Kamis, 30 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sepak Terjang Herman Widjaja dari Microsoft hingga Tokopedia

Posted: 30 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia mempercayakan pimpinan urusan teknologi kepada Herman Widjaja. Pria yang telah melalangbuana selama 13 tahun di perusahaan-perusahaan teknologi dunia ini merupakan Senior Vice President of Engineering Tokopedia sejak 1,5 tahun lalu.

Herman mengawali karier di industri teknologi setelah lulus dari Monash University, Australia, pada 2002. Ia menempuh pendidikan di jurusan Computer Science and Engineering selama empat tahun.

Setelah lulus kuliah dan bekerja selama beberapa tahun di Australia, Herman akhirnya mendapatkan pekerjaan di kantor pusat Microsoft di Redmond, Washington, Amerika Serikat (AS), pada 2005. Selama hampir 10 tahun di sana, ia berada di divisi Windows dengan jabatan mulai dari staf hingga senior engineer yang memimpin tim cukup besar.

Selama di Microsoft, ia menangani berbagai versi Windows, termasuk Vista dan Windows 7. Ia memutuskan hengkang dari Microsoft di pertengahan pengembangan Windows 10 menjelang akhir 2014.

Pengundurandirinya didasari oleh alasan ingin belajar lebih banyak hal tentang berbagai platform lain di luar Windows.

"Di Microsoft saya belajar banyak hal, terutama bagaimana teknologi itu berkembang. Seorang engineer harus memiliki interpersonal skill, harus bisa memimpin dan menjual ide. Itu semua saya pelajari di Microsoft selama hampir sepuluh tahun," tutur Herman saat ditemui di Tokopedia Tower, Kamis (30/1/2020).

"Saya memutuskan keluar karena ingin menantang diri dan belajar platform lain. Lalu saya pindah ke Amazon untuk Kindle book, dan saya belajar pengembangan lintas platform dari Android, iOS, web, serta lainnya," sambungnya.

Setelah bekerja selama enam bulan di Amazon, Herman mendapat tawaran untuk mengembangkan Oculus VR milik Facebook. Ia bekerja di perusahaan tersebut sejak Maret 2015 hingga Mei 2016.

Hingga akhirnya pada 2016 ia memutuskan untuk berlabuh di Google sebagai Senior Engineering Manager di kantor pusatnya di Mountain View, California, selama satu setengah tahun.

"Setelah satu tahun di Oculus, saya akhirnya pindah ke Google untuk mengerjakan AR (Augmented Reality). Saya suka tantangan, jadi ketika ditawari itu sangat menarik dan memutuskan ke sana selama 1,5 tahun," jelasnya.

Pulang Kampung

Senior Vice President of Engineering Tokopedia, Herman Widjaja. (Liputan6.com/ Andina Librianty)
Senior Vice President of Engineering Tokopedia, Herman Widjaja. (Liputan6.com/ Andina Librianty)

Pengalaman Herman selama 13 tahun di raksasa teknologi AS, dan pasar Indonesia yang sedang berkembang membuatnya memutuskan untuk pulang kampung. Ia ingin menjadi bagian dalam pembangunan industri digital Tanah Air menjadi pasar yang maju dengan Sumber Daya Manusia (SDM) kelas dunia.

Potensi ekonomi digital Indonesia yang besar, kata Herman, dilihatnya ketika Facebook pada 2014 memasukkan Indonesia sebagai next billion users.

"Dari tidak ada yang tahu pada 2004, menjadi tahu soal Indonesia pada 2014, bahkan menjadi visi perusahaan. Indonesia menjadi negara ke empat yang mengalami pertumbuhan besar. Timbul pertanyaan, kenapa saya di sana (AS)," ungkap Herman.

Herman kembali ke Indonesia pada 2017, sebelum akhirnya bergabung dengan Tokopedia pada Mei 2018. "Setelah mengobrol dengan istri, saya akhirnaya meutuskan untuk kembali ke Indonesia. Saya memiliki mimpi yang sama dengan Tokopedia, bagaimana nanti Indonesia menjadi mature market yang maju dengan SDM kelas dunia," katanya.

Menurutnya, kualitas SDM Indonesia tidak kalah bagus dari negara-negara maju seperti di AS. Ia pun berharap dalam lima tahun ke depan akan lebih banyak diaspora pulang ke Indonesia untuk membangun bersama-sama.

"Selama tiga tahun ke belakang, kita melihat keseruan ekonomi digital, modernisasi. Saya sudah lama di luar negeri sebagai tech professional, dan kalau dilihat orang-orang Indonesia itu pintar, ada banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan ternama di luar negeri. Saya mengajak diaspora pulang setidaknya lima tahun ke depan, ayo bangun Indonesia karena pasarnya seru sekali di sini," jelasnya.

Perkembangan Tokopedia dan SDM Indonesia

Logo Tokopedia. (Liputan6.com/ Andina Librianty)
Logo Tokopedia. (Liputan6.com/ Andina Librianty)

Ia mengungkapkan memiliki pengalaman yang sangat menarik selama 1,5 tahun di Tokopedia. Perusahaan e-commerce tersebut mengalami pertumbuhan yang sangat baik. Tokopedia merupakan salah satu unicorn startup di Indonesia.

"Di sini seru sekali, saya sangat bersemangat karena problem space-nya juga seru sekali. SDM juga bagus, bukan hanya gigih, tapi juga pintar. Namun, kita tetap harus belajar dari negara maju karena kadang masih malu untuk bertanya, melangkah, tapi sebenarnya engineer Indonesia jago," kata pria yang lulus dari SMA di Jakarta pada 1997 tersebut.

Tokopedia, katanya, saat ini memiliki ribuan engineer dengan sebagian besar adalah orang Indonesia. Hal ini menggambarkan kreativitas, kepintaran, dan kehebatan SDM Indonesia. Tokopedia saat ini memiliki 90 juta pengguna aktif bulanan dengan 7,2 juta merchant per Januari 2020. Jumlah pengguna aktif bulanan naik dari 4 juta pada 1,5 tahun lalu.

Ia pun menyambut baik program SDM unggul yang menjadi prioritas utama Presiden Joko Widodo selama lima tahun ke depan. Harapannya, Indonesia akan unggul dengan SDM dan dikenal sebagai pasar yang matang tidak hanya di wilayah Asia.

"Itu yang menjadi cita-cita saya. Saya tidak hanya ingin membantu membangun Tokopedia, tapi juga membantu pertumbuhan talenta digital di Indonesia," ungkapnya.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Adipati Dolken, Pemburu di Manchester Biru Tayang 6 Februari

Posted: 30 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Film Pemburu di Manchester Biru yang dibintangi Adipati Dolken bakal tayang 6 Februari 2020 mendatang. Film yang dibuat rumah produksi Inti Makmur International dan Oreima Films ini diangkat dari novel non fiksi karya Hanif Thamrin dan disutradarai oleh Rako Prijanto.  

Film Pemburu di Manchester Biru mengisahkan tentang anak muda Indonesia yang berkarier sebagai jurnalis di klub Liga Inggris Manchester City. Adipati Dolken dipercaya memerankan tokoh Hanif, mantan Direktur Media dan Hubungan Internasional tersebut. Sementara itu, aktor Ganindra Bimo memerankan tokoh Pringga sahabat Hanif.

Saat ditanya mengenai film yang disutradarainya, Rako Prijanto yang sukses menyutradarai film Teman Tapi Menikah dan Warkop DKI Reborn, mengaku sangat antusias. Apalagi, dirinya merupakan penggemar klub liga Inggris Manchester City. 

 

Cerita

Adipati Dolken membintangi film Pemburu di Manchester Biru
Adipati Dolken membintangi film Pemburu di Manchester Biru

"Pep (Pelatih Manchester City) adalah seorang maestro. Jelang syuting film ini dimulai, kami menyaksikan langsung laga City vs Liverpool. Disitu saya dapat menangkap atmosfer di Etihad Stadium, serta komplek City Football Academy, tempat dimana karakter Hanif bekerja setiap harinya. Ada nilai keluarga juga yang bisa diambil dari cerita ini terkait hubungan ayah dan anak, serta budaya merantau urang Minang," ujar Rako Prijanto dalam keterangannya kepada wartawan, baru-baru ini.

 

Tantangan

Konferensi Pers film berjudul Pemburu di Manchester Biru (Foto: Istimewa)
Konferensi Pers film berjudul Pemburu di Manchester Biru (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Adipati Dolken mengaku bermain dalam film Pemburu di Manchester Biru merupakan tantangan tersendiri saat memerankan tokoh Hanif. 

"Memerankan sosok Hanif merupakan tantangan tersendiri karena mayoritas dialog dalam bahasa Inggris, serta syuting juga dilakukan di London saat sedang menjalankan ibadah puasa. Karena sosok Hanif merupakan seorang jurnalis. Rako menganalogikan jika selama ini kamera menyorot lapangan dimana tekel beterbangan dan gol tercipta, kini kamera diputar balik ke pinggir lapangan untuk menangkap semua aksi di balik layar sebuah klub Premier League bekerja," ungkap pria yang akrab disapa Dodot ini.

 

Sepakbola

Bagi penggemar olahraga sepakbola liga Inggris, jangan sampai ketinggalan, saksikan film "Pemburu di Manchester Biru" di seluruh bioskop di Indonesia tanggal 6 Februari 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan, Penuh Haru

Posted: 30 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari Miss Internasional 2017, Kevin Liliana. Pasalnya dalam waktu dekat ini ia akan segera melangsungkan pernikahan. Diketahui sebelumnya Kevin Liliana resmi bertunangan dengan kekasihnya, Oskar Mahendra pada Sabtu, (22/6/2019).

Pertunangan keduanya dilaksanakan di sebuah hotel berbintang di daerah Bandung. Sebelumnya, keduanya sudah berpacaran lebih kurang selama dua tahun. Menjelang hari pernikahan, banyak sekali persiapan yang dilakukan oleh Kevin dan Oskar.

Seperti yang baru-baru ini dibagikan oleh wanita kelahiran Bandung tersebut di Instagram pribadinya. Dalam unggahan, Kamis (30/1/2020) Kevin melaksanakan pengajian dan siraman jelang pernikahan. Acara tersebut dihadir oleh keluarga dan teman dekat keduanya.

Meski sederhana pengajian jelang pernikahan Puteri Indonesia Lingkungan 2017 ini berlangsung khidmat. Acara tersebut berlangsung meriah dan penuh kebahagiaan. Berikut 6 potret pengajian Kevin Liliana jelang pernikahan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/1/2020).

1. Acara prosesi pengajian dan siraman model dan presenter ini mengusung adat Sunda.

Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)
Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)

2. Bernuansa warna oranye dan penuh bunga, alumni University of Washington ini juga terlihat anggun dengan gamis.

Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)
Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)

3. Pengajian jelang pernikahan ini bertujuan untuk meminta doa restu pada orangtua sekaligus keluarga besarnya.

Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)
Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)

4. Selain itu juga agar pernikahannya diberikan kelancaran dan bahtera rumah tangganya selalu diberikan kebahagiaan.

Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)
Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)

5. Suasana khidmat dan haru pun menyelimuti acara pengajian jelang pernikahan Kevin Liliana dengan Oskar Mahendra.

Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)
Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)

6. Bahkan, Kevin pun meneteskan air mata saat sungkem untuk meminta restu kepada orang tua.

Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)
Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)

7. Wanita berusia 24 tahun ini terlihat bahagia didampingi oleh kedua orang tuanya dan sang adik.

Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)
Potret Pengajian Kevin Liliana Jelang Pernikahan (sumberL instagram/kevinlln)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Begini Cara Korsel Pulangkan Warganya dari Wuhan

Posted: 30 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah warga negara asing terisolir di kota Wuhan China terkait langkah pemerintah setempat mencegah penyebaran virus corona. Korea berhasil memulangkan ratusan warganya dari Wuhan. Bagaimana caranya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Holding BUMN yang Tak Setuju Integrasi Data Perpajakan, Kenapa?

Posted: 30 Jan 2020 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ingin agar tiga holding BUMN dan Perum Bulog segera melakukan integrasi data perpajakan dengan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ada dua kategori perusahaan yang didorong untuk melakukan integrasi perpajakan, yaitu perusahaan BUMN besar terutama holding, berikutnya adalah perusahaan yang diberikan tugas menyalurkan subsidi.

"Lucu juga minta uang dari pemerintah tapi tidak terintegrasi kan aneh. Terutama bagi kami semua holding," kata Budi, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Dia menyebutkan, holding BUMN yang akan melakukan integrasi perpajakan tambang, pupuk dan semen, sedangkan perusahaan yang bertugas menyalurkan sub‎sidi yaitu Bulog.

"Tambang, Pupuk, Semen dan BUMN yang mendapat uang dari pemerintah, Pertamina sudah PLN sudah tinggal Bulog," paparnya.

‎Budi pun telah memanggil Direktur Utama perusahaan BUMN yang belum melakukan integrasi perpajakan dengan Ditjen Pajak. Saat ini, ada enam holding yang sudah terintegrasi perpajaknnya.

"Pak Menteri ingin semua holding, tapi stakeholder tidak setuju, mungkin tidak mau transparan pajaknya," tandasnya.

Jurus Pemerintah Kejar Target Pajak 2020

Pemohon pajak mengantri untuk mengikuti program Tex amnesty di kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (31/3). Hari ini merupakan hari terakhir program pengampunan pajak atau tax amnesty dan akan di tutup pada pukul 00:00. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pemohon pajak mengantri untuk mengikuti program Tex amnesty di kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (31/3). Hari ini merupakan hari terakhir program pengampunan pajak atau tax amnesty dan akan di tutup pada pukul 00:00. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menargetkan realisasi pajak sepanjang tahun 2020 sebesar Rp 1.642,6 triliun. Realisasi ini lebih besar dari target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar Rp 1.577,6 triliun.

Direktur Jenderal Perpajakan Kementerian Keuangan, Suryo Utomo, mengatakan ada beberapa upaya fokus kerja di 2020 dalam mengejar target pajak di tahun ini. Salah satunya adalah dengan memperluas wajib pajak.

Suryo menyebut salah satu cara memperluas wajib pajak adalah dengan menambah jumlah pajak baru. Kemudian tidak kalah penting yakni pihaknya juga alan membina wajib bajak baru agar lebih patuh.

"Saya coba korelalasikan yang sedang kita kerjakan. Kami ingin bagaimana kita meningkatkan kepatuhan sukarela tinggi," kata dia di Kantor PLN, Jakarta, Jumat (31/1/2020). 

Dia mengakui, untuk meningkatkan kepatuhan tinggi bagi wajib pajak memang tidak mudah. Untuk itu, pihaknya juga berupaya terus mengedukasi para wajib pajak baru maupun lama untuk tetap meningkatkan kepatuhan.

"Bagaimana kita edukasi, dan bagaimana kita letakan regulasi kepastian hukum. Ini jadi PR kami terus terang saja," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Wisata Bangkalan Madura Terpopuler, Alternatif Liburan Dekat Surabaya

Posted: 30 Jan 2020 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wisata Bangkalan Madura bisa jadi pilihan liburan dekat dengan Surabaya. Terletak di ujung paling barat Pulau Madura, Kabupaten Bangkalan bisa dibilang sebagai gerbang utama untuk masuk ke Pulau Madura. Bangkalan merupakan kabupaten pertama yang harus kamu lewati di Pulau Madura.

Saat kamu melintasi Jembatan Suramadu dari Surabaya, Bangkalan merupakan daerah pertama yang akan kamu temui. Namun, jangan sampai kamu melewatkan berbagai keindahan alam dan pariwisata yang ditawarkan Bangkalan.

Wisata Bangkalan Madura bisa menjadi titik mula liburanmu di Pulau Madura. Daerah ini menyimpan beragam destinasi yang menarik untuk ditelusuri. Ada banyak pilihan wisata Madura Bangkalan mulai dari bukit, pantai, wisata religi, hingga menikmati kota saja.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/1/2020) tentang wisata Bangkalan Madura.

Wisata Bangkalan Madura Pantai

Pantai Siring Kemuning, Madura. (telusurindonesia.com)
Pantai Siring Kemuning, Madura. (telusurindonesia.com)

Pantai Siring Kemuning

Pantai ini berlokasi di desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan. Pantai ini berjarak sekitar 41 kilometer dari pusat Kabupaten Bangkalan. Pantai ini begitu menarik karena hamparan pasir putihnya yang kekuningan. Pantai Kemuning cukup ramai dikunjungi wisata baik lokal maupun mancanegara.

Pantai Sembilangan

Pantai Sembilangan merupakan wisata Bangkalan Madura yang berada di Desa Sambilangan, Bangkalan. Salah satu daya tarik pantai ini adalah adanya Mercusuar Sembilangan. Mercusuar ini merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang digunakan untuk navigasi kapal-kapal yang melintas di selat Madura. Aktivitas nelayan juga masih dapat dengan mudah ditemukan di pantai ini.

Wisata Bangkalan Madura Bukit Kapur

Bukit Jaddih di Madura. (Liputan6.com/JohanTallo)
Bukit Jaddih di Madura. (Liputan6.com/JohanTallo)

Bukit Arosbaya

Bukit Arosbaya merupakan wisata Bangkalan Madura yang berlokasi di Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Bukit Arosbaya merupakan lokasi bekas penambangan kapur tulis yang sudah tidak beroperasi lagi. Bekas pahatan yang tidak beraturan memberi corak yang indah. Bukit kapur Arosbaya memiliki panorama bukit kapur yang cenderung kecokelatan. Di sekitar bukit terdapat juga gua-gua kecil yang terbentuk akibat penambangan.

Bukit Jaddih

Bukit Kapur Jaddih merupakan destinasi populer yang ada di Bangkalan. Sama seperti Bukit Arosbaya, dulunya Bukit Jaddih merupakan lokasi penambangan batu kapur yang kini juga dijadikan objek wisata. Bekas penambangan meninggalkan pahatan yang unik dan indah. Di dalamnya juga terdapat gua-gua kecil dan danau dengan air berwarna biru. Hingga kini aktivitas tambang masih berlangsung di Bukit Jaddih.

Wisata Bangkalan Madura di Pusat Kota

Ilustrasi Taman (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Ilustrasi Taman (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Alun-alun Bangkalan

Alun-alun Bangkalan menjadi tempat favorit warga sekitar untuk nongkrong dan berkumpul. Di malam hari, tempat ini menjadi pusat kuliner yang menjajakan beragam jenis makanan mulai dari tradisional hingga modern. Fasilitas yang disediakan pun sangat lengkap mulai dari ruang terbuka hijau, taman bermain anak, hingga tempat duduk untuk bersantai.

Taman Rekreasi Kota Bangkalan

Taman Rekreasi Kota Bangkalan merupakan wisata Bangkalan Madura berupa taman rekreasi yang dikelola langsung oleh pemerintah setempat. Di dalamnya terdapat beragam wahana rekreasi keluarga seperti permainan anak, ruang terbuka hijau, hingga danau buatan. Ada pula kolam renang yang bisa digunakan untuk berenang anak dan dewasa.

Wisata Bangkalan Madura Religi

ilustrasi masjid. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Naufal MQ
ilustrasi masjid. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Naufal MQ

Pesarean Aermata

Pesarean Aermata berada di Karang Pao, Arosbaya, tak jauh dari Bukit Arosbaya. Pesarean Aermata ini merupakan kompleks pemakaman bangsawan Madura dari Wangsa Cakraningrat, beserta kerabat dan abdi dalem istana lainnya.

Di Pesarean Aermata terdapat sumber mata air yang dipercaya oleh masyarakat sekitar mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Menurut legenda, mata air ini muncul atas bentuk kesedihan Syarifah Ambami, istri Cakraningrat I atas kekecewaan sang suami padanya.

Masjid Agung Bangkalan

Masjid Agung Bangkalan berada di Jl. KH. Moh. Kholil, Demangan Barat, Kabupaten Bangkalan. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 11.527 meter persegi, sedangkan bangunannya memiliki luas 3.000 meter persegi. Bangunan masjid ini masih dipertahankan arsitektur aslinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikita Mirzani Bawa Anak Ketiganya ke Tahanan karena Masih Butuh ASI

Posted: 30 Jan 2020 10:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menjemput paksa artis Nikita Mirzani di Gedung Trans Tv pada Kamis 30 Januari 2020. Dia dijemput paksa lantaran telah mangkir dua kali saat dipanggil sebagai tersangka atas kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Nikita diduga menganiaya mantan suaminya Dipo Latief di Pelataran Parkir Jalan Benda, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Kamis, 5 Juli 2018.

Saat ditahan oleh Polres Metro Jakarta Selatan, Nikita turut serta membawa anak ketiganya, Arkana Mawardi.

"Iya (anak diajak), masih di atas. (Dibawa) pagi jam 2, jam 3an," kata teman Nikita, Krizna Fahrezi di Polres Metro Jakarta Selatan, Jumat (31/1/2020).

Menurut dia, Nikita Mirzani memiliki alasan kuat untuk membawanya serta anaknya ke ruang tahanan. Dia mengatakan, anak Nikita baru berumur sembilan bulan, sehingga masih membutuhkan air susu ibu (ASI).

"Ya kan harus ditetein juga. Kan masih bayi," ujar Krizna.

Dia mengatakan, kondisi perempuan yang sering dipanggil Nyai itu sehat, meskipun sempat kelelahan lantaran banyaknya pekerjaan yang dijalani sebagai artis.

"(Kondisi) Alhamdulillah baik-baik saja, kemarin sih dia sempat kecapean banyak kerjaan kan. Sekitar dua mingguan lah kerja terus," ungkap Krizna.

Dia mengaku, tak ada keluhan dari Nikita Mirzani. Nikita juga tak banyak permintaan setelah ditahan.

"Enggak sih, dia enggak banyak minta," ucap Krizna.

 

Masih Diperiksa

Sampai saat ini, Nyai masih menjalani proses pemeriksaan oleh penyidik Polres Metro Jakarta Selatan atas kasus tersebut.

"(Penyerah ke Kejaksaan) Kurang tahu aku, enggak ada keluhan sakit gimana-gimana masih di atas diperiksa," pungkas Krizna.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, Nikita meminta kepada petugas agar anaknya bisa ikut masuk ke ruang tahanan.

"NM ditahan di Rutan Jakarta Selatan pada hari Jumat, 31 Januari 2020. Di dalam tahanan, NM memaksa dengan cara marah-marah untuk memperbolehkan anaknya Arkana (9 bulan) masuk ke tahanan," ujar Yusri.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Band SkaScoot Tak Takut Keluarkan CD Album

Posted: 30 Jan 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - SkaScoot merupakan grup band pendatang baru. Meski sebenarnya para personel bukan musikus baru di industri musik Tanah Air.

Kini, SkaScoot baru saja meluncurkan single bertajuk "Asyikin Aja". Dan pada 20 Februari 2020 mendatang mereka akan meluncurkan mini album.

"Sekarang ini kita lagi fokus mempersiapkan launching mini album kita, dan promo-promo single," terang Wah, sang vokalis SkaScoot saat singgah di kantor redaksi Liputan6.com, di Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2020).

 

7 Lagu

SkaScoot. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
SkaScoot. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dijelaskan Danya, gitaris SkaScoot, dalam mini album terdapat tujuh lagu yang sudah siap diluncurkan. 

Tak Takut

SkaScoot. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
SkaScoot. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Walau saat ini banyak musikus yang takut untuk meluncurkan album secara fisik, namun itu tak berlaku bagi band SkaScoot. Bagi mereka, fisik album akan bermanfaat di masa depan.

 

Untuk Pengingat

"Kita enggak takut keluarin fisik karena bukan keuntungan semata yang kita cari. Tapi kita memikirkan masa depan bahwa fisik album itu bisa menjadi kenangan," timpal Wah. 

Tak Banyak

Untuk mini album ini SkaScoot yang beranggotakan Wah (vokal), Danya (gitar), Gober (bass), dan Wadi (drum) tak banyak mencetak CD. Mereka hanya mengeluarkan sebanyak 5000 ekseplar saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol: Duel Real Madrid Vs Atletico Pekan Ini

Posted: 30 Jan 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Duel seru akan terhampar di Santiago Bernabeu, markas Real Madrid pada pekan ke-21 Liga Spanyol, Sabtu (1/1/2020) WIB. Tim asuhan Zinedine Zidane akan menjamu rival sekotanya, Atletico Madrid.

Bagi Atletico, partai ini beraroma balas dendam. Ya, tim racikan Diego Simeone kalah adu penalti dalam laga puncak Piala Super Spanyol pertengahan Januari lalu.

Selain itu, Los Colchoneros -julukan Atletico- ingin menang demi menaikkan peringkat di tabel klasemen. Saat ini, Atletico berada di peringkat ke-21 dengan 36 poin.

Namun Real Madrid juga tidak ingin menyerah. Karim Benzema dkk. ingin semakin memperlebar jarak dengan peringkat kedua, Barcelona.

Real Madrid saat ini unggul tiga poin di puncak klasemen. Los Galacticos -julukan Real Madrid- mengoleksi 46 poin.

Selain laga Real Madrid vs Atletico, masih ada beberapa laga lain yang tidak kalah seru. Berikut jadwal lengkapnya.

 

Jadwal Liga Spanyol

Real Zaragoza Vs Real Madrid (AFP/ Jose Jordan)
Real Zaragoza Vs Real Madrid (AFP/ Jose Jordan)

Sabtu 1 Februari 2020

19.00 WIB, Granada vs Espanyol

22.00 WIB, Real Madid vs Atletico Madrid

 

 

Jadwal Lainnya

Minggu 2 Februari 2020

00.30 WIB, Real Mallorca vs Real Valladolid

03.00 WIB, Valencia vs Celta Vigo

18.00 WIB, Leganes vs Real Sociedad

20.00 WIB, Eibar vs Real Betis

22.00 WIB, Athletic Bilbao vs Getafe

Jadwal Lainnya

Senin 3 Februari 2020

00.30 WIB, Sevilla vs Deportivo Alaves

00.30 WIB, Villarreal vs Osasuna

03.00 WIB, Barcelona vs Levante

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Manfaat Buah Ceri Kersen, Bisa Atasi Masalah Kesehatan Tubuh

Posted: 30 Jan 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah ceri kersen untuk kesehatan belum banyak diketahui. Buah ceri kersen ini kerap tumbuh di pekarangan rumah bahkan di tepi jalan. Namun, meski mudah dijumpai, buah berukuran kecil ini kerap diabaikan dan dianggap tidak bernilai.

Padahal, ada banyak manfaat buah ceri kersen bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan buah ceri kersen memiliki segudang nutrisi seperti vitamin, antioksidan, bahkan antibiotik alami yang baik untuk tubuh.

Salah satu manfaat buah ceri kersen yang paling terkenal untuk diabetes dan kolesterol. Hal ini dikarenakan buah ceri kersen kaya akan serat yang terdapat di kulit buahnya. Meskipun begitu, penderita diabetes dan kolesterol tetap mendapat terapi di bawah pengawasan dokter sebelum mengonsumsi buah ceri kersen.

Berikut manfaat buah ceri kersen untuk kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/1/2020).

Mengontrol Gula Darah dan Menurunkan Tekanan Darah

Kolesterol Tinggi (Ocskay Bence/Shutterstock)
Kolesterol Tinggi (Ocskay Bence/Shutterstock)

Mengontrol Gula Darah

Buah ceri kersen identik dengan rasanya yang manis. Namun buah ini sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, bahkan dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. Pada sebuah penelitian juga sudah menemukan dan menjelaskan bahwa terdapat penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan setelah mengonsumsi ekstrak buah kersen.

Hal ini membuktikan bahwa buah ceri kersen memiliki kemampuan untuk mengontrol gula darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah kersen juga dapat membantu menstabilkan gula darah atau bahkan menurunkan dosis injeksi insulin.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah ceri kersen selanjutnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Penyebab tersering tekanan darah tinggi adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti makanan tinggi garam, tinggi lemak, dan merokok.

Untuk mengtasi masalah tekanan darah tinggi ini, kamu bisa memanfaatkan kandungan nitric oxide dalam buah ceri kersen. Kandungan ini mampu bekerja untuk melemaskan pembuluh darah sehingga dapat mengalir dengan lancar dan secara langsung menurunkan tekanan darah.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Mengurangi Rasa Sakit Asam Urat

Asam Urat (Thebigland/Shutterstock)
Asam Urat (Thebigland/Shutterstock)

Menjaga Kesehatan Jantung

Pada daun dan buah ceri kersen memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan buah ceri kersen memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah yang merupakan salah satu kriteria jantung sehat.

Jika aliran darah menuju jantung kamu tidak lancar, maka jantung akan berpotensi mengalami kerusakan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi buah ceri kersen dan daunnya untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Mengurangi Rasa Sakit Asam Urat

Manfaat buah ceri kersen lainnya dapat mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Bagi penderita asam urat kerap merasakan rasa nyeri yang hebat. Nah, untuk mengurangi rasa sakitnya, kamu bisa mengonsumsi buah ceri kersen secara rutin.

Bukan hanya buah kersennya saja, daun buah ceri kersen juga bisa kamu gunakan untuk meredakan nyeri asam urat. Caranya, rebus daun ceri kersen dengan air selama beberapa menit. Kemudian dinginkan dan ambil sari airnya. Setelah itu minum air tersebut secara rutin setiap hari. Niscaya asam urat dapat kembali normal.

Anti Tumor dan Sumber Antioksidan

Ilustrasi Tumor jinak. (Foto: YouTube.com)
Ilustrasi Tumor jinak. (Foto: YouTube.com)

Anti Tumor

Bukan hanya buah ceri kersen, ternyata daun kersen juga memiliki efek anti-tumor. Perpaduan daun dan buah ceri kersen ini ternyata mempunyai sifat anti-tumor yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan di dalam buah kersen yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor. Antioksidan ini berasal dari vitamin A, vitamin C, dan betakaroten di dalamnya.

Sedangkan kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun ceri kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Jika mengonsumsinya secara teratur, maka sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Sumber Antioksidan

Tubuh mengalami yang namanya proses oksidasi dan melepaskan radikal bebas. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh.

Oleh karena itu, tubuh kerap membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Manfaat buah ceri kersen lainnya adalah sebagai salah satu sumber antioksidan.

Pasalnya, buah ceri kersen ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Pada buah ceri kersen memiliki kurang lebih 24 senywa flavonoid dan fenonil di dalamnya. Hal inilah yang menandakan kalau ceri kersen merupakan buah yang kaya akan antioksidan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Kesehatan Pencernaan

Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto
Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Mencegah Infeksi

Tingginya kandungan antioksidan yang beragam dan antibiotik alami pada buah ceri kersen, dapat digunakan sebagai pengobatan infeksi. Antioksidan tinggi di dalam tubuh ini dapat mengurangi kerusakan sel akibat oksidasi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah ceri kersen lainnya dapat menjaga kesehatan pencernaan. Gangguan pencernaan yang paling umum terjadi adalah maag. Penyakit ini membuat beberapa penderitanya kerap merasakan nyeri perut, mual, merasa kembung, dan muntah.

Karena buah ceri kersen memiliki sigar anti-inflamasi, makan buah ceri kersen ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati permasalahan di lambung. Selain itu, berdasarkan penelitian, buah ceri kersen juga dapat menetralkan asam lambung dan melindungi mukosa lambung.

Mengatasi Flu dan Membantu Meredakan Nyeri

Ilustrasi sakit flu (iStock)
Ilustrasi sakit flu (iStock)

Mengatasi Flu

Buah ceri kersen memiliki kandungan vitamin C. Di dalam 100 gram buah ceri kersen, terdapat 150 mg vitamin C yang berguna untuk mengobati flu dan pilek. Menurut penelitian, mengonsumsi vitamin C saat flu dapat mempersingkat durasi penyakit hingga 8 persen pada orang dewasa dan 14 persen pada anak-anak.

Membantu Meredakan Nyeri

Daun ceri kersen dikenal memiliki sifat antinosiseptif yang dapat menurunkan sensitivitas terhadap stimulus nyeri. Kandungan lainnya seperti vitamin C dan flavonoid juga berperan dalam meredakan nyeri.

Walaupun manfaat buah ceri kersen sangat banyak, namun sebaiknya kamu tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah ceri kersen ini. Jika berlebihan, kamu dapat mengalami gangguan kesehatan seperti sakit perut, mual, atau muntah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Tugaskan 7 BUMN Bikin Konsep Konsolidasi Bisnis Perhotelan

Posted: 30 Jan 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rencana menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk menggabungkan hotel-hotel anak, cucu dan cicit dari BUMN ke dalam satu wadah akan segera terwujud. Saat ini terdapat 105 hotel di bawah BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Untuk diketahui, selama ini memang banyak BUMN yang mengembangkan bisnis perhotelan meskipun hal tersebut jauh dari bisnis inti perusahaan. Untuk itu, Erick berencana untuk menggabungkan bisnis perhotelan tersebut ke dalam satu pengelolaan sehingga BUMN bisa fokus ke bisnis inti.

Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (HIN), satu-satunya BUMN yang fokus berkembang di bisnis perhotelan, Iswandi Said menyatakan, skema penggabungan hotel BUMN nanti akan disusun oleh 7 BUMN yang memiliki bisnis hotel di Indonesia.

Adapun, 7 BUMN dengan bisnis hotel itu ialah HIN, lalu hotel milik Pertamina, Patrajasa, Pegadaian, Garuda Indonesia, Angkasa Pura I dan Pembangunan Perumahan (PP).

"Nantinya 7 BUMN ini sebagai PMO untuk mencarikan konsep-konsep konsolidasi, ini yang terbaik bagaimana, yang penting tujuannya satu untuk BUMN, negara, bahwa betul-betul di Indonesia ini BUMN punya hotel yang solid, bagus dan besar," ujar Iswandi, sebagaimana ditulis Jumat (31/2/2020).

Lebih lanjut, kajian mengenai konsep konsolidasi BUMN perhotelan ini akan segera dilakukan. Menurut Iswandi, masing-masing hotel memiliki model bisnis dan tata kelola yang berbeda.

 

Butuh Konsultan

Inaya Putri Bali, salah satu grup PT Hotel Indonesia Natour (Persero). (dok.Instagram @inaya.putribali/https://www.instagram.com/p/Bvd2_islPFl/Henry
Inaya Putri Bali, salah satu grup PT Hotel Indonesia Natour (Persero). (dok.Instagram @inaya.putribali/https://www.instagram.com/p/Bvd2_islPFl/Henry

Ada yang memiliki hotel sendiri dan dikelola langsung oleh perusahaan, ada pula yang membangun namun pengelolaannya diserahkan kepada pihak asing, ada yang membangun hotel lalu membentuk perusahaan sendiri sebagai pengelola hotel tersebut dan lain sebagainya.

Nantinya, akan dibutuhkan konsultan-konsultan, seperti konsultan bisnis, konsultan hukum dan lain sebagainya. Para konsultan juga nantinya akan memberi arahan skema pengelolaan konsolidasi tersebut.

"Kalau misalnya kita pindah dan dialihkan, alihkan yang mana apakah aset atau sahamnya ditambahkan atau bagaimana, atau cuma operator, jadi ada konsekuensinya. Total 105 hotel BUMN ini bermacam-macam kondisinya, harus satu-satu kita lihat," tutur Iswandi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggotanya Usul Ekspor Ganja, Ini Kata DPP PKS

Posted: 30 Jan 2020 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi VI DPR Fraksi PKS Rafli menyatakan ganja dapat memenuhi kebutuhan farmasi dan menjadi komoditi ekspor. Dia menilai, klaim ganja berbahaya hanya merupakan konspirasi global.

Ketua DPP PKS yang juga anggota fraksi PKS DPR RI Mardani Ali Sera menyatakan, pihaknya masih mengkaji bagaimana mudarat dan manfaat dari tanaman ganja.

"Sikap fraksi masih melihat manfaat dan mudarat. Dari sudut kedokteran beberapa negara sudah berani melegalisasinya untuk kepentingan kesehatan. Tapi aspek penegakan hukum dan budaya masyarakat juga perlu dipertimbangkan," kata Mardani saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (31/1/2020).

Mardani mengingatkan, apabila nanti benar ganja dilegalkan, jangan sampai merusak moral anak bangsa. Untuk itu masih perlu kajian dan pertimbangan matang.

"Kepentingan masyarakat umum perlu dijaga. Jangan sampai legalisasi untuk kesehatan justru merusak moral bangsa secara keseluruhan," ucapnya.

Sebelumnya, Rafli menyebut yang lebih berbahaya justru adalah sabu bukan ganja.

"Jadi ganja ini ini adalah konspirasi global dibuat ganja nomor satu bahayanya. Narkotika yang lain dibuat nomor sekian-sekian, padahal yang paling sewot dan gila sekarang masuk penjara itu bukan orang ganja. Orang yang pakai sabu bunuh neneknya pakai ekstasi segala macam," kata Rafli saat rapat di Komisi VI DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 30 Januari 2020.

Karena itu, legislator asal Aceh ini mengusulkan ganja dijadikan komoditas ekspor. Dia menyarankan, Aceh bisa dijadikan sebagai tempat budidaya ganja.

Apa Kata Polri?

Karo Penmas Polri Brigjen Argo Yuwono . (Liputan6.com/Muhammad Ali)
Karo Penmas Polri Brigjen Argo Yuwono . (Liputan6.com/Muhammad Ali)

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusulkan hasil dari tanaman ganja dijadikan sebagai komoditas ekspor Indonesia. Sebab, ganja ini bisa digunakan sebagai bahan dasar farmasi.

Menanggapi hal itu, Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono menyatakan bahwa aturan soal ganja dilarang.

"Aturan kita masih melarang berkaitan dengan ganja," kata Argo saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Menurutnya, pihaknya tidak bisa berkomentar atau melakukan langkah apa-apa ihwal usulan tersebut. Mengingat peran Polri hanya menjalankan aturan.

"Polisi tugasnya menjalankan regulasi," tegas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mercy Sebut Pembeli A200 Sedan Adalah Konsumen Baru

Posted: 30 Jan 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mercedes-Benz A200 sedan telah dirilis sejak Oktober 2019. Disebutkan, penjualan sedan anyar yang diklaim mendapat respon positif ini didominasi oleh pembeli baru.

"Kebanyakan pembeli A-Class sedan ini adalah konsumen baru. Mereka sebelumnya belum pernah memiliki mobil Mercedes," ujar Dennis Kadaruskan, PR Department Head PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) baru-baru ini di Semarang, Jawa Tengah.

Dirinya menyebut, usia rata-rata konsumen A-Class sedan lebih rendah dari model lain seperti C-Class atau E-Class yang umumnya lebih dewasa. "Kalau dari usia rata-rata 25-35 tahun," katanya.

Menyoal pilihan warna favorit konsumen, Dennis menyebutkan, merah cukup mendominasi.

"Kami melihat di segmen compact car Mercedes-Benz itu lebih warna warni. Namun kelir merah persentasenya cukup besar, lebih besar dari varian-varian Mercedes-Benz lainnya. Mojave silver sebagai warna spesial untuk A-Class sedan juga cukup diminati," bebernya.

Sekadar informasi, tipe sedan di Indonesia memang agak "dispesialkan". Besaran pajaknya lebih tinggi dari model lain seperti MPV maupun SUV. Padahal dari sisi kapasitasn mesin bisa dikatakan setara.

 

Alasan Mercy Hadirkan Sedan

Meski demikian Mercedes-Benz Indonesia tetap menghadirkan model sedan karena melihat adanya potensi di kelas yang dijajaki A200 sedan.

"Kami menambah varian sedan karena ini bagian juga dari segmen compact cars dan di segmen ini ada kenaikan penjualan. Segmen ini cukup berpotensi untuk pertumbuhan dari brand Mercedes-Benz-nya sendiri," tutup Dennis.

Sekadar informasi, Mercedes-Benz A-Class sedan dipersenjatain mesin 1.332cc 4-silinder dengan turbocharger yang mampu menyemburkan daya hingga 163 Tk dan torsi 250 Nm. Mesin tersebut dikawainkan dengan transmisi kopling ganda 7G-DCT.

Sedan seharga Rp 910 juta on the road ini menjadi model pertama yang dibenamkan fitur sistem Mercedes-Benz User Experience (MBUX) yang hanya ditemui di jajara produk new generation compact car (NGCC) Mercedes-Benz.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Siapkah Pesawat Hercules dan Sipil untuk Evakuasi WNI di Wuhan

Posted: 30 Jan 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mematangkan rencana evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang kini terisolasi di Wuhan, China karena mewabahnya virus corona. Pesawat hercules milik TNI AU disiapkan untuk menjemput para WNI.

"Kalau pakai hercules bisa pakai 3 buah. Satu kali penerbangan," kata Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (31/12020).

Selain hercules, Fadjroel mengatakan pemerintah juga menyiapkan pesawat sipil untuk satu kali penerbangan. Dengan begitu, diharapkan semua WNI yang berada di Wuhan bisa terevakuasi.

Kendati begitu, dia mengaku belum bisa memastikan berapa lama dan kapan evakuasi terhadap WNI di Wuhan akan mulai dilakukan. Saat ini, kata Fadjroel, kementerian terkait tengah berkoordinasi dengan pemerintah China.

"Ini hubungan antar negara. Tentu tidak semudah kita urusan antar provinsi di Indonesia. Apalagi terkait ada merebaknya virus corona di Wuhan ini," jelas Fadjroel.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengeluarkan perintah kepada jajarannya agar segera mengevakuasi WNI di Provinsi Hubei khususnya wilayah Wuhan ,China. Keputusan ini disampaikan usai menggelar rapat internal yang membahas soal evakuasi WNI di Wuhan, kota asal virus corona.

TNI Siap

Sebelumnya, Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang terisolasi akibat Virus Corona di kota Wuhan, China. Hal itu disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis 30 Januari 2020.

Hadi mengatakan TNI telah menyiagakan pesawat-pesawat milik TNI termasuk berbagai peralatan yang mendukung dalam rangka mengevakuasi WNI. Selain menyiagakan pesawat, TNI juga menyiapkan tenaga medis.

Dia juga telah memerintahkan Kapuskes TNI bersama Dinas Kesehatan Angkatan untuk menyiapkan peralatan-peralatan apa saja yang harus dibawa termasuk baju astronot, ruang isolasi, dan alat untuk memonitor panas tubuh manusia.

"Semua itu sudah disiapkan, TNI tinggal menunggu perintah dari Menlu selaku leading sector. Intinya, kapanpun diberangkatkan TNI siap," ucap Hadi Tjahjanto.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pergi ke Wuhan, Perawat Ini Bilang ke Anaknya Bertempur Lawan Monster

Posted: 30 Jan 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Zhang Min yang berusia 35 tahun, adalah wakil kepala perawat bedah saraf di Rumah Sakit Rakyat Pertama di Kota Anqing.

Dalam video menyentuh yang dilaporkan China Story, Zhang dapat dilihat mengucapkan selamat tinggal kepada putrinya yang berusia empat tahun yang memeluknya dengan erat. Gadis muda itu tak mau membiarkan Zhang pergi dan terus memintanya untuk tetap tinggal.

Melawan Monster

Pekerja memproduksi masker di sebuah pabrik di Yangzhou, Provinsi Jiangsu, China, Senin (27/1/2020). Masker tersebut diproduksi untuk mendukung pasokan bahan medis saat wabah virus corona melanda China. (STR/AFP)
Pekerja memproduksi masker di sebuah pabrik di Yangzhou, Provinsi Jiangsu, China, Senin (27/1/2020). Masker tersebut diproduksi untuk mendukung pasokan bahan medis saat wabah virus corona melanda China. (STR/AFP)

Zhang memberi tahu putrinya, "Aku akan bertarung dengan monster dan setelah itu, aku akan segera pulang, oke?" Terlihat tersedak, Zhang memberi tahu putrinya untuk menjadi gadis yang baik sebelum dia pergi.

Sebanyak 187 orang termasuk Zhang tiba di Wuhan untuk membantu, termasuk 50 perawat unit perawatan intensif, 135 anggota staf medis dan dua pemimpin tim. Mereka semua menjalani pelatihan medis pada hari berikutnya dan langsung langsung bekerja ketika tim di Wuhan kewalahan.

Penulis : 

Ayu Ester Simanjuntak

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Lelaki Tinggalkan 500 Masker di Kantor Polisi di Tengah Ancaman Virus Corona

Posted: 30 Jan 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi darurat tak semestinya meniadakan pelakuan tulus. Pelajaran itulah yang seolah ingin disiarkan salah seorang lelaki asal Provinsi Anhui, Tiongkok, di tengah ancaman penyebaran virus corona.

Lewat sebuah rekaman video yang viral di media sosial, baru-baru ini, tampak lelaki mengenakan masker tersebut membawa beberapa boks berisi masker ke bagian front desk salah satu kantor polisi setempat.

Ia dengan santainya menaruh masker-masker tersebut tanpa banyak berkata. Bahkan, sebelum petugas polisi selesai bicara, lelaki diduga tengah berolahraga lari itu langsung keluar kantor polisi dan melanjutkan kegiatannya.

Setelah dilihat, masker yang ditaruh lelaki itu berjumlah tak kurang dari 500 buah. Masker jenis surgery ini sendiri telah ramai disebut sebagai salah satu pencegah infeksi virus corona.

Karenanya, masker tersebut belakangan laris terjual, tak hanya di dalam, tapi luar Tiongkok, mengingat ancaman penyebaran virus penyebab ratusan kasus itu sudah berada di skala global.

Lantaran belum sempat mengucapkan terima kasih, dua petugas polisi yang berusaha menyusul lelaki pemberi ratusan masker tersebut terlihat hormat sebagai tanda penghargaan mereka.

Rekam gambar ini langsung jadi buah bibir warganet yang mengaku terharu atas perbuatan lelaki belum diketahui namanya tersebut. "Jangan sampai diiri kalian 'kalah' dengan wabah," tulis salah seorang pengguna Twitter.

Ancaman Kesehatan Global

Pekerja memproduksi masker di sebuah pabrik di Yangzhou, Provinsi Jiangsu, China, Senin (27/1/2020). Masker tersebut diproduksi untuk mendukung pasokan bahan medis saat wabah virus corona melanda China. (STR/AFP)
Pekerja memproduksi masker di sebuah pabrik di Yangzhou, Provinsi Jiangsu, China, Senin (27/1/2020). Masker tersebut diproduksi untuk mendukung pasokan bahan medis saat wabah virus corona melanda China. (STR/AFP)

Organisasi Kesehatan Dunia alias World Health Organization (WHO) telah secara resmi menyatakan status virus corona di tingkat darurat kesehatan global. Hal ini disampaikan dalam pertemuan kedua Emergency Committee bersama Direktur Jenderal WHO, 30 Januari 2020, waktu Jenewa.

Dalam pertemuan pertamanya, WHO belum menyatakan status darurat kesehatan global. Namun, mengingat adanya peningkatan jumlah kasus dan negara pelapor naik signifikan, pertemuan kedua pun dilakukan.

"Kekhawatiran terbesar kami adalah potensi virus ini menyebar ke negara-negara dengan sistem kesehatan lebih lemah, serta tidak siap untuk menghadapi," ucap Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dilansir dari AP News.

Kendati, mereka tidak merekomendasikan tindakan yang membatasi perjalanan atau perdagangan internasional. Meski cara ini dinilai ampuh untuk membendung penyebaran penyakit, kondisi tersebut dinilai belum diperlukan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Butuh Rp 300 Miliar untuk Perbaiki Stadion

Posted: 30 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya kembali diamanahkan untuk mendukung penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 2021 terkait kesiapan sarana dan prasarana, terutama stadion dan lapangan yang diestimasi akan membutuhkan anggaran sebesar Rp 65 miliar-Rp 300 miliar.

Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rapat Terbatas Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 pada 17 Januari 2020.

Kepala Pusat Pengembangan sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga, dan Pasar (PSPPOP) Iwan Suprijanto mewakili Ditjen Cipta Karya mengatakan, dukungan untuk venue Piala Dunia FIFA U-20 ini membutuhkan biaya Rp 65 miliar-Rp 300 miliar.

Rinciannya, rehab 2 venue utama yaitu Stadion Pakansari, Jawa Barat dan Stadion I Wayan Dipta, Bali membutuhkan biaya Rp 15 miliar-Rp 170 miliar, rehab 3 lapangan latihan (Sriwedari Solo, Sultan Agung Bantul, Delta Sidoarjo) dan 12 Lapangan (Bogor 5, Solo 4, Yogyakarta 3) sebesar Rp 40 miliar-Rp 120 miliar dan pembangunan dua lapangan baru di Yogyakarta Rp 10 miliar.

"Ditargetkan perbaikan seluruh venue utama dan lapangan latihan selesai pada Desember 2020," ujar Iwan dikutip dari laman Setkab, Jumat (31/1/2020).

Pada 18 Januari 2020, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah menetapkan enam stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia FIFA U-20 2021 dari 10 stadion yang diusulkan oleh Pemerintah Indonesia. Keenam stadion tersebut adalah Stadion Utama GBK di Jakarta, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Bung Tomo di Surabaya dan Stadion I Wayan Dipta di Bali.

Di samping itu ada empat stadion lain yang disiapkan sebagai cadangan yaitu Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Cikarang dan Stadion Jalak Harupat Kabupaten Bandung. Masing-masing stadion akan didampingi dengan lima lapangan latihan dengan ketentuan empat lapangan terbuka dan satu lapangan tertutup.

3 Stadion Siap Digunakan

Pemandangan menakjubkan saat pesta kembang api dalam pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). (Bola.com/Iqbal Ichsan)
Pemandangan menakjubkan saat pesta kembang api dalam pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). (Bola.com/Iqbal Ichsan)

Kementerian PUPR bersama dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Pemerintah Daerah telah melakukan preliminary assessment (penilaian awal) terhadap enam stadion yang telah dipilih FIFA. Tiga stadion yang siap digunakan yakni Stadion GBK Jakarta, Stadion Pakansari Bogor dengan perbaikan minor, dan Stadion Manahan Surakarta dengan perbaikan minor.

Sementara tiga stadion lainnya perlu dilakukan perbaikan. Stadion Mandala Krida di Yogyakarta perlu perbaikan di antaranya adalah lampu glare dengan minimal ketinggian 35 meter dari existing 28 meter, melanjutkan penggantian single seat, re-layout area barat, penambahan mekanikal dan elektrikal termasuk AC dan genset serta re-layout mix zone (media dengan pemain).

Perbaikan Stadion Bung Tomo di Surabaya di antaranya meliputi pembebasan lahan, penambahan warming up area indoor, peningkatan lampu terpasang dari 1.200 lux menjadi 2.400 lux, penggantian jenis rumput Japonica menjadi Matrella, rekayasa akses untuk pemain, media dan penonton, penambahan ruang ganti sesuai standar FIFA, dan rehabilitasi pagar agar tidak bisa terjangkau oleh penonton.

Untuk Stadion I Wayan Dipta di Kabupaten Gianyar Bali, perbaikan yang perlu dilakukan di antaranya adalah penambahan ruang ganti menjadi empat, penambahan single seat sesuai standar FIFA, pemasangan pagar pada ring luar stadion, penambahan daya lampu, pemasangan rain gun untuk penyiraman rumput dan penyiapan aspek legal stadion IMB dan SLF.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pemain Portugal yang Pernah Bergabung dengan MU Sebelum Bruno Fernandes

Posted: 30 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) telah mendatangkan Bruno Fernandes dari Sporting CP. Dia dibeli Setan Merah, sebutan MU, dengan mahar sebesar 60 juta euro.

Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer pun menyebut Bruno Fernandes punya kesempatan melakukan debutnya melawan Wolves. Terlebih, saat tes medis, kondisi fisik gelandang berusia 25 tahun itu sangat fit.

"Saya tahu kami membutuhkan lebih banyak gol. Jika kami membuat Bruno bermain lebih ke depan, dia akan mencetak gol dan menciptakan peluang," kata Solskjaer, dikutip dari situs resmi klub.

Performa Bruno Fernandes membuat MU kepincut. Selama membuat Sporting, dia mencetak 63 gol dan 52 assist dari 137 pertandingan di semua kompetisi.

Dalam sejarah klub, Bruno Fernandes merupakan pemain asal Portugal keenam yang bergabung dengan MU. Lalu, siapa lima pemain asal Portugal yang lebih dahulu bergabung di Old Trafford?

 

Bebe

(AFP/Andrew Yates)
(AFP/Andrew Yates)

Pemain berposisi winger ini datang ke MU pada 2010, bersamaan dengan Javier Hernandez dan Chris Smalling. Bebe menghabiskan waktu selama empat tahun di Old Trafford. Namun waktunya lebih banyak dihabiskan sebagai pemain pinjaman.

Selama empat tahun, Bebe hanya mencatatkan tujuh penampilan dengan mencetak dua gol. Sir Alex Ferguson, manajer yang membeli Bebe mengaku tertipu karena melihat performanya hanya lewat sebuah video.

 

 

Nani

(AFP)
(AFP)

Sir Alex Ferguson membeli Nani dari Sporting pada 2007. Nani memperkuat Setan Merah hingga 2015 dengan jumlah penampilan sebanyak 230 pertandingan dan 41 gol.

Dia merupakan seorang winger yang bisa bermain di pos kanan maupun kiri. Nani juga menjadi bagian penting saat Setan Merah menjuarai Liga Champions pada 2008.

Sejak meninggalkan MU, Nani bermain di beberapa negara, seperti Turki, Spanyol, Italia, Portugal, dan Amerika Serikat.

 

 

Joel Pereira

(Manutd.com)
(Manutd.com)

Joel Pereira merupakan produk akademi MU. Dia menembus tim senior Setan Merah pada 2017. Debutnya pun saat membela MU melawan Wigan Athletic di Piala FA.

Sayangnya, dia baru tiga kali berada di bawah mistar gawang MU karena kalah bersaing dengan David De Gea dan Sergio Romero. Joel Pereira sendiri sudah menjalani lima kali masa pinjaman selama berseragam MU.

 

Diogo Dalot

(AFP Photo/Fabrice Coffrini)
(AFP Photo/Fabrice Coffrini)

Pada 2017, saat masih dinakhodai Jose Mourinho, MU mendatangkan Diogo Dalot, bek muda asal Portugal. Hingga saat ini, dia telah mencatatkan 29 pertandingan dan mencetak satu gol.

Gol pertamanya itu dicetak saat MU menang 6-0 atas Tranmere Rovers di babak keempat Piala FA, beberapa waktu lalu. Saat ini, Dalot merupakan pemain pelapis dari bek kanan MU, Aaron Wan-Bissaka.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo

Produk asal Portugal paling bersinar di MU adalah Cristiano Ronaldo. Dia memperkuat MU pada 2003 hingga 2009 dengan mencetak 118 gol dari 292 pertandingan.

Selama memperkuat MU, pria yang kini berusia 34 tahun tersebut memenangkan tiga gelar Liga Inggris, dua Piala FA, dua Piala Liga Inggris, dan satu gelar Liga Champions. Bersama MU, Ronaldo juga memenangkan Ballon d'Or pertamanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesaksian 2 Pencari Kayu Saat Lihat Rekannya Diterkam Harimau Sumatra

Posted: 30 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Indragiri Hilir - Jenazah Darmawan sudah diserahkan personel Polres Indragiri Hilir, Riau, kepada keluarganya di Desa Pasir Mas, Kecamatan Batang Tuaka, Kamis malam, 30 Januari 2020. Pria 42 tahun ini meninggal dunia karena konflik harimau dengan manusia.

Sebelum itu, petugas memvisum jasad korban di klinik setempat. Selain rambut harimau sumatra yang masih menempel, tubuh korban juga mengalami luka sangat parah.

Di antaranya, tengkuk korban patah karena gigitan harimau, lengan kanannya tidak ada karena diduga dimakan dan petugas hanya menemukan tapak tangan tak jauh dari korban dievakuasi.

Kepala Sub Humas Polres Indragiri Hilir Ajun Komisaris Warno menjelaskan, kejadian bermula ketika korban dan rekannya masuk ke bekas konsesi hutan tanaman industri mencari kayu. Di sana mereka berpisah dengan jarak hingga 50 meter.

"Dua teman korban adalah Sudirman dan Sujati, dari desa yang sama juga," kata Warno, Kamis malam.

Dua jam di lokasi, Sujati menghampiri Darmawan untuk meminjam obeng. Ketika jarak mereka 30 meter, Sujati berteriak ke Darmawan karena dari jarak 50 meter ada harimau dengan posisi siap menerkam.

Darmawan tak bisa lari karena harimau langsung menggigit pundaknya. Sementara Sujati lari ketakutan ke arah pondok tempat mereka biasanya beristirahat untuk memberitahukan Sudirman.

"Sudirman juga lari ke arah pondok begitu mendengar teriakan temannya tadi," ucap Warno.

Beberapa jam sembunyi di pondok, Sujati dan Sudirman memberanikan diri keluar karena merasa harimau itu sudah pergi. Keduanya pergi ke Desa Tanjung Simpang meminta pertolongan.

Sebanyak 30 warga langsung ke lokasi untuk mencari korban. Pada siang harinya, korban berhasil ditemukan tapi sudah tak bernyawa lagi. Lokasi korban ditemukan berjarak sekitar 50 meter dari lokasi tersebut

Kamis malam, jenazah korban berhasil dievakuasi dari hutan dan dibawa ke klinik perusahaan setempat. Pemeriksaan medis, ada beberapa luka akibat cakaran dan gigitan harimau sumatra.

"Selain tengkuk dan leher, luka juga ditemukan di kaki dan tangan. Korban meninggal karena pendarahan yang disebabkan serangan harimau," kata Warno.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan 8 Langkah Ini untuk Bantu Anak Menghadapi Bullying

Posted: 30 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah aksi perundungan merupakan suatu aksi yang ditakuti oleh para orangtua apabila anaknya menjadi korban ataupun pelaku.

Tidak semua perilaku jahat atau menyakitkan itu sebenarnya dikatakan perundungan. Itu bergantung pada ketidakseimbangan kekuatan untuk melukai seseorang dengan cara yang berulang dan disengaja, dilansir dari Today pada Kamis (30/1/2020).

Kekuatan itu dapat berupa status sosial, kekuatan fisik, atau akses ke informasi yang memalukan dan tujuannya selalu sama, yaitu membuat orang yang dirundung merasa dipermalukan dan tidak lebih dari pelaku.

Sebuah survei terbatas di Today, 86 persen dari 1.643 orangtua mengatakan anak mereka telah diintimidasi atau dirundung. Hanya 46 persen yang menganggap sekolah anak-anak mereka menganggap serius aksi perundungan dan 61 persen mengatakan anak mereka khawatir akan perundungan.

"Semua ini sangat sulit bagi orang tua untuk mengawasinya," kata profesor psikiatri di New York, Gail Saltz.

Lalu, kapan orangtua harus masuk menanganinya dan kapan harus menahan diri?

Inilah tindakan yang harus dilakukan dan tidak dilakukan orangtua ketika anak menghadapi perundungan.

1. Hubungi pihak berwenang

Ilustrasi Foto Bullying (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Bullying (iStockphoto)

Apabila hal itu terjadi pada anak, hubungi pihak berwenang segera.

Terlebih lagi, jika ada situasi yang lebih buruk terjadi, seperti pelecehan seksual, cedera fisik, melibatkan senjata, atau kekerasan yang didorong oleh kebencian terkait rasisme dan diskriminasi agama. 

2. Kumpulkan informasi dan jangan panik

Memang sulit untuk tetap tenang ketika anak telah dirundung, terutama ada yang terluka, tetapi tetaplah tenang.

"Sayangnya, ketika anak yang ingin bercerita tentang perundungan ke orangtua mereka malah disambut dengan kepanikan yang membuat anak menjadi berpikir tidak seharusnya ia bercerita dan lebih baik diam," ucap profesor kriminologi di Florida Atlantic University, Sameer Hinduja.

Ia menambahkan untuk penting sebagai orangtua mengajak duduk dan mengobrol dengan tenang. Pahami konteksnya dan pelajari siapa yang terlibat.

3. Pahami apa yang diharapkan

Ilustrasi Foto Bullying (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Bullying (iStockphoto)

Di sekolah dasar, anak-anak dapat menghadapi pengihnaan yang menyakitkan. Ketika beranjak remaja, mereka lebih mengerti teknologi dan perundungan yang mereka alami lebih canggih dan ganas. Disebut juga dengan cyberbullying.

Cyberbullying dapat membuat anak yang bahagia merasa seolah-olah hidupnya hancur.

4. Berikan tanggapan langsung

Berikan tanggapan untuk membantu anak mencari tahu bagaimana ia bisa mengatasi situasi itu tanpa keterlibatan orangtua.Lakukan diskusi dan beberapa ide untuk respon dan pendekatan yang cepat juga sederhana. 

"Banyak orangtua ingin masuk dan menyelamatkan langsung. Namun, anak-anak memiliki keterampilan sosial dan emosional yang mereka butuhkan untuk membangun diri mereka sendiri," ujar Hinduja.

5. Beritahu jika teman bisa membantu

Ilustrasi teman - sahabat - rekan kerja (iStockphoto)
Ilustrasi teman - sahabat - rekan kerja (iStockphoto)

Ketika melakukan diskusi, tekankan juga pentingnya membangun jaringan pertemanan.

"Anak perlu memahami bahwa penting untuk tetap bersosial agar tidak membiarkan budaya perundungan terjadi di lingkungannya," kata Saltz.

6. Tanda-tanda peringatan bahwa anak butuh bantuan orangtua

Jika anak telah mencoba mengahadapi sendirian dan itu tidak membaik, saatnya orangtua turut serta mengambil tindakan. Ini terutama jika anak sudah tidak ingin pergi ke sekolah atau ke luar rumah.

"Penindasan dapat membuat depresi dan gangguan kecemasan," kata Saltz.

Perundungan juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. Maka dari itu, jika tidak ingin itu menjadi semakin buruk, ambil langkah untuk menyelamatkan anak.

7. Tahan untuk tidak menghubungi orangtua pelaku

Ilustrasi orangtua dan anak (iStock)
Ilustrasi orangtua dan anak (iStock)

Daripada menghubungi orangtua pelaku, lebih baik menghubungi psikolog atau profesional kesehatan mental.

Saltz juga menyarankan untuk segera menghubungi pihak sekolah jika itu benar-benar semakin memburuk agar bisa membantu langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

8. Bantu anak untuk kuat

Orangtua harus waspada jika nantinya anak malah memiliki pikiran yang negatif, seperti "aku pecundang" atau mungkin "aku akan selalu sendirian".

Menurut Saltz, ajarkan kepada anak untuk berpikir positif. Ajarkan bahwa kejadian itu nantinya bisa membuatnya lebih kuat dalam menghadapi perjalanan hidup.

Ajarkan agar anak melemparkan diri ke dalam apa yang mereka sukai tanpa membiarkan pembenci menggagalkan impiannya. 

Penulis : Vina Muthi A.

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mercell Darwin Alami Infeksi Tenggorokan Saat Bulan Madu

Posted: 30 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bulan madu jadi momen yang paling dinanti-nanti oleh pasangan pengantin baru, begitu pula dengan Marcell Darwin dan Nabila Faisal. Tak lama setelah resepsi pernikahan, keduanya memutuskan langsung pergi berlibur.

Marcell Darwin dan Nabila Faisal memilih Bali sebagai destinasi bulan madunya. Sayangnya, bulan madunya tak berjalan seperti keinginan keduanya.

Lantaran, di sana Marcell Darwin justru mengalami penurunan kesehatan alias jatuh sakit.

 

Sakit Tenggorokan

(Instagram/dibaliklayarorganizer)
(Instagram/dibaliklayarorganizer)

"Iya sakit tenggorokan. Enggak tahu kecapekan, kenapa," ujar Marcell Darwin, ditemui di Grand Indonesia, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020).

 

Infeksi 

Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata ada bakteri yang menyerang tubuhnya. Sehingga tenggorokannya mengalami infeksi.

‎"Pas dicek infeksi tenggorokan," kata Marcell Darwin.

 

Jalani Rawat Inap

Karena sakitnya itu, Marcell Darwin sempat menjalani rawat inap untuk menghilangkan infeksi yang berada di tenggorokannya.

‎"Dirawat dua hari, habis itu sudah (pulang)," kata Marcell Darwin.

 

Virus Corona?

Saat ditanya apakah penyakitnya karena virus Corona yang saat ini sedang ramai dibicarakan. Marcell Darwin memastikan bukan.

"Enggak, enggak. Maksudnya amit-amit, jangan sampai. Cuma gue enggak‎," kata Marcell Darwin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lion Air dan Wings Air Pindahkan Layanan Keberangkatan ke Terminal IA Bandara Juanda

Posted: 30 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lion Air dan Wings Air akan memindahkan dan mengoperasikan seluruh layanan keberangkatan penerbangan domestik ke terminal IA dari sebelumnya terminal IB Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur mulai 1 Februari 2020 hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Perpindahan dilakukan karena pengelola bandar udara setempat sedang renovasi untuk perluasan dan peningkatan layanan penumpang di Bandara Internasional Juanda.

Layanan keberangkatan penerbangan Batik Air tetap beroperasi di Terminal IA Bandara Juanda. Untuk kedatangan, seluruh penerbangan yang dilayani Lion Air, Wings Air dan Batik Air berada di terminal IB.

"Saat ini Lion Air Group memiliki rata-rata 187 frekuensi penerbangan setiap hari pergi pulang (PP) dari dan menuju Bandar Udara Internasional Juanda," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (31/1/2020).

Jadwal penerbangan pada keberangkatan (schedule time departure/ STD) dan kedatangan (schedule time arrival/ STA) tidak mengalami perubahan.

Untuk fasilitas pelaporan (check-in), Lion Air Group terdapat pada nomor 1 – 14 dengan pembagian:

- Counter check-in 1 – 10 dioperasikan oleh Lion Air dan Wings Air.

- Counter check-in 11 – 14 dioperasikan Batik Air.

Grup Lion Air akan selalu berkoordinasi bersama pengelola bandar udara dan pihak lainnya yang terkait. Grup Lion Air mengharapkan sinergitas perpindahan operasional dari Terminal 1B ke Terminal 1A berjalan dengan lancar seiring upaya menyediakan layanan terbaik.

Perpindahan terminal diharapkan bisa mempermudah konektivitas dengan tetap Lion Air Group mengutamakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first).

Ketersediaan jadwal penerbangan saat ini adalah fokus utama Lion Air Group sebagai bagian mengakomodir kebutuhan perjalanan udara antardestinasi.

Selain itu, dinilai akan semakin melengkapi pilihan penerbangan langsung dan lanjutan (connecting) menggunakan waktu keberangkatan yang tepat.

Dengan demikian connectivity Jawa Timur khususnya Surabaya dan sekitar bisa ditempuh dalam jangka waktu relatif pendek, nyaman, aman dan terjangkau.

Tersedianya jadwal penerbangan yang tepat akan memberikan nilai tambah bagi pebisnis, wisatawan dan masyarakat yang mempunyai kesempatan untuk melanjutkan perjalanan dari Bandar Udara Internasional Juanda bersama Lion Air Group (Lion Air, Wings Air dan Batik Air), bisa meneruskan ke destinasi Banyuwangi, Jember, Denpasar, Lombok, Kupang, Yogyakarta, Semarang, Solo.

Selain itu, Jakarta, Semarang, Palembang, Pekanbaru, Lampung, Pontianak, Palangkaraya, Sampit, Pangkalan Bun, Banyuwangi, Jember, Banjarmasin, Balikapapan, Tarakan dan kota yang lain.

Imbauan Perjalanan

Pesawat maskapai Lion Air terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pesawat maskapai Lion Air terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lion Air Group meminta kepada seluruh penumpang untuk check-in lebih awal 120 menit sebelum jadwal keberangkatan penerbangan di terminal keberangkatan bandar udara.

Hal tersebut guna meminimalkan dampak dari antrean panjang ketika check-in. Counter check-in Lion Air Group di akan tutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik.

Agar setiap penerbangan menyenangkan, Lion Air dan Wings Air menawarkan "tren bepergian simpel". Apabila akan membawa bagasi saat bepergian maka bisa membeli bagasi.

Sebaliknya, bila berangkat tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi. Konsep ini memberikan nilai lebih ekonomis serta terjangkau yang disesuaikan kebutuhan.

Penumpang atau tamu yang akan membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

Pembelian bagasi harga lebih hemat dapat dilakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket (issued ticket), ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.

Setiap penumpang (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) ke dalam kabin (hand carry), yang mengikuti aturan berlaku sesuai maksimum ukuran dimensi bagasi kabin.

Bagasi terdaftar (tercatat) ditimbang dan dibawa ke bagasi (kompartemen kargo) pesawat, diberi label khusus bagasi yang menunjukkan kota tujuan dan nomor seri bagasi.

Tanda bagasi tersebut juga akan ditempel pada lembar masuk pesawat (boarding pass). Hal ini harus ditunjukkan pada petugas di terminal kedatangan, guna tujuan verifikasi dan identifikasi.

Grup Lion Air mewajibkan barang-barang berharga atau bernilai dibawa ke dalam kabin untuk alasan keamanan, seperti perhiasan, uang, surat/ dokumen penting, kamera, ponsel, laptop. Barang atau benda yang dibawa ke kabin adalah tanggungjawab penumpang dan harus dibawah pengawasan pribadi.

Grup Lion Air melarang tidak membawa barang atau benda ke bagasi tercatat dan bagasi kabin, yaitu yang dapat membahayakan penerbangan, antara lain bahan peledak, bahan kimia/ zat beracun, cairan mudah terbakar, benda padat mudah terbakar, material radioaktif dan gas bertekanan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Inggris Luncurkan Koin Pertanda Brexit

Posted: 30 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Inggris meluncurkan koin 50 cent menandai kesepakatan Brexit tercapai. Koin tersebut bertuliskan ""Perdamaian, Kemakmuran, dan Persahabatan dengan Semua Bangsa."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei Bicara Soal Kemungkinan Pakai Layanan Google

Posted: 30 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Huawei  belum lama ini mengatakan tidak akan memakai layanan Google (GMS), meski nantinya larangan dagang sudah tidak diberlakukan oleh pemerintah Amerika Serikat.

Hal itu itu diungkapkan oleh Manager Huawei di Austria Fred Wangfei dalam sebuah wawancara. Menurut Wangfei, Huawei telah memastikan tidak akan menggunakan layanan GMS.

Dengan kata lain, smartphone Huawei tidak akan dibekali aplikasi Google yang biasanya ada di Android, seperti Google Maps hingga Play Store.

Kendati demikian, menurut pernyataan perusahaan terbaru, Huawei ternyata masih membuka pembicaraan kerja sama. Dikutip dari The Verge, Jumat (31/1/2020), layanan GMS tidak dimungkiri telah membantu Huawei menjadi merek smartphone kenamaan dunia.

"Pilihan pertama kami adalah ekosistem Android terbuka, termasuk GMS yang membantu perusahaan menjadi nomor dua di dunia untuk pengapalan smartphone," tutur juru bicara Huawei.

Meski masih membuka diri untuk memakai layanan Google, Huawei belum memastikan seperti apa nantinya hubungan kedua perusahaan di masa depan. Untuk itu, Huawei sendiri sebenarnya sudah mengembangkan layanan sendiri bernama Huawei Mobile Services (HMS).

"Kami sendiri sekarang sedang mengembangkan HMS dan mengajak para pengembang untuk bergabung. Tawaran ini pun diterima dengan baik di Eropa," tutur juru bicara perusahaan tersebut.

Perlu diketahui, Huawei saat ini sebenarnya masih menggunakan sistem operasi Android, tapi tidak dapat menyertakan layanan Google di dalamnya. Karenanya, perusahaan asal Tiongkok itu mengembangkan Android Aplication Package (API) sendiri untuk mendukung perangkatnya.

Inggris Izinkan Huawei Ambil Bagian dalam Jaringan 5G

Device Laboratory milik Huawei di Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Andina Librianty
Device Laboratory milik Huawei di Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Andina Librianty

Terlepas dari keputusan itu, Inggris akhirnya memutuskan untuk terus menggunakan peralatan Huawei dalam pembangunan jaringan 5G, tapi dengan pembatasan. Peralatan Huawei tidak akan digunakan untuk bagian-bagian sensitif jaringan, atau yang dikenal sebagai core network.

Dikutip dari BBC, Rabu (29/11/2020), Huawei hanya diizinkan "menyumbang" 35 persen dari peralatan periphery (pinggiran) jaringan , yang termasuk tiang radio. Namun, produk Huawei tidak akan berada di dalam area-area di dekat pangkalan militer dan situs nuklir.

Perwakilan kantor Perdana Menteri (PM) Inggris mengatakan Boris Johnson telah berbicara dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, terkait keputusan tersebut.

"PM menggarisbawahi pentingnya negara-negara yang berpikiran sama untuk bekerja sama mendiversifikasi pasar, dan mematahkan dominasi sejumlah perusahaan-perusahaan," jelas kantor PM Inggris.

Pemerintah AS berulang kali mendesak Inggris agar tidak menggunakan teknologi dan produk-produk Huawei. Desakan ini disampaikan para delegasinya hingga Donald Trump secara langsung.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, sebelumnya mengungkapkan penggunaan peralatan Huawei dapat menimbulkan risiko mata-mata. "Kami tidak akan dapat berbagi informasi dengan negara-negara yang memasukkannya (Huawei) ke dalam sistem informasi penting," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, mengatakan keputusan tersebut tidak akan memengaruhi hubungan berbagi intelijen Inggris dengan AS dan para sekutunya yang lain.

"Tidak ada dalam ulasan ini yang memengaruhi kemampuan negra ini untuk berbagi data intelijen yang sangat sensitif melalui jaringan yang sangat baik di Inggris, dan mitra-mitra kami," ungkapnya.

Respons Huawei Inggris

Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)
Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)

Berdasarkan dokumen yang dipublikasikan oleh National Cyber Security Centre (NCSC) Inggris, mengindikasikan bahwa jaringan Inggris akan memiliki waktu tiga tahun untuk mematuhi batasan penggunaan peralatan Huawei.

"Huawei diyakinkan oleh konfirmasi pemerintah Inggris bahwa kami dapat terus bekerja dengan pelanggan kami untuk mempertahankan peluncuran 5G. Ini memberikan Inggris akses ke teknologi terkemuka dunia dan memastikan pasar yang kompetitif," kata pimpinan Huawei Inggris, Victor Zhang.

Pemerintah Inggris mengatakan membutuhkan pemasok peralatan jaringan yang beragam untuk telekomunikasi di negara tersebut. Selain Huawei, ada empat provider jaringan utama di dunia yaitu Nokia, Ericsson, Samsung dan ZTE.

Inggris saat ini bergantung pada Huawei, Nokia, dan Ericsson untuk jaringan telekomunikasinya.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Liburan Barbie Kumalasari di Bali, Kacamata Besarnya Curi Perhatian

Posted: 30 Jan 2020 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi dan pesinetron Barbie Kumalasari memang tak ada habisnya untuk curi perhatian netizen. Baru-baru ini istri Galih Ginanjar tersebut sedang liburan ke Bali. Nikmati waktu santai di Bali, Barbie pun mencuri perhatian netizen dengan gayanya saat liburan.

Barbie Kumalasari mengunggah momen liburannya dalam media sosial Instagramnya @barbiekumalasari sejak, Senin (27/1/2020). Dalam momen liburan kali ini ia bertemu teman-temannya di Bali.

Selain itu gaya busana Barbie saat liburan pun cukup nyentrik. Ia beberapa kali lebih banyak kenakan pakaian sporty saat berada di sana. Tak lupa kacamata besarnya pun ia kenakan. Sampai-sampai netizen pun salah fokus terhadap kacamatanya tersebut.

Tak hanya satu kacamata, Barbie pun memiliki dua buah kacamata yang berbeda yang ia kenakan juga. Ia nampak santai dan bahagia saat berlibur di Bali.

Berikut 7 potret liburan Barbie Kumalasari di Bali yang Liputan6.com kutip dari Instagram @barbiekumalasari, Jumat (31/1/2020).

1. Barbie Kumalasari sedang nikmati waktu liburan di Bali.

Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)
Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)

2. Dalam liburannya, ia bertemu dengan teman-temannya di salah satu hotel terkenal di Bali.

Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)
Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)

3. Begini gaya Barbie Kumalasari saat liburan di Bali.

Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)
Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)

4. Hangout bersama teman, tak ada sosok spesial yang bersamanya atau mas Christ yang beberapa waktu lalu sempat melakukan pemotretan bersamanya.

Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)
Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)

5. Gayanya saat liburan kali ini mencuri perhatian, Barbie selalu kenakan kacamata besar.

Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)
Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)

6. Kacamata besar ini bikin banyak netizen salah fokus.

Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)
Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)

7. Namun Barbie begitu santai dan menikmati liburannya meski banyak netizen yang berkomentar mengenai gayanya.

Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)
Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Virus Corona Sebabkan Rasisme Tionghoa Muncul di Prancis

Posted: 30 Jan 2020 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Munculnya Virus Corona telah mengguncang dunia. Diikuti perkembangannya yang sangat pesat, virus itu telah membuat lebih dari 132 jiwa kehilangan nyawanya. Belum lagi lebih dari 6.000 kasus lainnya juga telah dikonfirmasi beserta penyebaran virus tersebut ke banyak negara di dunia. Di tengah merebaknya wabah virus corona, warga keturunan Tionghoa di Prancis dan Kanada mengatakan mengalami perlakuan rasis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dengarkan Hasil Autopsi Lina Jubaedah, Teddy Bawa Bayinya ke Mapolrestabes Bandung

Posted: 30 Jan 2020 09:54 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Suami Lina Jubaedah, Teddy Pardiyana mendatangi Mapolrestabes Bandung jelang pengumuman hasil autopsi mendiang istrinya, Jumat (31/1/2020). Teddy membawa sang buah hatinya yang masih bayi jelang pengumuman autopsi tersebut.

Teddy sudah tiba di Mapolrestabes sekitar pukul 09.30 WIB. Dia turut membawa anak pertamanya yang masih bayi hasil pernikahan dengan Lina Jubaedah, Delina Bintang Aura Putri.

Teddy pun menjelaskan kedatangannya ke Mapolrestabes bukan sebagai undangan dari pihak kepolisian. Namun, ayah sambung penyanyi Rizky Febian ini ingin mendengar langsung penyebab kematian sang istri.

"Hari ini saya ke sini cuma untuk menghadiri hasil autopsinya saja. Jadi saya ke sini untuk konfirmasi, benar atau enggak," ujarnya.

Dia menambahkan, kabar pengumuman hasil autopsi melalui pemberitaan di sejumlah media. "Jam dua katanya di sini," ucapnya.

Disinggung soal alasan membawa bayinya, Bintang, Teddy mengaku tidak bisa meninggalkan buah hatinya tersebut karena dirinya saat ini yang mengurus. "Ini anak dibawa karena memang tak bisa ditinggal," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepolisian Resor Kota Besar Bandung melalui Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) bakal menyampaikan hasil autopsi terhadap jenazah Lina Jubaedah yang merupakan mantan istri komedian Sule. Penyampaian hasil autopsi dilaksanakan di Mapolrestabes Bandung, Jumat (31/1/2020).

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga, penyidik Satreskrim Polrestabes yang akan mengumumkan hasil autopsi Lina.

"Semua hasil selama autopsi Lina Jubaedah akan kami umumkan besok Jumat (31/1/2020) di Mapolrestabes Bandung pukul 14.00 WIB," kata Saptono, Kamis (30/1/2020).

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Mendesain Rooftop agar Betah di Atap Rumah

Posted: 30 Jan 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki ruang terbuka di atap rumah dapat menjadi suatu kesenangan tersendiri. Sebab, tempat ini dapat menjadi ruang berkumpul, beristirahat, dan bersantai sambil menikmati udara segar dan pemandangan yang luas dari ketinggian.

Jika Anda masih mempunyai lahan atau area kosong di atap rumah, tentunya sangat disayangkan jika dibiarkan begitu saja.

Dengan mengubah area tersebut menjadi sebuah rooftop, Anda dapat memiliki tempat bersantai untuk menikmati waktu luang dengan suasana outdoor.

Furnizing akan memberikan beberapa tips untuk menciptakan rooftop yang menarik pada rumah Anda. Penasaran seperti apa? Saksikan selengkapnya di channel Furnizing hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Pemerintah Kejar Target Pajak 2020

Posted: 30 Jan 2020 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menargetkan realisasi pajak sepanjang tahun 2020 sebesar Rp 1.642,6 triliun. Realisasi ini lebih besar dari target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar Rp 1.577,6 triliun.

Direktur Jenderal Perpajakan Kementerian Keuangan, Suryo Utomo, mengatakan ada beberapa upaya fokus kerja di 2020 dalam mengejar target pajak di tahun ini. Salah satunya adalah dengan memperluas wajib pajak.

Suryo menyebut salah satu cara memperluas wajib pajak adalah dengan menambah jumlah pajak baru. Kemudian tidak kalah penting yakni pihaknya juga alan membina wajib bajak baru agar lebih patuh.

"Saya coba korelalasikan yang sedang kita kerjakan. Kami ingin bagaimana kita meningkatkan kepatuhan sukarela tinggi," kata dia di Kantor PLN, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Dia mengakui, untuk meningkatkan kepatuhan tinggi bagi wajib pajak memang tidak mudah. Untuk itu, pihaknya juga berupaya terus mengedukasi para wajib pajak baru maupun lama untuk tetap meningkatkan kepatuhan.

"Bagaimana kita edukasi, dan bagaimana kita letakan regulasi kepastian hukum. Ini jadi PR kami terus terang saja," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Ditjen Pajak Tambah 18 KKP Madya Baru di 2020

Pemohon pajak mengantri untuk mengikuti program Tex amnesty di kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (31/3). Hari ini merupakan hari terakhir program pengampunan pajak atau tax amnesty dan akan di tutup pada pukul 00:00. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pemohon pajak mengantri untuk mengikuti program Tex amnesty di kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (31/3). Hari ini merupakan hari terakhir program pengampunan pajak atau tax amnesty dan akan di tutup pada pukul 00:00. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan akan membentuk sebanyak 18 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya tahun ini. Khusus Jakarta Timur, pemerintah akan membuat satu KPP Madya baru.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Timur, Arfan mengatakan, pembentukan KPP baru tersebut tidak mengharuskan pihaknya untuk membangun gedung baru. Sebab, yang dilakukan ke depan adalah melebur dua KPP menjadi satu.

"Secara nasional satu, tapi tidak menambah jumlah kantor karena kita sembilan, jadi kita nanti ada salah satu yang dilebur. Nanti kalau madya baru hanya dari dua pratama jadi satu madya," ujar Arfan di Makodam Jaya, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

 

Arfan mengatakan, pelayanan pajak terhadap masyarakat tidak akan terganggu dengan adanya peleburan tersebut. Sebab, ke depan pemerintah secara gencar juga akan mendorong layanan dengan memanfaatkan tehnologi yang ada saat ini.

"Untuk di Jakarta Timur sudah ada pembicaraan soal pembentukan KPP madya baru, sebelum ke sana kan di masing masing wilayah kan punya analisa bahwa kita butuh penambahan KPP madya," jelasnya.

 

Lebih Fokus dalam Pelayanan

Wajib pajak dibantu petugas mengisi data di ruang Kelas Pajak EFILING di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta, Kamis (29/3). Lonjakan wajib pajak terjadi jelang batas akhir penyampaian laporan SPT PPh orang pribadi. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Wajib pajak dibantu petugas mengisi data di ruang Kelas Pajak EFILING di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta, Kamis (29/3). Lonjakan wajib pajak terjadi jelang batas akhir penyampaian laporan SPT PPh orang pribadi. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Dia melanjutkan penambahan KPP Madya akan dilakukan sesuai dengan besarnya jumlah wajib pajak disuatu daerah. Sehingga nantinya pemerintah akan lebih fokus dalam melakukan pengawasan.

"Sebetulnya untuk madya itu kan tujuannya untuk wajib pajak yang penerimaannya besar dan signifikan, kalau dari sisi pelayanan sebetulnya sama. Kita akan lebihkan dengan membentuk satu kantor sehingga lebih baik dan fokus dalam mengawasinya," paparnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

64 Tentara AS Cedera Otak karena Serangan Balasan Kematian Jenderal Iran

Posted: 30 Jan 2020 09:46 PM PST

Liputan6.com, Amerika Serikat - Sabtu 25 Januari 2020 lalu, Pentagon mengatakan bahwa 34 tentara AS didiagnosis menderita traumatic brain injuries (TBI) atau cedera otak traumatis, setelah kejadian serangan Iran di pangkalan mereka di Irak.

Namun jumlah tentara yang menderita TBI dikonfirmasi bertambah. 64 personel militer AS kini telah didiagnosis dengan cedera otak traumatis ringan setelah serangan rudal pada 8 Januari oleh Iran di pangkalan militer AS di Irak, demikian menurut dua pejabat AS.

Jumlah itu telah meningkat sejak awal pekan ketika Pentagon juga sempat melaporkan 50 kasus yang didiagnosis.

Dilansir CNN, Jumat (31/1/2020), tambahan kasus yang dilaporkan ini telah muncul dalam 22 hari sejak serangan itu. Dari 64 kasus yang didiagnosis sejauh ini, 39 tentara AS telah kembali bertugas.

Beberapa pejabat Pentagon sebelumnya mengatakan kepada CNN bahwa jumlah kasus yang didiagnosis kemungkinan akan terus berubah. Sekitar 200 orang yang berada di zona ledakan pada saat serangan.

Selama konferensi pers di Pentagon, Kamis 30 Januari, Ketua Gabungan Jenderal Mark Milley mengatakan peningkatan jumlah kasus yang dilaporkan, sebagian besar jatuh ke dalam kategori "TBI ringan."

"Semua orang itu diskrining dan kami telah mendapatkan jumlah tertentu dan jumlahnya terus bertambah, dalam kasus khusus ini, TBI – perlu waktu untuk memanifestasikan dirinya, dan itu bukan hal yang cepat. Jadi kami terus menyaring," kata Milley.

"Beberapa dari mereka telah dievakuasi ke Eropa, beberapa telah dievakuasi kembali ke Amerika Serikat, kami akan terus melakukan itu dengan tim profesional medis kami."

Trump: "Itu tidak terlalu serius"

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjuk sambil makan bersama para tentara di Pangkalan Udara Bagram, Afghanistan, Kamis (28/11/2019). Kunjungan dadakan Trump pada hari Thanksgiving tersebut mengejutkan pasukan AS yang bertugas di Afghanistan. (AP Photo/Alex Brandon)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjuk sambil makan bersama para tentara di Pangkalan Udara Bagram, Afghanistan, Kamis (28/11/2019). Kunjungan dadakan Trump pada hari Thanksgiving tersebut mengejutkan pasukan AS yang bertugas di Afghanistan. (AP Photo/Alex Brandon)

Pentagon dan Presiden Donald Trump pada awalnya mengatakan tidak ada anggota layanan yang terluka atau terbunuh dalam serangan rudal Iran, yang merupakan pembalasan atas serangan drone AS 2 Januari yang menewaskan seorang jenderal top Iran.

Pekan lalu, Trump juga mengatakan ia tidak menganggap potensi cedera otak sama seriusnya dengan luka pertempuran fisik, serta mengecilkan tingkat keparahan cedera yang diderita di Irak.

Selama Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Trump diminta untuk menjelaskan perbedaan antara komentar sebelumnya bahwa tidak ada anggota layanan AS yang terluka dalam serangan rudal Iran 8 Januari terhadap pangkalan udara Al-Asad di Irak, dan laporan terbaru pasukan AS yang dirawat karena cedera yang diderita dalam serangan itu.

"Tidak, saya mendengar bahwa mereka sakit kepala, dan beberapa hal lainnya, tetapi saya akan mengatakan, dan saya dapat melaporkan, itu tidak terlalu serius," jawab Trump dalam konferensi pers.

Ditanya tentang komentar Presiden, Menteri Pertahanan Mark Esper mengatakan Trump "memahami sifat dari cedera ini."

"Saya memiliki kesempatan untuk berbicara dengan Presiden. Dia sangat peduli dengan kesehatan dan kesejahteraan semua anggota layanan kami, terutama mereka yang terlibat dalam operasi di Irak, dan dia memahami sifat dari cedera ini," katanya.

Kelompok Veteran Mengharapkan Permintaan Maaf dari Trump

Tentara AS berdiri di lokasi pemboman Iran di pangkalan udara Ain al-Asad, Anbar, Irak, Senin (13/1/2020). Iran menghujani pangkalan militer AS tersebut dengan rudal sebagai balasan atas kematian Jenderal Qasem Soleimani. (AP Photo/Qassim Abdul-Zahra)
Tentara AS berdiri di lokasi pemboman Iran di pangkalan udara Ain al-Asad, Anbar, Irak, Senin (13/1/2020). Iran menghujani pangkalan militer AS tersebut dengan rudal sebagai balasan atas kematian Jenderal Qasem Soleimani. (AP Photo/Qassim Abdul-Zahra)

Kelompok veteran terbesar di AS meminta Trump meminta maaf atas komentarnya itu. "VFW mengharapkan permintaan maaf dari Presiden kepada pria dan wanita kami atas ucapannya yang salah arah," William Schmitz, komandan VFW, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Dan kami meminta agar ia dan White House bergabung dengan kami dalam upaya kami untuk mendidik orang Amerika tentang bahaya TBI pada para pahlawan ini karena mereka melindungi negara besar kami di masa-masa sulit ini. Para pejuang kami membutuhkan dukungan penuh kami lebih dari sebelumnya dalam hal ini." tambah Schmitz.

Sejauh ini, bentuk TBI yang paling umum di militer adalah TBI ringan, menurut Pusat Cidera Otak Pertahanan dan Veteran.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Butuh Rp 300 Miliar untuk Perbaiki Stadion

Posted: 30 Jan 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya kembali diamanahkan untuk mendukung penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 2021 terkait kesiapan sarana dan prasarana, terutama stadion dan lapangan yang diestimasi akan membutuhkan anggaran sebesar Rp 65 miliar-Rp 300 miliar.

Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rapat Terbatas Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 pada 17 Januari 2020.

Kepala Pusat Pengembangan sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga, dan Pasar (PSPPOP) Iwan Suprijanto mewakili Ditjen Cipta Karya mengatakan, dukungan untuk venue Piala Dunia FIFA U-20 ini membutuhkan biaya Rp 65 miliar-Rp 300 miliar.

Rinciannya, rehab 2 venue utama yaitu Stadion Pakansari, Jawa Barat dan Stadion I Wayan Dipta, Bali membutuhkan biaya Rp 15 miliar-Rp 170 miliar, rehab 3 lapangan latihan (Sriwedari Solo, Sultan Agung Bantul, Delta Sidoarjo) dan 12 Lapangan (Bogor 5, Solo 4, Yogyakarta 3) sebesar Rp 40 miliar-Rp 120 miliar dan pembangunan dua lapangan baru di Yogyakarta Rp 10 miliar.

"Ditargetkan perbaikan seluruh venue utama dan lapangan latihan selesai pada Desember 2020," ujar Iwan dikutip dari laman Setkab, Jumat (31/1/2020).

Pada 18 Januari 2020, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah menetapkan enam stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia FIFA U-20 2021 dari 10 stadion yang diusulkan oleh Pemerintah Indonesia. Keenam stadion tersebut adalah Stadion Utama GBK di Jakarta, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Bung Tomo di Surabaya dan Stadion I Wayan Dipta di Bali.

Di samping itu ada empat stadion lain yang disiapkan sebagai cadangan yaitu Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Cikarang dan Stadion Jalak Harupat Kabupaten Bandung. Masing-masing stadion akan didampingi dengan lima lapangan latihan dengan ketentuan empat lapangan terbuka dan satu lapangan tertutup.

3 Stadion Siap Digunakan

Pemandangan menakjubkan saat pesta kembang api dalam pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). (Bola.com/Iqbal Ichsan)
Pemandangan menakjubkan saat pesta kembang api dalam pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). (Bola.com/Iqbal Ichsan)

Kementerian PUPR bersama dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Pemerintah Daerah telah melakukan preliminary assessment (penilaian awal) terhadap enam stadion yang telah dipilih FIFA. Tiga stadion yang siap digunakan yakni Stadion GBK Jakarta, Stadion Pakansari Bogor dengan perbaikan minor, dan Stadion Manahan Surakarta dengan perbaikan minor.

Sementara tiga stadion lainnya perlu dilakukan perbaikan. Stadion Mandala Krida di Yogyakarta perlu perbaikan di antaranya adalah lampu glare dengan minimal ketinggian 35 meter dari existing 28 meter, melanjutkan penggantian single seat, re-layout area barat, penambahan mekanikal dan elektrikal termasuk AC dan genset serta re-layout mix zone (media dengan pemain).

Perbaikan Stadion Bung Tomo di Surabaya di antaranya meliputi pembebasan lahan, penambahan warming up area indoor, peningkatan lampu terpasang dari 1.200 lux menjadi 2.400 lux, penggantian jenis rumput Japonica menjadi Matrella, rekayasa akses untuk pemain, media dan penonton, penambahan ruang ganti sesuai standar FIFA, dan rehabilitasi pagar agar tidak bisa terjangkau oleh penonton.

Untuk Stadion I Wayan Dipta di Kabupaten Gianyar Bali, perbaikan yang perlu dilakukan di antaranya adalah penambahan ruang ganti menjadi empat, penambahan single seat sesuai standar FIFA, pemasangan pagar pada ring luar stadion, penambahan daya lampu, pemasangan rain gun untuk penyiraman rumput dan penyiapan aspek legal stadion IMB dan SLF.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Dalami Kasus Suap Pengaturan Proyek di Pemkab Indramayu

Posted: 30 Jan 2020 09:41 PM PST

Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono (kiri) dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono (kiri) dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono (kiri) dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono (kedua kiri) dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono (kedua kiri) dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono (kedua kiri) dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono (kanan) dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono (kanan) dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kabid Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono (kanan) dan Kadis PUPR Pemkab Indramayu, Omarsyah tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Kedua tersangka diperiksa dalam kasus suap terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2019 (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Ingatkan Pemerintah Jangan Tinggalkan Satupun WNI di Wuhan

Posted: 30 Jan 2020 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akhirnya memutuskan untuk melakukan evakuasi WNI di Wuhan, China. Anggota Komisi I DPR Willy Aditya berharap semuanya lancar dan tak menimbulkan kepanikan di daerah asal masing-masing.

"Harapannya, semua tahapan rencana evakuasi nanti, mulai dari pendataan, identifikasi titik-titik penjemputan, pemberangkatan, pemeriksaan, karantina, hingga dipulangkan ke domisili masing-masing, dapat berjalan lancar dan tidak menimbulkan kepanikan di lingkungan masing-masing," ujar Willy dalam keterangannya, Jumat (31/1/2020).

Willy mengingatkan perwakilan Indonesia di China, harus mengumumkan proses evakuasi. Supaya tidak ada satupun WNI yang tertinggal karena masalah teknis.

"Perwakilan RI di China harus mengumumkan proses evakuasi ini agar tidak ada satupun WNI yang tertinggal karena problem teknis pendataaan," kata politikus Nasdem itu.

Dia menilai, pemerintah harus menjalankan koordinasi dengan matang. Bisa oleh BNPB, TNI atau lembaga manapun. Willy mengingatkan, semua langkah harus terpimpin, terorganisir dan terkelola dengan baik.

"Anggaran kedaruratan bisa digunakan oleh tim evakuasi untuk menyokong aktivitasnya. DPR akan mendukung dan memastikan proses evakuasi berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan masalah ke depannya," ujarnya.

Dijamin Negara

Selain itu, Willy mengingatkan pemerintah harus memantau keadaan di Wuhan. Dia meminta pemerintah menjamin para WNI yang dievakuasi ini.

"WNI yang dievakuasi ini pada dasarnya adalah WNI yang juga memiliki aktivitas penghidupan rutin di sana. Ada yang mahasiswa, pengusaha, dan lainnya. Pemerintah harus memastikan bahwa mereka yang di evakuasi nantinya dapat kembali dan dijamin oleh negara," jelasnya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambangi Polrestabes Bandung, Teddy Ingin Dengarkan Langsung Hasil Autopsi Lina Jubaedah

Posted: 30 Jan 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Teddy Pardiyana, suami mendiang Lina Jubaedah mengatakan akan mendengarkan langsung pengumuman pihak kepolisian perihal hasil autopsi istrinya yang akan dilaksanakan di Mapolrestabes Bandung, Jumat (31/1/2020) siang ini.

Untuk diketahui, penyidik Satreskrim Polrestabes Bandung akan mengumumkan hasil autopsi Lina Jubaedah setelah tim forensik mengautopsi jasad ibunda penyanyi Rizky Febian itu pada 9 Januari lalu.

"Insya Allah, saya coba datang. Dan harapan saya yang terbaik buat semuanya," ucap Teddy.

Diberitakan sebelumnya, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga, penyidik Satreskrim Polrestabes yang akan mengumumkan hasil autopsi Lina.

"Semua hasil selama autopsi Lina Jubaedah akan kami umumkan besok Jumat (31/1/2020) di Mapolrestabes Bandung pukul 14.00 WIB," kata Saptono, Kamis (30/1/2020).

Saptono menjelaskan, pengumuman hasil autopsi Lina berbarengan dengan hasil penyelidikan atas dugaan pembunuhan.

"Kalau dilaporkan dengan ketidakwajaran dugaan pembunuhan itu laporan awalnya dari Rizky. Tapi lebih jelasnya besok Jumat," tutur Saptono.

Proses pendalaman penyebab kematian Lina Jubaedah sendiri sudah berlangsung selama tiga minggu atau hampir satu bulan. Padahal sebelumnya polisi berencana akan mengumumkan hasil dalam dua pekan setelah autopsi.

"Estimasi dalam proses laboratorium ini memang normalnya 14 hari kerja. Tapi penyidik kan masih menunggu hasil laboratorium forensik," kata Saptono.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Darurat Global, Ini Sebaran Virus Corona Terbaru di Dunia

Posted: 30 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Badan kesehatan dunia WHO mengumumkan status darurat dunia atas virus corona yang kini sedang mewabah. Peningkatan jumlah pasien positif corona dan jumlah korban meninggal meningkat cukup tajam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nemanja Matic Ingin Pensiun di MU?

Posted: 30 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Nemanja Matic (31) mengaku ingin bertahan di Manchester United (MU). Gelandang asal Serbia itu mengatakan, MU selalu menjadi prioritasnya.

"Opsi pertama saya selalu MU, tetapi jika mereka memutuskan yang lain, selalu ada solusi," kata Matic seperti dilansir Sportskeeda.

Matic termasuk gerbong pemain yang dibawa Jose Mourinho saat melatih MU dari Juli 2016 hingga Desember 2018. Ia diboyong bersama dengan Romelu Lukaku, Fred, dan Henrikh Mkhitaryan.

Meski Mourinho telah hengkang, Matic tetap bertahan di MU. Kini, ia kerap menajdi pilihan utama manajer Ole Gunnar Solskjaer.

Di MU, Matic sendiri masih memiliki kontrak hingga musim ini berakhir. Ia pun tak keberatan jika manajemen menginginkannya bertahan.

"Saya di Carrington (pusat latihan MU, red) setiap hari dan selalu terbuka jika mereka berpikir saya bisa membantu. Jika tidak, hidup harus terus berjalan," ujar Matic.

Menurut catatan statistik, Matic telah bermain 104 kali di MU dan mencetak empat gol. Sayang, ia belum mempersembahkan trofi bagi Setan Merah.

 

Banyak Peminat

Gelandang Manchester United, Nemanja Matic  (Martin Rickett/PA via AP)
Gelandang Manchester United, Nemanja Matic (Martin Rickett/PA via AP)

Namun demikian, Matic mengakui masih ada banyak klub yang meminatinya. Menurut Matic, hal itu terjadi pada semua pemain MU.

"Saya tidak bisa mengatkaan klub mana, tetapi pastinya, ketika Anda bermain bagi MU, banyak klub tertarik kepada Anda," katanya.

"Bukan hanya saya, itu berlaku untuk semua pemain, terutama jika kontrak Anda sebentar lagi habis," ujarnya mengakhiri.

  Boyong Bruno Fernandes

 

Sementara itu, MU baru saja memboyong Bruno Fernandes dari Sporting Lisbon. Fernandes didatangkan demi mendongkrak permainan MU yang tengah terpuruk.

MU tertahan di peringkat kelima dengan 34 poin dari 24 pertandingan. Matic dkk. baru menang 9 kali, 7 kali imbang, dan 8 kali kalah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Putuskan Biaya Haji di 2020 Tak Naik

Posted: 30 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI menyepakati besaran rata-rata Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) Tahun 1441H/2020M atau biaya yang dibayar langsung oleh jemaah sebesar Rp 35.235.602.

"Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 1441H/2020M sama dengan Bipih tahun sebelumnya," tandas Menteri Agama Fachrul Razi seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Jumat (31/1/2020).

Menurut Menag, Bipih yang dibayarkan oleh jemaah haji mencakup biaya penerbangan, akomodasi di Makkah (SAR9,71), dan living cost sebesar SAR1500. Meski tidak naik, kata Menag, ada sejumlah peningkatan pelayanan.

Peningkatan tersebut antara lain bertambahnya jumlah makan di Makkah sebanyak 10 kali, yaitu dari 40 kali pada 1440H/2019M, menjadi sebanyak 50 kali pada 1441H/2020M.

 

Selanjutnya

Maskapai plat merah Garuda Indonesia, mengaku telah menyelesaikan fase keberangkatan penerbangan haji dengan menerbangkan sebanyak 107.959 jemaah calon haji.
Maskapai plat merah Garuda Indonesia, mengaku telah menyelesaikan fase keberangkatan penerbangan haji dengan menerbangkan sebanyak 107.959 jemaah calon haji.

Selanjutnya, layanan akomodasi di Makkah dan Armina dengan sistem zonasi berdasarkan embarkasi. Ketiga, menu konsumsi dengan cita rasa Nusantara sesuai zonasi penempatan dan asal jemaah.

"Dan biaya visa sebesar SAR300 untuk setiap jemaah sudah termasuk dalam Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1441H/2020M dan tidak dibebankan kepada jemaah secara terpisah," imbuh Menag. Menag menambahkan, persetujuan BPIH oleh DPR RI dan Pemerintah merupakan salah satu bagian krusial dari siklus penyelenggaraan haji.

Menurutnya, pengesahan ini akan menjadi dasar bagi Presiden untuk menetapkan BPIH sebagaimana termaktub dalam Pasal 48 UU No. 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Di situ diatur bahwa besaran BPIH ditetapkan oleh Presiden atas usul Menteri setelah mendapat persetujuan DPR RI.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yura Yunita Curhat di i-Konser

Posted: 30 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Yura Yunita menggelar konser dengan cara yang berbeda. Tak hanya disaksikan para penggemarnya di depan panggung, konser Yura Yunita juga disaksikan penonton televisi di seluruh Indonesia. Konser yang dilakukan Yura Yunita memang bertajuk ikonser yang digagas Telkom dan Rajawali Indonesia. 

Dalam konser yang digelar di M Bloc, Blok M, Rabu (29/1/2020), Yura Yunita membawakan sejumlah lagu dari album Merakit (2018) yang memuat pesan-pesan personal bagi sosoknya yang introvert. Dimulai dari Apakah Kamu, dan Takkan Apa. Selain itu, Yura juga membawakan lagu dari album pertamanya antara lain Berawal dari Tatap dan Get Along with You.

"Semoga lagu-lagu di konser ini bisa mewakili malam-malam kalian. Semoga orang yang kalian harap bisa segera buka hati untuk kalian," ujar Yura Yunita di atas panggung.

 

Kesepian

Yura Yunita (Bambang E Ros/Fimela.com)
Yura Yunita (Bambang E Ros/Fimela.com)

Saat membawakan lagu Get Along With You, Yura Yunita sempat curhat di atas panggung. Dirinya mengaku merasa kesepian.  

"Waktu itu aku merasa kesepian. Di rumah tengah malam nggak bisa tidur, lagu ini pun tercipta terinspirasi dari doa-doaku sepertiga malam agar seseorang yang kita sayang bisa membuka hatinya. Semoga lagu ini bisa mewakili orang-orang yang kalian harap bisa membuka hatinya. Lagu yang sakral buat Yura, lagu ini berjudul buka hati," ujar Yura Yunita.

 

i-Konser

Yura Yunita (Bambang E Ros/Fimela.com)
Yura Yunita (Bambang E Ros/Fimela.com)

Konser Yura Yunita malam itu memang bisa disaksikan langsung secara live di channel i-Konser khusus pelanggan Indi Home yang membayar pay per view. 

Diakui oleh CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi, i-Konser merupakan sebuah alternatif acara mempermudah fans untuk tak ketinggalan momen saat idolanya naik panggung.

 

Ide

Yura Yunita (Bambang E Ros/Fimela.com)
Yura Yunita (Bambang E Ros/Fimela.com)

"Ide awal dari i-Konser karena ketika kita bikin gelaran konser banyak sekali pengunjung yang nggak bisa nonton. Misal kayak Yura kita jualan tiket sold out dalam lima menit untuk sekitar lima ratus orang. Konsepnya kita kepikiran gimana orang yang nggak bisa nonton Yura secara langsung tapi bisa menonton di tempat lain dengan harga lebih murah," kata Anas Syahrul Alimi saat jumpa pers di tempat yang sama.

 

Konser Lain

Selain Yura Yunita, dalam setahun ke depan Telkom Indonesia dan Rajawali Indonesia telah merencanakan sejumlah aksi panggung untuk live di i-Konser. Seperti Kunto Aji, Prambanan Jazz, Mocosik Festival, Jogjarockarta, dan sejumlah aksi panggung lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecepatan Internet Pita Lebar di Australia Lebih Lambat daripada di Kazakhstan

Posted: 30 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Australia adalah satu dari sekian banyak negara kaya dan maju. Namun ternyata kecepatan internet pita lebar (broadband) di Benua Kangguru itu terbilang lambat.

Sebelumnya peringkat kecepatan internet pita lebar di Australia berada di bawah Kenya. Terkini, laporan Speedtest tahun ini menempatkan Australia di peringkat ke-68 di dunia.

Mengacu pada laporan itu, sebagaimana dikutip dari CNET, Jumat (31/1/2020), kecepatan internet pita lebar di Australia lebih lambat daripada di Kazakhtan (ke-64), Kosovo (ke-61), dan Montenegro (ke-60).

Adapun kecepatan internet pita lebar Amerika Serikat turun peringkat dari ke-10 kini ke-11. Kecepatan unduh rata-rata di AS mencapai 130,79Mbps, berbeda tipis dengan Swedia pada peringkat ke-10 dengan kecepatan rata-rata 131,13Mbps.

Kecepatan internet seluler

Sementara Singapura dengan kecepatan unduh rata-rata lebih dari 200Mbps menjadi negara dengan kecepatan internet seluler terdepan di dunia.

Berbeda dengan koneksi pita lebar, koneksi internet seluler milik Australia berada di peringkat ke-6 tertinggi di dunia dengan rata-rata 67,66Mbps.

Adapun di AS, Inggris, dan Kazakhtan masing-masing mencapai 36,41Mbps, 48,35Mbps, dan 19,59Mbps. Sementara koneksi internet seluler di Korea Selatan masih berada di posisi pertama yaitu dengan kecepatan unduhan rata-rata lebih dari 103Mbps.

(Fitriah Nurul Annisa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Resmikan Flyover Rawa Panjang dan Cipendawa di Bekasi

Posted: 30 Jan 2020 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan jalan layang atau flyover Rawa Panjang dan Cipendawa, Kota Bekasi, Jawa Barat. Pembangunan kedua flyover tersebut merupakan hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan Pemkot Bekasi.

Pembangunan flyover Rawa Panjang dan Cipendawa dibangun dengan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta.

Pada sambutannya, Anies menyebut pembangunan kedua flyover ini bentuk peningkatan kinerja kedua pemerintah daerah dengan saling menopang.

"Bukan Bekasi penyangga Jakarta, tapi Jakarta juga penyangga bagi Bekasi. Kita saling menyangga, kita saling menopang," kata Anies Baswedan dalam keterangan pers, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga menyebut, Kota Bekasi dan DKI Jakarta merupakan tetangga yang memiliki integrasi dalam segala sektor. Mulai dari perekonomian, sosial masyarakat, hingga transportasi.

"Bagi warga, semuanya adalah warga negara Indonesia dan semuanya berhak untuk mendapatkan pelayanan yang sama dan setara," ucap Anies Baswedan.

 

Berkah

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan kedua flyover tercatat sebagai aset milik Pemprov Jawa Barat. Dengan adanya peresmian itu, Rahmat Effendi berharap kerja sama kedua pemerintah daerah terus terjalin.

"Gubernur (Anies) meningkatkan status sebagai kota penyangga menjadi mitra. Mitra ini membawa keberkahan bagi kita semua," kata Rahmat Effendi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Usut Kasus Jiwasraya, Kejagung Kembali Periksa Benny Tjokro di KPK

Posted: 30 Jan 2020 09:20 PM PST

Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro tiba di Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro tiba di Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro tiba di Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro bersiap untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro bersiap untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro bersiap untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro tiba di Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro tiba di Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro tiba di Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro bersiap untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro bersiap untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro bersiap untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro bersiap untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro bersiap untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro bersiap untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Benny diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Makar, Pendiri Negara Rakyat Nusantara Diringkus Polisi

Posted: 30 Jan 2020 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Subdit 1 Dit Tipidum Bareskrim Polri menangkap pendiri Negara Rakyat Nusantara bernama Yudi Syamsudin Suyuti. Yudi ditangkap atas dugaan makar terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Benar yang bersangkutan ditangkap pada 22 Januari 2020," kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Argo menyebutkan, yang bersangkutan ditahan karena telah memberikan pernyataan sikap atas Negara Kesatuan Republik Indonesia menggunakan nama Negara Rakyat Nusantara yang diunggah di kanal YouTube.

Menurut Argo, yang bersangkutan menyatakan Negara Rakyat Nusantara adalah negara yang sedang mereka perjuangkan karena mewakili bangsa-bangsa nusantara yang sudah ada sebelum NKRI.

"Mengajak untuk membubarkan NKRI dan akan menggantikan dengan Negara Rakyat Nusantara. NKRI sekarang sudah mengalami kebuntuan dan sangat kritis kalo bisa dibilang sistem NKRI sistem yang telah membusuk," kata Argo menirukan isi pernyataan dalam video tersebut.

 

Pasal Sangkaan

Argo menyebutkan, bahkan sang pelaku menyatakan, pengikutnya harus merelakan untuk membubarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Barang bukti yang diamankan satu buah flashdisk berisi rekaman video tersangka, satu handphone Samsung milik tersangka, dan satu lembar screenshot video pernyataan tersangka," ucap dia.

Polisi menyangkakan Pasal 110 KUHP Jo Pasal 107 KUHP Jo Pasal 87 KUHP kepada yang bersangkutan.

"Dan atau Pasal 207 KUHP dan atau Pasal 14 dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana," jalas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPP Tegaskan Ganja Haram dan Tak Bisa Dilegalkan di Indonesia

Posted: 30 Jan 2020 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi PPP DPR RI mengatakan, upaya menjadikan ganja sebagai komoditas ekspor bertentangan dengan nilai-nilai agama Islam, aspek hukum, fisik, psikologis, sosial, serta keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Dalam Islam jelas bahwa hal yang memabukkan diharamkan termasuk di dalamnya ganja. Banyak dalil Islam yang memperkuat hal tersebut. Artinya usulan ekspor ganja bertentangan dengan Islam," ujar Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi dalam keterangannya, Jumat (31/1/2020).

Baidowi mengingatkan bahwa ganja tidak dapat dilegalkan di Indonesia karena dari aspek hukum legalilasi ganja akan bertentangan dengan UN Single Convention 1961 dan UN Convention 1988 tentang narkotika dan obat-obatan terlarang.

"Dalam konvensi tersebut disebutkan segala perbuatan yang menyangkut masalah ganja adalah sebuah tindak pidana yang harus dikenakan hukuman yang setimpal dengan hukuman penjara," ucapnya.

Ketentuan-ketentuan dari kedua konvens, kata Baidowi, telah di ratifikasi dan diatur lebih lanjut dalam UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika baik mengenai penggolongan ganja dalam narkotika golongan I maupun ketentuan pidana yang cukup berat.

Diberitakan, anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fraksi PKS, Rafli, mengusulkan ganja menjadi komoditas ekspor Indonesia. Menurutnya, stigma ganja berbahaya hanyalah konspirasi global.

Penuhi Kebutuhan Farmasi?

Dia mengatakan ganja dapat memenuhi kebutuhan farmasi. Apalagi ganja ini tumbuhan yang mudah ditanam dan tumbuh di Aceh.

"Jadi ganja ini ini adalah konspirasi global dibuat ganja nomor satu bahayanya. Narkotika yang lain dibuat nomor sekian-sekian padahal yang paling sewot dan gila sekarang masuk penjara itu bukan orang ganja. Orang yang pakai sabu bunuh neneknya pakai ekstasi segala macam," kata Rafli saat rapat di Komisi VI DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Dia menyarankan Aceh sebagai pusat budidaya ganja. Dia pun sudah memetakan daerah yang bagus untuk budidaya ganja.

"Jadi pak, ganja ini bagaimana kita jadikan komoditas yang ekspor yang bagus. Jadi kita buat lokasinya. Saya bisa kasih nanti daerahnya di mana," kata Rafli.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uang Beredar di Desember 2019 Capai Rp 6.138,3 Triliun

Posted: 30 Jan 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) tumbuh melambat pada Desember 2019.

Posisi M2 pada Desember 2019 tercatat Rp 6.138,3 triliun atau tumbuh 6,6 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 7,1 persen (yoy).

Dikutip dari laporan Bank Indonesia, Jumat (31/1/2020), perlambatan pertumbuhan M2 disebabkan oleh melambatnya pertumbuhan komponen uang beredar dalam arti sempit (M1) dan surat berharga selain saham.

Uang beredar dalam arti sempit (M1) tumbuh melambat, dari 10,5 persen (yoy) pada November 2019 menjadi 7,5 persen (yoy) pada Desember 2019, terutama disebabkan oleh perlambatan pertumbuhan uang kartal dan giro rupiah.

Perlambatan juga terjadi pada surat berharga selain saham, dari 31,3 persen pada bulan sebelumnya menjadi 26,5 persen (yoy) pada Desember 2019.

 

Uang Kuasi

Teller menunjukkan mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, komponen uang kuasi tumbuh meningkat, terutama didorong oleh pertumbuhan giro valas, sehingga menjadi faktor penahan perlambatan pertumbuhan uang beredar yang lebih dalam.

Berdasarkan faktor yang memengaruhi, perlambatan M2 pada Desember 2019 disebabkan oleh perlambatan pertumbuhan aktiva luar negeri bersih dan aktiva dalam negeri bersih. Pertumbuhan aktiva luar negeri bersih melambat, dari 4,6 persen (yoy) pada November 2019 menjadi 4,4 persen (yoy).

Sementara itu, perlambatan pertumbuhan aktiva dalam negeri bersih terutama disumbang oleh penyaluran kredit yang melambat menjadi 5,9 persen (yoy) dari capaian pada bulan sebelumnya sebesar 7 persen (yoy).

Di sisi lain, operasi keuangan pemerintah justru tercatat ekspansi sebesar 3,7 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan ekspansi bulan sebelumnya sebesar 2,4 persen (yoy). Ekspansi operasi pemerintah tersebut sekaligus menjadi faktor penahan perlambatan M2 lebih dalam lagi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru 24 Pekan, Liverpool Sudah Lewati MU era Treble Winners

Posted: 30 Jan 2020 09:14 PM PST

Liverpool- Liverpool terus menorehkan catatan menakjubkan sepanjang musim ini. The Reds mampu memperpanjang hasil gemilang setelah mengalahkan West Ham United 2-0, pada lanjutan Liga Inggris, Kamis (30/1/2020) dini hari WIB.  

Itu menjadi kemenangan ke-23 Liverpool di Premier League sepanjang musim ini. Dari 24 laga yang dijalani musim ini, The Reds belum terkalahkan. Satu laga lainnya berakhir 1-1, saat tim besutan Jurgen Klopp melawat ke Old Trafford, markas Manchester United. 

Seperti dilansir Give Me Sport, Jumat (31/1/2020), meskipun Premier League masih panjang, pencapaian Liverpool tersebut sudah menjadi catatan tersendiri. Liverpool berhasil mengalahkan torehan tim Manchester United saat meraih treble winners pada musim 1998-1999. 

Benarkah? Tentu saja. 

Faktanya, pada musim 1998-1999, Manchester United sebenarnya memenangi Premier League dengan kurang mengesankan. Bayangkan saja, Setan Merah hanya mendulang 22 kemenangan sepanjang musim. Sebanyak 13 laga lainnya berkesudahan imbang, dan mengalami tiga kekalahan. 

Bandingkan saja dengan torehan Liverpool musim ini. Bahkan, Liverpool sudah membukukan 23 kemenangan, alias sudah melebihi kemenangan Manchester United pada musim 1998-1999. 

Jadi, jika saja Liverpool kalah pada 14 laga tersisa, fans tetap bisa berbangga karena merasakan jumlah kemenangan lebih banyak dibanding skuat asuhan Sir Alex Ferguson yang legendaris tersebut. 

 

Ditunggu Rekor Lain

Gelandang Liverpool Naby Keita, Virgil van Dijk dan Joe Gomez merayakan kemenangan timnya atas West Ham pada pertandingan Liga Inggris di Stadion London, Rabu (29/1/2020). Liverpool menang 2-0 atas West Ham dan tetap kokoh di puncak klasemen dengan poin 70. (AP Photo/Frank Augstein)
Gelandang Liverpool Naby Keita, Virgil van Dijk dan Joe Gomez merayakan kemenangan timnya atas West Ham pada pertandingan Liga Inggris di Stadion London, Rabu (29/1/2020). Liverpool menang 2-0 atas West Ham dan tetap kokoh di puncak klasemen dengan poin 70. (AP Photo/Frank Augstein)

Pencapaian Liverpool musim ini juga sudah melebihi torehan poin Manchester United saat menjuarai Premier League pada 1996-1997. Saat itu, Setan Merah hanya mendulang 21 kemenangan sepanjang musim. 

Catatan kemenangan Liverpool dipastikan akan bertambah tajam jika melihat konsistensi selama ini. The Reds bahkan belum tersentuh kekalahan dalam 41 pertandingan beruntun di Premier League. 

Catatan itu makin mendekati rekor The Invicible Arsenal pada 2004. Saat itu, The Gunners mengemas 49 laga beruntun tak tersentuh kekalahan. 

Liverpool hanya butuh delapan laga lagi untuk menyamai rekor legendaris itu, bahkan melampuinya. Fakta di lapangan menunjukkan Liverpool terlalu dominan di Premier League musim ini. 

Buktinya, Liverpool sudah unggul 19 poin atas peringkat kedua, Manchester City. Jika ingin melihat fakta yang lebih ekstrem, The Reds unggul 36 poin atas MU yang tercecer di peringkat kelima. 

Tampaknya, The Reds hanya tinggal butuh waktu untuk menyegel titel Premier League. Bahkan, kemungkinan gelar tersebut akan datang terlalu dini. 

Sumber: Give Me Sport

Disadur dari Bola.com (Penulis Yus Mei/Published 31/1/2020)

Video Liverpool

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran Virus Corona, Rusia Tutup Perbatasan dengan China

Posted: 30 Jan 2020 09:13 PM PST

Liputan6.com, Rusia - Rusia memutuskan untuk menutup perbatasannya dengan China sebagai langkah mencegah penyebaran Virus Corona, demikian menurut media negara itu, dilansir CNBC, Jumat (31/1/2020).

Kamis pagi, Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin mengatakan bahwa ia telah menandatangani instruksi untuk menutup perbatasan negara di Timur Jauh.

"Instruksi tersebut ditandatangani hari ini. Pengerjaannya sudah dalam proses. Kami akan memberi tahu semua orang yang peduli tentang langkah-langkah untuk menutup perbatasan di wilayah Timur Jauh dan langkah-langkah lain yang telah diambil pemerintah (untuk mencegah penyebaran Virus Corona di Rusia)," demikian laporan kantor berita Rusia TASS mengutip dalam rapat kabinet hari Kamis 30 Januari.

"16 dari 25 penyeberangan di sepanjang perbatasan Rusia-China akan ditutup pada tengah malam 31 Januari, kata keputusan itu," menurut Moscow Times.

Penundaan Penerbitan Visa untuk Warga Negara China

Penerbangan dari Wuhan Ditutup:  Pelancong berjalan melintasi papan informasi tentang penerbangan dari Wuhan telah dibatalkan di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing pada Kamis (23/1/2020). China menangguhkan semua transportasi dari dan ke kota pusat penyebaran virus corona. (AP/Mark Schiefelbein)
Penerbangan dari Wuhan Ditutup: Pelancong berjalan melintasi papan informasi tentang penerbangan dari Wuhan telah dibatalkan di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing pada Kamis (23/1/2020). China menangguhkan semua transportasi dari dan ke kota pusat penyebaran virus corona. (AP/Mark Schiefelbein)

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah menunda sementara penerbitan visa elektronik untuk warga negara China.

Langkah yang dilakukan Rusia itu terjadi ketika virus yang mirip pneumonia ini yang pertama kali diidentifikasi di kota Wuhan di China pada akhir Desember 2019, dan virus ini terus menyebar.

Otoritas kesehatan China mengatakan jumlah kasus sekarang telah meningkat melampaui 10000 dan jumlah kematian mencapai lebih dari 200, demikian dikutip dari AFP, Jumat 31 Januari 2020.

Sebagian besar kasus ada di China tetapi virusnya juga ditemukan di Prancis, Jerman, Kamboja, Korea Selatan, Singapura, AS, Thailand, Sri Lanka, dan Jepang. Filipina dan India juga mengkonfirmasi kasus pertama mereka pada Kamis lalu.

Sejauh ini, belum ada kasus virus yang dilaporkan di Rusia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada Kamis malam telah memutuskan apakah akan mengumumkan darurat kesehatan global atas wabah tersebut.

Keadaan Darurat Global

WHO. (Liputan6/Twitter/@WHO)
WHO. (Liputan6/Twitter/@WHO)

Dilansir AFP, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan keadaan darurat global terkait virus corona baru, ketika China melaporkan Jumat bahwa jumlah kematian telah meningkat menjadi 213 dengan hampir 10.000 infeksi.

Badan kesehatan PBB yang berbasis di Jenewa ini pada awalnya meremehkan ancaman yang ditimbulkan oleh penyakit itu, kemudian merevisi penilaian risikonya setelah pembicaraan krisis.

"Kekhawatiran terbesar kami adalah potensi penyebaran virus ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah," kata ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi di Jenewa, Kamis malam.

"Kita semua harus bertindak bersama sekarang untuk membatasi penyebaran lebih lanjut. Kita hanya bisa menghentikannya bersama."

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolong Dibantu, Franda Kebingungan Donasikan Potongan Rambutnya untuk Penderita Kanker

Posted: 30 Jan 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Awal Tahun Baru 2020 rupanya jadi momentum bagi Franda untuk berpenampilan baru. Ia mewujudkan itu dengan cara memotong rambut panjangnya.

"New year. New look (Tahun baru. Penampilan baru)," kata Franda, Rabu, 29 Januari 2020.

Istri aktor Samuel Zylgwyn itu mengungkapkan sudah lama sekali tak sempat untuk memotong rambutnya. Namun, akhirnya ia jadi memotong rambut panjangnya.

"Sampe akhirnya jadi rambut paling panjang seumur hidup yg pernah aku punya kayanya 😄," jelas perempuan kelahiran 8 Februari 1987 itu.

Sebelum dipotong, Franda sempat mengunggah potret dirinya dengan rambut panjangnya yang sengaja dibiarkan tergerai. Selain potret, ia juga mengunggah video rambut panjangnya yang telah dipotong.

Penderita Kanker

Rambut Franda setelah dipotong yang akan disumbangkan kepada penderita kanker (Dok.Instagram/@frandaaa87/https://www.instagram.com/p/B75ynyoh7SY/Komarudin)
Rambut Franda setelah dipotong yang akan disumbangkan kepada penderita kanker (Dok.Instagram/@frandaaa87/https://www.instagram.com/p/B75ynyoh7SY/Komarudin)

Franda sempat bingung mau potong berapa centimeter rambutnya itu. Ada beberapa orang yang mengusulkan hasil potongan rambut itu disumbangkan untuk penderita kanker.

"Akhirnya mutusin potong yg pokoknya hasil potongannya minimal 30 cm biar bisa disumbangin... Jadilah segini rambutnya 😜," tulis Franda.

Dalam keterangan potret dan video itu, Franda meminta informasi kepada warganet ke mana ia harus sumbangkan potongan rambutnya itu.

"Oiya.. kalau punya info kemana aku bisa sumbangin rambutku, boleh ya share di comment. Thank youu.. 😘," kata Franda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Takut Tertular Virus Corona, Viral Video Pria Dikurung di Rumah Usai Pulang dari Wuhan

Posted: 30 Jan 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) resmi menyatakan bahwa virus Corona merupakan darurat kesehatan global. Hal tersebut dinyatakan dalam pertemuan kedua Emergency Committee di Jenewa, Kamis 30 Januari 2020 waktu setempat.

Di sisi lain, peneliti di China, AS, dan Australia tengah berusaha mengembangkan vaksin yang ampuh untuk atasi virus Corona. Hal ini dikarenakan belum adanya obat menimbulkan rasa takut di kalangan masyarakat.

 

Misalnya belum lama ini, sebuah video yang beredar di media sosial merekam aksi sekelompok orang mengurung seorang pria di dalam rumah. Diketahui, pria tersebut baru datang dari Wuhan yang menjadi asal wabah virus Corona.

 

 

Selanjutnya

Kota Wuhan, China, awal mula virus corona menyebar.(Source: AP)
Kota Wuhan, China, awal mula virus corona menyebar.(Source: AP)

Tidak hanya warga setempat yang mengurung pria tersebut, tapi bahkan keluarganya turut mendukung aksi warga. Tujuan mereka agar pria itu tidak menyebarkan virus Corona yang mematikan.

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @charles984681, tampak beberapa orang pria membawa kayu panjang. Tak hanya itu, ada pula yang tengah memaku pintu dengan kayu tersebut agar orang yang berada di dalam rumah tak bisa keluar.

 

 

Selanjutnya

Kondisi desa-desa di Cina membangun tembok untuk mencegah terkena virus corona.
Kondisi desa-desa di Cina membangun tembok untuk mencegah terkena virus corona.

Selain terdengar orang memaku, juga terdengar suara pria yang memohon agar dirinya diizinkan keluar rumah. Padahal, pria itu belum tentu sakit atau tertular virus meski baru saja kembali dari Wuhan.

Sebab, bila orang tersebut tidak sakit dan memiliki daya tahan tubuh yang baik, ia bisa saja tidak tertular virus Corona. Tindakan sekelompok orang tersebut menuai kritik dari warganet.

 

 

Selanjutnya

Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)
Gambar pada 28 Januari 2020 memperlihatkan pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah sakit Huoshenshan di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Rumah sakit khusus pasien virus Corona yang berkapasitas 1.000 tempat tidur itu ditargetkan bisa digunakan pada 3 Februari mendatang. (Chinatopix via AP)

Menurut warganet, aksi pemblokiran tersebut tidak manusiawi. Jika memang takut pria tersebut membawa virus Corona, netizen menyarankan pria itu dibawa tempat karantina untuk mendapatkan pemeriksaan medis terlebih dahulu.

"Wuhan adalah sumber virus, tetapi bukankah orang-orang Wuhan masih manusia?" ujar seorang netizen.

"Wabah epidemi Wuhan bukanlah kesalahan orang-orang Wuhan. Kita harus menempatkan diri kita pada posisi mereka, " tulis netizen lain.

Video itu sendiri telah ditonton lebih dari 240 ribu kali dan dibagikan lebih dari seribu kali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berubah Serentak, Ini Tarif Baru 6 Ruas Jalan Tol di Indonesia

Posted: 30 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketentuan tarif enam ruas tol di Indonesia resmi mengalami perubahan. Tak selalu naik, adapun kenaikan harga hanya terjadi pada kendaraan Golongan I dan II saja, sementara Golongan III, IV, dan V justru mengalami penurunan.

Berikut keenam ruas tol yang mengalami perubahan tarif mulai Jumat dini hari, seperti dilansir kanal Ekonomi, Liputan6.com.

Tol Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit (Tol Dalam Kota)

Berdasarkan informasi yang diberikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk kepada Liputan6.com, kenaikan tarif pada dua ruas Tol Dalam Kota ini terjadi untuk Golongan I dan II. Untuk Golongan I, tarif meningkat dari sebelumnya Rp 9.500 menjadi Rp 10.000. Sementara Golongan II naik dari Rp 11.500 jadi Rp 15.000.

Sedangkan penurunan tarif terjadi untuk Golongan III, Golongan IV dan Golongan V, yakni tarif yang ditujukan untuk angkutan logistik. Penurunan signifikan terjadi pada tarif Golongan IV dan Golongan V, yakni turun sebesar 10,53 persen untuk Golongan IV dan turun sebesar 26,09 persen untuk Golongan V.

Berikut daftar tarif lengkapnya:

- Golongan I: Rp 10.000, yang semula Rp 9.500

- Golongan II: Rp 15.000, yang semula Rp 11.500

- Golongan III: Rp 15.000, yang semula Rp 15.500

- Golongan IV: Rp 17.000, yang semula Rp 19.000

- Golongan V: Rp 17.000, yang semula Rp 23.000

 

Tol JORR Ruas Pondok Aren-Serpong

Berdasarkan keterangan PT Margautama Nusantara selaku pengelola tol, tarif pada ruas Pondok Aren-Serpong untuk kendaraan Golongan I dan II mengalami kenaikan tipis. Golongan I meningkat dari Rp 6.500 jadi Rp 7.000, sementara Golongan II naik dari Rp 11.500 jadi Rp 13.500.

Di sisi lain, tarif untuk Golongan III-V justru terpangkas. Penurunan terbesar terjadi pada Golongan V, dimana ongkosnya berkurang jauh dari Rp 21.000 menjadi Rp 16.000.

Berikut daftar tarif lengkapnya:

- Golongan I: Rp 7.000, yang semula Rp 6.500

- Golongan II: Rp 13.500, yang semula Rp 11.500

- Golongan III: Rp 13.500, yang semula Rp 14.000

- Golongan IV: Rp 16.000, yang semula Rp 17.500

- Golongan V: Rp 16.000, yang semula Rp 21.000

Tol Gempol-Pandaan

Penyesuaian tarif pada Tol Gempol-Pandaan disesuaikan dengan pengaruh inflasi di Kabupaten Pasuruan. Ini menyebabkan besaran tarif untuk Golongan I dan II mengalami peningkatan.

Pada penyesuaian tarif tol ini juga terdapat penurunan tarif untuk Golongan III, IV dan V, yakni tarif yang ditujukan untuk angkutan logistik. Penurunan tarif tol Golongan III dan IV rata-rata turun sebesar 11 persen, dan untuk Golongan V turun signifikan rata-rata sebesar 24 persen.

Berikut daftar tarif lengkapnya:

Pengendara asal Gempol IC dengan tujuan Gempol JC:

- Golongan I Rp 3.000

- Golongan II Rp 5.000- Golongan III Rp 5.000

- Golongan IV Rp 6.000- Golongan V 6.000

Pengendara asal Gempol JC dengan tujuan Pandaan IC:

- Golongan I Rp 8.500

- Golongan II Rp 14.000

- Golongan III Rp 14.000

- Golongan IV Rp 17.500

- Golongan V 17.500.

Pengendara asal Gempol IC dengan tujuan Pandaan IC:

- Golongan I Rp 11.000

- Golongan II Rp 18.500

- Golongan III Rp 18.500

- Golongan IV Rp 23.500

- Golongan V 23.500.

Tol Bali Mandara

Berbeda dengan ruas tol lain, Tol Bali Mandara yang dibangun di atas laut dan menghubungkan Kota Denpasar-Bandara Internasional Ngurah Rai-Nusa Dua ini diperuntukkan untuk 6 golongan kendaraan. Adapun Golongan VI merupakan kendaraan roda dua atau motor yang memiliki jalur khusus pada tol ini.

Kenaikan tarif sendiri diberlakukan untuk kendaraan Golongan I, II dan VI yang mengalami penyesuaian rata-rata sebesar 8,6 persen. Sedangkan tarif untuk Golongan III turun 23,7 persen, Golongan IV terpangkas 16 persen, dan Golongan V menurun sebesar 40 persen.

Berikut daftar tarif lengkapnya:

- Golongan I: Rp 12.000, yang semula Rp 11.500

- Golongan II: Rp 19.000, yang semula Rp 17.500

- Golongan III: Rp 19.000, yang semula Rp 23.500

- Golongan IV: Rp 25.000, yang semula Rp 29.000

- Golongan V: Rp 25.000, yang semula Rp 35.000

- Golongan VI: Rp 5.000, yang semula Rp 4.500

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perhutani Ungkap Penyebab Banjir Bandang Bondowoso

Posted: 30 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jas Merah selaku pendamping rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) melakukan observasi lingkungan penyebab terjadinya banjir bandang yang menerjang Desa Sempol dan Kalimat, Bondowoso, Jawa Timur, pada Rabu, 29 Januari 2020.

Administratur Perhutani KPH Bondowoso Agus Sarwedi menyampaikan, luapan air hujan ditengarai berasal dari kawasan hutan lindung petak 101-2 wilayah Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Belawan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sukosari, Surabaya, Jawa Timur, Kamis 30 Januari 2020. 

"Banjir yang terjadi pada Rabu sore tersebut memang diduga berasal dari kawasan hutan lindung Gunung Suket di petak 101-2," katanya, dilansir dari Antara.

Dia menuturkan, hutan lindung yang luas bakunya 75 hektare tersebut pada tahun 2019 mengalami kebakaran seluas 60 hektare, sehingga kondisi tegakan di hutan lindung tersebut tidak rapat bahkan didominasi oleh alang-alang.

Agus menambahkan, bahwa faktor lain terjadinya banjir tersebut tidak lepas dari intensitas curah hujan yang tinggi yang mengguyur kawasan Gunung Suket sebagai penyebab banjir bandang.

"Dengan kondisi tegakan berupa tanaman rimba campur dan alang alang, volume air yang besar berasal dari pertemuan dua curah yaitu curah Wedi sehingga terjadi daya dorong air semakin besar," ujarnya.

 

Irigasi Tak Sanggup Menampung

Ilustrasi – Banjir di Sidareja pada 20 Oktober 2016. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Ilustrasi – Banjir di Sidareja pada 20 Oktober 2016. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Ia mengatakan, volume air hujan yang turun sangat besar tidak mampu ditampung oleh saluran irigasi yang memang lebarnya tidak memadai sehingga air meluap ke rumah penduduk.

"Kami menurunkan petugas untuk ikut membantu proses pembersihan material yang berada di depan rumah warga dan memberikan kebutuhan air mineral dan makanan," katanya.

Secepatnya, kata dia, akan dilakukan penanaman bersama di kawasan lindung Gunung Suket.

"Bahkan PT. Medco Energi bekerja sama untuk melakukan rehabilitasi," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: