agar tidak mencucinya.

Segera Simpan dengan Kartonnya

Telur biasa disimpan di dalam kulkas. (dok.Instagram @healthyeggsid/https://www.instagram.com/p/Bh8_-_xBNtZ/Henry
Telur biasa disimpan di dalam kulkas. (dok.Instagram @healthyeggsid/https://www.instagram.com/p/Bh8_-_xBNtZ/Henry

Dilansir dari Australian Eggs, cara terbaik untuk menjaga telur tetap segar dan tahan lama ialah dengan menyimpannya sesegera mungkin ke kulkas setelah dibeli. Kamu diwajibkan untuk menyimpannya lengkap dengan karton bawaan saat membelinya. Karton dapat mengurangi kehilangan air di dalam telur dan melindungi rasa telur itu sendiri dari aroma makanan lain yang mungkin terserap ke dalam telur.

Menurut American Egg Board, telur yang disimpan dalam karton yang dimasukkan ke kulkas akan terjaga kualitasnya hingga empat sampai lima minggu.

Jauhkan dari Bahan Makanan Lain yang Berbau Menyengat

Cara menyimpan telur yang baik dan benar selanjutnya adalah menyimpannya di kulkas.  Menurut dua ilmuwan Kedokteran Hewan asal Universitas Bristol , Dr. Rosamund Baird dan Dr. Jane, bakteri yang mudah mengkontaminasi telur adalah bakteri salmonella.

Untuk menghindarinya, disarankan untuk meletakkan telur dalam ruangan bersuhu dingin sehingga bakteri tersebut tidak dapat berkembang biak.

Selain itu, yang perlu juga diperhatikan saat menyimpan telur dalam kulkas adalah pastikan tidak dalam wadah yang sama dengan bahan masakan lain seperti bawang, sayuran, dan lain sebagainya. Bau yang dikeluarkan oleh bahan-bahan masakan tersebut juga dapat mengkontaminasi telur sehingga tidak segar.

Hindari Menyimpan Telur di Daerah Pintu Kulkas

Ilustrasi. Foto: wcvb
Ilustrasi. Foto: wcvb

Kamu pasti menyadari di sebagian besar lemari es ada rak khusus untuk menyimpan telur yang terletak di balik pintu. Para ahli baru-baru ini menyatakan bahwa jika ingin menjaga telur tetap segar lebih lama, maka kamu perlu mengubah kebiasaan untuk menaruh telur di rak penyimpanan tersebut.

Menurut Vlatka Lake, seorang manajer pemasaran di perusahaan penyimpanan Space Station, menempatkan telur di balik pintu lemari es dapat membuatnya membusuk lebih cepat. Hal ini dikarenakan pintu dibuka dan ditutup sepanjang hari, kondisi ini membuat telur mengalami perubahan suhu saat kamu membuka dan menutupnya.

Oleh karena itu, jika kamu memutuskan untuk menaruh telur di kulkas, maka kamu perlu menaruhnya di bagian dalam lemari es di mana suhunya jauh lebih stabil. Menurut British Egg Information Service, agar kesegaran telur tetap terjaga simpan dalam suhu di bawah 20 derajat Celcius dan letakkan di lemari bagian dalam.

Menyimpan pada Suhu Ruang

Selain menyimpan di dalam kulkas, sebenarnya meletakkan telur dalam suhu ruang juga tidak masalah. Namun, tingkat ketahanannya tidak akan selama ketika disimpan dalam kulkas.

Jika kamu meletakkannya di dapur, pastikan telur usianya tidak lebih dari empat minggu. Sebelum disimpan sebaiknya telur dicuci terlebih dahulu. Keringkan dan letakkan secara terpisah dengan menggunakan rak khusus atau kardus telur.

Pastikan juga bahwa posisi telur yang lebih runcing menghadap bawah. Ini dilakukan agar kantong udara yang berada di bagian tumpul tetap berada di atas, sehingga tidak menekan isi telur dan merusaknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola Turut Khawatir Lionel Messi Tinggalkan Barcelona

Posted: 05 Feb 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Konflik internal yang terjadi di Barcelona turut diperhatikan eks gelandang yang kini jadi manajer Manchester City, Josep Guardiola. Dia menilai Barcelona bisa terpuruk kalau sampai ditinggalkan Lionel Messi.

Seperti yang diketahui, Ronaldo memutuskan hijrah dari Real Madrid demi memenuhi pinangan Juventus di tahun 2018 lalu. Menurut dugaan, Ronaldo pergi karena adanya permasalahan dengan presiden klub, Florentino Perez.

Lionel Messi pun sedang mengalami masalah yang hampir serupa. Baru-baru ini, ia terlibat konfrontasi dengan Eric Abidal selaku direktur Barcelona perihal pemecatan pelatih sebelumnya, Ernesto Valverde.

Sebuah media mengutip pernyataan Abidal yang mengatakan kalau pemain Barcelona punya andil dalam pemecatan Ernesto Valverde. Messi yang tak terima dengan perkataan itu langsung melontarkan balasan di media sosial.

Guardiola juga pernah mengandalkan Lionel Messi saat masih melatih Barcelona. Dia tahu betul bagaimana pengaruh megabintang asal Argentina itu trhadap tim.

 

Tanpa Messi, Barcelona Bisa Terpuruk

Kapten Barcelona, Lionel Messi, tersenyum saat gagal mencetak gol ke gawang Slavia Praha pada laga Liga Champions 2019 di Stadion Camp Nou, Selasa (5/11). Kedua tim bermain imbang 0-0. (AP/Joan Monfort)
Kapten Barcelona, Lionel Messi, tersenyum saat gagal mencetak gol ke gawang Slavia Praha pada laga Liga Champions 2019 di Stadion Camp Nou, Selasa (5/11). Kedua tim bermain imbang 0-0. (AP/Joan Monfort)

Kisruh yang terjadi di dalam tubuh Barcelona ini mengundang rumor kepergian Messi. Apalagi, pemain berumur 32 tahun itu punya klausul di dalam kontraknya yang membuatnya boleh hengkang dari Nou Camp kapanpun ia mau di musim panas.

Kasus ini mendapatkan perhatian dari Guardiola, yang pernah bermain serta menukangi Barcelona. Ia mewanti-wanti bekas klubnya tersebut untuk berhati-hati seandainya Messi memilih hengkang dari Barcelona.

"Ini tidak terhindarkan, pemain seperti ini sangat penting. Saat Messi meninggalkan Barca, mereka akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Ini tidak terhindarkan. Orang-orang ini bisa mencetak 40 atau 50 gol per musim," ujarnya ke Post United.

 

Kenangan Guardiola dengan Barcelona

Sebagian besar karir Guardiola di dunia sepak bola, sebagai pemain maupun pelatih, dihabiskan di Barcelona. Total 20 tahun lamanya ia mengabdi kepada klub raksasa di tanah Spanyol tersebut.

Saat menjadi pelatih, Guardiola membuat Barcelona semakin berjaya di dunia sepak bola. Ia berhasil mempersembahkan tiga trofi La Liga, dua Liga Champions dengan total sebanyak 14 trofi dari berbagai ajang.

Namun tidak ada yang bisa menghapus kenangan Guardiola sewaktu timnya membantai rival bebuyutannya, Real Madrid. Pada bulan Mei 2009, di ajang La Liga, Barcelona menghantam klub berjuluk Los Merengues itu dengan skor telak 6-2.

"Kami tahu bahwa bila kami kalah pada pertandingan itu dengan tim yang mereka miliki, musim itu akan berjalan sulit. Itu adalah hari yang menyenangkan," pungkasnya.

(Goal International)

Disadur dari Bola.net (Yaumil Azis,published 6/2/2020)

Video:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Kembali Ancam Copot Pangdam dan Kapolda yang Gagal Atasi Karhutla

Posted: 05 Feb 2020 08:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali meminta TNI-Polri dan kepala daerah serius dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Jokowi menegaskan dirinya tak segan mencopot kapolda, kapolres, pangdam, danrem, dan dandim yang gagal mengatasi karhutla di daerahnya.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan tentang upaya mencegah peningkatan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Dia menuturkan bahwa pencopotan itu merupakan aturan darinya yang berlaku sejak 2016.

"Tegas saya sampaikan, pasti saya telepon, ke Panglima, ke Kapolri, kalau ada kebakaran di wilayah kecil agak membesar, saya tanya Dandim-nya sudah dicopot belum. Kalau sudah membesar pasti saya tanyakan, Panglima sama Kapolda sudah diganti belum," jelas dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa hal tersebut memang telah berkali-kali disampaikannya. Khususnya menjelang musim kemarau.

Pasalnya, dia khawatir ada kepala daerah dan pejabat kepolisian baru yang masuk ke daerah rawan kebakaran dan belum mengetahui aturan mainnya. Sementara kepala daerah, Jokowi mengaku hanya bisa mengingatkan sebab tak bisa mencopotnya.

"Ini aturan main sejak 2016 dan berlaku sampai sekarang supaya yang baru-baru tahun semuanya. Kalau copot gubernur, bupati, wali kota enggak bisa. Bedanya di situ saja," jelas dia.

Jokowi lantas menyinggung peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada 2015 lalu, di mana 2,5 juta hektare lahan terbakar dan menimbulkan kerugian mencapai Rp 225 triliun. Setelah dibuat aturan main itu, jumlah lahan yang terbakar akibat karhutla pada 2017 turun drastis di angka 150 ribu hektare.

"Tapi 2018 naik lagi menjadi 590 ribu hektare. Ini ada apa? Sudah bagus-bagus 150, kok naik lagi. 2019 naik lagi jadi 1,5 (juta hekatre, ini apa lagi? Apa kurang yang dicopot? Apa kurang persiapan?" tuturnya.

 

Padamkan Api Segera

Mantan Wali Kota Solo itu menekankan dirinya tak mau peristiwa karhutla di Brasil, Bolivia, dan Australia terjadi di Indonesia. Untuk itu, dia meminta agar jajaran TNI-Polri dan kepala daerah di wilayah lokasi rawan bencana segera padamkan api sekecil apa pun.

"Sehingga kalau ada api satu saja di desa, segera cari ember padamkan. Jangan sampai meluas dan menggunakan air yang berjuta-juta ton dan tidak menyelesaikan. Sudah sulit. Negara besar pun kesulitan kalau sudah ada yang namanya api," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Bowo Sidik Pangarso

Posted: 05 Feb 2020 08:30 PM PST

Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Harga Samsung Galaxy A01 Curi Perhatian

Posted: 05 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meski disibukkan dengan peluncuran seri Galaxy S20 beberapa hari mendatang, Samsung ternyata mengumumkan smartphone baru lainnya, yakni Galaxy A01.

Walau masih belum mengungkap kapan meluncur di pasaran, artikel tentang harga Galaxy A01 mencuri perhatian pembaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Rabu (5/2/2020).

Artikel lain yang ikut mencuri perhatian, termasuk laporan pendapatan iklan Instagram, dan keputusan ZTE mundur dari MWC 2020.

Lebih lengkapnya, kamu bisa cek di bawah ini.

1. Samsung Galaxy A01 Siap Debut, Harga Rp 1,6 Jutaan

Menjelang akhir tahun lalu, Samsung diam-diam memperkenalkan Galaxy A01. Namun ketika itu, perusahaan tidak mengungkap lebih lanjut mengenai jadwal rilis dan harga dari smartphone.

Kendati demikian, berdasarkan laporan terbaru, Galaxy A01 ternyata akan memulai debutnya di Vietnam. Dikutip dari Phone Arena, Rabu (5/2/2020), smartphone ini sudah hadir di situs resmi Samsung Vietnam.

Smartphone ini hadir dengan tiga pilihan warna, yakni hitam, biru, dan merah. Dari informasi yang diberikan Samsung, Galaxy A01 dibanderol dengan harga 2.790.000 dong vietnam atau sekitar Rp 1,6 Juta.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Instagram Raup Pendapatan Iklan Rp 273,6 Triliun

Instagram bukanlah sapi perah utama bagi Facebook. Namun, Instagram memainkan peranan besar dalam menghasilkan cuan bagi perusahaan media sosial terbesar asal Amerika Serikat itu.

Dalam laporan Bloomberg, diketahui bahwa Instagram mampu menghasilkan USD 20 miliar atau setara Rp 273,6 triliun dari pendapatan iklan sepanjang 2019.

Mengutip laman The Verge, Rabu (5/2/2020), pendapatan Instagram di atas menyumbang lebih dari seperempat dari keseluruhan pendapatan Facebook di tahun 2019.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Virus Corona Bikin ZTE Batal Ikut Berpartisipasi di MWC 2020

Perusahaan manufaktur smartphone dan produk telko Tiongkok ZTE menyatakan batal mengikuti Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona, Spanyol, akhir Februari ini.

Keputusan ini diumumkan oleh ZTE lewat konferensi pers yang baru digelarnya kemarin.

ZTE menyatakan tidak akan berpartisipasi dalam MWC 2020 karena dampak dari merebaknya wabah virus corona.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kasus Virus Corona Tembus 28 Ribu, 565 Tewas

Posted: 05 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Otoritas kesehatan China memberikan update data terbaru sebaran kasus corona. Di seluruh dunia, jumlah kasus corona telah menembus angka 28 ribu lebih, sedangkan jumlah korban tewas mencapai 565 jiwa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng Korsel dan UNDP, Aplikasi LAPOR! Bakal Ramah Disabilitas

Posted: 05 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melaksanakan project board meeting bersama Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP).

Salah satu poin dalam pertemuan itu adalah menyusun rancangan roadmap agar aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) dapat digunakan oleh semua kalangan, termasuk penyandang disabilitas

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menekankan pentingnya manajemen waktu, manajemen risiko, dan pengendalian mutu dalam pengembangan dan integrasi sistem LAPOR!.

Menurut dia, secara umum manajemen waktu dan kuantitas dari sistem integrasi LAPOR! dengan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah sangat baik. Namun, untuk manajemen risiko dan quality control perlu untuk didalami lagi.

"Itu agar kualitas pengelolaan aplikasi LAPOR! bisa berjalan dengan lebih baik lagi, baik dari pengelolaannya maupun solusi atas pelaporan yang disampaikan masyarakat," ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis (6/2/2020).

Terkait dengan rencana strategis lainnya dalam penguatan kapasitas SP4N-LAPOR!, Deputy Resident Representative UNDP Indonesia Sophie Kemkhadze mendorong penyebarluasan aplikasi melalui peningkatan partisipasi komunitas dengan perhatian khusus pada kelompok muda, perempuan, dan penyandang disabilitas dalam mempromosikan SPAN-LAPOR!.

Sophie berharap roadmap bisa disusun secara komprehensif, termasuk menyediakan fitur bagi penyandang disabilitas dan mempromosikan kesetaraan gender.

"Kami ingin menghapuskan batasan, sehingga setiap orang bisa mendapatkan akses yang sama ke LAPOR!" katanya.

Program Pelatihan

(Foto:@Kemnaker)
(Foto:@Kemnaker)

Senada, Deputy Country Director KOICA Songjoo Kim juga menyampaikan fokusnya dalam pengembangan kapasitas SP4N-LAPOR!. Kim menganggap manajemen risiko dan kualitas sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan, termasuk dalam pengembangan SPAN-LAPOR!.

Selain itu, Kim juga mengatakan KOICA sangat tertarik pada rencana induk yang akan disusun. Untuk itu, KOICA ingin memberikan kontribusi berupa program pelatihan bagi pengelola pengaduan Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan terkait dengan pengelolaan pengaduan masyarakat.

"Saya benar-benar ingin memastikan kurikulum pengembangan kapasitas yang diberikan sejalan dengan master plan dan roadmap serta akan membuatnya lebih praktikal," jelas Kim.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vokalis Megadeth Dave Mustaine Sembuh 100 Persen dari Kanker Tenggorokan

Posted: 05 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, London - Dave Mustaine, vokalis grup band Megadeth, sempat didiagnosis kanker pada 2019 lalu. Namun, ia mengalami kemajuan yang sangat pesat.

Diakui Dave Mustaine dokter telah menyatakan dirinya telah bebas dari penyakit kanker tenggorokan 100 persen.

Kabar baik ini langsung diumumkan Dave Mustaine pada Jumat (31/1/2020) lalu di atas panggung Wembley Arena London, Inggris.

 

100 Persen Bebas

Megadeth (Foto: Instagram/@davemustaine)
Megadeth (Foto: Instagram/@davemustaine)

"Pada 16 Oktober saya pergi menemui dokter. Dan dia berkata, 'Anda 100 persen bebas dari kanker," ungkap Dave Mustaine, dilansir NME, Selasa (4/2/2020).

 

Senang

Megadeth (Foto: Instagram/@megadeth)
Megadeth (Foto: Instagram/@megadeth)

"Senang rasanya bisa datang ke sini dan berdiri di panggung ini di depan begitu banyak teman lama saya di London," lanjutnya.

 

Kemajuan Pesat

Pada September, Dave Mustaine mengatakan bahwa dokter memberi nilai positif pada kemajuan penyakitnya.

 

Pengobatan Baru

Dave Mustaine, sebelumnya menyelesaikan ronde pengobatan terbaru untuk kanker.

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komitmen Asuransi Manulife bagi Korban Bencana di Palu

Posted: 05 Feb 2020 08:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gempa dan tsunami melanda Wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), khususnya Kota Palu dan Donggala pada 2018. Bencana tersebut menelan korban jiwa lebih dari 3.700 orang, sekitar 55.000 bangunan hancur, dan kerugian materi mencapai sekitar Rp 18,4 triliun.

Tragedi itu menggugah kepedulian perusahaan asuransi PT Manulife Indonesia di Palu. Dengan tetap memastikan kondisi agen dan layanan ke nasabah, di tengah keterbatasan dan kesusahan yang diderita masyarakat.

Direktur and chief Marketing Manulife Indonesia Novita Rumgangun menjelaskan, pihaknya memahami kebutuhan solusi perencanaan keuangan keluarga Indonesia yang beragam, termasuk kebutuhan nasabah yang mengalami musibah bencana alam. salah satunya di Palu.

Menurut dia, nasabah tidak perlu khawatir akan dipersulit dalam mengajukan klaim. Terbukti hingga November 2019 (un-audited), Manulife Indonesia telah membayarkan klaim sebesar Rp 5,3 triliun atau setara Rp 15 miliar per hari atau Rp 608 juta per jam.

Sebelumnya, pada tahun 2018, Manulife membayar klaim ke nasabah Rp 5,5 triliun atau Rp 15 miliar setiap harinya, dan Rp 626 juta setiap jamnya.

Tahun 2017, Manulife Indonesia membayar klaim ke nasabah sebesar Rp 6,6 triliun atau sekitar Rp 18 miliar per hari atau berkisar Rp 753 juta per jam. Tahun 2016, jumlah klaim yang dibayar sebesar Rp 6,8 triliun, sedangkan pada tahun 2015 mencapai Rp 5,6 triliun.

Tercatat, peristiwa gempa bumi itu merenggut nyawa dua agen perusahaan asuransi jiwa PT Manulife Indonesia yakni Reni Juaningsih dan M Rusli. Kantor pusat Manulife Indonesia di Jakarta kemudian mengirim pasokan bantuan, termasuk memberikan informasi-informasi penting untuk penanganan bantuan terhadap nasabah.

"Kantor kami rusak, bahkan kami yang saat itu berada di kantor nyaris tertimpa reruntuhan, beruntung kami selamat. Tetapi, kendaraan kami hancur tertimpa reruntuhan," ujar Manajer Distrik Manulife Indonesia Palu Seprina Fifian Mangitung, Kamis (6/2/2020).

Seluruh agen mendapat bantuan, termasuk biaya untuk merenovasi rumah yang rusak akibat gempa. Bahkan, ada beberapa agen yang mendapat dana hingga puluhan juta Rupiah untuk memperbaiki kendaraan mereka yang rusak saat terparkir di kantor Manulife di Palu.

Staf Kantor Manulife di Palu, Rosalina Hariyanti mengisahkan, kantor pusat di Jakarta meminta para staf dan agen terlebih dulu memprioritaskan keluarga dan nasabah.

"Inilah yang membuat kami semangat untuk bangkit, di tengah kesusahan, kami tetap berupaya membantu nasabah-nasabah," tutur Lina.

Ketika itu, kantor pusat di Jakarta, mengirim data informasi seluruh nasabah. Manulife ingin memberi kemudahan dalam proses klaim, termasuk dokumen-dokumen yang diminta. Pencairan juga dipercepat.

Tak hanya itu, seluruh nasabah yang terdampak bencana juga mendapat keringanan berupa pembebasan pembayaran premi selama satu tahun. Seluruh premi selama satu tahun itu ditanggung Manulife Indonesia.

Adi G Yusuf, nasabah Manulife asal Palu mengisahkan, kedua orangtuanya, beserta empat pegawai, dan satu pengunjung tewas saat bangunan restoran "Dunia Baru" milik keluarga Adi runtuh.

Ia selamat karena ketika itu berada di lantai dua. Tak lama setelah kejadian, pihak Manulife datang dan mengurus proses pencairan asuransi.

"Kami diberitahu bahwa semua dipermudah pengurusan pencairan dan semacamnya, termasuk dokumen-dokumennya. Jujur, kami tenang. Apalagi habis gempa, kami butuh dana tambahan, soalnya apa-apa serba mahal, dan tidak bisa membuka rekening dan segala macam.

"Ternyata penanganan Manulife cepat, sekitar dua minggu, sudah cair," kisah Adi yang mengaku memperoleh dana sekitar Rp 550 juta dari Manulife untuk dua polis yang dimiliki mendiang ibunya.

 

Agen

Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)
Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)

Hal senada dikatakan Sufiaty Sonrang, pensiunan pegawai Pemprov Sulteng yang suaminya, Suparman Hasan, tewas tertimpa pagar beton saat gempa terjadi.

Ia menjelaskan, semua proses dibantu pihak Manulife. Semuanya tidak ada yang dipersulit. Hanya lima hari kerja, ternyata sudah cair. "Jumlahnya membuat kami kaget, karena mencapai Rp 600 juta. Jelas itu sangat membantu, apalagi saya hanya pensiunan," kenang Sufiaty.

Tidak hanya itu, ia juga mendapat fasilitas dibebaskan dalam membayar premi selama satu tahun. Pihak Manulife yang membayar preminya itu.

Sejumlah agen Manulife di Palu mengakui, kepedulian Manulife itu mendapat sambutan positif bagi masyarakat Palu.

Hal itu ternyata sangat berkesan di hati mereka. Makanya, saat ini, agen tidak kesulitan ketika berkisah tentang pentingnya proteksi bagi keluarga.

Magi Maya, salah satu agen Manulife mengakui, kunjungan masyarakat ke kantor Manulife bertambah sekitar 20 persen dari sebelum terjadi tragedi gempa bumi.

"Walaupun memang banyak dari mereka belum bersedia membeli polis karena memang perekonomian masih belum mendukung. Tetapi setidaknya, dengan mereka datang saja itu sudah cukup bagus bagi kami," ujar dia.

Tak hanya itu, kepedulian Manulife terhadap para agen juga membuat jumlah agen bertambah yang sebelumnya hanya 79 orang, kini menjadi sekitar 90 orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wabah Virus Corona Wuhan Picu Lobster Australia Dijual Murah

Posted: 05 Feb 2020 08:21 PM PST

Melbourne - Imbas merebaknya Virus Corona di China mengakibatkan permintaan lobster dari Australia menurun tajam. Hal tersebut memicu anjloknya harga makanan laut yang dikenal mahal itu.

Menurunnya harga lobster akan berdampak buruk dalam jangka panjang bagi industri yang sebagian besar terkonsentrasi di Australia Barat bila Virus Corona tidak tertangani dengan baik.

China adalah pembeli terbesar industri bernilai AUD 500 juta ini, yang membeli 98 persen dari produksi 6.615 ton setiap tahunnya.

Biasanya permintaan lobster dari China akan mencapai puncaknya menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, sekitar 40-50 ton per hari.

Geraldton Fishermen's Co-operative (GFC) adalah koperasi yang menguasai 60 persen produksi lobster di Australia dan sejak dua pekan lalu menghentikan pengiriman lobster ke China, karena menurunnya permintaan.

Menurut CEO GFC Matt Rutter, saat ini banyak tangkapan lobster yang berada di pusat penampungan di Australia dan mereka harus menjual produk tersebut dengan harga rendah, termasuk di dalam negeri.

Saat ini harga lobster paling mahal kelas A jenis western rock dihargai AUD 33 (sekitar Rp 330 ribu), padahal sebelum adanya wabah Virus Corona, harganya Rp 480 ribu.

"Kami sebenarnya tidak memiliki banyak lobster di kolam penyimpanan," kata Rutter seperti dikutip dari DW Indonesia, Kamis (5/2/2020).

"Kami memperkirakan persedian yang ada sekitar 1 bulan dan kami terus berusaha menjual lobster ini ke pasar mana saja."

"Di seluruh Australia, ada beberapa ratus ton lobster yang sudah ditangkap, tapi belum dikapalkan ke China sebelum pasar ditutup. Ini seluruh Australia."

"Dari ratusan ton itu, sebagian di antaranya adalah lobster western rock."

Harga Pasaran Lobster Terendah

Ilustrasi Lobster (Sumber Foto: Pexels)
Ilustrasi Lobster (Sumber Foto: Pexels)

Harga lobster saat ini bukanlah yang terendah. Namun, Rutter mengatakan sudah lebih rendah dari harga pasaran dunia.

"Masih belum pasti kapan pasar China akan dibuka lagi," kata Rutter.

"Situasi ini akan berkembang terus dan karenanya harga akan turun. "Menurut Matt Rutter, dampak dari penutupan perdagangan lobster ke China sangat luas.

"Karena tidak ada penangkapan yang dilakukan, tidak ada truk yang jalan, tidak ada depot yang menerima lobster. Banyak staf yang sebelumnya bekerja, sekarang harus berhenti kerja sampai produksi dimulai lagi."

"Jadi bukan saja para nelayan yang mengalami dampaknya, tapi semua orang yang menggantungkan hidupnya dari industri ini terkena."

Sebagai perusahaan yang melakukan ekspor lobster terbesar dari Australia, GFC memiliki kapasitas penyimpanan 220 ton, dengan tempat penyimpanan tersebut bisa memuat pasokan lobster selama 4 sampai 6 minggu.

Sambil menunggu China membuka pintu bagi perdagangan lobster, Rutter mengatakan mereka berusaha mencari pasar baru termasuk pasar domestik, juga ke Jepang, Taiwan, Asia Tenggara dan Amerika Serikat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cristiano Ronaldo Minta Juventus Boyong Bek Barcelona Nelson Semedo

Posted: 05 Feb 2020 08:20 PM PST

Turin- Cristiano Ronaldo punya keinginan Juventus memboyong rekan senegaranya Nelson Semedo dari Barcelona. Dia meyakini bek kanan Barcelona itu bisa menambah solid pertahanan I Bianconeri.

Sejak musim 2019-2020 bergulir, Juventus memiliki masalah di sektor bek sayap. Tim Si Nyonya Tua tidak punya stok bek sayap yang memadai di tim mereka.

Di posisi bek kanan, Danilo menjadi andalan Juve, Maurizio Sarri. Namun, Danilo tidak punya backup yang bagus, sehingga Sarri menarik mundur Juan Cuadrado untuk mengisi pos bek kanan.

Seperti dilansir Don Balon, Juventus kini tengah coba mencari solusi untuk krisis bek kanan ini. Mereka diberitakan tertarik untuk merekrut Nelson Semedo dari Barcelona.

Menurut laporan tersebut, Juventus mengejar tanda tangan Semedo atas instruksi dari Cristiano Ronaldo. Kapten Timnas Portugal itu tahu Juve kekurangan bek kanan. Untuk itu, dia mulai membantu mencarikan bek kanan yang berkualitas.

 

Pemain Berkualitas

Pemain Barcelona, Nelson Semedo. (AFP/Lluis Gene)
Pemain Barcelona, Nelson Semedo. (AFP/Lluis Gene)

Cristiano Ronaldo menilai kompariotnya di Timnas Portugal itu memiliki kualitas yang memadai. Untuk itu, dia meminta Juventus menebus Semedo dari Barcelona.

Menurut laporan tersebut, Juventus siap mendapatkan sang bek pada musim panas nanti. Mereka dikabarkan sudah menyiapkan dana yang cukup besar untuk transfer Nelson Semedo.

Mereka akan menawar sang bek dengan mahar 30 juta euro (Rp 451 miliar). Juventus percaya tawaran ini cukup untuk memboyong Semedo keluar dari Barcelona.

Di sisi lain, Semedo dirumorkan ingin angkat kaki dari Barcelona. Nelson Semedo merasa kesal, karena Blaugrana memberikan janji palsu terkait kontrak barunya di Camp Nou.

Sumber: Don Balon

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Serafin Unus Pasi/Published: 5/2/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Sophia Latjuba, 7 Seleb Ini juga Tak Malu Makan di Warteg

Posted: 05 Feb 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu aktris sekaligus model Sophia Latjuba menjadi sorotan publik. Pasalnya ia mengunggah foto saat tengah bersantap ria di sebuah warteg.

Foto tersebut pun langsung ramai oleh komentar netizen dan kembali diunggah oleh beberapa akun gosip di media sosial. Bukan kali ini saja foto sederhana Sophia Latjuba jadi sorotan publik. Sebelumnya ia juga jadi sorotan netizen karena pernah berbelanja di pasar.

Ia memang cukup dikenal sebagai artis Tanah Air yang tak malu-malu untuk melakukan hal sederhana seperti pergi ke pasar ataupun makan di warung sederhana. Rupanya bukan hanya Sophia saja yang tak malu-malu untuk makan di sebuah warteg.

Akan tetapi, beberapa selebriti lainnya juga pernah melakukan hal serupa. Penampilan para selebriti saat menikmati makanan di warteg juga terlihat sederhana.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (6/2/2020) berikut ini beberapa potret selebriti Tanah Air saat tengah bersantap di warteg sederhana selain Sophia Latjuba.

1. Ini dia unggahan Sophia Latjuba yang jadi perbincangan netizen.

Artis sederhana (Sumber: Instagram/sophia_latjuba88)
Artis sederhana (Sumber: Instagram/sophia_latjuba88)

2. Ada pula aktor Sahrul Gunawan yang terlihat begitu menikmati makanan warteg.

Artis sederhana (Sumber: Instagram/sahrulgunawanofficial)
Artis sederhana (Sumber: Instagram/sahrulgunawanofficial)

3. Suami Raisa, Hamish Daud juga pernah makan di warteg dan langsung jadi sorotan netizen.

Artis sederhana (Sumber: Instagram/hamishdw)
Artis sederhana (Sumber: Instagram/hamishdw)

4. Ada pula aktris cantik Cinta Laura serta aktor Derby Romero yang tengah berada di sebuah warteg loh.

Artis sederhana (Sumber: Instagram/claurakiehl)
Artis sederhana (Sumber: Instagram/claurakiehl)

5. Begini penampilan sederhana Indah Permatasari saat tenagh memesan makanan di sebuah warung makan.

Artis sederhana (Sumber: Instagram/indahpermatas)
Artis sederhana (Sumber: Instagram/indahpermatas)

6. Tamara Bleszynski menjadi aktris yang cukup sering memakan makanan dari warteg yang ada di dekat rumahnya di Bali.

Artis sederhana (Sumber: Instagram/tamarableszynskiofficial)
Artis sederhana (Sumber: Instagram/tamarableszynskiofficial)

7. Anya Geraldine juga tak malu-malu untuk makan di warteg bersama Bimo Picky Picks.

Artis sederhana (Sumber: Instagram/anyageraldine)
Artis sederhana (Sumber: Instagram/anyageraldine)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: