Senin, 13 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sinopsis Miniseri SCTV Magic Tumbler Episode Selasa, 14 Januari 2020

Posted: 13 Jan 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Magic Tumbler hari ini tentang Rendy ngeles sama Yura, kalau barusan Olive jatuh dan minta tolong sama dia. Olive yang tadinya berbunga-bunga sama Rendy, jadi bete lagi, kenapa juga Rendy ngarang gitu, kan dia yang nolongin gue!.. Tapi Yura lebih percaya sama Rendy. Yura wanti-wanti Olive, jangan sok kecentilan sama pacar orang!.. Olive jadi kesal sama Rendy yang bisanya buang body doang.

Drama menari Magic Tumbler masih berlanjut. Besoknya Bu Asih heboh karena meja dagangannya berantakan di lantai, padahal baru ditinggal ke dalam sebentar. Jonny yakin, ini pasti ulahnya si Jenny yang disuruh Yura. Olive bilang jangan su'udzon, kali aja ini ulah ayam tetangga. Jonny ajak Olive buktikan semuanya.

Dan benar saja, pas sampai di kampus, ada Jenny lagi laporan ke Yura bahwa dia baru berantakin dagangan Emaknya Olive. Jonny keki banget, dia akan balas Yura dengan hal yang memalukan. Saat Yura makan bareng sama Rendy, Jonny mengeluarkan suara kencang seolah-olah Yura lagi buang angin. Kontan saja semua orang ayang ada disitu menatap Yura jijik, Rendy pun langsung ilfil. Jonny senang banget sudah sukses bikin pencitraan Yura di depan Rendy, drop.

Yura kesal banget pas Jenny ngadu kalau insiden buang angin itu ulah jin-nya Olive. Yura lalu suruh Jenny bikin gado-gado dan karedok dagangan Bu Asih, bikin pembelinya sakit perut. Bu Asih pun didemo para pembelinya, mereka menuntut ganti biaya berobat. Terpaksa Bu Asih pakai uang simpanannya, padahal uang itu buat bayar UTS Olive.

Magic Tumbler selanjutnya...

 

Ngeles

Adegan Miniseri Magic Tumbler setiap hari Senin-Jumat pukul 15.40 WIB (Starvision Plus)
Adegan Miniseri Magic Tumbler setiap hari Senin-Jumat pukul 15.40 WIB (Starvision Plus)

Olive sebenarnya sedih karna kalau belum bayar, berarti Olive nggak bisa iktu UTS. Tapi Olive berusaha tetap ceria kalau di depan Emaknya. Olive nggak mau nambah kesedihan Bu Asih, apalagi sekarang dagangan Bu Asih sepi total. Dengan ikhlas Jonny memberikan celengannya buat Olive. Waktu dibuka sih isi celengannya banyak, tapi uangnya nggak laku kalau digunakan di jaman sekarang. Akhirnya Olive dinyatakan tidak bisa ikut UTS.

Karena nggak bisa ikut UTS, Olive jadi nggak kuliah dulu sementara UTS berlangsung. Olive punya ide buat cari nafkah, yaitu mau dagang gado-gado dan karedok keliling naik sepedanya. Jadi gado-gado dan karedok sudah dibungkus-bungkusin dari rumah, tapi bumbu kacangnya dipisah.

Sementara itu, Rendy bertanya-tanya dalam hati, kenapa Olive nggak hadir saat UTS. Dari Tania Rendy jadi tahu, kalau Olive belum bayar UTS. Rendy jadi kasihan dan simpati saat melihat Olive jualan gado-gado keliling naik sepeda. Diam-diam Rendy menemui Bu Asih, mau kasih sejumlah uang untuk Olive bayar UTS. Anggap saja ini sebagai ucapan terima kasih karna Bu Asih nolong Rendy waktu itu, kata Rendy. Tapi Bu Asih menolak halus, dia ikhlas nolong Rendy waktu itu. Rendy jadi makin kagum sama Olive, tapi Rendy tau Olive masih kesal sama dia karna waktu itu ngeles di depan Yura.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YLKI Dukung Larangan Kantong Plastik di Jakarta

Posted: 13 Jan 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menyambut baik kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait larangan penggunaan kantong plastik. Menurutnya dari segi aspek lingkungan kebijakan tersebut sudah cukup tepat.

"Ya dari sisi visi lingkungan itu bagus," kata Tulus ditemui di Kantornya, Jakarta, Selasa (14/1).

Tulus mengatakan kontribusi kantong plastik terhadap sampah di Jakarta sejauh ini sudah cukup signifikan besar. Mengingat, dari 7.500 ton sampah per hari yang dihasilkan Ibu Kota Jakarta kontribusi dari kantong plastik mencapai sebanyak 14 persen.

 

Meski kebijakan ini dinilai sudah cukup baik, Tulus meminta kepada Pemprov DKI agar tetap memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan wadah sebagai pengganti kantong plastik. Namun tetap, harus memenuhi standarisasi ramah lingkungan.

"Jadi harus dijelaskan yang disebut kantong plastik yang ramah lingkungan itu harus standar yang jelas. Saya kira, apakah menggunakan produk plastik yang SNI," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Pergub

Ilustrasi Kantong Plastik
Ilustrasi Kantong Plastik

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat. Pergub tersebut telah diundangkan pada 31 Desember 2019 dan ditandatangani sejak 27 Desember 2019.

"Pergubnya sudah diterbitkan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih kepada Liputan6.com, Selasa (7/1).

Dalam Pergub tersebut dituliskan bahwa Pemprov DKI Jakarta melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai kepada pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan dan pasar rakyat.

Aturan ini mengharuskan pusat-pusat perbelanjaan menyediakan kantong belanja ramah lingkungan. Pengelola pusat perbelanjaan dan pasar rakyat wajib memberitahu dan mewajibkan pelaku usaha di tempatnya untuk menyediakan plastik ramah lingkungan.

Kemudian, para pelaku usaha dilarang menyediakan kantong plastik sekali pakai dan diganti kantong ramah lingkungan yang berbayar

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Ringkus 21 Orang Pelaku Prostitusi di Eks Lokalisasi Moroseneng Surabaya

Posted: 13 Jan 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ditengarai masih nekat membuka praktek prostitusi, meski sudah ditutup beberapa tahun lalu. Aparat Satreskrim Polrestabes Surabaya, Minggu pagi, menggerebek lima wisma di eks lokalisasi Moroseneng, Surabaya.

Dalam penggerebekan tersebut polisi mengamankan 21 orang terdiri dari PSK, pria hidung belang, dan mucikari. Aparat Reskrim Polrestabes Surabaya, melakukan penggerebekan lima wisma di eks lokalisasi Moroseneng di Jalan Sememi Jaya Surabaya.

Penggerebekan dilakukan karena ditengarai masih membuka praktek prostitusi, meski sudah resmi ditutup Pemerintah Kota Surabaya, beberapa tahun lalu.

Sejumlah PSK dan pria hidung belang ditemukan di dalam kamar yang sedang melakukan hubungan suami istri. Sebanyak 21 pria dan wanita, berhasil diamankan dan langsung dibawa ke Mapolrestabes Surabaya, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sebanyak 21 pria dan wanita tersebut terdiri dari pekerja seks komersial, atau PSK, pria hidung belang, dan mucikari. Mereka diketahui masih melayani tamu, di lima wisma eks lokalisasi Moroseneng yang masih nekat buka.

Tarif yang dipatok PSK sebesar Rp. 180 ribu untuk sekali kencan. Dari uang tersebut, si PSK hanya mendapat Rp. 80 ribu, sedangkan mucikari mendapat bagian Rp. 100 ribu.

Petugas masih memeriksa intensif kasus prostitusi di eks lokaliasasi Moroseneng Surabaya ini, dan mengembangkan untuk mengungkap pelaku penyedia tempat esek-esek ilegal tersebut.

Berikut videonya pada program Fokus, 13 Januari 2020

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol: Real Madrid Jumpa Sevilla

Posted: 13 Jan 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Real Madrid sedang dalam semangat penuh saat menjamu Sevilla di pekan ke-20 Liga Spanyol, Sabtu (18/1/2020) WIB. Soalnya, Madrid baru saja menjadi juara Piala Super Spanyol.

Real Madrid menjuarai Piala Super Spanyol usai menang adu penalti atas Atletico Madrid, 4-1, Senin (13/1/2020) dinihari WIB. Pasukan Zinedine Zidane pastinya ingin momentum bagus ini bertahan.

Apalagi, partai melawan Sevilla terhitung cukup krusial. Ya, Real Madrid sedang terlibat persaingan sengit di tabel klasemen Liga Spanyol dengan rival abadi mereka, Barcelona.

Real Madrid menempati peringkat ke-2 dengan 40 poin, hanya kalah produktivitas gol dari Barcelona di posisi puncak. Jika menang atas Sevilla, Real Madrid dapat menggusur Barcelona untuk sementara.

Barcelona sendiri baru akan bermain, Senin (20/1/2020) dinihari WIB melawan Granada. Di atas kertas, Lionel Messi dkk. dijagokan untuk menang.

Berikut jadwal Liga Spanyol selengkapnya

 

 

Jadwal Liga Spanyol

Pemain Real Madrid Sergio Ramos mengangkat trofi juara Piala Super Spanyol bersama rekan-reakannya usai mengalahkan Atletico Madrid pada pertandingan final di King Abdullah Stadium, Jeddah, Arab Saudi, Senin (13/1/2020). Real Madrid menang adu penalti 4-1. (AP Photo/Hassan Ammar)
Pemain Real Madrid Sergio Ramos mengangkat trofi juara Piala Super Spanyol bersama rekan-reakannya usai mengalahkan Atletico Madrid pada pertandingan final di King Abdullah Stadium, Jeddah, Arab Saudi, Senin (13/1/2020). Real Madrid menang adu penalti 4-1. (AP Photo/Hassan Ammar)

Sabtu 18 Januari 2020

03.00 WIB, Leganes vs Getafe

19.00 WIB, Levante vs Deportivo Alaves

22.00 WIB, Real Madrid vs Sevilla

Jadwal Liga Spanyol

Minggu 19 Januari 2020

00.30 WIB, Osasuna vs Real Valladolid

03.00 WIB, Eibar vs Atletico Madrid

18.00 WIB, Real Mallorca vs Valencia

20.00 WIB, Real Betis vs Real Sociedad

22.00 WIB, Villarreal vs Espanyol

Jadwal Lainnya

Senin 20 Januari 2020

00.30 WIB, Athletic Bilbao vs Celta Vigo

03.00 WIB, Barcelona vs Granada

Klasemen Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Turun Berat Badan 9 Kg dalam Sebulan, Berkat Main Game

Posted: 13 Jan 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bermain video game merupakan salah satu hal menyenangkan yang dapat menghilangkan bosan. Namun sebagian orang menganggap kegiatan tersebut dapat membuat seseorang menjadi malas untuk bergerak, alhasil dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Namun bagaimana jadinya jika bermain video game dapat menurunkan berat badan hingga berkilo-kilo? Mungkin terdengar mustahil, tapi baru-baru ini seorang pria asal Filipina mengaku berhasil menurunkan berat badannya hanya dengan bermain video game.

Pengakuannya tersebut, ia bagikan lewat postingan Facebook. Sontak pemaparannya itu membuat heboh warganet dan menjadi viral. Pria bernama Migui Gabriel ini mengaku berhasil menurunkan berat badannya hingga 9 kg dengan bermain video game.

Permainan yang dimainkannya adalah Ring Fit Advanture, game keluaran dari Nitendo. Migui Gabriel juga mengaku kalau ia bermain game tersebut selama 25 menit setiap hari.

Turun berat badan dalam sebulan berkat bermain video game

Ilustrasi Video Game (iStockPhoto)
Ilustrasi Video Game (iStockPhoto)

Lewat postingan di akun Facebook bernama Migui Gabriel, ia mengungkapkan telah menurunkan berat badan hingga 9 kg dalam satu bulan dengan main video game. Beberapa tahun sebelumnya ia telah mencoba menurunkan berat badan dengan melakukan latihan fisik seperti bersepeda saat bekerja, tetapi tidak ada yang berhasil.

Namun berkat bermain game Ring Fit Advanture di Netindonya, ia berhasil menurunkan berat badannya. Bahkan Migui memuji game tersebut karena telah membantunya dalam proses penurunan berat badan. Ring Fit Advanture memang bukan permainan pada umumnya.

Video game ini dirancang agar gamer lebih banyak bergerak daripada hanya duduk dan memainkan jari-jarinya di controller selama berjam-jam. Permainan ini dilengkapi dengan aksesori khusus seperti Ring-Con dan Leg Strap. Ring-Con adalah sebuah alat yang terbuat dari plastik dan fleksibel. Selama menggunakan alat tersebut, gamer harus selalu memegangnya dan digerakan selama permainan berlangsung.

Sedangkan Leg-Strap merupakan kain yang ditempelkan pada salah satu kaki pemain yang terhubung dengan controller game. Jadi gamer yang sedang bermain, akan menggerakan badannya selama permainan berlangsung.

"Saya menemukan jika Ring Fit Adventure mungkin bisa jadi motivator yang lebih bagus daripada video game sebelumnya. Benar saja, cara ini berhasil" kata Migui Gabriel seperti dikutip Liputan6.com dari Odditycentra, Selasa (14/1/2020).

Mencapai berat badan ideal dengan memainkan video game selama 3 bulan

Migui Gabriel (Sumber: odditycentral)
Migui Gabriel (Sumber: odditycentral)

Selain bermain video game, Migui juga mengaku mengurangi konsumsi karbohidrat dan tidak makan setelah pukul 07.00 malam. Meski melakukan diet tersebut, bermain game adalah kunci keberhasilan bagi Migui.

Setelah berat badannya yang sebelumnya mencapai 78 kg kini menjadi 69 kg, kini ia ingin mencapai berat badan ideal. Menurutnya ia harus bermain game selama minimal 3 bulan. Meski membutuhkan waktu 2 bulan lagi, ia tidak menyerah. Selain itu bagi Migui memainkan video game ini tidak akan membosankan karena tubuh harus terus bergerak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyaluran Subsidi Elpiji Tertutup Diterapkan Pertengahan 2020

Posted: 13 Jan 2020 10:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merencanakan, penyaluran Elpiji bersubsidi tertutup pada pertengahan tahun ini. Hal ini menjadi salah satu upaya agar penyaluran subsidi Elpiji tepat sasaran.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, dengan diterapkannya penyaluran subsidi Epiji tertutup maka hanya orang miskin saja yang hanya mendapat subsidi, sehingga masyarakat mampu tidak lagi bisa bebas mendapat subsidi.

‎"Penyaluran Elpiji 3 kg tertutup hanya orang yang berhak," kata Djoko, di‎ Kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Djoko mengungkapkan, uji coba telah ‎penyaluran Elpiji telah dilakukan, kemudian akan diputuskan mekanisme penyaluran subsidi Elpiji tertutup oleh pemerintah. Dia memperkirakan, penyaluran subsidi Elpiji tertutup bisa dilaksanakan pertengahan 2020.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa kita terapkan, bisa kita implementasikan," tuturnya.

 

Mekanisme

Pekerja mereproduksi tabung gas elpiji 3 kg di Depot LPG Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (29/1). Pemerintah dan Badan Anggaran DPR menyepakati kenaikan anggaran subsidi energi Rp 4,1 triliun di tahun 2019 menjadi Rp 160 triliun. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pekerja mereproduksi tabung gas elpiji 3 kg di Depot LPG Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (29/1). Pemerintah dan Badan Anggaran DPR menyepakati kenaikan anggaran subsidi energi Rp 4,1 triliun di tahun 2019 menjadi Rp 160 triliun. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Djoko menyebutkan, dari sejumlah mekanisme penyaluran subsidi Elpiji tertutup salah satunya dengan menggunakan aplikasi scan barcode, masyarakat yang berhak mendapat subsidi harus menunjukan barcode saat mengisi tabung. Dalam barcode tersebut terisi identitas dan data penggunaan.

‎"Kita melakukan persiapan metodenya, mudah-mudahan pertengahan tahun bisa dilakukan, uji coba sudah dilakukan tapi materinya beda-beda. Pertamina ada barcode, misal satu orang 3 tabung sebuln nanti. Dari barcode nanti bisa diketahui apakah layak menerima atau tidak, nanti dari bank mentransfer subsidinya," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BP Jamsostek Target Tarik 23,5 Juta Anggota Baru di 2020

Posted: 13 Jan 2020 10:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - BPJS Ketenagakerjaan yang kini bernama BP Jamsostek menargetkan sekitar 23,5 juta tenaga kerja baru masuk dalam daftar kepesertaan pada 2020.

Direktur Kepesertaan BP Jamsostek Ilyas Lubis mengatakan, pihaknya optimis target tersebut bisa tercapai lantaran pemerintah memperhitungkan perekonomian negara di tahun ini akan membaik.

"Kita rencana memasukan tenaga kerja baru itu 23,5 juta. Kita optimis ekonomi di tahun inj lebih baik. Jadi ini semua kita ikut optimisme pemerintah dengan tingkat investasi yang masuk begitu banyak, sehingga semua diarahkan ke sana, dan itu akan membuka lapangan kerja," tuturnya di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Kendati begitu, Ilyas menambahkan, masuknya anggota baru ini bukan berarti akan menambah jumlah total peserta BP Jamsostek. Sebab, banyak peserta yang pola hubungan kerjanya berstatus kontrak, dan tidak jadi lanjut jadi anggota ketika masa kerjanya habis.

"Biasanya dari 23 juta yang tetap stay itu sekitar seperempatnya lah. 25-30 persen. Yang lainnya keluar masuk keluar masuk," terang dia.

Adapun jumlah total peserta BP Jamsostek hingga akhir 2019 lalu terdiri dari sekitar 650 perusahaan pemberi kerja terdaftar dan sekitar 54,5 juta pekerja.

Menurut Ilyas, perolehan tersebut turut didukung oleh pencapaian perusahaan di tahun lalu yang berhasil menarik peserta baru diatas target.

"Itu untuk 2019 kita berhasil menambah tenaga kerja itu banyak juga. 23 juta (peserta baru) lebih dari target kita 20,8 juta (orang)," pungkas Ilyas.

BPJS Ketenagakerjaan Ganti Nama Jadi BP Jamsostek

BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) kembali mencatatkan kinerja keuangan yang menggembirakan untuk tahun 2018
BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) kembali mencatatkan kinerja keuangan yang menggembirakan untuk tahun 2018

Dalam rangka ulang tahun BPJS Ketenagakerjaan yang ke-42, Direktur utama BPJS Agus susanto, dalam sambutannya mengumumkan bahwa  BPJS Ketenagakerjaan berganti nama menjadi BP Jamsostek, di gedung baru BP Jamsostek, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

"Kita ada panggilan baru, ada standarisasi. Tolong panggil kami BP Jamsostek, bukan ganti nama tetapi kita memberi nama panggilan baru agar memudahkan orang memanggil BPJS Tenaga Kerja," jelas Agus.

Selain itu, menurutnya dalam ulang tahun kali ini menjadi istimewa, karena diselenggarakan di gedung baru, yakni Plaza BP Jamsostek. Selain menjadi kantor pusat, gedung tersebut juga disewakan untuk publik.

"Gedung ini adalah milik pekerja Indonesia. Kami sebagai badan juga menyewa, yang hasil sewanya kita kembalikan kepada pemilik yaitu pekerja Indonesia," kata Agus.

Di usia BP Jamsostek yang ke-42 tahun, ia menyampaikan, tentu banyak tantangan dan suka duka dalam jaminan sosial, banyak hal yang sudah dilakukan, maka dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, baik pekerja, stakeholder, perusahaan, maupun pemerintah.

"bisa mencapai 42 tahun perjalanan BPJS, saya kira hal itu didukung atas kerja sama semua pihak, termasuk dukungan stakeholder kami, kami memiliki 325 kantor cabang di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Meskipun, sudah ada 52 juta peserta BPJS Ketenagakerjaan yang terdaftar. Menurutnya masih jauh dibelakang Singapura dan Malaysia, maka perlu untuk meningkatkan pengelolaan, agar sesuai dengan regulasi yg ada. 

Harapan ke Depan

Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono, meninjau pelayanan di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (4/5). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari buruh.(Liputan6.com/Fery Pradolo)
Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono, meninjau pelayanan di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (4/5). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari buruh.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ia pun mengungkapkan harapannya untuk ke tahun depan. Bahwa pihaknya butuh kerja sama sinergitas dukungan dari seluruh masyarakat, stakeholder dan mitranya. Agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat indonesia.

"Kita saat ini menghasilkan sekitar Rp 400 triliun, kita targetkan tahun depan lebih dari Rp 500 triliun," kata Agus.

Selain itu, Agus suprapto juga menyampaikan sambutannya mewakili Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan professor doktor muhajid effendi.

Menurut Agus, transformasi BPJS menjadi BP Jamsostek diharapkan bisa terus meningkatlan pelayanan yang cepat, akurat, dengan memanfaatkan teknologi.

"BPJS Ketenagakerjaan punya panggilan baru BP Jamsostek, perubahan ini tidak berpengaruh pada lambang. Semoga lebih dikenal sama masyarakat dengan gantinya nama," ujarnya.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat dan perusahaan untuk mendorong berkembangnya BP Jamsostek untuk ke depannya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Jatim Tunda Penerapan Tilang Elektronik di Surabaya

Posted: 13 Jan 2020 10:09 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Budi Indra Dermawan menyampaikan, pihaknya menunda penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) hingga dua hari hari mendatang.

"Iya mundur dua hari, karena menyesuaikan jadwal Kakoorlantas, beliau besok yang akan melaunching ETLE," tutur dia saat dikonfirmasi di Mapolda Jatim, Selasa (14/1/2020).

Budi menyampaikan perkembangan tentang uji coba penerapan tilang elektronik pelanggar pengendara kendaraan roda dua dan roda empat ada ratusan ribu pelanggar.

"Sebenarnya pada uji coba kemarin, pelanggar lalu lintas ada banyak namun kami hanya membatasi, target dalam sehari hanya seratus ribu pelanggar," ujar dia.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Budi Indra Dermawan menyampaikan, pihaknya akan menerapkan uji coba tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) dengan memanfaatkan CCTV (Closed Circuit Television) pada Rabu 8 Januari 2020 hingga tujuh hari ke depan. 

"Selama tujuh hari akan di uji coba dan akan di cetak pelanggaran atau tilangannya, tapi masih diberi logo uji coba. Selanjutnya, tanggal 14 Januari akan dilaunching atau diterapkan tilang elektronik," tuturnya di Mapolda Jatim, Selasa, 7 Januari 2020.

 

Surabaya Bakal Diterapkan Tilang Elektronik

Di Surabaya, Jawa Timur akan menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) dengan memanfaatkan closed circuit television (CCTV) pada Januari 2020. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Di Surabaya, Jawa Timur akan menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) dengan memanfaatkan closed circuit television (CCTV) pada Januari 2020. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur, Polrestabes Surabaya, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Kejaksaan Negeri Surabaya, Kejaksaan Negeri Tanjung Perak dan Pengadilan Negeri Surabaya berencana mulai menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) dengan memanfaatkan CCTV (Closed Circuit Television) pada Januari tahun 2020 mendatang.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) mengatakan, awal Januari 2020, Surabaya mulai menerapkan e-Tilang dengan memanfaatkan CCTV. Untuk tahap awal, rencananya ada 20 CCTV yang tersebar di beberapa titik Kota Surabaya dengan dilengkapi sistem e-Tilang tersebut.

"Ini bertujuan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, sebab selama ini banyak pengendara yang melawan arus, bahkan melebihi batas kecepatan yang ditetapkan dan sebagainya," kata Wali Kota Risma saat acara penandatanganan Kesepakatan Bersama Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan tentang Penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di Lobby Lantai 2 Balai Kota, Jumat, 27 Desember 2019.

Risma menjelaskan, mekanisme sistem kerja e-Tilang ini, yakni dengan merekam secara otomatis pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara. Seperti tidak menggunakan sabuk keselamatan, tidak menggunakan helm, berkendara sambil menggunakan ponsel, pelanggaran marka jalan, menerobos lampu merah, hingga pelanggaran batas kecepatan. Bahkan, sistem ini juga mampu merekam wajah pengemudi di dalam mobil.

"CCTV ini juga mampu merekam wajah pengendara dengan kecepatan 80 kilometer per jam. Tapi tak hanya pengemudi warga Surabaya, warga luar kota pun bisa tertangkap kamera CCTV tersebut jika nantinya melanggar. Karena itu kita juga kerjasama dengan Polda Jatim," paparnya.

Jika pengendara terdeteksi melakukan pelanggaran, maka nopol kendaraan akan terekam dalam sistem E-Tilang. Kemudian, RTMC (Regional Traffic Management Center) Polda Jatim melakukan verifikasi jenis pelanggaran dan identifikasi kendaraan, dilanjutkan dengan pencetakan surat konfirmasi yang akan dikirim ke alamat Nopol pelanggar melalui layanan pos atau email.

Risma menuturkan, penerapan e-Tilang dengan memanfaatkan CCTV tersebut, tak hanya bertujuan untuk mewujudkan ketertiban umum dalam berlalu lintas. Akan tetapi, sistem tersebut juga diharapkan mampu mengantisipasi berbagai bentuk tindakan kriminal. Seperti, penodongan, penjambretan, penculikan anak, hingga aksi teroris. "Karena itu sistem ini juga terkoneksi dengan data kependudukan," kata dia.

Sistem Penerapan Tilang Elektronik

Kamera CCTV yang dipasang di sejumlah persimpangan jalan di Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kamera CCTV yang dipasang di sejumlah persimpangan jalan di Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Di tempat yang sama, Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Budi Indra Dermawan menyampaikan, begitu pengendara melanggar,  kamera CCTV akan merekam nomor polisi kendaraan. Setelah itu, pihaknya akan mengirimkan surat konfirmasi kepada alamat pelanggar sesuai dengan alamat Nopol kendaraan. Pada surat konfirmasi tersebut, terdapat pelanggaran yang terjadi dan juga kode barcode yang bisa diakses melalui website www.etle.jatim.polri. go.id.

"Setelah surat konfirmasi diterima oleh pelanggar, maka mereka bisa konfirmasi itu dengan mendatangi Mall pelayanan Publik Siola atau Polres Pelabuhan Tanjung Perak (Pos Gakkum)," kata Kombes Pol Budi.

Selanjutnya, petugas akan input data dan menerbitkan surat tilang. Kemudian, pelanggar bisa membayar denda langsung ke Bank BRI melalui transfer, m-banking ataupun setoran tunai.

Menurut Kombes Pol Budi, jika pelanggar menerima kesalahan, ia juga bisa langsung melakukan pembayaran melalui kode pembayaran Briva (BRI) yang diberikan. Akan tetapi, kalau pelanggar mengajukan keberatan, bisa melakukan konfirmasi ke nomor yang tertera dalam surat, selanjutnya mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya.

"Kalau pelanggar itu berasal dari luar daerah, misal Banyuwangi, mereka masuk ke Surabaya, nanti kita kirimnya ke (alamat nopol) Banyuwangi konfirmasinya ke Polres Banyuwangi. Jika pelanggar menerima, bisa melakukan pembayaran langsung dari sana. Namun, jika mereka tidak menerima, maka bisa mengikuti sidang di sini (Surabaya)," pungkasnya.

Sementara itu, bagi pelanggar yang terlambat konfirmasi selama 10 hari atau sudah melakukan konfirmasi namun belum membayar selama 15 hari, STNK otomatis diblokir melalui ERI (Electronic Registration and Identification).

Untuk membuka blokir STNK tersebut, pelanggar diharuskan mendatangi Posko Gakkum (Penegakan Hukum) di Mall Pelayanan Publik Siola dan Polres pelabuhan Tanjung Perak untuk melanjutkan proses e-Tilang. Kemudian pelanggar akan diarahkan untuk membayar denda tilang. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Jadwal Ulang Pemanggilan Pramugari Garuda Siwi Widi

Posted: 13 Jan 2020 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya menjadwalkan ulang pemeriksaan pramugari maskapai Garuda Indonesia Siwi Widi Purwanti pada 17 Januari 2020. Pemanggilan tersebuut terkait laporannya atas dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh akun Twitter @digeeembok.

"Kemarin kita jadwalkan pemanggilan untuk saudari Siwi namun, yang bersangkutan sampai dengan hari ini mengirim surat kepada penyidik bahwa tidak bisa hadir. Kita jadwalkan ulang lagi nanti sekitar tanggal 17 Januari," ucap Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).

Yusri menambahkan, akan memanggil beberapa saksi lainnya untuk dimintai tanggapan dalam kasus pelaporan Siwi Widi terhadap akun Twitter @digeeembok.

"Sekarang ini penyidik sudah melakukan pemanggilan, ada beberapa rekan dari saudari Siwi, ada dua rekan yang akan kita lakukan pemanggilan sebagai saksi dan juga staf dari Garuda," sambung Yusri.

Sekarang ini tim cyber Polda Metro Jaya sedang menganalisa cuitan dari akun Twitter @digeeembok yang diduga melakukan pencemaran nama baik dari beberapa pramugari Garuda, yang salah satunya yaitu Siwi Widi.

"Nanti kalau semuanya sudah lengkap baru kita gelar perkara untuk bisa menentukan apakah laporan ini bisa naik ke tingkat penyidikan atau tidak," kata Yusri.

Pelaporan Akun Digeeembok

Gaya Siwi Widi (Sumber: Instagram/wid.hadi)
Gaya Siwi Widi (Sumber: Instagram/wid.hadi)

Sebelumnya, Pramugari Garuda Indonesia, Siwi Widi Purwanti mempolisikan akun Twitter @digeeembok. Laporan polisi tersebut tertanggal 28 Desember 2019 dengan nomor LP/ 8420/ XII/ 2019/ PMJ/ Dit. Reskrimsus.

Hal itu disampaikan saat jumpa pers bersama penasihat hukumnha, Elza Syarief, di Elza Syarief Law Office, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Siwi Widi Purwanti Dituduh menjadi wanita simpanan salah satu petinggi Maskapai Garuda Indonesia, Siwi mengungkapkan imbas yang diterimanya juga berdampak pada keluarga.

Kabar miring soal kehidupannya sebagai pramugari telah membuat keluarga sakit hati dan tertekan. Bahkan, ibunda Siwi sempat jatuh sakit gara-gara mendengar kabar anak perempuannya dituduh sebagai gundik.

"Siapa yang enggak sayang anak, masuk rumah sakit lagi ibunya," ujar Elza.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BP Jamsostek Raup Rp 30 Triliun dari Investasi di Pasar Modal

Posted: 13 Jan 2020 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Pengembangan Investasi BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek, Amran Nasution mengatakan, dana investasi perusahaan tersebut pada 2019 sebesar Rp 431 triliun. Sebagian besar dana tersebut diinvestasikan ke Surat Berharga Negara (SBN) dan sisanya ke obligasi.

"Sebanyak 58 persen SBN-nya. Kan ada obligasi BUMN, private. Nah itu total 62 persen. Tambah deposito 10 persen jadi ada 72 persen BPJamsostek itu fixed income. Enggak terkait dengan gonjang-ganjing index," ujar Amran di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Selain SBN dan obligasi, BP Jamsostekjuga melakukan investasi di saham. Namun, saham yang dimaksud bukan saham gorengan seperti yang banyak dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bermasalah.

"Saham 18 persen. Tapi kita LQ45 semua. Kalaupun tidak LQ45 dulu dia LQ keluar. Contoh, kita ada Garuda kecil, terus terang dikit. Karena BUMN kan. Dulu dia LQ sekarang sudah tidak, keluar. Itu jumlahnya 1,89 persen," jelas Amran.

"Saham kita LQ 45. Full LQ 45. Jadi kita ngga mau main yang goreng-gorengan. Memang pada saat untung, untung sesaat, tapi pada saat rugi begini," sambungnya.

 

Hasil Investasi

Petugas melayani warga pengguna BPJS di di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (04/5). BPJS menargetkan 22 juta tenaga kerja dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.(Liputan6.com/Fery Pradolo)
Petugas melayani warga pengguna BPJS di di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (04/5). BPJS menargetkan 22 juta tenaga kerja dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sementara itu, BPJS Ketenagakerjaan menargetkan meraup untung dari realisasi investasi sebesar Rp 36 triliun, namun baru terealisasi sebesar Rp 30 triliun. Target tidak tercapai karena target indeks saham tahun lalu direvisi dari 7.300 menjadi 6.299.

"Sudah keluar tapi masih bergerak. Insha Allah Rp 30 triliun. Targetnya Rp 36 triliun. Tidak tercapainya bukan karena apa. Tapi memang karena kondisi indeks kita mempunyai asumsi pada saat itu 7.300. Sekarang cuma 6.299 tutupnya," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Jaya Bantah Copot Anggota Polres Jakarta Selatan

Posted: 13 Jan 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya membantah telah mencopot Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Andi Sinjaya Ghalib. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, mengatakan AKBP Andi Sanjaya tidak dicopot, melainkan dipindahtugaskan dari jabatan sebelumnya.

Yusri menyebut, mutasi terhadap anggota Polri merupakan hal yang biasa, yaitu demi penyegaran organisasi.

"Ini bukan dicopot. Kalau dicopot itu tidak ada jabatan karena bermasalah, nanti diperiksa, kalau mutasi itu penyegaran," kata Yusri saat dikonfirmasi, di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Yusri mengatakan, Andi Sanjaya dimutasi ke Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Metro Jaya sebagai tenaga pendidik.

"Karena memang Andi ini adalah orang yang punya pendidikan yang bagus, sehingga dibutuhkan oleh institusi kita untuk dijadikan tenaga pendidik, ini pertimbangan institusi," ucap dia.

Sebelumnya, salah satu anggota Polres Jakarta Selatan dimutasi dari jabatannya. Menurut Indonesia Police Watch (IPW), yang bersangkutan dimutasi karena dugaan tindakan pemerasan.

"Pada pertengahan November 2020, pelapor yang diminta uang Rp 1 miliar oleh Penyidik Polres Jakarta Selatan itu bersama IPW mengadukan kasus tersebut ke Kapolda Metro Jaya. Laporan resmi diterima Koorsespri Kapolda Metro Jaya," kata Ketua Presidium IPW, Neta S Pane, melalui keterangan tertulisnya, Senin, 13 Januari 2020.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Chat Kocak Saat Mencoba Melamar Pasangan Ini bikin Ketawa Ngakak

Posted: 13 Jan 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan yang sedang menjalin kasih, tentunya ingin meneruskan hubungan tersebut ke jenjang yang lebih serius. Biasanya, seorang pria akan melamar kekasihnya untuk menuju jenjang pernikahan dan menjalin hubungan rumah tangga.

Namun untuk menuju tahap tersebut, ada aral dan rintangan yang harus ditempuh. Banyak cara orang dalam mengutarakan niat untuk melamar pujaan hatinya. Mulai dari membuat momen romantis hingga berbagai cara berkesan lainnya untuk mau menerimanya sebagai pasangan hidup.

Salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh orang-orang saat ini ialah melamar lewat chat. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 chat kocak saat mencoba melamar pasangannya ini bikin ketawa ngakak, Selasa (14/1/2020).

1. Kalau sudah gini senjatanya, calon mertua pasti langsung terima.

Chat Kocak saat Mencoba Melamar Ini bikin Ketawa Ngakak (sumber:Instagram/awreceh)
Chat Kocak saat Mencoba Melamar Ini bikin Ketawa Ngakak (sumber:Instagram/awreceh)

2. Enggak maling juga dong, pasti ada cara lain kok.

Chat Kocak saat Mencoba Melamar Ini bikin Ketawa Ngakak (sumber:Instagram/awreceh)
Chat Kocak saat Mencoba Melamar Ini bikin Ketawa Ngakak (sumber:Instagram/awreceh)

3. Maaf lamaran kamu ditolak, anak pak lurah lebih berbobot kayaknya.

Chat Kocak saat Mencoba Melamar Ini bikin Ketawa Ngakak (sumber:Instagram/awreceh)
Chat Kocak saat Mencoba Melamar Ini bikin Ketawa Ngakak (sumber:Instagram/awreceh)

4. Pengagum rahasia sih boleh aja, tapi enggak langsung main lamar gitu juga dong.

Chat Kocak saat Mencoba Melamar Ini bikin Ketawa Ngakak (sumber:Instagram/awreceh)
Chat Kocak saat Mencoba Melamar Ini bikin Ketawa Ngakak (sumber:Instagram/awreceh)

5. Baru tau kalau Tanah Abang itu punya dia.

Chat Kocak saat Mencoba Melamar Ini bikin Ketawa Ngakak (sumber:Instagram/awreceh)
Chat Kocak saat Mencoba Melamar Ini bikin Ketawa Ngakak (sumber:Instagram/awreceh)

6. Kode keras banget nih buat segera dilamar.

Chat Kocak saat Mencoba Melamar Ini bikin Ketawa Ngakak (sumber:Instagram/awreceh)
Chat Kocak saat Mencoba Melamar Ini bikin Ketawa Ngakak (sumber:Instagram/awreceh)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keracunan Mie Goreng, 120 Murid Sekolah di Johor Dilarikan ke Rumah Sakit

Posted: 13 Jan 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Johor Bahru - 120 murid di Sekolah Menengah Agama Kerajaan Johor (SMAKJ) di dekat Kluang, mengalami keracunan makanan yang diduga akibat sarapan mie goreng. Sarapan itu disediakan sekolah di aula makan sekolah pada Senin kemarin, 13 Januari 2020.

Dilaporkan Channel News Asia, Selasa (14/1/2020), murid-murid itu mengalami sakit perut, diare, mual, muntah, pusing, dan demam. Mereka dibawa ke klinik dan rumah sakit.

Pejabat kesehatan setempat diberitahu soal keracunan ini menjelang siang hari. Investigasi pun langsung dilaksanakan.

"Departemen kesehatan negara bagian Johor melalui kantor kesehatan distrik Luang menerima notifikasi adanya insiden keracunan makanan yang melibatkan murid-murid SMAKJ pada 10.20 pagi kemarin" ujar direktur kesehatan Johor, dr Aman Rabu dalam pernyataan resminya.

Sekolah itu memiliki 474 murid yang 120 di antaranya mengalami keracunan. Semua murid dilaporkan dalam keadaan stabil.

Meski mie goreng itu dicurigai sebagai penyebab keracunan makanan, investigasi lebih lanjut masih dijalankan untuk menemukan penyebab sebenarnya. Sampel makanan telah dikirim ke laboratorium dan dapur sekolah juga diperiksa.

"Dapur hostel sudah diperintahkan untuk ditutup sementara berdasarkan UU Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Infeksi tahun 1988 untuk tujuan disinfeksi pada lokasi tersebut dan investigasi lebih lanjut," ujar Aman Rabu.

Tanda Keracunan Makanan Basi dan Pertolongannya

ilustrasi diet makan sayur/Photo by Louis Hansel on Unsplash
ilustrasi diet makan sayur/Photo by Louis Hansel on Unsplash

Makanan basi adalah makanan yang sudah terkontaminasi, khususnya oleh bakteri, sehingga makanan itu menjadi busuk.

Apabila makanan itu dikonsumsi dan masuk ke dalam saluran pencernaan, maka tubuh kamu atau penderitanya akan mengalami keracunan akibat bakteri Escherichia coli (E.coli), Salmonella, Clostridium botulinum, Campylobacter, dan Listeria. Nah, kondisi ini tidak boleh disepelekan dan wajib dikenalinya tanda-tandanya. 

Dirangkum dari kanal Klikdokter, ini pertanda keracunan makanan basi: 

Perut Terasa Kembung

Kalau kamu merasakan kram perut dan perut menjadi kembung, ini merupakan salah satu pertanda kalau ada yang tidak beres atau sedang terjadi pada sistem pencernaanmu. Apabila rasanya sangat tidak enak (sangat kembung dan sangat nyeri) hingga menyebabkan selalu ingin buang air besar, itu tandanya ada bakteri jahat dalam usus.

Mual dan Muntah

Mual muntah adalah tanda paling umum yang bisa dikenali dari keracunan makanan. Bila kondisi ini dibiarkan, akan banyak sekali cairan yang keluar dari tubuh, sehingga menyebabkan penderitanya lemas akibat dehidrasi.

Diare

Diare juga merupakan tanda keracunan makanan yang bisa dikenali dan cukup jelas. Apabila diare berair, itu berarti kamu mengalami keracunan makanan akibat virus Norovirus. Namun, ini biasanya terjadi pada orang dewasa. Apabila makanan basi yang dikonsumsi terkontaminasi bakter E.coli atau Campylobacter, ada kemungkinan bahwa tinja akan berdarah.

Selain tiga tanda di atas, beberapa gejala lain yang menyertai adalah demam, kebingungan karena otak tak bisa bekerja dengan baik, dan tubuh berkeringat sangat banyak. Tak perlu menunggu semua gejala untuk muncul. Apabila salah satu atau dua gejala sudah timbul, segera lakukan pertolongan untuk mengatasinya agar tidak terjadi hal buruk yang diinginkan. 

Cara Mengatasi Penderita Keracunan Makanan Basi

Sakit Perut / Sumber: iStockphoto.com
Sakit Perut / Sumber: iStockphoto.com

Bila kamu atau penderita tidak sengaja mengonsumsi makanan basi dan sampai menyebabkan keracunan makanan, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari Klikdokter menyarankan kamu untuk melakukan beberapa pertolongan perrtama yang bisa dilakukan. Berikut ini cara mengatasi kercaunan makanan basi sebagai berikut:

1. Perbanyak minum air putih bila penderita mengalami mual muntah terus-menerus. Berikan cairan pengganti yang cukup, seperti air putih  atau campuran air putih dengan 2 sdt gula dan ½ sdt garam (oralit). Atau jika ada, berikan air kelapa.

2. Kamu juga bisa minum tablet karbon aktif untuk menyerap racun di dalam saluran pencernaan. Tablet karbon aktif ini bisa ditemukan di apotek, bahkan tersedia di minimarket.

3. Bila tidak ada tablet karbon aktif, kamu bisa minum susu putih untuk mengikat racun di dalam saluran pencernaan. Selain itu, minum susu putih saat mengalami gejala keracunan dapat merangsang penderita untuk muntah, sehingga racun keluar dan tidak beredar di dalam tubuh. Tetapi, jika penderita sudah sampai mengalami diare, sebaiknya jangan diberikan susu.

4. Kalau penderita keracunan makanan hendak muntah, usahakan agar penderita muntah dalam keadaan kepala menunduk. Hal itu dilakukan agar cairan muntah tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

5. Kalau penderita merasakan kondisi tubuh benar-benar tidak enak, lebih baik langsung segera ke klinik atau rumah sakit terdekat. 

Itulah beberapa pertolongan pertama bagi penderita keracunan akibat mengonsumsi makanan basi. Jika terkait makanan yang kamu masak sendiri, ada baiknya untuk memasak makanan dalam porsi yang cukup saja. Sebab, kalau terlalu banyak, kemungkinan makanan untuk sisa dan tidak tersimpan dengan baik juga lebih besar.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta Unik Pelatih Anyar Barcelona, Quique Setien

Posted: 13 Jan 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Quique Setien gantikan posisi Ernesto Valderde usai dipecat Blaugrana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, 6 Dampak Makanan Berminyak pada Tubuh

Posted: 13 Jan 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Makanan berminyak dapat Anda temukan di mana saja. Biasanya, sebagian besar makanan yang digoreng atau dimasak dengan minyak berlebih akan dianggap berminyak, seperti kentang goreng, pizza, burger, dan lainnya.

Dilansir Healthline, Selasa (14/1/2020), makanan berminyak tersebut cenderung tinggi kalori, lemak, garam, karbohidrat olahan namun rendah serat, vitamin, dan mineral.

Makanan-makanan di atas dapat menjadi suguhan yang enak dalam berbagai acara. Namun, makanan berminyak berdampak negatif bagi tubuh dan kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Lantas, apa saja efeknya? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti rangkuman di bawah ini.

1. Dapat Menyebabkan Kembung, Sakit Perut, dan Diare

Di antara makronutrien seperti karbohidrat, lemat, dan protein, tahukah Anda lemak adalah yang paling lambat dicerna. Hal ini dikarenakan makanan berminyak mengandung banyak lemak dan memperlambat pengosongan perut.

Makanan menghabiskan lebih banyak waktu di perut Anda, yang dapat menyebabkan berbagai keluhan, mulai dari kembung, mual, dan sakit perut.

Pada orang dengan keluhan pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar, pankreatitis kronis, atau gangguan perut, makanan berlemak tingkat tinggi dapat memicu sakit perut, kram, dan diare.

2. Dapat Merusak Mikrobioma Usus

Makanan berminyak dan tidak sehat dapat mengganggu keseimbangan bakteri di usus Anda, memungkinkan tekanan yang tidak sehat tumbuh. Hal ini terkait dengan penambahan berat badan dan berbagai penyakit kronis.

3. Dapat Menyebabkan Penambahan Berat Badan dan Obesitas

Ilustrasi makan (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi makan (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Makanan berminyak yang dimasak dalam jumlah lemak yang besar dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena jumlah kalori yang tinggi. Studi pengamatan menghubungkan asupan tinggi makanan cepat saji dan gorengan dengan peningkatan angka kenaikan berat badan dan obesitas.

Obesitas dikaitkan dengan banyak kondisi kesehatan yang negatif, termasuk penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker tertentu. Secara khusus, asupan lemak trans yang tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan.

4. Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Makanan berminyak memiliki beberapa efek negatif pada kesehatan jantung dan stoke karena efeknya pada berat badan, tekanan darah, dan kolesterol.

Selain itu, risiko penyakit jantung mungkin terkait dengan seberapa sering Anda mengonsumsi makanan yang digoreng.

5. Dapat Meningkatkan Risiko Diabetes

Ilustrasi makanan cepat saji (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi makanan cepat saji (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Makanan berminyak dapat meningkatkan risiko diabetes tipe dua. Mengonsumsi makanan cepat saji, yang tidak hanya mencakup makanan berminyak tetapi juga minuman manis, menyebabkan asupan kalori tinggi, penambahan berat badan, kontrol gula darah yang buruk, dan peningkatan peradangan.

Faktor-faktor ini meningkatkan risiko diabetes tipe dua dan sindrom metabolik, sekelompok kondisi yang termasuk obesitas, tekanan darah tinggi, dan gula darah tinggi.

6. Dapat Menyebabkan Jerawat

Makanan berminyak dapat berkontribusi pada jerawat dengan meningkatkan peradangan. Selain itu, bisa pula mengubah gene expression dan kadar hormon.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Investasi Ilegal, Penyanyi Ello Diperiksa Polisi

Posted: 13 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah memeriksa penyanyi Eka Deli Polda Jatim memeriksa penyanyi Ello. Pemeriksaan terkait investasi ilegak memiles. Ello diperiksa sebagai saksi. Ello juga diketahui menerima reward dari investasi Memiles.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarot Minggu Ini: Fokus pada Usaha yang Dijalani

Posted: 13 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Simak prediksi Tarot Minggu Ini periode 12 - 18 Januari 2020

Knave of Swords

Kartu tarot Knave of Swords menggambarkan seorang anak muda yang fokus pada cita-cita yang akan dia rintis. Masih ada keraguan namun dia tetap maju. Berani menghadapi segala resiko dan konsekuensinya.

Bisnis dan Keuangan

Fokuslah pada yang kamu jalani saat ini. Semua memerlukan proses. Tidak ada keberhasilan yang instan. Belajarlah dari masalah yang ada. Jangan menyerah.

 

Pekerjaan dan Kesehatan

Pekerjaan

Tetap jadilah dirimu sendiri. Jangan terpengaruh omongan orang lain. Kamu layak menjadi dirimu sendiri dengan segala kemampuanmu di tempat kerjamu.

Kesehatan

Untuk Anda yang sedang dalam masa pemulihan, bersabarlah dan fokus pada saran dokter. Sakit kepala masih akan muncul dalam minggu ini. Konsumsi air minum yang cukup.

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Resi Joyodiningrat Penasihat Keraton Agung Sejagat

Posted: 13 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah menarik perhatian khalayak luas. Kemunculan Keraton Agung Sejagat ini mulai dikenal publik, setelah mereka mengadakan acara Wilujengan dan Kirab Budaya, yang dilaksanakan dari Jumat (10/1) hingga Minggu (12/1).

Keraton Agung Sejagat dipimpin oleh seseorang dipanggil Sinuwun yang bernama asli Totok Santosa Hadiningrat dan istrinya yang dipanggil Kanjeng Ratu yang memiliki nama asli Dyah Gitarja.

Berdasarkan informasi, pengikut dari Keraton Agung Sejagat ini mencapai sekitar 450 orang. Keberadaan dari keraton tersebut ditandai dengan bangunan semacam pendopo yang belum selesai pembangunannya. Di sebelah utara pendopo, ada sebuah sendang (kolam) yang keberadaannya sangat disakralkan.

Pada lokasi tersebut, juga ada sebuah batu prasasti bertuliskan huruf Jawa, dimana pada bagian kiri prasasti ada tanda dua telapak kaki, dan di bagian kanan ada semacam simbol. Prasasti ini disebut dengan Prasasti I Bumi Mataram.

Seperti dilansir Antara, Selasa (14/1/2020), Penasihat Keraton Agung Sejagat, Resi Joyodiningrat menegaskan bahwa Keraton Agung Sejagat bukan aliran sesat seperti yang dikhawatirkan masyarakat.

Ia mengatakan Keraton Agung Sejagat merupakan kerajaan atau kekaisaran dunia yang muncul karena telah berakhir perjanjian 500 tahun yang lalu, terhitung sejak hilangnya Kemaharajaan Nusantara, yaitu imperium Majapahit pada 1518 sampai dengan 2018.

Perjanjian 500 tahun tersebut dilakukan oleh Dyah Ranawijaya sebagai penguasa imperium Majapahit dengan Portugis sebagai wakil orang barat atau bekas koloni Kekaisaran Romawi di Malaka tahun 1518

Dengan berakhirnya perjanjian tersebut, kata Joyodiningrat, maka berakhir pula dominasi kekuasaan barat mengontrol dunia yang didominasi Amerika Serikat setelah Perang Dunia II. Kekuasaan tertinggi harus dikembalikan ke pemiliknya, yaitu Keraton Agung Sejagat sebagai penerus Medang Majapahit yang merupakan Dinasti Sanjaya dan Syailendra.

 

Langkah Polisi

Sementara itu, Kepolisian Resor Purworejo, Jawa Tengah bersama TNI dan Pemerintah Kabupaten Purworejo berencana akan mengklarifikasi munculnya Keraton Agung Sejagat di Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Kabupaten Purworejo.

"Kami mengetahui informasi tersebut, namun tindak lanjut belum bisa sampai langkah hukum dan kita akan bareng-bareng melakukan klarifikasi," kata Wakapolres Purworejo Kompol Andis Arfan Tofani, di Purworejo, dilansir Antara.

Ia mengatakan hal ini perlu dilakukan karena belum ada konfirmasi langsung dari pimpinan keraton tersebut dan selama ini informasinya masih simpang siur.

"Kami memang sudah komunikasi dengan camat dan kades setempat tentang hal tersebut dan mereka akan lapor bupati lebih dulu," katanya.

Andis menyampaikan sementara ini pihaknya memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar Keraton Agung Sejagat agar tidak resah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iqbaal Ramadhan Bikin Ost Milea Jadi Lagu Galau

Posted: 13 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Iqbaal Ramadhan kembali mendapat kepercayaan dari Max Pictures untuk mengisi salah satu soundtrack di film Milea : Suara Dari Dilan. Iqbaal menyanyikan lagu yang berjudul "Kita Pernah Ada". Iqbaal pun mengaku senang bisa mendapatkan kepercayaan di seri terakhir trilogi film Dilan ini.  

"Saya senang, bangga, mendapatkan kesempatan lagi untuk mengisi soundtrack, setelah film Dilan pertama saya ngisi soundtrack lagu 'Rindu Sendiri', dan Alhamdulillah, responsnya bagus sekali," ujar Iqbaal Ramadhan dalam keterangannya kepada wartawan, baru-baru ini.

Iqbaal Ramadhan pun berharap lagu yang dinyanyikannya ini bisa kembali menuai kesuksesan. "Di film Milea ini saya berharap lagu yang saya ciptakan bisa mewakili Dilan," ujar Iqbaal Ramadhan.

 

Dibantu

Iqbaal Ramadhan
Iqbaal Ramadhan

Aransemen dan lirik lagu 'Rindu Sendiri' ini diciptakan Iqbaal Ramadhan dengan dibantu oleh vokalis band Svmerdose, Rinrin. Menurutnya, dirinya mencoba menulis lirik lagu ini, dari sudut pandang Dilan.  

"Saya menulis lagu 'Kita Pernah Ada' ini, dari apa ya menjadi satu cerita yang personal tapi juga general di waktu yang sama. Saya mencoba menulis lagi ini dari sudut pandang orang ketiga tapi juga dari sudut pandang Dilan," ungkapnya. 

 

Membayangkan

Film Milea: Suara Dari Dilan tayang di Februari 2020. (Instagram)
Film Milea: Suara Dari Dilan tayang di Februari 2020. (Instagram)

Selain itu, Iqbaal Ramadhan mengaku ketika menciptakan lirik lagu ini, dirinya selalu membayangkan sosok Dilan. 

"Saya mencoba membayangkan saja sih menjadi Dilan, yang harus berpisah karena memang harus berpisah. Tapi, di satu sisi Dilan juga punya pandangan positif pada apapun itu. Jadi saya ingin lagu ini menjadi lagu galau, tapi punya sisi positif," harapnya.

 

Tayang

Film Milea : Suara Dari Dilan sendiri, akan tayang serentak diseluruh bioskop di Indonesia pada tanggal 13 Februari 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aplikasi Trojan Shopper Teror Penjual dan Pembeli Online

Posted: 13 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah aplikasi berbahaya muncul di toko aplikasi, mengunduh, meluncurkan aplikasi, dan memberikan ulasan palsu atas nama pengguna--semuanya dilakukan sembari bersembunyi di balik perangkat si pemilik.

Kaspersky menemukan aplikasi Trojan terbaru yang mampu melancarkan aksinya dengan cara memberikan rating ke aplikasi belanja populer, serta menyebarkan sejumlah iklan yang mengganggu.

Trojan yang dijuluki Shopper ini pertama kali menarik perhatian para peneliti setelah menyebar dari penggunaan Layanan Aksesibilitas Google.

Layanan ini memungkinkan untuk mengatur suara yang dapat membacakan konten aplikasi dan mengotomatisasi interaksi antarmuka pengguna (layanan ini dirancang untuk membantu orang-orang disabilitas).

Namun, di tangan pelaku kejahatan siber, fitur ini dapat menghadirkan ancaman serius bagi pemilik perangkat.

 

Menyamar Jadi Aplikasi Sistem

Mau belanja online dengan harga terjangkau? September Brutal bisa jadi jawabannya. (iStockphoto)
Mau belanja online dengan harga terjangkau? September Brutal bisa jadi jawabannya. (iStockphoto)

Setelah memiliki izin menggunakan layanan ini, malware dapat berinteraksi dengan antarmuka sistem dan aplikasi. Itu dapat menangkap data yang ditampilkan di layar, menekan tombol bahkan meniru gerakan pengguna.

Namun, belum diketahui bagaimana cara aplikasi berbahaya ini disebarkan. Pun demikian, peneliti Kaspersky berpendapat bahwa itu dapat diunduh oleh pemilik perangkat dari iklan palsu atau toko aplikasi pihak ketiga saat mencoba untuk mendapatkan aplikasi resmi.

Aplikasi ini menyamar sebagai aplikasi sistem dan menggunakan ikon sistem bernama ConfigAPK untuk menyembunyikan diri dari pengguna.

Setelah layar tidak terkunci, aplikasi meluncur, mengumpulkan informasi tentang perangkat korban dan mengirimkannya ke server pelaku kejahatan siber. Server kemudian mengembalikan perintah untuk dieksekusi oleh aplikasi.

 

 

 

 

Aksi Berbahaya

Ilustrasi belanja online (Sumber Foto: Pexels)
Ilustrasi belanja online (Sumber Foto: Pexels)

Bergantung pada perintah si pelaku kejatahan siber, aplikasi jahat ini dapat melakukan hal sebagai berikut:

• Menggunakan akun Google atau Facebook pemilik perangkat untuk mendaftar di aplikasi belanja dan hiburan populer, termasuk AliExpress, Lazada, Zalora, Shein, Joom, Likee, dan Alibaba;

• Meninggalkan ulasan aplikasi pada Google Play atas nama pemilik perangkat;

• Memeriksa hak untuk menggunakan Layanan Aksesibilitas. Jika izin tidak diberikan, ia akan mengirimkan permintaan phishing untuk mereka;

• Mematikan Google Play Protect, fitur yang menjalankan pemeriksaan keamanan pada aplikasi dari Google Play Store sebelum diunduh;

• Membuka tautan yang diterima dari server jarak jauh di jendela yang tidak terlihat dan menyembukan diri dari menu aplikasi setelah sejumlah layar diblokir;

• Menampilkan iklan saat membuka blokir layar perangkat dan membuat label untuk menyebarkan iklan di menu aplikasi• Mengunduh aplikasi dari Apkpure [.] Com 'market' dan menginstalasinya.

• Membuka dan mengunduh aplikasi yang diiklankan di Google Play;

• Mengganti label aplikasi yang diinstal dengan label halaman yang diiklankan

 

Tips Menghindari Aplikasi Jahat

Trojan
Trojan

Agar terhindar dari aplikasi jahat, berikut beberapa hal yang wajib kamu lakukan.

• Selalu waspada terhadap aplikasi yang mengharuskan penggunaan Layanan Aksesibilitas, jika aplikasi tidak membutuhkan fungsi tersebut

• Selalu memeriksa permohonan aplikasi untuk melihat apa saja yang boleh dilakukan aplikasi saat sudah terinstal

• Jangan memasang aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya, sekalipun mereka diiklankan secara aktif, dan memblokir instalasi program dari sumber yang tidak dikenal di pengaturan ponsel cerdas Anda

• Gunakan solusi keamanan seluler andal. Solusi ini dapat membantu mengidentifikasi permintaan dengan potensi bahaya atau ketidakjelasan permintaan dari aplikasi yang diunduh, dan menjelaskan risiko terkait dengan berbagai jenis izin pada umumnya.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miliarder Jepang Cari Pasangan untuk Diajak Wisata ke Bulan, Ini Syaratnya

Posted: 13 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menghebohkan dunia maya dengan kontes berhadiah senilai 9 juta dolar, kini Yusaku Maezawa kembali menjadi sorotan publik setelah mengumumkan bahwa dirinya sedang mencari "pasangan hidup" untuk menemani perjalanan wisata perdananya ke bulan. 

Mliiarder asal Jepang ini mengumumkan informasi tersebut melalui situs webnya. Dalam permohonan online-nya, dia mengatakan ingin berbagi pengalaman dengan perempuan yang istimewa.

"Ketika perasaan kesepian dan kekosongan perlahan mulai menggelora di dalam diri saya, ada satu hal yang saya pikirkan: terus mencintai seorang perempuan," tulis Maezawa di situs pribadianya, seperti melansir dari Reuters, Selasa (14/1/2020).

"Saya ingin mencari 'pasangan hidup'. Dengan mitra masa depan saya itu, saya ingin meneriakkan cinta dan kedamaian dunia dari luar angkasa," lanjut Maezawa.

Terbang ke Bulan Pada Tahun 2023

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa dalam konferensi pers di Hawthorne, California, 17 September 2018. SpaceX, perusahaan transportasi luar angkasa milik Elon Musk, mengumumkan Usaku Maezawa sebagai penumpang pertama penerbangan ke bulan. (AP/Chris Carlson)
Miliarder Jepang Yusaku Maezawa dalam konferensi pers di Hawthorne, California, 17 September 2018. SpaceX, perusahaan transportasi luar angkasa milik Elon Musk, mengumumkan Usaku Maezawa sebagai penumpang pertama penerbangan ke bulan. (AP/Chris Carlson)

Selain itu di situs web-nya, ia juga mengumumkannya melalui akun Twitter pribadianya.

Pengusaha yang baru saja berpisah dengan seorang aktris bernama Ayame Goriki ini juga berencana akan membawa seorang aktris dalam perjalanan ke bulan. Ia juga membuat karya yang dinamai Dear Moon yang terinspirasi dari pengalaman pribadinya.

Perjalanannya ke bulan kali ini menjadi yang pertama kali yang dilakukan manusia sejak tahun 1972. Maezawa akan terbang ke bulan pada tahun 2023 sebagai penumpang pertama pesawat SpaceX milik Elon Musk.

Syarat untuk Menjadi Pasangannya

Miliarder Jepang, Yusaku Maezawa, dinobatkan sebagai penumpang pribadi pertama dalam perjalanan roket milik Elon Musk yang keliling Bulan. (Chris Carlson / AP)
Miliarder Jepang, Yusaku Maezawa, dinobatkan sebagai penumpang pribadi pertama dalam perjalanan roket milik Elon Musk yang keliling Bulan. (Chris Carlson / AP)

Lamaran tersebut akan ditutup pada 17 Januari. Nah, pada akhir Maret dia akan memilih siapa yang akan menemaninya mengelilingi bulan.

Selain itu, terdapat beberapa syarat yang ia ajukan. Misalnya, perempuan lajang di atas 20 tahun, seseorang yang berkepribadian bagus dan memiliki pikiran yang positif, dan memiliki ketertarikan pada luar angkasa.

Menurut Forbes, Maezawa merupakan orang terkaya urutan 22. Seluruh kekayaan yang dimilikinya mencapai 2 miliar dolar AS.

Penulis:

Ulya Kaltsum 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Alasan Kenapa Jurgen Klopp Dinilai Lebih Hebat ketimbang Alex Ferguson

Posted: 13 Jan 2020 10:00 PM PST

Liverpool - Pelatih yang sedang tak memiliki klub, Neil Warnock, meyakini Jurgen Klopp merupakan manajer yang lebih baik ketimbang Sir Alex Ferguson. Warnock punya alasan khusus di balik pendapatnya tersebut. 

Warnock baru-baru ini memilih lima manajer terbaik dalam sejarah Premier League. Yang mengagetkan, Sir Alex Ferguson tak ada di posisi tiga besar. 

Posisi pertama dalam daftar tersebut ditempati manajer legendaris Arsenal, Arsene Wenger. Adapun posisi kedua ditempati manajer Manchester City, Pep Guardiola. 

Warnock menempatkan Jurgen Klopp di posisi ketiga, tepat di atas manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson. Adapun peringkat kelima diduduki Jose Mourinho, yang pernah menangani Chelsea dan MU. 

"Saya mungkin berbeda dengan orang-orang lain. Saya memilih Arsene Wenger di posisi pertama, karena dia mengubah keseluruhan wajah sepak bola modern," kata Warnock, seperti dilansir Liverpool Echo, Senin (13/1/2020). 

Menempatkan Ferguson di posisi keempat jelas memancing kontroversi. Pelatih asal Skotlandia tersebut bergelimang gelar selama menangani Setan Merah. 

Selama 27 tahun menjadi manajer MU, Ferguson mempersembahkan 13 gelar liga. Dia juga mampu mengubah MU menjadi salah satu tim paling disegani di Inggris dan Eropa. 

Di sisi lain, Mourinho hanya mempersembahkan tiga gelar liga di Premier League, Klopp (0), Guardiola (2), dan Wenger (3). Jika gelar keempat manajer itu digabung bahkan belum bisa menyamai pencapaian Ferguson. 

Lalu, apa alasan Neil Warnock menempatkan Jurgen Klopp di atas Sir Alex Ferguson sebagai manajer terbaik dalam sejarah Premier League? Berikut beberapa alasannya. 

 

1. Warnock Menilai Ferguson Tak Punya Efek untuk Sepak Bola Sebesar 3 Manajer Lainnya

Mantan pelatih MU, Sir Alex Ferguson.  (AFP/Paul Ellis)
Mantan pelatih MU, Sir Alex Ferguson. (AFP/Paul Ellis)

Warnock meyakini Ferguson tidak memiliki pengaruh terhadap sepak bola sebesar tiga manajer di atasnya, yaitu Wenger, Guardiola, dan Klopp. 

Namun, Warnock tidak menjelaskan dengan detail maksud dari pendapatnya ini. Padahal selama memegang MU, Sir Alex Ferguson berhasil membangun dinasti di Old Trafford. Dia juga bisa melahirkan tim-tim hebat, meskipun kadang dengan materi pemain yang pas-pasan. 

 

2. Warnock Sebut Klopp Punya Potensi Besar di Masa Depan

Jurgen Klopp.  (doc. Liverpool FC)
Jurgen Klopp. (doc. Liverpool FC)

Neil Warnock juga mengklaim punya alasan khusus menempatkan Klopp di posisi ketiga alias mengungguli Ferguson. Meskipun belum mengantongi titel Premier League, Warnock menilai Klopp punya potensi sangat besar untuk mendulang gelar demi gelar. 

"Saya merasa Klopp baru memulai. Dia jelas akan menjadi lebih baik. Visi dan segalanya yang dia lakukan di klub dan semua masa depan bersama para pemain muda, serta lain-lain, saya rasa dia akan mendapat (banyak gelar) dalam 10 tahun mendatang," kata Warnock.   

 

3. Klopp Dinilai Lebih Pintar dalam Memaksimalkan Pemain Muda

Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Trent Alexander-Arnold ke gawang Leicester pada laga Premier Laegue di Stadion King Power, Leicester, Kamis (26/12). Leicester kalah 0-4 dari Liverpool. (AFP/Oli Scarff)
Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Trent Alexander-Arnold ke gawang Leicester pada laga Premier Laegue di Stadion King Power, Leicester, Kamis (26/12). Leicester kalah 0-4 dari Liverpool. (AFP/Oli Scarff)

Kelebihan lain Klopp di mata Warnock adalah kelebihannya dalam memaksimalkan pemain muda. Beberapa pemain muda yang bersinar di tangan Klopp antara lain Trent Alexander-Arnold dan Curtis Jones.

Bahkan, menurut Klopp dalam kategori ini Klopp lebih unggul daripada Ferguson yang juga dikenal piawai mengorbitkan youngster.  

"Dalam penggunaan pemain muda, Klopp lebih unggul daripada Ferguson yang hanya mengorbitkan pemain seperti Cristiano Ronaldo dan Class of 92," ujar Warnock.  

Sumber: Liverpool Echo

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri/Yus Mei Sawitri, published 14/1/2020)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berapa Lama Urus Klaim Asuransi Mobil Terendam Banjir?

Posted: 13 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya sejak awal tahun baru memang sudah mulai surut. Namun, bagi pemilik kendaraan yang terdampak, kini waktunya untuk memperbaiki mobil atau motor kesayangan, dan mengurus klaim asuransi jika memang masih sudah terdaftar.

Dijelaskan Julian Noor, Direktur Utama PT Asuransi Adira Dinamika Tbk, bagi pemilik kendaraan yang terdaftar asuransi banjir di Adira Insurance hanya membutuhkan waktu 3 hari, kerusakan mobilnya dapat diperbaiki dan diberikan langsung ke pelanggan.

"Ini merupakan komitmen kepada para Pelanggan, perusahaan berusaha memperbaiki mobil dari klaim yang diajukan secepat-cepatnya setelah semua syarat terpenuhi. Tidak hanya itu, tentunya kami juga ingin membantu meringankan beban masyarakat sekaligus pelanggan kami yang tertimpa musibah banjir," jelas Julian dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (14/1/2020).

Hal ini senada dengan imbauan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), untuk segera memproses penanganan klaim.

"Untuk menyelesaikan kerusakan ringan, kami bisa dalam waktu 3-4 hari. Tapi mengingat kondisi mobil yang rusak akibat bencana banjir ini, kami menyelesaikan mobil ini dalam waktu 3 hari. Namun untuk kerusakan berat, kami memang membutuhkan proses perbaikan yang cukup detail, karena hal ini berhubungan dengan mesin dan rendaman air," ucap Julian.

Julian menambahkan, bagi pelanggan yang ingin mengajukan permintaan evakuasi dapat menggunakan AMC dengan cara klik fitur panic button. Sesaat kemudian, pelanggan akan dihubungi oleh Adira Care untuk follow up lokasi dan kondisi mobil. Tim Autocillin Rescue akan segera mengevakuasi mobil pelanggan yang terendam banjir.

Rescue

Sebagai informasi, terhitung dari 1-9 Januari 2020, Tim Autocillin Rescue telah menyelesaikan permintaan evakuasi lebih dari 200 mobil.

"Dengan kondisi yang masih belum kondusif ini, Tim Autocillin Rescue berhasil mengangkut ratusan mobil untuk membantu meringankan beban masyarakat akan bencana banjir. Pelanggan juga tidak perlu khawatir karena layanan Autocillin Rescue ini didapatkan secara gratis," pungkas Julian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil NBA: LeBron dan Howard Pimpin Lakers Lumat Cavaliers

Posted: 13 Jan 2020 09:58 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles- Los Angeles Lakers meraih kemenangan telak 128-99 saat menjamu Cleveland Cavaliers pada lanjutan NBA, Selasa (14/1/2020) siang WIB. LeBron James dan Dwight Howard tampil gemilang di laga ini.

Pada laga NBA di Staples Center ini, LeBron kembali memperkuat Lakers setelah absen di laga sebelumnya karena sakit. Menghadapi mantan klubnya, LeBron menyumbangkan 31 poin dan delapan assists.

Yang paling jadi sorotan adalah performa menawan Howard. Eks pemain Orlando Magic ini meraih double-double dahsyat dengan 21 poin dan 15 rebund.

Lebih luar biasa lagi, Howard di laga ini juga turut melesakkan satu kali tembakan tiga angka. Tepatnya pada kuarter keempat.

Lakers sebenarnya tampil buruk dan terlambat panas di kuarter pertama. Cavaliers sempat unggul dua digit sebelum akhirnya dikejar menjadi hanya tertinggal enam poin di akhir kuarter pertama.

 

Babak Kedua

Cavaliers masih bisa mengimbangi Lakers di kuarter dua. Saat jeda babak pertama, Cavaliers tetap unggul setengah bola.

Petaka menimpa Cavaliers di kuarter tiga. Lakers kesetanan setelah jeda. Pasukan Frank Vogel mampu melesakkan 37 poin dan meredam Cavaliers hanya mencetak 22 poin.

Lakers makin menggila di kuarter terakhir. Dimotori Howard, Lakers membuat 44 poin. Cavaliers hanya dikasih kesempatan mencetak 29 angka saja.

Di kubu Cavaliers, Kevin Love jadi top skorer. Love membuat double-double dengan 21 poin dan 11 rebound.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbesar di ASEAN, UEA Kucurkan Rp 1,8 Triliun untuk PLTS Cirata

Posted: 13 Jan 2020 09:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 11 perjanjian bisnis yang berhasil diteken antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA), pada kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Abu Dhabi, Minggu (12/1). Sebagian besar mengarah ke bisnis energi.

Salah satu dari kesepakatan bisnis yang akan dijalankan adalah pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung di Waduk Cirata, Jawa Barat.

"Perusahaan energi baru terbarukan (EBT) Masdar, yang berbasis di Abu Dhabi, PEA, nantinya akan bermitra dengan PT Pembangkit Jawa Bali Investasi (PJBi) membangun PLTS Terapung Cirata sebesar 145 Mega Watt Peak (MWp)," ungkap Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi seperti dikutip dari laman Setkab, Selasa (14/1/2020).

Menurut Kementerian ESDM, investasi di pembangkit ini diperkirakan mencapai Rp 1,8 triliun. PLTS Terapung Cirata diproyeksikan memecahkan rekor pembangkit bertenaga surya terbesar di ASEAN setelah PLTS di Filipina, Cadiz Solar Powerplant sebesar 132,5 MW.

Selain pengembangan Energi Baru Terbarukan, dalam pertemuan bilateral Presiden Jokowi dengan Putra Mahkota UEA, Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ), di Istana Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Minggu (2/1), ditandatangani pula kesepakatan bisnis sejumlah proyek migas seperti pengembangan Refinery Development Master Plan (RDMP) RU V Balikpapan antara Pertamina dengan Mubadala, potensi minyak mentah di Balongan antara Pertamina dengan ADNOC, hingga penyediaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) antara ADNOC dengan Pertamina.

Pada subsektor mineral, ditandatangani pula kerja sama Emirates Global Aluminium (EGA) dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dalam rangka penambahan produksi ingot alloy dan billet. Pada masa uji coba penambahan produksi direncanakan sekitar 20 ribu ton, dimana kapasitas produksi normal saat ini mencapai 250 ribu ton.

Rincian Kerja Sama Indonesia-UEA di Sektor Energi

Presiden Joko Widodo menyambut Putra Mahkota Abu Dhabi/Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan di Istana Bogor, Kamis (24/7/2019). Keduanya menggelar pertemuan bilateral guna membahas sejumlah kerja sama. (Liputan.com/HO/Setkab Agung)
Presiden Joko Widodo menyambut Putra Mahkota Abu Dhabi/Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan di Istana Bogor, Kamis (24/7/2019). Keduanya menggelar pertemuan bilateral guna membahas sejumlah kerja sama. (Liputan.com/HO/Setkab Agung)

Berikut rincian kerja sama bisnis antara PEA-Indonesia di sektor energi:

- LPG Supply Contract antara Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) dan Pertamina dengan nilai kontrak USD90-270 juta;

- RIPA (Refinery Investment Principle Agreement) antara Mubadala Investment Company dan Pertamina untuk melanjutkan negosiasi kepemilikan hingga 49 persen saham PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) – RDMP RU V dengan total potensi kerjasama senilai USD1,6 miliar;

- MoU antara ADNOC dan Pertamina tentang kerja sama pengembangan Project Crude to Petrochemical USD10,1 miliar; Penandatanganan Power Purchase Agreement (PPA) untuk PLTS Terapung Cirata antara PT PJB dengan Masdar, proyeksi nilai investasi USD 129 juta;

- Adendum MoU antara Emirates Global Aluminium (EGA) dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dalam rangka mengakomodir penetapan jangka waktu kerja sama. Proyek Peningkatan Kapasitas Tungku Peleburan termasuk transfer teknologinya dari 250 ktpa (kilo tonnes per annum) menjadi 300 ktpa, Technical Exchange di bidang Reduction Technology dan proyek Greenfield Aluminium Smelter di Kalimantan Utara berkapasitas 500-1.000 ktpa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Harta dan Aset Lina Mantan Istri Sule, Ditaksir Capai Rp 10 Miliar

Posted: 13 Jan 2020 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya Lina Jubaedah, mantan istri komedian Sule, pada Sabtu (4/1/2020) lalu hingga kini masih jadi perbincangan. Pasalnya, sang putra sulung, Rizky Febian, memilih melaporkan kepada pihak berwajib mengenai pengusutan penyebab meninggalnya sang ibunda.

Atas laporan tersebut, pihak kepolisian pun telah melakukan pembongkaran makam serta autopsi pada jenazah Lina Jubaedah. Tak hanya soal kepergian Lina saja yang jadi sorotan, permasalahan internal juga menyedot perhatian publik. Mulai dari hak pengasuhan anak hingga soal aset dan harta peninggalan Lina.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh Rizky Febian dan Sule kepada awak media, putra sulung Lina mengaku ia sempat dihubungi Teddy, suami baru mendiang ibunya, untuk membahas aset peninggalan Lina. Dilansir Liputan6.com dari Merdeka.com pada Selasa (14/1/2020) pria yang akrab disapa Iky ini mengaku pertama kali berkomunikasi dengan Teddy setelah kepergian Lina Jubaedah dan mempertanyakan mengenai aset.

Tentu saja pernyataan Rizky tersebut menjadi sorotan publik. Namun, Teddy mengklarifikasi bahwa ia tak ingin menguasai harta ataupun aset tersebut. Ia menyerahkan aset dan harta milik mendiang sang istri kepada Rizky Febian dan Putri Delina.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (14/1/2020) berikut ini beberapa fakta terkait aset dan harta yang dimiliki oleh mendiang Lina Jubaedah.

1. Pewaris harta dan aset Lina

Momen Saat Anak Sule Bertemu Ibunya, Rizky Febian Gendong Bayi Lina (sumber:YouTube/Putri Delina)
Momen Saat Anak Sule Bertemu Ibunya, Rizky Febian Gendong Bayi Lina (sumber:YouTube/Putri Delina)

Lewat sang pengacara, Abdurrahman Pratomo, diketahui bahwa Lina Jubaedah telah menuliskan surat wasiat dan warisannya. Abdurrahman pun menjelaskan soal siapa saja yang berhak mendapatkan harta warisan Lina tersebut.

Ia menyebut bahwa anak Lina dengan Teddy tidak mendapatkan warisan apa pun. Karena harta warisan Lina dibawa sebelum menikah dengan Teddy, anak Lina dan Teddy yang masih bayi tidak mendapatkan hasil pembagian aset mendiang Lina.

"Tidak ada, aset itu harus dikembalikan pada ahli warisnya Ibu Lina, karena Ibu Lina membawa harta warisan dari perkawinan sebelumnya, sama Sule," ujar Abdurrahman seperti yang dikutip Liputan6.com dari Kapanlagi.com.

"Itu memang haknya anak-anak," tegas Abdurrahman yang menyatakan semua hak waris Lina akan jatuh ke Rizky Febian dan adik-adiknya.

 

2. Jumlah harta milik Lina Jubaedah

Sule, Lina, dan dua anak mereka, Rizky Febian dan Putri Delina. (Instagram/putridelinaa)
Sule, Lina, dan dua anak mereka, Rizky Febian dan Putri Delina. (Instagram/putridelinaa)

Banyaknya harta yang dimiliki oleh Lina sebagian merupakan harta gono-gini dari perceraiannya dengan komedian Sule. Lina diketahui memiliki beberapa aset benda tak bergerak. Mulai dari bangunan serta lahan.

"Rinciannya ada tanah seluas dua hektare di Pangalengan, ada kos-kosan 32 kamar di Telkom University, ada rumah di Villa Banda, terus ada tanah di Lembang, kemudian, tanah di Ciamas, terus ada tanah di Bandung, daerah Cilenceng juga ada," jelas Abdurrahman pada Senin (13/1/2020).

Tak hanya itu saja, Lina juga memiliki beberapa harta benda bergerak lainnya, seperti perhiasan. Abdurrahman mengaku jika jumlah harta yang dimiliki mencapai Rp 10 miliar.

"Itu benda-benda tidak bergeraknya ya. Belum termasuk perhiasan dan lain-lain. Kalau ditotal cukup besar, mencapai Rp 10 miliar," tambahnya.

3. Asal-usul harta dan aset Lina

Lina dan Sule (Instagram/ferdinan_sule)
Lina dan Sule (Instagram/ferdinan_sule)

Harta yang dimiliki oleh Lina diketahui sebagian berasal dari harta hono-gini. Tak lama setelah Lina bercerai dari Sule, ia pun diketahui menikah dengan Teddy dan memiliki seorang bayi. Namun, pembagian harta dari Sule dan Lina belum dituntaskan.

"Setelah cerai, memang belum sempat urus, tiba-tiba ada perkawinan dengan Teddy," ujar Abdurrahman.

Harta yang dimiliki oleh Lina pun dikabarkan akan diwariskan kepada anak-anaknya dengan Sule. Hal ini juga dibenarkan oleh sang pengacara.

"Aset itu memang seharusnya diserahkan kepada anak-anak. Dasar pertama, memang hal itu pernah diceritakan kepada saya waktu persidangan cerai bahwa almarhumah punya beberapa aset, salah satunya yang sudah disebutkan sama Teddy itu, akan diberikan kepada anak-anaknya (Lina)," ungkapnya.

4. Teddy tak mendapat bagian harta warisan

Suami mendiang Lina Jubaedah, Teddy Pardiyana. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Suami mendiang Lina Jubaedah, Teddy Pardiyana. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Meski status terakhirnya sebagai pasangan suami istri, pengacara Lina mengaku Teddy tak mendapatkan hak waris, begitu pula dengan bayi mereka. Pembagian harta warisan tersebut akan diberikan kepada hak waris, yaitu anak-anak dan ibu dari Lina.

"Kalau itu tidak punya hak waris dari aset sebelumnya. Tidak ada tuh aset bawaan, jadi kita perlu meluruskan, itu pembagian apa saja. Teddy dan bayinya kita anggap tidak ada (hak waris), karena (harta) ini dari pernikahan sebelumnya," tambahnya.

5. Klarifikasi Teddy saat disebut ingin kuasai harta Lina

Suami mendiang Lina Jubaedah, Teddy Pardiyana mendatangi Mapolrestabes Bandung, Jumat (10/1/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Suami mendiang Lina Jubaedah, Teddy Pardiyana mendatangi Mapolrestabes Bandung, Jumat (10/1/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Sempat disinggung mengenai harta warisan, Teddy mengaku akan menyerahkan semuanya kepada anak-anak. Hal ini ia ungkapkan saat ditemui di Polrestabes Bandung pada Kamis (9/1/2020) lalu.

"Itu kan Buna (panggilan Tedy buat almarhumah Lina) ada amanahnya dari tanah, sertifikat rumah, terus ada perhiasan, terus ada kos-kosan. Ya memang itu hak anak-anaknya, kan? Saya serahin lagi buat Iki sama Neng Putri, yang udah dewasa, mungkin mau dibicarain, mau dikasiin," ujar Teddy seperti yang dilansir Liputan6.com dari Kapanlagi.com, Selasa (14/1/2020).

Ia juga mengaku tak ingin menguasai ataupun menjual harta dan aset yang dimiliki.

"Jadi, masih ada semuanya aset-asetnya. Makanya saya mau bilang ke Teh Putri sama Iki emang udah nanti bakal dikasih tahu ini amanah si mamah semuanya dari berlian, emas, ada semua. Kalau mau nguasain harusnya saya kabur aja ke mana. Kalau dibilang mau kuasain kenapa saya kos (ngontrak rumah) di situ, saya kan masih kos, bukan rumah sendiri," ujar Teddy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Investasi MeMiles, Penyanyi Ello Penuhi Panggilan Polda Jatim Sebagai Saksi

Posted: 13 Jan 2020 09:49 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim), Komisaris Besar (Kombes) Polisi (Pol) Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan penyanyi Marcello Tahitoe (MT) atau Ello datang memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim. Hal ini terkait dugaan kasus investasi bodong MeMiles.

"Iya benar, tadi datang sekitar pukul 09.30 WIB, dan langsung masuk ke ruang penyidik," tutur dia di Mapolda Jatim, Selasa (14/1/2020). 

Ia menuturkan, keterangan pelantun lagu Masih Ada itu sangat dibutuhkan untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan penyidik dalam kasus investasi MeMiles.

"Hari ini saudara MT statusnya sebagai saksi memenuhi panggilan penyidik. Artinya penyidik mendasari pada alat bukti awal yang ada. Maka kebutuhan penyidik dalam proses untuk mengambil berita acara saudara MT," ujar dia.

Trunoyudo belum bisa menjelaskan lebih jauh terkait keterlibatan Ello dalam kasus investasi MeMiles. Dia mengatakan, harus menunggu hasil lengkap pemeriksaan terlebih dahulu. 

Terkait apakah yang bersangkutan telah menerima bonus dari perusahaan, Trunoyudo juga belum mau menjelaskannya.

"Nanti perkembangannya kita sampaikan. Tentunya nanti dari hasil BAP atau berita acara pemeriksaan saksi saudara MT, apabila ada (reward), tentu akan dilakukan langkah-langkah hukum oleh penyidik sesuai aturan Undang-Undang," ujar dia.

Polda Jatim Dirikan Posko Pengaduan Korban Investasi Ilegal MeMiles

Polda Jatim kembali menetapkan tersangka baru terkait kasus investasi bodong PT Kam and Kam pada Jumat (10/1/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Polda Jatim kembali menetapkan tersangka baru terkait kasus investasi bodong PT Kam and Kam pada Jumat (10/1/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) telah mendirikan posko pengaduan korban investasi ilegal yang memakai PT Kam and Kam.

Posko tersebut ditempatkan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Mapolda Jatim. Posko tersebut mulai efektif pada Senin 6 Januari 2020.

"Poskonya di SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Polda," tutur Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Sabtu, 4 Januari 2020.

Saat disinggung mengenai pemanggilan publik figur, dia menjawab, penyidik Subdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim akan memanggil empat publik figur untuk dimintai keterangan terkait kasus investasi ilegal Memiles beromzet Rp 750 miliar. "Yang jelas empat publik figur yang dipanggil minggu depan," ujar dia.

PT Kam and Kam, perusahaan bergerak di bidang jasa pemasangan iklan yang menggunakan sistem penjualan langsung melalui jaringan member dengan cara bergabung di aplikasi MeMiles.

Setiap anggota yang berhasil merekrut anggota baru mendapatkan komisi atau bonus dari perusahaan. Jika ingin memasang iklan, anggota harus memasang top up dengan dana dimasukkan ke rekening PT Kam and Kam. Dengan top up itulah anggota memperoleh bonus atau reward bernilai fantastik.

Polda Jatim pun sudah menangkap dua tersangka KTM (47) dan FS (52). Tersangka sudah memiliki 264 ribu member dari delapan bulan operasi perusahaan. Omzet perusahaan itu hampir Rp 750 miliar.

Kapolda Jatim Luki Hermawan mengatakan, kasus investasi ilegal ini terungkap dari pengaduan dan info masyarakat pada Oktober 2019. Kemudian pihaknya berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Dapat info kalau belum terdaftar PT (PT Kam and Kam-red) itu," ujar Luki saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat.

Ia menambahkan, kemudian ada pertemuan para member yang dihadiri leader atau pimpinan pada November di sebuah hotel di Sidoarjo, Jawa Timur. Dari pertemuan itu terkumpul dana Rp 96 juta dan ada reward motor. "Dari situ tim makin yakin dan lakukan lidik di Jakarta akhirnya terungkap," ujar dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKB Tidak Permasalahkan Ambang Batas Parlemen Dinaikkan

Posted: 13 Jan 2020 09:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PKB Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, pihaknya tak masalah jika ambang batas parlemen (parliamentary threshold) dinaikkan. Seperti yang diusulkan PDI Perjuangan dalam rekomendasi Rakernas I, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu mengusulkan ambang batas parlemen untuk DPR RI dinaikkan menjadi lima persen.

"PKB tidak ada masalah. Apalagi ini kan perdebatan lama setiap ada isu revisi UU Pemilu," kata politikus yang karib disapa Gus Yaqut itu kepada wartawan, Selasa (14/1/2020).

Wakil Ketua Komisi II DPR itu menangkap semangat penambahan ambang batas parlemen adalah penyederhanaan partai politik di parlemen. Karenanya, soal angka, menurutnya bisa fleksibel naik di angka 5 persen atau tetap empat persen.

"Soal angka, saya pikir masih sangat fleksibel. Bisa 5 persen, bisa saja masih tetap 4 persen seperti sekarang. Karena 5 persen pun jika semangatnya tidak didapat, jika ada partai yang kurang dari 5 persen, bisa saja dalam perhitungannya disulap, sehingga bisa lolos dari PT," kata Yaqut.

Dia mengatakan, asumsi dasar penambahan ambang batas parlemen adalah alokasi kursi semakin kecil akan membentuk sistem yang lebih efektif. Yaqut bilang, semakin sedikit jumlah partai peserta pemilu, maka ambang batas secara alamiah akan semakin tinggi.

"Sehingga hanya partai politik yang memiliki basis dukungan yang besar pada daerah pemilihan yang akan mendapatkan kursi," kata Yaqut.

 

PKS Usulkan 7 Persen

Sementara itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyambut baik rekomendasi PDIP soal ambang batas parlemen (parliamentary threshold) yang dinaikkan menjadi lima persen dari empat persen. Mardani justru mengusulkan agar ambang batas parlemen menjadi tujuh persen.

"Tentu apresiasi kepada usulan PDIP karena PKS pada posisi lebih advance, kami lagi berharap 7 persen," kata Mardani di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Dia setuju dengan skema yang ditawarkan PDIP. Yaitu, ambang batas berjenjang dari tingkat nasional sampai kabupaten/kota.

"Untuk pileg dengan 7 persen dia terangkat itu untuk pusat. Kalau untuk provinsi sama kabupaten saya setuju dengan PDIP 2 dan 3 persen," kata Mardani.

Sementara, untuk pemilihan presiden, Mardani juga mengusulkan agar diturunkan. Sehingga membuka peluang banyak calon presiden yang berlaga.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YLKI: Pembentukan Pansus Tak Bikin Dana Nasabah Jiwasraya Kembali

Posted: 13 Jan 2020 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi turut berkomentar mengenai rencana pembentukan pansus yang diusulkan DPR terkait kasus Jiwasraya. Menurutnya, pembentukan pansus tidak akan menyelesaikan akar permasalahan untuk mengembalikan dana polis nasabah.

"Buat apa dibentuk pansus kalau kemudian dana nasabah yang ditanamkan itu hilang dan tidak kembali. Terpenting dari masalah Jiwasraya adalah mengembalikan dana nasabah lebih dulu karena mereka telah menanamkan uangnya lewat prosedur yang ada tapi uangnya atau dananya tidak bisa diklaim," kata Tulus di Kantornya, Jakarta, Selasa (14/1).

Tulus menyebut pembentukan pansus sendiri dinilai berhasil apabila memang persoalan gagal bayar ini bisa diselesaikan. Namun jangan sampai ujung-ujungnya justru bermuatan politis dan pada akhirnya juga tidak bisa menyelesaikan permasalah.

"Pansusnya tujuannya apa kalau hanya berbicara untuk gagahan di dalam politik nanti endingnya soal politik saja. Tapi nanti kalau bisa memaksa pengembalian dana nasabah itu baru keren," jelasnya.

Tulus menekankan, bagi YLKI terpenting adalah bagaimana pemerintah punya opsi untuk mengembalikan dana nasabah. Sehingga kalaupun dibentuk pansus seharusnya fokus kepada masalah pengembalian dana nasabah bukan soal lain.

"Keseriusan pemerintah dan BUMN katanya mau menyuntik sekian triliun untuk Jiwasraya sampai sekarang belum terdengar seperti apa mekanisme penyuntikan itu sehingga bisa dipakai untuk memakai kembalikan dana nasabah," jelas dia.

Di sampimg itu, YLKI juga akan mendesak Otoritas Jasa Keuangan (OJK), satgas investasi, dan perbankan yang ikut memasarkan produk asuransi Jiwasraya untuk bertanggungjawab atas permasalahan ini. Sehingga diharapkan persoalan ini dapat tertangani dengan baik dan tidak saling lempar tanggungjawab.

Di sisi lain, laporan pengaduan terkait Jiwasraya memang tidak terlalu signifikan diterima oleh YLKI. Tercatat hanya ada 1 laporan saja. Sebab, secara kategori pengaduan yang dilakukan konsumen bersifat antara bukan merupakan konsumen akhir.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Usul Pembentukan Pansus

PT Asuransi Jiwasraya Persero).
PT Asuransi Jiwasraya Persero).

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan ada tiga partai yang mengusulkan pembentukan panitia khusus (pansus) Jiwasraya.

Menurut dia, kehadiran pansus bakal mempermudah proses kerja DPR terkait Jiwasraya yang melibatkan sejumlah alat kelengkapan dewan (AKD). AKD yang dimaksud, yakni Komisi XI, Komisi VI, dan BAKN (Badan Akuntabilitas Keuangan Negara).

"Karena itu tadi, tidak ada tata kelola keuangan yang di bawah komisi XI kemudian ada juga akuntabilitas soal keuangan yang di bawah BAKN sehingga nanti ketiga unsur itu perlu digabungkan," terang dia.

"Karena mekanisme penggabungan ada pansus sehingga diusulkan oleh kawan-kawan ya dibentuklah satu pansus daripada kemudian komisi VI komisi XI, BAKN jalan sendiri-sendiri itu juga akan menghabiskan waktu dan energi," tandasnya.

Nasabah Tolak Pembentukan Pansus Jiwasraya

Logo Jiwasraya. (Jiwasraya.co.id)
Logo Jiwasraya. (Jiwasraya.co.id)

Sejumlah nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mulai khawatir dengan adanya pembentukan Pansus Jiwasraya di DPR RI. Para nasabah ini mengaku lebih percaya terhadap aksi korporasi yang tengah dilakukan Jiwasraya dalam menyelesaikan persoalan perusahaan.

Agung Setiawan, salah satu nasabah Jiwasraya memohon kepada DPR RI untuk tidak memperburuk situasi dalam penyelesaian kasus Jiwasraya ini.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, kami mohon wacana pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Jiwasraya agar tidak dilanjutkan, karena justru bisa menimbulkan permasalahan baru. Kami hanya ingin uang kembali, tapi juga tidak ingin persoalan ini berlarut-larut sehingga tidak selesai," kata Agung Setiawan, seorang nasabah Jiwasraya di Jakarta sperti dikutip dari Antaranews.com, Senin (13/1/2020).

Menurut Agung, keberadaan Pansus Jiwasraya belum tentu menjamin optimalnya upaya restrukturisasi Jiwasraya yang sedang dilakukan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Karbohidrat Kompleks dan Sederhana, Ketahui Fungsinya

Posted: 13 Jan 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama tubuh bagi tubuh. Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber utama bahan bakar untuk banyak kegiatan, dan karbohidrat adalah salah satu dari tiga makronutrien yang digunakan tubuh untuk bahan bakar. Dua lainnya adalah protein dan lemak.

Karbohidrat terdiri dari tiga komponen utama, serat, pati, dan gula. Otak dan tubuh mengandalkan karbohidrat untuk berfungsi dengan baik. Beberapa orang menghindari karbohidrat karena dapat memicu penambahan berat badan. Padahal, menemukan karbohidrat yang tepat justru dapat memertahankan berat badan yang ideal.

Serat dan pati adalah karbohidrat kompleks, sedangkan gula adalah karbohidrat sederhana. Keduanya memiliki perbedaan dari segi bentuk dan manfaat. Kedua jenis karbohidrat ini sering hadir dalam banyak makanan.

Mengenal perbedaan antara karbohidrat kompleks dan sederhana akan membuat Anda dapat menentukan jenis mana yang cocok sesuai kebutuhan. Berikut perbedaan karbohidrat kompleks dan sederhana yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/1/2020).

Komponen karbohidrat sederhana

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/RossHelen
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/RossHelen

Karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang terdiri dari satu atau dua molekul gula, sedangkan karbohidrat kompleks mengandung tiga atau lebih molekul gula. Karbohidrat sederhana atau yang juga disebut gula, terdiri dari rantai molekul yang lebih pendek dan lebih cepat dicerna daripada karbohidrat kompleks.

Fruktosa dan sukrosa adalah gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Laktosa adalah gula alami dalam susu. Ketika tubuh mendapatkan gula alami dari makanan utuh seperti ini, Anda mendapatkan dorongan energi lebih cepat.

Cara karbohidrat sederhana dicerna

ilustrasi makan/Photo by Louis Hansel on Unsplash
ilustrasi makan/Photo by Louis Hansel on Unsplash

Karena terdiri dari dari satu atau dua molekul gula, karbohidrat sederhana dicerna cenderung lebih cepat dicerna tubuh. Fakta ini berarti bahwa karbohidrat sederhana menghasilkan lonjakan glukosa darah, menyediakan sumber energi jangka pendek. Karbohidrat sederhana dapat memicu naiknya gula darah yang mengarah pada risiko diabetes.

Meski begitu, beberapa karbohidrat sederhana hadir dalam makanan sehat, seperti susu dan buah-buahan, yang mengandung berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang diperlukan.

Manfaat karbohidrat sederhana

Ilustrasi  makanan (iStockphoto)
Ilustrasi makanan (iStockphoto)

Karbohidrat sederhana mungkin memiliki keunggulan dibandingkan kompleks saat dikonsumsi sebelum dan setelah berolahraga. Karbohidrat sederhana dicerna lebih cepat dan membantu menghasilkan energi lebih cepat. ula sederhana mudah digunakan untuk energi dan cepat diserap oleh tubuh, karena mereka dapat dengan cepat dipecah menjadi glukosa.

Manfaat karbohidrat sederhana cocok dikonsumsi untuk megembalikan energi dengan cepat. Ini dapat berguna bagi seseorang yang kelelahan atau sedang sakit dan membutuhkan energi lebih.

Contoh karbohidrat sederhana yang sehat

Ilustrasi Susu Putih (iStockphoto)
Ilustrasi Susu Putih (iStockphoto)

Ada banyak kasus makanan yang mengandung karbohidrat sederhana cocok untuk diet sehat. Misalnya, buah-buahan dan sayuran mengandung karbohidrat sederhana, tetapi mereka kaya akan zat gizi mikro, seperti vitamin dan mineral.

Ada juga susu dan produk susu mengandung laktosa, yang merupakan jenis karbohidrat sederhana. Makanan ini tidak mengandung serat tetapi kaya akan protein, kalsium, dan vitamin D.

Karbohidrat sederhana yang harus dihindari biasanya dalam makanan olahan atau gula tambahan. Menambahkan gula ke makanan meningkatkan kandungan kalorinya, tanpa memberikan nutrisi tambahan.

Komponen karbohidrat kompleks

Karbohidrat dengan Glikemik Tinggi / Sumber: iStockphoto
Karbohidrat dengan Glikemik Tinggi / Sumber: iStockphoto

Karbohidrat kompleks terdiri dari serat dan pati yang dirangkai dalam rantai panjang dan kompleks. Karbohidrat kompleks memiliki lebih banyak nutrisi dan membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk dicerna. Makanan karbohidrat kompleks menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi kesehatan seseorang.

Banyak makanan karbohidrat kompleks memiliki campuran dari karbohidrat sederhana. Misalnya, buah mengandung gula buah alami (fruktosa, karbohidrat sederhana) serta serat makanan (karbohidrat kompleks). Makanan nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung gula tambahan yang rendah dan serat yang tinggi.

Manfaat karbohidrat kompleks

Ilustrasi makan (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi makan (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak nutrisi daripada karbohidrat sederhana. Mereka lebih tinggi serat dan dicerna lebih lambat. Ini juga membuat tubuh lebih kenyang, yang berarti merupakan pilihan yang baik untuk mengontrol berat badan.

Karbohidrat kompleks juga ideal untuk penderita diabetes tipe 2 karena mereka membantu mengelola lonjakan gula darah setelah makan. Serat dan pati adalah dua jenis karbohidrat kompleks. Serat sangat penting karena meningkatkan keteraturan usus dan membantu mengontrol kolesterol.

Cara karbohidrat kompleks dicerna

ilustrasi makan makanan/Photo By chomplearn on Shutterstock
ilustrasi makan makanan/Photo By chomplearn on Shutterstock

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan merupakan sumber energi yang lebih stabil daripada karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks mengandung rantai molekul gula yang lebih panjang daripada karbohidrat sederhana. Tubuh mengubah molekul-molekul gula ini menjadi glukosa, yang digunakannya untuk energi.

Karena karbohidrat kompleks memiliki rantai yang lebih panjang, mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah dan menyediakan energi yang lebih tahan lama di dalam tubuh daripada karbohidrat sederhana.

Contoh karbohidrat kompleks

Contoh karbohidrat kompleks (sumber: istockphoto)
Contoh karbohidrat kompleks (sumber: istockphoto)

Karbohidrat kompleks ditemukan dalam makanan utuh yang tidak diproses, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Karbohidrat kompleks hadir dalam makanan seperti roti dan pasta. Gandum dan makanan yang masih mengandung serat adalah karbohidrat kompleks.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspos, Ini 6 Momen Kebersamaan Azis Gagap dan Istri Kedua

Posted: 13 Jan 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Azis Gagap pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Komedian bernama asli Muhammad Azis ini, mengawali kariernya melalui grup lenong dari panggung ke panggung.

Nama pria kelahiran Jakarta ini mulai dikenal masyarakat luas semenjak bergabung bersama Sule, Andre, Parto, dan Nunung dalam acara Opera Van Java. Sejak saat itulah, pria berusia 46 tahun ini di kenal banyak orang sebagai artis dan komedian.

Menjadi seorang selebriti, tak hanya kariernya saja yang menjadi perhatian. Namun, juga kehidupan pribadinya, termasuk keluarganya. Enggak banyak yang tahu, kalau Azis Gagap memiliki dua istri. Istri bernama Nurhasanah, dan istri keduanya bernama Dewi Keke. 

Sebelumnya, kabar pernikahan Azis Gagap dan istri kedua santer terdengar pada tahun 2016 silam. Dari laman instagram Azis dan Dewi, dua sejoli ini kerap mengunggah momen kebersamannya.  Dewi pun juga terlihat akrab dengan anak dari istri pertama Azis. 

Seperti apa potretnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen kebersamaan Azis Gagap dan istri kedua, Selasa (14/1/2020). 

 

 

1. Jarang terkespos, ini potret Azis Gagap bersama istri keduanya Dewi Keke.

Azis Gagap dan Istri Kedua (Sumber: Instagram//dewi_keke22)
Azis Gagap dan Istri Kedua (Sumber: Instagram//dewi_keke22)

2. Azis dan Keke dikaruniai buah hati bernama Fatimah Azzahra atau yang lebih akrab dipanggil Imey.

Azis Gagap dan Istri Kedua (Sumber: Instagram//dewi_keke22)
Azis Gagap dan Istri Kedua (Sumber: Instagram//dewi_keke22)

3. Istri kedua pelawak dan aktor ini kerap menemani Azis di lokasi syuting!

Azis Gagap dan Istri Kedua (Sumber: Instagram//dewi_keke22)
Azis Gagap dan Istri Kedua (Sumber: Instagram//dewi_keke22)

4. Meski sibuk, pria 46 tahun ini selalu menyempatkan waktu untuk hadir di acara sekolah sang buah hati.

Azis Gagap dan Istri Kedua (Sumber: Instagram//dewi_keke22)
Azis Gagap dan Istri Kedua (Sumber: Instagram//dewi_keke22)

5. Momen keluarga Azis Gagap saat berlibur. Seru banget nih!

Azis Gagap dan Istri Kedua (Sumber: Instagram/dewi_keke22)
Azis Gagap dan Istri Kedua (Sumber: Instagram/dewi_keke22)

6. Dewi pun juga terlihat akrab dengan anak dari istri pertama Azis. Ini dia momen kebersamaannya saat jalan-jalan di mal.

Azis Gagap dan Istri Kedua (Sumber: Instagram/dewi_keke22)
Azis Gagap dan Istri Kedua (Sumber: Instagram/dewi_keke22)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahli Waris Peserta BPJS TK Kini Dapat Bantuan Beasiswa hingga Rp 174 juta

Posted: 13 Jan 2020 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah memberikan sosialisasi mengenai Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2019 mengenai Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Peraturan tersebut memutuskan menambah manfaat BPJS Ketenagakerjaan tanpa menaikkan iuran.

"Kenaikan manfaat diberikan kepada pekerja Indonesia tanpa ada kenaikan iuran. Peningkatan manfaat tersebut antara lain jaminan kecelakaan kerja apabila pekerja mengalami kecelakaan kerja," ujar Ida di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (14/1).

Dalam aturan baru, kata Ida, BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya ahli waris dengan satu anak mendapat beasiswa sebesar Rp 12 juta, diubah menjadi tanggungan dua orang anak dengan santunan sebesar Rp 174 juta. Santunan beasiswa tersebut diberikan saat menempuh pendidikan dari TK hingga perguruan tinggi.

"Peningkatan manfaat tersebut antara lain jaminan kecelakaan kerja apabila pekerja mengalami kecelakaan kerja, ahli waris mendapatkan beasiswa yang sebelumnya satu anak Rp 12 juta, menjadi 2 orang hingga perguruan tinggi yang totalnya Rp 174 juta kalau dihitung kenaikannya 1.350 persen," jelasnya.

Peningkatan manfaat lainnya adalah, penambahan santunan kematian dan biaya transportasi yang sebelumnya hanya Rp24 juta dinaikkan menjadi Rp 42 juta.

"Yang baru homecare, dan penambahan biaya transportasi, santunan dan kadaluarsa klaim. Biaya transportasi dan santunan dari Rp 24 juta menjadi Rp 42 juta naik 75 persen," papar Ida.

Ida mengimbau agar perusahaan semakin tertib dalam melaporkan jumlah karyawan dan penghasilan atau upah sebenarnya yang diberikan setiap bulan. Hal tersebut penting agar pekerja Indonesia mendapatkan perlindungan dan jaminan saat bekerja.

"Dengan ditetapkannya ini menunjukkan negara hadir menjamin kesejahteraan pekerja. Oleh karena itu, segera mendaftarkan pekerja sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Untuk perusahaan yang terdaftar, mohon tertib iurannya, melaporkan upah yang sebenarnya. Sehingga pekerja mendapat kepastian manfaat baru sehingga produktivitas meningkat," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

BPJS Ketenagakerjaan Ganti Nama Jadi BP Jamsostek

Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono, meninjau pelayanan di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (4/5). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari buruh.(Liputan6.com/Fery Pradolo)
Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono, meninjau pelayanan di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (4/5). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari buruh.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Dalam rangka ulang tahun BPJS Ketenagakerjaan yang ke-42, Direktur utama BPJS Agus susanto, dalam sambutannya mengumumkan bahwa  BPJS Ketenagakerjaan berganti nama menjadi BP Jamsostek, di gedung baru BP Jamsostek, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

"Kita ada panggilan baru, ada standarisasi. Tolong panggil kami BP Jamsostek, bukan ganti nama tetapi kita memberi nama panggilan baru agar memudahkan orang memanggil BPJS Tenaga Kerja," jelas Agus.

Selain itu, menurutnya dalam ulang tahun kali ini menjadi istimewa, karena diselenggarakan di gedung baru, yakni Plaza BP Jamsostek. Selain menjadi kantor pusat, gedung tersebut juga disewakan untuk publik.

"Gedung ini adalah milik pekerja Indonesia. Kami sebagai badan juga menyewa, yang hasil sewanya kita kembalikan kepada pemilik yaitu pekerja Indonesia," kata Agus.  

Di usia BP Jamsostek yang ke-42 tahun, ia menyampaikan, tentu banyak tantangan dan suka duka dalam jaminan sosial, banyak hal yang sudah dilakukan, maka dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, baik pekerja, stakeholder, perusahaan, maupun pemerintah.

"bisa mencapai 42 tahun perjalanan BPJS, saya kira hal itu didukung atas kerja sama semua pihak, termasuk dukungan stakeholder kami, kami memiliki 325 kantor cabang di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Meskipun, sudah ada 52 juta peserta BPJS Ketenagakerjaan yang terdaftar. Menurutnya masih jauh dibelakang Singapura dan Malaysia, maka perlu untuk meningkatkan pengelolaan, agar sesuai dengan regulasi yg ada. 

Harapan ke Depan

Perusahaan yang tidak menyediakan BPJS Ketenagakerjaan untuk para karyawannya siap-siap kena denda Rp1 miliar. (Ilustrasi: Liputan6/M.Iqbal)
Perusahaan yang tidak menyediakan BPJS Ketenagakerjaan untuk para karyawannya siap-siap kena denda Rp1 miliar. (Ilustrasi: Liputan6/M.Iqbal)

Ia pun mengungkapkan harapannya untuk ke tahun depan. Bahwa pihaknya butuh kerja sama sinergitas dukungan dari seluruh masyarakat, stakeholder dan mitranya. Agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat indonesia.

"Kita saat ini menghasilkan sekitar Rp 400 triliun, kita targetkan tahun depan lebih dari Rp 500 triliun," kata Agus.

Selain itu, Agus suprapto juga menyampaikan sambutannya mewakili Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan professor doktor muhajid effendi.

Menurut Agus, transformasi BPJS menjadi BP Jamsostek diharapkan bisa terus meningkatlan pelayanan yang cepat, akurat, dengan memanfaatkan teknologi.

"BPJS Ketenagakerjaan punya panggilan baru BP Jamsostek, perubahan ini tidak berpengaruh pada lambang. Semoga lebih dikenal sama masyarakat dengan gantinya nama," ujarnya.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat dan perusahaan untuk mendorong berkembangnya BP Jamsostek untuk ke depannya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Suzuki Jimny Bekas Lebih Mahal dari Barunya, Tembus Setengah Miliar Rupiah

Posted: 13 Jan 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Resmi meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Suzuki Jimny mendapat respons positif dari pecinta otomotif Tanah Air.

Sulitnya mendapat mobil pabrikan otomotif asal Jepang tersebut, membuat versi bekasnya memiliki harga tak wajar. Hal itu diungkapkan pemilik Jordy Mobil, Andi.

"Harganya susah ya buat dikasih kisaran karena memang mobil ini banyak yang mencari. Setahu saya sekarang itu sudah di atas Rp500 juta," katanya Mega Glodok Kemayoran, Jakarta.

Andi mengaku sempat menjual dua unit Jimny baru pada September 2019, yakni tipe matik berkelir putih dan two tone kuning.

"Memang waktu itu saya jual bekasnya masih rasa baru. Pelat nomor sudah ada, tetapi masih dibungkus plastik kabinnya belum saya lepas. Odometernya aja enggak sampai 100 kilometer," ujarnya.

Andi bercerita, Suzuki Jimny yang dijual oleh dirinya laku hanya dalam hitungan hari. "Kalau harga Jimny single tone putih itu laku Rp393 juta dan kuning two tone Rp480 juta," tuturnya.

 

Harga Suzuki Jimny

Bandrol tersebut jauh lebih mahal dibandingkan model barunya, berikut daftar harganya seperti dilansir Suzuki Indonesia.

Jimny MT (Single Tone)

Rp 347.500.000

Jimny AT (Single Tone)

Rp 360.000.000

Jimny MT (Two Tone)

Rp 349.500.000

Jimny AT (Two Tone)

Rp 362.000.000

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Hidup Georgina Rodriguez, Gadis Pelayan Toko yang Mencuri Hati Cristiano Ronaldo

Posted: 13 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Madrid- Sekitar lima tahun lalu mungkin tak ada yang mengenal nama Georgina Rodriguez selain keluarga dan teman-temannya. Tapi, kini, penggemar sepak bola mana yang tak tahu wanita cantik dan seksi ini.

Bahkan, tidak sedikit brand-brand mode terkenal yang memanfaatkan kecantikan dan tubuh moleknya sebagai model. Nama Georgina menjulang setelah berpacaran dengan megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo, yang kini membela Juventus, sejak 2016.

Kini, kehidupan Georgina tentu saja serbakecukupan, kaya raya. Gaya hidupnya pun mewah, kalangan jet set. Padahal, dia terlahir dari keluarga miskin.

Georgina Rodriguez lahir di Buenos Aires, Argentina, 27 Januari 1994 dari pasangan Ana Maria Hernandez dan Jorge Rodriguez. Ayahnya, Jorge merupakan seorang kriminal kelas kakap di Argentina dan pernah dipenjara selama 10 tahun sejak 2003. Setelah bebas, dia kembali masuk ke hotel prodeo, dan baru kembali bebas pada 2013.

Kendati demikian, Georgina Rodriguez tak mau seperti ayahnya. Dia mempunyai mimpi besar, menjadi orang terkenal di dunia. Mimpinya itu membuat dirinya ingin menjadi penari balet. Namun, orang tuanya tidak pernah mampu membiayai Gina, sapaan Georgina Rodriguez, sekolah di kelas dansa.

 

Ubah Mimpi

Georgina Rodriguez saat jalan-jalan di Tiongkok. (Instagram)
Georgina Rodriguez saat jalan-jalan di Tiongkok. (Instagram)

Melihat keluarganya yang kesulitan ekonomi, Gina mengubah mimpinya, dia berusaha menjadi salah satu pegawai ritel fashion. Saat usahanya sudah beranjak dewasa, wanita yang kini berusia 25 tahun itu pindah ke Huesca, Spanyol, dari tanah kelahirannya.

Di Huesca, dia mendapat pekerjaannya sebagai pelayan toko. Namun dia tak lama tinggal di Huesca karena menempati kos-kosan yang sangat sempit dengan beberapa wanita muda lainnya.

Gina yang bosan hidup miskin pindah di daerah dekat pantai San Sebastian, bagian utara Spanyol. Di sana, dia mendapat pekerjaan yang sesuai dengan impiannya, pelayan toko kelas menegah, Massimo Dutti. Saat berkerja di sini, Gina juga berlatih kelas dansa agar dia bisa menjadi orang terkenal.

Tak Pernah Puas

Georgina Rodriguez. (Instagram)
Georgina Rodriguez. (Instagram)

Kendati demikian, Gina tidak pernah puas. Dia memutuskan pindah ke Inggris untuk menjadi seorang pengasuh karena tuntutan gaya hidup yang tinggi. "Saya ingin bekerja dalam kemewahan dan mengerti kalau untuk melakukan itu (hidup mewah), saya harus bisa bahasa Inggris," ucapnya, dikutip dari XLSemanal.

Gina bekerja sebagai pengasuh di Bristol, Inggris pada 2012, saat usianya masih berusia 17 tahun. Saat bekerja untuk sebuah keluarga di Bristol, Gina fokus belajar Bahasa Inggris dan mendapat bayaran sebesar 9,5 pound sterling (Rp 175 ribu) per jam.

 

Kembali ke Madrid dan Jumpa Ronaldo

Cristiano Ronaldo dengan kekasihnya, Georgina Rodriguez. (OSCAR DEL POZO / AFP)
Cristiano Ronaldo dengan kekasihnya, Georgina Rodriguez. (OSCAR DEL POZO / AFP)

Setelah fasih menggunakan Bahasa Inggris, Gina kembali ke Spanyol. Nasibnya pun kian bagus setelah pintar berbicara dengan bahasa Inggris. Dia diterima sebagai asisten pelayan di sebuah toko fashion ternama dunia, Gucci, yang terdapat di Madrid, Spanyol.

Saat bekerja sebagai pramuniaga di Gucci pada 2016, dia berjumpa dengan Cristiano Ronaldo, yang kala itu masih menjadi pemain Real Madrid. Keseksian tubuh Gina membuat Ronaldo jatuh cinta pada pandangan pertama.

"Itu adalah cinta pada pandangan pertama untuk keduanya," ucap Gina.

Tak lama setelah pandangan pertama itu, keduanya saling bertemu dan jatuh cinta. Hingga pada November 2018, Gina melahirkan anak dari buah cintanya dengan pria berusia 34 tahun tersebut. Anak berjenis kelamin wanita itu diberi nama Alana.

 

Jadi Model Terkenal

Georgina Rodriguez (Sumber: Instagram/georginagio)
Georgina Rodriguez (Sumber: Instagram/georginagio)

Sejak menjadi kekasih Cristiano Ronaldo, Georgina Rodriguez semakin populer. Kariernya pun menanjak, tidak menjadi pelayan toko lagi, melainkan seorang model terkenal.

Gina pertama kali menjadi model pada Juli 2017. Ketika itu, perempuan berpaspor Spanyol tersebut menjadi model Uno Models. Sejak saat itu, Gina sudah beberapa kali menjadi halaman utama untuk media Spanyol tersebut.

Tak hanya mewarnai cover Uno Models, Gina juga menjadi model utama pakaian dalam produksi Yamamay dan muncul di sampul majalah Women's Health, media Spanyol pada Juni 2018.

Keruk Uang

Pacar Cristiano Ronaldo, Georgina Rodriguez (Foto: Istimewa)
Pacar Cristiano Ronaldo, Georgina Rodriguez (Foto: Istimewa)

Karier Gina sebagai model pun terus menanjak. Dia juga sempat mewarnai beberapa sampul di majalah ternama Spanyol dan Italia, seperti XLSemanal, Glamour, Harper's Bazaar, dan ELLE.

Dengan kariernya yang menanjak, seperti diberitakan Glamour Fame, Georgina Rodriguez mengeruk uang sebanyak lima juta dolar AS atau setara dengan Rp 69,7 miliar sebagai model.

Calon Istri Cristiano Ronaldo

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo ditemani kekasihnya, Georgina Rodriguez menghadiri acara Quina Awards di Lisbon, Portugal, Senin (19/3). Tubuh Georgina tampak sudah kembali seperti semula setelah melahirkan pada November 2017. (AP/Armando Franca)
Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo ditemani kekasihnya, Georgina Rodriguez menghadiri acara Quina Awards di Lisbon, Portugal, Senin (19/3). Tubuh Georgina tampak sudah kembali seperti semula setelah melahirkan pada November 2017. (AP/Armando Franca)

Belakangan, diberitakan Georgina bakal segera dipersunting sebagai istri oleh Ronaldo. Ddalam acaran Good Morning Britain dengan pembawa acara populer asal Inggris, Piers Morgan, beberapa waktu lalu, Ronaldo mengungkapkan, dirinya sudah punya rencana untuk menikah dengan Georgina.

"Kami akan menikah suatu hari nanti, itu pasti. Pernikahan ini juga menjadi mimpi ibu saya. Jadi suatu hari, kenapa tidak?" kata Cristiano Ronaldo, seperti dikutip dari Glamour Fame.

Desakan Ibu Ronaldo

Ibu Ronaldo, Dolores menang sangat mengharapkan anak laki-lakinya itu segera menikahi Georgina Rodriguez. Dolores sudah berpikir kalau Ronaldo sudah waktunya untuk membentuk sebuah hubungan rumah tangga.

"Georgina Rodriguez merupakan ibu dari cucu perempuan saya. Jadi, dia merupakan menantu masa depan saya. Namun, untuk saat ini, dia belum menjadi menantu. Dia menantu di masa depan dan orang yang sangat keren," ucap Dolores.

 

Saksikan Video Georgina Rodriguez di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nunung Srimulat Bicara soal Kepergiannya ke Solo di Tengah Masa Hukuman

Posted: 13 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu ramai diberitakan Nunung Srimulat yang kedapatan tengah berada di bandara Solo. Padahal, saat itu Nunung Srimulat sedang menjalani hukuman penjara 1,5 tahun penjara oleh pengadilan negeri Jakarta Selatan.

Selain itu, Nunung Srimulat juga harus menjalani hukuman rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta.

Terkait dirinya yang kedapatan tengah pergi ke luar kota itu, Nunung Srimulat tidak menjawab banyak.

 

Hanya Menjalani

Nunung adalah seorang pelawak Srimulat yang juga berprfesi sebagai penyanyi dan aktris Indonesia.
Nunung adalah seorang pelawak Srimulat yang juga berprfesi sebagai penyanyi dan aktris Indonesia.

"Oh, itu tanya saja sama RSKO ya. Saya cuma menjalani saja," kata Nunung Srimulat, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (13/1/2020).

 

Jenguk Orangtua

Nunung Srimulat [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]
Nunung Srimulat [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Nunung Srimulat seolah enggan untuk menjelaskan secara detail kepergiannya tersebut. Yang pasti, tujuannya ke Solo adalah untuk menjenguk orangtuanya yang sedang sakit.

 

Sakit Kanker Lidah

"Lupa tanggal berapa, pokoknya habis....ah tanya saja ke RSKO ya. Pertama kan nengok orangtua saya. Orangtua kan sakit kena kanker lidah dan sudah sepuh. Saya kan ya kangen banget dan ibu saya juga kan kangen banget sama saya," kata Nunung.

 

Membaik

Selepas pertemuan itu, Nunung Srimulat mengatakan bahwa kondisi sang ibunda saat ini sudah semakin membaik.

 

Mau Makan

"Alhamdulillah setelah ketemu saya, agak baikan karena dipakein pain killer ya. Itu agak mendingan dikasih itu, sudah mau makan," lanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gedung Putih Dukung Demonstran Iran

Posted: 13 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gedung Putih mendukung demonstran Iran yang berunjuk rasa mengutuk serangan rudal terhadap pesawat Ukraina di luar Tehran pekan lalu. Meski begitu, di AS Gedung Putih dihadapkan pada tekanan bipartisan Kongres yang meminta lebih banyak detail mengenai serangan terhadap panglima Iran; mengingat Demokrat berusaha mengendalikan kemampuan presiden untuk mengambil tindakan militer secara sepihak terhadap Iran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Galaxy S20 Plus Bakal Punya Kamera 48MP?

Posted: 13 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Informasi tentang seri Galaxy S20 semakin banyak beredar di ranah internet. Kali ini, kembali muncul bocoran baru tentang fitur kamera Galaxy S20 Plus.

Dilansir GSM Arena, Selasa (14/1/2020), informasi baru ini berasal dari aplikasi Device Info. Berdasarkan data yang tertera, smartphone tersebut memiliki kamera utama dengan resolusi 12MP.

Selain itu juga ada kamera dengan resolusi 48MP. Namun, sejauh ini belum diketahui dengan jelas fungsi kamera tersebut.

Kamera telephoto Galaxy S20 Plus disebut mampu melakukan hingga 3x optical zoom, dan 30 x total zoom. Smartphone ini akan memiliki empat kamera belakang, tapi informasi tentang dua lainnya belum diketahui.

Sementara itu, kamera depan Galaxy S20 Plus memiliki resolusi 10MP, sama seperti pada Galaxy S10 dan Note 10.

Fitur-fitur Kamera

Samsung Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/Andina Librianty
Samsung Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/Andina Librianty

Selain itu, Galaxy S20 Plus bisa merekam video 8K (7.580 x 4.320 piksel). Resolusi video lain yang tersedia termasuk 4K dengan 60fps untuk kamera depan dan belakang.

Fitur lain kamera depan juga beredar. Menurut laporan, akan ada fitur bernama "smart angle selfie" yang akan mengalihkan kamera depan ke wide-angle ketika mendeteksi ada lebih dari satu orang di dalam frame.

Kemudian juga ada mode "single take photo", sehingga kamera bisa secara otomatis mengambil gambar. Selain itu juga ada mode baru, Pro Video.

Bocoran soal seri Galaxy S20 diprediksi akan semakin banyak beredar menjelang hari pengumumannya. Samsung akan mengumumkan seri flagship tersebut pada 11 Februari 2020.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyelamatan Balita Terperosok Sambungan Beton Berlangsung Dramatis

Posted: 13 Jan 2020 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sseorang balita terperosok dan terjepit di sambungan beton Jembatan Siring Betik, Wonosobo, Jawa Tengah. Dalam video yang beredar terlihat proses evakuasi berlangsung dramatis.

Berita yang tak kalah mencuri perhatian di Top 6 SCTV selanjutnya datang dari Jember, Jawa Timur. Sepasang orangtua tega menyekap dan memborgol anaknya di kandang ayam.

Keduanya diduga sudah merencanakan pemborgolan anak kandungnya jauh hari sebelumnya. Saksikan video Top 6 menarik lainnya di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Cantik Paula Verhoeven Pakai Hijab, Banjir Pujian Netizen

Posted: 13 Jan 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Baim Wong dan Paula Verhoeven beberapa waktu yang lalu telah menggelar acara aqiqah putra pertamanya yaitu Kiano Tiger Wong. Acara sakral tersebut berlangsung dengan khidmat dan sederhana dengan membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an.

Kiano Tiger Wong lahir pada Jumat (27/12/2019) lalu di Rumah Sakit Bunda Menteng, Jakarta Pusat. Belum genap sebulan, pasangan seleb ini menggelar acara aqiqah tanpa kehadian si bayi. Baim menyebutkan jika cara aqiqah putranya hanya sebagai acara 'selametan' saja.

Selain dilakukan bersama anak-anak panti asuhan, penampilan Paula dengan balutan hijab sempat mencuri perhatian. Paula Verhoeven tampak tampil mengenakan hijab berwarna biru tua. Begitu juga dengan busana yang dikenakan berwarna senada yakni gelap.

Penampilan hijab Paula juga dibanjiri komentar netizen yang terpukau dengan istri Baim Wong ini. Sebelumnya, Paula juga beberapa kali tertangkap kamera tampil cantik dan anggun kala berhijab. Beredar kabar pula jika wanita 32 tahun ini akan mantap berhijab setelah melahirkan.

Berikut ini 6 potret Paula Verhoeven saat pakai hijab, dirangkum dari Instagram pribadinya oleh Liputan6.com, Selasa (14/1/2020).

1. Paula Verhoeven tampil berbeda dengan hijab saat acara aqiqah putranya beberapa waktu lalu.

Tampil beda dengan hijab di aqiqah anak, Ini potret Paula Verhoeven saat pakai hijab. (Daniel Kampua/Fimela.com)
Tampil beda dengan hijab di aqiqah anak, Ini potret Paula Verhoeven saat pakai hijab. (Daniel Kampua/Fimela.com)

2. Baim Wong yang turut mendampingi bahkan sempat melontarkan jika istrinya begitu cantik saat pakai hijab.

Tampil beda dengan hijab di aqiqah anak, Ini potret Paula Verhoeven saat pakai hijab. (Daniel Kampua/Fimela.com)
Tampil beda dengan hijab di aqiqah anak, Ini potret Paula Verhoeven saat pakai hijab. (Daniel Kampua/Fimela.com)

3. Penampilan Paula berhijab memang sukses membuat netizen terpukau.

Tampil beda dengan hijab di aqiqah anak, Ini potret Paula Verhoeven saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)
Tampil beda dengan hijab di aqiqah anak, Ini potret Paula Verhoeven saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)

4. Tak sedikit netizen yang memberikan pujian dan berharap jika Paula akan terus berhijab.

Tampil beda dengan hijab di aqiqah anak, Ini potret Paula Verhoeven saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)
Tampil beda dengan hijab di aqiqah anak, Ini potret Paula Verhoeven saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)

5. Momen Paula dan Baim saat umrah, kompak dengan busana dengan warna senada.

Tampil beda dengan hijab di aqiqah anak, Ini potret Paula Verhoeven saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)
Tampil beda dengan hijab di aqiqah anak, Ini potret Paula Verhoeven saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)

6. Bahkan Paula dulu sempat tampil di catwalk dengan balutan hijab.

Tampil beda dengan hijab di aqiqah anak, Ini potret Paula Verhoeven saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)
Tampil beda dengan hijab di aqiqah anak, Ini potret Paula Verhoeven saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan Para Pemain Sinetron Samudra Cinta di Tahun 2020

Posted: 13 Jan 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sinetron Samudra Cinta kini menjadi salah satu sinetron andalan SCTV. Menggaet bintang-bintang muda kenamaan Indonesia seperti Haico Van der Veken, Rangga Azof, dan Mischa Chandrawinata.

Samudra Cinta sendiri diproduksi oleh SinemArt dan tayang setiap hari pukul 20.30 WIB di stasiun televisi SCTV.

Pada kesempatan kali ini, SCTV coba membagikan behind the scene Samudra Cinta tentang harapan para pemainnya di tahun 2020.

Penasaran seperti apa saja harapannya? Saksikan selengkapnya di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polda Jatim Amankan Dana Masyarakat Investasi MeMiles Rp 122 Miliar

Posted: 13 Jan 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menetapkan dua jajaran Direksi PT Kam and Kam yang mengelola investasi abal-abal via aplikasi MeMiles, penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim, kembali menangkap dua orang tersangka baru, bagian Kepala IT yang membuat aplikasi, serta seorang motivator, yang mengajak masyarakat ikut berinvestasi.

Polda Jatim juga kembali mengamankan dana anggota sebesar Rp 72 miliar, sehingga total Rp 122 miliar diamankan penyidik Polda Jatim. Untuk mengungkap kasus investasi bodong yang menggunakan aplikasi MeMiles yang dikelola oleh PT Kam and Kam, penyidik Subdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim kembali menangkap dua orang tersangka baru, yang diduga kuat ikut terlibat dalam jaringan investasi bodong yang telah menyedot dana masyarakat hingga lebih dari Rp. 761 miliar.

Salah satunya adalah seorang wanita berinisial MLA, yang selama ini berperan sebagai master marketing atau motivator. Sedangkan tersangka lainnya PH yang berperan sebagai Kepala IT yang membuat aplikasi.

Selain menangkap dua orang tersangka baru, Polda Jatim kembali mengamankan dana anggota sebesar Rp. 72 miliar lebih dari salah satu rekening utama, dari 2 kali upaya pengamanan uang anggota tersebut, Polda Jatim telah mengamankan total Rp. 122 miliar lebih dana masyarakat sebagai barang bukti.

Tersangka MLA mengaku baru 8 bulan ikut investasi, dan mengatakan banyak publik figur yang menjadi member MeMiles. Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menegaskan pihaknya tidak pernah memberikan izin terhadap investasi MeMiles yang dijalankan oleh PT. Kam and Kam.

Bahkan, pada tanggal 2 Agustus 2019 tahun lalu, OJK telah mengeluarkan pengumuman, menutup investasi MeMiles, dengan alasan investasi ilegal yang dapat merugikan masyarakat.

OJK berharap ada peran serta dari masyarakat untuk melaporkan investasi-investasi yang memberikan imbalan tidak rasional, agar pihak otoritas terkait bisa menindak untuk mencegah kerugian yang ditanggung masyarakat. Demikian diberitakan pada Fokus, 13 Januari 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Berupaya Pulihkan Listrik di Sukajaya Usai Longsor dan Banjir Bandang

Posted: 13 Jan 2020 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PLN berupaya memulihkan listrik terdampak banjir bandang dan longsor yang melanda kecamatan Sukajaya, Nanggung, dan Jasinga.

Hingga Selasa (14/1/2020), 97 persen atau sebanyak 604 dari 625 gardu distribusi yang terdampak banjir bandang dan longsor telah berhasil menyala kembali.

Executive Vice President Corporate Communicatio and CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, saat ini tersisa 21 gardu belum menyala dimana seluruhnya ada di kecamatan Sukajaya.

Aksesnya masih ditutup hingga Selasa pagi (14/1/2020) untuk keselamatan dan keamanan, karena masih adanya potensi pergerakan tanah.

Hingga kini aparat masih menutup akses ke beberapa daerah di kecamatan Sukajaya, seperti Desa Cileuksa, Kampung Banar, Cisalak, Sarongge, Leuwijamang, Lebak Sanap, dan Cibarani. Hal ini menyebabkan proses perbaikan jaringan listrik juga belum dapat dilakukan.

"Begitu akses dibuka dan dinyatakan aman, kami langsung masuk untuk perbaiki listrik di sana," kata Made, di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

 

Lokasi Terparah

Petugas Tim SAR Tengah Menyiapkan Sejumlah Alat Untuk Mencari Korban Hilang Akibat Tertimbun Longsor di Sukajaya, Bogor, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). (Foto: Achmad Sudarno/Liputan6.com)
Petugas Tim SAR Tengah Menyiapkan Sejumlah Alat Untuk Mencari Korban Hilang Akibat Tertimbun Longsor di Sukajaya, Bogor, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). (Foto: Achmad Sudarno/Liputan6.com)

Kecamatan Sukajaya menjadi lokasi terparah yang terdampak tanah longsor dan banjir bandang. Khusus di kecamatan ini, banjir bandang juga mengakibatkan 200 tiang listrik rubuh dan hanyut terbawa banjir, serta 122 gardu mengalami pemadaman.

Tidak hanya itu, kejadian tersebut juga menyebabkan akses jalan menuju desa-desa di kecamatan ini putus akibat material longsor dan jalur yang amblas.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik sementara, PLN juga telah menyediakan 24 genset di kecamatan Sukajaya. Genset tersebut digunakan untuk melistriki posko-posko pengungsian dan dapur umum yang menjadi titik kumpul masyarakat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menjajal Fasilitas Bermain dan Olahraga di Taman Puring

Posted: 13 Jan 2020 09:14 PM PST

Anak-anak bermain di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman ini dilengkapi dengan arena permainan anak, jogging track, skating track, area parkir, dan toilet. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Anak-anak bermain di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman ini dilengkapi dengan arena permainan anak, jogging track, skating track, area parkir, dan toilet. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anak-anak bermain di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman ini dilengkapi dengan arena permainan anak, jogging track, skating track, area parkir, dan toilet. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pengunjung bersantai di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman Puring juga menjadi Taman Grande yang berperan sebagai tempat transit serta mendukung ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pengunjung bersantai di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman Puring juga menjadi Taman Grande yang berperan sebagai tempat transit serta mendukung ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pengunjung bersantai di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman Puring juga menjadi Taman Grande yang berperan sebagai tempat transit serta mendukung ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana arena olahraga di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Setelah direvitalisasi sejak September 2019, kini Taman Puring sudah dapat dikunjungi oleh masyarakat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Suasana arena olahraga di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Setelah direvitalisasi sejak September 2019, kini Taman Puring sudah dapat dikunjungi oleh masyarakat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana arena olahraga di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Setelah direvitalisasi sejak September 2019, kini Taman Puring sudah dapat dikunjungi oleh masyarakat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pengunjung bermain skateboard di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman ini dilengkapi dengan arena permainan anak, jogging track, skating track, aren parkir, dan toilet. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pengunjung bermain skateboard di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman ini dilengkapi dengan arena permainan anak, jogging track, skating track, aren parkir, dan toilet. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pengunjung bermain skateboard di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman ini dilengkapi dengan arena permainan anak, jogging track, skating track, aren parkir, dan toilet. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pengunjung bermain skateboard di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman Puring juga menjadi Taman Grande yang berperan sebagai tempat transit serta mendukung ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pengunjung bermain skateboard di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman Puring juga menjadi Taman Grande yang berperan sebagai tempat transit serta mendukung ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pengunjung bermain skateboard di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman Puring juga menjadi Taman Grande yang berperan sebagai tempat transit serta mendukung ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anak-anak bermain di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Setelah direvitalisasi sejak September 2019, kini Taman Puring sudah dapat dikunjungi oleh masyarakat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Anak-anak bermain di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Setelah direvitalisasi sejak September 2019, kini Taman Puring sudah dapat dikunjungi oleh masyarakat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anak-anak bermain di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Setelah direvitalisasi sejak September 2019, kini Taman Puring sudah dapat dikunjungi oleh masyarakat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana saat warga beraktivitas di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman ini dilengkapi dengan arena permainan anak, jogging track, skating track, area parkir, dan toilet. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Suasana saat warga beraktivitas di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman ini dilengkapi dengan arena permainan anak, jogging track, skating track, area parkir, dan toilet. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana saat warga beraktivitas di Taman Puring, Jakarta, Selasa (14/1/2020). Taman ini dilengkapi dengan arena permainan anak, jogging track, skating track, area parkir, dan toilet. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Ratu Elizabeth II Restui Pangeran Harry dan Meghan Markle Pilih Megxit

Posted: 13 Jan 2020 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II merestui niat mundur Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, dari keanggotaan senior Kerajaan Inggris. Restu itu diberikan usai keluarga Kerajaan Inggris menggelar pertemuan tingkat tinggi yang melibatkan Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, Pangeran William dan Pangeran Harry beserta Meghan Markle yang bergabung melalui telepon dari Kanada. 

Pertemuan tersebut diadakan dengan tujuan untuk memilih keputusan akhir terhadap niat mundurnya Pangeran Harry dan Meghan Markle atau Megxit. 

Berdasarkan pertemuan yang telah digelar di Sandringham Estate, Ratu Elizabeth II mengabulkan keinginan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk hidup lebih mandiri yang membuat mereka tinggal paruh waktu antara di Inggris dan Kanada.

Ratu Elizabeth II mengungkap alasannya menyetujui keputusan Pangeran Harry dan Meghan memilih Megxit karena memahami keinginan Duke dan Duchess of Sussex itu.

"Meskipun kami lebih suka mereka tetap menjadi Anggota Keluarga Kerajaan yang bekerja penuh waktu, kami menghormati dan memahami keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri sebagai keluarga sambil tetap menjadi bagian yang berharga dari keluarga saya," ungkap sang ratu, seperti dikutip dari VOA News, Selasa (14/1/2020). 

Dukungan dan Proses Transisi

Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle (Courtney Africa / Africa News Agency via AP, Pool)
Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle (Courtney Africa / Africa News Agency via AP, Pool)

Dalam sebuah pernyataan, dukungan terhadap keputusan Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, telah disampaikan Ratu Elizabeth II.

"Keluarga saya dan saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda," kata sang ratu.

Tidak ingin bergantung pada dana publik dalam kehidupan baru mereka, kesepakatan pun sudah dibuat mengenai akan adanya periode transisi yang dijalankan oleh Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, saat menghabiskan waktu di Kanada dan Inggris, seperti dikutip dari VOA News. 

Akan Adanya Diskusi Lebih Lanjut

Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle saat memperkenalkan bayi mereka (Dominic Lipinski/AP)
Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle saat memperkenalkan bayi mereka (Dominic Lipinski/AP)

Ratu Elizabeth II juga mengatakan akan tetap menyelesaikan diskusi akan bagaimana Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, menjalani kehidupan baru di luar Keluarga Kerajaan.

Dilansir NBC News, rincian tentang bagaimana mereka akan menempa kehidupan baru yang terpisah dari Keluarga Kerajaan masih harus diselesaikan, ungkap sang ratu.

Meskipun tidak ada Anggota Keluarga Kerajaan yang diberitahu sebelum pengumuman kemunduran disebarkan, namun pengumuman itu dikatakan dikeluarkan setelah adanya refleksi yang diberlakukan selama berbulan bulan dan diskusi internal, seperti dikutip dari BBC

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membersihkan dan Merawat Helm yang Terendam Banjir

Posted: 13 Jan 2020 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jabodetabek di awal tahun, tidak hanya memporak-porandakan seisi rumah. Tidak sedikit kendaraan maupun helm kesayangan yang turut menjadi korban banjir.

Nah, helm yang ikut tercebur ke genangan air sebaiknya dibersihkan segera agar tidak meninggalkan bau yang tidak sedap dan menghindari zat-zat yang terbawa banjir menempel dan membekas di dalam helm.

Pasalnya selain bau, air banjir juga mengandung berbagai kotoran hingga minyak. Berbeda dengan helm yang sekadar terkena air hujan.

"Pastinya jika helm ikut tercebur banjir, yang pertama dilakukan adalah membilasnya lebih dulu dengan air bersih," kata Store Manager Deride, Boy Sapta Wirawan.

Agar mudah membersihkan bagian-bagian dalam, dia menyarankan melepas bagian cheekpad dan interior pad. Lalu cuci helm secara keseluruhan, berikut shell dan eps.

"Saran saya cuci menggunakan sabun dengan water base, dan berbau netral. Kemudian untuk bahan yang terbuat dari logam setelah dibersihkan sebaiknya diolesi pelumas untuk menghindari korosi," imbuhnya

Sementara untuk helm knock down, atau busanya bisa dilepas akan lebih mudah dibersihkan. Termasuk saat membilasnya, agar tak ada sisa-sisa detergen yang menempel. Hindari memakai cairan kimia saat membersihkan busa.

Bagian yang Cepat Kering

Menurut Boy bagian shell dan eps akan lebih cepat kering karena material Shell dan eps tidak menyerap air. Lalu apakah air banjir mempengaruhi kualitas shell?

"Air banjir tidak berpengaruh terhadap kekuatan shell. Yang penting adalah interiornya harus dicuci sampai bersih dan keringkan sampai benar-benar kering," jawabnya.

Sementara untuk kaca atau visor, cukup disiram air dan dilap. Tidak perlu menggunakan cairan kimia yang tidak jelas kandungannya.

Pasalnya, cairan kimia tersebut bisa berpengaruh pada lapisan yang tidak kasatmata di visor (hard coating) atau lapisan tipis (penghilang embun).

Deterjen dapat mengelupas lapisan tipisnya itu, Lapisan tersebut biasanya ada pada helm-helm branded atau berharga jutaan. Bagian helm lainnya bisa dibersihkan dengan lap khusus mikrofiber.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tips Liburan Hemat di New York, Apa Saja?

Posted: 13 Jan 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - New York selalu sukses memikat wisatawan dari seluruh dunia dengan pesonanya. Maka tidak heran, banyak orang yang ingin menginjakkan kaki di Big Apple City tersebut. Namun tak dapat dipungkiri, bujet yang dikeluarkan memang cukup besar.

Dilansir dari Independent, Senin, 13 Januari 2020, sampai Maret 2020 wisatawan yang bertandang ke kota ini akan lebih sedikit yang akan berdampak pada penurunan harga di sana.

Bukan hanya harga yang mengalami penurunan, suhu udara di sana juga turun dan membuat cuaca semakin dingin. Jadi jangan lupa untuk siapkan baju hangat dan jaket tebal. Berikut enam tips liburan hemat di New York.

1. Berburu Tiket Pesawat Murah

Maskapai penerbangan murah Norwegia menawarkan beberapa penerbangan harian dari London Gatwick ke New York, Anda bisa mencari promo di internet beberapa penerbangan terjangkau dalam beberapa bulan ke depan.

Pada bulan Januari, tarif pesawat mulai dari 250 Pound sterling atau setara Rp4,4 juta bisa Anda dapatkan, mungkin Anda harus transit satu atau dua kali.

2. Ikuti Tur Feri

Untuk lebih menghemat perjalanan Anda, Anda memanfaatkan paket tur yang tersedia di sana, salah satunya NYC Ferry. Harganya paket tur ini rata-rata setara dengan tiket kereta bawah tanah, yaitu 2,75 dolar AS atau Rp37 ribu.

Bersama tur ini Anda bisa berkeliling New York dan menikmati beberapa destinasi perhentian di sepanjang perjalanan, termasuk Long Island City, Brooklyn Selatan, Astoria, Lower East Side dan Bronx.

Selain itu, Anda bisa juga mencoba layanan feri ke Pulau Roosevelt, dan jauh dari Wall Street ke The Rockaways, pantai yang populer di Queens. Layanan ini rencananya juga akan meluncurkan rute baru St. George pada 2020.

3. Aktivitas Gratis

Ilustrasi Brooklyn Bridge. (dok. Robert Bye/Unsplash/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi Brooklyn Bridge. (dok. Robert Bye/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Banyak aktivitas yang bisa Anda lalukan tanpa harus mengeluarkan uang. Anda dapat melihat laman resmi dewan pariwisata bahkan memiliki laman khusus yang memuat aktivitas di New York.

Ada pula informasi soal jalan-jalan di sepanjang taman umum High Line yang buka mulai jam 7 pagi sampai 7 malam di musim dingin, menonton rekaman TV sebagai audiens studio, berjalan santai dan menyebrangi Jembatan Brooklyn atau berkeliling Prospect Park.

Anda juga dapat masuk ke museum di kota, beberapa museum gratis pada hari dan jam tertentu. Di sana, Anda juga bisa memanfaatkan tur kota juga gratis atau berbasis tip, termasuk tur Brooklyn Brewery, tur Heart of the Park Central Park, dan tur Perpustakaan Umum New York.

4. Belanja Hemat

Jika hendak berbelanja dan membeli oleh-oleh, Anda perlu mempertimbangkan berat belanjaan Anda. Untuk beberapa pesawat dengan harga rendah biasanya tidak menyediakan ruang bagasi, maka Anda perlu memikirkan oleh-oleh yang akan Anda bawa.

Pernak-pernik kecil seperti hiasan kulkas atau gantungan kunci akan jauh lebih murah dan bisa Anda masukan ke dalam tas Anda sehingga tak perlu repot memikirkan ruang bagasi.

5. Tiket Pertunjukan Setengah Harga

Ilustrasi pertunjukan. (dok. Markus Spiske/Unsplash/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi pertunjukan. (dok. Markus Spiske/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Jika Anda mengunjungi New York antara 21 Januari dan 9 Februari, Anda bisa memanfaatkan potongan setengah harga untuk nonton pertunjukan di NYC Restaurant Week, NYC Broadway Week dan NYC Must-See Week. Di mana tarif hotel, tiket pesawat, dan kegiatan menawarkan harga promo.

Tiket- tiket itu ditawarkan untuk pertunjukan Broadway, museum, atraksi, dan wisata selama periode ini dan hampir 350 restoran akan menawarkan menu prix fixe.

6. Penginapan yang Murah

Di New York Anda tak perlu khawatir untuk masalah penginapan karena selama beberapa tahun terakhir telah ada banyak hotel di NYC yang masuk ke dalam kategori mewah tapi tetap terjangkau.

Biaya kamar  kurang dari 200 dolar AS atau Rp2,7 juta per malam. Salah satu hotel yang Freehand Hotel New York, misalnya, dibuka pada 2018 di Distrik Flatiron dekat dengan Taman Gramercy. (Adhita Diansyavira)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serba-Serbi Marco Motta, Eks Juventus yang Pindah ke Persija

Posted: 13 Jan 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Persija Jakarta terus membuat gebrakan di bursa transfer jelang Liga 1 2020. Macan Kemayoran mendapatkan sejumlah pemain berkualitas. Mulai dari Otavio Dutra, Evan Dimas hingga yang terakhir Marco Motta.

Nama terakhir menjadi sorotan publik. Pasalnya Motta dikenal sebagai mantan pemain Juventus. Motta pernah dikontrak Juventus dari 2010 sampai 2015.

Pria yang kini berusia 33 tahun itu akan dikontrak Persija Jakarta selama dua musim dengan opsi perpanjangan. Kepastian tersebut disampaikan bos Persija Ferry Paulus pada Senin (13/1/2020).

"Marco Motta sudah menandatangani kontrak bersama kami beberapa hari lalu. Namun, dia memang belum bisa hadir saat ini," ujar Ferry Paulus saat ditemui di Mes Persija, Senin (13/1/2020).

Di Persija, Motta kemungkinan tidak akan bermain di posisi aslinya bek kanan. Di bek kanan, Persija sudah punya Ismed Sofyan. Motta bisa jadi digeser sebagai bek tengah. Terlebih dia memiliki postur tinggi besar, 186 cm.

Banyak serba-serbi menarik dari sosok pemain baru Persija Marco Motta. Apa saja? Simak di halaman berikutnya:

 

 

 

Dibesarkan Atalanta

Motta merupakan alumni akademi Atalanta. Dia memperkuat tim Atalanta selama empat musim. Motta satu angkatan dengan Riccardo Montolivo dan Giampaolo Pazzini.

Atalanta memberikan kesempatan kepada Motta debut di Serie A pada 9 Januari 2005. Karena Atalanta terdegradasi, Motta dijual ke Udinese di musim panas 2005.

Bersama Udinese, Motta main selama empat musim. Karena tampil menjanjikan, AS Roma kemudian membeli Motta di tahun 2009 dengan status kepemilikan bersama.

Di Roma, karier Motta makin melejit sehingga Juventus tertarik memboyongnya setahun kemudian. Juventus merekrutnya dari Udinese. Roma kehilangan hak Motta karena kalah dalam lelang buta dengan Udinese.

Juventus awalnya meminjam Motta selama semusim dengan opsi kepemilikan permanen. Karena tampil bagus, Motta dipermanenkan.

Dihancurkan Conte

Sial bagi Motta, begitu dipermanenkan kariernya hancur berantakan. Masuknya Antonio Conte sebagai pelatih baru Juventus membuat Motta tak terpakai. Motta kalah bersaing dengan Stephan Lichtsteiner.

Sejak saat itu karier Motta terombang-ambing. Juventus meminjamkannya ketiga klub berbeda, Catania, Bologna dan Genoa. Motta kemudian dijual permanen ke Watford.

Di Inggris, Motta juga tak sukses. Selain Watford, Motta sempat main di Charlton Athletic. Motta lantas pindah ke Spanyol bersama Almeria di tahun 2017.

Motta kemudian menjajal peruntungan ke Siprus bersama Omonia di musim panas 2018. Lagi-lagi Motta tak sukses. Dia cuma main delapan kali dan memilih pergi pada Juni 2019. Setelah sempat menganggur enam bulan, Motta kini direkrut Persija.

Wonderkid Gagal

Marco Motta (Juventus - kanan) berebut bola dengan Esteban Vizcara (ISL All Stars) saat berlaga di Stadion GBK Jakarta, (6/8/2014). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Marco Motta (Juventus - kanan) berebut bola dengan Esteban Vizcara (ISL All Stars) saat berlaga di Stadion GBK Jakarta, (6/8/2014). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Motta sempat digadang-gadang sebagai salah satu wonderkid Italia. Dia rutin menjadi anggota timnas Italia U-21. Bahkan seusai Euro U-21 2007, Motta sempat didaulat sebagai kapten tim.

Motta turut membela Italia di Olimpiade 2008. Di timnas junior, Motta sempat main bareng kapten Juventus Giorgio Chiellini.

Sayangnya di level senior, Motta tak sukses. Motta cuma sempat sekali dipanggil membela timnas Italia senior saat melawan Pantai Gading pada 10 Agustus 2010.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Astronaut Korea-Amerika Pertama Bakal Ikut Misi ke Luar Angkasa

Posted: 13 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan besar Amerika Serikat di Seoul, Korea Selatan, memberi pengumuman membanggakan. Pasalnya ada seorang warga Amerika Serikat keturunan Korea Selatan pertama yang mengikuti misi Artermis dari NASA untuk terbang ke stasiun luar angkasa, Bulan, dan Mars.

Astronaut keturunan Korea Selatan pertama yang bakal mengikuti misi ini bernama Dr Jonny Y Kim.

Dalam cuitannya, Kedutaan Besar AS di Seoul memberi pengumuman sekaligus ucapan selamat untuk Jonny Kim.

"Selamat kepada Dr @JonnyYKim, mantan anggota Angkatan Laut AS, pemegang gelar matematika dari @uofsandiego dan alumnus @harvardmed, karena menjadi astronaut Korea-Amerika pertama NASA yang memulai penugasan ke @Space_Station, misi Artermis ke Bulan, dan kemungkinan ke Mars," tulis kedutaan dalam cuitannya.

Mengutip profil Jonny Kim di laman NASA, Senin (14/1/2020), Kim dipilih NASA untuk bergabung dalam kelas kandidat astronaut pada 2017.

Kim mulai melapor bertugas di NASA pada Agustus 2017, setelah menyelesaikan pelatihan calon astronaut. Dia telah menyelesaikan lebih dari 100 operasi tempur, mulai dari jabatannya sebagai tamtama hingga perwira.

Profil Jonny Kim

Ilustrasi Stasiun Ruang Angkasa Internasional, atau ISS (AP)
Ilustrasi Stasiun Ruang Angkasa Internasional, atau ISS (AP)

Pria kelahiran Los Angeles ini merupakan imigran Amerika asal Korea yang memiliki kualifikasi ahli SCUBA.

Selain sebagai perwira angkatan laut, Kim juga memperoleh gelar sarjana matematika dari University of San Diego dengan predikat summa cum laude pada 2012.

Tidak berhenti di situ, Kim juga mendapatkan gelar doktor bidang kedokteran dari Harvard Medical School.

Di NASA, Kim telah menyelesaikan latihan yang terdiri dari instruksi operasional di sistem ISS, operasional kendaraan luar angkasa, pelatihan terbang, robotika, sampai ke pelatihan bertahan hidup di alam liar.

11 Astronaut Ikut Terbang ke ISS dan Bulan

Momen langka ketika Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS) NASA terbang di atas Indonesia, 3 Juli 2019. (NASA)
Momen langka ketika Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS) NASA terbang di atas Indonesia, 3 Juli 2019. (NASA)

Sekadar informasi, NASA mengumumkan 11 astronaut baru yang akan mengikuti misi bernama program Artermis.

Program eksplorasi luar angkasa ini akan mengantarkan para astronaut terpilih untuk terbang ke ke stasiun luar angkasa internasional, ke bulan, dan jika memungkinkan ke Mars.

Dalam misi ini, NASA akan menerbangkan wanita pertama ke permukaan Bulan pada 2024 mendatang.

"Orang-orang ini mewakili yang terbaik dari Amerika dan ini adalah waktu yang luar biasa bagi mereka untuk bergabung dengan korps astronaut kami," kata Administrator NASA Jim Bridenstine, dikutip dari laman NASA.

(Tin//Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Digugat soal Kompensasi Layanan, Ini Tanggapan PDAM Surabaya

Posted: 13 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surabaya menanggapi gugatan terkait kompensasi layanan yang dilayangkan pengacara M. Sholeh dalam diskusi publik dengan tema "PDAM Mendengar" yang digelar Komunitas Surabaya Oh Surabaya (SOS) di salah satu hotel berbintang di Surabaya, Senin, 13 Januari 2020.

Direktur PDAM Surabaya Surya Sembada Mujiaman memberikan penjelasan terkait materi gugatan yang dilayangkan M.Sholeh ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya beberapa waktu lalu.

"Perlu diketahui sebagian besar warga Surabaya yang menjadi pelanggan PDAM telah membayar sesuai harga jual standar sesuai biaya produksi (Rp 3 Ribu per M3) hanya sekitar 20 persen. Sedangkan sisanya (80 persen) hanya dikenakan tarif Rp 1.848 per M3. Ini adalah harga subsidi. Maka jika dikaitkan dengan gugatan soal kompensasi terkait pelayanan, ya itu jawabannya," kata Mujiaman, dilansir dari Antara.

Terkait air layak minum yang menjadi salah satu materi gugatan, Mujiaman mengatakan, hal itu terkendala dengan keberadaan jaringan pipa yang kurang bagus karena sebagian besar peninggalan Belanda.

"Untuk bisa mendistribusikan air layak minum hasil produksinya harus ditunjang dengan jaringan pipa yang bagus. Kalau jaringan pipanya belum diperbarui, maka itu mustahil bisa dilaksanakan. Itu biayanya tidak sedikit, karena masih ada sekitar 400 kilometer pipa yang harus diganti. Oleh karenanya, kami sedang berusaha agar bisa menggunakan dana dividen," ujarnya di Surabaya.

 

Misi Gugatan

Petugas memantau kondisi air bersih di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pulogadung, Jakarta, Selasa (12/5/2015). BPK mendapati pemborosan air bersih senilai Rp791,2 miliar di 102 pemerintah kabupaten, kota dan PDAM (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memantau kondisi air bersih di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pulogadung, Jakarta, Selasa (12/5/2015). BPK mendapati pemborosan air bersih senilai Rp791,2 miliar di 102 pemerintah kabupaten, kota dan PDAM (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tidak hanya itu, Mujiaman juga mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih terus berinovasi terkait pelayanan agar seluruh masyarakat Surabaya dapat menikmati aliran air bersih dengan biaya yang murah.

Pihaknya telah berhasil mendata penduduk Surabaya yang selama ini sulit mendapatkan jaringan dan aliran air, karena terganjal oleh aturan, yakni Peratuaran Daerah (Perda) dan Undang-Undang (UU).

"Sesuai data yang kami dapat, kami telah berhasil memberikan layananan kepada 10 ribu jiwa dari 17 ribu data yang masuk, seperti untuk warga stren kali, stren rel kereta api dan lainnya karena mereka bertempat tinggal di lahan yang berstatus merah," katanya.

Menanggapi penjelasan ini, M. Sholeh mengaku jika misi gugatan yang dilayangkan ke PN Surabaya bertujuan untuk perbaikan. Artinya tidak sedang mencari-cari kesalahan.

"Kami tidak berusaha ngrecoki atau semacamnya, karena tujuan kami agar PDAM bisa melakukan perbaikan pelayanan kepada masyarakat di masa mendatang. Dan ini juga saya lakukan kepada yang lain," kata Sholeh yang juga bakal Calon Wali Kota Surabaya dari jalur independen ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Penghormatan Korban Kebakaran Australia, Gajah di Thailand Ikut Pawai

Posted: 13 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran hutan yang terjadi di Australia menimbulkan banyak kerugian. Salah satunya dengan musnahnya habitat liar asli negara tersebut, seperti koala dan kanguru. Beberapa foto yang telah tersebar di media sosial bahkan membuat orang yang melihatnya miris karena kasihan.

Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial juga menanggapi kebakaran hutan Australia melalui tagar #PrayForAustralia. Namun, bukan hanya ramai di media sosial saja, bencana ini juga mendapat simpati dari berbagai pihak di belahan dunia. Salah satunya adalah aksi para gajah dan siswa ini.

Sekelompok gajah dan siswa mengadakan pawai hening di kamp gajah Thailand. Tujuannya adalah untuk memberi penghormatan dan meningkatkan kesadaran bahwa terdapat jutaan hewan yang terbunuh dalam kebakaran hutan Australia.

Gajah dan Mahout Gelar Aksi

Gajah di Thailand mengikuti pawai menghormati korban kebakaran Australia.
Gajah di Thailand mengikuti pawai menghormati korban kebakaran Australia.

Sekelompok gajah dan mahout melakukan aksinya dengan membawa plakat bertuliskan "Pray For Australia." Dalam plakat tersebut juga terdapat gambar dan kartun binatang di acara yang diselenggarakan Ayutthaya Elephant Palace & Royal Kraal, objek wisata lokal.

"Hari ini saya ingin mengirim dukungan saya ke semua hewan liar di Australia. Saya ingin semua hewan bertahan di sana, dan saya ingin mereka semua di Australia tetap hidup," kata siswa sekolah dasar Laksaporn Loetpiriyakamol.

Pemerintah Australia menyebut bahwa krisis kebakaran hutan tersebut merupakan 'bencana ekologis' dengan satu miliar hewan terbunuh atau berisiko setelahnya.

Dampak dari Kebakaran Hutan Australia

Naik gajah di Zimbabwe. (travelozimbabwe.com)
Naik gajah di Zimbabwe. (travelozimbabwe.com)

Beberapa yang terkena dampak dari kebakaran hutan tersebut adalah spesies koala dan walabi batu, kanguru, juga terdapat spesises terancam punah seperti burung pemakan madu bupati dan burung nuri tanah barat.

"Gajah-gajah benar-benar sedih dengan apa yang terjadi pada sepupu mereka di Australia," kata Michelle Reedy, sukarelawan Australia di kamp.

Secara budaya, gajah menjadi hewan yang penting di Thailand. Mereka adalah hewan nasional kerajaan di Asia tenggara dan penting dalam kesusastraan dan sejarahnya.

Penulis:

Ulya Kaltsum

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: