Kamis, 09 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Riezky Aprilia: Saya Tak Tahu Apa-Apa soal Kasus Komisioner KPU Wahyu Setiawan

Posted: 09 Jan 2020 11:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anggota DPR PDIP yang namanya disebut-sebut dalam kasus suap melibatkan Komisioner KPU Riezky Aprilia, mengaku tidak tahu masalah pergantian antar waktu (PAW) yang memicu suap tersebut. Riezky merupakan caleg Sumsel I pengganti Nazaruddin Kiemas yang meninggal. Namun, DPP ingin Riezky diganti tersangka Harun Masiku (HAR).

"Saya enggak tahu apa-apa. Saya baru pulang reses," ujarnya di lokasi Rakernas PDIP di JIExpo, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Riezky turut hadir dalam Rakernas PDIP. Dia terlihat berusaha menghindari wartawan yang meminta komentar terkait kasus tersebut. 

"Bukan gak mau nanggepin wartawan. Saya enggak ngerti apa-apa. Dan saya prinsipnya ikut perintah partai," kata dia.

Riezky juga mengaku tidak tahu ada gugatan dari PDIP untuk menggantikan dirinya sebagai anggota DPR. "Tidak tahu," ucapnya.

Diberitakan, KPK menetapkan Komisioner KPU Wahyu Setiawan (WSE) sebagai tersangka suap pengurusan Pergantian Antarwaktu (PAW) anggota DPR. Meski kalah jumlah suara di Pemilu 2019, eks Caleg PDIP Harun Masiku (HAR) ingin dilantik dengan cara menyuap Wahyu. Untuk muluskan niat jahat itu, Wahyu diduga meminta Rp 900 juta.

Kronologi

Kasus ini bermula ketika almarhum Nazarudin Kiemas di Dapil Sumsel I menang sebagai anggota DPR. Karena sudah meninggal, suara kedua terbanyak yakni Riezky Aprilia yang dilantik jadi anggota legislatif oleh KPU. Nah, dari sini 'mengakali' proses demokrasi hendak dilakukan Wahyu dan Harun.

"Persekongkolan antara oknum penyelenggara pemilu dengan politisi dapat disebut sebagai pengkhianatan terhadap proses demokrasi yang telah dibangun dengan susah payah dan biaya yang sangat mahal," kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat jumpa pers di KPK, Kamis (9/1/2020).

Awal Juli 2019, salah satu pengurus DPP PDIP yang masih misterius, memerintahkan Doni (DON), seorang pengacara, mengajukan gugatan uji materi Pasal 54 Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara. Pengajuan gugatan materi ini terkait dengan meninggalnya Nazarudin Kiemas pada Maret 2019 (satu bulan sebelum pencoblosan).

Gugatan Doni kemudian dikabulkan Mahkamah Agung (MA) pada 19 Juli 2019. MA menetapkan partai adalah penentu suara dan pengganti antarwaktu (PAW). Penetapan MA ini kemudian menjadi dasar PDIP berkirim surat kepada KPU untuk menetapkan Harun sebagai pengganti caleg yang meninggal tersebut.

Namun, 31 Agustus 2019, KPU menggelar rapat pleno dan menetapkan Riezky Aprilia sebagai pengganti Nazarudin Kiemas, bukan Harun seperti keinginan PDIP.

Selanjutnya, 13 September 2019, PDIP kembali mengajukan permohonan fatwa MA dan pada 23 September mengirimkan surat kepada KPU berisi penetapan caleg. Saeful (SAE) yang ditulis sebagai pihak swasta oleh KPK, menghubungi Agustiani Tio Fridelina (ATF), orang kepercayaan Wahyu yang juga mantan Caleg PDIP dan melakukan lobi untuk mengabulkan Harun sebagai PAW.

Selanjutnya, Agustiani mengirimkan dokumen dan fatwa MA yang didapat dari Saeful kepada Wahyu untuk membantu proses penetapan Harun.

"WSE menyanggupi membantu dengan membalas 'Siap, mainkan!" lanjut Lili menjelaskan kronologi kasus ini.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reza Artamevia Hingga Didi Kempot Ramaikan Berdendang Bergoyang Festival

Posted: 09 Jan 2020 11:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sederet artis kenamaan Tanah Air akan meramaikan festival musik Berdendang Bergoyang Festival. Festival musik tersebut akan dihelat selama dua hari pada 1-2 Februari 2020.

Ini merupakan kali ketiga Berdendang Bergoyang Festival digelar setelah sukses dalam dua helatan sebelumnya.

Berdendang Bergoyang Festival kali ini akan menampilkan Reza Artamevia, Igor Saykoji, hingga Didi Kempot.

Nama Reza Artamevia menjadi salah satu penyanyi yang tidak pernah absen dalam Berdendang Bergoyang Festival. Tentu hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Reza Artamevia.

 

Malu

Reza Artamevia (Foto: Surya Hadiansyah)
Reza Artamevia (Foto: Surya Hadiansyah)

"Alhamdulillah saya sendiri takjub dan merasa sangat bersyukur dan berterima kasih. ada sedikit malu juga maksudnya disebut-sebut terus tapi yang pasti saya senang banget berarti musik saya dan rekan-rekan saya alhamdulillah bisa lintas generasi dan genre," kata Reza Artamevia, di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Kamis (9/1/2020).

 

Harapan Besar

Doa Bersama Dan Festival Seni Budaya Satukan Doa Menuju Kemenangan (Nurwahyunan/Fimela.com)
Doa Bersama Dan Festival Seni Budaya Satukan Doa Menuju Kemenangan (Nurwahyunan/Fimela.com)

Igor Saykoji, yang juga merupakan salah satu pengisi acara tersebut menaruh harapan besar atas terselenggaranya acara Berdendang Bergoyang Festival.

 

Ke Daerah Lain

"Saya berharap semoga semakin banyak festival musik yang mengangkat talent lokal dan kalau misalnya bisa justru melebarkan sayap ke daerah Indonesia lainnya. Mungkin bisa dibilang daya beli mereka nggak kalah sama ibukota," kata Igor Saykoji.

 

Konsep Baru

Di tahun ini, Berdendang Bergoyang Festival hadir lebih besar dan mengajak lebih banyak orang lagi untuk merasakan nikmatnya berdendang dan bergoyang bersama. BB Fest 2020menawarkan konsep baru yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

 

2 Hari

Hari pertama akan dilaksanakan pada 1 Februari 2020 dengan line up artis Kahitna, Naif, Reza Artamevia, Didi Kempot, Kunto Aji, Efek Rumah Kaca, Project Pop, Hivi!, Once Mekel, Shaggy Dog, Nidji, Elephant Kind, Feel Koplo, Saykoji, Neo, Barakatak, Bam Mastro, Reality Club, Kurosuke, Dizkorea & Spinning Berdua.

 

Total 40 Artis

Sedangkan, hari kedua akan dilaksanakan 2 Februari 2020 dengan line up Tulus, Rossa, D'masiv, Tony Q Rastafara, Feast, Hindia, The Changcuters, Iwa K, Sweet Martabak, Tuan Tigabelas, Glaskaca, Dipha Barus x Monica Karin, Dekat, Kuburan Band, Prontaxan, Mr. Nostalgia, Pemuda Sinarmas, Kill The Dj & Libert Aria.

Total sekitar 40 artis siap tampil di Berdendang Bergoyang Festival 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Wisata Dekat Candi Borobudur, Alam Indah dan Suasana Sejuk

Posted: 09 Jan 2020 11:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wisata dekat Candi Borobudur bisa jadi pilihan destinasi saat mengunjungi salah satu keajaiban dunia ini. Candi Borobudur merupakan candi Buddha di Magelang, peninggalan Dinasti Syailendra. Candi ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Tak hanya keindahan candi, di sekitar kawasan Borobudur kamu juga bisa menemukan destinasi menarik lainnya. Ada banyak pilihan wisata dekat Candi Borobudur. Wisata dekat Candi Borobudur dapat ditempuh dengan mudah dan sangat dekat dari Candi Borobudur. Di wisata dekat Candi Borobudur ini kamu tak hanya menyusuri peninggalan sejarah tapi juga keindahan alam yang memesona.

Wisata dekat Candi Borobudur ini bisa kamu masukkan ke dalam daftar destinasi saat berada di Magelang. Berikut 11 wisata dekat Candi Borobudur yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(10/1/2020).

Museum dan bangunan unik

Rumah Kamera (sumber: instagram/camerahouseselfie)
Rumah Kamera (sumber: instagram/camerahouseselfie)

Museum Kapal Samudraraksa

Museum Kapal Samudraraksa masih berada di Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, sekitar 280 meter berjalan kaki dari Candi Borobudur. Di dalam museum ini terdapat rekonstuksi Kapal Borobudur dalam ukuran sesungguhnya yang dinamai Kapal Samudra Raksa.

Kapal Borobudur berasal dari masa Dinasti Syailendra abad ke-8 yang digambarkan dalam beberapa relief Candi Borobudur. Dalam sejarah dunia, Kapal Borobudur termasuk kapal modern pertama di dunia, karena mempunyai struktur ganda dengan dayung yang banyak dan lambung kapal yang luas.

Museum Borobudur

Di sebelah Museum Kapal Samudraraksa berdiri juga sebuah museum Karmawibhangga atau juga disebut Museum Borobudur. Museum ini menampilkan gambar relief Karmawibhangga yang terukir pada kaki tersembunyi Borobudur, beberapa blok batu Borobudur yang terlepas, serta temuan artefak arkeologi yang ditemukan di sekitar Borobudur dan lokasi lain di Jawa Tengah.

Rumah Kamera

Sesuai namanya, bangunan ini memiliki bentuk menyerupai kamera DSLR. Rumah Kamera berlokasi sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur tepatnya di Desa Majaksingim, Kecamatan Borobudur, Magelang. Rumah ini dibangun oleh Tanggol Angien Jatikusumo Seorang pelukis profesional di Indonesia.

Bangunan ini terdiri dari 4 lantai dengan pintu masuk berbentuk lampu flash pada kamera DSLR Bagian mode dan LCD dijadikan sebagai jendela. Selain itu, lensa kamera merupakan bangunan bertingkat berbentuk silinder untuk melihat pemandangan desa dari atas.

Candi

Candi Mendut (wikimedia commons)
Candi Mendut (wikimedia commons)

Candi Mendut

Magelang tak cuma punya Candi Borobudur sebagai peninggalan sejarah. Sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur, kamu bisa menemukan Candi Mendut yang juga bercorak Buddha. Candi Mendut didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Candi ini masih digunakan untuk acara peribadatan seperti Waisak.

Candi Pawon

Candi Pawon berada di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut atau sekitar 2,5 kilometer dari Borobudur. Candi ini juga bercorak Buddha yang kemungkinan dibangun oleh Dinasti Syalendra antara abad 8 hingga 9 Masehi. Candi Pawon terbuat dari batu andesit. Candi ini berdenah bujur sangkar, dengan panjang sisi-sisinya 10 m, dan mempunyai tinggi 13,3 m.

Rafting dan desa wisata

Arung Jeram Sungai Elo (dok.instagram@elo_rafting/https://www.instagram.com/p/Bw8s-n5DHoS/Devita
Arung Jeram Sungai Elo (dok.instagram@elo_rafting/https://www.instagram.com/p/Bw8s-n5DHoS/Devita

Rafting Sungai Elo

Tak hanya menelusuri sejarah dan kebudayaan masa lampau, di wisata dekat Candi Borobudur kamu juga bisa merasakan pengalaman rafting menyusuri Sungai Elo, Magelang. Wisata yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur ini menawarkan paket wisata arung jeram lengkap dengan alat dan pemandu. Panjang rafting di sungai ini sekitar 10 – 11 kilometer, biasanya ditempuh sekitar 2 – 2,5 jam.

Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo berjarak sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur. Desa ini menawarkan wisata budaya dan kriya. Di sini kamu akan menemukan berbagai aktivitas seperti membatik, membuat kerajinan, wisata andong, bersepeda, menikmati atraksi seni setempat, hingga membeli kerajinan dari warga.

Perbukitan

Penampakan Gereja Ayam di Bukit Rhema, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (19/10). Bukit Rhema merupakan tempat wisata religi yang masyarakat lebih mengenalnya sebagai Gereja Ayam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Penampakan Gereja Ayam di Bukit Rhema, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (19/10). Bukit Rhema merupakan tempat wisata religi yang masyarakat lebih mengenalnya sebagai Gereja Ayam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Gereja Ayam Bukit Rhema

Gereja Ayam Bukit Rhema makin populer ketika masuk dalam film AADC 2 di mana Cinta dan Rangga menghabiskan waktu bersama. Bangunan Gereja Ayam berada di Desa Gombong, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Untuk sampai ke bangunan ini pengunjung harus menyusuri jalan setapak ke Bukit Menoreh. Bangunan ini sejatinya bukanlah gereja. Namun dimasudkan sebagai rumah doa bagi siapa saja. Dari atas Gereja Ayam, pengunjung bisa menikmati suasana pegunungan Bukit Menoreh, bahkan dari atas sini Candi Borobudur terlihat dari kejauhan.

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan kawasan perbukitan dengan panorama pegunungan dan Candi Borobudur. Bukit ini menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan sunrise dengan latar belakang Gunung Merbabu dan kemegahan Candi Borobudur. Disarankan untuk tiba di daerah Borobudur sekitar jam 05:00. Pada momen ini Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu akan tampak secara perlahan dihiasi kabut tipis.

Perbukitan

Sunrise Borobudur
Sunrise Borobudur

Bukit Barede

Bukit Barede berada tak jauh dari Punthuk Setumbu. Bukit ini juga menjadi salah satu alternatif untuk menyaksikan sunrise dan Candi Borobudur dari ketinggian.

Bukit Dagi

Bukit Dagi masih berada di kompleks Candi Borobudur. Untuk mengunjunginya, cukup masuk ke kompleks Candi Borobudur dan melalui beberapa anak tangga. Di Bukit ini kamu akan menemukan beberapa pondok yang bisa digunakan sebagai tempat menginap. Udaranya yang sejuk khas pegunungan membaut bukit ini cocok untuk tempat meditasi dan bersantai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Persaingan Inter-Juventus di Posisi Puncak

Posted: 09 Jan 2020 11:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Persaingan di Liga Italia Serie A terus memanas. Tim-tim papan atas terus bersaing ketat meraih posisi terbaik.

Hingga jelang pekan ke-19, pemuncak klasemen Liga Italia masih sengit diperebutkan Inter Milan dan Juventus. Kedua tim sama-sama mengoleksi 45 angka dari 18 laga.

Namun, Inter Milan berhak menempati posisi pertama, karena unggul selisih gol. Sukses ini tak lepas dari keberhasilan Inter setelah mengalahkan Napoli 3-1 di Stadio San Paolo, 7 Januari 2020 lalu.

Sebelumnya, tambahan tiga angka juga diraih Juventus. Si Nyonya Tua juga menambah tiga poin lewat kemenangan 4-0 atas tim tamu Cagliari. Cristiano Ronaldo mencetak hattrick dalam laga ini dan satu gol lainnya lahir dari Gonzalo Higuain.

Lazio hingga saat ini masih menempati posisi ketiga klasemen sementara Liga Italia dengan raihan 39 angka. Disusul AS Roma di urutan ke-4 dengan 35 angka, dan Atalanta dengan perolehan 34 poin.

Lawan Tangguh

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, berebut bola dengan bek Inter Milan, Diego Godin, pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Minggu (6/10). Inter kalah 1-2 dari Juventus. (AFP/Alberto Pizzoli)
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, berebut bola dengan bek Inter Milan, Diego Godin, pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Minggu (6/10). Inter kalah 1-2 dari Juventus. (AFP/Alberto Pizzoli)

Urutan di klasemen sementara pekan ini kemungkinan bisa berubah. Juventus yang butuh kemenangan untuk menjaga persaingan dengan Inter, harus bertandang ke markas AS Roma.

Sedangkan, Inter Milan sendiri akan menjamu lawan yang cukup tangguh, Atalanta. Inter yang hanya unggul selisih poin dengan Juventus, sudah pasti harus memenangkan laga ini untuk mengamankan posisinya. Berikut klasemen sementara Liga Italia:

Klasemen Liga Italia

 

 

Simak Video Menarik Laga di Serie A

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Longsor Sukajaya Bogor, Mulai dari Penyebab hingga Korban Akan Dipindah ke Desa Baru

Posted: 09 Jan 2020 11:30 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Banjir bandang dan longsor terjadi di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Rabu 1 Januari 2020. Tak pelak, bencana ini pun meluluh lantakkan daerah yang berada di kawasan perbukitan itu.

Data sementara yang dihimpun pihak Kepolisian Sektor Cigudeg, banjir bandang dan longsor di Kecamatan Sukajaya itu mengakibatkan 766 unit rumah rusak.

Pemerintah pun tak tinggal diam. Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengirimkan bantuan berupa 6.000 paket sembilan bahan pokok (sembako) kepada korban banjir bandang dan longsor.

Selain itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga sempat meninjau lokasi longsor didampingi Bupati Bogor Ade Yasin.

Basuki mengungkapkan beberapa penyebab terjadinya longsor. Menurutnya, penyebab pertama adalah hujan yang terjadi dalam kurun waktu cukup lama, setelah sebelumnya daerah tersebut sempat mengalami kemarau panjang sehingga terjadi rekahan tanah. Air yang masuk ke dalam rekahan tanah itu mengakibatkan terjadinya longsor.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi pun akan merelokasi warga korban banjir dan longsor di Kecamatan Sukajaya tersebut.

Berikut hal-hal tentang banjir bandang dan longsor yang terjadi di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor dihimpun Liputan6.com:

 

Rusak Ratusan Rumah dan Ribuan Warga Mengungsi

Relawan mendistribusikan logistik dengan akses terbatas untuk korban longsor di Kecamatan Sukajaya, Bogor. (Achmad Sudarno/Liputan6.com)
Relawan mendistribusikan logistik dengan akses terbatas untuk korban longsor di Kecamatan Sukajaya, Bogor. (Achmad Sudarno/Liputan6.com)

Banjir bandang dan longsor melanda Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 1 Januari 2020 lalu. Bencana alam ini telah meluluh lantakkan daerah yang berada di kawasan perbukitan itu.

Data sementara yang dihimpun pihak Kepolisian Sektor Cigudeg, banjir bandang dan longsor mengakibatkan 766 unit rumah rusak, enam orang meninggal dunia, tiga orang hilang, dan 34 orang terluka.

"Data yang belum dapat kami himpun dari Desa Kiara Sari, Cileuksa, dan Desa Pasir Madang, karena tim masih kesulitan menembus akses lokasi terdampak," kata Kapolsek Cigudeg Kompol Bektiyana.

Adapun kerusakan bangunan tersebar di Desa Urug sebanyak 98 unit rumah rusak ringan dan 98 rumah rusak berat. Di Desa Harakat Jaya sebanyak 19 unit rumah rusak berat, di Desa Kiara Pandak 255 rumah rusak berat.

Kemudian di Desa Sukamulih sebanyak 86 rumah rusak ringan, 72 rumah rusak sedang, dan 19 rumah rusak berat. Selanjutnya di Desa Jaya Raharja sedikitnya 32 unit rumah rusak berat. Terakhir, di Desa Cisarua sebanyak 50 rumah rusak ringan dan 37 unit rumah rusak berat.

Akibat kejadian ini sebanyak 4.146 warga mengungsi di beberapa lokasi seperti di Kantor Desa, sekolah dasar, musola, masjid, pondok pesantren dan rumah-rumah warga.

"Ribuan warga yang mengungsi berasal dari 10 desa yaitu Desa Cisarua, Cileuksa, Desa Kiarasari, Kiarapandak, Harakat Jaya, Pasir Madang, Jayarahara, Sukamulih, Sipayung, dan Desa Urug," bebernya.

Jumlah pengungsi terbanyak berasal dari Desa Harakat Jaya sebanyak 1.308 warga. Warga mengungsi di Sekolah Dasar (SD), Posyandu dan musola. Kemudian, warga Desa Kiarapandak sebanyak 600 orang mengungsi di kantor desa, sekolah dasar, SMA, dan di pondok pesantren.

 

Jokowi Kirim Bantuan

Kunjungan Jokowi ke Kecamatan Sukajaya guna melihat langsung pengerjaan pembukaan akses jalan. (Foto: Liputan6/Lisza Egeham)
Kunjungan Jokowi ke Kecamatan Sukajaya guna melihat langsung pengerjaan pembukaan akses jalan. (Foto: Liputan6/Lisza Egeham)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengirimkan bantuan berupa 6.000 paket sembilan bahan pokok (sembako) untuk korban banjir dan longsor di Kecamatan Sukajaya. Bantuan itu dikirimkan lewat udara lantaran jalan darat menuju lokasi masih terisolasi.

Bantuan tersebut awalnya akan diberikan langsung oleh Jokowi kepada 6.000 Kepala Keluarga di wilayah tersebut. Namun, lantaran cuaca yang buruk membuat helikopter yang ditumpangi Jokowi tak bisa mendarat di Kecamatan Sukajaya.

Sehingga, bantuan sembako tersebut akhirnya diwakili oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Ada pula Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia dan Bupati Bogor Ade Yasin.

"Ya hari ini kami berada di Kabupaten Bogor, Kecamatan Sukajaya. Tadi Bapak Presiden bersama kami mencoba mendarat di lokasi Sukajaya ini, tetapi hanya bisa mendarat dua heli dan kebetulan cuaca berubah. Bapak Presiden tidak bisa hadir di sini, maka kami mewakili Bapak Presiden untuk menyampaikan bantuan Presiden berupa sembako," kata Heru dikutip dari keterangan resmi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Heru mengatakan, paket bantuan yang diberikan berisi sembako dan beberapa kebutuhan warga lainnya seperti air minum dan makanan siap saji.

Mewakili Jokowi, Heru menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran di daerah yang telah sigap membantu korban bencana di Kecamatan Sukajaya.

"Atas nama Bapak Presiden kami ucapkan kepada seluruh jajaran Polres dan TNI, Dandim, Danrem, Ibu Bupati terima kasih yang telah sigap membantu korban bencana ini," tuturnya.

Meski batal datang, Heru menyebut Jokowi menyampaikan beberapa pesan. Pertama, memastikan agar proses evakuasi terus dilakukan dan agar kebutuhan warga yang terdampak bisa terpenuhi, terutama air dan makanan siap saji.

"Berikutnya tidak lupa Bapak Presiden menyampaikan turut berduka cita bagi korban yang meninggal dan tentunya turut berempati bagi seluruh warga yang terkena bencana di Sukajaya ini," jelas Heru.

 

Tinjauan Langsung dan Penjelasan Menteri PU PR soal Longsor

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi longsor di Kecamatan Nanggung dan Sukajaya, Bogor, Minggu (5/1/2020).(Liputan6.com/ Achmad Sudarno)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi longsor di Kecamatan Nanggung dan Sukajaya, Bogor, Minggu (5/1/2020).(Liputan6.com/ Achmad Sudarno)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi bencana longsor yang melanda Kecamatan Nanggung dan Sukajaya.

Basuki didampingi Bupati Bogor Ade Yasin meninjau langsung material longsoran yang menutupi badan jalan di Kampung Ciputih Tonggoh, Desa Jaya Raharja, Kecamatan Sukajaya.

"Kebetulan saya lagi ada di Bogor, teman-teman saya juga sudah ada di sini sejak dari kemarin, saya upayakan ke sini. Alhamdulillah bisa sampai sini," kata Basuki di lokasi longsor, Ciputih, Sukajaya.

Dari hasil pemetaan, terdapat 14 titik ruas jalan di Kecamatan Sukajaya yang tertutup material longsoran. Kondisi tersebut menyebabkan akses menuju beberapa desa tertutup sampai saat ini. Akibatnya, bukan hanya menghambat distribusi bantuan logistik namun juga terisolir.

"Kita sekarang mengatasinya. Jadi saya datang untuk mengatasi itu. Perintah presiden harus segera tembus. Itu dulu, tembus," kata Basuki meniru ucapan Presiden Jokowi.

Basuki mengungkapkan beberapa penyebab terjadinya longsor. Menurutnya, penyebab pertama adalah hujan yang terjadi dalam kurun waktu cukup lama, setelah sebelumnya daerah tersebut sempat mengalami kemarau panjang sehingga terjadi rekahan tanah. Air yang masuk ke dalam rekahan tanah itu mengakibatkan terjadinya longsor.

Faktor kedua yaitu perbukitan di sepanjang jalan maupun aliran sungai di daerah tersebut berupa batuan lempung dengan kemiringan 90 derajat. Kondisi diperparah, di atas perbukitan sudah banyak dijadikan pemukiman.

"Batuan lempung yang sejajar, searah dengan lereng sehingga kalau kena air seperti serpihan kaca. Lerengnya juga banyak dipakai rumah, jadi cepet longsor," kata Basuki.

Penyebab ketiga adalah batuan vulkanik di Kecamatan Sukajaya sudah sangat rapuh sehingga mudah hancur ketika mendapat tekanan air yang begitu banyak.

"Pasti ini sudah ada ahli geologinya yang sudah memetakan di sini. Biasanya kalau batu vulkanik itu mengikat, tapi kalau sudah lapuk jadi gembur," terang Basuki.

Untuk menghindari jatuhnya korban, Basuki mengimbau masyarakat untuk tidak memaksakan melintas atau mendekati longsoran karena sewaktu-waktu bisa terjadi longsor susulan.

"Saya pikir ini berani sekali banyak yang masih melintas. Ini bahaya, apalagi kalau hujan," ujar Basuki.

 

Data Satelit soal Longsor

Suasana Desa Urug Bogor Jawa Barat usai dihantam longsor. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)
Suasana Desa Urug Bogor Jawa Barat usai dihantam longsor. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengeluarkan informasi data satelit penginderaan jauh titik bencana longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN M Priyatna di Jakarta, Jumat (10/1/2020) mengatakan, informasi longsor berbasis data satelit penginderaan jauh tersebut diperoleh dengan menggunakan data unmanned aerial vehicle (UAV).

Lapan melakukan perekaman data satelit terkait kondisi lokasi bencana di Sukajaya pada 7 Januari 2020, dan hasil analisa menunjukkan terdapat 20 titik lokasi bangunan rusak dan lima titik lokasi jalan yang mengalami kerusakan.

Sebelumnya, Lapan juga sudah mengeluarkan informasi genangan banjir berbasis data satelit penginderaan jauh untuk wilayah Provinsi Banten dan sekitarnya, serta Kabupaten Karawang dan sekitarnya. Untuk mendeteksi banjir tersebut, Lapan menggunakan citra Sentinel-1 pada sebelum dan setelah kejadian.

Terlihat dari data citra satelit tersebut wilayah terluas yang terdampak banjir adalah Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi.

Sedangkan di Banten menyebar di Kabupaten Pandeglang, Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

Lapan juga mengeluarkan data satelit titik banjir di DKI Jakarta tanggal 2 Januari 2020, dan terlihat hampir di sejumlah wilayah DKI Jakarta terdapat genangan, tampak Jakarta Utara dan Jakarta Pusat terbanyak ditutupi warna biru yang berarti genangan banjir.

"Sementara tidak ada. Karena data satelit berawan, namun kita sedang koordinasi dengan mitra kerja sama riset terkait penginderaan jauh di luar negeri, tentang ketersediaan atau perekaman datanya," kata Priyatna seperti dikutip Antara.

Lapan melakukan analisis kondisi atmosfer melalui Sadewa atau Satellite-Based Disaster Early Warning System merupakan Decission Support System (DSS) yang dikembangkan oleh Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN.

Sadewa menyajikan informasi berbasis pengamatan termasuk liputan awan dari satelit Himawari-8 dan prediksi parameter atmosfer seperti curah hujan, angin, suhu, dan kelembaban.

Berdasarkan pantauan satelit itu, sel konveksi (molekul cairan dan gas) yang tumbuh menjadi sistem konvektif skala meso (MCC) terbentuk di sekitar Selat Karimata sejak pagi pada 31 Desember 2019.

Pembentukan MCC di wilayah tersebut bersamaan dengan pembentukan Cross-Equatorial Northerly Surge (CENS) di wilayah yang sama. Untuk diketahui, CENS merupakan fenomena meteorologis berupa aliran angin permukaan yang sangat kuat melintasi garis ekuator.

Aktivitas CENS yang menguat terus terjadi hingga sore hari pukul 15.00 WIB, dan secara cepat membuat MCC tersebut bermigrasi ke Laut Jawa. Selain berpindah, pertumbuhan sel-sel konveksi yang baru juga terjadi sangat intens dan meluas meliputi seluruh Laut Jawa.

Kondisi inilah yang kemudian memicu pembentukan hujan ekstrem maksimum pada tengah malam hingga dini hari di atas pantai utara Jawa Barat.

Aktivitas CENS dan hujan ekstrem pada dini hari di utara Jawa Barat tersebut dapat diprediksi melalui Sadewa Lapan.

 

Penyebab Longsor dari PVMBG

Hingga saat ini, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih menyingkirkan material longsoran jalan yang menutup akses antardesa di Sukajaya.(Istimewa)
Hingga saat ini, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih menyingkirkan material longsoran jalan yang menutup akses antardesa di Sukajaya.(Istimewa)

Pusat Vulkanologi Meterologi dan Gofisika (PVMBG) telah melakukan penelitian terhadap longsornya tanah di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Longsor yang menyebabkan 7 orang meninggal dunia itu karena melapuknya batuan breksi vulkanik dan tuft (tumpuk) di lokasi itu yang mudah longsor saat terjadi hujan.

Ketiga titik lokasi tanah longsor yang diteliti, yakni, longsoran di kawasan Desa Harkat Jaya, Pasir Madang dan Desa Urug.

Kasubid Mitigasi Gerakan Tanah Wilayah Barat, PVMBG dari Kementerian ESDM, Sumaryono, mengatakan faktor curah hujan juga turut berpengaruh karena pada 1 Januari 2020, hujan mencapai 301.6 milimeter dalam sehari atau kategori hujan ekstrim.

"Bisa dikatakan curah hujan satu bulan diturunkan dalam satu hari atau ekstrim sehingga banyak sekali longsoran pada lereng dan bukit," ujar Sumaryono, Jumat (10/1/2020).

Kemudian batuan di daerah lokasi bencana sudah mengalami pelapukan. Material di lereng dan perbukitan berupa lempung pasiran yang lunak sehingga mudah hancur. Apabila terkena air mudah luruh karena telah melewati batas kejenuhan.

"Longsor di Bogor karena batas pelapukan batuan vulkanik dan batuan dasar vulkanik, serta lereng yang curam tidak mampu menahan curah hujan sangat tinggi," terangnya.

Terlebih lagi, lanjut Sumaryono, kondisi tata guna lahan atau peruntukan lahan di kawasan bencana longsor dan banjir itu berupa permukiman desa, ladang, kebun campuran, perkebunan, dan hutan.

"Beberapa longsor terjadi pada alur air sehingga area terdampaknya bisa jauh sampai pemukiman. Contohnya Sungai Cidurian dan anak Sungai Cidurian karena batuan dasar batu lempung dan kemiringan searah lereng atasnya vulkanik sehingga erosi di sungai itu semakin tinggi," kata dia.

Ia mengingatkan, kepada warga yang tinggal di lereng, daerah perbukitan maupun di sejumlah titik ruas jalan untuk mewaspadai akan terjadinya kembali longsoran susulan. Karena material longsoran belum semua turun dan masih jenuh air.

"Banyak dijumpai longsor di Desa Pasir Madang dan Harkat Jaya maupun jalan menuju Urug ada lebih dari 40 titik longsor. Tidak menutup kemungkinan, sisa tanah di atasnya itu akan bergerak kembali. Terlebih di saat curah hujan yang masih tinggi," katanya.

Sedangkan mengenai sejumlah ruas jalan yang ambles hingga memutus akses ke beberapa desa, kata Sumaryono, merupakan sebagai dampak dari adanya pergerakan tanah longsor sebelumnya.

"Karena adanya aktifitas di atas tanah itu, maka sangat mudah terjadi amblesan. Kalau sempat terdengar dentuman dan gemuruh itu hal biasa sebelum terjadi longsor. Itu karenan dorongan air dalam tanah," ujarnya.

 

Korban Direlokasi

Alat berat untuk menyingkirkan materi longsor di Jalan Harkat Jaya - Urug, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. (Liputan6.com/ Achmad Sudarno)
Alat berat untuk menyingkirkan materi longsor di Jalan Harkat Jaya - Urug, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. (Liputan6.com/ Achmad Sudarno)

Sementara itu, Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya untuk merelokasi warga korban banjir dan longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Setidaknya, ada 776 unit rumah yang mengalami kerusakan akibat bencana banjir dan longsor.

"Untuk masyarakat yang terkena longsor, untuk mau direlokasi, dipindahkan ke kurang lebih 2 kilometer dari situ," kata Jokowi di Pondok Pesantren La Tansa, Lebak, Banten.

Nantinya, kata dia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun rumah untuk merelokasi korban banjir dan longsor.

Lahan untuk relokasi rumah warga akan mengggunakan lahan milik PT Perkebunan Nasional, yang jaraknya dua kilometer dari lokasi semula.

"Tadi yang untuk Kabupaten Bogor rumahnya nanti dari Kementerian PU, lahannya tadi lurah dan camat menunjuk lahannya PT P. Kalau lahan PT P berarti lebih mudah, pusat lagi," jelas dia.

Jokowi pun meminta agar para warga korban bencana di Sukajaya mau untuk mau direlokasi sejauh dua kilometer dari lokasi bencana. Dia menyatakan, Bupati Bogor Ade Yasin akan menyiapkan proses relokasi.

"Jadi selesai akan langsung diselesaikan Kementerian PU untuk perumahannya," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, terdapat sejumlah titik longsor di Kecamatan Sukajaya, Bogor. Dia memastikan akan membuka akses jalan yang terisolasi akibat longsor.

"Kemarin kami lihat dari helikopter sangat kelihatan sekali, yang longsor itu bukan hanya puluhan, tapi ratusan. Ini baru pada tahap diselesaikan, dibersihkan, terutama yang terisolir," pungkas Jokowi.

 

Korban Longsor Akan Tempati Desa Baru

Alat berat untuk menyingkirkan materi longsor di Jalan Harkat Jaya - Urug, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. (Liputan6.com/ Achmad Sudarno)
Alat berat untuk menyingkirkan materi longsor di Jalan Harkat Jaya - Urug, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. (Liputan6.com/ Achmad Sudarno)

Ribuan warga terdampak longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor dipastikan tidak bisa lagi kembali ke desanya.

Presiden Jokowi meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Bogor segera mengkaji kebutuhan lahan baru bagi korban.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan dirinya dan Bupati Bogor, Ade Yasin merelokasi 2.000 kepala keluarga (KK) warga terdampak longsor direlokasi ke lahan milik PTPN.

"(Warga terdampak) yang di Bogor sudah diputuskan tidak mungkin (kembali) di tempat yang longsor," kata Ridwan Kamil.

Tugas dia dan Ade Yasin saat ini adalah mengkaji kebutuhan lahan bagi 2.000 KK terdampak longsor tersebut. Konsep yang dibentuk adalah sebuah kampung baru. Diketahui, ada 11 desa di Kecamatan Sukajaya yang terisolir akibat longsor yang terjadi Rabu, 1 Januari 2020.

"Sifatnya (membuat) kampung (baru), Bu Ade sudah ditugaskan untuk melakukan kajian seberapa luas yang dibutuhkan," ucap Ridwan.

Selain itu, Ridwan Kamil pada pekan depan berencana mengumpulkan kepala daerah di Jawa Barat yang terdampak bencana usai diterjang cuaca ekstrem. Para kepala daerah akan dibagi tugas dalam menekan potensi yang bisa merugikan masyarakat akibat banjir maupun longsor.

Ini dianggap penting, karena menurutnya, Jawa Barat adalah provinsi hidrologis yang setiap tahun terdapat 1.200 hingga 1.500 laporan kebencanaan. Mayoritas adalah bencana alam yang berhubungan dengan air antara banjir di wilayah Tengah Jawa Barat ke Utara Jawa Barat atau longsor dari Tengah Jawa Barat ke Selatan Jawa Barat.

Lalu, rencana lain adalah membangun bendungan baru di zona rawan banjir. Hal ini sudah disampaikan saat ia menghadiri rapat di Istana Negara beberapa waktu lalu.

"Ingin ada bendungan penahan pengatur aliran Sungai Cibeet dan Cilamaya, kemudian Cileungsi dan Cikeas juga. Butuh sekitar tiga sampai empat lokasi di zona terdampak," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Gubernur Khofifah Perkuat Ekonomi Jatim

Posted: 09 Jan 2020 11:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya Gubernur Khofifah melancarkan jurus untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur (Jatim). Ia meminta penguatan misi dagang tidak hanya ke luar provinsi tetapi juga luar pulau di Indonesia.

Orang nomor satu di Jatim ini ingin menambah mitra pemerintah provinsi sehingga penguatan misi dagang dapat berjalan maksimal. Menurut Gubernur Khofifah, penguatan misi dagang tak harus dengan ekspor, melainkan juga antar provinsi. Selama ini, Jatim memasok logistik ke 16 provinsi.

"Jumlah penduduk di dalam negeri merupakan pasar yang luar biasa," ujar Gubernur Khofifah di Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (10/1/2020).

Ia menyebutkan sekitar 268 juta penduduk Indonesia adalah market luar biasa.  Sementara, Jatim memiliki 40 juta penduduk yang jika ditambah dengan penduduk di 16 provinsi menghasilkan pasar potensial 38 persen penduduk di Indonesia.

Untuk memperkuat misi dagang, ia memastikan telah berkoordinasi dan berkomuniasi dengan beberapa gubernur. Pada tahun lalu, sudah ada lima provinsi dan target tahun ini bisa mencapai 13 provinsi tambahan.

"Jika tak ada halangan, misi dagang ke luar provinsi yang belum tersentuh perdagangan Jatim pada tahun ini dimulai pada pekan terakhir Januari," ucap Gubernur Khofifah.

Ia menginginkan pertumbuhan ekonomi Jatim selalu di atas rata-rata nasional, sehingga perlu membangun penguatan pertumbuhan ekonomi di provinsi-provinsi lain. Pertumbuhan ekonomi nasioanl sebesar 4,5 persen didukung konsumsi rumah tangga, sedangkan Jatim mencapai 4,88 persen.

"Daya beli masyarakat harus kuat di setiap provinsi," kata Gubernur Khofifah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Patung Lilin Harry-Meghan Dipindah dari Museum Madame Tussauds

Posted: 09 Jan 2020 11:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Madame Tussauds memindahkan patung lilin Harry dan Meghan Markle dari barisan koleksi patung lilin keluarga kerajaan Inggris. Pemindahan dilakukan beberapa jam setelah keputusan mundur keduanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Rekor Liga Inggris Bisa Dipecahkan Liverpool Sebelum Akhir Musim Ini

Posted: 09 Jan 2020 11:25 PM PST

Liverpool - Kans Liverpoolmenyudahi penantian panjang merebut gelar pertama di Premier League tampaknya segera berakhir. Sadio Mane dan kawan-kawan sudah berada di jalur yang benar untuk merebut titel Premier League musim 2019-2020. 

Liverpool masih kukuh bercokol di puncak klasemen Premier League, dengan raihan 58 poin dari 20 pertandingan. Pasukan Jurgen Klopp unggul 13 poin atas peringkat kedua, Leicester City. 

Laju Liverpool juga bisa dibilang sangat mulus. Jordan Henderson dan kawan-kawan belum terkalahkan musim ini, dengan catatan 19 kemenangan dan sekali imbang. 

Satu-satunya hasil imbang Liverpool pada musim ini terjadi saat ditahan Manchester United 1-1. Pada laga lainnya, Liverpool terlalu tangguh. 

Klub-klub pesaing di Premier League tak ada yang benar-benar memberi ancaman terhadap Liverpool dengan konsisten. Bahkan, juara bertahan Manchester City sudah tak kuasa membendung keperkasaan The Reds. Citizen sudah tertinggal 14 poin dari Liverpool. 

Liverpool sudah menyamai rekor start terbaik di Premier League setelah 20 pertandingan. The Reds tak tertutup akan mencatat rekor-rekor lainnya sebelum Premier League musim ini berakhir. 

Berikut ini sembilan rekor yang mungkin dipecahkan Liverpool pada musim ini, seperti dilansir Planet Football, Jumat (10/1/2020). 

1. Poin Terbanyak dalam Satu Musim

(AP Photo/Jon Super)
(AP Photo/Jon Super)

Rekor kategori ini dipegang Manchester City yang dicatatkan pada musim 2017-2018. Saat itu, The Citizen meraih 100 poin dalam satu musim. 

Posisi Liverpool saat ini: 

- Poin: 58 

- Potensi poin yang masih bisa diraih: 54 

 

2. Kemenangan Terbanyak dalam Semusim

Manchester City Juara Premier League 2017-2018 (Bola.com/Adreanus Titus)
Manchester City Juara Premier League 2017-2018 (Bola.com/Adreanus Titus)

Rekor kemenangan terbanyak dalam semusim di Premier League juga dipegang Manchester City. The Citizen tercatat mendulang 32 kemenangan pada musim 2017-2018 dan 2018-2019. 

Saat ini, Liverpool sudah mengoleksi 19 kemenangan. Mengingat masih ada 18 pertandingan tersisa, maka kans Liverpool memecahkan rekor tersebut terbuka lebar. 

 

3. Kemenangan Beruntun Terbanyak dalam Semusim

(AFP/Paul Ellis)
(AFP/Paul Ellis)

Rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim di Premier League dipegang Manchester City. The Citizen membukukannya pada musim 2017-2018, dengan raihan 18 kemenangan beruntun. 

Saat ini, Liverpool sudah mengantongi 11 kemenangan beruntun. Jika ingin menyamai City mereka harus selalu menang dalam tujuh pertandingan berikutnya. 

 

4. Kemenangan Beruntun Terbanyak di Kandang pada Premier League

(AP Photo/Jon Super)
(AP Photo/Jon Super)

Lagi-lagi rekor ini dipegang Manchester City. Rekor tersebut dibukukan The Citizen pada musim 2011-2012. The Citizen saat itu memenangi 20 kemenangan kandang beruntun. 

Liverpool tinggal selangkah lagi memecahkan rekor tersebut karena sudah mengantongi 18 kemenangan beruntun di kandang pada ajang Premier League. 

 

5. Kemenangan Kandang Terbanyak dalam Semusim

(AP Photo/Jon Super)
(AP Photo/Jon Super)

Empat tim sudah pernah mencatatkan kemenangan terbanyak dalam semusim di Premier League. Rekor yang dipegang bersama itu, yaitu 18 kemenangan kandang. 

Saat ini, Liverpool sudah mengoleksi 11 kemenangan kandang. Itu artinya paling tidak The Reds harus memenangi delapan pertandingan kandang lagi untuk memecahkan rekor tersebut. 

 

 

6. Kemenangan Tandang Terbanyak Dalam Semusim

(AP Photo/Jon Super)
(AP Photo/Jon Super)

Tim Premier League yang memenang rekor ini lagi-lagi Manchester City, dengan 16 kemenangan. Rekor tersebut diukir The Citizen pada musim 2017-2018. 

Liverpool saat ini baru mengoleksi delapan kemenangan tandang pada liga musim ini. Tugas The Reds setidaknya menambah 8 kemenangan tandang lagi pada sisa musim ini. 

 

7. Tak Terkalahkan Terlama di Premier League

(arsenalfc.com)
(arsenalfc.com)

Rekor untuk kategori ini dimiliki Arsenal, yang diciptakan pada musim 2003-2004. Saat itu, Arsenal sedang menikmati masa keemasannya. The Gunners mengoleksi 48 laga tak terkalahkan secara beruntun di Premier League. 

Liverpool saat ini baru mengoleksi 37 laga tak terkalahkan secara beruntun. Jalan The Reds masih panjang untuk memecahkan rekor tersebut. 

 

8. Jumlah Kekalahan Paling Sedikit dalam Semusim

(AP/Jon Super)
(AP/Jon Super)

Rekor ini juga dipegang Arsenal yang sedang berada di puncak kejayaannya, pada musim 2003-2004. Saat itu, The Gunners sama sekali tak mengalami kekalahan dalam semusim. Skuat The Gunners saat itu dijuluki The Invicible. 

Musim ini, Liverpool juga belum menelan kekalahan. 

 

9. Margin Juara Terbesar

(AP Photo / Rui Vieira)
(AP Photo / Rui Vieira)

Rekor kategori ini dipegang Manchester City. Saat juara Premier League 2017-2018, City unggul 19 poin atas peringkat kedua. 

Saat ini, Liverpool unggul 13 poin di Premier League atas peringkat kedua, Leicester City. 

Sumber: Planet Football

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megawati Kumpulkan Pengurus PDIP Usai Komisioner KPU Ditangkap KPK

Posted: 09 Jan 2020 11:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto mengatakan Megawati Soekarnoputri mengumpulkan pengurus DPP setelah kasus Komisioner KPU Wahyu Setiawan ditangkap KPK. Dia terjerat kasus suap terkait penetapan pengganti antar waktu (PAW) anggota DPR RI terpilih 2019-2020 yang juga kader PDIP.

Kendati demikian, Bambang mengaku tidak tahu apa arahan yang diberikan Megawati. Sebab, dia tak ikut diundang.

"Saya tidak termasuk yang dikumpulkan. Kan keahlian saya bukan di situ. Keahlian saya adalah keahlian elektoral itulah kenapa saya jadi ketua pemenangan pemilu," katanya di tempat Rakernas PDIP, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Bambang yakin Megawati marah mendengar kadernya terlibat kasus korupsi. Dia mengungkit kemarahan Megawati saat kongres partainya tahun lalu karena ada anggota DPR PDIP yang dicokok KPK.

"Di Kongres kemarin aja ibu udah semarah itu. Kami kenal ibu kami. Dikau paham lah itu. Megawati bukan sekadar ketum she's my grandmother. Ibu bilang A kita A kok," ucapnya.

 

Tak Ganggu Konsolidasi Partai

Bambang mengaku kasus tersebut tidak menggangu konsolidasi partai. Apalagi sudah menjelang Pilkada serentak 2020.

"Saya kira nggak. PDIP itu partai yang solid. Partai yang menyelesaikan masalah secara organisasi bukan secara individual," ucapnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Terbaru Bertrand Antolin, Masih Single di Usia 39 Tahun

Posted: 09 Jan 2020 11:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bertrand Antolin merupakan aktor tampan yang sempat menghiasi layar kaca Indonesia di era 2000-an. Pria kelahiran Jakarta, 14 Juli 1980 ini mulai dikenal publik sejak membawakan acara Clear Top 10 bersama Dewi Sandra.

Kemudian ia membintangi sejumlah film, sinetron dan FTV. Tak hanya itu, ia juga sempat menjajal peruntungan di dunia tarik suara. Bahkan Bertrand Antolin sudah merilis dua lagu.

Kini meski sudah jarang muncul di layar kaca, ia masih aktif di media sosial. Melalui akun Instagramnya, Bertrand Antolin mengikuti beberapa kegiatan sosial. Seperti memberikan bantuan pada orang-orang yang kurang mampu. Aksinya tersebut mendapat banyak pujian dari warganet.

Tak hanya itu, Bertrand kabarnya juga masih betah melajang di usianya ke 39 tahun ini. Bahkan penampilannya seakan tak pernah menua, ia terlihat awet muda dan semakin macho.

Penasaran bagaimana kabar aktor tampan ini? Berikut potret terbaru Bertrand Antolin dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (10/1/2020).

1. Pria kelahiran Jakarta, July 14 1980 ini mulai dikenal sejak membawakan acara Clear Top 10.

Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)
Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)

2. Begini potret Bertrand Antolin bersama sang ibunda, setia menemani.

Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)
Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)

3. Bertrand Antolin kerap berlibur ke luar negeri.

Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)
Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)

4. Bertrand dikenal sebagai aktor yang memiliki sikap toleransi tinggi. Terbukti dalam beberapa kesempatan, ia selalu mengucapkan selamat hari raya idul fitri dan tahun baru Islam kepada seluruh umat muslim.

Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)
Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)

5. Potret Bertrand Antolin saat mengenakan baju adat Jawa, tampan dan gagah ya.

Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)
Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)

6. Pesonanya pun semakin terpancar di usia 39 tahun ini.

Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)
Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)

7. Bertrand Antolin juga beberapa kali hangout bersama teman artis lainnya, seperti Roger dan Cut Meyriska.

Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)
Bertrand Antolin (Sumber:Instagram/@bertrand1407)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Koala Terjebak di Tengah Kepungan Api, Hamilton Gelontorkan Bantuan Rp6,8 Miliar

Posted: 09 Jan 2020 11:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Juara Formula 1 Lewis Hamilton ikut ambil bagian dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Australia. Pembalap tim Mercedes itu menjanjikan dana bantuan sebesar 380 ribu pound sterling atau setara Rp6,8 miliar untuk membantu regu pemadam dan perlindungan hewan. 

Kebakaran hutan dan lahan yang menimpa sejumlah kawasan di Australia tengah menjadi perhatian dunia. Tragedi yang dikenal dengan sebutan bushfire itu telah merusak lebih dari 6,3 juta hektare lahan dan hutan. Kebakaran juga menewaskan 27 orang dan membunuh ratusan juta ternak dan hewan liar di sana.

Dunia kini bergerak untuk membantu penanganan kebakaran hutan Australia. Beragam bentuk donasi digalang untuk mengumpulkan dana bagi para korban maupun upaya pemadaman serta pemulihan. 

Hamilton juga ikut terpukul dengan kejadian ini. Lewat akun Instagramnya, pembalap asal Inggris itu menyampaikan kesedihannya saat mengunggah video penyelamatan koala korban kebakaran. Dalam video tersebut, tampak seekor koala kebingungan di tengah kobaran api.

 

 
 
 
View this post on Instagram

It saddens me deeply to know that over 1 billion animals in Australia died a painful death, no way out, not their fault. My love of animals is no secret and I can't help but grieve for the defenceless animals thought to have died so far, pushing certain species closer to extinction. I'm lucky enough to visit Australia often and I know first-hand how beautiful the country is. Keep fighting Australia. I've spent some time speaking to people in Australia who are working at the heart of this and I'm filled with admiration for everything they are doing. I implore you to join me in thinking about the impact we are having on our planet. Let's work together to make small changes, and encourage our family and friends to do the same, so we can help shift the direction we're going in. I'm donating $500K to support @wireswildliferescue @wwf_australia and the Rural Fire Services. If you are able and haven't already, you can donate too. Every little helps. Animals: @wireswildliferescue @wwf_australia Rural Fire Services: @nswrfs @cfavic @rfbaq @dfes_wa @cfsfoundation #TasmanianFireService #PrayingForAustralia

A post shared by Lewis Hamilton (@lewishamilton) on

"Sangat sedih saat mengetahui lebih dari 1 miliar hewan mati dengan cara mengenaskan di Australia, tidak ada jalan keluar, dan bukan karena kesalahan mereka. Kecintaan saya terhadap hewan bukan rahasia, dan saya tidak bisa tidak berduka atas binatang tak berdaya yang diperkirakan mati hingga saat ini, mendorong mereka ke arah kepunahan," ujar pria berusia 35 tahun tersebut menambahkan. 

Selain merenggut korban jiwa, hewan dan ternak memang menjadi korban dari kebakaran hebat yang melanda Australia. Kanguru dan Koala yang menjadi binatang ikonik Australia juga banyak yang mati. 

 

Kirimkan Donasi

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton, menyemprotkan sampanye ke arah pembalap Ferrari Sebastian Vettel setelah berhasil menjuarai balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (28/10/2019). (AP Photo/Rebecca Blackwell)
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton, menyemprotkan sampanye ke arah pembalap Ferrari Sebastian Vettel setelah berhasil menjuarai balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City (28/10/2019). (AP Photo/Rebecca Blackwell)

Organisasi-organisasi penyayang binatang terus bekerja untuk menyelamatkan hewan-hewan malang tersebut. Masyarakat juga turun tangan untuk ikut membantu. Belakangan media sosial juga diramaikan oleh berbagai video tentang penyelamatan koala dan kanguru dari kepungan api. 

Kondisi hewan-hewan itu tampak sangat memilukan. Sebagian mengalami luka bakar dan sebagian lagi tampak kelelahan dan tidak ragu untuk menerima minuman dari warga atau petugas pemadam.  

"Saya sangat beruntung pernah mengunjungi Australia dan saya tahu betul indahnya negeri ini. Tetap semangat Australia. Saya telah berbicara banyak dengan orang-orang yang bekerja pada jantung kejadian ini dan saya sangat kagum dengan upaya yang selama ini mereka lakukan," ucap Hamilton.

Tidak hanya sekadar menyampaikan rasa dukanya, Hamilton juga rela merogoh kocek pribadinya. Seperti dilansir dari BBC, Hamilton telah menyumbang 383.000 pound sterling atau setara 6,8 miliar yang diberikan lewat tiga organisasi: WIRES Wildlife Rescue, WWF Australia, dan the Rural Fire Service.

 

 

 

Dukungan Atlet Lain

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton menuangkan sampanye ke sepatu pembalap Red Bull Daniel Ricciardo usai balapan Grand Prix Monaco Formula 1, Monaco (27/5). Ricciardo saat ini menempati posisi kelima klasemen. (AP/Luca Bruno)
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton menuangkan sampanye ke sepatu pembalap Red Bull Daniel Ricciardo usai balapan Grand Prix Monaco Formula 1, Monaco (27/5). Ricciardo saat ini menempati posisi kelima klasemen. (AP/Luca Bruno)

Tidak hanya Hamilton, pembalap Formula 1 asal Australia, Daniel Ricciardo, juga menyerukan hal yang sama. Pembalap Renault itu meminta orang-orang ikut membantu negaranya yang tengah menderita. 

Donasi juga datang dari atlet-atlet lain seperti dua petenis asal Australia, Nick Kyrgios dan Ashleigh Barty. Para pemain pemain Kriket Australia juga menjanjikan bantuan yang sama. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komentar Moeldoko Soal Komisioner KPU Wahyu Setiawan Jadi Tersangka KPK

Posted: 09 Jan 2020 11:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko enggan menanggapi terkait Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang ditetapkan tersangka oleh KPK terkait kasus suap penetapan anggota DPR 2019-2024. Dia mengklaim hal tersebut jadi ranah pihak penyelenggara pemilu.

"Saya bukan jubir KPU. KPU itu kan independen. dia punya rule and adjustment sudah punya sendiri. Sekali lagi saya bukan jubir KPU," kata Moeldoko di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan dalam sebuah operasi tangkap tangan atau OTT. Pada Kamis (9/1) malam, Wahyu telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap terkait penetapan anggota DPR RI terpilih 2019-2024.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan (WSE) sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait penetapan Pergantian Antarwaktu (PAW), anggota DPR.

Selain Wahyu, KPK juga menjerat mantan anggota Badan Pengawas Pemilu Agustiani Tio Fridelina (ATF) yang juga orang kepercayaan Wahyu, kemudian Politikus PDIP Harun Masiku (HAR), dan Saeful (SAE) selaku pihak swasta. Namun Harun hingga kini masih buron.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Meedeka.com

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parlemen Inggris Setujui RUU Bersejarah Brexit

Posted: 09 Jan 2020 11:12 PM PST

Liputan6.com, London - Parlemen Inggris telah mengambil suara untuk meloloskan RUU Withdrawal Agreement alias RUU Kesepakatan Brexit dengan hasil 330-231. Produk hukum itu menentukan batas waktu kepergian Inggris dari Uni Eropa.

Melansir ABC, Jumat (10/1/2020), lolosnya RUU Kesepakatan Brexit itu menjadi simbol kemenangan Perdana Menteri Boris Johnson. RUU itu lolos setelah tiga perdebatan tiga hari.

Lolosnya RUU Brexit masih pada tahap House of Commons, kemudian harus diloloskan House of Lords. Menteri Brexit Stephen Barclay berharap House of Lords tidak melakukan penundaan dalam meloloskan RUU Brexit. House of Lords juga tidak bisa membatalkan RUU yang lolos dari House of Commons.

Rencananya, Inggris akan keluar dari Uni Eropa pada 31 Januari mendatang.

Inggris akan menjadi negara pertama yang keluar dari Uni Eropa. Rakyat Inggris melakukan referendum untuk keluar dari Uni Eropa pada 2016 lalu.

Kalangan pro-Brexit menang dengan memperoleh 51,9 persen suara. Namun, jalan keluar dari Uni Eropa ternyata tidak mudah. Partai Buruh yang merupakan partai oposisi terus menentang Brexit sehingga payung hukumnya terjegal.

Mantan Perdana Menteri Theresa May berkali-kali gagal untuk menang di parlemen. May kemudian mundur dan diganti oleh Boris Johnson yang membawa kemenangan pro-Brexit.

Inggris ingin keluar dari Uni Eropa salah satunya karena regulasi bisnis Uni Eropa terlalu ketat. Boris Johnson pun menjadikan Brexit sebagai bahan kampanye dengan slogan: Get Brexit Done.

Langkah ke Depan Masih Sulit

Perdana menteri baru Inggris Boris Johnson (AFP Photo)
Perdana menteri baru Inggris Boris Johnson (AFP Photo)

Keluarnya Inggris pada 31 Januari hanya langkah pertama. Masih banyak regulasi-regulasi yang perlu disesuaian.

Negosiasi-negosiasi antara Inggris dan Uni Eropa akan terus berlanjut seperti di sektor perdagangan dan keamanan hingga penghujung tahun ini.

"Meninggalkan Uni Eropa tidak berarti Brexit akan selesai," ujar Paul Blomfield, juru bicara Partai Buruh.

"Kita akan menyelesaikan langkah pertama, yakni angkat kaki, tetapi tahap-tahap sulit akan datang.

Sementara, kepala negosiator Brexit dari pihak Uni Eropa, Michel Barnier, menegaskan tujuan Inggris untuk menyelesaikan perjanjian dagang pada akhir ini adalah hal yang tidak realistis.

"Kita tidak bisa berharap untuk menyetujui segala aspek pada kemitraan baru ini," ujar Barnier yang berkata siap melakukan yang terbaik dalam 11 bulan.

Butuh Negosiasi Panjang

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjadi kiper sebelum pertandingan sepak bola putri junior antara Hazel Grove United JFC dan Poynton di Cheadle Hulme, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Aksi itu dalam rangka kampanye jelang pemilu Inggris pada 12 Desember 2019. (Toby Melville/Pool Photo via AP)
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjadi kiper sebelum pertandingan sepak bola putri junior antara Hazel Grove United JFC dan Poynton di Cheadle Hulme, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Aksi itu dalam rangka kampanye jelang pemilu Inggris pada 12 Desember 2019. (Toby Melville/Pool Photo via AP)

Perjanjian dagang internasional biasanya butuh bertahun-tahun. Namun, PM Boris Johnson tetap berkeras pada target akhir 2020. Uni Eropa sudah menawarkan memperpanjang masa negosiasi hingga 2020.

Bermacam sektor bisnis yang terkait adalah barang dan jasa, perikanan, penerbangan, pengobatan dan obat-obatan.

Pelaku bisnis di Inggris pun khawatir jika tidak ada kesepakatan yang terjadi pada awal 2021. Para ekonom pun berkata hal itu bisa mengganggu perdagangan dengan Uni Eropa dan membuat Inggris masuk masa resesi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Sebut Macet Jakarta karena Moda Transportasi Tak Terintegrasi

Posted: 09 Jan 2020 11:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada 2017, Tromptom Traffic Index menempatkan Jakarta sebagai kota termacet keempat di dunia. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ini terjadi lantaran sistem moda transportasi di Jakarta belum terintegrasi dengan baik.

Anies menjelaskan, masalah kemacetan di Jakarta karena tidak terintegrasinya pengurusan lalu lintas. Selama ini pengelolaan lalu lintas berjalan masing-masing.

"Selama ini yang terjadi adalah tidak ada pengelolaan jadi satu," kata Anies di Kantor Kementerian BUMN Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Anies menerangkan, Pemrov DKI hanya mengelola jalan. Stasiun dikelola PT KAI (Persero). Bus yang lewat jalan kelola PT Transjakarta. Satu lagi, angkutan ojek online dikelola masing-masing perusahaan.

Untuk itu, Pemprov DKI lewat PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan Kementerian BUMN lewat PT KAI mendirikan perusahaan patungan bernama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek. Di perusahaan ini Pemprov DKI memiliki saham sebanyak 51 persen.

Perusahaan baru ini bakal di bawah kendali Pemprov. Alasannya, pengelolaan tata ruang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Sementara tata kelola transportasi bagian dari tata ruang daerah.

Ketika tata transportasi tidak sinkron dengan tata ruang, kaya Anies, maka melahirkan masalah, yakni kemacetan. Maka, tata transportasi dikelola Pemda agar mencerminkan tata ruang.

"Nah sekarang jadi satu, kendalinya ada di Pemprov," kata Anies.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

 

Integrasi Subsidi

Kendaraan melintas di contraflom KM 28 Tol Jakarta - Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). Rekayasa lalu lintas contraflow mulai pukul 05.30 WIB dari kilometer 29 sampai kilometer 61. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kendaraan melintas di contraflom KM 28 Tol Jakarta - Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). Rekayasa lalu lintas contraflow mulai pukul 05.30 WIB dari kilometer 29 sampai kilometer 61. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lebih jauh, dengan adanya sistem integrasi ini, bukan hanya megatasi masalah kemacetan. Tetapi juga mengintegrasikan subsidi ya g diberikan pemerintah.

Bila saat ini subsidi diberikan ke tiap moda transportasi, maka diharapkan subsisdi pemerintah masuk dari pintu yang sama. Artinya akan ada kemungkinan penghematan pemberian subsidi.

"Kalau nanti cost terintegrasi dan subsidinya pun terintegrasi, harapannya nanti bisa menghemat subsidi," kata Anies mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Kaka, 5 Pemain Ini Punya Masa Keemasan Singkat

Posted: 09 Jan 2020 11:10 PM PST

Jakarta - Ricardo Kaka merupakan pemain sepak bola terakhir yang meraih Ballon d'Or sebelum dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Pemain asal Brasil itu meraih prestasi itu pada 2007 setelah membawa AC Milan juara Liga Champions.

Setelah 2007, performa Ricardo Kaka menurun. Ia juga gagal menunjukkan performa bagus saat pindah ke Real Madrid pada 2009.

Padahal Real Madrid mengeluarkan dana hingga 67 juta euro (Rp1,07 triliun) untuk memboyong Kaka. Meski ikut membantu menyabet satu gelar La Liga, Copa Del Rey, dan Piala Super Spanyol, Kaka bukan pilihan utama dalam skuat El Real.

Kaka kerap memulai pertandingan dari bangku cadangan. Ia kemudian kembali ke AC Milan pada 2013. Setelah satu musim, Kaka memutuskan pindah ke MLS untuk memperkuat Orlando City dan pensiun di sana pada 2017.

Dari kronologi tersebut, periode emas Ricardo Kaka hanya berlangsung selama empat tahun dari 2003-2007.

Selain Ricardo Kaka juga ada beberapa pemain yang memiliki periode keemasan singkat. Berikut Bola.com merangkum lima pemain yang memiliki masa keemasan singkat yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Wesley Sneijder

(AFP/Vincenzo Pinto)
(AFP/Vincenzo Pinto)

Wesley Sneijder merupakan sosok kunci Inter Milan meraih treble winners musim 2009-2010. Sebelumnya ia tampil biasa-bisa saja saat berseragam Real Madrid.

Pada 2010, Sneijder juga berhasil membawa Timnas Belanda lolos ke final Piala Dunia di Afrika Selatan. Sayang langkah mereka terhenti oleh Spanyol.

Setelah 2010, performa Sneijder mengalami penurunan. Bahkan, dia pindah berkarier ke Turki pada 2013 setelah meninggalkan Inter Milan.

Sneijder memilih pensiun pada 2019 setelah membela Al Gharafa di Liga Qatar. Jadi, Snejder hanya memiliki masa keemasan sampai usia 25 tahun.

2. Ronaldinho

(AFP/Andrew Yates)
(AFP/Andrew Yates)

Ronaldinho merupakan pemain bintang yang hanya merasakan masa keemasan dari 2003-2006. Dalam kurun waktu tersebut ia tampil luar biasa saat berseragam Barcelona.

Saat itu, Ronaldinho berhasil meraih dua gelar La Liga, dua Piala Super Spanyol serta satu trofi Liga Champions. Ia juga berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or dan Pemain Terbaik FIFA.

Namun, kemunculan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi membuat sinar kebintangan Ronaldinho meredup. Ia kemudian pindah ke AC Milan pada 2008 dan kembali ke Brasil pada 2011.

3. Michael Owen

(AFP/Adrian Dennis)
(AFP/Adrian Dennis)

Michael Owen memiliki masa keemasan saat berseragam Liverpool pada 1998-2004. Saat itu ia mencetak 158 gol dari 297 pertandingan bersama The Reds.

Sayang Karier Owen mulai meredup setelah pindah ke Real Madrid dan didekap cedera parah. Sejak saat itu, performa pemain Inggris itu bak rollercoaster.

4. Fernando Torres

(AFP/Olly Greenwood)
(AFP/Olly Greenwood)

Fernando Torres berada di puncak masa keemasan saat berseragam Liverpool pada 2007-2011. Saat itu dia mencetak 81 gol dari 142 penampilan.

Bahkan, Torres membukukan 33 gol pada musim pertamanya berseragam The Reds. Namun, ambisi meraih juara membuatnya pindah ke Chelsea pada 2011.

Sayang jumlah produktivitas golnya menurun drastis dan kerap menjadi cadangan. Meskipun begitu, Torres ikut mempersembahkan trofi Liga Champions dan Liga Europa kepada The Blues.

5. Andrei Arshavin

(AFP/Lluis Gene)
(AFP/Lluis Gene)

Setelah perhelatan Piala Eropa 2008, nama Andrey Arshavin muncul menjadi komoditi panas di bursa transfer. Arsenal mengamankan tanda tangan pemain berpaspor Rusia tersebut pada Januari 2009.

Arshavin kemudian menjadi pemain kunci klub Meriam London. Ia menyedot perhatian media setelah membobol gawang Liverpool sebanyak empat kali dalam satu pertandingan.

Namun, sayang masa keemasan Arshavin memudar pada musim 2012-2013. Setelah tersingkir dari skuat Arsenal, Arshavin kembali ke Rusia satu tahun kemudian. Arshavin memilih pensiun pada 2019 di klub Kazakhstan, Kairat Almaty.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Profil Mari Elka, Ditunjuk Jadi Direktur Pelaksana World Bank

Posted: 09 Jan 2020 11:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden World Bank David Malpass tunjuk Mari Elka sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan dan Kemitraan Pembangunan Bank Dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putuskan Berhijab Usai Sakit Aneh, Ini 6 Potret Terbaru Baby Sexyola

Posted: 09 Jan 2020 11:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Fitri Camelia Ananda atau dikenal dengan Baby Sexyola dikenal sebagai seorang penyanyi dangdut yang selalu mengenakan mahkota saat tampil di atas panggung. Selain itu, gayanya sering dikaitkan dengan gaya princess karena aksesori mahkota itu.

Namun baru-baru ini ada kabar bahwa Baby baru saja sakit. Sakit yang dideritanya yang sampai sebulan ini pun cukup aneh. Ia telah berobat ke beberapa rumah sakit namun tak diketahui kepastian penyakit yang dideritanya. Ia bahkan sampai berobat ke luar negeri, yaitu ke Penang, Malaysia.

"Saya cukup heran kenapa sakit ini, perut sakit kayak ditarik-tarik dan kepala itu seperti ditusuk-tusuk, badan menggigil. Tapi anehnya setelah di CT Scan, hasilnya bagus. Saya berobat sampai ke Penang, Malaysia, di Penang juga hasilnya sama, semua hasilnya bagus," kenang Baby Sexyola mengutip dari Kapanlagi, Jumat (10/1/2020).

Selama jatuh sakit ia banyak berpikir kalau pada akhirnya akan dipanggil oleh pencipta. Maka dari itu, ia pun memutuskan untuk berhijab. Meski sudah terkenal dengan gayanya yang memakai mahkota, Baby yakin bahwa dengan berhijab tak akan hambat kariernya. Ia pun masih tetap kenakan mahkota meski sudah berhijab.

Berikut 6 potret perubahan gaya Baby Sexyola yang kini berhijab dikutip dari Instagram @princessbabysexyola, Jumat (10/1/2020).

1. Alami sakit aneh selama satu bulan terakhir, Baby Sexyola tersadar pada akhirnya semua orang akan meninggal.

Baby Sexyola (Sumber: Instagram/princessbabysexyola)
Baby Sexyola (Sumber: Instagram/princessbabysexyola)

2. Setelah sakit aneh itu, ia memutuskan untuk berhijab.

Baby Sexyola (Sumber: Instagram/princessbabysexyola)
Baby Sexyola (Sumber: Instagram/princessbabysexyola)

3. Meski sudah berhijab, ia tetap konsisten dengan mengenakan mahkota.

Baby Sexyola (Sumber: Instagram/princessbabysexyola)
Baby Sexyola (Sumber: Instagram/princessbabysexyola)

4. Penampilan terbarunya yang memakai hijab bikin banyak orang terpesona.

Baby Sexyola (Sumber: Instagram/princessbabysexyola)
Baby Sexyola (Sumber: Instagram/princessbabysexyola)

5. Kini usai kembali sehat, ia pun beraktivitas seperti biasa. Bahkan ia turut membantu korban banjir di Jakarta.

Baby Sexyola (Sumber: Instagram/princessbabysexyola)
Baby Sexyola (Sumber: Instagram/princessbabysexyola)

6. Baby Sexyola yakin bahwa perubahan penampilannya tak akan menghambat kariernya.

Baby Sexyola (Sumber: Instagram/princessbabysexyola)
Baby Sexyola (Sumber: Instagram/princessbabysexyola)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Md: Definisi Radikalisme Mengacu ke UU Terorisme

Posted: 09 Jan 2020 11:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md menyinggung mengenai definisi radiklisme. Menurut dia selama ini ada beberapa pihak yang menyebutkan bahwa radikal itu berfikir hingga ke akar.

"Saya tahu radikalisme itu artinya bisa baik bisa jelek. Radikalisme yang baik itu adalah suatu tindakan berpikir secara substantif mendasar untuk menyelesaikan persoalan," kata dia di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jum'at (10/1/2020).

Menurut Mahfud, bukan seperti itu maksud dari radikalisme yang berhubungan dengan terorisme. Ia menyebutkan, radikalisme yang berkaitan dengan terorisme atau radikalisme buruk adalah sikap kekerasan yang ingin merubah sistem.

"Adalah suatu tindakan untuk mengubah sistem yang disepakati dengan cara kekerasan. Dan melawan hukum. Nah itu radikalisme juga," terang dia.

Mahfud menerangkan, definisi radiklisme tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tindak Pidana Terorisme.

"Di situ disebutkan, bahwa radikalisme itu tindakan melawan hukum untuk mengubah sistem. Bukan secara gradual melainkan secara radikal, dengan cara kekerasan," jelas dia.

Sementara itu dia menekankan bahwa di luar itu bukan disebut sebagai radikalisme yang berhubungan dengan tindakan terorisme.

"Nah itu artinya kalau di luar itu ya bukan teroris namanya, bukan radikal," pungkas Mahfud Md.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suzuki Ajak Modifikator Adu Kreativitas Desain Livery GSX-R150

Posted: 09 Jan 2020 11:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dunia modifikasi saat ini berkembang hingga ranah digital. Banyak dari para modifikator dunia maya, yang membuat karya menarik dengan ubahan yang tersemat di sebuah motor atau mobil, dan kemudian mewujudkannya di dunia nyata.

Merespons tren yang tengah berkembang tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai agen pemegang merek (APM) motor Suzuki di Indonesia, mengadakan kompetisi desain livery bertajuk Suzuki GSX Series Digital Modifikasi, yang terbuka bagi siapapun dengan hadiah yang menarik.

Dijelaskan Yohan Yahya, Department Head of Sales & Marketing 2W SIS, besarnya antusias publik terhadap GSX 150 Series di dunia modifkasi, memberikan warna-warni gaya dan karakter bagi produk tersebut.

"SIS pun menciptakan program kompetisi yang bisa mewadahi kreativitas anak bangsa dari seluruh Indonesia, melalui sarana Digital Modifikasi ini. Hasil karya terbaiknya pun akan kami apresiasi dengan hadiah menarik setiap periodenya," ujar Yohan Yahya, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (10/1/2020).

Suzuki GSX Series Digital Modifikasi dibagi menjadi tiga periode, yang setiap periodenya berlangsung selama satu bulan. Periode Januari 2020, dikhususkan bagi karya digital modifikasi untuk tipe Suzuki GSX-R150.

Sedangkan Februari 2020, giliran Suzuki GSX-S150 yang dapat dimodifikasi dan dikompetisikan. Sedangkan Suzuki GSX150 Bandit menjadi pilihan menarik untuk dimodifikasi secara digital pada Maret 2020.

Syarat dan Hadiah

Mekanisme dan persyaratannya juga mudah, dan bisa diikuti oleh para pemula dan profesional. Pertama, calon peserta bisa mencari informasi di web suzukigsxseries.com.

Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan, karya peserta yang terpilih menjadi pemenang akan mendapatkan hadiah setiap periodenya. Juara 1 akan mendapatkan hadiah berupa uang sebesar Rp2 juta, juara 2 Rp1,5 juta, dan juara 3 mendapatkan hadiah uang senilai Rp1 juta. Sedangkan pemenang Best of the Best Design akan mendapatkan hadiah sebesar Rp3 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Prediksi Inflasi Januari 0,41 Persen, Terendah Sejak 2016

Posted: 09 Jan 2020 11:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memproyeksikan inflasi pada Januari sebesar 0,41 persen secara secara month to month (mtm). Sementara, secara year on year (yoy) tercatat sebesar 2,81 persen.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan inflasi pada Januari sebesar 0,41 persen tersebut menjadi terendah sejak 2016 lalu. Di mana rata-rata inflasi pada Januari berada di kisaran 0,64 persen secara mtm.

"Pergerakan di bulan Januari kami perkirakan inflasinya mtm-nya 0,41 persen. Kalau yoy 2,81 persen. Alhamdulillah lebih rendah dari rata-rata historiesnya," katanya saat ditemui di Komples BI, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Perry menyebut ada beberapa penyebab komoditas pangan yang menyebabkan terjadinya inflasi. Di mana cabai merah dan bawang tercatat inflasi masing-masing 0,16 persen dan 0,05 persen.

"Kemungkinan inflasi ini karena memang hujan kemudian produksi beberapa cabai bawang di daerah khusus di Jawa Tengah itu terpengaruh dan ini terhadap inflasi," sebutnya.

Sementara itu, berdasarkan survei pemantauan yang dilakukan pihaknya pada Januari ada beberapa komponen yang mengalami penurunan harga atau deflasi. Yakni untuk angkutan udara deflasi sebesar 0,05 persen dan bahan bakar atau bensin deflasi 0,04 persen.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Sri Mulyani Klaim Inflasi 2019 Terendah dalam 20 Tahun

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). Kemenkeu mencatat defisit APBN pada Januari 2019 mencapai Rp45,8 triliun atau 0,28 persen dari PDB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). Kemenkeu mencatat defisit APBN pada Januari 2019 mencapai Rp45,8 triliun atau 0,28 persen dari PDB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyambut baik capaian inflasi sepanjang 2019 yang berada di angka 2,72 persen. Angka ini berada jauh di bawah target pemerintah yang ditetapkan sebesar 3,5 persen dalam APBN 2019.

"Inflasi kita masih relatif sangat baik. Bahkan ini inflasi terendah sepanjang 20 tahun terakhir," kata dia saat konferensi pers APBN Kita di Kantornya, Jakarta, Selasa (7/1/2019).

Menteri Sri Mulyani mengatakan, capaian ini didukung oleh inflasi di komponen inti yang terjaga masih di kisaran 3 persen. Di mana ini menunjukan bahwa keseimbangan penawaran dan permintaan serta ekspetasi inflasi yang positif baik.

"Ini juga mendukung daya beli masyarakat yang terjaga di atas 5 persen," imbuh dia.

Sementara, itu harga yang diatur pemerintah juga terkendali lebih rendah dibandingkan dengan 2018. Di mana sepanjang 2019 hanya mencapai 0,51 persen dibandingkan 2018 sebesar 3,36 persen.

Data BPS

Pedagang merapikan barang dagangannya di Tebet, Jakarta, Senin (3/10). Secara umum, bahan makanan deflasi tapi ada kenaikan cabai merah sehingga peranannya mengalami inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pedagang merapikan barang dagangannya di Tebet, Jakarta, Senin (3/10). Secara umum, bahan makanan deflasi tapi ada kenaikan cabai merah sehingga peranannya mengalami inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kepala BPS, Suhariyanto mengungkapkan rendahnya inflasi di tahun ini karena minimnya dorongan faktor Administered Price atau harga barang atau jasa yang diatur oleh pemerintah, misalnya harga bahan bakar minyak dan tarif dasar listrik.

"Kenapa inflasi 2019 bisa lebih rendah dari tahun 2018? Inflasi inti, tahun 2018 dan 2019 tidak beda jauh. Tapi berbeda di administered prices," ujarnya.

Adapun tahun ini komoditas utama yang memicu inflasi adalah emas perhiasan sebesar 0,16 persen. Kemudian, bensin 0,26 persen.

"Jadi kalau boleh disimpulkan tahun2019 inflasi 2,72 persen ini karena memang harga-harga relatif terkendali karena berbagai kebijakan, dan dari sisi administered prices tidak menyumbang banyak. Karena memang tidak ada kebijakan yang berpengaruh banyak kalau dibandingkan kebijakan di 2018," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Wisata Perusak Terumbu Karang Akan Dilarang Masuk Kawasan Raja Ampat

Posted: 09 Jan 2020 11:02 PM PST

 

Liputan6.com, Waisai - Keindahan alam Raja Ampat terusik kehadiran kapal-kapal wisata yang merusak lingkungan. Beberapa kasus bahkan menyebabkan kerusakan terumbu karang yang parah, padahal mengembalikannya ke kondisi semula membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun.

Berkaitan dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, akan mengeluarkan kebijakan khusus. Sekda Raja Ampat Yusuf Salim dalam pertemuan dengan pelaku pariwisata di Waisai, Kamis, 9 Januari 2020, menegaskan pemerintah akan mengeluarkan kapal wisata yang melanggar aturan.

Dia mengatakan, sikap tegas tersebut dilakukan untuk melindungi kelestarian alam Raja Ampat. Hal itu mengingat banyak kapal wisata yang beroperasi di Raja Ampat tidak menaati aturan sehingga terjadi kerusakan terumbu karang.

Dikatakan, Pemerintah kabupaten Raja Ampat tidak lagi memberikan toleransi bagi kapal wisata yang melakukan pelanggaran. Kedapatan pelanggaran langsung diberikan sanksi dan tidak diizinkan beroperasi di Raja Ampat.

Karena itu, dia mengimbau kepada semua kapal wisata yang saat ini beroperasi di Raja Ampat agar menaati aturan jika ingin terus beroperasi di Raja Ampat.

"Sedangkan bagi kapal pesiar jenis tertentu, wajib melaporkan kedatangan kepada pemerintah setempat dan mengikuti semua aturan yang berlaku di Raja Ampat," ujarnya, dikutip dari Antara.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati. Ia berharap seluruh pelaku pariwisata menaati aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah dan menjaga kelestarian alam di wilayahnya.

 

 

 

Pemandu Lokal

Hamparan lautan biru nan jernih di Pulau Wayag Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini menjadi salah satu ikon Raja Ampat dan tempat favorit para turis untuk berfoto-foto. (Liputan6.com/Zulfi Suhendra)
Hamparan lautan biru nan jernih di Pulau Wayag Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini menjadi salah satu ikon Raja Ampat dan tempat favorit para turis untuk berfoto-foto. (Liputan6.com/Zulfi Suhendra)

Solusi lain yang ditawarkan oleh pemerintah untuk melindungi kelestarian terumbu karang Raja Ampat adalah dengan menggunakan pemandu wisata lokal yang bersertifikat.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat Yusdi Lamatenggo menegaskan bahwa semua kapal wisata yang beroperasi di Raja Ampat, Papua Barat wajib melibatkan pemandu wisata lokal bersertifikat.

Dia mengatakan, apabila kapal wisata yang beroperasi di Raja Ampat tidak menggunakan pemandu wisata lokal, pemerintah daerah tidak akan mengeluarkan izin masuk ke destinasi wisata.

Menurut dia, sikap tegas tersebut dilakukan agar perjalanan trip kapal wisata di Raja Ampat nyaman dan menghindari kerusakan terumbu karang akibat kapal wisata tersebut.

Ia mengimbau kepada semua stakeholder pariwisata, terutama masyarakat, agar melaporkan kepada Dinas Pariwisata jika menemukan kapal wisata melakukan perjalanan destinasi wisata Raja Ampat tanpa ada pembantu sehingga diproses.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Gadis Bertubuh Ular Gemparkan Thailand, Faktanya?

Posted: 09 Jan 2020 11:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Situs helloworld-ntjsvrx6uq-an.a.run.app mengungah artikel berjudul, Gadis Ular Gemparkan Thailand yang kemudian viral di Facebook. 

Sebuah foto juga diunggah, menampilkan seorang gadis cilik dengan bagian tubuh, dari pinggang ke bawah, menyerupai ular besar. 

 

Berikut isi artikel tersebut:

Gadis berusia 8 tahun, Mai Li Fay, dari Bangkok, adalah jauh dari kehidupan yang biasa seorang gadis sebayanya.

Setiap hari, beribu-ribu orang datang berkunjung dan berkumpul di depan rumah keluarganya untuk mengambil peluang melihat dan menyentuh gadis itu, yang dianggap oleh penganut buddha dan hindu sebagai boleh memberikan nasib baik.

Menurut pakar perubatan terkemuka Thailand, Dr Ping Lao, gadis muda itu mengalami sindrom yang jarang berlaku dikenali sebagai Malianorcis Serpentosis atau penyakit Jing Jing, yang menjadikan badan lebih rendah, berbentuk reptilia yang berbeza dari manusia biasa.

Hanya segelintir kes-kes seumpamanya telah direkodkan sepanjang sejarah, jadi pengetahuan saintifik terkumpul berkaitan kes seumpama itu agak terhad dan tidak ada penyelesaian perubatan sehingga waktu ini.

Keluarga menerima keadaan Mai Li dengan perasaan bercampur, kesedihan dan kegembiraan.

Sedih dengan keadaan Mai Li, tapi gembira kerana sebagai keluarga miskin, kehadiran tetamu yang tidak berkesudahan (pelancong dan tetamu agama) telah menjadikan keluarga miskin ini beroleh pendapatan yang besar dan meningkatkan taraf hidup mereka.

Source: kisah aneh dan pelik

Sejak kali pertama disebarkan di Facebook pada 7 Januari 2020, artikel tersebut telah dibagikan sebanyak 32.000 kali dan dilihat 1,9 juta kali.

Benarkah klaim dalam artikel tersebut?

Penelusuran Fakta

Sebuah gambar tangkapan layar Facebook dalam artikel yang diunggah helloworld-ntjsvrx6uq-an.a.run.app, menunjukkan bahwa foto serupa diunggah situs worldnewsdailyreport.com, dalam artikel berjudul, Thailand: Snakegirl Attracts Crowds of Pilgrims and Tourists

 

 

Dalam artikel tersebut disebutkan, setiap harinya, ribuan orang berkumpul di rumah Mai Li Fay, gadis 8 tahun asal Bangkok. Mereka datang ingin melihat, bahkan menyentuhnya. Itu dianggap membawa keberuntungan.

Menurut pakar medis bernama Dr. Ping Lao, Mai Li Fay menderita sindrom langka yang dikenal sebagai Serpentosis Malianorcis atau Jing Jing yang membuat bagian bawah tubuhnya mirip hewan reptil.

Yang perlu digarisbawahi, worldnewsdailyreport.com adalah situs satir dengan slogan: where facts don't matter. Di mana fakta tidak dianggap penting. 

Lantas, apakah itu sindrom langka Serpentosis Malianorcis?

Jawabannya: tak ada sindrom atau penyakit dengan nama itu. 

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, itu ternyata kabar dusta atau hoaks lama. 

Situs Bangkok Post, dalam artikel berjudul, Not the News: Stories that turned out to be hoaxes, yang dipublikasikan pada 24 Januari 2014 membantah mentah-mentah klaim tersebut.

Artikel tersebut juga menjelaskan mengapa orang bisa terjebak dan percaya dengan kabar aneh semacam itu. "Cerita tersebut dibumbui klaim seorang dokter yang memberikan nama mentereng untuk penyakit itu," demikian dikutip dari Bangkok Post.

"Pembuat berita palsu ini tampaknya memiliki pengetahuan tentang takhayul yang menyebar di Thailand."

Kejanggalan pertama yang ditemukan dalam kisah itu adalah nama gadis cilik tersebut, juga dokter yang ada di dalamnya.

"Nama mereka terdengar seperti nama China, sementara Thailand biasanya lebih panjang, misalnya Sumati Sivasiamphai, Pimchanok Phungbun Na Ayudhya or Pornchai Sereemongkonpol."

Bangkok Post menyebut, foto gadis berbadan ular itu diyakini sebagai hasil rekayasa foto.

Situs www.hoax-slayer.net juga membantah mentah-mentah klaim soal gadis bertubuh ular itu dalam artikel berjudul Fake Picture: 'Thailand Snake Girl' – Serpentosis Malianorcis.

"Jika gadis itu benar adanya, pasti media arus utama dari seluruh dunia akan melaporkan kasusnya secara luas dan tak henti-hentinya," demikian dikutip dari www.hoax-slayer.net.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia juga telah membantah kisah gadis ular asal Thailand itu dalam artikel berjudul [HOAKS] Gadis Ular dari Thailand pada 16 Juni 2019.

Kesimpulan Klaim

Klaim yang menyebut soal gadis ular dari Thailand adalah hoaks belaka. Tak ada sindrom atau penyakit bernama  Serpentosis Malianorcis dan foto yang beredar hasil rekayasa belaka. 

Itu hoaks lama yang terus berulang dan disebar, meski telah dibantah berkali-kali. 

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNPB Tanggapi Soal Peringatan Hujan Ekstrem dari Kedubes AS

Posted: 09 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kedutaan Besar Amerika Serikat merilis peringatan cuaca terkait potensi hujan ekstrem hingga 12 Januari 2020. Prediksi cuaca menunjukan wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) akan mengalami hujan besar hingga 12 Januari 2020 sebagaimana dikutip dari id.usembassy.gov pada Rabu (8/1/2020). 

Menyikapi peringatan dari Kedubes AS, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat tidak perlu panik. Kehadiran peringatan tersebut sebagai bentuk edukasi kepada kita semua untuk selalu bersiap siaga.

Prakiraan cuaca hujan ekstrem juga telah dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dua peringatan dini baik dari BMKG maupun Kedutaan Besar Amerika Serikat demi keselamatan warga negara. 

"Pembelajaran yang dipetik, weather alert yang beredar di masyarakat dapat digunakan sebagai peringatan dini kepada kita semua. Warga dapat membangun kesiapsiagaan di dalam komunitasnya. Tentunya, diawali di dalam keluarga terlebih dahulu. Misal, membuat rencana darurat keluarga," jelas  Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Jumat (10/1/2020).

"Dalam rencana darurat keluarga, setiap keluarga dapat berdiskusi untuk membahas terkait rencana evakuasi, tempat evakuasi, tas siaga bencana, dan dokumen yang harus diselamatkan. Langkah-langkah ini dibutuhkan untuk memperkuat ketangguhan keluarga mengantisipasi potensi bahaya akibat hujan ekstrem yang terjadi."

Saling Bantu Tetangga

Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi merupakan salah satu wilayah yang paling parah diterjang banjir di awal tahun 2020. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)
Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi merupakan salah satu wilayah yang paling parah diterjang banjir di awal tahun 2020. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Selain ketangguhan keluarga, komunitas juga perlu membangun ketangguhannya. Melalui ketangguhan di tingkat komunitas, beban antar keluarga dapat dikurangi.

Misal saling membantu ketika ada banjir sehingga tetangga dapat membantu keluarga yang membutuhkan pertolongan.

Gotong royong dalam komunitas juga dibutuhkan pascabencana, seperti pembersihan lumpur atau pun lingkungan sekitar.

"Hal yang menarik dengan beredarnya peringatan dini cuaca dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, ini juga seolah untuk membangun kesiapsiagaan dari pemerintah daerah. Alangkah bagusnya, masukan-masukan dari masyarakat diberikan kepada pemerintah daerah untuk melihat kembali persiapan yang perlu dilakukan," Agus menambahkan.

Bangun Kesiapsiagaan Pemerintah Daerah

Penampakan banjir dan longsor dari udara di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor pada Jumat (4/1/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)
Penampakan banjir dan longsor dari udara di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor pada Jumat (4/1/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Peringatan dini cuaca dari BMKG ikut ditujukan kepada pemerintah daerah. Contoh bagi pemerintah daerah, peringatan dini cuaca bertujuan melakukan upaya-upaya pencegahan dan mitigasi sehingga bencana banjir dan tanah longsor pada 1 Januari 2020 tidak terulang kembali. 

"Banyak upaya yang dapat dilakukan, di antaranya memperbaiki tanggul yang jebol, membersihkan saluran air, ataupun memperbaiki pompa air yang rusak. Masih cukup waktu kepada pemerintah daerah untuk melakukan persiapan sepanjang musim penghujan ini," terang Agus.

Seperti siaran pers yang dikeluarkan BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di wilayah Jabodetabek pada periode 9-12 Januari 2020, tapi tidak seekstrem hujan yang terjadi pada 1 Januari 2020. 

Masyarakat diimbau tetap waspada dan siaga, serta berhati-hati terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan, seperti angin kencang, genangan air, longsor, pohon tumbang, tersengat aliran listrik, dan penyakit pasca banjir. 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan Isyaratkan Bisa Selesaikan Transfer Bintang MU Malam Ini

Posted: 09 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Milan - CEO Inter Milan Beppe Marotta mengisyaratkan kesepakatan transfer untuk pemain Manchester United (MU) Ashley Young bisa diselesaikan, Jumat malam ini waktu setempat (10/1/2020)..

BBC Sport melaporkan bahwa Young telah menolak tawaran kontrak baru di MU dan idealnya ingin meninggalkan Old Trafford Januari ini. Meskipun ia bisa juga menunggu hingga musim panas untuk pindah ke Inter Milan dengan status bebas transfer.

Marotta, seperti dikutip Calciomercato, mengisyaratkan bahwa Young dapat menyelesaikan perpindahan ke San Siro "malam ini". Tapi, penjelasan resmi soal transfer ini masih belum jelas.

"Matteo Politano dan Young? Saat ini, ada banyak desas-desus, kita semua aktif, "katanya.

"Secara umum, Anda tahu betul bahwa apa yang belum dilakukan dapat dilakukan malam ini," ujar petinggi Inter Milan itu, menanggapi kabar transfer pemain MU itu.

Peran Berbeda

Gelandang Manchester United, Ashley Young,  melakukan selebrasi setelah membobol gawang Watford, pada laga lanjutan Premier League, Rabu (29/11/2017) dini hari WIB. (AP/Andrew Matthews).
Gelandang Manchester United, Ashley Young, melakukan selebrasi setelah membobol gawang Watford, pada laga lanjutan Premier League, Rabu (29/11/2017) dini hari WIB. (AP/Andrew Matthews).

Mantan pemain internasional Inggris itu bisa menjadi penandatanganan bagus bagi Inter Milan. Klub Serie A ini pasti akan mendapat manfaat dari pengalaman dan fleksibilitasnya.

Young memang tidak selalu menjadi pemain yang paling mengesankan selama di MU. Tapi dalam beberapa tahun terakhir ia melangkah untuk mengisi peran yang berbeda dan selalu dapat diandalkan timnya.

Jenis permainan di Italia yang lebih lambat juga bisa cocok dengan pemain berusia 34 tahun ini untuk kelanjutan kariernya.

Masa Kontrak

Sebelumnya, dikabarkan Inter Milan tengah melakukan negosiasi dengan MU terkait rencana transfer Ashley Young.

Berdasarkan keterangan Sky Sports News, Inter ingin mengontrak pemain berusia 34 tahun itu dengan durasi mencapai 18 bulan. Itu artinya, Young akan dikontrak hingga akhir musim 2020-2021.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Al-Quds, Pasukan Iran yang Disegani Tentara Amerika

Posted: 09 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Usai tewasnya pemimpin besar militer Iran, Qasem Soleimani, pasukan Al Quds sontak menjadi sorotan. Pasalnya, Soleimani merupakan komandan pasukan khusus milik Iran, Al Quds.

Al Quds menjadi salah satu pasukan yang disegani tentara Amerika. Di awal terbentuknya, pasukan Al-Quds bahkan telah membuat AS yang ketika itu dipimpin oleh George W. Bush, kalang kabut.

Berikut deretan fakta pasukan Al-Quds yang perlu kamu ketahui.

1. Terbentuk Tahun 1979

Al-Quds dibentuk usai terjadinya revolusi Iran pada tahun 1979. Pasukan khusus ini membela dan mendukung pemerintahan Republik Islam Iran.

Basis utama pasukan ini berada di Teheran dan terbagi menjadi beberapa grup di wilayah negara tetangga.Wilayah basis pasukan yang aktif beraksi sejak awal 1980-an ini berada di Afghanistan, Irak, Lebanon, Suriah dan Palestina. Qasem Soleimani sendiri diangkat menjadi pemimpin Al-Quds sejak tahun 1997.

2. Al Quds Bagian dari Garda Revolusi Iran

foto: BEHRAD GHASEMI / ISNA / AFP/merdeka
foto: BEHRAD GHASEMI / ISNA / AFP/merdeka

Berdasarkan Council on Foreign Relations (CFR), Al-Quds merupakan satu dari delapan pasukan Islamic Revoluntionary Guard Corps (IRGC) atau Garda Revolusi Iran. Organisasi yang saat ini dipimpin oleh Ali Khamenei ini memiliki kurang lebih 125 ribu pasukan militer.

3. Aktif Perang di Beberapa Negara Timur Tengah

Tentara Iran di Suriah (AFP/George Ourfalian)
Tentara Iran di Suriah (AFP/George Ourfalian)

Pasukan Al-Quds dikatakan aktif perang di beberapa wilayah di Timur Tengah, seperti di Lebanon. Pasukan Al-Quds juga terlibat dalam pembentukan Popular Mobilization Force (PMF) di Irak. Tak hanya itu, di Gaza, Palestina, pasukan Al-Quds juga mendukung Hamas.

4. Miliki Formasi Militer Kuat

foto: basnews.com
foto: basnews.com

Nampaknya kekuatan pasukan ini tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, Al-Quds memiliki formasi militer yang cukup kuat yaitu terdiri dari sekitar 17-20 ribu personel terlatih.

5. Dipimpin Ismail Qaani Usai Tewasnya Qasem Soleimani

foto: Fars News Agency/merdeka
foto: Fars News Agency/merdeka

Ismail Qaani ditunjuk oleh Ali Khamenei jadi pengganti Qasem Soleimani. Sebelum ditunjuk sebagai pemimpin Al-Quds, Qaani telah lama berkecimpung di dunia militer Timur Tengah dan perang. Ia merupakan veteran militer yang pernah mengomandani pasukan Nasr-5 dan Imam Reza-21.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Hanyut Banjir Grobogan Jateng Ditemukan Meninggal Dunia

Posted: 09 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Grobogan - Satu korban hanyut akibat banjir yang melanda Grobogan ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, Jumat (10/1/2020). Korban diketahui atas nama Sutrisno (36), warga Desa Rowosari, Kecamatan Gubug, Grobogan, Jawa Tengah. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Semarang, Aris Sofingi mengatakan, Sutrisno sebelumnya dikabarkan hilang usai hanyut terbawa banjir pada Kamis (9/1/2020). Jasadnya ditemukan saat banjir sudah mulai surut.

"Ditemukan warga di sekitar areal persawahan," katanya.

Tim pencari dan penolong kemudian mengevakuasi jasad korban ke rumah duka.

Sutrisno hanyut saat dia bersama tiga warga Rowosari lainnya dalam perjalanan dari rumah menuju jalur rel kereta api untuk mencari ternak bebeknya yang hilang.

Saat mereka melewati areal persawahan, banjir susulan tiba-tiba datang. Banjir itu menghanyutkan Sutrisno. Tiga orang lainnya berhasil menyelamatkan diri dengan berpegangan pada batang pisang.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Dugaan Detik-Detik Pesawat Ukrania Ditembak Rudal

Posted: 09 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Viral di media sosial rekaman yang diduga menjadi detik-detik tertembaknya pesawat ukraina oleh rudal Iran. Pesawat yang baru lepas landas dari bandara di Teheran itu membawa 176 penumpang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ruben Onsu Mengaku Lakukan 6 Hal Ini Saat Mendidik Betrand Peto

Posted: 09 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Publik kini masih menyorot kehadiran anak angkat Ruben Onsu, Betrand Peto. Betrand mulai sering diajak liburan hingga ke luar negeri bersama dua anak kandung Ruben Thalia dan Thania.

Kehadiran Betrand Peto di dalam rumah tangga Ruben Onsu dan Sarwendah, membuat pasangan selebriti ini semakin bahagia. Sayangnya, tak semua pihak menanggapi positif kebahagiaan mereka.

Ruben Onsu masih menghadapi banyak haters yang memandang negatif terhadap kehadiran Betrand Peto. Hal tersebut tentu sangat mengganggu fokus Ruben dalam membesarkan Betrand serta dua anak kandungnya.

Melakukan Segala Upaya

Ruben Onsu dan Sarwendah jalani prosesi adat di Nusa Tenggara Timur untuk adopsi Betrand Peto. (Sumber: Instagram/@ruben_onsu)
Ruben Onsu dan Sarwendah jalani prosesi adat di Nusa Tenggara Timur untuk adopsi Betrand Peto. (Sumber: Instagram/@ruben_onsu)

Saking tak tahan dengan banyaknya tekanan dari beberapa warganet yang hampir selalu bermunculan, Ruben sampai menitikkan air mata.

Padahal, Segala upaya telah dilakukan oleh Ruben agar bisa menjadi ayah yang baik untuk anak-anaknya, termasuk untuk Betrand Peto.

Melalui Vlog

Preskon Sahabat Julia Perez (Deki Prayoga/bintang.com)
Preskon Sahabat Julia Perez (Deki Prayoga/bintang.com)

Dalam sebuah vlog yang diunggah MOP Channel, Ruben bicara mengenai hal-hal apa saja yang telah ia lakukan demi anak-anaknya. Terutama setelah ia dan Sarwendah mengangkat Betrand Peto sebagai anak.

Upaya Ruben

Lantas, apa sajakah upaya yang telah dilakukan Ruben demi Betrand Peto, seperti disampaikan dalam vlognya di Youtube MOP Channel? Yuk ikuti selengkapnya berikut ini.

1. Diajak Mengobrol

Ruben menjelaskan bahwa salah satu hal penting yang ia lakukan saat mengasuh Betrand Peto adalah dengan selalu mengajaknya berkomunikasi.

"Betrand harus saya kokohkan dulu, mentalnya harus dikokohkan dulu. Betrand itu susah untuk mengungkapkan jadi ketika saya, ada yang terjadi sesuatu dengan anak saya, harus saya tarik dulu dia. Saya harus ngobrol dulu sama dia, 'kakak kenapa gini-gini?'" ujar Ruben dalam kanal Youtube MOP Channel.

2. Menegur Jika Salah

Demi mengasah mental Betrand Peto Ruben mengaku selalu menegur anaknya itu seandainya melakukan kesalahan. Bahkan, Ruben selalu berusaha menjadi orang pertama yang menegur jika Betrand melakukan kesalahan.

"Jadi saya mungkin orang yang pertama ketika dia berbuat salah, saya akan tegur. Betrand tahu bagaimana ayahnya tegas ketika kasih tahu itu enggak boleh, ini boleh, ini boleh," tegasnya.

3. Memegang Pipi

Setiap pagi, tentunya Betrand Peto pergi ke sekolah untuk mengenyam pendidikan. Ruben pun mengaku sering memegang pipi putranya.

"Kalau dia mau pergi sekolah, saya selalu pegang pipinya. Mungkin jarang terdengar," ujarnya.

4. Ikut Menangis saat Betrand Sedih

Ketika Betrand Peto merasakan kesedihan, Ruben Onsu sebisa mungkin menelusuri isi hati anaknya. Bahkan, Ruben mengaku sampai menangis jika Betrand mulai mengungkapkan kepedihannya.

"Yang dia ucapkan dari mulut dia adalah. "Ayah, bunda, jangan tinggalkan kakak. Jadi buat saya sesedih itu sebenarnya. Yang kalian tidak tahu, dia itu peluk karena dia tahu tidak mau ayah bundanya itu menjauh. Saya itu nangis karena gemas gitu ya, gemas banget gitu," ucap Ruben sambil menangis.

5. Melindungi

Masih banyaknya haters yang menyerang Ruben dan keluarga, tentunya menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Ruben pun mengaku bahwa ia siap dalam mengambil tindakan apapun demi bisa melindungi anak-anaknya.

"Pemberitaan ini membuat saya menjadi takut dan akhirnya harus mengambil tindakan. Mengambil tindakan itu untuk apa? Karena ada beberapa hal yang membuat kami sangat amat sedih, sangat amat memalukan buat kami. Dan jejak digital itu sangat amat susah dihilangkan," ucapnya.

6. Berusaha Kuat Demi Keluarga

Terakhir, Ruben Onsu mengatakan bahwa ia akan selalu berusaha memberikan yang terbaik demi kebahagiaan anak-anaknya. Termasuk Betrand Peto yang harus selalu dilindungi dalam situasi dan kondisi seperti apapun.

"Tapi tarik nafasnya kita cuma bisa bilang, 'Ya kalau dengan cara-cara, dengan cara kalian mempermalukan kami, itu adalah kebahagian kalian, ya silakan dilakukan,'" terang Ruben.

"Tetapi kalau boleh kami memohon, kami sekeluarga tidak hentinya terus ada masalah gitu. Kalau jadi kami, saya yakin semua orang juga tidak mau ada masalah. Tetapi saya berusaha kuat untuk mereka," lanjutnya.

Ruben pun menambahkan, "Hal terkecil yang saya takutkan, bagaimana kalau seandainya tidak ada saya? Siapa yang bela mereka itu, yang psikologis mereka itu, yang saya akhirnya marah karena saya hidup penuh dengan ketakutan jadinya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya di Natuna, Jepang Bakal Investasi di Pulau Terluar Indonesia

Posted: 09 Jan 2020 10:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jepang dan Indonesia sepakat untuk melakukan kerja sama dan investasi di sejumlah pulau Indonesia. Selain Natuna, keduanya akan memperkuat kerja sama ekonomi di pulau-pulau terluar di Indonesia. 

Beberapa kerja sama yang akan dilakukan di Natuna adalah kerja sama di bidang sentra kelautan dan perikanan terpadu (SKPT). SKPT ini bukanlah proses baru, bahkan kini Indonesia mengharapkan agar fase SKPT kedua bisa segera ditindaklanjuti. 

Pengawasan perikanan, pengembangan pariwisata dan juga kerjasama energi juga jadi beberapa contoh bentuk kerja sama yang akan dilakukan di wilayah perairan Indonesia. 

Mengetahui bahwa kedua negara merupakan negara maritim, maka kerja sama di bidang kelautan dan perikanan harus menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. 

Pembangunan Infrastruktur Maritim

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi (kanan) menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu di Gedung Kemlu, Jakarta, Jumat (10/1/2020). Kunjungan tersebut membahas kerjasama di bidang investasi termasuk pengembangan pulau terluar seperti Natuna. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi (kanan) menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu di Gedung Kemlu, Jakarta, Jumat (10/1/2020). Kunjungan tersebut membahas kerjasama di bidang investasi termasuk pengembangan pulau terluar seperti Natuna. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menlu Motegi menyampaikan bahwa Jepang akan melakukan pembangunan infrastruktur di Indonesia demi mencapai hasil maksimal dari kerja sama di bidang maritim yang sedang diupayakan. 

"Pada Februari yang akan datang, Jepang akan memulai proyek pembenahan pelabuhan dan pasar ikan di pulau-pulau terluar." papar Menlu Motegi dalam pertemuannya dengan Menlu Retno pada 10 Januari 2020.

Kerja sama di bidang maritim ini pun semakin dimaksimalkan dengan kerja sama yang akan dilakukan antara pihak Jepang dengan Badan Keamanan Laut RI (Bakamla) di bulan Januari 2020. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Radar Juventus, Bek Chelsea Dipastikan Bertahan

Posted: 09 Jan 2020 10:50 PM PST

London - Agen Emerson Palmieri menegaskan kliennya akan tetap bertahan di Chelsea menyusul rumor mengenai keinginan Juventus mendatangkan pemain asal Brasil tersebut. 

Tak cuma Palmieri, bek kiri lainnya, Marcos Alonso juga diisukan bakal meninggalkan Chelsea. Namun demikian, keduanya tak akan ke mana-mana, setidaknya Januari ini.

"Chelsea tidak berencana melepas Emerson Palmieri," tegas Fernando Garcia, agen Emerson.

Emerson memang sering dimainkan oleh manajer Frank Lampard. Akan tetapi, posisinya kerap kali berubah, dari bek kanan, bek tengah, hingga bek kanan.

Situasi tersebut sempat menjadi pemantik rumor yang menyebut hika bek berusia 25 tahun itu tidak nyaman dan ingin hengkang dari Chelsea. Garcia secara tegas menampik hal tersebut.

"Dia bahagia di London, di Chelsea, dan tak akan hijrah ke klub lain," katanya lagi menambahkan.

Olivier Giroud dan Pedro Rodriguez Akan Dilego?

(AP Photo/Francois Mori)
(AP Photo/Francois Mori)

Olivier Giroud semakin tenggelam di Chelsea musim ini. Striker berkebangsaan Prancis itu kalah bersaing dengan Tammy Abraham dan Michy Batshuayi.

Mantan pemain Arsenal ini hanya bermain lima kali di Premier League musim ini dengan tidak mencetak gol atau assist.

Kontrak Pedro Rodriguez bersama Chelsea akan habis pada akhir musim ini. Manajemen The Blues sepertinya tidak akan memperpanjang kontrak sang pemain.

Menit bermain Pedro musim ini berkurang di bawah asuhan Frank Lampard. Ia hanya tampil 11 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak satu gol dan dua assist.

 

 

Sumber: Daily Mail

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Apresiasi Pembentukan Perusahaan Patungan MRT-KAI Arahan Jokowi

Posted: 09 Jan 2020 10:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi Presiden Jokowi yang telah memberikan arahan dalam pembentukan perusahaan patungan antara PT MRT Jakarta dan PT KAI Persero.

Dia menyebut dengan adanya kolaborasi tersebut dapat mewujudkan adanya pengintegrasian antar moda transportasi di Jabodetabek.

"Semua tidak mungkin terjadi bila tidak ada arahan leadership yang kuat. Pertama, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Presiden Pak Jokowi yang telah memberikan support penuh dan peran sentral, sehingga integrasi bisa terjadi," kata Anies di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Anies juga apresiasi Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang telah memfasilitasi terjadinya pembentukan perusahaan patungan tersebut.

"Beliau (Budi Karya) selalu support lewat surat-surat resminya itu memberikan kepada kami keyakinan, this is the way to go," ucapnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, dalam perusahaan patungan ini PT MRT Jakarta memiliki saham 51 persen dan Kementerian BUMN sebesar 49 persen.

"PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek yang akan mengelola dan menata 72 stasiun, termasuk kereta api bandara, dan kereta commuterline," papar dia.

Untuk tahap awal, Anies menyatakan terdapat empat stasiun akan dimodifikasi yang terintegrasi yang rencananya selesai pada Maret 2020. Empat stasiun itu yakni Senen, Juanda, Tanah Abang, dan Sudirman.

"Di empat stasiun kita akan menyaksikan wujud dari integrasi transportasi ini, dengan adanya PT ini, nanti perencanaan dilakukan di situ," jelas Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Bupati hingga Kadis PUPR Indramayu di Kasus Suap Proyek

Posted: 09 Jan 2020 10:45 PM PST

Bupati Indramayu nonaktif Supendi (kanan) dan Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah (tengah) usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Bupati Indramayu nonaktif Supendi (kanan) dan Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah (tengah) usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Indramayu nonaktif Supendi (kanan) dan Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah (tengah) usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Indramayu nonaktif Supendi (kanan) dan Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Bupati Indramayu nonaktif Supendi (kanan) dan Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Indramayu nonaktif Supendi (kanan) dan Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Indramayu nonaktif Supendi (kanan) dan Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Bupati Indramayu nonaktif Supendi (kanan) dan Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Indramayu nonaktif Supendi (kanan) dan Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

(kiri-kanan) Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah, Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu Wempy Triyono, dan Bupati Indramayu nonaktif Supendi usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
(kiri-kanan) Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah, Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu Wempy Triyono, dan Bupati Indramayu nonaktif Supendi usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

(kiri-kanan) Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah, Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu Wempy Triyono, dan Bupati Indramayu nonaktif Supendi usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

(kiri-kanan) Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah, Bupati Indramayu nonaktif Supendi, dan Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu Wempy Triyono usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
(kiri-kanan) Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah, Bupati Indramayu nonaktif Supendi, dan Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu Wempy Triyono usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

(kiri-kanan) Kadis PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah, Bupati Indramayu nonaktif Supendi, dan Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu Wempy Triyono usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan suap pengaturan proyek di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukalapak Ingin Jadi Perusahaan yang Bertahan Sampai 100 Tahun

Posted: 09 Jan 2020 10:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak telah berusia 10 tahun. Perusahaan rintisan yang mulanya dibesut untuk menaikkelaskan para pedagang UMKM ini menjadi salah satu perusahaan unicorn Tanah Air.

Unicorn merupakan sebutan untuk startup yang memiliki nilai valuasi di atas satu miliar dolar AS. Menurut CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin, hanya ada 433 perusahaan di dunia yang menjadi unicorn, decacorn, dan hectocorn.

Namun, impian Bukalapak sebagai perusahaan teknologi lokal tidak berhenti hanya sebatas menyandang status unicorn.

Rachmat Kaimuddin punya visi jangka panjang, yakni bisa bertahan hingga lebih dari usia 100 tahun. Saat ini, kemungkinan sebuah perusahaan bisa bertahan hingga 100 tahun hanya 0,00045 persen di dunia.

"Setelah melewati milestone 10 tahun dan jadi unicorn, yang kami ingin capai berikutnya adalah menjadi bagian dari 0,00045 persen perusahaan yang masih ada 100 tahun lagi," kata Rachmat saat Perayaan 10 Tahun Bukalapak di Kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Jumat (10/1/2019).

 

Bukalapak Akan Fokus di Tiga Hal Ini

Untuk mencapai tujuan di atas, Rachmat mengatakan perusahaan akan fokus pada tiga hal.

Pertama, memastikan Bukalapak jadi organisasi yang sustainable, memperluas jangkauan UMKM, dan menjadikan perusahaan tempat bagi talenta-talenta kebanggaan Tanah Air untuk berkarya.

Sekadar informasi, Bukalapak kini memiliki 70 juta pengguna aktif dengan 5 juta pelaku UMKM sebagai merchant dan 3 juta mitra.

Per 2019, Bukalapak juga mencatatkan catatan keuangan yang baik dengan valuasi perusahaan mencapai USD 2,5 miliar.

Tidak hanya itu, jumlah transaksi di Bukalapak meningkat 60 persen. Dengan 70 juta pengguna aktif, jumlah kunjungan aplikasi Bukalapak mencapai lebih dari 420 juta kali per bulan.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unit Anti-Terorisme Jepang Bertemu Menko Mahfud Md, Apa yang Dibahas?

Posted: 09 Jan 2020 10:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Unit Anti Terorisme Jepang di bawah pimpinan Shigenobu Fukumoto bertemu Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud Md. Dalam pertemuan itu, dibahas beragam kerja sama yang terkait dengan pemberantasan terorisme.

"Ya (membahas) kerja sama pemberantasan terorisme dan deradikalisasi. Itu kan sekarang jaringannya udah internasional misalnya soal FTF ya foreign terrorist fighters itu," terang Menko Polhukam, Mahfud Md di kantornya, Jumat (10/1/2020).

Perwakilan Jepang yang bertandang ke Kemenko Polhukam menurut Mahfud adalah Direktur Jenderal Penanggulangan Terorisme Jepang, Shigenobu Fukumoto. Menurut dia, Jepang juga tengah mengalami ketakutan akan ancaman terorisme.

"Karena sekarang terorisme lebih canggih kan. Pertama melibatkan perempuan dan anak-anak, yang kedua transfer uangnya sudah melalui ini HP kaya gini smartphone. Jadi sudah digital kalau dulu kan lewat bank," ungkap Mahfud.

Dia menyebutkan, pertemuan hari ini adalah pembuka saja. Ke depannya pihaknya dan Jepang akan membentuk tim bersama.

"Jadi banyak ya yang akan kita kerjasamakan bahkan akan ada forum tim bersama lah yang akan membicarakan terorisme dan pengamanan kawasan," ucapnya.

 

Dikonkretkan Segera

Langkah selanjutnya, lanjut Mahfud akan dilakukan pada tahun ini.

"Pembicara pendahulunya sudah, mungkin tahun 2020 ini akan segera dikonkretkan," jelas dia mengakhiri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rindu Bobotoh, Alasan Igbonefo Balik ke Persib

Posted: 09 Jan 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Victor Igbonefo mengaku sangat senang bisa kembali ke Persib muusim ini. Ia pun berharap bisa membawa Persib berjaya lagi di semua kompetisi.

Igbonefo merupakan salah satu pemain kunci Persib saat mengarungi Liga 1 2018. Ia mencatatkan 27 penampilan, menyumbang satu assist dan sebuah gol saat itu.

Pemain berdarah Nigeria ini dikontrak selama dua musim oleh Persib. Selain itu ada opsi perpanjangan semusim lagi jika ia tampil memuaskan.

"Dari hati saya tidak mau pergi ke tim lain kecuali Persib Bandung. Jadi waktu diminta balik ke sini, aku sangat senang," ujar Igbonefo seperti dilansir laman resmi klub.

"Saya juga sangat rindu Bobotoh. Dimanapun Persib main mereka selalu ada, bahkan hingga ke Bandara. Saya senang karena bisa merasakan hal ini lagi dalam waktu dekat," ujarnya menambahkan.

 

Tekad Igbonefo

Pemain Timnas Indonesia, Victor Igbonefo dan Otavio Dutra saat latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Minggu (8/9). Indonesia akan berhadapan dengan Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pemain Timnas Indonesia, Victor Igbonefo dan Otavio Dutra saat latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Minggu (8/9). Indonesia akan berhadapan dengan Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain berdarah Nigeria ini pun bertekad untuk memberikan segalanya bagi Persib.

"Target utama saya adalah memperbaiki prestasi Persib dari musim lalu. Saya pikir kami punya kualitas yang cukup bagus," ujarnya menambahkan.

"Selain itu saya senang bisa dilatih Robert Alberts. Saya yakin bakal berkembang bersamanya," ujar Igbonefo.

Jadwal Persib di Asia Challenge Cup 2020

18 Januari 2020

Persib vs Selangor FA

Stadion Shah Alam, Kuala Lumpur

19 Januari 2020

Persib vs Bangkok United

Stadion Shah Alam, Kuala Lumpur

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenal Lebih Dekat Dengan Abimana Aryasatya, Pemeran Gundala

Posted: 09 Jan 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Abimana Aryasatya adalah aktor berkebangsaan Indonesia kelahiran Jakarta, 24 Oktober 1982. Abimana Aryasatya ternyata dulunya dikenal dengan nama Robertino.

Abimana sendiri menjadi salah satu aktor kawakan Indonesia yang wajahnya kerap menghiasi beberapa judul film layar lebar. Sebut saja 99 Cahaya di Langit Eropa, Sabtu Bersama Bapak, dan Warkop DKI Reborn.

Yang terbaru, Abimana dipercaya membintangi salah satu tokoh superhero dari Indonesia bernama Gundala. Nama Abimana Aryasatya rupanya sudah tercetus sejak skenario ditulis. Tapi, proses casting tetap dilakukannya.

Siapa sangka, ternyata aktor terkenal seperti saat ini dulunya pernah menjadi seorang pengamen loh. Abimana ngamen bersama sahabatnya yang kini menjadi bassist band Maliq & D'Essentials, Jawa.

Bagi kalian yang ingin menyaksikan film Gundala bisa anda saksikan dilayanan video streaming yaitu Vidiofilm Gundala ini akan tayang eksklusif hanya di Vidio pada 18 Januari 2020 dengan berlangganan Vidio Premier Gold! Yuk, nikmati layanannya sekarang juga!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temui Jokowi, Softbank Mau Investasi di Ibu Kota Baru

Posted: 09 Jan 2020 10:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima delegasi SoftBank Corp di Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan.Dalam pertemuan tersebut Masayoshi Son tertarik untuk menanamkan modal di Ibu Kota Baru, Kalimantan.

"Jadi saya pikir Ibu Kota Jakarta memiliki sejarah besar, kesuksesan besar. Jadi proyek baru ini yang sedang anda persiapkan. Saya pikir ada peluang menarik yang bisa kita diskusikan ide-ide potensial," kata Masayoshi saat bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Jokowi pun langsung menyambut pernyataan tersebut dengan menjelaskan keadaan Jakarta sekarang dan ibu kota baru.

"Ukuran Jakarta adalah 66.000 ha dan jika kita bandingkan dengan ibu kota baru, ukuran ibu kota baru diatur ke 256.000 ha," ungkap Jokowi.

Sementara, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan Sofbank akan menginvestasikan sebesar USD 100 miliar. Dia pun hampir tidak percaya dengan investasi yang dikeluarkan.

"Hari Jumat, Masoyoshi mau ke sini. Karena dia desak saya terus, dia mau investasi hampir USD 100 miliar. Menurut saya too good to be true," ungkap Luhut.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Cerita Luhut Rayu SoftBank Suntik Dana ke Startup Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja menerima CEO Grab Anthony Tan, Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son, CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di Istana Merdeka, Senin (29/7/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja menerima CEO Grab Anthony Tan, Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son, CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di Istana Merdeka, Senin (29/7/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa startup perikanan lokal, Aruna sedang dipantau Softbank sebagai target investasi baru mereka. Hal itu terungkap dalam pembicaraan pribadi dengan CEO Softbank Masayoshi Son.

Luhut berkisah, pada sebuah kesempatan makan bersama dengan CEO Softbank tersebut dia meminta Masayoshi Son, untuk tidak hanya mendanai Grab saja, melainkan juga melirik startup lokal.

"Waktu Softbank datang, saya kan sempat tuh sarapan sama Masayoshi Son ketuanya, saya bilang kamu jangan cuma Grab aja dong, yang lokal juga dikasih," kata Luhut di Ritz Carlton Pacific Place, seperti ditulis Kamis (15/8/2019). 

Pembicaraan tersebut kemudian berbuntut pada rencana investasi SoftBank ke perusahaan rintisan lokal, Aruna. Menurut Luhut, kini pihak Softbank sudah mengirim orang untuk membicarakan investasi dengan Aruna.

"Akhirnya bisa dapat kayaknya si Aruna itu, kabarnya sudah dikirim orang dari Softbank ke mereka," jelas Luhut.

Bahkan, Luhut juga menceritakan kini Aruna jadi rebutan para investor. Luhut pun mengatakan dengan kucuran dana dari para investor, tidak heran jika Aruna bisa menjadi unicorn suatu saat nanti.

"Sekarang malah jadi rebutan Aruna itu. Orang mau investasi, tahu-tahu jadi unicorn aja tuh nanti," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alumni La Masia Tak Mau Balik ke Barcelona

Posted: 09 Jan 2020 10:35 PM PST

Betis - Carles Alena mengindikasikan bakal menolak kembali ke Barcelona. Ia merasa terpukau dengan Real Betis dan ingin mengeluarkan kemampuan terbaik. 

Alena dipinjamkan ke Betis hingga akhir musim ini. Alumni La Masia itu mengutarakan niatnya untuk mengaktifkan klausul yang ada pada kontrak peminjamannya dari Barcelona.

Gelandang berusia 21 tahun itu menegaskan fokus ke Real Betis dan enggan memikirkan Barcelona. Apalagi sejak awal, Alena memang meminta langsung kepada manajemen klub untuk dipinjamkan ke klub Andalusia tersebut.

"Dalam sepak bola, Anda tak pernah tahu. Apa yang terjadi terjadilah. Saat ini saya mau fokus dan berbuat yang terbaik buat Betis," kata Alena kepada Marca.

"Saya tidak tahu apakah Ernesto Valverde terkejut atau tidak. Memang, saya sendiri yang bilang langsung kalau saya mau bergabung dengan Betis. Ada klausul dalam kontrak saya, mengenai masa depan saya, saya yang akan menentukan," katanya lagi.

Alena merupakan produk akademi La Masia. Musim lalu, ia bermain sebanyak 27 kali buat Barcelona sebelum dipinjamkan ke Real Betis hingga akhir musim.

Gemetar Bermain di Benito Villamarín Stadium

Benito Villamarín Stadium adalah satu di antara stadion terbesar di Spanyol. Saat Alena menginjakkan kaki di kandang Real Betis itu, ia mengaku merasakan gemetar yang luar biasa.

"Gila rasanya saat saya memasuki stadion ini. Saya pernah bermain di sini sebagai rival, rasa gemetar yang saya rasakan saat itu. Kini, saya mau membayar cinta kepada suporter," lanjut Alena.

"Saat Anda datang ke sini, Anda akan merasa betapa besar klub ini. Sulit untuk dijelaskan. Saya sangat senang bisa merasakan atmosfer seperti ini di usia muda. Kota ini spektakuler, ini seperti mimpi yang jadi kenyataan. Saya mau meraih hal-hal hebat di klub ini," katanya memungkasi.

 

Sumber: Marca

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Tunjuk M Noor Marzuki Jadi Tim Ahli Wapres

Posted: 09 Jan 2020 10:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Usai menunjuk Saleh Husin masuk dalam jajaran Tim Ahli Wapres, Wakil Presiden Ma'ruf Amin kembali menunjuk sosok pendampingnya yang lain sebagai tim ahli. Dia adalah mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) M Noor Marzuki.

Usai dipastikan masuk tim ahli, M Noor menyatakan bahwa ini adalah  amanah besar yang harus diembannya. Karenanya, kata dia, amanat harus dilaksanakan dengan benar. "Karena ini amanah, harus dijalankan penuh tanggungjawab," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/1/2020).

Kendati bukan tugas ringan, M Noor mengaku bersyukur telah diberi kepercayaan menjadi bagian dari Tim Ahli Wapres Ma'ruf Amin.

"Tetap harus disyukuri. Saya akan berusaha sekuat tenaga membantu Wapres dalam menjalankan tugasnya," katanya.

Tidak diungkapkan alasan Ma'ruf Amin menunjuk M Noor sebagai tim ahli. "Saya juga tidak tahu apa alasan beliau. Saya dapat amanah dan harus dijalankan," ujarnya.

Sekader diketahui, dalam menjalankan tugas sebagai Wapres, Ma'ruf Amin dibantu oleh beberapa orang yang tergabung dalam tim Ahli. Salah di antaranya, M Noor Marzuki.

Sebelumnya, Wapres Ma'ruf Amin telah menunjuk Saleh Husin masuk dalam jajaran Tim Ahli Wapres. Dengan keberadaan Saleh Husin dan M. Noor Marzuki diyakini akan membantu tugas Ma'ruf Amin selama menjadi Wapres.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Penyebab Polisi Belum Pastikan Kematian Lina

Posted: 09 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polisi memerlukan waktu 14 hari untuk menentukan penyebab kematian Lina mantan istri Sule, meski telah melakukan Autopsi jenazahnya. Polisi menunggu hasil pemeriksaan jaringan dan tuksiologi dari Labfor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sampah Menggunung di Pintu Air Manggarai

Posted: 09 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah petugas tangani sampah yang menumpuk di pintu air Manggarai. Sampah dari hulu terbawa aliran sungai dan sempat menyumbat laju air sungai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir: 5 Tahun ke Depan, BUMN Tak Gampang Ganti Pimpinan

Posted: 09 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, mengatakan rencana BUMN untuk lima tahun ke depan agar perusahaan-perusahaan BUMN tidak merombak pimpinan. Hal ini untuk stabilisasi demi menciptakan ekosistem lingkungan yang baik.

"Direksi komisarisnya jangan gonta-ganti nantinya, mana ada ke stabilan kalau pimpinannya digonta-ganti tiap tahun. Kalau bisa selesaikan, nah kenapa tidak selesai," kata Erick dalam acara Penandatanganan Perjanjian Pemegang Saham Pendirian Perusahaan Patungan antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero), di Synergy Lounge Gedung Kementerian BUMN, Jakarta (10/1/2020).

Menurutnya ada cakupan yang harus dipenuhi, apabila sering terjadi perombakan pemimpin. Mungkin disebabkan Key Performance Indeks (KPI) yang tidak sampai target atau secara operasional menyalahi good corporate governance.

"Apa itu good corporate governance, hari ini yang sering terjadi di BUMN adalah window dressing laporan keuangan, kalau window dressing laporan keuangan itu bisa masuk pada tindakan kriminal. Apalagi kalau window dressing ini terus ke bawahnya terlihat buntung tapi ga ada cash nya, hanya bagi buat gaji bonus saja," jelasnya.

Sementara itu, ia berpendapat dengan melakukan review komisaris dan jajaran direksi BUMN merupakan hal yang wajar dilakukan dan bukan sesuatu yang perlu diributkan.

"Nanti ada meeting ulangan dirut, komutnya ketua kelasnya, dirutnya yang bertanggung jawab untuk jajaran direksinya," ujarnya.

 

Saling Menyalahkan

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memimpin pertemuan sembilan perwakilan partai pendukung koalisi ke kediaman pribadi Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie di Jakarta, Senin (8/10). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memimpin pertemuan sembilan perwakilan partai pendukung koalisi ke kediaman pribadi Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie di Jakarta, Senin (8/10). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Erick tidak mau jika orang-orang yang berada di dalam perusahaan, malah saling tusuk menusuk tidak ada kekompakan.

Maka ia pun menegaskan, pemimpin direksi BUMN harus mencakup tiga hal, yakni pertama, ahlak; kedua, loyalitas; ketiga, rekan kerja (team work).

"Kita coba hari ini, tidak mungkin ini ditandatangani (Perjanjian Pemegang Saham Pendirian Perusahaan Patungan PT Moda Integritas Transportasi Jabodetabek) kalau tidak ada team work, antara gubernur DKI, ataupun teamnya dan lain-lain," jelasnya.

Selanjutnya, loyalitas juga penting menurutnya untuk mendukung dan membantu visi presiden, untuk terus meningkatkan QPA-QPA yang ditargetkan oleh presiden.

Kemudian, menurutnya ahlak juga penting dalam menjalankan suatu amanah. Ia mencontohkan pemerintah DKI Jakarta yang bekerja sama dengan PT MRT dan PT KAI, dengan menciptakan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek, yang bertujuan mensinergikan moda transportasi di Jakarta, apabila ahlak seluruh jajarannya tidak benar, maka proyek tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meghan Markle - Pangeran Harry Mundur, Ratu Inggris Gelar Rapat Darurat

Posted: 09 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II langsung bergerak cepat merespons pengumuman yang dibuat oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle soal keinginan mereka untuk mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris.

Dalam laporan yang dipublikasikan People, Jumat (10/1/2020) Ratu Elizabeth II bahkan menggelar rapat darurat mengenai hal ini. Sang Ratu, Pangeran Charles, dan Pangeran William, bersatu untuk mencari solusi atas keinginan Meghan Markle dan Pangeran Harry tersebut.

"Sang Ratu, Pangeran Wales, dan Duke Cambridge telah mengarahkan timnya untuk bekerja cepat dengan pemerintah dan kantor keluarga Sussex untuk mencari solusi yang bisa dilakukan dan ini diharapkan bisa [diselesaikan] dalam hitungan hari, bukan minggu," tutur sumber dalam kerajaan kepada People.

Sang sumber mengatakan pihak Kerajaan Inggris tak ingin terlalu larut dalam kekagetan atas pegumuman Meghan Markle dan Pangeran Harry.

Dalam Hitungan Hari

Pangeran Harry dan Meghan Markle, bersama anak mereka, Archie. (Photo by HENK KRUGER / POOL / AFP)
Pangeran Harry dan Meghan Markle, bersama anak mereka, Archie. (Photo by HENK KRUGER / POOL / AFP)

"Ini telah bergeser, dari rasa kaget dan beragam emosi, menjadi sesuatu yang sifatnya konstruktif," kata sumber ini.

Sumber tersebut juga yakin isu ini akan menemukan jalan keluar dalam waktu cepat, meski sifatnya terbilang rumit. "Ini rumit. Ini terjadi begitu cepat. Buktinya adalah bahwa ini akan memakan waktu berhari-hari, bukan berminggu-minggu," kata dia.

Kerja Cepat

Meghan Markle dan Ratu Elizabeth (Jim Clarke / POOL / AFP)
Meghan Markle dan Ratu Elizabeth (Jim Clarke / POOL / AFP)

"Orang-orang berupaya bekerja cepat dalam isu yang rumit ini demi menemukan sesuatu yang bisa dilakukan untuk Duke dan Duchess Sussex," tuturnya menambahkan.

 

Pendanaan dan Keamanan

Salah satu topik yang menjadi fokus pembahasan, adalah mengenai pendanaan bagi pasangan ini dan tim yang bekerja kepada mereka. Tak hanya itu, dibahas pula soal keamanan dan perlindungan, juga apakah mereka akan memiliki tempat tinggal resmi.

 

Soal Peran

Selain itu dibahas pula peran seperti apa yang bisa dijalani Pangeran Harry dan Meghan Markle sebagai bentuk pengabdian kepada Sang Ratu, termasuk apa mereka bisa melakukan tur di negara asing.

Kerajaan juga berkonsultasi dengan pemerintah Inggris soal isu-isu kunci tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menelusuri Situs Investasi Bodong MeMiles

Posted: 09 Jan 2020 10:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ditreskrimsus Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) membongkar kasus investasi bodong MeMiles yang beromzet Rp 750 miliar.Terbaru, Polda Jatim menyatakan memanggil beberapa publik figur yang diduga terlibat dalam promosi hingga pembelian saham investasi bodong PT Kam and Kam berbasis aplikasi pada pekan depan.

"Kami sudah melakukan panggilan saksi beberapa nama papan atas, figur publik atau artis yakni inisial ED, MT, AN dan J pada minggu depan. Masing-masing berbeda tanggalnya," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Surabaya, Kamis, 9 Januari 2020, seperti dikutip dari Antara.

Publik figur inisial J telah konfirmasi akan hadir pada 22 Januari, karena masih ada kesibukan.

"Untuk konfirmasi sejauh ini, ada beberapa seperti J sudah mengonfirmasi terkait ketidakhadirannya pada penyidik untuk menunggu dari tim manajer karena ada kegiatan di Jakarta," kata Trunoyudo.

Mengenai apa saja keterlibatan para publik figur ini, ia masih belum bisa menjelaskan. Sebab proses pemeriksaan masih akan berlangsung menunggu kehadiran publik figur tersebut.

"Keterlibatannya seperti apa? Nanti dalam materi proses penyidikan. Minimal proses keterlibatannya yaitu adanya bagian dari member, kemudian ada juga ada kegiatan yang kemungkinan bisa dikembangkan oleh penyidik, seperti apakah ada keterkaitan dengan sistem operasional PT Kam and Kam dalam akun MeMiles ini," ucap Truno.

Kasus investasi ilegal MeMiles ini terbongkar ketika Polda Jatim mendapatkan investasi MeMiles yang belum berizin. Investasi ilegal ini menggunakan PT Kam and Kam yang berdiri pada delapan bulan lalu tanpa mengantongi izin.

Perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa pemasangan iklan yang menggunakan sistem penjualan langsung melalui jaringan member dengan cara bergabung di aplikasi MeMiles. Peminatnya pun cukup besar. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan, sudah ada 264 ribu member selama delapan bulan dengan omzet Rp 750 miliar.

Polda Jatim pun menangkap dua tersangka terkait kasus tersebut. Tersangka itu berinisial KTM (47) dan FS (52).

"Tersangka pernah terlibat kasus sama tahun 2015 di Polda Metro Jaya," ujar Luki, dikutip pada Jumat, 3 Januari 2020.

Mekanisme investasi yaitu setiap anggota berhasil merekrut anggota baru mendapatkan komisi atau bonus dari perusahaan. Jika ingin memasang iklan, anggota harus memasang top up dengan dana dimasukkan ke rekening PT Kam and Kam. Dengan top up itu, anggota memperoleh bonus atau reward bernilai fantastik.

"Dana masuk antara Rp 50 ribu sampai Rp 200 juta," ujar Luki.

Anggota banyak tergiur karena bonus yang dijanjikan tersangka. Luki mencontohkan, dengan hanya menyetor Rp 50 juta, anggota bisa memperoleh mobil seharga di atas Rp 100 juta. "Dalam mengusut kasus ini kami bekerjasama dengan pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan)," kata Luki.

Liputan6.com pun menelusuri website memiles tersebut pada Jumat, 10 Januari 2020. Dalam website dengan memiles.co, disebutkan kalau MeMiles program aplikasi yang memadukan bisnis traveling, advertising, dan market place dalam satu aplikasi. Disebutkan untuk pendaftaran dengan unggah aplikasi dan buka aplikasi.

Update

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L.Tobing menuturkan, pihaknya sudah memblokir situs dan aplikasi MeMile melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Akan tetapi, ia menilai pelaku dapat saja membuat situs baru dan mengubah nama.

Oleh karena itu, pihaknya sudah mengumumkan ke masyarakat sejak Agustus kalau kegiatan ini ilegal sehingga masyarakat tidak ikut. Adapun pada 2019, ada sebanyak 444 entitas investasi ilegal yang dihentikan. Pada 2018 ada 108 dan 2017 ada 80 entitas. "Hal yang perlu adalah peran serta masyarakat agar tidak ikut MeMiles," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun ke-10, Bukalapak Kantongi 70 Juta Pengguna Aktif

Posted: 09 Jan 2020 10:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak genap berusia 10 tahun. Startup asli Indonesia besutan Achmad Zaky cs ini telah tumbuh sebagai perusahaan rintisan bergelar unicorn atau memiliki valuasi lebih dari satu miliar dolar AS.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin dalam sambutannya mengatakan, hanya ada 4 persen perusahaan yang bisa bertahan lewat dari 10 tahun.

Ia juga mengumumkan pencapaian Bukalapak di usianya yang ke-10. Salah satunya adalah puluhan juta pengguna yang aktif menggunakan platform Bukalapak.

"Mas Zaky telah berhasil membangun suatu organisasi dari nol dan organisasi tersebut sampai sekarang berhasil membantu 5 juta pelaku UMKM, 3 juta mitra, dan melayani 70 juta pengguna aktif," kata Rachmat dalam Perayaan Ulang Tahun ke-10 Bukalapak di Kantor Pusat Bukalapak di Kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Jumat (10/1/2019).

Padahal kata Rachmat, pertama didirikan pada 2010, Bukalapak berawal dari mimpi untuk menaik kelaskan pelaku UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia dengan bantuan teknologi.

 

Mengubah Hidup Banyak Orang

Para petinggi Bukalapak, termasuk CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin berserta Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid dan Co-Founder Bukalapak Achmad Zaky dalam foto bersama. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).
Para petinggi Bukalapak, termasuk CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin berserta Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid dan Co-Founder Bukalapak Achmad Zaky dalam foto bersama. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Rachmat juga mengatakan, Bukalapak ingin terus berupaya untuk mengubah hidup banyak orang secara lebih baik dengan memberdayakan UMKM lewat teknologi dan inovasi.

"Kami ingin agar pelapak dan mitra UMKM kami bisa berjualan barang yang jenisnya lebih banyak, baik itu online maupun offline, nasional atau internasional, dan agar para pengguna bisa mendapatkan barang-barang dengan kualitas dan harga terbaik secara aman dan nyaman," kata Rachmat.

Mantan Direktur Keuangan dan Perencanaan di Bank Bukopin ini juga mengatakan, di Indonesia, bisnis online masih sangat luas kesempatannya.

"Trade e-commerce ini sendiri baru sekitar 5 persen, jadi 95 persen transaksi masih terjadi offline. Kami akan selalu coba bantu perdagangan dengan teknologi. Itu niat kami. Karena semakin lama, pasar semakin luas dan transaksi semakin efisien," tutur Rachmat.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respons Tokoh PDIP Usai Komisioner KPU Diciduk KPK

Posted: 09 Jan 2020 10:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan dalam operasi tangkap tangan (OTT), Rabu, 8 Januari 2020. Dua staf Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto juga turut diamankan KPK.

Hingga saat ini, KPK telah menetapkan tiga tersangka lainnya selain Wahyu dalam dugaan kasus suap tersebut.

Nama caleg PDIP Dapil I Sumatera Selatan Harun Masiku mencuat sebagai salah satu tersangka. Bahkan KPK mengeluarkan ultimatum meminta Harun segera menyerahkan diri ke lembaga antirasuah.

"KPK meminta tersangka HAR segera menyerahkan diri ke KPK," ujar Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis malam, 9 Januari 2020.

Selain Harun, staf kepercayaan Hasto lainnya yaitu Saeful Bahri juga resmi mengenakan rompi oranye dalam kasus suap soal anggota DPR RI Pergantian Antar Waktu (PAW).

"KPK menetapkan empat orang tersangka, mereka adalah WSE (Wahyu Setiawan) Komisioner Komisi Pemilihan Umum, ATF (Agustiani Tio Fridelina) mantan anggota Badan Pengawas Pemilu, orang kepercayaan WSE. Sebagai pemberi, HAR (Harun Masiku), dan SAE (Saeful) sebagai swasta," ucap Lili.

Berikut ini respons para petinggi PDIP Usai OTT Komisioner KPU yang diduga melibatkan kadernya:

Hasto Kristiyanto

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto memberi keterangan terkait Kongres V PDI Perjuangan tahun 2019 di Jakarta, Kamis (1/8/2019). Kongres dilaksanakan di Bali pada 8 Agustus 2019 dan mengambil tema Solid Bergerak Untuk Indonesia Raya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto memberi keterangan terkait Kongres V PDI Perjuangan tahun 2019 di Jakarta, Kamis (1/8/2019). Kongres dilaksanakan di Bali pada 8 Agustus 2019 dan mengambil tema Solid Bergerak Untuk Indonesia Raya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membenarkan informasi bahwa ada dua staff PDIP yang disebut-sebut turut diamankan KPK bersama Komisioner Pemilihan Umum Wahyu Setiawan, pada Rabu, 8 Januari 2020.

"Kalau informasi itu benar, maka yang bersangkutan itu salah satu adalah kader PDIP. Sebagai kader PDIP dia bertindak seharusnya menjalankan garis-garis kebijakan ideologi partai termasuk untuk tidak melakukan tindakan-tindakan bertentangan dengan hukum," kata Hasto di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

Selaku Sekjen, Hasto menyatakan dirinya bertanggung jawab dalam membina seluruh staf, seluruh anggota dan seluruh kader partai. Sebab hal tersebut merupakan tugas yang sudah tertuang dalam AD/ART PDIP.

"Apa yang menjadi tindak dari para anggota dan kader partai, partai tentu saja ikut bertanggung jawab. Tetapi ketika sudah menyentuh persoalan hukum, partai tidak bertanggung jawab," jelas Hasto.

Namun, Hasto mengaku tak mengetahui keberadaan dua stafnya tersebut dikarenakan tengah dalam kondisi tidak sehat.

 

Yasonna Laoly

Menkumham Yasonna Laoly menerima kedatangan Hasto Kristianto di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Rabu (6/5/2015). Kedatangan Hasto untuk menyerahkan susunan Kepengurusan DPP PDIP periode 2015-2020 kepada Menkumham. (Liputan6.com/ Faizal Fanani)
Menkumham Yasonna Laoly menerima kedatangan Hasto Kristianto di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Rabu (6/5/2015). Kedatangan Hasto untuk menyerahkan susunan Kepengurusan DPP PDIP periode 2015-2020 kepada Menkumham. (Liputan6.com/ Faizal Fanani)

Berbeda dengan Sekjen PDIP, Yasonna H Laoly selaku Ketua DPP PDIP Bidang Hukum, HAM, dan Perundang-undangan justru mengaku belum mengetahui kabar OTT KPK terhadap Komisioner KPU yang diduga juga menyeret politikus PDIP.

"Saya nnggak tahu, tanya mereka saja. Ya kan. Kami (PDIP) ini taat hukum saja," ujar Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

Meski demikian, Yasonna menegaskan bahwa apabila benar operasi senyap tersebut menyeret politikus PDIP maka partainya menyerahkan sepenuhnya pada proses hukum.

Dia mengatakan, PDIP akan taat pada hukum yang berlaku. "Kita (Indonesia) kan negara hukum, kita negara hukum," kata Yasonna.

Djarot Saiful Hidayat

Pembina Bara Baja Djarot Saiful Hidayat saat wawancara di kantor KLY, Jakarta, Rabu (19/9). Djarot adalah politisi PDI Perjuangan yang pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pembina Bara Baja Djarot Saiful Hidayat saat wawancara di kantor KLY, Jakarta, Rabu (19/9). Djarot adalah politisi PDI Perjuangan yang pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat belum membenarkan secara gamblang adanya keterkaitan kadernya dengan OTT Komisioner KPU berinisial W.

Namun, Djarot menyatakan pihaknya akan segera menjelaskan kepada publik terkait OTT tersebut.

"Kita akan ada konpers secara khusus," jawab Djarot saat meninjau persiapan Rakernas PDIP di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

Tak hanya itu, Djarot juga meminta agar aparat penegak hukum dibiarkan fokus untuk mengusut perkara tersebut terlebih dahulu.

"Informasinya seperti itu. Makanya kita lihat dulu seperti apa tapi yang jelas berikan kesempatan aparat penegak hukum untuk mengurai kasusnya," kata Djarot di JIEXPO, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

Djarot pun menegaskan bahwa pihaknya akan mendukung dan siap bekerjasama dalam usaha pemberantasan kasus suap. Termasuk jika benar adanya keterlibatan kadernya dalam kasus OTT komisioner KPU.

"PDIP mendukung penuh aspek penegakan hukum dan pemebrantasan korupsi dan kita tidak akan mengintervensi, siapapun bersalah harus dihukum," jelasnya.

 

(Winda Nelfira)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan Serta Cara Penggunaannya

Posted: 09 Jan 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kayu manis untuk kecantikan bisa didapatkan dengan memperhatikan cara penggunaannya. Walaupun rempah ini biasanya hanya digunakan untuk menjadi penyedap masakan atau pemanis minuman, kamu juga bisa menjadikannya bahan perawatan kecantikan. 

Penggunaan kayu manis untuk perawatan kecantikan biasanya ditambahkan dengan campuran bahan alami lainnya. Tidak hanya merawat kecantikan kulit wajah saja, kamu juga bisa mendapatkan manfaat kayu manis pada rambut hingga bibir dan mulut.

Manfaat kayu manis untuk kecantikan dipengaruhi oleh kandungannya. Kandungan antioksidannya yang tinggi seperti polifenol, serta memiliki sifat antimikroba dan antiparasit dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan yang baik untuk tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/1/2020) tentang manfaat kayu manis untuk kecantikan serta cara penggunaannya

Masker Jerawat

Ilustrasi jerawat. Sumber foto: pixabay.com/Kjerstin Michaela.
Ilustrasi jerawat. Sumber foto: pixabay.com/Kjerstin Michaela.

Manfaat kayu manis untuk kecantikan yang pertama yaitu sebagai masker jerawat. Kayu manis telah terbukti tinggi antioksidan, salah satunya polifenol. Polifenol bekerja melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas dari sinar UV matahari dan polusi udara yang menyebabkan penuaan dini serta jerawat meradang.

Kayu manis juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba dan antiparasit untuk melawan bakteri penyebab jerawat, serta memiliki sifat penyembuh luka yang bisa berguna untuk mencegah terjadi luka bekas jerawat. 

Cara penggunaannya, campur tiga sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis bubuk. Oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan sampai mengering. Kemudian, bilas wajah hingga bersih.

Mengatasi Bau Mulut

Ilustrasi bau mulut (iStock)
Ilustrasi bau mulut (iStock)

Bau mulut juga dapat diatasi dengan manfaat kayu manis ini. Masalah bau mulut dapat disebabkan oleh gigi berlubang dan kurangnya kesadaran untuk merawat kebersihan mulut.

Jika bau mulut terlanjur menghampiri, kayu manis dapat menjadi salah satu solusinya. Cukup obati masalah bau mulut dengan mengunyah satu batang kayu manis. Maka bau mulut bisa teratasi.

Selain dikunyah, kayu manis dapat juga direbus dengan air. Rebusannya dapat digunakan sebagai obat kumur yang bermanfaat untuk mengurangi aroma tidak sedap pada mulut.

Masker Rambut

Masker Rambut (Foto: unsplash.com)
Masker Rambut (Foto: unsplash.com)

Manfaat kayu manis berikutnya adalah untuk merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi risiko rambut rontok. Kamu bisa menggunakan kayu manis sebagai campuran masker rambut.

Untuk membuat masker rambut menggunakan kayu manis juga caranya sangat mudah. Siapkan satu sendok kayu manis dan madu, kemudian campur dengan setengah cangkir minyak zaitun.

Tambahkan satu butir telur sebagai perekat, lalu oleskan ke seluruh rambut, diamkan selama 10 sampai 15 menit dan bilas dengan shampo sampai bersih. Rambut kamu akan kembali sehat dan lebat.

Pelembap Bibir Alami

Pelembap Bibir Alami. (Foto: iStockphoto)
Pelembap Bibir Alami. (Foto: iStockphoto)

Selain itu, manfaat kayu manis untuk kecantikan selanjutnya adalah sebagai pelembap bibir alami. Pelembab bibir dengan kayu manis mungkin terdengar aneh. Namun, bagi kamu yang memiliki bibir kering dan pecah-pecah, rempah ini sangat bermanfaat.

Penggunaannya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan bubuk kayu manis dengan minyak kelapa. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada bibir.

Melembapkan Kulit

Melembapkan Kulit / Image: Shutterstock
Melembapkan Kulit / Image: Shutterstock

Selain untuk mengatasi jerawat, manfaat kayu manis untuk kecantikan kulit wajah juga dapat melembapkan kulit. Kulit kering dan bersisik merupakan masalah yang sering dialami oleh perempuan. Kulit yang bersisik selain mengurangi rasa percaya diri, juga dapat menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan.

Untuk mengembalikan kelembaban kulit, gunakan lulur yang terbuat dari campuran garam laut, minyak almond, minyak zaitun, madu, dan kayu manis bubuk. Dengan begitu, masalah kulit kerinf dan bersisik bisa kamu hindari.

Sebagai Foundation untuk Kulit Bercahaya

Sebagai Foundation untuk Kulit Bercahaya ©Shutterstock
Sebagai Foundation untuk Kulit Bercahaya ©Shutterstock

Selain itu, kayu manis juga bisa digunakan sebagai foundation untuk kulit bercahay. Riasan wajah yang glowing bisa didapat dengan bantuan bubuk kayu manis. Caranya, bubuhkan bubuk kayu manis ke dalam foundation atau loose powder. Oleskan pada wajah untuk mendapatkan kulit yang bercahaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keown: Liverpool Bisa Pecahkan Rekor Invincibles Arsenal

Posted: 09 Jan 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Martin Keown menyebut Liverpool bisa memecahkan rekor Invincibles Arsenal yang telah bertahan sejak musim 2003/04. Legenda The Gunners itu menilai The Reds punya kekuatan untuk tak terkalahkan musim ini.

Liverpool masih belum terkalahkan hingga pekan ke-21 Liga Inggris. Mereka mengoleksi 58 poin karena meraih 19 kemenangan dan sekali imbang.

Arsenal sendiri meraih invincibles musim 2003/04 dengan meraih 26 kemenangan dan 12 kali imbang. Mereka saat itu unggul 11 poin atas Chelsea.

"Saat Arsenal juara musim 2003/04, tim lawan sudah takut bahkan sebelum kami masuk lapangan. Bahkan mereka sudah mengincar pemain untuk diajak bertukar baju sebelum laga," kata Keown seperti dilansir Daily Mail.

"Arsenal punya reputasi menakutkan dan yakin bakal menang di setiap laga. Hal inilah yang saya lihat di Liverpool sekarang," katanya menambahkan.

 

 

Klopp Seperti Wenger

Manajer Liverpool Jurgen Klopp (kanan) memegang kepala Sadio Mane usai tim asuhannya mengalahkan Newcastle United pada laga Liga Inggris di Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (14/9/2019). Sadio Mane dan Mohamed Salah membawa Liverpool menghajar Newcastle 3-1. (Paul ELLIS/AFP)
Manajer Liverpool Jurgen Klopp (kanan) memegang kepala Sadio Mane usai tim asuhannya mengalahkan Newcastle United pada laga Liga Inggris di Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (14/9/2019). Sadio Mane dan Mohamed Salah membawa Liverpool menghajar Newcastle 3-1. (Paul ELLIS/AFP)

Keown juga menilai Jurgen Klopp punya karakter yang sama dengan eks manajer Arsenal, Arsene Wenger.

"Manajer harus membuat situasi agar pemain mampu tampil lebih baik lagi. Dan saya pikir Klopp sukses melakukannya, seperti Wenger di era Invicibles," kata Keown.

"Memang tidak mudah meraih Invincibles, tetapi saya yakin Liverpool bisa mewujudkannya. Mereka punya kekuatan yang pas saat ini," kata Keown.

Jadwal

Jadwal Liga Inggris

Sabtu 11 Januari 2020

03.00 WIB, Sheffield United vs West Ham United (Mola TV)

19.30 WIB, Crystal Palace vs Arsenal (Mola TV)

22.00 WIB, Chelsea vs Burnley (Mola TV)

22.00 WIB, Everton vs Brighton Albion (Mola TV)

22.00 WIB, Leicester City vs Southampton (Mola TV)

22.00 WIB, Manchester United vs Norwich City (TVRI, Mola TV)

22.00 WIB, Wolverhampton vs Newcastle United (Mola TV)

Minggu 12 Januari 2020

00.30 WIB, Tottenham Hotspur vs Liverpool (Mola TV)

21.00 WIB, AFC Bournemouth vs Watford (TVRI, Mola TV)

23.30 WIB, Aston Villa vs Manchester City (Mola TV)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perampokan Bersenjata di Mal Thailand, 3 Orang Tewas Termasuk Balita

Posted: 09 Jan 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perampokan terjadi di salah satu pusat perbelanjaan di Lopburi, 160 km sebelah utara dari Bangkok, Thailand pada Kamis 9 Januari 2020. 

Mengutip dari New York Times, Jumat (10/1/2020), rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian menunjukkan bahwa seorang pria bersenjata dan bertopeng terlihat berjalan memasuki pusat perbelanjaan di Thailand dan melepaskan tembakan. Tiga orang tewas termasuk seorang anak berusia 2 tahun.

"Pelaku merampok sebuah toko emas lalu melarikan diri," kata polisi.

Kejadian terjadi di Mal Robinson di Provinsi Lopburi, sekitar 145 kilometer (90 mil) utara Bangkok, Thailand. Dari rekaman CCTV, pria bersenjata itu terlihat memasuki toko pada Kamis sekitar pukul 20.00 malam, menembak penjual toko dan satu korban lainnya sebelum melompat ke atas meja dan merampas emas.

Pelaku Tampak Ahli Dalam Menembak

Garis Crime Scene
Garis Crime Scene

Diwartakan oleh Daily Mail, polisi percaya bahwa pria bersenjata dan bertopeng itu ahli dan terlatih dalam menggunakan senjata api. Mereka kemudian memburu pelaku.

"Kami percaya perampok telah dilatih dalam penggunaan senjata sebelum ini. Mempelajari gerakan yang dia lakukan saat menembak, sepertinya tidak mungkin ia seseorang yang belum pernah menggunakan senjata. Peralatan yang dimilikinya khusus dan bukan sesuatu yang mudah didapat. Pencarian dilanjutkan pagi hari", demikian menurut laporan dari kolonel polisi Kritsana Pattanacharoen.

Pria bersenjata itu juga terlihat di CCTV melarikan diri dengan sepeda motor sebelum polisi tiba di tempat kejadian. Dia diyakini sebagai perampok toko emas di dalam mal dan pergi dengan barang-barang berharga.

Kolonel polisi Kritsana Pattanacharoen juga mengatakan bahwa saksi sudah menceritakan ciri-ciri dari pelaku dan polisi sudah mengetahui identitasnya. Pasukan juga sudah ditempatkan ditempat kejadian untuk memeriksa bukti termaksud sidik jari.

Polisi Upayakan Pencarian Pelaku

Ilustrasi perampok.
Ilustrasi perampok.

Mengutip New york times, komandan polisi regional, Letnan Jenderal Ampol Buaruppon, mengatakan kepada wartawan bahwa pelaku datang sendiri ke mal lalu menembaki seorang penjaga keamanan yang ia temui. Kemudian menembak tiga orang yang tewas di lokasi dan melukai empat orang lainnya.

Letnan Jenderal Ampol Buaruppon juga menambahkan bahwa "tak ada ampun untuk si perampok. Kami mencarinya di setiap tempat. Percaya pada kami, kami pasti akan mendapatkan pria ini dan membawanya ke pengadilan," ungkapnya, seperti dilaporkan oleh Khaleej Times.

Kisah pilu juga datang dari orang tua anak usia 2 tahun yang ikut tewas dalam penembakan tersebut.

Orangtua dari anak berusia 2 tahun yang meninggal dalam penembakan itu membagikan sebuah pesan di halaman Facebook mereka, mengatakan 'kami sangat mencintaimu. Kami sangat menyesal kami tidak bisa melindungimu. Beristirahatlah dengan tenang malaikat kami'.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Terbaru Yoshi Sudarso Pemeran 'Power Rangers', Berkarier di Amerika

Posted: 09 Jan 2020 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Yoshua Sudarso atau lebih dikenal dengan Yoshi Sudarso merupakan salah satu artis berbakat Tanah air. Pria kelahiran Jakarta, 12 April 1989 ini dikenal sebagai aktor stuntman yang kerap muncul di film laga.

Tak hanya itu, kemampuannya dalam dunia peran sekaligus bela diri semakin terlihat usai memerankan karaker ranger biru dalam serial televisi Power Rangers. Bersama adiknya yang bernama Peter Adrian, ia hijrah ke Hollywood untuk berkarier di dunia hiburan dunia.

Kini Yoshi sudah bermain di sejumlah serial TV dan film dunia, seperti The Maze Runner 2014, Logan 2017, Buffalo Boys 2018 dan masih banyak lagi. Beberapa waktu lalu, Yoshi kembali terpilih untuk memerankan Pangeran Zuko pada fan film Avatar: The Last Airbender.

Sukses di kancah Internasional, membuat banyak orang penasaran dengan sosok Yoshi Sudarso. Melalui akun Instagram pribadinya, pria 30 tahun itu saat ini menetap di Los Angeles, Amerika Serikat.

Penasaran seperti apa kabar terbarunya? Berikut potret terbaru Yoshi Sudarso dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (10/1/2020).

1. Yoshi Sudarso semakin dikenal dunia setelah berperan sebagai ranger biru di serial televisi Power Rangers.

Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)
Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)

2. Kini penampilan pria 30 tahun ini semakin gagah dan memesona.

Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)
Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)

3. Bersama sang adik, Peter Adrian ia hijrah ke Hollywood untuk berkarier di dunia hiburan dunia.

Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)
Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)

4. Beberapa waktu lalu Yoshi sudarso tampil dengan kumis, ia semakin terlihat macho.

Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)
Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)

5. Hobi olahraga, tubuh Yoshi kini terlihat makin kekar.

Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)
Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)

6. Yoshi juga bermain di film Tanah Air, beberapa waktu lalu ia sedang syuting film Serigala Langit.

Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)
Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)

7. Meski jarang terekspos, Yoshi Sudarso kerap membagikan momen mesra bersama istri tercinta.

Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)
Yoshi Sudarso (Sumber: Instagram/@yoshi_sudarso)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: