Selasa, 21 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ditanya Isu Gisella Anastasia - Wijin Sebar Undangan Nikah, Ini Reaksi Gading Marten

Posted: 21 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di media sosial, sempat tersebar undangan pernikahan dengan nama mempelai perempuan Gisella Anastasia dan mempelai pria, Wijaya Saputra. Hal ini tentu membuat warganet geger.

Meski begitu, undangan tersebut masih diragukan keasliannya. Sebab, nama orangtua Gisella Anastasia yang tertera dalam undangan tersebut berbeda.

Beberapa hari setelah isu ini menyeruak, mantan suami Gisella Anastasia, Gading Marten pun dimintai pendapatnya. Awak media menanyakan hal ini kepadanya saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020), untuk promosi film Guru-Guru Gokil.

Reaksi Gading

(Instagram/gadiiing)
(Instagram/gadiiing)

Ternyata Gading Marten enggan berkomentar. Ia memilih untuk membicarakan proyek film terbarunya.

"Sukses buat film Guru-Guru Gokil, 2020 April," kata Gading Marten.

 

Menjauh

(Instagram/gadiiing)
(Instagram/gadiiing)

Sesaat kemudian Gading Marten langsung beranjak dari tempat duduknya sembari tersenyum. Peraih Piala Citra 2018 ini pun berjalan menjauh dari kerumunan wartawan.

Belum Ada Rencana

Sementara itu, pada Desember 2019 lalu Gisella Anastasia sempat menyatakan bahwa ia belum memiliki rencana menikah dengan Wijin dalam waktu dekat.

 

Minta Doa

Gisella Anastasia dan Wijin hanya meminta masyarakat untuk mendoakan kebaikan hubungan mereka. Keduanya berharap kisah cinta ini akan berakhir bahagia.

"Karena kalau iya (menikah), pasti ngomong gitu lho. Ngapain sih gue, hidupnya juga sudah begini, mau ngapain sih gue, pusing deh," jelas Gisella Anastasia kala itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curahan Hati Seorang Korban Pelecehan Seksual

Posted: 21 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pelecehan seksual merupakan segala tindakan seksual yang tidak diinginkan, permintaan untuk melakukan hal seksual, tindakan lisan atau fisik yang bersifat seksual, sekaligus perilaku lain yang bersifat seksual, yang membuat seseorang merasa terintimidasi.

Pelecehan seksual masih banyak dirasakan para kaum wanita, tak terkecuali Citra Benazir. Ia adalah seorang penulis berumur 24 tahun.

Citra mengaku pernah menjadi korban pelecehan seksual walaupun awalnya dia tidak menyadari tindakan tersebut.

Kali ini, Cameo Project menghadirkan program terbaru yang lebih fresh dan menginspirasi yaitu, "Cerita Tentang". Program ini akan memperlihatkan sisi lain kehidupan manusia. Saksikan selengkapnya di channel Cameo hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Md: Rancangan Omnibus Law Sudah Disosialisasikan ke Publik

Posted: 21 Jan 2020 09:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menegaskan rancangan omnibus law sudah disosialisasikan ke publik. Malahan, kata dia, draf tersebut sudah disampaikan kepada beberapa pihak, mulai dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) hingga buruh.

"Loh kan udah disebarkan, sudah disampaikan ke Kadin kemana, sudah ke masyarakat, buruh juga sudah," kata Mahfud di Hotel Shangri La Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).

Tidak hanya itu, Mahfud juga mengklaim Presiden Jokowi sudah mengumumkannya pada saat pidato kenegaraan, 20 Oktober 2019. Menurut dia, jika masih ada beberapa hal yang masih kurang bisa dibahas kembali.

"Sesudah reses bulan ini baru akan dibahas. Nah nanti masukkan ke situ semua, nanti kan ada DIM, daftar inventaris masalah dari masing masing fraksi," ungkap Mahfud.

Sebelumnya, diketahui DPR mengklaim belum menerima draf RUU omnibus law. Sebab itu Ketua DPR Puan Maharani juga belum mau menanggapi hal tersebut.

"Sampai sekarang DPR belum menerima satu pun draf RUU Omnibus Law inisiatif dari pemerintah. Karena itu, DPR tidak bertanggungjawab dan tidak menanggapi draf RUU Omnibus (Cipta Lapangan Kerja) yang beredar di publik di mana sumbernya tidak jelas," kata Ketua DPR Puan Maharani, Rabu (22/1/2020).

Tidak hanya Puan yang mengklaim belum menerima omnibus law. Terkait beredarnya draf kepada publik, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono memberikan beberapa klarifikasi terkait draf yang belum rampung.

Tahap Finalisasi

Susi menjelaskan RUU Cipta Lapangan Kerja masih dalam proses finalisasi oleh Pemerintah. Draft RUU yang beredar berjudul "Penciptaan Lapangan Kerja", sedangkan kata dia yang sedang dalam proses finalisasi berjudul "Cipta Lapangan Kerja".

"Sehingga apabila ada Draft RUU yang beredar dan dijadikan sumber pemberitaan, maka bisa dipastikan bukan Draft RUU dari Pemerintah dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Susi.

Lalu, dia juga menjelaskan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga tidak pernah menyebarluaskan draft RUU Penciptaan Lapangan Kerja dalam bentuk apa pun sampai proses pembahasan selesai.

Sesuai mekanisme penyusunan Undang-Undang, kata dia, pemerintah sudah merampungkan substansi RUU Cipta Lapangan Kerja dan telah diusulkan oleh Pemerintah kepada Badan Legislasi Nasional DPR RI untuk dicantumkan dalam Program Legislasi Nasional. Berdasarkan informasi jadwal Sidang di DPR RI, hari ini DPR RI akan menetapkan Daftar Prolegnas Prioritas Tahun 2020.

Menurut Susi, setelah DPR RI menetapkan RUU Cipta Lapangan Kerja tercantum dalam Daftar Prolegnas Prioritas Tahun 2020. Pemerintah juga kata dia segera menyiapkan Surat Presiden (Surpres) kepada Ketua DPR RI.

"Presiden akan menyampaikan Surpres tersebut kepada Ketua DPR RI, disertai dengan draft Naskah Akademik dan RUU Cipta Lapangan Kerja. Sampai saat ini Surat Presiden tersebut belum disampaikan," lanjut Susi.

Menurut Susi, pemerintah tetap memperhatikan masukan dan pertimbangan dari masyarakat sampai dengan RUU Cipta Lapangan Kerja tersebut disampaikan kepada Ketua DPR RI.

Sebab itu, RUU Cipta Lapangan Kerja adalah terobosan regulasi untuk menjaga keseimbangan antara perluasan lapangan kerja dan perlindungan pekerja, untuk menghasilkan investasi baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggota Parlemen Iran Tawarkan Rp 40 Miliar untuk Bunuh Donald Trump

Posted: 21 Jan 2020 09:57 PM PST

Liputan6.com, Tehran - Seorang anggota parlemen Iran menawarkan hadiah US$ 3 juta atau sekitar Rp 40 miliar pada Selasa 21 Januari 2020 kepada "siapa saja yang membunuh" Presiden AS Donald Trump, untuk membalas pembunuhan jenderal besar Qasem Soleimani.

Duta Besar Perlucutan Senjata Amerika Robert Wood menolak hadiah itu dan menyebutnya sebagai hal "konyol", mengatakan kepada wartawan di Jenewa bahwa itu menunjukkan "dasar-dasar teroris" dari pendirian Iran.

Ahmad Hamzeh, seorang anggota parlemen Iran yang kurang dikena itu, menawarkan hadiah atas nama rakyat Kerman, kota kelahiran dan tempat peristirahatan terakhir dari Soleimani yang dihormati. Jenderal yang terbunuh dalam serangan pesawat tak berawak Amerika di negara tetangga Irak pada 3 Januari.

"Kami akan memberikan tiga juta dolar kepada siapa pun yang membunuh Trump," kata Hamzeh yang mewakili daerah Kahnouj dekat kota tenggara Kerman, seperti dikutip oleh kantor berita semi-resmi ISNA yang dikutip Rabu (22/1/2020).

Hamzeh tidak mengatakan jika gagasan hadiah mendapat dukungan resmi dari penguasa ulama Iran. Ia menyampaikan tawaran tersebut saat berbicara kepada parlemen yang memiliki 290 kursi, atau Majelis.

Hamzeh juga mengatakan Iran harus mulai memproduksi senjata nuklir dan sistem pengiriman untuk melindungi dirinya sendiri.

"Jika kita memiliki senjata nuklir hari ini, kita akan dilindungi dari ancaman ... Kita harus menempatkan produksi rudal jarak jauh yang mampu membawa hulu ledak yang tidak konvensional dalam agenda kita. Ini adalah hak alami kita," imbuh Hamzeh.

 

Kebuntuan Kesepakatan Nuklir

Bendera Iran. (iStockphoto)
Bendera Iran. (iStockphoto)

Amerika Serikat dan sekutu Baratnya telah lama menuduh Iran mencari senjata nuklir. Tehran bersikeras bahwa mereka tidak pernah mencari senjata atom dan tidak akan pernah, mengatakan pekerjaan nuklirnya adalah untuk penelitian dan untuk menguasai proses menghasilkan listrik.

Di bawah perjanjian nuklir 2015 yang ditandatangani oleh Iran dan negara-negara dunia, Tehran menerima keringanan sanksi sebagai imbalan karena mengekang kegiatan nuklirnya.

Ketegangan terus meningkat sejak Trump menarik Washington dari perjanjian nuklir bersejarah dan menerapkan kembali penghancuran sanksi AS. Sebagai tanggapan, Iran secara bertahap telah membatalkan komitmennya untuk kesepakatan itu.

Kebuntuan itu meletus menjadi serangan militer bulan ini dengan pembunuhan Soleimani dan serangan rudal Iran di sebuah pangkalan di Irak yang menampung pasukan Amerika. Serangan itu tidak menyebabkan korban AS.

Di tengah krisis, Iran mengumumkan akan memulai kembali pekerjaan pengayaan uraniumnya. Pada hari Senin, para pejabat Iran juga mengancam akan menarik diri dari Perjanjian Non-Proliferasi jika Inggris, Prancis, dan Jerman akan membawa pelanggaran kesepakatan nuklir ke Dewan Keamanan PBB dan menerapkan kembali sanksi Uni Eropa.

Trump menarik diri dari perjanjian nuklir Iran dan meluncurkan kampanye "tekanan maksimum" yang berusaha untuk menghentikan semua ekspor minyak Teheran, yang penting bagi ekonomi negara yang sedang kesulitan.

Tawaran Sebelumnya, Tapi...

Ekspresi Presiden AS Donald Trump saat menghadiri National Prayer Breakfast atau Sarapan Doa Nasional di sebuah hotel di Washington DC (8/2). (AFP Photo/Mandel Ngan)
Ekspresi Presiden AS Donald Trump saat menghadiri National Prayer Breakfast atau Sarapan Doa Nasional di sebuah hotel di Washington DC (8/2). (AFP Photo/Mandel Ngan)

Sebelumnya, beredar sebuah kabar bahwa Iran menawarkan uang USD 80 juta (Rp 1,1 triliun) untuk kepala Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Namun, faktanya tidak sesederhana itu.

Menurut laporan situs anti-hoaks Snopes, Senin 6 Januari 2020, bayaran USD 80 juta itu hanya berasal dari seorang pemberi euologi (ucapan penghormatan) di pemakanan Qassem Soleimani. Angka USD 80 juta mewakili jumlah rakyat Iran.

"Kita 80 juta warga Iran, jika masing-masing dari kita menyumbang satu dolar Amerika, kita akan memiliki 80 juta dolar Amerika, dan kita akan menghadiahkan uang itu ke siapapun yang membawakan kepalanya (Trump)," ujar pengucap eulogi tersebut.

Ucapannya pun terekam TV nasional Iran. Namun, ucapannya bukanlah merupakan pernyataan resmi pemerintah Iran.

Beberapa media pun mengabarkan ada hadiah dari Iran bagi kepala Donald Trump. Pernyataan itu pun viral di Twitter.

Sementara, pihak Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Indonesia berkata belum mendengar adanya kabar terkait kepala Donald Trump. Pihak Kedubes pun akan melakukan cross-check terlebih dahulu.

"Belum (terkait kabar resmi). Saya pun tidak mendengar hal itu," ujar Ali Pahlevani dari Hubungan Masyarakat Kedubes Iran saat dihubungi Liputan6.com.

(USD 1 = Rp 13.940)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Kedekatan Mischa dengan Angela Gilsha Saat Syuting Samudra Cinta

Posted: 21 Jan 2020 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Samudra Cinta jadi sinetron SCTV yang sedang populer dan digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Sinetron yang tayang tiap pukul 18.30 WIB ini selalu saja menyajikan konflik yang seru. Konflik tersebut dibuat dari karakter yang bikin gemas saat melihat tingkahnya. Hal itulah yang berhasil dilakukan karakter Ariel dan Vina. 

Ariel diperankan oleh Mischa Chandrawinata, sementara Vina diperankan oleh Angela Gilsha. Keduanya sama-sama mendapatkan peran antagonis dan dipasangan sebagai kekasih. Berkat chemistry yang sudah terjalin cukup lama, keduanya berhasil menciptakan momen-momen mesra di sinetron.

Berkat kemesraan keduanya di sinetron, banyak orang yang mendoakan keduanya berjodoh. Bahkan hashtag #ArielVina pun ramai di Instagram. Banyak juga fans yang membuat akun dengan nama keduanya sebagai bentuk dukungan. Dukungan dari netizen ini pun membuat keduanya semakin terlihat dekat saja.

Beberapa momen saat syuting Samudra Cinta, Mischa dan Gilsha kerap membagikan momen kedekatan keduanya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, momen kedekatan Mischa Chandrawinata dan Angela Gilsha saat syuting sinetron Samudra Cinta, Rabu (22/1/2020).

1. Sebelum syuting adegan tunangan, keduanya menyempatkan ber-selfie bersama.

6 Momen Kedekatan Mischa dengan Angela Gilsha Saat Syuting Samudra Cinta (sumber: Instagram.com/angelagilsha)
6 Momen Kedekatan Mischa dengan Angela Gilsha Saat Syuting Samudra Cinta (sumber: Instagram.com/angelagilsha)

2. Mischa dan Gilsha memang kerap ber-selfie bersama saat berada di lokasi syuting Samudra Cinta.

6 Momen Kedekatan Mischa dengan Angela Gilsha Saat Syuting Samudra Cinta (sumber: Instagram.com/my_mischela)
6 Momen Kedekatan Mischa dengan Angela Gilsha Saat Syuting Samudra Cinta (sumber: Instagram.com/my_mischela)

3. Karena chemistry sudah terjalin kuat, Gilsha dan Mischa tak ragu untuk saling mendekatkan kepala mereka.

6 Momen Kedekatan Mischa dengan Angela Gilsha Saat Syuting Samudra Cinta (sumber: Instagram.com/my_mischela)
6 Momen Kedekatan Mischa dengan Angela Gilsha Saat Syuting Samudra Cinta (sumber: Instagram.com/my_mischela)

4. Gaya OOTD keduanya saat berlibur pun sama-sama terlihat trendi dan serasi.

6 Momen Kedekatan Mischa dengan Angela Gilsha Saat Syuting Samudra Cinta (sumber: Instagram.com/my_mischela)
6 Momen Kedekatan Mischa dengan Angela Gilsha Saat Syuting Samudra Cinta (sumber: Instagram.com/my_mischela)

5. Bahkan di Instagram Stories Angela Gilsha, Mischa terlihat sedang berpose lucu.

6. Saat cast Samudra Cinta membuat video Tik Tok pun Mischa berada di samping Gilsha. Cocok banget kan mereka berdua?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden dan Kemenkominfo Digugat karena Pemblokiran Internet di Papua

Posted: 21 Jan 2020 09:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi serta Kementerian Komunikasi dan Informatika digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) oleh tim advokasi pembela kebebasan pers, yang terdiri dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, South East Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet), LBH Pers, YLBHI, Kontras, Elsam, dan ICJR.

Gugatan dilayangkan kepada Presiden Jokowi dan Kemenkominfo lantaran keduanya dianggap menyalahi kekuasaan atas pemadaman internet di Papua dan Papua Barat pada Agustus 2019 hingga September 2019.

Muhammad Isnur dari YLBHI selaku koordinator tim advokasi mengatakan, saat pemadaman terjadi, pihaknya sempat beberapa kali bertanya langsung kepada Kemenkominfo soal landasan hukum terkait dipadamkannya internet di Papua dan Papua Barat.

"Kominfo tidak bisa menjawab, mereka beragumen ini hanya pesanan dari kira-kira lembaga keamanan. Jadi mereka tidak punya landasan hukum memadamkan internet," ujar Isnur di PTUN, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Menurut Isnur, sejatinya, pemerintah sebelum melakukan tindakan harus memiliki landasan hukum. Jika tidak, menurut Isnur sama saja pemerintah menyalahgunakan kekuasaan.

"Pemerintah harus berlandasakan hukum, kalau tidak ada dasar hukum berarti mereka sewenang-wenang. Dalam hal ini kami mendalilkan ke hakim bahwa pemerintah dalam memadamkan internet itu abuse of power," kata dia.

Menurut Deputi Koordinator Advokasi Kontras Putri Kanesia, gugatan dilayangkan agar pemerintah tidak lagi melakukan hal serupa di kemudian hari. Sebab, pemadaman internet yang dia sebut sepihak ini menyebabkan banyak kerugian.

"Ini sebagai pembelajaran penting bagi pemerintah untuk tidak sembarangan melakukan pemadaman. Ini bisa kita bilang sepihak yah. Kalau pemerintah mengatakan pembatasan sepihak ini dilakukan untuk menghindari adanya hoaks di Papua, tapi kita juga sama-sama tahu persoalan dengan pembatasan atau perlambatan internet ini justru menimbulkan banyak kerugian yang lebih besar dari sekedar hoaks," kata Putri.

"Karena begini, pemerintah mengatakan untuk menghindari adanya hoaks yang berkembang di Papua pada saat itu, justru dengan perlambatan internet ini membuat teman-teman jurnalis yang ada di Papua tidak dapat memberikan informasi yang jelas kepada publik," lanjut dia soal gugatan ke Presiden dan Kemenkominfo.

 

Dilanjut 29 Januari

Warga Kampung Enggros nikmati internet gratis
Warga Kampung Enggros nikmati internet gratis

Gugatan terhadap pemerintah di PTUN sudah memasuki sidang perdana dengan pembacaan materi pokok gugatan. Tergugat satu yakni Kemenkominfo dan tergugat dua Presiden Joko Widodo.

Dalam sidang pada Rabu (22/1/2020), hanya mendengarkan materi pokok gugatan dan jawaban dari pihak tergugat satu karena pihak tergugat dua tak hadir. Hakim ketua Nelvy Christin pun menunda sidang hingga pekan depan, Rabu 29 Januari 2020.

Sidang rencananya akan mendengarkan jawaban dari pihak tergugat dua.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkop: UMKM Dalam Negeri Jangan Malas Bersaing

Posted: 21 Jan 2020 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, mengatakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tidak boleh kalah saing dengan produk luar negeri di pasar dalam negeri.

"Dari dalam negeri pun kan kita malas bersaing dengan produk asing, yang bisa dengan mudah masuk melalui e-commerce, Nah, karena itu standarnya itu harus langsung di upgrade standarnya itu ke pasar global. Jadi penting perbaikan kewirausahaannya mulai dari skala bisnisnya termasuk daya saing produk," kata Teten dalam Acara UMKM naik kelas di Tahun 2020, di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Selain UMKM diharapkan bisa menguasai pasar dalam negeri, Kemenkop berupaya memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM untuk melakukan ekspor. Seperti dilakukannya pendampingan, perbaikan kualitas produk UMKM agar bisa bersaing.

Selanjutnya, ia menegaskan kembali bahwa definisi UMKM naik kelas itu bukan berarti melahirkan konglomerasi baru tapi lebih pada konsep keadilan ekonomi.

"Jadi UMKM naik kelas itu sebenarnya kan kita harapkan out put-nya ada pertumbuhan jumlah wirausaha di Indonesia, sekarang ini kan baru di bawah 1 persen," jelasnya.

 

Perbandingan dengan Negara Maju

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberi keterangan saat konferensi pers di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Teten menyatakan pihaknya bertekad membawa produk-produk UMKM masuk ke dalam rantai pasok global (global value chain). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberi keterangan saat konferensi pers di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Teten menyatakan pihaknya bertekad membawa produk-produk UMKM masuk ke dalam rantai pasok global (global value chain). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jika dibandingkan dengan pertumbuhan UMKM di negara maju, indeks pengusaha selalu minimum 2 persen. Sedangkan Indonesia masih di bawah 1 persen.

"Karena itu memang Pak presiden, menugasi saya untuk mendorong UMKM naik kelas," ungkapnya.

Oleh karena itu presiden, juga sudah memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM ikut berpartisipasi, dalam pembangunan infrastruktur pemerintah, pengadaan pemerintah.

"Nah ini yang sekarang kita mau coba terjemahkan, bagaimana pelaku usaha kecil dan menengah itu naik kelas, omsetnya naik yang tadinya tidak bisa ekspor menjadi bisa ekspor," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beranjak Remaja, Ini 6 Potret Anak Kembar Fadlan Muhammad yang Makin Menawan

Posted: 21 Jan 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu kabar bahagia tengah menyelimuti Fadlan Muhammad. Setelah tujuh tahun menanti, aktor dan juga presenter ini akan dikaruniai buah hati dari pernikahannya dengan Lyra Virna. 

Terlepas dari hal tersebut, tak banyak yang tahu kalau Fadlan Muhammad memiliki anak kembar dari pernikahan pertamanya dengan Sisca Magdalena. Fadlan Muhammad pernah membangun rumah tangga dengan Sisca Madgalena pada 2002 silam. Sepuluh tahun bersama, Fadlan dan Sisca memutuskan untuk berpisah. Keduanya bercerai pada 2012 silam.

Dari pernikahan pertama Fadlan dikaruniai tiga orang anak, yakni Muhammad Danish Zidane, Muhammad Mikhail Attala, dan Chiara Quincy Alicia. Sama seperti dirinya, dua buah hatinya di antaranya ialah anak kembar sepasang yakni Mikail dan Quincy. Keduanya lahir pada 31 Januari 2007 silam.

Mulai beranjak remaja, anak kembar Fadlan Muhammad ini pun tumbuh semakin menawan. Sama seperti ayahnya, Mikail tumbuh menjadi remaja yang tampan. Begitupula dengan putri Fadlan, Quincy ia tumbuh menjadi remaja yang cantik.

Nah, penasaran kan seperti apa potret anak kembar Fadlan Muhammad saat ini? Berikut Liputan6.com ulas potret anak kembar Fadlan Muhammad yang beranjak remaja, Rabu (22/1/2020).

1. Mikail dan Quincy, putra kembar Fadlan dan Sisca ini lahir pada 31 Januari 2007 silam.

Anak Kembar Fadlan Muhammad (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)
Anak Kembar Fadlan Muhammad (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)

2. Ini dia potret masa kecil Quincy dan Mikail. Sejak kecil sepasang anak kembar ini sudah kompak.

Anak Kembar Fadlan Muhammad (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)
Anak Kembar Fadlan Muhammad (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)

3. Mulai beranjak remaja, putri Fadlan ini pun tumbuh menjadi gadis yang cantik. Senyumnya manis banget ya.

Anak Kembar Fadlan Muhammad (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)
Anak Kembar Fadlan Muhammad (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)

4. Enggak kalah dari ayahnya, cowok yang akrab disapa Mikail kini tumbuh sebagai pria yang tampan.

Anak Kembar Fadlan Muhammad (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)
Anak Kembar Fadlan Muhammad (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)

5. Ini dia momen wisuda Quincy dan Mikail. 31 Januari besok, keduanya genap berusia 13 tahun loh.

Anak Kembar Fadlan Muhammad (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)
Anak Kembar Fadlan Muhammad (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)

6. Mikail dan Quincy juga kerap menghabiskan waktu bersama kakaknya, Zidane. Kakak adik yang kompak nih.

Anak Kembar Fadlan Muhammad (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)
Anak Kembar Fadlan Muhammad (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Urai Kasus Asabri, Ombudsman Bakal Panggil OJK dan Kemenkumham

Posted: 21 Jan 2020 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ombudsman Republik Indonesia besok akan memanggil Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait kasus PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri). Ombudsman ingin mendalami lahirnya PP 102 tahun 2015 tentang asuransi sosial prajurit TNI, anggota Polri, dan pegawai aparatur sipil negara.

Pada pasal 54 PP itu menyebutkan, yang berhak melakukan pengawasan eksternal yaitu, Inspektorat Jenderal Kementerian Pertahanan, Inspektorat Pengawasan Umum Mabes Polri dan TNI, Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta auditor independen. Sementara OJK tidak masuk dalam daftar pengawas eksternal.

"Kami melihat PP 102/2015 dibuat tidak relevan dengan peraturan perasuransian," kata Anggota Ombudsman Ahmad Alamsyah Saragih di kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Rabu (22/1).

Padahal, kata Alamsyah tahun 2015 OJK sudah ada. Selain memanggil OJK, Ombudsman juga akan melakukan pendalaman kepada Kementerian Hukum dan HAM terkait penerbitan PP 102/2015. Pemanggilan ini dijadwalkan pekan depan.

Dalam pendalamannya, Ombudsman akan memfokuskan pendalaman terkait prosedur penyelenggaraan administrasi perundang-undangan. Misalnya penggagas lahirnya PP, siapa saja pihak yang terlibat dan mengapa aturan tersebut bisa lahir.

"Dulu penggagasnya siapa, lalu siapa yang terkait dan mengapa ini bisa terjadi," kata Alamsyah menjelaskan.

Alamsyah menegaskan, dalam kasus Asabri, pihaknya ingin mencari tahu akar masalah yang terjadi. Caranya dengan melakukan investigasi penyebab. Tim dari Ombudsman pun sudah dibentuk dan sudah mulai berjalan dalam 30 hari ke depan.

Hasil dari kerja tim ini akan menghasilkan saran yang bakal diserahkan kepada pihak-pihak terkait untuk dijadikan pertimbangan. Diantaranya kepada DPR dan Presiden.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Ombudsman Bentuk Tim Investigasi Jiwasraya dan Asabri

Ilustrasi Jiwasraya (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ilustrasi Jiwasraya (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ombudsman RI mengatakan, sudah membentuk tim investigasi untuk melihat dua kinerja BUMN yang tengah disorot, yakni Jiwasraya dan Asabri.

"Kita baru bentuk tim. Pak Alamsyah Saragih (ketua timnya)," ujar Ketua Ombudsman Amzulian Rifai, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Dia menuturkan, ini dilakukan setelah melihat hasil kajian dari pihaknya, yang melihat ada keanehan.

"Setelah hasil kajian kita, memang banyak yang aneh-aneh itu. Investasinya ke mana, itu secara lengkap. Tapi kan kami belum bisa sampaikan kepada publik," jelas Amzulian.

Dia pun menegaskan, pihaknya akan segera memanggil OJK dalam hal ini.

"Dalam minggu-minggu depan ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Ahmad Badaruddin menjelaskan pihaknya masih menyelidiki aliran dana tersembunyi terkait kasus yang merugikan banyak pihak. Ini seiring telah ditetapkan lima tersangka dalam kasus Jiwasraya oleh Kejaksaan Agung.

"Jadi pada prinsipnya, PPATK akan mendukung khususnya pada follow the money dari aliran dana transaksinya saja," kata Kiagus di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (21/1/2020).

PPATK sedang menelusuri beberapa korporasi dan instansi pelat merah. Tidak menutup kemungkinan terdapat tersangka baru dari kasus tersebut. Namun hal tersebut adalah kewenangan dari pihak Kejaksaan.

"Tidak hanya lima orang itu, jadi kita melihat dari keseluruhan. Baik korporasi maupun individunya. Itu kewenangan penyidik. Nanti apakah akan bertambah atau tidak," kata Kiagus.

Terkait hasil penelitian tersebut, Kiagus tidak mau membeberkan hasil dari kasus Jiwasraya. Dia menjelaskan hanya pihak Kejaksaan yang bisa mengungkapnya.

"Kami sedang proses, dan hasilnya. Kami sampaikan kepada penegak hukum. Konfirmasi ke Kejaksaan (Agung)," ungkap Kiagus. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal 5 Generasi Honda CR-V yang Dijual di Indonesia

Posted: 21 Jan 2020 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Honda CR-V genap berusia 20 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2000 di Indonesia. Terhitung lima generasi Honda CR-V telah terjual di Indonesia, Honda mengklaim CR-V merupakan SUV dengan periode penjualan paling panjang dengan angka penjualan total tertinggi. 

"Sejak peluncuran pada tahun 2000, Honda CR-V telah terjual sebanyak 213.241 unit sampai akhir 2019," pungkas Yusak Billy, Business Innovation & Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Honda Motor pertama kali memperkenalkan Honda CR-V pada tahun 1995. Hingga sekarang model ini telah dipasarkan di 130 negara dengan penjualan lebih dari 9 juta unit di seluruh dunia.

Honda CR-V generasi pertama diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2000, sebagai sebuah SUV "Cross Country".  Saat itu, CR-V dibekali dengan satu varian mesin yaitu mesin 2,0L dengan percepatan AT dan manual.

Honda CR-V generasi kedua yang diluncurkan pada tahun 2002 mulai mengusung desain crossover yang lebih stylish dan peningkatan dari sisi performa dan utilitas.

Pada generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2007, Honda CR-V tampil pertama kalinya dengan transmisi manual 6 percepatan yang merupakan pertama di kelasnya. Selain itu, untuk pertama kalinya juga Honda CR-V dijual dalam pilihan mesin 2,4 liter.

Sejak meluncurkan Honda CR-V generasi ketiga, Honda CR-V konsisten dengan konsep pengembangan yang memadukan desain eksterior stylish khas kaum urban, kenyamanan berkendara layaknya sedan dan performa tangguh dari sebuah SUV.

 

Perjalanan CR-V

Konsep ini juga diterapkan CR-V generasi ke-4 yang diluncurkan pada tahun 2012. Untuk pertama kalinya, generasi ke-4 Honda CR-V juga dilengkapi dengan kecanggihan Nanoe yang berfungsi untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin.

Generasi kelima Honda CR-V diperkenalkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. All new Honda CR-V untuk pertama kalinya juga memperkenalkan mesin 1,5 liter VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology.

Untuk pertama kalinya, Honda CR-V generasi ke-5 juga menawarkan pilihan bangku berkapasitas 7 penumpang pada varian 1,5 liter Turbo dan 1,5 liter Turbo Prestige, serta 5 penumpang pada varian 2,0 liter.

Dari segi keselamatan, mobil ini dilengkapi 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold dan Emergency Stop Signal.

"Kami percaya bahwa konsep Premium Urban Crossover yang ditawarkan Honda CR-V hingga ke generasi ke-5 saat ini sangat sesuai dengan kebutuhan konsumen yang menginginkan kenyamanan dalam setiap perjalanan dengan kondisi jalan yang beragam di Indonesia,"

"Kami berterima kasih atas dukungan dari konsumen dan media selama 20 tahun perjalanan Honda CR-V di Indonesia," pungkas Yusak.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dark Mode WhatsApp Akhirnya Mulai Bergulir di Android

Posted: 21 Jan 2020 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dilaporkan merilis dark mode untuk aplikasi Android. Namun, mode ini baru bisa dinikmati oleh sejumlah pengguna yang termasuk dalam bagian penguji beta.

Dilansir Phone Arena, Rabu (22/1/2020), peluncuran dark mode untuk pengguna beta tersebut berarti fitur itu akan segera menyambangi para pengguna.

Sekira satu pekan lagi fitur baru itu diprediksi akan dirilis untuk semua pengguna WhatsApp.

Para penguji versi beta pun sudah bisa mengunduh WhatsApp versi 2.20.13 atau yang terbaru untuk bisa melihat dark mode. Namun, ada kemungkinan tidak semua pengguna bisa melihat fitur tersebut setelah mengunduh versi terbaru.

Cara Aktifkan Dark Mode

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Opsi dark mode baru ini akan muncul di WhatsApp Settings/Chats. Pengguna akan melihat tiga pilihan di bawah keterangan "Choose theme", yaitu Light, Dark, dan Set by Battery Saver.

Jika yang terakhir dipilih, WhatsApp akan secara otomatis beralih antara Light dan Dark sesuai dengan pengaturan Baterry Saver.

Bagi yang tidak ingin memasang software beta pada perangkat Android mereka, dark mode kemungkinan baru akan hadir pada akhir bulan ini. Namun, sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak WhatsApp.

 

Facebook Batal Terapkan Iklan di WhatsApp

WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)
WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)

Lebih lanjut, Facebook membatalkan rencana untuk menghadirkan iklan di layanan pesan WhatsApp.

Dilaporkan The Wall Street Journal, tim yang mengembangkan iklan di WhatsApp telah dibubarkan beberapa bulan lalu. Pekerjaan yang telah dilakukan pun dihapus dari kode Whatsapp.

Meski membatalkan rencana untuk memboyong iklan ke WhatsApp, Facebook tetap akan menghadirkan iklan di WhatsApp Status. Namun sejauh ini, WhatsApp masih bebas dari iklan.

Mengutip laman The Verge, Facebook dilaporkan begitu berambisi untuk memonetisasi WhatsApp. Aplikasi pesan singkat itu diakuisisi oleh Facebook pada 2014 senilai USD 22 miliar.

Ambisi bos Facebook, Mark Zuckerberg, untuk memonetisasi WhatsApp ini bertentangan dengan cita-cita pendirinya, Jan Koum, yang kemudian mengundurkan diri dari Facebook pada 2018.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susunan Lengkap Direksi dan Komisaris Baru Garuda Indonesia

Posted: 21 Jan 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya mencari pengganti Ari Askhara, pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia, juga menyusun jajaran direksi baru.

Menurut mantan Komisaris Utama Garuda Indonesia yang memimpin RUPSLB, untuk kali ini bukan hanya sekedar nama yang diganti, melainkan juga susunan direksinya. Misalnya, yang semula tidak ada jadi ada, dan yang dipisah kemudian digabung.

"Mereka yang dibawah pimpinan Irfan Setyaputra adalah Wakil Direktur Dony Oskaria, juga insan Garuda, menjabat sebagai Komisaris Citylink," tutur Pimpinan Rapat RUPSLB yang juga mantan Komisaris Utama Garuda Indonesia, Sahala Lumban Gaol, Rabu (22/1/2020).

Kemudian, ada beberapa jabatan direksi Garuda Indonesia yang juga masih diisi orang lama. Seperti Tumpal Manumpak Hutapea yang masih menjabat sebagai Direktur Operasi dan Fuad Rizal yang menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Managemen Resiko.

Lalu, jabatan Direktur Teknik dijabat oleh Rahmat Hanafi. Posisi Direktur Layanan, Pengembangan Usaha dan Teknologi Informasi diisi oleh Ade R Susardi. Direktur Human Capital dijabat oleh Aryaperwira Adileksana.

Sementara, posisi Direktur Niaga dan Direktur Kargo, pada kepengurusan sebelumnya dipisah, untuk kali ini disatukan. "Karena kami melihat ada efisiensi dan fit akhirnya menjadi Direktur Niaga dan Kargo, dijabat oleh M.Rizal Pahlevi," ungkap Sahala.

 

Bisa Kebut Kerjaan

Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)
Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Sahala pun berharap, adanya direksi baru yang tercipta ini adalah paling cocok dan dirasa fit untuk kondisi Garuda Indonesia saat ini. Dia pun berharap, setelah dibentuk dan diresmikan, mereka bisa bekerja dengan cepat dan tepat.

"Mudah-mudahan tim baru ini dapat bekerja dengan cepat. Kami pun meyakini, semua insan Garuda mempunyai martabat tinggi, mental yang kuat dan bekerja sesuai dengan profesi yang tinggi," tutur Sahala.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Sebut Anggota Keluarga Cendana Penuhi Panggilan Terkait Dugaan Kasus MeMiles

Posted: 21 Jan 2020 09:36 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Salah satu anggota Keluarga Cendana, berinisial AHS yang diduga terlibat dalam kasus dugaan investasi bodong aplikasi MeMiles, memenuhi panggilan penyidik Polda Jatim, Rabu (22/1/2020). 

AHS datang di Mapolda Jatim, sekitar pukul 10.25 WIB. Kedatangannya tersebut dilakukan diam-diam, dan tanpa sepengatahuan awak media. 

Salah satu petugas kepolisian yang enggan disebutkan namanya, mengatakan, AHS masuk melalui pintu atau jalur yang ada di Gedung Tribrata. Ia kemudian langsung menuju ruang penyidik di gedung Ditreskrimsus Polda Jatim. 

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Jatim Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko mengaku masih belum mengetahui melalui jalur mana AHS masuk ke ruang penyidik. 

"Sudah hadir, saya cek dulu ya," tutur Trunoyudo di depan gedung Ditreskrimsus Polda Jatim. 

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan membenarkan AHS telah memenuhi panggilan penyidik terkait MeMiles pada Rabu pekan ini.

Namun, dua orang anggota keluarga Cendana lainnya yang juga dipanggil, yakni Istri AHS, FFC dan anggota keluarga lainnya IAR berhalangan hadir lantaran sakit. 

"Pihak istrinya dan ibunya berhalangan, sakit, jadi mungkin minggu depan untuk datang Senin dijadwalkan dari pengacaranya," kata Luki.

 

Polda Jatim Kembali Sita Aset Rp 4 Miliar Aset MeMiles

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) telah menyita aset terkait kasus MeMiles sebanyak Rp 128 miliar dari omzet keseluruhan Rp 761 miliar. Terbaru, Polda Jatim sita aset Rp 4,1 miliar dari investasi bodong MeMiles.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim menyita Rp 4,1 miliar yang didapat dari tiga rekening berbeda milik dua tersangka yakni Direktur PT Kam and Kam berinisial KT dan motivator berinisial ML terkait MeMiles.

"Telah diselamatkan kembali Rp 4,1 miliar yang sumbernya dari tiga rekening. Tiga rekening ini terkait dengan dua tersangka yang ada," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa (21/1/2020), seperti dikutip dari Antara.

Polisi menduga uang Rp 4,1 ini akan diselewengkan oleh Direktur PT Kam and Kam. Lantaran dalam temuan uang itu tidak disimpan di rekening perusahaan, tetapi rekening pribadi.

"Ini sudah ada pengalihan rekening inti perusahaan PT Kam and Kam. Ini sudah keluar dari jalurnya, maka kami lakukan penyelamatan terkait aset tersebut terkait dua tersangka yang sudah ditetapkan oleh penyidik," kata dia.

Total aset yang disita Polda Jatim menjadi Rp 128 miliar dari Rp 761 miliar omzet keseluruhan. Hal itu usai penyitaan aset sebesar Rp 4,1 miliar dari MeMiles.

"Aset awal yang disita Rp 122 miliar, kemudian bertambah Rp 2 miliar. Saat ini Rp 4,1 miliar dari tiga rekening menjadi Rp 128 miliar lebih yang diselamatkan dalam bentuk uang tunai," kata dia.

Trunoyudo menuturkan, ke depan polisi akan terus menelusuri rekening yang sudah disitanya, karena total ada tujuh rekening. Saat ini, baru tiga yang ditelusuri dan terbukti ada penyelewengan uang investasi.

"Dari tujuh rekening yang sebelumnya sudah diblokir. Ini tiga rekening yang sudah dilakukan penyelamatan aset. Masih ada empat lagi," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sikap Sri Mulyani Soal Usukan Pengawasan OJK Kembali ke BI

Posted: 21 Jan 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menanggapi usulan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI agar fungsi pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dikembalikan ke Bank Indonesia (BI). Sri Mulyani mengatakan akan terus memperbaiki pengawasan OJK.

"Kami selama ini bekerja dalan forum Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) sesuai UU PPKSK, pencegahan dan penanganan stabilitas sektor keuangan. Kerja sama kita lakukan sebaik mungkin. Pasti belum sempurna, masih perlu banyak hal yang diperbaiki, termasuk dari sisi perundang-undangan," kata Sri Mulyani di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (22/1/2020).

"Jadi kita akan terus menyempurnakan dari sisi peraturan perundang-undangan di dalam rangka bisa menjaga stabilitas sistem keuangan itu," sambungnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini tak menegaskan apakah sependapat dengan DPR yang ingin membubarkan OJK. "Oke makasih ya," singkat dia.

Sebelumnya, Komisi XI DPR RI mengusulkan agar fungsi pengawasan OJK dikembalikan ke Bank Indonesia (BI). Wakil Ketua Komisi XI, Eriko Sotarduga mengatakan pengembalian fungsi pengawasan sangat dimungkinkan terjadi. Mengingat regulator keuangan berada di tangan Bank Sentral Indonesia.

"Memungkinkan saja OJK dikembalikan ke BI, di Inggris sudah terjadi, beberapa negara juga sudah terjadi nah ini tentu harus dievaluasi (OJK)," kata Eriko di Ruang Rapat Komisi XI, DPR RI, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

 

Inisiatif DPR dan Pemerintah

Ilustrasi OJK
Ilustrasi OJK

Dia menjelaskan, pemisahan OJK dan BI pada tahun 2012 lalu merupakan inisiasi DPR dan juga pemerintah untuk mengantisipasi krisis ekonomi di Indonesia. Namun setelah OJK menjalankan tugas selama 8 tahun, pengawasan di industri keuangan khususnya asuransi dinilai tidak maksimal sehingga menyebabkan beberapa perusahaan asuransi gagal bayar.

"Kita bicara dahulu mereka melakukan (pemisahan) itu untuk pengawasan lebih baik, ternyata hasilnya tidak maksimal," tambah Eriko.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Tissa Biani dalam Balutan Dress, Anggun dan Memesona

Posted: 21 Jan 2020 09:35 PM PST

Gadis 17 tahun ini termasuk artis multitalenta. Selain berakting dan menjadi pembawa acara, Tissa juga jago bermain gitar dan menari. Ia sering mengunggah video dirinya mengcover lagu-lagu ke dalam akun Instagram & YouTube miliknya. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)
Gadis 17 tahun ini termasuk artis multitalenta. Selain berakting dan menjadi pembawa acara, Tissa juga jago bermain gitar dan menari. Ia sering mengunggah video dirinya mengcover lagu-lagu ke dalam akun Instagram & YouTube miliknya. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Gadis 17 tahun ini termasuk artis multitalenta. Selain berakting dan menjadi pembawa acara, Tissa juga jago bermain gitar dan menari. Ia sering mengunggah video dirinya mengcover lagu-lagu ke dalam akun Instagram & YouTube miliknya. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Tak hanya kariernya saja, penampilan Tissa Biani juga kerap menjadi sorotan. Pemain film Tanah Surga Katanya  ini pandai mix and match baju. Kali ini ia tampil dengan dress motif bunga yang dipadukan dengan topi hitam, cocok banget. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)
Tak hanya kariernya saja, penampilan Tissa Biani juga kerap menjadi sorotan. Pemain film Tanah Surga Katanya ini pandai mix and match baju. Kali ini ia tampil dengan dress motif bunga yang dipadukan dengan topi hitam, cocok banget. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Tak hanya kariernya saja, penampilan Tissa Biani juga kerap menjadi sorotan. Pemain film Tanah Surga Katanya ini pandai mix and match baju. Kali ini ia tampil dengan dress motif bunga yang dipadukan dengan topi hitam, cocok banget. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Menjadi seorang publik figur, Tissa Biani kerap melakukan pemotretan. Kali ini ia tampil dengan gaun berkilauan yang membuatnya semakin terlihat memesona. Tak hanya itu, makeup glossy Tissa pun menyempurnakan penampilannya. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)
Menjadi seorang publik figur, Tissa Biani kerap melakukan pemotretan. Kali ini ia tampil dengan gaun berkilauan yang membuatnya semakin terlihat memesona. Tak hanya itu, makeup glossy Tissa pun menyempurnakan penampilannya. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Menjadi seorang publik figur, Tissa Biani kerap melakukan pemotretan. Kali ini ia tampil dengan gaun berkilauan yang membuatnya semakin terlihat memesona. Tak hanya itu, makeup glossy Tissa pun menyempurnakan penampilannya. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Pemilik nama lengkap Tissa Biani Azzahra kali ini tampil serasi dengan Cut Syifa. Keduanya kompak mengenakan dress dan sepatu putih. Aura kecantikan Tissa dan Cut Syifa pun semakin terpancar. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)
Pemilik nama lengkap Tissa Biani Azzahra kali ini tampil serasi dengan Cut Syifa. Keduanya kompak mengenakan dress dan sepatu putih. Aura kecantikan Tissa dan Cut Syifa pun semakin terpancar. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

Pemilik nama lengkap Tissa Biani Azzahra kali ini tampil serasi dengan Cut Syifa. Keduanya kompak mengenakan dress dan sepatu putih. Aura kecantikan Tissa dan Cut Syifa pun semakin terpancar. (Liputan6.com/IG/@tissabiani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Susun Rencana Pembentukan Lembaga Penjamin Polis

Posted: 21 Jan 2020 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merekomendasikan pemerintah untuk segera membentuk Lembaga Penjamin Polis (LPP). Sebab, hal tersebut merupakan salah satu amanat dari undang-undang nomor 40 tahun 2014 tentang perasuransian.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini pemerintah sedang menyusun rencana untuk pembentukan lembaga penjamin polis (LPP). Pembentukan ini akan memperhatikan aturan yang berlaku agar kepercayaan terhadap lembaga keuangan meningkat.

"Kami sekarang ini sedang menyusunnya tentu menggunakan rambu yang bertujuan untuk menciptakan kepercayaan terhadap lembaga asuransi dan bisa mencegah moral hazard," ujar Sri Mulyani di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (22/1).

Sri Mulyani mengatakan, dalam membentuk lembaga tersebut, nantinya pemerintah akan melibatkan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terkait penjaminan dana masyarakat. Karena LPS sudah memiliki pengalaman dalam mengatur perbankan.

"Kalau LPS kan untuk perbankan, nanti LPP untuk asuransi. Tim kami di Kementerian Keuangan sedang dalam proses menggodok hal untuk menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 40 tahun 2014 itu," paparnya.

Rekomendasi OJK

Ilustrasi OJK (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi OJK (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merekomendasikan pemerintah untuk segera membentuk Lembaga Penjamin Polis (LPP). Sebab, hal itu merupakan salah satu amanat dari undang-undang (UU) asuransi.

Direktur Pengawasan Asuransi OJK, Ahmad Nasrullah, menyebutkan dengan adanya LPP tersebut diharapkan dapat kembali mendongkrak industri asuransi di Tanah Air. Sebab, dengan adanya LPP, kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi akan semakin bertambah dan terjaga.

"Substansinya adalah, pertama dari sisi UU memang itu sudah diamanatkan. Yang kedua, saya kira ini tuh momentum yang bagus untuk menumbuh kembangkan kembali industri kita melalui keberadaan lembaga ini," kata dia, saat ditemui di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis (21/11).

Dia mengungkapkan kewenangan pembentukan ini berada di Kementerian Keuangan tepatnya Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Saat ini, pembentukan LPP tengah dalam proses kajian.

"Kalau amanat UU itu kan pembentukannya harus dengan UU, nah itu wilayahnya pemerintah dengan DPR," ujarnya.

Adapun mekanismenya sendiri akan ditentukan oleh pemerintah. Apakah LPP akan berdiri sendiri atau menjadi bagian dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Dan mengenai mekanismenya teknisnya seperti apa ini yang saya dengar memang sedang digodok oleh pemerintah. Apakah nanti akan jadi bagian programnya LPS atau dibentuk lembaga baru itu kami serahkan sepenuhnya ke pemerintah," ujarnya.

OJK juga turut aktif terlibat dalam pembahasan tersebut. Dan memandang perlunya segera dibentuk LPP. "Menurut kami keberadaan lembaga ini penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosialisasi Kartu Transjakarta Gratis untuk Penyandang Disabilitas

Posted: 21 Jan 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Puluhan penyandang disabilitas menghadiri acara pembagian kartu Transjakarta gratis. Acara digelar di Generali Tower, Jakarta Selatan Rabu pagi (22/1/2020). 

Pemberian kartu gratis ini khusus untuk penyandang disabilitas yang ingin menggunakan moda transportasi Transjakarta. Inisiatif ini mendapat tanggapan positif dari para difabel. Hal itu tampak dari ruangan yang sudah terlihat penuh sebelum acara dimulai.

Sosialiasi ini merupakan kerja sama antara Disabilitas Kerja Indonesia, PT. Transportasi Jakarta, dan Generali.

Ahmad S. Hakim dari pihak pelayanan Transjakarta memberitahukan, setelah sosialisasi akan dibuka registrasi kartu. Menurutnya, program ini digelar berdasarkan Peraturan Gubernur nomor 160 tahun 2016. Pergub tersebut memuat aturan bahwa ada kategori masyarakat Jakarta yang berhak mendapat kartu gratis. 

"Masyarakat yang berhak mendapatkannya yaitu lanjut usia minimal 60 tahun, disabilitas fisik dan mental, rakyat miskin, seluruh masyarakat Kepulauan Seribu, veteran, marbot yang sudah terdaftar, guru Paud/TK, dan jumantik," kata Ahmad saat sosialisasi.

 

Persyaratan dapat kartu gratis

Untuk mendapatkan kartu ini, penyandang disabilitas harus membawa persyaratan lengkap. (Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin Al Ansori)
Untuk mendapatkan kartu ini, penyandang disabilitas harus membawa persyaratan lengkap. (Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin Al Ansori)

Untuk mendapatkan kartu ini, penyandang disabilitas harus membawa persyaratan lengkap. Persyaratannya sendiri antara lain fotokopi KTP, fotokopi surat keterangan rumah sakit/sekolah/yayasan, pas foto 3x4 dua lembar, dan fotokopi kartu keluarga.

Penyandang disabilitas yang ingin membuat kartu dapat mendatangi kantor Transjakarta di Cawang. Kartu ini hanya dapat digunakan oleh pemilik kartu saja. Masa berlakunya selama satu tahun dan dapat diperpanjang.

"Untuk kebutuhan banyak seperti SLB, jika kesulitan datang ke kantor kami, bisa kirim surat nanti kami datang ke tempat Bapak atau Ibu," ujar Ahmad.

Pembuatan kartu tidak dapat diwakilkan kecuali oleh suami atau istri dengan tetap membawa persyaratan. Sementara menunggu kartu selesai, pemilik diberikan kartu resi.

Proses pembuatan kartu pun dapat memakan waktu hingga tiga bulan. Setelah kartu jadi, maka pihak Transjakarta akan menghubungi pendaftar melalui nomor yang telah diberikan saat registrasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lampard Sesalkan Chelsea Gagal Hancurkan 10 Pemain Arsenal

Posted: 21 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, London - Manajer Chelsea, Frank Lampard kecewa berat timnya gagal menang atas Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris, Rabu (22/1/2020) dinihari WIB di Stamford Bridge. Padahal, Chelsea sudah unggul jumlah pemain atas Arsenal usai David Luiz diganjar kartu merah wasit.

"Saya kecewa jika melihat situasi pertandingannya. Kami benar-benar layak untuk unggul 1-0. Untuk beberapa saat, kami sudah terbiasa dengan jumlah pemain mereka yang 10 orang," kata Lampard seperti dilansir Sportskeeda.

Chelsea bagai mendapat durian runtuh ketika bek Arsenal, Shkodran Mustafi membuat blunder. Itu membuat striker Chelsea, Tammy Abraham berhadapan satu lawan satu dengan kiper Arsenal, Bernd Leno.

Tak ingin gawangnya kebobolan, David Luiz melanggar Abraham di kotak terlarang. Bek asal Brasil itu pun diusir wasit sementara Arsenal dihukum tendangan penalti.

Jorginho membuat Chelsea unggul setelah penaltinya gagal ditahan Leno pada menit ke-27. Keunggulan itu bertahan hingga turun minum.

Arsenal baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-63 lewat gol Gabriel Martinelli. Namun gawang Leno kembali bobol di menit 84 lewat sodoran Cesar Azpilicueta.

Chelsea gagal menang setelah pada menit ke-87, tendangan kaki kiri Hector Bellerin membobol gawang Kepa Arizabalaga. Skor pertandingan menjadi 2-2.

 

Membuat Kesalahan

Pelatih Chelsea, Frank Lampard (AFP/Adrian Dennis)
Pelatih Chelsea, Frank Lampard (AFP/Adrian Dennis)

Lampard mengatakan, Chelsea sebetulnya membuat banyak peluang terutama pada babak kedua. Sayang, Lampard menganggap para pemainnya kerap membuat kesalahan.

"Ini benar-benar cerita yang sama untuk kami. Kami gagal menyelesaikan peluang dan membuat kesalahan yang memungkinkan mereka bisa mencetak dua gol," kata Lampard.

"Kami bekerja keras, tetapi kesalahan mendasar ketika Anda seharusnya mengontrol pertandingan, dapat membuat Anda kehilangan poin," ujarnya mengakhiri.

Hasil Liga Inggris

Bournemouth 3-1 Brighton& Hove Albion

Aston Villa 2-1 Watford

Everton 2-2 Newcastle

Sheffield United 0-1 Manchester City

Crystal Palace 0-2 Southampton

Chelsea 2-2 Arsenal

Saksikan video pilihan menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hati-Hati, Puluhan Ribu Foto Pengguna Tinder Dicuri

Posted: 21 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari 70 ribu foto pengguna aplikasi Tinder dicuri dan disebarkan ke dunia maya. Diduga foto dan data yang disebar digunakan untuk membuat akun palsu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melly Goeslaw Dapat Ucapan Selamat Ultah dari Anak-Anak Palestina

Posted: 21 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan ulang tahun Melly Goeslaw tahun ini begitu istimewa. Meski 7 Januari telah berlalu, namun ucapan demi ucapan terus mengalir untuknya.

Selain dari para teman selebritas, Melly Goeslaw juga mendapat kejutan dari orang-orang di luar Indonesia.

Mereka adalah anak-anak Jalur Gaza yang ikut mendoakan Melly Goeslaw. Tak hanya itu saja, mereka juga merayakan dengan kue tart. 

Dalam Postingan

Melly Goeslaw (Foto: Instagram/@melly_goeslaw)
Melly Goeslaw (Foto: Instagram/@melly_goeslaw)

Itu terlihat dari unggahan foto di akun Instagram Melly Goeslaw, Selasa (21/1/2020). Terlihat anak-anak tersebut mengenakan topi ulang tahun.

Di atas meja, tampak kue ulang tahun yang cukup besar. Di sana tertulis Happy Birthday Teh Melly.

Berterima Kasih

"Terimakasih anak2ku di jalur Gaza, kmrn sudah mendoakan sy waktu ulang tahun, masya Allah.Terimakasih @actforhumanity kiriman fotonya," tulis Melly Goeslaw sebagai keterangan foto.

 

Ke Palestina

Sebelumnya, pada Desember 2017 silam, Melly Goeslaw menyempatkan waktu untuk ikut ke Palestina.

Jadi Duta Kemanusiaan

Kehadiran Melly Goeslaw di sana sebagai salah satu Duta Kemanusiaan Indonesia. Keberangkatannya ke Palestina untuk memberikan bantuan untuk warga di sana.

Selain Melly Goeslaw, juga penyanyi Opick ikut serta melihat kondisi menyedihkan anak-anak di Palestina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Korea Utara Setop Kedatangan Turis

Posted: 21 Jan 2020 09:28 PM PST

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara akan melarang masuknya turis asing sebagai upaya untuk melindungi diri terhadap virus baru mirip SARS. Virus yang telah menewaskan sedikitnya sembilan orang di China dan membuat ratusan orang jatuh sakit, lapor seorang operator tur utama.

Beberapa negara termasuk AS telah meningkatkan tahapan pemeriksaan pada penumpang bandara untuk mendeteksi virus corona, yang pertama kali muncul di kota Wuhan di China bagian tengah. Namun Korea Utara menjadikan langkah ini sebagai upaya awal. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (22/1/2020).

Sebagian besar turis asing yang mengunjungi Korea Utara berasal dari China, dan jumlah mereka semakin meningkat secara signifikan pada tahun lalu karena hubungan antara Beijing dan Pyongyang berangsur membaik.

Tetapi pada hari Rabu 22 Januari, Korea Utara akan "sementara menutup perbatasannya untuk semua wisatawan asing sebagai tindakan pencegahan terhadap virus corona", kata operator spesialis Young Pioneer Tours yang berbasis di China dalam sebuah pernyataan.

Namun rincian pasti belum dikonfirmasi.

Koryo Tours, agen perjalanan besar bagi pengunjung Barat, mengatakan telah "diberitahu bahwa tindakan sedang dipertimbangkan" dan mengharapkan lebih banyak informasi segera.

Aturan Serupa

Ilustrasi turis. (AFP)
Ilustrasi turis. (AFP)

Pyongyang telah mengambil tindakan serupa sebelumnya. Negara tersebut menutup perbatasannya dari wisatawan asing selama lebih dari empat bulan sejak Oktober 2014 dalam upaya untuk mencegah virus Ebola. Meskipun saat itu, tidak ada kasus yang dilaporkan di Asia.

Pyongyang memberlakukan masa karantina 21 hari pada siapa pun yang memasuki negara itu, termasuk diplomat asing dan pengusaha.

Surat kabar resmi Pyongyang, Rodong Sinmun, tidak menyebutkan tindakan Korea Utara atas virus itu, tetapi hanya melaporkan wabah itu di China, menuliskan bahwa virus itu "menyebar dengan cepat" dan bahwa otoritas di negara tetangganya itu mengambil "tindakan yang sesuai".

Kualitas Kesehatan Korut Buruk

Ilustrasi Korea Utara (AFP)
Ilustrasi Korea Utara (AFP)

Korea Utara memiliki infrastruktur medis yang buruk dan kekurangan obat-obatan kronis.

Ketika Korea Selatan menderita wabah Sindrom Pernafasan dari Timur Tengah terbesar di dunia, atau MERS. Pada musim panas 2015 itu, Korea Utara dilaporkan melarang diplomat dan pekerja di luar negeri untuk kembali ke tanah air mereka selama berbulan-bulan untuk mencegah penyebaran virus.

Pyongyang juga menangguhkan tur asing selama tiga bulan karena kekhawatiran akan SARS pada tahun 2003.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Gangster Alih Profesi Jadi Fanboy Idol K-Pop TWICE, Bikin Gemas

Posted: 21 Jan 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Musik K-Pop sekarang ini sedang merajai musik di berbagai negara. Banyak artis dan kelompok musik K-Pop yang memiliki kepopuleran hingga mancanegara. Hampir di seluruh dunia K-Pop sedang digandrungi oleh banyak kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bahkan tak terkecuali para gangter yang terkenal sangar. Seperti kisah beberapa anggota gangster yang alih profesi menjadi fanboy (fans laki-laki idol K-Pop) salah satu grup K-Pop. Gangster motor asal Jepang ini diketahui beralih profesi menjadi fanboy grup TWICE.

 

TWICE merupakan grup K-Pop yang memiliki banyak penggemar. Sebagian besar penggemarnya adalah para pria. Belum lama ini viral kisah anggota gangster yang kehidupannya berubah drastis setelah mengenal TWICE, seperti yang Liputan6.com lansir dari Koreaboo, Rabu (22/1/2020).

Kisah tersebut diunggah oleh pemilik akun Twitter @akmau010 yang merupakan seorang anggota geng motor yang terkenal. Kini dia telah meninggalkan dunia liar itu dan menjadi salah satu penggemar setia TWICE.

Alih Profesi Jadi Fanboy

TWICE Feel Special (YouTube)
TWICE Feel Special (YouTube)

Pria tersebut mengaku dulunya, dia adalah seorang bosozoku, sebutan untuk gangster motor yang menghabiskan hidupnya dengan kebut-kebutan. Namun setelah mengenal TWICE beberapa waktu lalu, ia sadar kalau dia bisa jadi seseorang yang lebih baik lagi.

Anggota Gangster ini pun meninggalkan kehidupan geng motornya dan berganti identitas sebagai fanboy K-Pop.

"Dua tahun lalu, aku tidak pernah bermimpi jadi seorang fans. Dua tahun lalu, aku punya impian balapan motor, bukannya memegang light stick, dan menyuaran fanchant. Ini seperti mengubah nilai hidup dan apa yang menurutmu menyenangkan!" tulis di Twitter.

Menurutnya TWICE telah merubah hidupnya menjadi lebih positif. Ia juga menjadi lebih menghargai hidup. Belajar menerima sesuatu dan mengajaknya untuk terus belajar dan menikmati hidup dengan cara yang baik.

Anggota gangster yang berubah menjadi fanboy ini adalah satu dari banyak penggemar asal Jepang yang tersentuh dengan musik TWICE. Sejak mereka debut di Jepang, TWICE memang diterima sangat baik di negeri sakura tersebut.

Viral di Media Sosial

Hanya dalam waktu lima hari, cuitannya mendapatkan 64 ribu like dan di-retweet 25 ribu kali. Postingan dan akunnya pun jadi viral. Lewat Twitternya, @akmau010 juga membagikan foto-foto sebelum dan setelah ia menjadi fanboy Kpop.

Terlihat transformasinya yang awalnya berpose gahar, menjadi pria manis dan memakai t-shirt sambil membawa merchandise TWICE. Tak hanya si pemilik akun, ternyata 3 teman gangster lainnya juga ikut beralih profesi menjadi Fanboy TWICE.

Mereka diketahui sangat mengidolakan member TWICE asal Jepang yaitu, Mina, Sana, dan Momo. Perubahan mereka ini sukses banjir pujian dan dukungan dari ONCE (fans TWICE). Tak sedikit dari mereka yang dibuat gemas saat membaca kisah gangster yang jadi fanboy ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 15 Pasangan Mesum Terjaring Razia Aparat di Hotel dan Kos-kosan

Posted: 21 Jan 2020 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menekan tingginya kasus asusila di sejumlah wilayah di Jawa Timur, polisi gencar razia di sejumlah hotel dan penginapan di kota Blitar, belasan pasangan mesum diamankan Polresta setempat, dari enam penginapan. Sementara di Sampang, polisi mengamankan pasangan bukan suami istri, berada dalam kamar sebuah hotel.

Petugas Polres Blitar Kota, melakukan razia di sejumlah hotel dan penginapan yang tersebar di kota tersebut. Hasilnya, 15 pasangan bukan suami istri, berhasil diamankan dari enam penginapan dan hotel.

Belasan pasangan yang diduga berbuat mesum ini, diamankan dari masing-masing kamar yang mereka sewa di hotel dan penginapan. Mereka selanjutnya dibawa ke Mapolres Kota Blitar untuk didata.

Sementara di Sampang, Madura, Jawa Timur, Polres setempat mengamankan pasangan bukan suami istri dari sebuah kamar hotel. Mereka masing-masing, M (38), warga Sampang, dan S (32), warga Surabaya, mengaku saling mengenal melalui aplikasi di ponsel pintar. Keduanya lalu dibawa polisi ke Mapolres setempat untuk didata lebih lanjut.

Selanjutnya, aparat polisi juga akan terus razia serupa secara periodik, untuk meminimalisir tindak asusila di masyarakat.

 

Mari kita simak videonya pada Fokus, 20 Januari 2020

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Maksimal Di Audisi LIDA 2020 Demi Mengobati Ayah, Peserta Ini Raih Golden Ticket

Posted: 21 Jan 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Liga Dangdut Indonesia adalah sebuah ajang pencarian bakat menyanyi dangdut yang ditayangkan di stasiun televisi Indosiar.

Tahun 2020 menjadikan Liga Dangdut Indonesia mencapai musim ke-3. Roadshow audisi LIDA 2020 pun sudah berakhir, dan mendapatkan 70 peserta talenta baru Indonesia dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Salah satunya audisi  di Kalimantan Utara. Menaruknya, ada salah satu peserta di sana, Syela Apriani Maulinda yang berusia 14 tahun. Sang peserta tampil maksimal demi meraih golden ticket demi memenuhi niat mengobati sang Ayah.

Penasaran seperti apa kisah bocah dari Kalimantan Utara tersebut dalam audisi LIDA 2020? Saksikan selengkapnya di channel Indosiar hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud MD Sebut Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Bakal Berantas Korupsi

Posted: 21 Jan 2020 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Kemananan (Menko Polhukam), Mahfud MD menegaskan bahwa Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dibentuk untuk menghilangkan praktik korupsi. Sebab, dalam proses perizinan investasi kerap kali ditemui proses yang berbelit dan panjang sengaja dibiarkan untuk kepentingan pejabat tertentu

"Tumpang rindih aturan itu bukan hanya sebatas administrasi, melainkan karena ada sisi korupsinya di sana. Hukum diatur sedemikian rupa untuk mendapat untung," ujar Mahfud di Jakarta, Rabu (22/1).

Mahfud menyebut banyak para investor yang akhirnya tidak jadi menanamkan modalnya ke Indonesia karena kehabisan modal hanya untuk mengurus persyaratan. Salah satunya yakni terkait dengan izin Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

"Orang kadang mau investasi, lalu menunggu amdal, dua tahun uangnya sudah habis. Tiba-tiba ada pejabat apakah itu anggota DPR atau Kementerian, sini lewat saya saja. Tapi mereka dapat fee. Itu bener. Secara hukum berisiko kalau ketauan hancur dia," kata dia.

Selaian memininalisir terjadinya tindak korupsi, pemerintah juga berkomitmen untuk memangkas proses kegiatan-kegiatan berusaha lainnya. Seperti dalam hal dwelling time di pelabuhan yang disoroti Presiden Joko Widodo.

"Sampai sekarang belum juga selesai. Proses bongkar muat itu lama karena BNN memeriksa narkoba, BPNT memeriksa barang-barang terorisme, Bea Cukai periksa cukai, macam-macam banyak sekali. Kalau merevisi UU masing-masing akan lama. Jadi diangkat saja semua pasal yang jadi masalah ke omnibus law," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Reporter: Merdeka.com

RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Jembatani Keinginan Pengusaha dan Buruh

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko memberi paparan dalam Dialog Nasional II Pembangunan Ibu Kota Negara, di Jakarta, Rabu (26/6/2019). Moeldoko memaparkan terkait kondisi keamanan dan pertahanan Indonesia menghadapi rencana ibu kota dipindahkan ke Kalimantan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko memberi paparan dalam Dialog Nasional II Pembangunan Ibu Kota Negara, di Jakarta, Rabu (26/6/2019). Moeldoko memaparkan terkait kondisi keamanan dan pertahanan Indonesia menghadapi rencana ibu kota dipindahkan ke Kalimantan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Buruh yang tergabung dalam aliansi gerakan buruh bersama rakyat (Gebrak) melakukan aksi unjuk rasa pada Senin ini. Mereka menolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja karena dianggap merugikan.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menegaskan pemerintah menampung aspirasi para buruh. Tak hanya buruh, pemerintah juga menerima masukan dari pengusaha.

"Dalam sidang kabinet paripurna Presiden menyatakan supaya dari pemerintah sungguh-sungguh mendegarkan aspirasi-aspirasi teman-teman sekalian (buruh maupun pengusaha)," kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (20/1/2020). 

Moeldoko berjanji akan mencari jalan tengah antara tuntutan buruh dengan permintaan pengusaha. Jalan tengah tersebut nantinya diakomodir dalam Omnibus Law UU Cipta Lapangan Kerja.

"Intinya Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dibangun untuk menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan menata kembali perpajakan. Nanti Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja bisa menjadi sesuatu yang lebih memberikan kepastian, lebih memberikan kenyamanan, lebih bisa diterima oleh semua pihak," jelasnya.

Mantan Panglima TNI ini berpendapat penolakan buruh terhadap RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja lantaran belum memahami betul isi draft tersebut. Termasuk anggapan Omnibus Law menghapus pesangon dan cuti melahirkan bagi pekerja.

"Cuti hamil katanya dihilangkan, padahal kata Pak Airlangga (Meko Perekonomian) tidak. Maka yang lebih penting lagi nanti ada pertemuan bisa akomodir semua pihak," ucapnya.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com 

Tolak Omnibus Law, Buruh Kepung Gedung DPR

Massa buruh berjalan menuju Istana Negara saat aksi Hari Buruh di Jakarta, Senin (1/5). Dalam aksinya para buruh meminta sistem kerja kontrak dan upah rendah dihapus. (Liputan6.com/Helmi Afandi)
Massa buruh berjalan menuju Istana Negara saat aksi Hari Buruh di Jakarta, Senin (1/5). Dalam aksinya para buruh meminta sistem kerja kontrak dan upah rendah dihapus. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sebelumnya, ribuan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) hari ini kembali mendatangi DPR RI untuk menyampaikan penolakannya terhadap omnibus law dan kenaikan iuran BPJS Kesehatan, Senin (20/1/2020).

Tidak hanya di Jakarta, gerakan penolakan, serentak juga dilakukan di berbagai provinsi lain di Indonesia. Misalnya Aceh, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo.

Presiden KSPI yang juga Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Said Iqbal mengatakan, pada dasarnya kaum buruh setuju dengan investasi. Namun demikian, kaum buruh dipastikan akan melakukan perlawanan, jika demi investasi kesejahteraan dan masa depan kaum buruh dikorbankan.

Said Iqbal khawatir, keberadaan omnibus law cipta lapangan kerja akan merugikan kaum buruh. Hal ini jika dalam praktiknya nanti, omnibus law menghilangkan upah minimum, menghilangkan pesangon, membebaskan buruh kontrak dan outsoursing (fleksibilitas pasar kerja), mempermudah masuknya TKA, menghilangkan jaminan sosial, dan menghilangkan sanksi pidana bagi pengusaha.

"Jika pemerintah serius ingin menghilangkan hambatan investasi dalam rangka penciptaan lapangan kerja, maka pemerintah jangan keliru menjadikan masalah upah, pesangon, dan hubungan kerja menjadi hambatan investasi," kata Said Iqbal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (20/1/2020).

Menurut World Economic Forum, kata Said Iqbal, dua hambatan utama investor enggan datang ke Indonesia adalah masalah korupsi dan inefisiensi birokrasi. "Jadi jangan menyasar masalah ketenagakerjaan," tegasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bermasalah dengan Kantung Mata? Perhatikan 5 Tips Ini

Posted: 21 Jan 2020 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kantung mata memiliki banyak arti yang berbeda. Bagi kebanyakan orang, munculnya kantung mata bisa berarti penuaan alami.

Selain itu, kantung mata menandakan bahwa kurang tidur, kesalahan pola makan atau kebiasaan gaya hidup yang buruk dan lainnya. Apa pun alasannya, wanita membenci kantung mata karena mereka membuat wajah terlihat lebih kusam dan lebih tua.

Faktanya, banyak make up artist telah mengakui bahwa kantung mata klien mereka adalah mimpi terburuk mereka untuk dikerjakan.

Seluruh tampilan dan penampilan kamu akan terpengaruh karena kantung mata. Berikut cara menyingkirkan kantung mata melansir dari mag for woman.

1. Minumlah banyak air

Ketika kamu tidak memiliki kadar air yang cukup di dalam tubuh, maka kadar garam yang meningkat akan menarik air ke wajah dan menyebabkan retensi air dan membuat mata dan wajahmu terlihat bengkak.

Ini terjadi terutama ketika kamu bangun tidur setelah makan malam yang asin dan berat, atau setelah banyak menangis.

Jadi, minum banyak air sangat penting setiap saat untuk terus mengeluarkan garam ekstra dari tubumu, dan dengan demikian mengurangi bengkak pada kantung matamu.

 2. Gunakan make up

Ketika kamu membutuhkan trik instan untuk membantu menyembunyikan kantung mata, maka gunakan make up. Manfaatkan concealer untuk menyembunyikan kantung mata dan kemudian menerapkan foundation untuk memadukannya dengan baik dan memberikan hasil akhir yang alami.

 

Hilangkan kantung matamu dengan bahan-bahan ini yaaaa. (via: istimewa)
Hilangkan kantung matamu dengan bahan-bahan ini yaaaa. (via: istimewa)

3. Pasang irisan timun dingin di mata

Sesuatu yang dingin di mata membantu merilekskan dan mengurangi kantung mata. Jika kamu tidak memiliki irisan mentimun dingin, maka kamu dapat memasukkan peppermint atau kantong teh chamomile yang didinginkan, yang juga bertindak sebagai agen aromaterapi.

Beberapa orang juga suka menaruh air mawar yang direndam bola kapas di mata mereka. Perawatan ini membantu mengurangi stres dan membuat kamu merasa rileks dan diremajakan.

4. Tidur cukup

Kantung mata yang berkembang sesekali mudah ditangani dibandingkan dengan yang permanen. Jika kamu tidak ingin ini menjadikan hal ini masalah permanen, maka pastikan kamu tidur dan istirahat setiap hari.

Jika kamu terus membuat mata stres, maka akan sangat sulit untuk menghindari perkembangan kantung matamu.

5. Makan cukup

Penting juga bagimu untuk makan dengan baik dan mempertahankan gaya hidup yang baik. Apa yang kamu makan benar-benar mencerminkan kulit dan wajahmu.

Para ahli menyarankan untuk makan makanan seimbang, agar mencegah penuaan dini dan menjaga kantung mata. Kamu juga harus menjaga untuk tidak merokok dan hindari minuman beralkohol agar tetap terkendali untuk menghindari stres pada sel-sel kulitmu yang memperburuk pembentukan kantung mata.

 

Reporter : Helena Yupita

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aplikasi Twitter di Android Crash Usai Di-Update

Posted: 21 Jan 2020 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Twitter baru saja merilis pembaruan untuk pengguna aplikasinya di platform Android. Pembaruan ini baru saja rilis dengan nomor versi 8.28.

Namun, bukannya menambal masalah, update ini malah membuat masalah untuk aplikasi Twitter di Android. Usai melakukan update, aplikasi Twitter di Android tidak bisa dibuka dan mengalami crash.

Masalah ini juga dikonfirmasi oleh Twitter Supports di akun resminya. Dikutip dari akun resminya, Rabu (22/1/2020), masalah ini sudah diketahui Twitter dan pihaknya masih melakukan investigasi.

"Kami tengah menyelidiki masalah yang terjadi di aplikasi terbaru Twitter untuk Android, sehingga selalu mengalami crash saat dibuka," tutur situs microblogging tersebut.

Untuk itu, Twitter menyarankan pengguna untuk tidak melakukan pemutakhiran lebih dulu sebelum masalah ini diatasi. Sementara bagi pengguna Android yang sudah melakukan update, terpaksa tidak dapat membuka aplikasi itu untuk sementara waktu.

Sejauh ini, Twitter belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai waktu penyelesaian masalah ini. Karenanya, masih perlu menunggu pengumuman resmi dari perusahaan untuk mengetahui solusinya.

Bos Twitter Ogah Hadirkan Tombol Edit Twit

Ilustrasi Twitter (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Twitter (Foto: Pixabay)

Terlepas dari informasi itu, Twitter sendiri mengatakan tidak ingin menghadirkan tombol edit. Pernyataan itu keluar dari CEO Twitter Jack Dorsey.

Jawabannya adalah tidak," kata Jack Dorsey, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Jumat (17/1/2020).

Penolakan Jack Dorsey atas tombol edit twit ini bukanlah hal mengejutkan. Perusahaan beralasan, mereka memprioritaskan kehadian fitur lain.

Tombol Edit Bukan Prioritas

Ilustrasi Twitter. Kredit: Photo Mix via Pixabay
Ilustrasi Twitter. Kredit: Photo Mix via Pixabay

Product Lead Twitter Kayvon Bykpour sempat ditanya mengenai hal ini beberapa waktu lalu.

"Sejujurnya, (tombol edit) merupakan sebuah fitur yang perlu dikembangkan di beberapa titik. Namun, fitur ini tidak dalam prioritas kami," katanya.

Dorsey sendiri berdalih, tidak dibuatnya tombol edit mengakar pada fungsi asli Twitter.

"Kami mulai sebagai SMS, layanan pesan teks. Dan seperti diketahui, ketika Anda mengirim pesan, Anda tidak bisa menariknya kembali," kata Dorsey.

Lebih lanjut, dia mengatakan Twitter ingin mempertahankan desain lama tersebut.

Meski begitu, bos Twitter ini tidak memungkiri ada juga fungsi dari tombol edit. Misalnya memperbaiki salah ketik twit yang telah diunggah. Namun, ia sadar pengeditan twit yang sudah diunggah bisa menciptakan informasi keliru.

"Ini merupakan hal-hal yang kami. Tapi, kami kemungkinan tidak akan menghadirkan (tombol edit)" katanya.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Tampik Tuduhan Kongkalikong dengan Asing soal Omnibus Law

Posted: 21 Jan 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Kemananan (Menko Polhukam), Mahfud Md, memastikan bahwa setiap pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus di sidang kabinet Indonesia Maju tidak pernah membicarakan soal China.

Pernyataan ini sekaligus menepis adanya kedekatan khusus dengan Negeri Tirai Bambu tersebut. "Kalau di sidang kabinet itu kita malah jarang sebut China," kata dia di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Mahfud mengatakan, seringkali Presiden Joko Widodo justru menyebut negara-negara lain selain China untuk bagaimana mereka bisa masuk berinvestasi di Tanah Air. Beberapa negara itu di antaranya adalah Qatar, UAE, Jepang, dan Eropa.

Di samping itu, dirinya juga membantah adanya isu yang menyebutkan bahwa RUU Omnibus Law dibuat pemerintah untuk kongkalikong dengan asing. Menurut dia, itu adalah pemahaman keliru, sebab aturan ini akan mempermudah izin baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Tidak ada itu. Karena ini berlaku dengan keduanya baik dalam negeri dan domestik. Apalagi spesifik ini (katanya) ini untuk mempermudah China masuk itu salah paham," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Tolak Omnibus Law, Buruh Kepung Gedung DPR

Buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) berdemonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/1/2020). Massa menyuarakan penolakan mereka terhadap Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Lapangan Kerja. (Liputan6.con/Johan Tallo)
Buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) berdemonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/1/2020). Massa menyuarakan penolakan mereka terhadap Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Lapangan Kerja. (Liputan6.con/Johan Tallo)

Ribuan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) hari ini kembali mendatangi DPR RI untuk menyampaikan penolakannya terhadap Omnibus Law dan kenaikan iuran BPJS Kesehatan, Senin (20/1/2020).

Tidak hanya di Jakarta, gerakan penolakan, serentak juga dilakukan di berbagai provinsi lain di Indonesia. Misalnya Aceh, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo.

Presiden KSPI yang juga Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Said Iqbal mengatakan, pada dasarnya kaum buruh setuju dengan investasi. Namun demikian, kaum buruh dipastikan akan melakukan perlawanan, jika kesejahteraan dan masa depan kaum buruh dikorbankan demi investasi.

Said Iqbal khawatir keberadaan Omnibus Law cipta lapangan kerja akan merugikan kaum buruh. Hal ini jika dalam praktiknya nanti, Omnibus Law menghilangkan upah minimum, menghilangkan pesangon, membebaskan buruh kontrak dan outsoursing (fleksibilitas pasar kerja), mempermudah masuknya TKA, menghilangkan jaminan sosial, dan menghilangkan sanksi pidana bagi pengusaha.

"Jika pemerintah serius ingin menghilangkan hambatan investasi dalam rangka penciptaan lapangan kerja, maka pemerintah jangan keliru menjadikan masalah upah, pesangon, dan hubungan kerja menjadi hambatan investasi," kata Said Iqbal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (20/1/2020).

Menurut World Economic Forum, kata Said Iqbal, dua hambatan utama investor enggan datang ke Indonesia adalah masalah korupsi dan inefisiensi birokrasi. "Jadi jangan menyasar masalah ketenagakerjaan," ucapnya menegaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surat RW di Surabaya yang Viral karena Aturan bagi Warganya

Posted: 21 Jan 2020 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Surat edaran dari perangkat warga yang memakai diksi pribumi dan nonpribumi di Surabaya, Jawa Timur ramai di media sosial. Pilihan kata itu makin ramai karena dalam aturan itu ada perbedaan perlakuan yang mencolok.

Surat edaran yang viral di berbagai media sosial itu, tertera Rukun Warga 03, Kelurahan Bangkingan, Surabaya. Surat itu intinya mengatur tentang iuran warga. Akan tetapi, hal yang jadi sorotan, bukan hanya soal besaran jumlah iuran.

Namun, surat tersebut juga dicantumkan istilah pribumi dan nonpribumi. Setidaknya ada sekitar 21 poin yang terbagi dalam tiga lembar surat edaran yang intinya mengatur soal aturan yang sudah diteken oleh perangkat RT dan RW.

Ketua RW 03 di Surabaya, Paran juga teken surat edaran itu tidak membantah saat dikonfirmasi soal keberadaan surat itu. Akan tetapi, ia mengaku heran lantaran surat itu belum diedarkan ke kalangan warga, tapi sudah viral.

"Itu (surat edaran) benar diterbitkan. Namun itu masih belum berlaku, masih diwacanakan, masih dirumuskan, mau dilaksanakan, tapi masih dievaluasi," tutur dia saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa, 21 Januari 2020, seperti dikutip dari Merdeka.

Saat dikonfirmasi mengapa sudah viral jika memang belum diedarkan, Paran tidak menjawabnya secara tegas. Demikian juga saat ditanya mengapa dia menggunakan pilihan kata 'pribumi' dan 'nonpribumi' dalam surat edaran itu, Paran tak menjawabnya.

"Ini masih dirapatkan, masih dievaluasi lagi. Surat edaran itu masih direvisi," ujar dia.

 

Reporter: Erwin Yohanes

Sumber: Merdeka.com

Isi Surat Edaran

Berikut isi edaran yang ditandatangani oleh Ketua RT 01, RT 02 dan RT 03 di wilayah RW 03 Dukuh Tlogo Tanjung, Kelurahan Bangkingan, Kecamatan Lakarsantri tersebut:

Surat Keputusan, berdasarkan hasil musyawarah yang dihadiri oleh semua pengurus lingkungan RT beserta tokoh masyarakat dari mulai RT 01 sampai dengan RT 05 Kelurahan Bangkingan pada hari Minggu tanggal 12 Januari 2020 telah diputuskan bersama-sama dan menghasilkan beberapa keputusan di antaranya:

1. Barang siapa yang mendirikan rumah selain warga pribumi wajib membayar iuran untuk kas RT Rp 500.000 dan kas RW Rp 500.000.

2. Barang siapa yang mendirikan perusahaan (PT) selain warga pribumi wajib membayar untuk kas RT Rp 2.500.000 dan kas RW Rp 2.500.000

3. Barang siapa yang mendirikan perusahaan (CV) selain warga pribumi wajib membayar untuk kas RT Rp 1.500.000 dan kas RW Rp 1.500.000.

4. Barang siapa yang mau pindah masuk menjadi warga RW 03 selain warga pribumi wajib membayar iuran untuk kas RT Rp1.000.000 dan kas RW Rp1.000.000.

5. Setiap perusahaan (PT, CV) yang berada di wilayah RW 03 selain warga pribumi dikenakan iuran setiap bulannya untuk kas RW sebesar Rp 150.000.

6. Setiap perusahaan (UD) yang berada di wilayah RW 03 selain warga pribumi dikenakan iuran setiap bulannya untuk kas RW sebesar Rp 100.000.

7. Setiap pedagang kaki lima yang berada di wilayah RW 03 selain warga pribumi (sepanjang jalan sebelah barat asrama polisi) dikenakan iuran setiap bulannya untuk kas RW sebesar Rp 50.000.

8. Setiap ada orang kos/kontrak tuan rumah (pemilik kos/kontrak) wajib lapor ketua RT dan RW dan diharuskan untuk menyetorkan data berupa KTP, KK dan surat nikah apabila yang kos atau kontrak sudah menikah.

9. Tamu lebih dari 24 jam wajib lapor pengurus RT dan RW serta menunjukkan identitas yang bersangkutan atau fotocopy.

10. Bagi warga asli kelahiran Dukuh Tlogo Tanjung di mana dia berada saat meninggal dunia diperbolehkan di makamkan di pemakaman RW 03 Dukuh Tlogo Tanjung tanpa mendapatkan santunan kematian.

11. Barangsiapa yang ditumpangi keluarga (numpang KK) diwajibkan membayar Rp 1.000.000 untuk kas RW 03. Dan apabila meninggal dunia boleh dimakamkan di pemakaman RW 03 Dukuh Tlogo Tanjung dan berhak menerima santunan dari warga RW 03.

12. Apabila ada warga pribumi yang meninggal dunia maka semua RT 01 sampai RT 05 harus melibatkan warganya 6 orang untuk membantu proses jalannya pemakaman. Apabila tidak hadir dikenakan denda sebesar Rp 20.000.

13. Tugas dan tanggung jawab jabatan seorang modin kampung setiap ada kegiatan di RW 03 yang sifatnya umum atau pribadi seorang modin wajib (terpotong).

14. Setiap warga pribumi atau non pribumi yang mau membangun rumah gedung dan lain-lain yang berbatasan dengan jalan umum wajib lapor RT atau RW.

15. Dengan diberlakukan aturan terbaru tahun 2020 semua warga RW 03 dilarang membangun/menaruh apapun di atas saluran air.

16. Setiap Gang 1 sampai Gang 5 (jalan besar) dari mulai RT 01 sampai RT 05 truk boleh masuk dengan syarat apabila ada kerusakan harus diperbaiki seperti semula dan membayar kas RT sebesar Rp 100.00 untuk 1 truknya (kapasitas truk yang boleh masuk maksimal 7 kubik), khusus proyek pemerintah tidak diwajibkan membayar kas RT.

17. Untuk iuran lingkungan setiap RT 01 sampai RT 05 disepakati iuran warga pribumi sebesar Rp 5.000 per kepala keluarga. Sedangkan untuk kos atau kontrak dikenakan iuran sebesar Rp 10.000 setiap bulannya.

18. Warga yang baru menikah baik sudah pecah KK atau belum dikenakan iuran lingkungan RT setempat.

19. Untuk kerja bakti yang tidak hadir dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

20. Barang siapa yang melanggar aturan kampung maka dikenakan sanksi tidak akan dapat pelayanan dari pengurus lingkungan baik RT atau RW.

21. Segala bentuk aturan kampung/perubahan bisa diputuskan melalui hasil kesepakatan pengurus yang mewakili lingkungan masing-masing dan pengurus bisa mempertanggungjawabkan lingkungannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Merek Mobil Ini Ngebet Gabung Gaikindo

Posted: 21 Jan 2020 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meski di sepanjang 2019 pasar otomotif Tanah Air mengalami penurunan dibanding 2018, hal ini tak menyurutkan beberapa merek dunia untuk mencoba peruntungan.

Salah satu merek otomotif yang ingin menjajaki pasar nasional di tahun ini adalah Morris Garage (MG). Merek mobil asal Inggris yang telah dibeli Cina tersebut diketahui tengah mendaftarkan diri sebagai anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Saat ini belum menjadi anggota, masih proses. Setahu saya formulir sudah masuk dan sekarang sedang diproses," kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi kepada Liputan6.com, Rabu (22/1/2020).

Meski demikian, mantan Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia tersebut mengaku belum mendapat informasi secara rinci mengenai kendaraan apa saja yang akan di bawa MG ke Indonesia

"Yang saya dengar kelihatannya planning mereka 2020 sudah akan masuk, rencananya begitu," ujar Yohannes.

KIA Siap Gabung Gaikindo

Selain MG, merek otomotif asal Korea Selatan, KIA, yang kini berada di bawah naungan PT Kreta Indo Artha juga berniat kembali bergabung dengan Gaikindo.

"Memang yang saya dengar juga begitu (gabung Gaikindo), ini lagi diproses. Tapi saya belum tahu detailnya seperti apa ya," jelas Yohannes.

Saat disinggung apakah KIA turut memeriahkan pameran otomotif GIIAS 2020, Yohannes enggan berkomentar banyak.

"Harusnya ikut ya, tapi saya masih belum update," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Kasual Atalia Praratya Berbusana Ungu Panen Pujian

Posted: 21 Jan 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berbeda dari penampilan Atalia Praratya, istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dalam sebuah unggahan, ia terlihat mengenakan busana unggu.

Penampilan tersebut menuai reaksi dari warganet, terlebih busana yang dikenakan, mulai dari hijab, kaus, jaket, hingga sepatu serba ungu. Hanya celananya saja  yang berwarna biru.

"Trekking pagi ini..Tetep girly.....?? Ini pagi saya. Kamu kemana?" tanya Atalia.

Atalia mengenakan busana tersebut saat berada tempat yang rindang. Penuh dengan pepohonan di sekelilingnya. Namun, ia tak menyebut lokasinya.

Ini kali pertama, Atalia mengenakan pakaian nyaris serba ungu. Warganet menilai penampilan ibu dua anak itu tampak cerah, bahkan ada warganet menyebutnya seperti mahasiswa.

"Aahh anak kuliahan mana ini...???" tanya seorang warganet.

Jaket hingga Sepatu

Atalia Praratya mengunggah potret berpakaian ungu (Dok.Instagram/@ataliapr/https://www.instagram.com/p/B7fbBe5nZuM/Komarudin)
Atalia Praratya mengunggah potret berpakaian ungu (Dok.Instagram/@ataliapr/https://www.instagram.com/p/B7fbBe5nZuM/Komarudin)

Tak sedikit warganet yang mengomentari apa yang dipakai Atalia Praratya, mulai dari jaket, sepatu, kacamata. Mereka senang dengan penampilan Atalia yang menawan.

"Naksir jaketnyaaa????," tulis seorang warganet. "Kacamatanya keren bu ??," imbuh warganet lainnya.

'Koq yg kelihatan hanya sepatu yg kanan Bu? Jangan² yg kiri lupa beda sepatu??," komentar akun yang lain.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Omnibus Law, Mahfud Md: Hanya Menghapus Pasal yang Tumpang Tindih

Posted: 21 Jan 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menjamin tidak akan hapus pasal-pasal yang tak memiliki kepentingan dengan Omnibus Law. Dia mengatakan pemerintah hanya akan menghilangkan pasal-pasal yang tumpah tindih.

"Yang lain yang tak dicabut tetap berlaku, jadi jangan khawatir gitu. Yang tidak baca UU-nya jadi beranggapan nah ini abis kewenangannya, enggak masih tetep, cuma prosedur dipermudah," kata Mahfud di Hotel Shang Rilla, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).

Mahfud menjelaskan untuk beberapa pasal yang bersinggungan dengan Omnibus Law mulai dari perizinan investasi serta lapangan kerja akan mengalami perubahan. Hal tersebut diubah lantaran di Indonesia kerap terkendala perizinan, sebab banyaknya peraturan yang tumpang tindih.

"Tetap ada aturan di luar perizinan dan lapangan kerja, tapi soal dua itu (perizinan investasi dan lapangan kerja) masuk di situ semua," ungkap Mahfud.

Dia menjelaskan Omnibus Law akan merevisi 79 UU yang terdiri dari 1.244 pasal. Di mana akan memangkas pasal yang mempersulit investor. Menurut dia, bukan hanya para investor luar negeri, dalam negeri pun akan diatur.

"Perizinan karena banyaknya peraturan perundang-undangan yang tumpang tindih," ungkap Mahfud.

Belum Terima Draf

DPR RI akan menggelar rapat paripurna ke 8 masa Persidangan II tahun sidang 2019 – 2020. Rencananya rapur akan digelar siang ini pukul 13.00 WIB. Agenda paripurna salah satunya mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja yang belakangan menjadi polemik di masyarakat.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco menyatakan RUU tersebut disahkan karena sudah masuk 50 RUU prioritas. Meski demikian, ia mengaku belum mendapat draf resmi RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dari pemerintah.

"Kami belum mendapatkan draf resminya, paling lambat akan kami terima minggu depan," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (22/1/2020).

Karena belum menerima draf RUU tersebut, Dasco menyebut pihaknya belum bisa berkomentar terkait pasal-pasal yang ditolak masyarakat termasuk buruh.

"Sekarang ini banyak yang beredar draf-draf RUU dan jadi polemik di masyarakat. Nah kami nggak mau menanggapi polemik itu sebelum mendapatkan naskah akademik dan draf yang resmi," jelasnya.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Banjir, Drainase Bandara Halim Perdanakusuma Diperbaiki Total

Posted: 21 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga agar runway atau lintasan pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma tak lagi terendam banjir, pengelola bandara, PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan pembenahan serius soal sistem drainase.

"Jadi, sesuai arahan Menteri Perhubungan dan Dirjen Perhubungan, untuk Bandara Halim, prioritas kami adalah melakukan peningkatan area keselamatan penerbangan dari sisi udara," tutur Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Rabu (22/1/2020).

Dimana, prioritasnya adalah aspek perbaikan saluran drainase yang mengelilingi runway atau landasan pesawat. Bukan baru dikerjakan, Awaluddin mengaku, perbaikan sudah dilakukan setelah banjir surut hingga saat ini, atau sudah satu bulan terakhir.

Bukan hanya drainase di dalam bandara saja yang diperbaiki, melainkan juga pembenahan sistem drainase dan pengairan di sekitar bandara. Termasuk yang berada di luat kawasan, masuk mengairi sekeliling lingkungan bandara.

Yakni, dengan melakukan pengerukan embung yang ada di sekitaran bandara. Sebab ternyata, sudah terjadi sendimen yang menutup jalan air.

"Sekarang sudah selesai, penampungan air itu sekarang kedalamannya sampai 3 meter. Itu sudah cukup baik," kata Awaluddin.

Lalu, pengelola bandara juga melakuka pelebaran akses aliran air. Dilakukan inspeksi, saluran mana yang ternyata tersumbat dan sempit, semua dibenahi.

Lalu, main hole drainase Bandara Halim Perdanakusuma juga ikut dibersihkan dari berbagai sumbatan sampah. Sehingga, kasus runway kebanjiran seperti diawal tahun, tidak akan terjadi lagi.

 

Juga di Bandata Soetta

Bandara Soetta Bakal Operasikan Terminal Berbiaya Murah
Bandara Soetta Bakal Operasikan Terminal Berbiaya Murah

Kemudian, bukan hanya Bandara Halim Perdanakusuma saja, perbaikan drainase juga dilakukan di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Sebab, menurut Awaluddin, Bandara Soetta dikelilingi oleh sumber air yang cukup banyak.

"Makanya untuk di Soetta, diingatkan kembali soal monitoringnya. Jika ditemukan akan menjadi masalah, langsung dilakukan perbaikan, jangan ditunda," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Orang Temukan Benda di Makanan, Bikin Nafsu Makan Hilang

Posted: 21 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang yang lebih memilih memasak makanan sendiri di rumah ketimbang membelinya. Hal ini lantaran faktor kebersihan. Pasalnya banyak orang yang menganggap bahwa makanan yang kita beli di pedagang tak terjamin kebersihannya.

Hal ini nampaknya benar. Banyak orang yang menemukan benda di dalam jajanan yang mereka beli di pedagang. Terlebih lagi tak sedikit dari mereka yang menemukannya ketika sedang asyik menyantap makanan tersebut.

Tentu saja benda-benda tersebut membuat nafsu makan kita hilang dalam seketika. Apalagi jika kita mengingat bahwa benda-benda tersebut tentunya sangat kotor dan tak layak berada di dalam makanan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan momen zonk orang temukan benda di dalam makanan.

1. Waduh, kunci rumah siapa itu?

foto: Twitter/@Nuelsitanggang
foto: Twitter/@Nuelsitanggang

2. Mungkin itu kembalian dari abangnya

foto: twitter/@adhkamr
foto: twitter/@adhkamr

3. Duh, ngeri banget nih

Foto: Twitter/@agnshrlmbng
Foto: Twitter/@agnshrlmbng

4. Kok, bisa ada paku sih?

Foto: Twitter
Foto: Twitter

5. Kalau laper dijamin langsung kenyang liat ini

foto: twitter/@BitovaRenovian
foto: twitter/@BitovaRenovian

6. Kira-kira rasanya kaya gimana ya?

foto: twitter/@doppologism
foto: twitter/@doppologism

7. Nasi gila bonus puntung rokok abangnya nih

foto: twitter/@hikaiueo
foto: twitter/@hikaiueo

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kota Palu Alami Suhu Terpanas se-Indonesia

Posted: 21 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Palu - Suhu di Kota Palu pada Selasa, 21 Januari 2020 berdasarkan catatan BMKG Stasiun Meteorologi Palu menjadi yang terpanas se-Indonesia. Kondisi itu diperkirakan masih akan terjadi dalam tiga sampai tujuh hari ke depan.

Berdasarkan data pantauan cuaca di BMKG Stasiun Meteorologi Palu, pada Selasa pagi hingga petang, peningkatan suhu di Kota Palu mulai terjadi pada pukul 10.00 Wita. Adapun puncak panas suhu terjadi pada pukul 15.00 Wita, yang mencapai 37 sampai 38 derajat Celsius seperti yang terpantau juga di runway Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu.

Menurut prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Palu, kondisi ini terjadi karena dipengaruhi beberapa hal, yakni posisi matahari yang menuju equator (lintang Palu), suhu permukaan laut yang tidak mendukung terbentuknya awan karena penguapan yang sedikit, serta massa udara yang tertarik ke wilayah selatan Indonesia.

Berdasarkan pantauan rason (udara atas), potensi pertumbuhan awan sangat kecil. Analisis udara atas juga menunjukkan kelembapan rendah hanya mencapai 40 persen.

Meski menjadi daerah dengan suhu terpanas, pihak Stasiun Meteorologi Palu menyatakan belum ada peringatan suhu ekstrem untuk Kota Palu. Sebab, status ekstrem baru akan dikeluarkan untuk Kota Palu jika suhu mencapai 39 derajat Celsius.

"Kondisi ini (peningkatan suhu) memang berbeda dari hari biasanya. Tapi untuk Palu ini masih dalam kategori normal," kata Kepala Stasiun Meteorologi Palu, Nur Alim, Selasa (21/1/2020).

Prakirawan cuaca di BMKG Palu juga memprakirakan suhu panas di Kota Palu masih akan terjadi dalam 3 hingga 7 hari ke depan dengan perkembangan pantauan yang tetap dilakukan.

Selain Kota Palu, daerah lain di Sulawesi Tengah yang dilanda suhu panas adalah Luwuk dengan 36 derajat Celsius.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Smartphone dengan Layar Paling Besar di Pasaran Saat Ini

Posted: 21 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tahun belakangan ini, vendor smartphone kerap kali mengunggulkan bentang layar mereka dalam berbagai materi promosi mereka.

Sebelumnya, smartphone dengan bentang layar di atas 5,5 inci disebut sebagai phablet. Namun kini, kita sudah umum melihat smartphone dengan layar yang besar.

Terkini, Samsung memperkenalkan kita dengan Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus yang memiliki layar berukuran 6,3 inci dan 6,8 inci.

Buat apa kita butuh layar yang lebih luas? Smartphone dengan layar lebar memang banyak manfaatnya, terutama bagi kamu yang sering memakai perangkat untuk keperluan entertainment.

Semisalnya untuk nonton video streaming, main gim, mengedit dokumen, hingga keperluan yang berhubungan dengan produktivitas seperti membuat sketsa karya seni.

Lantas, smartphone apa saja yang punya layar lebar dan hadir di Indonesia? Sebagaimana dirangkum dari Tom's Guide, Rabu (22/1/2020), berikut ini daftar lengkapnya.

 

1. iPhone 11 Pro Max

Selain memiliki peningkatan yang tinggi dalam hal kamera ketimbang seri sebelumnya, iPhone 11 Pro Max tawarkan kemampuan layar terbaik di kelasnya.

Untuk iPhone 11 Pro Max, Apple memperkenalkan layar Super Retina XDR OLED berukuran 6,5 inci.

Dengan bentang layar ini, kamu dapat melihat hasil foto dan video yang diambil dengan tiga kamera iPhone 10 Pro Max lebih baik lagi.

 

2. Samsung Galaxy Note 10 Plus

Ini merupakan seri Galaxy Note pertama Samsung yang memiliki varian plus. Di seri ini, perusahaan memperkenalkan smartphone dengan bentang layar 6,8 inci, lebih besar 0,4 inci dari pada Note 9.

Selain memiliki bentang layar yang lebih besar, Samsung juga memperkenalkan fitur unggulan, seperti S Pen, Wireless PowerShare, dan masih banyak lagi.

 

3. iPhone 11

Walau iPhone 11 ini masih menggunakan panel LCD, layar smartphone ini mampu menghadirkan tampilan warna yang detail dan sangat responsif.

Dengan kemampuan ini, iPhone 11 merupakan smartphone paling tepat bagi kamu yang suka main gim mobile.

 

4. Samsung Galaxy S10 Plus

Selain menawarkan kemampuan layar terbaik di kelasnya, Galaxy S10 dibekali dengan kemampuan hardware mumpuni dan kamera belakang yang mampu bersaing dengan smartphone berkamera terbaik di pasaran saaat ini.

 

5. Samsung Galaxy A50

Meski tidak masuk ke dalam kategori smartphone flagship, Galaxy A50 menawarkan sejumlah fitur premium untuk ponsel pintar di kelasnya.

Berbekal layar AMOLED Infinity-U berukuran 6,4 inci, tiga kamera utama, RAM 4GB, dan baterai berkapasitas 4,000mAh, harga yang ditawarkan untuk smartphone ini sangat ramah di dompet.

(Fitriah Nurul/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kabut Asap Selimuti Bangkok Seminggu Lebih

Posted: 21 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabut asap menyelimuti kota Bangkok, Thailand selama seminggu lebih. Asap membuat cuaca udara di Bangkok masuk kategori berbahaya hingga bisa menimbulkan penyakit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arteta Sebut Arsenal Tunjukkan Tiga Hal Saat Imbangi Chelsea dengan 10 Pemain

Posted: 21 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, London - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta mengaku bangga dengan perjuangan timnya memetik hasil imbang 2-2 atas Chelsea, Rabu (22/1/2020) dinihari tadi dalam lanjutan Liga Inggris. Menurutnya, para pemain Arsenal menunjukkan karakter dan kualitas mereka saat bermain dengan 10 pemain.

"Saya bangga. Spirit yang mereka tunjukkan, karakter, hasrat bertarung dan kepemimpinan, semua ada di sana," ujar Arteta seperti dilansir situs resmi klub.

Ya, Arsenal harus bermain dengan 10 pemain setelah David Luiz diganjar kartu merah wasit pada menit ke-26. Bek asal Brasil itu melanggar striker Chelsea, Tammy Abraham di kotak penalti.

Pelanggaran itu dibuat usai tandem Luiz, Shkodran Mustafi melakukan blunder. Itu membuat Abraham hanya berhadapan satu lawan satu dengan kiper Arsenal, Bernd Leno.

Luiz akhirnya terpaksa melanggar Abaraham yang hendak menendang bola masuk ke gawang yang telah kosong. Wasit pun menunjuk titik penalti.

Jorginho yang menjadi algojo sukses membobol gawang Leno. Arsenal lalu menyamakan kedudukan pada menit ke-63 lewat aksi individu Gabriel Martinelli.

Enam menit jelang bubar, Chelsea kembali unggul berkat gol Cesar Azpilicueta. Namun tendangan dari luar kotak penalti Hector Bellerin menggagalkan kemenangan tim tuan rumah.

 

Arteta Terkejut

Pemain Arsenal, Hector Bellerin, saat merayakan golnya ke gawang Chelsea dalam laga pekan ke-24 Premier League, Rabu (22/1/2020). Arsenal menahan imbang Chelsea dengan skor 2-2 meski bermain hanya dengan 10 pemain. (Daniel Leal-Olivas/AFP)
Pemain Arsenal, Hector Bellerin, saat merayakan golnya ke gawang Chelsea dalam laga pekan ke-24 Premier League, Rabu (22/1/2020). Arsenal menahan imbang Chelsea dengan skor 2-2 meski bermain hanya dengan 10 pemain. (Daniel Leal-Olivas/AFP)

Arteta mengaku terkejut, Arsenal punya daya juang untuk terhindar dari kekalahan. Menurutnya, hasil melawan Chelsea akan menjadi pengalaman berharga bagi para pemain.

"Kami bermain dengan mayoritas pemain muda dan apa yang mereka tunjukkan malam ini akan menjadi pengalaman hebat baginya. Jika Anda bermain total, semua bisa terjadi di sepak bola," ujarnya mengakhiri.

Tambahan satu poin cukup menjaga Arsenal tetap berada di 10 besar klasemen. Meriam London meraup 30 poin hasil dari 6 kali menang, 12 kali imbang, dan 6 kali kalah.

 

Klasemen Liga Inggris

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok di Video Viral Pria Mabuk Adalah Boy Hamzah, Akting demi Konten Vlog

Posted: 21 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Identitas seorang pria dalam video viral yang memperlihatkan seseorang tengah mabuk berat, terkuak sudah. Ternyata ia adalah aktor Boy Hamzah.

Hal ini diakui oleh manajer Boy Hamzah, Tata Liem. 

Meski begitu, ia mengatakan bahwa Boy Hamzah sebenarnya tidak mabuk. "Itu buat vlog, enggak mabuk," kata Tata Liem saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Selasa (21/1/2020).

Akting

Boy Hamzah. (Bambang E. Ros/bintang.com)
Boy Hamzah. (Bambang E. Ros/bintang.com)

Ia menyebutkan bahwa Boy Hamzah memang harus total dalam berakting mabuk di video ini. "Itu akting buat vlog say... Namanya aktor ya totalitas lah," tuturnya menambahkan. 

Nama Boy

Boy Hamzah
Boy Hamzah

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah akun gosip membagikan video saat beberapa sekuriti menenangkan seorang pria yang sedang mabuk. Suara yang terdengar menyebut-nyebut nama Boy.

Klarifikasi

Warganet langsung berspekulasi, dan mengarahkan tudingan kepada aktor sekaligus presenter Boy William. Enggan menjadi sasaran warganet, pria yang akan segera menikah itu segera memberikan klarifikasi lewat unggahan Instagram Story.

 

Sanggahan Boy

"Guys, video yang beredar yang ada nyebut-nyebut nama gue, itu bukan gue ya guys. Bukan Boy William yang dimaksud ya teman-teman. I drink, but I don't get drunk like that," tulis Boy.

 

(Tantri Dwi Rahmawati/ Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maling Gondol Ratusan Buku Nikah di Lamongan, Buat Apa?

Posted: 21 Jan 2020 09:00 PM PST

Timesindonesia - Lamongan - Sebanyak 366 pasang buku nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, hilang setelah dibobol maling.

Kepala KUA Deket, Muhammad Robih, mengatakan 366 pasang surat nikah yang hilang tersebut tersimpan di dalam lemari yang berada di dalam ruangannya.

"Untuk stok lama 66 pasang, yang baru 300 pasang. Jadi, total 366 pasang yang hilang," kata Robih, Selasa (21/1/2020), dikutip dari timesindonesia.co.id.

Robih menjelaskan, hilangnya buku nikah yqng masih kosongan tersebut diketahui pada Minggu pagi (19/1/2020), ketika salah satu staf KUA Kecamatan Deket, Siti Muzayamah, sedang kerja lembur.

Namun, pihaknya memang baru membuat laporan ke polisi hari ini karena menunggu nomor register yang hilang dari Kemenag.

Robih menambahkan, hilangnya ratusan pasang surat nikah kosong tersebut tidak berpengaruh terhadap pasangan pengantin yang menikah pada tahun ini.

"Sama sekali enggak ada yang tersisa, jadi untuk akad nikah tanggal 26, 27 ada dua dan tanggal 30 sudah saya konsultasikan sama binmas, disiapkan untuk ke depan," ucap Robih.

Sementara itu, Kapolsek Deket, AKP Sunaryo Putra, mengatakan dari hasil olah TKP, polisi mendapati adanya perusakan dua pintu dan pintu lemari tempat penyimpanan buku nikah.

"Lihat dari cek TKP, pelaku masuk lewat pintu belakang dengan cara mencongkel pintu. Tapi tidak ada barang bukti apa pun, cuma ada bekas pintu rusak. Untuk di Wilayah Deket Lamongan baru kali ini," kata Sunaryo.

Baca berita menarik Timesindonesia lainnya.

Akhmad Mundzirul Awwal/PNJ.

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menengok Persiapan Tahun Baru Imlek 2020 di Aceh

Posted: 21 Jan 2020 09:00 PM PST

Seorang pria membersihkan tempat abu dupa di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)
Seorang pria membersihkan tempat abu dupa di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Seorang pria membersihkan tempat abu dupa di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Seorang pria saat membersihkan patung dewa dan dewi di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)
Seorang pria saat membersihkan patung dewa dan dewi di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Seorang pria saat membersihkan patung dewa dan dewi di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Seorang pria membersihkan tempat abu dupa di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)
Seorang pria membersihkan tempat abu dupa di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Seorang pria membersihkan tempat abu dupa di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Seorang wanita menyalakan dupa di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)
Seorang wanita menyalakan dupa di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Seorang wanita menyalakan dupa di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Dua wanita meletakkan dupa di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)
Dua wanita meletakkan dupa di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Dua wanita meletakkan dupa di sebuah kuil China menjelang Tahun Baru Imlek di Banda Aceh (19/1/2020). Tahun Baru Imlek jatuh pada 25 Januari tahun ini dan menandai Tahun Tikus. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat Rekayasa Genetik, Ilmuwan Buat Nyamuk Aedes aegypti Kebal Virus DBD

Posted: 21 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Para ilmuwan berhasil melakukan rekayasa genetik nyamuk Aedes aegypti untuk menghentikan penularan virus dengue penyebab demam berdarah.

Tim ilmuwan gabungan menyatakan bahwa mereka berhasil melakukan rekayasa genetik terhadap nyamuk agar resisten dalam penyebaran empat jenis virus dengue.

"Kemajuan terbaru dalam teknologi rekayasa genetika telah memungkinkan untuk menciptakan nyamuk dengan kompetensi vektor yang berkurang, membatasi kemampuan mereka untuk memperoleh dan mengirimkan patogen," tulis para ilmuwan dalam laporannya sepert dikutip dari CNET pada Senin (20/1/2020).

Dalam penelitiannya, mereka melakukan modifikasi pada nyamuk Aedes aegypti betina dengan antibodi terhadap virus. Mereka menemukan, serangga percobaan tersebut tidak mampu menyebarkan penyakit.

"Begitu nyamuk betina mengambil darah, antibodi diaktifkan dan diekspresikan, itu pemicunya," kata salah satu penulis Omar S. Akbari dari University of California San Diego, Amerika Serikat.

Mencegah Penularan ke Manusia

Ilustrasi Foto Nyamuk (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Nyamuk (iStockphoto)

Akbari menambahkan, antibodi tersebut dapat menghambat replikasi virus dan mencegah penyebarannya ke seluruh nyamuk, yang kemudian mencegah penularannya ke manusia.

"Itu pendekatan yang sangat kuat," kata Akbari.

"Perkembangan ini berarti di masa mendatang, mungkin ada pendekatan genetik yang layak untuk mengendalikan virus dengue di lapangan, yang dapat membatasi penderitaan dan kematian manusia," Akbari menambahkan seperti dikutip dari Science Daily.

Akbari bersama rekan-rekannya saat ini sedang dalam tahap awawl metode pengujian untuk menetralisir nyamuk secara bersamaan, agar mampu melawan demam berdarah serta virus lain seperti Zika, demam kuning, dan chikungunya.

Temuan ini dimuat dalam jurnal PLOS Pathogens.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarjana Hukum Islam Amir Mohammed al-Salbi Jadi Bos Baru ISIS?

Posted: 21 Jan 2020 08:58 PM PST

Liputan6.com, Irak - ISIS dikabarkan telah menunjuk seorang pemimpin baru untuk menggantikan pendahulunya, Abu Bakar al-Baghdadi. Bos kelompok militan itu tewas bunuh diri saat disergap pasukan Operasi Khusus AS kompleks di utara Provinsi Idlib Suriah pada Oktober 2019.

Informasi yang beredar, seperti dikutip dari fox News, Rabu (22/1/2020), pengganti bos ISIS itu diidentifikasi sebagai Amir Mohammed Abdul Rahman al-Mawli al-Salbi. Ia adalah anggota pendiri ISIS yang memimpin perbudakan minoritas Yazidi Irak dan mengawasi operasi besar di seluruh dunia.

The Guardian menyebut Salbi sebagai keturunan Turki yang lahir di Kota Tal Afar di Irak, hal tersebut menjadikannya salah satu dari sedikit pemimpin non-Arab dalam kelompok teroris.

Sejumlah media menyebut pria berjuluk profesor itu diyakini memiliki setidaknya satu putra.

Bertemu Baghdadi

Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi (AP / AFP PHOTO)
Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi (AP / AFP PHOTO)

Amir Mohammed Abdul Rahman al-Mawli al-Salbi disebutkan memiliki gelar sarjana hukum syariah dari University of Mosul.

Statusnya sebagai seorang sarjana hukum Islam memungkinkannya untuk naik melalui pangkat dan melalui sanksi genosida terhadap Yazidi.

Pada 2004, ia bertemu Baghdadi ketika ditahan oleh pasukan AS.

Ia bertemu Baghdadi di Camp Bucca, di bagian selatan Irak.

Dia dikonfirmasi sebagai pemimpin baru dalam beberapa jam setelah kematian Baghdadi pada Oktober lalu. Sebelumnya, nama bos ISIS pengganti Abu Bakar al-Baghdadi diesbutkan sebagai Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurashi. 

Laporan The Guardian menyebut penunjukan bos baru ISIS itu dirahasiakan. Menurut sumber intelijen, Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurash adalah nama alias.

Keberadaannya Masih Belum Diketahui

Ilustrasi Anggota ISIS (AFP Photo)
Ilustrasi Anggota ISIS (AFP Photo)

Sebelum penyerbuan yang dipimpin AS, Departemen Luar Negeri telah menawarkan hadiah sebesar $ 5 juta untuk informasi atas Salbi, serta dua anggota terkemuka lainnya dari kelompok teroris.

Namun sampai saat ini, keberadaan Salbi yang sebenarnya masih belum diketahui.

Sejak kematian Baghdadi, Salbi diketahui mengkonsolidasi ulang ISIS sambil memanfaatkan generasi militan yang lebih muda.

Para pejabat intelijen mengatakan tidak mungkin ia bersembunyi di provinsi Idlib di mana Baghdadi terbunuh.

Perburuan telah meluas ke Turki, di mana Salbi diyakini telah memelihara hubungan dengan saudaranya, Adel Salbi, seorang perwakilan di sebuah partai politik yang disebut Turkmen Iraqi Front.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asisten SDM Kapolri Kecewa Brimob Lepas Tembakan di Objek Wisata Sulbar

Posted: 21 Jan 2020 08:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Asisten SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri mengaku kecewa dengan ulah anggota Brimob di Polewali Mandar yang melepaskan tembakan di kawasan objek wisata Salu Pajaan, Binuang, Sulawesi Barat. Dia menyesalkan adanya penggunaan senjata tanpa tujuan melindungi warga.

"Hal seperti ini jangan terulang karena polisi sebagai penegak hukum juga harus taat pada hukum dan aturan yang berlaku," tutur Eko dalam keterangannya, Rabu (22/1/2020).

Eko menegaskan, penggunaan senjata api secara sembarangan sangatlah dilarang. Polisi seharusnya dapat mengedepankan pendekatan persuasif saat terjadi ketegangan di masyarakat.

"Harus menjadi teladan dalam masyarakat, kalau ada persoalan harus diselesaikan dengan cara-cara yang baik," kata dia.

Sebelumnya, Kapolda Sulawesi Barat, Brigjen Baharuddin Djafar menyesalkan insiden ribut antara Komandan Kompi (Danki) Brimob Batalyon A Polman, Ipda Ojan Prabowo, dengan warga. Dia juga meminta maaf pada masyarakat.

"Saya sudah sampaikan permintaan maaf kepada masyarakat," kata Baharuddin Djafar yang dikonfirmasi, Selasa 21 Januari 2020.

Keributan antara anggota Brimob dan warga terjadi di lokasi wisata pemandian Salu Pajaan di Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Polman, Sulawesi Barat, pada Senin 20 Januari 2020.

Awal Mula Keributan

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Keributan terjadi gara-gara karcis masuk di lokasi wisata tersebut. Bahkan sekelompok personel polisi sempat datang ke lokasi untuk melepaskan Ipda Ojan dari sandera warga. Sampai terdengar tembakan dan hal ini juga diakui Kapolda.

"Kapolres Polman telah mendamaikan kedua belah pihak tapi tidak berarti kasus ini selesai karena oknum Danki Brimob ini akan diperiksa internal dan saat ini dia sudah ada di Mapolda untuk menjalani pemeriksaan," ujarnya.

Sebenarnya, kata Baharuddin, hal yang wajar bila anggota polisi mempertanyakan apakah pungutan yang diberlakukan untuk pengunjung legal atau tidak. Hanya saja, mungkin cara bertanya yang dilakukan anak buahnya tidak pantas sehingga menimbulkan keributan.

"Seharusnya kalau menemukan kesalahan di situ (lokasi wisata), dia tidak ribut dengan pengelola. Harusnya dia bilang ke Polsek atau Polres bahwa di situ ada pungli, tidak usah menangani sendiri," tegas Baharuddin Djafar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Naomi Osaka Melaju ke Putaran Ketiga Australia Terbuka

Posted: 21 Jan 2020 08:55 PM PST

Petenis Jepang Naomi Osaka mengembalikan bola saat menghadapi petenis China Zheng Saisai pada pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). Naomi mengalahkan Saisai dan melaju ke putaran ketiga Australia Terbuka. (AP Photo/Andy Brownbill)
Petenis Jepang Naomi Osaka mengembalikan bola saat menghadapi petenis China Zheng Saisai pada pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). Naomi mengalahkan Saisai dan melaju ke putaran ketiga Australia Terbuka. (AP Photo/Andy Brownbill)

Petenis Jepang Naomi Osaka mengembalikan bola saat menghadapi petenis China Zheng Saisai pada pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). Naomi mengalahkan Saisai dan melaju ke putaran ketiga Australia Terbuka. (AP Photo/Andy Brownbill)

Petenis China Zheng Saisai mengembalikan bola saat menghadapi petenis Jepang Naomi Osaka pada pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). Naomi mengalahkan Saisai dan melaju ke putaran ketiga Australia Terbuka. (AP Photo/Andy Brownbill)
Petenis China Zheng Saisai mengembalikan bola saat menghadapi petenis Jepang Naomi Osaka pada pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). Naomi mengalahkan Saisai dan melaju ke putaran ketiga Australia Terbuka. (AP Photo/Andy Brownbill)

Petenis China Zheng Saisai mengembalikan bola saat menghadapi petenis Jepang Naomi Osaka pada pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). Naomi mengalahkan Saisai dan melaju ke putaran ketiga Australia Terbuka. (AP Photo/Andy Brownbill)

Petenis China Zheng Saisai mengembalikan bola saat menghadapi petenis Jepang Naomi Osaka pada pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). Naomi mengalahkan Saisai dan melaju ke putaran ketiga Australia Terbuka. (AP Photo/Andy Brownbill)
Petenis China Zheng Saisai mengembalikan bola saat menghadapi petenis Jepang Naomi Osaka pada pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). Naomi mengalahkan Saisai dan melaju ke putaran ketiga Australia Terbuka. (AP Photo/Andy Brownbill)

Petenis China Zheng Saisai mengembalikan bola saat menghadapi petenis Jepang Naomi Osaka pada pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). Naomi mengalahkan Saisai dan melaju ke putaran ketiga Australia Terbuka. (AP Photo/Andy Brownbill)

Petenis Jepang Naomi Osaka (kanan) bersalaman dengan petenis China Zheng Saisai usai memenangkan pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). Naomi mengalahkan Saisai dan melaju ke putaran ketiga Australia Terbuka. (AP Photo/Andy Brownbill)
Petenis Jepang Naomi Osaka (kanan) bersalaman dengan petenis China Zheng Saisai usai memenangkan pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). Naomi mengalahkan Saisai dan melaju ke putaran ketiga Australia Terbuka. (AP Photo/Andy Brownbill)

Petenis Jepang Naomi Osaka (kanan) bersalaman dengan petenis China Zheng Saisai usai memenangkan pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). Naomi mengalahkan Saisai dan melaju ke putaran ketiga Australia Terbuka. (AP Photo/Andy Brownbill)

Petenis Jepang Naomi Osaka melambaikan tangan saat meninggalkan Margaret Court Arena setelah mengalahkan petenis China Zheng Saisai pada pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). (AP Photo/Andy Brownbill)
Petenis Jepang Naomi Osaka melambaikan tangan saat meninggalkan Margaret Court Arena setelah mengalahkan petenis China Zheng Saisai pada pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). (AP Photo/Andy Brownbill)

Petenis Jepang Naomi Osaka melambaikan tangan saat meninggalkan Margaret Court Arena setelah mengalahkan petenis China Zheng Saisai pada pertandingan tunggal putri putaran kedua di Australia Terbuka, Melbourne, Australia, Rabu (22/1/2020). (AP Photo/Andy Brownbill)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Dirut Garuda, Ini Sepak Terjang Irfan Setiaputra

Posted: 21 Jan 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - BUMN penerbangan Garuda Indonesia telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) hari ini, Rabu, 22 Januari 2020. Agenda RUPS tersebut salah satunya membahas penunjukkan direksi baru maskapai penerbangan nasional tersebut.

Akhirnya, RUPS menetapkan Irfan Setiaputra sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia yang baru.

Lalu, siapa Irfan Setiaputra dan apa saja sepak terjangnya di BUMN?

Irfan ialah mantan Direktur Utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI).

Pria kelahiran 24 Oktober 1964 ini adalah lulusan Sarjana Teknik Informatika ITB angkatan 1989. Dirinya pernah memimpin perusahaan swasta dan BUMN, seperti IBM, LinkNet dan Cisco, hingga PT INTI.

Pada tahun 2000, Irfan mendapatkan penghargaan IBM Star of the STARS Award, IBM Professional Achievement Award, dan Best CEO versi majalah SWA.

Kemudian pada Maret 2009, dirinya ditunjuk menjadi Direktur Utama PT INTI oleh Menteri BUMN saat itu, Sofyan Djalil. Namun karena merasa gajinya lebih kecil dari jabatannya sebelumnya, Irfan akhirnya mengundurkan diri.

Dalam perjalanan karier selanjutnya, Irfan menjadi Dirut PT Titan Mining Indonesia pada 2012 hingga 2014. Dirinya juga menjadi CEO PT Cipta Kridatama pada 2014 hingga 2017 dan COO ABM Investama Tbk pada 2015 hingga 2016.

Irfan kemudian melanjutkan kariernya memimpin Reswara Minergi Hartama sebagai President Director dan CEO pada Mei 2017 hingga Desember 2017.

Sebelum ditunjuk memimpin Garuda Indonesia, dirinya menjadi CEO Sigfox Indonesia, pengelola jaringan Internet of Things (IoT) terbesar di dunia sejak Februari 2019.

Dirut Baru Garuda Indonesia Diumumkan Hari Ini

Garuda Indonesia (Foto: AFP / Adek BERRY)
Garuda Indonesia (Foto: AFP / Adek BERRY)

Maskapai penerbangan pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu (22/1/2020) ini di Tangerang.

Salah satu agenda RUPSLB tersebut adalah penunjukan direksi baru Garuda setelah ditinggal direksi lama imbas kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton beberapa waktu lalu.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berang ketika mengetahui hampir seluruh lapisan direksi Garuda bekerja sama "mensukseskan" penyelundupan itu. Tak tanggung-tanggung, Erick langsung mencopot lima direksi Garuda Indonesia yang terlibat.

Kelima direksi tersebut adalah Direktur Utama Ari Ashkara, Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, Direktur Human Capital Heri Akhyar, dan Direktur Operasi Bambang Adisurya Angkasa.

Setelah kepergian Ari, beragam spekulasi nama-nama calon bos Garuda Indonesia bermunculan. Nama Irfan Setiaputera menjadi santer diperbincangkan. Kabarnya, mantan Dirut PT Inti ini adalah kandidat terkuat.

 

Nama-nama Lainnya

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf memberikan sambutan dalam acara pembukaan Pasar Kita oleh Sahabat UMKM di Lippo Mall Puri, Jakarta, Sabtu (10/3). Kegiatan Pasar Kita akan berlangsung pada tanggal 10-11 Maret. (Liputan6.com/Pool)
Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf memberikan sambutan dalam acara pembukaan Pasar Kita oleh Sahabat UMKM di Lippo Mall Puri, Jakarta, Sabtu (10/3). Kegiatan Pasar Kita akan berlangsung pada tanggal 10-11 Maret. (Liputan6.com/Pool)

Lalu tersiar kabar pula bahwa mantan Kepala Bekraf Triawan Munaf masuk dalam bursa komisaris. Lalu, posisi wakil komisaris juga kabarnya bakal diisi oleh Chairal Tanjung.

Meski demikian, baik dari pihak Garuda Indonesia maupun Kementerian BUMN sebagai pemegang saham mayoritas tidak memberikan petunjuk apa pun kepada publik.

"Kami tidak mungkin melangkahi keputusan RUPS, tunggu tanggal 22 saja," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga beberapa waktu lalu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Sunda Empire di Bandung, Klaim Bisa Kendalikan Nuklir

Posted: 21 Jan 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu masyarakat Indonesia dihebohkan dengan munculnya klaim kerajaan baru, yaitu kerajaan Keraton Agung Sejagat. Keraton Agung Sejagat diketahui didirikan di Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 

Keraton Agung Sejagat juga mengklaim sebagai keraton penerus Kerajaan Majapahit dan memiliki kekuasaan di seluruh dunia. Dan baru-baru ini masyarakat kembali dihebohkan dengan munculnya kelompok yang mengatasnamakan diri Sunda Empire-Earth Empire.

Kelompok ini memprediksi pemerintahan dunia akan berakhir pada 15 Agustus 2020 mendatang. Kemunculan Sunda Empire ini pertama kali diketahui dari facebook. Aktivitas Sunda Empire diketahui dari unggah akun facebook Renny Khairani Miller pada (9/7/2019).

Foto-foto dan video yang diunggah akun facebook Renny Khairani Miller langsung viral pada Januari 2020. Tak jauh beda dari Keraton Agung Sejagat, Sunda Empire juga menyebut bahwa mereka akan menyelamatkan dunia.

Setelah ramai kerajaan Keraton Agung Sejagat, berikut 6 fakta Sunda Empire yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/1/2020).

1. Pakaian Mirip TNI

Viral beredar soal Sunda Empire-Earth Empire yang ada di Bandung, Jawa Barat. (Istimewa)
Viral beredar soal Sunda Empire-Earth Empire yang ada di Bandung, Jawa Barat. (Istimewa)

Dari beberapa foto kegiatan Sunda Empire terlihat beberapa orang anggota menggunakan pakaian mirip seragam TNI. Dalam sebuah pertemuan mereka kompak mengenakan pakaian mirip seragam TNI loreng-loreng hingga menggunakan baret.

Dalam salah sartu video tentang Sunda Empire terlihat seorang pria yang mengaku sebagai Grand Prime Minister tengah memberikan pengarahan kepada anggota Sunda Empire-Earth Empire.

Mereka juga terlihat mengenakan jas lengkap dengan lencana khas tentara. Di depan anggotanya, Grand Prime Minister itu menyebut pada 2020 banyak negara yang akan datang ke Bandung dan mendaftar sebagai anggota Sunda Empire-Earth Empire.

2. Punya Konten YouTube

Viral beredar soal Sunda Empire-Earth Empire yang ada di Bandung, Jawa Barat. (Istimewa)
Viral beredar soal Sunda Empire-Earth Empire yang ada di Bandung, Jawa Barat. (Istimewa)

Sunda Empire merupakan sebuah perkumpulan yang mengklaim dirinya sebagai kekaisaran bumi dan matahari. Bahkan mereka juga membuat konten-konten video yang berkaitan dengan Sunda Empire di YouTube.

Sunda Empire ini memiliki kanal YouTube bernama Alliance Press International. Salah satu video tertanggal unggah 6 Juli 2019 menyebutkan, pemerintahan dunia akan segera berakhir.

Seorang pria dalam video tersebut bernama HRH Rangga, mengaku dirinya sebagai Gubernur Jenderal Nusantara. Diketahui Sunda Empire cukup eksis mengunggah video-video pertemuan dan seluk beluk kekaisarannya.

3. Klaim Beranggota 54 Negara

Ilustrasi peta dunia China. (Liputan6/AVCJ)
Ilustrasi peta dunia China. (Liputan6/AVCJ)

Dalam channel YouTube tersebut petinggi Sunda Empire HRH Rangga mengungkapkan Sunda Empire terbagi menjadi enam wilayah. Pertama ada Sunda Atlantik di mana Bandung sebagai tera cop diplomatik dunia.

Kedua, Sunda Nusantara adalah tatanan negara di mana tatanan tersebut dimulai dari Benua Australia, Papua Nugini, Indonesia di dalamnya. Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Benua Cina seluruhnya.

Kemudian ada juga Mongolia, Rusia, Jepang, Korea Selatan dan Korea Utara. Kurang lebih Sunda Nusantara meliputi 54 negara di dunia. Lalu ada pula Sunda Eropa, Sunda Pasifik, Sunda Archipelago, dan Sunda Mainland.

4. Tidak Berkaitan dengan Suku Sunda

Viral beredar soal Sunda Empire-Earth Empire yang ada di Bandung, Jawa Barat. (Istimewa)
Viral beredar soal Sunda Empire-Earth Empire yang ada di Bandung, Jawa Barat. (Istimewa)

Petinggi Sunda Empire HRH Rangga menjelaskan bahwa Sunda Empire ini tidak ada kaitannya dengan suku Sunda. Menurutnya, Sunda Empire-Earth Empire itu merupakan sebuah kekaisaran bumi dan matahari.

'Sunda Empire-Earth Empire itu adalah kekaisaran matahari, kekaisaran bumi. Juga diartikan Sunda itu suku Sunda tapi ini adalah tindakan, proses turun-temurun kekaisaran dari dinasti ke dinasti dan saat ini dinasti Sundakala" ungkapnya di YouTube Alliance Press International.

5. Bertujuan untuk Menata Dunia

Viral beredar soal Sunda Empire-Earth Empire yang ada di Bandung, Jawa Barat. (Istimewa)
Viral beredar soal Sunda Empire-Earth Empire yang ada di Bandung, Jawa Barat. (Istimewa)

Rangga menjelaskan tujuan Sunda Empire ini untuk menata kembali tatanan dunia untuk mencapai perdamaian dunia.

"Sunda Empire adalah tujuannya membangun terwujudnya kesejahteraan rakyat, manusia di alam jagad raya ini, kemudian membuat kedamaian dunia," katanya.

Ia berkeyakinan bahwa keberadaan Sunda Empire punya fungsi penting untuk membenahi tatanan pemerintahan.

"Memerankan atas misi penting atas tatanan pemerintahan yang mungkin pada posisi tertentu adanya carut marut susunan pemerintahan, ini akan ditata kembali," ujar Rangga.

6. Bisa Mengendalikan Nuklir

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

Menurut Rangga, Sunda Empire juga mampu menghentikan perang nuklir yang saat tengah terjadi. Ia mengklaim Sunda Empire memiliki sebuah sistem yang lebih tinggi hingga mampu menghentikan nuklir. Ia juga mengklaim dalam sistemnya ini Jack Ma dan Bill Gates akan bergabung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Md: Protes Soal Omnibus Law Bisa Langsung ke Saya

Posted: 21 Jan 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Kemananan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengaku tak masalah apabila ada masyarakat yang bertentangan terkait dengan Rancangan Undang-Undang Omnibus Law. Bahkan, dirinya mempersilahkan kelompok yang bertentangan itu untuk menyampaikan langsung kepada dirinya.

"Demo tidak apa-apa, disalurkan saja masukan. Apa yang ingin di sampaikan," kata Mahfud, di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Hanya saja dirinya tak ingin, masyarakat salah anggapan mengenai RUU Ombibus Law yang kini tengah digodok oleh pemerintah dan DPR. Sebab, Omnibus Law sendiri dibuat untuk cipta lapangan kerja agar mendatangkan investasi ke dalam negeri.

"Jika Omnibus Law rampung akan ada perubahan besar pergerakan ekonomi dan kebijakan Indonesia. Terkait cipta lapangan kerja, perpajakan, dan lain lain," jelas dia.

Di samping itu, dirinya juga menepis adanya isu yang menyebutkan bahwa RUU Onmibus Law dibuat pemerintah untuk kongkalikong dengan asing. Menurutnya itu adalah pemahaman keliru, sebab aturan ini akan mempermudah izin baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Tidak ada itu. Karena ini berlaku dengan keduanya baik dalam negeri dan domestik. Apalagi spesifik ini (katanya) ini untuk mempermudah China masuk itu salah paham. Padahal cipta lapangan kerja untum mendatangkan investasi. Siapa yang berinvestasi? China, Jepang, Qatar, siapa saja," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Buruh di Tangerang Akan Unjuk Rasa Tolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja

Buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) berdemonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/1/2020). Massa menyuarakan penolakan mereka terhadap Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Lapangan Kerja. (Liputan6.con/Johan Tallo)
Buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) berdemonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/1/2020). Massa menyuarakan penolakan mereka terhadap Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Lapangan Kerja. (Liputan6.con/Johan Tallo)

Ribuan buruh dari berbagai elemen dan serikat pekerja di Kota Tangerang, akan berunjuk rasa di depan plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. Aksi ini sebagai bentuk penolakan mereka terhadap Rancangan Undang-undang Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja.

Lebih kurang 5.000 buruh akan turun ke jalan siang nanti. "Kami sampaikan maaf kepada masyarakat karena demo," ujar Ketua DPD KSPSI Provinsi Banten, Dedi Sudarajat, Rabu (22/1/2020).

"Hampir semua karyawan akan ikut total demo ini. Jadi, kami menolak Omnibus Law Ketenagakerjaan karena sistem ini menghancurkan kesejahteraan buruh," sambungnya.

Menurutnya, para buruh akan bergerak dari sejumlah titik. Bahkan akan ada long march atau konvoi kendaraan.

Konvoi buruh dimulai dari wilayah barat dan timur Tangerang, dengan titik temu massa di bilangan Tanah Tinggi untuk bersama-sama menuju Gedung DPRD Kota Tangerang di kawasan Puspemkot Tangerang.

"Mulai pukul 6 pagi, satgas serikat pekerja mulai menduduki semua pintu kawasan industri di Kota Tangerang," tutur Dedi.

Dedi menambahkan, aksi unjuk sudah diberitahukan ke kepolisian beberapa hari lalu.

"Jadi, jika polisi membubarkan, jelas kami akan melawan," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Nama Komisaris Baru Garuda Indonesia, dari Triawan Munaf hingga Yenny Wahid

Posted: 21 Jan 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu ini. Salah satu agenda rapat tersebut adalah perombakan kepengurusan.

Selain mengubah susunan direksi, RUPSLB Garuda Indonesia ini juga merombak susunan komisaris. Terdapat nama-nama baru dalam susunan komisaris ini.

Nama baru dalam susunan komisaris Garuda Indonesia tersebut antara lain Triawan Munaf. Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ini didapuk menjadi Komisaris Utama. Selain itu juga ada nama Yenny Wahid. Putri dari Presiden RI ke-4 ini menjabat sebagai Komisaris Independen.

Nama baru lainnya adalah Elisa Lumbantoruan yang menduduki posisi Komisaris Independen. Sebelumnya, Elisa merupakan Presiden Direktur dan CEO ISS, sebuah perusahaan alih daya multinasional.

Sedangkan komisaris lainnya adalah nama lama yaitu Chairal Tanjung. Sebelumnya Chairal Tanjung menjabat sebagai Komisaris Independen. Sedangkan saat ini ia menduduki posisi Wakil Komisaris Utama.

Peter Gontha juga bergabung kembali untuk menduduki posisi Komisaris. Sebelumnya Peter Gontha pernah menduduki posisi komisaris di Garuda Indonesia.

 

Berikut Susunan Lengkap Komisaris Garuda Indonesia:

Susunan Komisaris Baru

1. Komisaris Utama: Triawan Munaf

2. Wakil Komisaris Utama: Chairal Tanjung

3. Komisaris Independen : Yenny Wahid

4. Komisaris Independen: Elisa Lumbantoruan

5. Komisaris : Peter Gontha

 

Susunan Komisaris Lama

1. Komisaris Utama : Sahala Lumban Gaol

2. Komisaris : Chairal Tanjung

3. Komisaris Independen: Eddy Porwanto Poo

4. Komisaris independen : Insmerda Lebang

5. Komisaris independen : Herbert Timbo Parluhutan Siahaan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sah, Irfan Setiaputra Ditetapkan Jadi Dirut Garuda Indonesia

Posted: 21 Jan 2020 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) telah mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Hasilnya, Irfan Setiaputra ditetapkan menjadi Dirut Garuda Indonesia menggantikan Ari Ashkara.

RUPSLB Garuda Indonesia sendiri diadakan di Auditorium Garuda City Center (GCC) Garuda Indonesia Management Building, Komplek Perkantoran Soekarno Hatta.

"Direktur Utama dijabat oleh Irfan Setyaputra," ujar mantan Komisaris Utama Garuda Indonesia, Sahala Lumban Gaol di Tangerang, Rabu (22/1/2020).

Irfan Setiaputra sebenarnya bukan orang baru di BUMN. Dia pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT INTI (Persero) di era Menteri BUMN kala itu, Sofyan Djalil.

Tidak hanya penetapan dirut, RUPSLB juga menetapkan beberapa nama sebagai komisaris baru Garuda Indonesia. Nama-nama tokoh masyarakat mengisi jabatan ini. Dia adalah Triawan Munaf hingga putri Presiden Republik Indonesia ke-4, Yenny Wahid.

Berikut Daftar Susunan Direksi dan Komisaris Baru Garuda Indonesia

Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)
Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Komisaris:

1. Komisaris Utama: Triawan Munaf

2. Wakomut Komisaris: Chairal Tanjung

3. Komisaris Independen : Yenny Wahid

4. Komisaris Independen: Elisa Lumbantoruan

5. Komisaris : Peter Gontha

Direksi:

1. Direktur Utama : Irfan Setiaputra

2. Wakil Direktur Utama : Dony Oskaria

3. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Fuad Rizal

4. Direktur Operasi : Tumpal Manumpak Hutapea

5. Direktur Human Capital : Aryaperwira Adileksana

6. Direktur Teknik : Rahmat Hanafi

7. Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan IT : Ade R. Susardi

8. Direktur Niaga dan Kargo : M. Rizal Pahlevi

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: