Minggu, 19 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Berburu Motor Bekas di Bawah Rp5 Juta, Ini Daftarnya

Posted: 19 Jan 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, pabrikan otomotif roda dua pasti menghadirkan model baru untuk menarik minat konsumen. Meski demikian, banyaknya masyarakat yang membutuhkan kendaraan dengan harga terjangkau membuat sepeda motor bekas masih banyak diburu.

Rudy, pemilik showroom Rudy motor mengaku pasar kendaraan bekas masih tetap diminati. Terbukti, setiap bulan Ia mampu menjual belasan hingga puluhan unit kendaraan.

"Masih ada pasarnya pasti. Masyarakat pasti membutuhkan kendaraan yang bisa digunakan untuk menunjang kerjaan setiap hari, motor adalah salah satu yang paling banyak dicari," katanya kepada Liputan6.com.

Motor bekas dengan harga murah merupakan kendaraan yang paling banyak dicari konsumen. Hal itu dikarenakan motor banyak digunakan untuk pekerjaan seperti ojek online.

"Memang untuk motor bekas masih banyak yang mencari motor dengan harga murah. Biasanya untuk digunakan sehari-hari. Saat ini juga sudah ada ojek online nah itu juga menjadi faktornya," ujarnya.

Rudy menambahkan, motor matik yang masih banyak dicari dengan banderol di bawah Rp5 juta ialah Yamaha Mio dan Suzuki Nex.

Motor di Bawah Rp5 Juta

"Tapi untuk Mio itu tahun lama, sekitar tahun 2004 sampai 2009 yang harganya dibawah Rp5 juta. Suzuki Nex juga memiliki harga terjangkau tapi yang model awal ya," tuturnya.

Selain itu, terdapat juga pilihan motor bebek dengan harga terjangkau yang bisa dimiliki konsumen. Salah satunya, Yamaha Vega R dan Honda Supra Fit.

"Kalau bebek memang lebih banyak pilihannya. Cuma tetap balik lagi, tahunnya juga pasti sudah tua. Jadi memang pilihannya ada, tinggal konsumen saja maunya yang mana," ujar Rudy.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curi Perhatian, Penyanyi Amerika Pakai Batik dan Syuting Video Klip di Malang

Posted: 19 Jan 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pecinta EDM atau electronic dance music mungkin tak asing dengan duo musisi asal Amerika, Krewella. Grup musik yang terdiri dari dua wanita Jahan dan Yasmine Yousaf ini kerap membawakan lagu dengan beat tinggi.

Baru-baru ini Krewella merilis video klip terbarunya berjudul 'Greenlight'. Video klip berdurasi 2 menit 38 detik tersebut dirilis pada Sabtu (18/1/2020) kemarin.

Tak butuh waktu lama untuk video klip tersebut kemudian menjadi perhatian publik Tanah Air. Pasalnya, Krewella memilih beberapa sudut menarik di Indonesia untuk ditampilkan dalam video klip tersebut.

Ya, Krewella memilih Malang dan juga Jakarta sebagai lokasi syuting video tersebut. Salah satu yang paling disorot warganet ialah Kampung Warna Warni Jodipan, Malang.

Kampung Warna Warni Jodipan

foto: Youtube Krewella
foto: Youtube Krewella

Pada beberapa scene, video tersebut menampilkan keindahan Kampung Warna Warni Jodipan (KWJ). Di beberapa bagian dari video klip itu, Jahan dan Yasmine juga tampak berdiri dan bergaya dengan latar belakang keindahan KWJ.

Seperti yang kita ketahui, KWJ sendiri menjadi salah satu destinasi wisata populer di Malang. Tak hanya wisatawan luar daerah, banyak pula wisatawan luar negeri yang mengunjungi bangunan rumah warga dengan yang dicat warna-warni tersebut. Nampaknya, keindahan warna-warni tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi Krewella.

Jembatan Semanggi dan Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

foto: Youtube Krewella
foto: Youtube Krewella

Rupanya tak hanya Kampung Warna Warni Jodipan, Krewella juga menampilkan jembatan Semanggi dan air terjun Tumpak Sewu Lumajang. Meski sekilas, terlihat jelas keindahan jembatan dan juga air terjun tersebut.

foto: Youtube Krewella
foto: Youtube Krewella

Kenakan Batik

foto: Youtube Krewella
foto: Youtube Krewella

Tak hanya itu, di beberapa scene Jahan dan Yasmine terlihat mengenakan batik. Hal tersebut terlihat ketika keduanya berdiri dengan latar KWJ. 

Hal tersebut terlihat ketika keduanya berdiri dengan latar KWJ. Tentu saja hal tersebut mencuri perhatian warganet Tanah Air. Tak sedikit yang memberikan komentarnya di kolom komentar video di Youtube Krewella.

"Terima kasih sudah bikin video klip di Indonesia : Jakarta, malang dan daerah lainnya... ayo netizen Indonesia... Lakukan keajaiban kalian.. VIRALKAN," tulis salah satu warnaget.

"Woww.. the waterfall is tumpak sewu waterfall from indonesia very proud of indonesia," tulis warganet lain.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surat Penumpang Asal Jepang, Puji Kebersihan di Toilet Bandara Soekarna-Hatta

Posted: 19 Jan 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sepucuk surat ditinggalkan oleh seorang penumpang berkebangsaan Jepang yang melakukan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta. Dilansir dari akun Facebook Angkasa Pura II, Senin (20/1/2020), pengirim surat pujian tersebut mengaku bernama Noriyuki Nakamura.

Penumpang tersebut mengaku saat itu adalah kedua kalinya ia menginjakkan kaki di Bandara Soekarno Hatta. Ia mengagumi kebersihan bandara internasional yang berlokasi di Tangerang, Banten.

Dalam surat yang ditujukannya untuk manajer Bandara Soekarno Hatta itu juga Noriyuki Nakamura mengaku mengamati salah satu staf yang membersihkan karpet merah. Ia terlihat sangat teliti dan hati-hati.

"Bandara ini sangat bersih dan staffmu sangat luar biasa," tulis Noriyuki Nakamura dalam surat yang ia tulis 30 Desember 2019.

"Aku tahu itu merupakan perkerjaannya sehari-hari, tapi aku sangat terpukau dengan caranya menyeka tempat sampah," sambungnya. Dalam surat itu, ia juga membandingkan kinerja petugas toilet tersebut dengan pekerja di negara asalnya. "Di Jepang tidak ada yang bisa melakukan hal seperti yang ia lakukan," katanya.

Bahkan, Noriyuki mengaku ia sempat berpikir staf di Bandara Soekarno Hatta mendapat pelatihan khusus untuk membersihkan area bandara. "Saya kira ia mendapatkan pelatihan spesial," sambungnya.

Dukungan Warganet

Surat dari penumpang asal Jepang memuji kebersihan di Bandara Soekarno-Hatta. (dok. Facebook Angkasa Pura IIhttps://www.facebook.com/airport138/photos/pcb.2612078019029485/2612077195696234/?type=3&theater/Adhita Diansyavira)
Surat dari penumpang asal Jepang memuji kebersihan di Bandara Soekarno-Hatta. (dok. Facebook Angkasa Pura IIhttps://www.facebook.com/airport138/photos/pcb.2612078019029485/2612077195696234/?type=3&theater/Adhita Diansyavira)

Di akhir suratnya, Noriyuki Nakamura berpesan kepada manager, mereka harusnya bangga punya petugas toilet yang menjaga kebersihan bandara yang digadang-gadang menyaingi Bandara Changi Singapura itu.

Kebanggaan juga ditunjukan oleh Admin yang mengunggah foto tersebut. "APmin ikut bangga nih AP2friends, atas apresiasi salah satu penumpang dari Jepang kepada petugas cleaning service di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta," ujarnya seraya menyertakan foto surat tersebut.

Warganet Indonesia turut memberikan apresiasi di kolom komentar unggahan Angakasa Pura II. Mereka mengusulkan untuk memberi penghargaan khusus bagi petugas kebersihan yang telah bekerja dengan baik di Bandara Soekarno Hatta. (Adhita Diansyavira)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prajurit Yaman Diserang Rudal Pasukan Houthi Saat Sedang Salat

Posted: 19 Jan 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Sana'a - Konflik antara pemberontak Syiah Houthi dan pemerintah Yaman kembali membara pada Minggu, 19 Januari. Korban pun termasuk jamaah yang sedang salat di kamp prajurit Yaman.

Dilaporkan Al Jazeera, Senin (20/1/2020), serangan Houthi menewaskan setidaknya 73 orang dan melukai lusinan orang lainnya. Senjata yang digunakan termasuk rudal balistik dan drones.

Laporan Al Jazeera menyebut ada tiga misil yang menghantam kamp yang berlokasi di Marib ini. Jumlah korban pun diperkirakan terus bertambah.

Saluran TV Al Hadath milik Arab Saudi menampilkan tayangan berdarah sesudah serangan terjadi. Potongan-potongan bagian tubuh terlihat di lantai, darah tergenang di karpet dan turut membahasi tembok.

Presiden Yaman, Mansour Hadi, memberikan pernyataan mengecam kelakuan Houthi. Ia berkata serangan ini bukti bahwa pasukan Houthi tidak punya keinginan berdamai.

"(Pasukan Houthi) adalah alat murahan milik Iran di wilayah ini," ujar Presiden Mansour.

Pasukan Houthi tercatat mendapat bekingan dari Jenderal Qasem Soleimani yang awal 2020 baru saja ditewaskan drone Amerika Serikat (AS) atas perintah Presiden Donald Trump.

Pasukan Houthi membantah mereka adalah boneka Iran dan berkata mereka melawan sistem korup. Sementara, utusan PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, mengecam serangan tersebut karena merusak kedamaian di Yaman yang notabene rapuh.

"Progres berat yang telah Yaman buat untuk melakukan de-eskalasi amatlah rapuh. Tindakan seperti itu dapat merusak progres tersebut," ujarnya.

 

Perang Saudara, Jutaan Rakyat Jadi Korban

Seorang gadis yang menderita gizi buruk ditimbang di Pusat Kesehatan Aslam di Hajjah, Yaman, 25 Agustus 2018. Kelaparan diperparah dengan meningkatnya harga kebutuhan pokok dan turunnya nilai mata uang Yaman akibat konflik. (AP Photo/Hammadi Issa)
Seorang gadis yang menderita gizi buruk ditimbang di Pusat Kesehatan Aslam di Hajjah, Yaman, 25 Agustus 2018. Kelaparan diperparah dengan meningkatnya harga kebutuhan pokok dan turunnya nilai mata uang Yaman akibat konflik. (AP Photo/Hammadi Issa)

Konflik antara Houthi dan Yaman juga tak terlepas dari isu sektarian. Houthi menganut aliran Islam Syiah dan mendapat dukungan dari Iran yang juga negara Syiah. Sementara, Arab Saudi mendukung penuh pemerintah sah Yaman.

Korban dari masyarakat sipil pun berjatuhan akibat aksi kedua pihak. Human Rights Watch mencatat 14 juta warga Yaman berisiko kelaparan akibat koalisi Saudi dan Houthi yang sama-sama kerap memblokir bantuan kemanusiaan. 

Berdasarkan data Council on Foreign Relations (CFR), ada 22,2 juta orang Yaman yang butuh pertolongan kemanusiaan dan ada 2 juta orang yang harus mengungsi. Korban tewas juga sudah mencapai 91.600 orang. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pameran Akik Madiun, Ajang Seru Penggemar Batu Mulia

Posted: 19 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Madiun Maidi menilai pameran akik dan batu mulia yang digelar di Pasar Besar Madiun, Jawa Timur yang berlansung dari 17-19 Januari 2020 mampu mendorong kegiatan perekonomian masyarakat di wilayah setempat.

"Harapannya, kegiatan pameran tersebut bisa menjadi sarana untuk mengembangkan usaha bagi para seniman batu mulia dan kegiatan ekonomi lainnya," ujar Wali Kota Maidi di Madiun, Jawa Timur, Minggu, 19 Januari 2020.

Menurut dia, pameran tersebut tidak hanya menjadi ajang transaksi pecinta akik dan batu mulia, namun juga tempat berbagi dan bertemunya para perajin, penggemar, serta pengepul yang semuanya berperan dalam mengangkat nilai jual akik dan batu mulia di wilayah Madiun da sekitarnya, dilansir dari Antara.

Nantinya, kegiatan tersebut tidak akan berhenti di situ saja. Justru, menjadi pembuka program pemkot ke depannya. Yakni, menyediakan area khusus bagi perajin akik untuk menggelar dagangannya d Pasar Besar Madiun.

"Untuk itu, kami mohon masukan dari para perajin apa saja yang perlu kami benahi agar ke depannya semakin ramai dikunjungi," kata dia di Madiun.

 

Tujuan Pameran

Setelah demam batu akik mereda, masih ada yang setia berburu batu alam dengan karakteristik yang makin spesifik. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Setelah demam batu akik mereda, masih ada yang setia berburu batu alam dengan karakteristik yang makin spesifik. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Hal itu juga sebagai salah satu faktor penarik agar jumlah pengunjung datang ke Pasar Besar Madiun yang ada di Jalan Panglima Sudirman tersebut ramai.

Wali Kota menambahkan, pihaknya akan terus mengembangkan kegiatan ekonomi kerakyatan di Kota Madiun. Sehingga, Kota Madiun bertambah ramai dan masyarakatnya semakin sejahtera.

Adapun pameran akik dan batu mulia di Pasar Besar Kota Madiun berlangsung dari tanggal 17-19 Januari 2020. Jumlah peserta pada pameran tersebut mencapai ratusan orang yang merupakan perajin, pehobi, dan kolektor batu akik dan mulia yang ada di berbagai wilayah Indonesia.

Selain pameran, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai acara hiburan yang seru. Sehingga, menarik pengunjung lebih banyak.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Demonstran Lebanon Bentrok dengan Polisi

Posted: 19 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bentrokan antara warga lebanon dan polisi kembali pecah di kota Beirut. Aksi unjuk rasa di Labanon terus berlanjut sejak Oktober 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Identitas Kerangka Duduk di Margahayu Bandung

Posted: 19 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Identitas di balik kerangka manusia duduk yang ditemukan di rumah kosong di Margahayu, Kabupaten Bandung, mulai terungkap.

Tim forensik Rumah Sakit Sartika Asih yang melakukan autopsi terhadap kerangka tersebut, menemukan beberapa hal, antara lain kerangka dipastikan berjenis kelamin laki-laki.

Dokter spesialis Foriensik RS Sartika Asih, Nurul Aida mengatakan, pihaknya telah menyusun kembali kerangka manusia tersebut demi proses identifikasi.

"Ada beberapa ciri yang menunjukan ras tertentu," ujarnya sepertii dikutip Ayobandung, Senin (20/1/2020).

Dari sisi usia, katanya, korban diperkirakan berusia dewasa mendekati paruh baya.

"Tinggi badan juga telah diketahui, juga beberapa ciri medis tertentu, namun tidak bisa diungkap karena untuk proses penyidikan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, kerangka manusia ditemukan dalam posisi duduk di sebuah sofa di rumah kosong di Jalan Sukamenak Indah, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung.

Kapolsek Margahayu Komisaris Agus Wahidin mengatakan, kerangka itu pertama kali ditemukan pada Selasa siang (14/1/2020) oleh seorang pekerja pembersih rumah. Menurut pekerja tersebut, rumah itu sudah tidak dihuni lagi sejak lama.

"Memang melihat posisinya kerangka itu duduk, kakinya ke bawah. Tulang keringnya sudah copot, lutut dan paha sudah copot, jarinya sudah copot, tinggal sebagian rambutnya saja," kata Agus.

Kerangka manusia tersebut terduduk di sofa berukuran sekitar 280 centimeter. Saat ditemukan kerangka tertutupi oleh jas hujan ponco berwarna biru muda.

Baca juga berita Ayobandung lainnya di sini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, 30 Aplikasi Kamera di Play Store Ini Bisa Curi Data Pengguna

Posted: 19 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - CyberNews, perusahaan peneliti keamanan siber menemukan spyware baru di dalam kode 30 aplikasi kamera Android yang bertengger di Play Store.

Berdasarkan survei perusahaan, malware ini dibuat pelaku untuk mengumpulkan semua data di smartphone, termasuk lokasi tanpa sepengetahuan korban.

"30 aplikasi ini mengumpulkan dan menjual data pengguna, dan menginfeksi perangkat dengan beragam bentuk iklan yang mengerahkan korban ke situs phishing," sebagaimana dikutip dari laporan via GizChina, Senin (20/1/2020).

Berikut ini adalah 30 aplikasi kamera yang memiliki kemampuan untuk mencuri data korbannya.

- BeautyPlus

- BeautyCam

- Beauty Camera

- Selfie Camera

- Beauty Camera Plus

- Beauty Camera

- YouCam Perfect

- Sweet Snap

- Sweet Selfie Snap

- Beauty Camera

- Beauty Camera

- B612

- Face Makeup Camera & Beauty Photo Makeup Editor

- Sweet Selfie

- Selfie camera

- YouCam Perfect

- Beauty Camera Makeup Face Selfie, Photo Editor

- Selfie Camera

- Z Beauty Camera

- HD Camera Selfie Beauty Camera

- Candy Camera

- Makeup Camera

- Beauty Selfie Plus

- Selfie Camera

- Pretty Makeup, Beauty Photo Editor & Selfie Camera

- Beauty Camera

- Bestie

- Photo Editor

- Beauty Makeup, Selfie Camera Effects, Photo Editor

- Selfie cam

Ditotal, 30 aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1,4 miliar smartphone di seluruh dunia. Beberapa aplikasi ternyata sangat populer dan sudah diinstal lebih dari 300 juta kali.

"Pembuat aplikasi jahat ini dapat mengeruk keuntungan dengan menjual data korban kepada pengiklan," kata CyberNews.

Rata-rata, pengembang malware yang berhasil mengumpulkan lokasi sejuta pengguna menghasilkan hingga USD 4.000 atau sekitar Rp 54 juta per bulan.

 

Buatan Pengembang di Hong Kong

Menurut CyberNews, 16 dari 30 aplikasi tersebut dibuat oleh pengembang berbasis di Hong Kong.

Laporan tersebut juga menyoroti beberapa nama pengembang asal Tiongkok yang tampaknya terlibat dalam penyebaran trojan Android berbahaya.

Adapun Meitu, salah satu pengembang paling populer di dalam daftar terkenal sering kali melanggar sebagian besar aturan Google di Play Store.

Diketahui, aplikasi ini diam-diam mengumpulkan data penggunanya dan dapat mengaktifkan mikrofon atau kamera smartphone korban tanpa sepengetahuan mereka.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Pneumonia Wuhan, Dokter Berikan Tips Jika Ingin Traveling ke Tiongkok

Posted: 19 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wabah pneumonia yang menyebar dari Wuhan membuat masyarakat dunia was-was. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko tertular penyakit ini saat melakukan perjalanan, khususnya ke Tiongkok atau daerah terdampak.

Dokter spesialis paru Agus Dwi Susanto mengatakan, yang pertama harus dilakukan adalah mengenali gejala pneumonia secara umum yaitu batuk, demam, dan sesak napas.

"Tentunya kalau yang namanya travelling jaga kesehatan tubuh, makan bergizi cukup, istirahat cukup," kata Agus ditemui di kantor Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Jakarta, ditulis Senin (20/1/2020).

Agus mengatakan, imunitas atau daya tahan tubuh seseorang ditentukan oleh nutrisi yang masuk serta jumlah istirahat. "Kalau imunitas turun kita mudah sekali terkena infeksi," kata dokter yang juga Ketua Pengurus Pusat PDPI itu.

Cuci Tangan dan Konsumsi Vitamin

Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)
Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)

Agus mengatakan bahwa tips ini bukan hanya khusus untuk pneumonia yang mewabah di Wuhan saja. Namun, cara tersebut penting dilakukan setiap seseorang akan bepergian ke luar negeri.

"Makan bergizi, istirahat cukup, jaga stamina itu yang penting. Kalau mau konsumsi vitamin ditambahkan juga boleh untuk menambahkan imunitas," ujarnya.

Selain itu, jangan lupa rutin lakukan cuci tangan saat bepergian ke luar negeri. Apalagi jika Anda baru menyentuh fasilitas publik.

"Kalau mau makan juga cuci tangan," Agus menambahkan.

Selain itu, apabila baru berkunjung ke daerah di mana daerah sedang mewabah dan merasakan gejala sakit, segeralah konsultasi ke dokter. Beritahu mereka riwayat perjalan serta gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menang di SAG Awards 2020, Brad Pitt: Ini Harus Kupasang di Profil Tinder

Posted: 19 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Brad Pitt rupanya tak sungkan-sungkan melempar candaan soal statusnya yang kini jomlo. Ia bahkan mengungkapkannya saat sedang menerima piala Screen Actors Guild (SAG) Awards pada hari ini, Senin (20/1/2020) pagi waktu Indonesia.

Brad Pitt memenangkan piala SAG pertamanya di kategori Aktor Pendukung Terbaik Film Layar Lebar lewat Once Upon a Time... in Hollywood.

Seperti terlihat dalam petikan video yang diunggah Variety di YouTube, saat naik ke panggung kemenangan, Brad Pitt sempat menghela napas panjang. Ia lantas menatap lekat-lekat piala yang baru didapatnya tersebut.

"Ini harus kupasang di profil Tinder," kata Brad Pitt kalem, yang langsung disambut gelak tawa hadirin.

Guyonan Brad Pitt

(Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)
(Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)

Tak cuma sekali, Brad Pitt kembali melempar guyonan terselubung soal kehidupan pribadinya dalam pidato ini. Kali ini soal karakter yang ia mainkan.

"Jujur saja, ini peran yang sulit. Seorang pria yang mabuk-mabukan, lepas baju, dan enggak cocok dengan istrinya," kata Brad Pitt, membuat hadirin kembali tertawa.

Terima Kasih kepada Kaki

Brad Pitt (Photo/Chris Pizzello - AP)
Brad Pitt (Photo/Chris Pizzello - AP)

Brad Pitt juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya Once Upon A Time....in Hollywood secara nyeleneh, sekaligus mencolek sang sutradara, Quentin Tarantino.

"Aku ingin berterima kasih kepada pemain lain Leo, Margot Robbie, kakinya Margot Robbie, kakinya Margaret Qualley, kakinya Dakota Fanning...Quentin memisahkan wanita dengan sepatunya, lebih banyak ketimbang petugas bandara," katanya.

Margot Robbie sempat tertangkap kamera tak berhenti ngakak mendengar pidato Brad Pitt.

 

Pesan Brad Pitt

Tak hanya guyonan,Brad Pitt juga mengucapkan beberapa hal yang sifatnya emosional.

"Setiap orang dalam ruangan ini tahu rasa sakit, tahu rasa kesepian, kita membawanya ke atas layar. Kita tahu momen kejayaan, kita tahu momen kebijaksanaan, kita membawanya ke layar. Kita semua tertawa karena kekonyolan kita, dan kita membawa semuanya ke layar. Ini adalah perjuangan yang sangat layak dilakukan," tutur Brad Pitt.

 

Jennifer Aniston

Di luar penampilan Brad Pitt, Ada satu hal lain yang menarik perhatian publik tentang kemenangan pria 56 tahun ini.

Yakni, ekspresi Jennifer Aniston saat melihat Brad Pitt menyampaikan pidatonya. Bintang serial Friends ini tampak terharu dan memperhatikan lekat-lekat saat mantan suaminya ini berada di atas panggung.

Bikin Heboh

Warganet jelas langsung ramai menanggapi hal ini. Bahkan personel Blink-182 Mark Hoppus ikut mengomentari hal ini di Twitter miliknya. 

"Begini. Kalau My Chemical Romance dan Jonas Brothers bisa kembali bersama, aku yakin Brad Pitt dan Jennfer Aniston bakal balikan. Aku akan mewujudkannya pada 2020," tulis bassis band tersebut. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Alasan Liverpool Juara Liga Inggris Tinggal Menunggu Waktu

Posted: 19 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool sukses menaklukkan musuh bebuyutannya, Manchester United (MU) 2-0 dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (20/1/2020) WIB di Anfield. Dua gol Liverpool dicetak Virgil van Dijk (14') dan Mohamed Salah (90').

Liverpool membuka keunggulan pada menit ke-14. Umpan sepak pojok Trent Alexander Arnold dikonversi menjadi gol lewat sundulan keras Van Dijk.

Dominasi Liverpool berlanjut pada babak kedua. Salah hampir saja mencetak gol lebih awal andai tendangan Salah tidak melenceng dari gawang David de Gea.

Salah akhirnya mencatatkan diri di papan skor jelang pertandingan berakhir. Kecepatan pemain asal Mesir itu gagal ditandingi bek MU sebelum melesatkan tendangan ke pojok kiri gawang De Gea.

Kemenangan Liverpool atas MU semakin membuka peluang mereka untuk juara Liga Inggris musim ini. Bagaimana tidak, Liverpool masih nangkring di puncak klasemen hingga pekan ke-23.

Berikut tiga alasan Liverpool bakal juara di musim ini.

 

1. Belum Terkalahkan

Liverpool berada di urutan paling depan dalam bursa juara Liga Inggris (PAUL ELLIS / AFP)
Liverpool berada di urutan paling depan dalam bursa juara Liga Inggris (PAUL ELLIS / AFP)

Capaian Liverpool di musim ini terbilang fantastis. Pasukan Jurgen Klopp meraup 21 kemenangan dari 22 kali main, sedangkan satu partai sisa berakhir imbang.

Liverpool pun telah mengoleksi 64 poin, unggul 16 poin dari pesaing terdekatnya, Manchester City. Bukan hanya itu, Liverpool juga tergolong produktif dengan mencetak 52 gol dan hanya 14 kali kebobolan.

Liverpool berpotensi mengulang sukses Arsenal pada musim 2003/04 dengan merengkuh juara Liga tanpa sekalipun kalah. Liga Inggris musim 2019/20 hanya menyisakan 15 partai lagi.

 2. Tak ada Badai Cedera

Striker Liverpool, Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang MU. Liverpool menang 2-0, Minggu (19/1/2020) WIB (PAUL ELLIS / AFP)
Striker Liverpool, Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang MU. Liverpool menang 2-0, Minggu (19/1/2020) WIB (PAUL ELLIS / AFP)

 

Stabilnya performa Liverpool di musim ini terjadi berkat ketiadaan badai cedera. Ya, para pemain kunci Liverpool seperti Sadio Mane, Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Virgil van Dijk hampir selalu dapat diturunkan Klopp.

Hal tersebut membuat performa Liverpool terjaga. Bukan hanya itu, Klopp pun cukup punya kedalaman skuat yang mumpuni.

Ambil contoh saat Fabinho cedera. Para pemain cadangan Liverpool siap langsung diturunkan mengisi lubang yang ditinggalkan Fabinho.

Tak heran, Liverpool memilih adem-ayem di bursa transfer Januari. Mereka sejauh ini hanya mendatangkan Takumi Minamino dari RB Salzburg.

3. Turunnya Performa Para Pesaing

Manchester City. (AP Photo/Rui Vieira)
Manchester City. (AP Photo/Rui Vieira)

Musim lalu Liverpool bersaing ketat dengan Manchester City hingga pekan terakhir. Namun The Reds harus merelakan gelar juara Liga Inggris jatuh ke tangan pesaingnya itu.

Pada awal musim ini, Liverpool sebetulnya diprediksi juga kembali bersaing dengan Manchester City. Beruntung bagi Liverpool, performa Manchester City tak sebagus musim lalu.

Pasukan Pep Guardiola telah kalah lima kali hingga pekan ke-22. Itu membuat jarak poin mereka dengan Liverpool cukup lebar, 16 poin.

Dengan Liga Inggris yang tinggal 15 partai, Manchester City butuh keajaiban untuk mendongkel Liverpool dari puncak klasemen.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Warna-warni Musim Mekar Bunga Tulip di Amsterdam

Posted: 19 Jan 2020 09:59 PM PST

Kembang api dinyalakan ketika orang-orang menunggu untuk memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda.  (AP Photo/Peter Dejong)
Kembang api dinyalakan ketika orang-orang menunggu untuk memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)

Kembang api dinyalakan ketika orang-orang menunggu untuk memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)

Sepasang pengunjung berswafoto saat orang-orang memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda.  (AP Photo/Peter Dejong)
Sepasang pengunjung berswafoto saat orang-orang memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)

Sepasang pengunjung berswafoto saat orang-orang memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)

Orang-orang memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square yang berada di seberang Royal Palace, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda.  (Koen Van WEEL/ANP/AFP)
Orang-orang memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square yang berada di seberang Royal Palace, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda. (Koen Van WEEL/ANP/AFP)

Orang-orang memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square yang berada di seberang Royal Palace, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda. (Koen Van WEEL/ANP/AFP)

Orang-orang memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square yang berada di seberang Royal Palace, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda.  (AP Photo/Peter Dejong)
Orang-orang memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square yang berada di seberang Royal Palace, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)

Orang-orang memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square yang berada di seberang Royal Palace, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)

Ribuan bungan tulip bersiap untuk dipetik secara gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square yang berada di seberang Royal Palace, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda.  (AP Photo/Peter Dejong)
Ribuan bungan tulip bersiap untuk dipetik secara gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square yang berada di seberang Royal Palace, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)

Ribuan bungan tulip bersiap untuk dipetik secara gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square yang berada di seberang Royal Palace, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)

Orang-orang memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square yang berada di seberang Royal Palace, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda.  (Koen Van WEEL/ANP/AFP)
Orang-orang memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square yang berada di seberang Royal Palace, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda. (Koen Van WEEL/ANP/AFP)

Orang-orang memetik tulip gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square yang berada di seberang Royal Palace, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda. (Koen Van WEEL/ANP/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Pinkan Mambo Usai Dicecar 30 Pertanyaan Terkait Kasus MeMiles

Posted: 19 Jan 2020 09:58 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Mantan Duo Ratu, Pinkan Mambo dicecar 30 pertanyaan oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim terkait kasus dugaan investasi bodong aplikasi MeMiles, Senin (20/1/2020). 

Pinkan Mambo mengatakan, sebagai warga negara Indonesia yang baik, dirinya mengaku datang ke Polda Jatim sekitar pukul 05.30 WIB, padahal jadwal pemanggilannya sekitar pukul 09.00 WIB. 

"Aku minta pagi-pagi karena aku jagain anak di rumah, saya minta kalau bisa cepetan, jadi sudah duluan, dan jam 7 jadi aku sudah mulai diperiksa," tutur dia. 

Disinggung mengenai apa yang ditanyakan penyidik dan berapa pertanyaan, Pinkan menjawab nanti bisa ditanyakan langsung kepada penyidik.

"Tadi banyak, paling ada 30 pertanyaan saja," katanya. 

Disinggung keterlibatannya di MeMiles, Pinkan menjawab kedatangannya ke Polda Jatim hanya sebagai saksi saja, karena pernah diundang pada acara MeMiles. 

"Jadi saya cuma nyanyi sebagai pengisi acara doang, dan saya sudah ditawarin jadi member tapi saya kagak pernah mau," ucap dia. 

Pinkan menyampaikan, dia menyanyi di acara tersebut pada 15 Desember. Dirinya juga pernah ditawari untuk ikut sebagai member MeMiles

"Saya tidak pernah mau, karena tidak jelas, ya kan. Dan saya pintar-pintar kalau ikut bisnis," ujar dia. 

Pinkan juga menegaskan, kalau hanya tawaran menyanyi akan diterima, karena uangnya (Honornya) lumayan buat bayar cicilan mobil dan beli tas. "Supaya infotaiment lihat tasnya Pinkan ndak itu - itu saja," kata dia. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan yang bersangkutan telah memenuhi panggilan penyidik untuk diperiksa sebagai saksi. "Untuk hasilnya tentu kita menunggu hasil dari penyidik," tutur Trunoyudo. 

Trunoyudo juga mengapresiasi kehadiran yang bersangkutan karena datang terlebih dahulu melebihi jadwal pemeriksaan. "Artinya harapan kami besar kepada para saksi untuk hadir dalam proses penyidikan. Seperti halnya yang dilakukan oleh mbak Pinkan Mambo ini," ujar Trunoyudo. 

 

Jalani Pemeriksaan Sebagai Saksi

Sebelumnya, Artis Pinkan Mambo datang ke Mapolda Jatim sekitar pukul 06.00 WIB, Senin, 20 Januari 2020. Mantan Duo Ratu tersebut hendak menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait kasus dugaan investasi bodong aplikasi MeMiles. 

"Yang bersangkutan dimintai keterangan sebagai saksi," tutur Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. 

Dikonfirmasikan terpisah, Kepala Subdirektorat Indagsi pada Ditreskrimsus Polda Jatim, Ajun Komisaris Besar Polisi, Suryono mengatakan, Pinkan hadir memenuhi surat panggilan pertama. Selain Pinkan, polisi juga panggil pedangdut kenamaan Siti Badriah. "Yang hadir baru PM (Pinkan Mambo)," kata dia. 

Pinkan dan Siti Badriah, lanjut Suryono, dipanggil karena pernah menghadiri acara MeMiles dan manggung di acara tersebut. Masih didalami apakah kehadiran keduanya di acara sebagai member MeMiles atau endorsement. "Hal itu masih didalami," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi III DPR Rapat dengan Kejagung Kembali Bahas Jiwasraya

Posted: 19 Jan 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR kembali melanjutkan rapat dengan Kejaksaan Agung (Kejagung). Rapat tersebut melanjutkan rapat dengar pendapat yang salah satunya membahas kasus Jiwasraya.

"Tentunya yang akan ditanyakan soal Jiwasraya itu adalah apa yang sudah dilakukan. Tentu apa yang dilakukan sesuai nggak dengan tupoksi Kejagung dalam ranah-ranah pidana. Hari ini tentu harus lebih jelas lagi semuanya," ujar Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Desmond mengatakan, akan mendalami masalah hukum tindakan goreng saham yang dilakukan tersangka kasus Jiwasraya. Menurutnya, tidak cukup penyelesaian masalah ini jika hanya negara membantu membayar uang nasabah.

"Mereka salah satu orang yang ditahan Kejaksaan Agung sebelum dia ditahan masih jualan saham berarti ada hal-hal tidak sekedar hukum yang bisa diselsaikan. Inilah yang akan kita perdalami," kata dia.

Desmond mengatakan, jika jawaban Jaksa Agung ST Burhanuddin tidak memuaskan, Komisi III akan membentuk panitia kerja (panja) kasus Jiwasraya.

"Kalau keterangan hari ini tidak memuaskan, teman teman (Komisi III DPR) akan membuat Panja," ucap Desmond.

Komisi VI DPR Bentuk Panja

Ilustrasi Jiwasraya (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ilustrasi Jiwasraya (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Komisi VI DPR memutuskan membentuk panitia kerja (panja) untuk menelusuri kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya. Hal tersebut diputuskan dalam rapat internal yang digelar pada Rabu (15/1/2020).

Rapat dipimpin Wakil Ketua Komisi VI Fraksi Golkar, Gde Sumarjaya Linggih. Tidak hanya Panja Jiwasraya, rapat memutuskan membentuk Panja Perdagangan Komoditas dan Panja BUMN Energi.

"Dengan keputusan internal Komisi VI tersebut, maka khususnya terkait PT Asuransi Jiwasraya Persero diharapkan dapat lebih jelas peta masalah dan dapat ditemukan solusi yang tepat," ujar anggota Komisi VI, Rieke Diah Pitaloka dalam keterangan pers, Rabu (15/1/2020).

Anggota Fraksi PDIP itu menyebut, proses hukum harus tetap berjalan tanpa menunggu keputusan politik di DPR. Rieke meminta, PPATK untuk menelusuri aset pihak yang terlibat dugaan korupsi asuransi Jiwasraya.

Keraton Agung Sejagat Bikin Geger Masyarakat hingga Diciduk Aparat4 Fakta Kapten Begal Bekasi, Putus Sekolah dan Masih di Bawah Umur  

"Saya mendukung PPATK untuk segera menelusuri aset para pihak yang terindikasi kuat terlibat dan pihak penegak hukum terkait berani melakukan sita aset para pelaku pengemplang uang nasabah PT Jiwasraya, tanpa pandang bulu," ujar Rieke.

Secara terpisah, Wakil Ketua Komisi VI dari Fraksi Nasdem, Martin Manurung menyebut, kendati sudah terbentuk tapi Panja belum bekerja. Pihaknya menunggu nama-nama dari tiap fraksi untuk mengisi keanggotaan Panja.

"Komisi VI akan meminta nama-nama dulu ke tiap kelompok Fraksi untuk mengisi keanggotaan tiap Panja. Setelah personalianya diisi, lalu bekerja," kata Martin.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pramugari Garuda Siwi Widi Akhirnya Penuhi Panggilan Polisi

Posted: 19 Jan 2020 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah dua kali absen, pramugari maskapai Garuda Indonesia Siwi Widi Purwanti akhirnya memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya. Siwi diperiksa sebagai saksi terkait laporannya terhadap akun Twitter @digeeembok atas dugaan pencemaran nama baik.

"Untuk Siwi sudah datang jam 11.00 WIB dan untuk diambil keterangan oleh penyidik," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (20/1/2020).

Polisi sebelumnya telah mengagendakan pemeriksaan Siwi Widi pada Senin 13 Januari 2020, namun dia tidak hadir dengan alasan tengah berada di luar kota. Polisi menjadwalkan ulang pemeriksaan pada Jumat 17 Januari 2020, namun lagi-lagi Siwi tidak bisa memenuhi panggilan penyidik.

Hari ini, pemeriksaan Siwi semula dijadwalkan bersama dua orang saksi lain. Namun menurut Yusri, dua saksi tersebut berhalangan hadir, dan akan diagendakan ulang pada Kamis 23 Januari 2020.

"Untuk dua saksi tidak dapat hadir, dan diminta untuk ditunda ke hari Kamis 23 Januari 2020," kata Yusri.

Selebihnya, Yusri tidak menjelaskan secara detail materi pemeriksaan yang akan ditanyakan kepada Siwi. Menurut Yusri, penyidik hanya akan menanyakan seputar laporan Siwi terkait kasus dugaan pencemaran nama baik oleh akun Twitter @digeeembok.

"Ya, (pertanyaan) terkait itu laporan dari mereka (dugaan pencemaran nama baik terhadap Siwi Widi)," lanjut Yusri.

 

Laporkan @digeeembok

Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com
Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com

Untuk diketahui, pramugari Garuda Indonesia Siwi Sidi Purwanti melaporkan akun Twitter @digeeembok ke Polda Metro Jaya pada 28 Desember 2019 atas dugaan pencemaran nama baik. Laporannya terdaftar dengan nomor LP/8420/XII/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus.

Pelaporan oleh Siwi Sidi dipicu oleh cuitan yang diunggah oleh akun Twitter @digeeembok yang menyebut Siwi Sidi memiliki hubungan spesial dengan salah satu mantan direksi PT Garuda Indonesia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Wisata Air Terjun di Indonesia yang Mirip Niagara, Tak Kalah Memukau

Posted: 19 Jan 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wisata air terjun menjadi destinasi menarik banyak orang. Salah satu wisata air terjun yang sangat populer adalah air terjun Niagara yang berada di Kanada. Pesona air terjun bertingkat ini sangat dikagumi dunia.

Namun, siapa sangka, Indonesia juga punya wisata air terjun bertingkat yang tak kalah indah dari Niagara. Meski tak sebesar dan seluas Niagara, wisata air terjun ini begitu memesona mata.

Wisata air terjun bertingkat ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Masing-masing dari wisata air terjun ini memiliki keunikan tersendiri.

Tak perlu jauh-jauh ke Amerika Utara untuk menyaksikan keindahan air terjun bertingkat. Berikut 8 wisata air terjun bertingkat bak Niagara di Indonesia, di rangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(20/1/2020).

Air Terjun Temam, Lubuk Linggau, Sumatera Selatan

Wisatawan menikmati air terjun Temam di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Rabu (10/1). Air terjun ini memiliki ketinggian 12 meter dengan lebar 25 meter dan menghasilkan guyuran air yang menyerupai tirai raksasa. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Wisatawan menikmati air terjun Temam di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Rabu (10/1). Air terjun ini memiliki ketinggian 12 meter dengan lebar 25 meter dan menghasilkan guyuran air yang menyerupai tirai raksasa. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Wisata air terjun bak Niagara yang pertama adalah Air Terjun Temam. Air terjun ini berada di Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Air Terjun Temam memiliki bentuk mirip air terjun Niagara namun dalam ukuran kecil.

Bentuknya memanjang seperti tirai raksasa dengan tinggi 12 meter, lebar mencapai 25 meter dengan kedalaman 4 meter. Jika beruntung, dari sudut tertentu pengunjung bisa menyaksikan pelangi di kaki air terjun. Air terjun ini juga tak hanya ramai saat siang hari. Pada malam hari, Air Terjun Temam akan dihiasi lampu warna warni yang indah.

Curup Cangkah Kidau, Lampung

Curup Cangkah Kidau berlokasi di Desa Kedaton, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Wisata air terjun ini dikelilingi oleh perkebunan kopi dan karet. Suasana di sekitar Curup Cangkah Kidau masih sangat asri dan segar.

Di area air terjun pengunjung bisa berenang dan bermain air dengan leluasa. Beberapa spot menarik juga mulai dibangun seperti gazebo, tempat duduk, dan spot-spot selfie menarik.

Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara

Pengunjung menikmati air terjun di Moramo, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Wisata alam Moramao berada di Kawasan Suaka Margasatwa Tanjung Peropa.(Antara)
Pengunjung menikmati air terjun di Moramo, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Wisata alam Moramao berada di Kawasan Suaka Margasatwa Tanjung Peropa.(Antara)

Air Terjun Moramo terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara. Air terjun bertingkat ini kerap dijuluki Niagara mini di Sulawesi. Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter ini mengalir melewati tujuh tingkatan utama. Di samping 7 tingkatan utama tersebut, terdapat juga 60 tingkatan kecil yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penampungan air.

Menurut cerita yang berkembang di dalam masyarakat, tempat tersebut dipercaya sebagai tempat mandinya para bidadari yang turun dari kayangan. Selain itu, kawasan Air Terjun Moramo merupakan habitat alami beraneka burung, kupu-kupu, dan berbagai satwa lainnya. Daya pikat yang tidak kalah menariknya dari air terjun ini adalah pesona bebatuan yang membentuk tingkatan.

Curug Malela, Bandung, Jawa Barat

Hengky Kurniawan memamerkan keindahan Curug Malela dengan penampilan terbaru (Dok.Instagram/@hengkykurniawan/https://www.instagram.com/p/B5W3hTEFEMQ/Komarudin)
Hengky Kurniawan memamerkan keindahan Curug Malela dengan penampilan terbaru (Dok.Instagram/@hengkykurniawan/https://www.instagram.com/p/B5W3hTEFEMQ/Komarudin)

Curug Malela berada di Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Untuk menuju air terjun ini, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri perbukitan sejauh 800 meter. Curug Malela berada sangat tersembunyi di perbukitan. Curug ini memiliki tinggi kurang lebih 40 meter dan lebarnya mencapai 30 meter. Di bawahnya terdapat kolam sedalam 1,5 – 2 meter dan sungai.

Curug ini memiliki lima air terjun berdampingan dalam satu aliran air. Curug Malela dihiasi bebatuan alami yang indah dan memesona mata. Kawasan yang di kelilingi perbukitan dan hutan hijau menambah kesejukan dan keasrian wisata air terjun ini.

Curugsewu, Kendal, Jawa Tengah

Curug Sewu (Sumber: Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kendal)
Curug Sewu (Sumber: Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kendal)

Air terjun Curugsewu terletak di di Desa Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Wisata air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah. Dengan ketinggian kurang lebih 80 meter, air terjun ini terbagi dalam tiga tingkatan. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter.

Lokasi Air Terjun Curugsewu telah dilengkapi dengan taman rekreasi beserta fasilitas pelengkap seperti panggung taman bermain anak, Kebun binatang mini dan kolam renang serta berbagai fasilitas lainnya.

Curug Parigi, Bekasi Jawa Barat

Curug parigi berlokasi di Desa Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com.
Curug parigi berlokasi di Desa Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com.

Curug Parigi berada di Desa Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Lokasinya yang berada tak jauh dari ibu kota menjadikan wisata air terjun ini favorit banyak warga. Curug ini sudah sangat terkenal, bahkan kerap dijadikan lokasi syuting film atau sinetron.

Curug Parigi terbentuk akibat patahan Sungai Cileungsi setinggi sekitar 2 meter. Patahannya yang sempurna sepanjang lebar sungai, membentuk air terjun serupa Niagara yang eksotis. Debit airnya sendiri tergantung musim, jika musim hujan dalam skala sedang, curug ini menjadi tempat yang bagus untuk berfoto.

Niagara Mini Bondowoso, Jawa Timur

Berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, Jawa Timur, air terjun ini menawarkan panorama mini ala air terjun Niagara di Kanada. Di sini pengunjung akan disuguhi enam ailiran sungai yang membentuk air terjun yang melebar bak Niagara.

Niagara Mini Bondowoso dikelilingi hutan dan perbukitan yang asri. Tak jauh dari lokasi air terjun ini juga berdekatan dengan kebun kopi milik PTPN XII.

Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang, Jawa Timur

Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang (Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Air Terjun Tumpak Sewu terletak di Dusun Jagalan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Air terjun berketinggian 120 meter ini sebenarnya berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Lokasi wisata air terjun ini ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 Hektare Tanaman Karet Mampu Produksi 1.000 Liter Minyak Nabati

Posted: 19 Jan 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia (APBI) Aziz Pane menilai, karet merupakan tanaman bioenergi multiguna yang sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi bahan baku bahan bakar nabati.

"Potensi Pemanfaatan karet di luar industri ban semakin terbuka lebar, pasca terbitnya beberapa kebijakan terkait penggunaan energi alternatif, pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk jenis diesel atau solar," kata Aziz dalam FGD Penerapan Teknologi Bahan Bakar Nabati, di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Karena karet termasuk tanaman perkebunan non-pangan, yang saat ini produksinya surplus tetapi tidak semuanya terserap oleh pasar. Oleh sebab itu dibutuhkan dukungan kebijakan pemerintah agar bisa penyerapan bisa maksimal.

Ia menilai biodiesel dapat diaplikasikan baik dalam bentuk 100 persen (B100), atau campuran dengan minyak solar pada tingkat konsentrasi tertentu seperti B20. Begitu pun dengan pemanfaatan biji karet sebagai biodiesel sangat terbuka lebar.

Kandungan minyak di dalam daging biji karet mencapai 45,63 persen. Tanaman karet dapat menghasilkan 800 biji karet, untuk setiap pohonnya per tahun.

Pada lahan seluas 1 hektare dapat ditanami sebanyak 400 pohon karet, sehingga diperkirakan untuk luas lahan 1 hektare, dapat menghasilkan 5.050 kg biji karet  per tahun.

Perbandingan jumlah (kuantitas) minyak yang dihasilkan dari ekstraksi minyak biji karet (kering) yaitu 40-50 persen, sehingga diperkirakan setiap hektare tanaman karet, berpotensi menghasilkan 1.000 liter minyak.

 

Industri Lain

Pohon Karet (www.zamboanga.com)
Pohon Karet (www.zamboanga.com)

Selain banyak digunakan untuk industri ban, karet saat ini telah banyak digunakan untuk industri lain, seperti bahan baku campuran aspal, bantalan Jembatan serta berpotensi untuk pemanfaatan bahan bakar nabati.

Menurutnya, dari tanaman karet bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya, seperti biji, latex, dan daun karetnya.

"Kalau bisa daun karet itu bisa dijadikan untuk menggantikan tas plastik, untuk menghidupkan petani kita agar tidak meninggalkan dunia perkaretan," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datangi Polda Jatim, Pinkan Mambo Jadi Saksi Kasus Investasi MeMiles

Posted: 19 Jan 2020 09:33 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Artis Pinkan Mambo datang ke Mapolda Jatim sekitar pukul 06.00 WIB, Senin (20/1/2020). Mantan Duo Ratu tersebut hendak menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait kasus dugaan investasi bodong aplikasi MeMiles

"Yang bersangkutan dimintai keterangan sebagai saksi," tutur Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. 

Dikonfirmasikan terpisah, Kepala Subdirektorat Indagsi pada Ditreskrimsus Polda Jatim, Ajun Komisaris Besar Polisi Suryono mengatakan, Pinkan hadir memenuhi surat panggilan pertama. Selain Pinkan, polisi juga panggil pedangdut kenamaan Siti Badriah. "Yang hadir baru PM (Pinkan Mambo)," kata dia. 

Pinkan dan Siti Badriah, kata Suryono, dipanggil karena pernah menghadiri acara MeMiles dan manggung di acara tersebut. Masih didalami apakah kehadiran keduanya di acara sebagai member MeMiles atau endorsement. "Hal itu masih didalami," ujar dia.

Polda Jatim Bongkar Kasus Investasi Ilegal MeMiles

Polda Jatim kembali menetapkan tersangka baru terkait kasus investasi bodong PT Kam and Kam pada Jumat (10/1/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Polda Jatim kembali menetapkan tersangka baru terkait kasus investasi bodong PT Kam and Kam pada Jumat (10/1/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Jatim menangkap dua tersangka KTM (47), warga kelapa gading; dan FS (52), warga Tambora, Jakarta.

Tersangka itu terlibat dalam kasus investasi ilegal. Hanya dalam jangka delapan bulan, tersangka berhasil meraup uang dari korban sebesar Rp 750 miliar. Namun, polisi baru mengamankan uang tunai Rp 50 miliar, ratusan unit mobil, dan aneka barang lainnya.

"Tersangka pernah terlibat kasus sama tahun 2015 di Polda Metro Jaya," tutur Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Jumat, 3 Januari 2020.

Luki menuturkan, investasi ilegal itu dijalankan tersangka dengan menggunakan PT Kam and Kam yang berdiri delapan bulan lalu, tanpa mengantongi izin. Perusahaan itu bergerak di bidang jasa pemasangan iklan yang menggunakan sistem penjualan langsung melalui jaringan member, dengan cara bergabung di aplikasi MeMiles. 

"Mereka (tersangka) sudah memiliki 264 ribu member dari selama delapan bulan, dengan omzet senilai hampir Rp 750 M," kata dia.

Setiap anggota yang berhasil merekrut anggota baru mendapatkan komisi atau bonus dari perusahaan. Jika ingin memasang iklan, anggota harus memasang top up dengan dana dimasukkan ke rekening PT Kam and Kam. Dengan top up itulah anggota memperoleh bonus atau reward bernilai fantastik. "Dana masuk antara Rp 50 ribu sampai Rp 200 juta," ucap Luki. 

Anggota banyak tergiur karena bonus yang dijanjikan oleh tersangka. Bayangkan saja, Luki menuturkan, dengan hanya menyetor Rp 50 juta, anggota bisa memperoleh mobil seharga di atas Rp 100 juta. "Dalam mengusut kasus ini kami bekerja sama dengan pihak OJK (otoritas jasa keuangan)," ujar Luki. 

Sementara ini, Polda Jatim menyita barang bukti uang tunai dari tersangka sebesar Rp 50 miliar, delapan belas unit mobil, dua sepeda motor, dan beberapa barang berharga lainnya. Luki mengatakan, tersangka menjanjikan akan menyerahkan lagi uang tunai Rp 70 miliar. "Ada juga 120 unit mobil yang sudah diberikan ke member dan akan kami tarik," ucap Luki. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menerka Pelaku Pencurian Nomor Ponsel Ilham Bintang

Posted: 19 Jan 2020 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aksi pencurian nomor ponsel yang dialami wartawan senior Ilham Bintang diperkirakan dilakukan oleh organisasi kejahatan terorganisir (well organized crime) yang beroperasi lintas negara.

Hal tersebut diungkapkan oleh Praktisi Keamanan Siber Mochammad James Falahuddin. Ia memprediksi, otak di balik kejahatan ini berada di luar negeri.

"Kalau melihat cerita yang dipaparkan Bapak Ilham Bintang di akun media sosialnya dan keterangan dari Indosat Ooredoo di media, saya prediksi ini aksi well organized crime yang 'otaknya' ada di luar negeri. Mereka yang ada di Indonesia ini hanya pelaksana lapangan," ujar James melalui keterangannya, Senin (20/1/2020).

Pria yang mengantongi Certified Ethical Hacker (CEH) ini menganalisis pelaku bisa meng-hostile nomor ponsel dari Ilham Bintang melalui kombinasi social engineering dan technical hacking.

James menilai pelaku sepertinya sukses melakukan profiling dari target dengan membaca kebiasaannya di dunia maya melalui aplikasi yang sering digunakan. Setelah profiling didapat, baru pelaksana di lapangan melakukan eksekusi untuk hostile sim card ke gerai operator, berikutnya tim lain melakukan pembobolan rekening.

"Jadi, kalau dilihat journey-nya, tak mungkin ini dilakukan oleh satu orang atau mereka yang ada di Indonesia. Untuk profiling pelanggan di dunia maya itu butuh "kesabaran" dan biasanya itu kerjaan hacker Eropa Timur atau dari Asia," katanya. 

 

Pihak yang Terlibat

Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)
Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

James menuturkan dalam kasus yang dialami Ilham Bintang, pihak-pihak yang terlibat tidak 'rigid' dalam menjalankan Standard Operating Procedure (SOP).

Misalnya, di sektor perbankan tidak ada early warning system ketika ada anomali, di mana terjadi transaksi abnormal dilakukan pelanggan dengan melakukan verifikasi atau di sisi operator yang tak menjalankan faktual verifikasi kala ada klaim ke gerainya.

"Belajar dari kasus ini, tentunya isu pengelolaan data pribadi menjadi penting. Bagi pelanggan harus sering mengubah password yang terkait transaksi finansial, operator harus lebih ketat ke pelaksana lapangan dalam menjalankan SOP, dan bank harus bisa membaca perilaku pelanggan dalam bertransaksi," James menguraikan.

Sementara ahli digital forensik Ruby Alamsyah mengaku sudah melakukan analisis digital forensik dan menemukan bahwa kasus Ilham Bintang ini sudah dipastikan merupakan SIM swap fraud atau penipuan penggantian kartu SIM Card. Dan ini terjadi melalui tiga tahapan dengan melibatkan banyak pihak.

"Kasus pembobolan rekening ini selalu diawali dengan phishing, baik melalui e-mail, voice, maupun SMS. Ini merupakan teknik social engineering yang dilakukan oleh oknum untuk mengelabui pelaku, dengan tujuan mendapatkan data-data pribadi korbannya. Inilah awal dari pembobolan rekening yang terjadi," ujar Ruby. 

 

Berbekal Data Pribadi

Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)
Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

Menurut Ruby, data-data pribadi yang telah didapatkan oknum penipu itu tak hanya berupa nomor telepon pengguna, tapi juga data mobile banking, termasuk username dan password, serta data kartu kredit. Dengan bekal data pribadi itulah, kemudian mereka datang ke gerai operator yang digunakan si korban untuk melakukan SIM swap fraud.

"Intinya, mereka mengelabui petugas operator dengan menggunakan data korban, termasuk KTP palsu, yang sudah ada di tangan mereka, berkat hasil phishing itu. Di sini, operator sudah melakukan verifikasi dan konfirmasi, tapi si oknum kadung memiliki data pribadi dan informasi yang si korban sehingga proses itu pun terlewati. Akhirnya, mereka pun mendapatkan SIM card nomor pelaku," kata Ruby menjelaskan.

Ruby menerangkan, pembobolan ini terjadi karena adanya phishing tersebut. Sementara operator dikelabui dengan data-data lengkap korban yang sudah ada di tangan pelaku, hasil dari phishing tersebut.

Di tahap pertama (phishing), kelemahan ada di pengguna atau nasabah. Sedangkan di tahap kedua, operator dikelabui dengan data-data yang didapat pelaku dari phishing itu. Di tahap ketiga, ada celah dari aplikasi yang dibobol.

"Logikanya, operator hanya memberikan layanan komunikasi, berupa SMS, dan tak sampai mengurusi celah keamanan perbankan. Jika data yang dimiliki seseorang untuk melakukan pergantian kartu telah lengkap, operator bisa apa. Operator hanya apes saja," ucap Ruby memungkasi.

 

Tanggapan Indosat Ooredoo

Logo Indosat Ooredoo di kantor pusatnya di Jakarta. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Logo Indosat Ooredoo di kantor pusatnya di Jakarta. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebelumnya, Ilham dalam akun media sosialnya menceritakan kejadian apes yang dialaminya di mana nomor ponselnya dicuri dan rekening banknya dibobol kala dirinya tengah berada di Australia.

SVP Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk menegaskan akan bekerja sama untuk menangani peristiwa pencurian nomor kartu subscriber identity module (SIM) card atau kartu seluler ponsel dan pembobolan rekening yang menimpa Ilham Bintang.

"Kami akan bekerja sama, termasuk jika ada proses yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah ini dan menjaga kenyamanan pelanggan kami. Kami telah menemui dan menjelaskan kepada Ilham Bintang mengenai apa yang terjadi. Kami menyesalkan adanya kejadian dalam proses penggantian kartu atas nama Bapak Ilham Bintang," katanya.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyesuaian Tarif Ojek Online untuk Daerah di Luar Jakarta

Posted: 19 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia, Igun Wicaksono, menegaskan bahwa penyesuaian tarif transportasi online (ojek online) hanya diperuntukan di daerah. Nantinya, pemerintah daerah yang akan mengatur besaran penyesuaian tarif tersebut.

"Penyesuaian tarif itu hanya diberikan kepada daerah, kota, kabupaten atau provinisi. Artinya gini teman-teman di daerah tidak merasa tarif ketinggian atau kerendahan. Jadi memberikan kesempatan kepada teman-teman di daerah memiliki tarif sendiri," katanya saat dihubungi merdeka.com, Senin (20/1/2020).

Untuk tahap pertama, ada beberapa daerah yang didorong pihaknya untuk segera melakukan penyesuaian tarif ojek online diantaranya yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Nantinya masing-masing daerah akan menentukan tarif mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 348 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi.

"Untuk daerah nanti ada perbedaan mungkin ya. Karena sesuai dengan kondisi pendapatan masyarakat di daerah," imbuh dia.

Terkait dengan realisasi penyesuaian tarif, pihaknya tidak memberikan batas waktu terntu kepada Kementerian Perhubungan. Terlebih, kesiapan ini bukan hanya berada di pusat saja melainkan ada di pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah juga harus siap untuk mengkaji bersama teman-teman daerah maupun mengkaji pertama aplikator di daedah. Jadi kita tidak memberikan deadline kapan tidak. Kesiapan dari daerah saja," jelas dia.

Seperti diketahui, tarif ojek online untuk Zona I (Sumatra, Jawa, Bali kecuali Jabodetabek) Rp 1.850 - Rp 2.300 per km dengan biaya minimal Rp 7.000 - 10.000.

Sedangkan Zona II (Jabodetabek) mulai Rp 2.000 - Rp 2.500 per km dengan biaya minimal Rp 8.000 - Rp 10.000.

Kemudian untuk Zona III (Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan lainnya) mulai Rp 2.100 - Rp 2.600 dengan biaya minimal Rp 7.000 - 10.000

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Tarif Ojek Online Naik 2 Minggu Lagi?

ojek online
ojek online

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan dalam waktu dua minggu ke depan akan ada penyesuaian tarif dari transportasi online (ojek online).

"Mungkin akan kita lihat dalam dua minggu ke depan, ya kalau mau adil ya sekitar satu bulan," kata Budi Karya dikutip dari Antara, pada Minggu 19 Januari 2020.

Menurut Budi, dalam waktu dekat Kementerian Perhubungan akan mengajak diskusi dari pihak penyedia aplikasi dan juga dari pihak mitra pengemudi untuk membicarakan penyesuaian tarif ojek online.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, mengatakan ada beberapa faktor dalam penghitungan tarif ojek online. Salah satu faktor yang menyebabkan kemungkinan kenaikan harga adalah adanya hitungan asuransi yaitu BPJS Kesehatan.

"Sebelumnya sudah ditinjau juga dalam aturan, dan mungkin juga kenaikan dianggap wajar, ya sudah tidak apa-apa, kita bicarakan," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kisah Pria Difabel Bangkit dari Keterpurukan, Bikin Miniatur Kapal Pinisi dari Bambu

Posted: 19 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memanfaatkan bambu di sekitar tempat tinggalnya, seorang penyandang disabilitas di Tulungagung, Jawa Timur berkreasi membuat miniatur kapal klasik nan unik.

Dari bambu seharga belasan ribu per batang, kerajinan kapal klasik ini, terjual hingga harga ratusan ribu rupiah, tergantung ukuran dan tingkat kesulitannya.

Keterbatasan fisik tak membatasi Budiono berkreativitas. Akibat kecelakaan lalu lintas yang dialaminya beberapa tahun lalu, kedua kaki warga Desa Jarakan, Kecamatan Gondang, Tulungagung ini, mengalami kelumpuhan. 

Sempat menutup diri selama beberapa tahun, Budiono bangkit dan berkreativitas. Dengan memanfaatkan bambu yang banyak terdapat di sekitar rumahnya, Budiono berkreasi membuat miniatur kapal klasik yang unik. Bambu jenis apus yang didapatkan dari sekitar desanya, dipotong sesuai ukuran perahu yang akan dibuat.

Dari potongan bambu yang bagian kulitnya dibuang inilah, Budiono memulai mengerjakan rangka dan lambung kapal. Meski terlihat sederhana, tapi pemasangan bagian-bagian kapal memerlukan ketelitian dan perhitungan yang tepat, agar mendapatkan bentuk yang tidak hanya serasi namun juga kokoh.

Untuk membuat satu unit miniatur perahu atau kapal, biasanya dapat diselesaikan dalam waktu 1-2 minggu. Selain bentuk kapal pinisi, Budiono, juga membuat kapal uap mississippi king, buatan abad ke-19, serta kapal fiksi dalam film Pirates of the Caribbean, Black Pearl.

Dia menuturkan, dalam pengerjaan miniatur kapal klasik ini, bagian yang tersulit adalah memasang bagian ornamen kapal, karena harus dipasang sedetil mungkin, agar mirip dengan aslinya. 

Pemasaran kerajinan miniatur kapal ini masih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. Terkadang karya kreatif ini juga diikutsertakan dalam pameran. Untuk harganya, sebuah miniatur kapal bambu ini dijual antara Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta, tergantung ukuran dan jenis miniatur kapal yang dipesan.

Mari kita simak videonya pada Fokus, 17 Januari 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Daftar Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Diboyong Shin Tae-yong ke Thailand

Posted: 19 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia U-19 siap menggelar pemusatan latihan di Chiang Mai, Thailand, hingga awal Februari mendatang. Siang ini, manajer Shin Tae-yong telah terbang membawa 28 pemain ke Negeri Gajah Putih.

Ke-28 pemain itu merupakan hasil seleksi yang digelar Shin Tae-yong dan jajaran stafnya di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, 13-17 Januari lalu. Sebelumnya, tak kurang dari 59 pemain mengikut seleksi untuk masuk skuat Timnas Indonesia U-19 ini.

Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu berharap akan ada kemajuan signifikan sepulangnya mereka dari Thailand nanti.

"Sejauh yang saya lihat, kemampuan mereka sudah meningkat, setiap hari ada progres yang bagus dan terus meningkat. Terutama di fisik para pemain," kata Shin Tae-yong dinukil dari laman PSSI.

Mantan pelatih Timnas Korsel ini menyebut, ke-28 pemain Timnas Indonesia U-19 yang terpilih saat ini, adalah mereka yang benar-benar siap.

"Mereka tidak ada yang mengalami cedera. Mereka juga adalah yang terbaik dari semua pemain yang mengikuti seleksi kemarin selama lima hari itu," imbuhnya.

Keputusan Mengejutkan

Beckham Putra Nugraha dicoret dari Timnas Indonesia U-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Beckham Putra Nugraha dicoret dari Timnas Indonesia U-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Yang mengejutkan, Shin Tae-yong mencoret beberapa pemain yang sebelumnya menjadi langganan Timnas Indonesia U-19. Sebut saja gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha dan Rendy Juliansyah.

Shin Tae-yong juga memulangkan pemain belasteran Inggris-Indonesia, Jack Brown. Pelatih berusia 50 tahun ini turut menepikan penyerang muda Persebaya Surabaya, Mochammad Supriadi.

Sementara itu, pemusatan latihan di Chiang Mai menjadi momen kembalinya Hamsa Lestaluhu. Pemain Bhayangkara FC ini punya bakat namun kerap dilanda cedera.

 

Masuk Agenda

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama staf pelatih saat sesi latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pemain mengikuti seleksi untuk memperkuat skuat utama Timnas Indonesia U-19. (Bola.com/M Iqbal Ichsan
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama staf pelatih saat sesi latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pemain mengikuti seleksi untuk memperkuat skuat utama Timnas Indonesia U-19. (Bola.com/M Iqbal Ichsan

Pemusatan Latihan di Thailand sendiri memang sudah masuk dalam agenda jajaran pelatih. Timnas Indonesia U-19  akan terus digenjot untuk mendapatkan stamina dan performa terbaik.

Maklum, Sutan Zico dan kawan-kawan diharapkan bisa tampil maksimal di ajang Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 2021 di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

 

 

28 Pemain yang Dibawa TC ke Thailand

Sutan Diego Armando Ondriano Zico. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sutan Diego Armando Ondriano Zico. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

1. Ahmad Rusadi

2. Serdy Ephy Fano Boky

3. Muhammad Kanu Helmiawan - Babel United

4. Komang Tri Arta Wiguna - Bali United

5. Irfan Jauhari - Bali United

6. Mochamad Yudha Febrian - Barito Putera

7. Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi - Barito Putera

8. Hamsa Medari Lestaluhu - Bhayangkara FC

9. Arya Putra Gerryan Senyiur - Borneo FC

10. Komang Teguh Trisnanda - Diklat Ragunan

11. Witan Sulaeman - Psim

12. Muhammad Fadhil Adhitya Aksah - Martapura FC

13. Rizky Ridho Ramadhani - Persebaya

14. Ernando Ari Sutaryadi - Persebaya

15. Braif Fatari Persija Jakarta

16. Sutan Diego Armandoondriano Zico - Persija Jakarta

17. Sandi Arta Samosir - Persija Jakarta

18. Theo Fillo Da Costa Numberi - Persipura Jayapura

19. Figo Sapta Fahrezi - PPLP DKI Jakarta

20. Muhamad Darmawan - PPLP DKI Jakarta

21. Kartika Vedhyanto Putra - PPLP Jateng

22. Herberd Akhova Sokoy - PPLP Papua

23. M. Rifaldo Lestaluhu - PS.Tira Persikabo

24. Alfeandra Dewangga Santosa - PSIS Semarang

25. Pratama Arhan Alif Rifai - PSIS Semarang

26. Muhammad Adisatryo - PSMS Medan

27. Saddam Emiruddin Gaffar - PSS Sleman

28. Irfan - AS. Abadi

 

Saksikan Video Timnas Indonesia U-19 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Kecelakaan Maut Bus di Subang

Posted: 19 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan maut bus kembali terjadi. Kali ini, kecelakaan tunggal itu terjadi pada bus pariwisata Purnama Sari, Sabtu, 18 Januari 2020.

Kecelakaan di Jalan Raya Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat itu bahkan menyebabkan 8 orang meninggal dunia.

Bus dengan nomor polisi E 7508 W tersebut membawa puluhan rombongan jemaah pengajian yang akan kembali ke Depok, usai berwisata dari Tangkuban Parahu.

"Namun dalam perjalanan bus yang ditumpangi oleng dan terbalik," ujar Wakapolres Subang Kompol Ahmad Faisal Pasaribu.

Berikut fakta-fakta kecelakaan maut bus di Subang dihimpun Liputan6.com:

 

1. Tewaskan 8 Orang

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jumlah korban tewas kecelakaan maut Bus Pariwisata Purnama Sari dengan nomor polisi E 7508 W bertambah menjadi delapan orang.

Bus tersebut mengalami kecelakaan di Jalan Raya Bandung-Subang, di wilayah Babakan Nagrog, Ciater, Subang, Jawa Barat.

"Sampai dengan saat ini jumlah korban, saat ini ya, jumlahnya 8 orang," ujar Kompol Ahmad Faisal Pasaribu, Sabtu, 18 Januari 2020 malam.

 

2. Kader Posyandu Depok

Kalau di jalanan ada mobil damkar, ambulans, polisi, dan pengawal presiden, mana yang akan kamu dahulukan atau beri jalan? (Ilustrasi: trbimg.com)
Kalau di jalanan ada mobil damkar, ambulans, polisi, dan pengawal presiden, mana yang akan kamu dahulukan atau beri jalan? (Ilustrasi: trbimg.com)

Pemerintah Kota Depok mengirimkan sembilan mobil jenazah dan 15 mobil ambulans untuk membantu membawa jenazah dan korban luka-luka akibat kecelakaan bus di Subang, Jawa Barat itu.

"Kami langsung mengirimkan bantuan berupa mobil jenazah dan ambulans serta juga mobil Elf untuk membantu korban kecelakaan tersebut," kata Kepala Dishub Kota Depok Dadang Wihana.

Ia mengatakan penumpang bus yang berisi para kader Posyandu Bojong Pondok Terong, Citayam, Kota Depok itu berjumlah 57 orang, seorang sopir, dan satu kenek.

"Jadi total semuanya dalam bus ada 59 orang," kata Dadang yang sudah berada di Subang sejak Minggu dinihari.

Ia menjelaskan delapan jenazah akan diberangkatkan ke RSUD Kota Depok, 32 penumpang yang luka berat dan sedang ke Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) serta luka ringan ke RSUD Kota Depok. 

3. Bus Oleng

Bus Pariwisata Purnama Sari dengan nomor polisi E 7508 W yang mengalami kecelakaan di Jalan Raya Bandung-Subang, Babakan Nagrog, Ciater, Subang, Jawa Barat, Sabtu (18/1/2020). (Liputan6.com/Abramena)
Bus Pariwisata Purnama Sari dengan nomor polisi E 7508 W yang mengalami kecelakaan di Jalan Raya Bandung-Subang, Babakan Nagrog, Ciater, Subang, Jawa Barat, Sabtu (18/1/2020). (Liputan6.com/Abramena)

Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani menuturkan, kronologi kecelakaan tunggal itu berawal dari saat bus tersebut berjalan dari arah Bandung ke Subang. Kemudian, kata dia, diduga bus itu mengalami oleng hingga terguling.

Maka dari itu, dia mengatakan, masih menyelidiki penyebab bus tersebut mengalami kecelakaan. Sementara ini diduga akibat rem bus yang blong.

"Kita belum pastikan apa penyebabnya. Apa rem blong atau bagaimana," kata Teddy seperti dikutip Antara.

Sementara itu, Wakapolres Subang Kompol Ahmad Faisa menjelaskan, peristiwa terjadi saat bus melaju di jalur Lembang mengarah ke Subang sekira pukul 17.00 WIB.

"Semua korban sudah dievakuasi ke Puskesmas Jalan Cagak dan Beberapa Rumah Sakit di Subang. Rata-rata korban mengalami luka di tangan dan kaki akibat membentur dinding bus," kata Faisal.

Dikatakan dia, bus membawa rombongan jemaah pengajian yang akan kembali ke Depok, usai berwisata dari Tangkuban Parahu.

"Namun dalam perjalanan bus yang ditumpangi oleng dan terbalik," jelas Faisal.

 

4. Korlantas Polri Turun Tangan

Jasa Raharja berkoordinasi dengan Polres Subang dan RSUD Ciereng Subang untuk proses pendataan korban luka, korban meninggal serta ahli warisnya.
Jasa Raharja berkoordinasi dengan Polres Subang dan RSUD Ciereng Subang untuk proses pendataan korban luka, korban meninggal serta ahli warisnya.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri turut membantu penyelidikan penyebab kecelakaan bus pariwisata yang mengakibatkan delapan orang tewas di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat, Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan Korlantas dilibatkan untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) sejak Minggu, 19 Januari 2020 pukul 08.00 WIB.

"Kita Polda Jawa Barat akan kerja sama dengan Korlantas dengan menggunakan metode TAA Korlantas, yakni Traffic Accident Analysis," kata Eddy, Minggu, 19 Januari 2020 seperti dilansir Antara.

Traffic Accident Analysis menurutnya, merupakan suatu metode yang sesuai dengan SOP dalam penanganan kecelakaan. Dengan metode tersebut, kata dia, penyebab kecelakaan akan mudah diketahui.

"Itu sudah SOP penanganan laka lantas, metode untuk ungkap kecelakaan," jelas Eddy.

 

5. Pemerintah Minta KNKT Investigasi

Layar monitor memperlihatkan hasil investigasi kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 dalam konferensi pers di Kantor KNKT, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Ada sembilan faktor yang berkontribusi dalam kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 pada 29 Oktober 2018 di Tanjung Karawang. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Layar monitor memperlihatkan hasil investigasi kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 dalam konferensi pers di Kantor KNKT, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Ada sembilan faktor yang berkontribusi dalam kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 pada 29 Oktober 2018 di Tanjung Karawang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan keprihatinannya atas kecelakaan bus yang terjadi di Ciater, Subang, Jawa Barat.

Budi Karya mengatakan, pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan mengirimkan tim investigasi ke lokasi kecelakaan.

Dia juga meminta Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdar) bersama KNKT menginvestigasi kecelakaan tersebut, termasuk mengklarifikasi kepada korban selamat dan pemilik bus.

"Insyaallah besok atau lusa sudah ada kabar yang lebih konkret. Sementara memang ada indikasi bahwa bus yang digunakan dengan suratnya itu tidak sama," kata Budi Karya, Minggu, 19 Januari 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jelang Imlek, Warga Bersihkan Altar dan Rupang

Posted: 19 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jelang tahun baru imlek, warga Tionghoa melakukan ritual bersih-bersih altar dan rupang. Ritual ini dilakukan sebagai lambang pembersihan diri dan mengharapkan berkat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sule Diisukan Bakal Menikahi Pramugari Fany Kurniawaty

Posted: 19 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komedian kondang, Sule, diberitakan bakal menggelar pernikahan pada April 2020 mendatang. Pernikahan tersebut rencananya akan dilangsungkan di Jakarta.

Menyusul pemberitaan ini, muncul nama Fany Kurniawaty yang disebut-sebut sebagai calon istri Sule. Bila membuka akun Instagramnya, Sule memang mem-follow akun Fany.

Sayangnya, tak semua orang bisa mengakses Instagram Fany Kurniawaty karena akun media sosial tersebut di-private. Namun bila menelusuri akun Facebooknya, Fany diketahui berprofesi sebagai pramugari.

Memang, saat awal kabar pernikahan tersiar, Sule disebut-sebut akan memperistri seorang pramugari dari salah satu maskapai penerbangan.

 

Sosok Fany

Fany Kurniawaty (Facebook)
Fany Kurniawaty (Facebook)

Sebelumnya, pengacara Sule, Dose Hudaya juga sempat menyebut bahwa kliennya itu akan melepas status duda dengan menikahi wanita non selebritas.

 

Bukan Artis

"Iya mudah-mudahan enggak ada halangan (April 2020) menikah. Calonnya bukan kalangan artis," kata Dose saat dihubungi waratwan melalui sambungan telepon, belum lama ini.

 

Belum Ada Komentar

Komedian Sule atau yang bernama asli Entis Sutisna (instagram.com/ferdinan_sule)
Komedian Sule atau yang bernama asli Entis Sutisna (instagram.com/ferdinan_sule)

Hingga berita ini ditulis, Liputan6.com mencoba menghubungi orang terdekat Sule untuk memastikan kebenarannya, namun belum ada respons.

 

Perceraian

Sule, Lina, dan dua anak mereka, Rizky Febian dan Putri Delina. (Instagram/putridelinaa)
Sule, Lina, dan dua anak mereka, Rizky Febian dan Putri Delina. (Instagram/putridelinaa)

Sule telah resmi bercerai dengan almarhumah Lina Jubaedah pada September 2018 lalu di Pengadilan Agama Cimahi, Bandung, Jawa Barat. Keduanya berpisah setelah 21 tahun mengarungi bahtera rumah tangga.

Dari pernikahan tersebut keduanya dikaruniai empat orang anak Rizky Febian, Putri Delina, Rizwan Ardiansyach dan Ferdinan Ardiansyach.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiongkok Ungkap Wabah Pneumonia Berat Juga Ditemukan di Luar Wuhan

Posted: 19 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tiongkok kembali melaporkan perkembangan kasus wabah pneumonia yang disebabkan oleh koronavirus baru. Hingga Senin, 20 Januari 2020, tiga orang meninggal dunia dan 139 kejadian baru ditemukan.

Pejabat setempat juga mengabarkan bahwa virus ini sudah terdeteksi di luar Wuhan yaitu di Beijing dan provinsi Guangdong.

Dikutip dari Channel News Asia pada Senin (20/1/2020), dua pasien di distrik Daxing, Beijing dirawat karena pneumonia usai melakukan perjalanan ke Wuhan. Keduanya berada dalam kondisi stabil.

Sementara di Guangdong, seorang pria berusia 66 tahun di Shenzhen dikarantina pada 11 Januari lalu karena demam dan gejala lain setelah mengunjungi kerabatnya di Wuhan. Namun pihak terkait menyatakan bahwa penyakit ini masih bisa dikendalikan.

"Para ahli percaya bahwa situasi epidemi saat ini masih dapat dicegah dan dikendalikan," kata komisi kesehatan Guangdong.

 

Lebih dari 200 Orang Dirawat di Wuhan

Batuk Berkepanjangan / Sumber: iStockphoto
Batuk Berkepanjangan / Sumber: iStockphoto

Di Tiongkok, setidaknya sudah ada 201 orang yang didiagnosis dengan virus ini. Sementara di Wuhan, tempat asal penyakit ini, 170 telah mendapatkan perawatan, termasuk sembilan yang berada dalam kondisi kritis.

Di luar Tiongkok, beberapa negara telah melaporkan adanya kasus serupa. Dikutip dari Business Insider Singapore, Singapura sempat menyatakan menemukan adanya seorang anak yang dicurigai terinfeksi namun dinyatakan negatif.

Sementara di Jepang, seorang pria dikonfirmasi terkena virus asal Wuhan. Vietnam juga dikabarkan telah melakukan isolasi dua warga Tiongkok yang berasal dari Wuhan untuk tindakan pencegahan.

Di Indonesia, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta dr. Anas Ma'ruf juga menyatakan bahwa setiap orang diminta meningkatkan kewaspadaan terkait penyebaran penyakit tersebut, termasuk petugas di bandara

Sebelumnya, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia juga meminta agar masyarakat jangan panik namun tetap waspada, termasuk pada penyakit pneumonia pada umumnya.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Polisi Hawaii Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal, Pelaku Buron

Posted: 19 Jan 2020 09:29 PM PST

Liputan6.com, Hawaii - Dua petugas polisi di Hawaii ditembak orang tak dikenal pada Minggu 19 Januari waktu setempat. Pelaku kini masih buron.

Penembakan tersebut terjadi di lingkungan perumahan, tidak jauh dari Pantai Waikiki di Pulau Oahu, demikian dilaporkan media setempat.

Dilansir CNA, Hawaii News Wow mengutip dari sumber-sumber penegak hukum yang mengatakan bahwa dua petugas polisi Honolulu tewas dalam penembakan itu.

Laporan media setempat pun mengungkap, kejadian itu berlangsung di dekat Diamond Head.

Terlihat Saat Kebakaran

Polisi Honolulu mengambil posisi dengan senjata mereka setelah insiden penembakan di kediaman di Hibiscus Road dekat Diamond Head. (Jamm Aquino/Honolulu Star-Advertiser/AP)
Polisi Honolulu mengambil posisi dengan senjata mereka setelah insiden penembakan di kediaman di Hibiscus Road dekat Diamond Head. (Jamm Aquino/Honolulu Star-Advertiser/AP)

Juru bicara Departemen Kepolisian Honolulu dan kantor lapangan Honolulu dari Biro Investigasi Federal, tidak menjawab pesan maupun telepon yang mencari informasi terkait kejadian ini.

Seorang tersangka pria yang masih buron itu, terlihat sekitar tengah hari di Hawaii ketika ada api yang membakar salah satu rumah di lingkungan itu dan menyebar ke tempat tinggal di dekatnya, Honolulu Star-Advertiser melaporkan.

Insiden itu dimulai Minggu pagi ketika petugas tiba di rumah seorang pria yang diidentifikasi sebagai Jerry Hanel (69) setelah dia menikam tuannya, seorang wanita, yang berusaha mengusirnya, demikian dilaporkan Hawaii News Now.

"Seluruh negara bagian berduka atas hilangnya dua petugas polisi Honolulu yang tewas dalam tugasnya pagi ini," kata Gubernur Hawaii David Ige dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara kepolisian Honolulu, Michelle Yu, mengatakan, hanya dua petugas polisi yang terluka dalam insiden itu.

Polisi Menutup Area

Ilustrasi Foto Garis Polisi (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Garis Polisi (iStockphoto)

Michelle Yu menolak mengomentari kejadian itu, tetapi mengatakan melalui telepon bahwa konferensi pers sedang direncanakan.

Saksi melihat seorang polisi wanita tidak sadarkan diri dan dibawa dari tempat kejadian.

Polisi Honolulu mengatakan lewat media sosial Twitter bahwa petugas telah menutup jalan di daerah Diamond Head karena tempat itu sedang dalam penyelidikan polisi.

 

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola Pupus Harapan Juventus

Posted: 19 Jan 2020 09:29 PM PST

Liputan6.com, Manchester- Juventus nampaknya harus mengubur dalam-dalam keinginan memakai jasa pelatih Josep Guardiola. Pria Spanyol itu memastikan akan tetap melatih Manchester City musim depan.

Guardiola sudah sejak musim panas lalu diincar Juventus untuk menangani Paulo Dybala cs. Karena gagal membajak Guardiola, Juventus kemudian memilih memakai jasa Maurizio Sarri.

Sarri diperkirakan hanya pilihan sementara menunggu Guardiola tersedia pada tahun 2020. Guardiola santer dikabarkan akan memilih pergi dari City pada akhir musim 2019-2020.

Apalagi prestasi City musim ini sangat mengecewakan. City hampir pasti gagal mempertahankan gelar juara Liga Inggris karena sudah tertinggal 16 poin dari Liverpool.

Namun mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munchen itu rupanya masih betah di City dan menutup peluang Juventus merekrutnya musim panas nanti.

 

Komentar Pep

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola,  (AFP/Paul Ellis)
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, (AFP/Paul Ellis)

Guardiola menegaskan tidak akan pergi dari City. Dia hanya akan berganti klub jika manajemen City memutuskan memecatnya.

"Saya katakan berkali-kali, kecuali klub memecat saya, saya akan bertahan 100%. "Pasti, 100% saya akan tinggal di sini musim depan. Bukan karena kami memenangkan dua pertandingan terakhir atau bermain lebih baik beberapa bulan terakhir," ujar Guardiola seperti diberitakan Sportsmole.

PSG

Selain Juventus, klub kaya lain yang tergoda memakai jasa Guardiola adalah raksasa Prancis Paris Saint Germain. Guardiola begitu disukai bos PSG Nasser Al-Khelaifi.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Sinemania Ngobrol Seru Bersama Para Pemain Akhir Kisah Cinta Si Doel

Posted: 19 Jan 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Film Akhir Kisah Cinta Si Doel bercerita tentang Kepulangan Sarah bersama Doel ke Jakarta, disambut bahagia oleh keluarga Doel. Namun hal tersebut juga membuat Zaenab, Sarah, dan Doel dihadapkan pada pilihan besar.

Sutradara, sekaligus pemain utama Si Doel The Movie, Rano Karno, mengabarkan dirinya akan mengakhiri kisah cinta segitiganya.

Film ini masih menghadirkan aktor-aktor lawas pendukung serial si Doel sepert Mandra, Suti Karno, Adam Jagwan, Salman Alfarizi, dan masih banyak lainnya.

Ingin lihat bagaimana ngobrol seru bersama para pemain film Akhir Kisah Cinta Si Doel di Sinemania? Langsung saja simak selengkapnya di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin Dorong Penerapan Bahan Bakar Berbasis Karet Alam

Posted: 19 Jan 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia (APBI), mendukung penerapan teknologi bahan bakar nabati dari karet alam sebagai alternatif energi bahan bakar selain kelapa sawit.

"Saya mendukung bahwa kita mencari energi alternatif, saya juga kaget karet bisa digunakan jadi bahan bakar. Potensinya juga tinggi banget, cukup besar, dan kita melihat tingginya kandungan minyak dibiji latex. Banyak sekali yang bisa dimanfaatkan, 1 hektar bisa ditanami 400 pohon karet, yang menghasilkan 5050 biji karet," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perindustrian, Johnny Darmawan, di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Karena memang, dalam industri karet, hasil utama yang diambil dari tanaman karet adalah latex. Sementara biji karet masih belum dimanfaatkan, malahan dibuang sebagai limbah.

"Padahal dapat dimanfaatkan menjadi bahan bakar nabati yang potensial untuk dikembangkan secara teknis maupun keenomiannya," ujarnya.

Menurutnya, dengan kemajuan teknologi saat ini, sebenarnya bisa dibuat apa saja untuk menggantikan bahan bakar selain kelapa sawit.

Ia pun berharap bisa menghasilkan rekomendasi yang komprehensif, dari penerapan bahan bakar berbasis karet ini, dengan mempertimbangkan dahulu melakukan penelitian lebih lanjut, apakah bahan bakar dari karet ini bisa bersaing atau tidak.

"Saya melihat baru kita debatkan apakah bisa bersaing atau tidak, kalau dalam jangka 1-2 tahun bisa dilepas itu namanya subsidi yang visible," ungkapnya.

Produsen Karet Terbesar

Johnny Darmawan
Johnny Darmawan

Seperti diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil karet terbesar di dunia, Pada tahun 2019 total produksi mencapai 3,55 juta ton per tahun, dan seluruh area perkebunan karet Indonesia mencapai 3,4 juta hektar.

Sementara itu, dilihat dari sisi pemerintah sudah siap untuk menerima penerapan bahan bakar berbasis karet, hal itu terlihat dari upaya pemerintah yang sudah menerapkan Biodiesel 30 (B30).

"Kalau saya melihat dipemerintah itu siap sih, karena sudah menerapkan B20, B30, B50 dan bahkan selanjutnya bisa B100," jelasnya.

Namun, dari penerapan B30 tersebut banyak keluhan karena bahan bakar yang tidak bertahan lama, misalnya dari pelayaran yang mengeluhkan bahan bakar tersebut.

Oleh karena itu, menurutnya harus mempertimbangkan bagaimana membangun industri yang berkelanjutan, jangan bersifat on-off.

Upaya Pemerintah mendorong penggunaan bahan bakar nabati, untuk mengurangi konsumsi BBM yang berasal dari minyak bumi, diawali dengan Peraturan Presiden RI No 5 tahun 2006, yang menargetkan pemanfaatan BBN hingga 5 persen, dari total primer pada tahun 2025, serta Peraturan Menteri ESDM no. 32 tahun 2008.

Namun, pemanfaatan Bahan Bakar Nabati semenjak dikeluarkan aturan itu belum pernah mencapai target. Seperti dilihat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, produksi karet nasional (lateks) cukup besar yakni, di atas 3,3 juta ton, tapi untuk harga karetnya alami tekanan yang hanya menyerap 70 persen dari konsumsi karet alam nasional.

"Untuk mewujudkan keberlangsungan industri berbasis karet, diperlukan dukungan dan kerjasama dari pemerintah, yakni terkait konsistensi terhadap kebijakan hilirisasi hasil perkebunan karet, menjadi produk yang bernilai tambah," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Akan Dampingi Jokowi Tinjau Bakal Pelabuhan Multifungsi di Labuan Bajo

Posted: 19 Jan 2020 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi siang ini dijadwalkan akan mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau lokasi bakal pelabuhan multifungsi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (20/1/2020).

Pantauan Liputan6.com, di lokasi lahan bakal pelabuhan multifungsi Labuan Bajo, beberapa dinas terkait mulai bersiaga menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Tampak ada sebuah mobil ambulans yang sengaja disiagakan di lokasi.

Panitia telah menyiapkan tenda berwarna putih yang akan digunakan sebagai tempat Presiden Jokowi dan beberapa menteri kabinetnya. Tenda hanya ada satu unit di tengah lapangan, sementara pengunjung akan berada di luarnya.

Hingga berita ini ditulis, belum tampak atusisme warga sekitar yang datang ke lokasi untuk menyaksikan kedatangan Presiden Jokowi meninjau bakal pelabuhan di Labuan Bajo. Hal ini mungkin karena acara baru akan berlangsung sekitar pukul 13.00 Wita.

 

Pisahkan Pelabuhan Penumpang dan Barang

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kabupaten Manggarai Barat, Minggu (9//2020).(Liputan6.com/ Yopi Makdori)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kabupaten Manggarai Barat, Minggu (9//2020).(Liputan6.com/ Yopi Makdori)

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi lebih dulu meninjau lokasi bakal pelabuhan multifungsi  di Labuan Bajo pada Minggu, 19 Januari 2020. Pelabuhan itu akan dibangun di Wae Kelambu, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

"Kita berniat untuk membangun satu pelabuhan untuk logistik. Mengapa ini membangun, karena sekarang ini di pelabuhan lama (Pelabuhan Labuan Bajo) ada kegiatan yang kurang sinkron," kata Menhub di lokasi, Minggu sore.

Menhub menilai aktivitas di pelabuhan lama atau Pelabuhan Labuan Bajo dirasa kurang efisien. Pasalnya, aktivitas bongkar muat peti kemas sekaligus angkutan penumpang, utamanya para wisatawan, disatukan.

"Dalam perencanaan yang akan datang, pelabuhan lama akan dibuat sebagai pelabuhan khusus bagi (angkutan) penumpang," katanya.

Budi Karya menyebut, pelabuhan yang sudah ada akan dikembangkan menjadi pelabuhan wisata dari Labuan Bajo menuju Pulau Komodo atau sebaliknya. Menurut Menhub, adanya aktivitas bongkar muat kontainer dirasa kontraproduktif dengan kegiatan wisata.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Siswa Tingkatkan Wawasan, UIC College Adakan Kompetisi Matematika Ditigal Kalkulus

Posted: 19 Jan 2020 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Persaingan di pasar tenaga kerja global yang semakin ketat menuntut perbaikan kualitas SDM agar makin berkualitas,. Ini seiring dengan kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim bahwa pendidikan harus menciptakan SDM unggul dan berkarakter dalam lima tahun ke depan.

"Sejalan dengan hal itu, UniSadhuGuna International College (UIC College) sebagai penyedia pendidikan internasional pertama, terkemuka, dan terbaik di Indonesia berkomitmen untuk menyiapkan SDM yang siap bersaing di pasar global," ujar Yani Octaviana, Head of Campus UIC College Pondok Indah di sela acara Calculus Digital Mathematic Competition 3.0 (CMDC) 2020, Sabtu 18 Januari 2020 di UIC College Pondok Indah, Jakarta.

CMDC merupakan kompetisi matematika dengan soal setingkat olimpiade nasional yang selalu diikuti oleh para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia, baik yang berada di kelas 10, 11, 12 dan telah terselenggara sebanyak 3 ( tiga ) kali berturut – turut.

 

Selanjutnya

Doc: Istimewa
Doc: Istimewa

Dalam kesempatan kali ini Calculus sebagai Institusi Bimbingan belajar yang memiliki program kompetisi berkolaborasi dengan UIC College. Kompetisi ini diikuti oleh berbagai SMA di Jakarta, Bandung dan Cirebon, dengan jumlah peserta sebanyak 14 tim, di mana satu tim terdiri dari tiga orang. Kompetisi matematika ini dilakukan secara digital sehingga memungkinkan penonton untuk turut mengikuti dan melihat secara langsung penilaian ( live score ) para tim sekolah yang berkompetisi.

Menurut Yani, Matematika merupakan salah satu pelajaran yang seringkali dihindari oleh sebagian siswa. Adanya kompetisi ini adalah salah satu cara kami menjadikan sains sebagai ilmu yang menyenangkan, semakin diminati dan sekaligus membangun jiwa kompetitif siswa sebagai generasi muda.

"Kami sangat senang bahwa kami dapat berkolaborasi dengan Calculus sebagai institusi bimbingan belajar dalam program kompetisi mereka dan menjadikan kampus kami sebagai sarana bertemunya para pelajar se-indonesia."

 

Selanjutnya

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

UIC College merupakan Lembaga Pendidikan dibawah naungan UniSadhuGuna yang yang memberikan berbagai program Pendidikan kepada siswa di Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri di sejumlah universitas terbaik di Australia, UK, USA, Eropa, Singapura, Jepang, dll. Untuk memudahkan calon siswa, UIC College menyediakan konsep studi yang disebut Pathway dan Fast Track Program, di mana para siswa mendapatkan percepatan kuliah.

Saat ini ada 8 program yang ditawarkan UIC College, antara lain Junior College untuk level lulusan sekolah menegah pertama, yang memungkinkan siswa untuk menyelesaikan kualifikasi setara SMA dan Sarjana dari UK dalam waktu 5 tahun. Program International Pathway, siswa dapat menyelesaikan masa kuliah dua tahun pertama di Indonesia untuk kemudian melanjutkan ke jenjang tahun terakhir universitas pilihan. UIC College juga mempunyai jurusan musik teknologi yang bekerjasama dengan Farabi milik musisi kondang Dwiki Darmawan dan Music Director ternama Indonesia, Aghi Narotama. Ibaratnya, UIC College menawarkan paket lengkap bagi yang akan menempuh pendidikan di negara lain.

 

Selanjutnya

ilustrasi matematika rumit  (sumber: Pixabay)
ilustrasi matematika rumit (sumber: Pixabay)

"Program kami memberikan percepatan atau akselerasi bagi siswa untuk mendapatkan gelar kesarjanaannya dari luar negeri. Ini merupakan solusi dan dukungan dari UIC College bagi siswa Indonesia untuk dapat menempuh pendidikan di luar negeri dan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kehidupan bangsa Indonesia khususnya. Dukungan kami terhadap Kompetisi Matematika ini diharapkan akan membuka cakrawala para siswa tentang solusi – solusi dunia Pendidikan yang diberikan oleh UIC" tambah Yani

Varance Paskal selaku ketua penyelenggara kompetisi CMDC 2020 menuturkan bahwa kompetisi ini merupakan sarana edukasi bagi para siswa di Indonesia agar semakin meningkatkan minat belajar yang kompetitif khususnya dalam bidang matematika. Dukungan dari UIC College telah memberikan akses kepada para siswa untuk dapat mengikuti kompetisi secara digital.

Kompetisi yang memperebutkan total hadiah senilai Rp. 25 juta dibagi menjadi 3 ( tiga ) babak dari semua tim dan berakhir dalam babak final yang terdiri dari 5 tim. Pemenang kompetisi diraih oleh tim SMAK 3 BPK Penabur Jakarta, juara kedua diraih oleh SMA Santa Maria Cirebon dan juara ketiga diraih oleh SMAK 3 BPK Penabur Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pendiri Mer-C Meninggal Akibat Gangguan Jantung

Posted: 19 Jan 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pendiri organisasi kemanisiaan Mer-C dokter Joserizal Jurnalis meninggal dunia di Rumah Sakit HarJakarta. Dokter Jose sebelumnya dirawat selama 27 hari skibat penyakit jantung yang dideritanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musisi Americana David Olney Meninggal Dunia Saat Tampil di Panggung

Posted: 19 Jan 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Florida- David Olney, penyanyi Americana asal Amerika Serikat meninggal dunia karena serangan jantung. Ia tutup usia saat tampil di atas panggung di Florida, Amerika Serikat, pada Sabtu 18 Januari.

Penulis lagu tersebut mengembuskan nafas terakhirnya pada usia 71 tahun. Ia meninggalkan seorang istri, dua anak, hingga komunitas musisi yang turut ikut sedih dan kehilangan, menurut sebuah pernyataan, seperti dikutip dari CNN, Senin (20/1/2020).

David Olney yang juga dikenal sebagai "Americana Pioneer" telah memproduksi lebih dari 20 album solo, menurut laman resminya.

Musik hasil karyanya direkam Linda Ronstadt, Steve Young, dan Emmylou Harris, hingga musisi terkenal di Amerika Serikat lainnya. "Deeper Well" merupakan salah satu lagu yang ada di album keduanya, yang di mainkan kembali oleh Emmylou Harris dalam album 1995 Wrecking Ball.  

Musisi lain yang memainkan dan menyanyikan kembali lagunya juga termasuk Del McCoury, Slaid Cleaves, dan The Wailin 'Jennys'.

Detik-Detik Mengesankan Sebelum Meninggal

David Olney disebut beberapa media bahwa dia "pingsan" di atas panggung, namun kabar itu ditetapkan tidak sepenuhnya benar.

Saat detik-detik terakhirnya, David Olney diceritakan terdiam di kursinya, hingga membuat membuat beberapa penonton dan bahkan musisi di sampingnya berpikir dia hanya terdiam, sebelum mereka menyadari kondisi David Olney yang sebenarnya dan menurunkannya ke panggung.

Amy Rigby, yang juga dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu, dikabarkan duduk bersebelahan dengan David Olney pada saat-saat terakhirnya saat memberikan penampilan festival keduanya hari itu sebagai bagian dari pertunjukan pertukaran lagu 'In the Round'.

Ia pun juga menceritakan keadaan David Olney beberapa saat sebelum ia meninggal, dengan menulis di halaman Facebooknya, "Olney berada di tengah-tengah lagu ketiganya ketika dia berhenti, meminta maaf, dan menutup matanya."

"Dia sangat diam, duduk tegak dengan gitarnya, mengenakan topi paling keren dan jaket suede karat yang indah yang kami tertawakan karena hujan saat itu di luar rumah perahu tempat kami tampil,  aku hanya ingin melihat itu semua dengan indah, karena pada awalnya ia tampak seperti hanya mengambil waktu sebentar," seperti dikutip dari Variety.

 

 

Dikenang Sebagai Pribadi yang Lembut

Musisi Americana David Olney https://variety.com/2020/music/news/singer-david-olney-dies-during-performance-festival-1203472389/ (Photo Credit: JOHN PARTIPILO)
Musisi Americana David Olney https://variety.com/2020/music/news/singer-david-olney-dies-during-performance-festival-1203472389/ (Photo Credit: JOHN PARTIPILO)

Rekan sesama penyanyi dan penulis lagu David Olney, yaitu Scott Miller, juga ikut tampil bersama David Olney di 30A Songwriters Festival di Pantai Santa Rosa. Ia pun menceritakan kenangannya mengenai David Olney saat ia tampil di Panggung.

"Dia tidak pernah menjatuhkan gitarnya atau menjatuhkan bangkunya, ia merupakan orang yang baik dan lembut," ungkap Scott Miller di Facebook.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini yang Bikin Lampu Kabut Berusia Pendek

Posted: 19 Jan 2020 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua mobil keluaran terbaru telah dilengkapi dengan foglamp atau lampu kabut. Sesuai namanya, lampu ini untuk membantu meningkatkan visibilitas pengemudi kala berkendara saat hujan lebat maupun cuaca berkabut.

Lampu kabut sendiri umumnya berada di bagian depan mobil. Managing Director PT Lowin Parama Indonesia (Lowin) Hendry Lo menyebutkan, lampu kabut depan terbagi dalam dua jenis, yakni semi tertutup dan tertutup.

"Untuk semi tertutup tidak cocok untuk rendam (banjir). Sedangkan pilihan tertutup dengan tingkat kedap air IP66, foglamp dapat digunakan untuk mengarungi banjir dalam waktu singkat. Namun, disarankan ketika melibas banjir, posisi air masih berada di bawah seperti roda," terang Henry dalam keterangan resminya.

Menurutnya, penggunaan yang tepat bisa membuat lampu kabut berusia panjang. "Kerusakan umumnya disebabkan oleh invasi air, yang menyebabkan lensa atau rumah foglamp dan kelistrikan tidak berfungsi," jelasnya.

Dirinya menyebut, secara teoritis usia lampu kabut jenis halogen bisa mencapai 350 jam. Sedangkan jenis LED bisa lebih dari 500 jam.

 

Tips Memilik Lampu Kabut

Dalam memilih lampu kabut, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Pertama, pilih kualitas terbaik.

"Seperti yang sudah mendapatkan sertifikat ISO dan E-mark. Pilih foglamp yang mudah dipasang dan hadir dalam set komplet dengan kabel, baut, switch dan relay," katanya.

Selain itu, pilih foglamp yang waterproof, untuk menjamin agar air tidak masuk ke foglamp. Bahkan beberapa foglamp telah dilengkapi fitur reflector yang bisa diatur sesuai kebutuhan sehingga penerangan yang dihasilkan dalam lebih optimal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Tekuk Udinese, Ibrahimovic Ukir Rekor Baru

Posted: 19 Jan 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Milan - Zlatan Ibrahimovic baru tiga tampil setelah kembali lagi berseragam AC Milan pada bursa transfer musim dingin ini. Namun pemain asal Swedia itu sudah memberi warna baru bagi skuat Rossoneri. 

Sejak kedatangan Ibra, AC Milan belum sekalupun terkalahkan. Dari tiga pertandingan yang dilalui, pasukan Stefano Pioli merebut sekali hasil imbang dan dua kali menang. Terbaru, AC Milan menang 3-2 saat menjamu Udinese di Stadion San Siro, Milan, Minggu 19 Januari 2020 waktu setempat. 

Dalam laga ini, Ibra  yang tampil sejak menit pertama gagal mencetak gol ke gawang lawan. Tiga gol Rossoneri masing-masing dicetak oleh Ante Rebic (dua gol) dan Theo Hernandez. Sedangkan tim tamu membalas lewat dua gol yang ditorehkan Jens Styger Larsen dan Kevin Lasagna. 

Meski tidak mencatatkan namanya di papan skor, Ibrahimovic pantas berbangga. Sebab di pernampilan Serie A-nya yang ke-222, eks LA Galaxy itu telah mengoleksi 150 kemenangan.

Seperti diketahui, sebelum kembali lagi pada musim ini, Ibra sudah pernah berkiprah di Serie A. 

Pada musim pertamanya pada 2004-2006, Ibra memperkuat Juventus. Pemain jangkung berpostur 195 cm itu kemudian pindah ke Inter Milan pada 2006-2009 sebelum kemudian memperkuat AC Milan pada 2010-2012. Musim ini, Ibra kembali ke San Siro setelah kontraknya dengan LA Galaxy berakhir. Ibrahimovic diboyong pada bursa transfer musim dingin secara cuma-cuma atau gratis. 

 

 

Rekor Baru

Sejak Serie A mengadopsi sistem tiga poin untuk setiap kemenangan pada 1994-95 lalu, sejumlah pemain juga meraih 150 kemenangan. Namun Ibrahimovic tercatat sebagai pemain yang tercepat mencapainya. Dia melewati rekor yang sebelumnya dipegang oleh Esteban Cambiasso. 

Seperti dilansir dari AS, pemain asal Argentina itu meraih titik tersebut setelah pada laga Serie A ke-230 laga. Cambiaso lebih lambat 12 pertandingan dari Ibrahimovic. Pemain yang juga sempat bermain untuk Manchester United itu juga melewati pencapaian Lorenzo Insigne dan Maicon (232).

 

 

 

Daftar Lengkapnya

222 : Zlatan Ibrahimovic

230: Cambiaso

232: Insigne

232: Maicon

235: Asamoah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keren, Semarang Dinobatkan Jadi Kota Wisata Paling Bersih se-Asia Tenggara

Posted: 19 Jan 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Semarang menyabet penghargaan sebagai kota terbersih se-Asia Tenggara. Prestasi ini disampaikan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam unggahan video di akun Instagram pribadinya @hendrarprihadi, Minggu, 19 Januari 2020.

"Dibangun tanpa dijaga tak akan ada hasilnya, ini semua hasil dari upaya seluruh sedulur-sedulur di Kota Semarang," kata wali kota yang akrab disapa Hendi itu dalam caption yang menyertai video tersebut.

Penghargaan sebagai kota terbersih ini diberikan pada Kamis, 16 Januari 2020 dalam ASEAN Tourism Forum 2020 yang diselenggarakan di Bandar Seri Begawan, Brunnei Darussalam.

Hendi tak menerima langsung penghargaan tersebut. Penerimaan piagam tersebut diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Semarang, Iswar Aminudin.

Sebelumnya, Semarang sudah masuk dalam nominasi Kota Wisata Bersih ASEAN pada 2018 lalu. Namun, penghargaan tersebut dimenangkan oleh Provinsi Nan, Thailand.

Kota Lumpia itu mulai dibenahi sejak beberapa tahun terakhir. Sejumlah sudut kota dipercantik demi menarik minat wisatawan lebih tinggi lagi, termasuk merevitalisasi kawasan Kota Lama Semarang yang sempat didatangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa anggota Kabinet Indonesia Maju pada akhir 2019. Bahkan, Kota Lama diusulkan mendapat stempel Situs Warisan Dunia UNESCO pada beberapa waktu mendatang.

 

Daya Pikat Kota Lama

Kota Lama, wisata di Semarang yang Populer. (dok. Instagram @semarangpemkot/https://www.instagram.com/p/B7UgKWmnfd7//Adhita Diansyavira)
Kota Lama, wisata di Semarang yang Populer. (dok. Instagram @semarangpemkot/https://www.instagram.com/p/B7UgKWmnfd7//Adhita Diansyavira)

Kota Lama jadi salah satu ikon wisata terkenal di Semarang. Destinasi wisata di Ibu Kota Jawa Tengah ini merupakan pusat perdagangan pada abad 19-20.

Di tempat ini ada sekitar 50 bangunan kuno yang masih berdiri dengan kukuh dan menjadi bukti era kolonialisme di Semarang. Bangunan-bangunan khas Eropa di kawasan wisata Kota Lama Semarang masih terawat dengan baik.

Kawasan seluas 31 hektare ini menjadi daya tarik wisatawan yang ingin menyusuri sejarah Semarang di masa kolonial yang dicanangkan akan bebas dari kendaraan bermotor. Karena kecantikannya,  wisata Kota Lama Semarang kerap disebut sebagai "Little Netherland". Beberapa bangunan yang menarik perhatian adalah Gereja Blenduk dan sejumlah gedung yang kini difungsikan sebagai kafe.(Adhita Diansyavira)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Dihajar Liverpool, Solskjaer: Pemain Kami Banyak yang Cedera

Posted: 19 Jan 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer menjadikan badai cedera sebagai alasan kekalahan timnya dari Liverpool dengan skor 0-2 di Anfield Stadium, Minggu (19/1/2020), dala lanjutan Liga Inggris.

Dalam pertandingan melawan Liverpool, ada enam pemain MU yang mengalami cedera, yakni Marcus Rashford, Axel Tuanzebe, Marcos Rojo, Fosu-Mensah, Paul Pogba, dan Scott McTominay.

"Kami memiliki banyak pemain cedera. Bahkan, banyak pemain andalan yang cedera. Marcus Rashford keluar enam pekan, Paul Pogba lebih lama lagi, sudah lebih dari setengah musim," kata Solskjaer, dikutip dari situs resmi klub.

"Selanjutnya, ada Scott McTominay yang sudah keluar dari tim selama berbulan-bulan," ujar manajer berusia 46 tahun itu melanjutkan.

Kendati kalah, posisi MU tetap berada di urutan kelima dengan mengemas 34 poin. Setan Merah, sebutan MU, hanya unggul selisih gol dari Wolverhampton Wanderers.

 

Kekalahan Ketujuh

Striker Manchester United, Anthony Martial (kanan) berebut bola dengan pemain Liverpool, Jordan Henderson pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Anfield, Minggu (19/1/2020). Menghadapi tamunya MU di Anfield, Liverpool menang dengan skor 2-0. (Paul ELLIS / AFP)
Striker Manchester United, Anthony Martial (kanan) berebut bola dengan pemain Liverpool, Jordan Henderson pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Anfield, Minggu (19/1/2020). Menghadapi tamunya MU di Anfield, Liverpool menang dengan skor 2-0. (Paul ELLIS / AFP)

Dengan hasil di Anfiled Stadium, MU telah menelan tujuh kekelahan di Liga Inggris. Solskjaer pun sangat kecewa, terlebih gol pertama Liverpool yang dicetak Virgil van Dijk melalui situasi tendangan bebas.

"Kami tidak pernah bahagia saat kalah dalam pertandingan. Gol pertama sangat mengecewakan. Kami tidak mampu mengantisipasi set piece dengan baik," ucap Solskjaer.

"Namun, kami bisa menciptakan tekanan. Saya pikir Liverpool sempat gugup menghadapinya, tapi mereka mendapatkan gol kedua (yang dicetak Mohamed Salah)," ujarnya menegaskan.

Klasemen Liga Inggris

 

Top Score Liga Inggris

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rakorda PKS Hasilkan 5 Nama Bacawali Surabaya, Siapa Saja?

Posted: 19 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Surabaya yang digelar di Asrama Haji Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu 19 Januari 2020, untuk mematangkan program pemenangan Pilkada Surabaya 2020.

Ketua DPD PKS Surabaya, Akhmad Suyanto mengatakan, rakorda yang dihadiri Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jatim Irwan Setiawan ini juga mengundang seluruh kader maupun pengurus PKS se-Kota Surabaya.

"Agenda utamanya 'running' Pilkada Surabaya," kata dia, dilansir dari Antara.

Politkus PKS yang menjadi anggota DPRD Kota Surabaya ini mengatakan dalam rakorda tersebut dibahas bagaimana progres sosialisasi lima bakal calon wali kota Surabaya yang terjaring dalam pemilu terbuka PKS yang sudah dilakukan beberapa waktu.

"Rakorda ini untuk menjalankan rekomendasi lima bacawali dari PKS. Kita juga membahas kesiapan struktur partai untuk sosialisasi," ujarnya.

Lima nama bacawali dari internal PKS adalah Kabid Kepemudaan DPW PKS Jatim Achmad Zakaria, Ketua MPW PKS Jatim Ahmad Jabir, Ketua DPD PKS Surabaya Achmad Suyanto, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya dari PKS Reni Astuti, dan anggota DPR RI dari PKS Sigit Sosiantomo.

 

Penyegaran Pengurus PKS Surabaya

Bendera terbalik terpasang di Kantor DPD PKS Situbondo. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)
Bendera terbalik terpasang di Kantor DPD PKS Situbondo. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

Menurut dia, DPD PKS Surabaya akan menyediakan alat peraga sosialisasi berupa baliho kepada lima bacawali dari PKS tersebut. "Terserah nantinya calon mau dipasang di mana, yang pasti tidak melanggar hukum," katanya.

Suyanto mengatakan nantinya lima bacawali Surabaya dari PKS tersebut akan dikerucutkan menjadi dua orang yang nantinya diusulkan untuk disetujui oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS.

"Usulan terhadap dua orang itu nantinya berdasarkan hasil survei yang akan dilakukan bulan ketiga setelah masa sosialisasi," katanya.

Ia menjelaskan alasan mengapa PKS tidak merekomendasikan satu nama saja karena belajar dari Pilkada Surabaya sebelumnya. "Saat itu kita hanya mengusulkan satu nama tapi tidak di-'running' oleh calon lainnya karena tidak ada pilihan lagi. Oleh karena itu, di Pilkada ini kita tidak ingin mengunci," ujarnya.

Rakorda yang berlangsung sehari ini juga mengagendakan penyegaran pengurus PKS Surabaya di tingkat kecamatan dan kelurahan. "Kita sudah menata 31 kecamatan dan 151 kelurahan. Untuk penyegaran pengurus baru, kita masukkan simpatisan dan relawan yang aktif terlibat pada Pemilu 2019," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendengarkan Musik Bisa Tingkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

Posted: 19 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian menunjukkan bahwa musik dapat mendukung suasana hati dan menjauhkan depresi. Hal ini juga dapat meningkatkan aliran darah dengan cara yang mirip seperti statin (obat penurun kadar kolesterol dalam darah), dan menurunkan kadar hormon terkait stres, seperti rasa sakit dan hormon kortisol.

Mendengarkan musik sebelum tindakan operasi bahkan dapat meningkatkan hasil pasca operasi, dilansir dari Time pada Senin (20/1/2020).

Bagaimana musik bisa berdampak positif? 

Dikatakan oleh Kim Innes, profesor epidemologi di West Virginia University's School of Public Health, musik tampaknya secara selektif mengaktifkan sistem neurokimia (molekul organik yang terlibat dalam aktivitas sistem saraf) dan struktur otak yang terkait dengan suasana hati yang positif, regulasi emosi, perhatian dan memori dengan cara yang baik.

Penelitian yang dilakukan Innes membandingkan manfaat musik dengan meditasi untuk kesehatan mental. Dia menemukan bahwa kedua praktik tersebut dapat meningkatkan kualitas suasana hati dan tidur yang signifikan.

Memang mendengarkan musik dapat mengatasi kesehatan mental dengan cara yang mudah daripada bermeditasi, tetapi musik juga bisa meresahkan dan membuat tidak tenang.

Musik yang tidak tepat berdampak buruk

Manfaat Mendengarkan Musik (Sumber: Pexels)
Manfaat Mendengarkan Musik (Sumber: Pexels)

Sebuah studi pada 2015 dari Finlandia menemukan bahwa musik dapat meningkatkan emosi negatif, kemarahan, agresi, atau kesedihan. Mengapa? 

"Karena irama dan karakteristik lain dari lagu yang kita pilih dapat memodulasi denyut jantung dan aktivitas jaringan saraf otak kita," kata Daniel Levitin, profesor psikologi yang meneliti ilmu saraf kognitif musik di McGill University, Kanada.

Lagu dengan tempo lambat cenderung dapat menenangkan, sementara musik tempo yang tak beraturan cenderung memiliki efek sebaliknya. Contohnya, mendengarkan musik inspirasional dapat membantu seseorang dapat berolahraga lebih keras.

Mendengarkan musik sebagai rutinitas malam hari

Jika ingin mendapatkan manfaat dari musik, cobalah untuk jadikan kegiatan itu dalam rutinitas malam. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tempo yang lambat adalah yang terbaik

Tubuh dan otak sangat responsif terhadap musik, termasuk ritme dan tempo. Gunakan musik yang memiliki irama sekitar 60 sampai 80 ketukan per menit. Detak jantung dan pernapasan akan secara bertahap menyesuaikan diri agar sesuai mengikuti ketukan musik. Musik dengan tempo cepat sebaiknya dihindari dan didengarkan pada pagi hari.

  • Hindari lagu pemicu emosional

Jangan dengarkan lagu-lagu yang dapat memicu kesedihan, kemarahan, maupun kegelisahan.

  • Perhatikan perasaan yang timbul karena musik yang didengar

Kita semua bereaksi dan berhubungan secara berbeda dengaqn musik dan menemukan makna yang berbeda di dalam musik tersebut. Musik klasik sering digunakan untuk membantu seseorang ketika hendak tidur.

Namun, jika tidak menyukainya bisa dengarkan jenis musik lainnya, seperti jazz atau folk.

 

Penulis : Vina Muthi A.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah Tingkat untuk Subscriber, Ini 7 Potretnya

Posted: 19 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Atta Halilintar, pria 24 tahun ini namanya sudah mendunia, sulung dari 11 bersaudara merupakan YouTuber dengan jumlah subscriber terbanyak di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Beberapa waktu lalu, Atta Halilintar makin menunjukkan taringnya sebagai YouTuber kenamaan Tanah Air. Jumlah subcriber Atta Halilintar tembus mencapai angka 20 juta pada November 2019 lalu. Hal ini menjadikan Atta sebagai Youtuber dengan jumlah subscriber terbanyak di Asia.

Sebagai bentuk apresiasi, pria kelahiran Dumai ini memberi hadiah untuk salah satu subscribernya. Tak tanggung-tanggung, Atta memberi hadiah rumah untuk salah satu subcribernya bernama Maya. Tentu saja, Maya merasa sangat bahagia. Ia bahkan tak bisa berkata-kata dan langsung sujud syukur di depan rumah. 

Dalam pemberian tersebut, Atta punya cara yang unik. Ia menyamar jadi supir dengan rambut yang gondrong dan brewok tebal. Namun Maya mulai menyadari jika sosok pria yang menjadi sopir tersebut merupakan Atta

Dalam vlog berjudul "JADI SUPIR! ATTA KASIH RUMAH Ke Subscribers.." yang tayang pada Senin (20/1/2020) rumah yang diberikan Atta Halilintar untuk subscribernya nampaknya bukan rumah biasa. Rumah tersebut berada di sebuah perumahan yang tampak mewah.

Rumah tersebut terdiri dari 2 lantai dan 3 kamar tidur, bahkan Atta juga sudah memberi furnitur di dalam rumah tersebut. Penasaran seperti apa potret rumahnya? Dilansir dari akun YouTube Atta Halilintar, Senin (20/1/2020)

 

 

1. Merayakan 20 Juta Subsriber YouTube, Atta memberi hadiah rumah untuk salah satu subscribernya bernama Maya. Maya pun sangat bahagia hingga sujud syukur di depan rumah.

Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)
Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)

2. Begini potret bagian depan hadiah rumah Atta Halilintar. Terlihat elegan dan minimalis dengan kombinasi warna cokelat dan putih.

Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)
Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)

3. Masuk ke bagian dalam terdapat ruang tamu yang bersampingan dengan bagian dapur.

Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)
Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)

4. Ini dia potret meja makan hadiah rumah Atta, lengkap dengan lampu gantung dan juga kulkas.

Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)
Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)

5. Rumah ini berlantai 2, terdiri dari 3 kamar tidur yang cukup luas. Rumah ini juga sudah diengkapi dengan furniture, seperti lemari, kasur dan sebagainya.

Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)
Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)

6. Pada lantai 2 terdapat meja belajar dengan desain yang elegan.

Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)
Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)

7. Tak hanya itu saja, rumah ini terlihat asri dengan taman di dalam rumah.

Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)
Atta Halilintar Beri Hadiah Rumah untuk Subscriber, Ini 6 Potret Mewahnya (Sumber: YouTube /Atta Halilintar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP 2020: Banyak Hal Berbeda di Musim Ini

Posted: 19 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Losail - MotoGP 2020 akan dimulai pada 8 Maret 2020. Sirkuit Losail, Qatar bakal menjadi seri pembuka di musim ini.

Sebanyak 22 pembalap dari 11 tim bakal beraksi di MotoGP 2020. Salah satu debutan yang paling mendapat sorotan adalah Alex Marquez.

Dia adalah adik kandung dari Marc Marquez. Keduanya berada dalam tim yang sama, Repsol Honda Team. Alex Marquez menggantikan posisi Jorge Lorenzo yang memutuskan untuk pensiun.

Sementara itu, Johan Zarco yang memutuskan untuk angkat kaki ke Ducati kini membalap untuk Ducati. Pria asal Prancis itu menggantikan posisi Karel Abraham di tim Reale Avintia Racing.

Di tim tersebut, Johan Zarco bakal menggunakan motor Ducati musim lalu, Desmosedici GP 19. Sedangkan Valentino Rossi menjadi pembalap tertua di MotoGP 2020. Usia rider Yamaha itu sudah 40 tahun.

 

Hal Berbeda di MotoGP 2020

Rencananya petinggi Ducati akan mengumumkan susunan pembalap untuk musim 2020 setelah MotoGP Barcelona. (AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER)
Rencananya petinggi Ducati akan mengumumkan susunan pembalap untuk musim 2020 setelah MotoGP Barcelona. (AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER)

Hal lain yang berbeda di musim ini adalah adanya satu seri balapan tambahan di Finlandia. MotoGP Finlandia masuk dalam kalender setelah absen selama 32 tahun. MotoGP Finlandia akan digelar di sirkuit KymiRing pada 12 Juli.

Selain itu, terdapat perubahan dalam jadwal MotoGP 2020. Berdasarkan jadwal, MotoGP Thailand dialihkan menjadi balapan kedua musim depan setelah seri pembuka di Losail, Qatar.

Seperti diketahui, musim lalu pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi juara dunia MotoGP. Namun, di musim depan, pembalap berjulukan The Baby Aliens ini diprediksi masih kandidat terkuat juara dunia. Berikut jadwal lengkap MotoGP 2020.

 

Jadwal MotoGP 2020

08/03 Qatar Losail International Circuit

22/03 Thailand Chang International Circuit

05/04 Americas Circuit of the Americas

19/04 Republica Argentina Termas de Rio Hondo

03/05 Spain Circuito de Jerez – Ángel Nieto

17/05 France Le Mans

31/05 Italia Autodromo del Mugello

07/06 Catalunya Barcelona - Catalunya

21/06 Germany Sachsenring

28/06 Netherlands TT Circuit Assen

12/07 Finland KymiRing

09/08 Czech Republic Automotodrom Brno

16/08 Austria Red Bull Ring-Spielberg

30/08 Great Britain Silverstone

13/09 San Marino & Riviera di Rimini MWC Marco Simoncelli

04/10 Aragón MotorLand Aragón

18/10 Japan Twin Ring Motegi

25/10 Australia Philip Island

01/11 Malaysia Sepang International Circuit

15/11 Comunitat Valenciana Comunitat Valenciana-Ricardo Tormo

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengembangan Wisata Super Prioritas Labuan Bajo Rampung Akhir 2020

Posted: 19 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono target pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) rampung Desember 2020.

"Desember 2020, jadi semua harus selesai," tegas Menteri Basuki saat berbincang di Hotel Ayana, Labuan Bajo, seperti dikutip Senin (20/1/2020).

Berdasarkan data Kementerian PUPR, pemerintah telah menyediakan anggaran sekitar Rp 979 miliar untuk pengembangan lanjutan KSPN Labuan Bajo pada beberapa sektor, seperti pembukaan akses jalan hingga pembangunan infrastruktur permukiman.

Dengan rincian, penataan kawasan Pantai-Bukit Pramuka senilai Rp 200 miliar. Lalu pengembangan Kawasan Batu Cermin sebesar Rp 42 miliar, yang terdiri dari pengerjaan gapura, jalan, jalur pedestrian, drainase, street furniture, dan landscape Goa Cermin.

Selanjutnya, penataan kawasan industri pariwisata Puncak Waringin senilai Rp 30 miliar, pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Kabupaten Manggarai Barat untuk 13.500 kepala keluarga (KK), dan pengembangan Pulau Rinca Rp 30 miliar.

Kemudian, optimalisasi jaringan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Labuan Bajo, pembangunan Instalasi Pengolahan Air berkapasitas 60 liter per detik SPAM Wae Mese II, serta optimalisasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Labuan Bajo dengan nilai anggaran Rp 10,2 miliar.

Tak hanya Labuan Bajo, Kementerian PUPR secara paralel akan menuntaskan pengembangan 4 KSPN Super Prioritas lain pada akhir tahun ini dengan nilai anggaran total Rp 7,6 triliun.

Keempat tempat yang akan menjadi Bali Baru tersebut antara lain Danau Toba, Borobudur, Lombok, dan Manado Bitung-Likupang.

 

Labuan Bajo jadi Calon Lokasi KTT G20 di 2023

Secuil Surga di Labuan Bajo NTT (Liputan6/Maria Flora)
Secuil Surga di Labuan Bajo NTT (Liputan6/Maria Flora)

Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyebut Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) diproyeksikan untuk menjadi calon lokasi pertemuan KTT APEC atau KTT G20 pada 2023 mendatang.

Untuk itu, Luhut mengaku akan bertolak langsung ke salah satu 'Bali Baru' tersebut guna melihat potensi tempat tersebut.

"Saya mungkin lusa (Jumat, 27/12) mau pergi lihat Labuan Bajo. Saya mau lihat, perintah Presiden, kita berharap ya mudah-mudahan bisa jadi ya itu (Labuan Bajo) untuk APEC atau G20 Meeting," kata Luhut Panjaitan dikutip dari Antara, Rabu (25/12/2019).

Dia mengungkapkan rencana tersebut saat ditanya awak media mengenai rencana liburan akhir tahunnya. Menurut Luhut, kunjungannya ke Labuan Bajo itu pun tidak sepenuhnya untuk berlibur karena dia ingin mengerjakan tugas dari Presiden Joko Widodo itu.

"Ya paling tidak, anak istri saya libur, cucu saya libur, saya ya pura-pura libur," katanya sambil tertawa.

Indonesia terus mengambil peluang untuk bisa unjuk gigi menggelar sejumlah kegiatan penting dunia. Setelah sukses menjadi tuan rumah Asian Games dan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia pada 2018, Indonesia juga menyasar agenda internasional lainnya, termasuk Olimpiade 2032.

Indonesia juga akan mengajukan diri jadi tuan rumah KTT APEC (2024), KTT Ekonomi G20 (2023), dan Ketua ASEAN (2022) sebagai peta solusi diplomasi ke depan. 

Target 1,5 Juta Turis Kunjungi Labuan Bajo Tak Tercapai Tahun Ini

Pastikan Anda berkunjung ke lima destinasi ini saat berlibur ke Labuan Bajo. (foto: shutterstock)
Pastikan Anda berkunjung ke lima destinasi ini saat berlibur ke Labuan Bajo. (foto: shutterstock)

Badan Otoritas Pariwisata (BOP) memastikan target kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang ditetapkan pemerintah sebanyak 1,5 juta orang belum akan tercapai pada 2019.

Direktur Utama BOP Labuan Bajo Shana Fatina menyatakan, target itu belum akan terpenuhi lantaran bandar udara di tempat tersebut hingga kini belum berstatus internasional.

"Mungkin udah pada denger semua, bahwa targetnya itu 500 ribu wisatawan mancanegara dan 1 juta wisatawan dalam negeri tahun 2019. Kalau ditanya apakah tercapai tahun ini, jelas tidak. Karena bandara sebagai critical success factor kami tuh belum benar-benar jadi internasional," ujarnya di Labuan Bajo, NTT, Jumat (15/11/2019).

Namun, ia mengungkapkan adanya peningkatan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Labuan Bajo pada periode 2015-2017 hingga mencapai 207 persen. Pertumbuhan wisatawan lokal bahkan lebih tinggi, yakni mencapai 448 persen.

Secara perbandingan, Shana meneruskan, prosentase wisatawan Nusantara saat ini memang telah naik. "Kalau dulu 2015 itu 70 persen asing, 30 persen wisatawan Nusantara, kalau sekarang komposisinya 65:35. Jadi, sudah mulai naik," ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, BOP ke depan ingin menjadikan Labuan Bajo sebagai pintu gerbang ecotourism di Nusa Tenggara Timur.

"Labuan Bajo itu didesain bukan dia untuk ke Pulau Komodo, tapi untuk ke NTT. Itu kenapa semua pembangunan dipusatkan di Labuan Bajo," kata dia.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Pixel 4 dengan Android R Muncul di GeekBench

Posted: 19 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Google saat ini menyiapkan OS Android terbaru, atau yang sejauh ini disebut sebagai Android R. Menurut laporan terbaru, OS tersebut muncul di benchmark platform GeekBench.

Dilansir GSM Arena, Senin (20/1/2020), smartphone Google Pixel 4 dilaporkan muncul di GeekBench dengan menjalankan OS Android R. Sayangnya tidak ada informasi lain di luar kemunculan nama OS tersebut.

Pada laman GeekBench, terdapat keterangan Pixel 4 menjalankan Android R serta memiliki chipset Snapdragon 855 dan RAM 6GB. OS ini nantinya akan hadir sebagai Android 11, yang merupakan suksesor dari Android 10.

Sejauh ini pihak Google belum mengonfirmasi waktu peluncuran Android R. Namun menjelang kehadirannya, semakin banyak smartphone yang sudah bisa mencicipi pendahulunya, Android 10.

Salah satu smartphone yang beberapa waktu lalu bisa mencicipi OS tersebut adalah perangkat Android One milik Xiaomi, Mi A2. OS ini hadir melalui pembaruan, dan membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 1,3GB.

4 Smartphone Sony Cicipi Android 10

Android 10 (sumber: Google)
Android 10 (sumber: Google)

Selain Xiaomi, vendor lain yang merilis pembaruan serupa untuk produknya adalah Sony. Sony kini tak lagi agresif di pasar smartphone, tapi perusahaan masih terus memberikan dukungan layanan untuk para konsumennya, termasuk dengan merilis pembaruan OS ke versi Android 10.

Dilansir Phone Arena, Sony menghadirkan Android 10 untuk empat smartphone. Tiga di antaranya dirilis dengan menjalankan Android 8.0 Oreo pada awal 2018, sedangkan yang terakhir hadir beberapa bulan lalu berbasis pada Android 9.

Empat smartphone tersebut adalah Xperia XZ3, XZ2, XZ2 Premium, dan XZ2 Compact. Semua smartphone tersebut sebelumnya sudah dipastikan akan mendapatkan pembaruan OS pada awal tahun ini.

Sony diprediksi akan merilis Android 10 untuk lebih banyak smartphone, termasuk Xperia 10 dan Xperia 10 Plus. Keduanya dirilis pada Februari 2019, dan berbasis pada Android 9.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semangat Kakak Ajak Adik Difabel Ikut Triathlon

Posted: 19 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak laki-laki bernama Noah Aldrich giat mengikuti ajang olahraga triathlon. Namun, bocah berusia 11 tahun ini berbeda dengan atlet lain. Ia selalu membawa adiknya yang menyandang disabilitas dalam setiap pertandingan.

Triathlon adalah ajang olahraga dengan berbagai cabang yang biasanya diikuti oleh banyak atlet. Satu atlet tidak hanya mengikuti satu cabang olahraga. Bisa saja atlet tersebut berenang, kemudian lari, dan dilanjutkan bersepeda.

Seperti tampak pada tayangan video The Great Big Story, Noah adalah satu-satunya peserta yang terlihat mencolok. Pasalnya, ia selalu membawa serta sang adik dalam kereta khusus semacam kursi roda.

"Aku ingin melakukan ini karena Lucas tidak bisa melakukan hal-hal yang kita bisa. Dia tak dapat benar-benar melakukan olahraga, jadi ini adalah sesuatu yang bisa kita lakukan bersama," kata Noah pada The Great Big Story.

Kelainan Otak Lissenchepaly

foto: tangkapan layar Youtube The Great Big Story
foto: tangkapan layar Youtube The Great Big Story

Sang adik yang bernama Lucas Aldrich memiliki kelainan otak yang langka sejak lahir. Menurut sang ibu, Alissa Aldrich, gangguan ini disebut lissenchepaly.

"Dia tidak bisa berjalan, tidak bisa berbicara, bahkan tidak bisa makan sendiri. Tapi walau demikian ia adalah anak paling ceria yang pernah kau temui," ujar Alissa.

Sejak empat tahun lalu kakak beradik ini giat mengikuti triathlon. Mereka giat berlatih bersama. Ketika Noah berlari, ia mendorong kursi roda Lucas dari belakang.

Ketika berenang, Lucas dibaringkan di balon air dan ditarik oleh Noah dengan tali yang diikatkan ke tubuh. Sama halnya dengan bersepeda, sang Kakak mengikatkan tali ke kursi roda khusus sang adik dan menariknya.

Saat pertandingan, sang adik yang tak bisa bicara biasanya mengeluarkan suara. Noah menganggapnya sebagai dorongan untuk mengayuh lebih cepat lagi.

"Hal yang dikhawatirkan adalah keselamatan Lucas. Entah menang atau kalah yang penting Lucas baik-baik saja," katanya.

Brian Aldrich, ayah dari kedua anak ini sangat mendukung kegiatan mereka. Hingga kini mereka mampu mengumpulkan banyak medali dari setiap pertandingan.

"Kami tetap mendukung mereka karena kami tak tahu kapan triathlon terakhir yang akan mereka lakukan bersama," ujarnya.

Brian dan Alissa merasa bangga dan bahagia memiliki anak-anak seperti ini. Bahkan mereka selalu menginspirasi banyak orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Melihat Kondisi Kontrakan Raja Agung Sejagat di Sleman

Posted: 19 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah rumah kontrakan yang digunakan Totok Santoso alias Raja Keraton Agung Sejagat kini ditutup. Kondisi rumahnya kosong karena barang-barang telah dikeluarkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menang SAG Award tapi Kalah di Golden Globe dan BAFTA, 6 Artis Ini Raih Piala Oscar

Posted: 19 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Malam puncak Screen Actors Guild Awards atau SAG Awards 2020 ke-26 telah digelar. SAG Awards 2020 dihelat di Shrine Auditorium Los Angeles, California, AS, Minggu (19/1/2020) malam atau Senin (20/1/2020) waktu Indonesia.

Kali pertama diselenggarakan pada 1995, SAG Awards kerap merefleksikan para pemenang Oscars di kategori akting. Tak heran jika pemenang SAG Awards 2020 digadang-gadang meraih Piala Oscar tahun ini.

Berkaca pada sejarah, tak jarang hanya dengan menang SAG Awards (meski kalah di Golden Globe dan BAFTA), seorang aktor atau aktris bisa membawa pulang Piala Oscar. Showbiz Liputan6.com memilih enam artis yang meraih Oscar berbekal piala SAG Award. Simaklah.

1. Robin Williams (Good Will Hunting, 1997)

Robin Williams. (Foto: Dok. Instagram theacademy)
Robin Williams. (Foto: Dok. Instagram theacademy)

Robin Williams membuat kejutan besar dengan meraih Piala Oscar pada 1998 lewat peran Sean di Good Will Hunting. Padahal, di Golden Globes ia dikalahkan Burt Reynolds (Boogie Nights).

Di BAFTA, Good Will Hunting malah tak masuk nominasi sama sekali. Berkarier sejak 1977 dan membintangi lebih dari 100 film dan serial, Robin Williams 4 kali jadi nomine Oscars. Kali pertama, Oscars mengakui keaktorannya saat tampil di Good Morning, Vietnam (1987). Sayang, pria paling lucu di Hollywood ini mangkat pada Agustus 2014.

2. Hale Berry (Monsters Ball, 2001)

Hale Berry. (Foto: Dok. Instagram TheAcademy)
Hale Berry. (Foto: Dok. Instagram TheAcademy)

Inilah kemenangan yang membuat dunia syok. Para kritikus menilai Nicole Kidman (Moulin Rounge) lebih pantas menang. Nicole Kidman diganjar Piala Golden Globe Pemeran Utama Wanita Terbaik Film Musikal atau Komedi. Untuk film drama, Golden Globes memilih Sissy Spacek (In the Bedroom). BAFTA tahun itu memihak Judi Dench via Irish.

Berbekal piala SAG Award, Hale Berry mencetak sejarah sebagai aktris kulit hitam pertama yang menang Pemeran Utama Wanita Terbaik Oscars. Kemenangannya diwarnai isu rasialisme mengingat Pemeran Utama Pria Terbaik kala itu jatuh ke tangan Denzel Washington (Training Day).

3. Cate Blanchett (The Aviator, 2004)

Cate Blanchett. (Foto: Dok. Instagram TheAcademy)
Cate Blanchett. (Foto: Dok. Instagram TheAcademy)

Memerankan legenda film Hollywood, Katherine Hepburn, dalam The Aviator, Cate Blanchett mendapat cinta SAG Awards. Padahal tahun itu, Golden Globes memilih Natalie Portman (Closer) dan BAFTA melirik Thandie Newton (Crash). Cate Blanchett lantas meraih Oscar pertama.

Tahun itu di kategori Pemeran Pendukung, Oscars lebih percaya pilihan SAG Awards ketimbang Golden Globes dan BAFTA. Golden Globes dan BAFTA memilih Clive Owen (Closer) sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik. SAG Awards menobatkan Morgan Freeman lewat Million Dollar Baby. Oscar jatuh ke tangan Morgan.

4. Lupita Nyong'O (12 Years A Slave, 2013)

Lupita Nyong'O. (Foto: Dok. Instagram TheAcademy)
Lupita Nyong'O. (Foto: Dok. Instagram TheAcademy)

Jalan Jennifer Lawrence untuk menyempurnakan karier dengan meraih Piala Oscar Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat American Hustle kandas setelah nama Lupita Nyong'O disebut sebagai pemenang. Lupita Ngong'O tampil meyakinkan dalam 12 Years A Slave yang kemudian dinobatkan jadi film terbaik.

Padahal di Golden Globes dan BAFTA, Jennifer Lawrence mengalahkan Lupita Nyong'O. Usai perhelatan Oscars beredar foto Jennifer Lawrence hendak merebut piala Lupita. Meski mereka cuma bercanda, foto itu viral di medsos.

5. Alicia Vikander (The Danish Girl, 2015)

Alicia Vikander. (Foto: Dok. Instagram TheAcademy)
Alicia Vikander. (Foto: Dok. Instagram TheAcademy)

Tahun 2016, Leonardo DiCaprio memastikan kemenangan di Oscars kategori Pemeran Utama Pria Terbaik lewat The Revenant usai meraih piala Golden Globe, BAFTA, dan SAG Award. Kate Winslet yang tampil apik dalam Steve Jobs menang Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di BAFTA dan Golden Globes.

Publik lalu membayangkan, pasangan Titanic ini meraih Oscar di malam yang sama. Oh, so sweet! Harapan indah itu ambyar saat SAG Awards menetapkan Alicia Vikander sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik berkat film The Danish Girl. Oscars mengamini putusan ini. Fans patah hati.

Mahershala Ali (Moonlight, 2016)

Mahershala Ali. (Foto: Dok. Instagram TheAcademy)
Mahershala Ali. (Foto: Dok. Instagram TheAcademy)

Ada kalanya suara Golden Globes, SAG Awards, dan BAFTA terpecah. Salah satunya terjadi pada 2017 untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Golden Globes kala itu menobatkan Aaron Taylor Johnson (Nocturnal Animal). BAFTA menunjuk Dev Patel (Lion). SAG Awards memilih Mahershala Ali (Moonlight).

Oscars lebih percaya rekomendasi SAG Awards. Mahershala Ali lalu menorehkan sejarah sebagai aktor muslim pertama yang menang Oscar. Siapa sangka dua tahun kemudian ia meraih Piala Oscar lagi dalam Green Book.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim SAR Berhasil Temukan Seluruh Korban Jembatan Putus di Kaur Bengkulu

Posted: 19 Jan 2020 08:59 PM PST

Liputan6.com, Bengkulu - Seluruh korban hilang dan meninggal dunia dalam insiden jembatan gantung putus di Desa Bungin Tambun III, Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, sudah ditemukan.

"Pagi ini sudah ditemukan lagi tiga orang jadi total korban jiwa meninggal dunia yang sudah ditemukan seluruhnya 10 orang," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaur Provinsi Bengkulu, Ujang Syafiri, dikutip Antara, Senin (20/1/2020).

Ia mengatakan kronologi kejadian pada pukul 15.00 WIB pada Minggu (19/1), sekira 30 anak remaja berstatus pelajar SMP dan SMA bersantai atau nongkrong di atas jembatan Sungai Padang Guci itu.

Kuat dugaan kata Ujang, kelebihan beban di mana jembatan tersebut juga menjadi jalur hilir-mudik para petani membuat jembatan putus sehingga sekira 20 orang jatuh ke sungai.

"Sebagian mampu menyelamatkan diri tapi 10 orang tidak berhasil melawan arus sungai sehingga terseret dan tenggelam," ucapnya.

Hal ini menurut dia perlu diluruskan sebab informasi sebelumnya disebutkan bahwa jembatan Gedung Louis di Desa Bungin Tambun III itu putus akibat diterjang banjir bandang.

Pencarian korban jiwa dilaksanakan hingga Senin pukul 02.00 WIB di mana tim menemukan tujuh orang korban meninggal dan Senin pagi dilanjutkan pencarian dan tim menemukan tiga orang korban lainnya.

"Seorang korban terluka cukup parah masih dirawat di Rumah Sakit Cahaya Batin Kaur," ucapnya.

Warga lokal yang turut membantu pencarian korban, Nopri Anto mengatakan korban meninggal ditemukan dalam radius 3 kilometer hingga 20 kilometer dari lokasi jembatan putus.

Berikut daftar korban meninggal dunia yang dirilis BPBD Kabupaten Kaur:

1. Emilia binti Minut, warga Desa Manau IX II

2. Yeni binti Kamharudin, Desa Manau IX II

3. Pio bin Didi warga Desa Bungin Tambun

4. Peri Rahman bin Tisri, Desa Pulau Panggung

5. Migi bin Jon Armada warga Desa Rigangan

6. Mika binti Sus, Desa Bungin Tambun III

7. Viki bin Ida, Desa Pulau Panggung

8. Intan Guspaini binti Indi Irawan warga Desa Bungin Tambun II

9. Guspal Saputra bin Sarpudin warga Desa Tanjung Ganti

10. Ipan bin Ujang warga Desa Pulau Panggung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Labuan Bajo Jadi Wisata Super Premium, Jokowi: Warga Lokal Harus Ikut Nikmati

Posted: 19 Jan 2020 08:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah menyiapkan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, sebagai destinasi wisata super premium. Meski begitu, Presiden Jokowi meminta agar masyarakat lokal tetap dilibatkan.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo di Plataran Komodo, Nusa Tenggara Timur, Senin (20/1/2020).

"Berkaitan dengan penyiapan SDM, kita ingin masyarakat di sini, masyarakat lokal harus menikmati dan menjadi bagian dari pembangunan yang kita lakukan," ujar Jokowi.

Untuk itu, dia ingin agar kemampuan dan keterampilan masyarakat lokal lebih ditingkatkan serta disesuaikan dengan kebutuhan industri pariwisata. Jokowi meminta agar adanya creative hub sehingga UMKM tak ditinggalkan.

"Saya berharap ada creative hub yang akan menggarap produk-produk lokal baik sisi design, packaging , sisi harga," ucap Jokowi.

"Kita harapkan nantinya tenun kopi, makanan khas benar-benar bisa tumbuh dan seiring dengan itu atraksi budaya lokal, kesenian lokal semakin hidup dan menghidupkan di kawasan Labuan Bajo," sambung Jokowi.

Target Akhir 2020

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menargetkan pada akhir 2020, Kementerian Pariwisata bisa memulai promosi Labuan Bajo sebagai kawasan super premium. Untuk menarik para wisatawan, Jokowi memerintahkan Menteri Pariwisata Wishnutama membuat sebuah acara internasional.

"Target kita akhir tahun 2020 bila semua sudah rapi dan tertata promosi, saya minta segera dilakukan oleh Kementerian Pariwisata, termasuk event internasional agar menarik wisatawan datang ke Labuan Bajo," jelas dia.

Rapat terbatas dengan topik pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo ini , dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata Wishnutama, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Menteri BUMN Erick Thohir. Ada pula Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur NTT Victor Laiskodat.

Jokowi menikmati sunset di Labuan Bajo dari kapal pinisi, Minggu (19/1/2020). (Dok Biro Pers Setpres)
Jokowi menikmati sunset di Labuan Bajo dari kapal pinisi, Minggu (19/1/2020). (Dok Biro Pers Setpres)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus vs Parma: Cristiano Ronaldo Ukir Sejarah Lagi

Posted: 19 Jan 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Turin- Cristiano Ronaldo menjadi bintang kemenangan Juventus atas Parma di lanjutan Serie A, Senin (20/1/2020) dinihari WIB. Dua gol Ronaldo membuat Juventus meraih kemenangan tipis 2-1 di Allianz Stadium.

Dengan tambahan dua gol tersebut maka Ronaldo total sudah mengoleksi 16 gol di arena Serie A. Dia masih tertinggal tujuh gol dari Ciro Immobile yang memuncaki daftar pencetak gol terbanyak sementara.

Namun dua gol ke gawang Parma sudah cukup membuat Ronaldo kembali mengukir sejarah. Eks pemain Real Madrid itu menjadi satu-satunya pemain yang bisa mencetak setidaknya 15 gol dalam 14 musim terakhir di liga top Eropa.

Sejak musim 2006-2007, Ronaldo selalu bisa membuat setidaknya 15 gol dalam satu musim ini. Total Ronaldo membuat 414 sejak 2006- 2007.

Cristiano Ronaldo praktis selalu membuat gol dalam tujuh laga beruntun Juventus di Serie A. Ronaldo menyamai rekor legenda Juventus David Trezeguet yang membuat gol di tujuh laga Serie A beruntun pada Desember 2005.

Kokoh Puncaki Klasemen

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Parma pada laga Serie A di Stadion Juventus, Turin, Minggu (19/1). Juventus menang 2-1 atas Parma. (AFP/Marco Bertorello)
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Parma pada laga Serie A di Stadion Juventus, Turin, Minggu (19/1). Juventus menang 2-1 atas Parma. (AFP/Marco Bertorello)

Kemenangan Juventus atas Parma ini membuat mereka makin kokoh di puncak klasemen sementara Liga Italia Serie A. Juventus unggul empat poin dari Inter Milan.

Pada pekan ini, Inter Milan gagal mendulang poin penuh. Pasukan Antonio Conte secara mengejutkan ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Lecce.

Klasemen Liga Italia

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: