Sabtu, 25 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


M Taufik: Jakarta sebagai Ibu Kota Berakhir Juni 2020

Posted: 25 Jan 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra M Taufik menyebut Jakarta bakal tamat menjadi ibu kota pada Juni tahun 2020. Sebab, bakal dibahas undang-undang mengenai pemindahan ibu kota.

"Insyaallah Juni tamat Jakarta sebagai ibu kota. UU akan keluar Juni," ujar Taufik dalam Rakerda Gerindra di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (26/1/2020).

Taufik mengatakan, pihaknya setuju saja ibu kota pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Namun, menurutnya harus jelas status Jakarta setelah ditinggalkan.

"Kami sepakat aja pindah. Cuma kami minta Jakarta jadi apa," ujar Taufik.

Dia mengingatkan, harus jelas bagaimana nasib Jakarta ke depan. Taufik meminta semua partai, tidak hanya Gerindra, untuk membicarakan nasib Jakarta. Apakah bakal menjadi daerah khusus ekonomi dan perdagangan.

"Ini harus jadi perhatian semua parpol. Saya minta semua parpol bicarakan ini," kata Taufik.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Jakarta akan menjadi pusat perekonomian dan wisata. Dia mengatakan, Jakarta berhasil menjadi kota terbanyak di Indonesia yang didatangi wisatawan saat tahun baru.

"Kami berharap ibu kota pinah maka kami di Jakarta kita dapat fokus Jakarta sebagai pusat perekonomian, dan wisata," kata Anies.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Johny Indo Akan Dimakamkan Secara Kristen

Posted: 25 Jan 2020 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aktor senior Johny Indo dikabarkan meninggal dunia. Johny Indo menghembuskan napas terakhirnya pada Minggu (26/1/2020) dini hari.

Johny Indo sempat dikabarkan mualaf dan bertaubat hingga mengubah namanya menjadi Umar Billah. Namun saat pemakaman nanti, pihak keluarga memutuskan untuk memakamkan Johny Indo secara Kristen.

Hal itu disampaikan oleh Santa, cucu Johny Indo saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Tinggal Bersama Keluarga

"Iya soalnya kan akhir-akhir ini, sudah beberapa bulan, dia tinggal sama kita, sama keluarga. Terus juga sudah yang ngurusin istrinya langsung. Istrinya pendeta kan," kata Santa pada Minggu (26/1/2020).

Minta Maaf

Lebih lanjut, sang cucu mengatakan bahwa Johny Indo sudah menyatakan ikut kepercayaan keluarganya.

"Dia juga menyatakan ikut kita lagi secara rohani. Dia sudah meminta maaf ke istri karena sudah ninggalin lama," lanjutnya lagi.

Meninggal di Gereja

Oleh karena di akhir hidupnya Johny Indo kembali ke keluarganya itu, maka pihak keluarga menyatakan berhak menentukan memakamkan Johny Indo secara Kristen.

"Karena sudah enggak ada yang ngurusin dari sebelumnya, mau nggak mau istri pertama yang menentukan bahwa dia nantinya akan dimakamin secara apa. Kebetulan pas meninggalnya lagi di gereja," lanjut Santa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sapa Anies ke Sandi di Rakerda Gerindra: Welcome Back Bro...

Posted: 25 Jan 2020 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri rapat kerja daerah (Rakerda) Partai Gerindra DKI Jakarta. Dalam kegiatan itu dihadiri seluruh kader Partai Gerindra DKI Jakarta.

Selain itu tampak juga mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Saat memberikan sambutan, Anies pun sempat menyapa sosok Sandi yang pernah menjadi partner kerjanya.

"Welcome back, bro," kata Anies di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020).

Sambutan itu pun langsung diberikan sorakan oleh tamu undangan yang datang. Setelah itu, dilanjutkan Sandiaga memberikan sambutan dan sempat menyapa mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

"Mantan bos saya Bapak Anies Baswedan. Kangen bro," ucap Sandiaga.

Pernyataan Sandiaga pun juga sontak disambut dengan gemuruh para kader Gerindra yang datang.

Pantauan di lokasi, Anies yang mengenakan pakaian batik tiba di lokasi dan disambut dengan palang pintu.

Anies terlihat diterima dan didampingi Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik. Terlihat juga hadir Ketua Fraksi PDIP DKI Gembong Warsono dan Ketua Fraksi Golkar Basri Baco. Hadir pula calon Wagub DKI dari Gerindra, Ahmad Riza Patria. Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarief menyebut ada dua agenda dalam Rakerda hari ini. Agenda untuk internal partai dan agenda eksternal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Membersihkan Pusar Bayi yang Benar, Jangan Sembarangan

Posted: 25 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan pusar bayi yang benar wajib diketahui oleh setiap orang tua. Pusar bayi memang harus dibersihkan secara berkala untuk mencegah terjadinya berbagai infeksi. Jangan sampai kotoran justru menumpuk di pusar bayi.

Setelah bayi lahir, tali pusar yang terhubung ke plasenta atau ari-ari akan dipotong, tetapi biasanya masih menyisakan sedikit bagian tali pusar yang menempel pada perut si bayi. Sisa tali pusar ini perlu dirawat hingga mengering dan terlepas dengan sendirinya dari perut bayi.

Cara membersihkan pusar bayi yang benar harus dilakukan dengan hati-hati. Hal ini berkaitan dengan kesehatan bayi. Setiap langkah-langkah dalam membersihkan pusar bayi harus dilakukan dengan cermat untuk menghindarkan berbagai masalah kesehatan yang bisa menyerang bayi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/1/2020) tentang cara membersihkan pusar bayi yang benar.

Siapkan Peralatan

Ilustrasi handuk yang nyaman| unsplash.com/@alphabetania
Ilustrasi handuk yang nyaman| unsplash.com/@alphabetania

Cara membersihkan pusar bayi yang pertama adalah dengan menyiapkan semua peralatan terlebih dahulu. Sebelum membersihkan pusar bayi, siapkan dulu semua peralatannya, seperti kapas, handuk lembut, sabun bayi, dan air hangat.

Saat kamu menyiapkan peralatan tersebut, pastikan bayi tidak ditinggalkan sendirian. Mintalah pasangan untuk mengawasinya. Selain itu, jangan biarkan bayi ditinggal dengan baju terbuka saat mengambil peralatan tersebut.

Cuci Tangan

Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)
Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)

Sebelum mulai membersihkan pusar bayi, cuci tangan dahulu dengan sabun dan di bawah air mengalir. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai salah satu cara membersihkan pusar bayi yang benar. Ini penting sekali sebab tangan yang kotor bisa menjadi sarang kuman dan menyebabkan sang buah hati terkena infeksi. Setelah cuci tangan, keringkan tangan kamu, baru mulai membersihkan bayi.

Perhatikan Kondisi Pusar dengan Saksama

Sebelum mulai membersihkan, lihat dulu kondisi pusar bayi. Apakah sedang terjadi infeksi seperti luka, memerah, membengkak, berdarah atau tidak di dalam pusar.

Jika ini terjadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak segera, dan tunda dahulu untuk membersihkan pusar anak. Jika tidak, kamu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam cara membersihkan pusar bayi yang benar.

Bersihkan Pusar Bayi secara Perlahan

Ilustrasi Bayi/ Daria Shevtsova from Pexels
Ilustrasi Bayi/ Daria Shevtsova from Pexels

Jika semua sudah siap, bersihkan pusar bayi secara perlahan menggunakan kapas. Usahakan jangan terlalu ditekan. Lakukanlah dengan lembut agar bayi tetap nyaman, sebagai cara membersihkan pusar bayi yang benar.

Bahan yang paling baik digunakan ketika membersihkannya adalah sabun bayi dan air hangat. Jangan menggunakan alkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada pusar bayi dan area kulit di sekitarnya.

Keringkan Area Pusar

Ilustrasi Bayi (Kai Keisuke/Shutterstock)
Ilustrasi Bayi (Kai Keisuke/Shutterstock)

Setelah dibersihkan, keringkan pusar bayi dengan handuk yang bersih. Caranya, tepuk-tepuk secara perlahan area sekitar pusar hingga benar-benar kering. Jangan menggosoknya dengan handuk karena dapat menyebabkan pusar Si Kecil terluka.

Kamu juga bisa menerapkan cara membersihkan pusar bayi yang benar selagi memandikannya. Bersihkan pusar dengan handuk yang lembut setelah mencuci rambut, wajah, leher, dan dada bayi. Bersihkan pusar bayi secara perlahan, lalu bilas dengan air bersih.

Cara Membersihkan Pusar Bayi yang Tali Pusarnya Masih Menempel

Kamu bisa membersihkan pusar bayi yang masih ada tali pusarnya dengan cara berikut:

- Ambil kapas bersih dan basahi dengan air hangat yang sudah dicampurkan sabun.

- Peras kapas hingga tak ada sisa tetesan air lagi.

- Dengan lembut, bersihkan pusar, bersihkan dari dalam keluar di kulit sekitar pusar.

- Bersihkan juga bagian tali pusarnya dengan lembut dari bagian pangkalnya.

Selain itu, kamu juga bisa membersihkannya sekalian saat memandikan si bayi. Jika ada kotoran di pusar, pastikan kotoran di area tali ini bersih. Setelah dilap kapas dari air hangat yang bersabun, kemudian bersihkan dengan air hangat bersih menggunakan kapas. Selanjutnya, keringkan pusar bayi dengan handuk.

Segera keringkan bagian pusar dan area sekitarnya. Hindari mengoleskan krim, lotion, bedak atau memberikan perban kassa. Biarkan tali pusar bayi tetap terbuka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengetahui Karakteristik Tahun Tikus Logam Menurut Pakar Feng Shui

Posted: 25 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan astrologi China, 2020 ditetapkan sebagai tahun tikus logam. Ada beberapa hal yang penting untuk diketahui terkait lambang tahun ini yang juga perlu diperhatikan menurut pakar feng shui.

Senior Consultant dari Feng Shui Consulting Indonesia Angelina Fang menyebut ketika mendengar tahun tikus logam, keliru ketika teringat dengan sifat tikus itu sendiri. Namun lebih sebagai lambang yang dipakai mewakilkan elemen tertentu seperti kayu, api, logam, tanah, dan air.

"Nah ini mewakili air kecil, tikus logam datang bersama air kecil. Pengaruh secara umum, logam itu logam besar seperti kapak, pedang yang identik dengan pahlawan yang sifatnya pasti berani, heroik, pantang menyerah," kata Angelina kepada Lifestyle Liputan6.com, baru-baru ini.

Di balik nuansa baik yang melingkupi, ada pula sisi lemahnya yakni pribadi yang keras, to the point yang cenderung ceroboh, dan galak.

"Elemen logam di antara lima elemen yang nyaring suaranya, kalau dipukul membuat orang-orang lebih kencang mengutarakan sesuatu dan itu bisa seperti orang banyak protes," tambahnya.

Sedangkan air kecil yang disebutkan sebelumnya dapat mewakili gerimis, kabut, uap air yang dapat dilihat, namun tak dapat disentuh. Air kecil juga lebih fleksibel dan terasa lebih dingin.

"Minusnya agak rahasia dalam konotasi cerdik, licik, pesimis. Udara gerimis bisa membuat malas, gelisah, khawatir," tambah sang pakar feng shui.

Hal yang Jadi Perhatian di Tahun Tikus Logam

Sejumlah patung shio Tikus dipajang di Lippo Mall Puri, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Melengkapi kemeriahan Tahun Baru Imlek pengunjung juga dapat menikmati program belanja 'Lunar Night Sale'. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Sejumlah patung shio Tikus dipajang di Lippo Mall Puri, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Melengkapi kemeriahan Tahun Baru Imlek pengunjung juga dapat menikmati program belanja 'Lunar Night Sale'. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Di tahun ini, Angelina melanjutkan, elemen logam mendukung air, yang harmonis namun air tetap yang lebih dominan. Selain itu, ada pula beberapa hal yang penting jadi perhatian di tahun ini.

"Feng shui itu harus seimbang yin dan yang, orang lebih memaksa dan to the point, ada oknum-oknum yang disinyalir memperkeruh suasana. Ucapan bisa membuat masalah karena tergesa-gesa maka disarankan berpikir dahulu sebelum bebicara," kata Angelina.

Begitu juga dengan hoaks, di mana masyarakat harus lebih dapat menyaring informasi. "Lebih banyak menyikapi buat bertindak dan berpikir dahulu daripada ujung-ujungnya menyesal," ungkapnya.

"Dari sisi elemen, air itu seperti udara dingin di mana sering kali optimisme melemah, jadi pesimis, gelisah. Disarankan menjaga pikiran optimis karena ini tahun perubahan, maka harus optimis, positif." tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libatkan Penyandang Disabilitas, Jayakarta Lo Gue Run 2020 Dapat Apresiasi

Posted: 25 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lomba lari Jayakarta Lo Gue Run 2020 yang digagas Kodam Jaya melibatkan para penyandang disabilitas. Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono mengatakan, panitia memang sengaja membuat kategori wheelchair untuk para penyandang disabilitas.

"Memang sangat jarang event-event kita mengakomodir para penyandang disabilitas. Itu kita akomodir. Memang tidak terlalu banyak, tetapi paling tidak kita sudah mengakomodir," katanya di lokasi lomba, Minggu (26/1/2020) WIB.

Lomba lari Lo Gue Run 2020 yang diadakan untuk merayakan ulang tahun ke-70 Kodam Jaya ini mengambil tempat di silang barat Monumen Nasional (Monas), Minggu (26/1/2020). Para peserta lalu harus menempuh rute dari Monas hingga kawasan Glodok, Jakarta Pusat.

Lomba sendiri terbagi menjadi dua kategori 5K, 10K dan jarak 2,5K untuk disabilitas. Rute umum lomba yang akan dilalui adalah Jl Medan Merdeka Barat, Jl Majapahit & Jl Gajah Mada. Panitia sendiri menargetkan 3.000 peserta.

Eko menambahkan, kegigihan para penyandang disabilitas mengikuti Lo Gue Run patut diapresiasi. Menurutnya, kerja keras mereka patut dijadikan contoh.

"Secara fisik, kita yang masih lengkap, kita juga malu kepada mereka. Dengan keterbatasan fisik, mereka masih mampu berolahraga," katanya.

Peringkat 10

Peserta disabilitas memacu kursi roda balapnya di antara para peserta lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kodam Jayakarta menggelar lomba lari 'Loe Gue Run' yang merupakan puncak perayaan HUT ke-70 Kodam Jaya. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Peserta disabilitas memacu kursi roda balapnya di antara para peserta lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kodam Jayakarta menggelar lomba lari 'Loe Gue Run' yang merupakan puncak perayaan HUT ke-70 Kodam Jaya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Lomba lari Jayakarta Run terhitung berbeda dari lomba lainnya. Pasalnya, hadiah tidak hanya disediakan bagi juara pertama hingga peringkat ketiga.

Panitia menyediakan hadiah bagi para peserta yang sukses masuk ke-10 besar. Juara pertama mendapat Rp 10 juta (10k), Rp 7 juta (5k), dan Rp 5 juta (wheelchair).

Pemenang kategori wheelchair putri, Ndaru Patma Putri (28) mengapresiasi adanya kategori untuk penyandang disabilitas.

"Semoga semakin banyak acara yang melibatkan penyandang disabilitas," ujarnya.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Johny Indo Meninggal di Usia 72 Tahun

Posted: 25 Jan 2020 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Johny Indo terkenal pernah merampok toko emas dan membagikan hasil rampokannya kepada masyarakat miskin, ia lalu bertaubat dan menjadi pendakwah. Johny meninggal hari ini di usia 72 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurang Laku, Ini Deretan Mobil Keren yang Harus Disuntik Mati

Posted: 25 Jan 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pecinta otomotif, memiliki satu mobil keren, seperti supercar, sportscar, ataupun mobil berotot adalah sebuah kebanggan. Bahkan, banyak pabrikan dunia yang berlomba-lomba menghadirkan jenis mobil yang tidak biasa, dan bisa dibilang unik dan tampil berbeda.

Tidak hanya tampilan, mobil keren ini juga dilengkapi teknologi dan fitur yang luar biasa. Dengan begitu, para jenama roda empat ini, berharap mobilnya diterima konsumen dan laku di pasaran.

Namun, banyak juga para produsen mobil keren tersebut yang justru bukan mendapat untung tapi buntung. Pasalnya, mobil-mobil keren tersebut tidak diterima dengan baik oleh pasar, dan justru harus rela mati muda alis produksinya dihentikan dalam waktu singkat.

Berikut, beberapa mobil yang harus rela disuntik mati dalam waktu produksi atau penjualan yang singkat, seperti dilansir Carbuzz:

1. Dodge Viper

Produksi Dodge Viper (Foto: Motor1).
Produksi Dodge Viper (Foto: Motor1).

Riwayat Dodge Viper secara keseluruhan dibuat sebanyak 30-an ribu unit. Selain karena alasan kurang laris, kabarnya, alasan penghentian produksi supercar ini salah satunya karena tidak lagi bisa memenuhi standar keselamatan yang semakin ketat.

Menurut FMVSS (Federal Motor Vehicle Safety Standard), airbag tirai harus ada di semua mobil di AS mulai tahun ini. Sementara desain ruang kabin Dodge Viper sangat sempit sehingga tidak memungkinkan lagi menambah fitur keselamatan baru.

Pada 2016, sebagai simbolisasi perpisahan, mereka merilis Dodge Viper edisi terbatas. Ada lima model sekaligus yang diluncurkan. Kelimanya didasarkan pada model produksi 2017.

Model pertama dinamakan Viper 1:28 Edition ACR, dibuat sebanyak 28 unit; Viper GTS-R Commemorative Edition ACR berwarna putih dan biru, 100 unit; Viper VoooDoo II Edition ACR, 31 unit; Viper Snakeskin Edition GTC, 25 unit; serta Dodge Dealer Edition ACR, 33 unit.

2. Jaguar XK

Jaguar XK. (Carbuzz)
Jaguar XK. (Carbuzz)

Mobil bergaya grand tourer (GT) imbas dari munculnya Jaguar F-type. Penjualan mobil ini dianggap cukup kecil, yaitu jauh di bawah 4.000 unit per tahun.

Pada 2012, Jaguar XK hanya berhasil terjual 1.000 unit, dan jumlah tersebut semakin turun pada tahun-tahun berikutnya.

 

3. Mitsubishi Lancer Evolution

Lancer Evolution generasi terakhir nantinya akan minim update.
Lancer Evolution generasi terakhir nantinya akan minim update.

Pada Oktober 1992, lahir lah Mitsubishi Lancer Evolution, yang hadir menggantikan posisi Galant VR-4 bertarung di ganasnya reli.

Selebihnya, mobil yang akrab dengan panggilan Lancer EVo, digandrungi banyak kalangan hingga produksinya berakhir pada Agustus 2016 silam.

Banyak yang menyayangkan memang, mengapa mobil yang melegenda dan banyak penggemar seperti Evo dihentikan produksinya, sedangkan sang rival, Subaru WRX, terus melenggang tanpa rival abadinya.

Ada beberapa alasan hilangnya Lancer Evolution, pertama, dari sektor penjualan. Daya beli terhadap mobil yang dibidani Mitsubishi di pabrik Nagoya, Jepang tersebut dinilai terlalu rendah, sehingga tidak masuk akal bagi produsen berlambang 3 berlian tersebut untuk terus melanjutkannya.

Selain itu, Lancer Evolution kandungan emisi yang dihasilkan dinilai terlalu tinggi, semakin memantapkan langkah Mitsubishi dalam menyuntik mati Lancer Evolution. Dengan filosofi Mitsubishi, yang lebih mengedepankan mobil ramah lingkungan. 

5. Audi R8

Audi R8 (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)
Audi R8 (AFP Photo/Dimitrios Kambouris)

Tampil out of the box, Audi memang banyak memiliki tampilan racing dan keren. Namun begitu, R8 dikabarkan akan dihentikan produksinya pada 2020 mendatang.

Kabarnya, R8 akan memiliki model paling baru, namun yang paling berubah yaitu penggunaan daya listrik yang paling berbeda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istana Minta Pemprov DKI Tidak Berpolemik soal Underpass Kemayoran

Posted: 25 Jan 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menanggapi terkait pernyataan Sekretaris Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Dudi Gardesi yang mengatakan underpass Kemayoran yang terendam banjir ada di bawah wewenang pemerintah pusat. Heru meminta agar jajaran kepala pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak menyalahkan para pihak terkait masalah banjir.

"Saya minta jajaran pejabat Pemda DKI, khususnya dalam menangani banjir agar tidak berpolemik, tapi harus bersinergi. Mari kita bersama-sama mengatasi banjir ini, kita utamakan kelancaran pelayanan publik dan kepentingan masyarakat," kata Heru dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu (26/1/2020).

Dia meminta agar tidak ada polemik antara pemerintah pusat dan daerah dan terus bekerja sama mengatasi banjir. Terkait terowongan Kemayoran yang sudah terbangun, tentunya kata dia telah melalui pembahasan antara Pemprov DKI Jakarta dengan pemerintah pusat. Karena itu dia mengajak Pemprov DKI duduk bersama membahas masalah tersebut.

"Saya rasa mari kita bersama-sama berdiskusi membahas apa yang menjadi kendala di lapangan, bukan seperti yang dilakukan Sekretaris Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta berbicara di media," ungkap Heru.

Sebelumnya, diketahui Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menyebutkan bahwa Underpass (terowongan) Kemayoran yang tergenang akibat hujan di Jakarta sejak Sabtu (25/1/2020) kemarin tanggung jawab pengelolaannya oleh Pemerintah Pusat.

"Iya betul, Underpass Kemayoran berada di bawah pusat, tepatnya Sekretariat Negara (Setneg), seperti kawasan GBK (Gelora Bung Karno)," kata Sekretaris Dinas SDA DKI Jakarta Dudi Gardesi seperti dikutip dari Antara.

Landasan Terbang Pesawat

Dia menjelaskan alasan Underpass Kemayoran berada di bawah pengelolaan Pemerintah Pusat sebab kawasan tersebut merupakan landasan terbang pesawat sebelum berpindah ke Bandara Soekarno Hatta. Walaupun demikian, Dudi mengklaim pihaknya turut membantu pemompaan air yang tergenang di Underpass Kemayoran itu.

"Iya kalau nggak salah ada dua atau tiga unit dari SDA, ada juga dari dinas Gulkarmat ya, terus dari Pemerintah Pusat juga turunkan unit untuk pemompaan. Jadi, sama-sama berusaha menanggulangi kawasan yang tergenang itu," ungkap Dudi.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Tewas Akibat Virus Corona Terbaru di China Bertambah Jadi 56

Posted: 25 Jan 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jumlah korban tewas di China akibat wabah Virus Corona jenis baru yang menyerang paru-paru bertambah menjadi 56 orang hingga Minggu (26/1/2020) pagi. Otoritas kesehatan China mengumumkan, 1.975 kasus pneumonia akibat Virus Corona baru bernama 2019-nCoV yang terkonfirmasi, termasuk 324 pasien yang berada dalam kondisi kritis.

Dalam 24 jam terakhir, 688 kasus baru terkonfirmasi, 1.309 dugaan kasus baru, dan 15 pasien yang meninggal akibat penyakit ini (13 orang di Hubei, satu di Shanghai, dan satu di Henan) telah dilaporkan, seperti disampaikan Komisi Kesehatan Nasional (National Health Commission/NHC) China, Seperti dikutip dari Xinhua.

Wabah pneumonia akibat Virus Corona ini telah mengakibatkan 56 orang meninggal, sementara 49 orang telah sembuh, dan 2.684 lainnya masih diduga mengidap penyakit ini.

Total 23.431 orang yang melakukan kontak jarak dekat, kata NHC, seraya menambahkan bahwa 21.556 di antaranya sedang dalam observasi medis sementara 325 lainnya dibolehkan pulang.

Selain itu, 10 kasus terkonfirmasi telah dilaporkan di Daerah Administratif Khusus Hong Kong dan Makau serta Taiwan, dengan lima kasus di Hong Kong, dua di Makau, dan tiga di Taiwan.

Di luar negeri, sejumlah kasus Virus Corona terkonfirmasi telah dilaporkan di Thailand (4 termasuk 2 berhasil yang disembuhkan), Jepang (2 termasuk 1 yang berhasil disembuhkan), Korea Selatan (2), Amerika Serikat (2), Vietnam (2), Singapura (3), Malaysia (3), Nepal (1), Prancis (3) dan Australia (1). 

3 Dokter Positif Terjangkit

Anggota tim Kementerian Kesehatan Italia bersiap-siap untuk menerapkan langkah-langkah dan prosedur kesehatan terhadap risiko wabah virus corona yang mematikan, setelah penumpang mendarat di bandara Fiumicino Roma, Italia (23/1/2020). (Aeroporto Di Roma/AFP)
Anggota tim Kementerian Kesehatan Italia bersiap-siap untuk menerapkan langkah-langkah dan prosedur kesehatan terhadap risiko wabah virus corona yang mematikan, setelah penumpang mendarat di bandara Fiumicino Roma, Italia (23/1/2020). (Aeroporto Di Roma/AFP)

Tiga dokter Beijing dinyatakan positif sepulang dari Wuhan, Provinsi Hubei, sebagai daerah pertama ditemukannya kasus itu.

 

Dari tiga dokter asal Beijing yang mengidap virus 2019-nCoV itu, dua di antaranya telah melakukan perjalanan ke Wuhan, sedangkan satunya lagi sempat duduk bersama dengan seorang pengidap dalam salah satu rapat di Wuhan sebagaimana laporan CGTN, stasiun televisi resmi pemerintah China.

Sementara itu, mulai Minggu, Dinas Lalu Lintas Jalan Raya Kota Beijing menutup semua akses kendaraan penumpang dan barang antarprovinsi. Salah satu perusahaan bus antarprovinsi dari Bandar Udara Internasional Daxing, Beijing, telah menghentikan layanan ke luar provinsi sejak Sabtu 25 Januari.

Petugas kesehatan dibantu aparat kepolisian mendatangi setiap rumah atau apartemen di Beijing untuk memastikan tidak ada warga dari Wuhan atau baru saja bepergian dari Wuhan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Beberkan Alasan Pemerintah Hapus Tenaga Dihapusin

Posted: 25 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Kementerian PAN RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah sepakat menghapus tenaga honorer.

Banyak pertimbangan yang telah dilakukan dalam penghapusan tenaga honorer yang tiap waktunya selalu menuai pro dan kontra. Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo akhirnya membeberkan alasan pihaknya menghilangkan status tersebut dari lingkungan pemerintahan.

Menurut Tjahjo, agar berhasil dalam mewujudkan visi Indonesia Maju, diperlukan SDM berkeahlian. Karenanya, diperlukan restrukturisasi komposisi ASN agar didominasi jabatan fungsional teknis berkeahlian sebagaimana visi Indonesia Maju.

"Saat ini jumlah PNS Indonesia mencapai 4.286.918 orang, dan sekitar 70 persen berada di Pemerintah Daerah (Pemda). Namun demikian proporsinya masih belum berimbang karena masih didominasi oleh jabatan pelaksana yang bersifat administratif sebanyak 1,6 juta," ujar Tjahjo, sebagaimana dikutip dari pernyataannya, Minggu (26/1/2020).

Pada kurun waktu 2005 hingga 2014, pemerintah telah mengangkat 860.220 Tenaga Honorer Kategori I (THK I) dan 209.872 Tenaga Honorer Kategori II (THK II), maka total tenaga honorer yang telah diangkat sebanyak 1.070.092 orang, sehingga jumlahnya dinilai tidak imbang.

"Itu sepertiga jumlah total ASN nasional yang tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan organisasi, sehingga rata-rata komposisi ASN di kantor-kantor pemerintah sekitar 60 persen bersifat administratif," lanjutnya.

Alasan lainnya, menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK (turunan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara), status kepegawaian pada Instansi pemerintah hanya 2, yaitu PNS dan PPPK.

Sementara, bagi pegawai non ASN yang berada di kantor pemerintah diberikan masa transisi selama 5 tahun sejak PP 49 diundangkan.

"(Sehingga) berdasarkan pasal 96 PP 49 Tahun 2018, PPK dan pejabat lain di lingkungan instansi pemerintah dilarang mengangkat pegawai nonPNS dan nonPPPK untuk mengisi jabatan ASN. PPK dan pejabat lain yang mengangkat pegawai non PNS dan non PPPK untuk mengisi jabatan ASN dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.)

Eks Tenaga Honorer Kategori II

Sejumlah Guru honorer Kategori 2 beristigosah saat menggelar aksi di depan gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (23/7). Aksi ini digelar di tengah pejabat sedang melakukan rapat gabungan lanjutan bersama lintas kementerian. (Liputan6.com/JohanTallo)
Sejumlah Guru honorer Kategori 2 beristigosah saat menggelar aksi di depan gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (23/7). Aksi ini digelar di tengah pejabat sedang melakukan rapat gabungan lanjutan bersama lintas kementerian. (Liputan6.com/JohanTallo)

Lebih lanjut, untuk eks THK II yang tidak lulus seleksi (438.590 org), pemerintah bersama 7 Komisi Gabungan DPR RI yaitu Komisi I, II, III, VIII, IX, X, dan XI pada tanggal 23 Juli 2018, telah menyepakati hal-hal sebagai berikut:

a. Bagi Eks THK-II yang masih memenuhi persyaratan usia di bawah 35 tahun dan kualifikasi pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan (UU ASN, UU Guru dan Dosen, serta UU Tenaga Kesehatan), dapat mengikuti penerimaan CPNS tahun 2018 melalui formasi khusus Guru dan Tenaga Kesehatan sesuai kebutuhan organisasi. Eks THK-II yang masih memenuhi persyaratan tersebut sebanyak 13.347 orang. Setelah dilaksanakan proses seleksi CPNS 2018, dari sebanyak 8.765 pelamar terdaftar lulus sebanyak 6.638 guru dan 173 tenaga kesehatan.

b. Bagi Eks THK-II yang berusia di atas 35 tahun dan memenuhi persyaratan mengikuti seleksi PPPK khusus untuk Guru, tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian sesuai kebutuhan organisasi, maka dilakukan seleksi PPPK akhir bulan Januari 2019 sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK.

Hasil seleksi PPPK sebagai berikut:

• Tenaga guru lulus sebanyak 34.954.

• Tenaga kesehatan lulus sebanyak 1.792.

• Penyuluh pertanian lulus sebanyak 11.670.

"Saat ini masih dalam proses pengangkatan sebagai ASN dengan status PPPK," tutup Tjahjo.

Pemerintah dan DPR Sepakat Hapus Tenaga Honorer

Massa FCKK Jawa Timur menggelar aksi di depan Istana, Jakarta, Senin (11/3). Mereka menuntut pemerintah segera menerbitkan NIP serta SK PNS kepada 1.357 tenaga honorer K2 yang telah lulus ujian CPNS jalur K2. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Massa FCKK Jawa Timur menggelar aksi di depan Istana, Jakarta, Senin (11/3). Mereka menuntut pemerintah segera menerbitkan NIP serta SK PNS kepada 1.357 tenaga honorer K2 yang telah lulus ujian CPNS jalur K2. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) setuju untuk menghapus tenaga kerja honorer, pegawai tidak tetap serta status kepegawaian lainnya dari tubuh pemerintahan.

Hal ini disampaikan melalui rapat kerja persiapan pelaksanaan seleksi CPNS periode 2019-2020 di Kompleks Gedung DPR MPR, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Dalam hasil kesimpulan rapat kerja yang dibacakan, ada beberapa poin yang telah disepakati, antara lain sebagai berikut:

1. Terhadap  penurunan ambang batas (passing grade) penerimaan CPNS 2019, Komisi II meminta Kementerian PAN-RB menjamin bahwa penurunan passing grade pada tahap seleksi kompetensi dasar (SKD) tidak menyebabkan penurunan kualitas soal, agar penerimaan CPNS 2019 tetap dapat menghasilkan sumber daya ASN yang berintegritas, memiliki nasionalisme dan profesionalisme sesuai dengan kriteria SMART ASN 2024.

2. Komisi II DPR, Kementerian PANRB, dan BKN sepakat untuk memastikan tidak ada lagi status pegawai yang bekerja di instansi pemerintah selain PNS dan PPPK sebagaimana diatur dalam Pasal 6 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, dengan demikian ke depannya secara bertahap  tidak ada lagi jenis pegawai seperti pegawai tetap, pegawai tidak tetap, tenaga honorer, dan lainnya.

3. Komisi II meminta BKN memastikan ketersediaan server, kesiapan SDM, serta sarana dan prasarana pendukung dalam pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS Tahun 2019 di 427 titik lokasi tes SKD.

4. Terhadap lokasi tes SKD yang bekerjasama dengan berbagai instansi, Komisi II meminta BKN meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan server berada di tempat yang aman, kesiapan jaringan internet dan ketersediaan daya listrik, terutama di Jabodetabek yang belum lama ini terkena bencana banjir.

Penyederhanaan Birokrasi

Seorang guru honorer menunjukan kartu peserta ujian CPNS saat melakukan unjuk rasa di Jl.Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Selasa (15/9/2015). Ribuan guru honorer menuntut perubahan status guru honorer K2 menjadi PNS. (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Seorang guru honorer menunjukan kartu peserta ujian CPNS saat melakukan unjuk rasa di Jl.Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Selasa (15/9/2015). Ribuan guru honorer menuntut perubahan status guru honorer K2 menjadi PNS. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

5. Komisi II mendukung Kementerian PANRB dalam melakukan berbagai tahap penyederhanaan birokrasi dengan memperhatikan besaran tunjangan kinerja, tunjangan pensiun, dan tunjangan lainnya dengan tidak mengurangi penghasilan ASN.

"Diharapkan, kesimpulan itu menjadi kesepakatan kita bersama-sama," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR Arif Wibowo.

Sebagai informasi, rapat kerja menghadirkan Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo, Wakil Ketua Komisi II DPR Arif Wibowo dan Kepala BKN Bima Haria Wibisana dan dimulai pukul 10.20 WIB. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Cuan dari Kue Keranjang Saat Imlek

Posted: 25 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Merayakan Tahun Baru China atau Imlek kurang lengkap jika tidak ada kue keranjang bagi masyarakat Tionghoa. Ketika Imlek menjadi momen bagi produsen kue keranjang untuk meraup untung.

Salah satunya produsen kue keranjang di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur yang dijalankan oleh Atik Susiana Wati Elisa. Produksi rumahan kue khas Imlek itu bisa membuat 100 buah kue keranjang dalam sehari. Warga Desa Banjaragung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto ini mendapatkan berkah saat Imlek.

Setiap menjelang Imlek, Atik harus bekerja keras karena permintaan kue keranjang terus meningkat. Ia mesti membuat 100 buah kue keranjang yang dipesan pelanggan.

Cuan dari kue keranjang saat Imlek menyita perhatian pembaca di Surabaya. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut tiga artikel terpopuler di Surabaya yang dirangkum pada Minggu (26/1/2020):

1.Cuan dari Kue Keranjang Saat Imlek

Merayakan Tahun Baru China atau Imlek kurang lengkap jika tidak ada kue keranjang bagi masyarakat Tionghoa. Ketika Imlek menjadi momen bagi produsen kue keranjang untuk meraup untung.

Salah satunya produsen kue keranjang di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur yang dijalankan oleh Atik Susiana Wati Elisa. Produksi rumahan kue khas Imlek itu bisa membuat 100 buah kue keranjang dalam sehari. Warga Desa Banjaragung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto ini mendapatkan berkah saat Imlek.

Setiap menjelang Imlek, Atik harus bekerja keras karena permintaan kue keranjang terus meningkat. Ia mesti membuat 100 buah kue keranjang yang dipesan pelanggan.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Vonis untuk Pelajar yang Bunuh Begal di Malang

Seorang pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Malang, Jawa Timur, berinisial ZA berusia 17 tahun yang membunuh seorang begal atau pelaku perampasan divonis hukuman pidana pembinaan dalam lembaga selama satu tahun.

Dalam sidang putusan kasus pelajar membunuh begal yang berlangsung di Ruang Tirta Anak tersebut, Hakim tunggal Pengadilan Negeri Kabupaten Malang Nuny Defiary menyatakan bahwa ZA terbukti melakukan penganiayaan yang menyebabkan kematian.

"Menyatakan bahwa ZA terbukti secara sah melakukan tindak pidana penganiayaan yang menyebabkan mati," kata Nuny, dalam sidang pembacaan tuntutan kasus pelajar membunuh begal di PN Kabupaten Malang, Kamis, dilansir Antara.

Berita selengkapnya baca di sini

3.5 Fakta Pakuwon Mall Surabaya Jadi Tempat Belanja Terluas di Indonesia

Jika mendengar Kota Surabaya pasti yang terlintas sosok Walikota Tri Rismahari yang terkenal tegas. Sebagai kota metropolitan kedua di Indonesia, Surabaya memiliki kemajuan yang cukup pesat. Di Surabaya, beragam pilihan destinasi wisata menjadi andalan, termasuk pusat belanja.  

Tak hanya destinasi wisata dan tempat nongkrong, Kota Pahlawan ini juga menawarkan sensasi kenyamanan dalam berbelajan. Hal ini terbukti dengan banyaknya mall dengan fasilitas lengkap di kota ini.

Ada banyak sekali mall dan pusat perbelanjaan di Surabaya, bahkan sebagian dibangun dengan bangunan yang megah dan modern. Beragam fasilitas ditawarkan oleh setiap mall yang ada di Surabaya, mulai dari hiburan, kuliner, fashion, furnitur, kecantikan, dan lain sebagainya.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Pemotretan Baby Born Kiano Anak Baim Wong, Menggemaskan

Posted: 25 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Putra pertama pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeven memang kerap menjadi sorotan publik. Pasalnya, nama putra pertama dari pasagan yang menikah pada 22 November 2018 ini cukup unik namun memiliki arti yang sangat bermakna.

Baru-baru ini Baim Wong dan sang istri pun mengadakan pemotretan untuk sang putra yang bernama Kiano Tiger Wong. Pose menggemaskan Kiano pun langsung jadi sorotan netizen.

Baim juga mengunggah video proses pemotretan sang anak melalui channel YouTube pribadinya Baim Paula. Video berdurasi 16 menit 4 detik tersebut pun diunggah Baim pada Kamis (23/1/2020) lalu.

Tak hanya mengunggah video proses pemotretannya saja. Akan tetapi pasangan selebritis ini juga mengunggah foto Kiano di akun Instagram @kianotigerwong. Bak seorang pangeran, Kiano juga tampak mengenakan baju ala pangeran lengkap dengan mahkotanya. Foto Kiano ini pun sukses jadi sorotan publik di media sosial.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (26/1/2020) berikut ini beberapa potret menggemaskan Kiano Tiger Wong saat menjalani pemotretan.

1. Ini dia pose Kiano Tiger Wong saat tengah tidur dengan busana bak pangeran.

Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)
Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)

2. Potret Kiano ini pun bikin netizen gemas loh.

Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)
Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)

3. Gaya Kiano saat mengenakan busana bak pangeran kecil ini juga membuat Baim Wong dan Paula merasa gemas.

Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)
Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)

4. Tak hanya mengenakan baju bak seorang pangeran. Kiano juga bergaya saat mengenakan busana pemain golf.

Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)
Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)

5. Saat pemotretan berlangsung Kiano termasuk anak yang cukup tenang.

Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)
Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)

6. Para netizen pun dibuat gemas dengan gaya Kiano saat mengenakan baju pemain golf ini loh.

Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)
Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)

7. Baim Wong dan Paula juga mengunggah foto Kiano di akun Instagram @kianotigerwong.

Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)
Kiano Tiger Wong (Sumber: YouTube/ Baim Paula)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gemas, 7 Potret Kucing Nakal tapi Pasang Tampang Tidak Bersalah

Posted: 25 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kucing peliharaanmu mungkin terlihat manis dan menggemaskan. Tapi pada saat tertentu, mereka bisa menjadi sangat nakal, dengan cara yang lucu.

Perilaku nakal mereka mungkin karena memang naluri kucing yang selalu ingin tahu. Tampaknya kucing tak pernah bosan membuat tuannya susah.

Namun seperti apapun mengesalkannya ulah kucingmu, kamu pasti masih tetap menyayanginya, bukan? Berikut beberapa potret kucing nakal tapi pasang tampang tak bersalah seperti dihimpun dari Brightside, Minggu (26/1/2020).

1. Padahal baru dari dokter hewan, tapi langsung nakal gini

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

2. Kayaknya dia mau masak bareng

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

3. Si kucing bantu merapikan pohon natal

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

4. Habis sudah tv-nya

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

5. Main dengan tisu toilet jadi hobi kebanyakan kucing

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

6. Harus dijaga supaya tidak dijatuhkan sama kucing

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

7. Pura-pura tidak bersalah dan tidak tahu pelakunya

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil NBA Hari Ini: LeBron James Geser Kobe Bryant di Klasemen Top Skorer Sepanjang Masa

Posted: 25 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Philadelphia - Andalan LA Lakers LeBron James mengukuhkan diri di peringkat tiga daftar top skorer sepanjang masa NBA. Sayang capaiannya tidak berbuah kemenangan.

James mencetak 29 angka dari James pada laga melawan Philadelphia 76ers di Wells Fargo Center, Sabtu (25/1/2020) atau Minggu pagi WIB.

Kini dia membukukan 33.655 poin selama berkarier di NBA, menggeser legenda Lakers Kobe Bryant yang membuat 33.643 nilai. Namun, James masih tertinggal cukup jauh di belakang pemuncak klasemen Kareem Abdul-Jabar (38.387).

"Terus membuat rekor baru James. Salam hormat untukmu," tulis Bryant di akun Twitter.

Meski membukukan catatan pribadi, James gagal membantu Lakers menghindari kekalahan 91-108. Namun, hasil ini tidak memengaruhi posisi Lakers di klasemen. Mereka masih memuncaki Wilayah Barat dengan rekor 36-10, unggul atas Utah Jazzz (32-13).

Selain kekalahan Lakers, simak hasil lengkap NBA hari ini di halaman berikut:

 

Hasil Lengkap

Logo dan ilustrasi NBA. (AFP/Doug Pensinger)
Logo dan ilustrasi NBA. (AFP/Doug Pensinger)

Jazz 112 Mavericks 107

Nets 121 Pistons 111

Bulls 118 Cavaliers 106

Thunder 113 Timberwolves 104

Sixers 108 Lakers 91

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disangka Terserang Virus Corona, Jemaah Umroh Padang Diduga Terjangkit Mers-Cov

Posted: 25 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Padang - Seorang warga Kota Padang, Sumatera Barat diduga terserang penyakit Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (Mers-Cov) usai beribadah umrah dan saat ini dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang.

Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP M Djamil Padang, Gustafianof menyebut pasien berinisial K (50) tersebut masuk pada Kamis malam dikirim dari Rumah Sakit Yos Sudarso Padang dengan keluhan demam, batuk dan sesak nafas.

"Saat ini sudah dilakukan pemeriksaan tenggorokan dan sampel dikirim ke labor Jakarta untuk memastikan hasilnya, dokter mencurigai pasien terkena Mers Cov melihat riwayatnya yang baru pulang dari Mekkah," katanya kepada Liputan6.com, di Padang, Sabtu (25/1/2020).

Menurutnya hasil laboratorium akan diketahui tiga hari ke depan dan rumah sakit juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sumatera Barat yang sudah berkunjung melihat pasien.

Istri pasien, Nurul Aisyah menceritakan suaminya baru pulang menunaikan ibadah umrah dan sampai di Padang pada 23 Januari 2020 dengan kondisi batuk, demam dan sesak nafas, sehingga sempat disangka terserang virus Corona.

Bantahan RS Perihal Jemaah Terserang Virus Corona

Antisipasi Penyebaran Virus Corona: Petugas kesehatan memindai suhu tubuh penumpang di bandara Depati Amir di Pangkal Pinang di pulau Bangka Belitung (24/1/2020). Sejumlah negara mengantisipasi penyebaran virus corona dari China. (AFP Photo/Anindira Kintara)
Antisipasi Penyebaran Virus Corona: Petugas kesehatan memindai suhu tubuh penumpang di bandara Depati Amir di Pangkal Pinang di pulau Bangka Belitung (24/1/2020). Sejumlah negara mengantisipasi penyebaran virus corona dari China. (AFP Photo/Anindira Kintara)

"Setiba di rumah suami saya menolak dibawa ke rumah sakit karena ingin istirahat di rumah saja," jelasnya.

Namun pada sore hari pihak keluarga membawa pasien ke Rumah Sakit Yos Soedarso, Padang, kemudian menceritakan bahwa suaminya baru pulang umrah.

"Kami disarankan ke RSUP M Djamil karena di sana peralatannya lebih lengkap," ucapnya.

Sebelumnya beredar kabar bahwa pasien yang dirawat sepulang umrah tersebut terserang virus Corona yang sedang mewabah di China. Namun hal itu dibantah oleh Dinas Kesehatan Sumatera Barat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sumbar, Linarni Jamil mengatakan pasien diduga terserang virus Mers-Cov, namun untuk lebih pastinya masih menunggu hasil pemeriksaan labor.

"Ketika melewati Bandara Internasional Minangkabau (BIM), suhu tubuh pasien juga dinyatakan aman saat melewati alat thermo scanner," ucapnya.

Mers Cov adalah penyakit saluran pernapasan yang ditularkan dari unta ke manusia, serta dari manusia ke manusia.

Mers Cov diduga awalnya berasal dari unta yang hidup di negara-negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Yordania, dan Yaman.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anak Kambing Berwajah Mirip Manusia Hebohkan Warga

Posted: 25 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seekor anak kambing terlahir tidak normal di Jaipur, India. Lantaran wajah anak kambing itu memiliki kemiripan dengan manusia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [CERITA] Misi Penyelamatan Kukang

Posted: 25 Jan 2020 09:00 PM PST

Tim medis memeriksa gigi Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, 23 Januari 2020. 155 Kukang spesies Kukang Jawa, Kukang Sumatra dan Kukang Kalimantan menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Tim medis memeriksa gigi Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, 23 Januari 2020. 155 Kukang spesies Kukang Jawa, Kukang Sumatra dan Kukang Kalimantan menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim medis memeriksa gigi Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, 23 Januari 2020. 155 Kukang spesies Kukang Jawa, Kukang Sumatra dan Kukang Kalimantan menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim medis mencatat rekam medis Kukang Jawa yang menjalani pemeriksaan kesehatan di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan kesehatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Tim medis mencatat rekam medis Kukang Jawa yang menjalani pemeriksaan kesehatan di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan kesehatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim medis mencatat rekam medis Kukang Jawa yang menjalani pemeriksaan kesehatan di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan kesehatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim medis menunjukkan hasil rontgen Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi IAR Indonesia, Bogor, 23 Januari 2020. 155 Kukang spesies Kukang Jawa, Kukang Sumatra dan Kukang Kalimantan menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Tim medis menunjukkan hasil rontgen Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi IAR Indonesia, Bogor, 23 Januari 2020. 155 Kukang spesies Kukang Jawa, Kukang Sumatra dan Kukang Kalimantan menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim medis menunjukkan hasil rontgen Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi IAR Indonesia, Bogor, 23 Januari 2020. 155 Kukang spesies Kukang Jawa, Kukang Sumatra dan Kukang Kalimantan menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim medis IAR melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, Jawa Barat, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan kesehatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Tim medis IAR melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, Jawa Barat, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan kesehatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim medis IAR melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, Jawa Barat, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan kesehatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim medis IAR melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, Jawa Barat, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan kesehatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Tim medis IAR melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, Jawa Barat, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan kesehatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim medis IAR melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, Jawa Barat, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan kesehatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim medis melihat hasil rontgen Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi IAR Indonesia, Bogor, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang spesies Kukang Jawa, Kukang Sumatra dan Kukang Kalimantan menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Tim medis melihat hasil rontgen Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi IAR Indonesia, Bogor, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang spesies Kukang Jawa, Kukang Sumatra dan Kukang Kalimantan menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim medis melihat hasil rontgen Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi IAR Indonesia, Bogor, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang spesies Kukang Jawa, Kukang Sumatra dan Kukang Kalimantan menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim medis IAR melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, Jawa Barat, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan kesehatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Tim medis IAR melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, Jawa Barat, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan kesehatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim medis IAR melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Kukang Jawa di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, Jawa Barat, 23 Januari 2020. Sebanyak 155 Kukang menjalani karantina pemeriksaan, pengecekan dan perawatan kesehatan sebelum dilepas ke habitatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Kukang yang sudah menjalani pengecekan kesehatan akan ditaruh di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, rehabilitasi untuk menjaga asupan nutrisi dan berat badan pada 23 Januari 2020. (merdeka.com/Imam Buhori)
Kukang yang sudah menjalani pengecekan kesehatan akan ditaruh di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, rehabilitasi untuk menjaga asupan nutrisi dan berat badan pada 23 Januari 2020. (merdeka.com/Imam Buhori)

Kukang yang sudah menjalani pengecekan kesehatan akan ditaruh di Pusat Rehabilitasi International Animal Rescue Bogor, rehabilitasi untuk menjaga asupan nutrisi dan berat badan pada 23 Januari 2020. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

iTunes Sempat Tumbang, Pengguna Tak Bisa Unduh dan Beli Lagu

Posted: 25 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Media player dan toko digital Apple yakni iTunes sempat tumbang dan tidak bisa diakses, kemarin.

iTunes sendiri menawarkan pengguna iOS untuk melakukan pembelian musik digital, video, ebook, dan audiobook.

Para pengguna iTunes di sejumlah lokasi mengeluhkan masalah tumbangnya iTunes lewat Twitter.

Mengutip laman Digi Statement, Minggu (26/1/2020), para pengguna mencuitkan keluhannya terkait masalah ini. Ada yang menyebut, iTunes tidak bisa dipakai untuk streaming di MacBook dan iPhone.

Pengguna juga mengatakan, di layar perangkat mereka tampil pemberitahuan "iTunes unavailable" dan "Unable to process purchases".

Sudah Normal Kembali

iTunes Radio - Kredit: Techno Buffalo
iTunes Radio - Kredit: Techno Buffalo

Pantauan Tekno Liputan6.com di laman Down Detector pada saat berita ini ditulis mengungkap layanan iTunes sudah normal kembali.

Namun, dalam waktu kurang dari 24 jam lalu, ada lebih dari 780 laporan mengenai tumbangnya layanan iTunes di berbagai negara.

70 Persen Gagal Unduh

Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)
Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)

Dari total keseluruhan laporan, 70 persen pelapor mengaku tidak bisa mengunduh lagu atau file lainnya di iTunes, sementara sisanya mengaku tidak bisa melakukan login.

Adapun gangguan iTunes terbanyak dialami oleh pengguna yang ada di wilayah Amerika Serikat dan Eropa.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Meninggal, Johny Indo Sudah Main Belasan Film Bioskop

Posted: 25 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Johanes Hubertus Eijkenboom yang dikenal dengan nama Johny Indo, mengembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (26/1/2020) di usia yang ke-71.

Awalnya, sosok Johnny Indo dikenal sebagai perampok toko emas era 1970-an di Jakarta. Ia sempat dipenjara di Nusakambangan selama 14 tahun.

Setelah bebas dari penjara, Johny Indo akhirnya terjun ke dunia perfilman. Menariknya, film pertama yang diperankannya adalah biografi tentang dirinya sendiri, Johny Indo, yang dirilis pada 1987.

Film-Film Lain

Setelah tampil dalam film tentang dirinya sendiri, Johny Indo pun melanjutkan karier di dunia akting dengan bermain 14 judul film bioskop.

Film Laga hingga Drama

Film selanjutnya yang dimainkan adalah Badai Jalanan bersama George Rudy yang berjenis laga. Johnny Indo juga tampil dalam film drama berjudul Misteri Cinta.

Berdakwah

Setelah pensiun berakting, Johny Indo memilih untuk mengabdikan hidupnya dengan berdakwah. Ia lantas mengganti namanya menjadi Umar Billah. Pribadinya pun menjadi lebih lembut dan santun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mampu Berhenti Merokok Usai Gunakan Rokok Elektrik, Ini Kata Dokter Paru

Posted: 25 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Meski menimbulkan kontroversi, beberapa orang mengaku bahwa mereka bisa berhenti merokok usai sebelumnya beralih ke rokok elektrik.

Terkait hal tersebut, dokter spesialis paru Agus Dwi Susanto mengatakan dirinya mengapresiasi apabila orang tersebut mampu benar-benar berhenti merokok dengan cara tersebut. Namun dengan syarat, tidak malah keterusan menggunakan rokok elektronik.

"Kalau dia pakai rokok elektrik kemudian dia berhenti menggunakan rokok konvensional itu bagus. Tapi selanjutnya, rokok elektroniknya juga harus berhenti," kata Agus pada Health Liputan6.com di kantor Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Jakarta, ditulis Senin (20/1/2020).

Walaupun begitu pada kenyataannya, ada banyak orang yang mengganti rokok konvensional menjadi rokok elektrik dan keterusan menggunakannya.

"Itu namanya dia mengalihkan penggunaan rokok. Itu yang tidak betul. Artinya bahaya rokok akan muncul. Yang namanya alat bantu kan begitu dia berhenti ya berhenti juga alat bantunya."

Dokter Paru Sebut Tetap Berbahaya

Ilustrasi Rokok Elektrik atau Vape (iStockphoto)
Ilustrasi Rokok Elektrik atau Vape (iStockphoto)

Agus mengatakan bahwa rokok elektrik juga punya bahaya seperti rokok konvensional.

"Pada prinsipnya semua jenis rokok atau tembakau itu berbahaya bagi kesehatan. Karena kandungannya sudah jelas," kata Agus.

Agus mengungkapkan, ada beberapa kandungan yang dicurigai menjadi penyebab penyakit yang beberapa waktu lalu merebak di Amerika Serikat. Mereka adalah Tetrahydrocannabinol (THC) yang tidak ada di Indonesia, serta vitamin E asetat dan komponen minyak.

"Untuk vitamin E dan komponen minyak itu cukup banyak ditemukan di rokok elektrik atau vape yang beredar di Indonesia," kata Agus. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa dalam rokok elektrik, juga terkandung nikotin.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mentan Syahrul Ingin Tingkatkan Usaha Tani Menjadi Skala Bisnis

Posted: 25 Jan 2020 08:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pengalaman selama ini menunjukkan sektor pertanian mampu bertahan dalam kondisi pelambatan perekonomian Indonesia maupun dunia. bahkan sektor pertanian mampu menciptakan pertumbuhan positif dalam pembangunan nasional, dengan menciptakan kesempatan kerja.

Menurut Menteri Pertanian Sayhrul Yasin Limpo, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) diharapkan akan lebih cepat menggerakkan pembangunan pertanian pedesaan menuju pertanian maju, mandiri dan modern. Hal itu disampaikan Mentan Syahrul pada Sosialisasi Pemanfaatan Dana KUR dan Implementasi Kostratani di Wisma Negara CPI Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu 25 Januari 2020.

"Peran itu nanti digerakkan oleh BPP sebagai pusat pelaksanaan Kostratani dengan mengefektifkan penyuluhan dan meningkatkan keahlian para penyuluh pertanian," kata Syahrul.

Oleh karena itu, Kostratani menurut Mentan Syahrul didesain agar bisa mengidentifikasi potensi komoditas unggulan lokal yang bisa mengungkit pendapatan dan kesejahteraan petani.

"Merica yang sering kita temukan di meja restoran-restoran, dengan intervensi teknologi dan pendampingan penyuluh, ke depan hal seperti ini sudah bisa diproduksi di level Kostratani. Cita-cita bersama kita, satu Kostratani memiliki satu pabrik," ungkap Syahrul.

Pada kesempatan itu juga, Mentan Syahrul menyerahkan bantuan pertanian untuk propinsi Sulsel dengan total 150 miliar rupiah dalam bentuk 50 unit Traktor Roda 4, 100 unit Traktor Roda 2, 100 unit Pompa Air, 30 unit Combine Harvester, 3,3 ribu ton benih padi, 2,7 ribu ton benih jagung hibrida, 180 ton benih kacang tanah, 338 benih kedelai, 25 ton benih kacang hijau serta pembagian KUR kepada 5 perwakilan Kelompok Tani.

 

Januari, Serapan KUR Capai Rp600 Miliar

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Sarwo Edhy.
Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Sarwo Edhy.

Sementara itu, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Sarwo Edhy mengatakan bahwa serapan KUR pertanian nasional sampai dengan tanggal 24 Januari 2020 sudah mencapai 600 miliar rupiah.

"Total nilai KUR pertanian adalah 50 triliun. Pembiayaan ini diperuntukkan untuk membantu budidya perkebunan, tanaman pangan, hortikuktura dan pertenakan dengan bunga yang rendah yaitu 6 persen," kata Sarwo.

Selain skema KUR, Sarwo Edhy juga menghimbau kepada petani yang hadir untuk bisa mengakses asuransi pertanian.

"Ada asuransi padi dan asuransi ternak. Pemerintah memberikan subsidi sehingga petani dibantu dalam pembayaran preminya. Petani cukup membayar 36 ribu, 144 ribu dibayarkan oleh pemerintah. Sehingga jika padi yang ditanam mengalami puso karen kekeringan atau banjir maka akan diganti 6 juta per hektar untuk satu kali masa tanam," ungkap Sarwo.

Sedangkan, bagi peternak yang telah mengikuti asuransi, pemerintah akan mengganti ternaknya yang mati atau hilang, misalnya sapi, kita akan ganti 10 juta per ekor dengan membayar premi sebesar 40 ribu, sementara sisanya, 160 ribu, akan dibayarkan oleh pemerintah.

Namun, semua bantuan yang diberikan itu, menurut mantan Gubernur Sulsel ini hanya sebagai stimulan, yang perlu segera dilakukan adalah terus melkukan konsolidasi dan merubah paradigma pengelolaan usaha tani menjadi skala bisnis.

Dan segala bentuk upaya itu akan dikontrol dan dikendalikan oleh Kostratani dan Agricultural War Room (AWR), dengan daya dukung berupa akurasi data.

"Kita monitoring setiap permasalahan termasuk distribusi pupuk bersubsidi yang aku terima beritanya sewaktu memaparkan Kostratani di kantor pusat FAO di Roma. Tidak butuh lama, hal itu bisa diselesaikan," ungkap Syahrul.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 5,0 Kembali Guncang Puerto Rico

Posted: 25 Jan 2020 08:49 PM PST

Liputan6.com, Puerto Rico- Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 melanda wilayah Puerto Rico Selatan pada Sabtu 26 Januari waktu setempat. Gempa tersebut berada pada kedalaman yang dangkal, seperti dikutip dari NBC News, Minggu (26/1/2020).

Kekhawatiran pun muncul terhadap kondisi infrastruktur di Puerto Rico yang dikabarkan tidak stabil di sekitar wilayah yang dilanda gempa dalam setiap hari selama hampir sebulan.

Gempa juga dilaporkan terjadi sehari setelah ratusan orang dievakuasi dari tempat penampungan yang terkena banjir setelah hujan lebat mengguyur wilayah selatan pulau tersebut.

Berguncang pada kedalaman 8 mil (13 kilometer), gempa dikabarkan terjadi di sekitar wilayah pesisir bagian Selatan Guayanilla, Puerto Rico, yang terletak dekat dengan pusat gempa bumi, juga ditambah setidaknya satu longsor kecil yang dilaporkan, menurut Survei Geologi di Amerika Serikat.

Pihak Berwenang Terus Berpatroli

Ilustrasi gempa bumi (Photo: AFP/Frederick Florin)
Ilustrasi gempa bumi (Photo: AFP/Frederick Florin)

Direktur manajemen darurat kota, Angel Vazquez mengatakan kepada The Assosiated Press, bahwa ada lebih dari 350 orang pada Jumat kemarin telah dipindahkan kembali ke sebuah sekolah yang digunakan sebagai tempat perlindungan awal ketika gempa pertama mulai berguncang.

"Kami begitu kesulitan", kata juru bicara kota, Danny Hernandez seraya mengatakan, pihak berwenang tetap berpatroli di sekitar wilayah yang terkena gempa untuk menyelidiki setiap potensi kerusakan.

Danny Hernandez juga mengatakan tidak ada kerusakan di Ponce, namun para petugas berwenang setempat tetap melakukan pemeriksaan terhadap bangunan di daerah yang terkena dampak gempa magnitudo 6,4 yang terjadi pada 7 Januari lalu, hingga menewaskan 1 korban dan merusak ratusan rumah.

Besarnya Jumlah Kerugian

Pada 11 januari lalu juga dilaporkan adanya gempa susulan magnitudo 5,9 yang melanda daerah yang sama hingga menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Deklarasi bencana besar untuk lebih dari selusin kota di Puerto Rico telah disetujui oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, setelah gempa bumi yang  dilaporkan oleh para pejabat telah menyebabkan kerugian lebih dari $ 200 juta (Rp 2,7 miliar).

Jumlah populasi di tempat penampungan pun mencapai lebih dari 4.000 orang, dan diperkirakan akan meningkat dengan adanya gempa yang terjadi Sabtu kemarin. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuai Tanggapan Positif, Pangdam Jaya Beberkan Alasan Libatkan Difabel di LGR 2020

Posted: 25 Jan 2020 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jayakarta Loe Gue Run (JGLR) 2020 mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Salah satu alasannya karena perhelatan yang digelar dalam rangka HUT ke-70 Kodam Jaya ini juga melibatkan kaum disabilitas.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menegaskan, ada tiga kategori perlombaan dalam JGLR 2020. Yakni lari 10 K, 5 K, dan 2,5 K. Bagi peserta dari kaum difabel, jelas dia, ikut dalam kategori 2,5 K.

"Dan yang spesial bahwa di event JLGR ini ada kategori yang menggunakan wheelchair (kursi roda) untuk 2,5 km," kata Eko di lokasi acara, Monas, Jakarta, Minggu (26/1/2020).

Menurut dia, patut diakui bahwa selama ini sangat jarang event yang melibatkan mereka yang berkebutuhan khusus. Misalnya mereka yang harus menggunakan kursi roda.

"Memang di event hari ini juga tidak banyak ya, tapi kita berusaha mengakomodir mereka. Kita mau menunjukkan kalau mereka yang mungkin secara fisik ada keterbatasan tapi masih memiliki semangat yang kuat," tegas Eko.

 

Peserta Dibatasi

Antusiasme warga untuk ikut terlibat, lanjut Pangdam Jaya, sangat tinggi. Hal ini menggembirakan, mengingat JGLR baru diadakan untuk pertama kalinya.

"Pesertanya kita batasi. Hari ini 3.000. Karena kalau tidak akan membludak," jelas dia.

"Total hadiah yang panitia siapkan total mencapai Rp 580 juta. Jadi biasanya (pemeringkatan) satu sampai tiga, ini kita sampai juara 10 kita sediakan hadiah," imbuh Eko.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Detasemen K9 Gelar Simulasi Proteksi di HI

Posted: 25 Jan 2020 08:45 PM PST

Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri melakukan simulasi proteksi di tengah kegiatan car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri melakukan simulasi proteksi di tengah kegiatan car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri melakukan simulasi proteksi di tengah kegiatan car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seorang pengunjung memegang anjing Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri disela simulasi proteksi saat car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Seorang pengunjung memegang anjing Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri disela simulasi proteksi saat car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seorang pengunjung memegang anjing Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri disela simulasi proteksi saat car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri melakukan simulasi proteksi di tengah kegiatan car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri melakukan simulasi proteksi di tengah kegiatan car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri melakukan simulasi proteksi di tengah kegiatan car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seorang pengunjung memegang anjing Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri disela simulasi proteksi saat car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Seorang pengunjung memegang anjing Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri disela simulasi proteksi saat car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seorang pengunjung memegang anjing Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri disela simulasi proteksi saat car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri melakukan simulasi proteksi di tengah kegiatan car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri melakukan simulasi proteksi di tengah kegiatan car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri melakukan simulasi proteksi di tengah kegiatan car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri melakukan simulasi proteksi di tengah kegiatan car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri melakukan simulasi proteksi di tengah kegiatan car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Detasemen pelacak kriminal umum dari unit K-9 Mabes Polri melakukan simulasi proteksi di tengah kegiatan car free day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Acara tersebut digelar untuk mensosialisasikan tugas unit K9 kepada masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Shrewsbury Town Vs Liverpool: Bak Langit dan Bumi

Posted: 25 Jan 2020 08:35 PM PST

Jakarta Liverpool mendapatkan lawan ringan saat jumpa tim divisi tiga Shrewsbury Town pada babak ke-4 Piala FA 2019-2020 di Montgomery Waters Meadow, Senin (27/1/2020).

Shrewsbury lolos ke babak ini setelah menyingkirkan tim divisi dua Bristol City. Usai mengimbangi Bristol 1-1 di kandang lawan, Shrewsbury memenangi partai replay di kandang sendiri dengan skor tipis 1-0 melalui gol tunggal bek Aaron Pierre.

Sementara, Liverpool, mengeliminasi rival sekota, Everton. Turun dengan tim pelapis, pasukan Jurgen Klopp menang 1-0 di Anfield. Takumi Minamino, Divock Origi, dan Adam Lallana tampil sebagai starter. Dalam laga itu, Liverpool menang berkat gol tunggal Curtis Jones.

Shrewsbury antusias menatap laga ini. Namun, antusiasme dan motivasi saja tidak bakal cukup untuk menghentikan Liverpool, yang saat ini tak terhadang dan sangat dekat dengan titel juara Premier League.

Kemenangan demi kemenangan terus diraih oleh Liverpool. Pada laga terakhir, The Reds menaklukkan tuan rumah Wolverhampton di Premier League dengan skor 2-1. Kapten Jordan Henderson mencetak gol pembuka dan merancang assist untuk gol kemenangan Roberto Firmino.

Melawan Shrewsbury, Klopp kemungkinan akan menurunkan tim yang mirip dengan ketika menekuk Everton. Itu bukan kekuatan terbaik mereka. Namun, itu sepertinya sudah cukup untuk membawa Liverpool mengunci kemenangan.

Prediksi Susunan Pemain

Gelandang Liverpool, Roberto Firmino, duel udara dengan bek Manchester United, harry Maguire, pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (19/1). Liverpool menang 2-0 atas MU. (AFP/Paul Ellis)
Gelandang Liverpool, Roberto Firmino, duel udara dengan bek Manchester United, harry Maguire, pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (19/1). Liverpool menang 2-0 atas MU. (AFP/Paul Ellis)

Shrewsbury (3-5-2): O'Leary; Pierre, Ebanks-Landell, Williams; Golbourne, Norburn, Edwards, Laurent, Sears; Whalley, Lang

Manajer: Sam Ricketts.

Liverpool (4-3-3): Adrian; Milner, Gomez, Phillips, Williams; Jones, Fabinho, Lallana; Origi, Minamino, Elliott.

Manajer: Jurgen Klopp.

  

Data dan Fakta

Pertemuan Terakhir 

18-02-1996 Shrewsbury 0-4 Liverpool (Piala FA).

 

5 Pertandingan Terakhir Shrewsbury (S-K-S-M-S)

04-01-2020 Bristol 1-1 Shrewsbury (Piala FA)

08-01-2020 Doncaster 2-0 Shrewsbury (League One)

11-01-2020 Shrewsbury 1-1 Lincoln City (League One)

15-01-2020 Shrewsbury 1-0 Bristol (Piala FA)

18-01-2020 Fleetwood 2-2 Shrewsbury (League One)

 

5 Pertandingan Terakhir Liverpool (M-M-M-M-M) 

03-01-2020 Liverpool 2-0 Sheffield (EPL)

05-01-2020 Liverpool 1-0 Everton (Piala FA)

12-01-2020 Tottenham 0-1 Liverpool (EPL)

19-01-2020 Liverpool 2-0 MU (EPL)

24-01-2020 Wolverhampton 1-2 Liverpool (EPL)

Statistik dan Prediksi Skor

Fans Liverpool FC hadir mendukung ttimnya melawan Leicester City FC pada laga Premier League Asia Trophy di Hong Kong (22/7/2017). Liverpool menang 2-1. (AP/Kin Cheung)
Fans Liverpool FC hadir mendukung ttimnya melawan Leicester City FC pada laga Premier League Asia Trophy di Hong Kong (22/7/2017). Liverpool menang 2-1. (AP/Kin Cheung)

Shrewsbury cuma menang 1 kali dalam 7 laga terakhirnya di semua kompetisi (M1 S4 K2).

Shrewsbury menang 3 kali dan kalah 3 kali dalam 7 laga kandang terakhirnya di semua kompetisi (M3 S1 K1).

Liverpool selalu menang dalam 9 laga terakhirnya di semua kompetisi.

Liverpool selalu mencetak minimal 2 gol dalam 2 laga terakhirnya di semua kompetisi.

Liverpool 7 kali clean sheet dalam 8 laga terakhirnya di semua kompetisi.

Liverpool mencetak minimal 2 gol dalam 8 dari 10 laga tandang terakhirnya di semua kompetisi.

 

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 26/1/2020)

 

Prediksi akhir: Shrewsbury Town Vs Liverpool (30:70)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktor Johny Indo Meninggal Dunia

Posted: 25 Jan 2020 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari jagat perfilman nasional. Johny Indo, salah satu aktor gaek perfilman nasional, diketahui meninggal dunia pada Minggu (26/1/2020) dini hari tadi.

Johny Indo meninggal dunia pada usia 72 tahun. Tak ada riwayat penyakit yang diderita aktor yang semasa hidupnya pernah menghuni sel Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan itu.

Santa, cucu Johny Indo, membenarkan jika kakeknya meninggal dunia bukan karena riwayat penyakit serius.

"Sebenarnya kan karena sudah usia juga," kata Santa saat dihubungi pewarta di Jakarta, Minggu (26/1/2020).

Johny Indo merupakan aktor yang pada masanya mencuri perhatian melalui aktingnya. Saat masih berjaya, Johny Indo mengemas 14 judul film yang sukses dibintanginya.

Film yang paling dikenang oleh masyarakat adalah film biografinya berjudul Johny Indo yang ditayangkan di layar bioskop medio 1988. Kemudian, ia kembali membintangi film Badai Jalanan (1989) dan Si Pitung di tahun yang sama.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Pahlawan Valencia, Barcelona Memang Sering Dibobol Maxi Gomez

Posted: 25 Jan 2020 08:33 PM PST

Valencia- Striker Valencia, Maxi Gomez berhasil membawa Valencia kalahkan Barcelona pada laga pekan ke-21 La Liga Spanyol. Dia mencetak dua gol dan ternyata memang sudah biasa cetak gol ke gawang Barca.

Menjalani pertandingan di Estadio de Mestalla, Sabtu (25/1/2020), Barcelona diunggulkan memetik kemenangan. Los Cules menyerang dua gol tanpa balas dari Tim Kelelawar Mestalla.

Nama Maxi Gomez bisa dikatakan menjadi otak kekalahan El Barca pada laga ini. Penyerang asal Uruguay itu terlibat penuh dalam terciptanya dua gol Los Che pada pertandingan tersebut.

Performa Gomez hari ini menunjukkan jika sang striker memang gemar membobol gawang Barcelona di La Liga. Berdasarkan statistik yang dilansir Opta Jose, Maxi Gomez telah mendulang 39 gol dari 88 penampilan bersama Valencia.

Dari 39 gol tersebut, lima diantaranya dicetak ke gawang Barcelona. Jumlah gol ini jauh lebih banyak ketimbang gol yang dicetak Maxi Gomez ke-18 klub La Liga lainnya, di mana angka ini sama dengan jumlah golnya ke gawang Real Sociedad.

Akurasi Tembakan

Pemain Valencia, Maxi Gomez, melepaskan tendangan saat melawan Real Madrid pada laga Piala Super Spanyol di Stadion King Abdullah Sport City, Arab Saudi, Rabu (8/1/2020). Real Madrid menang 3-1 atas Valencia. (AP/Amr Nabil)
Pemain Valencia, Maxi Gomez, melepaskan tendangan saat melawan Real Madrid pada laga Piala Super Spanyol di Stadion King Abdullah Sport City, Arab Saudi, Rabu (8/1/2020). Real Madrid menang 3-1 atas Valencia. (AP/Amr Nabil)

Statistik menarik lainnya dari performa Maxi Gomez pada pertandingan ini adalah akurasi tembakannya. Dalam laga ini, Gomez membuat total empat tembakan ke gawang Barcelona, dan hanya satu yang tidak tepat sasaran.

Bahkan dua dari tiga tembakan tepat sasasarannya berhasil berbuah menjadi gol Valencia.

Tiga poin yang didapatkan di Mestalla hari ini benar-benar membantu Valencia di klasemen La Liga. Berkat tiga poin ini, Los Che kini naik ke peringkat lima klasemen sementara La Liga dengan nilai 34, tertinggal sembilan poin dari Barcelona di urutan teratas.

Sumber: Opta Jose

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Serafin Unus Pasi/Published: 26/1/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusahaan Kereta Api Asal Amerika Naikkan Tarif Lebih dari 1000 Kali Lipat bagi Penumpang Berkursi Roda

Posted: 25 Jan 2020 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Amtrak, sebuah perusahaan kereta api di Amerika Serikat, membebankan biaya sebesar 25.000 dolar AS atau sekitar Rp339.600.000 kepada pelanggannya yang menggunakan kursi roda. Padahal, harga normal untuk satu penumpang umum dari Chicago menuju Bloomington, Illionis, hanya sebesar 16 dolar AS atau setara dengan Rp217.397.

Dilansir dari CNN, Jumat 24 Januari 2020, harga yang melonjak drastis tersebut dikonfirmasi oleh Amtrak melalui sebuah email yang dikirimkan kepada Access Living, sebuah organisasi yang menaungi para penyandang disabilitas.

Saat itu, anggota dari Access Living akan berangkat ke Bloomington untuk mengikuti pertemuan. Dari sepuluh anggota yang ikut serta, lima di antaranya membutuhkan kursi roda selama di kereta. Namun, kursi roda yang tersedia di Amtrak hanya ada tiga buah saja.

Untuk bisa menambah dua kursi roda, pihak dari Living Access harus memberikan biaya tambahan mencapai 25.000 dolar AS. "Kami terkejut, kami pikir ada kesalahan dalam email yang mereka kirimkan kepada kami," ujar juru bicara Access Living, Bridget Hayman kepada CNN.

Dilansir dari The Washington Post, Hayman mengatakan, Access Living telah menggunakan Amtrak selama bertahun-tahun untuk melakukan pertemuan advokasi di Bloomington.

Biasanya, Access Living memberi tahu lebih lanjut kepada Amtrak tentang perjalanan yang akan dilakukan oleh anggotanya yang menggunakan kursi roda. Dengan begitu, perusahaan dapat melakukan persiapan yang tepat.

Namun saat mengkonfirmasi tentang jumlah anggota yang membutuhkan kursi roda, pihak Amtrak justru menjelaskan bahwa Living Access perlu membayar lebih untuk tambahan dua kursi roda yang tidak tersedia.

Menurut agen Amtrak yang menghubungi Living Access, perlu biaya yang banyak untuk dapat mengkonfigurasi ulang kursi dengan cara melepaskan yang ada dan menggantinya dengan kursi roda. Dan, harga untuk pelepasan kursi itu masuk dalam biaya puluhan ribu dolar AS.

Situasi Keterlaluan

Ilustrasi kursi roda. (dok. BeatricBB/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi kursi roda. (dok. BeatricBB/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Kisah tersebut mendatangkan keprihatinan dari berbagai pihak, salah satunya ialah Senator Junior Amerika Serikat untuk Illinois, Tammy Duckworth. Dia yang merupakan pengguna kursi roda menyebut situasi itu "keterlaluan". Duckworth menuntut Amtrak untuk menghapuskan kebijakan tersebut.

"Undang-undang Amerika dengan Cacat telah menjadi hukum negara selama 30 tahun. Namun pada tahun 2020, @Amtrak percaya akan menjadi beban yang tidak masuk akal untuk menghilangkan hambatan arsitektur yang akan memungkinkan sebuah kelompok dengan pengguna kursi roda untuk bepergian bersama," tulisnya dalam akun Twitter pribadi, Minggu, 19 Januari 2020..

Duckworth yang kehilangan kedua kakinya di Irak mengatakan bahwa ia berencana akan menghubungi CEO Amtrak, Richard Anderson. Tujuannya tidak lain yaitu untuk membahas penghapusan kebijakan tersebut.

Kenaikan tarif tersebut ternyata tidak hanya terjadi pada Living Access saja, kelompok penyandang disabilitas lainnya pun yang hendak bepergian ke Bloomington mengaku mendapatkan perlakuan yang sama.

Pada akhirnya, Senin, 20 Januari 2020, Amtrak menyampaikan permintaan maaf kepada Living Access dan memberikan persetujuan untuk memberikan tarif normal bagi penyandang disabilitas yang membutuhkan kursi roda selama di kereta.

Tetapi, Amtrak mengatakan kebijakan tersebut sedang ditinjau lebih lanjut. Selain itu, pihak Amtrak pun telah menghubungi Duckworth untuk melakukan pertemuan dalam waktu dekat. (Tri Ayu Lutfiani)

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Buruk Lawan Valencia, Barcelona Seperti Mainkan Messi KW

Posted: 25 Jan 2020 08:31 PM PST

Liputan6.com, Valencia- Barcelona menelan kekalahan pertama di 2020 saat melawan Valencia pada pekan ke-21 La Liga 2019/20, Sabtu (25/1/2020). Lionel Messi tampil begitu buruk seperti KW saat Barcelona kalah 0-2 dari Valencia.

Gol-gol Maxi Gomez menit 48 dan 77 memberi Valencia tiga angka. Los Che sukses membuat Barcelona bertekuk lutut di hadapan mereka.

Setelah memenangi dua laga pertamanya bersama pelatih baru Quique Setien, Barcelona kalah di laga ketiga. Banyak faktor yang menyebabkan Barcelona tumbang. Salah satunya adalah Messi yang tumpul di depan gawang.

Sepanjang pertandingan, Barcelona mencatatkan total 14 tembakan. Dari 14 shots itu, Messi menyumbang 11. Namun, tak satu pun yang bersarang di gawang Valencia.

Yang main melawan Valencia ini sepertinya bukan Messi asli. Dia seperti Messi 'KW', Messi palsu, karena tak biasanya tampil seburuk ini bersama Barcelona.

 

Statistik Messi vs Valencia

Striker Barcelona, Lionel Messi, melakukan pemanasan saat sesi latihan jelang laga Liga Champions di Manchester, Selasa (9/4). Manchester United akan berhadapan dengan Barcelona. (AP/Ian Hodgson)
Striker Barcelona, Lionel Messi, melakukan pemanasan saat sesi latihan jelang laga Liga Champions di Manchester, Selasa (9/4). Manchester United akan berhadapan dengan Barcelona. (AP/Ian Hodgson)

Melawan Valencia, Messi melepaskan total 11 tembakan. Empat di antaranya tepat sasaran.

Namun, dia gagal menaklukkan Jaume Domenech di bawah mistar.

Statistik tembakan Lionel Messi (Barcelona) vs Valencia

Total: 11

Melenceng: 5

Kena blok: 2

Tepat sasaran: 4

Gol: 0

Ulangan Statistik Buruk Desember 2017

Messi pun mengulangi salah satu statistik buruknya dari Desember 2017, yakni terakhir kali dia menembak sebanyak itu dalam suatu pertandingan La Liga tanpa mencetak gol. Statistik buruk itu dicatatkannya ketika melawan Deportivo La Coruna di Camp Nou.

Bedanya, waktu itu, meski Messi tak mencetak gol, Barcelona tetap mampu menang 4-0. Gol-gol Barcelona ke gawang Deportivo kala itu dicetak oleh Luis Suarez (2) dan Paulinho (2).

Kali ini, Messi kembali tampil seperti Messi 'KW'. Namun, kali ini, Barcelona kalah di Mestalla.

Real Madrid, yang saat ini sama-sama memiliki 43 poin, bisa menggusur Barcelona dari puncak. Itu jika Madrid mampu meraih poin saat melawan tuan rumah Real Valladolid, Senin (27/1/2020).

Disadur dari Bola.net (Yuda Pradana,published 26/1/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Napoli vs Juventus di Liga Italia, Siaran Langsung Televisi

Posted: 25 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Duel ini semestinya menjadi kesempatan Napoli untuk membuktikan diri sebagai penantang utama Juventus pada persaingan juara Liga Italia 2019/2020. Wajar, mereka menjadi runner-up pada dua kampanye terakhir di belakang La Vecchia Signora.

Nyatanya, Partenopei gagal mempertahankan performa dan terperosok pada musim ini. Mereka sempat mengalami pemberontakan pemain dan mengganti Carlo Ancelotti dengan Gennaro Gattuso.

Akibatnya, Napoli baru mengoleksi 24 angka dari 20 pertandingan. Mereka tertinggal 27 angka di belakang Juventus.

Mempertimbangkan keruntuhan rival, Juventus semestinya dapat memenangkan pertandingan nanti. Terlebih Cristiano Ronaldo dalam performa terbaik dan mencetak 11 gol dalam tujuh penampilan teranyar di Serie A.

Meski begitu, Juventus tetap tidak boleh meremehkan lawan. Hal inilah yang membuat duel nanti layak dinanti. Simak jadwal laga di halaman berikut:

Jadwal Pertandingan

Serie A - Napoli Vs Juventus (Bola.com/Adreanus Titus)
Serie A - Napoli Vs Juventus (Bola.com/Adreanus Titus)

Senin, 27 Januari 2020

02.45 WIB: Napoli vs Juventus

Stadio San Paolo

Live RCTI

Jadwal Lain

Minggu, 26 Januari 2020

18.30 WIB: Inter Milan vs Cagliari

21.00 WIB: Verona vs Lecce

21.00 WIB: Sampdoria vs Sassuolo

21.00 WIB: Parma vs Udinese

Senin, 27 Januari 2020

00.00 WIB: Roma vs Lazio

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Sagu untuk Kesehatan, Mengandung Nutrisi yang Lengkap

Posted: 25 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sagu untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Salah satu makanan pokok di Indonesia ini memang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh dan dapat diolah dalam berbagai macam bentuk, mulai dari tepung, gula, bahkan beras sagu.

Sagu memang tidak mengandung banyak vitamin dan mineral, namun secara keseluruhan nutrisi dalam sagu masih tergolong relatif lengkap walaupun jumlahnya tidak banyak. Walaupun tergolong bukan makanan yang rendah kalori dan sumber protein serta serat yang baik, namun kandungan sagu mengandung lemak jenuh yang sangat sedikit.

Manfaat sagu untuk kesehatan bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur dengan makanan sehat lainnya. Kandungan nutrisi terbanyak di dalam sagu adalah karbohidrat murni, yang termasuk dalam kategori makronutrien yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak untuk bahan energi dan fungsi otak.

Nutrisi dalam 100 gram sagu:

- 86 gram karbohidrat

- 1 gram serat

- 0,5 gram protein

- 350 kalori

- 3 miligram sodium

- 5 miligram potasium

- 0,2 gram lemak total

- 0,1 gram lemak jenuh

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/1/2020) tentang manfaat sagu untuk kesehatan.

Sebagai Sumber Energi dan Melancarkan Sistem Pencernaan

Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto
Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Sebagai Sumber Energi

Manfaat sagu untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai sumber energi. Kandungan karbohidrat dalam jumlah banyak di dalam sagu bisa menjadi alternatif yang sangat baik sebagai suplemen alami penambah energi di dalam tubuh. Tubuh kita membutuhkan banyak energi untuk relaksasi pasca melakukan olahraga yang berat.

Sagu dapat membantu mengisi kembali energi yang hilang. Hal ini diketahui jika sagu dapat meningkatkan produksi glukosamin alami dalam tubuh yang dapat memperbaiki keseluruhan pergerakan sendi dan pemulihan otot di sekitarnya.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat sagu untuk kesehatan juga bisa didapatkan untuk melancarkan sistem pencernaan. Sagu dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit pencernaan seperti kembung, sembelit, asam lambung, maag, dan gangguan pencernaan lainnya.

Sagu meningkatkan produksi enzim pencernaan dan pergerakan usus secara keseluruhan dengan melindungi usus agar tidak kering. Itu sebabnya, biasanya sagu diresepkan untuk pasien penyakit gastroenteritis atau muntaber, karena mampu memberikan efek menenangkan dan mendinginkan perut dari rasa sakit.

Baik untuk Tulang dan Mengobati Hipertensi

Hipertensi / Sumber: iStockphoto
Hipertensi / Sumber: iStockphoto

Baik untuk Tulang dan Sendi

Manfaat sagu selanjutnya adalah baik untuk tulang dan sendi, yang didapatkan dari kandungan kalsium, zat besi dan mineral lainnya. Selain itu, sagu juga dapat meningkatkan produksi glukosamin, yang mempengaruhi kepadatan tulang, fleksibilitas dan gerakan sendi.

Kadar glukosamin yang meningkat ini akan meningkatkan produksi cairan sinovial yang ditemukan dalam jumlah kecil antara selubung sendi dan selubung tendon sehingga berfungsi untuk fleksibilitas gerakan persendian.

Mengobati Hipertensi

Sejak zaman kuno akar tapioka telah digunakan untuk menyembuhkan stres, hipertensi, serta memegang peranan penting dalam perawatan alami untuk masalah kardiovaskular. 100 Gram sagu mengandung sekitar lima miligram potasium.

Kandungan potasium di dalam sagu dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah dan keseluruhan sistem kardiovaskular. Jadi tidak heran, jika sagu menjadi salah satu pengobatan terkenal untuk masalah hipertensi.

Meredakan Panas saat Demam dan Masker Wajah Alami

Ilustrasi Demam (iStockphoto)
Ilustrasi Demam (iStockphoto)

Meredakan Panas saat Demam

Biasanya saat kamu mengonsumsi antibiotik maka efek sampingnya, tubuh akan menghasilkan produksi panas yang berlebihan. Sagu bisa membantu meredakan panas akibat demam yang berlebih dari dalam tubuh.

Hal ini karena sagu memiliki efek pendinginan yang menenangkan tubuh dengan mengendalikan kelebihan produksi empedu. Karena itu, sagu bisa berfungsi sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit akibat suhu panas yang terlalu tinggi di dalam tubuh seperti demam.

Masker Wajah Alami

Manfaat sagu selanjutnya adalan untuk kecantikan, yaitu sebagai masker wajah alami. Banyak produk kecantikan sejak dulu menjadikan sagu sebagai bedak dan masker wajah. Nyatanya sagu memang bisa bekerja sebagai eksfoliator kulit yang sangat bagus.

Kamu bisa membuat masker wajah menggunakan tepung sagu atau sagu yang berbentuk mutiara yang dicampur dengan beberapa tetes susu untuk membuat pasta kental. Selain sebagai eksfoliator alami, sagu juga bisa membantu mempercepat penyembuhan bekas luka dan menghaluskan kulit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Hadiri Rakerda Gerindra DKI Jakarta

Posted: 25 Jan 2020 08:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Rakerda Partai Gerindra DKI Jakarta di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (26/1/2020). Anies direncanakan bakal mengisi dialog dengan kader Gerindra DKI.

Pantauan di lokasi, Anies yang mengenakan pakaian batik tiba di lokasi dan disambut dengan palang pintu.

Anies terlihat diterima dan didampingi Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik. Terlihat juga hadir Ketua Fraksi PDIP DKI Gembong Warsono dan Ketua Fraksi Golkar Basri Baco. Hadir pula calon Wagub DKI dari Gerindra, Ahmad Riza Patria.

Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarief menyebut ada dua agenda dalam Rakerda hari ini. Agenda untuk internal partai dan agenda eksternal.

Agenda internal, Gerindra akan membahas terkait saksi dan kaderisasi. Sementara untuk agenda eksternal, bakal ada dialog dengan Anies selaku partai pengusung.

"Yang ekternal kami akan berdialog dengan Gubernur. Ini kan tujuannya kolaborasi Anies sampai 2022," kata Syarief.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Johny Indo Meninggal Dunia

Posted: 25 Jan 2020 08:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Johny Indo dikabarkan meninggal dunia hari ini, Minggu (26/1/2020) pagi. Aktor seinor itu wafat sekira pukul 07.45 WIB.

Hal itu terungkap dalam pesan yang beredar di kalangan wartawan.

"Telah meninggal dunia, Nama: Yohanes Hibertus Eijkenbum atau Jon Indo (H. Umar Billah). Umur 72 tahun pukul 07.45 WIB," demikian bunyi pesan yang beredar.

Johny Indo awalnya dikenal sebagai perampok toko emas di Jakarta dan sekitarnya pada era tahun 1970an yang dilakukan pada siang hari bersama kelompoknya Pachinko (Pasukan China Kota).

Aksi paling terkenal Johnny Indo adalah merampok toko emas di Cikini, Jakarta Pusat, pada 1979. Johny Indo berhasil ditangkap di Sukabumi setelah kelompok Pachinko lebih dulu ditangkap.

Johny Indo kemudian dijatuhi hukuman penjara 14 tahun dan dijebloskan ke penjara Nusakambangan. Namun baru tiga tahun menjalani hukuman, ia dan gerombolan berjumlah 34 orang berusaha melarikan diri dari Nusa Kambangan, tetapi kemudian ia berhasil ditangkap setelah bertahan selama 12 hari.

Ia sempat bermain dalam sejumlah film yang salah satunya mengangkat kisah dirinya dalam film Johny Indo pada tahun 1987.

Setelah bertaubat dan mengganti namanya menjadi Umar Billah, ia menjadi pribadi yang lembut dan santun. Terakhir, dia dikenal sebagai pendakwah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jayakarta Lo Gue Run 2020 Berlangsung Sukses

Posted: 25 Jan 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lomba lari Jayakarta Loe Gue Run 2020 yang digagas Kodam Jaya berjalan sukses. Para peserta tidak hanya datang dari para anggota TNI melainkan masyarakat umum.

Lomba lari yang diadakan untuk merayakan ulang tahun ke-70 Kodam Jaya ini mengambil tempat di silang barat Monumen Nasional (Monas), Minggu (26/1/2020). Para peserta lalu harus menempuh rute dari Monas hingga kawasan Glodok, Jakarta Pusat.

"Hari ini adalah lomba lari Jayakarta run 2020, diselenggarakan dalam rangka hari ulang tahun Kodam Jaya yang ke-70. yan gsebetulnya jatuh pada 24 Desember lalu," kata Panglima Kodam Jaya (Pangdam), Mayjen Eko Margiyono di lokasi.

Lomba Lo Gue Run sendiri terbagi menjadi dua kategori 5K, 10K dan jarak 2,5K untuk disabilitas. Rute umum lomba yang akan dilalui adalah Jl Medan Merdeka Barat, Jl Majapahit & Jl Gajah Mada. Panitia sendiri menargetkan 3.000 peserta.

Eko menuturkan, lomba baru diadakan hari ini lantaran Kodam Jaya juga mengagendakan sejumlah kegiatan olahraga lain. Sama seperti Loe Gue Run, acara olahraga itu juga melibatkan para prajurit TNI maupun masyarakat umum.

"Seperti softball, ada pertandingan tenis meja, kejurnas menembak, dan puncaknya hari ini," kata Eko.

Peringkat 10

Peserta kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 melakukan start di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Peserta kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 melakukan start di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Lomba lari Jayakarta Run terhitung berbeda dari lomba lainnya. Pasalnya, hadiah tidak hanya disediakan bagi juara pertama hingga peringkat ketiga.

Panitia menyediakan hadiah bagi para peserta yang sukses masuk ke-10 besar. Juara pertama mendapat Rp 10 juta (10k), Rp 7 juta (5k), dan Rp 5 juta (wheelchair).

Pemenang kategori wheelchair putri, Ndaru Patma Putri (28) mengapresiasi adanya kategori untuk penyandang disabilitas.

"Semoga semakin banyak acara yang melibatkan penyandang disabilitas," ujarnya.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Imlek, Pertunjukan Barongsai Hibur Pengunjung CFD

Posted: 25 Jan 2020 08:11 PM PST

Pertunjukkan barongsai memeriahkan ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pertunjukkan barongsai memeriahkan ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pertunjukkan barongsai memeriahkan ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga menyaksikan pertunjukkan barongsai saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Warga menyaksikan pertunjukkan barongsai saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga menyaksikan pertunjukkan barongsai saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Penari memainkan tarian naga saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Atraksi barongsai dan tarian nagatersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Penari memainkan tarian naga saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Atraksi barongsai dan tarian nagatersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Penari memainkan tarian naga saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Atraksi barongsai dan tarian nagatersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga menyaksikan pertunjukkan barongsai saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Warga menyaksikan pertunjukkan barongsai saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga menyaksikan pertunjukkan barongsai saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga menyaksikan pertunjukkan barongsai saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Warga menyaksikan pertunjukkan barongsai saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga menyaksikan pertunjukkan barongsai saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga menyaksikan pertunjukkan barongsai saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Warga menyaksikan pertunjukkan barongsai saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga menyaksikan pertunjukkan barongsai saat ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pertunjukkan barongsai memeriahkan ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pertunjukkan barongsai memeriahkan ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pertunjukkan barongsai memeriahkan ajang car free day (CFD) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta, Minggu (26/1/2020). Barongsai tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka perayaan Imlek 2020 untuk menghibur para warga yang tengah mengikuti CFD. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Ndaru Patma, Disabilitas yang Juarai Jayakarta LGR 2020

Posted: 25 Jan 2020 08:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kegembiraan menyelimuti para juara lomba lari bertajuk Jayakarta Loe Gue Run 2020. Termasuk Ndaru Patma Putri (28 tahun), juara LGR 2020 kategori 2,5 K Putri untuk disabilitas. Gadis asal Bantul ini pun berhasil membawa pulang hadiah uang tunai sebesar Rp 5 juta.

Dia mengaku senang dapat berpartisipasi dalam lomba tersebut. Dia pun menyambut positif serta mengapresiasi adanya kegiatan-kegiatan serupa, termasuk perlombaan yang melibatkan disabilitas.

"Memang suka olahraga. Fitness seminggu 4 kali," kata dia saat ditemui di lokasi acara, Minggu (26/1/2020).

Ndaru berkisah, dia merupakan korban gempa yang menghantam Yogyakarta beberapa waktu silam. Peristiwa itulah yang membuatnya lumpuh dan harus duduk di kursi roda.

"Korban Gempa Jogja. Saya tinggal di Bantul. Ketika terjadi gempa, saya kena tembok tetangga. Jatuh, bangun, kena. Jatuh, bangun, kena lagi," kisahnya.

"Lumpuh karena kena tulang belakang. Di syarafnya," singkat Ndaru.

Namun, dia mengakui bahwa kelumpuhan semacam blessing in disguise. Dirinya justru aktif dan semangat terlibat di bidang olahraga setelah lumpuh. Cabang olahraga yang menjadi fokus Ndaru selama ini yakni tenis lapangan.

"Dulu bukan atlet. Justru setelah sakit baru kenal (tenis lapangan)," ungkapnya.

Awalnya memang tak mudah bagi dia untuk berani bangkit dan mulai bersosialisasi dan menekuni tenis lapangan. Rasa malu menjadi penghalang. Tapi dia akhirnya berhasil mengatasi perasaan yang mengekang kreativitasnya tersebut.

"Awalnya malu. Karena dari bukan difabel terus difabel kan," ungkap dia.

Di bidang olahraga ini, Ndaru pun dapat dibilang sangat berprestasi. Bagaimana tidak, kali pertama ikut Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas), dia berhasil menyabet medali perunggu. Kali kedua, dia berhasil meraup tiga emas, untuk tunggal, ganda, dan campuran.

Tahun ini merupakan gelaran Peparnas ketiga yang bakal dia ikuti. "Sekarang sedang ikut seleksi untuk ikut PON (Peparnas)," imbuhnya.

 

Harus Berani Mencoba

Kepada segenap kaum disabilitas, dia berpesan agar berani mencoba. Tak perlu ragu untuk melakukan hal-hal yang memang disukai. Sebab pintu untuk menggapai prestasi tetap terbuka.

"Jangan pernah takut mencoba karena disabilitas. Kadang takut mencoba karena pikir akan (ada risiko) begini, begini. Masih banyak orang di sekitar kita yang mau membantu," ujar dia.

"Harapan ke depannya, makin banyak lagi event seperti ini yang mengikutsertakan penyandang disabilitas," tandas Ndaru.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lion Air Pastikan 7 Penumpang Asal Hunan China Bebas dari Virus Corona

Posted: 25 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lion Air memastikan penumpang yang dilayani dalam penerbangan internasional bernomor JT-2742 bebas dari virus Corona. Penerbangan Lion Air tersebut dari Bandar Udara Internasional Huanghua Changsha yang terletak di Changsha, Provinsi Hunan, China (CSX) tujuan Manado melalui Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Sulawesi Utara (MDC), pada Sabtu (25/1/2020).

Corporate Communications Strategic Lion Air Grup Danang Mandala Prihantoro menyatakan, pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LJM berangkat sesuai jadwal pada 14.40 waktu setempat (Time in Changsha, Hunan) dan mendarat di Sam Ratulangi pukul 19.59 Waktu Indonesia Tengah (WITA, GMT+ 08). Dalam penerbangan ini, Lion Air membawa tujuh kru dan 176 tamu atau penumpang.

"Penerbangan JT-2742 sudah dipersiapkan dengan baik, sebelum keberangkatan seluruh kru dan tamu menjalani pemeriksaan kesehatan berdasarkan ketentuan," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (26/1/2020).

 

Sementara terkait dengan informasi yang berkembang terkait tujuh tamu dari Changsha yang dikabarkan terindikasi virus corona, Danang dinyatakan ketujuh tamu tersebut negatif atau tidak terindikasi (tidak memiliki tanda-tanda) virus Corona.

Hal ini setelah dilakukan pemeriksaan, pengecekan secara intensif tim medis beserta tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi  

"Ketika pesawat berada pada pelataran parkir bandar udara (apron) untuk menurunkan penumpang, petugas kesehatan terlebih dahulu masuk ke dalam kabin pesawat guna melakukan pemeriksaan kepada seluruh tamu dan awak pesawat," kata dia.

Hal tersebut sebagai upaya memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan perjalanan udara kepada awak pesawat dan tamu atau penumpang, terutama tindakan antisipasi sesuai pemberitahuan larangan perjalanan dari otoritas Wuhan mengenai dampak wabah virus corona.

Langkah Antisipasi

Boeing 737 MAX-8 pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh Lion Air.
Boeing 737 MAX-8 pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh Lion Air.

Antisipasi dilakukan mengacu pada surat edaran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia No. SR.01.0111/5888/2019 Pemberitahuan Kewaspadaan Penyakit Polio pada 30 Desember 2019 dan No PM.04.021111143/2020 Kesiapsiagaan dan Antisipasi Penyebaran Penyakit Pneumonia Berat yang belum diketahui etiologinya" pada 03 Januari 2020.

Dalam langkah preventif pencegahan dimaksud, Lion Air telah menjalankan operasional dengan melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku serta menyediakan dan menggunakan masker, sarung tangan (hand gloves) dan cairan/ gel pembersih tangan (hand sanitizer) guna antisipasi tertular pada awak pesawat dan petugas layanan darat.

"Departemen Keselamatan, Keamanan dan Kualitas Lion Air meminta kepada seluruh unit terkait untuk menerapkan rekomendasi yang disampaikan," tandas Danang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kondisi Terkini Wuhan yang Diisolasi karena Virus Corona, Bak Kota Mati

Posted: 25 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona memang tengah menjadi sorotan publik di belahan dunia. Wuhan disebut sebagai daerah tempat Virus Corona pertama kali dideteksi.

Kabar yang beredar menyebutkan bahwa pihak berwenang menutup tempat-tempat wisata dan sistem transportasi umum 14 kota di China, dalam upaya untuk menghentikan penyebaran virus misterius yang mematikan.

Semua tiket kereta api yang keluar masuk Wuhan juga telah ditangguhkan, sementara beberapa maskapai internasional membatalkan penerbangannya ke Wuhan.

Sekitar 11 juta orang terisolasi di ibu kota Provinsi Hubei tersebut. Mereka yang terlambat mengevakuasi diri ke luar kota memutuskan untuk berdiam diri di rumah. Tak heran kondisi kota ini seketika berubah menjadi seperti "kota hantu."

Artikel tentang potret Kota Wuhan yang diisolasi karena Virus Corona menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang fakta menarik tentang Tahun Baru Imlek 2571.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang deretan zodiak yang mudah tersinggung dan kelewat peka.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Diisolasi karena Virus Corona, Begini Potret Kota Wuhan Saat Ini

foto: RFA/NY Times
foto: RFA/NY Times

Kota Wuhan, China saat ini sedang menjadi sorotan karena wabah Virus Corona yang mematikan hingga menjadi berita utama di seluruh dunia. Pada 23 Januari, pemerintah Tiongkok memutuskan menutup seluruh akses dari maupun ke kota Wuhan, tempat pertama kasus virus korona ditemukan.

Semua tiket kereta api yang keluar masuk Wuhan juga telah ditangguhkan, sementara beberapa maskapai internasional membatalkan penerbangannya ke Wuhan.

Selengkapnya...

2. 6 Fakta Menarik Tahun Baru Imlek 2571, Tahun Tikus Logam

Ilustrasi Tahun Baru Imlek (iStock)
Ilustrasi Tahun Baru Imlek (iStock)

Pada Tahun Baru Imlek, terdapat 12 hewan berbeda yang mewakili atau menggambarkan tentang tahun tersebut. Hewan-hewan tersebut adalah Tikus, Sapi, Naga, Ular, Kuda, Harimau, Kelinci, Domba, Ayam, Monyet, Anjing, dan Babi.

Perayaan Imlek yang jatuh pada Sabtu, 25 Januari 2020 tahun ini disebut sebagai Tahun Tikus setelah Imlek sebelumnya merupakan Tahun Babi.

Selengkapnya...

3. Mudah Tersinggung dan Kelewat Peka, 4 Zodiak Ini Sensitif Banget

Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Kalian nampaknya patut berhati-hati ketika berkomunikasi dengan seseorang yang memiliki sifat sensitif. Orang yang sensitif terkadang memiliki perasaan yang lebih peka dibandingkan yang lainnya.

Pasalnya mereka sangat mudah tersinggung dengan perkataan yang bahkan kita anggap biasa. Rupanya ada beberapa zodiak yang dikatakan memiliki sifat sensitif, berikut ulasannya.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan Riau Tanpa Kabut Asap dengan Dashboard Lancang Kuning

Posted: 25 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi meluncurkan Dashboard Lancang Kuning. Aplikasi memadukan teknologi, sumber daya manusia dan anggaran ini disebut-sebut bisa mendeteksi titik api sebagai indikasi kebakaran lahan dengan cepat.

Dashboard Lancang Kuning juga mampu memantau siapa saja petugas yang paling dekat dengan titik api. Selanjutnya petugas tadi dihubungi oleh Kapolda Riau ataupun Kapolres setempat untuk bergerak memadamkannya.

Menurut Agung, aplikasi ini mencatat berapa lama pemadaman berlangsung dan sudah berapa hari personel pemadam berada di lokasi. Hal ini diketahui karena laporan dibuat setiap saat oleh petugas di lapangan.

"Aplikasi ini menggunakan empat satelit. Begitu titik api terdeteksi, aplikasi ini melihat siapa saja petugas terdekat, lalu dihubungi dan diperintahkan ke lokasi," Agung menjelaskan cara kerja aplikasi ini, Sabtu siang, 25 Januari 2020.

Aplikasi ini juga mencatat titik panas dengan level confidence berbeda. Dan belum tentu juga, titik panas adalah kebakaran lahan karena terkadang ada juga hamparan tanah luas yang memantulkan suhu panas akibat terik matahari.

"Namun kalau itu titik panas itu adalah titik api, perintahnya padamkan sampai tuntas. Kalau laporannya di lokasi api sudah padam dan ada asap tipis-tipis, berarti itu belum selesai," Agung menerangkan.

Sejak dibuat tiga bulan lalu, sudah ada 9.560 anggota yang bergabung dalam aplikasi ini. Rata-rata masih personel Polda Riau. Mereka memberikan data pribadi serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Aplikasi ini nantinya juga menerima relawan kebakaran lahan. Caranya harus mengunduh dulu ke Playstore dan mendaftar sebagai relawan agar bencana kabut asap tidak ada lagi.

"Nantinya relawan ini dilatih agar meminimalisir resiko di lapangan. Nantinya juga ada relawan mahasiswa karena sudah ada lima universitas di Riau bergabung. Posko relawan akan dibuat di setiap kabupaten," terang Agung.

Dengan adanya aplikasi ini, polisi tidak bisa menyembunyikan keberadaannya. Aplikasi ini mencatat pergerakan personel sehingga akan ketahuan siapa yang pemalas ataupun tidak bekerja ketika terjadi kebakaran lahan di suatu daerah.

"Nanti kelihatan siapa Kapolsek yang jarang di lokasi. Kemarin tercatat Kapolres di Bengkalis yang tujuh hari tujuh malam di lokasi kebakaran," terang Agung.

Hukuman dan Penghargaan

Polisi dan petugas pemadam kebakaran lahan berusaha memadamkan titik api. (Liputan6.com/M Syukur)
Polisi dan petugas pemadam kebakaran lahan berusaha memadamkan titik api. (Liputan6.com/M Syukur)

Anggota yang malas ataupun tidak peduli dengan kebakaran lahan bakal ditindak tegas. Sebagai bukti, ada satu kapolsek dicopot karena mengaku berada di lokasi kebakaran lahan namun nyatanya tidak.

Selain hukuman, Agung berjanji memberikan penghargaan kepada anggotanya yang rajin. Satu personel yang tercatat 10 kali memadamkan kebakaran lahan akan diberi piagam.

Kalau seandainya ada yang 30 kali, Agung menyatakan akan memberikan pin emas. Hal ini sebagai apresiasi bagi anggota yang berjuang agar langit di Riau tak kelabu lagi karena kabut asap.

"Makanya dinamakan dengan Lancang Kuning. Lancang Kuning itu berlayar malam, malam ombaknya besar sebagai rintangan. Rintangan bisa keluar dari kebakaran lahan dan kabut asap," Agung menegaskan.

Menurut Agung, aplikasi ini mengelola data begitu banyak dan menyajikannya secara akurat untuk mengatasi kebakaran lahan. Cara kerjanya terstruktur, akurat dan efisien serta bisa melihat titik api di pedalaman hutan.

"Aplikasi ini menggunakan GPS makanya lebih akurat. Untuk sinyal telepon seluler di lokasi, saya rasa Riau ini jaringannya sudah bagus karena daratannya datar," sebut Agung.

Untuk pendanaan, Agung menyebut aplikasi ini memakai anggaran kontigensi Kapolda Riau. Hal ini tentu saja boleh karena kebakaran lahan sudah masuk persoalan kontigen yang harus diselesaikan.

Anggaran ini didistribusikan ke personel ataupun relawan yang tengah memadamkan api. Dana ini digunakan untuk membeli makanan, minuman dan bahan bakar minyak petugas selama berada di lokasi kebakaran.

"Karena aplikasi ini juga mendata nomor rekening, bagi yang tidak ada kebakaran tentu tidak dikirim," seloroh Agung.

Berhasil atau tidaknya aplikasi ini dilihat pada April nanti. Saat itu ada event jungle run yang dimotori Polda Riau untuk menjajal Taman Hutan Raya Minas, Siak. Pesertanya lintas negara dan sudah ada ratusan orang mendaftar.

"April nanti itu sebagai ukuran, berharap langit selalu biru. Itu nantinya sebagai bukti kita semua bisa mengantisipasi kebakaran lahan dengan aplikasi ini," imbuh Agung.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Final Thailand Masters 2020: Aksi Hafiz / Gloria

Posted: 25 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Thailand Masters 2020 memasuki babak final. Sebanyak lima partai bakal berlangsung di Indoor Stadium Huamark, Minggu (26/1/2020).

Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang masing-masing maksimal bisa merebut dua gelar pada Thailand Masters kali ini.

Sementara Indonesia tetap bisa tersenyum. Kans membawa pulang titel datang dari nomor ganda campuran melalui Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Berstatus unggulan empat, mereka bakal menghadapi Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris).

Kedua pasangan baru bertemu sekali. Hafiz/Gloria berjaya 21-23, 21-13, 21-13 pada pertemuan di Japan Open 2019.

Final Thailand Masters 2020 bakal disiarkan langsung TVRI. Dapatkan link live streaming di halaman berikut:

Link Live Streaming

(ilustrasi)
(ilustrasi)

Untuk link live streaming final Thailand Masters 2020, silahkan klik tautan berikut ini...

Jadwal

Final dimulai pukul 12.00 WIB

Ganda Putri

Chen Qing Chen/JIa Yi Fan (Tiongkok) vs Baek Ha Na/Jung Kyung Eun (Korea Selatan)

Ganda Campuran

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia) vs Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris)

Tunggal Putra

Kenta Nishimoto (Jepang) vs Ng Ka Long Angus (Hong Kong)

Tunggal Putri

Akane Yamaguchi (Jepang) vs An Se Young (Korea Selatan)

Ganda Putra

Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia) vs Huang Kai Xiang/Liu Cheng (Tiongkok)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Rumah Warisan Lina untuk Anak-Anak Sule, Tak Terurus

Posted: 25 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada Sabtu (4/1/2020) lalu, publik dikejutkan dengan kabar kematian mantan istri Sule, Lina Jubaedah. Lina meninggal dunia saat perjalanan menuju rumah sakit Al-Islam. Ibu dari Rizky Febian disebut meninggal karena serangan jantung dan penyakit lambung. Namun diagnosa tersebut dianggap janggal oleh Rizky Febian dan melaporkan kejanggalan tersebut ke kepolisian pada Senin (6/1/2020).

Menanggapi laporan Iky, pihak kepolisian pun melakukan beberapa investigasi seperti menggeledah rumah Teddy hingga melakukan pembongkaran makam untuk keperluan autopsi. Hingga kini, hasil autopsi Lina belum dikeluarkan. Terlepas dari proses autopsi, Lina meninggalkan beberapa warisan yang kabarnya mencapai nominal Rp 10-11 miliar.

 

Salah satu warisan Lina adalah rumah bertingkat dua berlokasi di Panyawangan, Jawa Barat yang diwariskan untuk anak-anak Sule. Tak hanya itu, Lina juga masih memiliki rumah yang dipakai untuk salon dan toko material. Kini rumah yang berada di Panyawangan kosong tidak terurus. Sementara salon berganti fungsi menjadi tempat pengiriman barang. Untuk toko material, menurut informasi Butet, sahabat Lina, dikelola oleh kerabat Teddy.

Kini rumah-rumah warisan Lina mulai terlihat tidak terurus. Berikut Liputan6.com rangkum dari YouTube Surya Citra Televisi (SCTV), potret terbaru rumah warisan Lina yang tidak terurus, Minggu (26/1/2020).

1. Ini dia penampakan rumah warisan Lina di Panyawangan yang dibiarkan kosong tak terurus.

Tak Terurus, Ini 6 Potret Terbaru Rumah Warisan Lina untuk Anak-anak Sule (sumber: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV))
Tak Terurus, Ini 6 Potret Terbaru Rumah Warisan Lina untuk Anak-anak Sule (sumber: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV))

2. Rumah dua lantai ini diwariskan ke Rizky Febian, Putri Delina dan adik-adiknya.

Tak Terurus, Ini 6 Potret Terbaru Rumah Warisan Lina untuk Anak-anak Sule (sumber: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV))
Tak Terurus, Ini 6 Potret Terbaru Rumah Warisan Lina untuk Anak-anak Sule (sumber: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV))

3. Rumah warisan Lina tampak kotor dengan banyak sampah yang tidak dibersihkan.

Tak Terurus, Ini 6 Potret Terbaru Rumah Warisan Lina untuk Anak-anak Sule (sumber: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV))
Tak Terurus, Ini 6 Potret Terbaru Rumah Warisan Lina untuk Anak-anak Sule (sumber: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV))

4. Tumbuhan yang ada di depan teras rumah juga terlihat semakin tumbuh liar.

Tak Terurus, Ini 6 Potret Terbaru Rumah Warisan Lina untuk Anak-anak Sule (sumber: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV))
Tak Terurus, Ini 6 Potret Terbaru Rumah Warisan Lina untuk Anak-anak Sule (sumber: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV))

5. Sementara untuk salon Lina sudah beralih fungsi menjadi tempat pengiriman barang.

Tak Terurus, Ini 6 Potret Terbaru Rumah Warisan Lina untuk Anak-anak Sule (sumber: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV))
Tak Terurus, Ini 6 Potret Terbaru Rumah Warisan Lina untuk Anak-anak Sule (sumber: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV))

6. Ini dia penampakan di dalam salon milik mendiang Lina. Tampak banyak barang kiriman dalam box-box tersebut.

Tak Terurus, Ini 6 Potret Terbaru Rumah Warisan Lina untuk Anak-anak Sule (sumber: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV))
Tak Terurus, Ini 6 Potret Terbaru Rumah Warisan Lina untuk Anak-anak Sule (sumber: YouTube Surya Citra Televisi (SCTV))

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Pertama Virus Corona Teridentifikasi di Kanada

Posted: 25 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Toronto - Virus Corona terbaru dari Wuhan, China telah menyebar ke Kanada. Badan Kesehatan Masyarakat Toronto, Kanada, menerima pemberitahuan tentang kasus pertama dugaan Virus Corona yang terkonfirmasi pada seorang penduduk yang baru saja kembali dari Wuhan.

"Orang itu stabil dan dirawat di rumah sakit," ungkap pernyataan Badan Kesehatan Masyarakat Toronto, dikutip Minggu (26/1/2020).

Kasus pertanya Virus Corona itu menambah daftar negara-negara yang sebelumnya juga mengumumkan tentang virus yang menyebar sampai negeri mereka.

Beberapa negara itu adalah: Thailand telah melaporkan lima kasus, Australia melaporkan empat, Singapura, Prancis, Jepang dan Taiwan tiga, Vietnam, Korea Selatan dan Amerika Serikat masing-masing dua, dan Nepal satu.

WHO mengatakan bahwa sementara wabah Virus Corona itu merupakan keadaan darurat bagi China, itu belum menjadi keadaan darurat kesehatan secara global.

Imbauan KBRI untuk WNI

Tenaga medis memantau suhu tubuh penumpang pada monitor termografik di stasiun karantina di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Selasa (21/1/2020). Pemerintah Malaysia mulai mengoperasikan alat pemindai suhu tubuh merespons penyebaran virus korona yang kian masif di China. (AP Photo/Vincent Thian)
Tenaga medis memantau suhu tubuh penumpang pada monitor termografik di stasiun karantina di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Selasa (21/1/2020). Pemerintah Malaysia mulai mengoperasikan alat pemindai suhu tubuh merespons penyebaran virus korona yang kian masif di China. (AP Photo/Vincent Thian)

Menyikapi merebaknya Virus Corona di China khususnya di Kota Wuhan, Hubei, KBRI Beijing bersama PPI Tiongkok terus memonitor kondisi WNI di sana. Selain itu juga melakukan langkah pencegahan dan pengendalian.

"Sejauh ini berdasarkan pemantauan KBRI Beijing, tidak terdapat masyarakat Indonesia yang terjangkit pnemeonia dimaksud, baik di Wuhan maupun daerah lainnya," jelas pihak KBRI Beijing dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 25 Januari.

Sehubungan dengan hal tersebut, sesuai dengan himbauan Kementerian Kesehatan RI, KBRI Beijing mengeluarkan imbauan terkait pencegahan terhadap Virus Corona kepada seluruh masyarakat Indonesia di wilayah Tiongkok. Berikut di antaranya:

  • Wali Kota Wuhan telah mengeluarkan imbauan agar perjalanan ke Kota Wuhan dan Provinsi Hubei dapat dihindari kecuali untuk keperluan yang sangat penting demi antisipasi terjadinya penebaran Virus Corona.
  • Bagi seluruh masyarakat yang berada di Kota Wuhan, agar selalu menjakga dan memperhatikan kondisi kesehatannya dan segera melakukan konsultasi medis apabila merasa tidak sehat dan menunjukkan gejala-gejala demam, batuk dan sulit bernapas.
  • Menghindari kontak dengan hewan hidup termasuk unggas dan burung, dan mengindari konsumsi daging mentah dan kurang matang.
  • Menghindari berkunjung ke pasar ikan/ makanan laut atau tempat pejualan hewan hidup.
  • Menghindari untuk berinnteraksi dengan orang dengan gejalan demam dan batuk dan sukar bernapas atau jatuh sakit dengan gejalan sama dengan pneumonia.
  • Selalu menjaga higienitas seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker apabila sedang batuk dan pilek, dan menutup mulut dengan tisu saat batuk atau bersin.

Bagi masyarakat Indonesia yang memerlukan bantuan kekonsuleran dapat menghubungi pihak kedutaan RI di China di alamat berikut ini:

 

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tiongkok

No, 4, Dongzhimenwai Dajie,

Chao Yang District, Beijing 100600, Peoples's Republic of China

Tel. 001-86-(10) 6532 5489

Fax: 001- 86- (10) 65325368

Email: set.beijing.kbri@kemlu.go.id 

 

Dengan nomor hotline sebagai berikut:

 

(+86) 135 5223 5327 (Budi Atyasa)

(+86) 4645 3974 (Yaya Sutaya)

(+86) 138 1128 4505 (Arianto Surojo)

Website: https://kemlu.go.id/beijing/id 

 

Komite Kesehatan Kota Wuhan saat ini terus melakukan upaya pencegahan dan pengedalian penyakit yang diakibatkan Virus Corona.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Delon Berikan Koin Emas ke Ibunda di Perayaan Imlek

Posted: 25 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tradisi membagikan angpao jadi hal yang paling ditunggu saat perayaan Imlek tiba. Tak terkecuali dengan keluarga penyanyi Delon.

Tahun ini, Delon yang kali pertama merayakan Imlek bersama istri barunya, Aida Chandra, juga melakukan pembagian angpao Imlek kepada keluarganya.

Yang menarik, Delon juga memberikan angpao Imlek kepada ibunda tercinta. Tentunya, bukan angpao biasa yang diberikan pelantun lagu "Merindumu" kepada ibunda.

Delon mengatakan, ia sudah mempersiapkan angpao spesial untuk diberikan kepada perempuan yang paling disayanginya itu. 

 

 

 

Koin Emas

Setiap perayaan Imlek, penyanyi Delon Thamrin meluangkan waktu untuk mengunjungi ibunya (Kapanlagi/ Budy Santoso)
Setiap perayaan Imlek, penyanyi Delon Thamrin meluangkan waktu untuk mengunjungi ibunya (Kapanlagi/ Budy Santoso)

Ia memberikan angpao Imlek berupa koin emas berukir naga yang disisipkannya pada amplop berwarna merah. Kata Delon, ada arti khusus soal pemberian koin emas tersebut. 

"Kan Mami orang tua aku satu-satunya. Ini juga sekaligus doa supaya Mami sehat terus, cantik terus, awet muda terus," kata Delon saat memberikan angpao berisi koin emas kepada ibunda.

 

 

 

 

Tak Menyanyi

Alumni Indonesian idol,  Delon Thamrin tampil dalam
Alumni Indonesian idol, Delon Thamrin tampil dalam

Menurut Delon, tak ada perayaan Imlek yang lebih bermakna daripada berkunjung ke rumah orangtua dan berbagi kebahagiaan bersamanya. Demi bertemu ibunda, Delon sampai menolak job untuk menyanyi di hari raya.

"Aku seperti setiap tahunnya kunjungan ke rumah Mami. Jadi, aku biasakan kosongkan jadwal, nggak nyanyi di hari H Imlek," dia menjelaskan.

 

Makanan Buatan Ibunda

Delon dan Aida (Sumber: Instagram/aimutz)
Delon dan Aida (Sumber: Instagram/aimutz)

Kehadiran Delon dan Aida pun disambut dengan suka cita oleh sang bunda. Berbagai hidangan khas Imlek, juga disajikan oleh ibundanya.

"Ini ada tiga unsur. Unsur air, jadi harus ada airnya, kuah-kuah, biar kita kebanjiran rezeki. Di sini darat, ada mushroom, ayam, bebek. Ada mi, pertanda panjang umur, supaya di hari Imlek ini makin panjang rezeki," tuturnya.

 

 

Bagi-Bagi Angpao

Delon dan istrinya, Aida Chanda, membagikan angpao Imlek kepada anak-anak (Kapanlagi/ Budy Santoso)
Delon dan istrinya, Aida Chanda, membagikan angpao Imlek kepada anak-anak (Kapanlagi/ Budy Santoso)

Setelah itu, Delon bersama istrinya ke luar rumah menuju Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang letaknya tak jauh dari rumahnya. Di RPTRA, sudah berkumpul puluhan anak-anak menyambut kedatangan Delon dan istri. 

Delon dan istri kemudian membagikan amplop merah kepada anak-anak tersebut. Dia berharap pemberiannya membuat anak-anak tersebut senang dan membawa kebaikan bagi dirinya. (Kapanlagi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Kapasitas Baterai Samsung Galaxy A41 Sedot Perhatian

Posted: 25 Jan 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang Samsung Galaxy A41 yang akan disokong baterai berkapasitas 3.500mAh menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com edisi Sabtu (25/1/2020).

Selain itu, dua artikel lainnya yang menyedot perhatian pembaca adalah biaya penggantian layar dan baterai iPhone 11 serta angka unduhan gim Plague Inc yang melonjak gara-gara virus Corona.

Selengkapnya simak Top 3 Tekno berikut ini.

1. Galaxy A41 Bakal Disokong Baterai 3.500mAh

Samsung dilaporkan sedang menyiapkan sejumlah smartphone baru dan salah satunya adalah Galaxy A41. Informasi mengenai smartphone tersebut juga sudah beredar di ranah internet.

Dilansir dari GSM Arena, Sabtu (25/1/2020), menurut laporan baru, Samsung Galaxy A41 akan disokong baterai 3500mAh dengan nomor identitas EB-BA415ABY. Hal ini sesuai dengan nomor model Galaxy A41 yaitu SM-A415.

Selain itu, smartphone tersebut juga akan hadir dengan kamera utama 48MP. Galaxy A41 dilaporkan akan memiliki empat kamera belakang, dengan salah satunya untuk mengambil gambar makro.

Selengkapnya baca di sini

2. Berapa Biaya Penggantian Layar dan Baterai iPhone 11?

Tiga kamera belakang iPhone 11 Pro. Liputan6.com/Yuslianson
Tiga kamera belakang iPhone 11 Pro. Liputan6.com/Yuslianson

iPhone dianggap sebagai smartphone premium. Harga jualnya cukup tinggi, misalnya iPhone 11 dibanderol mulai USD 699 di Amerika. Sementara untuk iPhone 11 Pro yang lebih premium dijual USD 999.

Selain harga jual tinggi, reparasi iPhone juga butuh biaya lebih tinggi jika tak ditanggung garansi

Lantas, berapa banyak yang dibutuhkan jika pengguna ingin mengganti baterai dan layar iPhone 11-nya?

Perlu diketahui, biaya penggantian layar iPhone selalu meningkat untuk tiap model baru. Oleh karenanya, makin baru tipe iPhone yang akan diganti layarnya, biayanya makin mahal.

Selengkapnya baca di sini

3. Angka Unduhan Gim Plague Inc Melonjak Gara-Gara Virus Corona

Pekerja menyemprot tempat sampah di luar Stasiun Kereta Api Hankou yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Pemerintah China mengisolasi Kota Wuhan yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa untuk menahan penyebaran virus corona. (Chinatopix via AP)
Pekerja menyemprot tempat sampah di luar Stasiun Kereta Api Hankou yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Pemerintah China mengisolasi Kota Wuhan yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa untuk menahan penyebaran virus corona. (Chinatopix via AP)

Merebaknya virus corona ternyata berdampak pada jumlah unduhan suatu aplikasi gim untuk iPhone di Tiongkok. Gim yang dimaksud bernama Plague Inc.

Mengutip laman Softpedia, Sabtu (25/1/2020), berdasarkan data yang dibagikan oleh Daniel Ahmad di Twitter, terungkap bahwa jumlah orang yang mencari gim ini meningkat cukup banyak. Bahkan, Plague Inc menjadi aplikasi berbayar iPhone nomor satu di Tiongkok.

"Komisi kesehatan Tiongkok baru-baru ini mengonfirmasi bahwa virus corona Wuhan, penyakit yang mirip dengan pneumonia baru, telah menyebar ke sekitar 300 orang. Berita ini membuat Plague Inc. mencapai nomor 1 di grafik aplikasi gim berbayar Tiongkok," kata Ahmad dalam cuitannya.

Selengkapnya baca di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Tranmere Rovers Vs Manchester United:Tak Boleh Anggap Enteng

Posted: 25 Jan 2020 07:55 PM PST

Manchester- Manchester United menghadapi lawan yang ada di level bawah klub divisi tiga, Tranmere Rovers pada babak keempat Piala FA 2019-2020 di kandang Tranmere, Prenton Park, Minggu (26/1/2020) malam. Meski begitu, MU tak boleh anggap enteng.

Manchester United dan Tranmere sama-sama melalui laga replay untuk lolos dari babak sebelumnya. Tim Setan Merah menyingkirkan sesama tim Premier League, yakni Wolverhampton. Tranmere juga sukses mengeliminasi wakil Premier League, Watford.

Manchester United cuma bermain imbang 0-0 di kandang Wolverhampton pada 4 Januari 2020. Ketika memainkan partai replay di Old Trafforrd, pada 16 Januari 2020, anak-anak asuh Ole Gunnar Solskjaer menang tipis 1-0 melalui gol tunggal Juan Mata.

Di sisi lain, keberhasilan Tranmere melewati Watford mengesankan. Saat main di kandang Watford pada 4 Januari 2020, Tranmere sejatinya sempat tertinggal 0-3 di babak pertama. Namun, mereka bisa menyamakan kedudukan lewat gol-gol Connor Jennings menit 65 dan Manny Monthe pada menit 78', serta penalti Paul Mullin pada menit 87'.

Setelah itu, dalam laga replay di Prenton Park, Jumat (24/1/2020), Tranmere menang 2-1 lewat extra time. Gol-gol Monthe dan Mullin membawa Tranmere ke babak keempat.

Manchester United belum pernah memainkan laga kompetitif di Prenton Park. Ini bakal coba dijadikan MU sebagai ajang kebangkitan, setelah menelan dua kekalahan beruntun di Premier League lawan Liverpool dan Burnley.

Terlebih lagi, Piala FA juga menyajikan peluang bagi Manchester United untuk meraih setidaknya satu trofi musim ini. Untuk itu, mereka perlu melaju sejauh mungkin. 

Prediksi Susunan Pemain

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, termenung saat melihat tim asuhannya kalah 0-2 dari Burnley dalam laga pekan ke-24 Premier League, Kamis (23/1/2020) dini hari WIB. (Paul Ellis/AFP)
Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, termenung saat melihat tim asuhannya kalah 0-2 dari Burnley dalam laga pekan ke-24 Premier League, Kamis (23/1/2020) dini hari WIB. (Paul Ellis/AFP)

Tranmere (3-4-1-2): Davies; Ridehalgh, Monthe, Clarke; Morris, Perkins, Woodyard, Caprice; Danns; Jennings, Mullin.

Manajer: Micky Mellon

Manchester United (4-2-3-1): Romero; Williams, Maguire, Jones, Wan-Bissaka; Matic, Fred; James, Greenwood, Mata; Martial.

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

Data dan Fakta

Manchester United (Grafis: Abdillah/Liputan6.com)
Manchester United (Grafis: Abdillah/Liputan6.com)

Pertemuan Terakhir

01-09-1976 Manchester United 5-0 Tranmere (Piala Liga)

 

5 Pertandingan Terakhir Tranmere  

04-01-2020 Watford 3-3 Tranmere (Piala FA)

08-01-2020 Tranmere 1-2 Leicester Academy (EJPT)

11-01-2020 Southend 0-0 Tranmere (League One)

18-01-2020 Tranmere 1-2 Ipswich (League One)

24-01-2020 Tranmere 2-1 Watford (Piala FA)

 

5 Pertandingan Terakhir Manchester United 

08-01-2020 MU 1-3 City (EFL Cup)

11-01-2020 MU 4-0 Norwich (EPL)

16-01-2020 MU 1-0 Wolverhampton (Piala FA)

19-01-2020 Liverpool 2-0 MU (EPL)

23-01-2020 MU 0-2 Burnley (EPL).

Statistik dan Prediksi

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer bersama timnya, Daniel James, Phil Jones dan Aaron Wan-Bissaka meninggalkan lapangan setelah laga lanjutan Liga Inggris kontra Burnley di Old Trafford, Rabu (23/1/2020). MU tidak berdaya di kandang sendiri usai takluk 0-2 dari Burnley. (Paul ELLIS/AFP)
Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer bersama timnya, Daniel James, Phil Jones dan Aaron Wan-Bissaka meninggalkan lapangan setelah laga lanjutan Liga Inggris kontra Burnley di Old Trafford, Rabu (23/1/2020). MU tidak berdaya di kandang sendiri usai takluk 0-2 dari Burnley. (Paul ELLIS/AFP)

Tranmere menang 1 kali dalam 8 laga terakhirnya di semua kompetisi (M1 S3 K4).

Tranmere 1 kali clean sheet dalam 8 laga terakhirnya di semua kompetisi.

Manchester United cuma menang 2 kali dalam 7 laga terakhirnya di semua kompetisi (M2 S1 K4).

Manchester United gagal mencetak gol dalam 3 laga tandang terakhirnya di semua kompetisi.

Manchester United tanpa kemenangan dalam 3 laga tandang terakhirnya di semua kompetisi (M0 S1 K2).

Manchester United menang 5 kali dalam 12 laga tandang terakhirnya di semua kompetisi (M5 S2 K5).

 

Prediksi Bola.com: Tranmere Rovers Vs Manchester United (60:40)

 

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 25/1/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Underpass Kemayoran Masih Tergenang Air hingga Minggu Siang

Posted: 25 Jan 2020 07:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Underpass Kemayoran, Jakarta Pusat masih terendam banjir hingga saat ini, Minggu (26/1/2020) siang. Penyedotan pun masih terus dilakukan oleh sejumlah pihak di terowongan tersebut.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, sejumlah pompa air milik Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta mobil pemadam kebakaran masih melakukan penyedotan.

Ketinggian debit air pun tampak mengalami penurunan bila dibandingkan hari sebelumnya, Sabtu (25/1/2020) yang mencapai langit-langit underpass. Selain itu, petugas Penanganan Prasaran dan Sarana Umum (PPSU) atau Pasukan Oranye juga ikut serta membersihkan sampah yang ada.

"Ini kira-kira sudah surut 1,5 meter. Kalau kemarin kan sampai di langit-langit. Semoga saja nanti malam sudah bersih," kata salah satu petugas Pemadam Kebakaran, Saefullah di lokasi.

Sebelumnya, hingga Sabtu siang (25/1/2020) ketinggian air di Underpass Kemayoran masih setinggi lima meter. Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menyebutkan bahwa terowongan yang tergenang akibat hujan Sabtu kemarin tanggung jawab pengelolaannya ada di Pemerintah Pusat.

"Iya betul, Underpass Kemayoran berada di bawah pusat, tepatnya Sekretariat Negara (Setneg), seperti kawasan GBK (Gelora Bung Karno)," kata Sekretaris Dinas SDA DKI Jakarta Dudi Gardesi seperti dikutip dari Antara.

Alasan Underpass Kemayoran berada di bawah pengelolaan Pemerintah Pusat karena sebelumnya kawasan itu merupakan landasan terbang pesawat sebelum berpindah ke Bandara Soekarno-Hatta.

Ikut Membantu Pemompaan

Meski berada di bawah kewenangan Pemerintah Pusat, Dudi mengatakan Provinsi DKI Jakarta turut membantu pemompaan air di Underpass Kemayoran itu.

"Iya kalau nggak salah ada dua atau tiga unit dari SDA, ada juga dari dinas Gulkarmat ya, terus dari Pemerintah Pusat juga turunkan unit untuk pemompaan. Jadi, sama-sama berusaha menanggulangi kawasan yang tergenang itu," kata Dudi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persebaran Virus Corona Wuhan di Dunia Bisa Dipantau Lewat Peta Online

Posted: 25 Jan 2020 07:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah peta online untuk melacak persebaran virus corona Wuhan dibuat oleh tim Systems Science and Engineering, Johns Hopkins Center. Peta tersebut melakukan pembaruan secara berkala dengan didukung data dari WHO, CDC, dan sumber-sumber lain, yang menggambarkan persebaran virus corona di Tiongkok dan beberapa negara lain di dunia, seperti Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong, dan Korea Selatan.

Profesor teknik sipil dan co-direktur CSSE, Lauren Gardner mempelopori upaya peluncuran situs peta online persebaran virus corona pada Rabu, 22 Januari 2020. Situs ini menampilkan statistik tentang kematian dan kasus yang dikonfirmasi sebagai virus corona baru atau 2019-nCoV. Peta juga memungkinkan pengunjung untuk mengunduh data secara gratis.

"Kami membangun peta online karena kami pikir penting bagi publik untuk memiliki pemahaman tentang situasi wabah virus corona. Sebagai bukti penggunaan sumber data yang transparan," kata Gardner, dikutip dari laman resmi John Hopkins University, Minggu (26/1/2020).

"Untuk komunitas riset, data ini akan menjadi lebih berharga karena kami terus mengumpulkannya dari waktu ke waktu."

Gardner menambahkan, data kasus tingkat lokal dari Dingxiangyuan, laporan media, dan CDC lokal memberikan gambaran wabah virus corona yang lebih tepat waktu dibandingkan dengan organisasi pelaporan tingkat nasional, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memfilter.

Digunakan oleh Media Internasional

Persebaran virus corona Wuhan dapat dipantau lewat peta online yang dibuat tim Systems Science and Engineering, Johns Hopkins Center. (Printscreen gisanddata.maps.arcgis.com)
Persebaran virus corona Wuhan dapat dipantau lewat peta online yang dibuat tim Systems Science and Engineering, Johns Hopkins Center. (Printscreen gisanddata.maps.arcgis.com)

Media internasional di antaranya Newsweek, PBS News Hour, dan ABC News mengambil data laporan virus corona menggunakan peta online dari John Hopkins Center. Situs peta online juga menyediakan tautan ke Google Sheet, yang dapat diunduh berisi informasi tentang kasus yang dikonfirmasi dan dugaan di lebih dari 30 lokasi Tiongkok.

"Tapi situs CSSE belum memprediksi di mana (gejala) virus corona, seperti flu cenderung menyebar," Gardner melanjutkan.

Health Liputan6.com mengakses situs peta online persebaran virus corona Wuhan pukul 08.53 WIB. Tampak pada layar dasbor berwarna hitam, peta tanggal pembaruan tertulis 25 Januari 2020. Rentang perbedaan waktu mengakses pun berbeda di setiap negara.

Pada peta online tersebut menampilkan peta negara beserta nama-nama kota, yang terkonfirmasi temuan kasus. Tercatat kasus virus corona Wuhan yang sudah terkonfirmasi sebanyak 1.438 kasus dengan rincian:

1. Tiongkok 1.399

2. Thailand 7

3. Hong Kong 5

4. Australia 4

5. Prancis 3

6. Malaysia 3

7. Singapura 3

8. Jepang 2

9. Macau 2

10. Korea Selatan 2

11. Amerika Serikat 2

12. Vietnam 2

13. Nepal 1

Kematian, Pemulihan, Suspect

Persebaran virus corona Wuhan dapat dipantau lewat peta online yang dibuat tim Systems Science and Engineering, Johns Hopkins Center. (Printscreen gisanddata.maps.arcgis.com)
Persebaran virus corona Wuhan dapat dipantau lewat peta online yang dibuat tim Systems Science and Engineering, Johns Hopkins Center. (Printscreen gisanddata.maps.arcgis.com)

Dalam peta online CSSE, bagian kanan atas menampilkan angka kematian dan jumlah pemulihan pasien. Sebanyak 42 kasus kematian dan pemulihan 39 kasus.

Laporan suspect (terduga) virus corona Wuhan pun ditampilkan.Adapun kasus suspect virus corona, sebagai berikut:

1. Anhui, Tiongkok 4

2. Shanghai, Tiongkok 72

3. Henan, Tiongkok 1

4. Sichuan, Tiongkok 4

5. Hong Kong 244

6. Fujian, Tiongkok 20

7. Yunnan, Tiongkok 58

8. Ningxia, Tiongkok 1

Untuk lebih lengkapnya, publik dapat mengakses persebaran virus corona Wuhan pada tautan https://gisanddata.maps.arcgis.com/apps/opsdashboard/index.html#/bda7594740fd40299423467b48e9ecf6.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 3.500 Pelari Ikuti Lo Gue Run di Monas

Posted: 25 Jan 2020 07:38 PM PST

Peserta kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 melakukan start di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Peserta kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 melakukan start di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Peserta kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 melakukan start di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Peserta mengikuti l kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Peserta mengikuti l kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Peserta mengikuti l kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Peserta berlari dalam kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Peserta berlari dalam kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Peserta berlari dalam kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Peserta berlari dalam kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Peserta berlari dalam kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Peserta berlari dalam kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Peserta kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 melakukan start di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Peserta kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 melakukan start di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Peserta kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 melakukan start di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Peserta kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 melakukan start di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Peserta kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 melakukan start di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Peserta kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 melakukan start di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Peserta berlari dalam kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Peserta berlari dalam kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Peserta berlari dalam kegiatan lomba lari bertajuk Lo Gue Run (LGR) 2020 di Kompleks Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020). Kejuaraan LGR 2020 yang diikuti oleh total 3.500 pelari tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya ke 70. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Manchester City Vs Fulham: Kans Menang Besar

Posted: 25 Jan 2020 07:35 PM PST

Manchester- Manchester City bakal melawan klub championship Fulham pada babak keempat Piala FA 2019-2020 di Etihad Stadium, Minggu (26/1/2020).

Bagi Manchester City, yang sudah sangat sulit bersaing dengan Liverpool di Premier League, piala domestik adalah kans terbaik untuk menjadi juara. Untuk mendekatkan diri ke sana, The Cottagers wajib dikalahkan.

Di babak sebelumnya, City mengalahkan klub divisi empat Port Vale. City juga main kandang, di Etihad Stadium. Pasukan Josep Guardiola menang lewat gol-gol Oleksandr Zinchenko, Sergio Aguero, Taylor Harwood-Bellis, dan Phil Foden.

Sementara itu, Fulham lolos ke babak ini usai menyingkirkan salah satu wakil Premier League, yakni Aston Villa. Main kandang, Fulham menang 2-1 lewat gol-gol Anthony Knockaert dan Harry Arter.

Manchester City jelas lebih difavoritkan menang. Satu di antara dasarnya adalah rekor pertemuan.

Manchester City memenangi delapan pertemuan terakhir dengan Fulham dalam semua ajang. City bahkan memenangi empat yang terkini tanpa kebobolan. 

Prediksi Susunan Pemain

Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum, mengontrol bola saat melawan Manchester City pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (10/11). Liverpool menang 3-1 atas City. (AFP/Paul Ellis)
Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum, mengontrol bola saat melawan Manchester City pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (10/11). Liverpool menang 3-1 atas City. (AFP/Paul Ellis)

Manchester City (4-3-3): Bravo; Zinchenko, Garcia, Harwood-Bellis, Cancelo; Foden, Gundogan, David Silva; Sterling, Aguero, Bernardo Silva.

Manajer: Josep Guardiola.

Info skuat: Sane (cedera), Stones (meragukan), Mendy (meragukan).

Fulham (4-3-3): Rodak; Odoi, Mawson, Hector, Christie; Arter, McDonald, Onomah; Bryan, Cavaleiro, Knockaert.

Manajer: Scott Parker.

Info skuat: Mitrovic (cedera), Le Marchand (cedera), Kamara (meragukan).

Data dan Fakta

6. Manchester City - USD 696,6 juta. (AFP/Lindsy Parnaby)
6. Manchester City - USD 696,6 juta. (AFP/Lindsy Parnaby)

5 Pertemuan Terakhir 

30-03-2019 Fulham 0-2 Manchester City (EPL)

02-11-2018 Manchester City 2-0 Fulham (EFL Cup)

15-09-2018 Manchester City 3-0 Fulham (EPL)

22-03-2014 Manchester City 5-0 Fulham (EPL)

21-12-2013 Fulham 2-4 Manchester City (EPL)

 

5 Pertandingan Terakhir City (M-M-M-S-M) 

05-01-2020 Manchester City 4-1 Port Vale (Piala FA)

08-01-2020 Manchester United 1-3 Manchester City (EFL Cup)

12-01-2020 Aston Villa 1-6 Manchester City (EPL)

18-01-2020 Manchester City 2-2 Palace (EPL)

22-01-2020 Sheffield 0-1 Manchester City (EPL)

 

5 Pertandingan Terakhir Fulham (K-M-M-M-S) 

01-01-2020 Fulham 1-2 Reading (Championship)

04-01-2020 Fulham 2-1 Aston Villa (Piala FA)

11-01-2020 Hull 0-1 Fulham (Championship)

18-01-2020 Fulham 1-0 Middlesbrough (Championship)

23-01-2020 Charlton 0-0 Fulham (Championship).

Statistik dan Prediksi Skor

Striker Manchester City Sergio Aguero (biru gelap) mencetak gol ke gawang Fulham pada lanjutan Liga Inggris di Craven Cottage, Sabtu (30/3/2019). (AFP/Adrian Dennis)
Striker Manchester City Sergio Aguero (biru gelap) mencetak gol ke gawang Fulham pada lanjutan Liga Inggris di Craven Cottage, Sabtu (30/3/2019). (AFP/Adrian Dennis)

Manchester City selalu menang dalam 8 laga terakhirnya melawan Fulham di semua kompetisi.

The Citizens selalu mencetak minimal 2 gol dalam 9 laga terakhirnya melawan Fulham di semua kompetisi.

Manchester City selalu clean sheet dalam 5 laga kandang terakhirnya melawan Fulham di semua kompetisi.

Manchester City selalu menang dalam 7 laga terakhirnya di Piala FA.

CManchester City mencetak minimal 3 gol dalam 6 dari 7 laga terakhirnya di Piala FA.

 

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 25/1/2020)

 

Prediksi Bola.com Manchester City Vs Fulham (70:30)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: