Minggu, 16 Februari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


4 Bahaya yang Mengintai Akibat Bunyikan Klakson Semena-mena

Posted: 16 Feb 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Klakson memiliki fungsi sebagai alat komunikasi antara satu pengendara dengan pengendara lainnya. Jika digunakan berlebihan, bisa membuat pengendara lain kesal.

Perasaan dongkol semakin bertambah jika mobil atau sepeda motor yang mereka kendarai ternyata menggunakan klakson yang memiliki suara cukup keras.

Jika kamu yang sering melakukan hal mengesalkan ini, sebaiknya mulai hentikan sekarang. Ada etika tidak tertulis tentang penggunaan klakson di jalan raya.

Efek dari penggunaan klakson dengan suara terlampau keras ternyata tak hanya membuat pengendara lain kesal. Kamu juga bisa terancam bahaya jika melakukannya.

Dikutip dari Wahana Honda, Senin 17 Februari 2020, bahaya pertama menyalakan klakson terlalu kencang adalah memicu orang lain menjadi stres. Dengan kemacetan yang sering kali terjadi di jalanan, suara klakson turut menambah tingkat stress pengendara kendaraan bermotor.

Dalam kondisi tersebut, cara orang ini dalam mengambil keputusan pun bisa berubah. Misalnya dari yang semula mengemudi lurus ke depan, malah bisa membanting setir ke kiri, kanan, atau malah melakukan pengereman mendadak. Hal ini tentu membayakan keselamatan, tak terkecuali keselamatanmu.

 

Bahaya Kedua

Bahaya kedua adalah mengganggu konsentrasi pengendara lain. Si pengendara bisa saja mengambil keputusan tanpa sadar. Misalnya, menambah kecepatan secara tiba-tiba karena merasa diburu-buru oleh suara klakson motor. Tentu saja kondisi ini berisiko menimbulkan kecelakaan.

Ketiga, meningkatkan emosi. Pernahkah kamu melihat ada pengendara atau pengguna jalan lainnya yang marah-marah dan balik memaki setelah mendengar bunyi klakson motor yang keras.

Reaksi tersebut sering terjadi. Suara klakson motor yang terlalu keras memang bisa meningkatkan emosi orang-orang yang mendengarnya

Keempat, suara klakson yang terlalu keras akan mengurangi kemampuan pendengaran. Sistem pendengaran manusia memiliki batasan terhadap suara yang ditangkap. Kalau telinga menangkap suara yang terlalu keras, kemampuan pendengaran bisa terganggu dan turun.

  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Pemotretan Aura Kasih dan Suami, Mesra dan Romantis

Posted: 16 Feb 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rumah tangga Aura Kasih dan Eryck Amaral sempat diterpa isu perceraian beberapa waktu lalu. Artis cantik tersebut dikabarkan telah menggugat sang suami. Bahkan rumor tentang keretakan rumah tangganya itu membuat keduanya kompak menghapus foto-foto bersama di media sosial.

Usut punya usut, ternyata Aura Kasih meminta sang suami untuk menghapus fotonya. Wanita 32 tahun ini mengaku tak ingin banyak masyarakat yang mencari tahu dan menuliskan komentar sembarangan di foto tersebut.

Setelah diklarifikasi, pasangan yang menikah sejak Desember 2018 lalu masih tinggal satu rumah dan tetap harmonis. Baru-baru ini Aura Kasih dan Eryck Amaral juga memposting sebuah foto pemotretan di akun Instagram.

Keduanya tampak mesra dan bergaya klasik. Aura Kasih dan sang suami juga tampil dengan busana yang berbeda-beda saat melakukan pemotretan tersebut.

Penasaran seperti apa gaya pemotretan pasangan suami istri ini? Berikut 6 pemotretan Aura Kasih dan Eryck dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (17/2/2020).

1. Meski sempat diterpa gosip perceraian, Aura Kasih dan sang suami tetap romantis.

Aura Kasih (Sumber: Instagram/@winstongomez)
Aura Kasih (Sumber: Instagram/@winstongomez)

2. Sambil berpelukan, pemotretan Aura Kasih dan Eryck Amaral tampak semakin mesra.

Aura Kasih (Sumber: Instagram/@winstongomez)
Aura Kasih (Sumber: Instagram/@winstongomez)

3. Tema pemotretan Aura Kasih dan sang suami tampak manis dengan gaya klasik.

Aura Kasih (Sumber: Instagram/@winstongomez)
Aura Kasih (Sumber: Instagram/@winstongomez)

4. Bergaya layaknya Snow White lengkap dengan properti apel, Aura dan Eryck mampu membuat netizen baper.

Aura Kasih (Sumber: Instagram/@winstongomez)
Aura Kasih (Sumber: Instagram/@winstongomez)

5. Tak hanya berdua, Aura Kasih dan sang suami juga mengajak sang buat hati dalam pemotretannya.

Aura Kasih (Sumber: Instagram/@winstongomez)
Aura Kasih (Sumber: Instagram/@winstongomez)

6. Begini potret keduanya saat bergaya romantis dengan penampilan yang begitu elegan.

Aura Kasih (Sumber: Instagram/@winstongomez)
Aura Kasih (Sumber: Instagram/@winstongomez)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akibat Senderan Kursi Dipukul Penumpang di Belakangnya, Perempuan AS Jalani Operasi Leher

Posted: 16 Feb 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kenyamanan menjadi hal utama dalam setiap perjalanan, baik darat maupun udara. Baru-baru ini, beredar sebuah video yang menampilkan penumpang lelaki yang terus menerus memukul bagian belakang kursi seorang penumpang perempuan dan membuatnya merasa tidak nyaman.

Wendi Williams membagikan pengalamannya di Twitter pada 8 Februari 2020. Perempuan tersebut diketahui hendak bepergian dari New Orleans ke Charlotte, Carolina Utara, menggunakan penerbangan American Eagle, yang merupakan maskapai milik American Airlines.

Williams menceritakan, saat pertama kali merebahkan senderan kursinya, penumpang lelaki di belakang memintanya untuk mengembalikan kursi karena lelaki tersebut sedang menyantap makanan. Williams pun menuruti permintaan.

Namun selepas lelaki tersebut selesai makan, ia kembali memundurkan senderan kursinya. Dalam video yang diunggah oleh Williams (@steelersfansOG), lelaki tersebut terus-menerus mengetuk dan sesekali meninju ringan kursi belakangnya.

Williams merasa terganggu dengan tindakan lelaki tersebut. Ia pun mengatakan, sebelum merekam tindakannya, lelaki itu bahkan meninju kursi penumpang yang didudukinya lebih keras. Akibat insiden tersebut , ia mengungkapkan harus menjalani operasi leher dan fusi tulang belakang. 

"Saya kehilangan waktu di tempat bekerja, harus mengunjungi dokter, melakukan rontgen, dan mengalami sakit kepala yang mengerikan selama seminggu," tulis Williams, dilansir dari Travel+Leisure, Senin, 17 Februari 2020. 

 

Respons Warganet

Lelaki meninju kursi perempuan di depannya. (dok. tangkapan layar Twitter @AmicaAli/https://twitter.com/AmicaAli/status/1225994717013434369/Tri Ayu Lutfiani)
Lelaki meninju kursi perempuan di depannya. (dok. tangkapan layar Twitter @AmicaAli/https://twitter.com/AmicaAli/status/1225994717013434369/Tri Ayu Lutfiani)

Williams mengatakan, pramugari di sana tidak membantu menangani situasi. Pramugari yang mendatanginya malah meminta Williams untuk menghapus video yang dibuatnya.

Ia dianggap telah melanggar hukum karena merekam video di dalam pesawat. Saat Williams menanyakan nama pramugari tersebut, ia malah dicap sebagai penumpang yang menimbulkan gangguan. 

Menanggapi hal tersebut, American Airlines memberi pernyatakan kepada NBC News, "Kami mengetahui adanya perselisihan pelanggan yang terjadi pada penerbangan American Eagle 4392, yang dioperasikan oleh Republic Airways pada 31 Januari. Keselamatan dan kenyamanan pelanggan dan anggota tim kami adalah prioritas utama dan kami sedang mendalami masalah ini."

Video tersebut mendapat berbagai respons dari berbagai pengguna Twitter lainnya. Ada yang mendukungnya, tetapi ada pula yang mengecam tindakan Wendi. Seorang pengguna mengatakan, tidak adil bagi orang di depan untuk memundurkan senderan kursi ke belakang, sebab lelaki di belakang pun kursinya tidak bersandar.

"Setuju - lakukan hal yang benar dan jangan sandarkan kursi Anda di lain waktu, terutama ketika Anda bisa melihat orang di belakang Anda tidak bisa sandarkan kursi mereka,"ujarnya.

Williams mengatakan bahwa dia telah melakukan kontak dengan American Airlines, mengatakan bahwa pihak maskapai telah meminta maaf atas kejadian tersebut. (Tri Ayu Lutfiani)

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan BPJS Kesehatan Jabodetabek dan Care Center Raih Sertifikasi ISO

Posted: 16 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan hasil Audit Mutu Eksternal (AME) ISO 9001:2015 pada tahun 2020, BPJS Kesehatan mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2015 pada proses pelayanan peserta di kantor cabang wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Sertifikasi tersebut diterima BPJS Kesehatan dari PT SGS Indonesia selaku lembaga sertifikasi ISO.

"Pemberian Sertifikat ISO 9001:2015 ini semakin meneguhkan kualitas layanan kepesertaan di kantor (cabang) BPJS Kesehatan makin handal. Khususnya memberikan kemudahan, kepastian, dan kecepatan layanan kepada peserta dan masyarakat," kata Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Senin (17/2/2020).

"Target pada tahun 2020, seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan di Indonesia harus mengejar pemenuhan standar tersebut."

Bagi BPJS Kesehatan, sertifikasi sistem manajemen mutu (SMM) ISO 9001:2015 guna memastikan proses pelayanan peserta sesuai dengan standar yang ditetapkan. Hal ini melalui pengukuran yang berstandar internasional dengan ISO 9001:2015. 

ISO 9001:2015 merupakan sistem standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu organisasi dalam memastikan bahwa suatu organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholder serta persyaratan Perundangan, hukum dan peraturan terkait dengan produk atau jasanya.

Tingkatkan Kepuasan Peserta

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari menerima sertifikasi ISO 9001:2015 pada tahun 2020 atas layanan kepesertaan BPJS Kesehatan di Kantor Cabang Jabodetabek dan Care Center. (Dok Humas BPJS Kesehatan)
Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari menerima sertifikasi ISO 9001:2015 pada tahun 2020 atas layanan kepesertaan BPJS Kesehatan di Kantor Cabang Jabodetabek dan Care Center. (Dok Humas BPJS Kesehatan)

Andayani menambahkan, standardisasi ISO 9001:2015 pelayanan dapat meningkatkan kepuasan peserta melalui penguatan komitmen layanan. Sebagai organisasi penyelenggara pelayanan publik yang kinerjanya diukur dari kemampuan melayani masyarakat dengan baik, BPJS Kesehatan menempatkan elemen kepuasan peserta sebagai prioritas. 

BPJS Kesehatan dinilai layak menerima sertifikat ISO 9001:2015 karena memenuhi tuntutan 7 (tujuh) prinsip SMM ISO 9001:2015, yang dikenal dengan CLEPIER (Customer Focus, Leadership, Engagement of People Process Approach, Improvement, Evidence-based Decision Making, Relationship Management).

"Dengan ditetapkannya 7 prinsip SMM ISO 9001:2015, akan sejalan dengan fokus utama BPJS Kesehatan pada tahun 2020, yakni tahun pelayanan dan kepuasan peserta. Improvement layanan kepesertaan sejauh ini terus dilakukan, salah satunya menerapkan metode lean six sigma," Andayani menerangkan.

Metode lean six sigma dilakukan lewat pendekatan sistematis dalam mengurangi atau menghilangkan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah pada proses bisnis layanan kepada peserta. Metode ini juga mengutamakan perbaikan proses layanan peserta untuk mengurangi kesalahan.

Hasilkan Layanan Sempurna

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari menerima sertifikasi ISO 9001:2015 pada tahun 2020 atas layanan kepesertaan BPJS Kesehatan di Kantor Cabang Jabodetabek dan Care Center. (Dok Humas BPJS Kesehatan)
Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari menerima sertifikasi ISO 9001:2015 pada tahun 2020 atas layanan kepesertaan BPJS Kesehatan di Kantor Cabang Jabodetabek dan Care Center. (Dok Humas BPJS Kesehatan)

Harapan dari metode lean six sigmaakan menghasilkan layanan sempurna yang berorientasi jangka panjang. 

"Dengan bertambahnya implementasi SMM ISO 9001:2015, besar harapan kami akan terus meningkatkan layanan. Bukan hanya dari sisi administrasi kepesertaan di kantor cabang ataupun di care center, melainkan juga merambah pada pelayanan di fasilitas kesehatan," Andayani menerangkan.

"Ini PR besar dan akan melibatkan banyak pihak. Kami optimis mitra kerja dan pemangku kepentingan terkait dapat bekerja sama dengan baik untuk memberikan layanan yang bermutu bagi masyarakat."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BKPM Optimis Realisasi Investasi Capai Rp 886 Triliun di 2020

Posted: 16 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan dirinya optimis terkait outlook investasi di 2020 akan melebihi 2019.

"Saya pikir gini kalau untuk outlook tahun 2020, pertama Kita berpijak pada tahun 2019, 2019 itu per realisasi investasi lampaui target dari Rp790,2 triliun menjadi Rp809,6 triliun beranjak dari apa yang terjadi di tahun 2019, realisasi yang ditargetkan tahun 2020 mencapai Rp 886 triliun," kata Bahlil kegiatan Indonesia Economic & Investment Outlook 2020, di Gedung Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM), Senin (17/2/2020).

Kalau ditanya apa optimis apa tidak, saya ingin katakan dari data-data BKPM yang sudah punya potensi investasi yang akan di realisasikan bakal mencapai target," lanjut dia.

Kendati begitu, dengan melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2019, ia mengatakan sekali pun dengan angka 5,02 persen realisasinya alami perkembangan, itu bukanlah angka yang baik sekali, begitupun tidak dikatakan jelek sekali, melainkan sedang saja. Karena memang pada tahun 2019, merupakan tahun politik, yang di dalamnya terjadi perseteruan antara dua kubu pemilihan presiden dan wakil presiden.

"Di balik kedua kubu yang membuat masyarakat terbelah dua, tetapi posisi Indonesia dalam menjaga pertumbuhan ekonominya stabil, dia cuma turun 0,1 sekian persen. Di bandingkan pertumbuhan ekonomi G-20 Indonesia masih jauh lebih baik karena di bawah China," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bahlil juga mengatakan langkah yang dilakukannya dalam menyelesaikan investasi yang berhenti di tengah jalan atau mangkrak, pihaknya berhasil menyelesaikan investasi mangkrak tersebut dalam kurun waktu 3,5 bulan.

"Ketika kami menyelesaikan investasi mangkrak Rp708 triliun sekarang hampir Rp200 triliun dalam kurun waktu 3,5 bulan kami selesaikan, apa yang terjadi? menyelesaikan investasi tidak cukup dengan pendekatan regulasi, tapi juga butuh pendekatan pendekatan lapangan. Contoh konkrit Lotte, Lotte itu investasi 4,2 bilion US Dolar, itu mangkrak sekitar 4 tahun, ga selesai, masalahnya tanah, selesai," ungkapnya.

 

Hambatan Investasi

Sejumlah konsumen menunggu di kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/10/2015). Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan komitmen pemerintah demi memberikan pelayanan prima dan cepat kepada investor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sejumlah konsumen menunggu di kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/10/2015). Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan komitmen pemerintah demi memberikan pelayanan prima dan cepat kepada investor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan siapapun yang menghambat kegiatan investasi, yang sudah selesai perizinannya lengkap, baik itu kementerian, direktur jenderal, gubernur, bupati, dan lain sebagainya pokoknya yang menghambat akan di tindak sesuai hukum.

"apakah dia menteri, dirjen, Gubernur, bupati atau siapa saja ketika investor sudah memastikan perijinan lengkap, dan ada yang menghambat harus kita tindak sesuai dengan hukum, selama memenuhi aturan kemudian ada yang menghambat mau gubernur bupati, laporkan aja tidak ada yang kebal hukum semua harus taat hukum, presiden mentri, harus tunduk hukum," ujarnya.

Salah satunya Rancangan Undang-undang cipta kerja Omnibuslaw, yang tujuannya untuk menarik investasi ke Indonesia, dan memudahkan perizinan supaya tidak berbelit-belit, hal itu bertujuan untuk menumbuhkan realisasi investasi dari omnibuslaw.

"Disamping itu ada intensif juga yang kita tawarkan kalau bisa cepat dilakukan pertumbuhan realisasi investasi, dari omnibuslaw sumbang sebesar 0,2 0,3 persen di tahap pertama," ujarnya.

Meskipun, sekarang terjadi penolakan yang dilakukan oleh buruh, menurutnya diperlukan diskusi dengan penolakan yang dilakukan buruh, supaya bisa memberikan kesempatan kepada publik termasuk buruh, untuk memberikan masukan terhadap draft RUU omnibuslaw itu.

"Untuk memberikan masukan terhadap draft uu omni terkait lapangan kerja, investasi butuh tenaga kerja, dan sebaliknya. Kedua-duanya tidak bisa dipisahkan, tinggal kita cari titik temu dimana yang saling untuk mencapai keduanya," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Video Tik Tok, Pegawai Restoran Ini Nekat Mandi di Bak Cuci Piring

Posted: 16 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini tak sedikit orang yang rela melakukan apa saja untuk membuat konten menarik di media sosial. Tentu saja hal tersebut dilakukan untuk mendapat banyak like dan juga komentar dari para pengikut.

Sebagian bahkan tak segan melakukan hal "gila" demi sebuah konten. Seperti yang dilakukan seorang pegawai restoran cepat saji di Michigan, Amerika Serikat.

Seorang pegawai pria di restoran cepat saji Wendy's di Greenville, Michigan, baru-baru ini mendapat kecaman usai mandi di wastafel restoran tersebut.

Aksinya direkam dalam sebuah video yang awalnya diunggah melalui akun Tik Tok. Tak berselang lama, video tersebut turut diunggah ulang di berbagai media sosial lain, salah satunya Twitter.

Akun @JasonZamarron mengunggah potongan video tersebut yang menunjukkan seorang pria berendam di bak cuci piring lengkap dengan air busa yang menutupi badannya.

"Ini terjadi di gerai Wendys di Greenville Michigan," tulis keterangan dari video berdurasi 25 detik itu.

Videonya Viral

Berendam di bak cuci piring

foto: Twitter @JasonZamarron
foto: Twitter @JasonZamarron

Alih-alih memperingatkan temannya yang melakukan aksi konyol tersebut, seorang pegawai lain justru melempar spons cuci piring.

"Cuci dirimu," suruhnya.

Pria yang berada di dalam wastafel pun mengaku bahwa dirinya merasa sedang berada di dalam hot tub.

Dipecat

Ilustrasi Pemecatan
Ilustrasi Pemecatan

Melansir dari The Daily News, Senin (17/2/2020), para pegawai yang terlibat dalam video tersebut kini telah dipecat.

"Kami sangat menanggapinya dengan serius. Kami telah mengambil tindakan tegas untuk memastikan bahwa hal seperti ini tak akan terjadi lagi," ucap Christian Camp, perwakilan dari Tim Schostak yang mengelola gerai Wendy's.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain yang Dapat Bantu Chelsea Kalahkan MU

Posted: 16 Feb 2020 10:00 PM PST

Jakarta Chelsea akan menjamu Manchester United (MU) pada laga pekan ke-26 Premier League, di Stamford Brigde, Selasa (18/2/2020) dini hari WIB. Pertemuan tersebut diprediksi akan berlangsung sengit.

Chelsea dan Manchester United terakhir kali bertemu pada perempat final Piala Liga Inggris, Oktober 2019. Saat itu, Marcus Rasford mencuri perhatian dengan mencetak dua gol kemenangan Tim Setan Merah.

Manchester United juga akan sangat percaya diri menatap laga tersebut berbekal pertemuan pada awal musim ini. Dalam laga yang berlangsung di Old Trafford, 11 Agustus 2019 tersebut, The Red Devils menang 4-0 atas The Blues. 

Namun, Chelsea akan memiliki keunggulan kandang dan Frank Lampard ingin membalas dendam untuk tim pesaing. Kedua belah pihak berjuang untuk mendapatkan performa terbaik, tetapi Tim London Biru sedikit difavoritkan dalam pertandingan ini.

Chelsea diyakini akan bertumpu pada tiga pemain ini untuk memenangkan pertandingan. Berikut ini adalah tiga pemain kunci The Blues untuk laga melawan Manchester United:

Willian

Winger Chelsea, Willian, kala mengeksekusi penalti ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga pekan ke-18 Liga Inggris, Minggu (22/12/2019) (Foto: Chelsea FC)
ke gawang Tottenham Hotspur

Penggemar Manchester United pasti tahu kualitas yang dimiliki Willian. MU pernah ingin membajak sang pemain dari Chelsea pada masa lalu.

Namun, ia tetap setia bersama The Blues dan kerap menjadi starter musim ini. Willian akan menjadi pemain penting dalam mengobrak abrik pertahanan Manchester United.

Ia berpeluang adu skill dengan Aaron Wan-Bissaka sepanjang pertandingan. Pada musim ini, Willian telah mencetak empat gol dan empat assist di Premier League. Pertandingan melawan Manchester United mungkin menjadi waktu yang terbaik bagi pemain asal Brasil itu untuk menambah statistiknya.

Tammy Abraham

Penyerang Chelsea, Tammy Abraham melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Arsenal pada lanjutan Liga Inggris di Emirates Stadium, Minggu (29/12/2019). The Blues –julukan Chelsea, mampu menutup laga dengan skor akhir 2-1 di kandang Arsenal. (AP Photo/Ian Walton)
Penyerang Chelsea, Tammy Abraham melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Arsenal pada lanjutan Liga Inggris di Emirates Stadium, Minggu (29/12/2019). The Blues –julukan Chelsea, mampu menutup laga dengan skor akhir 2-1 di kandang Arsenal. (AP Photo/Ian Walton)

Tammy Abraham menjadi top skorer Chelsea di Premier League musim ini dengan koleksi 13 golnya. Namun, ia gagal mencetak gol dalam tiga pertandingan terakhir.

Itu membuatnya akan bersemangat untuk mencetak gol melawan Manchester United. Kritik utama Abraham adalan keseretan mencetak gol melawan tim-tim besar.

Namun, setelah mencetak gol ke gawang Arsenal, ia akan lebih bersemangat untuk mencetak gol ketika bertemu klub besar. Patut dinantikan saat Abraham akan berduel dengan bek termahal dunia, Harry Maguire, di kotak penalti MU.

Cesar Azpilicueta

Bek Chelsea Cesar Azpilicueta (kiri) mencoba memblok tendangan pemain Southampton Ryan Bertrand (kanan) pada pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge, London, Kamis (26/12/2019). Southampton mengalahkan Chelsea 2-0.  (Adrian DENNIS/AFP)
Bek Chelsea Cesar Azpilicueta (kiri) mencoba memblok tendangan pemain Southampton Ryan Bertrand (kanan) pada pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge, London, Kamis (26/12/2019). Southampton mengalahkan Chelsea 2-0. (Adrian DENNIS/AFP)

Cesar Azpilicueta merupakan sosok pemain penting pada setiap pertandingan Chelsea musim ini. Kapten Chelsea tersebut telah menjadi stater dalam 23 pertandingan.

Azpilicueta juga dibutuhkan karena kualitas kepemimpinannya di belakang. Dia juga aktif dalam penyerangan dan sikap dalam bertahan.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.com (Penulis Hanif Sri Yulianto/Editor Rizki Hidayat, Published 17/2/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim Ketua Kasus ITE Saiful Mahdi Melanggar Kode Etik?

Posted: 16 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Aceh - Kasus defamasi dengan terdakwa seorang dosen bernama Saiful Mahdi kini diambang sidang kesepuluh. Formasi majelis hakim sempat berubah: posisi Hakim Ketua Ainal Mardiah digantikan Eti Astuti, yang sebelumnya merupakan hakim anggota. 

Perubahan formasi terjadi karena Ainal Mardiah yang telah memimpin jalannya persidangan selama tiga kali berturut-turut atau sampai pada sesi keterangan saksi korban itu harus berangkat ke Jepang untuk suatu keperluan. Sejak saat itu, sidang Saiful Mahdi dinilai berjalan dengan 'ganjil.'

Orang yang mengaku menangkap keganjilan itu ialah Koordinator KontraS Aceh, Hendra Saputra. Lelaki yang selalu hadir setiap kali persidangan berlangsung itu menilai bahwa hakim ketua yang sekarang telah berlaku lajak.

"Menurut pengamatan saya, selama mengikuti proses sidang, ada beberapa hal perilaku hakim yang tidak sewajarnya," terang Saputra kepada Liputan6.com, Minggu malam (16/2/2020).

Dalam salinan notula yang diterima Liputan6.com, terselip beberapa kalimat yang sengaja ditebalkan. Ada sesi saat saksi yang memberatkan bernama Muzailin sedang ditanyai Penasihat Hukum (PH) terdakwa apakah dirinya telah meneruskan hasil tangkapan layar pesan WhatsApp yang ditulis oleh Saiful Mahdi kepada Dekan Fakultas Teknik Unsyah, Taufik Saidi, sang kolega cum pelapor Mahdi.

Saksi saat itu mengakui bahwa dirinya telah mentransmisikan hasil tangkapan layar yang sebelumnya dilempar terdakwa ke grup tertutup. PH terdakwa pun lanjut bertanya soal kepada siapa lagi hasil tangkapan layar tersebut dikirim, namun, hakim Eti tiba-tiba saja menyelonong:

"Terserahlah, kan? Yang tegas-tegas saja."

Akal Sehat

Saiful Mahdi dan penasihat hukumnya (Liputan6.com/Rino Abonita)
Saiful Mahdi dan penasihat hukumnya (Liputan6.com/Rino Abonita)

Hakim Eti sempat bertanya kepada saksi A charge lain bernama Rahman Lubis, soal pengertian dari 'akal sehat.' Rahman adalah pimpinan Komisi F, komisi yang jadi bagian dari sidang etik.

Sebagai informasi, terdakwa menampik rumor bahwa senat telah menggelar sidang etik sebelum dirinya dilaporkan ke polisi. Kata dia, pihak senat sendirilah yang mengatakan bahwa dirinya dipanggil hanya untuk klarifikasi belaka pada hari itu.

Adapun frasa 'akal sehat' muncul di dalam pesan yang telah menyeret terdakwa ke kursi pesakitan. Bunyi pesan yang dikirim Mahdi ke grup WhatsApp lintasfakultas berisi para akademisi itu sebagai berikut:

"Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Dapat kabar duka matinya akal sehat dalam jajaran pimpinan FT Unsyiah saat tes PNS kemarin. Bukti determinisme teknik itu sangat mudah dikorup?"

"Gong Xi Fat Cai!!!"

"Kenapa ada fakultas yang pernah berjaya kemudian memble? Kenapa ada fakultas baru begitu membanggakan? karena meritokrasi berlaku sejak rekrutmen."

"Hanya para medioker atau yang terjerat 'hutang' yang takut meritokrasi."

Apa yang ditulis dosen statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) universitas kesohor di Aceh itu memang tak eufemistis. Ia menulis atas dasar dugaan tidak ada unsur meritokrasi di dalam perekrutan tenaga pengajar (CPNS) di fakultas teknik (FT) universitas setempat, berdasarkan perhitungan-perhitungan statistika yang sarat bertepas.

Di Balik Pesan Pembawa Kabar Duka Itu

Trisna, dosen yang menjadi kunci mengapa Saiful Mahdi menulis pesan tentang perekrutan CPNS di Fakultas Teknik Unsyiah yang menurutnya tidak meritokrasi (Liputan6.com/Rino Abonita)
Trisna, dosen yang menjadi kunci mengapa Saiful Mahdi menulis pesan tentang perekrutan CPNS di Fakultas Teknik Unsyiah yang menurutnya tidak meritokrasi (Liputan6.com/Rino Abonita)

Di dalam tes CPNS yang dimaksud Mahdi, ikut serta seorang dosen tetap nonpegawai negeri sipil yang telah mengajar lebih kurang selama 2 tahun di FT Industri. Untuk tahapan tes objektif —Tes Kemampuan Dasar (TKD)— dosen bernama Trisna itu muncul sebagai peserta yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi tingkat fakultas dan kedua tingkat universitas.

Setelah mengikuti tahapan subjektif, Trisna dinyatakan tidak lulus. Ketika dirinya mulai mencuatkan keganjilan-keganjilan yang mengganjal di benaknya —misal tentang seorang peserta dengan akriditasi C bisa ikut formasi cum laude yang mestinya hanya untuk peserta akriditasi A— pihak universitas tiba-tiba mulai berperangai aneh.

Trisna bak 'kejatuhan bulan', ia dinyatakan lulus dan ditawarkan jadi CPNS menggantikan seorang peserta, dan kelulusan itu diumumkan secara resmi. Sebelumnya, ia sempat dipanggil secara khusus dan mengaku telah diintimidasi setelah pesan yang ditulis Mahdi meledak ke permukaan.

"Saya buka pengumumannya, lampirannya dan keterangan suratnya. Ada nama saya di situ, diminta untuk melengkapi berkas kalau saya menerima kelulusan itu," jelasnya di depan majelis hakim.

Nyatanya Trisna adalah orang yang memiliki prinsip, ia lebih memilih menolak tawaran 'manis' tersebut. Perempuan yang kadung merasa dizalimi itu akhirnya mengambil sikap mengundurkan diri secara resmi sebagai dosen tetap non PNS di Unsyiah sejak Juni 2019, dan kini jadi konsultan di Surabaya untuk proyek pembangunan di bidang pertanian antara pemerintah Indonesia dengan Australia.

Common Sense

Ilustrasi (Liputan6.com/Rino Abonita)
Ilustrasi (Liputan6.com/Rino Abonita)

Rahman sendiri tidak sempat menjawab pertanyaan yang diberikan Hakim Eti kepadanya soal arti 'akal sehat' tadi. Sang hakim ketua substitusi itu telah menjawab pertanyaannya sendiri.

"Matinya akal sehat tidak ada lagi akal sehat itu pengertian bahasa secara umum, ya, pak," demikian jawaban Hakim Eti yang terasa lugas itu.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi termuktahir, 'akal sehat' berarti 'pikiran yang baik dan normal.' Akal sering disepadankan dengan common sense di dalam pelbagai ilmu yang berkaitan dengan kognisi sosial.

Menurut John (1967) dalam An Introduction to Philosophical Analysis, ia suatu kemampuan yang dimiliki manusia dalam kedudukannya sebagai subjek yang ingin mengetahui dalam rangka suatu perbuatan mengetahui. Kemampuan ini merupakan kemampuan selain kemampuan manusia yang melembaga, seperti, indera, rasio, intuisi, keyakinan, dan otoritas.

"Ada mekanisme yang tidak berjalan menurut common sense, menurut nalar budi yang benar," jelas T. Kemal Fasya, dosen Universitas Malikussaleh yang dihadirkan PH terdakwa sebagai ahli dalam konteks antropolinguistik, diwawancarai Liputan6.com, belum lama ini.

Determinisme Teknik

Saksi Asrul Sidiq yang dihadirkan PH terdakwa Saiful Mahli untuk memberi keterangan terkait sidang etik (Liputan6.com/Rino Abonita)
Saksi Asrul Sidiq yang dihadirkan PH terdakwa Saiful Mahli untuk memberi keterangan terkait sidang etik (Liputan6.com/Rino Abonita)

Hakim Eti juga mengulang-ulang penekanan frasa 'yang salah' saat Asrul Sidiq, yaitu seorang saksi lain yang dihadirkan oleh PH terdakwa sedang memberi keterangan soal skema sidang etik di Unsyiah. Hakim Eti seolah hendak mengarahkan saksi untuk melegitimasi apa yang baru saja diucapkannya.

Frasa determinisme teknik hadir dalam pesan yang ditulis Mahdi dan jadi salah satu frasa yang paling disorot. Frasa ini terdapat di dalam paragraf dengan kalimat 'dapat kabar duka matinya akal sehat dalam jajaran pimpinan FT Unsyiah saat tes CPNS kemarin.'

"Bukti bahwa determinisme teknik itu mudah dikorup." Bunyi kalimat lanjutan yang ditulis dengan sebuah tanda tanya di ujungnya.

Di awal-awal, PH terdakwa juga sempat bertanya kepada Sidiq apa perbedaan antara fakultas teknik dengan determinisme teknik. Sidiq menjawab bahwa frasa yang pertama merujuk pada fakultas tertentu yang telah diberi pewatas 'tehnik', sementara, yang kedua adalah sebuah 'isme' bukan klaim yang bisa disebut sebagai sebuah defamasi.

Menurut Fasya, determinisme teknik (engineered determinism) yang dimaksud Mahdi sejatinya merupakan pandangan bahwa mekanisme rekrutmen CPNS yogianya berlaku dengan standar baku, diatur dan berjalan dengan ketat secara logika teknik yang sangat deterministik, terikat oleh sistem sehingga mustahil diintervensi oleh kehendak dari luar kemauan (free will) mekanisme dari rekrutmen itu sendiri. Tapi, Mahdi sadar bahwa determinisme dari sebuah teknik atau metode itu sifatnya tak nirmala.

"Pola rekrutmen yang tidak menjalankan sistem proses seleksi secara deterministik, proses seleksi itu tidak berjalan sesuai logikanya, itu kira-kira yang ingin ditanyakan oleh Mahdi," kata Kemal.

Apa lacur, oleh Hakim Eti, dua frasa yang berbeda secara linguistik itu dianggap sama saja. Dilihat dari kalimat yang terlontar dari mulut sang hakim ketua itu, dapat disimpulkan bahwa dirinya  'suka sekali' melihat frasa 'determinisme teknik' sebagai 'fakultas teknik.'

"Kalau saudara sendiri bisa tahu kalau bahwa tes CPNS di 'fakultas teknik itu sangat mudah dikorup'?" tanya Hakim Eti?

"Determinisme teknik, Maksudnya?" jawab saksi Sidiq.

"Ini tulisan ini, saudara, kan, punya WhatsApp?" lanjut Hakim Eti.

"Iya, bukti bahwa determinisme teknik itu sangat mudah dikorup," Sidiq kembali mengklarifikasi.

"Teknik itu sangat mudah dikorup," kata Hakim Eti lagi.

"Mohon izin biar saya baca lagi. Bukti determinisme teknik itu sangat mudah dikorup," tanggap Sidiq pula.

Simak video pilihan berikut:

Kebebasan Akademik dan Berekspresi

Dosen asal Universitas Airlangga, Herlambang P. Wiratraman yang hadir sebagai ahli dalam persidangan baru-baru ini (Liputan6.com/Rino Abonita)
Dosen asal Universitas Airlangga, Herlambang P. Wiratraman yang hadir sebagai ahli dalam persidangan baru-baru ini (Liputan6.com/Rino Abonita)

Terlepas dari itu, dosen asal Universitas Airlangga, Herlambang P. Wiratraman yang hadir sebagai ahli dalam persidangan baru-baru ini menjustifikasi bahwa yang ditulis oleh terdakwa murni bentuk dari kebebasan akademik semata. Kritik terhadap institusi pun telah dijamin keberadaannya oleh hukum HAM internasional.

"Itu, kan, dia mengkritisi lembaga kerja tempat dia bekerja. Nah, itu juga dijamin dalam sistem hukum HAM, bahwa mereka untuk menikmati proses teaching-nya, research-nya, atau membangun iklim akademik, dan seterusnya, itu dimungkinkan kritik itu dijamin," jelas tandem Boedhi Widjardjo dalam menulis buku Reklaiming dan Kedaulatan Rakyat itu.

Mungkin ini pertama kalinya di dalam sejarah bangsa Indonesia lokus kebebasan berekspresi meluas hingga ke ruang kebebasan akademik. Herlambang berharap kasus ini dipandang para pihak sebagai bagian dari kebebasan berekspresi belaka, bukan defamasi.

"Mudah-mudahan ini menjadi putusan yang bersejarah," harap dia.

Langgar Kode Etik Hakim

Para ahli sedang disumpah (Liputan6.com/Rino Abonita)
Para ahli sedang disumpah (Liputan6.com/Rino Abonita)

Menurut Saputra, prilaku Hakim Eti selama beberapa kali persidangan jauh sekali dari kata etis. Beberapa contoh yang diurai  disebutnya cuma sebagian kecil saja dari perilaku sang hakim ketua, yang terasa kentara dalam memosisikan mana pihak yang hitam dan putih.

Ia mengutip sejumlah poin SKB Ketua Mahkamah Agung dengan Komisi Yudisial RI Nomor IV tahun 2009. Keputusan bersama ini mengatur kode etik dan pedoman bagaimana seorang hakim yogianya berperilaku baik di dalam maupun di luar proses peradilan.

"Figur hakim itu harus berperilaku adil. Didasarkan pada prinsip setiap orang sama di muka hukum, memberi perlakuan dan kesempatan yang sama untuk setiap orang," tegas Saputra.

Saputra mengklaim Hakim Eti telah memvonis Mahdi bersalah sejak di dalam pikiran. Ada indikasi bahwa tidak ada yang namanya ruang asas praduga tak bersalah untuk lulusan universitas Vermont dan Cornell itu.

"Untuk Jaksa Penuntut Umum (JPU), kita mafhum, lah. Ini, seorang hakim, yang mestinya memosisikan diri dalam ruang yang netral, malah berperilaku seperti itu. Semua orang yang hadir di dalam persidangan bisa melihat dan merasakan itu,  kita punya transkip rekamannya," ujar Saputra.

Saputra menambahkan, di dalam poin penerapan sub umum tentang berperilaku adil di dalam SKB MK dan KY itu tertera larangan bagi seorang hakim untuk menampilkan kesan bahwa salah satu pihak yang tengah berperkara atau kuasanya termasuk penuntut dan saksi berada dalam posisi yang istimewa.

"Yang saya baca, pada angka 5, hakim dalam menjalankan tugas yudisialnya dilarang menunjukkan rasa suka atau tidak suka, keberpihakan, prasangka, atau pelecehan terhadap suatu ras, jenis kelamin, agama, asal kebangsaan, perbedaan kemampuan fisik atau mental, usia, atau status sosial ekonomi maupun atas dasar kedekatan hubungan dengan pencari keadilan atau pihak pihak yang terlibat dalam proses peradilan baik melalui perkataan maupun tindakan," pungkas Saputra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google GBoard Kini Bisa Gabungkan Dua Emoji Jadi Satu

Posted: 16 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Google GBoard memperkenalkan fitur Emoji Kitchen yang bisa menggabungkan dua emoji menjadi satu. Kalau kamu merasa bosan atau sudah kehabisan emoji, fitur ini tentu akan sangat menyenangkan.

Mengutip laman Tech Crunch, Jumat (14/2/2020), gabungan dua emoji ini nantinya bia digunakan menjadi stiker saat bertukar pesan.

Stiker ini akan berfungsi di berbagai aplikasi, seperti Gmail, Messenger, Snapchat, Telegram, WhatsApp, dan lain-lain.

Sayangnya, kamu tidak bisa menggabungkan dua emoji secara acak di GBoard. Kamu hanya bisa menggabungkan beberapa emoji yang didukung oleh Google.

Misalnya, kamu bisa gabungkan kacamata ke berbagai emoji smiley, menambahkan topi koboi ke emoji hantu, meletakkan wajah monyet pada kaktus, dan lain-lain.

 

Eksperimen Google

Google GBoard merilis fitur Emoji Kitchen. Dok: techcrunch.com
Google GBoard merilis fitur Emoji Kitchen. Dok: techcrunch.com

Google Gboard sudah lama melakukan eksperimen untuk mencoba ide-ide baru seperti Emoji Minis dengan set emoji yang bisa dipersonalisasi, Kode Morse, serta Saran emoji dan GIF beberapa tahun lalu.

Dengan eksperimen ini GBoard menjadi aplikasi 50 teratas dalam kategori Tools. Tujuan Google dalam eksperimen ini memang membuatnya tetap menarik bagi pengguna untuk diunduh.

Untuk saat ini fitur Gboard tersebut hanya tersedia untuk Android dan belum ada kabar untuk bisa digunakan pada perangkat iOS.

(Fitriah Nurul Annisa/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya David Beckham Bersama Anak-Anaknya di London Fashion Week

Posted: 16 Feb 2020 10:00 PM PST

Putra David dan Victoria Beckham, Romeo Beckham saat menghadiri peragaan busana Musim Gugur/Musim Dingin 2020 Victoria Beckham dalam acara London Fashion Week di London, (16/2/2020). (AFP/Daniel Leal-Olivas)
Putra David dan Victoria Beckham, Romeo Beckham saat menghadiri peragaan busana Musim Gugur/Musim Dingin 2020 Victoria Beckham dalam acara London Fashion Week di London, (16/2/2020). (AFP/Daniel Leal-Olivas)

Putra David dan Victoria Beckham, Romeo Beckham saat menghadiri peragaan busana Musim Gugur/Musim Dingin 2020 Victoria Beckham dalam acara London Fashion Week di London, (16/2/2020). (AFP/Daniel Leal-Olivas)

David Beckham saat menghadiri peragaan busana Musim Gugur/Musim Dingin 2020 Victoria Beckham dalam acara London Fashion Week di London, (16/2/2020). Beckham tampil dengan setelan jas hitam. (AFP/Daniel Leal-Olivas)
David Beckham saat menghadiri peragaan busana Musim Gugur/Musim Dingin 2020 Victoria Beckham dalam acara London Fashion Week di London, (16/2/2020). Beckham tampil dengan setelan jas hitam. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

David Beckham saat menghadiri peragaan busana Musim Gugur/Musim Dingin 2020 Victoria Beckham dalam acara London Fashion Week di London, (16/2/2020). Beckham tampil dengan setelan jas hitam. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

David Beckham bersama anak-anaknya Romeo Beckham, Cruz Beckham dan Harper saat menghadiri peragaan busana Musim Gugur/Musim Dingin 2020 Victoria Beckham dalam acara London Fashion Week di London, (16/2/2020). Beckham tampil dengan setelan jas hitam. (AFP/Daniel Leal-Olivas)
David Beckham bersama anak-anaknya Romeo Beckham, Cruz Beckham dan Harper saat menghadiri peragaan busana Musim Gugur/Musim Dingin 2020 Victoria Beckham dalam acara London Fashion Week di London, (16/2/2020). Beckham tampil dengan setelan jas hitam. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

David Beckham bersama anak-anaknya Romeo Beckham, Cruz Beckham dan Harper saat menghadiri peragaan busana Musim Gugur/Musim Dingin 2020 Victoria Beckham dalam acara London Fashion Week di London, (16/2/2020). Beckham tampil dengan setelan jas hitam. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

David Beckham bersama anak-anaknya Romeo Beckham, Cruz Beckham dan Harper saat menghadiri peragaan busana Musim Gugur/Musim Dingin 2020 Victoria Beckham dalam acara London Fashion Week di London, (16/2/2020). Beckham tampil dengan setelan jas hitam. (AFP/Daniel Leal-Olivas)
David Beckham bersama anak-anaknya Romeo Beckham, Cruz Beckham dan Harper saat menghadiri peragaan busana Musim Gugur/Musim Dingin 2020 Victoria Beckham dalam acara London Fashion Week di London, (16/2/2020). Beckham tampil dengan setelan jas hitam. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

David Beckham bersama anak-anaknya Romeo Beckham, Cruz Beckham dan Harper saat menghadiri peragaan busana Musim Gugur/Musim Dingin 2020 Victoria Beckham dalam acara London Fashion Week di London, (16/2/2020). Beckham tampil dengan setelan jas hitam. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kisah Relawan Pengantar Petugas Medis di Wuhan

Posted: 16 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Warga di Wuhan, China banyak yang menjadi relawan untuk mengantar suster dan dokter menuju rumah sakit. Hal ini dilakukan karena sistem transportasi Wuhan yang terhenti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dedy Susanto Kirim Pesan Langsung ke Adik Kandung Julia Perez, Apa Isinya?

Posted: 16 Feb 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari terakhir, jagat maya memanas. Musababnya, tudingan pelecehan seksual yang melibatkan nama psikolog ternama Dedy Susanto.

Ini bermula ketika selebgram Revina VT mengunggah tangkapan layar berisi obrolan Dedy Susanto dengan sejumlah perempuan. Jumat (14/2/2020), Revina VT mengunggah 6 tangkapan layar ke akun Instragram terverifikasi miliknya.

"Ini terakhir kali gue ngepost tentang Dedy Susanto yang ngajak ngamar salah satu orang yang pernah ikut terapinya, dan kalian baca sendiri ya. Gue udah males, diserang sama diehard fans yang enggak terliterasi dengan baik," tulis Revina VT menyertai foto itu. Kini giliran Della Perez, adik kandung Julia Perez, terseret ke pusaran konflik psikolog Dedy Susanto. Ada apa?

Kisah-kisah Palsu?

Unggahan Revina RT. (Foto: Instagram @revinaVT)
Unggahan Revina RT. (Foto: Instagram @revinaVT)

Psikolog Dedy Susanto kemudian merespons unggahan ini dengan menyebutnya sebagai fitnah.

"Entah apa tujuan dari kisah-kisah palsu ini. Teman-teman tolong jangan mau jadi bagian dari penyebaran fitnah," imbau Dedy Susanto, lewat Instagram pada Minggu (16/2/2020) kemarin. 

Makin

Unggahan Dedy Susanto. (Foto: Instagram @dedysusantopj)
Unggahan Dedy Susanto. (Foto: Instagram @dedysusantopj)

Belakangan, nama Vanessa Angel ikut terseret. Suami Vanessa Angel, Bibi Ardiansyah, mengunggah pesan langsung Dedy Susanto untuk istrinya lewat fitur Instagram Stories.

Dalam pesan langsung itu, Dedy bertanya, "Berapa rate (tarif)-nya?" Suasana makin "meriah" setelah unggahan Bibi Ardiansyah dipublikasikan oleh akun gosip Instagram.

Della Perez Buka Kartu

Unggahan akun gosip. (Foto: Instagram @lambe_turah)
Unggahan akun gosip. (Foto: Instagram @lambe_turah)

Hampir 100 ribu warganet mengirim tanda hati untuk unggahan ini. Lebih dari 1.800 komentar membanjiri kolom. Yang menarik, dari seribuan komentar itu ada Della Perez, adik kandung almarhumah Julia Perez, yang buka suara.

Ia mengaku pernah mendapat pesan langsung dari psikolog Dedy Susanto. "Kayaknya semua cewek di-DM, deh. Aku juga di-DM," ungkap Della Perez, Senin (17/2/2020) pagi. Cuitan Della Perez direspons puluhan warganet.

"Coba apa, sih DM-nya? Pengin tahu," respons seorang warganet. Yang lain bilang, "Iya, di Twitter banyak screen shot-an DM-an dari dia." Warganet lain minta Della Perez berani ungkap isi pesan Dedy Susanto.

Speak Up, Mbak!

Unggahan Della Perez. (Foto: Instagram @dellaperez)
Unggahan Della Perez. (Foto: Instagram @dellaperez)

"Speak up, Mbak. Biar tuh pred**** enggak ngeles. Katanya chat editanlah. Aplikasi editan. Dua Google dan bla bla bla untuk menutupi kegilaan ***nya yg memang benaran nyata. Gi***, nih pred****. Harusnya dia yang diterapi. Gemetar gua bacanya sebagai seorang perempuan," cetus seorang warganet.

Lewat Instagram Stories, Della Perez mengunggah pesan langsung Dedy Susanto. Tampak jelas di pesan langsung itu, Dedy Susanto menyapa, "Halo." Della Perez tidak merespons.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jose Mourinho Sebut Gelar Liga Inggris Manchester City Bisa Jadi Milik MU

Posted: 16 Feb 2020 09:51 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho ikut berkomentar soal kasus yang kini tengah menimpa Manchester City. Dia juga menyinggung soal gelar juara Liga Inggris milik Manchester City pada musim 2017/18.

Manchester City kedapatan melanggar aturan Financial Fair Play. Akibat pelanggaran tersebut, tim asuhan Pep Guardiola itu dihukum tidak boleh bermain di kompetisi UEFA selama dua musim.

Tak hanya itu, Manchester City juga kena denda sebanyak 30 juta euro. Pihak The Citizens pun sudah mengkonfirmasi kalau mereka bakal melakukan banding ke UEFA.

Mourinho pun tak mau kelewatan ikut berkomentar soal hukuman Manchester City. Dia juga meminta gelar Manchester City di tahun 2017/18 dilimpahkan ke tim yang menjadi runner up kala itu, Manchester United, mantan klub Mourinho.

Kala itu, Setan Merah, sebutan MU, di bawah asuhan Mourinho, mengemas 81 poin. Mereka tertinggal 19 poin dari Manchester City yang menjadi juara.

"Pandangan saya adalah tidak satu menit pun saya menganalisis apa yang harus dianalisis UEFA dan FIFA. Kalau saya mempelajarinya, saya harus tanya apakah tim yang finis kedua akan jadi juara?!" kata Mourinho, dikutip dari BBC.

 

Berharap Menjadi Milik MU

Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho. (Glyn Kirk/AFP)
Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho. (Glyn Kirk/AFP)

Tentunya, Mourinho sangat berharap gelar pada musim 2017/18 menjadi milik MU. Hal tersebut juga akan menambah koleksi trofi yang pernah diraih Mourinho.

Manajer asal Portugal itu juga berharap Manchester City benar-benar mendapat hukuman.

"Itu akan menarik. Tapi, serius, saya cuma menunggu dengan tenang. Saya tidak berpikir soal posisi keempat atau kelima. Saya cuma berpikir soal melakukan yang terbaik, (meraih) poin sebanyak mungkin, (finis) di posisi terbaik," ucapnya.

Ancaman Hukuman dari FA

Terbaru, menurut Independent, Manchester City bisa mendapat hukuman dari FA, Federasi Sepak Bola Inggris. Mereka teracam pengurangan poin di Liga Inggris.

Namun hingga saat ini, Independent belum mengetahui jumlah pengurangan poin yang akan diterima oleh tim asuhan Pep Guardiola.

Namun, hukuman ini bakal berlaku jika banding yang dilakukan Manchester City ditolak oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Jika diterima dan hukuman dari UEFA dicabut, maka sanksi dari FA tidak berlaku.

Saksikan Video Manchester City di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelemahan Ekspor-Impor Indonesia di Januari 2020 Bukan Dampak Virus Corona

Posted: 16 Feb 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto, memastikan bahwa kondisi ekspor dan impor pada Januari 2020 bukan karena dampak dari virus Corona. Menurutnya, dampak Corona terhadap laju impor dan ekspor baru akan terlihat pada rilis Febuari mendatang.

"Ekspor dan impor dari Januari dari awal bulan, pengaruh belum akan terlihat signifikan pada Januari tapi kita perlu waspada bagaimana efek bisa kita liat pada rilis di Febuari tapi intinya kita perlu waspada," kata dia di Kantornya, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Dia menjelaskan, kronologis mewabahnya virus corona sendiri awalnya dilaporkan di Wuhan China pada 31 Desembee 2019. Kemudian diidentifikasi sebagai virus corona pada 3-5 Januari 2020.

Selanjutnya pada 20 Januari 2020 beberapa negara baru mulai ramai melakukan pengecekan suhu bada meski Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum merekomendasikan pembatasan.

"Tapi 21 Januari mulai ada korban. 31 Januari ditetapkan darurat oleh WHO," kata dia.

Berkaca pada kronologis tersebut, maka secara keseluruh perdagangan ekspor impor Indonesia pada Januari 2020 belum terlalu berdampak secara signifikan. Hanya saja, kewaspadaan muncul pasca sesudah imlek.

"Jadi saya tekankan, ekspor impor Januari pergerakan dari awal bulan sampai minggu ketiga masih oke. Tapi karena saya tidak menyajikan data mingguan, jadi pengaruh itu belum terjadi signifikan di Januari," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Neraca Perdagangan

Sebuah kapal bersandar di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Penyebab kinerja ekspor sedikit melambat karena dipengaruhi penurunan aktivitas manufaktur dan mitra dagang utama, seperti AS, China, dan Jepang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sebuah kapal bersandar di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Penyebab kinerja ekspor sedikit melambat karena dipengaruhi penurunan aktivitas manufaktur dan mitra dagang utama, seperti AS, China, dan Jepang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Januari 2020 mengalami defisit sebesar USD 0,86 miliar atau setara dengan Rp 864 juta. Defisit ini lebih tipis dibandingkan dengan posisi Januari 2019 yang tercatat sebesar USD 1,06 miliar.

Kepala BPS Suhariyanto menyatakan, nilai laju ekspor pada Januari 2020 tidak seimbang dibandingkan nilai impornya. Hal ini membuat neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit.

Di mana nilai ekspor sebesar USD 13,41 miliar atau turun 7,16 persen dari bulan sebelumnya. Sedangkan impor tercatat sebesar USD 14,28 miliar atau turun 1,60 persen dari Desember 2019.

"Neraca perdagangan Januari 20020 defisit USD 0,86 miliar atau Rp 864 juta lebih kecil dibandingkan Januari 2019. Pada Januari 2019 defisit USD 1,06 miliar," ujarnya dalam konferensi pers di Gedung Pusat BPS, Jakarta, Senin (17/2).

Secara rinci, Suhariyanto membeberkan pada komoditas migas tercatat minus USD 1,18 miliar. Sedangkan, non migas mengalami surplus sebesar USD 317 juta.

Defisit migas terdiri dari nilai minyak mentah yang mengalami defisit USD 481,1 juta dan hasil minyak defisit USD 935,1 juta. Namun pada gas tercatat surplus USD 235 juta.

Dia berharap, defisit ini pun bisa diatasi dengan berbagai kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Salah satunya implementasi B30 yang diyakini dapat menekan neraca perdagangan Indonesia.

"Kalau berbagai kebijakan itu mulus dilapangan neraca perdagangan akan biaik dan surplus," tandas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi III DPR Bahas Kelanjutan RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan

Posted: 16 Feb 2020 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR menggelar rapat internal membahas kelanjutan RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/2/2020). Dua RUU tersebut sebelumnya batal disahkan karena desakan publik.

Anggota DPR Komisi III Trimedya Panjaitan mengatakan, rapat hari ini membahas nasib RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan tersebut, apakah bakal dibahas kembali atau disahkan, tergantung kesepakatan fraksi.

"Semuanya tergantung kesepakatan fraksi-fraksi, nah nanti kita lihat, kan ini kita mau bicara dua RUU carry over. Carry over itu kita mau langsung kerjakan. Mungkin masa sidang depan ya, kalau masa sidang ini kan tinggal minggu depan," ujar Trimedya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Trimedya berpendapat, terbuka opsi untuk membahas kembali pasal-pasal di RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan yang dianggap publik bermasalah. Sementara untuk pasal yang sudah tak ada perdebatan, menurutnya, tak perlu dibahas kembali.

"Bahas ulang itu sebatas yang dianggap bermasalah sama masyarakat itu aja, kalau enggak bermasalah, ngapain," ujar politikus PDIP itu.

 

Revisi KUHAP

Kepala BPHN, Enny Nurbaningsih (tengah) saat rapat RUU KUHP dengan Komisi III DPR, Jakarta, Senin (5/2). Rapat membahas isu yang masih tertunda seperti pasal terkait pidana mati, penghinaan kepala negara,  perzinaan dan LGBT. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Kepala BPHN, Enny Nurbaningsih (tengah) saat rapat RUU KUHP dengan Komisi III DPR, Jakarta, Senin (5/2). Rapat membahas isu yang masih tertunda seperti pasal terkait pidana mati, penghinaan kepala negara, perzinaan dan LGBT. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Trimedya juga membuka opsi menggencarkan kembali sosialisasi ke masyarakat. Dia menilai, RUU KUHP seharusnya tidak dibahas terlalu lama, serta dapat diselesaikan pada periode ini. Ditambah lagi ada agenda merevisi Kitab Hukum Acara Pidana (KUHAP).

"Karena ini master piece enggak boleh lama-lama juga ini selesai. Kalau kita mau sempurna ya sulit lah. Semua orang menunggu, habis ini kalau bisa periode yang sekarang ini KUHAP. Jadi, sempurna hukum kita, kita selesaikan KUHP sama KUHAP," ucapnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

First Light, Debut Fashion Show Heaven Lights

Posted: 16 Feb 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jenama Heaven Lights rintisan duo Jihan Malik dan Emma Malik sukses menggelar fashion show pertama mereka di Ritz Carlton – Pacific Place, Jakarta, yang bertajuk "First Light". Ajang ini juga berbarengan dengan diluncurkannya versi pertama aplikasi Heaven Lights di Play Store dan App Store untuk kemudahan berbelanja.

Peragaan busana dibuka dengan koleksi Heaven Lights yang berkolaborasi dengan kami yang dinamakan "Samarka". Ada 15 looks yang ditampilkan, bervariasi dari tunik yang dipadukan dengan palazzo pants sampai abaya dresses yang menawan. Koleksi yang didominasi warna gelap ini bertabur motif geometris khas Timur Tengah yang terinspirasi dari geometric tiles yang biasa terlihat di pasar-pasar tradisional Marrakesh.

Koleksi Heaven Lights x Mega Iskanti Bertajuk MADRA.
Koleksi Heaven Lights x Mega Iskanti Bertajuk MADRA.

Segmen kedua menampilkan formulasi gaya yang dibuat Heaven Lights bersama Mega Iskanti. Warna-warna pastel yang lebih feminin menjadi ciri khas koleksi yang diberi tajuk "Madra". Sederhana dengan intrik pleats, koleksi yang menyuguhkan 15 tampilan ini terinspirasi dari kunjungan Mega Iskanti menikmati kemegahan arsitektur Islam di Bou Inania Madrasa, Maroko.

Rossa.
Rossa.

Lantunan penyanyi kawakan Rossa menemani koleksi yang menjadi sorotan utama di sequence penutup. Satu per satu model memperagakan koleksi terbaru Heaven Lights yang akan diluncurkan menjelang Hari Raya Idul Fitri di bulan Mei mendatang.

"Nantinya akan dijual dengan kisaran harga 100.000 sampai 450.000 rupiah," ungkap Emma Malik.

Detail Koleksi Heaven Lights Bertajuk KHIZANA.
Detail Koleksi Heaven Lights Bertajuk KHIZANA.

Terinspirasi dari sari khas India, gaya asimetris dan taburan sequins nan mewah jadi benang merah utama koleksi bertajuk "Khizana" ini. Deretan tunik, dress, blus, headscarf, dan outer dengan motif paisley dan bold palette khas India dan Timur Tengah jadi interpretasi nama koleksi yang dari kata bahasa Arab untuk 'lemari' ini. Layaknya lemari yang berisi banyak hal, 30 tampilan kasual tapi tetap terkesan istimewa ini diformulasikan untuk membuat penampilan hari raya semakin bergaya. 

Jihan dan Emma Malik sebelum Fashion Show Heaven Lights.
Jihan dan Emma Malik sebelum Fashion Show Heaven Lights.

Didukung oleh Blibli, Daliatex, Wardah, dan Sicepat, lebih dari 400 undangan menghadiri fashion show yang disusul dengan jamuan ini. "Kami berharap First Light adalah yang pertama dari deretan ajang silaturahmi lain bersama sahabat-sahabat Heaven Lights," tutup Jihan Malik.

Para Desainer yang Berkolaborasi di Fashion Show Heaven Lights.
Para Desainer yang Berkolaborasi di Fashion Show Heaven Lights.

Tentang Heaven Lights

Heaven Lights dirintis oleh Jihan Malik dan Emma Malik pada tahun 2013. Heaven Lights menjelma menjadi badan usaha resmi dan mengalihkan semua proses penjualannya ke situs resmi heavenlights.co sejak tahun 2018. Dikenal dengan produknya yang nyaman untuk dikenakan sehari-hari dengan harga terjangkau, Heaven Lights berkembang dari sekadar menyediakan hijab dan mulai memproduksi pakaian sejak tahun 2016.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

One Pride MMA Makin Digemari, Menpora: Semoga Semakin Maju dan Berkembang

Posted: 16 Feb 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kejuaraan tarung bebas One Pride MMA yang berlangsung Sabtu (15/2) lalu di Tenis Indoor Senayan, Jakarta sukses melahirkan juara baru. Rama Supandhi mengalahkan juara bertahan Suwardi dengan Rear Naked Choke pada 3:11 di ronde 3 dan menjadi juara baru kelas Flyweight. Di kelas Lightweight, Angga berhasil menjadi juara baru setelah mengalahkan Jeka Saragih juga dengan Rear Naked Choke pada 4:24 di ronde 4.

Lahirnya juara baru One Pride MMA Fight Night 36 ini turut disaksikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Staf Khusus Pengembangan dan Prestasi Olahraga Mahfudin Nigara, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin, Ketua Umum BOPI Richard Sam Bera dan juga Ketua Umum Komite Olahraga Beladiri Indonesia (KOBI), Anindra Ardiansyah Bakrie.

Sebelum laga dimulai, dalam sambutannya, Menpora mengapresiasi kejuaraan tarung bebas One Pride MMA. "Malam ini tentunya seru dan spesial karena pendukung calon juara terus berdatangan dan memenuhi tempat. Ini sangat membanggakan," kata Menpora.

Menurut Menpora, MMA kini terus diminati semua kalangan. Diharap, olahraga ini semakin maju dan berkembang. Tak hanya itu, penonton juga semakin banyak untuk mendukung.

"Kita harap One Pride ini semakin diminati semua kalangan. Kita mengapresiasi dan terima kasih, semoga ini semakin memajukan olahraga dan kedepan semakin berkembang. Penonton semakin banyak lagi dan dukung terus," jelas Menpora.

Senada dengan Menpora, Ketua Umum Komite Olahraga Beladiri Indonesia (KOBI), Anindra Ardiansyah Bakrie juga mengharapkan kompetisi One Pride MMA berlangsung baik dan sportif.

"Ini spesial dan merupakan serangkaian ulang tahun tvOne. Pertandingan ini harus disajikan dengan partai-partai seru. Semua berjalan dengan baik dan sportif, termasuk juga dengan penontonnya," kata Ardiansyah.

Pada pertandingan lainnya, di kelas Lightweight Ranking Fight Zainal Abidin Bachri mengalahkan Alfons dengan keputusan mutlak. Kemudian di kelas Welterweight Ranking Fight, Wendry Pattilima mengalahkan Alwin Kincai juga dengan keputusan mutlak.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Kumpulkan Sejumlah Menteri Bahas Penutupan Tambang Ilegal

Posted: 16 Feb 2020 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengumpulkan sejumlah menteri di rumah dinasnya, Jl Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Wapres membahas lahan tambang ilegal yang menyebabkan bencana.

Ma'ruf Amin melakukan rapat tertutup tersebut bersama Kementerian KLHK, Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian ESDM, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Polri.

"Kita bahas masalah dampak akibat terjadinya kerusakan-kerusakan lahan pascatambang, longsor, bencana. Kemudian juga akibat merkuri, yang mengakibatkan banyak masyarakat yang cacat, lahir cacat. Ini semua kemudian menjadi apa yang harus kita atasi, kita hadapi," kata Ma'ruf Amin di rumah dinas, Senin (17/2/2020).

Dari rapat tersebut, kata Ma'ruf ada berbagai kesimpulan yaitu menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi tentang penutupan pertambangan tanpa izin, menegakkan hukum dan solusi pembinaan bagi tambang milik rakyat kecil.

"Kemudian penguatan peraturan perundang yang terkait. Kemudian pembentukan tim terpadu, atau satgas yang melibatkan TNI Polri dalam penegakkan hukumnya. Jadi nanti menampilkan Perpres," ucapnya.

Kemudian, kata Ma'ruf Amin ada pula langkah pengendalian dan pengawasan peredaran bahan-bahan kimia membahayakan yang beredar di masyarakat.

"Juga menyusun perpres percepatan dan penguatan koordinasi reklamasi pasca tambang dan pertambangan tanpa izin Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI)," ucap Ma'ruf.

Tutup 8 Ribu Lebih Tambang Ilegal

Ma'ruf menambahkan, pemerintah akan menutup sekitar 8.683 titik tambang ilegal. Titik pertama yang bakal ditutup di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Bogor, Jawa Barat yaitu sekitar 108 titik.

"Penutupan 8.000-an tambang tanpa izin, se-Indonesia, itu cukup banyak. Yang sudah izin ada sekitar 7.000-an," ujarnya.

Ma'ruf melanjutkan, sekitar 67 persen lahan pasca-tambang masih harus direklamasi. Oleh karena itu, pemerintah akan melakukan percepatan dan menerbitkan perpres dan Satgasnya.

"Kita juga akan buat kebijakan-kebijakan dan penanganan pascatambang, baik yang menyangkut sosial maupun ekonomi. Seluruh yang tak berizin harus ditutup prinsipnya itu. Ya segera (ditutup)," tandas Ma'ruf.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Virus Corona, Malaysia Larang Kapal Pesiar dari China Berlabuh

Posted: 16 Feb 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Malaysia - Semua kapal pesiar yang berasal dari China maupun yang sebelumnya mengunjungi China tidak akan diizinkan masuk ke Malaysia. Larangan itu terkait dengan pencegahan infeksi Virus Corona.

Dilansir Channel News Asia, Senin (17/2/2020), keputusan itu diambil setelah seorang penumpang Amerika yang naik MS Westerdam dan turun di Kamboja dinyatakan positif COVID-19 atau Virus Corona jenis baru di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada Sabtu, 15 Februari.

"Untuk saat ini, pemerintah telah memutuskan untuk tidak mengizinkan kapal pesiar dari, atau transit di setiap pelabuhan di China untuk memasuki Malaysia," kata Wakil Perdana Menteri Wan Azizah Wan Ismail.

MS Westerdam berlabuh di Kamboja pada Kamis 13 Februari dan membawa 1.455 penumpang serta 802 anggota awak, setelah ditolak Jepang, Taiwan, Guam, Filipina, dan Thailand.

Pasangan Suami Istri Positif Virus Corona

Petugas medis memeriksa kondisi pasien kritis virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Jinyintan, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (13/2/2020). (Chinatopix Via AP)
Petugas medis memeriksa kondisi pasien kritis virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Jinyintan, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (13/2/2020). (Chinatopix Via AP)

Seorang penumpang wanita asal Amerika Serikat berusia 83 dan suaminya berusia 85 adalah dua di antara 145 penumpang MS Westerdam yang terbang ke Malaysia pada Jumat, 14 Februari.

Pasangan itu ditemukan menunjukkan gejala pada saat kedatangan dan dikirim ke Rumah Sakit Sungai Buloh, di mana istrinya didiagnosis menderita COVID-19 sementara sang suami dinyatakan negatif.

Operator MS Westerdam, unit Carnival Corp Holland America Inc, menggambarkan hasil tes itu sebagai "pendahuluan" sementara pihak berwenang Kamboja yang meminta Malaysia untuk meninjau kembali hasil pengujiannya.

Menanggapi hal itu, Wan Azizah mengatakan, suami dan istri itu akan dites lagi Sabtu malam. Setelahnya, tes itu memberikan hasil yang sama. "Mereka mengatakan itu bisa jadi positif palsu. Tidak," tegas Wan Azizah.

Para penumpang di atas kapal dilaporkan diuji secara teratur untuk Virus Corona dan Kamboja mengatakan bahwa mereka telah menguji 20 penumpang setelah merapat. "Kami tidak membantah (tes Kamboja). Tetapi karena para penumpang menemui kami, kami harus berhati-hati. Sedangkan untuk Kamboja, mereka melakukan apa yang menurut mereka cukup," katanya.

Sebagai tindakan pencegahan, semua penumpang MS Westerdam yang tersisa yang saat ini masih di Kamboja tidak akan diizinkan masuk ke Malaysia karena mereka dianggap telah melakukan kontak dekat dengan pasien Amerika itu, demikian kata wakil perdana menteri.

Malaysia Airlines Batalkan 3 Penerbangan

Ilustrasi pesawat Malaysia Airlines (AFP Photo)
Ilustrasi pesawat Malaysia Airlines (AFP Photo)

Sementara itu, Malaysia Airlines juga telah membatalkan tiga penerbangan charter yang tersisa yang dipesan oleh operator pelayaran Holland America Line untuk menerbangkan penumpang MS Westerdam pulang melalui KLIA.

Penerbangan dijadwalkan terbang antara 14 Februari dan 16 Februari. Hanya penerbangan pertama - yang membawa pasien Amerika itu - yang tiba di Malaysia.

Dari 145 penumpang yang tiba di Malaysia, 143 tidak menunjukkan gejala, kata Wan Azizah. Sebanyak 137 orang telah melanjutkan perjalanan mereka kembali ke rumah, dan enam orang yang sedang menunggu penerbangan lanjutan mereka di rumah dinyatakan negatif untuk COVID-19, tambahnya.

Direktur jenderal kesehatan Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan enam penumpang yakni empat warga Amerika Serikat dan dua dari Belanda, dalam keadaan sehat.

"Kedutaan besar telah diberitahu tentang hasil tes dan para penumpang akan diizinkan untuk naik penerbangan mereka untuk melanjutkan perjalanan mereka ke tujuan masing-masing," kata Dr Noor Hisham dalam sebuah pernyataan.

Wan Azizah mengatakan, seorang pasien wanita dari China, yang merupakan kasus ke-15 yang dikonfirmasi di negara itu, telah sepenuhnya pulih, sehingga jumlah total pasien yang pulih menjadi delapan.

Dia dipulangkan dari Rumah Sakit Permai di Johor Bahru pada hari Sabtu. 14 pasien yang tersisa terus menerima perawatan di rumah sakit, ia menambahkan. Wan Azizah mengatakan tidak ada kasus baru yang dikonfirmasi yang dilaporkan pada Minggu, 16 Februari 2020.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer MU Buka Peluang Permanenkan Ighalo

Posted: 16 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer tak menutup kemungkinan bakal mempermanenkan striker baru MU, Odion Ighalo. Namun manajer MU itu berharap Ighalo benar-benar menunjukkan kualitasnya di OId Trafford.

Ighalo dipinjam MU dari Shanghai Shenhua hingga akhir musim nanti. Ia menjadi tumpuan di lini depan setelah Marcus Rashford cedera.

Dalam klausulnya, MU hanya meminjam Ighalo hingga 17 Mei 2020. Tetapi klausul ini rupanya masih bisa berubah tergantung Solskjaer.

"Ini bukan hanya status pinjaman atau permanen. Jika Anda mampu memukau sebagai pemain, meningkatkan performa tim, maka peluang untuk direkrut selalu ada," kata Solskjaer seperti dilansir Manchester Evening News.

"Saya pikir tak hanya Ighalo, tetapi semua pemain punya kesempatan yang sama untuk direkrut. Tentu MU bisa merekrutnya jika memang ingin musim panas nanti," kata Solskjaer menamabahkan.

 

 

Tunggu Kinerja

6. Odion Ighalo (Watford), 14 gol dari 33 penampilan. (AFP/Olly Greenwood)
6. Odion Ighalo (Watford), 14 gol dari 33 penampilan. (AFP/Olly Greenwood)

Di sisi lain Solskjaer membantah Ighalo merupakan perekrutan putus asa bagi MU. Ia yakin pemain asal Nigeria itu bisa diandalkan.

"Saya tidak menganggapnya demikian. Ighalo sangat senang bisa bergabung ke MU," ujar Solskjaer.

"Semoga saja dia bisa membuktikan sebagai pencetak gol ulung. Tentu saya menunggu kinerjanya."

Jadwal Liga Inggris

Jadwal Liga Inggris

Selasa, 18 Februari 2020

03.00 WIB, Chelsea Vs MU (Mola TV)

Kamis, 20 Februari 2020

02.30 WIB, Manchester City Vs West Ham (Mola TV)

 

Hasil Liga Inggris

Berikut hasil Liga Inggris pekan ke-26 selengkapnya:

Norwich City 0-1 Liverpool

Aston Villa 2-3 Tottenham Hotspur

Southampton 1-2 Burnley

Wolverhampton 0-0 Leicester

Arsenal 4-0 Newcastle

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smartphone Gaming Lenovo Legion Cetak Skor Lebih dari 600 Ribu di AnTuTu

Posted: 16 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Legion, divisi gaming milik Lenovo baru saja merilis informasi singkat yang menarik tentang smartphone mereka di media sosial Tiongkok, Weibo.

Seperti yang bisa kamu lihat dari gambar di bawah, tampak teks besar yang bertuliskan "Game On". Namun, bukan hal itu yang membuat banyak pihak penasaran.

Banyak pihak yang penasaran dan tertarik dengan Lenovo Legion ini adalah teks yang tertulis di atas dan bawah "Game On".

Sebagaimana dikutip dari Gizchina, Senin (17/2/2020), teks tersebut bertuliskan kalimat "The Legion gaming phone is more than just a dream" atau "Ponsel gaming Legion lebih dari sekadar mimpi".

Sementara, teks di bawahnya bertuliskan angka "600.000". Ini diyakini berhubungan dengan kemampuan Lenovo Legion yang diklaim mampu mencetak skor 600ribu lebih di aplikasi benchmarking, seperti AnTuTu.

Pakai Snapdragon 865

Jika memang benar adanya, ini berarti skor smartphone gaming Lenovo Legion akan lebih tinggi 15ribu ketimbang Xiaomi Mi 10 yang menggunakan Snapdragon 865.

Digadang sebagai smartphone-nya pegiat esports mobile, Lenovo Legion juga akan langsung menggunakan prosesor terbaru milik Qualcomm, yakni Snapdragon 865.

Sayangnya, masih belum banyak informasi terkait smartphone gaming milik Lenovo tersebut.

Akan tetapi, dengan bocoran yang ada saat ini bukan hal yang mustahil Lenovo akan diumumkan dalam waktu dekat ini.

Tentunya, peluncuran smartphone Lenovo Legion ini akan menambah deretan ponsel pintar menyasar pasar mobile gaming yang berkembang pesat saat ini.

Apakah smartphone gaming Legion ini mampu bersaing dengan perangkat serupa buatan Razer, Asus , atau Black Shark?

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jessica Mila Pamer Foto Berendam, Bikin Gagal Fokus

Posted: 16 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menghabiskan waktu senggang dengan menyenangkan diri sendiri menjadi hal yang diinginkan banyak selebritas, tak terkecuali Jessica Mila. Apalagi, belum lama ini, ia disibukkan dengan film terbarunya Imperfect.

Bila sebagian selebritas memilih luar negeri atau luar kota untuk bersenang-senang, tidak bagi Jessica Mila. Ia justru memilih Jakarta untuk refreshing.

Me time Jessica Mila dihabiskan dengan mengendurkan urat-urat syaraf agar bisa kembali beraktivitas dengan kondisi segar.

 

Spa

Jessica Mila (Foto: Instagram/@jscmila)
Jessica Mila (Foto: Instagram/@jscmila)

Jessica Mila melakukan spa di sebuah hotel berbintang di Jakarta.

"Relax 🌿Renew 🌿Refresh 🌿Sometimes we need a restart-my-mood button, and a good spa day is just perfect to do that 🌹 @ritzcarltonpacificplace #rcmemories," tulisnya sebagai keterangan foto.

 

Berendam

Mantan kekasih Mischa Chandrawinata pun memamerkan foto saat berendam di akun Instagramnya, Sabtu (15/2/2020).

 

Sendirian

Terlihat Jessica Mila asyik berendam meski hanya seorang diri. Selain itu, ia juga memperlihatkan foto saat berada di dalam sebuah kamar.

 

Bikin Gagal Fokus

Unggahan Jessica Mila ini membuat warganet gagal fokus. Tak sedikit yang memuji kecantikan wanita 27 tahun ini.

"Ya ampuunnn manis bangetttt😍," tulis akun @saputriajaa.

"Cantik nya masyaallah😍😘," tambah akun @nasywa9615.

"Wow mandi aja cantik 🤭😍😍💕," timpal akun @tiaracatrine.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Salurkan Rp 9,8 Triliun Dana BOS Tahap I ke Rekening Sekolah

Posted: 16 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyalurkan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler Tahap I Gelombang I sebesar Rp 9.803.214.420.000 untuk 136.579 sekolah.

Percepatan ini adalah tindak lanjut dari komitmen Menteri Keuangan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Dalam Negeri, setelah konferensi pers bersama Senin pekan lalu.

Plt. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Nufransa Wira Sakti mengatakan, penyaluran Dana BOS ke sekolah-sekolah pada Februari 2020 ini lebih cepat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang rata-rata baru masuk ke rekening sekolah pada bulan Maret dan April.

 

"Selain itu, salah satu perubahan mekanisme yang memudahkan percepatan atas penyaluran Dana BOS ini adalah perubahan mekanisme penyaluran, yaitu Dana BOS disalurkan secara langsung dari Rekening Kas Umum Negara ke Rekening Sekolah," ujar dia dalam keteranga tertulis di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 9/PMK.07/2020 tentang Perubahan Atas PMK Nomor 48/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan DAK Nonfisik.

PMK tersebut memberikan keleluasaan fiskal bagi sekolah dalam mendukung konsep "Merdeka Belajar" melalui perubahan periode penyaluran dan besaran penyaluran.

Lebih Akurat

Konferensi pers Sinergi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah dan Dana Desa Berbasis Kinerja di Jakarta, Senin (10/2).
Konferensi pers Sinergi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah dan Dana Desa Berbasis Kinerja di Jakarta, Senin (10/2).

Di samping itu, penyaluran Dana BOS lebih akurat karena rekomendasi penyaluran berdasarkan hasil inputan sekolah sendiri melalui Aplikasi Dana BOS yang disediakan oleh Kemendikbud.

Dengan proses penyaluran lebih cepat ke rekening sekolah, kegiatan operasional mengajar dapat dilaksanakan dan didanai lebih cepat.

Selanjutnya, sekolah dapat lebih cepat dalam menyampaikan laporan tanpa menunggu sekolah lain meskipun dalam wilayah yang sama. Terakhir, penyaluran langsung ke rekening sekolah tetap ditatausahakan dalam APBD Provinsi/Kabupaten/Kota sehingga sisi akuntabilitas tetap terjaga.

Alokasi Dana BOS Reguler Tahap I ini adalah sebesar 30 persen untuk masing-masing sekolah yang telah mendapatkan rekomendasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Nantinya, untuk Tahap II dan III akan disalurkan sebesar 40 persen dan 30 persen. Dengan perbaikan skema penyaluran tersebut, sebesar 70 persen Dana BOS nantinya dapat langsung diterima sekolah pada semester I.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mahasiswa Wuhan Pulang ke Surabaya, Lanjut Kuliah via Online

Posted: 16 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang mahasiswa asal Surabaya yang berkuliah di Wuhan, China kini telah kembali ke tanah air. Ia melanjutkan perkuliahannya secara online hingga waktu yang belum ditentukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringatan Hari Kesadaran Nasional, Kemenpora Ajak Semua Pihak Sukseskan PON Papua 2020

Posted: 16 Feb 2020 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jajaran pejabat struktural dan pegawai di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga pada Senin (17/2) pagi tadi mengikuti upacara Hari Kesadaran Nasional di Halaman Kemenpora RI, Senayan, Jakarta Pusat. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Plt Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti.

Dalam amanatnya, Chandra Chandra Bhakti mengingatkan tugas berat bersama menyukseskan program prioritas, PON ke-20 dan Peparnas ke-16 di Papua. Disebutkan olehnya bahwa sukses PON dan Peparnas di Papua adalah bagian implementasi visi besar pemerintah khususnya tanggung jawab Kemenpora dalam pembangunan nasional bidang kepemudaan dan keolahragaan.

"Papua optimis, ini sejarah Papua menyelenggarakan multievent nasional olahraga. Kita harus dukung penuh agar sukses prestasi, administrasi, dan ekonomi masyarakat," ucap Chandra Bhakti.

 

Indikator Kesuksesan PON Papua

Salah satu indikator kesuksesan prestasi diharapkan di Papua akan banyak pecah rekor nasional diberbagai cabor yang dipertandingkan. Sedangkan dalam hal administrasi akuntabilitas dapat mudah diketahui dan diterima publik serta secara ekonomi sudah dapat dipastikan berdampak langsung dengan banyaknya kontingen yang akan memadati Papua dari seluruh perwakilan provinsi di Indonesia.

"Pemecahan rekor di berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan menjadi indikator sukses prestasi," tambahnya.

Dalam kesempatan upacara tersebut juga diberikan apresiasi penghargaan purna bhakti kepada Asdep Pengelolaan Olahraga Pendidikan Alman Hudri dan Kabid Penghargaan Olahraga Sutiknyo yang akan memasuki masa pensiun TMT 1 Maret 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Akan Umumkan Para Calon Kepala Daerah Secara Bertahap

Posted: 16 Feb 2020 09:27 PM PST

Liputan6.com, Semarang - PDIP bakal mengumumkan rekomendasi bakal calon kepala daerah yang akan diusung di 270 pilkada tingkat provinsi dan kabupaten/kota secara bertahap.

"270 rekomendasi di provinsi dan kabupaten/kota akan dikeluarkan secara bertahap mulai minggu depan, berapa jumlahnya tergantung fit and proper test dan mekanisme yang sudah diselesaikan secara administrasi, kita tunggu saja," kata Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP Puan Maharani di Semarang, Sabtu (16/2/2020).

Khusus untuk 21 pilkada di Provinsi Jawa Tengah, Puan berharap semua kandidat yang diusung PDIP bisa menang atau paling tidak mencapai target pemenangan sebesar 70 persen.

"Tapi yang namanya politik itu berdinamika, bisa naik bisa turun, namun kita tetap solid berjuang bersama dan bergotong royong untuk memenangkan calon-calon PDIP, saya optimistis Jateng akan tetap jadi kandang banteng," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Hal tersebut disampaikan Puan usai membuka Rapat Kerja Daerah di kantor DPD PDIP Jawa Tengah.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP PDIP sekaligus Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto menambahkan bahwa pengumuman rekomendasi bakal calon kepala daerah di pilkada dari PDIP akan terbagi menjadi tiga tahap.

Pengumuman rekomendasi tahap pertama akan disampaikan minggu depan, tahap kedua pada minggu pertama Maret 2020, dan tahap ketiga pada akhir Maret 2020.

"Kalau di PDIP, rekomendasi yang dikeluarkan itu satu paket (kepala daerah dan wakil kepala daerah) atau langsung ditunjuk," katanya.

Siapkan Pemenangan

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu memastikan rekomendasi kandidat pilkada yang diusung PDIP akan selesai pada enam bulan sebelum pemungutan suara pilkada.

"Setelah itu kita berpikir kedepan untuk menyiapkan pemenangan bagi pasangan calon kepala daerah atau dengan waktu efektif selama 5,5 bulan," ujarnya.

Dirinya belum dapat memastikan apakah kandidat Pilkada Kota Semarang dan Solo 2020 akan disampaikan juga oleh DPP PDIP pada pengumuman rekomendasi tahap pertama.

"Tahap pertama Jateng pasti ikut, tapi jumlahnya saya tidak tahu dan tidak mau mendahului DPP PDIP, saya kira petahana yang sudah kuat akan diumumkan pada tahap pertama," katanya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Papan Informasi Jualan Buah Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 16 Feb 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang bisa dilakukan agar jualan menjadi laris manis. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasang papan informasi yang bisa menarik minat banyak orang. Papan informasi tersebut bisa diberi tulisan kreatif yang mengundang perhatian pembeli.

Persis seperti unggahan @ngakakkocak pada Jumat (14/2/2020) yang mengunggah papan informasi jualan buah yang bikin geleng kepala. Postingan akun Instagram tersebut viral di media sosial karena banyak yang tidak menyangka penjual buah mangga memasang kalimat kreatif dengan membawa kata mantan.

"Senyuman mantan emg bikin gagal move on," komentar akun Instagram @sherlyafsesah_, Jumat (14/2/2020).

"S3 marketing," komentar akun Instagram @tyakusumawar, Jumat (14/2/2020).

Postingan tersebut hingga sekarang sudah mendapatkan 144 komentar dan 33,4 ribu like. Tak hanya penjual mangga yang kreatif, masih banyak papan informasi jualan yang bikin geleng kepala. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, papan informasi jualan yang bikin geleng kepala, Senin (17/2/2020).

1. Senyuman mantan memang manis ya?

5 Papan Informasi Jualan Buah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber : Instagram.com/ngakakkocak)
5 Papan Informasi Jualan Buah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber : Instagram.com/ngakakkocak)

2. Buah pir dengan rasa penuh ketakutan.

5 Papan Informasi Jualan Buah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Twitter.com/nyombek)
5 Papan Informasi Jualan Buah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Twitter.com/nyombek)

3. Ya ampun, kepala muda tuh kayak bagaimana ya?

5 Papan Informasi Jualan Buah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Twitter.com/beemer1902)
5 Papan Informasi Jualan Buah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Twitter.com/beemer1902)

4. Mungkin rajin olahraga kali, jadinya bisa awet muda.

5 Papan Informasi Jualan Buah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Twitter.com/ilyasab68499953)
5 Papan Informasi Jualan Buah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Twitter.com/ilyasab68499953)

5. Kalau enggak teliti bisa tertipu nih. Dikiranya 1 kg, eh ternyata 1/2 kg.

5 Papan Informasi Jualan Buah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
5 Papan Informasi Jualan Buah Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Negara Lain Evakuasi Warganya, WNI Pilih Tetap di Kapal Diamond Princess

Posted: 16 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 78 WNI yang bekerja di kapal pesiar Diamond Princess memilih untuk dikarantina di atas kapal. Mereka menolak dievakuasi.

Sebelumnya, pihak Diamond Princess memang menyediakan pilihan evakuasi sukarela bagi para penumpang. Jika bersedia, mereka akan dites dahulu sebelum dikirim ke fasilitas khusus. Ada pula negara yang menjemput warganya.

AS sudah menjemput warganya di Diamond Princess, sementara Kanada, Hong Kong, dan Korea Selatan berencana melakukan hal serupa. Namun, para WNI memilih tetap berada dikarantina di atas kapal Diamond Princess.

"KBRI Tokyo diinformasikan ABK kita di kapal pesiar tersebut bahwa mereka memutuskan untuk menyelesaikan masa karantina mereka di kapal tersebut," ujar Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada Liputan6.com, Senin (17/2/2020).

Faizasyah menjelaskan, KBRI Tokyo memenuhi permintaan para WNI yang memilih dikarantina di atas kapal. KBRI Tokyo juga telah mengirim logistik seperti makanan instan dan suplemen.

Kondisi para WNI di Diamond Princess hingga kini dalam keadaan sehat.

Belum ada rencana evakuasi dari Jepang sebagaimana terjadi di provinsi Hubei. Usai selesai karantina di atas Diamond Princess, pemerintah akan menyerahkan keputusan ke para WNI apakah mereka lanjut kerja di kapal pesiar itu atau memilih pulang ke Tanah Air.

"(Keputusan) Berpulang ke mereka sebenarnya, apakah akan melanjutkan kontrak kerja ataukah tidak. Dalam hal ini pemerintah memfasilitasinya melalui kerja sama dengan agensi yang mempekerjakan ABK kita tersebut," jelas Faizasyah.

Amerika Jemput Warga yang Tak Terinfeksi

Presiden AS, Donald Trump. (Liputan6/AP)
Presiden AS, Donald Trump. (Liputan6/AP)

Amerika Serikat (AS) telah menjemput warganya di atas Diamond Princess, kecuali mereka yang positif virus COVID-19 alias Virus Corona. NPR melaporkan ada hampir 400 warga AS di atas kapal tersebut.

Pada Minggu petang kemarin, Menteri Luar Negeri AS telah mengirim pesawat carter untuk menjemput warganya di Diamond Princess. Selanjutnya mereka akan dikarantina selama dua minggu di pangkalan militer California dan Texas.

Penjemputan ini sebetulnya tak wajib, namun pemerintah meminta agar warganya ikut pesawat itu agar segera pulang ke negara mereka. Sementara, warga yang terinfeksi akan tetap di Jepang untuk dirawat.

Berdasarkan pantauan Senin siang, peta Gis And Data melaporkan ada 355 kasus positif COVID-19 di kapal Diamond Princess.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Patung Gajah di Gresik Tuai Perhatian, Ini Respons Warga

Posted: 16 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Landmark baru berbentuk Patung Gajah Mungkur di Kabupaten Gresik, Jawa Timur menjadi sorotan warganet dan masyarakat luas. Ini karena patung tersebut tidak memiliki nilai estetika.

Patung Gajah Mungkur tersebut dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, di simpang lima jalan protokol, Kelurahan Sukorame, Gresik sempat viral di media sosial. Patung Gajah Mungkur tersebut dinilai kurang memiliki nilai estetika. Ini karena bentuknya yang tidak memiliki mata, telinga dan gading.

Pembuatan landmark Patung Gajah Mungkur ini dibangun Pemkab Gresik menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari salah satu perusahaan daerah setempat senilai Rp 1 miliar.

"Landmark pertunjukan seni ketika pertunjukan seni itu tidak tercapai apa yang kita harapkan. Sarankan menggunakan tenaga seniman untuk visualisasikan. Seniman bisa lahirkan karya. Kalau bicara gajah, gajah jadi lebih menarik," tutur Syaikhu Busiri, warga Gresik, seperti dikutip dari tayangan Fokus, Senin (17/2/2020).

 

Patung gajah di Gresik, Jawa Timur. (Foto: Facebook Maiyy Maiyy)
Patung gajah di Gresik, Jawa Timur. (Foto: Facebook Maiyy Maiyy)

Adapun Rumah Gajah Mungkur adalah bangunan kuno yang dibangun 1896, di Jalan Nyai Ageng Arem-arem No.38, Kemuteran, Pekelingan, Kabupaten Gresik.

Ahli waris kawasan heritage rumah Gajah Mungkur, Akhmad Choiri mengatakan bangunan rumah Gajah Mungkur adalah milik pribadi keluarganya. Jika ada pihak lain yang menggunakan nama maupun bentuknya, seharusnya meminta izin terlebih dulu. "Yah belum. Yang berkepentingan yang punya ide. Mereka yang memulai, kami sudah menunggu," ujar dia.

Pematung Indonesia Dolorosa Sinaga menuturkan, patung publik merupakan objek interpretasi publik yang memiliki otoritas. "Itu adalah wujud dialektika sebagai medium ekspresi rupa atau bahasa visual," ujar dia.

Ia menambahkan, patung publik mewujud di ruang publik melalui tahapan teknis yang berkaitan dengan medium dan konten yang sering kali tidak memerlukan konsensus publik. "Dilaksanakan berdasarkan penunjukan mandat atau otoritas pada dewan atau tim untuk melaksanakannya," kata dia.

Sebelumnya, Manajer Humas PT Petrokimia Gresik Muhammad Ihwan menuturkan, ide dan desain pembuatan landmark tersebut dari Pemerintah Kabupaten Gresik. Pengerjaan pembangunan patung gajah itu sekitar hampir Rp 1 miliar. "Kira-kira hampir Rp 1 M. 2019 dikerjakan," kata dia.

Dia mengatakan pihaknya ingin memberikan sumbangsih kepada masyarakat Gresik dengan pembangunan patung tersebut. "Karena Pemkab meminta untuk membangun landmark patung Gajah Mungkur, maka kami membantu dengan desain sepenuhnya berada di pihak pemkab," tutur dia saat dihubungi Liputan6.com.

Patung Gajah Mungkur di Gresik Jadi Sorotan Warganet

Ilustrasi aplikasi (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi aplikasi (Sumber: Pixabay)

Sebelumnya, Gresik, Jawa Timur salah satu daerah yang mempunyai banyak peninggalan sejarah. Patung yang menjadi ikon di Gresik yaitu Keris Sumilang Gandring dan Tugu Lontar. Namun, baru-baru ini muncul sebuah landmark berbentuk patung gajah yang mencuri perhatian masyarakat dan warganet.

Landmark patung ini berbentuk Gajah Mungkur. Namun, patung ini mempunyai bentuk yang unik dan tak biasa dari yang lain, bahkan disebut-sebut sebagai bentuk abstrak. Patung berwarna abu-abu ini bahkan memiliki ukuran yang tidak besar.

Patung Gajah Mungkur ini terletak di perlimaan Sukorame, Gresik, Jawa Timur. Patung ini disebut-sebut menelan biaya Rp 1 M. Banyak masyarakat yang menyayangkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk membuat landmark patung tersebut.

Salah satu pengguna akun sosial media facebook Maiyy Maiyy memostingnya di akun pribadinya pada 30 Januari 2020. Mengutip postingan Maiyy Maiyy, ia menuliskan di bait pertama "Gresik, Viral di Medsos, Patung Gajah Mungkur Berbentuk Aneh di Gresik Telan Dana 1 M".

Terhitung 11 Februari 2020, postingan tersebut disukai sebanyak 1,2 ribu, dikomentari sebanyak 1,7 ribu dan dibagikan sebanyak 452 kali. Postingan tersebut sontak dibanjiri komentar tentang patung Gajah Mungkur.

Bejo Kumaluntho:  "Lirikan gajahnya kagak nahaaaannnn😂😂😂"

Jiwa Dika: "Mahal banget"

Ida Bagus Ajik Pantau: "Patungnya abstrak, 1M realisme… 😁😁😁😁"

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Official Music Video Single Terbaru Siti Badriah Berjudul Pipi Mimi

Posted: 16 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Siti Badriah merupakan penyanyi dan aktris asal Indonesia yang lahir di Bekasi, 11 November 1991. Siti Badriah atau lebih akrab yang dipanggil Sibad atau Siti ini merupakan anak dari pasangan Muhammad Husni dan Siti Amanah.

Siti Badriah meroket setelah dirinya membawakan single berjudul "Lagi Syantik" yang berhasil masuk dalam tangga musik Billboard dengan menduduki posisi di urutan ke-4.

Awal tahun 2020 Siti Badriah mengeluarkan single berjudul "Pipi Mimi". Lagu ini bercerita tentang kebahagiaan pasangan yang baru menikah.

Penasaran seperti apa musik dan official music video terbaru dari Siti Badriah berjudul "Pipi Mimi"? Simak selengkapnya di channel Nagaswara hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawhi Leonard Raih Kobe Bryant All-Star Game MVP Award

Posted: 16 Feb 2020 09:17 PM PST

Liputan6.com, Chicago- Small forward Los Angeles Clippers Kawhi Leonard menjadi pemain pertama yang memenangi Kobe Bryant All-Star Game MVP Award. Leonard terpilih jadi pemain terbaik atau Most Valuable Player (MVP) di NBA All-Star 2020.

Commissioner NBA Adam Silver pada Sabtu (15/2/2020) waktu Amerika Serikat telah mengumumkan penghargaan MVP NBA All-Star mulai tahun ini akan didedikasikan untuk Kobe Bryant. Kini trofi pemain terbaik NBA All-Star diberi nama Kobe Bryant All-Star Game MVP Award.

Langkah ini dilakukan untuk menghormati jasa Kobe Bryant yang meninggal secara tragis bulan lalu akibat kecelakaan helikopter. Kobe Bryant sewaktu masih aktif bermain pernah empat kali jadi MVP NBA All-Star. Dia tampil di All-Star sebanyak 18 kali.

NBA All-Star 2020 berlangsung super seru dengan format baru. Tim Giannis Antetokounmpo dan tim LeBron James harus berjuang untuk memenangi setiap tiga kuarter awal. Ketiga kuarter awal ini akan dimulai dengan skor 0-0 dan berdurasi 12 menit.

Memasuki kuarter empat, durasi permainan bebas, tidak ada waktu yang ditetapkan. Kuarter empat akan berakhir jika ada tim yang lebih dahulu berhasil mencapai target skor yang ditentukan.

 

 

Format Baru

Target point berdasarkan poin kumulatif di tiga kuarter ditambahkan 24 poin guna mengenang Kobe Bryant yang selama ini identik dengan nomor punggung 24. Tim yang unggul di tiga kuarter awal cuma perlu membuat 24 poin di kuarter terakhir. Sedangkan tim tertinggal harus mengejar selisih poin ditambah 24.

Lewat pertarungan super sengit, Tim LeBron keluar sebagai pemenang dengan skor 157-155. Kawhi Leonard dipilih jadi pemain terbaik berkat sumbangsih luar biasanya.

Superior

Leonard menjadi pencetak angka terbanyak di NBA All-Star 2020 dengan 30 poin ditambah enam rebound. LeBron sendiri bersama Chris Paul menghasilkan 23 angka di laga ini.

Di Tim Giannis, kapten Giannis Antetokounmpo finis dengan 25 angka, disusul Kemba Walker dengan 23 poin dan Rudy Gobert (21 poin ditambah 11 rebound).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Lelang 3 Mobil Rampasan dari Koruptor, Berminat?

Posted: 16 Feb 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), melelang tiga mobil hasil rampasan perkara tindak pidana korupsi yang telah berkekuatan hukum tetap. Tiga mobil tersebut dirampas dari perkara Anggiat P Nahot Simamere dan Yaya Purnomo.

"KPK akan melaksanakan lelang barang rampasan negara tanpa kehadiran peserta lelang dengan jenis penawaran lelang melalui internet (closed bidding)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Senin (17/2/2020).

Ali Fikri mengungkapkan, lelang tersebut digelar melalui perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang I pada Rabu, 19 Februari 2020 mendatang.

"Batas akhir penawaran yakni pukul 09.00 waktu server e-Auction (WIB)," kata Ali.

Adapun barang yang akan dilelang, antara lain:

1. Satu unit mobil merk Mitsubishi Type PAJ SP24LDAKAR4X28AT, warna silver metalik, tahun pembuatan 2016, No Polisi B 1880 SJR beserta STNK dan BPKB. Harga limit Rp 210.282.000 dengan uang jaminan Rp 45 juta;

2. Satu unit mobil merk Honda Type HRV, tahun pembuatan 2017, warna abu-abu metalik, No Polisi B 885 MAY, beserta STNK dan BPKB. Harga limit Rp 184.517.000 dengan uang jaminan Rp 40 juta; dan

3. Satu unit mobil merk JEEP Type Wrangler 3.6 AT, No Polisi B 2932, beserta STNK dan BPKB. Harga limit Rp 595.967.000 dengan uang jaminan Rp 120 juta.

"Pengumuman syarat-syarat selengkapnya bisa dilihat di website KPK www.kpk.go.id," kata Ali.

 

Terkait Suap di Kementerian PUPR

Mantan Kepala Satuan Kerja SPAM Strategis Lampung, Anggiat Partunggul Nahot Simaremare usai pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (1/4). Anggiat Partunggal diperiksa terkait suap proyek-proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementerian PUPR. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Kepala Satuan Kerja SPAM Strategis Lampung, Anggiat Partunggul Nahot Simaremare usai pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (1/4). Anggiat Partunggal diperiksa terkait suap proyek-proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementerian PUPR. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Diketahui, Anggiat P Nahot Simamere merupakan mantan Kepala Satuan Kerja merangkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ditjen Cipta Karya Kementeriaan PUPR yang telah divonis 6 tahun penjara, denda Rp 250 juta subsider 2 bulan kurungan dalam perkara suap terkait proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) di Kementerian PUPR.

Sedangkan Yaya Purnomo merupakan mantan pejabat Kementerian Keuangan yang telah divonis 6 tahun 6 bulan penjara denda Rp 200 juta subsider 1 bulan dan 15 hari kurungan dalam perkara suap dan gratifikasi pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Intensif Daerah (DAD) di sembilan kabupaten.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Tunjuk Mohammad Abdul Ghani Jadi Dirut PTPN III Holding

Posted: 16 Feb 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran direksi di tubuh PTPN III Holding (Persero). Salah satunya menunjuk Mohammad Abdul Ghani sebagai Direktur Utama BUMN perkebunan tersebut.

Acara serah terima SK Menteri BUMN dilakukan oleh Plt. Deputi Menteri BUMN bidang Usaha Industri, Agro dan Farmasi Imam Paryanto kepada jajaran anggota direksi PTPN III Holding di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (12/2).

"Penunjukan ini sejalan dengan program transformasi perusahaan yang berkomitmen untuk meningkatkan kinerja usaha sebagai mestinya," kata Imam Paryanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Penunjukan jajaran Direksi PTPN III Holding (Persero) ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 48/MBU/02/2020 tentang pemberhentian, perubahan nomenklatur dan pengangkatan jajaran Direksi. Pengangkatan direksi baru ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja dan tata kelola perusahaan yang lebih baik.

Dalam SK tersebut, Mohammad Abdul Gani diangkat sebagai direktur utama, Denaldy Mulino Mauna, sebagai wakil direktur utama, Seger Budiarjo sebagai direktur umum.

Selanjutnya, M. Iswahyudi sebagai direktur keuangan dan Wing Antariksa sebagai direktur SDM. Selain itu, Menteri BUMN memberhentikan dengan hormat Mohammad Yudayat sebagai direktur keuangan.

Sebelumya, Mohammad Abdul Ghani menjabat Plt. Dirut PTPN III Holding dan Denaldy Mulino Mauna sebagai Dirut Perum Perhutani. Sedangkan M. Iswayudi sebelumnya sebagai bankir di Bank Mandiri, dan Wing Antariksa pernah menjabat Direktur SDM PT ASDP (Persero)

Sekretaris Perusahaan PTPN III Holding Irwan Perangin-Angin menjelaskan bahwa penetapan pejabat anggota direksi yang definitif dinilai sebagai tindakan cepat untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan agar berjalan sesuai dengan target bisnis perseroan dengan lebih baik.

Kami berharap berharap keputusan ini bisa dijalankan dengan baik untuk melaksanakan transformasi bisnis yang sudah berjalan dan program kerja di lingkup Perkebunan Nusantara Group.

Ia pun mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Mohamad Yudayat yang berkesempatan mengabdi di PTPN III Holding dan telah banyak memberi manfaat bagi perseroan.

Susunan Direksi

Perkebunan Teh Rancabali (sumber: iStock)
Perkebunan Teh Rancabali (sumber: iStock)

Berikut susunan Direksi PTPN III Holding (Persero)

1. Mohammad Abdul Ghani - Direktur Utama

2. Denaldy Mulino Mauna - Wakil Direktur Utama

3. Seger Budiardjo - Direktur Umum

4. M. Iswahyudi - Direktur Keuangan

5. Wing Antariksa - Direktur SDM

6. Mahmudi - Direktur Pengembangan & Produksi

7. Ahmad Haslan Saragih - Direktur Pelaksana

8. Dwi Sutoro - Direktur Pemasaran

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Rouhani Yakin Trump Tak Akan Perangi Iran Jelang Pilpres AS

Posted: 16 Feb 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Tehran - Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu 16 Februari, mengatakan ia tidak yakin Amerika Serikat akan memulai perang dengan negaranya, karena hal itu akan merugikan upaya Presiden Donald Trump agar terpilih kembali untuk masa jabatan kedua.

Rouhani menegaskan, Trump tahu persis berperang dengan Iran akan 'merugikan' peluangnya memenangkan pemilu presiden AS 2020 ini.

Dilansir dari VOA Indonesia, Senin (17/2/2020), pemimpin Iran itu menambahkan perang akan merugikan kepentingan Amerika dan kepentingan sekutu di kawasan, serta Iran.

"Saya pikir Amerika tidak akan memulai perang karena mereka tahu hal itu akan merugikan mereka," ujar Rouhani.

Konflik AS Vs Iran

Tentara dan jurnalis AS memeriksa puing-puing di pangkalan udara Ain al-Asad, Anbar, Irak, Senin (13/1/2020). Iran menghujani pangkalan militer AS tersebut dengan rudal sebagai balasan atas kematian Jenderal Qasem Soleimani. (AP Photo/Qassim Abdul-Zahra)
Tentara dan jurnalis AS memeriksa puing-puing di pangkalan udara Ain al-Asad, Anbar, Irak, Senin (13/1/2020). Iran menghujani pangkalan militer AS tersebut dengan rudal sebagai balasan atas kematian Jenderal Qasem Soleimani. (AP Photo/Qassim Abdul-Zahra)

Ditambahkannya, negara-negara Teluk Persia seperti Uni Emirat Arab, Bahrain dan Qatar akan paling banyak menderita kerugian jika konflik antara Iran dan Amerika bergulir menjadi perang.

Iran dan Amerika hampir terlibat konflik terbuka Januari lalu ketika sebuah pesawat nirawak Amerika membunuh panglima pasukan elit Iran, Qassem Soleimani, di luar Baghdad, Irak. Iran membalas dengan meluncurkan serangkaian serangan rudal terhadap pangkalan militer Amerika di Irak.

Ketegangan terus memuncak sejak Trump menarik Amerika mundur dari perjanjian nuklir yang disepakati dengan Iran dan empat negara adidaya lain pada tahun 2015 lalu, dan memberlakukan kembali sanksi ekonomi yang melumpuhkan Iran.

Rouhani menggarisbawahi bahwa Amerika seharusnya mengembalikan perjanjian nuklir itu jika ingin Iran kembali ke meja perundingan. "Kita pada akhirnya suatu hari nanti akan dapat memaksa musuh kembali ke meja perundingan seperti sebelumnya," ujar Rouhani, merujuk pada Amerika.

Rouhani juga mendorong warga Iran untuk memberikan suara dalam pemilu parlemen Jum'at nanti, 21 Februari sebagai pembangkangan terhadap Amerika.

"Amerika tidak senang dengan jumlah pemilih yang tinggi," ujarnya. "Tentunya mereka (Amerika) akan senang jika tingkat partisipasi dalam pemilu parlemen rendah."

Pemilu parlemen Iran dipandang sebagai ujian atas popularitas kelompok Rouhani, yang relatif moderat dan pro-reformasi. Namun demikian pemerintahan Rouhani masih berupaya keras memenuhi janji-janji kampanyenya, yaitu untuk memulihkan tingkat kehidupan rakyat ketika perekonomian negara itu terpukul akibat sanksi-sanksi ekonomi Amerika.

Otoritas Iran juga telah melarang ribuan kandidat parlemen untuk mencalonkan diri, terutama dari kelompok reformis dan moderat.

Pemilu parlemen hari Jumat dapat memperkuat kelompok garis keras Iran, yang berhasil melakukan konfrontasi dengan Barat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktris Jane Fonda Setop Operasi Plastik di Usia 82 Tahun

Posted: 16 Feb 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta -  Aktris senior Jane Fonda sudah tak asing lagi dengan meja operasi dan pisau bedah untuk operasi plastik. Pemain film 'Monster-in-law' ini pernah melakukan berbagai prosedur kecantikan demi 'melawan' penuaan.

Namun saat memasuki usia kepala 8, wanita kelahiran New York, AS ini memutuskan tidak akan lagi menjalani operasi plastik. Dia pun mengaku menyesal telah melakukan terlalu banyak prosedur kecantikan.

"Aku tidak bisa pura-pura kalau aku tidak sia-sia (melakukan operasi plastik), tapi tidak akan ada lagi operasi plastik. Aku tidak akan lagi menyayat diriku sendiri," ucap Jane, dilansir dari dari Vanity Fair, 14 Februari 2020.

Operasi plastik memang menjadi salah satu cara aktris 82 tahun ini mengatasi rasa tidak percaya diri. Sebagai ganti karena tidak mau operasi plastik lagi, aktris yang pernah meraih dua piala Oscar ini mencoba menerima diri sendiri.

"Aku harus berusaha untuk menerima diriku apa adanya, aku harus melakukan itu setiap hari, dan itu tidak mudah," ucapnya.

Jane juga merasa menyesal telah mengandalkan operasi plastik sebagai solusi untuk tetap awet muda. Wanita yang pernah menderita bulimia atau gangguan makan ini pun mengaku kecewa pada dirinya sendiri.

Menyukai Kerutan dan Keriput

Jane Fonda menjadi sampul majalah British Vogue September 2019.  (dok.Instagram @britishvogue/https://www.instagram.com/p/B0-_-7SlrD0/Henry)
Jane Fonda menjadi sampul majalah British Vogue September 2019. (dok.Instagram @britishvogue/https://www.instagram.com/p/B0-_-7SlrD0/Henry)

"Dalam satu level, aku benci pada kenyataan bahwa aku pernah harus mengubah diriku secara fisik hanya untuk merasa baik-baik saja," tuturnya.

Kini, Jane yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup dan perubahan iklim ini lebih suka melihat wajahnya yang terlihat lebih tua. Dengan kerutan, keriput dan garis-garis halus.

"Aku suka wajahku yang menua. Aku suka wajah yang terlihat hidup bukan yang penuh kepalsuan," kata Jane. Ibu tiga anak yang berasal dari keluarga bintang film ini menjadi pembaca pengumuman pemenang Film Terbaik di ajang Oscar 2020 yang diraih Parasite dari Korea Selatan.

Jane Fonda juga termasuk salah satu dari 15 wanita yang menjadi sampul majalah British Vogue edisi September 2019, yang merupakan pilihan Meghan Markle yang saat itu menjabat sebagai editor tamu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bidik Peningkatan 8 Persen, Kemenperin Genjot Investasi dan Ekspor Otomotif Indonesia

Posted: 16 Feb 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian memiliki target besar pertumbuhan industri pengolahan nonmigas sebesar 8,3 persen pada 2024. Seiring dengan tujuan tersebut, juga diusahakan mampu mendongkrak kontribusi sektor manufaktur bagi perekonomian nasional hingga 18,9 persen.

Dijelaskan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, pihaknya akan fokus terhadap peningkatan investasi dan ekspor. "Kami akan meyakinkan para calon investor sektor industri agar mau masuk ke Indonesia, terutama untuk menghasilkan produk substitusi impor," ujar Agus setelah rapat kerja dengan seluruh pejabat eselon I-II Kemenperin di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Menperin menyampaikan, dirinya telah meminta kepada semua jajarannya agar memiliki kemampuan menganalisa pencapaian target kuantitatif. "Selain itu, yang terpenting adalah bisa menyusun response policy yang cepat dan tepat," tegasnya.

Agus juga menuturkan, kementeriannya bertekad untuk turut mendorong komitmen dari para investor yang ingin berinvestasi di Indonesia agar segera terealisasi. "Kami sangat optimistis dengan beberapa komitmen industri skala besar, seperti Hyundai, Toyota, dan Amazon," sebutnya.

Sementara itu, untuk menggenjot nilai ekspor manufaktur nasional, Kemenperin juga mengajak pelaku lebih agresif membuka peluang pasarnya di negara nontradisonal. Selain itu, perlu juga ada perluasan atau diversifikasi produk eksport yang diarahkan untuk menikmati fasilitas pembiayaan ekspor.

"Kami berharap, mereka meningkatkan pagu kredit dan memperluas jenis produk manufaktur. Contohnya, kami akan berbicara dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), agar misalnya memperluas program hingga mencakup produk-produk komponen otomotif," imbuhnya.

Sesuai Arahan Presiden

Bahkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, industri otomotif di Tanah Air perlu dipacu untuk mengisi pasar ekspor, khususnya ke Australia. Hal ini memanfaatkan peluang dari ratifikasi perjanjian Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

"Langkah lainnya, tentu pengoptimalan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Untuk mendorong P3DN, kementerian dan lembaga yang mendapatkan APBN, khususnya untuk belanja modal harus menggunakan sebesar-besarnya untuk membeli produk dalam negeri," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Kisah Haru Driver Ojek Online yang Dibantu Selebgram

Posted: 16 Feb 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini begitu banyak kisah menyayat hati yang datang dari para driver ojek online atau ojol setiap harinya. Salah satunya seperti kisah seorang driver ojek online yang baru-baru ini viral di media sosial.

Dia adalah Sri Raharjo. Sri Raharjo viral setelah seorang selebgram bernama Elysa Sandria membagikan kisah pilu yang melihat sosok ayah yang berjuang mempertaruhkan nyawanya untuk menafkahi anaknya.

Bukan hanya itu saja, Elysa Sandria juga berhasil mengumpulkan donasi sebanyak 100 juta lebih dalam waktu kurang sehari.

Menyambangi Elsya di tengah waktu senggangnya, tim Dream.co.id berkesempatan mendengar curahan hati gadis yang akrab disapa Echa bercerita tentang awal kisah bertemu driver ojek online tersebut hingga menyambangi rumah pak Sri Raharjo yang saat ini sedang direnovasi.

Penasaran seperti apa? Saksikan selengkapnya di channel DreamID hanya di Vidio.

Saksikan Videonya dibawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Terlantar di Malaysia, Puluhan Warga Riau Akhirnya Bisa Umrah

Posted: 16 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Tahun 2017 dan 2018 sejumlah travel umrah di Riau, khususnya di Pekanbaru, terlilit masalah karena gagal memberangkatkan konsumennya. Sebagian di antaranya berujung ke pengadilan sehingga ratusan anggota jemaah pasrah uangnya hangus.

Beberapa travel umrah akhirnya tutup usaha. Sebagian lagi tetap bertahan dan memperbaiki manajemen seperti yang dilakukan PT Kiblatain Jaya Utama. Puluhan calon jemaah yang gagal berangkat dijadwal ulang secara bertahap.

Seperti yang dialami Hasyim bersama 50 warga Riau yang akhirnya bisa menunaikan ibadah umrah ke Arab Saudi. Hal ini di luar dugaan karena pada tahun 2018, dia bersama puluhan calon jemaah lainnya gagal berangkat meskipun saat itu sudah terbang ke Malaysia.

Kala itu, perusahaan tersebut menuai protes. Banyak calon jemaah sudah pasrah hingga akhirnya perusahaan di Pekanbaru ini berbenah.

"Alhamdulillah, ini juga mungkin berkat doa para jemaah. Di antara mereka secara ekonomi tidak beruntung, namun terus menabung untuk berangkat. Akhirnya cita-cita kita ke Tanah Suci terkabulkan," jelas Hasyim, Minggu malam, 16 Februari 2020.

Hasyim menyebut dirinya bersama jemaah lainnya sangat menikmati perjalanan di bawah manajemen baru ini. Tidak seperti kejadian tahun 2018, mereka terlantar di Malaysia karena tidak terdaftar dalam penerbangan ke Mekkah.

Selama di Tanah Suci, sambung Hasyim, puluhan anggota jemaah yang diberangkatkan ulang itu menginap di hotel berbintang serta dekat dengan Masjid Nabawi di Madinah ataupun Kakbah ketika di Mekkah.

"Jaraknya hanya dibatasi jalan. Di Madinah itu, kalau tidak salah dekat sekali dengan pintu 26. Begitu juga di Mekkah sangat dekat," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Riau, Husaimi Hamidi mengapresiasi kebijakan manajemen baru Biro Travel Kiblatain Jaya Wisata sudah memberangkatkan jemaah umrah setelah tertunda pada tahun 2018.

Dia menceritakan, PT Kiblatain Jaya Baru dulunya bermasalah, ratusan orang gagal berangkat. Namun, usai diambil alih oleh pemilik baru, langkah pertama dilakukan manajemen memberangkatkan mereka semuanya.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada pemilik dan manajemen baru karena dulu ada banyak warga saya tertunda berangkat," kata Husaimi.

Kebijakan diambil manajemen baru disebut Husaimi sebagai keputusan berani. Dia pun berharap pihak travel umrah terus menjaga kepercayaan masyarakat, khususnya calon jemaah yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Pesan kami, tolong jaga kepercayaan masyarakat. Yang sudah bagus ini, harus dipertahankan dan tingkatkan lagi," ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan PT Kiblatain Jaya Wisata Wilayah Riau, Haji Fadhli Rahman, menjelaskan, hingga 2020 ratusan jemaah telah diberangkatkan ke tanah suci dalam tiga gelombang. Sebagian dari jemaah, katanya, mendapatkan pengalaman luar biasa dari segi pelayanan mulai dari Bandara hingga akomodasi di Tanah Suci.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spesifikasi Lengkap Galaxy Z Flip, Smartphone Layar Lipat Rp 21 Jutaan dari Samsung

Posted: 16 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, San Francisco - Samsung memperkenalkan smartphone layar lipat terbarunya, yakni Galaxy Z Flip sebagai kejutan di ajang Galaxy Unpacked 2020 yang berlangsung di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Galaxy Z Flip langsung mencuri perhatian dengan riuhnya sorak sorai dari hadirin yang datang ke acara tersebut, saat pertama diperkenalkan.

Bagaimana tidak, alih-alih memperkenalkan Galaxy S20 series terlebih dahulu, Samsung malah mengulangi kejutannya di tahun lalu dengan lebih dahulu memperkenalkan Galaxy Z Flip.

Berukuran seperti kotak bedak padat, Galaxy Z Flip hadir dalam tiga varian warna, yakni Mirror Black, Mirror Purple, dan Mirror Gold untuk sejumlah pasar.

Smartphone layar lipat yang terbuat dari material Ultra Thin Glass (UTG) ini dibanderol dengan harga Rp 21.888.000 di Indonesia dan sudah habis terjual dalam 66 menit pertama masa pre order-nya.

Namun sebenarnya, spesifikasi dan desain seperti apa sih yang ditawarkan si kecil ini sampai bisa langsung sold out?

Galaxy Z Flip sebenarnya bukanlah smartphone untuk semua orang. Ponsel pintar ini mengedepankan desain yang benar-benar inovatif, bisa dilipat, tipis, stylish, dan menunjang penampilan.

Meski begitu, Samsung tidak mengorbankan spesifikasi perangkat. Artinya selain sebagai fashion statement, Samsung juga membuat para pengguna Galaxy Z Flip bisa terus produktif dalam hal membuat konten atau kegiatan multitasking lainnya.

Galaxy Z Flip sendiri memiliki layar Full HD+ Super Amoled seluas 6,7 inci yang bisa dilipat jadi dua bagian. Begitu dilipat, dimensi Galaxy Z Flip jadi sangat kecil, yakni 73,6 x 87,4 x 17,3mm ditambah engselnya. Bobotnya pun hanya 183 gram saja.

Ketika layar sedang dibuka, Galaxy Z Flip menerapkan Flex Mode yang memungkinkan perangkat untuk bisa terbuka seperti laptop, karena disangga oleh bagian engselnya.

Flex Mode membuat pengguna bisa selfie tanpa harus menyandarkan perangkat ke benda lain atau memakai tripod kecil.

Kamera Utama dan Selfie

Dian Sastrowardoyo memegang Samsung Galaxy Z Flip Mirror Purple di San Francisco, California, Amerika Serikat. Foto: Dokumen Pribadi Dian Sastrowardoyo
Dian Sastrowardoyo memegang Samsung Galaxy Z Flip Mirror Purple di San Francisco, California, Amerika Serikat. Foto: Dokumen Pribadi Dian Sastrowardoyo

Ketika dilipat, Galaxy Z Flip menampilan sebuah layar kecil yang bisa dipakai untuk menampilkan notifikasi dan waktu, ditambah dengan menampilkan layar untuk selfie.

Kemudian, di samping layar tersebut terdapat dua kamera utama, masing-masing adalah 12MP ultra wide angle (123 derajat) dengan ukuran 1,12 mikron piksel dan aperture f2.2.

Satu kamera lainnya adalah 12MP wide-angle (78 derajat) dengan autofokus dual pixel dan OIS. Ukuran pikselnya adalah 1,4 micron piksel serta aperture f1.8.

Kemudian, saat layar dibuka, Galaxy Z Flip memiliki sebuah kamera selfie 10MP dengan ukuran piksel 1,22 mikron piksel dan aperture f2.4.

Spesifikasi Lengkap

Samsung Galaxy Z Flip, smartphone layar lipat terbaru Samsung (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).
Samsung Galaxy Z Flip, smartphone layar lipat terbaru Samsung (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Kemampuan layar Galaxy Z Flip dibekali dengan fitur eye care display, memungkinkan untuk mengurangi kelelahan mata dan gangguan tidur tanpa mengorbankan output warna.

Selanjutnya, Galaxy Z Flip telah mengadopsi sistem operasi Android 10.

Samsung menyematkan chipset Snapdragon 855 Plus untuk perangkat ini. Sementara untuk RAM tersedia satu opsi yakni 8GB dengan memori internal 256GB.

Hal lain yang juga mendukung kinerja perangkat adalah kapasitas baterai 3.300mAh, tak cukup besar untuk smartphone 6,7 inci. Namun, Samsung menambahkan teknologi pengisian daya cepat melalui power cord dan wireless.

Galaxy Z Flip juga memiliki dukungan fingerprint scanner yang diletakkan di tombol power bagian samping, sensor gyro, accelerometer, barometer, geomagnetic, proximity, dan hall sensor.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pegawai BNI Dukung Perombakan Direksi

Posted: 16 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir berencana merombak jajaran direksi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. Perombakan sendiri akan dilakukan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dijadwalkan pada 20 Februari 2020.

Menanggapi hal itu, Serikat Pekerja (SP) BNI mengaku sependapat dengan Menteri BUMN. Hal ini dimaksudkan untuk menjadikan bank BUMN tersebut lebih baik dari sebelumnya.

"Terkait rencana perombakan Direksi pada tgl 20 Februari 2020 mendatang, kami sepakat dengan pemerintah bahwa perombakan ini dimaksudkan agar kinerja BNI menjadi lebih baik dari sebelumnya, dan justru karena itulah kami berharap pemerintah tetap memberikan kepercayaan kepada talent talent terbaik kami untuk memimpin BNI," tegas Ketua Umum SP BNI Irfan Ferdiansyah kepada wartawan, Senin (17/2/2020).

Irfan menegaskan ada beberapa alasan dirinya mengusulkan talent terbaik yang harus menduduki posisi orang nomor satu di Bank Plat Merah tersebut. Petama, upaya ini sejalan dengan misi pemerintah untuk menjadikan BUMN go global tetap dengan menggunakan talent terbaik Indonesia. Kalimat ini dikatakannya sempat diungkapkan Presiden Jokowi dalam Pidato HUT Kemerdekaan RI ke 74 dihadapan sidang bersama DPD-DPR RI beberapa waktu lalu.

"Kedua, Kami meyakini bahwa talenta talenta yang berasal dari BNI tentunya akan jauh lebih memahami budaya yang dimiliki perusahaan. Kami sama sekali tidak anti perubahan, justru di era disrupsi ini kami juga sedang dalam proses bertransformasi ke arah digital," tambahnya.

 

Mendukung Siapapun Pemimpinnya

Press Conference Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI).
Press Conference Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI).

Irfan mengatakan, saat ini BNI sudah mememiliki talent management system yang sudah diadopsi di perusahaan dalam 10 tahun terakhir. Talent management adalah upaya untuk menjaga sustainability business performance dalam jangka panjang.

"Kami sangat sependapat, bahwa integritas dan akhlak adalah kata kunci dalam memimpin perusahaan BUMN termasuk BNI. Dan kami yakin bahwa talent-talent BNI masih banyak yang memiliki akhlak yang baik dan integritas yang kuat," katanya.

"Siapapun nanti yang akan duduk di jajaran Direksi dan Komisaris BNI tanggal 20 Februari mendatang mereka adalah mitra kami dalam memajukan perusahaan dan kesejahteraan anggota, sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Ketenagakerjaan," pungkas Irfan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Tolak Gunakan Obat Dokter, Bocah di Colorado Meninggal Akibat Influenza

Posted: 16 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak di Colorado, Amerika Serikat meninggal karena influenza usai sang ibu tidak memberikan obat yang diresepkan dokter. Ibu dari bocah empat tahun itu mengatakan, ia lebih menerima saran dari orang-orang yang tergabung dalam kelompok anti-vaksin di Facebook.

Dikutip dari Insider pada Minggu (17/2/2020), anak wanita itu terkena virus influenza pada pekan pertama bulan Februari ini. Dia pun meminta saran kepada sebuah grup yang beranggotakan orang-orang anti-vaksinasi.

Dia mengungkapkan, putranya mengalami demam dan kejang. Selain itu, dua dari empat anaknya didiagnosis dengan flu dan dokter meresepkan obat Tamiflu untuk mereka semua.

"Dokter mengatakan kepada saya untuk memberikan dua anak saya yang lain dan saya sendiri Tamiflu, jadi kami tidak mengambilnya," kata ibu tersebut dalam sebuah komentar di unggahannya.

Memilih Gunakan Pengobatan Tradisional

Ilustrasi Sakit Flu dan Demam (iStockphoto)
Ilustrasi Sakit Flu dan Demam (iStockphoto)

Dalam unggahan tersebut, tidak ada satu pun yang merekomendasikan pengobatan medis. Namun, kebanyakan lebih menyarankan ibu tersebut untuk melakukan perawatan yang lebih tradisional seperti menggunakan ASI, thyme, dan elderberry.

Dikutip dari Euronews, ibu dari bocah tersebut juga menyatakan dia lebih memilih menyembuhkan anaknya dengan minyak peppermint, vitamin C, dan lavender, yang rupanya juga tidak bekerja dan membuatnya meminta saran dari grup tersebut.

Beberapa hari kemudian, anak itu harus dilarikan ke rumah sakit. Dia meninggal karena komplikasi flu. Usai kejadian tersebut, wanita itu menolak berkomentar pada sejumlah media setempat.

Colorado Department of Public Health and Environment mengonfirmasi bahwa anak tersebut meninggal karena flu. Tidak diketahui apakah dia divaksinasi atau tidak.

"Kami menyarankan semua orang yang berusia enam bulan ke atas yang belum menerima vaksin tahunan untuk mendapatkannya," tulis departemen tersebut.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Champions: Atletico Madrid Vs Liverpool Siaran Langsung di SCTV

Posted: 16 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Liga Champions memasuki babak 16 besar. Klub-klub papan atas Eropa bakal bersaing memperebutkan tiket ke perempat final.

Juara bertahan Liga Champions, Liverpool akan menghadapi Atletico Madrid. The Reds akan menyambangi Wanda Metropolitano lebih dahulu sebelum ganti menjamu Atletico di Anfield.

Laga kontra Atletico menjadi ujian serius untuk Liverpool. Ketangguhan Jordan Henderson dan kolega akan meladeni permainan keras dan cepat ala pelatih Atletico, Diego Simeone.

Selain Atletico vs Liverpool, ada juga laga Borussia Dortmund kontra Paris Saint-Germain (PSG). Dortmuna lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah sebelum bertandang ke markas PSG.

Berikut jadwal 16 besar Liga Champions, yang dua di antaranya disiarkan langsung SCTV dan Vidio.com

 

 

 

Jadwal Pertandingan Liga Champions di SCTV dan Vidio.com

Logo Liga Champions (Ilustrasi stadion)
Logo Liga Champions (Ilustrasi stadion)

Rabu 19 Februari 2020

03.00 WIB, Borussia Dortmund vs Paris Saint Germain

Live Vidio.com

03.00 WIB, Atletico Madrid vs Liverpool

Live SCTV

Jadwal Lainnya

Kamis 20 Februari 2020

03.00 WIB, Atalanta vs Valencia

03.00 WIB, Tottenham Hotspur vs RB Leipzig

 

Saksikan video Liga Champions beriktu ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu saat Umrah, Ini 6 Momen Keakraban Raffi Ahmad dan Ammar Zoni

Posted: 16 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dua seleb Tanah Air Raffi Ahmad dan Ammar Zoni sama-sama tengah melakukan ibadah umarah di Tanah Suci. Raffi Ahmad beserta Nagita Slavina serta tim dari Rans Entertainment memang diketahui tengah melakukan ibadah umrah melalui akun Instagram.

Pasangan Ammar Zoni dan Irish Bella juga sebelumnya memang tengah menjalani ibadah umrah setelah mendapat kabar bahagia mengenai kehamilan keduanya. Pertemuan dua keluarga kecil ini juga diunggah oleh akun Instagram Raffi Ahmad dan Nagita serta Ammar Zoni. Bahkan dua keluarga kecil ini pun terlihat mengunggah foto bersama di media sosial.

Tak hanya itu saja, mereka juga terlihat melakukan kolaborasi di channel YouTube masing-masing. Momen keluarga kecil kedua artis ini saat bertemu di Tanah Suci pun jadi sorotan netizen. Tak sidikit pula para netizen yang memuji penampilan keempatnya.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (17/2/2020) berikut ini beberapa momen keakraban Raffi Ahmad dan Ammar Zoni saat bertemu di Tanah Suci.

1. Pertemuan dua keluarga seleb ini di Tanah Suci pun diunggah melalui akun Instagram masing-masing.

Raffi Ahmad dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/raffinagita1717)
Raffi Ahmad dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

2. Keakraban juga terlihat dari unggahan foto di akun Instagram Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Raffi Ahmad dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/raffinagita1717)
Raffi Ahmad dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

3. Irish Bella pun terlihat masih menggunakan kursi roda saat bertemu dengan Raffi dan Nagita.

Raffi Ahmad dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/raffinagita1717)
Raffi Ahmad dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

4. Tak sedikit pula netizen yang turut mendoakan kelancaran ibadah dua keluarga seleb tersebut.

Raffi Ahmad dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/raffinagita1717)
Raffi Ahmad dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

5. Ammar Zoni juga turut mengunggah momen bersama Raffi Ahmad saat di Tanah Suci.

Raffi Ahmad dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/ammarzoni)
Raffi Ahmad dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/ammarzoni)

6. Penampilan Ammar Zoni dan Raffi Ahmad pun jadi sorotan publik.

Raffi Ahmad dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/raffinagita1717)
Raffi Ahmad dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pengguna Transportasi Umum di Jakarta Hanya 35 Persen

Posted: 16 Feb 2020 09:00 PM PST

Sejumlah penumpang berada di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah penumpang berada di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah penumpang berada di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah penumpang MRT menggunakan tiket elektronik di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah penumpang MRT menggunakan tiket elektronik di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah penumpang MRT menggunakan tiket elektronik di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah penumpang MRT menggunakan tiket elektronik di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah penumpang MRT menggunakan tiket elektronik di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah penumpang MRT menggunakan tiket elektronik di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah penumpang berada di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah penumpang berada di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah penumpang berada di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penumpang keluar dari kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Penumpang keluar dari kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penumpang keluar dari kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penumpang keluar dari kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Penumpang keluar dari kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penumpang keluar dari kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (17/2/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: BTS Bocorkan Daftar Lagu di Album Baru

Posted: 16 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Melalui akun twitter, manajemen BTS membocorkan deretan lagu yang akan ada di album Map of The Soul: 7. Total akan ada 20 lagu yang terdiri dari 15 lagu baru, dan 5 lagu dari album sebelumnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kirim Pesan Ajakan Curhat, Dedy Susanto Tanyakan Tarif Vanessa Angel

Posted: 16 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan lalu, jagat maya dipanaskan dengan tuduhan pelecehan seksual yang dialamatkan kepada psikolog kondang, Dedy Susanto.

Konflik memanas setelah selebgram Revina VT mengunggah tangkapan layar percakapan Dedy Susanto dengan beberapa perempuan.

Revina VT menulis, "Ini terakhir kali gue ngepost tentang Dedy Susanto yang ngajak ngamar salah satu orang yang pernah ikut terapinya, dan kalian baca sendiri ya. Gue udah males, diserang sama die hard fans yang enggak terliterasi dengan baik."

Dedy Susanto merasa difitnah. Namun belakangan, bola panas pelecehan seksual ini menyeret nama Vanessa Angel.

Mamaku Sering Bilang Gini...

Unggahan Bibi Ardiansyah. (Foto: Instagram @bibliss)
Unggahan Bibi Ardiansyah. (Foto: Instagram @bibliss)

Kondisi meruncing saat suami Vanessa Angel, Bibi Ardiansyah, mengunggah pesan langsung Dedy Susanto kepada istrinya. Bibi Ardiansyah tampak tak mampu menutupi kejengkelannya terhadap sang psikolog.

Awalnya, Bibi Ardiansyah meluapkan kekesalan dengan mengunggah kompilasi foto Dedy Susanto dengan sejumlah orang di Instagram Stories. Menyertai foto itu, ia menulis, "Mamaku sering bilang gini, sih: Jangan percaya sama orang yang kalau ambil selfie, kepalanya miring-miring."

WA ke Aku Ajah!

Unggahan Bibi Ardiansyah. (Foto: Instagram @bibliss)
Unggahan Bibi Ardiansyah. (Foto: Instagram @bibliss)

Tak lupa Bibi Ardiansyah membubuhkan tiga emotikon wajah terpingkal. Puncaknya, Bibi Ardiansyah mengunggah foto ponsel yang memperlihatkan isi pesan langsung Dedy Susanto.

Dalam pesan langsung itu, Deddy menulis, "Kalau butuh-butuh curhat, WA ke aku ajah. Biar plong." Dedy Susanto tak malu menyertakan nomor ponselnya.

Pesan Langsung Dedy Susanto

Vanessa Angel dan Febri Ardiansyah. (Foto: Instagram vanessaangelofficial)
Vanessa Angel dan Febri Ardiansyah. (Foto: Instagram vanessaangelofficial)

Senin lalu, Dedy Susanto kembali mengirim pesan kepada Vanessa Angel berisi kutipan, "Wanita yang self love-nya besar akan pergi ketika tahu cowoknya kasar, pembohong, atau peselingkuh. Sementara bucin (budak cinta) yang sumber cintanya harus dari luar, dari orang lain, ia merasa sangat rapuh untuk kehilangan seseorang. Self love yang rendah membuat kamu tak mampu tegas pada masa depan."

Sepintas tak ada yang aneh dengan unggahan ini. Namun saat memperhatikan isi pesan langsung yang dikirim Dedy Susanto berikutnya, Bibi Ardiansyah syok.

Berapa Rate-nya?

Dedy Susanto (Sumber: Instagram/@Dedy Susanto)
Dedy Susanto (Sumber: Instagram/@Dedy Susanto)

Dedy Susanto kedapatan menanyakan tarif Vanessa Angel. "Berapa rate (tarif)-nya?" tulis Dedy Susanto. Sontak, Bibi Ardiansyah tak terima. Pesan itu diunggahnya di Instagram Stories.

"@vanessaangelofficial udah dicatat belum nomornya? Buruan balas DM-nya, Neng," cetus Bibi. Unggahan ini dipublikasikan oleh salah satu akun gosip Instagram dan memicu kehebohan di jagat maya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jenderal Andika Perkasa Menangis Saat Jenguk Sertu Rizka yang Alami Kebutaan

Posted: 16 Feb 2020 08:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sosok Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa tak bisa menahan tangis saat melihat kondisi anggotanya yang terbaring sakit. Bersama sang istri Andika menengok Sertu Rizka Nurjanah yang menderita tumor otak dan kebutaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gendong Orang Sakit Jantung, Bripka Sigit Dapat Penghargaan Ombudsman

Posted: 16 Feb 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bripka Sigit Prabowo menerima penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia atas aksinya menggendong pria yang terkena serangan jantung. Ombudsman menyatakan Bripka Sigit patut menerima penghargaan sebagai pelayan publik teladan.

"Apa yang di lakukan oleh Bripka Sigit merupakan cerminan bagi kita semua atas pelayanan terbaik dan tanpa pamrih dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Ketua ORI Amzulian Rifai saat apel pemberian penghargaan di Gedung Ombudsman RI, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

Amzulian menyatakan harus mengapresiasi perbuatan Bripka Sigit yang dia nilai tanpa pamrih. Terlebih, apa yang dilakukan Bripka Sigit setidaknya bisa menolong hidup seseorang.

"Kalau dilihat sederhana saja, mengangkat seseorang dari halte menuju RS yang jaraknya mungkin tidak terlalu jauh. Tapi ini bukan orang cidera kakinya atau sakit tidak berbahaya. (Ini) menyangkut jantung, lambat sedikit tentu saja pasti tidak tertolong. Jadi itu hal yang luar biasa," kata Amzulian.

Amzulian berharap, apa yang dilakukan Bripka Sigit mampu menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat, tak hanya aparat kepolisian saja.

"Mudah-mudahan apa yang Pak Sigit Prabowo lakukan ini jadi inspirasi siapapun dalam menjalankan tugasnya, apa pun jabatan dan tugasnya," kata Amzulian.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bripka Sigit, yang disaksikan oleh Kapolres Jakarta Barat dan Dirlantas Polda Metro Jaya.

Tak Mengharap Penghargaan

Usai menerima penghargaan, Bripka Sigit mengucapkan rasa syukurnya. Dia menegaskan, apa yang dia lakukan semata-mata hanya untuk menolong seseorang tanpa mengharapkan penghargaan.

"Saya enggak berharap menerima penghargaan, karena itu memang sudah jadi tugas saya, melindungi, membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Saya ikhlas menolong nya karena ini kemanusiaan," kata Bripka Sigit di lokasi yang sama.

Dia kemudian bercerita proses di mana dirinya menggendong pria yang terkena penyakit jantung dari Halte Transjakarta menuju RS Harapan Kita. Dia mengaku saat tengah mengatur lalu lintas di pagi hari, dia menerima laporan ada masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

"Saya mendengar di Halte (TransJakarta) Harapan Kita, busway, ternyata di situ ada banyak bergerombol, masyarakat minta tolong, 'Pak tolong ini ada masyarakat yang kena serangan jantung'," kata dia.

"Saya respect tidak berfikir apapun langsung minta tolong sama masyarakat untuk menurunkan dan menaikkan (ke punggung) dan saya gendong. Saya berpikir supaya bagaimana caranya supaya cepat ditolong di rumah sakit," kata Bripka Sigit.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Targetkan BMX Bisa Lolos Kualifikasi Olimpiade

Posted: 16 Feb 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menpora Zainudin Amali didampingi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Raja Sapta Oktohari menghadiri Upacara Pengalungan Pemenang (UPP) Jakarta International BMX Seri 1 & 2 di Jakarta International BMX Track, Jl. Pulomas Barat, Jakarta Timur, Sabtu (15/2) siang.

Pada kesempatan tersebut, Menpora mengalungkan medali kepada para juara. Pada final kejuaraan tersebut mempertandingkan 4 katagori yaitu Junior Women, Junior Men, Elite Women dan Elite Men.

Menpora mengapresiasi kepada pengurus PB ISSI yang sudah mengelar kejuaraan yang diikuti dari beberapa negara ini diantaranya Indonesia, Jepang, Malaysia, Latvia, Venezuela dan Kanada.

"Kita apresiasi PB ISSI yang secara reguler menyelenggarakan kejuaraan seperti ini. Ini menjadi ajang untuk menguji kemampuan para atlet kita. Kalau olahraga tidak ada kompetisi maka sebagus apapun latihannya mereka (atlet) tidak teruji. Dengan kejuaraan seperti ini tentu ada kesiapan dan harapan mereka untuk peningkatan prestasi," ujarnya.

Menpora mengungkapkan bahwa pembinaan usia dini tentu sangat diperlukan. Tujuannya agar mereka mulai terbiasa dengan iklim berkompetisi. ISSI, menurut Menpora merupakan salah satu cabang secara reguler yang aktif menyelenggarakan kompetisi baik di Jakarta maupun di daerah lain.

"Oleh karena itu, pemerintah mendukung agar ini bisa terus dilakukan dengan skala yang lebih besar lagi terutama bagi peserta negara lain. Hal ini agar para atlet kita akan semakin banyak pesaing dari luar negeri," tambahnya.

Ia melanjutkan, target kita di BMX ini bisa ikut Olimpiade. Kalau bisa sebanyak mungkin atlet kita bisa ikut sesuai jumlah yang ditetapkan IOC.

"Saya kira target akhir kita adalah Olimpiade. Kejuaraan apapun yang diselenggarakan tujuannya untuk bisa lolos kualifikasi Olimpiade. Saya berharap para atlet pura bisa lolos kualifikasi Olimpiade," tutupnya.

Sementara itu, Raja Sapta Oktohari mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah (Kemenpora) yang begitu serius mendukung ISSI.

"Saya ucapkan kepada pemerintah dalam hal ini Kemenpora yang begitu kuat mendukung ISSI sehingga kita bisa melaksanakan beberapa kejuaraan sepeda di Indonesia. Dan kita di ISSI akan lebih banyak membuat kejuaraan di Indonesia agar atlet dari Indonesia yang ikut akan lebih banyak," katanya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Dagang Indonesia Defisit USD 0,86 Miliar di Januari 2020

Posted: 16 Feb 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Januari 2020 mengalami defisit sebesar USD 0,86 miliar atau setara dengan Rp 864 juta. Defisit ini lebih tipis dibandingkan dengan posisi Januari 2019 yang tercatat sebesar USD 1,06 miliar.

Kepala BPS Suhariyanto menyatakan, nilai laju ekspor pada Januari 2020 tidak seimbang dibandingkan nilai impornya. Hal ini membuat neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit.

Di mana nilai ekspor sebesar USD 13,41 miliar atau turun 7,16 persen dari bulan sebelumnya. Sedangkan impor tercatat sebesar USD 14,28 miliar atau turun 1,60 persen dari Desember 2019.

"Neraca perdagangan Januari 20020 defisit USD 0,86 miliar atau Rp 864 juta lebih kecil dibandingkan Januari 2019. Pada Januari 2019 defisit USD 1,06 miliar," ujarnya dalam konferensi pers di Gedung Pusat BPS, Jakarta, Senin (17/2).

 

Migas dan Non Migas

Suasana bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kinerja ekspor dan impor Indonesia pada Agustus 2019 menurun. Total ekspor Indonesia mencapai US$ 14,28 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Suasana bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kinerja ekspor dan impor Indonesia pada Agustus 2019 menurun. Total ekspor Indonesia mencapai US$ 14,28 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Secara rinci, Suhariyanto membeberkan pada komoditas migas tercatat minus USD 1,18 miliar. Sedangkan, non migas mengalami surplus sebesar USD 317 juta.

Defisit migas terdiri dari nilai minyak mentah yang mengalami defisit USD 481,1 juta dan hasil minyak defisit USD 935,1 juta. Namun pada gas tercatat surplus USD 235 juta.

Dia berharap, defisit ini pun bisa diatasi dengan berbagai kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Salah satunya implementasi B30 yang diyakini dapat menekan neraca perdagangan Indonesia.

"Kalau berbagai kebijakan itu mulus dilapangan neraca perdagangan akan biaik dan surplus," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: