Kamis, 23 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


BMKG: Hujan di Jakarta Hari Ini Tak Masuk Kategori Ekstrem

Posted: 23 Jan 2020 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hujan lebat mengguyur wilayah DKI Jakarta sejak pagi hingga siang ini. Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, hujan ini tak masuk dalam kategori ekstrem.

"(Hujan hari ini) pada skala lebat saja," kata Kasubid Analisis Informasi Iklim BMKG Adi Ripaldi kepada Liputan6.com, Jumat (24/1/2020).

"Menurut prakiraan BMKG belum kategori ekstrem," lanjut dia.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo mengatakan, hujan lebat selama sepekan dipengaruhi sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia selatan Lampung. Hal ini menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, lanjut dia, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

"Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," kata Mulyono dalam keterangannya, Jumat (24/1/2020).

 

 

Imbauan

Awan mendung menggelayut di langit Jakarta, Kamis (1/2). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan dari sedang hingga tinggi akan terjadi hingga 1 minggu ke depan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Awan mendung menggelayut di langit Jakarta, Kamis (1/2). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan dari sedang hingga tinggi akan terjadi hingga 1 minggu ke depan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dia menuturkan, dengan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan hujan lebat dan disertai petir terjadi sepekan ini.

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan kedepan, curah hujan dengan intensitas lebat, yang dapat disertai kilat/petir," ungkap Mulyono.

Dia pun mengimbau agar masyarakat, tetap berhati-hati akan dampak hujan lebat ini.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tukasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Padamkan Listrik di 22 Wilayah di Jakarta Akibat Banjir

Posted: 23 Jan 2020 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Jumat pagi (24/1/2020) membuat sebagian wilayah banjir. PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya ‎mengambil langkah memadamkan listrik pada 22 titik untuk keamanan masyarakat.

Dikutip dari situs resmi PLN Jakarta Raya,‎ pada Pukul 12.30 WIB, ada 22 wilayah yang mengalami pemadaman listrik akibat terendam banjir.

Adapun 22 wilayah tersebut diantaranya, di wilayah Kebon Kelapa, Kemayoran, Gunung Sahari‎, Cempaka Putih, Ancol, dan Mangga Dua.

Sebelumnya, Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, PLN akan memadamkan listrik pada wilayah yang mengalami banjir. Pemadaman juga berlaku pada wilayah yang tidak terendam tetapi di sekitarnya mengalami banjir.

Langkah ini dilakukan guna menjaga keselamatan warga agar terhindar dari bahaya arus listrik. "Kami mohon maaf dan pengertian warga untuk daerah yang terdampak pemadaman listrik di sekitar atau dekat lokasi banjir. Hal ini terpaksa kami lakukan demi keselamatan warga yang terdampak banjir," kata Made.

 

Himbauan

Ilustrasi. (Minivannews.com)
Ilustrasi. (Minivannews.com)

Adapun imbauan kepada masyarakat apabila wilayahnya mulai tergenang air yaitu‎ mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB), kemudian mencabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak.

Peralatan elektronik harus dipindahkan ke tempat yang lebih aman, untuk menghindari terendam banjir.‎ Jika aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile atau Kantor PLN Terdekat meminta untuk dipadamkan.

Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering. PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik.

‎"Kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik, karena keselamatan warga adalah yang utama," tandasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fantastis, Smartphone Realme Cetak Rekor Skor Tertinggi di AnTuTu

Posted: 23 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone flagship teranyar Realme kedapatan nongol di platform pengujian ponsel pintar kenamaan, AnTuTu.

Memakai nomor model Realme RMX2071, smartphone baru milik perusahaan asal Tiongkok tersebut mencatatkan rekor sebagai skor tertinggi di AnTuTu.

Dikutip dari laman GizChina, Jumat (24/1/2020), smartphone yang diyakini sebagai Realme X50 Pro ini mencetakkan skor hingga 574.985.

Adapun skor yang didapat bisa jadi karena smartphone ini sudah didukung oleh prosesor Snapdragon 865 yang diumumkan Qualcomm pada awal Desember 2020.

Saat Qualcomm mengumumkan kehadiran Snapdragon 865, Realme merupakan salah satu vendor smartphone yang dikonfirmasi akan meluncurkan ponsel dengan prosesor terbaru itu.

 

Realme X50 Pro Paling Cepat?

Dengan perolehan skor tertinggi--hingga saat ini, Realme X50 Pro ini mampu melampaui performa Xiaomi Mi 10 yang mencapai hasil di atas 560 ribu di AnTuTu.

Walau memiliki skor yang fantastis di AnTuTu, bukan berarti Realme X50 Pro ini akan menjadi yang paling cepat di pasaran.

Toh, saat ini masih belum ada smartphone yang memakai Snapdragon 865 muncul di dunia nyata, dan hanya beberapa yang muncul di platform benchmark semacam AnTuTu.

Yang pasti, dari platform uji performa semacam ini kita dapat mengetahui seberapa cepat dan kuat performa Snapdragon 865.

Tak hanya itu, bukan hal yang tidak mungkin akan ada smartphone lain yang mencapai skor sama atau lebih tinggi dari Realme X50 Pro ini.

 

Akan Diumumkan pada MWC 2020?

Seperti disebutkan sebelumnya, Realme X50 Pro akan menjadi versi premium dari lini X50 yang sudah diumumkan oleh sub-brand Oppo ini.

Lalu kapan Realme akan umumkan smartphone flagship teranyarnya ini? Banyak yang memprediksi perusahaan akan memamerkan Realme X50 Pro di MWC 2020.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Wuhan Masuk Singapura, PM Lee Minta Masyarakat Tenang

Posted: 23 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Davos - Virus Corona Wuhan yang merupakan julukan dari jenis Virus Corona baru sudah masuk ke Singapura. Perdana Menteri Lee Hsien Loong mengaku pemerintah tidak terkejut dan sudah mempersiapkan diri.

Dilaporkan Channel News Asia, Jumat (24/1/2020), PM Lee mengimbau masyarakat Singapura untuk tenang namun tetap waspada. Sementara pemerintah mengambil langkah karena sudah berpengalaman menghadapi virus SARS.

"Kita baru saja mendapatkan kasus pertama di Singapura. Ini seperti yang diperkirakan mengingat tingginya volume perjalanan internasional ke sini," ujar Lee.

"Tetapi kita sudah bersiap dengan baik, karena kita sudah mempersenjatai diri untuk situasi demikian sejak kita berhadapan dengan SARS di 2003," lanjutnya.

Lee turut menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan Singapura sudah mengaktifkan rencana-rencana untuk melawan penyebaran virus Wuhan. Ia berkata virus ini tidak mematikan seperti SARS.

"Warga Singapura mesti tenang tetapi waspada sebagaimana kita menerapkan tindakan-tindakan untuk menjaga semuanya tetap aman dan sehat," ucapnya.

Ucapan PM Lee disampaikan dalam rangka Tahun Baru Imlek. Ia sedang berada di Davos, Swiss, untuk menghadiri acara elit tahunan yang diselenggarakan World Economic Forum (WEF).

Pada Kamis kemarin, Singapura baru saja mendapat kabar Virus Corona Wuhan untuk pertama kalinya masuk ke negeri itu. Pengidapnya adalah pria China berusia 66 tahun yang ternyata berasal dari pusat wabah.

PM Lee tidak terkejut karena Singapura adalah kota internasional sehingga kemungkinan ada pengunjung yang terkena virus ini pasti ada.

Kemenhub Larang Maskapai Indonesia Terbang ke Wuhan

Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)
Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Mengantisipasi kemungkinan masuknya wabah virus corona Wuhan melalui jalur penerbangan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyampaikan bahwa menindaklanjuti NOTAM G0108/20 yang diterbitkan oleh International Notam Office Beijing, maskapai Indonesia yang melakukan penerbangan dari dan ke Kota Wuhan, China untuk sementara tidak dapat dilakukan.

Saat ini ada dua maskapai penerbangan nasional yang memiliki rute penerbangan ke Kota Wuhan yaitu Sriwijaya Air dan Lion Air.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti, menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan melakukan antisipasi penyebaran virus corona melalui jalur penerbangan.

"Kami telah melakukan koordinasi intensif kepada seluruh maskapai penerbangan di Indonesia untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus pneumonia masuk ke Indonesia melalui aktifitas penerbangan" jelas Polana di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Dampak virus corona ini, informasi melalui NOTAM G0108/20 menyampaikan bahwa Bandar Udara Internasional Wuhan Tianhe tidak dapat digunakan sebagai bandara alternate kecuali untuk penerbangan kondisi darurat mulai 23 Januari pukul 11.00 UTC (18.00 WIB) sampai 02 Februari pukul 15.59 UTC (22.59 WIB), sehingga penerbangan dari Indonesia menuju kota Wuhan akan dialihkan ke kota lain di China.

Perintah Kemenhub

Ilustrasi pesawat terbang lepas landas dari bandara.
Ilustrasi pesawat terbang lepas landas dari bandara.

Polana menambahkan bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah mengeluarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara melalui Direktur Keamanan Penerbangan Nomor : SE.001/DKP/I/2020 tanggal 20 Januari 2020 yang berisikan perintah kepada maskapai untuk:

1. Melengkapi Kartu general declaration (Gendec) untuk diberikan kepada petugas karantina kesehatan dibandara kedatangan;

2. Melaporkan kepada petugas lalu lintas udara yang bertugas (oleh PIC) apabila terdapat orang/penumpang yang diduga terpapar karena terjangkit di pesawat udara;

3. Memberikan kartu kewaspadaan kesehatan (alert card) sebelum kedatangan (untuk penerbangan yang berasal dari negara terjangkit) kepada penumpang, dan memastikan kepada penumpang untuk lapor kepada petugas apabila dirinya merasa ada kecurigaan tertular penyakit.

4. Memberikan pengumuman didalam pesawat (on board) agar penumpang melaporkan kepada petugas KKP pada saat kedatangan bila berasal atau pernah singgah di negara terjangkit.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nenek Ini Diusir Setelah 60 Tahun Jualan Minum, Alasannya Bikin Sedih

Posted: 23 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang bekerja tidak hanya karena materi, namun pekerjaan tersebut sudah menjadi salah satu hal yang membuatnya merasa bahagia. Bekerja di sebuah tempat selama bertahun-tahun akan membuat orang sulit untuk pergi dari tempat tersebut, karena sudah menjadi bagian besar dalam hidupnya.

Meski begitu tidak semua pekerjaan dapat dilakoni selamanya dan tidak semua orang dapat bekerja di tempat yang sama dalam jangka waktu panjang. Hal serupa juga dialami oleh seorang nenek asal Singapura ini.

Nenek tersebut sudah bekerja sebagai penjual minuman di kantin sebuah sekolah selama bertahun-tahun. Namun pada suatu ketika ia harus rela menutup kiosnya karena permintaan sekolah tempatnya berjualan.

Kisahnya tersebut dibagikan oleh kerabatnya bernama Pearl di akun Facebooknya. Ia bercerita bahwa nenek tersebut berbagi di telah berjualan minuman di sebuah sekolah perempuan China Singapura sejak tahun 1950-an. Jika dihitung nenek itu telah berjualan di sana selama lebih dari 60 tahun.

Pearl mengatakan bahwa bibinya akan bangun pagi-pagi sekali dan pergi ke sekolah untuk menjual minuman kepada para siswa, guru, dan pengunjung yang ada di sana. Bahkan ketika ada sebuah acara, ia tetap datang ke sekolah demi pekerjaan yang dilakoninya selama puluhan tahun itu.

Diberi beberapa persyaratan untuk tetap jualan

Ilustrasi minuman hangat
Ilustrasi minuman hangat

Pada Juni 2019, sekolah melakukan pendekatan kepada sang nenek dan bertanya apakah ia ingin terus bekerja di sana atau tidak. Pihak sekolah kemudian memberikan beberapa syarat yang harus ia ikuti.

Jika sang nenek memilih untuk tetap berjualan, ia hanya akan diizinkan untuk menjual air hangat dan bukan minuman dingin. Selain itu, ia tidak bisa lagi memiliki kiosnya sendiri karena ia harus berbagi tempat dengan penjual lain. Jika ia tidak mau, sang nenek harus menutup kios untuk selamanya.

Kemudian nenek tersebut mulai menderita insomnia setelah sekolah mendekatinya dan mengajukan syarat tersebut. Baginya itu merupakan pilihan yang sangat sulit.

Pearl kemudian menceritakan bahwa bibinya mencintai murid-murid yang membeli minuman dari kiosnya. Ia tidak akan pernah mengubah harga minuman yang dijualnya selama 60 tahun lebih meski biaya sewa kios telah naik. Hal itu ia lakukan karena ia senang dikelilingi oleh para siswa.

"Saya ingat dari waktu ke waktu bibi akan sangat bahagia seperti ketika siswa memberikan kartu namanya dan mantan siswa kembali mengunjunginya. Semua gerakan kecil ini, ia sangat menyukainya meskipun tidak banyak bicara," kata Pearl seperti dikutip Liputan6.com dari World of Buzz, Jumat (24/1/2020).

Menutup kiosnya dan diganti dengan mesin penjual minuman otomatis

Mesin Penjual Otomatis
Mesin Penjual Otomatis

Pada November 2019, nenek penjual minuman tersebut secara resmi menutup kiosnya. Tidak lama kemudian, sekolah itu menggantikan bibi Pearl dengan mesin penjual minuman otomatis. Hal tersebut sontak membuat banyak siswa di sekolah marah dan merasa kecewa atas tindakan dari manajemen sekolah.

Pada 21 Januari 2020, para siswa memutuskan untuk memulai sebuah petisi online yang disebut, "Dapatkan kembali kedai minuman kami". Petisi tersebut didukung lebih dari 200 orang.

Meski bertujuan agar siswa dan seluruh warga sekolah mengurangi konsumsi minuman manis, para siswa yang memulai petisi tersebut ingin menunjukkan bahwa ironisnya sekolah mulai menjual minuman dari mesin penjual otomatis.

"Alumni sekolah kami juga prihatin dengan pemberhentian tiba-tiba toko minuman. Meskipun kami memahami bahwa pemerintah ingin mempromosikan hidup sehat, mereka seharusnya meminta pendapat dan persetujuan kami sebelum mengambil tindakan sendiri," kata Pearl.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naga Beri Alasan Hengkang dari Band Lyla

Posted: 23 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari band Lyla. Sang vokalis, Naga, memutuskan untuk mengundurkan diri dari band yang tekah membesarkan namanya selama lebih dari 13 tahun.

Naga menyatakan bahwa ia akan resmi mundur dari Lyla pada 31 Januari 2020 mendatang. Penyanyi berusia 36 tahun itu pun menyampaikan alasan di balik keputusan besar ini.

"Alasannya karena saya merasa sedang tidak satu visi dalam hal bermusik dengan Lyla untuk saat ini," kata Naga, saat dihubungi waratwan melalui sambungan telepon, Jumat (24/1/2020).

 

Cari Vokalis Pengganti

Naga eks Lyla Band (Foto: Instagram/@ipesinaga)
Naga eks Lyla Band (Foto: Instagram/@ipesinaga)

"Saya sampaikan daripada berkarya setengah hati, akan lebih baik bila saya mundur, dan Lyla mencari vokalis pengganti," sambungnya.

 

Tetap Bersahabat

Naga Lyla (Foto: Adrian Putra/Bintang.com)
Naga Lyla (Foto: Adrian Putra/Bintang.com)

Meski begitu, Naga menegaskan bahwa ia sama sekali tak memiliki masalah personal dengan anggota lain. Semua murni karena perbedaan visi misi dalam karier.

 

Kaget

"Secara persahabatan tidak ada masalah sama sekali, kami tetap baik-baik saja. Tapi memang responsnya kaget, karena 14 tahun sama-sama kan bukan waktu yang sebentar juga," ungkapnya.

 

Setahun Lalu

Sementara itu, keputusan ini tentu diambil setelah melalui beberapa pertimbangan dan pemikiran yang sangat matang. Setidaknya, keputusan untuk hengkang ini sudah terbersit sejak setahun lalu.

 

Oktober 2019

"Sudah dari awal tahun 2019 kepikiran untuk mundur dari Lyla, tapi baru bicara dengan teman-teman Lyla di bulan Oktober 2019," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Yakin Harga Listrik Pembangkit Ramah Lingkungan Bakal Lebih Murah

Posted: 23 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) optimis harga listrik dari Energi Baru Terbarukan (EBT) akan lebih murah dengan energi fosil. Dengan begitu, pengembangan energi bersih semakin masif.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, ‎seiring inovasi perkembangan teknologi, harga listrik dari pembangkit EBT akan semakin murah sehingga bisa bersaing dengan pembangkit dengan sumber energi berbahan bakar fosil.

"Kita meihat prosesnya manusia mampu berinovasi, harga semakin turun. Kita lihat harga keenomian semakin bagus 3-4 tahun mampu bersaing dengan fosil fuel‎," kata Darmawan, di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Menurut Darmawan, dengan menurunya harga listrik dari EBT maka ada dua keunggulan yang dimiliki yaitu lebih ramah lingkungan ketimbang fosil dan harganya bisa bersaing.

"Tidak hanya lebih bersih, tetapi mampu bersaing dengan fosil fuel," tuturnya.

 

PLTS Cirata

Teknisi mengecek panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (6/8/2019). PLTS atap ini bertujuan menghemat pemakaian listrik konvensional sekaligus menjadi energi cadangan saat listrik padam. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Teknisi mengecek panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (6/8/2019). PLTS atap ini bertujuan menghemat pemakaian listrik konvensional sekaligus menjadi energi cadangan saat listrik padam. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Darmawan menyebutkan bukti saat ini harga listrik dari pembangkit EBT sudah lebih murah dari fosil yaitu terdapat pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung Cirata, Jawa Barat‎, dengan kapasitas 145 Mega Watt (MW) harga listriknya sebesar 5,8 cent.

Harga listrik dari PLTS Cirata lebih murah ketimbang Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang dan Tanjung Priok.

"Dengan harga murah 5,8 cent menjadi PLTS yang harga listrinya termurah di Indonesia. Kita di PLN mengakselerasi membangun EBT dengan solar panel dan sebaginya," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persebaya Surabaya Luncurkan Tim 2020 pada 8 Februari

Posted: 23 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Yogyakarta - Persebaya Surabaya berencana meluncurkan tim untuk kompetisi 2020 pada 8 Februari mendatang. Pada saat bersamaan, Bajul Ijo juga menggelar uji coba melawan tim asal Malaysia Sabah FA.

Pengumuman dilakukan karena skuat Persebaya dirasa komplet. Menurut rancangan, mereka memiliki 29 pemain.

Setelah merekrut Hambali Tholib, Persebaya menunggu kehadiran eks Tira Persikabo Angga Saputro dan Abduh Lestaluhu. Kedua pemain itu sudah melakukan tanda tangan kontrak. Namun, Ti dengan Persebaya. Namun, Tira Persikabo juga mengklaim Angga dan Abduh masih menjadi pemain mereka.

"Kita lihat saja nanti, tanda tangan kontrak siapa yang lebih diakui PT LIB (Liga Indonesia Baru). Kalau Angga dan Abduh datang, maka tidak ada penambahan pemain," kata pelatih Persebaya Aji Santoso.

Jika keduanya batal, Aji Santoso tidak mau berandai-andai. Namun, dia merasa komposisi tim yang ada sudah ideal.

"Dilihat saja dulu nanti seperti apa. Baru kemudian kami buat keputusan," jelas pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Osvaldo Hengkang

Pemain Persebaya, Osvaldo Haay, setelah mencetak gol ke gawang Persis di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (11/1/2020). (Bola.com/Aditya Wany)
Pemain Persebaya, Osvaldo Haay, setelah mencetak gol ke gawang Persis di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (11/1/2020). (Bola.com/Aditya Wany)

Salah satu pemain yang pasti meninggalkan Persebaya adalah Osvaldo Haay. Aji Santoso mengaku menerima keputusan pemain berumur 22 tahun tersebut meski sebenarnya ingin mempertahankan.

"Kami tidak boleh menyalahkan Osvaldo. Itu sikap profesional dia. Di dunia profesional, hal seperti itu tidak masalah," ujarnya.

Akhiri TC

Persebaya saat ini menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta. Mereka akan pulang Minggu (26/1/2020) dan melanjutkan persiapan di Surabaya. Padahal sebelumnya Persebaya berniat menggelar TC hingga 2 Februari.

"Saya rasa 10 hari di sini (Yogjakarta) sudah sangat cukup. Alhamdulillah ada peningkatan yang bagus. Bukan hanya pemain, tim pelatih dan lainnya juga bekerja sangat profesional," ungkap Aji Santoso.

 

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jelang Imlek, Industri Rumahan Kue Keranjang di Mojokerto Kebanjiran Pesanan

Posted: 23 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2571 pada 25 Januari, menjadi berkah tersendiri bagi produsen kue keranjang di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Dalam sehari, produksi rumahan kue khas Imlek tersebut bisa membuat 100 buah kue keranjang.

Bagi masyarakat Tionghoa, perayaan Tahun Baru Imlek kurang lengkap rasanya jika tidak ada kue keranjang. Selain dinikmati pada perayaan Imlek, biasanya kue keranjang digunakan sebagai pelengkap saat persembahyangan.

Hal ini menjadi berkah tersendiri bagi Atik Susiana Wati Elisa, warga Desa Banjaragung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Atik merupakan satu-satunya produsen pembuat kue keranjang di Mojokerto. Berikut video pemberitaannya pada Fokus, 23 Januari 2020.

Setiap menjelang perayaan Imlek, Atik harus bekerja ekstra, karena permintaan kue keranjang terus meningkat. Dalam sehari rata-rata dirinya harus membuat 100 buah kue keranjang yang dipesan pelanggan.

Untuk membuat kue keranjang bahan-bahan yang dipersiapakan yakni beras ketan dan gula pasir. Beras ketan digiling hingga halus, sementara gula pasir digoreng hingga mengental atau membentuk karamel. Kedua bahan tersebut lalu dicampur dan diaduk menjadi satu. Setelah rata, lalu dimasukkan ke dalam cetakan dan dikukus hingga matang.

Tidak hanya dari Mojokerto, pesanan kue keranjang buatan ibu dua anak ini juga banyak datang dari Surabaya dan Malang. Meski produksi kue keranjang ini musiman, tapi keuntungan yang didapat Atik bisa mencapai puluhan juta rupiah. Keahlian, membuat kue keranjang sendiri didapat dari usaha turun temurun dari kakek buyutnya. Ia menjadi generasi ketiga di keluarganya yang menekuni bisnis kue keranjang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: MeMiles Berdusta, Member Menderita

Posted: 23 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Praktik investasi bodong kembali terjadi di Indonesia, kali ini bernama investasi MeMiles. Akibatnya sejumlah nama menjai tersangka, dan selebritas dipanggil sebagai saksi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Momen Pertemuan Inul Daratista dan 'Kembarannya' Peserta LIDA 2020

Posted: 23 Jan 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Inul Daratista, penyanyi dangdut Tanah iar yang tak perlu lagi diragukan lagi eksistensinya. Dirinya menjadi salah satu penyanyi dangdut papan atas dan dipercaya sebagai juri dalam ajang pencarian bakat.

Berkarier dengan usaha dan kerja keras sejak 1992, dirinya tentu menambah ramai dunia musik dangdut. Tak heran jika ibu satu anak ini sudah memiliki penggemar di seluruh Indonesia. Kemunculan Inul Daratista tak pernah sepi dari penonton yang ingin melihat dirinya, baik secara langsung maupun lewat layar kaca.

Tak sedikit pula masyarakat yang memuji dirinya ramah dan baik hati. Hal itulah yang membuat salah satu peserta LIDA atau Liga Dangdut Indonesia menjadikannya idola. Bukan hanya sekedar menjadi penggemar, peserta bernama Nurul Imah ini juga memiliki penampilan yang mirip bak saudara kembar dengan Inul.

Peserta audisi dari Nusa Tenggara Barat ini berpenampilan mirip dengan pelantun lagu "Buaya Buntung" itu. Inul yang kebetulan menjadi juri pun terkejut. Pertemuan dua orang ini pun mencuri perhatian netizen.

Berikut ini 5 momen pertemuan Inul Daratista dan Nurul Imah, peserta audisi LIDA 2020 yang mirip bak saudara kembar, dirangkum dari YouTube Indosiar oleh Liputan6.com, Jumat (24/1/2020).

1. Sosok Nurul Imah langsung membuat terkejut juri saat memasuki ruangan audisi, terutama Inul Daratista.

Momen pertemuan Inul dan Nurul Imah peserta LIDA 2020 yang mirip bak kembar. (Sumber: Instagram/@inul.d/YouTube/Indosiar)
Momen pertemuan Inul dan Nurul Imah peserta LIDA 2020 yang mirip bak kembar. (Sumber: Instagram/@inul.d/YouTube/Indosiar)

2. Inul Daratista tak bisa menyembunyikan wajah terkejutnya saat melihat Imah.

Momen pertemuan Inul dan Nurul Imah peserta LIDA 2020 yang mirip bak kembar. (Sumber: YouTube/Indosiar)
Momen pertemuan Inul dan Nurul Imah peserta LIDA 2020 yang mirip bak kembar. (Sumber: YouTube/Indosiar)

3. Bak saudara kembar, Inul ikut berjoget saat Imah menyanyikan lagu milik Inul yang berjudul Mawar Putih.

Momen pertemuan Inul dan Nurul Imah peserta LIDA 2020 yang mirip bak kembar. (Sumber: YouTube/Indosiar)
Momen pertemuan Inul dan Nurul Imah peserta LIDA 2020 yang mirip bak kembar. (Sumber: YouTube/Indosiar)

4. Imah mengaku merupakan penggemar berat Inul Daratista.

Momen pertemuan Inul dan Nurul Imah peserta LIDA 2020 yang mirip bak kembar. (Sumber: YouTube/Indosiar)
Momen pertemuan Inul dan Nurul Imah peserta LIDA 2020 yang mirip bak kembar. (Sumber: YouTube/Indosiar)

5. Tak hanya dirinya yang mirip dengan sang juri, bahkan suami Imah pun mirip dengan Adam Suseno, suami Inul.

Momen pertemuan Inul dan Nurul Imah peserta LIDA 2020 yang mirip bak kembar. (Sumber: YouTube/Indosiar)
Momen pertemuan Inul dan Nurul Imah peserta LIDA 2020 yang mirip bak kembar. (Sumber: YouTube/Indosiar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Ingatkan Potensi Angin Kencang hingga Longsor Sepekan Ini

Posted: 23 Jan 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa wilayah berpotensi hujan lebat. Salah satunya, DKI Jakarta.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo memperingatkan sejumlah wilayah akan potensi bahaya yang disebabkan oleh air dan hujan seperti banjir. Dia mengatakan, satu satunya adalah wilayah DKI Jakarta.

"Berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat, status Siaga potensi banjir/genangan pada 24-25 Januari 2020, perlu diwaspadai di wilayah DKI Jakarta," kata Mulyono dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Menurut dia, ada empat wilayah lainnya yang juga rawan bencana hidrometeorologi. "Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat," papar Mulyono.

Oleh karena itu, BNKGmengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati akan dampak hujan lebat ini.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tukasnya.

Hujan Lebat Sepekan Ini

Mulyono juga mengatakan, potensi hujan lebat terjadi dalam kurun waktu sepekan ini, yakni selama 24-29 Januari.

Hujan lebat tersebut dipengaruhi sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia selatan Lampung. Sirkulasi ini menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, kata dia, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

"Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," kata Mulyono dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Dia menuturkan, dengan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan akan ada hujan lebat disertai petir.

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat, yang dapat disertai kilat/petir," ungkap Mulyono.

BMKG pun menghimbau agar masyarakat, tetap berhati-hati akan dampak hujan lebat ini.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tukasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Banjir, Air di Pintu Monas Barat Sudah Surut

Posted: 23 Jan 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pintu Monumen Nasional (Monas) sebelah barat atau tepatnya di taman pandang depan Istana Negara sempat banjir akibat hujan lebat yang mengguyur Jakarta dari pagi sampai siang ini.

Hal ini terungkap dalam akun Instagram Dishub DKI Jakarta yang mengunggah video. Dalam video, terlihat adanya genangan air.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Jumat (24/1/2020) sekitar pukul 11.34 WIB, banjir sudah tidak terlihat lagi. Tampak belasan petugas dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) yang hadir dan beberapa terlihat membuka saluran drainase.

Salah satu petugas SDA DKI membenarkan sempat ada banjir.

"Ketinggiannya semata kaki kurang, enggak begitu tinggi karena langsung ditanggapi dengan beberapa tindakan cepat," kata petugas SDA DKI tersebut.

Drainase Tersumbat Plastik

Dia menuturkan, saat dicek drainase, memang ada sampah plastik. "Kita temukan banyak sampah-sampah plastik menyumbat beberapa saluran air," jelasnya.

Dia pun menuturkan, ada bagian kawat yang menutupi jalur airnya. "Tadi kita tarik, biar jalur air tidak lagi tertutup," ucap petugas tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Menyebar, Beijing Batalkan Perayaan Besar Tahun Baru Imlek

Posted: 23 Jan 2020 09:16 PM PST

Liputan6.com, Beijing - Belakangan ini, Virus Corona sedang ramai menjadi pembicaraan dan sorotan publik. Virus mematikan yang diketahui mewabah di Wuhan, kota besar di bagian tengah China, telah menyebar dengan cepat sejak akhir Desember 2019.

Beijing kemudian memutuskan membatalkan rencana untuk semua perayaan Tahun Baru Imlek berskala besar karena virus Corona mematikan itu telah menyebar, ke ratusan orang dan mengakibatkan dua kota ditutup.

Dikutip dari New York Post, Jumat (24/1/2020), para pejabat mengatakan pada Kamis, bahwa mereka telah membatalkan sejumlah perayaan Tahun Baru publik sebagai upaya untuk menahan penyebaran virus Corona dan virus lain seperti flu, yang dapat ditularkan dari orang ke orang.

Perayaan Tahun Baru Imlek yang berlangsung tahun ini akan dimulai dari 25 Januari hingga 8 Februari. Perayaan ini juga sering ditandai dengan pameran selama seminggu serta kunjungan ke keluarga dan kerabat.

"Untuk mengendalikan epidemi, melindungi kehidupan dan kesehatan masyarakat, mengurangi pengumpulan massa dan memastikan orang-orang untuk memiliki Festival Musim Semi yang harmonis dan damai, kami memutuskan untuk membatalkan semua acara berskala besar, termasuk pameran kuil di Beijing pada hari ini," kata Biro Pariwisata dan Kebudayaan Beijing.

Perihal jika ada perubahan kebijakan dengan perkembangan epidemi, akan diberitahukan kepada masyarakat lebih lanjut. Pariwisata juga berharap semua warga dapat menikmati Festival Musim Semi.

Kekhawatiran Penyebaran Virus

Orang-orang memakai masker saat menaiki eskalator di Bandara Internasional Hong Kong di Hong Kong, Selasa (21/1/2020). (AP/Ng Han Guan)
Orang-orang memakai masker saat menaiki eskalator di Bandara Internasional Hong Kong di Hong Kong, Selasa (21/1/2020). (AP/Ng Han Guan)

Keputusan itu dibuat ketika Huanggang dan Ezhou menjadi kota terbaru di China yang membatasi perjalanan dengan tujuan untuk menghentikan penyebaran virus, yang diketahui telah menewaskan 17 orang dan menginfeksi lebih dari 630 orang.

Huanggang adalah tempat tinggal untuk sekitar 7,5 juta orang dan berbatasan dengan pusat kota Wuhan, tempat virus Corona pertama kali muncul. Kota terdekat lainnya, Ezhou, juga mengumumkan akan menutup semua stasiun kereta karena berdampak pada sekitar 1 juta penduduk.

Pejabat Huanggang mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan operasi bus dan kereta api umum mulai tengah malam pada Kamis. Mereka juga telah memberi perintah agar tempat hiburan indoor, seperti bioskop dan kafe internet, untuk segera ditutup.

Pembatasan perjalanan dibuat setelah Wuhan memutuskan untuk menutup semua jaringan transportasi dan menghentikan penerbangan keluar.

Kekhawatiran telah meningkat tentang penyebaran virus melalui perjalanan internasional ketika empat negara lain telah mengkonfirmasi kasus tersebut. Thailand telah mendeteksi empat kasus, sementara Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan Amerika Serikat masing-masing melaporkan satu.

 

Reporter: Jihan Fairuzzia 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RSPI Sulianti Saroso Rawat 1 Suspect Virus Corona Wuhan

Posted: 23 Jan 2020 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso tengah merawat terduga pasien terjangkit virus Corona.  Demikian disampaikan Direktur Medik dan Perawatan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Diany Kusumawardhani.

"Ada satu pasien dengan suspect," kata Diany di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Jumat (24/1/2020).Menurut Diany, pasien saat ini dalam kondisi stabil dan belum ada perubahan ke arah yang lebih buruk. Untuk itu, kasus ini belum tercatat sebagai awal penyebaran virus Corona di Indonesia.

"Intinya, kalau dia memang ada kecenderungan ke arah penyakit ini," jelas dia.

Pihak dokter kini masih menelusuri dan memastikan bagaimana penularan yang terjadi ke pasien tersebut. RSPI Sulianti Saroso telah melakukan uji laboratorium di Litbangkes dan hasilnya akan keluar sekitar 2 sampai 3 hari.

"Kami menunggu hasil," Diany menandaskan. (Nanda Perdana Putra/Liputan6.com)

 

Singapura mengidentifikasi 1 korban virus Corona

Tenaga medis memantau suhu tubuh penumpang pada monitor termografik di stasiun karantina di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Selasa (21/1/2020). Pemerintah Malaysia mulai mengoperasikan alat pemindai suhu tubuh merespons penyebaran virus korona yang kian masif di China. (AP Photo/Vincent Thian)
Tenaga medis memantau suhu tubuh penumpang pada monitor termografik di stasiun karantina di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Selasa (21/1/2020). Pemerintah Malaysia mulai mengoperasikan alat pemindai suhu tubuh merespons penyebaran virus korona yang kian masif di China. (AP Photo/Vincent Thian)

Sementara itu, pemerintah Singapura juga telah mengumumkan satu kasus positif virus Corona. Korbannya seorang lansia berusia 66 tahun yang berasal dari Wuhan dan tiba di Singapura pada Senin (20/1). 

Adapun kasus pertama infeksi Virus Corona di Singapura, korban sudah diisolasi dan tidak lagi berisiko bagi publik, ia menekankan.

"Masyarakat umum tidak perlu panik atau melakukan tindakan khusus."

Orang yang melakukan kontak dekat dari kasus yang dikonfirmasi akan dikarantina. Sebagai bagian dari langkah-langkah untuk menopang pertahanan terhadap virus, gugus tugas multi-kementerian yang baru dibentuk bertemu untuk pertama kalinya, dan memutuskan untuk meningkatkan kontrol perbatasan dan mengintensifkan proses screening di perbatasan.

Kementerian juga menyarankan warga Singapura untuk terus berhati-hati dan memperhatikan kebersihan pribadi saat bepergian ke seluruh China.

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Kondisi Terduga Pasien Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso

Posted: 23 Jan 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, merawat seorang terduga pasien terjangkit virus Corona sejak Rabu, 22 Januari 2020.

Pokja Penyakit Infeksi Emerging RSPI Sulianti Saroso, Pompini Agustina, menyampaikan pasien merupakan warga negara Indonesia yang baru saja melakukan perjalanan dari China.

"Masuk RS sudah demam di atas 38 derajat, radang tenggorokan, dan flu batuk," tutur Pompini di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Jumat (24/1/2020).

Direktur Medik dan Perawatan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Diany Kusumawardhani, menambahkan kondisi tersebut memang bagian dari gejala penderita virus Corona.

"Jadi memang yang harus mendapat perhatian khusus kalau mengalami gejala-gejala sesuai dengan itu, biasanya ada demam, batuk, dan sesak napas, kemudian ada riwayat perjalanan dari China," jelas Diany.

Menurut Diany, pihaknya telah mengambil sampel dahak dan cairan dalam hidung pasien untuk diuji laboratorium. Hasilnya apakah memang terjangkit virus Corona akan keluar sekitar dua hingga tiga hari ke depan.

"Sampai saat ini belum bisa dipastikan cara penularan seperti apa, maka sebaiknya mendapatkan perawatan terisolasi. Tapi tentunya tergantung dengan kondisi penderita itu," Diany menandaskan.

Ruang Isolasi Terduga Pasien Virus Corona

Para pelancong duduk dengan barang-barang mereka di luar Stasiun Kereta Api Hankou yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Pemerintah China mengisolasi Kota Wuhan yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa untuk menahan penyebaran virus corona. (Chinatopix via AP)
Para pelancong duduk dengan barang-barang mereka di luar Stasiun Kereta Api Hankou yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Pemerintah China mengisolasi Kota Wuhan yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa untuk menahan penyebaran virus corona. (Chinatopix via AP)

Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, menyiapkan ruang isolasi untuk menangani kasus virus Corona. Seorang terduga pasien pun kini dirawat dalam kamar khusus tersebut.

"Sudah masuk ruang isolasi dan saat ini sedang uji laboratorium untuk mengetahui lebih lanjut apa pasien benar-benar terkena Coronavirus atau tidak," tutur Pokja Penyakit Infeksi Emerging RSPI Sulianti Saroso, Pompini Agustina di lokasi, Jumat (24/1/2020).

Direktur Medik dan Perawatan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Diany Kusumawardhani, menambahkan pihaknya menyiapkan 11 kamar khusus dalam satu ruangan isolasi.

"Ruangan aman dari penyebaran virus karena tidak ada udara keluar, dipastikan steril," kata Diany.

Diany mengimbau agar masyarakat tidak sungkan memeriksakan kondisi kesehatannya, khususnya jika baru saja berpergian ke luar negeri.

Tim dokter dengan spesialis penyakit infeksi telah disiagakan demi menangkal penyebaran virus Corona. "Terutama jika baru pulang dari China, diharapkan memeriksakan kondisinya," Diany menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Hal yang Tak Dilakukan Orang-Orang Bermental Kuat

Posted: 23 Jan 2020 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang tampaknya berpikir bahwa menjadi kuat berarti mampu melakukan apa saja. Tetapi kenyataannya adalah bahwa orang yang kuat secara mental adalah esensialis. 

Mereka tidak merasa perlu mencoba menjadi segalanya bagi semua orang. Sebaliknya, mereka menggunakan waktu dan energi mereka untuk hal-hal yang paling penting.

Mereka mengatakan tidak untuk hal-hal yang mungkin mengalihkan mereka dari tujuan mereka, dan mereka menolak untuk membuang energi berharga mereka pada hal-hal yang tidak terlalu penting. 

Berikut 7 hal yang menurut orang dengan mental kuat adalah hal yang buang-buang waktu menurut Business Insider:

7 Hal Ini Bisa Anda Hindari

1. Khawatir Tentang Apa yang Dipikirkan Orang Lain

Khawatir tentang pendapat orang lain dan takut akan penilaian mereka akan memengaruhi setiap aspek kehidupan Anda. Mulai dari apa yang dikenakan hingga bagaimana menjalani hari-hari.

Ini dapat menyebabkan Anda menghindari mengambil risiko dan melakukan hal-hal di mana mungkin akan dikritik atau ditolak - seperti melamar pekerjaan baru atau berbicara kepada seseorang yang menyakiti Anda.

Orang yang kuat secara mental tidak menjadikan pekerjaan mereka untuk membuat orang lain bahagia. Mereka memfokuskan upaya mereka untuk mencapai tujuan dan melakukan yang terbaik, terlepas dari apa yang dipikirkan orang lain.

2. Berpikir Berlebihan

Anda tidak akan melihat orang yang kuat secara mental terjebak dalam kelumpuhan analisis. Mereka menolak terlalu banyak berpikir. Sebagai gantinya, mereka mengevaluasi opsi mereka dan mengambil tindakan.

Mereka tahu risiko yang mereka ambil dan bahwa pilihan yang mereka buat tidak akan selalu sempurna. Tetapi mereka memiliki keyakinan bahwa mereka akan baik-baik saja dalam segala kondisi

3. Menyalahkan Diri Sendiri

Orang yang kuat secara mental menerima tanggung jawab penuh atas tindakan mereka. Tetapi mereka tidak akan melakukan kesalahan, lalu menyalahkan diri sendiri.

Mereka menolak menyalahkan diri sendiri karena kesalahan mereka, karena mereka tahu bahwa kritik diri yang keras tidak efektif. Sebaliknya, mereka tahu bahwa belas kasihan diri adalah kunci untuk melakukan yang lebih baik.

 4.  Berharap Keadaan Sesuai dengan Keinginan

Wishful thinking dapat membangkitkan emosi yang menyakitkan, seperti kebencian dan penyesalan. Entah Anda berharap orang tua yang memperlakukan berbeda, atau berharap atasan tidak pernah memberi proyek yang melelahkan itu. Anda mungkin terjebak memikirkan situasi yang tidak dapat diubah.

Orang-orang yang kuat secara mental tidak menyia-nyiakan waktu mereka yang berharga dengan berharap bahwa mereka telah ditangani dengan tangan yang berbeda. Alih-alih, mereka menggunakan energi untuk melakukan yang terbaik yang bisa mereka lakukan dalam situasi apa pun.

Kebanyakan insecure Ilustrasi (Sumber foto:
Kebanyakan insecure Ilustrasi (Sumber foto:

5. Kasihan pada Diri Sendiri

Orang-orang yang kuat secara mental tidak takut menjadi sedih, tetapi mereka menolak untuk menjadi tak berdaya dan putus asa.

Daripada membuang waktu mereka menemukan cara sehat untuk mengatasi ketidaknyamanan mereka - seperti berjalan-jalan atau menyelesaikan masalah dengan teman.

Bahkan ketika semuanya buruk, mereka menyadari apa yang harus mereka syukuri. Mereka tetap fokus pada apa yang harus mereka berikan, bukannya bersikeras bahwa mereka pantas mendapatkan lebih.

6. Mengeluh kepada Orang yang Tidak Bisa Membantu

Mungkin tergoda untuk mengeluh tentang orang yang tidak Anda sukai atau situasi sangat berat yang sedang terjadi. Tetapi, mengeluh kepada orang-orang di sekitar Anda tidak ada gunanya bagi siapa pun.

Itu sebabnya orang yang kuat secara mental tidak membuang waktu untuk mengeluh kepada orang yang tidak bisa membantu. Alih-alih, mereka menyampaikan keprihatinan kepada orang-orang yang memiliki kekuatan untuk memperbaiki situasi.

Apakah mereka mengeluh kepada manajer atau mengungkapkan kekhawatiran mereka kepada seorang teman, mereka tidak membuang-buang waktu untuk orang-orang yang tidak dapat membantu menyelesaikan masalah.

7. Mengejek Hal-Hal yang Tidak Bisa Mereka Ubah

Memutar ulang percakapan di kepala Anda atau merenungkan kesalahan akan membuat Anda terjebak di tempat yang menyakitkan, dan dapat mengganggu Anda untuk bergerak maju.

Daripada membuang waktu untuk mengulangi hal-hal yang tidak dapat mereka ubah, orang-orang yang kuat secara mental fokus pada pengelolaan emosi mereka.

Ketika mereka dapat memperbaiki situasi, mereka mengambil tindakan proaktif dan positif, seperti berlatih yoga atau menghabiskan waktu di alam. Jika tidak, mereka menerima apa yang tidak bisa mereka ubah, dan fokus untuk melakukan yang terbaik dari setiap situasi.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspos, Ini 6 Potret Tampan Lintang Fajar Adik Nikita Mirzani

Posted: 23 Jan 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal Nikita Mirzani? Artis yang kerap bikin heboh jagat hiburan Tanah Air ini selalu menjadi sorotan dalam segala aspek kehidupannya. Mulai dari penampilannya hingga hubungan asmara wanita 33 tahun ini sering jadi perbincangan netizen.

Kendati demikian, enggak banyak yang tahu wanita yang akrab disapa Nyai ini memiliki dua adik laki-laki, Predoa Adrian dan Lintang Fajar. Enggak kalah memesona dari Nikita Mirzani, sosok adik bungsunya punya  paras yang tampan.

Sosok adik Nikita Mirzani ini berhasil mencuri perhatian publik saat pemain film "Lihat Boleh, Pegang Jangan" melaksanakan ibadah umrah pada awal Januari 2020 lalu bersama adiknya. Dilihat dari laman Instagramnya, pria yang akrab disapa Lintang ini punya hobi fotografi dan juga bermain musik loh. 

Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret adik Nikita Mirzani, Jumat (24/1/2020).

1. Jarang terekspos ini dia potret adik bungsu Nikita Mirzani, Lintang Fajar.

Lintang Fajar Adik Nikita Mirzani (Sumber: Instagram/fajarrrr24_/
Lintang Fajar Adik Nikita Mirzani (Sumber: Instagram/fajarrrr24_/

2. Pria yang akrab disapa Lintang ini berhasil mencuri perhatian saat ia melaksanakan ibadah umrah bersama kakak tercintanya.

Lintang Fajar Adik Nikita Mirzani (Sumber: Instagram//nikitamirzanimawardi_17/
Lintang Fajar Adik Nikita Mirzani (Sumber: Instagram//nikitamirzanimawardi_17/

3. Berbeda dari Nikita Mirzani yang menetap di Jakarta, adik bungsunya saat ini menetap di Tangerang.

Lintang Fajar Adik Nikita Mirzani (Sumber: Instagram//nikitamirzanimawardi_17/
Lintang Fajar Adik Nikita Mirzani (Sumber: Instagram//nikitamirzanimawardi_17/

4. Cowok lulusan SMK Nusantara 1 Tangerang ini gemar fotografi. Hasil bidikannya kerap dibagikan di laman Instagramnya.

Lintang Fajar Adik Nikita Mirzani (Sumber: Instagram/fajarrrr24_/
Lintang Fajar Adik Nikita Mirzani (Sumber: Instagram/fajarrrr24_/

5. Enggak cuma hobi fotografi, ia juga gemar bermain musik dan menyanyi loh.

View this post on Instagram

Ambyaaaarrrrr

A post shared by Lintang Fajar (@fajarrrr24_) on

6. Nah ini dia potret Lintang bersama kawan-kawannya. Bisa tebak enggak Lintang yang mana?

Lintang Fajar Adik Nikita Mirzani (Sumber: Instagram/fajarrrr24_/
Lintang Fajar Adik Nikita Mirzani (Sumber: Instagram/fajarrrr24_/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Makanan Ini Wajib Dihidangkan Saat Imlek, Ada Maknanya

Posted: 23 Jan 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Besok, warga Tionghoa akan merayakan Imlek. Bagi mereka merayakan Tahun Baru China adalah moment yang sangat dinantikan. Karena saat itulah mereka bisa berbagi kebahagian bersama sanak saudara dan keluarga besar.

Kemeriaan Imlek sudah terasa di setiap sudut jalan mulai dari desa dan perkotaan. Nuansa warna merah yang jadi khas dari tahun ke tahun bagi mereka yang merayakannya. Pernak-pernik yang menjadi pelengkap untuk menghiasi rumah juga ikut serta meramaikan.

Tak lengkap rasanya jika merayakan Imlek tanpa menyajikan hidangan makanan yang akan disantap bersama keluarga. Bagi warga Tionghoa, makanan yang dihidangkan saat Imlek adalah makanan yang membawa keberuntungan, jadi wajib dihidangkan.

Setap makanan memiliki makna tersendiri bagi mereka. Berikut ini makanan yang wajib dihidangkan saat Imlek :

1. Ikan Pindang Utuh

Penjual ikan bandeng mulai marak di Rawabelong, , Jakarta, Jumat (5/2/2016). Banyaknya penjual ikan bandeng dipicu perayaan Imlek yang mempunyai tradisi menyediakan Pindang Bandeng. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Penjual ikan bandeng mulai marak di Rawabelong, , Jakarta, Jumat (5/2/2016). Banyaknya penjual ikan bandeng dipicu perayaan Imlek yang mempunyai tradisi menyediakan Pindang Bandeng. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ikan Pindang atau yang biasa disebut ikan Pindang Bandeng menjadi ciri khas makanan yang wajib ada saat imlek. Tradisi orang Cina dari jaman dahulu telah mempercayai bahwa Ikan Bandeng merupakan sumber rezeki bagi mereka. Namun awalnya ikan ini banyak dikonsumsi oleh warga etnis tionghoa yang menetap di Jakarta atau biasa disebut Cina Betawi.

Ikan Bandeng memang terkenal mahal harganya tetapi khusus untuk merayakan hari raya imlek saat membelinya tidak diperkenankan untuk menawar. Menurut kepercayaan yang ada, jika menawar dan menyediakan secara tidak utuh dalam satu ekor maka berarti mengurangi rezeki dan akan ketiban sial.

Selain itu ikan Bandeng juga dipercaya sebagai harapan bagi warga Tionghoa dalam menjalankan kehidupan mereka untuk semakin sukses di masa depan serta bagi keturunan mereka berikutnya.

2. Kue Keranjang

kue keranjang
kue keranjang

Tidak asing lagi jika Kue Keranjang dihidangkan saat imlek. Kue Keranjang juga menjadi makanan populer yang banyak diburu umat Tionghoa. Nama mandarin dari kue keranjang adalah Nian Gao. Kue keranjang juga adalah kue tradisional di Negara Cina.

Kue berbahan dasar tepung yang menyerupai dodol ini memiliki makna kekeluargaan. Bentuknya yang seperti lingkaran menandakan kebersamaan yang erat dan tak akan terpisahkan dari sudut manapun. Selain itu kue keranjang ini juga dipercayai sebagai lambang kemakmuran bagi etnis Tionghoa.

3. Mie Goreng

ilustrasi mie goreng/copyright Shutterstock
ilustrasi mie goreng/copyright Shutterstock

Mi Goreng juga merupakan makanan wajib dihidangkan saat imlek. Warga Tionghoa mengartikan bahwa mie adalah simbol umur panjang dan kesehatan yang tiada ujungnya. Mi goreng juga diartikan sebagai pembawa rezeki dan kebahagiaan masyarakat Tiongkok.

Bukan hanya saat berulang tahun saja tapi saat momen besar yang dirayakan, orang cina wajib menyediakan Mie Goreng.

4. Ayam atau Bebek

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ayam dan bebek sebenarnya sama saja boleh memilih salah satu untuk dihidangkan saat Imlek. Ayam dan bebek sama juga seperti ikan Bandeng yang dalam penyajiannya harus secara utuh. Tidah diperbolehkan memotong bagian tubuhnya atau memisahkannya.

Ayam dan Bebek ini melambangkan keutuhan keluarga yang harus dijaga oleh masyarakat Tingkok pada umumnya. Selain itu makna dari Ayam atau Bebek juga ialah kesetiaan dan ketaatan. Harapan bagi warga Tionghoa adalah mereka ingin lebih taat dan setia dalam ibadah dan kepada Tuhan yang mereka sembah.

5. Yu Sheng

Yu Sheng, makanan andalan tahun baru imlek akan hadir dalam menu set Pullman Signature
Yu Sheng, makanan andalan tahun baru imlek akan hadir dalam menu set Pullman Signature

Yu Sheng merupakan makanan yang terdiri dari sayur-sayuran seperti salad. Campuran beberapa sayur ini dipadukan menjadi satu dan ditaruh diatas Ikan Tuna atau boleh juga Ikan Salmon. Yu sheng memiliki makna keberuntungan bagi umat yang mempercayainya.

Biasanya, sebelum memakanya anggota keluarga bersama-sama mengangkat Yu Sheng tingi-tinggi. Mengangkat sama artinya menggantung harapan ke atas jadi semakin tinggi mengangkatnya semakin tinggi juga harapannya.

6. Permen dan Manisan

Pengunjung berbelanja untuk perayaan tahun Baru Imlek di pasar Dihua Street, Taipei di Taiwan, Selasa (22/1/2020). Pembeli mulai berburu makanan lezat, kue kering, barang-barang murah lainnya di pasar menjelang Imlek yang akan berlangsung pada 25 Januari mendatang. (AP Photo/Chiang Ying-ying)
Pengunjung berbelanja untuk perayaan tahun Baru Imlek di pasar Dihua Street, Taipei di Taiwan, Selasa (22/1/2020). Pembeli mulai berburu makanan lezat, kue kering, barang-barang murah lainnya di pasar menjelang Imlek yang akan berlangsung pada 25 Januari mendatang. (AP Photo/Chiang Ying-ying)

Permen dan Manisan juga wajib disediakan untuk menyambut sanak sodara yang berdatangan saat imlek. Menjelang hari raya pasti permen dan manisan sudah banyak dicari. Permen dan manisan banyak jenisnya, biasanya nanti ditaruh di satu wadah berbentuk lingkaran yang sudah dibagi beberapa bagiannya.

Permen dan Manisan dipercayai sebagai pembawa kemanisan dalam kehidupan setiap umat Tionghoa. Selain itu, warnanya yang cerah dan beragam menjadi identitas keberagaman mereka yang menjadi satu.

Penulis :

Ayu Ester Simanjuntak

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fashion Show Terakhir Desainer Jean-Paul Gaultier Bertabur Bintang

Posted: 23 Jan 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Jean-Paul Gaultier, desainer asal Prancis yang membuat Madonna mengenakan 'bra peluru' dan merancang rok-rok kontras untuk para lelaki, pamit dari runway setelah tak kurang dari 50 tahun berkarya.

Melansir New York Times, Jumat (24/1/2020), keputusan ini diumumkan akhir pergelaran busananya di Théâtre du Châtelet, Paris, Prancis. Momen emosional ini dihadiri teman, serta keluarga, mulai dari aktor Béatrice Dalle dan Rossy De Palma, hingga model Yasmin Le Bon, juga Paris Jackson.

Lelaki 67 tahun tersebut sebenarnya sudah mundur dari pergelaran busana ready-to-wear pada 2014. Tapi, pertunjukan yang dideskripsikan doozy oleh New York Time itu merupakan ucapan selamat tinggal terakhir, setidaknya di panggung runway.

Setelah ini, diduga kuat sang desainer akan mengambil peran di perusahaannya yang dimiliki grup asal Spanyol, Puig. Juga, lelaki yang pernah merancang busana untuk Nicole Kidman, Cate Blanchett, Lady Gaga, juga Rihanna ini telah punya kerja sampingan sebagai sutradara kabaret.

Sudah beberapa waktu lalu sejak Gaultier dinilai sebagai sosok kontroversi di dunia fesyen, termasuk soal menemukan inspirasi dari komunitas Yahudi Orthodox, menantang stereotip genre, serta menggunakan jasa model dengan ragam bentuk tubuh, serta usia.

Jean-Paul Gaultier dinilai berhasil mengarahkan rumah-rumah produksi artisan jadi label berskala global. Kepiawaiannya dibuktikan saat menjabat creative director di brand besar, yakni Hermes pada 2003--2010. Ide-idenya disebut turut membentuk industri fesyen bergerak ke arah sebagaimana yang tampak sekarang.

 

Fashion Show Terakhir

Gigi Hadid jalan di catwalk memperlihatkan busana rancangan Jean-Paul Gaultier di Paris, 22 Januari 2020. (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)
Gigi Hadid jalan di catwalk memperlihatkan busana rancangan Jean-Paul Gaultier di Paris, 22 Januari 2020. (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)

Koleksi terakhir yang diperlihatkan Jean-Paul Gaultier merupakan padanan edgy, feminin, dan chic. Gaultier mengekspresikan idenya dalam lebih dari 200 look yang beberapa potongnya merupakan busana nostalgia.

Mereka adalah pakaian dalam dikenakan di bagian luar, potongan denim, celana jas yang kemudian malah jadi hot pants, aksen garis biru-putih, serta body suit. Tak hanya 'mendaur ulang' tema, ia juga menggunakan material bekas yang diolah kembali.

"Saya membuka semua lemari saya dan mengambil koleksi lama. Saya menggunakan material itu kembali. Apa yang saya lakukan pertama tak mendasar pada sumber apapun. Apa yang saya lakukan hari ini merupakan cerminan untuk memberi napas pada kreasi baru," tulis Gaultier di catatan selamat tinggalnya.

BBC menulis, busana-busana tersebut diperankan sekian banyak model, di antaranya kakak-adik Gigi dan Bella Hadid, Dita Von Teese, Karlie Kloss, Larsen Thompson, juga mantan Ibu Negara Prancis Carla Bruni.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kawasan Megaria dan Salemba Digenangi Banjir

Posted: 23 Jan 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kawasan Megaria dan Salemba digenangi banjir, akibat hujan yang turun sejak pagi hari. Banjir juga akibat mapetnya saluran pembuangan. Beberapa petugas PPSu terus membersihkan saluran pembuangan guna mengurangi genangan banjir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Air Hujan di Melbourne Berwarna Cokelat

Posted: 23 Jan 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Melbourne - Ada yang tak biasa dengan hujan yang mengguyur Melbourne, Australia. Warnanya tak bening, melainkan seperti lumpur.

Badai debu yang menyapu negara bagian Victoria telah menyebabkan air hujan berwarna cokelat di Kota Melbourne pada Kamis pagi 23 Januari 2020. Sebuah kolam renang untuk umum terpaksa tutup dan mobil-mobil terlihat seperti sudah dicat dengan lumpur.

Pakar meteorlogi, Richard Carlyon dari Biro Meteorologi mengatakan ada banyak warga yang melaporkan turunnya hujan berwarna cokelat di seluruh penjuru Melbourne.

Menurutnya fenomena ini disebabkan oleh badai debu di malam hari, bukan karena asap kebakaran hutan.

"Beberapa dari debu telah diikat udara dan bergerak semalam sebelumnya," ujarnya kepada ABC seperti dikutip Jumat (24/1/2020).

Nate Byrne, presenter cuaca di ABC mengatakan debu-debu diambil oleh udara dingin dan kemudian dibawa dari Australia Selatan dan sebelah barat laut Victoria.

"Hujan selalu agak kotor karena ada sedikit debu, bakteri, di setiap tetesan hujan, bahkan dalam setiap air di awan," jelasnya.

 Pendengar ABC Radio Melbourne, Tony mengatakan langit berubah menjadi agak kecokelatan di kawasan tempat tinggalnya, Point Cook, Rabu kemarin 22 Januari.

"Warna langitnya cokelat dan mulai hujan lumpur," katanya.

 

Kolam Renang Seperti Danau

Shona McAlpine, warga Melbourne lainnya mengatakan kolam renang di rumahnya yang berada di kawasan Brighton menjadi seperti danau.

"Benar-benar cokelat, tinggal diberi bebek dan beberapa tanaman air, menjadi sebuah danau."

Kolam renang untuk publik, Brunswick Baths, harus tutup di hari Kamis, karena pandangan di bawah air yang tidak jernih.

Hujan berwarna cokelat juga menyebabkan stasiun kereta Burnley tutup, hingga pekerja khusus dipanggil untuk membersihkan genangan air cokelat.

Melbourne telah mengalami curah hujan yang tertinggi di bulan Januari sejak tahun 1996, sekitar 23 milimiter dalam semalaman, sehingga curah hujan selama sebulan menjadi 114 milimeter.

Rata-rata curah hujan di kota Melbourne di bulan Januari adalah 45 milimeter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhatan Para Pemilik Honda CR-V dari Tiap Generasi

Posted: 23 Jan 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Honda CR-V genap berusia 20 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2000 di Indonesia. Terhitung lima generasi Honda CR-V telah dijual di Indonesia. 

Setiap generasi Honda CR-V memiliki keistimewaan sendiri bagi pecintanya. Dalam acara CR-V 20 Years of Great Adventure, para pecinta SUV asal Jepang ini touring bersama dari Jakarta ke Situ Patenggang. Semua generasi CR-V pun hadir di sini, dan para pemiliknya berbagi pengalaman uniknya masing-masing.

Honda CR-V Generasi 1 (Amal/Liputan6.com)
Honda CR-V Generasi 1 (Amal/Liputan6.com)

Honda CR-V generasi pertama diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2000, sebagai sebuah SUV "Cross Country".  Saat itu, CR-V dibekali dengan satu varian mesin yaitu mesin 2,0L dengan percepatan AT dan manual. Yudi Badil selaku pemilik pertama ini menjelaskan satu poin unik, yaitu sektor kaki-kaki.

" Honda CR-V generasi pertama ini yang berjenis jip mengadopsi kaki-kaki dari sedan," ujar Yudi Badil.

           

Honda CR-V Generasi Kedua

Honda CR-V generasi kedua (Amal/Liputan6.com)
Honda CR-V generasi kedua (Amal/Liputan6.com)

Honda CR-V generasi kedua yang diluncurkan pada tahun 2002 mulai mengusung desain crossover yang lebih stylish dan peningkatan dari sisi performa dan utilitas. Menurut Edi Purnomo sang pemilik generasi 2, ruang interior lebih luas dibanding generasi kedua.

"Secara kesan kesan sih sebetulnya hampir sama dengan generasi 1. Cuma untuk generasi 2 ruangnya lebih luas sehingga kalo kita bawa keluarga itu lebih leluasa, kalo tingkat kenyamanan itu sama dengan generasi 1 tapi ada perubahan-perubahan sedikit, yang pasti lebih nyaman. Mesin, transmisi maupun kaki-kaki yang saya rasakan selama ini tidak terlalu merepotkan," ungkap Edi.

           

Honda CR-V Generasi Ketiga

Honda CR-V generasi ketiga (Amal/Liputan6.com)
Honda CR-V generasi ketiga (Amal/Liputan6.com)

Pada generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2007, Honda CR-V tampil pertama kalinya dengan transmisi manual 6 percepatan yang merupakan pertama di kelasnya. Selain itu, untuk pertama kalinya juga Honda CR-V dijual dalam pilihan mesin 2,4 liter.

Selain itu, bagi Indra Sukmawijaya selaku pemilik generasi 3, perbedaan terbesar terlihat dari desain eksterior dan interior. "Saya memilih generasi 3 karena dari generasi 1-2 itu bentuknya relatif kotak, jadi pada saat generasi 3 keluar itu agak unik, dari bentuknya sudah lebih modis kemudian performance sudah diperbaiki dengan mesin yang sedikit berbeda. Di generasi ini ditemukan kombinasi yang bagus antara model, suspensi, dan performance," ungkap Indra.

           

Honda CR-V Generasi Keempat

Honda CR-V generasi keempat (Amal/Liputan6.com)
Honda CR-V generasi keempat (Amal/Liputan6.com)

Menurut Remond Halim selaku pemilik CR-V generasi keempat, pada CR-V miliknya terdapat banyak fitur-fitur canggih. " Saya pake generasi 4 karena emang satu kebutuhan saya, lalu karena dipercanggih di bagian interior itu ada teknologi nano. Lalu sudah dilengkapi sunroof, power back door, dan penambahan-penambahan dari generasi 3 lah," ungkapnya.

Honda CR-V Generasi Kelima

All new Honda CR-V Turbo pamer kemampuan di Gunung Bromo. (Amal/Liputan6.com)
All new Honda CR-V Turbo pamer kemampuan di Gunung Bromo. (Amal/Liputan6.com)

Generasi kelima Honda CR-V diperkenalkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. All new Honda CR-V untuk pertama kalinya juga memperkenalkan mesin 1,5 liter VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology.

"Kenapa saya memilih generasi ke-5. Saya punya pengalaman, saya dulu pakai generasi ke-4 selama 6 tahun, generasi ke-5 ini interiornya bagus ada sunroof dan moonroof, suspensinya nyaman, mesinnya turbo, teknologinya benar-benar menghemat bensin dan tenaga lebih besar, 7 penumpang. Jadi tidak kecewa pakai generasi ke-5 Honda CR-V," kata Johannes Turangan selaku pemilik CR-V generasi kelima.

Penulis : Gilang Seftian

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Datangi KPK, Ada Apa?

Posted: 23 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mendatangi gedung KPK hari Jumat (24/1) pagi. Hasto datang bersama sejumlah orang, ada apa?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Lawas 7 Seleb Ganteng Ini Bikin Pangling, Kini Macho dan Kekar

Posted: 23 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Olahraga merupakan suatu kegiatan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Selain menjadi kebutuhan kesehatan, olahraga kini menjadi gaya hidup untuk memperbaiki penampilan. Seperti yang dilakukan para seleb Tanah Air yang semakin giat berolahraga.

Berkat kerja keras, beberapa seleb pria ini berhasil memiliki tubuh atletis. Sosok seleb pria seperti Ganindra Bimo, Verrell Bramasta dan Randy Pangalila bertransformasi menjadi kekar dan semakin macho.

Para seleb pria ini pun tak jarang mengunggah potret terbaru tubuh kekarnya di media sosial. Untuk mencapai penampilannya yang sekarang, para seleb ini tentunya melalui proses yang tak mudah. Potret lawas seleb pria saat masih belum kekar seperti sekarang ini berhasil bikin pangling.

Penasaran kan seperti apa perubahan seleb ganteng ini saat masih belum kekar dan berotot? Berikut dirangkum Liputan6.com beberapa potret lawas seleb ganteng bertubuh atletis yang bikin pangling dari berbagai sumber, Jumat (24/1/2020).

1. Beberapa tahun terakhir Deddy bertransformasi menjadi kekar dan berotot. Ia sempat gencar mempromosikan diet yang ia buat, Obsessive Corbuzier's Diet.

Deddy Corbuzier (Sumber: Instagram/@mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier (Sumber: Instagram/@mastercorbuzier)

2. Verrell Bramasta sudah punya bentuk tubuh yang ideal di usia 23 tahun. Sama seperti yang lain, ia juga rajin berolahraga dan menjaga pola makan.

Verrell Bramasta Sumber: Instagram/@bramastavrl)
Verrell Bramasta Sumber: Instagram/@bramastavrl)

3. Baim Wong mulai rajin melakukan work out dan menjaga pola makannya beberapa tahun terakhir demi mendapatkan tubuh atletisnya.

Baim Wong (Sumber: brilio.net/Instagram/@baimwong)
Baim Wong (Sumber: brilio.net/Instagram/@baimwong)

4. Jarang muncul di layar kaca, penampilan Randy Pangalila sangat mengejutkan. Ia tampil six-pack dan menjadi atlet MMA.

Randy Pangalila (Sumber: YouTube/sonymusicIDVEVO, Instagram/@randpunk)
Randy Pangalila (Sumber: YouTube/sonymusicIDVEVO, Instagram/@randpunk)

5. Chef Arnold juga mempunyai tubuh kekar dan berotot, terlihat berbeda dengan penampilannya kala muda.

Chef Arnold (Sumber: Instagram/@arnoldpo)
Chef Arnold (Sumber: Instagram/@arnoldpo)

6. Ridho dulu punya badan kurus saat mengikuti D'Academy pada 2016. Demi mendapatkan badan berotot, saudara kembar Rizky ini rutin menjalani fitness.

Ridho D'Academy (Sumber: Instagram/@da2_ridho)
Ridho D'Academy (Sumber: Instagram/@da2_ridho)

7. Ganindra Bimo menjadi salah satu seleb bertubuh kekar yang memesona. Potret lawasnya dulu ia terlihat lebih gemuk daripada sekarang.

Ganindra Bimo (Sumber: Instagram/@ganindrabimo)
Ganindra Bimo (Sumber: Instagram/@ganindrabimo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarita Abdul Mukti Lunasi Utang Mantan Suami Miliaran Rupiah

Posted: 23 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Suami Jennifer Dunn, Faisal Harris rupanya terlilit utang puluhan miliar rupiah. Mantan istri Faisal, Sarita Abdul Mukti rupanya masih berbaik hati untuk melunasi utang sang mantan suami.

Sarita Abdul Mukti menjual rumah yang dahulu pernah ditempati oleh dirinya dan Faisal Harris beserta anak-anak. Rumah mewah yang terletak di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan itu dijual dengan harga Rp 50 miliar.

Dalam sebuah acara, presenter Uya Kuya bertanya pada Sarita Abdul Mukti, mengapa ia masih membantu melunasi utang pria yang telah menjadi suami Jennifer Dunn tersebut. Sarita nampaknya tak tega membiarkan Faisal Harris memikul sendiri utangnya.

"Tapi kan dari mana beliau akan bayar utang hampir 30 M?" ungkap Sarita Abdul Mukti, di acara Pagi Pagi Pasti Happy, Jumat (24/1/2020).

 

Kesulitan Ekonomi?

Jennifer Dunn (Foto: Instagram/@jeje.dunnreal)
Jennifer Dunn (Foto: Instagram/@jeje.dunnreal)

Dari jawaban tersebut, Uya Kuya kembali bertanya, apakah Faisal Harris memiliki masalah ekonomi, hingga butuh bantuan untuk melunasi semua utangnya?

 

Sudah Diskusi

Sarita dan Faisal Harris [foto: instagram/shakillaastari]
Sarita dan Faisal Harris [foto: instagram/shakillaastari]

"Saya tidak tahu. Ya sudahlah. Aku diskusi juga sama beliau, kita tebus sertifikat, bayar utang, sisanya aku mau buat rumah aku dan anakku, aku mau punya usaha," jelasnya.

 

Sempat Digadai

Lebih lanjut, saat masih menikah dulu, rumah mewah itu memang digadaikan oleh Faisal Harris demi modal usaha. Namun utangnya belum bisa sepenuhnya dilunasi.

 

Kasihan

"Digadaikan perpanjang setiap setahun sekali. Aku kasihan aja sama beliau kalau harus membayar bunga plus pokok tiap bulan, karena besar banget," kata ibu empat anak tersebut.

 

Bagi Hasil

Jika rumah tersebut telah laku terjual, Sarita Abdul Mukti dan Faisal Harris akan bagi hasil. Sang mantan suami akan memakai untuk melunasi utangnya, sementara sisanya untuk Sarita dan anak-anak.

 

Rp 22 Miliar

"Mungkin kalau kita bicara laku 50 M berarti aku masih punya sisa sekitar 22 M," tutur Sarita Abdul Mukti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka Duka Pemuda Difabel Bangun Bisnis Kopi Kito Rato

Posted: 23 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kopi Kito Rato yang diusung tiga pemuda difabel tentunya memiliki kisah sulit di baliknya. Tidak seperti pemuda pada umumnya, mereka benar-benar harus bekerjasama dalam melakukan beberapa hal.

"Misalnya saat angkut-angkut barang berat, kami kan semuanya difabel jadi agak kesulitan. Ini kaki palsu saya sampai retak karena mengangkut barang berat," ujar Saldi Rahman, CO-founder Kito Rato sembari menunjukan retakan di kaki palsunya.

Saldi yang kala itu ditemui di kedai Kopi Kito Rato, Ciater, Tangerang Selatan mengaku ada kesulitan lain. Para karyawan yang semuanya adalah pemuda cukup sulit untuk dibangunkan ketika pagi.

"Sempat kita ketinggalan event karena hal itu," ujarnya Kamis pagi (23/1/2020).

Memang sebelumnya Saldi menjelaskan, setidaknya satu minggu satu kali mereka datang ke satu event untuk berjualan. Dari event tersebut otomatis penghasilan mereka lebih banyak dari hari-hari biasa karena ramainya pengunjung.

Tantangan Galon Air dan Kemudi Mobil

VW Combo andalan Kopi Kito Rato, Tangerang Selatan (23/1/2020)
VW Combo andalan Kopi Kito Rato, Tangerang Selatan (23/1/2020)

Kesulitan pun dirasakan oleh Rendy Agusta yang hanya memiliki satu tangan. Sebagai penjual kopi, tentunya mereka memerlukan air. Sayangnya, galon yang berat tidak dapat diangkat sendiri olehnya.

"Galon seberat itu ya harus menggunakan dua tangan. Untuk mengatasinya, penggantian gallon harus dialkukan oleh dua atau bahkan tiga orang," kata Rendy di lokasi yang sama.

Rendy adalah satu-satunya orang dalam tim yang bisa mengemudi mobil. Namun, mengemudi dengan satu tangan tentunya sangat berbeda dengan mengemudi menggunakan dua tangan.

"Apalagi, mobil yang kami gunakan untuk jualan adalah mobil jadul jadi sangat berat," ujarnya.

Tiga hari pertama berjualan Rendy sudah memiliki niat untuk menyerah. Saat itu, mengemudi menjadi hal yang menyulitkan baginya. Padahal, ia sudah mahir mengemudi semenjak SMA.

"Tapi saya berpikir, kalau bukan saya siapa lagi yang mengemudi. Akhirnya saya berusaha terus dan kini mulai membiasakan diri".

Selain itu, cuaca pun menjadi tantangan tersendiri. Kito Rato yang mengusung tema outdoor menggunakan mobil VW Combo sebagai barnya dan kursi-kursi taman berpayung untuk pengunjung. Namun, ketika hujan, pengunjung pun otomatis berkurang.

Terus Maju dan Berinovasi

Cappucino Kito Rato, Tangerang Selatan, Banten (23/1/2020).
Cappucino Kito Rato, Tangerang Selatan, Banten (23/1/2020).

Segala kesulitan yang dialami bukan lah alasan mereka untuk berhenti. Buktinya, hingga kini Kito Rato masih buka dari pukul 11:00 atau 13:00 hingga pukul 23:00 atau bahkan tengah malam.

Semangat mereka dituangkan dalam setiap kucuran kopi yang dijual. Kopi-kopi itu dibuat secara manual tanpa menggunakan mesin. Namun, mereka mampu memberi tampilan yang indah di setiap cangkirnya seperti gambar hati di permukaan cappuccino.

Jika pembeli ingin take away, mereka pun menyediakan gelas dengan tulisan motivasi. Salah satunya berbunyi "Cita-cita kami juga setinggi anda".

Hingga kini, Kito Rato masih berinovasi. Primadonanya adalah Es Kopi Susu Gula Aren, selain itu ada juga Ice Yakult Mango, Ice Strawberry Yakult, Mocktail Lime Squash dan masih banyak menu lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Dear Netizen: Investasi Bodong MeMiles, Kenapa Konsumen Mudah Terbuai

Posted: 23 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Kasus penipuan berkedok investasi terjadi lagi di Indonesia. Kali ini, aplikasi investasi bodong bernama MeMiles berhasil diungkap pihak kepolisian pada 3 Januari 2020.

Kasus penipuan ini terungkap setelah Polda Jatim menangkap dua tersangka KTM (47) dan FS (52) yang terlibat dalam kasus investasi bodong tersebut.

Hanya dalam delapan bulan, investasi bodong MeMiles dengan menggunakan nama PT Kam and Kam ini berhasil meraup uang dari korban senilai Rp 750 miliar. Saat penangkapan, Polisi mengamankan uang nasabah hingga Rp 122 miliar.

Nah, untuk membahas masalah ini, "Dear Netizen" kali ini akan mengangkat tema "Investasi Bodong MeMiles, Kenapa Konsumen Mudah Terbuai" dengan nara sumber Sularsi, Koordinator Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia(YLKI) dan Tongam L Tobing, Ketua Satgas Waspada Investasi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, jangan lewatkan Live Streaming "Dear Netizen: Investasi Bodong MeMiles, Kenapa Konsumen Mudah Terbuai" , Jumat 24 Januari 2020, mulai pukul 15.00 WIB yang dipandu oleh host Istiarto "Itho" Sigit dan Nadya Laras, melalui tautan ini.....

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Kurangi 50 Persen Pupuk Bersubsidi di Ngawi, Ada Apa?

Posted: 23 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jatah pupuk bersubsidi 2020 untuk petani di wilayah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, berkurang drastis hingga 50 persen lebih jika dibanding 2019, sehingga membuat petani kebingungan.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Eka Sri Rahayu mengatakan, pengurangan jatah terjadi untuk semua jenis pupuk bersubsidi seperti Urea, ZA, SP-36, NPK, dan Organik.

"Untuk tahun 2020 ini memang pengurangan jatah pupuk bersubsidi sangat drastis dibanding tahun kemarin dan tahun-tahun sebelumnya," ujar Eka Sri Rahayu kepada wartawan di Ngawi, Kamis, 23 Januari 2020, dilansir dari Antara.

Menurut dia, sesuai data, untuk pupuk bersubsidi jenis Urea aloksi Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) petani tahun 2020 mencapai 50.130 ton, berkurang menjadi 22.727 ton. Pupuk SP-36, aloksi RDKK petani pada 2020 mencapai 24.424 ton, berkurang menjadi 4.436 ton.

Pupuk ZA, aloksi RDKK petani pada 2020 mencapai 30.538 ton, berkurang menjadi 11.662 ton. Pupuk NPK, aloksi RDKK petani tahun 2020 mencapai 61.299 ton, berkurang menjadi 30.400 ton. Serta pupuk organik aloksi RDKK petani mencapai 82.612 ton, berkurang menjadi 10.163 ton.

 

Kebijakan Pemerintah Pusat

Pemberian pupuk bersubsidi ini haruslah memenuhi enam prinsip utama yang sudah dicanangkan atau disebut 6T.
Pemberian pupuk bersubsidi ini haruslah memenuhi enam prinsip utama yang sudah dicanangkan atau disebut 6T.

Selanjutnya, Eka menjelaskan, saat ini upaya yang dilakukan Dispertan adalah berusaha meyakinkan petani bahwa pengurangan alokasi pupuk bersubsidi tersebut merupakan kebijakan dari pemerintah pusat.

Hal itu sesuai dengan keinginan pemerintah agar petani menggunakan sistem pemupukan yang berimbang dan secara perlahan mengurangi ketergantungan petani dari pupuk kimia.

Selain itu petani disarankan untuk meningkatkan kembali penggunaan pupuk organiknya.

Dengan kebijakan pengurangan tersebut, mau tidak mau petani menggunakan pupuk non-subsidi yang harganya dua kali lipat dari pupuk bersubdisi untuk memenuhi kebutuhannya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikatan Guru: Penghapusan Tenaga Honorer Dongkrak Kualitas Pendidikan

Posted: 23 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Kementerian PAN-RB, Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat menghapus tenaga honorer dari seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah. Kesepakatan itu sebagai mandat dari UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tentu, penghapusan ini menuai beragam reaksi khususnya dari tenaga honorer itu sendiri. Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia, Muhammad Ramli Rahim menyatakan, penghapusan tenaga honorer ini akan mendongkrak kualitas tatanan pendidikan Indonesia.

Saat ini, setumpuk persoalan yang disebabkan adanya celah untuk menjadi tenaga honorer di kalangan guru sudah membuat sistem belajar mengajar jadi semrawut.

"Pertama, sistem rekruitmen guru (honorer) serampangan, tanpa pola, tanpa proses sehingga variasi kualitas guru lebih banyak. Mulai dari yang bermental baik, bermentak buruk, mengajar dengan hati, tidak dengan hati semuanya bisa jadi guru," ujar Ramli sebagaimana ditulis pada Jumat (24/1/2020).

Lebih lanjut, Ramli juga berujar bahwa di berbagai sekolah, ada anggapan bahwa profesi guru hanya sebagai status. Misalnya, saat satu sekolah butuh 5 guru tambahan, namun ada 20 guru honorer tambahan di dalamnya, sehingga pembagian pengajaran guru tidak efisien dan tentu berdampak bagi guru bersertifikasi.

"Lalu, ada pula faktor guru titipan. Anggota legislatif, pejabat daerah bahkan pejabat pusat bahkan ada yang "menitip guru", dan kepala sekolah akan melakukan cara apapun agar guru titipan ini bisa mengajar," imbuhnya.

Ramli melanjutkan, adanya guru honorer juga membuat guru bersertifikasi (PNS) jadi malas mengajar dan hanya mengandalkan guru honorer sebagai pengganti. Pun saat diklat guru, karena tenaga honorer yang mengikutinya, akan jadi mubazir karena ketidakjelasan status mereka.

"Dengan semua persoalan itu, sudah sangat tepat jika kemendikbud dan Pemerintah daerah sesegera mungkin mengaktualisasiksan kesepakatan pemerintah dan DPR RI ini dan tentu saja segera menyiapkan pola rekruitmen PPPK dan CPNS untuk mengisi kekosongan yang akan diakibatkan penghapusan sistem honorer ini," ujar Ramli.

PNS Bisa Kerja dari Rumah, Ini Kata Tenaga Honorer

Pegawai honorer DKI Jakarta menggelar demo di Balai Kota, Jakarta, Rabu (26/9). Massa mengenakan seragam pramuka dan membawa sejumlah poster aspirasi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pegawai honorer DKI Jakarta menggelar demo di Balai Kota, Jakarta, Rabu (26/9). Massa mengenakan seragam pramuka dan membawa sejumlah poster aspirasi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemerintah mewacanakan agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa bekerja dari rumah. Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi informasi sehingga memungkinkan para PNS ini tidak perlu datang ke kantor untuk bekerja.

Menanggapi hal ini, Ketua Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) Titi Purwaningsih mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya wacana tersebut. Sebab, dengan begitu para tenaga honorer yang gajinya pas-pasan bisa menghemat biaya transportasi untuk datang ke instansi tempatnya bekerja.

"Kalau bagi honorer, ini bagus. Artinya kita tidak perlu capek-capek keluarkan uang transport. Kemudian, meringankan beban. Tetapi apakan mungkin bisa dilaksanakan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com seperti ditulis Kamis (15/8/2019).

Namun dirinya sangsi jika kebijakan ini bisa diterapkan. Terlebih bagi para PNS atau honorer dengan profesi tertentu seperti guru di mana dalam proses belajar mengajar harus bertatap langsung dengan siswanya.

"Seperti guru, apakah mungkin bekerja di rumah tanpa bertatap muka. Kalau yang bidangnya administrasi bisa dimungkinkan. Tetapi bagi pendidik apakah mungkin, tidak bertatap muka. Kita tidak bisa melihat karakter siswa secara langsung," kata dia.

Menurut Titi, dari pada pemerintah membuat wacana yang belum tentu bisa diterapkan di Indonesia, lebih baik pemerintah memperhatikan kepastian nasib para tenaga honorer yang selama ini belum juga memiliki status yang jelas.

"Jadi kalau membuat wacana ya yang wajar saja lah. Jangan ikut-ikutan di luar negeri yang kita belum mampu. SDM (PNS) kita belum memenuhi syarat, sarana dan prasarana juga belum ada. Yang riil saja dulu dilaksanakan secara maksimal seperti memberikan peluang kepada para guru honorer untuk mendapatkan sertifikasi," tandas dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hujan Deras, Jalan Medan Merdeka Timur Tergenang Air

Posted: 23 Jan 2020 09:00 PM PST

Sejumlah kendaraan melintasi genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah kendaraan melintasi genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan melintasi genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan melintasi genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah kendaraan melintasi genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan melintasi genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas memeriksa genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memeriksa genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas memeriksa genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pejalan kaki melintasi genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pejalan kaki melintasi genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pejalan kaki melintasi genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kondisi genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Kondisi genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kondisi genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi mengakibatkan genangan air di Jalan Medan Merdeka Timur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gregoria Mariska Menang di Thailand Masters 2020, Fans Ini Penuhi Janji Tidur di Teras

Posted: 23 Jan 2020 09:00 PM PST

Jakarta Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tanjung berhasil melaju ke perempat final Thailand Masters 2020. Kepastian ini didapatkan dia mengahkan wakil tuan rumah, Busanan Ongbamrungphan. Bertanding pada babak kedua di Stadium Huamark, Bangkok, Kamis (23/1/2020), Gregoria menang melalui rubber game 14-21, 21-11, 21-10.

Kemenangan Gregoria Mariska ini membuat fans bulutangkis Indonesia menunaikan nazarnya untuk tidur di teras. Ia mengucapkan nazar tersebut saat membalas update skor pertandingan Gregoria di akun twitter @BadmintonTalk.

"Di jamin set keita ambyar.. kalo sampe menang saya akan tidur teras," tulis @mirza_viandri.

Setelah Gregoria menang, sang kekasih, Mikha Angelo sempat menyentil nazar fan tersebut dengan menulis "Ga di teras yang pasti" di kolom komentar @BadmintonTalk.

Ternyata fan tersebut melakukan nazarnya. Ia mengunggah foto tidur di teras sembari memberi semangat untuk Gregoria Mariska Tanjung agar menang melawan tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi, di perempat final, Jumat (24/1/2020). 

Mendapat Perhatian dari Kekasih Gregoria Mariska

Dijumpai di Kantor Starvision, kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2015), Mikha Angelo menjelaskan konsep video klip 'Mungkin'. Bersama dua saudaranya, Mikha mengisahkan cerita Ernest dengan bermain gitar. (Deki Prayoga/Bintang.com)
Dijumpai di Kantor Starvision, kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2015), Mikha Angelo menjelaskan konsep video klip 'Mungkin'. Bersama dua saudaranya, Mikha mengisahkan cerita Ernest dengan bermain gitar. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Ternyata aksi fan bulutangkis Indonesia menunaikan nazarnya mendapat perhatian dari kekasih Gregoria, Mikha Angelo. Ia sampai menuliskan di akun media sosialnya.

"Amin makasih mas, bantu doain juga, mas gapapa lho masuk kamar gaada yang melarang," tulis Mikha.

Mikha Angelo merupakan penyanyi Indonesia jebolan acara pencarian bakat. Ia juga membentuk band dengan nama The Overtunes.

Disadur dari Bola.com (Hanif Sri / Yus Mei,published 24/1/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Deras di Jakarta, Pintu Air Manggarai Siaga Tiga

Posted: 23 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hujan mengguyur sejumlah wilayah di Jakarta sejak Jumat (24/1/2020) pagi. Operator Pintu Air Manggarai, Adi Widodo mengatakan, tinggi muka air di Pintu Air Manggarai dalam status siaga 3.

"Siaga 3 dengan tinggi muka air 7,85 sentimeter," kata Adi saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Adi menerangkan, sejumlah wilayah yang biasa terendam air seperti Kampung Melayu belum dikabarkan terjadi banjir. Tetapi warga diminta waspada.

"Belum ada mas," ujar Adi.

Sebelumnya, Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) memprakirakan, ada potensi hujan lebat yang terjadi dalam kurun waktu sepekan, selama 24-29 Januari.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo mengatakan, hujan lebat selama sepekan dipengaruhi sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia selatan Lampung. Sirkulasi ini menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Disertai Petir

Selain itu, kata dia, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

"Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," kata Mulyono dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Dia menuturkan, dengan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan akan ada hujan lebat disertai petir.

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat, yang dapat disertai kilat/petir," ungkap Mulyono.

BMKGpun menghimbau agar masyarakat, tetap berhati-hati akan dampak hujan lebat ini.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tukasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Pare-Pare dalam Pusaran Suap Proyek DAK

Posted: 23 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Pare-Pare - Sejumlah lembaga pegiat anti korupsi di Sulsel kembali mendesak aparat penegak hukum. Baik kejaksaan maupun kepolisian untuk melanjutkan penanganan kasus dugaan suap proyek DAK (Dana Alokasi Khusus) senilai Rp40 miliar di Kota Pare-Pare.

Direktur Anti Corruption Committee Sulawesi, Kadir Wokanubun mengatakan, tak ada alasan bagi kejaksaan maupun kepolisian untuk tidak menyelidiki kasus dugaan suap proyek DAK di Kota Pare-Pare yang dikabarkan melibatkan Wali Kota Pare-Pare, Taufan Pawe.

Keterangan saksi-saksi dalam sidang kasus UU ITE yang mendudukkan dua orang warga jadi terdakwa yakni Kaharuddin dan Iksan Ishak di Pengadilan Negeri Pare-Pare, Senin 20 Januari 2020, merupakan fakta hukum yang seharusnya segera ditindaklanjuti penegak hukum.

Kedua saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Syahrul dalam sidang kasus UU ITE itu membeberkan adanya kegiatan dugaan suap pada pengurusan proyek DAK tahun anggaran 2016 senilai Rp40 miliar yang sebelumnya telah diterima oleh Kota Pare-Pare.

Kedua saksi yakni Muhammad Yamin dan Taufiqurrahman di dalam persidangan telah memberikan keterangan bahwa surat pernyataan yang isinya menggambarkan adanya kegiatan dugaan suap proyek DAK yang ditandatangani mereka di atas materai Rp6000 yang disebarkan oleh kedua terdakwa di media sosial (Facebook) benar adanya.

Tak hanya itu, mereka juga membenarkan adanya kegiatan pemberian uang senilai Rp1,5 miliar kepada pengusaha asal Papua, H. Hamzah di sebuah mal bernama Mal Ratu Indah Makassar pada bulan November 2016, sebagai bentuk pengembalian biaya pengurusan di Jakarta untuk proyek DAK tambahan perubahan TA 2016 sektor jalan sebesar Rp40 miliar yang turun di Kota Pare-Pare atas perintah Wali Kota Pare-Pare, Taufan Pawe.

"Keterangan saksi di persidangan merupakan fakta hukum yang tak boleh diabaikan dan seharusnya segera ditindaklanjuti," terang Kadir di Kantor Anti Corruption Committee Sulawesi (ACC Sulawesi) di Jalan AP. Pettarani Makassar, Kamis (23/1/2020).

Ia mengatakan kasus dugaan suap proyek DAK senilai Rp40 miliar di Kota Pare-Pare didukung sejumlah alat bukti. Selain keberadaan surat pernyataan adanya kegiatan yang dimaksud, juga dikuatkan fakta hukum adanya keterangan saksi dalam sidang kasus UU ITE yang mendudukkan Kaharuddin dan Iksan Ishak sebagai terdakwa.

Dimana kedua saksi tersebut yakni Muhammad Yamin dan Taufiqurrahman juga diketahui sebagai orang yang membuat pernyataan adanya kegiatan dugaan suap proyek DAK yang dimaksud.

"Jadi tak ada lagi alasan bagi polisi maupun jaksa tak ingin lanjutkan pengusutan kasus dugaan suap proyek DAK tersebut," tutur Kadir.

Tanggapan Akademisi

Jermias Rarsina, Dosen Fakultas Hukum UKI Paulus Makassar (Liputan6.com/ Eka Hakim)
Jermias Rarsina, Dosen Fakultas Hukum UKI Paulus Makassar (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Jermias Rarsina, Dosen Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKI Paulus) Makassar menjelaskan, dengan adanya keterangan saksi, Muhammad Yamin di dalam persidangan perkara dugaan tindak pidana UU ITE yang disidangkan kemarin tepatnya Senin tanggal 20 Januari 2020, yang menerangkan dan membenarkan surat pernyataan terkait adanya kegiatan pemberian uang dalam rangka pengurusan proyek DAK (dugaan suap) yang menyebut nama Wali Kota Pare-Pare benar adanya, maka kesaksian Yamin tersebut merupakan fakta hukum persidangan.

"Harusnya Wali Kota Pare-Pare secara hukum dilibatkan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya secara bersama-sama dengan Muhammad Yamin dan kawan-kawan sebagai pembuat dalam arti delneming (penyertaan) sesuai pasal 55 KUHPIDANA," kata Jermias saat ditemui di sebuah warkop di bilangan Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Kamis (23/1/2020).

Dalam berbagai literatur hukum mengenai teori ajaran delneming (penyertaan), kata Jermias, itu terbagi atas orang yang melakukan (dader/pleger), orang yang menyuruh melakukan (doen pleger), orang yang turut melakukan (Mededader) dan orang yang membujuk, memancing atau menganjurkan (uitloker).

Semua yang dijelaskan diatas, lanjut dia, harus memenuhi syarat berupa: para pelaku harus kontak fisik, harus ada kerja sama dan saling menginsyafi kerja sama tersebut untuk sesuatu maksud dan tujuan.

Secara fakta hukum persidangan, kata Jermias, bahwa dengan adanya keterangan Muhammad Yamin dkk selaku saksi membenarkan keberadaan Wali Kota Pare-Pare sekaitan dengan dugaan tindak pidana korupsi (dugaan suap), maka seharusnya Wali Kota Pare-Pare ditarik masuk untuk didudukkan pertanggungjawaban pidananya dalam kategori ajaran delneming yang dimaksud. Yakni mengenai peranannya dalam hubungannya dengan Muhammad Yamin dkk sekaitan dengan surat pernyataan yang diduga ada aroma kasus korupsi (dugaan suap proyek DAK).

"Hal penting yang harus digaris bawahi secara hukum oleh aparat penegak hukum terutama polisi dan jaksa adalah bahwa setiap putusan Pengadilan mempunyai sifat secara yuridis dan salah satunya adalah putusan memiliki kekuatan pembuktian," jelas Jermias.

Putusan Pengadilan, kata dia, jika mempertimbangkan fakta hukum bahwa benar ada keterlibatan Wali Kota Pare-Pare atau benar-benar terlibat perannya dengan keberadaan surat pernyataan yang dibuat oleh Muh. Yamin dkk, maka tidak ada alasan apapun yang bersangkutan (Wali Kota Pare-Pare) harus dilibatkan dalam dugaan perkara pokok kasus korupsi yang dialami oleh Muhammad Yamin dkk, terlepas nanti kedepannya apakah pertanggungjawaban perbuatan pidana oleh Wali Kota Pare-Pare terbukti bersalah atau tidak.

Hal ini, menurut dia, merupakan bagian dari proses penegakan hukum yang fair, obyektif, tidak diskriminatif dan berkeadilan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Pintu masuk untuk melibatkan Wali Kota Pare-Pare cukup beralasan pengembangannya dalam ajaran delneming (penyertaan) sesuai pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHPidana," Jermias menandaskan.

Sebelumnya, pada sidang perkara dugaan tindak pidana UU ITE yang mendudukkan dua orang terdakwa yakni Kaharuddin dan Iksan Ishak berlangsung di Pengadilan Negeri Pare-Pare, Senin 20 Januari 2020.

Sidang tersebut beragendakan mendengar keterangan saksi-saksi yakni Muhammad Yamin (Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pare-Pare) dan Taufiqurrahman (PNS di Dinas Kesehatan Kota Pare-Pare).

Dalam kesaksiannya di persidangan yang dipimpin oleh Majelis Hakim yang beranggotakan Khustul Khatimah selaku Hakim ketua serta Novan Hidayat dan Krisfian Fatahila selaku Hakim anggota, Muhammad Yamin menjelaskan terkait kebenaran surat pernyataan yang disebarkan kedua terdakwa kasus UU ITE yakni Kaharuddin alias Lapoluz dan Iksan Ishak alias Dedy fokus ke media sosial (Facebook).

Dimana surat pernyataan tersebut berisi tentang adanya kegiatan pemberian uang miliaran rupiah kepada pengusaha bernama H. Hamzah untuk pengembalian biaya pengurusan proyek DAK tahun anggaran 2016 di Jakarta yang telah turun ke Kota Pare-Pare sebelumnya. Dimana pemberian uang untuk biaya pengurusan proyek DAK senilai Rp40 miliar itu atas perintah Wali Kota Pare-Pare, Taufan Pawe.

"Surat pernyataan tersebut semua benar, baik tentang pengembalian uang ke Hamzah, pengusaha di Papua sebesar Rp1,5 miliar atas perintah Walikota Pare-Pare, Taufan Pawe," ucap Yamin dihadapan Majelis Hakim sembari memperlihatkan bukti keaslian surat pernyataan yang ia buat bersama Taufiqqurahman dan Syamsul Idham tersebut.

Lanjut dalam persidangan, ia juga mengatakan bahwa pengembalian uang senilai Rp1,5 miliar yang dimaksud tujuannya untuk pengurusan proyek DAK tambahan sebesar Rp40 miliar.

Adapun mengenai kucuran dana sebesar Rp53 miliar, kata Yamin, itu merupakan gabungan dari pengurusan dana infrastruktur lainnya yang nilainya sebesar Rp13 miliar.

"Kalau saya hanya mengurus Rp40 miliar. Yang Rp13 miliar itu diurus oleh Dinas PU sehingga disetujui oleh pemerintah pusat," terang Yamin dalam persidangan.

Meski membenarkan keberadaan surat pernyataan beserta isinya itu, Yamin mengaku tidak tahu terkait peredaran surat pernyataan tersebut di medsos (facebook).

"Padahal saya hanya mengkopi surat pernyataan itu untuk diberikan kepada penyidik Polres Pare-Pare saat penyidikan kasus dugaan raibnya dana kas Dinas Kesehatan Pare-Pare," tutur Yamin menanggapi pertanyaan Rahmat S Lulung, Penasehat Hukum kedua terdakwa perkara UU ITE, Kaharuddin dan Iksan Ishak di persidangan.

Ia kembali menegaskan bahwa terkait dengan isi surat pernyataan dan peristiwa kejadian yang dibuat itu benar adanya. Surat pernyataan, kata dia, dibuat sebagai bukti bahwa ada peristiwa yang terjadi atas perintah Wali Kota Pare-Pare sendiri.

"Saya tidak bertindak tanpa ada perintah dari Wali Kota," beber Yamin.

Tak hanya itu, masih dalam persidangan ia juga menerangkan bahwa surat pernyataan turut ditandatangani oleh Taufiqqurahman dan Syamsul Idham setelah mereka membaca isi surat pernyataan yang dimaksud.

"Sebelum ditanda tangani, keduanya (Taufiqqurahman dan Idham) membaca isi surat itu, tanpa ada sedikit pun unsur paksaan," ungkap Yamin.

Hal yang sama juga diungkapkan saksi Taufiqurrahman di dalam persidangan. Ia mengatakan benar telah menandatangani surat pernyataan bersama Syamsul Idham setelah membaca isinya.

"Saya dan Idham sudah membacanya lalu kami tanda tangani berdua dan saya yang terakhir menandatangani surat pernyataan itu setelah ditanda tangani pak Yamin dan pak Idham," terang Taufiqqurahman di depan Majelis Hakim.

Usai memberikan kesaksian dalam persidangan perkara dugaan tindak pidana UU ITE itu, Majelis Hakim mempersilahkan keduanya meninggalkan tempat untuk selanjutnya sidang dinyatakan ditutup dan akan berlanjut esoknya dengan agenda mendengar keterangan saksi A de Charge (meringankan) oleh Penasehat Hukum kedua terdakwa.

Kronologi

Dua orang warga ditetapkan tersangka dalam dugaan pidana UU ITE karena menyebar salinan surat pernyataan adanya dugaan suap proyek DAK senilai Rp40 miliar ke media sosial facebook (Liputan6.com/ Eka Hakim)
Dua orang warga ditetapkan tersangka dalam dugaan pidana UU ITE karena menyebar salinan surat pernyataan adanya dugaan suap proyek DAK senilai Rp40 miliar ke media sosial facebook (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Kedua terdakwa masing-masing Kaharuddin, warga Jalan Bau Massepe, Kota Pare-Pare dan Iksan Ishak, warga Jalan Kesuma, Kota Pare-Pare ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pelanggaran UU ITE karena telah menyebarkan salinan pernyataan tiga PNS Pemkot Pare-Pare terkait adanya dugaan suap proyek DAK senilai Rp 40 miliar ke media sosial (facebook).

Melalui akun facebooknya, keduanya masing-masing memposting surat pernyataan tiga PNS Pemkot Pare-Pare ke medsos facebook.

Dimana dalam surat pernyataan yang dibubuhi materi bernilai Rp 6000 itu, tertuang pernyataan tiga orang PNS masing-masing Muhammad Yamin, Taufiqurrahman dan Syamsul Idham yang menyatakan telah bersama-sama mengantarkan dan menyerahkan dana sebesar Rp 1,5 miliar kepada pengusaha dari Papua, H. Hamzah di sebuah mal bernama Mal Ratu Indah Makassar sebagai bentuk pengembalian pengurusan proyek DAK 2016 sebesar Rp 40 miliar yang telah diterima oleh Kota Pare-Pare dan itu berdasarkan perintah Wali Kota Pare-Pare, Taufan Pawe.

Belakangan, surat pernyataan tersebut dianggap tidak benar sehingga korban, Wali Kota Pare-Pare, Muh. Taufan Pawe merasa nama baiknya dicemarkan dan membuat Laporan Polisi untuk ditindak lanjuti.

Subdit 5 Tindak Pidana Siber (Tipidsiber) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Krimsus) Polda Sulsel pun melakukan pelacakan dan berhasil menangkap kedua tersangka di rumahnya masing-masing dan mengamankan sejumlah barang bukti berupa 2 lembar screenshot postingan surat pernyataan tiga PNS Pemkot Pare-Pare yang disebarkan ke medsos serta handpone para tersangka yang digunakan memposting surat pernyataan tiga PNS yang dimaksud ke medsos.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat ancaman pidana Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang RI No.11 tahun 2008 tentang ITE atau Pasal 14 ayat 1 dan Pasal 15 UU RI No. 1 Tahun 1946 tentang berita bohong/ hoaks.

Motif kedua tersangka memposting salinan pernyataan tiga PNS terkait adanya dugaan suap proyek DAK. Sementara kasus dugaan suap proyek DAK yang dimaksud masih dalam penyelidikan Polres Pare-Pare yang diback up Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Hal yang Perlu Dihindari agar Tulang Kuat di Usia Tua

Posted: 23 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tulang sehat dan kuat adalah impian semua manula. Banyak yang sudah menginvestasikan masa mudanya dengan rajin berolahraga dan makan makanan bergizi untuk mencegah atau memperlambat masalah kesehatan tulang pada usia lanjut.

Sayangnya, ada beberapa hal yang membahayakan kesehatan tulang hingga usia lanjut, dilansir dari WebMD:

1. Terlalu banyak konsumsi garam

Semakin banyak konsumsi garam, semakin banyak kalsium yang dikeluarkan tubuh Anda. Padahal, seharusnya kalsium di sana untuk membantu tulang. Makanan seperti roti, keju, keripik, dan potongan daging dingin mengandung garam paling tinggi. Anda tidak perlu mengurangi garam sama sekali, tetapi usahakan kurang dari 2.300 miligram sodium per hari.

2. Terlalu lama menonton

Tidak ada salahnya menikmati hobi menonton film. Namun jika berlangsung berjam-jam di depan layar dan terlalu lama duduk akan membahayakan kesehatan tulang dan otot.

Olahraga baik untuk tulang dan otot Anda, terutama ekstremitas (anggota gerak) yang menahan beban tubuh, yang memaksa tulang dan otot bekerja melawan gravitasi.

3. Bersepeda 

Saat Anda mengayuh saat pergi bekerja atau berkendara selama berjam-jam di akhir pekan, jantung dan paru-paru Anda menjadi lebih kuat. Sayangnya, karena ini bukan aktivitas menahan beban, mengendarai sepeda terlalu berlebihan tidak meningkatkan kepadatan tulang-- tidak seperti berjalan, berlari, dan mendaki.

Jika Anda penggila olahraga sepeda, sebaiknya Anda menambahkan waktu untuk kegiatan menahan berat seperti tenis, hiking, menari, dan berenang (ketahanan air membantu tulang).

4. Terlalu banyak berjemur

Tubuh membuat vitamin D di bawah sinar matahari. Cukup dengan berjemur selama 10-15 menit beberapa kali seminggu setiap pagi. Namun, terlalu lama di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit, jadi perhatikan waktunya.

Memang tidak hanya sinar matahari, ada faktor lain penghambat produksi vitamin D dalam tubuh, misalnya usia, warna kulit, waktu dalam setahun, dan tempat tinggal, serta tabir surya.

Tambahkan sereal, jus, dan susu yang diperkaya (termasuk almond, kedelai, beras, atau susu nabati lainnya, serta susu rendah lemak) ke dalam makanan Anda. Dan tanyakan kepada dokter Anda jika Anda membutuhkan suplemen vitamin D.

 

 

5. Terlalu banyak minum soda

Sebuah studi menemukan,  onsumsi susu ternyata membantu pemulihan otot pada penderita osteoarthritis
Sebuah studi menemukan, onsumsi susu ternyata membantu pemulihan otot pada penderita osteoarthritis

Terlalu banyak soda juga membahayakan tulang Anda. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan, beberapa penelitian telah mengaitkan kehilangan tulang dengan kafein dan fosfor dalam minuman ini. Para ahli lain telah menyarankan bahwa kerusakan datang ketika Anda memilih untuk minum soda daripada susu (atau minuman lain yang mengandung kalsium). Terlalu banyak menyesap kopi atau teh juga bisamerampas kalsium tulang Anda.

6. Semangkuk gandum dengan susu

Gandum memang menyehatkan, tetapi ketika Anda memakannya dengan susu, tubuh menyerap kalsium lebih sedikit.

Jangan khawatir tentang makanan lain, seperti roti, yang mungkin mengandung dedak gandum. Tetapi jika Anda ingin menjaga konsentrasi dan mengambil suplemen kalsium, berikan jarak setidaknya 2 jam antara konsumsi gandum dan pil Anda.

7. Merokok

Ketika Anda secara teratur menghirup asap rokok, tubuh Anda tidak dapat dengan mudah membentuk jaringan tulang baru yang sehat. Semakin lama Anda merokok, semakin buruk hasilnya.

Perokok memiliki peluang lebih besar untuk meluas dan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Tetapi jika Anda berhenti, Anda dapat menurunkan risiko ini dan meningkatkan kesehatan tulang Anda, meskipun mungkin perlu beberapa tahun.

8. Resep obat

Beberapa obat, terutama jika Anda harus meminumnya untuk waktu yang lama, dapat berdampak negatif pada tulang Anda. Beberapa obat anti-kejang dan glukokortikoid (obat steroid), seperti prednison dan kortison, dapat menyebabkan keropos tulang. Anda mungkin menggunakan obat antiinflamasi seperti glukokortikoid jika Anda memiliki kondisi seperti rheumatoid arthritis, lupus, asma, dan penyakit Crohn.

9. Menjadi Kurus

Berat badan rendah, BMI 18,5 atau kurang, berarti kemungkinan patah tulang dan keropos tulang lebih besar. Jika Anda berperawakan kecil, lakukan latihan menahan beban dan konsultasikan dengan dokter jika Anda membutuhkan lebih banyak kalsium dalam diet Anda. Jika Anda tidak yakin mengapa Anda kekurangan berat badan, tanyakan kepada dokter tentang hal itu juga. Dia dapat memeriksa untuk melihat apakah kelainan makan atau kondisi medis lainnya adalah alasannya.

10. Pernah patah tulang

Ketika Anda masih kecil dan tersandung, Anda mampu bangkit lagi. Namun, seiring bertambahnya usia, jatuh menjadi lebih berbahaya, terutama jika Anda memiliki tulang yang lemah.

Patah tulang atau retak bisa membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Pada orang dewasa yang lebih tua, seringkali bisa menjadi awal dari penurunan yang sulit untuk kembali. Berjalan lebih mudah di rumah dengan fitur-fitur keamanan seperti grab bar dan keset anti selip. Bersihkan kekacauan pada jalur Anda, di dalam dan di luar, untuk menghindari salah langkah.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal La Liga Spanyol: Barca Tantang Valencia

Posted: 23 Jan 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - La Liga Spanyol akan memasuki pekan ke-21. Sejumlah laga sengit bakal digelar akhir pekan ini.

Salah satunya laga antara Valencia kontra Barcelona. Duel ini sangat menentukan bagi Barcelona untuk terus memuncaki klasemen La Liga Spanyol.

Sementara pesaing berat Barcelona, Real Madrid akan bertandang ke Real Valladolid. Di atas kertas, Los Galacticos bisa mencuri poin melawan klub papan bawah tersebut.

Peringkat ketiga Atletico Madrid akan menjadi tuan rumah akhir pekan ini. Mereka akan menjamu tim papan bawah lainnya, Leganes.

Berikut jadwal La Liga Spanyol selengkapnya:

 

 

Jadwal La Liga

Ilustrasi logo La Liga Spanyol. (dok. Google)
Ilustrasi logo La Liga Spanyol. (dok. Google)

Sabtu, 25 Januari 2020

03.00 WIB, Osasuna Vs Levante

19.00 WIB, Espanyol Vs Athletic Bilbao

22.00 WIB, Valencia Vs Barcelona

Minggu, 26 Januari 2020

00.30 WIB, Alaves Vs Villarreal

03.00 WIB, Sevilla Vs Granada

18.00 WIB, Atletico Madrid Vs Leganes

20.00 WIB, Celta Vigo Vs Eibar

22.00 WIB, Getafe Vs Real Betis

Jadwal Selanjutnya

Senin 27 Januari 2020

00.30 WIB, Real Sociedad Vs Mallorca

03.00 WIB, Real Valladolid Vs Real Madrid

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Hasto Kristiyanto Jelang Diperiksa KPK

Posted: 23 Jan 2020 08:45 PM PST

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) berbincang saat menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) berbincang saat menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) berbincang saat menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menunggu untuk dimintai keterangan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hasto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rakyat Tolak Revitalisasi Monas Bergaung di Twitter

Posted: 23 Jan 2020 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Revitalisasi Monas, Jakarta Pusat, menuai kontroversi. Terlebih rencana ini belum mengantongi izin dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka.

Kebijakan Pemprov DKI Jakarta untuk merevitalisasi sisi selatan kompleks Monas pun tak hanya mengundang reaksi sejumlah tokoh politik, tetapi juga warganet.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (24/1/2020), tagar Rakyat Tolak Revitalisasi Monas menjadi trending topic di Indonesia.

Tagar tersebut menduduki posisi kedua, dengan mengantongi lebih dari lima ribu kicauan.

Berikut ini beberapa cuitan warganet yang menolak revitalisas Monas.

Kicauan Warganet

Suasana proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monumen Nasional dilihat dari ketinggian, Jakarta, Minggu (19/1/2020). Proses revitalisasi kawasan Monas menggunakan skema multi-years dalam waktu tiga tahun dari 2019 hingga 2021. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Suasana proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monumen Nasional dilihat dari ketinggian, Jakarta, Minggu (19/1/2020). Proses revitalisasi kawasan Monas menggunakan skema multi-years dalam waktu tiga tahun dari 2019 hingga 2021. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warganet Buat Poling

Suasana proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monumen Nasional dilihat dari ketinggian, Jakarta, Minggu (19/1/2020). Proses revitalisasi kawasan Monas menggunakan skema multi-years dalam waktu tiga tahun dari 2019 hingga 2021. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Suasana proyek revitalisasi Taman Sisi Selatan Monumen Nasional dilihat dari ketinggian, Jakarta, Minggu (19/1/2020). Proses revitalisasi kawasan Monas menggunakan skema multi-years dalam waktu tiga tahun dari 2019 hingga 2021. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tak hanya melontarkan kritik, ada juga warganet yang sampai membuat poling. 

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta Hujan Deras, Pasar Baru Tergenang Banjir

Posted: 23 Jan 2020 08:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hujan mengguyur sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya sejak Jumat (24/1/2020) pagi. Akibatnya, sejumlah wilayah di Ibu Kota terendam banjir. 

Salah satunya di wilayah Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Menurut Farid, warga setempat, banjir mulai menggenang wilayah Pasar Baru sekitar pukul 09.00 WIB.

"Iya banjir sejak pagi, ya sekitar jam 9-an," kata Farid saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Dia menyebutkan, tinggi banjirdi sana bervariasi, mulai 15 sampai 30 sentimeter.

"Sekitar 15 sampai setengah meter, Bang," ujar Farid.

 

Prakiraan BMKG

Awan mendung menggelayut di langit Jakarta, Kamis (1/2). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan dari sedang hingga tinggi akan terjadi hingga 1 minggu ke depan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Awan mendung menggelayut di langit Jakarta, Kamis (1/2). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan dari sedang hingga tinggi akan terjadi hingga 1 minggu ke depan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) memprakirakan, ada potensi hujan lebat yang terjadi dalam kurun waktu sepekan, selama 24-29 Januari.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo mengatakan, hujan lebat selama sepekan dipengaruhi sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia selatan Lampung. Sirkulasi ini menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, kata dia, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

"Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," kata Mulyono dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Dia menuturkan, dengan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan akan ada hujan lebat disertai petir.

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat, yang dapat disertai kilat/petir," ungkap Mulyono.

BMKGpun menghimbau agar masyarakat, tetap berhati-hati akan dampak hujan lebat ini.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tukasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil 3 Staf DPP PDIP Terkait Suap Eks Komisioner KPU

Posted: 23 Jan 2020 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut memanggil tiga staf DPP PDIP, Gery, Riri, dan Kusnadi. Ketiganya akan dimintai keterangan seputar kasus dugaan suap terhadap mantan Komisioner KPU terkait penetapan anggota DPR RI periode 2019-2024.

"Mereka bertiga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SAE (Saeful Bahri)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (24/1/2020).

Selain mereka, tim penyidik juga akan memeriksa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan dua Komisioner KPU Hasyim Asy'ari dan Evi Novida Ginting.

Mereka juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Saeful Bahri. "Saksi Evi, Hasyim dan Hasto diperiksa untuk tersangka SAE," kata Ali.

"Hari ini saya memenuhi tanggung jawab warga negara dalam menjaga marwah KPK memenuhi undangan untuk hadir sebagai saksi," ujar Hasto Kristiyanto di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2020).

Sekjen PDIP ini belum mau terbuka terkait pemeriksaannya ini. Dia berjanji, usai menjalani pemeriksaan, akan kembali menemui awak media dan memberikan pernyataan.

Penetapan Tersangka

Saefulah dari unsur swasta seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jumat (10/1/2020). Saeful ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR 2019-2024 yang juga menjerat Komisioner KPU, Wahyu Setiawan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Saefulah dari unsur swasta seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jumat (10/1/2020). Saeful ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR 2019-2024 yang juga menjerat Komisioner KPU, Wahyu Setiawan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, KPK menetapkan mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan sebagai tersangka.

Wahyu ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan penerimaan suap penetapan anggota DPR terpilih 2019-2024.

Tak hanya Wahyu Setiawan, KPK juga menetapkan 3 tersangka lainnya dalam kasus tersebut. Yakni mantan Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, mantan Caleg PDIP Harun Masiku, dan Saeful Bahri pihak swasta.

Pemberian suap untuk Wahyu itu diduga untuk membantu Harun dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) caleg DPR terpilih dari Fraksi PDIP yang meninggal dunia yaitu Nazarudin Kiemas pada Maret 2019. Namun dalam pleno KPU pengganti Nazarudin adalah caleg lainnya atas nama Riezky Aprilia.

Wahyu diduga sudah menerima Rp 600 juta dari permintaan Rp 900 juta. Dari kasus yang bermula dari operasi tangkap tangan pada Rabu, 8 Januari 2020 ini, tim penindakan KPK menyita uang Rp 400 juta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP 2020: Dorna Rilis Jadwal Resmi, Ada Perubahan?

Posted: 23 Jan 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Operator MotoGP resmi mengumumkan jadwal untuk kompetisi 2020. Tidak ada perubahan dari rancangan awal yang dipublikasikan Agustus tahun lalu.

Musim mendatang MotoGP menghadirkan 20 seri. Finlandia menjadi tuan rumah anyar dan menggelar balapan ke-11 di KymiRing pada 12 Juli.

Qatar tetap dipilih sebagai seri pembuka. Balapan malam hari ini berlangsung di Losail International Circuit pada 8 Maret.

Terdapat perubahan dari kompetisi musim lalu. Thailand bakal menjadi tuan rumah kedua menggantikan Argentina.

Sebanyak 22 pembalap dari 11 tim beraksi di MotoGP 2020. Marc Marquez bakal berusaha mempertahankan mahkota. Namun, pembalap lain tentu tidak tinggal diam.

Berikut jadwal resmi MotoGP 2020:

Jadwal

Ducati siap menantang Honda pada persaingan 2020. (AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER)
Ducati siap menantang Honda pada persaingan 2020. (AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER)

Waktu-Lokasi (Sirkuit)

08/03 Qatar (Losail International Circuit)

22/03 Thailand (Chang International Circuit)

05/04 AS (Circuit of the Americas)

19/04 Argentina (Termas de Rio Hondo)

03/05 Spanyol (Circuito de Jerez – Angel Nieto)

17/05 Prancis (Le Mans)

31/05 Italia (Autodromo del Mugello)

07/06 Catalunya (Catalunya)

21/06 Jerman (Sachsenring)

28/06 Belanda (TT Circuit Assen)

Jadwal Berikutnya

Waktu-Lokasi (Sirkuit)

12/07 Finlandia (KymiRing)

09/08 Rep Ceko (Automotodrom Brno)

16/08 Austria (Red Bull Ring-Spielberg)

30/08 Inggris (Silverstone)

13/09 San Marino & Riviera (Rimini MWC Marco Simoncelli)

04/10 Aragon (MotorLand Aragon)

18/10 Jepang (Twin Ring Motegi)

25/10 Australia (Philip Island)

01/11 Malaysia (Sepang International Circuit)

15/11 Valencia (Comunitat Valenciana-Ricardo Tormo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laba Bank Mandiri Capai Rp 27,5 Triliun Sepanjang 2019

Posted: 23 Jan 2020 08:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Mandiri membukukan laba bersih sebanyak Rp 27,5 tiriliun selama 2019. Angka tersebut tumbuh 9,9 persen dibanding tahun sebelumnya.

Direktur Utama Bank Mandiri, Royke Tumilaar menyebutkan capaian tersebut didukung oleh pertumbuhan kredit konsolidasi yang sebesar 10,7 persen YoY (year on year) hingga mencapai Rp907,5 triliun pada akhir tahun lalu.

"Dari kucuran tersebut, perseroan berhasil mencatat pendapatan bunga bersih sebesar Rp59,4 triliun, naik 8,8 persen YoY dibanding tahun sebelumnya," kata dia, dalam acara paparan kinerja keuangan, di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Dia melanjutkan, seiring keinginan untuk tumbuh secara sehat dan berkelanjutan, Bank Mandiri berhasil memperbaiki kualitas kredit yang disalurkan sehingga rasio NPL gross turun 42bps menjadi 2,33 persen dibandingkan Desember tahun lalu.

"Dampaknya, biaya CKPN pun ikut melandai sebesar -14,9 persen YoY menjadi Rp 12,1 triliun," ujarnya.

 

Inovasi Layanan

Nasabah bertransaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri di Mal Pondok indah 2, Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Sejumlah nasabah Bank Mandiri mengeluhkan perubahan drastis saldo di rekening yang mengalami pengurangan dan ada juga yang mengalami penambahan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Nasabah bertransaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri di Mal Pondok indah 2, Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Sejumlah nasabah Bank Mandiri mengeluhkan perubahan drastis saldo di rekening yang mengalami pengurangan dan ada juga yang mengalami penambahan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, dia mengungkapkan konsistensi untuk mengutamakan prinsip pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan dalam ekspansi serta inovasi layanan yang berkelanjutan melalui otomatisasi ataupun digitalisasi, menjadi kunci keberhasilan perseroan dalam melewati tahun 2019 yang diwarnai dengan persaingan ketat industri perbankan serta maraknya usaha pembiayaan berbasis digital.

"Dalam penyaluran kredit, misalnya, kami senantiasa berpatokan pada kajian sektor guideline dan assessment karakter perusahaan yang ketat untuk memastikan pemenuhan kewajiban oleh calon debitur. Kami juga berusaha menjaga komposisi portofolio segmen wholesale dan retail (bank only) yang saat ini di kisaran 65 persen dan 35 persen agar dapat memberikan return yang optimal," ujarnya.

Selain itu, dia menjelaskan, portofolio perseroan (bank only) di segmen wholesale sampai dengan kuartal IV tahun 2019 mencapai Rp516,4 triliun atau tumbuh 9,3 persen YoY.

Sedangkan segmen retail sebesar Rp275,9 triliun, tumbuh 11,9 persen secara tahunan. Jika kredit korporasi menjadi penopang utama segmen wholesale dengan capaian Rp329,8 triliun, maka kredit mikro dan kredit konsumer menjadi andalan segmen retail dengan capaian masing-masing Rp123,0 triliun dan Rp94,3 triliun.

"Kredit korporasi kami tumbuh baik di kisaran 7,7 persen YoY dibanding tahun sebelumnya, sedangkan penyaluran kredit mikro naik 20,1 persen secara yoy. Sementara di kredit konsumer yang akhir tahun 2019 tumbuh 7,9 persen YoY, bisnis kartu kredit dan kredit kendaraan bermotor (auto loan) menjadi penyumbang terbesar dengan laju ekspansi masing-masing 20,1 persen YoY menjadi Rp13,8 triliun dan 9,6 persen YoY menjadi Rp34,6 triliun," kata Royke

 

DPK Meningkat

Nasabah menunggu untuk melakukan pengaduan terkait gangguan sistem di Bank Mandiri KCP Jakarta Mal Pondok indah 2, Sabtu (20/7/2019). Nasabah Bank Mandiri mengeluhkan perubahan drastis saldo di rekening yang mengalami pengurangan dan ada juga yang mengalami penambahan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Nasabah menunggu untuk melakukan pengaduan terkait gangguan sistem di Bank Mandiri KCP Jakarta Mal Pondok indah 2, Sabtu (20/7/2019). Nasabah Bank Mandiri mengeluhkan perubahan drastis saldo di rekening yang mengalami pengurangan dan ada juga yang mengalami penambahan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebagai bagian dari upaya peningkatan DPK, Bank Mandiri juga terus meningkatkan kualitas layanan bagi nasabah yang diwujudkan melalui kemudahan bertransaksi lewat jaringan online dengan nilai transaksi e-channel selama triwulan IV 2019 (QtD) mencapai Rp610 triliun tumbuh 10,0 persen YoY serta didukung 32,4 juta (QtD) registered e-channel user yang tumbuh 11,1 persen YoY.

"Mandiri Online kini telah memiliki 3,23 juta aktif user. Saat ini Bank Mandiri bersinergi dengan beberapa BUMN telah memiliki aplikasi pembayaran berbasis mobile dan QR, LinkAja, yang diharapkan dapat menjadi national champion pembayaran digital," tutupnya.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akankah Timur Tengah Damai Jika AS Angkat Kaki? Ini Kata Pengamat

Posted: 23 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Konflik di negara-negara Arab masih terus menjadi topik panas di ranah geopolitik. Indonesia yang memiliki banyak warga Muslim otomatis memiliki ketertarikan dengan isu Timur Tengah dan Dunia Arab pada umumnya. 

Awal 2020, Timur Tengah kembali bergejolak karena perseturuan Amerika Serikat dan Iran. Presiden Donald Trump memerintahkan agar Jenderal Qasem Soleimani untuk ditembak dengan drone. Ia merupakan tokoh penting di kalangan politik, militer, dan proksi Iran. 

Pengamat pun menyebut bahwa Iran semakin bertekad mengusir AS dari Timur Tengah. Wacana Iran sebetulnya bukanlah hal baru, karena dalam komunitas Muslim sering mengkritik intervensi AS di Timur Tengah yang dituding membuat gaduh. 

Namun, pengamat Timur Tengah Universitas Indonesia (UI) Yon Machmudi berkata perdamaian di Timur Tengah tak cukup diraih dengan meminta AS angkat kaki. Dalam diskusi round table Centre for Dialogue and Cooperation among Civilisations (CDCC), Yon Machmudi mengingatkan setelah AS pergi ada potensi munculnya pemain yang lebih agresif. 

"Ketika hegemoni Amerika itu tidak ada, apakah kemudian Timur Tengah menjadi damai? Saya kira Timur Tengah juga harus bersiap karena dikhawatirkan muncul rezim-rezim baru yang tidak punya kepatuhan dengan norma internasional, dan bersifat agresif karena dulunya terkekang. Dan itu memberikan ancaman-ancaman regional ke negara lain," ujar Yon Machmudi di diskusi CDCC yang dimuat Jumat (24/1/2020). 

Beberapa ancaman yang ia sebut adalah kelompok-kelompok militer dan proksi. Ia mencontohkan seperti militer di Yaman yang kini berperang melawan pemerintah sah. 

Yon Machmudi berkata jalur terbaik adalah agar pihak asing seperti AS supaya angkat kaki. Di saat yang sama, negara-negara Timur Tengah pun harus saling berdiplomasi dan menghargai satu sama lain. 

"Cara terbaik aktor luar menarik diri kemudian Timur Tengah melakukan rekonsiliasi dan siap dengan perbedaan yang ada," ucap dia. 

AS Tak Mau Pergi karena Dapat Undangan

Presiden AS, Donald Trump. (Liputan6/AP)
Presiden AS, Donald Trump. (Liputan6/AP)

Yon Machmudi berkata koordinasi antara negara Timur Tengah diperlukan, salah satunya agar tidak perlu lagi mengundang aktor luar. Dalam hal ini, AS disebut ogah pergi karena diundang negara-negara Timur Tengah.

"Amerika selalu berdalih kehadiran kami diundang. Di Irak kami diundang oleh pemerintah, kami membiayai melatih mereka dan sebagainya, kok sekarang kami diusir-usir," jelas Yon Machmudi.

Presiden Donald Trump pun sempat kesal karena parlemen Irak sempat menuntut AS supaya angkat kaki usai penembakan Soleimani di Baghdad. Namun, dalih pemerintah Irak adalah karena ISIS sudah dikalahkan sehingga AS perlu pergi.

Trump sebelumnya sempat menyuruh pasukannya angkat kaki jika Irak mau membayar pangkalan militer mahal yang AS bangun di sana. Pada akhirnya wacana menyuruh AS pergi tidak berjalan. 

Donald Trump sendiri memang punya program menarik mundur pasukan AS dari Timur Tengah. Prioritasnya saat ini adalah menarik mundur dari Afganistan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelindo I Bantah Kapalnya Lakukan Transfer BBM Ilegal

Posted: 23 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelindo I (Persero) membantah dugaan transfer bahan bakar ilegal di perairan Nipah oleh salah satu kapalnya.

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo I M. Eriansyah menjelaskan, kapal KT Sei Deli III milik Pelindo I yang diperiksa oleh Tim Patroli Bea dan Cukai Kanwil Batam tersebut sedang melakukan pemindahan bahan bakar untuk kapal TB Celebes yang juga milik Pelindo I.

Dia menerangkan bahwa KT Sei Deli III merupakan jenis kapal tunda (tugboat) yang digunakan sebagai sarana pelabuhan untuk membantu menyandarkan kapal ke dan dari dermaga serta melaksanakan pelayanan untuk kegiatan STS (Ship-to-Ship).

"Dapat diluruskan bahwa KT Sei Deli III sedang melakukan transfer bahan bakar pada Kapal TB Celebes yang juga milik Pelindo I. Bahan bakar tersebut untuk kebutuhan sendiri yang termasuk kebutuhan mesin dan listrik kapal. Kami telah melakukan Kerja Sama Operasi (KSO) dengan Kapal TB Celebes sejak Agustus 2019 yang lalu untuk memperkuat pelayaran pemanduan di perairan Nipah. Pelindo 1 juga telah menerapkan Good Corporate Governance (GCG) serta mempedomani aturan dan ketentuan regulasi yang berlaku di wilayah kerjanya," terang M. Eriansyah dalam keterangannya, Jumat (24/1/2020).

Dalam pelaksanaan kegiatan operasional yang dilakukan Pelindo I untuk pengelolaan STS di Nipah telah didukung dengan izin-izin yang dibutuhkan.

Izin tersebut diantaranya izin Pusat Logistik Berikat (PLB) sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor. Kep-01/KPU.02/2019 tentang Penetapan Tempat Sebagai Pusat Logistik Berikat dan Pemberian Izin Penyelenggara Pusat Logistik Berikat Kepada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) yang menunjuk Pelindo I sebagai Pusat Logistik Berikat (PLB) serta memberikan izin Penyelenggara PLB.

 

Demi Tingkatkan PNBP

Sejumlah karyawan mengikuti upacara bendera HUT RI ke 72 di proyek pembangunan dermaga Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara, Sumut (17/8). Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung ini diproyeksikan menjadi pelabuhan terbesar (Liputan6.com/Pool)
Sejumlah karyawan mengikuti upacara bendera HUT RI ke 72 di proyek pembangunan dermaga Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara, Sumut (17/8). Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung ini diproyeksikan menjadi pelabuhan terbesar (Liputan6.com/Pool)

Tujuan dari pengelolaan area labuh jangkar ini sebagai upaya peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ke kas negara melalui Pelindo I.

Operasional kapal yang dikelola oleh Pelindo 1 tersebut sudah disertakan izin resmi dan lengkap termasuk operasional kapal dan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang rutin setiap bulan.

Pelindo I memiliki enam kapal tunda dan lima kapal pandu yang beroperasi di wilayah Kepualauan Riau meliputi: Batuampar, Kabil, Tanjung Uncang, dan Nipah yang bertujuan untuk keselamatan berlayar.

"Pelindo I menghormati proses pemeriksaan dan penelitian untuk Kapal KT Sei Deli III yang sedang dilakukan oleh pihak Bea dan Cukai serta kami yakin pemeriksaan ini dapat ditangani dengan baik. Pelindo 1 melakukan kegiatan operasional yang sesuai dengan penugasan kepada kami secara resmi sebagai Operator Pelabuhan," terang M. Eriansyah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Siswi SMP Kirim Surat Protes Sampah ke Donald Trump

Posted: 23 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aeshnina Azzahra adalah seorang siswi kelas 7 di SMPn 12 Wringinanom, Gresik, Jawa Timur. Prihatin dengan banyaknya sampah plastik impor di desanya, ia mengirim surat protes ke Donald Trump.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naga Lyla Umumkan Pengunduran Diri dari Band

Posted: 23 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Naga Lyla memberikan kabar mengejutkan pada penggemar band yang membesarkan namanya sekaligus pecinta musik Indonesia. Ia mengumumkan tak lagi berstatus sebagai vokalis band Lyla.

Naga Lyla mengumumkan pengunduran dirinya tersebut melalui akun Instagram, Kamis (23/1/2020).

Selama 14 tahun, Naga Lyla bergabung dengan band ini. Ia mengenang masa lalu saat pertama kali bergabung.

Jamming Session Pertama

Naga bersama band Lyla (Foto: Instagram/@ipesinaga)
Naga bersama band Lyla (Foto: Instagram/@ipesinaga)

"Masih teringat jelas jamming session pertama saya dan teman teman LYLA (waktu itu Fare, Amec, Dharma masih memakai nama band nya "SIGN" , Dennis belum bergabung) di salah satu studio musik daerah Kelapa Gading sepertiga awal tahun 2006 silam," tulisnya mengawali cerita. 

 

 

Jatuh Cinta

Para personil Lyla, Indra Perdana Sinaga (vokal), Fare Adinata (gitar), Dharma Nucklear (keyboard), Dennis (bass) dan Moerdifin Aris (drum) begitu antusias saat mengikuti latihan. (Andy Masela/Bintang.com)
Para personil Lyla, Indra Perdana Sinaga (vokal), Fare Adinata (gitar), Dharma Nucklear (keyboard), Dennis (bass) dan Moerdifin Aris (drum) begitu antusias saat mengikuti latihan. (Andy Masela/Bintang.com)

Diakui pemilik nama asli Indra Perdana Sinaga ini, saat bermain dengan band ini ia langsung merasakan jatuh cinta.

"Dari jamming pertama kali energi yang luar biasa saya rasakan saat itu, ibarat jatuh cinta pada pandangan pertama hehehe," lanjutnya.

Dapat Tawaran

Rupanya bukan hanya Naga saja yang merasakan kecocokan, tapi personel lainnya juga. Untuk itu, Naga langsung mendapat tawaran untuk menjadi vokalis.

"Sampai akhir nya tawaran Fare pada saya untuk mengisi posisi vokalis saya terima tanpa pikir panjang. Dan semua perjalanan dimulai dengan berbagai alur ceritanya hingga saat ini LYLA punya 5 album dalam 13, nyaris 14 tahun berkarya bersama dan satu single manis "JANJI" yang masih cukup hangat untuk di dengarkan," sambungnya.

 

Tidak Mudah

Seiring berjalannya waktu, Naga merasakan perbedaan dengan lainnya. Untuk itu, ia memutuskan mundur.

"Jelas sangat tidak mudah bagi saya harus membuat keputusan yang tidak biasa, tapi bermusik dalam sebuah band begitu erat kaitan nya dengan frekwensi yang sama antar anggota band nya. Saya pikir saya bisa mengatasi semuanya, tapi ternyata tidak. Secara persahabatan dan persaudaraan LYLA tetap menjadi bagian diri saya, tapi secara bermusik bersama, melalui tulisan ini saya sampaikan bahwa akhir nya saya memutuskan mengundurkan diri dari band ini," paparnya. 

Berterima Kasih

Naga berterima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan bergabung dengan band Lyla.

"Terimakasih mas Dennis, Fare, Dharma, Difin, Amec, untuk para sahabat, LYLA Community, semua yang berperan dalam perjalanan saya dan LYLA, mereka mereka yang datang dan pergi mewarnai cerita hehehehe. Terimakasih.., saya undur diri," pungkasnya.

 

Banjir Dukungan

Banyak musikus yang memberikan dukungan atas keputusan Naga untuk undur diri.

"Jalan yang baik dan indah untuk keduanya, Naga juga bgitupun dgn Lyla . Semangat untuk semua❤," tulis Ade Govinda.

"Both bang Naga dan LYLA harus jauh lebih sukses lagiii!! Bismillah buat semua yang terbaik untuk saudara2ku @dennislyla @difinlyla @dharmalyla + Fare ❤❤❤," tambah Ifan Seventeen.

"Goodluck for ur next journey bang Naga!!" timpal Vidi Aldiano.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Persoalan bagi Perkembangan Startup di Indonesia

Posted: 23 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Startup accelerator Digitaraya menggelar acara bertajuk Digitaraya Impact 2020 yang merupakan program awal Digitaraya sepanjang tahun ini. Pada acara ini dibahas kisah sukses alumni startup di jaringan Digitaraya, keynote speech, serta insight dari mitra Digitaraya dan prospek investasi bagi startup di Indonesia untuk tahun 2020.

Acara ini menghadirkan Managing Director Digitaraya, Nicole Yap; Deputi Akses Permodalan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Fadjar Hutomo; Head of Developer Relations and Startup Ecosystem in Asia, Africa, and the Middle East, Google, Sebastian Trzcinski-Clément; Partner, McKinsey & Company, Sonia Barquin; Executive Director, UBS Indonesia, Riaz Hyder; Chief Food Officer, Gojek Group, Catherine Hindra; COO, Tokopedia, Melissa Siska Juminto; serta CSO, Traveloka, Joydeep Chakraborty.

"Ekosistem startup di Indonesia telah berkembang sangat pesat pada satu dekade ini, banyak sekali startup lokal menghadirkan inovasi solutif untuk men-disrupt industri dan memainkan peranan penting yang memudahkan kehidupan keseharian masyarakat," ujar Nicole Yap, Managing Director Digitaraya dalam keterangannya.

Digitaraya, lanjut Nicole, "hadir sebagai startup-hub kelas dunia di Indonesia untuk mendukung dan mengembangkan startup baru dalam mencapai tingkatan berikutnya dalam pertumbuhan bisnis mereka."

Sementara itu, Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengungkapkan, "Ada tiga persoalan bagi perkembangan startup di Indonesia, yakni kebutuhan SDM mumpuni, peranan mentor yang bisa membimbing, dan funding yang bisa memberikan dorongan. Di sinilah pentingnya peran sebuah startup hub seperti Digitaraya. Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih pada Digitaraya atas inisiatif yang diberikan yang membantu kami (pemerintah) menyelesaikan persoalan dan mempersiapkan masa depan ekonomi Indonesia."

Kemitraan

Ilustrasi Startup (iStockPhoto)
Ilustrasi Startup (iStockPhoto)

Digitaraya telah merancang dan mengeksekusi berbagai program untuk membantu mendorong startup baru di Indonesia melalui kemitraan dengan Google, UBS, Mckinsey & Company, Go-Jek Indonesia, dan masih banyak lagi. 

Sepanjang tahun 2019, Digitaraya telah membantu lebih dari 73 startup baru dari 12 negara untuk mencapai tingkat pertumbuhan berikutnya pada bisnis mereka, yang telah berhasil menggalang dana akumulatif senilai USD 78 juta. Lebih lanjut, Digitaraya juga telah membuka lebih dari 2.400 lapangan pekerjaan dan telah membimbing lebih dari 120 entrepreneur di jaringannya.

"Banyak startup baru ini terlihat kebingungan dalam menjalankan bisnis mereka, karena tidak ada pedoman yang pasti mengenai bagaimana Anda harus menjalankan sebuah bisnis startup," ujar Sebastian Trzcinski-Clément, Head of Developer Relations and Startup Ecosystem in Asia, Africa, and the Middle East, Google.

Peran inilah, menurut Sebastian, yang Digitaraya mainkan untuk "mendukung dan membantu startup mengembangkan bisnis mereka menggunakan berbagai cara seperti Google's launchpad playbook yang dapat memberikan pedoman dan networking platform yang dibutuhkan."

Diskusi panel pertama di acara ini membahas Indonesia as the Economic Hub of Asia, dengan pembicara dari Google, McKinsey & Company Singapore, dan UBS Indonesia. Diskusi panel kedua membicarakan Indonesia's Founders Coming of Age, dengan perwakilan dari Go-Jek, Tokopedia, dan Traveloka. Diskusi panel ketiga menyoroti tentang Growth at All Cost? Investing in a Post-WeWork World, dengan pembicara dari Northstar Group, Kinesys Group, dan Go-Ventures.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tilang Elektronik untuk Motor Berlaku Februari 2020, Catat Lokasinya

Posted: 23 Jan 2020 08:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mulai awal Februari 2020, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mulai menerapkan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk pengendara sepeda motor.

Hal itu diungkapkan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar saat dikonfirmasi.

"Nanti pada Februari ini, kita sosialisasikan seminggu lah, baru penindakan," kata AKBP Fahri Siregar seperti dilansir kanal Megapolitan Liputan6.com, Jumat (24/1/2020).

Terkait lokasi kamera ETLE khusus sepeda motor, Fahri menegaskan terdapat dua titik, yakni jalan Jendral Sudirman hinggan MH Thamrin dan Jalan Warung Buncit.

"Pertama, sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin. Kemudian, di jalur Transjakarta koridor 6 rute Ragunan-Monas, tepatnya di depan kantor Imigrasi, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan," ujarnya.

Sebanyak 57 kamera pengawas akan disebar di lokasi yang telah ditentukan untuk penindakan pengendara motor.

Sebelumnya, sistem tilang elektronik sudah diterapkan bagi kendaraan roda empat atau lebih. Namun, untuk sepeda motor kamera ETLE baru diberlakukan dan penilangan hanya pada pengendara motor yang menggunakan pelat nomor Jakarta.

Tilang Elektronik Resmi Diterapkan di Jalan Tol

PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya menandatangani perjanjian kerjasama terkait penegakan hukum lalu lintas di jalan tol dengan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Penandatanganan tersebut, dilakukan di Kantor Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Selasa (3/12), oleh Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani dan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf.

Turut hadir menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerja sama tersebut antara lain Kepala BPJT Danang Parikesit dan Anggota BPJT Koentjahjo Pamboedi.

Dalam sambutannya, Danang mengatakan, kerjasama ini merupakan wujud konkret dari penandatanganan kerjasama yang sebelumnya telah dilakukan oleh BPJT, Direktorat Perhubungan Darat, Direktorat Bina Marga, Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) dan Korlantas POLRI pada tanggal 12 November 2019.

"Nanti kita akan lihat bagaimana penegakan hukum pada jalan tol dengan sistem ETLE dalam rangka meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas," jelas Danang, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (4/12/2019).

Lanjut Danang, dalam penerapan ETLE ini, Standard Operating Procedure (SOP) juga sangat penting. SOP tersebut nantinya diharapkan bisa digunakan untuk moda-moda transportasi lainnya.

"Penerapan sistem ETLE dan sistem ELectronic Registration and Identification (ERI) ini juga mendukung implementasi pembayaran Tol dengan Sistem Multi Lane Free Flow ke depannya," tambah Danang.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester United Menyerah Lagi Kejar Bruno Fernandes

Posted: 23 Jan 2020 08:20 PM PST

Manchester- Manchester United terpaksa menyerah lagi kejar Bruno Fernandes dari Sporting Lisbon. Setelah dilabeli harga mencapai 80 juta euro oleh Sporting Lisbon, MU dikabarkan sudah menyatakan menyerah.

Co-chairman Manchester United Joel Glazer enggan membayar sebesar itu. Berdasarkan klaim Goal International, Setan Merah tak akan lagi berusaha mendapatkan Fernandes.

Kabarnya, United hanya mau membayar sebesar 60,5 juta euro kepada Lisbon. Tapi, klub asal Portugal itu menyematkan klausul bonus tambahan jika United mampu memenangi Premier League.

The Red Devils memang terkendala minimnya kualitas di lini tengah. Paul Pogba dan Scott McTominay absen panjang karena cedera, sementara Juan Mata urung dimainkan sebagai pemain utama.

Nemanja Matic dan Fred dianggap belum mampu membuat lini tengah Manchester United moncer. Oleh karena itu, keberadaan Fernandes diharapkan bisa menambah kreativitas MU.

Desakan dari Paul Scholes

1. Bruno Fernandes (Sporting CP) - Kabarnya Manchester United selangkah lagi akan melabuhkan Bruno Fernandes menjadi skuat Setan Merah, gelandang 24 tahun ini dimahar dengan harga 70 juta euro. (Photo by Patricia De Melo Moreira / AFP)
1. Bruno Fernandes (Sporting CP) - Kabarnya Manchester United selangkah lagi akan melabuhkan Bruno Fernandes menjadi skuat Setan Merah, gelandang 24 tahun ini dimahar dengan harga 70 juta euro. (Photo by Patricia De Melo Moreira / AFP)

Paul Scholes, mendesak manajemen MU untuk menggelontorkan banyak uang pada bursa transfer Januari. Scholes menilai skuat Manchester United yang ada saat ini belum cukup untuk terus bersaing di papan atas.

"Klub harus segera menolongnya. Saya takut dalam beberapa pekan ke depan pemain yang absen belum bisa kembali," kata Scholes seperti dilansir Metro.

"Solskjaer sepertinya terpaku dengan pemain yang ada sekarang, dia tidak bisa berbuat apa-apa. Dia butuh pemain baru seperti Bruno untuk membantu tim ini secepatnya," kata legenda MU itu.

 Sumber: Goal International

Disadur dari Bola.com (Gregah / Yus Mei,published 24/1/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semua Penumpang di Bandara Soetta Tak Terjangkit Virus Corona

Posted: 23 Jan 2020 08:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II, memastikan bila, virus corona yang berasal dari Kota Wuhan, Cina, belum masuk ke Indonesia.

Seperti diketahui, sejak awal tahun 2020, PT Angkasa Pura II bersama KKP Bandara Soekarno-Hatta, sudah meningkatkan pengamaman terhadap penyebaran Virus Corona. Terlebih penumpang yang datang dari Cina, dimana virus mematikan tersebut berasal.

"Sampai saat ini, untuk sementara, semua penumpang yang diperiksa negatif semua," tutur Senior Manager Of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II KCU Bandara Soekarno-Hata, Febri Toga Simatupang, Jumat (24/1/2020).

Menurutnya, sampai dinyatakan aman, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan terus memantau kedatangan penumpang dari luar negeri. Pemantauan virus menggunakan empat kamera yang disebut Thermal Scanner Camera yang dapat memantau langsung suhu penumpang.

Sebab, bila suhu penumpang tinggi maka bisa jadi sebuah tanda-tanda penumpang itu terdampak Virus Corona.

"Sekarang ada Thermal Scanner sudah tersedia di kedatangan internasional Terminal 3. Kami sangat support teman-teman KKP dalam pencegahan ini," ujar Febri.

Bukan hanya antisipasi bagi penumpang, seluruh petugas di Bandara Soekarno-Hatta pun tak luput dari langkah pencegahan. Seperti harus menggunakan masker, sarung tangan, dan wajib mencuci tangan menggunakan sabun setiap beberapa menit yang sudah ditetapkan.

"Dalam antisipasi di petugas-petugas front line seperti di imigrasi, bea cukai, dan karantina wajib untuk pakai masker,atau sarung tangan, karena KKP sudah imbau," kata Febri.

Seperi diketahui, antisipasi l dilakukan mengacu pada surat edaran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia No. SR.01.0111/5888/2019 "Pemberitahuan Kewaspadaan Penyakit Polio" pada 30 Desember 2019 dan No PM.04.021111143/2020 "Kesiapsiagaan dan Antisipasi Penyebaran Penyakit Pneumonia Berat yang belum diketahui etiologinya" pada 03 Januari 2020.

Seorang Terduga Pasien Virus Corona Dirawat di RSPI Sulianti Saroso

Alat thermal scan untuk mengawasi penyebaran virus corona melalui penumpang pesawat yang turun dari penerbangan luar negeri di Bandar Adi Soemarmo, Kamis (23/1).(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Alat thermal scan untuk mengawasi penyebaran virus corona melalui penumpang pesawat yang turun dari penerbangan luar negeri di Bandar Adi Soemarmo, Kamis (23/1).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Direktur Medik dan Perawatan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Diany Kusumawardhani menyampaikan, pihaknya tengah merawat terduga pasien terjangkit virus Corona.

"Ada satu pasien dengan suspect," kata Diany di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Jumat (24/1/2020).

Menurut Diany, pasien saat ini dalam kondisi stabil dan belum ada perubahan ke arah yang lebih buruk. Untuk itu, kasus ini belum tercatat sebagai awal penyebaran virus Corona di Indonesia.

"Intinya, kalau dia memang ada kecenderungan ke arah penyakit ini," jelas dia.

Pihak dokter kini masih menelusuri dan memastikan bagaimana penularan yang terjadi ke pasien tersebut. RSPI Sulianti Saroso telah melakukan uji laboratorium di Litbangkes dan hasilnya akan keluar sekitar 2 sampai 3 hari.

"Kami menunggu hasil," Diany menandaskan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: