Selasa, 04 Februari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tak Menyerah, Sri Mulyani Terus Tagih Pajak Netflix dan Spotify

Posted: 04 Feb 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan pihaknya masih akan terus menagih pajak perusahaan digital Netflix dan Spotify.

Karena dua platform bisnis tersebut tidak memiliki kantor fisik di Indonesia, maka Sri Mulyani akan menggunakan metode yang berbeda dalam menarik pajam Netflix dan Spotify.

"Kita masih kejar pajak Netflix, Spotify. Mereka tidak punya perusahaan fisik di sini, tapi banyak yang pakai," tutur Sri Mulyani di acara Mandiri Investment Forum 2020, Rabu (05/02/2020).

Lanjut Sri, pemerintah tentu melihat potensi bisnis 2 platform tersebut di Indonesia, sehingga penarikan pajak tidak akan menyulitkan bahkan membunuh bisnis Netflix dan Spotify di Indonesia.

 

"Jadi kami lihat ada potensi Indonesia untuk kumpulkan pajak buat pertahankan ekonomi di tengah global weakening (pelemahan global)," pungkas Sri Mulyani.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana mengejar pajak industri digital seperti Netflix. Disebutkan, mengejar pajak perusahaan besar seperti Netflix merupakan pekerjaan besar. Sebab, perusahaan itu bukan merupakan badan usaha tetap (BUT) yang tinggal di Indonesia.

Saat ini, pemerintah tengah menyiapkan aturan penarikan pajak tersebut salah satunya lewat Omnibuslaw Perpajakan.

Kemenkominfo Siap Kejar Pajak Netflix CS

Pengguna bisa share tayangan Netflix ke IG Stories. (Liputan6.com/ Yuslianson)
Pengguna bisa share tayangan Netflix ke IG Stories. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo) Johhny G Plate memastikan pemerintah akan tetap mengejar pembayaran pajak dari industri digital, seperti Netflix. Netflix adalah salah satu penyedia layanan media streaming digital yang berkantor pusat di Los Gatos, California.

Selain netflix, layanan digital lainnya adalah streaming musik seperti Spotify. Keduanya sama-sama berkantor di luar Indonesia.

Skema penarikan pajak dari industri digital tersebut akan diatur dalam omnibus law perpajakan.

"Itu yang namanya digital tax on digital business dan disusun di dalam omnibus law perpajakan," kata dia saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Dia juga mengungkapkan pihaknya telah mengadakan pembicaraan dengan perusahaan-perusahaan layanan digital tersebut. "Tapi sementara ini saya udah bicara dengan mereka juga," ungkapnya.

Dia juga menegaskan akan ada sanksi jika perusahaan-perusahaan layanan digital tersebut mangkir dari pembayaran pajak. "Kalau gak bayar pajak, kena sanksi dong. Harus bayar pajak dengan baik, tapi gak boleh mengada-ada," tegasnya.

  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perbedaan Serat Larut dan Tidak Larut, Kenali Manfaatnya

Posted: 04 Feb 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Serat makanan sangat penting untuk metabolisme tubuh. Tidak seperti karbohidrat sederhana, serat adalah karbohidrat kompleks dan tidak meningkatkan kadar gula darah. Serat tidak bisa diserap tubuh. Alih-alih diserap, serat relatif melewati usus, usus kecil dan usus besar dan keluar dari tubuh.

Serat makanan dikenal perannya untuk melancarkan pencernaan, Tetapi makanan yang mengandung serat juga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya, seperti membantu menjaga berat badan yang sehat dan menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Ada dua jenis serat makanan, larut dan tidak larut. Sebagian besar sumber nabati mengandung serat larut dan tidak larut. Kedua jenis serat ini memiliki cara kerja berbeda. Peran serat ini dalam metabolisme tubuh juga berbeda. Baik serat larut dan tidak larut, umumnya ditemukan dalam sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Banyak orang mengabaikan perbedaan serat larut dan tidak larut. Mengetahui perbedaan antara serat larut dan tidak larut membuat Anda mengetahui jenis serat apa yang tepat sesuai kebutuhan. Berikut perbedaan serat larut dan tidak larut, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (5/2/2020).

Cara kerja serat larut

Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto
Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Serat larut akan larut dalam air dan cairan gastrointestinal ketika memasuki lambung dan usus. Serat ini diubah menjadi zat seperti gel yang dicerna oleh bakteri di usus besar, melepaskan gas dan beberapa kalori.

Mengonsumsi serat larut feses menjadi lebih padat dan berbentuk. Ini menjadikan serat larut solusi yang tepat untuk diare. Serat larut juga memiliki kemampuan untuk memperlambat atau mengurangi penyerapan beberapa zat yang dapat memiliki efek negatif pada kesehatan.

Misalnya, serat larut bisa memperlambat karbohidrat masuk ke aliran darah yang membantu mencegah lonjakan kadar glukosa darah setelah makan. Serat larut juga memiliki efek pengaturan pada penyerapan lemak dan kolesterol makanan.

Cara kerja serat tidak larut

Ilustrasi pencernaan (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi pencernaan (sumber: iStockphoto)

Serat tidak larut merupakan jenis serat yang tidak bisa larut dalam air. Serat tidak larut tidak menyatu dengan air dan melewati sistem pencernaan. Ini membuat feses lebih lembut dan lebih mudah untuk dilewatkan dengan sedikit tekanan pada usus.

Serat tidak larut dapat membantu mempercepat perjalanan makanan dan limbah melalui usus. Jenis serat ini sangat cocok bagi orang yang sedang mengalami sembelit. Serat tidak larut juga dapat bermanfaat untuk berbagai kondisi pencernaan yang berhubungan dengan pergerakan usus yang lamban atau tidak teratur.

Volume tambahan di perut yang disediakan oleh serat tidak larut juga dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang setelah makan. Ini dapat membantu penurunan berat badan.

Manfaat serat larut

Makanan Kaya Serat
Makanan Kaya Serat

Kurangi penyerapan lemak dan bantu penurunan berat badan

Serat larut dapat menurunkan penyerapan lemak dan membantu manajemen berat badan. Sebagai gel yang tebal dan menyebar, serat-serat larut memblokir lemak yang tidak dicerna dan diserap tubuh.

Menurunkan kolesterol

Serat larut mencegah beberapa kolesterol makanan dipecah dan dicerna. Seiring waktu, serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol atau jumlah kolesterol bebas dalam darah.

Menstabilkan kadar gula darah

Sama seperti itu mencegah lemak dari diserap, serat larut memperlambat laju pencernaan nutrisi lain, termasuk karbohidrat. Ini berarti makanan yang mengandung serat larut dapat mencegah lonjakan tajam kadar gula darah dan dapat mencegahnya.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Dengan menurunkan kadar kolesterol, menstabilkan gula darah, dan mengurangi penyerapan lemak, mengonsumsi serat larut secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi peredaran darah.

Makanan untuk bakteri baik usus

Beberapa makanan kaya serat larut memberi makan bakteri usus. Ini karena serat larut dapat difermentasi di usus besar dan karenanya membantu bakteri berkembang lebih lama.

Manfaat serat tidak larut

ilustrasi serat/Photo from Pexels
ilustrasi serat/Photo from Pexels

Cegah sembelit

Karena tidak bisa dicerna, serat larut berada di saluran pencernaan, menyerap cairan dan menempel ke produk sampingan pencernaan lainnya yang siap dibentuk menjadi tinja. Kehadirannya mempercepat pergerakan dan pengolahan limbah, membantu mencegah penyumbatan dan sembelit.

Menurunkan risiko penyakit divertikular

Dengan mencegah sembelit dan penyumbatan usus, serat tidak larut membantu mengurangi risiko mengembangkan lipatan kecil dan wasir di usus besar. Ini juga dapat mengurangi risiko kanker kolorektal.

Penurunan berat badan

Seperti serat larut, serat tidak larut dapat memainkan peran kunci dalam mengendalikan berat badan dengan mencegah rasa lapar.

Sumber serat larut

Photo by Dan Gold on Unsplash
Photo by Dan Gold on Unsplash

Serat larut dapat ditemuakan dalam biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan sayuran. Berikut beberapa sumber serat larut:

- Alpukat

- Ubi jalar

- Brokoli

- Lobak

- Pir

- Kacang merah

- Wortel

- Apel

- Jambu biji

- Biji bunga matahari

- Oat

Sumber serat tidak larut

Photo by Fikri Rasyid on Unsplash
Photo by Fikri Rasyid on Unsplash

Serat tidak larut juga dapat ditemui di biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan sayuran. Serat tidak larut juga hadir dalam kulit buah dan sayur. Ini seperti kulit apel, kentang, dan ubi jalar. Jadi pastikan untuk mencuci bersih dan mengonsumsi buah dan sayuran ini bersama kulitnya. Berikut beberapa sumber nabati yang kaya akan serat larut:

- tepung gandum

- kacang-kacangan

- kacang polong

- Kembang kolesterol

- kacang hijau

- Kentang dengan kulitnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tergiur Iming-Iming Rp 30 Juta, Warga Gresik Nekat Culik Anak

Posted: 04 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya- Kepolisian Resort Gresik berhasil mengungkap kasus penculikan terhadap anak di bawah umur di Dusun Sukorejo Desa Ngabetan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik pada Senin malam, 3 Februari 2020.

Polisi membekuk pelaku berinisial AMM (25) warga Gresik. Pelaku diduga menculik anak berusia 12 tahun. Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo menuturkan, kejadian bermula saat itu korban membeli jajan di salah satu warung di samping rumahnya. Tiba-tiba pelaku langsung menarik paksa korban, selanjutnya dimasukkan paksa mobil Daihatsu Sigra warna silver.

"Berdasarkan hasil informasi dari warga bahwa terdapat penculikan terhadap anak di bawah umur, Polres Gresik bersama warga menggunakan mobil Patroli Polsek Cerme - 822 melakukan penghadangan di perlintasan rel kereta api," tutur dia di Mapolres Gresik, Selasa, 4 Februari 2020.

"Dan pada saat dilakukan pengejaran bertepatan dengan kereta api melintas sehingga terjadi kemacetan dan berhasil mengamankan pelaku," kata Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo.

AKBP Kusworo menuturkan, tersangka nekat melakukan kejahatan tersebut karena terhimpit kebutuhan ekonomi. Dia menerima pesanan yang diterima melalui pesan singkat melalui aplikasi sesuai kesepakatan akan mendapatkan imbalan sebesar Rp 30 juta.

"Tersangka dijerat dengan Pasal 83 Jo. Pasal 76 F Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang perlindungan anak, dan atau Pasal 328 Jo. 330 ayat (1) KUHPidana, dengan pidana penjara paling lama 15 tahun penjara" ujar Kusworo. 

Polisi Tangkap Penculikan Anak di Bandara Juanda

Konferensi pers Polres Bangkalan, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Konferensi pers Polres Bangkalan, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Polisi menangkap pria berinisial A (36), warga Bangkalan saat turun dari pesawat di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Pelaku terlibat penculikan anak di bawah umur.

Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra menceritakan kronologi penculikan anak tersebut. Pada Rabu,  25 Desember 2019 sekitar pukul 13.30 WIB, korban hendak berangkat ke sekolah dari rumah kakeknya, dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat. 

"Kemudian pada saat perjalanan korban diberhentikan tersangka yang saat itu sudah menunggu korban dengan mengendarai mobil Avanza warna silver," tutur Rama kepada Liputan6.com, Sabtu, 11 Januari 2020.

Setelah korban berhenti, tersangka mencabut kunci kontak sepeda motor yang dikendarai korban dan kemudian menarik tangan korban dan memasukkan korban ke dalam mobil. 

"Dan kemudian seorang yang saat itu berada di dalam mobil yang diketahui bernama Maskor kemudian turun dan langsung membawa sepeda motor korban ke rumah tersangka," kata Rama. 

Setelah itu, korban dibawa ke rumah tersangka yang beralamat di Dusun Lenteng Desa Tramok kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan, selama kurang lebih dua hari, dan kemudian korban dipindahkan ke rumah pria berinisial H di Bangkalan selama dua hari, dan pindahkan ke rumah mertua tersangka yang yang berinisial N di Desa Dupok, Bangkalan.

"Hingga saat tersangka diamankan oleh anggota Kepolisian Resort Bangkalan pada 2 Januari 2020, di bandara Juanda, dan dilakukan pembebasan terhadap korban di rumah yang beralamat di Desa Dupok Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan," ucap Rama. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

27 Tahun Tidak Keramas, Rambut Wanita Ini Jadi Sarang Kecoa dan Tikus

Posted: 04 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Program Indonesia viral pertama datang dari Semarang, Jawa Tengah. Nenak Sukiyah yang berusia 50 tahun dikabarkan tidak mandi dan keramas selama 27 tahun karena hidup sebatang kara.

Tim relawan yang datang menemukan Sukiyah dalam kondisi memprihatikan, bahkan rambutnya menjadi gimbal dengan panjang hampir 2 meter. Dikabarkan rambut nenek tersebut menjadi sarang tikus dan kecoa.

Berita viral lainnya adalah soal hebohnya adu goyang tiktok yang melanda warga +62, bukan hanya kalangan anak muda, bahkan para pejabat negara kita juga tidak mau kalah ikutan viral.

Salah satunya gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang melakukan goyang tiktok bersama rombongan di saat mengadakan akselerasi UMKM di kantor salah satu toko online di Indonesia.

Penasaran berita Indonesia viral lainnya yang tidak kalah menyita perhatian? Saksikan selengkapnya di channel Indosiar hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga 2 Dimulai 13 Maret 2020, Tetap Tanpa Pemain Asing

Posted: 04 Feb 2020 09:30 PM PST

Jakarta- PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan Liga 2 akan dimulai 13 Maret 2020. Sejauh ini, baru tanggal pembukaan yang dapat dipublikasikan oleh operator kompetisi tersebut.

Selain itu, PT LIB juga tidak mengubah regulasi pemain asing di Liga 2. Kompetisi kasta kedua Liga Indonesia ini tetap terlarang oleh wajah impor.

Sebelumnya, Sriwijaya FC sempat mengajukan saran kepada PSSI dan PT LIB. Isinya, memperbolehkan setiap kontestan untuk memakai maksimal satu pemain asing pada Liga 2 musim ini.

"Untuk sepak mula Liga 2 sudah ditentukan jadwalnya pada 13 Maret 2020," ujar Direktur PT LIB, Cucu Somantri.

"Untuk pemain asing di Liga 2, tetap diperbolehkan namun kami masih melakukan pengkajian," kata pria yang juga menduduki posisi sebagai Wakil Ketua PSSI tersebut.

24 Tim Berpartisipasi

Logo Liga 2 (Liga Indonesia)
Logo Liga 2 (Liga Indonesia)

Liga 2 musim ini akan diikuti oleh 24 tim. Termasuk, tiga klub kiriman dari Liga 1 2019, Badak Lampung, Kalteng Putra, dan Semen Padang.

Sementara itu, terdapat enam tim yang berhasil promosi ke Liga 2 dari Liga 3 untuk musim ini. Keenam klub itu ialah Persijap Jepara, PSKC Cimahi, Tiga Naga, Persekat Tegal, Putra Sinar Giri, dan Semeru FC.

Format Liga 2 kemungkinan masih sama seperti sebelumnya. Sebanyak 24 tim dibagi ke dalam dua wilayah. Empat klub terbaik dari masing-masing grup bakal melaju ke babak delapan besar. Nantinya, tiga tim terhebat bakal mendapatkan tiket promosi ke Liga 1 2021.

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Ario Yosia, Published 5/2/2020)

Usulan Sriwijaya FC

Sriwijaya FC_Logo (Bola.com/Adreanus Titus)
Sriwijaya FC_Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Sebelumnya, Sriwijaya FC mengapungkan ide Liga 2 2020 menggunakan pemain asing. Usul ini mengemuka setelah manajemen tim berjulukan Laskar Wong Kito itu merasa atmosfer kompetisi dan animo penonton kian menurun.

Untuk kuota pemain asing, Sriwijaya FC mengusulkan cukup satu pemain asing saja di setiap tim.

Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) selaku manajemen klub Sriwijaya FC, Faisal Mursyid menyamakan pemain asing di Liga 2 nantinya layaknya marquee player di Liga 1 pada 2017.

Tentu, defisini marquee player bukan pemain asing yang pernah berlaga di lima kompetisi top Eropa atau merasakan kerasnya persaingan di Piala Dunia.

"Ibaratnya sama dengan marquee player Liga 1 musim 2017. Marquee player buat Liga 2 itu pemain asing," ujar Faisal ketika dihubungi Bola.com, Jumat (24/1/2020).

Agar usulan ini terwujud, Sriwijaya FC telah berkirim surat ke Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dengan tembusan ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 2. Faisal berharap, saran dari pihaknya dapat dibahas pada kongres tahunan PSSI di Bali pada Sabtu (25/1/2020).

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Seniman Ubah Jalan Raya Lancar Jadi Macet di Google Maps Sedot Perhatian

Posted: 04 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seniman asal Jerman, Simon Weckert, mengubah jalan raya yang lancar (hijau) atau bergerak lambat (oranye) menjadi macet (merah).

Caranya adalah dengan membawa 99 smartphone menggunakan kereta kecil dan menyeretnya ke jalan. Berita ini menyedot perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (4/2/2020) kemarin.

Penasaran dengan berita terpopuler lainnya? Simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Jalan Raya Lancar Jadi Macet di Google Maps Gara-Gara Seniman Ini Bawa 99 Smartphone

Untuk memantau kemacetan lalu lintas di jalan raya, saat ini kebanyakan orang memanfaatkan aplikasi peta digital. Salah satunya adalah Google Maps.

Ya, Google Maps memudahkan pengguna jalan raya untuk mengecek lalu lintas yang padat (menandainya dengan warna merah) atau bergerak lambat (warna oranye) di jalan raya.

Namun berbeda dengan seniman asal Jerman, Simon Weckert. Ia mengubah jalan raya yang lancar (hijau) atau bergerak lambat (oranye) menjadi macet (merah).

Baca selengkapnya di sini

2. Xiaomi Siapkan 3 Smartphone dengan Snapdragon 865

Xiaomi dilaporkan sedang menyiapkan tiga smartphone dengan flagship chipset Snapdragon 865. Dua di antaranya akan hadir dengan kamera 108MP.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (4/2/2020), XDA-Developers melaporkan memiliki file build.prop untuk dua perangkat tersebut dengan kode "umi" dan "cmi". Keduanya akan dikenal di pasaran dengan nama Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro.

Xiaomi Mi 10 Pro diprediksi hadir dengan fast charging 66W, RAM 16GB, refresh rate 120Hz. Sementara varian standar juga akan memiliki kamera 108MP dan chipset yang sama, tapi dengan kecepatan pengisian daya baterai lebih rendah.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Daftar 60 Hoaks tentang Virus Corona Temuan Kemkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate akan melakukan tindakan tegas bagi siapapun yang menyebarkan berita bohong atau hoaks soal wabah virus corona di Wuhan, China. (Merdeka/Ronald)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate akan melakukan tindakan tegas bagi siapapun yang menyebarkan berita bohong atau hoaks soal wabah virus corona di Wuhan, China. (Merdeka/Ronald)

Mewabahnya virus corona di Tiongkok hingga ke seluruh dunia membuat banyak orang Indonesia panik.

Kepanikan warga ditambah dengan banyaknya misinformasi dan hoaks tentang virus corona di media sosial.

Hingga Selasa (4/2/2020), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menemukan 60 hoaks terkait dengan virus corona yang beredar di media sosial dan aplikasi perpesanan.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berpotensi Sistemik, Pemerintah Harus Segera Selesaikan Masalah Jiwasraya

Posted: 04 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Permasalahan di tubuh PT Asuransi Jiwasraya (Persero) saat ini masih belum tertangani. Meski beberapa pelaku dugaan korupsi sudah tertangkap, namun upaya penyehatan Jiwasraya sendiri juga harus segera dilakukan.

Ekonom Universitas Gajah Mada (UGM), Yanuar Rizky berpandangan defisitnya likuiditas dan solvabilitas PT Asuransi Jiwasraya (Persero) harus segera diselesaikan pemerintah maupun otoritas dan regulator.

Meski bukan merupakan lembaga perbankan, Yanuar bilang, dengan jumlah nasabah yang mencapai 7 juta orang permasalahan insolvabilitas Jiwasraya akan berpotensi menimbulkan masalah keuangan yang serius.

"Karena kalau dibiarkan berlama-lama dan berlarut-larut akibatnya akan berdampak sistemik," ujar Yanuar kepada wartawan di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Yanuar menjelaskan, adanya risiko sistemik dapat terjadi ketika para nasabah dan investor sudah tidak lagi memiliki kepercayaan terhadap industri jasa keuangan asuransi. Apalagi, kata Yanuar Jiwasraya juga tengah dihadapkan pada kasus hukum perihal adanya dugaan korupsi yang melibatkan direksi lama dan para pemain pasar modal.

Tak ayal, menyikapi hal tersebut transaksi di pasar modal mulai turun, ditandai dengan tren negatif Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang sudah kembali menukik ke level di bawah 6.000.

"Di samping menjual produk Jiwasraya yang JS Saving Plan yang bersifat investasi, kan ada juga beberapa produk lain yang dijual. Kalau sekarang dibiarkan berlarut-larut, itu juga bisa berdampak terhadap asuransi lain," kata Yanuar.

 

Langkah Konkret

Ilustrasi Jiwasraya (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ilustrasi Jiwasraya (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Oleh karena itu, Yanuar bilang pemerintah harus segera mengambil langkah konkret atas permasalahan Jiwasraya. Sementara untuk pihak otoritas dan regulator, mereka dapat membantu Kejagung mencari para pelaku yang sengaja menggoreng saham, mencari manajer investasi yang diduga turut terlibat. 

"Kalau pelaku dituntut pidana kemudian dijatuhi hukuman, kan kita bisa masuk di UNCAC. UNCAC adalah korupsi di sektor keuangan swasta yang pernah juga digunakan Amerika tahun 2008. Jadi begitu diputuskan bermasalah, kita bisa pakai aturan UNCAC itu untuk kembalikan kerugian negara melalui asetnya," katanya.

Seperti diketahui, wacana penyehatan Jiwasraya sudah dibahas dalam beberapa Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VI dan XI bersama Kementerian BUMN dan Keuangan.

Dalam rapat tersebut, sejumlah opsi penyelamatan pun mengemuka mulai dari pembentukkan anak usaha, penerbitan subdebt oleh holding asuransi, hingga skenario privatisasi dan upaya penguatan permodalan serta solvabilitas Jiwasraya melalui cash atau non cash.

Hingga akhir 2019, ekuitas Jiwasraya diketahui negatif hingga Rp 32,89 Triliun jika mengacu batas minimal rasio solvabilitas perusahaan asuransi yang sehat atau Risk Based Capital (RBC).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Petugas Mogok Kerja, Sampah Menggunung di Jalanan Paris

Posted: 04 Feb 2020 09:30 PM PST

Seorang pria berjalan melewati tong sampah di Paris (4/2/2020). Serikat pekerja memutuskan kegiatan di pabrik pembakaran kunci untuk memprotes reformasi yang mereka katakan tidak adil. (AP Photo/Christophe Ena)
Seorang pria berjalan melewati tong sampah di Paris (4/2/2020). Serikat pekerja memutuskan kegiatan di pabrik pembakaran kunci untuk memprotes reformasi yang mereka katakan tidak adil. (AP Photo/Christophe Ena)

Seorang pria berjalan melewati tong sampah di Paris (4/2/2020). Serikat pekerja memutuskan kegiatan di pabrik pembakaran kunci untuk memprotes reformasi yang mereka katakan tidak adil. (AP Photo/Christophe Ena)

Orang-orang berjalan melewati tong sampah dan tumpukan kantong sampah yang menumpuk di Paris (4/2/2020). Sampah menumpuk di jalan-jalan Paris dan Marseille karena pemogokan perubahan pada sistem pensiun nasional Prancis.  (AP Photo/Christophe Ena)
Orang-orang berjalan melewati tong sampah dan tumpukan kantong sampah yang menumpuk di Paris (4/2/2020). Sampah menumpuk di jalan-jalan Paris dan Marseille karena pemogokan perubahan pada sistem pensiun nasional Prancis. (AP Photo/Christophe Ena)

Orang-orang berjalan melewati tong sampah dan tumpukan kantong sampah yang menumpuk di Paris (4/2/2020). Sampah menumpuk di jalan-jalan Paris dan Marseille karena pemogokan perubahan pada sistem pensiun nasional Prancis. (AP Photo/Christophe Ena)

Orang-orang berjalan melewati tong sampah dan tumpukan kantong sampah yang menumpuk di Paris (4/2/2020). Serikat pekerja memutuskan kegiatan di pabrik pembakaran kunci untuk memprotes reformasi yang mereka katakan tidak adil. (AP Photo/Christophe Ena)
Orang-orang berjalan melewati tong sampah dan tumpukan kantong sampah yang menumpuk di Paris (4/2/2020). Serikat pekerja memutuskan kegiatan di pabrik pembakaran kunci untuk memprotes reformasi yang mereka katakan tidak adil. (AP Photo/Christophe Ena)

Orang-orang berjalan melewati tong sampah dan tumpukan kantong sampah yang menumpuk di Paris (4/2/2020). Serikat pekerja memutuskan kegiatan di pabrik pembakaran kunci untuk memprotes reformasi yang mereka katakan tidak adil. (AP Photo/Christophe Ena)

Orang-orang berjalan melewati tong sampah dan tumpukan kantong sampah yang menumpuk di Paris (4/2/2020). Sampah menumpuk di jalan-jalan Paris dan Marseille karena pemogokan perubahan pada sistem pensiun nasional Prancis.  (AP Photo/Christophe Ena)
Orang-orang berjalan melewati tong sampah dan tumpukan kantong sampah yang menumpuk di Paris (4/2/2020). Sampah menumpuk di jalan-jalan Paris dan Marseille karena pemogokan perubahan pada sistem pensiun nasional Prancis. (AP Photo/Christophe Ena)

Orang-orang berjalan melewati tong sampah dan tumpukan kantong sampah yang menumpuk di Paris (4/2/2020). Sampah menumpuk di jalan-jalan Paris dan Marseille karena pemogokan perubahan pada sistem pensiun nasional Prancis. (AP Photo/Christophe Ena)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Dul Jaelani tentang Perubahan Dirinya Usai Kecelakaan Tahun 2013

Posted: 04 Feb 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dul Jaelani sempat mengalami masa-masa paling sulit dalam hidupnya. Yaitu saat ia mengalami kecelakaan maut pada September 2013 lalu. 

Seperti diketahui penyanyi ini yang kala itu masih berusia 13 tahun, mengalami kecelakaan lalu lintas di tol Jagorawi. Kecelakaan tersebut mengakibatkan 7 orang meninggal dunia. 

Pengalaman tersebut rupanya memang meninggalkan pengalaman yang sangat besar bagi Dul Jaelani. Hal itu disampaikannya saat menjadi bintang tamu dalam video di kanal YouTube milik Ari Lasso. 

"Kamu pernah mengalami tragedi, musibah di 2103, pahit pasti berat luar biasa, ngaruh gak sih hal itu dengan kamu yang sekarang?" tanya Ari Lasso dalam video yang diunggah pada Senin (3/2/2020).

 

Perubahan

Dul Jaelani (Daniel Kampua/Fimela.com)
Dul Jaelani (Daniel Kampua/Fimela.com)

Dul Jaelani bahkan mengira jika kecelakaan itu tidak terjadi, saat ini ia bisa jauh lebih nakal dari kedua kakak-kakaknya. 

"Sangat (berpengaruh), bahkan untuk kondisi kesehatan, itu pasti. Hikmahnya ya banyak, mungkin kalau dulu aku gak (alami) kecelakaan aku sekarang jauh lebih bandel dari Al sama El," jawab putra bungsu Maia Estianty dan Ahmad Dhani ini.

Terlalu Sombong

Ari Lasso dan Dul Jaelani (Sumber: Instagram/ari_lasso)
Ari Lasso dan Dul Jaelani (Sumber: Instagram/ari_lasso)

Selain itu, kejadian tersebut membuatnya kembali ke jalan yang benar. Sebelumnya, Dul Jaelani mengakui dirinya terlalu sombong. Ia beranggapan bahwa musibah yang ia alami juga merupakan teguran bagi dirinya.

"Sebelum kecelakaan itu aku atheis. I don't believe in God. Tanya bunda, sebelum kecelakaan aku selalu ngomong, 'mana Allah? Mana Allah? Untuk apa aku sembah?' Aku benar-benar sombong sekali terhadap kehidupan ini. Sehingga ya mungkin karena kelalaian aku juga ya akhirnya terjadi peristiwa itu," kata Dul Jaelani.

 

Sadar

Di momen it lah Dul Jaelani merasa Tuhan memang benar-benar ada. Terlebih lagi di saat dirinya sudah tidak tahu lagi ke mana ia harus meminta pertolongan.

"Akhirnya di rumah sakit aku sadar, 'ya Allah, Kau memang ada'. Aku berhari-hari terbaring di rumah sakit, gak ada yang aku cari. Orangtua, oke lah aku pegang tangan bunda, itu cukup menenangkan. Cuma terus aku bilang "ya Allah, ya Allah". Ternyata Kau ada," kata Dul Jaelani.

"Waktu itu aku cuma bisa berdoa doang, ya Allah tolong aku, akhirnya bunda bilang, 'tuh kan Allah ada kan,' bunda bilang gitu," lanjutnya lagi.

 

Hidup Sehat

Selain itu, kejadian tersebut juga membawa perubahan positif dari segi pola hidup Dul Jaelani. Sejak saat itu dirinya secara tegas mengatakan bahwa ia bebas dari alkohol dan segala bentuk jenis zat terlarang.

"Sampe sekarang sakitnya masih ada, ada hikmahnya mungkin ya, abis manggung udah gak bisa ngapa-ngapain. Biasanya kan keluyuran, aku gak jaim ya, clubbing, hal-hal nakal yang dilakukan anak muda. Itu tidak aku lakukan sekarang," kata Dul Jaelani.

"Karena keterbatasan fisik yang terjadi. Dan itu aku syukuri. Alhamdulillah sekarang aku non alkohol. Karena ada di punggung, clear, totally clear, ini loh aku Dul, bersih seutuhnya," tegas Dul Jaelani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Viral Foto Muslim Palestina Di Tahan di Penjara Bawah Tanah Israel, Faktanya?

Posted: 04 Feb 2020 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang muslim Palestina yang dipenjara oleh Israel beredar di media sosial. Kabar ini tersebar lewat sebuah foto yang diunggah akun facebook Warung Panti Asuhan Albalad pada 24 Januari 2020.

Foto yang diunggah akun tersebut memperlihatkan sejumlah pria yang ditempatkan di dalam sebuah ruangan mirip penjara.

Akun facebook Warung Panti Asuhan kemudian menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya. Ia mengaitkan bahwa foto tersebut adalah tahanan muslim Palestina.

"Muslim Palestina di penjara di ruang bawah tanah IsraelTidak adakah umat muslim Dunia ini bisa mencegah penganiayaan ini, publikasikan," tulis akun facebook Warung Panti Asuhan.

Kabar yang diunggah akun facebook Warung Panti Asuhan Albalad telah 2.300 kali dibagikan dan mendapat 103 komentar warganet.

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Berita Tentang Tahanan
Gambar Tangkapan Layar Berita Tentang Tahanan

Setelah ditelusuri tim cek fakta Liputan6.com, foto tentang muslim Palestina yang ditahan dalam penjara bawah tanah oleh Israel ternyata tidak benar.

Informasi ini dikutip dari situs falsoo.com dengan judul artikel "ما حقيقة الصورة المسربة لمعتقلين سوريين فى سجون إدارة المخابرات بدمشق؟"

قصة بعيدة عن المنطق تداولها بعض مستخدمى فيسبوك، زاعمين أنه تم تسريب صورة لمعتقلين سوريين فى إدارة المخابرات العامة بدمشق. وأرفقوا القصة غير المنطقية بصورة لعدد كبير من الرجال نصف عراة متكدسين فى مكان مغلق على الأرض.

تفاعل عدد كبير من المستخدمين مع الصورة وأعادوا نشرها مع الكثير من التعاطف والغضب ولكن عدم منطقية فكرة تسريب صور من داخل المخابرات دفعنا للبحث عن الصورة. وبالبحث تبين لـ"فالصو" الآتى: 1 - الصورة ليست لمعتقلين سوريين وإنما لعدد من مقاتلى تنظيم داعش.

2- تم التقاط الصورة بعد قبض قوات سوريا الديمقراطية عليهم فى بلدة باغوز شرق سوريا.

3 - تم تسليم هؤلاء المعتقلين للقوات العراقية وقيل وقتها إن بينهم عددا كبيرا من الأوروبيين، وبينهم بعض المدنيين الذين لم يتورطوا مع داعش ولكن لم يتسن التأكد من هذه المعلومات.

Jika diterjemahkan, situs tersebut menjelaskan tentang foto tahanan yang viral itu. Foto tersebut merupakan tahanan  yang ditangkap oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) di kota Baghouz di Suriah timur.

 

Kesimpulan

Foto yang disebarkan akun facebook Warung Panti Asuhan Albalad bukan merupakan tahanan muslim Palestina yang ditahan oleh Israel.

Narasi yang disebarkan akun facebook Warung Panti Asuhan Albalad tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Identik dengan Peran Galak, Ini 7 Potret Transformasi Eva Anindita

Posted: 04 Feb 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi penggemar sinetron Tanah Air tentunya sudah tak asing lagi dengan sosok Eva Anindita. Wanita kelahiran Bandung, 15 Agustus 1985 ini kerap memerankankan karakter wanita judes yang jahat. Berkat aktingnya tersebut, ia didapuk menjadi pemain spesialis pemeran antagonis.

Kini ia sudah membintangi puluhan judul sinetron. Perannya dalam berbagai drama televisi memang selalu menjadi tokoh yang sering dibenci penonton. Memiliki paras cantik dengan tatapan mata tajam, membuat Eva cocok memerankan peran berkarakter jahat.

Terlepas dari peran antagonis, Eva Anindita merupakan sosok seorang istri dan ibu penyayang. Melalui akun Instagramnya ia kerap membagikan momen kebersamaan dengan keluarga kecilnya. Selain itu penampilannya pun kerap mencuri perhatian.

Meski sudah berusia 34 tahun, penampilan Eva Anindita terlihat awet muda. Menjadi artis populer dengan peran antagonis, banyak yang penasaran akan penampilan jadul dari bintang sinetron Samudra Cinta ini.

Potret masa kecil hingga kini menjadi seorang ibu dua anak sukses membuat pangling. Berikut potret transformasi Eva Anindita dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (5/2/2020).

1. Begini potret Eva Anindita saat masih kecil, riasan yang tebal dan pose tanpa senyum itu membuatnya terlihat judes.

Eva Anindita (Sumber: Instagram/@eva_anindita_zachrie)
Eva Anindita (Sumber: Instagram/@eva_anindita_zachrie)

2. Meski kerap foto tanpa senyum, istri Reza Zachrie ini sudah cantik sedari kecil.

Eva Anindita (Sumber: Instagram/@eva_anindita_zachrie)
Eva Anindita (Sumber: Instagram/@eva_anindita_zachrie)

3. Eva Anindita terjun di dunia hiburan sejak usia belasan tahun, penampilannya terlihat sama seperti remaja lainnya pada kala itu.

Eva Anindita (Sumber: Kapanlagi.com)
Eva Anindita (Sumber: Kapanlagi.com)

4. Penampilan bintang sinetron ini terlihat berbeda, makeup tebal yang ia kenakan masih terlihat belum rapi. Namun kecantikannya seakan tak luntur.

Eva Anindita (Sumber: Kapanlagi.com)
Eva Anindita (Sumber: Kapanlagi.com)

5. Ibu dua anak ini memang identik dengan rambut pendek. Paras cantiknya sudah memukau sejak masih muda.

Eva Anindita (Sumber: Kapanlagi.com)
Eva Anindita (Sumber: Kapanlagi.com)

6. Begini potret Eva Anindita saat menikah, tampil cantik dengan gaun pengantin warna putih.

Eva Anindita (Sumber: Instagram/@eva_anindita_zachrie)
Eva Anindita (Sumber: Instagram/@eva_anindita_zachrie)

7. Kini ia sudah berusia 34 tahun, penampilan Eva terlihat masih muda dan cantik.

Eva Anindita (Sumber: Instagram/Kapanlagi.com)
Eva Anindita (Sumber: Instagram/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andre Rosiade: Masyarakat Padang Senang dengan Penggerebekan Pekerja Seks

Posted: 04 Feb 2020 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade mengatakan ada penggiringan opini dalam kasus penggerebekan prostitusi online di Sumbar pada Minggu, 26 Januari 2020 lalu.

"Ini menggiring opini seakan-akan saya menjebak. Padahal polisi loh yang gerebek masuk ke dalam, saya hanya lapor (polisi)," kata Andre Rosiade saat dihubungi, Rabu (5/2/2020).

Andre mengaku heran mengapa kasus tersebut baru viral 10 hari setelah kejadian, ditambah yang meributkan adalah orang di luar Kota Padang.

"Anehnya kok ada fight back 4 Februari, ternyata ada fight backnya. Padahal masyarakat kota Padang sangat senang dengan penggerebekan itu. Ini yang ramai orang di luar Padang, yang viralkan. Padahal orang Padang senang (ada penggerebekan)," jelasnya.

Ia kembali membantah bahwa dirinya menjebak pekerja seks dan menggunakan jasanya.

"Masyarakat lapor gua, nah gua lapor polisi. Yang gerebek juga polisi," ucapnya.

Tak Masalah Dibully

Anggota Komisi VI DPR RI itu berkilah tidak masalah dibully di media sosial, yang terpenting dirinya tidak diam saat melihat ada prostitusi.

"Saya gak peduli dibully dihujat katena resiko politisi. Saya hanya salurkan aspirasi masyarakat, saya tidak mau jadi selemahnya umat yang mendiamkan kemaksiatan," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nancy Pelosi Sobek Salinan Pidato Donald Trump

Posted: 04 Feb 2020 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR AS Nancy Pelosi menyobek salinan naskah pidato kenegaraan Donald Trump usai disampaikan di gedung Senat AS. Pelosi dan Trump dikenal memiliki hubungan yang tidak akur di AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bongkar Rahasia Dispatch, Media Terkenal Di Kalangan KPopers

Posted: 04 Feb 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - KOC RADIO adalah Konten Talkshow terbaru dari Kpoponclass. Dan konten ini akan membahas seputar info tentang Korea dari dunia entertainment hingga lifestyle. Semua dikupas tuntas dengan pembawaan yang asik dan berbeda.

Berita pertama Kpoponclass akan membahas Dispatch, salah satu nama media Korea Selatan yang cukup terkenal di kalangan Kpopers. Meskipun menjadi portal informasi media ter-update, tak jarang Dispatch cukup provokatif dalam menerbitkan pemberitaan dan menerima banyak kecaman dari para fans.

Dispatch dikenal sering membongkar pasangan selebriti yang diam-diam berpacaran dengan merilis foto-foto kencan pasangan selebriti. Kali ini Kpoponclass berhasil mewawancarai Hong yang menjadi saksi list idol kencan. Penasaran seperti apa? Saksikan selengkapnya di channel Kpop On Class hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Omnibus Law Perpajakan Bakal Pangkas Penerimaan Negara Rp 86 T

Posted: 04 Feb 2020 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyebut bahwa adanya omnibus law perpajakan akan berpotensi mengurangi pendapatan negara.

Dia memperkirakan, dengan adanya insentir omnibus law tersebut penerimaan pajak kehilangan sebesar Rp 86 triliun.

"Kami sudah hitung impact langsung, kalau tax dikurangi ada Rp85 triliun sampai Rp86 triliun pendapatan yang enggak akan masuk," kata dia dalam acara diskusi di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Meski penerimaan menurun, namun pemerintah akan mendapat timbal balik berupa peningkatan basis pajak (tax base). Apalagi setelah pelaksanaan program pengampunan pajak (tax amnesty), pemerintah memiliki data basis pajak yang cukup baik.

"Ada indikasi Indonesia sebenarnya sudah ada tax base yang dilakukan. Ada (data pajak) after tax amnesty dan informasi exchange. Tapi kita enggak akan buat lingkungan dan orang-orang khawatir, mereka bayar pajak sesuai pendapatan," jelas Sri Mulyani.

 

Defisit Tetap Terjaga

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (5/12/2019). Barang bukti selundupan tersebut dikemas dalam 18 kardus berwarna cokelat. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (5/12/2019). Barang bukti selundupan tersebut dikemas dalam 18 kardus berwarna cokelat. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Di samping itu, Bendahara negara ini juga percaya meski pendapatan negara turun defisit anggaran tahun ini bisa dijaga oleh pemerintah. Di mana pemerintah sendiri menargetkan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 1,76 persen di 2020.

Sementara, untuk menjaga defisit tersebut strategi pemerintah adalah menjaga belanja agar tetap dilakukan secara hati-hati. Anggaran yang sifatnya social safety net kepada masyarakat akan tetap dijalankan demi menjaga konsumsi agar pertumbuhan ekonomi terjaga.

"Kita enggak akan disrupsi momentum dalam pertumbuhan yang kita ingin maintan. Kita lihat yang bisa di-maintain dan pengurangan corporate income tax, melebarkan tax base, dan memaksimalkan pengeluaran tanpa shock ekonomi," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek Bendungan Ciawi Rampung Akhir 2020

Posted: 04 Feb 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane Ditjen Sumber Daya Air menargetkan pembangunan Bendungan Kering (Dry Dam) Ciawi yang berlokasi di Hulu Sungai Ciliwung, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor selesai akhir 2020.

Saat ini, tahapan konstruksinya sudah memasuki pekerjaan utama pembangunan tubuh bendungan yang ditandai dengan pengelakan aliran Sungai Ciliwung (river closure) pada Selasa (4/2/2020) kemarin.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pengelakan sungai merupakan tahapan penting yang harus diselesaikan pada awal pembangunan bendungan sehingga pekerjaan utama dapat dilaksanakan.

"Untuk menjaga ritme pekerjaan, saya minta agar dilakukan pembagian jadwal tiga shift kerja dengan tetap memperhatikan kualitas dan keselamatan pekerja," ujar Menteri Basuki, Rabu (5/2/2020).

Plt Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Widiarto menyampaikan, progres fisik pembangunan Bendungan Ciawi sudah 45 persen.

"Secara keseluruhan konstruksinya akan selesai pada akhir tahun 2020 dan Insya Allah dapat beroperasi pada Mei 2021 dan berfungsi untuk menahan laju banjir di hulu Sungai Ciliwung," kata Widiarto.

 

Bagian dari Pengendalian Banjir Jakarta

pembangunan Bendungan Kering (Dry Dam) Ciawi di Hulu Sungai Ciliwung, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor selesai akhir 2020 (dok: PUPR)
pembangunan Bendungan Kering (Dry Dam) Ciawi di Hulu Sungai Ciliwung, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor selesai akhir 2020 (dok: PUPR)

Menurutnya, pembangunan Bendungan Ciawi merupakan bagian dari rencana induk (masterplan) pengendalian banjir Jakarta yang dilakukan secara bertahap sebagai bentuk komitmen untuk mengendalikan banjir mulai dari hulu hingga di hilir.

"Pengelolaan air merupakan urusan bersama, untuk itu harus terpadu dan sinergi antara pusat dan provinsi, kabupaten/kota beserta masyarakat. Bendungan ini merupakan kerjasama Kementerian PUPR dengan Pemprov Jabar, Kabupaten Bogor, serta dukungan masyarakat Bogor dalam rangka pengendalian banjir Sungai Ciliwung dari hulu hingga hilir di Jakarta," bebernya.

Keberadaan Bendungan Ciawi dengan volume tampung total sebesar 6,05 juta m3 akan bermanfaat dalam mereduksi banjir bagian hulu hingga 30 persen, yakni sebesar 111,75 m3 per detik. Kontribusi Bendungan Ciawi dalam pengendalian banjir juga akan berdampak pada pintu air Manggarai sebesar 11,9 persen.

Kontrak pekerjaan Bendungan Ciawi ditandatangani pada 23 November 2016 dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya dan PT Sacna. Pembangunannya telah dimulai pada 2 Desember 2016, dijadwalkan selesai awal 2021, namun ditargetkan dapat selesai lebih cepat pada akhir 2020. Bendungan Ciawi dibangun dengan biaya sebesar Rp 798,7 miliar.

Progres pembebasan lahan saat ini telah mencapai 92 persen dengan lahan yang telah dibebaskan seluas 66.10 hektare (ha) sebanyak 862 bidang dari total kebutuhan lahan seluas 78.35 ha sebanyak 935 bidang. Sedangkan sisanya untuk lahan yang belum bebas akan dituntaskan pada akhir Maret 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maju Pilkada Surabaya, Machfud Arifin Akan Paparkan Visi Misi ke Kader PKB

Posted: 04 Feb 2020 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mempertemukan bakal calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin dengan para kader, pengurus, dan simpatisan dalam sebuah acara yang diberi nama "Taaruf Bersama Cawali" di kantor DPC PKB Surabaya, Jatim, pada Sabtu (8/2/2020) malam.

"Acara itu akan dihadiri ratusan kader. Mereka adalah pengurus PKB mulai tingkat PAC hingga di tingkat ranting," kata Ketua Panitia Taaruf Bersama Cawali, Mahfudz, di Surabaya, Selasa (4/2/2020).

Menurut dia, Machfud Arifin nantinya akan menyampai visi dan misi di hadapan kader, pengurus dan simpatisan PKB. Sebagai tindak lanjutnya, semua kader mempunyai kewajiban untuk menyampaikan visi misi tersebut ke warga Kota Surabaya.

"Dengan adanya perkenalan tersebut diharapkan nama Machfud Arifin semakin populer di masyarakat, sehingga nantinya bisa menang dalam Pilkada Surabaya 2020," ujar Mahfudz yang juga Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya dari Fraksi PKB.

Misi Surabaya sebagai Kota Internasional

Diketahui, Machfud Arifin telah diusung oleh banyak partai di Pilkada Surabaya, di antaranya PKB, Gerindra, Demokrat, PAN dan PPP. Dengan jumlah total perolehan 18 kursi di legislatif, Machfud sudah bisa diusung untuk menjadi cawali Surabaya karena syarat minimalnya hanya 10 kursi.

Machfud Arifin sebelumnya menyatakan dirinya memiliki misi untuk menjadikan Surabaya sebagai kota Internasional yang sering dijadikan tempat pertemuan pimpinan dunia. Ia menganggap selama ini kota yang masih mendominasi adalah Jakarta, Bandung, atau Bali.

Selain itu, Machfud juga menginginkan Surabaya memiliki moda transportasi modern seperti LRT. "Masak Surabaya kalah sama Palembang dan Jakarta. Dua kota itu sudah punya semua," katanya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melambat, Pertumbuhan Ekonomi 2019 Hanya 5,02 Persen

Posted: 04 Feb 2020 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2019 sebesar 5,02 persen. Pertumbuhan tersebut melambat dibandingkan periode 2018 sebesar 5,17 persen dan 2017 sebesar 5,07 persen.

"Mempertahankan lima persen dalam situasi sekarang tidak gampang. Saya pikir 5,02 persen yang menunjukkan perlemahan ini, sudah cukup baik," ujar Kepala BPS, Suhariyanto, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (5/2).

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, memperkirakan pertumbuhan ekonomi di Kuartal IV-2019 mencapai 5,05 persen. Angka ini naik tipis dibandingkan kuartal III-2019 sebelumnya yakni hanya 5,02 persen.

"Besok Badan Pusat Statistik (BPS) akan menyampaikan pertumbuhan ekonomi kuartal IV. Dari angka yang kita dengar itu 5,05 persen," kata dia.

Sementara, Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2019 masih berada di atas 5 persen. Mengingat, sepanjang kuartal I sampai III 2019 pertumbuhan ekonomi berada di level 5 persen.

"Kalau tahun lalu (2019) masih di atas 5 persen lah," katanya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Kejar Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen hingga 2024, Ini Strategi Pemerintah

Ketua Umum Partai Golkar yang juga mantan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memberikan keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut rencana, Presiden Jokowi akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya kepada publik hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Ketua Umum Partai Golkar yang juga mantan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memberikan keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut rencana, Presiden Jokowi akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya kepada publik hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tembus di angka 6 persen hingga 2024 mendatang. Untuk mencapai pertumbuhan tersebut, pemerintah akan gencar dalam menggenjot investasi.

"Bapak Presiden mempunyai aspirasi pertumbuhan 6 persen di periode 2020 sampai 2024. Jadi 6 persen itu adalah tentunya menjadi target dari pemerintah, dan ini akibatnya adalah tingkat investasi harus bertambah," kata Airlangga di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Berbagai kebijakan tengah dilakukan pemerintah untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi sebesar 6 persen. Mulai dari penurunan suku bunga dilakukan oleh Bank Sentral Indonesia.

"Kalau kita bisa sebut Jokowinomic itu yang pertama adalah financial easing (kebijakan moneter) dari BI yang selama ini sudah menurunkan 7 kali tingkat suku bunga. Jadi dari sisi monetary policy sudah baik dengan tingkat bunga yang rendah," jelasnya.

Di samping itu, pemerintah juga telah memberikan berbagai macam jenis insentif kepada pelaku usaha. Mulai dalam bentuk super deduction tax dan juga tax holiday. Upaya-upaya tersebut diberikan untuk mendapatkan amunisi dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi di dalam negeri..

"Kemudian yang satu adalah structural reform. Nah structural reform itu yang nanti akan didorong dengan yang namanya omnibus law," katanya.

Penyusunan Omnibus Law ini akan terbagi menjadi dua. Pertama yakni menyangkut dengan perpajakan dan kedua ialah Cipta Lapangan Kerja. Keduanya dinilai akan sama-sama memberikan manfaat lebih terhadap pertumbuhan investasi.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Omnibus Law Dinilai Bakal Tekan Konsumsi dan Pertumbuhan Ekonomi

Pemandangan deretan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, Jumat (29/9). Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakinkan target pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4 persen tetap realistis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pemandangan deretan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, Jumat (29/9). Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakinkan target pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4 persen tetap realistis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemerintah saat ini sedang menyelesaikan RUU Omnibus Law tentang Cipta Ketenagakerjaan, atau dikenal sebagai RUU Cilaka. Peraturan ini ditargetkan akan disahkan tahun ini dan mulai berlaku pada tahun 2021.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia atau KSPI, Said Iqbal mengatakan RUU Cilaka dianggap dapat menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebab, omnibus law tersebut dianggap akan mengurangi kesejahteraan buruh dari segi upah.

"Secara teori pertumbuhan ekonomi bergantung pada konsumsi, salah satu faktor yang menentukan konsumsi itu upah. Kalau upah tidak memadai tidak layak akan membuat penurunan (konsumsi)," kata dia, saat ditemui di Kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (26/1).

Selain itu, dia juga menyoroti tujuan utama omnibus law yaitu untuk meningkatkan investasi RI. Menurutnya, pemerintah sebenarnya salah sasaran jika tujuan UU Omnibus adalah untuk mendatangkan investasi, sebab kondisi investasi di Indonesia dianggap tidak seburuk yang dikatakan pemerintah.

"Mengutip Faisal Basri, investasi kita tuh masih tumbuh. Malahan lebih baik dibandingkan negara Malaysia juga kalah sama kita. Makanya kalau tujuannya investasi, kayaknya kok aneh, kan enggak jelek-jelek amat," ungkapnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Tahun Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Derek Big Brother yang Makin Macho

Posted: 04 Feb 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada 2011 acara reality show Big Brother pernah menjadi tayangan favorit masyarakat Indonesia. Acara ini serupa dengan program televisi berjudul Penghuni Terakhir, hanya saja Big Brother merupakan acara franchise yang telah ditayangkan di luar negeri sejak 1999.

Acara yang berlangsung pada 10 April 2011 hingga 18 September 2011 menghadirkan drama, konflik, dan percintaan hasil interaksi 14 orang asing yang tinggal serumah dan terisolasi selama lebih kurang 120 hari. Setelah tayang selama 6 bulan, acara ini membawa Allan Wangsa menjadi pemenang pertamanya, di posisi kedua ada Derek dan ketiga dimenangkan oleh Rene. 

Salah satu sosok di Big Brother yang cukup diingat oleh masyarakat Indonesia ialah Derek. Pria asal Bali yang khas dengan kepala plontosnya ini dikenal dengan sosok yang pemberani. Setelah 8 tahun tak pernah muncul di layar kaca televisi, Derek rupanya menikmati hidup di kota asalnya Bali. 

Tak meneruskan karier di dunia hiburan, ia kini sibuk dengan bisnis kulinernya. Pria pemilik nama lengkap I Gede Derek Marshal telah bekeluarga dan dikaruniai anak. Masih sama seperti dulu, Derek masih khas dengan kepala botaknya. Namun, kini penampilan Derek terlihat lebih macho dan gagah. Penasaran seperti apa potretnya? Berikut Liputan6.com ulas potret terbaru Derek Marshal, Rabu (5/2/2020)

 

1. Ini dia potret Derek Marshal saat mengikuti acara Big Brother pada 2011 silam. Ia dikenal dengan sosok yang pemberani.

Derek Big Brother (Sumber: Facebook/Derek Big Brother Indonesia
Derek Big Brother (Sumber: Facebook/Derek Big Brother Indonesia

2. 8 Tahun tak pernah terlihat di layar kaca televisi, begini penampilan terbaru Derek. Semakin macho ya.

Derek Big Brother (Sumber: Instagram/derex_marshall/)
Derek Big Brother (Sumber: Instagram/derex_marshall/)

3. Lama tak terdengar kabarnya, pria asal Bali ini telah menikah dengan pujaan hatinya.

Derek Big Brother (Sumber: Instagram/derex_marshall/)
Derek Big Brother (Sumber: Instagram/derex_marshall/)

4. Dari pernikahannya, pria kelahiran 1980 ini juga telah dikaruniai putra tampan bernama Niko.

Derek Big Brother (Sumber: Instagram/derex_marshall/)
Derek Big Brother (Sumber: Instagram/derex_marshall/)

5. Pria 39 tahun ini sibuk berbisnis kuliner di kota asalnya Pulau Dewata, Bali.

Derek Big Brother (Sumber: Instagram/derex_marshall/)
Derek Big Brother (Sumber: Instagram/derex_marshall/)

6. Momen berlibur Derek dan keluarga kecilnya. Sukses terus ya untuk Derek.

Derek Big Brother (Sumber: Instagram/derex_marshall/)
Derek Big Brother (Sumber: Instagram/derex_marshall/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Sebut Kurangnya Peran Perempuan Sebabkan Ketidakpastian Global

Posted: 04 Feb 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani sampaikan paparan mengenai kondisi ekonomi global dan pengaruhnya terhadap Indonesia di Mandiri Investment Forum 2020. Sebagai salah satu pembicara utama, dirinya menyoroti beberapa masalah yang dihadapi dunia saat ini.

Sebut saja penyebaran virus Corona, perang dagang Amerika Serikat (AS)-China, situasi geopolitik dan lainnya. Sri menyebut, semua permasalahan itu disebabkan oleh manusia.

"Ketidakpastian global tahun 2019 berlanjut ke 2020, disebabkan oleh manmade (buatan/ulah manusia). Manusia menyebabkan Brexit, perang dagang AS-China, these are all men (semuanya laki-laki)," ujar Sri Mulyani di Mandiri Investment Forum, Rabu (05/02/2020).

Hal tersebut mengundang gelak tawa para peserta forum karena kata 'men' sendiri memang memiliki arti ganda yaitu manusia dan laki-laki. Lebih lanjut, Sri Mulyani menyindir kalau bapak-bapak menciptakan banyak masalah di ekonomi maupun geopolitik. Sebut saja kerusuhan di Bolivia dan perang dagang.

"Bapak-bapak ini ciptakan banyak masalah. Ini dikarenakan kurangnya representasi perempuan. Laki-laki yang menciptakan, laki-laki yang harus menyelesaikan persoalannya," lanjut Sri Mulyani.

Dirinya juga menyoroti pertumbuhan PDB global yang melambat. Hal tersebut disebabkan ketidakpastian ekonomi, yang akhirnya memaksa negara untuk mengambil kebijakan dalam menghadapi hal itu.

Bahkan, banyak negara yang telah kehabisan akal untuk menangkal ketidakpastian global.

"Sekarang, banyak negara yang kekurangan amunisi untuk menghadapi pelemahan ekonomi. Akhirnya muncul volatilitas di pasar global dan hal yang terefleksi negatif di kebijakan negara," tutur Sri Mulyani.

Sri Mulyani Sebut Dampak Virus Corona Lebih Besar Dibanding Brexit

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi sambutan saat memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 30 Wajib Pajak (WP) di Jakarta, Rabu (13/3). Acara ini mengambil tema 'Sinergi Wujud Cinta Negeri'. (Liputan6.com/JohanTallo)
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi sambutan saat memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 30 Wajib Pajak (WP) di Jakarta, Rabu (13/3). Acara ini mengambil tema 'Sinergi Wujud Cinta Negeri'. (Liputan6.com/JohanTallo)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyatakan bahwa penyebaran virus Corona lebih berbahaya dampaknya ke ekonomi ketimbang lepasnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit. Sebab, sejauh ini belum ada penanganan pasti akan penyebaran virus berasal dari China tersebut.

"Mungkin kita sekarang lebih konsen mengenai Corona, karena magnitude pengaruhnya ini belum seattle karena kita belum tahu penyebarannya, tingkat kematian yang meningkat secara cepat, itu mungkin yang memberikan ketidakpastian," kata Sri Mulyani, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Sri Mulyani mengatakan, peristiwa Brexit sendiri sudah lebih jauh diantisipasi oleh pelaku pasar dan ekonomi. Sehingga secara dampak tidak begitu besar dirasakan di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

"Kalau Brexit sudah lama prosesnya hanya pembahasannya mengenai kalau dia hard brexit berarti seluruh hal yang berhubungan negosiasi antara UK dan Eropa itu menjadi sesuatu," kata dia.

Jumlah Kematian

Sejumlah anggota tim medis sedang melakukan simulasi dengan membawa peralatan untuk melakukan pemeriksaan swab test kepada pasien yang tertular vrus corona.(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Sejumlah anggota tim medis sedang melakukan simulasi dengan membawa peralatan untuk melakukan pemeriksaan swab test kepada pasien yang tertular vrus corona.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Seperti diketahui, jumlah kematian akibat virus corona di China terus menanjak menjadi 213 orang hingga Jumat (31/1) pagi. Jumlah orang yang terpapar virus corona jenis baru yang diberi nama 2019-nCoV itu dalam 24 jam terakhir juga bertambah menjadi 9.066 orang dan yang terduga sebanyak 12.167.

Selain itu, terdapat pula 162 orang yang dinyatakan sembuh sehingga sudah bisa meninggalkan rumah sakit, demikian otoritas kesehatan setempat.

Seperti dilansir dari Antara, Provinsi Hubei masih menjadi penyumbang kasus terbanyak wabah tersebut, yakni 5.806 orang dinyatakan positif, 204 orang tewas, dan 116 orang dinyatakan sembuh.

Ibu Kota Provinsi Hubei di Wuhan sebagai episentrum virus tersebut juga masih mencatat angka kematian tertinggi dibandingkan dengan daerah-daerah lain di provinsi itu, yakni sebanyak 159 orang.

Di Wuhan terdapat 2.639 kasus positif dan 75 orang diizinkan meninggalkan rumah sakit.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ragam Perhiasan Favorit Meghan Markle, Simpel dan Bermakna

Posted: 04 Feb 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle dan Pangeran Harry beberapa waktu lalu memutuskan mundur dari anggota senior keluarga kerajaan Inggris. Sejak itu, orangtua Archie ini memilih untuk tinggal di Vancouver Island, Kanada. Di sana, Meghan terlibat dalam berbagai kegiatan.

Satu di antaranya ketika ia mengunjungi organisasi lokal, Justice For Girls di Downtown Vancouver. Dilansir South Morning Post China, Selasa (4/2/2020), kala itu Meghan diberi liontin bergambar ekor ikan paus dengan emas 18 karat beraksen berlian tunggal.

Meghan Markle saat berkunjung ke Douglas Reynolds Gallery. (dok. Instagram @douglasreynoldsgallery/https://www.instagram.com/p/B7ZcAFiB-6c/Putu Elmira)
Meghan Markle saat berkunjung ke Douglas Reynolds Gallery. (dok. Instagram @douglasreynoldsgallery/https://www.instagram.com/p/B7ZcAFiB-6c/Putu Elmira)

Karya tersebut dibuat oleh seniman penduduk lokal bernama Hollie Bartlett. Potret kebersamaan Meghan dengan para anggota organisasi lain menampilkan ia memakai kalung tersebut. Ekor paus adalah motif tradisional dalam seni Northwest Coast First Nations.

Momen itu bukan kali pertama Meghan Markle tampil cantik dalam sentuhan perhiasan karya desainer Kanada. Sebelum menikahi Pangeran Harry, ia menghabiskan bertahun-tahun tinggal di Toronto di set serial televisi "Suits" dan mengumpulkan koleksi perhiasan yang dirancang di Kanada.

Salah satu favorit Meghan adalah persembahan dari Birks, brand perhiasan berusia seabad di Montreal, Quebec. Bagi mereka yang tidak familier dengan brand ini dengan desain klasik, bersih dan elegan.

Ada pula favoritnya adalah anting-anting berlian dari Snowflake Snowstorm. Perempuan berusia 38 tahun ini juga memiliki sepasang anting opal Plaisirs de Birks yang dia kenakan di foto pertunangannya.

Perhiasan Simpel

Pangeran Harry dan Meghan Markle saat menghadiri upacara pembukaan 10th Annual One Young World. (Screenshot Instagram @sussexroyal/https://www.instagram.com/p/B4CtjjRpLKa/Putu Elmira)
Pangeran Harry dan Meghan Markle saat menghadiri upacara pembukaan 10th Annual One Young World. (Screenshot Instagram @sussexroyal/https://www.instagram.com/p/B4CtjjRpLKa/Putu Elmira)

Meghan juga suka memasangkan penampilannya dengan anting-anting emas dan berlian besar Birks Pétale. Banyak penggemarnya juga melihat Meghan mengenakan cincin dari Montreal rancangan desainer Vargas Goteo.

Desain demi-fine mungil brand ini sangat cocok untuk Markle. Ia diketahui lebih menyukai karya-karya perhiasan ramping dan modern daripada permata yang keras dan besar.

Meghan juga suka memakai cincin Manta Kiss berlapis emas dan cincin simpul busur High Seas secara bersama-sama. Tak hanya itu, ibu satu anak ini juga sering memasangkannya dengan perhiasan emas lainnya.

Ada pula Suetables, salah satu brand perhiasan dari Kanada yang lebih terjangkau yang Meghan sukai. Ia memiliki dua pesona zodiak dari merek tersebut, satu pesona masing-masing mewakili zodiak suaminya dan putranya. Versi zodiak ini hanya berharga 38 dolar AS atau setara Rp522 ribu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Mobil Listrik Lebih Irit Dibanding Mobil Konvensional?

Posted: 04 Feb 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan mobil listrik di Indonesia memang belum populer. Namun, kendaraan ramah lingkungan ini bisa dibilang menjadi tren di berbagai belahan dunia, sebut saja Kanada.

Mengutip dari Clean Technica, sebuah penelitian di Kanada menyatakan bahwa 96% pemilik mobil listrik tak akan kembali ke kendaraan bermesin konvensional. 

Penelitian ini pun menemukan bahwa 75% pemilik mobil listrik mengisi ulang daya baterai di rumah. Artinya, pembeli kendaraan ramah lingkungan itu tak bergantung pada fasilitas di tempat umum.

Mereka juga mendapati bahwa biaya operasional mobil listrik lebih murah dibanding kendaraan konvensional. Inilah yang membuat masyarakat di Kanada mulai meninggalkan mobil berbahan bakar fosil.

Untuk menempuh 24.000 km, mobil listrik hanya membutuhkan biaya sebesar USD546 atau Rp7,5 jutaan. Sedangkan pada kendaraan konvensional, uang yang dikeluarkan jauh lebih banyak, mencapai USD1.255, setara Rp17 jutaan (Kurs USD 1 = Rp13.748).

Hal lain yang ditemukan penelitian ini adalah mobil listrik tidak memerlukan perawatan sebanyak kendaraan konvensional. Artinya, biaya yang dikeluarkan pun bisa ditekan sampai di bawah USD1.000, sekitar Rp13,7 jutaan per tahun.

Sumber: Otosia.com

Ikut GIIAS 2020, Mobil Listrik Kia Siap Unjuk Gigi

Tak mau ketinggalan menyambut era kendaraan ramah lingkungan, Kia mengaku siap membawa mobil listrik untuk diperkenalkan di Indonesia pada ajang otomotif GIIAS 2020.

Hal itu diungkapkan Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

 

"Minimal (mobil listrik Kia) dipamerin. Karena kita mendukung GIIAS, terlebih GIIAS punya nama future mobility launch. Kan pas mobil Kia dipajang di situ teknologinya," katanya.

Meski enggan mengungkapkan model dan spesifikasi kendaraan yang akan dibawa, Ario menegaskan mobil tersebut tak datang dari segmen hybrid karena menggunakan full battery.

"Kalau dilihat dari line up-nya sendiri kalian bisa lihat, KIA mainnya sudah kayak Hyundai. Berarti full battery," ujarnya.

Sebagai informasi, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), resmi memperkenalkan dan membuka keran pemesanan untuk mobil listrik terbarunya. 

Hyundai Ioniq Electric didatangkan langsung alias CBU dari Korea Selatan, dibanderol dengan harga Rp569 juta off the road.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisruh Eksekusi Lahan di Pelalawan, Petani Ditembak Gas Air Mata

Posted: 04 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Pelalawan - Ratusan petani plasma PT Peputra Supra Jaya (PSJ) terus melawan eksekusi lahan di Desa Gondai, Pelalawan. Mereka tak takut berhadapan dengan ratusan aparat gabungan, baik itu sekuriti PT Nusa Wana Raya (NWR), polisi hutan dari Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan (DLHK) Riau dan kepolisian.

Sesekali, situasi di lokasi eksekusi lahan itu tegang. Tak jarang ada bentrokan fisik antara warga dan petugas.

"Lihatlah ini, begini perlakuan petugas kepada rakyat, keluar darah dari kepala," ucap seorang warga usai bentrok, Selasa siang, 4 Februari 2020.

Dalam bentrokan ini, polisi menembakkan gas air mata ke arah warga yang berusaha mengadang alat berat masuk ke lahan plasma. Letusan senjata api ke udara membuat warga berhamburan dan menjauh dari lokasi.

Bubarnya warga ini hanya sebentar. Mereka kembali menggalang kekuatan dan mendekat ke alat berat dilindungi ratusan petugas. Warga terlihat tidak takut lagi dan terus berteriak agar alat perata tanaman sawit itu berhenti.

Untuk menghindari korban jatuh, baik itu dari warga ataupun petugas serta petinggi dari kedua belah pihak menjaga jarak. Mereka masih awas dan sesekali terdengar provokasi sehingga membuat situasi mencekam.

Hingga Selasa petang, ratusan warga masih bersiaga memantau eksekusi lahan di lahan inti PT PSJ. Mereka khawatir alat berat bergerak ke lahan plasma yang menjadi bagian dari putusan MA Nomor 1087/Pid.Sus.LH/2018.

"Apa pun akan kami lakukan agar lahan yang kami olah sejak puluhan tahun ini diambil, kami siap mempertaruhkan nyawa," ucap seorang warga.

Kuasa hukum Koperasi Gondai Bersatu, Asep Rukhiyat menyebut ada tiga warga terluka terkena lemparan batu. Menurut Asep, hal ini terjadi karena alat berat eksekusi lahan menerobos ke lahan plasma.

"Peristiwa ini sangat disayangkan, padahal kemarin baru saja legislator DPR RI datang ke lokasi untuk meminta dihentikan eksekusi oleh DLHK," kata Asep.

Jadi Perhatian DPR

Anggota DPR Arteria Dahlan mendatangi Desa Gondai untuk meminta eksekusi lahan dihentikan demi petani plasma. (Liputan6.com/M Syukur)
Anggota DPR Arteria Dahlan mendatangi Desa Gondai untuk meminta eksekusi lahan dihentikan demi petani plasma. (Liputan6.com/M Syukur)

Situasi di Desa Gondai menarik perhatian politisi PDI Perjuangan Arteria Dahlan. Anggota DPR ini menemui warga di sana dan melihat sawit-sawit bertumbangan. Dia pun menganalogikan kejadian ini sebagai pertarungan antara gajah dengan gajah sehingga petani menjadi korban.

"Kami melihat ini pertarungan dua gajah yang mengorbanan masyarakat kecil. Kasihan polisi dan pemerintah jangan mau untuk dimanfaatkan untuk kepentingan perusahaan," kata Arteria.

Arteria meminta eksekusi lahan ini dihentikan karena melukai hati petani. Dia menyebut ingin memangggil kedua perusahaan tersebut karena di antaranya ada petani yang berhubungan dengan pemilik tanah dan pengusaha.

Petani, tambah Arteria, sudah membayar pinjaman ke bank dan sudah memanfaatkan hasil perkebunan sehingga tidak dapat diputus melalui putusan yang dinilai merugikan itu.

"Kami juga menghormati putusan MA dan meminta betul agar dapat mengetuk hati semua pihak, untuk lebih arif dan bijaksana," katanya.

Arteria meminta semua pihak agar tidak bicara menang-menangan tentang hukum, tapi melupakan hukum itu adalah sumber kebajikan dan rasa keadilan masyarakat.

"Saya mohon semuanya (PSJ) termasuk PT NWR dan penegak hukum serta teman-teman yang melakukan kegiatan eskavasi agar membaca betul putusan pengadilan tingkat kasasi. Saya hanya cari jalan titik tengah, kita akan coba komunikasikan Kapolda juga dengan Kajati Riau," katanya.

Pihaknya juga yakin bahwa Kapolda Riau memiliki sikap yang bijak. Dia menyebut aparat juga orang baik-baik sehingga ada jalan keluarnya ada.

"Kami turut mendesak DPRD Riau, kami instruksikan untuk memanggil DLHK, memanggil NWR dan PSJ. Harus ada jalan keluar, dan harus ada solusi terbaik dalam tempo yang sangat dekat ini," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jessica Iskandar Salah Tingkah Saat Kelupaan Menutupi Bekas Kerokannya

Posted: 04 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jessica Iskandar baru saja merayakan ulang tahunnya bersama dengan para sahabatnya. Jessica Iskandar merayakan pesta ulang tahunnya itu di sebuah restoran mewah di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Jessica Iskandar mengundang teman-teman terdekatnya seperti Nia Ramadhani, Vega Darwanti dan Tya Ariestya. Dalam kesempatan itu, Jessica Iskandar tampak cantik mengenakan dress dengan bagian punggung yang terbuka.

Sayangnya, Jessica Iskandar lupa bahwa masih ada bekas kerokan di punggungnya itu. Yang menyadari hal itu adalah sahabatnya yaitu Tya Ariestya.

Tya Ariestya tak kuat menahan tawanya dan mengunggah momen tersebut ke Instagram Story-nya pada Senin (3/2/2020).

 

Menyadari

Ulang Tahun Jessica Iskandar. (instagram.com/inijedar)
Ulang Tahun Jessica Iskandar. (instagram.com/inijedar)

"Mohon maaf nih ya, ini kan udah cantik, cantik, cantik, lihat dulu dong dari bagian belakang. Tetep dong kerokan, Ya Allah Jedar," kata Tya Ariestya tertawa.

 

Diledek Sahabat

Jessica Iskandar rayakan Ulang Tahun. (instagram.com/inijedar)
Jessica Iskandar rayakan Ulang Tahun. (instagram.com/inijedar)

Dalam unggahan berikutnya, Tya Ariestya memberi tahu hal tersebut kepada Jessica Iskandar.

"Maaf, boleh saya lihat belakangnya bu?" tanya Tya Ariestya masih terus tertawa.

 

Lupa

Ulang tahun Jessica Iskandar. (instagram.com/inijedar)
Ulang tahun Jessica Iskandar. (instagram.com/inijedar)

Setelah berbalik badan, Jessica Iskandar baru menyadari bahwa ia lupa menutupi punggungnya yang masih terlihat bekas kerokan.

"Eh, lupa lupa lupa, lupa belakang aku," kata Jessica Iskandar sambil bergegas meraih scarf untuk menutupi punggungnya.

 

Tertawa Lepas

Melihat reaksi sahabatnya itu, Tya Ariesta dan Vega Darwanti kembali tertawa lepas, "Jedar lucu banget," celetuk Tya Ariestya sambil terkekeh. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilarang Terbang ke China, Menparekraf Ajak 30 Maskapai Alihkan Rute ke Indonesia

Posted: 04 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Wishnutama, akan menggalakkan kunjungan wisatawan nusantara dari Indonesia untuk berwisata.

"Karena kan kalau traveling pasti ada potensi virus, apa namanya, Corona-nya juga. Untuk mengurangi risiko itu lah. Dan kedua, tentunya yang paling penting menghidupi, apa, pariwisata Indonesia itu sendiri," kata Menparekraf dikutip dari laman Setkab, Rabu (5/2/2020).

Menurut Menparekraf, sekarang ini banyak potensi, pesawat-pesawat menuju ke China, yang enggak bisa terbang ke Negeri Tirai Bambu akan ditawarkan kerja sama dengan mereka untuk menjadikan tujuannya jadi ke Indonesia.

"Kan ada potensinya, ke sana (China) juga enggak ada kan saat ini yang bersamaan. Kita akan coba berdiskusi dengan airline-airline tersebut," ujarnya.

Bersama Menhub, lanjut Wishnutama, dirinya berencana akan bertemu dengan sekitar 30-an maskapai tersebut yang mungkin bisa mengalihkan rutenya ke Indonesia, sehingga tetap membantu pariwisata di Indonesia.

"Jadi memang tidak mudah. Ini kan mengganti rute kan bukan kayak naik mobil berubah haluan. Tetapi kan, apa namanya, prosedurnya panjang. Tapi kita juga akan melakukan usaha tersebut," tambahnya.

Begitu juga, kata Menparekraf, Pemerintah akan terus berusaha melakukan pemasaran atau marketing ke negara-negara lain di luar China, untuk menutupi kekurangan turis dari China. Secara umum, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan melakukan berbagai macam strategi lah, untuk mengatasi kondisi ini.

"Karena kondisi ini bukan hal yang gampang, bukan buat Indonesia saja, semua negara juga mengalami problem yang sama," ujarnya.

Pembatalan

Ilustrasi pesawat (Sumber: iStockphoto)
Ilustrasi pesawat (Sumber: iStockphoto)

Terkait dengan pembatalan, Wishnutama menyatakan dirinya masih akan terus menunggu laporan sebab sejaun ini belum ada data yang solid terkait dampak dari pembatalan tersebut.

"Seperti kita ketahui tahun kan wisatawan dari Tiongkok dalam masa setahun kan dua jutaan. Kalau dihitung dari segi devisa karena mereka US Dollar kan berarti hampir 4 billion US Dollar. Ya kan, dari China, Tiongkok saja," tambahnya.

Sehingga menurut dia, menjadi sebuah tantangan yang cukup berat buat pariwisata, namun yang menjadi prioritas utama adalah kesehatan melindungi bangsa Indonesia.

"Kesehatan bangsa Indonesia tentu jadi prioritas yang utama buat kita, gitu. Itu adalah satu hal yang utama. Tapi memang akan mempunyai dampak dari pariwisata akan sangat lumayan besar," katanya.

Dampak Virus Corona, sambung Wishnutama, bukan berdampak saja di wisatawan dari China saja, tapi negara-negara lain juga pasti punya secara psikologi juga akan menunda dan ini masa-masa yang paling krusial, Februari, Maret dan April.

"Karena kenapa? Ini masa-masa orang melakukan booking untuk liburan, bulan-bulan di bulan Summer, liburan musim panas. Masa-masanya sekarang orang melakukan, apa namanya, booking," sambungnya.

Untuk tujuan wisata, Menparekraf menyebutkan ada di Bali beberapa kamar hotel sudah banyak yang turun.

"Tapi enggak bisa sebutkan angka tapi kan sekarang baru kejadian kita bisa meng-average kira-kira sudah sebulan ibaratnya, seminggu, dalam seminggu berapa. Jadi memang bukan hal yang mudah," pungkas Menteri Parekraf.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Real Madrid Ditempel Ketat Barcelona

Posted: 04 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid masih menjadi penguasa klasemen sementara Liga Spanyol 2019-2020. Skuat racikan Zinedine Zidane itu telah mengumpullkan 49 poin dari 22 pertandingan.

Meski demikian, posisi Real Madrid dipuncak klasemen Liga Spanyol terus ditempel ketat Barcelona. Sergio Ramos dan kawan-kawan hanya unggul tiga poin dari rival abadinya tersebut.

Di peringkat ada Getafe yang mengoleksi 39 poin. Selanjutnya ada Sevilla yang sama-sama memiliki 39 poin dengan Getafe tapi kalah produktivitas gol.

Sementara untuk zon merah, dihuni oleh Leganes, Celta Vigo, dan Espanyol. Leganes yang berada di posisi ke-18, memiliki 18 poin, sama seperti Mallorca yang setingkat di atasny.

Berikut klasemen sementara Liga Spanyol hingga pekan ke-22.

Klasemen Liga Spanyol

 

 

Jadwal Liga Spanyol

Sabtu, 8 Februari 2020

03.00 WIB, Deportivo Alaves vs Eibar

19.00 WIB, Levante vs Leganes

22.00 WIB, Getafe vs Valencia

 

 

Jadwal Liga Spanyol

Minggu, 9 Februari 2020

00.30 WIB, Real Valladolid vs Villarreal

03.00 WIB, Atletico Madrid vs Granada

18.00 WIB, Espanyol vs Mallorca

20.00 WIB, Real Sociedad vs Athletic Bilbao

22.00 WIB, Osasuna vs Real Madrid

 

Senin, 10 Februari 2020

00.30 WIB, Celta Vigo vs Sevilla

03.00 WIB, Real Betis vs Barcelona

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Instagram Raup Pendapatan Iklan Rp 273,6 Triliun

Posted: 04 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Instagram bukanlah sapi perah utama bagi Facebook. Namun, Instagram memainkan peranan besar dalam menghasilkan cuan bagi perusahaan media sosial terbesar asal Amerika Serikat itu.

Dalam laporan Bloomberg, diketahui bahwa Instagram mampu menghasilkan USD 20 miliar atau setara Rp 273,6 triliun dari pendapatan iklan sepanjang 2019.

Mengutip laman The Verge, Rabu (5/2/2020), pendapatan Instagram di atas menyumbang lebih dari seperempat dari keseluruhan pendapatan Facebook di tahun 2019.

Di Instagram, iklan muncul di antara Stories yang tengah diputar. Iklan juga muncul di feed pengguna, serta di tab Explore.

Tim Instagram memang tengah bekerja keras untuk menemukan formula yang tepat agar bisa menampilkan lebih banyak iklan di antara konten-konten yang diunggah pengguna.

Dibanding YouTube

Logo Youtube. Dok
Logo Youtube. Dok

Terlepas dari upaya tim Instagram, angka penjualan iklan ini sangat menarik, mengingat Google yang mengumumkan bahwa penghasilan iklan YouTube sebesar USD 15 miliar pada tahun lalu.

Pendapatan iklan yang diperoleh YouTube ini, hanya sekitar 10 persen dari keseluruhan penghasilan Google.

Tak seperti YouTube, Instagram tidak membagikan pendapatan iklan dengan para konten kreatornya.

Pada laporan sebelumnya disebutkan bahwa Instagram membayar pembuat konten tertentu di IGTV mereka.

Dalam kasus tersebut, perusahaan membayar biaya peralatan dan pemotretan si konten kreator, bukan berbagi keuntungan iklan. Biaya ini diperkirakan tidak mencapai kisaran ratusan ribu dolar AS.

Facebook Ambisius dengn Bisnis Iklan

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)
Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Pada sisi lain, YouTube berbagi pendapatan iklan dengan para konten kreator. CFO Alphabet Ruth Porat mengatakan, biaya untuk produksi berada di bawah biaya "akuisisi konten" YouTube yang menghabiskan sekitar USD 8,5 miliar.

Perlu diketahui, selama beberapa tahun ini, Facebook memang fokus untuk memonetisasi Instagram. Facebook bahkan mengembangkan produk yang fokus untuk berbelanja.

Produk ini memberi kemampuan pada brand untuk menjual item secara langsung dari aplikasi. Instagram juga memberikan akses ke sejumlah konten kreator untuk masuk ke produk Facebook yang didesain untuk membantu mengkoordinasikan penawaran merek.

Perusahaan juga bakal memperluas tools-nya untuk memberikan akses bagi brand ke metrik si pembuat konten. Dengan begitu, pendapatan yang dihasilkan oleh Instagram dan Facebook bisa lebih banyak lagi.

(Tin/Isk)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sempat Ditebang, Pohon-Pohon di Monas Kembali Ditanam

Posted: 04 Feb 2020 09:00 PM PST

Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monunem Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020).  Pohon tersebut adalah pohon baru untuk mengganti pohon besar yang ditebang. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monunem Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Pohon tersebut adalah pohon baru untuk mengganti pohon besar yang ditebang. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monunem Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Pohon tersebut adalah pohon baru untuk mengganti pohon besar yang ditebang. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Penanaman dilakukan untuk mengganti pohon lama yang ditebang saat pembangunan proyek Plaza Selatan serta bagian dari penghijauan Monas. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Penanaman dilakukan untuk mengganti pohon lama yang ditebang saat pembangunan proyek Plaza Selatan serta bagian dari penghijauan Monas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Penanaman dilakukan untuk mengganti pohon lama yang ditebang saat pembangunan proyek Plaza Selatan serta bagian dari penghijauan Monas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monunem Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020).  Pohon tersebut adalah pohon baru untuk mengganti pohon besar yang ditebang. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monunem Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Pohon tersebut adalah pohon baru untuk mengganti pohon besar yang ditebang. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monunem Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Pohon tersebut adalah pohon baru untuk mengganti pohon besar yang ditebang. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Penanaman dilakukan untuk mengganti pohon lama yang ditebang saat pembangunan proyek Plaza Selatan serta bagian dari penghijauan Monas. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Penanaman dilakukan untuk mengganti pohon lama yang ditebang saat pembangunan proyek Plaza Selatan serta bagian dari penghijauan Monas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Penanaman dilakukan untuk mengganti pohon lama yang ditebang saat pembangunan proyek Plaza Selatan serta bagian dari penghijauan Monas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monunem Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020).  Pohon tersebut adalah pohon baru untuk mengganti pohon besar yang ditebang. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monunem Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Pohon tersebut adalah pohon baru untuk mengganti pohon besar yang ditebang. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja melakukan penanaman kembali pohon-pohon di area proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monunem Nasional, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Pohon tersebut adalah pohon baru untuk mengganti pohon besar yang ditebang. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

United Airlines Tangguhkan Penerbangan ke Hong Kong Karena Virus Corona

Posted: 04 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dampak Virus Corona yang bermula dari Wuhan, China, masih terus terasa sampai saat ini dan bahkan kemungkinan besar hingga beberapa waktu ke depan.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus yang sudah sampai ke banyak negara, sejumlah maskapai penerbangan dunia, termasuk di Indonesia, mengambil keputusan untuk menghentikan sementara penerbangan dari dan ke Wuhan.

Salah satunya United Airlines yang pada Selasa 4 Februari mengatakan akan menangguhkan layanan penerbangan Hong Kong, dan beberapa hari setelah itu mereka juga menangguhkan layanan penerbangan China saat penyebaran Virus Corona.

Dilansir CNBC, Rabu (5/2/2020), penangguhan akan dimulai pada 8 Februari dan akan berlangsung hingga 20 Februari. Tetapi masih ada kemungkinan lebih banyak perubahan yang mungkin akan dilakukan.

Lebih dari 20.000 kasus Virus Corona telah dilaporkan di seluruh dunia.

American Airlines

Ilustrasi American Airlines. (dok Bilaleldaou/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi American Airlines. (dok Bilaleldaou/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

"Kami akan terus memantau situasi yang berkembang dan membuat perubahan yang diperlukan untuk jadwal kami," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Penangguhan layanan penerbangan ke Hong Kong mengikuti langkah serupa yang diumumkan American Airlines.

Lusinan maskapai internasional memotong atau menghentikan layanan penerbangan mereka ke China karena virus itu.

American Airlines pada Selasa menghentikan layanannya di Hong Kong, menghentikan penerbangan ke dan dari Dallas / Fort Worth dan Los Angeles hingga 20 Februari dengan alasan penurunan permintaan ketika Virus Corona menyebar.

Penangguhan Layanan Penerbangan Maskapai Indonesia

Garuda Indonesia (Foto: AFP / Adek BERRY)
Garuda Indonesia (Foto: AFP / Adek BERRY)

Seperti dilaporkan beberapa waktu lalu, di Indonesia, beberapa maskapai penerbangan juga sudah menghentikan rute penerbangan ke China, termasuk maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia. Garuda menutup sementara rute penerbangan dari dan ke China guna mencegah penyebaran Virus Corona.

Hal tersebut dilakukan atas kebijakan pemerintah untuk menunda layanan penerbangan dari dan ke China yang resmi diberlakukan 5 Februari 2020.  Adapun rute yang ditutup sementara ialah rute yang melewati Beijing, Shanghai, Guangzhou, Zhengzhou dan Xi'an.

Sementara, penerbangan dari dan menuju Hongkong masih dilayani dengan pengawasan penuh bersama dengan otoritas terkait. Garuda juga turut memberlakukan kebijakan yang fleksibel untuk melakukan reschedule dan reroute bagi calon penumpang yang telah memesan tiket dari dan ke China.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Agar Berat Badan Setelah Diet Tetap Stabil Sampai Tua

Posted: 04 Feb 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dokter Umum dan juga selaku Medical Scientific PT Kalbe Farma Tbk Amanda Dianky mengatakan bahwa orang-orang yang telah berhasil menurunkan berat badan cenderung naik sekitar 25 persen di tahun pertama, dan terus naik hingga di tahun selanjutnya.

Menurutnya, cara-cara tertentu sangat perlu untuk diketahui dalam menjaga berat badan setelah berhasil menurunkannya.

"Yang pertama please make smart reason," kata Amanda. 

Alasan di baliknya harus kuat dan jelas. Beberapa contoh salah seperti yang dikatakan Amanda dalam acara To Be Healthy! Eat and Live Well! di KALCare Lotte Shopping Avenue ini adalah ingin diet karena ingin seperti cover majalah, ingin memakai baju tertentu, membuat suami senang, atau hanya ingin kurus saja. 

"Itu the wrong way," Amanda menekankan.

Amanda mengatakan mencari alasan yang benar seperti ingin diet karena sehat dapat menjadi alasan yang kuat. Pikirkan biaya yang harus dikeluarkan jika sakit, dan pastinya juga merepotkan banyak orang.

Selain itu, cara mendalam dengan riset dan penelitian untuk mempermudah menjaga berat badan seseorang dengan memeriksa gen. Blue print yang keluar akan menjelaskan tentang risiko seseorang terkena penyakit tertentu seperti diabetes, hipertensi, serangan jantung, dan obesitas.

Test ini juga dapat membaca seseorang dalam cocok atau tidaknya mengonsumsi bahan makanan tertentu.

"Saya ini enggak cocok loh makan tepung, loh saya itu enggak cocok makan nasi putih, tapi temennya cocok-cocok aja. Itu bisa keliatan semua di sini," Amanda menjelaskan.

Tips

Dokter Umum dan juga selaku Medical Scientific PT Kalbe Farma Tbk Amanda Dianky
Dokter Umum dan juga selaku Medical Scientific PT Kalbe Farma Tbk Amanda Dianky

Amanda menjelaskan, mencari alasan yang benar-benar medasar dapat mengunci diri dari naiknya berat badan setelah seseorang berhasil menurunkan berat badan.

"Yang kedua, keep rengage," ujar Amanda.

Setelah seseorang telah setelai menjalani masa programnya, biasanya mereka akan balas dendam. Amanda menyarankan untuk mencari dukungan, misalnya dengan bergabung pada grup komunitas tertentu untuk saling menyemangati dan saling berbagi.

Selain itu, dapat juga menggunakan aplikasi yang relavan seperti my fitness pal di playstore maupun appstore. "Zaman sekarang kan di handphone banyak. Gunakan aplikasi-aplikasi itu untuk mengontrol diri kita," katanya.

Dengan mengontrol, menghitung kalori dan energi yang diluarkan juga dapat membantu menjaga berat bada. Khusus menghitung energi yang keluar, Amanda menyarankan untuk menggunakan jam pintar.

"Selanjutnya, konsultasi," ujar Amanda. Dalam jurnal meta analisis yang dilakukan oleh 2,5 ribu orang yang diet, kemudian tetap dikontrol oleh nutrisionist, berat badannya akan stabil, namun jika tidak, kecenderungannya akan naik. 

Terakhir, fokus pada proses. Jangan hanya melihat timbangannya saja, tapi juga prosesnya. "Bandingkan dulu sebelum ikut program dan sekarang, karena enggak semua kesehatan dinilai dari beratnya aja. Rasain. Coba perhatikan kita lebih sering kena flu dulu apa sekarang (setelah diet)," pungkasnya.

 

Penulis: Lorenza Ferary

Simak Video Menarik Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Suhu Tubuh WNI dari Wuhan Stabil

Posted: 04 Feb 2020 08:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kesehatan WNI yang dievakuasi dari Wuhan dalam kondisi sehat. Mereka masih menjalankan observasi selama 14 hari di Natuna. Belum ditemukan suhu tubuh yang mencapai 38  derajat pada tubuh mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Pastikan Surpres dan Draf Omnibus Law Perpajakan Sudah di DPR

Posted: 04 Feb 2020 08:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, memastikan Surat Presiden (Surpres) dan draf mengenai Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Perpajakan sudah diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dengan demikian, nantinya RUU ini dapat segera dibahas oleh DPR.

"Sudah kami serahkan untuk Omnibus Law Perpajakan. Sesudah konsultasi waktu itu dengan Ibu Ketua DPR (Puan Maharani), dengan fraksi, dan tentu kita mengirimkan sesuai dengan mekanisme perundang-undangan yang biasa. Artinya kita kirimkan pada DPR di sekretariat DPR," kata dia di Jakarta, Rabu (5/2).

Sementara itu, untuk RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja sendiri masih berada di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian. Nantinya, dalam minggu ini baru akan diserahkan ke DPR.

"Yang cipta kerja, tadi Pak Airlangga kan menyampaikan masih dalam minggu ini," kata dia.

Bertemu Ketua DPR

Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan Kuliah Umum pada Upacara Wisuda Program Vokasi, Sarjana, Magister, Profesi, Spesialis dan Doktor Tahun Akademik 2019/2020 di Balairung UI, Depok, Sabtu (1/2/2020). Acara ini bersamaan dengan Peringatan Dies Natalis UI Ke-70. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan Kuliah Umum pada Upacara Wisuda Program Vokasi, Sarjana, Magister, Profesi, Spesialis dan Doktor Tahun Akademik 2019/2020 di Balairung UI, Depok, Sabtu (1/2/2020). Acara ini bersamaan dengan Peringatan Dies Natalis UI Ke-70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Bendahara Negara ini sudah bertemu dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani. Namun rupanya pertemuan tersebut bukan untuk menyerahkan draf RUU Omnibus Law.

Puan meminta pemerintah untuk segera menyelesaikan proses penyusunan draf tersebut agar omnibus law bisa segera dibahas di DPR.

"Untuk menyatakan prolegnas 2020 terkait omnibus law, pemerintah melalui Kementerian Keuangan dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan menyerahkan draf ke DPR," kata Puan usai pertemuan di Kantornya, Jakarta, Kamis (30/1).

Puan mengungkapkan, hal ini juga sejalan dengan permintaan Presiden Jokowi yang ingin DPR segera menyelesaikan pembahasan omnibus law. Namun, dia menyatakan hal itu baru dapat terlaksana jika draf dari pemerintah telah diterima.

"Jangan sampai menyalahi aturan. Kalau bisa secepat mungkin sesuai draf (omnibus law), apakah draf terkait pasal-pasal itu kemudian disosilisasikan dengan baik sehingga tidak ada kegaduhan," tegasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alasan Dirut LIMA Sebut SBY Bisa Jadi Pimpinan Oposisi

Posted: 04 Feb 2020 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti, menyebut Ketua Umum Partai Demokrat SBY bisa menjadi pemimpin oposisi pemerintah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pemotretan Elly Sugigi dan Aditya Gumelar Bak Prewedding, Kenakan Busana Senada

Posted: 04 Feb 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Elly Sugigi beberapa kali sempat menjadi sorotan publik. Tak hanya soal kariernya saja, akan tetapi kehidupan pribadi pelawak sekaligus aktris ini juga kerap curi perhatian.

Setelah beberapa waktu lalu wanita kelahiran 16 Oktober 1971 ini melakukan potong gigi serta syuting video klip bersama Aditya Gumelar. Kini keduanya kompak mengunggah foto bersama di akun Instagram masing-masing. Bahkan, Elly Sugigi dan Aditya Gumelar kompak menggunakan busana senada layaknya pasangan kekasih yang melakukan pemotretan prewedding.

Foto keduanya ini pun langsung jadi sorotan netizen. Tak sedikit pula dari mereka yang turut memberi komentar di akun Instagram masing-masing. Meski wanita 48 tahun ini kerap mendapatkan komentar negatif dari netizen, akan tetapi Elly Sugigi tak terlalu mempermasalahkannya.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (5/2/2020) berikut ini beberapa potret Elly Sugigi dan Aditya Gumelar saat melakukan pemotretan bak prewedding.

1. Keduanya kompak menggunakan busana berwarna merah pada pemotretan kali ini.

Elly Sugigi dan Aditya Gumelar (Sumber: Instagram/ellysugigi_real_)
Elly Sugigi dan Aditya Gumelar (Sumber: Instagram/ellysugigi_real_)

2. Keduanya kini diketahui tengah bekerja sama dalam sebuah lagu baru berjudul Tuhan Tau Aku Mencintaimu.

Elly Sugigi dan Aditya Gumelar (Sumber: Instagram/ellysugigi_real_)
Elly Sugigi dan Aditya Gumelar (Sumber: Instagram/ellysugigi_real_)

3. Layaknya prewedding, keduanya pun tampil memesona.

Elly Sugigi dan Aditya Gumelar (Sumber: Instagram/ellysugigi_real_)
Elly Sugigi dan Aditya Gumelar (Sumber: Instagram/ellysugigi_real_)

4. Elly Sugigi dan Aditya memang beberapa kali kerap menggunakan busana dengan warna senada.

Elly Sugigi dan Aditya Gumelar (Sumber: Instagram/ellysugigi_real_)
Elly Sugigi dan Aditya Gumelar (Sumber: Instagram/ellysugigi_real_)

5. Tak jarang pula keduanya terlihat bersama di hadapan publik.

Elly Sugigi dan Aditya Gumelar (Sumber: Instagram/ellysugigi_real_)
Elly Sugigi dan Aditya Gumelar (Sumber: Instagram/ellysugigi_real_)

6. Meski keduanya kerap mendapat komentar negatif dari netizen, akan tetapi baik Elly Sugigi maupun Aditya Gumelar tak terlalu mempedulikannya.

Elly Sugigi dan Aditya Gumelar (Sumber: Instagram/adityagumelar)
Elly Sugigi dan Aditya Gumelar (Sumber: Instagram/adityagumelar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Komplotan Pembantu Rampok Majikannya Sendiri Rp 4,25 Miliar

Posted: 04 Feb 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya membongkar aksi perampokan yang dilakukan secara berkomplot oleh asisten rumah tangga atau ART di rumah majikannya sendiri. Para pembantu itu beraksi saat sang majikan sedang liburan ke luar negeri.

Aksi perampokan itu dilakukan oleh lima orang tersangka, masing-masing berinsial TOM, YUL, PAR, SUA, dan WIS. Tiga di antaranya merupakan pembantu korban berinisial LN, seorang pengusaha kuliner di Jakarta Barat.

"TOM bekerja sebagai satpam di rumah korban, YUL (66) bekerja sebagai sopir, sedangkan WIS (27) pengasuh binatang peliharaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di kantornya, Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.

Komplotan perampok itu berhasil menggasak tiga koper berisi uang senilai Rp 4,25 miliar. Uang tersebut memang sengaja disiapkan untuk membayar gaji para karyawan yang bekerja di usaha kuliner milik LN.

Usai merampok, uang tersebut mereka bagi-bagi. Salah satu pelaku berinisial YUL mendapat jatah paling besar, yakni Rp 2,4 miliar karena merupakan dalang dari perampokan tersebut.

Berikut fakta-fakta perampokan yang dilakukan komplotan pembantu dihimpun Liputan6.com:

 

1. Beraksi saat Malam Tahun Baru

Ilustrasi Foto Perampokan dan Pembobolan. (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Perampokan dan Pembobolan. (iStockphoto)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus membeberkan identitas para pelaku, yakni TOM, YUL, PAR, SUA, dan WIS. Tiga dari lima tersangka merupakan asisten rumah tangga yang bekerja di rumah korban berinisial LN.

"TOM bekerja sebagai satpam di rumah korban. YUL (66), bekerja sebagai sopir. Sedangkan WIS (27) pengasuh binatang pemeliharaan," kata Yusri.

Yusri menjelaskan, YUL dalang dari perampokan ini mengajak dua teman tongkrongannya PAR dan SUA untuk ikut serta. Mereka pun beraksi pada malam tahun baru atau 31 Desember 2019 sekitar pukul 22.00 WIB.

Saat itu, pemilik rumah sedang ke luar negeri untuk merayakan liburan tahun baru di Amerika. Pelaku pun dengan leluasa menggasak seluruh uang miliaran yang tersimpan di salah satu ruangan rumah majikannya.

2. Ketahuan Sekretaris

Ilustrasi Foto Pencurian dan Pencongkelan Mobil (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Pencurian dan Pencongkelan Mobil (iStockphoto)

Yusri menyebut, yang dirampok adalah tiga koper berisi uang senilai Rp 4,25 miliar. Uang itu sengaja disiapkan untuk membayar gaji para karyawan yang bekerja di usaha kuliner milik LN.

"Pada saat kami minta keterangan korban, uang sengaja ditaruh untuk membayar gaji karyawan. Kebetulan korban saat itu sedang berlibur ke Amerika dan tak mau diganggu, akhirnya ditaruh di sana. Biar nanti sekertaris yang mengambil di rumahnya itu," ujar Yusri.

Yusri menerangkan, kasus ini terungkap setelah seorang sekretaris korban pada hari H hendak menyetorkan gaji karyawan. Bosnya, LN menyuruh mengambil koper yang berada di dalam kamar rumah. Ternyata, koper itu telah raib.

"Bos mengarahkan untuk mengumpulkan asisten rumah tangga. Salah satu asisten diambil dari yayasan jasa pengamanan. Sehingga Bosnya menghubungi yayasan yang bertanggung jawab untuk mengklarifikasi," ucap dia.

Yusri menuturkan, pada saat kejadian dua dari tiga karyawan yaitu YUL dan WIS masih bekerja. Sehingga, sekretaris LN menginterogasi adanya perampokan secara bersamaan.

"Pada saat itu tidak mengakui. Nah pada saat jam makan siang, keduanya izin keluar dan sekretaris tidak menaruh kecurigaan. Tapi ketika dikumpulkan kembali nggak muncul-muncul," ucap Yusri.

 

3. Pembagian Hasil Rampokan

Ilustrasi uang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Ilustrasi uang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Yusri menerangkan selang beberapa hari LN kembali ke Indonesia. Kasus ini kemudian dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

Yusri menerangkan, pihaknya menangkap TOM di Subang, Jawa Barat. Kemudian merembet ke tersangka lainya yaitu YUL, PAR, SUA, dan WIS.

"Kami tangkap di Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Terakhir di Purbalingga," kata dia.

Yusri menyebut, uang hasil rampasan dibagi sesuai kinerja masing-masing. YUL yang merupakan otak perampokan mendapat Rp 2,4 miliar. Kemudian TOM Rp 480 juta. Lalu, SUA kebagian Rp 900 juta. Sementara PAR kebagian Rp 580 juta, dan terakhir WIS, Rp 100 juta.

"Jadi mereka membagi-bagikan uang itu di rumahnya si WIS," ucap dia.

Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman paling lama tujuh tahun penjara.

 

4. Beli Mobil hingga Cicil Rumah

Mobil sejuta umat masih melekat pada Toyota Avanza
Mobil sejuta umat masih melekat pada Toyota Avanza

Menurut Yusri, salah seorang pelaku mendapatkan jatah lebih besar dibanding teman-teman yang lain. Dia adalah YUL, dalang dari perampokan.

"YUL yang terbesar. Yul menerima pada saat itu sekitar Rp 2,4 miliar," kata Yusri.

Kemudian, TOM memperoleh Rp 480 juta. Berikutnya PAR kebagian Rp 580 juta. Selanjutnya SUA mendapatkan Rp 900 juta. Terakhir jatah WIS sebesar Rp 100 juta.

"Uang itu dibagi-bagi di kediamannya SUA di Cileungsi Bogor," ucap dia.

Yusri menyebut, kelima tersangka pun menghabiskan uang hasil curian sebesar Rp 4,25 miliar dengan membeli barang-barang berharga. TOM, misalnya membeli beberapa telepon seluler (ponsel) bermerek.

"Dari Rp 480 juta kami berhasil amankan Rp 434 juta. Jadi dia belum belanja banyak," ucap dia.

Sementara PAR menghabiskan uang dengan membeli mobil Toyota Avanza, satu unit laptop, dan beberapa ponsel serta baju bermerek.

"Kedua dari PAR yang semula Rp 580 juta, kami temukan sisanya Rp 360 juta," ujar dia.

Sedangkan, SUA memanfaatkan uang hasil perampokan untuk mencicil rumah dan membeli satu unit mobil Xenia serta peralatan rumah tangga.

"SUA mengambil Rp 900 juta, tapi yang berhasil diamankan sekitar Rp 133 juta," terang dia.

Terakhir YUL membeli dua unit mobil dan beberapa ponsel. Dia membeli ponsel iphone keluaran terbaru. "Dari Rp 2,41 miliar berhasil diamankan 1,160 juta yang uang murni, tetapi di ATM masih ada sekitar 500 juta," terang Yusri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertambah 65 Orang, Pasien Virus Corona Meninggal di China Jadi 479

Posted: 04 Feb 2020 08:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jumlah korban meninggal dunia di Provinsi Hubei, China tengah, akibat Virus Corona bertambah 65 orang. Hingga Rabu (5/2/2020) pagi, jumlah pasien yang meninggal dunia menjadi 479.

Stasiun TV pemerintah China, melaporkan, terdapat 3.156 kasus baru yang terdeteksi di Hubei, yang menjadi pusat wabah virus corona. Angka itu menambah jumlah total di provinsi tersebut menjadi 16.678 kasus.

Ibu kota provinsi Hubei, Wuhan, yang diyakini sebagai tempat asal munculnya Virus Corona, melaporkan 49 kasus baru pada Selasa 4 Februari, naik dari 48 pada Senin 3 Februari, seperti dilansir Antara.

Sebanyak 362 orang di Wuhan dilaporkan meninggal dunia akibat Virus Corona.

Kasus baru terkonfirmasi di Wuhan melonjak hingga 1.967 pada Selasa, naik dari 1.242 pada hari sebelumnya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan virus seperti flu tersebut sebagai darurat global.

WNI di Singapura Terjangkit Virus Corona

Petugas karantina membenarkan kamera termografi ekstra untuk memantau para pelancong dari Wuhan China dan kota-kota lain di Bandara Internasional Narita, Narita, Tokyo, Kamis (23/1/2020). Jepang meningkatkan pengamanan untuk mewaspadai penyebaran virus corona asal China. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Petugas karantina membenarkan kamera termografi ekstra untuk memantau para pelancong dari Wuhan China dan kota-kota lain di Bandara Internasional Narita, Narita, Tokyo, Kamis (23/1/2020). Jepang meningkatkan pengamanan untuk mewaspadai penyebaran virus corona asal China. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Kasus orang terinfeksi Virus Corona di Singapura bertambah. Salah satunya adalah seorang warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Singapura. 

Ia dan majikannya sama-sama terkena Virus Corona. Majikannya adalah wanita berusia 28 tahun yang menjual produk kesehatan di Yong Thai Hang. Tempat itu kerap dikunjungi warga China.

 

Dilansir Channel News Asia, Selasa 4 Februari, wanita berusia 28 tahun itu melaporkan mengalami radang tenggorokan dan demam pada 29 Januari lalu. Ia sudah pergi ke RS Tan Tock Seng untuk diperiksa tetapi ia tak terdeteksi memiliki pneumonia.

Kasus positif Virus Corona lain dialami oleh WNI yang bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) di kediaman wanita yang bekerja di Yong Thai Hang tersebut. 

WNI itu merasakan gejala pada hari Minggu lalu dan pergi ke RS pada hari Senin. Ia dirawat di RS Umum Singapura.

Keterangan resmi dari KBRI Singapura menyebut pekerja migran itu berusia 44 tahun, namun identitasnya tak disebutkan.

Teman jualan dari wanita bekerja di Tong Thai Hang juga kena Virus Corona. Kasus baru lainnya adalah seorang pemandu wisata yang mengantar turis ke Yong Thai Hang.

Dua kasus lainnya adalah bagian yang baru saja dievakuasi dari Wuhan dan sedang dikarantina. Keduanya tidak menunjukan gejala namun ternyata positif mengidap Virus Corona pada Senin kemarin. 

Total orang yang kini kena Virus Corona kini ada 24 orang. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demokrat Sebut WNI Eks Simpatisan ISIS Wajib Diterima di Tanah Air

Posted: 04 Feb 2020 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah membahas tentang pemulangan 600 WNI mantan pengikut ISIS dari Timur Tengah ke Indonesia. Anggota Komisi III DPR dari fraksi Partai Demokrat Hinca Panjaitan mendukung langkah tersebut.

"Sebagai sebuah state (negara), maka siapa pun yang masih berstatus sebagai Warga Negara Indonesia itu wajib diterima di Tanah Air ini," kata Hinca kepada Merdeka, Rabu (5/1/2020).

Meski mendukung, Hinca memberi catatan khusus bagi pemerintah jika ingin memulangkan WNI eks simpatisan ISIS. Pertama, intelijen harus mampu melakukan threat assesment pada setiap WNI yang kembali. Ini guna mengukur tingkat radikal dari setiap WNI eks kombatan ISIS itu.

Kedua, pemerintah harus mengadakan kegiatan kontra-terorisme bagi WNI eks simpatisan ISIS. Salah satu isi kegiatan yakni WNI eks pengikut ISIS membuat video-video pendek berisi alasan mengapa mereka akhirnya memilih pulang.

"Mengapa video? Sederhana alasan saya. Dalam melakukan rekrutmen, kelompok teroris sering memakai sarana media sosial dalam bentuk video propaganda. Ingat, kejahatan terorisme saat ini tidak dimulai langsung dengan weapon system tapi pemerintah harus berpikir juga untuk membuat kontra-terorisme berbasis cyber warfare sebagai langkah preventif," jelas Hinca.

 

Demokrat Tidak Menolak

Ilustrasi ISIS (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi ISIS (Liputan6.com/Abdillah)

Hinca tak sependapat bila ada yang menolak WNI mantan simpatisan ISIS kembali ke Tanah Air. Apalagi jika ada yang menolak dengan alasan mengikuti kebijakan negara lain seperti Inggris dan Prancis. Menurut Hinca, geopolitik setiap negara berbeda-beda.

"Kita tahu tahun lalu Trump sempat memaksa negara-negara seperti Inggris, Perancis dan Jerman untuk membawa kembali eks kombatan ISIS untuk pulang. Namun ternyata tanggapan tiap negara berbeda, Perancis tidak mau memulangkan mereka sekaligus, mereka lakukan pemulangan berdasarkan kasus per kasus. Kalau Jerman, setahu saya mereka menyatakan bahwa WN yang diduga atau telah bergabung dengan ISIS masih memiliki hak untuk kembali," jelasnya.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan pemerintah saat ini masih mengkaji kemungkinan memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) yang pernah bergabung dengan ISIS di beberapa negara Timur Tengah ke Indonesia. Dia sempat menyampaikan ada sekitar 600 orang yang akan dipulangkan.

"Rencana pemulangan mereka itu belum diputuskan pemerintah dan masih dikaji secara cermat oleh berbagai instansi terkait di bawah koordinasi Menkopolhukam. Tentu ada banyak hal yang dipertimbangkan, baik dampak positif maupun negatifnya," katanya seperti dilansir dari situs resmi Kementerian Agama, Senin (3/2/2020).

Menurutnya, pembahasan terkait ini terus dilakukan. Ada sejumlah masukan dari berbagai pihak. Dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) misalnya, menggarisbawahi pentingnya upaya pembinaan jika eks ISIS ini akan dipulangkan.

Walaupun begitu, Fachrul mengungkapkan, proses pembinaan itu bukan hal mudah karena mereka adalah orang-orang yang sudah terpapar oleh idealisme yang sangat radikal.

"Kita akan terus upayakan langkah terbaik, dengan menjalin sinergi semua elemen masyarakat. Tidak hanya pemerintah, tapi juga LSM dan ormas keagamaan," jelasnya.

Kementerian Agama, dia menambahkan, di bawah kepemimpinannya juga akan terus menggerakkan penguatan moderasi beragama. Masyarakat terus diberi pemahaman keagamaan tentang pentingnya nilai-nilai moderasi dan toleransi. Sehingga, mereka tidak terus terjebak dalam pemahaman yang terlampau ekstrem, baik kiri berupa liberalisme-sekular, maupun kanan dalam sikap konservatisme-radikal.

"Semua kita ajak dan bina untuk mendekat pada titik gravitasi kesetimbangan, berupa moderasi beragama. Semoga, hal ini juga bisa dilakukan kepada para Eks ISIS jika mereka akan dipulangkan," tandasnya.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Kembali Periksa Wahyu Setiawan dan Saeful Bahri

Posted: 04 Feb 2020 08:32 PM PST

Mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Saeful Bahri  tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). eduanya diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Saeful Bahri tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). eduanya diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Saeful Bahri tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). eduanya diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Saeful Bahri  akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi oleh penyidik terkait kasus penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024 di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Saeful Bahri akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi oleh penyidik terkait kasus penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024 di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Saeful Bahri akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi oleh penyidik terkait kasus penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024 di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Saeful Bahri  akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi oleh penyidik terkait kasus penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024 di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Saeful Bahri akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi oleh penyidik terkait kasus penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024 di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Saeful Bahri akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi oleh penyidik terkait kasus penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024 di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Saeful Bahri  akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi oleh penyidik terkait kasus penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024 di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Saeful Bahri akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi oleh penyidik terkait kasus penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024 di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Saeful Bahri akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi oleh penyidik terkait kasus penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024 di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Allan Wangsa Meninggal Dunia, Warganet Ramai Ucapkan Belasungkawa

Posted: 04 Feb 2020 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka kali ini datang dari dunia hiburan. Presenter sekaligus Youtuber Allan Wangsa meninggal pada Selasa (5/1/20).

Kabar meninggalnya Allan Wangsa pertama kali disampaikan oleh rekannya, Fahmi Aditian, dalam Instagram storynya. Dalam keterangan Instagram storynya, Fahmi menuliskan ucapan belasungkawanya dan mengajak teman-teman untuk mendoakan sahabatnya tersebut. 

"Bunda aku kaget, tenang di sana yah bun."

"Innalillahiwainaillaihirajiun tenang di sana yah bunda, bunda udah gak sakit lagi sekarang. Kirim Al-Fatihah ya temen-temen buat bunda @allanwangsa," tulis Fahmi saat mendengar kabar kepergian Allan Wangsa.

Ucapan duka dari para sahabat

Sahabat Allan Wangsa, Fahmi Aditian mengucapkan belasungkawa.
Sahabat Allan Wangsa, Fahmi Aditian mengucapkan belasungkawa.

Kabar itu pun mendadak sontak membuat sahabat dari kalangan selebritas terkejut. Mereka ikut membanjiri akun Instagram Allan dengan ucapan belasungkawa. Mulai dari Tyas Mirasih, Aming, hingga Edric Tjandra.

"Rest in love my dear," tulis @tyasmirasih.

"Ini bnran g siiii?! Hoax apa gmn?" tanya Aming pada unggahan mengenai meninggalnya Allan Wangsa.

"Rest In Peace Allan semoga keluarga yg ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan," tulis @edrictjandra.

 

Warganet ungkap kesedihannya

Allan Wangsa meninggal dunia (https://www.instagram.com/p/Bpi6pB0gh2k/)
Allan Wangsa meninggal dunia (https://www.instagram.com/p/Bpi6pB0gh2k/)

Kabar duka ini juga membuat warganet terkejut. Setelah kabar tersebut tersebar, Meja Gunjing yang merupakan acara program yang dibawakan oleh Allan Wangsa langsung menjadi topik yang paling banyak dibicarakan di media Twitter. Warganet beramai-ramai ikut mengungkapkan rasa terkejutnya dan mengucapkan belasungkawa atas kepergian Allan Wangsa. 

 

Allan Wangsa meninggal di usia 31 tahun. Ia mulai dikenal ketika mengikuti reality show Big Brother Indonesia. Allan juga aktif membawakan acara sebagai presenter dan Youtuber. Sebelumnya, ia juga sempat menjalani ibadah umrah di Tanah Suci Makkah.

 

Penulis: 

Ulya Kaltsum 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pamela Anderson Bercerai Usai 12 Hari Menikah

Posted: 04 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan kelima Pamela Anderson dengan Jon Peters tidak bertahan lama. Mereka memutuskan untuk berpisah setelah 12 hari menikah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkumham: GMFKPPI Harus Mampu Jadi Mitra Pemerintah Dukung Program Pembangunan

Posted: 04 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Hukum, HAM dan Perundang-undangan (Menkumham) Yasona Laoly mengajak Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (GMFKPPI) untuk mendukung program pemerintah. Hal ini untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melahirkan pemimpin masa depan bangsa. 

"GMFKPPI sebagai organisasi perkumpulan yang resmi dan legal terdaftar di Kemenkumham serta sebagai organisasi binaan langsung TNI dan Polri harus mampu menjadi mitra pemerintah dalam mensukseskan program-program pembangunan nasional," ujar Yasona Laoly, Rabu (5/2/2020). 

Ketua Dewan Pertimbangan Pusat GMFKPPI, Ahmad Basarah menyampaikan pentingnya dukungan Pemerintah untuk mendukung tumbuh kembangnya organisasi GMFKPPI. Mengingat sejak kelahirannya telah berikrar setia dan menjadi garda terdepan mengawal Negara Pancasila. 

"GMFKPPI harus dibesarkan sebagai organisasi kader bangsa di mana anggota-anggota yang merupakan putra/putri purnawirawan TNI/Polri atau putraTNI/Polri aktif karena putra/putri TNI/Polri banyak berkiprah di berbagai bidang pengabdian termasuk aktif di berbagai partai politik," ujar dia.

Hadir dalam pertemuan tersebut Pengurus Pusat GMFKPPI, antara lain Ryanta Surbakti, Ary Garyanida , Agoes Soeryanto dan Dessy Silalahi.

Acara tersebut diakhiri dengan penyematan jaket GMFKPPI kepada Yasona Laoly sebagai tanda kesediaannya sebagai Dewan Pertimbangan Pusat GMFKPPI.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Perhiasan Nagita Slavina dari Raffi Ahmad Ini Harganya Ditaksir Fantastis

Posted: 04 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasangan seleb Raffi Ahmad dan Nagita Salvina memang dikenal sebagai pasangan romantis. Raffi dan Nagita yang menikah pada 2014 lalu ini kini tengah menikmati liburan keliling dunianya bersama Rafathar dan tim Rans Entertainment.

Memulai perjalanan sejak beberapa bulan yang lalu, Februari menjadi bulan yang spesial bagi keduanya. Hal ini lantaran Februari merupakan bulan kelahiran keduanya yaitu 17 Februari. Sebelum hari ulang tahunnya tiba, Raffi Ahmad menyiapkan kejutan untuk istri tercintanya.

Lewat video di channel YouTube miliknya, Raffi membagikan momen saat ia memberikan kejutan spesial kepada Nagita. Raffi ternyata memberikan kado sejumlah perhiasan indah. Kabarnya hadiah spesial itu harganya ditaksir hingga lebih dari Rp 50 juta.

Berikut ini 5 perhiasan dari Raffi Ahmad untuk Nagita Slavina, mulai dari cincin hingga anting yang dilansir dari channel YouTube Rans Entertainment oleh Liputan6.com, Rabu (5/2/2020).

1. Raffi Ahmad memberikan sebuah cincin bertabur berlian. Ternyata Nagita pernah mencoba cincin ini di toko beberapa waktu lalu dan akhirnya Raffi membelikannya.

Raffi Ahmad beri kejutan Nagita dengan memberikan perhiasan berlian dengan harga fantastis. (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)
Raffi Ahmad beri kejutan Nagita dengan memberikan perhiasan berlian dengan harga fantastis. (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)

2. Raffi juga memberikan sebuah bross handmade yang dihiasi dengan batu rubi dan bertabur batu emerald.

Raffi Ahmad beri kejutan Nagita dengan memberikan perhiasan berlian dengan harga fantastis. (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)
Raffi Ahmad beri kejutan Nagita dengan memberikan perhiasan berlian dengan harga fantastis. (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)

3. Cincin dihiasi dengan dua mata berlian kecil ini ditaksir senilai Rp 10,9 juta dan menjadi perhiasan favorit Nagita karena bentuknya yang unik.

Raffi Ahmad beri kejutan Nagita dengan memberikan perhiasan berlian dengan harga fantastis. (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)
Raffi Ahmad beri kejutan Nagita dengan memberikan perhiasan berlian dengan harga fantastis. (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)

4. Tak hanya itu, Raffi juga memberikan kalung liontin inisial 'R' yang harganya ditaksir sekitar Rp 9,4 juta.

Raffi Ahmad beri kejutan Nagita dengan memberikan perhiasan berlian dengan harga fantastis. (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)
Raffi Ahmad beri kejutan Nagita dengan memberikan perhiasan berlian dengan harga fantastis. (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)

5. Perhiasan unik selanjutnya yaitu anting. Nagita mengaku terkesan karena bentuknya yang unik dan sederhana. Anting ini ditaksir seharga Rp 28,7 juta.

Raffi Ahmad beri kejutan Nagita dengan memberikan perhiasan berlian dengan harga fantastis. (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)
Raffi Ahmad beri kejutan Nagita dengan memberikan perhiasan berlian dengan harga fantastis. (Sumber: YouTube/Rans Entertainment)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Impor dari China Disetop, Harga Bawang Putih Meroket

Posted: 04 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah melakukan penghentian impor beberapa barang tentu dari China. Hal ini terkait wabah Coronavirus yang tengah menjangkiti China. Walhasil, hal ini turut mempengaruhi naiknya harga bahan pangan. Salah satunya bawang putih.

Warsih, pedagang bawang putih, mengaku harga bawang putih naik sejak maraknya pemberitaan wabah Coronavirus.

"Bawang naik, mungkin kemarin ramai masalah penyakit Corona," ujarnya di Pasar Gondangdia, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Dia memperkirakan lonjakan harga bawang putih mencapai sekitar dua kali lipat lebih.

"Sekarang bisa sampai Rp 60 ribu lebih, kalau sebelumnya cuma Rp 25 ribu-Rp 30 ribu saja," terang Warsih. 

Diakui Warsih, kini bawang putih sepi pembeli akibat dari lonjakan harga yang tinggi.

Warsih berharap pemerintah bisa mengatasi hal ini agar masyarakat bisa membeli bawang putih dengan harga yang terjangkau.

 

Pedagang Lainnya

Bawang putih. (iStockphoto)
Bawang putih. (iStockphoto)

Nasib yang sama juga dialami Pur, seorang penjual bawang putih yang lokasinya tak jauh dengan Warsih. Ia mengeluhkan tingginya kenaikan harga bawang putih.

"Sekarang yang paling kelihatan pedagang bawang putih, sampai seratus persen lebih," paparnya.

Ditemui di tempat yang sama, Lastri, seorang ibu rumah tangga yang sering berbelanja di pasar tersebut, mengeluh karena bawang putih melonjak tinggi.

Padahal menurut dia, komoditas itu kerap dibutuhkan oleh ibu rumah tangga sebagai bumbu dapur yang pokok.

"Iya nih Mas, mahal banget. Dari bulan Januari-lah, apalagi bawang ini kan bumbu wajib," keluh dia.

Kini Lastri memilih untuk mengurangi jumlah pembelian bawang putih akibat dari kenaikan harga yang tinggi.

"Sekarang mesti diirit-irit. Biasanya beli bawang seminggu setengah kilo, sekarang seperempat kilo karena mahal," katanya.

Lastri juga berharap pemerintah bisa mengendalikan harga komoditas tersebut.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Ginjal, Penyakit yang Diidap Presenter Allan Wangsa

Posted: 04 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyebab meninggalnya presenter Allan Wangsa terungkap. Fahmi Aditian, sahabat dekat Allan Wangsa, membeberkan jika pria yang dikenal berkat tayangan variety show Big Brother Indonesia itu meninggal dunia karena sakit.

Dikatakan Fahmi, penyakit yang diidap Allan Wangsa cukup serius. Allan Wangsa, yang belakangan memilih menjalani profesi sebagai konten kreator dan YouTuber, cukup lama mengidap penyakit ginjal.

Allan Wangsa juga diketahui sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit karena penyakit ginjalnya itu. Hanya saja, penyakit yang menyerang Allan Wangsa sudah cukup parah.

"Yang aku tahu sudah masuk stadium empat (penyakit ginjal Allan Wangsa)," kata Fahmi Aditian kepada pewarta di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

 

 

 

Tak Mau Cuci Darah

Allan Wangsa 'Big Brother' (Sumber: Insatgaram/allanwangsa)
Allan Wangsa 'Big Brother' (Sumber: Insatgaram/allanwangsa)

Salah satu upaya penyembuhan bagi penderita penyakit ginjal adalah cuci darah. Akan tetapi, Allan Wangsa memilih untuk tak menjalankan proses cuci darah itu.

 

 

 

 

Pilih Menikmati Hidup

Allan Wangsa meninggal dunia (https://www.instagram.com/p/Bpi6pB0gh2k/)
Allan Wangsa meninggal dunia (https://www.instagram.com/p/Bpi6pB0gh2k/)

"Memang sudah harus cuci darah, tapi Beliau enggak mau. Dia mau menikmati hidupnya aja, maksudnya mau jalani hidup kayak orang sehat," kata dia.

 

Takut Makin Drop

Allan Wangsa meninggal dunia (https://www.instagram.com/p/Bpi6pB0gh2k/)
Allan Wangsa meninggal dunia (https://www.instagram.com/p/Bpi6pB0gh2k/)

Alasan Allan Wangsa menolak cuci darah, dituturkan Fahmi, karena ia takut tubuhnya semakin menurun dan tak bisa bebas beraktivitas. "Aku sebagai teman lihat orang kalau cuci darah pasti jadi drop. Dia enggak mau ya aku support saja," Fahmi membeberkan.

 

 

 

Jalan-Jalan

Potret perubahan Allan Wangsa
Potret perubahan Allan Wangsa

Allan Wangsa benar-benar menjalani apa yang diinginkannya. Meski sakit ginjal, ia tetap menikmati hidupnya dengan bepergian keluar negeri. "Ya sudah dia menikmati hidupnya. Jalan-jalan ke luar negeri sendirian, terus kemarin sempat umrah," Fahmi mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Galaxy A01 Siap Debut, Harga Rp 1,6 Jutaan

Posted: 04 Feb 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang akhir tahun lalu, Samsung diam-diam memperkenalkan Galaxy A01. Namun ketika itu, perusahaan tidak mengungkap lebih lanjut mengenai jadwal rilis dan harga dari smartphone.

Kendati demikian, berdasarkan laporan terbaru, Galaxy A01 ternyata akan memulai debutnya di Vietnam. Dikutip dari Phone Arena, Rabu (5/2/2020), smartphone ini sudah hadir di situs resmi Samsung Vietnam.

Smartphone ini hadir dengan tiga pilihan warna, yakni hitam, biru, dan merah. Dari informasi yang diberikan Samsung, Galaxy A01 dibanderol dengan harga 2.790.000 dong vietnam atau sekitar Rp 1,6 Juta.

Rencananya, smartphone ini akan dipasarkan mulai 6 Februari 2020 dan kemungkinan baru setelahnya hadir di pasar lain. Perlu diketahui, Galaxy A01 memiliki layar dengan desain infinity V dan berukuran 5,7 inci.

Smartphone ini dibekali dengan Snapdragon 439, RAM 2GB dan memori internal 16GB. Hadir dengan dua kamera belakang yang masing-masing beresolusi 13MP dan 2MP, Galaxy A01 hadir dengan kamera depan 5MP.

Sebagai penunjang performanya, Samsung membenamkan baterai berkapasitas 3.000mAh. Seemntara untuk softwarenya, Galaxy A01 menjalankan One UI 2.0 berbasis Android 10.

Samsung Bakal Hadirkan Galaxy A51 versi 5G

Samsung akan membuka pre-order Galaxy A51 pada 10 Januari 2020 (sumber: Samsung)
Samsung akan membuka pre-order Galaxy A51 pada 10 Januari 2020 (sumber: Samsung)

Selain Galaxy A01, Samsung juga dilaporkan tengah menyiapkan versi Galaxy A51 versi 5G. Dikutip dari GSM Arena, Minggu (12/1/2020), varian 5G ini nantinya akan dirilis untuk pasar Korea Selatan dalam waktu dekat.

Menurut laporan, perangkat baru ini memiliki nomor model SM-516N. Huruf N di nomor model biasanya untuk menunjukkan perangkat 5G untuk pasar Korea Selatan.

Untuk diketahui, nomor model untuk Galaxy A51 sendiri adalah SM-A515F. Menilik kesamaan nomor model itu, banyak pihak menyebut perangkat yang akan dirilis ini merupakan Galaxy A51 versi 5G.

Terlebih, Samsung pernah melakukan serupa dengan Galaxy Note 10. Sekadar informasi, nomor model Galaxy Note 10 biasa adalah SM-N970F, sedangkan nomor model untuk Galaxy Note 10 5G adalah SM-N917N.

Kabarnya, versi Galaxy A51 yang mendukung 5G ini memiliki memori internal 128GB. Selain itu, besar kemungkinan chipset yang digunakan akan diganti, mengingat yang digunakan di Galaxy A51 belum mendukung jaringan 5G.

Ada beberapa kemungkinan yang dapat dipakai Samsung, yakni menggunakan chipset Exynos 980 yang sudah mendukung 5G atau menyematkan modem Exynos 5G 5100 di perangkat yang ada saat ini. 

Kemungkinan lain Galaxy A51 menggunakan chipset 5G MediaTek, yaitu Dimensity 1000 5G atau 800 5G, mengingat kedua perusahaan dilaporkan sedang melakukan penjajakan kerja sama.  

Spesifikasi Samsung Galaxy A51

Bodi depan Galaxy A51 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Bodi depan Galaxy A51 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Untuk spesifikasi, Galaxy A51 memiliki layar 6,5 inci. Untuk pasar Indonesia, Samsung kemungkinan besar hanya menghadirkan varian RAM 6GB dan memori 128GB. 

Sebagai pendukung keamanannya, smartphone ini juga dibekali fitur face recognition dan on-screen fingerprint. Performa Galaxy A51 ditopang baterai 4.000mAh dengan fitur fast charging 15W.

Beralih ke sektor kamera, Galaxy A51 mempunyai empat kamera belakang. Keempat kamera belakang itu disusun dalam sebuah kotak beserta LED flash.

Adapun masing-masing lensa beresolusi 48MP (lensa utama), 5MP (depth sensor), 5MP (macro), dan 12MP (ultra-wide). Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 32MP.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi Bengkulu, Jokowi Akan Resmikan Monumen Fatmawati

Posted: 04 Feb 2020 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Kota Bengkulu, Rabu (5/1/2020). Jokowi di agendakan meresmikan Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Fatmawati Soekarno.

Pantauan merdeka.com, Jokowi tiba di Bandar Udara Fatmawati Soekarno pada pukul 10.00 WIB. Jokowi mengenakan batik coklat lengan panjang.

Kunjungan kepala negara ke Bengkulu ditemani Ketua DPR RI Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Sosial Juliari Batubara.

Jokowi akan meresmikan Monumen Pahlawan Nasional Fatmawati di Jalan Simpang Lima, Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu.

Dalam perjalanan menuju lokasi tersebut, Jokowi dan rombongan disambut oleh warga Bengkulu yang didominasi anak sekolah. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga sempat membagikan buku.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karena Virus Corona, Laga 4 Klub China di Liga Champions Asia Ditunda

Posted: 04 Feb 2020 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memutuskan menunda pertandingan-pertandingan yang melibatkan klub-klub China di ajang Liga Champions Asia 2020. Hal ini disebabkan lantaran tengah merebaknya virus korona.

Seperti dikutip National.ae, keputusan ini sendiri diambil dalam pertemuan para petinggi AFC di markas mereka di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (4/2/2020).

Seperti diketahui, virus korona terus menyebar ke berbagai belahanan dan mengancam semua orang. Pertama kali, virus ini diketahui berasal dari Wunan, China.

Sebelumnya, ada empat klub asal China: Guangzhou Evergrande, Shanghai Shenhua, Beijing FC dan Shanghai SIPG yang akan memainkan tiga laga awal mreka di luar China.

Namun, AFC akhirnya memindahkan jadwal tersebut ke bulan April atau Mei. Meski begitu, jadwal masih bisa berubah, tergantung perkembangan penanganan virus korona. Pertandingan masih mungkin dimainkan 21 hari sejak tanggal disebutkan.

"Jika pertadingan diputuskan tidak bisa dimainkan atau ditunda, klub tuan rumah harus memilih tempat netral setidaknya 14 hari sebelum pertandingan," demikian pernyataan dari AFC.

Fase Knock Out

Untuk fase knock out sendiri telah dijadwalkan pada tanggal 16-17 Juni untuk pertandingan pertama, dan 23-24 Juni untuk pertandingan kedua.

Namun, AFC menyatakan masih akan memantau kondisi terkini terkait wabah virus korona. Bisa saja jadwal itu diundur lagi.

"Kita semua sedang dalam kondisi yang sulit dan mencari solusi untuk bisa memainkan sepak boladengan aman. Tidak hanya untuk pemain, tapi juga untuk ofisial, fans, dan stakeholder lainnya," ujar Sekjen AFC, Dato Windsor John.

 

Liga Super China Ditunda

Tidak seperti di Liga Inggris, Shanghai Shenhua Qin Sheng (26) dihukum enam bulan setelah menginjak bintang Tianjin Quanjian Axel Witsel. (SCMP)
Tidak seperti di Liga Inggris, Shanghai Shenhua Qin Sheng (26) dihukum enam bulan setelah menginjak bintang Tianjin Quanjian Axel Witsel. (SCMP)

Sementara itu, Federasi Sepak Bola China (CFA) sendiri sudah memutuskan untuk menunda Liga Super China 2020, yang sedianya digelar mulai 22 Februari hingga 31 Oktober 2020.

Namun, dengan adanya virus korona ini belum diketahui kapan kompetisi sepak bola kasta paling tinggi di China ini akan digelar.

Demi Keamanan

Dalam keterangannya, CFA menyebut mereka menghentikan sementara semua kompetisi sepak bola yang berskala nasional di negeri mereka, di semua level.

Hal ini dilakukan untuk mencegah dan mengontrol penyebaran virus korona dan juga untuk melindungi kesehatan fans, media, pemain, pelatih, ofisial, dan pihak-pihak yang terlibat.

Saksikan Video Liga Champions Asia di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona, Tak Hanya Bawa Penyakit Tapi Juga Rasisme

Posted: 04 Feb 2020 08:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona yang mematikan telah menyebar ke seluruh dunia. Tak hanya membawa penyakit, virus itu juga membawa xenophobia (ketidaksukaan atau ketakutan terhadap orang-orang dari negara lain, atau yang dianggap asing).

Alhasil, hal itu membuat komunitas-komunitas Asia di seluruh dunia menjadi tunduk dan ketakutan.

Salah satu contohnya adalah Rhea Liang, seorang ahli bedah di Australia mengalami pengalaman rasisme ini. Seorang pasien menolak menjabat tangannya.

Ketika Liang menulis pengalamannya melalui akun Twitternya, tanggapannya cukup mengejutkan. Faktanya, tak hanya ia yang mengalami hal tersebut. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (4/2/2020). 

Menurut laporan, terdapat lonjakan  retorika anti-China yang ditujukan pada orang-orang Asia. Hal ini terjadi terlepas dari apakah mereka pernah mengunjungi pusat epidemi Virus Corona dan melakukan kontak dengan virus atau tidak.

Turis-turis China dilaporkan telah diludahi di kota Venesia, Italia. Sebuah keluarga di Turin dituduh membawa penyakit itu, dan para ibu di Milan telah menggunakan media sosial untuk menyerukan agar anak-anak mereka dijauhkan dari teman sekelasnya yang merupakan ras China.

Di Kanada, seorang pria kulit putih difilmkan berbicara kepada seorang wanita Tionghoa-Kanada dan mengatakan: "Anda menyebarkan Virus Corona."

Di Malaysia, sebuah petisi untuk "melarang orang China memasuki negara tercinta" menerima hampir 500.000 tanda tangan dalam satu minggu.

Insiden-insiden itu merupakan bagian dari apa yang dideskripsikan oleh Sekolah Tinggi Kedokteran Darurat Australasia sebagai "informasi yang salah", yang katanya memicu "profil rasial" di mana "asumsi yang sangat menyedihkan dibuat tentang orang-orang 'China' atau mereka yang 'berpenampilan Asia'".

Kerap Terjadi

Ilustrasi mengenakan masker untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh | unsplash.com/@anikolleshi
Ilustrasi mengenakan masker untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh | unsplash.com/@anikolleshi

Penyakit mewabah telah lama disertai dengan kecurigaan terhadap orang asing. Misalnya, imigran Irlandia yang menjadi sasaran dalam kepanikan Mary Typhoid tahun 1900-an. Selain itu, Amerika hingga penjaga perdamaian Nepal dituduh membawa kolera ke Haiti yang dilanda gempa dalam dekade terakhir.

"Ini adalah fenomena umum," kata Rob Grenfell, direktur kesehatan dan biosekuriti untuk sains dan lembaga penelitian Australia CSIRO.

"Dengan wabah dan epidemi sepanjang sejarah manusia, kami selalu berusaha menjelek-jelekkan himpunan bagian tertentu dari populasi," katanya, membandingkan perilaku itu dengan 1.300-an orang Eropa abad pertengahan yang dilanda wabah, tempat orang asing dan kelompok agama sering disalahkan.

"Tentu itu muncul di China," katanya tentang virus corona, "tapi itu bukan alasan untuk benar-benar menjelek-jelekkan orang China."

Claire Hooker, seorang dosen kesehatan di University of Sydney, mengatakan tanggapan dari pemerintah mungkin bisa menambah prasangka.

Menurut Hooker, penelitian di Toronto tentang dampak sindrom pernafasan akut yang parah, atau SARS - wabah koronavirus global lainnya pada tahun 2002 - menunjukkan dampak sentimen xenofobik yang seringkali bertahan lebih lama daripada ketakutan kesehatan masyarakat.

"Meskipun mungkin ada penghentian bentuk langsung rasisme ketika berita tentang penyakit ini mereda, dibutuhkan sedikit waktu untuk pemulihan ekonomi dan orang-orang terus merasa tidak aman," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Sebabkan Timnas Putri China Latihan di Koridor Hotel

Posted: 04 Feb 2020 08:21 PM PST

Liputan6.com, Sydney - Timnas putri Tiongkok turut terkena imbas wabah virus Corona. Para pemain tidak dapat berlatih dengan sesuai rencana.

Seperti dilansir Guardian, timnas putri Tiongkok terpaksa berlatih di koridor hotel. Mereka telah berada dalam isolasi sejak tiba akhir pekan lalu di Sydney.

Pihak berwenang mengkarantina timnas putri Tiongkok akibat wabah virus Corona. Mereka diketahui pernah berlatih di Wuhan, daerah tempat virus Corona pertama kali muncul.

Timnas putri Tiongkok dijadwalkan melakoni sejumlah partai kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo. Pada Jumat, (7/2/2020) mereka dijadwalkan berhadapan dengan Thailand, lalu Taiwan, Senin (10/2/2020) dan tuan rumah, Australia, Rabu (13/2/2020).

Timnas putri Tiongkok sendiri datang ke Sydney tanpa pemain andalannya, Wang Shuang. Sang pemain dilarang datang ke Australia karena pernah ke Wuhan saat tahun baru Imlek.

Pertandingan kualifikasi Olimpiade itu semula dijadwalkan berlangsung di Wuhan dengan Tiongkok sebagai tuan rumah. Namun wabah virus corona membuat otoritas setempat memberlakukan peraturan khusus.

Otoritas Tiongkok meminta warga tidak bepergian dari dan ke Wuhan. Itu dilakukan demi memperlambat virus corona yang sudah terlanjur menyebar.

 

Dipindah ke Sydney

Timnas putri Tiongkok. (AFP/Loic Venance)
Timnas putri Tiongkok. (AFP/Loic Venance)

Karena faktor itulah, otoritas sepak bola Australia (FFA) meminta pertandingan dipindah ke Sydney.

"Keselamatan para pemain, ofisial dan fans adalah yang terpenting bagi FFA dan Konfederasi Sepak bola Asia (AFC)," kata Chris.

"Kami percaya diri akan sukses menjadi tuan rumah di Sydney," katanya menambahkan.

Bisa Menular

Di sisi lain, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri telah merilis pedoman untuk deteksi diagnostik virus pada hari Jumat 17 Januari, sambil mengkonfirmasi kecurigaan bahwa penyakit tersebut dapat menyebar dari satu orang ke orang lainnya

"Jelas bahwa setidaknya ada beberapa penularan dari manusia ke manusia dari bukti yang kami miliki, tetapi kami tidak memiliki bukti jelas yang menunjukkan bahwa virus telah memperoleh kapasitas untuk menularkan di antara manusia dengan mudah," kata Dr Takeshi Kasai, direktur regional WHO untuk pasifik barat, dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1 2020 Dipastikan Tak Ganggu Agenda Timnas Indonesia

Posted: 04 Feb 2020 08:20 PM PST

Jakarta- PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjanjikan jadwal Liga 1 2020 tak akan mengganggu agenda Timnas Indonesia. Penyesuaian juga akan dilakukan terkait adanya bulan suci Ramadan dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Sebagai operator kompetisi Liga 1 2020, PT LIB telah mengirimkan draft jadwal kepada 18 tim. Adapun, sepak mula disepakati pada 29 Februari 2020 dan berakhir 31 Oktober mendatang.

"Sepak mula Liga 1 2020 sudah ditentukan pada 29 Februari mendatang. Dengan harapan supaya lebih optimal dan menghasilkan pemain yang lebih siap untuk Timnas Indonesia," ujar Cucu Somantri, Direktur PT LIB di Kantor PT LIB, Menara Mandiri 2, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

"Selama ini, banyak klub yang keberatan melepas pemain ke Timnas Indonesia karena alasan kelelahan dan sebagainya. Maka dari itu, kompetisi kami majukan menjadi akhir Februari. Jadwal Liga 1 2020 juga kami sesuaikan dengan agenda Timnas Indonesia," imbuh Cucu.

Cucu juga telah merancang sedetail mungkin agar kompetisi dapat rampung pada Oktober 2020. Pasalnya, Timnas Indonesia akan berkiprah di Piala AFF pada November mendatang.

"Saat Piala AFF, kompetisi juga sudah selesai. Selama ini klub menjadikan alasan tak mau melepas pemain ke Timnas Indonesia, terutama saat pemusatan latihan, karena masih bermain di kompetisi dan lain-lain," jelas pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PSSI itu.

"Kami sudah koordinasi dengan PSSI. Itulah mengapa saya rangkap jabatan di PT LIB. Saya kan juga Wakil Ketua PSSI. Tak akan jadwal kompetisi mengganggu agenda Timnas Indonesia," terangnya.

 

Sinkronisasi ke Banyak Kegiatan

Rapat PT LIB di Menara Mandiri 2, Senayan, Jakarta, Selasa (4/1/2020). (Bola.com/Muhammad Adiyaksa)
Rapat PT LIB di Menara Mandiri 2, Senayan, Jakarta, Selasa (4/1/2020). (Bola.com/Muhammad Adiyaksa)

Selain dengan agenda Timnas Indonesia, PT LIB juga mempertimbangkan banyak kegiatan dalam menyusun draft jadwal Liga 1 2020. Termasuk ketika kompetisi memasuki bulan Ramadan dan masa Pilkada.

"Dalam menyusul jadwal, kami membuat sedemikian rupa dan mengaitkan ke banyak hal. Kami tahu agenda besarnya selain kompetisi. Ada FIFA Matchday, bulan Ramadan, Pikada, dan lain-lain," imbuh Direktur Operasional PT LIB, Sujarwo.

"Kami coba sinkronisasi semuanya. Sementara kami juga berkoordinasi dengan Polri. Jadilah draft jadwal itu terbit. Prinsip kami, membuat jadwal tak tutup mata. Kami mendengar saran semua pihak, dari unsur klub terutama," kata Sujarwo.

Disadur dari Bola.com (penulis M Adiyaksa/Editor Gregah Nurikhsani, Published 5/2/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: