Senin, 06 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kenali Narkoba Jenis Flakka, Dapat Ubah Manusia Jadi Seperti Zombie

Posted: 06 Jan 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Narkoba jenis Flakka sering dianggap sebagai kombinasi dari heroin dan kokain, atau heroin dan sabu (metamfetamin). Narkoba jenis ini sudah dilarang produksi dan peredarannya di Amerika Serikat sejak tahun 2014. Bahkan pelarangan mengedarkan Flakka sudah diikuti oleh negara lainnya, seperti Inggris, Jerman, Spanyol, Bulgaria, Austria, Republik Ceko, Prancis, dan juga Indonesia.

Walaupun begitu, Narkoba jenis Flakka ini termasuk pendatang baru di Indonesia. Peredaran NAPZA (Narkotika, Psikotropika , dan Zat Adiktif) tak dapat disangkal memang bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Layaknya pergantian tren makanan atau mode, jenis narkoba baru silih berganti menjamur di berbagai belahan dunia

Narkoba jenis Flakka terkenal mirip kokain dengan harga yang jauh murah, tapi efeknya berkali-kali lipat lebih berbahaya. Flakka juga terkenal membuat penggunanya terlihat seperti zombie atau mayat hidup. Tentunya kamu bisa membayangkan betapa berbahayanya menggunakan narkoba jenis Flakka ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/1/2020) tentang narkoba jenis Flakka

Mengenal Narkoba Jenis Flakka

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, narkoba jenis Flakka sering dianggap sebagai kombinasi dari heroin dan kokain, atau heroin dan sabu (metamfetamin).

Faktanya, flakka merupakan obat psikoaktif sintesis jenis Amphetamine Type Stimulants (ATS). Flakka mengandung senyawa katinona, atau alpha-pyrrolidinopentiophenone (alpha PVP). Alpha PVP ini adalah narkotika sintesis yang dibuat dari Tiongkok dan sudah ditemukan sejak tahun 1960.

Narkoba ini mulanya dipasarkan sebagai alternatif legal untuk ekstasi. Alpha PVP memiliki efek stimulan seperti sabu (metamfetamin) dan kokain. Akan tetapi, efek stimulan yang dihasilkannya bisa 10 kali lebih kuat dibandingkan kokain. Setelah diketahui memiliki potensi efek samping yang berbahaya, maka obat ini akhirnya dilarang untuk diedarkan.

Walaupun merupakan pendatang baru di Indonesia, narkoba jenis Flakka ini sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 2 tahun 2017 dengan nama kimia alfa PVP sebagai salah satu jenis narkoba berbahaya yang peredarannya dilarang.

Lebih Bikin Candu dan Lebih Murah

Fakta Mengerikan tentang Flakka
Fakta Mengerikan tentang Flakka

Tidak jauh berbeda dengan narkoba jenis lainnya, Flakka yang dikonsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan kecanduan. Bahkan, kecenderungan kecanduan Flakka jauh lebih tinggi daripada jenis stimulan lain.

Hal ini disebabkan karena semua efek dari flakka bisa dirasakan langsung segera setelah konsumsi pertama dengan dosis rendah, namun durasinya tidak tahan lama. Setelah zat obatnya habis dalam tubuh, pemakai flakka akan segera merasakan kelelahan berat dan gejala depresi.

Hal ini menyebabkan banyak orang ingin mengonsumsinya kembali dan dalam dosis yang lebih tinggi agar merasakan berbagai sensasi euforik yang nikmat sekaligus juga menghindari efek sakau setelahnya. Hal inilah yang mengakibatkan ketergantungan dan kecanduan semakin tinggi.

Semakin sering dan lama kamu menggunakan narkoba ini dalam dosis tinggi, semakin banyak juga efek negatif yang mungkin menggerogoti tubuh. Kecenderungan ketergantungan yang lebih tinggi inilah yang membuat efek narkoba jenis Flakka jauh lebih berbahaya daripada kokain.

Lebih Murah dari Kokain

Bisa dibilang narkoba jenis Flakka ini merupakan versi murahnya kokain. Flakka hanya dibanderol sekitar $ 3 hingga $ 5 atau setara dengan Rp 42 ribu sampai  Rp 73 ribu saja. Sementara kokain dipatok dengan harga pasaran yang jauh lebih mahal, hingga sekitar $80 atau Rp 1 juta-an.

Selain lebih murah, nyatanya efek flakka juga jauh lebih kuat daripada kokain. Tak heran jika banyak pecandu narkoba yang jadi beralih menggunakan narkoba jenis ini. Namun, bahayanya tentu tidak main-main.

Efek Jangka Pendek Menggunakan Narkoba Jenis Flakka

Penggunaan narkoba jenis Flakka pertama kali dalam dosis kecil (kurang dari 100 miligram) mungkin sebatas menimbulkan efek euforia, perubahan perilaku, dan perubahan suasana hati umum layaknya efek narkoba jenis stimulan lain seperti kokain dan sabu.

Misalnya, jadi lebih bersemangat, merasa lebih segar dan amat sangat gembira, hiperaktif, banyak bicara, dan jauh lebih percaya diri dari sebelumnya. Beberapa orang yang menggunakan flakka juga mungkin merasakan pancainderanya lebih sensitif terhadap rangsangan.

Berbagai efek tersebut datang dari lonjakan hormon dopamin dan norepinefrin secara berlebihan setelah mengonsumsi zat stimulan. Peningkatan kadar dopamin dalam otak yang berlebihan dapat memunculkan sensasi euforia, alias perasaan bahagia yang berlebihan.

Sementara kadar norepinefrin yang melonjak naik dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, yang keduanya bisa membuat kamu lebih awas.

Flakka adalah stimulan yang memiliki banyak efek samping berbahaya. Secara umum, berikut beberapa efek flakka dalam jangka pendek:

- Jatung berdebar-debar dan napas memburu atau terengah-engah

- Tekanan darah meningkat

- Gelisah dan tidak bisa diam

- Mengigau

- Perasaan gembira yang berlebih

- Sensitivitas luar biasa terhadap sentuhan, suara, dan penglihatan

Efek Jangka Panjang Menggunakan Narkoba Jenis Flakka

Tak hanya berteriak seperti orang gila, para pengguna narkoba jenis baru, flakka juga bertingkah seperti zombie yang siap memakan manusia.  (Foto: harborvillageflorida.com)
Tak hanya berteriak seperti orang gila, para pengguna narkoba jenis baru, flakka juga bertingkah seperti zombie yang siap memakan manusia. (Foto: harborvillageflorida.com)

Efek jangka panjang penggunaan narkoba jenis Flakka sejauh ini belum dapat dipastikan karena narkotika ini termasuk pendatang baru yang belum banyak diteliti lebih lanjut. Selain risiko overdosis, sejumlah penelitian yang sudah ada menunjukkan bahwa obat ini berpotensi menyebabkan gagal ginjal.

Selain itu, dosis flakka yang lebih kuat juga berpotensi menyebabkan pemakainya mengalami hipertermia. Hipertermia adalah kondisi suhu inti tubuh yang meningkat tajam dan terjadi tiba-tiba dalam waktu singkat sehingga tubuh tidak punya cukup waktu untuk berkeringat guna mendinginkan diri.

Peningkatan suhu yang ekstrem ini dapat menyebabkan komplikasi fisik yang parah, seperti kerusakan otot dan ginjal akibat dehidrasi parah. Perlahan tapi pasti, jaringan otot mulai rusak. Jaringan yang rusak ini akan melepaskan protein dan produk seluler lainnya ke dalam aliran darah. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan rhabdomyolysis. Jika sudah begini, penderita membutuhkan perawatan medis segera.

Saat pemakai flakka telanjur mengalami rhabdomyolisis dan dehidrasi secara bersamaan, mereka lebih mungkin untuk mengalami gagal ginjal dan bahkan kematian.

Fase Delirium atau Fase Zombie

Penggunaan narkoba jenis Flakka dalam kasus kecanduan yang parah, penggunanya bisa masuk pada fase delirium ekstrem. Fase ini menyebabkan penderitanya mengalami kebingungan parah dan tidak mampu berpikir jernih.

Ketika berada di fase delirium, pemakai flakka akan cenderung menunjukkan perilaku agresif dan merusak, misalnya mengamuk, memukul, menjarah, dan menjerit-jerit histeris. Beberapa pemakainya juga bahkan dapat mengalami kejang.

Fase delirium inilah yang membuat penderitanya juga seringkali terlihat seperti zombie alias mayat hidup. Sejumlah laporan kepolisian lokal di berbagai negara bagian di Amerika Serikat menemukan orang-orang pemakai flakka yang menggeliat-geliat di lantai seperti zombie.

Bahkan, efek flakka diduga kuat menjadi penyebab di balik serangan kanibalisme yang terjadi pada dua orang lansia pejalan kaki di Florida, Amerika Serikat. Seorang remaja 19 tahun pemakai flakka dilaporkan menyerang kedua pejalan kaki tersebut dengan sebilah pisau, kemudian menggigit dan memakan hampir sebagian besar area wajah salah satu korbannya sampai terlepas.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelemahan Global Jadi Biang Kerok Pendapatan Negara Tak Capai Target

Posted: 06 Jan 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat pendapatan negara sementara sepanjang 2019 mencapai Rp 1.957,2 triliun atau 90,4 persen dari target APBN 2019 sebesar Rp 2.165,1 triliun. Angka ini naik sebesar 0,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2018 yang hanya Rp1.943,7 triliun.

"Pendapatan negara mengalami tekanan karena rembesan pelemahan global terlihat dari pendapatan perpajakan kita. Pendapat negara kita hanya tumbuh 0,7 persen. Artinya tahun 2019 kita mengumpulkan 1.957,2 T atau 90,4 persen dibandingkan target awal," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam konferensi pers APBN Kita di Kantornya, Jakarta, Selasa (7/1).

Sri Mulyani menjelaskan, penerimaan negara itu berasal dari penerimaan perpajakan yang tembus mencapai Rp 1.545,3 triliun atau sudah mencapai 86,5 persen dari target APBN 2019. Angka ini pun tumbuh tipis 1,7 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 1.518,8 triliun.

Di sisi lain, pendapatan negara juga dihasilkan dari pendapatan negara bukan pajak (PNBP) yang tercatat hingga akhir 2019 sebesar Rp 405 triliun atau setara dengan 107,1 persen dari target APBN 2019. Angka ini turun tipos 1,0 persen dari realisasi tahun lalu sebesar Rp 409,3 triliun

"Sementara dari PNBP kita masih cukup baik meskipun tadi kita sebutkan untuk SDA mengalami tekanan dari komoditas, tapi kita tetap berhasil mendapatkan PNBP sebesar Rp 405 triliun atau diatas target Rp 378,3 triliun atau 107,1 persen," jelas dia.

Di samping itu, dana hibah berhasil tekumpul mencapai Rp 6,8 triliun atau tumbuh sebesar 1.560 persen dari target APBN 2019 sebesar Rp 400 miliar.

"Hibah kita mencapai Rp 6,8 triliun, ini jauh lebih tinggi yang tadinya diperkirakan hanya Rp 400 miliar," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Jurus Sri Mulyani Kejar Sisa Target Pajak Rp 441 Triliun Jelang Akhir Tahun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati angkat suara mengenai kekurangan penerimaan pajak sekitar Rp 441 triliun pada tahun ini. Pada awal tahun lalu, pemerintah menargetkan mengumpulkan pajak sekitar Rp 1.577 triliun namun hingga kini baru terkumpul sekitar Rp 1.136 triliun.

Dia mengatakan, akan melihat seluruh aktivitas belanja negara dan pendapatan hingga akhir tahun. Sehingga, pemerintah dapat mempertahankan defisit anggaran dalam batas 2,2 persen. Hal tersebut disampaikan di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

"Pokoknya nanti kita selesaikan seluruhnya karena akhir tahun ini, 2 minggu ini akan kita lihat pergerakan dari seluruh belanja yang bisa confirm, yang tidak bisa confirm, yang bisa cair, yang tidak bisa cair. Juga kita akan hitung semuanya dari perpajakan, pajak, bea dan cukai, dari deviden, dari PNBP kita lihat semuanya ini," ujarnya.

Sri Mulyani melanjutkan, hingga kini pemerintah masih optimis mempertahankan proyeksi defisit pada 2,2 persen. "Jadi kami tetap akan menjaga defisitnya ada di kisaran yang sudah disampaikan. Di 2,2 persen, kita akan jaga di sekitar itu dan itu kita optimis. Mungkin kalau meleset ya satu digit di atas di bawah itu. Itu yang kita yakini," jelasnya.

Melihat kondisi tahun ini, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut, belum dapat memastikan akan ada perubahan proyeksi defisit anggaran untuk tahun yang akan datang.

Dia juga menegaskan, APBN hanya instrumen untuk menjalankan kebijakan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi terkini.

"Sama seperti setiap tahun ini, jadi tidak ada yang baru. Perubahan atau pergerakan dari sisi penerimaan yang sifatnya actual yang kemudian menjadi based line kita untuk tahun depan. Tentu kita akan lihat seluruh nanti keseluruhan porsi penerimaan, porsi belanja, policy apa yang akan digunakan. Saya tekankan sekali lagi, fiskal merupakan instrumen," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

6 Isu yang Bayangi Kebijakan Pajak di Era Jokowi

Pemandangan deretan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, Jumat (29/9). Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakinkan target pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4 persen tetap realistis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pemandangan deretan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, Jumat (29/9). Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakinkan target pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4 persen tetap realistis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Terdapat 6 isu yang akan mewarnai kebijakan pajak pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ini merupakan hasil kajian DDTC Fiscal Research, perihal perkiraan berbagai isu akan mewarnai dinamika kebijakan pajak dalam jangka pendek dan menengah, pada tahun 2020.

Kajian tersebut disampaikan Partner DDTC Fiscal Research, B Bawono Kristiaji, dan Fiscal Economist DDTC Denny Vissaro, di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Bawono, memaparkan tantangan utama dalam jangka menengah terkait pajak adalah meningkatkan tax ratio. Upaya tersebut tidak akan berjalan mudah, mengingat kondisi ekonomi yang kurang menguntungkan.

Selain itu, terdapat 6 isu yang akan mewarnai kebijakan pajak saat kepemimpinan Joowi. Isu pertama, berkaitan dengan penguatan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk memanfaatkan bonus demografi.

Kedua, kebijakan dalam mendorong daya saing yang seharusnya fokus menciptakan kepastian bagi wajib pajak. Ketiga, terobosan kebijakan dalam bentuk omnibus law harus dilihat sebagai salah satu bagian untuk melakukan pembenahan ekonomi nasional.

Menurut dia, kebijakan tersebut harus didukung dengan instrumen lain seperti infrastruktur, reformasi birokrasi, kebijakan moneter, dan kestabilan politik. Khusus untuk kebijakan pajak, terobosan yang bisa dilakukan ialah dengan strategi 'Relaksasi-Partisipasi'.

Pilihan kebijakan tersebut bisa mencakup relaksasi yang dipertukarkan dengan 'memaksa' wajib pajak untuk lebih aktif dalam menggerakkan perekonomian. Selain itu, relaksasi juga bisa dipertukarkan dengan data dan informasi.

"Relaksasi bisa dipertukarkan dengan kepatuhan sukarela wajib pajak. Relaksasi yang dipertukarkan untuk berkontribusi dalam pembayaran pajak juga bisa menjadi pilihan," kata Bawono.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Simpan Burger Selama 20 Tahun, Begini Penampakannya Kini

Posted: 06 Jan 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pencinta makanan cepat saji, burger merupakan salah satu menu makanan favorit. Perpaduan roti, sayur dan daging yang dilumuri saus menawarkan rasa yang nikmat. Tak heran burger menjadi salah satu makanan cepat saji kesukaan banyak orang.

Dengan kemasannya yang simpel, burger pun mudah untuk dinikmati dan disimpan usai membelinya. Namun karena kemudahan inilah, ada seorang pria asal Utah, Amerika Serikat, menyimpan burger tersebut dalam saku bajunya.

Melansir dari The Vocket, Selasa (7/1/2020), pria bernama David Whipple ini awalnya lupa dengan burger yang ia simpan dalam saku bajunya. Burger ini pun tak tersentuh hingga 2013 silam.

Usai menemukan burger tersebut, ia ingin menyimpannya lebih lama. Memasuki tahun 2020, tentu usia buger yang disimpan tersebut telah bertambah. Seperti halnya makanan yang disimpan lama, tentu akan mengalami perubahan.

Berikut penampakan burger yang disimpan selama 20 tahun yang Liputan6.com lansir dari The Vocket, Selasa (7/1/2020).

Burger tersebut dibeli pada 7 Juli 1999

Ilustrasi burger vegetarian. (dok. unsplash/Novi Thedora)
Ilustrasi burger vegetarian. (dok. unsplash/Novi Thedora)

Melansir dari The Vocket, awalnya David membeli burger tersebut pada 7 Juli 1999 memang untuk disimpan. Karena ia ingin mengatahui bagaimana efek penguraian yang terjadi pada makanan cepat saji.

Namun burger yang ia simpan dalam kaleng tersebut, terlupakan dalam sebuah kantong di baju. Ia baru menemukannya kembali pada 2013. Hal ini terjadi karena baju yang sebelumnya sempat dipindah, saat ia pindah rumah dari Logan ke St. Goerge Utah. Maka dari itu baju tempat ia menyimpan burger tersebut cukup lama tersimpan.

Penampakan burger yang disimpan selama 20 tahun

Penampakan burger yang disimpan selama 20 tahun (Sumber: The Vocket)
Penampakan burger yang disimpan selama 20 tahun (Sumber: The Vocket)

Burger yang ia simpan dalam kurun waktu 20 tahun ini, ia simpan dalam sebuah kaleng dan ditutup dengan penutup kaca. Di dalamnya ia juga menyimpan pembungkus kertas dan struk pembayarannya pada 1999.

Pada umumnya makanan yang disimpan lama di luar kulkas tentu akan membusuk dan berjamur. Namun burger berusia 20 tahun miliknya ini cukup berbeda dalam penampilannya.

Burger yang ia simpan ini nampak utuh. Hanya saja sayur, dan sausnya memang sudah terurai.

"Tidak ada perubahan pada daging atau roti, tidak ada jamur ataupun bau (yang normalnya muncul pada makanan yang sudah lama disimpan). Burger ini bahkan tidak mengeluarkan aroma busuk sama sekali," ujar David melansir dari The Vocket, Selasa (7/1/2020).

Padahal dalam penyimpanannya, burger ini tidak disimpan dalam kulkas. Ia hanya menyimpannya dalam kaleng dan penutup kaca.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9,8 Juta Peserta Mandiri Kelas III Menunggak Iuran BPJS Kesehatan

Posted: 06 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 9,8 juta Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas III (peserta mandiri) masih menunggak iuran BPJS Kesehatan. Data tersebut berdasarkan catatan BPJS Kesehatan.

Adanya tunggakan iuran BPJS peserta mandiri kelas III akan dikaji lebih lanjut oleh pemerintah, apakah mereka tidak mampu bayar atau enggan membayar.

Usai Rapat Tingkat Menteri yang membahas Tindak Lanjut Perpres Nomor 75 Tahun 2019 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, kemarin (6/1/2020), Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris angkat bicara. 

"Sebetulnya topik itu menjadi bagian dari rapat tadi. Hampir 4 jam kami rapat. Terkait situasi tersebut, jika memang tidak mampu membayar iuran BPJS, maka mereka akan didaftarkan menjadi Penerima Bantuan Iuran (PBI)," jelas Fachmi dalam keterangannya yang diperoleh Health Liputan6.com.

Kawal Proses Pendataan

Menko PMK Muhadjir Effendy usai memimpin Rapat Tingkat Menteri membahas Tindak Lanjut Perpres Nomor 75 Tahun 2019 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta pada Senin (6/1/2020).   (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)
Menko PMK Muhadjir Effendy usai memimpin Rapat Tingkat Menteri membahas Tindak Lanjut Perpres Nomor 75 Tahun 2019 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta pada Senin (6/1/2020).   (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)

Hasil Rapat Tingkat Menteri kemarin memutuskan upaya secepat mungkin agar peserta mandiri tidak lagi menunggak. Dan masyarakat dapat membayar iuran BPJS sesuai kemampuan, sebagaimana ketetapan iuran BPJS Kesehatan yang sudah berlaku. 

"Buat 9,8 juta peserta PBPU kelas III yang menunggak 9,8 juta, nanti dilihat kalau memang miskin tidak mampu, otomatis akan didaftarkan Kemensos menjadi peserta PBI. Prosesnya seperti itu (lewat Kemensos)," Fachmi menerangkan.

"Kami akan kawal dan pantau prosesnya (pendataan dan pengalihan peserta mandiri kelas III menjadi PBI). Sehingga proses pendataan lebih cepat dari biasanya."

Iuran BPJS Kesehatan resmi naik sejak 1 Januari 2020, terutama penyesuaian iuran peserta mandir. 

Rincian penyesuaian yakni kelas III dari Rp25.500 menjadi Rp42.000, kelas II dari Rp51.000 menjadi Rp110.000, dan kelas I dari Rp80.000 menjadi Rp160.000. Dalam hal ini, peserta mandiri kelas III bisa daftar menjadi peserta PBI bila tak mampu bayar iuran.  

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Tak Ubah Patokan Harga Batu Bara untuk Listrik

Posted: 06 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan kelanjutan kebijakan patokan harga batu bara tertinggi untuk sektor kelistrikan sebasar USD 70 per metrik ton.

Tidak hanya itu kebijakan yang dipertahankan yaitu juga alokasi untuk kepentingan dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO) dengan produksi minimal sebesar 25 persen dari rencana jumlah produksi batu bara pada 2020.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, kebijakan DMO sebesar 25 persen akan berjalan seiringan dengan penetapan harga jual batu bara bagi penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum sebesar USD 70 per metrik ton di tahun 2020. Kebijakan tersebut dilanjutkan untuk menjamin kebutuhan batu bara terepenuhi.

"Komitmen Pemerintah tetap melanjutkan kebijakan ini didasari atas pertimbangan kebutuhan dalam negeri dan keberlanjutan usaha," kata Agung, di Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Besaran harga patokan tertinggi, merupakan harga titik serah penjualan secara free on board di atas kapal pengangkut, serta menjadi batasan harga tertinggi bila Harga Batu bara Acuan (HBA) melampaui harga tersebut.

Agung menyatakan, pemerintah telah menyiapkan sanksi tegas kepada para pemegang izin usaha yang mangkir dari kewajiban tersebut.

"Kalau beleid sebelumnya hanya pemotongan kuota produksi di tahun berikutnya kali ini berupa kewajiban membayar kompensasi terhadap sejumlah kekurangan penjualan," jelasnya.

 

Syarat yang Harus Dipenuhi

Aktivitas pekerja menggunakan alat berat saat menurunkan muatan batu bara di Pelabuhan KCN Marunda, Jakarta, Minggu (27/10/2019). Berdasarkan data ICE Newcastle, ekspor batu bara Indonesia menurun drastis mencapai 5,33 juta ton dibandingkan pekan sebelumnya 7,989 ton. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Aktivitas pekerja menggunakan alat berat saat menurunkan muatan batu bara di Pelabuhan KCN Marunda, Jakarta, Minggu (27/10/2019). Berdasarkan data ICE Newcastle, ekspor batu bara Indonesia menurun drastis mencapai 5,33 juta ton dibandingkan pekan sebelumnya 7,989 ton. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Pemerintah sendiri menentukan penjualan batu bara didasarkan atas spesifikasi acuan pada kalori 6.322 kcal/kg GAR, Total Moisture 8 persen, Total Sulphur 0,8 persen, dan Ash 15 persen.

Adapun syarat yang mesti dipenuhi bagi badan usaha penyedia tenaga listrik untuk kepentingan umum wajib memenuhi kontrak yang telah disepakati dengan pemegang Izin Usaha Pertambangan  (IUP).

Selain itu badan usaha harus membuat perencanaan pemenuhan kebutuhan batu bara tahun berikutnya dengan mengutamakan mekanisme kontrak jangka panjang.

Semua ketentuan yang berlaku sejak 1 Januari 2020 tersebut telah ditetapkan melalui Menteri ESDM Arifin Tasrif melalui Keputusan Menteri Nomor 261 K/30/MEM/2019 tentang Pemenuhan Kebutuhan Batubara Dalam Negeri Tahun 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Semifinal Piala Liga Inggris Malam Ini: Manchester United vs Manchester City

Posted: 06 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United akan menjamu Manchester City di Old Trafford pada leg pertama semifinal Piala Liga Inggris, Selasa (7/1/2020) atau Rabu dini hari WIB.

Datang ke Old Trafford, Manchester City mengusung misi balas dendam. Pasalnya, pada musim ini di Liga Inggris, Manchester United berhasil mengalahkan City di Etihad Stadium dengan skor 2-1.

Pasukan Pep Guardiola datang ke Old Trafford dengan penuh percaya diri. Manchester City mencatatkan tiga kemenangan secara beruntun.

Sementara itu, Manchester United sedang dalam performa naik turun. Setan Merah belum mampu meraih kemenangan usai kalah 0-2 dari Arsenal. Teraktual, tim asuhan Ole Gunnar Solksjaer hanya main imbang tanpa gol melawan Wolverhampton Wanderers.

Lihat jadwal Piala Liga Inggris antara Manchester United vs Manchester City di halaman selanjutnya.

Jadwal Piala Liga Inggris

Piala Liga Inggris. (dok. EFL)
Piala Liga Inggris. (dok. EFL)

Rabu, 8 Januari 2020

Pukul: 03.00 WIB

Manchester United vs Manchester City

Venue: Old Trafford

Live di Mola TV.

 

Prediksi Susunan Pemain

Manchester United: Sergio Romero; Aron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Phil Jones, Williams; Fred, Nemanja Matic; Mason Greenwood, Jesse Lingard, Marcus Rashford; Anthony Martial.

Manchester City: Caludip Bravo; Joao Cancelo, Garcia, Fernandinho, Zinchenko; Phil Foden, Rodri, Kevin De Bruyne; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Raheem Sterling.

Head to Head

08/12/2019, Manchester City 1-2 Manchester United

25/04/2019, Manchester United 0-2 Manchester City

11/11/2018, Manchester City 3-1 Manchester United

07/04/2018, Manchester City 2-3 Manchester United

10/12/2017, Manchester United 1-2 Manchester City

 

Performa Terakhir Kedua Tim

5 Laga Terakhir Manchester United

05/01/20 Wolverhampton 0 - 0 Manchester United

02/01/20 Arsenal 2 - 0 Manchester United

29/12/19 Burnley 0 - 2 Manchester United

27/12/19 Manchester United 4 - 1 Newcastle

22/12/19 Watford 2 - 0 Manchester United

5 Laga Terakhir Manchester City

05/01/20 Manchester City 4 - 1 Port Vale

02/01/20 Manchester City 2 - 1 Everton

30/12/19 Manchester City 2 - 0 Sheffield United

28/12/19 Wolverhampton 3 - 2 Manchester City

22/12/19 Manchester City 3 - 1 Leicester City.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Puerto Rico

Posted: 06 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wilayah Puerto Rico diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,8. Gempa merusak sejumlah rumah warga dan memutus aliran listrik ke daerah tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikita Mirzani Ngamuk, Andhika Pratama Sebut Kreativitas Timnya Tumpul

Posted: 06 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini, Andhika Pratama meluapkan kekesalan karena merasa konsep program televisi Nikita Mirzani mirip dengan konten YouTube-nya.

Andhika Pratama melampiaskan kekecewaan di Instagram Stories dengan menyatakan, "Kayak konsep acara siapa, ya? Enak banget nyomot konsep. Emang kreativitas mulai tumpul." Unggahan Andhika Pratama soal program yang dipandu Nikita Mirzani ini ramai dibahas warganet di Instagram maupun Twitter.

Tak terima kreativitas timnya dibilang tumpul, Nikita Mirzani merespons Andhika Pratama dengan tak kalah pedas. Nikita Mirzani mengunggah ulang tangkapan layar Instagram Stories Andhika Pratama.

Siapa Yang Mencomot Konsep?

Unggahan Andhika Pratama. (Foto: Instagram andhiiikapratama)
Unggahan Andhika Pratama. (Foto: Instagram andhiiikapratama)

"Elo @andhiiikapratama lagi kenapa, yah? Artis udah lama kan, yah, bukan baru kemarin sore. Gue jawab ini pertanyaan elo. Karena elo nanya di Instgaram, gue balas lewat Instagram juga. Yang ngambil konsep sama nyomot itu program gue apa elo yang nyolong dari ide orang lain?" tanya balik Nikita Mirzani pada Selasa (7/1/2020) dini hari.

Nikita Mirzani menjelaskan, acaranya buat menghibur masyarakat. Tak ada yang dibuat-buat.

Tudingan Cari Perhatian

Unggahan Nikita Mirzani. (Foto: Instagram nikitamirzanimawardi_17)
Unggahan Nikita Mirzani. (Foto: Instagram nikitamirzanimawardi_17)

"Kalau program gue pada akhirnya dicintai masyarakat, terus elo mau apa?" imbuhnya. Amarah Nikita Mirzani tampaknya tak terbendung. Ia menuding suami Ussy Sulistiawaty sedang mencari perhatian.

"Haloooooo caper banget lo yah. Pengen banget gue viralin. Nih udah gue bantuin, kalau enggak viral juga mendingan lo ngaca ada apa di diri elo yang kurang. Coba belajar ngelucu yang benar jangan dibuat-buat," seru aktris kelahiran Jakarta, 17 Maret 1986.

Pertanyakan Motif Andhika Pratama

Nikita Mirzani (Nurwahyunan/Fimela.com)
Nikita Mirzani (Nurwahyunan/Fimela.com)

Nikita Mirzani lantas menyarankan Andhika Pratama membuka YouTube. "Sebelum ada tidur-tiduran yang elo bikin itu, Indra Herlambang udah duluan dari tahun 2016. Jadi yang nyolong ide program gue atau elo?" sambungnya tak habis pikir.

Bintang film Comic 8 dan Taman Lawang mempertanyakan motif Andhika Pratama menudingnya mencomot konsep acara.

Menyakiti Perasaan

Andhika Pratama. (Adrian Putra/bintang.com)
Andhika Pratama. (Adrian Putra/bintang.com)

"Biar apa sih, coba? Lagi liburan sama keluarga bukannya happy2 aja, ini masih sempat2nya lo story-story pajang muka seksi gue sama bintang tamu yang gue hormati," Nikita Mirzani menukas. Ibu tiga anak ini mengingatkan televisi dan kanal YouTube punya segmen masing-masing.

Di pengujung status teks, Nikita Mirzani menulis, "Lo udah nyakitin perasaan team2 gue yang udah kerja keras." Tujuh jam setelah Nikita Mirzani mengoceh, lebih dari 110 ribu orang warganet mengirim tanda hati. Lebih dari 6 ribu komentar membanjiri kolom.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

17 Tahun Bercerai dan Berselisih, Pasangan Ini Menikah Kembali

Posted: 06 Jan 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan rumah tangga memiliki berbagai cerita di dalamnya, mulai dari cerita bahagia, sedih, mengharukan hingga momen konflik. Namun, pertengkaran yang terjadi pada sebuah rumah tangga terkadang berujung pada perceraian.

Pada umumnya pasangan suami istri yang telah bercerai, sulit untuk rujuk kembali. Selain karena sudah tidak akur lagi atau sudah tak sejalan, mereka biasanya sudah memiliki pasangan baru.

Namun berbeda dengan pasangan bercerai yang satu ini, Jan dan Rob Shakespeare. Setelah bercerai selama lebih kurang 17 tahun, keduanya memutuskan untuk rujuk dan menikah kembali.

Pernikahan pertama pasangan ini terjadi pada 1976 dan dikaruniai 3 orang anak. Namun pernikahan Jan dan Rob berakhir dengan perceraian pada 2000.

Selama hampir 15 tahun setelah bercerai, Jan dan Rob tidak pernah berbicara satu sama lain. Keduanya bahkan berdiri di sisi berlawanan dari lapangan setiap kali menyaksikan sang putra bungsu, Adam bermain sepakbola. Keduanya juga menghadiri dua pernikahan putranya tanpa bertegur sapa apalagi berbicara sepatah kata pun.

Bercerai dan berselisih

Jan dan Rob (Sumber: mirror.co.uk)
Jan dan Rob (Sumber: mirror.co.uk)

Kisah cinta Jan dan Rob berawal dari pertemuan keduanya pada 1974. Saat itu Jan dan Rob masih bekerja di toko Woollies di Erdington, Birmingham.

Jan bekerja di kantor dan Rob di ruang stok. Dalam setahun keduanya menjalin hubungan asmara, saat itu Jan dan Rob masih berusia 16 tahun. Keduanya akhirnya memutuskan untuk segera menikah setelah Jan berusia 18 tahun pada bulan September 1976.

Dari pernikahan tersebut, Jan dan Rob dikarunia 3 orang anak bernama Cara, Lee dan Adam. Namun, setelah 23 tahun membina rumah tangga, keretakan hubungan Jan dan Rob mulai terlihat. Keduanya nyaris tidak bertemu satu sama lain setelahnya.

Pasangan ini berpisah pada 1999 dan Rob memutuskan untuk mengajukan cerai pada 2000. Usai bercerai, keduanya bertemu dengan pasangan baru dan Rob menikah lagi dua setengah tahun setelah perceraian terjadi.

Perceraian tersebut membuat keduanya berselisih dan tak pernah berkomunikasi kembali. Meski sesekali berpapasan, Jan dan Rob tidak pernah berbicara selama bertahun-tahun. Bahkan saat menyaksikan anak bungsunya bermain sepakbola, keduanya berdiri di sisi berlawanan dari lapangan.

Bertemu dan menikah kembali

Jan dan Rob (Sumber: mirror.co.uk)
Jan dan Rob (Sumber: mirror.co.uk)

Hubungan Jan dan Rob membaik pada 2013, ketika putrinya Cara mengatakan kepada ibunya bahwa istri Rob telah meninggal karena kanker ovarium. Kabar duka itu pun memecah kebekuan di antara Jan dan Rob.

"Saya meneleponnya dan menyampaikan belasungkawa dan mengatakan saya ada di sana untuknya jika ia membutuhkan saya," kata Jan seperti dikutip Liputan6.com dari Mirror, Selasa (7/1/2020).

Jan dan Rob memutuskan untuk mulai bertemu lagi, tetapi masih merahasiakan dari anak-anaknya. Kemudian Rob memutuskan melamar Jan untuk yang kedua kalinya pada malam Natal 2015. Ketika pasangan itu berada di rumah anak bungsunya, tiba-tiba ruangan menjadi sunyi dan Rob berlutut melamar Jan.

Setelah 17 tahun Jan dan Rob berpisah, takdir kembali menyatukan keduanya. Hal itu menyadarkan pasangan berusia 61 tahun ini, bahwa hidup terlalu singkat jika dihabiskan dengan membiarkan perselisihan terus berlanjut.

Jan dan Rob akhirnya menikah pada 2017 di Gereja St Peter dan St Paul di Coleshill, Warwickshire, di depan 50 tamu undangan. Setelah menikah untuk yang kedua kalinya Jan dan Rob tinggal di Cannock, West Mids.

"Jan adalah cinta pertama saya dan kami akan menjadi tua bersama karena saya jelas tidak mampu menikah lagi atau bercerai. Anak-anak kami, 11 cucu dan satu cicit ada bersama kami. Itu sempurna dan saya kembali dengan teman baik saya" tutur Jan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Hari Ini Berpotensi Hujan Lebat dan Angin

Posted: 06 Jan 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) Juanda memprediksi kota Surabaya, Jawa Timur berpeluang hujan lokal pada siang hingga malam hari, Selasa, 7 Januari 2020.

Prakirawan BMKG Juanda, Arif Krisna mengatakan, cuaca siang ini di Surabaya diprediksi hujan lokal. Sedangkan pada malam hari, Surabaya diprediksi hujan sedang sampai lebat disertai dengan petir. Untuk Surabaya, siang ini bersuhu 30 derajat celsius dengan kelembapan 71 persen.

"Suhu udara 25-35 derajat celsius. Kecepatan angin dari Barat Laut 5-30 KM per jam, dan kelembapan 65-95 persen," kata Arif saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (7/1/2020).

4149006

Sejumlah wilayah di Jawa Timur yang berpotensi cuaca ekstrem siang hari, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai angin kencang sesaat dan petir antara lain di Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Pulau Bawean, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Madiun, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Batu Malang, Pasuruan, Probilinggo, Jember, Bontang, Situbondo, Bangkalan, dan Sumenep.

Kemudian sejumlah wilayah di Jawa Timur yang berpotensi hujan sedang hingga lebat antara lain adalah Sidoarjo, Mojokerto, Nganjuk, Magetan, Situbondo, Sumenep, dan Probolinggo.

Arif juga mengatakan hal yang harus diwaspadai dari cuaca ekstrem ini adalah curah hujan sedang hingga lebat dengan angin kencang sesaat beserta petir yang dapat mengakibatkan reklame dan pohon tumbang,

Berkaitan dengan itu, pada cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang pun menurut Arif masih berpeluang terjadi di Surabaya.

"Masih berpotensi terjadi. Apalagi untuk saat ini di Jawa Timur, Surabaya khususnya sudah mulai masuk musim hujan," kata Arif.

Arif juga berpesan bagi masyarakat untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang sedang melanda daerah Jawa Timur khususnya Surabaya.

"Saat berkendara dan terjadi hujan disertai angin, hendaknya berhenti dahulu," imbau Arif.

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

Waspadai Banjir Rob di Jawa Timur

Ilustrasi Laut (Sumber Foto: Pexels)
Ilustrasi Laut (Sumber Foto: Pexels)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ada banjir rob di Jawa Timur terutama di Pelabuhan Surabaya, pesisir Surabaya Timur, Sidoarjo dan Pasuruan.

Hal ini karena  pasang maksimum memasuki fase bulan purnama pada 9-11 Januari 2020. Kejadian gerhana bulan penumbra yang terjadi pada 11 Januari 2020 mulai pukul 00:07 WIB. Demikian mengutip keterangan tertulis BMKG Juanda, Senin, 6 Januari 2020.

Pengaruh pasang air laut maksimum ini berdampak dengan munculnya genangan air yang dapat menganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Wilayah pesisir yang berpotensi terdampak antara lain Pelabuhan Surabaya pada pukul 22.00-24.00 WIB, Pesisir Surabaya Timur pada pukul 22.00-23.00 WIB, dan Pesisir Sidoarjo dan Pasuruan pada pukul 22.00-23.00 WIB.

Selain itu, BMKG Juanda Surabaya juga memprakirakan potensi cuaca ekstrem pada 6-12 Januari 2020. Potensi cuaca ekstrem itu menyusul ada pola tekanan rendah berupa bibit siklon tropis di Samudra Hindia sebelah selatan wilayah Nusa Tenggara (91S). Hal ini menyebabkan terbentuknya pola pertemuan angin atau konvergensi di sepanjang Jawa Timur.

Dari analisis Madden Julian Oscilliation (MJO) mulai menguat yang mengindikasikan suplai uap air meningkat. Saat ini juga Jawa Timur mendekati puncak musim hujan.

BMKG Juanda meminta untuk mewaspadai curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat, petir, dan angin kencang di Bangkalan, Banyuwangi, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri.

Lalu Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Batu, Blitar, Kediri, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Lamongan, Lumajang, Magetan. Selanjutnya Pacitan, Pamekasan, Pulau Bawean, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Surabaya, Trenggalek, Tuban dan Tulungagung.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta Obat Bius GHB, Dipakai Reynhard Sinaga Taklukan Korban

Posted: 06 Jan 2020 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Reynhard Sinaga disebut sebagai "predator seksual setan" atas 158 kasus perkosaan dan serangan seksual terhadap 48 korban pria.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mantan Ketua DPRD Tulungagung Diperiksa di Kasus Suap Pengadaan Barang

Posted: 06 Jan 2020 09:18 PM PST

Mantan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/1/2020). Supriyono diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap pengadaan barang dan jasa di Pemkab Tulungagung tahun anggaran 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/1/2020). Supriyono diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap pengadaan barang dan jasa di Pemkab Tulungagung tahun anggaran 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/1/2020). Supriyono diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap pengadaan barang dan jasa di Pemkab Tulungagung tahun anggaran 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/1/2020). Supriyono diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap pengadaan barang dan jasa di Pemkab Tulungagung tahun anggaran 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/1/2020). Supriyono diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap pengadaan barang dan jasa di Pemkab Tulungagung tahun anggaran 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/1/2020). Supriyono diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap pengadaan barang dan jasa di Pemkab Tulungagung tahun anggaran 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono menuju ruang  pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/1/2020). Supriyono diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap pengadaan barang dan jasa di Pemkab Tulungagung tahun anggaran 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/1/2020). Supriyono diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap pengadaan barang dan jasa di Pemkab Tulungagung tahun anggaran 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/1/2020). Supriyono diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap pengadaan barang dan jasa di Pemkab Tulungagung tahun anggaran 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Hamish Daud Momong Putrinya, Papa Muda Idaman

Posted: 06 Jan 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat ini pasangan Hamish Daud dan Raisa Andriana tengah menikmati momen-momen indah menjadi orang tua. Pasangan yang menikah pada Minggu (3/9/2017) di Ayana Midplaza Hotel, Jakarta ini telah dikarunai seorang putri cantik.

Putri cantik yang bernama Zalina Raine Wyllie lahir pada Februari 2019. Raisa dan Hamish Daud kompak jarang membagikan potret Zalina Raine Wyllie ke media sosial. Meskipun kedua pasangan sering berbagi momen dengan putrinya Zalina, namun sangat jarang pasangan ini menunjukkan wajah anaknya.

Meskipun begitu, sosok Hamish Daud saat momong anaknya kerap mendapat perhatian publik. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 momen Hamish Daud saat bersama putrinya Zalina, papa muda idaman, Selasa (7/1/2020).

1. Artis tampan Hamish Daud tengah menikmati momen bersama putrinya Zalina.

Momen Hamish Daud saat Bersama Putrinya Zalina, Papa Muda Idaman (sumber:Instagram/hamishdw)
Momen Hamish Daud saat Bersama Putrinya Zalina, Papa Muda Idaman (sumber:Instagram/hamishdw)

2. Zalina Rayne Wyllie lahir pada 12 Februari 2019 kerap diajak liburan dan menikmati pemandangan indah.

Momen Hamish Daud saat Bersama Putrinya Zalina, Papa Muda Idaman (sumber:Instagram/hamishdw)
Momen Hamish Daud saat Bersama Putrinya Zalina, Papa Muda Idaman (sumber:Instagram/hamishdw)

3. Bahkan Hamish tidak segan-segan untuk mengajak putri kecilnya bermain pasir di pantai.

Momen Hamish Daud saat Bersama Putrinya Zalina, Papa Muda Idaman (sumber:Instagram/hamishdw)
Momen Hamish Daud saat Bersama Putrinya Zalina, Papa Muda Idaman (sumber:Instagram/hamishdw)

4. Suami dari Raisa ini juga kerap mengunggah momen bersama dengan anak dan istrinya.

Momen Hamish Daud saat Bersama Putrinya Zalina, Papa Muda Idaman (sumber:Instagram/hamishdw)
Momen Hamish Daud saat Bersama Putrinya Zalina, Papa Muda Idaman (sumber:Instagram/hamishdw)

5. Meskipun pasangan ini jarang menunjukkan wajah Zalina ke publik, namun unggahan kebersamaan mereka kerap mencuri pehatian.

Momen Hamish Daud saat Bersama Putrinya Zalina, Papa Muda Idaman (sumber:Instagram/hamishdw)
Momen Hamish Daud saat Bersama Putrinya Zalina, Papa Muda Idaman (sumber:Instagram/hamishdw)

6. Sosok Hamish dianggap sebagai papa muda idaman masa kini.

Momen Hamish Daud saat Bersama Putrinya Zalina, Papa Muda Idaman (sumber:Instagram/hamishdw)
Momen Hamish Daud saat Bersama Putrinya Zalina, Papa Muda Idaman (sumber:Instagram/hamishdw)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenag Tetapkan Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji

Posted: 06 Jan 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag), menetapkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang berlokasi di Kertajati, Majalengka sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji.

Hal itu ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama tentang Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji oleh Menag Fachrul Razi kepada Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Seremonial berlangsung di lantai dua keberangkatan internasional BIJB Kertajati, Majalengka.

Hadir, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar beserta jajarannya, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat Bukhori beserta para Kepala Kankemenag, Direktur Operasi dan Pelayanan PT Angkasa Pura II, Dirut PT BIJB Kertajati.

Dengan penetapan tersebut, jemaah haji Jawa Barat yang awalnya berangkat ke Saudi dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, mulai tahun ini akan terbang melalui BIJB Kertajati. Demikian juga saat pulang dari Saudi, mereka akan mendarat di BIJB Kertajati. Kuota haji Jabar sebanyak 38.852 jemaah, dan terbagi dalam 97 kelompok terbang (kloter).

"Seluruh jamaah haji asal Provinsi Jawa Barat akan diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi, setelah seluruh rangkaian proses Customs, Immigration and Quarantine (CIQ) serta layanan satu atap lainnya selesai dilaksanakan di asrama Haji Embarkasi Bekasi," tutur Menag di BIJB Kertajati.

"Selanjutnya, seluruh jamaah haji akan diberangkatkan dengan bus dari Asrama Haji Bekasi menuju BIJB Kertajati," sambungnya.

Menag menegaskan bahwa Pemerintah terus berupaya meningkatkan layanan bagi jemaah haji Indonesia. Kehadiran Embarkasi/Debarkasi Haji BIJB Kertajati ini diharapkan akan menambah kenyamanan bagi jemaah haji Jawa Barat.

"Kami ingin tahun ini ada pilot project percepatan proses imigrasi saat kepulangan jemaah. Jika memungkinkan akan dilakukan di Jeddah atau saat di pesawat sehingga ketika tiba di Tanah Air, jemaah bisa langsung pulang," ujarnya.

"Kami berharap itu bisa dilakukan juga di Kertajati untuk pilot projectnya," sambungnya.

Menag Tinjau Bandara Kertajati

Menag Fachrul Razi melakukan kunjungan kerja ke Bandara Kertajati. (Dok. Kemenag)
Menag Fachrul Razi melakukan kunjungan kerja ke Bandara Kertajati. (Dok. Kemenag)

Menag bersama rombongan berkunjung ke BIJB Kertajati dengan mengendarai bus. Berangkat pukul 07.50 WIB, Menag menuju Kertajati Majalengka untuk mengetahui kondisi jalan dan estimasi waktu tempuh dari Asrama Haji Bekasi menuju BIJB. Menag bersama rombongan tiba di bandara pukul 09.40 WIB melalui pintu keberangkatan internasional.

"Jalanan sudah bagus. Ada beberapa tempat yang masih perlu diperluas. Tapi secara umum sudah bagus," tuturnya.

Tiba di BIJB Kertajati, Menag menerima penjelasan dari Kepala BIJB Kertajati, Ibut. Perwakilan Angkasa Pura II ini menjelaskan alur keberangkatan dan kedatangan jemaah. Saat keberangkatan, proses imigrasi sudah dilakukan di asrama haji Bekasi. Sehingga, saat tiba di BIJB, hanya dilakukan pengecekan boarding pass dan pasport jemaah, selanjutnya langsung menuju pesawat.

Sementara saat kedatangan dari Saudi, jemaah akan melakukan proses imigrasi dan pengecekan suhu di BIJB. Setelah itu, jemaah naik bus untuk diantar menuju Asrama Haji Bekasi. Ibut menambahkan bahwa secara umum BIJB siap sebagai embarkasi/debarkasi haji.

"Tim Saudi Airlines sudah datang untuk berdiskusi dan sudah tidak ada masalah," ujarnya.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan UmrahNizar menambahkan, tahun ini pihaknya akan membangun asrama haji di Indramayu. Dia berharap, Pemda bisa ikut membantu dengan membangun masjid di sana.

"Terima kasih kepada Pemda. Pemda berjanji bangun masjid di asrama haji Indramayu," tandasnya.

Kepada pengelola BIJB Kertajati, Nizar mengingatkan bahwa akhir Januari 2020, GACA (General Authority of Civil Aviation), Arab Saudi, akan melakukan survei. Nizar harap baik Pemprov, Dirjen Perhubungan Udara, Otoritas PT. Angkasa Pura II, maupun Kepala BIJB Kertajati dapat memberikan penjelasan dengan baik terkait kesiapan BIJB Kertajati sebagai Bandara Penerbangan Haji Tahun 2020.

Jadi Harapan Warga Jabar

4 Fakta Megahnya Bandara Kertajati, dari Fasilitas Hingga Rute Perjalanan (sumber: bijb.co.id)
4 Fakta Megahnya Bandara Kertajati, dari Fasilitas Hingga Rute Perjalanan (sumber: bijb.co.id)

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan terima kasih atas adanya kepastian dari Menag tentang pemanfaatan BIJB sebagai embarkasi/debarkasi haji. Menurutnya, hal itu sudah lama diharapkan masyarakat Jabar.

"Fasilitas di sini sudah memadai, tapi belum bisa dimanfaatkan maksimal. Insya Allah dengan keputusan ini, BIJB lebih manfaat untuk agama dan negara," harapnya.

Wagub juga berharap BIJB Kertajati bisa dimaksimalkan untuk pemberangkatan umrah masyarakat Jabar.

Sebelum menuju BIJB, Kakanwil Kemenag Jabar Bukhori di Asrama Haji Bekasi menjelaskan proses pemberangkatan jemaah haji Jawa Barat. Menurutnya, sebelum diberangkatkan ke Bandara Kertajati, jemaah akan menginap di Asrama Haji Bekasi.

Di asrama haji, akan dibagikan gelang identitas, paspor, dan uang saku (living cost) jemaah sebesar SAR1500. Pemeriksaan kesehatan jemaah, x-ray, boarding, dan proses imigrasi juga dilakukan di asrama haji.

"Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, jemaah kemudian diberangkatkan dengan bus dari asrama haji menuju Bandara Kertajati dengan estimasi waktu tempuh 3-4 jam," jelas Bukhori.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rheumatoid Arthritis dan Potensi Komplikasi yang Mungkin Terjadi

Posted: 06 Jan 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rheumatoid arthritis dapat dialami siapapun. Selain menyebabkan keterbatasan gerak fisik juga dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

Dilansir dari mayoclinic.org, rheumatoid arthristik dapat meningkatkan risiko datangnya gangguan lain. Gangguan-gangguan tersebut di antaranya: 

1. Osteoporosis

Rheumatoid arthritis bersama dengan beberapa obat untuk penyembuhannya dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Kondisi yang melemahkan tulang ini bahkan membuat penyandang lebih rentan terhadap patah tulang.

2. Rheumatoid nodules

Ini adalah kondisi ditemukannya benjolan-benjolan keras yang biasanya terbentuk di sekitar titik-titik tekanan, seperti siku. Namun, nodul atau tonjolan ini dapat terbentuk di mana saja di dalam tubuh, termasuk paru-paru.

3. Keringnya mata dan mulut

Orang yang menderita rheumatoid arthritis memiliki kemungkinan besar mengalami sindrom Sjogren atau suatu kelainan yang menurunkan jumlah cairan di mata dan mulut.

4. Infeksi

Banyaknya obat yang dikonsumsi untuk melawan rheumatoid arthritis dapat mengganggu sistem imun dan dapat berakhir pada peningkatan infeksi.

Komplikasi Lainnya

5. Komposisi tubuh yang tidak normal

Proporsi lemak dalam tubuh yang tidak seimbang dapat terjadi pada orang dengan rheumatoid arthritis.

6. Carpal tunnel syndrome.

Hal ini terjadi ketika rheumatoid arthritis menyerang pergelangan tangan. Sindrom ini dapat ditandai dengan rasa kesemutan bahkan mati rasa di pergelangan tangan akibat adanya saraf di pergelangan tangan yang terhimpit atau tertekan.

7. Gangguan hati

Rheumatoid arthtritis dapat meningkatkan risiko pengerasan dan penghambatan arteri atau pembuluh darah akibat kantung di hati yang tertutup.

8. Penyakit paru

Orang dengan rheumatoid arthritis memiliki risiko peningkatan peradangan di jaringan paru-paru. Hal ini dapat mengakibatkan pemendekan napas secara drastis.

9. Limfoma

Rheumatoid arthritis juga berpotensi mengakibatkan limfoma atau kanker yang menyerang sel darah putih yang seharusnya menjaga kekebalan tubuh seseorang.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbatuk-Batuk, Kivlan Zen Bacakan Kesaksian untuk Politikus Habil Marati

Posted: 06 Jan 2020 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mayor Jenderal (purn) Kivlan Zen membacakan kesaksiannya untuk politikus Habil Marati, terdakwa perkara pembiayaan pembelian senjata api di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Pantauan Liputan6.com, sidang dimulai pukul 11.00 WIB. Kivlan hadir dengan kursi roda. Syal tebal membalut lehernya. Kivlan juga memakai jaket hitam tebal.

"Apakah saudara sehat bisa jadi saksi?" ujar majelis hakim di PN Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2020).

"Saya akan memberikan keterangan sebisa, sekuat yang sama mampu, uhuk uhuk," jawab Kivlan Zen sambil terbatuk-batuk dan suaranya yang pelan dan lirih.

Setelah memastikan hal itu, hakim juga memandu sumpah kesaksian dalam tata agama Islam. Kivlan pun mengikutinya sambil terbatuk-batuk.

"Demi Allah saya bersumpah.. uhuk uhuk, akan memberikan keterangan sebenar-benarnya... uhuk uhuk," sumpah Kivlan Zen.

 

Saksi Mahkota

Kivlan Zen saat bersaksi di sidang Habil Marati, terdakwa perkara pembiayaan pembelian senjata api di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)
Kivlan Zen saat bersaksi di sidang Habil Marati, terdakwa perkara pembiayaan pembelian senjata api di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Sebelumnya, Tonin Tachta, pengacara Kivlan, mengatakan kliennya berstatus saksi mahkota.

Dalam definisi hukumnya saksi mahkota adalah kroongetuide, atau berdasarkan perspektif empirik maka didefinisikan sebagai saksi yang berasal atau diambil dari seorang tersangka atau terdakwa lainnya yang bersama-sama melakukan perbuatan pidana.

Sesuai dengan keterangan jaksa penuntut umum, Habil dinyatakan melakukan tindak pidananya bersama dengan sejumlah rekanan. Seperti Kivlan, Helmi Kurniawan (Iwan), Tahudin alias Udin, Azwarmi, Irfan, Adnil dan Asmaizulfi alias Vivi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nama Reynhard Sinaga Mencuat di Twitter

Posted: 06 Jan 2020 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Reynhard Sinaga (36) mencuat di Twitter dan menjadi sorotan warganet dunia setelah divonis bersalah dalam 159 kasus perkosaan dan serangan seksual terhadap 48 korban pria di Manchester, Inggris.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (7/1/2020), Reynhard Sinaga masuk dalam daftar trending topic di Twitter Indonesia sejak dua jam lalu.

Namanya pun sempat naik di posisi empat trending topic Indonesia pada sekitar pukul 10.40 dan kemudian turun di posisi enam pada sekitar pukul 11.00 WIB.

Sekitar satu jam lalu, nama Reynhard Sinaga dikicaukan hingga 90 ribu tweets dan sekitar 40 menit lalu tembus hingga 99 ribu tweets.

Bicara soal kasus pemerkosaan yang dilakukan Reynhard Sinaga, menurut laporan BBC, para korban yang mencapai ratusan jumlahnya ternyata tak pernah tahu bahwa mereka menjadi korban pemerkosaan sampai akhirnya diberi tahu oleh pihak kepolisian.

Kesan baik kerap diciptakan oleh Reynhard. Hal ini diketahui karena sejumlah korban memberikan kesaksian kepada polisi, dengan 48 dari mereka muncul di pengadilan selama empat persidangan.

Dari para korban yang hadir di pengadilan, sebagian besar merupakan heteroseksual.

Ian Rushton, dari Layanan Penuntutan Mahkota, mengatakan dia pikir Reynhard mengambil "kesenangan khusus memangsa pria heteroseksual".

Sebagian besar korban Reynhard Sinaga tinggal di Manchester pada saat itu dan, secara keseluruhan, sebanyak 26 adalah pelajar ketika mereka menjadi korban.

Modus

Reynhard Sinaga, mahasiswa Indonesia di Manchester pelaku pemerkosaan terhadap 159 pria. (Source: Facebook)
Reynhard Sinaga, mahasiswa Indonesia di Manchester pelaku pemerkosaan terhadap 159 pria. (Source: Facebook)

Pengadilan mendengar Reynhard memiliki formula yang telah diuji untuk menemukan korbannya di luar klub dalam beberapa menit berjalan kaki dari flatnya di Princess Street, pusat Kota Manchester.

Dia akan pergi setelah tengah malam untuk menunggu di luar klub, biasanya Factory atau Fifth, dan memangsa sebagian besar pemuda heteroseksual yang telah diusir penjaga atau kehilangan teman mereka. Beberapa tidak punya uang untuk naik taksi ke rumah atau baterai ponsel mereka habis, sementara yang lain sakit.

Semua dalam keadaan mabuk ketika mereka didekati Reynhard yang berperawakan kecil dan tersenyum dalam kacamata berbingkai hitam, seperti tampak tidak berbahaya. Dia kemudian bertanya kepada para korbannya apakah mereka ingin ke apartemennya dan tidur di lantai atau minum-minum lagi, mereka sepakat.

Para juri diberi tahu bahwa Reynhard menyimpan barang-barang pria sebagai piala dan melihatnya di Facebook. Dia mengirim pesan singkat ke seorang teman untuk membual tentang satu korban: "Dia lurus pada tahun 2014. 2015 adalah terobosannya ke dunia gay hahaha."

Terbongkar

Reynhard Sinaga (sumber: Facebook/Reynhard Sinaga)
Reynhard Sinaga (sumber: Facebook/Reynhard Sinaga)

Aksi Reynhard terbongkar ketika salah satu korbannya terbangun saat diperkosa, kemudian menelepon 999 pada 2 Juni 2017. Polisi percaya Reynhard akan melanjutkan aksinya jika saja saat itu korbannya tidak terbangun.

Setelah penangkapan Reynhard, polisi menemukan film pada dua iPhone yang memperlihatkan dia memperkosa sejumlah pria muda yang tampaknya sedang tidur. Ketika polisi Greater Manchester memeriksa perangkat digitalnya, mereka menemukan materi 3,29TB setara dengan 250 DVD atau 300.000 foto yang menggambarkan serangan seksual berlangsung dalam satu kasus selama delapan jam.

Setiap kali korban tersadar, Reynhard akan mendorong mereka kembali ke lantai untuk melanjutkan serangan atau mengambil teleponnya untuk menghindari kecurigaan.  Hanya sedikit yang tahu bahwa mereka telah diperkosa sampai polisi mengetuk pintu mereka beberapa tahun kemudian.

Hasil penyelidikan polisi mengidentifikasi 195 korban, yang semuanya tidak sadar ketika Reynhard melecehkan mereka. Penyelidik tidak pernah menemukan obat yang dia gunakan untuk melumpuhkan korbannya.

 

Kata Para Ahli

Reynhard Sinaga
Reynhard Sinaga

Akan tetapi, para ahli mengatakan kepada juri bahwa mereka percaya para korban pasti telah diberi obat bius, mungkin dengan asam gamma-hydroxybutyric--dikenal sebagai GHB--atau sesuatu dengan efek yang sangat mirip.  Bahkan dalam jumlah serendah 1ml, GHB dapat membuat seseorang tidak sadar.

Para korban menggambarkan bagaimana karier dan hubungan pribadi mereka menderita akibat pelecehan tersebut. Beberapa mengatakan mereka telah beralih ke alkohol dan menjadi terisolasi secara sosial, bahkan tidak dapat memberi tahu kerabat atau teman dekat tentang apa yang terjadi.

Seorang remaja menggambarkan Reynhard sebagai "predator jahat" dan "monster tak berwajah", bahkan mengatakan pada hari ia diberitahu polisi bahwa telah diperkosa "mengubah hidup saya selamanya". 

Dia mengatakan mulai banyak minum alkohol dan mengalami serangan panik, dianggap membahayakan diri sendiri, bahkan meninggalkan sekolah.

(Isk/Why)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Modern, 10 Negara Ini Masih Legalkan Pernikahan Anak

Posted: 06 Jan 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan anak merupakan suatu bentuk pelanggaran hak asasi manusia, namun banyak dari mereka yang tidak memiliki suara dalam hal ini.

Perkawinananak memiliki sejumlah konsekuensi negatif seperti meningkatnya angka kematian ibu dan anak, masalah kesehatan mental, penyakit menular seksual, dan komplikasi kehamilan.

Terlepas dari hukum yang melarang pernikahan anak, jutaan anak nyatanya dinikahkan setiap tahun.

yang tidak memiliki suara dalam hal ini.

Afrika, Asia Selatan, dan Amerika Selatan biasanya dianggap sebagai tempat perkawinan anak, tetapi sesungguhnya hal ini terjadi di seluruh dunia.

Salah satu alasan utama perkawinan anak adalah kemiskinan; ketika keluarga tidak memiliki cukup uang, menikahkan seorang gadis muda (ketika dia mungkin lebih berharga) dipandang perlu. Mahar atau mas kawin dapat membantu keluarga yang membutuhkan uang.

Namun, bukan hanya negara-negara berkembang yang memaksa anak perempuan dan anak lelaki mereka menikah. Dikutip dari Bright Side, Senin (6/1/2020), di bawah ini adalah sepuluh negara modern di mana pernikahan anak masih banyak terjadi:

1. Ukraina

Anak-anak mengambil bagian dalam latihan keamanan di Sekolah Nomor 8, Desa Sartana wilayah timur Ukraina, 2 Oktober 2018. Latihan menghadapi perang dan berlindung dari serangan bom menjadi bagian dari keseharian. (Aleksey FILIPPOV/AFP)
Anak-anak mengambil bagian dalam latihan keamanan di Sekolah Nomor 8, Desa Sartana wilayah timur Ukraina, 2 Oktober 2018. Latihan menghadapi perang dan berlindung dari serangan bom menjadi bagian dari keseharian. (Aleksey FILIPPOV/AFP)

Meskipun Ukraina memiliki usia minimum 18 tahun untuk menikah, seperti banyak negara dalam daftar ini, Ukraina memiliki pengecualian di mana enam belas dan tujuh belas tahun dapat menikah dengan izin pengadilan.

Tingkat pernikahan anak tidak terlalu dikenal, tetapi satu survei menunjukkan sekitar 10% anak perempuan menikah sebelum delapan belas tahun.

Dua faktor yang berkorelasi positif dengan pernikahan anak adalah status ekonomi rendah serta tingkat pendidikan yang lebih rendah.

Alasan paling umum untuk pernikahan anak yang diberikan oleh pengadilan usia 16 dan 17 tahun di Ukraina adalah kehamilan.

Menikah di Ukraina sering kali berarti menutup banyak pintu kesempatan, karena anak-anak yang menikah cenderung putus sekolah, memiliki sedikit kesempatan kerja, dan isolasi sosial.

Perkawinan anak adalah bagian dari tradisi tradisional, di mana pengantin laki-laki dan perempuan dianggap mengikuti "jalan yang benar."

2. Georgia

Pernikahan dini (iStockphoto)
Pernikahan dini (iStockphoto)

Georgia adalah negara Eropa yang sangat tradisiona tempat di mana pernikahan anak menjadi terlalu umum.

Persentase pasti anak perempuan yang menikah di Georgia tidak jelas karena fakta bahwa keluarga menemukan celah dalam undang-undang dengan menunda pendaftaran pernikahan, tetapi jumlahnya setidaknya 17%.

Ini terlepas dari kenyataan bahwa Georgia memiliki undang-undang yang melarang pernikahan anak, seperti usia minimum 18 tahun.

Namun, ada pengecualian, anak berusia enam belas tahun dapat dinikahkan dengan persetujuan orang tua.

Rata-rata pernikahan anak di Georgia terdiri dari seorang gadis muda (kadang-kadang bahkan tidak remaja) yang menikah dengan pria yang lebih tua.

Di Georgia, praktik ini tertanam dalam budaya dan belum memudar selama berabad-abad. Selain itu, anggota kelompok etnis tertentu yang tidak berbicara bahasa Rusia atau Georgia, tidak dapat selalu pergi ke dokter untuk meminta bantuan karena mereka akan membutuhkan penerjemah.

Menikah diterjemahkan sebagai penutupan peluang; alih-alih ambisi masa depan diwujudkan dan pendidikan mereka diperluas, anak-anak menjadi ibu rumah tangga.

Kontrasepsi jarang digunakan dan banyak dari gadis-gadis muda ini hamil, yang berbahaya bagi tubuh mereka yang sebenarnya masih belum siap. 

Anak-anak direnggut masa kecilnya dan didorong ke dunia orang dewasa yang jauh lebih keras.

3. Turki

Sejumlah anak-anak melambaikan tangan ke iring-iringan pasukan lapis baja Turki (APC) yang melewati persimpangan perbatasan Bab al-Salamah antara Suriah dan Turki di utara provinsi Aleppo (21/1). (AFP/ Nazeer al-Khatib)
Sejumlah anak-anak melambaikan tangan ke iring-iringan pasukan lapis baja Turki (APC) yang melewati persimpangan perbatasan Bab al-Salamah antara Suriah dan Turki di utara provinsi Aleppo (21/1). (AFP/ Nazeer al-Khatib)

Di Turki, usia minimum untuk menikah adalah 17, tetapi anak berusia 16 tahun dapat menikah dalam keadaan tertentu.

Dalam banyak kasus, anak-anak dapat menjalani pernikahan agama dengan semua tanggung jawab pernikahan yang sah, tetapi tidak ada manfaatnya.

Anak-anak di daerah pedesaan Turki lebih cenderung melahirkan anak dan melahirkan digunakan sebagai katalis untuk beberapa pernikahan anak.

Anak-anak - terutama perempuan - dapat dipandang sebagai mulut tambahan untuk memberi makan dan ini, bersama dengan kelanjutan dari mas kawin, membuat pernikahan anak menguntungkan secara ekonomi bagi orang tua.

Selain itu, pernikahan anak dipandang sebagai cara untuk membantu menjaga keperawanan dan kebajikan seorang gadis. Sebagian besar pernikahan anak-anak Turki dipaksa, tetapi beberapa anak melakukannya untuk melarikan diri dari pelecehan. Namun, pelecehan di tangan pasangan mereka adalah juga menjadi umum, dengan lebih dari satu dari lima wanita menikah usia 15-24 mengalaminya.

4. Albania

Anak-anak saat mengungsi setelah gempa berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang Tirana, Albania (21/9/2019). Efek dari gempa bumi tersebut mengakibatkan puluhan bangunan hancur serta memicu pemadaman listrik di ibu kota Tirana. (AFP Photo/Gent Shkullaku)
Anak-anak saat mengungsi setelah gempa berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang Tirana, Albania (21/9/2019). Efek dari gempa bumi tersebut mengakibatkan puluhan bangunan hancur serta memicu pemadaman listrik di ibu kota Tirana. (AFP Photo/Gent Shkullaku)

Konstitusi Albania berjanji untuk memberikan perlindungan tambahan kepada anak-anak, tetapi pernikahan anak masih tetap saja ada.

Usia minimum Albania untuk menikah adalah 18, tetapi pengecualian-tanpa usia minimum juga diizinkan.

Seperti di banyak negara, banyak pernikahan anak-anak tidak diakui secara hukum, sehingga tidak ada data konkret tentang prevalensi, tetapi tampaknya lebih umum di kalangan masyarakat etnis Roma dan di daerah pedesaan miskin.

Di Albania, ayah biasanya mengatur pernikahan anak. Di beberapa komunitas yang terisolasi, anak-anak tidak melihat pilihan lain. Kadang pasangan itu tinggal di negara lain dan anak itu tidak hanya harus menikah, tetapi juga pindah ke tempat yang sama sekali berbeda dan hanya melihat keluarga mereka beberapa kali setahun.

Dalam beberapa kasus, keluarga biasanya berniat menikahi anak perempuan mereka dengan pria kaya yang akan membayar mahal.

Beberapa anak menikah pada usia 13. Jika mereka sudah mengalami menstruasi, hal itu dilihat oleh beberapa orang tua sebagai tanda bahwa putri mereka cukup umur untuk menjadi pengantin wanita.

5. Kanada

Pernikahan dini (iStockphoto)
Pernikahan dini (iStockphoto)

Kanada dianggap sebagai negara yang sangat progresif, tetapi pernikahan anak masih terjadi di perbatasannya.

Melintasi provinsi Kanada, usia minimum untuk menikah bervariasi dan dalam beberapa kasus, usia 16 dan 17 tahun dapat menikah dengan persetujuan kedua orang tua.

Persetujuan anak, bagaimanapun, tidak diminta atau diperlukan untuk membuat pernikahan terjadi.

Dalam banyak kasus, anak-anak dibawa ke luar negeri untuk menikah. Kadang-kadang, mereka tinggal di negara di mana mereka menikah secara paksa namun ada juga yang kembali ke rumah.

Ada juga kasus ilegal anak-anak muda yang menikah. Setidaknya dalam tiga kasus, anak usia 15 tahun dibawa ke Missouri untuk menikah. Anak-anak yang menikah lebih rentan - secara fisik dan emosional - dan dapat menderita pelecehan di tangan pasangan mereka.

6. Belgia

Nikah di Usia Dini, Siapkah Mental Anda?
Nikah di Usia Dini, Siapkah Mental Anda?

Negara yang terkenal akan cokelat dan wafelnya juga memiliki realitas yang kurang diketahui dan lebih pahit terkait pernikahan anak.

Tidak ada banyak data tentang pernikahan anak di Belgia, tetapi antara 2010 dan 2013, 56 pernyataan pernikahan anak diberikan kepada polisi.

Jumlah anak yang menikah kemungkinan jauh lebih tinggi daripada jumlah pengaduan; beberapa anak mungkin terlalu takut.

Dalam kasus lain, itu mungkin sangat normal bagi anak-anak sehingga mereka bahkan tidak mempertanyakannya.

Perkawinan anak paling umum terjadi di kantong etnis dan geografis tertentu di Belgia.

Afghan dan Romas adalah dua kelompok etnis di mana pernikahan anak-anak diketahui terjadi di Belgia.

Anak-anak diajarkan untuk patuh dan dalam kasus di mana mereka mungkin menikah dengan kehendak sendiri, mereka mungkin berhenti berkelahi karena itu bertentangan dengan apa yang orang tua mereka ajarkan kepada mereka.

7. Brazil

Indigenous people di Brazil (Via: wikipedia.org)
Indigenous people di Brazil (Via: wikipedia.org)

Perkawinan anak-anak, baik dalam bentuk perkawinan atau dalam serikat adalah masalah yang kurang diperhatikan, tetapi lazim di Brasil.

Undang-undang Brazil memperbolehkan anak-anak menikah pada usia 16 dengan izin kedua orang tua mereka, tetapi beberapa mungkin menikah pada usia yang lebih muda dalam kasus kehamilan.

Gadis hamil mungkin menghadapi tekanan dari orang tua mereka untuk menikahi ayah bayinya.

Pada 2010, lebih dari 40.000 gadis Brasil berusia 10-14 berada di serikat ini. Ada beberapa alasan mengapa pernikahan-baik formal atau kasual-begitu umum di Brasil.

Tradisi yang ada memungkinkan kesenjangan usia yang cukup jauh antar pasangan.

Kemiskinan juga memainkan peran penting, karena keluarga miskin cenderung menikahkan anak-anak mereka. Brazil juga dikenal karena banyak seksisme; itu menduduki peringkat ketujuh dari 84 negara dengan kasus pembunuhan wanita terbanyak.

Brazil juga menempati urutan keempat dalam jumlah perkawinan anak-anak.

Anak-anak yang menikah lebih mungkin berhenti sekolah dan mengalami pelecehan dari pasangan.

8. Afrika Selatan

Ekpresi ibu dan anak warga Somalia yang mengungsi akibat kekeringan dan kelaparan di daerah Tabelaha di pinggiran Mogadishu, Somalia (30/3). Negara yang terletak di tanduk Afrika ini, memiliki populasi 12 juta penduduk. (AP Photo/Farah Abdi Warsameh)
Ekpresi ibu dan anak warga Somalia yang mengungsi akibat kekeringan dan kelaparan di daerah Tabelaha di pinggiran Mogadishu, Somalia (30/3). Negara yang terletak di tanduk Afrika ini, memiliki populasi 12 juta penduduk. (AP Photo/Farah Abdi Warsameh)

Di Afrika Selatan, pernikahan anak adalah hal yang ilegal, tetapi memang masih banyak terjadi.

Bahkan, ada praktik budaya yang dikenal sebagai ukuthwala yang masih dipraktikkan hingga saat ini. Ukuthwala terdiri dari seorang pria atau sekelompok pria yang menangkap seorang gadis atau wanita muda yang salah satunya ingin menikah.

Pria itu kemudian mencoba membujuk gadis itu dan keluarganya untuk membiarkan mereka menikah.

Kadang-kadang orang tua setuju untuk menculik anak perempuan mereka.

Praktik ini banyak dikritik dengan pembantaian iklan pemerkosaan. Praktik ukthwala memiliki banyak konsekuensi negatif pada para korbannya. Gadis-gadis yang diculik lebih mungkin untuk tertular penyakit menular seksual atau menjadi hamil, yang dapat memiliki konsekuensi besar bagi gadis-gadis muda dengan tubuh yang tidak diperlengkapi untuk melahirkan.

Mereka juga cenderung mengakhiri pendidikan mereka. Konsekuensi terburuk, bukan hanya ukkuthwala, tetapi semua pernikahan anak adalah bahwa kepolosan anak dicuri darinya. Masa kecil mereka dipotong pendek dan tidak ada cara untuk kembali.

9. Inggris Raya

Anak-anak Uighur mengikuti kegiatan belajar bahasa Inggris di sebuah sekolah di distrik Silivri, Istanbul, Turki (29/12/2019). Terdapat 107 anak di sekolah ini. Sebanyak 33 anak salah satu orang tuanya berada di kamp dan 7 anak kehilangan kedua orang tuanya. (AFP/Ozan Kose)
Anak-anak Uighur mengikuti kegiatan belajar bahasa Inggris di sebuah sekolah di distrik Silivri, Istanbul, Turki (29/12/2019). Terdapat 107 anak di sekolah ini. Sebanyak 33 anak salah satu orang tuanya berada di kamp dan 7 anak kehilangan kedua orang tuanya. (AFP/Ozan Kose)

Usia minimum untuk menikah di sebagian besar Inggris Raya adalah 18, tetapi di Skotlandia adalah 16 tahun.

Namun, seperti banyak negara lain, orang tua dapat mengizinkan anak-anak mereka untuk menikah jika mereka berusia 16 atau 17-tanpa persetujuan anak. Kadang-kadang, pernikahan tidak terdaftar juga, tetapi anak-anak menikah untuk sebuah maksud dan tujuan.

Dalam beberapa kasus, anak-anak ditipu untuk bepergian ke negara lain di mana mereka akan menikah dan dalam kasus lain, itu terjadi di tanah asal mereka sendiri.

Mengatakan tidak pada pernikahan paksa ini dapat memiliki konsekuensi yang mematikan. 

10. Amerika Serikat

Pernikahan Dini: Siapkah Tubuh Anda?
Pernikahan Dini: Siapkah Tubuh Anda?

Negara yang bebas dan berani tidak semata-mata lepas dari anak-anak yang dipaksa melakukan perkawinan anak.

Pernikahan anak di Amerika mencakup berbagai latar belakang.

Banyak negara bagian memiliki undang-undang yang melarang mereka yang berusia di bawah 18 tahun untuk menikah, tetapi ini termasuk pengecualian di mana orang tua dapat mengizinkan anak berusia enam belas dan tujuh belas tahun dan para hakim dapat mengizinkan anak yang lebih kecil untuk menikah.

Undang-undang jarang memungkinkan orang-orang yang dinikahkan untuk memberikan atau menggunakan kembali izin mereka.

Terkadang anak-anak dibawa ke luar negeri untuk menikah sebelum pasangan baru mereka mendapat visa A.S.

Anak-anak yang berusia 12 tahun telah dinikahkan dalam beberapa dekade terakhir. 

Ada beberapa langkah yang diambil untuk membatasi pernikahan anak, tetapi tidak semuanya berhasil.

New York baru-baru ini mengesahkan undang-undang yang memungkinkan anak berusia tujuh belas tahun menikah hanya jika mereka mendapat persetujuan orang tua dan pengadilan dan sepenuhnya melarang pernikahan mereka yang berusia di bawah tujuh belas tahun.

Gubernur New Jersey menolak untuk menandatangani RUU menjadi undang-undang pada bulan Mei yang akan melarang semua pernikahan di bawah 18, mengatakan bahwa harus ada pengecualian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Nikahi Kekasih, Pria Ini Rela Hidup dengan Rp 300 Ribu per Bulan

Posted: 06 Jan 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menikah adalah acara sakral yang diharapkan oleh semua orang hanya dilakukan sekali seumur hidup. Tak heran jika banyak pasangan ingin menjadikan pernikahan sebagai momen yang tak terlupakan. Seperti makeup, undangan pernikahan, prewedding, hingga pesta semuanya ingin terlihat sempurna.

Namun, untuk menggelar pesta pernikahan sendiri dana yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Mulai sewa gedung, pesan katering, dekorasi, seragam keluarga, akomodasi, dan masih banyak pernak-pernik biaya tambahan lainnya.

Karena perhitungan dana itu, banyak pasangan yang kemudian menunda-nunda waktu pernikahan. Meski ada juga yang rela hidup pas-pasan agar bisa menabung untuk menikah. Seperti kisah seorang pria asal Malaysia yang rela hidup pas-pasan agar bisa menabung untuk menikahi kekasihnya.

Pria bernama Luqman Afifi ini berhasil mengumpulkan uang Rp 61 juta demi meminang sang kekasih dan hidup pas-pasan dengan uang Rp300 ribu per bulan, seperti yang Liputan6.com dilansir dari World of Buzz, Selasa (7/1/2020).

Menabung dengan Cara Ekstrem

Kisah pria 24 tahun ini pertama kali diketahui dari kicauan Luqman Afifi melalui akun Twitter pribadinya, @EhAfifi pada Juli 2019 lalu. Melalui kicauannya, Luqman membagikan perjuangannya sebagai seorang freelancer dan menabung selama satu tahun demi bisa menikahi sang pujaan hati.

Luqman diketahui bekerja sebagai freelancer video editor. Dalam satu bulannya, ia dapat mengantongi sekitar Rp 4 juta atau bahkan lebih. Hal tersebut tidak menjadi penghalang baginya untuk menikah dengan sang kekasih.

Ia sendiri diketahui menabung dengan cara yang cukup ekstrem. Dari total penghasilannya, Luqman menghabiskan sekitar Rp300 ribu saja untuk biaya hidup selama satu bulan. Sisanya, ia masukkan dalam tabungan pernikahannya.

Tak hanya membatasi pengeluaran, Luqman juga meminimalisasi untuk tidak hangout yang bisa menghabiskan uangnya. Seperti tidak pergi nongkrong bersama teman-teman, atau menghindari untuk hadir dalam pertemuan-pertemuan yang dianggap kurang penting.

Hasil Perjuangan

Luqman Afifi (sumber: twitter/@EhAfifii)
Luqman Afifi (sumber: twitter/@EhAfifii)

Tak sampai di situ, Luqman juga rela tinggal di rumah kontrakan yang berisi sekitar 8 hingga 9 orang. Sementara untuk makanan sehari-hari, Luqman biasanya memasak sendiri dengan bahan dasar ayam dan sambel. Jika merasa bosan, ia pun terkadang mengganti menu makannya dengan telur.

Kegigihannya dalam menabung pun membuahkan hasil. Selama satu tahun penuh, ia berhasil mengumpulkan Rp 61 juta. Selain itu, ia juga mendapatkan uang tambahan senilai Rp 13 juta, dari dua proyek yang ia dapatkan sebelum pernikahannya berlangsung.

Cerita perjuangan Luqman Afifi demi menikahi sang pujaan hati ini pun langsung mendapat banyak respon positif dari warganet. Kisah yang ditulis pada Juli 2019 lalu, tersebut telah di-retweet oleh sebanyak lebih dari 15 ribu pengguna akun Twitter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Predator Seks Terbesar di Inggris, Reynhard Sinaga Dihujat Warganet

Posted: 06 Jan 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Reynhard Sinaga, mahasiswa asal Indonesia tengah menjadi perbincangan di dunia, karena divonis hukuman penjara atas kasus pemerkosaan di Inggris.

Reynhard dinyatakan bersalah karena melakukan pelecehan seksual terhadap 48 pria, tetapi polisi yakin mereka termasuk di antara sedikitnya 190 korbannya di Inggris.

Melansir dari The Guardian, Selasa (7/1/2020), atas kasus pelecehan seksual tersebut, Reynhard dijatuhi vonis seumur hidup oleh pengadilan setempat dengan jangka waktu minimal 30 tahun.

Reynhard Sinaga adalah seorang WNI yang tinggal di Manchester untuk melanjutkan studinya. Pria kelahiran Jambi, 19 Febuari 1983 ini menyelesaikan gelar S1-nya di Universitas Indonesia dengan jurusan Arsitek. Kemudian ia melanjutkan studi S2 mengambil jurusan sosiologi di Redbrick University tahun 2007.

Berasal dari Keluarga Kaya

Reynhard Sinaga, mahasiswa Indonesia di Manchester pelaku pemerkosaan terhadap 159 pria. (Source: Facebook)
Reynhard Sinaga, mahasiswa Indonesia di Manchester pelaku pemerkosaan terhadap 159 pria. (Source: Facebook)

Reynhard berasal dari keluarga yang kaya dan tinggal di Depok, Jawa Barat. Melansir dari Dailymail, Selasa (2/1/2020), ia tak pernah kekurangan uang semasa hidupnya karena kiriman uang dari orang tuanya. Orang tuanya merupakan pengusaha sawit dan juga properti.

"Keluarganya sangat kaya sehingga dia tidak pernah bekerja dan dia akan selalu keluar setiap minggu dengan orang yang berbeda, itu yang aku ingat," ucap seseorang sumber dikutip Dailymail, Selasa (2/1/2020).

Kebiasaannya adalah menyambangi club-club malam di sekitar Manchester. Ia akan membius para korbannya dengan minuman alkohol yang telah dicampur obat bius. Ia juga merekam aksinya tersebut dalam bentuk video.

Respons Warganet

Reynhard Sinaga (sumber: Facebook/Reynhard Sinaga)
Reynhard Sinaga (sumber: Facebook/Reynhard Sinaga)

Karena ulahnya tersebut, Reynhard juga menjadi perbincangan viral hingga namanya berada di jajaran trending topic teratas Twitter kawasan Indonesia.

Banyak dari warganet juga menanggapi kasus tersebut dengan beragam respons, mulai dari kekecewaan mereka hingga merasa ngeri dengan ulah Reynhard.

Penulis:

Ulya Kaltsum

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realisasi Defisit APBN 2019 Capai Rp 353 Triliun

Posted: 06 Jan 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan mencatat defisit Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) sementara sepanjang 2019 sebesar Rp 353 triliun atau setara dengan 2,20 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). Defisit tersebut berasal dari belanja negara sebesar Rp 2.310 triliun, sementara pendapatan hanya mencapai sebesar Rp 1.957 triliun.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, defisit sebesar Rp 353 triliun tersebut lebih tinggi dari target defisit APBN 2019 yang hanya sebesar Rp Rp 296 triliun. Namun, angka ini masih bersifat sementara sebab pihaknya masih akan melakukan perhitungan kembali.

"Realiasi ini memang lebih besar dari target awal yang defisit Rp 296 triliun, naik dari target 1,84 persen terhadap PDB jadi 2,2 persen terhadap PDB," ujarnya dalam konferensi pers di APBN Kita di Kantornya Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Defisit APBN hingga akhir 2019 tersebut didorong realiasi pertumbuhan penerimaan yang lebih rendah dari realiasi pertumbuhan belanja negara. Hal ini dikarenakan adanya tekanan pada penerimaan negara akibat dari pelemahan ekonomi global.

Penerimaan negara tercatat sebesar Rp 1.957, triliun atau 90,4 persen dari target APBN 2019 yang sebesar Rp 2.165,1 triliun. Angka ini hanya tumbuh 0,7 persen dibandingkan periode akhir 2018 sebesar Rp 1.943,7 triliun.

 

Realisasi Belanja

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Gedung Nusantara I, Jakarta, Senin (4/11/2019). Ini merupakan rapat perdana Menkeu dengan Komisi XI DPR RI. (Liputan6.com/JohanTallo)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Gedung Nusantara I, Jakarta, Senin (4/11/2019). Ini merupakan rapat perdana Menkeu dengan Komisi XI DPR RI. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sedangkan realisasi belanja negara tercatat mencapai Rp 2.310,2 triliun atau sudah 93,9 persem dari pagu APBN 2019 yang zebesar Rp 2.461,1 triliun. Realisasi ini tumbuh sebesar 4,4 perssn dibandingkan realisasi APBN pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 2.213,1 triliun.

Dengan demikian, untuk realisasi pembiayaan anggaran sepanjang 2019 tercatat sebesar Rp 399,5 triliun atau mencapai 134,9 persen dari pagu APBN 2019 yang sebesar Rp 296 triliun. Pembiayaan ini lebih tinggi 30,7 persen dari periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp 3 05,7 triliun.

"Pembiayaan kita pada tahun 2019 pun tercatat realisasinya mengalami kenaikan hingga 30 persen," ujarnya.

Adapun keseimbangan primer sepanjang 2019 tercatat sebesar Rp 77,5 triliun, atau naik dari realiasi periode sama di tahun lalu yang mengalami defisit sebesar Rp20, 6 triliun.

"Realisasi ini sementara masih akan ada angka bergerak sampai satu dua bulan ke depan sampai benar-benar menjadi laporan keuangan pemerintah 2019," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Metro Jaya yang Baru Janji Kawal Kasus Teror ke Novel Baswedan

Posted: 06 Jan 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jakarta Irjen Nana Sujana berjanji mengawal penyidikan kasus penyerangan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Hal ini diungkapkannya usai dilantik memimpin Polda Metro Jaya, Selasa (7/1/2020).

"Kasus Novel ini sedang ditangani tim teknis. Saya akan mengawal," ujar Nana di Gedung Bareskrim Polri, Selasa.

Menurut dia, tim teknis bentukan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis masih bekerja guna mengungkap kasus teror ke Novel Baswedan.

Dia memberi kepercayaan penuh ke penyidik untuk mengungkapnya. Dia meminta masyarakat memberi waktu kepada polisi untuk mengungkap teror yang terjadi 11 April 2017.

"Saya baru masuk ya, saya mohon waktu. Yang lebih pasti itu tim teknis," kata Nana soal kasus Novel Baswedan.

 

 

Pemeriksaan Novel

Penyidik KPK Novel Baswedan usai menggunjungi gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/4). Novel Baswedan selesai menjalani perawatan di rumah sakit Singapura yang kedua hingga kini kasus penyiraman air keras genap satu tahun. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)
Penyidik KPK Novel Baswedan usai menggunjungi gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/4). Novel Baswedan selesai menjalani perawatan di rumah sakit Singapura yang kedua hingga kini kasus penyiraman air keras genap satu tahun. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan diperiksa polisi Senin, 6 Januari 2020 terkait teror yang dialaminya tiga tahun lalu.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono, mengatakan pada pemeriksaan kemarin, penyidik masih menanyakan tentang apa yang dialami Novel Baswedan saat kejadian.

"Garis besar dari pada pemeriksaan adalah berkaitan dengan apa yang dialami oleh korban. Mulai dari keluar rumah, kemudian berjalan sampai dia mengalami penyiraman, dan sampai dia melakukan pertolongan pertama, yaitu membasuh mukanya dengan air," ucap Argo di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Usai pemeriksaan kemarin, ucap dia, penyidik terus melakukan analisis keterangan korban yang akan dikaitkan dengan pernyataan saksi-saksi. Juga dengan barang bukti yang dikumpulkan polisi.

Argo juga mengatakan polisi belum ada rencana untuk mengkonfrontasi keterangan kedua tersangka dengan Novel.

"Sementara belum ada ya, oke makasih ya," kata Argo.

Novel sendiri mengaku tidak mengenal kedua pelaku, yakin RM dan RD. Novel Baswedan memastikan penyerangannya itu tidak terkait dengan urusan pribadi.

Hal ini tentu bertolak belakang dengan keterangan dari kedua pelaku yang mengaku terornya terhadap Novel didorong atas dendam pribadi.

"Tentunya, keterangan yang saya sampaikan ke penyidik adalah konsumsi penyidikan yang berlangsung saat ini. Dan saya belum bisa sampaikan kepada rekan-rekan media. Tapi saya bisa meyakini dan hampir bisa memastikan tidak mungkin terkait urusan pribadi," ucap Novel, di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin 6 Januari 2020.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Penumpang Diduga Ditahan Pilot hingga Respons Garuda Indonesia

Posted: 06 Jan 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penumpang Garuda Indonesia kelas Bisnis mengadukan perbuatan tak menyenangkan yang dialaminya dari kru Garuda. Adalah Jessica, yang menuangkan curahan hatinya lewat cuitan di akun Twitter @jesswjk.

Jessica menumpangi pesawat Garuda Indonesia GA404 rute Jakarta--Denpasar pada Sabtu, 4 Januari 2020 lalu. Ia pergi bersama suami, tiga buah hati, serta dua orang pengasuh.

Buah hatinya yang pertama kala itu ingin buang air besar ketika kapten pesawat telah memerintahkan untuk memakai sabuk pengaman. Suami Jessica pun berjalan ke aisle dan meminta izin untuk membawa putranya ke toilet, namun pramugari menolak karena alasan keamanan.

"Terus suami gue patuh dong. duduk kembali. That's fine, terus anak gue mengeluh sakit perut (he held it in though! what a champ), suami gue jd panik sendiri + ngedumel (INI NGEDUMEL KE GUE LHO YA!! IN HIS SEAT!!) ttg Garuda ke gue. Yg mnrt gue wajar, lha dia concerned ttg anaknya," tulis Jessica.

Ia melanjutkan, singkat cerita ia dan keluarga mendarat dengan selamat. Sang suami mengantar buah hati ke toilet, sementara Jessica menuju lounge bagasi memberi tag ke lounge attendant untuk dibawakan bagasi.

"Nah disini gue curiga, karena didepan lounge udah ngumpul sekitar 7-8 petugas AvSec dan Gapura (ground handlingnya Garuda), 3 orang pilot dan 6 orang pramugari. Karena gue bingung, jadi gue request orang tua gue utk duluan jalan keluar, kita kan ngga tau ya ada apaan." lanjutnya.

Ditahan di Lounge

Garuda Indonesia (Foto: AFP / Adek BERRY)
Garuda Indonesia (Foto: AFP / Adek BERRY)

Jessica dan keluarga kembali ke lounge dan ada salah seorang petugas AvSec masuk meminta melihat boarding pass mereka. Petugas lantas menyebut bahwa kapten ingin berbicara dengan Jessica dan keluarga.

"Dan kita JELAS banget denger captain bilang, "Tahan tuh semuanya!" dengan nada super arogan. wkwk. Yaudah, karena gue merasa aneh, gue keluar dong ke arah captainnya. "Ini ada apa ya?". Suami gue ngikutin dibelakang gue." tulis Jessica.

Kapten bertanya kepada suami Jessica soal apa yang dikatakan di pesawat hingga menyebut akan ada petugas yang menindaklanjuti.

"Suami gue blg, "Hah? Kapan kita menghina Garuda? Apa buktinya? Coba tunjukin ke saya." Captainnya bikin gesture manggil ke arah pramugari yang bergerombol di depan, lalu pramugari yang serving kami di business class dateng. Pramugarinya "Saya denger bapak blg garuda tai"." sambungnya.

Jessica pun mengatakan ia mengenal petinggi Garuda Indonesia namun, ternyata kapten bergegas pergi. Ketika ia bertanya nama kapten tersebut, tetapi tidak ada satu pun petugas yang memberitahu.

Respons Garuda Indonesia

(Liputan6.com/Fahrizal Lubis)
(Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Insiden tak menyenangkan yang menimpa Jessica membuat pihak Garuda Indonesia buka suara. Plt Direktur Utama Garuda Indonesia Fuad Rizal mengatakan jajarannya memohon maaf atas kejadian tersebut. Pihaknya juga sedang menginvestigasi insiden tersebut.

"Saat ini, Garuda Indonesia sedang melakukan investigasi atas pilot dimaksud untuk mengetahui lebih lanjut dugaan apakah yang bersangkutan telah melampaui kewenangannya ketika bertugas sesuai prosedur," ujar Fuad, dikutip dari keterangan resmi, Selasa (7/1/2020).

Maka dari itu, Fuad menyebut pihaknya akan terus berkomunikasi dengan penumpang hingga berupaya menyelesaikan masalah. Ia menambahkan Garuda Indonesia tak pernah mengeluarkan pernyataan resmi atau data penumpang atau informasi apapun soal insiden ini kepada publik.

"Kami juga menyesalkan beredarnya data pribadi penumpang dan keluarga, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Dapat kami pastikan bahwa hal tersebut bukan berasal dari Garuda Indonesia," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kualifikasi Olimpiade 2020: Jadwal Timnas Voli Putri Indonesia Siaran Langsung di Indosiar dan Vidio

Posted: 06 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas voli putri Indonesia akan tampil dalam kualifikasi Olimpiade 2020. Ajang ini akan berlangsung di Korat Chatchai Hall, Nakhon Ratchasima, Thailand, 7-12 Januari.

Skuat asuhan Oktavian ini berada di Pul B pada kualifikasi Olimpiade 2020. Tri Retno Mutiara dan kolega bakal bersaing dengan Korea Selatan, Kazakstan, dan Iran.

Korea Selatan bakal menjadi lawana pertama Indonesia yang berlangsung Selasa (7/12/2019). Sehari kemudian, Indonesia menghadapi Kazakstan. Pada laga terakhir, Iran akan menjadi lawan Indonesia.

Sementara itu, tuan rumah Thailand bercokol di Pul A bersama Australia dan Taiwan. Juara dan runner up masing-masing pul berhak ke semifinal.

Pemenang semifinal selanjutnya akan memperebutkan satu tiket ke Olimpiade 2020.

 

Tidak Ada Target

Timnas voli putri Indonesia akan tampil pada kualifikasi Olimpiade 2020 di Nakhon Ratchasima, Thailand, 7-12 Januari. (foto: PBVSI)
Timnas voli putri Indonesia akan tampil pada kualifikasi Olimpiade 2020 di Nakhon Ratchasima, Thailand, 7-12 Januari. (foto: PBVSI)

Tak banyak perubahan dari skuat Timnas voli putri Indonesia untuk kualifikasi Olimpiade 2020. Hanya ada dua nama baru, yakni Alya Anastasya dan Ajeng Viona Adelea.

Kedua pemain tersebut menggantikan Wintang Dyah Kumala Sakti dan Hany Budiarti. "Sebagian besar yang tampil di SEA Games 2019," tutur pendamping tim Ernita Pongky di Jakarta.

Ernita juga menambahkan tidak ada target pada ajang ini. "Karena lawan berat, terutama Korea Selatan dan Thailand. Indonesia pernah mengalahkan Kazakstan dan Iran, saat Asian Senior Championship 2018 lalu. Ini menjadi catatan menarik bagi kami," ucapnya.

 

Jadwal Timnas Voli Putri di Kualifikasi Olimpiade 2020:

Selasa, 7 Januari 2020

15.30 WIB, Korea Selatan vs Indonesia

Rabu, 8 Januari 2020

13.00 WIB, Indonesia vs Kazakstan

Kamis, 9 Januari 2020

13.00 WIB, Iran vs Indonesia

Live Indosiar dan Vidio.com

Saksikan Video Pilihan Berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Versi Baru Android 10 Beta Sambangi Galaxy S9

Posted: 06 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung terus meningkatkan kualitas program beta Android 10 untuk seri Galaxy S9. Kali ini, perusahaan merilis pembaruan Android 10 beta untuk seri flagship 2018 tersebut.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (7/1/2020), peluncuran versi baru Android 10 beta ini mencakup patch keamanan Januari 2020. Fokus utama pembaruan ini untuk mengatasi bug.

Pembaruan ini menyelesaikan masalah terkait Secure Folder, yang tidak bisa diakses oleh sejumlah pengguna. Pembaruan ini juga bertujuan meningkatkan performa kamera.

Selain itu, masalah suara mengganggu ketika melakukan optimalisasi kualitas suara juga diperbaiki. Masalah ini muncul ketika pengguna menghubungkan headphone ke audio jack 3.5mm, atau port USB C-type.

Bagi pengguna yang mengikuti program Android 10 beta ini, bisa mengunduh pembaruan secara manual melalui menu Settings. Pembaruan ini membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 112MB.

Android 10 Meluncur untuk Seri Galaxy Note 10

Samsung Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho
Samsung Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho

Samsung telah merilis pembaruan ke Android 10 untuk sejumlah smartphone besutannya. Setelah S10, giliran seri Galaxy Note 10 yang mendapatkan pembaruan serupa pada Desember lalu.

Para pengguna Galaxy Note 10 dan Note 10+ sudah bisa mencicipi Android 10. Itu artinya, OS tersebut tidak lagi terbatas untuk pengguna yang mengikutip program beta.

Peluncuran ini dilaporkan memiliki strategi yang sama dengan peluncuran Android 10 untuk Galaxy S10. Negara pertama yang mendapatkan pembaruan ke Android 10 adalah Jerman.

Peluncuran OS ini lebih cepat daripada yang direncanakan pada 20 Januari. Hal ini disebut karena Samsung puas dengan hasil program beta, sehingga merilisnya lebih awal.

Pembaruan ini membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 2GB, dan salah satunya mencakup antarmuka One UI 2.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Peserta Bisa Daftar PBI bila Tak Mampu Bayar

Posted: 06 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Iuran BPJS Kesehatan resmi naik sejak 1 Januari 2020. Pemerintah menyepakati pemberlakuan penyesuaian iuran peserta berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019.

Penyesuaian iuran BPJS kesehatan diberlakukan untuk jenis kepesertaan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang disebut peserta mandiri. Rincian penyesuaian, yaitu kelas III dari Rp25.500 menjadi Rp42.000, kelas II dari Rp51.000 menjadi Rp110.000, dan kelas I dari Rp80.000 menjadi Rp160.000.  

Dari keterangan resmi yang diperoleh Health Liputan6.com, bagi peserta mandiri kelas III yang tidak mampu bayar iuran BPJS kesehatan dapat mendaftarkan diri menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Dalam hal ini, iuran dibayarkan oleh pemerintah.

"Sudah diambil kesepakatan. Dan kesepakatannya bulat, intinya adalah Perpres Nomor 75 Tahun 2019 dilaksanakan seperti apa adanya," ujar  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai memimpin Rapat Tingkat Menteri membahas Tindak Lanjut Perpres Nomor 75 Tahun 2019 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, kemarin (6/1/2020). 

Beralih Menjadi PBI

Menko PMK Muhadjir Effendy memimpin Rapat Tingkat Menteri membahas Tindak Lanjut Perpres Nomor 75 Tahun 2019 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta pada Senin (6/1/2020). (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)
Menko PMK Muhadjir Effendy memimpin Rapat Tingkat Menteri membahas Tindak Lanjut Perpres Nomor 75 Tahun 2019 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta pada Senin (6/1/2020). (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)

Muhadjir menegaskan, pemerintah sudah mempersiapkan sejumlah skema guna mengantisipasi pelaksanaan atas keputusan Perpres Nomor 75 Tahun 2019. Terutama peserta mandiri kelas III yang tidak mampu bayar.

"Di antaranya ialah menyangkut pengalihan kepesertaan PBPU kelas III menjadi peserta PBI. Kami sudah perhitungkan semuanya. Untuk mekanisme pengalihan ini agar dapat dipastikan semua dilakukan secara terintegrasi" terangnya.  

Proses pendaftaran peserta mandiri kelas III yang ingin menjadi PBI dilakukan oleh Kementerian Sosial.

Keputusan penyesuaian iuran peserta BPJS Kesehatan, lanjut Muhadjir, telah melewati proses pembahasan dan perhitungan yang matang. Proses ini melalui hasil rapat bersama pihak-pihak terkait, termasuk mempertimbangkan kemungkinan penurunan kelas kepesertaan PBPU.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang menghadiri rapat juga meyakinkan, penyesuaian iuran semata-mata demi keberlangsungan program JKN. Sebagai bentuk negara hadir, khususnya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat tidak mampu.  

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Korban Banjir Bandang dan Longsor Bogor Masih Hilang

Posted: 06 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tim SAR gabungan masih terus berusaha mencari tiga orang korban banjir dan longsor yang tertimbun tanah di Bogor. Proses lima hari pencarian korban terkendala kondisi cuaca di lokasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Motor Honda Masuk Bengkel Resmi Akibat Banjir

Posted: 06 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bencana banjir yang menimpa wilayah Jabodetabek membuat kendaraan bermotor rusak akibat terendam banjir.  Melihat hal tersebut, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku main dealer sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang memberikan program menarik.

Selama empat hari, WMS mengaku terdapat 697 motor yang harus diperbaiki akibat banjir yang terjadi 1 Januari 2020 lalu.

"Mulai tanggal 2 sampai tanggal 5 Januari 2020 kemarin sudah ada 697 motor yang diperbaiki oleh bengkel resmi kami akibat bencana banjir," kata Evi Haryadi, Group Head of Corporate Communication Wahana Artha Group di Jakarta.

Sebanyak 10 Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di seluruh wilayah Jakarta dan Tangerang diakui Evi siap memberikan layanan perbaikan akibat banjir.

Sebelumnya layanan khusus dengan nama program Honda Peduli Banjir telah digalangkan untuk meringankan beban korban banjir. Hanya dengan Rp100.000, korban bisa mendapatkan 2 botol oli serta penanganan service banjir seperti pembersihan busi dan filter udara.

"Memang program tersebut diberikan sampai tanggal 5 Januari 2020. Semoga apa yang kami lakukan ini dapat meringankan beban korban banjir yang ingin memperbaiki kendaraan mereka," ujar Evi.

Siap Menghadirkan Program Khusus Bagi Konsumen

Mengetahui musim hujan masih terus terjadi, WMS menegaskan, pihaknya akan menyiapkan program-program khusus bagi konsumen Honda di Tanah Air.

"Untuk nanti ke depannya bagaimana, kami tentu berupaya menyiapkan beragam kemudahan bagi konsumen. Tak menutup kemungkinan adanya program lain yang berkaitan dengan banjir. Namun, kami berharap tak ada lagi bencana banjir nantinya," tutur Evi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arus Sungai Cibeurang Berubah Usai Diterjang Banjir Bandang

Posted: 06 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Lebak - Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Lebak, Banten, membuat arus Sungai Cibeurang berubah. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Lebak, Maman Suparman mengatakan, setidaknya ada lima lokasi perubahan alur sungai, yang tadinya berupa daratan menjadi arus air, dan yang semula arus air menjadi daratan.

"Ada lima titik yang bergeser, yang tidak ada alur sungai sekarang menjadi alur sungai," kata Kadis PUPR Lebak, Maman Suparman kepada Liputan6com di lokasi bencana, Selasa (7/1/2020).

Maman menjelaskan, untuk jembatan penghubung antara Kecamatan Lebak Gedong menuju Kecamatan Cipanas saja, daratan yang tergerus air dan menjadi arus sungai selebar 20 meter. Kemudian yang tadinya arus sungai dan menjadi daratan sekitar 50 meter.

Di balik bukit yang berada di Kecamatan Cipanas tersebut, terdapat enam desa yang menggantungkan hidupnya dari akses lalu lintas yang jembatannya terputus.

"Seperti yang kita lihat, kondisi eksisting disitu (Kecamatan Cipanas) jajaran perumahan, termasuk daratan. Karena derasnya benturan air, lumpur, kemudian pepohonan yang terbawa arus itu, sehingga mengakibatkan dampak ini. Sehingga ada perpindahan aliran sungai, yang awalnya sungai menjadi daratan, karena ada bebatuan yang dikirim oleh air melalui lumpur pegunungan, sehingga ini (sungai) menjadi daratan," katanya menjelaskan.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Lebak, Maman Suparman mengatakan, setidaknya ada lima lokasi perubahan alur sungai. (Liputan6.com/ Yandhi Deslatama)
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Lebak, Maman Suparman mengatakan, setidaknya ada lima lokasi perubahan alur sungai. (Liputan6.com/ Yandhi Deslatama)

Jembatan yang putus itu nantinya akan diperbaiki oleh Dinas PUPR Kabupaten Lebak dan bentang jembatannya akan ditambah 50 meter. Sehingga total panjang jembatan yang tadinya hanya 70 meter, akan bertambah panjang menjadi 120 meter.

"Sehingga upaya upaya kita dari pemerintah daerah kita usulkan, sehingga dari eksisting bentangan jembatan dari 70 meter menjadi 120 meter. Jadi usulan kita ini bisa di akses (dikabulkan) agar kenyamanan dan keamanan pejalan kaki atau lalu lintas. Ada kurang lebih enam desa menuju kecamatan Cipanas (dari Kecamatan Lebak Gedong yang melalui jembatan)," jelasnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, aliran Sungai Cibeurang yang sebelumnya di aliri air, kini berubah menjadi daratan yang dipenuhi bebatuan, lumpur dan pasir. Sedangkan daratan yang tadinya perkampungan, telah berubah menjadi aliran sungai baru.

Jembatan sementara dari kayu dan bambu telah dibuat oleh Tagana Banten, untuk mempermudah akses warga menyebrang antar kecamatan, namun hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Omnibus Law, Ribuan Buruh Gelar Aksi Serentak di Seluruh Indonesia

Posted: 06 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) kembali menyatakan sikapnya untuk menolak omnibus law dan kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Sikap penolakan ini diperlihatkan KSPI dengan cara melakukan aksi unjuk rasa untuk menyampaikan pendapat di muka umum, serentak di seluruh Indonesia.

Presiden KSPI Said Iqbal menyampaikan, aksi unjuk rasa tersebut akan dilakukan pada 20 Januari 2020.

"Di Jakarta, aksi akan dipusatkan di DPR RI. Bertepatan dengan pembukaan sidang paripurna DPR RI pada awal tahun ini. Sedangkan di provinsi lain, aksi akan dipusatkan di Kantor DPRD dan/atau Kantor Gubernur di masing-masing provinsi," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (7/1/2020.

Menurut Said Iqbal, khusus untuk di DPR RI, massa aksi unjuk rasa yang akan hadir diperkirakan berjumlah 30 ribu orang buruh. Sedangkan di masing-masing provinsi, aksi akan melibatkan ribuan orang buruh. Meliputi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Utara, Kepuluan Riau, Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, dan beberapa provinsi lain.

"Sebelumnya aksi ini kami rencanakan pada 16 Januari 2020. Tetapi karena pada tanggal itu anggota DPR RI masih berada di dapil, aksi kami undur menjadi tanggal 20 Januari. Bersamaan dengan pembukaan masa sidang DPR RI di awal tahun ini," ungkap Iqbal.

Harapan Buruh

Ratusan buruh menggelar aksi demo di kawasan industri Pulogadung, Jakarta, Selasa (24/11/2015). Buruh menuntut dicabutnya Peraturan Pemerintah No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Ratusan buruh menggelar aksi demo di kawasan industri Pulogadung, Jakarta, Selasa (24/11/2015). Buruh menuntut dicabutnya Peraturan Pemerintah No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Dalam aksi ini, Said Iqbal berharap DPR RI bisa mendengarkan aspirasi kaum buruh untuk menolak pembahasan omnibus law. Sebab, menurut kajian KSPI, secara substansi, omnibus law cenderung merugikan kaum buruh.

"Kami menilai omnibus law tidak akan meningkatkan investasi. Tetapi justru akan menurunkan tingkat kesejahteraan kaum buruh, sehingga mereka menjadi miskin," tegasnya.

Said Iqbal menilai, Omnibus Law hanya akan menghilangkan upah minimum, menghilangkan pesangon, outsourcing dan kontrak kerja yang bebas (fleksibilitas pasar kerja), masuknya TKA yang tidak memiliki skill, hilangya jaminan sosial, dan dihapuskannya sanksi pidana bagi pengusaha yang tidak memberikan hak-hak buruh.

Sama seperti gerakan penolakan revisi UU 13/2003 beberapa waktu yang lalu, Said Iqbal menegaskan buruh di Indonesia juga menolak omnibus law.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Atraksi Petugas Pemadam Kebakaran di Jepang

Posted: 06 Jan 2020 09:00 PM PST

Anggota Asosiasi Pemadam Kebakaran Edo menjaga keseimbangan tubuhnya saat melakukan atraksi di atas tangga selama latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020).  (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)
Anggota Asosiasi Pemadam Kebakaran Edo menjaga keseimbangan tubuhnya saat melakukan atraksi di atas tangga selama latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020). (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Anggota Asosiasi Pemadam Kebakaran Edo menjaga keseimbangan tubuhnya saat melakukan atraksi di atas tangga selama latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020). (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Anggota Asosiasi Pemadam Kebakaran Edo menjaga keseimbangan tubuhnya saat melakukan atraksi di atas tangga selama latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020).  (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)
Anggota Asosiasi Pemadam Kebakaran Edo menjaga keseimbangan tubuhnya saat melakukan atraksi di atas tangga selama latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020). (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Anggota Asosiasi Pemadam Kebakaran Edo menjaga keseimbangan tubuhnya saat melakukan atraksi di atas tangga selama latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020). (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Anggota Asosiasi Pemadam Kebakaran Edo melakukan atraksi di atas tangga selama latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020). Dalam acara yang digelar setiap tahun ini menampilkan kemampuan petugas pemadam kebakaran beratraksi dengan tangga. (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)
Anggota Asosiasi Pemadam Kebakaran Edo melakukan atraksi di atas tangga selama latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020). Dalam acara yang digelar setiap tahun ini menampilkan kemampuan petugas pemadam kebakaran beratraksi dengan tangga. (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Anggota Asosiasi Pemadam Kebakaran Edo melakukan atraksi di atas tangga selama latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020). Dalam acara yang digelar setiap tahun ini menampilkan kemampuan petugas pemadam kebakaran beratraksi dengan tangga. (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Anggota Asosiasi Pemadam Kebakaran Edo menjaga keseimbangan tubuhnya saat melakukan atraksi di atas tangga selama latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020).  (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)
Anggota Asosiasi Pemadam Kebakaran Edo menjaga keseimbangan tubuhnya saat melakukan atraksi di atas tangga selama latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020). (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Anggota Asosiasi Pemadam Kebakaran Edo menjaga keseimbangan tubuhnya saat melakukan atraksi di atas tangga selama latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020). (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Sejumlah kendaraan operasional pemadam dan helikopter juga ditampilkan dalam atraksi latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020). (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)
Sejumlah kendaraan operasional pemadam dan helikopter juga ditampilkan dalam atraksi latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020). (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

Sejumlah kendaraan operasional pemadam dan helikopter juga ditampilkan dalam atraksi latihan pemadaman Tahun Baru di Tokyo, Jepang (6/1/2020). (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotman Paris Beberkan Kondisi Lamborghininya Setelah Banjir Jakarta

Posted: 06 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banjir yang melanda DKI Jakarta beberapa waktu lalu tak cuma mengepung perumahan. Banjir akibat intensitas hujan yang tinggi juga merendam mobil mewah milik warga Ibu Kota.

Lantas, bagaimana dengan mobil mewah milik pengacara kondang Hotman Paris? Pria yang sibuk dengan berbagai kasus besar ini diketahui memiliki banyak kendaraan mewah.

Yang paling mencolok, yakni mobil sport berjenis Lamborghini berwarna orange. Hotman Paris kerap membawa mobil itu untuk bepergian dan menghadiri acara.

Saat berkunjung ke kedai Kopi Johny di Kelapa Gading misalnya, Hotman Paris juga selalu membawa Lamborghini mewahnya itu.

 

 

 

Aman dari Banjir

kondisi Lamborhini Hotman Paris setelah banjir Jakarta (https://www.instagram.com/p/B67vBXOFTCu/)
kondisi Lamborhini Hotman Paris setelah banjir Jakarta (https://www.instagram.com/p/B67vBXOFTCu/)

Melalui Instagram, Hotman Paris mengungkapkan jika mobil Lamborghini mewahnya aman dari terjangan banjir Jakarta. 

"Lambo aman dari banjir," tulis Hotman Paris.

 

Soroti Banjir Jakarta

Unggahan Hotman Paris di Instagram. (Foto: Instagram hotmanparisofficial)
Unggahan Hotman Paris di Instagram. (Foto: Instagram hotmanparisofficial)

Hotman Paris cukup vokal menyoroti musibah banjir yang melanda berbagai kawasan di DKI Jakarta. Ia bahkan mempertanyakan kinerja pemerintah daerah dalam mengantisipasi banjir yang menyebabkan banyak orang kehilangan tempat tinggal dan harus mengungsi.

 

 

Gugatan Class Action

Hotman Paris Hutapea
Hotman Paris Hutapea

Hotman Paris menyarankan masyarakat Jakarta yang menjadi korban banjir mengajukan gugatan class action. Dia menyerukan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) untuk membantu masyarakat melakukan gugatan tersebut.

 

Melalui Video

"Kepada seluruh LBH, Lembaga Bantuan Hukum di Indonesia, kalau benar anda LBH, cepat ajukan gugatan class action," kata Hotman dalam video yang diunggah ke akun Instagram @hotmanparisofficial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Serunya Liburan Keluarga Andhika Pratama dan Ussy ke Korea Selatan

Posted: 06 Jan 2020 08:55 PM PST

Saat berfoto menggunakan pakaian khas Korea, keluarga Andhika Pratama disebut netizen mirip dengan pemain drama bergenre kerajaan. Momen bahagia ini pun diunggah dalam media sosial keduanya.  (Liputan6.com/IG/@andhiiikapratama).
Saat berfoto menggunakan pakaian khas Korea, keluarga Andhika Pratama disebut netizen mirip dengan pemain drama bergenre kerajaan. Momen bahagia ini pun diunggah dalam media sosial keduanya. (Liputan6.com/IG/@andhiiikapratama).

Saat berfoto menggunakan pakaian khas Korea, keluarga Andhika Pratama disebut netizen mirip dengan pemain drama bergenre kerajaan. Momen bahagia ini pun diunggah dalam media sosial keduanya. (Liputan6.com/IG/@andhiiikapratama).

Tak hanya mengunggah momen seru bersama anak-anak. Andhika dan Ussy tampak mesra dalam berbagai momen saat liburan di Korea. Momen ini pun kocak, karena sang anak nampak menutup matanya karena malu. (Liputan6.com/IG/@andhiiikapratama).
Tak hanya mengunggah momen seru bersama anak-anak. Andhika dan Ussy tampak mesra dalam berbagai momen saat liburan di Korea. Momen ini pun kocak, karena sang anak nampak menutup matanya karena malu. (Liputan6.com/IG/@andhiiikapratama).

Tak hanya mengunggah momen seru bersama anak-anak. Andhika dan Ussy tampak mesra dalam berbagai momen saat liburan di Korea. Momen ini pun kocak, karena sang anak nampak menutup matanya karena malu. (Liputan6.com/IG/@andhiiikapratama).

Salah satu tempat di Korea yang wajib dikunjungi ialah berfoto dengan latar belakang gembok cinta. Hal ini pun dilakukan oleh keduanya yang nampak seperti pasangan kekasih yang baru saja kasmaran.  (Liputan6.com/IG/@andhiiikapratama).
Salah satu tempat di Korea yang wajib dikunjungi ialah berfoto dengan latar belakang gembok cinta. Hal ini pun dilakukan oleh keduanya yang nampak seperti pasangan kekasih yang baru saja kasmaran. (Liputan6.com/IG/@andhiiikapratama).

Salah satu tempat di Korea yang wajib dikunjungi ialah berfoto dengan latar belakang gembok cinta. Hal ini pun dilakukan oleh keduanya yang nampak seperti pasangan kekasih yang baru saja kasmaran. (Liputan6.com/IG/@andhiiikapratama).

Anak-anak dari Andhika Pratama dan Ussy diketahui menyukai K-Pop. Maka dari itu, rombongan ini pun menyempatkan berkunjung ke SM Town untuk berburu pernak-pernik K-Pop di bawah naungan SM Entertainment.   (Liputan6.com/IG/@andhiiikapratama).
Anak-anak dari Andhika Pratama dan Ussy diketahui menyukai K-Pop. Maka dari itu, rombongan ini pun menyempatkan berkunjung ke SM Town untuk berburu pernak-pernik K-Pop di bawah naungan SM Entertainment. (Liputan6.com/IG/@andhiiikapratama).

Anak-anak dari Andhika Pratama dan Ussy diketahui menyukai K-Pop. Maka dari itu, rombongan ini pun menyempatkan berkunjung ke SM Town untuk berburu pernak-pernik K-Pop di bawah naungan SM Entertainment. (Liputan6.com/IG/@andhiiikapratama).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciri-Ciri Daging Kambing dan Cara Mengolah Setiap Bagiannya

Posted: 06 Jan 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui ciri-ciri daging kambing sangat diperlukan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat membedakan jenis-jenis daging yang banyak dijual di pasaran. Mulai daging kambing, daging sapi, daging kelinci, daging domba, dan lain sebagainya yang memiliki ciri khasnya masing-masing.

Dilihat dari tingkat penjualan yang tinggi di pasar, daging kambing dan daging sapi yang sering ditemukan. Hewan berkaki empat ini memiliki ciri-ciri daging yang berbeda. Mulai dari serat dagingnya, warna daging, aroma dagingnya, hingga kandungan nutrisinya.

Melihat ciri-ciri daging kambing secara keseluruhan, Anda dapat merasakan keunggulan dari daging kambing pada kandungan nutrisi yang dimilikinya. Walaupun terbilang lebih sehat daripada daging sapi, namun Anda tetap perlu memerhatikan porsi konsumsinya.

Berikut ciri-ciri daging kambing serta cara mengolah setiap bagiannya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/1/2020).

Ciri-ciri Daging Kambing yang Mudah Dikenali

ilustrasi daging/Photo by Victoria Shes on Unsplash
ilustrasi daging/Photo by Victoria Shes on Unsplash

Warna Daging

Memilih daging kambing yang tepat, bisa Anda lihat melalui ciri-ciri daging kambing dari warnanya. Jika dibedakan dengan daging sapi, daging kambing memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pada daging kambing memiliki warna daging merah cerah, sedangkan warna daging sapi merah pucat. Kedua jenis daging tersebut memiliki kesamaan apabila dibiarkan terlalu lama terkena maka akan muncul reaksi perubahan warna pada kedua jenis daging ini.

Daging kambing akan berubah warna menjadi merah pucat, merah agak keunguan atau agak coklat. Sedangkan pada daging sapi, akan berubah warna menjadi coklat gelap.

Tekstur Daging

Ciri-ciri daging kambing yang sangat mudah dikenali dapat dilihat dari teksturnya. Antara daging kambing dan daging sapi, kamu dapat menemukan perbedaannya dengan melihat dari tekstur dagingnya.

Tekstur daging kambing cenderung terasa lebih halus dan lembut serta memiliki serat-serat yang renggang. Sedangkan pada daging sapi terasa kasar karena mmeiliki serat yang lebih kedap dan padat.

Ciri-ciri Daging Kambing, Berbeda dengan Daging Sapi

daging kambing
daging kambing

Aroma Daging

Ciri-ciri daging kambing selanjutnya adalah dapat dideteksi melalui aromanya. Baik daging kambing maupun daging sapi memiliki aromanya yang khas.

Pada daging kambing, memiliki ciri-ciri bau perengus. Sedangkan pada daging sapi kerap beraroma amis yang sedikit menyengat. Karena memiliki aroma yang khas, maka penting mengetahui cara menghilangkan bau tidak sedap dari masing-masing jenis daging tersebut.

Rasa Daging

Perbedaan daging sapi dan daging kambing yang cukup mudah dikenali selanjutnya ketika keduanya sudah diolah. Ciri-ciri daging kambing akan berbeda dengan daging sapi ketika sudah dimasak.

Ketika dimasak tanpa bumbu sekalipun, daging kambing akan memiliki aroma yang kuat dan terasa lebih keras atau alot. Sedangkan pada daging sapi juga cenderung keras atau alot, namun sedikit lebih empuk dibandingkan daging kambing.

 

Kandungan Nutrisi Daging Kambing

ilustrasi daging/copyright Shutterstock
ilustrasi daging/copyright Shutterstock

Selain memiliki perbedaan ciri-ciri daging kambing dan daging sapi tersebut, perbedaan keduanya juga dapat dilihat melalui kandungan nutrisinya. Kedua jenis daging tersebut memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda.

Daging kambing mengandung sejumlah lemak total, koletserol, dan lemak jenuh lebih sedikit. Daging kambing juga memiliki kandungan iron, potassium dan thiamine yang lebih tinggi.

Namun, kandungan sodium pada daging kambing lebih rendah dibandingkan daging lainnya. Sedangkan kandungan protein pada daging kambing hampir sama dengan daging lainnya.

Kandungan lemak jenuh yang lebih rendah pada daging kambing dapat dilihat apabila setelah daging kambing dimasak akan terlihat lebih banyak cairan lemak yang keluar menetes. Kandungan lemak jenuh dan kolesterolnya yang rendah menunjukkan bahwa daging kambing cukup sehat untuk dikonsumsi.

Cara Memilih Daging Kambing yang Segar dan Sehat

Ilustrasi daging kambing berlemak (murgaca.com)
Ilustrasi daging kambing berlemak (murgaca.com)

1. Pilihlah daging kambing berwarna pink kecokelatan dengan lapisan lemak putih krem.

2. Hindari daging yang berwarna abu-abu, terlalu berdarah atau memiliki lemak berminyak yang sangat kuning.

3. Usia dan jenis hewan bisa membuat warna daging berbeda. Kambing yang lebih tua cenderung memiliki warna daging yang lebih gelap.

Bagian-bagian Daging Kambing dan Cara Mengolahnya

Daging Kambing
Daging Kambing

Panggul

Daging panggul kambing bertekstur empuk dan aromanya tidak menyengat. Lemak daging di bagian ini juga lebih sedikit, sehingga cocok digunakan sebagai gulai, sate kambing, dan tongseng.

Kaki Depan

Bagian dari paha hingga kaki memiliki otot yang bertekstur keras. Anda dapat memasaknya menjadi roast lamb, kari, atau semur dengan waktu pemasakan yang panjang agar empuk.

Iga

Bagian iga memiliki tekstur yang empuk dan memiliki kandungan iga. Anda dapat memasaknya sebagai iga bakar atau sup.

Has Luar Bagian Perut

Dengan tekstur yang empuk, bagian ini biasa digunakan dalam masakan sate, steak, dan rendang.

Has Dalam Bagian Perut

Dibandingkan sirloin, bagian has luar daging kambing ini justru lebih empuk. Tak heran bagian ini menjadi bagian favorit. Anda dapat menggunakannya dalam sate.

Kaki Belakang (Sengkel)

Bagian sengkel berbeda dengan bagian kaki, namun sama-sama memiliki tektur keras. Anda dapat menggunakannya sebagai semur dan roast lamb.

Bahu

Bagian bahu kambing memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan bagian lain. Dengan tekstur empuk, Anda dapat menggunakannya sebagai sate dan steak.

Sebagai tambahan informasi, Anda dapat memakan sayuran berupa mentimun dan lain-lain setelah mengonsumsi daging kambing untuk menetralisir tekanan darah tinggi dan kolesterolnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal China Berani Pepet dan Tabrak Nelayan Indonesia di Laut Natuna

Posted: 06 Jan 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapal-kapal asing semakin berani berkeliaran di Perairan Natuna pasca perpindahan kepemimpinan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Susi Pudjiastuti dengan Edhy Prabowo. Kapal-kapal ini melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia. 

Setelah sebelumnya kapal dari Vietnam dan Tailand telah masuk ke Perairan Natuna, saat ini kapal-kapal dari China juga mulai berani Masuk ke Wilah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI).

Masuknya kapal-kapal China ini lebih berani jika dibandingkan dengan kapal-kapal Vietnam dan Thailand. Kapal Vietnam dan Thailand masuk ke wilayah Indonesia dengan jarak puluhan mil dari tepi pantai. Sedangkan kapal China berani lebih dekat lagi dan membuat perlawanan dengan kapal Indonesia dengan memepet hingga menabrak nelayan Indonesia.

Organisasi Pemuda Perbatasan yang diprakarsai oleh Komine Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Natuna yang terdiri dari unsur masyarakat nelayan pun mengecam hadirnya nelayan asing di Natuna tersebut.

"Terakhir sebelum Nelayan China yang dikawal oleh coast Guard China viral, nelayan dengan bendara Vietnam sudah ditangkap, " Kata Haryadi kepada Liputan6.com, Selasa (7/1/2020).

Ia menyebutkan, memang Nelayan China belum masuk ke lantai Natuna melainkan hanya sebatas berada di Zona Ekonomi Indonesia. Namun keberadaan mereka sudah sangat menganggu.

"Kami sebagai Pemuda Perbatasan mendukung pemerintah dan siapapun yang berani dan tegas mengusir nelayan-nelayan asing yang berkeliaran mencuri kekayaan laut Natuna," lanjut hariyadi.

Para Pemuda Perbatasan pun mendeklarasikan diri untuk bersatu mendukung pengusiran kapal-kapal asing yang mencuri kekayaan laut Natuna.

 

Isi Pernyataan

Masyarakat Pulau Natuna bersatu mendukung pengusiran kapal-kapal asing.
Masyarakat Pulau Natuna bersatu mendukung pengusiran kapal-kapal asing.

Berikut isi pernyataan sikap Pemuda Natuna tentang Kedaulatan Maritim di Laut Natuna:

1. Kami Pemuda Natuna tetap setia terhadap NKRI

2. Kami Pemuda Natuna mendukung penuh Pemerintah Republik Indonesia dalam menjaga kedaulatan maritim di laut Natuna Utara

3. Kami Pemuda Natuna menolak dan mengecam klaim China terhadap Laut Natuna Utara

4. Kami Pemuda Natuna Menolak dengan tegas Illegal Fishing di Laut Natuna Utara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan Butuh Gelandang dan Pemain Sayap di Bursa Transfer

Posted: 06 Jan 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Milan - Manajer Umum Inter Milan, Giuseppe Marotta, mengakui klubnya ingin mendatangkan dua pemain baru pada bursa transfer musim dingin Januari 2020.

Marotta menargetkan merekrut seorang gelandang dan pemain sayap untuk tambahan di skuat I Nerazzurri. Sejumlah nama sudah masuk daftar belanja Inter Milan bulan ini.

"Kami memiliki berbagai kontak dengan agen dan klub untuk meningkatkan level kualitas tim, yang sudah melakukan hal-hal luar biasa," jelas Marotta, seperti dilansir Tribal Football.

"Kami belum mencapai kesimpulan, karena kami ingin mengambilnya dengan tenang dan membuat keputusan yang tepat, bahkan jika itu berarti tidak ada perekrutan sama sekali," tutur Marotta.

Mantan CEO Juventus ini menyatakan, kerja keras para pemain Inter Milan yang ada sekarang patut diapresiasi. Marotta juga memilih berdiskusi lebih dulu dengan pelatih Antonio Conte, sebelum benar-benar memboyong pemain anyar.

Aktif di Bursa Transfer

Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, belum berpikir datangkan pemain baru.  (AFP Photo/Marco Bertorello)
Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, belum berpikir datangkan pemain baru. (AFP Photo/Marco Bertorello)

"Saya lebih suka untuk tidak menyebutkan nama, tetapi kami sangat aktif di pasar transfer. Siapa yang kami dapatkan tergantung juga pada mereka yang keluar," terangnya.

"Saat ini, kami mencari gelandang dan pemain sayap. Jika pemain harus meminta untuk pergi, kami akan mencoba untuk membuat mereka bahagia, tetapi sejauh ini kami belum menerima tekanan dari pemain kami," beber pria berusia 62 tahun ini.

Posisi Teratas

Inter Milan sekarang menduduki posisi teratas klasemen Liga Italia 2019-2020 setelah mengumpulkan poin yang sama dengan Juventus yakni 45 poin dari 18 pertandingan yang sudah dilakoni.

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa 3 Pejabat Perum Perindo Terkait Suap Impor Ikan

Posted: 06 Jan 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil tiga pejabat Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) terkait suap kuota impor ikan tahun 2019.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri menyampaikan, ketiganya adalah Kepala Departemen PKBL Perum Perindo, Aris Widodo; Direktur Operasional Perum Perindo, Arief Goentoro; dan Kepala Desk Hukum Perum Perindo, Yusnita Hafnur.

Ketiganya diperiksa untuk melengkapi berkas tersangka mantan Direktur Utama (Dirut) Perum Perindo, Risyanto Suanda (RSU).

"Mereka akan diperiksa dengan kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka RSU," tutur Ali dalam keterangannya, Selasa (7/1/2020).

Selain itu, ada satu saksi lain yang juga dimintai keterangan untuk tersangka RSU yakni Cluster Director of Government for Ritz Carlton & JW Marriott, Rika Rachmawati.

Dalam kasus ini KPK menetapkan Direktur Utama (Dirut) Perum Perikanan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda sebagai tersangka kasus dugaan suap kuota impor ikan. Selain Risyanto, KPK juga menjerat Direktur PT Navy Arsa Sejahtera (PT NAS) Mujib Mustofa.

KPK menemukan adanya dugaan alokasi fee Rp 1.300 untuk setiap kilogram ikan yang diimpor. Risyanto telah menerima USD 30 ribu untuk keperluan pribadinya dari Mujib Mustofa.

Risyanto meminta fee tersebut dari Mujib lantaran Perum Perindo memberikan kesempatan untuk perusahaan Mujib melakukan impor ikan. Padahal, PT Navy Arsa Sejahtera (NAS) merupakan salah satu perusahaan importir ikan yang telah masuk blacklist sejak tahun 2009 karena melakukan impor ikan melebihi kuota.

Melalui mantan Pegawai Perum Perindo, Mujib berkenalan dengan Risyanto. Mujib kemudian menemui Risyanto dan membicarakan masalah kebutuhan impor ikan. Sekitar bulan Mei 2019 dilakukan pertemuan antara Mujib dan Risyanto.

Saat itu disepakati bahwa Mujib akan mendapatkan kuota impor ikan sebanyak 250 ton dari kuota impor Perum Perindo yang disetujui Kemendag. Sehingga meskipun kuota impor diberikan kepada Perum Perindo, pada kenyataannya yang melakukan impor adalah PT NAS.

Setelah 250 ton ikan berhasil diimpor oleh PT NAS, kemudian ikan-ikan tersebut berada di karantina dan disimpan di cold storage milik Perum Perindo. Berdasarkan keterangan Mujib hal ini dilakukan untuk mengelabui otoritas yang berwenang agar seolah-olah yang melakukan impor adalah Perum Perindo.

 

Sudah Periksa 23 Saksi

Penyidik KPK sendiri telah merampungkan berkas penyidikan Direktur PT Navy Arsa Sejahtera (PT NAS) Mujib Mustofa dalam kasus dugaan suap terkait dengan kuota impor ikan tahun 2019.

Dalam merampungkan berkas Mujib, penyidik sudah memeriksa 23 saksi dari beberapa unsur, di antaranya Dirjen Perdagangan Luar Negeri pada Kementerian Perdagangan, Plt Direktur Logistik PDSKP Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kemudian Kasubdit Barang Konsumsi Direktorat Impor Ditjen Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, Direktur Keuangan Perum Perindo, Direktur Operasi Perum Perindo, Swasta, serta Ibu Rumah Tangga.

Persidangan rencananya digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Klaim Inflasi 2019 Terendah dalam 20 Tahun

Posted: 06 Jan 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyambut baik capaian inflasi sepanjang 2019 yang berada di angka 2,72 persen. Angka ini berada jauh di bawah target pemerintah yang ditetapkan sebesar 3,5 persen dalam APBN 2019.

"Inflasi kita masih relatif sangat baik. Bahkan ini inflasi terendah sepanjang 20 tahun terakhir," kata dia saat konferensi pers APBN Kita di Kantornya, Jakarta, Selasa (7/1/2019).

Menteri Sri Mulyani mengatakan, capaian ini didukung oleh inflasi di komponen inti yang terjaga masih di kisaran 3 persen. Di mana ini menunjukan bahwa keseimbangan penawaran dan permintaan serta ekspetasi inflasi yang positif baik.

"Ini juga mendukung daya beli masyarakat yang terjaga di atas 5 persen," imbuh dia.

Sementara, itu harga yang diatur pemerintah juga terkendali lebih rendah dibandingkan dengan 2018. Di mana sepanjang 2019 hanya mencapai 0,51 persen dibandingkan 2018 sebesar 3,36 persen.

 

Data BPS

Pedagang menata telur di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pedagang menata telur di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kepala BPS, Suhariyanto mengungkapkan rendahnya inflasi di tahun ini karena minimnya dorongan faktor Administered Price atau harga barang atau jasa yang diatur oleh pemerintah, misalnya harga bahan bakar minyak dan tarif dasar listrik.

"Kenapa inflasi 2019 bisa lebih rendah dari tahun 2018? Inflasi inti, tahun 2018 dan 2019 tidak beda jauh. Tapi berbeda di administered prices," ujarnya.

Adapun tahun ini komoditas utama yang memicu inflasi adalah emas perhiasan sebesar 0,16 persen. Kemudian, bensin 0,26 persen.

"Jadi kalau boleh disimpulkan tahun2019 inflasi 2,72 persen ini karena memang harga-harga relatif terkendali karena berbagai kebijakan, dan dari sisi administered prices tidak menyumbang banyak. Karena memang tidak ada kebijakan yang berpengaruh banyak kalau dibandingkan kebijakan di 2018," tuturnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan, Tetap Perhatikan Jumlah Konsumsi

Posted: 06 Jan 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manfaat garam untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi secukupnya. Mengonsumsi garam berlebihan memang menimbulkan berbagai dampak negatif untuk tubuh, namun itu bukan berarti kamu harus menghilangkan garam dari makananmu sehari-hari. Pasalnya, garam juga diperlukan oleh tubuh.

Garam sering dikaitkan dengan darah tinggi (hipertensi), stroke dan penyakit jantung koroner. Langkah terbaik adalah membatasi konsumsi garam sesuai dengan kebutuhan agar tubuh tetap mendapatkan manfaatnya. Konsumsi garam yang pas bagi tubuh harus disesuaikan dengan usia.

Manfaat garam untuk kesehatan bisa didapatkan dengan memperhatikan asupan yang dibutuhkan tubuh. Makin muda usia kamu, makin sedikit asupan garam yang dibutuhkan tubuh. Mengingat manfaat garam yang esensial dan efeknya yang membahayakan bagi tubuh jika berlebihan, maka ketepatan mengonsumsi garam harus diperhatikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/1/2020) manfaat garam untuk kesehatan dan cara mengonsumsinya yang tepat.

Jumlah Kebutuhan Garam Menurut Usia

Konsumsi garam yang pas bagi tubuh harus disesuaikan dengan usia. Makin muda usia kamu, makin sedikit asupan garam yang dibutuhkan tubuh. Berikut konsumsi garam yang direkomendasikan berdasarkan kriteria usia:

- Untuk bayi di bawah setahun, dianjurkan diberikan asupan garam kurang dari 1 gram sehari.

- Usia anak 1-3 tahun, konsumsi yang direkomendasikan tidak melebihi 2 gram per hari atau setara dengan 0,8 gram natrium.

- Usia anak 4-6 tahun, konsumsi yang direkomendasikan tidak melebihi 3 gram per hari atau setara dengan 1,2 gram natrium.

- Usia anak 7-10 tahun, konsumsi yang direkomendasikan tidak melebihi 5 gram per hari atau setara dengan 2 gram natrium.

- Usia anak 11 tahun ke atas dan orang dewasa, konsumsi yang direkomendasikan tidak melebihi 6 gram per hari atau setara dengan 2,3 gram natrium. Sedangkan, untuk penderita gangguan jantung, disarankan membatasi asupan natrium hingga 1,5 gram per hari.

Manfaat Garam (Melancarkan Metabolisme dan Menjaga Kesehatan Pencernaan)

Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto
Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Melancarkan Metabolisme

Manfaat garam untuk kesehatan bisa membantu melancarkan metabolisme. Metabolisme yang baik akan meningkatkan fungsi sistem dalam tubuh.

Garam dapat membantu menyerap air dalam tubuh demi kelancaran kerja organ tubuh. Hal itu disebabkan oleh mineral dan nutrisi pada garam yang dengan mudahnya dapat menyerap di dalam darah.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat garam untuk kesehatan berikutnya adalah menjaga kesehatan pencernaan. Kalau kamu sedang diet dan tidak terdapat cukup garam pada tubuh, dampaknya akan sangat berbahaya. Tubuh tidak akan cukup menghasilkan HCl (asam klorida) dalam perut.

Kondisi ini akan semakin parah jika sebelumnya kamu memiliki riwayat kesehatan pencernaan yang kurang baik, seperti asam lambung. Dengan garam yang cukup, tubuh akan mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan.

Manfaat Garam (Meringankan Masalah Pernapasan dan Mencegah Hiponatremia)

Hiponatremia
Hiponatremia

Meringankan Bronkitis dan Masalah Pernapasan Lainnya

Meringankan bronkitis dan sakit pernapasan juga menjadi salah satu manfaat garam untuk kesehatan. Garam berguna untuk menyerap ion berbahaya pada udara yang kamu hirup dan membantu melawan ion berbahaya tersebut agar tidak terserap ke dalam tubuh.

Maka dari itu, tidak jarang garam bisa meringankan sakit asma, bronkitis, dan sistem pernapasan lainnya yang bermasalah.

Mencegah Hiponatremia

Manfaat garam untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah hiponatremia. Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana tubuh menderita kekurangan garam dalam cairan sel tubuhnya. Biasanya cairannya akan keluar berupa keringat, diare, atau biasa dikenal juga sebagai intoksikasi air.

Untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat beserta kelancaran fungsi saraf dan otot, tubuh sangat membutuhkan garam. Jika tidak tercukupi kebutuhan garam, akan terjadi ketidakseimbangan kadar air tubuh dan akhirnya terjadi pembengkakan di tubuh karena sel-selnya kelebihan air.

Manfaat Garam (Membuat Tubuh Rileks dan Membersihkan Mulut)

Membersihkan Mulut
Membersihkan Mulut

Membuat Tubuh Rileks

Manfaat garam untuk kesehatan selanjutnya adalah membuat tubuh rileks. Merendam tubuh pakai garam ternyata bisa menghasilkan rileks pada tubuh dan otot-otot yang kaku. Garam yang digunakan memang agak sedikit berbeda, yaitu garam kristal.

Kamu bisa menuangkannya di bak mandi dan merendam seluruh tubuh dengan campuran garam tersebut. Efek garam akan membuat lemas otot dan bagian tubuh yang tegang atau kaku. Garam juga berperan sebagai detoksifikasi dan menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Membersihkan Mulut

Manfaat garam untuk kesehatan juga bisa membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar mulut. Gusi yang luka, atau ngilu pada gigi bisa diredakan sakitnya dengan hanya berkumur-kumur dengan larutan garam.

Caranya campurkan ½ sendok teh garam dicampur secangkir air hangat. Tindakan ini mencegah pembengkakan dan menenangkan sakit pada gusi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Catatan Fantastis Juventus dalam 10 Tahun Terakhir

Posted: 06 Jan 2020 08:35 PM PST

Jakarta - Hegemoni Juventus tidak perlu diperdebatkan. Si Nyonya Tua merupakan tim tersukses di Italia dengan 35 kali menjadi juara Serie A.

Raihan tersebut menjadi yang terbanyak di antara klub asal Italia lainnya. Juventus berpeluang meraih gelar ke-36 jika mampu menyingkirkan klub-klub seperti Inter Milan, Lazio dan AS Roma dalam perburuan gelar Serie A 2019-2020.

Selain itu, Juventus juga tampil cukup baik pada ajang Eropa. Nyonya Tua kerap tampil di partai final Liga Champions, meskipun tak selalu sukses meraih trofi.

Dalam satu dekade terakhir, banyak rekor sensasional yang dicatatkan Juventus, seperti sukses meraih gelar Serie A dalam delapan musim terakhir secara beruntun.

Pencapaian tersebut melampau rekor klub di lima liga top Eropa (Inggris, Spanyol, Jerman, Italia dan Prancis). Catatan terdekat hanya dimiliki Olympique Lyon yang berhasil meraih titel liga Prancis sebanyak tujuh kali secara berturut-turut.

Selain gelar Serie A delapan kali secara beruntun, ada banyak rekor yang pernah ditorehkan Bianconeri. Berikut ini Bola.com merangkum dari Sportskeeda, lima rekor sensasional Juventus dalam satu dekade terakhir.

1. Tak Terkalahkan dalam Satu Musim

1. Selebrasi juara dilakukan pemain Juventus usai menundukan AC Milan Juventus pada laga Final Piala Super Italia yang berlangsung di stadion King Abdullah Sports City, Jeedah, Kamis (17/1). Juventus menang 1-0 (AFP/Giuseppe Cacace)
1. Selebrasi juara dilakukan pemain Juventus usai menundukan AC Milan Juventus pada laga Final Piala Super Italia yang berlangsung di stadion King Abdullah Sports City, Jeedah, Kamis (17/1). Juventus menang 1-0 (AFP/Giuseppe Cacace)

Juventus sukses meraih gelar Scudetto ke-28 pada musim 2011-2012. Nyonya Tua kala itu unggul empat poin atas juara bertahan AC Milan yang finish di urutan kedua.

Gelar juara tersebut semakin spesial lantaran Bianconeri tak terkalahkan selama satu musim. Dari 38 laga, Juventus sukses meraih 23 kemenangan dan 15 kali imbang.

Raihan tersebut membuat Nyonya Tua menjadi tim pertama yang tak terkalahkan selama satu musim di Italia saat kompetisi sudah diikuti 20 tim.

Sementara saat masih diikuti 18 tim, AC Milan pernah melakukan hal yang sama pada musim 1991-1992. Sebelumnya, Perugia juga pernah menorehkan catatan serupa pada musim 1977-1978.

2. Tim Pertama yang Kalah Empat Kali di Final Liga Champions

Juventus gagal menjuarai Liga Champions 2002-2003 setelah takluk dari AC Milan pada babak adu penalti.
Juventus gagal menjuarai Liga Champions 2002-2003 setelah takluk dari AC Milan pada babak adu penalti.

Juventus sukses melaju ke partai final Liga Champions 2015-2016 setelah mengalahkan Real Madrid di semifinal. Namun, di final Nyonya Tua harus mengakui keunggulan Barcelona dengan skor 1-3.

Kekalahan tersebut menjadi yang keempat sejak era Liga Champions. Sebelumnya, Nyonya Tua gagal menjadi juara pada musim 1996-1997, 1997-1998, dan 2002-2003.

Jika dihitung sejak sebelum era Liga Champions, Juventus sudah enam kali mengalami kekalahan di final. Nyonya Tua mengungguli dua klub, Benfica dan Bayern Munchen yang sama-sama kalah di final sebanyak lima kali.

3. Kemenangan Kandang Terpanjang di Serie A

Gianluigi Buffon diangkat oleh rekan setimnya di Juventus sebagai bagian dari selebrasi kemenangan Juventus meraih titel juara Serie musim 2017/18 lalu.  ( AFP/Marco Bertorello )
Gianluigi Buffon diangkat oleh rekan setimnya di Juventus sebagai bagian dari selebrasi kemenangan Juventus meraih titel juara Serie musim 2017/18 lalu. ( AFP/Marco Bertorello )

Pertandingan melawan Bologna di Serie A 2015-2016 menjadi awal catatan kemenangan Juventus dimulai. Kala itu, Nyonya Tua sukses mengalahkan Bologna dengan skor 7-1.

Selanjutnya, Bianconeri selalu memetik kemenangan dalam 33 laga kandang di Serie A. Rentetan kemenangan Juventus baru terhenti pada pekan ke-35 musim 2016-2017.

Pencapaian tersebut pun menciptakan rekor kemenangan kandang terlama di Serie A secara berturut-turut.

4. Tim Pertama yang Meraih Tiga Gelar Copa Italia Secara Berturut-turut

Pemain Juventus merayakan keberhasilan menjuarai Coppa Italia 2017-2018 seusai mengalahkan AC Milan pada pertandingan final di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (10/5). Juventus keluar sebagai juara setelah mengalahkan AC Milan 4-0. (AP/Gregorio Borgia)
Pemain Juventus merayakan keberhasilan menjuarai Coppa Italia 2017-2018 seusai mengalahkan AC Milan pada pertandingan final di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (10/5). Juventus keluar sebagai juara setelah mengalahkan AC Milan 4-0. (AP/Gregorio Borgia)

Juventus sudah 13 kali meraih gelar Coppa Italia. Pencapaian tersebut membuat Bianconeri mengungguli AS Roma yang sudah mendapatkan gelar Coppa Italia sebanyak sembilan kali.

Menariknya, empat gelar terakhir diraih secara beruntun. Nyonya Tua sukses memenangkan gelar Coppa Italia pada pada musim 2014-2015, 2015-2016, 2016-2017 dan 2017-2018.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Faozan Tri Nugroho/Editor: Erwin Fitriansyah, published 6/1/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil Eks Direktur Operasi Waskita Terkait Korupsi Gedung IPDN

Posted: 06 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan Direktur Operasi PT Waskita Karya (Persero) Adi Wibowo terkait kasus korupsi proyek pembangunan Kampus IPDN di Gowa, Sulawesi Utara tahun anggaran 2011.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri menyampaikan, Adi Wibowo yang juga mantan Kepala Divisi I Waskita Karya tersebut akan diperiksa sebagai saksi untuk kasus tersangka mantan Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Setjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dudy Jocom (DJ).

"Yang bersangkutan akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka DJ," tutur Ali dalam keterangannya, Selasa (7/1/2020).

Pada kasus ini, KPK menetapkan Dudy Jocom sebagai tersangka korupsi pembangunan empat kampus IPDN di Sulawesi Selatan dan kampus IPDN di Sulawesi Utara.

Selain Dudy, KPK menetapkan dua tersangka lain yakni Kepala Divisi Gedung atau Kepala Divisi I PT Waskita Karya Adi Wibowo dan Kepala Divisi Konstruksi VI PT Adhi Karya Dono Purwoko.

KPK menduga Dudy Jocom melalui kenalannya menghubungi beberapa kontraktor untuk menginformasikan adanya proyek IPDN. Selanjutnya, para pihak itu menggelar pertemuan di sebuah kafe di Jakarta.

Dari pertemuan itu, disepakati adanya pembagian proyek. Proyek IPDN di Sulawesi Selatan digarap Waskita Karya sementara PT Adhi Karya menggarap proyek IPDN di Sulawesi Utara.

Dudy Jocom Cs diduga meminta fee 7 persen dari setiap proyek itu. Negara diduga mengalami kerugian sekitar Rp 21 miliar akibat kasus ini.

 

KPK Juga Usut Kasus Lainnya Hari Ini

Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Pemprov Papua merupakan daerah yang memiliki risiko korupsi tertinggi dengan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)
Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Pemprov Papua merupakan daerah yang memiliki risiko korupsi tertinggi dengan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

KPK memeriksa mantan Sekretaris (MA) Nurhadi (NHD) terkait kasus suap dan gratifikasi pengurusan perkara di Mahkamah Agung Tahun 2011-2016.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri menyampaikan, Nurhadi diperiksa sebagai saksi atas tersangka Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (PT MIT), Hiendra Soenjoto (HS).

"Diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi tersangka HS," tutur Ali dalam keterangannya, Selasa (7/1/2020).

Menurut dia, tersangka Hiendra Soenjoto dan menantu Nurhadi, Rezky Herbiyono (RHE) juga dijadwalkan dalam pemeriksaan hari ini. Keduanya akan diperiksa sebagai saksi atas tersangka Nurhadi.

Selain itu, ada tiga saksi lain yang dipanggil untuk tersangka Nurhadi. Mereka adalah Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Medan, Hilman Lubis; seorang PNS, Bahrain Lubis; dan Direktur Utama PO Jaya Utama, Handoko Sutjitro.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan tiga tersangka terkait kasus dugaan pengurusan perkara perdata PT MIT melawan PT KBN (Persero) pada tahun 2010 silam. Ketiganya adalah mantan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi (NHD), menantu Nurhadi, Rezky Herbiyono (RHE) dan Hiendra Soenjoto (HS).

Pada kasus tersebut, Nurhadi dan menantunya diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari tersangka Hiendra untuk mengurus perkara peninjauan kembali (PK) atas putusan Kasasi Nomor: 2570 K/Pdt/2012 antara PT MIT dan PT KBN (Persero).

Hal itu agar proses hukum dan pelaksanaan eksekusi lahan PT MIT di lokasi milik PT KBN (Persero) oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara, dapat ditangguhkan.

Untuk membiayai pengurusan perkara tersebut, menantu Nurhadi yakni Rezky memberi jaminan delapan lembar cek dari PT MIT dan tiga lembar cek miliknya untuk mendapatkan uang senilai Rp 14 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bisnis Dupa China Menggeliat Jelang Imlek

Posted: 06 Jan 2020 08:30 PM PST

Gambar pada 11 Desember 2019 menunjukkan tumpukan dupa di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Penduduk setempat mengklaim satu dari setiap tiga batang dupa yang dijual di Asia Tenggara dibuat di Yongchun, daerah pegunungan di Provinsi Fujian tenggara. (HECTOR RETAMAL/AFP)
Gambar pada 11 Desember 2019 menunjukkan tumpukan dupa di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Penduduk setempat mengklaim satu dari setiap tiga batang dupa yang dijual di Asia Tenggara dibuat di Yongchun, daerah pegunungan di Provinsi Fujian tenggara. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Gambar pada 11 Desember 2019 menunjukkan tumpukan dupa di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Penduduk setempat mengklaim satu dari setiap tiga batang dupa yang dijual di Asia Tenggara dibuat di Yongchun, daerah pegunungan di Provinsi Fujian tenggara. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Gambar pada 11 Desember 2019 menunjukkan pekerja menumpuk dupa yang baru diproduksi di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Mendekati liburan Tahun Baru Imlek, ini adalah waktu yang penting tahun bagi penduduk desa ini yang memasok banyak dupa dunia. (HECTOR RETAMAL/AFP)
Gambar pada 11 Desember 2019 menunjukkan pekerja menumpuk dupa yang baru diproduksi di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Mendekati liburan Tahun Baru Imlek, ini adalah waktu yang penting tahun bagi penduduk desa ini yang memasok banyak dupa dunia. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Gambar pada 11 Desember 2019 menunjukkan pekerja menumpuk dupa yang baru diproduksi di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Mendekati liburan Tahun Baru Imlek, ini adalah waktu yang penting tahun bagi penduduk desa ini yang memasok banyak dupa dunia. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Pekerja melapisi dupa dengan bubuk berwarna di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China pada 11 Desember 2019. Penduduk setempat mengklaim satu dari setiap tiga batang dupa yang dijual di Asia Tenggara dibuat di Yongchun, daerah pegunungan di Provinsi Fujian tenggara. (HECTOR RETAMAL/AFP)
Pekerja melapisi dupa dengan bubuk berwarna di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China pada 11 Desember 2019. Penduduk setempat mengklaim satu dari setiap tiga batang dupa yang dijual di Asia Tenggara dibuat di Yongchun, daerah pegunungan di Provinsi Fujian tenggara. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Pekerja melapisi dupa dengan bubuk berwarna di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China pada 11 Desember 2019. Penduduk setempat mengklaim satu dari setiap tiga batang dupa yang dijual di Asia Tenggara dibuat di Yongchun, daerah pegunungan di Provinsi Fujian tenggara. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Gambar udara pada 11 Desember 2019, pekerja menata dupa-dupa untuk dikeringkan di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Mendekati liburan Tahun Baru Imlek, ini adalah waktu yang penting tahun bagi penduduk desa ini yang memasok banyak dupa dunia. (HECTOR RETAMAL/AFP)
Gambar udara pada 11 Desember 2019, pekerja menata dupa-dupa untuk dikeringkan di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Mendekati liburan Tahun Baru Imlek, ini adalah waktu yang penting tahun bagi penduduk desa ini yang memasok banyak dupa dunia. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Gambar udara pada 11 Desember 2019, pekerja menata dupa-dupa untuk dikeringkan di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Mendekati liburan Tahun Baru Imlek, ini adalah waktu yang penting tahun bagi penduduk desa ini yang memasok banyak dupa dunia. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Gambar pada 11 Desember 2019 menunjukkan pekerja membuat dupa di di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Penduduk setempat mengklaim satu dari setiap tiga batang dupa yang dijual di Asia Tenggara dibuat di Yongchun, daerah pegunungan di Provinsi Fujian tenggara. (HECTOR RETAMAL/AFP)
Gambar pada 11 Desember 2019 menunjukkan pekerja membuat dupa di di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Penduduk setempat mengklaim satu dari setiap tiga batang dupa yang dijual di Asia Tenggara dibuat di Yongchun, daerah pegunungan di Provinsi Fujian tenggara. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Gambar pada 11 Desember 2019 menunjukkan pekerja membuat dupa di di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Penduduk setempat mengklaim satu dari setiap tiga batang dupa yang dijual di Asia Tenggara dibuat di Yongchun, daerah pegunungan di Provinsi Fujian tenggara. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Gambar pada 11 Desember 2019 menunjukkan pekerja menumpuk dupa yang baru diproduksi di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Mendekati liburan Tahun Baru Imlek, ini adalah waktu yang penting tahun bagi penduduk desa ini yang memasok banyak dupa dunia. (HECTOR RETAMAL/AFP)
Gambar pada 11 Desember 2019 menunjukkan pekerja menumpuk dupa yang baru diproduksi di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Mendekati liburan Tahun Baru Imlek, ini adalah waktu yang penting tahun bagi penduduk desa ini yang memasok banyak dupa dunia. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Gambar pada 11 Desember 2019 menunjukkan pekerja menumpuk dupa yang baru diproduksi di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Mendekati liburan Tahun Baru Imlek, ini adalah waktu yang penting tahun bagi penduduk desa ini yang memasok banyak dupa dunia. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Pekerja menata dupa-dupa untuk dikeringkan di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China pada 11 Desember 2019. Penduduk setempat mengklaim satu dari setiap tiga batang dupa yang dijual di Asia Tenggara dibuat di Yongchun, daerah pegunungan di Provinsi Fujian tenggara. (HECTOR RETAMAL/AFP)
Pekerja menata dupa-dupa untuk dikeringkan di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China pada 11 Desember 2019. Penduduk setempat mengklaim satu dari setiap tiga batang dupa yang dijual di Asia Tenggara dibuat di Yongchun, daerah pegunungan di Provinsi Fujian tenggara. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Pekerja menata dupa-dupa untuk dikeringkan di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China pada 11 Desember 2019. Penduduk setempat mengklaim satu dari setiap tiga batang dupa yang dijual di Asia Tenggara dibuat di Yongchun, daerah pegunungan di Provinsi Fujian tenggara. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Gambar pada 11 Desember 2019, pekerja  menunggu untuk menimbang dupa yang dia produksi di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Mendekati liburan Tahun Baru Imlek, ini adalah waktu yang penting tahun bagi penduduk desa ini yang memasok banyak dupa dunia. (HECTOR RETAMAL/AFP)
Gambar pada 11 Desember 2019, pekerja menunggu untuk menimbang dupa yang dia produksi di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Mendekati liburan Tahun Baru Imlek, ini adalah waktu yang penting tahun bagi penduduk desa ini yang memasok banyak dupa dunia. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Gambar pada 11 Desember 2019, pekerja menunggu untuk menimbang dupa yang dia produksi di Pabrik Dupa Fujian Xingquan, Provinsi Fujian, China. Mendekati liburan Tahun Baru Imlek, ini adalah waktu yang penting tahun bagi penduduk desa ini yang memasok banyak dupa dunia. (HECTOR RETAMAL/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Menguat di Tengah Ketegangan Iran dan AS

Posted: 06 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Selasa ini. Penguatan rupiah di tengah konflik antara Iran dengan AS.

Mengutip Bloomberg, Selasa (7/1/2019), rupiah dibuka di angka 13.934 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.944 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus menguat ke 13.895 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 13.895 per dolar AS hingga 13.935 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 0,21 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.919 per dolar AS, menguat jika dibanidngkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 13.961 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi bergerak menguat di tengah ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran.

"Rupiah mungkin bisa menguat ke arah support hari ini karena tidak adanya eskalasi di Timur Tengah dan penasehat gedung Putih meralat ucapan Trump soal penyerangan ke situs budaya Iran bila Iran membalas serangan AS," kata Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari Antara.

Ariston menuturkan para pelaku pasar juga menganalisa bahwa Iran tidak mungkin menyerang basis AS di Timur Tengah yang bisa menganggu ekspor minyak mentahnya.

Harga minyak dunia sendiri diperkirakan cenderung menguat menyusul memanasnya hubungan AS dengan Iran. Hubungan kedua negara merenggang usai militer AS membunuh seorang komandan senior Iran, yang memicu kekhawatiran mengganggu produksi energi di wilayah tersebut.

Muncul konflik baru AS dengan Iran akan semakin menambah daftar panjang ketidakpastian ekonomi global. Di mana sebelumnya AS lebih dulu mengerem laju pertumbuhan global akibat perang dengan China.

 

Harga Minyak

Petugas Bank tengah menghitung uang rupiah di Bank BRI Syariah, Jakarta, Selasa (28/2). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas Bank tengah menghitung uang rupiah di Bank BRI Syariah, Jakarta, Selasa (28/2). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Potensi peningkatan harga minyak merupakan dampak jangka pendek yang bisa dirasakan Indonesia adapun dampak jangka panjang jika eskalasi Iran dan AS memanas akan menambah ketidakpastian global.

Mengingat Indonesia merupakan negara net importir minyak, maka sangat berpotensi adanya peningkatan nilai impor, sehingga hal itu menjadi tantangan di tengah usaha pemerintah untuk memperkecil defisit pada neraca perdagangan dan transaksi berjalan.

Ariston memperkirakan rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran 13.900 per dolar AS hingga 14.000 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Komjen Gatot Eddy Resmi Dilantik Jadi Wakapolri

Posted: 06 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komjen Gatot Eddy resmi dilantik hari ini menjai Wakapolri. Gatot menggantikan Komjen Ari Dono yang akan memasuki masa pensiun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reynhard Sinaga Disebut Predator Seksual, Arie Untung: Jangan Jadi Pelaku dan Korban

Posted: 06 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar menghebohkan datang dari Inggris. Pria asal Indonesia bernama Reynhard Sinaga dihukum seumur hidup oleh Pengadilan Manchester, Inggris.

Hakim Suzanne Goddard menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada Reynhard Sinaga terkait 159 kasus pemerkosaan dan serangan seksual terhadap 48 pria.

Reynhard Sinaga melakukan aksi kriminal ini selama dua setengah tahun dari 1 Januari 2015 hingga 2 Juni 2017.

Mengutip dari BBC Indonesia, di antara 159 kasus tersebut, terdapat 136 pemerkosaan. Vonis untuk Reynhard Sinaga menghebohkan publik Indonesia pada Senin (6/1/2020) kemarin.

Predator Seksual Setan

Unggahan Arie K. Untung. (Foto: Instagram: ariekuntung)
Unggahan Arie K. Untung. (Foto: Instagram: ariekuntung)

Tak hanya syok atas kejahatan Reynhard Sinaga, masyarakat Indonesia terperanjat saat Hakim Suzanne Goddard dalam putusannya menggambarkan Reynhard Sinaga sebagai predator seksual setan.

Penggambaran ini disampaikan Suzzanne Goddard dalam putusannya lantaran Reynhard Sinaga tidak memperlihatkan rasa penyesalan sama sekali.

Jangan Jadi Pelaku dan Korban

Arie Untung. (Deki Prayoga/bintang.com)
Arie Untung. (Deki Prayoga/bintang.com)

Masyarakat Indonesia lantas mengomentari kasus pemerkosaan terbesar di Inggris ini. Salah satunya, Arie K. Untung. Merespons lewat akun Instagram, Arie K. Untung menyatakan keprihatinan lalu mengajak masyarakat waspada.

"Yuk sama2 jaga keluarga kita jangan sampai terjebak di kedua hal ini. Jangan jadi pelaku dan jangan jadi korban," terang bintang film Udah Putusin Aja pada Selasa (7/1/2020) pagi.

Mari Evaluasi

Arie Untung (Nurwahyunan/Bintang.com)
Arie Untung (Nurwahyunan/Bintang.com)

Ia pun mengajak segenap masyarakat untuk mengevaluasi diri. Ari K. Untung mengingatkan bahwa tak semua yang ramai diberitakan atau viral di jagat maya pantas ditiru. "Yuk teman-teman jadi evaluasi mana yang bisa ditiru mana yang enggak dari media. Semoga kita bisa ambil hikmahnya," beber ayah tiga anak ini.

Di pengujung status teks, ia percaya bahwa ulah Reynhard Sinaga tak akan mencoreng wajah pemuda Indonesia seluruhnya.

Pemuda Indonesia Solusi Zaman

(Instagram/ariekuntung)
(Instagram/ariekuntung)

Menurut dia, masih banyak pemuda Indonesia berprestasi yang layak diapresiasi dan diteladani. "Insyaallah akan hadir pemuda2 yang membanggakan Indonesia. Jadi pemuda yang selalu menjadi solusi zaman lahir dari Indonesia. Bismillah, semoga," pungkas suami Fenita Arie itu.

Hingga artikel ini disusun, vonis untuk Reynhard Sinaga masih ramai diperbincangkan warganet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Periksa Pemilik Gedung Ambruk, Polisi Dalami Kepemilikan IMB

Posted: 06 Jan 2020 08:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Polres Metro Jakarta Barat tengah memeriksa pemilik gedung 4 lantai yang ambruk di Slipi, Jakarta Barat. Pria berinisial BB (59) ini diperiksa sebagai saksi.

"Yang bersangkutan langsung ke Polres Jakbar," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Teuku Arsya Khadafi, saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

BB pada saat gedung miliknya ambruk tengah berada di luar kota. BB tengah menjalani pemeriksaan intensif oleh jajaran Polres Metro Jakbar. BB ditelisik tentang kepemilikan izin mendirikan bangunan (IMB).

"Saat ini sedang dalam proses pemeriksaan oleh pihak Polres termasuk perizinan yang dimiliki," kata Arsya.

Sebelumnya, gedung ambruk di Jalan Brigjen Katamso, Kota Bambu Selatan, Palmerah Jakarta Barat diketahui tak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Penaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta Benny Chandra.

"Enggak ada izinnya sama sekali di data DPMPTSP," kata Benny di Jakarta, Senin 6 Januari 2019.

 

Langgar Izin

Warga menyaksikan gedung yang ambruk di Jalan Brigjen Katamso, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (6/1/2020). Tiga orang dilaporkan terluka akibat tertima material gedung empat lantai tersebut. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Warga menyaksikan gedung yang ambruk di Jalan Brigjen Katamso, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (6/1/2020). Tiga orang dilaporkan terluka akibat tertima material gedung empat lantai tersebut. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Benny juga mengatakan gedung tersebut juga melanggar izin menggelar kegiatan usaha. Bangunan yang berlokasi dekat turunan Flyover Slipi arah Tanah Abang, diketahui merupakan gedung lama. Namun, Benny tak mengetahui secara pasti kapan gedung itu berdiri.

"Enggak ada di PTSP (izinnya). Itu bangunan lama," kata Benny seperti dilansir dari Antara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Menggemaskan Zaenab Alexander, Anak Young Lex

Posted: 06 Jan 2020 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan tengah dirasakan oleh pasangan Young Lex dan Eriska Kesya. Pasangan yang menikah pada 20 Juni 2019 ini telah dikaruniai anak pertamanya. Setelah penantian sembilan bulan lamanya, Eriska melahirkan buah hatinya pada 22 Desember 2019.

Bayi berjenis kelamin perempuan tersebut diberi nama Zaenab Alexander. Sejak awal kelahiran putri cantiknya tersebut, Young Lex dan Eriska sebenarnya kompak tidak mengekspos wajah sang anak.

Hal itu tentunya mengundang penasaran warganet tentang potret baby Z tersebut. Namun baru-baru ini, Young Lex untuk pertama kalinya memperlihatkan wajah sang buah hati di Instagram pribadinya.

Rapper terkenal ini menunjukkan potret menggemaskan Zaenab Alexander saat pemotretan newborn. Young Lex dan sang istri juga mengusung beragam konsep unik pada saat pemotretan.

Penasaran seperti apa potretnya? Berikut potret Zaenab Alexandra putri Young Lex yang menggemaskan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (7/1/2020).

1. Potret Young Lex dan keluarga kecilnya yang penuh dengan kehangatan.

Young Lex (Sumber: Instagram/@babyboo_potrait)
Young Lex (Sumber: Instagram/@babyboo_potrait)

2. Ini pertama kalinya Young Lex dan Eriska menunjukkan wajah sang anak.

Zaenab Alexander (Sumber: Instagram/@young_lex18)
Zaenab Alexander (Sumber: Instagram/@young_lex18)

3. Baby Z terlihat tertidur pulas di gendongan sang ayah, menggemaskan.

Zaenab Alexander (Sumber: Instagram/@young_lex18)
Zaenab Alexander (Sumber: Instagram/@young_lex18)

4. Pose menggemaskan baby Z di atas bath tub, lengkap dengan handuk dan bebek yang menemaninya.

Zaenab Alexander (Sumber: Instagram/@eriskanakesya)
Zaenab Alexander (Sumber: Instagram/@eriskanakesya)

5. Baby Z mengenakan bando yang mirip dan senada dengan bunga. Sama-sama cantik.

Zaenab Alexander (Sumber: Instagram/@babyboo_potrait)
Zaenab Alexander (Sumber: Instagram/@babyboo_potrait)

6. Saat pemotretan Baby Z tampak tersenyum. Ia terlihat bak seorang putri, lengkap kenakan mahkota di kepala.

Zaenab Alexander (Sumber: Instagram/@babyboo_potrait)
Zaenab Alexander (Sumber: Instagram/@babyboo_potrait)

7. Potret bahagia Young Lex saat menggendong sang buah hati.

Zaenab Alexander (Sumber: Instagram/@babyboo_potrait)
Zaenab Alexander (Sumber: Instagram/@babyboo_potrait)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil NBA: Krisis Pemain, Wizards Sukses Terkam Celtics

Posted: 06 Jan 2020 08:22 PM PST

Liputan6.com, Washington- Washtington Wizards meraih kemenangan mengejutkan di lanjutan NBA yang digelar Selasa (7/1/2020) pagi WIB. Wizards menekuk tamunya Washington Wizards 99-94.

Pada laga NBA yang digelar di Capital One Arena itu, Wizards tak bisa menurunkan enam pemain pilarnya. Bradley Beal, John Wall, Rui Hachimura, Thomas Bryant, Davis Bertans dan Moe Wagner absen karena cedera.

Sedangkan Celtics nyaris bisa menurunkan semua kekuatan terbaik. Hanya point guard Kemba Walker yang terpaksa absen karena mengalami sakit flu.

Kemenangan ini menambah panjang daftar tim-tim kandidat juara NBA yang berhasil dikalahkan Wizards musim ini. Padahal Wizards merupakan salah satu tim dengan rekor menang-kalah terburuk musim ini.

Sebelumnya Wizards juga secara mengejutkan mampu menang atas Miami Heat, Denver Nuggets dan Boston Celtics.

Tancap Gas

Wizards tampil luar biasa sejak awal. Celtics tak pernah dibiarkan memimpin sama sekali. Wizards unggul 11 poin saat jeda.

Celtics bangkit di kuarter empat. Skor sempat sama kuat 80-80 setelah Jaylen Brown melesakkan tembakan tiga angka dengan tersisa delapan menit lagi.

Point guard cadangan Ish Smith mendadak muncul sebagai pahlawan Wizards. Smith mencetak 27 poin. 14 poin diantaranya dicetak di tahap akhir pertandingan.

Jordan McRae juga bermain apik dengan sumbangsih 19 angka. Di kubu Celtics, Brown menghasilkan 23 angka dan 12 rebound.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Praveen / Melati Targetkan Semifinal Malaysia Masters 2020

Posted: 06 Jan 2020 08:20 PM PST

Jakarta- Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti ingin memetik hasil maksimal pada ajang perdana di tahun 2020, Malaysia Masters 2020.

Praveen/Melati telah mempersiapkan diri menjelang turnamen yang akan berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, mulai Selasa (7/1/2020).

Praveen Jodan/Melati Daeva Oktavianti yang berstatus unggulan kelima ini masih menunggu calon lawan di babak pertama yang berasal dari babak kualifikasi, yakni antara pasangan Taiwan, Lee Yang/Tun Yang Ching atau wakil tuan rumah, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See.

"Kami belum tahu siapa yang akan kami hadapi di babak pertama, jadi kami lebih fokus ke persiapan diri masing- masing. Tapi kami sudah pelajari dan sudah cukup tahu permainan lawan itu seperti apa," ujar Melati terkait persiapan jelang laga.

Praveen/Melati unggul dalam catatan pertemuan dengan Lee/Tun, dengan skor 1-0. Dalam pertemuan di India Open 2019, Praveen/Melati menang straight game dengan skor 21-9, 23-21. Praveen/Melati tercatat belum pernah bertemu dengan pasangan Malaysia, Hoo/Cheah.

"Persiapannya cukup baik walau kepotong libur tahun baru. Untuk target, minimal kami ke semifinal. Tapi kami mau coba fokus dari awal dulu, semua lawan harus diwaspadai," ujarnya.

Bertemu Hafiz/Gloria

Ganda putra Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. (Dok. PBSI)
Ganda putra Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. (Dok. PBSI)

Jika lolos dari babak pertama, Praveen/Melati berpeluang untuk jumpa rekan sepelatnas, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Dengan catatan, Hafiz/Gloria harus melewati lawan di babak pertama yaitu pasangan Jerman, Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich.

Sementara itu, pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari sudah dihadapkan dengan unggulan ketiga asal Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino di babak pertama.

Sedangkan pasangan Ricky Karanda Suwardi/Pia Zebadiah Bernadet akan ditantang tuan rumah, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Laga babak pertama ganda campuran akan dimainkan pada Rabu (8/1). Sedangkan Selasa (7/1) akan dimulai babak kualifikasi. Empat wakil Indonesia harus merangkak dari babak kualifikasi, mereka adalah tunggal putri Ruselli Hartawan dan Lyanny Alessandra Mainaky, ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto serta ganda campuran Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika.

 Sumber: PBSI

Disadur dari Bola.com (Penulis Wiwig Prayugi/Editor Gregah, Published 7/1/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Surabaya Pantau Perkembangan Tanah di Stasiun Dipo yang Keluarkan Asap

Posted: 06 Jan 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membatasi  tanah yang mengeluarkan api dan asap di lahan lapangan di dekat Stasiun Dipo Lokomotif Sidotopo, Surabaya, Jawa Timur. Pembatasan tanah itu untuk mengamankan lokasi  dan memantau perkembangan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Eko Agus menuturkan, tanah di lahan dekat Stasiun Dipo Lokomotif Sidotopo, Surabaya tersebut sedang diteliti oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas ESDM Jawa Timur.

"Lebih lanjut akan dilakukan pengkajian baik sumber maupun penanganannya. Dinas Lingkungan Hidup tiap hari datang memantau perkembangannya," ujar dia, ditulis Selasa (7/1/2020).

Sementara itu, dari catatan Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya, di sekitar lokasi tanah yang mengeluarkan asap dengan hasil suhu rata-rata tanah di lokasi tersebut berkisar antara 35-36 derajat celsius.

Lokasi lahan tersebut juga merupakan depo/enplasement kereta api dan jauh dari permukiman atau perkampungan maupun aktivitas warga setempat.

Kepala BPB Linmas Surabaya, Eddy Christianto menuturkan,  hingga kini belum ada laporan warga yang terdampak kesehatannya akibat tanah panas dan berasap di lokasi tersebut. Petugas KAI menyatakan kalau lokasi itu merupakan bekas pembuangan batu bara untuk bahan bakar kereta api dari zaman Belanda.

"Berdasarkan pemeriksaan kandungan udara, untuk saat ini lokasi setempat aman bagi warga setempat maupun petugas PT KAI," tutur dia.

Tanah di Dekat Stasiun Dipo Lokomotif Surabaya Keluarkan Asap

Sebelumnya, PT KAI Daop 8 Surabaya melaporkan tanah yang mengeluarkan api dan asap di lahan lapangan di dekat Stasiun Dipo Lokomotif Sidotopo, Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu, 4 Januari 2020.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto menyampaikan, laporan itu didapatkan dari petugas keamanan PT KAI yang sedang berpatroli.

"Selanjutnya kita langsung mengamankan lokasi dengan tali pembatas dan di jaga, agar tidak ada orang yang melintas," tutur dia kepada Liputan6.com, Sabtu, 4 Januari 2020. 

Suprapto mengatakan, fenomena tersebut masih dalam tahap penyelidikan lebih lanjut guna mengetahui penyebabnya. "Lokasinya jauh dari keramaian dan jauh dari jalur kereta api, jadi tidak menganggu perjalanan kereta api," kata dia. 

Suprapto menegaskan, saat ini pihak kepolisian dari Polsek Simokerto Surabaya juga sudah di lokasi dan sedang memasang garis polisi dan ikut membantu mengamankan lokasi.

"Kami saat ini masih menunggu dari pihak Dinas Lingkungan Hidup Surabaya," ujar dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: