Senin, 27 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Dalam RUU Omnibus Law, Korban PHK Bakal Dapat Uang Saku dan Kerjaan Baru

Posted: 27 Jan 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tengah merampungkan Draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja. Dalam RUU ini pemerintah akan menyiapkan layanan baru yakni jaminan kehilangan pekerjaan (JKP).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, program ini sebelumnya tidak pernah ada dan sengaja dimasukan agar pegawai yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mendapatkan manfaat dari pemerintah.

"Sebelumnya belum ada, sistem unemployment benefit ini untuk ekosistem pekerja. Unemployed untuk yang sudah ada di sistem kerja, tapi ada PHK," kata dia di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Dia menyebut, program pemberian manfaat ini akan masuk dalam BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya para pekerja yang terkena PHK mendapatkan pemberian manfaat berbagai macam dari pemerintah termasuk uang saku dan pelatihan.

"Pemerintah melalui BPJS akan memberikan 6 bulan uang saku, training, dan job placement. Plus diberikan juga keleluasaan untuk ekonomi digital," kata dia.

Sementara itu, saat disinggung mengenai kapan RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja bisa dirampungkan dirinya tidak memberi kepastian waktu. Mantan Menteri Perindustrian itu hanya menyebut akan selesai dalam waktu dekat.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Omnibus Law Dinilai Bakal Tekan Konsumsi dan Pertumbuhan Ekonomi

Buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) menggelar demonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/1/2020). Massa menyuarakan penolakan mereka terhadap Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Lapangan Kerja. (Liputan6.con/Johan Tallo)
Buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) menggelar demonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/1/2020). Massa menyuarakan penolakan mereka terhadap Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Lapangan Kerja. (Liputan6.con/Johan Tallo)

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia atau KSPI, Said Iqbal mengatakan RUU Cilaka dianggap dapat menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebab, omnibus law tersebut dianggap akan mengurangi kesejahteraan buruh dari segi upah.

"Secara teori pertumbuhan ekonomi bergantung pada konsumsi, salah satu faktor yang menentukan konsumsi itu upah. Kalau upah tidak memadai tidak layak akan membuat penurunan (konsumsi)," kata dia, saat ditemui di Kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (26/1). 

Selain itu, dia juga menyoroti tujuan utama omnibus law yaitu untuk meningkatkan investasi RI. Menurutnya, pemerintah sebenarnya salah sasaran jika tujuan UU Omnibus adalah untuk mendatangkan investasi, sebab kondisi investasi di Indonesia dianggap tidak seburuk yang dikatakan pemerintah.

"Mengutip Faisal Basri, investasi kita tuh masih tumbuh. Malahan lebih baik dibandingkan negara Malaysia juga kalah sama kita. Makanya kalau tujuannya investasi, kayaknya kok aneh, kan enggak jelek-jelek amat," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Virus Corona Ganggu Ekonomi Dunia di Januari 2020

Posted: 27 Jan 2020 10:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, penyebaran Virus Corona di China telah menggulung ekonomi pada Januari 2020 sebab bersamaan dengan perayaan Imlek. Perayaan imlek diketahui merupakan salah satu momentum mendongkrak ekonomi karena konsumsi masyarakat meningkat tajam.

"Corona virus, ini menimbulkan pesimisme yang menggulung ekonomi pada Januari ini yang biasanya terjadi Chinese New Year dianggap salah satu momentum China bisa meningkatkan pertumbuhan ekonominya melalui domestik factor yaitu konsumsi mereka," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Penyebaran Virus Corona yang cukup cepat dan menjangkit banyak masyarakat, ditengarai akan membuat ekonomi China melemah. Kebijakan ekonomi yang telah disusun oleh Negara Tirai Bambu tersebut diperkirakan tidak akan terealisasi dengan baik.

"Dengan adanya Virus Corona dan kemudian terjadi policy lock down, maka seluruh potensi pertumbuhan ekonomi China dari domestic factor tidak realize. Kehilangan momentum karena persis terjadi Chinese New Year yang bahkan liburnya diperpanjang sampai early Februari," papar Sri Mulyani.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

Tak Bisa Diprediksi

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Kondisi tersebut menggambarkan kebijakan yang telah disusun tidak selalu mampu terealisasi dengan baik. Sebab, masih ada potensi lain yang bisa mengganggu seluruh target yang ditetapkan. Kondisi tersebutpun harus diwaspadai oleh seluruh negara di dunia.

"Ini menggambarkan bahwa risiko itu bisa unpredictable dan very volatile jadi semua negara wajib selalu waspadai dan siaplan instrumen kebijakan dalam hadapi satu sisi keinginan untuk terus tumbuh. Keinginan untuk terus menjaga momentum harus, tapi tidak bisa buta terhadap environment," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data Terbaru Infeksi Virus Corona, Jerman Lapor Kasus Pertamanya

Posted: 27 Jan 2020 10:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jerman melaporkan kasus pertama infeksi virus corona. Kejadian ini dikonfirmasi oleh juru bicara Kementerian Kesehatan Bavaria.

Dilaporkan Deutsche Welle, dikutip Selasa (28/1/2020), pasien yang terinfeksi virus corona ini berasal dari Starnberg. Otoritas kesehatan menyatakan bahwa dia berada dalam kondisi medis yang baik.

"Dia dipantau secara medis dan diisolasi. Orang yang berkontak dekat akan diinformasikan secara rinci dan diberitahu soal kemungkinan gejalanya, tindakan higienitas, dan saluran transmisi," tulis Bavarian State Ministry of Health and Care dalam laman resminya.

Dalam keterangannya, otoritas kesehatan menyatakan bahwa potensi penularan pada warga di wilayah tersebut cenderung rendah.

 

107 Pasien Meninggal Dunia, 63 Pulih

Tangkapan Layar peta persebaran infeksi virus corona di dunia milik Center for Systems Science and Engineering pada Selasa, 28 Januari 2020 pukul 11.54 WIB
Tangkapan Layar peta persebaran infeksi virus corona di dunia milik Center for Systems Science and Engineering pada Selasa, 28 Januari 2020 pukul 11.54 WIB

Berdasarkan pantauan Health Liputan6.com dari Center for Systems Science and Engineering pada Selasa, 28 Januari 2020 pukul 11.54 WIB, sudah ada lebih dari 4 ribu pasien di dunia yang dikonfirmasi terinfeksi.

Di seluruh dunia, terdapat 4.474 pasien yang terinfeksi virus corona. Sementara, 107 orang meninggal dunia dan 63 orang dinyatakan pulih.

Dilaporkan Channel News Asia, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok menyatakan, setidaknya masih ada sekitar 7 ribu kasus yang tergolong "suspect" dan masih menunggu konfirmasi.

Pada hari Senin, World Health Organization mengatakan bahwa belum menemukan kejelasan apakah virus itu bisa menular selama masa inkubasinya, meski gejala belum muncul.

Pernyataan ini belum selaras dengan pejabat Tiongkok yang menyatakan bahwa orang bisa terinfeksi dan menularkan ke yang lain meski belum mengalami gejala seperti demam atau kesulitan bernapas.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejar Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen hingga 2024, Ini Strategi Pemerintah

Posted: 27 Jan 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tembus di angka 6 persen hingga 2024 mendatang. Untuk mencapai pertumbuhan tersebut, pemerintah akan gencar dalam menggenjot investasi.

"Bapak Presiden mempunyai aspirasi pertumbuhan 6 persen di periode 2020 sampai 2024. Jadi 6 persen itu adalah tentunya menjadi target dari pemerintah, dan ini akibatnya adalah tingkat investasi harus bertambah," kata Airlangga di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Berbagai kebijakan tengah dilakukan pemerintah untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi sebesar 6 persen. Mulai dari penurunan suku bunga dilakukan oleh Bank Sentral Indonesia.

"Kalau kita bisa sebut Jokowinomic itu yang pertama adalah financial easing (kebijakan moneter) dari BI yang selama ini sudah menurunkan 7 kali tingkat suku bunga. Jadi dari sisi monetary policy sudah baik dengan tingkat bunga yang rendah," jelasnya.

Di samping itu, pemerintah juga telah memberikan berbagai macam jenis insentif kepada pelaku usaha. Mulai dalam bentuk super deduction tax dan juga tax holiday. Upaya-upaya tersebut diberikan untuk mendapatkan amunisi dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi di dalam negeri..

"Kemudian yang satu adalah structural reform. Nah structural reform itu yang nanti akan didorong dengan yang namanya omnibus law," katanya.

Penyusunan Omnibus Law ini akan terbagi menjadi dua. Pertama yakni menyangkut dengan perpajakan dan kedua ialah Cipta Lapangan Kerja. Keduanya dinilai akan sama-sama memberikan manfaat lebih terhadap pertumbuhan investasi.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Omnibus Law Dinilai Bakal Tekan Konsumsi dan Pertumbuhan Ekonomi

Deretan gedung bertingkat terlihat dari jendela gedung pencakar langit di kawasan Jakarta, Kamis (26/12/2019). Pemerintah memproyeksi pertumbuhan ekonomi tahun depan di kisaran 5,2%, berada di bawah target APBN 2020 sebesar 5,3%.  (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Deretan gedung bertingkat terlihat dari jendela gedung pencakar langit di kawasan Jakarta, Kamis (26/12/2019). Pemerintah memproyeksi pertumbuhan ekonomi tahun depan di kisaran 5,2%, berada di bawah target APBN 2020 sebesar 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah saat ini sedang menyelesaikan RUU Omnibus Law tentang Cipta Ketenagakerjaan, atau dikenal sebagai RUU Cilaka. Peraturan ini ditargetkan akan disahkan tahun ini dan mulai berlaku pada tahun 2021.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia atau KSPI, Said Iqbal mengatakan RUU Cilaka dianggap dapat menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebab, omnibus law tersebut dianggap akan mengurangi kesejahteraan buruh dari segi upah.

"Secara teori pertumbuhan ekonomi bergantung pada konsumsi, salah satu faktor yang menentukan konsumsi itu upah. Kalau upah tidak memadai tidak layak akan membuat penurunan (konsumsi)," kata dia, saat ditemui di Kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (26/1).

Selain itu, dia juga menyoroti tujuan utama omnibus law yaitu untuk meningkatkan investasi RI. Menurutnya, pemerintah sebenarnya salah sasaran jika tujuan UU Omnibus adalah untuk mendatangkan investasi, sebab kondisi investasi di Indonesia dianggap tidak seburuk yang dikatakan pemerintah.

"Mengutip Faisal Basri, investasi kita tuh masih tumbuh. Malahan lebih baik dibandingkan negara Malaysia juga kalah sama kita. Makanya kalau tujuannya investasi, kayaknya kok aneh, kan enggak jelek-jelek amat," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua MK Keluhkan Pemangkasan Anggaran di 2020

Posted: 27 Jan 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman mengeluhkan anggaran lembaganya yang dipotong dari tahun sebelumnya. Hal ini dikatakan Anwar di hadapan Presiden Jokowi saat menyampaikan laporan tahunan 2019 di Gedung MK, Selasa (28/1/2020).

Anwar menyebut bahwa pada 2020, MK hanya mendapat alokasi anggaran relokasi sebesar Rp 246.215.842.000 atau sekitar Rp 246 miliar. Menurut dia, jumlah tersebut bahkan tak sampai separuh dari anggaran 2019.

"Jumlah ini jauh lebih sedikit, bahkan tidak sampai separuh, dibandingkan alokasi anggaran tahun 2019, yakni sebesar Rp 539.645.401.000," kata Anwar Usman.

Padahal, kata dia, anggaran tersebut sedianya akan digunakan untuk kegiatan prioritas MK. Misalnya, untuk penanganan perkara perselisihan hasil Pilkada Serentak Tahun 2020.

Bukan hanya itu, Anwar menuturkan anggaran itu juga untuk peningkatan kualitas putusan, kegiatan pendidikan dan pemahaman hak konstitusional warga negara. Kemudian, peningkatan kegiatan kerja sama dalam dan luar negeri.

"Keseluruhan program MK tersebut dirancang sedemikian rupa, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas putusan, dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Konstitusi, dan Mahkamah Konstitusi," jelas Anwar.

Kepada Jokowi, dia mengatakan bahwa MK telah memiliki sejumlah perencanaan strategis dan kegiatan yang akan dilakukan pada 2020. Salah satunya, menjalankan fungsi dan peran MK, dalam mewujudkan demokrasi berkeadilan.

"Termasuk untuk menghadapi potensi perkara perselisihan hasil pemilihan kepala daerah yang diselenggarakan di 270 daerah, selain tugas konstitusional lainnya, yang dilakukan secara rutin, yaitu memeriksa perkara PUU dan lain-lain," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Membahayakan, Corona Ternyata Cikal Bakal Camry

Posted: 27 Jan 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dunia kini tengah dihebohkan dengan wabah penyakit yang berasal dari Wuhan, Cina, yaitu Corona. Bahkan, virus mematikan ini belum ditemukan obatnya, dan sudah banyak makan korban dengan puluhan orang meninggal dunia.

Namun, jika berbicara Corona di dunia otomotif, pasti tidak jauh dengan sedan legendaris milik Toyota. Ya, mobil ini merupakan cikal bakal dari Camry yang beberapa waktu lalu digunakan sebagai kendaraan dinas para menteri di Indonesia, sebelum akhirnya berganti menjadi Toyota Crown.

Melansir laman resmi Mobil88, Toyota Camry sendiri muncul pada 1982. Namun begitu, munculnya nama Camry berawal dari Celica Camry yang merupakan versi mahal dari Toyota Carina. Mobil ini hanya dijual di Jepang dari 1980-1982.

Nah, setelah itu muncul Toyota Camry yang ternyata jadi penerus sedan Toyota Corona yang juga menjadi musuh bubuyutan bagi Honda Accord.

Saat pertama meluncur, desain Toyota Camry kotak. Hal ini karena pada masa itu memang banyak mobil dengan bentuk lebih mengkotak.

Toyota Camry sendiri awalnya hadir dalam beberapa tipe, mulai dari sedan 4 pintu dan Liftback 5 pintu. Untuk jantung pacunya, Camry disematkan mesin berkapasitas 1.8L dan 2.0L (91 hp) bensin, serta 2.0L (74 hp) diesel. Di Amerika, Camry ditawarkan dalam trim level Standard dan LE.

Generasi kedua (1987-1991)

Masuk 1987, Toyota menghadirkan Camry generasi kedua tampilannya tak lagi boxy. Oh iya, generasi kedua Toyota menghilangkan tipe Liftback dan menggantikannya dengan Station Wagon.

Tak hanya desain, performa Toyota Camry kali ini lebih hebat, berkat mesin 3S-FE berkapasitas 2.000 cc silinder yang mampu memuntahkan daya 115 tenaga kuda.

Selang satu tahun kemudian, Toyota kembali menghadirkan Camry dengan perubahan pada bagian mesin, yaitu mengusung mesin V6 berkapasitas 2.500 cc dengan sistem penggerak seluruh roda atau AWD, dan daya yang dihasilkan mencapai 153 tenaga kuda.

Generasi ketiga (1992-1996)

Pada tahun ini, pasar sedan premium lebih menggeliat. Toyota pun menawarkan Camry terbaru dengan mesin-mesin lebih sangar. Di Jepang, Toyota Camry menggunakan mesin 1.800 cc, 2.000 cc, dan mesin V6 2.500 cc.

Namun untuk pasar global, Camry dijejali mesin V6 berkode 5S-FE 2.200 cc dan 1VZ-FE 3.000 cc yang mampu menyemburkan tenaga 185 Tk.

Toyota Camry generasi ketiga beberapa fitur disematkan, termasuk adanya Anti Lock Braking System, airbag untuk pengemudi, dan sabuk pengaman tiga titik.

Dengan ubahan yang mencolok setiap tahun, pada tahun 1992, Camry generasi ketiga dianggap lebih pantas dan menjadi basic platform Lexus ES 300.

Generasi keempat (1997-2001)

Perubahan kembali terjadi pada Toyota Camry, termasuk hadir dengan desain lebih menarik ditambah faktor keamanan dan kenyamanan di dalamnya.

Camry di Indonesia, Taiwan, dan beberapa negara Asia lain memiliki lampu depan dan gril yang lebih besar dari model di Amerika, Jepang, Australia, dan Eropa. Ini adalah Camry terakhir di Eropa.

Di Indonesia, generasi keempat Toyota Camry menggantikan Toyota Corona Absolute, dan tersedia dalam versi 2.2 GLX transmisi manual dan 3.0 V6 Grande transmisi otomatis. 

Generasi kelima (2002-2006)

Masuk di awal 2000 memang desain mobil menghilangkan kesan kotak, dan beralih agak cembung, lebar dan besar dari model sebelumnya. Hal ini pula terjadi pada generasi kelima Camry.

Di Indonesia, sedan ini tersedia dalam versi 2.2 GLX transmisi manual dan 3.0 V6 Grande transmisi otomatis tipenya hanya dua, yaitu 2.4 G dan juga 3.0 V.

Kecanggihan Toyota Camry ini nyatanya dipercaya sebagai mobil pejabat, bahkan sejumlah mobil Camry digunakan untuk acara Konferensi Tinggi Asia Afrika (KAA) 19-22 April 2005

Generasi keenam (2006-2011)

Toyota Camry generasi keenam lebih berevolusi. Bahkan pabrikan asal Jepang ini menghadirkan pilihan mesin 2.4 liter berteknologi hybrid.

Untuk pasar Indonesia, pamor Camry seakan tak lepas dari mobil premium yang digunakan kaum kaya raya. Selain soal rasa di dalam kabin, Camry generasi keenam juga sudah tersedia dalam trim level 2.4 G, 2.4 V, dan 3.5 Q. Untuk Camry 3.5 Q merupakan model yang mewah dan hampir sama dengan Aurion 3.5 Presara.

Generasi ketujuh (2012-2018)

Masuk ke Toyota Camry generasi ketujuh, desain mobil ini kembali mengalami ubahan, dan lebih terlihat modern serta mewah.

Di generasi ketujuh ini pula, Toyota Camry menawarkan tiga pilhan varian mulai dari LE, XLE dan hybrid.

Untuk jantung pacu, Camry disematkan mesin 2.5 liter dengan Dual VVT-i menghasilkan tenaga hingga 178 daya kuda.

Produksi Camry generasi ketujuh, di Australia dihentikan pada tanggal 3 Oktober 2017 ketika pabrik perakitan Toyota Australia di Altona, Victoria ditutup. Hal ini menandakan penutupan pabrik Toyota yang diproduksi di Australia.

Generasi kedelapan (2018-sekarang)

Toyota kembali melakukan ubahan pada Toyota Camry generasi kedelapan. Yang paling mencolok dengan adanya platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Camry generasi kedelapan mulai dijual di Jepang pada 10 Juli 2017 dan di Australia pada 21 November 2017. Penjualan Camry generasi kedelapan di Amerika Serikat dan Kanada dimulai pada akhir bulan Juli 2017.

Sedangkan untuk pasar Indonesia, Camry generasi kedelapan diluncurkan pada 8 Januari 2019 dengan pilihan 2.5 G, 2.5 V, dan 2.5 Hybrid.

Untuk Varian G dan V menggunakan mesin 2AR-FE dengan 4 silinder dan kapasitas 2.494 cc. Sedangkan, untuk model Hybrid menggunakan mesin A25A-FXS dengan kapasitas 2.487 cc dengan daya maksimum 178 Tk. Untuk motor listriknya, menggunakan electric motor dengan power 20.6 kgm.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Pemprov Sumbar Soal Sambutan Hangat Gubernur Irwan Prayitno pada Rombongan Turis China

Posted: 27 Jan 2020 10:03 PM PST

Padang - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno disorot. Akun media sosialnya dipenuhi kritikan setelah ia terlihat menyambut ramah, bahkan mengalungkan bunga kepada para turis China yang baru tiba di Bandara Internasional Minangkabau pada Minggu, 26 Januari 2020.

Terkait hal itu, Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jasman Rizal membantah Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno sengaja menyambut kedatangan wisatawan asal Kunming, Tiongkok tersebut.

Ia menyebutkan, rencananya penyambutan dilakukan oleh Dinas Pariwisata karena ada permintaan dari agen. Namun secara kebetulan, pesawat gubernur mendarat bersamaan dengan kedatangan wisatawan.

"Jadi secara naluriah, gubernur mendatangi rombongan yang baru datang dan didaulat untuk menyambut. Tidak ada dijadwalkan," katanya di Padang, dilansir Antara, Senin, 27 Januari 2020.

Jasman mengatakan kedatangan wisatawan Tiongkok ke daerahnya di tengah memanasnya isu virus corona adalah program pemerintah pusat.

"Itu adalah program pusat. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar membantu memfasilitasi kedatangan tamu tersebut," ujarnya.

Pemprov Sumbar, sambung dia, menghargai respons masyarakat yang menolak sementara kedatangan wisatawan China karena isu virus corona. Pihaknya juga telah membicarakan tindak lanjut dengan agen travel yang membawa wisatawan tersebut.

Dalam hal ini, pihak agen travel menyikapi positif dan menghormati aspirasi masyarakat Sumbar. Mereka mencoba memotong waktu kunjungan di Sumbar dan segera mengurus pembelian tiket untuk pulang ke Tiongkok. Sementara, kunjungan rombongan turis China berikutnya yang sudah terjadwal, akan ditunda hingga situasi kembali kondusif.

Diinapkan di Padang

Masakan Padang. (dok. foto ADEK BERRY / AFP)
Masakan Padang. (dok. foto ADEK BERRY / AFP)

Sebelumnya, 150 wisatawan asal Kunming, Tionghkok, tiba di Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman pada Minggu pagi, 26 Januari 2020, pukul 06.36 WIB untuk berwisata selama lima hari di Sumbar.

Kedatangan rombongan tersebut China difasilitasi PT Marawa Corporate yang bekerja sama dengan Cocos Tour selaku biro perjalanan. Namun, kedatangan wisatawan tersebut ditanggapi negatif oleh masyarakat karena isu virus corona yang saat ini sedang mewabah di negeri tirai bambu tersebut.

Dalam rencana awal, rombongan turis Tiongkok itu sedianya akan menghabiskan waktu di Sumbar mulai 26 Januari 2020 hingga 30 Januari 2020. Setelah kunjungan ke Pariaman dan Bukittinggi, rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Tanah Datar pada Senin, 27 Januari 2020.

Namun, kedatangan wisatawan mendapat penolakan dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Bukittinggi-Agam, karena ketakutan masyarakat terhadap adanya virus corona. Maka itu, pihak biro wisata membatalkan semua agenda dan membawa kembali semua tamu ke Padang.

Perwakilan Coco's Tour Yunando berharap para turis Tiongkok itu tidak ada yang komplain karena berubahnya jadwal perjalanan. Ia mengatakan para wisatawan tersebut menikmati wisata di Sumatera Barat, meski baru berkunjung selama dua hari.

"Mereka mengatakan selama berkunjung ke Indonesia, hanya di Sumbar yang dapat sambutan luar biasa, makanannya sederhana tapi rasanya mewah," ujarnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri Dukung Pilkada Serentak 2020

Posted: 27 Jan 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memaparkan Kebijakan Kementerian Dalam Negeri dalam Mendukung Pilkada Serentak Tahun 2020 yang akan diselenggarakan di 270 daerah. Pemaparan dilakukan dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri Tahun 2020 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1).

Salah satu fokus Kemendagri adalah dalam hal meningkatkan partisipasi masyarakat. Pasalnya, partisipasi masyarakat merupakan salah satu indikator dalam kesuksesan sebuah pesta demokrasi.

"Tingkat partisipasi pemilihan yang tinggi sangat diperlukan untuk memberikan legitimasi yang kuat kepada siapapun yang menang, dan ini memerlukan kegiatan sosialisasi dan pendidikan politik untuk membangunkan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Kami bekerja sama untuk itu," kata Mendagri.

Terkait netralitas ASN di pusaran Pilkada, pihaknya juga telah melakukan antisipasi dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk tidak melakukan pergantian jabatan hingga waktu yang telah ditentukan.

"Kemudian untuk menjaga netralitas ASN, kami sudah mengeluarkan Surat Edaran agar Pemda dan para Kepala Daerah yang ada Pilkadanya tidak boleh melakukan pergantian jabatan kecuali izin menteri, dan izin menteri itu pun hanya untuk hal yang khusus, misalnya meninggal dunia," jelasnya.

Tak hanya itu, Mendagri juga meminta pergantian tak dilakukan di Sekretariat Penyelenggara Pemilu untuk meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sekretariat juga sama, KPU dan Bawaslu tidak boleh dilakukan pergantian," ujarnya.

 

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Tercatat, dari 270 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak Tahun 2020, sebanyak 224 incumbent (petahana) yang berpotensi kembali mencalonkan diri.

"Nanti ada 224 incumbent, begitu mereka mendaftar, maka akan di Plt kan (Pelaksana Tugas), kira-kira berarti akan ada banyak Plt," kata Mendagri.

Mendagri juga memastikan pihaknya telah melakukan penyisiran anggaran untuk memastikan anggaran di 270 daerah tercukupi untuk mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

"Kemudian kita sisir lagi anggaran mana yang kurang, mana yang belum. Kami akan mendorong para Pemda untuk memenuhi permintaan terutama Bawaslu, KPU hampir tidak masalah. Tapi yang di aparat keamanan yang belum, ini masih terlambat, tolong dibantu dorong," imbuhnya.

Sebelumnya, Kemendagri melalui Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga telah menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) untuk Pilkada Serentak Tahun 2020.

DP4 yang diserahkan, yakni sebanyak 105.396.460 jiwa yang terdiri dari 52.778.939 laki-laki dan 52.617.521 perempuan yang tersebar di 270 Daerah yang akan melaksanakan Pilkada. Penyerahan DP4 merupakan salah satu dukungan Kemendagri dalam mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Wisman di RSUP Sanglah Denpasar Negatif Virus Corona

Posted: 27 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Denpasar - Tiga orang wisman asal Meksiko dan China, yang sempat masuk ruang isolasi di RSUP Sanglah Denpasar, karena diduga terinfeksi Virus Corona telah diperkenankan meninggalkan rumah sakit. Dari hasil pemeriksaan intensif melalui pengecekan laboratorium, tiga orang wisman itu dinyatakan negatif Virus Corona.

Ketiganya terdiri dari satu orang pria dewasa asal Meksiko dan dua anak-anak asal China. Ketiganya diduga terinfeksi Virus Corona lantaran memiliki sakit dengan ciri-ciri yang mirip dengan penyakit tersebut.

Wisman asal Meksiko yang tak disebutkan namanya itu punya riwayat perjalanan ke China, sebelum akhirnya ke Jakarta dan Bali. Di Pulau Dewata, dirinya mengeluh suhu badan panas tinggi dan berinisiatif memeriksakan diri ke rumah sakit.

Begitu pula dengan dua orang anak-anak asal China. Mereka sempat dimasukkan ke dalam ruang isolasi. Namun setelah melalui serangkaian pemeriksaan intensif, ketiganya dinyatakan negatif Virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya memastikan ketiga pasien tersebut tak terjangkit Virus Corona.

"Ketiganya negatif," kata Suarjaya saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (28/1/2020).

Kini, ketiganya telah diperkenankan meninggalkan rumah sakit. "Semuanya sudah keluar dari rumah sakit," katanya.

Virus Corona yang kali pertama ditemukan di Wuhan China membuat panik sejumlah negara. Pemerintah Indonesia sendiri terus berupaya menangkal penyebaran wabah penyakit yang telah menelan korban jiwa lebih dari 80 orang dalam waktu singkat. Beruntung di Indonesia belum ditemukan orang yang terinfeksi virus mematikan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Miliki Waktu ke Toilet, Tim Medis Perawat Pasien Virus Corona Terpaksa Pakai Popok

Posted: 27 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Merebaknya virus Corona yang berasal dari Wuhan membuat beberapa negara ikut waspada. Virus yang belum ditemukan vaksinnya ini telah masuk ke beberapa negara lain seperti Jepang, Korea Selatan hingga Amerika Serikat.

Korban yang terjangkit penyebaran virus Corona ini di kota Wuhan, China, ini juga dikatakan terus meningkat. Bahkan banyaknya pasien yang terjangkit virus Corona membuat tim medis kewalahan.

Melansir dari Washington Post, Selasa (28/1/2020), staf medis di sana bahkan harus mengenakan popok karena tak memiliki waktu untuk pergi ke toilet. Ya, banyaknya pasien membuat mereka bahkan tak bisa meluangkan waktu setidaknya 5-10 menit untuk pergi ke toilet.

Tak hanya itu, mengenakan popok juga memudahkan mereka agar tak berulang kali melepaskan baju hazmat yang mereka kenakan saat menangani pasien terjangkit virus corona.

 

foto: Guangzhou Daily
foto: Guangzhou Daily

Belum lagi, butuh waktu yang tak sebentar untuk mengenakannya kembali. Ini juga bisa membantu mereka agar tak boros dalam penggunaan perlindungan seperti baju hazmat, masker dan kacamata pelindung.

"Kami tahu bahwa pakaian pelindung yang kami kenakan mungkin akan menjadi yang terakhir yang kami punya dan kami tak bisa bersikap boros," kata seorang dokter yang bertugas di Rumah Sakit Wuhan Union. 

Himbauan Pemerintah Indonesia

Thermo scanner di Bandara Sultan Syarif Kasim II untuk mendeteksi penumpang terinfeksi Virus Corona. (Liputan6.com/M Syukur)
Thermo scanner di Bandara Sultan Syarif Kasim II untuk mendeteksi penumpang terinfeksi Virus Corona. (Liputan6.com/M Syukur)

Sebelumnya jumlah kasus tertularnya Virus Corona sudah mencapai 3.000 kasus yang dikonfirmasi di seluruh dunia. Sebagian besar terjadi di China, dengan jumlah kematian yang dilaporkan mencapai 80 orang, hingga Senin (27/1/2020). Sementara di Indonesia sendiri, Presiden Joko Widodo telah mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

"Yang paling penting kita waspada, yang paling penting kita hati-hati," kata Jokowi dikutip dari laman Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (28/1/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Waspada Hujan Lebat pada Malam Hari di Surabaya

Posted: 27 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda menyebutkan cuaca di Surabaya terpantau cerah pada pagi ini, Selasa (28 Januari 2020).

Prakirawan BMKG Juanda, Tonny Setiawan mengatakan, hujan berpotensi terjadi di Surabaya pada siang, sore, dan malam hari.

"Pada siang dan sore hari intensitasnya ringan hingga sedang, kemudian pada malam hari intensitasnya sedang hingga lebat," kata Tonny saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (28/1/2020).

Hujan yang akan terjadi di Surabaya diperkirakan disertai angin kencang dan petir, dengan suhu udara sekitar 25 – 34 derajat celsius.

"Kelembapan udara 55 – 90 persen dan angin dari arah barat dengan kecepatan 5 – 30 KM per jam," kata dia.

Tonny juga mengatakan bahwa hujan yang diprediksi disertai dengan angin kencang perlu diwaspadai karena dapat mengubah arah mobil. Selain itu, durasi hujan yang panjang juga perlu diwaspadai.

"Hujan dengan durasi 3 jam bisa mengakibatkan banjir," kata Tonny.

Mengutip dari laman web juanda.jatim.go.id, beberapa kecamatan di Surabaya terpantau sudah terjadi hujan lokal dengan suhu udara di kisaran 25 – 34 derajat celsius, kelembaban udara rata-rata 55 persen, dan arah angin dari barat dengan kecepatan rata-rata 30 KM per jam.

 

Potensi Hujan di Jawa Timur

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Selain di Surabaya, hujan juga berpotensi turun di seluruh wilayah Jawa Timur karena sudah memasuki puncak musim hujan. Pada pagi hari, hujan berpotensi terjadi di Trenggalek.

Sedangkan pada siang hingga sore hari antara lain di Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan.

Selain itu, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. Pada malam hari, potensi hujan di Surabaya, Sidoarjo Gresik, Lamongan, Jombang, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, Lumajang dan Bangkalan.

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aplikasi Video Pendek Byte Meluncur, Apa Bedanya dengan TikTok?

Posted: 27 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Vine, Dom Hofmann, meluncurkan sebuah aplikasi berbagi video pendek bernama Byte.

Mengutip laman The Verge, Selasa (28/1/2020), Hofmann mengembangkan aplikasi itu sebagai suksesor Vine. Ia menyebut, aplikasi Byte sudah tersedia di iOS dan Android.

Lalu, apa bedanya dengan TikTok? Byte, seperti Vine, hanya menawarkan video pendek berdurasi enam detik, sedangkan TikTok 15 detik dan dapat dirangkai hingga satu menit.

Basis penggunanya pun juga sangat berbeda. Dolaporkan Insider, beberapa pengguna Vine yang terkenal secara resmi telah bermigrasi ke Byte dan mereka secara blak-blakan tidak menyukai TikTok.

Kategori 'Komedi' sangat disukai dan berkembang biak dengan pesat di TikTok, dan video TikTok tidak disambut dengan hangat oleh pengguna Byte.

Pun demikian, pengguna TikTok bisa memilih kategori yang bisa diatur sesuai keinginan, mulai dari vlog, food, dance, sports, DIY, hingga animals. Ini membuat pengguna dapat lebih inovatif.

 

 

Byte Sudah Rilis di Indonesia?

Aplikasi Byte belum tersedia di Indonesia (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Aplikasi Byte belum tersedia di Indonesia (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sayangnya saat Tekno Liputan6.com mencoba mengunduh Byte di Play Store Android, terdapat keterangan bahwa Byte belum tersedia di Indonesia.

Aplikasi ini sebenarnya sudah tersedia dalam versi beta selama beberapa waktu. Namun, ia baru dirilis sekarang ini sebagai sebuah kejutan.

Sekadar informasi, Hofmann telah mengembangkan Byte selama beberapa tahun. Dia membuat Byte setelah berhenti dari Vine, beberapa waktu setelah platform tersebut diakuisisi Twitter.

Janji Rilis Tahun Lalu

Aplikasi berbagi video berdurasi singkat Byte (Foto: Engadget)
Aplikasi berbagi video berdurasi singkat Byte (Foto: Engadget)

Hoffman kerap membagikan informasi tentang perkembangan dari aplikasi yang dibuatnya itu sejak November 2018. Bahkan, dia sempat menjanjikan Byte akan dirilis tahun lalu.

Byte sendiri sebelumnya digadang-gadang akan mengusung nama V2. Namun akhirnya diberi nama Byte pada Mei 2018.

Nama Byte mungkin sedikit membingungkan bagi sebuah platform video, pasalnya nama Byte mirip dengan Bytedance, induk perusahaan TikTok.

Berbagi Pendapatan

Vine
Vine

Hoffman dalam sebuah wawancara dengan TechCrunch menyebut, Byte akan memperkenalkan mekanisme berbagi pendapatan untuk membantu kreator mendapatkan uang hasil atas hasil kreasinya. Aplikasi ini juga akan menjadi sebuah platform beriklan.

"Kami melihat semua itu, namun kami akan mulai dengan pembagian pendapatan ditambah dengan dana kami sendiri," kata Hoffman.

Nantinya akan ada detail lebih lanjut terkait berjalannya pembagian pendapatan ini.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Striker yang Pantas Gantikan Luis Suarez di Barcelona

Posted: 27 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Barcelona sedang butuh sosok striker tajam usai Luis Suarez absen hingga akhir musim. Suarez meninggalkan lubang yang harus segera diisi meskipun Barcelona punya stok banyak pemain muda.

Beberapa striker masuk dalam radar Barcelona. Striker yang dibidik harus memiliki kemampuan mumpuni dalam mencetak gol seperti Suarez. Kalau hanya jadi pelengkap,Barcelona tak akan memberikan kesempatan untuk membeli pemain tersebut.

Jelang berakhirnya bursa transfer Januari, Barcelona harus kebut kejar pemain anyar. Maklum, Barcelona masih punya sederet agenda kompetisi yang harus diikuti.

Barcelona secara teori masih berpeluang dalam mengejar gelar juara Liga Spanyol, Copa del Rey dan Liga Champions. Dengan skuat pas-pasan hal tersebut dikhawatirkan sulit dicapai.

Kesulitan Barcelona mulai terakhir akhir pekan lalu.Barcelona kalah 0-2 dari Valencia dan menjadi debut kurang bagus bagi pelatih Quique Setien.Siapa saja striker yang akan dibidik Barcelona?

 

5. Rodrigo Moreno

Rodrigo Moreno (AFP/Jose Jordan)
Rodrigo Moreno (AFP/Jose Jordan)

Barcelona dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memboyong Rodrygo Moreno dari Valencia. Striker kelahiran Rio de Jainero Brasil ini sebenarnya kurang tajam musim ini.

Namun pengalamannya yang sudah lima musim di Valencia bisa dijadikan referensi. Lagipula Valencia sepertinya lebih mengandalkan Maxi Gomez musim ini.

Gomez seperti diketahui mempermalukan Barcelona akhir pekan lalu lewat dua golnya, meski satu gol berbau gol bunuh diri dari Jordi Alba. Bisakah Barcelona memboyong striker ini.

 

4.Chimy Avila

Chimy Avila masuk dalam radar Barcelona (AFP)
Chimy Avila masuk dalam radar Barcelona (AFP)

Satu lagi striker yang dikaitkan dengan Barcelona. Dia adalah Chimy Avila, striker Osasuna.

Dari 20 pertandingan La Liga, Avila sudah berhasil mencetak 9 gol untuk Osasuna. Agen Avila pun dikabarkan sudah melakukan negoisasi.

Tapi sial menimpa Avila karena dia mengalami cedera ligamen akhir pekan lalu. Cedera didapatkan saat Avila main lawan Levante.Pemain ini paling mungkin direkrut pada musim depan.

 

3. Raul Jimenez

Pemain Wolverhampton Wanderers Raul Jimenez (tengah) duel bola dengan pemain Manchester United Jesse Lindgard dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris, Senin (19/8/2019). Pertandingan berakhir 1-1. (AP Photo/Rui Vieira)
Pemain Wolverhampton Wanderers Raul Jimenez (tengah) duel bola dengan pemain Manchester United Jesse Lindgard dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris, Senin (19/8/2019). Pertandingan berakhir 1-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Target ini mungkin rada mustahil karena Raul Jimenez menjadi pemain adalan untuk klub Inggris, Wolverhampton Wanderers. Namun semua bisa berubah kalau Barcelona berani memberi tawaran mahal.

Raul Jimenez saat ini menjadi salah satu striker tajam di Liga Inggris. Hingga pekan ke-24, dia sudah mencetak 11 gol untuk Wolves dan sejajar dengan striker papan atas sekaliber Sadio Mane.

Ketajaman dan keakuratan dalam menempatkan posisi pantas membuat Jimenez jadi andalan di Wolves. Barcelona harus mempertimbangkan pemain ini.

 

2. Kryzstof Piatek

Striker AC Milan, Krzysztof Piatek, memperhatikan rekannya saat melawan Empoli pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Jumat (22/2). Milan menang 3-0 atas Empoli. (AFP/Marco Bertorello)
Striker AC Milan, Krzysztof Piatek, memperhatikan rekannya saat melawan Empoli pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Jumat (22/2). Milan menang 3-0 atas Empoli. (AFP/Marco Bertorello)

Kryzstof Piatek menjadi salah satu andalan AC Milan musim lalu.Namun sinarnya mulai berkurang musim ini.

Hingga pekan ke-21, Piatek baru menyumbang empat gol untuk AC Milan. Dia masih kalah dari Theo Hernandez yang sebenarnya berposisi full back dengan 5 gol.

Barcelona bisa mengincar kondisi ini dengan memboyong Piatek di Januari. Namun hingga kini, belum ada kabar pendekatan dari Barcelona.

 

 

  1. Pierre Emerick Aubameyang

Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol ke gawang Olympique Lyon pada laga Emirates Cup 2019, Minggu (28/7/2019). (Twitter Arsenal)
Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol ke gawang Olympique Lyon pada laga Emirates Cup 2019, Minggu (28/7/2019). (Twitter Arsenal)

Pierre Emerick Aubameyang menjadi salah satu pembelian tepat bagi Arsenal dua musim lalu. Bersama The Gunners, dia berhasil menjadi striker produktif.

Inilah mengapa Barcelona sempat melirik Aubameyang.Meski berat, Aubameyang mungkin bisa didatangkan pada Januari ini.

Barcelona sempat ingin meminjam Aubameyang pada Januari namun ini tentu hal mustahil.Arsenal sangat mengandalkan ketajaman striker asal Gabon ini.

video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agar Tak Moody, 5 Makanan Ini Dianjurkan Saat PMS

Posted: 27 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perubahan suasana hati erat kaitannya dengan sindrom premenstruasi (PMS). PMS dapat memicu berbagai gejala fisik ataupun mental yang biasanya terjadi satu atau dua minggu sebelum menstruasi.

Anda dapat meminimalkan ketidaknyamanan tersebut dengan mengurangi gula dan kafein. Di bawah ini terdapat beberapa makanan yang dianjurkan untuk Anda konsumsi untuk mengatasi PMS:

1. Alpukat

Jika gejala PMS mulai terasa, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi alpukat. Makanan berlemak baik ini mengandung kalium dan mineral yang berperan sebagai diuretik alami. Kalium dapat membantu Anda melindungi tubuh dari kram otot dan bisa meningkatkan rasa kenyang. Hal ini sesuai dengan lansiran dari Health.

2. Ikan Sarden

Menurut sebuah penelitian, ikan sarden mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu Anda mengurangi kembung yang disebabkan PMS, sakit kepala, nyeri payudara, depresi, gugup, gelisah, dan kurang konsentrasi.

3. Cokelat Hitam

Cokelat jenis ini dapat mengurangi gejala PMS. Antioksidan yang dikandungnya dapat memicu dinding pembuluh darah Anda untuk relaks dengan menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi.

Sebuah penelitian juga telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi cokelat ini sekitar setengah ons setiap hari selama dua minggu, dapat mengurangi kadar hormon stres Anda.

Sedangkan kandungan magnesium dan mineralnya, dapat membantu Anda meringankan gejala PMS, seperti kembung, kelelahan, depresi, dan lekas marah. Cokelat hitam terlah terbukti dapat meningkatkan suasana hati bahkan memicu rasa euforia yang mirip dengan perasaan jatuh cinta.

4. Kacang Mede

Sebuah studi yang diterbitkan di Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, para ilmuwan menunjukkan bahwa kombinasi magnesium dan vitamin B6 dalam kacang mede dapat membantu Anda mengatasi gejala PMS.

Kacang mede adalah sumber magnesium yang baik. Kacang yang lainnya, seperti kacang brazil, almond, dan kacang pinus juga mengandung banyak magnesium. Namun, kacang mete kaya akan kalsium yang dapat membantu Anda mengurangi gejala PMS. Hal ini seperti yang dilansir dari Everyday Health.

5. Pisang

Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)
Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)

Pisang kaya akan kalium yang dapat membantu Anda meringankan kram sebelum menstruasi. Selain itu, kalium yang terkandung di dalam pisang juga dapat membantu Anda memperbaiki suasana hati.

Pisang juga mengandung triptofan yang dapat meningkatkan serotonin otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa triptofan yang terkandung di dalam pisang dapat berperan sebagai antidepresan.

Vitamin B6 dalam pisang juga dapat membantu Anda mengubah triptofan menjadi serotonin sambil menenangkan sistem saraf Anda. Pisang juga memiliki melatonin yang dapat membantu Anda melawan kelelahan yang terkait dengan PMS.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Tempat Wisata Hong Kong dan Macau Terpopuler, Instagramable Banget

Posted: 27 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Hong Kong dan Macau bagaikan destinasi yang tidak dapat dipisahkan. Macau yang berada hanya satu jam perjalanan kapal dari Hong Kong bisa menjadi tambahan destinasi wisata bagi kamu yang akan berlibur ke Hong Kong.

Apalagi Hong Kong merupakan salah satu negara bebas visa bagi WNI selama 30 hari kunjungan, begitu pula dengan Macau. Keuntungan bebas visa ke Hong Kong dan Macau tentunya tidak boleh disia-siakan, apalagi banyak destinasi menarik di sana.

Tempat wisata Hong Kong dan Macau memang sangat instagramable. Berbagai destinasi menawarkan potret pamandangan yang menakjubkan. Tidak hanya pemandangan kota yang modern, kamu juga bisa menikmati wisata alam di Hong Kong dan Macau ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/1/2020) ragan tempat wisata Hong Kong dan Macau yang sayang jika dilewatkan.

Victoria Peak dan Victoria Harbour

Pemandangan Kota Hongkong dari Victoria Peak (sumber: Pixabay)
Pemandangan Kota Hongkong dari Victoria Peak (sumber: Pixabay)

Victoria Peak

Tempat wisata Hong Kong dan Macau pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Victoria Peak. Di tempat ini, kamu akan menemukan Peak Tower yang ketinggiannya mencapai 396 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Di sini juga terdapat The Sky Terrace yang memberikan pemandangan 360 derajat, jadi kamu bisa menyaksikan seluruh lanskap Hong Kong dari ketinggian. Akses transportasi ke tempat wisata ini tidak terlalu sulit. Kamu bisa menggunakan layanan MTR ke Stasiun Garden Road dan naik Peak Tram untuk ke Victoria Peak.

Namun, jika kamu ingin menikmati perjalanan, tentunya Peak Tram dapat menjadi pilihan utama. Hal ini karena Peak Tram juga merupakan aktivitas wisata populer yang banyak dipilih para wisatawan.

Apalagi, Peak Tram merupakan alat transportasi yang bersejarah, yakni telah ada sejak tahun 1888, dan merupakan kereta kabel pertama di Benua Asia. Peak Tram beroperasi mulai dari pukul 07.00 hingga tengah malam dengan durasi keberangkatan setiap 15 menit.

Wahana ini merupakan akses masuk ke berbagai tempat di Victoria Peak. Mulai dari Sky Terrace, Museum Madame Tussauds, ataupun The Peak Galleria yang merupakan tempat wisata belanja populer di kalangan para selebritas dunia. 

Victoria Harbour

Tempat wisata Hong Kong dan Macau berikutnya adalah Victoria Harbour, sebuah pelabuhan yang berada di antara Pulau Hong Kong dan wilayah Kowloon. Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan pelabuhan yang berhiaskan deretan gedung-gedung pencakar langit.

Pemandangan di sini akan terasa semakin memukau di malam hari, dengan dihiasi gemerlap lampu warna-warni. Lokasi favorit di tempat ini adalah The Peak yang menawarkan pemandangan Victoria Harbour dari ketinggian dan kawasan promenade Tsim Sha Tsui yang berada di sisi Kowloon.

Senado Square dan Disneyland Hong Kong

Perayaan Natal di Hong Kong Disneyland. Sumber foto: Document/HKDL.
Perayaan Natal di Hong Kong Disneyland. Sumber foto: Document/HKDL.

Senado Square

Senado Square terletak di daerah pusat semenanjung Macau. Kawasan seluas 3.700 meter persegi ini pada 2005 resmi masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO. Jejak sejarah di Senado Square memang sangat terasa dari arsitektur bangunan yang didominasi gaya Portugis.  Di sini juga terdapat Gereja St. Dominic.

Bangunan-bangunan neo-klasik bercampur dengan kemegahan arsitektur modern menarik minat pengunjung. Bagi para pemburu foto, bangunan-bangunan di Senado Square sangat sayang untuk dilewatkan. Ada gedung tua bercat pink yang layak untuk dipotret dan air mancur yang berada di tengah kawasan sebagai landmark. Ada juga bangunan The General Post Office yang kuno.

Disneyland Hong Kong

Salah satu tempat wisata Hong Kong dan Macau yang sudah terkenal adalah Disneyland Hong Kong. Liburan bersama keluarga tentunya tidak boleh melewatkan kunjungan ke Disneyland Hong Kong.

Tempat wisata di Hong Kong yang satu ini dikenal sebagai salah satu taman hiburan terpopuler di dunia. Dengan luas mencapai 27,5 hektare, beragam wahana permainan bisa dijumpai di tempat ini. Mulai dari Toy Story Land, Adventureland, Main Street, U.S.A., dan lain-lain.

Akses transportasi ke tempat wisata ini cukup mudah. Cara paling mudah adalah dengan naik MTR via Disneyland Resort Line. Di jalur ini, kamu bisa naik gerbong MTR yang berjalan secara otomatis tanpa masinis. Anda juga bisa menggunakan bus umum yang melayani perjalanan ke Disneyland Hong Kong. 

Ocean Park Hong Kong dan Ruins of St. Paul's Church

Ruins of St. Paul's Church (Sumber: Pixabay)
Ruins of St. Paul's Church (Sumber: Pixabay)

Ocean Park Hong Kong

Selain Disneyland, kamu juga bisa menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di Ocean Park Hong Kong. Tempat wisata Hong Kong dan Macau satu ini sudah ada sejak 1977. Di tempat ini, kamu bisa menikmati berbagai jenis wahana permainan. Termasuk di antaranya adalah The Dragon yang dikenal sebagai roller coaster terbesar yang ada di Hong Kong, dengan panjang jalur mencapai 842 meter.

Akses transportasi juga mudah. Kamu bisa menggunakan layanan MTR. Pilihan lainnya, kamu bisa pula menggunakan Citybus Ocean Park Express yang berangkat dari Central Star Ferry Pier menuju Ocean Park.

Di hari-hari biasa, Senin-Jumat, tempat ini buka mulai pukul 10.00 hingga 18.00. Sementara di akhir pekan dan hari libur, Ocean Park bisa dikunjungi mulai pukul 10.00 hingga 19.00.

Ruins of St. Paul's Church

Pertama kali dibangun pada 1580, Gereja St. Paulus mengalami kebakaran pada 1835 sehingga menyisakan bangunan yang kini bisa dikunjungi wisatawan. Ukiran-ukiran dan ornamen Ruins of St. Paul's Church menjadi salah satu hal yang menarik.

Bagi para pemburu foto, tempat wisata Hong Kong dan Macau ini sangat menarik. Apalagi jika cuaca sedang cerah, kemegahan reruntuhan gereja ini sangat elok dipadukan dengan langit biru.  Saat petang datang, lampu-lampu sekitar kawasan ini dinyalakan dan warna langit keemasan saat matahari terbenam akan menambah pesona Ruins of St. Paul's Church.

Museum Madame Tussaud dan Macau Tower

Macau Tower (Sumber: Pixabay)
Macau Tower (Sumber: Pixabay)

Museum Madame Tussaud

Museum Madame Tussaud merupakan salah satu tempat wisata di Hong Kong dan Macau yang tak kalah terkenal saat ini. Di tempat wisata ini, kamu akan berkesempatan untuk berfoto bersama tokoh terkenal dunia yang diabadikan dalam bentuk patung.

Mulai dari sosok mantan pesepakbola David Beckham, sosok Donnie Yen pemeran Ip Man, Ratu Elizabeth, dan bahkan sosok Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo. 

Macau Tower

Beralih sejenak ke Macau, tempat wisata Hong Kong dan Macau selanjutnya adalah Macau Tower. Macau Tower ini merupakan salah satu landmark kota. Menara yang dibuka pada 19 Desember 2011 itu, memiliki tinggi 338 meter.

Dari puncaknya, tampak keindahan panorama seluruh kota Macau. Tidak hanya itu, buat kamu yang suka dengan adrenalin, kamu juga bisa mencoba bungee jumping dari puncak paling atas menara ini.

 

Desa Ngong Ping dan The Venetian Macao

Desa Ngong Ping (Sumber: Pixabay)
Desa Ngong Ping (Sumber: Pixabay)

Desa Ngong Ping

Liburan ke negara modern seperti Hong Kong bukan berarti kamu sekeluarga tidak akan bisa menikmati wisata alam. Desa Ngong Ping di Pulau Lantau merupakan surga wisata alam dan budaya di Hong Kong yang sangat terkenal.

Menjelajahi kawasan wisata alam pulau terbesar di Hong Kong ini tentunya akan memakan waktu yang tidak singkat. Namun, jangan khawatir, kini kamu bisa menikmati indahnya Pulau Lantau lebih cepat dengan menaiki Ngong Ping 360.

Ngong Ping 360 merupakan kereta gantung yang memulai perjalanan dari Tung Chung menuju Desa Ngong Ping. Dari dalam "kabin kristal" tersebut, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam Pulau Lantau yang memesona termasuk di antaranya melihat patung Buddha Besar dari kejauhan. Jangan lupa mampir di Biara Po Lin dan berfoto dengan prasasti kayu raksasa di Wisdom Path.

The Venetian Macao

Gondola Rides adalah yang paling favorit di The Venetian Macao ini. Sungai buatan yang terdapat di dalam bagian hotel Venetian berdekatan dengan Hall St.Mark.

Pengunjung bisa menikmati perahu Gondola ini dengan mengelilingi resort Venetian Macau. Biasanya sambil menikmati kenindahan tempat wisata di Macau ini pengunjung juga akan dinyanyikan sebuah lagu oleh sang Gondolier yang asli dari Italy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dominasi Permainan, Arsenal Sikat Bournemeouth 2-1

Posted: 27 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Arsenal sukses meraih kemenangan 2-1 saat bertanding melawan Bournemeouth hari Senin (27/1). Hasil ini membawa Arsenal melaju ke babak kelima piala FA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Happy Salma Diminta Anak Pakai Gaun Pengantin Lagi

Posted: 27 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Happy Salma mengunggah beberapa foto saat ia tengah mengenakan gaun pengantin. Rupanya ada alasan di balik foto-fotonya tersebut.

Happy Salma mengaku bahwa putrinya lah yang meminta agar Happy Salma mengenakan gaun-gaun pengantin.

Alasannya karena sang anak belum sempat melihat langsung Happy Salma mengenakan gaun pengantin di saat menikah.

 

Anak Belum Lahir

Happy Salma memakai gaun pengantin pilihan anak (https://www.instagram.com/p/B7s1lEcBewP/)
Happy Salma memakai gaun pengantin pilihan anak (https://www.instagram.com/p/B7s1lEcBewP/)

"Seru nya. Dipilihkan oleh anak perempuanku buatmain2. Karena katanya pas aku menikah dia belum lahir," tulis Happy Salma menyertai unggahannya beberapa waktu lalu.

 

Baju Pengantin

Happy Salma (Sumber: Instagram/happysalma)
Happy Salma (Sumber: Instagram/happysalma)

Oleh karena itu, maka Happy Salma mengenakan beberapa model gaun pengantin yang dipilih bersama-sama dengan sang anak.

 

Kecapekan Ganti Baju

Happy Salma (Instagram/happysalma)
Happy Salma (Instagram/happysalma)

"Jadi pls pakai.. Alhasil saya harus pakai baju nya. Ini karya @phangsanny yang sekarang punya butik di Ubud bali kina betah banget. Dan aku capek disuruh coba-coba baju tapi untung bajunya cantikbanget," tulis Happy Salma lagi.

 

Bikin Pangling

Happy Salma merupakan aktris sekaligus model yang sudah lama aktif di dunia hiburan Tanah Air. Ia telah aktif sejak 1998 hingga kini. (Liputan6.com/IG/@happysalma)
Happy Salma merupakan aktris sekaligus model yang sudah lama aktif di dunia hiburan Tanah Air. Ia telah aktif sejak 1998 hingga kini. (Liputan6.com/IG/@happysalma)

Di kolom komentar, banyak yang memberikan kesaksian untuk anak Happy Salma tersebut. "Ya Ampun Kina, mama kamu dulu pasjd Penganten cantik banget, sangat pangling, nantiKina liat di YouTube ya, cantik banget pake adat Bali," tulis @sevda_ann.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Budi Karya Rombak Susunan Pejabat Eselon I di Kemenhub

Posted: 27 Jan 2020 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melantik tujuh Pejabat Direktur Jenderal (Dirjen) atau Pejabat Eselon I di lingkungan Kementerian Perhubungan, pada selasa ini. 

 

Budi Karya berharap, perombakan ini dapat membawa penyegaran dalam organisasi di lingkungan Kementerian Perhubungan. Dirinya mengatakan dibutuhkan pemikiran yang segar, out of the box, dan pemikiran untuk memberi kesejahteraan yang lebih besar untuk rakyat.

 "Sesuai visi dan misi Presiden RI, Kementerian Perhubungan memiliki amanah untuk membangun infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia. Konektivitas yang mempersatukan bangsa dan upaya kita semua ditunggu oleh masyarakat dari Aceh hingga Papua, dari Rote hingga Miangas,"ujar budi karya, Selasa (28/1/2020).

Selain itu, Budi Karya menekankan kepada para pejabat yang baru dilantik agar meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang berada dibawah tanggung jawabnya.

"Kementerian Perhubungan merupakan organisasi besar dan memiliki sumber daya manusia yang banyak. Sesuai visi misi presiden, kita harus meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM termasuk staf  dengan cara yang baik agar menjadi insan perhubungan memiliki integritas. Hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab BPSDM tetapi kita semua, "kata Budi Karya.

"Di tangan Saudara kebijakan dan program kerja Kementerian Perhubungan diwujudkan. Saya berpesan kepada seluruh pejabat dan pegawai yang hadir pada kesempatan ini, kita telah memasuki tahun 2020 yang tentu tantangan dihadapi semakin tidak mudah.  Untuk itu saya meminta agar semua unit kerja dapat segera bersiap untuk melaksanakan setiap program kerja sesuai perencanaan yang telah dibuat dengan efektif dan efisien," tambahnya.

Budi Karya juga menekankan agar para pejabat yang baru dilantik tetap memperhatikan aspek  keselamatan dalam penyelenggaraan transportasi.

"Oleh karenanya kita harus memikirkan apa yang menjadi tugas kita sebagai abdi negara untuk terus mencari referensi, mengeksekusi,dan melakukan pemeriksaan dengan baik. Tugas kita tidak ringan dan masyarakat luas menunggu aspek keselamatan transportasi ditingkatkan,"pungkas Budi Karya.

 

Pejabat yang Dirombak

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Dok Kemenhub
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Dok Kemenhub

Daftar dirjen yang dirombak yaitu:

1.    I Gede Pasek Suardika sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Jabatan sebelumnya sebagai Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Ekonomi Kawasan dan Kemitraan Perhubungan).

2.    Novie Riyanto sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Jabatan sebelumnya Direktur Utama Airnav Indonesia).

3.    Sugihardjo sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (Jabatan sebelumnya sebagai Kepala Badan Pengembangan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan).

4.    Umiyatun Hayati Triastuti sebagai Kepala Badan Pengembangan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Jabatan sebelumnya sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan).

5.    Polana B. Pramesti sebagai Kepala Badan Pengelola Transportasi Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabatan sebelumnya Direktur Jenderal Perhubungan Udara).

6.    Bambang Prihartono sebagai Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Ekonomi Kawasan dan Kemitraan Perhubungan (Jabatan sebelumnya sebagai Kepala Badan Pengelola Transportasi Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi).

7.    Pramintohadi Sukarno sebagai Staf Ahli Bidang Teknologi, Lingkungan, dan Energi Perhubungan (Jabatan sebelumnya Direktur Bandar Udara, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

thumbnail menhub
thumbnail menhub

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Firli Bahuri saat Disinggung DPR soal Kabar Penyelidik KPK Diinterogasi di PTIK

Posted: 27 Jan 2020 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat, Benny K Harman meminta penjelasan Ketua KPK Firli Bahuri terkait kabar penyelidik lembaga antirasuah diamankan dan diinterogasi di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan.

Saat itu, tim penyelidik KPK dikabarkan akan melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kasus suap terhadap komisioner KPU Wahyu Setiawan terkait pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR dari Fraksi PDIP.

"Tolong penjelasan Pak Ketua KPK, tolong dijelaskan penyidik KPK semalam suntuk di PTIK, ada atau tidak. Kalau ada jelaskan, apa alasanya," tanya Benny dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPR dengan KPK, Senin (27/1/2020).

Ketua KPK Firli Bahuri mengaku, mendengar informasi tersebut hanya dari media. Menurut Firli, yang menggulirkan isu penyelidik KPK diamankan dan diinterogasi di Kompleks PTIK adalah media.

Mantan Deputi Penindakan KPK itu enggan memberikan tanggapan, karena pada saat peristiwa terjadi dia tengah berada di Surabaya, Jawa Timur.

"Waktu malam itu saya enggak ada di sini, dan informasi ada itu dari media, yang membicarakan media, untuk itu saya enggak bisa memberikan tanggapan karena malam itu tidak ada, dan saya di Surabaya," ujar Firli.

 

Sempat Panas

Ketua KPK Firli Bahuri (tengah) menyampaikan paparan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/1/2020). RDP membahas rencana kinerja KPK tahun 2020 serta tugas Dewan Pengawas. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Ketua KPK Firli Bahuri (tengah) menyampaikan paparan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/1/2020). RDP membahas rencana kinerja KPK tahun 2020 serta tugas Dewan Pengawas. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Firli mengaku tak bisa memberikan jawaban yang memuaskan kepada Benny. Termasuk soal keberadaan mantan caleg PDIP Harun Masiku, penyuap Wahyu Setiawan yang kini buron. Benny juga mencecar Firli terkait hal tersebut.

"Sulit menjelaskan kalau seandainya kita punya prime sendiri, Pak pimpinan, saya tidak akan menjelaskan lebih jauh, tapi nanti Pak akan saya sampaikan nanti kepada yang bertanya kepada yang belum puas," kata Firli.

Benny lantas menimpali, bahwa dirinya mewakili masyarakat berhak tahu soal kondisi di KPK, termasuk terkait sulitnya menangkap Harun Masiku yang menjadi sorotan publik.

"Saya wakil rakyat di sini, bukan memuaskan saya. Jangan begitu dong ngomongnya, saya enggak butuh kepuasan, tapi konstuen saya punya hak, makanya saya tanya," kata Benny menginterupsi.

Melihat situasi sedikit panas, Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa selaku pimpinan rapat pun mencoba menengahi. Dia kemudian bertanya kepada Firli apakah enggan menjawab pertanyaan Benny lantaran rapat dilakukan terbuka.

"Kalau penjelasan kami tidak ada yang perlu dirahasikan. Saya kira itu, saya tidak enggak mau buat orang duga-duga, dengan beliau WA bisa, mohon maaf saya enggak mau buat KPK tertutup," jawab Firli.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Tak Pengaruhi Ekspor Indonesia ke China

Posted: 27 Jan 2020 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan bahwa penyebaran virus corona di China tak berpengaruh terhadap kegiatan ekspor dari Indonesia ke Tiongkok.

"Saya kira belum ada dampaknya terhadap corona ini. Memang ada yang mengkhawatirkan ekonomi di China sendiri akan secara signifikan melemah dari coronavirus itu sendiri. Ini something to be seen, kita lihat perkembangannya," tuturnya di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Sebagai langkah antisipasi, Kementerian Perindustrian akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk memeriksa segala bahan baku industri dari China aman dari penyebaran virus corona.

"Saya kira itu masukan baik, apakah virus itu bisa tersebar melalui besi atau alat elektronik. Nanti saya akan saya survey ke Kementerian Kesehatan supaya mereka periksa barang-barang impor yang masuk ke China," bebernya.

Dia pun meminta agar publik Indonesia tidak terlalu membesar-besarkan mewabahnya virus corona, dan menyatakan Indonesia masih aman dari penyebarannya.

"Alhamdulillah saya mendengar dari beberapa kementerian bahwa sampai hari ini belum ditemukan satu kasus dari coronavirus. Masalah coronavirus itu tetap waspada tapi jangan dibesar-besarkan," imbuh dia.

Virus Corona Sangat Berdampak ke Sektor Pariwisata Indonesia

Penumpang yang tiba dengan salah satu penerbangan terakhir dari kota Wuhan China berjalan melalui stasiun pemeriksaan kesehatan di bandara Narita di prefektur Chiba, di luar Tokyo (23/1/2020). (AFP Photo/Charly Triballeau)
Penumpang yang tiba dengan salah satu penerbangan terakhir dari kota Wuhan China berjalan melalui stasiun pemeriksaan kesehatan di bandara Narita di prefektur Chiba, di luar Tokyo (23/1/2020). (AFP Photo/Charly Triballeau)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menaruh kekhawatiran dengan dampak ekonomi dari adanya virus Corona yang mematikan. Menurutnya, isu ini akan menjadi masalah baru bagi perekonomian dunia.

"Yang terbaru adalah outbreak Corona di China. Tentu ini kan menjadi persoalan-persoalan baru untuk perekonomian dunia," kata Airlangga di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Dampak paling terasa dari adanya virus Corona yakni akan berimbas pada kondisi pariwisata Indonesia. Di mana, wisatawan mancanegara asal China akan turun drastis.

"Sudah pasti pariwisata dari China akan terganggu," kata dia.

Kendati begitu, dirinya mengaku masih akan terus melihat perkembangan dari permasalahan ini. Mengingat, virus Corona ini dampaknya tidak hanya di regional saja melainkan juga global.

"Jadi kita lihat saja perkembangannya," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa KPK Yadyn Ikhlas Dipulangkan ke Kejaksaan Agung

Posted: 27 Jan 2020 09:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) menarik dua jaksa yang bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Salah satu jaksa yang ditarik ke Korps Adhiyaksa adalah Yadyn Palebangan.

Yadyn mengaku ikhlas dipulangkan ke lembaga asalnya meski masa tugasnya di lembaga antirasuah belum usai. Yadyn menyatakan, masa tugasnya di KPK selesai pada 2022.

"Saya ikhlas, mau ditarik atau dipertahankan (di KPK)," ujar Yadyn saat dikonfirmasi, Selasa (28/1/2020).

Yadyn meminta, sebelum kembali bertugas di Kejaksaan Agung, dia berharap diberikan kesempatan waktu untuk menuntaskan sebuah perkara yang tengah dia tangani sebagai bentuk tanggung jawab.

"Prinsipnya kalau saya ditarik, saya berharap selesaikan perkara dulu yang jadi tugas tanggung jawab saya di KPK," kata dia.

Yadyn berharap penarikannya ke Kejaksaan Agung tak menimbulkan polemik yang berkepanjangan.

Dia pun mengapresiasi langkah Kejagung yang menarik dirinya untuk bertugas kembali di Korps Adhyaksa.

"Kami mengapresiasi langkah Jaksa Agung terkait penarikan ini sebagai bagian dari upaya penguatan kelembagaan Kejaksaan menuju Adhyaksa Emas 2020," kata Yadyn.

Dari informasi yang dihimpun, surat keputusan (SK) penarikan Yadyn ke Kejagung keluar pada 15 Januari 2020. Namun Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyatakan belum mengetahui informasi tersebut.

"Setahu saya ada. Saya tadi sudah konfirmasi ke Biro SDM, surat keputusannya belum ada, (jadi) masih bekerja di sini," ujar Ali di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin, 27 Januari 2020.

Dua jaksa yang ditarik ke Kejagung adalah Yadyn dan Sugeng. Yadyn merupakan tim analisis kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR. Kasus ini menyeret sejumlah kader PDIP dan seorang Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Sementara Sugeng adalah ketua tim pemeriksa dugaan etik Firli Bahuri saat menjabat Deputi Penindakan KPK. Pemeriksaan etik berkaitan dengan dugaan pertemuan Firli dengan mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Zainul Majdi.

Saat pertemuan terjadi, KPK tengah menyelidik kasus dugaan korupsi divestasi saham PT Newmont. Sebelum Firli menjabat sebagai ketua KPK, lembaga antirasuah menyimpulkan adanya dugaan pelanggaran berat yang dilakukan oleh Firli.

 

KPK Kembalikan 2 Jaksa, Dapat 6 Jaksa

Ilustrasi jaksa. (iStockphoto)
Ilustrasi jaksa. (iStockphoto)

KPK akan mengembalikan dua jaksa yang bertugas di komisi antirasuah. Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, kedua jaksa tersebut memang dibutuhkan kembali oleh instansinya.

"Saya terima terkait informasi itu, setahu saya ada. Saya tadi udah konfirmasi ke biro SDM, kalau memang dibutuhkan untuk kembali di sana ya itu kebutuhan organisasi di sana, kita enggak bisa menolak," kata Ali di Gedung Merah Putih, Jakarta, Senin (27/1/2020) malam.

Terkait kapan jaksa tersebut resmi dikembali tugaskan ke Kejaksaan Agung, Ali mengaku belum tahu. Menurut dia surat keputusan terkait belum diterbitkan.

"Masih bekerja di sini. Suratnya saya cek belum ada," lanjut dia.

Selain dua orang jaksa itu, Ali menyebut ada dua orang pegawai lain yang dikembalikan ke lembaga asalnya karena masa kerjanya di KPK telah habis. Namun, Ali tidak mengungkap latar belakang dua orang itu.

"Jadi ada empat," ujar Ali.

Ali menuturkan, kembalinya para jaksa ke Kejaksaan Agung merupakan hal yang lumrah. Ali pun meminta publik tidak mengaitkan isu dipulangkannya para jaksa dengan kasus-kasus yang sedang ditangani oleh KPK.

"Ini kan kadang ada persepsi semacam itu, tapi sekali lagi saya ulangi, karena terkait dengan kebutuhan induknya, terkait pegawai yang dipekerjakan pada KPK sehingga harus balik lagi ke sana," kata dia.

Ali menambahkan, meski memulangkan sedikitnya dua orang jaksa, KPK akan kedatangan enam orang jaksa dari Kejaksaan Agung.

"Ada enam orang yang rencananya akan dikirim dari Kejaksaan Agung setelah melalui seleksi untuk membantu tugas-tugas KPK sebagai jaksa penuntut umum," kata Ali.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Merambah Jerman, Satu Orang Dikonfirmasi Terinfeksi

Posted: 27 Jan 2020 09:48 PM PST

Liputan6.com, Berlin - Kasus pertama dari Virus Corona yang mematikan telah dikonfirmasi ada di Jerman, tepatnya di bagian selatan area Bavaria, lapor Kementerian Kesehatan Bavaria pada Senin 27 Januari 2020.

"Seorang pria di area Starnberg telah terinfeksi oleh virus corona," kata juru bicara kementerian sambil menambahkan bahwa pasien berada dalam pengawasan ketat di ruang isolasi.

Pihak kementerian tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang bagaimana pasien bisa terinfeksi. Namun, ia mengatakan bahwa pasien berada dalam kondisi yang baik secara media. Ia juga tidak mengatakan informasi tentang usia dan kewarganegaraan pasien tersebut. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (28/1/2020).

"Orang-orang melakukan kontak dengan pasien telah diberi tahu secara lengkap tentang gejala yang akan terjadi, kebersihan dan cara penularan," tambah Kementerian Kesehatan Bavarian.

Prancis telah menjadi negara Eropa pertama yang terjangkit virus ini, di mana dilaporkan ada tiga kasus terkait Virus Corona. Ketiganya baru-baru ini melakukan perjalanan dari China dan telah ditempatkan di ruang isolasi.

Travel Advisory dari Jerman

Orang-orang yang mengenakan masker berjalan melewati dekorasi perayaan Imlek Tahun Tikus Logam di Hong Kong, 24 Januari 2020. Pemerintah China memutuskan menutup seluruh akses masuk dan keluar Kota Wuhan untuk mencegah penyebaran wabah virus corona. (AP/Kin Cheung)
Orang-orang yang mengenakan masker berjalan melewati dekorasi perayaan Imlek Tahun Tikus Logam di Hong Kong, 24 Januari 2020. Pemerintah China memutuskan menutup seluruh akses masuk dan keluar Kota Wuhan untuk mencegah penyebaran wabah virus corona. (AP/Kin Cheung)

Pemerintah Jerman merekomendasikan warga negaranya untuk menghindari perjalanan yang "tidak perlu" ke China, karena seperti telah diketahui bahwa virus tersebut menular. 

Negara itu juga mempertimbangkan kemungkinan evakuasi warga negaranya dari Kota Wuhan di China.

Pada hari Minggu, kantor berita Jerman, Welt mengutip juru bicara menteri kesehatan Jens Spahn yang mengatakan negara itu siap untuk menangani wabah tersebut.

"Jerman siap menghadapi pandemi," katanya. "Ada rencana pandemi yang jelas, latihan rutin dan sumber daya untuk bereaksi dengan cepat dan efektif.

"Kami terus berkoordinasi dengan semua otoritas nasional dan internasional yang relevan mengenai situasi tersebut."

Sudah Menyebar ke Banyak Negara Lain

Staf medis memindahkan seorang pasien dari ambulans ke rumah sakit Jinyintan, tempat pasien-pasien terinfeksi virus corona dirawat di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Senin 20 Januari 2020. (Source: AP)
Staf medis memindahkan seorang pasien dari ambulans ke rumah sakit Jinyintan, tempat pasien-pasien terinfeksi virus corona dirawat di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Senin 20 Januari 2020. (Source: AP)

Kasus virus corona juga telah diidentifikasi di banyak negara lainnya, termasuk pasien pertama yang dikonfirmasi di Kanada dan Sri Lanka.

Amerika Serikat mendesak warganya untuk "mempertimbangkan kembali" semua perjalanan ke China dan mengatakan kepada mereka untuk tidak pergi ke provinsi Hubei pusat, di mana virus seperti pneumonia itu muncul. 

Selain itu, Mongolia juga menutup perbatasannya yang luas terhadap kendaraan dari Tiongkok.

Dalam tanda kekhawatiran resmi yang meningkat, Perdana Menteri Li Keqiang mengunjungi ground zero untuk mengawasi upaya isolasi di Wuhan, sebuah kota dengan 11 juta orang di mana penyakit ini pertama kali muncul akhir bulan lalu.

Kasus kelima dari virus Wuhan dikonfirmasi di Singapura pada hari Senin. Pasien itu adalah warga negara China, wanita berusia 56 tahun dari Wuhan yang tiba di Singapura bersama keluarganya pada 18 Januari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi II Sebut Revitalisasi Kawasan Monas Kejahatan Lingkungan

Posted: 27 Jan 2020 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi II DPR mencecar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam hal pengelolaan aset negara, terutama kawasan Monas dan Kemayoran. Hal itu terlihat dalam raker Komisi II dengan Kementerian Sekretariat Negara.

Anggota Komisi II Junimart Girsang mempertanyakan pengawasan Setneg pada revitalisasi Monas. Ia menyebut revitalisasi Monas oleh Pemprov DKI adalah kejahatan lingkungan. Diketahui DKI menebang 190 pohon di sisi selatan Monas sebagai bagian revitalisasi.

"Revitalisasi Monas ini kejahatan lingkungan. Revitalisasi liar.Kenapa? Ini sudah tidak patuh pada Kepres No 25 Tahun 95," kata Junimart dalam rapat Komisi II di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (28/1/2020).

Ia juga memepertanyakan apakah Setneg sudah mengawasi dan memberi izin revitalisasi Monas.

"Bagaimana ini sikap Setneg? Bagaiamana pohon 190 itu? Itu kan mestinya kita pelihara tapi ditebang oleh guberbur, ini bagaimana? Apakah penebangan sudah mendapat izin?" tanya Junimart.

Politisi PDIP itu meminta Pratikno tidak membiarkan penebangan pohon di Monas.

"Jangan dibiarkan Pak. Ini kejahatan lingkungan. Masa pohon sudah bagus besar bisa menahan asap ditebang begitu saja. Tolong menteri jangan diam saja," ujarnya.

"Laporkan secara pidana karena ini kejahatan lingkungan. Tidak patuh pada kepres. Saya tekankan, penebangan pohon itu justru yang menimbulkan genangan banjir," tambahnya.

Lempar Tanggung Jawab

Senada dengan Junimart, anggota Komisi II Zulfikar juga mengingatkan agar Setneg dan Pemprov DKI tidak saling lempar tanggung jawab mengenai Monas dan Kemayoran.

"Ini tidak sehat, banjir DKI lempar ke pusat. Monas juga, Bagaimana tata kelolanya? Filsafatnya orangtua tinggal sama anak, ini tidak sehat buat republik," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lifting Minyak Indonesia Diperkirakan Merosot Jadi 743 Ribu Bph di 2024

Posted: 27 Jan 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan produksi minyak siap jual (lifting minyak) merosot pada 2024. Hal tersebut terjadi seiring dengan menurunnya produksi minyak nasional.

Dikutip dari data Pembangunan dan Target Renstra Kementerian ESDM, realisasi lifting minyak pad‎a 2019 sebesar 746 ribu barel per hari (bph), kemudian pada 2020 ditargetkan naik menjadi 755 ribu bph.

Lifting minyak diperkirkan merosot pada 2021 menjadi 716 ribu bph, kemudian kembali merangkak naik hingga 2024 menjadi 743 ribu bph. Meski diperkirakan meningkat, lifting 2024 masih di bawah realisasi lifting minyak di 2019.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, ada tiga proyek hulu minyak dan gas bumi (migas) yang menjadi andalan meningkatkan produksi minyak pada lima tahun ke depan.

"Jadi memang kita lihat di sini dari pengembangan yang ada sekarang, hanya tiga sumur yang diharapkan berpotensi menambah hasil lifting minyak," kata Arifin‎, di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

‎Tiga lapangan tersebut adalah Ande-ande Lumut ditargetkan beroperasi pada 2023 dengan produksi minyak sebesar 25 ribu bph, kemudian proyek Indonesia Deepwater Development (IDD) ditargetkan dapat memproduksi minyak pada 2024 mencapai 23 ribu bph.

Proyek berikutnya adalah Lapangan abadi Masela yang ditargetkan mulai berproduksi pada 2027, selain gas lapangan tersebut juga menghasilkan minyak 36 ribu bph.

 

Sumur Tua

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)
Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Selain mengandalkan tiga proyek hulu migas yang akan beroperasi dalam beberapa tahun ke depan, pemerintah juga akan meningkatkan kegiatan pencarian minyak dari sumur yang sudah tua, dengan mengunggunakan teknologi Enhance Oil Recovery (EOR) dan biosulfactan.

‎"Program recovery ini memang merlelukan wkatu dilakuakn secara bertahap dari laboratorium dulu, disesuaikan karakter cadangan yang ada di lokasi-lokasi, jadi memang butuh waktu lama untuk mendapatkan formula tepat," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Mendiang Kobe Bryant Pilih Julukan Black Mamba

Posted: 27 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Kobe Bryant meninggal dunia di usia 41 tahun dalam kecelakaan helikopter, Minggu (27/1/2020) waktu setempat. Bryant meninggal bersama dengan salah satu putrinya, Giana Maria Onore (13) beserta ketujuh orang lainnya.

Meninggalnya bintang LA Lakers tersebut ditangisi banyak pihak. Tidak hanya dari sesama pebasket dan fans, atlet dari cabang olahraga lain juga menyesalkan kepergian Kobe Bryant.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Selama masih aktif bermain, Bryant tergolong sukses baik di level klub maupun individu (5 gelar juara NBA, 18 kali All Star NBA).

Karena prestasinya itu lah, Kobe Bryant mendapat julukan Black Mamba. Apa alasan di balik pemilihan julukan tersebut?

Dalam sebuah wawancara dengan New Yorker 2014, Bryant memilih julukan itu demi menghindari stigma terhadap dirinya. Ketika itu, Bryant baru saja terkena kasus dugaan pelecehan seksual tahun 2003.

"Ada aura negatif dalam nama Bryant. Jika saya membuat julukan ini, jadi ketika saya bermain, saya adalah julukan itu. Anda menonton David Banner, sama dengan Anda menonton Hulk," kata Bryant.

 

 

Kehilangan Sponsor

Sejumlah petugas berusaha mengevakuasi korban jatuhnya helikopter di Calabasas, California, Minggu (26/1/2020). Legenda NBA, Kobe Bryant, menjadi salah satu korban tewas pada kecelekaan helikopter berjenis Sikorsky S-76B itu. (AP/Mark J. Terrill)
Sejumlah petugas berusaha mengevakuasi korban jatuhnya helikopter di Calabasas, California, Minggu (26/1/2020). Legenda NBA, Kobe Bryant, menjadi salah satu korban tewas pada kecelekaan helikopter berjenis Sikorsky S-76B itu. (AP/Mark J. Terrill)

Bryant mengatakan, peristiwa pelecehan itu mencoreng figurnya sebagai atlet. Beberapa sponsor pun memutuskan kontrak dengan Bryant kecuali brand apparel asal Amerika Serikat, Nike.

"Jadi saya di sini berpikir. Apa yang harus saya lakukan. Visi saya adalah membangun brand untuk menyelesaikan ini semua," ujar Bryant yang mengaku nama Mamba terinspirasi dari film Kill Bill.

Pilihan yang Tepat

Pemilihan Black Mamba sebagai julukan terbukti tepat bagi Bryant. Nike kemudian bekerjasama dengan Bryant untuk membuat liga basket bertajuk Mamba League bagi anak-anak di Los Angeles.

Bryant lalu membuat Mamba Sports Academy demi mempromosikan gaya hidup dan mentalitasnya. Nike juga membuat istilah Mamba Day demi memperingati pensiunnya Bryant pada 2016.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesona Fanny Istri David da Silva, Bangga Pakai Jersey Persebaya

Posted: 27 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Persebaya Surabaya sedang mempersiapkan tim jelang bergulirnya Liga 1 2020. Seperti diketahui, Liga 1 2020 akan digelar pada 29 Februari 2019. Namun dalam latihan Persebaya, striker asing dari Brazil yakni David da Silva belum terlihat bergabung bersama tim.

David da Silva masih menikmati liburannya bersama keluarga di Brazil. Striker yang mencetak 14 gol dan 3 assist dari 17 laga muism lalu, sedang menghabiskan waktunya bersama dengan Fanny Pacanaro. Fanny dinikahi David secara resmi pada 11 April 2018. Kini keduanya sudah memiliki dua orang momongan.

Sebagai seorang istri, Fanny kerap mendukung David saat bertanding. Fanny pun terkadang juga terlihat mendukung David da Silva langsung di Stadion Gelora Bung Tomo. Bahkan istri dari pemain kelahiran 12 November 1988 tersebut dengan bangga memakai jersey Persebaya Surabaya.

Fanny memang kerap memakai jersey Persebaya saat mendukung suaminya. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @fanpacanaro, pesona Fanny Pacanaro, istri David da Silva, Selasa (28/1/2020).

1. Ini dia Fanny Pacanaro, istri cantik striker Persebaya, David da Silva.

6 Pesona Fanny Istri David da Silva, Bangga Pakai Jersey Persebaya (sumber: Instagram.com/fanpacanaro)
6 Pesona Fanny Istri David da Silva, Bangga Pakai Jersey Persebaya (sumber: Instagram.com/fanpacanaro)

2. Fanny kerap memakai jersey Persebaya untuk mendukung suaminya.

6 Pesona Fanny Istri David da Silva, Bangga Pakai Jersey Persebaya (sumber: Instagram.com/fanpacanaro)
6 Pesona Fanny Istri David da Silva, Bangga Pakai Jersey Persebaya (sumber: Instagram.com/fanpacanaro)

3. Ia juga datang ke stadion dengan mengenakan jersey bajul ijo bertuliskan nama suaminya di punggung.

6 Pesona Fanny Istri David da Silva, Bangga Pakai Jersey Persebaya (sumber: Instagram.com/fanpacanaro)
6 Pesona Fanny Istri David da Silva, Bangga Pakai Jersey Persebaya (sumber: Instagram.com/fanpacanaro)

4. Di Indonesia, Fanny juga diajak berlibur oleh David da Silva ke pulau dewata, Bali.

6 Pesona Fanny Istri David da Silva, Bangga Pakai Jersey Persebaya (sumber: Instagram.com/fanpacanaro)
6 Pesona Fanny Istri David da Silva, Bangga Pakai Jersey Persebaya (sumber: Instagram.com/fanpacanaro)

5. Saat ini Fanny sedang menemani David da Silva yang libur kompetisi di kampung halamannya, Guarulhos, Brazil.

6 Pesona Fanny Istri David da Silva, Bangga Pakai Jersey Persebaya (sumber: Instagram.com/fanpacanaro)
6 Pesona Fanny Istri David da Silva, Bangga Pakai Jersey Persebaya (sumber: Instagram.com/fanpacanaro)

6. Sebagai ibu dua anak, Fanny Pacanaro selalu mendukung David dalam menjalani Liga 1 2020. Persebaya sangat menantikan aksi terbaik suaminya di setiap laga.

6 Pesona Fanny Istri David da Silva, Bangga Pakai Jersey Persebaya (sumber: Instagram.com/fanpacanaro)
6 Pesona Fanny Istri David da Silva, Bangga Pakai Jersey Persebaya (sumber: Instagram.com/fanpacanaro)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menkes Terawan Hadiri Peringatan Hari Gizi Nasional

Posted: 27 Jan 2020 09:30 PM PST

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memberikan sambutan dalam peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 di halaman Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Kegiatan tersebut mengangkat tema Gizi Optimal Untuk Generasi Milenial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memberikan sambutan dalam peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 di halaman Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Kegiatan tersebut mengangkat tema Gizi Optimal Untuk Generasi Milenial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memberikan sambutan dalam peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 di halaman Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Kegiatan tersebut mengangkat tema Gizi Optimal Untuk Generasi Milenial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto (ketiga kiri) usai menyerahkan buku edukasi Remaja Sehat Penuh Gizi kepada  perwakilan instansi pemerintah dan guru saat peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 di halaman Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto (ketiga kiri) usai menyerahkan buku edukasi Remaja Sehat Penuh Gizi kepada perwakilan instansi pemerintah dan guru saat peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 di halaman Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto (ketiga kiri) usai menyerahkan buku edukasi Remaja Sehat Penuh Gizi kepada perwakilan instansi pemerintah dan guru saat peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 di halaman Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto (kanan) usai menyerahkan buku edukasi Remaja Sehat Penuh Gizi kepada  perwakilan instansi pemerintah dan guru saat peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 di halaman Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto (kanan) usai menyerahkan buku edukasi Remaja Sehat Penuh Gizi kepada perwakilan instansi pemerintah dan guru saat peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 di halaman Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto (kanan) usai menyerahkan buku edukasi Remaja Sehat Penuh Gizi kepada perwakilan instansi pemerintah dan guru saat peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 di halaman Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pelajar menyusun pazzel isi piring dengan gizi yang baik saat peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 di halaman Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Kegiatan tersebut mengangkat tema Gizi Optimal Untuk Generasi Milenial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pelajar menyusun pazzel isi piring dengan gizi yang baik saat peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 di halaman Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Kegiatan tersebut mengangkat tema Gizi Optimal Untuk Generasi Milenial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pelajar menyusun pazzel isi piring dengan gizi yang baik saat peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 di halaman Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Kegiatan tersebut mengangkat tema Gizi Optimal Untuk Generasi Milenial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: TKW Pulang dari Hong Kong Langsung Diisolir, Kenapa?

Posted: 27 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Otoritas Bandara Internasional Juanda membawa seorang TKW yang baru pulang dari Hong Kong ke Rumah Sakit Sidoarjo. Ia lalu diisolasi dan dirawat tim medis. Apa alasannya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hanung Bramantyo Jawab Isu Film Gatotkaca Dibuat dengan Pendekatan Marvel

Posted: 27 Jan 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Film Satria Dewa Gatotkaca mengumumkan pemain dan sutradara di Jakarta pada awal pekan ini. Hanung Bramantyo ditetapkan sebagai sutradara dan Rizky Nazar pemeran utama. Masyarakat berharap lebih pada kinerja Hanung Bramantyo.

Beredar kabar, Satria Dewa Gatotkaca dibuat dengan pendekatan yang lebih ngepop ala film superhero komik Marvel. Mengingat, Gundala dari jagat Sinema Bumi Langit disebut dikerjakan dengan pendekatan komik DC.

Hanung Bramantyo merespons kabar tersebut. Kepada Showbiz Liputan6.com, Hanung Bramantyo menyebut film Satria Dewa Gatotkaca tak akan beraroma Marvel maupun DC.

Tidak Menyamai

Film Satria Dewa Gatotkaca. (Foto: Dok. SDS)
Film Satria Dewa Gatotkaca. (Foto: Dok. SDS)

"Ini bukan Marvel bukan DC Comic. Marvel dan DC adalah bagian dari cara penceritaan dan teknologi yang kami pelajari. Termasuk pencapaiannya seperti apa. Yang kami lakukan saat ini tidak menyamai Marvel atau teknik penceritaannya merujuk pada gaya DC Comic," terang sutradara Get Married dan Ayat-ayat Cinta itu.

Ayah lima anak ini menyebut, pihaknya menggali potensi kisah Mahabharata.

Ending Gonjang-ganjing

Film Satria Dewa Gatotkaca. (Foto: Dok. SDS)
Film Satria Dewa Gatotkaca. (Foto: Dok. SDS)

"Yang kami punya apa? Wayang. Wayang itulah yang kami tarik, bedah, dan eksplorasi. Itu poinnya. Struktur penceritaannya pun berbeda," ucapnya.

Hanung Bramantyo membocorkan, di tengah film Satria Dewa Gatotkaca akan ada gara-gara yang dilakonkan para punakawan. Ia menggunakan struktur wayang termasuk opening suluk dengan ending berupa gonjang-ganjing.

Wayang Orang Versi Film

Foto Preskon film Rudy Habibie (Nurwahyunan/bintang.com)
Foto Preskon film Rudy Habibie (Nurwahyunan/bintang.com)

"Pakem itu kami bawa ke layar lebar. Ini wayang orang diproyeksikan ke layar lebar," kata Hanung Bramantyo. Penerapan konsep pertunjukan wayang kulit ke layar lebar bukan tanpa alasan.

Film, kata Hanung, mengenal istilah screenplay. Screen yakni layar. Play artinya lakon pertunjukan. Bahasa Jawa punya kata khusus yang mendefinisikan screen, yakni kelir atau layar yang membentang dalam pertunjukan wayang kulit.

Belajar dari Teguh Karya

Hanung Bramantyo. (Nurwahyunan/Bintang.com)
Hanung Bramantyo. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Layar itu diterangi blencong atau lentera minyak. "Di tempat Pak Teguh Karya saya belajar pertunjukan wayang kulit. Lentera api digunakan agar nyalanya yang berpendar memberi efek seolah-seolah wayang kulit bergerak-gerak sendiri," beri tahu suami Zaskia Adya Mecca.

"Itulah filosofi mula-mula sinematografi. Makanya, saya tidak merujuk pada Marvel atau DC. Melainkan berakar pada pakem wayang," pungkas Hanung Bramantyo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gawat, Avast Jual Data Sensitif Pengguna

Posted: 27 Jan 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Avast, program antivirus gratis yang digunakan oleh jutaan orang di dunia, dilaporkan menjual data sensitif milik pengguna.

Berdasarkan laporan Motherboard dan PCMag, Avast kedapatan menjual data penelusuran web pengguna melalui anak perusahaan mereka, Jumpshot.

Dikutip dari laporan tersebut, Selasa (28/1/2020), software Avast ini mampu melacak klik dan aktivitas online pengguna ke berbagai laman web di internet.

Walau data yang dijual oleh Jumpshot tidak terkait dengan nama pengguna secara spesifik, alamat email atau IP, setiap riwayat penggunaan dipasangkan ID khusus yang akan tetap muncul terkecuali pengguna menguninstal antivirus Avast.

Adapun beberapa pelanggan Jumpshot sebelumnya dan sekarang, serta klien potensial mereka, termasuk Google, Yelp, Microsoft, Pepsi, dan masih banyak lagi. 

 

Bantahan Avast

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Avast mengatakan Jumpshot tidak menyimpan "informasi pribadi pengguna, termasuk nama, alamat email, atau detail kontak."

Avast menyebutkan, pengguna selalu memiliki opsi untuk memilih tidak membagikan data mereka dengan Jumpshot.

"Mulai Juli 2019, kami sudah mulai menerapkan pilihan untuk membagikan atau tidak data pengguna di semua unduhan antivirus milik perusahaan yang akan selesai pada Februari 2020," ucapnya.

Informasi, Avast sempat mengalami masalah ketika kedapatan extention di browser mengumpulkan lebih banyak data pengguna daripada yang diperlukan.

Karena hal tersebut, Avast pun sempat dihapus (sementara) dari web store di browser.

(Ysl/Isk)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat Pemeran Danu di Gerhana Jadi 2? 6 Potret Terbarunya Ini Bikin Pangling

Posted: 27 Jan 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan sinetron Gerhana Jadi 2? Drama televisi anak-anak yang tayang pada 2010 itu merupakan salah satu tayangan digemari pada kala itu. Kini sudah 10 tahun berlalu, sosok para pemainnya masih melekat di ingatan para penggemarnya.

Salah satu bintang sinetron Gerhana Jadi 2 yang dirindukan adalah Kevin Gutomo Putra. Pria kelahiran 6 Juli 1997 ini berperan sebagai Danu. Tak hanya itu, ia juga membintangi sinetron Get Merried The Serries dan berperan sebagai Boy.

Kini ia sudah jarang tampil di layar kaca, namun mantan artis cilik ini masih aktif di media sosial. Kevin Gutomo kerap membagikan aktivitas di akun Instagram pribadinya.

Penampilannya pun terlihat begitu berbeda. Dulu ia terlihat imut, kini Kevin sudah berusia 23 tahun dan tumbuh menjadi seorang pria dewasa. Kevin Gutomo terlihat semakin tampan dan macho.

Penasaran seperti apa kabar terbaru bintang sinetron Gerhana Jadi 2 itu? Berikut 6 potret terbaru Kevin Gutomo dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (28/1/2020).

1. Kevin pada kala itu kerap berperan sebagai tokoh antagonis, kini ia sudah jarang tampil di layar kaca.

Kevin Gutomo (Sumber: Instagram/@kevingutomo)
Kevin Gutomo (Sumber: Instagram/@kevingutomo)

2. Meski jarang tampil di televisi, pria 23 tahun ini masih memiliki penggemar setia. Di akun Instagramnya, ia sudah memiliki 41 ribu pengikut.

Kevin Gutomo (Sumber: Instagram/@kevingutomo)
Kevin Gutomo (Sumber: Instagram/@kevingutomo)

3. Dulu ia terlihat imut, kini Kevin Gutomo sudah tumbuh menjadi pria dewasa.

Kevin Gutomo (Sumber: Instagram/@kevingutomo)
Kevin Gutomo (Sumber: Instagram/@kevingutomo)

4. Penampilan aktor tampan ini sukses bikin pangling, Kevin terlihat semakin keren dan macho.

Kevin Gutomo (Sumber: Instagram/@kevingutomo)
Kevin Gutomo (Sumber: Instagram/@kevingutomo)

5. Kevin Gutomo cukup aktif di media sosial, ia kerap membagikan rutinitasnya.

Kevin Gutomo (Sumber: Instagram/@kevingutomo)
Kevin Gutomo (Sumber: Instagram/@kevingutomo)

6. Tak hanya itu, mantan artis cilik ini juga merambah dunia YouTube dan menjadi seorang YouTuber.

Kevin Gutomo (Sumber: Instagram/@kevingutomo)
Kevin Gutomo (Sumber: Instagram/@kevingutomo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Beberkan Alasan Belum Diperlukannya Travel Warning ke China

Posted: 27 Jan 2020 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah merasa belum perlu untuk mengeluarkan travel warning ke China, meski adanya virus Corona. Sebab, baru Wuhan yang diidentifikasi daerah yang harus dihindari. Selain itu, Wuhan juga sudah diisolasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya sudah rapat dengan Menteri Kesehatan dan Menteri Pariwisata, terkait bagaimana pergerakan ke China.

Dalam rapat, Menteri Kesehatan Terawan menyatakan baru Wuhan yang diidentifikasi daerah yang harus dihindari karena virus Corona. Wuhan juga sudah mengisolasi diri dari pihak luar. Sehingga, pemerintah menyimpulkan tidak ada pergerakan ke atau dari Wuhan.

"Karena itu kita tidak ke Wuhan dan dari Wuhan tidak ke kita," kata dia di Gedung DPR, Selasa (28/1/2020).

Budi Karya mengatakan, pemerintah masih menunggu rekomendasi WHO. Karenanya, pemerintah belum mengeluarkan travel warning ke China.

"Nanti kalau WHO sudah merekomendasikan sesuatu, baru kami bersama Menkes dan Menlu akan membahas tentang kemungkinan-kemungkinan lain," kata Budi Karya.

Dia mengatakan, antisipasi pemerintah mengenai virus Corona untuk penduduk China yang datang ke Indonesia masih menggunakan indikator thermal. Dia juga menyebut petugas disiapkan masker.

"Tapi ya lakukan as usual saja. Kita sebagai tuan rumah harus kooperatif," kata Budi Karya.

 

Travel Advice

Penerbangan dari Wuhan Ditutup:  Pelancong berjalan melintasi papan informasi tentang penerbangan dari Wuhan telah dibatalkan di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing pada Kamis (23/1/2020). China menangguhkan semua transportasi dari dan ke kota pusat penyebaran virus corona. (AP/Mark Schiefelbein)
Penerbangan dari Wuhan Ditutup: Pelancong berjalan melintasi papan informasi tentang penerbangan dari Wuhan telah dibatalkan di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing pada Kamis (23/1/2020). China menangguhkan semua transportasi dari dan ke kota pusat penyebaran virus corona. (AP/Mark Schiefelbein)

Merebaknya Virus Corona saat ini membuat berbagai maskapai terpaksa menutup rutenya ke China, terutama Wuhan. Hingga saat ini, sejumlah negara seperti Korea Utara pun menutup rute penerbangan dari Wuhan. 

Indonesia saat ini belum mengeluarkan aturan keputusan serupa. Pemerintah RI hingga kini belum mengeluarkan status travel banned kepada warga negara yang ingin bepergian menuju China.

 Namun, pihak dari Kementerian Luar Negeri sendiri tetap mengimbau agar para WNI dapat mempertimbangkan perjalanannya ke China. 

"Sifatnya lebih kepada memberikan peringatan, advice, saran kepada mereka yang ingin atau telah merencanakan atau telah merencanakan bepergian ke Tiongkok," kata Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.

"Yang dilakukan oleh Kemlu adalah secara berkesinambungan memberi penjelasan atas status kondisi di suatu negara termasuk dari aspek kesehatan. Kita tidak secara spesifik memberi imbauan tertentu, toh itu baru bersifat kasual, satu dua tiga kasus jadi sejauh ini memberi update atau mutakhir data lewat aplikasi Safe Travel," jelas Teuku Faizasyah. 

Safe Travel menjadi salah satu aplikasi luncuran Kemlu yang sangat penting untuk diperhatikan saat ini. Dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat melihat adanya level peringatan yang berbeda ke setiap negara termasuk China. 

Bahkan kini, pengguna dapat melihat status darurat per wilayah sehingga masing-masing warga negara bisa secara spesifik melihat tempat yang menjadi tujuan perjalanannya.

"Mengenai tadi tentang status travel ke Tongkok, memang kalau untuk wilayah terdampak, Provinsi Hubei, statusnya di aplikasi Safe Travel merah. Artinya merah adalah sangat tidak direkomendasikan untuk berkunjung, ke provinsi tersebut. Sementara selebihnya di wilayah Tiongkok warnanya kuning, artinya meningkatkan kehati-hatian," tambahnya. 

Faizasyah juga menambahkan dengan adanya warning yang diberikan oleh aplikasi Safe Travel, bagi siapapun yang ingin melakukan perjalanan ke China, diharapkan dapat mempertimbangkan kembali tujuannya dengan bijak dan tentunya terus menyaring dan melakukan update informasi secara terus menerus.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fasilitas Kesehatan Terjangkau Jadi Tema Keketuaan Indonesia di FPGHI pada 2020

Posted: 27 Jan 2020 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun 2020, Indonesia akan mengetuai Foreign Policy and Global Health Initiative (FPGHI) dengan tema 'affordable global health for all' atau fasilitas kesehatan terjangkau untuk semua. 

Dibentuk sejak 2007, FPGHI terdiri dari tujuh negara termasuk Brazil, Prancis, Norwegia, Senegal, Afrika Selatan, Thailand dan Indonesia. Negara-negara tersebut mewakili kawasan yang berbeda seperti Amerika, Eropa, Afrika serta Asia Pasifik. 

FPGHI dibentuk atas dasar isu kesehatan secara global yang membuthkan dorongan politis supaya dapat menjadi prioritas masing-masing di tingkat nasional maupun global. 

 

Para negara anggota berkumpul setiap tahun untuk membahas isu kesehatan kepada para pelaku foreign policy di New York. Jika sebelumnya isu kesehatan jadi suatu masalah medis-teknis, dengan adanya FPGHI hal tersebut beralih menjadi foreign policy language.

Ketika foreign policy language telah disepakati, maka semua foreign policy makers di New York menjadi mengerti mengenai pentingnya kolaborasi dalam menangani isu-isu seperti pandemik dan epidemik seperti SARS, MERS dan kini virus corona. 

Dalam keketuaannya, Indonesia ingin mendorong agar FPGH bisa memiliki suatu pernyataan resmi kerja sama yang kini masih ada dalam tahap negosiasi.

Prioritas Indonesia

Febrian Alphyanto Ruddyard, Dirjen Kerja Sama Multilateral. (Liputan6.com/ Benedikta Miranti T.V)
Febrian Alphyanto Ruddyard, Dirjen Kerja Sama Multilateral. (Liputan6.com/ Benedikta Miranti T.V)

Dalam pidato pembukanya, Menlu Retno Marsudi menyampaikan bahwa dengan menyediakan layanan kesehatan untuk semua menjadi semakin penting dalam memastikan kualitas layanan kesehatan yang baik dengan akses ke obat-obatan berkualitas tinggi, vaksin, layanan fasilitas, serta tenaga medis.

Layanan kesehatan yang terjangkau adalah salah satu prioritas utama bagi Indonesia, maka dari itu hal tersebut dipilih jadi tema keketuaan di tahun 2020. 

Febriyanto Ruddyard selaku Dirjen Kerja Sama Multilateral Kemlu pun menyampaikan lima hal yang menjadi tindakan konkret dalam prioritas Indonesia selama memimpin FPGHI.

Ha tersebut termasuk mempromosikan pentingnya perawatan kesehatan yang terjangkau untuk menentukan pembangunan berkelanjutan, memeriksa dan menavigasi peluang dan tantangan dalam mempromosikan layanan kesehatan yang terjangkau sebagai faktor kunci dalam menentukan pemerintahan universal, memastikan hak setiap negara untuk sepenuhnya memanfaatkan fleksibilitas aspek perdagangan terkait hak kekayaan intelektual (TRIP) dan untuk memastikan akses universal terhadap pengobatan dan vaksin.

Selain itu juga termasuk memastikan adanya masalah kesehatan yang dijadikan sebagai prioritas dalam masalah perdagangan dan implementasi prinsip Deklarasi Doha, serta untuk lebih memperkuat peran forum FPGH dan mempromosikan layanan kesehatan yang terjangkau.

Cakupan asuransi kesehatan di Indonesia telah mencapai lebih dari 223 juta orang atau 83,5% dari populasi di mana 44% darinya dibiayai oleh negara.

"Kami berusaha untuk meningkatkan kualitas, akses fasilitas dan layanan, dengan kontribusi semua pemangku kepentingan," ujar Menlu Retno. 

Dr Navaratnasamy Paranietharan selaku perwakilan WHO di Indonesia menyampaikan bahwa tema yang diambil sangatlah tepat dengan kondisi negara. 

"Tema tentang 'affordable healthcare for all', sangat relevan bagi Indonesia. Say ke sini 2 tahun yang lalu, and I was astonished by how Indonesia and the president announcing the affordable health care and insurance program for everyone," katanya. 

Jadi Politik Luar Negeri

Peluncuran kick-off keketuaan Indonesia di FPGHI untuk 2020. (Liputan6.com/ Benedikta Miranti T.V)
Peluncuran kick-off keketuaan Indonesia di FPGHI untuk 2020. (Liputan6.com/ Benedikta Miranti T.V)

Tujuh negara, Afrika Selatan, Brasil, Prancis, Norwegia, Thailand, dan Indonesia telah sepakat untuk bekerja sama, menunjukan kekuatan gabungan untuk meningkatkan kesadaran akan ancaman kesehatan.

"Kami sepakat untuk mengintegrasikan masalah ke dalam arena diskusi dan pengambilan keputusan kebijakan luar negeri," ujar Menlu Retno. 

Dalam 15 tahun terakhir, masalah kesehatan telah naik ke tingkat tertinggi politik internasional dan menjadi agenda yang sah dalam kebijakan luar negeri.

Namun khusus pada saat ini, dengan merebaknya kasus virus corona, Menlu Retno menyampaikan bahwa hal ini menjadi pengingat bagi semua orang bahwa tidak ada satu pun negara yang bisa menghindar dari outbreak tersebut. 

"Oleh karena itu diperlukan kerja sama internasional baik dalam prevensi, maupun dalam penanganan outbreak kita sendiri," paparnya.

Pada saat sepert ini lah, masalah politik luar negeri dapat berfungsi dengan cara menggerakkan kesatuan di antara negara-negara, kawasan bahkan dunia untuk merespons hal darurat seperti saat ini. 

Walaupun WHO memiliki peran utama yang bertanggung jawab, pihak Kementerian Luar Negeri dari seluruh dunia juga tidak bisa tinggal diam dan lepas tangan begitu saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Belum Masuk ke DPR, Ini Penyebabnya

Posted: 27 Jan 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekertaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan bahwa draft RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja segera dikirim ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam waktu dekat. Saat ini pemerintah sedang menunggu surat presiden yang akan menjadi pengantar.

"Mudah-mudahan akan segera selesai di hari-hari ini," kata Susiwijono di Kantor Kementerian Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi, Jakarta , Selasa (28/1/2020).

Dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin RUU Cipta Lapangan Kerja segera diselesaikan agar segera dibahas di DPR. Bahkan, Presiden Jokowi meminta proses di DPR diselesaikan dalam waktu 3 bulan.

Katanya, draft RUU Onmibus Law tersebut telah selesai. Harmonisasi dari Kementerian Hukum dan HAM juga sudah dilakukan.

"Tanggal 20 yang lalu, Pak Menkumham juga sudah bersurat ke kami menyampaikan harmonisasi," kata Susiwijono.

Hasilnya juga dilaporkan. Beberapa isu strategis yang belum dilaporkan akan diputuskan kembali sambil menunggu surat presiden selesai dibuat.

Barulah setelah draft diserahkan kepada DPR untuk dibahas, naskah RUU Omnibus Lawtersebut baru akan dibuka ke publik.

"Sesuai janji kami naskah draf RUU-nya nanti segera kami serahkan ke publik," ujar Susiwijono.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Omnibus Law Dinilai Bakal Tekan Konsumsi dan Pertumbuhan Ekonomi

Buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) menggelar demonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/1/2020). Massa menyuarakan penolakan mereka terhadap Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Lapangan Kerja. (Liputan6.con/Johan Tallo)
Buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) menggelar demonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/1/2020). Massa menyuarakan penolakan mereka terhadap Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Lapangan Kerja. (Liputan6.con/Johan Tallo)

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia atau KSPI, Said Iqbal mengatakan RUU Cilaka dianggap dapat menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebab, omnibus law tersebut dianggap akan mengurangi kesejahteraan buruh dari segi upah.

"Secara teori pertumbuhan ekonomi bergantung pada konsumsi, salah satu faktor yang menentukan konsumsi itu upah. Kalau upah tidak memadai tidak layak akan membuat penurunan (konsumsi)," kata dia, saat ditemui di Kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, pada Minggu 26 Januari 2020. 

Selain itu, dia juga menyoroti tujuan utama omnibus law yaitu untuk meningkatkan investasi RI. Menurutnya, pemerintah sebenarnya salah sasaran jika tujuan UU Omnibus adalah untuk mendatangkan investasi, sebab kondisi investasi di Indonesia dianggap tidak seburuk yang dikatakan pemerintah.

"Mengutip Faisal Basri, investasi kita tuh masih tumbuh. Malahan lebih baik dibandingkan negara Malaysia juga kalah sama kita. Makanya kalau tujuannya investasi, kayaknya kok aneh, kan enggak jelek-jelek amat," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Official Trailer Milea: Suara dari Dilan

Posted: 27 Jan 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada kabar bahagia sekaligus campur sedih untuk para penggemar film Dilan, pasalnya film Milea: Suara dari Dilan akan segera tayang pada 13 Februari 2020. Namun cukup menyedihkan karena film ini akan menjadi sekuel terakhir setelah Dilan 1990 dan Dilan 1991.

Film Milea: Suara dari Dilan berceritakan tentang, tidak ada kisah yang lebih indah dari kisah cinta di SMA. Sama halnya dengan kisah cinta Dilan dan Milea. Dari yang awalnya benci hingga saling mencintai, dari yang awalnya manis hingga menjadi rumit.

Menjelang reuni akbar, Dilan memutuskan untuk menceritakan kembali masa-masa itu, mulai dari kali pertama mereka bertemu, menjalin kisah hingga berjuang untuk bertahan. Ini adalah cara Dilan mengingat Milea. Ini adalah cara Dilan mengingat sebuah cinta yang ia pikir akan bertahan selamanya.

Saksikan official trailer Milea: Suara dari Dilan di channel Max Pictures hanya di Vidio.

 

Saksikan trailernya di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Kasus Pemerasan, Donny Saragih Juga Diduga Tersangkut Masalah Cek Kosong

Posted: 27 Jan 2020 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Metro Jaya sedang menyelidiki kasus cek kosong yang melibatkan mantan  Direktur Utama Transjakarta, Donny Andy Saragih.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, kasus yang diduga melibatkan Donny Saragih dan dua orang lainnya itu dilaporkan oleh Artanta Barus, kuasa hukum dari Dirut PT Lorena Transport Gusti Terkelin Soebakti.

"Dilaporkan 18 September 2018. Sampai saat ini masih dalam proses penyelidikan," kata Yusri di Kantor Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Yusri menyebut, proses penyelidikan begitu lama karena ada saksi kunci yang belum didapatkan alamat. Ia mengatakan, pihaknya masih berupaya mengejar terus yang bersangkutan.

Menurut dia, Donny juga telah dipanggil sebanyak dua kali. Namun dia tidak pernah memenuhi panggilan pihak berwajib.

"Donny inisial D ini masih kita panggil. Sampai dengan saat ini belum hadir udah panggilan kedua. Ada sedikit alamatnya yang masih didalami, alamatnya berbeda dengan di KTP," ujarnya.

Yusri menyebutkan, pemanggilan atas nama Donny Saragih hanya untuk dimintai klarifikasi terlebih dahulu. Bukan untuk BAP.

"Kita masih klarifikasi dulu. Dari bukti yang ada kan nanti kita akan gelar. Kalau hasil gelar memenuhi unsur (Pasal) 372 dan 378 (KUHP) tentang penipuan (dan) penggelapan, nanti naik yang namanya penyidikan," papar dia.

Setelah memenuhi unsur tersebut, lanjut Yusri yang bersangkutan akan dipanggil untuk di BAP. Dan jika sudah melalui penyidik, Donny bisa dipanggil secara paksa oleh kepolisian.

Yusri menyebut, dugaan penipuan yang melibatkan Donny dan dua orang lainnya, yakin mantan SAT Keuangan Kantor Pusat PT Blue Trans, AB dan SN adalah terkait delapan cek kosong. Nilai cek tersebut mencapai Rp 1,4 miliar.

"Untuk pembayaran denda terkait operasional Busway," ungkap Yusri.

Menurut Yusri, sampai saat ini ketiga terlapor tersebut belum ada yang bisa dimintai keterangan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Terbang ke Wuhan, Pramugari Lion Air Diduga Terjangkit Virus Corona

Posted: 27 Jan 2020 09:18 PM PST

Liputan6.com, Denpasar Seorang pramugari diduga terjangkit virus Corona usai melakukan perjalanan dari Wuhan, China. Diketahui, pramugari maskapai Lion Air itu melakukan perjalanan dua kali ke Wuhan sejak virus Corona merebak. Pertama, ia terbang pada tanggal 6 Januari dan kembali ke Indonesia pada tanggal 8 Januari.

Selanjutnya, ia kembali melakukan perjalanan menuju Wuhan dari Bali untuk mengantar penumpang pada tanggal 24 Januari 2020. Ia kembali ke Indonesia pada 26 Januari 2020.

Setibanya di Indonesia, pramugari tersebut mendadak mengalami demam tinggi. "Jadi, setibanya pramugari itu di Indonesia dia mengeluh demam tinggi lalu memeriksakan diri ke rumah sakit swasta," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, dr Nyoman Suratmika saat dihubungi wartawan, Selasa (28/1/2020).

Pramugari yang tak disebutkan namanya itu lantas dirujuk ke RSUP Sanglah Denpasar. Ia kemudian dirujuk kembali ke BRSU Tabanan. Seperti diketahui, berdasarkan Kementerian Kesehatan ada tiga rumah sakit di Bali yang ditunjuk untuk menangani pasien dengan diagnosis terjangkit virus Corona yakni RSUP Sanglah Denpasar, BRSU Tabanan dan satu rumah sakit pemerintah di Kabupaten Gianyar.

"Kemarin malam pasien itu dirujuk ke BRSU Tabanan dari Sanglah. Mungkin ingin melihat kesiapan kami di Tabanan dalam hal penanganan pasien," tutur dia. Dari hasil pemeriksaan intensif dan uji laboratorium, pramugari tersebut dinyatakan negatif terjangkit virus Corona. "Hasil diagnosanya adalah bronkitis. Jadi negatif terjangkit virus tersebut," katanya.

Kendati begitu, pramugari itu belum diperkenankan meninggalkan rumah sakit. "Kita masih observasi. Sekarang tahapan observasi namanya. Kita rawat di sini sampai betul-betul sembuh dan diperkenankan pulang," tuturnya.

Sebelumnya, Coorporate Communication Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro membenarkan jika maskpainya terbang ke Wuhan untuk mengantarkan penumpang. Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group memberikan keterangan resmi sehubungan layanan penerbangan internasional dari Denpasar melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS) tujuan Bandar Udara Internasional Tianhe Wuhan di Distrik Huangpi, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (WUH), sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan dijalankan menurut aturan yang berlaku.

Danang menjelaskan, operasional penerbangan Lion Air rute Denpasar ke Wuhan bertujuan untuk pemulangan tamu atau penumpang. Penerbangan ini membawa tujuh kru dan 81 penumpang. Penerbangan Wuhan-Denpasar dioperasikan sebagai ferry flight yakni hanya membawa kru dan tidak menerbangkan tamu atau penumpang.

 

Lion Air Akui Terbang ke Wuhan

Thermo scanner di Bandara Sultan Syarif Kasim II untuk mendeteksi penumpang terinfeksi Virus Corona. (Liputan6.com/M Syukur)
Thermo scanner di Bandara Sultan Syarif Kasim II untuk mendeteksi penumpang terinfeksi Virus Corona. (Liputan6.com/M Syukur)

"Sesuai dengan pemberitahuan resmi otoritas setempat (notam) di Wuhan, bahwa status bandar udara saat ini hanya diperbolehkan melayani kedatangan (arrival), untuk keberangkatan (departure) tidak membawa penumpang serta sebagai alternatif pendaratan kondisi darurat (emergency landing)," kata dia, Minggu 26 Januari 2020.

Untuk layanan berikutnya, Danang melanjutkan, Lion Air akan melakukan penghentian/ pembatalan sementara (suspend) penerbangan internasional pergi pulang (PP) rute Denpasar–Wuhan–Denpasar hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Sebagai informasi, Lion Air mengoperasikan tiga kali layanan dalam seminggu, setiap Rabu, Jumat dan Minggu. Penerbangan JT-2619 berangkat pukul 10.10 Waktu Indonesia Tengah (WITA, GMT+ 08) dari Denpasar ke Wuhan. Rute kembali, bernomor JT-2618 dijadwalkan lepas landas pukul 22.55 waktu setempat (Time in Wuhan, Hubei, GMT+ 08) dari Wuhan ke Denpasar.

"Lion Air sudah menginformasikan kepada seluruh tamu atas perubahan dan pembatalan penerbangan sementara pada rute dimaksud. Lion Air senantiasa berkomitmen dalam memastikan keselamatan, keamanan serta kenyamanan (ensure the safety, security and comfort) penerbangan terhadap kru pesawat dan tamu," kata dia.

"Lion Air senantiasa memantau situasi di Wuhan, berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait serta memberikan perkembangan terkini kepada penumpang. Keputusan penghentian sementara merupakan bagian dari langkah antisipasi berdasarkan pemberitahuan larangan perjalanan dari otoritas Wuhan mengenai dampak wabah virus Corona," tambah Danang.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kehidupan Sehari-hari Warga di Wuhan yang Diisolasi Akibat Virus Corona

Posted: 27 Jan 2020 09:16 PM PST

Foto dari udara yang diabadikan pada 27 Januari 2020 ini menunjukkan Jembatan Sungai Yangtze di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Cheng Min)
Foto dari udara yang diabadikan pada 27 Januari 2020 ini menunjukkan Jembatan Sungai Yangtze di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Cheng Min)

Foto dari udara yang diabadikan pada 27 Januari 2020 ini menunjukkan Jembatan Sungai Yangtze di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Cheng Min)

Para penduduk berbelanja di sebuah pasar swalayan di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 Januari 2020. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Xiong Qi)
Para penduduk berbelanja di sebuah pasar swalayan di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 Januari 2020. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Xiong Qi)

Para penduduk berbelanja di sebuah pasar swalayan di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 Januari 2020. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Xiong Qi)

Staf menyemprotkan cairan disinfektan pada tombol bel sebuah pintu di Distrik Wuchang di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 Januari 2020. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Cheng Min)
Staf menyemprotkan cairan disinfektan pada tombol bel sebuah pintu di Distrik Wuchang di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 Januari 2020. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Cheng Min)

Staf menyemprotkan cairan disinfektan pada tombol bel sebuah pintu di Distrik Wuchang di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 Januari 2020. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Cheng Min)

Para penduduk berbelanja di sebuah pasar swalayan di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 Januari 2020. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Xiong Qi)
Para penduduk berbelanja di sebuah pasar swalayan di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 Januari 2020. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Xiong Qi)

Para penduduk berbelanja di sebuah pasar swalayan di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 Januari 2020. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Xiong Qi)

Para penduduk berbelanja di sebuah pasar swalayan di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 Januari 2020. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Xiong Qi)
Para penduduk berbelanja di sebuah pasar swalayan di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 Januari 2020. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Xiong Qi)

Para penduduk berbelanja di sebuah pasar swalayan di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 Januari 2020. Warga di Wuhan tetap menjalani kehidupan sehari-hari mereka saat upaya terus dilakukan untuk mengendalikan wabah coronavirus baru. (Xinhua/Xiong Qi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Sangat Berdampak ke Sektor Pariwisata Indonesia

Posted: 27 Jan 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menaruh kekhawatiran dengan dampak ekonomi dari adanya virus Corona yang mematikan. Menurutnya, isu ini akan menjadi masalah baru bagi perekonomian dunia.

"Yang terbaru adalah outbreak Corona di China. Tentu ini kan menjadi persoalan-persoalan baru untuk perekonomian dunia," kata Airlangga di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Dampak paling terasa dari adanya virus Corona yakni akan berimbas pada kondisi pariwisata Indonesia. Di mana, wisatawan mancanegara asal China akan turun drastis.

"Sudah pasti pariwisata dari China akan terganggu," kata dia.

Kendati begitu, dirinya mengaku masih akan terus melihat perkembangan dari permasalahan ini. Mengingat, virus Corona ini dampaknya tidak hanya di regional saja melainkan juga global.

"Jadi kita lihat saja perkembangannya," tandas dia.

 

Kunjungan Wisata Tak Melorot

Pekerja memproduksi masker di sebuah pabrik di Yangzhou, Provinsi Jiangsu, China, Senin (27/1/2020). Masker tersebut diproduksi untuk mendukung pasokan bahan medis saat wabah virus corona melanda China. (STR/AFP)
Pekerja memproduksi masker di sebuah pabrik di Yangzhou, Provinsi Jiangsu, China, Senin (27/1/2020). Masker tersebut diproduksi untuk mendukung pasokan bahan medis saat wabah virus corona melanda China. (STR/AFP)

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah mencari cara agar kunjungan wisatawan asing ke Indonesia tidak melorot pada tahun ini. Mengingat salah satu potensi wisata turis asal China tengah berdampak akibat adanya wabah virus Corona.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengatakan, untuk kondisi saat ini pihaknya tidak ingin bergantung dari China. Sebab banyak potensi lain yang besar dan akan dikejar utamanya di negara-negara bagian Eropa.

"Banyak potensi lain terutama yang jarak jauh. Amerika, Eropa. Pariwisata mencari potensi dari negara lain. Pariwisata kita tidak boleh ke satu negara, strategi kita juga wisatawan yang berkualitas," kata dia di Kementerian Perhubungan, Jakarta, pada Senin 27 Januari 2020.

Tak hanya menyasar ke bagian Eropa, pihaknya juga akan mengincar beberapa wisatawan asing yang potensinya cukup tinggi. Di antaranya adalah Australia dan New Zealand.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tergoda Upah, Tukang Las Jadi Kurir Sabu

Posted: 27 Jan 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Tuban - Polisi Tuban menangkap pemuda berinisial B (20) asal Desa Luwihaji, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur yang menjadi kurir sabu di Tuban, Jawa Timur.

Pria berinisial B ini beraktivitas sehari-hari menjadi tukang las. Kini ia hanya pasrah meratapi kenyataan bakal mendekam di tahanan. Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono menuturkan, penangkapan ini saat tersangka B belum ketemu orang yang memesan sabu.

Tersangka, kata dia, sudah diintai petugas dan diamankan di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding pada 8 Januari 2020 sekitar pukul 15.30 WIB.

"Kita amankan beserta barang bukti sabu dan kendaraan motor yang digunakan untuk mengantarkan barang," kata Kapolres Tuban, Nanang Haryono, Jumat, 24 Januari 2020.

Nanang mengungkapkan, tersangka B mendapatkan barang haram itu dari luar kota dengan mengendarai kendaraan sepeda motor yang kemudian diantarkan ke para pemesan.  "Rata-rata barang haram itu disuplai dari Surabaya," ujar dia. (Ahmad Adirin)

Ada 5 Tersangka Lainnya

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

Tersangka B menuturkan, dirinya kerap beraksi itu dan berhasil lolos dari pengejaran petugas kepolisian di kabupaten yang terkenal dengan sebutan bumi wali itu. 

"Sekali berangkat upahnya satu juta rupiah, selain transportasi dan makan di jalan," ujar dia.

Selain tersangka B, terdapat lima tersangka lainnya dengan kasus narkoba jenis sabu-sabu saat jumpa pers berlangsung. Adapun total keseluruhan ada 35,56 gram sabu yang diamankan dari tangan para tersangka.

"Kita jerat dengan UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan hukuman penjara paling singkat 4 tahun dan maksimal 12 tahun kurungan penjara," terang Nanang. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Tape Ketan Hitam untuk Kesehatan Serta Cara Membuatnya

Posted: 27 Jan 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada segudang manfaat tape ketan hitam untuk kesehatan. Namun, belum banyak orang yang menyadari manfaat tape ketan hitam tersebut. Di balik rasanya yang lezat, manfaat tape ketan hitam ternyata memiliki segudang nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh.

Tape ketan hitam merupakan hasil fermentasi beras ketan hitam yang sebelumnya mendapat pencampuran ragi, yang kemudian didiamkan dalam beberapa hari untuk mendapatkan hasil ferementasi berupa kandungan alkohol. Alkohol inilah yang menyebabkan beras ketan hitam menjadi terasa manis menyegarkan.

Untuk mendapatkan manfaat tape ketan hitam, kamu tetap perlu mengontrol jumlah konsumsinya. Pasalnya, di dalam tape ketan hitam terdapat alkohol yang tidak baik untuk jantung dan pembuluh darah. Serta dapat meningkatkan asam lambung pada penderita maag.

Oleh karena itu, pastikan tidak berlebihan dalam mengonsumsi tape ketan hitam agar tetap mendapatkan manfaatnya. Berikut manfaat tape ketan hitam yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/1/2020).

Kandungan Gizi pada Tape Ketan Hitam

Ilustrasi Tape Ketan Hitam / Sumber: Wikimedia
Ilustrasi Tape Ketan Hitam / Sumber: Wikimedia

Di balik segudang manfaat tape ketan hitam, tentunya ada sejumlah nutisi baik di dalamnya. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh tape ketan hitam ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan nutrisi tape ketan hitam didapat dari bahan utama yang digunakannya, yaitu ketan hitam. Kandungan nutrisi tersebut seperti energi, kalori, protein, karbohidrat, serat, asam folat, niacin, vitamin E, sodium, potasium, kalsium, zat besi, mangan, selenium, zinc, magnesium, dan tembaga.  

Manfaat Tape Ketan Hitam untuk Kesehatan

Kolesterol Tinggi (Ocskay Bence/Shutterstock)
Kolesterol Tinggi (Ocskay Bence/Shutterstock)

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat tape hitam untuk kesehatan pertama mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam laktat pada tape ketan yang dipercaya mampu meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh.

Sehingga tubuh tidak akan mudah terinfeksi virus-virus penyakit dan tubuh akan terasa lebih sehat.

Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Manfaat tape ketan hitam untuk kesehatan selanjutnya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih sehat. Manfaat tape ketan hitam ini didapat karena adanya asam laktat yang terkandung di dalamnya.

Manfaat Tape Ketan Hitam untuk Kesehatan

ilustrasi anemia/copyright By AnemStyle (Shutterstock)
ilustrasi anemia/copyright By AnemStyle (Shutterstock)

Mencegah Kanker

Manfaat tape ketan hitam selanjutnya adalah mampu mencegah terbentuknya sel-sel penyebab kanker. Manfaat ini didapat karena adanya asam laktat dari tape ketan hitam di dalamnya.

Kandungan asam laktat ini juga dapat mencegah terbentuknya sel-sel penyebab kanker. Hal ini akan bersifat baik bagi tubuh manusia.

Mengobati Penyakit Anemia

Manfaat tape ketan hitam selanjutnya adalah mengobati penyakit anemia. Manfaat ini didapat karena tape ketan hitam mengandung zaat besi. Zat besi sangat berguna bagi pembentukan sel darah merah (eritosit). Sehingga tubuh akan mempunyai cukup sel darah merah dan terhindar dari penyakit kurang sel darah merah atau anemia.

Manfaat Tape Ketan Hitam untuk Kesehatan

Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto
Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain mengandung asam laktat dan zat besi, manfaat tape ketan hitam didapat karena adanya kandungan serat. Serat mampu membantu memperlancar sistem pencernaan, sehingga tape ketan juga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan.

Mengobati Penyakit Ambeien

Manfaat tape ketan hitam selanjutnya dapat mengobati penyakit ambeien. Beberapa literature mengatakan bahwa tape, baik dari ketan putih maupun ketan hitam dapat mengobati gejala ambeien atau yang sudah parah.

Selain itu, manfaat ragi yang ada di dalam tape dapat menyehatkan pencernaan dan menyehatkan saluran pembuangan. Penyakit ambeien bisa diatasi dengan mengonsumsi tape ketan yang sudah benar-benar masak ini secara rutin, yaitu 3 kali sehari.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain itu, tape ketan hitam juga memiliki sifat anti-infalamsi atau anti-peradangan, sehingga apabila tape ketan ini dikonsumsi secara teratur dapat menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit menjadi tampak lebih sehat.

Untuk mendapatkan manfaat tape ketan hitam bagi kesehatan, kamu tetap perlu memerhatikan jumlah konsumsinya. Pastikan mengonsumsi tape ketan hitam tidak berlebihan.

Hal ini dikarenakan di dalam tape terdapat kandungan alkohol yang tidak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah serta dapat meningkatkan asam lambung pada penderita maag.

Cara Membuat Tape Ketan Hitam

Beras Ketan Hitam
Beras Ketan Hitam

Merendam Beras Semalaman

Beras ketan yang sudah dicuci, direndam semalaman terlebih dahulu. Keesokan harinya saat akan dimasak, beras perlu ditirisakan hingga kesat. Kemudian, kukus beras ketan setengah matang.

Menuangkan Air Panas pada Beras Ketan yang Dikukus

Begitu beras ketan yang dikukus sudah mengepulkan uap panas, siram dengan 2 gelas air panas. Kemudian aduk kembali sampai rata. Lanjutkan proses pengukusan sampai beras ketan matang. Setelah matang, beras diratakan dalam nampan. Biarkan sampai benar-benar dingin.

Bungkus dengan Daun Pisang

Selanjutnya ambil wadah yang besar sekaligus dan memberinya alas daun pisang. Masukkan beras ketan, ratakan, lalu taburi dengan ragi yang sudah dihaluskan (tambahkan gula bila ingin rasanya lebih manis) sampai rata.

Tambahkan lapisan beras ketan, taburi dengan ragi, dan lakukan berulang sampai beras habis. Tutup permukaan atas dengan daun pisang. Pastikan ditutup rapat. Bisa dilapisi dengan kain serbet bersih di atasnya sebagai penutup. Simpan di tempat yang hangat.

Buka Tape Ketan Setelah 3 Hari 2 Malam

Jangan terlalu sering membuka dan menutup daun pisang atau mengintip tape ketan. Agar fermentasinya berjalan dengan baik, sebaiknya tape ketan baru boleh dibuka setelah 3 hari 2 malam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Basket Pakai Sepatu Hak Tinggi, Video Kenangan Gianna Kobe Bryant Viral

Posted: 27 Jan 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Legenda NBA, Kobe Bryant, tewas dalam kecelakaan helikopter di Calabasas, California, pada Minggu (26/1/2020) waktu setempat. Dalam insiden tersebut, putrinya, Gianna, menjadi salah satu dari sembilan korban dalam insiden kecelakaan helikopter Sikorsky.

Setelah muncul kabar kepergian Kobe Bryant dan putri keduanya pada Minggu (26/1/2020), tersebar rekaman video Gianna sedang bermain basket.

Dalam video yang beredar tersebut, Gigi--sapaan akrab Gianna-- memamerkan kemampuannya saat bermain basket yang ia pelajari dari ayahnya yang merupakan legenda basket. Video tersebut direkam pada minggu-minggu sebelum mereka dilaporkan meninggal dalam kecelakaan helikopter di California.

Bola berhasil masuk ring dengan sempurna

Sumber : screenshoot
Sumber : screenshoot

Video yang dibagikan di laman Instagram @officialbck pada Desember lalu menampilkan sosok Gigi yang berusia 13 tahun berhasil memasukkan bola ke ring basket menggunakan sepatu hak dan memakai dres. Sementara anggota timnya yang lain terlihat sedang berlatih di sekeliling lapangan.

Gigi mampu menggiring bola basket di belakang punggungnya dan juga melalui kakinya dengan mulus tanpa kehilangan keseimbangan. Video ini pun kembali viral di media sosial karena aksinya tersebut.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

#KobeBryant and #VanessaBryant's daughter shows of her #basketball skills in heels. #gigibryant

Sebuah kiriman dibagikan oleh BCK:Celeb Kids & More (@officialbck) pada

Kasus kecelakaannya masih dalam penyelidikan

Sumber : screenshoot
Sumber : screenshoot

Saat ini penyebab kecelakaan itu masih diselidiki. Helikopter tersebut sedang dalam perjalanan menuju Bryant's Mamba Academy di Thousand Oaks untuk latihan basket. Diketahui mesin helikopter jatuh di dekat rumah Kourtney Kardashian.

Kobe Bryant sendiri dianggap sebagai salah satu pemain basket terbaik sepanjang masa. Pemain asli Philadelphia ini menghabiskan 20 tahun kariernya dengan Lakers. Ia telah memenangkan lima kejuaraan NBA dan 18 gelar All-Star sebelum akhirnya pensiun pada tahun 2016.

Penulis: 

Ulya Kaltsum 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Tak Yakin Target Lifting Migas 2020 Bisa Tercapai

Posted: 27 Jan 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pesimistis target produksi siap jual atau lifting minyak dan gas (migas) pada tahun ini akan tercapai. Adapun target pemerintah di 2020 sebesar 755 ribu barel per hari untuk lifting minyak dan 1,191 juta barel setara minyak per hari untuk lifting gas.

"Lifting minyak dan gas saya tidak terlalu optimistis  bahwa ini akan terpenuhi," ujar Sri Mulyani saat memaparkan realisasi APBN 2019 dan outlook 2020 di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Target lifting tidak terpenuhi karena penemuan dan eksplorasi sumur baru tidak terpenuhi pada tahun lalu. Di mana, dalam catatan pemerintah realisasi hingga November 2019 hanya 741 ribu barel per hari dari target APBN 775 ribu barel per hari.

"Mungkin sama dengan yang terjadi di 2019 karena eksplorasinya mungkin serta penemuan sumur baru tidak memberikan janji untuk peningkatan," jelasnya.

Sri Mulyani melanjutkan, lifting yang cukup tertekan akan berdampak pada penerimaan pajak Indonesia tahun ini. "Harga, lifting dan nilai tukar mungkin akan memberikan downside risk pada pertumbuhan penerimaan perpajakan kita," paparnya.

 

Pertumbuhan Ekonomi

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi pembicara dalam acara 'KPK Mendengar' di Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK menggelar peringatan Hakordia 2019 dengan tema
Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi pembicara dalam acara 'KPK Mendengar' di Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK menggelar peringatan Hakordia 2019 dengan tema "Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju". (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Adapun target ekonomi makro yang diharapkan bisa tercapai adalah pertumbuhan ekonomi yang dijaga di atas 5 persen. Selain itu, pemerintah juga berharap tingkat bunga SPN tiga bulan sebesar 5,4 persen bisa tercapai melalui penyaluran kredit.

"Harapan kita masih kepada pertumbuhan ekonomi kita akan jaga di atas 5 persen. Dan diharapkan suku bunga bisa diterjemahkan dalam pertumbuhan kredit yang lebih baik," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menparekraf Alihkan Tujuan Promosi Wisata Indonesia demi Cegah Masuknya Virus Corona

Posted: 27 Jan 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio memutuskan untuk mengalihkan promosi dan pemasaran wisata Indonesia ke daerah-daerah yang tidak terdampak penyebaran virus corona. Hal itu merespons travel advice yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri terkait perjalanan WNI ke China.

"Untuk promosi, kami alihkan untuk pasar Wuhan. Masih banyak market besar lainnya yang bisa kita ambil seperti Amerika Serikat, Australia, Eropa, New Zealand, dan lainnya. Tidak hanya China," katanya dalam rapat koordinasi terkait virus corona bersama Menteri Perhubungan dan Menteri Kesehatan, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (28/1/2020).

Menparekraf menegaskan perlunya langkah antisipatif semua pemangku kepentingan sektor pariwisata di tanah air untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia. Ia menyebut saat ini pemerintah menerapkan kewaspadaan terhadap lalu lintas manusia yang masuk dan keluar Indonesia.

Ia juga mengimbau agar para pemangku kepentingan pariwisata, termasuk asosiasi serta seluruh kepala Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota, untuk turut serta memantau arus kedatangan wisatawan mancanegara di pintu masuk kedatangan negara, baik darat, laut, maupun udara di daerahnya masing-masing.

"Bila menemukan wisatawan yang mengalami gejala-gejala terinfeksi virus corona, antara lain mengeluh sakit, terganggunya saluran pernapasan, pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan demam yang berlangsung beberapa hari, wisatawan tersebut harus langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat," kata Wishnutama.

Kemenparekraf berharap keadaan segera pulih dan wabah dapat ditangani sesigap mungkin sehingga tidak semakin meluas dan kekhawatiran terkait penyebaran virus corona tidak menimbulkan keresahan bagi semua pihak.

"Mengimbau kepada agen perjalanan wisata agar memperhatikan situasi dan imbauan pemerintah dalam penjualan paket wisata outbond ke China maupun inbound China ke Indonesia," ujarnya. 

 

Penutupan Penerbangan

Penerbangan dari Wuhan Ditutup:  Pelancong berjalan melintasi papan informasi tentang penerbangan dari Wuhan telah dibatalkan di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing pada Kamis (23/1/2020). China menangguhkan semua transportasi dari dan ke kota pusat penyebaran virus corona. (AP/Mark Schiefelbein)
Penerbangan dari Wuhan Ditutup: Pelancong berjalan melintasi papan informasi tentang penerbangan dari Wuhan telah dibatalkan di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing pada Kamis (23/1/2020). China menangguhkan semua transportasi dari dan ke kota pusat penyebaran virus corona. (AP/Mark Schiefelbein)

Sebelumnya, Menteri Pehubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Kemenhub telah menutup penerbangan dari dan menuju Wuhan, China, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Kita memang minta petugas di bandara dan pelabuhan untuk melakukan kegiatan pemeriksaan yang lebih intensif tetapi harus disertai dengan sikap profesional, humble, dan sopan santun," katanya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut pemerintah sudah menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh di 135 pintu masuk di Indonesia dan menunjuk sedikitnya 100 rumah sakit untuk bersiaga menangani penyebaran virus corona.

Ia juga memastikan, hingga rilis ini disiarkan, tidak ada WNA atau WNI di Indonesia yang terjangkit virus yang berasal dari Negeri Tirai Bambu itu. Begitu pula dengan 243 WNI yang berada di Wuhan, Hubei, Tiongkok, dalam kondisi sehat.

"Yang terpenting, cara mencegahnya adalah menjaga imunitas agar tetap tinggi. Selama imunitasnya baik, gerakan hidup sehat, pola hidup dijaga, makan tepat waktu nantinya kondisi tubuh akan baik. Sehingga tidak mudah terjangkit virus maupun penyakit," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ashley Kurpiel Buat Komunitas Curhat Walau Mobilitas Semakin Terbatas

Posted: 27 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ashley Kurpiel adalah seorang penyandang disabilitas dengan gangguan Fibrodysplasia Ossificans Progressiva atau FOP. Gangguan ini adalah kondisi di mana otot, ligamen, dan tendon perlahan berubah menjadi tulang.

Perempuan berusia 37 tahun ini bahkan tidak dapat melakukan banyak hal seorang diri. Seperti tampak pada tayangan Barcoft TV Born Different, tubuhnya kaku seperti kayu.

"FOP berdampak pada kehidupan saya sehari-hari setiap harinya. Saya tidak bisa memakai baju sendiri, mandi sendiri, menata rambut, butuh bantuan di dapur mendapat makanan karena saya tidak bisa menggapai barang," ujar Ashley pada Barcoft TV.

Segala hal yang dibutuhkan ia dapat dengan bantuan sang ibu, Carol. Kondisi ini terus bertambah parah setiap tahunnya.

"Menggunakan WC, menggunakan alat makeup, mencuci pakaian, semuanya butuh bantuan," kata Carol.

Empat tahun lalu, Ashley masih bisa berjalan dengan menggunakan satu tongkat. Ia dapat lebih mandiri dan mobilitasnya masih cukup baik. "Sekarang saya kehilangan semua mobilitas tubuh. Sulit menjadi orang dewasa yang bahkan tidak dapat merawat diri sendiri".

Gangguan ini berawal ketika ia berusia 3 tahun. Ada benjolan besar di punggungnya yang telat, bahkan salah didiagnosis. Akibatnya, tangan dan bahu kanan harus diamputasi.

Membuat Grup Curhat

FOP benar-benar membuat mobilitas Ashley terbatas. Namun, di tengah keterbatasan tersebut ia masih mampu memberi manfaat bagi sekitar.

Pada 2018, ia membuat sebuah grup untuk para penyandang disabilitas karena amputasi. Grup amputasi ini diisi oleh 23 member aktif yang terdiri dari pria dan wanita, muda maupun tua.

Mereka rutin bertemu sekitar satu bulan satu kali. Biasanya pertemuan dilakukan di kafé atau rumah makan. Di sana mereka saling becerita dan mengisi satu sama lain.

Seluruh anggota seperti mendapat tempat mengadu. Mereka berpendapat tidak ada satu pun orang yang akan mengerti keadaan setelah amputasi selain orang-orang yang pernah diamputasi.

"Aku membuat ini, karena aku telah diamputasi sejak kecil. Hidup dengan amputasi seakan menjadi kehidupan normalku.Tapi orang-orang ini yang mendapatkan amputasi tidak sejak kecil membutuhkan dorongan," pungkas Ashley.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kenang Kobe Bryant, Empire State Building Berubah Warna

Posted: 27 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kobe Bryant meninggal usai mengalami kecelakaan di usia 41 tahun. Untuk mengenang kepergiannya, Empire State Building berwarna emas dan ungu, yang merupakan warna khas LA Lakers.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pencurian 732 Buku Nikah di KUA Lamongan, Apa Motifnya ?

Posted: 27 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 366 pasang buku nikah yang ada di Kantor Urusan Agama atau KUA Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, raib dicuri. Pelaku sengaja mengincar buku nikah yang disimpan di Ruang Kepala KUA dengan cara mencongkel pintu belakang dan pintu ruangan Kepala KUA.

Petugas kepolisian dari Sektor Deket, Lamongan langsung mendatangi Kantor Urusan Agama (KUA) setempat atas laporan terjadinya kasus pencurian pada hari Rabu pagi.

Pelaku yang masuk dengan merusak pintu belakang kantor dan ruangan Kepala KUA tersebut tidak membawa peralatan komputer atau barang berharga, namun pelaku hanya mencuri 366 pasang buku nikah atau sebanyak 732 buku nikah yang masih kosong yang disimpan di lemari ruangan Kepala KUA.

Terjadinya kasus pencurian ini pertama kali diketahui oleh staf administrasi KUA saat melihat pintu serta lemari yang sudah dalam kondisi acak-acakan. Muhammad Robih, Kepala KUA Deket mengatakan, dari 366 pasang surat nikah yang hilang tersebut, 66 pasang buku nikah merupakan stok lama, sementara  yang baru 300 pasang yang tersimpan di dalam kardus.

Pihak kepolisian saat ini terus menyelidiki serta, mendalami kasus yang tergolong baru pertama kali terjadi, yakni pencurian buku nikah.

Atas kasus pencurian ini, KUA Deket saat ini tidak memiliki satu pun stok buku nikah. Pihak KUA langsung berkoordinasi dengan Kemenag Lamongan untuk menyediakan buku nikah pengganti. Demikian dilansir pada Liputan6, 27 Januari 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Lengkap Korban dalam Kecelakaan Helikopter Kobe Bryant

Posted: 27 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, California - Seluruh korban dalam kecelakaan helikopter di Calabasas, California, Amerika Serikat. pada Minggu pagi waktu setempat (26/1/2020) atau Senin dinihari WIB sudah teridentifikasi. Selain menewaskan ikon NBA, Kobe Bryant dan putrinya, Gianna (13), insiden tragis itu juga merenggut 7 nyawa lainnya. 

Menurut kepolisian Los Angeles, seluruh penumpang dan pilot tewas dalam insiden tragis tersebut. Di antara korban terdapat pelatih bisbol Orange Coast College, John Altobelli, istrinya Keri, dan putrinya, Alyssa. Kecelakaan ini membuat kedua anaknya, JJ dan Alexis terpaksa harus hidup sebatang kara.  

Selain keluarga Altobelli, korban tewas lainnya adalah Sarah Chester dan putrinya Payton. Sama halnya dengan Alyssa, Pyton juga merupakan rekan satu tim putri Kobe Bryant, Gianna. Mereka rencananya akan tampil pada turnamen Mamba Cup. Sementara dua korban lainnya diketahui merupakan pelatih tim basket putri yang bekerja di Mamba Sports Academy, Christina Mauser. 

Selain penumpang, pilot Ara Zobayan yang menerbangkan helikopter naas ini juga meninggal dunia. Zobayan selama ini dikenal sebagai pilot andal yang sudah berpengalaman selama 20 tahun. Sebelum kecelakaan, Zobaya dikabarkan sempat meminta menambah ketinggian untuk menghindari kabut.  

 

Terhempas di Bukit

Sejumlah petugas berusaha mengevakuasi korban jatuhnya helikopter di Calabasas, California, Minggu (26/1/2020). Legenda NBA, Kobe Bryant, menjadi salah satu korban tewas pada kecelekaan helikopter berjenis Sikorsky S-76B itu. (AP/Mark J. Terrill)
Sejumlah petugas berusaha mengevakuasi korban jatuhnya helikopter di Calabasas, California, Minggu (26/1/2020). Legenda NBA, Kobe Bryant, menjadi salah satu korban tewas pada kecelekaan helikopter berjenis Sikorsky S-76B itu. (AP/Mark J. Terrill)

Kecelakaan terjadi saat Kobe Bryant hendak mengunjung pusat pelatihan Mamba Sports Academy yang berada di kawasan Thousand Oaks. Recananya Kobe akan memberi pelatihan singkat kepada anak-anak di sana, sedangkan Gianna dijadwalkan bertanding bersama timnya di Mamba Cup. 

Helikopter jenis Sikorsky S-76B yang ditumpangi Kobe Bryant bertolak dari bandara John Wayne Airport di Orange County sekitar pukul 9.08 am waktu setempat. Namun pada pukul 9.47 am, pihak berwenang menerima laporan kecelakaan di Las Virgenes Road and Willow Glen Street.

Dua pekerja salah satu gereja di Canyon, melihat helikopter terjauh ke sisi bukit. Sejumlah saksi mata lain melihat helikopter sempat berputar-putar sebelum jatuh menghempas bumi.

Kecelakaan tersebut juga menimbulkan kebakaran kecil di sekitar tempat kejadian. Kru yang tiba di lokasi kejadian segera memadamkan api yang mulai membakar ranting-ranting kering di sekitarnya.

Menurut Kapten Pemadam Kebakaran LA, Tony Imbrenda, tidak ada yang selamat dalam insiden itu. Namun awalnya, petugas belum bisa memastikan berapa jumlah korban dalam kecelakaan tersebut.

Kabar ini tentu saja mengejutkan semua pihak. Ucapan duka terus mengalir. Tidak hanya sesama pemain basket, rasa kehilangan juga diraskan berbagai kalangan dari seluruh penjuru dunia. 

Daftar Lengkap Korban

Ucapan dukacita Kylie Jenner untuk Kobe Bryant dan korban lain. (Instagram/ kyliejenner)
Ucapan dukacita Kylie Jenner untuk Kobe Bryant dan korban lain. (Instagram/ kyliejenner)

Jumlah penumpang: Sembilan orang termasuk pilot

Korban Tewas:

1. Kobe Bryant (Legenda NBA-41)

2. Gianna Bryant (Putri Kobe Bryant-13)

3. John Altobelli (Pelatih Bisbol Orange Coast College)

4. Keri Altobelli (Istri John Altobelli)

5. Alyssa Altobelli (Putri John Altobelli)

6. Christina Mauser (Pelatih Harbor Day School)

7. Sarah Chester (Ibu Payton)

8. Payton (Satu tim Gianna)

9. Ara Zobayan (Pilot helikopter)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Virus Corona, Wali Kota Wuhan Akui Kesalahan

Posted: 27 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hingga Senin, 27 Januari 2020, setidaknya ada 80 orang meninggal dunia dan lebih dari 4 ribu orang terinfeksi virus corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok.

Salah satu yang menjadi korban meninggal karena infeksi virus corona adalah pejabat Wuhan bernama Wang Xianliang. Dikutip dari Taiwan News, pria 62 tahun itu merupakan mantan ketua komite urusan agama daerah tersebut.

Wali Kota Wuhan Zhou Xianwang akhirnya angkat bicara. Dia menanggapi kecaman masyarakat yang menyatakan bahwa informasi soal penyakit itu tidak dirilis dengan cepat. Dia mengakuinya.

"Kami tidak mengungkapkan informasi secara tepat waktu dan juga tidak menggunakan informasi yang efektif untuk meningkatkan pekerjaan kami," kata Zhou dalam sebuah siaran di CCTV, seperti dikutip dari The Guardian pada Selasa (28/1/2020).

Siap Mundur

Banner Infografis Wuhan Bak Kota Mati Akibat Virus Corona. (Sumber Foto: AP, PPIT Wuhan
Banner Infografis Wuhan Bak Kota Mati Akibat Virus Corona. (Sumber Foto: AP, PPIT Wuhan

Zhou menambahkan, dia bersama beberapa pejabat setempat siap untuk mengundurkan diri apabila orang-orang menginginkan akuntabilitas soal isolasi Wuhan.

"Apabila masyarakat ingin mengejar akuntabilitas dan publik memiliki pendapat yang kuat, kami bersedia mengundurkan diri," kata Zhou bersama dengan ketua Partai Komunis Wuhan Ma Guoqiang dalam siaran tersebut, dikutip dari New York Post.

Walau begitu, Zhou menegaskan bahwa mengunci Wuhan dengan 11 juta orang di dalamnya adalah cara efektif untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.

"Nama kami akan hidup dengan buruk, tetapi sepanjang hal ini kondusif untuk kehidupan dan keselamatan masyarakat, Kamerad Ma Guoqiang dan saya akan memikul tanggung jawab apa pun," kata Zhou seperti dilaporkan oleh New York Times.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kecamatan di Kabupaten Bandung Masih Terendam Banjir

Posted: 27 Jan 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Hingga hari ini, Selasa (28/1/2020), sebanyak enam kecamatan di Kabupaten Bandung masih terendam banjir. Air masih menggenangi kawasan tersebut sejak Kamis pekan lalu (23/1/2020). 

Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu mengatakan, keenam kecamatan terdampak banjir di Kabupaten Bandung antara lain, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Bojongsoang, Kecamatan Rancaekek, Kecamatan Majalaya dan Kecamatan Ciparay.

Menurut Budi, hingga Selasa pagi pukul 05.00 WIB sebanyak 18.046 KK atau 59.917 jiwa korban banjir di Kabupaten Bandung dengan ketinggian muka air rata-rata 10 hingga 200 cm dan memaksa 1.454 KK atau 3.882 jiwa mengungsi.

Warga mengungsi ke sejumlah titik pengungsian seperti Aula Desa Dayeuhkolot, Masjid Ashofia, Masjid Baitu Haq, Masjid Al-Musofa, Masjid Argadinata, Masjid Al-Barokah, Shelter Parunghalang, Gedung INKANAS Baleendah dan sejumlah pengungsian lainnya yang tersebar di beberapa kecamatan.

Sementara untuk kerugian materil yang ditimbulkan akibat banjir di Kabupaten Bandung karena intensitas hujan tinggi sejak pekan lalu meliputi 13.881 rumah, 23 sekolah, 79 tempat ibadah, 18 fasilitas umum dan 278 hektare sawah.

"Selain itu akses Jalan Andir menuju Katapang hingga saat ini masih terendam dan tidak bisa dilalui kendaraan," kata dia.

Saat ini BPBD Provinsi Jawa Barat, BPBD Kabupaten Bandung dan tim gabungan serta dari unsur TNI/Polri terus memantau ketinggian muka air dan melakukan asesmen ke lokasi kejadian.

Selain itu, bantuan logistik seperti sembako dan sejumlah barang penunjang kebutuhan lainnya terus dikirimkan kepada para pengungsi.

Selasa pagi, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meninjau lokasi banjir di Kabupaten Bandung, salah satunya ke Kantor Desa Dayeuhkolot.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: