Rabu, 26 Februari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Maia Estianty dan Irwan Mussry Berdandan ala Warga India, Warganet Gemas

Posted: 26 Feb 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berdandan ala India jadi inspirasi sejumlah pesohor di Tanah Air. Kali ini berdandan ala India dilakukan oleh Maia Estianty bersama suami tercinta Irwan Mussry.

Melalui akun Instagram pribadinya, Maia membagikan sebuah potret bersama Irwan saat sedang berdandan layaknya perempuan dan lelaki India.

Sebuah tanda berupa titik tampak jelas di kening Maia. Sepasang anting berbentuk bulat terlihat bergantung di telinga Maia.

Irwan yang berada di sebelah kanan Maia tampak mengenakan mengenakan turban. Memakai kacamata putih, Irwan terlihat sedang tersenyum, begitu pula dengan Maia.

"Aca Aca Nehi Nehi 🤣🤣 Cocok banget sih sebelahku ini pake topi ala India... thakur @irwanmussry .. MaasyaaAllah," kata Maia Estianty sebagai keterangan potret yang diunggah pada 24 Februari 2020.

Disukai Warganet

Maia Estianty dan Irwan Mussry berdandan ala perempuan dan lelaki India (Dok.Instagram/@maiaestiantyreal/https://www.instagram.com/p/B88WZ4PnYDF/Komarudin)
Maia Estianty dan Irwan Mussry berdandan ala perempuan dan lelaki India (Dok.Instagram/@maiaestiantyreal/https://www.instagram.com/p/B88WZ4PnYDF/Komarudin)

Hingga berita ini diturunkan, Kamis, 26 Februari 2020, unggahan Maia Estianty itu disukai lebih dari 155 ribu pengikutnya di Instagram. Addie MS dan Shanty Paredes tertawa melihat unggahan ibu tiga anak itu.

"Hahaha....," tulis Addie MS.

"Hahah gemesss bgt sih Bun @maiaestiantyreal," komentar Shanty.

Berbeda dengan Addie MS dan Shanty yang tertawa melihat unggahan Maia, lain lagi dengan komentar warganet yang lain. Mereka menilai penampilan Maia dan Irwan cocok berdandan ala India.

"@maiaestiantyreal bun..daddy cocok banget keren..bunmay makin cakeppp awet muda ajah😂😍😍👍," tulis seorang warganet. "Bunda juga cocok 😍," komentar warganet yang lain.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Hargai Penangguhan Visa Umrah oleh Arab Saudi karena Virus Corona

Posted: 26 Feb 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghargai keputusan pemerintah Arab Saudi yang menangguhkan sementara visa untuk umrah. Larangan itu diambil agar mencegah penyebaran wabah Virus Corona ke Tanah Suci.

"Itu kebijakan dari pemerintah Arab Saudi. Kita menghargai, kita menghormati, karena apapun yang namanya kesehatan itu dinomorsatukan oleh pemerintah Arab Saudi. Kita sangat menghargai," ujar Jokowi di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Jokowi mengaku baru mendapatkan informasi terkait hal tersebut Rabu kemarin, sehingga belum berbicara dengan Menteri Agama Fachrul Razi. Kendati begitu, dia menjelaskan, penangguhan visa umrah ini tak hanya berlaku bagi Indonesia.

"Saya kira ini kan tidak hanya untuk Indonesia, tapi untuk semua negara. Karena mereka ingin memproteksi, melindungi warga negaranya dari Virus Corona. Kita sangat menghargai itu," jelasnya.

Terhitung mulai hari ini Kamis (27/2/2020), Arab Saudi menangguhkan sementara visa umrah, termasuk bagi jemaah dari Indonesia. Kabar itu dibenarkan oleh Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Arfi Hatim.

"Iya, kami juga baru mendengar infonya dini hari tadi," kata Arfi kala dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (27/2/2020).

 

Tak Tahu Kapan Dicabut

Arfi menyebutkan, pihaknya saat ini juga tengah memastikan larangan sementara umrah itu kepada otoritas Kerajaan Arab Saudi.

"Ya kami sekarang lagi mengonfirmasikannya kepada otoritas berkaitan. Nanti kita bikin rilis resminya," kata dia.

Alasan di balik pelarangan tersebut, lanjut Arfi, karena Indonesia masuk dalam daftar salah satu negara dengan potensi penyebar virus mematikan Coronavirus atau Covid-19.

Arfi mengaku tidak mengetahui secara pasti sampai kapan penghentian ibadah umrah bagi warga negara Indonesia (WNI) tersebut diberlakukan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modus Iming-Iming Nilai Bagus, Guru Tua Bangka di Padang Setubuhi Siswanya

Posted: 26 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Padang Pariaman - Bermodus iming-iming nilai bagus, seorang guru PNS di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, menyetubuhi siswinya sendiri.

Guru kesenian di SMAN 1 Nan Sabaris berinisial JW (58) itu, melakukan aksi bejatnya pada 22 Februari 2020. Orangtua siswa yang mengetahui itu langsung melapor ke Polres Padangpariaman.

Mendapati laporan tersebut, pihak kepolisian langsung melakukan koordinasi dengan pihak sekolah dan menangkap pelaku pada Selasa 25 Februari 2020. Berdasarkan keterangan polisi, pelaku mengakui aksi pencabulan tersebut.

"Pelaku kami tangkap kemarin setelah mendapat laporan dari orangtua korban dan apa yang dituduhkan pada pelaku diakuinya," kata Kasubbag Humas Polres Padang Pariaman AKP Emel di Padangpariaman, Rabu (26/2/2020).

Dari keterangan pelaku, lanjutnya perbuatan asusila itu dilakukannya di dalam mobil pribadinya di parkiran salah satu TK di Limpato Sungai Sariak yang ternyata dekat dengan rumah pelaku.

Sebelum memulai aksinya, JW menjanjikan nilai yang bagus, selain juga menjanjikan akan mengajak korban berbelanja, uang jajan, serta akan dibelikan ponsel mahal.

Emel menyebutkan, dari penangkapan pelaku diamankan barang bukti satu unit mobil, pakaian yang dibelikan pelaku kepada korban, dan baju sekolah korban pada saat kejadian.

Terkait kasus tersebut, Ketua Lembaga Perlindungan Korban Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak unit Rumah Perlindungan Sosial Anak Delima Kota Pariaman Fatmiyeti Kahar mengatakan, pihaknya akan terus mendampingi korban.

"Kami sangat menyayangkan adanya kasus ini karena seorang guru harusnya melindungi ini malah berbuat bejat kepada muridnya," kata dia.

Fatmiyenti meminta kepada orangtua agar lebih memperhatikan anaknya agar tidak terjadi hal-hal semacam ini karena hanya akan merugikan korban. Dirinya juga mengingatkan anak muda khususnya perempuan agar tidak mudah terbujuk rayuan pria. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Sebarkan Covid-19, Mahasiswi China Kepergok Ludahi Kolam Renang

Posted: 26 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mewabahnya Virus Corona COVID-19 nampaknya kian meluas. Penyebarannya yang merajalela membuat korban terinfeksi dan meninggal terus bertambah.

Menurut data John Hopkins, Rabu 26 Februari 2020, COVID-19 telah menginfeksi 81.002 orang di dunia. Tak hanya di China, jumlah korban terinfeksi juga meluas ke berbagai Negara di dunia mulai dari Jepang, Korea hingga ke Timur Tengah seperti Iran, Israel, hingga Mesir.

Penyebarannya yang begitu cepat kita harus waspada untuk selalu menjaga kesehatan. Terlebih lagi banyak korban Virus Corona yang diduga sengaja menularkannya lewat cara-cara tak terduga.

Seperti yang dilakukan oleh seorang mahasiswi dari China, yang sedang menempuh pendidikan di sebuah universitas di Cheras, Malaysia, ini.

Dalam sebuah video yang beredar, mahasiswi asal China tersebut terlihat meludah di kolam renang sebuah apartemen di Malaysia. Video yang kemudian viral ini dibagikan oleh seorang warganet yang tidak mau mau disebutkan identitasnya.

"Jadi, wanita ini diduga adalah mahasiswi dari China yang kuliah di universitas di Cheras, pada 25 Februari 2002, jam 3:30 sore waktu setempat, dia meludah ke dalam kolam renang di sebuah apartemen. Dia minum seteguk air dan kemudian meludahkannya lagi ke kolam renang," terangnya dikutip dari World of Buzz, Kamis (27/2/2020).

Ludahi Kolam Renang Lainnya

(worldofbuzz.com)
(worldofbuzz.com)

Tidak sampai di situ, mahasiswi ini juga berjalan mengelilingi kolam renang sambil terus meludah ke dalam kolam. Ketika didatangi penjaga keamanan, mahasiswi itu justru lari membeli sebotol air minum. Dia kemudian meludah ke dalam botol dan menuangkan airnya ke dalam kolam.

Tidak hanya meludah ke kolam renang utama, dia juga meludah ke kolam anak-anak. Ketika melakukan aksi tersebut dia tidak menunjukkan tanda-tanda mabuk atau menyesal atas tindakannya.

Satpam pun kemudian mengusir mahasiswi itu. Belum diketahui secara pasti alasan mahasiswi tersebut melakukan aksinya itu. Namun, tentu saja tindakan mahasiswi itu berpotensi menyebabkan penularan virus jika dia terinfeksi. Video tersebut lantas menuai beragam reaksi warganet. Mereka berharap bahwa pengelola apartemen menguras kolam renang dan membersihkannya dengan baik.

Kejadian serupa

Ilustrasi menutup pintu elevator. (Foto: VideoBlocks)
Ilustrasi menutup pintu elevator. (Foto: VideoBlocks)

Tak hanya kali ini, sebelumnya kejadian serupa pernah terjadi. Ya, sama seperti kelakukan seorang wanita yang berhasil terekam kamera pengaman di sebuah lift.

Terlihat dalam video yang di unggah di laman Faceebook, ia sedang batuk-batuk lalu sengaja meludahkan tombol lift ketika sepi. Memang belum dapat dipastikan, apakah wanita ini terinfeksi Virus Corona atau tidak. Walaupun belum bisa terdeteksi, tetap saja perlakuan wanita ini salah dan menjijikkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jon Bon Jovi: Sebelum Hancurkan Chelsea, Pemain Bayern Munchen Minum Wiski Dulu

Posted: 26 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, London - Bayern Munchen tampil luar biasa saat menghadapi Chelsea di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019/2020. Bertandang ke Samford Bridge, Rabu dini hari WIB (26/2/2020), The Bavarian tidak sekadar menang. Wakil Jerman itu juga menggunduli tuan rumah 3 gol tanpa balas. 

Tiga gol Bayern Munchen dicetak oleh Serge Gnabry (2 gol) dan Robert Lewandowski (1 gol). Hasil ini sekaligus memudahkan langkah Munchen menuju babak perempat final Liga Champions musim ini.

Rockstar, John Bon Jovi, belakangan membuat cerita kemenangan Munchen semakin menarik lewat kesaksiannya. Kebetulan, musisi asal Amerika Serikat tersebut sempat bertemu sejumlah pemain Bayern Munchen pada malam sebelum mereka bertarung melawan pasukan Frank Lampard.   

Dalam wawancara dengan talksport, Bon Jovi mengklaim bahwa para pemain Munchen tampak santai jelang pertandingan. Mereka bahkan masih sempat menenggak wiski dan bir malam sebelum laga. Bon Jovi mengaku kebetulan tengah menginap di hotel yang sama dengan tim dari Jerman tersebut. 

"Saya sedang ada urusan di bar dan tim itu di sana malam sebelum laga dan bagaimana mereka dengan kekuatan wiski dan bir bisa kalahkan Chelsea semalam," kata Jon seperti dilansir dari AS. 

"Para pemain Bayern benar-benar minum wiski dan bersenang-senang pada malam itu lalu mereka menghancurkan Chelsea. Saya akan membuat semua orang dalam masalah," kata Jon Bon Jovi.

Kekuatan Bayern Munchen Sebenarnya

Pemain Bayern Munchen Robert Lewandowski (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada pertandingan babak 16 besar Liga Champions di Stamford Brige Stadium, London, Inggris, Selasa (25/2/2020). Bayern Munchen menang dengan skor 3-0. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Pemain Bayern Munchen Robert Lewandowski (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada pertandingan babak 16 besar Liga Champions di Stamford Brige Stadium, London, Inggris, Selasa (25/2/2020). Bayern Munchen menang dengan skor 3-0. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Klaim Jon Bon Jovi mengenai wiski dan bir yang jadi kekuatan Bayern Munchen tentu saja belum teruji kebenarannya. Namun yang pasti, salah satu senjata mematikan Bayern saat menghancurkan Chelsea, adalah Gnabry. Dua gol yang bersarang ke gawang The Blues menjadi bukti ketangguhannya.  

Gnabry sebenarnya sudah tidak asing dengan atmosfer pertandingan melawan Chelsea. Sebab dia pernah tinggal di London saat empat musim memperkuat tim usia muda Arsenal yang notabene adalah rival The Blues. Dan kesempatan ini menambah rasa percaya dirinya pada pertandingan kemarin.   

"Saya punya banyak pengikut di sini, dan sebagian dari mereka ada di tribune dan seakan memberi kekuatan kepada saya. Tentu saja saya ingin bangkit,: kata pemain asal Jerman tersebut. 

Sebelum menjebol Chelsea, pemain berusia 24 tahun itu sebelumnya juga menjadi momok saat Bayern Munchen menggilas Tottenham Hotspur 7-2 pada penyisihan grup, Oktober lalu. Dalam duel ini, Gnabry bahkan berhasil mencetak empat gol pada pertandingan di Tottenham stadium tersebut. 

Hasil Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions 2019/2020

Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)
Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)

Borussia Dortmund 2-1 PSG

Atletico Madrid 1-0 Liverpool

Atalanta 4 - 1 Valencia

Tottenham Hotspur 0 - 1 RB Leipzig

Chelsea 0 - 3 Bayern Munich

Napoli 1 - 1 Barcelona

Real Madrid 1 - 2 Manchester City

Olympique Lyonnais 1 - 0 Juventus

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Per Hari Ini, Bulog Masih Simpan 900 Ribu Ton Beras Impor

Posted: 26 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih menyimpan beras eks impor sebanyak 900 ribu ton. Beras tersebut merupakan bekas kuota impor pada 2017.

"Saya perlu sampaikan, yang beras eks impor di seluruh Indonesia itu kurang lebih masih ada 900.000 ton dari kita import 1,8 juta ton. Itu impornya tahun 2017, masuknya Februari secara keseluruhannya 14 Februari 2018," ujar Budi di Kantor Bulog Pulogadung, Jakarta, Kamis (27/2).

Budi mengatakan, kualitas beras impor tersebut masih terjaga hingga kini. Sebab, ketika melakukan impor pada 2017 Bulog memilih beras dengan standarisasi yang ketat.

"Kita menyimpan ini sebaik mungkin sehingga kualitas mutu masih terjamin. Karena apa? Memang beras impor itu kualitasnya bagus, karena mereka melalui akses yang benar, artinya melalui dryer, pengeringan sempurna proses penggilingannya juga sempurna," jelasnya.

Ke depan, Bulog akan meniru cara negara negara asing mempertahankan kualitas beras. Agar kondisi beras yang sama juga terjadi pada beras produksi petani dalam negeri.

"Ini sekarang kita juga sudah berupaya seperti itu, seperti di negara-negara lain. Untuk mengolah beras dimana kita harus melalui proses ada dryer-nya sehingga padi dari masyarakat itu diyakini kualitasnya bagus. Keringnya maksimal itu yang sedang kami upayakan," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Lebaran 2020, Bulog Siapkan 500 Ribu Ton Beras untuk Operasi Pasar

Petugas menurunkan beras jenis medium saat Operasi Pasar Beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Kamis (22/11). Perum Bulog dan PT Food Station hari ini menggelar operasi pasar beras medium seharga Rp 8.500 per kg. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Petugas menurunkan beras jenis medium saat Operasi Pasar Beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Kamis (22/11). Perum Bulog dan PT Food Station hari ini menggelar operasi pasar beras medium seharga Rp 8.500 per kg. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso mengatakan, pihaknya menyiapkan sekitar 500 ribu ton beras untuk operasi pasar selama Ramadan 2020. Beras tersebut berasal dari stok Bulog yang ada saat ini sebesar 1,7 juta ton.

"Ini untuk kebutuhan puasa Lebaran dengan belum ada panen 2 bulan atau 1 bulan ke depan. Kita prediksi kita akan mengeluarkan kurang lebih 500 ribu ton dari 1,7 juta," ujar Budi di Gudang Bulog Pulogadung, Jakarta, Kamis (27/2).

Budi mengatakan, stok beras akan tetap terjaga walau pun pihaknya melakukan ekspor beras. Sebab, Bulog kini sudah tidak dihariskan memasok beras untuk rastra serta Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Tapi kita sudah siap menghadapi ini semua, sehingga catatan saya, karena sekarang kan sudah tidak ada rastra, BPNT, Bulog, tidak mendapatkan, kita tetap karena kita untuk stabilisasi harga, ya kita tetep operasi pasar," jelasnya.

Mantan Kepala BNN tersebut menambahkan, hingga kini harga beras masih cukup stabil di seluruh daerah Indonesia. Bulog memantau setiap pusat penjualan beras masih memiliki stok yang cukup memadai.

"Di pasar, di ritel-ritel, termasuk supermarket itu beras banyak sekali. Sehingga itu yang kembuat sekarang ini harga masih relatif stabil walaupun ada kenaikan tipis. Kenaikan kenapa? karena memang tidak ada produksi," jelasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Dirut Bulog Pastikan Stok Beras Aman hingga Lebaran 2020

Bulog tak perlu melakukan operasi pasar beras. Karena jika stok beras di pasar berlebih, akan beresiko bagi petani.
Bulog tak perlu melakukan operasi pasar beras. Karena jika stok beras di pasar berlebih, akan beresiko bagi petani.

Jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2020 Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau Perum Bulog siap mengamankan pasokan beras di seluruh wilayah Indonesia.

Kecukupan stok beras ini dibuktikan langsung dengan tinjauan yang dilakukan oleh Direktur Utama Bulog Budi Waseso ke Gudang Bulog Kanwil DKI dan Banten di Kelapa Gading, Kamis (27/2/2020).

Budi Waseso mengatakan bahwa stok beras nasional yang ada di gudang Bulog di seluruh Indonesia saat ini mencapai 1,7 juta ton.

"Dengan stok BULOG yang cukup besar dan tersebar di seluruh Indonesia masyarakat tidak perlu khawatir dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini," kata Budi kepada awak media.

Kendati begitu untuk menjaga stabilisasi harga beras medium Perum Bulog di seluruh wilayah terus aktif melaksanakan Program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) Beras Medium.

Adapun realisasi pelaksanaan KPSH sejak Januari sampai dengan tanggal 26 Februari 2020 sebesar 300 ribu ton.

"Kegiatan KPSH kami laksanakan setiap hari secara masif melalui pengecer di pasar tradisional, retail modern, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK), sinergi BUMN serta distributor sehingga mampu menahan laju kenaikan harga beras hampir selama tahun 2019," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Remaja 13 Tahun Gegar Otak Gara-Gara Ikut Skullbreaker Challenge di TikTok

Posted: 26 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang siswa di salah satu sekolah menengah di Cherry Hill, New Jersey, Amerika Serikat menderita gegar otak gara-gara melakukan tantangan yang sedang viral di TikTok, skullbreaker challenge.

Mengutip laman Fox News, Kamis (27/2/2020), distrik sekolah di Florida telah memperingatkan orangtua mengenai tren ini.

Dokter juga mengatakan bahwa skullbreaker challenge bukan suatu lelucon karena dapat menyebabkan cedera serius.

Hingga saat ini, TikTok sudah memberikan tanggapan bahwa mereka akan terus menghapus video skullbreaker challenge ini dari platform-nya.

Senator New York, Chuck Schumer, minggu lalu mengatakan bahwa pakar keamanan nasional telah menyuarakan keprihatinannya tentang penanganan data pengguna seperti info pribadi, lokasi, dan konten TikTok lainnya.

Sebelumnya, senator New York Chuck Schumer mengatakan pakar keamanan nasional telah menyuarakan keprihatinan tentang pengumpulan serta penanganan data pengguna dan informasi pribadi, lokasi, dan konten TikTok lainnya.

 

Apa Itu Skullbreaker Challenge?

TikTok Skullbreaker, lelucon berbahaya yang bisa renggut nyawa. (dok. Instagram @mrhackerco/https://www.instagram.com/p/B8rIvign9V4//Adhita Diansyavira)
TikTok Skullbreaker, lelucon berbahaya yang bisa renggut nyawa. (dok. Instagram @mrhackerco/https://www.instagram.com/p/B8rIvign9V4//Adhita Diansyavira)

Nama tantangan skullbreaker challenge berasal dari bahasa Spanyol yaitu 'Rompcráneos' yang artinya "pemecah tengkorak".

Dilansir New York Post, tantangan ini mulanya datang dari Venezuela. Skullbreaker challenge dilaporkan viral di Amerika Serikat dan Meksiko, serta memakan banyak korban.

Skullbreaker challenge mengharuskan tiga orang berdiri sejajar dan meloncat. Saat meloncat, orang di sisi kiri dan kanan menendang kaki orang yang ada di tengah agar jatuh.

Korban yang terjatuh biasanya akan jadi bahan lelucon. Namun, aktivitas ini justru membahayakan karena bisa menyebabkan cedera, gegar otak, patah tulang, dan bahkan meninggal dunia.

(Fitriah Nurul Annisa/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satpol PP Amankan Dua Pekerja Seks di Situbondo yang Positif HIV

Posted: 26 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Situbondo, Jawa Timur menjaring empat wanita yang diduga pekerja seks, dua orang di antaranya dinyatakan positif terinfeksi virus HIV.

"Setelah kami bawa ke kantor dan hasil pemeriksaan medis, ternyata ada dua wanita yang terjangkit HIV dan semuanya dari luar Kabupaten Situbondo," ujar Penyidik Satpol PP Pemkab Situbondo Sutikno kepada wartawan di Situbondo, Jawa Timur, Rabu 26 Februari, 2020.

Empat orang yang diduga pekerja seks itu terjaring petugas Satpol PP di sejumlah warung remang-remang di tepi jalan raya Pantura Situbondo. Pertama, petugas menggerebek warung remang di tepi jalan Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, dan menjaring satu wanita, dilansir dari Antara.

Selanjutnya, di warung remang di Kecamatan Banyuglugur, tapi kedatangan petugas Satpol PP diketahui dan para wanita berhasil kabur dan petugas hanya berhasil menjaring tiga wanita yang diduga PSK.

"Tidak hanya kami data dan diberi pembinaan, namun keempat wanita ini juga langsung menjalani pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo," ujar Sutikno.

Dari hasil pendataan, katanya, keempat wanita itu berasal dari luar Situbondo, yakni satu orang dari Banyuwangi, satu dari Bondowoso, dan dua lainnya asal Lumajang.

"Sebagai sanksinya, kami akan memberikan efek jera. Mereka akan kami kirim ke Liponsos di Kediri dan kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial," ucapnya di Situbondo.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Virus Corona, Ini 5 Potret Antrean Panjang Warga Daegu Beli Masker

Posted: 26 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kondisi Korea Selatan dalam menghadapi virus Corona yang terus terjadi masih dalam level tertinggi. Pemerintah Korea Selatan bahkan mengisolasi Kota Daegu sebagai zona perawatan khusus.

Kota Daegu menjadi kota pertama yang membuat status kewaspadaan Korea Selatan dinaikkan. Setidaknya tercatat 334 kasus baru yang muncul di mana 304 ada di Kota Daegu. Ada sekitar 1.595 orang telah terinfeksi virus Corona di Korea Selatan dan 13 orang meninggal dunia.

Terus merangkak naik, pemerintah Korea Selatan mengimbau warganya untuk selalu menggunakan masker. Baik di luar rumah maupun di dalam rumah sekalipun. Hal tersebut membuat beberapa supermarket diserbu ratusan warga, lantaran banyak apotek yang tutup.

Tampak banyak orang rela mengantri membentang panjang di depan supermarket. Dilansir dari Maeil Shinmun sebuah koran lokal mengatakan jika permintaan masker kali ini adalah yang tertinggi jauh dari perkiraan.

Berikut ini 5 potret suasana kota Daegu di mana warga rela mengantre panjang demi membeli masker mencegah virus Corona, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (27/2/2020).

1. Salah satu penampakan warga Daegu saat mengantre untuk membeli masker dari atas menggunakan drone.

Ribuan warga Daegu mengantri untuk membeli masker cegah virus Corona. (Sumber: Metro.co.uk)
Ribuan warga Daegu mengantri untuk membeli masker cegah virus Corona. (Sumber: Metro.co.uk)

2. Warga rela mengantre panjang hingga belasan kilometer demi mendapatkan masker sebagai upaya cegah Covid-19.

Ribuan warga Daegu mengantri untuk membeli masker cegah virus Corona. (Sumber: Metro.co.uk)
Ribuan warga Daegu mengantri untuk membeli masker cegah virus Corona. (Sumber: Metro.co.uk)

3. Hal ini karena Presiden Moon Jae-in telah menempatkan Korsel ke peringatan merah sebagai level tertinggi.

Ribuan warga Daegu mengantri untuk membeli masker cegah virus Corona. (Sumber: Abcnews.go.com)
Ribuan warga Daegu mengantri untuk membeli masker cegah virus Corona. (Sumber: Abcnews.go.com)

4. Tak hanya memborong masker, sebagian warga juga membeli banyak persediaan makanan karena khawatir jika terlalu sering berada di luar rumah.

Ribuan warga Daegu mengantri untuk membeli masker cegah virus Corona. (Sumber: Metro.co.uk)
Ribuan warga Daegu mengantri untuk membeli masker cegah virus Corona. (Sumber: Metro.co.uk)

5. Virus Corona ini berdampak pada banyak sektor seperti tutupnya sekolah dan kampus, pabrik Samsung dan kosmetik SK, penundaan kasus pengadilan dan banyak lagi.

Ribuan warga Daegu mengantri untuk membeli masker cegah virus Corona. (Sumber: Metro.co.uk)
Ribuan warga Daegu mengantri untuk membeli masker cegah virus Corona. (Sumber: Metro.co.uk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Tangan Vitalia Shesya, Polisi Temukan Sabu, Ekstasi dan H5

Posted: 26 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Vitalia Shesya diamankan Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat terkait penyalahgunaan narkoba. Ia ditangkap di Apartemen Mansion Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (24/2/2020)‎ sore.

Tak sendiri, Vitalia Shesya ditangkap bersama kekasihnya berinisial AW dan temannya berinisal RH. Dalam penangkapan tersebut polisi berhasil mengamankan tiga jenis narkoba dari tangan Vitalia Shesya.

"Dari penangkapan tersebut, kita temukan ekstasi, sabu, dan H5," ucap Yusri Kabid Humas Polda Metro Jaya, saat rilis penangkapan Vitalia Shesya di Polres Jakarta Barat, Kamis (27/2/2020).

Berjumlah Banyak

Foto profil Vitalia Sesha (Deki Prayoga/bintang.com)
Foto profil Vitalia Sesha (Deki Prayoga/bintang.com)

Untuk jumlah ekstasi dan H5‎ yang ditemukan terbilang‎ banyak. Sebab ada puluhan butir yang berhasil diamankan kepolisian.

Rincian Barang Bukti

Dengan alasan membutuhkan pekerjaan bagi kelangsungan hidup bersama kedua anaknya, Vitalia Sesha resmi meninggalkan jilbabnya. Hal itu terjadi setelah ia resmi cerai dengan suainya. (dok. Bintang.com)
Dengan alasan membutuhkan pekerjaan bagi kelangsungan hidup bersama kedua anaknya, Vitalia Sesha resmi meninggalkan jilbabnya. Hal itu terjadi setelah ia resmi cerai dengan suainya. (dok. Bintang.com)

"‎Ekstasi ada 10 butir, H5, tiga papan, atau 30 butir, kemudian dikembangkan lagi di apartemen, ditemukan lagi satu plastik kecil sabu berat 0,63 gram, dan ditemukan lagi H5 empat butir‎," kata Yusri Yunus.

Barang Bukti Lain

Tak hanya itu, polisi juga menyita barang bukti lain, yaitu telepon genggam yang digunakan untuk transaksi narkoba dan alat hisap sabu.

"Kita temukan alat hisap sabu lengkap," kata Yusri Yunus.

Masih Didalami

Saat ini, polisi masih mendalami kepemilikan narkoba dari tangan Vitalia Shesya dan teman lelakinya itu.

"Sekarang masih kita dalami," kata Yusri Yunus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Pria Pukul Sopir Ambulans di Pinggir Jalan

Posted: 26 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah menangkap seorang Pria yang memukul sopir ambulans, polisi melakukan pemeriksaan intensif terhadap sang pria. Belum ada keterangan resmi dari polisi soal peristiwa ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien dari Kapal Diamond Princess akan Jalani Uji Klinis Pengobatan Virus Corona di AS

Posted: 26 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasien virus corona COVID-19 yang sempat berada di kapal pesiar Diamond Princess akan menjadi orang yang mendapatkan uji klinis obat COVID-19 di Nebraska, Amerika Serikat.

Pada Selasa pekan ini, pejabat kesehatan setempat mengatakan, uji klinis obat virus corona ini juga diperkirakan akan diberikan pada 400 pasien di 50 lokasi yang berada di seluruh dunia.

Setengah dari pasien dalam penelitian ini akan menerima remdesivir, obat antivirus sementara, sementara setengah lainnya akan menerima obat plasebo. Beberapa penelitian serupa juga tengah dilakukan di negara lain.

"Tujuan di sini adalah untuk membantu orang-orang yang paling membutuhkan, kata Dr. Andre Kalil yang mengawasi penelitian di University of Nebraska Medical Center dikutip dari ABC News pada Kamis (27/2/2020).

Dilaporkan, setidaknya ada 14 orang yang dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess dan dirawat di fasilitas kesehatan yang juga lokasi penelitian tersebut. 12 dari mereka positif terinfeksi virus corona COVID-19.

Penelitian Sebelumnya pada SARS dan MERS

Bus-bus terparkir dekat kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di sebuah pelabuhan di Yokohama, Jepang, Rabu (19/2/2020). Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo mengonfirmasi WNI yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di kapal itu bertambah menjadi empat orang. (AP Photo/Jae C. Hong)
Bus-bus terparkir dekat kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di sebuah pelabuhan di Yokohama, Jepang, Rabu (19/2/2020). Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo mengonfirmasi WNI yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di kapal itu bertambah menjadi empat orang. (AP Photo/Jae C. Hong)

National Institutes of Health (NIH) yang berada di bawah Departemen Kesehatan Amerika Serikat menyatakan bahwa Remdesivir yang dikembangkan oleh Gilead Sciences Inc. adalah pengobatan antivirus yang sebelumnya diuji terhadap Ebola. Perawatan ini juga memberikan harapan terhadap MERS dan SARS yang juga disebabkan oleh virus corona.

"Kita sangat membutuhkan perawatan yang aman dan efektif untuk COVID-19. Meskipun remdesivir telah diberikan kepada beberapa pasien dengan COVID-19, kami tidak memiliki data yang kuat untuk menunjukkan bahwa hal itu dapat meningkatkan hasil klinis," kata Anthony S. Fauci dari NIH yang juga anggota US Coronavirus Task Force.

"Pengacakan, uji coba plasebo terkontrol, adalah standar emas untuk menentukan apakah pengobatan eksperimental dapat bermanfaat bagi pasien," kata Fauci seperti dikutip dari laman resmi NIH.

Dalam sebuah catatan penelitian bulan lalu, World Health Organization juga menyatakan bahwa remdesivir menjadi kandidat pengobatan yang paling menjanjikan. Selain itu, Uji klinis serupa juga telah dilakukan di Tiongkok.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikmati Raja Ampat Papua dengan Sequoia

Posted: 26 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu anugerah yang patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa adalah Papua. Sulit rasanya bercerita mengenai Papua hanya dengan kata-kata.

Salah satunya Kepulauan Raja Ampat yang merupakan surga dunia. Secara administratif, Raja Ampat berlokasi di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Kepulauan Raja Ampat sangat populer sebagai destinasi wisata unggulan. Keindahan alamnya sungguh memikat, gugusan pulau-pulaunya hingga pemandangan bawah laut.

Banyak sekali pilihan untuk menikmati keindahan Raja Ampat. Salah satunya dengan berlayar menggunakan kapal Sequoia Yacht yang keren dan mewah. Kapal ini nantinya akan membawa Anda menjelajahi Raja Ampat tengah selama tujuh hari.

Penasaran seperti apa kapal tersebut? Saksikan selengkapnya di channel nala_rinaldo hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jaksa Agung ST Burhanuddin Bertemu Grup Emtek

Posted: 26 Feb 2020 09:55 PM PST

Jaksa Agung ST Burhanuddin (kedua kiri) menyambut Jajaran EMTEK Group dan SCM sebelum melakukan pertemuan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)
Jaksa Agung ST Burhanuddin (kedua kiri) menyambut Jajaran EMTEK Group dan SCM sebelum melakukan pertemuan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jaksa Agung ST Burhanuddin (kedua kiri) menyambut Jajaran EMTEK Group dan SCM sebelum melakukan pertemuan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Direktur SCM, Imam Sudjarwo (kanan) memberikan plakat kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin saat melakukan pertemuan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)
Direktur SCM, Imam Sudjarwo (kanan) memberikan plakat kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin saat melakukan pertemuan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Direktur SCM, Imam Sudjarwo (kanan) memberikan plakat kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin saat melakukan pertemuan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jaksa Agung ST Burhanuddin saat melakukan pertemuan dengan Jajaran EMTEK Group dan SCM di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)
Jaksa Agung ST Burhanuddin saat melakukan pertemuan dengan Jajaran EMTEK Group dan SCM di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jaksa Agung ST Burhanuddin saat melakukan pertemuan dengan Jajaran EMTEK Group dan SCM di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Suasana pertemuan jajaran EMTEK Group dan SCM dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)
Suasana pertemuan jajaran EMTEK Group dan SCM dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Suasana pertemuan jajaran EMTEK Group dan SCM dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jajaran EMTEK Group dan SCM melakukan pertemuan dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)
Jajaran EMTEK Group dan SCM melakukan pertemuan dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jajaran EMTEK Group dan SCM melakukan pertemuan dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jaksa Agung ST Burhanuddin saat melakukan pertemuan dengan Jajaran EMTEK Group dan SCM di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)
Jaksa Agung ST Burhanuddin saat melakukan pertemuan dengan Jajaran EMTEK Group dan SCM di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jaksa Agung ST Burhanuddin saat melakukan pertemuan dengan Jajaran EMTEK Group dan SCM di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jajaran EMTEK Group dan SCM berfoto bersama dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin seusai melakukan pertemuan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)
Jajaran EMTEK Group dan SCM berfoto bersama dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin seusai melakukan pertemuan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jajaran EMTEK Group dan SCM berfoto bersama dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin seusai melakukan pertemuan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Kamis (27/2/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas. (Liputan6.com/JohanTallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Cuaca Ekstrem, Satgas Sampah DKI Siaga 24 Jam

Posted: 26 Feb 2020 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih menyiagakan satuan tugas (satgas) selama 24 jam untuk menangani sampah selama musim penghujan.

Dia menyebut, sebanyak 4 ribu personel dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta disiagakan. Terutama di beberapa lokasi yang dinilai rawan tumpukan sampah saat banjir kiriman.

"Selain satgas ini, personel dan armada organik tetap melakukan pelayanan rutin. Personel dan armada organik ini siap juga dimobilisasi melakukan penanganan pascabanjir," kata Andono dalam keterangan tertulis, Kamis (27/2/2020).

Dia menyebut sejumlah sarana juga telah disiagakan. Antara lain 44 mobil pickup angkut sampah, 50 truk sampah, lima ekskavator jenis spider, hingga enam ekskavator long arm.

"Lalu ada 20 ekskavator jenis biasa, serta satu ekskavator liebher yang didampingi oleh 23 orang petugas mobilisasi dan 12 orang petugas mekanik," ucapnya.

Sebelumnya, banjir yang terjadi pada Selasa, 25 Februari, khususnya di Jakarta lantaran fenomena cuaca ekstrem yang dipengaruhi beberapa gejala alam. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengaku sudah menyampaikan hal tersebut kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Sudah menyampaikan hasil ini dalam pertemuan khusus, sudah ada. Jadi, betul sudah disampaikan dalam koordinasi khusus tentang tren untuk kondisi ekstrem yang semakin meningkat dan intensitasnya semakin tinggi," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, di kantornya, Jakarta, Selasa, 25 Februari 2020. 

 

Masih Ada Potensi Hujan

Dia menyebut sudah melihat adanya langkah-langkah yang diambil Pemprov DKI Jakarta setelah informasi tersebut disampaikan. 

"Dan upaya lanjut dari penyampaian tersebut sudah ada langkah-langkah juga. Misalnya pengendalian pompa, juga upaya penghijauan, kan gencar sekali," ungkap Dwikorita.

Dia menambahkan bahwa potensi hujan sedang hingga lebat diperkirakan masih akan terjadi dari 25 Februari sampai 1 Maret 2020 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Tegaskan Risiko Virus Corona di AS Sangat Rendah

Posted: 26 Feb 2020 09:52 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C- Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 26 Februari mengatakan, risiko Virus Corona COVID-19 terhadap masyarakat di Amerika Serikat "sangat rendah". Hal itu berkat tindakan yang diambil pemerintahnya, salah satunya pembatasan perjalanan ke China.

Presiden Donald Trump mengatakan, "Karena semua yang telah kami lakukan, risikonya kepada orang-orang Amerika tetap sangat rendah."

Donald Trump juga menyampaikan kesiapan Amerika Serikat menghadapi Virus Corona.

"Kami siap untuk beradaptasi dan kami siap untuk melakukan apa pun yang kami miliki untuk penyakit menyebar, jika itu menyebar," ujarnya, seperti dikutip dari Chanel News Asia, Kamis (27/2/2020). 

Dana Layanan Medis

Presiden AS Donald Trump (AP PHOTO)
Presiden AS Donald Trump (AP PHOTO)

Untuk mengembangkan perawatan, vaksin, dan persediaan peralatan penting nasional, pihak administrasi AS meminta dana US$ 2,5 atau Rp 351 triliun dari Kongres, tetapi Donald Trump mengatakan dia senang untuk mengeluarkan lebih banyak jika itu ditawarkan Demokrat.

"Kami meminta US$ 2,5 miliar, dan kami pikir itu banyak, tetapi Demokrat dan saya memperkirakan, Senator Schumer ingin kami memiliki lebih dari itu. Dan biasanya dalam hidup saya katakan kami akan menerimanya," kata Trump.

Donald Trump juga menambahkan, "Kami akan menghabiskan apa pun yang sesuai, akan melakukan apa pun yang mereka inginkan." 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Bangun 2 Pasar dan 4 Fasilitas Pendidikan di Sumatera Barat

Posted: 26 Feb 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorar Jenderal (Ditjen) Cipta Karya membangun dua pasar dan sarana prasarana (sarpras) pendidikan di empat perguruan tinggi di Sumatera Barat.

Kedua Pasar tersebut yakni Pasar Atas Kota Bukittinggi dan Pasar Rakyat Pariaman. Sedangkan sarpras pendidikan dibangun tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni Politeknik Negeri Padang, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Politani Negeri Payakumbuh, dan satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Institut Agama Islam Negeri Batu Sangkar.

Pembangunan kembali Pasar Atas Kota Bukittinggi dilakukan pasca tempat tersebut mengalami kebakaran hebat pada 30 Oktober 2017 lalu, yang menyebabkan hilangnya 1.000 lebih kios pedagang di gedung tiga lantai.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, revitalisasi dan pembangunan pasar tradisional menunjukan keberpihakan pemerintah kepada para pedagang agar nantinya harga sewa kios pasar yang baru tetap terjangkau.

"Konsep revitalisasi pasar disesuaikan dengan keselarasan lingkungan yang mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal. Seluruh kegiatan mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan melibatkan Pemerintah Daerah (Pemda)," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/2/2020).

Rekonstruksi Pasar Atas Bukittinggi yang dikerjakan sejak 20 Agustus 2019 hingga 31 Desember 2019 pada umumnya memiliki aktifitas ekonomi yang tinggi dengan berbagai komoditas perdagangan dan jasa penunjang lainnya. Proyek ini menggunakan desain baru dengan konsep green building yang menelan anggaran sebesar Rp 292 miliar.

Sementara Pasar Rakyat Pariaman di Kota Pariaman dibangun di atas lahan seluas 9.000 m2 dengan anggaran sebesar Rp 82 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019–2020. Konstruksi dikerjakan oleh PT Wijaya Gedung dengan progres mencapai 16,769 persen.

 

Sarana Pendidikan

Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR membangun kembali Pasar Atas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, yang pada akhir Oktober 2017 lalu mengalami kebakaran. (Dok Kementerian PUPR)
Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR membangun kembali Pasar Atas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, yang pada akhir Oktober 2017 lalu mengalami kebakaran. (Dok Kementerian PUPR)

Sedangkan untuk pembangunan sarana prasarana pendidikan di tiga Perguruan Tinggi Negeri dan satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) antara lain Gedung Laboratorium dan Bengkel Elektro Politeknik Negeri Padang di Kota Padang, Gedung Studio TV dan Film Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Gedung Kuliah Bersama Program D3 dan D4 Politani Negeri Payakumbuh, dan Gedung Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batu Sangkar.

Pembangunan Gedung Laboratorium dan Bengkel Elektro Politeknik Negeri Padang di Kota Padang berjumlah 3 lantai dikerjakan kontraktor PT Heksa Kreator Sakti dengan anggaran sebesar Rp 7,3 miliar. Pembangunan Gedung Studio TV dan Film Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang berjumlah 4 lantai dikerjakan kontraktor PT Delta Arsitektur Persada dengan anggaran sebesar Rp 7,9 miliar.

Pada pembangunan Gedung Laboratorium dan Bengkel Elektro Politeknik Negeri Padang berjumlah 3 lantai dikerjakan oleh PT Heksa Kreator Sakti dengan anggaran sebesar Rp 7,3 miliar.

Untuk pembangunan Gedung Kuliah Bersama Politani Negeri Pertanian Payakumbuh berjumlah 4 lantai masih dalam tahap penyelesaian dengan kontraktor pelaksana PT Razasa Karya. Proyek ini menelan anggaran Rp 28 miliar dengan menyisakan pekerjaan berupa struktur lantai 3 dan 4, pekerjaan MEP, dan pekerjaan K3.

Sedangkan pekerjaan pembangunan Gedung Ushuluddin dan Dakwah IAIN Batusangkar berjumlah 4 lantai dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Laga Pratama Intertindo dengan nilai kontrak sebesar Rp 22,3 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Imbas Banjir, Jadwal Kereta hingga Aktivitas Warga Terganggu

Posted: 26 Feb 2020 09:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Akibat banjir di Jakarta, Selasa pagi, sekitar tiga perjalanan kereta api jarak jauh di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya mengalami keterlambatan yakni, KA Argo Wilis, KA Argo Anggrek, dan KA Dharmawangsa.

Sementara akibat hujan deras, sejumlah wilayah di Jombang juga terendam banjir. Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa, hingga merendam sejumlah perabotan warga.

Banjir yang terjadi di Jakarta juga berdampak terhadap perjalanan kereta api jarak jauh di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. Hingga Selasa pagi, ada sekitar tiga perjalanan kereta api jarak jauh yang menuju wilayah area KAI Daop 8 Surabaya mengalami keterlambatan, yakni, KA Argo Wilis  dari St. Gambir - Bandung - Surabaya St. Gubeng, KA Argo Anggrek St. Gambir - Surabaya St. Pasar Turi, dan KA Dharmawangsa, dari St. Pasar Senen – St. Pasar Turi Surabaya.

Sementara di Jombang, curah hujan tinggi membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Jombang terendam banjir, pada Selasa pagi. Salah satunya di wilayah Desa Jatipelem, Kecamatan Diwek, Jombang. Banjir setinggi lutut kaki orang dewasa ini, membuat sejumlah aktvitas warga terganggu. Berikut diberitakan pada Fokus, 26 Februari 2020.

Perabotan warga pun ikut terendam banjir, usai diguyur hujan sejak Senin malam. Menurut warga, banjir diperparah dengan meluapnnya air sungai desa setempat yang masuk ke pemukiman warga hingga menyebabkan banjir. Meski begitu, warga enggan mengungsi dan memilih bertahan hingga banjir surut kembali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Umrah Dihentikan Sementara, Agen Perjalanan Berpotensi Rugi Rp 1 Triliun

Posted: 26 Feb 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Haji Umrah Indonesia (Sapuhi) Syam Resfriadi menyatakan, agen umrah yang bernaung di bawah asosiasi yang dirinya pimpin punya potensi kerugian yang besar jika Arab Saudi mengetok palu dan melarang aktivitas umrah di sana.

Terang saja, jumlah jemaah umrah dari Indonesia mencapai 110 ribu per bulannya, atau 1 juta lebih setahun.

"Dari 110 ribu, 50 ribu-60 ribunya Insya Allah berangkat. Sisanya 50 ribu, ya kalikan saja Rp 20 juta kali 50 ribu," ujar Syam saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (27/02/2020).

Dia menjelaskan, jika diasumsikan satu paket umrah memiliki harga Rp 20 juta, maka potensi kerugian yang bakal ditelan agen-agen umrah secara keseluruhan bakal mencapai Rp 1 triliun per bulan.

Jika pelarangan ini masih berlangsung, nilainya akan terus membesar dari industri akan kolaps dalam waktu yang tidak lama.

"Ya, kalau jangka panjang terus menerus, ya kami nggak beroperasi," kata Syam.

 

Bantuan Pemerintah

Jemaah haji saat berjalan untuk melaksanakan Lempar Jumrah di Mina, dekat kota suci Makkah, Arab Saudi (11/8/2019). Lempar jumrah merupakan simbol perlawanan terhadap setan. (AFP Photo/Fethi Belaid)
Jemaah haji saat berjalan untuk melaksanakan Lempar Jumrah di Mina, dekat kota suci Makkah, Arab Saudi (11/8/2019). Lempar jumrah merupakan simbol perlawanan terhadap setan. (AFP Photo/Fethi Belaid)

Lebih lanjut, Syam mewakili asosiasi agen umrah juga mendorong pemerintah untuk membantu dalam kondisi ini, namun bukan dalam bentuk material.

"Jadi kami minta pemerintah untuk membantu menegosiasikan dengan airline, hotel, karena ini kan bukan salah kita. Ini memang dari kebijakan pemerintah Arab Saudi," jelas Syam.

Arab Saudi Larang Jamaah Umrah Asal Indonesia, Agen Perjalanan Haji Panik

Jemaah Haji Indonesia yang akan menjalani Safari Wukuf. Husni Anggoro/MCH
Jemaah Haji Indonesia yang akan menjalani Safari Wukuf. Husni Anggoro/MCH

Terhitung mulai Kamis, 27 Februari 2020 Arab Saudi melarang sementara jemaah umrah dari Indonesia. Kabar itu dibenarkan oleh Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementrian Agama, Arfi Hatim.

Tentu saja, pihak asosiasi penyelenggara umrah tidak bisa menolak keputusan ini. Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Haji Umrah Indonesia (Sapuhi) Syam Resfiadi tidak membantah bahwa dirinya dan asosiasi lain merasa panik akan hal ini.

"Awalnya dapat kabar ini, itu pukul 5 subuh waktu Indonesia, saat mau cek status umrah, tiba-tiba visa enggak keluar, dan bahkan aplikasi visa terhapus. Tentu kita panik dan ada pengumuman bahwa tiket ditunda," ujar Syam saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (27/02/2020).

Syam melanjutkan, untuk membahas hal ini, pihaknya akan melakukan rapat dengan asosiasi dan penerbit visa untuk mencari jalan keluar yang terbaik.

"Ini memang baru diterapkan dan tiba-tiba sekali, tanpa sosialisasi dan tanpa memikirkan dampaknya ke tiket, ke hotel," imbuh Syam.

Namun begitu, Syam mengusulkan jika memang calon jemaah umrah tidak dapat berangkat, paket umrah yang sudah diproses tiket pesawat dan hotelnya bisa ditahan dan dijadikan deposit untuk paket berikutnya.

Karena jika dibatalkan, tentu kerugian agen umrah akan sangat besar, mengingat sebulan saja rata-rata jemaah yang pergi mencapai 110 ribu orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Kalapas Kembangkuning Unggul Widyo Saputro

Posted: 26 Feb 2020 09:45 PM PST

Kalapas Kembangkuning, Cilacap, Jawa Tengah, Unggul Widyo Saputro menunggu di lobi Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Unggul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein terkait dugaan suap pemberian fasilitas di Lapas Sukamiskin. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Kalapas Kembangkuning, Cilacap, Jawa Tengah, Unggul Widyo Saputro menunggu di lobi Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Unggul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein terkait dugaan suap pemberian fasilitas di Lapas Sukamiskin. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kalapas Kembangkuning, Cilacap, Jawa Tengah, Unggul Widyo Saputro menunggu di lobi Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Unggul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein terkait dugaan suap pemberian fasilitas di Lapas Sukamiskin. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kalapas Kembangkuning, Cilacap, Jawa Tengah, Unggul Widyo Saputro menunggu di lobi Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Unggul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein terkait dugaan suap pemberian fasilitas di Lapas Sukamiskin. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Kalapas Kembangkuning, Cilacap, Jawa Tengah, Unggul Widyo Saputro menunggu di lobi Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Unggul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein terkait dugaan suap pemberian fasilitas di Lapas Sukamiskin. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kalapas Kembangkuning, Cilacap, Jawa Tengah, Unggul Widyo Saputro menunggu di lobi Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Unggul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein terkait dugaan suap pemberian fasilitas di Lapas Sukamiskin. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kalapas Kembangkuning, Cilacap, Jawa Tengah, Unggul Widyo Saputro menunggu di lobi Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Unggul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein terkait dugaan suap pemberian fasilitas di Lapas Sukamiskin. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Kalapas Kembangkuning, Cilacap, Jawa Tengah, Unggul Widyo Saputro menunggu di lobi Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Unggul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein terkait dugaan suap pemberian fasilitas di Lapas Sukamiskin. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kalapas Kembangkuning, Cilacap, Jawa Tengah, Unggul Widyo Saputro menunggu di lobi Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Unggul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein terkait dugaan suap pemberian fasilitas di Lapas Sukamiskin. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kalapas Kembangkuning, Cilacap, Jawa Tengah, Unggul Widyo Saputro memenuhi panggilan penyidik akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Unggul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Kalapas Kembangkuning, Cilacap, Jawa Tengah, Unggul Widyo Saputro memenuhi panggilan penyidik akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Unggul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kalapas Kembangkuning, Cilacap, Jawa Tengah, Unggul Widyo Saputro memenuhi panggilan penyidik akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Unggul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Sebut Pasien RS Kariadi Semarang Meninggal karena Flu Babi, Bukan Corona

Posted: 26 Feb 2020 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes), Mayjen TNI dr Terawan Agus Putranto menegaskan, seorang pria yang meninggal di Rumah Sakit Kariadi Semarang bukan disebabkan oleh virus Corona atau Covid-19. Dia menjelaskan, pasien itu meninggal karena terinfeksi virus H1NI atau virus influenza A.

Virus ini erat kaitannya dengan penyebaran virus Flu Spanyol pada 1918 atau sering disebut sebagai flu babi.

"Sebelum meninggal, kemudian dikirimkan swab-nya tadi ke Balitbangkes. Maka muncul lah hasil di mana di Balitbangkes itu memang hasilnya negatif tidak ada Corona," kata Terawan di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Menurut dia, saat kematian, hasil laboratorium belum keluar. Oleh karena itu, prosesi pemakaman dilakukan selayaknya memakan penderita penyakit infeksius atau yang dapat menginfeksi orang lain. 

"Tetapi jelas hasilnya bukan Corona. Ini ketemuannya H1N1 seperti biasa itu flu dan itu udah dipastikan kok hasilnya di VCR. VCR dua kali," terang Terawan.

 

 

Ada Obatnya

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mendatangi kantor Huawei di Wisma BRI 2, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Menkes Terawan menegaskan tidak ada virus corona seperti info yang beredar sebelumnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mendatangi kantor Huawei di Wisma BRI 2, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Menkes Terawan menegaskan tidak ada virus corona seperti info yang beredar sebelumnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menurut dia, jika virus H1N1 ini masyakarat tidak perlu khawatir. Mengingat virus tersebut sudah ditemukan obat.

Terawan menyebut, pasokan obat virus tersebut ada di Kementerian Kesehatan. "Saya sudah cek persediaannya ada," kata Terawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mudah Hilangkan Noda Aspal yang Menempel di Mobil

Posted: 26 Feb 2020 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wajar jika Anda merasa kesal saat melihat mobil kesayangan terkena noda atau kotoran. Apalagi jika Anda sudah bersusah payah merawatnya dan membersihkannya namun noda dan kotoran yang menempel sulit dihilangkan. 

Noda tersebut terkadang akan membuat Anda kehilangan kepercayaan diri karena mobil tidak terlihat bersih. Terutama jika noda yang menempel merupakan noda yang membandel dan susah hilang, Anda pasti akan semakin jengkel. 

Tidak hanya merusak pemandangan, noda membandel juga bisa merusak lapisan cat mobil sehingga mobil Anda akan terlihat buruk. Salah satu noda membandel yang dapat merusak lapisan cat mobil adalah noda aspal jalanan.

Aspal jalanan yang selalu dilalui mobil terkadang akan memercik dan mengenai bagian mobil seperti rumah spion, grill, velg, bawah pintu, kaca depan, atau bumper. Agar penampilan kembali bagus dan lapisan cat mobil tidak mengelupas, maka Anda harus membersihkannya dengan cara yang benar.

Sebab cara yang salah dapat membuat mobil Anda tergores sehingga penampilan mobil tambah tidak bagus. Selain dapat memperburuk tampilan mobil, biaya perbaikan mobil yang tergores juga tidak sedikit.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada trik mudah menghilangkan noda aspal yang menempel di mobil. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Agar proses pembersihan berjalan dengan lancar, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menghilangkan noda aspal pada mobil adalah mempersiapkan alat dan bahan. Gunakan alat dan bahan yang berkualitas agar mobil Anda terlindungi dari kerusakan lainnya yang semakin merugikan.

Jadi sebisa mungkin jangan sembarangan saat memilih alat dan bahan ketika akan membersihkan noda aspal. Alat dan bahan yang harus Anda persiapkan ketika akan menghilangkan noda aspal diantaranya adalah kain lap yang bersih dan menggunakan bahan dasar yang lembut, solar atau tar remover, serta cairan pengusir aspal seperti minyak tanah. 

Alat dan bahan tersebut terbilang cukup mudah untuk didapatkan. Selain itu, harganya juga relatif murah sehingga membuat Anda bisa sedikit berhemat.

2. Pastikan Kondisi Noda Tidak Basah

Adanya bintik-bintik aspal pada bodi dan velg membuat tampilan eksterior mobil kurang enak dipandang.
Adanya bintik-bintik aspal pada bodi dan velg membuat tampilan eksterior mobil kurang enak dipandang.

Sebelum ke tahap selanjutnya, Anda harus mengecek terlebih dahulu kondisi noda aspal yang terdapat di bagian mobil. Pastikan kondisi noda dalam keadaan kering atau tidak basah. 

Noda yang basah akan sulit dihilangkan jadi Anda harus mengeringkannya terlebih dahulu sebelum membersihkannya. Jika sudah kering, baru Anda bisa melanjutkan pembersihan ke proses selanjutnya.

3. Basahi Kain Lap dengan Cairan Pembersih

Selanjutnya Anda harus menentukan cairan pembersih yang akan dipilih untuk membersihkan noda aspal. Anda bisa memilih salah satu cairan yang menurut Anda paling mudah terlebih dahulu misalnya remover. 

Jika sudah menentukan cairan yang akan digunakan, selanjutnya basahi lap yang telah disiapkan sebelumnya dengan cairan tersebut.

4. Bersihkan Noda dengan Cara Digosok Perlahan

Bersihkan mobil untuk menghindari karat.
Bersihkan mobil untuk menghindari karat.

Selanjutnya tempelkan lap pada bagian mobil yang terkena aspal secara perlahan. Diam pada posisi tersebut selama beberapa menit. Beri sedikit tekanan saat menempelkan lap agar cairan pembersih yang ada pada lap dapat meresap pada noda aspal yang menempel di mobil Anda.

Setelah dirasa cairan pembersih sudah cukup meresap pada noda aspal, selanjutnya gosok-gosok perlahan. Gosok dengan lembut dan berulang-ulang hingga dirasa noda aspal mulai mengelupas. Pastikan Anda menggunakan kain lembut jadi tidak akan menimbulkan bekas saat Anda menggosoknya.

Jika lap mulai kering, basahi kembali lap tersebut dengan cairan pembersih yang sama kemudian gosokkan lagi ke noda sampai noda hilang dari bagian mobil Anda. Yang perlu Anda ingat adalah, jangan menggosok terlalu keras jika noda tidak kunjung hilang. 

Apabila Anda memaksanya bisa saja bodi mobil Anda akan rusak dan malah tidak bisa dibersihkan dengan cara yang mudah. Tetap berhati-hatilah selama menggosok bagian bodi mobil untuk menjaga penampilannya.

5. Gunakan Wax untuk Sentuhan Akhir

Cara terakhir dalam menghilangkan noda aspal yang menempel di mobil adalah dengan menggunakan wax. Cairan wax digunakan paling akhir karena biasanya ketika membersihkan bodi mobil cat yang ada pada bodi tersebut akan terlihat kusam. Hal tersebut tentu saja akan merusak penampilan dari kendaraan Anda.

Maka dari itu Anda membutuhkan cairan Wax sebagai sentuhan akhir. Cairan Wax tersebut bisa membuat mobil Anda terlihat mengkilap sehingga penampilannya kembali seperti baru. 

Sebelum menggunakan Wax, seka terlebih dahulu noda aspal yang sudah tidak melekat di bodi mobil dengan kain lap baru yang masih bersih. Baru setelah itu bersihkan dengan Wax hingga mobil kembali mengkilap.

Mudah Dibersihkan, Jangan Panik dengan Noda Aspal di Ban Mobil

Anda tidak perlu khawatir jika terdapat noda aspal yang menempel di bodi mobil. Pasalnya, noda tersebut cukup mudah dihilangkan dengan beberapa tips yang ada. Anda hanya perlu menyiapkan bahan dan alat yang berkualitas agar mobil Anda tidak semakin rusak. Semoga berhasil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jeff Bezos Jawara, Simak Daftar Orang Terkaya Dunia versi Hurun

Posted: 26 Feb 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lembaga penelitian Hurun mengeluarkan daftar orang terkaya dunia 2020. Pada tahun ini, Jeff Bezos menempati posisi teratas sebagai orang terkaya dunia. Dengan nilai kekayaan mencapai USD 140 miliar (Rp 1.918 triliun).

Diikuti Bernard Arnault dengan nilai kekayaan USD 107 miliar (Rp 1.465 triliun) dan Bill Gates di posisi ketiga dengan kekayaan USD 106 miliar (Rp 1.452 triliun).

Melansir laman Hurun, Kamis (27/2/2020), tahun ini, terdapat 2.816 miliarder di dunia, bertambah 346 orang dibandingkan tahun lalu dan 727 atau 35 persen dari lima tahun lalu.

China dan Amerika Serikat (AS) masih memimpin sebagai negara yang memiliki jumlah miliarder terbanyak dibandingkan yang lain. Masing-masing jumlahnya sebanyak 799 dan 626 orang. Kemudian diikuti India.

Total kekayaan para orang terkaya dunia ini mencapai rekor baru. Angkanya naik 16 persen menjadi USD 11,2 triliun, rebound setelah sempat turun 9 persen di tahun lalu.

"Total kekayaan ini melebihi setara bahkan bisa lebih dari PDB negara mana pun selain USA dan China. 10 besar bahkan memiliki USD 1 triliun, sebuah angka yang mengejutkan," ujar Ketua dan Kepala Peneliti Hurun Report, Rupert Hoogewerf.

Para orang terkaya ini mendapatkan kekayaan dari berbagai sektor. Sektor industri teknologi berkontribusi 18 persen dari total kekayaan, diikuti investasi 11 persen, ritel 9 persen dan real estat 8,5 persen.

Bila mengacu pada jumlah miliarder, teknologi adalah sumber utama kekayaan bagi 12,7 persen miliarder, diikuti oleh real estat 9,6 persen, manufaktur 8,7 persen, dan investasi 8,6 persen.

 

 

Daftar Nama

Ilustrasi Miliarder (Liputan6.com/Deisy)
Ilustrasi Miliarder (Liputan6.com/Deisy)

Daftar Nama Orang Terkaya Dunia versi Hurun: 

1. Jeff Bezos

Kekayaan USD 140 miliar

Kekayaan: Amazon

Umur: 56 Tahun

Asal: Amerika Serikat

 

2. Bernard Arnault

Kekayaan: USD 107 miliar

Sumber: LVMH

Umur: 70 Tahun

Negara: Perancis

 

3. Bill Gates

Kekayaan: USD 106 miliar

Sumber: Microsoft

Umur: 64 Tahun

Negara: AS

 

4. Warren Buffett

Kekayaan: USD 102 miliar

Sumber: Berkshire Hathaway

Umur: 89 Tahun

Negara: AS

 

5. Mark Zuckerberg

Kekayaan: USD 84 miliar

Sumber: Facebook

Umur: 35 Tahun

Negara: AS

 

6. Armancio Ortega

Kekayaan: USD 81 miliar

Sumber: Zara

Umur: 83 Tahun

Negara: Spanyol

 

7. Carlos Slim Helu & keluarga

Kekayaan: USD 72 miliar

Sumber:America Movil

Umur: 80 Tahun

Negara: Meksiko

 

8. Sergey Brin

Kekayaan: USD 68 miliar

Sumber: Google

Umur: 46 Tahun

Negara: AS

 

9. Larry Page

Kekayaan: USD 67 miliar

Sumber: Google

Umur: 46 Tahun

Negara: AS

 

10. Mukesh Ambani

Kekayaan: USD 67 miliar

Sumber: Reliance

Umur: 62 Tahun

Negara: India

 

11. Steve Ballmer

Kekayaan: USD 67 miliar

Sumber: Microsoft

Umur: 63 Tahun

Negara: AS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2020 Pekan Pertama: Dibuka Duel Persebaya vs Persik

Posted: 26 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Shopee Liga 1 2020  digelar akhir pekan ini. Total, tak kurang dari sembilan pertandingan yang bakal dihelat di pekan pertama.

Duel seru Persebaya Surabaya vs Persik Kediri akan jadi pembukanya. Pertandingan ini akan digelar di kandang Persebaya, Stadion Gelora Bung Tomo dan disiarkan oleh Indosiar.

Sementara di waktu bersamaan, O Channel akan menayangkan pertarungan tim penuh bintang, Madura United menghadapi Barito Putera. Pertandinga ini akan dimainkan di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan.

Selain di Indosiar dan O Channel, pertandingan-pertandingan Shopee Liga 1 2020 juga bisa disaksikan melalui live streaming di Vidio.

Berikut selengkapnya jadwal siaran langsung Shopee Liga 1 2020 yang akan ditayangkan di Indosiar, O Channel, dan Vidio.

 

Jadwal Siaran Langsung Shopee Liga 1 2020

Sabtu, 29 Maret 2020

18.30 WIB, Persebaya vs Persik (Indosiar)

19.00 WIB, Madura United vs Barito Putera (O Channel)

20.20 WIB, Persiraja vs Bhayangkara FC (Vidio)

Jadwal Siaran Langsung Shopee Liga 1 2020

Minggu, 1 Maret 2020

14.30 WIB, Persipura vs PSIS (Vidio)

15.30 WIB, Persija vs Borneo FC (Indosiar)

18.30 WIB, PSM Makassar vs PSS Sleman (O Channel)

18.30 WIB, Persib vs Persela (Indosiar)

20.40 WIB, Bali United vs Persita (Indosiar)

Senin, 2 Maret 2020

18.30 WIB, PS Tira vs Arema FC (O Channel)

Saksikan Video Shopee Liga 1 2020 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Manchester City Tekuk Real Madrid 2-1

Posted: 26 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid tumbang ditekuk Manchester City 1-2 pada leg pertama babak 16 Liga Champions. Kekalahan Real Madrid dialami di Stadion Santiago Bernabeu Rabu (26/2) malam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Politikus PDIP: Marak Calon Bermunculan di Pilkada Surabaya, Warga Banyak Pilihan

Posted: 26 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Anugrah Ariyadi yang juga bakal calon wakil wali kota untuk Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Surabaya menyatakan telah sosialisasi kepada masyarakat di 31 kecamatan yang ada di Surabaya.

"Semua tergantung pada DPP, rekomendasi yang turun adalah mutlak kewenangan DPP dan hak preogratif dari Ketua Umum DPP PDIP," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 26 Februari 2020.

Oleh karena itu, ia berharap rekomendasi bakal cawali dari DPP PDI Perjuangan akan diturunkan kepada Whisnu Sakti Buana, mengingat pergerakan kader PDIP di tingkatan paling bawah sampai atas sudah masif untuk memenangkan Whisnu Sakti Buana menjadi Wali Kota Surabaya periode 2021-2026 dalam pilkada.

Ia juga angkat bicara mengenai bakal calon wali kota Surabaya yang namanya mulai mencuat saat ini yaitu Machfud Arifin dan Eri Cahyadi, belum pernah dipilih oleh rakyat dalam proses demokrasi pilkada, tetapi ditunjuk oleh pimpinannya.

"Machfud Arifin (MA) menjadi Kapolda Jatim karena ditunjuk oleh Kapolri bukan dipilih oleh rakyat. Jadi, sepanjang kariernya, Pak MA itu tidak pernah menjalani proses demokrasi atas pilihan rakyat," kata Anugrah yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua B DPRD Kota Surabaya periode 2014–2019 di Surabaya, Rabu.

Begitu juga dengan Eri Cahyadi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya. Selama ini karier Eri Cahyadi di lingkungan Pemkot Surabaya lantaran ditunjuk oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai atasannya.

"Bukan melalui kontestasi pilihan rakyat, hal ini belum bisa dijadikan sebuah patokan kedua Bakal Calon Wali Kota Surabaya itu dapat memenangkan pesta rakyat Surabaya 2020," ujar dia.

Warga Surabaya Diberikan Banyak Pilihan

ilustrasi Pilkada serentak
ilustrasi Pilkada serentak

Diketahui mantan Kapolda Jatim Machfud Arifin mendapat rekomendasi dari enam partai, yakni NasDem, Gerindra, PKB, PAN, PPP, dan Demokrat, sementara Eri Cahyadi belum mendapatkan rekomendasi dari partai manapun.

Hanya saja, Eri Cahyadi dikabarkan akan mendapatkan rekomendasi dari PDIP melalui jalur Wali Kota Risma yang kini menjadi pengurus DPP PDIP.

Namun, belakangan munculnya nama Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu terus menjadi sorotan di kalangan politisi lantaran status Eri Cahyadi aktif sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Menanggapi hal ini, Anugrah Ariyadi yang juga terdaftar sebagai bakal calon wakil wali kota di PDIP ini menyampaikan sesuai dengan aturan PKPU, pilkada itu harus diikuti minimal satu peserta, tetapi akan lebih baik jika pesertanya lebih dari satu peserta.

"Dengan maraknya calon-calon yang bermunculan akan makin bagus sehingga rakyat Surabaya akan diberikan banyak pilihan untuk memilih pemimpin Surabaya yang terbaik," ujar dia.

Berbeda halnya dengan bakal Cawali Surabaya dari PDIP Whisnu Sakti Buana, kata dia, sepanjang kariernya di politik telah teruji dan terbukti dipilih secara langsung oleh rakyat Surabaya.

"Saat menjadi anggota DPRD Provinsi Jatim dan DPRD Kota Surabaya, masyarakat Surabaya telah menitipkan suaranya untuk beliau (Whisnu)," kata dia

Begitu juga saat menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surabaya menggantikan Bambang D.H. juga melalui mekanisme pemilihan di DPRD Kota Surabaya, lebih-lebih saat Whisnu sebagai waki wali kota mendampingi Wali Kota Risma di periode kedua juga melalui mekanisme pilihan rakyat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Status Negara Maju Bikin Indonesia Lebih Percaya Diri untuk Bersaing

Posted: 26 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dengan adanya keputusan Amerika Serikat yang mengeluarkan Indonesia dari daftar negara berkembang membuat Indonesia harus siap menerima segala keputusan dan mempersiapkan diri untuk melangkah ke depan. 

Deputi Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis Kantor Staf Presiden (KSP) Denni Puspa Purbasari, menyatakan bahwa masuknya Indonesia ke kategori negara maju tersebut memang sejalan dengan gerak pertumbuhan pendapatan per kapita Indonesia.

Saat ini, pendapatan per kapita Indonesia masih sebesar USD 4.000. Angka tersebut jauh di bawah pendapatan per kapita negara maju yang ada di angka USD 12 ribu.

Namun jika dilihat dari purchasing power parity (PPP), pendapatan per kapita Indonesia sudah berada di angka USD 12.670. Angka ini melebihi ambang batas negara menjadi negara maju yang sebesar USD 12 ribu. 

Perubahan status ini merupakan keputusan penuh Amerika serikat (AS). Hal tersebut sebenarnya tidak perlu diperdebatkan. Seharusnya yang menjadi perhatian adalah beberapa keistimewaan yang didapat oleh Indonesia seperti keringanan tarif dan bentuk lainnya cepat atau lambat akan dicabut. 

 

Menurut Denni, sebenarnya pencabutan tarif ini sudah diantisipasi oleh pemerintah Indonesia. Oleh sebab itu, perubahan status tersebut tidak akan mengubah kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia sehingga pendapatan per kapitanya terus meningkat. 

"Kita akan tetap pada kebijakan yang akan terus membuat pendapatan per kapita Indonesia meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia," ungkap Denni. 

Dengan adanya perubahan status ini, Indonesia mempunyai banyak peluang. Menurutnya cepat atau lambat Indonesia akan mengarah untuk menjadi negara maju. Negara maju tidak berbicara soal pendapatan saja, tetapi juga tentang sikap bahwa Indonesia bisa percaya diri untuk lebih produktif dan meningkatkan produksi agar sejajar dengan negara maju lainnya. 

"Dengan perubahan status ini membuat Indonesia lebih percaya diri untuk  berproduksi secara efisien seperti negara maju, menurut Saya spiritnya ke arah sana," papar Denni.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakak Kandung Chelsea Olivia Dikabarkan Lakukan KDRT, Ini 4 Fakta Terbarunya

Posted: 26 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar tak sedap datang dari anggota keluarga Chelsea Olivia. Baru-baru ini, kakak kandung Chelsea, Christian Hansen Wijaya dilaporkan oleh istrinya Miki Soesanti atas dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), pada Jumat (07/02/2020).

Menurut keterangan dari Miki Soesanti, keduanya telah berpisah sejak tahun 2018 namun Miki baru mengajukan berkas perceraiannya secara resmi ke pengadilan pada awal Februari 2020. Hal ini dikarenakan Miki berada di bawah tekanan.

Ditemui usai menjalani BAP di Polda Metro Jaya, Rabu (26/02/2020), Miki Soesanti menceritakan tentang kekerasan yang ia alami. "Sebelah kanan badan itu full memar-memar, dan pundak, punggung saya, bekas sabetan sapu lidi. Yang terparah, sih, bagian (nunjuk belakang punggung) sama di kaki. Memarnya sampai 2 minggu enggak hilang-hilang," ungkap Miki.

Tak hanya mendapatkan kekerasan secara fisik, namun selama ini ibu dua anak tersebut juga mendapatkan kekerasan secara verbal. Ia mengaku bahwa setiap hari selalu mendengar kata kasar dari kakak Chelsea Olivia yang kini tidak diketahui keberadaannya.

Selama ini, Christian Hansen Wijaya dikenal sebagai figur kakak yang sangat menyayangi adiknya. Dalam beberapa kesempatan, nampak Chelsea Olivia, Glenn Alinskie, Hansen, dan Miki Soesanti berfoto bersama. Pria yang akrab disapa Hansen ini juga sempat mencuri perhatian publik karena parasnya yang tampan dan memiliki badan yang kekar.

Berikut adalah fakta-fakta tentang laporan KDRT yang dilakukan oleh kakak Chelsea Olivia yang dihimpun dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (27/02/2020).

1. KDRT pertama terjadi di tahun 2015

Potret kebersamaan Christian Hansen Wijaya bersama Miki Soesanti dan Chelsea Olivia (Sumber: Instagram @hansen.christ)
Potret kebersamaan Christian Hansen Wijaya bersama Miki Soesanti dan Chelsea Olivia (Sumber: Instagram @hansen.christ)

Berdasarkan penuturan Miki Soesanti, awal mula Hansen berlaku kasar padanya terjadi di sekitar tahun 2015. Ketika itu, keduanya baru saja dikaruniai seorang anak lelaki.

Pada waktu itu, usai berlaku kasar Hansen selalu meminta maaf dan mengobatinya. Namun, kini makin lama tindakannya semakin di luar kendali. "Setiap dia habis mukulin saya, dia langsung obatin saya," ucap Miki Soesanti sembari mengenang kenangan pahit tersebut.

2. Dilaporkan ada 4 kasus KDRT besar

Potret kebersamaan Christian Hansen Wijaya bersama Chelsea Olivia (Sumber: Instagram @hansen.christ)
Potret kebersamaan Christian Hansen Wijaya bersama Chelsea Olivia (Sumber: Instagram @hansen.christ)

Selama menjalani perkawinan dengan kakak Chelsea Olivia tersebut, Miki Soesanti mengaku telah 4 kali diperlakukan secara tidak wajar. Hingga akhirnya ia memberanikan diri untuk menghubungi sang ibunda.

Tak hanya memukul dengan tangan kosong, namun Hansen juga dilaporkan melakukan penganiayaan dengan benda tumpul. "Jadi, tidak hanya pukulan tangan, tapi ada gagang pisau dan lidi. Jadi, ada empat KDRT yang parah. Yang diceritakan Miki ke ibunya itu yang terakhir," ungkap kuasa hukum dari Miki Soesanti, Ori Rahman.

3. Christian Hansen Wijaya sempat minta untuk menikah lagi

Potret Christian Hansen Wijaya. (sumber: Instagram @hansen.christ)
Potret Christian Hansen Wijaya. (sumber: Instagram @hansen.christ)

Meskipun dilaporkan bahwa kekerasan yang diterima oleh Miki diakibatkan oleh rasa cemburu dari Hansen yang berlebihan. Namun sebenarnya Hansen sudah pernah meminta izin kepada Miki untuk menikah lagi.

Dari KDRT yang dialami oleh Miki, yang terparah adalah saat ia diancam untuk tidak dekat-dekat dengan pria lain. "Yang terparah dari empat KDRT, mukanya mau ditusuk sama pisau, supaya tidak ada laki-laki lain yang dekat dengan Miki. Tapi, akhirnya enggak jadi, dibalik. Gagangnya itu yang dipukul ke badannya sama sapu lidi," tambah Ori Rahman.

4. Akun media sosial Hansen tak dapat ditemukan

Potret kebersamaan Chelsea Olivia bersama kedua kakak dan ibunya. (Sumber: Instagram @chelseaoliviaa)
Potret kebersamaan Chelsea Olivia bersama kedua kakak dan ibunya. (Sumber: Instagram @chelseaoliviaa)

Kini usai kasus tersebut hangat diperbincangkan oleh publik, keberadaan Hansen seolah hilang ditelan bumi. Sebelumnya, ia selalu mengunggah berbagai aktivitasnya di akun media sosial pribadinya. Kini akun instagram @hansen.christ sudah tidak dapat diakses lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Cinta Reino Barack untuk Syahrini: Kamu Hal Terbaik Yang Tak Kurencanakan

Posted: 26 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kamis (27/2/2020), Syahrini dan Reino Barack merayakan ulang tahun pernikahan pertama. Seperti diketahui, Syahrini dan Reino Barack dikabarkan dekat pada akhir 2018.

Pada 27 Februari 2019, Syahrini resmi dinikahi Reino Barack. Prosesi pernikahan digelar di masjid Tokyo, Jepang, tempat pasangan Maia Estianty-Irwan Mussry menggelar akad nikah.

Merayakan setahun pernikahan, Syahrini dan Reino Barack kompak mengunggah dokumentasi pernikahan mereka di akun Instagram.

Reino Barack mengunggah video bersama Syahrini mengenakan baju pengantin seraya memamerkan buku nikah.

You are the Best

Unggahan Reino Barack. (Foto: Instagram @reinobarack)
Unggahan Reino Barack. (Foto: Instagram @reinobarack)

Menyertai dokumentasi ini, Reino Barack menyebut istrinya hal terbaik yang tak terencana namun terjadi.

"You are the best thing I never planned...and I will choose you a million times over. Happy anniversary my @princessyahrini (Kamu adalah hal terbaik yang tak pernah kurencanakan. Dan aku akan selalu memilihmu. Selamat ulang tahun pernikahan Syahrini)," tulis Reino Barack pada Kamis (27/2/2020).

 

I Love You My Wonderful Husband

Reino Barack dan Syahrini. (Foto: Instagram @reinobarack)
Reino Barack dan Syahrini. (Foto: Instagram @reinobarack)

Di kolom komentar, Syahrini merespons, "I love you My wonderful Husband Happy Anniversary (Aku mencintaimu suamiku yang luar biasa, selamat ulang tahun pernikahan)."

Sejumlah warganet kemudian menyelamati pasangan ini. "Big Congrats my bro and Princess hope both of you have wonderful anniversary," cuitnya.

Jatuh Cinta Padamu

Unggahan Reino Barack. (Foto: Instagram @reinobarack)
Unggahan Reino Barack. (Foto: Instagram @reinobarack)

Hampir bersamaan, Syahrini mengunggah foto pernikahannya dengan Reino Barack. Bintang film Bodyguard Ugal-ugalan menulis pesan yang tak kalah romantis. 

"My wonderful husband @reinobarack I fell for you and i am still falling,you are my today and all of my tomorrows. Today is a special reason to celebrate one more Year of loving you (untuk suamiku yang luar biasa Reino Barack. Aku jatuh cinta padamu dan masih mencintaimu. Kamu adalah masa kini dan masa depanku. Hari ini aku punya alasan spesial untuk merayakan setahun mencintaimu)" tulis pelantun "Seperti Itu" dan "Cinta Terakhir." 

Saling Mencintai Setiap Hari

Syahrini melanjutkan, "I know that love is about how much you love each other every single day (aku tahu bahwa cinta adalah bagaimana saling mencintai setiap hari)."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Blokir Iklan Menyesatkan soal Virus Corona

Posted: 26 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Facebook mengungkapkan akan melarang iklan untuk produk yang menawarkan penyembuhan, atau pencegahan terkait penyebaran virus Corona. Begitu pula terhadap akun yang dinilai menciptakan rasa urgensi.

Dilansir dari Reuters, Kamis (27/2/2020), kebijakan Facebook itu diumumkan di saat perusahaan juga sedang menghadapi tekanan terhadap jenis konten yang diunggah di layanannya. Hal ini secara khusus terkait konten yang mencerminkan ideologi ekstrem dan berita palsu.

"Iklan dengan klaim seperti 'masker wajah 100 persen dijamin mencegah penyebaran virus' tidak akan diizinkan," kata juru bicara Facebook.

Facebook pada bulan lalu mengatakan, akan menghapus konten tentang virus Corona dengan klaim palsu atau teori konspirasi yang telah ditandai oleh organisasi kesehatan global terkemuka dan otoritas kesehatan. Perusahaan seperti TikTok dan Pinterest juga melakukan hal serupa.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat pada Selasa lalu memperingatkan warganya untuk mulai bersiap menghadapi penyebaran virus Corona di negara tersebut. Imbauan ini disampaikan setelah virus itu menyebar di beberapa negara.

Mark Zuckerberg Ingin Konten Online Punya Sistem Khusus

CEO Facebook  Mark Zuckerberg (AP Photo/Jeff Chiu)(AP Photo/Paul Sakuma, File)
CEO Facebook Mark Zuckerberg (AP Photo/Jeff Chiu)(AP Photo/Paul Sakuma, File)

Lebih lanjut, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, sebelumnya mengatakan konten online seharusnya diatur dengan sebuah sistem di antara aturan yang sudah ada untuk industri telekomunikasi dan media. Hal ini disampaikannya dalam acara Munich Security Conference di Jerman pada Sabtu (15/2/2020).

"Saya pikir harus ada regulasi untuk konten berbahaya. Ada pertanyaan tentang kerangka kerja mana yang digunakan untuk hal ini," ungkap Zuckerberg.

Menurut Zuckerberg, saat ini kerangka kerja untuk industri-industri yang sudah ada seperti surat kabar dan media-media lain, serta telekomunikasi. Ia menyebut ada data yang mengalir melalui saluran telekomunikasi, tapi perusahaan telekomunikasi tidak akan bertanggungjawab jika ada seseorang mengatakan hal yang berbahaya melalui sambungan telepon.

"Saya pikir kita (konten online) seharusnya ada di antara itu," jelas Zuckerberg seperti dilansir Reuters, Selasa (18/2/2020).

Zuckerberg mengatakan, Facebook saat ini memiliki 35 ribu karyawan untuk meninjau konten online, dan mengimplementasikan langkah-langkah keamanan. Tim tersebut dan teknologi Facebook telah menangguhkan lebih dari satu juta akun palsu setiap hari.

Menurut Zuckerberg, sebagian besar akun tersebut terdeteksi dalam beberapa menit setelah mendaftar.

"Anggaran kami saat ini lebih besar daripada seluruh pendapatan perusahaan ketika go public pada 2012, ketika kami memiliki satu miliar pengguna. Saya bangga dengan hasilnya, tapi kami tetap waspada," jelasnya.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebaran 2020, Bulog Siapkan 500 Ribu Ton Beras untuk Operasi Pasar

Posted: 26 Feb 2020 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso mengatakan, pihaknya menyiapkan sekitar 500 ribu ton beras untuk operasi pasar selama Ramadan 2020. Beras tersebut berasal dari stok Bulog yang ada saat ini sebesar 1,7 juta ton.

"Ini untuk kebutuhan puasa Lebaran dengan belum ada panen 2 bulan atau 1 bulan ke depan. Kita prediksi kita akan mengeluarkan kurang lebih 500 ribu ton dari 1,7 juta," ujar Budi di Gudang Bulog Pulogadung, Jakarta, Kamis (27/2).

Budi mengatakan, stok beras akan tetap terjaga walau pun pihaknya melakukan ekspor beras. Sebab, Bulog kini sudah tidak dihariskan memasok beras untuk rastra serta Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Tapi kita sudah siap menghadapi ini semua, sehingga catatan saya, karena sekarang kan sudah tidak ada rastra, BPNT, Bulog, tidak mendapatkan, kita tetap karena kita untuk stabilisasi harga, ya kita tetep operasi pasar," jelasnya.

Mantan Kepala BNN tersebut menambahkan, hingga kini harga beras masih cukup stabil di seluruh daerah Indonesia. Bulog memantau setiap pusat penjualan beras masih memiliki stok yang cukup memadai.

"Di pasar, di ritel-ritel, termasuk supermarket itu beras banyak sekali. Sehingga itu yang kembuat sekarang ini harga masih relatif stabil walaupun ada kenaikan tipis. Kenaikan kenapa? karena memang tidak ada produksi," jelasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Dirut Bulog Pastikan Stok Beras Aman hingga Lebaran 2020

Pekerja menurunkan beras bulog di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, (16/2). Kementerian Pertanian mencatat harga beras Desember 2014 hingga Januari 2016 memang mengalami kenaikan, namun berangsur turun pada pekan kedua Februari. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja menurunkan beras bulog di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, (16/2). Kementerian Pertanian mencatat harga beras Desember 2014 hingga Januari 2016 memang mengalami kenaikan, namun berangsur turun pada pekan kedua Februari. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2020 Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau Perum Bulog siap mengamankan pasokan beras di seluruh wilayah Indonesia.

Kecukupan stok beras ini dibuktikan langsung dengan tinjauan yang dilakukan oleh Direktur Utama Bulog Budi Waseso ke Gudang Bulog Kanwil DKI dan Banten di Kelapa Gading, Kamis (27/2/2020).

Budi Waseso mengatakan bahwa stok beras nasional yang ada di gudang Bulog di seluruh Indonesia saat ini mencapai 1,7 juta ton.

"Dengan stok BULOG yang cukup besar dan tersebar di seluruh Indonesia masyarakat tidak perlu khawatir dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini," kata Budi kepada awak media.

Kendati begitu untuk menjaga stabilisasi harga beras medium Perum Bulog di seluruh wilayah terus aktif melaksanakan Program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) Beras Medium.

Adapun realisasi pelaksanaan KPSH sejak Januari sampai dengan tanggal 26 Februari 2020 sebesar 300 ribu ton.

"Kegiatan KPSH kami laksanakan setiap hari secara masif melalui pengecer di pasar tradisional, retail modern, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK), sinergi BUMN serta distributor sehingga mampu menahan laju kenaikan harga beras hampir selama tahun 2019," tegasnya.

Beras BNPT

Pekerja memanggul karung Beras milik Badan Urusan Logistik (Bulog) di Gudang Bulog kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (7/6). Bulog memiliki stok beras sebanyak 2,1 juta ton. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pekerja memanggul karung Beras milik Badan Urusan Logistik (Bulog) di Gudang Bulog kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (7/6). Bulog memiliki stok beras sebanyak 2,1 juta ton. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selain itu, Perum Bulog juga sudah turut serta dalam menyuplai beras untuk Program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).

Penyaluran beras BPNT dilakukan Bulog dengan melalui e-warung dan agen Himbara (Agen Brilink dan Agen 46) serta melalui RPK (Rumah Pangan Kita).

Sampai dengan tanggal 26 Februari 2020 Bulog telah menyalurkan beras BPNT sebanyak 43 ribu ton. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maria Sharapova Putuskan Pensiun dari Dunia Tenis, Ini 7 Faktanya

Posted: 26 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Petenis putri dunia, Maria Sharapova memutuskan untuk gantung raket. Tentu saja keputusannya untuk meninggalkan dunia tenis ini cukup mengejutkan banyak pihak.

Pengumuman terkait berhentinya petenis yang sempat menjadi peringkat satu dunia ini diunggah di akun Instagram pribadinya. Wanita asal Rusia ini juga turut mengunggah foto masa kecilnya saat tengah memegang raket tenis pada pengumuman tersebut.

Meski banyak yang mendukung keputusan wanita kelahiran 19 April 1987 ini untuk mengakhiri kariernya sebagai atlet tenis dunia. Akan tetapi tak sedikit pula yang menyayangkan keputusannya terutama para fans.

Maria Sharapova sendiri cukup dikenal sebagai atlet tenis berprestasi. Ia pun mengawali karier pada November 2000 dan berhasil menyabet berbagai gelar penghargaan. Tak hanya prestasi saja yang menjadi perjalanan karier wanita yang kini menetap di Florida. Akan tetapi Ia pun sempat tersandung kasus serta mengalami cedera.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (27/2/2020) berikut ini bebrapa fakta terkait Maria Sharapova yang putuskan mundur dari dunia tenis.

Maria Sharapova (Sumber: Instagram/mariasharapova)
Maria Sharapova (Sumber: Instagram/mariasharapova)

1. Dapat gelar Grand Slam Pertama di usia muda

Petenis Rusia Maria Sharapova . (AFP Photo/William West)
Petenis Rusia Maria Sharapova . (AFP Photo/William West)

Maria Sharapova sendiri telah menggeluti olahraga tenis sejak usia belia. Dirinya diketahui mendapatkan raket pertama dari sang ayah pada usia 4 tahun. Sejak saat itu, wanita 32 tahun ini memilih berlatih secara otodidak sebelum mengkuti latihan di bawah asuhan Yri Yutkin.

Pelatih veteran asal Rusia ini juga mengungkapkan jika Sharapova memiliki talenta koordinasi tangan dan mata yang luar biasa. Ia pun mulai mengikuti ajang turnamen pada tahun 2000.

Bahkan, pada 2004 lalu, dirinya berhasil memenangkan gelar Grand Slam pertama di pentas Wimbledon pada usia 17 tahun. Karena hal ini pula nama Sharapova semakin dikenal publik. Ia pun menjadi petenis wanita muda ketiga yang berhasil membawa trofi Venus Rosewater Dish.

2. Raih lima gelar Grand Slam

petenis Rusia Maria Sharapova (AFP Photo/Ben Stansall)
petenis Rusia Maria Sharapova (AFP Photo/Ben Stansall)

Prestasi yang ditorehkan oleh petenis asal Rusia ini pun tak main-main. Ia mulai terjun pada turnamen profesional sejak tahun 2003. Berbagai prestasi gemilang pun berhasil ditorehkan oleh Sharapova.

Bahkan, dirinya berhasil meraih lima gelar Grand Slam, yaitu Wimbledon serta WTA Tour Championship pada 2004, Amerika Terbuka pada 2006, Australia Terbuka pada 2008, dan Prancis Terbuka pada 2012 dan 2014.

3. Peringkat satu dunia

Petenis Rusia, Maria Sharapova  (AP Photo/Kin Cheung)
Petenis Rusia, Maria Sharapova (AP Photo/Kin Cheung)

Kariernya yang cemerlang di dunia olahraga tenis pun membuat Maria Sharapove menjadi petenis peringkat satu dunia. Ia pun sempat mendapat peringkat satu dunia selama 21 pekan. Tentu saja hal ini cukup membanggakan bagi Sharapova. Dirinya juga pernah mendapatkan medali perak pada Olimpiade London 2012.

Berhasil mendapatkan peringkat satu dunia tentu saja angka kemenangan yang diraihnya tak main-main. Sharapova berhasil mencatatkan kemenangan sebanyak 645 kali dan kalah sebanyak 171 kali.

4. Kerap tampil modis

Maria Sharapova, atlet tenis profesional dunia, mengungkap rahasianya untuk tampil gaya dan modis.
Maria Sharapova, atlet tenis profesional dunia, mengungkap rahasianya untuk tampil gaya dan modis.

Sebagai atlet tenis wanita, Sharapova juga dikenal karena penampilannya yang cukup modis. Bahkan, saat pertandingan di Amerika Terbuka pada 2006 penampilan Maria Sharapova berhasil curi perhatian.

Dirinya tampil dengan kostum berwarna hitam dan memiliki model seperti gaun malam. Tak hanya itu saja, kostum yang terinspirasi dari artis Audrey Hepburn ini juga dihiasi dengan kristal cantik pada bagian kerahnya.

5. Lebarkan karier di dunia bisnis

Meski sukses berkarier di dunia olahraga. Akan tetapi Maria Sharapova juga mencoba peruntungan di dunia bisnis. Ia pun diketahui mengeluarkan permen bernama Sugarpova bersama rekannya Jeff Rubin.

Permen Sugarpova sendiri didefinisikan sebagai permen kelas atas. Menurutnya permen ini memmiliki arti yang menyenangkan, modis serta terdapat sisi manis dari sang petenis cantik tersebut.

6. Dikenal sebagai atlet wanita berpenghasilan tertinggi

Nama Maria Sharapova memang langsung melejit setelah dirinya berhasil mendapatkan Grand Slam di usia 17 tahun. Bahkan, dirinya pernah ditetapkan sebagai atlet wanita berpenghasilan tertinggi selama 11 tahun berturut-turut oleh majalah Forbes.

Kekayaan dari Sharapova sendiri diketahui dari sponsor brand olahraga ternama. Bahkan, dirinya juga dikenal sebagai atlet yang paling menjual di dunia.

7. Tersandung kasus dopping

Tak hanya prestasi saja yang menjadi teman perjalanan kariernya, akan tetapi Sharapova juga sempat tersandung kasus dopping pada 2016 lalu. Dirinya diketahui gagal melewati tes dopping menjelang Australia Terbuka pada 2016.

Ia juga diketahui positif mengonsumsi meldonium sejak 2006. Akibatnya, Sharapova sempat dijatuji sanksi dilarang tampil selama 15 bulan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkas Tak Lengkap, Buwas Tunda Ekspor Beras ke Arab Saudi

Posted: 26 Feb 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso atau yang akrab dipanggil Buwas mengatakan, Bulog menunda pengiriman beras kemasan (sachet) ke Arab Saudi hari ini. Hal tersebut karena masih ada proses administrasi yang belum diselesaikan.

"Seyogyanya memang hari ini diberangkatkan ke Arab Saudi. Tapi masih ada administrasi yang belum lengkap sehingga masih harus dilengkapi," ujar Budi saat ditemui di Gudang Bulog Pulogadung, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Buwas mengatakan, untuk tahap pertama perusahaan pelat merah tersebut diminta mengirimkan beras kemasan sebesar 10 ribu ton. Harga beras tersebut dikenakan Rp 15 ribu per Kilogram (Kg).

"Untuk tahap pertama kita diminta mengirim 10 ribu ton. Dengan harga 15 ribu per kg. Bisa dihitung nilainya berapa," jelasnya.

Adapun ekspor beras tersebut untuk memenuhi permintaan masyarakat Indonesia yang tinggal di Arab Saudi. Sebab, selama ini sulit untuk mendapat beras jenis produksi Indonesia di negara tersebut.

"Sebenarnya sudah banyak permintaan, bahkan beras sachet itu, produksinya untuk ekspor. Di Arab Saudi mengharapkan beras ini bisa segera dikirim khususnya untuk masyarakat Indonesia yang ada di Arab Saudi, itu maunya memang beras Indonesia," tandas Buwas.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Bulog Ekspor 100 Ton Beras Kemasan ke Arab Saudi

Dirut Perum Bulog Budi Waseso memberi penjelasan kepada Komisi IV DPR saat rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (20/6/2019). Rapat membahas RKA Kementerian dan Lembaga Tahun 2020, evaluasi pelaksanaan anggaran triwulan I dan kinerja Bulog selama tahun 2018. (Liputan6.com/JohanTallo)
Dirut Perum Bulog Budi Waseso memberi penjelasan kepada Komisi IV DPR saat rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (20/6/2019). Rapat membahas RKA Kementerian dan Lembaga Tahun 2020, evaluasi pelaksanaan anggaran triwulan I dan kinerja Bulog selama tahun 2018. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) menyebut bakal mengekspor 100 ton beras dalam bentuk kemasan ke Arab Saudi. Rencana dalam minggu-minggu ini beras tersebut sudah siap dikirim ke negara tersebut.

"Iya ke Arab Saudi. Yang diminta itu dulu yang kemasan 5 kg, 1 kg, itu akan kita penuhi karena dia sudah setuju beras dari kita," kata Buwas di Kemenko Perekonomian, Jakarta, pada Senin 17 Februari 2020. 

Buwas menyebut izin ekspor diterima pihaknya baru keluar untuk 5 kontainer atau setara dengan 100 ton. Jumlah izin itu, lebih rendah jika dibandingkan dengan target awal sebesar 8 kointainer.

"Ya izinnya baru bisa 5 kontainer ya segitu dulu. Kurang lebih 20x5 ya 100 ton," kata dia.

Selain Arab Saudi, Perum Bulog juga telah menjajaki tujuan ekspor ke negara-negara lainnya. Mengingat saat ini jumlah stok beras di gudang bulog juga hampir penuh. Apalagi, pada Maret-April mendatang panen raya bakal terjadi dengan serapan mencapai 2,7 juta ton.

"Ada beberapa saya jajaki tapi yang baru putus kan Arab Saudi. Artinya disini sudah ada peluang kita ekspor," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Cristiano Ronaldo Dihampiri Penggemar Saat Lawan Lyon

Posted: 26 Feb 2020 09:15 PM PST

Petugas membawa seorang penggemar setelah menghampiri Cristiano Ronaldo selama pertandingan antara Lyon dan Juventus pada leg pertama babak 16 Liga Champions di Stadion Olimpiade Lyon di Decines, Prancis (26/2/2020). Dalam pertandingan ini Lyon berhasil mengalahkan Juventus 1-0. (AFP/Franck Fife)
Petugas membawa seorang penggemar setelah menghampiri Cristiano Ronaldo selama pertandingan antara Lyon dan Juventus pada leg pertama babak 16 Liga Champions di Stadion Olimpiade Lyon di Decines, Prancis (26/2/2020). Dalam pertandingan ini Lyon berhasil mengalahkan Juventus 1-0. (AFP/Franck Fife)

Petugas membawa seorang penggemar setelah menghampiri Cristiano Ronaldo selama pertandingan antara Lyon dan Juventus pada leg pertama babak 16 Liga Champions di Stadion Olimpiade Lyon di Decines, Prancis (26/2/2020). Dalam pertandingan ini Lyon berhasil mengalahkan Juventus 1-0. (AFP/Franck Fife)

Penyerang Cristiano Ronaldo berbicara dengan seorang penggemar selama pertandingan antara Lyon dan Juventus pada leg pertama babak 16 Liga Champions di Stadion Olimpiade Lyon di Decines, Prancis (26/2/2020). Dalam pertandingan ini Lyon berhasil mengalahkan Juventus 1-0. (AFP/Philippe Desmazes)
Penyerang Cristiano Ronaldo berbicara dengan seorang penggemar selama pertandingan antara Lyon dan Juventus pada leg pertama babak 16 Liga Champions di Stadion Olimpiade Lyon di Decines, Prancis (26/2/2020). Dalam pertandingan ini Lyon berhasil mengalahkan Juventus 1-0. (AFP/Philippe Desmazes)

Penyerang Cristiano Ronaldo berbicara dengan seorang penggemar selama pertandingan antara Lyon dan Juventus pada leg pertama babak 16 Liga Champions di Stadion Olimpiade Lyon di Decines, Prancis (26/2/2020). Dalam pertandingan ini Lyon berhasil mengalahkan Juventus 1-0. (AFP/Philippe Desmazes)

Penyerang Cristiano Ronaldo berjalan meninggalkan seorang penggemar yang masuk menghampirinya selama pertandingan antara Lyon dan Juventus pada leg pertama babak 16 Liga Champions di Stadion Olimpiade Lyon di Decines, Prancis (26/2/2020). (AFP/Jean-Philippe Ksiazek)
Penyerang Cristiano Ronaldo berjalan meninggalkan seorang penggemar yang masuk menghampirinya selama pertandingan antara Lyon dan Juventus pada leg pertama babak 16 Liga Champions di Stadion Olimpiade Lyon di Decines, Prancis (26/2/2020). (AFP/Jean-Philippe Ksiazek)

Penyerang Cristiano Ronaldo berjalan meninggalkan seorang penggemar yang masuk menghampirinya selama pertandingan antara Lyon dan Juventus pada leg pertama babak 16 Liga Champions di Stadion Olimpiade Lyon di Decines, Prancis (26/2/2020). (AFP/Jean-Philippe Ksiazek)

Seorang penggemar berlutut di depan penyerang Cristiano Ronaldo selama pertandingan antara Lyon dan Juventus pada leg pertama babak 16 Liga Champions di Stadion Olimpiade Lyon di Decines, Prancis (26/2/2020). Dalam pertandingan ini Lyon berhasil mengalahkan Juventus 1-0. (AP Photo/Laurent Cipriani)
Seorang penggemar berlutut di depan penyerang Cristiano Ronaldo selama pertandingan antara Lyon dan Juventus pada leg pertama babak 16 Liga Champions di Stadion Olimpiade Lyon di Decines, Prancis (26/2/2020). Dalam pertandingan ini Lyon berhasil mengalahkan Juventus 1-0. (AP Photo/Laurent Cipriani)

Seorang penggemar berlutut di depan penyerang Cristiano Ronaldo selama pertandingan antara Lyon dan Juventus pada leg pertama babak 16 Liga Champions di Stadion Olimpiade Lyon di Decines, Prancis (26/2/2020). Dalam pertandingan ini Lyon berhasil mengalahkan Juventus 1-0. (AP Photo/Laurent Cipriani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasok BBM dan Elpiji hingga ke Desa, Pertamina Luncurkan Pertashop

Posted: 26 Feb 2020 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Persero terus berusaha menyediakan kebutuhan energi bagi masyarakat. Dan yang paling dibutuhkan setiap hari oleh masyarakat adalah BBM dan gas elpiji.

"Ada dua produk utama yang hari ini sangat atau menjadi kebutuhan wajib bagi masyarakat, yaitu BBM dan elpiji, yang mana dua-duanya dikelola Pertamina. Oleh karena itu, kita ingin mewujudkan program One Village One Outlet, satu desa satu outlet Pertamina," ujar Direktur Pemasaran Retail Masud Hamid dalam acara Kick Off Petrashop PT Pertamina di Nusa Dua, Bali, Kamis (27/2/2020).

Oleh karena itu, PT Pertamina Persero pun meluncurkan Pertashop. Pertashop merupakan lembaga penyalur Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM, gas elpiji, dan juga pelumas yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

 

Masud menjelaskan, diluncurkannya Pertashop ini agar nantinya bisa dibangun pom bensin yang tidak membutuhkan lahan luas seperi SPBU dan juga bisa menjual produk Pertamina lainnya. Namun, kata dia, tingkat keamanannya sama dengan SPBU.

Karena, Masud menjabarkan, persyaratan pembuatan SPBU itu cukup berat, misalnya saja harus memiliki lahan yang luas dan security atau keamanannya harus pasti.

"Kita pun mencari cara bagaimana, mulai dari lahan 400 sampai 500 meter persegi bisa dibuat. Tapi yang kita jual hanya Pertamax karena saat ini motor-motor teknologi baru pakai pertamax, bensin bagus, sudah RON 92. Dan kita juga butuh investasi yang tidak terlalu besar, ada Rp 300, 400 sampai 500 juta, tidak perlu lahan besar, namun security perangkat sama dengan yang di SPBU," papar Masud.

3 Jenis Pertashop

Petugas mengisi BBM kendaraan konsumen di SPBU milik Pertamina di kawasan Jakarta, Selasa (26/11/2019). Implementasi penyediaan solar dengan minyak kelapa sawit sebesar 30% atau B30 lebih cepat satu bulan, dibanding kebijakan pemerintah yang mewajibkan 1 Januari 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas mengisi BBM kendaraan konsumen di SPBU milik Pertamina di kawasan Jakarta, Selasa (26/11/2019). Implementasi penyediaan solar dengan minyak kelapa sawit sebesar 30% atau B30 lebih cepat satu bulan, dibanding kebijakan pemerintah yang mewajibkan 1 Januari 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dia menjelaskan, ada tiga jenis Pertashop yang bisa dibangun, yaitu Gold, Platinum, dan Diamond. Ketiganya memiliki persyaratan yang berbeda-beda.

"Kita buka opsi ada 3 jenis. Pertama, Gold, hanya butuh 144 meter persegi, selain taruh perangkat Pertamina juga buat tangki. Kapasitas penyaluran 400 liter perhari dan lokasi dari desa ke SPBU lebih dari 10 kilometer," papar Masud.

Kedua, lanjut dia, Platinum, butuh lahan 200 atau 300 meter persegi, bisa jual BBM, elpiji, dan oli. Kapasitas penyaluran 1.000 liter perhari, memiliki tangki penyimpanan 10 KL, dan lokasinya di kecamatan yang belum memiliki SPBU.

"Pilihan ketiga adalah Diamond. Untuk Diamond, selain menjual produk Pertamina, bisa juga menjual produk-produk retail dan membangun kafe dengan wifi. Kapasitas penyaluran 3.000 liter perhari, memiliki tangki timbun 10 KL, dan berlokasi di kecamatan yang belum terdapat SPBU. Jadi ini semacam modern retail baru, tapi kunci utamanya Pertamina," papar Masud.

Untuk jenis investasinya, Masud menjelaskan, bisa berasal dari desa atau Pertamina. Pada jenis investasi desa, maka seluruh investasi, baik modal sarana dan infrastrukrur maupun modal kerja disiapkan desa. Sehingga, seluruh keuntungan menjadi hak desa sepenuhnya,

Oleh karena itu, Pertamina pun menggandeng Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar Petrashop bisa terwujud sampai ke desa-desa sesuai dengan tujuannya.

Dengan begitu, kata Masud, Pertamina mampu menjalankan fungsinya. Pertama, kata dia, Pertamina mampu menjalankan pendistribusian energi hingga ke pelosok desa.

"Kedua melibatkan desa, jadi nantinya desa punya economy driver atau pusat ekonomi baru di samping yang sudah ada," jelas Masud.

Didukung Kemendagri

Petugas mengisi BBM pada sebuah motor di salah satu SPBU, Jakarta, Sabtu (5/1/2019). PT Pertamina (Persero) menurunkan harga BBM non subsidi masing-masing Dexlite Rp 200 per liter, dan Dex Rp 100 per liter. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas mengisi BBM pada sebuah motor di salah satu SPBU, Jakarta, Sabtu (5/1/2019). PT Pertamina (Persero) menurunkan harga BBM non subsidi masing-masing Dexlite Rp 200 per liter, dan Dex Rp 100 per liter. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Nata Irawan menuturkan, hingga saat ini, ada 500 desa yang memenuhi syarat bisa dibangun Petrashop. Jumlah itu dari 3.500-an desa yang ada di Indonesia.

"Dari 3.500 desa yang ada, kita verifikasi, ada sekitar 500 desa yang bisa memenuhi syarat dibangun Petrashop. Hal itu dilihat desa-desa tersebut pernah memenangkan lomba-lomba yang diselenggarakan Kemendagri," ucap Nata.

Meski begitu, dia menyebut, sebelum nantinya dibangun Petrashop, pihaknya akan memanggil 144 desa untuk diberikan pelatihan manajemen pemerintahan desa. Tujuannya adalah agar nanti bisa mengelola Petrashop dengan baik.

"Jangan setelah dibangun (Pertashop), jangan nanti enggak ngerti. Kita ingin (Pertashop) ini diolah karena ujungnya bisa menyejahterakan desa tersebut," terang Nata.

Dia juga meminta kepada pemerintah-pemerintah provinsi agar nantinya tidak mempersulit perizinan untuk Petrashop. Karena menurut Nata, sejatinya, Pemerintah Daerah (Pemda) seharusnya memperkuat desa guna mempercepat ekonomi desa.

Senada, Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Aferi menegaskan, kerja sama dengan Pertamina ini dalam rangka pengelolaan desa.

"Mewujudkan tata kelola pengelolaan desa, bagaimana pemenuhan energi bisa terwujud di desa. Dengan momen seperti ini kita harus wujudkan. Desa bukan lagi wilayah terisolasi. Desa bisa punya kafe. Apa salahnya desa bisa maju. Desa bukan hanya bertani atau nelayan," ucap Aferi.

Oleh karena itu, ia menegaskan pentingnya sinergitas. Aferi menyebut, pembuatan Petrashop ini juga bisa menggunakan dana desa.

"Oleh karena itu, kita merumuskan regulasinya, tata kelola manajemen desa. Sampai saat ini, kita masih terus mendata desa-desa yang memenuhi syarat dari Pertamina untuk pembuatan Petrashop," pungkas Aferi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Daihatsu Tingkatkan Mutu Tenaga Kerja

Posted: 26 Feb 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Daihatsu SMK Skill Contest (DSSC) tahun ini melibatkan kemampuan guru dan siswa terbaik. Menjadi bagian dari brand social responsibility, kontes ini merupakan pilar Pintar Bersama Daihatsu (PBD).

Guna meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, program PBD diharapkan mampu memberi kesempatan kerja bagi siswa SMK. Tak hanya itu, kompetisi ini juga mampu menjadi solusi bagi industri yang membutuhkan calon pegawai yang siap kerja.

Selain menjadi wadah kompetisi dan unjuk kemampuan siswa dan guru SMK, DSSC juga menjadi penilaian level kompetensi antar sekolah binaan Daihatsu.

"Kami berharap melalui Daihatsu SMK Skill Contest ini, Daihatsu dapat selalu hadir dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan di Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan." kata Haryanto Nurya Hadiwijaya, General Affair Division Head PT Astra Daihatsu Motor dalam keterangan resminya.

Tahun ini terdapat 36.363 peserta dari 427 SMK yang mengikuti tahap seleksi. Dari tahap ini terpilih 854 peserta untuk mengikuti online test.

Untuk seleksi regional, terdapat 39 peserta dari 19 SMK. Dari tahap tersebut terpilihlah 12 peserta dari 6 SMK terbaik yang maju untuk mewakili wilayah regional di babak final nasional.

 

Pemenang Daihatsu SMK Skill Contest

Bagi para guru terdapat pengujian troubleshooting atau kemampuan menganalisa dan memecahkan masalah yang terdapat pada mobil.

Sedangkan para siswwa ditantang untuk menunjukan kemampuan periodical maintenance (PM) atau keterampilan perawatan mobil berkala.

Berhak mendapatkan uang tunai, trophy serta beasiswa Polman Astra, pememang utama kompetisi ini jatuh pada tim SMKN 7 Baleendah, Jawa Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Hong Kong Bagikan Uang Tunai hingga Rp 17 Juta untuk Warganya

Posted: 26 Feb 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Hong Kong - Hong Kong akan membagikan uang tunai kepada penduduk tetap usia dewasa. Langkah itu dilakukan untuk membantu meningkatkan pengeluaran dan meringankan beban keuangan.

Sebagai bagian dari anggaran tahunan, $10.000 dolar Hong Kong (sekitar Rp18 juta) akan dibagikan untuk sekitar tujuh juta orang di atas usia 18 tahun.

Mengutip BBC, Rabu (26/2/2020), ekonomi wilayah tersebut telah terpukul selama berbulan-bulan oleh kerusuhan politik yang keras, dan baru-baru ini menderita akibat terdampak Virus Corona.

Kota ini telah memiliki 81 kasus virus yang dikonfirmasi dan dua kematian.

"Ekonomi Hong Kong menghadapi tantangan besar tahun ini," Sekretaris Keuangan Paul Chan mengatakan pada hari Rabu.

"Setelah mempertimbangkan dengan cermat, saya telah memutuskan untuk mencairkan HK $ 10.000 kepada penduduk tetap Hong Kong berusia 18 tahun atau lebih, dengan tujuan untuk mendorong dan meningkatkan konsumsi lokal di satu sisi, dan meringankan beban keuangan masyarakat di sisi lain," kata Chan.

Pembagian kepada setiap individu adalah bagian dari paket bantuan senilai HK $120 miliar untuk mengurangi dampak protes dan virus terhadap ekonomi.

Pihak berwenang juga akan menurunkan harga sewa perumahan umum dan akan ada potongan harga dalam gaji serta pajak properti.

Defisit anggaran diproyeksikan meningkat menjadi hampir $18 miliar pada tahun 2021, menjadi rekor untuk wilayah tersebut.

Ekonomi Terpukul

Anggota staf Otoritas Rumah Sakit Hong Kong mengantre menandatangani surat petisi pemogokan kerja saat memprotes penutupan penyeberangan perbatasan dari China di Hong Kong (4/2/2020). Hong Kong pada 4 Februari melaporkan kematian pasien karena virus corona. (AFP/Anthony Wallace)
Anggota staf Otoritas Rumah Sakit Hong Kong mengantre menandatangani surat petisi pemogokan kerja saat memprotes penutupan penyeberangan perbatasan dari China di Hong Kong (4/2/2020). Hong Kong pada 4 Februari melaporkan kematian pasien karena virus corona. (AFP/Anthony Wallace)

Hong Kong sebelumnya mengumumkan dana bantuan untuk sektor-sektor yang menderita karena wabah, termasuk pemberian uang tunai untuk bisnis seperti restoran dan operasi perjalanan.

Perekonomian wilayah ini menderita selama berbulan-bulan kerusuhan politik yang telah menyebabkan aktivis pro-demokrasi sering bentrok dengan polisi.

Dalam minggu-minggu terakhir, ancaman Virus Corona yang meluas dari daratan telah melambatkan kehidupan publik dan memberikan pukulan serius pada sektor pariwisata.

Pusat keuangan juga terhuyung-huyung dari perang perdagangan AS-China yang sedang berlangsung, memperlambat perdagangan antara dua ekonomi terbesar di dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rakor Sukseskan Pilkada 2020 Tunjukkan Kekompakan Pemerintah Pusat dan Daerah

Posted: 26 Feb 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di 270 Daerah kian mendekati puncaknya. Berbagai persiapan terus dilakukan guna mematangkan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020, tak terkecuali dengan Kementerian Dalam Negeri yang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Bidang Politik dan Pemerintahan Umum dan Deteksi Dini Mendukung Sukses Pilkada Serentak Tahun 2020 di Bali Nusa Dua Convention Center, Kamis (27/02/2020).

Dalam laporannya, Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar mengatakan, Rakor terlengkap yang dihadiri seluruh elemen penyelenggara Pemilu, unsur Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah ini menunjukkan kekompakkan dalam mendukung pelaksanaan Pilkada Tahun 2020.

"Rakor hari ini bersifat khusus, spesifik dan tidak ada rapat koordinasi yang terlengkap, seperti ini menghadirkan seluruh unsur intelijen, sengaja didesain khusus kami haturkan kepada penyelenggara bahwa kami di pusat dan daerah betapa solid mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak 2020," kata Bahtiar.

Tak hanya itu, Rakor dilaksanakan untuk melakukan deteksi dini, meski Pilkada Serentak kali ini merupakan pelaksanaan Pilkada Serentak gelombang ke-4 yang pernah dilaksanakan.

"Pilkada Serentak ke-4 yang kita laksanakan ini, dan memang ini bukan yang pertama, tetapi kewaspadaan, deteksi dini, cegah dini, konsolidasi dini, dan membangun solidaritas di seluruh tahapan menjadi sangat penting karena ini agenda besar untuk memilih pemimpin negeri di 270 daerah," ujarnya.

Bahtiar menekankan, esensinya tak hanya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya saja, tetapi mengajak masyarakat menjadi pemilih yang cerdas yang dapat memilih pemimpin yang berdampak pada pembangunan.

"Bukan hanya sekedar melihat masyarakat di TPS sebanyak-banyaknya pada 23 September 2020, tapi memang kita hendak mendorong masyarakat kita untuk memilih pemimpin yang cerdas dan memilih pemimpin yang akan membawa perubahan pada bangsa kita," ungkap Bahtiar.

Dalam Rakor yang dihadiri para Sekretaris Daerah (Sekda) tersebut, Bahtiar meyakinkan Aparatur Sipil Negara (ASN) akan bersikap netral dan profesional.

"Jangan khawatir ASN netral, tegak lurus pada merah-putih, Sekda yang hadir ini akan memastikan tidak ada mobilitas seperti Surat Edaran Mendagri, justru ASN akan hadir menyukseskan Pilkada 2020," pungkasnya.

Rapat Koordinasi Bidang Politik dan Pemerintahan Umum dan Deteksi Dini Mendukung Sukses Pilkada Serentak Tahun 2020 dihadiri hampir 2.000 peserta yang terdiri dari Sekda, Direktur Intelkam Polda, Asintel Kodam/ Korem, Kabinda yang masing-masing dihadiri perwakilan dari 34 Provinsi, KPU Provinsi (yang di daerahnya melaksanakan Pilkada), Bawaslu Provinsi (yang di daerahnya melaksanakan Pilkada), DKPP 34 Provinsi, Kejaksaan Tinggi 34 Provinsi, serta Bawaslu di Kabupaten/Kota (yang di daerahnya melaksanakan Pilkada).

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa Agung ST Burhanuddin Bertemu Grup Emtek Bahas Peranan Media

Posted: 26 Feb 2020 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Elang Mahkota Teknologi atau Grup Emtek bertamu ke Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta Selatan. Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus membahas peranan media bagi masyarakat luas.

Jaksa Agung ST Burhanuddin sebagai tuan rumah menyambut kedatangan Grup Emtek sekaligus memberikan apresiasi. Dia didampingi sejumlah jajaran Kejagung, salah satunya Kapuspenkum Kejagung Heri Setiyono.

"Media dengan kita ya memang perlu kerja sama. Mabes Polri dengan medianya sudah canggih, kita perlu menuju ke sana juga," tutur Burhanuddin di Kejagung, Jakarta Selatan, Kamis (27/2/2020).

Burhanuddin menjelaskan, kerja sama di sini dalam arti bagaimana Kejagung nantinya dapat mengelola informasi agar dapat sepenuhnya tersampaikan kepada masyarakat.

"Kami mendapat suatu pencerahan mengelola suatu media. Karena apa pun yang kita lakukan, kerja apa pun yang kita lakukan, tanpa media, masyarakat tidak tahu yang kita kerjakan," katanya.

Burhanuddin menyebut, media menjadi sarana menyampaikan pertanggungjawaban kinerja instansi ke publik. Masyarakat layak mengetahui bahwa kejaksaan menjalankan peran yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

"Kerja sama ini tentu dalam rangka penguatan dan keterbukaan kita dengan Grup Emtek tentang berita," ujar Burhanuddin.

Direktur Utama Indosiar yang juga Direktur SCM, Imam Sudjarwo mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja Kejagung di bawah kepemimpinan ST Burhanuddin.

"Kita media yang betul-betul netralitas dan itu harus dijunjung tinggi. Dan tetap kita support (tidak menutupi) pemerintah terkait keberhasilan," jelas Imam.

Sigap Usut Jiwasraya

Sementara itu, Pemimpin Redaksi SCTV dan Indosiar Mohamad Teguh mengangkat salah satu isu hangat dalam pertemuan tersebut, yakni dugaan korupsi Jiwasraya. Kejagung di bawah kepemimpinan ST Burhanuddin dinilai cepat menetapkan tersangka kakap dan sigap menelusuri aset dalam kasus tersebut.

"Ini kan memerlukan strategi, bagaimana mungkin jaksa mengetahui. Dari hasil goreng-goreng atau penggembosan aset kemudian dengan cepat ditelusuri. Kita pikir ini luar biasa. Di kasus asuransi ini kita melihat asuransi ini bolong. Kita apresiasi sekali Kejagung," beber Teguh.

Dalam kesempatan itu, Pemimpin Redaksi Liputan6.com Irna Gustiawati turut memberikan gambaran media dalam lingkup digital masa kini ke pihak Kejagung. Sementara Pemimpin Redaksi Merdeka.com Ramadhian Fadillah mengulas perlunya masyarakat mengenal sosok jaksa yang layak menjadi teladan, khususnya oleh generasi milenial.

Jaksa Agung ST Burhanuddin berterima kasih atas setiap masukan yang disampaikan dalam pertemuan tersebut. Dirinya dan Direktur SCM Imam Sudjarwo kemudian bertukar plakat secara simbolis mewakili antarintansi.

Hadir juga dalam kegiatan itu Corporate Secretary PT Surya Citra Media (SCM) Gilang Iskandar dan Corporate Relations SCTV dan Indosiar Uki Hastama.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rencana Frederika Alexis Cull Usai Lepas Tugas sebagai Puteri Indonesia 2019

Posted: 26 Feb 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hampir satu tahun berlalu sejak Frederika Alexis Cull dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2019 pada 8 Maret 2019 lalu. Ia bakal segera lepas tugas setelah Puteri Indonesia 2020 terpilih pada 6 Maret 2020 mendatang.

Perempuan 20 tahun ini telah memiliki segudang rencana. Satu di antaranya adalah terus melanjutkan advokasi yang fokus pada kepemilikan akta kelahiran warga Indonesia.

"Saya ingin menjalankan advokasi saya, yaitu Voice For The Voicelessm, agar bisa memiliki platform lebih besar dan bisa membantu orang yang tidak mempunyai akta karena itu memang concern saya, akta kelahiran di Indonesia," kata Frederika di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Rabu, 26 Februari 2020.

Tak hanya itu, Frederika Alexis Cull juga mengutarakan keinginannya terjun ke dunia hiburan Tanah Air, khususnya pada seni peran. "Kebetulan saya ambil kelas teater dan memang hobi di situ. Kenapa tidak coba terjun ke dunia film Indonesia," lanjutnya.

Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull saat berlaga di panggung grand final Miss Universe 2019. (Paras Griffin / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)
Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull saat berlaga di panggung grand final Miss Universe 2019. (Paras Griffin / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Sebelumnya, Fred, begitu ia akrab disapa, telah membawa advokasi terkait kepemilikan akta kelahiran tersebut ke ajang Miss Universe 2019. Sempat bergabung dengan sebuah yayasan, sejak jadi Puteri Indonesia, ia membangun yayasan sendiri, yakni Voice For The Voiceless

"Kita kemarin baru survei hampir beberapa keluarga soal akta. Target kita seribu orang yang akan disurvei, tapi sementara karena memang kemarin sibuk dan jadwal padat untuk ke Miss Universe, jadi belum sampai. Lagi diusahakan cepat beres," kata Fred.

Perempuan kelahiran Gold Coast, Australia, ini juga berharap survei untuk advokasinya dapat terlaksana dengan baik yang dibarengi riset.

"Karena saat ini belum ada data yang baru untuk membuktikan bahwa akta kelahiran jadi masalah besar di Indonesia, alasan kenapa dan faktor apa saja kenapa warga Indonesia tidak memiliki akta," ungkapnya.

"Semoga ke depan bisa kerja sama dengan pemerintah di daerah-daerah juga, tidak hanya di Jakarta," kata Frederika.

Fokus Kuliah

Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull saat berlaga di panggung grand final Miss Universe 2019. (VALERIE MACON / AFP)
Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull saat berlaga di panggung grand final Miss Universe 2019. (VALERIE MACON / AFP)

Selain tetap lantang menyuarakan advokasi dan terjun di dunia seni peran, Frederika Alexis Cull juga bakal fokus melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi.

Sebelumnya, Fred mengambil bidang studi international business dan akan mengganti mendalami disiplin ilmu untuk political science. Ia memiliki alasan tersendiri atas keputusan tersebut.

"Karena saya merasa jadi Puteri Indonesia bukan hanya jalan satu-satunya untuk menginspirasi orang dan membantu, apalagi di Indonesia. I'm very concern and aware of helping people in my country," ungkap Fred.

Sebagai visi dan misi ke depan jadi alasan Frederika ingin terjun ke dunia politik. Ia ingin menjalin kerja sama dengan United Nations yang dikatakannya memiliki korelasi dengan human rights development.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes Pilih Garuda Indonesia Bila Ada Skenario Penjemputan WNI Kapal Diamond Princess

Posted: 26 Feb 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memiliki menggunakan maskapai Garuda apabila ada skenario penjempuan WNI menggunakan pesawat. Sebab, rute penerbangan Garuda sudah teregistrasi.

Saat konferensi pers, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, Achmad Yurianto mengungkapkan, rute penerbangan Garuda ada yang menuju ke Haneda, Jepang.

"Tentunya, pesawat terbangnya yang sudah memiliki registrasi penerbangan menuju ke Haneda. Dan yang punya registrasinya adalah pesawat Garuda," ucap Yuri di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, ditulis Kamis (27/2/2020).

"Ya, karena memang secara formal mereka memiliki registrasi untuk melakukan pendaratan."

 

Pertimbangan Efisiensi

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Adanya pemilihan maskapai Garuda juga didasarkan efisiensi. Jika memilih maskapai lain yang tak memiliki registrasi pendaratan di Jepang, maka dapat menimbulkan kesulitan, seperti perizinan.

"Jadinya, kita tidak memerlukan izin khusus dengan penerbangan (maskapai) lain. Kalau kita membutuhkan aktivasi lain, malah menambah tahapan-tahapan (perizinan dan urusan lain)," lanjut Yuri.

Saat ini, Kapal Diamond Princess masih berlabuh di Pelabuhan Yokohama, Jepang. Terkait proses penjemputan, pada prinsipnya semua kru kapal akan dijemput.

"Namun, masih perlu diplomasi antara pemerintah Indonesia dan Jepang. Selain itu, perlu pengaturan khusus soal pemindahan WNI ABK dari Kapal Diamond Princess ke pesawat penjemput," Yuri menerangkan.

Kru Kapal Diamond Princess yang akan dievakuasi tidak mungkin menunggu di bandara, seperti penumpang biasa. Para ABK diharapkan secepatnya dapat berpindah dari kapal ke pesawat penjemputan.

"Ini yang akhirnya membutuhkan penjadwalan ketat. Sampai saat ini, kami masih belum mendapatkan kepastian kapan akan berangkat untuk menjemput WNI di sana," ucap Yuri.

 

Prinsip Kehati-hatian

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Untuk penjemputan WNI di Kapal Diamond Princess, peemerintah akan sangat berhati-hati dan bertanggung jawab untuk mengamankan dan mengobservasi ABK tersebut. 

Terlebih lagi menyangkut 264 juta masyarakat Indonesia. 

"Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri akan tetap menjalin komunikasi intensif dan kerja sama dengan pemerintah Jepang dalam penanganan WNI ABK Diamond Princess di Jepang," tandas Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekomendasi Ponsel Android Murah Harga Mulai Rp 800 Ribuan

Posted: 26 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dewasa ini, ponsel Android bukan lagi sebuah keinginan. Namun, sudah menjelma sebagai sebuah kebutuhan yang harus ada. Tak bisa dimungkiri, kan?.

Untuk kamu yang belum memiliki ponsel pintar ini, ada banyak ponsel Android murah yang dibanderol mulai Rp 800 ribuan, kok! Apa saja? Yuk, simak ulasan dari Swara Tunaiku!

1. Advan S6 Plus

Ponsel Android murah pertama yang bisa kamu pilih adalah Advan S6 Plus yang merupakan salah satu ponsel lokal dengan spesifikasi bagus. Ia sudah menggunakan sistem operasi android Go Edition yang terkenal ringan digunakan. Secara tampilan, HP ini terbilang memiliki layar yang cukup luas.

Layarnya adalah 5,5 inci dengan rasio 18:9. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan face unlock ala ponsel premium kelas atas. Untuk harganya, ponsel ini dibanderol mulai Rp888 ribu saja.

2. Nokia 3

Kamu juga bisa memilih ponsel Nokia 3. Ponsel yang satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,1 juta saja dengan spesifikasi cukup baik. Ia memiliki layar seluas 5 inci dengan prosesor MediaTek MT6737 yang digabung dengan RAM 2 GB. Semua ini membuatnya cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari.

3. Honor 7A

Smartphone ini mampu menciptakan momen menakjubkan lewat kameranya. Penasaran?
Smartphone ini mampu menciptakan momen menakjubkan lewat kameranya. Penasaran?

Kamu juga bisa pilih ponsel Honor 7A yang dibanderol sekitar Rp 1,6 juta saja. Ponsel yang satu ini dilengkapi dengan fitur dan model yang seperti ponsel kelas premium. Layarnya memiliki luas 5,7 inci dengan konfigurasi dual camera. Untuk prosesor, ponsel ini dilengkapi prosesor jenis Qualcomm Snapdragon 430.

4. Advan G3

Lanjut, kamu bisa pilih Advan G3. Ponsel yang satu ini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan dan sangat cocok untuk kamu yang gemar mendengarkan musik. Pasalnya, ponsel ini dilengkapi dengan speaker stereo berlabel Harman Kardon yang bagus. Selain itu, ia juga cocok digunakan untuk bermain game.

5. Huawei Nova 2 Lite

HUAWEI Nova nova 2 lLite dibandrol dengan harga Rp 2,5 Jutaan dan pre order dibuka sampai tanggal 4 Mei 2018.
HUAWEI Nova nova 2 lLite dibandrol dengan harga Rp 2,5 Jutaan dan pre order dibuka sampai tanggal 4 Mei 2018.

Kamu juga bisa pilih ponsel Huawei Nova 2 Lite yang dibanderol dengan harga nyaris Rp 2 juta. Ponsel yang satu ini cocok digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Ponsel ini dilengkapi dengan layar seluas 5,7 inci dan didukung juga dengan teknologi face unlock.

6. Samsung Galaxy J2 Pro

Kalau kamu penyuka ponsel merek Samsung, kamu bisa pilih Samsung Galaxy J2 Pro yang dibanderol Rp 1,4 juta saja. Ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup kompetitif untuk penggunaan harian. Selain itu, ukurannya yang tak terlalu besar juga membuatnya mudah dibawa ke mana-mana.

7. Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5a membidik segmen entry-level dengan harga jual Rp 999.000. (Liputan6.com/Agustinus M Damar)
Xiaomi Redmi 5a membidik segmen entry-level dengan harga jual Rp 999.000. (Liputan6.com/Agustinus M Damar)

Ponsel murah berikutnya yang bisa kamu pilih adalah Xiaomi Redmi 5A yang dibanderol sekitar Rp 1,4 juta saja. Ponsel ini memiliki layar sebesar 5,7 inci dengan kualitas HD+ dan prosesor Qualcomm Snapdragon 450 yang dapat melibas aktivitas multimedia harian.

8. Vivo Y91

Kamu juga bisa pilih ponsel Vivo Y91 yang dibanderol sekitar Rp 1,7 juta saja. Ponsel yang satu ini memiliki layar yang sangat lebar dan bezel yang tipis. Masalah performa, tak perlu diragukan. Ia sudah dipersenjatai dengan Qualcomm Snapdragon 439 dengan RAM 3 GB.

9. Oppo A3S

Oppo A3S (credit image: yugatech.com)
Oppo A3S (credit image: yugatech.com)

Ponsel yang satu ini pun tak kalah dengan yang lain. Ia dibanderol sekitar Rp 1,8 juta saja dan memiliki spesifikasi yang oke. Ia dilengkapi Qualcomm Snapdragon 450 dengan Ram 2 GB. Tentunya, dengan spesifikasi tersebut, ia cocok digunakan untuk aktivitas harian.

10. Huaweui Y7 Pro

Ponsel terbaru dari Huawei ini bisa kamu jadikan pilihan. Ia memiliki Ram sebesar 3 GB dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 450 yang cocok digunakan untuk berbagai kegiatan multimedia. 

11. Asus Zenfone Max

(sumber: asus.com)
(sumber: asus.com)

Kamu juga bisa pilih ponsel Asus Zenfone Max yang hanya dibanderol sekitar Rp 1,9 juta. Ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup bagus dengan konfigurasi dual camera yang dapat menangkap foto dengan efek bokeh. 

12. Vivo Y81

Kamu juga bisa memilih Vivo Y81 sebagai pilihan ponsel Android dengan harga murah. Ponsel ini hanya dibanderol sekitar Rp1,5 juta saja dan memiliki spesifikasi cukup oke. Ia dilengkapi dengan chipset MediaTek Helip P22 dan RAM sebesar 3 GB.

Itulah beberapa ponsel android murah dengan banderol mulai Rp800 ribu yang bisa kamu miliki. Meski harganya murah, namun spesifikasinya terbilang cukup oke dan bisa memenuhi kebutuhan harianmu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasang Wajah Cemberut Saat Lahir, Ekspresi Bayi Ini Bikin Gemas

Posted: 26 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Proses persalinan atau kelahiran bayi menjadi salah satu momen yang paling ditunggu para orang tua. Kehadiran bayi ke dunia dengan selamat merupakan anugerah yang tiada duanya bagi orang tua.

Banyak orang tua yang merasakan kebahagiaan menjadi seorang ayah dan ibu ketika anak mereka lahir. Sebab, kelahiran anaknya menjadi hal yang paling dinantikan setelah mengandung selama 9 bulan.

Tak hanya menjadi kabar bahagia bagi keluarga, kehadiran bayi yang baru lahir justru membuat heboh publik. Seperti bayi asal Brasil yang menjadi viral karena lahir tanpa menangis kencang.

Memasang wajah cemberut

Seorang bayi asal Brasil tampilkan wajah cemberut saat lahir ke dunia. Facebook/ Rodrigo Kunstmann
Seorang bayi asal Brasil tampilkan wajah cemberut saat lahir ke dunia. Facebook/ Rodrigo Kunstmann

Lumrahnya, bayi akan menangis kencang ketika lahir. Namun, berbeda dengan seorang bayi di Rio De Janeiro, Brasil. Pasalnya, dokter telah mendorong bayi tersebut agar segera menangis setelah lahir untuk menunjukkan bahwa paru-parunya berfungsi. Namun, bayi itu justru tak langsung menangis sesaat setelah lahir.

Selain itu, bayi yang diberi nama Isabela Pareira de Jesus oleh ibunya itu juga menampilkan wajah cemberut sesaat setelah dilahirkan.

Momen langka tersebut diabadikan oleh fotografer bernama Rodrigo Kunstmann yang memang sengaja disewa oleh orang tuanya untuk mengabadikan momen persalinan tersebut. Namun, tak ada yang menyangka jika bayi yang lahir pada 13  Februari 2020, itu memasang wajah yang menggemaskan.

Menangis saat tali pusarnya dipotong

Seorang bayi asal Brasil tampilkan wajah cemberut saat lahir ke dunia. Facebook/ Rodrigo Kunstmann
Seorang bayi asal Brasil tampilkan wajah cemberut saat lahir ke dunia. Facebook/ Rodrigo Kunstmann

Sang fotografer pun membagikan hasil jempretan kameranya ke dalam akun Facebook-nya. Fotonya tersebut pun akhirnya menarik perhatian warganet. Sejumlah warganet bahkan membandingkan wajah cemberut bayi tersebut dengan The Grumpy Cat, yakni kucing yang memiliki wajah selalu cemberut.

Isabela kemudian menangis ketika tali pusarnya dipotong. Dokter dan perawat pun lega mengetahui hal tersebut.

"Bayiku terlahir dengan berani dan sekarang (fotonya) sudah jadi meme. Dia selalu mengerutkan dahi saat ganti popok dan menyusui. Isabela seharusnya lahir tanggal 20, tapi dia sudah memilih hari lahirnya dan menunjukkan sifatnya,"ujar Daiane dikutip dari NY Post, Kamis (27/2/2020).

Penulis: 

Ulya Kaltsum

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Robert Senang Perkembangan Lini Belakang Persib Bandung

Posted: 26 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Menatap kompetisi Shopee Liga 1 2020 yang semakin dekat, Persib Bandung kembali melakukan sejumlah persiapan yang cukup ketat. Senin (24/2) pagi, para punggawa Pangeran Biru melakukan sesi latihan di stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). 

Di sesi latihan belakangan, pelatih Persib Robert Albert lebih mengutamakan sentuhan bola dan pematangan pola permainan. Selain itu, para pemain juga dibekali latihan strenght dan speed coordination. Hal itu difokuskan pelatih asal Belanda tersebut untuk menentukan skuat terbaik.

Para pemain terlihat antusias melakukan latihan yang diakhiri dengan game internal tersebut. Namun, dua striker asing, Wader Luiz dan Geoffrey Castillion tidak terlihat dalam sesi kali ini. alasan keduanya absen adalah untuk mengurus beberapa keperluan pribadi di Singapura.

Mengenai lini belakang Persib, Robert mengaku senang dengan perkembangan dari Nick Kuipers dkk.

"Saya rasa barisan pertahanan kami sudah stabil ketika bermain dengan empat bek sejajar atau tiga bek sekalipun. Tergantung kebutuhan dalam pertandingan. Saya tentunya senang melihat ini," pungkas Robert. 

 

Launching Tim Dan Jersey

Persib sendiri telah melakukan launching tim dan jersey untuk Liga 1 2020 pada Selasa, 25 Februari 2020 di salah satu hotel bintang lima di Bandung.

Seperti musim-musim sebelumnya, Persib memamerkan tiga jenis jersyey yang akan digunakan dalam kompetisi. Yang menarik, desain jersey ketiga untuk musim ini dirancang oleh salah satu bobotoh  yang memenangkan lomba kontes desain jersey beberapa waktu lalu.

(Balwa Ramadhan/Mg)

Saksikan Video Persib di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bunga Mawar untuk Mengenang 27 Tahun Teror Bom WTC

Posted: 26 Feb 2020 09:00 PM PST

Kerabat meletakkan mawar di atas plakat bertuliskan nama-nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan
Kerabat meletakkan mawar di atas plakat bertuliskan nama-nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan "Tragedi 9/11" di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir WTC yang menewaskan enam korban. (Scott Heins/Getty Images/AF

Kerabat meletakkan mawar di atas plakat bertuliskan nama-nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan "Tragedi 9/11" di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir WTC yang menewaskan enam korban. (Scott Heins/Getty Images/AF

Mawar diletakkan atas plakat bertuliskan nama-nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir WTC yang menewaskan enam korban. (Scott Heins/Getty Images/AFP)
Mawar diletakkan atas plakat bertuliskan nama-nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir WTC yang menewaskan enam korban. (Scott Heins/Getty Images/AFP)

Mawar diletakkan atas plakat bertuliskan nama-nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir WTC yang menewaskan enam korban. (Scott Heins/Getty Images/AFP)

Kerabat dan pelayat meletakkan mawar di atas plakat bertuliskan nama-nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir WTC yang menewaskan enam korban. (Scott Heins/Getty Images/AFP)
Kerabat dan pelayat meletakkan mawar di atas plakat bertuliskan nama-nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir WTC yang menewaskan enam korban. (Scott Heins/Getty Images/AFP)

Kerabat dan pelayat meletakkan mawar di atas plakat bertuliskan nama-nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir WTC yang menewaskan enam korban. (Scott Heins/Getty Images/AFP)

Orang-orang menaruh bunga mawar di atas nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan
Orang-orang menaruh bunga mawar di atas nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan "Tragedi 9/11" di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir World Trade Center (WTC) yang menewaskan enam korban. (AP/John Minchillo)

Orang-orang menaruh bunga mawar di atas nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan "Tragedi 9/11" di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir World Trade Center (WTC) yang menewaskan enam korban. (AP/John Minchillo)

Orang-orang menaruh bunga mawar di atas nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan
Orang-orang menaruh bunga mawar di atas nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan "Tragedi 9/11" di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir World Trade Center (WTC) yang menewaskan enam korban. (AP/John Minchillo)

Orang-orang menaruh bunga mawar di atas nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan "Tragedi 9/11" di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir World Trade Center (WTC) yang menewaskan enam korban. (AP/John Minchillo)

Orang-orang menaruh bunga mawar di atas nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan
Orang-orang menaruh bunga mawar di atas nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan "Tragedi 9/11" di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir World Trade Center (WTC) yang menewaskan enam korban. (AP/John Minchillo)

Orang-orang menaruh bunga mawar di atas nama korban pengeboman World Trade Center 1993 pada upacara peringatan "Tragedi 9/11" di New York, Rabu (26/2/2020). 27 tahun lalu teroris meledakkan bom di sebuah garasi parkir World Trade Center (WTC) yang menewaskan enam korban. (AP/John Minchillo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah 6 Bocah Bersaudara di Balikpapan Jadi Yatim Piatu dalam Sehari

Posted: 26 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Balikpapan - Ali Mardani (10) tertawa lepas bersama empat adiknya. Para bocah ini bercanda ria menikmati menu sederhana nasi putih plus mi instan. Tiada gurat kesedihan membekas di raut muka kelimanya. Padahal, belum kering pusara kedua orangtuanya yang meninggal empat hari lalu.

"Mereka sejak kecil memang sudah terbiasa hidup jauh dari orangtua. Selama ini, mereka tinggal bersama saya di sini," kata Wa Ode Rusdiana (48) di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu, 26 Februari 2020.

Ali Mardani bersama saudaranya merupakan yatim piatu. Orangtuanya baru saja meninggal hampir bersamaan di Balikpapan pada Minggu, 23 Februari 2020.

Siti Haryati meninggal sesaat melahirkan Safayanti Mardani. Suaminya, Yaya Mardani, pun turut mengembuskan nafas terakhir menyusul kepergian istrinya sesaat jenazah sang istri dimandikan, hanya berselang 7 jam.

"Suaminya sepertinya tidak tahan menahan kesedihan sehingga penyakit darah tingginya kumat. Istrinya meninggal pagi hari sedangkan suaminya pada siang hari," ungkap Rusdiana yang merupakan orangtua Siti Haryati.

Yaya dan Siti memang diketahui punya riwayat penyakit tekanan darah tinggi. Dokter kandungan pun kerap mengingatkan Siti Haryati, sedangkan Yaya Mardani rutin meminum obat penurun tekanan darah.

"Dokter sempat mengingatkannya untuk menurunkan tekanan darahnya. Kami memang tidak punya pantangan mengonsumsi berbagai jenis makanan," papar Rusdiana.

Sehingga, kini Rusdiana otomatis menjadi wali enam cucunya, Ali Mardani (10), Alika Akhira (8), Alifa Alfira (6), Aldo Lila (4), Dira Nawa (2), dan bayi yang masih merah Safayanti. Ibu rumah tangga ini sendirian membanting tulang menghidupi cucu dan anak kandungnya.

"Saya masih punya tanggungan anak berumur 12 tahun. Sedangkan, suami sudah tua dan mulai sakit-sakitan akibat penyakit darah tinggi," tuturnya.

Meskipun begitu, Rusdiana enggan menyerahkan cucunya diasuh orang lain. Memang, semenjak kisahnya viral di media sosial, puluhan orang berdatangan mengajukan diri mengadopsi cucunya.

"Sudah banyak yang menawarkan diri, bahkan Wali Kota Balikpapan bertanya bagaimana saya nantinya memelihara anak-anak ini," ujarnya.

 

Wasiat Sang Anak

Ayah 6 bersaudara ini meninggal selang beberapa jam setelah kematian sang ibunda. (Liputan6.com/Abelda Gunawan)
Ayah 6 bersaudara ini meninggal selang beberapa jam setelah kematian sang ibunda. (Liputan6.com/Abelda Gunawan)

Rusdiana merasa masih mampu berjuang menghidupi anak, cucu, dan bahkan suaminya, Mustofa (55). Pengemudi ojek pangkalan ini akibat sakitnya lebih banyak menghabiskan waktu di kamar.

"Sudah tidak bisa apa-apa, komunikasi juga sudah susah," ungkapnya.

Apalagi ada wasiat Siti menitipkan pengasuhan anaknya pada Rusdiana. Ia sepertinya sudah berfirasat buruk jelang kelahiran putri bungsunya.

"Berpesan apa pun terjadi agar diasuh saya di sini. Ini menjadi amal ibadah dan rezeki saya di masa mendatang," kata Rusdiana.

Di samping itu, ada pula janji Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi untuk membantu seluruh biaya pendidikan anak yatim piatu ini pada masa mendatang. Demikian pun puluhan dermawan Balikpapan lainnya silih berganti datang memberikan bantuan.

"Saya diminta wali kota untuk berkomunikasi terus dengan lurah setempat bila membutuhkan sesuatu. Warga juga terus berdatangan memberikan bantuan," sebut Rusdiana.

Sementara ini, Ali Mardani dan Alika Akhira sudah bersekolah di SDN 006 Kelurahan Sepinggan Baru Balikpapan. Meskipun prestasi akademisnya biasa, keduanya terkenal sebagai siswa yang riang.

"Normalnya sebagai anak-anak yang lain dari sisi perilaku maupun prestasi akademis," kata Guru SDN 006 Sepinggan Baru Imam Ma'aruf.

Guru SDN 006 Sepinggan turut prihatin dengan kemalangan yang menimpa anak muridnya. Namun demikian, mereka pun meminta mereka agar tidak larut dalam kesedihan.

Apalagi para siswa sekolah dasar Balikpapan sudah dihadapkan ujian tengah semester awal bulan Maret nanti. Sehubungan itu, Ali Mardani dan Alika Akhira diharapkan segera mempersiapkan materi ujian sekolah.

"Sebentar lagi ujian sekolah agar mereka mempersiapkan diri," papar Imam.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Sidoarjo Tangkap Pelaku Terduga Pembunuhan, Ternyata Menantu Korban

Posted: 26 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Satuan Reserse Kriminal Polresta Sidoarjo meringkus terduga pelaku pembunuhan terhadap korban perempuan paruh baya berinisial FD, warga Desa Ganting, Sidoarjo, Jawa Timur.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur, Kombes Pol Sumardji mengatakan, terduga pelaku pembunuhan berinisial TDP tidak lain masih menantu korban.

"Kami berhasil menangkap pelaku di rumah neneknya yang berada tidak jauh dari tempat kejadian perkara," ungkap Kombes Sumardji saat temu media di Mapolresta Sidoarjo, Rabu sore, 26 Februari 2020, dilansir dari Antara.

Ia menuturkan, pelaku tega menghabisi nyawa ibu mertuanya sendiri karena marah tidak dipinjami uang Rp3 juta.

"Seketika pelaku naik pitam dan memukul kepala korban dengan miniatur kapal dari keramik. Mengetahui sang ibu mertua masih hidup, ia menyeretnya ke dekat dapur, lalu memukuli kepala korban dengan tabung elpiji," ujar dia, di Sidoarjo.

 

Dibunuh dengan Keji

Ilustrasi Pembunuhan dengan Senjata Tajam (iStockphoto)
Ilustrasi Pembunuhan dengan Senjata Tajam (iStockphoto)

Bahkan, untuk memastikan mertuanya tewas, pelaku masih sempat menusukkan gunting ke tubuh korban hingga tak bernyawa. "Pelaku sungguh keji, tega melakukan perbuatan itu," ucapnya.

Atas kasus tersebut, tandas Kapolresta, pelaku dijerat dengan pasal 338 KUHP dan ancaman hukuman penjara 15 tahun.

"Kami juga menyita beberapa barang bukti, di antaranya tabung elpiji tiga kilogram yang digunakan untuk memukul kepala korban," tuturnya.

Seorang perempuan paruh baya berinisial FD, warga Ganting, Sidoarjo ditemukan meninggal dunia dengan tubuh penuh darah dan terluka di salah satu ruangan di rumahnya pada Rabu siang sekitar pukul 12.00 WIB.

Hanya berselang sekitar dua jam setelah kejadian, petugas kepolisian berhasil menangkap terduga pelaku pembunuhan yang tidak lain menantunya sendiri di rumah neneknya yang tidak jauh dari tempat kejadian perkara.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gisella Anastasia dan Tyas Mirasih Diperiksa Polisi Kasus Pembobolan Kartu Kredit

Posted: 26 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Terkait kasus pembobolan kartu kredit atau carding, Kepolisian Daerah Jawa Timur akan memanggil dua nama artis, yaitu Gisella Anastasia dan Tyas Mirasih. Mereka akan diperiksa sebagai saksi.

Gisella Anastasia menyatakan, ia bakal kooperatif memenuhi panggilan tersebut pada pekan depan. Tyas Mirasih juga akan hadir bersama dirinya.

"Saya kayaknya dateng Jumat depan disesuaikan dengan jdawl juga bareng sama Tyas. Saya dipanggil sebagai saksi untuk kasus kartu kredit bobol," kata Gisella Anastasia saat dihubungi melalui telepon, Kamis (27/2/2020).

Beberapa waktu lalu, polisi menangkap pihak agen travel bernama Tiketkekinian. Agen tersebut juga menggunakan jasa selebritas untuk endorsement, di antaranya Gisella Anastasia dan Tyas Mirasih.

 

Barter Tiket

Gisella Anastasia. (Instagram/gisel_la)
Gisella Anastasia. (Instagram/gisel_la)

"Ya endors tapi enggak berbayar, ada berita yang bilang saya terima sejumlah uang. Tapi ini enggak, waktu itu dibarterin tiket, karena jumlahnya lumayan," Gisella Anastasia menjelaskan.

"Saya lupa, kalau enggak salah ke luar negeri naik bisnis, jadi lumayan gitu. Kalau biaya sendiri lumayan juga. Dia bilang barter (posting IG) jadi kita enggak masalah," lanjutnya.

 

Membantu Promosi

(Liputan6.com/IG/gisel_la)
(Liputan6.com/IG/gisel_la)

Saat menerima tawaran endorsement tersebut, Gisella Anastasia tak menyangka sama sekali bahwa agen travel itu berniat melanggar hukum. Dirinya murni hanya ingin membantu promosi.

 

Tak Mengira Penipu

Tyas Mirasih (Liputan6.com/IG/@tyasmirasih)
Tyas Mirasih (Liputan6.com/IG/@tyasmirasih)

"Ya kita pikir ini orang mau usaha travel kecil-kecilan, bukan mau nipu. Kalau ada badan usaha, ini belum, kita pikir bisa bantu karena dia baru mulai, saya juga senang, kenapa enggak," papar mantan istri Gading Marten itu.

Kasus ini pun dijadikan pelajaran bagi Gisella Anastasia agar ke depannya lebih berhati-hati dan teliti dalam menerima tawaran endorsement.

 

Sudah Dipanggil

Gisella Anastasia (Deki Prayoga/Bintang.com)
Gisella Anastasia (Deki Prayoga/Bintang.com)

Seharusnya, Gisella Anastasia dan Tyas Mirasih dijadwalkan menjalani pemeriksaan pada Rabu (26/2/2020) namun keduanya berhalangan hadir.

"Iya harusnya dipanggil kemarin tapi saya enggak bisa kan. Memang enggak bisa, orang mendadak kita. Kita kan kalau schedule entertain begini sudah rapet," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Kebersamaan Bunga Citra Lestari dan Ibu Mertua, Penuh Kehangatan

Posted: 26 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sepekan lebih setelah kepergian Ashraf Sinclair, kepedihan mendalam masih dirasakan Bunga Citra Lestari. Setelah meninggalnya suami, pelantun lagu Sunny ini rehat dari dunia hiburan untuk menenangkan diri. Tak sendirian, wanita yang akrab disapa Unge ini ditemani oleh pihak keluarga Ashraf yang hampir semuanya berasal dari Malaysia.

Sudah bukan menjadi rahasia, Bunga Citra Lestari memang dekat dengan keluarga mendiang suami.  Pernikahan yang sudah berjalan selama 11 tahun membuat ibu satu anak ini dekat dengan keluarga sang suami, termasuk dengan ibu mertua. 

Dalam beberapa kesempatan, wanita 36 tahun ini kerap menghabiskan waktu bersama ibu mertua. Jarak Indonesia-Malaysia, tak membuat ibu satu anak ini melewatkan hari istimewa keluarga sang suami. Melalui akun Instagramnya, ibunda Ashraf Sinclair yang bernama Khadijah Abdul Rahman juga kerap membagikan momen kebersamaannya lewat Instagramnya.

Kehangatan pun terlihat jelas dari setiap foto yang diunggah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen kebersamaan Bunga Citra Lestari dengan ibu mertua, Kamis (27/2/2020).

1. Pelantun lagu 'Cinta Sejati' ini memanggil ibu mertua dengan sebutan Umi.

Bunga Citra Lestari dan Ibu Mertua (Sumber: Instagram//dida_sinclair/
Bunga Citra Lestari dan Ibu Mertua (Sumber: Instagram//dida_sinclair/

2. Seolah tak ada sekat, wanita 36 tahun ini terlihat kompak saat selfie menggunakan mukena bersama ibunda Ashraf.

Bunga Citra Lestari dan Ibu Mertua (Sumber: Instagram//dida_sinclair/
Bunga Citra Lestari dan Ibu Mertua (Sumber: Instagram//dida_sinclair/

3. Meski sibuk, namun wanita kelahiran Jakarta ini tak pernah melewatkan hari istimewa keluarga suami.

Bunga Citra Lestari dan Ibu Mertua (Sumber: Instagram//dida_sinclair/
Bunga Citra Lestari dan Ibu Mertua (Sumber: Instagram//dida_sinclair/

4. Enggak jarang, ibunda Noah Sinclair dan sang mertua terlihat pergi berlibur bersama.

Bunga Citra Lestari dan Ibu Mertua (Sumber: Instagram//dida_sinclair/
Bunga Citra Lestari dan Ibu Mertua (Sumber: Instagram//dida_sinclair/

5. Jarak Indonesia-Malaysia tak menjadi hambatan bagi BCL dan juga ibu mertua.

Bunga Citra Lestari dan Ibu Mertua (Sumber: Instagram//dida_sinclair/
Bunga Citra Lestari dan Ibu Mertua (Sumber: Instagram//dida_sinclair/

6. Sama-sama sedang berduka, BCL dan ibu mertua saling menguatkan satu sama lain.

Bunga Citra Lestari dan Ibu Mertua (Sumber: Instagram/emmymuslich
Bunga Citra Lestari dan Ibu Mertua (Sumber: Instagram/emmymuslich

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jenazah Bocah Korban Banjir Mengambang di Kali Angke

Posted: 26 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Petugas kembali menemukan korban tewas banjir Jakarta. Satu jenazah bocah ditemukan mengambang di Kali Angke diduga terseret arus banjir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: