Kamis, 06 Februari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Hasil NBA: James dan Davis Double-Double, Lakers Tetap Tumbang

Posted: 06 Feb 2020 10:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Torehan double-double dari duo LeBron James dan Anthony Davis tidak cukup bagi LA Lakers untuk mengatasi Houston Rockets pada lanjutan NBA 2019/2020 di Staples Center, Kamis (6/2/2020) atau Jumat WIB.

Lakers tumbang 111-121 di laga ini. Meski begitu, mereka tetap menjadi tim terbaik Wilayah Barat NBA musim ini dengan rapor 38-12.

Robert Covington menjadi pemain kunci bagi Rockets dengan memasukkan dua tembakan tiga angka pada tiga menit terakhir pertandingan. Akurasinya membantu tim tamu menjauh meski mayoritas menghabiskan laga dalam kondisi tertinggal.

Russell Westbrook turut berkontribusi dan mencetak 41 poin. Sementara pemain tersubur NBA musim ini James Harden hanya membuat 14 angka. James menghasilkan 18 nilai dan 15 assist bagi Lakers, dengan Davis menyumbang 32 poin dan 13 rebound.

Selain kekalahan Lakers, berikut hasil pertandingan NBA hari ini:

 

Hasil Pertandingan

NBA. (AFP/Doug Pensinger)
NBA. (AFP/Doug Pensinger)

Knicks 105 Magic 103

Pelicans 125 Bulls 119

Bucks 112 Sixers 101

Trail Blazers 125 Spurs 117

Rockets 121 Lakers 111

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Terbaru Virus Corona di Inggris, Pasien Pernah Berkunjung ke Singapura

Posted: 06 Feb 2020 10:13 PM PST

Liputan6.com, London- Kasus positif Virus Corona kembali terjadi di Inggris. Pasien yang baru itu adalah seorang pria paruh baya yang diketahui pernah ke Singapura.

Dilansir Channel News Asia, Jumat (7/2/2020), pria yang identitasnya tidak disebutkan ini adalah kasus positif Virus Corona ketiga di Inggris. Namun, dia adalah warga Inggris pertama yang terkena virus itu.

Dua pasien positif di Inggris sebelumnya adalah turis asal China yang sedang liburan di Inggris. Keduanya masih satu keluarga.

Sebelum dinyatakan positif Virus Corona, pria itu diisolasi di rumahnya. Kini ia ditangani spesialis penyakit menular di sebuah RS di London.

Otoritas kesehatan Inggris menegaskan pasien itu tidak terkena Virus Corona di Inggris, melainkan di luar negeri. Orang-orang yang sempat berhubungan dengan pasien itu juga sedang dilacak pemerintah. 

Virus Corona bisa menular akibat kontak dengan penderitanya. Di Hong Kong ada kasus ibu tertular Virus Corona dari putranya, ada juga kasus di Singapura ketika WNI tertular Virus Corona dari majikannya.

Pemerintah Inggris sudah meminta warganya untuk meninggalkan China. Pihak Tiongkok pun merespons dengan berkata Inggris sedang "berlebihan."

Harus di Rumah Dua Pekan

Ilustrasi Sakit (iStockphoto).
Ilustrasi Sakit (iStockphoto).

Ada sembilan negara dan wilayah yang masuk radar pemerintah Inggris terkait penyebaran Virus Corona, yaitu China, Malaysia, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Hong Kong, dan Makau.

Pelancong yang baru tiba dari sembilan wilayah itu diminta untuk tetap berada di rumah selama dua minggu sesudah tiba. Bila mereka merasa sakit, maka diharuskan menelepon National Health Service. 

Awalnya hanya China yang masuk daftar tersebut, namun Inggris memperluasnya jadi sembilan negara dengan menimbang volume perjalanan udara dari area-area yang terdampak.

Pihak Kementerian Kesehatan Inggris berkata akan terus meninjau daftar tersebut.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inggris Minati Produk Kelapa Sawit Indonesia

Posted: 06 Feb 2020 10:12 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan saat ini Inggris tertarik untuk melakukan impor minyak kelapa sawit dari Indonesia. Ketertatikannya ini pasca dirinya kelaur dari Uni Eropa.

Ditegaskan dia, ini bisa menjadi peningkatan ekspor Indonesia ke Benua Biru mengingat selama ini produk kelapa sawit Indonesia terus mendapat kampanye hitam dari Uni Eropa.

"Ya, tentu pasca Brexit baru minggu ini, mereka (Inggris) mesti perlu dijajaki lagi dan ini tentu menjadi bilateral bukan multilateral," kata Airlangga di Jakarta, Jumat (7/3/2020).

Indonesia saat ini menjadi negara pengekspor minyak kelapa sawit dan produk olahannya terbesar di dunia. Seperti data yang dihimpun Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), tercatat tahun 2019 volume ekspor minyak sawit dan produk olahannya mencapai 35,7 juta ton, atau mengalami kenaikan 4 persen dari tahun 2018.

Smeentara itu, Sekjen GAPKI Kanya Lakshmi Sidarta mengatakan kabar gembira bahwa minyak sawit Indonesia mengalami peningkatan permintaan di negara-negara Afrika.

"Penetrasi sudah dilakukan beberapa tahun lalu. Sekarang Afrika sudah menyatakan peningkatan permintaan dan support sudah dibilang menyeluruh. Kita sih maunya segera meningkat di tahun ini," paparnya.

Pihaknya pun kini tengah melakukan pemetaan kelapa sawit mulai dari pasar, jalur distribusi dan kalkulasi biaya.

"ini juga lagi kita petakan. Intinya kan Afrika itu luas, kita lihat yang terbesar jalur pengangkatan, kan orang banyak tahunya Afrika Selatan. Kita lagi lakukan kalkulasi kan itu juga termasuk cost," ungkapnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

 

Lobi Uni Eropa

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (dok: liputan6.com)
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (dok: liputan6.com)

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuga melaporkan hasil kunjungannya ke Brussels, Belgia. Di sana, dia membahas kelanjutan perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership (IEU-CEPA), termasuk soal minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO).

Pertemuannya dengan Commissioner European Union dan Deputy Director General yang membidangi perundingan IEU-CEPA itu menghasilkan banyak pembahasan.

Capture-nya banyak, field-nya banyak. Tidak hanya cuman soal umum, tapi juga soal teknis-teknis lainnya. Mulai dari sustainibility, mulai dari SOE, mulai dari perizinan, licensing, dan juga kelapa sawit," ujar Jerry di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan secara tegas kepada Uni Eropa terkait perlakuan diskriminatif terhadap minyak sawit Indonesia.

"Kami mengharapkan perlakuan yang adil, tidak diskriminatif, tidak memblok secara sepihak terhadap minyak sawit kita yang diekspor ke sana. Karena itu tentunya perlakuan yang diskriminatif itu tidak sehat untuk perkembangan perundingan dan juga untuk hubungan secara mutual antara kita dengan negara Uni Eropa," tuturnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agrosociopreneur Tawaran Solusi Cetak 2,5 Juta Petani Milenial

Posted: 06 Feb 2020 10:10 PM PST

Liputan6.com, Gresik Puluhan mahasiswa dari 12 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia berkumpul pada acara Jambore Petani Muda 3 yang diselenggarakan oleh PT. Petrokimia Gresik (PG). Acara ini digelar dengan tema agrosociopreneur competition di Wisma Kebomas, Gresik, Kamis (6/2/2020).

Perhelatan ini merupakan kegiatan tahunan PG untuk mendukung program pemerintah dalam bidang regenerasi petani. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang mencanangkan program utama pembangunan pertanian salah satunya bertujuan untuk meningkatkan 2,5 juta petani pengusaha milenial.

Mentan SYL makin percaya dengan kemampuan, usaha dan kredibilitas anak-anak muda Inonesia. Menurutnya, anak muda yang mau terjun di dunia pertanian akan lebih memiliki banyak peluang kehidupan dan ekonomi yang pasti lebih baik. Dan kini telah banyak lahir petani-petani muda yang sukses bahkan berhasil menjadi miliarder.

Hal ini juga dipertegas oleh Siti Munifah, Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian yang hadir sebagai narasumber dalam talkshow inspiratif memberikan materi Agrososiopreneur sebuah tawaran solusi dalam mengembangkan dan optimalisasi sumber daya perdesaan melalui peran mahasiswa dan masyarakat.

Dalam arahannya, Siti Munifah mengenalkan program pemerintah khususnya dalam hal meningkatkan wirausahawan muda pertanian melalui program Pendidikan vokasi pertanian.

"Kementerian Pertanian memiliki 6 Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), 1 Politeknik Enjiniring Pertanian (PEPI) yang tdan 3 Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) yang tersebar di berbagai Provinsi di Indonesia, dan semua program studinya berbasis vokasi. Di Polbangtan dan SMK-PP, mahasiswa/siswa mendapatkan sistem belajar dengan pola Teaching Factory (tefa) untuk memberikan pengalaman kerja yang benar-benar nyata. Dengan Pola pembelajaran ini anak-anak Mahasiswa dan Siswa bisa menumbuhkembangkan karakter dan etos kerja yang disiplin, tanggung jawab, kerjasama dan kepemimpinan," ungkap Siti Munifah.

Lebih lanjut dijelaskan Siti Munifah, mahasiswa yang dididik di Polbangtan maupun SMK-PP akan dicetak juga menjadi social entrepreneur/pengusaha yang berjiwa sosial.

"Seorang wirausahawan sosial akan berbeda dengan seorang wirausaha bisnis, karena entrepreneur social bukan hanya untuk mencari dan mendapatkan suatu keuntungan saja, tetapi juga mengajak dan mengubah masyarakat agar menjadi lebih baik kehidupannya," paparnya.

Dalam kesempatan ini juga Siti Munifah menyampaikan rasa bangga atas tepilihnya Polbangtan Bogor yang masuk sebagai nominator pelaku usaha pertanian milenial sekaligus penggagas scalling up bussines plan.

"Ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan dan memberikan yang terbaik dalam mencetak generasi muda untuk menjadi wirausahawan muda pertanian, namun tidak hanya sekedar wirausaha tetapi juga mampu menjadi wirausahawan yang berjiwa sosial," tegas Siti Munifah.

Selain itu, Direktur Utama PT. Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi mengatakan, Jambore Petani Muda 3 ini adalah salah satu bentuk komitmen PG untuk turut berperan dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) pertanian yang unggul.

"PG menegaskan dengan arah kebijakan yang jelas, berorientasi pada petani berkelanjutan untuk masa depan," kata Rahmad.

Dari Jambore Petani Muda ini, bisa menjadi fasilitator untuk membentuk sebuah jaringan nasional petani muda, sehingga ada wadah untuk bertukar informasi dan pengalaman. Maka bisa saling memperkuat konsep pengembangan pertanian.

"Pada akhirnya akan memperkaya dan menjaga keberlangsungan pertanian Indonesia dan swasembada pangan nasional," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daripada Pakai Masker, Pencegahan Virus Corona Nomor Satu adalah Rajin Cuci Tangan

Posted: 06 Feb 2020 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Masih ada kontroversi seputar penggunaan masker untuk melindungi diri dari ancaman infeksi virus corona. Walau begitu, isu ini tetap membuat harga produk kesehatan tersebut melonjak karena banyak diburu.

Terkait hal ini, Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto mengatakan sesungguhnya, bukan pemakaian masker yang bisa melindungi seseorang dari infeksi virus corona, tapi mencuci tangan.

"Yang terbaru, Singapura itu membuat rilis pencegahan kepada masyarakat, nomor satu bukan masker tapi bagaimana membersihkan tangan sesering mungkin," kata Agus dalam temu media di Cikini, Jakarta pada Kamis (7/2/2020).

Agus mengatakan, beberapa riset dari negara terjangkit menemukan bahwa seseorang bisa terinfeksi usai mereka melakukan aktivitas seperti mengucek mata atau menyentuh hidung dan mulut usai memegang fasilitas yang terdapat virus aktif.

"Sehingga mereka menyarankan sesering mungkin mencuci tangan sebelum memegang mulut. Apalagi orang Indonesia yang suka makan pakai tangan. Ini harus betul-betul cuci tangan," kata Agus.

Rutinlah Mencuci Tangan

Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)
Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)

Agus mengungkapkan, sesungguhnya ketika virus corona di berada di luar inangnya dan terkena panas, mereka akan mati. Hal ini didapat dari temuan saat kasus SARS.

"Kalau dari data SARS, virus corona SARS itu bisa bertahan sekitar dua hari. Tapi kalau di pemanasan, biasanya cepat mati," ujarnya.

PDPI menyarankan, cucilah tangan secara rutin sebelum memegang mulut, hidung, dan mata, serta setelah memegang instalasi publik. Selain itu, gunakan air mengalir dan sabun cair selama 20 detik.

Bilaslah dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Namun, apabila tidak memiliki fasilitas cuci tangan, gunakan cairan pembersih seperti hand sanitizer yang mengandung 70 sampai 80 persen alkohol.

Selain itu, penting juga memperkuat imunitas tubuh. Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Daeng M. Faqih meminta masyarakat untuk mengonsumsi buah dan sayur minimal tiga kali sehari dan makan makanan bergizi.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teka-teki di Balik Aksesori Bunga Matahari Personel BTS Terungkap

Posted: 06 Feb 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada 10 Juni 2019, personel Bangtan Boys alias BTS Suga, Jin, dan J-Hope berjalan di area Bandar Udara Incheon mengenakan aksesori unik. Kontras dengan busana mereka, ketiganya memakai hiasan bunga matahari di bagian kepala.

Padanan busana monokrom dengan sentuhan jeans membuat aksesori berwarna kuning itu tampak mencolok. Wajar bila setelahnya tampilan ini jadi buah bibir dan membuat penggemar penasaran.

Penantian berbulan-bulan akhirnya berujung jawaban. Pada episode ke-94 Run BTS!, tampak bahwa J-Hope diberikan penalti luar ruang. Tapi karena cuaca tak mendukung, petugas pun menyesuaikan penalti tersebut.

Ya, sebagai gantinya, J-Hope menggunakan aksesori 'trendi'. Item penalti ini sudah lebih dulu dikenakan Jin dan Suga saat mereka terakhir kali bermain BTS Gayo.

"Apakah kalian pikir ini (aksesori bunga matahari) menggemaskan?" tanya personel BTS, J-Hope.

Gaya Kece di Grammy Awards 2020

BTS di Grammy Awards 2020. (Twitter/ BTS_twt)
BTS di Grammy Awards 2020. (Twitter/ BTS_twt)

Terlepas dari aksesori bunga matahari, tampilan personel BTS hampir selalu jadi sorotan. Yang belum lama ini menarik perhatian adalah saat mereka menghadiri Grammy Awards 2020.

Mengenakan busana kasual-formal, yakni padanan turtleneck-coat maupun t-shirt dengan coat, BTS jadi boyband Korea pertama yang manggung di ajang penghargaan bergengsi tersebut.

Sementara saat tampil bersama Lil Nas X di panggung, personel BTS tampil dengan gaya yang berbeda satu sama lain. 

RM mengenakan jaket denim dan kacamata hitam. Sementara, J-Hope dan Suga tampak mencolok, masing-masing dengan jaket merah dan stripes blazer.

V, Jungkook, Jin, dan Jimin, kompak mengenakan outwear berwarna gelap. Namun, V memakai kemeja bercorak, Jungkook dengan jaket kulit, Jimin mengenakan t-shirt putih, dan Jin muncul dengan setelan hitam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun, Cristiano Ronaldo Dapat Kado SUV Mewah Seharga Rp7 Miliar

Posted: 06 Feb 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mega Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo baru saja merayakan hari jadinya ke-35 tahun. Di momen spesial tersebut, pemilik nomor punggung 7 ini mendapatkan hadiah istimewa dari sang kekasih, Georgina Rodriguez.

Dilihat dari unggahan Instagram sang istri @georginagio, mantan bintang Real Madrid dan Manchester United ini mendapatkan sebuah sport utility vehicle (SUV) mewah. Dilihat dari ekspresinya, pemain dengan julukan CR7 tidak mengetahui kejutan yang dipersiapkan kekasihnya tersebut.

Melansir dari Eng News 24h, mobil mewah kado dari Georgina Rodriguez untuk Cristiano Ronaldo itu merupakan produksi perusahaan asal Jerman, Mercedes. Jenisnya juga tak main-main. Mobil tersebut termasuk dalam salah satu produk terbaru dan termewah Mercedes Benz, yaitu G-Class.

Menurut kabar yang beredar, varian mewah dari mobil tersebut adalah Mercy G-Class AMG G63 yang harganya tidak kurang dari Rp7 miliar. Seperti Cristiano Ronaldo, Mercedes G-Class AMG G63 itu juga punya performa ciamik. Varian mewah produksi perusahaan Jerman itu dibekali mesin berkapasitas 4.0L V8 Biturbo.

Ekspresi Ronaldo

Pantas jika Georgina Rodriguez lebih memilih mobil sebagai hadiah untuk sang kekasih. Cristiano Ronaldo disebut sebagai salah satu pesepak bola dengan banyak koleksi mobil mewah.

Dalam video tersebut, hadiah diberikan saat Ronaldo tengah menyambut teman dan penggemarnya yang menunggu di sebuah jalan. Kemudian, Mobil ini sudah terparkir, dan diberikan pita merah sebagai tanda kado dari sang kekasih untuk pemain asal Portogal ini.

"Selamat untuk lelaki hidupku! Apa yang ingin kamu sampaikan cinta kami dalam hadiah Anda," tulis Georgina dalam bahasa spanyol sebagai caption postingannya tersebut.

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Felicidades al hombre de mi vida! Qué ganas de transportar nuestro amor en tu regalo 💝🏎 🎁 @cristiano #happybirthday

Sebuah kiriman dibagikan oleh Georgina Rodríguez (@georginagio) pada

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bekerja 10 Hari Tanpa Henti Hadapi Virus Corona, Apoteker Tewas karena Kelelahan

Posted: 06 Feb 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Hunan - Seorang apoteker muda yang ditugaskan di garis depan untuk mengatasi virus Corona dilaporkan tewas karena kelelahan bekerja. Apoteker muda tersebut yakni Song Yingjie (28) yang menjabat sebagai wakil pemimpin kelompok farmasi di sebuah pusat kesehatan di daerah Hengshan di provinsi Hunan.

Menurut China Youth Daily, pria muda itu telah bekerja di pusat kesehatan itu sejak April 2016. Setelah virus Corona merebak, ia ditempatkan di gerbang tol dengan tugas memantau suhu masyarakat dan mendistribusikan pasokan medis.

Dia dilaporkan mulai bekerja pada 25 Januari dan terus bekerja selama 10 hari penuh, seharian penuh untuk tetap memantau virus Corona yang kemungkinan dibawa pengendara. Setelah menyelesaikan shiftnya pada tanggal 3 Februari, Song kembali ke asramanya untuk istirahat.

 

Tewas dalam tidur setelah diberi waktu istirahat

Doc: China Youth  Daily
Doc: China Youth Daily

Sayang, rekan-rekannya kemudian menemukan dia tak lagi bernyawa setelah itu. Mereka mencurigai Song meninggal karena serangan jantung setelah terlalu banyak bekerja.

Kini, investigasi atas penyebab kematian Song tengah berlangsung.

 

Keluarga terpukul atas kepergiannya

Orang-orang berjalan melewati Stasiun Kereta Api Hankou yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Pemerintah China mengisolasi Kota Wuhan yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa untuk menahan penyebaran virus corona. (Chinatopix via AP)
Orang-orang berjalan melewati Stasiun Kereta Api Hankou yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Pemerintah China mengisolasi Kota Wuhan yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa untuk menahan penyebaran virus corona. (Chinatopix via AP)

Adik Song yang terisolasi di Wuhan, menggambarkan kakaknya sebagai sosok yang pekerja keras dan bijaksana.

"Dia selalu membantu pekerjaan rumah di rumah dan mendapat pujian atas kemampuannya oleh bosnya," ungkap sang adik seperti dikutip dari Mail Online.

"Kepergiannya benar-benar berita buruk bagi keluarga kami," tambahnya.

Sementara itu Ayah Song mengaku sempat berkomunikasi lewat ponsel dengan anaknya sebelum Song tewas.

"Anak saya bekerja (sebagai tenaga medis) di jalan raya. Anda bertanya apakah saya takut? Sekarang dia telah tiada, hati saya hancur," kata pria itu.

 

Respons netizen

Staf medis memindahkan seorang pasien dari ambulans ke rumah sakit Jinyintan, tempat pasien-pasien terinfeksi virus corona dirawat di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Senin 20 Januari 2020. (Source: AP)
Staf medis memindahkan seorang pasien dari ambulans ke rumah sakit Jinyintan, tempat pasien-pasien terinfeksi virus corona dirawat di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Senin 20 Januari 2020. (Source: AP)

Pejabat pemerintahan setempat dilaporkan membantu keluarga Song setelah insiden itu terjadi. Di sisi lain, pengguna Weibo yang mengetahui kabar tersebut beramai-ramai menyampaikan bela sungkawa dan memuji Song sebagai pahlawan.

"Dia meninggalkan kita pada usia yang begitu muda."

"Pria ini akan dikenang sebagai pahlawan. Kami tidak akan melupakan perannya dalam memerangi wabah ini."

"Pasti butuh kerja keras berada di garis depan. Orang-orang ini memberikan segalanya. Kalau saja kita memiliki lebih banyak cadangan personel."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

15 Pujian Untuk Cristiano Ronaldo, Salah Satunya dari Messi

Posted: 06 Feb 2020 10:00 PM PST

Turin - Sosok Cristiano Ronaldo selalu menjadi sorotan dalam satu dekade terakhir, bahkan lebih. Cerita tentang karier hingga kehidupannya di luar sepak bola sepert tak pernah habis untuk dibahas. 

Cristiano Ronaldo masuk radar perhatian pencinta sepak bola dunia sejak memutuskan menerima pinangan Manchester United untuk pindah dari Sporting Lisbon pada 2003. Perlahan tapi pasti namanya makin meroket. 

Setelah menerima pinangan Real Madrid pada 2009, Ronaldo makin bersinar. Lemari trofinya kian penuh sesak. Pemain asal Portugal tersebut seperti tak lelah mengukir prestasi demi prestasi. 

Bahkan, saat usianya menginjak 35 tahun, Rabu (5/2/2020), Ronaldo belum menunjukkan tanda-tanda melambat atau menuju fase pensiun. Dia masih tetap menjadi pemain ganas, kini bersama Juventus. 

Ronaldo sepertinya belum puas mengantongi lima penghargaan Ballon d'Or. Apalagi Lionel Messi, yang selalu dibanding-bandingkan dengan dirinya dalam 10 tahun terakhir, telah menyabet enam gelar Ballon d'Or. 

Keuletan, determinasi, kerja keras, kemauan keras Cristiano Ronaldo untuk selalu menjadi yang terbaik sudah diakui banyak pihak. Pujian bukan hanya datang dari rekan-rekan setimnya, tapi juga dari pemain-pemain klub rival. 

Bahkan, Lionel Messi juga ikut memuji Ronaldo. Berikut ini komentar terbaik tentang Cristiano Ronaldo dari para pesepak bola, pelatih, hingga presiden klub, seperti dilansir Planet Football

 

1. Pepe

(AP Photo/Armando Franca)
(AP Photo/Armando Franca)

"Membandingkan Ronaldo dan Messi seperti membandingkan alien dan manusia. Ronaldo tak punya darah," kata mantan rekan setim Ronaldo di Real Madrid, Pepe. 

 

2. Luis Figo

(AFP/Christophe Simon)
(AFP/Christophe Simon)

"Ada beberapa hal yang bisa dilakukan Ronaldo dengan sepak bola yang membuat saya hanya bisa memegang kepala dan heran bagaimana dia melakukannya," ujar Luis Figo, legenda Real Madrid dan Timnas Portugal. 

 

3. Zinedine Zidane

(AFP Photo/Jose Jordan)
(AFP Photo/Jose Jordan)

"Ketika Anda bermain bersama Ronaldo di timmu, maka Anda sudah unggul 1-0 lebih dulu," ujar pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. 

 

4. Johan Cruyff

(AFP/Valery Hache)
(AFP/Valery Hache)

"Cristiano Ronaldo lebih baik daripada George Best dan Denis Law, yang merupakan dua sosok brilian dan pemain hebat dalam sejarah Manchester United," kata Johan Cruyff, legenda sepak bola Belanda. 

 

5. George Best

(AFP/Philippe huguen)
(AFP/Philippe huguen)

"Ada beberapa pemain yang dideskripsikan sebagai George Best baru selama bertahun-tahun. Namun, kali ini untuk kali pertama menjadi pujian bagi saya (Ronaldo disebut The Next George Best)," kata legenda Manchester United, Best. 

 

6. Sir Alex Ferguson

(AFP/Paul Ellis)
(AFP/Paul Ellis)

"Kami memiliki beberapa pemain hebat di klub ini 20 tahun saya di ini. Tapi, dia salah satu yang terbaik," kata manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson. 

 

7. Ryan Giggs

(AFP)
(AFP)

"Ronaldo bisa mencetak gol dengan kakinya, kepalanya, dan sekarang dia bisa melesakkan gol dengan punggungnya. Saya bertaruh dia mencetak gol sambil duduk di kursi roda," kata legenda Manchester United, Ryan Giggs. 

 

8. Pelé

(AFP/Benedikt Loebel)
(AFP/Benedikt Loebel)

"Ronaldo telah melewati dua atau tiga tahun terakhir dan menjadi yang terbaik di Eropa. Saya rasa pada saat ini tak diragukan Ronaldo adalah pemain terbaik," kata legenda sepak bola Brasil, Pele. 

 

9. Gerard Pique

(GERARD JULIEN / AFP)
(GERARD JULIEN / AFP)

"Pemain terbaik yang pernah saya hadapi adalah Ronaldo. Anda tak akan bisa mengalihkan pandangan darinya," kata bek Barcelona, Gerard Pique.  

 

10. Yaya Toure

(AFP/Oli Scarff)
(AFP/Oli Scarff)

"Dengan memiliki Ronaldo di tim, Anda otomatis menjadi gelandang terbaik," kata mantan pemain Manchester City, Yaya Toure. 

 

11. Eusebio

(AFP/Staff)
(AFP/Staff)

"Dia magis menggunakan sepatunya. Hal pertama yang Anda sadari tentang dirinya adalah Ronaldo benar-benar cepat dan sangat, sangat bertenaga, seperti pria muda," kata legenda sepak bola Portugal, Eusebio. 

"Dia hebat, bisa mengontrol, dan tekniknya menakjubkan. Dia meyakini bisa melakukan segalanya dengan bola, dan kepercayaan diri itu membuatnya spesial."

 

12. Carlos Queiroz

Carlos Queiroz dan Cristiano Ronaldo
Carlos Queiroz dan Cristiano Ronaldo

"Dia bintang dunia seperti Michael Jordan di basket. Mereka diberkati dengan kejeniusan yang tak pernah dilihat sebelumnya," kata mantan pelatih Timnas Portugal dan Real Madrid, Carlos Queroz. 

 

13. Lionel Messi

(AP Photo / Francisco Seco)
(AP Photo / Francisco Seco)

"Ronaldo selalu ada untuk mencetak gol demi gol di seluruh pertandingan dan berkontribusi untuk klub dan tim nasional. Dia telah melakukannya selama beberapa tahun dan apakah dia sedang di puncak atau agak menurun tidak ada bedanya," kata megabintang Barcelona, Lionel Messi. 

 

14. Florentino Perez

(AP Photo/Paul White)
(AP Photo/Paul White)

"Cristiano Ronaldo tak ternilai," kata Presiden Real Madrid, Florentino Perez. 

 

15. Robbie Ryan

"Saya tak pernah bermain melawan seseorang yang seperti itu sepanjang hidup dan saya senang ditarik keluar," kata Robbie Ryan, pemain yang pernah menghadapi Ronaldo saat membela Milwall, pada Piala FA 2004. 

Sumber: Planet Football

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa Tahan Empat Pegawai Bank NTT Terkait Kredit Fiktif

Posted: 06 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Kupang - Kejaksaan Negeri Kupang akhirnya menahan empat pegawai Bank NTT terkait kredit fiktif yang merugikan negara Rp4,1 miliar.

Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus Kejari Kupang, Januar Boli Tobing mengatakan, keempat tersangka itu antara lain Bonefasius Ola Masan, Yohana Bai Lao, Johan Gebu, dan Yohanes Agus alias Tejo. 

"Tiganya ditahan di rutan dan tersangka wanita di lapas wanita selama 20 hari ke depan," ujar Januar, Kamis (6/2/2020).

Januar juga menjelaskan, enam tersangka itu terdiri dari empat pegawai Bank NTT dan dua dari pihak swasta, yakni Linda Liudianto dan Hadmen Puri. Keduanya saat ini sedang menjalani hukuman di Lapas Kupang. 

"Kemungkinan ada penambahan tersangka. Untuk sementara enam tersangka, jika dalam perkembangan ditemukan ada keterlibatan pihak lain, maka bisa ada penambahan," katanya.

Ia menambahkan, dalam proses pemeriksaan, salah satu tersangka, Yohanes Agus alias Tejo terkesan tidak kooperatif. Meski beralasan sakit, namun jaksa menempuh upaya paksa.

"Alasan sakit tetapi tidak ada surat keterangan dari dokter. Setelah diperiksa dokter, yang bersangkutan dinyatakan sehat, sehingga kita tahan," tandasnya. 

Keempat tersangka dijerat pasal 2 ayat 1 UU No 20 Tahun 2001 Jo pasal 18 tentang perubahan atas UU No 32 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi subsider pasal 3 UU Tipikor. 

Dalang Koruptor

Orangtua salah satu tersangka, Yuliana Makandolu, meminta jaksa segera menetapkan tersangka aktor utama kasus kredit fiktif di Bank NTT tersebut.

Yuliana menyebut, anaknya atas nama Johan Gebu hanya jadi korban dalam kasus kredit fiktif di Bank NTT. Pasalnya, sebagai bawahan, Johan hanya menjalankan perintah dari atasan.

Sesuai pengakuan Johan, ada dua analisis utama yang berperan penting dalam kredit bermasalah itu. 

"Yohan dan Boby Rohi kenapa tidak jadi tersangka, karena mereka analisis utama. Apa karena mereka ada orang dalam? Ini tebang pilih. Saya akan cari keadilan sampai di mana pun. Jaksa harus adil," katanya. 

Pihak swasta yang terlibat dan menjadi tersangka dalam kasus ini merupakan pihak yang mengajukan pencairan pada modal pinjaman.

Sekadar informasi, kasus dugaan tindak pidana korupsi penyaluran kredit Bank NTT Cabang Utama Kupang kepada PT Cipta Eka Puri sebesar Rp 5 miliar dilakukan saat pembangunan proyek NTT Fair. 

Pengajuan  kredit yang diajukan oleh kontraktor/kuasa Direktur PT Cipta Eka Puri, Linda Liudianto kepada Bank NTT Cabang Utama tersebut hanya dengan jaminan 50 unit rumah yang ternyata fiktif. 

Berdasarkan hasil PKN dari BPKP Perwakilan NTT yang diterima pada 3 Januari 2020, dalam kasus dugaan korupsi kredit fiktif pada Bank NTT negara mengalami kerugian hingga Rp 4,1 miliar. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek, Beda Gejala Selesma, Influenza, dan Infeksi Novel Coronavirus

Posted: 06 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Novel coronavirus (2019-nCoV) atau yang lebih akrab disebut virus corona dinyatakan memiliki berbagai gejala yang serupa dengan flu atau selesma yang banyak dialami orang-orang.

Walaupun begitu, dokter spesialis paru Agus Dwi Susanto mengungkapkan bahwa selesma, flu, maupun infeksi virus corona tetap memiliki perbedaan secara gejala infeksi.

Dalam pemaparannya di sebuah temu media di Cikini, Jakarta pada Kamis (6/2)  kemarin, Agus mengungkapkan bahwa selesma atau common cold umumnya disebabkan oleh virus seperti rhinovirus atau human coronavirus. Sementara flu, disebabkan oleh virus influenza.

"Biasanya flu lebih cepat. Kalau dia gejalanya cepat seperti demam, sakit kepala atau pinggang, bahkan nyeri-nyeri sendi, lemas, ini biasanya influenza," kata Agus yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PP-PDPI) ini, ditulis Jumat (7/2/2020).

Common Cold dan Infeksi Novel Coronavirus

Ilustrasi Sakit Flu dan Demam (iStockphoto)
Ilustrasi Sakit Flu dan Demam (iStockphoto)

Sementara itu, common cold biasanya disertai dengan nyeri tenggorokan, meriang, terbatuk-batuk, serta hidung mampet bahkan di kedua bagiannya sehingga harus bernapas dari mulut.

"Ini modelnya rhinovirus atau coronavirus. Biasanya kalau influenza lebih ringan," kata Agung menjelaskan. Di sisi lain, untuk novel coronavirus, gejalanya hampir mirip dengan keduanya. Namun di sini, ada satu gejala khas yaitu sesak napas.

"Nah, yang terbaru ini ada gejala disertai dengan diare. Kalau flu biasa jarang-jarang ada diare," kata Agus. Yang pasti, gejala umum dari infeksi novel coronavirus adalah batuk, pilek, demam, dan sesak napas.

"Dan pada kasus yang lebih berat, lama-lama akan terjadi progresivitas infeksi masuk ke paru, terjadilah pneumonia," ujarnya.

Jika dibandingkan dengan virus corona baru, selesma dan influenza jarang menyebabkan pneumonia dan bisa sembuh dengan sendirinya. Hanya infeksi novel coronavirus saja yang bisa berlanjut ke pneumonia bahkan mampu berakhir dengan kematian.

"Sama seperti SARS, MERS-CoV, juga komplikasinya cepat yang berlanjut jadi pneumonia."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bayar Transaksi di HappyFresh Bisa Pakai DANA

Posted: 06 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna HappyFresh kini bisa membayar transaksi di layanan online grocery (kebutuhan sehari-hari) tersebut dengan memakai dompet digital DANA. Kolaborasi ini menjadikan aktivitas berbelanja digital nontunai untuk produk-produk kebutuhan sehari-hari menjadi semakin mudah, praktis, nyaman, dan aman.

"Kehadiran DANA sebagai pendukung transaksi nontunai pada platform online groceries HappyFresh menjadi konfirmasi sekaligus pendorong menguatnya kepercayaan ekosistem ekonomi digital terhadap keandalan dan keamanan DANA," ujar Darrick Rochili, Chief Innovation Officer (CIO) DANA dalam keterangannya.

DANA, lanjut Darrick, selalu berupaya menjembatani masyarakat Indonesia menuju "Inklusi Keuangan Digital". Bagi pengguna DANA, terutama kalangan urban yang sangat produktif dan memiliki mobilitas tinggi, kolaborasi dengan HappyFresh memberikan banyak keuntungan.

Di tengah kesibukan yang padat, mereka dapat dengan mudah mengakses aplikasi atau situs web HappyFresh dan memilih supermarket atau toko kebutuhan khusus yang menjadi preferensinya untuk berbelanja. Setelah memilih produk-produk yang ingin dibeli, pengguna DANA dan pelanggan HappyFresh dapat melakukan pembayaran digital nontunai menggunakan DANA.

"Kehadiran DANA sebagai metode pembayaran nontunai di HappyFresh, menjadi salah satu inovasi DANA di bidang online groceries untuk pertama kalinya. DANA membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan lebih banyak pihak untuk dapat mewujudkan budaya nontunai yang makin inklusif di Indonesia," tutur Darrick menjelaskan.

 

Inovasi perdana bagi HappyFresh

Bayar Transaksi di HappyFresh Bisa Pakai DANA
Bayar Transaksi di HappyFresh Bisa Pakai DANA

Sementara itu, Fajar Budiprasetyo, CTO dan Co-Founder HappyFresh Group menyebut kolaborasi ini juga menjadi inovasi perdana bagi HappyFresh dalam memberikan solusi bagi pelanggan yang belum memiliki akses kartu kredit.

"Kolaborasi ini menggambarkan aksesibilitas serta kapabilitas HappyFresh yang makin meningkat, beragam pilihan yang disediakan dari preferensi retailer, slot waktu pengantaran serta pilihan metode pembayaran yang beragam," katar Fajar.

Sejauh ini HappyFresh telah bekerja sama dengan lebih dari 150 supermarket dan toko-toko khusus di Jakarta, Depok, Tangerang, BSD, Bekasi, Bandung, Surabaya, dan Malang.

"Kami berharap kolaborasi DANA dan HappyFresh menjadi edukasi positif bagi masyarakat luas bahwa kompetensi ekonomi digital relevan untuk semua model bisnis, tidak hanya toko-toko online, tapi juga toko-toko offline. Keberadaan platform digital seperti DANA dan HappyFresh adalah sebagai infrastruktur pembayaran dan enabler terselenggaranya transformasi digital di Indonesia," pungkas Darrick.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pesona Yoriko Angeline, Personel Teenebelle yang Main Film Dilan

Posted: 06 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi pencinta film, pasti sudah beberapa kali melihat sosok Yoriko Angeline. Salah Satu personel Girlband Teenebelle ini juga menjadi seorang aktris. Terjun ke dunia hiburan sejak 2014 di usianya yang baru 12 tahun, Yoriko kini makin terkenal usai main film.

Yoriko Angeline merupakan anggota termuda Teenebelle. Sejak kemunculannya, ia pun sudah bermain film Hijrah Cinta pada 2014 sebagai Adiba.

Hingga akhirnya ia pun bergabung bermain film Dilan sebagai Wati yang membuatnya makin terkenal. Parasnya yang cantik serta gayanya yang menarik, membuat Yoriko memiliki penggemar.

Banyak para penggemar menyukai gayanya, baik dari gaya berbusana kasual maupun saat mengenakan gaun. Ia pun sering mengunggah potretnya dalam berbagai gaya di media sosial Instagramnya @yorikooangln_.

Berikut 7 gaya kasual Yoriko Angeline yang Liputan6.com kutip dari Instagramnya @yorikooangln_, Jumat (7/2/2020).

1. Yoriko Angeline mengawali karier di dunia hiburan melalui audisi girlband Teenebelle pada 2014.

Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)
Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)

2. Jadi anggota paling muda, Yoriko masih bertahan jadi anggota Teenebelle hingga sampai saat ini

Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)
Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)

3. Selain jadi girlband, ia pun menjadi seorang aktris sejak awal kemunculannya pada 2014.

Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)
Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)

4. Yoriko sendiri pada 23 Agustus 2002, baru berumur 17 tahun ia sudah bermain 7 film, termasuk 3 film Dilan.

Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)
Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)

5. Penampilannya sebagai Wati dalam Dilan menjadi karakter yang cukup banyak mencuri perhatian.

Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)
Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)

6. Memiliki paras cantik dan gaya yang menarik, Yoriko pun memiliki banyak penggemar yang selalu membanjiri kolom komentar Instagramnya.

Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)
Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)

7. Bergaya kasual dan memakai tas menjadi salah satu pilihannya dalam acara santai.

Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)
Yoriko Angeline (Sumber: Instagram/yorikooangln_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sekolah di China Buka Kelas Daring Akibat Virus Corona

Posted: 06 Feb 2020 10:00 PM PST

Guru Wang Yao merekam video pelajaran daring (online) di sebuah sekolah menengah di Urumqi, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 3 Februari 2020. Beberapa sekolah telah membuka kelas daring bagi para siswa yang bersiap mengikuti ujian masuk untuk mencegah penyebaran virus corona. (Xinhua/Ding Lei)
Guru Wang Yao merekam video pelajaran daring (online) di sebuah sekolah menengah di Urumqi, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 3 Februari 2020. Beberapa sekolah telah membuka kelas daring bagi para siswa yang bersiap mengikuti ujian masuk untuk mencegah penyebaran virus corona. (Xinhua/Ding Lei)

Guru Wang Yao merekam video pelajaran daring (online) di sebuah sekolah menengah di Urumqi, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 3 Februari 2020. Beberapa sekolah telah membuka kelas daring bagi para siswa yang bersiap mengikuti ujian masuk untuk mencegah penyebaran virus corona. (Xinhua/Ding Lei)

Para guru berbagi gagasan tentang pembelajaran daring (online) di sebuah sekolah menengah di Urumqi, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 3 Februari 2020. Demi mencegah dan mengendalikan penyebaran wabah virus corona, sekolah-sekolah di Xinjiang menunda dimulainya semester baru. (Xinhua/Ding Lei)
Para guru berbagi gagasan tentang pembelajaran daring (online) di sebuah sekolah menengah di Urumqi, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 3 Februari 2020. Demi mencegah dan mengendalikan penyebaran wabah virus corona, sekolah-sekolah di Xinjiang menunda dimulainya semester baru. (Xinhua/Ding Lei)

Para guru berbagi gagasan tentang pembelajaran daring (online) di sebuah sekolah menengah di Urumqi, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 3 Februari 2020. Demi mencegah dan mengendalikan penyebaran wabah virus corona, sekolah-sekolah di Xinjiang menunda dimulainya semester baru. (Xinhua/Ding Lei)

Guru Zhang Weibao mengikuti rekaman video pembelajaran daring di sebuah sekolah menengah di Urumqi, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 3 Februari 2020. Beberapa sekolah membuka kelas daring bagi para siswa yang bersiap mengikuti ujian masuk untuk mencegah penyebaran virus corona (Xinhua/Ding Lei)
Guru Zhang Weibao mengikuti rekaman video pembelajaran daring di sebuah sekolah menengah di Urumqi, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 3 Februari 2020. Beberapa sekolah membuka kelas daring bagi para siswa yang bersiap mengikuti ujian masuk untuk mencegah penyebaran virus corona (Xinhua/Ding Lei)

Guru Zhang Weibao mengikuti rekaman video pembelajaran daring di sebuah sekolah menengah di Urumqi, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 3 Februari 2020. Beberapa sekolah membuka kelas daring bagi para siswa yang bersiap mengikuti ujian masuk untuk mencegah penyebaran virus corona (Xinhua/Ding Lei)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Banjir Tangerang Mulai Surut, Warga Masih Mengungsi

Posted: 06 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banjir yang menggenangi sebagian permukiman di Tangerang, Banten perlahan mulai surut. Surutnya air disebabkan beberapa pompa dipakai untuk memindahkan air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sistem Proteksi Kebakaran Rumah Hiburan di Surabaya Perlu Perbaikan, Kenapa?

Posted: 06 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya Sistem proteksi keamanan gedung rumah hiburan umum (RHU) di Surabaya perlu diperbaiki. Tujuannya, apabila terjadi kebakaran, api bisa dipadamkan dan tidak menyebar luas.

"Kalau keadaan gedung RHU sama dengan yang di beberapa pasar, maka perlu renovasi sistem keamanan alat pemadam api ringan (APAR)," ujar John Tamrun, anggota komisi B DPRD Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (7/2/2020).

Ia menjadikan pasar sebagai perbandingan setelah melakukan inspeksi ke sejumlah pasar. Di sana, ia mendapati sistem proteksi keamanan gedung di pasar buruk, sehingga pemadaman api sulit dilakukan jika terjadi kebakaran.

John berkaca pada sebuah kejadian beberapa waktu lalu, sebuah RHU di dalam mal kebakaran. Sistem keamanan APAR tidak berfungsi membuat sejumlah orang meninggal.

"Pintu daruratnya juga sewaktu itu dikunci, sehingga tidak bisa dibuka," ucapnya.

Ia menilai, pemilik gedung harus memberikan tanda-tanda ke arah mana pintu darurat yang disediakan serta memperhitungkan lajur-jalur lalu lalang orang.

Menurut John, Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya harus rutin melakukan ke inspeksi ke RHU untuk mengecek sistem keamanan di gedung. Apabila ada sistem keamanan yang tidak berfungsi, maka PMK Surabaya harus segera memanggil pemilik gedung untuk memperbaiknya.

Salah satu komandan Dinas PMK Surabaya yang enggan disebut namanya membenarkan sistem proteksi keamanan di sejumlah gedung pasar dan RHU kurang baik.

Ia menyebutkan tiga hal yang menjadi persoalan di gedung, yakni, penataan barang yang melebihi stan (khususnya gedung pasar), proteksi aktif yang tidak jalan termasuk petunjuk arah jalur exit, dan petugas keamanan yang belum sigap.

Ia juga meminta pengelola diskotek atau kelab malam di Surabaya untuk memperhatikan sistem proteksi keamanannya. Sebab, berisiko tinggi jika terjadi kebakaran saat tempat hiburan itu sedang buka atau beroperasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syuting My Holo Love, Yoon Hyun Min Merasa Sensitif di Lokasi Syuting

Posted: 06 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktor Korea Selatan Yoon Hyun Min kebagian sebuah peran unik dalam drama terbarunya, My Holo Love. Dalam drama yang dirilis di Netflix pada Jumat (7/2/2020) ini, Yoon Hyun Min memerankan dua karakter sekaligus, yakni Holo dan Nando.

Nan Do adalah seorang programmer jenius yang menciptakan sebuah artificial intelligance canggih yang diberi nama sandi Holo. Nan Do yang tertutup memiliki kepribadian dingin, sementara Nan Do sebaliknya.

Dalam wawancara telekonferensi terbatas My Holo Love yang dihadiri Liputan6.com pada Selasa (4/2/2020), Yoon Hyun Min mengakui bahwa peran di My Holo Love ini sangat menantang baginya.

"Bila dibandingkan dengan saat aku hanya memerankan satu karakter, ini dua kali lebih susah," tutur Yoon Hyun Min. Ia lantas menerangkan lebih lanjut tantangan yang ia hadapi di My Holo Love

Ganti Karakter

Yoon Hyun Min dan Ko Sung Hee dalam My Holo Love (Netflix)
Yoon Hyun Min dan Ko Sung Hee dalam My Holo Love (Netflix)

Ada banyak yang dihadapi Yoon Hyun Min untuk memerankan karakter Holo dan Nando. "Berganti karakter dari satu tokoh dengan pakaian, gaya rambut, cara bertutur, dan segalanya, ini tentu cukup sulit," kata dia menambahkan.

Konsentrasi

Yoon Hyun Min dan Ko Sung Hee dalam My Holo Love (Netflix)
Yoon Hyun Min dan Ko Sung Hee dalam My Holo Love (Netflix)

Tak hanya tantangan secara fisik, Yoon Hyun Min juga harus menempa mentalnya.

"Tapi tantangan yang kurasakan adalah mempertahankan intensitas konsentrasiku dalam memerankan karakterku," tuturnya.

 

Lebih Sensitif

Yoon Hyun Min dan Ko Sung Hee dalam My Holo Love (Netflix)
Yoon Hyun Min dan Ko Sung Hee dalam My Holo Love (Netflix)

Alhasil, syuting My Holo Love memberikan pengalaman tersendiri baginya bila dibanding proyeknya yang lain.

"Karena itulah aku jadi merasa lebih sensitif ketimbang biasanya saat syuting karena peran ini sangat menantang baik secara fisik maupun mental," tutur Yoon Hyun Min.

 

Face Blindness dan AI

Sementara itu My Holo Love sendiri berkisah tentang tiga sosok berbeda. Yang pertama adalah So Yeon (Ko Sung Hee), seorang wanita dengan gangguan face blindness, yang tidak bisa mengenali wajah orang. Takdir membawanya bertemu dengan Holo, sosok artificial intelligence atau AI tercanggih yang memiliki kesadaran, tapi terbilang naif soal emosi manusia.

Nan Do

Pencipta Holo, seorang programmer penyendiri bernama Nan Do, masuk dalam kehidupan So Yeon. Niatnya adalah ingin memonitor perkembangan Holo saat berinteraksi dengan So Yeon. Namun, ia justru mulai menaruh hati kepada So Yeon, yang memiliki perasaan spesial kepada Holo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Golkar: PDIP Diprediksi Sulit Dikalahkan Jika Rekomendasikan Gibran di Pilkada Solo

Posted: 06 Feb 2020 09:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPD Partai Golkar Solo, Taufiqurrahman, memprediksi PDIP akan sulit dikalahkan pada Pilkada Solo 2020 apabila rekomendasi calon wali kota (cawali) jatuh kepada Gibran Rakabuming Raka.

Partai Golkar sendiri dipastikan bakal bergabung dengan PDIP.

"Misalkan Gibran yang direkomendasi agak susah. Partai Golkar, PSI, Partai Gerindra kan sudah masuk koalisi pemerintah pusat. Rekomendasi DPP akan sangat berguna," ujar Taufik seperti dikutip dari Solopos.com, Jumat (7/2/2020).

Taufiqurrahman ragu DPP tiga parpol itu mau merekomendasikan nama selain Gibran, terutama Partai Golkar. Bila Partai Golkar, PSI, dan Partai Gerindra bergabung dengan PDIP, artinya tersisa PKS dan PAN.

Dengan kekuatan delapan kursi DPRD Solo, kata dia, tentu PKS dan PAN belum bisa mengusung cawali-cawawali mereka.

Taufiqurrahman mengungkapkan DPD Partai Golkar Solo diminta oleh DPD Partai Golkar Jateng untuk mendukung Gibran.

Dia mengakui perintah itu belum melalui surat resmi, melainkan komunikasi informal.

"Kami diarahkan dari atas untuk mendukung Gibran. Ada arahan dari sana walaupun belum surat resmi," ujar dia.

Minta Purnomo Bersikap

Lebih jauh Taufiqurrahman menyarankan Achmad Purnomo segera menentukan sikap di tengah dinamisnya politik di PDIP.

"Pak Purnomo harus segera menyikapi arah angin ini. Saya rasa sebenarnya Pak Purnomo juga sudah merasa. Tapi saya yakin Pak Pur juga punya keyakinan karena belum dilepas partai," tutur dia.

Terpisah, Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari, menyatakan tetap konsisten mendukung pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa (Puguh).

"Yang akan direkomendasi siapa kan belum jelas. Tapi kami tetap mendukung Puguh," terang dia.

Dukungan kepada Puguh menurut Sapari didasarkan pada fakta Purnomo yang dulu merupakan kader PAN.

Selain itu pasangan Puguh dinilai kombinasi ideal pemimpin Solo.

"Pengalaman memimpin itu penting karena birokrasi itu lain dengan legislatif. Birokrasi itu kan langsung ke masyarakat. Yang masih muda belajar dulu lah," kata dia.

 

Simak berita Solopos lainnya di sini.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Pemerintah Diskon Tiket Pesawat ke Bali, Sulut dan Bintan

Posted: 06 Feb 2020 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah segera mengambil tindakan pasca menutup sementara akses penerbangan langsung Indonesia-China guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona. Caranya, dengan memberikan diskon tiket pesawat ke beberapa tujuan di Indonesia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, ada tiga tujuan yang diberi potongan harga tersebut, yakni Bali, Sulawesi Utara dan Bintan di Kepulauan Riau.

Kebijakan ini diambil karena dari terpantau adanya penurunan jumlah penumpang pesawat di tiga tempat tujuan penerbangan itu.

"Seperti dirapatkan di KSP dan arahan Presiden, ada tiga tempat yang terdampak yaitu Bali, Sulawesi Utara dan Kepulauan Riau. Oleh karenanya saya sudah rapat dengan Indonesian Carrier untuk memberikan spesial harga di tempat tersebut," jelasnya di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati menyatakan, saat ini belum ada kalkulasi pemberian diskon. Diharapkan perhitungan potongan harga ini bisa ditemukan dalam kurun waktu satu pekan ke depan.

Dia menyampaikan, pemerintah memberikan sepenuhnya keputusan pemberian diskon tersebut ke tangan masing-masing maskapai.

"Kalau dari kami enggak bisa kasih, mereka yang lebih tahu karena akan dihitung lagi. Pastinya kan ada dampak dari penutupan penerbangan, khususnya wisatawan yabg dari Indonesia ke China maupun China ke Indonesia. Ini yang pasti harus disesuaikan dengan kalkulasi itu," tuturnya.

Adita menambahkan, pemerintah sebenarnya fokus membuka pintu masuj kepada turis China ke Tanah Air. Selain Bali, Sulawesi Utara dan Bintan, para turis Tiongkok juga banyak masuk melalui penerbangan ke Jakarta.

"China datang ke titik-titik tertentu saja, karen enggak semua bandara bjsa terima, ada penerbangan langsung. Jadi memang itu titik-titiknya. Di situ titik mendarat dia bisa ke mana-mana," pungkasnya.

Pemerintah Beri Diskon Penerbangan ke Bali, Sulut, dan Bintan

Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemerintah memberikan diskon khusus untuk penerbangan domestik ke Bali, Sulawesi Utara, dan Bintan. Hal ini dikarenakan terjadinya penurunan jumlah wisatawan ke tiga daerah tersebut akibat wabah virus corona yang berasal dari Wuhan, China.

"Kementerian Perhubungan khsusunya agar domestic carrier mendapat diskon khusus destinasi ke Bali, Sulut, dan Bintan karena relatif ada penurunan," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko usai rapat tingkat menteri terkait virus corona di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Kementerian Perhubungan mengaku telah membahas kebijakan tersebut dengan sejumlah maskapai. Namun, besaran diskon yang diberikan akan diserahkan ke masing-masing maskapai.

"Prinsipnya diserahkan ke masing-masingnya namun dalam aplikasinya maskapai akan melakukan sendiri-sendiri," ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati.

Dia menjelaskan pemberian diskon ini bertujuan agar pariwsata tetap bisa bergerak meski ada penutupan penerbangan.

Pemerintah, kata Adita, mencoba menarik para wisatawan domestik melalui pemberiam diskon penerbangan ke Bali, Sulut, dan Bintan.

"Penutupan penerbangan ini cukup siginifkan. Kita usahkan bisa tetap menarik dengan berbagai macam paket yang disediakan maskapai, nanti maskapai yang akan mengumumkan," jelas Adita.

Seperti diketahui, larangan penerbangan Indonesia-China mulai berlaku per Rabu (5/2/2020), pukul 00.00 WIB. Bagi turis ataupun tenaga kerja China yang kini masih di Indonesia, mereka diberikan fasilitas perpanjangan visa overstay hingga sebulan kedepan

Pemerintah juga memberlakukan larangan turis China masuk ke Indonesia. Pembatasan itu akan dimonitor setiap dua minggu sekali.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Cantik Shanna Miaziza Anak Iis Sugianto

Posted: 06 Feb 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kuspuji Istiningdyah atau yang lebih dikenal dengan Iis Sugianto merupakan penyanyi senior Tanah Air. Penyanyi yang populer di era 1980-an ini mulai melejit setelah membawakan lagu bertajuk Jangan Sakiti Hatinya.

Selain berkarier di dunia tarik suara, ia juga menjajal peruntungan di panggung politik. Setelah lama vakum sebagai penyanyi, Iis Sugianto kembali menghiasi layar kaca. Ia beberapa kali diundang tampil di televisi untuk bernyanyi.

Bahkan Iis Sugianto didapuk sebagai juri di salah satu program acara musik televisi. Meski sudah berusia 58 tahun, penampilannya seakan tak menua dan cantik. Padahal Iis Sugianto sudah memiliki tiga orang anak yang beranjak dewasa.

Salah satu anak Iis yang mencuri perhatian adalah Shanna Miaziza Kharima. Putri bungsu dari penyanyi era 80-an ini juga memiliki paras cantik. Melalui akun Instagramnya, Shanna diketahui lebih tertarik dengan dunia teater.

Meski jarang terekspos media, Iis sugianto kerap membagikan momen kebersamaan dengan buah hatinya. Berikut 7 potret cantik Shanna Miaziza Kharima dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (7/2/2020).

1. Shanna Miaziza merupakan anak bungsu dari Iis Sugianto. Sama seperti sang ibu, ia juga punya paras cantik.

Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)
Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)

2. Meki jarang terekspos, anak ketiga dari tiga bersaudara ini cukup aktif di media sosial. Ia kerap membagikan rutinitasnya di akun Instagram.

Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)
Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)

3. Berbeda dengan sang ibu, Shanna lebih memiliki minat di bidang teater.

Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)
Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)

4. Sebagai seorang ibu, Iis kerap menghabiskan waktu bersama sang putri. Keduanya kompak dengan busana hitam.

Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)
Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)

5. Tak sedikit netizen yang menyebut Shanna sebagai kembaran Iis saat muda lho.

Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)
Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)

6. Pemilik nama lengkap Shanna Miaziza Kharima ini kerap tampil natural tanpa makeup.

Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)
Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)

7. Putri bungsu Iis Sugianto ini ternyata sudah punya belahan jiwa.

Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)
Shanna Miaziza (Sumber: Instagram/@shannamiaziza)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dubes China di Inggris Sebut Imbauan Pemerintah Berlebihan

Posted: 06 Feb 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, London - Duta Besar Beijing untuk London mengatakan bahwa saran Inggris bagi warga negaranya untuk meninggalkan China karena wabah Virus Corona adalah "reaksi berlebihan" yang tidak membantu dan mendesak kebijakan untuk dibatalkan.

Liu Xiaoming mengatakan Beijing telah mengatakan kepada Inggris bahwa langkah itu bukan "ide yang bagus" dan sebaliknya menyerukan pendekatan yang lebih terukur. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (7/2/2020). 

Pada hari Selasa, Kantor Luar Negeri Inggris menyarankan warga negara Inggris untuk meninggalkan China "jika mereka bisa" untuk meminimalkan risiko terpapar Virus Corona, mengikuti saran serupa oleh Amerika Serikat.

"Saya berharap pemerintah Inggris ... akan mengambil pandangan obyektif, berkepala dingin tentang apa yang sedang terjadi di China," kata Liu pada konferensi pers di kedutaan China di London.

"Kami memang memberi tahu mereka bahwa reaksi berlebihan itu tidak membantu. Kami tidak berpikir harus ada kepanikan seperti itu," tambahnya tentang tindakan diplomatik.

"Kita harus saling mendukung, bukannya melemahkan upaya yang lain."

Inggris pada hari Kamis mengkonfirmasi kasus ketiga dari virus mirip SARS yang sejauh ini telah menewaskan sedikitnya 600 orang dan memicu peringatan global ketika menyebar di seluruh dunia.

Liu mengajukan pembelaan atas tanggapan Cina terhadap epidemi itu, bersikeras bahwa itu "dapat dikendalikan, dicegah, dan dapat disembuhkan".

Dia mengatakan London telah bersumpah untuk mengikuti saran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam peringatannya kepada warga Inggris di sana.

"Kami meminta mereka untuk mengambil nasehat dari WHO untuk membuat tanggapan yang masuk akal, jangan bereaksi berlebihan.

"Menurut saya faktanya tidak sepenuhnya sesuai, kata-katanya tidak cocok dengan perbuatan," tambahnya.

 

 

Flu AS Lebih Serius

Anggota tim Kementerian Kesehatan Italia bersiap-siap untuk menerapkan langkah-langkah dan prosedur kesehatan terhadap risiko wabah virus corona yang mematikan, setelah penumpang mendarat di bandara Fiumicino Roma, Italia (23/1/2020). (Aeroporto Di Roma/AFP)
Anggota tim Kementerian Kesehatan Italia bersiap-siap untuk menerapkan langkah-langkah dan prosedur kesehatan terhadap risiko wabah virus corona yang mematikan, setelah penumpang mendarat di bandara Fiumicino Roma, Italia (23/1/2020). (Aeroporto Di Roma/AFP)

Sementara itu muncul juga pernyataan dari ayah Boris Johnson yang menyampaikan bahwa para pejabat China prihatin bahwa perdana menteri Inggris belum mengirim pesan dukungan pribadi kepada para pemimpin negara.

Komentar itu terungkap setelah Stanley Johnson bertemu Liu, untuk membahas masalah lingkungan dan mengirimkan umpan balik kepada pejabat Inggris. Tetapi secara tidak sengaja memasukkan seseorang di BBC dalam pesan tersebut.

Seorang juru bicara perdana menteri mengatakan Stanley Johnson menghadiri pertemuan itu sebagai warga negara dan tidak bertindak untuk pemerintah.

Dia menambahkan: "Kami telah melakukan kontak erat dengan pihak berwenang China sejak awal wabah, sekretaris asing dan penasihat keamanan nasional telah berbicara dengan rekan-rekan mereka pada minggu lalu."

Liu bersikeras komunikasi dengan Johnson "baik" dan dia baru saja bertemu dengannya di resepsi tahun baru China di Downing Street.

"Dia mengatakan kepada saya dia masih berkomitmen pada tahun-tahun emas hubungan China-Inggris," tambah duta besar.

Namun, Liu menuduh beberapa politisi AS berusaha "mengambil keuntungan" dari situasi "untuk keuntungan politik", sementara berdebat bahwa virus flu biasa di AS "lebih serius" daripada Virus Corona.

"Di Amerika Serikat lebih dari 19 juta orang telah terserang flu sejauh musim ini, dengan jumlah kematian mencapai 10.000," kata Liu.

"Ini lebih serius daripada infeksi Virus Corona.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Ilmuwan Memprediksi Virus Corona 2019-nCoV Bisa Membunuh 65 Juta Manusia?

Posted: 06 Feb 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar soal prediksi virus corona baru (2019-nCoV) bisa menewaskan 65 juta manusia viral. Tak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri.

Kabar yang beredar mengaitkan simulasi yang dilakukan pada tahun lalu dengan wabah 2019-nCoV yang kini sedang terjadi. Sejumlah media arus utama juga memberitakan hal serupa, dan beberapa kemudian mengoreksinya.

 

 

Simulasi yang dimaksud dilakukan pada Oktober 2019 oleh Johns Hopkins Center for Health Security, the World Economic Forum and the Bill & Melinda Gates Foundation dalam sebuah ajang yang dinamakan Event 201.

Dalam ajang tersebut, sejumlah ahli kesehatan diminta melakukan simulasi, yang menganalisi potensi ancaman Virus Corona -- yang termasuk di dalamnya adalah pemicu Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Hasil simulasi tersebut dikabarkan menyimpulkan bahwa 65 juta orang bisa jadi korban jiwa dalam 18 bulan -- ada juga yang menyebut dalam setahun.

Benarkah simulasi yang dilakukan ilmuwan telah memprediksi virus corona baru (2019-nCoV) bisa menyebabkan kematian 65 juta manusia? Simak penelusuraan Cek Fakta Liputan6.com berikut ini:

 

Penelusuran Fakta

Simulasi yang dilakukan ilmuwan dilakukan dalam ajang Event 201, yang digelar Johns Hopkins Center for Health Security bekerja sama dengan World Economic Forum dan Bill and Melinda Gates Foundation.

Ajang tersebut digelar pada 18 Oktober 2019 di New York. "Simulasi mengilustrasikan area di mana kerja sama publik dan sektor privat dibutuhkan dalam merespon pandemi yang parah untuk mengurangi dampak ekonomi dan sosial yang diakibatkannya," demikian penjelasan terkait Event 201 dalam situs resminya.

Menanggapi kabar yang beredar tersebut, pihak Johns Hopkins Center for Health Security merilis pernyataan untuk meluruskannya. 

 

Dalam pernyataan tersebut dijelaskan, Center for Health Security dan para mitranya tidak bertujuan membuat prediksi dalam simulasi tersebut. 

Skenario dalam simulasi menggunakan model fiksi pandemi virus corona. "Kami secara eksplisit menyatakan bahwa itu bukanlah prediksi," demikian kutipan pernyataan terebut.

Simulasi tersebut tantangan kesiapsiagaan dan respons yang kemungkinan akan muncul di tengah pandemi yang sangat parah.

"Kami  tidak memprediksi bahwa wabah nCoV-2019 akan membunuh 65 juta orang. "Meskipun dalam simulasi kami menggunakan virus corona tiruan, input yang kami gunakan dalam permodelan dampak potensial dari virus fiksi itu tidak mirip dengan nCoV-2019."

Kabar yang menyebut virus corona baru (2019-nCoV) bisa menewaskan 65 juta manusia telah dicek fakta oleh situs Snopes.com dalam artikel berjudul Did Health Experts 'Predict' New Coronavirus Could Kill 65 Million People? pada 31 Januari 2020. Dan, kesimpulannya: SALAH. 

Situs Snopes.com memuat penjelasan U.S. Centers for Disease Control, terkait virus corona.

"Menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS, virus corona adalah keluarga besar virus yang dapat ditemukan di banyak spesies hewan yang berbeda, termasuk unta, sapi, kucing, dan kelelawar. Dalam kasus yang jarang, virus corona dari hewan bisa menginfeksi manusia dan kemudian menyebar dari orang ke orang seperti dengan MERS dan SARS."

Sementara, 2019-nCoV adalah virus corona yang pertama kali dilaporkan di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Pada 30 Januari 2020, Organisasi Kesehatan Dunia menyatakannya sebagai darurat global. Pemerintah Tiongkok mengkarantina lebih dari 50 juta orang dalam upaya untuk mengendalikan penyebarannya.

Kabar yang sama juga dibantah situs Factcheck.org dalam artikel berjudul New Coronavirus Wasn't 'Predicted' In Simulation.

Artikel tersebut mengungkap, di tengah maraknya informasi soal Virus Corona, situs teori konspirasi InfoWars memuat klaim berikut: "BILL AND MELINDA GATES FOUNDATION & OTHERS PREDICTED UP TO 65 MILLION DEATHS VIA CORONAVIRUS — IN SIMULATION RAN 3 MONTHS AGO!"

"Yayasan juga mendanai kelompok yang memiliki hak paten atas virus tersebut dan mendanai riset vaksin untuk menghentikan penyebarannua," demikian bunyi sub-judul yang menyesatkan itu.

 

Kesimpulan Klaim

Simulasi yang dilakukan ilmuwan dilakukan dalam ajang Event 201 tidak ada kaitannya dengan wabah Virus Corona 2019-nCoV yang sedang terjadi. 

Virus corona yang digunakan dalam simulasi adalah fiksi dan hasilnya bukanlah prediksi. 

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Wacana Pulangkan WNI Eks ISIS, BNPT Gandeng Muhammadiyah dan NU

Posted: 06 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme atau BNPT mengaku tidak bisa bekerja sendirian dalam wacana pengembalian WNI eks ISIS dari Suriah ke Tanah Air.

"Kami BNPT tidak bisa bekerja sendiri. Kita gandeng juga Muhammadiyah, NU, ormas-ormas, termasuk psikolog (untuk deradikalisasi). Tak bisa kami kalau tanpa kementerian terkait dan masyarakat pada umumnya," ucap Kepala BNPT Suhardi Alius di Gedung BUMN, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Untuk memulangkan para WNI eks ISIS, menurut Alius mesti dipersiapkan program deradikalisasi yang melibatkan para ulama. Sebagai langkah awal perlu diklarifikasi tingkatan radikalitas masing-masing WNI. 

"Dan beda-beda, kita klasterkan apakah masuk hardcore inti, apakah militan, apakah masuk suporter ataukah simpatisan. Ini beda-beda, ulamanya juga beda-beda kita kirim," jelas dia.

 

Masih Minta Tanggapan Berbagai Pihak

Suhardi menegaskan BNPT saat ini masih mengkaji wacana pengembalian WNI eks ISIS tersebut. Pihaknya masih mendengarkan berbagai pandangan dari kementerian.

"Kami masih minta tanggapan dari masing-masing kementerian, dari Kemenkumham, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Sosial (Kemensos) dan sebagainya. Nanti dirumuskan, setelah itu Pak Menkopolhukam yang mengambil keputusan. Baru kita laporkan kepada Wapres dan Pak Presiden gitu. Jadi jangan bingung, kasian masyarakat," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna Netflix Kini Bisa Matikan Autoplay Preview

Posted: 06 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Netflix memberikan kontrol kepada pengguna untuk fitur autoplay preview. Fitur baru ini hadir karena permintaan para pengguna.

"Kami mendengarkan masukan yang banyak dan jelas, dan kini para pengguna bisa mengontrol apakah ingin atau tidak melihat autoplay preview di Netflix," demikian pernyataan dari pihak Netflix, seperti dikutip dari Phone Arena, Jumat (6/2/2020).

Langkah untuk menonaktifkan fitur autoplay preview tersebut juga cukup mudah. Pengguna harus terlebih dahulu masuk ke Netflix dari web browser.

Setelah itu, pilih Manage Profiles dari menu, lalu tentukan profile yang ingin diatur dengan fitur tersebut.

Kemudian pengguna bisa memilih atau tidak opsi autoplay preview di semua perangkat, termasuk Android dan iOS.

Netflix di Android Makin Hemat Data Berkat Codec Baru

Netflix diberbagai perangkat. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)
Netflix diberbagai perangkat. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Lebih lanjut, Netflix sebelumnya juga mengumumkan akan menggunakan codec baru, yakni AV1, untuk aplikasinya di Android. Codec ini disebut memiliki kemampuan kompresi lebih baik hingga 20 persen dari standar yang dipakai sekarang, yaitu VP9.

Dikutip dari Engadget, Netflix mengatakan codec ini sudah digunakan di beberapa judul konten dalam layanannya. Untuk merasakan pengalaman memakai codec ini, pengguna di Android cukup mengatifkan fitur Save Data.

"Beberapa judul kini tersedia untuk diputar dengan AV1. Pengguna yang ingin mengurangi penggunaan data selulernya dapat mengaktifkan fitur Save Data," tulis perusahaan dalam laman blog.

Keputusan memakai AV1, menurut Netflix, tidak lepas dari jaringan seluler yang terkadang kurang bagus. Selain itu masih ada pelanggan yang memiliki kuota terbatas. Meski baru hadir di Android, Netflix berencana untuk membawa codec ini ke platform lain.

Codec ini belum mendukung semua model perangkat. Netflix pun mengatakan akan terus mengembangkan performanya, sehingga dapat digunakan di lebih banyak perangkat dan chipset.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal 16 Besar Liga Champions, Atletico Madrid vs Liverpool

Posted: 06 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Babak 16 besar Liga Champions segera bergulir. Klub-klub papan atas Eropa bakal bersaing memperebutkan tiket ke babak perempat final. 

Juara bertahan Liga Champions, Liverpool dijadwalkan berhadapan dengan Atletico Madrid. The Reds akan menyambangi Wanda Metropolitano lebih dahulu sebelum ganti menjamu Atletico di Anfield.

Partai melawan Atletico menjadi ujian serius bagi Liverpool. Ketangguhan Jordan Henderson dkk. akan meladeni permainan keras dan cepat ala pelatih Atletico, Diego Simeone.

Selain Atletico vs Liverpool, ada juga partai Real Madrid vs Manchester City yang tidak kalah seru. Dua pelatih muda papan atas, Zinedine Zidane dan Pep Guardiola akan beradu taktik demi menuju delapan besar.

Real Madrid akan menjamu Manchester City di Santiago Bernabeu. Kemudian, giliran Manchester City akan ganti meladeni Real Madrid di Etihad Stadium.

Berikut jadwal 16 besar Liga Champions selengkapnya:

4 Laga Pertama

(UEFA)
(UEFA)

Rabu 19 Februari 2020

03.00 WIB, Borussia Dortmund vs Paris Saint Germain

03.00 WIB, Atletico Madrid vs Liverpool

 

Kamis 20 Februari 2020

03.00 WIB, Atalanta vs Valencia

03.00 WIB, Tottenham Hotspur vs RB Leipzig

4 Laga Berikutnya

Rabu 26 Februari 2020

03.00 WIB, Chelsea vs Bayern Munchen

03.00 WIB, Napoli vs Barcelona

 

Kamis 27 Februari 2020

03.00 WIB, Real Madrid vs Manchester City

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Big Hit Entertainment akan Rilis Grup Baru

Posted: 06 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta CEO Big Hit Entertainment, Bang Si Hyuk, menyatakan bahwa agensinya meraih keuntungan besar di tahun 2019. Agensi yang menaungi group boyband BTS ini juga mengumumkan akan memperkenalkan boyband baru di tahun 2022.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 Menguras Tenaga dan Pikiran Chelsea Islan

Posted: 06 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Chelsea Islan mengerahkan seluruh tenaganya demi film horor Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, yang bakal tayang 27 Februari mendatang. Sebab dalam sekuel film ini, Chelsea Islan harus rela jatuh bangun dan juga berteriak sekuat tenaga untuk mendalami karakternya.

Tak hanya itu, Chelsea Islan juga harus bisa menyatukan perasaannya saat kondisi badannya kelelahan selama proses syuting Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.

"Film horor itu ada rasa takut, ‎harus konsentrasi juga," kata Chelsea Islan ditemui saat rilis poster film Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 di Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Menguras Emosi

(Adrian Putra/Fimela.com)
(Adrian Putra/Fimela.com)

Selain tenaga, emosi dan juga pikiran sangat dikuras selama proses syuting. Meski begitu, Chelse Islan berusaha melakukan yang terbaik.

"Menguras tenaga, pikiran, fisik dan juga emosi," kata Chelsea Islan.

Adegan Berbahaya

Chelsea Islan kembali membintangi film horor. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 akan segera hadir di seluruh bioskop Indonesia mulai 27 Februari 2020. Dalam film ini, Chelsea kembali menjadi pemeran utama dan memerankan karakter Alfie. (Daniel Kampua/Fimela.com)
Chelsea Islan kembali membintangi film horor. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 akan segera hadir di seluruh bioskop Indonesia mulai 27 Februari 2020. Dalam film ini, Chelsea kembali menjadi pemeran utama dan memerankan karakter Alfie. (Daniel Kampua/Fimela.com)

Bahkan kata Chelsea Islan, ada adegan sangat berbahaya yang ia lakukan tanpa pemeran pengganti.

"Pokoknya itu apinya semuanya beneran. Jadi kalau ada orang bilang CGI-nya keren banget nih, asli banget. Ya memang asli, itu api asli," kata Chelsea.

Sempat Tak Yakin

Awalnya, Chelsea Islan tidak yakin apakah bisa melakukan semua itu. ‎Namun berkaca dari film sebelumnya, Chlesea Islan berusaha sebisa mungkin untuk totalitas.

Meng-upgrade

"Awal-awal kayak, 'aduh gimana ya? Aku bisa enggak ya? Tapi karena sebelumnya sudah ngerasain, tinggal di-upgrade lagi," kata Chelsea Islan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir di Tangerang Berangsur Surut

Posted: 06 Feb 2020 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mulai berangsur surut, jalan utama di Kecamatan Periuk yang hampir sepekan terendam banjir dan lumpuh, hari ini mulai bisa dilewati oleh kendaraan motor ataupun mobil.

"Seperti di Jembatan Alamanda, yang sebelumnya sama sekali tidak bisa dilewati kendaraan, dan dipasang jembatan apung untuk warga melintas, hari ini sudah bisa dilewati," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Jumat (7/2/2020).

Namun, ada pekerjaan lain yang tersisa dari rendaman banjir itu, yakni sampah yang terbawa kemudian berserakan di jalan utama tersebut. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang pun mengerahkan ratusan personel untuk membantu masyarakat membersihkan sampah-sampah yang terbawa saat banjir.

"Ada 250 personel petugas kebersihan yang membantu masyarakat mengangkut sampah dari rumah-rumah yang disebar di seluruh titik banjir yang mulai surut di Kecamatan Periuk," ujar Buceu Gartina, Kepala Bidang Kebersihan DLH Kota Tangerang.

Pihaknya juga menerjunkan ratusan armada untuk mengangkut sampah yang telah dibersihkan dari lingkungan di dua perumahan yang sempat banjir setinggi 3 meter tersebut.

Dia pun bekerjasama dengan Bidang Pertamanan dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Pertamanan untuk menerjunkan armada penyemprot untuk membersihkan lumpur dari jalan dan rumah warga.

"Kita bekerjasama dengan pertamanan untuk armada penyemprotan lumpur, dimana dari DLH sendiri ada empat tangki yang sudah berada di lokasi," jelasnya.

Masih Ada Pemukiman Terendam 1 Meter

Sementara, meski jalan utama yang menghubungkan pemukiman padat itu sudah bisa dilewati, ratusan pemukiman di Total Persada masih kebanjiran.

"Masih (banjir), semeter lebih. Itu perumahan yang bersebelahan dengan turab Kali Ledug," ujar Wahyu, salah seorang warga Total Persada.

Makanya, masih ada ratusan warga yang mengungsi di posko pengungsian. Seperti di GOR Total Persada.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petrokimia Gresik Dorong Milenial Terjun ke Sektor Pertanian

Posted: 06 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Petrokimia Gresik berupaya menumbuhkan minat generasi milenial terhadap dunia pertanian dengan menggelar Agrosociopreneur Competition. Ajang ini sebagai rangkaian Jambore Petani Muda.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi mengatakan, peran generasi muda pada sektor ini masih terbilang rendah. Sebenarnya jika sektor pertanian dikelola dengan baik dan benar, tak kalah prospektif dengan sektor lainnya.

"Menurut Sensus Pertanian 2013, sekitar 61 persen petani Indonesia telah berusia lebih dari 45 tahun. Minimnya minat generasi milenial dikhawatirkan akan mengancam keberlanjutan pertanian di Indonesia," kata Rahmad, di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Menurutnya, Jambore Petani Muda merupakan salah satu solusi yang dilakukan Petrokimia Gresik untuk mendukung pertanian yang berkelanjutan di Indonesia, sebab program tersebut mengajak anak muda berkompetisi dalam inovasi pertanian dalam Agrosociopreneur Competition.

"Dari program ini kami melihat bahwa inovasi generasi muda Indonesia di bidang pertanian sangat potensial dan luar biasa. Ini yang perlu kita beri perhatian dan dukung penuh," ujar Rahmad.‎

Minim Minat Generasi Muda

Generasi muda menjadi penentu kemajuan pertanian di masa depan.
Generasi muda menjadi penentu kemajuan pertanian di masa depan.

Rahmad menilai, peserta program Agrosociopreneur Competition adalah oase di tengah minimnya minat generasi muda. Dia pun yakin, dari program ini akan lahir generasi milenial yang akan membawa perubahan positif dan besar pada sektor pertanian Indonesia di masa depan.‎

Jambore Petani Muda 3 memiliki tiga program utama yang ditujukan kepada mahasiswa Fakultas Pertanian se-Indonesia, antara lain Sahabat Petani Fest, CEO Talk dan Agrosociopreneur Competition.

‎"Diharapkan Jambore Petani Muda dapat menjadi fasilitas untuk membentuk sebuah jaringan nasional petani muda, wadah saling bertukar informasi dan pengalaman, sehingga dapat saling memperkuat konsep pengembangan pertanian.Dan pada akhirnya akan memperkaya dan menjaga keberlanjutan pertanian di Indonesia," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keseruan Q&A Bersama Dude Herlino & Alyssa Soebandono Dalam BTS Samudra Cinta

Posted: 06 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga Dude Harlino dengan Alyssa Soebandono terlihat bebas dari kabar tak sedap. Mereka terlihat harmonis di berbagai kesempatan dan sering membagikan kehangatan keluarga mereka di media sosial.

Selain itu, Dude Harlino dan Alyssa Soebandono juga beradu akting dalam sinetron Samudra Cinta yang tayang setiap harinya di SCTV. Dude Harlino dipercaya memerankan karakter Andra, sedangkan Alyssa memerankan karakter Nita.

Pada kesempatan kali ini SCTV akan membagikan keseruan Q&A bersama Dude Herlino & Alyssa Soebandono dalam BTS Samudra Cinta.

Penasaran seperti apa keseruannya? Saksikan selengkapnya di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah Sakit China Pulangkan 1.540 Pasien Sembuh dari Virus Corona Wuhan

Posted: 06 Feb 2020 09:14 PM PST

Liputan6.com, Beijing - Hingga Kamis 6 Januari 2020 tengah malah, lebih dari 1.500 pasien yang terinfeksi Virus Corona Wuhan telah diizinkan pulang dari rumah sakit setelah dinyatakan sembuh.

Mengutip Xinhua News dari otoritas kesehatan China, Jumat (7/2/2020), total 1.540 pasien yang terinfeksi Virus Corona Wuhan telah diizinkan pulang dari rumah sakit setelah dinyatakan sembuh.

"Pada Kamis tersebut, sebanyak 387 orang meninggalkan rumah sakit setelah dinyatakan sembuh (184 di Hubei)," ungkap Komisi Kesehatan Nasional China dalam laporan hariannya.

Pada hari Jumat, menurut gisanddata.maps.arcgis.com, total 638 orang meninggal akibat Virus Corona Wuhan. Sementara 31.472 kasus positif terkonfirmasi.

Virus Corona baru dilaporkan di 31 wilayah setingkat provinsi, serta Korps Produksi dan Pembangunan Xinjiang (Xinjiang Production and Construction Corps) di China.

Pasien Virus Corona Wuhan Termuda: Bayi Usia 30 Jam

Ilustrasi Bayi (iStockphoto)
Ilustrasi Bayi (iStockphoto)

Seorang bayi baru lahir telah dikonfirmasi sebagai salah satu dari kasus Virus Corona. Ia dinyatakan positif setelah dites hanya 30 jam setelah lahir pada 2 Februari di Rumah Sakit Anak-anak Wuhan.

Bayi, yang beratnya 3,25 kg saat lahir, sekarang dalam kondisi stabil dan di bawah pengawasan dokter.

"Ini kasus termuda yang tercatat sejauh ini," kata media pemerintah seperti dikutip dari BBC, Kamis (6/2/2020).

Ibu bayi itu dinyatakan positif sebelum melahirkan. Kendati demikian belum dapat dipastikan bagaimana penyakit itu ditularkan - di dalam rahim, atau setelah lahir.

Hanya segelintir anak yang terjangkit Virus Corona Wuhanini, yang telah menewaskan 565 orang dan menginfeksi 28.344.

Outlet media pemerintah Xinhua melaporkan berita tentang infeksi tersebut Rabu malam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNPT: Perlu Pembahasan Panjang soal Pengembalian Eks ISIS ke Indonesia

Posted: 06 Feb 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengaku masih mendengar pandangan berbagai pihak soal rencana pengembalian mantan kombatan ISIS dari Suriah.

"Maka kita rapatkan, bagaimana ada informasi semacam ini. Bagaimana pandangan dari Menkumham, bagaimana status kewarganegaraan mereka, terus bagaimana status anak dan istrinya, terus juga dari Kementerian Luar Negeri," ujar Kepala BNPT, Suhardi Alius di Gedung BUMN, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Ia menjelaskan, awal mula rencana pemulangan eks ISIS ini tatkala pihaknya mendapatkan informasi dari berbagai komunitas internasional, baik itu organisasi nonpemerintah seperti Palang Merah Internasional atau ICRC, maupun komunitas intelijen global.

"Informasi yang kami dapatkan dari komunitas internasional tentang sekian ribu foreign terrorist fighter (FTF) di Suriah di antaranya kurang lebih 600 mengaku warga negara Indonesia," ucap dia.

Meskipun begitu, Suhardi mengaku pihaknya belum bisa memverifikasi kebenaran informasi tersebut. Mengingat mereka tersebar di tiga kamp dan dikuasai oleh otoritas yang berbeda-beda. Baik itu Otoritas Suriah, Pasukan Demokratis Suriah atau SDF maupun pasukan Kurdistan.

"Mereka berada di tiga kamp, yaitu Al Roj, Al Hol, dan Ainnisa," jelas dia.

Dari berbagai kamp tersebut, hanya dua kamp yang bisa diakses oleh ICRC, yakni Al Roj dan Al Hol saja.

Keputusan Belum Ditentukan

Ia menegaskan bahwa pemerintah belum memutuskan untuk mengambil langkah apapun mengenai informasi 600 lebih WNI eks ISIS yang ada di Suriah itu. Pasalnya dia berdalih bahwa hal ini memerlukan pembahasan yang panjang serta matang untuk mengambil suatu keputusan yang beresiko.

"Ini nggak gampang, di dalam negeri aja bagaimana bisa kondusif paham-paham ini sudah luar biasa. Apalagi mendapatkan tantangan baru," pungkasnya.

Sebagai contoh, Suhardi melanjutkan, BNPT pada 2017 silam pernah mengembalikan WNI yang terindikasi akan bergabung dengan ISIS ke tanah air.

"Sudah ada 18 bulan di Suriah kalau gak salah di daerah Raqqah. Langsung yang laki-laki proses hukum, yang lainnya menjalani proses deradikalisasi," ungkap dia.

Untuk membina 18 orang saja, kata Kepala BNPT itu pihaknya memerlukan waktu selama tiga tahun.

"Bayangkan susahnya (jika sebanyak 600 orang)," pungkas dia.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Pernikahan Anak Calon Bupati Jember, Mewah Bak Adegan Film Aladdin

Posted: 06 Feb 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Momen pernikahan merupakan hari impian bagi setiap wanita. Pernikahan yang inginnya terjadi sekali seumur hidup ini pasti setiap wanita memiliki momen pernikahan impiannya. Seperti pernikahan anak calon Bupati Jember yang mencuri perhatian.

Potret pernikahan anak calon Bupati Jember ini diunggah oleh desainer kenamaan Ivan Gunawan yang turut merancang busananya. Menggunakan tema "1001 Arabian Nights", busana pernikahan mempelai wanita nampak persis seperti yang dikenakan Putri Jasmine seperti dalam film Aladdin.

Usut punya usut, ternyata mempelai wanita yang bernama Berlian Insyirah Azzahra merupakan putri dari pengusaha Hendy Setiono yang sedang mencalonkan diri sebagai Bupati Jember periode 2020-2025. Seperti diketahui, Berlian menikah dengan pria bernama Muhammad Nadhif Ramadhan.

Pesta pernikahan tersebut pun digelar, Minggu (2/2/2020) kemarin. Nuansa kental seperti film Aladdin sangat terasa. Di sana juga hadir Ivan Gunawan yang mengiringi mempelai pengantin. Berikut 7 momen pernikahan anak calon Bupati Jember yang Liputan6.com kutip dari Instagram @ivan_gunawan dan @rinaldyyunardi, Jumat (7/2/2020).

1. Begini suasana momen pernikahan viral menggunakan tema 1001 Arabian Nights

Pernikahan viral seperti film Aladdin (Sumber: Instagram/ivan_gunawan)
Pernikahan viral seperti film Aladdin (Sumber: Instagram/ivan_gunawan)

2. Mempelai wanita ini mengenakan busana pengantin yang mirip dengan Putri Jasmine

Pernikahan viral seperti film Aladdin (Sumber: Instagram/ivan_gunawan)
Pernikahan viral seperti film Aladdin (Sumber: Instagram/ivan_gunawan)

3. Sang mempelai pria pun tak kalah menawan dengan gaya Timur Tengah yang begitu khas rancangan Ivan Gunawan

Pernikahan viral seperti film Aladdin (Sumber: Instagram/rinaldyyunardi)
Pernikahan viral seperti film Aladdin (Sumber: Instagram/rinaldyyunardi)

4. Selain Ivan Gunawan, perhiasannya pun merupakan rancangan dari Rinaldy Yunardi yang sering jadi langganan seleb

Pernikahan viral seperti film Aladdin (Sumber: Instagram/rinaldyyunardi)
Pernikahan viral seperti film Aladdin (Sumber: Instagram/rinaldyyunardi)

6. Busana para pengiring pun dibuat khusus jadi nampak seperti iring-iringan dalam film Aladdin

Pernikahan viral seperti film Aladdin (Sumber: Instagram/cloudiaa12)
Pernikahan viral seperti film Aladdin (Sumber: Instagram/cloudiaa12)

7. Selain itu anggota keluarga pun mengenakan busana yang tak kalah bagusnya mengikuti tema

Pernikahan viral seperti film Aladdin (Sumber: Instagram/intansazzahra)
Pernikahan viral seperti film Aladdin (Sumber: Instagram/intansazzahra)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Lokasi 25 Kamera Tilang Elektronik yang Tersebar di Jakarta

Posted: 06 Feb 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) mulai diterapkan di Jakarta. Tilang elektronik berlaku untuk kendaraan roda empat atau roda dua.

Sistem tilang elektronik tersebut menggunakan basis kamera untuk penindakannya. Kamera E-TLE bisa mendeteksi jenis-jenis pelanggaran lalu lintas. Seperti menerobos lampu lalu lintas, melanggar aturan ganjil genap, dan beberapa pelanggaran lainnya.

Tak hanya dipasang di jalanan utama, Ditlantas Polda Metro Jaya juga memasang kamera tilang elektronik itu di jalur Transjakarta. Berikut daftar titik kamera tilang elektronik atau E-TLE di Jakarta dikutip dari laman Instagram @ntmc_polri:

1. Simpang traffic light Kota

2. Simpang traffic light Olimo

3. Simpang traffic light Ketapang atau Gajah Mada

4. Simpang traffic light Harmoni

5. Simpang traffic light istana Negara

Selanjutnya

6. Simpang patung Kuda

7. Simpang traffic light Kebon Sirih

8. Simpang traffic light Sarinah

9. Simpang traffic light Bundaran HI

10. Simpang traffic light Senayan

 

Selanjutnya

11. Simpang traffic light Al Azhar

12. Simpang traffic light CSW

13. Simpang traffic light Monalisa

14. Jalan Gatot Subroto Simpang Pancoran

15. Jalan Gatot Subroto Simpang Kuningan

 

Selanjutnya

16. Jalan Gatot Subroto Simpang Slipi

17. Jalan S Parman Simpang Tomang

18.. Jalan S Parman Simpang Grogol

19. Simpang Asia Afrika

20. Simpang traffic light Halim Baru

 

Selanjutnya

21. Simpang traffic light Halim Lama

22. Simpang traffic light Rawamangun

23. Simpang traffic light Pramuka

24. Simpang traffic light Rawasari

25. Simpang traffic light Cempaka Putih.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Virus Corona Mewabah, Ribuan Warga Korsel Tetap Langsungkan Nikah Massal

Posted: 06 Feb 2020 09:03 PM PST

Pengantin wanita bermain smartphone-nya dalam upacara pernikahan massal di Cheong Shim Peace World Center, Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Wabah virus corona yang melanda sejumlah wilayah di dunia tidak menghalangi antusias warga Korsel mengikuti acara itu. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Pengantin wanita bermain smartphone-nya dalam upacara pernikahan massal di Cheong Shim Peace World Center, Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Wabah virus corona yang melanda sejumlah wilayah di dunia tidak menghalangi antusias warga Korsel mengikuti acara itu. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Pengantin wanita bermain smartphone-nya dalam upacara pernikahan massal di Cheong Shim Peace World Center, Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Wabah virus corona yang melanda sejumlah wilayah di dunia tidak menghalangi antusias warga Korsel mengikuti acara itu. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Sejumlah pasangan mengikuti kegiatan nikah massal di Cheong Shim Peace World Center di Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Diperkirakan ada ribuan pasangan mengikuti pernikahan massal tersebut. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Sejumlah pasangan mengikuti kegiatan nikah massal di Cheong Shim Peace World Center di Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Diperkirakan ada ribuan pasangan mengikuti pernikahan massal tersebut. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Sejumlah pasangan mengikuti kegiatan nikah massal di Cheong Shim Peace World Center di Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Diperkirakan ada ribuan pasangan mengikuti pernikahan massal tersebut. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Pengantin wanita mamasangkan cincin ke jari pasangannya selama mengikuti pernikahan massal di Cheong Shim Peace World Center, Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Kegiatan pernikahan massal ini digelar setiap tahun dan diikuti juga oleh pasangan asing. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Pengantin wanita mamasangkan cincin ke jari pasangannya selama mengikuti pernikahan massal di Cheong Shim Peace World Center, Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Kegiatan pernikahan massal ini digelar setiap tahun dan diikuti juga oleh pasangan asing. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Pengantin wanita mamasangkan cincin ke jari pasangannya selama mengikuti pernikahan massal di Cheong Shim Peace World Center, Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Kegiatan pernikahan massal ini digelar setiap tahun dan diikuti juga oleh pasangan asing. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Sejumlah pasangan mengikuti kegiatan nikah massal di Cheong Shim Peace World Center di Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Diperkirakan ada ribuan pasangan mengikuti pernikahan massal tersebut. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Sejumlah pasangan mengikuti kegiatan nikah massal di Cheong Shim Peace World Center di Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Diperkirakan ada ribuan pasangan mengikuti pernikahan massal tersebut. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Sejumlah pasangan mengikuti kegiatan nikah massal di Cheong Shim Peace World Center di Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Diperkirakan ada ribuan pasangan mengikuti pernikahan massal tersebut. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Sejumlah pasangan mengikuti kegiatan nikah massal di Cheong Shim Peace World Center di Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Meski memakai masker untuk mencegah virus corona, para pasangan pengantin tampak bahagia di acara tersebut. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Sejumlah pasangan mengikuti kegiatan nikah massal di Cheong Shim Peace World Center di Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Meski memakai masker untuk mencegah virus corona, para pasangan pengantin tampak bahagia di acara tersebut. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Sejumlah pasangan mengikuti kegiatan nikah massal di Cheong Shim Peace World Center di Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Meski memakai masker untuk mencegah virus corona, para pasangan pengantin tampak bahagia di acara tersebut. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Sejumlah pasangan berdoa saat mengikuti upacara pernikahan massal di Cheong Shim Peace World Center, Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Wabah virus corona yang melanda sejumlah wilayah di dunia tidak menghalangi antusias warga Korsel mengikuti acara itu. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Sejumlah pasangan berdoa saat mengikuti upacara pernikahan massal di Cheong Shim Peace World Center, Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Wabah virus corona yang melanda sejumlah wilayah di dunia tidak menghalangi antusias warga Korsel mengikuti acara itu. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Sejumlah pasangan berdoa saat mengikuti upacara pernikahan massal di Cheong Shim Peace World Center, Gapyeong, Korea Selatan, Jumat, (7/2/2020). Wabah virus corona yang melanda sejumlah wilayah di dunia tidak menghalangi antusias warga Korsel mengikuti acara itu. (AP Photo/Ahn Young-joon)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lupa Tutup Jok Motor Habis Isi Bensin, Kelakuan Bapak Ini Bikin Warganet Ngakak

Posted: 06 Feb 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengendara motor memastikan bensin cukup untuk dipakai sebelum berpegian adalah kewajiban yang harus dilakukan. Karena jika motor berhenti di tengah jalan akibat habis bensin akan sangat merepotkan. Belum tentu di sepanjang jalan yang dilewati terdapat pom bensin.

Mengisi bensin bagi kebanyakan pengendara motor menjadi hal yang paling malas dilakukan. Antrean yang begitu panjang serta keribetan lainnya harus dilakukan saat mengisi bensin. Seperti membuka jok motor saat sedang mengantri untuk mengisi bensin.

Sama seperti halnya yang dialami bapa ini ketika mengisi bensin. Dalam video yang diunggah di twitter oleh pemilik akun bernama @peodyysa terlihat jelas seorang bapak lupa menutup joknya setelah isi bensin.

Tak Sadar

Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bapak yang memakai jaket hitam lengkap dengan helm ini sebelumnya membayar terlebih dahulu kepada petugas yang melayani. Namun tanpa disadari, ia langsung menaiki motornya sebelum menutup kembali joknya.

Setelah sadar, ia segera menutup jok motornya dan bergegas pergi dari tempat tersebut.

Bikin Ngakak Petugas SPBU

Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kejadian konyol ini membuat pertugas yang melayani menahan tawa. Ketika sang bapak pergi terlihat kedua petugas itu menahan tawa sambil melayani yang lain.

Respons Warganet

Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Video itu bukan hanya mengundang tawa petugas, melainkan para warganet pun juga banyak yang terhibur. Keteledoran bapak tersebut memberi ruang lebih untuk para wrganet berkomentar. Beginilah respons mereka.

 

Grogi kayaknya sibapakTapi gw juga pernah sih Xixixiixixix

— Pinggiran G.O.T (@Go_Njreng) February 4, 2020

Penulis :

Ayu Ester Simanjuntak

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permintaan Unik Pangeran Charles pada Katy Perry

Posted: 06 Feb 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Katy Perry bergabung dengan Pangeran Charles dan Duchess of Cornwall dalam acara dinner charity di Banqueting House, London, Inggris, Selasa, 4 Februari 2020.

Mengutip laman Hello, 6 Februari 2020, di kesempatan tersebut, sang penyanyi pop mengatakan bakal memenuhi permintaan Pangeran Charles, yakni bernyanyi untuk tanaman-tanaman ayah dua anak tersebut.

Mengenakan gaun biru dengan detail sheer di bagian lengan, Katy berpidato setelah dinobatkan sebagai ambassador baru British Asian Trust yang berupaya menyetop perdagangan anak.

"Saya sangat senang berada di sini karena, personally, saya adalah penggemar dari His Royal Highness (Pangeran Charles) dan semua project yang telah, juga sedang dilakukan, terutama untuk anak-anak India," kata pelantun lagu Unconditionally tersebut.

"Dalam pengalaman pribadi saya, beliau adalah orang yang sangat baik hati. Sangat baik sampai kadang-kadang ia berbicara pada tanaman-tanamannya," ucap Katy.

Soal Pangeran Charles meminta Katy Perry bernyanyi untuk tanaman-tanamannya, sang penyanyi menyanggupi. "Nanti akan saya lakukan. Saya berjanji," ucapnya.

Keterlibatan Katy Perry

Pangeran Charles saat mengunjungi Whittle Laboratory, sebuah laboratorium penelitian tenaga di University of Cambridge, di Cambridge, Inggris pada 28 Januari 2020. (JOE GIDDENS / POOL / AFP)
Pangeran Charles saat mengunjungi Whittle Laboratory, sebuah laboratorium penelitian tenaga di University of Cambridge, di Cambridge, Inggris pada 28 Januari 2020. (JOE GIDDENS / POOL / AFP)

Pangeran Charles dan Katy Perry diketahui kali pertama bertemu di Mumbai, India, pada November 2019. Saat bertemu, Katy disebut mengatakan 'Halo lagi' dan akhirnya tahu sang pangeran suka berbicara dengan tanaman-tanamannya.

"Saya akan sangat suka bila kamu bernyanyi untuk mereka," kata ayah dari Pangeran William dan Pangeran Harry itu.

Katy sendiri diketahui sudah giat menggalakkan pemenuhan hak-hak anak lewat project sebagai UNICEF Goodwill Ambassador.

Ia kemudian memutuskan menunjukkan dukungan jangka panjang untuk organisasi tersebut. Keterlibatan ini berujung ia mengetahui proyek apa yang tengah dilakukan British Asian Trust di India.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Fakta Pembunuhan Penagih Utang oleh Pegawai Kedai Ramen di Bandung

Posted: 06 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Penyidik Satreskrim Polresta Bandung mengungkap temuan baru atas pembunuhan berencana terhadap Edward Silaban. Salah satunya, tersangka utama sempat mengambil uang korban senilai lebih dari Rp2 juta usai menghabisi nyawa korbannya.

"Selain pasal 338 dan 340 KUHPidana, kedua pelaku juga dikenakan Pasal 365 KUHPidana. Karena setelah mengeksekusi korban, tersangka mengambil uang milik korban," kata Wakapolresta Bandung Ajun Komisaris Besar A. Agus R, Kamis (6/2/2020).

Seperti diketahui, korban bernama Edward Silaban, pria yang menagih utang kepada manajer kedai ramen di Desa Gandasoli, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, dibunuh secara sadis pada 28 Januari 2020.

Edward sempat dilaporkan hilang oleh keluarga sebelum akhirnya polisi menyelidki laporan tersebut.

Dari hasil penyelidikan, polisi menemukan barang bukti berupa batu bata, pisau, dan tali yang digunakan untuk membunuh korban.

Penyidik juga menangkap tujuh tersangka atas kasus pembunuhan berencana ini. Dua pelaku utama yakni manajer kedai ramen LT (26) dan pegawai kedai RM (19) sebagai eksekutor pembunuhan. Sementara, lima orang tersangka lainnya yakni DM (20), SR (21), DS (23), AM (20), dan IN (21), ikut membantu LT dan RM dalam kejahatan pembunuhan tersebut.

"Dari hasil pengembangan yang dilakukan, kami tetapkan lima tersangka dan dua pelaku utama jadi  tersangka," kata Agus.

Pelaku Jebak Korban

Ilustrasi Pembunuhan (iStock)
Ilustrasi Pembunuhan (iStock)

Agus kemudian menjelaskan bahwa peran masing-masing tersangka berbeda-beda yaitu di mana pelaku utama LT yang memiliki sangkutan utang kepada korban, berperan menghubungi korban agar bisa bertemu.

"Jadi korban dihubungi oleh pelaku utama LT, dengan dijanjikan akan dilunasi utangnya. Namun, yang terjadi korban dihabisi nyawanya oleh para pelaku," ujarnya.

Agus mengakui, para pelaku tersebut cukup sadis menghabisi nyawa korban, yaitu dengan menjerat leher korban menggunakan tali sepatu. Namun, korban masih melawan.

Kemudian pelaku RM memukulkan batu bata ke kepala korban sebanyak dua kali. Ternyata korban masih juga melakukan perlawanan hingga akhirnya pelaku utama yaitu LT mengeluarkan pisau yang sudah disiapkan dan langsung menusukkan ke bagian leher korban hingga korban kehabisan darah dan meninggal dunia.

"Jadi para pelaku ini sudah merencanakan mengenai pembunuhan tersebut," ujar Agus.

Selain itu, untuk menutupi kasusnya, para tersangka juga membuang jasad Edward ke jurang yang berlokasi di Curug Cisaronde, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

"Tersangka merental mobil dan sempat kabur ke Jakarta dan Bali hingga akhirnya tertangkap di Malang, Jawa Timur," kata Agus.

Dalam pengembangan kasus ini, penyidik juga menetapkan empat orang yang diduga ikut terlibat dalam kasus pembunuhan.

"Ada tujuh orang tersangka serta empat orang yang turut membantu kami terbitkan daftar pencarian orang (DPO)," ucapnya.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Bawah Changi Airport, Bandara Komodo Layani Rute Internasional Mulai Juni 2020

Posted: 06 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Cardig Aero Service (CAS) resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) perjanjian Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pengelolaan bandara ini akan diberikan kepada CAS dan Changi Airports International PTE LTD (CAI) selama 25 tahun sampai 2044.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, CAI selaku salah satu pengelola Bandara Komodo akan mulai membuka penerbangan internasional dari Singapura dan Australia ke Labuan Bajo mulai Juni tahun ini. Dengan begitu, Bandara Komodo ditargetkan bakal berstatus sebagsi bandar udara internasional sejak Juni 2020.

"Bandara ini semula akan dibuat internasional pada 2021. Tapi kami bersepakat kalau gitu kita laksanakan lebih awal yaitu di bulan Juni ini," ujar Menhub Budi di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

"Kita harapkan investor ini bisa serius, dan saya minta dukungan bapak Menpar (Wishnutama) untuk melakukan suatu effort tertentu, baik itu promosi maupun dekorasi warna keaslian dari Labuan bajo," tambahnya.

Dia melanjutkan, CAS mulanya baru akan mulai diberi hak kelola Bandara Komodo pada awal 2021 mendatang. Namun dipercepat jadi Mei 2020.

Langkah percepatan lainnya yakni terkait pemanjangan landasan pacu (runway) Bandara Komodo. Menhub Budi mengutarakan, itu akan diselesaikan bertahap mulai Juni tahun ini.

"Bertahap lah ya, bulan Juni kita harapkan selesai sebagian kemudian diteruskan. (Dari berapa ke berapa?) Pertama kali dari 2.450 meter menjadi 2.600 meter, setelah itu menjadi 2.700 meter," terangnya.

Jika seluruh proses pengembangan selesai, maka kapasitas penumpang Bandara Komodo nantinya akan bertambah hingga sekitar 5 juta orang. "Kita rencanakan menjadi 5 juta penumpang dari sekarang 1,5-2 juta (penumpang)," pungkas Menhub Budi.

Menhub Bantah Jual Bandara Komodo ke Asing

Menteri Perhubungan Budi Karya memberikan keterengan kepada awak media usai apel persiapan pengamanan dan angkutan lebaran 2019 di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (26/5/2019). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Menteri Perhubungan Budi Karya memberikan keterengan kepada awak media usai apel persiapan pengamanan dan angkutan lebaran 2019 di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (26/5/2019). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan tak menjual Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk dikelola oleh pihak swasta dan asing.

Dia menegaskan, hanya memberikan hak kelola kepada konsorsium Cardig Aero Service (CAS) dan Changi Airports International PTE LTD (CAI) selama 25 tahun hingga 2044.

"Sebelumnya saya tegaskan satu, airport ini tidak dijual ke konsorsium, hanya mendapatkan izin konsesi selama 25 tahun. Kedua, investor atau pengelola menginvestasi sejumlah uang yang luar biasa, yaitu lebih dari Rp 1,2 triliun," ujar dia pasca penandatanganan KPBU Bandara Komodo di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Sebagai informasi, konsorsium CAS tercatat sebagai pemegang saham mayoritas pada PT Cinta Airport Flores (CAF) selaku pengelola Bandara Komodo, yakni sebesar 80 persen. Sementara 20 persen porsi saham lainnya dikuasai oleh Changi Airports International PTE LTD (CAI).

Menurut Menhub Budi, perjanjian Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk Bandara Komodo ini dilakukan dengan tujuan mendapat pendanaan lebih untuk mengembangkan lapangan udara lainnya di Tanah Air.

"Mengapa kami lakukan ini, supaya uang yang semestinya untuk pengembangan Labuan Bajo kami bisa kembangkan untuk pelabuhan atau bandara lain yang ada di Aceh, Sulawesi Utara dan sebagainya," ungkap dia.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengungkapkan, pengembangan Bandara Komodo menjadi penting lantaran tempat ini merupakan pintu masuk menuju Labuan Bajo yang dijadikan sebagai salah satu dari lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas di 2020.

"Kami harpakan dengan adanya Airport Komodo yang nantinya akan direnovasi dan diperbaiki segala macam, sesuatunya ini akan dapat mendatangkan wisatawan dari mancenegara dan akan mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Indonesia, khususnya Labuan Bajo. Saya pikir ini adalah hal yang sangat penting untuk kemajuan destinasi Labuan Bajo ke depan," tuturnya.

Menhub Beberkan Alasan Serahkan Pengelolaan Bandara Komodo ke Swasta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) saat rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Rapat membahas persiapan infrastruktur dan transportasi pendukung di lima destinasi prioritas wisata nasional. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) saat rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Rapat membahas persiapan infrastruktur dan transportasi pendukung di lima destinasi prioritas wisata nasional. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi memastikan bahwa pengelolaan Bandara Komodo di Labuan Bajo akan dipegang oleh pihak swasta asing.

Dalam sebuah sesi wawancara, Menhub mengatakan bahwa alasan dilepaskannya pengelolaan bandara di salah satu destinasi wisata laut ini agar terjadi kompetisi antarswasta dan pihak pemerintah.

"Jadi gini kalau kita lari-lari sendiri kan nggak cepet. Tapi kalau larinya ada kontestan maka akan cepat. Nah kompetisi ini yang Pak Presiden mengintruksikan kepada saya buat iklim kompetisi antar swasta dan BUMN," jelas dia di Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (19/1/2020).

Menhub juga berharap agar kerja sama antar pihaknya dengan swasta bisa membangkitkan iklim ekonomi lebih bagus di Labuan Bajo.

"Kerja sama ini kita harapkan ada suatu bangkitan baru di Labuan Bajo," jelasnya.

Sebelumnya diketahui, Bandara Komodo dilepas pengelolaannya oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Diketahui pemenang tender pengelola bandara tersebut adalah PT Cardig Aero Service (CAS) dan Changi Airports International Pte Ltd. (CAI),dan Changi Airports MENA Pte Ltd.

Budi Karya menjelaskan, perjanjian kerja sama akan dilakukan pada 7 Februari mendatang.

"Jadi kita ada waktu untuk tahapan kepada investor. Kita sudah MoU tandatangannya tanggal 7 (Februari 2020) di Jakarta," terang dia.

Menhub sendiri akan melaporkan kerja sama itu kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Selasa esok (21/1/2020).

Budi Karya mengatakan penetapan pemenang konsorsium ini sudah berdasarkan proses pemilihan yang dilakukan bersama tim ahli. Dari beberapa yang mengajukan, maka terpilihlah tiga perusahaan asal Singapura tersebut.

"Kita menetapkan konsorsium untuk ketiganya. Investasinya sebanyak Rp 1,2 triliun. Di mana ini akan dilakukan biaya operasional sebanyak Rp 5.7 triliun selama 25 tahun. Selain itu juga ada jaminan Rp 5 miliar dari investor," kata Mehub Budi, dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan, Kamis (26/12/2019).

Menhub Budi menjelaskan, pemenang konsorsium ini nantinya akan bertugas merancang, membangun dan membiayai pembangunan fasilitas sisi udara Bandara Komodo yang meliputi perpanjangan dan perkerasan landas pacu, penambahan apron, stopway dan RESA.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Menyerang, Ini Daftar Event Olahraga yang Kacau Balau

Posted: 06 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona terus memberikan dampak buruk, termasuk dunia olahraga. Kelangsungan sejumlah event internasional menjadi tanda tanya akibat wabah yang sudah memakan lebih dari 600 nyawa tersebut.

Otoritas beberapa cabang olahraga bahkan sudah mengambil keputusan membatalkan kompetisi demi keselamatan atlet dan penyelenggara.

Salah satu yang teranyar adalah kelangsungan balapan Formula 1 seri Tiongkok. Federasi Olahraga Shanghai (SPF) menyatakan seluruh event olahraga di kota tersebut bakal ditangguhkan hingga kurun waktu tidak terbatas.

"Tidak akan ada event olahraga di Shanghai sampai wabah virus Corona bisa diatasi," tulis SPF.

Keputusan itu membuat Federasi Otomotif Internasional (FIA) kelabakan. Pasalnya, mereka berencana menggelar balapan di Shanghai International Circuit pada 17-19 April mendatang. Hingga kini FIA belum mengambil keputusan, meski sebelumnya sudah menunda penyelenggaraan Formula E yang semestinya bergulir 21 Maret di Sanya.

Selain ajang otomotif, virus Corona juga sudah merusak penyelenggaraan cabor lain. Berikut daftar lengkapnya:

Ajang yang Terdampak

Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: World of Buzz)
Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: World of Buzz)

Liga Super Tiongkok

Liga sepak bola tertinggi Tiongkok sejatinya bergulir 22 Februari. Tapi kompetisi akhirnya ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Kejuaraan Dunia Atletik Indoor 2020

Agenda dua tahunan ini seharusnya berlangsung 13–15 Maret di Nanjing. Kompetisi ditunda tahun depan.

Kualifikasi Olimpiade 2020 Cabor Tinju

Rencananya berlangsung di Wuhan 3-14 Februari. Diputuskan pindah ke Amman, Yordania, 3-11 Maret.

Kualifikasi Olimpiade 2020 Cabor Basket Putri

Awalnya tim Tiongkok, Britania Raya, Spanyol, dan Korea Selatan yang tergabung di grup B akan bertanding di Foshan. Tapi dipindahkan ke Beograd, Serbia, pada 6-9 Februari.

Kejuaraan Dunia Loncat Indah 2020

Kejuaraan Dunia Loncat Indah seri Tiongkok sejatinya berlangsung pada 7-9 Maret di Beijing. Tapi, Federasi Akuatik Internasional (FINA) memutuskan untuk membatalkannya.

Kejuaraan Dunia Renang Indah 2020

FINA juga mempertanyakan kelangsungan Kejuaraan Dunia Renang Indah 2020 yang sedianya berlangsung di Suzhou pada 23-25 April.

Ajang Lain

Wabah Virus Corona Darurat Kesehatan Global. (Sumber Foto: John Hopkins University CSSE)
Wabah Virus Corona Darurat Kesehatan Global. (Sumber Foto: John Hopkins University CSSE)

Tour de Hainan 2020

Ajang balap sepeda level pro series tingkat kedua ini sejatinya digelar 23 Februari sampai 1 Maret. Tapi, Federasi Sepeda Internasional (UCI) memutuskan untuk membatalkannya.

China Masters 2020

Ajang bulu tangkis ini seharusnya berlangsung di Lingshui, Hainan, pada 25 Februari hingga 1 Maret. Tapi akhirnya ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Formula 1 GP Tiongkok

Ajang ini seharusnya berlangsung 17-19 April di Shanghai. FIA sampai saat ini masih melihat perkembangan sebelum mengambil keputusan final. Opsi lain ditukar jadwalnya dengan GP Rusia.

Formula E 2020

Seri Tiongkok seharusnya berlangsung pada 21 Maret di Sanya. Pihak penyelenggara kemudian menunda sembari mempertimbangkan kemungkinan menggelar balapan di waktu lain.

 

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Li Wenliang, Dokter yang Beri Peringatan Soal Virus Corona Meninggal Dunia

Posted: 06 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama dokter mata Li Wenliang menjadi populer usai kisahnya yang memperingatkan rekan-rekannya terhadap wabah mirip SARS yang sekarang dikenal dengan novel coronavirus atau virus corona tersebar di masyarakat. Namun, pada Jumat pagi waktu setempat, dia meninggal dunia.

Dokter 34 tahun di Wuhan ini meninggal usai terinfeksi virus corona dari pasien glaukoma yang dirawatnya, sebelum penyakit ini menghebohkan dunia.

Dikutip dari The Guardian pada Jumat (7/2/2020), kabar ini diungkapkan oleh surat kabar yang dikendalikan oleh Partai Komunis, Global Times. Namun sebelumnya, kabar soal kondisi kesehatan Li sempat tak jelas.

"Kami sangat menyesali dan berduka atas kematian ini," kata rumah sakit pusat Wuhan dalam sebuah pernyataan singkat di media sosial mereka.

Usai didiagnosis pada bulan Januari lalu, masyarakat Tiongkok memuji apa yang dilakukan dokter Li meski dibungkam. Dilaporkan oleh CBS News, otoritas setempat juga menyatakan permintaan maafnya karena telah memintanya untuk diam.

Sempat Dibungkam Otoritas Kesehatan

Dokter Li Wenliang memperingatkan bahaya virus corona, tapi ia kemudian jatuh sakit (WEIBO)
Dokter Li Wenliang memperingatkan bahaya virus corona, tapi ia kemudian jatuh sakit (WEIBO)

Sebelum terinfeksi, Li sempat memperingatkan teman-temannya di grup alumni sekolah kedokteran soal potensi infeksi novel coronavirus ketika penyakit itu baru menginfeksi tujuh orang. Kala itu, pemerintah masih menyebutnya sebagai penyakit mirip SARS.

"Saya hanya ingin mengingatkan teman-teman sekelas di universitas untuk berhati-hati," kata dokter 34 tahun itu dalam pesannya yang dikirim pada 30 Desember lalu.

Usai pesannya viral, Komisi Kesehatan kota Wuhan memperingatkan bahwa setiap organisasi atau individu tidak diizinkan untuk memberikan informasi terkait perawatan kepada publik tanpa izin.

BBC News melaporkan, tak lama kemudian, otoritas setempat mendatangi dokter yang bekerja di sebuah rumah sakit di Wuhan itu. Mereka menyatakan bahwa Li telah mengganggu ketertiban sosial. Dia pun diberikan sebuah surat peringatan.

"Kami dengan tegas memperingatkan Anda: Jika Anda tetap keras kepala dengan kekurang ajaran seperti itu dan melanjutkan kegiatan ilegal ini, Anda akan dibawa ke pengadilan, apakah itu bisa dipahami?" tulis surat yang akhirnya ditandatangani Li itu, dikutip dari CBS News.

Namun, peringatan Li menjadi kenyataan bahkan menyebar ke seluruh dunia. Pemerintah kota Wuhan akhirnya mengungkapkan soal wabah tersebut dan melaporkannya ke World Health Organization.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Wali Kota Risma Larang Bonek Ikut Halau Gangster

Posted: 06 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Walikota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengimbau kepada pendukung klub sepakbola Persebaya asal Surabaya, Bondo Nekat (Bonek) agar tidak ikut serta turun ke jalan untuk mengamankan gangster,

"Jangan, nanti kalau ada apa-apa yang rugi nanti keluarganya. Percayalah kepada petugas kepolisian, kita juga akan rutin patroli," tutur dia, Rabu, 5 Februari 2020.

Risma sudah pernah melakukan intervensi kepada gangster yang tertangkap oleh polisi dan mempertemukan kedua gang, namun keduanya tetapi tidak menghiraukan. Ia memastikan pihaknya sudah mempunyai data anak Surabaya baik wajah maupun sidik jarinya.

"Kalau sudah seperti ini, saya sudah serahkan ke kepolisian. Kalau kemarinnya saya masih bisa intervensi, tapi sekarang saya tidak akan intervensi lagi, karena kalian tidak nurut," ujar dia.

Berita Walikota Surabaya Risma menghalau Bonek untuk tidak ikut serta mengamankan gangster menarik perhatian warga Surabaya. Ingin tahu  artikel populer lain di Surabaya? Berikut rangkuman tiga artikel terpopuler di Surabaya pada Jumat (7/2/2020):

1. Serahkan ke Polisi, Bonek Tak Usah Ikut Menghalau Gangster di Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) meminta suporter Persebaya (bonek) untuk percaya kepada pihak kepolisian dalam menangani para gangster. Kepolisian sudah dilengkapi senjata lengkap ketika bertugas menghalau para gangster tersebut.

Risma pun melarang bonek untuk ikut serta menghalau para gangster di Surabaya. "Jangan, nanti kalau ada apa-apa yang rugi nanti keluarganya. Percayalah kepada petugas kepolisian, kita juga akan rutin patroli," tutur dia, Rabu, 5 Februari 2020.

Risma memastikan, saat ini tidak bisa intervensi untuk membantu para gangster yang tertangkap oleh pihak kepolisian. Ia mengatakan, sudah berkali-kali mempertemukan kedua gang ini, tapi tidak dihiraukan dan terjadi lagi saat ini.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Kasus Dugaan Penghinaan, Ketua Peradi Sebut Risma Seharusnya Respons Santai

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Surabaya Hariyanto menyebut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini seharusnya bisa menjadi teladan dalam menyikapi perkara ujaran kebencian dan pencemaran baik yang dilaporkannya ke Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya.

Dalam perkara ini, seorang ibu rumah tangga berinisial ZD, asal Bogor, Jawa Barat, yang telah ditetapkan sebagai tersangka, meminta maaf atas tindakan penghinaannya kepada Wali Kota Surabaya, Risma di medsos.

Wali Kota Tri Rismaharini pun memaafkan ZD, namun tetap menyerahkan proses hukum ke Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya.

Berita selengkapnya baca di sini

3. 5 Potret Franda dengan Rambut Baru, Dipotong Sebahu

Efranda Stefanus atau yang lebih dikenal Franda merupakan artis sekaligus presenter Tanah Air. Namun, sejak menikah dengan Samuel Zylgwyn wanita asal Malang, Jawa Timur ini mengurangi kegiatannya di dunia hiburan. Ia memilih fokus menjadi istri dan mengurus buah hatinya. Meski sudah menjadi ibu rumah tangga biasa, penampilan Franda semakin memesona.

 

Franda dikenal sebagai wanita yang identik dengan rambut panjangnya.  Namun baru-baru ini ia tampil berbeda dengan memotong rambut panjangnya menjadi sebahu. Awalnya istri Samuel Zylgwyn ini kebingungan memilih gaya potongan rambut.Kemudian banyak orang yang menyarankan Franda untuk menyumbangkan rambut panjangnya untuk penderita kanker.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Mengetahui WhatsApp Disadap, Gampang Banget!

Posted: 06 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp kini jadi aplikasi perpesanan nomor satu di dunia dengan pengguna aktif mencapai lebih dari 1,5 miliar orang per hari.

Saking banyaknya pengguna, informasi yang dibagikan pun sangat banyak. Tidak jarang orang-orang penting dan berpengaruh juga memakai WhatsApp untuk berkomunikasi.

Makanya tidak heran kalau ada pihak-pihak yang membuat software jahat agar bisa menyadap komunikasi pribadi di WhatsApp, sekalipun layanan ini sudah menerapkan enkripsi end-to-end.

Lantas, bagaimana mengetahui kalau WhatsApp kamu telah disadap atau diakses pihak lain? Berikut informasinya dikutip dari blog Avira dan sejumlah sumber lainnya, Jumat (7/2/2020).

1. Pengguna Tidak Bisa Login

Satu nomor telepon pada dasarnya hanya bisa dipakai di satu aplikasi WhatsApp atau biasa disebut dengan istilah single-device login.

Nah, jika mendadak kamu keluar atau log out dari aplikasi WhatsApp tanpa sadar, kemungkinan ada pihak lain yang sedang memakai nomor telepon kamu untuk login di aplikasi WhatsApp.

Padahal, untuk bisa login di sebuah perangkat, WhatsApp biasanya meminta kode one time password atau OTP yang langsung dikirim ke nomor telepon tersebut.

Untuk itu, jangan pernah memberikan kode OTP ini kepada siapa pun. Ini juga mungkin terjadi ketika nomor telepon telah digandakan, sehingga peretas bisa membuka pesan yang masuk berisi OTP.

Tak Bisa Dipakai Telepon

WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)
WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)

2. Tak Bisa Menelepon Via WhatsApp

Blog Avira menyebut, jika pengguna tidak bisa menelepon via WhatsApp bisa jadi tanda jika WhatsApp mereka sudah disadap pihak lain.

3. Cek WhatsApp Web

WhatsApp Web merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp via browser di perangkat laptop atau komputer. Fitur ini sangat krusial untuk pengguna yang memakai PC, tetapi di sisi lain ini memungkinkan peretas atau pihak lain untuk menyadap akun WhatsApp.

Untuk mengetahui apakah akun WhatsApp kamu disadap, kamu bisa membuka Setting atau menu Titik Tiga di kanan atas WhatsApp, kemudian pilih WhatsApp Web.

Jika ternyata kamu login di perangkat yang tidak kamu kenali dengan lokasi yang tak dikenal pula, pilih logout atau keluar dari semua perangkat.

Opsi ini juga bisa dilakukan dari perangkat iOS, caranya pilih Setting di kanan bawah, kemudian pilih WhatsApp Web dan cek perangkat terhubung. Kalau perangkat tersebut tidak dikenal, sebaiknya pilih logout dari semua perangkat.

Pesan Terbaca Padahal Kamu Tidak Baca

Bikin paspor lewat WhatsApp. (Foto: pexels/ anton)
Bikin paspor lewat WhatsApp. (Foto: pexels/ anton)

4. Pesan Terbaca Padahal Kamu Tidak Buka

Tanda lain kalau WhatsApp telah disadap pihak lain adalah ada pesan yang terbaca padahal kamu tidak membuka pesan tersebut.

Tanda pesan sudah dibaca adalah tanda centang dua yang berubah menjadi biru, jika fitur ini telah diaktifkan sebelumnya.

Namun jika pengguna tidak mengaktifkannya, ia juga bisa menyadari pesan-pesannya telah dibaca dengan melihat apakah notifikasi angka di tiap obrolan telah hilang.

Ketika pengguna belum membuka pesan dari satu kontak tetapi tanda notifikasi angkanya telah hilang, kemungkinan ada orang lain yang membuka obrolan WhatsApp kamu.

Kirim Pesan, Padahal Pengirimnya Bukan Kamu

Ilustrasi Facebook dan WhatsApp
Ilustrasi Facebook dan WhatsApp

 5. Kirim Pesan Tanpa Sepengetahuan Pengguna

Tanda lain yang bisa menjadi kecurigaan kalau akun WhatsApp disadap adalah ada pesan yang tidak pernah kita kirimkan. Dari situ bisa diketahui, ada pihak lain yang ternyata sedang mengintip WhatsApp kita.

Baterai Boros

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

6. Baterai Cepat Habis

Cara lain mengetahui apakah WhatsApp disadap adalah menyadari saat baterai perangkat cepat terkuras.

Baterai terkuras memang tak menjadi bukti valid bahwa WhatsApp telah disadap, tetapi bisa jadi salah satu indikasi bahwa aplikasi-aplikasi di perangakt termasuk WhatsApp terus bekerja, meski si pengguna tidak membukanya.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tersangka Penghina Risma Ajukan Penangguhan Penahanan

Posted: 06 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polisi menetapkan seorang wanita sebagai penghina Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Tersangka mengajukan penangguhan penahanan dengan alasan anak dan keluarga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fildan Rahayu DA Tak Lagi Tinggal di Apartemen, Ini 8 Potret Rumahnya

Posted: 06 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Fildan Rahayu alias Fildan DA kini sudah memiliki banyak penggemar seantero Tanah Air. Sebelumnya, ia dikenal sebagai pemenang Dangdut Academy 4 dan D'Star Indosiar.

Berkat kesuksesannya, pria asal Bau Bau, Sulawesi Tenggara ini secara bertahap mengumpulkan hasil kerja kerasnya selama berkiprah di dunia musik dangdut. Fildan Rahayu pun sanggup membeli sebuah rumah dan memboyong anak serta istrinya tinggal dekat ibukota.

Di rumahnya yang luas inilah Fildan Rahayu tinggal bersama keluarga kecilnya. Sebelumnya, mereka sempat menetap di sebuah apartemen yang terbilang kecil.

Lokasi Rumahnya

Fildan, kontestan Dangdut Academy 4, bersama istri dan anaknya (istimewa)
Fildan, kontestan Dangdut Academy 4, bersama istri dan anaknya (istimewa)

Rumah Fildan dan keluarganya yang terletak di kawasan Tangerang, Banten ini terdiri dari dua lantai dengan warna dominan putih.

Sempat Dipamerkan

Salah satu yang menjadi harapan Fildan saat tampil pada Top 4 Besar malam ini. Kalau sebelumnya dikejutkan kehadiran ayahnya, Suryadi, pada konser 4 besar, ia berharap anak serta istrinya bisa menyaksikan secara langsung. (Adrian Putra/Bintang.com)
Salah satu yang menjadi harapan Fildan saat tampil pada Top 4 Besar malam ini. Kalau sebelumnya dikejutkan kehadiran ayahnya, Suryadi, pada konser 4 besar, ia berharap anak serta istrinya bisa menyaksikan secara langsung. (Adrian Putra/Bintang.com)

Fildan sempat memamerkan rumahnya dalam tayangan Hot Issue yang kemudian diunggah ke kanal Youtube Indosiar beberapa waktu lalu.

Seperti Apa?

Penasaran seperti apa rumah hasil kerja keras Fildan? Yuk kita intip beberapa tampilannya berikut ini.

1. Halaman Depan

Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)
Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)

Melihat bagian depannya, halaman rumah Fildan diisi oleh garasi serta sebuah taman kecil yang memberikan kesan asri.

2. Ruang Tamu

Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)
Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)

Memasuki bagian dalam, tampak ruang tamu di rumah Fildan memiliki deretan sofa dengan bantal-bantalnya serta vas bunga.

"Enggak terlalu besar, yang penting nyaman," ucap Fildan dalam tayangan tersebut.

3. Tempat Piala

Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)
Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)

Di salah satu sudutnya, terdapat lemari khusus berisi piala dari penghargaan yang ia dapat selama berkiprah di dunia dangdut.

4. Kamar Pribadi

Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)
Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)

Fildan pun tak segan untuk memperlihatkan tampilan kamarnya yang masih belum banyak diisi oleh perabotan.

5. Kamar Anak

Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)
Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)

Setelah itu, Fildan menunjukan kamar sang anak di lantai dua. Di situ terdapat sejumlah boneka berbentuk binatang, termasuk harimau.

6. Dapur

Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)
Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)

Bagian dapur di rumah Fildan tampak luas, sehingga membuat istrinya bisa leluasa saat sedang memasak.

7. Meja Makan

Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)
Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)

Di area dapur juga ada meja makan yang sering digunakan oleh Fildan dan keluarga.

8. Berbagai Koleksi

Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)
Rumah Fildan Rahayu DA di Tangerang, Banten. (Youtube Indosiar via Merdeka.com)

Di dalam rumahnya, Fildan memiliki tempat sendiri untuk meletakkan lemari-lemari khusus koleksinya. Koleksi pakaian dan sepatu dimasukkan ke dalam lemari yang berbeda.

Bahkan Fildan juga menyimpan seperangkat seruling yang kerap digunakannya saat sedang manggung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kubu Mulfachri Harahap: Tidak Ada Aklamasi di PAN

Posted: 06 Feb 2020 08:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Tim Pemenangan Caketum PAN Mulfachri Harahap dan Hanafi Rais, Ahmad Yohan yakin tidak ada kata aklamasi dalam proses pemilihan ketua umum dalam Kongres PAN. Hal itu dia katakan untuk menanggapi kubu petahana Zulkifli Hasan yang mendorong aklamasi.

"Di PAN ini sangat demokratis. Tidak ada (aklamasi)," ujar Yohan saat dihubungi, Jumat (7/2/2020).

Yohan menilai untuk mencapai dukungan aklamasi di PAN bakal sulit. Sebab, PAN kata dia, merupakan partai yang demokratis.

Dia mengatakan, saat ini juga sudah ada empat kandidat calon ketua umum PAN yang semuanya sudah bekerja. Empat calon itu adalah Asman Abnur, Mulfachri Harahap, Drajad Wibowo, dan Zulkifli Hasan.

"Saya kira enggak ada, susah lah. Karena ini ada empat kandidat semua bekerja. Dan tentu di PAN sangat demokratis, jadi mana mungkin ada aklamasi kalau empat kandidatnya bekerja," ujar Yohan.

Yohan mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan dukungan. Selain itu dia juga menyebut mendapat dukungan senior PAN Amien Rais.

"Insyaallah kita optimis dukungan bersama kita luar biasa," kata Yohan.

Kongres

PAN akan menggelar Kongres ke V di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 10-12 Februari mendatang. Salah satu agendanya adalah menentukan calon Ketua Umum periode 2020-2025.

Wakil Sekretaris Jenderal PAN, Rizki Aljupri menyatakan, dari beberapa kandidat caketum yang muncul di antaranya, Zulkifli Hasan, Dradjad Wibowo, Asman Abnur hingga Mulfachri Harahap.

"Ya kalau kita mau bicara apa adanya memang Pak Zul paling diunggulkan dari sisi jumlah pemegang suara, karena pemegang suara itu kan sekali lagi hanya Ketua DPW, sekretaris DPW dan ketua DPD," ujar Rizki, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Rizki menambahkan, Zulkifili Hasan sudah mengantongi dukungan lebih dari 400 suara dari total 590 pemilik hak suara. Masing-masing sudah memberikan surat dukungan yang ditandatangani oleh pemegang hak suara langsung dan distempel basah (DPW dan DPD).

Rizki mengatakan dukungan terhadap Zulkifli Hasan tidak sekadar klaim. Sebab dirinya bersama tim yang menginventarisir dan memegang salinan dukungan dari para pemilik suara.

"Memang real apa adanya, ya kalau misalkan tiap wilayah ada satu atau dua daerah yang enggak mendukung Pak Zul ya enggak apa-apa, kita kan demokrasi, cuma hampir rata-rata dukung Pak Zul," ulas Rizki.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

30 Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran Sebagai Inspirasi Hidup

Posted: 06 Feb 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kata mutiara Islam tentang kesabaran bisa menjadi pelajaran bagi setiap orang. Apalagi dengan mempedomani berbagai kata mutiara tentang kesabaran yang bersumber dari agama tentunya membuat kamu bisa lebih tenang dan nyaman.

Sebagai manusia, setiap orang tentunya memiliki berbagai masalah. Kadang kala seseorang menanggapi masalahnya dengan tidak bijak karena belum menerapkan prinsip kesabaran. Dengan bersabar, kamu juga sekaligus belajar bersyukur dengan apa yang telah kamu punya.

Kata mutiara Islam tentang kesabaran mengajarkan kamu untuk lebih bersyukur dengan apa yang kamu punya. Kamu harus yakin bahwa setelah datangnya masalah, tentunya ada penyelesaian yang membuat kamu lebih baik nantinya. Tentunya hal ini harus kamu lewati dengan sabar terlebih dahulu.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang kata mutiara Islam tentang kesabaran dari berbagai sumber, Jumat (7/2/2020).

Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran dalam Kehidupan

Kata Mutiara Islam (sumber: Pixabay)
Kata Mutiara Islam (sumber: Pixabay)

Berikut beberapa kata mutiara islam tentang kesabaran dalam kehidupan:

1. "Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar." QS Al Baqarah 155

2. "Wahai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." QS Al Baqarah 153

3. "Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." QS Asy-Syuura 43

4.  "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." QS Al Baqarah 216

5. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan." (HR. Tirmidzi)

6. "Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk." Abu Bakar

7. "Aku mencari segala bentuk rezeki, tapi tidak menemukan rezeki yang lebih baik daripada sabar." Umar bin Khattab

8. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini" Ali Bin Abi Thalib

9. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." QS Al Insyirah 5

10. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." QS At Taubah 40

Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran yang Menginspirasi

Kata Mutiara Islam / Sumber: iStockphoto
Kata Mutiara Islam / Sumber: iStockphoto

Berikut beberapa kata mutiara islam tentang kesabaran yang menginspirasi:

1. "Sabar itu gak ada batasnya, kalau ada batasnya berarti gak sabar" Gus Dur

2. "Keikhlasan menjadikan pribadi menjadi lebih berani, kokoh, tegar dan penuh dengan cahaya keindahan." Abdullah Gymnastiar

3. "Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang. Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh." Kahlil Gibran

4. "Cinta itu perang, yakni perang yang hebat dalam rohani manusia. Jika ia menang, akan didapati orang yang tulus ikhlas, luas pikiran, sabar dan tenang hati. Jika ia kalah, akan didapati orang yang putus asa, sesat, lemah hati, kecil perasaan dan bahkan kadang-kadang hilang kepercayaan pada diri sendiri." Buya Hamka

5. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." Jalaludin Rumi

6. "Ketika hal-hal terlalu sulit untuk ditangani, mundurlah dan hitung berkat-berkat yang telah kamu peroleh."

7. "Sebelum tidur setiap malam, maafkan semua orang dan tidur dengan hati yang bersih."

8. "Barang siapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar, maka akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya." Imam Asy Syafi'i

9. "Untuk mendapatkan apa yang kamu suka, pertama kamu harus sabar dengan apa yang kamu benci."- Imam Al Ghazali

10. "Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah." Ibnu Mas'ud

Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran

Kata Mutiara Islam/ Sumber: iStockphoto
Kata Mutiara Islam/ Sumber: iStockphoto

Berikut beberapa kata mutiara islam tentang kesabaran lainnya:

1. "Jika kamu mampu bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkanmu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang." Ali bin Abu thalib

2. "Ketika kamu terpancing untuk kehilangan kesabaran terhadap seseorang, coba pikirkanlah betapa Allah telah bersabar terhadapmu sejauh ini."

3. "Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan, dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran." Ibnu Taimiyah

4. "Bersabarlah, karena kesabaran adalah sebuah pilar keimanan." Umar bin Khattab

5. "Sesungguhnya kesabaran yang sebenarnya adalah pada saat goncangan yang pertama." (HR. Bukhari)

6. "Kesabaran adalah ketika hati tidak merasa marah terhadap apa yang sudah ditakdirkan, dan mulut tidak mengeluh." Ibnu Qayyim

7. "Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketidakpastian namun penuh dengan harapan."

8. "Sejak kita menginginkan kebahagiaan dan kesuksesan, sejak itu pula kesabaran menjadi kewajiban kita."

9. "Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak, sekolahnya seumur hidup."

10. "Kemampuan merasakan nikmat sabar tergantung sejauh mana keimanan kita terhadap takdir yang Allah tetapkan." Aa Gym

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden China Bahas Kerja Sama Tangani Virus Corona dengan Raja Salman

Posted: 06 Feb 2020 08:48 PM PST

Liputan6.com, Beijing- Melalui sambungan telepon pada 6 Februari 2020, Presiden China, Xi Jinping, dikabarkan telah berbicara dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Dalam pembicaraan itu, mereka membahas upaya untuk menangani wabah Virus Corona yang tengah melanda China dan beberapa negara di dunia, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat, (7/2/2020).

Dalam perbincangan itu Presiden Xi Jinping mengatakan kepada Raja Salman bahwa China akan terus memberi perhatian besar pada kesehatan dan keselamatan semua warga negara Arab Saudi dan warga asing lainnya disana, seperti dikutip dari CGTN.

Tidak hanya bertanggung jawab atas kesehatan rakyat China, Presiden Xi Jinping juga menekankan bahwa tindakan tegas China juga termasuk kontribusi besar untuk keselamatan publik dunia.

Dukungan dan Apresiasi

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud bersama Presiden China Xi Jinping. (AP Photo / Ng Han Guan)
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud bersama Presiden China Xi Jinping. (AP Photo / Ng Han Guan)

Raja Salman menyampaikan apreasinya terhadap China dengan upaya yang telah mereka lakukan dalam mengatasi Virus Corona, ia juga menekankan bahwa Arab Saudi akan selalu mendukung China dalam kondisi apa pun.

Raja Salman memberikan pendekatan akan pentingnya kemitraan strategis yang komprehensif antara Arab Saudi dengan China dan akan terus adanya kerja sama yang bersahabat.

Pihak China juga siap untuk bekerja sama dan saling mendukung dengan Arab Saudi dalam mengatur kepentingan dan perhatian utama masing-masing, juga mendorong pengembangan hubungan bilateral yang lebih besar, tambah Presiden Xi Jinping, seperti dikutip dari Xinhua.

Kerja Sama Dipastikan Terus Berjalan

Presiden China, Xi Jinping. (AP Photo/Kin Cheung)
Presiden China, Xi Jinping. (AP Photo/Kin Cheung)

Seluruh negara (China) dikatakan telah mengambil tindakan, mereka juga telah membagi pertimbangan yang sama dalam menangani wabah.

Langkah –langkah yang teliti dan ketat juga telah diadopsi oleh China dalam pencegahan dan pengendalian, serta menyemangati rakyat, kata Presiden Xi Jinping.

Saat ini, upaya ini menghasilkan hasil positif, ungkap Presiden Xi Jinping.

Presiden Xi Jinping pun mengatakan bahwa China sepenuhnya yakin dan percaya bahwa mereka mampu menangani wabah Virus Corona.

Presiden Xi Jinping juga menyampaikan harapannya agar negara-negara lain dapat mempelajari dan mengaplikasikan panduan perjalanan dan kesehatan yang diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ia menambahkan, bahwa Pihak China akan terus bekerja dengan semua negara, termasuk Arab Saudi, untuk bersama – sama menangani Virus Corona. Serta menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat di wilayah mereka juga seluruh dunia dalam semangat keterbukaan dan transparansi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Wuhan Bak Kota Mati, Terisolasi Akibat Virus Corona

Posted: 06 Feb 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona atau 2019-nCov hingga kini masih mengepung kota Wuhan, Tiongkok. Virus yang muncul dan menghebohkan sejak pertengahan Januari 2020 masih terus membuat masyarakat Wuhan dan dunia waspada.

Beragam upaya oleh berbagai kalangan untuk menekan angka bertambahnya korban akibat Corona. Bahkan sejumlah peneliti dan ahli medis masih terus mencari obat penyembuh untuk para pasien yang terinfeksi.

Masyarakat Wuhan pun mendadak dikarantina secara massal di kota tersebut. Hal tersebut tentunya berimbas kepada aktivitas sehari-hari di Kota Wuhan. Sejak diisolasi, kota Wuhan bak kota mati. Tak ada aktivitas signifikan serta warga memilih mengurung diri di rumah masing-masing.

Kota besar ini hanya menyisakan penampakan sunyi gedung-gedung tinggi dan jalanan besar. Hanya sesekali mobil melintas di jalan tol. Banyak restoran dan halte kosong dan membiarkan meja mereka kotor.

Berikut ini 7 potret sunyi Kota Wuhan bak kota mati akibat virus Corona yang dirangkum oleh Liputan6.com, Jumat (7/2/2020) dari berbagai sumber.

1. Penampakan salah satu jalan utama di Kota Wuhan yang tampak begitu lenggang.

Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: World of Buzz)
Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: World of Buzz)

2. Tampak gedung-gedung tinggi begitu sunyi dan jalanan sangat sepi.

Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: World of Buzz)
Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: World of Buzz)

3. Jalan tol di Kota Wuhan pun tampak benar-benar sepi dari kendaraan.

Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: New York Times)
Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: New York Times)

4. Saat langit mulai gelap, kota Wuhan tampak seperti kota mati meski lampu jalan masih menyala.

Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: Business Insider)
Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: Business Insider)

5. Aktivitas Kota Wuhan tampak lumpuh total akibat virus Corona yang menyebar sejak pertengahan Januari 2020.

Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: World of Buzz)
Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: World of Buzz)

6. Perbedaan salah satu lokasi di Kota Wuhan sebelum dan sesudah diisolasi akibat virus Corona.

Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: Business Insider)
Dikepung virus Corona, Kota Wuhan bak kota mati yang sepi tanpa aktivitas. (Sumber: Business Insider)

7. Kira-kira beginilah situasi dan keadaan Kota Wuhan saat ini yang direkam menggunakan drone.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Bali United di Piala AFC 2020, Tantang Wakil Vietnam di Laga Pembuka

Posted: 06 Feb 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bali United akhirnya gagal ke babak grup Liga Champions Asia musim ini. Mereka pun harus berlaga di Piala AFC seperti musim lalu.

Hal ini tak lepas dari kekalahan Bali United di babak playoff Liga Champions Asia. Melawat ke Melbourne Victory, Bali United dibantai 0-5.

Namun asa Bali United untuk bersinar di kompetisi Asia masih terbuka. Pasalnya mereka akan mewakili Indonesia di Piala AFC 2020.

Bali United tergabung di Grup G pada Piala AFC 2020. Lawannya pun cukup berat yakni wakil Filipina, Ceres-Negros, Than Quang Ninh (Vietnam), serta Svay Rieng (Kamboja).

Berikut jadwal Bali United di Piala AFC 2020:

Jadwal Pertandingan

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, saat melawan Persija Jakarta pada laga Piala Indonesia 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (5/5). Persija menang 1-0 atas Bali United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, saat melawan Persija Jakarta pada laga Piala Indonesia 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (5/5). Persija menang 1-0 atas Bali United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

11 Februari 2020

Bali United Vs Than Quang Ninh

25 Februari 2020

Svay Rieng Vs Bali United

11 Maret 2020

Ceres-Negros Vs Bali United

14 April 2020

Bali United Vs Ceres-Negros

29 April 2020

Than Quang Ninh Vs Bali United

13 Mei 2020

Bali United Vs Svay Rieng

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut