Senin, 24 Februari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Smartphone Layar Lipat Huawei Mate Xs Hadir dengan Kirin 990 5G

Posted: 24 Feb 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Huawei akhirnya mengumumkan kehadiran penerus smartphone layar lipatnya yang rilis tahun lalu, yaitu Mate X. Penerus dengan nama Mate Xs ini hadir dengan sejumlah peningkatan dari sisi spesifikasi dan komponen.

Sekilas Huawei Mate Xs masih mengusung desain mirip pendahulunya, tapi Huawei melakukan sejumlah perbaikan termasuk struktur engsel yang dibuat lebih baik.

Selain itu, peningkatan juga dilakukan di sistem pendingin perangkat. Dikutip dari GSM Arena, Selasa (25/2/2020), smartphone anyar ini dibekali dengan chipset Kirin 990 5G.

Huawei Mate Xs hadir dengan layar lipat OLED yang turut memperkuat struktur perangkat. Saat dilipat, perangkat ini akan hadir dengan layar berukuran 6 inci, sedangkan saat dibuka, Mate Xs hadir dengan bentang layar 8 inci.

Smartphone ini memiliki tiga kamera yang masing-masing beresolusi 40MP (lensa utama), 8MP (lensa telephoto), dan 16MP (ultrawide) ditambah pula modul ToF.

Kendati tidak memiliki kamera depan khusus, tiga kamera smartphone tersebut juga dapat berfungsi untuk selfie. Perangkat ini ditopang dengan baterai berkapasitas 4.500mAh dan fitur fast charging 55W.

Masih sama seperti smartphone anyar Huawei lain, Mate Xs menjalankan EMUI 10 berbasis Android 10, tapi tanpa dukungan Google Mobile Services.

Menurut CEO Huawei Richard Yu smartphone ini akan dijual secara global mulai depan. Adapun banderol untuk Mate Xs yang memiliki RAM 8GB dengan ROM 512GB ini adalah 2.499 euro (Rp 37 juta).

Huawei Klaim Smartphone Layar Lipat Mate X Laku 100 Ribu Unit per Bulan

Tampak depan smartphone layar lipat Huawei Mate X. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
Tampak depan smartphone layar lipat Huawei Mate X. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Awal tahun ini, Huawei Huawei mengklaim smartphone layar lipatnya, Mate X, terjual 100 ribu unit per bulan sejak dirilis di Tiongkok, November lalu.

Dalam laporan yang dipublikasikan Android Central, Huawei Mate X hanya dijual di Tiongkok dengan harga 16.999 Yuan atau setara USD 2400 (sekitar Rp 33 juta).

Mengutip laman The Verge, Senin (13/1/2019), Huawei Mate X disebut-sebut sebagai rival utama smartphone layar lipat Samsung, Galaxy Fold. Meski begitu, tidak jelas berapa persen pangsa pasar masing-masing, jika dibandingkan.

Sebelumnya, seorang pejabat eksekutif Samsung Young Sohn salah menyebut, Galaxy Fold sudah terjual 1 juta unit. Namun di ajang CES 2020, Samsung disebut-sebut menjual 400 ribu hingga 500 ribu unit Galaxy Fold sejak dijual September lalu.

Sekadar informasi, Huawei dan Samsung merupakan dua perusahaan teknologi pertama yang menghadirkan layar fleksibel di awal 2019.

Penjualan Sempat Diundur hingga November 2019

Tampak smartphone layar lipat Huawei Mate X. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
Tampak smartphone layar lipat Huawei Mate X. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Pada ajang CES 2019, prototipe smartphone layar lipat cukup banyak. Namun, saat memamerkan bentuk Galaxy Fold ke publik, Samsung memukul telak Huawei. Meski begitu, perangkat ini berulang kali dibatalkan penjualannya karena dianggap belum siap.

Sementara itu, Huawei Mate X diumumkan di Mobile World Congres 2019. Perangkat ini awalnya hendak dijual perdana pada Juli 2019. Namun, perusahaan memutuskan menunda hingga November untuk memperbaiki layar lipatnya.

Huawei sendiri tak menjual perangkat layar lipatnya di Tiongkok. Namun, perusahaan memastikan Mate X akan debut di negara-negara Eropa pada kuartal pertama 2020.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lintasarta Sebar 3.200 Beasiswa Coding untuk Pelajar SMK

Posted: 24 Feb 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lintasarta memberikan 3.200 beasiswa coding kepada para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui program Lintasarta Digischool.

"Bandung merupakan kota pertama untuk dimulainya penyelenggaran Lintasarta Digischool. Kita akan roadshow ke Sembilan kota di Indonesia selama semerter I 2020," kata Direktur Datacomm Lintasarta, Ginandjar, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (25/2/2020).

Ginandjar mengatakan, saat ini tenaga di sektor programmer menjadi prioritas dan kebutuhannya cukup banyak. Namun, ketersediaan tenaga tersebut di Indonesia tidak mencukupi di tengah teknologi berkembang begitu cepat.

"Semoga inisiatif ini dapat menjadi salah satu solusi memenuhi kebutuhan cepat para programmer yang siap bekerja," tuturnya.

General Manager Corporate Secretary Lintasarta Ade Kurniawan menambahkan, melalui program kepedulian sosial di pilar pintar Lintasarta meluncurkan Lintasarta Digischool yang harapannya dapat turut merealisasikan cita-cita pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai rumah ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Di samping itu, program ini juga sejalan dengan visi Lintasarta menjadi pemimpin dalam solusi informasi dan komunikasi bisnis di Indonesia.

Pada program ini, lanjutnya, Lintasarta mengajak pelajar dan lulusan SMK berusia maksimal 29 tahun yang berminat di bidang teknologi dengan memberikan pilihan beasiswa pembelajaran secara online yang mencakup kurikulum kelas pemula Aplikasi Android dan Pemrograman Web.

Sementara itu, untuk kelas expert dimana 200 orang terpilih akan mendapatkan sertifikasi berstandar global dari Dicoding (Google Developers Authorized Training Partner) sebagai mitra Lintasarta dalam menyediakan kurikulum standar industri internasional tersebut.

Seluruh proses pembelajaran hingga konsultasi dilakukan secara online dengan harapan agar seluruh peserta bisa leluasa dapat belajar tanpa batasan ruang dan waktu disela-sela aktivitas mereka.

Lintasarta Sabet Sertifikasi PCI DSS Cloud Security

Lintasarta berhasil sabet sertifikasi PCI DSS Cloud Security (sumber: istimewa)
Lintasarta berhasil sabet sertifikasi PCI DSS Cloud Security (sumber: istimewa)

Sebelumnya, Lintasarta baru saja mengumumkan telah berhasil mendapatkan sertifikasi PCI DSS Cloud Security. Penyerahan sertifikasi ini dilakukan oleh TUV Rheinland dan diterima Direktur IT Services Lintasarta Arya N. Soemali.

Untuk diketahui, PCI DSS atau Payment Card Industry Data Security Standard merupakan standar keamanan data pemegang kartu untuk memenuhi persyaratan minimum pada penggunaan sektor keuangan, seperti credit card atau debit card.

PCI DSS sendiri dipelopori dan didirikan oleh lima jaringan pembayaran internasional, yakni American Express, Discover, JCB, Mastercard, dan Visa.

"Dengan achievement sertifikasi ini membuktikan kami memiliki kapasitas lebih untuk mencapai sesuatu yang luar biasa sekaligus membuktikan ke pasar Lintasarta siap melayani pengembangan bisnis sektor keuangan," tutur Arya dalam keterangan resmi yang diterima, pada Kamis 4 Juni 2019. 

Arya mengatakan dengan sertifikasi ini Lintasarta dapat meningkatkan pelayanan terutama sektor keuangan. Sebab, layanan yang diberikan sudah mengikuti standar internasional, baik jaminan tingkat keamanan dan standar operasional.

Untuk mendapatkan sertifikasi PCI DSS Cloud Security diperlukan audit eksternal terkait dokumen, standar desain teknis, dan non teknis secara end-to-end.

Untuk gambaran, dengan PCI-DSS Cloud berarti level lokasi fisik cloud (data center), jaringan (network), perangkat (server), dan sistem di dalamnya harus memenuhi standar minimun yang ditentukan lembaga standarisasi internasional.

Lintasarta sudah melakukan sertifikasi cloud sertifikasi dengan PCI DSS Cloud Security sejak Oktober 2018 dan selesai disertifikasi pada Juni 2019 sebagai service provider cloud dengan multisite bersertifikat PCI DSS Cloud Security.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Banjir Jakarta, KRL dan Transjakarta Ubah Rute hingga Motor Boleh Masuk Tol

Posted: 24 Feb 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banjir kembali terjadi di Jakarta. Banjir ini akibat hujan deras yang mengguyur Ibu Kota sejak Selasa (25/2/2020) dini hari.

Sejumlah ruas jalan pun tak dapat dilalui karena genangan air yang cukup tinggi. Aktivitas sejumlah warga juga lumpuh akibat banjir.

Bahkan, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta juga sempat banjir pada pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB. Namun saat ini sudah kembali kering.

Banjir juga terjadi di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Air setinggi 20 hingga 30 cm menutup ruas jalan.

Dampak banjir Jakarta ini pun cukup terasa. Salah satunya adalah PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) terpaksa melakukan rekayasa operasi KRL akibat beberapa rel terendam banjir.

Berikut dampak-dampak banjir Jakarta dihimpun Liputan6.com:

 

KRL Rekayasa Jalur

Kereta commuterline melintas dekat proyek pembangunan Apartemen Mahata Tanjung Barat di sekitar Stasiun Tanjung Barat, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Proyek ini menempel Stasiun Tanjung Barat dan dekat dengan pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, dan tempat rekreasi. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Kereta commuterline melintas dekat proyek pembangunan Apartemen Mahata Tanjung Barat di sekitar Stasiun Tanjung Barat, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Proyek ini menempel Stasiun Tanjung Barat dan dekat dengan pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, dan tempat rekreasi. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) memberlakukan rekayasa operasi kereta rel listrik (KRL) setelah beberapa jalurnya terendam banjir di sekitar wilayah DKI Jakarta pada Selasa (25/2/2020).

VP Corporate Communications, PT KCI Anne Purba menyatakan genangan terpantau di lintas antara Stasiun Kampung Bandan - Stasiun Kemayoran, dan di Stasiun Sudirman.

"Hujan lebat sejak malam tadi juga mengakibatkan tahap akhir pekerjaan penggantian wesel di Stasiun Jakarta Kota belum sempurna," kata Anne dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com.

Dia menyebut sejumlah perjalanan ke Jakarta Kota hanya sampai Stasiun Manggarai ataupun Pasar Senen saja. Berikut sejumlah perjalanan yang dilakukan pola rekayasa:

- Lintas Bogor/Depok - Angke/Jatinegara PP perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai.

- Lintas Bekasi - Jakarta Kota PP via Pasar Senen, perjalanan hanya sampai Stasiun Pasar Senen.

- Lintas Bogor/Depok - Jakarta Kota PP sebagian perjalanannya diatur hanya sampai Stasiun Manggarai.

- Lintas Bekasi - Jakarta Kota PP via Manggarai sebagian perjalanannya diatur hanya sampai Stasiun Manggarai.

Sementara itu untuk lintas Rangkasbitung - Tanah Abang PP, Duri - Tangerang PP, dan Tanjung Priok - Jakarta Kota PP hingga pukul 06.00 WIB masih terpantau normal.

Selain itu, dia juga mengimbau agar pengguna KRL dapat merencanakan perjalanannya mengingat banjir di sejumlah wilayah tersebut.

"Pengguna juga kami ajak untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dengan tidak berdesakan saat naik turun kereta," jelasnya.

 

Beberapa Rute Transjakarta Tak Beroperasi

Penumpang Transjakarta diarahkan turun di halte Kuningan Madya karena tak bisa melanjutkan perjalanan ke arah Bundaran HI, Senen atau Manggarai, (Foto:Rinaldo)
Kuningan Madya

Sejumlah rute bus Transjakarta dialihkan akibat banjir yang terjadi di wilayah Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Berdasarkan akun resmi Twitter @PT_Transjakarta disampaikan koridor 2 rute Pulogadung-Harmoni tidak melewati Halte Bermis sampai dengan Pedongkelan.

Untuk rute M11 transjakarta, Pulogadung-Pulogebang, juga dialihkan karena banjir di kawasan Bermis. Bus untuk sementara waktu tidak melewati Halte Bermis, hanya sampai bus stop Balap Sepeda.

Kemudian rute 1M, Meruya-Blok M, perjalanan dialihkan karena adanya genangan air di sekitar Swadarma. Rute tersebut untuk sementara waktu tidak melewati bus stop Swadarma sampai Singgalang.

Kemudian, Koridor 9 rute Pinang Ranti-Pluit diperpendek menjadi rute Pinang Ranti-Grogol. Rute 9A, PGC-Grogol, diperpendek menjadi rute PGC-Harapan Kita.

Rute 9M, Pinang Ranti-Halimun, diperpendek menjadi rute Pinang Ranti-Setiabudi Utara AINI. Lalu rute mikrotrans atau angkot yang terintegrasi Transjakarta juga tidak dioperasikan akibat banjir.

"INFO | Mikrotrans rute JAK 34, JAK 60, JAK 24, JAK 39, JAK 61, JAK 59, JAK 75, JAK 02, JAK 40, JAK 77, JAK 27, JAK 26, JAK 74 sementara tidak dapat beroperasi melayani pelanggan karena tingginya genangan air," tulis akun twitter @PT_Transjakarta.

Selanjutnya, untuk rute yang tidak beroperasi di antaranya rute Bekasi Timur -Juanda, Bekasi Timur - Grogol.

Kemudian Kalideres - Pasar Baru, Penjaringan-Rawa Buaya, Pulogadung-Blok M, Pinang Ranti-Pulogadung, dan Ragunan - Monas via Kuningan.

 

Kereta Bandara Dihentikan Sementara

Kereta bandara dari Railink.
Kereta bandara dari Railink.

Banjir Jakarta juga turut berdampak pada lumpuhnya beberapa transportasi, termasuk KA Bandara Soekarno Hatta.

Pembatalan perjalanan KA Bandara Soekarno Hatta disampaikan melalui akun Instagram resmi Kereta Api Bandara Railink.

Informasi perjalanan "Pembatalan Perjalanan KA Bandara Soekarno Hatta Dampak Banjir Selasa, 25 Februari 2020", begitu tajuk dari pengumuman tersebut.

"Sehubungan dengan terendamnya jalur rel KA Bandara karena banjir, mulai pukul 06.10 WIB hingga saat ini KA Bandara Soekarno-Hatta masih belum dapat beroperasional sampai waktu yang belum dapat ditentukan," demikian bunyi keterangan tersebut.

Pihak KA Bandara Railing turut mengimbau kepada penumpan untuk merencanakan kembali perjalanannya. Sedangkan bagi penumpang yang terdampak gangguan perjalanan dapat melakukan pengembalian tiket 100 persen.

Caranya dengan menyertakan bukti tiket dan bukti transaksi ke email info@railink.co.id.

"Penumpang KA Bandara akan mendapatkan refund 100% dari harga tiket. Mohon mengirimkan data pribadi, e-ticket, dan data perbankan (no. rekening, atas nama rekening, dan nama bank) untuk proses refund ke info@railink.co.id. Terima kasih atas perhatiannya." lanjut bunyi keterangan

Sedangkan, untuk tiket KA Bandara yang dibeli dari e-commerce seperti Traveloka, Bukalapak dan Tiket.com yang sudah di-redeem, penggantian berupa voucher sesuai dengan relasi yang dipilih penumpang.

Terkait informasi dan perkembangan perjalanan KA Bandara Soekarno Hatta akan disampaikan melalui media sosial resmi KA BAndara Railink.

 

Ratusan Sekolah Diliburkan

Kondisi banjir yang masih menggenangi gedung Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nur Attaqwa, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (24/2/2020). Banjir yang terjadi sejak Minggu (23/2) kemarin mengakibatkan kegiatan belajar di MTs itu terpaksa diliburkan sementara. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Kondisi banjir yang masih menggenangi gedung Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nur Attaqwa, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (24/2/2020). Banjir yang terjadi sejak Minggu (23/2) kemarin mengakibatkan kegiatan belajar di MTs itu terpaksa diliburkan sementara. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Dinas Pendidikan DKI Jakarta meliburkan ratusan sekolah akibat banjir, Selasa (25/2/2020) pagi.

Mulai dari taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA)/sekolah menengah kejuruan (SMK) dan sederajat.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Kerjasama Antar Lembaga Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sonny Juhersoni menyatakan data tersebut masih sementara. Sebab saat ini pihaknya masih melakukan pendataan.

"Tidak diliburkan, tapi para peserta didik yang sekolahnya terdampak banjir, tetap belajar di rumah," kata Sonny.

Dia menyebut sekolah yang diliburkan tersebut yang sekolah terkena banjir dan akses menuju lokasi tertutup.

 

Ganjil Genap Ditiadakan

Sosialisasi ganjil genap di perempatan Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019).(Merdeka.com/ Ronald
Sosialisasi ganjil genap di perempatan Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019).(Merdeka.com/ Ronald

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meniadakan pembatasan kendaraan roda empat dengan sistem ganjil genap pada Selasa (25/2/2020) ini. Peniadaan ini menyusul banjir yang merendam sejumlah ruas jalan di Jakarta.

"Iya tidak berlaku melihat beberapa tempat terdapt genangan air," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, dalam keterangannya.

Dia menerangkan, peniadaan ganjil genap itu bersifat sementara sembari melihat situasi di beberapa ruas jalan yang tergenang banjir.

"Situasional saja," ujar Fahri.

Informasi ini pun telah disebarkan oleh akun twitter resmi milik TMC Polda Metro Jaya. "Untuk sementara ini kawasan Ganjil-Genap tidak diberlakukan perintah dari Dir Lantas Polda Metro Jaya karena situasi tidak memungkinkan," tulis akun @TMCPoldaMetroJaya.

 

Motor Diizinkan Masuk Tol

Pengendara sepeda motor memasuki Tol Pulomas, Jakarta, Sabtu (8/2/2020). Pengendara sepeda motor memasuki Tol Pulomas lantaran Jalan Ahmad Yani perempatan Gudang Garam terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pengendara sepeda motor memasuki Tol Pulomas, Jakarta, Sabtu (8/2/2020). Pengendara sepeda motor memasuki Tol Pulomas lantaran Jalan Ahmad Yani perempatan Gudang Garam terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. (merdeka.com/Imam Buhori)

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memperbolehkan kendaraan roda dua untuk melintas di tiga ruas tol pada hari ini, Selasa (25/2/2020).

"Untuk sepeda Motor bisa melintas di tol. Diskresi berlangsung secara situasional," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar.

Dia menjelaskan, ada tiga jalan bebas hambatan yang boleh dilewati pengendara sepeda motor pada banjir Jakarta hari ini. Antara lain Tol Jagorawi melalui GT Taman Mini 2 arah Priok dan dikeluarkan di Off Ramp Kodam Jaya.

Kemudian, Tol Wiyoto Wiyono melalui GT Kebon Nanas, dikeluarkan di Off Ramp Cempaka Putih dan sebaliknya.

Demikan, Tol Becakayu, dari Bekasi arah Jakarta dikeluarkan di Off Ramp Pondok Kelapa. "Sekali lagi ini sifatnya sementara. Kami melihat kondisi jalan di sekitar gerbang tol tersebut," ujar Fahri soal dampak banjir Jakarta.

 

PLN Padamkan Listrik

Pekerja tengah memasang Trafo IBT 500,000 Kilo Volt di Gardu induk PLN Balaraja, Banten, Kamis (16/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja tengah memasang Trafo IBT 500,000 Kilo Volt di Gardu induk PLN Balaraja, Banten, Kamis (16/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT PLN (Persero) mencatat, 1.612 gardu dipadamkan akibat banjir yang melanda beberapa titik di sebagian Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Hal ini untuk menjaga keselamatan warga agar terhindar dari bahaya arus listrik.

Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, PLN terpaksa melakukan pemadaman sementara di sejumlah wilayah terdampak banjir.

"Kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan demi keselamatan masyarakat," kata Made, di Jakarta.

Terpantau hingga pukul 09.00 WIB sebanyak 868 gardu di DKI Jakarta, 711 gardu di Jawa Barat, dan 33 gardu di Banten yang aliran listriknya diputus sementara.

Total terdapat 1.612 gardu yang aliran listriknya diputus sementara demi keselamatan warga. Sementara sebanyak 43 gardu yang banjirnya sudah surut dan dinyatakan aman, listriknya telah dinyalakan kembali.

Untuk DKI Jakarta Daerah yang aliran listriknya dipadamkan sementara diantaranya meliputi sebagian Pondok Kopi, Cempaka Putih, Menteng, Pondok Gede, Bandengan, Cengkareng, Lenteng Agung, Kramatjati, Jatinegara, Ciracas, Kebun Jeruk, Bintaro, Bulungan, dan Marunda.

Untuk Wilayah Jawa Barat yang mati listrik meliputi sebagian Bekasi, Karawang, Purwakarta, Cikarang, dan Gunung Putri. Sementara, untuk Wilayah Banten meliputi sebagian Cikupa, Teluk Naga, dan Serpong.

Himbauan kepada masyarakat apabila wilayahnya mulai tergenang air:

1. Matikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB)

2. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak

3. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman

4. Apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile atau Kantor PLN Terdekat meminta untuk dipadamkan.

Untuk yang wilayahnya masih mengalami pemadaman, PLN juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menggunakan genset.

"Mungkin masyarakat sangat ingin menyalakan listrik, karena listrik PLN belum aman untuk dinyalakan, warga menggunakan genset karena merasa rumahnya sudah aman dari banjir. Padahal instalasi listriknya masih belum aman, ini juga harus diperhatikan, karena berpotensi tersetrum," pungkas Made.

 

(Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Afghanistan Laporkan Kasus Pertama Positif Virus Corona COVID-19

Posted: 24 Feb 2020 10:43 PM PST

Liputan6.com, Kabul - Menteri Kesehatan Afghanistan mengatakan PADA Senin 24 Februari 2020 bahwa negara tersebut telah mengidentifikasi kasus COVID-19 yang pertama kali dikonfirmasi.

Ferozuddin Feroz, menteri kesehatan setempat, mengatakan pada konferensi pers di Kabul bahwa salah satu dari tiga kasus yang dicurigai dinyatakan positif memiliki Virus Corona di Provinsi Herat, bagian barat.

Dia mengumumkan keadaan darurat di provinsi itu, yang berbatasan dengan Iran di mana puluhan kasus telah dikonfirmasi dan 12 orang telah meninggal.

"Saya meminta orang-orang untuk mencoba tinggal di rumah dan membatasi pergerakan mereka," kata Ferozuddin, merujuk pada penduduk di wilayah perbatasan.

Tiga tersangka pasien di Herat baru-baru ini kembali dari Iran, Dr Sayed Attaullah Sayedzai, kepala departemen pengawasan penyakit di kementerian kesehatan masyarakat, mengatakan pada hari Minggu.

Kasus yang dikonfirmasi adalah seorang pria berusia 35 tahun yang baru saja kembali dari kota Qom, rumah bagi sebagian besar kasus coronavirus Iran, dan sekarang telah ditempatkan di karantina, kata Feroz.

 

Menghentikan Mobilitas

Li Xiang, petugas medis dari Provinsi Jiangsu, memeriksa hasil pengujian di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, 22 Februari 2020. Tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit itu. (Xinhua/Xiao Yijiu
Li Xiang, petugas medis dari Provinsi Jiangsu, memeriksa hasil pengujian di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, 22 Februari 2020. Tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit itu. (Xinhua/Xiao Yijiu

Afghanistan menghentikan semua pergerakan udara dan darat ke dan dari Iran pada akhir pekan.

"Hal yang membuat kami khawatir tentang coronavirus di Afghanistan adalah bahwa orang-orang kami, karena ekonomi lemah, sudah menderita berbagai penyakit dan mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah," kata Feroz.

Jutaan orang Afghanistan tinggal di Iran, sering bolak-balik dengan mobil dan bus melintasi perbatasan untuk melihat keluarga dan mencari pekerjaan.

Pada hari Senin, sopir taksi Aziz Ahmad mengatakan kepada Reuters bahwa dia melihat lebih dari 100 mobil dengan penumpang di sisi perbatasan Iran terhalang untuk mencapai Afghanistan.

"Beberapa penumpang mengatakan bahwa visa mereka kedaluwarsa dan mereka tidak punya cukup uang untuk tinggal di Iran," katanya. "Mereka mengatakan pemerintah Afghanistan bertanggung jawab atas warga negaranya sendiri dan harus mencari solusi untuk masalah ini."

Iran, yang mengumumkan dua kasus pertamanya Rabu lalu, mengatakan memiliki 61 kasus yang dikonfirmasi dan 12 kematian, dengan sebagian besar infeksi di kota Qom.

Arab Saudi, Kuwait, Irak, Turki dan Afghanistan telah memberlakukan pembatasan perjalanan dan imigrasi bagi para pelancong dari Iran.

Kuwait, Bahrain, dan Irak pada Senin juga mengkonfirmasi kasus COVID-19 pertama mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tidak Bisa Dilalui, Terowongan Angkasa Terendam Banjir

Posted: 24 Feb 2020 10:40 PM PST

Suasana terowongan di Jalan Angkasa yang tergenang banjir Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Suasana terowongan di Jalan Angkasa yang tergenang banjir Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Suasana terowongan di Jalan Angkasa yang tergenang banjir Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga melintasi banjir di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga melintasi banjir di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga melintasi banjir di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga melintasi banjir di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga melintasi banjir di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga melintasi banjir di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga melintasi banjir di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga melintasi banjir di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga melintasi banjir di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga bermain di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga bermain di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga bermain di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Suasana terowongan di Jalan Angkasa yang tergenang banjir Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Suasana terowongan di Jalan Angkasa yang tergenang banjir Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Suasana terowongan di Jalan Angkasa yang tergenang banjir Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga melintasi banjir di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga melintasi banjir di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga melintasi banjir di terowongan Jalan Angkasa, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir di terowongan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Usut Perusakan di Kantor Pemasaran Aeon Mall JGC

Posted: 24 Feb 2020 10:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengusut perusakan di kantor Pemasaran Aeon Mall Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur. Segerombolan warga menggeruduk kantor tersebut karena dituding sebagai biang banjir di permukimannya.

"Kami step by step. Kami selidiki dulu akar pemasalahan antara warga dengan Aeon Mall. Baru setelah itu ke tindakan perusakannya," kata Kapolsek Cakung Kompol Pandji Santoso saat dihubungi, Selasa (25/2/2020).

Pandji mengakui, warga sempat merusak fasilitas yang ada di kantor pemasaran Aeon Mall. Pihaknya pun sedang mendalami kasus ini.

"Para pelaku yang terbukti melakukan tindak pidana pasti kami proses," ujar dia.

 

 

Digeruduk Warga

Ilustrasi garis polisi (AP/Eric Risberg)
Ilustrasi garis polisi (AP/Eric Risberg)

Sebelumnya, sekelompok warga yang terdampak banjir ini datang ke pemasaran Aeon Mall Jakarta Garden City sekira pukul 10.00 WIB pada Selasa (25/2/2020). Mereka hendak meminta penjelasaan kepada pihak pengembang.

"Menurut warga konturnya ada yang tidak beres. Sehingga menyebabkan terjadinya banjir. Padahal, banjir itu kan terjadi di mana-mana," ujar Kapolsek Cakung, Kompol Pandji Santoso saat dihubungi, Selasa (25/2/2020).

Pihak kepolisian pun telah menengahi antara warga dengan pengembang mal. Keduanya dipertemukan untuk duduk bersama untuk mencari solusinya.

"Sudah damai. Perwakilan dari warga tadi sudah berdiskusi," ujar dia.

Saat ini, gerombolan warga pun sudah membubarkan diri. Namun, pihak kepolisian tetap berjaga di lokasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Semua personel tetap berjaga di lokasi," terang dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Belgia Klaim Eden Hazard Bakal Absen 3 Bulan

Posted: 24 Feb 2020 10:35 PM PST

Madrid - Winger Real Madrid, Eden Hazard, mengalami cedera patah tulang fibula di kaki kanannya. Pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez, mengungkap sang pemain akan absen selama tiga bulan ke depan.  

Eden Hazard dihantam cedera ketika El Real menelan kekalahan 0-1 dari Levante pada laga pekan ke-25 La Liga Spanyol, di Estadio Ciudad de Valencia, Sabtu (22/2/2020).

Cedera patah tulang fibula membuat eks pemain Chelsea itu lagi-lagi harus absen membela Real Madrid. Padahal, dia baru saja pulih dari cedera pergelangan kaki dan sempat menepi selama 64 hari.

"Setelah dilakukan pemeriksaan hari ini kepada pemain kami Eden Hazard oleh Layanan Medis Real Madrid, yang bersangkutan didiagnosis mengalami cedera distal fibula fracture di bagian kanan. Pengamatan terus dilakukan," bunyi pernyataan resmi Real Madrid.

Los Blancos tidak mengumumkan berapa lama Hazard bakal absen. Namun, seperti dilansir AS, sang pemain tidak bisa memperkuat Madrid selama delapan pekan atau dua bulan ke depan.

Alhasil, Eden Hazard melewatkan 11 pertandingan yang dilakoni Real Madrid. Dari 11 laga tersebut, sejumlah duel sengit akan dijalani El Real, beberapa di antaranya adalah kontra Manchester City pada 16 besar Liga Champions (26 Februari dan 17 Maret) dan Barcelona (1 Maret).

Absen 3 Bulan

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, dan Eden Hazard. (AFP/Jose Jordan)
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, dan Eden Hazard. (AFP/Jose Jordan)

Akan tetapi, pernyataan berbeda dilontarkan Roberto Martinez. Menurutnya, Eden Hazard setidaknya butuh tiga bulan untuk bisa kembali tampil. Situasi itu pun membuat Hazard menyudahi musim ini lebih awal.

"Kami sangat sedih, karena cedera ini akan membuatnya absen selama setidaknya tiga bulan. Seorang pesepak bola seperti Eden harus selalu berada di lapangan," ujar Martinez.

"Kami memiliki komunikasi yang sangat baik dengan staf medis Real Madrid dan kami cemas tentang Eden. Ini sangat disayangkan, karena itu juga terjadi sebelum pertandingan penting seperti yang dilakukan Manchester City," tuturnya.

Eden Hazard ditebus Real Madrid dari Chelsea dengan banderol 100 juta euro (Rp 1,5 triliun) pada musim panas tahun ini. Dibeli dengan harga selangit, Hazard lebih banyak menghabiskan waktu di ruang perawatan.

Akibatnya, dia baru tampil dalam 15 pertandingan pada musim ini. Dari 15 laga tersebut, Eden Hazard mencetak satu gol dan lima assist.

Sumber: ESPN

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Chat Terlalu Percaya Diri ke Gebetan Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 24 Feb 2020 10:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan seorang pacar. Salah satu usaha yang kerap dilakukan adalah dengan cara mendekati melalui pesan chat. Namun terkadang dalam proses pendekatan melalui chat, ada rasa percaya berlebih yang akhirnya berujung nyesek.

Persis seperti unggahan akun Instagram @receh.id pada Sabtu (22/2/2020). Akun Instagram tersebut mengunggah chat tentang orang yang merasa percaya diri kalau ia sedang digombali. Namun nyatanya gombalan tersebut malah untuk orang lain. Postingan ini pun viral di Instagram dengan sudah mendapatkan 27 ribu like dan 405 komentar.

"Pede banget si lisa" komentar akun Instagram @ihsasurbakti.

"Dih iis dasar geer bg" imbuh akun Instagram @sasihsu.

Selain chat tersebut, masih banyak chat lainnya yang terlalu percaya diri dan bikin ngakak. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/2/2020).

1. Tega banget emang si Lisa.

5 Chat Terlalu Percaya Diri ke Gebetan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)
5 Chat Terlalu Percaya Diri ke Gebetan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)

2. Sudah dibikinin kata-kata romantis, eh malah dibalasnya gitu.

5 Chat Terlalu Percaya Diri ke Gebetan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
5 Chat Terlalu Percaya Diri ke Gebetan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

3. Kirain bakal digombalin balik, eh malah enggak peduli.

5 Chat Terlalu Percaya Diri ke Gebetan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/1cak)
5 Chat Terlalu Percaya Diri ke Gebetan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/1cak)

4. Singkat, padat dan jelas. Fix, mundur aja deh.

5 Chat Terlalu Percaya Diri ke Gebetan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: 1cak.com)
5 Chat Terlalu Percaya Diri ke Gebetan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: 1cak.com)

5. Mohon maaf, yang motor matic mundur dulu ya.

5 Chat Terlalu Percaya Diri ke Gebetan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)
5 Chat Terlalu Percaya Diri ke Gebetan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janda Kobe Bryant Tuntut Operator Helikopter yang Tewaskan Suami dan Putrinya

Posted: 24 Feb 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Vanessa Bryant, janda legenda basket Kobe Bryant, menuntut operator helikopter yang menewaskan suami dan putrinya, plus delapan korban lain.

Gugatan setebal 72 halaman itu diajukan ke Pengadilan Tinggi County Los Angeles ketika Vanessa Bryant bergabung bersama ribuan pelayat dan menyampaikan penghormatan kepada korban di Staples Center, Senin (24/2/2020) atau Selasa WIB.

Tuntutan ini tidak mengungkapkan kompensasi secara spesifik dan mencantumkan para tergugat yakni Island Express Helicopters, induk perusahaannya, serta ahli waris sang pilot Ara Zobayan yang juga meninggal dunia dalam kecelakaan 26 Januari lalu. Island Express belum mengomentari gugatan ini.

Dalam klaimnya, Vanessa Bryant mencantumkan 28 kesaksian tentang pengabaian dan pelanggaran tugas dengan menuduh tergugat gagal mengambil tindakan profesional untuk menghindari kecelakaan, serta tidak menjalankan praktik terbang yang aman.

Secara khusus gugatan ini menyatakan Zobayan "gagal memonitor dan mengakses dengan layak cuaca sebelum tinggal landas" dan "gagal menjaga jarak yang aman antara helikopter dan kendala-kendala alam."

Gugatan itu juga menyebut Zobayan dalam kondisi tidak layak mengendalikan helikopter di bawah kondisi orientasi visual meski jarak pandang terganggu. Seharusnya pilot menggunakan navigasi berpandu instrumen dalam kondisi tersebut.

Kecelakaan Tragis

Los Angeles Lakers menghormati Kobe Bryant dan putrinya Gigi dengan menaruh bunga mawar dan jersey Mamba # 2 gigi dan jersey Kobe # 24 di kursi sebelum pertandingan melawan Portland Trail Blazers di Staples Center on di Los Angeles, California (31/1/2020). (Harry How/Getty Images/AFP)
Los Angeles Lakers menghormati Kobe Bryant dan putrinya Gigi dengan menaruh bunga mawar dan jersey Mamba # 2 gigi dan jersey Kobe # 24 di kursi sebelum pertandingan melawan Portland Trail Blazers di Staples Center on di Los Angeles, California (31/1/2020). (Harry How/Getty Images/AFP)

Kobe Bryant, Gianna Bryant, Zobayan, serta tujuh orang lainnya tewas akibat kecelakaan helikopter di perbukitan Cabalasas, California, saat hendak menuju Mamba Sports Academy, akhir bulan lalu.

Helikopter yang dikemudikan Zobayan mencoba menembus kabut tebal, meski saat itu Departemen Kepolisian Los Angeles membatalkan patroli udara, karena kondisi tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Perintahkan Nara Hotel IPO Ulang

Posted: 24 Feb 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta PT Nara Hotel Internasional untuk mengulang proses Penawaran Umum perdana sahamnya melaui PT Magenta Kapital Sekuritas Indonesa sebagai Penjamin Pelaksana Emisi selambat-lambatnya pada 20 Maret 2020.

Sebelumnya, PT Nara Hotel Internasional merencanakan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia pada 7 Februari 2020, namun OJK menemukan adanya perbedaan antara dokuman Informasi Tambahan yang disampaikan kepada OJK dengan dokumen Informasi Tambahan yang diumumkan kepada publik mengenai pengungkapan porsi penjatahan saham.

"Sehubungan dengan hal tersebut dan untuk memberikan perlindungan kepada investor, OJK telah memerintahkan PT Nara Hotel Internasional Tbk dan PT Magenta Kapital Sekuritas Indonesia, sebagai Penjamin Pelaksana Emisi, agar mengulang Masa Penawaran Umum," jelas Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (25/2/2020). 

Dalam melakukan Penawaran Umum ulang, informasi yang disampaikan pada Prospektus Penawaran Umum ulang wajib sama dengan informasi yang disampaikan dalam Prospektus Penawaran Umum tanggal 3 dan 4 Februari 2020. Kecuali untuk informasi mengenai tanggal penawaran umum, tanggal penjatahan, tanggal distribusi, tanggal pengembalian uang pemesanan, tanggal pencatatan di Bursa Efek Indonesia, tanggal perdagangan Waran, masa berlaku waran dan informasi lain dengan persetujuan OJK.

Apabila terdapat perkembangan informasi yang dapat mempengaruhi keputusan para investor, maka informasi tersebut wajib diumumkan dalam Informasi Tambahan paling lambat 3 hari kerja sebelum dimulainya Masa Panawaran Umum.

"Perintah kepada PT Nara Hotel Internasional Tbk. dan PT Magenta Kapital Sekuritas Indonesia diberikan sebagai langkah tegas OJK untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap industri Pasar Modal Indonesia," tutup Anto. 

Kaum Jetset Terpukau Konsep Istana di Atas Pulau di Bali ala Nara Hotel

Istana di Atas Pulau. (Liputan6.com/ Istimewa)
Istana di Atas Pulau. (Liputan6.com/ Istimewa)

Sebelumnya, Nara Hotel Internasional sedang mengembangkan konsep istana di atas pulau atau Luxury Estate di kawasan Nusa Penida, Bali yang merupakan bagian dari proyek area rekreasi terpusat (Integrated Leisure Complex). Adapun Nara Hotel tengah menerima permintaan Luxury Estate yang datang dari konsumen lokal dan mancanegara.

"Ada beberapa unit yang sudah dalam proses pemesanan. Rata-rata mereka adalah kalangan high nett worth dari Indonesia, Eropa, Tiongkok dan Jepang yang merupakan pelanggan lama saya dari kalangan HNWI. Jadi sudah tahu produk yang cocok sesuai selera mereka," ujar Endy Kusumo selaku Brand & Business Development Director PT Nara Hotel Internasional, Jumat (29/11/2019).

Endy yang sudah malang melintang di industri high end luxury goods, menyampaikan rasa optimisnya, bahwa proyek Luxury Estate milik Nara Hotel akan menarik animo kalangan jetset, yang ingin merasakan pengalaman unik tinggal di pulau, secara prestisius dan berbeda dari lainnya.

Proyek Luxury Estate yang bernilai Rp200 miliaran ini, dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp10 miliar per unit dengan luas bervariasi antara 1000-5000 meter persegi.

"Setiap unit yang dijual disesuaikan dengan permintaan konsumen (customized order). Kami menggandeng arsitek dan perancang interior terkenal lokal maupun kelas dunia untuk mengakomodir selera dan kemauan masing-masing konsumen," kata Endy.

Lebih lanjut, Endy menjelaskan bahwa proyek prestisius milik Nara Hotel Internasional ini akan mengusung konsep mansion seperti di Miami, AS, yaitu hunian megah yang berlokasi di tepi pantai, dengan halaman depan menghadap ke arah laut, dan dilengkapi dermaga untuk kapal pesiar pribadi.

Menurutnya, konsumen bisa gunakan sebagai investasi yang dikelola Nara Hotel, dengan imbal hasil/ROI yang menggiurkan, maupun untuk ditempati sendiri sebagai holiday home dengan suasana yang berbeda.

Tak hanya Luxury Estate, proyek area rekreasi terpusat (Integrated Leisure Complex) yang sedang dikembangkan oleh Nara Hotel Internasional di kawasan Nusa Penida, Bali nantinya akan berisi pusat perbelanjaan, festival area, hotel berstandar internasional dengan kapasitas 120 kamar, theme parkbusiness centerwaterparkwatersportbeach clubfloating restaurant.

Saat ini, Nara Hotel tengah mengelola penginapan (hotel dan vila) serta pusat kuliner (food and beverage) dan beach club yang tersebar di berbagai lokasi, mencakup Tijili Benoa, Tijili Seminyak, Ombak Beach Club, The Tamora, The Shadow Canggu dan The Gallery – Bali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mereka yang Terpaksa Menerjang Banjir Jalan Raya Bekasi

Posted: 24 Feb 2020 10:30 PM PST

Sejumlah pengendara dan warga melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)
Sejumlah pengendara dan warga melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah pengendara dan warga melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pengendara mendorong motornya melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pengendara mendorong motornya melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pengendara mendorong motornya melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pengendara mendorong motornya melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pengendara mendorong motornya melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pengendara mendorong motornya melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pengendara mendorong motornya melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pengendara mendorong motornya melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pengendara mendorong motornya melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pengendara mendorong motornya melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pengendara mendorong motornya melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pengendara mendorong motornya melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah kendaraan bermotor melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)
Sejumlah kendaraan bermotor melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah kendaraan bermotor melintasi banjir di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir akibat hujan yang melanda Bekasi sejak Selasa (25/2) dini hari memutus beberapa titik jalan raya di wilayah setempat. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perkembangan Infrastruktur Sepak Bola Jelang Piala Dunia U-20

Posted: 24 Feb 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ajang Piala Dunia FIFA U20 akan segera dimulai. Enam kota terpilih sebagai calon kuat tuan rumah putusan FIFA. Masing-masing kota mulai berbenah menyiapkan infrastruktur sepak bola.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta Banjir, Ganjil Genap Tak Berlaku Hari Ini

Posted: 24 Feb 2020 10:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pembatasan kendaraan roda empat dengan sistem ganjil genap ditiadakan karena banjir yang merendam sejumlah ruas jalan di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Hal ini disampaikan Dinas Perhubungan DKI Jakarta melalui media sosial Instagram resminya, @dishubdkijakarta.

"Pagi ini Selasa 25 Februari 2020, kebijakan lalu lintas Ganji-Genap tidak diberlakukan. Tetap berhati-hati dalam berlalu lintas dan ikuti arahan petugas di lapangan," tulis keterangan foto.

Senada dengan hal tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menegaskan ganjil genap tak berlaku hari ini.

"Iya tidak berlaku melihat beberapa tempat terdapat genangan air," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, dalam keterangannya.

Dia menerangkan, peniadaan ganjil genap itu bersifat sementara sembari melihat situasi di beberapa ruas jalan yang tergenang banjir.

"Situasional saja," ujar Fahri.

Informasi Melalui Twitter

Informasi ini pun telah disebarkan oleh akun twitter resmi milik TMC Polda Metro Jaya.

"Untuk sementara ini kawasan Ganjil-Genap tidak diberlakukan perintah dari Dir Lantas Polda Metro Jaya karena situasi tidak memungkinkan," tulis akun @TMCPoldaMetroJaya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Nella Kharisma Pakai Baju Sekolah, Tampil Imut

Posted: 24 Feb 2020 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi dangdut Nella Kharisma pesonanya memang selalu mencuri perhatian publik. Penyanyi dangdut asal Kediri yang terkenal melalui lagu Konco Mesra ini sedang menjadi perbincangan Netizen.

Penyanyi dangdut berusia 25 tahun ini setiap mengunggah potretnya pasti menjadi sorotan oleh penggemarnya. Apalagi potretnya saat mengenakan baju seragam sekolah SD, Selasa (4/2/2020).

Tentu di usianya yang sudah 25 tahun, penampilannya ini malah lucu dan imut. Banyak yang menganggap bahwa Nella Kharisma masih pantas menjadi anak sekolahan.

Namun gayanya yang mengenakan baju layaknya seragam sekolah ini ternyata bukan pertama kalinya. Ia beberapa kali pernah mengunggahnya, bahkan membuat video klip dengan busana sekolah.

Berikut 6 gaya Nella Kharisma pakai baju sekolah yang Liputan6.com kutip dari Instagram @nellakharisma, Selasa (25/2/2020).

1. Bersama dengan penyanyi dangdut Imelda Veronica, Nella Kharisma memakai kostum jadi anak sekolah 1 SMA

Nella Kharisma pakai baju sekolah (Sumber: Instagram/nellakharisma)
Nella Kharisma pakai baju sekolah (Sumber: Instagram/nellakharisma)

2. Selain jadi anak SMA, gaya Nella saat pakai baju SD pun sangat lucu.

Nella Kharisma pakai baju sekolah (Sumber: Instagram/nellakharisma)
Nella Kharisma pakai baju sekolah (Sumber: Instagram/nellakharisma)

3. Busana ini pun seperti seragam anak sekolah yang ada di sinetron-sinetron.

Nella Kharisma pakai baju sekolah (Sumber: Instagram/nellakharisma)
Nella Kharisma pakai baju sekolah (Sumber: Instagram/nellakharisma)

4. Berpenampilan layaknya anak sekolah ini juga dilakukan Nella Kharisma bersama teman-temannya.

Nella Kharisma pakai baju sekolah (Sumber: Instagram/nellakharisma)
Nella Kharisma pakai baju sekolah (Sumber: Instagram/nellakharisma)

5. Banyak yang menganggap bahwa Nella Kharisma masih pantas jadi anak sekolah, seperti halnya dalam video klip ini.

6. Banyak para penggemar yang membanjiri kolom komentar Nella Kharisma saat ia berpenampilan layaknya anak SD.

Nella Kharisma pakai baju sekolah (Sumber: Instagram/nellakharisma)
Nella Kharisma pakai baju sekolah (Sumber: Instagram/nellakharisma)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinilai Jadi Penyebab Banjir, Warga Blokade Jalan Tol Bitung 2

Posted: 24 Feb 2020 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tuding pembangunan jalan tol jadi penyebab banjir yang merendam ratusan rumah di Desa Kadu, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, puluhan warga di desa tersebut memblokade atau aksi tutup akses Tol Tangerang menuju Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Sedari pagi, warga membawa bebatuan berukuran besar dan balok di Pintu Tol Bitung 2. Bahkan, para ibu dengan masih mengenakan daster, berpayung, mereka nekad berdiam diri, menghalang-halangi truk bermuatan besar untuk melintas.

"Ikut kesel lah, gara-gara ada jalan tol ini, kita kebanjiran. Sebelum Tol Bitung 2 ini ada, kami enggak pernah kebanjiran," ujar Siti, salah seorang warga.

Lalu, warga lain bernama Alfian mengatakan hal yang sama. Sebab dulunya, sebelum ada Tol Bitung 2, saluran air dinilai cukup besar dan lancar, jadi aliran air tidak tersumbat sama sekali.

"Tapi karena ada pembangunan itu, saluran airnya menyempit dan airnya masuk ke permukiman warga dan sekarang ini banjir setinggi 80 sentimeter sampai 1 meter," ujarnya.

Sementara itu, Kepada Desa Kadu, Asdiansyah menjelaskan, dampak dari pembangunan tol ini menyebabkan 200 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian mulai 1 hingga 1,5 meter.

"Hingga saat ini masih banjir, belum surut juga. Sekarang kita lagi proses negosiasi dengan warga dan Jasamarga untuk bisa mempertanggungjawabkan dengan memperlebar saluran air," ujarnya.

 

Sudah Bisa Dilalui

Aksi tersebut mulai bisa diredam ketika perwakilan warga dan beberapa petugas terkait melakukan negosiasi. Selagi langkah tersebut dilakukan, batu-batu yang tadinya ada di ruas jalan tol mulai dibersihkan dan diangkat satu per satu, hingga akhirnya jalur Pintu Tol Bitung 2 saat ini sudah bisa dilalui.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah Kebanjiran, Warga Geruduk Aeon Mall JGC

Posted: 24 Feb 2020 10:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Warga menggeruduk kantor pemasaran Aeon Mall Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur. Mereka menuding, bangunan itu sebagai biang keladi banjir di perumahannya.

Kapolsek Cakung, Kompol Pandji Santoso menerangkan, sekelompok warga yang terdampak banjir ini datang ke pemasaran Aeon Mall Jakarta Garden City sekitar pukul 10.00 WIB, Selasa (25/2/2020).

Mereka hendak meminta penjelasan kepada pihak pengembang.

"Menurut warga konturnya ada yang tidak beres. Sehingga menyebabkan terjadinya banjir. Padahal, banjir itu kan terjadi di mana-mana," ujar Pandji saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Kepolisian pun telah menengahi antara warga dengan pengembang Aeon Mall. Keduanya dipertemukan untuk duduk bersama guna mencari solusinya.

"Sudah damai. Perwakilan dari warga tadi sudah berdiskusi," ujar Pandji.

 

Sudah Bubar

Saat ini, gerombolan warga pun sudah membubarkan diri. Namun, kepolisian tetap berjaga di lokasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Semua personil tetap berjaga di lokasi," terang Pandji.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Sebut Jakarta Masih Berpotensi Diguyur Hujan Petir Dini Hari Nanti

Posted: 24 Feb 2020 10:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat masih membayangi Jakarta. Hujan dengan intensitas tinggi ini terjadi hingga awal Maret nanti.

"Masih ada potensi peringatan curah hujan beberapa hari ke depan, paling tidak sampai awal Maret," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo, ketika dihubungi Liputan6.com, Selasa (25/2/2020).

Kendati demikian, lanjut dia, hujan yang terjadi diprediksi tidak akan separah awal tahun silam, 1 Januari 2020.

Pada malam hari nanti, potensi hujan dengan intensitas rendah masih terjadi di sejumlah wilayah.

Namun, intensitas hujan meningkat pada Rabu 26 Februari 2020 dini hari nanti. BMKG memprakirakan, hujan dengan intensitas sedang turun di Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu.

Sementara hujan disertai petir terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara.

"Hari ini konvensi hujan siang hingga sore terpantau intensitasnya rendah dan berawan. Tapi malam ini hingga besok dini hari ada potensi hujan intensitas sedang," ujar Mulyono.

(Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Menanam Kangkung Hidroponik, Mudah Dipraktikkan di Rumah

Posted: 24 Feb 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara menanam kangkung hidroponik merupakan salah satu solusi bercocok tanam di lahan terbatas. Metode menanam secara hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah. Metode hidroponik menggunakan media air yang dicampur dengan nutrisi yang diperlukan tanaman.

Kangkung merupakan tanaman yang dapat dibudidaya dengan metode hidroponik ini. Cara menanam kangkung hidroponik bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan dilakukan di rumah. Melakukan budi daya dengan metode hidroponik tidak akan banyak menghabiskan biaya karena dapat memanfaatkan bahan-bahan bekas.

Selain mendapatkan manfaat kangkung untuk kesehatan, cara menanam kangkung hidroponik ternyata mendatangkan manfaat bagi lingkungan sekitar. Menghemat pengeluaran, menjadikan lingkungan nampak asri, mengurangi polusi, membuat udara sekitar lebih bersih, dan membantu meningkatkan kadar oksigen udara merupakan manfaat menanam kangkung hidroponik.

Karena banyak keuntungan yang bisa didapat, kini kamu bisa mencoba menanam kangkung hidroponik sendiri di rumah. Berikut cara menanam kangkung hidroponik yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/2/2020).

Persiapkan Alat dan Bahan

ilustrasi kangkung/copyright Shutterstock
ilustrasi kangkung/copyright Shutterstock

Cara menanam kangkung hidroponik pertama dengan menyiapkan alat dan bahan. Alat yang dibutuhkan untuk menanam kangkung hidroponik seperti wadah atau besek berukuran besar dengan lubang-lubang kecil di sekelilingnya. Baskom dengan diameter yang sama dengan besek. Hal ini berguna agar besek dapat mengapung di atas baskom.

Bahan-bahan yang dibutuhkan lainnya seperti benih kangkung, pupuk hidroponik seperti AB mix atau pupuk buatan sendiri, dan zat pengatur tumbuh (ZPT) untuk merendam benih agar lebih cepat berkecambah.

Pilih Benih Kangkung yang Berkualitas

Ilustrasi Kangkung
Ilustrasi Kangkung

Cara menanam kangkung hidroponik selanjutnya dengan memilih benih yang berkualitas. Pemilihan bibit kangkung sangat berpengaruh terhadap keberhasilan budi daya kangkung hidroponik.

Pilihlah bibit kangkung unggulan agar tanaman yang dihasilkan dapat dipanen secara bersamaan, tidak mudah berbunga, dan tidak merambat saat proses penanaman.

Persiapkan Rokwol, Nutrisi AB Mix, dan Netpot

Bahan-bahan ini memiliki peran penting ketika ingin budidaya hidroponik. Rakwol untuk pembenihan dilakukan di tempat khusus untuk bibit yang akan tumbuh.

Nutrisi AB Mix memiliki banyak jenis. Sesuaikan penggunaan AB Mix untuk buah dan daun. Untuk menanam kangkung hidrponik kamu bisa memilih nutrisi Ab Mix yang khusus untuk daun.

Persiapkan Penyemaian Benih Kangkung

Ilustrasi Kangkung/copyright shutterstock.com/k_lmnop
Ilustrasi Kangkung/copyright shutterstock.com/k_lmnop

Cara menanam kangkung hidroponik berikutnya menyemai benih kangkung. Sebelum menyemai benih kangkung, kamu harus menyeleksi terlebih dahulu mana benih kangkung yang layak tanam dan mana benih yang tidak dapat tumbuh.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan beberapa langkah. Sediakan baskom berisi air bersih, tuangkan benih ke dalam wadah tersebut dan biarkan semalaman, dan keesokan harinya kamu akan melihat ada benih yang mengapung dan tenggelam. Sisihkan benih yang tenggelam, karena benih itulah yang memiliki kualitas baik, sedangkan yang mengapung bisa dibuang.

Kalau sudah mendapat benih yang baik, kamu bisa menyemai benih kangkung dengan ambil kain yang cukup tebal. Bungkus benih kangkung yang telah direndam tersebut dengan kain. Siram kain menggunakan air hangat secukupnya atau sekedar basah. Hal ini bertujuan agar benih kangkung lebih cepat berkecambah.

Pindahkan Benih Kangkung ke Wadah Tanam

Cara menanam kangkung hidroponik selanjutnya dengan memindahkan benih ke dalam wadah. Kangkun akan mengalami pertumbuhan yang optimal apabila benih-benih tersebut ditanam dalam jumlah banyak pada satu wadah.

Berikut cara menanam kangkung hidroponik yang benar dengan memindahkan semua benih yang telah berkecambah ke dalam besek. Kamu dapat menggunakan busa filter aquarium sebagai dasar yang melapisi besek, namun jika tidak tersedia tidak perlu diberikan.

Selanjutnya, tuangkan larutan nutrisi hidroponik ke dalam baskom hingga mengenai permukaan besek dan benih. Jika memakai busa filter, maka larutan nutrisi cukup sampai busa saja. Kemudian kamu dapat meletakkan benih yang baru tumbuh di area yang terkena sinar matahari atau membiarkan kangkung tersebut melakukan pertumbuhan dengan menutup besek menggunakan plastik hitam selama satu hari penuh.

Perawatan Kangkung Hidroponik

Cara menanam kangkung hidroponik selanjutnya dengan memperhatikan merawatnya. Cara merawat kangkung hidroponik dengan mengawasi dan memperhatikan nutrisi atau kebutuhan kangkung akan unsur hara dalam bentuk cair.

Pastikan kangkung hidroponik kamu tidak kekurangan nutrisi,  terlebih saat kangkung memasuki usia 2 minggu, maka konsentrasi larutan akan semakin bertambah.

Saat itulah kamu perlu menambah pupuk organik cair yang tadinya hanya 5 ml per 1 liter air meningkat menjadi 7 – 9 ml per 1 l air. Kamu juga perlu mengganti larutan nutrisi jika dirasa sudah berbau, lakukan tahapan tersebut secara berulang hingga masa panen tiba. 

 

Cara Memanen Kangkung Hidroponik

Budidaya Hidroponik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Budidaya Hidroponik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Proses memanen merupakan cara menanam kangkung hidroponik yang terakhir. Kamu bisa memanen kangkung hidroponik ketika memasuki usia 4-6 minggu atau lebih kurang 1 bulan setelah masa tanam.

Panen kangkung hidroponik kamu ketika daun-daun kangkung masih hijau segar dan belum terlihat tua atau bahkan berbunga. Setelah itu, kangkung yang kamu tanam bisa segera dipertik atau dipotong untuk diolah menjadi masakan lezat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Banjir, Pengunjung Mal Diprediksi Turun 30 Persen

Posted: 24 Feb 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah kunjungan ke pusat perbelanjaan dan mal di Jakarta pada hari ini diprediksi turun. Hal tersebut akibat banjir yang melanda sejumlah titik di ibu kota.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengatakan, akibat banjir ini, pengunjung mal diprediksi akan turun hingga 30 persen. Namun demikian, diharapkan menjelang sore jumlah kunjungan ke mal meningkat jika banjir mulai surut dan akses jalan kembali normal.

"Saya kira bisa sampai 30 persen (turun). Tapi kita belum tahu. Mungkin malnya enggak banjir tapi orang yang mau ke situ susah kan, karena jalan aksesnya banjir," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (25/2//2020).

Untuk potensi kerugian, lanjut Stefanus, dirinya belum bisa menghitung secara pasti. Hal ini harus mendapatkan laporan dari mal yang terkena dampak banjir.

"(Kerugian) belum tahu. Menghitungnya sulit," lanjut dia.

Selain pengunjung, karyawan yang bekerja di mal juga banyak yang terlambat masuk. Sebab, banyak akses jalan yang terhalang banjir sehingga menyulitkan karyawan untuk mencapai mal tempatnya bekerja.

"Tenant juga laporan karyawannya enggak masuk karena kebanjiran, ada yang sampai pinggang. Banyak yang laporan. Mereka buka tetap normal tapi dengan kondisi karyawannya yang leboh sedikit. Kalau yang masuk mungkin karyawannya tinggal dekat mal, dia ngekos, mereka aman. Tenant juga memaklumi karena mau bagaimana lagi," tandas dia.

Operasional Mal Masih Berjalan Normal

Kondisi Mall Cipinang Indah yang terendam air saat banjir melanda, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Selain merendam permukiman warga, banjir kali ini juga melumpuhkan Mal Cipinang Indah yang terpaksa ditutup akibat terendam air. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Kondisi Mall Cipinang Indah yang terendam air saat banjir melanda, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Selain merendam permukiman warga, banjir kali ini juga melumpuhkan Mal Cipinang Indah yang terpaksa ditutup akibat terendam air. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Banjir yang melanda sejumlah titik di Jakarta turut berdampak ke pusat perbelanjaan dan mal. Meski demikian, operasional mal masih tetap berjalan normal.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan dari pengelola mal yang terdampak banjir. Namun sejauh ini mal di ibu kota masih beroperasi secara normal.

 

"Belum ada laporan lengkap. Kita lagi mengecek, ini karyawan mal banyak yang belum masuk karena kena dampak banjir," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Stefanus memprediksi mal yang terkena dampak banjir berada di wilayah-wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Mengingat di wilayah tersebut banyak titik banjir.

"(Mal yang terkena dampak banjir) Di daerah Jakarta Timur, juga mungkin di Jakarta Barat airnya naik," ungkap dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: SBY Bangun Museum di Pacitan, Tanda Cinta untuk Ibu Ani

Posted: 24 Feb 2020 10:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Wapres ke-11 Budiono tiba di lokasi peletakan batu pertama pembangunan museum dan galeri seni SBY-ANI di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Kelurahan Ploso, Kabupaten Pacitan pada Sabtu, 22 Februari 2020.

Tak lama berselang anak pertama SBY, AHY bersama keluarga tiba di lokasi, hadir pula dalam groundbreaking, Gubernur Jawa Timur, anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang juga mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan sejumlah tokoh lainnya.

Dalam sambutannya, SBY mengatakan pembangunan museum kepresidenan ini merupakan amanah dari almarhumah Ibu Ani Yudhoyono. Saat ini akan dikerjakan dan diwujudkan sebagai tanda cintanya yang amat dalam kepada almarhumah. Sebagai penanda dimulainya pembangunan museum, SBY didampingi sejumlah tokoh melakukan pengadukan pasir dan penekanan sirene.

Sementara AHY menyampaikan, dengan dibangunnya museum ini untuk penyemangat generasi muda, agar terus berkarya dan berjuang keras, seperti SBY yang lahir di kota kecil Pacitan mampu menjadi Presiden.

Sehari sebelumnya, SBY juga berpartisipasi dalam acara jalan sehat bersama warga Pacitan, Jawa Timur. SBY melepas para peserta jalan sehat di Alun-alun kota, sebagai bagian dari agenda Hari Jadi Kabupaten Pacitan yang ke-275.

Warga Pacitan tampak antusias, menyambut SBY dan keluarga besarnya. Mereka berebut untuk berjabat tangan dan melakukan swafoto. Demikian diberitakan pada Liputan6, 23 Februari 2020.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Banjir Putuskan Akses Jalan Raya Pondok Gede

Posted: 24 Feb 2020 10:10 PM PST

Warga menggunakan jasa gerobak untuk menghindar banjir yang merendam Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020).  Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga menggunakan jasa gerobak untuk menghindar banjir yang merendam Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga menggunakan jasa gerobak untuk menghindar banjir yang merendam Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas menggunakan perahu karet mengangkut warga melintasi banjir di Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020).  Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas menggunakan perahu karet mengangkut warga melintasi banjir di Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas menggunakan perahu karet mengangkut warga melintasi banjir di Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga terjatuh saat melintasi banjir yang merendam Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020).  Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga terjatuh saat melintasi banjir yang merendam Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga terjatuh saat melintasi banjir yang merendam Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga menggunakan jasa gerobak untuk menghindar banjir yang merendam Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020).  Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga menggunakan jasa gerobak untuk menghindar banjir yang merendam Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga menggunakan jasa gerobak untuk menghindar banjir yang merendam Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kondisi banjir yang merendam Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020).  Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kondisi banjir yang merendam Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kondisi banjir yang merendam Jalan Pondok Raya Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Sejumlah ruas jalan tergenang dan akses ke beberapa wilayah terputus, salah satunya Jalan Pondok Raya Gede. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi Jenewa, Menlu Retno Bahas Kerja Sama Ekonomi dan Isu Palestina

Posted: 24 Feb 2020 10:09 PM PST

Liputan6.com, Jenewa - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melakukan 9 pertemuan bilateral di sela-sela Sidang Dewan HAM PBB (High Level Segment of the Human Rights Council), yang dimulai Senin, 24 Februari 2020 di Markas Besar PBB Jenewa, Swiss.

"Hari ini saya bertemu dengan rekan saya dari Belanda, Swedia, Palestina, Denmark, Ukraina, Arab Saudi dan Norwegia. Saya juga bertemu dengan Dirjen WHO dan Komisioner Tinggi HAM," sebut Retno di sela-sela kehadirannya di Sidang Dewan HAM PBB tersebut.

Selain membahas berbagai isu kerja sama bilateral Indonesia dan negara sahabat, serta berbagai isu di kawasan dan global yang menjadi kepentingan bersama juga menjadi pembahasan. Dari berbagai isu, setidaknya terdapat 3 isu utama.

Pertama, peningkatan kerja sama ekonomi. Menlu Retno menekankan pentingnya memfokuskan pada kerja sama ekonomi di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi dunia saat ini akibat berbagai isu termasuknya merebaknya Virus Corona COVID 19.

"Akses pasar bagi produk pertanian dan perkebunan Indonesia khususnya ke negara-negara pasar potensial non tradisional Indonesia terus dibuka," jelas Retno.

Secara khusus, dengan Belanda, Menlu RI membahas rencana kunjungan Raja Belanda pada bulan Maret 2020 ke Indonesia yang diikuti oleh sejumlah pengusaha negara tersebut. "Kami membahas berbagai proyek kerja sama ekonomi yang akan disepakati sebagai hasil konkrit kunjungan," tegas Retno.

Kedua, dukungan dunia terhadap perjuangan Palestina paska pengumuman rencana perdamaian yang digagas Amerika Serikat. Menlu Retno tegaskan kembali pentingnya semua negara mendukung semua parameter internasional yang telah disepakati dalam upaya penyelesaian konflik Palestina dan Israel.

"Perlunya dibukanya kembali proses perundingan yang didukung oleh semua negara untuk mencari solusi yang lestari berdasarkan prinsip two state solution," ujar dia.

"Ketiga, pemberdayaan peran perempuan dalam perdamaian. Dengan sahabat saya Menlu Swedia dan Norwegia, sesama Menlu perempuan, saya secara khusus membahas pemberdayaan perempuan dalam mendorong perdamaian dan toleransi. Upaya Indonesia dalam pemberdayaan kontribusi perempuan dalam perdamaian tidak berhenti pada tingkat nasional, namun juga dilakukan pada tingkat kawasan dan dunia."

"Saya menyampaikan rencana pembentukan Southeast Asia Network of Woman Peace Negotiations and Mediators dan Indonesia-Afghanistan Women Networks yang akan masing-masing diluncurkan pada Juni dan Maret 2020 ini," ungkap Retno.

 

Bahas Isu Lain

Menlu Retno Marsudi bersama dengan Menlu Palestina Riyad al-Maliki. (Source: Kemlu RI)
Menlu Retno Marsudi bersama dengan Menlu Palestina Riyad al-Maliki. (Source: Kemlu RI)

Di sela-sela kehadiran di Sidang HAM PBB, Menlu Retno juga bertemu dengan Komisioner Tinggi HAM (KTHAM), Michelle Bachelet. KTHAM secara khusus mengucapkan selamat kepada Indonesia atas keanggotaannya di dua forum penting secara bersamaan, yaitu Dewan HAM dan DK PBB. Selain itu KTHAM juga mengapresiasi peran Indonesia dalam upaya mendorong penyelesaian isu di Rakhine State.

Berbagai isu penting juga didiskusikan, mulai dari program Indonesia selama keanggotaan Indonesia di Dewan HAM PBB, hingga potensi kerja sama teknis dan penguatan kapasitas antara Indonesia dengan KTHAM atau kerja sama trilateral antara Indonesia, KTHAM dan negara lain yang memerlukan.

"Kolaborasi bersama di tingkat nasional, regional maupun global termasuk dalam kerangka ASEAN sangat penting untuk mendorong promosi dan proteksi HAM". Tutup Retno.

High Level Segment Dewan HAM merupakan pertemuan puncak Dewan HAM PBB dan dihadiri oleh delegasi setingkat Kepala negara dan Menteri. Rangkaian Sidang Dewan HAM yang dimulai pada 24 Februari 2020 akan berakhir pada tanggal 20 Maret 2020.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Sebut Banjir Jakarta Rendam 200 RW Lebih

Posted: 24 Feb 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima laporan bahwa banjir yang terjadi di wilayahnya pada Selasa (25/2/2020) telah merendam 200 RW lebih. Menurut Anies, jumlah wilayah terdampak banjir Jakarta diperkirakan akan terus bertambah.

"Masih bergerak terus, tapi di atas 200 RW yang terdampak dari 2.738 RW di Jakarta," kata Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut, banjir yang terjadi sejak Selasa pagi diakibatkan curah hujan yang tinggi.

Karena itu, Anies mengimbau agar masyarakat yang terdampak banjir dapat menghubungi kontak 112 atau petugas di masing-masing kelurahan.

"Kami akan bantu respons kebutuhan masyarakat," ucapnya.

Saat ini, kata Anies, pihaknya tengah fokus untuk penanggulangan banjir di masyarakat. Sebab berdasarkan informasi dari BMKG, cuaca ekstrem diperkirakan akan terjadi hingga Maret 2020.

"Semua sumber daya kita fokuskan ke sana, kita siapkan untuk terjun. Semua kegiatan Pemprov difokuskan ke lapangan, pertemuan rapat semua batal, semua turun ke lapangan," jelasnya.

 

Banjir Jakarta

Sejumlah pengendara nekat menerobos genangan banjir di Jalan dr Sutomo, Pasar Baru, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sejumlah pengendara nekat menerobos genangan banjir di Jalan dr Sutomo, Pasar Baru, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur sejak Selasa (25/2/2020) dini hari membuat sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya kembali terendam banjir.

Mengutip dari akun instagram TMC Polda Metro, banjir terjadi di wilayah Semanan, Jakarta Barat, dengan ketinggian 30 sampai 40 cm.

Banjir juga terjadi Jalan Swadaya, Kelurahan Cempakan Baru, Jakarta Pusat dengan ketinggian air mencapai 60 cm. Sementara di Jalan Satria Raya, Grogol, Jakarta Barat, kendaraan jenis sedan diimbau tidak melintas karena ketinggian air sekitar 30 sampai 50 cm.

Selain Jakarta, sejumlah wilayah di Bekasi, Jawa Barat, juga terendam banjir. Seperti di Perumahan Jatimulya Regency dengan ketinggian air mencapai 60 cm. Banjir juga terjadi di Perumahan Mutiara Gading Timur, Bekasi Timur.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kanal Banjir Meluap di Tomang

Posted: 24 Feb 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kanal banjir Tomang meluap akibat hujan lebat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Ringkus Pelaku Pembunuhan Seorang Perempuan di Tulungagung

Posted: 24 Feb 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aparat Kepolisian Resor Tulungagung, Jawa Timur, meringkus pelaku tunggal pembunuhan Miratun, seorang janda dan ibu kos di Ngunut, Tulungagung, yang diduga bermotif pencurian disertai kekerasan.

Sebagaimana diungkap dalam gelar perkara di hadapan awak media, pelaku pembunuhan adalah seorang pemuda asal Kabupaten Hulu, Kalimantan Selatan, bernama Dicky Febrianto, Tulungagung, Jawa Timur, Senin, 24 Februari 2020.

Pelaku pernah menyewa kamar indekos di rumah korban selama tiga hari, namun kemudian pergi tanpa pamit dengan menggondol uang Rp4 juta dan sejumlah perhiasan kalung yang disimpan di dalam lemari baju, dilansir dari Antara.

"Hasil olah TKP dan pengakuan tersangka ini, dia awalnya hanya berniat mencuri untuk kedua kalinya. Namun karena yang dicari tidak ada, dia mengincar perhiasan yang dikenakan korban," kata Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia.

Kekerasan itu dilakukan pelaku sendirian dengan cara mencekik leher korban. Setelah korbannya tidak berdaya dan diduga mati lemas, Dicky melucuti perhiasan yang dikenakan mantan ibu kosnya itu.

 

Polisi Ganjar 15 Tahun

Ilustrasi Pembunuhan (iStock)
Ilustrasi Pembunuhan (iStock)

Pandia melanjutkan, tersangka ini awalnya datang ke Tulungagung untuk mencari kerja. Dia ke rumah pamannya di Ngunut, lalu mencarikannya ke tempat kos korban. Selanjutnya, jasad Miratun kemudian ditemukan terbungkus kasur yang ada di dalam kamarnya.

Polisi mengidentifikasi keterkaitan kasus pembunuhan tersebut dengan tersangka Dicky dengan melacak jejak pencurian sebelumnya yang mengarah ke pemuda asal Kalimantan Selatan itu.

"Perhiasan hasil pencurian itu lalu dijual seharga Rp7 juta dan digunakan tersangka ke Bali," kata Pandia.

Dari identifikasi itu, polisi kemudian memburu Dicky dan menangkapnya di sebuah rumah indekos di Surabaya. Tersangka kini ditahan. Dia dijerat pasal 365 dan 338 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Takut Virus Corona, Penumpang Pesawat Sampai Bungkus Diri Sendiri dengan Plastik

Posted: 24 Feb 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta -  Ancaman virus corona baru atau COVID-19 membuat banyak orang takut dan khawatir pergi naik pesawat terbang. Tak sedikit travelers yang merasa khawatir dengan kesehatan mereka saat traveling karena corona yang sudah mewabah ke berbagai negara.

Belum lama ini, sepasang penumpang pesawat di Australia diketahui rela berbuat ekstrem demi menghindari ancaman virus corona.

Cara yang mereka lakukan pun termasuk unik dan menarik perhatian banyak orang. Dari cuitan yang sempat jadi trending di Twitter, terlihat ada sepasang penumpang yang membungkus tubuh mereka dengan plastik saat berada di dalam pesawat.

Yang pria terlihat mengenakan plastik berwarna putih bening, sedangkan satunya lagi yang kemungkinan besar seorang wanita mengenakan plastik berwarna merah muda.

Selain memakai plastik, tentunya kedua penumpang tersebut juga mengenakan masker dan sarung tangan. Aksi sepasang penumpang ini direkam dan dibagikan oleh akun Twitter @Alyss423.

Pada cuitannya, sang pemilik akun menulis, "Currently behind me on the plane. When you super scared of #coronavirus #COVID2019 (Duduk di belakangku di pesawat baru-baru ini. Ketika kau sangat takut dengan #coronavirus #COVID2019)".

Dilansir dari laman Daily Mail, 21 Februari 2020, kedua penumpang pesawat tersebut diketahui sedang dalam penerbangan dari Sydney ke Pulau Hamilton di pesisir Australia.

Terkesan Berlebihan tapi Dibela Warganet

Waspada Virus Corona, Penumpang Pesawat Bungkus Dirinya dengan  Plastik. (dok.Twitter @Alyss423/https://twitter.com/Alyss423/status/1229972896371462144/Henry)
Waspada Virus Corona, Penumpang Pesawat Bungkus Dirinya dengan Plastik. (dok.Twitter @Alyss423/https://twitter.com/Alyss423/status/1229972896371462144/Henry)

Di Australia, sampai 23 Februari 2020, total sudah ada 15 kasus Covid-19. Lima di antaranya berada di Queensland, yang merupakan tujuan dari penerbangan tersebut.

Meski aksi kedua penumpang ini sepintas terkesan berlebihan, warganet banyak yang membela mereka dan mengaku akan melakukan hal yang sama. "Merekalah yang akan terakhir tertawa beberapa bulan dari sekarang, ketika mereka menjadi satu-satunya yang masih memiliki paru-paru yang bekerja dengan baik," tulis seorang warganet.

"Lebih baik aman daripada menyesal... namun, aku tidak mau mati karena sesak napas...""Aku tidak menyalahkannya. Aku akan melakukan hal sama," komentar warganet lainnya.

Tentu tak hanya Australia, industri penerbangan global menghadapi kerugian yang besar dan anjlokan finansial pertamanya dalam lebih dari satu dekade terakhir karena wabah virus corona.

Melansir CNN, International Air Transport Authority (IATA) memperingatkan pada 20 Februari 2020, bahwa dampak wabah corona pada permintaan penerbangan sebabkan kerugian 29 miliar dolar AS atau sekitar Rp401 triliun, dengan penerbangan Asia yang menanggung beban kerugian paling banyak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Polisi Angkat Motor yang Terjebak Banjir

Posted: 24 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di tengah banjir yang melanda ruas jalan Daan Mogot Jakarta Barat Selasa (25/2) pagi. Polisi membantu angkat motor warga yang terjebak genangan air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua Yayasan Lentera Anak Sebut Masalah Utama Perokok Anak Karena Lemahnya Pengendalian Tembakau di Indonesia

Posted: 24 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dijuluki sebagai baby smokers county oleh Tobacco Control Support Center (TCSC) karena banyaknya balita yang merokok. Pada Mei 2010, Indonesia dan dunia juga sempat digegerkan oleh viralnya seorang balita berusia 2 tahun ARS asal Musi Bayuasin yang merokok sejak usia 18 bulan, dengan kuantitatif 40 batang sehari.

Setelah hampir satu dekade, menurut data yang disampaikan Yayasan Lentera Anak melalui film pendek Kilas Balik Satu Dekade Perokok Anak di Perpustakaan Nasional beberapa waktu lalu, terdapat 7,8 juta anak Indonesia yang merokok.

Menurut Ketua Yayasan Lentera Anak Lisda Sundari, peningkatan prevalansi perokok anak adalah bukti dari lemahnya pengendalian tembakau di Indonesia. Padahal, sejak tahun 2002, Indonesia sudah memiliki Peraturan Pemerintah (PP) No. 109/2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Produk Tembakau Bagi Kesehatan.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Daeng M Faqih, S.H, M.H, yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa PP/109 sudah tidak cukup kuat.

 

Satu-satunya yang belum menandatangani FCTC

Penayangan Film dan Diskusi Kilas Balik Satu Dekade Perokok Anak
Penayangan Film dan Diskusi Kilas Balik Satu Dekade Perokok Anak

"PP 109/2012 saat ini sudah tidak cukup kuat, bahkan tidak sanggup lagi dipedomani sebagai instrumen yang cukup kuat dan tangguh untuk membentengi anak-anak Indonesia dari bahaya rokok," katanya.

Saat ini Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia yang belum menandatangani Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau (Framework Convention on Tobacco Control/FCTC) -- traktat internasional yang membatasi dan mengontrol penyebaran produk tembakau seperti rokok.

Selain itu, Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI) juga turut memandang negatif (PP) No. 109/2012 ini. Menurut mereka, kebijakan ini lebih banyak mengatur bisnis rokok dan tembakau daripada mengatur kesehatan.

Ketua umum GAPPRI, Henry Najoan bahkan menyebut jika ingin membatasi rokok, buat regulasi yang tegas agar anak-anak tidak merokok.

 

Penulis: Lorenza Ferary

Simak Video Menarik Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Meme Bisa Hamil karena Berenang Buatan Warganet, Kelewat Nyeleneh

Posted: 24 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini pernyataan Sitti Hikmawatty, Komisioner KPAI bidang Kesehatan, Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA) membuat publik heboh. Dalam pernyataan tersebut dirinya menyebutkan bahwa kehamilan bisa terjadi ketika perempuan dan laki-laki berenang pada sebuah kolam renang yang sama.

Sitti menjelaskan lebih lanjut bahwa kehamilan yang berindikasi dari kolam renang merupakan contoh dari hamil tanpa bersentuhan secara fisik.

"Pertemuan yang tidak langsung misalnya, ada sebuah mediasi di kolam renang. Ada jenis sperma tertentu yang sangat kuat, walaupun tidak terjadi penetrasi," tutur Sitti, Jumat (21/2/2020).

Sitti menambahkan hal tersebut bisa saja terjadi ketika seorang wanita sedang dalam keadaan masa subur. Hal ini pun sontak mencuri perhatian publik.

Tak sedikit yang menanggapi pernyataan tersebut dengan beragam komentar. Bahkan tak jarang ditemukan meme nyeleneh tentang pernyataan hamil lantaran berenang tersebut. Seperti deretan memenya berikut ini:

1. Eggak gini dong...

foto: 1cak
foto: 1cak

2. Enggak jadi berenang deh

foto: Twitter @cikoedot
foto: Twitter @cikoedot

3. Sekarang starter pack kalau berenang nambah ya?

Foto: Twitter @aizein12
Foto: Twitter @aizein12

4. Kalau gitu tinggal berenang aja

foto: 1cak
foto: 1cak

5. Pikirannya jadi negatif gitu kan

foto: 1 cak
foto: 1 cak

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Akikah Anak Kimberly Rider, Tingkah Rayden Bikin Gemas

Posted: 24 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktris cantik Kimberly Ryder baru saja menggelar acara akikah anak pertamanya. Bersama suaminya, Edward Akbar, acara akikah Rayden Starlight Akbar tersebut digelar di Lembang, Jawa Barat. Seperti yang diketahui jika Kimberly Ryder melahirkan Rayden pada 19 November 2019 lalu.

Acara yang digelar tersebut pun diunggah oleh Kimberly dan Edward Akbar di media sosial. Selain dihadiri banyak orang, tingkah Rayden justru mencuri perhatian. Rayden tampak senang dan membuat gemas para netizen.

Tampak sesekali Rayden mengeluarkan celotehan khas bayi yang sedang bahagia. Diiringi lantunan shalawat, Edward secara pelan-pelan memotong beberapa helai rambut putranya disusul oleh Kimberly.

Acara akikah berlangsung dengan khidmat dan lancar. Meski digelar secara sederhana, tampak banyak anggota keluarga yang datang menghadiri akikah Rayden. Berikut ini 6 potret suasana akikah anak pertama Kimberly Ryder dan Edward Akbar, dirangkum dari Instagram keduanya oleh Liputan6.com, Selasa (25/2/2020).

1. Edward Akbar dan Kimberly Ryder menggelar acara akikah di Lembang, Jawa Barat.

Kimberly Ryder dan Edward Akbar gelar akikah untuk Rayden. (Sumber: Instargam/@kimbrlyryder)
Kimberly Ryder dan Edward Akbar gelar akikah untuk Rayden. (Sumber: Instargam/@kimbrlyryder)

2. Acara tersebut digelar secara sederhana dan dihadiri sanak saudara serta keluarga.

Kimberly Ryder dan Edward Akbar gelar akikah untuk Rayden. (Sumber: Instargam/@kimbrlyryder)
Kimberly Ryder dan Edward Akbar gelar akikah untuk Rayden. (Sumber: Instargam/@kimbrlyryder)

3. Meski ramai, Rayden tampak begitu senang saat digendong ayah dan ibunya.

Kimberly Ryder dan Edward Akbar gelar akikah untuk Rayden. (Sumber: Instargam/@kimbrlyryder)
Kimberly Ryder dan Edward Akbar gelar akikah untuk Rayden. (Sumber: Instargam/@kimbrlyryder)

4. Sesekali Rayden mengeluarkan celotehan khasnya yang justru membuat gemas.

Kimberly Ryder dan Edward Akbar gelar akikah untuk Rayden. (Sumber: Instargam/@kimbrlyryder)
Kimberly Ryder dan Edward Akbar gelar akikah untuk Rayden. (Sumber: Instargam/@kimbrlyryder)

5. Edward dan Kimberly secara bergantian memotong rambut Rayden yang lalu ditimbang dan ditukar dengan emas untuk disedekahkan.

Kimberly Ryder dan Edward Akbar gelar akikah untuk Rayden. (Sumber: Instargam/@kimbrlyryder)
Kimberly Ryder dan Edward Akbar gelar akikah untuk Rayden. (Sumber: Instargam/@kimbrlyryder)

6. Inilah aksi gemas Rayden saat acara akikah berlangsung yang bikin gemas netizen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Mahal dari CX-3, Seberapa Laris Mazda CX-30 di Indonesia?

Posted: 24 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) resmi meluncurkan all new Mazda CX-30 beberapa waktu lalu. Model ini, mengisi posisi di atas CX-3, dengan selisih harga yang tak terlalu jauh, sekitar Rp50 jutaan.

Dengan posisi sebagai penantang baru di segmen medium sport utility vehicle (SUV) yang sudah dipenuhi oleh pemain lama yang telah berkuasa di pasar tersebut, seberapa laris Mazda CX-30 di Indonesia?

Dijelaskan Fedy Dwi Parileksono, Head of Department Public Relations and Media Communications PT EMI, sejak diluncurkan penerimaannya oleh konsumen cukup baik. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah inden atau surat pemesanan kendaraan (SPK) di setiap kota peluncuran regional.

"Setelah peluncuran di Jakarta, kita juga roadshow ke kota-kota lain, seperti Surabaya, Palembang, Bandung, Semarang, Solo, dan Bogor. Rata-rata inden sekitar 10 sampai 14 unit di hampir setiap kota, bahkan di kota kecil, bisa sampai 10 unit," jelas Fedy saat berbincang dengan wartawan, di sela-sela media test drive Mazda CX-30 di Bandung, Jawa Barat, Senin (24/2/2020).

Lanjut Fedy, untuk total jumlah pemesanan Mazda CX-30 sendiri, hingga saat ini sekitar hampir 80-an unit. "Daerah kontribusi paling banyak tetap di Jabodetabek, dan Jakarta pasti paling besar," tegasnya.

Sementara itu, berbicara target untuk Mazda CX-30, jenama asal Jepang ini berharap bisa menjual sebanyak 400 unit hingga akhir tahun. Sedangkan untuk pengirimannya, sudah dilakukan secara bertahap, karena unitnya memang sudah tersedia alias ready stock.

Ready Stock

"Pengiriman sudah sejak Februari, dan sudah banyak yang datang. Tinggal pengurusan dokumen saja, seperti STNK, form A, dan lain-lain. Untuk yang dikirim memang belum banyak, karena pengurusan dokumen tersebut," pungkasnya.

Sekedar informasi, Model ini hadir dengan dua tipe, Touring dan GT. Untuk Mazda CX-30 Touring dipatok Rp 478,8 juta. Sementara Mazda CX-30 Touring (soul red crystal/machine grey) dibanderol Rp 482,8 juta.

Sedangkan Mazda CX-30 GT berada di angka Rp 518,8 juta dan Mazda CX-30 GT (soul red crystal/machine grey) Rp 522,8 juta. Seluruh harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Korban Banjir Karawang, Warung Hanyut dan Puluhan Gram Emas Hilang

Posted: 24 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Karawang -brame Dua rumah sekaligus warung milik warga rusak akibat luapan sungai Cikereteg, di kampung Karadak, Desa Wanajaya, Kecamatan Pangkalan, Karawang. Perhiasan dan alat rumah tangga serta seisi warung hanyut terbawa arus banjir.

Euis (40) korban banjir itu menuturkan, saat sungai meluap dirinya langsung menyelamatkan diri mencari tempat yang lebih aman. Luapan sungai yang deras dari hulu sungai membuat dirinya tidak sempat menyelamatkan barang barang berharga miliknya.

"Begitu air sungai mengalir deras naik masuk ke rumah langsung menyelamatkan diri," katanya kepada Liputan6.com, Selasa (25/2/2020).

Dirinya mengaku hanya baju yang dikenakannya satu-satunya harta yang bisa dibawa, sementara seisi warung dan alat rumah tangga dalam rumah, mulai dari TV, kulkas, lemari pendingin, dan barang lainnya hanyut terbawa arus banjir yang deras .

"Tidak ada yang tersisa sama sekali," ungkapnya.

Euis merasa sedih perhiasan emas yang disimpan dalam lemari seberat 55 gram juga tidak bisa diselamatkan, padahal perhiasan itu merupakan simpanan hasil menabung bertahun-tahun.

"Perhiasan emas mulai dari kalung dan gelang hilang terbawa banjir deras," tambahnya.

Kepala BPBD Karawang, Yasin Nasruhin mengatakan, banjir di Kecamatan Pangkalan imbas luapan sungai Cikeretg ada dua desa, yaitu Desa Wanajaya dan Wanakerta, akibat curah hujan tinggi di hulu sungai dengan ketinggian 1-2 meter.

"Ada dua desa akibat luapan sungai Cikereteg, jumlah rumah masih dalam pendataan," katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korsel Undang Jokowi Hadiri Second Meeting P4G

Posted: 24 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Korea Selatan (Korsel) mengundang Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menghadiri second meeting P4G Summit. Perhelatan tersebut akan digelar di Seoul pada Juni 2020. Hal tersebut disampaikan Menteri Lingkungan Hidup Republik Korea Cho Myung-Rae saat bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Mengundang second meeting P4G di Seoul, mengundang Bapak Presiden," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa usai melakukan pertemuan bersama Menteri Lingkungan Hidup Republik Korea Cho Myung-Rae dan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Dia menjelaskan P4G adalah insiasi dua negara, yaitu Denmark dan Belanda dalam rangka mempercepat percapaian SDG's khususnya di bidang food dan agriculture, air, kemudian energi, kota yang berkelanjutan serta ekomi berkelanjutan.

"Beberapa negara dan 6 lembaga internasional dan beberapa NGO internasional bergabung dalam rangka percepatan SDG's. Indonesa jadi salah satu anggota dari 20 negara tersebut," kata Suharso.

Dia menjelaskan Korsel menilai proses SDG's di Indonesia sudah bagus dan bisa menjadi contoh. Walaupun kata dia rangking masih rendah.

"Tapi mereka senang karena kita concern pencapaian SDG's itu. Negara-negara ini membantu mempercepat beberapa sektor SDG's tadi yang saya sebutkan," ungkap Suharso.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Indonesia Jadi Tuan Rumah P4G 2022

Jokowi memberikan kuliah umum di Korsel (Dok. Setneg)
Jokowi memberikan kuliah umum di Korsel (Dok. Setneg)

Suharso juga menjelaskan nantinya Indonesia akan jadi tuan rumah P4G pada 2022.Hal tersebut seiring pencapaian SGD's yang didapat.

"Memberitahukan Indonesia akan jadi tuan rumah untuk P4G pada tahun 2022," ungkap Suharso.

Sebelumnya dikatahui Saat ini P4G telah mendukung sejumlah kemitraan di Indonesia, termasuk lima Scale-up Partnerships dan dua Start-up Partnerships.

Pertama, The Energy Efficiency Alliance for Industry, inisiatif ini menggabungkan demand aggregation model, kemitraan dengan perusahaan manufaktur, serta akses pendanaan dan penyelarasan kebijakan dalam mengatasi hambatan bagi sektor swasta untuk berinvestasi dalam efisiensi energi.

Kedua, PlusPlus, yaitu kemitraan untuk memberikan akses pendanaan kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) baik di sektor pertanian maupun pangan dengan menyediakan platform online crowdfunding.

Ketiga, 3R Initiative, yaitu kemitraan untuk membangun crediting mechanism terkait upaya pengurangan dan daur ulang sampah plastik sehingga mendorong investasi.

Keempat, Sustainable Sourcing at Scale, kemitraan ini mengimplementasikan konsep Verified Sourcing Areas untuk mempercepat proses sertifikasi budidaya pertanian berkelanjutan.

Kelima, Clean Energy Investment Accelerator, untuk meningkatkan akses dan mendorong investasi pada energi baru dan terbarukan melalui tiga pilar, yaitu purchasers, pipeline, dan policies.

Keenam, Food Delivery Companies for SDGs 12, kemitraan ini bekerja sama dengan perusahaan makanan dan minuman untuk mengembangkan kebijakan mengurangi penggunaan plastik dalam kegiatan usahanya.

Ketujuh, Indonesia Food Loss and Waste Partnership, yaitu kemitraan untuk membangun program lintas sektor untuk mengurangi food loss and waste di Indonesia sebanyak 50 persen pada 2030.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Svay Rieng yang Wajib Diwaspadai Bali United

Posted: 24 Feb 2020 10:00 PM PST

Jakarta - Bali United akan menghadapi juara Liga Kamboja musim lalu, Svay Rieng, pada laga kedua penyisihan Grup G Piala AFC 2020. Meski lebih diunggulkan, Serdadu Tridatu pantang memandang remeh kekuatan tim tuan rumah.

Pada pertandingan ini, Bali United akan melawat ke markas Svay Rieng di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (25/2/2020). Bermain di kandang lawan, Serdadu Tridatu bertekad membawa pulang tiga poin.

Andai memetik kemenangan, anak asuh Stefano Cugurra tersebut berpeluang menempati puncak Grup G. Saat ini, mereka berada di peringkat kedua dengan poin tiga, kalah produktivitas gol dari Ceres–Negros di urutan teratas.

Tiga poin tersebut didapat Bali United setelah mengalahkan Vietnam, Than Quang Ninh, dengan skor 4-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta (11/2/2020).

Namun, Svay Rieng tidak begitu saja bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, klub yang dibentuk pada 1997 tersebut memiliki tren oke saat tampil di kandang sendiri.

Svay Rieng belum terkalahkan dalam 20 laga kandang di seluruh ajang kompetisi, dengan perincian 17 kemenangan dan tiga hasil imbang. Teranyar, mereka menang 5-1 atas Soltilo Angkor pada pertandingan perdana Liga Kamboja 2020 pada 16 Februari 2020.

Svay Rieng juga berambisi untuk memetik kemenangan perdana di Piala AFC 2020. Dalam laga pertama Grup G, klub asuhan Conor Nestor itu menelan kekalahan 0-4 dari Ceres–Negros.

Bukan hanya itu, Svay Rieng juga memiliki beberapa pemain yang diprediksi mampu menjadi ancaman untuk Bali United. Berikut ini tiga pemain yang kemungkinan bakal menjadi ancaman untuk lini pertahanan Tim Serdadu Tridatu.

Jean Befolo Mbaga

Penyerang Svay Rieng, Jean Befolo Mbaga (kiri). (dok. Twitter Svay Rieng)
Penyerang Svay Rieng, Jean Befolo Mbaga (kiri). (dok. Twitter Svay Rieng)

Pemain berusia 28 tahun tersebut resmi bergabung dengan Svay Rieng pada 28 Januari 2019. Sejak saat itu, dia mampu menjadi sosok penting di lini depan.

Pada musim lalu, Jean Befolo Mbaga tampil impresif di Liga Kamboja. Befolo Mbaga berhasil mendulang 36 gol dan membawa Svay Rieng merengkuh titel juara liga.

Memasuki musim ini, penyerang asal Kamerun itu masih memperlihatkan performa terbaiknya. Dia telah mengoleksi enam gol dari lima pertandingan yang sudah dimainkan, dengan perincian tiga gol di Piala AFC dan tiga gol di Liga Kamboja.

Dengan rasa laparnya dalam mencetak gol, Jean Befolo Mbaga diprediksi merepotkan lini belakang Bali United yang kemungkinan dikawal Willian Pacheco, Haudi Abdillah, Andhika, dan Ricky Fajrin.

Hoy Phallin

Gelandang Svay Rieng, Hoy Phallin. (dok. Twitter Syav Rieng)
Gelandang Svay Rieng, Hoy Phallin. (dok. Twitter Syav Rieng)

Phallin merupakan satu di antara pemain muda yang dimiliki Svay Rieng. Mulai membela Svay Rieng sejak 2013, Hoy Phallin mampu menjadi kreator serangan Svay Rieng.

Pemain berusia 23 tahun itu berhasil mengoleksi tiga gol di Piala AFC musim ini. Ketiga gol tersebut tercipta ketika Svay Rieng menghadapi klub Laos, Master 7, pada laga play-off zona ASEAN.

Bisa bermain sebagai gelandang dan juga penyerang, Hoy Phallin berpeluang membobol gawang Bali United.

Jonathan Campbell

Bek Svay Rieng, Jonathan Campbell (dua dari kanan). (dok. Twitter Svay Rieng)
Bek Svay Rieng, Jonathan Campbell (dua dari kanan). (dok. Twitter Svay Rieng)

Pemain asal Amerika Serikat ini bergabung dengan Svay Rieng pada Januari 2019. Berposisi sebagai bek, Jonathan Campbell mampu membuat lini belakang Svay Rieng makin solid.

Di Liga Kamboja musim lalu, dia tampil dalam 24 dari 26 laga yang dimainkan Svay Rieng. Campbell turut berkontribusi membantu Svay Rieng menorehkan rekor di liga, yakni 25 pertandingan tidak terkalahkan.

Hasil itu pun membuat Svay Rieng berhak merengkuh titel juara Liga Kamboja. Memiliki postur 185 cm, Jonathan Campbell diprediksi menjadi tembok kukuh yang sulit ditembus pemain Bali United.

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh, Maia Estianty Beri Flying Kiss untuk Ahmad Dhani

Posted: 24 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maia Estianty dan Ahmad Dhani kembali terlibat di program acara yang sama. Mantan pasangan suami istri ini dipertemukan dalam acara Indonesian Idol, Senin (24/2/2019) malam.

Untuk diketahui, Maia Estianty memang merupakan juri tetap di ajang pencarian bakat tersebut, sementara Ahmad Dhani bersama band-nya, Dewa 19 didaulat menjadi bintang tamu.

Dalam salah satu segmen, Ahmad Dhani yang berada di atas panggung menyapa Maia Estianty yang tengah duduk di jajaran dewan juri. Suami Mulan Jameela itu memberi sapaan hangat.

"Selamat malam ibunya Al, El, Dul yang tersayang," kata Ahmad Dhani kepada Maia Estianty dengan senyum semeringah.

Flying Kiss

[Foto: Instagram Al Ghazali]
[Foto: Instagram Al Ghazali]

Mendengar pernyataan itu, Maia Estianty langsung berdiri dari kursinya dan memberikan flying kiss. Ia kemudian membungkukkan sedikit badannya tanda berterima kasih.

Para dewan juri lainnya sepeti Rossa, Judika, dan Anang Hermansyah pun heboh menyaksikan momen ini, hingga bangun dari kursi. Sementara penonton seisi studio langsung bersorak sorai.

Priceless Moment

[Foto: Instagram Al Ghazali]
[Foto: Instagram Al Ghazali]

Momen ini juga di rekam oleh anak sulung Maia Estianty dan Ahmad Dhani, Al Ghazali dan diunggah di Instagramnya. Ia sangat bahagia melihat kebersamaan ayah dan ibunya.

"Priceless moment," tulisnya pada Senin (24/2/2020) malam dengan membubuhkan simbol hati.

Foto Bersama

Maia Estianty dan Ahmad Dhani (Sumber: Instagram/@alghazali7)
Maia Estianty dan Ahmad Dhani (Sumber: Instagram/@alghazali7)

Di sela acara, Ahmad Dhani, Maia Estianty, Al Ghazali dan Dul Jaelani mengabadikan momen bersama. Sayangnya anak kedua, El Rumi tidak bisa bergabung karena pendidikan di luar negeri.

Foto keluarga kecil ini diunggah oleh Al Ghazali di Instagram pribadinya. Ia sangat bersyukur dengan kehangatan keluarga kecilnya itu. "Bahagia," tulisnya singkat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Enam Tewas Kena Corona, Warga Italia Beraktivitas Pakai Masker

Posted: 24 Feb 2020 10:00 PM PST

Seorang wanita mengenakan masker bersepeda di Milan, Italia (24/2/2020). Kepala Departemen Perlindungan Sipil sekaligus Komisaris Luar Biasa untuk Darurat Coronavirus, Angelo Borrelli mengatakan enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)
Seorang wanita mengenakan masker bersepeda di Milan, Italia (24/2/2020). Kepala Departemen Perlindungan Sipil sekaligus Komisaris Luar Biasa untuk Darurat Coronavirus, Angelo Borrelli mengatakan enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)

Seorang wanita mengenakan masker bersepeda di Milan, Italia (24/2/2020). Kepala Departemen Perlindungan Sipil sekaligus Komisaris Luar Biasa untuk Darurat Coronavirus, Angelo Borrelli mengatakan enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)

Warga mengenakan masker   berjalan masuk ke sebuah stasiun kereta bawah tanah di Milan, Italia (24/2/2020). enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)
Warga mengenakan masker berjalan masuk ke sebuah stasiun kereta bawah tanah di Milan, Italia (24/2/2020). enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)

Warga mengenakan masker berjalan masuk ke sebuah stasiun kereta bawah tanah di Milan, Italia (24/2/2020). enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)

Dua wanita mengenakan masker berjalan di Milan, Italia (24/2/2020). Kepala Departemen Perlindungan Sipil sekaligus Komisaris Luar Biasa untuk Darurat Coronavirus, Angelo Borrelli mengatakan enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)
Dua wanita mengenakan masker berjalan di Milan, Italia (24/2/2020). Kepala Departemen Perlindungan Sipil sekaligus Komisaris Luar Biasa untuk Darurat Coronavirus, Angelo Borrelli mengatakan enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)

Dua wanita mengenakan masker berjalan di Milan, Italia (24/2/2020). Kepala Departemen Perlindungan Sipil sekaligus Komisaris Luar Biasa untuk Darurat Coronavirus, Angelo Borrelli mengatakan enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)

Orang-orang memakai masker berjalan di Milan, Italia (24/2/2020). Kepala Departemen Perlindungan Sipil sekaligus Komisaris Luar Biasa untuk Darurat Coronavirus, Angelo Borrelli mengatakan enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)
Orang-orang memakai masker berjalan di Milan, Italia (24/2/2020). Kepala Departemen Perlindungan Sipil sekaligus Komisaris Luar Biasa untuk Darurat Coronavirus, Angelo Borrelli mengatakan enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)

Orang-orang memakai masker berjalan di Milan, Italia (24/2/2020). Kepala Departemen Perlindungan Sipil sekaligus Komisaris Luar Biasa untuk Darurat Coronavirus, Angelo Borrelli mengatakan enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Banjir Terjang Perumahan di Pondok Gede Bekasi

Posted: 24 Feb 2020 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banjir menerjang kawasan Jatiwaringin, Bekasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Jatim Sebut Pilkada 8 Kabupaten/Kota Diikuti Jalur Perseorangan

Posted: 24 Feb 2020 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (Jatim) menyatakan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) di delapan kabupaten/kota di Jatim diikuti pasangan calon perseorangan berdasarkan data KPU kabupaten/kota yang menerima penyerahan syarat minimal dukungan di masing-masing daerah.

Delapan kabupaten/kota yang memiliki pasangan calon perseorangan di Jawa Timur dalam pilkada antara lain Kabupaten Lamongan, Malang, Jember, Sidoarjo, Banyuwangi, Mojokerto, serta Kota Surabaya dan Blitar.

"Batas akhir penyerahan syarat minimal dukungan bakal calon perseorangan dalam Pilkada Serentak 2020 ditutup pada Minggu, 23 Februari 2020, sehingga hari ini diketahui ada delapan kabupaten/kota yang memiliki calon perseorangan yang sudah menyerahkan berkas dukungan ke KPU masing-masing," tutur Komisioner KPU Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro, seperti dikutip dari Antara, Senin, 24 Februari 2020.

Pasangan calon perseorangan di Pilkada Lamongan, yakni Suhandoyo-Su'uddin yang mendapatkan 92.950 dukungan dengan sebaran 27 kecamatan (syarat minimal dukungan 68.674).

Lalu ada  tiga bakal pasangan calon perseorangan di Pilkada Kota Blitar, yakni Lisminingsih - Teteng Rukmocondrono mendapat 12.357 dukungan, Purnawan Buchori - Indri Kuswati (12.996 dukungan), dan pasangan Sumari - Edi Widodo (12.267 dukungan), sedangkan syarat minimal dukungan di Kota Blitar sebanyak 11.355 dukungan.

Pilkada Kabupaten Malang diikuti satu bakal pasangan calon perseorangan Heri Cahyono - Gunadi Handoko yang memiliki 132.921 dukungan dengan sebaran 33 kecamatan, sedangkan syarat minimal dukungan di kabupaten setempat sebanyak 129.796 dukungan.

Tahapan Selanjutnya

Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Pilkada Kabupaten Jember diikuti satu pasangan bakal calon perseorangan Faida - Dwi Arya Nugraha Oktavianto yang mendapat 180.082 dukungan tersebar di 31 kecamatan, sedangkan syarat minimal dukungan di Kabupaten Jember sebanyak 121.127 dukungan.

Pilkada Kabupaten Sidoarjo diikuti bakal pasangan calon perseorangan Agung Sudiyono - Sugeng Hariadi, Kabupaten Banyuwangi (Satiyem-Sunaryanto), Mojokerto (Subagya Martasentana - Abdi Subhan), Kota Surabaya diikuti dua bakal pasangan calon perseorangan (Moh. Yasin - Gunawan dan Moh. Sholeh - M. Taufik Hidayat).

"Dari delapan kabupaten/kota di Jatim tersebut, status berkas syarat minimal dukungan calon perseorangan ada yang sudah diterima dan ada yang masih dalam proses pengecekan karena petugas masih melakukan penghitungan dukungan dan sebaran dukungannya memenuhi atau tidak sesuai dengan syarat minimal dukungan di masing-masing kabupaten/kota," tutur dia.

Ia menuturkan, KPU kabupaten/kota memiliki waktu sejak 19 Februari-26 Februari 2020 untuk mencek jumlah dukungan dan sebaran terhadap dokumen dukungan yang diterima.

"Setelah dinyatakan memenuhi syarat maka tahapan selanjutnya yang diikuti pasangan bakal calon perseorangan yakni verifikasi administrasi dan kegandaan pada 27 Februari hingga 25 Maret 2020, lalu dilakukan verifikasi faktual di tingkat desa/kelurahan," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kena Banjir, Sri Mulyani Beri Dispensasi Absen bagi Pegawai Kemenkeu

Posted: 24 Feb 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengunggah gambar via Instagram terkait gedung Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan kantor cabangnya di Jakarta dan sekitarnya yang tergenang banjir pada Senin (25/2/2020) hari ini.

"Saya menyampaikan rasa prihatin yang mendalam terhadap musibah banjir yang melanda Jakarta pagi hari ini. Beberapa kantor Kementerian Keuangan di Jakarta dan sekitarnya juga dilanda banjir dan sedikit mengganggu kelancaran dalam bertugas," tulis Sri Mulyani melalui akun resmi Instagram @smindrawati.

Dalam kolase foto yang diunggahnya, Sri Mulyani menampilkan beberapa tempat yang terkena banjir, seperti Kantor Pusat Kementerian Keuangan, Gedung Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Rawamangun, Jakarta Timur, serta Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cibitung, Bekasi.

Menyikapi situasi tersebut, Sri Mulyani lantas memberi dispensasi absen bagi para pegawai Kemenkeu yang lingkungan rumah atau tempat kerjanya tergenang air.

"Kami di Kementerian Keuangan juga memberikan dispensasi atas absensi bagi pegawai yang tempat tinggalnya terkena banjir atau daerah sekitar tempat tinggalnya terdampak banjir sehingga mengalami kesulitan menuju ke kantor masing-masing," ujar dia.

Dispensasi tersebut dinilainya tak bakal menghambat pekerjaan Kementerian Keuangan. "Dengan penerapan e-office, beberapa pekerjaan tertentu dapat diselesaikan meskipun tidak datang ke kantor," ungkapnya.

"Semoga seluruh warga Jakarta dan sekitarnya yang terkeba musibah banjir dapat diberikan keselamatan dan segera terbebas dari genangan banjir," kata Sri Mulyani.

Banjir, Sejumlah Akses Transportasi Bekasi ke Jakarta Ditutup

Petugas mengevakuasi warga korban banjir menggunakan perahu karet di kawasan Karet Pasar Baru Barat, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Banjir yang terjadi sejak subuh akibat luapan Kanal Banjir Barat tersebut merendam ratusan rumah hingga setinggi dua meter. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas mengevakuasi warga korban banjir menggunakan perahu karet di kawasan Karet Pasar Baru Barat, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Banjir yang terjadi sejak subuh akibat luapan Kanal Banjir Barat tersebut merendam ratusan rumah hingga setinggi dua meter. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah akses menuju transportasi publik di Kabupaten Bekasi tertutup akibat banjir pada Selasa (25/2/2020). Seperti halnya ke stasiun ataupun terminal bus.

Salah satu pekerja di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Rhesty Givida mengaku kebingungan dengan adanya banjir di sejumlah ruas jalan utama menuju lokasi transportasi.

"Aksesnya tertutup, mau naik bus jalanan utama ke terminal dari Tambun Selatan (Bekasi) jalanan kerendam banjir. Mau ke stasiun juga, padahal akses ke kantor paling dekat naik bus," kata Rhesty kepada Liputan6.com, Selasa (25/2/2020).

Sementara itu pekerja di kawasan Kuningan, Novian Ika mengaku memilih bekerja dari rumah akibat banjir di sejumlah titik. Sebab akses menuju ke stasiun tertutup, bahkan perumahan tempat tinggalnya sudah tergenang banjir sejak dini hari.

Dia juga menyebut ketinggian air mulai naik sejak pukul 05.02 WIB.

"Banjir sudah mencapai 30 sentimeter di Setu (Kabupaten Bekasi), ini keluar perumahan aja enggak bisa. Sekarang juga masih hujan," ucapnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

XL Axiata Pantau BTS dan Siagakan Genset di Wilayah Terdampak Banjir Jakarta

Posted: 24 Feb 2020 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler XL Axiata menerima laporan terkait jaringan di tengah-tengah kondisi banjir Jakarta dan sekitarnya.

XL Axiata menyebut tengah melakukan pengecekan terkait sebagian BTS yang akses listriknya turut terkena pemadaman listrik karena banjir.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, saat ini XL Axiata tengah mengecek angka pasti BTS dan terdampak.

"Angka pastinya perlu kami cek. Untuk itu (BTS terganggu karena terkena pemadaman listrik), kami sudah antisipasi dengan mobilisasi genset," kata Tri, dalam keterangan XL Axiata, Selasa (25/2/2020).

Tri juga mengatakan, XL Axiata kini terus memantau dampak banjir di wilayah Jabodetabek terhadap BTS-BTS XL. Pemantauan dilakukan mengingat cuaca yang masih belum menentu.

"Kami sudah siapkan langkah-langkah antisipatif antara lain dengan rekayasa jaringan dan mobilisasi genset. Semaksimal mungkin kami akan berusaha untuk menjaga layanan tetap normal karena di saat yang seperti ini pasti layanan telekomunikasi dan data sangat dibutuhkan pelanggan dan masyarakat," kata dia.

Cara Cek Lokasi Banjir dan Ketinggian Pintu Air di Aplikasi Pantau Banjir

Aplikasi Pantau Banjir
Aplikasi Pantau Banjir

Hujan deras yang terjadi sejak Senin (24/2/2020) malam sampai hari ini, Selasa (25/2/2020) pagi, menimbulkan sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya tergenang banjir.

Kamu bisa memantau informasi seputar banjir Jakarta dari akun Twitter dan Instagram resmi Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro dan @tmcpoldametro.

Kedua akun tersebut kerap memberikan informasi terkini terkait daerah yang terdampak banjir.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan situs web PetaBencana.id. Platform besutan Yayasan Peta Bencana dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini menampilkan informasi mengenai titik-titik banjir.

Kamu pun bisa menggunakan aplikasi Pantau Banjir untuk memantau banjir.

Info Ketinggian Banjir dan Kondisi Pompa Air

Aplikasi Pantau Banjir. Liputan6.com/Iskandar
Aplikasi Pantau Banjir. Liputan6.com/Iskandar

Di aplikasi besutan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini kamu dapat memperoleh informasi ketinggian air dan ketinggian di pintu air.

Kamu pun bisa mengetahui kondisi siaga ketinggian di pos pengamatan.

Selain itu kamu bisa mengecek pompa air mana saja yang beroperasi, jumlah total pompa, dan pompa air yang disiagakan.

Aplikasi Pantau Banjir. Liputan6.com/Iskandar
Aplikasi Pantau Banjir. Liputan6.com/Iskandar
Aplikasi Pantau Banjir. Liputan6.com/Iskandar
Aplikasi Pantau Banjir. Liputan6.com/Iskandar
(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genap Berusia 22 Tahun, Ini 7 Potret Transformasi Rizky Febian yang Makin Kece

Posted: 24 Feb 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rizky Febian Ardiansyah Sutisna atau kerap disapa Rizky Febian baru saja bertambah usia menjadi 22 tahun tepat pada hari ini Selasa (25/2/2020). Nama anak komedian Sule ini namanya mulai melejit usai merilis lagunya yang bertajuk 'Kesempurnaan Cinta' pada 2011 silam. 

Single perdana kakak Putri Delina ini pun langsung populer dan diputar di radio-radio seluruh Indonesia. Punya suara yang merdu dan khas, cowok kelahiran 1998 ini sukses menyabet beberapa penghargaan di belantika musik Tanah Air.

Tak hanya lihai dalam bernyanyi, pelantun lagu "Menari" ini juga seorang pencipta musik. Tak cukup puas , pria yang akrab disapa Iky ini juga melebarkan sayapnya ke dunia peran dan juga presenter. Tak terasa 9 tahun berkarier di dunia hiburan, nama Rizky Febian pun masih eksis hingga saat ini. 

Menginjak usia 22 tahun, penampilan Rizky Febian pun mengalami perubahan. Di usianya yang kini sudah dewasa, gaya anak sulung empat bersaudara ini semakin tampan dan kece. Penasaran seperti apa transformasinya? 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas transformasi Rizky Febian yang makin kece, Selasa (25/2/2020).

1. Ini dia potret masa kecil Rizky Febian bersama Putri Delina. Gemas banget ya.

Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram/rizkyfbian)
Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram/rizkyfbian)

2. Berbeda dengan sekarang, penampilan pria yang akrab disapa Iky saat masih kecil ini terlihat polos banget.

Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram/rizkyfbian)
Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram/rizkyfbian)

3. Momen wisuda Rizky Febian saat TK, sejak kecil wajah tampannya sudah terlihat ya.

Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram/rizkyfbian)
Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram/rizkyfbian)

4. Di awal 2011, nama Rizky Febian mulai melejit berkat lagu 'Kesempurnaan Cinta'.

Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram/rizkyfbian)
Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram/rizkyfbian)

5. Kala itu, penampilan anak sulung empat bersaudara ini khas dengan topi fedora.

Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram//rizkyfbian)
Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram//rizkyfbian)

6. Selalu tampil fashionable, pria kelahiran 1998 ini kerap mengubah gaya dan warna rambutnya.

Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram//rizkyfbian)
Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram//rizkyfbian)

7. Menginjak usia 22 tahun, gaya anak komedian Sule ini semakin tampan dan kece. Selamat ulang tahun ya Rizky Febian.

Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram//rizkyfbian)
Transformasi Rizky Febian (Sumber: Instagram//rizkyfbian)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Banjir, Pertokoan di Sekitar Jalan Gunung Sahari Tutup

Posted: 24 Feb 2020 09:45 PM PST

Aktivitas warga saat banjir merendam sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Aktivitas warga saat banjir merendam sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Aktivitas warga saat banjir merendam sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Aktivitas warga saat banjir merendam sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Aktivitas warga saat banjir merendam sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Aktivitas warga saat banjir merendam sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Aktivitas warga saat banjir merendam sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Aktivitas warga saat banjir merendam sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Aktivitas warga saat banjir merendam sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari terlihat tutup akibat banjir yang menggenangi kawasan tersebut, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari terlihat tutup akibat banjir yang menggenangi kawasan tersebut, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari terlihat tutup akibat banjir yang menggenangi kawasan tersebut, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari terlihat tutup akibat banjir yang menggenangi kawasan tersebut, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari terlihat tutup akibat banjir yang menggenangi kawasan tersebut, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari terlihat tutup akibat banjir yang menggenangi kawasan tersebut, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari terlihat tutup akibat banjir yang menggenangi kawasan tersebut, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari terlihat tutup akibat banjir yang menggenangi kawasan tersebut, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah pertokoan di sekitar Jalan Gunung Sahari terlihat tutup akibat banjir yang menggenangi kawasan tersebut, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WHO: Dunia Harus Bersiap Hadapi Pandemi Virus Corona COVID-19

Posted: 24 Feb 2020 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jenewa- Dunia diimbau untuk mempersiapkan potensi pandemi yang disebabkan Oleh Virus Corona COVID-19, menurut Pimpinan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

"Kita harus fokus pada pengendalian sementara dengan melakukan segala yang kita bisa untuk mempersiapkan potensi pandemi", kata Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam konferensi pers WHO di Jenewa, 24 Februari 2020. 

Tetapi WHO belum menganggap pandemi terjadi dengan mengatakan, "Kami tidak menyaksikan penyebaran virus secara global yang tidak terkendali", menurut Dirjen Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip dari CGTN, Selasa, (25/2/2020). 

Dunia Diimbau Bekerja Keras

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Liputan6/AFP)
Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Liputan6/AFP)

Tedros Adhanom Ghebreyesus menambahkan, "Apakah virus ini memiliki potensi pandemi? benar-benar sudah, apakah kita sudah sampai? dari penilaian kita, belum". 

Untuk menahan penyebaran virus, Tedros Adhanom Ghebreyesus juga menekankan agar dunia bekerja lebih keras, dengan jumlah kematian yang telah mencapai lebih dari 2.600 jiwa sejauh ini.

Virus Corona COVID-19 dilaporkan telah muncul di wilayah Eropa, yang dikatakan sebagai wabah terburuk di luar Asia, yaitu di Italia dengan jumlah kematian yang terus bertambah.  

Saksikan Video Berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batalkan Tiket KA Akibat Banjir dapat Pengembalian Uang 100 Persen, Begini Caranya

Posted: 24 Feb 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Curah hujan tinggi di wilayah Jakarta yang terjadi sejak Senin (24/2) hingga Selasa pagi (25/2), berdampak pada Keterlambatan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh keberangkatan stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota.

Atas keterlambatan yang terjadi, PT KAI Daop 1 Jakarta memberlakukan pembatalan tiket KA atau bea pengembalian khusus bagi penumpang yang ingin membatalkan perjalanannya.

"Untuk area Jakarta, bagi calon penumpang KA terdampak banjir yang ingin membatalkan tiket dapat melakukan pembatalan di stasiun Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Bogor, bekasi, Cikampek, Rangkasbitung dan Serang," ungkap Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Selasa (25/2/2020).

 "Atau bisa juga melalui stasiun online lainnya yang memungkinkan. Pembatalan dapat dilakukan maksimal 3 hari setelah jadwal keberangkatan, dan bea tiket akan dikembalikan 100 persen secara tunai," lanjut dia.

Tidak hanya itu, tiket yang dapat dibatalkan juga termasuk tiket kembalinya atau Pergi-Pulang (PP), serta tiket lainnya yang memiliki sifat persambungan atas nama penumpang yang memiliki tiket KA keberangkatan wilayah Daop 1 Jakarta untuk keberangkatan 25 Februari 2020. Misal, untuk perjalanan Gambir-Jember, maka tiket menyambung dengan KA selanjutnya akan digantikan.

PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau kepada calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan tiket agar tidak lupa untuk membawa kartu identitas (KTP) asli sesuai dengan yang tertera di tiket, dan tiket atau struk resmi pembelian tiket. Kemudian langsung mengunjungi loket go show yang ada di stasiun untuk bea pengembalian.

Proses Pembatalan Tiket

Calon penumpang mengisi form saat akan membeli tiket kereta Mudik Lebaran 2020 secara langsung di loket Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/2/2020). Tiket Mudik Lebaran 2020 yang dijual PT Kereta Api Indonesia tersedia untuk keberangkatan H-10 atau 14 Mei 2020. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Calon penumpang mengisi form saat akan membeli tiket kereta Mudik Lebaran 2020 secara langsung di loket Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/2/2020). Tiket Mudik Lebaran 2020 yang dijual PT Kereta Api Indonesia tersedia untuk keberangkatan H-10 atau 14 Mei 2020. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pengembalian bea khusus ini berlaku dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Berlaku bagi penumpang keberangkatan KA dari Daop 1 Jakarta, baik yang terkena dampak banjir langsung maupun tidak langsung dengan jadwal keberangkatan pada tanggal 25 Februari 2020 mulai pukul 05.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB.

2. Pembatalan tiket/pengembalian bea dapat dilakukan maksimal 3 x 24 jam setelah jadwal keberangkatan kereta api.

3. Untuk proses pembatalan wajib menyertakan bukti fisik tiket dan KTP atau Kartu Identitas lain yang asli dengan nama sesuai pada tiket

4. Pembatalan tiket hanya dapat dilakukan di Loket Stasiun

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasar Saham Global Masih Terguncang Wabah Virus Corona

Posted: 24 Feb 2020 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kekhawatiran Wabah Virus Corona masih memberikan pengaruh besar terhadap perdagangan pasar saham global. Sebagian pasar saham tercatat melemah di tengah wabah yang merebak.

Melansir laman CNN, Selasa (25/2/2020), indeks acuan Nikkei 225 (N225) Jepang anjlok 3 persen pada awal perdagangan. Pasar di negara itu ditutup Senin terkait masa liburan.

Sementara indeks S&P/ASX 200 Australia turun 1,5 persen. Shanghai Composite (SHCOMP) China turun 2,5 persen. Kospi Korea Selatan (KOSPI) naik 0,6 persen setelah ditutup turun hampir 3,9 persen, hari terburuk sejak Oktober 2018.

Sementara Indeks Hang Seng Hong Kong (HSI) sedikit meningkat setelah sempat melemah 1,8 persen.

Kondisi pasar di Asia Pasifik mengikuti gerak saham AS. Dow (INDU) yang ditutup turun 1,032 poin atau melemah 3,6 persen. Ini menjadi hari terburuk dalam dua tahun.

Indeks S&P 500 (SPX) dan Nasdaq Composite (COMP) masing-masing berakhir melemah dengan penurunan lebih dari 3 persen. Bursa berjangka AS kemudian sedikit pulih.

Dow futures terakhir naik 162 poin, sementara S&P 500 dan Nasdaq masing-masing naik sekitar 0,7 persen dan 0,9 persen. Bursa saham sedikit rebound selama jam perdagangan Asia.

Wabah Virus Corona masih menjadi kekhawatiran di seluruh negara, terutama di Cina daratan. Tetapi kemunculan ratusan kasus di dua ekonomi utama di luar China, yakni Korea Selatan dan Italia - telah menghancurkan harapan pemulihan yang cepat dari epidemi ini.

Virus ini telah mendatangkan malapetaka pada rantai pasokan global dan menekan laba perusahaan di dunia. 

Harga Emas Melonjak Capai Level Tertinggi dalam 7 Tahun

Penampakan emas batangan di gerai Butik Emas Antam di Jakarta, Jumat (5/10). Pada perdagangan Kamis 4 Oktober 2018, harga emas Antam berada di posisi Rp 665 ribu per gram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Penampakan emas batangan di gerai Butik Emas Antam di Jakarta, Jumat (5/10). Pada perdagangan Kamis 4 Oktober 2018, harga emas Antam berada di posisi Rp 665 ribu per gram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tonton Video Ini

Harga emas melonjak 2,8 persen pada penutupan perdagangan senin lampaui level teringgi dalam tujuh tahun. Pendorong kenaikan harga emas karena investor khawatir tentang pertumbuhan ekonomi global dampak dari virus Corona.

Mengutip CNBC, Selasa (25/2/2020),harga emas di pasar spot naik 1,7 persen menjasi USD 1.671,24 per ounce. Harga emas sempat menyentuh level USD 1.688,66 per ounce yang merupakan level teringgi sejak Januari 2013.

Sedangkan untuk harga emas berjangka AS naik 1,7 persen ke level USD 1,676,6 per ounce.

"Pelaku pasar mulai ketakutan sekarang," kata analis senior RJO Futures, Bob Haberkorn.

"Kekhawatirannya bukan tentang virus tepatnya, tetapi lebih dari sudut pandang ekonomi. Dow Jones turun sekitar 1.000 poin, imbal hasil obligasi juga lebih rendah," tambah dia.

Ada peningkatan tajam dampak virus Corona di Italia, Korea Selatan dan Iran, dengan Afghanistan dan Irak melaporkan kasus pertama mereka. Namun, tingkat infeksi di China telah berkurang.

Di luar Cina daratan, wabah Corona telah menyebar ke sekitar 29 negara, dengan korban tewas sekitar 24 orang, menurut penghitungan Reuters.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan khawatir tentang meningkatnya jumlah kasus tanpa kaitan yang jelas dengan China.

Investor memandang emas dan aset lain seperti obligasi pemerintah dan dolar AS sebagai tempat berlindung yang aman selama masa panik ini.

 

corona wallstreet
corona wallstreet

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Nikita Willy Taklukkan Pegunungan Himalaya, Capai Puncak Mandi Himal

Posted: 24 Feb 2020 09:35 PM PST

Nikita Willy tak mendaki sendirian, namun ia bersama teman-teman terbaiknya. Momen ini pun ia abadikan dalam media sosial Instagramnya. Selain itu gaya busana Nikita Willy saat mendaki gunung pun jadi sorotan. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)
Nikita Willy tak mendaki sendirian, namun ia bersama teman-teman terbaiknya. Momen ini pun ia abadikan dalam media sosial Instagramnya. Selain itu gaya busana Nikita Willy saat mendaki gunung pun jadi sorotan. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

Nikita Willy tak mendaki sendirian, namun ia bersama teman-teman terbaiknya. Momen ini pun ia abadikan dalam media sosial Instagramnya. Selain itu gaya busana Nikita Willy saat mendaki gunung pun jadi sorotan. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

Selama 10 hari belakangan, Nikita Willy memang berada di Nepal. Liburannya yang ala backpaker ini pun mendapat pujian dari penggemarnya karena selera liburannya berbeda dari para selebriti yang lain. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)
Selama 10 hari belakangan, Nikita Willy memang berada di Nepal. Liburannya yang ala backpaker ini pun mendapat pujian dari penggemarnya karena selera liburannya berbeda dari para selebriti yang lain. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

Selama 10 hari belakangan, Nikita Willy memang berada di Nepal. Liburannya yang ala backpaker ini pun mendapat pujian dari penggemarnya karena selera liburannya berbeda dari para selebriti yang lain. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

Apalagi saat ia mendaki pegunungan Himalaya. Banyak penggemarnya takjub. Dalam pendakiannya ia memiliki trek menuju puncak Mardi Himal. Sebuah puncak yang sudah dibuka sejak 2012. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)
Apalagi saat ia mendaki pegunungan Himalaya. Banyak penggemarnya takjub. Dalam pendakiannya ia memiliki trek menuju puncak Mardi Himal. Sebuah puncak yang sudah dibuka sejak 2012. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

Apalagi saat ia mendaki pegunungan Himalaya. Banyak penggemarnya takjub. Dalam pendakiannya ia memiliki trek menuju puncak Mardi Himal. Sebuah puncak yang sudah dibuka sejak 2012. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

Nikita Willy untuk menikmati keindahan alam yang tentu sangat jauh berbeda dari Indonesia. Ia pun merasakan kedamaian dalam cahaya pagi hari, tulisnya dalam keterangan Instagramnya. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)
Nikita Willy untuk menikmati keindahan alam yang tentu sangat jauh berbeda dari Indonesia. Ia pun merasakan kedamaian dalam cahaya pagi hari, tulisnya dalam keterangan Instagramnya. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

Nikita Willy untuk menikmati keindahan alam yang tentu sangat jauh berbeda dari Indonesia. Ia pun merasakan kedamaian dalam cahaya pagi hari, tulisnya dalam keterangan Instagramnya. (Liputan6.com/IG/@nikitawillyofficial94)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Begini Suasana Banjir di Jalan Gunung Sahari

Posted: 24 Feb 2020 09:35 PM PST

Pengendara motor nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pengendara motor nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengendara motor nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga mendorong motornya yang mogok saat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga mendorong motornya yang mogok saat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga mendorong motornya yang mogok saat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga melintasi genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga melintasi genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga melintasi genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengendara motor nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pengendara motor nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengendara motor nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga melintasi genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga melintasi genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga melintasi genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah pengendara nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sejumlah pengendara nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah pengendara nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah pengendara nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sejumlah pengendara nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah pengendara nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah pengendara nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sejumlah pengendara nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah pengendara nekat menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga menaiki sepeda menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga menaiki sepeda menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga menaiki sepeda menerobos genangan banjir di Jalan Gunung Sahari Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah kali meluap dan menyebabkan banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perumahan Villa Taman Kartini Bekasi Banjir 1,5 Meter, Warga Mengungsi

Posted: 24 Feb 2020 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banjir setinggi 1,5 meter merendam Perumahan Villa Taman Kartini, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020) pagi. Ratusan warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman lantaran rumah mereka sudah terendam banjir.

Diketahui air mulai menggenangi perumahan tersebut sejak pukul 04.00 WIB. Total ada 10 RT di Perumahan Villa Taman Kartini yang seluruhnya tergenang air.

Ketinggian air di rumah-rumah warga bahkan disebutkan mencapai 1 meter, sehingga tak lagi memungkinkan bagi mereka untuk tetap bertahan. Petugas BPBD yang terjun ke lokasi mengevakuasi warga menggunakan perahu karet. Meski demikian, tak sedikit pula yang memilih bertahan di lantai dua rumah mereka.

Volume air kali Bekasi yang berada dekat perumahan, juga terus mengalami peningkatan pasca diguyur hujan lebat sejak Senin 24 Februari 2020 malam. Warga pun semakin dibuat was-was, khawatir limpahan air akan membuat banjir semakin meninggi.

Banjir juga terjadi di sejumlah wilayah, di antaranya Jalan Guntur RT 07 RW 19 Perumahan Kayuringin, Bekasi Selatan setinggi kurang lebih 1 meter. Gyant Harapan Indah setinggi 1,5 meter, RW 02 Teluk Pucung, Wisma Asri setinggi 80 sentimeter.

Sedangkan Kelurahan Pejuang, Medan Satria, air sudah mencapai 1 meter di RW 04, 05, 06, 07, 08, 09, 10, dan sekitarnya.

Sedikitnya terdapat 30 titik banjir di Kota Bekasi dengan ketinggian bervariasi, hingga mencapai 2 meter. Saat ini pihaknya membutuhkan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang masih terjebak banjir.

"Kota Bekasi saat ini hanya punya 30 perahu karet, jadi kami masih kekurangan untuk evakuasi warga yang belum mendapatkan penanganan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Muhammad Jufri.

Banyak Titik Banjir

Menurutnya, perahu karet yang tersedia dikerahkan ke sejumlah wilayah yang banyak terdapat titik banjir, di antaranya Kecamatan Jatiasih, Medansatria, Bekasi Timur, Bekasi Barat dan Pondok Gede.

"Kita juga terjunkan 300 personil dari BPBD dan ratusan relawan untuk proses evakuasi," ujar mantan Kabag Humas Pemkot Bekasi itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LPS Catat 279.565 Rekening Bank Punya Saldo di Atas Rp 2 Miliar

Posted: 24 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat jumlah rekening simpanan dengan nilai saldo di atas Rp2 miliar pada Januari 2020 mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya, namun nominal uangnya naik.

Data LPS yang dikutip Antara, Selasa (25/2/2020), menunjukkan, jumlah rekening dengan saldo di atas Rp2 miliar mengalami penurunan sebesar 1,31 persen (MoM) dari 283.263 rekening pada Desember 2019 menjadi 279.565 rekening pada Januari 2020.

Namun, untuk jumlah nominal uang simpanannya mengalami kenaikan sebesar 0,11 persen (MoM) dari Rp3.371 triliun pada Desember 2019 menjadi Rp3.375 triliun pada Januari 2020.

Disebutkan, dari sisi jumlah rekening simpanan, total rekening simpanan per Januari 2020 mencapai 303.132.915 rekening, naik 1.434.960 atau 0,48 persen (MoM) dibanding posisi Desember 2019 sebanyak 301.697.955 rekening.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Januari tahun sebelumnya, LPS juga mencatat, rekening simpanan tumbuh 8,63 persen secara tahunan di mana jumlah rekening simpanan pada Januari 2019 sebesar 279.039.521.

 

Jumlah Nominal Simpanan

Aktivitas di ruang penyimpanan uang BNI, Jakarta, Senin (2/11/2015). Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat jumlah rekening simpanan dengan nilai di atas Rp2 miliar pada bulan September mengalami peningkatan . (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas di ruang penyimpanan uang BNI, Jakarta, Senin (2/11/2015). Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat jumlah rekening simpanan dengan nilai di atas Rp2 miliar pada bulan September mengalami peningkatan . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dari sisi jumlah nominal simpanan, total simpanan di bank umum per Januari 2020 mengalami penurunan 0,7 persen (MoM) dari Rp6.077 triliun pada Desember 2019 menjadi Rp6.035 triliun pada Januari 2020.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, total nominal simpanan tumbuh 6,9 persen secara tahunan di mana posisi simpanan pada Januari 2019 sebesar Rp5.644 triliun.

Sementara itu, simpanan dengan nilai saldo sampai dengan Rp2 miliar hingga Januari 2020, jumlah rekeningnya mengalami kenaikan sebesar 0,48 persen (MoM) dari 301.414.692 rekening pada Desember 2019 menjadi 302.853.350 rekening pada Januari 2020.

Namun, jumlah nominal simpanannya mengalami penurunan 1,7 persen (MoM) dari posisi akhir Desember sebesar Rp2.705 triliun menjadi Rp2.659 triliun di akhir Januari 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Serangan Banjir yang Merusak Pertandingan Olahraga

Posted: 24 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banjir mengepung Jakarta dan sekitarnya usai hujan deras, Selasa (25/2/2020). Berbagai pelayanan publik dan aktivitas masyarakat pun terganggu akibatnya.

Commuter line, kereta api bandara, sekolah, hingga rumah sakit lumpuh. Bahkan Istana Negara juga sempat tergenang air.

Banjir memang tidak pandang bulu. Musibah ini menyerang seluruh bidang, termasuk dalam dunia olahraga.

Sejarah menunjukkan sejumlah pertandingan yang urung dilaksanakan karena lokasi terendam. Liputan6.com coba merangkum beberapa insiden tersebut.

Berikut serangan banjir yang merusak penyelenggaraan olahraga yang terjadi beberapa tahun terakhir:

Carlisle United

Markas Carlisle United, Brunton Park, tergenang banjir. (AFP/Oli Scarff)
Markas Carlisle United, Brunton Park, tergenang banjir. (AFP/Oli Scarff)

Topan Desmond menyerang Inggris pada Desember 2015. Masyarakat setempat pun tidak berdaya menghadapi fenomena alam tersebut.

Luapan air membuat beberapa kawasan terendam air. Salah satunya adalah markas Carlisle United yakni Brunton Park.

Tidak bisa menggunakan rumah sendiri, Carlisle United kemudian menggilir laga kandang di Deepdale Ground, Ewood Park, dan Bloomfield Road.

Timnas Kriket India

Sardar Patel Gujarat Stadium terendam air. (AFP/Sam Panthaky)
Sardar Patel Gujarat Stadium terendam air. (AFP/Sam Panthaky)

Hujan deras berhari-hari mengguyur Motera, India, Agustus 2010. Sardar Patel Gujarat Stadium tidak bisa menampung itu hingga terendam hampir dua meter.

Otorita setempat sangat menyayangkan masalah ini. Pasalnya, mereka baru saja mengganti rumput untuk pertandingan melawan Selandia Baru.

Stadion Wuhan

Xinhua Road Sports Centre Stadium tergenang air. (AFP/Str)
Xinhua Road Sports Centre Stadium tergenang air. (AFP/Str)

Xinhua Road Sports Centre Stadium di Wuhan tergenang air akibat banjir pada Juli 2016. Hujan deras menjadi penyebabnya.

Stadion ini digunakan untuk berbagai cabang olahraga. Namun, Xinhua Road Sports Centre Stadium kebanyakan dipakai menggelar pertandingan sepak bola.

Montpellier

Banjir merusak Stadion Mosson. (AFP/Sylvain Thomas)
Banjir merusak Stadion Mosson. (AFP/Sylvain Thomas)

Hujan deras membuat banjir menyerang Montpellier, Oktober 2014. Air dari Sungai Lez pun meluap dan menyapu berbagai benda di jalan.

Mobil dan berbagai alat transportasi ikut terseret dan sampai masuk Mosson Stadium, markas klub Ligue 1. Stadion dan lapangan rusak akibat musibah ini.

Klub terpaksa memindahkan lima laga kandang pada musim 2014/2015 ke Altrad Stadium, sembari memperbaiki markas kebanggaan.

Timnas Rugbi Jepang

Topan Hagibis mengganggu pelaksanaan Piala Dunia rugbi di Jepang, Oktober 2019. Pemain tuan rumah harus melewati air setinggi lutut ketika keluar dari kamar ganti menuju lapangan Prince Chichibu Stadium saat berlatih jelang pertandingan melawan Skotlandia.

Dalam rekaman yang dibagikan Federasi Rugbi Jepang, para pemain menghadapi situasi ini dengan cara berbeda. Ada yang berani menerobos, menghindari kedalaman air dengan melewati pinggiran, hingga meminta rekan untuk digendong.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: