Rabu, 29 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


BMKG Juanda: Hujan Berpotensi Terjadi hingga Malam Hari di Surabaya

Posted: 29 Jan 2020 09:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan potensi hujan di Surabaya, Jawa Timur hingga malam hari pada Kamis (30/1/2020).

"Saat ini hujan di Surabaya, dan merata. Awan CB dari arah Gresk Selatan, Surabaya Barat dan Surabaya Selatan. Kini bergerak dari barat ke timur," ujar Prakirawan BMKG Juanda, Agatha saat dihubungi Liputan6.com, Kamis pekan ini.

Ia menuturkan, hujan terjadi pada siang hingga sore hari berpotensi ringan hingga sedang. Sedangkan pada malam hari, intensitas hujan akan sedang di Surabaya.

"Suhu udara 26-34 derajat Celsius dengan kelembapan 55-95 persen. Arah angin dari barat menuju barat laut dengan kecepatan angin 10-30 KM per jam," ujar dia.

Agatha mengatakan untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat yang terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Timur. 

Wilayah Lainnya

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Pada siang hingga sore hari antara lain di Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo.

Selain itu di Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan dan Sumenep. Sedangkan pada malam hari, waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di Surabaya, Sidoarjo, Tuban, Lamongan, Pulau Bawean, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo.

Kemudian di Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Koleksi Tas Mewah BCL, Ditaksir Capai Ratusan Juta

Posted: 29 Jan 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Bunga Citra Lestari atau yang akrab disapa BCL atau Unge ini memang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Artis cantik yang memulai kariernya sebagai seorang aktris ini memang cukup aktif berkarier di industri hiburan Tanah Air. 

Tak hanya sebagai aktris saja, akan tetapi BCL juga melebarkan sayapnya sebagai penyanyi. Salah satu single hits dari BCL yang semakin melambungkan namanya ialah Sunny. Lagu ini juga menjadi soundtrack film Cinta Pertama yang dibintangi oleh BCL.

Artis cantik kelahiran 22 Maret 1983 ini tak hanya dikenal karena bakatnya saja. Akan tetapi penampilan dari istri Ashraf Sinclair juga sering tuai sorotan publik. Wanita 36 tahun ini pun kerap tampil dengan beberapa koleksi barang mewahnya seperti tas. Tak tanggung-tanggung beberapa koleksi tas mewah yang dimiliki oleh BCL ini pun ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @bclfashionstyle, Kamis (30/1/2020) berikut ini beberapa potret koleksi tas mewah dari aktris cantik Bunga Citra Lestari yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

1. Tas Bunga Citra Lestari dari brand ternama Hermes ini ditaksir mencapai Rp 264 juta.

Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)
Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)

2. Ada pula tas dengan warna blue jean yang dihargai sekitar Rp 738 juta loh.

Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)
Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)

3. Masih dari brand yang sama, tas berwarna biru muda ini memiliki harga sekitar Rp 157 juta.

Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)
Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)

4. Penampilan kasual BCL yang dipadukan dengan tas Hermes Birkin Shiny Bordeaux Porosis with Gold Hardware ini ditaksir mencapai Rp 880 juta.

Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)
Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)

5. Ada pula tas BCL dari brand ternama lainnya, Louis Vuiton yang ditaksir mencapai harga Rp 63 juta.

Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)
Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)

6. Tas mewah BCL lainnya dari merek Hermes ini memiliki harga sekitar Rp 264 juta.

Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)
Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)

7. Masih dari brand Hermes, tas berwarna hitam yang dikenakan oleh BCL ini ditaksir memiliki harga sekitar Rp 300 juta.

Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)
Tas mewah BCL (Sumber: Instagram/bclfashionstyle)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Singapura Cegah Virus Corona Menyebar: Setop Penerbangan hingga Karantina

Posted: 29 Jan 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, SIngapura - Kementerian Kesehatan Singapura telah memantau situasi penyebaran Virus Corona Wuhan di negaranya dengan cermat. Beberapa langkah telah dilakukan untuk membatasi meluasnya virus tersebut di sana.

Sejumlah langkah pencegahan pun dilakukan di antaranya penghentian penerbangan dari Wuhan.

"Sejak 23 Januari 2020, semua penerbangan masuk dari Wuhan, China telah dihentikan," demikian menurut keterangan pihak berwenang seperti dikutip dari situs pemerintah Singapura, gov.sg, Kamis (30/1/2020).

Selain itu, warga negara Singapura disarankan untuk menunda semua perjalanan ke Provinsi Hubei dan perjalanan yang tidak penting ke China Daratan.

Pemerintah juga melakukan screening di pos pemeriksaan. Proses pengecekan suhu sedang dilakukan di semua pos pemeriksaan darat, udara dan laut.

Wisatawan di semua penerbangan ke Singapura harus menjalani pemeriksaan suhu. Untuk penumpang dari Tiongkok, tim layanan kesehatan akan ditempatkan di dekatnya saat penumpang turun dari pesawat.

Papan nama di garbarata mengarahkan pelancong yang merasa tidak sehat, atau yang baru-baru ini ke Hubei ke tim perawatan kesehatan, untuk menerima perhatian medis jika perlu.

Sementara itu, siswa dan guru yang kembali dari Tiongkok ke Singapura harus mengambil Compulsory Leave of Absence (LOA) atau cuti wajib 14 hari.

Staf yang melakukan kontak dekat dengan kelompok-kelompok rentan di sektor prasekolah, kesehatan dan perawatan lansia yang kembali dari Tiongkok juga harus mematuhi LOA.

LOA akan dimulai dari hari setelah kedatangan mereka di Singapura.

Demi mencegah meluasnya penyebaran Virus Corona, semua pengusaha disarankan untuk mengumpulkan deklarasi kesehatan dan perjalanan dari staf yang telah melakukan perjalanan ke China Daratan.

Karantina Wajib

Ilustrasi Singapura (AP/Wong Maye-E)
Ilustrasi Singapura (AP/Wong Maye-E)

Selain itu, pihak berwenang Singapura juga Karantina wajib bagi wisatawan ke Hubei.

Semua pelancong dari Hubei juga akan dikarantina. Termasuk di antaranya:

  • Wisatawan yang baru--baru ini ke Hubei dan sudah ada di Singapura;
  • Penduduk Singapura yang kembali, atau pemegang paspor jangka panjang dengan riwayat perjalanan ke Hubei atau dengan paspor China yang diterbitkan di Hubei;
  • Pengunjung baru dengan riwayat perjalanan ke Hubei atau paspor China dikeluarkan di Hubei.

Bagi yang melanggar, ada hukuman berat karena tidak mematuhi perintah karantina tersebut.

Langkah lain yang dilakukan guna mencegah penyebaan Virus Corona lebih lanjut adalah dengan penangguhan visa

"Visa baru untuk warga negara China dengan paspor yang dikeluarkan di Provinsi Hubei akan ditangguhkan. Pengunjung baru dengan riwayat perjalanan di Hubei tidak akan diizinkan masuk, atau transit melalui Singapura," jelas pihak terkait.

Kementerian Kesehatan Singapura pun mengeluarkan skema untuk karantina mereka yang pernah menjejakkan kaki dari Hubei. Merilisnya dalam tautan ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang tindakan pencegahan yang diambil oleh Pemerintah, kunjungi https://www.moh.gov.sg/2019-ncov-wuhan.

10 Orang di Singapura Terinfeksi Virus Corona Wuhan

Ilustrasi Singapura (Sumber: Bussines Insider SG)
Ilustrasi Singapura (Sumber: Bussines Insider SG)

Jumlah kasus Virus Corona Wuhan di Singapura terus bertambah. Hingga Rabu (29/1/2020), kasus positif virus ini sudah menyentuh 10 orang, bertambah dari sehari sebelumnya, yakni tujuh orang. 

Dilansir Channel News Asia, ada tiga kasus baru per hari Rabu. Ketiga pasien baru adalah warga China yang berasal dari Wuhan.

Mereka tiba di Singapura pada 19 Januari kemarin dan menetap di rumah mereka yang berlokasi di Lorong Lew Lian, Upper Serangon.

Gejala penyakit Virus Corona baru muncul pada 24 Januari. Pasangan itu langsung naik taksi ke RS Tan Tock Seng dan ternyata positif mengidap virus baru itu. 

Pasien selanjutnya adalah pria berusia 56 tahun yang bekerja di kapal kargo. Ia terdeteksi saat dilakukan screening di Dermaga Marina South.

Ketiganya dirawat di ruang isolasi National Centre for Infectious Diseases (NCID). Kementerian Kesehatan Singapura memastikan keadaan mereka stabil. 

Sebelumnya, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong telah menyadari risiko virus Corona, sebab negaranya merupakan negara yang sering dikunjungi masyarakat internasional, termasuk China. 

Kementerian Kesehatan Singapura turut berkata semua pasien virus itu di Singapura berada dalam kondisi stabil dan kebanyakan dari mereka kondisinya membaik. Sejauh ini, belum ada korban meninggal akibat virus ini di luar China.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

96 Persen Penerimaan Cukai Masih Disumbang dari Industri Hasil Tembakau

Posted: 29 Jan 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Teknik dan Fasilitas Cukai Bea Cukai, Nirwala Dwi Heryanto mengungkapkan, kinerja penerimaan cukai pada 2019 cukup baik. Realisasi penerimaan cukai tahun lalu sebesar Rp 172,4 triliun, melampaui target yang ditetapkan yaitu Rp 165,5 triliun.

Nirwala menyatakan, saat ini hampir 96 persen penerimaan tersebut ditopang oleh cukai Industri Hasil Tembakau (IHT).

"Cukai IHT mencapai Rp 164,9 triliun. Selebihnya adalah dari Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) dan cukai Etil Alkohol," kata Nirwala di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Saat ini Bea Cukai masih mengandalkan cukai rokok sebagai kontributor utama setoran cukai dari industri. Nirwala mengatakan dari total penerimaan cukai IHT, industri Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) hanya berkontribusi sebesar Rp 426,6 Miliar atau kurang dari 1 persen.

Ketentuan cukai HPTL diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 146/PMK.010/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau termasuk cairan yang digunakan untuk vape, produk tembakau yang dipanaskan dan kapsul tembakau. Dalam aturan tersebut, HPTL dikenakan tarif cukai maksimal yakni sebesar 57 persen.

"Untuk sektor yang baru dikenakan cukai, dan ditambah pelaku usahanya juga baru, perolehan ini cukup signifikan ditengah sulitnya memompa penerimaan dari perpajakan secara umum," ujar Nirwala.

Ia menambahkan pada 2020 tidak ada target spesifik untuk HPTL secara khusus, mengingat saat ini merupakan periode awal pengenaan cukai terhadap produk HPTL.

"Pengenaan cukai pada dasarnya untuk pengendalian produk (HPTL) yang sebelumnya sudah beredar tanpa ada pengawasan. Pemerintah akan menitiberatkan pada aspek kepatuhan industri terhadap regulasi," kata Nirwala.

Harga Jual Eceran

Barang bukti hasil penindakan barang kena cukai di Kantor Pusat Bea Cukai, Jakarta Timur, Jumat (25/10/2019). Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan merilis hasil tindakan produk-produk ilegal, di antaranya rokok elektrik, rokok, hingga minuman keras . (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Barang bukti hasil penindakan barang kena cukai di Kantor Pusat Bea Cukai, Jakarta Timur, Jumat (25/10/2019). Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan merilis hasil tindakan produk-produk ilegal, di antaranya rokok elektrik, rokok, hingga minuman keras . (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Meski demikian, sebelumnya Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi telah mengatakan pihaknya berencana menaikkan harga jual eceran (HJE) HPTL pada tahun 2020. Kenaikan HJE HPTL sejalan dengan naiknya tarif cukai dan HJE rokok konvensional yang efektif per Januari 2020.

Ketua Asosiasi Vaporizer Indonesia (APVI), Aryo Andrianto mengatakan industri HPTL masih tergolong baru dan membutuhkan waktu untuk tertib dalam mematuhi peraturan cukai. Sehingga, jika ditambah lagi dengan HJE yang ikut dinaikkan, akan semakin memberatkan industri.

"Sebagai industri baru, kami berharap industri ini bisa diberi ruang untuk dapat tumbuh terlebih dulu sehingga potensinya seperti penyerapan lapangan pekerjaan dan penerimaan negara dapat maksimal," tambahnya.

Agar bisa berkontribusi lebih maksimal, Aryo berharap pemerintah terus mendukung pertumbuhan industri HPTL.

"Dengan komitmen pemerintah untuk mendukung pertumbuhan industri ini melalui penetapan peraturan yang jelas, maka diperkirakan kontribusi terhadap perekonomian negara bisa meningkat lebih tinggi," kata Aryo.

Aryo mengakui bahwa saat ini industri rokok elektrik, bersama dengan produk HPTL lainnya, belum bisa disandingkan dengan objek cukai lainnya yang skala bisnisnya lebih besar. Ia juga menambahkan bahwa saat ini kontribusi HPTL terhadap pemasukan negara belum maksimal mengingat masih banyak produk yang beredar tanpa pita cukai.

 

Serap Tenaga Kerja

Proses pelintingan sigaret kretek tangan (SKT) di sebuah industri rokok di Kediri, Jatim. Saat ini tinggal 75 industri rokok yang bertahan akibat tarif cukai tembakau naik setiap tahunnya. (Antara)
Proses pelintingan sigaret kretek tangan (SKT) di sebuah industri rokok di Kediri, Jatim. Saat ini tinggal 75 industri rokok yang bertahan akibat tarif cukai tembakau naik setiap tahunnya. (Antara)

Saat ini HPTL telah menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 50 ribu orang. Angka ini belum termasuk tenaga kerja yang ada di toko retailer vape, yang jumlahnya mencapai 3.500 toko di seluruh Indonesia.

Disamping itu, investasi untuk mendirikan pabrik juga cukup potensial. Hingga sekarang sudah ada kurang lebih 209 pabrik HPTL yang dibangun di sejumlah kota di Indonesia.

Senada dengan Aryo, Dimasz Jeremia, Pembina Asosiasi Vaper Indonesia (AVI) mengatakan pemerintah harus mendukung HPTL yang juga merupakan salah satu produk inovatif dengan memberikan regulasi yang dapat memberikan kepastian usaha yang kondusif.

"Pemerintah selayaknya menaruh perhatian dan mendukung pengembangan inovasi di industri tembakau alternatif, antara lain dengan tidak mengeluarkan kebijakan kenaikan harga jual eceran yang mana akan meningkatkan beban cukai. Setidaknya kami diberikan keringanan beberapa tahun sampai industri ini benar-benar stabil dan berkembang," pungkas Dimasz.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Respons Cepat China Tangkal Virus Corona

Posted: 29 Jan 2020 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Negeri Tirai Bambu tengah menjadi sorotan dunia. Terkait menyebarnya Virus Corona yang bersumber dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Hingga Senin, 27 Januari 2020,  sudah tercatat 3.000 kasus yang terjadi di seluruh dunia.

Berbagai negara pun telah mengantisipasi menyebarnya virus ini. Termasuk Indonesia yang sudah melakukan antisipasi di titik-titik pos siaga, seperti bandara dan rumah sakit. Juga bantuan evakuasi untuk Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan. Namun, proses evakuasi masih menunggu sikap pemerintah China, karena kota tersebut masih diisolasi.

"Sudah menyiapkan evakuasi itu, tetapi Wuhan ini menjadi daerah terisolir tak boleh masuk dan keluar, jadi semua masih menunggu sikap Tiongkok," kata Ma'ruf Amin di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Januari 2020.

Dalam pencegahannya, pemerintah China pun melakukan berbagai aksi untuk menangani virus ini. Bahkan Rumah Sakit khusus sedang dibangun di atas lahan seluas 25 ribu meter persegi.

Berikut ini empat respons cepat China dalam penanganannya mengatasi Virus  Corona, yang dihimpun Liputan6.com:

Batalkan 20.000 Paket Tur ke Jepang

Pada Minggu, 26 Januari 2020, China mengumumkan larangan perjalanan keluar negeri. Agen perjalanan di Tokyo yakni Kamome diketahui sudah menerima lebih dari 20.000 pembatalan dari paket tur perusahaan China hingga 10 Februari 2020.

Ini bukan pertama kalinya staf di Kamome berurusan dengan kekacauan pembatalan paket tur. Saat tahun 2003, virus lain yang pertama kali muncul di China Selatan yakni SARS, juga memicu serangkaian pembatalan paket tur di Negeri Sakura tersebut.

Jepang memang kerap menjadi tujuan wisatawan China. Saat tahun 2019 Jepang telah menerima sekitar 9,6 juta pengunjung dari China.

Perpanjang Libur Nasional dan Sekolah

Pihak berwenang China telah memerintahkan adanya perpanjangan hari libur umum dalam upaya untuk menahan virus corona.

Sebuah kelompok kerja yang diketuai oleh Perdana Menteri Li Keqiang memutuskan pada hari Minggu untuk mengurangi arus populasi dengan memperpanjang liburan Festival Musim Semi yang telah dijadwalkan berakhir pada 30 Januari, kata kantor berita negara, Xinhua.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin, 27 Januari 2020, masih belum diketahui jelas mengenai durasi perpanjangan libur nasional itu.

Pemerintah China juga memutuskan untuk memperpanjang liburan Imlek bagi murid-murid sekolah. Institusi pendidikan baru akan kembali dibuka berdasarkan masing-masing kondisi.

Larangan Pakai Mobil Pribadi

China menerapkan kebijakan lockdown di berbagai kota untuk menahan laju penyebaran Virus Corona. Masyarakat kini tidak bisa keluar atau masuk ke kota tersebut. Bahkan, pemerintah China akan melarang mobil pribadi melintas di area pusat Kota Wuhan.

Dilansir AP News, Sabtu, 25 Januari 2020, pemerintah akan melarang penggunaan mobil pribadi di pusat kota mulai tengah malam waktu setempat. Mobil yang boleh lewat hanya yang sudah berizin.

Penggunaan transportasi umum juga telah dilarang pemerintah China. Bus hingga kereta metro tak bisa lagi dinikmati masyarakat.

Sebagai gantinya, pemerintah akan menyediakan sebanyak 6.000 taksi untuk beroperasi di berbagai wilayah. Taksi-taksi itu akan diatur oleh komite warga setempat untuk membantu konektivitas.

Bangun Rumah Sakit Khusus

Pembangunan rumah sakit khusus juga dibuat demi menangani Virus Corona. Dilansir Xinhua, Sabtu, 25 Januari 2020, rumah sakit rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 25 ribu meter persegi.

Rumah sakit ini nantinya akan memiliki 1.000 ranjang pasien untuk perawatan terisolir dan efisien bagi pasien Virus Corona.

Lokasinya masih berada di Wuhan, atau tepatnya di Distrik Caidian, sebelah barat Wuhan. Ide pembangunan rumah sakit tersebut berasal dari pengalaman ketika Virus SARS merebak di awal tahun 2000 an.

Menurut Business Insider, berdasarkan laporan situs berita pemerintah The Paper, rumah sakit baru itu akan dibangun dalam enam hari dan digunakan mulai 3 Februari, mengutip outlet media pemerintah People's Daily.

Rumah sakit ini dibuat dari bangunan prefabrikasi, sehingga membuatnya lebih cepat dan lebih murah untuk membangun di pinggiran kota, People's Daily melaporkan. 

 

(Okti Nur Alifia)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Nyeleneh Wastafel di Kamar Mandi Ini Unik dan Kreatif

Posted: 29 Jan 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah kamar mandi biasanya selalu terdapat wastafel yang bisa digunakan oleh orang-orang. Wastafel menjadi salah satu perlengkapan yang penting di kamar mandi, baik yang digunakan di rumah, perkantoran, pertokoan, restoran, dan fasilitas umum. Desain wastafel seringkali unik. 

Wastafel umumnya menempel pada dinding dilengkapi dengan kran air, cermin dan rak untuk meletakkan sabun, pasta gigi, atau perlengkapan kecantikan. Wastafel sendiri memiliki beragam bentuk yang kerap digunakan, ada yang berbentuk bulat atau kotak.

Namun, ada juga orang-orang yang membuat desain kreasi nyeleneh bentuk wastafel. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 potret desain nyeleneh wastafel di kamar mandi Ini unik dan kreatif, Kamis (30/1/2020).

1. Pasti yang punya rumah pengusaha tambal ban dan pengisian bensin nih.

Potret Nyeleneh Wastafel di Kamar Mandi Ini Unik dan Kreatif (sumber:Instagram/arts.tv)
Potret Nyeleneh Wastafel di Kamar Mandi Ini Unik dan Kreatif (sumber:Instagram/arts.tv)

2. Pelan-pelan aja, awas kena tabrak wastafel mobilnya lo.

Potret Nyeleneh Wastafel di Kamar Mandi Ini Unik dan Kreatif (sumber:Instagram/arts.tv)
Potret Nyeleneh Wastafel di Kamar Mandi Ini Unik dan Kreatif (sumber:Instagram/arts.tv)

3. Kalau kayak gini jadi terlihat mewah dan bersih deh.

Potret Nyeleneh Wastafel di Kamar Mandi Ini Unik dan Kreatif (sumber:Instagram/arts.tv)
Potret Nyeleneh Wastafel di Kamar Mandi Ini Unik dan Kreatif (sumber:Instagram/arts.tv)

4. Wastafel yang bisa digowes nih.

Potret Nyeleneh Wastafel di Kamar Mandi Ini Unik dan Kreatif (sumber:Instagram/arts.tv)
Potret Nyeleneh Wastafel di Kamar Mandi Ini Unik dan Kreatif (sumber:Instagram/arts.tv)

5. Kalau ini model wastafel dari Velg mobil nih.

Potret Nyeleneh Wastafel di Kamar Mandi Ini Unik dan Kreatif (sumber:Instagram/arts.tv)
Potret Nyeleneh Wastafel di Kamar Mandi Ini Unik dan Kreatif (sumber:Instagram/arts.tv)

6. Wastafelnya kecil amat nih, biar hemat dikit.

Potret Nyeleneh Wastafel di Kamar Mandi Ini Unik dan Kreatif (sumber:Instagram/arts.tv)
Potret Nyeleneh Wastafel di Kamar Mandi Ini Unik dan Kreatif (sumber:Instagram/arts.tv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernyataan Resmi LA Lakers atas Tewasnya Kobe Bryant

Posted: 29 Jan 2020 09:38 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles- Los Angeles Lakers diam selama hampir tiga hari usai kabar kematian Kobe Bryant tersiar. Klub yang bermarkas di Staples Center itu tampaknya sangat terpukul dengan kepergian mantan pemainnya tersebut.

Seperti diketahui, Kobe Bryant tewas dalam kecelakaan helikopter pada Minggu (26/1/2020) waktu Amerika Serikat. Kobe meninggal bersama putrinya, Gianna Maria, dan tujuh orang lain yang menumpang helikopter tersebut.

Usai kejadian mengenaskan tersebut, warganet dari seluruh dunia menyerbu akun social media dan situs resmi Los Angeles Lakers. Maklum saja, Kobe Bryant identik dengan Lakers. Selama 20 tahun main di NBA, Kobe Bryant hanya memperkuat Lakers.

Namun, akun sosial media Lakers, baik itu Instagram, Facebook, maupun Twitter serta situs resminya diam dan tak memberikan pernyataan apa pun. Posting-an terakhir di ketiga socmed tersebut adalah aksi LeBron James pada laga terakhir melawan Philadelphia 76ers. Saat itu LeBron melewati rekor Kobe Bryant sebagai pemain tersubur ketiga dalam mencetak angka di NBA.

Praktis hanya di Twitter, Lakers memberikan sedikit update. Namun, itu pun hanya soal penundaan pertandingan NBA antara Lakers melawan Los Angeles Clippers yang diunggah pada 28 Januari 2020.

 

 

Pernyataan

Baru pada Rabu (29/1/2020) malam atau Kamis (30/1/2020) pagi WIB, semua akun socmed Lakers bersuara soal kematian Kobe Bryant. Lakers mengaku sangat terpukul dan tidak akan pernah melupakan jasa-jasa Kobe Bryant.

"Kami sangat terpukul dan telah selamanya diubah dengan kehilangan mendadak Kobe Bryant dan putrinya, Gianna. Kami mengirimkan cinta kami kepada Vanessa, keluarga Bryant, dan keluarga para penumpang lainnya. Kata-kata tidak dapat mengungkapkan apa arti Kobe bagi Los Angeles Lakers, penggemar kami, dan kota kami. Lebih dari seorang pemain bola basket, ia adalah ayah, suami, dan teman satu tim tercinta. Cinta dan cahaya mereka akan tetap ada di hati kita selamanya," demikian pernyataan resmi Lakers.

Sangat Dekat

Kobe Bryant. (Foto: Instagram @TheAcademy)
Kobe Bryant. (Foto: Instagram @TheAcademy)

Wajar Lakers lama sekali memberikan pernyataan resmi atas kepergian Kobe Bryant. Seluruh karyawan Lakers kabarnya sangat terpukul dengan kematian Kobe Bryant.

Selama ini Kobe Bryant sangat dekat dengan para karyawan Lakers dari berbagai lapisan. Dave McMenamin dari ESPN melaporkan bahwa Lakers telah menyewa penasihat kesedihan untuk memimpin sesi kelompok dan satu per satu di kantor tim karena Bryant memiliki hubungan dekat dengan karyawan di seluruh organisasi.

Lakers juga mengubah foto profilnya di berbagai social media dengan gambar logo klub yang kini berwarna hitam sebagai tanda dukacita.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Maling Ban Cikarang, Hasil Curiannya Laku Rp200 Ribu

Posted: 29 Jan 2020 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maling ban yang beroperasi di wilayah Cikarang telah berhasil ditangkap. Polisi menetapkan SS sebagai tersangka tunggal kasus pencurian ban mobil.

Tersangka mengaku berbuat kejahatan lantaran terhimpit masalah ekonomi akibat tak memiliki pekerjaan usai diPHK. "Gak ada pembelajaran khusus soal ini, cuma karena keadaan ekonomi aja. Pikirin yang penting ada uang aja gitu," kata SS, Rabu (29/1/2020), seperti diberitakan kanal News Liputan6.com.

 

"Saya gak pilih-pilih mobil, yang ada aja. Gak ada inceran mobil tertentu, cuma lihat situasi aja," ungkapnya.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan menjelaskan modus pencurian yang digunakan tersangka, yakni dengan menggunakan beberapa peralatan, seperti dongkrak untuk mencabut ban, kunci shock untuk membuka baut-baut yang ada di ban, dan hebel untuk mengganjal tempat ban sehingga dongkrak bisa diambil kembali.

"Satu kendaraan 4 ban diambil dengan waktu yang cukup singkat, kurang lebih 1 jam sampai 1,5 jam," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan.

Menurutnya, tersangka selalu menggunakan cara yang sama untuk menghindari aksinya pencurian ketahuan warga.

"Cara dia menutupi tindakannya itu, jadi dia membuka pintu bagian depan untuk mengambil ban depan, dan membuka pintu belakang untuk mengambil ban belakang," paparnya.

Tersangka juga disebutkan sempat menjual pelek ban mobil hasil kejahatannya di media sosial Facebook miliknya. Namun lantaran tak kunjung laku, tersangka akhirnya menjual kepada pedagang rongsokan.

"Ban hasil curian ditawarkan pelaku 1 ban itu RP 200 ribu," ujar Hendra.

 

Beraksi 4 Kali

Sebelum ditangkap di kediamannya di wilayah Cikarang Selatan, tersangka sudah 4 kali (sebelumnya diberitakan 7) melakukan aksinya di wilayah Cikarang Utara dan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Aksi pertama terjadi di Citywalk Jababeka pada 15 Agustus 2019 sekira pukul 05.30 WIB. Aksi kedua dilakukan pada 19 Desember 2019 pukul 13.00 WIB di 3 titik berbeda.

"Pertama di Living Plaza, kedua Jababeka dan terakhir Lippo Cikarang," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocah 9 tahun Ini Didakwa Melakukan Percobaan Pembunuhan

Posted: 29 Jan 2020 09:33 PM PST

Liputan6.com, Florida - Seorang bocah laki-laki berusia 9 tahun dituduh melakukan percobaan pembunuhan tingkat pertama. Gara-garanya ia diduga menikam adik perempuannya yang berusia 5 tahun dengan pisau dapur di sebuah apartemen, demikian menurut Departemen Kepolisian Ocala di Florida.

Dilansir CNN, Rabu (ia menjalani persidangan di pengadilan pertamanya di Marion County pada Selasa 28 Januari 2020 waktu setempat. seorang hakim memerintahkan bocah itu untuk menjalani evaluasi psikiatrik.

Ibu dari anak-anak itu mengatakan kepada polisi bahwa pada hari Senin dia meninggalkan apartemen selama sekitar 10 menit. Ia memeriksa surat, lalu membeli beberapa permen untuk anak-anaknya dari seorang tetangga di kompleks Apartemen Berkeley Pointe.

Ketika dia kembali ke rumah, dia menemukan bocah itu yakni putranya sudah menikam sang putri di kamarnya.

Menggunakan Pisau Dapur

ilustrasi pisau dan talenan/Photo by Lukas from Pexels
ilustrasi pisau dan talenan/Photo by Lukas from Pexels

"Mati mati!" kata bocah itu.

Sang ibu mengatakan dia mengambil pisau dari putranya dan membawa putrinya ke kamar mandi. Lalu putranya berlari keluar dari apartemen.

Bocah itu berada di apartemen itu dan ditahan tak lama setelah penegak hukum tiba di tempat kejadian.

Detektif kepolisian yang merinci insiden, dalam surat pernyataan menulis bahwa ia melihat pisau dapur besar di lorong yang terlihat memiliki darah pada bilahnya, bersama dengan darah di dalam ruangan dan mengarah ke lorong.

Bocah itu memberi tahu petugas bahwa ketika ibunya pergi, dia pergi ke dapur, mengambil pisau dan menyembunyikannya di belakang ketika dia mendekati saudara perempuannya

Berusaha Membuang Pikiran Membunuh

Ilustrasi anak ketakutan. (iStockphoto)
Ilustrasi anak ketakutan. (iStockphoto)

Adik perempuannya membungkuk untuk menunjukkan sesuatu kepadanya di lantai, kemudian bocah itu meraih sang adik di bagian belakang leher dan mulai menikamnya. Ketika petugas itu bertanya kepada bocah itu mengapa dia menikam adik perempuannya, bocah itu mengatakan bahwa dia hanya menginginkannya.

"Pikiran itu telah memasuki kepalanya dua hari sebelumnya," demikian menurut keterangan tertulis.

Dia mengatakan dia telah mencoba mengeluarkan pikiran itu dari kepalanya tetapi tidak bisa, menurut keterangan tertulis. Polisi mengatakan gadis itu ditikam beberapa kali dan diterbangkan ke rumah sakit untuk perawatan. Sampai saat ini belum diketahui bagaimana kondisinya.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

100 Hari Jokowi-Ma'ruf: Iuran BPJS Kesehatan Melonjak, Tarif Listrik Batal Naik

Posted: 29 Jan 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - 100 hari sudah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin memimpin Indonesia. Bagi Jokowi, ini merupakan periode keduanya menjadi orang nomor 1 di Nusantara.

Selama kurang lebih tiga bulan duduk menjadi Presiden dan Wapres, Jokowi-Ma'ruf sudah mengeluarkan sejumlah kebijakan.

Salah satu yang menjadi kritikan dan sorotan adalah naiknya iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hingga 100 persen.

Ketentuan ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 Tentang Jaminan Kesehatan yang diteken Presiden Jokowi pada 24 Oktober 2019.

Meski begitu, ada pula kabar gembira untuk masyarakat Indonesia, yaitu batalnya kenaikan tarif dasar listrik atau TDL.

Berikut ragam kenaikan kebijakan Jokowi-Ma'ruf Amin selama 100 hari menjabat:

 

Naiknya Iuran BPJS

Salah seorang peserta BPJS Kesehatan Malang menunjukkan kartu layanan kesehatannya (Liputan6.com/Zainul Arifin)
Salah seorang peserta BPJS Kesehatan Malang menunjukkan kartu layanan kesehatannya (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjadi salah satu kado pahit bagi masyarakat Indonesia di awal 2020. Kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini sudah berlaku sejak 1 Januari 2020.

Ketentuan tersebut berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 Tentang Jaminan Kesehatan yang diteken Presiden Jokowi pada 24 Oktober 2019.

Di mana iuran BPJS Kesehatan untuk kelas I dan II naik, masing-masing kelas naik dari Rp 80.000 menjadi Rp 160.000 dan Rp 51.000 menjadi Rp 110.000. Sementara itu Rp 42.000 untuk kelas III.

 

Tarif Tol Dalam Kota Naik

Kendaraan bermotor melintasi genangan air di ruas Tol Dalam Kota (Dalkot), Jakarta, Selasa (17/12/2019). Air hujan sempat menggenangi sebagian ruas Tol Dalam Kota  untuk arah Kuningan arah Cawang hingga sempat membuat lalu lintas tersendat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Kendaraan bermotor melintasi genangan air di ruas Tol Dalam Kota (Dalkot), Jakarta, Selasa (17/12/2019). Air hujan sempat menggenangi sebagian ruas Tol Dalam Kota untuk arah Kuningan arah Cawang hingga sempat membuat lalu lintas tersendat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selanjutnya, beberapa tarif tol mengalami kenaikan. Salah satunya adalah Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang mulai berlaku pada 3 Januari 2020.

Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1219/KPTS/M/2019 tanggal 27 Desember 2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Cikopo-Palimanan.

Tarif tol terjauh untuk asal dan tujuan perjalanan ruas tol Cipali pada sistem transaksi tertutup mengalami penyesuaian, rinciannya:

1. Golongan I menjadi Rp 107.500 dari Rp 102.000,

2. Golongan II Rp 177.000 dari Rp 153.000,

3. Golongan III Rp 177.000 dari Rp 204.000,

4. Golongan IV Rp 222.000 dari Rp 255,000,

5. Golongan V Rp 222.000 dari Rp 306.000.

 

Subsidi Gas Elpiji 3 Kg Dicabut

Pekerja mereproduksi tabung gas elpiji 3 kg di Depot LPG Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (29/1). Pemerintah dan Badan Anggaran DPR menyepakati kenaikan anggaran subsidi energi Rp 4,1 triliun di tahun 2019 menjadi Rp 160 triliun. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pekerja mereproduksi tabung gas elpiji 3 kg di Depot LPG Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (29/1). Pemerintah dan Badan Anggaran DPR menyepakati kenaikan anggaran subsidi energi Rp 4,1 triliun di tahun 2019 menjadi Rp 160 triliun. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemerintah berencana mencabut subsidi pada elpiji 3 kilogram (kg). Harga elpiji 3 Kg diperkirakan akan naik menjadi Rp 35.000 dari harga saat ini berkisar Rp 18.000 sampai Rp 21.000.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Djoko Siswanto menyebut bahwa jika penyaluran subsidi Elpiji (LPG) 3 kg diterapkan tertutup.

"Penerapan subsidi Elpiji tertutup tidak lagi pada barang, tapi tepat sasaran," kata Djoko, Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020.

Sedangkan, Presiden Jokowi belum memutuskan nasib subsidi elpiji 3 kg. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulkan distribusi subsidi elpiji 3 Kg dilakukan dengan skema tertutup.

"Belum (diputuskan), harus lewat ratas," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Januari 2020.

 

Tarif Listrik Batal Naik

Meteran listrik terlihat di Rumah Susun Benhil, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Pemerintah akan melakukan penyesuaian tarif listrik untuk golongan Rumah Tangga Mampu (RTM) 900 VA pada 1 Januari 2020, kenaikan tarif listrik diperkirakan mencapai Rp29.000 per bulan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Meteran listrik terlihat di Rumah Susun Benhil, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Pemerintah akan melakukan penyesuaian tarif listrik untuk golongan Rumah Tangga Mampu (RTM) 900 VA pada 1 Januari 2020, kenaikan tarif listrik diperkirakan mencapai Rp29.000 per bulan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Meski begitu, ada juga kado indah di awal pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Di mana, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk membatalkan rencana penyesuaian harga (tariff adjusment) pelanggan listrik golongan 900 Volt Ampere (VA) bagi Rumah Tangga Mampu (RTM) yang semula akan dilaksanakan mulai 1 Januari 2020.

Pemerintah membatalkan rencana penyesuaian tarif listrik mempertimbangkan stabilitas ekonomi dan daya beli masyarakat.

Pemerintah meminta kepada pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk melakukan verifikasi data pelanggan 900 VA terlebih dulu secara akurat. Pemerintah ingin kebijakan kenaikan tarif tepat sasaran.

"Kita masih melakukan pendataan yang lebih detail supaya tidak salah sasaran. Sampai PLN siapkan dengan data-datanya. Kan harus lewat banyak (lembaga) ini," tegas Menteri Arifin, Minggu (29/12).

Nantinya, pendataan pelanggan PLN akan disesuaikan dengan data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai jumlah pelanggan golongan Rumah Tangga Mampu. Sesuai data PLN per 31 Oktober 2019, jumlah pelanggan 900 VARTM tercatat sebanyak 22,1 juta.

 

Reporter : Syifa Hanifah

Sumber : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jennifer Dunn Akui 4 Tahun Tak Main Instagram

Posted: 29 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Jennifer Dunn kembali menjadi sorotan publik, lantaran unggahan-unggahan yang mengatasnamakan dirinya di akun Instagram belum lama ini. Bahkan unggahan terakhir berisi ungkapan Faisal Harris, suami Jennifer, mengenai rumah yang dijual mantan istrinya, Sarita Abdul Mukti.

Dalam unggahan tersebut, Faisal Harris diperlihatkan begitu geram dengan pernyataan-pernyataan yang dilontarkan mantan istrinya, Sarita Abdul Mukti. Akun @jeje.dunnreal ini memperlihatkan seakan Jennifer Dunn menenangkan sang suami melalui keterangan foto.

Rupanya, Jennifer Dunn dan Faisal Harris gerah dengan pemberitaan yang beredar di media maya tersebut. Ia pun mengungkap hal mengejutkan saat menjadi bintang tamu di acara Insertlive.

Jennifer Dunn mengakui bahwa ia sudah cukup lama tak bermain Instagram. Sehingga bisa dikatakan media sosial yang mengatasnamakan Jedun itu adalah palsu.

Mengklarifikasi

Jennifer Dunn dan Suami (sumber:Kapanlagi.com)
Jennifer Dunn dan Suami (sumber:Kapanlagi.com)

Untuk itu, Jennifer Dunn kembali tampil di layar kaca. Kehadirannya untuk menanggapi pemberitaan yang ada.

"Sebenarnya aku tuh di sini mau menanggapi sekaligus mengklarifikasi tentang adanya berita yang saat ini ramai diperbincangkan," ujarnya.

Ada 6 Akun

Jennifer Dunn (Foto: Instagram/@jeje.dunnreal)
Jennifer Dunn (Foto: Instagram/@jeje.dunnreal)

Meski tak bermain Instagram, Jennifer Dunn tahu banyak akun mengatasnamakan dirinya.

"Beritanya adalah adanya beberapa account Instagram, kurang lebih enam. Tapi yang aktif banget itu yang @jeje.dunnreal," sambungnya.

Bikin Tak Nyaman

"Nah itu paling aktif mem-posting foto pribadi saya dan Mas Harris. Ditambah caption-nya dia, kata-katanya dia benar-benar membuat saya dan Mas Harris enggak nyaman," lanjutnya.

Mengadu Domba

Jennifer Dunn merasa, akun tersebut telah mengadu domba dengan pihak lain.

"Karena dengan caption tersebut membuat provokatif, mengadu domba. Sehingga akhirnya ada pihak-pihak merasa kurang berkenan dengan caption tersebut," paparnya ditemani kuasa hukumnya, Firman Chandra.

 

4 Tahun Tak Main Instagram

Jennifer Dunn mengaku sudah empat tahun tak menyentuh Instagram. Lantaran ia sudah tak mau tahu lagi tentang pemberitaan tentang dirinya.

"Saya dan Mas Firman ingin menjelaskan, mengklarifikasi dengan adanya account tersebut bukan punya aku. Aku sudah jalan empat tahun tidak main Instagram sama sekali," pungkasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modalku Gandeng BCA untuk Perkuat Pendanaan

Posted: 29 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Modalku sebagai perusahaan berbasis financial technology (fintech) yang berdiri di 2016 telah berkontribusi dalam memajukan UMKM di Indonesia. Pada tahun keempatnya ini, Modalku meluncurkan kampanye #SejutaMimpi.

Dalam rangka mensukseskan kampanye ini, Modalku melakukan kolaborasi dengan beberapa perusahaan salah satunya PT BCA Tbk. BCA berperan sebagai sumber dana untuk para UMKM yang bergabung di Modalku. BCA dapat memilih UMKM yang memenuhi persyaratan yang nantinya  akan diberi pinjaman dana  melalui fintech Modalku.

Co-Founder & COO Modalku Iwan Kurniawan menjelaskan, bentuk kerja sama antara Modalku dengan BCA ini menguntungkan semua pihak.

"BCA memberikan pinjaman dana melalui Modalku kepada para pelaku industri yang dipilih. Industri-industri yang seperti apa? Industri yang dipilih oleh Modalku, jadi bukan industri yang dipilih oleh perbankan tapi melalui kami," tutur Iwan seperti ditulis Kamis (30/01/2020).

Target besar dari kolaborasi antara Modalku dan BCA adalah inklusif finansial untuk Indonesia. Dengan lebih banyak sumber dana maka Modalku memiliki kemampuan mendanai lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Kemudahan Akses Pinjaman

(Foto: Liputan6.com)
(Foto: Liputan6.com)

Commercial Business & SME BCA, Liston Nainggolan mengungkapkan, kerja sama dengan Modalku merupakan langkah yang strategis. Industri perbankan tentunya tidak menutup mata dengan kehadiran fintech yang turut membantu dalam mendorong perekonomian yang inklusif, khususnya bagi perkembangan UMKM di Indonesia. 

"Kami mencermati bahwa BCA dan Modalku berada pada interface teknologi yang sama. Oleh karena itu, BCA mendukung pembiayaan debitur-debitur UMKM yang ada di Modalku sehingga mampu untuk terus bertumbuh secara mandiri," jelas Liston.  

Dengan adanya kerja sama BCA dan Modalku maka akan dapat memberikan kemudahan akses pinjaman kepada berbagai pelaku UMKM yang belum terjangkau dan layak mendapatkan kesempatan untuk berkembang.

Liston menambahkan harapannya bagi kolaborasi yang sedang berjalan ini agar dengan adanya kolaborasi ini dapat memberikan nilai tambah bagi pemberdayaan masyarakat Indonesia dari sektor UMKM dalam menghasilkan produk-produk unggulan yang memiliki kualitas daya saing yang tinggi.

 

Reporter : Helena Yupita

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Kal So-won, Pemeran Ye Seung di Miracle in Cell No. 7

Posted: 29 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta film terutama film Asia, pasti sudah pernah mendengar dan mennton film melodrama Miracle in Cell No. 7. Film yang rilis pada 23 Januari 2013 silam ini menarik perhatian tak hanya penonton di Korea Selatan saja, melainkan Asia.

Ryu Seung-ryong, Kal So-won dan Park Shin-hye sukses menjadi pemeran yang menguras emosi dan air mata para penonton. Di Korea Selatan, Miracle in Cell No. 7 ini berhasil meraup 12,8 juta penonton selama 46 hari penayangan. Suksesnya film ini kemudian banyak diremake di beberapa negara, tak terkecuali Indonesia.

Miracle in Cell No. 7 akan segera tayang di Indonesia pada 2020 tahun ini. Telah dikonfirmasi para pemainnya yaitu Vino G. Bastian, Indro Warkop, Tora Sudiro, Bryan Domani, Indra Jegel, Muhammad Rizki Rakelna dan si gadis kecil Graciella Abigail.

Aktris cilik Graciella Abigail didapuk memerani Ye Seung. Dalam versi Korea, Ye Seung diperankan oleh Kal So-won. Perannya sebagai putri yang ayahnya didakwa atas pelecehan anak, sukses membuat penonton menguras air mata. 7 Tahun berlalu, gadis kelahiran 2006 itu kini sudah beranjak dewasa.

Penasaran dengan penampilan dewasanya kini? Berikut ini 6 potret terbaru Kal So-won, pemeran Ye Seung di Miracle in Cell No. 7 dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (30/1/2020).

1. Sukses perankan Ye Seung di Miracle in Cell No. 7, Kal So-won kini sudah beranjak remaja.

Kal Sowon sukses perani Ye Seung di Miracle in Cell No.7, kini sudah beranjak dewasa. (Sumber: Instagram/@yg_stage)
Kal Sowon sukses perani Ye Seung di Miracle in Cell No.7, kini sudah beranjak dewasa. (Sumber: Instagram/@yg_stage)

2. Kini dirinya sudah tumbuh tinggi dan semakin cantik.

Kal Sowon sukses perani Ye Seung di Miracle in Cell No.7, kini sudah beranjak dewasa. (Sumber: Instagram/@yg_stage)
Kal Sowon sukses perani Ye Seung di Miracle in Cell No.7, kini sudah beranjak dewasa. (Sumber: Instagram/@yg_stage)

3. Kal So-won merupakan salah satu aktris di bawah naungan agensi YG Entertainment.

Kal Sowon sukses perani Ye Seung di Miracle in Cell No.7, kini sudah beranjak dewasa. (Sumber: Instagram/@yg_stage)
Kal Sowon sukses perani Ye Seung di Miracle in Cell No.7, kini sudah beranjak dewasa. (Sumber: Instagram/@yg_stage)

4. Kini berusia 14 tahun, bakat akting Kal So-won sejak kecil patut diacungi jempol.

Kal Sowon sukses perani Ye Seung di Miracle in Cell No.7, kini sudah beranjak dewasa. (Sumber: Instagram/@sowon_kal)
Kal Sowon sukses perani Ye Seung di Miracle in Cell No.7, kini sudah beranjak dewasa. (Sumber: Instagram/@sowon_kal)

5. Kal So-won semakin cantik dengan balutan pakaian tradisional Korea, hanbok.

Kal Sowon sukses perani Ye-seung di Miracle in Cell No.7, kini sudah beranjak dewasa. (Sumber: Instagram/@sowon_kal)
Kal Sowon sukses perani Ye-seung di Miracle in Cell No.7, kini sudah beranjak dewasa. (Sumber: Instagram/@sowon_kal)

6. Dipasangkan menjadi ayah-anak yang menguras air mata, pada Juli 2019 Ryu Seung-ryong dan Kal So-won sempat reuni.

Kal Sowon sukses perani Ye Seung di Miracle in Cell No.7, kini sudah beranjak dewasa. (Sumber: Instagram/@mikiee61x/@ryuseungryong_)
Kal Sowon sukses perani Ye Seung di Miracle in Cell No.7, kini sudah beranjak dewasa. (Sumber: Instagram/@mikiee61x/@ryuseungryong_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aplikasi HiPajak Meluncur, Solusi untuk Urusan Pajak Penghasilan

Posted: 29 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan dunia digital telah membuka kesempatan untuk kelahiran profesi baru dalam beberapa tahun terakhir. Banyaknya jenis profesi baru itu dapat dilihat dari peningkatan jumlah Wajib Pajak nonkaryawan.

Melihat kondisi itu, aplikasi HiPajak hadir sebagai solusi menfasilitasi beragam kebutuhan terkait pajak penghasilan. HiPajak mengatakan layanannya turut mendukung ekonomi digital sebab membantu Wajib Pajak Orang Pribadi nonkaryawan, usaha mikro, dan UMKM.

Nantinya, HiPajak dapat mengatasi kendala yang dialami seputar perpajakan, mulai dari istilah pajak, rumitnya isi formulir, dan penghitungan pajak. Terlebih, profesi nonkonvensional harus mengurus pajak penghasilannya secara mandiri.

"HiPajak memberikan solusi tepat, khususnya kaum milenial yang antusias berkarya di dunia digital dan sangat mengutamakan kepraktisan. Semua masalah terkait pajak penghasilan dapat diatasi dalam satu aplikasi," tutur CEO HiPajak Tracy Tardia dalam keterangan resminya.

Ada lima fitur utama yang disediakan di aplikasi ini, yaitu Rekomendasi Pajak, Catat dan Kalkulasi Pajak. Sementara fitur Bayar Pajak dan Lapor Pajak sedang dalam pengembangan.

HiPajak menyediakan dua paket yang ditawarkan, yakni gratis dan premium. Sesuai namanya, paket premium menawarkan layanan berbayar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan memiliki harga terjangkau.

Untuk diketahui, HiPajak merupakan digital platform yang menggabungkan jasa finansial dengan teknologi. Aplikasi ini dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan dan sejumlah fitur yang saling terintegrasi.

Data Soal Wajib Pajak Orang Pribadi non Karyawan

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Berdasarkan olah data dari laporan kinerja Direktorat Jenderal Pajak, Wajib Pajak Orang Pribadi nonkaryawan menjadi satu-satunya golongan Wajib Pajak yang menunjukkan pertumbuhan secara drastis.

Dari laporan itu diketahui, pertumbuhan golongan Wajib Pajak tersebut mencapai 43,83 persen pada tahun 2016. Sementara pada 2017 mencapai 61,53 persen, lalu untuk tahun 2018 mencapai 74,28 persen.

Agar aplikasi ini dapat dijalankan lebih mudah, seluruh fitur di dalamnya dapat diakses lewat chatting. Jadi, orang yang masih awam soal pajak dapat memakai aplikasi ini tanpa proses yang rumit.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pendaftaran CPNS 2020 akan Dibuka September

Posted: 29 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana membuka kemungkinan pendaftaran CPNS tahun 2020 kembali diadakan mulai September mendatang. Namun, ia belum dapat merinci berapa jumlah formasinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Duga Tersangka Kasus Kondensat Honggo Punya 2 Kewarganegaraan

Posted: 29 Jan 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polri menduga tersangka kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Kondensat, Honggo Wendratmo memiliki dua kewarganegaraan.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Daniel Tahi Monang menyampaikan, pihaknya telah mengajukan red notice ke Interpol dan pencabutan paspor. Namun hingga kini Honggo masih belum juga tertangkap atau pun terdeteksi keberadaannya.

"Sudah kami mintakan pencabutan paspor ke Imigrasi sejak dua tahun lalu," tutur Daniel di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020).

Daniel menyebut, pihaknya curiga Honggo punya legalitas warga negara di tempatnya bersembunyi. Dengan begitu, dia tidak perlu khawatir diusir lantaran diakui sebagai warga negara.

"Kita kan juga tidak tahu kalau dia punya double kewarganegaraan di sana," jelas dia.

 

Lokasi Persembunyian

Ada beberapa lokasi yang diduga menjadi tempat Honggo bersembunyi. Di antaranya China, Singapura, juga Hong Kong.

"Kalau dia diakui di sana, ya kan kita juga tidak bisa," Daniel menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulang dari Wuhan, Satu Pasien Masih Diisolasi di RSPI Sulianti Saroso

Posted: 29 Jan 2020 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara masih merawat satu pasien yang pulang dari Wuhan, Tiongkok, di ruang isolasi. Pasien tersebut merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang beberapa waktu silam baru saja berkunjung ke Wuhan.

Keputusan mengisolasi pasien-tanpa disebut nama--untuk memastikan, apakah dia terpapar virus corona atau tidak selepas pulang dari Wuhan. Gejala demam tinggi dan sesak napas dialami pasien tersebut.

"Kami sedang mengawasi dua pasien yang dirawat di ruang isolasi. Satu pasien negatif (virus corona), dia sudah pulang kok," ujar Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, saat konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, kemarin (29/1/2020).

"Yang satu pasien baru pulang dari Wuhan ini masih di ruang isolasi. Hasil pemeriksaan medis dari Litbangkes baru keluar besok (hari ini).

Pasien yang bersangkutan sudah dirawat di RSPI Sulianto Saroso selama tiga hari, tapi sebelumnya ia dirawat di RS Pondok Indah. 

"Totalnya dia sudah memasuki hari ketujuh (dihitung sejak dirawat pertama kali, sebelum dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso)," tambah Syahril.

Rujukan dari RS Pondok Indah

Saat konferensi pers Rabu (29/1/2020), RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara masih merawat pasien yang baru pulang dari Wuhan, Tiongkok. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)
Saat konferensi pers Rabu (29/1/2020), RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara masih merawat pasien yang baru pulang dari Wuhan, Tiongkok. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Kedua pasien di RSPI Sulianti Saroso yang menjalani perawatan isolasi termasuk pasien rujukan dari RS Pondok Indah. Pasien yang masih diisolasi berjenis kelamin perempuan.

"Sebenarnya kondisi dia mulai membaik. Namun, kami tetap menunggu pemeriksaan hasil laboratorium. Kami di sini ketat mengawasi perkembangannya," ujar Syahril.

Tes laboratorium yang dilakukan menggunakan metode swab, yaitu mengambil sampel dari hidung dan tenggorokan pasien.

Pasien pertama yang sudah dipulangkan berinisial R (35) dinyatakan negatif infeksi virus novel corona pada Jumat (24/1/2020). Ia pulang dari Hainan.

"Hasil pemeriksaan klinis, kondisinya membaik dan stabil. Jadi, dia sudah kami dipulangkan dari sini," Syahril menambahkan.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Katanya Tahun Tikus Logam Harus Kerja Keras, Padahal 5 Tahun Kemarin Sudah Super

Posted: 29 Jan 2020 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut bahwa memiliki shio kerbau dan memasuki tahun tikus logam ini, dirinya harus bekerja keras. Padahal, Jokowi mengaku lima tahun lalu sudah bekerja sangat keras.

"Sio saya kerbau. Katanya tahun saya harus kerja keras. Padahal saya lima tahun kemarin juga sudah super kerja keras," kata Jokowi saat menghadiri Perayaan Imlek Nasional 2020 di ICE BSD Tangerang Selatan, Kamis (30/1/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap di tahun tikus logam ini seluruh rakyat Indonesia dapat semakin bekerja keras sehingga bisa meraih keberhasilan. Menurut dia, di tengah perekonimian dunia yang melambat, mau tak mau masyarakat harus bekerja keras.

"Selain berdoa kita tentu harus selalu bekerja keras, harus kerja cepat sebab kondisi ekonomi dunia sekarang ini sedang melambat. Sebab jika kita bekerja biasa-biasa akan berbahaya bagi ekonomi kita," ujarnya.

Senang Rayakan Imlek

Jokowi mengaku senang dapat hadir di Perayaan Imlek Nasional 2020 dan berkumpul dengan warga keturunan Tionghoa di Indonesia. Dia menyebut Tionghoa juga mempunyai banyak marga.

"Saya tahu ada marga Tan, ada? Marga Oi, ada? Marga Gan, ada? Marga Pang, ada? Marga Lim, ada? Dan marga-marga lainnya yang tidak bisa kita sebut satu per satu. Saya tahu marga di Keturunan Tionghoa ini banyak sekali," tutur dia.

"Sama dengan negara kita yang sangat beragam, yang bermacam-macam suku, agama, etnis, yang hidup dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote," sambung Jokowi.

Sebagai informasi, ini merupakan kali kedua Jokowi perayaan imlek nasional. Perayaan Imlek Nasional 2020 mengusung tema Bersatu untuk Indonesia Maju. Ribuan undangan yang hadir berasal dari lintas pihak, profesi, dan keimanan.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Graciella Abigail, Pemeran Ye Seung 'Miracle in Cell No.7' Indonesia

Posted: 29 Jan 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang mungkin sudah tak asing lagi dengan film Korea Selatan berjudul Miracle in Cell No.7. Film yang masuk dalam daftar film Korea Selatan terlaris sepanjang masa ini merupakan film bergenre drama komedi. Meski begitu, film Korea Selatan yang dibintangi oleh Park Shin Hye serta Ryu Seung Ryong ini mampu menguras air mata.

Film Miracle in Cell No.7 ini merupakan karya dari sutradara Lee Hwan Kyung yang telah diadaptasi oleh beberapa negara, seperti Filipina, Turki, India bahkan Kanada. Bahkan, rumah produksi Falcon juga akan turut merilis film yang diadaptasi dari Korea Selatan ini pada 2020. Melalui akun Instagram resmi, pihak Falcon pun telah merilis beberapa pemeran yang bermain dalam Miracle in Cell No.7 versi Indonesia.

Film Miracle in Cell No.7 Versi Indonesia ini akan dibintangi oleh Vino G. Bastian yang berperan sebagai ayah Ye Seung. Ada pula Tora Sudiro, Indro 'Warkop', Bryan Domani, Muhammad Rizki Rakelna, Indra Jegel serta aktris cilik Graciella Abigail sebagai Ye Seung. Bahkan, melalui akun Instagram masing-masing, para pemain film Miracle in Cell No.7 Versi Indonesia ini juga mengunggah video saat tengah bermain TikTok.

Graciella Abigail sebelumnya pernah ambil bagian dalam film Habibie & Ainun 3. Penampilan menggemaskan dari Graciella Abigail yang akan memerankan karakter Ye Seung di Miracle in Cell No.7 ini pun cukup dinantikan oleh para penggemar.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @graciellaabigail, Kamis (30/1/2020) berikut ini beberapa potret menggemaskan Graciella Abigail, pemeran Ye Seung dalam Miracle in Cell No.7 Versi Indonesia.

1. Ini dia unggahan Graciella dan beberapa pemeran lain film Miracle in Cell No.7 versi Indonesia.

2. Graciella Abigail didapuk untuk memerankan karakter Ye Seung kecil di Miracle in Cell No.7 versi Indonesia.

Graciella Abigail (Sumber:Instagram/graciellaabigail)
Graciella Abigail (Sumber:Instagram/graciellaabigail)

3. Dirinya juga cukup aktif mengunggah foto di akun Instagram.

Graciella Abigail (Sumber:Instagram/graciellaabigail)
Graciella Abigail (Sumber:Instagram/graciellaabigail)

4. Baru-baru ini dirinya juga turut bermain peran dalam film Habibie & Ainun 3 sebagai salah satu cucu dari Habibie dan Ainun.

Graciella Abigail (Sumber:Instagram/graciellaabigail)
Graciella Abigail (Sumber:Instagram/graciellaabigail)

5. Dilihat dari akun Instagram pribadinya, Graciella pun telah beberapa kali melakukan pemotretan.

Graciella Abigail (Sumber:Instagram/graciellaabigail)
Graciella Abigail (Sumber:Instagram/graciellaabigail)

6. Bahkan dirinya juga pernah ikut serta dalam ajang fashion show anak-anak loh.

Graciella Abigail (Sumber:Instagram/graciellaabigail)
Graciella Abigail (Sumber:Instagram/graciellaabigail)

7. Potret menggemaskan Graciella ini juga sukses curi perhatian netizen.

Graciella Abigail (Sumber:Instagram/graciellaabigail)
Graciella Abigail (Sumber:Instagram/graciellaabigail)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Jatim Bukukan Laba Bersih Rp 1,38 Triliun Sepanjang 2019

Posted: 29 Jan 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim membukukan laba bersih sepanjang 2019 mencapai sebesar Rp 1,38 triliun. Angka tersebut meningkat sebesar 9,22 persen dibandingkan periode sebelumnya yakni mencapai Rp 1,26 triliun.

"Kinerja Bankjatim menunjukan performa yang bagus laba bersih 2019 mencapai Rp1,38 triliun atau tumbuh 9,22 persen," kata Direktur Keuangan Bank Jatim, Ferdian Timur dalam paparan kinerja di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Ferdian menambahkan, tak hanya laba bersih yang tumbuh namun aset Bank Jatim juga meningkat sebesar 23,37 persen. Di mana aset perusahaan hingga Desember 2019 mencapai Rp 76,73 triliun dari periode sebelumnya yakni Rp 62,69 triliun.

Di samping itu, selama 2019 Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Jatim juga tumbuh sebesar 18,91 persen secara year on year (yoy) atau sebesar Rp 60,55 triliun dari periode yang sebelumnya hanya Rp 50,91 triliun. Pertumbuhan dana pihak ketiga yang signifikan tersebut, kata dia, menunjukkan kepercayaan masyarakat kepada Bank Jatim meningkat.

Adapun pertumbuhan DPK tersebut didominasi oleh pertumbuhan giro 23,53 persen atau tercatat Rp 23,83 triliun. Kemudian diikuti oleh pertumbuhan tabungan sebesar 16,28 persen atau Rp 22,22 triliun dan pertumbuhan deposito sebesar15,81 persen atau mencapai Rp 12,50 triliun.

 

Penyaluran Kredit

Ilustrasi Bank
Ilustrasi Bank

Selain itu, pencapaian DPK juga diperkuat dengan CASA rssio Bank Jatim sebesar 76,06 persen selama lebih dari 15 tahun CASA rasio Bank Jatim berada di atas 65 persen. "Dari komposisi tersebut terlihat kemampuan Bankjatim dalam menghimpun dana cukup baik," kata dia.

Di samping itu, kinerja sepanjang 2019 yang juga terbilang mocer yakni perusahaan mampu mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit tertinggi dalam beberapa tahun terakhit yaitu 13,16 persen atau sebesar Rp 38,35 triliun. Pertumbuhan kredit diikuti dengan penurunan rasio Non Performing Loan (NPL) secara signifikan yaitu 2,77 persen.

"Adapun kredit di sektor konsumsi menjadi penyumbang tertinggi selama 2019 yaitu sebesar Rp 23,10 triliun atau tumbuh 7,12 persen yoy," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Foto Aneh Candi Borobudur yang Dianggap Merusak Citra Pariwisata Indonesia

Posted: 29 Jan 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif @indtravel belakangan menjadi bahan perbincangan hangat di media sosial, usai memuat ulang gambar foto drone Candi Borobudur hasil jepretan @jerre_stead. Foto drone Candi Borobudur itu tampak aneh dengan latar belakang gunung yang sangat lancip.

Unggahan ulang itu pun mendapat respons beragam dari warganet. Mereka banyak yang mempertanyakan keabsahan foto drone tersebut, dan menganggapnya bisa merusak citra pariwisata Indonesia.

Akun @turissendaljepit misalnya, dirinya berkomentar, "sejak kapan (Borobudur) kayak gini min, lebih baik yang nyata sih..olah digital menuturku sah saja, tapi kalau berlebihan kurang baik."

Sementara @henki_ph mengatakan, "please lah, mana ada di Borobudur seperti ini, jangan membohongi publik, tidak ada view gunung seperti itu di Borobudur."

Penelusuran Liputan6.com, akun Instagram @jerre_stead memang kerap melakukan digital imaging pada karya fotonya, sehingga nampak dramatis dan menawan dari foto yang sebenarnya. Selain Candi Borobudur, dirinya juga pernah melakukan hal serupa terhadap foto air terjun Tumpak Sewu dan beberapa destinasi wisata di Bali.

Fotografer profesional Barry Kusuma punya pandangannya sendiri. Kepada Liputan6.com dirinya mengatakan, dalam fotografi, sah-sah saja bagi fotografer melakukan digital imaging atau olah digital pada sebuah foto hasil karyanya. Apalagi untuk kebutuhan komersil, seperti untuk iklan dan promosi. Hal itu sudah banyak dilakukan fotografer travel di Instagram, sehingga foto mereka tampak lebih bagus dari aslinya.  

"Kalau yang sifatnya foto travel jurnalistik itu baru ada aturannya. Foto jurnalistik jelas tidak boleh mendigital imaging, memakai kamera infra red, atau memakai lensa fish eye. Karena itu sifatnya jadi mengurangi dan menambahkan objek," katanya. 

Soal foto digital imaging Candi Borobudur yang diunggah ulang di akun resmi pemerintah, menurut Barry Kusuma, hal itu masih dalam tahap kewajaran. 

"Karena itu kan karyanya orang, akun Kemenpar hanya mengunggah ulang. Kecuali kalau Kemenpar yang membuat foto seperti itu, lalu dia posting di sosial media dan websitenya, yang seharusnya sifatnya informasi, itu jelas gak boleh. Karena itu sudah bikin miss informasi," katanya.  

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kobe Bryant Meninggal Dunia, Istri Buka Gembok Akun Instagramnya

Posted: 29 Jan 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, California - Di tengah duka yang masih menyelimuti, Vanessa Bryant untuk pertama kali bersuara mengenai kepergian suaminya, Kobe Bryant. Legenda NBA dan La Lakers itu meninggal dunia secara tragis dalam kecelakaan helikopter di California, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (26/1/2020) lalu. 

Dalam insiden ini, Vanessa tidak hanya kehilangan suami tercinta. Vanessa juga harus menerima kenyataan pahit kehilangan putri kedua, Gianna Bryant, yang ikut tewas dalam kecelakaan tersebut.

Seperti dilansir USA Today, Vanessa menyapa publik lewat akun Instagram-nya. Dia menulis pesan yang sangat menyentuh seputar kehilangan yang tengah dialaminya dan ketiga anaknya. 

(Selengkapnya baca: Istri Kobe Bryant Akhirnya Buka Suara, Tulis Pesan Mengharukan)

Untuk mengenang kedua orang yang dikasihinya itu, Vanessa juga mengganti foto profilnya. Tampilannya kini memperlihatkan kedekatan Kobe Bryant dan putrinya, Gianna.

Selain itu, Vanessa juga memberi kebebasan kepada para pengguna Instagram lainnya untuk menyaksikan unggahannya dengan mengubah status akunnya dari private menjadi publik. 

 

Like Terakhir Kobe Bryant

Sebelum insiden tragis menimpa Kobe dan Gianna, Vanessa sempat mengunggah foto Bianka yang tengah membuka lemari pendingin untuk mengambil jus. 'Oh Tuhanku," tulis Vanessa kala itu. 

 

Kobe Bryant ikut terhibur dengan foto tersebut dan ikut membubuhkan tanda suka. Namun siapa sangka, itu menjadi foto terakhir di akun Instagram Vanessa yang mendapat like dari suaminya. 

Menikah Muda

Pebasket NBA Kobe Bryant bersama Vanessa Bryant, Natalia Bryant dan Gianna Maria-Onore Bryant berpose menghadiri pemutaran perdana
Pebasket NBA Kobe Bryant bersama Vanessa Bryant, Natalia Bryant dan Gianna Maria-Onore Bryant berpose menghadiri pemutaran perdana

Kobe Bryant dan Vanessa Laine menikah muda. Mereka pertama kali bertemu pada tahun 1999 saat Vanessa ambil bagian sebagai penari dalam video klip G'd Up bersama grup musik Tha Eastsidaz. Kebetulan Kobe Bryant juga di lokasi yang sama tengah menggarap album musik pertamanya. 

Enam bulan setelah pertemuan itu, mereka memutuskan bertunangan pada Mei 2000. Saat itu, Vanessa masih duduk di bangku sekolah menengah atas Marina High School in Huntington Beach, California. Meski usia mereka masih muda, keduanya memutuskan menikah pada 18 April 2001.  

Orang tua Kobe tidak hadir dalam pernikahan tersebut. Mereka menolaknya dengan berbagai alasan. 

Pada Januari 2003, Kobe dan Vanessa dikarunuiai putri pertama, Natalia. Kehadiran Natalia inilah yang kemudian memperbaiki hubungan Kobe Bryant dan kedua orang tuanya. Sementara putri kedua mereka, Gianna, lahir pada bulan Mei 2006. Menyusul putri ketiga, Bianka, di bulan Desember 2016.

Sementara putri bungsunya, Capri Kobe, lahir pada bulan Juni 2019 lalu. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Serahkan 2 Tersangka Kasus Korupsi Kondensat ke Kejaksaan Agung

Posted: 29 Jan 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit menyerahkan dua tersangka kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Kondensat yakni mantan Deputi Ekonomi dan Pemasaran BP Migas, Djoko Harsono; dan mantan Kepala BP Migas, Raden Priyono ke Kejaksaan Agung (Kejagung).

Pelimpahan tahap II tersebut dilakukan untuk tersangka Honggo Wendratno yang hingga kini masih dalam pengejaran.

"Beberapa hari ini kita sudah koordinasi dengan Kejaksaan Agung dan kita sepakat kasus ini kita limpahkan tahap II untuk dua tersangka dan satu tersangka diproses peradilan in absentia," tutur Listyo di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020).

Listyo menyebut, pihaknya telah melakukan penyitaan aset di antaranya kilang minyak di Tuban, serta berbagai properti dan barang milik para tersangka. Aset tersebut untuk menutup seluruh kerugian negara yang ditimbulkan atas perkara itu.

"Dari penghitungan BPK kerugian negara USD 2,7 miliar atau Rp 36 triliun. Rp 35 triliun sudah dikembalikan ke negara dan Rp 1 triliun berupa aset akan kita serahkan," jelas Listyo.

Lebih lanjut, tersangka Djoko Harsono dan Raden Priyono yang dihadirkan telah melalui seluruh kurun waktu masa tahanan. Meski begitu, keduanya disebut kooperatif menjalani prosedur hukum.

Sejak Mei 2015, penyidik Bareskrim Polri sudah menetapkan tiga tersangka dalam kasus kondensat ini. Mereka adalah mantan Kepala BP Migas Raden Priyono, mantan Deputi Finansial Ekonomi dan Pemasaran BP Migas Djoko Harsono, dan eks Direktur Utama TPPI Honggo Wendratno.

Tetapi yang sudah ditahan penyidik hanya Raden Priyono dan Djoko Harsono. Sementara Honggo Wendratno belum ditahan karena menjalani perawatan pascaoperasi jantung di Singapura.

Pada akhir 2017, Bareskrim Polri kembali menindaklanjuti perkara tersebut dengan menggarap berkas perkara tersangka Honggo Wendratno. Hanya saja, Bareskrim belum mau buka suara terkait berkas perkara Honggo.

"Itu materi. Kalau berkasnya sudah dikirim, berarti sudah ada pemeriksaan," ucap Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya saat dihubungi soal kasus kondensat di Jakarta, Selasa 19 Desember 2017.

Agung mengaku pihaknya telah memenuhi petunjuk formil dan materiil dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Namun ketika disinggung apakah optimistis berkas perkara bisa naik ke penuntutan, Agung hanya menjawab diplomatis. "Itu tanya Kejaksaannya saja," singkat Agung.

Seiring berjalannya kasus itu, penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri telah mengantongi kerugian negara atas kasus dugaan korupsi penjualan kondensat milik negara antara PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) dan BP Migas.

 

Kerugian Negara Lebih dari Kasus Century

Dirtipikor Bareskrim Polri saat menggeledah kantor PT.Polytama propindo di Jakarta, Kamis (18/6/2015). Penyidik menggeledah kantor pendiri TPPI Honggo Wendratmo terkait korupsi penjualan kondensat dari SKK Migas kepada PT TPPI. (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Dirtipikor Bareskrim Polri saat menggeledah kantor PT.Polytama propindo di Jakarta, Kamis (18/6/2015). Penyidik menggeledah kantor pendiri TPPI Honggo Wendratmo terkait korupsi penjualan kondensat dari SKK Migas kepada PT TPPI. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Kasubdit Tindak Pidana Pencucian Uang ketika itu dijabat Kombes Golkar Pangarso membeberkan jumlah kerugian negara atas kasus tersebut. Dari hasil perhitungan kerugian negara (PKN) yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), diketahui kerugian negara atas kasus tersebut sebesar US$ 2,7 miliar atau setara Rp 36,9 triliun (kurs Rp 13.667,30).

"Jumat pekan kemarin kami terima. Perkara korupsi itu, jika merujuk pada PKN BPK, telah merugikan negara sebesar US$ 2,7 miliar atau jika dengan nilai tukar saat ini sebesar Rp 38 triliun," kata Golkar saat dihubungi di Jakarta, Senin 25 Januari 2016 silam.

Kombes Golkar mengungkapkan, berdasarkan hasil komunikasi dengan pihak BPK, besaran kerugian negara yang diakibatkan atas kasus penjualan kondensat ini sangat besar. Bahkan melebihi perkara kasus dugaan korupsi Bank Century.

"Berdasarkan komunikasi dengan BPK saat kami menerima PKN, itu adalah nilai kerugian negara terbesar yang pernah dihitung BPK dan disidik oleh polisi. Sebelumnya kan yang paling besar itu perkara Century," terang Golkar.

Belakangan mandeknya penyidikan korupsi penjualan kondensat lantaran jaksa berkeyakinan bahwa kasus tersebut adalah perdata. "Kita yakin bahwa kasus TPPI ada tindak pidana. Bukan perdata yang selama ini berkembang," kata Golkar di Jakarta, Senin 7 Maret 2016.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terpaut Usia 18 Tahun, Ini 6 Momen Manis Parto Patrio dan Istri Muda

Posted: 29 Jan 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Eddy Soepono atau yang lebih dikenal Parto Patrio tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pria kelahiran Jakarta ini menjadi salah satu komedian yang masih eksis di dunia hiburan Tanah Air.

Tak hanya kariernya saja yang menarik untuk ditelusuri, tetapi juga kehidupan prbadinya. Parto Patrio menikah dengan istri pertamanya, Ida Murwani. Dari pernikahan ini, dia dikaruniai tiga anak.

Pada tahun 2001 pemilik nama asli Eddy Soepono ini menikah lagi dengan seorang artis pendatang baru, Dina Risty. Jalinan asmara Parto dan Dina sempat mencuri perhatian publik karena terpaut usia yang cukup jauh yakni 18 tahun.

Kini dikabarkan pelawak 58 tahun ini telah bercerai dari istri pertamanya, Ida Murwani. Pemain film "Hongkong Kasarung" ini pun hidup harmonis bersama anak-anaknya dan juga istri kedua. Dari laman Instagramnya, Dina dan Parto kerap menunjukkan momen manis mereka. 

Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen Parto Patrio dan istri mudanya, Kamis (30/1/2020).

1. Pria kelahiran 1960 ini menikah dengan pujaan hatinya, Dina Risty pada tahun 2001 silam.

Potret Parto dan Istri (Sumber: Instagram//dienz_36/)
Potret Parto dan Istri (Sumber: Instagram//dienz_36/)

2. Terpaut usia 18 tahun, tak menjadi penghalang bagi dua sejoli ini untuk hidup harmonis.

Potret Parto dan Istri (Sumber: Instagram//dienz_36/)
Potret Parto dan Istri (Sumber: Instagram//dienz_36/)

3. Dalam beberapa kesempatan, pelawak kondang dan sang istri kerap menghabiskan waktu bersama.

Potret Parto dan Istri (Sumber: Instagram//dienz_36/)
Potret Parto dan Istri (Sumber: Instagram//dienz_36/)

4. Hampir 19 tahun bersama, biduk rumah tangga pasangan ini tak pernah diterpa gosip miring.

Potret Parto dan Istri (Sumber: Instagram//dienz_36/)
Potret Parto dan Istri (Sumber: Instagram//dienz_36/)

5. Momen Dina merayakan ulang tahun Parto Patrio bersama anak sambungnya. Manis banget nih!

Potret Parto dan Istri (Sumber: Instagram//dienz_36/)
Potret Parto dan Istri (Sumber: Instagram//dienz_36/)

6. Sang istri juga terlihat akrab dengan anak sambungnya. Keluarga yang harmonis ya!

Potret Parto dan Istri (Sumber: Instagram//dienz_36/)
Potret Parto dan Istri (Sumber: Instagram//dienz_36/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Terbaru Grace Wohangara Eks 7 Icons, Bikin Pangling

Posted: 29 Jan 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta musik Tanah Air mungkin masih ingat dengan group vokal bernama 7 Icons. Grup beranggotakan 7 wanita cantik ini sempat populer pada 2011 silam. Lagunya pun mudah dimengerti dan enak didengar.

Member 7 Icons terdiri dari PJ, GC, Vanila, Angela Tee, Linzy, Mezty, Natly dan T-Sha. Namun setelah berkarier selama tiga tahun di dunia hiburan, grup vokal ini memutuskan bubar pada 2014 lalu.

Usai bubar, para anggota 7 Icons menjalani aktivitasnya masing-masing. Kini sudah 6 tahun berlalu, banyak yang penasaran akan kabar terbaru personel 7 Icons. Ada yang masih aktif di dunia hiburan, ada juga yang memilih vakum.

Salah satu member yang dirindukan adalah Grace Wohangara atau yang lebih dikenal dengan GC 7 Icons. Wanita asal Malang ini sudah jarang tampil di layar kaca, namun ia meneruskan bakatnya sebagai seorang model. Sebelum menjadi penyanyi, pemilik nama lengkap Grace Fransin Wohangara ini memang sudah terjun di dunia modeling.

Meski sudah lama vakum, Grace 7 Icons masih memiliki penggemar setiap. Hal itu terlihat dari akun Instagramnya yang sudah memiliki 23 ribu pengikut. Kini Grace sudah berusia 30 tahun, namun penampilannya semakin cantik dan bikin pangling. Berikut potret terbaru Grace Wohangara mantan personel 7 Icons dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (30/1/2020).

1. Usai bubar, GC 7 Icons menekuni bakatnya di bidang modeling. Melalui akun Instagramnya ia kerap melakukan pemotretan.

Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)
Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)

2. Grace kini sudah berusia 30 tahun, namun penampilannya terlihat awet muda dan cantik.

Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)
Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)

3. Meski sudah vakum di dunia hiburan, Grace masih aktif di media sosial. Bahkan ia juga menerima endorse.

Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)
Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)

4. Grace Wohangara juga memiliki hobi travelling dan kuliner loh.

Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)
Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)

5. Meski memiliki hobi kuliner, Grace selalu menjaga tubuhnya dengan berolahraga.

Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)
Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)

6. Menjadi seorang model, mantan personel 7 Icons ini memiliki tubuh proporsional. Begini potret Grace saat pamer body goals.

Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)
Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)

7. Identik dengan rambut panjang, Grace sempat tampil dengan rambut pendek. Ia terlihat makin imut.

Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)
Grace Wohangara (Sumber: Instagram/@gracewohangara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Galon Air, Orang-Orang Ini Miliki Cara Unik Lindungi Diri dari Virus Corona

Posted: 29 Jan 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mewabahnya Virus Corona masih menjadi perbincangan dunia. Saat ini terdapat 7.736 kasus orang yang positif terjangkit virus tersebut. Sementara jumlah pasien yang meninggal terus bertambah menjadi 170 jiwa.

Tak hanya di China, Virus Corona bahkan telah menjangkit korban dari berbagai belahan dunia, mulai dari Taiwan, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Singapura hingga Amerika Serikat.

Pemerintah China telah memberikan peringatan keras kepada warganya untuk terus waspada ketika bepergian ke luar rumah. Salah satunya dengan mengenakan perlindungan seperti masker.

Namun nampaknya masker saja tidak cukup, pasalnya penyebaran Virus Corona diklaim mampu menginfeksi korban melalui mata. Sayangnya, belum banyak yang memiliki kacamata pelindung.

Tapi beberapa warga di Guangzhou, Hong Kong, belum lama ini mencuri perhatian warganet setempat lantaran mengenakan pelindung wajah yang cukup unik.

foto: Facebook Beh Chia Lor
foto: Facebook Beh Chia Lor

Bagaimana tidak, mereka mengenakan galon air untuk menutupi seluruh wajahnya. Hal ini terlihat dari unggahan akun Facebook Beh Chia Lor.

Pada foto-foto yang diunggah terlihat beberapa orang sedang berada di bandara. Sambil mengenakan masker, mereka nampaknya berinisiatif menggunakan perlindungan ganda untuk terhindar dari ancaman virus Corona.

Alih-alih mengenakan kacamata, mereka justru memanfaatkan galon air yang telah kosong untuk melindungi wajah mereka. Terlihat setidaknya ada 5 orang yang mengenakannya pada unggahan tersebut. 

Inovatif

foto: twitter/@seanglavin
foto: twitter/@seanglavin

Kejadian serupa nyatanya juga ditemukan di bandara Vancouver International Airport. Seorang wanita yang diduga turis dari China juga mengenakan masker dilengkapi dengan galon air bekas untuk menutupi seluruh wajahnya.

Potret wanita tersebut diunggah oleh akun Twitter @seanglavin. Foto yang diunggah pada Rabu (29/1/2020), tentu mencuri perhatian warganet. Tak sedikit yang mengatakan bahwa meski nyeleneh cara tersebut juga sangat inovatif.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Traveling ke Paris di Tengah Wabah Corona Baru, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Pakai Masker

Posted: 29 Jan 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Keinginan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina untuk menjelajahi China rupanya belum bisa terlaksana. Ia membatalkan rencananya ke sana karena merebaknya kasus virus di Negeri Tirai Bambu itu.

"Ma, tadinya kita mau ke China kan. Mau ke daerah daerah sana tapi virus corona itu lagi heboh ya," kata Raffi kepada Nagita dalam kanal YouTube Rans, Rabu, 29 Januari 2020.

"Doain kita ya guys," sambung Nagita.

Warganet ikut mendoakan kesehatan Raffi dan Nagita di Paris, tak terkecuali sahabat mereka, Eko Patrio. Eko berharap Raffi dan Nagita selalu menjaga kesehatannya.

"Semoga semua d jaga dan sehat sllu 🤲... Cpat pulang ke Indonesia aj kak insyaallah Aman 🤲," tulis seorang warganet.

"Aamiin jaga kesehatan say," harap @ekopatriosuper pada Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Pakai Masker

Raffi Ahmad dan Rafathar di bandara Charles de Gaulle di Paris, Perancis, Rabu, 29 Januarin 2020 (Dok.Instagram/@raffinagita1717/https://www.instagram.com/p/B74VyJbBnTF/Komarudin)
Raffi Ahmad dan Rafathar di bandara Charles de Gaulle di Paris, Perancis, Rabu, 29 Januarin 2020 (Dok.Instagram/@raffinagita1717/https://www.instagram.com/p/B74VyJbBnTF/Komarudin)

Dalam unggahannya, Raffi dan Gigi serta Rafathar sedang berada di Paris, Perancis, Rabu, 29 Januari 2020. Mereka berada di bandara Charles de Gaulle untuk melakukan perjalanan ke negara lainnya.

Selain Raffi dan Nagita, Rafathar yang juga terlihat mengenakan masker warna hijau muda. Ia tampak rebahan di ketera dorong bayi.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati 🙏 semoga kita sehat semuanya ... jaga kesehatan semuanya guys ... hati hati dengan virus yang sedang mewabah 💪," tulis Raffi.

Dalam potret yang diunggahnya, Raffi yang mengenakan jaket hitam. Sementara, Nagita yang berada di depannya mengenakan jaket hijau lumut.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Harus Diakui, Memang Sulit Kalahkan Bisnis Warga Tionghoa

Posted: 29 Jan 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui bahwa warga keturunan Tionghoa sangat mahir dalam berbisnis. Hal ini, kata dia, bisa terlihat bisnis warga Tionghoa yang tetap tumbuh dengan baik ditengah sulitnya perekonomian dunia.

"Memang tidak mudah mengalahkan urusan bisnis ini, mengalahkan warga keturunan Tionghoa. Memang sulit. Ini memang harus diakui," ujar Jokowi saat menghadiri Perayaan Imlek Nasional 2020 di ICE BSD Tangerang Selatan, Kamis (30/1/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai warga keturunan Tionghoa memang sangat jago dalam hal berdagang dan berbisnis baik di industri manufaktur ataupun jasa. Menurut dia, kesuksekan mereka merupakan hasil kerja keras dalam menjalankan usaha.

"Karena memang kita harus mengakui keturunan Tionghoa dalam bekerja keras itu bisa kita lihat. Kalau sudah bekerja keras, pagi sampai tengah malam ini di jalani. Jadi kalau sukses kita maklum," jelas dia.

Dorong Masyarakat Kerja Cepat

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut bahwa masyarakat harus mulai terbiasa untuk kerja cepat. Sebab, kata dia, saat ini kondisi ekonomi dunia tengah melambat dan tidak pasti.

"Jika bekerja biasa-biasa akan berbahaya bagi ekonomi kita. Sebab, ekonomi dunia sedang pada posisi yang memang menurun dan pada posisi yang tidak pasti," kata Jokowi.

Dalam acara tersebut hadir Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid. Tampak pula Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, hingga Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar.

Sebagai informasi, ini merupakan kali kedua Jokowi perayaan imlek nasional. Perayaan Imlek Nasional 2020 mengusung tema Bersatu untuk Indonesia Maju. Sebanyak 10.000 undangan yang hadir berasal dari lintas pihak, profesi, dan keimanan.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Mewah Ini Jadi Korban Aksi Maling Ban

Posted: 29 Jan 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Detroit - Pencurian ban dan pelek mobil yang dilakukan oleh maling ban kembali terjadi di Indonesia. Kali ini, aksi maling ban yang diperbincangkan terjadi di Cikarang.

Rupanya aksi maling ban mencuri ban plus peleknya itu tak hanya terjadi di Indonesia. Seperti unggahan Twitter Car and Drive, mobil Chevrolet Corvette C8 baru pun sudah jadi korban pencurian ban dan pelek.

Mobil yang masih baru itu disebut terparkir di halaman parkir karyawan di Detroit, Amerika Serikat. Keempat rodanya hilang. Mobil model 2020 itu bahkan diganjal menggunakan batu-bata.

Sementara itu menurut Zing, insiden pencurian ini terjadi beberapa hari setelah pemilik tim balap NASCAR Hendrick Motorsports, Rick Hendrick membeli Corvette 2020 model pertama saat lelang. Kala itu Hendrick membeli seharga USD 3 juta atau Rp 40,9 miliar (Kurs USD 1 = Rp 13.640).

Sedangkan versi terbaru dari Corvette C8 ini bahkan belum masuk ke lini produksi. Mobil itu memiliki banderol harga termurah USD 59.995 atau Rp 818 jutaan.

Sementar harga ban milik Chevrolet itu memang sangat mahal, sekitar USD 1.000 atau Rp 13 jutaan. Komponen roda lainnya pun tak kalah mahal, seperti kunci roda yang dijual senilai USD 90 (Rp 1,2 jutaan).

Sumber: Otosia.com

 

Kumpulan Potret Mobil yang Menjadi Korban Maling Ban

Mobil sejuta umat menjadi korban maling ban (ist)
Mobil sejuta umat menjadi korban maling ban (ist)

Dua video yang diduga berisikan pencurian ban dan pelek mobil beredar luas di media sosial. Kedua video tersebut diduga diambil di  Cikarang, Kabupaten Bekasi. Sampai saat ini, belum diketahui pasti lokasi dan waktu kejadian maling ban tersebut beraksi.

Video pertama adalah dugaan pencurian di daerah Pasir Gombong, Cikarang Utara. Sebuah mobil Honda Brio berwarna putih D 1753 WY. Empat ban berikut peleknya hilang.  Video kedua sebuah mobil minibus jenis Toyota Rush B 2185 KOB hilang ban berikut pelek di bagian kanan belakang.

 

Selain kedua video tersebut, berbagai foto mobil yang menjadi korban maling ban pun tersebar di dunia maya. Berikut kumpulan potret mobil yang menjadi korban maling ban.  

Baca selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Jepang Evakuasi Ratusan Warganya dari Pusat Wabah Virus Corona di China

Posted: 29 Jan 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Tokyo - Jepang merupakan salah satu negara yang paling cepat mengevakuasi warganya dari Wuhan, kota dengan wabah Virus Corona jenis baru di China. Jepang telah mengevakuasi 206 warganya dari Wuhan, pada Rabu 29 Januari.

Menurut laporan media Jepang The Mainichi, Kamis (30/1/2020), jumlah yang ditolong diperkirakan akan bertambah. Sejauh ini, ada 440 warga Jepang lain yang masih meminta dijemput dari Wuhan.

Bagaimana cara Jepang bisa mengevakuasi warganya di Wuhan padahal kota itu mengalami lockdown? Ternyata, Perdana Menteri Abe Shinzo langsung turun tangan untuk mengurus evakuasi.

PM Abe berkata pemerintah memiliki tanggung jawab terbesar dalam melindungi warganya. Negosiasi dengan China untuk menjemput warga Jepang di Wuhan pun berlangsung cepat.

"Kami telah memutuskan untuk memulangkan semuanya ke Jepang jika mereka mau, (kami) melakukan berbagai cara, termasuk penerbangan sewaan," ujar Abe seperti dikutip The Japan Times.

"Kami berkoordinasi dengan pemerintah China di berbagai level, dan kami akan mempercepat proses untuk mewujudkan implementasi cepat," lanjutnya.

Maskapai All Nippon Airways ditugaskan Jepang untuk menjemput warganya di Wuhan. Pesawat itu tiba di Bandara Haneda, Tokyo, pada Rabu pagi kemarin. Pesawat yang digunakan adalah Boeing 767.

Pesawat lain sudah terbang pada Rabu malam dan tiba di Tokyo pada hari Kamis ini untuk menjemput 210 orang. Setelahnya, ada pesawat lagi yang diterbangkan ke Wuhan untuk menjemput sekitar 200 orang.

Janji PM Abe

Presiden Korea Selatan (kiri) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (kanan) di KTT G-20 tahun 2019 (AFP/Kim Kyung-Hoon)
Presiden Korea Selatan (kiri) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (kanan) di KTT G-20 tahun 2019 (AFP/Kim Kyung-Hoon)

Warga Jepang yang baru tiba ke Tokyo ada yang dibawa ke rumah sakit karena menunjukan gejala virus Corona Wuhan seperti demam maupun batuk-batuk.

Kabar terkini, ada tiga orang Jepang yang baru tiba di Tokyo terkena virus Corona Wuhan. Kasus lain yang positif di Jepang kebanyakan turis dari Wuhan.

Ada pula sopir bus dan pemandu tur yang terkena virus Corona. Keduanya diketahui mengantar turis Wuhan.

PM Abe berjanji akan melakukan segalanya agar virus tidak menyebar.

"Kami akan melakukan usaha terbaik untuk mencegah penyebaran virus ini," tegasnya.

Maskpai All Nippon Airways juga sudah menghentikan penerbangan komersial ke Wuhan hingga Februari mendatang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menelusuri Harta Kades Cantik Tersangka Korupsi Dana Desa di Cilacap

Posted: 29 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Cilacap - Kasus korupsi dana desa yang diduga dilakukan oleh kades perempuan di Cilacap terus bergulir. Terkini, Kejaksaan Negeri Cilacap, telah memeriksa sebanyak 16 saksi yang menyeret tersangka IR, Kepala Desa Jeruklegi Kulon, Kecamatan Jeruklegi.

16 saksi tersebut terdiri dari masyarakat, perangkat desa dan saksi ahli. Adapun saksi ahli terdiri dari petugas PUPR dan ahli pidana.

Mereka diperiksa untuk melengkapi berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) korupsi Dana Desa Jeruklegi Kulon yang kini sudah memasuki tahap penyidikan. Hasil pemeriksaan dan audit BPK dan Inspektorat Cilacap, diperoleh fakta dugaan kerugian negara total sebanyak Rp680 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2017.

 

"Kita minta perhitungan kerugian negara sama Inspektorat Cilacap, untuk menghitung kerugian negaranya," ucap Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Cilacap, Sukesto, Senin, 27 Januari 2020.

Kerugian negara ini berasal dari dugaan pengurangan volume enam proyek atau pelaksanaan proyek yang tak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan PPN serta PPH yang tak dibayarkan. Diduga tersangka IR memperkaya diri sendiri dari proyek yang bersumber dari dana desa tersebut.

Sukesto menarget pada Februari BAP sudah lengkap dan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Cilacap. Adapun Tersangka IR, sejak 20 Januari 2020 lalu ditahan di Rutan Cilacap. Kejari menahan IR lantaran dikhawatirkan menghilangkan barang bukti.

Sukesto mengemukakan, sebelumnya Kejari mendapat laporan dugaan korupsi dana desa Jeruklegi Kulon dari masyarakat. Selain audit Inspektorat Cilacap, dugaan korupsi ini juga diperkuat dari keterangan saksi-saksi yang telah diperiksa.

Simak video pilihan berikut ini:

Penelusuran Aset Tersangka Korupsi Dana Desa

Tersangka korupsi dana desa, Kepala Desa Jeruklegi Kulon, Cilacap, IR di Kantor Kejari Cilacap. (Foto: Liputan6.com/tangkapan layar video/Muhamad Ridlo)
Tersangka korupsi dana desa, Kepala Desa Jeruklegi Kulon, Cilacap, IR di Kantor Kejari Cilacap. (Foto: Liputan6.com/tangkapan layar video/Muhamad Ridlo)

"Saksi ahli, perhitungan kerugian negara dan ahli pidana, jumlah saksi sekitar 16 orang. Itu sudah cukup, kita sekarang pendalaman," katanya.

Dan kini, kejari juga tengah menelusuri harta atau aset tersangka, IR. Asset racing ini dilakukan untuk aliran duit rasuah dana desa tersebut. Target lainnya adalah penyelamatan keuangan negara.

Kepala Kejari Cilacap, Agus Sugianto Sirait mengatakan, kepada penyidik, IR mengaku sebagian uang korupsi itu digunakan untuk biaya operasional kepala desa yang tak ditanggung oleh dana desa. Akan tetapi, tersangka tak bisa menunjukkan bukti penggunaan dana operasional.

"Kita tidak langsung percaya. Karena saat diminta buktinya pun tidak bisa menunjukkan," ucap Agus.

Kades IR diduga melanggar Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 18 ayat (1) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan Undang undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Subsidair Pasal 3 Jo. Pasal 18 ayat (1) sub a dan b Undang-undang nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Tersangka terancam hukuman penjara antara empat tahun hingga seumur hidup. Untuk menghindari tersangka menghilangkan barang bukti, IR ditahan di Rutan Cilacap.

Agus mengemukakan, dari nilai rupiah, korupsi dana desa yang diduga dilakukan oleh IR memang terbilang kecil. Tetapi, jika dibiarkan maka akan jadi contoh buruk. Sebab, secara akumulatif dana desa di Indonesia mencapai ratusan triliun.

"Ini bisa menjadi pembelajaran untuk lainnya, jangan sampai berpikir korupsi," Agus menegaskan.

Layanan Satu Pintu Kejari Cilacap

Kepala Kejari Cilacap, Agus Sugianto Sirait. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Kepala Kejari Cilacap, Agus Sugianto Sirait. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Rasuah di desa dinilai cukup berisiko. Pasalnya, kini pemerintah desa memiliki kewenangan mengelola anggaran.

Untuk mencegah penyalahgunaan anggaran di desa, Kejari sebenarnya juga telah memiliki mekanisme pengawasan. Dalam masa pengawasan ini, Kejari memperingatkan pemerintah desa jika terjadi potensi pelanggaran hukum.

"Kita peringatkan selama masih dalam masa pengawasan. Tetapi, kalau sudah terjadi, maka baru penindakan," dia menjelaskan.

Bahkan, mekanisme pengawasan dan peringatan itu pun rupanya sudah dilalui Kejari dalam kasus tersangka IR. Namun, IR membandel. Ia tak beritikad baik mengembalikan duit yang kadung ditilep.

"Kita menerima banyak laporan masyarakat. Kita tindaklanjuti laporan sekecil apapun. Kita berupaya melakukan langkah preventif," ucap Agus.

Agus menerangkan, dari beberapa kasus sangkaan korupsi dana desa, sebagian hanya lah maladministrasi. Karenanya, Kejari menyiapkan layanan satu pintu untuk mempercepat dan memudahkan layanan konsultasi kepada masyarakat.

Salah satu yang diprioritaskan adalah layanan konsultasi hukum bagi pemerintah desa di Cilacap. Agus bilang langkah ini juga dilakukan untuk mencegah kemungkinan maladministrasi yang berpotensi menjadi delik pidana. Terutama dalam pengelolaan dana desa.

Di layanan satu pintu akan tersedia petugas yang akan melayani masyarakat untuk berkonsultasi. Layanan satu pintu berada di bawah Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun). Rencanya, layanan satu pintu Kejari Cilacap akan diluncurkan pada awal Februari esok.

"Yang penting itu adalah penyelamatan uang negara," dia menegaskan.

Selain menyiapkan layanan satu pintu, sejak dihapuskannya Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TPID), Kejari Cilacap juga aktif sosialisasi hukum ke kepala desa dan perangkat desa di Cilacap. Tujuannya yakni agar tidak ada kasus hukum yang membelit Pemdes lantaran kesalahan administrasi.

"Sosialisasi tidak bisa per desa. Karena petugas kita juga kurang. Jadi pemdes di satu kecamatan kita kumpulkan. Nah sosialisasi di situ," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menengok Progres Pembangunan Rumah Sakit Virus Corona di Wuhan

Posted: 29 Jan 2020 09:00 PM PST

Gambar pada 28 Januari 2020, pekerja konstruksi di lokasi Rumah Sakit Huoshenshan yang sedang dibangun di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang.  (Xiao Yijiu/Xinhua via AP)
Gambar pada 28 Januari 2020, pekerja konstruksi di lokasi Rumah Sakit Huoshenshan yang sedang dibangun di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Xiao Yijiu/Xinhua via AP)

Gambar pada 28 Januari 2020, pekerja konstruksi di lokasi Rumah Sakit Huoshenshan yang sedang dibangun di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Xiao Yijiu/Xinhua via AP)

Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)
Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)

Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)

Gambar pada 28 Januari 2020, truk konstruksi berjejer di lokasi Rumah Sakit Huoshenshan yang sedang dibangun di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)
Gambar pada 28 Januari 2020, truk konstruksi berjejer di lokasi Rumah Sakit Huoshenshan yang sedang dibangun di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)

Gambar pada 28 Januari 2020, truk konstruksi berjejer di lokasi Rumah Sakit Huoshenshan yang sedang dibangun di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)

Gambar pada 28 Januari 2020, pekerja konstruksi di lokasi Rumah Sakit Huoshenshan yang sedang dibangun di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)
Gambar pada 28 Januari 2020, pekerja konstruksi di lokasi Rumah Sakit Huoshenshan yang sedang dibangun di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)

Gambar pada 28 Januari 2020, pekerja konstruksi di lokasi Rumah Sakit Huoshenshan yang sedang dibangun di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)

Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)
Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)

Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)

Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)
Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)

Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)

Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)
Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)

Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Bukti kalau Main Puzzle Bukan Cuma untuk Asah Otak

Posted: 29 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Permainan puzzle sangat menyenangkan karena bisa dilakukan bersama teman atau sendirian untuk mengisi waktu luang. Permainan puzzle juga bisa dimainkan oleh anak-anak maupun orang tua.

Bagi sebagian orang mungkin sudah mengetahui manfaat permainan puzzle bagi otak. Berikut ini merupakan penjelasan bagaimana kerja otak ketika sedang bermain puzzle, dilansir dari ReadersDigest.

1. Tiap puzzle menstimulasi otak di area yang berbeda

Marcel Danesi (seorang profesor semiotik dan antropologi di Victoria College, University of Toronto, sekaligus penulis The Total Brain Workout: 450 Puzzles to Sharpen Your Mind, Improve Your Memory, and Keep Your Brain Fit) mengatakan kebanyakan puzzle menstimulasi kemampuan kognitif, dari cara berpikir spasial hingga bahasa dan pertimbangan.

Beberapa puzzle jenis teka-teki dan akrostik biasanya menstimulasi otak di area bahasa. Lalu puzzle bongkar pasang dan mencocokkan gambar akan menstimulasi otak di bagian proses logika, ujarnya.

2. Mempu memecahkan masalah

Danesi mengatakan puzzle yang berhubungan dengan angka, huruf, bentuk dan logika dimana kita harus menyelesaikan solusinya, kurang lebih penggambaran kerja otak saat itu sebagaimana detektif dalam kasus misterinya namun ini versi kecilnya. Dan ketika masalah terpecahkan, akan muncul perasaan puas dan bangga.

3. Mengurangi Stres

Puzzle seperti bongkar pasang dapat membantu relaksasi dan mengurangi stres, menurut penelitian yang dirilis di Frontiers in Aging Neuroscience.

 

4. Puzzle yang sulit mengubah pola aktivitas otak

Manfaat Bermain Puzzle untuk Anak (Montenegro/Shutterstock)
Manfaat Bermain Puzzle untuk Anak (Montenegro/Shutterstock)

Kebanyakan otak mengikuti pola aktivitas yang selalu sama. Tapi ketika Anda bermain sudoku atau mencari kosakata, otak akan mengaltigkan beberapa sel baru untuk membantu otak memecahkan serta menyelesaikan masalahnya.

5. Mengaktifkan semua sel otak

Puzzle mengaktifkan kedua belah otak, baik kiri maupun kanan. Sel otak yang memproses imajinasi dan memori juga turut aktif, terutama ketika bermain puzzle suku kata atau matematika.

Menurut penelitian terbaru, rasa puas setelah mampu menyelesaikan suatu puzzle berasal dari dopamin di nukleus akumben (area otak yang bertanggung jawab akan menghadiahi dan memperkuat).

6. Puzzle berperan memenuhi kebutuhan peningkatan fungsi kognitif

Beberapa studi menunjuk manfaat puzzle angka dan huruf untuk meningkatkan fungsi kognitif dan membantu mencegah kehilangan kemampuan otak.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasar Smartphone Tiongkok Lesu, Huawei Terus Tumbuh

Posted: 29 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset pasar Canalys merilis laporan tentang pasar smartphone Tiongkok pada kuartal IV (Q4) 2019. Huawei mempertahankan dominasinya di pasar smartphone terbesar di dunia tersebut.

Dilansir dari GSM Arena, Kamis (30/1/2020), Huawei pada Q4 2019 telah mengapalkan 33,3 juta unit smartphone di Tiongkok, tumbuh 11 persen dibandingkan satu tahun lalu. Pangsa pasarnya sebesar 39 persen.

Oppo berada di posisi kedua dengan pengapalan 14 juta unit smartphone dan 16,4 persen pangsa pasar. Vivo bertengger di posisi ketiga besar dengan 13,1 juta unit pengapalan smartphone, dan 15,4 persen pangsa pasar.

Posisi keempat dan kelima ditempati oleh Apple dan Xiaomi. Masing-masing mengapalkan 10,1 juta dan 8,1 juta unit smartphone. Pangsa pasar Apple sebesar 11,8 persen, sedangkan Xiaomi 9,5 persen.

Dari kelima vendor tersebut, hanya pangsa pasar Huawei yang mengalami pertumbuhan dibandingkan Q4 2018. Oppo turun 25 persen, Vivo 29 persen, Apple 12 persen, dan Xiaomi turun 14 persen.

Total Pengapalan dan Smartphone 5G

Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iStockphoto)

Secara keseluruhan, pengapalan smartphone di Tiongkok pada Q4 2019 mencapai 85,3 juta unit, turun 15 persen year-over-year (YoY).

Total pengapalan smartphone di negara tersebut sepanjang tahun lalu 369 juta unit, turun 7 persen dibandingkan satu tahun sebelumnya. Penurunan ini disebabkan melemahnya penjualan smartphone 4G, yang bersamaan dengan antisipasi permintaan untuk perangkat 5G.

Pengapalan smartphone 5G di Tiongkok pada tahun lalu masih sedikit dengan total 8,9 juta unit. Huawei mendominasi kategori tersebut dengan perkiraan pengapalan 6,9 juta unit, dan 78 persen pangsa pasar. Peringkat kedua di tempat Vivo dengan pengapalan 1,2 juta unit.

Terlepas dari masih rendahnya pengapalan smartphone 5G di Tiongkok, Canalys memperkirakan akan terjadi pertumbuhan besar pada tahun ini. Pengapalan smartphone tersebut diprediksi akan mencapai 150 juta unit pada tahun ini.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramai Wabah Virus, Ini 5 Potret Raffi dan Nagita Slavina Liburan Pakai Masker

Posted: 29 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini masih menjadi pemberitaan hangat di seluruh dunia. Akibat dari wabah virus Corona ini, kabarnya virus tersebut telah menyebar ke beberapa negara sekitar Tiongkok. Tak heran jika masyarakat di berbagai negara saat ini turut menggunakan masker. Bahkan hal ini juga diikuti oleh keluarga seleb Tanah Air, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Meski kini sedang berada di Prancis sebagai rangkaian liburan keliling dunia mereka, Raffi dan rombongan memutuskan untuk menggunakan masker. Hal ini lantaran sedang ramainya wabah virus di beberapa negara bahkan di Prancis. Walaupun tengah di Eropa, Raffi dan Nagita Slavina memakai masker demi mencegah hal yang tak diinginkan.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati, semoga kita sehat semuanya ... jaga kesehatan semuanya guys ... hati hati dengan virus yang sedang mewabah," keterangan foto yang diunggah pada 29 Januari 2020 di Instagram pribadi mereka.

Berikut ini 5 potret Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pakai masker saat sampai di Prancis, dirangkum dari Instagram pribadi @raffinagita1717 oleh Liputan6.com, Kamis (30/1/2020).

1. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina kompak pakai masker akibat ramainya berita wabah virus Corona.

Khawatir virus Corona yang sedang ramai, Raffi dan Nagita pakai masker saat liburan. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)
Khawatir virus Corona yang sedang ramai, Raffi dan Nagita pakai masker saat liburan. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

2. Tak terkecuali Rafathar yang juga pakai masker berwarna hijau.

Khawatir virus Corona yang sedang ramai, Raffi dan Nagita pakai masker saat liburan. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)
Khawatir virus Corona yang sedang ramai, Raffi dan Nagita pakai masker saat liburan. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

3. Rombongan Raffi memutuskan untuk pakai masker demi keselamatan mereka.

Khawatir virus Corona yang sedang ramai, Raffi dan Nagita pakai masker saat liburan. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)
Khawatir virus Corona yang sedang ramai, Raffi dan Nagita pakai masker saat liburan. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

4. Nagita Slavina pakai masker dan pakaian tebal kala di Prancis.

Khawatir virus Corona yang sedang ramai, Raffi dan Nagita pakai masker saat liburan. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)
Khawatir virus Corona yang sedang ramai, Raffi dan Nagita pakai masker saat liburan. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

5. Tak ketinggalan pula Merry juga ikut pakai masker. Semoga semua rombongan Raffi dan Nagita tetap sehat ya!

Khawatir virus Corona yang sedang ramai, Raffi dan Nagita pakai masker saat liburan. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)
Khawatir virus Corona yang sedang ramai, Raffi dan Nagita pakai masker saat liburan. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suso Akui Harus Bertarung Dulu Sebelum Tinggalkan AC MIlan

Posted: 29 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Milan - Pemain sayap AC MIlan, Suso, sudah lama dikaitkan dengan kepindahan dari klubnya. Suso dinilai gagal mengokohkan posisinya di tim utama karena penampilan yang tidak mengesankan di lapangan.

Pemain berusia 26 tahun itu, terang-terangan ingin pindah ke Sevilla. Klub Liga Spanyol itu, dan AC Milan terus melakukan diskusi soak kemungkinan perpindahan Suso.

Sampai akhirnya, seperti dilansir Football Italia, Suso akhirnya menyelesaikan transfernya Rabu malam (29/1/2020). Ia akan dipinjamkan selama 18 bulan dengan opsi 20 juta euro jika dibeli, dan yang menjadi kewajiban jika mereka lolos ke Liga Champions.

Suso mengaku dia harus bertarung dengan semua orang selama beberapa minggu terakhir untuk mewujudkan mimpinya meninggalkan Milan ke Sevilla.

"Baik AC Milan maupun Sevilla tahu betul bahwa tujuan saya datang ke sini," kata Suso di situs resmi klub.

Pelatih Terbaik

"Ini adalah minggu yang sangat sulit, kami harus berjuang melawan semua orang, tetapi yang paling penting adalah bahwa saya berada di Sevilla sekarang. Saya ingin datang ke sini untuk beberapa waktu, kami juga telah mencoba selama musim panas, tetapi tidak berhasil dan itu adalah duri di sisi saya," katanya.

"Ini adalah tempat yang tepat untuk memastikan karier saya dengan tim nasional Spanyol. Julen Lopetegui mengenal saya lebih baik daripada orang lain, karena saya bekerja padanya untuk tim yunior dan juga memberikan saya debut di Spanyol. Saya tidak bisa memiliki pelatih yang lebih baik saat ini. "

Tak Terburu-buru

Gelandang AC Milan, Suso, berebut bola dengan gelandang SPAL, Pasquale Schiattarella, pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Sabtu (29/12). Milan menang 2-1 atas SPAL. (AP/Antonio Calanni)
Gelandang AC Milan, Suso, berebut bola dengan gelandang SPAL, Pasquale Schiattarella, pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Sabtu (29/12). Milan menang 2-1 atas SPAL. (AP/Antonio Calanni)

Seperti diketahui, pelatih Sevilla, Julen Lopetegui, tampaknya adalah penggemar berat pemain yang telah bekerja bersamanya saat bersama tim nasional Spanyol.

Suso masih memiliki kontrak hingga Juni 2022 bersama AC Milan. Hal itu membuat manajemen Rossoneri tak terburu-buru untuk memberinya kontrak baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tekuk City 1-0, Manchester United Tetap Gagal ke Final Piala Liga Inggris

Posted: 29 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester United gagal menembus final Piala Liga Inggris musim ini. Padahal pada leg kedua yang digelar Rabu (29/1/2020) atau Kamis dinihari WIB, Setan Merah menang 1-0 atas Manchester City.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditinggal Majikannya, Pemkab Pulangkan TKW Jember Terkena Stroke

Posted: 29 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur membantu pemulangan pekerja migran Indonesia asal daerah itu yang bermasalah dan menderita stroke di Malaysia sejak Oktober 2019.

Pekerja migran Indonesia bernama Rubiah (53), asal Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur, tersebut tiba di Rumah Sakit dr Soebandi Jember, Rabu, 29 Januari 2020.

"Hari ini Bu Rubiah sudah bertemu dengan keluarga dan anaknya," kata Kepala Seksi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnaker Jember Sugeng Heri Mulyono di Jember, dilansir dari Antara.

Dia menuturkan, informasi yang diperoleh dari KBRI di Malaysia menyebutkan Rubiah sebelumnya diantar oleh majikannya berobat di rumah sakit karena sakit stroke, kemudian tidak diketahui keberadaan majikannya itu.

"Satgas BNP2TKI di Malaysia berupaya mencari majikan Rubiah, namun tidak ditemukan hingga akhirnya perempuan itu dipulangkan oleh pemerintah, sehingga biaya kepulangan ditanggung pemerintah dan dibantu relawan yang mendampingi dari Tanjung Pinang hingga Jember," tuturnya.

 

Atas Permohonan Keluarga

stroke
stroke

Ia menjelaskan, Pemkab Jember memulangkan pekerja migran yang sakit stroke tersebut atas permohonan keluarganya, meskipun Rubiah merupakan pekerja migran yang berangkat ke Malaysia tidak sesuai dengan prosedur atau pekerja migran ilegal.

"Disnaker Jember berkoordinasi dengan RS dr Seobandi untuk menjemput Rubiah, sehingga pekerja migran asal Desa Sumberejo itu langsung mendapat perawatan begitu tiba di Jember," kata dia.

Selain Rubiah, lanjut dia, ada satu perempuan asal Kecamatan Ledokombo yang juga dipulangkan karena mengalami masalah di luar negeri, tapi yang bersangkutan bukan pekerja migran Indonesia.

"Saya berharap warga Jember yang bekerja ke luar negeri agar menggunakan jalur sesuai prosedur karena berangkat secara legal atau resmi itu akan lebih baik dan penanganan lebih mudah, sehingga tidak ada kendala," ujarnya.

Berdasarkan data Disnaker Jember tercatat sebanyak 35 pekerja migran asal Jember yang mengalami masalah di luar negeri dan dipulangkan ke Jember yang semuanya adalah pekerja migran yang berangkat melalui jalur tidak resmi atau ilegal.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bunga Citra Lestari Tagih Utang ke Ariel Noah, soal Apa?

Posted: 29 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini, Bunga Citra Lestari mengabarkan bahwa ia akan merilis single anyar berjudul "Menghapus Jejakmu," hit lawas Peterpan yang kini bernama Noah.

"Menghapus Jejakmu" dari album Hari Yang Cerah… Untuk Jiwa Yang Sepi dinyanyikan ulang oleh Bunga Citra Lestari dengan aransemen baru. Bunga Citra Lestari antusias mengumumkan kabar bahagia ini.

"Menghapus Jejakmu" versi Bunga Citra Lestari dijadwalkan rilis pada 23 Januari 2020. Namun hingga artikel ini disusun, lagu tersebut belum juga dirilis oleh Bunga Citra Lestari. Penggemar bertanya-tanya. Bunga Citra Lestari lantas menagih utang ini kepada Ariel Noah.

Silakan Tanya Sama Orangnya

Unggahan Bunga Citra Lestari. (Foto: Dok. Instagram @bclsinclair)
Unggahan Bunga Citra Lestari. (Foto: Dok. Instagram @bclsinclair)

Momen menagih utang lagu ini diabadikan pelantun "Aku Tak Mau Sendiri" dan "Karena Kucinta Kau" di akun Instagram terverifikasi miliknya, pada Rabu (29/1/2020) kemarin.

"Buat semuanya yang nanya kenapa tanggal 23 kemarin belum keluar juga lagu 'Menghapus Jejakmu' yang Ariel janji bikinin buat versinya BCL, silakan ditanya sama orangnya, nih. Dijelaskan Mas, kenapa kira-kira. Kenapa tanggal 23 kemarin enggak ada?" ungkap Bunga Citra Lestari dalam video berdurasi belasan detik itu.

Penyebab Mundur

Bunga Citra Lestari. (Foto: Dok. Instagram @bclsinclair)
Bunga Citra Lestari. (Foto: Dok. Instagram @bclsinclair)

Ariel Noah yang mengenakan kaus putih tampak salah tingkah. Bintang film Sang Pemimpi ini kemudian menjelaskan alasannya.

"Tanggal 23 kemarin ada persiapan lagu Guruh Soekarno Putra," ujarnya, ringkas. Bunga Citra Lestari lalu mengonformasi, "Jadi ditinggalkan, nih proyek yang ('Menghapus Jejakmu') ini?"

Bukannya Tak Tepati Janji

Ariel Noah dalam unggahan Bunga Citra Lestari. (Foto: Dok. Instagram @bclsinclair)
Ariel Noah dalam unggahan Bunga Citra Lestari. (Foto: Dok. Instagram @bclsinclair)

Mendengar pertanyaan ini, Ariel Noah buru-buru membantah. "Oh, enggak. Jadi hari ini, tuh (ada) dua (proyek di) studio gue, satu Guruh Soekarno Putra. Satu lagu BCL," beri tahu vokalis bernama Nazril Irham ini.

Penjelasan Ariel Noah melegakan hati Bunga Citra Lestari. "Jadi gitu ya, guys. Bukannya aku enggak mau menepati janji di tanggal itu. Tapi memang dia enggak bisa menepati janji orangnya," seloroh bintang film Habibie & Ainun serta My Stupid Boss kemudian tertawa.

Sebentar Lagi Jadi

Bunga Citra Lestari. (Foto: Dok. Instagram @bclsinclair)
Bunga Citra Lestari. (Foto: Dok. Instagram @bclsinclair)

Ariel Noah lantas meminta Bunga Citra Lestari mengalihkan kamera ponselnya ke layar monitor yang memperlihatkan proses pengolahan lagu "Menghapus Jejakmu" versi BCL.

"Tuh lagi dikerjain ya, guys. Sabar, ya," imbuh penyanyi kelahiran Jakarta, 22 Maret 1983 ini. Ariel Noah menimpali, "Bentar lagi jadi."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BKN Terima Usulan Kenaikan Pangkat PNS, Catat Batas Waktunya

Posted: 29 Jan 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian, Aris Windiyanto, menginformasikan batas waktu penerimaan usul kenaikan pangkat (KP) Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2020.

Hal ini melalui surat nomor: D 26-30/V 2-9/99 mengenai Batas Waktu Penerimaan Usul Kenaikan Pangkat PNS Tahun 2020.

Sebagai informasi, sesuai rilis yang diterima, bahwa usul kenaikan pangkat PNS untuk periode 1 April 2020 dapat diterima di Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 1 Januari 2020 sampai dengan 28 Februari 2020.

"Sementara untuk usul kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2020 dapat diterima di BKN pada 1 Juli 2020 sampai dengan 31 Agustus 2020," seperti dikutip dari laman Setkab, Kamis (30/1/2020).

Terhadap usul kenaikan pangkat PNS yang tidak lengkap, akan diberitahukan melalui situs SAPK online. Batas akhir penyampaian kelengkapan berkas tidak lengkap untuk periode 1 April 2020, menurut rilis, paling lambat tanggal 30 Juni 2020.

"Sementara untuk kenaikan pangkat 1 Oktober 2020, paling lambat tanggal 31 Desember 2020," bunyi akhir rilis tersebut.

Tenaga Honorer Bakal Diangkat jadi PNS Tanpa Tes, Benarkah?

Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id
Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyampaikan adanya dua informasi yang tidak benar dan berpotensi membingungkan masyarakat berupa pengumuman dan surat pemberitahuan terkait penerimaan CPNS 2019 dan PPPK.

Untuk pengumuman yakni terkait informasi penerimaan CPNS di lingkungan pemerintah pusat dan daerah. Pengumuman tersebut bernomor BL:B/017/M.SM.01/2020 yang seolah-olah ditandatangani oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo.

Pengumuman palsu tersebut ditujukan kepada seluruh tenaga honorer guru, administrasi, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh adanya kesempatan untuk diangkat menjadi PNS tanpa mengikuti tes.

Mereka diminta untuk konfirmasi langsung ke Direktur Pengadaan dan Kepangkatan PNS BKN Pusat Jakarta Drs Muh Iqbal dengan nomor Whatsapp 081953388478.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian menegaskan bahwa pengumuman tersebut tidak benar.

"Pengumuman tersebut tidak berasal dari Kementerian PANRB dan sudah dipastikan palsu. Untuk pengangkatan CPNS juga harus melalui tahapan seleksi CPNS," tegasnya di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Sedangkan untuk surat pemberitahuan palsu ditujukan untuk para peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Surat tersebut ditandatangani oleh SUB Verifikasi Data Reformasi Birokrasi Aparatur dan Pengawas, Muhammad Yusuf Ateh.

Surat palsu tersebut berisikan penjelasan kebutuhan ASN untuk pemerintah pusat dan daerah dengan alokasi CPNS 50 persen dan PPPK 50 persen. Tertulis dalam surat itu, instansi dapat mengusulkan kebutuhan jabatan fungsional yang dapat diisi PPPK dengan memberi kesempatan kepada pegawai non PNS yang saat ini masih aktif bekerja secara terus-menerus.

Andi lantas mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap informasi yang beredar. "SYa meminta masyarakat untuk lebih selektif dalam menerima informasi dan melakukan konfirmasi kebenaran surat/informasi kepada Kementerian PANRB," imbuhnya. 

Menteri PANRB Pastikan Ujian CPNS 2019 Sesuai Jadwal

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, soal ujian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah diserahkan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Adapun tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 akan digelar pada akhir Januari hingga Februari mendatang dengan melalui ujian berbasis komputer (Computer Assisted Test/CAT).

"Sudah, soalnya sudah diserahkan. Sesuai jadwal pokoknya," ujar Tjahjo saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (13/1).

Tjahjo melanjutkan, hingga kini pihaknya telah selesai melakukan seleksi administrasi perekrutan CPNS 2019. Sebanyak 3,7 juta dari jumlah pendaftar sekitar 4,6 juta dinyatakan lolos seleksi administrasi.

"Dari 4,6 juta pendaftar, yang memenuhi persyaratan administrasi hanya 3,7 juta. Jadi soalnya pun sudah kita kirim ke BKN. Sudah, sudah ada di BKN," jelasnya.

Mantan Menteri Dalam Negeri tersebut menambahkan, penerimaan PNS untuk 2020 akan dilakukan usai penerimaan PNS 2019 rampung dilakukan. "(Penerimaan PNS 2020 kapan?) setelah ini lah," tandasnya.

Reporter:  Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Juventus Mulai Terancam

Posted: 29 Jan 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Liga Italia sudah berlangsung 21 pekan. Persaingan sengit terjadi di papan atas. Juara bertahan Juventus hanya unggul tipis dari peringkat dua Inter Milan.

Juventus sudah mendapat 51 poin dari 21 laga Liga Italia. I Bianconeri cuma kalah dua kali. Akhir pekan kemarin mereka takluk 1-2 di kandang Napoli, San Paolo.

Kekalahan tersebut membuat Juventus cuma unggul tiga poin saja dari Inter Milan yang berada di urutan kedua klasemen Liga Italia.

Juventus juga cuma unggul lima poin dari peringkat ketiga Lazio. Namun Lazio masih punya satu laga tunda. Jika menang, Lazio akan cuma berjarak dua poin dari Juventus.

Sementara AC Milan perlahan mulai merangkak naik. I Rossoneri menempati posisi delapan klasemen Liga Italia dengan koleksi 31 poin setelah menang tiga kali beruntun.

Klasemen Liga Italia

 

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kinerja Industri Keuangan Indonesia Selama 2019 Masih Positif

Posted: 29 Jan 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kinerja industri keuangan Indonesia sepanjang 2019 masih positif. Padahal di dunia tengah dihadapkan sentimen negatif seperti salah satunya resiko perang dagang AS-China.

Ekonom Bank Danamon Wisnu Wardhana mengatakan, kinerja positif industri jasa keuangan masih berkinerja postif terlebih kalau dibandingkan dengan negara-negara lain.

"Hal ini tentu tidak lepas dari fungsi pengawasan dari OJK yang telah memperkuat penerapan manajemen risiko serta mendorong peningkatan daya saing, melalui berbagai kebijakan yang diterbitkan," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Kamis, (30/1/2020).

Di tengah tekanan perekonomian global, kredit perbankan 2019 tumbuh di 6,08 persen (yoy) ditopang oleh sektor konstruksi yang tumbuh 14,6 persen (yoy) dan rumah tangga 14,6 persen (yoy). Sejalan dengan itu, kredit investasi meningkat 13,2 persen (yoy) yang menunjukkan potensi pertumbuhan sektor riil ke depan.

Pertumbuhan kredit ini diikuti dengan profil risiko kredit yang terjaga. Rasio Non-Performing Loan gross perbankan tercatat rendah sebesar 2,5 persen dan NPL net 1,2 persen. Capital Adequacy Ratio perbankan mencapai 23,3 persen, dengan likuiditas atau LDR 93,6 persen.

Sementara Net Interest Margin (NIM) tercatat turun menjadi 4,9 persen dari 5,1 persen di 2018 dan rata-rata suku bunga kredit turun dari 10,8 persen di akhir 2018 menjadi 10,5 persen di akhir 2019.

"Pengawasan yang telah berjalan dengan semakin baik oleh OJK perlu diperkuat oleh komunikasi yang efektif dengan mitra yang tengah diawasi, agar dapat bersama-sama membangun industri perbankan/sektor keuangan yang memiliki daya saing setingkat global," ungkap Wisnu.

 

Non Perbankan

Ilustrasi OJK
Ilustrasi OJK

Sementara itu, industri keuangan nonbank juga tetap menjaga kualitas pertumbuhannya. Sepanjang 2019, premi asuransi komersial yang dikumpulkan mencapai Rp281,2 triliun tumbuh 8,0 persen (yoy), dengan premi asuransi jiwa sebesar Rp179,1 triliun tumbuh 4,1 persen (yoy) serta premi asuransi umum/ reasuransi sebesar Rp102,1 triliun.

Sementara tingkat permodalan industri asuransi juga masih sangat kuat, terlihat dari Risk-Based Capital industri asuransi umum dan asuransi jiwa masing-masing sebesar 345,35 persen dan 789,37 persen, jauh lebih tinggi dari threshold 120 persen.

Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) Dadang Sukresna menyebutkan, kinerja industri asuransi masih baik. Meskipun ada masalah di beberapa perusahaan asuransi belakangan ini, namun lebih disebabkan oleh tata kelola di internal perusahaan yang tidak berjalan dengan baik.

"Intinya adalah pihak otoritas (OJK) itu sudah mengatur berbagai macam tata kelola yang baik, itu sudah ada aturannya. Perusahaan asuransi lain yang sekarang memiliki produk yang sama, selama aturan tata laksana itu dilakukan dengan baik, itu tidak masalah," jelas dia.

Adapun kinerja perusahaan pembiayaan pada 2019 tetap tumbuh positif sebesar 4,5 persen, dengan risiko kredit NPF terpantau stabil rendah sebesar 2,40 persen (gross) dan 0,45 persen (net). Demikian juga dengan Gearing Ratio perusahaan pembiayaan yang terbilang masih rendah, yaitu sebesar 2,61 kali.

 

Pasar Modal

Pekerja bercengkerama di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). IHSG ditutup naik 3,34 poin atau 0,05 persen ke 5.841,46. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja bercengkerama di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). IHSG ditutup naik 3,34 poin atau 0,05 persen ke 5.841,46. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sedangkan di pasar modal, OJK terus secara aktif mendorong perusahaan-perusahaan berskala menengah untuk mendapatkan sumber pembiayaan melalui pasar modal.

Usaha ini membuahkan hasil terlihat dari penghimpunan dana melalui penawaran umum di pasar modal pada 2019 mencapai Rp166,8 triliun dan 60 emiten baru.

Angka ini menjadi pertumbuhan emiten tertinggi di ASEAN dan nomor 7 di dunia. Total dana kelolaan investasi di Pasar Modal di 2019 juga meningkat dari Rp745,77 triliun (2018) menjadi Rp806,86 triliun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria Kembali Diperiksa KPK

Posted: 29 Jan 2020 08:45 PM PST

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria menunggu akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Muzni diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur Jembatan Ambayan dan Masjid Agung di Solok Selatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria menunggu akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Muzni diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur Jembatan Ambayan dan Masjid Agung di Solok Selatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria menunggu akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Muzni diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur Jembatan Ambayan dan Masjid Agung di Solok Selatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Muzni Zakaria diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur Jembatan Ambayan dan Masjid Agung di Solok Selatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Muzni Zakaria diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur Jembatan Ambayan dan Masjid Agung di Solok Selatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Muzni Zakaria diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur Jembatan Ambayan dan Masjid Agung di Solok Selatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Muzni Zakaria diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur Jembatan Ambayan dan Masjid Agung di Solok Selatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Muzni Zakaria diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur Jembatan Ambayan dan Masjid Agung di Solok Selatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Muzni Zakaria diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur Jembatan Ambayan dan Masjid Agung di Solok Selatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Muzni Zakaria diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur Jembatan Ambayan dan Masjid Agung di Solok Selatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Muzni Zakaria diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur Jembatan Ambayan dan Masjid Agung di Solok Selatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Muzni Zakaria diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur Jembatan Ambayan dan Masjid Agung di Solok Selatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surat Perpisahan Christian Eriksen Untuk Suporter Tottenham

Posted: 29 Jan 2020 08:35 PM PST

Milan - Gelandang Denmark, Christian Eriksen, menulis surat kepada penggemar Tottenham Hotspur setelah ketika kepindahannya ke Inter Milan diresmikan.

Pemain 29 tahun itu bergabung dengan Inter dengan mahar transfer 16,9 juta poundsterling pada Selasa (28/1/2020), menandatangani kontrak empat setengah tahun di San Siro. Spekulasi berbulan-bulan dengan kontrak Spurs-nya yang berakhir pada musim panas pun berakhir.

Christian Eriksen menghabiskan enam setengah tahun di London utara, bermain sebanyak 305, mencetak 69 gol, dan menyumbang 89 assist. Ia jadi sosok penting di lini kedua Spurs. Ia dirijen permainan tim.

"Para penggemar Tottenham sayang, aku tidak tahu harus mulai dari mana," Eriksen memulai suratnya yang diposting di Twitter pribadi.

"Saya tidak punya waktu untuk mengucapkan selamat tinggal kepada semua orang, meskipun saya merasa seperti saya memainkan banyak pertandingan di mana semua orang mengatakan dan berpikir saya akan pergi keesokan harinya.

"Saya memiliki begitu banyak kenangan yang tidak dapat dipercaya selama enam setengah tahun terakhir saya di Spurs."

"Saya menikmati berada di tempat latihan setiap hari dan bermain di stadion yang begitu banyak, tetapi kadang-kadang Anda hanya ingin mencoba sesuatu yang baru!

"Jadi, penggemar Spurs, senang bermain di klubmu dan mudah-mudahan kita bertemu lagi di masa depan! Semua yang terbaik, Christian."

Christian Eriksen menjadi pemain ketiga yang digaet Inter Milan dari Premier League bulan ini. Sebelumnya mereka memboyong Ashley Young dari Manchester United dan Victor Moses dari Chelsea.  Nakhoda Inter, Antonio Conte juga tertarik mendatangkan Olivier Giroud dari Chelsea.

Ingin Belajar Banyak dari Conte

Christian Eriksen dan Direktur Inter Milan Steven Zhang. (Dok Inter Milan)
Christian Eriksen dan Direktur Inter Milan Steven Zhang. (Dok Inter Milan)

Inter terlibat persaingan seru dengan pelanggan gelar Serie A satu dekade terakhir, Juventus. Untuk bisa menjaga peluang juara, Antonio Conte pun memboyong sejumlah pemain yang bisa mendukung skemanya. Eriksen jadi sosok yang dinilai pas sebagai pengendali permainan lini tengah Inter.

Eriksen akan mengenakan nomor punggug 24 di klub barunya. "Saya tidak sabar untuk sampai di sini," katanya kepada Inter TV.

"Luar biasa berada di sini, saya ingin para penggemar tahu siapa saya, saya sudah memiliki kesempatan untuk merasakan kehangatan mereka, mereka memberi saya sambutan yang fantastis," timpalnya lagi.

"Saya merasa luar biasa. Saya memiliki kesempatan untuk bertemu Conte ketika saya masih di Tottenham dan kami menghadapi Chelsea, itu sangat sulit. Kesempatan untuk bertemu dengannya dan belajar bagaimana timnya bermain sangat menarik."

"Saya sangat senang bermain di Serie A dan di tim besar seperti Inter, klub yang fantastis."

 

Petikan Surat Perpisahan Eriksen

Sumber: Sky Sports

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Melemah di Awal Perdagangan, Namun Potensi Kenaikan Terbuka Lebar

Posted: 29 Jan 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Kamis ini. Namun, penguatan rupiah masih terbuka lebar mengingat Bank Sentral AS memutuskan menahan suku bunga.

Mengutip Bloomberg, Kamis (30/1/2020), rupiah dibuka di angks 13.634 per dolar AS, tak berbeda jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya. Namun menjelang siang, rupiah melemah ke 13.655 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 13.634 per dolar AS hingga 13.655 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,52 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.652 per dolar AS, melemah jika dibandingkan kemarin yang ada di angka 13.634 per dolar AS.

Namun, nilai tukar rupiah diprediksi menguat usai bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) menahan suku bunga acuan.

"Sikap bank sentral AS yang masih mempertahankan kebijakan longgar akan membantu penguatan rupiah terhadap dolar hari ini," kata Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra dikutip dari Antara.

The Fed memberikan sinyal akan meneruskan penyuntikan dana ke pasar via repo seperti yang dilakukan sejak awal September 2019.

Hal itu dilakukan The Fed sebagai upaya untuk menekan suku bunga antarbank turun.

Sementara itu, tingkat imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun kembali turun ke kisaran 1,58 persen setelah keputusan The Fed tersebut.

"Hanya saja kekhawatiran terhadap wabah virus corona masih akan menjadi beban untuk aset berisiko seperti rupiah," kata Ariston.

Ariston memperkirakan rupiah pada hari ini bergerak di kisaran 13.600 per dolar AS hingga 13.650 per dolar AS.

BI Sebut Rupiah Menguat Akibat Banyaknya Pasokan Valas

Teller menghitung mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menghitung mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menanggapi momentum penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang semakin meningkat belakangan ini.

Menurut Perry, hal itu dikarenakan pasokan valas dari para eksportir yang melimpah. Menurut catatan BI, pada 22 Januari 2020, rupiah menguat 1,74 persen (ptp) dibandingkan Desember 2019 lalu. Perkembangan ini melanjutkan penguatan pada 2019 yang tercatat 3,58 persen (ptp) atau 0,76 persen secara rerata.

"Penguatan Rupiah didorong pasokan valas dari para eksportir serta aliran masuk modal asing yang tetap berlanjut sejalan prospek ekonomi Indonesia yang tetap terjaga, daya tarik pasar keuangan domestik yang tetap besar, dan ketidakpastian pasar keuangan global yang mereda," ujar Perry di Gedung BI, Kamis (22/1/2020). 

Lanjut Perry, struktur pasar valas juga semakin kuat ditandai dengan meningkatnya volume transaksi dan kuotasi yang lebih efisien, serta makin berkembangnya pasar DNDF yang kemudian mendukung peningkatan efisiensi pasar valas.

"Bank Indonesia memandang bahwa penguatan nilai tukar Rupiah sejalan dengan kondisi fundamental, semakin baiknya mekanisme pasar dan keyakinan para pelaku pasar terhadap kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dan Pemerintah," imbuhnya.

Secara keseluruhan, BI menilai penguatan nilai tukar Rupiah memberikan dampak positif terhadap momentum pertumbuhan ekonomi dan stabilitas makroekonomi. Ke depan, Bank Indonesia memandang nilai tukar Rupiah tetap stabil sesuai dengan fundamentalnya dan mekanisme pasar yang terjaga.

"Untuk mendukung efektivitas kebijakan nilai tukar dan memperkuat pembiayaan domestik, Bank Indonesia terus mengakselerasi pendalaman pasar keuangan, baik pasar uang maupun pasar valas," papar Perry.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahapan Pengembalian Formulir Dukungan Partai di Pilkada Tasikmalaya Dimulai

Posted: 29 Jan 2020 08:31 PM PST

Liputan6.com, Tasikmalaya - Ajang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat akan berlangsung September mendatang. 

Satu per satu bakal calon Bupati Tasikmalaya mulai mengembalikan formulir ke partai pengusung sebagai syarat mutlak dukungan bagi mereka, dalam pilkada serentak tahun ini.

Iwan Saputra, bakal calon Bupati Tasikmalaya, yang berasal dari kalangan birokrat Tasikmalaya, mulai mengembalikan formulir pendaftaran ke Partai Golkar dan Demokrat, yang digadang bakal mendukungnya.

"Saya mendapatkan dukungan dari pinisepuh (sesepuh), semoga Allah meridai jalan kita semua," ujar dia saat jumpa pers di kediamannya, Jalan Laswi, Kota Tasikmalaya, Rabu (29/1/2020).

Menurutnya, pengembalian formulir yang ia lakukan, merupakan salah satu tahapan administrasi yang harus ditempuh seluruh calon untuk mendapatkan syarat dukungan partai pengusung. "Mari kita perbaiki terutama niat yang lurus," ujar dia.

Selain melakukan lobi politik di tingkat lokal, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tasikmalaya itu, mengklaim telah mendapatkan dukungan dari petinggi Golkar di tingkat wilayah Jawa Barat dan Dewan Pimpinan Pusat partai beringin.

"Saya sudah dipanggil Pak Erlangga Hartarto (Ketua Umum Golkar) dan dipersilahkan mengikuti pilkada Tasikmalaya," ujar dia.

Selain Golkar dan Demokrat yang diharapkan mendukung, Iwan mengklaim mendapat dukungan kalangan nahdliyin, seiring masuknya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam rencana koalisi besar yang ia siapkan.

"Nanti (soal siapa wakil bupati) ditentukan oleh koalisi," dia menegaskan.

Untuk menciptakan pilkada serentak Tasikmalaya yang bermartabat, Iwan mengajak masyarakat mengawasi praktek politik uang, saat pencoblosan berlangung.

"Makanya jangan sampai lengah, sebab itu musuh bersama kita," dia mengingatkan.

 

Petisi Kemuning

Iwan Saputra (Berkopiah Hitam), saat memberikan penjelasan di depan wartawan, sebelum mengembalikan formulir pendaftaran dukungan partai untuk pilkada Tasikmalaya 2020. (LIputan6.com/Jayadi Supriadin)
Iwan Saputra (Berkopiah Hitam), saat memberikan penjelasan di depan wartawan, sebelum mengembalikan formulir pendaftaran dukungan partai untuk pilkada Tasikmalaya 2020. (LIputan6.com/Jayadi Supriadin)

Taufik Rohman, salah satu tim pemenangan Iwan mengatakan, untuk memuluskan pencalonan Iwan, para tokoh partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya, membuat Petisi Kemuning, sebagai bentuk nyata dukungan mereka.

"Ini untuk menyikapi kondisi Kabupaten Tasik dan Partai Golkar Kabupaten Tasik yang membutuhkan sosok baru," ujar dia.

Menurutnya, saat ini Kabupaten Tasikmalaya membutuhkan pemimpin baru, yang memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Kami para pinisepuh (sesepuh) Partai Golkar dan kader muda Partai Golkar Kabupaten Tasik menyatakan sikap mendukung secara penuh lwan Saputra menjadi Calon Bupati Tasikmalaya Periode 2020-2025," papar dia.

Dalam kesempatan itu, selain memberikan mandat dukungan untuk pilkada Tasikmalaya, Petisi Kemuning memberikan dukungan bagi Iwan, untuk memimpin Partai Golkar, lima tahun ke depan.

"Demikian petisi ini dibuat dan disampaikan dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani," kata dia.

Seperti diketahui, Kabupaten Tasikmalaya sejak lama merupakan basis utama Partai Persatuan Pembangunan (PPP), besarnya dukungan pesantren dan masyarakatnya yang terkenal agamis, menjadikan pilkada serentak di Kabupaten Tasikmalaya menarik dinanti.

Selain kandidat dari partai politik, beberapa calon dari independen pun digadang bakal meramaikan pesta demokrasi rakyat, lima tahunan tersebut.

Bahkan, Lina Marlina, istri Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum, diprediksi bakal turut serta memeriahkan pencoblosan yang akan dilangsungkan September mendatang itu.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sonny Septian Ajak Fairuz A. Rafiq ke Bali untuk Hilangkan Stres

Posted: 29 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus vlog "ikan asin" memang menyisakan bekas mendalam bagi Fairuz A. Rafiq. Hingga saat ini, masalah tersebut masih membekas bagi istri Sonny Septian.

Buktinya, di persidangan lalu, Fairuz A. Rafiq terlihat begitu emosional hingga menangis selama persidangan.

Bahkan hingga pulang ke rumah, Fairuz A. Rafiq masih merasa tertekan sampai-sampai tidak mau makan. Untuk mengatasi hal tersebut, sang suami terus berupaya menghibur dan memberikan dukungan untuk Fairuz A. Rafiq.

 

Ajak Liburan

Fairuz A. Rafiq (Foto: Instagram)
Fairuz A. Rafiq (Foto: Instagram)

Salah satunya, Sonny Septian berjanji akan mengajak sang istri berlibur sekaligus merayakan ulang tahun sang istri.

 

Ke Bali

Pasangan Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian memberi keterangan usai kelahiran putri mereka di Jakarta, Selasa (22/5). Selama menunggu proses persalinan, Fairuz ditemani oleh suami dan para sahabatnya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pasangan Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian memberi keterangan usai kelahiran putri mereka di Jakarta, Selasa (22/5). Selama menunggu proses persalinan, Fairuz ditemani oleh suami dan para sahabatnya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Insyaallah ada planning di ultah Fairuz, Maret nanti akan jalan-jalan, refreshing ke Bali kalau kasus ini sudah selesai. Kenapa Bali, karena di situ awal mula kita. Di situ memorable banget," kata Sonny Septian saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020).

 

Ingatkan Beribadah

Sementara ini, sang suami memberikan dukungan moril dan semangat. Termasuk juga untuk selalu mengingatkan Fairuz A Rafiq agar tidak lupa beribadah.

 

Bikin Tenang

"Kalau sekarang kan cuman bisa menenangkan dia dan menyuruhnya untuk tidak lupa salat. Karena jalan keluarnya hanya Allah yang punya," lanjutnya.

 

Cemas

Di samping itu, sang suami selalu berupaya untuk terus berada di sisi Fairuz A. Rafiq. Sonny Septian cemas apabila meninggalkan sang istri seorang diri tanpa ada yang menemani.

 

Selalu Menemani

"Ya aku menemani, support, dan aku enggak bisa lama ninggalin dia. Aku tuh selalu buru-buru pulang buat ketemu sama dia. Kemarin aja aku ada banyak pekerjaan tapi kondisi dia begitu nggak bisa ditinggalin. Jadi harus nemenin dia terus," ungkap Sonny Septian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Christian Eriksen Saat Debut Bersama Inter Milan

Posted: 29 Jan 2020 08:30 PM PST

Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen saat mengantikan penyerang Alexis Sanchez pada pertandingan perempat final Coppa Italia di stadion San Siro,  Milan, Rabu (29/1/2020). Eriksen dibeli Inter Milan dari Tottenham Hotspur dengan kontrak selama hingga 2024. (AFP Photo/Miguel Medina)
Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen saat mengantikan penyerang Alexis Sanchez pada pertandingan perempat final Coppa Italia di stadion San Siro, Milan, Rabu (29/1/2020). Eriksen dibeli Inter Milan dari Tottenham Hotspur dengan kontrak selama hingga 2024. (AFP Photo/Miguel Medina)

Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen saat mengantikan penyerang Alexis Sanchez pada pertandingan perempat final Coppa Italia di stadion San Siro, Milan, Rabu (29/1/2020). Eriksen dibeli Inter Milan dari Tottenham Hotspur dengan kontrak selama hingga 2024. (AFP Photo/Miguel Medina)

Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen mengumpan bola saat bertanding melawan Fiorentina pada perempat final Coppa Italia di stadion San Siro,  Milan, Rabu (29/1/2020). Inter kabarnya harus mengeluarkan uang 20 juta euro untuk Christian Eriksen. (AFP Photo/Miguel Medina)
Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen mengumpan bola saat bertanding melawan Fiorentina pada perempat final Coppa Italia di stadion San Siro, Milan, Rabu (29/1/2020). Inter kabarnya harus mengeluarkan uang 20 juta euro untuk Christian Eriksen. (AFP Photo/Miguel Medina)

Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen mengumpan bola saat bertanding melawan Fiorentina pada perempat final Coppa Italia di stadion San Siro, Milan, Rabu (29/1/2020). Inter kabarnya harus mengeluarkan uang 20 juta euro untuk Christian Eriksen. (AFP Photo/Miguel Medina)

Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen mendengarkan instruksi pelatih Antonio Conte selama pertandingan perempat final Coppa Italia di stadion San Siro,  Milan, Rabu (29/1/2020). Kontrak berdurasi empat setengah tahun diberikan kepada pemain asal Denmark tersebut. (AFP Photo/Miguel Medina)
Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen mendengarkan instruksi pelatih Antonio Conte selama pertandingan perempat final Coppa Italia di stadion San Siro, Milan, Rabu (29/1/2020). Kontrak berdurasi empat setengah tahun diberikan kepada pemain asal Denmark tersebut. (AFP Photo/Miguel Medina)

Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen mendengarkan instruksi pelatih Antonio Conte selama pertandingan perempat final Coppa Italia di stadion San Siro, Milan, Rabu (29/1/2020). Kontrak berdurasi empat setengah tahun diberikan kepada pemain asal Denmark tersebut. (AFP Photo/Miguel Medina)

Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen (tengah) menggiring bola saat bertanding melawan Fiorentina pada pertandingan perempat final Coppa Italia di stadion San Siro,  Milan, Rabu (29/1/2020). Eriksen jadi pemain ketiga yang didatangkan Inter di bursa transfer. (AFP Photo/Miguel Medina)
Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen (tengah) menggiring bola saat bertanding melawan Fiorentina pada pertandingan perempat final Coppa Italia di stadion San Siro, Milan, Rabu (29/1/2020). Eriksen jadi pemain ketiga yang didatangkan Inter di bursa transfer. (AFP Photo/Miguel Medina)

Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen (tengah) menggiring bola saat bertanding melawan Fiorentina pada pertandingan perempat final Coppa Italia di stadion San Siro, Milan, Rabu (29/1/2020). Eriksen jadi pemain ketiga yang didatangkan Inter di bursa transfer. (AFP Photo/Miguel Medina)

Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen bersama rekannya Lautaro Martinez bertepuk tangan usai pertandingan melawan Fiorentina pada perempat final Coppa Italia di stadion San Siro,  Milan, Rabu (29/1/2020). Inter menang 2-0 atas Fiorentina. (AFP Photo/Miguel Medina)
Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen bersama rekannya Lautaro Martinez bertepuk tangan usai pertandingan melawan Fiorentina pada perempat final Coppa Italia di stadion San Siro, Milan, Rabu (29/1/2020). Inter menang 2-0 atas Fiorentina. (AFP Photo/Miguel Medina)

Gelandang Inter Milan, Christian Eriksen bersama rekannya Lautaro Martinez bertepuk tangan usai pertandingan melawan Fiorentina pada perempat final Coppa Italia di stadion San Siro, Milan, Rabu (29/1/2020). Inter menang 2-0 atas Fiorentina. (AFP Photo/Miguel Medina)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pesan Mengharukan Istri Kobe Bryant Usai Kecelakaan Helikopter

Posted: 29 Jan 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Unggahan Istri Kobe Bryant, Vanessa untuk pertama kalinya pasca kepergian sang suami dan anaknya. Vanessa berterima kasih atas dukungan yang diberikan kepadanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terowongan Nanjung Mampu Pangkas 410 Ha Genangan Banjir di Kabupaten Bandung

Posted: 29 Jan 2020 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat sebagai bagian Sistem Pengendalian Banjir Sungai Citarum pada Rabu kemarin. Kehadiran waduk ini akan memangkas genangan banjir di sekitar Kabupaten Bandung hingga 410 hektar (ha).

Jokowi mengatakan, pembangunan Terowongan Nanjung merupakan permulaan di hulu untuk bisa mengatasi banjir di Kabupaten Bandung.

"Dari 490 ha yang tergenangi oleh banjir, berkurang menjadi 80 ha. Memang beberapa masih proses dan 2020 ini akan kita selesaikan. Setelah itu baru kita kerjakan di hilirnya," jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (29/1/2020).

"Kita tidak bisa dikerjakan di hilirnya saja atau di hulunya saja, jadi harus seluruhnya baik fisiknya atau yang berkaitan dengan rehabilitasi lahan," imbuh Jokowi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, pembangunan Terowongan Nanjung yang berada di Curug Jompong ini bakal memperlancar aliran Sungai Citarum ke hilir sehingga lama dan luas genangan banjir di kawasan Bandung Selatan bisa berkurang.

"Dengan keberadaan Terowongan Nanjung, kapasitas sungai meningkat menjadi 669 m3 per detik, sehingga dapat mengurangi luas daerah genangan 700 Ha di wilayah Dayeuhkolot, Baleendah, Andir dan sekitarnya yang dihuni oleh sekitar 14 ribu KK," terangnya.

Terowongan Nanjung sendiri dibangun pada November 2017 dan selesai pada Desember 2019. Terdiri dari 2 tunnel dengan panjang masing-masing 230 meter dan lebar masing-masing 8 meter. Bertindak selaku kontraktor adalah PT Wijaya Karya–PT Adhi Karya (Kerja Sama Operasi/KSO) dengan anggaran APBN sebesar Rp 317 miliar.

 

Penanganan Banjir Cekungan Bandung

Warga Kampung Jambatan, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, masih menggunakan perahu untuk beraktivitas akibat banjir pada Selasa, 13 Maret 2018. (Foto: Ketua Barudak Baraya Cisangkuy Citarum (B2C2) Edi Yusup/Arie Nugraha
Warga Kampung Jambatan, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, masih menggunakan perahu untuk beraktivitas akibat banjir pada Selasa, 13 Maret 2018. (Foto: Ketua Barudak Baraya Cisangkuy Citarum (B2C2) Edi Yusup/Arie Nugraha

Selain Terowongan Nanjung, Kementerian PUPR memiliki program Penanganan Banjir Cekungan Bandung, yakni pembangunan Embung Gedebage, Pembangunan Kolam Retensi Cieunteung, dan Floodway Cisangkuy.

Pembangunan Embung Gedebage yang dikerjakan sejak Juli 2017 hingga Desember 2018 tersebut dibangun dengan lahan seluas 7,7 ha dan memiliki volume tampung sebesar 270 ribu m3 dengan lebar Bandung 148 meter, panjang kantong lumpur 3 meter.

Bendung yang berlokasi di Kecamatan Gedebage Kota Bandung tersebut dengan nilai kontrak Rp 85 miliar dengan Kontraktor PT. Hidup Indah Permai serta konsultan supervise PT Geodinamika Konsultan.

Adapun manfaat dari pembangunan Embung Gedebage antara lain sebagai tampungan air untuk musim kemarau, penguatan kemampuan pengendalian banjir (13 desa, 332 KK, 32 hektar mengurangi banjir), untuk menambah estetika pada masjid Al-Jabar, serta sebagai sarana rekreasi wisata.

Lalu terdapat pembangunan Kolam Retensi Cieunteung memiliki luas tampungan 4,75 ha dengan volume tampung 190 ribu m3 dan memiliki manfaat mengurangi genangan pada area 39 ha. Dikerjakan oleh kontraktor PT Nindya-Barata Joint Operation dengan anggaran Rp 203 miliar.

Menurut Menteri Basuki, setelah di hulu Kementerian PUPR juga akan memfokuskan ke hilir, seperti Karawang, Muara Gembong, Cilamaya yang tahun ini juga terkena banjir besar. "Kita akan bangun Bendungan Cibeet dan Cijurey yang ditargetkan bisa terealisasi mulai tahun depan," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: