Selasa, 14 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mengenal Persyaratan Sewa Lahan Parkir di Jakarta, Apa Saja?

Posted: 14 Jan 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan DKI Jakarta bisa saja menyita mobil yang parkir sembarangan dan menyebabkan kemacetan. Tak hanya itu, denda sebesar Rp500 ribu per hari harus dibayar pemilik saat hendak menebus kendaraan.

Melihat hal ini, solusi yang bisa diambil pemilik mobil tanpa garasi ialah menyewa lahan parkir bulanan. Memiliki tarif Rp350-500 ribu sebulan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

"Biasanya yang parkir di sini warga sekitar juga. Syarat untuk parkir ya paling bayar uang sewa di depan sebelum akhirnya menggunakan lahan parkir," kata Slamet kepada Liputan6.com, Rabu (15/1/2020).

Salah satu pemilik kendaraan yang menggunakan jasa ini ialah Sukardi. Pria berusia 55 tahun ini mengaku sudah 2,5 tahun ini menggunakan jasa parkir bulanan.

"Enggak ada kesulitan apapun. Sebenarnya parkir depan rumah saya bisa saja, tapi takut mengganggu orang lain. Mending saya keluar dana lebih tapi mobil juga terjamin," ujarnya.

Sukardi juga menilai, pemilik kendaraan untuk selalu memperhatikan kenyamanan pengguna jalan lain. Jangan sampai mobil yang terparkir mengganggu arus lalu lintas.

"Lebih baik keluar uang lebih tapi enggak pusing saat mau parkir. Kadang kalau enggak punya lahan parkir setiap pulang dan mau parkir mikir dulu. Belum lagi kalau yang lain terganggu bisa jadi berantem," tuturnya.

Lebih Baik Sewa Lahan Parkir Bulanan Ketimbang Kena Derek, Ini Biayanya

Lahan parkir merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan saat hendak membeli mobil. Hal ini berkaitan erat dengan kenyamanan pengguna jalan lain karena pemilik tanpa garasi biasanya akan memarkirkan kendaraan di sisi jalan.

Bagi pemilik mobil tanpa garasi, salah satu solusi yang bisa diambil ialah menggunakan jasa penitipan mobil atau sewa bulanan lahan parkir.

Slamet, pengelola sewa parkir bulanan di Jelambar, Jakarta Barat menyebut, pemilik kendaraan harus membayar Rp350-400 ribu setiap bulan.

"Kalau di sini itu sewanya mulai dari Rp350 ribu sampai Rp400 ribu. Tergantung dari mobilnya juga. Konsumen lama juga pengaruh ke tarif," katanya saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (15/1/2020).

Saat disinggung fasilitas yang diberikan, Ia menegaskan hanya penjagaan serta pengamanan berupa rantai dan gembok.

"Enggak ada fasilitas, paling hanya rantai dan gembok saja. Kalau kunci dibawa sama pemilik. Hanya saja kalau parkirnya menutupi mobil lain bisa dititipkan. Sebenarnya diatur saja kita sudah tahu yang sering digunakan sama yang jarang," ujarnya.

Saat disinggung berapa banyak mobil yang menggunakan jasa parkir di tempatnya, Slamet mengaku terdapat 11 kendaraan. "Ini sudah overload sebenarnya. Harusnya cuma 9 mobil," katanya.

Lokasi Lainnya

Selain itu, Dion pengelola sewa parkir mobil lainnya mengungkapkan, harga sewa lahan di tempatnya mencapai Rp500 ribu setiap bulan.

"Enggak ada, semuanya sama Rp500 ribu setiap bulan. Fasilitas paling hanya gembok saja, ada pengamanan 24 jam. Kalau di kami ada lebih dari 10 mobil," tuturnya.

Sementara itu, salah satu lokasi parkir umum di Ciledug menetapkan tarif Rp300 ribu per bulannya. Kapasitasnya mencapai 12 mobil dan setiap penyewa akan mendapatkan satu kunci akses. Kunci tersebut digunakan untuk membuka dan menutup akses mobil. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menang Pemilu, Tsai Ing-wen Minta China Hargai Demokrasi Taiwan

Posted: 14 Jan 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Taipei - Tsai Ing-wen terpilih kembali untuk masa jabatan kedua sebagai Presiden Taiwan. Ia menang dengan telak setelah kampanye yang ia lakukan terus berfokus pada meningkatnya ancaman dari Beijing.

Partai Komunis Tiongkok telah lama mengklaim kedaulatan atas Taiwan dan hak untuk mengambilnya dengan paksa jika perlu.

Dilansir dari BBC, Rabu (15/1/2020), Tsai menegaskan bahwa kedaulatan pulau yang mengatur diri sendiri itu tidak diragukan atau untuk dinegosiasikan.

"Kami tidak perlu menyatakan diri sebagai negara merdeka," kata presiden berusia 63 tahun itu kepada BBC.

"Kami sudah menjadi negara merdeka dan menyebut diri kami Republik China, Taiwan."

Pernyataan seperti itu membuat Beijing marah, yang menginginkan kembalinya prinsip "One China" yang disukai oleh saingan utamanya yang ia singkirkan dalam pemilihan presiden, Han Kuo-yu dari partai Kuomintang.

 

Konsep One China

Presiden Tsai Ing-wen menyampaikan pesan mendalam selama pidato pembukaan di Istana Presiden, Taipei, Taiwan, Kamis (10/10/2019). (Official Photo by Wang Yu Ching / Office of the President)
Presiden Tsai Ing-wen menyampaikan pesan mendalam selama pidato pembukaan di Istana Presiden, Taipei, Taiwan, Kamis (10/10/2019). (Official Photo by Wang Yu Ching / Office of the President)

Dalam beberapa tahun terakhir, konsep One China telah membuktikan kompromi yang bermanfaat, menurut pendapat pendukung Taiwan.

China menegaskan bahwa terpilihnya ia menjadi presiden adalah sebagai prasyarat untuk membangun hubungan ekonomi dengan Taiwan, justru karena hal itu merupakan penolakan eksplisit keberadaannya sebagai negara kepulauan de facto.

Tetapi jelas bahwa Tsai percaya kemenangannya adalah bukti betapa sedikitnya minat atas konsep One China dan ambiguitas yang dibolehkan atas status nyata Taiwan.

"Situasinya telah berubah," katanya. "Ambiguitas tidak bisa lagi memenuhi tujuan yang seharusnya dilayaninya."

Dan yang benar-benar telah berubah, katanya, adalah China.

"Karena [selama lebih dari] tiga tahun kami melihat China telah mengintensifkan ancamannya ... mereka memiliki kapal militer dan pesawat terbang di sekitar pulau itu," katanya.

"Dan juga, hal-hal yang terjadi di Hong Kong, orang-orang mendapatkan perasaan nyata bahwa ancaman ini nyata dan semakin serius."

Kepentingan Taiwan, dia percaya, bukan yang terbaik dilayani oleh semantik tetapi dengan menghadapi kenyataan, khususnya aspirasi pemuda Taiwan yang berbondong-bondong ke tujuannya.

"Kami memiliki identitas terpisah dan kami adalah negara kami sendiri. Jadi, jika ada sesuatu yang bertentangan dengan gagasan ini, mereka akan berdiri dan mengatakan itu tidak dapat diterima oleh kami.

"Kami adalah demokrasi yang sukses, kami memiliki ekonomi yang cukup layak, kami layak mendapat respek dari China."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Farah Quinn Ungkap Keunikan Kue-Kue di India, Apa Saja?

Posted: 14 Jan 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada penghujung 2019 hingga tahun baru 2020, chef Farah Quinn terlihat menghabiskan waktu di Goa, India. Sederet keseruan ia abadikan, mulai dari menghadiri acara pernikahan kerabat hingga liburan bareng buah hati.

Selain soal pelesir, ada cerita berbeda yang dibagikan Farah Quinn yakni mengenai kue-kue yang disajikan ketika ia menikmati malam tahun baru di sana. Perempuan 39 tahun tersebut mengunggah potret deretan kue India melalui akun Instagram pribadinya.

Kue di India yang diabadikan oleh Farah Quinn ketika menghabiskan waktu tahun baru di sana. (dok. Instagram @farahquinnofficial/https://www.instagram.com/p/B7SkXK7BR5Y/Putu Elmira)
Kue di India yang diabadikan oleh Farah Quinn ketika menghabiskan waktu tahun baru di sana. (dok. Instagram @farahquinnofficial/https://www.instagram.com/p/B7SkXK7BR5Y/Putu Elmira)

Kue-kue India, dituliskan Farah, sangat berbeda dengan kue-kue Eropa atau di Asia Tenggara. Sebagian besar kue India tidak dipanggang di oven melainkan di atas kompor atau memakai panci, wajan, atau digoreng.

"Bahan utama biasanya kacang-kacangan, susu, tepung semolina, tepung gram (chickpea) dan ghee." tulisnya dalam unggahan pada 14 Januari 2020.

Sedangkan untuk perasa, biasanya kue-kue India ditambahkan rasa rempah-rempah seperti kapulaga, safron, dan air bunga mawar.

"Dulu pertama kali mencoba saya tidak terlalu suka tapi sekarang I love them! Hanya saja makannya sedikit-sedikit karena manis sekali dan padat." tambah Farah Quinn.

Liburan di India

Farah Quinn (Sumber: Instagram/@farahquinnofficial)
Farah Quinn (Sumber: Instagram/@farahquinnofficial)

Sebelumnya, Farah Quinn juga terlihat membagikan beberapa potret ketika tengah menikmati liburan di India. Sebut saja ketika ia bersantai di Candolim Beach, Goa, India.

Ia tampil dalam balutan sabrina top warna merah dengan motif polkadot putih. Ada pula sentuhan ruffle yang menghiasi atasan tersebut.

Farah kemudian memadukan sabrina top itu dengan celana pendek jeans dan sandal warna oranye. Tak ketinggalan, chef cantik ini juga mengenakan topi bundar yang agak lebar.

Ia juga tampak menghabiskan waktu di Mandrem, Goa, India. Bermain di pantai tepat di tahun baru 2020. "The beginning of 2020," tulis Farah di kolom keterangan potret.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpotensi Hujan hingga Sore Hari

Posted: 14 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi Surabaya, Jawa Timur berpotensi hujan lokai pada siang hingga sore, Rabu (15/1/2020).

Prakirawan BMKG Juanda, Ari menuturkan, di Surabaya akan alami hujan intensitas ringan hingga sedang pada siang dan sore hari. Sedangkan malam hari di Surabaya akan cerah berawan."Di beberapa titik saja yang hujan karena hujan lokal," ujar Ari saat dihubungi Liputan6.com.

Ia mengatakan, suhu udara di Surabaya akan sekitar 26-33 derajat celsius dan kelembaban  60-90 persen. "Kecepatan angin 5-30 KM dari arah barat. Masyarakat diharapkan tetap pantau perkembangan cuaca di akun media sosial BMKG," kata dia.

Mengutip data BMKG Juanda, sejumlah kecamatan di Surabaya akan alami hujan lokal pada siang hari. Suhu pada siang hari di kisaran 33 derajat celsius.

Selain itu, BMKG Juanda juga mengeluarkan peringatan dini tiga harian Jawa Timur. BMKG Juanda mengimbau waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.  Pada Rabu, 15 Januari 2020 saat siang hingga sore di Bojonegoro, Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Kota Malang, Batu, Kabupaten Probolinggo, Bondowoso, dan Situbondo.

Selain itu pada Kamis 16 Januari 2020 pada siang hari di Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Magetan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Situbondo. Malam hari di wilayah Kabupaten Probolinggo dan Situbondo. Sedangkan pada Jumat 17 Januari nihil.

Hadapi Musim Hujan, Risma Keliling Cek Rumah Pompa di Surabaya

Wali Kota Risma meninjau Rumah Pompa Petekan dan Bozem Simo Hilir Surabaya (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)
Wali Kota Risma meninjau Rumah Pompa Petekan dan Bozem Simo Hilir Surabaya (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) bersama jajarannya sibuk keliling ke rumah-rumah pompa untuk memastikan Surabaya siap menghadapi musim hujan pada 2020. Bahkan, di salah satu rumah pompa, dia meminta untuk menambah kapasitas pompa air menjadi lebih besar.

Dalam sidaknya kali ini, ia didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhsan, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati serta jajarannya, dan Kepala Dinas Perhubungan Irvan Wahyu Drajat. 

Selain itu, ada pula Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika M. Fikser dan Kepala Bagian Umum dan Protokol Wiwiek Widiyanti.

Awalnya, rombongan ini meninjau Rumah Pompa Morokrembangan. Saat itu, Risma nampak memberikan arahan kepada Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati untuk menambah kapasitas pompa menjadi lebih besar.

"Ditambah saja itu, yang lebih besar, yang 5 meter kubik," kata dia memberikan arahan, Minggu, 5 Januari 2020. 

Ia juga terlihat mengecek beberapa sisi di rumah pompa tersebut. Seakan setiap sisi tidak pernah terlewatkan. Begitu pula yang dilakukannya ketika meninjau Rumah Pompa Kandangan dan dilanjut lagi ke Rumah Pompa Sumber Rejo.

Setelah dari Sumber Rejo, Risma dan rombongannya menyempatkan melihat Taman Anggrek di Sememi yang sampai saat ini terus dilakukan pengerjaan. Selanjutnya, rombongan ini sidak ke saluran air di Darmo Permai Jalan Patimura Surabaya dan dilanjutkan lagi ke saluran Satelit Indah.

Kunjungi Enam Lokasi

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati mengaku sejak pagi hingga sore ini mendampingi Risma keliling ke rumah pompa dan berbagai saluran di Kota Surabaya. Bahkan, ia menghitung sudah enam lokasi lebih yang dikunjungi bersama Risma. 

"Pertama memang ke Bozem Morokrembangan dan rumah pompanya yang memiliki luas 80 hektar," kata Erna.

Ia menuturkan, ujung selatan bozem ini dilengkapi pompa Greges karena bertemu dengan Sungai Greges. Sedangkan di tengah-tengahnya ada Pompa Gadukan. Sementara di sisi utaranya atau yang paling dekat dengan laut adalah Bozem Morokrembangan itu. 

"Jadi, total ada tiga rumah pompa dengan total semuanya 28 unit pompa. Kapasitas pompanya mulai 1-5 meter kubik. Di rumah pompa ini Bu Wali meminta untuk menambah kapasitas pompanya," tegasnya.

Erna menjelaskan, alasan utama penambahan kapasitas pompa itu supaya ketika menyedot air dari saluran dan bozem lebih cepat. Biasanya harus ditunggu sampai subuh dan Risma tidak mau itu.

"Ini nambah lagi 5 meter kubik perdetik. Harapannya nanti 4 jam setelah hujan sudah habis menyedot air dari saluran dan bozem itu," katanya.

Setiap rumah pompa yang disidak oleh Risma dan rombongannya, dicek lagi kesiapannya untuk menghadapi musim hujan kali ini. Jika menemui masalah, Risma langsung memerintahkan jajarannya untuk memperbaikinya.

Termasuk ketika sidak di Darmo Permai Jalan Patimura, ia meminta untuk meninggikan dan melebarkan bangunan pengarah aliran. Sebab, di kawasan itu sempat ada keluhan dari warga karena adanya genangan, sehingga dia langsung meminta untuk meninggikan dan melebarkan bangunan pengarah aliran itu. 

"Kemarinnya ada keluhan genangan, nanti kita buat bangunan pengarah aliran ditinggikan dan dilebarkan," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasangan Ini Menikah di Tengah Erupsi Gunung Taal, Foto-Fotonya Bikin Takjub

Posted: 14 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, gunung api paling aktif di Filipina, Gunung Taal, erupsi dan menyebabkan ribuan warga sekitar harus dievakuasi. Nyatanya tak semua orang menjauh dari gunung tersebut.

Salah satunya pasang suami istri yang justru memutuskan menikah dengan latar pemandangan gunung Taal yang sedang erupsi. Melansir dari Channelnewsasia, Rabu (15/1/2020), pasangan Chino Vaflor and Kat Palomar memutuskan menggelar pernikahan 20 km dari lokasi Gunung Taal pada Minggu (12/1/2020).

Berlokasi di kebun Savanna yang terletak di Alfonso, Cavite, Filipina, keduanya menjalani pemberkatan tepat dilatari pemandangan asap tebal Gunung Taal.

Randolf Evan, fotografer di acara pernikahan ini berhasil mengabadikan momen langka tersebut. Pada satu foto yang diunggahnya di media sosial, Randolf memotret pasangan tersebut dengan latar awan yang super tebal dari Gunung Taal.

Di foto yang lain terlihat awan tebal Gunung Taal tersebut bahkan mengeluarkan kilat yang terlihat mengerikan namun indah. Tentu saja foto-foto berhasil mencuri perhatian publik dalam waktu singkat. Berikut deretan foto epiknya.

1. Keduanya nampak sangat bahagia berpose di depan gunung Taal yang sedang erupsi

foto: Randolf Evan Photography
foto: Randolf Evan Photography

2. Awan tebal dari gunung Taal menjadi latar belakang pernikahan keduanya

foto: Randolf Evan Photography
foto: Randolf Evan Photography

3. Awan tebal dan kilat membuat momen ini jadi lebih epic ya

foto: Randolf Evan Photography
foto: Randolf Evan Photography

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Gedson Fernandes, Calon Rekrutan Pertama Mourinho di Tottenham

Posted: 14 Jan 2020 10:00 PM PST

London - Gelandang Benfica, Gedson Fernandes, jadi bidikan utama manajer anyar Tottenham Hotspur, Jose Mourinho. Manchester Evening News melaporkan Fernandes telah tiba di London untuk menjalani tes medis.

Jose Mourinho mulai unjuk kebolehannya di Tottenham Hotspur, kali ini perihal transfer pemain. Mirip dengan strategi yang diusung pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, Mourinho juga mulai tertarik mendatangkan pemain muda pada bursa transfer musim dingin Januari 2020.

Kali ini, gelandang box to box Benfica, Gedson Fernandes, menjadi bidikan terdepan Mourinho. Nantinya, pemain berusia 21 tahun tersebut berstatus pinjaman selama 18 bulan di Tottenham Hotspur.

Meski demikian, The Lilywhites punya opsi untuk mempermanenkan Gedson Fernandes pada musim panas 2021 senilai 56 juta pounds atau sekitar Rp994 miliar.

Keputusan Jose Mourinho mendatangakan Gedson Fernandes itu bukan tanpa alasan. Saat ini, pelatih asal Portugal itu tengah dibuat pusing dengan cedera Harry Kane dan Moussa Sissoko.

Gedson Fernandes menjadi sosok potensial yang bisa menambal lubang yang ditinggal Sissoko. Pertanyaan baru pun muncul. Siapa sebenarnya Gedson Fernandes?

Mengapa pemain berusia 21 tahun itu sempat diperebutkan Tottenham Hotspur dan dua klub besar Inggris yakni Manchester United dan Chelsea? Bola.com telah menghimpun empat fakta tentang Gedson Fernandes yang perlu Anda tahu.

1. Pemain yang Fleksibel

Gedson merupakan gelandang serang yang bisa bermain di posisi sayap kanan. Ia juga cukup baik dalam peran sentral. Fleksibilitas Gedson Hernandes tersebut diyakini cukup menguntungkan Tottenham Hotspur.

Saat ini, Jose Mourinho dalam misi memperkuat lini belakang. Gedson Hernandes disebut jadi opsi yang paling potensial untuk lini belakang Spurs. Selain itu, ia juga bisa menjadi pelapis Japhet Tanganga.

2. Tottenham Hotspur Klub Pertama di Luar Portugal

Tottenham Hotspur bakal jadi klub luar Portugal pertama bagi Gedson Fernandes. Melansir dari Transfermakt, Gedson Fernandes baru merumput bersama satu klub sepanjang kariernya.

Klub tersebut adalah Benfica, yang telah diperkuat Fernandes sejak Juli 2012. Saat itu, ia merumput bersama tim junior Benfica. Baru pada 2018, pemain berpaspor Portugal itu dipercaya bermain di klub senior.

3. Klausul Kontrak Setinggi Langit

Kontrak Gedson Fernandes di Benfica mencapai 102 juta pounds atau sekitar Rp1,8 trilun. Angka tersebut menjadi klausa terbesar kedua dalam sejarah sepak bola Portugal.

Klausul Gedson Fernandes itu hanya kalah dari nilai Joao Felix kala diboyong Atletico Madrid. Saat itu, Los Rojiblancos mengelontorkan Rp2 triliun untuk memboyong Joao Felix.

4. Kiprah Bersama Timnas

Gedson Fernandes bukan nama baru di kancah internasional. Ia pernah mencuri perhatian kala merumut bersama Timnas Portugal U-17 pada 2016.

Gedson Fernandes mecetak satu gol ke gawang Spanyol dan membuat Portugal kampiun di kompetisi European Championship. Itu berarti, Gedson Fernandes turut berkontribusi dengan gelar Euro kedua Portugal di level tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Panda Raksasa Yi Yi Rayakan Ulang Tahun di Malaysia

Posted: 14 Jan 2020 10:00 PM PST

Panda raksasa Yi Yi menikmati kudapan ulang tahun di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Yi Yi merupakan panda raksasa kedua yang lahir di Malaysia. (Xinhua/Zhu Wei)
Panda raksasa Yi Yi menikmati kudapan ulang tahun di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Yi Yi merupakan panda raksasa kedua yang lahir di Malaysia. (Xinhua/Zhu Wei)

Panda raksasa Yi Yi menikmati kudapan ulang tahun di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Yi Yi merupakan panda raksasa kedua yang lahir di Malaysia. (Xinhua/Zhu Wei)

Panda raksasa Yi Yi menikmati kudapan ulang tahun di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Yi Yi lahir pada Januari 2018. (Xinhua/Zhu Wei)
Panda raksasa Yi Yi menikmati kudapan ulang tahun di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Yi Yi lahir pada Januari 2018. (Xinhua/Zhu Wei)

Panda raksasa Yi Yi menikmati kudapan ulang tahun di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Yi Yi lahir pada Januari 2018. (Xinhua/Zhu Wei)

Panda raksasa Yi Yi menikmati kudapan ulang tahun di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Yi Yi berarti persahabatan dalam bahasa Mandarin. (Xinhua/Zhu Wei)
Panda raksasa Yi Yi menikmati kudapan ulang tahun di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Yi Yi berarti persahabatan dalam bahasa Mandarin. (Xinhua/Zhu Wei)

Panda raksasa Yi Yi menikmati kudapan ulang tahun di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Yi Yi berarti persahabatan dalam bahasa Mandarin. (Xinhua/Zhu Wei)

Panda raksasa Yi Yi bermain di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Yi Yi merupakan anak kedua dari pasangan Xing Xing dan Liang Liang. (Xinhua/Zhu Wei)
Panda raksasa Yi Yi bermain di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Yi Yi merupakan anak kedua dari pasangan Xing Xing dan Liang Liang. (Xinhua/Zhu Wei)

Panda raksasa Yi Yi bermain di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Yi Yi merupakan anak kedua dari pasangan Xing Xing dan Liang Liang. (Xinhua/Zhu Wei)

Panda raksasa Yi Yi jadi objek foto pengunjung Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Orangtua Yi Yi, Xing Xing dan Liang Liang, tiba di Malaysia pada tahun 2014 lalu. (Xinhua/Zhu Wei)
Panda raksasa Yi Yi jadi objek foto pengunjung Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Orangtua Yi Yi, Xing Xing dan Liang Liang, tiba di Malaysia pada tahun 2014 lalu. (Xinhua/Zhu Wei)

Panda raksasa Yi Yi jadi objek foto pengunjung Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). Orangtua Yi Yi, Xing Xing dan Liang Liang, tiba di Malaysia pada tahun 2014 lalu. (Xinhua/Zhu Wei)

Panda raksasa Yi Yi tertidur saat perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-2 dirinya di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). (Xinhua/Zhu Wei)
Panda raksasa Yi Yi tertidur saat perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-2 dirinya di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). (Xinhua/Zhu Wei)

Panda raksasa Yi Yi tertidur saat perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-2 dirinya di Kebun Binatang Nasional Malaysia, Selasa (14/1/2020). (Xinhua/Zhu Wei)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Investasi Ilegal, Polisi Sita Fortuner Pejabat Kemenkumham

Posted: 14 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polisi menyita sebuah mobil Toyota Fortuner Milik seorang pejabat Kemenkumham Riau, terkait Investasi ilegal MeMiles. Polisi memeriksa sang pejabat sebagai saksi kasus investasi ilegal MeMiles.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setyanto Hantoro, Pejuang Tangguh yang Kini Jadi Dirut Telkomsel

Posted: 14 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setyanto Hantoro awal pekan ini menjabat sebagai Dirut Telkomsel periode ke-9. Dia merupakan lulusan Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telkom angkatan 1991 (kini Telkom University/Tel-U) atau mahasiswa angkatan pertama di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) itu.

Anto, panggilan akrab Setyanto Hantoro, tentu memangku banyak harap dan ekspektasi, terutama dari lingkungan sekitarnya, yakni YPT, Tel-U, serta Forum Alumni Universitas Telkom.

Dr. Dida Diah Damajanti, salah satu dosen Teknik Industri STT Telkom, yang juga pernah mengajar Anto, mengatakan angkatan 4/1991 ini adalah mahasiswa unggulan.

"Secara umum, mereka ini para pejuang tangguh. Demikian juga Anto, sebagai mahasiswa pendatang dari luar Bandung, Anto adalah orang yang mudah menyesuaikan diri, positif, dan teman menyenangkan," katanya.

Menurut dia, Anto yang dikenal sebagai mahasiswa kalem juga menyimpan potensi kepemimpinan dari dulu, sehingga tidak heran kalau kariernya melesat dan saat ini mendapat amanah sebagai Dirut Telkomsel.

"Saya ucapkan selamat kepada Mas Anto. Kami sivitas akademia Tel-U sangat bangga atas pencapaiannya. Semoga selalu amanah dan tetap menjadi alumni teladan bagi adik-adiknya," sambung Wakil Rektor III Tel-U ini.

Forum Alumni Universitas Telkom

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro (Foto: Telkomsel)
Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro (Foto: Telkomsel)

Per Agustus 2019 Tel-U memiliki total alumni yang tergabung Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) sebanyak 45.743 orang. Selain di Indonesia, mereka bekerja lintas bidang di banyak negara.

Sementara mahasiswa aktifnya saat ini berjumlah sekitar 31.000. Per semester ajaran tahun baru Agustus 2019 lalu Tel-U menerima 6.968 mahasiswa baru dari total 81.000 orang pendaftar.

Ahmad Nugraha Rahmat, Ketua FAST mengucapkan selamat atas amanah baru seniornya ini sebagai Dirut Telkomsel.

"Semoga beliau dapat memberikan karya dan kontribusi terbaik bagi perusahaan, membawa Telkomsel semakin jaya dan bergerak maju. Menjadi teladan bagi puluhan ribu alumni lainnya untuk senantiasa berkiprah dan berdedikasi untuk kemajuan negeri. Ini bakti alumni Universitas Telkom untuk Indonesia," katanya.

Gito Nugroho, Sekjen FAST menambahkan, berbagai tren terbaru seperti IoT, blockchain, 5G, dan sejenisnya diharapkan akan bisa disinergikan dalam kolaborasi profesional bersama alumni Tel-U di berbagai industri. 

"Kami berharap Kang Setyanto bisa memberi masukan, nasihat, dan ide ide besar ke FAST untuk mendorong peran alumni di industri Teknologi Informasi dan komunikasi beserta industri turunannya menjadi lebih besar lagi," tuturnya.

Kebanggan Yayasan

Menurut Dr. Dwi S. Purnomo, Ketua YPT, terpilihnya Setyanto merupakan kebanggaan tak terkira bagi pihaknya di yayasan. Apalagi di era digital sekarang, memimpin perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia tentunya bukan tugas mudah.

"Kami bangga karena Saudara Setyanto adalah lulusan Telkom University. Kami yakin Saudara dapat mengemban amanah ini dengan baik. Saudara mampu menaklukkan segala tantangan, sehingga dapat terus memberikan kontribusi bukan hanya bagi PT Telkom, tapi juga untuk Bangsa Indonesia," kata Dwi dalam keterangannya.

Sementara itu, Rektor Tel-U Prof. Adiwijaya menilai terpilihnya Anto sebagai bentuk kontribusi Tel-U kepada Indonesia. Terlebih, selain lulusan STT Telkom 1991, Anto juga lulusan Magister Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) yang kini menjadi Fakultas Ekonomi Bisnis Tel-U. 

"Kami, seluruh sivitas akademika Telkom University mengucapkan selamat dan sukses kepada Saudara Setyanto Hantoro, salah satu alumni terbaik Telkom University dari program studi Teknik Industri STT Telkom 1991-1995 dan STMB Telkom 2000-2002 atas amanah barunya sebagai Dirut Telkomsel. Semoga diberikan kesehatan dan kemudahan sebagai pemimpin serta membawa keberkahan bagi bangsa Indonesia," tambahnya.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kevin Aprilio Jualan Nasi Uduk Saat SD, Ini Kisahnya

Posted: 14 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kevin Aprilio dikenal sebagai seorang musikus. Di sisi lain, anak sulung Addie MS ini memiliki kemampuan di bidang bisnis.

Menurut Addie MS, kemampuan berbisnis Kevin Aprilio sudah ada sejak kecil. Sedari dulu, kekasih Vicy Melanie ini bisa melihat peluang bisnis.

"Saya baru ingat, (Kevin Aprilio) waktu kecil ngitung aja kerjaannya. Semua dihitung. Itu harganya berapa, ini harganya berapa, ini kembaliannya berapa, nanti naik taksi berapa," kenang Addie MS di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020) kemarin.

Tarif Pijat

Addie MS
Addie MS

"Terus kelas dua SD itu kalau paman-pamannya pegal, minta pijat. Kevin bilang, 'Boleh Om, tapi bayar 100 perak, 200 perak.' Enggak apa-apa, yang penting bayar. Ini sudah komersial. Dari kecil komersial," ia menyambung.

Saat kelas 5 SD, Kevin Aprilio menyewakan topi kepada teman-teman sekelasnya. Dari sanalah ia mendapatkan banyak uang.

Bisnis Sewa Topi

Kevin Aprilio dan Addie MS
Kevin Aprilio dan Addie MS

"Misalkan olahraga enggak ada yang bawa topi begitu, ya kalau saya ada job, kan sering dapat souvenir. Dia bawa tuh topinya, dia sewakan 500 perak," terang suami Memes.

Tak hanya itu, pentolan grup musik Vierra sempat menjajakan nasi uduk di sekolah. Dari bisnis itu ia mendapat keuntungan yang cukup banyak.

Uang Jajan Buat Modal

Kevin Aprilio. (Galih W. Satria/Bintang.com)
Kevin Aprilio. (Galih W. Satria/Bintang.com)

"Setiap berangkat, sopirnya disuruh beli nasi uduk. Uang jajannya dia habiskan buat modal beli nasi uduk di warung pinggir jalan, dia bawa, lalu dia taruh di loker," papar musisi kelahiran Jakarta, 7 Oktober 1959.

"Kan gurunya beberapa bule ya, jadi langganannya. Begitu istirahat dia makan sendiri, orang pada ngiler karena tiap hari makan di kantin bosan. Begitu lihat Kevin makan nasi uduk, pada bertanya, apa itu? Enak enggak? Akhirnya setiap pulang sekolah dia membawa uang 50 ribuan atau 20 ribuan," Addie menukas.

Taraf Alhamdulillah

(Instagram/kevinaprilio)
(Instagram/kevinaprilio)

Saat ini, Kevin Aprilio mengembangkan beberapa bisnis. Menurut Addie MS, Kevin Aprilio telah memetik hasil dari bisnisnya.

"Ternyata dia punya kemampuan berbisnis yang luar biasa. Dia mengembangkan suatu bisnis yang tiap hari bisa terbang ke Papua, besok ke Manado. Traveling terus dan sekarang sudah taraf yang alhamdulillah," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belasan Ular Kobra Teror Tiga Desa di Rembang

Posted: 14 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Rembang - Tiga desa di dua kecamatan berbeda di Kabupaten Rembang diteror oleh kemunculan ular kobra beberapa hari belakangan ini. Ketiga desa itu adalah Desa Pedak, Kecamatan Sulang serta Desa Magersari dan Desa Sumberjo, Kecamatan Rembang kota, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. 

"Di Desa Pedak, ular kobra muncul cukup banyak. Kalau di Desa Magersari dan Sumberjo, jumlahnya ada dua ekor yang dievakuasi," kata Kepala Pemadam Kebakaran Kabupaten Rembang, Wiyoto kepada Liputan6.com, Selasa (14/1/2020).

Wiyoto menyebutkan kebanyakan ular kobra yang berhasil ditangkap bersarang di dalam rumah warga. Meski tidak ada korban, tetapi kemunculan ular kobra dengan jumlah yang tidak sedikit itu dikhawatirkan membahayakan warga, terutama anak-anak.

"Alhamdulillah kejadian kemarin tidak ada korbannya," Wiyoto menambahkan.

Wiyoto mengungkapkan, belasan ular kobra yang berhasil ditangkap oleh Damkar Rembang saat ini sudah dilepasliarkan ke hutan agar kembali hidup di habitatnya. "Tugas kami menyelamatkan, jadi keduanya harus selamat. Baik warga masyarakat dan juga ularnya," jelasnya.

Terpisah, warga Desa Pedak, Anto Pujianto menceritakan, sebelum pihak Damkar Rembang datang pada Minggu (12/1/2020), warga sendiri telah menangkap enam ekor anakan ular kobra. Dua di antaranya ditemukan di sekitar rumahnya sendiri, sementara empat ekor  lainnya ditemukan di rumah tetangga.

Posisi anakan ular kobra tersebut ditemukan berada di dalam kamar, tumpukan kayu, dan di bawah jerigen, hingga di teras rumah. Kemudian pada saat petugas damkar datang, ada temuan lagi dua ekor ular kobra.

"Totalnya mencapai 8 ekor, kalau ukuran anak ular kobra yang ditangkap kira-kira panjangnya 25 sentimeter dan besarnya seperti jempol orang dewasa. Yang terbaru ular masuk kandang ayam," jelas Anto.

Anto menambahkan, informasi yang diketahuinya di Desa Padak, ular kobra yang ditemukan warga sendiri langsung dibunuh. Jika pihak Damkar tak datang maka ular kobra yang ditangkap oleh warga itu akan dibunuh semua. 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khasiat Konsumsi 3 Minuman Ini di Musim Hujan

Posted: 14 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Musim Hujan akan baik-baik saja dan menyenangkan ketika seseorang hanya duduk di rumah sambil menikmati secangkir teh panas. Namun, ketika keluar rumah untuk melakukan aktivitas seperti bekerja dan bersekolah, hal yang perlu diperhatikan adalah datangnya penyakit dan infeksi kesehatan, seperti yang dilansir The Health Site.

Selama musim hujan, sistem kekebalan tubuh akan diserang oleh sejumlah infeksi yang meliputi bakteri, virus, dan parasit.

Bakteri yang diterima seseorang saat musim hujan dapat menyebabkan batuk, diare infektif, bahkan Tuberculosis (TBC). Sedangkan virus, dapat mengakibatkan deman, campak, dan flu.

Sementara itu, parasit berperan dalam terbentuknya penyakit malaria, helmencis usus, seperti cacing tambang, dan ascariasis yang mengganggu penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Melihat dari berbagai penyakit yang dapat menimpa saat musim hujan, dicantumkan beberapa jenis minuman yang cocok diminum untuk mengatasi masalah flu dan batuk akibat virus dan bakteri.

 

 

Minuman jahe atau kencur

Teh Jahe / Sumber: iStockphoto
Teh Jahe / Sumber: iStockphoto

Jahe maupun kencur memiliki efek anti-peradangan sehingga bisa mengurangi nyeri akibat radang tenggorokan yang diakibatkan oleh musim hujan.

Dalam jahe, biasanya minuman herbal tersebut diolah menjadi wedang jahe atau teh jahe. Sedangkan kencur dapat langsung dikonsumsi setelah dikupas dan dipotong, atau dibuat menjadi segelas jamu.

Kencur sendiri dipercaya mampu melegakan saluran pernapasan dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat. Mereka yang pekerjaannya sangat bergantung pada kondisi tenggorokan, misalnya penyanyi atau pemain teater, akan menjadikan tanaman rimpang ini sebagai senjata andalan sebelum tampil.

Air daun sirih dan daun basil

Daun sirih (iStock)
Daun sirih (iStock)

Dijelaskan oleh drg. Callista Argentina dari KlikDokter, daun sirih mengandung antioksidan alami yang bekerja secara dominan sebagai antibakteri. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung zat allylpyrocatechol (APC) yang baik untuk kesehatan mulut.

Selain itu, minum air daun sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri serta mengurangi produksi zat asam yang dihasilkan bakteri jadi spesialisasi daun sirih. Air rebusan herbal yang juga populer di Cina dan India itu mampu meringankan batuk akibat radang tenggorokan karena kandungan vitamin B, C, serta alkaloid yang bekerja meredakan peradangan.

Sedangkan air daun basil dapat menghilangkan demam dari efek musim hujan yang melanda. Rebus segelas air bersama dengan 10-15 daun kemangi. Setelah itu tambahkan 3 sdt bubuk jahe ke dalamnya dan kemudian minum air rebusan ini. Sifat alami dalam daun kemangi bermanfaat menurunkan suhu tubuh yang panas, seperti yang dikutip dalam laman Merdeka.

Teh Hijau

Ilustrasi Teh Hijau (iStock)
Ilustrasi Teh Hijau (iStock)

Diwartakan pada laman Avogel, teh hijau dapat berkontribusi pada penuaan dan peradangan karena radikal bebas yang mengganggu sel-sel di kulit. Tidak hanya itu, karena mereka mengganggu sel-sel kekebalan, radikal bebas dapat menyebabkan kita menjadi lebih rentan terhadap serangan flu, terlebih saat musim hujan. Dengan mengonsumsi teh hijau, virus akan lebih sulit untuk dilawan.

 

Penulis: Lorenza Ferary

Saksikan Video Menarik Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudah Lelah? Perhatikan 5 Tips di Bawah Ini

Posted: 14 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wajar sekali jika Anda merasa lelah setelah melakukan aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, mengurus anak, bahkan melakukan keduanya. Pastinya Anda tak ingin rasa lelah terus mengintai yang akhirnya menjadi akar dari berbagai penyakit.

Pada kenyataannya, rasa lelah yang berlebihan merupakan gejala umum dari beberapa penyakit. Oleh karena itu, Anda harus mendapatkan stamina agar dapat menjalani aktivitas kembali dengan memperhatikan tips di bawah ini:

1. Menemui Dokter

Kelelahan merupakan gejala umum dari berbagai penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, radang sendi, anemia, penyakit tiroid, dan sleep apnea. Selain itu, terdapat beberapa obat yang dapat menyebabkan kelelahan, termasuk obat tekanan darah, antihistamin, diuretik, dan obat lainnya. Anda dapat menemui tenaga medis jika merasakan lelah yang luar biasa. Penjelasan ini sesuai dengan lansiran dari WebMD.

2. Berolahraga

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan energi Anda. "Latihan secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan kekuatan dan kualitas hidup secara keseluruhan," kata profesor kedokteran dan direktur fisiologi latihan klinis serta penelitian di Johns Hopkins University School of Medicine, Amerika Serikat, Kerry J. Stewart.

"Olahraga dapat meningkatkan efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan otot Anda," kata Stewart. "Itu setara dengan meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil. Dengan berolahraga dapat memberi Anda lebih banyak energi untuk segala jenis kegitatan," lanjutnya.

3. Melakukan Yoga

Ilustrasi Yoga (iStockphoto)
Ilustrasi Yoga (iStockphoto)

Mungkin yoga sangat efektif untuk meningkatkan energi Anda. Terdapat studi di Inggris mengatakan bahwa yoga dapat meningkatkan energi, kepercayaan diri, dan pikiran menjadi jernih.

4. Banyak Minum Air

Dehidrasi dapat menghabiskan energi dan merusak kinerja fisik. "Penelitian kami menunjukkan bahwa dehidrasi dapat mempersulit altet untuk menyelesaikan latihan angkat berat," kata asisten profesor kinesiologi di California State University di Fullerton, Amerika Serikat, Dan Judelson, PhD.

Judelson juga mengatakan bahwa dehidrasi menyebabkan kelelahan bahwa untuk orang-orng yang hanya melakukan pekerjaan rumah. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa minum cukup air dengan memperhatikan warna dari air seni sendiri. "Air seni harus berwarna kuning pucat atau berwarna jerami. Jika lebih gelap dari itu, Anda perlu minum air," jelas Judelson.

5. Tidur Lebih Awal

Ingin mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang baik? Jangan lagi menunda alarm, mengapa? (iStockphoto)
Ingin mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang baik? Jangan lagi menunda alarm, mengapa? (iStockphoto)

Seperti yang dilansir dari Healthy Families BC, penyebab umum kelelahan adalah kurang  tidur atau kualitas tidur yang buruk. Orang dewasa membutuhkan sekitar 8 jam per malam untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Oleh karena itu, orang dewasa harus membatasi kafein yang dapat menyebabkan insomnia.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Manis Ayu Ting Ting dan Adik Saat Hangout, Selalu Kompak

Posted: 14 Jan 2020 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan pedangdut cantik Ayu Ting Ting? Pedangdut berusia 27 tahun ini memang menjadi salah satu pedangdut yang paling sering disorot. Mulai dari kehidupan pribadi, keluarga, kekayaan hingga asmaranya selalu jadi sorotan. 

Pedangdut kelahiran Depok ini mulai dikenal publik setelah membawakan lagu utamanya yang berjudul Geol Ajep Ajep dan Alamat Palsu. Semakin melejit, Ayu mulai melebarkan sayapnya menjadi presenter. Sukses sebagai penyanyi dan pembawa acara, membuat ibu satu anak ini menjadi salah satu pedangdut dengan penghasilan yang fantastis.

Tapi tak banyak yang tahu ternyata Ayu Ting Ting memiliki adik perempuan yang tak kalah cantik. Bak buah jatuh tak jauh dari pohonnya, kecantikan Ayu menular ke adiknya yang bernama Assyifa Nuraini.

Memiliki wajah yang cantik, tak heran jika Syifa sering dikira artis. Berikut 6 momen manis pedangdut Ayu Ting Ting dan adik yang Liputna6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/1/2020).

1. Meski memiliki pesona dan penampilan seperti sang kakak, ia lebih memilih untuk berbisnis daripada terjun ke dunia hiburan.

Momen Manis Ayu Ting Ting dan Adik Saat Hangout (sumber: instagram/syifaasyifaaa)
Momen Manis Ayu Ting Ting dan Adik Saat Hangout (sumber: instagram/syifaasyifaaa)

2. Meski memiliki kakak seorang artis terkenal, Kartika enggan untuk nebeng nama besar sang kakak.

Momen Manis Ayu Ting Ting dan Adik Saat Hangout (sumber: instagram/syifaasyifaaa)
Momen Manis Ayu Ting Ting dan Adik Saat Hangout (sumber: instagram/syifaasyifaaa)

3. Keduanya ternyata sering meluangkan waktu bersama untuk liburan.

Momen Manis Ayu Ting Ting dan Adik Saat Hangout (sumber: instagram/syifaasyifaaa)
Momen Manis Ayu Ting Ting dan Adik Saat Hangout (sumber: instagram/syifaasyifaaa)

4. Selalu kompak, tak sedikit warganet yang menilai mereka sebagai sibling goals.

Momen Manis Ayu Ting Ting dan Adik Saat Hangout (sumber: instagram/syifaasyifaaa)
Momen Manis Ayu Ting Ting dan Adik Saat Hangout (sumber: instagram/syifaasyifaaa)

5. Tak hanya masalah liburan dan kesukaan saja yang kompak, Sandra dan Kartika juga kompak dalam hal kecil.

Momen Manis Ayu Ting Ting dan Adik Saat Hangout (sumber: instagram/syifaasyifaaa)
Momen Manis Ayu Ting Ting dan Adik Saat Hangout (sumber: instagram/syifaasyifaaa)

6. Bagaimana menurutmu kompak ya Ayu Ting Ting dan Assyifa Nuraini ini?

Momen Manis Ayu Ting Ting dan Adik Saat Hangout (sumber: instagram/syifaasyifaaa)
Momen Manis Ayu Ting Ting dan Adik Saat Hangout (sumber: instagram/syifaasyifaaa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Umrah, Ini 7 Gaya Via Vallen dalam Balutan Hijab

Posted: 14 Jan 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjadi pedangdut hits tentu selalu jadi sorotan publik. Mulai dari bakat suaranya hingga penampilannya sering jadi perbincangan publik. 

Salah satu selebriti yang kerap menjadi sorotan ialah pedangdut Via Vallen. Penyanyi yang memiliki nama asli Maulidia Octavia ini memang kerap adi perbincangan publik. Bahkan, terbaru penampilan Via Vallen yang terlihat chubby dibanding biasanya pun jadi sorotan. 

Pedangdut kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1991 ini sendiri cukup aktif mengunggah kegiatannya di media sosial. Tak hanya saat tengah mengisi sebuah acara saja. Akan tetapi juga saat dirinya tengah berlibur ataupun berpergian ke luar negeri.

Terbaru, Via Vallen mengunggah foto di akun Instagram pribadinya saat tengah melakukan ibadah umrah. Penampilan pelantun lagu Sayang ini pun langsung jadi sorotan.

Pedangdut 28 tahun ini sebelumnya beberapa kali mengunggah foto saat tengah mengenakan hijab ataupun mukena. Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @viavallen, Rabu (15/1/2020) berikut ini beberapa potret Via Vallen dalam balutan hijabnya.

1. Via juga mengunggah foto saat dirinya tengah berada di depan ka'bah.

Via Vallen (sumber: Instagram/viavallen)
Via Vallen (sumber: Instagram/viavallen)

2. Penampilan pedangdut satu ini saat tengah melaksanakan umrah pun tuai pujian.

Via Vallen (sumber: Instagram/viavallen)
Via Vallen (sumber: Instagram/viavallen)

3. Ia kerap mengunggah foto aktivitasnya di akun media sosial.

Via Vallen (sumber: Instagram/viavallen)
Via Vallen (sumber: Instagram/viavallen)

4. Unggah foto Via menggunakan hijab saat umrah bukanlah yang pertama.

Via Vallen (sumber: Instagram/viavallen)
Via Vallen (sumber: Instagram/viavallen)

5. Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, ia juga sempat mengunggah foto dalam balutan hijab.

Via Vallen (sumber: Instagram/viavallen)
Via Vallen (sumber: Instagram/viavallen)

6. Tak sedikit pula netizen yang memuji Via Vallen.

Via Vallen (sumber: Instagram/viavallen)
Via Vallen (sumber: Instagram/viavallen)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK dan Kejaksaan Berpacu Ungkap Korupsi, Siapa Kuat?

Posted: 14 Jan 2020 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan Agung (Kejagung) sedang berpacu mengungkap kasus besar korupsi. Pekan lalu, KPK melalui operasi tangkap tangan (OTT) menangkap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan dan menetapkan empat tersangka.

Selasa kemarin, giliran Kejaksaan Agung menangkap dan menahan lima orang tersangka dalama kasus raibnya uang perusahaan di asuransi Jiwasraya. Kejagung mencatat, hingga akhir 2019, kas perusahaan tak sanggup membayar tunggakan klaim sebesar Rp 12,4 triliun.

Yang berbeda dari sebelumnya, OTT KPK kali ini mendapat sejumlah catatan negatif. Hal itu lantaran penyidik KPK diduga kesulitan melakukan penggeledahan usai penangkapan, padahal kewenangan serta fasilitas yang dimiliki lembaga ini sangat besar.

Sedangkan lembaga kejaksaan yang memiliki banyak keterbatasan, dinilai berani menetapkan tersangka dalam kasus kakap di Jiwasraya. Bahkan, Istana pun mengapresiasi apa yang dilakukan kejaksaan ini.

Catatan itu jelas membuat Kejaksaan naik pamor, meski dibandingkan KPK lembaganya masih keok dalam urusan pengungkapan kasus korupsi.

Lantas, apa sebenarnya yang membedakan kedua lembaga yang sama-sama diberikan kewenangan mengusut kasus korupsi ini dalam mengendus pelaku rasuah?

1. Penyadapan

Ruang kerja komisioner KPU Wahyu Setiawan yang tertempel segel stiker dalam pengawasan KPK usai penggeledahan di Kantor KPU sementara, Jakarta, Kamis (9/1/2020).  Penggeledahan dan penyegelan terkait operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Wahyu pada 8 Januari kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ruang kerja komisioner KPU Wahyu Setiawan yang tertempel segel stiker dalam pengawasan KPK usai penggeledahan di Kantor KPU sementara, Jakarta, Kamis (9/1/2020). Penggeledahan dan penyegelan terkait operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Wahyu pada 8 Januari kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suatu kali, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo pernah mengeluhkan perbedaan wewenang antara Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), khususnya terkait dengan wewenang penyadapan.

"KPK punya kewenangan lebih dari kejaksaan," ujar Prasetyo di kantornya, Jalan Sultan Hasanudin Nomor 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa 9 Januari 2018.

Berbeda dengan Kejaksaan yang hanya bisa melakukan penyadapan pada tahap penyidikan, KPK diperbolehkan menyadap sejak tahap penyelidikan sebagaimana tercantum dalam Pasal 12 Undang-Undang 30 Tahun 2002 tentang KPK.

"Padahal, saat penyelidikan itu, kita perlu bukti-bukti awal yang cukup, tapi apa boleh buat karena undang-undangnya mengatakan begitu kita harus ikuti," ujar Prasetyo.

Untuk urusan penyadapan, KPK memang memiliki kewenangan lebih. Jika lembaga lain seperti Kejaksaan dan Kepolisian harus mendapat izin dari pengadilan (Pasal 83 KUHAP) untuk melakukan penyadapan dalam skala terbatas, tidak demikian dengan KPK. Lembaga ini bisa melakukan penyadapan dengan bukti awal dan berdasarkan UU baru KPK, cukup mendapat persetujuan dari Dewan Pengawas KPK.

2. Hanya Kasus Tertentu

Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Pemprov Papua merupakan daerah yang memiliki risiko korupsi tertinggi dengan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)
Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Pemprov Papua merupakan daerah yang memiliki risiko korupsi tertinggi dengan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tidak semua kasus korupsi bisa diusut KPK. Pasal 11 UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK mensyaratkan dan membatasi kasus korupsi yang bisa diambil KPK, yaitu hanya untuk kasus-kasus yang melibatkan aparat penegak hukum dan penyelenggara negara.

Kemudian, kasus itu haruslah yang mendapat perhatian serta meresahkan masyarakat. Terakhir, kasus yang akan diungkap KPK haruslah menyangkut kerugian negara paling sedikit Rp 1 miliar.

Sementara untuk kejaksaan, tak ada batasan seperti itu. Apakah kasus itu kecil atau besar, kejaksaan bisa mengusut. Demikian pula dengan kerugian negara, tak ada batasan jumlahnya.

Namun, kejaksaan tetap memiliki keterbatasan dalam mengusut semua kasus korupsi itu jika sudah berhadapan dengan KPK. Sebab KPK juga berfungsi sebagai supevisi dalam setiap kasus korusi yang dikerjakan kejaksaan.

3. Ambil Alih Perkara

Wakil Ketua KPK, Lili Pantauli Siregar (tengah) bersama Ketua KPU, Arief Budiman dan petugas KPK memperlihatkan barang bukti OTT terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (9/1/2020). KPK menyita uang Rp400 juta dalam bentuk dollar Singapura. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Wakil Ketua KPK, Lili Pantauli Siregar (tengah) bersama Ketua KPU, Arief Budiman dan petugas KPK memperlihatkan barang bukti OTT terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (9/1/2020). KPK menyita uang Rp400 juta dalam bentuk dollar Singapura. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejak awal, pembuat undang-undang memang sudah mengisyaratkan kalau KPK bakal menjadi lembaga yang super dan berada di atas lembaga penegak hukum lainnya, seperti Kejaksaan. Hal itu terbukti dengan diberikannya KPK kewenangan mengambil alih perkara korupsi yang tengah ditangani Kejaksaan dan Polri.

Pasal 9 UU KPK menyebutkan, pengambilalihan penyidikan dan penuntutan itu harus dengan alasan adanya laporan masyarakat mengenai tindak pidana korupsi yang tidak ditindaklanjuti atau proses penanganan tindak pidana korupsi berlarut-larut atau tertunda tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Alasan lainnya adalah jika penanganan tindak pidana korupsi ditujukan untuk melindungi pelaku tindak pidana korupsi yang sesungguhnya atau penanganan tindak pidana korupsi mengandung unsur korupsi. Kemudian, adanya hambatan penanganan tindak pidana korupsi karena campur tangan dari eksekutif, yudikatif, atau legislatif.

Dengan kata lain, KPK bisa mengambil alih penanganan kasus korupsi yang tengah ditangani Kejaksaan jika memenuhi unsur-unsur di atas. Sebaliknya, Kejaksaan tak memiliki kewenangan serupa terhadap kasus-kasus yang sedang ditangani KPK.

4. Kejaksaan Harus Mengalah

Jampidsus Kejaksaan Agung Adi Toegarisman di Kejagung (14/1/2020) mengatakan 5 tersangka kasus Jiwasraya ditahan. (Liputan6.com/ Yopi Makdori)
Jampidsus Kejaksaan Agung Adi Toegarisman di Kejagung (14/1/2020) mengatakan 5 tersangka kasus Jiwasraya ditahan. (Liputan6.com/ Yopi Makdori)

Dalam mengusut sebuah kasus korupsi, KPK selalu menjadi yang terdepan. Misalnya, jika dalam hal suatu tindak pidana korupsi KPK belum melakukan penyidikan, sedangkan perkara tersebut telah dilakukan penyidikan oleh Kejaksaan, wajib memberitahukan kepada KPK.

Kemudian, penyidikan kasus korupsi oleh Kejaksaan itu wajib dilakukan koordinasi secara terus menerus dengan KPK. Dalam hal KPK sudah mulai melakukan penyidikan, kejaksaan tidak berwenang lagi melakukan penyidikan.

Demikian pula dalam hal penyidikan yang dilakukan secara bersamaan oleh Kejaksaan dan KPK, penyidikan yang dilakukan Kejaksaan tersebut harus segera dihentikan.

Artinya, meski sama-sama memiliki kewenangan mengusut kasus korupsi, KPK lah yang menjadi penentu dan didengar titahnya.

5. Jumlah Penyidik

Gedung Kejaksaan Agung RI (Kejagung). (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)
Gedung Kejaksaan Agung RI (Kejagung). (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Dari sekian banyak kewenangan dan kelebihan yang dimiliki KPK, ada satu hal di aman lembaga antirasuah harus mengakui kehandalan Kejaksaan, yaitu dalam hal jumlah sumber daya. Demikian pula dengan cakupan kewilayahan di mana Kejaksaan bisa menjangkau wilayah terkecil seperti kota dan kabupaten. Sementara KPK hanya ada di ibu kota negara.

Dikutip dari laman kejaksaan.go.id, jumlah jaksa di seluruh Indonesia hampir 8.000 ribu orang, di mana sekitar 10 persennya bertugas di Kejaksaan Agung. Selebihnya ditempatkan di kantor-kantor kejaksaan tinggi dan kejaksaan negeri seluruh Indonesia.

Namun, harus dicatat bahwa semua jaksa itu tentu tidak bertugas mengusut kasus korupsi, karena jaksa juga berfungsi menjadi penuntut untuk kasus-kasus hukum lainnya, seperti kriminal umum.

Sementara di kantor KPK, gedung Merah Putih di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, saat ini dihuni 135 orang penyidik dan 83 orang jaksa KPK. Jumlah itu termasuk penambahan 18 penyidik asal Polri dan 7 orang jaksa baru pada Agustus tahun lalu.

Dengan perbandingan SDM dan jaringan antara KPK dan Kejaksaan yang sangat tidak imbang itu, wajar kalau mantan Jaksa Agung Prasetyo pernah meminta agar lembaganya diberikan kewenangan serupa KPK agar bisa bergerak lebih lincah.

Prasetyo mengatakan, jika Kejaksaan Agung diberikan wewenang yang sama dengan KPK, dia yakin lembaganya akan menangani kasus korupsi dengan lebih baik. Terlebih lembaganya memiliki pengalaman, sumber daya manusia, serta jaringan yang luas dibandingkan KPK.

Tapi, cukupkah hanya dengan alasan itu kemudian penanganan kasus korupsi jadi makin trengginas?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemeriksaan Etik Wahyu Setiawan Digelar di KPK

Posted: 14 Jan 2020 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memfasilitasi tempat untuk Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk pemeriksaan etik Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Wahyu tengah terbelit kasus suap yang tengah ditangani KPK.

"Untuk kegiatan DKPP, tadi sudah datang ke KPK untuk koordinasi. Prinsipnya KPK memberikan izin giat dimaksud dan akan memfasilitasi tempat di KPK," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Rabu (15/1/2020).

Ketua KPK Firli Bahuri juga mengizinkan DKPP melakukan pemeriksaan etik terhadap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

"Wahyu setiawan kita izinkan untuk hadir sidang DKPP sesuai permintaan DKPP," ujar Firli saat dikonfirmasi, Rabu (15/1/2020).

Sebelumnya, Plt Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad mengatakan, mantan anggota KPU Wahyu Setiawan akan dipanggil dalam pemeriksaan etik. Muhammad mengatakan, Wahyu telah memenuhi syarat untuk dilakukan pemeriksaan etik.

Rencananya pemeriksaan Wahyu Setiawan akan dilakukan pada hari ini, Rabu (15/1/2020)

"Kami sudah putuskan serta sudah memanggil pihak-pihak terkait, insyaallah besok (hari ini) pukul 14.00 WIB akan kita lakukan pemeriksaan etik kepada saudara WS," kata dia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 14 Januari 2020.

Muhammad mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan kepada KPK untuk dapat menghadirkan Wahyu Setiawan dalam pemeriksaan etik. Namun, pihaknya belum mendapatkan konfirmasi.

"Saya mendapat laporan dari sekretaris DKPP, bahwa Pak Ketua KPK itu akan memberikan konfirmasi, apakah kemudian DKPP diperkenankan untuk membawa teradu ke DKPP, atau seperti apa teknisnya," ucapnya.

 

Suap Wahyu Setiawan

Komisioner KPU Wahyu Setiawan (ketiga kiri) usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). KPK resmi menahan Wahyu Setiawan yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus suap terkait pergantian antar-waktu anggota DPR RI periode 2019-2024. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Komisioner KPU Wahyu Setiawan (ketiga kiri) usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020). KPK resmi menahan Wahyu Setiawan yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus suap terkait pergantian antar-waktu anggota DPR RI periode 2019-2024. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

KPK menetapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Wahyu ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan penerimaan suap penetapan anggota DPR terplih 2019-2020.

Tak hanya Wahyu Setiawan, KPK juga menetapkan tiga tersangka lainnya dalam kasus tersebut, yakni mantan Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, mantan Caleg PDIP Harun Masiku, dan Saeful pihak swasta.

Pemberian suap untuk Wahyu itu diduga untuk membantu Harun dalam Pergantian Antar Waktu (PAW), caleg DPR terpilih dari Fraksi PDIP yang meninggal dunia, yaitu Nazarudin Kiemas pada Maret 2019. Namun, dalam pleno KPU pengganti Nazarudin adalah caleg lainnya atas nama Riezky Aprilia.

Wahyu diduga sudah menerima Rp 600 juta dari permintaan Rp 900 juta. Dari kasus yang bermula dari operasi tangkap tangan pada Rabu, 8 Januari 2020 ini, tim penindakan KPK menyita uang Rp 400 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI Salurkan Donasi Rp 124 Juta untuk Pohon Toleransi

Posted: 14 Jan 2020 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berkolaborasi dengan Benihbaik.com untuk memberi dukungan terhadap program kelestarian alam dan lingkungan hidup dalam acara bertajuk BRI Poin Pohon Toleransi.

Program ini dilaksanakan sejak 28 Oktober-31 Desember 2019 di brishoponline.com/BRIPoin dengan mekanisme melalui setiap transaksi redeem poin dikonversi setara Rp 124.

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani mengatakan, nilai yang terkumpul dimasa periode program tersebut adalah sebanyak 1 juta poin atau sebesar Rp 124 juta.

"Program donasi poin sudah kita mulai sejak Oktober-Desember (2019) lalu, tukar poin dengan pohon, equivalen 1 pohon Rp 124, sama seperti usia BRI. Untuk sesi pertama kita genapkan 1 juta point supaya sama dengan usia BRI," ucap dia di Gedung BRI 1, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Lebih lanjut, ia memaparkan, sistem pembayaran BRI yang tersedia di aplikasi Benihbaik.com memiliki beberapa pilihan fitur pembayaran yakni e-Pay BRI, Kartu Kredit BRI dan Debit Online BRI, serta BRIVA dengan tata cara pembayaran menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

BenihBaik.com juga menyambut baik semangat menjaga keseimbangan alam dalam program ini. CEO BenihBaik.com Andy F Noya menyambut baik inisiatif BRI yang mau ikut bantu menjaga alam.

"Saya sebagai founder Benihbaik.com senang dengan terobosan BRI. Karena kesadaran lingkungan penting, dan itu diwujudlan dengan program menanam pohon dengan tagline tolerantree, pohon toleran," ujar dia.

"Karena ulah manusia sudah pada tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Karena itu segala upaya harus dilakukan untuk memperbaikinya. Salah satu upaya tersebut adalah melalui kolaborasi Bank BRI dan BenihBaik.com ini," tandasnya.

Tahun Ini, BRI Gelontorkan KUR Senilai Total Rp120,2 Triliun

Agen BRILink.
Agen BRILink.

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyatakan siap menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp120,2 Triliun dengan bunga enam persen pada 2020. Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah meningkatkan plafon KUR, dari Rp140 Triliun di tahun 2019 menjadi Rp190 Triliun di tahun 2020 serta menurunkan suku bunga, dari tujuh persen menjadi enam persen.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso menyatakan bahwa perseroan akan terus mendorong penyaluran KUR ke sektor produksi hingga mencapai 60 persen. "Sektor produksi akan menjadi fokus utama penyaluran karena memberikan multiplier effect yang lebih besar, baik dalam hal penciptaan lapangan pekerjaan serta memberikan dampak yang lebih masif terhadap roda perekonomian nasional," jelasnya. 

Berbagai strategi pun telah disusun oleh Bank BRI untuk mengakselerasi penyaluran KUR di tahun 2020. Diantaranya melalui pemanfaatan 415 ribu agen BRILink sebagai referral pinjaman KUR serta pembentukan cluster UMKM unggulan di masing masing wilayah.

"Kami juga akan terus melakukan sinergi dengan BUMN lain, seperti diantaranya dengan Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program naik kelas nasabah Mekaar," tambah Sunarso.

Tak hanya itu, BRI juga akan intensif meningkatkan kerja sama dengan kementerian dan lembaga negara untuk mengakselerasi penyaluran KUR. Contohnya seperti sinergi dengan Kementerian Pertanian melalui program Kartu Tani, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui program Kartu Kusuka, Kementerian Ketenagakerjaan melalui program Desmigratif dan dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPBD) melalui KUR Replanting Sawit.

BRI juga terus mendukung program Kementerian Koperasi dan UKM, agar UMKM dapat mengakses dana atau mendapatkan permodalan dari perbankan, serta turut memasarkan UMKM Indonesia ke pasar mancanegara. Terbaru, melalui penyelenggaraan UMKM Export BRILian Preneur 2019, BRI berhasil memfasilitasi kesepakatan sebanyak 23 kontrak pembelian dengan total dealing amount sebesar USD33,5 juta.

Sunarso juga menjelaskan bahwa tidak hanya memberikan pembiayaan, Bank BRI melalui program BRIncubator juga melakukan pendampingan dan pelatihan bagi nasabah KUR agar dapat mendorong UMKM naik kelas.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menjalankan usaha, mendapatkan kemudahan dalam mengakses pasar serta meningkatkan inklusi keuangan. Komitmen kami tidak hanya memberikan fasilitas pembiayaan semata agar naik kelas, namun kami juga ingin agar para pelaku UMKM di Indonesia go modern, go online, go digital serta go global," ujarnya.

Selama periode Januari hingga Desember 2019 Bank BRI telah berhasil menyalurkan KUR senilai Rp87,9 Triliun kepada lebih dari 4 juta pelaku UMKM, dimana lebih dari 50 persen di antaranya disalurkan ke sektor produksi.

Dari total KUR yang disalurkan selama tahun 2019 oleh Bank BRI tersebut, Rp75,7 Triliun atau 86,1 persen, di antaranya disalurkan khusus di segmen mikro. Dengan demikian, sejak tahun 2015, Bank BRI telah berhasil menyalurkan KUR dengan total nilai mencapai Rp323,4 Triliun kepada lebih dari 16,6 juta pelaku UMKM diseluruh Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DKPP Hadirkan KPU dan Bawaslu di Sidang Etik Wahyu Setiawan

Posted: 14 Jan 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang pemeriksaan etik terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Sidang yang akan digelar sekitar pukul 14.00 WIB di Gedung KPK ini akan menghadirkan KPU dan Bawaslu sebagai pengadu.

"Kami akan memeriksa WS (Wahyu Setiawan) di KPK dengan menghadirkan pengadu, KPU dan Bawaslu, dan juga WS," ujar Plt Ketua DKPP Muhammad di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020).

Menurut Muhammad, dalam UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu memandatkan DKPP untuk memeriksa para penyelenggara Pemilu yang diduga melanggar kode etik. Wahyu Setiawan dadukan lantaran diduga melanggar kode etik penyelenggara pemilu.

Muhammad mengatakan, dalam pemeriksaan etik ini, DKPP tidak akan masuk ke ranah hukum.

"Tentu DKPP tidak akan masuk ke wilayah hukum lain misal korupsi, pidana. Itu wilayah KPK. Jadi, kami tentu sangat memerhatikan kewenangan DKPP dalam UU nomor 7 tahun 2017, yaitu dalam rangka memeriksa dan memutus penyelenggara pemilu yang diduga melanggar etik," kata dia.

Muhammad mengatakan, setelah menerima laporan, pihaknya langsung memverifikasi baik secara formil maupun materil. Menurutnya, Wahyu Setiawan sudah memenuhi syarat untuk diperiksa dalam sebuah sidang etik.

 

Alasan Sidang Etik Digelar di KPK

Menurut dia, lantaran Wahyu berstatus sebagai tahanan KPK, maka pemeriksaan pelanggaran kode etik Wahyu akan dilaksanakan di Gedung KPK.

"Mengenai tempatnya, karena pertimbangan-pertimbangan KPK beberapa hal, misalnya keamanan dan seterusnya, maka KPK dan DKPP setuju dan memutuskan untuk melaksanakan sidang di KPK," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Desember 2019, Neraca Dagang Indonesia Defisit USD 30 Juta

Posted: 14 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data perkembangan ekspor dan impor Indonesia per Desember 2019, Rabu (15/1/2020). Tercatat, dari nilai ekspor sebesar USD 14,47 miliar dan nilai impor sebesar USD 14,50 miliar, Indonesia masih defisit neraca dagang sebesar USD 30 juta per Desember 2019.

Kepala BPS Suhariyanto menyatakan, defisit neraca dagang Indonesia per Desember 2019 mengalami penurunan tipis dibanding November 2019.

"Dapat di lihat impor turun 5,47 persen, terdapat penurunan impor baik untuk migas maupun non migas," papar Suhariyanto dalam gelaran konferensi pers.

Sementara selama 2019, Indonesia masih punya defisit neraca perdagangan sebesar USD 3,2 miliar, berdasarkan nilai ekspor sepanjang 2019 sebesar USD 167,53 miliar dan impor sepanjang 2019 sebesar USD 178,72 miliar.

"Ini lebih baik daripada tahun lalu yang defisitnya mencapai USD 8,6 miliar," ujar Suhariyanto.

Neraca dagang ini masih surplus ke Amerika Serikat, Belanda serta India sementara defisit ke Australia, China dan Thailand.

Industri Makanan dan Minuman Jadi Andalan Tekan Defisit Neraca Dagang

Ida dan Titin, warga Bondan, Desa Ujungalang, Kampung Laut, Cilacap, memamerkan produk olahan makanan yang berbahan baku ikan dan udang. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo).
Ida dan Titin, warga Bondan, Desa Ujungalang, Kampung Laut, Cilacap, memamerkan produk olahan makanan yang berbahan baku ikan dan udang. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo).

Industri makanan dan minuman (mamin) terus menunjukkan daya saingnya. Hal tersebut dibuktikan dengan capaian ekspor sektor yang menjadi prioritas dalam peta jalan Making Indonesia 4.0 tersebut, yang menyentuh angka USD 20 miliar hingga September 2019.

Sektor mamin juga berkontribusi lebih dari sepertiga (36,49 persen) dari total Produk Domestik Bruto (PDB) industri pengolahan non-migas hingga triwulan III tahun 2019.

"Bila melihat data, ekspor industri mamin saat ini cukup besar, dan ekspornya juga nomor satu. Angka ekspor mamin hingga September 2019 hampir mencapai USD 20 miliar," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Achmad Sigit Dwiwahjono, dalam keterangan tertulis, Senin (25/11).

Sigit mengungkapkan, industri makanan dan minuman menjadi salah satu prioritas dalam Making Indonesia 4.0 karena secara terus-menerus selalu tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi, seperti pada triwulan III Tahun 2019 yang mencapai 7,72 persen, sementara ekonomi tumbuh 5,04 persen.

"Dengan sedikit dorongan, pertumbuhan ekonomi kita dapat lebih bagus lagi, karena 55 persen dari struktur ekonomi kita didukung oleh konsumsi dalam negeri, sehingga kita masih punya kesempatan lebih besar lagi," terangnya.

Mi Instan Indonesia Paling Digemari

Ilustrasi Mie Instan
Ilustrasi Mie Instan

Menurut Sigit, saat ini produk mamin yang diproduksi di Tanah Air banyak digemari di beberapa negara lain. Misalnya mi instan yang sangat digemari di negara-negara Afrika.

Sehingga, untuk meningkatkan ekspor sektor mamin, pemerintah terus menjajaki pasar Amerika Serikat, Jepang, Eropa, serta pasar-pasar nontradisional.

Upaya mendorong pertumbuhan sektor itu antara lain dengan aktif menciptakan iklim investasi yang kondusif. Sampai dengan triwulan III tahun 2019, realisasi investasi untuk sektor mamin mencapai Rp 25,81 triliun untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan USD 984,26 juta untuk Penanaman Modal Asing (PMA).

Pemerintah juga terus mendorong sekaligus memfasilitasi promosi produk industri mamin, salah satunya melalui pameran industri di luar negeri yang dinilai bisa menjadi wahana pendorong bagi para pengusaha di bidang industri mamin untuk memperkenalkan produk, kualitas dan citra merek serta memperoleh berbagai masukan serta keinginan dari pelanggannya.

"Upaya tersebut diharapkan mampu memperluas jangkauan ekspor produk mamin yang diproduksi di Tanah Air," ungkap Sigit.

Aspek teknologi dan inovasi, termasuk pula standar dan pengemasan merupakan faktor krusial dalam industri mamin. Untuk melindungi pasar dalam negeri, proteksi yang dilakukan termasuk penerapan berbagai regulasi yang harus dipenuhi juga oleh produk-produk impor.

Hal ini agar industri mamin Tanah Air dapat mendominasi pasar dalam negeri dan mampu berkontribusi dalam menekan defisit neraca perdagangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andre Taulany Kamarnya Luas Bak di Hotel, Intip 6 Tampilannya

Posted: 14 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan karier Andre Taulany di dunia hiburan, ia manfaatkan dengan membeli sebuah rumah mewah yang terbilang besar dan luas.

Menariknya, Andre Taulany lebih suka berlama-lama di dalam kamar ketimbang di ruangan lain. Terang saja, ia memiliki ruang yang sangat luas khusus untuk kamarnya.

Hal tersebut bisa dilihat dalam video yang diunggah di kanal YouTube Atta Halilintar tahun lalu. Di situ, Andre Taulany memamerkan setiap sudut kamarnya.

Warna Putih

Andre Taulany obati kerinduan nyanyi lagi (Foto: Wimbarsana/Bintang.com)
Andre Taulany obati kerinduan nyanyi lagi (Foto: Wimbarsana/Bintang.com)

Biarpun luas dan mewah, Andre tetap memilih warna putih untuk kamarnya. Namun, ada beberapa benda yang memiliki warna lain.

Pintu yang Tinggi

Andre Taulany (Instagram: @andreastaulany)
Andre Taulany (Instagram: @andreastaulany)

Menariknya, pintu kamar tidur Andre didesain dengan sangat tinggi. Atta Halilintar yang menjadi tamu pun terlihat takjub.

Pintu dengan dominasi warna putih itu memang dibuat dibuat tinggi agar membuat akses masuk kamar terlihat lebih leluasa.

Mirip Kamar Hotel

Kamar Andre pun bisa dibilang mirip dengan kamar yang ada di hotel bintang lima. Tak hanya besar, tapi juga tertata dengan baik.

1. Tempat Tidur

Tampilan kamar mewah Andre Taulany. (YouTube Atta Halilintar via Merdeka.com)
Tampilan kamar mewah Andre Taulany. (YouTube Atta Halilintar via Merdeka.com)

Kasur di kamar Andre Taulany memiliki ukuran yang sangat besar. Desainnya pun bisa dibilang elegan.

2. Ada Sentuhan Emas

Tampilan kamar mewah Andre Taulany. (YouTube Atta Halilintar via Merdeka.com)
Tampilan kamar mewah Andre Taulany. (YouTube Atta Halilintar via Merdeka.com)

Salah satu dinding kamar Andre memiliki sentuhan warna emas yang membuatnya semakin terlihat megah.

3. Sedikit Pajangan

Tampilan kamar mewah Andre Taulany. (YouTube Atta Halilintar via Merdeka.com)
Tampilan kamar mewah Andre Taulany. (YouTube Atta Halilintar via Merdeka.com)

Penataan kamar Andre terbilang rapi dan bersih. Wajar saja, karena memang hanya sedikit pajangan yang ia letakkan di dinding.

4. Cermin Besar

Tampilan kamar mewah Andre Taulany. (YouTube Atta Halilintar via Merdeka.com)
Tampilan kamar mewah Andre Taulany. (YouTube Atta Halilintar via Merdeka.com)

Satu lagi penghias dinding yang membuat kamar Andre sangat mewah adalah cermin besar di sekitar tempat duduk santai.

5. Walk In Closet

Tampilan kamar mewah Andre Taulany. (YouTube Atta Halilintar via Merdeka.com)
Tampilan kamar mewah Andre Taulany. (YouTube Atta Halilintar via Merdeka.com)

Andre juga memiliki walk in closet khusus untuk menyimpan pakaian. Seperti halnya Andre, sang istri juga punya tempat khusus untuk menyimpan koleksi sepatu dan tas di titik yang berbeda.

6. Kamar Mandi

Tampilan kamar mewah Andre Taulany. (YouTube Atta Halilintar via Merdeka.com)
Tampilan kamar mewah Andre Taulany. (YouTube Atta Halilintar via Merdeka.com)

Kamar mandi di dalam kamar Andre terlihat sangat mewah dan luas dengan lapisan marmer. Terdapat dua tempat cuci tangan dengan kaca besar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pabrik Kimia Meledak di Spanyol, 1 Orang Tewas

Posted: 14 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pabrik petrokimia meledak dan terbakar di kawasan Tarragona, Spanyol,  Akibat insiden itu 1 orang tewas dan 9 orang lainnya terluka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyaris Salip WhatsApp, TikTok Jadi Aplikasi Terpopuler Kedua di Dunia

Posted: 14 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi video kreatif TikTok milik ByteDance kini jadi salah satu aplikasi terpopuler di dunia.

Bahkan menurut laporan perusahaan riset pasar aplikasi Sensor Tower, secara total aplikasi TikTok sudah diunduh lebih dari 1,5 miliar kali di App Store dan Google Play.

Mengutip data Sensor Tower, Rabu (15/1/2020), TikTok menjadi aplikasi non-gaming kedua yang paling banyak diunduh pada 2019, tepat di bawah WhatsApp yang jadi aplikasi terpopuler di dunia.

TikTok melonjak dibandingkan tahun lalu berkat popularitasnya di beberapa negara seperti India, Amerika Serikat, dan Brasil.

Masih menurut laporan Sensor Tower yang dikutip GSMArena, pendapatan TikTok juga meningkat 540 persen dibanding tahun lalu.

Meski begitu, pendapatan paling besar berasal dari Tiongkok di mana aplikasi TikTok menawarkan in-app purchases.

Aplikasi-Aplikasi Populer Lainnya

WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)
WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)

Secara angka, pendapatan TikTok mencapai angka USD 40 juta pada Desember 2019. Hal ini membuat TikTok jadi aplikasi non gaming nomor 7 dengan pendapatan tertinggi.

Adapun aplikasi-aplikasi lain yang juga terpopuler di dunia adalah WhatsApp, diikuti TikTok, Facebook, Messenger, Instagram.

Selebihnya ada ShareIt, Likee, YouTube, Club Factory, Snapchat, dan UC Browser, Spotify, dan Netflix.

CoD Gim Paling Populer

Call of Duty Mobile kini bisa dimainkan dengan kontroler (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)
Call of Duty Mobile kini bisa dimainkan dengan kontroler (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Selain TikTok, per kuartal 4 2019, Sensor Tower juga menyoroti aplikasi seperti Call of Duty. Dalam periode antara 1 Oktober hingga 31 Desember 2019, Call of Duty menjadi aplikasi gim paling populer.

Jumlah unduhan Call of Duty lebih dari 180 juta kali. Uniknya, setengah unduhan CoD berasal dari perangkat iOS dan separuhnya lagi dari perangkat Android.

Sementara di posisi kedua aplikasi gim terpopuler ada Sand Balls yang diunduh sekitar 90 juta kali.

Gim lain yang juga populer diunduh adalah Brain Out, PUBG Mobile, dan Garena Free Fire.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skema Penyaluran Dana Desa Dibalik, Jadi Besar di Awal

Posted: 14 Jan 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merilis Peraturan Menteri Keuangan Nomor 205 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Dana Desa. Aturan ini berisi tahapan besaran cairan dana desa yang merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas tentang Penyaluran Dana Desa.

Dalam aturan ini, skema penyaluran dana desa dibuat terbalik dari semula berskema tahap I sebesar 20 persen, tahap mencapai II 40 persen, dan tahap III di angka 40 persen. Skema tersebut tertuang dalam PMK 193 Tahun 2018.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti menjelaskan, dalam skema penyaluran dana desa tahun ini memang dibuat terbalik dari sebelumnya. Di mana untuk tahun ini, tahap I dan II diberikan alokasi sebesar 40 persen, sedangkan penyaluran untuk tahap III sebesar 20 persen.

"Dengan ini yang namanya kesenjangan antar desa kemudian juga keberhasilan dari dana desa bisa lebih terjamin karena ada alokasi yang sesuai," jelas dia di Kantor Kementerian Keuangan, di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Dia merincikan untuk tahap I sebesar 40 persen paling cepat akan dicairkan pada bulan ini atau tepatnya Januari, dan paling lambat diberikan pada Juni.

Adapun cara untuk mencairkannya, yakni melalui Peraturan Kepala Daerah tentang tata cara pengalokasian dan rincian dana desa per desa, kemudian juga surat kuasa pemindahbukuan dana desa dari kepala daerah, dan Perdes APBDesa.

Kemudian untuk tahap II sebesar 40 persen paling cepat akan disalurkan Maret, dan paling lambat Agustus.

Untuk pencairan tahap dua, persyaratannya cukup dengan laporan realisasi penyerapan dan capaian keluaran tahun anggaran sebelumnya. Kemudian juga laporan realisasi penyerapan dana desa tahap I minimal 50 persen, dan capaian tahap 1 minimal 35 persen.

 

Tahap III

Jalan di pedesaan yang pembangunannya menggunakan dana desa. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Jalan di pedesaan yang pembangunannya menggunakan dana desa. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Terakhir, untuk tahap III 20 persen paling cepat dibayarkan pada Juli. Untuk pencairannya sendiri hampir sama persyaratannya.

Melalui laporan realisasi penyerapan sampai dengan tahap dua minimal 90 persen dan capaian keluaran sampai dengan tahap kedua minimal 75 persen, dan menyertakan laporan konvergensi pencegahan stunting.

"Dalam hal dokumen persyaratan penyaluran tidak disampaikan, dana desa tidak disalurkan, sehingga menjadi sisa dana desa di RKUN. Kemudian dalam hal terdapat penyalahgunaan dana desa penyaluran dana dapat dihentikan," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Nasib Halte Transjakarta Tertinggi

Posted: 14 Jan 2020 09:22 PM PST

Halte Transjakarta Centrale Stiching Wederopbouw (CSW) di kawasan Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (15/1/2020).  Untuk mencapai halte yang setara dengan bangunan bertingkat 7 lantai tersebut harus melalui 117 anak tangga dengan ketinggian 20 meter. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
CSW-Transjakarta-FANANI-2.jpg

Halte Transjakarta Centrale Stiching Wederopbouw (CSW) di kawasan Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Untuk mencapai halte yang setara dengan bangunan bertingkat 7 lantai tersebut harus melalui 117 anak tangga dengan ketinggian 20 meter. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kendaraan melintas di bawah halte Transjakarta CSW di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Pemprov DKI akan mendesain ulang halte ini untuk nantinya terintegrasi dengan MRT Stasiun ASEAN dan bus Transjakarta yang direncanakan berlangsung pada Januari 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
CSW-Transjakarta-FANANI-3.jpg

Kendaraan melintas di bawah halte Transjakarta CSW di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Pemprov DKI akan mendesain ulang halte ini untuk nantinya terintegrasi dengan MRT Stasiun ASEAN dan bus Transjakarta yang direncanakan berlangsung pada Januari 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kendaraan melintas di bawah halte Transjakarta CSW di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (15/1/2020).  Sejak jalur layang TransJakarta koridor 13 diresmikan pada tahun 2017, halte itu tak kunjung beroperasi karena terlalu tinggi dan dapat membahayakan para pengguna. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
CSW-Transjakarta-FANANI-4.jpg

Kendaraan melintas di bawah halte Transjakarta CSW di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Sejak jalur layang TransJakarta koridor 13 diresmikan pada tahun 2017, halte itu tak kunjung beroperasi karena terlalu tinggi dan dapat membahayakan para pengguna. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bus Transjakarta melintas di bawah halte Transjakarta CSW di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Untuk mencapai halte CSW yang setara dengan bangunan bertingkat 7 lantai tersebut harus melalui 117 anak tangga dengan ketinggian 20 meter. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
CSW-Transjakarta-FANANI-5.jpg

Bus Transjakarta melintas di bawah halte Transjakarta CSW di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Untuk mencapai halte CSW yang setara dengan bangunan bertingkat 7 lantai tersebut harus melalui 117 anak tangga dengan ketinggian 20 meter. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tangga untuk akses menuju halte Transjakarta CSW di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Pemprov DKI akan mendesain ulang halte ini untuk nantinya terintegrasi dengan MRT Stasiun ASEAN dan bus Transjakarta yang direncanakan berlangsung pada Januari 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
CSW-Transjakarta-FANANI-6.jpg

Tangga untuk akses menuju halte Transjakarta CSW di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Pemprov DKI akan mendesain ulang halte ini untuk nantinya terintegrasi dengan MRT Stasiun ASEAN dan bus Transjakarta yang direncanakan berlangsung pada Januari 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tangga untuk akses menuju halte Transjakarta CSW di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Sejak jalur layang TransJakarta koridor 13 diresmikan pada tahun 2017, halte itu tak kunjung beroperasi karena terlalu tinggi dan dapat membahayakan para pengguna. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
CSW-Transjakarta-FANANI-7.jpg

Tangga untuk akses menuju halte Transjakarta CSW di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Sejak jalur layang TransJakarta koridor 13 diresmikan pada tahun 2017, halte itu tak kunjung beroperasi karena terlalu tinggi dan dapat membahayakan para pengguna. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Batal Bentuk Pansus Jiwasraya dan Asabri

Posted: 14 Jan 2020 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) batal membentuk panitia khusus (Pansus) kasus asuransi Jiwasraya dan Asabri. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, keputusan dewan adalah meminta komisi terkait untuk membentuk panitia kerja.

"Oleh karena itu, kami akan melakukan hal-hal yang menurut kami juga langsung merespons dari pemerintah, yaitu kemudian meminta kepada komisi-komisi terkait untuk langsung saja," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Dasco menjelaskan, Komisi VI yang membawahi BUMN dapat melakukan pengawasan terhadap Jiwasraya dan Asabri. Komisi XI akan mengawasi dari segi keuangan dua asuransi negara. Terakhir, Komisi III juga dapat mengawasi penegakan hukum yang tengah dilakukan Kejaksaan Agung.

Keputusan tersebut diambil usai DPR melakukan pertemuan dengan Menteri Keuangan, Menteri BUMN, Jaksa Agung, dan Kapolri. Kata Dasco, tidak ada arahan khusus dari Presiden Joko Widodo untuk tak membentuk pansus Jiwasraya dan Asabri.

 

Pansus Butuh Waktu Lama

Sejumlah petugas membersihkan ruangan rapat Paripurna I di Gedung Kura-Kura Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (15/8). Gedung DPR mulai berbenah jelang sidang umum MPR/DPR yang digelar sehari sebelum peringatan Hari Kemerdekaan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Sejumlah petugas membersihkan ruangan rapat Paripurna I di Gedung Kura-Kura Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (15/8). Gedung DPR mulai berbenah jelang sidang umum MPR/DPR yang digelar sehari sebelum peringatan Hari Kemerdekaan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dasco menilai pembentukan pansus memakan waktu yang lama. Sementara, pemerintah telah bergerak cepat menangani masalah Jiwasraya.

Dia mengatakan, fokus pemerintah adalah mengusutnya melalui proses hukum, pengembalian uang sampai perbaikan kinerja dua asuransi tersebut.

"Ini sudah jalan semua kita respons cepat saja dengan membentuk panja yang akan langsung kerja mengawasi kalau kita sekarang bicara pansus. Sekarang pemerintah sudah berada di level lima larinya, kita baru di nol," ujar Waketum Gerindra itu.

Dasco mengatakan, sebagai pimpinan akan mengomunikasikan dengan semua fraksi di DPR. Dia mengklaim keputusan tak membentuk pansus telah disepakati sebagian besar fraksi.

"Sebagian besar fraksi setelah melihat apa yang telah dilakukan dari segi upaya pengembalian uang, kemudian perbaikan kinerja dan perbaikan hukum hampir semua sepakat," kata dia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Gaya Cak Nun Dukung Persebaya, Beri Doa Agar Juara Musim Depan

Posted: 14 Jan 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Persebaya Surabaya sedang mempersiapkan tim yang tangguh jelang berlaga di Liga 1 2020. Keberhasilan musim lalu menjadi runner-up membuat manajemen Persebaya mematok target juara pada musim depan. Alhasil Persebaya bergerak cepat mendatangkan beberapa pemain hebat seperti Mahmoud Eid, Ricky Kambuaya dan masih banyak pemain lainnya.

Tak hanya berusaha mendatangkan pemain bintang, Persebaya juga menggelar doa bersama saat pertandingan Persebaya Forever Game pada Minggu (12/1/2020) kemarin. Persebaya mengundang Emha Ainun Nadjib atau akrab disapa Cak Nun untuk memberi motivasi dan memimpin doa bersama.

"Tahun 2019 telah dilalui dengan baik dan Persebaya sukses sebagai runner up. Tahun depan saya yakin juara," ujar Cak Nun yang diamini oleh seluruh suporter di stadion Gelora Bung Tomo (12/1/2020).

Dalam acara tersebut, Cak Nun memakai peci putih dan jersey Persebaya pramusim. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @officialpersebaya, gaya Cak Nun saat mendukung Persebaya, Rabu (15/1/2020).

1. Dengan memakai peci dan jersey Persebaya, Cak Nun mengisi pengajian di acara Persebaya Forever Game pada Minggu (12/1/2020).

5 Gaya Cak Nun Dukung Persebaya, Beri Doa Agar Juara Musim Depan (sumber: Instagram.com/officialpersebaya)
5 Gaya Cak Nun Dukung Persebaya, Beri Doa Agar Juara Musim Depan (sumber: Instagram.com/officialpersebaya)

2. Tak hanya pengajian, Cak Nun juga mengajak lebih dari 50 ribu suporter bernyanyi bersama lagu "Sayang", "Ruang Rindu" dan campur sari-an lainnya.

5 Gaya Cak Nun Dukung Persebaya, Beri Doa Agar Juara Musim Depan (sumber: Instagram.com/officialpersebaya)
5 Gaya Cak Nun Dukung Persebaya, Beri Doa Agar Juara Musim Depan (sumber: Instagram.com/officialpersebaya)

3. Cak Nun juga memimpin doa agar prestasi Bajul Ijo musim depan lebih baik dan bisa memenuhi target juara.

5 Gaya Cak Nun Dukung Persebaya, Beri Doa Agar Juara Musim Depan (sumber: Instagram.com/officialpersebaya)
5 Gaya Cak Nun Dukung Persebaya, Beri Doa Agar Juara Musim Depan (sumber: Instagram.com/officialpersebaya)

4. Budayawan kelahiran 27 Mei 1953 ini turut berharap agar Bajul Ijo bisa juara musim depan.

5 Gaya Cak Nun Dukung Persebaya, Beri Doa Agar Juara Musim Depan (sumber: Instagram.com/officialpersebaya)
5 Gaya Cak Nun Dukung Persebaya, Beri Doa Agar Juara Musim Depan (sumber: Instagram.com/officialpersebaya)

5. Cak Nun didampingi oleh presiden Persebaya, Azrul Ananda. Bahkan di akhir acara, Cak Nun ikut menyanyikan anthem Persebaya berjudul Song For Pride.

5 Gaya Cak Nun Dukung Persebaya, Beri Doa Agar Juara Musim Depan (sumber: Instagram.com/officialpersebaya)
5 Gaya Cak Nun Dukung Persebaya, Beri Doa Agar Juara Musim Depan (sumber: Instagram.com/officialpersebaya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS: Ekspor Indonesia Sepanjang 2019 Tercatat USD 167,53 Miliar

Posted: 14 Jan 2020 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor Indonesia sepanjang 2019 sebesar USD 167,53 miliar. Angka tersebut turun tajam sebesar 6,94 persen dibanding pencapaian tahun lalu sebesar USD 180,01 miliar.

"Secara kumulatif total ekspor sebesar USD 167,53 miliar. Turun tajam sebesar 6,94 persen dibanding tahun lalu sebesar USD 180,01 miliar," ujar Kepala BPS Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Rabu (15/1).

Suhariyanto melanjutkan, untuk Desember 2019, ekspor Indonesia mencapai USD 14,47 miliar mengalami kenaikan sebesar 3,77 persen apabila dibandingkan dengan November 2019. Non migas menyumbang sebesar USD 13,31 miliar dan migas menyumbang USD 1,16 miliar.

"Harga minyak mentah di Indonesia pada November 2019 harganya USD 63,26 per barel. Dan Desember naik harganya USD 67,18 per barel. Jadi ada kenaikan harga minyak. Yang perlu diantisipasi dengan adanya konflik geopolitik AS-Iran," jelasnya.

Menurut sektor ekspor Indonesia di Desember masih didominasi oleh industri pengolahan sebesar USD 10,86 miliar. Kemudian disusul oleh sektor pertambangan sebesar USD 2,08 miliar dan pertanian sebesar USD 0,37 miliar.

"Komoditas pertanian yang membuat ekspor meningkat dibandingkan November 2019 itu ada benerapa komoditas yang baik yaitu buah buahan, sarang burung, hasil hutan kayu dan biji kapas," jelasnya.

"Komoditas industri pengolahan yang naik yaitu komoditas minyak kelapa sawit, Lalu pakaian jadi. Sektor pertambangan secara month to month naik, tetapi secara year on year turun. Apa yang meningkat adalah biji tembaga, biji logam lainnya," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Ekspor Indonesia di Desember 2019 Naik 3,77 Persen

Persiapan keberangkatan kapal besar (Direct Call) pembawa kontainer yang membawa ekspor Indonesia ke Amerika Serikat (AS) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Persiapan keberangkatan kapal besar (Direct Call) pembawa kontainer yang membawa ekspor Indonesia ke Amerika Serikat (AS) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis kenaikan ekspor Indonesia pada bulan Desember sebesar 3,77 persen atau naik USD 1,16 miliar dibanding bulan November 2019. Sedangkan secara Year on Year (YoY), angka ekspor tercatat naik sebesar 1,28 persen.

Dengan demikian, total nilai ekspor Indonesia hingga Desember 2019 berjumlah USD 14,47 miliar.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyatakan, ekspor sektor migas dan pertanian mengalami tren yang cukup signifikan.

"Ekspor migas mengalami penurunan 31,93 persen YoY, sebaliknya non migas naik 5,78 persen. Di pertanian, ekspor naik 24,35 persen," ujar Suhariyanto di kantornya, Rabu (15/1/2020).

Lebih lanjut, kontribusi ekspor Indonesia masih didominasi oleh industri pengolahan sebesar USD 10,86 miliar, meningkat 6,85 persen YoY.

Kemudian dari sektor pertambangan sebesar USD 2,08 miliar, turun 1,91 persen YoY lalu sektor migas sebesar USD 1,16 miliar, turun 31,93 persen YoY.

Sektor Pertanian

Para petani memetik stroberi di sebuah kebun, Beit Lahyia, Jalur Gaza, Selasa (3/12/2019). Sejak beberapa tahun lalu petani Gaza sudah bisa mengekspor stroberi mereka ke Eropa. (AP Photo/Hatem Moussa)
Para petani memetik stroberi di sebuah kebun, Beit Lahyia, Jalur Gaza, Selasa (3/12/2019). Sejak beberapa tahun lalu petani Gaza sudah bisa mengekspor stroberi mereka ke Eropa. (AP Photo/Hatem Moussa)

Terakhir, sektor pertanian menyumbang USD 370 juta atau naik sebesar 24,35 persen YoY.

Secara struktural, ekspor non migas menyumbang porsi paling banyak sebesar 91,97 persen, diikuti sektor industri sebesar 75,04 persen, tambang 14,38 persen, migas 8,03 persen dan pertanian 2,55 persen. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mahfud MD Pastikan Dugaan Korupsi Asabri

Posted: 14 Jan 2020 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menkopolhukam Mahfud MD sempat menghubungi beberapa pejabat terkait dugaan korupsi di Asabri. Ia memastikan kabar yang awalnya beredar di media.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Jadi Importir Terbesar Indonesia di 2019

Posted: 14 Jan 2020 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mencatat, nilai impor Indonesia secara kumulatif Januari hingga Desember 2019 mencapai USD 170,7 miliar atau turun 9,53 persen dibanding 2018.

Adapun dari jumlah tersebut impor terbesar berasal dari China sebesar USD 44,58 miliar.

"Nilai impor Indonesia secara kumulatif Januari hingga Desember 2019 mencapai USD 170,7 miliar," ujar Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Selain dari China, dua negara lain pengimpor barang terbesar ke Indonesia adalah Jepang USD 15,59 miliar dan Thailand USD 9,41 miliar. Sementara impor nonmigas dari ASEAN USD 0,29 miliar sementara dari Uni Eropa USD 1,2 miliar.

Nilai impor semua golongan penggunaan barang baik barang konsumsi, bahan baku/penolong, dan barang modal selama Januari-Desember 2019 mengalami penurunan dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, masing-masing 4,51 persen, 11,07 persen dan 5,13 persen.

 

Secara Bulanan

Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Angka tersebut menurun 9,99% dibandingkan Agustus 2018 yang sebesar US$ 15,9 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Angka tersebut menurun 9,99% dibandingkan Agustus 2018 yang sebesar US$ 15,9 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, nilai impor Indonesia Desember 2019 mencapai USD 14,50 miliar atau turun 5,47 persen dibanding November 2019. Demikian juga apabila dibandingkan Desember 2018 turun 5,62 persen.

"Impor nonmigas Desember 2019 mencapai USD 12,37 miliar atau turun 6,35 persen dibanding November 2019 dan jika dibandingkan Desember 2018 juga turun 7,28 persen," jelas Suhariyanto.

Impor migas pada Desember 2019 mencapai USD 2,13 miliar atau turun 0,06 persen dibanding November 2019. Namun jika dibandingkan Desember 2018 naik 5,33 persen.

"Penurunan impor nonmigas terbesar Desember 2019 dibanding November 2019 adalah golongan kendaraan dan bagiannya sebesar USD 254,7 juta sedangkan peningkatan terbesar adalah golongan gula dan kembang gula sebesar USD 89,1juta," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan di Swiss, Pemandangan Gurun Salju Ini Ada di Arab Saudi

Posted: 14 Jan 2020 09:11 PM PST

Liputan6.com, Tabuk - Arab Saudi kedatangan salju di wilayah pegunungan barat daya. Warga pun tampak asyik menikmati pemandangan gurun yang berselimut putih salju.

Dilaporkan Arab News, Rabu (15/1/2020), wilayah yang mengalami hujan salju adalah daerah utara Tabuk dan Jabal Al Lawz, Al-Daher, dan pegunungan Alqan. Wilayah bersalju di Saudi adalah destinasi wisata populer.

Aparat pun bersiaga di jalan-jalan untuk mengamankan situasi. Kedubes Saudi di Amerika Serikat (AS) menyebut salju juga turun di daerah proyek kota futuristik NEOM yang berlokasi di Tabuk.

Warga Arab Saudi pun membagikan foto-foto salju itu di media sosial. 

Salah satu warganet di kota Arar di utara Arab Saudi berkata: "Ini bukan Kanada! Ini bukan Swiss! Ini bukan Alaska! Ini Kerajaan Saudi Arabia!"

Tak hanya manusia, unta pun turut memandangi salju yang menggantikan padang yang biasanya kering. Ini bukan pertama kalinya salju Arab Saudi heboh di media sosial, tahun lalu salju juga turun di Tabuk.

Situs cuaca AccuWeather menyebut salju kali ini terjadi karena ada badai dari selatan Eropa dan Mediterania yang datang ke Timur Tengah pekan lalu. Udara dingin pun ikut terbawa dan hasilnya turun salju.

Arab Saudi Kini Tak Pisahkan Pria dan Wanita Saat di Restoran

Ilustrasi restoran
Ilustrasi restoran

Andalan Arab Saudi untuk menarik wisatawan tak hanya salju. Kerajaan ultra-konservatif ini melakukan reformasi sosial demi menunjang investasi. Salah satunya dengan tak lagi memisahkan pria dan wanita di restoran. Aturan ini juga berlaku di kota suci Makkah.

Dilaporkan Arab News, Wali Kota Makkah Mohammed Abdullah Al-Quwaihis berkata amendemen aturan ini juga diharapkan memudahkan kehidupan warga dan wirausahawan.

"Aturannya akan positif dan melonggarkan banyak syarat dan larangan, tetapi mereka tidak akan mempengaruhi inti pekerjaan dalam hal kesehatan masyarakat dan makanan, dan keputusan ini akan menambah aliran investasi dan jumlah serta bermacam jenis restoran," ucapnya.

Pelonggaran aturan ini dilakukan atas regulasi Kementerian Bidang Munisipalitas dan Pedesaan Arab Saudi. Kementerian menetapkan restoran tak perlu lagi pula memisahkan pintu masuk antara laki-laki dan perempuan.

Keputusan ini pun disambut baik oleh pengamat serta para pebisnis Arab Saudi. Faktor biaya menjadi sorotan pebisnis yang menyebut pemisahan pria dan wanita membuat ongkos bertambah.

"Kami memiliki masalah pertambahan biaya karena diwajibkan membuat dua counter untuk dua bagian berbeda, dan sekarang dengan adanya amandemen ini kementerian telah membantu kami untuk mulai bekerja dan mengurangi biaya," ucap Nasser Al-Shalhoub, pemiliki toko kopi Chaoua.

Selain biaya, amandemen ini disambut positif karena memberi keleluasaan bagi pemilik restoran untuk mengatur denah. Selama ini, aturan pemisahan gender di Arab Saudi membuat bagian keluarga selalu penuh, sementara bagian khusus pria biasanya sepi.

"Bagian keluarga biasanya penuh. Kamu seringkali tak bisa mencari tempat duduk sementara bagian pria biasanya kosong karena mereka tak pergi ke restoran sesering wanita," ujar Ruba Al-Harbi, manajer restoran dan influencer kuliner. 

Reformasi Sosial

Presiden AS, Donald Trump berjabat tangan dengan Putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammad bin Salman di Gedung Putih, Selasa (20/3). Kunjungan ini sebagai bagian dari perjalanan ke Amerika di ketegangan antara Arab Saudi dan Iran. (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden AS, Donald Trump berjabat tangan dengan Putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammad bin Salman di Gedung Putih, Selasa (20/3). Kunjungan ini sebagai bagian dari perjalanan ke Amerika di ketegangan antara Arab Saudi dan Iran. (AP Photo/Evan Vucci)

Analis compliance Dareen Rajeh berkata perlu waktu bagi restoran di Arab Saudi untuk membiasakan diri akan regulasi baru ini. Ia pun menyambut baik aturan ini agar pandangan masyarakat bisa semakin terbuka.

"Kita perlu memuka cakrawala kita dan fokus ke masalah-masalah yang lebih penting," ujarnya.

Namun demikian, pelonggaran aturan ini tidak berlaku bagi tempat-tempat lain, seperti kantor pemerintah atau pernikahan.

Ini bukan langkah pertama Arab Saudi melonggarkan aturan sosial. Sebelumnya, Arab Saudi juga sudah mengizinkan para wanita untuk mengendarai mobil sendiri.

Reformasi ini didorong oleh Pangeran Mohammed bin Salman yang merupakan putra mahkota Arab Saudi. Salman juga makin gencar meningkatkan investasi negaranya di sektor teknologi dan menggandeng SoftBank dari Jepang. Itu ia lakukan untuk lepas dari ketergantungan pada sumber daya alam negaranya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tata Cara Mengurus Jenazah dari Memandikan Sampai Menguburkan dalam Islam

Posted: 14 Jan 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tata cara mengurus jenazah dari memandikan sampai menguburkan harus dipahami setiap umat islam. Dalam syariat Islam, ada beberapa tata cara yang harus dipenuhi dalam pengurusan orang yang sudah meninggal.

Tata cara memandikan jenazah, mengafani, menyolatkan, hingga menguburkan jenazah merupakan kewajiban yang harus dilakukan seorang Muslim dalam mengurus jenazah. Hukum mengurus jenazah adalah fardu kifayah bagi umat Islam.

Tata cara mengurus jenazah dari memandikan sampai menguburkan harus dilakukan sesuai dengan sunnah yang telah ditentukan. Mengurus jenazah adalah wajib bagi seluruh atau sebagian orang di sekitarnya saat mereka masih hidup.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagau sumber, Rabu (15/1/2020) tata cara mengurus jenazah dari memandikan sampai menguburkannya.

Cara Memandikan Jenazah

Ilustrasi Jenazah (iStockphoto)
Ilustrasi Jenazah (iStockphoto)

Tata cara mengurus jenazah dari memandikan sampai menguburkan yang pertama harus dipahami tentunya dalam memandikan. Sebagai cara yang pertama dalam tata cara mengurus jenazah dari memandikan sampai menguburkan, memandikan jenazah sangat penting dilakukan dengan benar.

Berikut tata cara memandikan jenazah:

1. Meletakkan jenazah dengan kepala agak tinggi di tempat yang disediakan

2. Yang memandikan jenazah hendaklah memakai sarung tangan.

3. Ambil kain penutup dari jenazah dan ganti dengan kain basahan agar auratnya tidak terlihat

4. Setelah itu bersihkan giginya, lubang hidung, lubang telinga, celah ketiaknya, celah jari tangan dan kaki serta rambutnya.

5. Bersihkan kotoran jenazah baik yang keluar dari depan maupun dari belakang terlebih dahulu. Caranya, tekan perutnya perlahan-lahan agar apa yang ada di dalamnya keluar.

6. Siram atau basuh seluruh anggota tubuh jenazah dengan air sabun.

7. Kemudian siram dengan air yang bersih sambil berniat sesuai jenis kelamin jenazah.

Niat memandikan jenazah perempuan:

Nawaitul ghusla adaa 'an hadzihil mayyitati lillahi ta'aalaa

Artinya: "Aku berniat memandikan untuk memenuhi kewajiban dari jenazah (wanita) ini karena Allah Ta'ala."

Niat memandikan jenazah laki-laki:

Nawaitul ghusla adaa 'an hadzal mayyiti lillahi ta'aalaa

Artinya: "Aku berniat memandikan untuk memenuhi kewajiban dari jenazah (pria) ini karena Allah Ta'ala."

8. Siram atau basuh dari kepala hingga ujung kaki dengan air bersih. Siram sebelah kanan dan kiri masing-masing 3 kali.

9. Memiringkan jenazah ke kiri, basuh bagian lambung kanan sebelah belakang.

Cara Memandikan Jenazah Selanjutnya

10. Memiringkan jenazah ke kanan, basuh bagian lambung kirinya sebelah belakang.

11. Siram lagi dengan air bersih dari kepala hingga ujung kaki.

12. Siram dengan air kapur barus.

13. Jenazah kemudian diwudhukan seperti orang yang berwudhu sebelum sholat.

14. Perlakukan jenazah dengan lembut saat membalik dan menggosok anggota tubuhnya.

15. Jika keluar dari jenazah itu najis setelah dimandikan dan mengenai badannya, wajib dibuang dan dimandikan lagi. Jika keluar najis setelah di atas kafan, tidak perlu diulangi mandinya, cukup hanya dengan membuang najis tersebut.

16. Bagi jenazah wanita, sanggul rambutnya harus dilepas dan dibiarkan terurai ke belakang. Setelah disiram dan dibersihkan, lalu dikeringkan dengan handuk dan dikepang.

17. Keringkan tubuh jenazah setelah dimandikan dengan handuk sehingga tidak membasahi kain kafannya.

18. Selesai memandikan jenazah, berilah wangi-wangian yang tidak mengandung alkohol sebelum dikafani. Biasanya menggunakan air kapur barus.

Begitulah cara memandikan jenazah sebagai salah satu bagian dari tata cara mengurus jenazah dari memandikan sampai menguburkan.

Cara Mengafani Jenazah Laki-laki

Mengafani Jenazah. (Liputan6.com/Helmi Afandi)
Mengafani Jenazah. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Tata cara mengurus jenazah dari memandikan sampai menguburkan berikutnya adalah mengafani jenazah. Ada sedikit perbedaan cara mengafani jenazah laki-laki dan perempuan sebagai tata cara mengurus jenazah dari memandikan sampai menguburkan ini.

Berikut cara mengafani jenazah laki-laki:

1. Siapkan tali-tali pengikat kafan secukupnya. Letakkan secara vertikal tepat di bawah kain kafan yang akan menjadi lapis pertama.

2. Bentangkan kain kafan lapis pertama yang sudah dipotong sesuai ukuran jenazah.

3. Beri wewangian pada kain kafan lapis pertama.

4. Bentangkan kain kafan lapis kedua yang sudah dipotong sesuai ukuran jenazah.

5. Beri wewangian pada kain kafan lapis kedua.

6. Bentangkan kain kafan lapis ketiga yang sudah dipotong sesuai ukuran jenazah.

7. Beri wewangian pada kain kafan lapis ketiga.

8. Letakkan jenazah di tengah-tengah kain kafan lapis ketiga.

9. Tutup dengan kain lapis ketiga dari sisi kiri ke kanan, kemudian kain dari sisi kanan ke kiri.

10. Tutup dengan kain lapis kedua dari sisi kiri ke kanan, kemudian kain dari sisi kanan ke kiri.

11. Tutup dengan kain lapis pertama dari sisi kiri ke kanan, kemudian kain dari sisi kanan ke kiri.

12. Ikat dengan tali pengikat yang sudah disediakan.

Cara Mengafani Jenazah Perempuan

Berbeda dengan jenazah laki-laki, berikut ini cara mengafani jenazah perempuan:

1. Bentangkan 2 lembar kain kafan yang sudah dipotong sesuai ukuran jenazah. Kemudian letakkan kain sarung tepat pada badan antara pusar dan kedua lututnya.

2. Persiapkan baju gamis dan kerudung di tempatnya.

3. Sediakan 3–5 utas tali dan letakkan di paling bawah kain kafan.

4. Sediakan kapas yang sudah diberikan wangi-wangian, yang nantinya diletakkan pada anggota badan tertentu.

5. Setelah kain kafan siap, lalu angkat dan baringkan jenazah di atas kain kafan.

6. Letakkan kapas yang sudah diberi wangi-wangian tadi ke tempat anggota tubuh seperti halnya pada jenazah laki-laki.

7. Selimutkan kain sarung pada badan jenazah, antara pusar dan kedua lutut. Pasangkan baju gamis berikut kain kerudung. Untuk yang rambutnya panjang bisa dikepang menjadi 2/3, dan diletakkan di atas baju gamis di bagian dada.

8. Selimutkan kedua kain kafan selembar demi selembar mulai dari yang lapisan atas sampai paling bawah. Setelah itu ikat dengan beberapa utas tali yang tadi telah disediakan.

Tata Cara Menyolatkan Jenazah

Tata Cara Menyolatkan Jenazah. (Syaiful Bahri/Bintang.com)
Tata Cara Menyolatkan Jenazah. (Syaiful Bahri/Bintang.com)

Setelah mengafani, tata cara mengurus jenazah dari memandikan sampai menguburkan selanjutnya adalah menyolatkan jenazah. Shalat jenazah terdapat tujuh rukun seperti berikut:

1. Berniat (di dalam hati).

2. Berdiri bagi yang mampu.

3. Melakukan empat kali takbir (tidak ada ruku' dan sujud).

4. Setelah takbir pertama, membaca Al Fatihah.

5. Setelah takbir kedua, membaca shalawat (minimalnya adalah allahumma sholli 'ala Muhammad).

6. Setelah takbir ketiga, membaca doa untuk jenazah.

Do'a setelah takbir ketiga:

Allahummaghfirla-hu warham-hu wa 'aafi-hi wa'fu 'an-hu wa akrim nuzula-hu, wa wassi' madkhola-hu, waghsil-hu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqi-hi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdil-hu daaron khoirom min daari-hi, wa ahlan khoirom min ahli-hi, wa zawjan khoirom min zawji-hi, wa ad-khilkul jannata, wa a'idz-hu min 'adzabil qobri wa 'adzabin naar.

Artinya: "Ya Allah! Ampunilah dia (mayat) berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka." (HR. Muslim no. 963)

7. Takbir keempat membaca doa sebagai berikut:

Do'a setelah takbir keempat:

Allahumma laa tahrimnaa ajro-hu wa laa taftinnaa ba'da-hu waghfir lanaa wa la-hu

Artinya: "Ya Allah! Jangan menghalangi kami untuk tidak memperoleh pahalanya dan jangan sesatkan kami sepeninggalnya, ampunilah kami dan ampunilah dia". Untuk jenazah perempuan, kata –hu diganti –haa.

8. Salam

Tata Cara Menguburkan Jenazah

Tata Cara Menguburkan Jenazah (Liputan6.com/Gempur M Surya)
Tata Cara Menguburkan Jenazah (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Tata cara mengurus jenazah dari memandikan sampai menguburkan yang terakhir adalah menguburkan jenazah.

1. Memperdalam galian lobang kubur agar tidak tercium bau jenazah dan tidak dapat dimakan oleh burung atau binatang pemakan bangkai.

2. Cara menaruh jenazah di kubur ada yang ditaruh di tepi lubang sebelah kiblat kemudian di atasnya ditaruh papan kayu atau yang semacamnya dengan posisi agak condong agar tidak langsung tertimpa tanah. Namun bisa juga dengan cara lain dengan prinsip yang hampir sama, misalnya dengan menggali di tengah-tengah dasar lobang kubur, kemudian jenazah ditaruh di dalam lobang.

Lalu di atasnya ditaruh semacam bata atau papan dari semen dalam posisi mendatar untuk penahan tanah timbunan. Cara ini dilakukan bila tanahnya gembur. Cara lain adalah dengan menaruh jenazah dalam peti dan menanam peti itu dalam kubur.

3. Cara memasukkan jenazah ke kubur yang terbaik adalah dengan mendahulukan memasukkan kepala jenazah dari arah kaki kubur.

4. Jenazah diletakkan miring ke kanan menghadap ke arah kiblat dengan menyandarkan tubuh sebelah kiri ke dinding kubur supaya tidak terlentang kembali.

5. Para ulama menganjurkan supaya ditaruh tanah di bawah pipi jenazah sebelah kanan setelah dibukakan kain kafannya dari pipi itu dan ditempelkan langsung ke tanah. Simpul tali yang mengikat kain kafan supaya dilepas.

6. Waktu memasukkan jenazah ke liang kubur dan meletakkannya dianjurkan membaca doa seperti: Bismillahi Waala Millati Rosulillah Artinya: "Dengan nama Allah dan atas agama Rasulullah" (HR. at-Tirmidzi dan Abu Daud).

7. Untuk jenazah perempuan, dianjurkan membentangkan kain di atas kuburnya pada waktu dimasukkan ke liang kubur. Sedang untuk mayat laki-laki tidak dianjurkan.

8. Orang yang turun ke lobang kubur jenazah perempuan untuk mengurusnya sebaiknya orang-orang yang semalamnya tidak mensetubuhi isteri mereka.

9. Setelah jenazah sudah diletakkan di liang kubur, dianjurkan untuk mencurahinya dengan tanah tiga kali dengan tangannya dari arah kepala mayit lalu ditimbuni tanah.

10. Berdoa setelah selesai menguburkan jenazah.

Selesai mengubur dan sebelum meninggalkan tempat penguburan pelayat mengambil tanah dan menaburkannya dari arah kepala tiga kali, lalu berdiri di sisinya, dan membaca do'a sebagai berikut:

"Allahummaghfir lahu warhamhu, wa'aafihi wa'fu 'anhu, wa akrim nuzulahu, wa wassi'madkhalahu, waghsilhu bil-ma'i watstsalji wal-baradi, wanaqqohi minal khotoya kamaayunaqqottsaubu abyadhu minadanasi, waabdilhu daaron khoiron in daarihi, waahlankhoiron min ahlihi, wazaujan khoiron minzaujihi, waqihi fitnatal qobri wa'adaabinnar"

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duo Brasil Persib Pilih Nomor Punggung Berdasar Tahun Kelahiran

Posted: 14 Jan 2020 09:08 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Dua pemain asing asal Brasil, Wander Luiz dan Joel Vinicius siap beraksi bersama Persib Bandung di ajang Asia Challenge Cup 2020 di Selangor, Malaysia. Mereka berharap bisa memikat hati manajemen demi mendapat kontrak untuk Liga 1 2020.

Keduanya memang akan dipantau kelayakannya di turnamen yang digelar 18-19 Januari 2020 itu. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts akan memutuskan apakah Maung Bandung mengontrak mereka.

Wander Luiz dan Joel Vinicius pun sudah mendapat nomor punggung. Mereka memilih berdasarkan tahun kelahiran.

Wander Luiz mengenakan nomor 92 karena lahir di tahun 1992. Sedangkan Joel Vinicius memilih nomor 94 sesuai tahun kelahirannya, 1994.

Hanya memang, nomor ini hanya bersifat sementara. Nomor 92 dan 94 hanya digunakan Wander Luiz dan Joel Vinicius. Jika mereka resmi dikontrak Persib, nomor yang akan mereka kenakan bisa jadi berubah.

 

Tes Medis Dulu

Wander Luiz dan Joel Vinicius hadir dalam sesi latihan Persib Bandung. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Wander Luiz dan Joel Vinicius hadir dalam sesi latihan Persib Bandung. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Sebelum berlangkat ke Malaysia, keduanya terlebih dahulu menjalani tes medis. Dokter tim Persib, Rafi Ghani, mengatakan Wander dan Joel menjalani tes medis pada Senin (13/1/2020) lalu.

Adapun tes medis yang dijalani keduanya meliputi pemeriksaan darah, urine, jantung, paru paru, fungsi hati, ginjal, dan penglihatan.

Tak Ada Riwayat Cedera Berat

Dari hasil pemeriksaan, dokter tim Persib, Rafi Ghani, menyebut tidak ada riwayat cedera berat di dalam diri kedua pemain Brasil itu. "Artinya riwayat beristirahat karena cedera lebih dari satu bulan itu nggak ada," ucapnya.

Seperti diketahui, Wander Luiz dan Joel Vinicius mulai mengikuti sesi latihan Persib di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, sejak Minggu (12/1/2020) lalu.

Harapan Pelatih

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Sementara itu, seperti dirilis Ayo Bandung, elatih fisik Yaya Sunarya menyebut alasan Persib mendatangkan Vinicius dan Luiz adalah memenuhi harapan jajaran pelatih Robert Rene Alberts. Status trial, kata Yaya, diharapkan jadi tantangan keduanya untuk menunjukkan yang terbaik, sehingga bisa membela Persib.

"Sebetulnya kalau bisa dibilang program khusus mereka datang untuk memenuhi harapan dari yang diinginkan oleh kita, coach Robert, untuk mengisi pos yang kosong," ujar Yaya.

Belum Konfirmasi

Striker Persib Bandung, Ezechiel N'Douasel, bersiap saat akan melawan TIRA Persikabo pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3). Persib kalah 1-2 dari TIRA. (Bola.com/Yoppy Renato)
Striker Persib Bandung, Ezechiel N'Douasel, bersiap saat akan melawan TIRA Persikabo pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3). Persib kalah 1-2 dari TIRA. (Bola.com/Yoppy Renato)

Hanya memang, manajemen Persib belum mengonfirmasi apakah akan mengontrak keduanya, atau salah satu dari mereka.

Ini tak terlepas dari belum jelasnya status penyerang Ezechiel N'Douassel. Pemain asal Chad ini sebenarnya masih memiliki kontrak satu tahun, namun belakangan dikabarkan berniat hengkang.

Satu lagi pemain asing Persib adalah pemain belakang Nick Kuipers. Tampaknya pemain asal Belanda ini akan dipertahankan manajemen Maung Bandung.

Saksikan Video Persib di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Baik Sewa Lahan Parkir Bulanan Ketimbang Kena Derek, Ini Biayanya

Posted: 14 Jan 2020 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lahan parkir merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan saat hendak membeli mobil. Hal ini berkaitan erat dengan kenyamanan pengguna jalan lain karena pemilik tanpa garasi biasanya akan memarkirkan kendaraan di sisi jalan.

Bagi pemilik mobil tanpa garasi, salah satu solusi yang bisa diambil ialah menggunakan jasa penitipan mobil atau sewa bulanan lahan parkir.

Slamet, pengelola sewa parkir bulanan di Jelambar, Jakarta Barat, menyebut, pemilik kendaraan harus membayar Rp350-400 ribu setiap bulan.

"Kalau di sini itu sewanya mulai dari Rp350 ribu sampai Rp400 ribu. Tergantung dari mobilnya juga. Konsumen lama juga pengaruh ke tarif," katanya saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (15/1/2020).

Saat disinggung fasilitas yang diberikan, Ia menegaskan hanya penjagaan serta pengamanan berupa rantai dan gembok.

"Enggak ada fasilitas, paling hanya rantai dan gembok saja. Kalau kunci dibawa sama pemilik. Hanya saja kalau parkirnya menutupi mobil lain bisa dititipkan. Sebenarnya diatur saja kita sudah tahu yang sering digunakan sama yang jarang," ujarnya.

Saat disinggung berapa banyak mobil yang menggunakan jasa parkir di tempatnya, Slamet mengaku terdapat 11 kendaraan. "Ini sudah overload sebenarnya. Harusnya cuma 9 mobil," katanya.

 

Lokasi Lainnya

Selain itu, Dion, pengelola sewa parkir mobil lainnya, mengungkapkan, harga sewa lahan di tempatnya mencapai Rp500 ribu setiap bulan.

"Enggak ada, semuanya sama Rp500 ribu setiap bulan. Fasilitas paling hanya gembok saja, ada pengamanan 24 jam. Kalau di kami ada lebih dari 10 mobil," tuturnya.

Sementara itu, salah satu lokasi parkir umum di Ciledug menetapkan tarif Rp300 ribu per bulannya. Kapasitasnya mencapai 12 mobil dan setiap penyewa akan mendapatkan satu kunci akses. Kunci tersebut digunakan untuk membuka dan menutup akses mobil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotel di San Fransisco Bakal Denda Tamu Bila Sarapan Terlalu Lama

Posted: 14 Jan 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah hotel di San Francisco, Amerika Serikat akan membebankan biaya ekstra sebanyak 30 dolar AS atau setara Rp 410 ribu jika tamu menghabiskan sarapan mereka terlalu lama.

Dilansir The Sun, Rabu (15/1/2020), Fairmont Hotel akan mengeluarkan biaya tambahan setiap jam yang tamu habiskan lebih dari periode sarapan yang diberikan yakni 90 menit.

Biaya sarapan minimal 50 dolar AS atau setara Rp638 ribu per orang, menurut seorang tamu yang mengirim catatan setelah memesan meja. Biaya itu bersama 18 persen untuk biaya layanan dan pajak 8,5 persen.

Seorang tamu yang tetap sarapan dan berakhir lebih lama dari waktu yang ditentukan, dapat dikenai tagihan lebih dari 80 dolar AS atau setara Rp1,1 juta termasuk semua biaya.

Kebijakan ini diperkenalkan karena meningkatnya permintaan selama konferensi kesehatan empat hari dengan JP Morgan di daerah tersebut. Lebih dari 9 ribu orang disebut akan hadir.

General Manager Fairmont Paul Tormey mengatakan kepada San Francisco Chronicle bahwa ini hanya dilakukan selama hari-hari konvensi.

Pernyataan Hotel

Ilustrasi restoran (dok. Pixabay.com/neshom/Putu Elmira)
Ilustrasi restoran (dok. Pixabay.com/neshom/Putu Elmira)

Hal ini dilaksanakan untuk mencegah restoran berubah menjadi "ruang pertemuan besar" dan mempengaruhi pelanggan dan staf.

"Kenyamanan para tamu dan server kami terutama selama periode konvensi di mana seluruh kota sibuk adalah prioritas utama," bunyi pernyataan dari Fairmont San Francisco.

Ditambahkan, seperti banyak hotel lainnya di kota dan industri, menggunakan kebijakan ini dalam kerangka waktu konvensi tertentu untuk menangani permintaan yang lebih besar untuk ruang dan layanan.

"Pedoman pengeluaran minimum ini dan waktu yang ditetapkan memungkinkan hotel untuk melayani dan mengakomodasi tamu sebanyak mungkin dengan lebih baik," bunyi pernyataan lagi.

"Tujuan dari pengaturan ini untuk memastikan pengalaman bersantap yang lancar yang dapat dibedakan dari pengalaman konferensi," lanjut pernyataan itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspor Indonesia di Desember 2019 Naik 3,77 Persen, Tertinggi Sektor Pertanian

Posted: 14 Jan 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis kenaikan ekspor Indonesia pada bulan Desember sebesar 3,77 persen atau naik USD 1,16 miliar dibanding bulan November 2019. Sedangkan secara Year on Year (YoY), angka ekspor tercatat naik sebesar 1,28 persen.

Dengan demikian, total nilai ekspor Indonesia hingga Desember 2019 berjumlah USD 14,47 miliar.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyatakan, ekspor sektor migas dan pertanian mengalami tren yang cukup signifikan.

"Ekspor migas mengalami penurunan 31,93 persen YoY, sebaliknya non migas naik 5,78 persen. Di pertanian, ekspor naik 24,35 persen," ujar Suhariyanto di kantornya, Rabu (15/1/2020).

Lebih lanjut, kontribusi ekspor Indonesia masih didominasi oleh industri pengolahan sebesar USD 10,86 miliar, meningkat 6,85 persen YoY.

Kemudian dari sektor pertambangan sebesar USD 2,08 miliar, turun 1,91 persen YoY lalu sektor migas sebesar USD 1,16 miliar, turun 31,93 persen YoY.

 

Sektor Pertanian

Para petani memetik stroberi di sebuah kebun, Beit Lahyia, Jalur Gaza, Selasa (3/12/2019). Sejak beberapa tahun lalu petani Gaza sudah bisa mengekspor stroberi mereka ke Eropa. (AP Photo/Hatem Moussa)
Para petani memetik stroberi di sebuah kebun, Beit Lahyia, Jalur Gaza, Selasa (3/12/2019). Sejak beberapa tahun lalu petani Gaza sudah bisa mengekspor stroberi mereka ke Eropa. (AP Photo/Hatem Moussa)

Terakhir, sektor pertanian menyumbang USD 370 juta atau naik sebesar 24,35 persen YoY.

Secara struktural, ekspor non migas menyumbang porsi paling banyak sebesar 91,97 persen, diikuti sektor industri sebesar 75,04 persen, tambang 14,38 persen, migas 8,03 persen dan pertanian 2,55 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sedih Baca Komentar Haters, Ini Cara Fans Bikin Jennie Blackpink Senang Lagi

Posted: 14 Jan 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial tengah diramaikan dengan komentar berujar kebencian kepada salah satu personel BLACKPINK, Jennie. Saat siaran langsung di acara yang diadakan sebuah merek ponsel pintar, Jennie membaca komentar-komentar bernada kebencian yang entah mengapa ditayangkan oleh merek ponsel tersebut.

Hati Jennie terlihat sangat sedih setelah membaca tulisan yang diunggah netizen yang membencinya. Di sisi lain, insiden tersebut membuat pendukung Jennie marah karena merek ponsel tersebut secara sengaja membuat Jennie membaca komentar-komentar bernada kebencian.

Kejadian itu membuat para pendukung Jennie tidak tinggal diam. Justru mereka memberi semangat untuk penyanyi cantik itu. Mereka memberi dukungan dengan menggunakan tagar #JennieDeservesBetter.

Selain memberi dukungan lewat tagar tersebut, pendukung Jennie BLACKPINK juga mengunggah foto cantik Jennie dan menguatkan idola mereka. Mereka ingin memberi semangat agar Jennie tetap tersenyum menghadapi para pembencinya. Berikut beberapa foto-fotonya:

1. Wah, senyumnya ngegemesin

Sumber twitter : dea_klee
Sumber twitter : dea_klee

2. Lagi dadah ke siapa itu?

Sumber Twitter : @Jenlisafeed
Sumber Twitter : @Jenlisafeed

3. Cute banget sih Jennie

Sumber Twitter : @gayaf4demqueens
Sumber Twitter : @gayaf4demqueens

4. Lagi dikepang aja bisa lucu gitu ya

Sumber Twitter : @dirayaa29
Sumber Twitter : @dirayaa29

5. Cantik banget ya ampun

Sumber Twitter : @JenaElaksi
Sumber Twitter : @JenaElaksi

6. Nah gitu dong senyum terus Jennie

Sumber Twitter : @funmi27
Sumber Twitter : @funmi27

7. Serius banget, liatin apa sih?

Sumber Twitter : @fahrazzle
Sumber Twitter : @fahrazzle

Penulis :

Ayu Ester Simanjuntak

Politeknik Negeri Jakarta

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Pesta Miras Siswi SMP di Karawang

Posted: 14 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Video para siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Cilebar, Kecamatan Cilebar, Karawang, sedang pesta minuman keras viral di media sosial. Dengan seragam sekolah yang masih lengkap, para siswi tersebut pesta miras di dalam sebuah ruangan.

Saat dikonfirmasi, pihak SMPN 1 membenarkan siswi yang ada dalam video viral tersebut merupakan anak didiknya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Cilebar, Kusnaedi, kepada Liputan6.com, Rabu (15/1/2020) mengatakan, sejumlah siswi itu dari kelas 9. Seorang siswi mengabadikannya dan diunggah ke media sosial pada Jumat lalu.

"Semuanya tujuh orang siswi kelas 9," katanya.

Kusnaedi menjelaskan, pesta miras itu diduga dilakukan pada Jumat (10/1), saat itusekolah kebanjiran dan peserta didik dipulangkan lebih awal.

"Pengambil gambar dan upload ke media sosial masih teman satu kelas," jelasnya.

Atas tindakan tersebut, pihak sekolah hanya memberikan sanksi pembinaan, dengan alasan kenakalan remaja itu masih bisa dibina dan diperbaiki. Pihak sekolah juga memanggil ketujuh orangtua siswi tersebut, mereka diberikan pengarahan untuk bersama membina dan bertanggungjawab saat siswi di luar sekolah.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menegangkan, Pesawat Mendarat di Tengah Badai Brendan

Posted: 14 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pesawat berusaha mendarat di tengah badai Brendan. Momem mengangkan ini terjadi di Bandar Udara Kota London.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benny Tjokro Cs Jadi Tersangka, Bagaimana Nasib Asabri?

Posted: 14 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Agung telah menetapkan lima tersangka dalam dugaan kasus korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Dari lima orang tersebut, dua diantaranya adalah Benny Tjokro dan Heru Hidayat. Lalu, bagaimana nasib Asabri?

Seperti diketahui sebelumnya, dua orang tersebut juga diduga turut andil dalam permasalahan yang sedang menimpa PT Asabri (Persero). Saat ini total kerugian investasi Asabri ditaksir mencapai lebih dari Rp 10 triliun.

Bahkan, Kementerian BUMN secara terang-terangan menagih utang ke Benny Tjokro dan Heru Hidayat dalam kasus Asabri ini. Tagihan itu diucapkan langsung oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga beberapa hari lalu.

Pengamat ekonomi dari Core Indonesia Piter Abdullah mengatakan meski menjadi tersangka dan dalam penahanan kedua orang tersebut tetap harus bertanggung jawab kepada Asabri.

"Jadi tersangka kan tidak mengugurkan kewajiban membayar utang, itu dua hal yang terpisah dan bisa dijalani simultan. Ya harus di investigasi tuntas siapa saja yang bertanggungjawab. Utang ya harus dibayar," ujar dia kepada Liputan6.com, Rabu (15/1/2020).

 

Ganti Direksi Asabri

Direktur Utama PT Asabri (Persero) Sonny Widjaja saat melepas peserta Mudik Gratis Bareng Asabri di Jakarta, Jumat (31/5/2019). Asabri memberangkatkan 1.300 pemudik dengan tujuan empat kota di Pulau Jawa yakni, Semarang, Surabaya, Yogyakarta dan Solo. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Direktur Utama PT Asabri (Persero) Sonny Widjaja saat melepas peserta Mudik Gratis Bareng Asabri di Jakarta, Jumat (31/5/2019). Asabri memberangkatkan 1.300 pemudik dengan tujuan empat kota di Pulau Jawa yakni, Semarang, Surabaya, Yogyakarta dan Solo. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara itu, Direktur Eksekutif Economic Action Indonesia Ronny P Sasmita menambahkan Asabri harus terus menyelesaikan masalah bisnisnya tanpa harus menunggu tanggung jawab dari beberapa pihak yang sudah merugikan investasinya.

Dengan kata lain, Asabri harus menjelankan mitigasi resiko dari investasi yang sudah merugi demi tetap menjaga kemampuan perusahaan dalam membayar klaim dari para purnawirawan TNI dan Polri.

"Langkah pertama dan biasanya memang mengganti direksi, sebagaimana yang akan diambil pemerintah," tegas dia.

Tidak hanya di internal Asabri, Ronny juga mengusulkan adanya perbaikan regulasi di Kementerian BUMN. "Tapi yang lebih penting, soal aturan main BUMN, khususnha BUMN Investasi. Hal ini tentu perlu ditinjau ulang, karena terbukti ditemukan kelemahannya dan direvisi agar menjadi lebih baik," pungkas Ronny.

 

Bailout Jiwasraya dan Asabri Bikin Negara Rugi 2 Kali

Banner Infografis Kasus Jiwasraya dan Asabri. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis Kasus Jiwasraya dan Asabri. (Liputan6.com/Abdillah)

Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi angkat bicara soal adanya wacana suntikan dana (bailout) terkait kasus PT Asuransi Jiwasraya dan Asabri. Dia menyarankan jangan dilakukan bailout karena yang terpenting adalah nasib dana nasabah dan keuangan negara.

"Yang terpenting adalah bagaimana nasib keuangan negara di Jiwasraya dan bagaimana nasib dana nasabah. Itu harus dicari solusi bersama. Ada wacana bailout, kami menyarankan tidak dilakukan karena justru negara berpotensi rugi kedua kalinya," kata Achmad kepada Liputan6.com, Jakarta, Selasa, (14/1/2020).

Melainkan, kata dia, harus dicari solusi bersama untuk menuntaskan kedua kasus tersebut. Hal itu berguna untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat, serta memberikan kepastian terkait nasib uang nasabah dan keberlangsungan kedua perusahaan itu.

"Maka kalau ada pejabat bilang apakah dengan pansus uang nasabah bisa kembali? Itu pernyataan yang tak paham struktur kekuasaan dalam trias politika. Kalau pertanyaannya dibalik? Apakah dengan tidak ada pansus uang nasabah bisa kembali?," katanya.

Maka, untuk itu diperlukan untuk membentuk panitia khusus (pansus), karena menurutnya DPR hanya bertugas untuk melakukan pengawasan, termasuk tata kelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dengan instrumen pengawasan melalui Analisis Kebutuhan Diklat (AKD).

"Sebenarnya wacana pembentukan pansus hanyalah prosedur biasa dan normal tak perlu dikhawatirkan berlebihan," jelasnya

Dia pun menjelaskan kenapa menyarankan pembentukan pansus, karena urusan Jiwasraya ini kompleks, tidak hanya soal tata kelola BUMN, tapi juga ada mengenai sektor keuangan, ada dana nasabah, dan persoalan hukum.

Lahirnya Pansus tidak akan mengganggu proses hukum, karena pansus intrumen politik bahkan keduanya bisa saling berkoordinasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinggalkan Rumah Sakit, Kento Momota Istirahat 2 Bulan

Posted: 14 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Tunggal putra nomor satu dunia Kento Momota meninggalkan Rumah Sakit Putrajaya usai terlibat kecelakaan mobil yang menewaskan satu orang, Rabu (15/1/2020). Atlet berusia 25 tahun itu langsung bertolak ke kampung halaman.

Kento Momota diperkirakan harus istirahat dua bulan setelah mengalami luka wajah dan memar di tubuh akibat kendaraan yang membawanya ke Bandara Internasional Kuala Lumpur kecelakaan, Senin (13/1/2019) dini hari.

"Momota telah keluar dari rumah sakit. Dia kembali ke Jepang," kata Presiden Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia Norza Zakaria, dilansir AFP.

Mengenakan topi gelap dan masker, Momota terlihat naik pesawat Malaysia Airlines ke Bandara Narita di Tokyo pada pukul 09.40 pagi waktu setempat. "Momota ada di penerbangan MH70. Pesawat sudah lepas landas," ucap Norza.

Seorang asisten pelatih, fisioterapis, dan ofisial bulu tangkis juga mengalami cedera akibat kecelakaan tersebut. Sementara sopir kendaraan tewas. Insiden ini terjadi beberapa jam setelah Kento Momota menjuarai Malaysia Masters 2020.

All England

Kento Momota. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Kento Momota. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sebelum menyelesaikan Malaysia Masters, Momota mengumumkan mundur dari Indonesia Masters yang berlangsung pekan ini. Dia mengaku ingin istirahat dan tidak memaksa fisik.

Momota berencana kembali ke lapangan untuk mengikuti All England yang dimulai pada 11 Maret mendatang. Dia berambisi menjaga performa demi merebut medali emas Olimpiade di tanah kelahirannya.

"Antusiasme Momota untuk Olimpiade sungguh luar biasa. Dia harus meluangkan waktu dan memulihkan diri secepatnya," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Bulutangkis Jepang, Kinji Zeniya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penggemar Blackpink Kecam Samsung Indonesia di Twitter

Posted: 14 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Indonesia menjadi perbincangan hangat usai menggelar acara jumpa penggemar di Jakarta pada Selasa (14/1/2020).

Sebuah tagar muncul setelah para penggemar Blackpink (Blink) kecewa dengan acara tersebut, dan insiden yang dinilai telah membuat Jennie tampak sedih.

Peristiwa itu membuat tagar #BOYCOTTSamsungIndonesia membanjiri lini masa Twitter. Bahkan, pengamatan tim Tekno Liputan6.com, Rabu (15/9/2020), tagar tersebut masih bertengger di Indonesia trends.

Acara jumpa penggemar tersebut merupakan bagian dari acara peluncuran Galaxy A51 dan A71, yang digelar oleh Samsung Indonesia pada hari yang sama.

Dalam acara yang disiarkan secara live steraming, Blackpink disebut berpartisipasi dalam sesi membaca komentar warganet. Saat itu dilaporkan ada komentar komentar negatif soal Jennie, dan membuatnya tampak sedih. Para penggemar bahkan menyebut Jennie tampak menahan tangis.

Mereka juga dilaporkan kecewa lantaran tak bisa merayakan ulang tahun Jennie dalam acara tersebut.

Berikut sejumlah twit dengan tagar tersebut:

"Jennie was ignored by the host, a jennie anti got to hug rosie, a fanbase wasn't allowed to hold a birthday surprise and cake for her, no one sang her happy birthday song. #BOYCOTTSamsungIndonesia #AwesomeBLACKPINK #JennieDeservesBetter," tulis pengguna dengan akun @pikachichuu.

"I'll protect Jennie as well, Blinks. #JennieDeservesBetter #BOYCOTTSamsungIndonesia," kicau @yeripurp.

"The way People hating on Jennie meanwhile she's literally a soft baby :( #JennieDeservesBetter #BOYCOTTSamsungIndonesia," tulis pengguna dengan akun @HikeyBLINK.

Twit Lain

BLACKPINK.
BLACKPINK.

Berikut twit lain dengan tagar #BOYCOTTSamsungIndonesia:

"Samsung ID really did that? OMG!! She Didn't Deserves to be disrepected!! #JennieDeservesBetter #BOYCOTTSamsungIndonesia," tulis @exopinkloops.

"Peak devastation when jennie saw most of the comments hating on her and trying not break down in tears. My heart aches for her #JennieDeservesBetter #BOYCOTTSamsungIndonesia," kicau @Donna077dmr.

"The chat was full of jennie hate so rosie read the 'jennie i love you' comment. The way she always tries to cheer jennie up #JennieDeservesBetter #BOYCOTTSamsungIndonesia.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eza Gionino Malu Dituduh Cuma Menggelapkan Uang Rp 12 Juta 

Posted: 14 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Eza Gionino dilaporkan oleh Qory Supiandi atas tuduhan penipuan dan penggelapan. Laporan itu terjadi buntut transaksi jual beli yang dilakukannya dengan penjual asal Kalimantan itu.  

Eza Gionino tidak menyelesaikan transaksi karena merasa ditipu oleh Qory Supiandi. Ikan arwana yang diterima Eza Gionino tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh Qory Supiandi. 

Dengan tuduhan penipuan dan penggelapan itu, Eza Gionino mengaku malu. Pasalnya, nominal yang transaksi yang dilakukan antara Eza Gionino dan Qory Supiandi dianggap tidak seberapa. 

"Ya di sini gue nggak terimanya, penggelapan uang Rp 12 juta. Kalau lu laporin gue penggelapan Rp 12 Miliar keren buat gue. Ya Allah Rp 12 juta malu gue sama mertua. Tiap hari gue kerja, 12 juta paling berapa kali mancing sih. Dua kali mancing," kata Eza Gionino saat ditemui di kantor pengacaranya, Henry Indraguna, di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).  

 

Jujur

Eza Gionino (Foto: Surya Hadiansyah)
Eza Gionino (Foto: Surya Hadiansyah)

Padahal, Eza Gionino sendiri menyatakan memiliki ikan yang berharga lebih tinggi dari ikan yang dijual oleh Qory Supiandi. Eza Gionino juga tidak pernah bermasalah saat transaksi selama penjualnya itu jujur dan tidak melakukan penipuan. 

 

Sesuai

(Instagram/ezagionino)
(Instagram/ezagionino)

"Dan bilang saya penggelapan Rp 12 juta karena belum bayar ikan arwana. (Harga) Rp 100 juta ikan saya (punya) di rumah, dan saya bayar langsung karena sesuai, ikannya sama (dengan yang dijanjikan). Kalau hanya buat Rp 12 juta mohon maaf Anda harus cari tahu soal saya dulu di Arwana Club Indonesia, cari tahu track record saya di sana apakah saya penipu, penggelapan apa gimana," tegas Eza Gionino. 

 

Pencemaran

Dengan ini, Eza Gionino merasa namanya baiknya sudah dicemarkan oleh Qory Supiandi dan kuasa hukumnya, Lisa.  

"Iya pencemaran nama baik, justru mba Lisa yang mencemarkan nama saya, di situ (disebutkan jelas) nama Eza Gionino kenapa nggak pake inisial mbak? Kenapa nama gue ngga lu tutup. Padahal EG juga semua orang tahu," kata Eza Gionino.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Hamil Anemia Rajin Makan Sayuran Hijau, Zat Besi Bakal Tercukupi?

Posted: 14 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan zat besi pada ibu hamil dengan kondisi anemia memang dapat diperoleh dari sayuran hijau. Namun, rajin makan sayuran hijau ternyata belum mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil anemia.

Saat hamil, kebutuhan zat gizi meningkat untuk membentuk hemoglobin. Itu sebabnya ibu hamil yang anemia perlu mengonsumsi tablet tambah darah seperti disampaikan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari.

"Zat besi terkandung pada sayuran hijau tapi itu berarti harus makan dalam jumlah banyak sayuran hijau. Enggak mungkin ibu hamil makan banyak, ada takarannya juga," jelas Kirana saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, kemarin (14/1/2020).

"Makanya, dibentuk dalam tablet atau kapsul penambah darah. Satu tablet tambah darah sudah cukup banyak mengandung zat besi untuk ibu hamil anemia."

 

Ada Zat Mikro Lain Dukung Kehamilan

Hamil / Sumber: iStockphoto
Hamil / Sumber: iStockphoto

Di dalam obat penambah darah juga terkandung zat mikro lain untuk ibu hamil anemia. Zat tersebut berperan dalam mendukung pertumbuhan plasenta.

"Ada kebutuhan zat mikro lain di dalam obat penambah darah. Contohnya beberapa obat penambah darah diperkaya Vitamin B, C, asam folat, dan vitamin B6," Kirana menambahkan.

Selama minum minimal 90 tablet tambah darah selama kehamilan, ibu hamil anemia harus terus dimonitor oleh tenaga kesehatan. Tujuannya demi memastikan obat diminum ibu hamil.

Di kesempatan yang sama, Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Dhian Probhoyekti menyampaikan, 48,9 persen ibu hamil di Indonesia menderita anemia (hasil Riset Kesehatan Dasar 2018). Oleh karena itu, Kemenkes ada program pemberian tablet penambah darah.

"Kalau tidak dijalankan prosedur (minum tablet tambah darah, ibu hamil anemia akan menghasilkan anak lahir stunting dan kematian ibu tinggi," tegasnya.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Lawas Yuni Shara, Bukti Tetap Awet Muda di Usia 47 Tahun

Posted: 14 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Yuni Shara tentu saja sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Wanita yang memiliki nama asli Wahyu Setyaning Budi ini memang kerap menjadi sorotan publik.

Pasalnya meski Yuni Shara telah berumur 47 tahun, akan tetapi penampilannya bak anak muda. Bahkan, baru-baru ini Yuni mengunggah sebuah foto lawasnya di akun Instagram pribadinya.

Dalam keterangannya, foto tersebut diketahui diambil pada 22 tahun lalu. Pada foto itu, Yuni Shara terlihat tengah bersama Presiden B.J Habibie serta Tuti Trisedya dan Wiranto yang tengah bernyanyi bersama. Selain itu, rupanya wanita kelahiran Batu, Jawa Timur ini juga telah menjadi penyanyi istana sejak era presiden Soeharto.

Namun, yang menjadi sorotan netizen ialah wajah ayu dari Yuni Shara yang tak berubah. Bahkan, meski 22 tahun berlalu, penampilan Yuni justru terlihat semakin awet muda.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @yunishara36, Rabu (15/1/2020) berikut ini beberapa potret lawas Yuni Shara.

1. Ini dia penampilan Yuni Shara yang tengah jadi sorotan.

Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)
Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)

2. Penampilan Yuni dinilai tak banyak berubah.

Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)
Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)

3. Ia juga pernah mengunggah foto lawasnya bersama sang adik, Krisdayanti.

Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)
Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)

4. Tak sedikit netizen yang beranggapan jika Yuni Shara tetap terlihat awet muda.

Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)
Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)

5. Ia cukup sering mengunggah foto lawasnya di akun Instagram pribadinya.

Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)
Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)

6. Penampilan Yuni Shara sendiri tak hanya dinilai awet muda tapi juga energik.

Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)
Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)

7. Yuni dikenal selalu konsisten menggunakan gaya rambut pendek hingga kini.

Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)
Yuni Shara (sumber: Instagram/yunishara36)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langkah Strategis Pemkot Surabaya Antisipasi Banjir

Posted: 14 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota Surabaya melakukan berbagai upaya mengantisipasi banjir selama musim hujan tahun ini salah satunya membangun saluran air, termasuk pembangunan box culvert di hampir seluruh wilayah Kota Pahlawan, Jatim.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, Erna Purnawati mengatakan bahwa sampai saat ini saluran baru ini sudah mencapai 293,87 kilometer. Saluran air ini terus disambungkan hingga hilirnya ke laut, Senin 14 Januari 2020.

"Kami terus mengerjakan proyek box culvert di berbagai titik yang belum selesai," kata Erna, dilansir dari Antara.

Selain itu, lanjut dia, pengerukan sungai dan saluran terus dilakukan, hingga saat ini hasil pengerukan itu mencapai 2.865.002 meter kubik. Sedangkan lumpur hasil pengerukan itu dimanfaatkan untuk membangun lapangan, taman, makam, boezem, sekolah, rusun, pasar, dan berbagai fasilitas pemerintahan lainnya.

"Setelah kami hitung, ternyata ini dapat menghemat APBD sebesar Rp13-75 miliar per tahun," ujarnya.

Antisipasi lainnya, kata dia, Pemkot Surabaya terus memperbanyak rumah pompa dan menambah kapasitas pompa airnya. Hingga saat ini, di Surabaya sudah ada 59 rumah pompa yang tersebar di berbagai lokasi di Kota Surabaya.

Setiap rumah pompa itu memiliki beberapa pompa air dengan dengan kapasitas yang bermacam-macam. Khusus pompa banjir berkapasitas 1-5 meter kubik perdetik sudah ada 204 unit, sedangkan pompa Sludge berkapasitas 0,25 meter kubik perdetik ada 66 unit.

"Kami juga terus menambah bozem atau waduk. Hingga saat ini sudah ada 72 bozem dengan luas 1.446.925 meter persegi dan volume 6.008.139 meter kubik. Kami juga revitalisasi brandgang dengan pengerukan, rehabilitasi, dan pelarangan membangun gedung di atasnya," ujarnya di Surabaya.

 

Antisipasi Banjir Rob

Banjir rob menerjang beberapa desa di Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada Sabtu sore ( 11/01/2020 ). (Liputan6.com/Heri Susanto)
Banjir rob menerjang beberapa desa di Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada Sabtu sore ( 11/01/2020 ). (Liputan6.com/Heri Susanto)

Sedangkan untuk mencegah banjir rob yang diakibatkan oleh air laut yang pasang, lanjut dia, Pemkot Surabaya membangun Tanggul Kali Lamong yang panjangnya 8 kilometer lebih. Selain itu, pintu air yang berbatasan dengan laut juga ditinggikan dan diperbaiki, sehingga dipastikan ketika air laut pasang, tidak masuk ke daratan.

"Kami juga memperbanyak ruang terbuka hijau dan pohon-pohon di semua wilayah Surabaya untuk menyerap air lebih banyak. Hingga saat ini jumlah total luasan RTH di Surabaya 7.290,53 hektare atau sama dengan 21,79 persen dari luas wilayah Kota Surabaya," kata Erna.

Ia memastikan bahwa berbagai upaya itu tidak cukup sampai di situ. Namun, ke depan Pemkot Surabaya masih akan terus menambah saluran air dan menyelesaikan beberapa proyek box culvert yang belum selesai.

Selain itu, ruang terbuka hijau akan terus ditambahkan dan pengerukan saluran dan sungai akan terus menjadi aktivitas rutin ke depannya.

"Rencananya kami akan menambah pompa air di 18 titik di Kota Surabaya dan berencana menambah kapasitas pompanya, sehingga proses ini akan terus berlanjut hingga akhirnya Kota Surabaya terbebas dari banjir," katanya.

Diketahui sejak awal Tri Rismaharini menjabat Wali Kota Surabaya pada tahun 2010-2011, hampir separuh atau 50 persen wilayah Kota Surabaya kebanjiran. Dengan kegigihannya membuat skema penanganan banjir dan perbaikan di semua sektor, akhirnya banjir di Kota Surabaya nyaris tidak lagi ditemukan. Meskipun masih ada genangan air, dapat dipastikan air itu akan cepat surut seiring berhentinya hujan.

Pengalaman kebanjiran 10 tahun silam, pasti masih melekat di benak warga Kota Surabaya. Mereka masih ingat betul ketika berjibaku dengan air, baik di rumah maupun di jalanan Surabaya. Bahkan, tak jarang kawasan Mayjen Sungkono, terutama komplek Darmo Park Vida Swalayan menenggelamkan sepeda motor yang sedang diparkir.

"Waktu itu saya lihat bioskop di sana (Darmo Park Vida Swalayan), baru 1 jam hujan, lha kok sepeda saya sudah tenggelam, tinggal kelihatan spionnya saja, sedih saya. Sekarang, saya sudah tidak melihat itu lagi di Vida, aman terkendali sekarang," kata Suparno, warga Dukuh Pakis, Kelurahan Dukuh Pakis, Kecamatan Dukuh Pakis.

 

Pengalaman Banjir Warga Surabaya

Pemkot Surabaya mengeruk Kalimas untuk mencegah terjadinya genangan air. (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)
Pemkot Surabaya mengeruk Kalimas untuk mencegah terjadinya genangan air. (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Pengalaman yang sangat menyedihkan juga dialami oleh Sri Wahyu Indrayanti, warga Jalan Simo Katrungan Baru, Kelurahan Petemon, Kecamatan Sawahan, Surabaya. Sekitar tahun 2000-an, hujan turun sejak sore hingga malam, sehingga banjir pun tak terhindarkan.

Malam itu, dia bersama keluarganya harus gotong royong mengangkut lemari, kulkas, kipas, televisi dan berbagai perabotan rumah tangga supaya tidak terkena air.

Saat itu, kata dia, hujan tak kunjung reda dan banjir pun semakin meninggi. Akhirnya, lewat tengah malam, dia bersama keluarganya terpaksa mengungsi di rumah tetangganya yang baru dibangun dan belum ditinggali karena jendela-jendelanya belum selesai.

"Kami terpaksa tidur di rumah tetangga yang rumahnya masih tahap pembangunan. Kedinginan, sedih, kecewa campur aduk menjadi satu. Itu tidak akan pernah saya lupakan sepanjang hidup saya," kata Sri mengisahkan pengalaman kebanjiran.

Bagi Sri, pengalaman itu menjadi kisah kelam yang hanya bisa dikenang. Kini, ia sangat bersyukur sudah tidak lagi kebanjiran setelah banyak pembangunan box culvert dan saluran di daerahnya. Ia juga merasa pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya benar-benar dirasakan oleh warga.

"Sekarang kalau hujan deras banget, baru ada genangan sedikit di sekitar rumah saya. Genangan itu surut berbarengan dengan hujan reda. Bersyukur bangetlah pokoknya," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Impor Indonesia Turun 5,47 Persen di Desember 2019

Posted: 14 Jan 2020 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyatakan angka impor Indonesia per Desember 2019 mengalami penurunan sebesar 5,47 persen dari bulan lalu.

Dengan demikian, nilai impor Indonesia per Desember 2019 ialah USD 14,50 miliar, turun USD 0,84 miliar dari bulan November 2019 yang sebesar USD 15,34 miliar.

Suhariyanto menjelaskan, hampir seluruh sektor mengalami penurunan impor.

"Impor barang konsumsi turun 1,32 persen, secara YoY turun 12,18 persen. Barang-barangnya contohnya gelang, jam tangan dan lainnya. Lalu, impor bahan baku turun 6,83 persen secara bulanan, barang modal juga turun 2,16 persen," ujarnya di Gedung BPS, Rabu (15/1/2020).

Lebih lanjut, BPS melihat adanya peningkatan impor gula dan jenis buah-buahan. Hal ini diperkirakan karena masyarakat akan segera menyambut Hari Raya Imlek.

"Buah-buahan naik untuk persiapan Imlek, seperti apel, jeruk mandarin, pear. Biasanya kalau Imlek butuh buah-buahan," papar Suhariyanto.

 

Impor Bahan Baku Turun

Aktifitas kapal ekspor inpor di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus 1,24 miliar . (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktifitas kapal ekspor inpor di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus 1,24 miliar . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Secara keseluruhan, nilai impor bahan baku/penolong turun USD 10,4 miliar atau turun 7,27 persen YoY. Lalu, sektor barang modal turun USD 2,45 miliar atau turun 8,47 persen.

Kemudian dari sektor konsumsi, angkanya turun USD 1,65 miliar namun persentasenya naik 12,18 persen YoY.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modus Memijat, Oknum Guru di Grobogan Diduga Cabuli Belasan Santri

Posted: 14 Jan 2020 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Guru mengaji bukan hanya mengajarkan bagaimana membaca huruf Arab, tetapi juga menjadi pemandu akhlak dan memikul tanggung jawab.

Namun, apa yang dilakukan oknum guru ngaji di Grobogan, Jawa Tengah, sama sekali tak mencerminkan suri tauladan yang baik. Diduga dia mencabuli belasan santrinya sendiri. 

Dalam Top 6 video lainnya datang dari Jakarta. Pengemudi Lamborghini yang todongkan pistol ke pelajar digeledah aparat.

Ditemukan granat hingga senjata tajam di brankas pengemudi mobil Lamborgini tersebut.

Saksikan Top 6 Video lainnya yang tidak kalah menarik di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Dagang Indonesia Defisit USD 3,2 Miliar Sepanjang 2019

Posted: 14 Jan 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, neraca dagang Indonesia mengalami defisit sebesar USD 3,2 miliar. Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan posisi yang sama tahun lalu sebesar USD 8,6 miliar.

"Selama 2019 neraca dagang secara full mengalami defisit sebesar USD 3,2 miliar. Ini jauh lebih kecil, hampir 1/3 nya dibandingkan defisit 2018," ujar Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Rabu (15/1).

Suhariyanto mengatakan, neraca dagang non migas pada tahun 2019 mengalami surplus. Sementara pada non migas masih mengalami defisit. Adapun negara yang mengalami defisit paling besar terhadap Indonesia adalah Amerika Serikat.

Selain terhadap Amerika Serikat, Indonesia juga surplus terhadap India dan Belanda. Meski demikian, surplus terhadap dua negara tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Sebaliknya, dengan Australia defisit agak mengecil dibandingkan tahun lalu, dengan Thailand dan Tiongkok kita juga masih defisit sebesar USD 18,7 miliar. Defisit kita ke Tiongkok lebih rendah dibanding 2018," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Neraca Perdagangan Indonesia Bakal Terus Defisit

Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Angka tersebut menurun 9,99% dibandingkan Agustus 2018 yang sebesar US$ 15,9 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Angka tersebut menurun 9,99% dibandingkan Agustus 2018 yang sebesar US$ 15,9 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kepala Kajian Makro LPEM UI, Febrio Kacaribu menyebutkan dari Januari hingga Agustus 2019, ekspor Indonesia turun 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ini menunjukkan adanya pelebaran defisit transaksi berjalan atau CAD pada kuartal II 2019, yang berada pada 3,04 persen dari PDB (USD8,4 miliar) dari 2,6 persen (USD6,9 miliar) pada kuartal I 2019.

Sementara itu, di tengah pola musiman pembayaran pinjaman luar negeri dan pengembalian dividen di kuartal II, perdagangan minyak dan gas pada kuartal II 2019 melemah menjadi USD3,2 miliar defisit, jauh lebih dalam dari defisitUSD2,2 miliar pada kuartal sebelumnya.

"Kondisi ini menunjukkan kita bahwa peningkatan CAD pada kuartal I 2019 kemungkinan hanya sebuah anomali," kata dia, dalam acara Indonesia Economic Outlook 2020, di UI Salemba, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Dia menjelaskan, harga minyak mentah yang relatif lebih tinggi dan terus meningkatnya permintaan domestik telah menyebabkan defisit perdagangan minyak dan gas yang terus-menerus sejak 2013.

"Kami memperkirakan tren ini akan berlanjut hingga tahun 2020. Dengan mempertimbangkan bahwa perubahan harga bahan bakar global akan secara signifikan mempengaruhi neraca perdagangan," ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, dia menyebutkan menjaga permintaan domestik merupakan tindakan yang diperlukan saat ini.

"Bagaimanapun, karena neraca perdagangan minyak dan gas tetap defisit selama lima tahun terakhir dan hanya berfluktuasi seiring dengan dinamika harga minyak mentah, minyak impor bukanlah penyebab utama melebarnya defisit neraca transaksi berjalan. Sebaliknya, berurangnya neraca perdagangan non-migas akibat kinerja ekspor yang mengecewakan merupakan salah satu hambatan yang memperlebar defisit perdagangan," ujarnya.

Kinerja Nonmigas

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (25/10). Kebijakan ISRM diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan dan efektifitas pengawasan dalam proses ekspor-impor. (Liputan6.com/Immaniel Antonius)
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (25/10). Kebijakan ISRM diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan dan efektifitas pengawasan dalam proses ekspor-impor. (Liputan6.com/Immaniel Antonius)

Dilihat dari aspek non-migas, mengingat bahwa ekspor Indonesia didominasi oleh komoditas dan bahan baku, penurunan harga komoditas telah memperlambat ekspor setidaknya dalam tiga kuartal terakhir. Permintaan yang lebih rendah untuk minyak sawit karena ketidakpastian perdagangan dan larangan Uni Eropa terhadap produksi minyak sawit yang tidak berkelanjutan telah menurunkan harga CPO menjadi USD464 per ton pada kuartal II 2019 dibandingkan dengan USD602 pada periode yang sama tahun lalu.

"Lebih buruk lagi, sejak 2019, Indonesia telah gagal mempertahankan pasar minyak kelapa sawit turunan RBD, yang paling signifikan di India karena berlakunya tarif impor yang lebih rendah pada RBD Malaysia sebagai hasil kesepakatan dalam perjanjian perdagangan bilateral antara India dan Malaysia. Hal ini menyebabkan penurunan signifikan dalam jumlah ekspor RBD Indonesia menjadi hanya 0,2 juta ton pada kuartal I 2019 dari 2,3 juta ton pada Kuartal 4 2018," ungkapnya.

Pada saat yang sama, ekspor RBD dari Malaysia ke India melonjak menjadi 0,5 juta ton daripada biasanya. Bersamaan dengan itu, harga batubara yang lebih rendah dari USD93 pada kuartal II 2018 menjadi USD70 pada kuartal II 2019 juga turut menurunkan ekspor, sehingga memperlebar defisit transaksi berjalan.

"Lebih dari itu, lonjakan impor non-migas sejak 2018 juga berkontribusi terhadap meluasnya defisit perdagangan. Namun, perlu diingat bahwa peningkatan kegiatan impor terutama dipengaruhi oleh lonjakan pembelian mesin dan peralatan secara tiba-tiba akibat penyelesaian proyek-proyek pengembangan infrastruktur utama. Kami memperkirakan bahwa permintaanimpor jenis ini akan tetap tinggi hingga 2020 seiring dengan tren peningkatan anggaran infrastruktur pemerintah," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu Achmud

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Ibu Sambung, Ini 6 Momen Kebersamaan Lyra Virna dengan Anak Fadlan

Posted: 14 Jan 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari pasangan Lyra Virna dan Fadlan Muhammad. Setelah tujuh tahun membangun rumah tangga dengan Fadlan Muhammad, pemain sinetron Habibi dan Habibah ini akhirnya hamil. Penantian panjangnya pun terbayar, pasangan ini akhirnya akan mendengar suara isak tangis bayi. 

Sebelum menikah dengan Lyra Virna pada awal 2014 lalu, Fadlan Muhammad pernah membangun rumah tangga dengan Sisca Madgalena pada 2002 silam. Sepuluh tahun bersama, Fadlan dan Sisca memutuskan untuk berpisah. Keduanya bercerai pada 2012 silam. Dari pernikahan pertama Fadlan dikaruniai tiga orang anak, yakni Muhammad Danish Zidane, Muhammad Mikhail Attala, dan Chiara Quincy Alicia.

Menikah dengan Fadlan menjadikan Lyra Virna sebagai ibu tiri untuk ketiga anak Fadlan dari pernikahannya dengan Sisca Magdalena. Meski bukan berstatus ibu kandung, namun wanita kelahiran Jambi ini bisa dekat dengan ketiga buah hati Fadlan.

Tak hanya Lyra Virna saja yang dekat dengan anak Fadlan. Dua anak Lyra dari pernikahannya dengan Eric Scada, Eisha dan Quoizal juga dekat dengan ketiga buah hati Fadlan. Dari laman Instagram Fadlan dan Lyra, keduanya sering kali terlihat menghabiskan waktu bersama kelima anaknya. 

Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari akun instagram Fadlan Muhammad, berikut 6 potret kebersamaan Lyra Virna dengan ketiga anak sambungnya, Rabu (15/1/2020).

1. Ini dia potret Lyra Virna bersama putra sulung Fadlan, Zidane.

Lyra Virna dengan Anak Fadlan (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)
Lyra Virna dengan Anak Fadlan (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)

2. Wanita kelahiran Jambi ini menghadiri acara wisuda buah hati kembar Fadlan, Mikail dan Quincy.

Lyra Virna dengan Anak Fadlan (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)
Lyra Virna dengan Anak Fadlan (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)

3. Enggak cuma wanita 38 tahun ini saja yang dekat dengan anak Fadlan. Tetapi juga dua buah hatinya, Eisha dan Quoizal.

Lyra Virna dengan Anak Fadlan (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)
Lyra Virna dengan Anak Fadlan (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)

4. Kelima anak Lyra dan Fadlan, memanggil Lyra dengan panggilan Umi. Meski bukan saudara kandung, kelimanya pun wajah yang mirip ya.

Lyra Virna dengan Anak Fadlan (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)
Lyra Virna dengan Anak Fadlan (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)

5. Bak anak kandungnya, Fadlan juga terlihat menyanyangi dua anak sambungnya Eisha dan Quoizal. Keluaraga yang harmonis ya.

Lyra Virna dengan Anak Fadlan (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)
Lyra Virna dengan Anak Fadlan (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)

6. Beberapa waktu yang lalu, Lyra dan kelima anaknya terlihat bermain bersama di Dufan.

Lyra Virna dengan Anak Fadlan (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)
Lyra Virna dengan Anak Fadlan (Sumber: Instagram/fadlanmuhammad)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: