Jumat, 17 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tampil Sangar di Film, Ini 6 Momen Manis Iko Uwais dengan Putrinya

Posted: 17 Jan 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sosok Iko Uwais dikenal sebagai salah satu aktor laga terkenal dari Tanah Air. Sudah banyak film bergenre action diperankan oleh sosok tampan ini. Tak jarang, Iko Uwais sendiri sering tampil sangar dan garang dalam memerankan di berbagai filmnya.

Tak hanya tentang kemampuan akting dan bela dirinya, kehidupan sehari-hari Iko Uwais ini juga tak kalah menarik untuk dibahas. Salahnya ialah momen kebersamaan saat ia bersama putrinya yang sudah mulai beranjak berkembang.  

Meski memiliki kesibukan yang padat, Iko Uwais kerap menghabiskan waktu bersama sang putri untuk liburan dan berkumpul. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, tampil sangar di film, ini 6 momen manis Iko Uwais dengan putrinya, Sabtu (18/1/2020).

1. Iko Uwais dikenal sebagai salah satu aktor laga kebanggaan Tanah Air.

Momen Manis Iko Uwais dengan Putrinya (sumber:Instagram/iko.uwais)
Momen Manis Iko Uwais dengan Putrinya (sumber:Instagram/iko.uwais)

2. Meskipun dikenal sibuk, Iko tetap menyempatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga tercinta.

Momen Manis Iko Uwais dengan Putrinya (sumber:Instagram/iko.uwais)
Momen Manis Iko Uwais dengan Putrinya (sumber:Instagram/iko.uwais)

3. Sering tampil sangar di berbagai film aksi, ini momen manis Iko Uwais bersama Atreya bermain di kebun binatang.

Momen Manis Iko Uwais dengan Putrinya (sumber:Instagram/iko.uwais)
Momen Manis Iko Uwais dengan Putrinya (sumber:Instagram/iko.uwais)

4. Sosok Iko Uwais saat menenangkan putrinya yang lagi ngambek, kebapakan banget nih.

Momen Manis Iko Uwais dengan Putrinya (sumber:Instagram/iko.uwais)
Momen Manis Iko Uwais dengan Putrinya (sumber:Instagram/iko.uwais)

5. Potret Iko Uwais saat merayakan Tahun Baru lengkap dengan istri dan kedua putrinya Aneska dan Atreya.

View this post on Instagram

2019 #theuwais

A post shared by Iko Uwais (@iko.uwais) on

6. Momen haru Iko Uwais disambut dengan pelukan oleh putri tercinta saat pulang ke rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlalu Lama, Proses Pemilihan Wagub DKI Didugat ke MK

Posted: 17 Jan 2020 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang mahasiswa hukum Universitas Tarumanegata (Untar), Michael menggugat proses pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta ke Mahkamah Konsttitusi (MK). Michael menganggap pemilihan wagub DKI terlalu lama.

Michael, mengajukan permohonan pengujian terhadap Pasal 176 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota menjadi Undang-Undang.

Dikutip dari laman Mahkamah Konstitusi di Jakarta, Michael dalam permohonannya mengatakan Pasal 176 UU Pilkada yang mengatur mekanisme pengisian wakil gubernur oleh DPRD berdasarkan usulan partai politik atau gabungan partai politik tidak menciptakan pemilu yang demokratis.

Menurut pemohon, ketika seorang kepala daerah terpilih hasil pemilu mengundurkan diri, pemilihan penggantinya semestinya dipilih oleh masyarakat lagi.

"Pada 2017, Djarot Saiful Hidayat diangkat menjadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Basuki Tjahaja Purnama. Hal ini yang tidak saya inginkan, bahwa seseorang dapat menduduki suatu posisi kepala daerah, dalam hal ini DKI, tanpa melalui proses pilkada," kata Michael dalam permohonannya.

Seperti dikutip dari Antara, kekosongan jabatan di DKI terulang, ujar pemohon, kini kursi wagub DKI kosong sejak Agustus 2018 sehingga penunjukan pengganti Sandiaga Uno diminta dilakukan dengan pemilu.

 

Minta Diselenggarakan Pemilu

Untuk itu, pemohon meminta kepada Mahkamah Konstitusi untuk menyatakan Pasal 176 UU Pilkada bertentangan dengan UUD NRI 1945 dan memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan pemilu untuk memilih wakil gubernur DKI Jakarta.

Ada pun untuk pengisian kursi wakil gubernur DKI Jakarta, PKS dan Partai Gerindra disebut-sebut akan mengusulkan Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto kepada DPRD DKI Jakarta, tetapi masih terbuka kemungkinan untuk kandidat lain.

DPRD DKI sebelumnya berencana akan membentuk panitia pemilih untuk memilih wakil gubernur DKI Jakarta pada Januari 2020.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pesan Presiden Jokowi untuk Gelaran Piala Dunia U-20 2021

Posted: 17 Jan 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar pada penyelenggaran Piala Dunia U-20 2021. Kendati berstatus turnamen kelompok usia, Presiden Jokowi tidak ingin Indonesia menanggung malu lantaran gagal menjadi tuan rumah yang baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Potret Sebelum dan Sesudah Kebakaran Hutan Australia

Posted: 17 Jan 2020 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran hutan Australia menghanguskan 11,2 juta hektar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Antisipasi Virus Corona, Kemenkes Jaga Ketat Bandara dan Pelabuhan

Posted: 17 Jan 2020 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sudah mengantisipasi masuknya virus jenis baru yang menyebabkan wabah SARS dan MERS mematikan dari Kota Wuhan, China Tengah. Terawan mengaku telah memerintahkan bawahannya untuk menjaga ketat jalur masuk RI, seperti bandara dan pelabuhan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putri Ma'ruf Amin Dicecar soal Ini saat Ikut Seleksi Bakal Cawalkot Tangsel PSI

Posted: 17 Jan 2020 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar seleksi terbuka untuk menjaring calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Tangerang Selatan dan Surabaya. Berdasarkan pantauan Liputan6.com di kantor DPP PSI, Jakarta, pukul 10.20 WIB, Sabtu (18/1/2020), putri Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah hadir dalam seleksi tersebut.

Nur Azizah yang mengenakan baju putih dan kerudung bercorak, hanya melempar senyum dan langsung masuk ke lantai 2, tepatnya di ruang A di mana seleksi itu dilakukan.

Di sana, sudah ada beberapa juri yang mengujinya di antaranya, Hamdi Muluk, Mari Elka Pangestu, serta Djayadi Hanan. Selain itu, terlihat Ketua Umum PSI Grace Natalie.

Putri Ma'ruf Amin, Nur Azizah pun terlihat memaparkan sejumlah visi dan misinya. Bahkan sudah terlihat beberapa kali menjawab pertanyaan dari juri atau panelis tersebut.

 

Ketimpangan Sosial

Salah satunya datang dari Hamdi Muluk, yang mempertanyakan adanya perbedaan kawasan pemukiman, yang semrawut di Ciputat dan real estate di BSD Serpong.

Dia pun menjawab, bahwa perbedaan kawasan itu adalah identitas dari Tangsel.

"Kota Tangerang Selatan seperti yang saya sampaian adalah kota yang urban. Ada kampung-kampung kota yang menjadi identitas Kota Tangerang Selatan. Bagaimana Kota Tangerang Selatan itu menjadi kota yang organik. Artinya kota yang terintegrasi, kota yang teratur tetapi tetap sustainable," jelas Siti.

"Karena kampung-kampung itu jangan tertinggal, dan terpinggirkan kemudian hilang," lanjut dia.

Dia pun lantas berharap dengan apa yang dikonsepkannya ini mendapat dukungan dari PSI. "Saya berharap bisa mendapatkan dukungan dari PSI," tukasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khofifah Ingin Pusat Keuangan Syariah Dunia Berada di Jawa Timur

Posted: 17 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berharap Indonesia menjadi pusat keuangan syariah dunia. Pusat keuangan syariah tersebut diharapkan dapat berada di Jawa Timur.

"Kami berharap Indonesia akan menjadi gravitasi keuangan syariah dunia, dan kami ingin ditempatkan di Jawa Timur. Jadi gravitasi keuangan syariah dunia itu jadi bagian dari visi Indonesia Islamic Science Park," tutur dia, saat bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kantor Wapres Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (18/1/2020).

Oleh karena itu, Khofifah Indar Parawansa meminta dukungan Wapres Ma'ruf Amin terkait rencana pembangunan Indonesia Islamic Science Park di Pulau Madura. Taman ilmiah tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 101 hektare di kaki Suramadu.

"Kami mohon support Pak Wapres untuk pengembangan salah satu dari proyek strategis Indonesia Islamic Science Park. Kami butuh 101 hektare di kaki Suramadu di Madura, Bangkalan," tutur dia.

Khofifah menuturkan, Indonesia Islamic Science Park akan menjadi pusat ekonomi kerakyatan syariah. Hal ini karena akan dibangun beberapa unit usaha dalam negeri buatan para santri dari sekolah-sekolah Islam dan pesantren, selain juga perbankan syariah.

"Jadi ada santripreneur, kemudian ada sosiopreneur yang berarti alumninya. Kami sudah punya training center, dan kami ingin menjadikan ini bagian dari sentra penguatan kemandirian para santri saat mereka keluar dari pesantren," tutur Khofifah Indar Parawansa.

Indonesia Islamic Science Park merupakan salah satu proyek yang akan diajukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam proyek strategis percepatan pembangunan ekonomi di Jawa Timur sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019.

Dalam Perpres itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan perlu dilakukan pengembangan di kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan (Gerbang Kertasusila), Kawasan Bromo-Tengger-Semeru dan Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Pengembangan kawasan itu bertujuan meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi kawasan yang berdampak pada perekonomian regional dan nasional.

Ingin Pastikan Masuk RPJMN 2020-2024

Pada pertemuan itu, Khofifah melaporkan mengenai upaya percepatan pembangunan ekonomi di Jawa Timur termasuk kawasan Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan (Gerbang Kertasusila). Khofifah menghadiri pertemuan itu bersama Wakil Gubernur Emil Dardak dan jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kedatangan Khofifah tersebut juga sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kerja Pemprov Jawa Timur ke Jakarta untuk bertemu dengan sejumlah kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian terkait pelaksanaan  Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gerbang Kertasusila, Kawasan Bromo-Tengger Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

"Kami ingin memastikan bahwa Perpres Nomor 80 Tahun 2019 itu akan terangkum dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) tahun 2020-2024, yang Insya Allah akan disahkan 20 Januari 2020," kata Khofifah.

Khofifah menjelaskan proyek strategis pengembangan Jawa Timur itu dijabarkan dalam 218 proyek pembangunan dengan total anggaran Rp294,34 triliun.

Skema pembiayaannya, lanjut Khofifah, sebagian besar berasal dari badan usaha milik negara (BUMN), kerja sama pemerintah dan badan usaha, serta sektor swasta.

"Skema pembiayaannya 85 persen BUMN, KPBU, dan swasta; kemudian 15 persen dari APBN dan APBD. Kami berharap dalam lima tahun 218 proyek itu minimal sudah ground-breaking. Ada beberapa yang FS-nya (feasibility study) sudah jalan, namun tetap perlu di-update," katanya.

Studi kelayakan proyek atau feasibility study yang sudah berjalan dari proyek strategis nasional tersebut adalah pembangunan Kawasan Gerbang Kertasusila. Sejak 2015, Bank Dunia sudah melakukan studi kelayakan proyek tersebut; namun Pemprov Jatim masih perlu melakukan pembaruan data-data proyek.

"Kami harus update lagi luasannya, titik lahannya, apakah akan menggunakan LRT atau MRT, apakah semua harus elevated atau tidak. Semua format itu sudah dicoba untuk di-exercise," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Roti Terpanjang di India Kalahkan Rekor di Tiongkok

Posted: 17 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Guinness World Records kembali mencatat roti terpanjang di dunia. Dilansir dari Asiaone.com, Jumat, 17 Januari 2020, ratusan tukang roti di India telah membuat roti sepanjang 6.500 meter.

Sejak Rabu, 15 Januari 2020, sekitar 1.500 tukang roti di India telah bersiap di ribuan meja yang terbentang di Kota Thrissur, Kerala.

Roti aroma vanili dengan lebar 10cm itu berbobot sekitar 59.500 pound atau setara dengan 27.000 kilogram. Acara yang diselenggarakan oleh Bakers Association Kerala (BAKE) menarik minat masyarakat di India.

Hal ini juga disinggung oleh Sekretaris jenderal BAKE, Naushad. "Ini adalah upaya untuk menunjukkan keahlian kami kepada dunia," ujar Naushad.

Naushad juga menegaskan Guinness World Records telah mengukur roti itu sepanjang 6.500 meter, tetapi untuk konfirmasi tentang panjang pastinya masih menunggu.

"Kami memastikan kebersihan dan rasanya sesuai dengan standar," sambungnya.

 

Buat Roti ala India

Ilustrasi roti. (dok. Nadya Spetniskay/Unsplash/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi roti. (dok. Nadya Spetniskay/Unsplash/Adhita Diansyavira)

India terkenal dengan kulinernya, salah satunya roti prata. Roti prata merupakan makanan khas india yang berbentuk mirip dengan roti maryam. Umumnya roti ini di makan bersama dengan kari, gulai, atau susu. Berikut cara membuatnya seperti dilansir recipes.wikia.com.

Bahan :

3 cangkir Tepung terigu

5 sdm. minyak samin atau margarin

1 sdm. gula

1 sdt. garam

1 cangkir air atau susu hangat

3-6 sdm. minyak untuk melapisi dan memasak

Cara Membuat

Ilustrasi roti prata./Copyright shutterstock.com/g/AriyaniTedjo
Ilustrasi roti prata./Copyright shutterstock.com/g/AriyaniTedjo

1. Campurkan tepung terigu, garam, dan air hangat, uleni hingga rata.

2. Tambahkan minyak samin, uleni hingga adonan kalis dan tidak lengket.

3. Bentuk bulatan sebanyak 8 buah, kemudian rendam dalam minyak.

4. Diamkan selama 1 jam. Ambil dua buah adonan, tarik panjang, gilas seperti membuat martabak telur.

5. Goreng dengan wajan datar hingga kuning keemasan, angkat, dan geprek. Hidangkan panas-panas bersama kari atau dengan susu. (Adhita Diansyavira)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus dan Barcelona Mungkin Bertukar Gelandang

Posted: 17 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Turin- Juventus dan Barcelona kemungkinan akan melakukan pertukaran gelandang di bursa transfer Januari 2020 ini. Mereka sedang terlibat pembicaraan seputar barter pemain ini.

Menurut laporan media Spanyol AS, Barcelona akan melepas Ivan Rakitic ke Juventus. Sebagai gantinya, Blaugrana akan mendapatkan Federico Bernardeschi dari Juventus.

Pertukaran Rakitic dengan Bernardeschi sudah mengemukan sejak musim panas lalu. Tapi ketika itu pelatih Barcelona Ernesto Valverde menolaknya. Kini Valverde baru saja dipecat dan digantikan oleh Quique Setien.

Barter pemain ini bisa jadi jalan tengah terbaik bagi Juventus maupun Barcelona. Kedua klub sama-sama membutuhkan pertukaran pemain ini.

Rakitic tidak terpakai di Barcelona pada awal musim 2019- 2020. Pria berkebangsaan Kroasia itu sedang berjuang untuk mendapatkan tempat kembali di tim utama.

 

Sama-sama Butuh

Gelandang Italia, Federico Bernardeschi  berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Liechtenstein pada Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Vaduz, Liechtenstein (15/10/2019). Italia menang telak 5-0 atas Liechtenstein. (Gian Ehrenzeller/Keystone via AP)
Gelandang Italia, Federico Bernardeschi berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Liechtenstein pada Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Vaduz, Liechtenstein (15/10/2019). Italia menang telak 5-0 atas Liechtenstein. (Gian Ehrenzeller/Keystone via AP)

Adapun Bernardeschi sebelumnya sempat jadi langganan starter di Juventus. Tapi sejak pergantian tahun 2020, Bernardeschi lebih banyak dicadangkan. Pasalnya selama dijadikan starter performanya sangat buruk.

Rakitic diperlukan Juventus untuk menambah kreativitas lini tengah. Adapun Bernardeschi bisa dijadikan Barcelona sebagai pelapis bagi Lionel Messi.

Apalagi Barcelona juga butuh pemain depan baru setelah Luis Suarez cedera dan harus absen selama empat bulan.

Klasemen Liga Italia

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ari Lasso Mengaku Lahir di Nepal, Ditertawakan El Rumi Putra Ahmad Dhani

Posted: 17 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jumat (17/1/2020), Ari Lasso berulang tahun ke-47. Mantan vokalis Dewa 19 ini merayakan ulang tahunnya di jagat maya dengan cara unik. Ari Lasso mengunggah foto kartu anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) semasa SMA.

Unggahan itu memperlihatkan Ari Lasso sebagai siswa SMA Negeri 2 Surabaya, yang berlokasi di bilangan Wijaya Kusuma. Yang menarik, Ari Lasso tidak menggunakan nama asli. Di kartu tersebut, tertera nama Ari Mahameru.

Bahkan, Ari Lasso yang kelahiran Madiun, Jawa Timur, mengaku lahir di Nepal. Mendadak sontak, unggahan ini menyita perhatian warganet dan dikomentari sejumlah selebritas Tanah Air.

Cita-cita yang Tak Tercapai

Ari Lasso. (Foto: Dok. Instagram @ari_lasso)
Ari Lasso. (Foto: Dok. Instagram @ari_lasso)

Unggahan kartu anggota OSIS itu menampilkan nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor induk siswa, kelas, agama, hingga golongan darah. Kartu itu dilengkapi foto Ari Lasso saat kelas 3 SMA dengan latar merah polos.

Menyertai unggahan ini pemilik album Sendiri Dulu dan Misteri Illahi menulis status teks terntang cita-cita masa sekolah yang hingga kini tidak tercapai.

Lahir di Nepal

Unggahan Ari Lasso. (Foto: Dok. Instagram @ari_lasso)
Unggahan Ari Lasso. (Foto: Dok. Instagram @ari_lasso)

"Nama : Ari Mahameru. Lahir di Nepal. Cita cita: pendaki yang tak tercapai," ungkap rekan duet Melly Goeslaw di lagu "Jika" dan "Apa Artinya Cinta?"

Seperti diketahui, Ari Lasso kini dikenal sebagai solis papan atas Indonesia lantaran mencetak banyak hit. Ia menyebut profesi yang digelutinya kini pemberian terbaik dari Sang Khalik.

Tuhan Mengganti

Ari Lasso. (Foto: Dok. Instagram @ari_lasso)
Ari Lasso. (Foto: Dok. Instagram @ari_lasso)

"Tapi TUHAN mengganti dengan (yang) TERBAIK. Thank you, God," sambung Ari Lasso seraya membubuhkan tagar #arilasso dan #alass47. Sejumlah seleb lantas menyelamatinya. "Happy Birthday Mas Bro," ucap Maia Estianty.

Rossa menimpali, "Happyyy bdaaayy, Mas." Gitaris grup music Govinda, Ade Nurulianto alias Ade Govinda tak mau ketinggalan. "Selamat ultah Mas Alass, bahagia dunia akhirat," ujarnya.

Ucapan dari El Rumi

Ari Lasso (sumber: instagram/@ari_lasso)
Ari Lasso (sumber: instagram/@ari_lasso)

Yang menarik, ucapan dari putra kedua Ahmad Dhani dari pernikahannya dengan Maia Estianty, El Rumi. Di kolom komentar, El Rumi tertawa menyimak unggahan Ari Lasso.

"Wakaka tempat kelahiran Nepal? Anak alam banget ya, Om," seloroh bintang film Kampung Zombie. El Rumi lantas menyelamati seraya mengutip judul album Dewa 19 yang direkam bersama Ari Lasso. "By the way selamat ulang tahun, Om Ari! Semoga yang terbaik terbaik!"

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penembakan di Utah, 4 Orang Tewas

Posted: 17 Jan 2020 09:28 PM PST

Liputan6.com, Utah - Penembakan terjadi di sebuah kediaman di Grantsville, Utah, AS. Menurut polisi, peristiwa yang terjadi pada Jumat 17 Januari 2020 malam waktu setempat itu menewaskan empat orang.

Menurut CNN yang dikutip Sabtu (18/1/2020), ada orang kelima yang terkena tembakan. Kini korban sudah dibawa ke rumah sakit.

Penembak yang dicurigai ditahan.

"Polisi yakin hanya ada satu penembak dan tidak ada bahaya lebih lanjut bagi masyarakat," ujar Kopral Rhonda Fields dengan Grantsville Police Department.

Sejauh ini Fields belum bisa memberikan informasi usia atau nama-nama korban maupun tersangka. Dia juga tidak mengatakan apakah korban dan pelaku saling mengenal.

Fields mengatakan mereka masih bekerja untuk memberi tahu anggota keluarga korban penembakan.

Grantsville, sebuah kota dengan sekitar 11.000 orang, berjarak sekitar 35 mil barat daya dari Salt Lake City di Tooele County.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Truk Kontainer Terguling di Rest Area Tol Cipularang, 7 Mobil Rusak

Posted: 17 Jan 2020 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah truk kontainer mengalami kecelakaan tunggal di Rest Area Km 97 Ruas Tol Cipularang, pada Jumat 17 Januari 2020 pukul 16.15 WIB. Kejadian ini, dibenarkan oleh Humas Jasa Marga, Irra Susiyanti.

"Akibat kerusakan rem (rem blong)," ujar Irra saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (18/1/2020).

Truk dengan nomor polisi (nopol) B 9766 UO yang di kendarai oleh Ahmad Humaidi (21) hilang kendali, kemudian terguling sehingga mengenai tujuh kendaraan lainya yang sedang parkir di rest area tersebut.

Kendaraan yang rusak yaitu, mobil Toyota Rush dengan nomor polisi D 1417 SGN, Avanza nopol D 1736 AFR, Innova Venturer nopol  F 1427 RI, Volvo nopol B 8633 BD, Innova nopol B 2810 SOH, dan Avanza nopol D 350 VY. Akibat kejadian ini, satu orang mengalami luka berat. Korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Thamrin, Purwakarta.

Pada pagi ini Sabtu (18/1/2020), Jasa Marga mengevakuasi badan truk kontainer dengan memanfaatkan dua crane dengan kapasitas muatan 45 ton. Tidak hanya itu, pengamanan lalu lintas di sekitar lokasi kejadian juga dilakukan.

Di sisi lain, akibat kejadian tersebut Jasa Marga mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dalam berkendara.

"Mohon maaf atas ketidak nyamanan pengguna jalan akibat hal ini dan mengimbau pengguna jalan agar tetap berhati-hati," tutup Irra.

 

(Rizki Putra Aslendra)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Penyakit Minamata, Kondisi Akibat Keracunan Merkuri pada Makanan

Posted: 17 Jan 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyakit minamata mungkin sangat asing di telinga masyarakat, terlebih orang Indonesia. Begitu juga dengan penyebab penyakit minamata. Untuk kasus di Indonesia sendiri memang terbilang cukup jarang.

Awal mula penyakit minamata ini muncul berasal dari Kota Minamata di Jepang. Penyebab penyakit minasama di Jepang diakibatkan warganya terkontaminasi atau keracunan makanan yang mengandung merkuri.

Kebiasaan konsumsi ikan laut masyarakat Jepang dapat dikatakan sangat tinggi. Dan merkuri sangat mudah menyebar termasuk ke biota laut. Ikan atau biota laut yang terkontaminasi merkuri yang tercemar dapat menyebabkan penyakit minamata.

Keracunan merkuri menjadi penyebab penyakit minamata. Bukan hanya di laut, merkuri sebenarnya bisa ditemukan di alam bebas secara alami. Namun, keracunan merkuri baru akan terjadi apabila kamu mengonsumsi merkuri yang sudah terkontaminasi dengan bakteri.

Untuk mengenal lebih jauh seputar penyakit minamasa, berikut Liputan6.com, Sabtu (18/1/2020) telah merangkum dari berbagai sumber mengenai penyakit minamasa berserta penyebab, gejala, serta cara mencegah penyakit minamata muncul.

Mengenal Awal Mula Penyakit Minamata Muncul

Tanda-Tanda Terkena Merkuri (Tatyana Dzemileva/Shutterstock)
Tanda-Tanda Terkena Merkuri (Tatyana Dzemileva/Shutterstock)

Sebelum mengenal lebih jauh tentang penyebab penyakit minamata, ada baiknya untuk mengetahui apa itu penyakit minamata. Penyakit ini berasal dari nama Kota Minamata di Jepang. Ini merupakan daerah di mana penyakit minamata mewabah pada tahun 1958.

Pada waktu itu terjadi masalah wabah penyakit di Kota Minamata, Jepang. Ratusan orang meninggal akibat penyakit ini dengan gejala kelumpuhan saraf. Mengetahui kasus tersebut, akhirnya dilakukan pengamatan untuk dicari penyebab penyakit minamata ini.

Lewat pengamatan mendalam terkait gejala penyakit dan kebiasaan orang Jepang, serta pola makan kemudian ditemukan suatu hipotesisnya. Hipotesis mengatakan bahwa penyakit tersebut mirip orang yang keracunan logam berat.

Dilihat bahwa kebudayaan setempat diketahui memiliki kebiasaan mengonsumsi ikan laut dalam jumlah banyak. Melalui hasil hepotesis dan kebiasaan pola makan tersebut, kemudian dilakukan eksperimen untuk mengetahui apakah ikan-ikan di Teluk Minamata banyak mengandung logam berat atau merkuri.

Setelah menyusun teori, dilihat bahwa penyakit minamata diakibatkan oleh keracunan logam merkuri yang terkandung di dalam ikan. Ikan tersebut mengandung merkuri akibat adanya orang atau pabrik yang membuang merkuri ke laut.

 

Penyebab Penyakit Minamata

Waspada Bahaya Merkuri di Lingkungan Anda
Waspada Bahaya Merkuri di Lingkungan Anda

Penyakit minamata atau sindrom minamata merupakan sindrom kelainan fungsi saraf yang disebabkan oleh keracunan akut air raksa atau merkuri. Penyebab penyakit minamata dikarenakan sistem saraf pusat terganggu akibat mengonsumsi ikan atau kerang yang terkontaminasi logam berat arsen dan merkuri dalam jumlah banyak.

Merkuri alias air raksa merupakan logam berat yang jika masuk ke tubuh akan sulit untuk dikeluarkan. Bila tercemar dalam waktu yang panjang otomatis kadar merkuri ini kian bertambah hingga akhirnya menimbulkan penyakit seperti yang dialami warga Teluk Minamata, Jepang.

Keracunan merkuri menjadi penyebab penyakit minamata. Bukan hanya di laut, merkuri sebenarnya bisa ditemukan di alam bebas secara alami. Namun, keracunan merkuri baru akan terjadi apabila kamu mengonsumsi merkuri yang sudah terkontaminasi dengan bakteri.

Sehingga strukturnya berubah menjadi metil merkuri. Paparan metil merkuri dalam jumlah besar inilah yang menyebabkan keracunan. Keracunan merkuri yang merupakan penyebab penyakit minamata ini kerap menyerang otak dan sistem saraf seseorang.

Gejala Penyakit Minamata

Ilustrasi Otot dan Tulang Lemah! (Fizkez/Shutterstock)
Ilustrasi Otot dan Tulang Lemah! (Fizkez/Shutterstock)

Karena keracunan merkuri kerap menyerang otak dan sistem saraf seseorang, maka ada beberapa gejala penyakit minamata yang umum dirasakan. Kejang otot, mati rasa pada tangan dan kaki, otot melemah, penglihatan menyempit, serta gangguan pendengaran, dan bicara merupakan gejala penyakit minamata yang perlu diwaspadai.

Pada kasus yang sudah parah, keracunan merkuri di Kota Minamata Jepang ini menyebabkan kelumpuhan, gangguan jiwa, koma, bahkan kematian. Sedangkan keracunan merkuri pada ibu hamil juga dapat mengakibatkan kecacatan janin, keguguran, atau bahkan bayi lahir meninggal.

Cara Mencegah Penyakit Minamata

Seafood
Seafood

Hingga saat ini masih belum ada penawar khusus untuk mengobati keracunan metil merkuri atau penyakit minamasa ini. Biasanya, penanganan yang diberikan berfokus pada meringankan gejala serta membuang racun merkuri dari tubuh.

Penderita biasanya diminta untuk melakukan detoksifikasi dan diberikan arang aktif yang mampu mencegah penyerapan racun dalam tubuh. Karena belum ada cara mengobatai penyakit minamasa ini, namun kamu masih bisa mencegah penyakit ini.

Berdasarkan anjuran dari WHO menjelaskan bahwa untuk mencegah penyakit minamasa dengan menghindari konsumsi ikan besar yang mengandung merkuri tinggi di dalamnya seperti hiu, kerapu, todak, dan makarel.

Kamu bisa memilih ikan yang lebih kecil seperti ikan baronang, barakuda, salmon, tuna, dan bandeng. Selain itu, penting juga untuk memerhatikan sumber makanan laut yang dibeli atau dikonsumsi. Pastikan untuk tidak membeli dan memakan ikan dan olahan biota laut yang berasal dari perairan yang terkontaminasi limbah atau sedang dalam penyelidikan pemerintah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR dan Pemprov Jabar Koordinasi Tanggulangi Banjir

Posted: 17 Jan 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) untuk melaksanakan aksi penanggulangan banjir di sejumlah titik rawan di Jawa Barat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ada 9 kabupaten/kota di Jawa Barat yang sempat tertimpa musibah banjir pada awal Januari ini. Yakni Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kota Depok.

Menurut Menteri Basuki, salah satu infrastruktur penangkal banjir yang cukup efektif yakni Terowongan Nanjung di Curug Jompong. Beroperasinya terowongan itu membuat banjir di cekungan Bandung seperti daerah Dayeuhkolot tidak berlangsung lama, bahkan nyaris tidak terdengar adanya banjir.

"Untuk banjir Citarum, kami ingin sampaikan dengan hujan paling besar pada 17 Desember (2019) banjir tidak berkepanjangan di Dayeuhkolot, karena beroperasinya Terowongan Nanjung berfungsi untuk memperlancar aliran Sungai Citarum ke hilir," terang Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/1/2020).

Lebih lanjut, Menteri Basuki menyampaikan, untuk mengurangi banjir di cekungan Bandung secara signifikan, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum tengah menyelesaikan Sodetan Cisangkuy yang bisa mengalirkan 80 persen air dari sungai Cisangkuy langsung ke Citarum.

2020 Banjir Bisa Terkendali

Perumahan Cimareme Indah Kabupaten Bandung Barat terendam banjir akibat tanggul jebol, Selasa (31/12/2019).
Perumahan Cimareme Indah Kabupaten Bandung Barat terendam banjir akibat tanggul jebol, Selasa (31/12/2019).

Dia berharap April 2020 proyek sodetan Cisangkuy ini bisa selesai, sehingga banjir di Dayeuhkolot dan sekitarnya bisa dikendalikan secara optimal.

"Dengan demikian saya ingin tahun 2020 ini banjir di cekungan Bandung bisa kita kendalikan dan lebih baik. Karena saya harus memfokuskan ke hilir, seperti Karawang, Muara Gembong, Cilamaya yang tahun ini juga terkena banjir besar. Kita akan bangun Bendungan Cibeet dan Cijuray yang ditargetkan bisa terealisasi mulai tahun depan dan pembangunan bendungan diharapkan selesai paling lambat 2024," paparnya.

"Karena Cibeet ada di Kabupaten Bogor untuk mengendalikan banjir di Karawang dan Bekasi, sehingga penduduk ingin ada bendungan sendiri di Cijuray untuk irigasi di Kabupaten Bogor. Kita pastikan itu (Bendungan Cibeet dan Cijuray) dibangun dua-duanya kalau diperlukan rakyat, tidak perlu mana yang duluan," tambahnya.

Sementara untuk Bendungan Sukamahi dan Ciawi yang akan berfungsi sebagai pengendali banjir di Jakarta, Menteri Basuki berharap bendungan tersebut bisa beroperasi di akhir 2020. Adapun pembebasan lahan untuk kedua bendungan tersebut sudah mencapai 98 persen, sementara progres pembangunan sendiri mendekati 50 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Seleb yang Keranjingan TikTok, dari Dian Sastro hingga Agnez Mo

Posted: 17 Jan 2020 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini sejumlah seleb papan atas Indonesia kerap mengunggah video lucu dan unik di TikTok.

Mulai dari Dian Sastro hingga Agnez Mo turut meramaikan tren video pendek di TikTok.  

Video pendek yang mereka unggah pun terbilang cukup kreatif, menggunakan berbagai pilihan fitur, stiker, musik, dan tantangan yang seru.

Menurut keterangan resmi dari TikTok, Sabtu (18/1/2020), berikut adalah 5 seleb yang tidak hanya mendapatkan follower dan viewer yang banyak di TikTok, tapi juga berhasil menghibur pengguna lainnya dengan berbagai konten menarik.

Penasaran siapa saja selain Dian Sastro dan Agnez Mo yang keranjingan TikTok? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut ini. 

 

1. Dian Sastro

Dian Sastro beraksi di TikTok. Dok: tiktok.com
Dian Sastro beraksi di TikTok. Dok: tiktok.com

Artis berbakat ini mulai bergabung di TikTok dengan menari luwes mengikuti lagu "The Weekend" dari SZA dan Calvin Harris. Bahkan Dian mengajak Zara dan aktor senior Slamet Raharjo untuk ikutan tantangan ini.

Kira-kira bagaimana aksi Dian di video-video berikutnya, ya?

 

2. Luna Maya

Luna Maya mengikuti berbagai challenge dan gerakan yang lagi trending di TikTok. Dok: tiktok.com
Luna Maya mengikuti berbagai challenge dan gerakan yang lagi trending di TikTok. Dok: tiktok.com

Dengan penampilan yang santai, Luna mengunggah beberapa video dengan mengikuti berbagai challenge dan gerakan yang lagi trending di TikTok.

Contohnya Lalala challenge yang mengajak pengguna untuk mengikuti urutan emoticon tangan dengan mengikuti lagu "Lalala" dari Danila Carvalho.

 

3. Gisella Anastasia

Gisella dan Gempi menggunakan sticker Cute Girl di TikTok: Dok: tiktok.com
Gisella dan Gempi menggunakan sticker Cute Girl di TikTok: Dok: tiktok.com

Kerap berduet dengan anaknya, Gempita, duo ibu-anak ini rajin mengikuti tantangan dan juga mencoba berbagai fitur di TikTok.

Dengan 1 juta follower dan 3.8 juta likes, Gisella menjadi artis paling populer di TikTok pada 2019 dan sampai sekarang terus menghibur pengguna lainnya dengan video-video menggemaskannya.

Salah satunya saat Gisella dan Gempi menggunakan sticker Cute Girl ini.

 

4. Anji Manji

Anji Manji mengunggah video joget lagu Siapa Benar Siapa Salah yang mengajak duet pengguna lain, sampai video transisi di TikTok. Dok: tiktok.com
Anji Manji mengunggah video joget lagu Siapa Benar Siapa Salah yang mengajak duet pengguna lain, sampai video transisi di TikTok. Dok: tiktok.com

Musisi dan konten kreator satu ini tidak diragukan lagi kreativitasnya, dan itu juga terlihat dari video yang diunggah Anji di akun TikTok-nya.

Dari video joget lagu Siapa Benar Siapa Salah yang mengajak duet pengguna lain, sampai video transisi yang ia buat bersama anaknya Leticia.

 

 

5. Agnez Mo

Agnez Mo mengajak keponakannya untuk menari mengikuti lagunya yang sedang hits "Nanana". Dok: tiktok.com

Artis yang sudah go-internasional ini kerap mengunggah video di akun TikTok di sela-sela kegiatannya, termasuk saat sedang rekaman di studio, bersantai di rumahnya, sampai di belakang panggung.

Di video ini, Agnez mengajak keponakannya untuk menari mengikuti lagunya yang sedang hits "Nanana".

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Deras Mengguyur Jakarta, Transjakarta Tetap Beroperasi Normal

Posted: 17 Jan 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan sejak dini hari tadi. Sejulah kawasan di Ibu Kota pun tergenang air.

Meski demikian, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo mengatakan, semua angkutan dan rute Transjakarta berjalan normal.

"Semua rute dan halte BRT/bus stop Non BRT tetap melayani seperti biasa, hanya saja headway yang biasanya 5 menit di hari biasa, pada weekend headway menjadi 10-15 menit," kata Nadia, Sabtu (18/1/2020).

Sementara itu, berdasarkan akun twitter resmi Traffic Management Center Polda Metro Jaya, bahwa ada sejumlah genangan akibat hujan yang terjadi.

Pada pukul 09.50 WIB terjadi genangan mencapai 20 cm di jalan Letjend S. Parman.

"Genangan air 10 cm sampai 20 cm di Jl. Letjend S. Parman depan Citraland arah Grogol maupun layang Latumenten. Masih bisa di lintasi kendaraan," cuit TMC Polda Metro Jaya.

Kemudian, pada 08.49 WIB juga ada genangan di Jalan Kramat Jati.

"Genangan air di Jl Kramat jati depan Ramayana Jaktim. Masih bisa di lintasi," tulis TMC Polda Metro Jaya.

Cililitan dan Kelapa Gading

Demikian pula di depan Ramayana arah PGC Cililitan Jaktim, air tergenang dan membuat pengemudi kendaraan harus hati-hati.

Sementara genangan air di Jalan Arjuna Selatan depan sekolah Bina Bangsa 20 cm. Demikian pula genangan Air di wilayah Kelapa Gading saat ini masih bisa dilintasi kendaraan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Bocoran Generasi Terbaru Hummer

Posted: 17 Jan 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - General Motors (GM) kabarnya akan mengenalkan generasi terbaru Hummer lewat iklan pada event olahraga populer Super Bowl pada Februari. Rumornya wujud Hummer baru berupa versi pikap dan beralih ke tenaga listrik.

Rencana elektrifikasi ini memang telah dicanangkan GM sejak lama. Tak hanya Hummer, beberapa model lain juga ditransformasi, seperti GMC Sierra dan Cadillac Escalade.

Total ada 20 mobil elektrik dihadirkan nanti. Walau begitu, belum diketahui seperti apa timeline masing-masing model.

Hummer sendiri merupakan SUV yang diadopsi dari kendaraan militer bernama Humvee, buatan AM general of South Beng, Ind. GM kemudian mengambil alih untuk memproduksi versi sipilnya.

Model pertama yang meluncur dinamakan H1, lalu diteruskan H2 pada 2002. Ia dikenal sebagai tunggangan eksentrik orang kaya.

Berbobot 2.721 kg, Hummer juga terkenal sebagai peminum BBM yang rakus. Dilaporkan situs The Wall Street Journal, ia bisa menghabiskan bensin satu liter hanya untuk perjalanan sejauh 4,2 km.

Itu tentunya berubah ketika Hummer disetrum GM. Malah nantinya dijual di bawah merek GMC. Menurut analis Barclays, Brian Johnson, strategi ini akan membantu produksinya menjadi lebih efektif.

 

Kenapa Pikap?

Pertanyaan paling menarik terletak pada wujud. Mengapa GM memilih menjadikannya pikap? Cukup masuk akal kalau melihat pasar ini semakin berkembang, terutama di Amerika Serikat.

Terlihat dari banyaknya pemain pikap listrik yang hadir. Sebut saja Rivian dengan R1T, Bollinger melalui B1, dan yang terbaru Tesla Cybertruck. Belum lagi pabrikan lama, Ford Motor Co yang tengah mengembangkan F-150 pikap elektrik.

Jika memang benar, GM harus menyiapkan strategi terbaik, sekaligus menyajikan Hummer dalam bentuk semenarik mungkin. Ditambah teknologi yang disuguhkan. Model terbaru Hummer diperkirakan dijual resmi pada awal 2022.

Sebagai pengenalan, GM menggaet LeBron James membintangi iklan Super Bowl guna mempromosikan Hummer. Wujudnya sendiri disebutkan bakal garang sesuai dengan selera para penggemar off-road. Ia pun tak ditargetkan sebagai volume maker.

Model Hummer dan truk listrik lainnya akan dibangun di pabrik perakitan Detroit-Hamtramck GM. Pabrik itu sempat mau ditutup, tapi akhirnya GM menginvestasikan $ 3 miliar untuk membangunnya kembali. Namun, belum dijelaskan apakah hanya fokus pada kendaraan listrik.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta Tergenang, Tinggi Air di Bendung Katulampa Masih Normal

Posted: 17 Jan 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Sub-Unit Pelayanan Ciliwung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, Tinggi Muka Air (TMA) di Bendung Katulampa, masih normal. Dia menyebut, sampai saat ini Sungai Ciliwung masih aman.

"TMA 10 (centimeter), Ciliwung aman," kata Andi kepada Liputan6.com, Sabtu (18/1/2020).

Dia mengatakan, genangan yang melanda sejumlah titik di Jakarta diperkirakan karena curah hujan tinggi.

"Hujan lokal di kawasan Jakarta," ucap.

Sebelumnya, hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya, Sabtu (18/1/2020) pagi. Sejumlah kawasan di Ibu Kota pun tergenang air.

Berikut sejumlah wilayah yang tergenang air dikutip dari laman Twitter Traffic Management Center Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro.

Genangan antara lain tercatat di Jalan Jendral Sudirman (Kolong Semanggi)tepatnya di depan Universitas Atmajaya arah semanggi. Genangan air juga terlihat di Jalan Gatot Subroto setelah Traffic light Kuningan arah Semanggi.

Kemudian, air juga tergenang Jalan Tanjung Duren Raya depan kantor Pemadam Jakbar serta di sekitar Pos Pengumben. Namun, kendaraan masih bisa melintas di kawasan ini.

Genangan juga terlihat Jalan Cikini Raya Jakarta Pusat dan di Jalan Traffic light Millenuim Tanah Abang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wejangan Kapolda Jabar untuk Polisi Garut yang Bikin Adem

Posted: 17 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Garut Diawali prosesi upacara adat sunda, kunjungan kerja Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Rudy Sufahriadi di Mapolres Garut, berlangsung hidmat. Pengalungan bunga menjadi suguhan awal, kedatangan orang nomor satu di Mapolda Jabar tersebut.

Kehadiran mantan Kapolres Poso, itu memang bukan pertama kali di Mapolres Garut, namun kunjungan kali ini terbilang istimewa, sebagai kunjungan resmi perdana sejak menyandang Kapolda Jabar, menjelang pertengahan 2019 lalu.

"Saya sudah bulak balik ke polres Garut, tapi belum kunjungan kerja, padahal saya bicara di depan anggota hukumnya wajib," ujar Rudy di awal-awal sambutannya di depan sekitar 600 perwira dan anggota Polres Garut, kemarin.

Menurutnya, pengarahan terhadap seluruh jajarannya di wilayah hokum Polda Jawa Barat merupakan titah institusi, sebagai bagian pembinaan yang dilakukan di korps Bhayangkara.

"Setiap pemimpin akan diminta pertanggung jawabannya, apa yang dilakukan anak buah, itu bagian tanggung jawab saya, dan saya pertanggung jawabkan di depan Alloh," kata dia.

Mantan Kapolda Sulawesi Tengah ini mengatakan, saat ini jumlah anggota polda jabar tercatat hingga 32 ribu, sehingga tanggung jawabnya cukup besar.

"Apapun yang anggota perbuat selama saya tidak melarang dan tidak melanggar aturan silahkan," ujar dia mengingatkan.

Sebagai perwira tinggi yang merintis karir di beberapa daerah konflik Indonesia, tugas polisi sebagai pelayan masyarakat cukup berat, sehingga harus dijalani dengan penuh tanggung jawab.

"Kita bukan siapa-siapa, kalau melihat polisi yang sombong, ele-ele (seenaknya) menggunakan kekuasaannya, arogan, pasti dia tidak tahu," ujar dia mengingatkan anak buahnya.

Ia tak sungkan mengingatkan, agar polisi selalu menjaga kejujuran dan hidup bersahaja bersama-sama dengan masyarakat, sekaligus memberikan contoh dalam melayani mereka.

"Jadilah polisi yang baik pasti berkah, saya yakin itu, kalau tidak ya harus dipertanggungjawabkan," kata dia,

Sebagai daerah yang terbilang subur dan indah dengan pemandangan alam di wilayah Jawa Barat, lembaganya mengingatkan agar anggota polres Garut, menjalankan tugas penuh tanggung jawab.

"Ini modal kita, kalau anggot pandai bersyukur pasti  karir dinasnya baik," ujar dia membuka salah satu rahasia hidup sukses.

Bahkan mantan komandan operasi penangkapan gembong teroris Santoso itu, tak menutupi kekagumannya kepada alam dan masyarakat Garut.

"Jadi kalau ada anggota polres ingin pindah dari Garut itu belegug (Bodoh)," ujar dia disambut gelak tawa para anggotanya.

 

 

Pesan Kapolda

Sambutan Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Rudy Sufahriadi,d alam kunjungan kerjanya di Mapolres Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Sambutan Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Rudy Sufahriadi,d alam kunjungan kerjanya di Mapolres Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

 

Dalam kunjungan itu, tak ketinggalan Rudy menyampaikan beberapa pesan penting bagi seluruh anggota polres Garut. Menurutnya, sebagai anggota polisi harus pandai bersyukur terhadap seluruh nikmat dan karunia yang diberikan Tuhan.

"Saya nguriling (Berkeliling) pakai sepeda di Garut hanya bisa bersykur, indah sekali, ini surganya dunia," kata dia.

Kondisi alam Garut yang asri, bakal memberikan kesan betah bagi siapa pun yang pernah mengunjungi salah satu kabupaten penghasil dodol di Jawa Batat itu.

Kalau kamu ke NTT lihat dari pesawat, gak ada hijaunya, batu karang semua, di mana hijaunya, coba ke Garut, baru naik sepeda luar bisa, gelontoran air, sawah, semilir angin, ceweknya cantik-cantik," ujar dia sambil bercanda di depan anak buahnya.

Khusus bagi anggota polisi muda, Rudy mengingatkan agar mereka bekerja keras dan tidak malas, terhadap seluruh tugas dan kesempatan yang diberikan.

"Sumber masalah itu datang jika kita malas," ujar dia mengingatkan.

Kemudian, maraknya penggunaaan media sosial (medosos), harus disikapi bijak seluruh anggota, sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Ulah polontong (sombong), yang baru-baru (polisi muda) kasi tahu, kalau udah pakaian preman, tetap jangan lupa bahwa dia tetap polisi, jangan seenaknya," kata dia.

Terakhir, sebagai lembaga keamanan negara, lembaganya meminta seluruh anggota, menjaga integritas dan keteladanan yang baik bagi masyarakat.

"Pak Idham (Kapolri Jenderal Idham Aziz) selalu menyampaikan, satu keteladanan akan lebih baik dari seribu pengarahan," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Model Tewas Gara-Gara Selfie di Atas Tebing, Warganet Malah Tulis Komentar Jahat

Posted: 17 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang model bernama Madalyn Davis tewas karena terjatuh dari tebing di Diamond Bay Reserve di Sydney, Australia pada Minggu (12/1/20). Ia terjatuh dari tebing setinggi 30 meter sekitar pukul 6.30 pagi. Diketahui ia sedang mengabadikan momen dengan selfie di atas tebing tersebut.

Sebelum memutuskan untuk pergi ke tebing tersebut, ia dan ketujuh temannya telah menghadiri pesta di Vaucluse pada Sabtu malam.

Melansir dari The Sun, model yang berasal dari Inggris itu diperkirakan telah memanjat pagar agar dapat duduk di tepi tebing dan bisa menyaksikan matahari terbit. Madalyn dan teman-temannya mengabaikan penghalang yang terpasang di area tebing tersebut.

"Maddy menghadiri pesta kemudian mereka semua pergi ke tebing ini untuk berfoto," ucap temannya Lydia Woodward.

Komentar Netizen

Model asal Inggris meninggal karena selfie di atas tebing
Model asal Inggris meninggal karena selfie di atas tebing

Karena aksinya melanggar pembatas yang telah terpasang, akun media sosialnya ramai diserbu dengan komentar jahat sesaat setelah berita kematiannya tersebar.

'Apakah ada yang mengunggah foto selfie yang dia ambil? Saya harap itu setimpal,' tulis seseorang.

'Pagar dan rambu dipasang karena suatu alasan. Foto Instagram sempurna Anda membuat Anda kehilangan nyawa. Semoga yang lain akan belajar dari ini.'

Ditemukan Setelah 4 Jam Pencarian

Model asal Inggris meninggal karena selfie di atas tebing
Model asal Inggris meninggal karena selfie di atas tebing

Mayat Madalyn baru ditemukan di dalam air setelah empat jam pencarian oleh polisi. Diketahui, Madalyn merupakan seorang backpacker yang suka menghabiskan waktunya untuk jalan-jalan.

Wanita berusia 21 tahun ini memutuskan pindah dari Lincoln ke Australia pada akhir tahun lalu. Ia ingin memulai kehidupan yang baru.

Tebing Diamond Bay merupakan salah satu tempat yang popular di daerahnya. Tempat tersebut menjadi tujuan wajib bagi para backpacker untuk bisa mengabadikan moment dengan selfie di tepi tebing yang berbahaya tersebut. Kejadian serupa juga terjadi sebelumnya pada Agustus 2019.

Madalyn sendiri diketahui merupakan seorang penata bulu mata dengan bayaran $ 50 atau Rp680 ribu per set. Selain itu, ia juga beberapa kali mencoba peruntungan menjadi seorang model.

 

Penulis:

Ulya Kaltsum

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Hamil Anemia, Berapa Tablet Tambah Darah yang Harus Dikonsumsi?

Posted: 17 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi ibu hamil yang mengalami anemia perlu rutin minum tablet tambah darah sesuai anjuran dokter. Hal ini perlu dilakukan demi pertumbuhan janin yang sehat selama kehamilan.

Menurut Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Kirana Pritasari, ada jumlah tertentu tablet tambah darah yang harus diminum ibu hamil yang anemia.

"Minimal 90 tablet penambah darah untuk ibu hamil yang anemia. Itu selama kehamilan ya, 9 bulan kehamilan," terang Kirana saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Selasa (14/1/2020).

Konsumsi tablet tambah darah penting dilakukan untuk mendorong agar perkembangan sistem saraf janin. Sehingga mencegah bayi lahir cacat seperti disampaikan Kirana. 

Harus Dicek Minum Obat Penambah Darah

Tenaga kesehatan harus mengecek secara berkala kepatuhan ibu hamil minum tablet tambah darah. Kepatuhan minum obat tersebut juga menilai apakah ibu mengalami efek samping dari obatnya.

"Harus patuh rutin kapan minum tablet tambah darah. Karena obat itu menimbulkan efek samping, seperti mual sehingga ibu hamil akan sulit buat makan," kata Kirana.

"Nah, adanya mual bisa saja ibu hamil malah enggak minum tablet tambah darah. Padahal, itu buat mendukung pertumbuhan sistem saraf janin di awal kehamilan."

Bidan di fasilitas kesehatan, misal puskesmas juga harus gencar memberikan konseling soal obat penambah darah yang harus diminum ibu hamil anemia. Di dalam tablet tambah darah mengandung asam folat dan zat besi, yang termasuk bagian mikronutrien (zat gizi mikro).

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [FEATURE] Dampak Letusan Gunung Taal

Posted: 17 Jan 2020 09:00 PM PST

Rumah-rumah yang ditinggalkan dan pohon kelapa tertutup abu vulkanik letusan Gunung Taal di Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE / AFP)
Rumah-rumah yang ditinggalkan dan pohon kelapa tertutup abu vulkanik letusan Gunung Taal di Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE / AFP)

Rumah-rumah yang ditinggalkan dan pohon kelapa tertutup abu vulkanik letusan Gunung Taal di Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE / AFP)

Pandangan udara memperlihatkan bangunan-bangunan yang tertutup abu vulkanik akibat letusan Gunung Taal di Desa Buso Buso, Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Kamis (17/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ed JONES/AFP)
Pandangan udara memperlihatkan bangunan-bangunan yang tertutup abu vulkanik akibat letusan Gunung Taal di Desa Buso Buso, Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Kamis (17/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ed JONES/AFP)

Pandangan udara memperlihatkan bangunan-bangunan yang tertutup abu vulkanik akibat letusan Gunung Taal di Desa Buso Buso, Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Kamis (17/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ed JONES/AFP)

Sejumlah bebek berdiri dekat ikan yang mati di sebuah pantai desa nelayan setelah meletusnya Gunung Taal, Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE/AFP)
Sejumlah bebek berdiri dekat ikan yang mati di sebuah pantai desa nelayan setelah meletusnya Gunung Taal, Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE/AFP)

Sejumlah bebek berdiri dekat ikan yang mati di sebuah pantai desa nelayan setelah meletusnya Gunung Taal, Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE/AFP)

Warga yang terkena dampak letusan Gunung Taal melewati tanaman nanas yang tertutup abu vulkanik di Kota Tagaytay, Provinsi Cavite, Filipina Kamis (17/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE/AFP)
Warga yang terkena dampak letusan Gunung Taal melewati tanaman nanas yang tertutup abu vulkanik di Kota Tagaytay, Provinsi Cavite, Filipina Kamis (17/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE/AFP)

Warga yang terkena dampak letusan Gunung Taal melewati tanaman nanas yang tertutup abu vulkanik di Kota Tagaytay, Provinsi Cavite, Filipina Kamis (17/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE/AFP)

Warga berjalan di antara puing-puing rumahnya yang hancur tertutup abu vulkanik letusan Gunung Taal di sebuah desa di Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE/AFP)
Warga berjalan di antara puing-puing rumahnya yang hancur tertutup abu vulkanik letusan Gunung Taal di sebuah desa di Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE/AFP)

Warga berjalan di antara puing-puing rumahnya yang hancur tertutup abu vulkanik letusan Gunung Taal di sebuah desa di Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE/AFP)

Sejumlah warga membersihkan abu vulkanik dari atap rumah mereka setelah letusan Gunung Taal di Desa Buso-Buso, Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Kamis (17/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ed JONES/AFP)
Sejumlah warga membersihkan abu vulkanik dari atap rumah mereka setelah letusan Gunung Taal di Desa Buso-Buso, Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Kamis (17/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ed JONES/AFP)

Sejumlah warga membersihkan abu vulkanik dari atap rumah mereka setelah letusan Gunung Taal di Desa Buso-Buso, Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Kamis (17/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ed JONES/AFP)

Sebuah tas dan kalender menggantung pada dinding rumah yang tertutup abu vulkanik setelah letusan Gunung Taal di Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE/AFP)
Sebuah tas dan kalender menggantung pada dinding rumah yang tertutup abu vulkanik setelah letusan Gunung Taal di Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE/AFP)

Sebuah tas dan kalender menggantung pada dinding rumah yang tertutup abu vulkanik setelah letusan Gunung Taal di Laurel, Provinsi Batangas, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ted ALJIBE/AFP)

Wanita lanjut usia dibantu kerabatnya saat berada di pusat evakuasi korban letusan Gunung Taal di Sekolah Dasar Dona Tiburcia Carpio Malvar, Tanauan, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ed JONES/AFP)
Wanita lanjut usia dibantu kerabatnya saat berada di pusat evakuasi korban letusan Gunung Taal di Sekolah Dasar Dona Tiburcia Carpio Malvar, Tanauan, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ed JONES/AFP)

Wanita lanjut usia dibantu kerabatnya saat berada di pusat evakuasi korban letusan Gunung Taal di Sekolah Dasar Dona Tiburcia Carpio Malvar, Tanauan, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ed JONES/AFP)

Seorang anak duduk di ruang kelas Sekolah Dasar Dona Tiburcia Carpio Malvar yang digunakan sebagai pusat evakuasi korban letusan Gunung Taal, Tanauan, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ed JONES/AFP)
Seorang anak duduk di ruang kelas Sekolah Dasar Dona Tiburcia Carpio Malvar yang digunakan sebagai pusat evakuasi korban letusan Gunung Taal, Tanauan, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ed JONES/AFP)

Seorang anak duduk di ruang kelas Sekolah Dasar Dona Tiburcia Carpio Malvar yang digunakan sebagai pusat evakuasi korban letusan Gunung Taal, Tanauan, Filipina, Rabu (16/1/2020). Pihak berwenang Filipina memperingatkan bahwa potensi Gunung Taal untuk kembali meletus masih tinggi. (Ed JONES/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soraya Haque Tulis Kalimat Menyentuh untuk Sang Suami yang Tengah Sakit Keras

Posted: 17 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ekki Soekarno, aktor sekaligus musisi dan juga suami Soraya Haque, kini tengah terbaring lemah di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro, Tangerang Selatan. Kondisinya cukup memprihatinkan, lantaran banyak selang dan kabel yang menempel di tubuh Ekki Soekarno yang tengah mendapatkan perawatan intensif.

Kabar tersebut diketahui melalui unggahan Soraya Haque di Instagram pribadinya @sorayahaque, Sabtu (18/1/2020). Sambil mencium sang suami, peragawati senior ini menuliskan kalimat menyentuh.

"Perjalanan suka duka sudah kita lewati berdua. Apapun kondisinya saya sudah membuktikan bahwa kita memang berjodoh selamanya. Kamu adalah saya.Dan saya adalah kamu," tulis Soraya Haque

Pembuktian

Foto Instagram @sorayahaque
Foto Instagram @sorayahaque

Soraya Haque juga membuktikan ia dan suaminya berjodoh. Sejak awal menikah sampai dikaruniai tiga orang anak, mereka masih tetap bersama dan menjalani pahit manisnya berumah tangga selama 29 tahun.

"Pembuktian-pembuktian sumpah dan janji kamu telah dibayar tunai. Tiada terhutang dalam tindakan maupun ucapan, sosok kamu adalah perisai hati yang tidak tergantikan," tulis Soraya tentang sang suami yang dikenal sebagai drummer itu.

Saksi

Momen Soraya Haque Rayakan Ulang Tahun Suami di Korea Selatan (sumber: instagram/sorayahaque)
Momen Soraya Haque Rayakan Ulang Tahun Suami di Korea Selatan (sumber: instagram/sorayahaque)

Selama 29 tahun bersama menjadi saksi hidup bahwa mereka adalah satu. Saat ini, kebersamaan itu tinggal menunggu pemberhentian terakhirnya.

"Semua menjadi saksi gambaran diri, terutama kesederhanaan kamu membuat saya bertambah cinta. Tinggal menuntaskan tugas impian kearah terminal terakhir, sesuai nama yang melekat di diri kamu, yaitu EKKI (terminal)," tulis Soraya

Doa

Momen Soraya Haque Rayakan Ulang Tahun Suami di Korea Selatan (sumber: instagram/sorayahaque)
Momen Soraya Haque Rayakan Ulang Tahun Suami di Korea Selatan (sumber: instagram/sorayahaque)

Di pengujung tulisannya, Soraya Haque memanjatkan doa buat sang suami tercinta.

"Secuil doa pagi ini, "saya ingin menua bersama kamu, ekki ..."❤️," tulis Soraya

Dukungan dari Sang Adik

Soraya Haque dan Ekkie Soekarno bersama Shahnaz Haque dan Gilang Ramadhan (Instagram/@sorayahaque)
Soraya Haque dan Ekkie Soekarno bersama Shahnaz Haque dan Gilang Ramadhan (Instagram/@sorayahaque)

Sahabat banyak yang mendoakan yang terbaik buat suami Soraya Haque. tak ketinggalan sang adik, presenter Shanaz Haque ikut memberikan doa dan semangta buat sang kakak.

"Kami ada menemani kamu melewati proses ini, Mama @sorayahaque ❤️❤️," tulis Shanaz Haque. Soraya adalah anak kedua dari 3 bersaudara Haque. Kakaknya, artis dan mantan politisi Marissa Haque yang menikah dengan rocker senior serta pengusaha Ikang Fawzi. Sementara, adik bungsu, Shahnaz Haque dikenal sebagai istri drummer Gilang Ramadhan. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Semifinal Indonesia Masters Sabtu 18 Januari 2020

Posted: 17 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Babak semifinal Indonesia Masters 2020 bakal berlangsung Sabtu, 18 Januari 2020. Indonesia masih memiliki dua wakil di babak ini.

Lima wakil tuan rumah di Indonesia Masters 2020, yakni Anthony Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Bahkan, Indonesia telah memastikan satu tempat di babak final yang bakal berlangsung pada Minggu (19/1/2020). Dua wakil Indonesia di ganda putra Ahsan / Hendra bakal berduel lawan Fajar / Rian di babak semifinal.

Sementara Kevin / Marcus bakal melawan pasangan Malaysia, Aaron Chia / Soh Wooi Yik. Lawan Kevin / Marcus merupakan unggulan kedelapan di Indonesia Masters 2020.

Di pertandingan lain Indonesia Masters 2020, Ginting akan berduel lawan Viktor Axelsen ada di nomor urut kelima. Duel ini diyakini bakal menarik karena rekor pertemuan kedua pebulutangkis saat ini adalah 3-2 untuk kemenangan Ginting. Di laga terakhir, Ginting menang setelah Axelsen memutuskan mundur karena cedera.

 

Link Live Streaming

Anda bisa menyaksikan Indonesia Masters 2020 di TVRI melalui link berikut ini....

Jadwal Wakil Indonesia d Semifinal Indonesia Masters 2020

Anthony Ginting vs Viktor Axelsen

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Aaron Chia/Sooh Woi Yik

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Kim So Yeong/Kong Hee Yong

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ajaib, Bocah 5 Tahun Selamat Usai Ditabrak Mobil

Posted: 17 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang bocah lima tahun terlempar sejauh enam meter usai ditabrak mobil di Jalan Chonburi, Thailand. Ajaibnya, bocah tersebut selamat dan hanya mengalami luka ringan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kedekatan Pemain Sinetron Samudra Cinta di Balik Layar, Kompak

Posted: 17 Jan 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Samudra Cinta yang sudah tayang sejak 2 Desember 2019 ini berhasil menggebrak dunia sinetron Tanah Air. Didukung cerita menarik dan akting para pemainnya, sinetron ini langsung meraih rating tinggi di awal episode-nya.

Chemistry antara Rangga Azof (Samudra) dan Haico Van der Veken (Cinta) sukses mencuri perhatian penonton. Selain itu, jajaran aktor dan artis yang menjadi pemeran pendukung dalam Samudra Cinta membuat sinetron ini makin dicintai penonton.

Sinetron yang menghadirkan konflik dalam keluarga dan cinta ini berhasil membuat penonton terbawa perasaan. Menjadi salah satu tontonan yang tengah hits, membuat para pemainnya mengundang rasa penasaran publik.

Terlibat dalam syuting bersama setiap hari, menghadirkan kedekatan di antara para pemain. Kedekatan pemain Samudra Cinta pun kompak layaknya keluarga sendiri.

Para pemain Samudra Cinta pun kerap membagikan potret-potret kedekatannya saat sedang tidak syuting di akun Instagram. Penasaran seperti apa potret kedeketan para pemain sinetron ini? Berikut potret kebersamaan para pemain Samudra Cinta dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (18/1/2020).

1. Haico Van Der Veken dan Rangga Azof terpilih jadi dua pemeran utamanya. Keduanya pun terlihat kompak saat sedang tidak syuting.

Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@haico.vdv)
Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@haico.vdv)

2. Dylan kembali berakting di sinetron Samudra Cinta, ia memerankan karakter Doni.

Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@aldobamar)
Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@aldobamar)

3. Potret seru para pemain cewek di Samudra Cinta saat kumpul bersama.

Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@haico.vdv)
Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@haico.vdv)

4. Meski dalam sinetron antar anggota keluarga Rusdi punya masalah, namun saat break syuting para pemainnya akrab banget.

Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@eva_anindita_zachrie)
Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@eva_anindita_zachrie)

5. Perbedaan usia di antara para pemain Samudra Cinta ini tak menjadi penghalang untuk bersahabat.

Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@angelagilsha)
Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@angelagilsha)

6. Berseteru sengit di dalam sinetron, Haico dan Angela Gilsha punya kedekatan bak kakak-adik di dunia nyata lho.

Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@angelagilsha)
Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@angelagilsha)

7. Momen kedekatan Haico, Rangga Azof dan Mischa Chandrawinata di sela-sela break syuting.

Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@haico.vdv)
Samudra Cinta (Sumber: Instagram/@haico.vdv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanggul Penyangga Kali Sekretaris Jebol

Posted: 17 Jan 2020 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tanggul penyangga Kali Sekretaris di Jalan Tanjung Duren, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat jebol pada Sabu (18/1/2020). Jebolnya tanggul penyangga tersebut disebabkan tingginya debit air di kali tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) DKI Jakarta, Muhammad Insyaf. Ia mengaku, mendapat laporan jika tanggul penyangga di Kali Sekretaris jebol.

"Saya tadi memang dengar ada kebocoran," kata Insyaf saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (18/1/2020).

Insyaf mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu informasi dari petugas yang sudah mengecek lokasi jebolnya tanggul penyangga.

"Saya belum sampai kantor, jadi saya belum mengecek hasil datanya. Nanti saya akan kasih tahu informasinya ," sambung Isnyaf.

Sementara, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Duri Kepa, Margo Wibowo mengatakan, jebolnya tanggul penyangga Kali Sekretaris terjadi sekira pukul 09.00 WIB, tepatnya di RT 007, RW  005, Depan Vihara Duri Kepa.

Margo meminta, Pemprov DKI Jakarta untuk memperbaiki tanggul yang jebol. Ia khawatir, jika tanggul jebol terus dibiarkan maka air dari Kali Sekretaris bisa merendam rumah warga khususnya di RW 05, RW 09, dan RW 14, Perumahan Green Ville, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Kepada pihak terkait segera melakukan normalisasi tanggul jebol, agar luapan air kali tidak menggenangi jalan bahkan sampai permukiman penduduk," ucap Margo Wibowo.

 

(Rizki Putra Aslendra)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Australia Jadi Salah Satu Kawasan Terpanas Tahun 2019, Suhu Ekstrem Menanti di 2020

Posted: 17 Jan 2020 08:48 PM PST

Liputan6.com, Sydney - World Meteorological Organization atau Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengatakan tahun 2019 kemarin suhu bumi rata-rata mencapai rekor tertinggi kedua dalam sejarah.

Suhu panas tertinggi yang pernah tercatat di dunia adalah di tahun 2016.

Organisasi berbasis di Jenewa, Swiss, tersebut mengumpulkan data dari berbagai pengukuran di dunia, di antaranya yang dikumpulkan Badan Angkasa Luar milik Amerika Serikat, atau NASA dan Data dari Kantor Cuaca Inggris.

Menurut WMO, semua penduduk dunia harus bersiap-siap menghadapi suhu udara yang lebih panas dan dapat mengakibatkan bencana, seperti kebakaran semak yang terjadi di Australia.

Data yang disimpulkan WMO menunjukkan suhu global di tahun 2019 adalah 1.1 derajat Celcius di atas sebelum industri revolusi.

Angka ini kemudian dianggap sebagai angka yang aman.

"Kita akan menghadapi suhu yang lebih ekstrem di sepanjang tahun 2020 dan juga selama beberapa dekade mendatang disebabkan gas rumah kaca yang ada di atmosfer," kata Sekjen WMO, Petteri Taalas seperti dikutip dari ABC Indonesia, Sabtu (18/1/2020).

"Australia sudah mengalami tahun paling panas dan paling kering dalam sejarah di tahun 2019, membuat terjadinya kebakaran semak yang sudah memakan korban begitu banyak orang, properti, satwa liar, ekosistem dan lingkungan."

Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim telah menyebabkan cuaca sangat buruk seperti gelombang panas di Eropa di tahun 2019, serta badai topan yang pernah menghantam Kepulauan Bahamas di Karibia dan menewaskan sedikitnya 50.

 

Mengurangi Bahan Bakar Fosil

Ilustrasi gelombang panas di Mesir. (http://egyptianstreets.com)
Ilustrasi gelombang panas di Mesir. (http://egyptianstreets.com)

Dalam kesepakatan yang dicapai di Paris tahun 2015, dunia menyetujui untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, sehingga pemanasan global tidak melebihi 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri.

Di atas angka tersebut, pemanasan global akan menyebabkan terumbu karang di dunia musnah dan juga melelehnya lapisan es di Kutub Utara.

Namun WMO mengatakan bila dunia tidak melakukan apapun, maka suhu dunia bisa naik antara 3 sampai 5 derajat Celcius.

Amerika Serikat, sebagai negara penghasil gas rumah kaca terbesar di dunia, serta produsen minyak dan gas besar, telah menarik diri dari Perjanjian Paris tahun lalu.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump meragukan pendapat para ilmuwan mengenai pemanasan global.

Namun dalam pertemuan dengan wartawan hari Rabu lewat video, para ilmuwan Amerika Serikat mengatakan data yang ada menunjukkan adanya pemanasan global.

Suhu terpanas tercatat dalam sejarah sebelumnya adalah di tahun 2016, ketika terjadinya fenomena cuaca yang dikenal dengan nama El Nino, yang membuat suhu permukaan laut naik 1.2 derajat Celcius.

"Di masa depan, kemungkinan yang terjadi adalah El Nino yang lebih panas dibandingkan sebelumya," kata ilmuwan WMO, Omar Baddour.

"Kita sudah harus mengibarkan bendera merah (tanda bahaya) sekarang."

Lihat berita selengkapnya dalam bahasa Inggris di sini 

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ashley Young Resmi Gabung Inter Milan

Posted: 17 Jan 2020 08:45 PM PST

Pemain Manchester United Ashley Young (depan) berlatih bersama rekan setimnya jelang menghadapi PSG pada Liga Champions di Stadion The Parc des Princes, Paris, 5 Maret 2019. Young merampungkan proses kepindahan dari MU ke Inter Milan, Sabtu (18/1/2020) dini hari WIB. (Anne-Christine POUJOULAT/AFP)
Pemain Manchester United Ashley Young (depan) berlatih bersama rekan setimnya jelang menghadapi PSG pada Liga Champions di Stadion The Parc des Princes, Paris, 5 Maret 2019. Young merampungkan proses kepindahan dari MU ke Inter Milan, Sabtu (18/1/2020) dini hari WIB. (Anne-Christine POUJOULAT/AFP)

Pemain Manchester United Ashley Young (depan) berlatih bersama rekan setimnya jelang menghadapi PSG pada Liga Champions di Stadion The Parc des Princes, Paris, 5 Maret 2019. Young merampungkan proses kepindahan dari MU ke Inter Milan, Sabtu (18/1/2020) dini hari WIB. (Anne-Christine POUJOULAT/AFP)

Pemain Manchester United Ashley Young (tengah) bersama rekan setimnya merayakan kemenangan atas Paris Saint-Germain (PSG) pada pertandingan Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, 6 Maret 2019. Young digaet Inter Milan dengan biaya 1,5 juta euro plus bonus. (Anne-Christine POUJOULAT/AFP)
Pemain Manchester United Ashley Young (tengah) bersama rekan setimnya merayakan kemenangan atas Paris Saint-Germain (PSG) pada pertandingan Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, 6 Maret 2019. Young digaet Inter Milan dengan biaya 1,5 juta euro plus bonus. (Anne-Christine POUJOULAT/AFP)

Pemain Manchester United Ashley Young (tengah) bersama rekan setimnya merayakan kemenangan atas Paris Saint-Germain (PSG) pada pertandingan Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, 6 Maret 2019. Young digaet Inter Milan dengan biaya 1,5 juta euro plus bonus. (Anne-Christine POUJOULAT/AFP)

Pemain Manchester United Ashley Young melakukan pemanasan sebelum menghadapi Everton pada pertandingan Liga Inggris di Goodison Park, Liverpool, Inggris, 21 April 2019. Bersama Inter Milan, Young akan mendapat kontrak selama enam bulan. (Oli SCARFF/AFP)
Pemain Manchester United Ashley Young melakukan pemanasan sebelum menghadapi Everton pada pertandingan Liga Inggris di Goodison Park, Liverpool, Inggris, 21 April 2019. Bersama Inter Milan, Young akan mendapat kontrak selama enam bulan. (Oli SCARFF/AFP)

Pemain Manchester United Ashley Young melakukan pemanasan sebelum menghadapi Everton pada pertandingan Liga Inggris di Goodison Park, Liverpool, Inggris, 21 April 2019. Bersama Inter Milan, Young akan mendapat kontrak selama enam bulan. (Oli SCARFF/AFP)

Pemain Manchester United Ashley Young menggiring bola saat menghadapi Paris Saint-Germain (PSG) pada pertandingan Liga Champions di Old Trafford, Manchester, Inggris, 12 Februari 2019. Bersama Inter Milan, Young juga akan disertai dengan opsi perpanjangan selama satu tahun. (FRANCK FIFE/AFP)
Pemain Manchester United Ashley Young menggiring bola saat menghadapi Paris Saint-Germain (PSG) pada pertandingan Liga Champions di Old Trafford, Manchester, Inggris, 12 Februari 2019. Bersama Inter Milan, Young juga akan disertai dengan opsi perpanjangan selama satu tahun. (FRANCK FIFE/AFP)

Pemain Manchester United Ashley Young menggiring bola saat menghadapi Paris Saint-Germain (PSG) pada pertandingan Liga Champions di Old Trafford, Manchester, Inggris, 12 Februari 2019. Bersama Inter Milan, Young juga akan disertai dengan opsi perpanjangan selama satu tahun. (FRANCK FIFE/AFP)

Pemain Manchester United Ashley Young bertepuk tangan untuk penonton pada akhir pertandingan Liga Inggris menghadapi Everton di Goodison Park, Liverpool, Inggris, 21 April 2019. Young menjadi pemain ketiga MU yang direkrut Inter Milan pada musim ini. (Oli SCARFF/AFP)
Pemain Manchester United Ashley Young bertepuk tangan untuk penonton pada akhir pertandingan Liga Inggris menghadapi Everton di Goodison Park, Liverpool, Inggris, 21 April 2019. Young menjadi pemain ketiga MU yang direkrut Inter Milan pada musim ini. (Oli SCARFF/AFP)

Pemain Manchester United Ashley Young bertepuk tangan untuk penonton pada akhir pertandingan Liga Inggris menghadapi Everton di Goodison Park, Liverpool, Inggris, 21 April 2019. Young menjadi pemain ketiga MU yang direkrut Inter Milan pada musim ini. (Oli SCARFF/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 WNI Diculik Gerombolan Bertopeng di Perairan Tambisan

Posted: 17 Jan 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Nunukan - Penculikan warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Negeri Sabah Malaysia di perairan Tambisan, Tungku Lahad Datu,N Sabah, Malaysia, kembali terjadi.

Dari delapan kru kapal semuanya WNI, lima orang diculik dan tiga lainnya dibebaskan bersama kapalnya.

Informasi yang diperoleh melalui siaran tertulis aparat kepolisian Tambisan, Sabtu (18/1/2020) menyebutkan, lokasi penculikan tidak jauh dari kasus yang menimpa Muhammad Farhan (27) Cs pada 23 September 2020 tepatnya di perairan Tambisan Tungku Lahad Datu.

Kali ini kejadiannya berlangsung pada Kamis (16/1) sekira pukul 20.00 waktu setempat saat kedelapan WNI ini menangkap ikan menggunakan kapal kayu dengan izin terdaftar Nomor SSK 00543/F, dilansir Antara.

Musibah terhadap kedelapan WNI yang menggunakan kapal yang terdaftar atas nama majikan di Sandakan ini diterima laporannya oleh aparat kepolisian maritim Lahad Datu pada Jumat (17/1) sekira pukul 13.17 waktu setempat.

Setelah mendapatkan laporan itu, aparat kepolisian negara itu bergerak melajukan pencarian akhirnya melihat kapal bergerak dari arah Filipina memasuki perairan Malaysia.

Keberadaan kapal yang digunakan WNI tersebut terpantau radar Pos ATM Tambisan pada Jumat sekira pukul 21.10 waktu setempat.

Aparat kepolisian maritim Lahad Datu menahan kapal tersebut sambil melakukan penggeledahan dan ditemukan tiga kru semuanya WNI.

Ketiga WNI yang ditemukan bersama kapalnya adalah Abdul Latif (37), Daeng Akbal (20) danPian bin Janiru (36).

Sedangkan lima rekannya yakni Arsyad bin Dahlan (42) selaku juragan, Arizal Kastamiran (29), La Baa (32), Riswanto bin Hayono (27) dan Edi bin Lawalopo (53) dipastikan jadi korban penculikan dan disandera.

Pria Bertopeng

Dua cosplayer memakai topeng Anonymous dan Jason Voorhees berjalan saat menghadiri International Comic Con di Kyalami Race Course, Johannesburg, Afrika Selatan (14/9). (AFP Photo/Marco Longari)
Dua cosplayer memakai topeng Anonymous dan Jason Voorhees berjalan saat menghadiri International Comic Con di Kyalami Race Course, Johannesburg, Afrika Selatan (14/9). (AFP Photo/Marco Longari)

Dari siaran tertulis aparat kepolisian maritim Lahad Datu itu menyebutkan hasil interogasi terhadap ketiga WNI yang dilepaskan menceritakan bahwa pada saat sedang menangkap ikan didatangi enam orang bertopeng menggunakan kapal cepat.

Setelah itu, langsung dibawa bersama kapalnya ke wilayah perairan Filipina. Namun hanya lima rekannya yang disandera sedangkan tiga orang dibiarkan pulang untuk membawa kapalnya kembali ke Tambisan.

Aparat kepolisian Lahad Datu berjanji akan melakukan penyelidikan setelah menerima laporan dari korban.

Sebelumnya, Konsul RI Tawau, Sulistijo Djati Ismoyo pernah menyatakan, agar tidak ada lagi kasus penculikan terhadap WNI pasca penyelematan Muhammad Farhan (27) dari sandera Kelompok Abu Sayyaf.

Pada kesempatan itu, Djati sapaan Konsul RI Tawau ini mengingatkan WNI yang beraktifitas di laut agar menjaga keselamatan dan waspada terhadap segala kemungkinan yang mencurigakan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Lawan Persib di Asia Challenge Cup 2020, Punya Nama Besar dan Disegani

Posted: 17 Jan 2020 08:35 PM PST

Bandung - Persib Bandung tak lama lagi akan berkiprah di ajang Asia Challenge Cup 2020 pada 18-19 Januari 2020. Turnamen yang diselenggarakan di Malaysia itu akan diikuti tiga klub lain, yakni Hanoi FC (Vietnam), Bangkok United (Thailand), dan tuan rumah Selangor FA.

Nama terakhir bisa dibilang patut diwaspadai Persib. Apalagi Selangor akan bermain di depan publiknya sendiri.

Klub yang bermarkas di stadion Shah Alam itu merupakan satu di antara klub tersukses di Malaysia. Selangor FA berdiri pada 22 Februari 1936 atau sekitar 84 tahun lalu.

Di Malaysia, Selangor bisa dibilang sangat disegani. Rentetan gelar domestik sudah pernah didapatkan The Red Giants.

Total sudah 51 trofi yang yang direngkuh klub berjuluk The Red Giants itu. Adapun gelar yang paling banyak diraih ialah Piala Malaysia, yakni sebanyak 32 kali.

Selangor juga pernah meraih treble winner sebanyak dua kali, masing-masing pada 2005 dan 2009. Tak hanya di ajang domestik, Selangor merupakan klub Malaysia pertama yang tampil di Liga Champions Asia.

Raihan terbaik Selangor FA di level Asia ialah berhasil menjadi runner up Liga Champions Asia pada 1967. Performa apik Selangor FA di Malaysia tentunya harus diwaspadai Persib jelas turnamen Asia Challenge Cup 2020.

 

 

Fasilitas Selangor FA

Bambang Pamungkas, meraih tiga gelar bersama Selangor FA di musim 2006. (Selangor FA)
Bambang Pamungkas, meraih tiga gelar bersama Selangor FA di musim 2006. (Selangor FA)

Sementara dari segi penunjang atau fasilitas, Selangor juga merupakan klub yang cukup lengkap. Selangor sudah memiliki kompleks latihan pribadi yang bertempat di bagian pemerintahan negara.

Prestasi serta fasilitas yang mumpuni tentunya membuat banyak pemain tak ragu-ragu menerima pinangan Selangor FA. Tercatat ada tiga pemain jebolan Piala Dunia yang pernah berkostum merah-kuning.

Ketiga pemain tersebut ialah Karel Stromsik (Slovakia), Peter Disztl (Hungaria) dan Perica Ognjenovic (Yugoslavia/Serbia). Selain itu, ada beberapa pemain dari Indonesia yang pernah merumput bersama Selangor.

Pada generasi pertama ada Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy yang berkostum Selangor. Keduanya bergabung dengan The Red Giants pada medio 2005-2007.

Kala itu, Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy sukses membawa Selangor FA menjadi kampiun Malaysia Premier League, Piala FA Malaysia dan Piala Malaysia pada 2005.

Prestasi yang ditorehkan Bambang Pamungkas bersama Selangor tersebut membuat namanya tak bisa dilupakan sebagai bagian dari klub. Saat Bambang Pamungkas pensiun, Selangor FA menganggap pria yang akrab disapa Bepe itu sebagai legenda klub.

Karier Pemain Indonesia

Gelar Piala Malaysia yang diraih klub Andik Vermansah, Selangor FA, dikabarkan akan dicabut menyusul dugaan penggunaan pemain tak sah di laga final. (Facebook Selangor FA)
Gelar Piala Malaysia yang diraih klub Andik Vermansah, Selangor FA, dikabarkan akan dicabut menyusul dugaan penggunaan pemain tak sah di laga final. (Facebook Selangor FA)

Kesuksesan Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy berlanjut pada pemain Indonesia, Andik Vermansyah. Pemain asal Surabaya itu bergabung dengan Selangor FA pada 2014.

Pada tahun pertamanya tersebut Andik ikut membantu menyumbang satu gelar Piala Malaysia. Keberhasilan para pemain Indonesia di Selangor membuat petinggi klub merasa ketagihan.

Pada 2018, di Malaysia mempunyai regulasi penggunaan dua pemain asing asal ASEAN. Kondisi tersebut menjadi satu di antara alasan Selangor memilih mendatangkan dua pemain asal Indonesia, Ilham Udin Armaiyn dan Evan Dimas Darmono.

Sayang, kedua pemain tersebut tidak bisa melanjutkan catatan manis pemain Indonesia di Selangor. Evan Dimas dan Ilham Udin tak meraih gelar apa pun selama berkarier di Malaysia.

Jadwal Pertandingan Asia Challenge Cup 2020

Sabtu, 18 Januari 2020

19.20 WIB, Selangor vs Persib (TV One)

23.30 WIB, Hanoi FC vs Bangkok United

Minggu, 19 Januari 2020

15.50 WIB, Persib vs Hanoi FC (TV One)

23.30 WIB, Selangor vs Bangkok United

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Faozan Tri Nugroho/Editor: Yus Mei Sawitri, published 18/1/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Perpustakaan dengan Desain Terbaik di Dunia versi Home and Decor

Posted: 17 Jan 2020 08:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dengan keberadaan internet dan kemudahan membaca buku via online, masyarakat cenderung meninggalkan perpustakaan sebagai sarana mencari referensi. Tidak ada yang salah dalam hal ini, sebab banyak pola pikir yang menghubungkan antara perpustakaan dengan buku-buku yang berdebu dan lorong-lorong sempit yang menyeramkan.

Untuk mengubah persepsi tersebut, kini banyak perpustakaan yang menyediakan platform modern dan relevan bagi kaum muda untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sebagai sarana bagi menambah ilmu pengetahuan, beberapa perpustakaan mencoba untuk meningkatkan kualitasnya agar sesuai dengan perubahan zaman.

Seperti perpustakaan di bawah ini. Dengan desain yang menarik, perpustakaan ini diubah dari sekadar penyimpanan buku menjadi ruang baru yang multifungsi. Berikut ini empat perpustakaan versi Home and Decor yang dianggap memiliki desain terbaik.

1.  Helsinki Central Library Oodi, Finlandia

Oodi, yang  berarti"ode" merupakan bahasa Finlandia yang bisa diartikan syair pujian. Perpustakaan ini mengumumkan dirinya sebagai 'ruang tamu untuk penduduk yang terletak di jantung kota Helsinki.'

Dirancang oleh ALA Architects, perpustakaan ini menawarkan kegiatan lainnya selain membaca buku, seperti menonton di bioskop, rekaman, menggunakan printer 3-D, bermain game digital, dan menyelenggarakan pesta.

Bagi yang suka dengan buku, Anda bisa pergi ke lantai atas. Sesampai di sana, Anda akan disambut dengan 100.000 judul buku. Di bawah atap putih bergelombang dan area yang terbuka, Anda dapat bersantai sambil menghabiskan waktu dengan membaca buku.

Perpustakaan yang dibuka pada Desember 2018 ini menyerupai kapal yang menjulang tinggi. Dengan desainnya yang menakjubkan, tidak heran jika perpustakaan tersebut memenangkan penghargaan 2019 Public Library of The Year.

2. Hunters Point Library, Long Island City, New York

Calgary Central Library. (dok. Instagram @calgarylibrary/ https://www.instagram.com/p/BppYk9fh9II//Tri Ayu Lutfiani)
Calgary Central Library. (dok. Instagram @calgarylibrary/ https://www.instagram.com/p/BppYk9fh9II//Tri Ayu Lutfiani)

Perpustakaan yang didesain oleh Steven Holl Architects ini memiliki desain interior yang terbuat dari bambu dan menampilkan furniture karya Eames dan Jean Prouve. Meskipun di dalamnya tersusun oleh bambu, tampilan luarnya tampak berkilau dengan adanya fasad yang dicat alumunium.

Dibuka pada September 2019, perpustakaan ini mampu menampung sebanyak 50.00 buku. Selain sebagai area membaca, tempat ini pun menyajikan pemandangan Manhattan yang luas melalui jendela.

3.  Louisville Free Public Library South Central, Amerika Serikat

Di antara tiga lainnya, perpustakaan ini menjadi salah satu yang berfokus pada konsep tradisional, yaitu kepada buku dan pembelajaran. Perpustakaan ini terletak di antara pohon-pohon, sesuai dengan konsepnya yang mencoba dekat dengan alam.

Pembangunannya yang dirancang oleh Arsitek JRA tersebut selesai pada 2017 dengan bentuknya yang trapesium. Dulunya, lokasi tersebut merupakan hutan, saat dibangun perpustakaan, batang kayu yang ditebang dialokasikan menjadi fitur desain kayu.

Interior bangunan ini terbuat dari logam kaca dan stainless steel yang memiliki nuansa futuristik dengan dinding miring, strip logam, dan overhang. Terlepas dari struktur yang hanya satu tingkat, bangunan ini menawarkan banyak ruang dengan langit-langit yang tinggi dan tata ruang terbuka.

4.  Calgary Central Library, Alberta, Kanada

Perpustakaan ini dirancang oleh Snohetta dan Dialog dan dibuka pada November 2018 lalu. Di dalam bangunan ini Anda akan mendapati 450.000 buku yang terletak di lantai empat perpustakaan.

Selain sebagai tempat membaca, perpustakaan ini pun menyuguhkan gedung pertunjukkan dan studio produksi podcast Youtube. Tidak heran jika The New York Times dan Time memasukkan perpustakaan ini ke dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi pada 2019 lalu. (Tri Ayu Lutfiani)

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Indonesia Masters 2020: Indonesia Sisakan 5 Wakil di Semifinal

Posted: 17 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia menyisakan lima wakil di babak semifinal Indonesia Masters 2020 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (17/1/2020) siang WIB.

Ganda putra Indonesia menguasai babak empat besar Indonesia Masters 2020 dengan meloloskan tiga wakil, yakni unggulan pertama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, unggulan kedua Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan unggulan kelima Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Indonesia telah memastikan tiket final dari bentrok Ahsan/Hendra versus Fajar/Rian nanti. Sementara, Kevin/Marcus akan menghadapi wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Woii Yik.

Dua wakil yang lain ialah ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Greysia/Apriyani akan menghadapi unggulan kelima asal Korea, Kim So-Yeong/Kong Hee-yong. Ini akan menjadi laga berat bagi Greysia/Apriyani yang selalu kalah dalam dua pertemuan melawan Kim/Kong.

Sementara, Anthony akan bersua unggulan kelima asal Denmark, Viktor Axelsen. Ini akan menjadi pertemuan keenam bagi Anthony dan Axelsen. Untuk sementara, Anthony memimpin dengan kemenangan 3-2.

Babak semifinal Indonesia Masters 2020 akan dimulai pada pukul 12.00 WIB. Berikut jadwal lengkapnya.

Jadwal

Lapangan 1 Istora mulai pukul 12.00 WIB

Pertandingan ketiga - Greysia Polii/Apriyani Rahayu Vs Kim So-yeong/Kong Hee-yong

Pertandingan kelima - Viktor Axelsen Vs Anthony Sinisuka Ginting

Pertandingan keenam - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto Vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Pertandingan kedelapan - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon Vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik

 

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Deras Guyur Jakarta, 11 Ruas Jalan Tergenang Air

Posted: 17 Jan 2020 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Sabtu (18/1/2020) dini hari tadi membuat sebagian wilayah tergenang. Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, terdapat 11 titik genangan.

Genangan tersebut tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat. Kendati demikian, secara berangsur genangan tersebut perlahan surut. Berikut rinciannya:

Jakarta Barat

1. Jalan Arjuna Selatan, Kebon Jeruk (20-30 cm)

2. Jalan Letjen S Parman (10-20 cm)

3. Jalan Cengkeh, Pinangsia (10-30 cm)

4. Jalan Raya Pos Pengumben (10-20 cm)

5. Jalan Tanjung Duren Raya, Tanjung Duren Utara (20-30 cm)

Jakarta Pusat

1. Jalan Cikini Raya, Cikini (10-20 cm)

Jakarta Selatan

1. Jalan Kemandoran Pluis, Grogol Utara (10-25 cm)

2. Jalan Gatot Subroto, Karet Kuningan (10-20 cm)

3. Jalan Gatot Subroto, Kuningan Timur (10-20 cm)

4. Jalan Jenderal Sudirman, Karet Semanggi (10-20 cm)

5. Jalan Kyai Moh Syafii Hadzami, Kebayoran Lama Utara (5-15 cm)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris di TVRI Malam Ini: Man City vs Crystal Palace

Posted: 17 Jan 2020 08:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Manchester City bersiap menjamu Crystal Palace di pekan ke-23 Liga Inggris. Pertandingan yang akan digelar di Etihad Stadium ini akan disiarkan langsung oleh TVRI.

Manchester City selalu menang dalam lima laga terakhirnya di semua ajang. Skuat racikan Josep Guardiola tersebut berturut-turut menundukkan Sheffield United 2-0, Everton 2-1, Port Vale 4-1 (FA Cup), Manchester United 3-1 (Carabao Cup), dan Aston Villa 6-1.

Di sisi lain, Palace sendiri tanpa kemenangan dalam empat laga terakhirnya, termasuk imbang 1-1 menjamu Arsenal akhir pekan kemarin. Selain tiga hasil imbang di Liga Inggris, anak-anak asuh Roy Hodgson juga dipermalukan Derby County di FA Cup.

Palace memiliki pemain-pemain bagus pada diri Wilfried Zaha maupun Jordan Ayew, yang mencetak satu gol kontra Arsenal. Namun, City sepertinya terlalu kuat buat mereka. Terlebih lagi, Palace datang tanpa sederet pemain pentingnya.

Simak jadwal Man City vs Crystal Palace yang akan disiarkan di TVRI dan pertandingan lainnya di Liga Inggris.

 

Jadwal Man City vs Palace

Premier League - Manchester City Vs Crystal Palace (Bola.com/Adreanus Titus)
Premier League - Manchester City Vs Crystal Palace (Bola.com/Adreanus Titus)

Sabtu, 18 Januari 2020

22.00 WIB, Man City vs Crystal Palace

Stadion Etihad

Live: TVRI

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Zinchenko, Stones, Fernandinho, Walker; De Bruyne, Rodrigo, Bernardo Silva; Sterling, Aguero, Mahrez.

Manajer: Josep Guardiola.

Info skuat: Sane (sangat meragukan), Laporte (sangat meragukan).

Crystal Palace (4-5-1): Guaita; Riedewald, Cahill, Tomkins, Kelly; Zaha, Kouyate, McCarthy, McArthur, Ayew; Tosun.

Manajer: Roy Hodgson.

Info skuat: Milivojevic (skorsing), Sakho (cedera), Ward (cedera), Schlupp (cedera), Dann (cedera), Townsend (cedera), Meyer (cedera), Van Aanholt (cedera), Benteke (meragukan).

 

 

Jadwal Pertandingan Lainnya

Sabtu, 18 Januari 2020

19.00 WIB, Watford vs Tottenham (Mola TV)

22.00 WIB, Arsenal vs Sheffield United (Mola TV)

22.00 WIB, Brighton vs Aston Villa (Mola TV)

22.00 WIB, Southampton vs Wolverhampton (Mola TV)

22.00 WIB, West Ham vs Everton (Mola TV)

 

Jadwal Pertandingan Lainnya

Minggu, 19 Januari 2020

00.30 WIB, Newcastle vs Chelsea (Mola TV)

21.00 WIB, Burnley vs Leicester (Mola TV)

23.30 WIB, Liverpool vs MU (TVRI)

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Man City di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Editan Foto Mas Dadan dengan Selebritis Ini Bikin Cengar Cengir

Posted: 17 Jan 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejak maraknya media sosial Instagram, foto saat ini menjadi kebutuhan yang tak kalah penting bagi penggunanya. Mendapatkan foto yang sempurna dan diunggah ke media sosial tentu menjadi kebahagiaan tersendiri.

Tak ayal saat ini orang-orang banyak memamfaatkan beragam aplikasi untuk mengedit foto agar bisa terlihat keren dan menarik. Selain itu, aplikasi edit foto juga kerap digunakan untuk berbagai gaya lainnya. Salah satunya ialah editan foto dengan para seleb.

Seperti yang dilakukan oleh akun Instgaram @dhanzart atau biasa disapa mas Dadan ini kerap mengunggah editan foto dengan seleb cantik. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 editan foto mas Dadan dengan selebritis Ini bikin cengar cengir, Minggu (18/1/2020).

1. Mas Dadan lagi di atas kereta bareng Nisa Sabbyan di MRT Jakarta.

Editan Foto Mas Dadan dengan Selebritis Ini Bikin Cengar Cengir (sumber:Instagram/@dhanzart)
Editan Foto Mas Dadan dengan Selebritis Ini Bikin Cengar Cengir (sumber:Instagram/@dhanzart)

2. Artis cantik Natasha Wilona saat bersama mas Dadan, baru selesai syuting ya?

Editan Foto Mas Dadan dengan Selebritis Ini Bikin Cengar Cengir (sumber:Instagram/@dhanzart)
Editan Foto Mas Dadan dengan Selebritis Ini Bikin Cengar Cengir (sumber:Instagram/@dhanzart)

3. Sayaya eks member JKT48 lagi nongkrong dan ngopi bareng mas Dadan.

Editan Foto Mas Dadan dengan Selebritis Ini Bikin Cengar Cengir (sumber:Instagram/@dhanzart)
Editan Foto Mas Dadan dengan Selebritis Ini Bikin Cengar Cengir (sumber:Instagram/@dhanzart)

4. Saking fansnya, Wirda Mansyur juga mau selfie bareng dengan Mas Dadan.

Editan Foto Mas Dadan dengan Selebritis Ini Bikin Cengar Cengir (sumber:Instagram/@dhanzart)
Editan Foto Mas Dadan dengan Selebritis Ini Bikin Cengar Cengir (sumber:Instagram/@dhanzart)

5. Pesona Yuki Kato saat lagi syuting bareng, cocok banget ya.

Editan Foto Mas Dadan dengan Selebritis Ini Bikin Cengar Cengir (sumber:Instagram/@dhanzart)
Editan Foto Mas Dadan dengan Selebritis Ini Bikin Cengar Cengir (sumber:Instagram/@dhanzart)

6. Lisa BlackPink pun lengket banget dengan Mas Dadan, idola banget deh.

Editan Foto Mas Dadan dengan Selebritis Ini Bikin Cengar Cengir (sumber:Instagram/@dhanzart)
Editan Foto Mas Dadan dengan Selebritis Ini Bikin Cengar Cengir (sumber:Instagram/@dhanzart)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil NBA: Gasol Gemilang, Raptors Terkam Wizards

Posted: 17 Jan 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Toronto- Toronto Raptors meraih kemenangan telak 140-111 atas Washington Wizards pada lanjutan NBA, Sabtu (18/1/2020) pagi WIB. Center Marc Gasol tampil gemerlang pada laga yang dilangsungkan di Scotiabank Arena itu.

Gasol yang baru memainkan dua laga usai cedera membuat 20 poin di laga ini. Yang luar biasa, adik Pau Gasol itu melesakkan enam tembakan tiga angka. Hanya satu tembakan tiga angkanya yang meleset dari sasaran.

Kemenangan atas Washington Wizards ini menjadi yang kedua beruntun setelah pertengahan pekan kemarin menekuk Oklahoma City Thunder. Ini juga merupakan kemenangan back to back pertama Raptors di NBA sejak 22 Desember.

Raptors bisa meraih kemenangan besar setelah melakukan start gemilang. Pasukan Nick Nurse menguasai betul kuarter pertama dengan membuat 38 poin berbanding 26.

Di kuarter tiga, Raptors semakin menghancurkan Wizards. Raptors membuat 35 poin dan meredam Wizards sehingga cuma menghasilkan 25 poin. Sejak saat itu, Raptors tidak lagi terkejar oleh Wizards.

 

Norman Powell

Top skorer Raptors di laga ini adalah pemain cadangan Norman Powell dengan 28 angka. Cadangan lainnya Terence Davis menyusul dengan 23 angka.

Adapun di Wizards, penyumbang angka terbanyak adalah Troy Brown Jr dengan 22 angka. Brown Jr juga merupakan pemain cadangan.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Berupaya Sehatkan BPR di Jawa Timur lewat Merger

Posted: 17 Jan 2020 08:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jatim berupaya menyehatkan perbankan. Salah satunya dengan mendorong merger dan konsolidasi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di wilayah tersebut.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jatim, Heru Cahyono menuturkan, dalam upaya penyehatan BPR, OJK terlebih dahulu menilai aksi yang cocok dilakukan oleh bank.

"Ada bank yang memilih menambahkan modal inti dari investor, ada juga yang memilih bergabung dengan bank lain. Kalau modalnya kuat, maka kondisi bank akan lebih bagus," kata Heru, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (18/1/2020).

Heru menuturkan, upaya penyehatan bank tak hanya pada BPR, tapi juga di keberadaan bank umum.

"Konsolidasi dan merger BPR yang terus kami dorong sejak beberapa tahun terakhir membuat jumlah bank semakin berkurang," ujar dia.

Pada posisi Desember 2017, dia menuturkan, jumlah BPR dan BPR Syariah (BPRS) di Jatim tercatat sebanyak 339, kemudian pada Desember 2019 angka tersebut menyusut menjadi 321.

Ia mengatakan, upaya penyehatan bank sesuai dengan Peraturan OJK (POJK) Nomor 5/POJK.03/2015 tentang Kewajiban Penyediaan Modal Minimum dan Pemenuhan Modal Inti Minimum BPR. Yakni, BPR harus mempunyai modal inti minimal Rp6 miliar pada 2024.

Pemenuhan modal itu dilakukan secara bertahap, dan BPR harus memiliki modal inti minimal Rp3 miliar lebih dulu per 31 Desember 2019, kemudian, modal inti tersebut harus terus ditingkatkan hingga menjadi Rp6 miliar pada 2024.

Ada 2 Bank yang Dilikuidasi pada 2019

Ilustrasi Bank
Ilustrasi Bank

Akibat aturan itu, kata Heru, pada 2019 ada dua bank yang dilikuidasi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), yakni BPRS Jabal Tsur di Kabupaten Pasuruan dan BPR Panca Dana di Kota Batu.

Menurut Heru, bank-bank yang ditutup ini mengalami kesulitan keuangan, dan ada juga yang mengalami fraud internal sehingga kerugian bank turut mengurangi rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR).

"Kami sudah kasih waktu untuk menyelesaikan masalahnya. Tetapi calon investornya batal masuk dan enggak jelas juga sumber dananya, jadi ditutup banknya," katanya.

Namun, pada 2019 juga ada satu bank baru yang beroperasi, yakni BPRS Kabupaten Ngawi.

Sementara itu, Ketua Umum Perhimpunan BPR Indonesia (Perbarindo) Joko Suyanto mengatakan, merger maupun konsolidasi adalah hal yang biasa dalam bisnis bank.

"Itu hak masing-masing anggota. Yang penting banknya harus sehat dan mampu bersaing ke depan," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pohon Tumbang Timpa Tiang Rambu Lalu Lintas di Menteng

Posted: 17 Jan 2020 08:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pohon setinggi 4 meter tumbang menimpa tiang rambu lalu lintas penunjuk arah serta kabel- kabel listrik jaringan udara milik PLN di Jalan Tegal, Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (18/1/2020).

"Empat petugas kami kirimkan ke lokasi," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat Hardisiswan seperti dilansir dari Antara, Minggu (18/1/2020).

Pohon yang tumbang itu berjenis Pohon Asam Jawa dengan lebar diameter 80 cm. Kejadian tersebut diketahui langsung oleh anggota pemadam kebakaran Jakarta Pusat yaitu Herudin pada pukul 07.50 WIB.

Lebih lanjut, Hardisiswan mengatakan, pohon yang tumbang di Jalan Tegal itu pertama-pertama tumbang mengenai kabel listrik yang merembet ke jaringan kabel listrik udara lainnya dan akhirnya menimpa tiang navigasi penunjuk arah.

Penanganan tidak hanya dilakukan petugas damkar namun juga melibatkan petugas Suku Dinas Kehutanan Jakarta Pusat dan petugas jalan umum.

Tidak ada korban jiwa dalam tumbangnya pohon tersebut. Petugas akhirnya bisa mengevakuasi pohon dari jalanan sekira pukul 09.00 WIB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Viral Driver Ojol Lempar Makanan Pelanggan karena Kesal Menunggu

Posted: 17 Jan 2020 08:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kemudahan memesan makanan lewat ojek online secara tidak langsung memanjakan pembeli yang malas keluar. Di sisi lain, ini menguntungkan pengemudi ojek online karena poin yang didapatkan lebih besar bila ada yang memesan makanan.

Namun, yang namanya manusia memiliki sifat yang beragam. Sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemudi ojek online perempuan marah-marah bahkan sampai melempar makanan yang telah dibeli oleh pelanggannya beredar di Twitter hingga menjadi perbincangan viral.

Berdasarkan kronologi yang dibagikan akun Twitter @kembangkertas97, kejadian ini bermula ketika pengemudi ojek online tersebut mendapat pesanan makanan berupa seblak. Namun, saat sudah selesai membeli pesanan tersebut, tiba-tiba saja pelanggannya sulit dihubungi. Ternyata jaringan pelanggannya sedang bermasalah.

Artikel tentang kisah driver ojek online lempar makanan pelanggan karena kesal menunggu lama menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang Ade Irawan susul kepergian Ria Irawan, warganet kirim ucapan dukacita.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang jawaban nyeleneh orang saat ditanya kapan nikah.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kesal Lama Menunggu, Driver Ojek Online Lempar Makanan Pelanggan

Ilustrasi makanan cepat saji (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi makanan cepat saji (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemudi ojek online perempuan marah-marah bahkan sampai melempar makanan yang telah dibeli oleh pelanggannya beredar di Twitter hingga menjadi perbincangan viral.

Berdasarkan kronologi yang dibagikan akun Twitter @kembangkertas97, kejadian ini bermula ketika pengemudi ojek online tersebut mendapat pesanan makanan berupa seblak. Namun, saat sudah selesai membeli pesanan tersebut, tiba-tiba saja pelanggannya sulit dihubungi. Ternyata jaringan pelanggannya sedang bermasalah.

Selengkapnya...

2. Ade Irawan Susul Kepergian Ria Irawan, Warganet Kirim Ucapan Dukacita

Ade Irawan, ibunda Ria Irawan dan Dewi Irawan. (Instagram @adekirawan504)
Ade Irawan, ibunda Ria Irawan dan Dewi Irawan. (Instagram @adekirawan504)

Indonesia kembali kehilangan salah satu seniman kebanggaannya. Artis senior yang juga ibu dari Ria Irawan, Ade Irawan meninggal dunia.

Kabar duka tersebut pertama kali disampaikan komika Ernest Prakasa dalam akun Twitter-nya @ernestprakasa.

"Ibu Adek Irawan baru saja berpulang menyusul anaknya terkasih Ria Irawan. Sungguh sulit membayangkan dukacita Mbak @dewiirawan13 dan keluarga. Semoga Tuhan memberi kekuatan dan ketabahan," tulis Ernest Prakasa dalam akunnya.

Selengkapnya...

3. 7 Jawaban Nyeleneh Orang Saat Ditanya Kapan Nikah, Bisa Kalian Tiru

foto: Twitter/@riwatigis
foto: Twitter/@riwatigis

Menikah tentu menjadi salah satu momen penting dalam hidup. Itu mengapa butuh waktu dan pemikiran yang matang untuk memutuskan menikah.

Tak sedikit hal personal ini kerap menjadi pertanyaan orang-orang terdekat kita. Ya, tentu kalian yang belum menikah sering mendapat pertanyaan kapan menikah dari keluarga, kerabat hingga teman-teman.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Persiapan yang Diperlukan Jelang SKD CPNS 2020

Posted: 17 Jan 2020 08:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjadwalkan SKD mulai 27 Januari 2020. Untuk mengikuti tes tersebut, peserta perlu menyiapkan hal-hal penting.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sang Istri Ungkap Kejanggalan Penyebab Tewasnya Pendaki di Gunung Dempo

Posted: 17 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Misteri hilangnya dua pendaki asal Provinsi Jambi di Gunung Dempo Pagar Alam Sumatera Selatan (Sumsel), JUM (26) dan FIK (19) yang ditemukan meninggal dunia pada bulan November 2019, akhirnya diungkap oleh istri Jum, Suci Anandita.

Melalui akun Instagramnya @sucianindita, perempuan ini mengungkapkan kejanggalan hilangnya suami dan adik kandungnya. Unggahan dua hari lalu ini menceritakan kronologi hilangnya suami dan adik kandungnya.

Awalnya, Suci tidak ingin memublikasi apa yang membuat mereka curiga, karena akan ada beberapa pihak yang merasa terpojokkan. Namun, akhirnya Suci memberanikan diri membuka ke media sosial (medsos).

Suci bercerita pada tanggal 14 Okober 2019 adik dan suaminya berangkat dari Muara Bungo Jambi sekitar pukul 11.00 WIB. Sebelumnya, mereka mampir ke rumah temannya di kawasan Kapahiyang Jambi.

"Tanggal 15 Oktober 2019, suami dan adik saya melanjutkan perjalanan ke Pagar Alam Sumsel. Sekitar pukul 15.00 WIB, suami saya mengirim pesan di aplikasi WhatsApp, jika mereka sudah sampai di Pagar Alam dan sedang beristirahat," tulisnya, Jumat (17/1/2020).

Sehabis magrib, suami Suci meneleponnya dan mengatakan jika mereka akan memulai pendakian. Ternyata itu adalah telepon terakhir dari suaminya yang diterima Suci.

Selama tiga hari, Suci menunggu kabar dari suami dan adiknya, tetapi nihil. Biasanya suami dan adiknya selalu mengabarinya dua hari setelah pendakian.

"Aku tetap berusaha berpikir positif, mungkin mereka belum sempat ngecas hp. Aku berusaha cari kontak kawannya yang di Kapahiyang buat nyari info" ungkapnya.

Teman suaminya di Kapahiyang Jambi memastikan jika JUM dan FIK mendaki Gunung Dempo melewati jalur Tugu Rimau. Pada waktu bersamaan, Suci juga berusaha mencari kontak orang pos pendakian Gunung Dempo.

Suci semakin sulit mendapatkan informasi, apalagi JUM dan FIK mendaki lewat Jalur Tugu Rimau tanpa ada pos penjagaan. Sehingga pendaki yang naik di jalur tersebut tidak terpantau.

Penjaga pos di Tugu Rimau Gunung Dempo Pagar Alam juga, tidak bisa memastikan apakah suami dan adiknya memang melakukan pendakian atau sudah turun.

"Orang pos cuma bisa nanya-nanya sama pendaki yang turun dan beberapa pedagang di sekitar jalur pendakian via Tugu Rimau. Tidak ada satu pun yang lihat mereka, jadi orang pos juga tidak ada yang berani ambil kesimpulan, mereka benar-benar mendaki Gunung Dempo," katanya.

Pada tanggal 20 Oktober 2019 malam, Suci sekeluarga dihubungi kembali oleh penjaga pos Gunung Dempo Pagar Alam, jika ada pendaki yang sempat bertemu Jum dan Fik di jalur pendakian. Bahkan, mereka sempat mendaki bareng dan mendirikan tenda berdekatan.

Suci mulai menemukan sedikit titik terang. Akhirnya, mereka sekeluarga berangkat ke Pagar Alam, untuk membuat laporan di Polres Pagar Alam agar Tim SAR bisa turun untuk melakukan pencarian.

Saat itu kondisi Suci sedang hamil 7 bulan. Awalnya dia ingin ikut berangkat ke Pagar Alam namun dilarang ibunya. Di tanggal 21 Oktober 2019, ibu Suci bersama tiga pendaki berangkat ke Pagar Alam.

Tanggal 22 Oktober 2019 pagi, ibu Suci, para pendaki ditemani petugas pos Gunung Dempo, akhirnya pergi ke Polres Pagar Alam untuk membuat laporan kehilagan. Pada malam harinya, Tim SAR dibantu tim Wanadri dan relawan langsung bergerak naik untuk pencarian suami dan adik Suci.

Pada hari Rabu (23/10/2019), tim pencarian menemukan baju, celana, sepatu dua unit bantal dan pakaian dalam yang kotor di daerah pelataran, pencarian pun tetap berlanjut. Hingga tanggal 25 Oktober 2019, seorang pendaki berinisial MG mendatangi pos relawan.

MG bercerita bahwa dia bertemu dengan Jum dan Fik di jalur shelter 2 pada tanggal 15 Oktober 2019 dini hari.

"Berangkat bersama menuju ke pelataran, serta menginap di pelataran dengan jarak tenda yang sedikit berjarak. Mereka bertemu dengan seorang peziarah yang mengaku bertapa di atas gunung di sekitar pelataran," ucapnya.

Peziarah itu mengaku sudah berada selama 13 hari di pelataran Gunung Dempo Pagar Alam dan bertahan hidup dengan meminta makanan ke pendaki yang datang. Pada malam harinya, mereka sempat mengobrol, peziarah itu juga menginap di pelataran tersebut.

Lalu, peziarah itu mengatakan jika dia tidak suka dengan suami Suci. Dia sempat bicara jika saat dia masih muda, peziarah itu akan menghabisi orang yang menggunakan kalung. Kalimat itu ditujukan ke Jum.

"Karena ia tidak menyukai orang yang menggunakan kalung, tapi bicaranya pakai bahasa daerah. Keesokan harinya pendaki MG sempat menghampiri tenda adik dan suami aku, tetapi tidak menemukan adik dan suami aku," ucapnya.

MG hanya melihat dua gelas kopi yang masih hangat di depan tenda. Dia juga tidak melihat peziarah yang menginap di pelataran itu, lalu MG turun gunung.

Pencarian Jum dan Fik pun terus berjalan. Kesaksian dari MG diakuinya menjadi salah satu bukti jika Jum dan Fik, melakukan pendakian di Gunung Dempo Pagar Alam. Tim SAR, relawan dan para pendaki terus melakukan pencarian.

Akhirnya salah satu relawan menemukan baju kaus Jum di dekat tenda peziarah, dengan lokasi yang berbeda. Pencarian diperluas ke seluruh kawasan Gunung Dempo Pagar Alam, tetapi sempat tertunda karena cuaca yang buruk.

Pada tanggal 29 Oktober 2019, tim pencarian menemukan tracking pole, korek kriket, dan botol minum di puncak gunung. Pada hari itu, tim juga menemukan kalung Jum, ditemukan tidak jauh dari penemuan tracking pole.

Pada tanggal 1 November 2019 tepatnya 10 hari pencarian, tim Wanadri meneropong daerah di sekitar kawah, dan melihat ada kantong berwarna biru di dekat kawah Gunung Dempo.

Pada hari itu, seluruh tim dan keluarga melakukan briefing besar-besaran tentang pencarian selama 10 hari. Mereka menarik kesimpulan dari berbagai tim yang terjung langsung dalam pencarian.

 

Jasad Pendaki Ditemukan

Pelataran Gunung Dempo Pagar Alam yang diceritakan istri pendaki asal Jambi yang meninggal dunia di kawah gunung (Liputan6.com / Nefri Inge)
Pelataran Gunung Dempo Pagar Alam yang diceritakan istri pendaki asal Jambi yang meninggal dunia di kawah gunung (Liputan6.com / Nefri Inge)

Keesokan harinya, tim pencarian keseluruhan dikerahkan untuk naik ke puncak di sekitar kawah dan penelusuran daerah pelataran, serta daerah timur Gunung Dempo yang belum ditelusuri.

Saat tim Wanadri dan relawan mencoba berjalan lebih turun ke kawah, mereka meneropong kantong plastik biru yang terlihat sebelumnya, ternyata pakaian yang digunakan Fik.

"Seluruh tim dikerahkan menuju lokasi. Keesokan harinya, 4 orang tim relawan turun menuju ke lokasi adik dan suami aku. Mereka melakukan pengangkatan (jenasah) suami aku terlebih dahulu dan (jenasah) adik aku dievakuasi keesokan harinya," katanya.

Jasad suami Suci dipulangkan ke rumah duka pada tanggal 3 November 2019, sedangkan jenasah Fik dipulangkan tanggal 5 November 2019. Kedua pendaki ini dimakamkan di kampung halamannya.

Karena dibutuhkan waktu yang lama dari Pagar Alam menuju daerah asal Suci, keluarga yang berada di lokasi kejadian, langsung bergegas pulang untuk mengikuti prosesi pemakaman.

Kepulangan keluarga dua pendaki yang terburu-buru, sehingga bukti pembayaran dari rumah sakit setempat belum bisa mereka dapatkan. Namun, dari bukti yang mereka dapatkan dari proses pencarian, ada kejanggalan yang aneh.

"Kejanggalan itu ada dari banyaknya barang yang hilang dan beberapa bekas luka yang mencurigakan. Keluarga pun menindaklanjuti kasus ini dan mencari bukti lainnya. Kami menceritakan semua proses pencarian kepada keluarga yang bertugas di Polres Muara Bungo tempat kami tinggal," katanya.

Keluarga Suci yang anggota polisi itu juga merasakan banyak kejanggalan terhadap kasus ini. Dia akhirnya berinisiatif untuk melacak ponsel adiknya. Dalam proses pelacakan, teman Fik memberitahu jika dia sempat mendapat pesan dari Fik pada tanggal 9 November 2019. Padahal pada tanggal itu, jasad suami dan adik Suci sudah dimakamkan.

Keesokan harinya, ponsel adiknya terlacak di sekitar Kabupaten Lahat Sumsel. Ibu Suci langsung berangkat ke Pagar Alam, untuk membuat laporan kehilangan barang-barang Jum dan Fik yang dibawa mendaki Gunung Dempo.

 

Ponsel Korban Terlacak

JUM (tengah) dan FIK (kiri), pendaki asal Jambi yang ditemukan meninggal dunia di kawah Gunung Dempo Pagar Alam Sumsel (Dok. Instagram @sucianandita / Nefri Inge)
JUM (tengah) dan FIK (kiri), pendaki asal Jambi yang ditemukan meninggal dunia di kawah Gunung Dempo Pagar Alam Sumsel (Dok. Instagram @sucianandita / Nefri Inge)

"Dari hasil lacakan hp adikku, ada nomor yang mengaktifkan hp adik aku. Nomor itu terdaftar dengan nomor KK dari keluarga inisial RL. Mama mengirim data tersebut ke pihak polisi daerah Pagar Alam," tulisnya.

Pihak kepolisian Pagar Alam meminta ibu Suci pulang dulu ke rumah sembari menunggu kelanjutan informasi. Aparat kepolisian berjanji akan menindaklanjuti dengan memanggil RL untuk dimintai keterangan dan kesaksian.

Dari kesaksian itu, RL mengaku jika HP itu dia beli dan dibawa anaknya ke Kota J. Tapi pada hari yang sama, kerabat Suci yang bertugas di Polres Muara Bungo melacak kembali ponsel tesebut.

Kerabat Suci mendapatkan jika ponsel itu masih berada di daerah yang sama, namun posisinya berpindah dari tempat asal. Dalam beberapa hari, Suci sekeluarga mendapatkan kabar dari Polres Pagar Alam, jika disimpulkan ponsel yang dibeli RL bukan punya adik Suci.

"Nomor yang terdaftar di hp adik aku yang terlacak itu sudah aktif 2 tahun lalu. Sampai dimana pihak polisi Pagar Alam tetap melakukan pengembangan kaus terakhir dari kalian. 71 hari setelah kalian pulang dalam dekapan tuhan, kepergian kalian menjadi teka-teki bagi kami, teka-teki tanpa petunjuk, teka-teki tanpa alur," ujarnya.

Saat Suci sekeluarga mencari cara untuk menemukan jawaban, orang-orang yang dianggap sangat menolong dan datang mengulurkan tangan untuk menebak teka-teki ini, langsung mundur tanpa alasan apa pun.

Suci merasa orang-orang yang awalnya menolongnya menutup mata dan telinga, agar semua ini seakan telah selesai dan sampai ke jalan buntu.

"Apakah sesulit itu prosedur untuk mengungkap teka-teki ini? Kehilangan dua sosok pemimpin tanpa ada kepastian yang kami dapatkan. Sudah ada jelas nyatanya kejanggalan yang ada dalam teka-teki ini," ucapnya.

"Kepada siapa lagi kami mengadu dan meminta pertolongan. Kami hanya rakyat yang meminta keadilan dan kepastian hak kami," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saran Kemenkes agar Ibu Hamil yang Anemia Mau Minum Tablet Tambah Darah

Posted: 17 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perlu ada pengecekan dari tenaga kesehatan untuk memastikan ibu hamil dengan kondisi anemia mengonsumsi tablet tambah darah. Selain memberikan edukasi, tenaga kesehatan juga perlu mendorong ibu hamil memeriksan kadar hemoglobin. 

"Edukasi tenaga kesehatan supaya dia (ibu hamil) mau minum obat penambah darah. Nah, biar dipastikan ibu hamil minum obat itu, ya dorong dia periksa hemoglobin (Hb)," kata Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Dhian Probhoyekti usai konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Pemerintah daerah pun punya peran mendorong pemenuhan mikronutrien (zat gizi mikro), terutama untuk ibu hamil yang anemia. Dalam hal ini, tablet tambah darah yang mengandung zat gizi mikro asam folat dan zat besi. Salah satu caranya pemerintah daerah aktif mengedukasi kader-kader kesehatan tentang cara berbicara efektif ke ibu hamil. 

"Misalnya, mengajak ibu hamil, 'Ayo periksa ke puskesmas', 'Ayo minum tablet tambah darah.' Di tingkat puskesmas, tenaga kesehatan juga bisa aktif menyampaikan," kata Dhian. 

 

Ketersediaan Tablet Tambah Darah

Ilustrasi anemia (iStock)
Ilustrasi anemia (iStock)

Kesediaan tablet tambah darah harus ada di tingkat kabupaten dan provinsi. Di beberapa provinsi menyediakan tablet tambah darah lebih kompleks komposisinya.

"Kami menyebutnya mulitiple micronutrient. Jadi, enggak hanya mengandung zat besi dan asam folat saja. Dilengkapi vitamin C dan zinc," lanjut Dhian.

Pemerintah daerah bisa membuat surat edaran kepada warga yang berisi imbauan agar ibu hamil anemia sebaiknya minum tablet tambah darah. "Belum semua pemda yang bikin surat edaran seperti itu," katanya.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018 Kementerian Kesehatan, prevalensi anemia pada ibu hamil 48,9 persen. Dari 10 ibu hamil, 4 sampai 5 ibu hamil menderita anemia.

"Makanya, pemberian tablet tambah darah ini penting agar bayi yang lahir sehat," Dhian menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tombol Edit Twit di Twitter Batal Rilis Tuai Perhatian

Posted: 17 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pengguna yang mendesak Twitter untuk merilis fitur tombol edit twit di platform-nya. Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya CEO Twitter Jack Dorsey memberi jawaban pasti tentang fitur ini.

"Jawabannya adalah tidak," kata Jack Dorsey. Kabar ini pun menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (17/1/2020) kemarin.

Penasaran dengan dua berita terpopuler lainnya? Yuk, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Bos Twitter Ogah Hadirkan Tombol Edit Twit

Sejak Twitter diluncurkan pada 2006, para pengguna telah meminta kehadiran sebuah fitur edit tweet. Namun, perusahaan selalu mengelak dan menyebut, sangat mempertimbangkan matang-matang untuk merilis fitur edit twit atau tidak.

Kini, CEO Jack Dorsey sendiri memberi jawaban pasti tentang fitur ini. Dalam sebuah wawancara dengan Wired, Dorsey ditanya mengenai tombol edit untuk di tahun 2020.

"Jawabannya adalah tidak," kata Jack Dorsey, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Jumat (17/1/2020).

Baca selengkapnya di sini

2. Google Akhiri Dukungan untuk Deretan Aplikasi Chrome Mulai Juni 2020

Google mengumumkan jadwal penghentian dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome di semua platform. Dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome akan berakhir mulai Juni 2020.

Dilansir dari The Verge, Jumat (17/1/2020), aplikasi Chrome merupakan aplikasi berbasis web yang bisa dipasang di Chrome. Tampilan dan fungsinya mirip seperti aplikasi yang ada di desktop.

Beberapa aplikasi Chrome yang sudah dipasang kemungkinan akan dialihkan ke web seperti kebanyakan aplikasi-aplikasi Google lainnya. Ekstensi Chrome yang berbeda dari aplikasi-aplikasi Chrome, akan tetap berfungsi dengan baik.

Baca selengkapnya di sini

3. Facebook Batal Terapkan Iklan di WhatsApp

Ilustrasi Facebook dan WhatsApp
Ilustrasi Facebook dan WhatsApp

Facebook membatalkan rencananya untuk menghadirkan iklan di layanan pesan WhatsApp.

Dilaporkan oleh The Wall Street Journal, tim yang mengembangkan iklan di WhatsApp telah dibubarkan beberapa bulan lalu. Pekerjaan yang telah dilakukan pun, dihapus dari kode Whatsapp.

Meski membatalkan rencana untuk memboyong iklan ke WhatsApp, Facebook tetap akan menghadirkan iklan di WhatsApp Status. Namun sejauh ini, WhatsApp masih bebas dari iklan.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar dari Kasus MeMiles, Kenali Ciri-ciri Investasi Bodong

Posted: 17 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perencana keuangan Ruisa khoiriyah, memaparkan bahwa investasi bodong atau tipuan berbungkus investasi, ciri-cirinya sebenarnya mudah dikenali.

Pertama, dia menawarkan sesuatu yang "too good to be true". Dalam kasus Memiles, dia menawarkan keuntungan yang tidak masuk akal.

"Misalnya, bila nasabah top up Rp 300.000 dia bisa mendapatkan iming-iming keuntungan hingga ratusan juta rupiah," kata Ruisa kepada Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (17/1/2020).

Kedua, perizinannya tidak jelas. Sebuah perusahaan investasi harus mengantongi izin dari OJK, tidak cukup dengan izin sebagai PT.

Menurutnya dalam kasus MeMiles, dia hanya berizin dari Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan HAM sebagai perusahaan advertising.

Ketiga, model bisnisnya tidak jelas. Skema investasi yang masuk akal bisa menjelaskan model bisnisnya seperti apa, dari mana pengelola mendapat untung, bagaimana nasabah bisa mendapatkan untung dan sebagainya.

"Tapi dalam tipuan investasi, nasabah sulit menerka bagaimana bisnis tersebut dijalankan. Nasabah hanya diminta untuk top up dan top up, ini ciri utama skema Ponzi di mana keuntungan nasabah dibayarkan oleh uang dia sendiri atau dari setoran nasabah baru," ungkapnya.

Keempat, tidak ada penjelasan tentang risiko. Setiap investasi pasti memiliki risiko, para penipu investasi jarang yang berterus terang, tentang risiko yang mungkin terjadi. Mereka umumnya hanya bicara untung, dan memanfaatkan hasrat calon korban mereka.

Selanjutnya, ia pun memberikan tips cara menghindari penipuan investasi ilegal, yakni jangan pernah mau berinvestasi dengan ciri-ciri mencurigakan yang sudah dijelaskan di atas.

Tetaplah berpikiran rasional, dan tidak terjebak keserakahan. Pilih produk investasi yang sudah jelas identitasnya, rekam jejak dan legalitasnya. Yang terakhir sesuaikan pilihan investasi dengan rencana dan tujuan keuangan Anda.

Menelusuri Situs Investasi Bodong MeMiles

memiles surabaya thumbnail
memiles surabaya thumbnail

Ditreskrimsus Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) membongkar kasus investasi bodong MeMiles yang beromzet Rp 750 miliar.Terbaru, Polda Jatim menyatakan memanggil beberapa publik figur yang diduga terlibat dalam promosi hingga pembelian saham investasi bodong PT Kam and Kam berbasis aplikasi pada pekan depan.

"Kami sudah melakukan panggilan saksi beberapa nama papan atas, figur publik atau artis yakni inisial ED, MT, AN dan J pada minggu depan. Masing-masing berbeda tanggalnya," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Surabaya, Kamis, 9 Januari 2020, seperti dikutip dari Antara.

Publik figur inisial J telah konfirmasi akan hadir pada 22 Januari, karena masih ada kesibukan.

"Untuk konfirmasi sejauh ini, ada beberapa seperti J sudah mengonfirmasi terkait ketidakhadirannya pada penyidik untuk menunggu dari tim manajer karena ada kegiatan di Jakarta," kata Trunoyudo.

Mengenai apa saja keterlibatan para publik figur ini, ia masih belum bisa menjelaskan. Sebab proses pemeriksaan masih akan berlangsung menunggu kehadiran publik figur tersebut.

"Keterlibatannya seperti apa? Nanti dalam materi proses penyidikan. Minimal proses keterlibatannya yaitu adanya bagian dari member, kemudian ada juga ada kegiatan yang kemungkinan bisa dikembangkan oleh penyidik, seperti apakah ada keterkaitan dengan sistem operasional PT Kam and Kam dalam akun MeMiles ini," ucap Truno.

Kasus investasi ilegal MeMiles ini terbongkar ketika Polda Jatim mendapatkan investasi MeMiles yang belum berizin. Investasi ilegal ini menggunakan PT Kam and Kam yang berdiri pada delapan bulan lalu tanpa mengantongi izin.

Perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa pemasangan iklan yang menggunakan sistem penjualan langsung melalui jaringan member dengan cara bergabung di aplikasi MeMiles. Peminatnya pun cukup besar. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan, sudah ada 264 ribu member selama delapan bulan dengan omzet Rp 750 miliar.

Polda Jatim pun menangkap dua tersangka terkait kasus tersebut. Tersangka itu berinisial KTM (47) dan FS (52).

"Tersangka pernah terlibat kasus sama tahun 2015 di Polda Metro Jaya," ujar Luki, dikutip pada Jumat, 3 Januari 2020.

 

Mekanisme Investasi

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur memberikan keterangan mengenai kasus MeMiles (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur memberikan keterangan mengenai kasus MeMiles (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Mekanisme investasi yaitu setiap anggota berhasil merekrut anggota baru mendapatkan komisi atau bonus dari perusahaan. Jika ingin memasang iklan, anggota harus memasang top up dengan dana dimasukkan ke rekening PT Kam and Kam. Dengan top up itu, anggota memperoleh bonus atau reward bernilai fantastik.

"Dana masuk antara Rp 50 ribu sampai Rp 200 juta," ujar Luki.

Anggota banyak tergiur karena bonus yang dijanjikan tersangka. Luki mencontohkan, dengan hanya menyetor Rp 50 juta, anggota bisa memperoleh mobil seharga di atas Rp 100 juta. "Dalam mengusut kasus ini kami bekerjasama dengan pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan)," kata Luki.

Liputan6.com pun menelusuri website memiles tersebut pada Jumat, 10 Januari 2020. Dalam website dengan memiles.co, disebutkan kalau MeMiles program aplikasi yang memadukan bisnis traveling, advertising, dan market place dalam satu aplikasi. Disebutkan untuk pendaftaran dengan unggah aplikasi dan buka aplikasi.

Update

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L.Tobing menuturkan, pihaknya sudah memblokir situs dan aplikasi MeMile melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Akan tetapi, ia menilai pelaku dapat saja membuat situs baru dan mengubah nama.

Oleh karena itu, pihaknya sudah mengumumkan ke masyarakat sejak Agustus kalau kegiatan ini ilegal sehingga masyarakat tidak ikut. Adapun pada 2019, ada sebanyak 444 entitas investasi ilegal yang dihentikan. Pada 2018 ada 108 dan 2017 ada 80 entitas. "Hal yang perlu adalah peran serta masyarakat agar tidak ikut MeMiles," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia Serie A: Juventus vs Parma Live di Televisi

Posted: 17 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Juventus akan tampil lagi di ajang Liga Italia Serie A 2019/20 pada akhir pekan ini setelah sibuk dengan Coppa Italia pertengahan pekan ini.

Kali ini, Juventus akan ditantang Parma yang saat ini berada di peringkat ketujuh klasemen Liga Italia. Namun, peluang menang Juventus besar karena akan tampil di kandang sendiri, Allianz Stadium.

Namun, Maurizio Sarri dan pasukannya tetap harus waspada. Sebab,  Parma datang dengan motivasi untuk bangkit usai pekan lalu dikalahkan AS Roma 0-2.

Juventus sendiri saat ini masih memuncaki klasemen Liga Italia hingga pekan ke-19. Namun posisi mereka rawan tergusur akhir pekan nanti oleh Inter Milan. Maka itu, laga lawan Parma jadi duel wajib menang jika tak ingin disalip Inter Milan.

Berikut jadwal Juventus vs Parma di Liga Italia akhir pekan ini, yang akan disiarkan oleh RCTI.

Jadwal Liga Italia

Senin, 20 Januari 2020

02.45 WIB, Juventus vs Parma

Allianz Stadium

Live: RCTI

Jadwal

Sabtu, 18 Januari 2020

21.00 WIB, Lazio Vs Sampdoria

Minggu, 19 Januari 2020

00.00 WIB, Sassuolo Vs Torino

02.45 WIB, Napoli Vs Fiorentina

18.30 WIB, AC Milan Vs Udinese

21.00 WIB, Brescia Vs Cagliari

21.00 WIB, Bologna Vs Hellas Verona

21.00 WIB, Lecce Vs Inter Milan

Senin

Senin, 20 Januari 2020

00.00 WIB, Genoa Vs AS Roma

Klasemen Liga Italia

Ilustrasi Logo Serie A. (AFP/Marco Bertorello)
Ilustrasi Logo Serie A. (AFP/Marco Bertorello)
 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Meninggal Dunia, Ade Irawan Merasa Kesepian

Posted: 17 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Artis senior yang juga ibunda almarhum Ria Irawan, Ade Irawan meninggal dunia, Jumat (17/1/2020). Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, Ade Irawan sempat mendapatkan perawatan Intensif di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, karena bermasalah denagan jantung dan paru-parunya.

Sebelum meninggal dunia, Ade Irawan mengaku sangat kesepian selama berada di rumah sakit. Apalagi ia ditinggal lebih dulu oleh putrinya, Ria Irawan yang berpulang pada 6 Januari 2020.

"Ibu ada perkataan terakhir yang bilang ke suster yang merawatnya, kalau dia merasa kesepian di rumah karena enggak ada orang," kata Adhi anak Ade Irawan saat ditemui di rumah duka di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020).

Kenakan Wig

(Daniel Kampua/Fimela.com)
(Daniel Kampua/Fimela.com)

Tak hanya itu, sebelum mengingal dunia Ade Irawan juga meminta kepada keluarga untuk mengenakan rambut palsu.

"Terakhir ada beliau (Ade Irawan) bilang sama susternya, dia tuh pengen nyobain wig," kata Adhi.

Rindu

(Daniel Kampua/Fimela.com)
(Daniel Kampua/Fimela.com)

Menurut Adhi, apa yang diinginkan ibunya lantaran ia kangen dengan dunia akting. Apalagi hampir separuh hidupnya ia dedikasikan untuk dunia seni peran.

"Kangen kali jadi artis. Nah, jadi fantasi dia itu dia ingin cantik gitu, dia minta ambilin wig dan dandan sendiri," jelasnya.

Foto

(Daniel Kampua/Fimela.com)
(Daniel Kampua/Fimela.com)

Setelah menggunakan rambut palsu, Ade Irawan sempat meminta untuk didokumentasikan oleh suster yang merawat dirinya.

"Pak, Oma tadi minta dandan dan pakai wig. Ini fotonya' gitu lah," ucap Adhi menirukan perkataan suster.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Semifinal Indonesia Masters 2020: 5 Wakil Indonesia Beraksi

Posted: 17 Jan 2020 07:55 PM PST

Jakarta Indonesia akan menurunkan lima wakil di semifinal Indonesia Masters 2020 yang digelar di Istora, Jakarta, Sabtu (17/1/2020).

Ganda putra Indonesia menguasai babak empat besar Indonesia Masters 2020 dengan meloloskan tiga wakil, yakni unggulan pertama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, unggulan kedua Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan unggulan kelima Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Indonesia telah memastikan tiket final dari bentrok Ahsan/Hendra versus Fajar/Rian nanti. Sementara, Kevin/Marcus akan menghadapi wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Woii Yik.

Dua wakil yang lain ialah ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Greysia/Apriyani akan menghadapi unggulan kelima asal Korea, Kim So-Yeong/Kong Hee-yong. Ini akan menjadi laga berat bagi Greysia/Apriyani yang selalu kalah dalam dua pertemuan melawan Kim/Kong.

Sementara, Anthony akan bersua unggulan kelima asal Denmark, Viktor Axelsen. Ini akan menjadi pertemuan keenam bagi Anthony dan Axelsen. Untuk sementara, Anthony memimpin dengan kemenangan 3-2.

Babak semifinal Indonesia Masters 2020 akan dimulai pada pukul 12.00 WIB. Berikut jadwal lengkapnya.

Jadwal Pertandingan

Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, saat menghadapi ganda Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi Lin, pada laga Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (17/1). Ahsan/Hendra menang 9-21, 21-15, dan 21-19. (Bola.com/Yoppy Renato)
Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, saat menghadapi ganda Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi Lin, pada laga Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (17/1). Ahsan/Hendra menang 9-21, 21-15, dan 21-19. (Bola.com/Yoppy Renato)

Lapangan 1 Istora mulai pukul 12.00 WIB

Pertandingan ketiga - Greysia Polii/Apriyani Rahayu Vs Kim So-yeong/Kong Hee-yong

Pertandingan kelima - Viktor Axelsen Vs Anthony Sinisuka Ginting

Pertandingan keenam - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto Vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Pertandingan kedelapan - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon Vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Wiwig Prayugi / Editor: Rizki Hidayat, published 18/1/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tips Membuat Bawang Goreng Agar Renyah dan Tidak Gosong

Posted: 17 Jan 2020 07:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan bawang goreng di setiap sajian makanan tidak bisa dipisahkan. Apapun makanannya, bawang goreng selalu ditaburkan di atasnya. Selain mempercantik sajian makanan, makanan yang ditaburi bawang goreng akan menambah cita rasa.

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat bawang goreng menjadi topping wajib dalam setiap masakan. Walaupun terlihat sederhana, namun enggak semua orang dapat membuat bawang goreng.

Cara mengolah yang kurang tepat akan membuat bawang goreng tidak sempurna; lembek, berminyak, bahkan pahit karena gosong. Oleh karena itu, diperlukan sedikit tips membuat bawang goreng agar hasilnya renyah dan tidak gosong.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bawang goreng renyah cukup mudah dan mudah ditemukan. Berikut tips membuat bawang goreng agar renyah dan tidak gosong yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/1/2020). 

Pilih Bawang Merah dengan Kualitas Baik

Ilustrasi bawang merah (iStockphoto)
Ilustrasi bawang merah (iStockphoto)

Tips membuat bawang merah goreng pertama adalah memilih bawang merah yang memiliki kualitas baik. Pilih bawang merah dengan ukuran sedang dan tampilannya yang masih segar.

Jangan menggunakan bawang yang sudah layu atau lembap dan cenderung berair. Karena jenis bawang merah ini akan berpengaruh terhadap hasil bawang goreng yang akan dibuat nanti. Bawang merah segar umumnya ditandai dengan akar yang masih menempel.

Iris Tipis Bawang Merah

Membuat acar bawang merah./Copyright shutterstock.com/g/Noor+Haswan++Noor+Azman
Membuat acar bawang merah./Copyright shutterstock.com/g/Noor+Haswan++Noor+Azman

Setelah memilih bawang merah dengan kualitas baik, selanjutnya iris tipis bawang merah yang akan digoreng. Untuk mendapatkan bawang goreng yang renyah, pastikan tidak mengabaikan tips membuat bawang merah goreng yang ini.

Mengiris tipis bawang merah dapat membuat bawang cepat kering dan matang sempurna. Berbeda apabila kamu mengiris bawang terlalu tebal, maka akan membuat hasilnya lembek, berminyak, dan tidak renyah.

Untuk itu, usahakan mengiris bawang setipis mungkin. Kalau bisa, gunakan alat pengiris bawang agar hasilnya lebih renyah maksimal dan terlihat lebih rapi.

Menambahkan Tepung Tapioka

Tepung Tapioka
Tepung Tapioka

Bawang merang yang diiris tipis direndam dalam air garam. Setelah itu, bawang merah ditiriskan dan ditaburi dengan tepung tapioka hingga tercampur rata. Panaskan minyak, goreng bawang dengan api sedang sampai kecokelatan. 

Menambahkan Tepung Maizena dan Tepung Beras

Tepung maizena. (huffingtonpost.com)
Tepung maizena. (huffingtonpost.com)

Bawang merah yang sudah dicuci bersih diiris tipis. Sementara itu, siapkan tepung maizena dan tepung beras yang dicampur rata. Taburkan tepung ke bawang merah iris hingga merata. Siapkan wajan, panaskan minyak dengan api sedang. Goreng bawang sambil sesekali diaduk agar matangnya merata. Kemudian angkat dan tiriskan.  

Menambahkan Tepung Maizena dan Baking Powder

baking powder. /Copyright shutterstock.com
baking powder. /Copyright shutterstock.com

Bawang merah yang sudah diiris direndam dengan air garam selama sekitar 10 menit. Lalu, cuci bersih supaya getahnya hilang. Siapkan tepung maizena dan baking powder (rasionya bisa 1 sdm tepung maizena dan 1 sdt baking powder). Taburkan ke bawang merah hingga rata. Goreng dengan api sedang hingga tampak kekuningan. Kemudian angkat dan tiriskan.

Menambahkan Cuka

Cuka. (via: youtube.com)
Cuka. (via: youtube.com)

Bawang yang sudah dicuci, diiris tipis. Lalu tuangkan cuka, aduk rata dan diamkan selama 5 menit. Untuk 500 gram bawang goreng, bisa menggunakan 4 sdm cuka. Setelah itu, bilas dan cuci hingga bersih. Goreng bawang dengan minyak sedang hingga kekuningan.

Gunakan Minyak yang Benar-benar Panas

Ilustrasi bawang goreng./Copyright shutterstock.com
Ilustrasi bawang goreng./Copyright shutterstock.com

Tips membuat bawang merah goreng agar renyah selanjutnya memastikan minyak goreng yang digunakan benar-benar apanas. Pastikan juga menggoreng bawang merah dengan menggunakan api kecil.

Ketika menggoreng bawang merah goreng, disarankan untuk menggunakan minyak yang banyak. Selama menggoreng, sambil sesekali diaduk agar matangnya merata.

Kalau bawang merah sudah terlihat menguning, maka sudah bisa segera diangkat. Jangan sampai telat mengangkatnya. Karena setelah diangkat, bawang goreng akan mencoklat dengan sendirinya ketika ditiriskan.

Setelah matang sempurna dan ditiriskan, simpan bawang goreng dalam wadah kedap udara agar bawang bisa bertahan lebih lama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penduduk Akan Tinggalkan Desa Pasir Madang Bogor Usai Longsor?

Posted: 17 Jan 2020 07:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak kurang dari 499 kepala keluarga (KK) di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat angkat kaki meninggalkan rumahnya karena dilanda bencana longsor dan banjir bandang.

Sedikitnya 254 unit rumah rusak, kurang lebih 500 rumah terancam sehingga sebagian besar warga desa yang menghuni di lereng perbukitan mengungsi untuk menyelamatkan diri dari bencana longsor.

Dari 4.657 jiwa penduduk Desa Pasir Madang, sebagian besar mengungsi ke berbagai tempat penampungan. Mulai dari kantor desa, pesantren, gedung sekolah, tempat ibadah hingga rumah-rumah warga yang benar-benar aman dari ancaman longsor.

Meski begitu, masih ada sejumlah warga yang enggan beranjak dari tempat tinggalnya untuk mengungsi, meskipun permukiman mereka sudah terancam longsor.

Salah satu alasannya, yakni mereka tidak mau meninggalkan hewan peliharaan dan ternak. Sebab, sebagian besar warga di Desa Pasir Madang menggantungkan kehidupan ekonominya pada peternakan.

"Kalau ditinggalin ngungsi, ternak saya gimana, ga ada yang ngurus," ujar Ading (53) warga Kampung Ciberani, Desa Pasir Madang, Jumat (17/1/2020).

Ading, satu dari belasan kepala keluarga di kampung itu yang tetap memilih tinggal di sebuah kampung yang dikelilingi bukit dan sudah mengalami longsor.

"Kita terus berdoa saja semoga selamat dan tetap sehat," ujar Cecep warga lainnya.

Sekretaris Desa Pasir Madang, Sopyan mengatakan, jumlah warga yang mau mengungsi lebih banyak daripada yang masih bertahan. Namun demikian, pihaknya sudah meminta warga yang tinggal di lereng, bawah bukit untuk mengungsi karena sangat berbahaya. Sebab, tidak menutup kemungkinan terjadi longsor baru atau susulan disaat turun hujan.

"Tapi untuk bantuan logistik semua sudah aman, baik yang mengungsi maupun yang bertahan tinggal di rumahnya," kata dia.

Potensi Pergeseran Tanah

Rumah warga di Kampung Kubang, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor hancur tertimbun longsor pada 1 Januari 2020. Permukiman itu kini sudah kosong ditinggal penduduknya mengungsi. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)
Rumah warga di Kampung Kubang, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor hancur tertimbun longsor pada 1 Januari 2020. Permukiman itu kini sudah kosong ditinggal penduduknya mengungsi. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Sopyan mengungkapkan, dari sembilan kampung yang ada di Desa Pasir Madang, seluruhnya terkena dampak bencana longsor. Sembilan kampung tersebut di antaranya, Kampung Babakan Ciberani, Kampung Ciberani, Kampung Pasir Madang, Cikeusal, Cibiuk, Hegarmanah, Gunung Kembang, dan Kampung Kubang.

"Kampung Ciberani bukitnya sudah pada longsor parah, di Gunung Kembang juga sama. Paling parah di Kampung Kubang, sebagian pemukiman di kampung itu sudah tertimbun longsor," ungkap Sopyan.

Melihat kondisi tersebut, lanjut dia, sebagian besar perkampungan di Pasir Madang sudah tidak layak huni, mengingat permukiman warga yang dikelilingi lereng dan bukit sudah longsor serta tanahnya labil sehingga berpotensi terjadinya pergeseran tanah.

Longsor dan banjir bandang pada 1 Januari 2020 telah merusak ratusan bangunan rumah, tempat ibadah, infrastruktur jalan desa dan jembatan hingga perkebunan yang menjadi mata pencaharian penduduk Desa Pasir Madang. Ratusan rumah terancam longsor.

Kini, pemerintah daerah masih menunggu hasil kajian dari tim ahli tanah apakah desa yang berada di daerah perbukitan ini masih layak untuk dihuni atau tidak.

"Kita nunggu dari pemerintah dan tim ahli apakah desa ini masih layak atau misalkan ada tempat relokasi. Kalau secara pribadi berat kalau ninggalin desa ini. Kalau Kampung Kembang memang sudah zona merah dan tahun 2016 penduduknya sudah diungsikan," kata Sopyan.

Desa Pasir Madang memiliki luas wilayah 1.564 hektar, 800 hektare di antaranya bekas lahan hak guna usaha (HGU). Setelah status HGU habis pada tahun 2015, lahan tersebut terbengkalai hingga sekarang ini.

"Dulu sempet ditanami cengkeh, setelah harganya jatuh sekitar tahun 80-an, lalu beralih ke tanaman teh. HGU habis, karena ditelantarkan oleh warga dimanfaatkan untuk bercocok tanam," kata Sopyan.

Bencana banjir bandang dan longsor melanda Kabupaten Bogor di hari pertama tahun 2020. Daerah terdampak meliputi Kecamatan Nanggung, Cigudeg, Jasinga, dan Sukajaya.

Wilayah paling terparah yakni Kecamatan Sukajaya. Seluruh desa sempat terisolir akibat akses menuju kecamatan itu tertutup longsoran.

 

Ratusan Warga Terluka

Kondisi sejumlah rumah warga usai banjir menerjang Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)
Kondisi sejumlah rumah warga usai banjir menerjang Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor tercatat, jumlah rumah yang rusak di Kabupaten Bogor lebih dari 4000 unit. Sedangkan jumlah pengungsi mencapai 13.647 jiwa.

Korban meninggal sebanyak 13 orang. Jumlah tersebut meliputi satu korban hanyut diterjang banjir bandang dan jasadnya baru ditemukan Selasa 14 Januari 2020 kemarin di Kecamatan Jasinga, tiga orang tertimbun dan belum ditemukan dinyatakan meninggal. Kemudian menyusul satu orang meninggal di Desa Kiarasari, Sukajaya pada Senin 13 Januari 2020 akibat tertimbun longsor susulan. Sedangkan korban luka ringan sebanyak 517 orang dan luka berat mencapai 12 orang. Empat orang meninggal setelah kejadian bencana karena sakit.

Pemerintah Kabupaten Bogor, berencana akan relokasi warga terdampak bencana di Sukajaya, Cigudeg dan Nanggung. Namun Pemkab Bogor masih menunggu hasil kajian dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) serta pemetaan dari Badan Informasi Geospasial (BIG).

"Kalau hasil pemetaan merekomendasikan untuk relokasi ya kita akan relokasi. Bisa ke lahan milik Perhutani, yang tidak berbahaya dan tidak membahayakan," terang Bupati Bogor Ade Yasin.

Ade mengungkapkan, hampir seluruh wilayah Kecamatan Sukajaya rawan longsor. Karena itu, pemerintah daerah akan merelokasi penduduk ke tempat aman dari bencana banjir dan longsor.

"Kalau rumah sudah terkubur kan tidak mungkin bisa dibangun rumah lagi disana. Upayanya yang sudah longsor atau rawan kita tanami, lakukan penghijauan," ujar Ade.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: