Minggu, 05 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


13 Reaksi Suporter Liverpool usai Curtis Jones Cetak Gol Cantik ke Gawang Everton

Posted: 05 Jan 2020 10:40 PM PST

Liverpool - Liverpool berhasil mengandaskan perlawan Everton di Piala FA, Minggu (5/1). The Reds menghajar rival tetangga mereka itu 1-0 di Stadion Anfield. Kemenangan atas The Toffes semakin indah lantaran Jurgen Klopp kebanyakan mengandalkan pemain muda.

Yap, Klopp berjudi dengan menurunkan tim muda pada laga lawan Everton. Pemain skuat utama Liverpool yang diturunkan hanya James Milner, Adam Lallana, Joe Gomez, Divock Origi, kiper pelapis Adrian Castillo, serta rekrutan anyar Takumi Minamino.

Sementara, manajer Everton, Carlo Ancelotti justru lebih mengandalkan tim utamanya. Kendati demikian, The Toffes tetap tak mampu mempermalukan Liverpool di depan pendukungnya.

Gol gelandang muda berusia 18, Curtis Jones pada menit ke-71 menjadi penentu kemenangan sekaligus memperpanjang tren negatif Everton yang tak bisa menang di Anfield sejak 1999. Tak hanya sebagai penentu kemenangan, Curtis Jones mencetak gol tersebut dengan cantik.

Curtis Jones melepaskan tendangan dari luar kotak penalti ke tiang jauh yang gagal dijangkau kiper Everton, Jordan Pickford. Jika dilihat secara jelas, gol yang dicetak Jones mirip dengan gol yang sering dilakukan mantan pemain Liverpoo yang kini membela Bayern Munchen, Philippe Coutinho.

Yap, pemain asal Brasil itu bisa dibilang cukup identik dengan sepakan melengkung dari luar kotak penalti ke tiang jauh yang berbuah gol. Hal itu juga sering dilakukan Coutinho saat masih berseragam The Reds.

Cara Curtis Jones mencetak gol ternyata membuat para fans Liverpool bereaksi. Tak sedikit yang memberikan pujian dengan menganggap Curtis Jones mirip dengan Philippe Coutinho. Berikut ini 13 di antaranya.

1. Reinkarnasi Philippe Coutinho

2. Philippe Coutinho Versi Lite

3. Jadi Kangen Philippe Coutinho

4. Philippe Coutinho 2.0

5. Main Ciamik Mirip Philippe Coutinho

6. Itu Curtis Jones Atau Philippe Coutinho?

7. Belajar Banyak dari Philippe Coutinho

8. Ditinggal Philippe Coutinho Muncul Curtis Jones

9. Philippe Coutinho Telah Kembali

10. Kerasukan Philippe Coutinho

11. Enggak Butuh Philippe Coutinho

12. New Philippe Coutinho

13. Jiwa Philippe Coutinho Masih di Liverpool

Disadur dari Bola.com (Faozan Tri Nugroho/Yus Mei Sawitri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Penyakit Jantung

Posted: 05 Jan 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang harus dihindari penyakit jantung mungkin sering kamu konsumsi. Apalagi kebanyakan makanan yang tidak baik untuk jantung ini merupakan makanan cepat saji yang praktis maupun penyedap rasa makanan.

Selain itu, minuman beralkohol dan minuman bersoda juga dapat menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Karena itu, kamu perlu berhati-hati dalam mengonsumsi berbagai makanan agar tidak terkena penyakit jantung.

Makanan yang harus dihindari penderita penyakit jantung perlu dikenali untuk mencegah dan mengatasinya. Apalagi, bagi penderita penyakit jantung, mengatur makanan adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk tetap menjaga jantung sehat dan meminimalisasi atau menurunkan risiko terjadinya serangan jantung

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/1/2020) tentang makanan yang harus dihindari penderita penyakit jantung.

Makanan Cepat Saji dan Gula

Ilustrasi makanan cepat saji atau fast food. (iStock)
Ilustrasi makanan cepat saji atau fast food. (iStock)

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji merupakan makanan pertama yang harus dihindari penderita penyakit jantung. Ahli kardiologi dari Universitas Hofstra, Regina Druz mengatakan konsumsi relatif tinggi lemak jenuh yang berasal dari hewan dan karbohidrat berdampak buruk bagi kesehatan jantung.

Memasak makanan sendiri bisa menjadi upaya untuk mengurangi kombinasi lemak jenuh dan karbohidrat.

Contoh makanan cepat saji ini adalah menu kentang goreng di restoran, yang tentu mengandung banyak garam dan lemak. Selain itu, metode penggorengan konvensional yakni deep fry menghasilkan lemak trans yang terbukti meningkatkan jenis kolesterol jahat dan menurunkan jenis lemak yang baik.

Sebuah studi menyebut orang yang makan kentang goreng dua hingga tiga kali seminggu berpeluang meninggal lebih awal karena serangan jantung.

Gula

Semakin banyak mengonsumsi garam, gula, dan lemak, maka semakin tinggi pula risiko terkena penyakit jantung. Konsumsi gula tingkat tinggi berkontribusi memunculkan obesitas, peradangan, kolesterol tinggi, diabetes, yang semuanya merupakan faktor pemicu penyakit jantung.

Maka dari itu, mulailah untuk menguranginya dalam makanan. Makan sayur dan buah untuk mengimbangi nutrisi tubuh.

Daging Olahan dan Margarin

Sosis (sumber: Pixabay)
Sosis (sumber: Pixabay)

Daging Olahan

Makanan yang harus dihindari penderita penyakit jantung berikutnya adalah daging olahan. Daging olahan seperti sosis dan bacon biasanya mengandung lemak jenuh tinggi. Inilah alasan mengapa daging olahan masuk ke dalam makanan yang harus dihindari penderita penyakit jantung.

Kalaupun memilih jenis yang mengandung lemak jenuh kadar rendah, kamu harus waspadai kandungan garamnya yang tinggi. Enam potong daging olahan saja bisa mengandung setengah kebutuhan garam harian, menurut asosiasi kesehatan jantung di Amerika.

Menurut Ketua Program Kesehatan Jantung Wanita dari Pusat Medis Universitas Negeri Ohio, orang-orang harus membatasi asupan garam karena sodium berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

Margarin

Makanan yang harus dihindari penderita penyakit jantung selanjutnya adalah margarin. Konsumsi makanan mengandung lemak trans yang tinggi seperti pada margarin kemungkinan besar meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Agar aman, pilihlah margarin yang tidak mengandung minyak terhidrogenasi parsial, atau tetap dengan minyak zaitun sebagai gantinya.

Pizza dan Mi Instan

Photo by Engin Akyurt from Pexels
Photo by Engin Akyurt from Pexels

Pizza

Sebagian pizza bisa menjadi makanan yang menyehatkan jika diolah dengan benar. Tapi kebanyakan, pizza diolah dengan jumlah sodium, lemak, serta kalori tinggi. Tentu hal ini dapat meningkatkan risiko alami gangguan jantung.

Makanan yang harus dihindari penderita penyakit jantung ini mengandung sodium dan lemak jenuh, bahkan di topping-nya (bila itu daging). Sebaiknya pilih topping sayuran sebagai gantinya.

Mi Instan

Meskipun enak dan cepat disajikan, sering makan mi instan akan meningkatkan risiko perubahan metabolisme karena kandungan natrium yang tinggi, lemak jenuh, dan beban glikemik. Orang yang mengidap sindrom metabolik cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan berisiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Soda dan Alkohol

Ilustrasi minuman soda. (dok. pexels.com/rawpixel)
Ilustrasi minuman soda. (dok. pexels.com/rawpixel)

Soda

Sejumlah penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi soda cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori daripada mereka yang tidak minum soda. Selain itu, bahan kimia dalam minuman soda sebenarnya dapat mengubah bakteri pencernaan dan membuat orang lebih rentan mengalami kenaikan berat badan. Berat badan berlebih merupakan salah satu faktor munculnya risiko penyakit jantung.

Alkohol

Alkohol adalah jenis minuman yang harus dihindari penderita darah tinggi. Meski tubuh normal dan kadar trigliseridanya tak tinggi, mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat menaikkan tekanan darah, gagal jantung, stroke, dan penambahan berat badan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terparkir 4 Tahun di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Pemilik Mobil BMW Dicari

Posted: 05 Jan 2020 10:36 PM PST

Liputan6.com, Denpasar - Sebuah mobil BMW menyita perhatian karena terparkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, selama 4 tahun. Belum diketahui siapa pemiliknya, mobil tersebut ditutup rapi dengan cover agar terhindar dari panas dan hujan.

Menurut Communication and Legal Bandara I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim, mobil tersebut memiliki warna merah marun dan terparkir sejak September 2016.

"Mobil itu masuk sejak September 2016, atau lebih tepatnya 22 September 2016," katanya seperti dilansir Merdeka.com.

Telah melakukan pengecekan ke Samsat Denpasar, mobil dengan nomor polisi DK 118 AV ini diketahui terakhir membayar pajak pada tahun 2014 silam.

"Setelah kami lakukan cek, bahwa mobil tersebut terakhir bayar pajak kendaraan di Samsat Denpasar terakhir tahun 2014," ujar Arie.

Viral di Media Sosial

Beberapa media sosial baru-baru dihebohkan dengan pengumuman pencarian pemilik mobil BMW yang memarkirkan kendaraannya selama 4 tahun, salah satunya akun Twitter @ndorokakung.
Beberapa media sosial baru-baru dihebohkan dengan pengumuman pencarian pemilik mobil BMW yang memarkirkan kendaraannya selama 4 tahun, salah satunya akun Twitter @ndorokakung.

Sementara itu, Kapolsek Udara Bandara I Gusti Ngurah Rai Kompol Agung Budiarto menyampaikan, pihaknya sedang mencari pemilik mobil itu.

"Sedang kita cari alamatnya tidak ketemu. Kita masih cari (pemiliknya)," tuturnya.

Beberapa media sosial baru-baru dihebohkan dengan pengumuman pencarian pemilik mobil BMW yang memarkirkan kendaraannya selama 4 tahun, salah satunya akun Twitter @ndorokakung.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Santai Sambut Bursa Transfer, Begini Reaksi Bobotoh di Dunia Maya

Posted: 05 Jan 2020 10:35 PM PST

Jakarta - Persib belum banyak melakukan aktivitas di bursa transfer. Padahal, sejumlah klub pesaing sudah bergerak cepat memburu pemain yang diinginkan.

Tim yang sudah mulai bergerak aktif, antara lain Persija Jakarta dan juara Liga 1 2019, Bali United. Mereka sudah mengumumkan beberapa pemain baru untuk musim depan.

Persija contohnya, yang sudah merekrut Alfath Faathier, Otavio Dutra, dan Muhammad Rafli Nursalim. Adapun pemain baru di Bali United antara lain Hariono, Gavin Kwan Adsit, Nadeo Argawinata, dan Muhammad Rahmat.

Di sisi lain, Persib baru mengumumkan Victor Igbonefo sebagai rekrutan di bursa transfer musim ini. Bek naturalisasi tersebut mengungkap akan gabung Persib Bandung pada Kamis (9/1/2020). Pemain yang sebelumnya memperkuat klub Thailand, PTT Rayong, tersebut memastikan sudah siap memberikan yang terbaik untuk tim Maung Bandung.

"Saya senang bisa kembali gabung ke Persib dan sudah tidak sabar berjumpa bobotoh," ungkap Victor Igbonefo saat dihubungi pada Jumat (3/1/2020).

Adapun pemain-pemain lain masih sebatas rumor. Satu di antaranya, Persib dikabarkan sedang bersaing dengan Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya untuk merekrut Andy Setyo. Sang pemain jadi incaran banyak klub setelah tampil impresif bersama Tira Persikabo dan Timnas Indonesia U-22. 

Kompetisi Liga 1 2020 rencananya bergulir pada Maret. Meskipun masih punya waktu persiapan dua bulan, bobotoh mulai gundah terhadap Persib yang terkesan santai di bursa transfer pemain. 

Berikut ini beberapa komentar bobotoh tentang aktivitas Persib di bursa transfer yang terkesan adem ayem. 

 

1. Bobotoh Tak Sabar Menunggu Pemain Baru

2. Transfer Pemain Masih Senyap

3. Tak Sabar Juga

4. Menunggu Itu Greget

5. Semoga Pemain Baru Sesuai Ekspektasi

6. Jadi Kurang Gereget

7. Harus Selektif Pilih Pemain

8. Jangan Kalah dengan Klub Lain

9. Ujung-ujungnya Begini

Komentar Lain

Komentar lain dari bobotoh juga membanjiri kolom komentar di Instagram Persib saat mengunggah foto ucapan selamat hari Minggu dengan foto pemain-pemain di pinggir kolam renang, Minggu (5/1/2020). 

Bukannya mengomentari foto para pemain, bobotoh lagi-lagi malah menanyakan kabar transfer pemain baru. 

"Masih kami pantau keluarnya caption welcome (selamat datang)," tulis akun @wadaadr. 

"Pemain baru kapan min?" tulis akun @fatur_kaleboze13. 

"Kirain pemain baru," kata akun @riickyrs. 

"Pemain baru woy diem-diem bae, banyak duit tapi ribet, pelit deh," tulis akun @hanifsafrija. 

"Bolak-balik IG biar ada pemain baru dari kemarin, nyatanya belum ada ha ha," tulis pemilik akun @zulfamialf. 

Disadur dari: Bola.com (penulis Yus Mei, published 6/1/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 3 Korban Luka Ambruknya Gedung 4 Lantai di Slipi

Posted: 05 Jan 2020 10:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gedung empat lantai di wilayah Slipi, Jakarta Barat ambruk, Senin (6/1/2020). Gedung tersebut berada di Kota Bambu Selatan I, Blok Tali, No 15, RT 2/RW 9, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.

Tiga orang dilaporkan terluka akibat tertimpa material gedung ambruk tersebut.

Kepolisian langsung turun ke lokasi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Informasi sementara, insiden gedung ambruk itu terjadi sekitar pukul 9.30 WIB tadi.

"Kami sedang mengecek dan olah TKP bangunan rubuh," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya, Senin (6/1/2020).

Polisi belum bisa memastikan apa penyebab bangunan tinggi itu ambruk. Begitu juga terkait jumlah kerugian akibat insiden tersebut.

"Sementara korban jiwa nihil, hanya tiga orang luka. Kerugiannya masih dihitung," kata Yusri.

Berikut Data 3 Korban:

Gedung empat lantai di Slipi, Jakarta Barat ambruk. (Dok Istimewa)
Gedung empat lantai di Slipi, Jakarta Barat ambruk. (Dok Istimewa)

1. Evan Juliansyah kelahiran Madiun, 15 Juli 1967, warga Kp Gaga, Jalan Amil Abas, Larangan Selatan, Kota Tangerang.

2. Febriani, Jakarta 15 Februari 1983, warga Tanjung Duren Utara, Grogol, Petamburan, Jakarta Barat.

3. Muhamad Iqbal, Jakarta 26 September 1982. Warga Kebon Mangga, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Persiapan Prajurit TNI Mengamankan Laut Natuna dari Kapal China

Posted: 05 Jan 2020 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapal nelayan China masih bertahan di Laut Natuna, Kepulauan Riau hingga Minggu, 5 Januari 2020. Hal ini berdasarkan pengakuan dari Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono.

Dilansir Liputan6.com dari Instagram Puspen TNI @puspentni, Senin (6/1/2020), Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono memimpin apel gelar pasukan pengamanan Laut Natuna. Pasukan yang terlibat dalam apel tersebut berjumlah kurang lebih 600 personel dan berasal dari berbagai kompi.

"(Pasukan) Terdiri dari 1 Kompi TNI AD Batalyon Komposit 1 Gardapati, 1 Kompi Gabungan TNI AL terdiri dari personel Lanal Ranai, unsur KRI Teuku Umar 385 dan KRI Tjiptadi 381, Satgas Komposit Marinir Setengar, serta 1 Kompi TNI AU (Lanud Raden Sadjad dan Satrad 212 Natuna)," tulis @puspentni dalam unggahannya pada Minggu, 5 Januari 2020.

Melalui pengarahannya kepada para prajurit, Yudo Margono menegaskan, ada pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh kapal pemerintah asing di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI).

"(Pelanggaran) Berupa penangkapan ikan secara ilegal yang dikawal oleh kapal Coast Guard asing merupakan ancaman pelanggaran wilayah pemerintah Indonesia," tulis @puspentni.

Oleh karena itu, TNI wajib melakukan penindakan hukum terhadap pelanggar asing yang telah memasuki wilayah dan kegiatan ilegal berupa penangkapan ikan tanpa izin dari pemerintah Indonesia.

Berikut potret sangarnya pasukan TNI siap amankan Laut Natuna dari kapal China:

Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono memberikan arahan saat apel pasukan jaga Laut Natuna.

Gagah dan sangarnya pasukan TNI gelar apel siap amankan Laut Natuna dari kapal China. (Twitter @Puspen_TNI)
Gagah dan sangarnya pasukan TNI gelar apel siap amankan Laut Natuna dari kapal China. (Twitter @Puspen_TNI)

Mulai 1 Januari 2020, telah didelegasikan tugas dan wewenang kepada Pangkogabwilhan I untuk menggelar operasi menjaga wilayah kedaulatan Indonesia dari pelanggar negara asing baik melalui darat, laut, maupun udara.

Gagah dan sangarnya pasukan TNI gelar apel siap amankan Laut Natuna dari kapal China. (Twitter @Puspen_TNI)
Gagah dan sangarnya pasukan TNI gelar apel siap amankan Laut Natuna dari kapal China. (Twitter @Puspen_TNI)

Pangkogabwilhan I meminta prajurit yang bertugas agar memahami aturan-aturan, baik hukum laut internasional maupun hukum nasional di wilayah laut Indonesia.

Gagah dan sangarnya pasukan TNI gelar apel siap amankan Laut Natuna dari kapal China. (Twitter @Puspen_TNI)
Gagah dan sangarnya pasukan TNI gelar apel siap amankan Laut Natuna dari kapal China. (Twitter @Puspen_TNI)

Pangkogabwilhan I juga meminta prajurit melaksanakan penindakan secara terukur dan profesional, sehingga tidak mengganggu hubungan negara tetangga yang sudah terjalin baik. Serta gunakan Role of Engagement (RoE) yang sudah dipakai dalam operasi sehari-hari.

Gagah dan sangarnya pasukan TNI gelar apel siap amankan Laut Natuna dari kapal China. (Twitter @Puspen_TNI)
Gagah dan sangarnya pasukan TNI gelar apel siap amankan Laut Natuna dari kapal China. (Twitter @Puspen_TNI)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyerang Bertopeng Menyerang Kampus, Puluhan Mahasiswa India Terluka

Posted: 05 Jan 2020 10:31 PM PST

Liputan6.com, New Delhi - Lebih dari 20 orang terluka di sebuah universitas India yang bergengsi setelah para penyerang bertopeng memasuki kampus di New Delhi dan menyerang para mahasiswa dengan tongkat.

Di tengah-tengah ketegangan yang semakin memanas terkait undang-undang kewarganegaraan pemerintah dan kenaikan biaya sekolah siswa, video di media sosial muncul dan menunjukkan para penyerang berkeliaran di universitas Jawaharlal Nehru (JNU) di ibu kota New Delhi pada hari Minggu.

Mereka terlihat memukuli siswa dengan tongkat hingga menyebabkan 23 siswa terluka.

Dilansir dari The Guardian, Senin (6/1/2020), polisi mengatakan bentrokan itu terjadi di antara kelompok-kelompok mahasiswa yang bersaing, tetapi politisi oposisi menyalahkan masalah itu pada organisasi mahasiswa yang terkait dengan perdana menteri, Narendra Modi.

"Dua kelompok bentrok satu sama lain dan beberapa siswa terluka," kata seorang perwira senior polisi Delhi kepada wartawan.

"Administrasi universitas telah meminta polisi untuk masuk (kampus)," kata pejabat itu, sambil menambahkan, "Segalanya sudah terkendali sekarang."

Tetapi Sitaram Yechury, sekretaris jenderal partai Komunis India, menyebut serangan itu sebagai "kolusi" antara administrasi JNU dan "preman" dari sebuah kelompok mahasiswa yang terkait dengan Modi's Bharatiya Janata party (BJP).

"Ini adalah serangan yang direncanakan oleh mereka yang berkuasa, yang takut akan perlawanan yang diberikan oleh JNU," kata Yechury.

Polisi melakukan pertempuran di jalan-jalan dengan para siswa JNU pada bulan November setelah protes meledak karena kenaikan biaya di universitas.

Organisasi-organisasi mahasiswa JNU yang didominasi oleh faksi-faksi sayap kiri sejak itu menggelar demonstrasi, menuntut kebijakan kenaikan biaya sambil menghadapi tuduhan menghalangi pejabat administrasi.

 

 

Universitas Jadi Tempat Tak Aman

Ilustrasi bendera India (AFP Photo)
Ilustrasi bendera India (AFP Photo)

Pada saat yang sama, India telah melihat serangkaian bentrokan keras yang telah menewaskan sejumlah warga di tengah protes atas undang-undang kewarganegaraan baru yang kontroversial, yang disahkan pemerintah Modi pada bulan Desember. Lebih dari 100.000 orang berbaris melalui kota Hyderabad pada hari Sabtu sebagai protes terhadap hukum.

Undang-undang tersebut memungkinkan New Delhi untuk memberikan kewarganegaraan yang dipercepat kepada minoritas dari tiga negara Islam tetangga yang memasuki India pada tanggal 31 Desember 2014, tetapi para kritikus mengatakan itu memarginalkan umat Islam di negara itu sebagai bagian dari agenda nasionalis Hindu yang lebih besar di Modi.

Pemerintah mengundang sejumlah bintang Bollywood dan tokoh-tokoh industri film ke sebuah pertemuan pribadi di Mumbai pada hari Minggu dalam upaya untuk mengumpulkan dukungan bagi undang-undang kewarganegaraan yang baru.

BJP menjauhkan diri dari insiden hari Minggu di JNU dan Akhil Bharatiya Vidhyarthi Parishad (ABVP), organisasi mahasiswa yang dipersalahkan atas kekerasan oleh oposisi, mengatakan bahwa 25 anggotanya terluka selama serangan kampus.

"Ini adalah upaya putus asa oleh pasukan anarki, yang bertekad untuk menggunakan siswa sebagai umpan meriam, (untuk) menciptakan keresahan untuk menopang jejak politik mereka yang menyusut. Universitas harus tetap menjadi tempat belajar dan pendidikan, "kata BJP di Twitter.

Seorang pejabat di Institut Ilmu Kedokteran Semua India (AIIMS) di Delhi mengatakan bahwa sebagian besar yang terluka di rumah sakit sedang menjalani perawatan untuk "laserasi, luka, dan memar."

"Serangan brutal terhadap siswa & guru JNU oleh preman bertopeng, yang telah menyebabkan banyak orang terluka parah, mengejutkan," tulis Rahul Gandhi di Twitter, seorang politisi terkemuka dari partai oposisi utama Kongres.

Ketua Menteri Delhi, Arvind Kejriwal, mengatakan: "Bagaimana negara akan maju jika siswa kita tidak akan aman di dalam kampus (universitas)?"

Universitas bergengsi ini merupakan almamater sejumlah politisi India termasuk menteri luar negeri Subrahmanyam Jaishankar, menteri keuangan Nirmala Sitharaman dan pemenang hadiah ekonomi Nobel tahun ini Abhijit Banerjee.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Bakal Buka Keran Impor Gula

Posted: 05 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berencana akan kembali membuka keran impor untuk gula rafinasi pada tahun ini. Di mana kebutuhan gula untuk industri per tahun berdasarkan catatan Kemenperin mencapai sebanyak 3,2 juta ton.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan kebutuhan gula untuk industri secara spesifikasi beda dengan kebutuhan gula konsumsi pada umumnya. Persoalannya, selama ini belum ada yang mampu memproduksi gula rafinasi secara masal.

"Mau tidak mau karena belum ada industri di dalam negeri yang supply tentu harus kita lakukan impor agar bisa bergerak," katanya di Kantornya, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Menteri Agus menyebut untuk memenuhi kebutuhan gula rafinasi ke depan pihaknya mengusulkan adanya revitalisasi dari pabrik gula yang selama ini tidak beroprasi khususnya pabrik gula milik BUMN dan BUMD. Beberapa pabrik-pabrik tersebut akan disisir dan dilakukan identifikasi apakah laik atau tidak.

 

Taiwan Siap Investasi

Kondisi mesin uap yang sudah tua terus dipaksa bekerja bersaing dengan mesin dengan teknologi lebih modern milik swasta. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)
Kondisi mesin uap yang sudah tua terus dipaksa bekerja bersaing dengan mesin dengan teknologi lebih modern milik swasta. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Di samping itu, dirinya menyebut ada salah satu perusahaan asal Taiwan, yakni Taiwan Sugar Corp (TSC) yang bersedia melakukan investasi di Indonesia khususnya dalam sektor industri gula. Namun persoalannya mereka masih mempertimbangkan lahan untuk beropasi.

Untuk itu, pihaknya akan merevitalisasi seluruh pabrik yang tidak berfungsi. Sehingga, investor bisa masuk, apalah secara mitra maupun membeli pabrik tersebut

"Kalau mereka bisa masuk, investor, kepada industri yang ada tapi tidak fungsional itu akan lebih cepat solusi ketersediaan gula dalam negeri bisa ditutup dengan industri," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Bayi Anjing Laut Berpose Layaknya Model Ini Bikin Gemas

Posted: 05 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jika membahas tentang dunia binatang pasti tidak pernah ada habisnya. Dunia binatang ternyata menawarkan banyak keunikan dan keindahan. Apalagi terkadang hewan-hewan ini punya tingkah yang menggemaskan dan lucu. Bahkan ada juga yang bertingkah layaknya model.

Sekarang ini banyak hewan yang merambah menjadi model dan melakukan pemotretan. Sebagian dari mereka bahkan memang ada yang sudah sadar kamera sejak kecil layaknya manusia. Seperti potret bayi anjing laut yang berhasil diabadikan oleh fotografer hewan, Johan Siggesson.

Dalam hasil foto-fotonya tersebut terlihat seekor bayi anjing laut sedang bersantai di pinggir pantai Horsey, Norvolk, Inggris layaknya sedang berjemur. Bukannya takut saat melihat Johan berjalan-jalan di pinggir pantai, bayi mamalia laut ini justru tetap kalem. Si bayi anjing laut ini terlihat tidak berpindah sama sekali.

Melihat momen gemas ini, Johan mengambil kamera dan mulai memotret. Saat Johan mulai memotret, bayi anjing laut tersebut justru berpose layaknya model profesional. Berikut 6 potret bayi anjing laut berpose yang Liputan6.com rangkum dari Instagram @johan_siggesson_photo, Senin (6/1/2020).

1. Awalnya Johan Siggesson menemukan bayi anjing laut gemas ini saat ia berjalan-jalan di pantai Horsey di Norfolk.

Potret Bayi Anjing Laut Berpose Layaknya Model (sumber: Instagram/@johan_siggesson_photo)
Potret Bayi Anjing Laut Berpose Layaknya Model (sumber: Instagram/@johan_siggesson_photo)

2. Diduga bayi anjing laut itu sedang menikmati cuaca cerah setelah sebelumnya Norfolk dilanda cuaca buruk.

Potret Bayi Anjing Laut Berpose Layaknya Model (sumber: Instagram/@johan_siggesson_photo)
Potret Bayi Anjing Laut Berpose Layaknya Model (sumber: Instagram/@johan_siggesson_photo)

3. Begini gayanya saat menikmati pemandangan pantai layaknya manusia.

Potret Bayi Anjing Laut Berpose Layaknya Model (sumber: Instagram/@johan_siggesson_photo)
Potret Bayi Anjing Laut Berpose Layaknya Model (sumber: Instagram/@johan_siggesson_photo)

4. Bukannya takut, saat difoto ia justru semakin berpose layaknya model profesional.

Potret Bayi Anjing Laut Berpose Layaknya Model (sumber: Instagram/@johan_siggesson_photo)
Potret Bayi Anjing Laut Berpose Layaknya Model (sumber: Instagram/@johan_siggesson_photo)

5. Bagaimana? Fotogenik banget ya si bayi anjing laut ini. Bahkan manusia saja tak semua bisa fotogenik.

Potret Bayi Anjing Laut Berpose Layaknya Model (sumber: Instagram/@johan_siggesson_photo)
Potret Bayi Anjing Laut Berpose Layaknya Model (sumber: Instagram/@johan_siggesson_photo)

6. Sadar kamera, anjing laut ini melambai-lambai ke arah kamera dan melelehkan hati semua orang.

Potret Bayi Anjing Laut Berpose Layaknya Model (sumber: Instagram/@johan_siggesson_photo)
Potret Bayi Anjing Laut Berpose Layaknya Model (sumber: Instagram/@johan_siggesson_photo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra: Tidak Benar Prabowo Lembek soal Natuna

Posted: 05 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Gerindra Andre Rosiade angkat suara soal pernyataan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terkait Natuna. Dia membantah bahwa pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Ketua Umum Gerindra tersebut bersikap lembek.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengatakan Indonesia akan bersikap cool dan santai dalam menanggapi masuknya kapal coast guard milik Cina ke perairan Natuna. Pernyataan ini, sempat dinilai sebagai tanda lembeknya sikap Mantan Danjen Kopassus tersebut.

"Tidak benar Pak Prabowo lembek," ungkap Andre dalam pesan singkat, Senin (6/1/2020).

Menurut dia, sikap Prabowo sama dengan sikap tegas yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

"Sikap beliau tentu sama dengan yang disampaikan Menlu," tegas Andre.

Hanya saja, sebagai Menhan, jelas Andre, Prabowo tentu mempertimbangkan untuk tidak membuat pernyataan yang bisa memperuncing persoalan.

"Tapi tentu beliau tidak mungkin mengeluarkan pernyartaan yg memperuncing permasalahan," ujar dia.

Sikap tegas Menhan, lanjut dia, sudah ditunjukkan dengan mengirimkan pasukan TNI untuk melakukan operasi di Natuna. "Yang jelas beliau sebagai Menhan sudah mengirmkan TNI ke Natuna," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putra Ahok dan Puput Lahir, Warganet Banjiri Ucapan Selamat di Media Sosial

Posted: 05 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari keluarga Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Selasa (6/1/2020), istri Ahok, Puput Nastiti Devi melahirkan anak pertamanya berjenis kelamin laki-laki di RS Ibu dan Anak Bunda, Menteng, Jakarta.

Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf membagikan kabar bahagia tersebut melalui akun Instagram pribadinya @triawanmunaf. Dalam unggahannya, Triawan Munaf menunjukkan foto bayi laki-laki Ahok dan puput diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama.

"Selamat atas lahirnya "Yosafat Abimanyu Purnama" Selamat Pak BTP dan Bu Puput. Ada yang pergi, ada yang tiba di bumi ini," tulis @triawanmunaf.

Kabar tersebut sontak membuat publik, khususnya para pengguna jejaring sosial turut merasakan kebahagiaan yang dirasakan keluarga Ahok.

Ucapan dan Doa dari Warganet

(@triawanmunaf/instagram.com)
(@triawanmunaf/instagram.com)

Pantauan Citizen6-Liputan6.com, hingga kini lini masa Twitter dibanjiri dengan twit ucapan selamat dan doa atas kelahiran buah hati Ahok dan Puput. Berikut beberapa twit warganet yang berhasil dirangkum dari Twitter.

"Selamat bayi Ahok dan Puput telah lahir Dan diberi nama Yosafat Abimanyu PurnamaSemoga ibu dan bayi nya sehatDan Semoga anknya menjadi anak yg berguna bagi orang tua dan negara Aamiin. Selamat yah Pa Ahok @basuki_btp," kata akun @DiantyYasmin3.

"Selamat untuk pak Ahok @basuki_btp dan mbak Puput telah melahirkan bayi laki-laki yang diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama.. Semoga menjadi anak kebanggaan keluarga dan bangsa," tulis akun @anglingdharmax.

Sementara akun @agus_tty memberi ucapan selamat untuk Ahok dan Puput. "@basuki_btp Selamat atas kelahiran putra koh Ahok, Yosafat Abimanyu Purnama. Melengkapi kebahagian RT koh Ahok, semoga berkat bagi bangsa & negara serta keluarga. GBU."

"Selamat atas kelahiran putra Bapak Basuki Tjahaja Purnama @basuki_btp & Mba Puput. Ananda Yosafat Abimanyu Purnama. Semoga menjadi Anak yang berbakti kepada Orang tua, Agama dan Negara, Aamiin," sahut akun @P3nj3l4j4h_.

(Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memori Ria Irawan dan Mick Jagger Berboncengan Sepeda di Indonesia

Posted: 05 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya Ria Irawan pada Senin (6/1/2020) pagi membawa duka mendalam bagi rekan-rekan sesama artis. Salah satunya adalah Rian vokalis D'Masiv.

Rian D'Masiv menulis kalimat belasungkawa atas wafatnya Ria Irawan dalam sebuah unggahannya di Instagram. "Innalillahi wa inna illaihi rajiun. selamat jalan mba @riairawan ..Turut berduka cita, semoga almarhumah husnul khotimah, tulis Rian D'Masiv.

Ia menyertakan unggahan ini dengan sebuah foto istimewa Ria Irawan. Yakni saat bintang film Berbagi Suami ini tengah berboncengan di atas sepeda dengan vokalis The Rolling Stones, Mick Jagger.

Naik Sepeda

Ria Irawan dan Mick Jagger (Instagram/ rianekkypradipta)
Ria Irawan dan Mick Jagger (Instagram/ rianekkypradipta)

Dalam foto tersebut, Ria Irawan berboncengan dengan Mick Jagger di atas sepeda onthel. Keduanya tampak tersenyum semringah; Ria melihat ke arah kamera sementara Mick tak lepas menatap jalan.

"Foto ini moment saat @mickjagger manggung di jakarta tahun 1988," tulis Rian, memberikan konteks waktu dalam foto ini.

 

Konser Akbar

Mick Jagger.  (Photo by Rob Grabowski/Invision/AP)
Mick Jagger. (Photo by Rob Grabowski/Invision/AP)

Pada 30 Oktober 1988, Mick Jagger memang sempat mengadakan konser solo di Senayan, Jakarta Pusat. Situs Ensiklopedia Jakarta mencatat konser Mick Jagger merupakan salah satu panggung musik musisi asing terbesar yang diselenggarakan di Indonesia pada masa itu.

Sempat Menginap

Majalah Tempo edisi 3 Desember 1988, sempat memuat wawancara dengan Ria Irawan mengenai kedekatan hubungannya dengan Mick Jagger.

Kala itu, Ria yang baru berumur 19 tahun, mengaku berusaha keras untuk dekat dengan Mick Jagger. Sayang, vokalis dunia tersebut hanya mau berbicara dua kalimat dengannya. Namun setelah ngobrol di sebuah diskotek, Ria dan Mick akhirnya dekat.

"Mick sempat menginap di rumah saya," kata Ria kala itu.

Piknik di Kebun Raya

Karena fasih berbahasa Inggris, Mick Jagger akhirnya mengajak Ria menemaninya berkeliling Jakarta, bahkan keduanya sempat piknik di Kebun Raya Bogor dan perkebunan teh di Puncak, Jawa Barat. "Mick suka naik sepeda dan memboncengkan saya," kata Ria Irawan kala itu.

Tak hanya itu, Mick Jagger ternyata doyan dengan makanan Sunda.

Petai Cina

Ria juga punya satu cerita menggelikan saat berinteraksi dengan Mick Jagger. Ia rupanya kebingungan menerjemahkan nama sayuran petai cina dalam bahasa Inggris. 

"Saya kelabakan menerjemahkannya, Masa, Chinese Lover, sih?" tuturnya kala itu.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Brad Pitt Raih Aktor Pendukung Terbaik Golden Globe 2020

Posted: 05 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Brad Pitt terpilih sebagai aktor pendukung terbaik di Golden Globe 2020. Penghargaan tersebut ia dapatkan lewat perannya di 'Once Upon a Time in Hollywood'.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ria Irawan Meninggal, Ini Deretan Pesohor dengan Riwayat Kanker Kelenjar Getah Bening

Posted: 05 Jan 2020 10:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kanker kelenjar getah bening merupakan penyakit kanker mematikan dengan menyerang sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi. Setiap orang mempunyai kelenjar getah bening, namun sulit dilihat dan diraba.

Kanker kelenjar getah bening dapat menimbulkan pembengkakan yang disebabkan adanya infeksi pada sistem kekebalan tubuh. Berikut ini adalah public figure yang menderita penyakit kanker kelenjar getah bening:

1. Ria Irawan

Seperti yang dilansir dari Viva.co.id, baru-baru ini aktris senior, Ria Irawan, divonis mengidap kanker kelenjar getah bening sejak tahun 2009. Dengan melakukan serangkaian pengobatan, Ria Irawan sempat dikabarkan sembuh dari penyakitnya. Namun, kanker kelenjar getah bening yang diidapnya kembali aktif dengan stadium tiga. Tak putus harapan, Ria Irawan terus berjuang melawan penyakitnya tersebut.

Dengan Kondisinya yang kian menurun, Ria Irawan kembali mendapatkan perawatan yang serius sejak 1 September 2019. Tak hanya itu, ia juga diketahui mengidap tumor di bagian kepalanya yang membuatnya kesulitan berbicara dan kehilangan keseimbangan. Kondisi Ria Irawan semakin kritis hingga menghembuskan napas terakhirnya pada 6 Januari 2020.

2. Aldi Taher

Dapat dilihat kembali, pada tahun 2016, Aktor Indonesia, Aldi Taher berjuang melawan kanker kelenjar getah bening stadium satu. Tentunya, Aldi juga telah rutin menjalani serangkaian pengobatan.

Selain melakukan serangkaian pengobatan, Aldi juga melakukan cek perkembangan selnya melalui medical check-up secara berkala. Aldi juga melakukan kegiatan yang sifatnya menyenangkan dan menyehatkan. Sebisa mungkin Aldi juga harus relaks, berpikiran positif, dan bersemangat untuk sehat. Hal tersebut berdasarkan lansiran dari Liputan6.com.

3. Olga Syahputra

Presenter dan komedian, Olga Syahputra mengalami penyakit serupa dengan Ria Irawan dan Aldi Taher. Sejak divonis mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening stadium 4, Olga mulai di rawat di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura dengan melakukan istirahat total di kamar perawatannya saja tanpa menjalani kemoterapi dan operasi apapun. Pada 27 Maret 2015, akhirnya Olga menghembuskan napas terakhirnya dengan mengidap kanker kelenjar getah bening stadium empat.

4. Ustaz Arifin Ilham

Berdasarkan yang dilansir dari Dream.co, sejak didiagnosis mengidap kanker kelenjar getah bening stadium 4, Ustaz Arifin Ilham melakukan pengobatan secara intensif, seperti kemoterapi. Selain itu, ia juga rutin melakukan pengobatan alternatif yang sesuai dengan syariat Islam, seperti bekam. Harapan penyakitnya akan sembuh dalam waktu yang singkat telah pupus karena Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada 22 Mei 2019.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPK: Jiwasraya Tak Hanya Kasus Kriminal dan Pidana

Posted: 05 Jan 2020 10:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan memperketat pengawasan bagi setiap transaksi yang melibatkan keuangan negara. Langkah ini dilakukan pasca kasus gagal bayar klaim PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang tengah menjadi polemik.

Ketua BPK Agung Firman Sampurna menjelaskan bahwa kasus yang menimpa Jiwasraya tersebut juga bersinggungan dengan masalah manajemen risiko (risk management).

"Terkait kasus Jiwasraya tidak hanya kasus pidana dan kriminal, tapi ada kasus risk management. Ini penting sebagai pedoman dan menjaga penjaga kita dalam mengelola keuangan negara. Kami akan ada program penguatan risk management," ujar dia di Auditorium BPK, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Menurut Agung, perlu dilakukan berbagai upaya dalam menjalankan pengawasan risk management. Seperti yang terpenting adalah pengawasan manajemen risiko bisnis dan penilaian market.

"Risk assesment ada 5 hal. Dua hal pertama yaitu business risk structure dan penilaian market, itu yang penting," kata dia.

Dalam pengawasan ini, BPK juga menekankan pada matriks risiko bisnis yang merupakan kondisi berisiko signifikan dan potensi gagal mencapai tujuan dari suatu perusahaan.

Selain itu, lantaran kasus seperti Jiwasraya ini terjadi dalam beberapa periode kepemimpinan, maka perubahan kebijakan juga perlu jadi perhatian dalam tahap pemeriksaan.

"Aturan perundangan yang berubah-ubah, sebagian pimpinan baru kadang merubah kebijakan. Perubahan ini memiliki risiko. Kemudian juga hubungan dengan stakeholder, kinerja keuangan, lalu risiko sistem informasi," tuturnya.

Blak-blakan Dirut Jiwasraya Soal Masalah Perusahaan

Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko (dok: Ilyas Istianur Praditya
Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko (dok: Ilyas Istianur Praditya

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memang sudah bermasalah sejak 2006. Hal ini terbukti dengan kondisi ekuitas perusahaan saat itu yang negatif Rp 3,29 triliun.

Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko blak-blakan mengenai mengapa Jiwasraya sudah bermasalah sejak lama. Perusahaan plat merah ini, dikatakannya fokus bisnisnya sudah salah, khususnya dalam penjualan produk.

Hexana menyatakan selama ini Jiwasraya menawarkan produk tradisional dengan skema garansi jangka panjang dengan menawarkan bunga sampai dengan 14 persen net. Hal ini diklaim mampu merugikan perusahaan sepanjang masa.

Hal ini diperparah dengan penerbitan produk Savings Plan. Produk ini menawarkan guaranteed return 9-13 persen selama 2013 hingga 2018 dengan periode pencairan setiap tahun. Hal ini yang dianggap Hexana produk yang tidak masuk akal.

"Return yang dihasilkan Jiwasraya Saving Plan saja lebih besar dibandingkan tingkat bunga deposito, bond yield, da lainnya. Logikanyas aja sudah tidak masuk," kata dia saat berbincang dengan wartawan, Jumat (27/12/2019).

Rencana Bisnis Jiwasraya ke Depan

Jiwasraya
Jiwasraya

Saat ini, Hexana memiliki berbagai rencana terkait perbaikan bisnis perusahaan ke depannya, sembari secara bertahap mncairkan klaim para pemegang polis.

Ke depan, Jiwasraya akan difokuskan untuk menggarap produk unit link. Hal ini dinilai lebih transparan dan tidak menyalahi aturan OJK.

"kalau soal investasi, dalam lima tahun ke depan, paling cepat, kita akan perbesar penempatan di goverment bond dan instrumen BI," tegasnya.

Untuk goverment bond dia akan memporsikan investasi sebesar 30 persen, instrumen BI 30 persen, deposito 10 persen da 20 persen ke saham-saham bluechips.

Dengan begitu, Jiwasraya mampu menjadi perusahaan asuransi yang lebih sehat. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Perjalanan Karier Ria Irawan, dari Figuran hingga Sutradara Videoklip

Posted: 05 Jan 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali menghampiri dunia hiburan Tanah Air. Ria Irawan menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta pada Senin pagi (6/1/2020).

Wanita kelahiran 24 Juli 1969 ini meninggal dunia setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker yang terus menggerogoti tubuhnya. Sejak 2015 Ria Irawan terus berusaha melawan penyakit mematikan tersebut. Kemudian pada 2017 Ria sempat mengungkapkan bahwa sel kanker telah pergi dari tubuhnya.

Namun ia kembali harus melewati berbagai perawatan pada September 2019, karena sel kanker getah bening menyerang lagi. Penyakit tersebut telah menjalar ke paru-paru dan otaknya. Kendati demikian, semangat dan perjuangan Ria Irawan tak pernah pudar. Segala upaya telah ia tempuh demi mendapatkan kesembuhan.

Kabar atas kepergian Ria Irawan tentu mengundang perhatian dari publik. Warganet pun mengucapkan duka cita yang mendalam lewat akun Instagram Ria Irawan. Deretan selebriti Indonesia juga turut mengucapkan bela sungkawa.

Seperti diketahui Ria Irawan dikenal baik dan dekat dengan rekan selebriti lainnya. Tak hanya itu, wanita 50 tahun ini sudah bermain film sejak tahun 1970-an. Sosok Ria juga dikenal sebagai artis multitalenta. Selain sukses di dunia peran, ia juga piawai di balik layar hingga sempat berkecimpung di dunia tarik suara. Berikut perjalanan karier Ria Irawan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (6/1/2020).

1. Sebagai Figuran

Ria Irawan. (Fotografer: Febio Hernanto, Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Bintang.com)
Ria Irawan. (Fotografer: Febio Hernanto, Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Ria Irawan merupakan anak dari pasangan Bambang Irawan dan Ade Irawan. Ayah dari Ria Irawan tersebut juga seorang aktor dan sutradara. Jadi tak heran jika wanita 50 tahun ini juga berkecimpung di dunia hiburan Tanah Air.

Besar di lingkungan film, membuat Ria Irawan tertarik dengan akting. Sejak berusia empat tahun Ria mulai terjun di seni peran. Film pertama yang ia bintangi berjudul Sopir Taxi, tayang pada 1973. Kala itu Ria hanya berperan sebagai figuran, namun usaha dan aktingnya sempat jadi sorotan.

2. Membintangi film sejak usia belia

Ria Irawan (Instagram/riairawan)
Ria Irawan (Instagram/riairawan)

Memiliki bakat di dunia seni peran, kemudian Ria membintangi sejumlah film di usia yang masih belia pada tahun 1975. Mulai dari Fajar Menyingsing, Chicha, Siulan Rahasia, dan Istriku Sayang Istriku Malang.

Seiring berjalannya waktu, akting Ria semakin berkembang. Tahun berganti tahun, sudah lebih dari empat puluh film pernah ia bintangi.

3. Makin terkenal dan panen prestasi

Ria Irawan (Instagram/riairawan)
Ria Irawan (Instagram/riairawan)

Wanita pemilik nama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan berhasil memukau penonton lewat aksinya dalam film Kembang Kertas. Sejak saat itu sosoknya mulai menduduki puncak ketenaran sebagai aktris yang populer pada masanya.

Tak sampai disitu, berbagai prestasi pun Ria Irawan raih. Mulai dari sebagai nominasi, hingga berhasil menang penghargaan perfilman. Tercatat mulai 1985 hingga 2015, ia sudah masuk sebagai nominasi sebanyak 9 kali, termasuk Festival Film Indonesia.

Pada kurun waktu tersebut, Ria menang sebanyak lima kali. Salah satunya adalah meraih piala FFI tahun 1988 kategori Pendukung Wanita Terbaik dalam film Selamat Tinggal Jeanette.

4. Terjun di dunia tarik suara

Ria Irawan (Instagram/riairawan)
Ria Irawan (Instagram/riairawan)

Tak hanya sukses di dunia seni peran, Ria Irawan merambah dunia tarik suara. Istri Mayki Wongkar ini tergabung di grup vokal bernama Japras. Album yang ia keluarkan sempat meledak dan laris di pasaran.

Sebagai artis multitalenta, Ria sempat berkolaborasi dengan Rano Karno, bernyanyi dan membuat album dangdut bersama. Ia juga pernah membentuk trio bersama Nurul Arifin dan Ita Mustafa.

5. Menjadi produser, fotografer serta sutradara videoklip

Ria Irawan. (Deki Prayoga/Dream.co.id)
Ria Irawan. (Deki Prayoga/Dream.co.id)

Tak berhenti berkarya, Ria Irawan merambah sebagai produser albumnya sendiri. Berjudul Untuk Kamu, Ria Irawan bekerja sama dengan Deddy Dhukun.

Selain itu, ia juga menjajal dunia fotografi dan penyutradaraan videoklip. Ria pernah menggarap klip bersama seleb papan atas seperti Anggun C. Sasmi. Sedangkan untuk fotografi, Ria Irawan bekerja sama dengan Jay Subijakto dan Rizal Mantovani.

6. Sempat vakum

Ria Irawan (Deki Prayoga/Bintang.com)
Ria Irawan (Deki Prayoga/Bintang.com)

Ria Irawan pernah tinggal bersama sang kaka, Dewi di Milan. Tak hanya tinggal di sana, ia juga menempuh pendidikan seni, desain grafis. Kala itu, Ria sempat bolak-balik ke Indonesia untuk syuting film Kuldesak.

Namun setelah film Kuldesak tayang, pada 1996 Ria Irawan memutuskan untuk vakum. Ria pun memutuskan tinggal sementara di luar negeri.

7. Bermain film lagi

Ria Irawan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ria Irawan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Meski sempat vakum, Ria kembali ke layar lebar dengan membintangi Biola Tak Berdawai. Berkat perannya sebagai Renjani, Ria mendapat gelar The Best Actress dalam ajang Festival Film Asia Pasific di Iran pada 2003.

Kemudian ia bermain dalam film Madame X, Arisan!2, Romantini, Bulan di atas Kuburan dan terakhir pada tahun 2019 ia ikut bermain dalam Wedding Agreement.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melly Goeslaw Ceritakan Masa Kritis Ria Irawan

Posted: 05 Jan 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ria Irawan meninggal dunia Senin (6/1/20202) pagi, setelah berjuang melawan penyakit kanker getah bening yang menggerogoti tubuhnya. Sebagai sahabat, Melly Goeslaw yang saat ini tengah berada di Jepang ikut berduka atas meninggalnya Ria Irawan.

Meski jauh, Melly Goeslaw terus memantau Ria Irawan melalui kakaknya, aktris Dewi Irawan. Melalui akun Instagramnya, Melly Goeslaw menceritakan Ria Irawan sudah mulai kritis, Minggu (5/1/2020) malam.

"Jam 22.42 waktu Tokyo, liat hp ternyata kak Dewi foto detak jantung loe (Ria Irawan) udah rata gambarnya," tulis Melly Goeslaw di Instagramnya, Senin (6/1/2020).

Optimistis

[Foto: Instagram ]
[Foto: Instagram ]

Meski detak jantung Ria Irawan menghilang, Melly Goeslaw tetap optimistis dan berdoa sahabatnya bisa pulih.

"Gue masih optimis dan kasih semangat ke kak Dewi sambil berdoa dalam hati " Ya Allah selamatkan Ria," tulis Melly Goeslaw.

Detak Jantung Normal

Ria Irawan, sepertinya menjadi salah satu yang memiliki banyak kenangan bersama mendiang Deddy. Dan nampak bar-baru ini ia mendapat pesang lewat aplikasi chat dari seorang Deddy. (Deki Prayoga/Bintang.com)
Ria Irawan, sepertinya menjadi salah satu yang memiliki banyak kenangan bersama mendiang Deddy. Dan nampak bar-baru ini ia mendapat pesang lewat aplikasi chat dari seorang Deddy. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Senin (6/1/2020) dini hari detak jantung Ria Irawan kembali normal dilihat dari alat pendeteksi jantung.

"Jam 2.45 kak Dewi kirim foto lagi detak jantung loe udah kembali ada grafiknya," tulis Melly Goeslaw.

Meninggal Dunia

(Bambang E.Ros/Fimela.com)
(Bambang E.Ros/Fimela.com)

Melly Goeslaw sempat senang mengetahui kondisi Ria Irawan mulai membaik setelah sempat kritis. Namun ternyata kebahagiaan itu hanya sementara, dan ia mendapat kabar Ria Irawan ternyata sudah berpulang ke pangkuan Sang Khalik.

"Abis itu gue sempat waan sama kawan ngomongin soal kerjaan.Abis itu gue charge hp.Ngelamun aja sambil nunggu Subuh, trus ketiduran dan kebangun lagi jam 8 waktu sini, liat hp ternyata ada wa dari kak Dewi loe udah pergi Ri 😭😭😭😭😭😭," tulis Melly Goeslaw.

Doa Melly Goeslaw

(Bambang E.Ros/Fimela.com)
(Bambang E.Ros/Fimela.com)

Doa dipanjatkan Melly Goeslaw atas meninggalnya Ria Irawan. Ia juga berharap bisa bertemu dan disatukan kembali di dalam surga.

"Gue sayang loe, tp Allah lebih sayang lagi sama loe .Sekarang udah gak sakit lagi ya Ri, udah tenang, bahagialah di keabadian . Nanti ketemu gue lagi di Surga Allah. Kita ketawa2 lagi. •Alfatihah buat loe Ri 😭😭😭😭😭," tulis Melly Goeslaw.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Dapat Pemain Baru, 3 Pemain Ini Patut Masuk Radar MU

Posted: 05 Jan 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) sudah mengonfirmasi bakal belanja pemain di bursa transfer Januari. Hal itu disampaikan sang manajer, Ole Gunnar Solskjaer.

Manajer asal Norwegia itu mengakui, MU paling tidak butuh satu hingga dua pemain baru. Namun, Solskjaer tidak ingin timnya belanja asal-asalan.

Solskjaer ingin, manajemen MU jeli melihat pemain yang dibutuhkan di bursa transfer Januari.

"Anda dapat melihat ke dalam skuat dan Anda kadang berpikir, ya, satu atau dua tambahan pemain baru, bagus karena kami sedang membangun sesuatu," kata Solskjaer.

Seperti dilansir Sportskeeda, tiga pemain berikut rasanya dapat dipertimbangkan MU. Berikut daftarnya.

 

1. Emre Can

Emre Can (AFP/Miguel Medina)
Emre Can (AFP/Miguel Medina)

Keputusan bergabung dengan Juventus barangkali menjadi salah satu yang disesali Emre Can. Pasalnya, Bianconeri kerap memarkirknya di bangku cadangan.

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri pun tidak memasukkan Can ke dalam skuat untuk Liga Champions. Gelandang berusia 25 tahun itu juga belum pernah diturunkan sebagai pemain utama.

Terlepas dari hal itu, kualitas Can sepertinya dapat membantu MU di sisa musim ini. MU juga dapat saja mendatangkan Can dengan harga transfer yang murah.

2. Sean Longstaff

Sean Longstaff (Ist)
Sean Longstaff (Ist)

Namanya memang tidak setenar Can. Namun Sean Longstaff patut dipertimbangkan manajemen MU.

Ya, gelandang Newcastle United itu secara statistik cukup bagus. Di musim lalu, tingkat akurasi operan Longstaff mencapai 80 persen.

Gelandang berusia 22 tahun tersebut juga melepaskan rata-rata 3,3 umpan jauh per pertandingan. Longstaff juga dikenal punya gaya main yang enerjik dan dapat meringankan tugas Paul Pogba jika jadi bergabung ke MU.

3. Christian Eriksen

Christian Eriksen (AFP/Oli Scarff)
Christian Eriksen (AFP/Oli Scarff)

Ketertarikan MU kepada Eriksen bukan barang baru. Manajemen MU beberapa kali kabarnya coba menggoda Tottenham Hotspur untuk melepaskan gelandang asal Denmark itu, namun gagal.

Kini, Eriksen kabarnya punya kans besar untuk pergi. Pasalnya, ia belum juga memperpanjang kontrak dengan Spurs.

Namun MU perlu usaha ekstra jika ingin mendatangkan Eriksen. Pasalnya, Real Madrid disebut juga meminati mantan gelandang Ajax Amsterdam itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Menteri Edhy Soal Kapal China di Natuna: Kita Harus Tetap Cool

Posted: 05 Jan 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo meminta kepada masyarakat untuk tidak terlalu terporovokasi dengan isu Natuna. Untuk diketahui, sejumlah kapal China melintasi di Natuna dan mengklaim bahwa wilayah tersebut merupakan bagian dari Laut China Selatan.

Edhy menjelaskan, wilayah lautan Natuna memang daerah yang padat dilintasi kapal asing. Dia pun meminta agar masyarakat tak terpancing sebelum mengetahui apa jenis kapal yang ada di sana. Menurutnya, selain kapal nelayan, Natuna juga dilintasi kapal dagang dan kapal penumpang.

"Makanya kita jangan terpancing, terporovokasi, kita harus cool sikapi ini. Yang jelas kedaulatan di atas segala-galanya. Yang penting kita semua kompak di seluruh kementerian dan lembaga," tegas Edhy, Senin (6/1/2020).

Rencananya, Edhy bakal berkunjung ke Natuna guna menyambut Anak Buah Kapal (ABK) yang berhasil mengamankan 3 kapal ikan asing asal Vietnam di utara perairan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, pada Selasa 7 Januari 2020.

Saat ditanya apa langkah pemerintah selanjutnya terkait keberadaan kapal China di laut Natuna, Edhy belum mau banyak angkat bicara.

"Ya enggak usah saya ceritakan di sini. Jangan bicara detil dulu, ini hubungannya dengan keamanan dan kedaulatan negara. Yang penting kita tetap cool, tidak terpancing," tukas dia.

Pemerintah Kirim 100 Nelayan Pantura Cari Ikan di Laut Natuna

Kapal bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk nelayan di Kepulauan Natuna. (Gideon/Liputan6.com)
Kapal bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk nelayan di Kepulauan Natuna. (Gideon/Liputan6.com)

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md menerima 100 nelayan Pantai Utara Jawa (Pantura) yang akan dikirimkan pemerintah ke perairan Natuna, Kepulauan Riau. Mereka dikirim untuk mencari ikan di sana.

Belum lama ini, Indonesia dibikin geram dengan keberadaan nelayan-nelayan asing yang dikawal kapal coast guard China beraktivitas di laut Natuna Utara, Kepulauan Riau. Mahfud menegaskan, nelayan asing yang mencari ikan di perairan Natuna adalah pencuri.

"Natuna itu sekarang dimasuki kapal-kapal pencuri ikan. Pencuri ikan itu artinya mengambil ikan secara ilegal. Kalau mengambil secara ilegal itu artinya kan mencuri, jadi tidak ada minta maaf, mungkin agak kasar pencuri ikan itu, ya memang illegal fishing pengambilan ikan secara tidak sah berdasar hukum itu namanya pencuri, sehingga kita menyebutnya agak kasar, pencuri ikan," kata Mahfud di Kemenko Polhukam, Senin (6/1/2019).

Mahfud menegaskan, berdasarkan hukum internasional, perairan Natuna adalah wilayah sah Indonesia. Dengan begitu, hanya Indonesia yang berhak mengeksplorasi maupun mengeksploitasi kekayaan laut di kawasan perbatasan itu.

Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk mengirimkan nelayan dan kapal patroli untuk menegaskan bahwa Indonesia hadir di Natuna.

"Kita mau memobilisasi nelayan-nelayan dari Pantura dan mungkin pada gilirannya dari daerah-daerah lain di luar Pantura untuk beraktivitas kekayaan laut, mencari ikan, dan sebagainya di sana. Dan ketika berita ini dikordinasikan oleh Deputi 4 Pak Rudianto ternyata sambutannya begitu spontan," tutur Mahfud.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Mobil Ditanggung Asuransi Saat Banjir, Intip Tambahan Biayanya

Posted: 05 Jan 2020 10:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat terjadi bencana banjir, asuransi kendaraan mampu meringankan beban kerugian apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

Meski demikian, perluasan asuransi perlu dilakukan pemilik kendaraan apabila mobil kesayangan ingin mendapatkan perlindungan dari bencana, seperti banjir.

"Namanya perluasan jaminan, karena standarnya untuk asuransi comprehensive dan TLO tidak di-cover. Pelanggan bisa minta perluasan atau endorsement ke asuransinya. Beberapa asuransi sudah mem-bundling polisnya termasuk perluasan ini," kata Communication & Event Manager PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto), Laurentius Iwan Pranoto kepada Liputan6.com, Senin (6/1/2020).

Saat disinggung biaya perluasan yang perlu dikeluarkan, Iwan menegaskan pemilik kendaraan hanya perlu menambahkan 2,03 persen dari harga pertanggungan.

"Pastikan dan cek lagi coverage-nya apakah sudah termasuk perluasan jaminan bencana alam. Kalau mau nambah kira-kira 2,03 persen dari harga pertangungan," ujarnya.

Pemilik Tak Perlu Khawatir

Selain itu, Iwan menegaskan pemilik kendaraan tak perlu membongkar kendaraannya atau berusaha membetulkannya sendiri apabila mengalami kerusakan karena terendam banjir.

"Jika sudah ada coverage-nya, mobil yang terendam enggak usah berusaha menjadi mekanik karena bisa tambah parah. Toh sudah di-cover asuransi juga. Call asuransi saja untuk klaim dan mobil digendong ke bengkel," tuturnya.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gedung Roboh, 3 Korban Dievakuasi ke RSUD Tarakan

Posted: 05 Jan 2020 10:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polisi dan petugas Basarnas telah mengevakuasi 3 korban robohnya gedung di SLIPI ke RSUD Tarakan. Petugas masih menelusuri koban lain di gedung tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Penyebab Lantai SDN Tropodo Sidoarjo Keluarkan Asap Panas

Posted: 05 Jan 2020 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menanggapi laporan, salah satu bagian struktur tanah di  depan SDN Tropodo Krian, Sidoarjo, Jawa Timur mengeluarkan asap, Tim Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) serta JPU Kabupaten Sidoarjo menggali tanah yang dicurigai menjadi titik yang mengeluarkan asap panas.

Saat dilakukan penggalian tanah, petugas menemukan ada kabel yang rusak dan terkelupas yang terputus dan bersumber pada arde listrik. Kecurigaan adanya kebocoran aliran listrik di dalam tanah terbukti.

Saat dilakukan penggalian, alat milik petugas selalu menimbulkan percikan api saat berbenturan dengan material grounding kabel arde dalam tanah. Tim langsung memutuskan aliran listrik dan hasilnya, panas bumi berangsur menurun.

Sebelumnya Wakil Bupati Sidoarjo meminta dilakukan upaya penanganan secara cepat, fenomena tanah yang panas di SDN Tropodo, supaya tidak mengganggu aktivitas belajar mengajar para siswa. Demikian diberitakan pada Liputan6, 4 Januari 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Keluarga Gen Halilintar Saat Liburan Bersama, Seru dan Kompak

Posted: 05 Jan 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat ini siapa yang tak kenal dengan keluarga Gen Halilintar? Keluarga ini merupakan pasangan Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Faruk yang memiliki sebelas orang anak.

Keluarga berdarah Minangkabau ini menjadi terkenal setelah sang ibu menulis buku yang berjudul Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team pada awal 2015 lalu.

Selain memiliki bisnis yang menggurita di berbagai bidang, kini keluarga mereka bahkan dikenal sebagai YouTuber terkenal. Salah satu anggota keluarga yang kerap kali aktif di saluran channel YouTube-nya adalah Atta Halilintar. Anak pertama dari 11 bersaudara ini menjadi YouTuber dan vlogger dengan subscriber terbanyak di Asia Tenggara.

Keluarga besar ini juga kerap mengadakan liburan ke berbagai negara bersama. Terbayangkan bagaimana ramainya keluarga ini?

Berikut ini 6 potret keluarga Gen Halilintar saat jalan-jalan bersama dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (6/1/2020).

1. Keluarga Halilintar liburan bersama saat merayakan Tahun Baru 2020 di Amerika Serikat.

Kekompakan keluarga besar Gen Halilintar saat liburan bersama. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)
Kekompakan keluarga besar Gen Halilintar saat liburan bersama. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)

2. Mereka juga sering berlibur bersama ke berbagai negara.

Kekompakan keluarga besar Gen Halilintar saat liburan bersama. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)
Kekompakan keluarga besar Gen Halilintar saat liburan bersama. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)

3. Begini kompaknya keluarga Halilintar saat berada di Tanah Suci.

Kekompakan keluarga besar Gen Halilintar saat liburan bersama. (Sumber: Instagram/@sajidahhalilintar)
Kekompakan keluarga besar Gen Halilintar saat liburan bersama. (Sumber: Instagram/@sajidahhalilintar)

4. Mereka juga kompak pakai outfit yang senada.

Kekompakan keluarga besar Gen Halilintar saat liburan bersama. (Sumber: Instagram/@saaihalilintar)
Kekompakan keluarga besar Gen Halilintar saat liburan bersama. (Sumber: Instagram/@saaihalilintar)

5. Menikmati suasana muim gugur bersama saudara-saudara, lucu ya.

Kekompakan keluarga besar Gen Halilintar saat liburan bersama. (Sumber: Instagram/@genhalilintar)
Kekompakan keluarga besar Gen Halilintar saat liburan bersama. (Sumber: Instagram/@genhalilintar)

6. Kesebelas anak dari pasangan Halilintar ini memiliki channel YouTube-nya masing-masing lho.

Kekompakan keluarga besar Gen Halilintar saat liburan bersama. (Sumber: Instagram/@genhalilintar)
Kekompakan keluarga besar Gen Halilintar saat liburan bersama. (Sumber: Instagram/@genhalilintar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan Kehamilan Puput Nastiti Devi hingga Lahirkan Putra Pertamanya Bersama Ahok

Posted: 05 Jan 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari Puput Nastiti Devi. Istri Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ini telah melahirkan bayi laki-laki di RS Ibu dan Anak Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 6 Januari 2020.

Kabar bahagia tersebut beredar lewat grup WhatsApp. Ahok dikabarkan mendampingi istrinya saat proses persalinan tersebut.

"Puput sdh melahirkan bayi laki2 td pagi, caesar juga....ada ahok di lantai 4," tulis pesan yang diterima Liputan6.com, Senin, 6 Januari 2020.

Ahok dan Puput menyematkan nama Yosafat Abimanyu Purnama. Seperti diketahui, Ahok menikahi Puput pada 25 Januari 2019. Puput merupakan mantan ajudan mantan istri Ahok, Veronica Tan.

Akun @basukibtp sempat mengunggah foto pernikahan Ahok dan Puput yang diambil pada pada 25 Januari 2019. Dalam foto itu, Ahok mengenakan beskap hitam, sedangkan Puput mengenakan kebaya putih.

"#Repost @fdphotography90 ・・・This Wedding photoshoot was taken on January 25, 2019Bapak @basukibtp dan Ibu Puput Nastiti Devi," tulis @basukibtp pada 21 Oktober 2019.

Perjalanan Kehamilan Puput

Prasetyo Edi Marsudi mengunggah foto saat Ahok merayakan tujuh bulanan sang istri Puput Nastiti Devi (Dok.Instagram/@prasetyoedimarsudi/https://www.instagram.com/p/B4H71EFFaH-/Komarudin)
Prasetyo Edi Marsudi mengunggah foto saat Ahok merayakan tujuh bulanan sang istri Puput Nastiti Devi (Dok.Instagram/@prasetyoedimarsudi/https://www.instagram.com/p/B4H71EFFaH-/Komarudin)

Kabar Puput Nastiti Devi sedang hamil muda mulai mencuat sejak Juli 2019. Kabar Puput hamil kian ramai dibicarakan sejak November.

Sahabat Ahok, Prasetyo Edi Marsudi yang saat itu menjabat sebagai Ketua DPR DKI Jakarta sempat mengungkapkan kabar bahagia itu. Tak hanya itu, Prasetyo juga sempat menghadiri acara syukuran tujuh bulanan istri Ahok pada 27 Oktober 2019. Ia sempat mendoakan agar bayi yang dikandungnya selalu sehat hingga melahirkan.

"Hari ini, saya bersama ibu @novie_prasetyo hadir pada Mitoni Syukuran tujuh bulanan kehamilan mba Puput Nastiti Devi, istri sahabat saya Bapak @basukibtp," tulis Prasetyo.

Publik sempat heboh saat Puput menggendong seorang bayi pada akhir November 2019 lalu. Sejumlah warganet sempat mengucapkan selamat kepada Puput.

"Selamat untuk bpk BTP dan ibu puput atas kelahiran anak pertama. semoga selalu sehat dan semakin bahagia. dan anak yg dilahirkan menjafi anak yg takut akan Tuhan dan berbakti bagi orng tua serta nusa dan bangsa. amin πŸ™πŸ™," jelas @markush973 dalam kolom komentar @btp_fans_club.

Namun, kabar tersebut hanya isapan jempol. Kabar bahagia dari Puput justru datang pada hari ini, Senin, 6 Januari 2020. Ia melahirkan bayi laki-laki.

"Selamat atas lahirnya "Yosafat Abimanyu Purnama" πŸ‘ΆπŸΌ Selamat Pak BTP dan Bu Puput.Ada yang pergi, ada yang tiba di bumi ini," tulis Triawan Munaf dalam akun Instagram pribadinya, Senin, 6 Januari 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Serangan Drone Tempur di Dunia Sebelum Tewaskan Qasem Soleimani

Posted: 05 Jan 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tewasnya Jenderal Militer Qasem Soleimani pada Jumat 3 Januari 2020 membuat geger dunia. Hal tersebut terjadi karena Soleimani merupakan orang paling penting nomor dua di Iran setelah presiden. Bahkan, ia digadang-gadang sebagai sosok penerus mantan Presiden Ayatollah Ali Khemenei.

Qasem Soleimani tewas akibat ulah AS yang melakukan serangan drone ketika ia berada di bandara Irak. 

Rupanya, metode penyerangan menggunakan drone yang menargetkan tokoh pemimpin dunia ini bukanlah yang pertama. 

Berikut adalah 6 kasus serangan drone yang kebanyakan menargetkan para tokoh pemimpin dunia:

1. Presiden Venezuela Nicolas Maduro

Seorang pejabat militer terluka di kepala setelah insiden serangan drone berbahan peledak terhadap Presiden Venezuela Nicolas Maduro di Caracas, Venezuela, Sabtu (4/8). (Xinhua via AP)
Seorang pejabat militer terluka di kepala setelah insiden serangan drone berbahan peledak terhadap Presiden Venezuela Nicolas Maduro di Caracas, Venezuela, Sabtu (4/8). (Xinhua via AP)

Sebuah drone dilaporkan meledak di tengah pidato Presiden Venezuela Nicolas Maduro di ibu kota Caracas. Tidak ada satupun korban tewas, kecuali tujuh orang tentara yang terluka.

Menteri Komunikasi Jorge Rodriguez mengatakan insiden tersebut merupakan upaya serangan berbahaya bagi keselamatan hidup presiden.

Presiden Maduro terlihat berbicara di sebuah upacara militer, ketika dia dan pejabat lainnya tiba-tiba melihat ke atas dan terkejut oleh serangan drone yang mendadak. Sistem audio pun sempat terputus oleh kepanikan tersebut.

Puluhan tentara Venezuela terlihat berusaha melindungi presiden dan audiens yang panik menyelamatkan diri, sesaat sebelum agenda yang disiarkan secara langsung itu dihentikan sepihak.

Dalam cuplikan rekaman televisi, sempat terdengar beberapa kali suara tembakan keras dari udara, di tengah teriakan panik para hadirin.

Menteri Rodriguez mengatakan serangan itu terjadi ketika Presiden Maduro menyampaikan pidato dalam rangka ulang tahun ke-81 tentara Venezuela.

Baca Selengkapnya...

2. Kilang Minyak Aramco di Arab Saudi

Ilustrasi fasilitas minyak Aramco Arab Saudi (Creative Commons / Pixabay)
Ilustrasi fasilitas minyak Aramco Arab Saudi (Creative Commons / Pixabay)

Walaupun tidak secara langsung menargetkan seseorang, serangan drone yang menyerang kilang minyak Aramco di Arab Saudi juga sempat menghebohkan publik. Pasalnya, imbas dari kejadian tersebut, harga bahan bakar hingga nilai tukar mata uang asing pun ikut terdampak. 

Dua kilang minyak utama diserang oleh drone atau pesawat tanpa awak yang membawa bom pada September 2019 lalu. Kelompok pemberontak Houthi dari Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Walaupun juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab saudi Mansour al-Turki menjelaskan bahwa tidak ada korban jiwa dalam serangan drone tersebut, Aramco jelas akan merugi dalam jumlah besar.

Saudi Aramco merupakan perusahaan minyak dan gas (migas) terbesar di dunia yang dimiliki oleh pemerintah Arab Saudi.

Ini merupakan pukulan yang cukup besar bagi perusahaan tersebut. Alasannya, Saudi Aramco berencana untuk melakukan initial public offering (IPO) atau menawarkan saham perdana dalam waktu dekat ini. Dengan lumpuhnya dua kilang ini berakibat aset perusahaan harus dihitung ulang.

Selengkapnya di sini...

3. Wakil Ketua Taliban Pakistan

Pasukan Taliban (AP)
Pasukan Taliban (AP)

Pakistan mengumumkan bahwa militan seniornya, Khalid Mehsud, tewas dalam serangan drone AS pada Kamis, 8 Februari 2018. Melalui sebuah pernyataan, Mehsud dikabarkan tewas di Waziristan Utara, dekat perbatasan Afghanistan.

Mehsud merupakan wakil ketua Tehrik-e Taliban Pakistan (TTP), yang merupakan faksi Taliban Pakistan.

Selama ini TTP diduga menjadi dalang atas puluhan bom bunuh diri dan serangan lainnya di Pakistan.

Pada Desember 2017, militan TTP menyerbu sebuah perguruan tinggi di Peshawar, Pakistan. Sedikitnya sembilan orang tewas dan 36 lainnya luka-luka dalam peristiwa itu.

Kematian Mehsud dinilai akan makin melemahkan Taliban Pakistan. Kelompok militan itu pun terpaksa mengurangi aktivitasnya, karena serangan militer Pakistan yang relatif berhasil dalam beberapa waktu terakhir.

Pejabat Pakistan mengklaim bahwa banyak militan TTP dipaksa berlindung di Afghanistan atas hal tersebut.

Mehsud yang memiliki nama alias Khan Said Sajna merupakan pemimpin militan terpenting yang tewas. Sebelumnya, pada Agustus 2016, pemimpin ISIS di Afghanistan dan Pakistan Hafiz Saeed Khan juga tewas dalam sebuah serangan.

Mehsud tak hanya membuat TTP melancarkan serangannya ke militer di Waziristan Selatan, tapi juga di sejumlah wilayah Pakistan lain.

Ia dideskripsikan sebagai penerus dua pemimpin TTP, yakni Baitullah Mehsud dan Hakimullah Mehsud.

Pengaruhnya dapat dilihat dari bagaimana ia mengalahkan Mullah Fazlullah, yang merupakan pemimpin resmi ketiga TTP setelah Hakimullah tewas dalam serangan drone pada 2014.

4. Pemimpin Kelompok Militan Pakistan

Pemimpin kelompok militan Pakistan Jamaat-ul-Ahrar, Omar Khalid Khorasani (tengah). (Screenshot from Umar Media)
Pemimpin kelompok militan Pakistan Jamaat-ul-Ahrar, Omar Khalid Khorasani (tengah). (Screenshot from Umar Media)

Pemimpin kelompok militan Pakistan Jamaatul-Ahrar, Omar Khalid Khorasani, tewas di Afghanistan. Menurut juru bicara kelompok tersebut, Asa Mansoor, Khorasani tewas oleh serangan drone yang diduga milik Amerika Serikat.

Ia menambahkan, sembilan militan lainnya turut tewas dalam serangan tersebut.

"Pemimpin Jamaat-ul-Ahrar Omar Khalis Khorasani yang terluka parah akibat serangan drone AS baru-baru ini di Provinsi Pakita, Afghanistan, meninggal akibat luka tersebut pada Rabu (18 Oktober 2017)," Mansoor kepada AFP melalui telepon.

Di sini lengkapnya...

5. Serangan Drone AS yang Tewaskan Warga Sipil Somalia

Drone intai Militer AS, RQ-4 Global Hawk. Iran mengklaim menembak jatuh drone tipe ini pada Kamis 20 Juni 2019 (Bobbi Zapka / USAF)
Drone intai Militer AS, RQ-4 Global Hawk. Iran mengklaim menembak jatuh drone tipe ini pada Kamis 20 Juni 2019 (Bobbi Zapka / USAF)

Kasus terbunuhnya pemimpin dunia lewat serangan drone yang terbaru terjadi di Irak. Jenderal top Iran terbunuh dalam serangan drone pada Jumat pagi (3/1/2019) di dekat bandara Baghdad. Angkatan militer Amerika Serikat (AS) memastikan bahwa serangan itu atas komando Presiden Donald Trump.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan Kamis malam oleh Pentagon menyebut serangan terhadap Soleimani "ditujukan untuk menghalangi rencana serangan Iran di masa depan."

Dilaporkan AP News, jenderal yang terbunuh adalah Qasem Soleimani (atau Suleimani) yang memimpin Pasukan Elit Quds Iran yang bertugas di bidang intel dan masuk ke dalam daftar teroris AS.

Soleimani adalah sosok jenderal berpengaruh di Iran. Kementerian Pertahanan AS mengatakan Soleimani berencana menyerang diplomat dan prajurit AS di Irak.

Soleimani tewas di mobilnya akibat serangan drone AS pada jalanan dekat bandara Baghdad. Pihak keamanan Irak berkata Soleimani baru tiba dari luar negeri, namun belum dipastikan apakah dari Lebanon atau Suriah.

Korban tewas lain adalah pejabat dari Pasukan Mobilisasi Populer (Popular Mobilization Forces/PMF) di Irak yang mendapat dukungan Iran. Salah satunya adalah Abu Mahdi al-Muhandis.

Laporan selengkapnya...

6. Jenderal Militer Iran Qasem Soleimani

Qasem Soleimani, Jenderal Militer Iran yang tewas dalam serangan AS. (AP)
Qasem Soleimani, Jenderal Militer Iran yang tewas dalam serangan AS. (AP)

Amerika Serikat (AS) akhirnya mengakui bahwa pihaknya telah menewaskan korban sipil dalam operasi udara di Somalia. Negeri Paman Sam mengklaim bahwa seorang wanita dan sejumlah anak terbunuh akibat serangan drone, pesawat tak berawak pada April lalu.

Pengakuan ini sangat kontras dengan bantahan AS beberapa minggu lalu atas laporan Amnesty International. Kelompok hak asasi manusia internasional itu sempat mengatakan, 14 warga sipil tewas dalam lima serangan terpisah di Somalia.

Revisi klaim Amerika Serikat datang pasca-konferensi pers pada Jumat 5 April 2019, mengutip BBC News pada Sabtu (6/4/2019). Peninjauan kembali diperintahkan oleh Jenderal Thomas Waldhauser, kepala Komando Asia Afrika (Africom). Ia sebelumnya mengatakan adanya gangguan dalam pelaporan yang membuat klaim tidak tepat terkait korban sipil.

"Kepercayaan dan kredibilitas adalah inti dari operasi kami, kata Jenderal Gregg Olson, direktur operasi Africom, mengapresiasi langkah Waldhauster.

Olson menambahkan pihaknya akan berkomitmen untuk transparan dan belajar dari insiden yang disesalkan, agar tidak terulang di masa depan.

Berita lengkapnya...

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hubungan Pemakaian BBM Berlebih dengan Curah Hujan Ekstrem

Posted: 05 Jan 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta BMKG Stasiun Klimatologi Tangerang Selatan ungkap kondisi curah hujan. Curah hujan Jabodetabek awal 2020 melampaui rekor sebelumnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Patung Zlatan Ibrahimovic Jadi Korban Vandalisme

Posted: 05 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Patung Zlatan Ibrahimovic dirobohkan oleh orang tak dikenal di kota kelahirannya Malmo, Swedia. Bagian kaki patung tersebut sengaja digergaji hingga rubuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi 2020, Pekerjaan yang Tak Perlu ke Kantor akan Tren

Posted: 05 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan yang bersifat fleksibel dan mampu dikerjakan tanpa harus ke kantor diprediksi akan menjadi tren di 2020. Hal ini diungkap oleh konsultan spiritual Feri Purwo.

"Tren orang untuk kerja dari rumah, lebih santai, lebih rileks, dengan cara-cara yang sekarang dilakukan itu makin naik," kata Feri kepada Health Liputan6.com beberapa waktu lalu, ditulis Senin (6/1/2020).

Feri mengatakan, ketimbang mengejar jenjang karier di sebuah kantor, kemungkinan seseorang akan mencari pekerjaan di mana dirinya juga bisa menikmati kehidupan pribadinya.

"Kalau bicara itu, mungkin kegiatan-kegiatan yang online yang jadi tren. Jadi dia bisa kerja dari rumah, santai, semua by order dan lain-lain, itu semua cenderung lebih banyak," kata Feri ditemui di kantor Kapanlagi Youniverse, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Lakukan Inovasi

Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)

Feri memprediksi bahwa semangat orang-orang untuk mencari pekerjaan di sebuah kantor akan berkurang. Ini juga akan mempengaruhi penggunaan teknologi di dunia industri.

"Ini mungkin juga, akhirnya menjadi situasi buat perusahaan untuk menyiasati bagaimana mereka sekarang juga lebih menggunakan teknologi dibanding tenaga manusia. Itu juga jadi masalah baru," ujarnya.

Maka dari itu, agar seseorang bisa memiliki pekerjaan dan keuangan yang baik di 2020, Feri mengatakan caranya adalah dengan melakukan inovasi.

"2020 ini banyak hal kalau kita tidak melakukan inovasi malah situasinya tidak akan bisa membantu kita. Jadi cenderung kita akan tertinggal dan akhirnya, sesuatu yang sebetulnya bisa kita olah menjadi uang, menjadi tidak bisa," kata Feri.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah Wajah Yosafat Abimanyu Purnama, Anak Ahok dan Puput yang Baru Lahir

Posted: 05 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Istri Ahok, Puput Nastiti Devi sudah melahirkan.

Anak Ahok dan Puput yang berjenis kelamin laki-laki itu diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama.

Kabar bahagia itu diunggah Mantan Kepala BeKraf Triawan Munaf melalui akun Instagram miliknya @triawanmunaf hari ini, Senin (6/1/2020).

"Selamat atas lahirnya "Yosafat Abimanyu Purnama"

Selamat Pak BTP dan Bu Puput.Ada yang pergi, ada yang tiba di bumi ini." tulis Triawan dalam unggahan foto bayi laki-laki.

Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga rekan kerja Ahok, Djarot Saiful Hidayat memebenarkan kabar gembira tersebut.

"Benar, ini baru mau ke sana (rumah sakit)," kata Djarot kepada Liputan6.com.

Ahok dan Puput menikah pada 25 Januari 2019 silam. Sebelumnya, Ahok sudah menjalani acara mitoni atau syukuran tujuh bulanan kehamilan istrinya pada Minggu, 27 Oktober 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenperin Beri Bantuan Mesin Baru untuk IKM Korban Banjir

Posted: 05 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengakui bahwa sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM) menjadi sektor paling banyak terdampak dari bencana banjir kemarin. Namun secaca kerugian pihaknya masih belum bisa menyebutkan lantaran masih dilakukan perhitungan.

"Pasti ada dampak husus industri sekala kecil dan menengah. Dampak ini sekarang sedang dilakukan assesment oleh Ibu Gati masih on going," ujar Agus di Kantornya, Jakarta, Senin (6/1).

Kendati begitu, pihaknya memastikan akan memfasilitasi penuh bagi industri kecil dan menengah yang terkena dampak besar. Sebagai komitmen, Kementerian Perindustrian akan menyalurkan mesin baru untuk IKM apabila terjadi kerusakan.

"Namun kami bisa berikan satu kepastian bahwa untuk industri kecil menengah khusus kecil yang mesin-mesinya mengalami dampak kerusakan akan kami fasilitasi layani memberikan penggantian 100 persen dari mesin rusak tersebut," tegas dia.

Sebagai bentuk keseriusan, Agus berjanji minggu ini akan turun ke lapangan untuk melihat sejauh mana dampak yang dirasakan oleh IKM. "InsyaAllah minggu ini mudah-mudahan tidak akan ada lagi hujan negitu lebat. Minggu ini kami akan berkunjung ke lapangan melihat IKM berdampak," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Kemenperin Siapkan Anggaran Bantu Industri Kecil Korban Banjir

Warga dievakuasi menggunakan perahu karet dari salah satu gang di Kawasan Rawajati yang tergenang banjir, Jakarta, Rabu Rabu (1/1/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Selasa sore (31/12/2019) mengakibatkan banjir di sejumlah titik di Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga dievakuasi menggunakan perahu karet dari salah satu gang di Kawasan Rawajati yang tergenang banjir, Jakarta, Rabu Rabu (1/1/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Selasa sore (31/12/2019) mengakibatkan banjir di sejumlah titik di Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) siap membantu industri kecil menengah (IKM) korban banjir yang melanda Jabodetabek sejak 1 Januari 2020.

"Kami ada anggaran untuk pemulihan daerah bencana. Nanti, setelah kami lihat laporan dari mereka butuh apa saja, kami tindak lanjuti," kata Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih dikutip dari Antara, Sabtu (4/1/2020).

Gati menyampaikan, Ditjen IKMA akan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian setempat untuk mendata jumlah IKM yang terdampak bencana banjir termasuk menginventarisir permesinan yang dibutuhkan.

"Nanti sama-sama kita lihat mereka butuh apa, kalau sarana produksi, kami bantu peralatannya 100 persen seperti yang sudah kami lakukan di Lombok, Palu, dan Padang," ujar Gati.

Selain itu, Kemenperin juga akan menawarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk IKM dengan bunga enam persen, yang dapat digunakan untuk membeli bahan baku produksi.

"Sekarang ditambah lagi ada KUR. Kami tawarkan juga KUR sampe Rp 50 juta itu tidak pakai agunan dengan bunga 6 persen. Jadi mereka bisa beli bahan baku atau mesin untuk produksi," kata Gati.

Menurut Gati, sejumlah sentra IKM di Jabodetabek terdampak banjir, di antaranya sentra IKM tahu tempe di Semanan, sentra konveksi di Tambora, IKM rotan di Grogol, IKM furnitur di Pondok Bambu, sentra makanan ringan di Bandung Barat, dan IKM gula aren di Cigudeg.

"Ada pula IKM yang memproduksi genteng di Lebak dan IKM makanan dan anyaman di Indramayu," tukas Gati.

Kemenperin Data Dampak Banjir ke Industri

Tumpukan sampah terlihat menumpuk di sepanjang jalan pascabanjir mulai surut di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (5/1/2020). Pasca banjir yang melanda hampir di kawasan Jakarta mulai surut, tumpukan sampah terlihat di sepanjang jalan dari rumah-rumah warga. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Tumpukan sampah terlihat menumpuk di sepanjang jalan pascabanjir mulai surut di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (5/1/2020). Pasca banjir yang melanda hampir di kawasan Jakarta mulai surut, tumpukan sampah terlihat di sepanjang jalan dari rumah-rumah warga. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Achmad Sigit Dwiwahjono menyampaikan bahwa Kemenperin tengah menunggu laporan dari pelaku industri maupun kawasan industri terkait dampak yang terjadi akibat banjir yang melanda Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

"Kalau untuk sektor industri kan kita belum tahu laporannya seperti apa. Masih menunggu laporan dari masing-masing kawasan," ujar Sigit dikutip dari Antara, Jumat (3/1/2019). 

Dia memprediksi, dampak yang ditimbulkan akibat banjir di Jabodetabek tidak bersifat nasional, sehingga manufaktur masih akan berjalan dengan baik.

Pada prinsipnya, lanjut dia, pembangunan kawasan industri akan memperhitungkan pedoman dan standar teknis kawasan untuk mengantisipasi berbagai peristiwa, termasuk banjir, sejak awal pembangunannya.

"Zona-zona industri biasanya dibangun jauh dari aspek-aspek bencana alam, misalnya banjir dan gempa," ujarnya.

Dengan demikian, ia meyakini bahwa kawasan industri yang ada akan tetap beroperasi sebagaimana mestinya.

Hal senada disampaikan Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar yang menyampaikan bahwa kawasan industri relatif aman dari dampak banjir.

"Sejauh ini tidak ada anggota HKI yang melaporkan adanya dampak dari banjir terhadap kawasan industri yang dikembangkan," katanya.

Menurut dia, kawasan industri yang baik memiliki sistem drainase yang sudah diperhitungkan untuk menghadapi banjir.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati, Hujan Lebat dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Lampung

Posted: 05 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Lampung - Cuaca buruk berupa hujan lebat dan dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Lampung pada Senin hingga Selasa pagi (7/1/2020).

Tim Prakirawan Stasiun Meteorologi Radin Inten II Bandarlampung, Senin (6/1/2020) mengatakan, peringatan kewaspadaan potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang itu diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Pringsewu, Kota Bandarlampung, Kabupaten Pesawaran, Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan Lampung Timur pada malam hari.

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku pada 4 Januari 2020, pukul 07.00 WIB sampai dengan 5 Januari 2020, pukul 07.00 WIB, menyebutkan angin secara umum bertiup dari arah barat daya-barat laut dengan kecepatan antara 3-15 knots (5-28 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 3-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar 24-32 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar 17-29 derajat Celsius. Kelembapan udara secara umum berkisar 60-97 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar 70-98 persen.

Secara umum, sebagian besar wilayah Lampung pada pagi hari diprakirakan berawan. Pada siang dan sore hari diprakirakan hujan di wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Tanggamus, Lampung Barat, Pringsewu, Pesawaran, Lampung Tengah, Lampung Utara, Way Kanan, Kota Bandarlampung, Lampung Selatan, Kota Metro, dan Kabupaten Lampung Timur.

Pada malam hari, diprakirakan hujan di wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Tulangbawang, Mesuji, dan Lampung Timur.

Pada dini hari diprakirakan hujan di wilayah Kabupaten Lampung Barat, Pesisir Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Tulangbawang Barat, Lampung Timur, Lampung Tengah, dan Lampung Selatan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Kisah Wanita Keracunan Usai Makan di Restoran Vietnam

Posted: 05 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Publik baru-baru ini dibuat heboh dengan kabar sejumlah orang yang keracunan setelah menyantap makanan di sebuah restoran Vietnam, di sebuah mal kawasan Jakarta Barat.

Kisah ini pertama kali diungkap seorang korban yang merupakan konsumen restoran tersebut. Dirinya membagikan pengalamannya tersebut melalui akun Instagram dengan nama @zenifueru.

Melalui Story Instagram-nya, ia menceritakan anak dan suaminya ikut menjadi korban keracunan makanan di restoran tersebut. Karena kondisi yang mengkhawatirkan, anaknya yang berusia 2,5 tahun dan suaminya dibawa ke rumah sakit.

"28 Desember malam makan di Saigon Delight Lippo Mall lalu besoknya masuk IGD dan masih di RS sampai sekarang sudah hari ke 7 karena food poisoning," tulis Jennifer.

Didiagnosis Keracunan Makanan

(@zenifueru/instagram.com)
(@zenifueru/instagram.com)

Ia mengatakan bahwa anak dan suaminya mengalami mual, muntah, kepala pusing hingga buang air besar (BAB) yang parah setelah menyantap makanan di restoran tersebut. Dokter pun mendiagnosis anak dan suaminya keracunan makanan. Untuk itu, mereka harus dirawat selama tujuh hari.

Unggahan tersebut pun ditanggapi beragam respons warganet. Beberapa dari mereka juga mengklaim mengalami kasus serupa. Selain itu, gejala yang mereka alami juga sama seperti yang diungkapkan @zenifueru.

"Seberang kamar RS 3 orang keracunan juga abis makan di tempat yang sama," lanjut @zenifueru.

Anak perempuan Jennifer bahkan sampai BAB sebanyak 20 kali dalam sehari. Sementara suaminya sebanyak 15 kali. Akibatnya, buah hatinya mengalami lecet di sekitar bagian anusnya. Selain itu, suhu badannya juga mencapai 39.6 derajat Celcius.

Pihak Restoran Buat Pernyataan Tertulis

(@zenifueru/instagram.com)
(@zenifueru/instagram.com)

Saking ramainya perbincangan tersebut, pihak restoran terkait telah membuat pernyataan tertulis di akun Instagram-nya pada Sabtu (4/1/2020). Mereka berjanji akan melakukan investigasi atas kasus keracunan makanan tersebut.

Hal pertama yang mereka lakukan adalah menyelidiki asal dan penyebab dari kasus keracunan makanan tersebut. Selanjutnya, mereka akan meninjau kembali semua sistem dan prosedur secara internal.

"Kami dengan tulus sangat menyesal meminta maaf atas semua ketidaknyamanan yang dialami pelanggan atas kejadian ini," tulis @saigon_delight.

Di akhir unggahannya, ia memberikan kontak untuk pelanggan yang ingin menyampaikan keluhan terkait kasus keracunan makanan tersebut.

Penulis:

Ulya Kaltsum 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiper Everton Olok-Olok Gol Indah Bintang Muda Liverpool

Posted: 05 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool berhasil menaklukkan Everton 1-0 dalam babak ketiga Piala FA, Minggu (5/1/2020). Gol kemenangan The Reds dicetak pemain muda, Curtis Jones.

Kemenangan tersebut membuat Liverpool melaju ke babak berikutnya. Skuat asuhan Jurgen Klopp itu kini menunggu hasil undian untuk mengetahui lawan selanjutnya.

Curtis Jones mampu mewujudkan mimpinya setelah mencetak gol pertama sekaligus mengantar kemenangan Liverpool. Gol yang dibuat Jones sangat indah dan memukau.

Pada laga itu, pemain berusia 18 tahun itu, memang lebih banyak membuat kesengsaraan pada Everton. Dan, akhirnya tendangan melengkungnya dari luar kotak penalti gagal dijangkau kiper Everton yang dikawal Jordan Pickford.

Namun, usai pertandingan kejadian menarik berlangsung di lorong ruang ganti. Kiper Jordan Pickford menolak memuji gol yang dicetak bintang muda Liverpool tersebut.

Umpan Silang?

Kiper Inggris, Jordan Pickford berusaha menepis bola selama bertanding melawan  Republik Ceko pada grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)
Kiper Inggris, Jordan Pickford berusaha menepis bola selama bertanding melawan Republik Ceko pada grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Peristiwa itu berlangsung ketika mereka berpapasan di dekat ruang ganti. Hal ini disaksikan mantan pesepakbola Norwegia yang kini menjadi wartawan Jan Aage Fjortoft dan menjelaskan bagaimana kejadiannya.

Dia berkata: "Saya berdiri di koridor antara dua kamar ganti di Anfield dan bertemu Jones," katanya.

"Jordan Pickford baru saja lewat dan berkata kepada Jones: - Umpan silang hebat! Saya suka olok-olok semacam itu. "

Pemain Kelas Dunia

Striker muda Liverpool, Curtis Jones (kanan) saat bersama Jurgen Klopp (Jason Miller / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)
Striker muda Liverpool, Curtis Jones (kanan) saat bersama Jurgen Klopp (Jason Miller / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Sementara itu, Jones tak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas penampilannya pada laga tersebut.

"Kadang-kadang frustasi berada di bangku cadangan dan kemudian merasakan di lapangan dan kemudian kembali ke bangku cadangan," kata Jones.

"Ada pemain kelas dunia di seluruh tim ini, tetapi saya pikir saya keluar dan menunjukkan apa yang bisa saya lakukan di lapangan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HMD Global Akan Rilis Ponsel Nokia Seri Lawas Akhir Bulan Ini

Posted: 05 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menunda peluncuran Nokia 9.2 PureView, HMD Global tampaknya akan kembali meluncurkan seri ponsel lawas pada akhir Januari 2020.

Hal ini terungkap dari cuitan, Juho Sarvikas, Chief Product Office HMD Global, di akun Twitter-nya.

Bersama dengan foto sepasang sepatu sneakers, Adidas Original, Juho menyertakan caption yang cukup bikin fans setia Nokia penasaran.

Berdasarkan twit Juho tersebut, HMD Global diyakini akan meluncurkan Nokia 'Original' pada 25 Januari 2020, tepat pada perayaan Tahun Baru Imlek.

Sayang, twit Juho tidak mengungkap informasi lebih lengkap tentang ponsel klasik Nokia apa yang bakal diumumkan. Diprediksi, ponsel Nokia ini akan dipamerkan pada acara Mobile World Congress pada 24 Februari mendatang.

Informasi, HMD Global sudah memperkenalkan kembali seri lawas seperti Nokia 3310, Nokia 8110 4G, dan Nokia 2720 Flip 4G dengan fitur kekinian.

Peluncuran Nokia 9.1 PureView Ditunda

HMD Global dilaporkan menunda peluncuran flagship smartphone Nokia 9.1 PureView. Pengembangan smartphone tersebut telah dimulai sejak awal tahun ini.

Dilansir dari Phone Arena, HMD Global awalnya menunda peluncuran Nokia 9.1 PureView sampai kuartal IV 2019 karena masalah kamera. Namun menurut informasi baru, smartphone tersebut baru akan meluncur pada tahun depan.

Sumber mengatakan, Nokia 9.1 PureView akan memulai debut pada periode kuartal II 2020. Pengumumannya paling cepat akan dilakukan pada April tahun depan.

Sejauh ini belum ada konfirmasi resmi mengenai alasan HMD Global menunda peluncuran smartphone tersebut. Namun hal itu disebut akan membuat HMD memiliki cukup waktu untuk meningkatkan performa Nokia 9.1 PureView, termasuk pada aspek kamera dan penggunaan prosesor baru Snapdragon 865.

Peluncuran Nokia 9.1 PureView dengan prosesor Snapdragon 865 pada kuartal II 2020, diperkirakan akan membuat HMD mampu bersaing dengan Galaxy S11 dan Huawei P40 Pro.

 

Spesifikasi Nokia 9.1 PureView

Informasi mengenai Nokia 9.1 PureView telah beberapa kali beredar di internet, termasuk spesifikasinya. Salah satunya soal prosesor yang akan digunakan.

Menurut laporan sebelumnya, Nokia 9.1 PureView akan hadir dengan Snapdragon 855, yakni prosesor yang diumumkan oleh Qualcomm pada Desember 2018. Prosesor ini digunakan oleh sejumlah flagship smartphone tahun ini, termasuk varian Galaxy S10 dan Note 10.

Mengingat peluncurannya yang ditunda sampai tahun depan, smartphone tersebut kini dilaporkan akan disokong prosesor Snapdragon 865. Qualcomm akan mengumumkan prosesor baru ini pada akhir 2019.

Selain itu, Nokia 9.1 PuureView disebut akan kompatibel dengan jaringan 5G. Smartphone ini juga dilengkapi satu kamera depan, yang desainnya mirip seperti Nokia X71.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Taylor Swift Tampil Cantik di Karpet Merah Golden Globe 2020

Posted: 05 Jan 2020 10:00 PM PST

Penyanyi Taylor Swift berpose saat menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020).  Taylor Swift  memilih gaun bunga biru dan kuning raksasa oleh Etro. (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)
Penyanyi Taylor Swift berpose saat menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020). Taylor Swift memilih gaun bunga biru dan kuning raksasa oleh Etro. (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)

Penyanyi Taylor Swift berpose saat menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020). Taylor Swift memilih gaun bunga biru dan kuning raksasa oleh Etro. (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)

Penyanyi Taylor Swift di karpet merah menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020). Taylor Swift tampil cantik mengenakan gaun motif bunga. (AFP/Valerie Macon)
Penyanyi Taylor Swift di karpet merah menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020). Taylor Swift tampil cantik mengenakan gaun motif bunga. (AFP/Valerie Macon)

Penyanyi Taylor Swift di karpet merah menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020). Taylor Swift tampil cantik mengenakan gaun motif bunga. (AFP/Valerie Macon)

Penyanyi Taylor Swift berpose saat menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020). (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)
Penyanyi Taylor Swift berpose saat menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020). (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)

Penyanyi Taylor Swift berpose saat menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020). (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)

Penyanyi Taylor Swift berpose saat menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020).  Taylor Swift  memilih gaun bunga biru dan kuning raksasa oleh Etro. (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)
Penyanyi Taylor Swift berpose saat menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020). Taylor Swift memilih gaun bunga biru dan kuning raksasa oleh Etro. (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)

Penyanyi Taylor Swift berpose saat menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020). Taylor Swift memilih gaun bunga biru dan kuning raksasa oleh Etro. (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)

Penyanyi Taylor Swift saat menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020). (Kevin Winter / Getty Images / AFP)
Penyanyi Taylor Swift saat menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020). (Kevin Winter / Getty Images / AFP)

Penyanyi Taylor Swift saat menghadiri Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-77 di The Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California (5/1/2020). (Kevin Winter / Getty Images / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal China ke Natuna, Mahfud Tegaskan Tak Ganggu Perekonomian

Posted: 05 Jan 2020 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kemenko Polhukam Mahfud MD menegaskan, negara telah hadir saat sejumlah kapal asing milik China memasuki perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) di perairan Natuna untuk mencuri ikan. Bahkan, ia mengklaim telah menguatkan pasukan di area tersebut.

"Sikap pemerintah tidak bergeser untuk kedaulatan itu. Dan minta agar kehadiran negara di sana direalisasikan. Dan kita sudah mulai merealisasikan, penguatan pasukan di sana sudah mulai bergerak," kata Mahfud di kantornya di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020).

Katanya, kegiatan dan penghidupan nelayan di daerah sana akan ditingkatkan. Lebih lanjut Mahfud menegaskan, peristiwa ini tidak dalam suasana berperang dan juga tak mengganggu perekonomian dan budaya kedua negara.

"Tidak berperang kita. Kita mempertahankan kedaulatan. Oleh sebab itu urusan hubungan dagang, perekonomian, hubungan kebudayaan, hubungan apa pun dilanjutkan seperti biasa," tegasnya.

"Tugas Kemenko Polhukam mengamankan itu. Jadi tidak ada perang, tetapi tidak ada nego. Karena kalau menego berarti kita mengakui itu milik bersama," pungkas Mahfud Md.

 

Prabowo Bertemu Luhut

Sebelumnya, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. Prabowo tiba sekitar pukul 17.00 WIB dengan mengenakan baju safari berwarna cokelat.

Usai melangsungkan pertemuan, Prabowo mengaku telah banyak berbincang dengan Menko Luhut. Utamanya menyangkut hal-hal yang bersifat dengan urusan di masing-masing sektoral.

Tak hanya kepada Menko Luhut, Prabowo juga mengaku selalu melakukan koordinasi dengan beberapa menko lainnya. Seperti Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, maupun Kemenko Polhukam.

"Saya berkala koordinasi sama menko-menko. Menko Ekonomi, Polhukam ke pak Luhut juga. Kerja sama harus baik," katanya usai melangsungkan pertemuan di Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Jumat 3 Januari 2020.

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paket Wisata Pulau Komodo, Intip Destinasi dan Aktivitas Menariknya

Posted: 05 Jan 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Pulau Komodo bisa jadi pilihan berlibur yang tak akan terlupakan. Kawasan Pulau Komodo merupakan dikenal sebagai habitat asli kadal terbesar di dunia, Komodo. Pulau Komodo menjadi destinasi wisata yang banyak menarik wisatawan baik lokal maupun luar negeri.

Saat ini banyak yang menawarkan paket wisata Pulau Komodo dengan berbagai pilihan. Dengan paket wisata Pulau Komodo ini, Anda tak perlu ribet merencanakan liburan di wilayah Nusa Tenggara ini. Agen perjalanan wisata biasanya menawarkan paket wisata Pulau Komodo dengan akomodasi lengkap seperti transportasi, tiket masuk, makan, hingga penginapan.

Ada berbagai destinasi yang bisa dikunjungi dalam paket wisata Pulau Komodo. Di wisata Pulau Komodo ini, Anda bisa merasakan petualangan mengunjungi tempat-tempat menarik yang khas dan tiada duanya. Daya tarik dari paket wisata Pulau Komodo adalah Taman Nasional Komodo yang terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil.

Berikut ulasan seputar paket wisata Pulau Komodo mulai dari destinasi, fasilitas, durasi, hingga harga, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (6/1/2020).

Pulau Komodo

Pulau Komodo, menjadi salah satu tempat dimana Komodo, sang naga terakhir di dunia hidup. (Liputan6.com/ Harun Mahbub)
Pulau Komodo, menjadi salah satu tempat dimana Komodo, sang naga terakhir di dunia hidup. (Liputan6.com/ Harun Mahbub)

Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah. Pulau ini merupakan pulau terbesar yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Di sini pengunjung melakukan treking pendek untuk mengunjungi habitat asli Komodo. Selain komodo, terdapat pula flora dan fauna khas yang menarik untuk dilihat.

Tak hanya keindahan daratan, wilayah perairan di Pulau Komodo juga amat memanjakan mata. Di sini terhampar terumbu karang yang eksotis dengan beragam hewan laut. Perairan Pulau Komodo juga terkenal akan spot snorkeling maupun diving.

Pulau Rinca

Kapal wisatawan mengarungi sebuah teluk di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, NTT, Minggu (14/10). Berdasarkan data terakhir, jumlah wisatawan sejak Januari-September 2018 mencapai 100 ribuan orang. (Merdeka.com/Arie basuki)
Kapal wisatawan mengarungi sebuah teluk di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, NTT, Minggu (14/10). Berdasarkan data terakhir, jumlah wisatawan sejak Januari-September 2018 mencapai 100 ribuan orang. (Merdeka.com/Arie basuki)

Pulau Rinca merupakan pulau kedua terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini juga relatif lebih dekat dari Labuan Bajo sehingga menjadi destinasi favorit banyak pelancong. Meski relatif kecil, pulau ini menarik untuk dikunjungi karena pesonanya yang begitu indah.

Di pulau ini juga hidup Komodo meski tak sebanyak di Pulau Komodo. Selain melihat kehidupan Komodo, di Pulau Rinca Anda bisa bersantai menikmati keindahan pasir putih, mendaki bukit, atau menyusiri hutan bakau.

Pulau Padar

Pulau Padar berada dalam Taman Nasional Komodo yang wajib dikunjungi saat berada di Flores. (Amal/Liputan6.com)
Pulau Padar berada dalam Taman Nasional Komodo yang wajib dikunjungi saat berada di Flores. (Amal/Liputan6.com)

Pulau Padar juga masih dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Tak seperti Pulau Komodo dan Pulau Rinca, tak ada komodo di Pulau Padar. Meski begitu, pulau ini memiliki daya tarik tersendiri berupa bukit dan perairan yang eksotis.

Bukit di pulau ini bisa didaki oleh pengunjung. Untuk mencapainya, Anda harus menaiki ratusan anak tangga yang memakan waktu kurang lebih 30 menit. Dari atas bukit, wisatawan bisa menyaksikan tiga teluk yang begitu memanjakan mata.

Pantai Pink

Jika Yunani punya Balos Lagoon sebagai pantai berpasir merah jambu, maka Indonesia memiliki Pink Beach yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. (Liputan6.com/ Ahmad Ibo).
Jika Yunani punya Balos Lagoon sebagai pantai berpasir merah jambu, maka Indonesia memiliki Pink Beach yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. (Liputan6.com/ Ahmad Ibo).

Salah satu destinasi menarik dari paket wisata Pulau Komodo adalah pantai pink atau pantai merah. Sesuai namanya, pantai ini memiliki hamparan pasir pantai berwarna pink. Pink Beach menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang ingin dikunjungi banyak orang.

Pink Beach merupakan pantai yang berada di cekungan bagian selatan Pulau Komodo. Warna pink di pantai ini berasal dari batuan koral yang hancur di lautan. Namun versi lain mengatakan, pasir merah jambu tersebut berasal dari hewan mikroskopik bernama firaminifera.

Aktivitas yang bisa dilakukan dalam Paket wisata Pulau Komodo

Komodo berkeliaran di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, NTT, Minggu (14/10). Pulau Rinca dapat dijangkau selama dua jam dari Labuan Bajo dengan menggunakan perahu kayu. (Merdeka.com/Arie Basuki)
Komodo berkeliaran di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, NTT, Minggu (14/10). Pulau Rinca dapat dijangkau selama dua jam dari Labuan Bajo dengan menggunakan perahu kayu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mengunjungi komodo

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di pulau Komodo pastinya mengunjungi habitat komodo. Di sini Anda bisa mengikuti tur Komodo dengan melihat langsung komodo dan memahami aktivitasnya.

Snorkeling dan diving

Kawasan Pulau Komodo juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Di sini wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas air seperti menyelam atau snorkeling. Di kawasan ini terdapat beberapa titik penyelaman yang menarik untuk disusuri seperti Manta Point, Batu Samsia atau Crystal Rock.

Menikmati pantai

Sebagai wilayah kepulauan, pantai adalah destinasi yang tak boleh terlewatkan di kawasan ini. Di sini terdapat berbagai pantai yang memanjakan mata seperti pantai pink. Anda bisa bersantai di pantai menikmati keindahan matahari terbenam. Pengunjung juga bisa berkeliling dari satu pulau ke pulau lainnya yang masing-masing punya keunikan tersendiri.

Mendaki bukit

Kawasan Pulau Komodo juga dikenal sebagai wilayah berbukit. Pulau seperti Padar dan Gili Laba memiliki bukit-bukit ini bisa didaki. Dari atas bukit, Anda bisa menyaksikan panorama perbukitan yang berpadu dengan laut yang luas.

Durasi Waktu dan Fasilitas Paket wisata Pulau Komodo

Pulau Komodo di NTT. (dok.Instagram @wisatapulaukomodo/https://www.instagram.com/p/BiPQVatgmIS/Henry
Pulau Komodo di NTT. (dok.Instagram @wisatapulaukomodo/https://www.instagram.com/p/BiPQVatgmIS/Henry

Biasanya agen perjalanan wisata menyediakan paket wisata Pulau Komodo dari Bandung dengan berbagai pilihan durasi waktu. Seperti 1 hari 1 malam, 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam, dan masih banyak lagi. Paket biasanya diperuntukkan bagi rombongan atau beberapa individu. Beberapa penyedia jasa wisata juga kerap membuka privat tour.

Biasanya dalam satu hari wisatawan dapat mengunjungi 3 sampai 4 destinasi wisata. Paket ini juga sudah dilengkapi dengan akomodasi mulai dari tiket masuk wisata, transportasi, makanan hingga penginapan. Semua tergantung pilihan dan kebutuhan wisatawan.

Harga Paket Wisata Pulau Komodo

Pintu masuk menuju Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo (Liputan6.com/Ola Keda)
Pintu masuk menuju Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo (Liputan6.com/Ola Keda)

Harga Paket Wisata Pulau Komodo bervariasi sesuai dengan jenis paket yang ditawarkan. Harga juga biasanya tergantung pada jumlah rombongan wisata. Biasanya semakin banyak jumlah rombongan, akan semakin murah harganya. Namun, tak perlu khawatir jika ingin melakukan solo trip. Beberapa agen perjalanan wisata juga menawarkan open trip dengan harga terjangkau.

Untuk harga paket wisata Pulau Komodo satu hari biasanya dipatok mulai harga Rp. 650.000 / Orang. Sementara untuk paket wisata Pulau Komodo lebih dari satu hari seperti 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 Malam dipatok mulai Rp 1.000.000 hingga 2.500.000 / orang.

Paket wisata ini cocok bagi Anda yang tak punya banyak waktu untuk berlibur, dengan paket ini liburan jadi teragendakan dari mulai berangkat hingga pulang. Selain itu, menggunakan paket wisata juga tergolong lebih murah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paru-paru Ria Irawan Dipenuhi Cairan Sebelum Meninggal

Posted: 05 Jan 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ria Irawan mengembuskan napas terakhir pada usia 50 tahun. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, pada Senin (6/12/2020) subuh.

Suami Ria Irawan, Mayky Wongkar, mengatakan bahwa kondisi istrinya terus menurun karena sel kanker di paru-paru sangat agresif.

"Ya, sel kanker itu agresif banget. Jadi kelar menjalani treatment (untuk) otak, tiba-tiba paru-parunya kena (serangan). Badan dia (Ria Irawan) gila banget tiba-tiba langsung sesak napas," papar Mayky Wongkar yang ditemui di rumah duka di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Paru-paru Kelelep

Ria Irawan meninggal dunia, Senin (6/1/2020) pagi, suasana di rumah duka, Jakarta Selatan (Bambang E Ros/Fimela)
Ria Irawan meninggal dunia, Senin (6/1/2020) pagi, suasana di rumah duka, Jakarta Selatan (Bambang E Ros/Fimela)

"Terus nyeri banget setengah badannya itu. Akhirnya dibawa ke IGD hari Kamis tapi gue lupa tanggalnya, malam Jumat sampai di sana dirontgen ternyata setengah paru dia sudah kelelep," ia menyambung.

Untuk menghindari hal buruk, tim medis bergegas menyedot cairan di paru-paru Ria Irawan. Namun cairan tersebut kembali muncul.

Produksi Cairan Banyak

Ria Irawan meninggal dunia, Senin (6/1/2020) pagi, suasana di rumah duka, Jakarta Selatan (Bambang E Ros/Fimela)
Ria Irawan meninggal dunia, Senin (6/1/2020) pagi, suasana di rumah duka, Jakarta Selatan (Bambang E Ros/Fimela)

"Setelah itu sempat sudah enak, sudah mengobrol segala macam. Terus pindah ke kamar ternyata sakit kayak begitu kalau disedot doang. Tapi enggak dicari sumbernya memproduksi cairan itu lebih banyak lagi," Mayky Wongkar memaparkan.

Tak Sanggup Berdiri

[Foto: Instagram ]
[Foto: Instagram ]

"Dan rencana habis itu disedot lagi (cairannya). Dari awal di IGD 885 cc, habis itu kedua kali 800 cc lagi. Habis itu sempat lega tapi untuk berdiri, segala macam sudah lemas. Enggak bisa," beri tahu Mayky Wongkar kepada Showbiz Liputan6.com.

Karena cairan terus muncul, dokter berniat untuk mencari penyebabnya pada Senin. Namun ternyata Ria Irawan dipanggil lebih cepat oleh Yang Maha Kuasa.

 

Mencari Sumber Kanker

Salah satu unggahan Ria Irawan. (Foto: Instagram riairawan)
Salah satu unggahan Ria Irawan. (Foto: Instagram riairawan)

"Ya, sebenarnya (dokter menyatakan) 'Hari Senin ini, mau dimasukkan alat kamera kecil begitu buat mencari sumber kankernya itu dimasukkan ke paru.' Pokoknya harus mencari sumbernya itu, soalnya, kan sedot terus tapi tumbuh lagi," ia mengakhiri perbincangan.

Jenazah Ria Irawan disemayamkan di rumah duka di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Rencananya jenazah dimakamkan di TPU Tanah Kusir selepas zuhur.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jamuan Sebelum Megawati Terima Gelar Doktor Honoris Causa di Jepang

Posted: 05 Jan 2020 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebelum menerima gelar Doktor Honoris Causa (DR HC) dari Soka University, Tokyo, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menghadiri jamuan makan siang yang diselenggarakan pimpinan Soka Gakkai International (SGI).

Acara jamuan makan siang bertempat di Restoran Shibazakura, Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang (6/1/2020).

Dari SGI, dipimpin oleh Wakil Presiden SGI, Hiromasa Ikeda yang diutus langsung oleh Presidennya yang bernama Daisaku Ikeda. Karena sudah sepuh, 92 tahun, Daisaku Ikeda menugaskan Wakil Presiden yang adalah adalah putra pertamanya.

Dalam kesempatan ini, Hiromasa Ikeda membawa langsung pesan dan cindera mata dari Daisaku Ikeda untuk Megawati.

Untuk diketahui, Presiden Kelima RI itu mengunjungi Negeri Sakura untuk menerima gelar Doktor Honoris Causa (DR HC) bidang kemanusiaan dari Soka University, Tokyo pada Rabu 8 Januari 2020.

Usai bersalaman dengan Hiromasa, Megawati menyerahkan kembang kepadanya. Sambil mengucapkan selamat ulang tahun. Hiromasa kaget dan tersenyum lebar atas kejutan kecil itu. Diapun mengucapkan terimakasih.

"Saya merasa gembira sekali bisa bertemu Yang Mulia Ibu Megawati," ucap Hiromasa Ikeda kepada Megawati.

Eks Menteri Dampingi Megawati

Turut mendampingi Megawati saat jamuan antara lain sejumlah menteri Kabinet Gotong Royong era pemerintahan Presiden Megawati pada periode 2001-2004 yang juga bakal menghadiri pemberian gelar Dr HC untuk putri Proklamator RI Bung Karno itu. Di antaranya mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri, serta mantan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro.

Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah dan politisi PDIP yang juga Ketua Komisi III DPR Herman Hery juga ikut hadir. Serta Wakil Rektor Universitas Indonesia Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bambang Wibawarta serta sejumlah sahabat Megawati.

SGI ini tidak hanya memiliki Universitas di Jepang dan di Amerika saja, namun Soka Gakkai juga memiliki partai di Jepang bernama Partai Komeito. Partai Komeito berkoalisi dengan Partai Liberal Jepang (LDP) dan kedua partai tersebut saat ini adalah partai penguasa di Pemerintahan Jepang.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pasca Banjir, Siswa SMAN 8 Belajar di Lantai 2 dan 3

Posted: 05 Jan 2020 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasca banjir lebih dari 1 meter di SMAN 8, proses belajar mengajar di sekolah tersebut aktif kembali. Namun tidak semua ruang kelas bisa difungsikan. Siswa belajar di lantai 2 dan 3 sementara lantai 1 masih belum bisa digunakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko PMK Kumpulkan Menteri, Bahas Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Posted: 05 Jan 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan, Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menggelar rapat koordinasi guna membahas kenaikan tarif BPJS Kesehatan yang mulai diterapkan awal tahun ini.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Muhadjir mengundang seluruh menteri dan instansi terkait, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko hingga Dirut BPJS Kesehatan Fahmi Idris.

"Dalam kesempatan ini, kami akan membahas PP tentang kenaikan (iuran) BPJS Kesehatan, sesuai dengan Kemenko PMK yang bertugas sebagai koordinator pengendalian kebijakan pemerintah," papar Muhadjir di Gedung Kemenko PMK, Senin (6/1/2020).

 

Sebagaimana yang diketahui, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan menjadi landasan kenaikan iuran BPJS Kesehatan kali ini.

Meski baru diterapkan 6 hari yang lalu, keputusan pemerintah menaikkan iuran BPJS Kesehatan ini menuai banyak reaksi, mulai dari kekhawatiran layanan hingga masyarakat yang memilih turun kelas karena tak sanggup menambah biaya.

Utang BPJS Kesehatan Jatim 2019 Capai Rp 2,2 Triliun, Ini Rinciannya

Proses administrasi BPJS Kesehatan untuk kategori peserta mandiri membutuhkan banyak waktu karena banyak hal teknis yang harus dilengkapi
Proses administrasi BPJS Kesehatan untuk kategori peserta mandiri membutuhkan banyak waktu karena banyak hal teknis yang harus dilengkapi

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jawa Timur pada tahun 2019 masih memiliki tanggungan utang sebesar Rp 2,2 triliun yang sedianya akan dibayar pada tahun 2020 dengan iuran yang baru.

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Timur Handaryo menuturkan, dari jumlah utang tersebut, pihaknya memiliki denda sekitar Rp 100 miliar.

"Kalau tahun 2018 kami juga memiliki denda sampai dengan Rp 48 miliar atau naik dua kali lipat di tahun ini," katanya, dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan, untuk realisasi biaya manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Jatim hingga November 2019 sebesar Rp 14,1 triliun. "Nilai ini naik dari tahun lalu yang tercatat Rp 13,2 triliun," ujar dia.

Menurut Handaryo, realisasi biaya manfaat yang paling tinggi adalah Kota Surabaya mencapai Rp 3,1 triliun, selanjutnya Malang Rp 2,3 triliun dan Kediri sekitar Rp 1 triliun.

"Sedangkan yang terendah adalah Pamekasan sebesar Rp 553 miliar, Tulungagung Rp499 miliar dan terakhir adalah Bojonegoro Rp 483 miliar," kata dia. 

Banyak Peserta Ingin Turun Kelas

Kartu Indonesia Sehat atau BPJS PBI. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Kartu Indonesia Sehat atau BPJS PBI. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Handaryo juga menambahkan jika saat ini masih ada peserta yang memilih untuk turun kelas menyusul adanya kenaikan iuran premi.

"Untuk peserta yang masih menunggak dan ingin turun kelas masih bisa, supaya pada tahun 2020 mendatang tagihannya menggunakan angka yang baru," katanya.

Ia menambahkan, ada beberapa jalur yang bisa dipilih oleh peserta yang ingin turun kelas tanpa harus datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan.

"Salah satunya dengan menggunakan kendaraan keliling BPJS Kesehatan atau juga dengan menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan di telepon genggam," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Selamat, Istri Ahok Melahirkan Bayi Laki-Laki

Posted: 05 Jan 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Basuki Tjaha Purnama dan Puput Nastiti dikaruniai anak pria yang diberinama Yosafat Abimanyu Purnama. Kabar ini dibenarkan mantan Gubernur DKI djarot Saiful Hidayat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Novel Beberkan Kejanggalan Penangkapan 2 Tersangka Teror Air Keras

Posted: 05 Jan 2020 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya, Senin (6/1/2020). Novel diperiksa sebagai saksi terkait pengembangan kasus penyerangan menggunakan air keras yang menimpa dirinya.

Pengacara Novel Baswedan, Saor Siagian yang turut mendampingi ke Polda Metro mengungkapkan kejanggalan penangkapan dua tersangka penyerangan terhadap kliennya. Apalagi penyerangan itu disebut-sebut bermotif dendam pribadi. Dia pun menyinggung temuan tim pencari fakta bentukan Polri.

"Tim gabungan pencari fakta dibentuk oleh rekan-rekan polisi, di sana ada kepolisian yang handal, ada ahli di sana, ada KPK, ada Kompolnas. Dalam rekomendasi mereka, Novel ini diserang setidaknya (terkait) ada 6 kasus high profile," ucap Saor, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (6/1).

Saor mengatakan, kejanggalan juga terlihat pada sketsa pelaku yang dibuat polisi berdasarkan keterangan saksi-saksi. Bahkan menurut Novel, tidak ada kemiripan kedua pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka dengan sosok yang menyerangnya.

"Dia sendiri juga melihat kok setelah peristiwa itu siapa yang menyerangnya, dan setelah dikonfirmasi dari dua orang ini, menurut daripada Novel Baswedan bahkan dia sendiri tidak ada kemiripannya, misalnya dari sketsa pelaku," tuturnya.

Kejanggalan selanjutnya, ditambahakan oleh Saor, yaitu mengenai profesi dua penyerang Novel Baswedan yang merupakan anggota Polri aktif dan berdinas di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

"Dari sketsa, pelaku kan tidak pernah mengarah ke teman-teman polisi. Ternyata teman-teman penyidik menetapkan dua tersangka dari kepolisian," sambungnya.

 

Ungkap Motif secara Transparan

Penyidik KPK Novel Baswedan usai menggunjungi gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/4). Novel Baswedan selesai menjalani perawatan di rumah sakit Singapura yang kedua hingga kini kasus penyiraman air keras genap satu tahun. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)
Penyidik KPK Novel Baswedan usai menggunjungi gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/4). Novel Baswedan selesai menjalani perawatan di rumah sakit Singapura yang kedua hingga kini kasus penyiraman air keras genap satu tahun. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dia pun mendesak kepolisian mengusut tuntas motif penyerangan terhadap Novel Baswedan secara transparan kepada publik. Sebab, pihaknya menemukan banyak kejanggalan dari perkembangan penanganan kasus teror air keras itu.

"Dia (Novel) belum kenal sama dua orang ini. Waktu diserang kan dia lihat dan berkali-kali Novel Baswedan mengatakan ada keterlibatan jenderal dalam kasus ini. Dia (Novel) saya kira sudah terbuka soal itu. Makannya kita betul-betul ingin mengusut tuntas," kata Saor.

 

Reporter: Tri Yuniwati Lestari

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPK Ungkap Hasil Investigasi Jiwasraya Rabu 8 Januari 2020

Posted: 05 Jan 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna mengatakan, BPK bersama Kejaksaan Agung akan menyampaikan hasil investigasi terkait kasus gagal bayar klaim dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada Rabu 8 Januari 2020.

Agung menyatakan, komunikasi antara BPK dan Kejaksaan Agung telah digelar secara sangat intensif guna melakukan pemeriksaan investigasi.

"Namun demikian official announcement-nya secara lengkap teman-teman harus bersabar, karena akan kita lakukan bersama pak Jaksa Agung dan Wakil Ketua BPK pada hari Rabu tanggal 8 (Januari 2020)," jelas dia di Auditorium BPK, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Dia menegaskan, kasus gagal bayar klaim Jiwasraya ini sebenarnya lebih rumit dari pembahasan yang telah digelar sebelumnya.

"Ini kompleks masalahnya tidak seperti yang teman-teman duga. Ini jauh lebih kompleks dari yang teman-teman bayangkan, jadi tunggu tanggal 8. Kerugian negara kita hitung sebagai bagian dari pemeriksaan investigasinya," tuturnya.

Seperti diketahui, Kondisi keuangan Jiwasraya tengah sakit dengan catatan ekuitas negatif Rp 23,92 triliun per September 2019. Untuk memenuhi rasio solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC) 120 persen, perusahaan membutuhkan dana sebesar Rp 32,89 triliun.

 

Bermasalah Sejak Lama

Logo Jiwasraya. (Jiwasraya.co.id)
Logo Jiwasraya. (Jiwasraya.co.id)

Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko blak-blakan mengenai mengapa Jiwasraya sudah bermasalah sejak lama. Perusahaan pelat merah ini dikatakannya secara fokus bisnis sudah salah, khususnya dalam penjualan produk.

Situasi ini diperparah dengan penerbitan produk Savings Plan yang menawarkan guaranteed return 9-13 persen selama 2013 hingga 2018 dengan periode pencairan setiap tahun. Hal ini yang dianggap Hexana produk yang tidak masuk akal.

"Return yang dihasilkan Jiwasraya Saving Plan saja lebih besar dibandingkan tingkat bunga deposito, bond yield, dan lainnya. Logikanya saja sudah tidak masuk," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Magic Tumbler, Miniseri SCTV Terbaru Dibintangi Syifa Hadju dan Jeff Smith

Posted: 05 Jan 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Miniseri SCTV terbaru berjudul Magic Tumbler. Tayang mulai Senin (6/1/2020) pukul 15.40 WIB. Miniseri ini dibintangi Syifa Hadju dan Jeff Smith. 

Magic Tumbler menggantikan miniseri My Sweet RT, yang sudah habis masa tayangnya, Jumat sore pekan lalu. Miniseri terbaru ini mengisahkan drama remaja dalam dialog segar menghibur.

Mulai Senin sore ini, Magic Tumbler akan tayang setiap Senin-Jumat. Beginilah sinopsis globalnya. 

 

Sinopsis Global

Hari yang ditunggu-tunggu Olivia akhirnya datang juga. Hari ini adalah hari pertama Olive masuk kuliah, di kampus ternama yang jadi impiannya selama ini. Tapi pas Olive pamit sama Ibunya (Bu Asih), Bu Asih malah ngenes. Bukan karena nggak senang, tapi Bu Asih nggak tega melihat anak gadis satu-satunya berangkat kuliah dengan baju seadanya, tas dan sepatunya pun sudah lusuh dan ada lubang anginnya secara dipakai dari jaman Olive SMA.

Yang Bu Asih tahu kan kalau mahasiswa itu penampilannya modis dan gaul, tapi Olive masih saja cupu lantaran faktor kurang modal. Tapi Olive nggak peduli sama penampilannya, yang penting baginya dia bisa kuliah di kampus impian, lulus dengan hasil baik, lalu kerja ngumpulin duit buat bahagiakan Ibunya yang sudah ikhlas menggadaikan sertifikat rumah demi Olive bisa kuliah di kampus elite.

Tapi ternyata ada benarnya juga kecemasan Bu Asih. Begitu masuk gerbang kampus, nyali Olive mendadak ciut melihat penampilan para mahasiswanya yang keren dan trendy. Semua mahasiswa naik kendaraan pribadi, hanya Olive yang turun dari ojek dengan rambut awut-awutan plus baju bau asap knalpot kendaraan.

Bagaimana kisah Magic Tumbler di episode perdana, Senin sore ini?

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Audit Keuangan, Menko Luhut Minta Semua Menteri Terbuka ke BPK

Posted: 05 Jan 2020 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengajak semua menteri untuk terbuka kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hal itu guna memudahkan proses audit laporan keuangan Kementerian.

"Akses data saya kira sangat penting. Jadi, saya minta semua teman-teman menteri kita buka saja. Tidak perlu ada yang disembunyikan," kata dia, di Gedung BPK, Jakarta, Senin (6/1).

Dia menyarankan agar BPK dapat bebas mengakses data-data keuangan setiap kementerian dan lembaga yang diaudit dengan tujuan untuk menghindari persepsi "mencari-cari kesalahan", sehingga hasil audit dan prosesnya tidak diragukan.

"Saya mohon teman-teman sekalian, kita buka pintu data kita semua kepada teman-teman auditor untuk memeriksa di tempat kita masing-masing. Saya atas nama teman-teman menteri yang hadir, mengucapkan terima kasih. Saya sangat merasa kerja sama dengan BPK selama ini tidak mencari-cari salah. Justru mengingatkan kita awal-awal kalau ada hal yang tidak baik. Dan itulah spirit dari BPK," ujarnya.

Menko Luhut juga menyatakan permohonan maaf jika selama audit, BPK menemukan laporan yang salah."Terkadang kan juga ada yang tidak pas. Saya juga mohon maaf jika ada kesalahan atas nama teman-teman, selama ini, kepada BPK," dia menambahkan.

Selain itu, Menko Luhut juga mengingatkan untuk masing-masing Kementerian menindaklanjuti setiap rekomendasi dari BPK.

"Dan kalau ada yang perlu diperbaiki ya kita perbaiki, dengan tidak ada maksud untuk mencari kesalahan orang," ujarnya.

Selain itu, dia menekankan pentingnya audit dilakukan sesuai jadwal agar proses berjalan lancar.

"Mengenai jadwal saya kira juga sangat penting, supaya kita betul-betul memenuhi jadwal itu sesuai dengan ketentuan yang sudah ada, sehingga betul-betul semua dilakukan secara profesional," tutupnya.

BPK Mulai Audit Laporan Keuangan Kementerian Tahun Buku 2019

Gedung BPK RI. (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Gedung BPK RI. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mulai mengaudit laporan keuangan tahun 2019 beberapa kementerian. Audit akan dilakukan mulai 6 Januari hingga 20 Mei mendatang.

Anggota IV BPK RI Isma Yatun mengatakan, ada enam kementerian yang diaudit oleh Anggota IV BPK. Keenam kementerian tersebut adalah Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), dan Kementerian Pertanian.

"Pemeriksaan ini mempunyai tujuan untuk memberikan opini atas laporan keuangan masing-masing Kementerian Lembaga," kata dia, di Gedung BPK, Jakarta, Senin (6/1/2019).  

Dia mengungkapkan, ada beberapa kriteria dalam audit tersebut. Di antaranya adalah kesesuaian penyajian angka-angka dengan standar akuntansi, kepatuhan terhadap UU, serta efektivitas.

Dia menyebutkan keenam kementerian tersebut saat ini telah memiliki laporan keuangan yang baik, yaitu predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Tahun lalu opini sudah cukup bagus 5 dari 6 K/Ltelah menerima opini WTP. Hanya satu yang masih menerima Wajar Dengan Pengecualian (WDP)," ujarnya.

Adapun kementerian yang pada tahun lalu mendapat opini WDP dari BPK adalah Kementerian PUPR.

Opini Baik

Lima Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024, Pius Lustrilanang, Daniel Lumban Tobing, Hendra Susanto, Ahsanul Qosasi dan Harry Azhar Azis mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin Ketua MA, Hatta Ali di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (17/10/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Lima Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024, Pius Lustrilanang, Daniel Lumban Tobing, Hendra Susanto, Ahsanul Qosasi dan Harry Azhar Azis mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin Ketua MA, Hatta Ali di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (17/10/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dia menjelaskan, opini dari BPK tersebut bisa berubah tergantung hasil penilaian. Namun, dia berharap tahun ini hasil audit keenam kementerian tersebut akan tetap meraih opini yang baik.

"Namun ini enggak statis bisa naik turun. Oleh karena itu, untuk yang memperoleh WTP selalu pertahankan dengan menindaklanjuti rekomendasi BPK," ujarnya.

Dalam kesempatan serupa, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengapresiasi kinerja BPK dalam hal mengaudit laporan keuangan.

"Pengalaman kami profesionalisme BPK tidak perlu diragukan dan kita rasakan betapa keterbukaan BPK yang sangat menjaga reputasinya kita akui. Kita harus kerja sama agar membuat negara kita lebih baik," ujarnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu 

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda CBR150R Resmi Bersolek, Intip Pembaruannya

Posted: 05 Jan 2020 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki tahun 2020, PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi menghadirkan Honda CBR150R dengan warna dan tampilan terbaru, Dominator Matte Black.

Memiliki warna baru, motor full fairing ini mendapatkan perpaduan warna hitam doff pada setiap sisi bodi dan mengusung konsep grafis tipografi. Selain itu, Honda CBR150R menghadirkan varian Matte Black dengan konsep street sport dan varian Victory Black Red yang diusung dengan konsep racing look.

Marketing Director AHM Thomas Wijaya mengatakan, semenjak diperkenalkan awal tahun 2016, Honda CBR150R menjadi pilihan para pecinta motor sport di Indonesia.

"Bagi para pecinta kecepatan, new Honda CBR150R dikenal dengan DNA 'total control' yang membuatnya mudah dikendalikan. Konsumen pun mudah mengeksplorasi kecepatan serta kelincahannya. Kali ini kami memperkenalkan pilihan warna dan striping baru yang akan memperkuat jiwa balap pemiliknya melalui desain sporty dan agresif," ujar Thomas.

Dari sisi keamanan, motor pabrikan Jepang ini disematkan fitur pengereman disc brake bergelombang serta pilihan anti-lock braking system (khusus untuk tipe ABS) sehingga mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara.

Tak hanya itu, hadirnya penambahan fitur Emergency Stop Signal (ESS) yang secara otomatis mengaktifkan lampu Hazard saat melakukan pengereman mendadak dinilai mampu memberikan informasi kepada pengendara sekitar untuk mengurangi resiko kecelakaan.

Dari sisi desain Honda CBR150R memiliki tampilan visor tinggi sehingga pandangan yang lebih lapang serta tampilan layaknya motor balap sejati bisa didapatkan.

Harga

Kesan modern semakin terasa karena full digital panelmeter serta hadirnya fitur all LED lighting system sehingga memudahkan pengendara dalam menjangkau pandangan lebih jauh pada malam hari.

Memiliki pengaturan 5 level pada masing-masing suspensi depan dan belakang, pengendara bisa mendapatkan pilihan kenyamanan dan handling optimal saat berkendara.

Mendapatkan mesin 150CC DOHC-6 kecepatan, 4-valve, berpendingin cairan (liquid-cooled), performa yang mampu dihasilkan Honda CBR150R mencapai 16,8 Tk pada 9.000 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 7.000 rpm.

New Honda CBR150R yang memiliki 4 varian warna untuk setiap tipe. Warna Matte Black tipe STD dipasarkan dengan harga Rp34,9. Khusus Victory Black Red tipe STD dibandrol Rp34,9 dan Rp38,9 untuk tipe ABS.

Sementara varian Dominator Matte Black serta Honda Racing Red dipasarkan dengan harga Rp35,6 untuk tipe STD dan Rp39,6 untuk tipe ABS. Untuk MotoGP Edition harga yang disematkan Rp39,8 untuk tipe ABS. Seluruh harga memiliki status on the road Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Gagal Pamer, Alay Ini Buat Honda CBR Miliknya Tercebur Kolam Renang]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nadiem Beri 100 Paket Perlengkapan Sekolah ke Siswa SDN Cirimekar 02 Cibinong

Posted: 05 Jan 2020 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meninjau SDN Cirimekar 02 Cibinong yang rusak parah akibat hujan badai. Usai meninjau, Nadiem memberikan bantuan 100 paket perlengkapan sekolah untuk siswa dan siswi di sekolah tersebut.

"Hari ini kita meninjau dan memberikan bantuan berupa 100 paket sekolah, school kit," ujar Nadiem di lokasi, Senin (6/1/2020).

Paket sekolah tersebut terdiri dari seragam sekolah, seragam pramuka, alat tulis, hingga buku pelajaran. Termasuk juga memberikan satu tenda darurat untuk kegiatan belajar mengajar.

"Satu unit tenda kelas darurat, 600 eksemplar buku modul belajar mandiri dan 150 eksemplar buku materi esensial biar adik-adik enggak ketinggalan pelajarannya," kata Nadiem.

Bantuan-bantuan tersebut akan disalurkan Nadiem ke sekolah-sekolah terdampak hujan lebat yang terjadi pada 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

"Sama juga 1.800 eksemplar buku cerita dan buku-buku lainya agar cinta pada membaca terus terjalin ya. Terus juga sembako," kata dia.

Selain untuk kebutuhan para siswa, Nadiem juga berencana memberikan bantuan kepada para guru. Namun Nadiem tak menjelaskan bantuan apa yang akan diberikan kepada para guru.

"Satu hal lagi yang juga cukup penting, kami juga sudah berencana dan melakukan tunjangan khusus bagi guru-guru yang terdampak banjir, diberikan selama tiga bulan. Karena menurut kami kesejahteraan guru cukup penting," kata Nadiem Makariem.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Beda Gaya Via Vallen dan Adiknya, Cantik dan Memesona

Posted: 05 Jan 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gaya fashion artis Indonesia memang selalu terlihat modis dan fashionable. Tak jarang gaya fashion artis ini jadi sorotan dan panutan inspirasi gaya bagi para fansnya. Tak terkecuali pedangdut hits Via Vallen. Penyanyi kelahiran Surabaya ini menjadi angin segar di industri musik dangdut Tanah Air.

Via Vallen diketahui melakukan debut nasional pertamanya pada 2015. Namanya kian melambung sejak membawakan single berjudul 'Sayang' di tahun 2017. Kian meroket kini wanita bernama lengkap Maulidia Octavia ini mendapatkan julukan 'Ratu Pop Koplo'.

Tak banyak yang tahu ternyata Via memiliki adik perempuan yang tak kalah cantik dengannya. Wanita 28 tahun ini memiliki adik perempuan bernama Mella Rossa. Berbeda dengan sang kakak, Rossa lebih aktif di media sosial dan menjadi YouTuber.

Walaupun punya profesi yang berbeda, keduanya sama-sama punya gaya yang fashionable. Berikut 6 adu gaya Via Vallen dan adik yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/1/2019).

1. Untuk gaya liburan kakak adik ini memiliki selera fashion yang berbeda. Via lebih senang dengan gaya fashion yang sedikit boyish, sedangkan Rossa senang dengan gaya girly.

Adu Gaya Via Vallen dan Adik (sumber: instagram.com/viavallen/mellross_08)
Adu Gaya Via Vallen dan Adik (sumber: instagram.com/viavallen/mellross_08)

2. Dari segi dress, wanita kelahiran 1 Oktober 1991 ini lebih suka dengan warna soft. Sedangkan sang adik lebih suka warna bold dengan kesan dewasa.

Adu Gaya Via Vallen dan Adik (sumber: instagram.com/viavallen/mellross_08)
Adu Gaya Via Vallen dan Adik (sumber: instagram.com/viavallen/mellross_08)

3. Suka gaya boyish si kakak memang senang memadukan outfit dengan sneakers. Sedangkan si adik lebih suka dengn flat shoes atau loafers.

Adu Gaya Via Vallen dan Adik (sumber: instagram.com/viavallen/mellross_08)
Adu Gaya Via Vallen dan Adik (sumber: instagram.com/viavallen/mellross_08)

4. Begini adu gaya Via Vallen dan Mella Rossa saat lagi hangout. Tetap tampil stylish.

Adu Gaya Via Vallen dan Adik (sumber: instagram.com/viavallen/mellross_08)
Adu Gaya Via Vallen dan Adik (sumber: instagram.com/viavallen/mellross_08)

5. Via memadukan kaus dan jogger pants untuk gaya kasual. Sementara Rossa terlihat elegan mengenakan dress merah dan heels.

Adu Gaya Via Vallen dan Adik (sumber: instagram.com/viavallen/mellross_08)
Adu Gaya Via Vallen dan Adik (sumber: instagram.com/viavallen/mellross_08)

6. Gimana, setuju tidak kalau pasangan kakak beradik ini memang selalu terlihat modis?

Adu Gaya Via Vallen dan Adik (sumber: instagram.com/viavallen/mellross_08)
Adu Gaya Via Vallen dan Adik (sumber: instagram.com/viavallen/mellross_08)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Bantu Padamkan Kebakaran Hutan Australia, 130 Titik Api Masih Membara

Posted: 05 Jan 2020 09:33 PM PST

Liputan6.com, Australia - Hari kedua hujan ringan telah membantu petugas pemadam dalam memerangi kebakaran hutan yang telah menewaskan 24 orang di seluruh Australia tenggara.

Meski begitu, kondisi panas dan berangin diperkirakan kembali lagi di akhir pekan ini, seperti yang telah diperingati para pejabat, dilansir CNA, Senin (6/1/2020).

Hujan lebat turun di sepanjang pantai, dari Sydney hingga Melbourne, dengan suhu jauh lebih rendah yakni 20 derajat celcius, turun dari hampir 40 derajat celcius di beberapa daerah selama akhir pekan.

"Tidak ada ruang untuk puas, terutama mengingat kami masih memiliki lebih dari 130 kebakaran di seluruh negara bagian," kata Perdana Menteri New South Wales Australia, Gladys Berejiklian.

Pemulihan

Kebakaran hutan di Australia kian meluas. (Source: Twitter/ @justgemmal)
Kebakaran hutan di Australia kian meluas. (Source: Twitter/ @justgemmal)

Dua orang telah hilang di negara bagian New South Wales. Sementara otoritas pemadam masih berusaha menilai kerusakan akibat kebakaran yang merusak kota-kota kecil di negara bagian tenggara itu pekan lalu, katanya.

"Pagi ini semua tentang pemulihan, memastikan orang-orang yang terlantar memiliki tempat yang aman (untuk pergi) dan memastikan kami memiliki sumber daya untuk membersihkan jalan, dan membersihkan tempat di mana adanya puing-puing," kata Berejiklian.

Pejabat pemadam kebakaran mengatakan, walaupun hujan telah membawa bantuan kepada petugas pemadam kebakaran dan masyarakat yang dirusak oleh kebakaran, hal itu menimbulkan tantangan bagi upaya pembakaran kembali guna mengurangi bahan bakar di kebakaran pada masa mendatang, serta mengendalikan kebakaran yang ada.

Kondisi di NSW dan Bermagui

Seorang lelaki menggiring seekor anjing ketika kabut asap dari kebakaran hutan memeluk langit di Narooma, New South Wales, Australia. (Liputan6/CNA/REUTERS/Tracey Nearmy)
Seorang lelaki menggiring seekor anjing ketika kabut asap dari kebakaran hutan memeluk langit di Narooma, New South Wales, Australia. (Liputan6/CNA/REUTERS/Tracey Nearmy)

Di Teluk Batemans di pantai selatan New South Wales, listrik diperkirakan akan tetap ada selama beberapa hari.

Selanjutnya ke selatan di Bermagui, makanan dan bahan bakar hampir habis, demikian dilaporkan Australian Broadcasting Corp.

Ribuan wisatawan dan penduduk setempat telah terdampar di pantai pada puncak liburan musim panas, dan berlindung dari kebakaran yang tidak terkendali.

Lebih dari 1.000 orang dievakuasi oleh dua kapal angkatan laut pada hari Jumat dari kota Mallacoota di negara bagian Victoria, sementara yang lain telah dievakuasi dengan helikopter dari kota-kota yang jalanannya telah terputus.

Scott Morrison Meningkatkan Upaya Penanganan

Perdana Menteri Australia Scott Morrison (AP/Andrew Taylor)
Perdana Menteri Australia Scott Morrison (AP/Andrew Taylor)

Musim kebakaran dimulai lebih awal dari biasanya di tahun ini, setelah kekeringan tiga tahun yang telah menyebabkan banyak daerah semak belukar kering dan rentan terhadap kebakaran.

Sejauh ini, lebih dari lima juta hektar lahan telah hancur.

Perdana Menteri Scott Morrison meningkatkan upaya untuk mengatasi keadaan darurat nasional pada akhir pekan, dengan memanggil tentara cadangan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mendukung petugas pemadam kebakaran, di mana hal tersebut telah dilihat sebagai respons yang lambat oleh pemerintah federal.

"Pertimbangan politik yang buruk adalah hal utama. Kompetensi adalah hal yang sama sekali berbeda. Ini adalah zona bahaya politik yang ingin dihindari Scott Morrison dalam penanganan krisis kebakaran hutan," kata Rupert Murdoch, seorang warga Australia pendukung pemerintah, dalam sebuah artikel di surat kabar nasional pada hari Senin.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: