Minggu, 23 Februari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Wajah Berbeda Rossi dan Marquez Jelang MotoGP 2020

Posted: 23 Feb 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Losail - MotoGP 2020 seri pertama bakal berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, 8 Maret mendatang. Jelang seri perdana ini, dua pembalap top MotoGP, Marc Marquez dan Valentino Rossi memiliki pandangan yang berbeda.

Hal itu terlihat saat mereka ikut sesi latihan bebas MotoGP 2020 yang berlangsung di Qatar pada Minggu (23/2/2020). Pada tes pramusim ini, Rossi berada di posisi kesembilan, catatan waktunya tertinggal 0,702 detik dari rider Petronas Yamaha, Fabio Quartararo yang berada di urutan terdepan.

Kendati tak menembus posisi lima besar, Rossi terlihat puas dengan performa bersama timnya, Monster Energy Yamaha. Pembalap asal Italia itu optimistis dirinya bisa kompetitif.

"Saya senang dengan atmosfer bagus yang telah tercipta saat ini dan saya rasa kami bisa lebih kompetitif dibandingkan tahun lalu," ujar Rossi seperti dikutip dari Tuttomotoriweb.

"Kami sudah menempatkan hal-hal baik yang telah kami dapatkan sejauh ini. Kami sudah menjajal beberapa hal dan percaya bahwa motor sudah bekerja dengan baik dan kami siap untuk balapan pertama," kata rider MotoGP berusia 41 tahun itu menambahkan.

 

Marquez Ketakutan

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat beraksi pada tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Kamis (7/2). Pada tes pramusim kali ini Maverick Vinales menduduki posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 58.897 detik. (AFP/Mohd Rasfan)
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat beraksi pada tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Kamis (7/2). Pada tes pramusim kali ini Maverick Vinales menduduki posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 58.897 detik. (AFP/Mohd Rasfan)

Berbeda dengan Rossi, Marc Marquez malah ketakutan. Pada tes pramusim di Qatar, rider asal Spanyol itu sempat terjatuh karena cedera bahu kanan yang dialaminya belum pulih 100 persen.

"Saat ini bukan bahu (usai operasi) yang jadi kekhawatiran utama saya. Bahu juga memang membuat khawatir namun bukan yang paling utama," ucap pria berusia 27 tahun tersebut.

"Benar bahwa kami kesulitan di sirkuit ini. Kami akan mencoba memecahkan masalah. Seluruh pebalap Honda berkata yang sama dan memiliki masalah yang sama. Di Malaysia hasil tidak terlalu buruk sedangkan di sini kami lebih menderita," ujar Marquez.

 

10 Besar Hari Kedua Tes Pramusim MotoGP 2020 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (23/2/2020)

1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) 1 menit 54,038 detik

2. Alex Rins (Suzuki) +0,162 detik

3. Maverick Vinales (Monster Yamaha) +0,226 detik

4. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) +0,443 detik

5. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) +0,482 detik

6. Johann Zarco (Avintia Ducati) +0,527 detik

7. Joan Mir (Suzuki) +0,574 detik

8. Andrea Dovizioso (Ducati) +0,624 detik

9. Valentino Rossi (Yamaha) +0,702 detik

10. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +0,721 detik

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Buruan Voting Aktor & Aktris Pilihan Kamu di IBOMA 2020 dan Dapatkan Hadiah Menariknya!

Posted: 23 Feb 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - SCTV siap menggelar kembali Indonesian Box Office Movie Awards 2020 (IBOMA 2020). Ini merupakan tahun kelima bagi SCTV menggelar ajang penghargaan yang diperuntukan bagi insan perfilman Tanah Air yang film-filmnya tercatat sebagai terlaris sepanjang tahun.

IBOMA 2020 sendiri nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2020. Namun kalian, sudah bisa voting aktor & aktris terpopuler pilihan kalian mulai dari 20 Februari hingga 20 Maret 2020.

Untuk kalian yang ingin mendukung aktor & aktris terpopuler pilihan kalian bisa voting sekarang juga dari aplikasi Vidio. Bukan hanya itu saja, Vidio akan bagikan Samsung NOTE 10, pulsa jutaan rupiah hingga voucher Vidio Premier!

Yuk, buruan voting sekarang juga dan dapatkan hadiah menariknya dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Lemak Baik untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Aman Dikonsumsi

Posted: 23 Feb 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Makanan mengandung lemak kerap dikaitkan dengan risiko kolesterol tinggi. Jika dilihat, kolesterol memiliki sisi baik dan buruk. Pada tingkat normal, kolesterol adalah zat penting bagi tubuh. Kolesterol berperan untuk pembentukan membran sel, hormon tertentu, dan vitamin D.

Namun, pada orang dengan kolesterol tinggi berisiko memiliki tumpukan kolesterol pada pembuluh darahnya. Hal ini dapat menyebabkan penyakit yang fatal seperti serangan jantung dan stroke. Maka penderita kolesterol tinggi penting untuk menjaga pola makan dengan mengonsumsi lemak baik.

Ya, tidak semua lemak bersifat jahat. Terdapat beberapa jenis lemak, yaitu lemak tak jenuh, lemak jenuh, lemak trans, lemak cis, dan asam lemak omega. Lemak tak jenuh dibagi menjadi dua, antara lain lemak tak jenuh rantai tunggal dan lemak tak jenuh rantai banyak.

Jenis lemak jenuh sering dikaitkan dengan penyakit jantung. Sedangkan mengonsumsi makanan dengan lemak baik dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Apabila kamu termasuk penderita kolesterol tinggi atau tidak, kamu masih bisa tetap aman mengonsumsi makanan dengan lemak.

Berikut beberapa makanan lemak baik yang aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/2/2020).

Telur

Ilustrasi Telur/copyright shutterstock.com/PIMPAN
Ilustrasi Telur/copyright shutterstock.com/PIMPAN

Banyak yang mengira konsumsi telur terlebih pada bagian kuningnya sebaiknya tidak dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Padahal sebutir telur mengandung 5 gram lemak dan hanya 1,5 gram yang memiliki lemak jenuh.

Jadi, mengonsumsi telur tidak akan melambungkan kadar kolesterol. Bahkan, konsumsi telur dalam jumlah wajar akan membantu meningkatkan kesehatan jantung karena merupakan sumber kolin yang baik.

Tahu

Ilustrasi Tahu/copyright shutterstock.com
Ilustrasi Tahu/copyright shutterstock.com

Tahu tidak terlalu tinggi kandungan lemaknya, sehingga merupakan sumber makanan yang baik akan lemak tak jenuh. Baik rantai tunggal maupun banyak. Selain itu, tahu juga kaya kalsium. Jadi, buat kamu yang memiliki koletserol tinggi dapat mengonsumsi tahu asalkan tidak digoreng.

Ikan

Ilustrasi Ikan Salmon (iStockphoto)
Ilustrasi Ikan Salmon (iStockphoto)

Beberapa jenis ikan mengandung asam lemak omega yang tinggi. Asam lemak omega merupakan salah satu jenis lemak baik.

Selain itu, omega juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Beberapa jenis ikan yang mengandung tinggi omega-3 seperti salmon, makerel, hering, tuna, dan sarden.

Biji-bijian

Ilustrasi Biji Chia (iStockphoto)
Ilustrasi Biji Chia (iStockphoto)

Lemak baik untuk penderita kolesterol tinggi selanjutnya yang aman dikonsumsi adalah biji-bijian, seperti flaxseed. Terdapat asam lemak omega-3 pada flaxseed. Mengonsumsi flaxsedd dapat dikombinasikan dengan oatmeal, serealia, salad, yogurt, dan lainnya.

Kalau sulit menemukan flaxseed, kamu bisa mencoba biji chia yang juga menyimpan asam lemak omega-3 sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar koletserol LDL.

Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang-kacangan. (dok. ExplorerBob/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi kacang-kacangan. (dok. ExplorerBob/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Jenis kacang-kacangan juga termasuk makanan yang baik untuk jantung sehat. Kacang-kacangan seperti kacang brazil, alomn, pistachio, dan lain sebagainya memiliki asam lemak omega-3 di dalamnya.

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung serta yang larut dalam air sehingga dapat menurunkan kadar koletserol jahat (LDL).

Buah

ilustrasi alpukat/copyright shutterstock
ilustrasi alpukat/copyright shutterstock

Lemak baik untuk penderita kolesterol tinggi selanjutnya adalah buah. Beberapa buah memiliki kandungan lemak baik, seperti alpukat. Alpukat kaya akan lemak baik yang cocok untuk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi.

Hal ini dikarenakan alpukat mengandung lemak tak jenuh rantai tunggal. Kamu dapat mengonsumsi alpukat secara mentah atau dikombinasikan dengan makanan lain seperti salad atau roti.

Minyak

Ilustrasi minyak zaitun (dok. Pexels.com/Putu Elmira)
Ilustrasi minyak zaitun (dok. Pexels.com/Putu Elmira)

Penderita kolesterol tinggi mungkin menghindari minyak atau makanan dengan minyak. Namun, kini kamu tidak perlu takut mengonsumsi makanan dengan minyak. Kamu bisa menggunakan minyak yang mengandung lemak baik, yaitu lemak tak jenuh.

Minyak yang mengandung lemak tak jenuh rantai banyak adalah minyak jagung, kacang kedelai, dan kacang. Minyak tak jenuh rantai tunggal juga mengandung lemak baik, seperti minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak bunga matahari.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Lagi Dianggap Negara Berkembang, Ekspor Indonesia ke AS Tetap Aman

Posted: 23 Feb 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tak khawatir Indonesia dikeluarkan Amerika Serikat (AS) dari daftar negara berkembang. Menurutnya, kondisi tersebut membuat produk Indonesia berdaya saing.

"Tidak harus, kita bisa berdaya saing. Tidak masalah (dikeluarkan dari daftar negara berkembang)," ujar Airlangga di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Airlangga mengatakan, keluarnya Indonesia dari daftar negara berkembang tidak membuat biaya ekspor barang menjadi naik. Sebab, sudah ada perjanjian bilateral sebelumnya.

"Kalau biaya ekspor impor kan ada perjanjian yang sedang di proses. itu bisa diselesaikan secara bilateral. Yah kita kan optimis, sekarang kita punya GSP yang hanya 20 persen," jelasnya.

Mantan Menteri Perindustrian tersebut menambahkan, seharusnya Indonesia tak perlu khawatir tetapi harus bangga dengan adanya pernyataan AS tersebut. "Justru kita berbangga," tandasnya.

 

Pernyataan AS

Presiden AS Donald Trump dan Presiden RI, Joko Widodo berbincang saat bertemu di sela-sela KTT G20 di Hamburg, Jerman, (8/7). Sejumlah pemimpin negara berkumpul dalam KTT G20 pada 7-8 Juli 2017. . (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden AS Donald Trump dan Presiden RI, Joko Widodo berbincang saat bertemu di sela-sela KTT G20 di Hamburg, Jerman, (8/7). Sejumlah pemimpin negara berkumpul dalam KTT G20 pada 7-8 Juli 2017. . (AP Photo/Evan Vucci)

Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) mengeluarkan Indonesia dari daftar negara berkembang. Indonesia dianggap sebagai negara maju. Selain Indonesia, sejumlah negara juga dikeluarkan dari daftar tersebut, seperti China, Brasil, India, dan Afrika Selatan.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kadin Shinta W Kamdani mengatakan, kebijakan AS ini tentu akan berdampak bagi Indonesia. Khususnya dalam hal perdagangan antara Indonesia dengan Negara Paman Sam tersebut.

"Kalau benar ini terjadi akan berpotensi berdampak pada, pertama, manfaat insentif Generalized System of Preferences (GPS) AS untuk produk ekspor Indonesia karena berdasarkan aturan internal AS terkait GSP, fasilitas GSP hanya diberikan kepada negara-negara yang mereka anggap sebagai LDC's dan negara berkembang," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (22/2).

"Dengan adanya redesignation Indonesia sebagai negara maju oleh AS, secara logika Indonesia tidak lagi eligible sebagai penerima GSP apapun hasil akhir dari kedua review GSP yang sedang berlangsung terhadap Indonesia," lanjut dia.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Bunga Citra Lestari di Tujuh Harian Meninggalnya Ashraf Sinclair, Tegar

Posted: 23 Feb 2020 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Keluarga besar Bunga Citra lestari hingga kini tentu masih merasakan duka atas meninggalnya Ashraf Sinclair. Ashraf Sinclair meninggal dunia pada Selasa 18 Februari 2020 lalu jelang subuh.

Ashraf meninggal dunia akibat serangan jantung. Almarhum sempat dibawa ke rumah sakit MMC Kuningan, Jakarta. Hampir sepekan kepergian Ashraf Sinclair, Bunga Citra Lestari dan kelaurga menggelar tujuh harian untuk mendiang Ashraf.

Dalam acara tersebut, Bunga Citra Lestari tampak sudah bisa tersenyum meskipun masih tampak kesedihan di wajahnya. Dirinya menunjukkan ketabahan dan ikhlas.

Begitu pula dengan Noah yang juga sudah bisa tersenyum dan turut mendampingi sang ibunda tercinta. Hal tersebut tampak dari unggahan Nia Daniaty di Instargam pribadinya.

Berikut ini 6 potret Bunga Citra Lestari di acara tujuh harian Ashraf Sinclair, dilansir dari Instagram @niadaniatynew oleh Liputan6.com, Senin (24/2/2020).

1. Inilah potret Bunga Citra Lestari saat menggelar acara tujuh harian mendiang suaminya, Ashraf Sinclair.

Nia Daniaty membagikan momen 7 harian Ashraf Sinclair bersama BCL. (Sumber: Instagram/@niadaniatynew)
Nia Daniaty membagikan momen 7 harian Ashraf Sinclair bersama BCL. (Sumber: Instagram/@niadaniatynew)

2. Pelantun lagu 'Pernah Muda' ini sudah bisa tersenyum meski masih nampak kesedihan di wajahnya.

Nia Daniaty membagikan momen 7 harian Ashraf Sinclair bersama BCL. (Sumber: Instagram/@niadaniatynew)
Nia Daniaty membagikan momen 7 harian Ashraf Sinclair bersama BCL. (Sumber: Instagram/@niadaniatynew)

3. Tampak Nia Daniaty memberikan dukungan dan kekuatan untuk Bunga Citra Lestari.

Nia Daniaty membagikan momen 7 harian Ashraf Sinclair bersama BCL. (Sumber: Instagram/@niadaniatynew)
Nia Daniaty membagikan momen 7 harian Ashraf Sinclair bersama BCL. (Sumber: Instagram/@niadaniatynew)

4. Nia Daniaty meminta netizen untuk turut mengirimkan doa untuk mendiang Ashraf dan dukungan untuk Bunga agar tabah.

Nia Daniaty membagikan momen 7 harian Ashraf Sinclair bersama BCL. (Sumber: Instagram/@niadaniatynew)
Nia Daniaty membagikan momen 7 harian Ashraf Sinclair bersama BCL. (Sumber: Instagram/@niadaniatynew)

5. Meninggalnya Ashraf Sinclair memang mengejutkan publik tak terkecuali sederet selebriti lainnya.

Nia Daniaty membagikan momen 7 harian Ashraf Sinclair bersama BCL. (Sumber: Instagram/@niadaniatynew)
Nia Daniaty membagikan momen 7 harian Ashraf Sinclair bersama BCL. (Sumber: Instagram/@niadaniatynew)

6. Nia Daniaty juga membagikan potretnya bersama Noah yang sudah bisa tersenyum lebar.

Nia Daniaty membagikan momen 7 harian Ashraf Sinclair bersama BCL. (Sumber: Instagram/@niadaniatynew)
Nia Daniaty membagikan momen 7 harian Ashraf Sinclair bersama BCL. (Sumber: Instagram/@niadaniatynew)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Tunggu Data soal Klaim WN Jepang Positif Corona Usai Berlibur di Indonesia

Posted: 23 Feb 2020 10:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, pemerintah masih menunggu data dari pemerintah Jepang soal warganya yang terjangkit virus corona usai mengunjungi Indonesia. Pasalnya, pemerintah memastikan belum ada kasus virus corona di Indonesia.

"Soal Jepang, dilihat saja. Saya masih menunggu data dari mereka karena itu data epidemiologi di mana saja, apa benar dia sudah ke sini, di mananya? Di sana diperiksa setelah berapa hari, terus sakitnya apa?" kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (24/2/2020).

Menurut dia, pemerintah sangat berhati-hati dalam menyikapi wabah virus corona asal Wuhan, China. Terawan tak mau berkomentar banyak sebelum ada data terkait hal tersebut.

"Kalau hanya berita pernah kan di Malaysia juga pernah gitu, Korea juga gitu. Jadi kita harus terus hati-hati dalam menyikapinya karena data itu penting. Saya sebagai Menkes sangat berpatokan dengan data," ujar dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Tokyo, Jepang, mengumumkan kasus baru Virus Corona COVID-19 yang menjangkit seorang pria berusia 60 tahunan pada Sabtu 22 Februari waktu setempat. Pria itu dinyatakan terinfeksi Virus Corona setelah mengunjungi Indonesia.

 

Gejala Sakit Mirip Corona

Han Yi, petugas medis dari Provinsi Jiangsu, bekerja di bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Han Yi, petugas medis dari Provinsi Jiangsu, bekerja di bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Media nasional Jepang, NHK melaporkan pada Minggu (23/2/2020), pria yang merupakan staf pada fasilitas perawatan lansia itu mengunjungi sebuah institusi kesehatan pada 12 Februari setelah mengalami "gejala-gejala seperti flu". Namun ia kembali ke rumah pada hari yang sama karena tidak didiagnosa mengidap pneumonia.

Keesokan harinya, pada 13 Februari dia kembali bekerja dan pada 14 Februari tinggal di rumah. Pada 15 Februari, dia dilaporkan mengunjungi Indonesia untuk berlibur bersama keluarga, namun tak diungkap saat berada di Indonesia ia bepergian ke mana saja.

Saat kembali ke Jepang pada 19 Februari, pria itu mengalami kesulitan bernapas yang parah dan disebut mengalami "kondisi serius" seperti gejala Virus Corona COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bhayangkara Luncurkan Jersey Baru untuk Liga 1 2020, Kapolri: Jangan Ikut-ikut Atur Skor

Posted: 23 Feb 2020 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bhayangkara FC meluncurkan seragam (jersey) mereka untuk Liga 1 musim 2020. Peluncuran dilakukan di area kampus Perguruan Tinggi Ilmi Kepolisian (PTIK), Jakarta, Senin (24/2/2020).

Kapolri Jenderal Idham Azis yang juga pembina Bhayangkara FC berharap, para pemain dapat menjadi contoh baik bagi para pemain lain di kompetisi yang akan disiarkan Indosiar, O channel, dan Vidio tersebut.

"Kalau tim lain ujung-ujungnya berantem, saya kira kalian tidak ikut. Tidak elok. Masak polisi kalau kalah berantem," kata Idham saat peluncuran jersey.

Tidak berbeda dari sebelumnya, Bhayangkara FC memilih warna kuning sebagai seragam kandangnya. Peluncuran seragam Bhayangkara FC juga berbarengan dengan peluncuran segaram tim voli Bhayangkara Samator dan Popsivo Polwan.

Ketiga tim olahraga tersebut memang merupakan bagian dari institusi Polri. Oleh karena itu, Idham berharap seluruh jajarannya mendukung kiprah ketiga tim olahraga itu di cabang masing-masing.

"Saya minta kepada Kapolda dan Dirlantas untuk memberikan dukungan yang jadi tanggungjawab kita di institusi ini," kata Idham.\

Acara peluncuran seragam baru itu turut dihadiri Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali serta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

 

 

Singgung Pengaturan Skor

Striker Bhayangkara FC, Ezechiel N'Douassel menjadi salah satu pemain yang didatangkan di awal musim ini. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Striker Bhayangkara FC, Ezechiel N'Douassel menjadi salah satu pemain yang didatangkan di awal musim ini. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lebih lanjut, Idham juga menuturkan pihak kepolisian tetap mempertahankan keberadaan satgas anti mafia bola untuk musim depan. Ia berharap, tidak ada pemain Bhayangkara FC yang terlibat dalam mengatur pertandingan.

"Jangan sampai kamu main atur skor. Tidak elok juga kalau ada pepatah jeruk makan jeruk," kata Idham.

Bertabur Bintang

Bhayangkara FC pada musim 2020 boleh dibilang bertabur bintang. Selain mendatangkan Andik Vermansah, tim asuhan Paul Munster itu juga sukses mendaratkan gelandang tim nasional Indonesia, Sadil Ramdani.

Untuk pemain asing, klub berjuluk The Guardian itu menggaet eks bomber Persib, Ezechiel N'douassel kemudian Renan Silva, hingga Lee Won-jae dan Herve Guy

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jajal Honda Civic Hatchback RS, Ubahan Kosmetik atau Performa?

Posted: 23 Feb 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan mobil perkotaan andalannya, new Honda Civic Hatchback RS. Dengan emblem road selling, mobil ini diklaim lebih sporty nan seksi, dengan berbagai ubahan di bagian eksterior dan interior.

Membuktikan hal tersebut, pabrikan berlambang huruf H ini mengajak beberapa media otomotif untuk mencoba ketangguhan Honda Civic Hatchback RS ini, termasuk Liputan6.com. Rute untuk menguji coba model berbanderol Rp499 juta ini juga cukup menarik, meskipun hanya melintasi jalur perkotaan, yaitu dari kawasan SCBD, Sudirman, menuju BSD, Tangerang Selatan.

Nah, mau tau seberapa bengis new Honda Civic Hatchback RS, mari kita ulas satu-persatu:

Emblem RS   Hanya Pemanis atau Benar-Benar Bengis? (Ist)
Emblem RS Hanya Pemanis atau Benar-Benar Bengis? (Ist)

Eksterior

Sebelum membahas inti dari sebuah mobil, yaitu performa, kita bicara soal tampilan luar model ini terlebih dahulu. Pasalnya, versi facelift dari Honda Civic Hatchback RS ini, terletak di tampilan luar dan dalam, bukan mesin alias performa.

Jika dibilang lebih sport, Liputan6.com, setuju, pasalnya mobil ini mendapatkan tambahan aero kit untuk bumper depan, belakang, dan side sill garnis di bagian samping, dan juga penggunaan pelek alloy wheel berukuran 17 inci, dengan desain two-tone memang membuat tampilan mobil ini tambah sporty dan garang.

Sementara buritannya, bumper diffuser belakang baru dan desain knalpot ganda yang kini terletak di tengah, menjadikan mobil ini terkesan seperti mobil balap.

Interior

Kabin Honda Civic Hatchback RS (Arief/Liputan6.com)
Kabin Honda Civic Hatchback RS (Arief/Liputan6.com)

Selanjutnya, menuju ke kabin. Kesan mewah sudah terasa ketika duduk di bangku pengemudi, dengan jok berbahan kulit, dan kini mendapatkan aksen jahitan berwarna merah khas mobil sport di jok, roda kemudi, tuas transmisi, konsol tengah, door lining. Pada konsol tengah, terdapat sistem audio video canggih dengan Capacitive Touch Screen 7 inci dengan Smartphone Connection untuk Android dan iOS.

Fitur canggih lain yaitu Smart Key, yang berfungsi mengunci dan membuka, hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis. Teknologi Smart Entry memberikan kemudahan untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handle pintu. One Push Ignition System berfungsi untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol.

Menambah kenyamanan dan keamanan, Honda Civic Hatchback RS juga dilengkapi fitur Rain Sensing Windshield Wiper serta Rear Parking Camera.

Performa

Emblem RS   Hanya Pemanis atau Benar-Benar Bengis? (Ist)
Emblem RS Hanya Pemanis atau Benar-Benar Bengis? (Ist)

Dalam kesempatan pertama, Liputan6.com langsung menjadi pengemudi, menyusuri jalan perkotaan dari SCBD menuju BSD, Tangerang Selatan. Melewati jalur dalam kota, dengan kondisi lalu lintas yang cukup padat, mobil ini cukup enak diajak bermanuver dengan handling yang baik.

Tidak lupa, saat pertama duduk di bangku pengemudi, untuk mencari posisi yang pas tidak sulit. Pengaturan jok sudah elektrik, dan pengaturan setir yang sudah menggunakan tilt dan telescopic.

Performa kendaraan sudah mumpuni, dengan dukungan mesin berkapasitas 1,5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology. Dikawinkan dengan transmisi CVT dengan Earth Dream Technology membuat mobil ini mampu menghembuskan tenaga maskimal 170 Tk pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 219,6 Nm pada 5.500 rpm.

Saat melewati tol, karena kondisi lalu lintas yang tidak terlalu padat, pengemudi mendapatkan kesempatan menggeber dan meliuk-liuk melewati kendaraan satu dan lainnya dengan maksimal. Angka di speedometer sudah menyentuh 140 km/jam, dan tenaga masih tetap responsif tidak ada habisnya.

Kemungkinan besar, kecepatan bisa dipacu hingga 180 km/jam, namun karena pertimbangan keselamatan, mendapatkan kecepatan sebelumnya juga sudah cukup. Toh, kendaraan ini meskipun bergaya layaknya mobil balap, tetap diperuntukkan untuk penggunaan sehari-hari.

Terakhir, sektor kaki-kaki cukup rigid, dan belum terasa limbung ketika mobil dipacu hingga kecepatan 140 km/jam. Satu lagi, transmisi terdapat dua mode, yaitu D dan S.

Ketika tuas transmisi menggunakan posisi S, semburan tenaga memang lebih terasa, dengan perpindahan gigi menggunakan paddle shift. Dan bagi yang menggemari kecepatan, posisi S pada transmisi Honda Civic Hatchback RS ini sangat dianjurkan untuk digunakan, dan merasakan semburan tenaga dari bawah hingga atas.

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatannya, model ini menggunakan rangka orisinal G-Force Control (G-CON) dan ACETM untuk memberikan perlindungan menyeluruh pada kabin, Pedestrian Protection di lima bagian yang dapat meredam energi dan meminimalkan cedera pada pejalan kaki.

Mobil ini juga dilengkapi enam airbag, Pretensioner Seatbelt dan Load Limiter, dan ISOFIX. Honda Civic Hatchback juga telah dilengkapi dengan fitur lain seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal. Model ini telah melalui rangkaian uji tabrak di Honda Motor Real World Crash Test di Tochigi, Jepang.

Kekurangan:

Dengan desain knalpot yang baru, dengan dua lubang yang berada di tengah, layaknya sebuah mobil balap, namun suara deru mesin dari mobil ini masih kurang. Seharusnya, pihak pabrikan bisa membuat suara standar tanpa ubahan atau modifikasi dari Honda Civic Hatchback RS ini bisa lebih gahar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan Spesial Sambut Donald Trump di Taj Mahal, dari 5 Monyet Penjaga hingga Pembersihan Makam

Posted: 23 Feb 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump direncanakan akan mengunjungi kompleks makam Taj Mahal di India pada hari ini, Senin (24/2/2020). Untuk menyambut orang nomor satu di AS itu, pemerintah setempat menyiapkan sejumlah layanan spesial.

Dikutip dari laman India Today, meski penjagaan keamanan super ketat sudah disiapkan, badan keamanan setempat masih merasa kurang. Mereka pun mempekerjakan lima monyet ekor panjang khusus untuk menyambut kedatangan Trump.

Layanan keamanan itu bukan tanpa sebab. Pasalnya, monyet-monyet yang biasa berkeliaran di Agra, kota Taj Mahal berada, kerap berulah. Untuk itu, kelima monyet akan ditugasi untuk mengamankan iring-iringan rombongan Trump yang di antaranya terdiri dari istri, putri, dan menantunya.

Hal istimewa lainnya untuk menyambut Trump adalah pembersihan replika makam Sultan Shajahan dan Ratu Mumtaz Mahal. Pembersihan tersebut menjadi yang pertama dilakoni oleh Survei Arkelogis India (ASI) selama 300 tahun terakhir.

Perawatan itu meliputi pengaplikasian lapisan tebal tanah liat dan kemudian dibersihkan menggunakan air distilasi. Hal itu bertujuan untuk menghilangkan lapisan debu yang menempel pada makam.

Cara pembersihan itu terinspirasi dari cara wanita India untuk mencerahkan wajah. Taj Mahal sendiri sudah lima kali dibersihkan dengan metode tersebut, tetapi belum pernah dengan replika makamnya. Dilansir dari dw.com, makam asli sultan Mughal itu berada di ruang di bawah replika berada.

Sementara, Trump direncanakan tidak akan mengunjungi makam asli lantaran pintu masuknya hanya setinggi lima kaki. Tim keamanan Presiden yang mengunjungi Taj Mahal beberapa waktu lalu mengatakan Trump tidak akan menunduk meski itu untuk melihat makam berusia ratusan tahun.

Prosesi Penyambutan Trump

Taj Mahal-India/unsplash
Taj Mahal-India/unsplash

Makam asli Taj Mahal hanya dibuka untuk publik tiga hari dalam setahun. Pembukaan itu untuk mengenang kematian Shah Jahan yang mengklaim sebagai keturunan Bahadur Shah Zafar. Ia merupakan Sultan Mughal terakhir.

Lampu gantung di atas makam juga dibersihkan menggunakan air asam jawa. ASI bertindak sebagai penanggung jawab proyek untuk membersihkan seluruh monumen dari titik hitam baik di dinding maupun lantai.

Persiapan tak hanya dilakukan di dalam Taj Mahal. Sungai Yamuna yang berada tepat di bellakang Taj Mahal juga diisi dengan 17 juta liter air agar tak terlihat surut. Sementara, dinding dari bandara hingga ke Taj Mahal telah digambar dengan beragam warisan budaya India.

Kunjungan Trump tersebut menjadi yang pertama kali ke India. Trump berencana bertemu dengan PM India, Narendra Modi, untuk memperkuat kerjasama di bidang keamanan, perdagangan, dan investasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Launching Tim dan Kostum Klub Liga 1 2020 Ini Unik dan Kreatif

Posted: 23 Feb 2020 10:00 PM PST

Jakarta - Ajang Liga 1 2020 segera bergulir, tanggal 29 Februari 2020. Klub-klub peserta kompetisi yang akan ditayangkan di Indosiar, O Channel, dan Vidio ini terus bersiap, mulai dari mendatangkan pemain-pemain baru, pilihan strategi, menggeber latihan, hingga menggelar uji coba. 

Bursa transfer pemain menjelang Liga 1 2020 bisa dibilang sangat menggeliat. Perpindahan pemain-pemain ternama yang mengejutkan suporter terus terjadi. 

Beberapa tim sangat aktif di bursa transfer, bahkan hingga dijuluki Los Galacticos. Sebut saja Bali United, Persija Jakarta, hingga Bhayangkara FC. Tim-tim tampaknya menyadari persaingan di Liga 1 2020 akan semakin berat hingga perlu mempersiapkan diri secara ekstra. 

Persiapan lain yang tak kalah penting tentu saja menggelar laga uji coba. Pertandingan-pertandingan uji coba tersebut penting untuk mengetahui sejauh apa perkembangan tim sebelum terjun ke pertarungan sesungguhnya. 

Fenomena menarik lain juga tersaji menjelang Liga 1 2020. Beberapa perkenalan atau launching tim peserta Liga 1 berlangsung unik dan kreatif. 

Belum semua tim peserta Liga 1 2020 memperkenalkan pemainnya secara resmi. Namun, beberapa klub sudah melakukannya. 

Berikut tiga perkenalan tim maupun jersey kontestan Liga 1 2020 yang sejauh ini dinilai unik dan kreatif. 

Persebaya Surabaya

Skuat Persebaya Surabaya Liga 1 2020. (Bola.com/Aditya Wany)
Skuat Persebaya Surabaya Liga 1 2020. (Bola.com/Aditya Wany)

Persebaya Surabaya secara resmi merilis skuat untuk Liga 1 2020 pada Sabtu (8/2/2020) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Bajul Ijo menggelar perkenalan tim yang meriah.  

Launching tim ini berjalan meriah dengan kembang api. Puluhan ribu Bonek, suporter Persebaya, menjadi saksi deretan nama-nama yang masuk dalam skuat klub kebanggaan mereka.

Pada pembuka, panpel memainkan lampu LED sehingga stadion jadi lebih gelap. Suporter yang berada di tribune menambah bantuan cahaya dengan ponsel masing-masing, meski konsep yang direncanakan memang minim cahaya. 

Satu per satu nama-nama jajaran pelatih dan para pemain dipanggil untuk ke tengah lapangan. Setelah itu, Presiden Persebaya, Azrul Ananda berpidato. Berbeda dari biasanya, kali ini dia menyampaikannya dengan singkat.

Launching kemudian ditutup dengan laga persahabatan melawan Sabah FA. 

 

2. Bali United

Bali United memperkenalkan jersey yang akan dikenakan sepanjang perhelatan Liga 1 2020 dengan cara unik. Klub berjuluk Serdadu Tridatu tersebut memilih memperkenalkan jersey dengan sebuah video pendek. 

Video berdurasi dua menit dua puluh detik itu diunggah manajemen Bali United di akun media sosial klub pada Jumat (21/2/2020). Yang berbeda, jersey tim tidak dikenakan oleh para pemain. Bali United menampilkan sederet perempuan yang memakai jersey terbaru mereka.

Dalam video tersebut tampakp para perempuan tersebut memakai jersey terbaru Bali United dengan menunjukkan tarian. Ada lima varian warna yang dipakai Bali United, yakni merah, kuning, hitam, ungu, dan putih.

Seperti pada musim-musim lalu, jersey yang akan dipakai penggawa Serdadu Tridatu masih dihiasi banyak sponsor. Kemudian dalam video yang diposting dalam akun @baliunitedfc juga terdapat captions.

"This is Our Home: Bali United Jersey 2020. We proudly present you with our 2020 Jersey Kit. Musim ini kami ingin berdedikasi kepada keluarga Bali United dan pulau ini," tulis Bali United

"This is our family, our home, our ocean. Karena klub ini tidaklah terbangun dari pemain saja, tapi juga para pejuang dibalik layar yang menjadi bagian dari keluarga besar kami."

"Peluncuran Jersey kali ini, kami ingin mengeluarkan semangat kebersamaan ini dengan tarian dan lagu yang kami telah ciptakan. We hope you, as our family, will wear this jersey and feel like home," tandasnya.

Video kemudian ditutup dengan joget bersama pemain Bali United di pinggir pantai.

 

 

 
 
 
View this post on Instagram

We proudly present you with our 2020 Jersey Kit. Musim ini kami ingin berdedikasi kepada keluarga Bali United dan pulau ini. This is our family, our home, our ocean. Karena klub ini tidaklah terbangun dari pemain saja, tapi juga para pejuang dibalik layar yang menjadi bagian dari keluarga besar kami. . . Peluncuran Jersey kali ini, kami ingin mengeluarkan semangat kebersamaan ini dengan tarian dan lagu yang kami telah ciptakan. We hope you, as our family, will wear this jersey and feel like home. . . Home Jersey Available @baliunitedstore TODAY. . . "OUR HOME" Original Music by Bali United Music Produced by: Housman Pranoto @housmanpranoto . . Choreography by: EKI DANCE COMPANY @ekidanceco . . Special thanks to: @yabestan . . #thisisourhome #BaliUnited #BeyondFootball #Unity #newjersey

A post shared by Bali United FC (@baliunitedfc) on

3. Persija Jakarta

Suasana launching Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (23/2/2020). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)
Suasana launching Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (23/2/2020). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Persija Jakarta menggelar acara launching tim di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (23/2/2020). Kegiatan perkenalan pemain, skuat, dan sponsor Persija untuk Liga 1 2020 itu disiarkan secara langsung oleh Indosiar dan melalui streaming di Vidio.

Suasana launching Persija berlangsung meriah. Launching tim dimulai dengan penayangan video jersey Persija. Acara berlanjut dengan perkenalan skuat Macan Kemayoran dan jajaran pelatih. Satu per satu pemain dipanggil oleh presenter, Rendra Sudjono.

Untuk jersey, Persija memperkenalkan perpaduan merah-putih sebagai seragam kandang, warna putih-putih menjadi seragam tandang, dan kolaborasi oranye-putih khusus jersey ketiga.

Selain itu, Persija juga memperkenalkan 29 pemain dan jajaran staf pelatih untuk Liga 1 2020, minus Feby Eka Putra, gelandang yang kabarnya dipinjamkan ke Arema FC.

Acara terakhir pada rangkaian launching tim Persija Jakarta adalah uji coba melawan klub Singapura, Geylang International. 

Berikut ini beberapa komentar warganet tentang launching-launching tim Liga 1 2020 yang dianggap meriah dan unik.  

1. Launching Tim Musim ini Dipegang Persebaya, Persija dan Bali United

2. Launching Arema dan Persija Bagaikan Bumi dan Langit

3. Sekarang Klub Indonesia Lebih Bergairah Adu Kreatif

4. Launching Istimewa

5. Begini Seharusnya Mengenalkan Tim Secara Profesional

6. Dua Klub Ini Launchingnya Bagus

7. Era Baru Sepak Bola Indonesia?

8. Video Launching Jersey Bali United Tidak Murahan

9. Segar Banget Idenya

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akibat Kelangkaan, Warga Hongkong Buat Masker Sendiri Cegah Virus Corona

Posted: 23 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya virus Corona yang menjangkiti manusia menyebabkan kelangkaan dan meroketnya harga penjualan masker. Akibat dari kejadian ini, tak ulung banyak oknum yang memanfaatkan masyarakat untuk menipu.

Setidaknya empat orang ditangkap karena diduga terlibat dalam penipuan online akibat virus Corona. Mereka adalah seorang wanita, dua orang pria, dan seorang anak berusia 15 tahun yang mengiklankan masker di jejaring belanja online, seperti di Gumtree, Facebook Marketplace, Carousell, WhatsApp, dan Telegram. 

Dilansir dari Channel News Asia, polisi mengatakan keempat tersangka telah menerima banyak laporan pada 2 Januari dan 19 Februari dari para korban yang telah ditipu setelah membayar masker melalui online. 

"Penjual tidak bisa dihubungi setelah pembayaran melalui transfer bank," kata polisi dalam rilis media. 

Dengan kelangkaan dan penipuan yang terjadi, warga Hongkong mulai membuat sendiri masker dengan perusahaan produksi dan para penjahit yang membuat masker-masker tersebut dengan mesin jahit.

 

Membuat Masker sendiri

Ilustrasi mengenakan masker untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh | unsplash.com/@anikolleshi
Ilustrasi mengenakan masker untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh | unsplash.com/@anikolleshi

Judy, salah satu warga Hongkong berusia 73 tahun yang berbelanja di distrik Wanchai, terlihat mengenakan masker buatan sendiri.

"Saya menemukan bahan-saputangan, dan beberapa kain non-anyaman, saya menggabungkannya, dan menggunakan beberapa kawat elastis untuk bagian atas masker," katanya kepada AFP.

Selain itu, seorang penjahit, Elase Wong, mengaku telah memberikan desain jahit pada masker buatannya.

"Beberapa orang tidak bisa membeli masker apa pun... Jadi, jika mereka bisa membuatnya sendiri, itu akan bagus," katanya. Dia melanjutkan, "Saya harap semua orang bisa mencapai swasembada."

Seorang sutradara film, Tong melakukan riset dan menyadari bahwa masker tidak terlalu sulit dibuat. "Mengapa orang harus menanggung biaya tinggi seperti itu? Karena tidak ada jalur produksi di Hong Kong," katanya.

Dengan bantuan seorang investor, dia berhasil mengimpor mesin dari India, dan saat dalam tahap pengujian, mesin tersebut akan menghasilkan 60 hingga 80 masker bedah per menit.

Tong mengatakan topeng akan dijual online seharga HK $1 hingga HK $2 (sekitar Rp. 1.700 sampai Rp. 3.500) terbatas satu kotak per orang.

Administrasi kepala eksekutif Carrie Lam mengatakan mereka akan melakukan semua yang bisa dilakukan untuk mengamankan pasokan masker wajah di tengah kelangkan.

 

 

Penulis: Lorenza Ferary

Simak Video Menarik Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bukan Kebakaran, Sistem Aerosol Gedung Nusantara III DPR Eror

Posted: 23 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Asap putih terlihat keluar dari salah satu ruangan Gedung Nusantara III DPR RI, Jakarta. Asap muncul pada pukul 11:57 WIB akibat sistem aerosol eror.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cabuli Siswa Sejak SD hingga SMA, Kepsek di Bali Jadi Tersangka

Posted: 23 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bali - Polisi Polres Badung menetapkan WS (43), Kepala Sekolah di salah satu SD di Kuta Utara, Badung, Bali, sebagai tersangka kasus pencabulan yang dilakukannya sejak 2016 hingga 2020. 

"Jadi setelah diperiksa dan sesuai dengan alat bukti yang cukup kami sudah tetapkan menjadi tersangka dan langsung akan diterbitkan penahanan," kata Kasubag Humas Polres Badung, Iptu I Ketut Oka Bawa, seperti dikutip Antara, Senin (24/2/2020).

Oka menjelaskan, tersangka sudah melakukan aksi pencabulan terhadap korban berinisial IAMOCD, sejak Juli 2016 ketika korban masih kelas 6 SD sampai 11 Januari 2020 saat korban sudah kelas 1 SMA.

"Tersangka melakukan aksi ini di empat TKP, yaitu di ruang Kepsek, tempat les tersangka, di dalam kamar rumah tersangka dan beberapa penginapan wilayah Kuta Utara, Badung," jelasnya.

Ia mengatakan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, korban dan tersangka sudah dilakukan dan selanjutnya akan berkoordinasi dengan Peksos dari Dinas Sosial Kabupaten Badung dan dengan P2TP2A Kabupaten Badung untuk pemulihan fisik dan psikis korban.

"Dalam hal ini, modus tersangka yaitu merayu korban dan mengajak korban untuk berhubungan badan beberapa kali di masing-masing TKP. Motifnya ya tersangka ini menyukai korban dan menjadikan korban sebagai pacarnya," ucapnya.

Penangkapan tersangka dilakukan pada 22 Februari 2020, di tempat tinggalnya oleh anggota unit PPA Satreskrim Polres Badung.

Sebelumnya, kejadian ini diketahui ketika ayah korban didatangi salah satu guru Pembina pramuka di sekolah korban yang memberitahukan bahwa korban sempat bercerita bahwa telah disetubuhi oleh tersangka.

"Saat ayah korban menanyakan kebenaran informasi tersebut kepada korban dan korban mengakuinya, kalau kejadian ini sudah terjadi kelas 6 SD di dalam ruang kepala sekolah salah satu SDN di wilayah Kuta Utara, Badung, kejadian ini berlanjut di beberapa TKP lainnya," katanya.

Atas perbuatannya, WS dijerat Pasal 81 Jo Pasal 76D Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman penjara minimal 5 tahun, maksimal 15 tahun.

"Hukuman tersebut dapat ditambah 1/3 karena pelaku sebagai pendidik atau tenaga pendidikan dalan Pasal 81 ayat (3)," katanya menambahkan. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Gelar Roadshow RUU Omnibus Law Minggu Ini

Posted: 23 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah bakal melakukan roadshow ke beberapa stakeholder untuk menampung masukan mengenai Rencana Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja.

Sekertaris Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono mengatakan roadshow ini dilakukan seiring sudah masuknya draft RUU ke DPR RI untuk dilakukan pembahasan.

"Seperti yang disampaikn Bapak Presiden, kita akan adakan roadshow. Kita akan fasilitasi. Kita menyampikan penjelasan lengkap kemudian kita serap aspirasi," ujarnya di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Roadshow ini dilakukan karena tingginya animo masyarakat terkait RUU Omnibus Law.

Susiwijono menambahkan, nantinya pendapat dari stakeholder akan diampung semuanya. Namun dalam prosesnya memang tidak sama dengan pembahasan RUU yang lain.

"Ini terbuka, namun di dalam prosesnya memang berbeda dengan beberapa pembahasan RUU Omnibus Law lain karena berbeda. Karena ini besar sekali cakupannya," jelasnya

Rencananya, roadshow akan dimulai dalam minggu ini. Adapun daerah yang dituju adalah yang memiliki jumlah stakeholder, industri, serta pekerja yang paling banyak.

 

 

Lewat Omnibus Law, Izin Pendirian Koperasi Diperlonggar

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan terkait upaya Kementerian Koperasi dan UKM menciptakan koperasi yang sehat, pihaknya akan mempermudah perizinan serta syarat-syarat dalam mendirikan koperasi. Terutama dalam aturan Omnibus Law yang saat ini tengah dibahas.

Hal itu disampaikan saat melakukan kunjungan ke Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Sidogiri, Jawa Timur, Minggu (23/2/2020) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Menteri Teten menerima audiensi dari para pengurus koperasi yang berdiri sejak tahun 1997. Lalu ia mengatakan, permasalahan mengenai izin koperasi sedang dicari solusinya lewat Omnibus Law, aturan tersebut, kata Teten, mampu menjadi afirmasi bagi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM).

"Izin nantinya bukan cuma izin saja, di Omnibus Law, Koperasi hanya registrasi Nomor Induk Berusaha (NIB) yang bisa dipakai untuk mengurus apa saja. Satu NIB untuk semua," ujar dia dalam keterangannya, Senin (24/2/2020).

Apalagi saat ini sudah ada lembaga Online Single Submission (OSS), dimana semua dilakukan serba online. Namun sayangnya, hal itu belum dioptimalkan oleh koperasi.

"Kalau sekarang lebih susah bikin koperasi dibanding perusahaan, ke depan wilayah koperasi juga tak dibatasi, harapannya ada kesamaan untuk kemudahan. Termasuk Peraturan Daerah (Perda) yang tak sejalan akan sendirinya konsolidasi karena mengacu pada Undang-Undang," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Virus Corona, Israel Larang Kunjungan Turis dari Jepang dan Korea Selatan

Posted: 23 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Tel Aviv - Israel resmi melarang warga Korea dan Jepang masuk ke negaranya. Alasannya adalah mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19) yang berasal dari Kota Wuhan, China.

Tak hanya itu, orang yang baru bepergian ke Jepang atau Korsel dalam dua minggu terakhir juga tak boleh masuk ke Israel, demikian laporan The Times of Israel, Senin (24/2/2020).

Pesawat Korean Air yang masuk Israel pada Sabtu lalu juga dipulangkan bersama penumpangnya akibat efek Virus Corona. Pelarangan itu diumumkan karena melonjaknya kasus virus tersebut di Korsel.

Korsel menyesali keputusan Israel karena dianggap berlebihan. Pejabat Kementerian Luar Negeri Israel dijadwalkan bertemu Dubes Korsel di Israel untuk membahas isu ini.

Ada 18 warga Korsel yang baru pulang dari Israel yang teryata positif Virus Corona. Akibatnya, Israel mengkarantina ratusan orang yang telah kontak dengan para turis tersebut.

Di antara yang dikarantina adalah sekitar 200 murid dan guru Israel yang masuk ke tempat wisata yang dikunjungi turis asal Korsel.

Warga Israel yang baru kembali dari Jepang dan Korea Selatan wajib mengkarantina diri sendiri selama dua minggu.

Israel sebelumnya sudah melarang masuk pengunjung dari China, Hong Kong, Makau, Thailand, dan Singapura. Kementerian Kesehatan juga mengimbau warga yang kembali dari Italia, Australia, dan Taiwan untuk diperiksa juga menunjukan gejala Virus Corona.

Palestina dan Israel Menerapkan Sistem Karantina

Petugas kesehatan yang mengenakan masker berjalan di zona karantina perbatasan Rafah dengan Mesir di Jalur Gaza, Palestina, Minggu (16/2/2020). Kementerian Kesehatan Palestina membangun zona karantina sebagai upaya untuk mengantisipasi wabah virus corona atau COVID-19. (SAID KHATIB/AFP)
Petugas kesehatan yang mengenakan masker berjalan di zona karantina perbatasan Rafah dengan Mesir di Jalur Gaza, Palestina, Minggu (16/2/2020). Kementerian Kesehatan Palestina membangun zona karantina sebagai upaya untuk mengantisipasi wabah virus corona atau COVID-19. (SAID KHATIB/AFP)

Israel tidak hanya mengkarantina murid dan guru yang berpotensi tertular dari turis Korsel. Sebanyak 12 petugas keamanan yang ada kontak dengan turis Korsel juga turut dikarantina. 

Para turis Korsel itu mengunjungi Tomb of the Patriarchs (Makam Para Leluhur) di Hebron. Mereka yang tertular juga diduga mengunjungi Tepi Barat.

Pemerintah Palestina pun langsung memerintahkan penutupan lokasi-lokasi yang dikunjungi para turis. Perintah karantina juga diberikan oleh pemerintah Palestina bagi siapa saja yang berhubungan dengan para turis tersebut. 

Berdasarkan pantauan Gis And Data pada Senin siang, ada 79 ribu orang terinfeksi Virus Corona di seluruh dunia. Korsel adalah negara kedua dengan penularan tertinggi, yakni 763 kasus.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update PUBG Hadirkan Fitur Perang Konsol Sesungguhnya, Kamu di Pihak Mana?

Posted: 23 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dinanti sejak lama, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) akhirnya akan kedatangan salah satu fitur yang memungkinkan gamer main gim antar platform konsol di update versi 6.2.

Lewat update ini, gamer yang main PUBG di konsol PS4 kini akan bisa bertarung dengan pemain Xbox One--lintas platform--atau bikin satu tim yang masing-masing anggotanya terdiri gabungan kedua konsol tersebut.

Sebelumnya, fitur main lintas platform ini hanya sebatas gamer PS4 dan Xbox One bertarung satu sama lain tetapi tidak memungkinkan mereka bekerja sama atau membentuk tim--karena dipasangkan secara random.

Update PUBG 6.2 ini dijadwalkan akan live untuk kedua konsol pada hari Selasa 3 Maret 2020, sebagaimana dikutip dari laman resmi PUBG via Gamerant, Senin (24/2/2020).

Sayang, update PUBG ini hanya mendukung lintas konsol gim PS4 dan Xbox One, tetapi tidak mendukung bagi pengguna PC.

Hal ini dikarenakan, pengembang merasa gamer PC memiliki keunggulan dalam hal pengaturan keyboard dan mouse saat bermain gim PUBG atau sejenisnya.

 

Fitur Lain di Update 6.2

Lebih lanjut, update versi 6.2 juga akan menghadirkan Team Deathmatch 8v8 di peta Karakin.

Adapun fitur ini dirancang untuk menjadi tipe gim bergaya arcade yang lebih cepat. Team Deathmatch melibatkan respawn yang tidak terbatas, tidak ada knockdown, dan menonaktifkan friendly fire.

Mode ini akan dibatasi ronde-nya hanya 10 menit atau 50 kill, membuatnya sekitar setengah lama waktu pertandingan PUBG biasa.

Update juga akan menyeimbangkan sejumlah item dan sejata di dalam gim, yang secara keseluruhannya terlalu kuat kini sedikit dikurangin (nerf).

(Ysl/Why)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Surabaya Bakal Bangun Jalur Bawah Tanah Hubungkan Terminal Intermoda Joyoboyo dan KBS

Posted: 23 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya akan terus mendukung perkembangan dan pembenahan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Salah satu dengan membangunkan jalan bawah tanah yang akan menghubungkan Terminal Intermoda Joyoboyo dengan KBS.

"InsyaAllah tahun ini akan kita bangunkan," ujar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma), Minggu, 23 Februari 2020.

Sebelumnya Kebun Binatang Surabaya sudah melengkapi dengan jogging track dan media center. Kedua fasilitas tersebut diresmikan oleh Risma. Ia pun mencoba menelusuri jogging track itu dan memasuki ruangan media center.

Pada kesempatan itu, Risma memastikan saat ini KBS terus berbenah, sehingga semakin hari semakin bagus dan semakin baik. Oleh karena itu, ia memastikan KBS saat ini tidak hanya layak bagi warga menengah ke bawah, tapi juga sangat layak untuk warga menengah dan warga menengah ke atas.

"Menurut saya ini warga menengah sudah layak berkunjung ke sini karena sudah bersih dan binatangnya juga sudah sehat. Apalagi ini sudah ditambah fasilitas jogging track dan media center," kata Risma.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya itu juga memastikan, keberadaan KBS sangat membantu bagi Kota Surabaya. Selain meningkatkan kualitas udara, keberadaan KBS itu juga bisa menjadi tempat pembelajaran bagi anak-anak untuk mengenal binatang.

"Di Surabaya itu juga banyak perguruan tinggi kedokteran hewan. Nah, kalau tidak ada KBS, terus mereka mau praktek di mana? Makanya ini sangat membantu bagi Surabaya. Tidak hanya Unair, tapi juga ada kampus lain yang ada jurusan kedokteran hewannya," ujarnya.

Saat itu, Risma juga berharap berbagai pembenahan yang ada di KBS, termasuk penambahan jogging track dan media center, bisa menjadikan KBS sebagai salah satu tempat yang menyehatkan bagi warga Kota Surabaya.

Sebab, bagiamana pun juga, sehat itu sangat mahal harganya. "Karena itu, saya sangat berterimakasih kepada jajaran manajemen KBS saat ini yang terus berbenah memperbaiki KBS," kata dia.

 

Menariknya Jogging Track di Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya memiliki jogging track (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kebun Binatang Surabaya memiliki jogging track (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Jawa Timur, Khoirul Anwar menuturkan, KBS selangkah demi selangkah terus berbenah untuk melayani masyarakat dan memberikan pelayanan kepada pengunjung.

"Jogging track ini akan memberikan nuansa baru bari para pengunjung, apalagi ini nanti akan dibuka pagi-pagi banget, sehingga bisa menikmati pagi di KBS ini," kata dia.

Menurut Khoirul, yang paling menarik berolahraga di jogging track ini adalah bisa menikmati pemandangan tingkah pola lucu para satwa, seperti Siamang, Burung Pelikan, Angsa, Burung Bilbong, Burung Kepodang dan Manugaga. Selain itu, track sepanjang 205 meter itu juga dipenuhi lukisan bergambang ikan koi dan teratai, sehingga membuat jogging track ini semakin asyik untuk dilewati.                  

"Kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Wali Kota yang selama ini banyak memberikan support kepada KBS, di mana saat ini KBS terus berbenah menjadi lebih baik," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkat Antonio Conte, Inter Milan Kembali Mendapat Respek

Posted: 23 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Milan - Mantan bintang Inter Milan asal Kamerun, Samuel Eto'o, mendukung I Nerazzurri untuk memenangkan Scudetto musim ini di bawah asuhan pelatih Antonio Conte.

Eto'o menilai, kedatangan Conte di kursi pelatih Inter Milan telah membuat perbedaan nyata. Selama ini, eks striker Barcelona itu mengaku terus mengikuti perkembangan Milan Skriniar dan kawan-kawan.

"Inter Milan akan memenangkan Scudetto," kata Eto'o kepada Sky Sport Italia.

"Conte benar-benar tidak berubah. Dia adalah pelatih yang sama yang kita lihat di Juventus atau Chelsea, tidak lebih dan tidak kurang, itu adalah idenya tentang sepakbola," ungkap pria berusia 38 tahun itu.

Sosok yang juga sempat berkostum Chelsea ini merasa Inter Milan telah kembali ke jalur yang benar. Menurut Eto'o, dengan performa musim ini, pasukan Antonio Conte pantas mengakhiri musim dengan gelar juara.

"Saya senang, karena setelah berkali-kali pasang dan surut, pada saat ini Inter Milan mendapatkan rasa hormat yang layak mereka terima lagi," tutur Eto'o.

Nyaris Kembali

Pelatih Inter Milan, Antonio Conte. (AP/Alfredo Falcone)
Pelatih Inter Milan, Antonio Conte. (AP/Alfredo Falcone)

Eto'o ditanya apakah benar dia pernah memiliki kesempatan untuk kembali ke Inter Milan, di mana di masa lalu ada kabar bahwa dia nyaris berseragam Biru-Hitam lagi, tapi tak kunjung terjadi.

"Tepat sebelum saya pergi ke Sampdoria, saya memang bertanya kepada Inter, tetapi saya tahu itu tidak mungkin. Saya masih dalam kondisi untuk bermain, tetapi itu tidak mengganggu saya," jelasnya.

13 Klub

Samuel Eto'o memutuskan pensiun dari lapangan hijau pada 7 September 2019. Klub terakhirnya adalah Qatar SC, di mana itu merupakan klub ke-13 Eto'o sepanjang kariernya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Nadhira Tyara, Putri Yovie Widianto yang Warisi Bakat Sang Ayah

Posted: 23 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Yovie Widianto merupakan salah satu musisi terkenal Indonesia. Selain sukses dalam dunia musik, ternyata Yovie Widianto memiliki anak-anak yang mewarisi bakatnya dalam dunia musik.

Putra sulungnya Arsy Widianto sudah terjun ke dunia musik dengan single berjudul Dengan Caraku. Selain itu ia pun sering berduet dengan Brisia Jodie, salah satu penyanyi jebolan Indonesia Idol.

Selain Arsy ada pula putri Yovie Widianto, Nadhira Tyara yang kerap disapa Yara Widianto. Meski jarang tersorot, Yara merupakan sosok anak yang jago bernyanyi. Ia pun beberapa kali manggung bersama sang ayah dalam berbagai kesempatan.

Yara kini baru berusia 13 tahun, berbeda 7 tahun dengan usia kakaknya, Arsy Widianto. Selain itu ia pun sering ikut dalam berbagai kesempatan manggung bersama sang ayah maupun kakaknya. Apalagi ia juga dekat dengan teman-teman kakaknya.

Berikut 7 potret Nadhira Tyara putri Yovie Widianto yang Liputan6.com kutip dari Instagram @nadhiratyara, Senin (24/2/2020).

1. Potret cantik Nadhira Tyara, putri Yovie Widianto yang juga jago bernyanyi

Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)
Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)

2. Saat ini Nadhira Tyara kini sudah beranjak remaja dan berusia 13 tahun

Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)
Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)

3. Yara sapaan Nadhira Tyara sangat dekat dengan ayahnya, ia juga warisi bakat dari sosok ayahnya

Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)
Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)

4. Dalam berbagai kesempatan, Yara sering ikut dalam berbagai acara musik yang menampilkan ayah dan kakaknya

Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)
Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)

5. Saat menikmati waktu liburan, Yara sering diajak jalan-jalan ke luar negeri oleh ayahnya

Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)
Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)

6. Ia pun beberapa kali tampi di atas panggung sambil diiringi oleh ayahnya sendiri

Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)
Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)

7. Begini potret kompak keluarga Yovie Widianto, usai manggung bersama anaknya

Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)
Nadhira Tyara putri Yovie Widianto (Sumber: Instagram/nadhiratyara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jangan Takut, Ini Tips Menghindari Petir saat Hujan Deras

Posted: 23 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Musim penghujan masih melanda di Indonesia. Hujan yang datang akan disertai dengan kilat dan petir. Ini dia tips menghindari petir saat hujan menurut BMKG.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Ashraf Sinclair Pernah Bicara soal Meninggal Dunia Kepada Pria Ini

Posted: 23 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banyak sekali kenangan baik yang ditinggalkan Ashraf Sinclair semasa hidupnya. Salah satunya adalah kebiasaannya yang suka menyantuni anak yatim tanpa diketahui oleh banyak orang.

Seperti salah satu pengakuan pengurus Yayasan Yatim Piatu Daarul Rahman, Ustaz Ahmad Habib. Ashraf Sinclair secara rutin menyisihkan sebagian penghasilannya untuk berdonasi.

"Hampir setiap minggu beliau silaturahmi, kumpul dengan adik-adik yatim. Memang kebetulan tinggalnya tidak jauh dari sini," ungkap Haji Ahmad Habib di Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Setelah Ashraf Sinclair wafat, ada satu kalimat menyentuh yang sangat diingat oleh Haji Ahmad Habib hingga detik ini. Suami BCL ini mengungkap bahwa ingin bertemu dengan Nabi Muhammad.

 

Kebaikan Ashraf

Ashraf Sinclair (Daniel Kampua/Fimela.com)
Ashraf Sinclair (Daniel Kampua/Fimela.com)

"Iya pernah ada kalimat yang keluar dari lisan almarhum yang mengatakan, 'Saya bukan ahli ibadah, saya bukan orang alim'," kenangnya seperti dilansir dari tayangan Cumi Cumi, baru-baru ini.

 

Bicara Meninggal Dunia

Bunga Citra Lestari atau BCL menaburkan bunga ke pusara Ashraf Sinclair saat pemakaman di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Selasa (18/2/2020). Ashraf Sinclair meninggal dunia pada usia 40 tahun diduga akibat serang jantung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Bunga Citra Lestari atau BCL menaburkan bunga ke pusara Ashraf Sinclair saat pemakaman di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Selasa (18/2/2020). Ashraf Sinclair meninggal dunia pada usia 40 tahun diduga akibat serang jantung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Lalu beliau mengatakan 'Tapi ada sedikit yang bisa kami berikan untuk adik adik yatim di tempat ini. Kelak kalau saya meninggal dunia, saya bisa bersama Rasulullah SAW'. Itu saja yang saya ingat dari ucapannya," sambung Haji Ahmad Habib sembari menangis.

 

Tabungan Akhirat

Bunga Citra Lestari kerap mengunggah beberapa foto yang memperlihatkan keharmonisannya dengan Ashraf. (Foto: instagram.com/bclsinclair)
Bunga Citra Lestari kerap mengunggah beberapa foto yang memperlihatkan keharmonisannya dengan Ashraf. (Foto: instagram.com/bclsinclair)

Kebiasaan Ashraf Sinclair yang suka bersedekah membuat banyak orang terinspirasi. Salah satu sepupu Ashraf, Ivan Permana, berharap kebiasaan baiknya itu dapat menjadi tabungan di akhirat.

 

Sedekah

Ashraf Sinclair dan Ibunda (Sumber: Instagram/
Ashraf Sinclair dan Ibunda (Sumber: Instagram/

"Memang dermawan. Setahu saya aja, kita kan setiap lebaran Idul Fitri selalu kumpul di rumah Bunga kan, setiap Lebaran aja tuh mereka selalu bagi-bagi sedekah," tutur Ivan Permana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Hati-Hati Evakuasi 74 WNI dari Kapal Pesiar Diamond Princess

Posted: 23 Feb 2020 09:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah belum memutuskan soal pemulangan 74 warga negara Indonesia (WNI) di Kapal Pesiar Diamond Princess yang negatif terinfeksi virus Corona. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan, Indonesia masih menunggu keputusan dari Jepang dan tidak mau terburu-buru seperti negara-negara lain.

"Contoh sekarang, negara yang keburu-buru ngambil (keputusan), coba, Australia itu kan dari negatif jadi positif kan? Kita mau seperti itu? Amerika sama juga kan? Masak mau ngikutin yang seperti itu? Kita hati-hati," kata Terawan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

Dia mengatakan, Indonesia berhati-hati dalam mengambil keputusan dan akan menaati peraturan dari Pemerintah Jepang terkait pemulangan WNI dari Kapal Pesiar Diamond Princess.

"Itu akan kita lakukan dengan tertib dan ketat, tidak boleh sekedar kita dipengaruhi oleh sebuah keputusan yang gegabah, tidak boleh. Taruhannya besar sekali, jadi saya minta juga para media ikut membantu supaya kita green zone," kata Terawan.

Dia juga tidak mau adanya pusat penyebaran baru yang ada di Kapal Pesiar Diamond Princess. Oleh sebab itu, pemerintah tidak mau asal-asalan untuk lakukan pemindahan.

 

Nego

Petugas memeriksa penumpang yang turun dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama, Jepang, Jumat (21/2/2020). Dua orang Jepang dari kapal pesiar Diamond Princess dilaporkan meninggal dunia. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Petugas memeriksa penumpang yang turun dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama, Jepang, Jumat (21/2/2020). Dua orang Jepang dari kapal pesiar Diamond Princess dilaporkan meninggal dunia. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Kemudian, lanjut dia, pemerintah sedang bernegosiasi dengan Jepang terkait cara pemindahan WNI. Apakah akan dilakukan dengan menggunakan kapal atau pesawat.

"Kita nego dengan pemerintah Jepang, mereka dikte kita atau mereka yang bernego dengan kita? Loh itu paksaan mereka. Kita masih nego," kata Terawan.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Kisah Pasangan Suami Istri Bawa Jenazah Anak Pakai Ojek Online

Posted: 23 Feb 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Transportasi online kini sudah lekat dengan kehidupan masyarakat. Penggunaannya yang mudah dan tarifnya yang cukup bersaing membuat moda transportasi ini menjadi pilihan.

Beberapa kali, transportasi online atau biasa disebut ojek online (ojol) sering menjadi perbincangan hangat dikalangan warganet. Hal ini karena adanya para pengemudi kerap melakukan kisah yang heroik atas dasar kemanusiaan.

Salah satu di antaranya adalah kisah viral pada Senin (23/02/2020) yang dialami oleh Angelique Angkuw. Kisah ini tentang ia dan suami yang hendak membawa pulang jenazah sang anak yang meninggal di sebuah rumah sakit di Jakarta Timur.

Kronologi kisah ini terjadi pada Senin minggu lalu (17/02/2020). Saat itu, Angelique dan sang suami sedang berada dalam keadaan duka. Hari itu, ia kehilangan anaknya di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) sebuah rumah sakit di Jakarta Timur. Namun, masih ada nasib baik baginya, segala proses administrasi tidak dipersulit.

"Proses ini itu sampe proses di kamar jenazah semua ga di persulit sangat lancar" tulis Angelique di postingan akun Facebooknya.

Kesulitan mendapatkan Ambulans, Ojol menjadi pilihan.

Ilustrasi Ambulans (Ilustrasi: trbimg.com)
Ilustrasi Ambulans (Ilustrasi: trbimg.com)

Setelah selesai dengan berkas administrasi, waktu telah menunjukkan pukul 17.30 WIB. Waktunya ia harus membawa pulang jenazah sang anak untuk segera dimakamkan. Namun, ada kendala lagi yang harus ia hadapi. Yakni kesulitan untuk menemukan kendaraan pembawa jenazah.

Angelique dan suami yang tak memiliki kendaraan pribadi, awalnya berinisiatif untuk memanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh rumah sakit. Akan tetapi, ambulans milik rumah sakit tersebut ternyata sangat jarang berada di posisi stand by.

"Kalau ambulan RS gak pernah stand by, mau pakai milik DKI? Tapi nanti datangnya lama. Kalau pakai yang swasta biayanya mahal, gimana?" tutur si pengurus jenazah kepada suami Angelique.

Berada dalam posisi bimbang, akhirnya suami dari Angelique memutuskan untuk menggunakan ojek online. Hal ini dikarenakan biayanya akan relatif lebih murah, serta tidak membutuhkan waktu yang lama untuk datang. Ia juga berpikir bahwa yang dibawa hanyalah jenazah bayi, sehingga ditaruh di pangkuan saja sudah cukup.

Sempat mengalami penolakan berkali-kali

Ilustrasi Taksi Online
Ilustrasi Taksi Online

Ternyata cobaan masih menderu keluarga kecil Angelique. Setelah beberapa saat mencoba untuk memesan taksi online, pasangan ini mendapatkan penolakan berkali-kali. Para pengemudi menolak karena tak ingin mobilnya digunakan untuk mengangkut jenazah.

Hingga akhirnya, rasa putus asa pun menyelimuti benak Angelique. Ia pun memanjatkan doa kepada Tuhan, "Ya Allah ini pesan go car yang terakhir, tolong orang ini mau terima kami yg sedang membawa jenazah anak kami", doa Angelique dalam hati.

Sembari mengetuk layar ponselnya dan kembali membuat order, akhirnya doa dari Angelique terjawab sudah. Pengemudi atas nama Weimpy Sulendra menyanggupi permintaan Angelique untuk mengangkut pulang jenazah bayinya.

Driver tidak ingin dibayar

Kisah haru ketika seorang warganet hendak membawa pulang jenazah bayi menggunakan ojek online. (Sumber: Twitter @kirekswasta)
Kisah haru ketika seorang warganet hendak membawa pulang jenazah bayi menggunakan ojek online. (Sumber: Twitter @kirekswasta)

Sepanjang jalan, rasa duka sekaligus haru menyeruak dalam benak Angelique. Di dalam taksi online, sembari menggendong jenazah sang anak, ia terus menangis dalam diam. Sementara sang suami mengobrol dengan si pengemudi agar menentramkan suasana.

Sesampainya di rumah , suami Angelique menyodorkan uang untuk membayar tarif tumpangan tersebut. Namun, si pengemudi sembari tersenyum menolak dengan halus. Bahkan, ia kemudian mengeluarkan selembar uang berwarna merah dan memberikannya kepada suami Angelique. "Ini pak saya titip saja, untuk membelikan air mawar," ujar Weimpy Sulendra.

Kemudian Angelique dan suami mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Weimpy. Atas nama kemanusiaan, dengan tulus ia memberikan bantuan berupa jasa dan materi.

Kisah ini telah dibagikan sebanyak 4 Ribu kali di Facebook. Kemudian juga telah dibagikan ulang oleh akun @kirekswasta di Twitter yang mendapatkan respon positif dari warganet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Psikolog Dedy Susanto Dilaporkan ke Polisi

Posted: 23 Feb 2020 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Model berinisial RV memolisikan psikolog Dedy Susanto atas dugaan melanggar Undang-Undang Kesehatan. Pengacara RV, Mohammad Azis, melaporkan Dedy ke Polda Metro Jaya pada Senin (24/2/2020) dini hari.

Laporan itu terdaftar dengan nomor LP/1246/II/YAN 25/2020/SPKT PMJ.

"Benar (Dedy Susanto) dilaporkan, laporannya baru saja selesai tadi pagi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Yusri mengatakan, kasus ini ditangani Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Pihaknya bakal menjadwalkan pemeriksaan terhadap saksi-saksi.

"Nanti harus kami gelarkan dulu dengan kalrifikasi yang bersangkutan," ujar Yusri.

Sebelumnya, selebgram Revina VT membuat pernyataan mengejutkan mengenai psikolog Dedy Susanto. Semua diawali dari ajakan sang psikolog untuk kolaborasi membuat konten bersama. Namun dalam perjalanannya, Revina VT mendapat informasi mengejutkan perihal izin praktik sang psikolog, serta kebiasaannya mengajak pasien untuk melakukan terapi di kamar hotel.

"Intinya sih, gue mau kalian tau, gue aware sama masalah mental dan gue ga mau ada yang diterapi sama orang ga berlisensi apapun. Makasih, semuanya. Silakan kalau mau ngehujat, atau nuduh saya cari sensasi," tulis Revina VT di Instagramnya, Jumat (14/2/2020).

Pada keterangan itu, ia mengunggah tangkapan layar percakapan Dedy Susanto bersama seorang pasien yang tak diketahui namanya. Inti percakapannya, Dedy Susanto meminta pasien itu untuk memesan kamar hotel untuk terapi.

"Makasih, semuanya. Silakan kalau mau ngehujat atau nuduh saya cari sensasi. Untungnya saya bicara pakai data, dan bukti. Semoga kalian juga bisa berpikir dan berperilaku cerdas. Btw, korban yang kirim ini tidak mau disebutkan namanya :)" tulisnya lagi.

 

 

Penjelasan Dedy

Tak lama setelah Revina VT membuat unggahan tersebut, Dedy Susanto langsung memberi klarifikasi. Ia menjelaskan mengenai gelar akademis yang dimilikinya.

"Yang boleh buka praktik terapi psikologis adalah psikolog dan psikoterapis lainnya. Di slide setelah ini saya foto kan surat izin praktik saya sebagai psikoterapis," tulisnya belum lama ini.

"Saya tidak pernah mengatakan diri saya psikolog di IG maupun di YouTube. Di bio IG saya doktor psikologi yang artinya gelar S3 psikologi. Apakah salah saya mencantumkan doktor psikologi?" ia mempertanyakan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Tak Hadir, Sidang Praperadilan Nurhadi Ditunda

Posted: 23 Feb 2020 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sidang praperadilan eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ditunda. Anggota kuasa hukum Nurhadi, Hartanto, menyampaikan sidang ditunda lantaran pihak KPK tidak hadir.

"Sidang cepat karena KPK enggak hadir," tutur Hartanto kepada wartawan, Senin (24/2/2020).

Menurut dia, hakim mengabulkan surat permintaan penundaan yang dikirim KPK. Lembaga antirasuah meminta sidang dapat digelar dua minggu setelahnya.

"Hakim menyatakan menunda sidang dua minggu sesuai permintaan dalam surat KPK," kata Hartanto.

Sidang perdana itu digelar sekitar pukul 10.30 WIB di ruang 1 Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Nantinya, sidang akan dilangsungkan kembali pada 9 Maret 2020 mendatang.

"Kita mengikuti proses saja yang sudah ditentukan oleh pengadilan," Hartanto menandaskan.

Tiga Perkara Nurhadi

Sebelumnya, KPK menetapkan Nurhadi sebagai tersangka karena yang bersangkutan melalui Rezky Herbiono diduga telah menerima suap dan gratifikasi dengan nilai Rp 46 miliar.

Tercatat ada tiga perkara sumber suap dan gratifikasi Nurhadi, pertama perkara perdata PT MIT vs PT Kawasan Berikat Nusantara, kedua sengketa saham di PT MIT, dan ketiga gratifikasi terkait dengan sejumlah perkara di pengadilan.

Diketahui Rezky selaku menantu Nurhadi diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto untuk mengurus perkara itu. Cek itu diterima saat mengurus perkara PT MIT vs PT KBN.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

60 Persen Angka Kecelakaan di Jalan Tol Disebabkan Truk ODOL

Posted: 23 Feb 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Cirebon Anggota Badan Pengatur Jalan Tol Unsur Kementerian PUPR, Agita Widjajanto mencatat sebanyak 60 persen angka kecelakaaan di ruas tol masih disebabkan oleh kendaraan Over Dimension Over Load (ODOLl). Untuk itu, dia mengimbau bagi pemilik kendaraan yang dimensinya tidak sesuai, untuk segera normalisasi kendaraannya.

"Kurang lebih 60 persen. Jadi kecelakaan yang disebabkan oleh ODOL," kata dia saat ditemui di Cirebon, Jawa Barat, Senin (24/2/2020).

Di samping itu, pihaknya juga mencatat tingkat kecelakaan lain yang terjadi di ruas jalan tol diakibatkan oleh pengemudi sebanyak 80 persen. Rata-rata kecelakaan tersebut disebabkan kurangnya antisipasi oleh pengemudi itu sendiri.

"Saat kelelahan, dia (pengemudi) tidak bisa kendalikan kendaraan dan sebagiannya. Itu yang jadi poin bagi kita ke depan tidak bisa main-main dengan tertib berkendaran ODOL tadi," jelas dia.

 

Sosialiasi

Truk melintas di ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Truk melintas di ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Untuk menekan terjadinya angka kecelakaan tersebut, sepanjang 2020 ini pihaknya juga mendukung aksi keselamatan di jalan tol yang digagas bersama beberapa pihak terkait. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan terhadap kendaraan Odol.

"Bahwa sepanjang 2020 kita akan tertibkan di jalan tol. Banyak kecelakaan terjadi yang fatalitasnya terutama terkait kendaraan berat ini. Komitmen ke depan harus bisa dikurangi. Salah satunya kompak dengan korlantas di penindakan," jelas dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

13 Ribu Penerbangan ke China Batal Sejak 23 Januari 2020 Akibat Virus Corona

Posted: 23 Feb 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan ribu penerbangan dari dan ke langit China mengalami pembatalan dalam beberapa pekan terakhir. Pembatalan penerbangan tersebut menjadi bukti nyata bahwa virus Corona membuat China tertatih-tatif.

Mengutip laman New York Times (24/02/2020), tercatat sejak 23 Januari hingga awal Februari kemarin, jumlah keberangkatan dan kedatangan untuk penerbangan domestik dan internasional turun menjadi 2.004 penerbangan saja.

Padahal biasanya atau saat normal, jumlah penerbangan baik keberangkatan maupun kedatangan mencapai 15.072 penerbangan. Lebih dari 13 ribu penerbangan tak beroperasi karena krisis.

Upaya isolasi China dari dunia dapat menimbulkan konsekuensi ekonomi yang signifikan. Menurut Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourism Organization/WTO) PBB, pelancong China menyumbang sekitar seperlima dari seluruh pengeluaran pariwisata, lebih banyak dari negara lain.

Pada 2018, penduduk China menghabiskan USD 277 miliar untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

Jika krisis virus Corona sama seperti wabah SARS pada awal 2000-an, maka akan berpotensi menghilangkan USD 29 miliar pendapatan maskapai global tahun ini.

Sebagai informasi, wabah SARS menghapus sekitar USD 6 miliar pendapatan tahunan untuk maskapai penerbangan dunia dan butuh sembilan bulan untuk lalu lintas penumpang internasional pulih.

Sri Mulyani Sebut Dampak Virus Corona ke Ekonomi Lebih Besar dari Perang Dagang

Petugas memeriksa penumpang yang turun dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama, Jepang, Jumat (21/2/2020). Dua orang Jepang dari kapal pesiar Diamond Princess dilaporkan meninggal dunia. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Petugas memeriksa penumpang yang turun dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama, Jepang, Jumat (21/2/2020). Dua orang Jepang dari kapal pesiar Diamond Princess dilaporkan meninggal dunia. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut jika penyebaran Virus Corona (Covid-19) akan memberikan dampak ekonomi yang lebih besar dibandingkan dengan ketegangan perdagangan global. Itu karena virus asal Wuhan, China itu menghantam berbagai lini ekonomi, baik dari sisi industri, perdagangan, investasi dan pariwisata.

Ini diungkapkan Sri Mulyani dalam akun Facebook resminya, seperti dikutip Minggu (23/2/2020). "Pertumbuhan ekonomi global yang diperkirakan mengalami peningkatan karena perbaikan kondisi keuangan global dan berkurangnya ketegangan perdagangan, dibayangi oleh risiko ketegangan geopolitik, ketidakpastian kebijakan dan Covid-19 (Virus Corona)," tulis dia. 

Dia mengungkapkan, dalam pertemuan G20 hari ini, negara-negara G20 menyampaikan simpati kepada masyarakat dan negara yang terdampak Virus Corona, khususnya China. Negara-negara ini juga menyepakati perlunya komitmen global untuk mengatasi dampak Virus Corona, baik dalam pencegahan penyebarannya maupun munculnya virus serupa di masa depan.

Dia menyebut, negara-negara G20 berkomitmen untuk menggunakan semua alat kebijakan guna mencapai pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, seimbang dan inklusif, serta tahan terhadap downsize risk.

Sementara di Indonesia, reformasi struktural juga terus dilanjutkan untuk meningkatkan potensi pertumbuhan. Kebijakan fiskal harus fleksibel dan ramah pertumbuhan, sementara kebijakan moneter harus terus mendukung kegiatan ekonomi dan mampu memastikan stabilitas harga, konsisten dengan mandat bank sentral.

"Perdagangan internasional dan investasi juga harus ditingkatkan karena merupakan mesin penting pertumbuhan, produktivitas, inovasi, penciptaan lapangan kerja dan pembangunan," jelas dia.

Siri Mulyani memastikan jika kebijakan global dalam menangani risiko turunnya ekonomi global juga menjadi perhatian utama Indonesia.

Pemerintah menggunakan berbagai instrumen untuk menjaga daya beli masyarakat antara lain dengan bauran kebijakan ekonomi dan fiskal.

"Kementerian Keuangan mendorong percepatan belanja efektif dan tepat sasaran serta berbagai insentif sebagai stimulus khususnya di sektor pariwisata yang terkena dampak besar dari virus corona," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekjen DPR: Gedung Nusantara III Bukan Kebakaran, tapi Sistem Aerosol Eror

Posted: 23 Feb 2020 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Asap tebal memenuhi Gedung Nusantara III DPR diduga karena kebakaran. Namun, Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar menjelaskan, tidak ada kebakaran di gedung tersebut.

"Tidak ada api, tidak ada apa-apa," kata Indra ketika dihubungi, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Menurut dia, asap tebal yang memenuhi Gedung Nusantara III DPR berasal dari sistem aerosol yang terlalu sensitif. Dia mengatakan, DPR memang sedang melakukan perbaikan di gedung tersebut.

"Ini bukan kebakaran. Tapi sistem aerosol yang terlalu sensitif, ada renovasi, mungkin dia tersentuh kabelnya. Kita memang sedang melakukan renovasi-renovasi. Mungkin ada salah satu kabel-kabel aerosol yang tersentuh, sehingga mengeluarkan asap," tutur Indra soal kebakaran di DPR.

Dia mengaku tengah berada di pusat aerosol keluar. Saat ini, di lokasi sudah aman dari asap. Hanya saja, asap yang ada di lobi belum hilang sepenuhnya.

"Saya di pusat aerosol keluar, sudah clear, bersih. Sudah enggak ada apa-apa tuh," jelas Indra soal dugaan kebakaran di DPR.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harlah Ke-66 IPNU, Wapres Minta Minta Pelajar NU Berperan Membangun Bangsa

Posted: 23 Feb 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) menggelar Peringatan Hari Lahir (Harlah) Ke-6 di GOR Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta, Minggu (23/2) malam. Harlah Ke-66 IPNU di isi dengan istighatsah dan doa bersama untuk Keselamatan NKRI. Harlah Ke-66 IPNU di isi dengan istighatsah dan doa bersama untuk Keselamatan NKRI ini dihadiri oleh  Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menpora Zainudin Amali.

Di hadapan pelajar NU, Wapres meminta untuk menjaga NKRI dari pemahaman-pemahaman yang tidak sesuai dengan ajaran NU.

"Tugas kalian ke depan untuk menjaga negara ini dari ajaran yang tidak sesuai dengan ajaran NU yaitu berkembangnya ajaran Islam yang moderat dalam beragama. Karena itu kita tidak boleh membiarkan berkembangnya cara berpikir dan cara bersikap yang intoleran yang kemudian melahirkan sikap radikalisme," ujarnya.

Wapres juga berpesan kepada para pelajar NU untuk harus siap mengambil peran di dalam melanjutkan perjuangan dan mengisi kemerdekaan ini dengan hal yang positif.

"Kalian sebagai pelajar NU harus punya peran untuk bangsa ini. Pemerintah berusaha ingin membangun Indonesia maju, Indonesia yang sejahtera. Karena itu, pemerintah memprioritaskan lima program yaitu, pembangunan SDM unggul, infrastruktur, menyederhanakan regulasi, melakukan reformasi birokrasi dan transformasi ekonomi," ucapnya.

 

Jadi Manusia Unggul - Produktif

"Khususnya dalam SDM unggul maka IPNU harus siap penyiapkan diri untuk mengisi kemerdekaan ini dengan menjadi sumber daya manusia yang unggul, sehat, cerdas, produktif, yang memiliki daya saing dan yang berakhlakul karimah. Itulah yang ingin saya pesankan kepada kalian semua," tambahnya.

Harmoni Pelajar Indonesia Satu Dalam Karya sebagai tema hari lahir IPNU ke-66 merupakan gagasan untuk memperkukuh kebersamaan dan persudaraan pelajar, karena dengan pelajar kukuh maka Indonesia akan makin kuat. Sebagai benteng di masa akan datang, pelajar harus mampu memperkukuh dirinya dengan memiliki karya baik karya dalam bentuk tulisan ataupun seni yang indah.

Harlah tahun ini digelar dengan istighotsah dan doa bersama mengingat bangsa dan negara di awal tahun ini didera beragam problematika dan bencana. Hadir dalam acara ini Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam, Ketua Umum PP IPNU Aswandi Jailani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isuzu Pastikan Panther Masih Diproduksi

Posted: 23 Feb 2020 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini beredar kabar PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) telah menuntaskan produksi terakhir dari Isuzu Panther.

Saat dikonfirmasi kebenaran kabar tersebut, General Manager IAMI, Attias Asril menegaskan hingga saat ini pihaknya masih melakukan produksi mobil bermesin diesel tersebut.

"Semua produk Isuzu masih diproduksi dan dijual seperti biasa," katanya kepada Liputan6.com, Senin (24/2/2020).

Meski demikian, Aat mengaku Isuzu masih menunggu regulasi terkait standar emisi Euro4 yang akan berlaku 7 April mendatang. Pabrikan otomotif asal Jepang ini belum mengetahui secara pasti bagaimana nasib Panther.

"Sampai hari ini belum ada keputusan dari manajemen soal itu (setop produksi atau lahir model baru). Kami akan melihat kebijakan pemerintah tentang standar emisi Euro4," ujarnya.

Sebelumnya, Chief Operating Officer Astra Isuzu, Harry Kamora mengaku Isuzu Panther akan disuntik mati apabila kebijakan Euro4 mulai berlaku.

"Kalau Euro4 berlaku, maka otomatis setop karena mobil ini tidak untuk Euro4. Memang mesinnya bukan untuk standar Euro4. Banyak di Indonesia hari ini mobil (diesel) yang diproduksi dan tidak siap untuk Euro4. Ketika diberlakukan, pasti varian atau merek tertentu akan selesai," katanya di Jakarta.

 

Terakhir Meremajakan Panther

Sebagai informasi, tahun 2005 menjadi momen terakhir Isuzu meremajakan Panther. Perubahan terjadi hanya berupa pembenahan di sektor tampilan, seperti grille, desain lampu utama, serta interior.

Pada periode yang sama, Isuzu juga menghadirkan Panther versi Grand Touring dan LV Adventure. Tak hanya itu, terdapat juga perangkat turbo pada semua varian untuk memenuhi standar Euro II.

Namun, hingga saat ini tak ada perubahan besar pada Panther. Hanya beberapa sentuhan ringan diberikan Isuzu yang diklaim sebagai facelift pada 2013. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alarm Kebakaran Gedung Nusantara III DPR Berbunyi Kencang, Pengunjung Panik

Posted: 23 Feb 2020 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Asap pekat mengepul di sekitar Gedung Nusantara III, DPR, Jakarta, Senin (24/2/2020). Sejumlah orang berhamburan keluar ruangan. Di gedung itu berkantor pimpinan DPR dan MPR RI.

Pantauan merdeka.com, sekitar Pukul 12.00 WIB, alarm penanda kebakaran berbunyi kencang. Sontak, semua kaget dan berlari berhamburan keluar gedung.

"Pantri lantai dua," jelas salah seorang yang berlari keluar ruangan.

Di lantai dua, memang terdapat kantin. Kantin itu biasa untuk makan para pegawai dan staf pimpinan DPR/MPR. Sementara di lantai tiga, merupakan ruangan ketua DPR Puan Maharani dan semua pimpinan.

Kebakaran terjadi pukul 11.57 WIB, Senin (24/2/2020).

"Kebakaran terjadi pukul 11.57 WIB," kata petugas operator Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Joni, ketika dihubungi Liputan6.com soal kebakaran Gedung Nusantara III DPR.

Menurut dia, sementara ini, ada 11 unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di Gedung Nusantara III DPR.

 

Reporter: Muhammad Genantan/Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi: Kebakaran Terjadi di Lantai 2 Gedung Nusantara III DPR

Posted: 23 Feb 2020 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gedung Nusantara III DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat kebakaran. Kebakaran tersebut diperkirakan terjadi pukul 11.57 WIB.

Berdasarkan keterangan saksi, kebakaran terjadi di lantai 2 Gedung Nusantara III DPR.

"Kami di lantai 2, kami turun," ujar seorang saksi di lokasi, Senin (24/2/2020).

Kepulan asap pun hingga saat ini masih terlihat. Orang-orang yang ada di lokasi berlarian keluar ruangan. Di gedung itu berkantor pimpinan DPR dan MPR RI.

Pantauan Merdeka, sekitar pukul 12.00 WIB, alarm penanda kebakaran berbunyi kencang. Sontak, semua kaget dan berlari berhamburan keluar gedung.

"Pantri lantai dua," jelas salah seorang yang berlari keluar ruangan.

Di lantai dua, memang terdapat kantin. Kantin tersebut biasa untuk makan para pegawai dan staf pimpinan DPR/MPR. Sementara di lantai tiga, merupakan ruangan ketua DPR Puan Maharani dan semua pimpinan.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Negara G20 Sepakat Rapatkan Barisan Tangani Dampak Virus Corona

Posted: 23 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani telah menghadiri pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara G20 di Riyadh, Arab Saudi.

Dalam pertemuan tersebut seluruh Gubernur Bank Sentral dan Menetri Keuangan sepakat mendorong negara-negara G20 untuk meningkatkan kerja sama pasca adanya tekanan global akibat penyebaran virus corona.

"Dalam hal ini, Indonesia mengajak negara-negara G20 untuk terus mempererat kerja sama internasional dan mengimplementasikan bauran kebijakan guna memperkuat pemulihan dan mendorong pertumbuhan ekonomi global," kata Gubernur Bank Indonesia dalam keterangannya, Senin (24/2/2020).

Perry mengatakan, negara-negara G20 juga sepakat memperkuat pemantauan terhadap risiko global, khususnya yang berasal dari virus corona, serta didorong untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi risiko tersebut serta sepakat untuk mengimplementasikan respon bauran kebijakan yang efektif, baik dari sisi moneter, fiskal, maupun struktural.

Selain itu, dikatakan Gubernur BI, di tengah prospek pertumbuhan ekonomi global yang meningkat moderat, potensi risiko masih relatif tinggi, termasuk ketegangan geopolitik, tensi perdagangan, dan ketidakpastian kebijakan.

Dalam pertemuan ini, Arab Saudi yang menjadi Presidensi G20 pada 2020 mengusung tema besar presidensi 'Realizing the Opportunity of the 21st Century'. Hal ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi yang telah mengubah tatanan perekonomian global menuju ekonomi dan keuangan digital.

Namun demikian, dipandang belum optimal akses dan partisipasi masyarakat dalam perekonomian, khususnya kelompok muda, perempuan, dan UMKM. Ini membutuhkan upaya untuk membuka akses dan kesempatan pada mereka dalam kegiatan perekonomian dan keuangan khususnya melalui pemanfaatan teknologi.

 

Pengembangan Pendanaan

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RGD) Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (19/12/2019). RDG tersebut, BI memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan 7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) sebesar 5 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RGD) Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (19/12/2019). RDG tersebut, BI memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan 7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) sebesar 5 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Di samping itu, pembukaan akses terhadap sumber pendanaan melalui pengembangan pasar modal domestik dan penguatan pengaturan dan pengawasan sektor keuangan di era ekonomi digital juga menjadi agenda Presidensi G20 Arab Saudi.

Gubernur Bank Indonesia mendukung agenda Presidensi G20 Arab Saudi terkait pengembangan pasar modal domestik itu dan menggarisbawahi pentingnya resiliensi perekonomian sebagai fondasi pengembangan pasar modal domestik.

Selain itu, Gubernur Bank Indonesia juga menekankan pentingnya peningkatan basis investor domestik, memitigasi volatilitas aliran modal, dan menjaga integritas pasar modal untuk mencegah fraud dan menjaga kredibilitas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran di Gedung DPR, 11 Mobil Pemadam Dikerahkan

Posted: 23 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran terjadi di Gedung Nusantara III DPR Kompleks DPR/MPR. Ada 11 unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan.

"Kebakaran terjadi pukul 11.57 WIB," kata petugas operator Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Joni, ketika dihubungi Liputan6.com soal kebakaran Gedung Nusantara III DPR.

Sementara itu, asap pekat memenuhi ruangan di gedung tersebut.

Orang-orang yang berada di lokasi pun terlihat berhamburan keluar. Mobil pemadam kebakaran pun sudah mulai berdatangan untuk memadamkan api.

Hingga saat ini, asap masih terlihat memenuhi Gedung Nusantara III.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Virus Corona: 79.360 Terinfeksi, 2.619 Meninggal, 24.963 Sembuh

Posted: 23 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Wuhan - Virus Corona (COVID-19) kini tak hanya membuat cemas warga China, tetapi berbagai negara di dunia. Pasalnya, pekan lalu kasus di Italia meningkat tajam. Israel juga sudah siaga.

Berdasarkan pantauan Gis And Data, Senin (24/2/2020), ada 79.360 kasus positif Virus Corona di seluruh dunia. Di China ada 79.360 pasien, disusul oleh Korea Selatan dengan 763 orang.

Pasien di Korsel melonjak karena ada penularan di sebuah gereja. Kini, pemerintah Korsel telah menetapkan siaga 1.

Salah satu pasien Virus Corona di Korsel ternyata sempat berkunjung ke Israel. Alhasil, Israel memerintahkan karantina bagi warga yang pergi ke tempat yang sama dengan turis-turis itu.

Pasien Virus Corona dari Jepang ternyata juga sempat berkunjung ke Indonesia. Namun, pemerintah masih belum menjelaskan ke mana saja pasien itu berkunjung.

Daya penularan Virus Corona sangat tinggi. Oleh sebab itu, negara seperti Singapura sigap mengungkap lokasi yang dikunjungi pasien Virus Corona sebelum dibawa ke rumah sakit.

Sampai berita ini ditulis, jumlah pasien pulih Virus Corona mencapai 24.963 pasien dan pasie meninggal berjulah 2.619 orang. Namun, otoritas kesehatan di China menyebut ada kemungkinan pasien kembali sakit sehingga perlu dikarantina selama dua minggu lagi. 

Peta Gis And Data mendapat data dari World Health Organization (WHO), Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika Serikat, European Centre for Disease Prevention and Control (ECDC), National Health Commission (NHC) dari China, dan komunitas digital kedokteran China, DXY.

Warga Jepang Dilaporkan Positif Virus Corona Usai Berlibur di Indonesia

Petugas memeriksa suhu tubuh penumpang asing yang turun dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama, Jepang, Jumat (21/2/2020). Sebanyak 74 WNI berada dalam kapal pesiar Diamond Princess, empat di antaranya positif terjangkit virus corona (COVID-19). (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Petugas memeriksa suhu tubuh penumpang asing yang turun dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama, Jepang, Jumat (21/2/2020). Sebanyak 74 WNI berada dalam kapal pesiar Diamond Princess, empat di antaranya positif terjangkit virus corona (COVID-19). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Pemerintah Kota Tokyo, Jepang, mengumumkan kasus baru Virus Corona COVID-19 yang menjangkit seorang pria berusia 60 tahunan pada Sabtu 22 Februari waktu setempat. Pria itu dinyatakan terinfeksi Virus Corona setelah mengunjungi Indonesia.

Media nasional Jepang, NHK melaporkan pada hari Minggu kemarin, pria yang merupakan staf pada fasilitas perawatan lansia itu mengunjungi sebuah institusi kesehatan pada 12 Februari setelah mengalami "gejala-gejala seperti flu". Namun ia kembali ke rumah pada hari yang sama karena tidak didiagnosa mengidap pneumonia.

Keesokan harinya, pada 13 Februari dia kembali bekerja dan pada 14 Februari tinggal di rumah. Pada 15 Februari, dia dilaporkan mengunjungi Indonesia untuk berlibur bersama keluarga, namun tak diungkap saat berada di Indonesia ia bepergian ke mana saja.

Saat kembali ke Jepang pada 19 Februari, pria itu mengalami kesulitan bernapas yang parah dan disebut mengalami "kondisi serius" seperti gejala Virus Corona COVID-19.

Sebelumnya, Pusat Pengendalian Penyakit Menular Virus Corona Tokyo pada laman pemerintah Kota Tokyo juga telah menyebutkan adanya warga Tokyo berusia 60-an yang positif Virus Corona. Awal gejala-gejala yang dialami pria itu terjadi pada 12 Februari.

Dalam pernyataan pers ditegaskan, pria tersebut tidak punya riwayat ke China 14 hari sebelum timbul gejala-gejala.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NEX Parabola Hadirkan Tayangan Live Badminton BWF World Tour 2020-2021

Posted: 23 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - NEX Parabola menghadirkan tayangan Badminton BWF World Tour 2020-2021 secara langsung, yang dimulai dari Barcelona Spain Masters 2020.

Tayangan Barcelona Spain Masters 2020. dapat disaksikan di Channel Champions TV 3. BWF Badminton World Series melengkapi tayangan langsung UEFA Champions League dan Europa League yang hadir lebih dulu.

NEX Parabola adalah televisi satelit berlangganan yang menggunakan teknologi DTH (Direct To Home) dengan Hybrid Set Top Box (STB), untuk receiver C dan KU Band, serta gambar dan suara berkualitas High Definition (HD).

Teknologi itu dijamin akan memberikan kepuasan pelanggan dalam menyaksikan siaran-siaran yang disajikan. Konten di NEX Parabola juga merupakan yang terbaik. 

"Nex Parabola memberikan konten pilihan terbaik yaitu TV Nasional yang lengkap dan Inhouse channel yang diproduksi sendiri seperti Horee, Citra Drama, Citra Entertainment, Citra Dangdut, dan Citra Muslim," jelas CEO NEX Parabola, Junus Koswara dalam rilis yang diterima wartawan.

"Selain itu, Nex Parabola juga memilki tayangan Live Sport antara lain UEFA Champions Leaguedan &UEFA Europa League, WTA (Women Tennis Association) & ATP Tour di Channel Champions TV," tambahnya.

Animo Tinggi

CEO Nex Parabola, Junus Koswara (jas hitam) bersalaman dengan CEO MIX Bimo Setiawan dalam peluncuran program langganan area komersial di SCTV Tower, Jakarta, Sealas (10/12/2019). (Liputan6.com/Cakra)
CEO Nex Parabola, Junus Koswara (jas hitam) bersalaman dengan CEO MIX Bimo Setiawan dalam peluncuran program langganan area komersial di SCTV Tower, Jakarta, Sealas (10/12/2019). (Liputan6.com/Cakra)

Tingginya animo masyarakat terhadap olahraga bulutangkis sebagai salah satu cabang olahraga favorit di Indonesia, membuat NEX Parabola menyiarkan BWF Badminton World Series sejak 21 Februari 2020.

Channel BWF akan menghadirkan seluruh rangkaian kejuaran bulutangkis di seluruh negara di dunia. Terdapat beberapa event turnamen besar seperti All England , Perebutan Piala Thomas dan Uber Cup.Buat Masyrakat Indonesia.

 

Olahraga Favorit

Cabang Olah raga bulutangkis merupakan cabang olahraga favorit yang selalu memberikan kebanggaan nasionalisme Indonesia atas prestasi dunia yang dicapai selama ini.

Untuk mendapatkan Paket Channel BWF sangatlah mudah, customer dapat melakukan top up pembelian voucher di toko toko elektronik, Indomaret, dan Alfamart di kota-kota anda. Apabila membutuhkan informasi mengunjungi web resmi NEXPARABOLA di www.nexparabola.co.id.gkis bisa menghubungi contact center Nex Parabola.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Manchester United Cukur Watford 3-0

Posted: 23 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester United tampil gemilang di depan pendukungnya. MU sukses mengalahkan Watford dengan kemenangan 3-0.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituding Tak Menggaji Asisten, Dewi Perssik Marah Besar

Posted: 23 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kemarin, Dewi Perssik meluapkan kekesalan di medsos karena ditipu asisten pribadinya. Saking kesalnya, Dewi Perssik menyebut lebih baik memelihara kucing ketimbang asisten pribadi yang tidak jujur dan minus integritas.

Di akun Instagram terverifikasi miliknya, Dewi Perssik mengunggah video aktivitas menyusui kucing. Menyertai video itu, Dewi Perssik curhat, "Lebih baik pelihara kucing, daripada orang yang enggak tahu diri."

"Tampang baik melas kelihatan lugu dan yang katanya ngefans banget ternyata penipu dan bermuka dua astagfirulloh," beber Dewi Perssik yang kemudian menceritakan sejumlah masalah dengan asistennya itu.

 

 

Diberi Amanat tapi Khianat

Unggahan Dewi Perssik. (Foto: Instagram @dewiperssikreal)
Unggahan Dewi Perssik. (Foto: Instagram @dewiperssikreal)

"Diberi amanat tapi khianat, bilang enggak digaji, padahal lo, makan bersama ke restoran besar enggak dibeda-bedain. Dibelanjain hadiah dari luar negri. Minta kerjaan dikasih. Dari fans diangkat jadi asisten yang ternyata barang-barang banyak yang rusak," urai bintang film Tali Pocong Perawan dan Kutunggu Jandamu.

Dewi Perssik juga mengungkap kondisi rumahnya yang berantakan, tapi tak meminta ganti rugi atas kinerja asisten yang kacau. Dewi Perssik beralasan, "Tapi hati ini masih kasihan ya sudah jadi ART saja di rumah."

 

Bangun Siang Kayak Majikan

Dewi Perssik. (Foto: Instagram @dewiperssikreal)
Dewi Perssik. (Foto: Instagram @dewiperssikreal)

Kesempatan kedua yang diberikan Dewi Perssik disia-siakan sang asisten. "Bangun siang kayak majikan, rumah kotor, dapur banyak taik tikus dekat makanan, susah disuruh salat, anak-anak depelovers (penggemar Dewi Perssik –red.) dimintai duit untuk bisa foto dengan artis papan atas katanya," papar Dewi panjang.

Ia menambahkan, "Gue aja ga pernah merasa papan atas yang ada papan seluncur." Dewi Perssik menegaskan, tak pernah minta uang ke penggemar yang ingin berfoto dengannya. Ia juga menyesalkan kelakuan asisten yang berutang ke mana-mana dengan dalih tak digaji.

 

Saya Ada Bukti Gaji Kamu

Dewi Perssik. (Foto: Instagram @dewiperssikreal)
Dewi Perssik. (Foto: Instagram @dewiperssikreal)

"Ngutang ke mana-mana dan minta duit dengan alasan enggak digaji whatttt? Bisa buktikan kalau saya enggak gaji? Kalau saya ada bukti loh gaji kamu," beber Dewi Perssik sembari menyebut, "Ya Allah, diangkat derajatnya, diservis seperti keluarga dan diajak tinggal bahkan diterima kerja di rumah yang katanya ngefans sama eike dan makannya pun sama seperti bosnya."

Belum lagi, Dewi Perssik memergoki asistennya menipu soal kucing. "Terus nih nipu masalah kucing yaitu harga, yang harusnya 4 juta dijual 8 juta untungnya ketahuan."

 

Jangan Ngelunjak!

Unggahan Dewi Perssik. (Foto: Instagram @dewiperssikreal)
Unggahan Dewi Perssik. (Foto: Instagram @dewiperssikreal)

Hikmah yang dipetik Dewi Perssik dari masalah ini, kalau mau sukses itu nomor satu harus jujur. "Karena enggak ada ceritanya orang sukses itu diawali dengan ketidakjujuran dan kemalasan KIONG," bintang sinetron Mimpi Manis mengingatkan.

Beberapa jam kemudian, Dewi Perssik mengunggah status teks. Isinya, "Kalau sudah dibaikin bahkan dienakin itu jangan ngelunjak, harus sadar diri dan tau diri." Dewi Perssik menambahkan, "Selama masih ikut orang, ya harus ikut peraturannya. kita enggak akan bisa santai kecuali jam istirahat."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran, Asap Tebal Penuhi Gedung Nusantara III DPR

Posted: 23 Feb 2020 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gedung Nusantara III DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat, mengalami kebakaran. Kebakaran tersebut diperkirakan terjadi pada pukul 11.57 WIB.

Pantauan Liputan6.com, asap terlihat membumbung memenuhi lobi Gedung Nusantara III DPR. Lokasi kebakaran itu juga berada di dekat ruang wartawan atau pressroom.

Orang-orang yang berada di lokasi pun terlihat berhamburan keluar. Mobil pemadam kebakaran pun sudah mulai berdatangan untuk memadamkan api.

Hingga saat ini, asap masih terlihat memenuhi Gedung Nusantara III.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Pasangan Bakal Cawali Jalur Perseorangan di Pilkada Surabaya Serahkan Dokumen Dukungan

Posted: 23 Feb 2020 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dua pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya dari jalur perseorangan menyerahkan dukumen kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya pada hari terakhir penyerahan di kantor KPU Surabaya, Minggu, 23 Februari 2020 pukul 24.00 WIB.

Dua pasangan jalur perseorangan dalam Pilkada Surabaya 2020 itu antara lain masing-masing Mohammad Yasin-Gunawan dan Muhammad Sholeh-Taufik Hidayat.

"Pasangan bakal calon perseorangan yang sudah serahkan dokumen adalah Yasin-Gunawan, dan Sholeh-Taufik. Sedangkan pasangan bakal calon lainnya ditunggu hingga pukul 24.00 WIB tidak kunjung datang ke KPU Surabaya," ujar Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Surabaya, Soeprayitno, Senin (24/2/2020), seperti dikutip dari Antara.

Diketahui sebelumnya ada lima pasangan bakal calon perseorangan yang mengambil formulir pendaftaran di KPU Surabaya. Mereka adalah Usman Hakim-Sirojul Alam, Muhammad Sholeh-Taufiq Hidayat, Mohammad Yasin-Gunawan, Sungkono Ari Saputra-Agung Purnomo, dan Fatchkul Muid-Tatik Effendi.

Informasi yang diperoleh ANTARA di KPU Surabaya, pasangan Usman Hakim-Sirojul Alam sempat datang dan absen/registrasi kehadiran di KPU Surabaya.

Namun, pasangan tersebut tanpa membawa formulir dokumen syarat minimal berupa fotocopy KTP elektronik sebanyak 138.565 lembar yang sudah dimasukkan ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

"Bilangnya dokumen dalam perjalanan dari Bangkalan.  Terus keduanya balik dari KPU Surabaya dengan menyebut akan menuntaskan dukungan dan koordinasi. Namun hingga pukul 24.00 WIB, keduanya tidak datang lagi ke kantor KPU Surabaya," kata sumber di KPU Surabaya.

Tahapan Selanjutnya

ilustrasi Pilkada serentak
ilustrasi Pilkada serentak

Soeprayitno menuturkan  tahapan selanjutnya di KPU Surabaya yakni mulai pukul 09.00 WIB Senin ini hingga 26 Februari 2020 akan dilakukan penghitungan jumlah syarat minimal dukungan dan sebaran. 

"Sekiranya dari hasil penghitungan ada yang lolos verifikasi administrasi terkait syarat minimal dan sebaran dukungan di 16 kecamatan, maka akan dilanjutkan verifikasi faktual/vertual/verfak pada Maret," ujar dia.

Nantinya, lanjut dia, KPU Surabaya dibantu Panitia Pemungutan Suara (PPS) kelurahan dalam pelaksanaannya. PPS disertai Pengawas Kelurahan (Panwaskel) atau Pengawas Kecamatan (Panwascam).

"Vertual dilakukan door to door, bukan sampling atau acak," kata dia.

Sekiranya hasil verifikasi administrasi maupun faktual menyebutkan bakal pasangan calon perseorangan memenuhi syarat, lanjut dia, maka bisa daftar sebagai calon bersamaan yang dari jalur parpol pada Juni 2020.

Hal itu, kata dia, sudah diatur dalam Pasal 16 PKPU 18/2019 perubahan kedua atas PKPU 3/2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Sakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

CFD Anti Narkoba Bareng Polda, Menpora Ajak Semarakkan PON XX Papua 2020

Posted: 23 Feb 2020 09:21 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Menpora Zainudin Amali sampaikan apresiasi kepada Kapolda Metro Jaya dan jajarannya yang telah menginisiasi kegiatan untuk mengkampanyekan anti narkoba sekaligus dalam rangka menuju penyelenggaraan PON XX 2020 Papua. Hal itu Menpora sampaikan usai mengikuti acara Car Free Day (CFD) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (23/2) pagi.

"Seperti kita tahu negara kita darurat narkoba dan yang terkena dampak buruk narkoba adalah sebagian besar anak-anak muda kita yang menjadi tanggungjawab kita bersama dan Kemenpora," ujar Menpora didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Pembudayaan Olahraga R. Isnanta dan Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti.

"Terima kasih kepada Kapolda Metro dan jajaran narkoba pemerintah sangat mengapresiasi upaya masyarakat yang positif selain berolahraga car free day juga mengkampanyekan anti narkoba," tambah Menpora yang mengenakan mahkota kepala khas Papua ini.

Menurut menteri yang hobi bermain golf ini semarak menyambut PON XX 2020 Oktober mendatang harus terus digelorakan bersama.

"Papua adalah bagian NKRI maka PON Papua sama dengan di provinsi-provinsi lainnya kita wajib dukung dan semarakkan dan sekali lagi terima kasih kepada Kapolda Metro Jaya yang telah mengkampanyekan PON XX 2020 Papua, bebas narkoba dan berprestasi di olahraga adalah harapan untuk maju di masa akan datang," urai Menpora.

 

Ajang Pemuda Sehat dan Bebas Narkoba

Sementara Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana menyampaikan bangsa Indonesia saat ini darurat narkoba, peredarannya sudah hingga ke pelosok-pelosok desa.

"Narkoba sangat membahayakan dengan melemahkan dan merusak anak bangsa dan generasi muda, kami dari Polda Metro Jaya dan BNNP dan tokoh agama dan tokoh masyarakat terus menggelorakan perang terhadap narkoba," ujarnya.

"Kita juga berharap penyelenggaraan PON XX 2020 Papua menjadi ajang para pemuda yang sehat dan bebas tanpa narkoba, semoga Allah SWT selalu memberikan bimbingan dan perlindungan kepada kita semua," tambahnya pada acara CfD Bersama Lawan Narkoba Menuju Jakarta Zero Narkotic, dalam rangka Menyukseskan PON XX Papua, Kitong Semua Bebas Narkoba.

Turut hadir para Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri, Ibu-ibu OASE kelompok III, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dan Kepala BNNP DKI Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Darurat Corona, Italia Dilanda Aksi Borong Supermarket

Posted: 23 Feb 2020 09:20 PM PST

Orang-orang mengenakan masker antre di luar sebuah supermarket di Casalpusterlengo, Minggu (23/2/2020). Mereka memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang meninggal karena Virus Corona COVID-19. (Claudio Furlan/Lapresse via AP)
Orang-orang mengenakan masker antre di luar sebuah supermarket di Casalpusterlengo, Minggu (23/2/2020). Mereka memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang meninggal karena Virus Corona COVID-19. (Claudio Furlan/Lapresse via AP)

Orang-orang mengenakan masker antre di luar sebuah supermarket di Casalpusterlengo, Minggu (23/2/2020). Mereka memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang meninggal karena Virus Corona COVID-19. (Claudio Furlan/Lapresse via AP)

Warga mengenakan masker di dalam sebuah supermarket di Casalpusterlengo, Minggu (23/2/2020). Mereka memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang meninggal karena Virus Corona COVID-19 . (AP/Luca Bruno)
Warga mengenakan masker di dalam sebuah supermarket di Casalpusterlengo, Minggu (23/2/2020). Mereka memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang meninggal karena Virus Corona COVID-19 . (AP/Luca Bruno)

Warga mengenakan masker di dalam sebuah supermarket di Casalpusterlengo, Minggu (23/2/2020). Mereka memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang meninggal karena Virus Corona COVID-19 . (AP/Luca Bruno)

Rak-rak kosong di sebuah supermarket di Milan saat jumlah kasus infeksi corona melonjak di Italia, Minggu (23/2/2020). Mereka memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang meninggal karena Virus Corona COVID-19. (AP/Luca Bruno)
Rak-rak kosong di sebuah supermarket di Milan saat jumlah kasus infeksi corona melonjak di Italia, Minggu (23/2/2020). Mereka memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang meninggal karena Virus Corona COVID-19. (AP/Luca Bruno)

Rak-rak kosong di sebuah supermarket di Milan saat jumlah kasus infeksi corona melonjak di Italia, Minggu (23/2/2020). Mereka memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang meninggal karena Virus Corona COVID-19. (AP/Luca Bruno)

Rak-rak kosong terlihat di sebuah supermarket di Rozzano, dekat Milan, Minggu (23/2/2020). Orang-orang memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang dipastikan meninggal karena Virus Corona COVID-19 . (AP/Antonio Calanni)
Rak-rak kosong terlihat di sebuah supermarket di Rozzano, dekat Milan, Minggu (23/2/2020). Orang-orang memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang dipastikan meninggal karena Virus Corona COVID-19 . (AP/Antonio Calanni)

Rak-rak kosong terlihat di sebuah supermarket di Rozzano, dekat Milan, Minggu (23/2/2020). Orang-orang memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang dipastikan meninggal karena Virus Corona COVID-19 . (AP/Antonio Calanni)

Rak-rak kosong terlihat di sebuah supermarket di Rozzano, dekat Milan, Minggu (23/2/2020). Orang-orang memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang dipastikan meninggal karena Virus Corona COVID-19 . (AP/Antonio Calanni)
Rak-rak kosong terlihat di sebuah supermarket di Rozzano, dekat Milan, Minggu (23/2/2020). Orang-orang memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang dipastikan meninggal karena Virus Corona COVID-19 . (AP/Antonio Calanni)

Rak-rak kosong terlihat di sebuah supermarket di Rozzano, dekat Milan, Minggu (23/2/2020). Orang-orang memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang dipastikan meninggal karena Virus Corona COVID-19 . (AP/Antonio Calanni)

Orang-orang mengenakan masker antre di luar sebuah supermarket di Casalpusterlengo, Minggu (23/2/2020). Mereka memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang meninggal karena Virus Corona COVID-19. (Claudio Furlan/Lapresse via AP)
Orang-orang mengenakan masker antre di luar sebuah supermarket di Casalpusterlengo, Minggu (23/2/2020). Mereka memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang meninggal karena Virus Corona COVID-19. (Claudio Furlan/Lapresse via AP)

Orang-orang mengenakan masker antre di luar sebuah supermarket di Casalpusterlengo, Minggu (23/2/2020). Mereka memborong perlengkapan dan bahan-bahan kebutuhan pokok karena tak mau keluar rumah menyusul dua warga Italia yang meninggal karena Virus Corona COVID-19. (Claudio Furlan/Lapresse via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala Bappenas soal Cukai Plastik: Kenapa Tidak?

Posted: 23 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mendukung usulan pemerintah untuk mengenakan perluasan tarif cukai, salah satunya cukai kantong plastik.

Menurut Suharso, penggunaan produk hasil daur ulang (recycle) jauh lebih bermanfaat serta dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

"Saya kira bagus saja. Itu untuk merangsang supaya kita recycle kan, dan tidak menggunakan material yang merusak alam. Kenapa tidak?" ujar dia di Jakarta, Senin (24/2/2020).

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah mengajukan kepada Komisi XI DPR RI untuk bisa menerapkan cukai kantong plastik, minuman berpemanis, dan cukai terhadap barang-barang yang menghasilkan emisi karbondioksida (CO2).

"Dalam UU Cukai, kita ditugasi untuk minta persetujuan Komisi XI kalau menambah BKC (Barang Kena Cukai)," ungkap Sri Mulyani.

Jika secara politik diputuskan bahwa cukai kantong plastik baru akan dikenakan tahun depan, maka pemerintah akan kembali menganggarkan pengenaan cukai atas kantong plastik dalam APBN 2021.

"Ini adalah kesepakatan dan semua usulan saya hargai," kata Sri Mulyani.

Sebagai catatan, pemerintah bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI telah menetapkan penerimaan cukai atas kantong plastik sejak 2017. Dengan target penerimaan sebesar Rp 1,6 triliun pada 2017, sekitar Rp 500 miliar di 2018 dan 2018, serta Rp 100 miliar pada 2020.

Komisi XI DPR RI Setuju Penerapan Cukai Plastik

Warga menggunakan kantong plastik saat berbelanja di Pasar Tebet Barat, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Pemprov DKI telah menetapkan Pasar Tebet Barat dan Pasar Tebet Timur sebagai pasar percontohan gerakan pengurangan kantong kresek atau kantong plastik sekali pakai. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Warga menggunakan kantong plastik saat berbelanja di Pasar Tebet Barat, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Pemprov DKI telah menetapkan Pasar Tebet Barat dan Pasar Tebet Timur sebagai pasar percontohan gerakan pengurangan kantong kresek atau kantong plastik sekali pakai. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui rencana pemerintah menerapkan tarif cukai terhadap produk plastik untuk menambah penerimaan negara, sekaligus mengurangi sampah.

Hal tersebut menjadi kesimpulan rapat kerja (raker) Komisi XI DPR RI dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang membahas ekstensifikasi barang kena cukai di Ruang Rapat Komisi XI DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta.

"Ya sudah, kesimpulannya kita setujui," kata Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto, dikutip dari Antara, Rabu (19/2/2020).

Sementara itu, Sri Mulyani mengatakan melalui persetujuan DPR, maka pihaknya akan melakukan desain ulang terhadap kebijakan tersebut dengan memperhatikan masukan-masukan dari anggota dewan.

"Sesuai dengan persetujuan DPR, kita akan melakukan lagi redesigning policy ini. Tadi masukan-masukan yang disampaikan kami perhatikan," ujar Sri Mulyani. 

Sri Mulyani menjelaskan pihaknya ingin kebijakan tersebut menjadi pendorong ekonomi Indonesia di tengah kondisi global yang melemah sehingga ke depannya akan memperhatikan terkait waktu mulai penerapan, tarif, serta produk yang terdampak.

"Harus dilihat waktunya, berapa tarifnya, dan produk apa saja yang terkena. Nanti kita akan kaji secara hati-hati dan akan dibahas lagi," katanya.

Menurutnya, melalui persetujuan tersebut tidak hanya akan menunjang ekonomi, namun juga sekaligus menjadi upaya untuk peduli terhadap masalah lingkungan yang saat ini sampah plastik telah mencapai 170 juta kilogram per tahun.

"Kami hargai, ini bagus sangat baik. Mereka sama dengan kami bahwa ada concern dan prihatin pada masalah lingkungan hidup, kesehatan, dan keselamatan masyarakat," ujarnya.

Ia mengaku untuk saat ini pemerintah sedang fokus dalam melakukan upaya untuk menjaga perekonomian yang sedang sangat tertekan sehingga terkait waktu pertemuan berikutnya dengan DPR masih belum diketahui.

"Sementara ini kita akan lebih fokus bagaimana agar ekonomi kita tetap terjaga dalam situasi sekarang yang sangat tertekan, jadi nanti kita akan cari waktu dan cara yang paling tepat. Nanti akan dilihat semuanya," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jepang Kritik Proposal Pajak Digital AS

Posted: 23 Feb 2020 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Jepang, Taro Aso, pada Minggu (23/2/2020) mengkritik proposal reformasi pajak Amerika Serikat (AS). Ia menilai hal itu dapat melemahkan upaya global untuk menyetujui aturan baru mengenai perpajakan perusahaan-perusahaan teknologi besar.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) tengah mengembangkan aturan untuk membuat perusahaan digital besar agar membayar pajak di wilayah mereka berbisnis, bukan berdasarkan wilayah anak perusahaan terdaftar.

Namun, upaya OECD terhenti pada akhir tahun lalu karena perubahan menit-menit akhir atas permintaan AS.

Pemerintah Negeri Paman Sam mengusulkan "safe harbor", yang oleh para pengkritik disebut akan membiarkan perusahaan-perusahaan multinasional memilih untuk mematuhi peraturan baru atau yang telah ada sebelumnya.

"Saya memberitahu rekan-rekan saya, Jepang sangat prihatin tentang proposal 'safe harbor'. Ini akan sangat mengurangi efek regulasi dari apa yang kita coba lakukan. Itu adalah pandangan yang diungkapkan oleh berbagai negara," kata Aso kepada para waratawan usai menghadiri pertemuan G20, seperti dikutip dari Reuter, Senin (24/2/2020).

Perpajakan Perusahaan Digital

Ilustrasi Apple (AP Photo/Mark Lennihan)
Ilustrasi Apple (AP Photo/Mark Lennihan)

Selain Jepang, Prancis dan negara-negara lain juga mengkritik proposal AS. Jepang disebut jarang mengkritik AS secara terbuka terkait kebijakan ekonomi, mengingat hubungan pertahanan keduanya yang begitu erat.

Dalam sebuah komunike setelah pertemuan G20, para pemimpin keuangan mengatakan mereka mendorong kemajuan lebih lanjut dalam mempersempit perbedaan yang tersisa untuk mencapai konsensus tentang masalah pajak pada akhir 2020.

OECD mengatakan, langkah itu dapat meningkatkan pendapatan pajak nasional dengan nilai total USD 100 miliar per tahun.

Perpajakan perusahaan-perusahaan digital global seperti Amazon, Google, dan Apple, serta dampak penyebaran virus Corona terhadap perekonomian global, merupakan isu utama yang dibahas dalam pertemuan G20 di Riyadh, Arab Saudi, tersebut.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tilang Ganjil Genap Tetap Berlaku Meskipun Banjir Masih Menggenang

Posted: 23 Feb 2020 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memastikan sistem ganjil genap tetap akan berlaku sepanjang hari ini, Senin (24/2/2020). Pelanggar aturan ini tetap akan diberi sanksi tilang meskipun banjir masih menggenangi sejumlah wilayah di DKI Jakarta.

"Ganjil genap masih berlaku hari ini," ujar Kabid Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Fahri Siregar saat dihubungi, Senin (24/2/2020).

Dilansir dari akun Twitter @TMCPoldaMetro, beberapa ruas jalan di Jakarta yang masih tergenang banjir sampai dengan siang ini seperti di Jalan Cakung, Cilincing Raya, Jakarta Utara. Demikian pula Jalan Cakung Industri Selatan, Rorotan, Jakarta Utara. Banjir di sana setinggi 40-60 sentimeter.

Lalu, banjir juga masih terjadi di Jalan Sungai Brantas, Semper Barat, Jakarta Utara dengan ketinggian air 30-40 sentimeter.

Beberapa ruas yang juga perlu diperhatikan pengendara akibat Imbas banjir pada Minggu kemarin, yaitu di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pulo Gadung, Jakarta Utara. Lalu Jalan Cakung Barat, Jakarta Timur, Jalan Letjen Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, dan Jalan Kompleks Green Garden, Kedoya, Jakarta Barat.

Tak hanya itu, banjir yang menggenang di Jakarta sejak Minggu pagi kemarin menyebabkan gangguan dalam pelayanan rute bus Transjakarta. Sedikitnya ada tiga koridor yang terdampak genangan banjir sehingga tak bisa maksimal memberikan layanan.

Pertama, Koridor 2 untuk rute Pulogadung-Harmoni. Kepala bidang Humas TransJakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan, untuk Halte Bermis arah Harmoni belum bisa dilalui. "Halte Bermis belum bisa melakukan pelayanan karena MBC belum sepenuhnya rapi. Namun untuk arah sebaliknya normal," kata Nadia dalam keterangan tertulis yang diterima Senin (24/2/2020).

Halte dan Koridor Lainnya

Sedangkan untuk Halte Pedongkelan dari arah Pulogadung juga belum bisa beroperasi karena masih adanya genangan.

Koridor selanjutnya yang mengalami gangguan adalah Koridor 10 rute Tanjung Priok-PGC2.

"Sebelum Halte Yos Sudarso Kodamar arah PGC beberapa MBC masih belum rapi. Namun, untuk pelayanan di kedua arah berjalan normal," kata Nadia.

Terakhir, untuk Koridor 12 Tanjung Priok-Pluit disebutkan stop layanan.

 

Reporter: Tri Yuniwati Lestari/Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rampung 2022, Bendungan Rukoh Bakal Pasok Air ke 11.950 Ha Sawah

Posted: 23 Feb 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Bendungan Rukoh di Kabupaten Pidie, sebagai upaya mendukung pengembangan sektor pertanian dan pemenuhan kebutuhan air di Provinsi Aceh.

Sebelumnya pada 2016 di Kabupaten Pidie juga telah diselesaikan pembangunan Bendungan Rajui berkapasitas 2,67 juta meter kubik (m3) untuk mengairi areal persawahan seluas 1.000 hektare (ha).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pengelolaan sumber daya air dan irigasi akan terus dilanjutkan dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan. Di samping itu, menurut Menteri PUPR, kehadiran bendungan juga memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal.

"Pembangunan bendungan akan diikuti dengan ketersediaan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat segera dimanfaatkan karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani," kata Menteri Basuki dikutip dari laman Setkab, Senin (24/2/2020).

Bendungan yang berada di aliran Sungai Krueng Rukoh ini memiliki luas area genangan mencapai 767 ha dan disiapkan untuk menampung air hingga 128 juta meter kubik.

Bendungan ini mempunyai arti penting bagi masyarakat untuk mengairi lahan persawahan seluas 11.950 hektare (Ha) khususnya di Kecamatan Keumala, Kabupaten Pidie. Bendungan ini dibangun sejak akhir tahun 2018 dengan biaya APBN sebesar Rp1,5 triliun.

Pelaksanaan pembangunan dilakukan secara bertahap melalui dua paket dengan masing-masing kontraktor, PT. Nindya Karya (Persero) untuk paket 1 senilai Rp377 miliar dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk KSO PT. Adhi Karya (Persero) dan PT. Andesmont Sakti untuk paket 2 senilai Rp1,129 triliun.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera I Djaya Sukarno menyatakan, saat ini progres konstruksi bendungan sudah sebesar 8,69 persen dan ditargetkan selesai pada 2022.

"Saat ini konstruksi memasuki tahap penyelesaian outlet terowongan pengelak aliran sungai agar dapat dilakukan pekerjaan utama pada tubuh bendungan," ujarnya.

Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Bendungan Keureuto untuk mengurangi risiko bencana banjir di Kabupaten Aceh Utara, Aceh (dok: PUPR)
Bendungan Keureuto untuk mengurangi risiko bencana banjir di Kabupaten Aceh Utara, Aceh (dok: PUPR)

Selain sebagai sumber irigasi, bendungan ini diharapkan juga dapat memiliki manfaat untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan penyediaan air baku sebesar 0,90 m3/detik bagi 22.848 jiwa di wilayah Kecamatan Titeue, Kabupaten Pidie.

Kehadiran bendungan juga berpotensi menjadi sumber pembangkit listrik sebesar (PLTA) sebesar 1,22 MW, serta mengatasi permasalahan banjir di Kabupaten Pidie untuk periode ulang 50 tahunan dan sebagai destinasi wisata baru.

Bendungan Rukoh merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) yang dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera 1 Ditjen Sumber Daya Air sebagai upaya mewujudkan ketahanan air dan kedaulatan pangan di Provinsi Aceh.

Selain itu di Kabupaten Pidie juga telah direncanakan pembangunan Bendungan Tiro yang letaknya di hulu dari Bendungan Rukoh. Djaya mengatakan, saat ini Kementerian PUPR masih menyusun perubahan desain pembangunan Bendungan Tiro yang direncanakan bisa selesai desainnya, dan bila disetujui, dilanjutkan dengan dimulainya kegiatan konstruksi pada tahun 2021, sehingga pembangunan bisa dimulai pada awal tahun 2021.

Menurutnya kedua bendungan tersebut akan saling terhubung lewat dibangunnya terowongan yang dapat mengalirkan air ke Bendungan Rukoh saat tampungan di Bendungan Tiro melewati kapasitas.

"Untuk desain pembangunan Bendungan Tiro masih menunggu sertifikasi dan persetujuannya karena ada perubahan akibat permasalahan lahan sehingga dibuat tampungan air yang lebih kecil. Jika sebelumnya dirancang untuk menampung air sebanyak 45 juta m3 menjadi hanya 15 juta m3," ujar Djaya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gedung Nusantara 3 DPR Kebakaran

Posted: 23 Feb 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gedung Nusantara III DPR Kompleks DPR/MPR terbakar. Kebakaran terjadi pukul 11.57 WIB, Senin (24/2/2020).

"Kebakaran terjadi pukul 11.57 WIB," kata petugas operator Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Joni, ketika dihubungi Liputan6.com soal kebakaran Gedung Nusantara III DPR.

Menurut dia, sementara ini, ada 11 unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di Gedung Nusantara III DPR

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rano Karno Penuhi Panggilan Sidang Kasus Wawan

Posted: 23 Feb 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Gubernur Banten Rano Karno memenuhi panggilan jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rano Karno akan menjadi saksi sidang kasus dugaan suap dengan terdakwa Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan.

Rano sebelumnya tak memenuhi panggilan jaksa KPK. Namun, Rano mengaku sudah meminta izin kepada jaksa terkait ketidakhadirannya.

"Ane yang kemarin sebenarnya sudah izin dua kali, di tanggal 27 (Januari 2020) itu kalau enggak salah. Izin karena ada kesibukan promo sama kegiatan di DPR," ujar Rano di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

Lantaran kesibukan tersebut, Rano Karno mengaku sempat meminta jaksa untuk menunda pemeriksaannya dalam sidang. Oleh karena itu, hari ini Rano bersedia diperiksa oleh jaksa dan majelis hakim.

"Kita minta jadi pertengahan Februari. Sudah, sudah izin itu kemarin," kata Rano.

Sebelumnya, dalam persidangan dengan terdakwa Wawan, mantan pegawai PT Bali Pasific Pragama (BPP) Ferdy Prawiradireja tak membantah pernah menyerahkan uang kepada Rano Karno. Uang Rp 1,5 miliar itu diserahkan melalui ajudan Rano Karno bernama Yadi.

Menurut Ferdy, penyerahan uang untuk Rano terjadi di hotel di kawasan Serang, Banten. Uang dibungkus kantong kertas diserahkan ke ajudan Rano Karno.

"Iya (Rp 1,5 miliar). (Uang dalam bentuk) rupiah. Satu kantong saja. Kantong apa namanya, yang ada di toko buku, kantong kertas gitu. Itu tahun 2012 atau 2013 ya, saya lupa," ujar Ferdy di Pengadilan Tipikor, Kamis (20/2/2020).

 

Dugaan

Ilustrasi Korupsi (iStockphoto)
Ilustrasi Korupsi (iStockphoto)

Ferdy mengaku tidak mengetahui asal sumber uang itu. Namun, ia menduga uang itu berasal dari kas kantor perusahaan milik Wawan yang berada di The East Kuningan Jakarta.

"Saya enggak tahu dari mana," kata Ferdy.

Dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di Pemerintahan Provinsi Banten, Rano Karno disebut turut menikmati aliran suap sebesar Rp 700 juta. Hal tersebut tertuang dalam dakwaan Wawan.

Wawan yang juga adik dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ini didakwa melakukan tindak pidana korupsi pengadaan alat kesehatan di Banten dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diendorse Hotman Paris, Pengusaha Muda Ini Jadi Pelopor Batik Modern

Posted: 23 Feb 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Batik kerap dipandang sebagai pakaian kuno yang hanya cocok dikenakan para orang tua, serta identik dengan suasana formal dan kaku. Di bawah tangan dingin seorang pengusaha muda, Michael Wirawan (24 tahun), batik tampil menjadi pakaian yang moderen dapat digunakan sehari-hari dan cocok bagi para milenial.

Dengan mengusung brand "Flike Store", Michael telah berhasil mengantongi omset milyaran rupiah setiap bulannya. Kualitas dan harganya yang terjangkau, membuat Flike Store cepat mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Sederetan artis tanah air pun telah mengenakan Flike Store, seperti Gisella Anastasia, Chelsea Olivia, Shandy Aulia, Samuel Rizal, Jessica Iskandar, Ayu Tingting, Natasha Wilona, hingga pengacara kondang, Hotman Paris.

"Sudah lama sekali saya tidak menggunakan batik, tapi untuk Flike Store, saya mau, karena motif dan kualitasnya bukan kaleng-kaleng," ujar Hotman Paris.

 

 

Selanjutnya

Doc: Istimewa
Doc: Istimewa

Cutting-an yang slim fit untuk kemeja pria hingga bikini batik pertama di Indonesia, makin memposisikan Batik Flike Store sebagai batik yang berbeda dari brand-brand batik lainnya. Selain memiliki keunikan dari segi model baju, Flike Store pun berhasil mencuri perhatian masyarakat dengan campaign-nya di media sosial #flikestoresquad yang berjalan selama satu tahun.

Melalui campaign ini, Michael memberikan edukasi tentang berbagai informasi terkait batik Indonesia. Michael memiliki kekhawatiran terhadap negara asing yang kerap kali ingin mengkaim batik sebagai kekayaan budaya mereka. Dengan misi budaya ini, Michael berhasil menghimpun 200 influencer untuk turut berpartisipasi bersuara dalam campaign ini.

 

 

Selanjutnya

Doc: Istimewa
Doc: Istimewa

Bisnis yang berdiri sejak Maret 2015 ini, ternyata sempat mengalami hambatan. Diakui Michael, pada saat ia menggaet para artis untuk bekerjasama, ia mengira hal ini akan memberikan feedback yang positif terhadap bisnisnya. Namun setelah semua uang tabungannya habis, keuntungan yang diharapkan pun tidak didapat.

Di titik inilah, Michael hampir putus asa dan ingin menutup Flike Store. Untungnya, orang tua Michael memberikan support yang sangat positif hingga membuat Michael kembali bangkit memperjuangkan Flike Store hingga hari ini.

Michael berencana ke depannya, ia bisa melakukan ekspansi bisnisnya hingga ke luar negeri. Ia ingin semakin banyak orang mengetahui budaya Indonesia melalui batik Flike Store.

 

Penulis:

Gloria Morgen

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia Jamu Warisan 1983 Bertahan hingga Generasi Ketiga

Posted: 23 Feb 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menghargai jasa para pahlawan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya ikut serta melestarikan jamu. Di Indonesia, jamu tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat. Minuman yang berfungsi sebagai obat tradisional tersebut umumnya terbuat dari rempah-rempah Nusantara.

"Karena jamu itu berasal dari rempah yang mengalami proses perjuangan yang panjang pada zaman dahulu. Jadi,  saya punya pemikiran kita itu harus mengenal, memiliki, dan melestarikan jamu," ujar pemilik Warisan 1983, Aaliyah Nuur Ainii.

Usaha jamu Warisan 1983 mulanya dijalankan oleh kakek Aaliyah, Suminto, meskipun tahun berjalannya tidak diketahui. Pada 1983, barulah ibu Aaliyah, Narmi, melanjutkan perjuangan kakek untuk menjajakan jamu. Tahun tersebutlah yang menjadi inspirasi Aaliyah dalam menamai produknya.

Seperti penjual jamu kebanyakan, Narmi pun menjual jamunya dengan digendong, cara tradisional yang menjadi ciri khas dari pedagang jamu di Indonesia. Namun, setelah usahanya dipegang oleh Aaliyah pada 2019, ia mencoba untuk memperkenalkan jamu dengan kemasan yang lebih menarik.

Menurut Aaliyah, konsep jualan jamunya masih sama seperti dulu, yaitu jamu gendong. Yang berbeda hanya dari kemasannya saja. Ia membuatnya lebih menarik sebab target pemasarannya ialah kalangan milenial, di mana mereka lebih memerhatikan visual terlebih dahulu.

Sejauh ini, Warisan 1983 memiliki beberapa reseller yang tersebar di kampus dan juga area perkantoran. Bahkan, ia pun memiliki langganan tetap yang memesan jamu setiap minggunya.

Resep jamu yang dijual oleh Aaliyah di antaranya kunyit asam, beras kencur, wedang jahe, rosella, temulawak, sinom, dan paitan. Ke depannya, ia memiliki terobosan menu yang kekinian seperti rosella dicampur dengan mint dan perpaduan sereh lemon.

"Konsepnya kalau jamu itu resep turun-temurun. Meracik jamu itu seperti seni, dia mempunyai kebebasan untuk menentukan  resep," ujar Aaliyah.

Komitmen dan Percaya Diri

Pemilik Warisan 1983. (dok. Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)
Pemilik Warisan 1983. (dok. Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

Selain fokus menjual jamu, Aaliyah pun menginginkan bisa mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya minum jamu.

"Tidak hanya menitikberatkan bagaimana cara mengemas dan memasarkan, fokus saya lebih ke arah edukasi. Karena ke depannya saya ingin membangun rumah jamu yang ada pendidikannya," ujar perempuan yang berprofesi menjadi seorang guru tersebut.

Rumah jamu tersebut nantinya akan dibuat sebagai tempat masyarakat untuk belajar mengenal jamu. Di sana, ia ingin mengedukasi alasan mengonsumsi jamu dan harus melestarikannya.

Selain memodifikasi jamu dengan tampilan yang lebih kekinian, Aaliyah pun bekerja sama dengan temannya membuat beberapa konten untuk promosi sekaligus memberikan pengetahuan. Biasanya mereka membuat desain-desain menarik hingga iklan pendek jamu.

Sebagai perempuan yang termasuk kalangan milenial juga, Aaliyah pernah dicibir teman-teman sepermainan mengenai usaha jamunya yang sering diidentikan dengan orang-orang lanjut usia. "Untuk menghadapinya hanya perlu konsisten dan komitmen untuk menjalankannya dan yang terpenting harus percaya diri," ujarnya. (Tri Ayu Lutfiani)

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: