Rabu, 22 Januari 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jadwal Garuda Select di Italia: Ditunggu Tim Milik Orang Terkaya di Indonesia

Posted: 22 Jan 2020 11:15 PM PST

Liputan6.com, Como - Garuda Select masih akan menggelar laga uji coba di Italia. Tiga pertandingan sudah dimainkan tim asuhan Des Walker ini.

Garuda Select sempat menang 3-0 atas Torino U-17. Namun, setelah itu, mereka mengalahkan dua kekalahan beruntun.

Setelah dihajar Juventus U-17 1-2, Garuda Select kalah 2-3 dari Inter Milan U-17 di Sunning Development Center, Milan, Rabu (22/1/2020) malam WIB. Padahal, di laga melawan Inter Milan U-17, Garuda Select sempat unggul 2-1 di babak pertama.

Setelah pertandingan, salah satu pencetak gol Garuda Select, Bagus Kahfi, menuturkan timnya sudah bekerja maksimal. Selain itu, pertahanan Inter cukup stabil meski berkali-kali digempur sepanjang pertandingan.

"Bek mereka bermain lebih disiplin. Kami cukup kesulitan meski mampu mencetak dua gol. Itulah sepak bola, tidak ada yang tahu hasil akhir akan seperti apa. Kami mampu mengimbangi, tetapi mereka tetap unggul hari ini," ujar Bagus.

Setelah Inter Milan U-17, Garuda Select harus cepat-cepat melakukan pemulihan. Sebab, mereka akan menghadapi Como U-17 di Lapangan SNEF Lamrone Sport Center.

 

Siapa Pemilik Como?

Bek kiri Garuda Select, Edgard Amping (baju putih). (Dok Mola TV)
Bek kiri Garuda Select, Edgard Amping (baju putih). (Dok Mola TV)

Como merupakan klub Serie C yang dimiliki oleh orang terkaya di Indonesia, Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono setelah dibeli dengan uang sebanyak Rp 5 miliar. Dua orang terkaya Indonesia itu membeli Como FC dengan nama Sent Entertainment Ltd.

Sent Entertainment Ltd, yang berdomisili di Inggris, dikendalikan oleh Bambang Hatono dan Robert Budi Hartono. Mereka merupakan bos perusahaan rokok kretek di Indonesia, Djarum, kekayaannya mencapai Rp 461 triliun.

 

Jadwal Garuda Select

Senin, 27 Januari 2020

Garuda Select vs Como U-17

Venue: Lapangan SNEF Lamrone Sport Center

Live di TVRI dan MolaTV

 

Saksikan video Garuda Select di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak Aturan Baru Terkait Prosedur Seleksi CPNS

Posted: 22 Jan 2020 11:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) terbitkan Peraturan baru, yakni peraturan Nomor 50 tahun 2019 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode Computer Assisted Test (CAT), sebagai pengganti Peraturan BKN Nomor 8 Tahun 2018 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN.

Dilansir dari website resmi BKN, bahwa peraturan baru tersebut ditujukan sebagai pedoman bagi pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, seleksi masuk Sekolah Kedinasan (Sekdin), seleksi pengembangan karir, dan seleksi selain Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan menggunakan CAT BKN.

Selanjutnya, peraturan ini mengatur rincian tahapan seleksi dari mulai persiapan, pelaksanaan, sampai dengan pelaporan. Selain itu juga, diatur tentang mekanisme pelaksanaan seleksi yang di dalamnya terdapat peserta penyandang disabilitas.

Berikut beberapa poin perubahan dari peraturan baru terkait prosedur penyelenggaraan metode CAT BKN, yakni komposisi tim pelaksana CAT BKN harus terdiri dari koordinator, super admin, petugas aplikasi, dan pengawas.

Untuk lokasi mandiri, penyimpan server menjadi tanggungjawab tim pelaksana CAT BKN. Serta pihak yang bertanggungjawab atas pengawasan di ruang seleksi, harus mengecek kartu identitas, kartu peserta, dan nama peserta dilayar Personal Computer (PC).

Kemudian, menampilkan dan memastikan skor peserta seleksi secara realtime yang dapat dilihat langsung oleh masyarakat. Serta tahap pelaporan CPNS dan sekolah kedinasan sesuai dengan pelaksanaan, pengumpulan, rekonsiliasi, dari Kepala BKN dan pengumuman oleh instansi.

Penyandang Disabilitas

Peserta mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi ini bertujuan untuk pengenalan dan sosialisasi sistem seleksi CPNS 2019 yang akan digelar dengan sistem CAT. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Peserta mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi ini bertujuan untuk pengenalan dan sosialisasi sistem seleksi CPNS 2019 yang akan digelar dengan sistem CAT. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bagi peserta penyandang disabilitas, panitia seleksi diwajibkan menyiapkan ruang seleksi yang nyaman, tersedia headset, komputer dan jaringan yang terkoneksi dengan server seleksi.

Dalam peraturan itu, juga terdapat tata tertib tambahan, yakni PIN registrasi ditutup lima menit sebelum jadwal seleksi dimulai. Serta berita acara penyimpanan server tidak ada, namun akan ada pemulihan data.

Maka dari itu, BKN mengimbau seluruh pihak yang terlibat pada penyelenggaraan seleksi dengan metode CAT, dapat melaksanakan seluruh tahapan penyelenggaraan dengan mengacu pada peraturan tersebut.    

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tilang Elektronik Bagi Sepeda Motor Mulai Berlaku Februari 2020

Posted: 22 Jan 2020 11:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mulai menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk pengendara sepeda motor pada awal Februari 2020.

"Nanti pada Februari ini, kita sosialisasikan seminggu lah, baru penindakan," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, saat dikonfirmasi, Kamis (23/1/2020).

Fahri mengatakan, lokasi kamera ETLE untuk pengendara motor berada di dua titik.

"Pertama, sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin. Kemudian, di jalur transjakarta koridor 6 rute Ragunan-Monas, tepatnya di depan kantor Imigrasi, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan," sambungnya.

Sebanyak 57 kamera pengawas akan disebar di lokasi yang telah ditentukan untuk penindakan pengendara motor.

Sebelumnya, sistem tilang elektronik sudah diterapkan bagi kendaraan roda empat atau lebih. Namun, untuk sepeda motor kamera ETLE baru diberlakukan dan penilangan hanya pada pengendara motor yang menggunakan pelat nomor Jakarta.

Ada tiga jenis pelanggaran untuk pengendara motor, yaitu:

1. Pelanggaran rambu lalu lintas

2. Pelanggaran marka jalan

3. Penggunaan helm.

 

Sistem Tilang dan Pembayaran Denda

Lalu bagaimana sistem penilangan dan pembayaran denda?

1. Kamera ETLE akan menangkap gambar kendaraan bermotor yang melanggar aturan lalu lintas.

2. Hasil tangkapan gambar tersebut terkirim langsung ke pusat data di TMC Polda Metro Jaya.

3. Petugas akan memverifikasi jenis pelanggaran pengendara motor yang tertangkap kamera ETLE dan mengidentifikasi nomor pelat nomor.

4. Apabila sudah terverifikasi jenis pelanggarannya, petugas akan menerbitkan surat konfirmasi.

5. Surat konfirmasi akan dikirim ke alamat pengendara motor yang melanggar selambat-lambatnya tiga hari setelah pelanggaran dilakukan.

6. Pelanggar diberikan waktu 7 hari setelah pengiriman surat konfirmasi untuk klarifikasi jika ada kekeliruan dalam proses tilang.

7. Klarifikasi dari pemilik kendaraan dapat dilakukan melalui situs web http://www.etle-pmj.info, melalui aplikasi yang nantinya dapat diunduh melalui Play Store, atau mengirimkan kembali belangko konfirmasi yang telah diisi kepada kepolisian.

8. Pemilik kendaraan bisa mengklarifikasi jika saat itu kendaraannya dikendarai orang lain, atau kendaraan itu sudah bukan lagi miliknya namun belum dilakukan balik nama oleh pemilik yang baru.

9. Sesudah klarifikasi, pelanggar mendapatkan surat tilang biru sebagai bukti pelanggaran, serta kode BRI virtual sebagai kode virtual pembayaran melalui Bank BRI.

10. Pembayaran bisa dilakukan lewat bank atau mengikuti sidang sesuai jadwal yang ditentukan. Pelanggar memiliki waktu 7 hari lagi setelah proses klarifikasi untuk membayar denda.

Kendaraan yang ditilang dan tidak secepatnya membayar denda maka STNK akan terblokir dan tidak bisa diperpanjang. STNK bisa diaktifkan kembali setelah pengemudi membayar denda tilang.

Denda yang dibayarkan sesuai jenis pelanggaran yang diatur Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

 

Reporter: Tri Yuniwati Lestari

Sumber: Merdeka

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Ingat Lia AFI? Ini 7 Potret Terbarunya yang Bikin Pangling

Posted: 22 Jan 2020 11:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta AFI merupakan salah satu ajang pencarian bakat tarik suara yang populer pada 2000-an. Banyak bintang multitalenta yang lahir dari ajang bergengsi tersebut. Setelah AFI usai, beberapa pesertanya masih ada yang aktif di dunia hiburan. 

Namun ada juga yang memilih vakum dan tidak tampil di layar kaca lagi. Salah satunya Amalia soraya atau yang akrab disapa Lia AFI. Pasca lulus dari AFI, wanita kelahiran Bandung, 6 Desember 1984 ini ternyata sempat aktif di dunia hiburan.

Bahkan ia pernah mengeluarkan single lagu dan bermain di beberapa film. Namun kini sosoknya sudah jarang muncul di layar kaca televisi. Lia AFI memilih fokus menjadi istri dan ibu rumah tangga.

Lia AFI telah menikah dengan seorang drummer bernama Adit. Keduanya juga telah dikaruniai anak perempuan yang cantik. Tak banyak yang tahu, ternyata Lia sempat tinggal di China selama beberapa tahun bersama keluarga kecilnya.

Namun diketahui Lia kini telah kembali ke Indonesia dan tinggal di Bandung. Penampilannya pun terlihat berbeda, ia semakin cantik dan memesona. Berikut potret terbaru Lia AFI yang bikin pangling dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (23/1/2020).

1. Meski tak menjadi juara, Lia masih ada dalam ingatan para penggemarnya.

Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)
Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)

2. Kini penampilannya terlihat berbeda, namun ia terlihat makin cantik dan awet muda.

Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)
Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)

3. Lia sudah menikah dengan seorang drummer bernama Adit. Keduanya juga telah memiliki buah hati yang cantik.

Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)
Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)

4. Wanita 35 tahun ini ternyata sempat tinggal di China selama beberapa tahun.

Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)
Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)

5. Kini ia sudah jarang tampil di layar kaca, Lia fokus dengan perannya sebagai istri dan ibu rumah tangga.

Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)
Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)

6. Meski begitu, Lia masih menjalin komunikasi dengan Ari Tulang yang dulu merupakan instruktur dance di AFI.

Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)
Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)

7. Kini Lia telah kembali ke Indonesia dan tinggal di Bandung.

Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)
Lia AFI (Sumber: Instagram/@liaterbaik)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Alasan Persija Bisa Kembali Rajai Liga 1 2020

Posted: 22 Jan 2020 11:10 PM PST

Jakarta- Performa Persija Jakarta melorot drastis pada musim lalu. Setelah menyegel gelar Liga 1 2018, tim berjulukan Macan Kemayoran itu hanya mampu bersaing agar tidak terdegradasi  dari Liga 1 2019.

Beragam problem menghujam Persija Jakarta pada 2019. Tim Macan Kemayoran sampai tiga kali berganti pelatih. Mulai dari Ivan Kolev, Julio Banuelos hingga Edson Tavares.

Persaingan Liga 1 2019 begitu ketat. Persija berjuang keras dan mampu mengakhiri musim di peringkat ke-10, hasil dari 11 kemenangan, 11 seri, dan 12 kalah.

Persija lalu berbenah untuk musim ini. Manajemen berubah, struktur staf kepelatihan pun berganti. Sebagian besar pemain pada musim lalu dipertahankan. Persija juga mendatangkan beberapa muka anyar, termasuk Evan Dimas.

Persija pun ingin kembali menjuarai Liga 1, demi memuluskan rencana tim melantai di bursa saham dan kembali tampil di level Asia.

Berikut Bola.com menyajikan tiga alasan mengapa Persija Jakarta bisa kembali menjadi favorit juara di musim depan:

Pelatih Berlabel Juara

Pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, saat menghadiri sesi latihan di Lapangan Sutasoma, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Pria asal Brasil ini akan memimpin pasukan Macan Kemayoran untuk mengarungi Liga 1 musim depan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, saat menghadiri sesi latihan di Lapangan Sutasoma, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Pria asal Brasil ini akan memimpin pasukan Macan Kemayoran untuk mengarungi Liga 1 musim depan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persija Jakarta mengumumkan Sergio Farias sebagai pengganti Edson Tavares di kursi pelatih kepala.

Sergio Farias bukan pelatih sembarangan. Ia punya pengalaman 27 tahun berkarier sebagai nakhoda tim. Pada 1998-1999, ia ditunjuk menjadi juru taktik Brasil U-20.

Ia juga merupakan pelatih yang mengantar Brasil U-17 menjuarai Campeonato Sul Americano pada 2000.

Saat menangani klub Korea Selatan, Pohang Steelers pada periode 2005-2009, Sergio Farias bergelimang gelar. Pelatih berusia 52 tahun ini membawa timnya itu merengkuh gelar K-League 2007, Korean FA Cup 2008, Korean League Cup 2009, dan Liga Champions Asia (LCA) 2009.

Adapun, penghargaan pribadinya ialah pelatih terbaik K-League pada 2007. Ia juga membawa Pohang Steelers menduduki peringkat ketiga Piala Dunia Antarklub 2009 ketika Barcelona menjadi juaranya.

Selain itu, Sergio Fariasejau juga pernah melatih Guangzhou R&F (China) pada 2012-2013, Suphanburi (Thailand) pada 2014-2015 dan 2016-2017 serta terakhir di Gaish SC (Mesir) pada 2019.

Mirip Persija Jakarta pada musim lalu, Sergio Farias mengalami penurunan karier selama 10 tahun terakhir. Tak satupun trofi yang mampu dipersembahkannya setelah gelar Korean League Cup dan LCA 2009.

Materi Pemain Mewah

Pemain Persija Jakarta, Evan Dimas, saat latihan di Lapangan Sutasoma, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Gelandang Timnas Indonesia ini menjadi rekrutan baru Macan Kemayoran untuk mengarungi Liga 1 musim depan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pemain Persija Jakarta, Evan Dimas, saat latihan di Lapangan Sutasoma, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Gelandang Timnas Indonesia ini menjadi rekrutan baru Macan Kemayoran untuk mengarungi Liga 1 musim depan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persija Jakarta bergerak cepat di bursa transfer 2020. Macan Kemayoran telah mendatangkan lima pemain, meliputi Alfaath Faathier, Otavio Dutra, Rafli Mursalim, Evan Dimas, dan Marco Motta.

Terbaru, Ferry Paulus selaku Direktur Olahraga Persija mengatakan, timnya berencana menggaet sekitar empat pemain lokal lagi. Satu di antaranya adalah winger Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay.

Para pemain baru ini akan melengkapi komposisi Persija yang dipertahankan. Bergabungnya Evan Dimas menjadi kunci lantaran Macan Kemayoran membutuhkan figur gelandang pengatur serangan di dalam tim.

Dukungan Penuh The Jakmania

Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, memberikan dukungan saat melawan Becamex Binh Duong pada laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Selasa (26/2). Kedua klub bermain imbang 0-0. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, memberikan dukungan saat melawan Becamex Binh Duong pada laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Selasa (26/2). Kedua klub bermain imbang 0-0. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, dipastikan bakal makin bergairah mendukung tim kebanggaan mereka, menyusul masifnya aktivitas Macan Kemayoran di bursa transfer. Dengan target juara, suporter diprediksi bakal berbondong-bondong untuk datang ke stadion.

Dibanding 2018, kesetiaan The Jakmania sedikit luntur pada musim lalu. Seringkali laga-laga kandang Macan Kemayoran hanya dihiasi oleh bangku-bangku kosong. Kondisi ini wajar mengingat pencapaian Persija yang juga menurun drastis.

Namun, Macan Kemayoran terancam menjadi tim musafir. Pasalnya, sejumlah stadion yang berada di Jabodetabek diperkirakan bakal direnovasi menyambut Piala Dunia U-20 2021.

Disadur dari Bola.com (Penulis M Adiyaksa/ Editor Wiwig Prayugi, Published 23/1/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mencicipi Lezatnya Ransum Militer Bersertifikat Halal Karya Anak Bangsa di Pameran Alutsista

Posted: 22 Jan 2020 11:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ransum atau makanan siap saji yang biasa dibawa militer kala bertugas di medan tempur mendapat sorotan khusus saat di Pameran Alutsista di Kantor Kementerian Pertahanan Jakarta.

Meski bukan alat tempur untuk melumpuhkan musuh, namun ransum adalah logistik utama yang wajib dibawa militer saat bertugas di segala medan.

"Selain senjata, logisitik yang baik adalah faktor penentu kemenangan di medan tempur," kata Khazan Chief Executive Officer PT Jangkar Nusantara Megah (JNM), Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Berangkat dari filosofi tersebut, Khazan akhirnya membangun industri ransum untuk kebutuhan militer yang sesuai standar TNI dan pastinya halal.

"Itu yang membedakan kami dengan ransum lainnya, produk kami terjamin kualitasnya karen tentara itu butuh gizi tinggi, nutrisi, protein yang tinggi tidak main-main kita dan utamanya produk kita juga halal. Karena di dunia baru ada dua ransum halal, kami Indonesia dan Malaysia," jelas Khazan.

Usaha Khazan merintis ransum sudah bergerak cukup lama. Dimulai sejak tahun 70an atau sekira 30 tahun sudah PT. JNM ini berdiri. Untuk produksinya pun Khazan mengaku semua dilakukan di dalam negeri, mulai dari berasnya, daging, serta packaging semua dikerjakan di Indonesia, tepatnya di Surabaya.

"Kami punya sawah, peternakan, seluruh prosesnya karya anak bangsa, justru kita mendorong ini keluar dan kami sudah kerjasama dengan Brunei dan Timor Leste yang militernya juga menggunakan ransum buatan kami," beber Khazan.

 

Proses Jaminan Mutu dan Kualitas

CEO PT. JNM, Khazan, menuturukan produk ransum miliknya tak sembarang jadi. Bersama tim risetnya, butuh waktu hingga 2 sampai 3 tahun untuk sebuah produk baru yang bermutu dan berkualitas tinggi.

"Kami lewati serangkaian uji, seperti airdrop, lalu uji ketahanan suhu, kami lakukan itu memastikan ransum kami memang kuat dan layak dibawa ke medan tempur berhari-hari," jelas Khazan.

Ditambahkan dr. Wirawan, selaku wakil direktur utama PT JNM, dengan keahliannya sebagai dokter, dirinya juga terus melakukan controlling terhadap produk ransum yang dihasilkan.

"Kami perhatikan betul berapa sih kalori dibutuhkan TNI, juga medannya seperti apa, untuk berapa lama, itu ada uju klinisnya," terang dia.

Diketahui, ransum utamanya berfungsi sebagai logistik militer di saat kondisi mendesak yang tidak memiliki waktu untuk mengolah atau memasak makanan. Karenanya ransum harus dibuat secara sangat sederhana untuk dikonsumsi dan tidak hanya membuat kenyang namun juga sesuai dengan asupan yang dibutuhkan tentara saat bertempur.

Mencicipi Ransum TNI

Tim Liputan6.com yang bertandang ke stand pameran PT JNM berkesempatan mencicip salah satu ransum militer. Kami melihat bagaimana ransum yang berbntuk kotak persegi panjang sangat sederhana dalam penyajiannya.

Di dalammya terdapat nasi, juga daging dengan bumbu seperti kari yang menggugah selera. Memang sekilas tampak seperti makanan di pesawat komersil, namun saat dicicipi rasanya luar biasa.

Kami pun kagum, bagaimana hidangan tersebut bisa tetap lezat walau faktanya harus awet dan tahan lama selama dibawa militer bertempur, juga kuat teguncang di segala medan.

"Ya itu lah kelebihan dan keunggulan kami," kata Khazan tertawa menandasi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan Merosot, Mitsubishi Fuso Pertahankan Pangsa Pasar

Posted: 22 Jan 2020 11:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku agen pemegang merek Mitsubishi Fuso melaporkan penjualan retail (dealer ke konsumen) di sepanjang 2019 mencapai 41.736 unit. Dibanding pencapaian tahun sebelumnya, angka tersebut turun 18,4 persen karena pada 2018 Fuso membukukan 51.132 unit.

Penyebab utama merosotnya penjualan Fuso ialah pasar kendaraan niaga yang turun hingga 19 persen di sepanjang 2019. Meski demikian, Mitsubishi Fuso tetap mendominasi pangsa pasar.

"2019 merupakan tahun penuh tantangan. Namun kami berhasil mempertahankan dominasi kami dengan pencapaian pangsa pasar 44,2 persen. Kami optimistis hal tersebut membawa dampak positif di tahun 2020 dalam memajukan perekonomian dan pembangunan," kata Head of PR & CSR KTB Dony Hermawan dalam keterangan resminya.

Untuk diketahui, Colt Diesel menjadi kontributor utama penjualan Mitsubishi Fuso di segmen light duty truck (LDT) dengan pencapaian 36,575 unit. Dengan hasil tersebut, Colt Diesel menguasai pangsa pasar 55,4 persen.

Sedangkan FUSO dan Fighter di kelas medium dutytruck (MDT) dan heavy duty truck (HDT) berhasil terjual 5,161 unit dengan pangsa pasar 23,4 persen.

Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan pangsa pasar tahun sebelumnya sebesar 19,2 persen.

 

Penghargaan Best Distributor

Pencapaian lain yang berhasil diraih KTB adalah penghargaan sebagai Best Distributor (large size market) 2019 dari Daimler Truck Asia. Penghargaan ini diraih atas pertumbuhan yang cukup signifikan baik dari sisi sales dan customer service.

Selama 2019, Kementerian Perindustrian gencar melakukan regulasi over dimension and over loading (ODOL).

Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, KTB menyediakan Karoseri Portal bagi perusahaan karoseri dan dealer sebagai sumber informasi terkait regulasi khususnya mengenai regulasi muatan truk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Berpenumpang TKI Tenggelam di Bengkalis, 10 Orang Hilang

Posted: 22 Jan 2020 11:05 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Kapal berpenumpang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tenggelam dalam perjalanan dari Pulau Rupat di Kabupaten Bengkalis menuju Malaysia. Basarnas Pekanbaru menyatakan, sebanyak 10 dari 20 jumlah TKI yang menumpangi kapal tenggelam tersebut sudah ditemukan.

"Berdasarkan informasi yang diterima dari Polairud Tanjung Medang, hanya 10 orang yang selamat, lebihnya masih dalam pencarian," kata Kepala Basarnas Pekanbaru, Ishak, dikutip Antara, Kamis (23/1/2020).

Sepuluh penumpang kapal nahas yang sudah ditemukan berumur antara 25 sampai 40 tahun dan berasal dari berbagai daerah termasuk Aceh, Pemalang, Medan, Prapat, Langkat, dan Jambi. Mereka berada di Puskesmas Tanjung Medang, Rupat, Bengkalis.

Menurut Ishak, seluruh TKI penumpang kapal nahas itu berangkat dari Pulau Rupat di Kabupaten Bengkalis pada Selasa (21/1) malam sekira pukul 21.30 WIB. Namun dia belum bisa memastikan apakah mereka berangkat menuju Negeri Jiran sesuai prosedur legal.

Kapal pengangkut TKI tersebut, menurut Ishak, kemungkinan karam karena mengalami kebocoran.

Hingga kini empat kapal dari Basarnas dan Polres Bengkalis dikerahkan untuk mendukung pencarian penumpang kapal tenggelam yang lain.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Kelinci Naik Penerbangan Kelas Bisnis Rute Amerika Serikat-Jepang

Posted: 22 Jan 2020 11:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada pemandangan tak biasa di penerbangan rute San Francisco-Kyoto maskapai United Air, beberapa waktu lalu. Salah satu kursi penumpang kelas bisnis diisi seekor kelinci abu-abu yang tampak menggemaskan mengenakan dasi kupu-kupu berwarna hitam.

Mengutip Lonely Planet, 22 Januari 2020, kelinci delapan tahun bernama Coco itu merupakan teman perjalanan pemiliknya, Takako Ogawa, dalam penerbangan selama 11 jam tersebut.

Coco sendiri sudah melakoni penerbangan di bagasi dari Jepang ke Amerika Serikat tiga tahun lalu. Tapi, Takako takut bahwa sang kelinci sudah terlalu tua untuk melakukan itu lagi, mengingat durasi terbang cukup lama.

Karenanya, ia mendaftarkan Coco sebagai hewan pendukung emosi dan membayar 100 dolar Amerika atau Rp1,4 juta untuk membolehkan Coco masuk kabin di dalam kandang.

Kala itu, kursi di sebelah Takako kosong, sehingga Coco diperbolehkan duduk di sana. Karena berhasil menarik perhatian petugas kabin, sang kelinci diberikan servis berupa croissant dan kacang almond dalam penerbangan.

Berkelakuan Manis

Kelinci lakukan penerbangan rute Amerika Serikat-Jepang di kelas bisnis. (dok. Facebook/Takako Ogawa)
Kelinci lakukan penerbangan rute Amerika Serikat-Jepang di kelas bisnis. (dok. Facebook/Takako Ogawa)

Coco berperilaku baik, sangat tenang walau penasaran, serta terus menjelajah di sekitar bantal dan cubicle tempat duduknya. Takoko sendiri tak memperbolehkan sang kelinci melompat selama berada di pesawat. Juga, punya cukup persediaan untuk memenuhi kebutuhan buang air Coco.

Takako, yang merupakan co-founder dan CEO perusahaan startup, menegaskan bahwa khawatir Coco sangat stres ditaruh di bagasi bila binatang lain menggonggong atau resah tepat di sampingnya.

Ia mendeskripsikan kabin pesawat sangat baik untuk memperbolehkan kelincinya duduk di kursi penerbangan yang kosong, bahkan memberi makanan kecil.

Sebelumnya, Coco juga sudah sempat mengunjungi kantor Google tempat Takako dulunya bekerja, juga hadir di sesi barbeque dan muncul di potret keluarga. Karena usia, Taoko tak berencana membawa Coco lagi dalam penerbangan ke manapun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Debat Sidang Pemakzulan Donald Trump Berakhir Setelah 13 Jam, Apa Selanjutnya?

Posted: 22 Jan 2020 11:03 PM PST

Liputan6.com, Washington, D.C - Senat AS pada Rabu 22 Januari 2020 pagi waktu setempat menyetujui aturan untuk sidang impeachment atau pemakzukan Donald Trump. Mengakhiri sesi sidang maraton yang menandai hari pertama perdebatan sengit dalam proses peradilan bersejarah, 21 Januari.

Washington Times yang dikutip Kamis (23/1/2020) menyebutkan bahwa paket aturan yang diusulkan Partai Republik disahkan dalam pemungutan suara party-line vote dengan perolehan 53-47. Penghitungan yang sama yang memutuskan hampir setiap tantangan Demokrat untuk aturan dalam 13 jam argumen yang berlangsung hingga hampir pukul 02.00 pagi.

Persidangan yang diikuti pemanggilan saksi selama beberapa pekan dari Demokrat menuntut lebih banyak bukti untuk sidang majelis tinggi. Sejauh ini Ketua DPR Nancy Pelosi berpegang pada dua pasal pemakzulan - penyalahgunaan kekuasaan dan penghalang Kongres - selama sekitar satu bulan dalam upaya untuk mempengaruhi proses tersebut.

Demokrat dilaporkan gagal dalam setiap upayanya, memerlukan lebih banyak dokumen administrasi dan saksi administrasi, di mana senator adalah juri yang memutuskan kasus pemakzulan DPR.

Pemimpin Mayoritas Senat Amerika Serikat Mitch McConnell dari Kentucky dan Partai Republik bersatu untuk mengikuti prosedur yang sama digunakan untuk persidangan impeachment Presiden Bill Clinton pada tahun 1999. Yakni menunda pemungutan suara terhadap saksi.

Saat itu, Senat AS dengan suara bulat menyetujui aturan untuk Bill Clinton.

McConnell tiba-tiba mengkritik usulannya untuk memberikan masing-masing pihak, 24 jam selama dua hari untuk membuat kasus mereka. Garis waktu itu dapat diperpanjang setiap hari uji coba hingga pukul 01.00 pagi dan mendorong para kritikus untuk melabeli pemimpin mayoritas "Midnight Mitch."

Resolusi aturan yang diadopsi memberi setiap pihak jeda waktu 24 jam selama tiga hari, garis waktu yang sama yang digunakan dalam persidangan Clinton.

Kantor McConnell mengatakan perubahan dilakukan setelah diskusi dengan anggota Republik.

Setelah 48 jam perselisihan, aturan persidangan memberi senator 16 jam untuk mengajukan pertanyaan. Masalah saksi atau bukti baru lainnya akan mengikuti pertanyaan. Butuh 51 senator untuk memanggil saksi.

Partai Republik saat ini memegang 53 kursi di majelis tinggi. Demokrat mengontrol 47.

Akan Berlanjut 23 Januari

Sketsa artis ini menggambarkan manajer pemakzulan Schiff yang mengajukan argumen dalam persidangan pemakzulan Presiden Donald Trump. [Dana Verkouteren / AP Photo]
Sketsa artis ini menggambarkan manajer pemakzulan Schiff yang mengajukan argumen dalam persidangan pemakzulan Presiden Donald Trump. [Dana Verkouteren / AP Photo]

Mengutip AP, argumen manajer pemakzulan untuk mengamandemen aturan yang ditetapkan McConnell tidak membuahkan hasil hingga akhir sidang.

Disebutkan sebanyak 11 amandemen yang diajukan Ketua Minoritas Senat AS, Chuck Schumer, dari Partai Demokrat ditolak para Senator AS, dalam voting yang digelar berturut-turut.

Amandemen itu memperjuangkan pemanggilan saksi termasuk Kepala Staf Gedung Putih Mich Mulvaney dan mantan penasihat senior John Bolton, serta mengupayakan permintaan dokumen penting.

NBC News melaporkan bahwa McConnell mengatakan semua orang akan kembali pada Kamis 23 Januari pukul 13.00. Untuk hari kedua argumen manajer DPR.

"Kami telah memperkenalkan kasus ini, kami telah melewati kronologi, dan besok kami akan menerapkan fakta-fakta kepada hukum karena berkaitan dengan penyalahgunaan kekuasaan oleh Presiden," kata Schiff.

Ketujuh manajer impeachment berbicara selama sesi 21 Januari ini.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontraktor Revitalisasi Monas Dianggap Tak Jelas, PSI Lapor KPK

Posted: 22 Jan 2020 11:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PSI membuat laporan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas revitalisasi kawasan Monas. PSI beranggapan, kontraktor yang akan menggarap proyek ratusan miliar rupiah ini tak jelas keberadaannya.

"Jadi dari penelusuran media dan penelusuran dari tim kami, kantor kontraktor itu di Ciracas, tetapi setelah ditelusuri ternyata ada info lagi di Letjen Suprapto Cempaka Putih, itu juga nggak jelas malah," ujar tim advokasi PSI, Patriot Muslim di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (23/1/2020).

Patriot mengatakan, alamat kantor PT Bahana Prima Nusantara yang menjadi kontraktor ini masih simpang siur. Menurutnya, jika kontraktor tidak memberikan informasi yang benar saat proses lelang, maka itu masuk kategori pelanggaran.

"Dari website lpse.jakarta.go.id, bisa ditemukan data terkait nama kontraktor pemenang lelang yakni PT Bahana Prima Nusantara, harga negosiasi senilai Rp 64,4 miliar, dan alamat kantor di Jalan Nusa Indah No. 33, Ciracas, Kota Jakarta Timur. Tim Advokasi PSI telah menelusuri alamat tersebut yang ternyata berlokasi di sebuah gang di kawasan permukiman," kata dia.

Patriot mengatakan, sempat terkuak kabar PT Bahana Prima Nusantara menyewa kantor virtual di lokasi tersebut. Menurut Patriot, kantor asli PT Bahana Prima Nusantara beralamat di Jalan Letjend Suprapto Nomor 60, Jakarta Pusat.

"Namun, setelah ditelusuri berbagai pihak dan media, tidak juga ditemukan lokasi sebenarnya perusahaan tersebut," kata dia.

Patriot menduga, PT Bahana Prima Nusantara hanya perusahaan bendera yang tak memiliki aset untuk mengerjakan proyek tersebut.

"Jika dia mengalihkan pekerjaan ke pihak lain atau melakukan praktik subkontrak, maka ini juga pelanggaran berat," kata dia.

Melengkapi Berkas

Maka dari itu Patriot meminta KPK menelusuri kejanggalan-kejanggalan tersebut. Patriot mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan beberapa dokumen sebagai bukti. Meski tim pengaduan masyarakat (dumas) KPK memintanya untuk melengkapi berkas laporan tersebut.

"Kalau memang ada pelanggaran ya diusut, kalaupun memang enggak ada ya harus ada keterangan yang terang-benderang dari KPK," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Virus Corona, 5 Penyakit Mematikan Ini Pernah Menggemparkan Dunia

Posted: 22 Jan 2020 11:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona saat ini menjadi masalah kesehatan yang sedang disorot dunia. Virus yang berawal dari kota Wuhan, China, ini dikatakan sebagai virus mematikan yang menyerang paru-paru manusia.

Virus ini pertama kali diketahui ketika 59 orang di kota Wuhan mengalami penyakit dengan gejala mirip Pneumonia. Saat ini virus Corona bahkan dikatakan telah menyebar ke beberapa negara seperti Jepang, Korea Utara hingga Amerika Serikat.

Rupanya Corona bukanlah virus yang pertama kali menggegerkan dunia, dirangkum dari berbagai sumber berikut 5 virus mematikan lainnya yang sempat mengancam dunia.

1. Ebola

Sebelum Corona, Virus Ebola sempat membuat publik geger. Ebola sangat menular dan mengancam nyawa jika tak segera ditangani. Sekitar 90% pasien yang terinfeksi penyakit ini dikatakan tak dapat bertahan hidup.

Yang membuat virus ebola sangat menakutkan adalah kemampuannya berkembang biak. Virus ini dapat menggumpalkan sel darah, sehingga menghambat aliran darah menuju organ lain. Jika organ tubuh kekurangan darah, maka organ akan rusak.

Setelah menyerang darah, virus ebola juga menyerang organ lain seperti ginjal, otak, usus, hati dan sebagainya. Seringkali pasien ebola meninggal karena gagal ginjal.

2. SARS

Orang-orang mengenakan masker penutup mulut setibanya di stasiun kereta api Beijing untuk mudik Tahun Baru Imlek pada Selasa (21/1/2020). Virus mirip SARS yang menyebar ke seluruh wilayah China dan mencapai tiga negara Asia ternyata dapat menular dari satu orang ke orang lain. (NICOLAS ASFOURI/AFP)
Orang-orang mengenakan masker penutup mulut setibanya di stasiun kereta api Beijing untuk mudik Tahun Baru Imlek pada Selasa (21/1/2020). Virus mirip SARS yang menyebar ke seluruh wilayah China dan mencapai tiga negara Asia ternyata dapat menular dari satu orang ke orang lain. (NICOLAS ASFOURI/AFP)

SARS pertama kali ditemukan menyebar di China pada tahun 2002 lalu. Penyakit yang dikatakan mirip dengan virus Corona ini dapat menyebar lebih cepat dibandingkan dengan AIDS dan Ebola. Lebih parahnya lagi, penyakit ini menyerang atau menulari orang-orang yang bekerja di bidang kesehatan seperti dokter atau perawat.

Saat itu SARS telah menyebar dan mewabah di puluhan negara dalam beberapa bulan saja. Penyebaran wabah ini ditengarai karena banyaknya masyarakat Cina yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Walaupun tercatat bahwa 9 dari 10 penderita penyakit SARS dapat sembuh dari penyakit tersebut, SARS merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian apabila penderita tidak diberikan penanganan tepat.

3. H5N1 atau Flu Burung

Ilustrasi flu burung (Sumber: Istockphoto)
Ilustrasi flu burung (Sumber: Istockphoto)

Flu burung merupakan salah satu jenis penyakit influenza yang ditularkan oleh unggas kepada manusia. Di Indonesia, virus H5N1 pernah menjadi wabah dan menyebabkan banyak kasus flu burung.

Butuh waktu 3-5 hari untuk virus masuk ke tubuh manusia dan menimbulkan gejala. Untuk gejalanya sendiri seseorang akan merasakan semam, sakit kepala, pegal-pegal, batuk dan sesak. Pengobatannya harus dilakukan secepat mungkin karena jika tidak bisa menimbulkan komplikasi yang mengancam jiwa.

4. HIV

Virus HIV AIDS
Virus HIV AIDS

HIV merupakan salah satu virus paling mematikan di zaman modern. Sejak pertama kali dikenali tahun 1980-an, lebih dari 35 juta orang meninggal karena terinfeksi virus ini. HIV menyerang sistem kekebalan tubuh. Ketika kekebalan tubuh lemah berbagai penyakit akan rentan menyerang tubuh.

Jika infeksi HIV tidak segera ditangani akan menyebabkan kondisi serius yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

Meski belum ada obat untuk menanganinya, saat ini ada obat untuk memperlambat perkembangan virus tersebut sehingga dapat meningkatkan harapan hidup si penderita.

 

5. MERS

Ilustrasi Liputan Khusus Mers
Ilustrasi Liputan Khusus Mers

MERS memiliki kepanjangan Middle East Respiratory Syndrome. Penyakit MERS merupakan infeksi virus pada paru-paru karena virus korona. MERS pertama kali terjadi di Arab Saudi pada tahun 2012 dan diduga virusnya berasal dari unta.

Penyakit MERS dapat menyerang orang dari segala usia. Penderita MERS bisa merasakan gejala yang mirip dengan flu seperti demam, batuk, napas pendek, menggigil dan nyeri dada.

MERS yang akut berpotensi memicu gagal organ, terutama ginjal, dan syok sepsis. Oleh sebab itu, pasien yang mengalaminya membutuhkan penanganan darurat di rumah sakit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nick Kuipers: Igbonefo Bikin Persib Makin Kuat

Posted: 22 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung Bek asing Persib Bandung Nick Kuipers menyambut baik kembalinya Victor Igbonefo. Pemain asal Belanda itu menilai kehadiran Victor akan menambah kuat lini belakang Persib di Liga 1 2020.

"Iya, saya senang dia kembali dan saya mendengar banyak yang positif tentang dia. Jadi senang melihat dia kembali bergabung dengan tim," kata Nick ditemui usai sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu (22/1/2020).

Kehadiran Victor, yang merupakan pemain naturalisasi itu memang akan menambah slot pemain bertahan Maung Bandung. Selain Nick dan Victor, tim asuhan Robert Rene Alberts sudah memiliki Achmad Jufriyanto, Fabiano Beltrame dan Indra Mustafa di posisi bek tengah.

Mantan pemain Ado Den Haag ini mengaku tak masalah dengan menumpuknya slot di lini belakang dan menyatakan akan fokus berkontribusi bagi Persib musim ini.

"Saya senang kami akan memulai dengan hal yang bagus jadi kami akan lihat ke depan. Kami bersiap untuk musim baru, kami harus memulai dengan bermain bagus," ucap pemain yang baru musim lalu membela Persib itu.

 

 

Sambut Dua Pemain Brasil

Wander Luiz dan Joel Vinicius hadir dalam sesi latihan Persib Bandung. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Wander Luiz dan Joel Vinicius hadir dalam sesi latihan Persib Bandung. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Nick juga mengaku baru pertama kali berjumpa dengan Wander Luiz dan Joel Vinicius yang menjalani trial di Persib. Dia mengatakan kedua pemain asal Brasil itu merupakan pribadi yang baik.

"Ya saya bertemu mereka pertama kali di latihan hari ini. Mereka orang yang baik, pemain yang bagus dan mereka harus mampu menunjukan apa yang mereka miliki dan membuat pelatih supaya cepat mengambil keputusan," ujarnya.

Dari Thailand

Victor didatangkan kembali oleh Persib dari PTT Rayong pada awal musim ini. PTT Rayong sendiri menutup musim 2019 dengan menduduki posisi ke-11 dengan 35 poin dari 30 pertandingan.

Sebelumnya, pemain berdarah Nigeria itu sempat memperkuat Persib selama satu musim di 2018. Ketika itu, Igbonefo tampil di 27 pertandingan.

Saksikan Video Persib di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Petugas Tahan STNK Pengemudi di GT Waru, Ini Penjelasan Jasamarga

Posted: 22 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan terhadap pengguna jalan akibat kejadian penahanan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) oleh customer service supervisor (CSS).

PT Jasamarga Surabaya Mojokerto mengkonfirmasikan kalau kejadian penahanan STNK itu terjadi di Gerbang Tol (GT) Warugunung arah Surabaya Jalan Tol Surabaya-Mojokerto pada Sabtu, 18 Januari 2020 pukul 20.44 WIB.

Kronologi kejadian itu, ketika kendaraan Ertiga abu-abu pelat nomor L yang dikendarai oleh pengguna jalan masuk ke gardu 8 Gerbang Tol (GT) Warugunung dengan saldo uang elektronik yang kurang.

Saat itu, CSS bernama Suheirman meminta yang bersangkutan untuk top up uang elektronik. Akan tetapi yang bersangkutan tidak mau dan meminjam uang elektronik kendaraan di belakangnya.

Jalan Tol Surabaya-Mojokerto menerapkan sistem transaksi tertutup. Pengguna jalan membayar tarif tol sesuai dengan jarak. Tarif tol akan dihitung berdasarkan data gerbang tol masuk (tap in) dan data gerbang tol keluar (tap out) sehingga transaksi wajib menggunakan satu uang elektronik yang sama.

"Dengan pengertian itu, peminjaman uang elektronik kepada mobil belakang tidak bisa dilakukan di jalan tol dengan sistem tertutup," demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (23/1/2020).

Oleh karena itu, saat yang bersangkutan melakukan tapping, transaksi tetap berhasil, tetapi pengguna jalan yang di belakangnya (pemilik uang elektronik yang ditransaksikan oleh yang bersangkutan) tidak dapat melakukan transaksi kembali dengan uang elektronik sama karena tidak memiliki data gerbang tol masuk (tap in).

Imbau Pengguna Jalan Pastikan Saldo Uang Elektronik Cukup

Tol Sumo membentang sepanjang 36,27 kilometer (km) dan menghubungkan Kota Surabaya dengan Kabupaten Mojokerto. (Dok Kementerian PUPR)
Tol Sumo membentang sepanjang 36,27 kilometer (km) dan menghubungkan Kota Surabaya dengan Kabupaten Mojokerto. (Dok Kementerian PUPR)

Hal ini karena antrean di gardu 8 saat itu cukup panjang, petugas mengarahkan yang bersangkutan ke pinggir jalan tol sembari meminta STNK untuk didata serta demi mengamankan kendaraan yang saat itu telah melewati palang gardu tol.

Walaupun niat petugas hal itu dilakukan hanya sebagai jaminan agar pengguna jalan dapat menyelesaikan proses transaksi, hal ini dinilai tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) petugas.

Berdasarkan kejadian itu, hal ini telah dituangkan dalam Berita Acara (BA) internal perusahaan, ketika kepada yang bersangkutan dilakukan pembinaan dan proses pemindahtugasan untuk peningkatan kompetensi serta pelayanan prima dalam melayani pengguna jalan.

PT Jasamarga Surabaya Mojokerto pun memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan terhadap pengguna jalan akibat kejadian ini. PT Jasamarga Surabaya Mojokerto juga mengimbau pengguna jalan untuk dapat memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memulai perjalanan, memastikan untuk menyimpan uang elektronik yang digunakan untuk transaksi dengan baik agar tidak hilang dalam perjalanan serta paling penting menggunakan uang elektronik yang sama saat melakukan tap in dan tap out di gerbang tol.

Viral Petugas Jalan Tol Tahan STNK Pengemudi Mobil

Sebelumnya salah satu akun di media sosial mengunggah mengenai petugas tol yang menahan STNK jalan tol pada 19 Januari 2020 pukul 09.12. Hal itu diunggah oleh pemilik akun Facebook Aditya darma. Unggahan tersebut mendapatkan 194 komentar dan 17 kali dibagikan. Unggahan itu antara lain tertulis:

Assalamualaikum wr wb.selamat malam maaf saya minta pencerahannya. Kronologi adik sy, lewat tol waru gunung masuk krian mojokerto arah surabaya turun gunung sari. Karena saldo etoll tidak cukup akhirnya turun dan diberi pinjaman dari mobil belakang. Tp petugas jasa marga memberhentikan mobil adik sy dan mengambil stnk mobil. Selanjutnya di suruh bayar sebesar jarak tol terjauh yaitu semarang surabaya, apakah bener aturan seperti ini menahan stnk dan membayar denda sperti foto di atas terima kasih. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minimarket Alfa Express Jajaki Ekspansi ke Filipina

Posted: 22 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Alfa Express akan melebarkan bisnis ke luar negeri. Negara yang tengah diincar oleh ritel modern ini yaitu Filipina.

General Manager Alfaexpress, Adrianus Muliawan mengatakan, saat ini pihaknya telah menerima permintaan konsep toko praktis dan cepat ini juga datang dari negara tetangga, Filipina.

"Sudah ada permintaan, sudah masuk ke kami. Memang di sana pasar yang menarik juga," kata Adrian saat ditemui di daerah Lippo Karawaci, Kamis (23/1/2020).

Namun, pihaknya masih harus mengkaji kembali kehadiran Alfa Express di Filipina. Mulai dari lokasi, letak, penataan toko dan kultur masyarakatnya.

"Masih kami kaji untuk membawa ke sana,"katanya.

Ubah Identitas Warna

Warna Baru Alfa Express. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati).
Warna Baru Alfa Express. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati).

Ingin berbeda dari saudaranya, Alfa Express merubah warna dan tatanan toko jauh berbeda dengan Alfamart. Yang semula berwarna serba merah, kini berubah menjadi nuansa kuning hitam, lengkap dengan sajian barang-barang belanjaan serba premium.

"Selama ini konsumen kita agak bingung, kalau masuk Alfamart dengan Alfaexpress sama saja. Tapi kali ini kita bedakan, kalau masuk Alfamart berwarna merah yang sudah kita kenal selama ini, kalau Alfaexpress berwarna kuning hitam," tutur General Manager Alfaexpress, Adrianus Muliawan, saat ditemui di daerah Lippo Karawaci, Kamis (23/1/2020).

Jadi ada perbedaan, bila orang berbelanja di Alfamart untuk kebutuhan sehari-hari, lain halnya berbelanja di Alfaexpress yang lebih 'food to go' atau meninginkan produk cepat dan praktis. Makanya, di mini market ada pula aneka roti dan donat dari Krispy Kreme, nastar bar, menu makanan berat diap saji, aneka dessert, berbagai macam kopi, dan menu lain ala kafetaria.

Namun, tidak semua produk di Alfaexpress satu, akan sama dengan lainnya. "Kami membedakannya menjadi tiga kategori toko, ada Alfaexpress premium, advice dan medium. Tapi semua konsepnya convenience store," kata Adrian.

Untuk tahun ini, dari 30 cabang mini market tersebut, akan ada 12 cabang yang akan di re-branding menjadi premium store. Termasuk cabang yang ada di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes Nyatakan Belum Ada Virus Corona Tiongkok Menginfeksi Indonesia

Posted: 22 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia menegaskan bahwa virus corona penyebab pneumonia di Tiongkok belum dideteksi di Indonesia.

"Belum. Sampai hari ini belum ada. Sampai hari ini Indonesia belum ada novel coronavirus yang masuk ke Indonesia," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Wiendra Waworuntu di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Wiendra mengatakan, Kemenkes juga belum mendapatkan laporan apakah ada warga negara Indonesia (WNI) di Tiongkok yang terinfeksi virus corona tersebut.

"Kalau WNI, yang di luar belum ada. Biasanya KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia), kalau ada, akan mengumumkan bahwa ada orang Indonesia yang kena," kata Wiendra dalam konferensi pers di gedung Kemenkes.

 

Penularan dari Manusia ke Manusia

Terkait penularan, peneliti Tiongkok beberapa waktu lalu telah menyatakan adanya penularan manusia ke manusia. Namun, Kemenkes memilih untuk menunggu pernyataan resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kita tidak bisa mengatakan itu apabila bukan statement yang dikeluarkan oleh WHO. Kalau WHO sudah mengeluarkan statement, berarti penyakit ini dianggap sebagai public health emergency of international concern," kata Wiendra.

Dia juga menambahkan bahwa masyarakat tidak perlu resah terkait kasus tersebut. Menurutnya, yang menimbulkan kecemasan adalah karena adanya penerbangan langsung dari Tiongkok ke Indonesia.

"Mari kita mengajak masyarakat supaya tidak perlu resah, hidup sehat, terutama perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun 20 detik, kemudian makanlah yang bergizi, kemudian istirahat yang cukup, itu yang lebih menenangkan masyarakat," kata Wiendra dalam pemaparannya.

Saksikan juga video berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smartphone Luna Simo Bisa Akses Internet tanpa Kartu SIM

Posted: 22 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sempat lama tidak terdengar, vendor smartphone Luna kembali memperkenalkan produk terbarunya. Diberi nama Luna Simo, smartphone ini tampil unik sebab mampu terkoneksi dengan internet tanpa membutuhkan kartu SIM maupun Wi-Fi.

Menurut Marketing Manager Luna Indonesia Suryadi Willim, hal itu dimungkinkan sebab smartphone ini sudah dibekali dengan virtual SIM. Kehadiran virtual SIM ini didukung oleh kehadiran IMEI ketiga di smartphone ini.

"Smartphone ini merupakan inovasi terbaru dari Luna, smartphone yang bisa digunakan tanpa kartu SIM tapi bisa internetan, tanpa Wi-Fi juga," tutur Suryadi saat peluncuran Luna Simo di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Meski mendukung virtual SIM, smartphone tetap dapat digunakan dengan kartu SIM fisik.

Berbekal teknologi virtual SIM ini, smartphone ini dapat secara otomatis terhubung dengan jaringan 4G terkuat di wilayahnya. Tidak hanya di Indonesia, pengguna juga dapat menggunakannya di 130 negara yang sudah tercakup Simo.

Fitur Lainnya

Country Manager Simo Indonesia Wisnu Adhi dan Marketing Manager Luna Indonesia Suryadi Willim. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar
Country Manager Simo Indonesia Wisnu Adhi dan Marketing Manager Luna Indonesia Suryadi Willim. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Selain hadir dengan fitur virtual SIM, Luna Simo dibekali pula dengan baterai berkapasitas besar, yakni 4.100mAh. Memiliki layar berukuran 6,08 inci, smartphone ini memiliki desain layar waterdrop notch.

Performa smartphone ini ditunjang chipset Helio P23, RAM 3GB, dan ROM 32GB. Sementara untuk kebutuhan fotografi, Luna Simo memiliki kamera belakang ganda yang masing-masing beresolusi 13MP dan 2MP, serta kamera depan beresolusi 8MP.

Luna Simo yang hadir dengan dua pilihan warna, hitam dan hijau, menjalakan Android 9 Pie. "Dibanderol 1.399.000, smartphone ini membawa teknologi baru yang tidak biasa dan berharap bisa menggebrak pasar," tutur Suryadi.

Sebagai bagian dari penawaran awal, Simo memberikan promosi untuk pengguna baru. Jadi, pengguna akan mendapatkan kuota internet 4.000GB dan 2.000GB dengan harga masing-masing Rp 200.000 dan Rp 145.000.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Tampan Kevin Ardilova, Pemeran Murid Nakal di Guru-Guru Gokil

Posted: 22 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan April 2020 mendatang, para penggemar film Tanah Air akan disuguhkan dengan tontonan menarik. Film terbaru garapan Dian Sastrowardoyo berjudul Guru-Guru Gokil akan dirilis di bioskop Indonesia.

Film ini merupakan film produksi Base entertainment dan sekaligus film debut Dian Sastrawardoyo sebagai produser. Tak hanya terlibat sebagai produser, Dian juga terlibat langsung dalam penulisan skenario dan juga turut berperan dalam salah satu karakter.

Telah merilis teasernya, film Guru-Guru Gokil ternyata sukses menarik perhatian masyarakat. Tak hanya jalan cerita yang penuh makna, tetapi juga para pemain yang terlibat. Salah satunya adalah aktor muda Kevin Ichwal Ardilova.

Kevin Ardilova adalah aktor muda berbakat kelahiran 1999. Di dalam film guru-guru Gokil, Kevin Ardilova menjadi sosok murid nakal dan menyebalkan. Perannya menambah seru film berlatar belakang sekolah ini.

Meski dalam film Guru-Guru Gokil berpenampilan urakan, Kevin Ardilova adalah aktor tampan. Ia bahkan telah membintangi beberapa judul film layar lebar. Berikut ini 6 pesona Kevin Ardilova, aktor muda berbakat yang dirangkum oleh Liputan6.com, Kamis (23/1/2020) dari Insatgram @kevinardillova.

1. Kevin Ardilova akan menjadi salah satu murid di film Guru-Guru Gokil.

Paras tampan Kevin Ichwal Ardilova, si murid nakal di film Guru-guru Gokil. (Sumber: Instagram/@kevinardillova)
Paras tampan Kevin Ichwal Ardilova, si murid nakal di film Guru-guru Gokil. (Sumber: Instagram/@kevinardillova)

2. Kevin Ardilova awalnya merambah dunia hiburan sebagai model.

Paras tampan Kevin Ichwal Ardilova, si murid nakal di film Guru-guru Gokil. (Sumber: Instagram/@kevinardillova)
Paras tampan Kevin Ichwal Ardilova, si murid nakal di film Guru-guru Gokil. (Sumber: Instagram/@kevinardillova)

3. Lahir pada 19 April 1999 dan masih berusia muda, Kevin Ardilova sudah memiliki bakat akting di perfilman Tanah Air.

Paras tampan Kevin Ichwal Ardilova, si murid nakal di film Guru-guru Gokil. (Sumber: Instagram/@kevinardillova)
Paras tampan Kevin Ichwal Ardilova, si murid nakal di film Guru-guru Gokil. (Sumber: Instagram/@kevinardillova)

4. Dirinya pernah membintangi film hits seperti Dear Nathan, Revan & Reina, Bebas dan Habibie & Ainun 3.

Paras tampan Kevin Ichwal Ardilova, si murid nakal di film Guru-guru Gokil. (Sumber: Instagram/@kevinardillova)
Paras tampan Kevin Ichwal Ardilova, si murid nakal di film Guru-guru Gokil. (Sumber: Instagram/@kevinardillova)

5. Punya bakat akting keren, tak heran jika kini Kevin Ardilova punya banyak penggemar.

Paras tampan Kevin Ichwal Ardilova, si murid nakal di film Guru-guru Gokil. (Sumber: Instagram/@kevinardillova)
Paras tampan Kevin Ichwal Ardilova, si murid nakal di film Guru-guru Gokil. (Sumber: Instagram/@kevinardillova)

6. Pernah terlibat film bareng, Kevin Ardilova bersahabat baik dengan Jefri Nichol, Bryan Domani dan Giulio Parengkuan.

Paras tampan Kevin Ichwal Ardilova, si murid nakal di film Guru-guru Gokil. (Sumber: Instagram/@kevinardillova)
Paras tampan Kevin Ichwal Ardilova, si murid nakal di film Guru-guru Gokil. (Sumber: Instagram/@kevinardillova)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jelang Imlek, Tradisi Kue Keberuntungan di Restoran China

Posted: 22 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komunitas Tionghoa di AS pada 25 Januari mendatang juga merayakan Tahun Baru Imlek. Seperti kaum imigran lainnya, ada proses akulturasi budaya asli dengan budaya setempat. Ini juga terlihat dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tradisi menyantap dan membaca kue keberuntungan di restoran China.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Madonna Kembali Batalkan Konser di Lisbon, Promotor Minta Maaf

Posted: 22 Jan 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Portugal - Untuk kedua kalinya, Madonna membatalkan konsernya di Lisbon, ibu kota Portugal. Seharusnya ia manggung pada Rabu (22/1/2020) malam waktu setempat.

Pembatalan konser Madonna di kota yang mengilhami album terbarunya yang bertajuk Madame X, lantaran ia harus mengatasi rasa sakit dari cedera yang sedang dideritanya. Hal ini diungkap promotor turnya, Rabu (22/1/2020), dilansir Reuters.com, Kamis (23/1/2020).

Atas pembatalan tersebut, promotor Everything Is New mengeluarkan permintaan maaf kepada penggemar melalui Facebook. Ia juga berterima kasih kepada penggemar yang berdoa untuk kesembuhan Madonna.

Menyesali

Madonna. (AFP/Bintang.com)
Madonna. (AFP/Bintang.com)

"Kami dengan tulus menyesali kekecewaan kepada para penggemar karena perubahaan tak terduga, dalam menit-menit terakhir dari jadwal," katanya.

Pembatalan Pertama

Madonna (AFP / Theo Wargo / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)
Madonna (AFP / Theo Wargo / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Madonna sempat mengungkapkan permintaan maafnya saat membatalkan konser pertamanya di Lisbon, pada Minggu (20/1/2020) waktu setempat melalui akun Instagramnya.

"Sorry I had to cancel tonight but I must listen to my body and rest!! (Maaf saya membatalkan malam ini tapi saya harus mendengarkan tubuh saya dan beristirahat!!)" tulisnya.

 

Berjalan Sesuai Jadwal

Meski begitu, promotor menjelaskan pertunjukkan terakhir Madonna dari delapan yang semula dijadwalkan di Lisbon pada Kamis diperkirakan akan berjalan sesuai jadwal.

Tur kemudian akan dilanjutkan di London dan Paris.

 

Bukan Pertama Kali

CNN telah menghubungi perwakilan Madonna untuk meminta komentarnya. Rupanya ini bukan kali pertama Madonna membatalkan turnya.

Penyanyi ini sebelumnya membatalkan konsernya di New York City, Los Angeles, Boston, Miami, dan Paris, dengan alasan masalah produksi, cedera, dan batasan penjadwalan, seperti ditulis CNN, Minggu (20/1/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggota DPRD Sulsel Diduga Aniaya Wasit Sepak Bola

Posted: 22 Jan 2020 10:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang anggota DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) diduga menganiaya seorang wasit pertandingan sepak bola Legislator Cup Bone di Sulawesi Selatan. HM mencekiknya lantaran sang wasit dinilai tidak adil dalam memberikan keputusan. 

"HM Anggota DPRD Sulsel ini dilaporkan ke Polres Bone atas dugaan penganiayaan," tutur Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo dikonfirmasi, Kamis (23/1/2020).

Menurut Ibrahim, pihaknya akan memeriksa HM setelah mendapat persetujuan tertulis dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal itu sesuai dengan ketentuan Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) yang baru, yakni Undang-Undang Nomor 2 tahun 2018 tentang MD3. 

Polda Sulsel sendiri telah melayangkan surat permohonan izin pemeriksaan ke Kemendagri.

"Penyidik ingin memeriksa anggota DPR harus minta izin ke Presiden. Sedangkan anggota DPRD di provinsi kabupaten atau kota, pemanggilan dan permintaan keterangan untuk penyidikan harus mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri," jelas Ibrahim.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Chat Kocak ke Teman Sekelas Ini Sukses Bikin Mikir Keras

Posted: 22 Jan 2020 10:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Zaman dahulu interaksi dengan teman sekolah terputus saat pulang dari sekolah. Namun kini tidak lagi, karena sejak ada teknologi pesan singkat, berkomunikasi dengan teman sekolah jadi terasa lebih mudah dengan hadirnya aplikasi chat dan media sosial.

Salah satu aplikasi chat yang kerap digunakan untuk berkomunikasi yakni WhatsApp (WA). Aplikasi ini kerap kali digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat. Misalnya saja orangtua, guru, hingga teman sekelas.

Salah satu yang kerap melakukan komunikasi ialah teman sekelas. Mulai dari nanya kabar, hingga chat enggak penting lainnya. Terkadang chat dengan teman sekelas kerap membahas hal lucu dan kocak lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 chat kocak ke teman sekelas ini sukses bikin mikir keras, Kamis (23/1/2020).

1. Nongkrong sih nongkrong, tapi enggak di toilet juga dong.

Chat Kocak ke Teman Sekelas Ini Sukses Bikin Mikir Keras (sumber:Instagram/awreceh.id)
Chat Kocak ke Teman Sekelas Ini Sukses Bikin Mikir Keras (sumber:Instagram/awreceh.id)

2. Sungguh inspirasi yang sangat menarik sekali.

Chat Kocak ke Teman Sekelas Ini Sukses Bikin Mikir Keras (sumber:Instagram/awreceh.id)
Chat Kocak ke Teman Sekelas Ini Sukses Bikin Mikir Keras (sumber:Instagram/awreceh.id)

3. Sama apanya, beda jauh itu.

Chat Kocak ke Teman Sekelas Ini Sukses Bikin Mikir Keras (sumber:Instagram/awreceh.id)
Chat Kocak ke Teman Sekelas Ini Sukses Bikin Mikir Keras (sumber:Instagram/awreceh.id)

4. Dikira kostumnya seragam sekolah.

Chat Kocak ke Teman Sekelas Ini Sukses Bikin Mikir Keras (sumber:Instagram/awreceh.id)
Chat Kocak ke Teman Sekelas Ini Sukses Bikin Mikir Keras (sumber:Instagram/awreceh.id)

5. Makanya kalau lagi belajar enggak usah tidur, biar bisa bedain amandel dengan Adele.

Chat Kocak ke Teman Sekelas Ini Sukses Bikin Mikir Keras (sumber:Instagram/awreceh.id)
Chat Kocak ke Teman Sekelas Ini Sukses Bikin Mikir Keras (sumber:Instagram/awreceh.id)

6. Masih ada waktu untuk menuliskan kata-kata enggak jelas gini.

Chat Kocak ke Teman Sekelas Ini Sukses Bikin Mikir Keras (sumber:Instagram/awreceh.id)
Chat Kocak ke Teman Sekelas Ini Sukses Bikin Mikir Keras (sumber:Instagram/awreceh.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respons DPR hingga Parpol soal Pernyataan Yasonna Laoly Terkait Harun Masiku

Posted: 22 Jan 2020 10:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan Harun Masiku hingga kini masih menyisakan tanda besar. Dimanakah sebenarnya keberadaan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini? 

Diketahui Harun Masiku telah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai salah satu tersangka kasus dugaan suap Komisioner Komisi Pemilihaan Umum (KPU) Wahyu Setiawan terkait pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR terpilih 2019-2024.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly sempat memberikan pernyataan bahwa Harun Masiku masih berada di Singapura pada saat dilakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Wahyu Setiawan, 6 Januari 2020.

Usut punya usut ternyata Harun Masiku diketahui telah masuk ke Indonesia pada tanggal 7 Januari 2020 atau sehari sebelum KPK menggelar OTT kepada Wahyu Setiawan cs.

Informasi keberadaan buronan KPK ini belakangan dibenarkan oleh Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie.

"Saya sudah menerima informasi berdasarkan pendalaman di sistem, termasuk data melalui IT yang dimiliki stakeholder terkait di Bandara Soetta (Soekarno Hatta). Bahwa HM (Harun Masiku) telah melintas masuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik pada tanggal 7 Januari 2020," ujar Ronny saat dikonfirmasi awak media, Rabu, 22 Januari 2020.

Pernyataan dari Yasonna tentang keberadaan Harun Masiku ini sempat mendapatkan respons dari beberapa pihak.

DPR: Yasonna Menutup-nutupi

Plt Ketua Umum Partai Hanura Marsekal Madya (Purn) Daryatmo (kanan) memberi keterangan usai Munaslub Partai Hanura kubu Sarifuddin Sudding di Jakarta, Kamis (18/1). Sebelumnya, Daryatmo menjabat Wakil Ketua Umum Partai Hanura. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Plt Ketua Umum Partai Hanura Marsekal Madya (Purn) Daryatmo (kanan) memberi keterangan usai Munaslub Partai Hanura kubu Sarifuddin Sudding di Jakarta, Kamis (18/1). Sebelumnya, Daryatmo menjabat Wakil Ketua Umum Partai Hanura. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pernyataan dari Menkumham Yasonna Laoly mendapatkan respons dari anggota Komisi III DPR, Sarifuddin Sudding. Sudding mengkritik Yasonna mengenai perbedaan informasi kabar keberadaan Harun Masiku. 

"Ini kan membuat masyarakat bertanya-tanya ya. Pada saat itu kan di satu sisi Menkumham mengatakan bahwa yang bersangkutan masih ada di luar negeri. Tapi ternyata tanggal 7 itu sesuai dengan catatan bahkan sudah dikonfirmasi oleh Dirjen Imigrasi (Harun Masiku) sudah ada di Indonesia," kata dia, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu 22 Januari 2020.

Perbedaan informasi antara yang diberikan Yasonna dengan yang berasal dari anak buahnya, lanjut Sudding, menunjukkan tidak jalannya koordinasi di Kemenkumham.

"Itu terjadi missed. Satu institusi apalagi pemerintah di satu sisi Menkumham tidak mampu untuk melakukan koordinasi yang tepat dengan jajaran di bawahnya menyangkut keberadaan seseorang. Apalagi terkait dalam satu kasus," jelas Sudding. 

Selain miskomunikasi, hal ini juga dapat menjadi indikasi adanya upaya menutup-nutupi keberadaan Harun Masiku. Juga kemungkinan adanya konflik kepentingan dengan Yasonna Laoly yang merupakan kader PDIP.

"Sehingga tanpa ada koordinasi terlebih dahulu sebagai pejabat tertinggi dalam satu instansi memberikan suatu statement ke publik tanpa mericek terlebih dahulu kebenaran informasi yang disampaikan," ungkap politisi PAN ini.

"Padahal, sebagai menteri, ia harus tahu semuanya tentang apa yang terjadi di Kementeriannya. Apalagi, menyangkut keberadaan seseorang yang terkait tindak pidana," tandasnya.

Gerindra: Harusnya Menkumham Malu

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa. (Merdeka.com/Nur Habibie)
Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa. (Merdeka.com/Nur Habibie)

Selanjutnya, kritik keras juga datang dari Ketua DPP Partai Gerindra Desmond J Mahesa. Ia menyebut seharusnya Menkumham Yasonna Laoly malu dengan pengakuan Dirjen Imigrasi bahwa Harun Masiku berada di Indonesia.

"Pertama, Pak Laoly susah membedakan antara dia sebagai menteri dan orang partai. Masa kita percaya omongan dia? Harusnya dia malu kan?" kata Desmond di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu, 22 Januari 2020.

Dia menyebut Yasonna tidak memiliki wibawa, sebab Dirjen Imigrasi berbeda pendapat dengan Yasonna. Dia menyindir, apabila Yasonna berwibawa, maka Dirjen akan ikut berbohong mengenai keberadaan Harun Masiku.

"Ada apa dengan kepemimpinan Menteri Laoly di kemenkumham yang berbeda dengan Dirjen Imigrasi. Berarti kan menteri tidak punya wibawa. Kalau menteri punya wibawa, dirjen imigrasi ikut menutupi berbohong, ya berarti kan nggak punya wibawa," ujarnya.

Dia menyebut alasan Dirjen Imigrasi yang menyebut ada keterlambatan data imigrasi tidak masuk akal. Selain itu, Wakil Ketua Komisi III ini juga menyinggung soal etika politik Yasonna yang ikut konpers tim hukum DPP PDIP beberapa waktu lalu.

"Dia sebagai pejabat negara itu kan masalah etika politik saja. Etika politik ya lucu-lucuan ajalah hari ini. Hukum aja nggak jelas apalagi etika politik," tambah Desmond. 

PDIP: Yasonna Tak Masuk Tim Hukum Kasus Harun Masiku

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat memberi keterangan terkait Kongres V PDI Perjuangan tahun 2019 di Jakarta, Kamis (1/8/2019). Kongres dilaksanakan di Bali pada 8 Agustus 2019 dan mengambil tema Solid Bergerak Untuk Indonesia Raya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat memberi keterangan terkait Kongres V PDI Perjuangan tahun 2019 di Jakarta, Kamis (1/8/2019). Kongres dilaksanakan di Bali pada 8 Agustus 2019 dan mengambil tema Solid Bergerak Untuk Indonesia Raya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Di sisi lain, PDIP menyatakan Menkumham Yasonna Laoly bukan bagian dari tim hukum PDIP terkait kasus yang menyeret Komisioner KPU Wahyu Setiawan dan kader PDIP Harun Masiku.

Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menyebut, pihaknya menyadari sebagai Menkumham, Yasonna tidak boleh dilibatkan dalam tim hukum PDIP.

Djarot menegaskan dalam Surat Keputusan (SK) Tim Hukum yang dikeluarkan PDIP, tidak memuat nama Yasonna sebagai anggotanya.

"Kamu lihat dalam SK itu, dia (Yasonna) tidak masuk dalam tim hukum," ujar Djarot di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 22 Januari 2020.

Djarot menyebut, peran Yasonna saat hadir dalam pengumuman tim hukum PDIP beberapa waktu lalu adalah sebagai Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan DPP PDIP. Yasonna, kata Djarot, hanya memberikan tanda tangannya dalam pembentukan tim hukum PDIP.

"Bukan tidak dilibatkan, karena dia tidak boleh terlibat. Kita paham kok kondisi beliau, tapi sebagai ketua DPP yang menandatangani pasti SK itu adalah surat tugas keputusan ketua dan sekjen," kata Djarot.

Selain itu, terkait keberadaan Harun Masiku, Djarot mengaku baru mengetahui Harun Masiku sudah kembali ke Indonesia dari pemberitaan media massa.

"Sama sekali kami tidak ada kontak dengan yang bersangkutan, jadi nnggak tahu. Tahunya dari berita," kata Djarot.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, saat ini adalah tugas KPK untuk mencari keberadaan Harun Masiku.

"Kami sudah mengimbau tiap warga negara harus menghormati proses hukum. Tapi yang paling berwenang pihak KPK dan kepolisian. Yang saya dengar, saya baca yang bersangkutan sudah masuk DPO kan," ujarnya.

 

(Rizki Putra Aslendra)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituding Bagi-bagi Jabatan Komisaris Garuda Indonesia, Ini Jawaban Erick Thohir

Posted: 22 Jan 2020 10:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir angkat suara soal tudingan bagi-bagi jabatan komisaris Garuda Indonesia ke mantan Kepala Bekraf Triawan Munaf dan Yenny Wahid.

Erick menyatakan, penunjukkan Triawan dan Yenny dapat meningkatkan kinerja Garuda baik dari sisi inovasi bisnis maupun proteksi terhadap pekerja perempuan.

"Garuda itu kan ada dua hal (yang harus diperhatikan) tidak hanya dari kondisi bisnis saja namun juga dari sisi proteksi bagi tenaga kerja khususnya wanita," ujar Erick saat ditemui di Kementerian Pertahanan, Kamis (23/1/2020).

Sementara untuk penunjukkan Triawan, Erick menyatakan bahwa figur Triawan memiliki inovasi bisnis dan kreatif.

"Di era Garuda saat ini kan persaingannya sudah bukan hanya pesawat saja. Di mana, Garuda itu banyak implemen-implemen teknologi yang harus disiapkan. Itu juga ada hubungan bagaimana kita berpartner dengan banyak pihak swasta juga," imbuhnya.

Kemudian untuk perlindungan wanita, Yenny Wahid dinilai dapat melindungi atau merangkul pekerja wanita di maskapai pelat merah tersebut.

"Di mana dengan ada Bu Yenny tentu sekarang pramugari, front office perempuan, paling tidak ada yang melindungi atau ada yang bisa diajak bicara. Khususnya Bu Yenny itu backgroundnya jelas, pergerakan, dan Bu Yenny itu posisinya Komisaris Independen, wakil publik," imbuh Erick.

Meski demikian, proteksi terhadap pekerja wanita ini dibantah Erick ada hubungannya dengan kasus gundik Garuda Indonesia yang santer diperbincangkan beberapa waktu lalu.

Deretan Nama Komisaris Baru Garuda Indonesia, dari Triawan Munaf hingga Yenny Wahid

Ketua Bekraf, Triawan Munaf, memberikan sambutan saat pembekalan 16 tim esports Piala Presiden 2019 di Gedung Krida Bhakti Setneg, Jakarta, Selasa (26/3). Final turnamen akan diselengarakan pada 30-31 Maret mendatang. (Bola.com/Yoppy Renato)
Ketua Bekraf, Triawan Munaf, memberikan sambutan saat pembekalan 16 tim esports Piala Presiden 2019 di Gedung Krida Bhakti Setneg, Jakarta, Selasa (26/3). Final turnamen akan diselengarakan pada 30-31 Maret mendatang. (Bola.com/Yoppy Renato)

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu ini. Salah satu agenda rapat tersebut adalah perombakan kepengurusan.

Selain mengubah susunan direksi, RUPSLB Garuda Indonesia ini juga merombak susunan komisaris. Terdapat nama-nama baru dalam susunan komisaris ini.

Nama baru dalam susunan komisaris Garuda Indonesia tersebut antara lain Triawan Munaf. Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ini didapuk menjadi Komisaris Utama. Selain itu juga ada nama Yenny Wahid. Putri dari Presiden RI ke-4 ini menjabat sebagai Komisaris Independen.

Nama baru lainnya adalah Elisa Lumbantoruan yang menduduki posisi Komisaris Independen. Sebelumnya, Elisa merupakan Presiden Direktur dan CEO ISS, sebuah perusahaan alih daya multinasional.

Sedangkan komisaris lainnya adalah nama lama yaitu Chairal Tanjung. Sebelumnya Chairal Tanjung menjabat sebagai Komisaris Independen. Sedangkan saat ini ia menduduki posisi Wakil Komisaris Utama.

Peter Gontha juga bergabung kembali untuk menduduki posisi Komisaris. Sebelumnya Peter Gontha pernah menduduki posisi komisaris di Garuda Indonesia.

Susunan Lengkap Komisaris Garuda Indonesia

(Liputan6.com/Fahrizal Lubis)
(Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Susunan Komisaris Baru

1. Komisaris Utama: Triawan Munaf

2. Wakil Komisaris Utama: Chairal Tanjung

3. Komisaris Independen : Yenny Wahid

4. Komisaris Independen: Elisa Lumbantoruan

5. Komisaris : Peter Gontha

 

Susunan Komisaris Lama

1. Komisaris Utama : Sahala Lumban Gaol

2. Komisaris : Chairal Tanjung

3. Komisaris Independen: Eddy Porwanto Poo

4. Komisaris independen : Insmerda Lebang

5. Komisaris independen : Herbert Timbo Parluhutan Siahaan  

  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ronaldo Cetak Gol ke Gawang AS Roma, Pelatih Juventus Malah Puji Dolores

Posted: 22 Jan 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Turin - Juventus sukses lolos ke semifinal Copa Italia. Si Nyonya Tua, sebutan Juventus, merebut tiket usai menang 3-1 atas AS Roma di Allianz Stadium, Kamis (23/1/2020) dini hari WIB.

Dalam pertandingan tersebut, gol pertama Juventus dicetak oleh Cristiano Ronaldo di menit ke-26. Dia berhasil melepaskan sepakan dari sudut sempit yang gagal dihentikan oleh kiper AS Roma, Pau Lopez.

Usai pertandingan, pelatih Juventus, Maurizio Sarri menolak memberikan pujian kepada pemain asal Portugal tersebut. Sarri malah menyanjung ibu Ronaldo yakni Dolores Aveiro.

"Saya tidak mau memberikan pujian untuk Ronaldo saat ini. Kalau mau, Anda puji saja ibunya yang sudah melahirkan orang seperti itu," kata Sarri, seperti dikutip dari Football Italia.

Dua gol Juventus lainnya dicetak oleh Rodrigo Bentacur dan Leonardo Bonucci. Sedangkan gol balasan AS Roma tercipta karena kesalahan Gianluigi Buffon.

Kabar Buruk

Pemain Juventus Gonzalo Higuain (kanan) menggiring bola melewati pemain AS Roma pada pertandingan Coppa Italia di Turin, Italia, Rabu (22/1/2020). Juventus menggilas AS Roma 3-1 dan berhasil lolos ke semifinal. (Marco Bertorello/AFP)
Pemain Juventus Gonzalo Higuain (kanan) menggiring bola melewati pemain AS Roma pada pertandingan Coppa Italia di Turin, Italia, Rabu (22/1/2020). Juventus menggilas AS Roma 3-1 dan berhasil lolos ke semifinal. (Marco Bertorello/AFP)

Sarri juga mengatakan, Juventus mendapat kabar buruk usai melawan AS Roma. Usai laga itu, Si Nyonya Tua kehilangan dua pemain sayap mereka, Alex Sandro dan Juan Cuadrado.

"Alex Sandro mengalami masalah otot dan Cuadraro terserang flu. Jadi, kami sedikit kekutangan bek sayap," ujar pria asal Italia tersebut.

"Jika terpaksa, kami bisa memasang Blaise Matuidi di posisi itu," ucap mantan manajer Chelsea tersebut.

Hadapi Napoli

Dengan hilangnya dua pemain itu, Juventus bakal kesulitan kala mengunjungi Napoli di Stadion San Paoli, Minggu (27/1/2020) dalam lanjutan Liga Italia. Laga ini menjadi ajang nostalgia bagi Sarri yang pernah melatih Napoli.

"Ini bukan pengalaman yang normal. Itu adalah sesuatu yang sangat menyebuth saya. Sebagai manusia, ada ikatan yang luar biasa di sana," kata Sarri mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP 2020: Proses Pemulihan Cedera Bikin Marc Marquez Menderita

Posted: 22 Jan 2020 10:35 PM PST

Barcelona- Pebalap asal Spanyol, Marc Marquez, sukses meraih gelar juara dunia MotoGP 2019. Saat ini rider berusia 26 tahun itu tengah menjalani masa pemulihan setelah melakukan operasi bahu kanan akhir tahun lalu.

Operasi tersebut dijalani Marquez lantaran bahunya menderita cedera akibat kecelakaan yang dialami pada kualifikasi MotoGP Sepang tahun lalu. Meski cedera, Marquez tetap bisa meraih gelar juara MotoGP keenam sepanjang kariernya.

Namun cedera tersebut terasa mengganggu dan ia memutuskan buat naik meja operasi untuk penyembuhan. Operasi ini adalah yang kedua buat Marquez dalam dua musim balap terakhir.

"Pemulihan setelah operasi kali ini terasa lebih sulit dibanding musim lalu. Rasanya tidak lebih sakit, tapi pemulihannya yang lebih sulit," kata Marquez.

Demi melakukan operasi dan pemulihan, Marquez mengaku harus membatalkan sejumlah agenda yang sebetulnya bisa dijalani di masa libur musim balap.

"Dua minggu yang lalu tangan saya tak punya kekuatan, bahkan untuk mengangkat segelas air," lanjut rider tim Honda Repsol ini.

Guna melakukan pemulihan, Marc Marquez harus menjalani sesi rehabilitasi yang ketat. Selama dua jam di pagi dan siang hari Marquez melakukan latihan keras untuk memulihkan kekuatan tangannya. "Saya harus terus fokus, mengingat bahwa balapan pertama akan berlangsung di Qatar dan saya harus pulih secepatnya," lanjut Marquez.

 

Tes di Sirkuit Sepang

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, semakin kukuh di puncak klasemen sementara setelah menjuarai MotoGP Prancis 2019. (AFP/Jean-Francois Monier)
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, semakin kukuh di puncak klasemen sementara setelah menjuarai MotoGP Prancis 2019. (AFP/Jean-Francois Monier)

Musim MotoGP 2020 akan dimulai pada 8 Maret di Sirkuit Losail, Qatar. Namun sebelumnya, serangkaian tes seperti biasa bakal dimulai pada awal Februari. Rencananya, sesi tes MotoGP akan diawali di Sirkuit Sepang, Malaysia, 7-9 Februari.

Marquez pun berniat buat tampil di sesi tes tersebut. Musim lalu, setelah menjalani operasi, ia juga sudah bisa tampil pada tes pertama sebelum musim MotoGP 2019.

Jelang musim baru, Marquez masih merasa percaya diri bakal bisa merebut gelar juara MotoGP ketujuh.

"Sulit untuk mengetahui seperti apa musim yang akan datang bakal berjalan. Tahun lalu, saya harus bekerja keras untuk menemukan setingan terbaik di tiga hingga empat balapan awal. Musim ini, saya berharap bisa tampil maksimal sejak balapan pertama," tegas Marquez.

Sumber: Autosport

Disadur dari Bola.com (Penulis Erwin Fitriansyah/Published 23/1/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Ini Bocoran Harga Samsung Galaxy S20 5G

Posted: 22 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung bakal segera mengumumkan kehadian flagship smartphone terbarunya, Galaxy S20 series.

Kini sebuah bocoran terbaru mengungkap soal harga perangkat ini. Disebutkan, trio Galaxy S20 bakal dijual dengan banderol harga lebih mahal, apalagi perangkat ini telah mendukung konektivitas 5G.

Informasi harga ini datang dari Max Weinbach yang selama ini aktif memberi bocoran tentang Galaxy S20.

Meski dibanderol dengan harga mahal, Galaxy S20 versi 4G harganya akan lebih murah. Sayangnya, tidak diketahui apakah akan ada Galaxy S20 model 4G atau tidak mengingat kini jaringan 5G telah diterapkan ke banyak negara.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (23/1/2020), Samsung Galaxy S20 5G bakal dijual antara 900-1.000 Euro. Angka ini setara dengan Rp 13-15 jutaan.

Sementara, Galaxy S20 Plus 5G kabarnya bakal dijual dengan rentang harga 1.050 - 1.100 Euro atau setara Rp 15,8 - 16,6 jutaan.

Galaxy S20 Ultra dan Galaxy Z Flip

Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kemudian, Galaxy S20 Ultra 5G menurut informasi akan dibanderol sekitar 1.300 Euro atau setara Rp 19,6 jutaan.

Samsung juga disebut-sebut akan memperkenalkan smartphone layar lipat Galaxy Z Flip yang dibanderol sekitar 1.400 Euro atau setara Rp 21,2 jutaan.

Sebagai perbandingan, Galaxy S10 sebelumnya hadir dengan harga jual lebih murah. 750 Euro untuk Galaxy S10e, 900 Euro untuk Galaxy S10, dan 1.000 Euro untuk Galaxy S10 Plus.

Lebih Murah di Amerika

Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sementara itu, kabarnya Galaxy S20 series bakal lebih murah di Amerika ketimbang di pasar Eropa.

Max menebak, Galaxy S20 akan dijual senilai USD 850 atau sekitar Rp 11,6 jutaan. Sementara, Galaxy S20 Plus dijual sekitar USD 950 atau sekitar 13 jutaan, dan Galaxy S20 Ultra akan dibanderol USD 1.200 atau sekitar Rp 16,3 jutaan.

Sekadar informasi, Galaxy S20 Ultra dibanderol lebih mahal karena disebut-sebut membawa fitur yang lebih ketimbang dua model lainnya.

Galaxy S20 Ultra

Tampilan belakang Samsung Galaxy S10. Liputan6.com/ Andina Librianty
Tampilan belakang Samsung Galaxy S10. Liputan6.com/ Andina Librianty

Galaxy S20 Ultra akan dibekali kamera lossless 30x hybrid zoom dan 100x digital zoom. Perangkat ini akan hadir dalam balutan warna Black, Gray, Blue, dan Pink.

Selanjutnya, smartphone layar lipat Samsung yang kedua, Galaxy Z Flip, bakal dibanderol 1.400 Euro, hanya 100 Euro lebih mahal dari Galaxy S20 Ultra. Namun, kemungkinan harganya bakal lebih tinggi ketika diumumkan, Februari mendatang.

Galaxy Fold sebelumnya dirilis dengan harga 2.000 Euro. Di Indonesia perangkat ini dibanderol Rp 30 jutaan.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: BTS akan Satu Panggung dengan Lil Nas X di Grammy Awards 2020

Posted: 22 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta BTS dikabarkan akan tampil bersama satu panggung dengan Lil Nas X di acara penghargaan Grammy Awards 2020 yang berlangsung pada 26 Januari 2020 mendatang. Acara musik tahunan ini diselenggarakan di Staples Center Los Angeles, Amerika Serikat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemnaker Gandeng Marketplace Siapkan Kartu Prakerja

Posted: 22 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mematangkan persiapan peluncuran pelaksanaan kartu prakerja melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan marketplace berbasis website dan aplikasi online.

Program kartu prakerja yang akan diluncurkan oleh pemerintah memiliki tujuan mempersiapkan angkatan kerja baru selaras dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, serta meningkatkan keterampilan angkatan kerja yang sudah ada agar lebih produktif dan berdaya saing.

"Kami menyambut positif kehadiran swasta untuk bersinergi pelaksanaan Kartu Prakerja. Karena program ini akan dijalankan berbasis sistem terintegrasi dan berbasis digital, sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna, terkontrol dan akuntabel, " kata Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Ida mengatakan masyarakat Indonesia yang menjadi sasaran dalam program kartu Prakerja ini harus memenuhi beberapa kriteria diantaranya WNI berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

"Pengguna kartu prakerja ini akan mendapat manfaat pelatihan vokasi dai, seritifikasi dan insentif, " kata Menaker Ida.

Dia menjelaskan melalui kartu prakerja yang sedang disiapkan, pemerintah akan menyalurkan bantuan dana pelatihan yang dapat memberikan akses lebih luas bagi peningkatan keterampilan dan keahlian. Para pemegang kartu Prakerja dapat memilih jenis pelatihan yang diminati melalui platform digital yang telah dirancang sejalan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.

"Pemilik Kartu Prakerja bisa memilih langsung pelatihan atau kursus yang diminati melalui platform digital yang kita siapkan. Mereka boleh memilih pelatihan yang diminati mulai dari misalnya barista kopi, animasi, desain grafis, bahasa Inggris, komputer, teknisi, juga programming," ujarnya.

Ida menyatakan Kemnaker saat ini juga telah membangun Sistem Informasi Ketenagakejaan (Sisnaker) untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat secara prima dan real time untuk bisa mengakses 16 layanan Kemnaker. Mulai dari pencari kerja, kementerian/lembaga dan perusahaan.

Di dalam Sisnaker ini lanjut Menaker Ida, terdapat aplikasi yang berisi menu pendaftaran pelatihan (bagi masyarakat) dan buka pelatihan (bagi LPK) dan transformasi dari kios3in1.net yang sudah dikembangkan oleh Ditjen Binalattas sebelumnya.

Ke depan aplikasi ini akan menjadi core pendaftaran program Kartu Prakerja dengan beberapa pengembangan. "Seperti fintech, absensi, survi penempatan, lowongan kerja di sektor UMKM, dll, " ujar Menaker Ida.

Gandeng Bukalapak

Co Founder&President at Bukalapak, M Fajrin Rasyid memberi materi tentang cara melihat peluang dan membuka bisnis selama EGTC 2018 di Universitas Padjajdaran, Bandung (5/12). M Fajrin Rasyid berbagi inspirasi bisnis. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Co Founder&President at Bukalapak, M Fajrin Rasyid memberi materi tentang cara melihat peluang dan membuka bisnis selama EGTC 2018 di Universitas Padjajdaran, Bandung (5/12). M Fajrin Rasyid berbagi inspirasi bisnis. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sementara Dirjen Binalattas Kemnaker Bambang Satrio Lelono menambahkan hingga saat ini, Kemnaker masih menunggu Peraturan Presiden (Perpres) dan peraturan perundang-undangan lainnya untuk melaksanakan Kartu Prakerja.

"Skema kerja samanya menunggu Perpres. Kemnaker tetap membuka platform manapun yang mendukung pelaksanaan kartu prakerja, " kata Dirjen Bambang seraya mengungkapkan beberapa platform lainnya juga sudah menjajaki kerja sama dengan Kemnaker.

Dalam kesempatan sama, Fajrin Rasyid, Co-Founder & President Bukalapak usai pertemuan mengatakan pihaknya terus mendorong Indonesial menjadi negara yang unggul dan maju.

"Kami membahas potensi kerja sama antara Bukalapak dan Kemnaker, khususnya dalam meningkatkan kompetensi dari talenta- talenta tanah air, " kata Fajrin.

Fajrin berharap ke depan, Bukalapak akan terus mendukung pemerintah, khususnya Kemnaker. Salah satunya dengan menjadikan Bukalapak sebagai tempat talenta-talenta muda berkarya untuk Indonesia agar talenta lokal Indonesia dapat menjadi SDM yang unggul.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adinda Thomas Dililit 3 Ular Sanca, Ini Kisahnya

Posted: 22 Jan 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat proyek layar lebar KKN di Desa Penari diumumkan, publik bertanya-tanya siapa konfigurasi pemain dan sutradaranya. Akhirnya terungkap, KKN Di Desa Penari digarap sineas Awi Suryadi. Aktris Adinda Thomas dipercaya memerankan Widya.

Adinda Thomas punya banyak cerita dari lokasi syuting. Salah satunya, Adinda Thomas kerap beradegan dengan ular. Tak tanggung-tanggung, bobot ular ini mencapai 20 kg.

Beradegan dengan hewan berbisa tentu bukan hal mudah. Kepada Showbiz Liputan6.com, Adinda Thomas harus berjuang melawan rasa takut terhadap ular. 

Cium-cium Ular

Adinda Thomas. (Liputan6.com/IG/@adindathomas)
Adinda Thomas. (Liputan6.com/IG/@adindathomas)

"Ada satu dua adegan bersama ular. Ada yang dililit, ada juga yang dipeluk dan cium-cium ularnya di badan," beri tahu Adinda Thomas di MD Place, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020) kemarin.

Ular yang dipilih, jenis sanca yang tidak mengandung bisa dan sudah jinak. Meski demikian, tetap saja ia takut karena beratnya bobot ular. "Ular yang digunakan ular sanca, besar banget. Kalau enggak salah ular yang pertama itu 10 kilogram. Lama-lama sutradara minta ularnya lebih besar lagi," Adinda Thomas menjelaskan.

Ular Menyerang

Adinda Thomas. (Liputan6.com/IG/@adindathomas)
Adinda Thomas. (Liputan6.com/IG/@adindathomas)

"Akhirnya diputuskan ular yang paling besar, dengan berat 20 kilogram. Keadaannya, ular itu ganti kulit. Jadi waktu pertama dan kedua itu banyak tantangannya. Ada banyak momen di sana, aku sangat panik, ularnya mau cium," sambung Adinda Thomas.

Bahkan, ada satu peristiwa di mana kepala ular yang dipegangnya terlalu dekat dengan wajahnya. Seketika Adinda Thomas panik dan ular itu menyerang.

Badan Dililit Ular

Adinda Thomas. (Liputan6.com/IG/@adindathomas)
Adinda Thomas. (Liputan6.com/IG/@adindathomas)

"Dari situ aku lempar ularnya. Aku panik, badan aku dililit sampai ke kaki. Ular sanca ini, kan membunuhnya dengan mengencang dan melilit tubuh manusia," ia menceritakan.

"Jadi saat itu aku sangat panik dengan keadaan badan aku setengah dikencingin begitu dan semua pawang mencoba menenangkan aku karena pada intinya ular sanca itu senang banget sama ketakutan," ujarnya.

Berteman dengan Rasa Takut

Adinda Thomas (Instagram/adindathomas)
Adinda Thomas (Instagram/adindathomas)

Setelah menenangkan diri dan ular sanca ditangani pawang, Adinda Thomas berhasil lepas dari jeratan ular sanca. Ia lega setelah berhasil merampungkan adegan tersebut.

"Itu dililit dengan 3 ular 20 kilogram di dalam. Itu rasanya aku harus berteman dengan rasa takut. Aku (sempat bertanya ini) mimpi enggak, sih dililit tiga ular di tubuh aku. Tapi alhamdulillah semua lancar," ia mengakhiri. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Virus Corona dari Tiongkok, Kemenkes Siapkan 100 RS Rujukan

Posted: 22 Jan 2020 10:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan telah melakukan persiapan untuk menghadapi ancaman virus corona penyebab pneumonia dari Wuhan, Tiongkok.

Dalam konferensi persnya di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta pada Rabu (23/1/2020), mereka menyatakan sudah ada 100 rumah sakit rujukan di seluruh Indonesia apabila ditemukan infeksi virus corona pada orang yang datang ke Indonesia. Selain itu, badan penelitian dan pengembangan kesehatan juga sudah diminta bersiap.

Kemenkes menyatakan mereka telah mempersiapkan 860 set alat pelindung diri (APD) 12.322 masker N95, serta 35 ribu health alert card.

"Jumlah APD, health alert card, jumlah masker itu adalah jumlah yang ada di 19 daerah yang mempunyai penerbangan langsung dari Tiongkok. Baik itu lewat darat, laut, maupun perbatasan," kata Vensya Sihotang, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes dalam kesempatan tersebut.

Vensya mengungkapkan, beberapa fasilitas tersebut berada di daerah-daerah yang memiliki kontak dengan Tiongkok dan berisiko infeksi virus corona.

Wilayah-wilayah tersebut adalah: Jakarta, Tangerang, Bandar Lampung, Padang, Tarakan, Balikpapan, Manokwari, Sampit, Bandung, Jambi, Tanjung Balai Karimun, Samarinda, Palembang, Tanjung Pinang, Makassar, Surabaya, Batam, Bitung, dan Manado.

 

Tingkatkan Kewaspadaan di Pintu Masuk Negara

Dalam konferensi pers sebelumnya, Anung Sugihantono, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan menyatakan, Kemenkes telah meminta peningkatan kewaspadaan di pintu-pintu negara.

"Kita itu memiliki 135 pintu masuk negara, baik lewat udara, laut, maupun lintas darat," kata Anung pada Senin (20/1/2020).

Anung mengungkapkan, salah satu gejala dari pneumonia adalah panas. Sehingga, dipersiapkan thermal scanner di bandara untuk mendeteksi suhu tubuh seseorang.

"Seluruh penyakit infeksi, itu biasanya dengan demam. Alat kami sangat sensitif. Kalau ada orang yang suhunya di atas 38 derajat celsius pasti akan tertangkap oleh pemindai kita. Nah itu akan diperiksa lebih mendalam oleh petugas kesehatan," kata Anas Ma'ruf, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta dalam kesempatan yang sama.

Anung mengatakan, thermal scanner yang dipasang di bandara sesungguhnya sudah ada sejak sekitar lima tahun yang lalu.

"Jadi bukan karena ini. Itu adalah bagian dari protap (prosedur tetap) teman-teman ini (KKP)," Anung menambahkan.

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Kasual Chef Arnold saat di Luar Dapur, Tetap Kece

Posted: 22 Jan 2020 10:25 PM PST

Pada beberapa kesempatan, Chef Arnold pun lebih sering menggunakan kaus dan dipadukan dengan celana jeans. Ia pun menambahkan jam tangan sebagai aksesoris. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)
Pada beberapa kesempatan, Chef Arnold pun lebih sering menggunakan kaus dan dipadukan dengan celana jeans. Ia pun menambahkan jam tangan sebagai aksesoris. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)

Pada beberapa kesempatan, Chef Arnold pun lebih sering menggunakan kaus dan dipadukan dengan celana jeans. Ia pun menambahkan jam tangan sebagai aksesoris. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)

Penampilan pria kelahiran 18 Agustus 1988 ini memang kerap menarik perhatian. Pada foto ini, ayah satu anak ini juga terlihat kasual dengan kemeja slimfit lengan pendek dan dipadukan dengan jaket berwarna cokelat serta celana putih. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)
Penampilan pria kelahiran 18 Agustus 1988 ini memang kerap menarik perhatian. Pada foto ini, ayah satu anak ini juga terlihat kasual dengan kemeja slimfit lengan pendek dan dipadukan dengan jaket berwarna cokelat serta celana putih. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)

Penampilan pria kelahiran 18 Agustus 1988 ini memang kerap menarik perhatian. Pada foto ini, ayah satu anak ini juga terlihat kasual dengan kemeja slimfit lengan pendek dan dipadukan dengan jaket berwarna cokelat serta celana putih. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)

Sering menggunakan kemeja di beberapa kesempatan. Chef Arnold pun memilih untuk tak mengaitkan kancing atasnya agar terlihat lebih santai. Penampilannya satu ini juga terlihat menawan. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)
Sering menggunakan kemeja di beberapa kesempatan. Chef Arnold pun memilih untuk tak mengaitkan kancing atasnya agar terlihat lebih santai. Penampilannya satu ini juga terlihat menawan. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)

Sering menggunakan kemeja di beberapa kesempatan. Chef Arnold pun memilih untuk tak mengaitkan kancing atasnya agar terlihat lebih santai. Penampilannya satu ini juga terlihat menawan. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pengumuman Nyeleneh Bertema Perasaan Ini Bikin Ketawa Geli

Posted: 22 Jan 2020 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pengumuman merupakan sesuatu yang penting yang kerap digunakan untuk menyampaikan informasi. Saat ini di sejumlah tempat tertentu, untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang masih dibuat tulisan dengan mengunakan pengumuman.

Selain melalui pengeras suara, ada juga yang menggunakan kertas pengumuman. Isinya tulisan dalam kertas pengumuman bisa saja berisi imbauan dan larangan yang perlu dilakukan oleh sejumlah orang.

Namun bukannya informatif, sejumlah pengumuman ini malah bikin ngakak banyak orang. Terkadang ada orang-orang yang membuat pengumuman nyeleneh dengan berbagai tema. Salah satunya ialah pengumuman bertema perasaan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 pengumuman nyeleneh bertema perasaan ini bikin ketawa geli, Kamis (23/1/2020).

1. Kalau kayak gini, mau enggak mau harus mau nih.

Pengumuman Nyeleneh Bertema Perasaan Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:1cak.com).
Pengumuman Nyeleneh Bertema Perasaan Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:1cak.com).

2. Hati-hati, jangan terlalu kepo ya.

Pengumuman Nyeleneh Bertema Perasaan Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:1cak.com).
Pengumuman Nyeleneh Bertema Perasaan Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:1cak.com).

3. Kalau mantan boleh, kalau sampah jangan ya.

Pengumuman Nyeleneh Bertema Perasaan Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:1cak.com).
Pengumuman Nyeleneh Bertema Perasaan Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:1cak.com).

4. Hati-hati ya sayang.

Pengumuman Nyeleneh Bertema Perasaan Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:1cak.com).
Pengumuman Nyeleneh Bertema Perasaan Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:1cak.com).

5. Jangan dibanting ya, cukup mantan yang enggak punya hati saja dibanting.

Pengumuman Nyeleneh Bertema Perasaan Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:1cak.com).
Pengumuman Nyeleneh Bertema Perasaan Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:1cak.com).

6. Perasaan siapa nih yang sedang diperbaiki?

Pengumuman Nyeleneh Bertema Perasaan Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:1cak.com).
Pengumuman Nyeleneh Bertema Perasaan Ini Bikin Ketawa Geli (sumber:1cak.com).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi III Umumkan 8 Calon Hakim Agung MA, Siapa Saja?

Posted: 22 Jan 2020 10:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III telah selesai melaksanakan fit and proper test terhadap 10 calon hakim agung dan hakim ad hoc Mahkamah Agung.

Ketua Komisi III Herman Hery menyatakan terdapat 8 dari 10 nama calon hakim MA yang lolos dan akan dibawa ke rapat paripurna DPR RI.

"Tentunya pendapat poksi ada yang sama, ada yang berbeda, namun kami mengedepankan musyawarah mufakat, akhirnya kami memutuskan secara mufakatnya adalah kami memilih 8 calon," kata Herman di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (23/1/2020).

Ke delapan nama calon Hakim Agung MA itu adalah Susilo, Dwi Sugiarto, Rahmi mulyati, Bursa, Brigjen TNI Sugeng sutrisno, Agus yuniarto, Ansori dan Sugianto.

Sementara dua yang tidak disetujui adalah Sartono dan Willy Farianto. "Saya kira kami tdk perlu sampaikan alasan ditolak. Menerima dan menolak adalah hak anggota komisi III," kata Herman.

 

Tak Ada Pesanan Parpol

Selain itu, Politisi PDIP itu menegaskan tidak ada pesanan dari Parpol maupun lobi-lobi dari calon hakim pada komisi III selama proses tes.

"Pesanan (parpol) pun gak laku buat kami, seperti kami katakan bahwa hak anggota hak poksi nah oleh sebab itu terjadi mekanisme perdebatan tertutup, yang saya sebut dinamika dalam mengambil keputusan dan hasil dari mekanisme yang sudah kami lakukan itu delapam nama tadi yang sudah kita umumkan," jelasnya.

"Lobi itu apa ya? Tentu kami tidak dilobi, tidak dilobi. Kita profesional saja. Oke," ia menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Wuhan Diduga Berasal dari Ular di China

Posted: 22 Jan 2020 10:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ular weling dan kobra China diduga sebagai sumber asli dari Virus Corona yang baru ditemukan. Virus ini telah memicu wabah penyakit pernapasan yang mematikan di Tiongkok pada musim dingin 2020.

Ular weling atau Bungarus Multicinctus adalah spesies ular elapid yang sangat berbisa. Reptil ini umumnya ditemukan di sebagian besar China tengah dan selatan, serta Asia Tenggara.

Penyakit akibat Virus Corona ini pertama kali dilaporkan pada akhir Desember 2019 di Wuhan, sebuah kota besar di China tengah, dan telah menyebar dengan cepat. Sejak itu, para pelancong yang sakit dari Wuhan telah menginfeksi orang-orang di China dan negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat.

Dengan menggunakan sampel virus yang diisolasi dari pasien, para ilmuwan di China telah menentukan kode genetik virus dan menggunakan mikroskop untuk memotretnya. Patogen yang bertanggung jawab atas pandemi ini adalah Virus Corona baru.

Virus ini ada dalam keluarga virus yang sama dengan Coronavirus sindrom pernafasan akut parah yang terkenal (SARS-CoV) dan Coronavirus sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV), yang telah menewaskan ratusan orang dalam 17 tahun terakhir. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memberi nama coronavirus baru 2019-nCoV.

 

Apa Itu Coronavirus?

Kementerian Kesehatan kembali menegaskan bahwa hingga saat ini kasus virus korona belum ada di Indonesia
Kementerian Kesehatan kembali menegaskan bahwa hingga saat ini kasus virus korona belum ada di Indonesia

Nama Coronavirus berasal dari bentuknya, yang menyerupai mahkota atau korona matahari ketika dicitrakan menggunakan mikroskop elektron.

Gambar mikroskopis elektron, mengungkapkan detail struktur bentuk mahkota yang menjadi coronavirus. Gambar ini adalah coronavirus sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV).

Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID) Coronavirus ditularkan melalui udara dan terutama menginfeksi saluran pernapasan atas dan saluran pencernaan mamalia dan burung. Meskipun sebagian besar anggota keluarga Coronavirus hanya menyebabkan gejala mirip flu ringan selama infeksi, SARS-CoV dan MERS-CoV dapat menginfeksi saluran udara bagian atas dan bawah serta menyebabkan penyakit pernapasan parah dan komplikasi lain pada manusia.

2019-nCoV baru ini menyebabkan gejala yang mirip dengan SARS-CoV dan MERS-CoV. Orang yang terinfeksi dengan virus korona ini menderita respons peradangan yang parah.

Sayangnya, tidak ada vaksin atau pengobatan antivirus yang disetujui tersedia untuk infeksi Coronavirus. Pemahaman yang lebih baik tentang siklus hidup 2019-nCoV, termasuk sumber virus, bagaimana penularannya dan bagaimana replikasi diperlukan untuk mencegah dan mengobati penyakit.

Penularan dari Hewan di Pasar

Staf medis memindahkan seorang pasien dari ambulans ke rumah sakit Jinyintan, tempat pasien-pasien terinfeksi virus corona dirawat di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Senin 20 Januari 2020. (Source: AP)
Staf medis memindahkan seorang pasien dari ambulans ke rumah sakit Jinyintan, tempat pasien-pasien terinfeksi virus corona dirawat di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Senin 20 Januari 2020. (Source: AP)

Baik SARS dan MERS diklasifikasikan sebagai penyakit virus zoonosis, yang berarti pasien pertama yang terinfeksi mendapatkan virus ini langsung dari hewan. Ini dimungkinkan karena sementara di inang hewan, virus telah memperoleh serangkaian mutasi genetik yang memungkinkannya untuk menginfeksi dan berkembang biak di dalam manusia.

Sekarang virus ini dapat ditularkan dari orang ke orang. Studi lapangan telah mengungkapkan bahwa sumber asli SARS-CoV dan MERS-CoV adalah kelelawar, dan bahwa musang bertopeng (masing-masing mamalia asli Asia dan Afrika) dan unta, masing-masing, berfungsi sebagai inang antara kelelawar dan manusia.

Dalam kasus wabah Coronavirus 2019 ini, laporan menyatakan bahwa sebagian besar kelompok pasien pertama yang dirawat di rumah sakit adalah pekerja atau pelanggan di pasar grosir makanan laut lokal yang juga menjual daging olahan dan hewan konsumsi seperti unggas, keledai, domba, babi, unta, rubah, musang, tikus bambu, landak dan reptil. Namun, karena tidak ada yang pernah melaporkan menemukan Coronavirus menginfeksi hewan air, masuk akal bahwa Coronavirus mungkin berasal dari hewan lain yang dijual di pasar itu.

Hipotesis bahwa 2019-nCoV melompat dari hewan di pasar sangat didukung oleh publikasi baru dalam Journal of Medical Virology. Para ilmuwan melakukan analisis dan membandingkan urutan genetik 2019-nCoV dan semua Coronavirus lainnya yang diketahui.

Studi tentang kode genetik 2019-nCoV mengungkapkan bahwa virus baru ini paling erat kaitannya dengan dua sampel kelelawar yang mirip virus SARS dari China, awalnya menunjukkan bahwa, seperti SARS dan MERS, kelelawar mungkin juga merupakan asal dari 2019-nCoV.

Para penulis lebih lanjut menemukan bahwa urutan pengkodean RNA virus protein lonjakan 2019-nCoV, yang membentuk "mahkota" partikel virus yang mengenali reseptor pada sel inang, menunjukkan bahwa virus kelelawar mungkin telah bermutasi sebelum menginfeksi orang.

Tetapi ketika para peneliti melakukan analisis bioinformatika yang lebih rinci dari urutan 2019-nCoV, itu menunjukkan bahwa Coronavirus ini mungkin berasal dari ular. Pasar Makanan Laut Grosir Wuhan Huanan, tempat wabah Coronavirus diyakini telah dimulai, sekarang ditutup.

 

 

Dari Kelelawar hingga Ular

Ilustrasi kelelawar (iStock)
Ilustrasi kelelawar (iStock)

Para peneliti menggunakan analisis kode protein yang disukai oleh Coronavirus baru dan membandingkannya dengan kode protein dari Coronavirus yang ditemukan di inang hewan yang berbeda, seperti burung, ular, marmut, landak, manis, kelelawar dan manusia. Yang mengejutkan, mereka menemukan bahwa kode protein pada 2019-nCoV paling mirip dengan yang digunakan pada ular.

Ular sering berburu kelelawar di alam liar. Laporan menunjukkan bahwa ular dijual di pasar makanan laut lokal di Wuhan, meningkatkan kemungkinan bahwa 2019-nCoV mungkin telah melompat dari spesies inang - kelelawar - menjadi ular dan kemudian ke manusia pada awal wabah koronavirus ini.

Namun, bagaimana virus dapat beradaptasi dengan inang berdarah dingin dan berdarah panas masih menjadi misteri. Penulis laporan dan peneliti lain harus memverifikasi asal virus melalui percobaan laboratorium.

Mencari urutan 2019-nCoV pada ular akan menjadi hal pertama yang dilakukan. Namun, sejak wabah, pasar makanan laut telah didesinfeksi dan ditutup, yang membuatnya sulit untuk melacak hewan sumber virus baru.

Pengambilan sampel RNA virus dari hewan yang dijual di pasar dan dari ular dan kelelawar liar diperlukan untuk mengonfirmasi asal virus. Meskipun demikian, temuan yang dilaporkan juga akan memberikan wawasan untuk mengembangkan protokol pencegahan dan pengobatan. Wabah 2019-nCoV adalah pengingat lain bahwa orang harus membatasi konsumsi hewan liar untuk mencegah infeksi zoonosis.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-19 Mulai Nikmati Hal Baru dari Shin Tae-yong

Posted: 22 Jan 2020 10:20 PM PST

Jakarta - Timnas Indonesia U-19 Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan alias TC di Thailand. TC ini merupakan bagian program jangka panjangpersiapan pasukan Garuda Nusantara menuju Piala Dunia U-20 2021.

Di Negeri Gajah Putih Tim Merah-Putih akan menjalani sesi latihan plus uji coba hingga 1 Februari 2020.

Penggawa Timnas Indonesia U-19, Amiruddin Bagas Kaffa mengaku antusias menjalani program TC di di Chiang Mai. Pasalnya, anak asuh Shin Tae-yong bakal menjalani latih tanding menghadapi klub lokal Thailand plus lawan dari Korea Selatan.

"Kalau karakter permainan tim-tim Thailand kami mungkin sudah tahulah. Sementara, Korea Selatan mungkin tidak jauh beda dengan Korea Utara. Uji coba yang menantang. Saya amat semangat menjalaninya," ungkap Bagas yang notabene pemain Barito Putera itu.

Bagas Kaffa menikmati hal-hal baru yang berikan Shin Tae-yong. Ia amat terkesan dengan pola latihan mantan pelatih Timnas Korea Selatan tersebut di Piala Dunia 2018 silam. Ia amat detail memperhatikan teknik dasar bermain para pemain Timnas Indonesia U-19.

"Saya amat menikmati sesi latihan. Ia amat tegas. Itu bagus, apalagi ia memberi pengarahan langsung agar kita memperbaiki kekurangan-kekurangan saat sesi latihan," kata Bagas.

Ke Jepang, Korsel, dan Jerman

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memeberi arahan saat sesi latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pemain mengikuti seleksi untuk memperkuat skuat utama Timnas Indonesia U-19. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memeberi arahan saat sesi latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pemain mengikuti seleksi untuk memperkuat skuat utama Timnas Indonesia U-19. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Shin Tae-yong yang berstatus manajer Timnas Indonesia memantau langsung 28 pemain yang berlatih di Thailand. Ia juga pasang radar dengan perkembangan anak-anak Garuda Select yang tengah berlatih di Italia.

Usai Thailand, Timnas Indonesia U-19 akan TC di Jepang pada bulan Februari. Rencananya dilanjutkan ke Korea Selatan dan Jerman.

"Kami punya komitmen untik membentuk pemain-pemain yang benar-benar siap berlaga di persaingan keras Piala Dunia U-20 2021," tutur Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule saat melepas keberangkatan penggawa Timnas Indonesia U-19 pada awal pekan ini.  

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-19

  • 1. Ahmad Rusadi
  • 2. Serdy Ephy Fano Boky
  • 3. Muhammad Kanu Helmiawan (Babel United)
  • 4. Komang Tri Arta Wiguna (Bali United)
  • 5. Irfan Jauhari (Bali United)
  • 6. Mochamad Yudha Febrian (Barito Putera)
  • 7. Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (Barito Putera)
  • 8. Hamsa Medari Lestaluhu (Bhayangkara FC)
  • 9. Arya Putra Gerryan Senyiur (Borneo FC)
  • 10. Komang Teguh Trisnanda (Diklat Ragunan)
  • 11. Witan Sulaeman (PSIM)
  • 12. Muhammad Fadhil Adhitya Aksah (Martapura FC)
  • 13. Rizky Ridho Ramadhani (Persebaya)
  • 14. Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya)
  • 15. Braif Fatari (Persija Jakarta)
  • 16. Sutan Diego Armandoondriano Zico (Persija Jakarta)
  • 17. Sandi Arta Samosir (Persija Jakarta)
  • 18. Theo Fillo Da Costa Numberi (Persipura Jayapura)
  • 19. Figo Sapta Fahrezi (PPLP DKI Jakarta)
  • 20. Muhamad Darmawan (PPLP DKI Jakarta)
  • 21. Kartika Vedhyanto Putra (PPLP Jateng)
  • 22. Herberd Akhova Sokoy (PPLP Papua)
  • 23. M. Rifaldo Lestaluhu (PS Tira Persikabo)
  • 24. Alfeandra Dewangga Santosa (PSIS Semarang)
  • 25. Pratama Arhan Alif Rifai (PSIS Semarang)
  • 26. Muhammad Adisatryo (PSMS Medan)
  • 27. Saddam Emiruddin Gaffar (PSS Sleman)
  • 28. Irfan (AS. Abadi)

Disadur dari Bola.com (Ario Yosia)

Saksikan Video Timnas U-19 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Dampak Buruk Tidur Sore bagi Kesehatan, Waspadai

Posted: 22 Jan 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan salah satu cara istirahat untuk mengembalikan energi yang telah hilang. Setelah menghabiskan aktivitas mulai pagi hingga siang hari, tidur di sore hari merupakan waktu yang dirasa tepat untuk mengistirahatkan tubuh. 

Tidur yang baik dan sehat juga sangat terkait dengan persoalan waktu. Waktu tidak sekedar berkaitan dengan berapa lama waktu tidur, misalnya pagi, siang, sore, petang atau malam, atau secara lebih detail, jam berapa sebaiknya kita melakukan aktivitas tidur. 

Melansir dari kesga.kemkes.go.id, tidur yang dianjurkan baik menurut agama, tradisi (budaya) dan kesehatan (medis) adalah selepas waktu Isya (kira-kira setelah jam 20.00) dan di sepanjang malam hingga waktu subuh (kira-kira jam 04.00). Bisa juga di siang hari antara jam 10.00 hingga jam 15.00. Di luar waktu itu, tidur tidak dianjurkan karena bisa menimbulkan efek yang tidak baik. 

Donna Arand, Ph.D., psikolog eksperimental di Pusat Gangguan Tidur Kettering di Dayton, Ohio, Amerika Serikat berpendapat bahwa sebaiknya menghindari tertidur antara pukul 4-6 sore. Melansir dari merdeka.com, peneliti menemukan bahwa tidur di sore hari ternyata dapat meningkatkan risiko kematian.

Berikut 5 dampak buruk tidur sore bagi kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/1/2020).

Sulit Tidur di Malam Hari

Ilustrasi Susah Tidur atau Sulit Tidur (iStockphoto)
Ilustrasi Susah Tidur atau Sulit Tidur (iStockphoto)

Dampak buruk tidur sore bagi kesehatan pertama akan memengaruhi tidur di malam hari. Ketika bangun setelah tidur sore tersebut, sangat memungkinkan kamu akan mengalami susah tidur pada malam harinya. Melansir dari kesga.kemkes.go.id menyatakan bahwa tidur yang paling baik adalah sepanjang malam hingga matahari terbit.

Sakit Kepala

Pusing. (Ilustrasi/iStockphoto)
Pusing. (Ilustrasi/iStockphoto)

Dampak buruk tidur sore lainnya dapat membuat kamu sakit kepala. Kondisi ini mungkin saja akan cepat hilang, namun enggak menutup kemungkinan akan terjadi selama berhari-hari. Efek domino yang akan kamu rasakan akibat sakit kepala setelah bangun tidur juga dapat memengaruhi mood kamu.

Badan Jadi Lemas

Badan Lemas  (Jesterpop/Shutterstock)
Badan Lemas (Jesterpop/Shutterstock)

Dampak buruk lainnya dari tidur sore adalah badan menjadi lemas setelah bangun. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan asupan oksigen. Biasanya tubuh lemas setelah tidur sore akan berakibat hingga malam bahkan keesokan harinya.

Kualitas Daya Ingat Menurun

Ilustrasi Tidur (iStockphoto)
Ilustrasi Tidur (iStockphoto)

Terlalu lama tidur sore dan bangun di malam hari membuat beberapa orang merasakan sensasi tubuh yang aneh dan kerap kebingungan. Tak jarang dari mereka yang tidur sore mengalami hilang ingatan untuk sementara waktu.

Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak menyadari perubahan siang menjadi malam, sehingga memicu kebingunan dan gangguan daya ingat ini.

Berisiko Terkena Diabetes

Diabetes (Sumber foto: Healthbusiness.com)
Diabetes (Sumber foto: Healthbusiness.com)

Penelitian di China menemukan bahwa orang yang tidur di sore hari, tepatnya setelah makan siang lebih dari 30 menit berkemungkinan lebih tinggi mengalami diabetes tipe-2. Namun peneliti belum yakin apakah diabetes yang menyebabkan kebiasaan tersebut atau sebaliknya.

Hal ini disebabkan oleh terganggunya produksi insulin pada tubuh akibat oleh terganggunya produksi insulin pada tubuh akibat dari kondisi tubuh yang tidak banyak bergerak. Selain itu, tidur terlalu sore juga dapat mengganggu siklus alami tubuh yang bisa memengaruhi produksi insulin.

Meningkatkan Kolesterol

Kolesterol Tinggi (Ocskay Bence/Shutterstock)
Kolesterol Tinggi (Ocskay Bence/Shutterstock)

Dampak buruk tidur sore lainnya adalah dapat meningkatkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan metabolisme sedang berada di titik maksimal.

Bagi kamu yang memiliki kebiasaan tidur sore dan telah merasakan dampak negatifnya, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, sebaiknya segera mengubah kebiasaan tersebut. Tidur sore bisa digantikan di waktu siang atau paling utama saat malam hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Hambali Tolib, Pemain Anyar Persebaya Surabaya

Posted: 22 Jan 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Persebaya Surabaya resmi mengumumkan pendatang baru Hambali Tolib. Pria asal Makassar ini resmi berseragam Persebaya Surabaya setelah dikontrak selama semusim untuk membantu tim mengarungi Liga 1 musim kompetisi 2020. 

Hambali Tolib kini sudah bergabung dengan rekan-rekan barunya di tim Persebaya Surabaya untuk untuk melakoni latihan di Yogyakarta. Melalui akun resmi Instagram @officialpersebaya, Hambali juga berlatih fitnes dan sepak bola di Lapangan Sepakbola Yogyakarta Independent School.

Selain itu juga tertera caption ucapan selamat datang untuk Hambali. Sementara melalui laman resmi Persebaya, Hambali Tolib siap memberikan kemampuan terbaik resmi dan puas dapat kembali berlatih dibawah arahan Aji Santoso.

Seperti diketahui, pria berusia 19 tahun ini pernah bekerja sama saat berseragam Persela Lamongan. Menurutnya, Aji Santoso tersebut piawai memoles talenta-talenta pemain sepak bola muda. Hambali Tolib sendiri dikenal sebagai pemain multitalenta. Pemilik nama lengkap Muhammad Hambali Tolib ini dapat bermain di banyak posisi. Ia bisa menjalankan peran sebagai gelandang maupun penyerang sayap.

Hambali Tolib juga berharap Bonek dan Bonita dapat menerima serta mendukung kehadirannya di Persebaya. Penasaran seperti apa pemain baru Persebaya Surabaya ini? Berikut potret Hambali Tolib dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (23/1/2020).

1. Hambali Tolib resmi bergabung Persebaya Surabaya selama semusim untuk membantu tim mengarungi Liga 1 musim kompetisi 2020.

Hambali Tolib (Sumber: Instagram/@officialpersebaya)
Hambali Tolib (Sumber: Instagram/@officialpersebaya)

2. Pria kelahiran Makassar ini juga sudah berlatih dengan rekan-rekan tim Bajul Ijo.

Hambali Tolib (Sumber: Instagram/@officialpersebaya)
Hambali Tolib (Sumber: Instagram/@officialpersebaya)

3. Hambali Tolib merupakan pemain multitalenta. Ia dapat bermain di banyak posisi.

Hambali Tolib (Sumber: Instagram/@officialpersebaya)
Hambali Tolib (Sumber: Instagram/@officialpersebaya)

4. Hambali Tolib pernah bergabung di Persela Lamongan dan berlatih dibawah arahan Aji Santoso.

Hambali Tolib (Sumber: Instagram/@officialpersebaya)
Hambali Tolib (Sumber: Instagram/@officialpersebaya)

5. Pria 19 tahun ini berharap Bonek dan Bonita dapat menerima serta mendukung kehadirannya di Bajol Ijo.

Hambali Tolib (Sumber: Instagram/@officialpersebaya)
Hambali Tolib (Sumber: Instagram/@officialpersebaya)

6. Selain kariernya di dunia sepak bola, Hambali Tolib dikenal sangat mencintai keluarga. Ia berharap bisa membanggakan kedua orang tuanya.

Hambali Tolib (Sumber: Instagram/@officialpersebaya)
Hambali Tolib (Sumber: Instagram/@officialpersebaya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangladesh Tawarkan Kemudahan Investasi ke Pengusaha Indonesia

Posted: 22 Jan 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Bangladesh menawarkan sejumlah kemudahan investasi ke pengusaha Indonesia lewat acara "Meet Bangladesh" yang diadakan di Jakarta, Kamis.

Sejumlah kemudahan investasi yang ditawarkan, di antaranya termasuk pembebasan pajak (tax holiday), izin tinggal tetap (permanent resident permit) untuk nilai investasi USD 75 ribu, status kewarganegaraan untuk nilai investasi USD 500 ribu, dan insentif pajak selama satu sampai tujuh tahun.

Ragam kemudahan itu, menurut Duta Besar Bangladesh untuk Indonesia Mayor Jenderal Azmal Kabir, ditujukan untuk meningkatkan nilai investasi asing, khususnya dari Indonesia.

"Saya mengundang Anda semua untuk datang ke Bangladesh dan memanfaatkan berbagai kemudahan investasi di negara kami," kata Dubes Kabir di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Dubes Kabir memperkenalkan sejumlah sektor investasi unggulan Bangladesh, di antaranya agribisnis, garmen dan tekstil, sektor informasi, komunikasi, dan teknologi (ICT), kerajinan kulit, kelistrikan, industri plastik dan keramik.

 

Tawarkan Berbagai Proyek

Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Angka tersebut menurun 9,99% dibandingkan Agustus 2018 yang sebesar US$ 15,9 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Angka tersebut menurun 9,99% dibandingkan Agustus 2018 yang sebesar US$ 15,9 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Bangladesh juga menawarkan kerja sama investasi untuk sejumlah mega proyek, antara lain pembangunan Jembatan Padma di wilayah tenggara; pelabuhan di Sonadia, Cox's Bazaar; pembangunan rel kereta dalam kota (Metro Rail Project) di Dhaka; pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir dengan kapasitas 1.000 Megawatt (MW) di Roopur; dan pembangkit listrik tenaga uap batu bara dengan kapasitas 1.320 MW di Rampal.

Dalam acara itu, salah satu pengusaha asal Indonesia, Teddy Wijaya, mengatakan Bangladesh salah satu negara di Asia Selatan yang kurang dilirik oleh investor asal Indonesia sehingga banyak peluang investasi yang dapat dimanfaatkan.

"Saya pribadi tertarik dengan sektor agribisnis di Bangladesh, khususnya produksi lada di sana yang cukup melimpah," kata Teddy Wijaya, eksportir lada yang menjabat sebagai direktur PT Putrabali Adyamulia.

 

Perdagangan Indonesia dengan Bangladesh

Suasana bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kinerja ekspor dan impor Indonesia pada Agustus 2019 menurun. Total ekspor Indonesia mencapai US$ 14,28 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Suasana bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kinerja ekspor dan impor Indonesia pada Agustus 2019 menurun. Total ekspor Indonesia mencapai US$ 14,28 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejak 2018, Indonesia dan Bangladesh telah memulai perundingan kerja sama dagang (preferential trade agreement) untuk barang (trade in goods). Perundingan pertama berlangsung pada 27 Februari 2019 di Dhaka, dilanjutkan dengan negosiasi kedua pada 22-23 Juli 2019 di Bali.

Perundingan ketiga antarpihak akan kembali berlangsung di Dhaka pada pertengahan Januari 2020.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada 2018 nilai total perdagangan dua negara mencapai USD 1,97 miliar. Dari jumlah itu, Indonesia surplus sebanyak USD 1,79 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Bakal Naikkan Usia Pensiun TNI Jadi 58 Tahun

Posted: 22 Jan 2020 10:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi meminta salah satu rencana strategis (Renstra) TNI 2020  fokus pada kesejahteraan prajurit. Baik yang berkaitan dengan perumahan, kesehatan hingga tunjangan kinerja prajurit. 

"Saya minta juga supaya renstra untuk kesejahteraan prajurit dan pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan SDM, kesejahteraan prajurit dan pensiunan TNI," kata Jokowi di Kemenhan, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Jokowi lalu mengungkapkan bahwa pemerintah akan merevisi Undang-undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

Melalui revisi UU tersebut, pemerintah menginginkan batas usia pensiun TNI naik menjadi 58 tahun dari sebelumnya 53 tahun.

"Usia pensiun 53 tahun akan kita usulkan untuk diubah menjadi 58 tahun," ucapnya.

Restrukturasi TNI

Mantan Wali Kota Solo ini kemudian menyinggung upaya restrukturisasi atau reorganisasi TNI. Dia menyebut restrukturisasi TNI dapat menambah posisi bagi perwira tinggi. 

"Perubahan struktur organisasi TNI akan menambah posisi bagi perwira tinggi dan turunan ke bawah," pungkasnya.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Konten Negatif di Netflix, Kemkominfo Imbau Manfaatkan Parental Control

Posted: 22 Jan 2020 10:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pihak mempermasalahkan Netflix, yang dinilai terdapat konten negatif atau vulgar seperti adegan telanjang. Terkait hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menilai masyarakat harus memanfaatkan fitur parental control (pengawasan orangtua) untuk membatasi akses terhadap konten-konten yang tidak ingin ditonton.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, ketika ditanya soal keefektifan parental control untuk menghilangkan konten negatif di Netflix.

"Kan sudah ada parenting control, pak menteri juga sudah bilang. Itu sudah cukup seharusnya," ungkap Semuel saat ditemui usai konferensi pers di kantor Kemkominfo, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Semuel pun menekankan pentingnya peran orangtua dalam mendidik anak-anak, termasuk untuk mengakses berbagai konten di ranah internet. Menurutnya, orangtua memiliki hak untuk melakukan pengawasan terhadap anak-anak mereka.

"Kamu memperbolehkan anakmu, tidak? (akses konten negatif). Nah, makanya parenting control itu harus jalan. Parenting control itu kamu punya hak untuk mendidik anak kamu," jelasnya.

Punya Fitur Parental Control, Netflix Tolak Sensor Konten

Netflix diberbagai perangkat. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)
Netflix diberbagai perangkat. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Netflix beberapa hari lalu menjawab penilaian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), yang meminta Kemkominfo memblokir konten yang dinilai negatif di Indonesia. Menurut YLKI, sebagian tayangan Netflix mengandung unsur pornografi, SARA, dan melanggar norma kesusilaan.

Manajer Komunikasi Netflix, Kooswardini Wulandari, pun angkat bicara. Menurutnya, Netflix adalah layanan on-demand yang memungkinkan konsumen untuk memilih menjadi anggota dan memutuskan apa yang ingin ditonton.

"Layanan kami mencakup panduan rating dan sinopsis episode untuk membantu anggota membuat pilihan berdasarkan informasi, tentang apa yang tepat bagi mereka dan keluarga mereka," kata wanita yang karib disapa Dini ini kepada Liputan6.com, Selasa (21/1/2020).

Oleh sebab itu, menurutnya, Netflix telah memberikan fitur pengawasan dan batasan bila menyangkut hal-hal yang disinggung oleh YLKI. Tidak hanya itu, Dini melanjutkan, Netflix juga memberikan kendali penuh kepada orangtua dengan fitur PIN, sehingga mereka dapat mengawasai dengan lebih baik konten apa yang boleh dan tidak untuk anak mereka.

"Ada fitur kontrol orangtua (parental control), serta PIN untuk mengatur konten pada tingkat-tingkatan usia tertentu di akun Netflix," tegas Dini.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Potret Malang Tunawisma di Balik Gemerlap Jepang

Posted: 22 Jan 2020 10:10 PM PST

Para tunawisma tidur di lantai Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang, Kamis (9/1/2020). Seperti Amerika Serikat, Jepang memiliki tingkat kemiskinan yang relatif tinggi untuk negara kaya. (AP Photo/Jae C. Hong)
Para tunawisma tidur di lantai Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang, Kamis (9/1/2020). Seperti Amerika Serikat, Jepang memiliki tingkat kemiskinan yang relatif tinggi untuk negara kaya. (AP Photo/Jae C. Hong)

Para tunawisma tidur di lantai Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang, Kamis (9/1/2020). Seperti Amerika Serikat, Jepang memiliki tingkat kemiskinan yang relatif tinggi untuk negara kaya. (AP Photo/Jae C. Hong)

Seorang tunawisma makan malam dalam kotak karton di Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang, Selasa (7/1/2020). Puluhan tunawisma tidur nyenyak di stasiun kereta bawah tanah Tokyo. (AP Photo/Jae C. Hong)
Seorang tunawisma makan malam dalam kotak karton di Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang, Selasa (7/1/2020). Puluhan tunawisma tidur nyenyak di stasiun kereta bawah tanah Tokyo. (AP Photo/Jae C. Hong)

Seorang tunawisma makan malam dalam kotak karton di Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang, Selasa (7/1/2020). Puluhan tunawisma tidur nyenyak di stasiun kereta bawah tanah Tokyo. (AP Photo/Jae C. Hong)

Seorang tunawisma duduk mengemis di trotoar luar Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang, Selasa (7/1/2020). Seperti Amerika Serikat, Jepang memiliki tingkat kemiskinan yang relatif tinggi untuk negara kaya. (AP Photo/Jae C. Hong)
Seorang tunawisma duduk mengemis di trotoar luar Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang, Selasa (7/1/2020). Seperti Amerika Serikat, Jepang memiliki tingkat kemiskinan yang relatif tinggi untuk negara kaya. (AP Photo/Jae C. Hong)

Seorang tunawisma duduk mengemis di trotoar luar Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang, Selasa (7/1/2020). Seperti Amerika Serikat, Jepang memiliki tingkat kemiskinan yang relatif tinggi untuk negara kaya. (AP Photo/Jae C. Hong)

Sejumlah tunawisma mempersiapkan diri untuk tidur di Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang, Rabu (15/1/2020). Puluhan tunawisma tidur nyenyak di stasiun kereta bawah tanah Tokyo. (AP Photo/Jae C. Hong)
Sejumlah tunawisma mempersiapkan diri untuk tidur di Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang, Rabu (15/1/2020). Puluhan tunawisma tidur nyenyak di stasiun kereta bawah tanah Tokyo. (AP Photo/Jae C. Hong)

Sejumlah tunawisma mempersiapkan diri untuk tidur di Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang, Rabu (15/1/2020). Puluhan tunawisma tidur nyenyak di stasiun kereta bawah tanah Tokyo. (AP Photo/Jae C. Hong)

Kamp tunawisma berjajar dekat bangunan komersial di sepanjang Sungai Kama, Kawasaki, Jepang, Selasa (14/1/2020). Jepang dinilai kurang murah hati dengan kesejahteraan sosial daripada negara-negara di Eropa, dan tidak memiliki jenis badan amal swasta yang lazim di AS (AP Photo/Jae C. Hong)
Kamp tunawisma berjajar dekat bangunan komersial di sepanjang Sungai Kama, Kawasaki, Jepang, Selasa (14/1/2020). Jepang dinilai kurang murah hati dengan kesejahteraan sosial daripada negara-negara di Eropa, dan tidak memiliki jenis badan amal swasta yang lazim di AS (AP Photo/Jae C. Hong)

Kamp tunawisma berjajar dekat bangunan komersial di sepanjang Sungai Kama, Kawasaki, Jepang, Selasa (14/1/2020). Jepang dinilai kurang murah hati dengan kesejahteraan sosial daripada negara-negara di Eropa, dan tidak memiliki jenis badan amal swasta yang lazim di AS (AP Photo/Jae C. Hong)

Seorang tunawisma berjalan ke gubuknya di sebuah kamp tunawisma sepanjang Sungai Tama, Kawasaki, Jepang, Selasa (14/1/2020). Seperti Amerika Serikat, Jepang memiliki tingkat kemiskinan yang relatif tinggi untuk negara kaya. (AP Photo/Jae C. Hong)
Seorang tunawisma berjalan ke gubuknya di sebuah kamp tunawisma sepanjang Sungai Tama, Kawasaki, Jepang, Selasa (14/1/2020). Seperti Amerika Serikat, Jepang memiliki tingkat kemiskinan yang relatif tinggi untuk negara kaya. (AP Photo/Jae C. Hong)

Seorang tunawisma berjalan ke gubuknya di sebuah kamp tunawisma sepanjang Sungai Tama, Kawasaki, Jepang, Selasa (14/1/2020). Seperti Amerika Serikat, Jepang memiliki tingkat kemiskinan yang relatif tinggi untuk negara kaya. (AP Photo/Jae C. Hong)

Seorang tunawisma Mikio Hirau (72) duduk dalam gubuknya di Kawasaki, Jepang, Selasa (14/1/2020). Menurut data pemerintah Jepang tahun 2017, hampir 16 persen warga Jepang berada di bawah garis kemiskinan dengan pendapatan tahunan di bawah 1,2 juta yen atau sekitar USD 11.000. (AP Photo/Jae C. Hong)
Seorang tunawisma Mikio Hirau (72) duduk dalam gubuknya di Kawasaki, Jepang, Selasa (14/1/2020). Menurut data pemerintah Jepang tahun 2017, hampir 16 persen warga Jepang berada di bawah garis kemiskinan dengan pendapatan tahunan di bawah 1,2 juta yen atau sekitar USD 11.000. (AP Photo/Jae C. Hong)

Seorang tunawisma Mikio Hirau (72) duduk dalam gubuknya di Kawasaki, Jepang, Selasa (14/1/2020). Menurut data pemerintah Jepang tahun 2017, hampir 16 persen warga Jepang berada di bawah garis kemiskinan dengan pendapatan tahunan di bawah 1,2 juta yen atau sekitar USD 11.000. (AP Photo/Jae C. Hong)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Olivia Jensen Tanpa Makeup, Tetap Cantik Memesona

Posted: 22 Jan 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Olivia Jensen Lubis atau yang akrab disapa Olivia Jensen ini cukup dikenal sebagai aktris berbakat. Nama aktris cantik ini mulai dikenal setelah ikut main di film Bukan Cinta Biasa pada 2009 lalu. Tak hanya ikut bermain film saja, akan tetapi wanita kelahiran Copenhagen, Denmark ini juga menjadi bintang video klip dari lagu Bukan Cinta Biasa yang dibawakan oleh Afgan. 

Tak hanya bermain film saja, akan tetapi wanita yang lahir pada 11 April 1993 ini juga sering bermain sinetron, FTV, model video klip dan presenter. Lama tak muncul di layar kaca, Olivia Jensen pun kembali menyapa penggemar lewat film terbarunya Teman Kondangan.

Ia juga cukup sering mengunggah foto-foto maupun video aktivitasnya di akun Instagram pribadinya. Mulai dari syuting film hingga olahraga. Bahkan, ia juga kerap mengunggah foto dirinya yang tanpa makeup di akun Instagram.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @oliviajensen, Kamis (23/1/2020) berikut ini beberapa potret aktris cantik Olivia Jensen saat tampil tanpa makeup.

1. Meski tak menggunakan makeup, penampilan Olivia Jensen pun tetap terlihat memesona.

Olivia Jensen (sumber: Instagram/oliviajensen)
Olivia Jensen (sumber: Instagram/oliviajensen)

2. Ia juga tetap percaya diri mengunggah foto tanpa makeup di akun Instagram pribadinya.

Olivia Jensen (sumber: Instagram/oliviajensen)
Olivia Jensen (sumber: Instagram/oliviajensen)

3. Foto-foto Olivia pun kerap mendapat pujian dari netizen.

Olivia Jensen (sumber: Instagram/oliviajensen)
Olivia Jensen (sumber: Instagram/oliviajensen)

4. Foto saat ia tak menggunakan makeup pun kebanyakan saat tengah berlibur di pantai ataupun berolahraga.

Olivia Jensen (sumber: Instagram/oliviajensen)
Olivia Jensen (sumber: Instagram/oliviajensen)

5. Kembali menjalani rutinitas sebagai pemain film tentu saja membuat rasa kangen penggemar terobati.

Olivia Jensen (sumber: Instagram/oliviajensen)
Olivia Jensen (sumber: Instagram/oliviajensen)

6. Tak sedikit pula netizen yang telah menantikan akting dari Olivia Jensen di layar lebar.

Olivia Jensen (sumber: Instagram/oliviajensen)
Olivia Jensen (sumber: Instagram/oliviajensen)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Pusat R&D Daihatsu di Malaysia, Indonesia Sudah Lebih Dulu Ada dan Lengkap

Posted: 22 Jan 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perodua atau Daihatsu di Malaysia, berencana untuk mengembangkan pusat Research and Development (R&D). Bahkan, fasilitas ini diklaim bakal menjadi pusat riset dan pengembangan untuk kawasan Asia Tenggara, dan bisa membuat model baru untuk pasar Indonesia dan Thailand.

Padahal, untuk di Indonesia sendiri, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai agen pemegang merek (APM) Daihatsu di Tanah Air, telah memiliki pusat R&D yang terletak di kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.

"Untuk pasar Indonesia, R&D ADM bersama Daihatsu Motor Corporation (DMC) akan menjadi pusatnya. Namun, untuk berita terkait pusat R&D Perodua (Daihatsu Malaysia), saya tidak bisa berkomentar," jelas Marketing Director ADM Amelia Tjandra, ketika ditanya terkait rencana pengembangan pusat R&D milik Daihatsu di Malaysia, melalui pesan elektroniknya kepada Liputan6.com, Kamis (23/1/2020).

Sementara itu, pusat R&D Daihatsu di Malaysia juga diklaim memiliki peralatan pengujian, investasi, dan fasilitas yang lebih canggih dibanding di Indonesia.

Namun, hal tersebut langsung dibantah oleh wanita yang akrab disapa Amel ini, dengan mengatakan pusat R&D di Indonesia lebih lengkap.

"Itu baru cita-cita ya. Fasilitas R&D di Indonesia itu terlengkap di Asia Tenggara," tambahnya.

Sekedar informasi, pusat R&D Daihatsu di Indonesia sendiri, saat ini memiliki tiga fasilitas yang berbeda. Untuk yang pertama, adalah design building, lalu engineering building, dan area pengetesan.

Hanya untuk domestik

Pusat R&D di Indonesia ini memang mengembangkan produk untuk pasat domestik. Namun, pihak Daihatsu sendiri tetap sudah memikirkan keperluan untuk ekspor, sehingga model yang diciptakan bisa lebih mudah untuk dimodifikasi atau diperbarui untuk dikirim ke pasar luar negeri.

Selain itu, R&D Center Daihatsu ini tentunya melakukan berbagai pengembangan hingga penjualan, mulai dari Market Survey & Product Planning, kemudian Product Design, lalu Product Engineering Design, Prototype Making, Prototype Testing, Production Tooling, Production Trial, Mass Production, serta Sales & After Sales Services.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Merinding, Ini 6 Manusia Penakluk Hewan Buas

Posted: 22 Jan 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meski kerap terjadi serangan hewan buas kepada manusia, namun hewan dan manusia sejatinya bisa hidup berdampingan. Bahkan, banyak manusia yang ternyata punya hubungan khusus dengan hewan, sekalipun hewan itu termasuk hewan buas.

Meskipun begitu manusia dengan hewan memiliki bahasa, intuisi, dan cara berpikir yang sangat berbeda dengan kita. Manusia yang berhasil memiliki hubungan khusus dengan hewan tentunya tidak mendapat kemampuan ini dalam waktu singkat. Perlu usaha nyata, kesabaran kuat, dan niat yang bulat.

Pada kesempatan kali ini Channel Terbaik akan membagikan 6 manusia penakluk hewan-hewan buas. Penasaran seperti apa? Saksikan selengkapnya di channel Channel Terbaik hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Film Miss Americana, Transformasi Kehidupan Taylor Swift

Posted: 22 Jan 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Netflix resmi rilis trailer dokumenter Miss Americana pada Kamis (23/1/2020) sebagai pembuka Sundance Film Festival.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Jalan-Jalan di Taman Tersebar, Meghan Markle Rilis Peringatan Hukum

Posted: 22 Jan 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle masih menjadi perbincangan hangat seantero jagat. Setelah memutuskan mundur sebagai anggota senior kerajaan Inggris, ia kini menjalani kehidupan dan beraktivitas di Kanada.

Kabar teranyar, Meghan dan sang suami Pangeran Harry merilis peringatan hukum kepada media. Hal ini menyusul foto-foto Meghan di Kanada diterbitkan di surat kabar dan website.

Dilansir BBC, Kamis (23/1/2020), pengacaranya mengatakan beberapa potret Meghan Markle berjalan-jalan bersama sang putra dan anjing-anjingnya diabadikan oleh fotografer yang bersembunyi di semak-semak dan memata-matainya.

Mereka menyebut bintang serial Suits ini tidak setuju dengan perlakuan itu dan menuding fotografer tersebut melakukan pelecehan. Meghan Markle dan Harry menyampaikan mereka siap menempuh tindakan hukum.

Pasangan yang menikah pada Mei 2018 ini diyakini khawatir dengan aktivitas paparazzi di dekat kediaman mereka saat ini di Vancouver Island, Kanada. Pengacara mengatakan ada juga upaya untuk memotret di dalam rumah menggunakan lensa jarak jauh dan menuding para paparazi berkemah di luar kediaman.

Di bawah undang-undang di British Columbia, Meghan mungkin memiliki alasan untuk kasus hukum jika ia dapat membuktikan privasinya telah dilanggar, meskipun kebebasan pers dan ekspresi dijamin di bawah Canadian Charter of Rights and Freedoms.

Hal itu terjadi setelah Ratu menyetujui keinginan pasangan ini mundur sebagai bangsawan penuh waktu, untuk mandiri secara finansial dan membagi waktu mereka antara di Inggris dan Kanada.

Menempuh Jalur Hukum

Meghan Markle, Pangeran Harry, dan Archie saat tur kerajaan di Afrika Selatan. (HENK KRUGER / POOL / AFP)
Meghan Markle, Pangeran Harry, dan Archie saat tur kerajaan di Afrika Selatan. (HENK KRUGER / POOL / AFP)

Pada Senin, 20 Januari 2020, waktu Kanada, Meghan tertangkap kamera membawa putranya Archie dalam gendongan, sambil berjalan-jalan dengan dua anjingnya, Guy dan Oz di Horth Hill Regional Park, Vancouver Island.

Sementara, Pangeran Harry tiba kembali di Kanada pada Selasa pagi, 21 Januari 2020, usai menghadiri KTT Investasi Inggris-Afrika di London, satu hari sebelumnya. Ia telah terpisah dari sang istri dan buah hati selama lebih dari 10 hari.

Harry telah lama memiliki hubungan yang tidak nyaman dengan media setelah tumbuh dan menyadari dampak minat media terhadap kehidupan mendiang ibunda, Putri Diana yang meninggal dunia dalam kecelakaan mobil di Paris setelah dikejar oleh paparazzi memakai sepeda motor pada 1997 silam.

Dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan menempuh langkah hukum Meghan terhadap Mail on Sunday pada Oktober 2019 lalu, di mana ia dan Meghan dipaksa untuk mengambil tindakan terhadap "propaganda tanpa henti".

Meghan menuntut surat kabar itu karena menerbitkan salah satu surat pribadinya kepada ayahnya, Thomas Markle. Ia menuding koran itu menyalahgunakan informasi pribadinya, melanggar hak cipta, dan mengedit selektif.

Mail on Sunday menolak klaim dan mengatakan ada kepentingan publik "besar dan sah" dalam menerbitkan catatan. Beberapa hari setelah mengkonfirmasikan kasus hukum istrinya, Harry mengumumkan bahwa ia akan mengambil tindakan hukum terhadap pemilik The Sun, News of the World, dan Daily Mirror, sehubungan dengan dugaan peretasan telepon.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tagar OleOut Menggema, Ini 3 Calon Suksesor Solskjaer di MU

Posted: 22 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) menelan pil pahit di markas sendiri setelah ditaklukkan Burnley 0-2 dalam lanjutan Liga Inggris 2019/20, Kamis (23/1/2020) dinihari WIB. Dua gol Burnley ke gawang MU dicetak Chris Woods (39') dan Jay Rodriguez (56').

Kekalahan itu membuat MU tertahan di peringkat kelima klasemen Liga Inggris. Pogba dkk. baru mengantongi 34 poin dari 24 pertandingan.

Sorotan pun mengarah kepada Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer. Tagar (tanda pagar) #Oleout menggema di twitter, meminta manajemen memecat Solskjaer.

Kritikan juga datang dari legenda MU, Rio Ferdinand. Ia menganggap Solskjaer semestinya bisa bekerja lebih baik setelah menggelontorkan dana besar di bursa transfer awal musim ini.

"Beberapa pemain kuncinya cedera, tetapi dengan uang banyak yang telah dia habiskan di tim ini, Anda pantas berharap lebih," ujarnya.

Jika tidak kunjung membaik, bukan tidak mungkin Solskjaer bakal angkat kaki dari MU di akhir musim. Lantas, siapakah yang berpotensi menggantikannya?

Berikut tiga pelatih yang berpotensi menjadi suksesor Solskjaer di MU seperti dilansir Sportskeeda.

 

 

1. Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri. (AP Photo/Antonio Calanni)
Massimiliano Allegri. (AP Photo/Antonio Calanni)

Musim panas lalu, Massimiliano Allegri angkat kaki dari Juventus. Selama menukangi Juventus ia telah mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi.

Allegri dipuji karena fleksibilitasnya mengatur sebuah tim. Hal tersebut tidak dimiliki Ole Gunnar Solskjaer yang dinilai sebagai pelatih miskin taktik.

Selain itu, dirinya juga memiliki keterampilan dalam menjadikan seorang pemain menjadi bintang dunia. Hal ini yang diperlihatkan Allegri ketika menangani Paul Pogba di Juventus.

2. Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino (AFP Photo/Emmanuel Dunand)
Mauricio Pochettino (AFP Photo/Emmanuel Dunand)

 

Mauricio Pochettinokini tengah menganggur usai dipecat Tottenham Hotspur. Nama pelatih asal Argentina itu tentunya tidak boleh dilewatkan manajemen MU.

Musim lalu, Poch -sapaan akrab Pochettino- menghantarkan Spurs menjadi finalis Liga Champions. Perjalanan The Lilywhites musim lalu dibilang sangat mengejutkan.

Spurs bahkan mampu lolos dari grup maut Liga Champions setelah menjadi runner-up di bawah Barcelona dan mendorong Inter Milan bersaing di Liga Europa.

Pengalamannya di dunia sepak bola Inggris selama enam tahun ini bisa menjadi bekal bagi Poch melatih Manchester United suatu hari nanti.

3. Laurent Blanc

4. Laurent Blanc - Pria asal Prancis ini bukanlah muka asing bagi publik Old Trafford. Ia pernah berseragam MU pada tahun 2001 hingga 2003. Karir sebagai pelatih tak perlu diragukan, Ia sukses membawa PSG berjaya di Liga Prancis. (AFP/Franck Fife)
4. Laurent Blanc - Pria asal Prancis ini bukanlah muka asing bagi publik Old Trafford. Ia pernah berseragam MU pada tahun 2001 hingga 2003. Karir sebagai pelatih tak perlu diragukan, Ia sukses membawa PSG berjaya di Liga Prancis. (AFP/Franck Fife)

Sejak pemecatan Mourinho pada Desember lalu, Laurent Blanc menjadi nama terdepan di bursa kepelatihan Manchester United. Namun, petinggi Manchester United lebih memilih untuk mendatangkan Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer sementara.

Laurent Blanc tidak asing bagi publik Old Trafford. Manajer berusia 53 tahun tersebut telah bermain bagi The Red Devils selama dua musim. Pada tahun 2003, Blanc mempersembahkan gelar Premier League bagi Manchester United.

Saat ini, Blanc sedang menganggur setelah melatih PSG selama tiga musim. Blanc telah mengatur pemain yang penuh ego seperti Zlatan Ibrahimovic dan Edison Cavani ketika melatih PSG. Dengan kemampuannya itu, Blanc dinilai mampu mengontrol ego pemain Setan Merah seperti Paul Pogba dan Marcus Rashford.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Inovasi Mudah dan Murah Pengusir Nyamuk Demam Berdarah untuk Emak-Emak

Posted: 22 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mengantisipasi merebaknya wabah demam berdarah, warga di kawasan Rungkut Mapan Barat Surabaya, membuat alat jebakan dan ramuan pengusir nyamuk. Berbahan alami dengan mendaur ulang sampah, alat ini diklaim bisa efektif mengurangi nyamuk pembawa wabah demam berdarah.

Memasuki musim penghujan, biasanya disertai dengan munculnya penyakit demam berdarah. Mengantisipasi merebaknya penyakit yang dibawa nyamuk aedes aegypti ini, warga Rungkut Mapan Barat, RW VIII Surabaya, mulai melakukan tindakan pencegahan.

Warga berupaya mencegah berkembangnya nyamuk aedes aegypti, dengan membuat jebakan nyamuk atau lavitrap. Pembuatannya hanya menggunakan botol air mineral bekas yang dilapisi plastik hitam dan diberi air gula merah dicampur ragi. Alat ini biasa ditempatkan di bagian rumah yang banyak nyamuknya. Alat ini bisa menjebak nyamuk dan bisa bertahan hingga satu minggu.

Selain perangkap nyamuk, warga juga membuat ramuan dari daun serai yang berfungsi mengusir nyamuk. Pembuatannya pun sangat mudah. Cukup potong daun serai dan dicampur air secukupnya, kemudian letakkan di bagian rumah yang menjadi sarang nyamuk.

Tak hanya itu, warga juga membuat campuran bahan kimia sebagai pengganti fogging. Campuran kimia ini diletakkan di saluran air atau got, dan bisa membuat nyamuk mati.

Selain berbagai upaya itu, warga di kawasan ini juga rutin melakukan pemantauan jentik nyamuk di setiap rumah warga. Petugas juru pemantau jentik atau jumantik, memastikan setiap rumah warga bebas nyamuk, untuk mencegah berkembangbiaknya nyamuk, terutama aedes aegypti yang menyebabkan demam berdarah. Demikian videonya pada Liputan6, 21 Januari 2020

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bak Cendawan di Musim Hujan, Wartawan Gadungan Makin Banyak di Rembang

Posted: 22 Jan 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Rembang - Bak cendawan di musim hujan, wartawan gadungan dari media abal-abal makin banyak bermunculan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Fenomena ini membuat resah warga, terlebih para pejabat desa. 

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Rembang, Musyafa' Musa mengimbau, masyarakat yang menemukan oknum wartawan meminta imbalan dan cenderung memeras, harap melapor ke PWI bersama barang bukti foto dan video.

"Jangan takut apabila didatangi oknum yang mengaku sebagai wartawan kemudian meminta sejumlah hal di luar ranah jurnalistik. Foto oknumnya, rekam videonya, laporkan," ungkap Musyafa kepada Liputan6.com, Kamis (23/1/2020).

Musa juga mengatakan, saat ini PWI telah membentuk tim khusus berjumlah lima orang yang akan memantau aktivitas kewartawanan di Rembang. Jika ada aduan pelanggaran profesi wartawan dari masyarakat, tim ini akan langsung bertindak.

"Masyarakat bisa lapor melalui akun Facebook Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Rembang. Atau melalui hotline 24 jam, nomor pribadi saya 081 326 303 408. Lebih dari itu, kalau memang sudah masuk dalam ranah pemerasan, bisa juga langsung dilaporkan ke pihak kepolisian," ungkapnya.

Musa menjelaskan, oknum yang mengaku wartawan ini biasanya menyasar sejumlah desa dengan modus mencari kesalahan yang dilakukan oleh pemerintah desanya. Kemudian, oknum tersebut meminta sejumlah hal, umumnya uang, dengan barter tidak akan memberitakannya jika permintaan dikabulkan.

"Ada beberapa desa yang melaporkan kepada kami, mereka mengadu didatangi oknum mengaku wartawan kemudian meminta beberapa hal seperti iklan, bahkan juga jualan barang tertentu dengan nominal yang cukup besar," katanya.

Masyarakat dan pemerintah desa diminta tenang jika berhadapan dengan okum wartawan gadungan ini. 

"Terima saja jika tujuannya hanya sekadar peliputan berita, dilayani dengan baik. Tapi kalau sudah meminta hal yang diluar ranah kewartawanan, jangan takut, laporkan," kata Musa menambahkan.

 

 

Imbauan Kepolisian

Terkait maraknya wartawan gadungan di Rembang, Kapolres Dolly A Primanto mengimbau, masyarakat yang mengetahui atau menemukan wartawan gadungan agar tetap tenang dan apabila merasa dibuat resah bisa menanyakan langsung kepada oknum terkait identitas resmi kewartawanan.

"Masyarakat bisa langsung konfirmasi dengan ketua PWI Rembang," kata Dolly.

Bagi para pejabat desa khususnya, agar pelaksanaaan pembangunan desa bisa terlaksana dengan baik, pihaknya menyarankan agar menggunakan dana desa sesuai peruntukkannya.

"Tetap berpedoman pada pengabdianku adalah ibadahku," ungkapnya.

Dolly menyarankan kepada PWI Rembang agar membuat pamflet, brosur, atau imbauan banner di setiap desa tentang hal aneh atau indikasi tidak baik yang kerap kali muncul.

"Segera melaporkan kepada pihak aparat kepolisian," katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: