Kamis, 29 Juni 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Timnas Jerman Lapar Gelar Piala Konfederasi 2017

Posted: 29 Jun 2017 10:10 PM PDT

Timnas Jerman memperbarui target di Piala Konfederasi 2017. Setelah menembus final, Der Panzer kini membidik titel.

Pasukan Joachim Low menaklukkan Meksiko 4-1 di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Jumat (30/6/2017) dini hari WIB. Jerman selanjutnya memperebutkan gelar Piala Konfederasi 2017 melawan Chile di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Minggu (2/7/2017) atau Senin (3/7/2017) dini hari WIB.

"Usai lolos grup, kami berambisi masuk final. Kami mencapainya secara meyakinkan. Sekarang kami mengincar trofi. Itu akan jadi bukti penampilan impresif kami pada turnamen kali ini," kata gelandang Leon Goretzka, dikutip situs resmi FIFA.

Goretzka jadi bintang Jerman pada duel melawan Meksiko dengan mencetak dua gol saat laga baru berusia delapan menit. Timo Werner dan Amin Younes melengkapi kemenangan Der Panzer, dengan Meksiko mencatat angka hiburan lewat tendangan jarak jauh Marco Fabian.

"Kami langsung tancap gas begitu pertandingan dimulai. Taktik tersebut tidak terlalu berjalan pada laga-laga sebelumnya. Tapi taktik ini tadi sangat efektif," papar pemain Schalke 04 tersebut.

Piala Konfederasi 2017 merupakan partisipasi Jerman di turnamen tersebut. Capaian terbaik mereka sebelumnya adalah menduduki peringkat ketiga pada edisi 2005.

Saksikan video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dandim Bogor: Obama Akan Disambut Secara Santai

Posted: 29 Jun 2017 10:08 PM PDT

Komandan Kodim 0606/Kota Bogor, Jawa Barat, Letkol Inf Dodi Suhardiman mengatakan, tidak ada penyambutan kenegaraan pada saat kedatangan Presiden Ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama ke Istana Bogor hari ini. 

"Penyambutan lebih santai, tidak ada upacara kenegaraan, lebih kekeluargaan," kata Dodi di Bogor, Kamis (30/6/2017)

Dodi menyebutkan pengamanan tetap diprioritaskan sesuai standar operasi tamu sangat-sangat penting (VVIP), tetapi tidak mencolok sesuai permintaan dari Obama.

"Sesuai permintaan, Obama tidak ingin terlalu resmi, tapi kita tetap sesuai SOP pengamanan tamu negara," kata Dodi seperti dilansir dari Antara.

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga rencananya tiba di Istana Bogor pukul 15.40 WIB, berangkat dari Jakarta.

Rencananya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjamu Obama dan keluarganya di Green Garden Cafe yang berada di dalam Kebun Raya Bogor.

Obama dan keluarga mengisi liburan keluarga di Indonesia dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata seperti di Bali, Yogyakarta, melihat Candi Borobodur dan Prambanan di Jawa Tengah, Jakarta dan Istana Bogor.

Obama telah berada di Indonesia sejak Jumat, 23 Juni 2017 langsung menuju Bali. Ia berlibur bersama istrinya Michelle Obama, dan kedua putrinya Malia serta Natasha atau Sasha.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotel Tempat Obama Menginap di Jakarta Mulai Dijaga Polisi

Posted: 29 Jun 2017 10:02 PM PDT

Hotel Mandarin Oriental di kawasan Jakarta Pusat dijaga aparat kepolisian. Rencananya, Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, dan keluarga menginap di hotel ini.

Hotel Mandarin Oriental jadi tempat favorit orang penting menginap. Selain Obama, Raja Swedia, Carl XVI Gustaf, dan Ratu Silvia juga menginap di hotel ini saat berada di Jakarta pada akhir Mei lalu.

Seperti dikutip dari Antara, Jumat (30/6/2017), beberapa polisi terlihat berjaga di gerbang dalam hotel. Sementara sejumlah petugas keamanan hotel bertugas sebagaimana biasanya, bersiaga di gerbang pintu depan dan belakang hotel.

Belum ada satupun dari mereka yang bersedia memberikan keterangan terkait jumlah aparat yang berjaga hari itu.

"Saya tidak tahu, saya hanya berjaga saja," tutur salah satu petugas keamanan.

Sementara itu, manajemen hotel juga belum bersedia memberikan keterangan apapun pada media.

Sebelum ke Jakarta, Obama beserta istrinya, Michelle Obama dan dua putri mereka Malia dan Natasha sempat berlibur ke wilayah Indonesia lainnya yakni Bali, Yogyakarta dan Bogor. Mereka telah berada di Indonesia sejak Jumat 23 Juni dan langsung menuju Bali.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemnaker Desak Pengelola 7-Eleven Bayarkan Pesangon Karyawan

Posted: 29 Jun 2017 10:00 PM PDT

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan berupaya memperjuangkan hak-hak karyawan 7-Eleven yang harus dibayarkan PT Modern Sevel Indonesia (MSI), anak usaha PT Modern Internasional Tbk (MDRN). Hal ini menyusul penutupan sekitar 175 gerai 7-Eleven secara resmi per hari ini (30/6).

Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK), Maruli A Hasoloan mengungkapkan, Kemnaker terus mengikuti perkembangan informasi mengenai pemberhentian operasional seluruh gerai 7-Eleven, termasuk mengenai nasib ribuan karyawannya. Untuk diketahui, jumlah karyawan 7-Eleven mencapai sekitar 1.600 orang.  

"Pemerintah proaktif melihat perkembangan yang ada, termasuk saat libur Lebaran ini. Kita konsen dengan nasib pekerjanya, jadi paling utama supaya tenaga kerja tidak dirugikan, kita bantu penyaluran hak-hak mereka," kata Maruli saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta.



Maruli mengaku, Kemnaker melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Tenaga Kerja serta Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial (PHI) akan meminta laporan dari Dinas Tenaga Kerja setempat mengenai adakah hak-hak karyawan 7-Eleven, seperti Tunjangan Hari Raya (THR), gaji, maupun pesangon yang belum dibayarkan perusahaan.

"Setelah libur Lebaran ini, teman-teman dari Ditjen Pengawasan Tenaga Kerja bersama PHI akan ke Dinas Tenaga Kerja setempat, apakah ada hak-hak yang belum dipenuhi atau dilanggar. Kalau ada yang belum dipenuhi, kita turun membantu. Intinya kita sudah mengawasi dan mencermati," ia menerangkan.

Maruli mengatakan, Kemnaker belum bertemu pengelola 7-Eleven sampai dengan saat ini. Pihaknya menunggu informasi dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang rencananya bakal menemui manajemen waralaba asal Amerika Serikat (AS) itu.

"Kita belum bertemu pengelola. Kemendag kan juga ingin bertemu, nanti kita akan dapatkan informasi dari mereka. Yang pasti kita terus proaktif," tutur dia.  

Dia menegaskan, perusahaan pengelola 7-Eleven harus membayarkan seluruh hak-hak pekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku. "Mereka harus memenuhi hak pekerja sesuai ketentuan. Kita juga akan membantu menginformasikan kalau ada lowongan (kerja) kepada karyawan," jelas Maruli.

Sementara itu, saat dikonfirmasi mengenai nasib karyawan 7-Eleven, manajemen Modern Internasional dan MSI melalui pesan singkat belum di respons hingga berita ini diturunkan.

 

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Tantangan Baru Michelin di Sirkuit Sachsenring

Posted: 29 Jun 2017 10:00 PM PDT

Balapan seri kesembilan MotoGP bakal digelar di Grand Prix Jerman akhir pekan ini. Sirkuit Sachsenring merupakan arena pacuan kuda besi terpendek dalam kalender MotoGP musim ini dengan 3,6 km.

Meskipun sirkuit terpendek dalam kalender, namun Sachsenring selalu menghadirkan tantangan yang sulit buat para pembalap. Karena ada 10 tikungan kiri yang cepat dan panjang yang membutuhkan ekstra hati-hati.

Melihat tata letak seperti itu, maka dibutuhkan ban untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari trek yang sangat menuntut ini. Seperti dikutip dari laman resmi MotoGP, Kamis (29/6/2017), Michelin akan membawa ban asimetris depan dan belakang dengan tambahan senyawa lembut, sedang, dan keras.

"Sachsenring merupakan rangkaian yang menuntut karena tata letak yang tidak biasa, dan balapan tahun ini akan memiliki tantangan tambahan dari permukaan yang sama sekali baru. Kami tidak memiliki data mengenai aspal karena tidak mungkin melakukan pengujian di sini karena adanya batasan, jadi kami sedikit buta," terang Piero Taramasso selaku Manajer Michelin.

Untuk mengantisipasi kondisi hujan seperti yang dialami tahun lalu. Perusahaan asal Prancis itu juga memasok ban basah bagi para pembalap MotoGP dengan senyawa lembut dan sedang.

"Kami yakin ban kami bisa bekerja dengan baik pada lapisan baru dan telah menyiapkan senyawa tersebut dari informasi yang telah kami miliki. Ban yang apik akan asimetris untuk bagian depan dan belakang dengan sisi kiri yang lebih keras - seperti pada tahun lalu - ini untuk mengatasi desain lintasan," jelasnya.  

"Motor menghabiskan banyak waktu di sebelah kiri di trek ini dan Sachsenring membutuhkan ban yang sangat spesial. Ini juga merupakan tempat yang dapat memiliki cuaca yang tidak stabil, karena balapan tahun lalu menunjukkan di mana kita memiliki awal yang basah dan kemudian jalur pengeringan. Jadi ada banyak jenis ban yang digunakan dalam lomba tersebut untuk mendapatkan performa terbaik," papar Taramasso.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panggil Julia Perez Begini, Keluarga Ayu Ting Ting Dikecam

Posted: 29 Jun 2017 10:00 PM PDT

Ayu Ting Ting kembali dikecam warganet. Kali ini Ayu Ting Ting dan keluarga dianggap telah menghina Julia Perez dengan panggilan yang tak pantas, yakni 'Mak Botak'.

Dalam sebuah video di akun gosip Instagram, terlihat Ayu Ting Ting dan keluarga menziarahi makam Julia Perez. Di sisi pedangdut "Alamat Palsu" itu terlihat sang ayah bersama putri Ayu, Bilqis. Ayah Ayu pun sempat menanyakan kepada Bilqis apakah ia merindukan Julia Perez.

Namun Bilqis terlihat bingung lantaran tak mengetahui jika gundukan tanah di hadapannya merupakan makam Julia Perez. Seorang kerabat di sebelah Bilqis coba membantu mengingatkan sosok Julia Perez yang kemungkinan akrab disapa 'Mak Botak' oleh Bilqis.

Hal itu memancing emosi sebagian warganet. Kebanyakan mereka menilai keluarga Ayu Ting Ting mengajarkan hal buruk kepada Bilqis dengan memanggil Jupe 'Mak Botak'.

"Astagaaaaa...manggilnya 'mak botak'," tulis akun Instagram @rhina_prast disertai emote heran.

"Pencitraan. Ngajarin anak kecil kok mak botak," kata akun @serilanindya4.

"Kurang ajar bner. Nyebut emak botak..." sahut akun @aniessaniesa.

"Waduh sekeluarga pd ngajarin anak kecil gak bener udh diajarin gak ngakuin bapaknya skarang masa malah bilangnya mak botak?" ujar @alida_awaliyah. (Ras)‎

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulang Mudik, Cek Kaki-Kaki Sepeda Motor Anda

Posted: 29 Jun 2017 10:00 PM PDT

Libur Lebaran telah usai. Perjalanan jauh telah berhasil ditempuh dan sekarang saatnya untuk kembali ke rutinitas sehari-hari.

Namun, sebelum memulai kembali rutinitas, sebaiknya Anda mengecek kembali kondisi motor kesayangan Anda. Terutama jika Anda melewati jalanan yang rusak yang menyiksa.

Bagian yang cukup sering tersiksa dengan kondisi ini terletak pada kaki-kaki. Terlebih lagi jika Anda membawa beban berlebih yang berpotensi mengurangi umur pemakaian beberapa komponen.

Berikut ini gejala-gejala yang menjadi indikator kerusakan pada kaki - kaki motor Anda:

Ban Bocor

Komponen yang wajib diperiksa usai melakukan perjalanan panjang adalah ban. Bisa saja ketika melintasi jalan keriting Anda tidak mengetahui jika ban telah tertancap benda-benda tajam seperti kerikil, pecahan kaca, pelat, atau bisa saja paku kecil.

Mungkin efek bocor tidak langsung dirasakan oleh pengguna ban tubeless. Namun demikian, benda-benda asing seperti ini berpotensi merobek ban jika terus menerus didiamkan meskipun tidak sampai membuat ban bocor.

Untuk itu, sempatkan waktu memeriksa ban. Bila mendapati ada benda asing yang menancap, maka cabutlah benda-benda asing itu di tukang ban untuk mengantisipasi kebocoran yang mungkin timbul usai dicabut.

Bearing Roda

Komponen lainnya yang rentan terjadi kerusakan usai melibas jalan 'keriting' adalah laher atau bearing roda. Komponen yang menjadi bantalan antara pelek dengan as roda ini rentan oblak bila sering melintasi jalan rusak dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Gejala bearing yang sudah mulai oblak adalah sepeda motor terasa goyang saat digeber pada kecepatan di atas 70 km/jam.

Bila dibiarkan terus menerus tak menutup kemungkinan bearing yang sudah oblak akan pecah dan membuat as dan pelek terikat akibat bearing yang pecah dan macet.

Pelek Peyang

Andai kata bearing tidak sampai pecah, dampak yang bisa saja dialami oleh pemotor yang sering melibas jalan keriting adalah pelek rodanya peyang.

Gejala ini lebih sering dialami oleh sepeda motor yang masih menggunakan pelek jari-jari. Pemotor dengan tunggangan yang telah menggunakan casting wheel bukan berarti tanpa masalah.

Penyakit pelek peyang juga bisa dialami jika sepeda motor menghajar lubang dengan kecepatan tinggi hingga membuat salah satu bagian pelek bengkok.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arus Balik Lebaran, Sejumlah Kendaraan Isi BBM di Tol Fungsional

Posted: 29 Jun 2017 10:00 PM PDT

Kendaraan mengisi BBM di kios Pertamina tol fungsional Brebes Timur-Gringsing, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (30/6). Ketersedian BBM dengan stok premium 1,253 juta KL atau cukup untuk 23 hari, pertalite 1,137 juta KL (20 hari). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kendaraan mengisi BBM di kios Pertamina tol fungsional Brebes Timur-Gringsing, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (30/6). Ketersedian BBM dengan stok premium 1,253 juta KL atau cukup untuk 23 hari, pertalite 1,137 juta KL (20 hari). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengisi BBM kendaraan di kios Pertamina tol fungsional Brebes Timur-Gringsing, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (30/6). Ketersedian BBM dengan stok pertamax 740 ribu KL (22 hari) dan solar 1,887 juta KL (27 hari). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengisi BBM kendaraan di kios Pertamina tol fungsional Brebes Timur-Gringsing, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (30/6). Ketersedian BBM dengan stok pertamax 740 ribu KL (22 hari) dan solar 1,887 juta KL (27 hari). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan di kios Pertamina tol fungsional (tol darurat) Brebes Timur-Gringsing, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (30/6). PT Pertamina menjamin ketersedian BBM untuk arus balik aman. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan di kios Pertamina tol fungsional (tol darurat) Brebes Timur-Gringsing, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (30/6). PT Pertamina menjamin ketersedian BBM untuk arus balik aman. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan mengantre mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan di kios Pertamina tol fungsional (tol darurat) Brebes Timur-Gringsing, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (30/6). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan mengantre mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan di kios Pertamina tol fungsional (tol darurat) Brebes Timur-Gringsing, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (30/6). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan di kios Pertamina tol fungsional (tol darurat) Brebes Timur-Gringsing, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (30/6). PT Pertamina menjamin ketersedian BBM untuk arus balik aman. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan di kios Pertamina tol fungsional (tol darurat) Brebes Timur-Gringsing, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (30/6). PT Pertamina menjamin ketersedian BBM untuk arus balik aman. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menabung 3 Tahun, Bos Hadiahi 27 Pekerja Umrah

Posted: 29 Jun 2017 10:00 PM PDT

Bos restoran 'Zam Zam' milik Muslim India, Singapore diam-diam menabung sejumlah uang untuk memberangkatkan 27 stafnya umrah ke Mekah. Ia melakukannya selama 3 tahun.

Langkah itu dilakukannya sebagai apresiasi kepada para staf yang telah bekerja di restoran tersebut selama bertahun-tahun.

Para staf pun berangkat umrah pertama mereka pada 10 hari terakhir Ramadan. Selama itu, restoran yang terletak di 697-699 North Bridge Road ditutup dari 19 sampai 28 Juni 2017.

Restoran itu dibuka kembali pada Kamis 29 Juni.

Zackeer Khan, yang telah menjadi manajer di Zam Zam selama hampir enam tahun, mengatakan bahwa perusahaan tersebut membayar 28 visa tiket perjalanan ke Mekah beserta akomodasi hotel selama sembilan hari untuk para karyawannya.

"Kami melakukan ini untuk pekerja kami karena mereka telah bekerja keras dan mengabdi sangat lama," kata Khan seperti dikutip dari Straits Times, Jumat (30/6/2017).

Rombongan umrah restoran Singapore Zam Zam itu berjumlah 28 orang. Seluruhnya pria -- termasuk bos-- berusia 20-an dan seorang yang sudah mencapai 60 tahun.

"Semua dari mereka telah bekerja untuk perusahaan -- yang didirikan pada 1908 -- selama 5 sampai 30 tahun," kata Khan.

Sejauh ini Khan menolak berkomentar mengenai biaya perjalanan umrah itu. Menurut 5 website yang menawarkan paket umrah dari Singapura, harganya mencapai 3.000 dolar Singapura per orang atau sekitar 84.000 dolar Singapura untuk ke-28 pria.

Umrah berbeda dari haji yang memiliki waktu khusus untuk melaksanakannya, oleh sebab itu ibadah tersebut boleh dilakukan setiap saat sepanjang tahun. Kendati demikian  beberapa jemaah melakukannya ritual tersebut sebagai persiapan untuk haji.

"Semua staf, ini pertama kalinya mereka pergi untuk umrah," jelas Khan. "Mereka tidak tahu apakah mereka bisa kembali menginjakkan kaki di sana, tapi setidaknya satu kali."

Khan menuturkan bahwa perjalanan ke Mekah itu sangat menyenangkan, dan di sana penuh dengan jemaah. Rombongannya mengenakan jaket Zam Zam dan membawa sebuah spanduk bertuliskan nama restoran yang mereka bawa untuk berfoto di Kota Suci tersebut.

Mereka memilih pergi selama 10 hari terakhir Ramadan -- meski bisnis restoran itu justru laris manis pada periode tersebut -- karena salat khusus diadakan di Mekah pada masa itu.

"Para pekerja, mereka semua menangis dan sangat bahagia," ujar Khan.

Dinanti Pelanggan

Saat mereka kembali dari Umrah, restoran Singapore Zam Zam itu sudah dinanti para pelanggannya.

"Restoran dibuka kembali pada Kamis 29 Juni dan pelanggan senang melihat mereka. Ketika kami pergi, pelanggan mengirim pesan mengatakan mereka rindu makanan kami," tutur Khan sambil tertawa.

"Sebenarnya kami tidak (mempublikasikannya di Facebook) untuk memberi tahu orang-orang bahwa kami sangat hebat, hanya mengeluarkan pemberitahuan agar orang-orang dari Johor dan Tuas tak datang saat toko kami ditutup," papar Khan.

Zam Zam memasang sebuah pemberitahuan di halaman Facebook-nya pada 19 Juni yang menginformasikan para pelanggan tentang penutupan tersebut. Restoran buka tujuh hari seminggu, dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam.

Berita tentang penutupan restoran karena karyawannya umrah itu menuai pujian netizen. Mereka memuji langkah tersebut dan berharap perjalanan tersebut lancar.

Seorang karyawan yang telah bekerja di Singapore Zam Zam selama tujuh tahun, Navas Koleth, mengatakan bahwa dia merasa mendapatkan berkah.

"Saya sangat senang bekerja di sini, sangat sulit mencari bos seperti ini yang bisa mensponsori (perjalanan kita)," ujar pria 30 tahun itu.

"Kami seperti keluarga, sungguh menyenangkan berada di sana, itu adalah impian kami. Restoran kami biasanya tidak tutup dan sangat sulit menutupnya selama bulan Ramadan karena kami sangat sibuk, jadi sangat mengejutkan saat bos bilang dia akan umrah dan bilang siapa saja yang mau ikut boleh".

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Barack Obama dan Burger Keju Kesukaannya

Posted: 29 Jun 2017 10:00 PM PDT

Makanan kesukaan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama tak hanya sayuran, buah, dan kacang saja. Ia juga sesekali makan burger keju (cheeseburger). Rupanya burger keju termasuk salah satu makanan kesukaan Obama.

Cerita Obama yang makan burger keju ditulis The Washington Post pada  2014 silam. Ia makan burger keju saat beberapa pimpinan negara lain melakukan kunjungan kenegaraan di Amerika Serikat.

Pada 2010, Obama membawa Presiden Rusia Dmitry Medvedev ke Ray's Hell Burger yang berada di Washington DC. Burger yang ada di restoran tersebut terbilang enak. Obama memesan burger yang berisi keju, bawang bombay, selada, dan tomat.

Lain cerita, pada suatu kunjungan di siang hari. Obama mendatangi Shack Shake, restoran yang sudah memiliki 34 cabang di seluruh dunia ini berada di Connecticut Avenue NW. Obama memesan burger dan kentang goreng.

Yang menakjubkan, ia mendorong kenaikan upah minimum para karyawan di Shake Shack. Gedung Putih memilih Shake Shack karena burgernya termasuk besar, sehingga membayar pegawainya lebih dari 10 dolar per jam.

Barack Obama beserta stafnya makan burger di Good Stuff Eatery, Capitol Hill, Washington pada 3 Agustus 2011. (Foto: REUTERS/Jason Reed)

Bahkan sang istri, Michelle Obama mengakui dirinya terobsesi dengan kentang goreng di Shake Shack. Ia mengunjungi Shack Shake DC saat pertama kali dibuka dan memesan burger keju yang di atasnya diberi selada, tomat dan saus rahasia berupa campuran mayones, kecap, mustard dan rempah-rempah.

Tak lupa, Michelle memesan kentang goreng, milkshake dan coke. Seperti Michelle, Obama juga ikut memakan kentang goreng. Saat melakukan perjalanan pertamanya dengan Air Force One  dari Chicago menuju pelantikannya sebagai presiden, dikutip dari The Washington Post, Jumat (30/6/2017).

Obama memesan menu makan malam berupa burger keju, yang dilengkapi mustard, selada, tomat, dan salad.

Ia ditanya oleh seseorang, "Apakah salad yang ada berarti tidak mau kentang goreng?"

"Oh, saya akan mengambil kentang gorengnya juga," kata Barack Obama

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerennya Gaya Bobby Nasution, Calon Menantu Jokowi

Posted: 29 Jun 2017 10:00 PM PDT

Presiden Jokowi akan memiliki menantu lagi setelah putrinya Kahiyang Ayu menerima lamaran seorang pria bernama Bobby Nasution. Keingintahuan soal pria ini pun cukup tinggi. Maklum saja, ia akan menjadi menantu orang nomor satu di Indonesia.

Dari akun Instagram-nya, @ayanggkahiyang, cukup rajin mengunggah fotonya dengan sang kekasih. Dimulai sejak Januari 2016 lalu, terlihat hubungan mereka saat itu masih baru. Sebuah selfie yang terkesan misterius karena wajah Bobby tertutupi sebagian oleh tangannya.

Seiring berjalannya waktu, hubungan mereka makin serius. Kahiyang pun mengajak Bobby ke acara-acara kenegaraan yang dihadiri pula oleh anak perempuan Jokowi itu.

Sampai pada menjelang Idul Fitri lalu, Kahiyang mengunggah sebuah foto dengan keterangan singkat, tetapi sangat dalam. "I said YES," tulis Kahiyang yang artinya ia menerima pinangan Bobby.

Dalam foto yang bernuansa hitam putih itu, Kahiyang menunjukkan jari manis tangan kirinya yang sudah terpasang sebuah cincin. Di sana, ia juga menandai Instagram Bobby, yakni @bobbynst.

Namun, akun Bobby dikunci sehingga aktivitasnya di Instagram hanya dapat dilihat oleh orang-orang terdekatnya.

Dari namanya, Bobby merupakan pria keturunan Mandailing, Sumatera Utara. Bobby dan Kahiyang bertemu di kampus setelah sama-sama menempuh studi Magister Manajemen di Institut Pertanian Bogor. 

Gaya Bobby sehari-hari terbilang simpel, yakni dengan kaus atau kemeja. Saat berkencan dengan Kahiyang, Bobby juga tampak santai dengan kaus. Aksesori seperti jam tangan dan gelang tidak ketinggalan.

Sementara Kahiyang tampak kasual dengan kemeja garis-garis. Kemeja memang menjadi salah satu andalan Kahiyang dalam berbusana. Di hampir setiap kesempatan kasual, ia mengenakan kemeja.

Saat acara formal, Kahiyang lebih memilih kebaya atau blouse dan kain. Sementara Bobby mengenakan setelan jas dan dasi. Wah, serasi ya!

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Larang Laptop di Kabin, AS Perketat Pengamanan Bandara

Posted: 29 Jun 2017 10:00 PM PDT

Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (Homeland Security Department) memutuskan untuk tidak melarang imigran asing yang masuk ke AS membawa laptop di pesawat.

Alih-alih melarang laptop di kabin, pihak berwenang justru meningkatkan pengamanan di seluruh pesawat dan bandar udara di AS.

Mengutip laman CNET, Jumat (30/6/2017), hal itu diumumkan kepada masyarakat luas pada Rabu 28 Juni lalu. Departemen Keamanan Dalam Negeri menyebutkan bahwa peningkatan standar keamanan ini akan diberlakukan pada seluruh penerbangan komersial menuju Amerika Serikat.

Setidaknya sepuluh bandara di Timur Tengah dan Afrika yang sebelumnya terkena larangan membawa laptop juga akan memberlakukan peraturan keamanan serupa.

Sebelumnya Departemen Keamanan Dalam Negeri AS dikabarkan sempat melarang perangkat seperti laptop, tablet, dan perangkat lainnya yang lebih besar dari smartphone untuk masuk ke AS.

Tak hanya untuk penerbangan dari Timur Tengah dan Afrika, kabarnya peraturan itu juga bisa diterapkan untuk seluruh penerbangan internasional dari dan ke AS.

Sekadar informasi, mulanya larangan ini diterapkan lantaran intelijen AS menemukan bahwa teroris bisa saja menyembunyikan bahan peledak di perangkat elektronik portabel. Saat ini di laman Departemen Keamanan Dalam Negeri AS disebutkan bahwa pihak berwenang menerapkan prosedur pemeriksaan keamanan lebih ketat.

(Tin/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pogba Ungkap Alasan Sempat Tinggalkan MU

Posted: 29 Jun 2017 09:45 PM PDT

Paul Pogba meninggalkan Manchester United (MU) lima tahun lalu. Musim lalu, Pogba kembali ke MU setelah ia dibeli dari Juventus sekaligus memecahkan rekor sebagai pemain termahal dunia.

Pogba menyelesaikan musim pertamanya kembali ke MU dengan cukup mengesankan. Tiga trofi ia persembahkan untuk The Red Devils musim lalu, Community Shields, Piala Liga, dan Liga Europa.

Ketika meninggalkan Old Trafford pada 2012, Pogba memilih Juventus sebagai pelabuhan. Bersama Bianconeri, Pogba menjelma menjadi gelandang dengan kualitas kelas dunia.

"Saya meninggalkan Manchester untuk bermain. Hanya itu yang saya inginkan. Meskipun saya saat itu masih belia, saya merasa mampu bermain sekarang dan tidak ingin menunggu," ungkap Pogba, seperti dilansir Esquire.

"Jadi, jika tidak dengan Manchester, itu mungkin bermain di klub lain. Tapi dalam pikiran saya, saya tahu, ini (kesempatan bermain untuk MU) belum selesai, saya mungkin kembali," tuturnya.

Pemain internasional Prancis ini juga mendapat dukungan dari sang ibunda saat meninggalkan MU. Ibunda Pogba yakin suatu hari nanti putranya bakal jadi pemain penting bagi The Red Devils.

"Ibu saya mengatakan ini, 'kamu akan kembali suatu hari.' Dan sekarang saya di sini, mencukur rambut di Manchester," ucap pemain berusia 24 tahun itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan 5 Langkah Ini untuk Tangkal Penyebaran Petya

Posted: 29 Jun 2017 09:42 PM PDT

Petya yang pertama kali ditemukan pada 2016 adalah ransomware yang mengenkripsi Master File Tree (MTF) dan menghapus Master Boot Record (MBR), lalu kemudian meninggalkan sebuah pesan di dalamnya dan membuat korbannya tidak bisa menyalakan sistem komputer.

Berdasarkan Security Advisory dari Microsoft, ransomware Petya berhasil menyebar karena menggabungkan serangan sisi klien (CVE-2017-0199) dan ancaman berbasis jaringan (MS17-010).

Saat komputer terinfeksi, data akan secara otomatis terenkripsi. Modusnya sedikit berbeda dengan ransomware Wannacry, di mana Petya akan melakukan proses booting secara paksa atau kalau tidak berhasil maka membuat sistem crash sehingga user terpaksa harus melakukan proses booting.

Varian ransomware baru ini dikategorikan sebagai serangan yang ganas karena menggunakan teknik-teknik berlapis untuk menyebar secara otomatis ke seluruh network sebuah perusahaan.

Untuk mencegah penyebaran Petya, perusahaan penyedia antivirus Sophos menyarankan pengguna untuk melakukan lima langkah berikut.

1. Memastikan bahwa sistem telah terbarui dengan patch terakhir, termasuk pembaruan yang ada di dalam buletin Microsoft MS17-010.

2. Mempertimbangkan untuk memblokir tool Microsoft PsExec yang berjalan pada komputer dalam network. Tool Microsoft PsExec ini digunakan sebagai bagian dari teknik penyebaran Petya.

3. Mem-backup secara reguler data-data yang ada dan amankan. Ada banyak cara yang membuat data kamu hilang selain ransomware; kebakaran, banjir, pencuri, laptop yang jatuh atau bahkan tidak sengaja terhapus.

4. Enkripsi data-data yang telah di-backup dan kamu tidak perlu khawatir jika sistem backup kamu jatuh ke tangan yang salah.

5. Hindari membuka lampiran di email dari pengirim yang kamu tidak ketahui, meskipun kamu bekerja di departemen HR atau berhubungan langsung dengan klien dan menggunakan banyak lampiran dalam pekerjaan kamu.

(Isk/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

David Foster Kencani Kris Jenner?

Posted: 29 Jun 2017 09:40 PM PDT

Penyanyi 67 tahun David Foster dikabarkan berkencan dengan Kris Jenner di Craig's Restaurant, Los Angeler, Selasa (27/6/2017). Satu pertanyaan pun muncul, ke mana Corey Gamble yang disebut sebagai kekasih Kris Jenner?

Seperti disampaikan Ace Showbiz, Kamis (29/6/2017), seorang saksi mata mengatakan kepada Page Six bahwa David Foster dan Kris Jenner sempat berpegangan tangan. Tak lama kemudian, ibu dari Kendall dan Kyle Jenner itu mencium pipi penyanyi yang sempat beberapa kali manggung di Indonesia tersebut.

Kris Jenner pamer lekuk tubuh usai berolah raga. [foto: instagram/krisjenner]

Sayangnya tak ada foto resmi yang menjadi bukti kebersamaan mereka kepada publik. Namun, Kris Jenner dan David Foster diketahui telah cukup lama menjalin hubungan pertemanan sejak beberapa tahun silam.

Di samping itu, keduanya juga sempat menjadi orangtua angkat bagi Brody Jenner dan Brandon Jenner. Mantan suami Kris, Caitlyn Jenner (Bruce Jenner), bahkan sempat menikah dengan Linda Thompson yang kemudian menjadi istri David Foster.

Bruce Jenner dan Linda Thompson | via: huffingtonpost.com

Setelah makan malam itu, Kris Jenner langsung meninggalkan restoran dan fotonya bersama David Foster sempat diambil oleh salah satu media Inggris. Kris malah tampak tersenyum ke arah kamera. Ia mengenakan gaun merah dan kacamata hitam.

Kris Jenner memang tampak bahagia saat bersama David Foster, sementara Corey Gamble sama sekali tak kunjung muncul hingga ia hengkang dari restoran. Padahal, Kris Jenner kabarnya membayar hingga ratusan juta rupiah agar Corey tidak meninggalkannya.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Obama Beserta Rombongan Tinggalkan Yogyakarta

Posted: 29 Jun 2017 09:39 PM PDT

Iring-iringan kendaraan yang membawa mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama terlihat menuju Pangkalan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Jumat (30/6). Obama beserta keluarga akan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Iring-iringan kendaraan yang membawa mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama terlihat menuju Pangkalan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Jumat (30/6). Obama beserta keluarga akan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Iring-iringan kendaraan yang membawa mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama terlihat menuju Pangkalan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Jumat (30/6). Obama beserta keluarga akan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Iring-iringan kendaraan yang membawa mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama terlihat menuju Pangkalan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Jumat (30/6). Obama beserta keluarga akan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Iring-iringan kendaraan yang membawa mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama terlihat menuju Pangkalan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Jumat (30/6). Obama beserta keluarga akan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Iring-iringan kendaraan yang membawa mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama terlihat menuju Pangkalan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Jumat (30/6). Obama beserta keluarga akan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi Monas, Gubernur Djarot Sapa Pengunjung

Posted: 29 Jun 2017 09:36 PM PDT

Akhir pekan ini Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memanfaatkan waktu senggangnya dengan mengunjungi Monumen Nasional atau Monas di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Djarot tiba di Monas sekitar pukul 08.00 WIB.

Tiba di lokasi, Djarot yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah, menyempatkan untuk melihat diorama sejarah Indonesia di dalam Monas. Setelah puas menikmati diorama, Djarot pun menuju puncak Monas untuk menikmati pemandangan Jakarta dari atas.

Pengunjung Monas tampak antusias melihat kedatangan Djarot ke salah satu destinasi wisata andalan Jakarta tersebut. Mereka berebut untuk bersalaman dengan Djarot. Bahkan, salah satu pengunjung sempat memberikan celetukan.

"Salam buat Pak Ahok, Pak!" ucap salah satu pengunjung Monas kepada Djarot, Jumat (30/6/2017).

Puas menikmati Monas, Djarot pun mengapresiasi pelayanan yang tersedia di tempat wisata tersebut.

"Kebersihan is okay. Kemudian pelayanannya ya, (bagus)," ucap Djarot di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat, 30/6/2017.

Djarot mengaku sempat mendapat usulan agar disediakan pula fasilitas huruf Braille di area diorama sejarah Indonesia agar pengunjung Monas yang memiliki keterbatasan fisik atau disabilitas bisa tetap ikut menikmati wisata di Monas.

"Cuma tadi diusulkan untuk dioramanya dikasih huruf Braille sehingga saudara kita yang disabilitas juga bisa membaca. Setiap sisi ada huruf Braille, kan (jadi) gampang," kata Djarot.

"Kemudian untuk malam hari kita evaluasi, tetap berjalan, sampai jam 10 malam. Kalau menurut saya sih untuk naik ke atas itu lebih oke malam ya. Indah ya dari atas," pungkas Djarot.


Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Trik Restoran agar Untung Banyak yang Tak Disadari Pelanggan

Posted: 29 Jun 2017 09:35 PM PDT

Restoran punya misi di mana Anda sebagai pelanggan tidak hanya datang ke tempat mereka lagi, tetapi juga bagaimana mereka mendapatkan untung yang besar. Situs gaya hidup Bright Side, melakukan pengamatan dengan mengunjungi restoran-restoran mahal di Eropa.

Situs gaya hidup itu mengamati trik-trik yang dilakukan restoran di Eropa yang juga umum dilakukan restoran di berbagai penjuru dunia agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Berikut beberapa trik yang dilakukan restoran agar untung besar yang tidak begitu disadari pelanggan.

1. Menyingkirkan piring kotor

Jika Anda makan di restoran mahal, Anda akan sering menjumpai pelayan restoran yang buru-buru menyingkirkan piring kotor di meja. Tentu saja, selain membuat para pelanggan kerasan duduk di meja, trik ini juga dimaksudkan agar pelanggan tidak menyadari ia telah memesan terlalu banyak makanan.

Jika ada piring kotor menumpuk di meja, pelanggan akan cepat pergi dan kemungkinan untuk memesan menu lagi sangatlah kecil.

2. Musik

Penelitian menyebutkan, restoran dengan musik klasik membuat pelanggan memesan 10 persen lebih banyak ketimbang restoran tak bermusik. Musik membuat kepercayaan diri pelanggan meningkat. Dengan mendengarkan musik di restoran, pelanggan akan merasa lebih kaya dan gengsi jika hanya memesan sedikit menu.

3. Wewangian

Aroma sangat memengaruhi pikiran kita. Bahkan ketika kita punya gagasan ketat untuk irit, aroma mungkin bisa menghancurkan rencana itu.

Penelitian mengungkapkan, restoran yang menggunakan aroma vanila dan kayu manis meningkatkan penjualan makanan pencuci mulut. Aroma lavender akan membuat para tamu rileks, tidak tergesa-gesa, dan akhirnya memesan banyak menu.

4. Penawaran ekstra

Entah Anda memperhatikan atau tidak, jika Anda memesan menu yang mempunyai variasi ukuran, pelayan akan mencoba menawarkan ukuran yang lebih besar atau lebih banyak yang tentu saja punya harga lebih mahal. Mereka sedang memanfaatkan alam bawah sadar pelanggan dan berharap pelanggan mengangguk atas tawaran itu.

Padahal jika Anda menyadari bahwa Anda telah menyetujui tawaran yang sebenarnya tidak ada dalam pikiran Anda, maka itu sudah terlambat. Porsi ganda atau porsi besar, sebenarnya punya jumlah lebih sedikit dari dua porsi kecil yang digabungkan. Tentu saja itu trik untuk meningkatkan pendapatan.

5. Manipulasi kembalian

Trik yang satu ini umumnya dilakukan pelayan dan tak banyak diketahui pemilik restoran. Pelayan punya trik sendiri untuk mendapatkan tips lebih besar. Pelayan memberikan kembalian tagihan berupa uang koin. Mereka berharap Anda tidak menyentuh kembalian itu. Trik ini dikenal sebagai trik murahan yang lazim terjadi di restoran mahal dengan tamu-tamu yang banyak uang.

6. Kenaikan harga 10 persen

Trik yang satu ini termasuk trik kotor yang lazim diterapkan restoran-restoran mahal. Mereka tahu, kebanyakan pelanggannya yang berduit, tidak akan keberatan jika harus membayar 7-10% lebih banyak dari yang direncanakan. Kenaikan harga ini biasanya terjadi pada menu-menu tambahan, seperti saus pada makanan cepat saji.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Atur Ulang Anggaran Rumah Subsidi, Berikut Rinciannya

Posted: 29 Jun 2017 09:34 PM PDT

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) akan melakukan penyesuaian anggaran bagi rumah subsidi. Penyesuaian tersebut dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kemen-PUPR Lana Winayanti mengatakan, anggaran untuk rumah subsidi akan disesuaikan dengan kemampuan produksi rumah.

"Intinya, kita diminta untuk mendanai sesuai dengan kapasitas produksi rumah real," kata dia kepada Liputan6.com, seperti ditulis di Jakarta, Jumat (30/6/2017).

Adapun penyesuaian ini berdasarkan hasil pemetaan dari 10 provinsi di Indonesia. Dari pemetaan tersebut, Lana mengklaim anggaran yang dikucurkan akan lebih kredibel.

"Beruntung, di awal tahun ini kita lakukan pemetaan potensi pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di 10 besar provinsi realisasi KPR bersubsidi terbesar di Indonesia. Angka yang diperoleh dalam pemetaan tersebut kita gunakan sebagai basis proses APBN-P, yang kami anggap merupakan angka realistis untuk penganggaran yang lebih kredibel," jelas dia.

Dari pemetaan tersebut, pemerintah akan mengalokasikan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) sebanyak 40 ribu unit, subsidi selisih bunga (SSB) 239 ribu unit, dan bantuan uang muka (BUM) 278 ribu unit.

"Tahun ini keinginan kita tidak muluk. Bila kita bisa genjot produksi rumah KPR bersubsidi bisa di atas 200 ribu itu sudah bagus. Angka tersebut dalam sejarah pembangunan rumah bersubsidi hanya pernah tercapai di Indonesia pada tahun 1996-1997," ungkap dia.

Untuk diketahui, sebelumnya Kemen-PUPR menargetkan penyaluran FLPP untuk 120 ribu unit rumah subsidi dengan nilai Rp 11,47 triliun pada tahun ini. Kemudian, SSB untuk 225 ribu unit dengan nilai Rp 3,7 triliun dan BUM untuk 550 ribu unit dengan nilai Rp 2,2 triliun.

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menguak Mitos Pembantaian Tsar Terakhir Rusia

Posted: 29 Jun 2017 09:31 PM PDT

Tsar atau penguasa monarki Rusia terakhir yaitu Nikolay (Nicholas) II dan keluarganya dibunuh pada tahun 1918. Namun kasusnya belakangan kembali diselidiki secara menyeluruh. 

Dikutip dari laman RBTH, Jumat (30/6/2017), Penyelidik dan Kriminolog senior Vladimir Solovyov mengatakan, pembunuhan sang Tsar dan keluarganya baru diselidiki hampir seabad setelah kejadian karena Rusia tidak memiliki undang-undang yang membatasi waktu penyelidikan (statute of limitations).

Ditambah lagi, pada era Soviet, pemerintah tidak tertarik menyelidiki kasus tersebut.

Tantangan terberat adalah untuk membuktikan bahwa mayat yang ditemukan di Yekaterinburg adalah bagian dari keluarga sang Tsar.

"Pekerjaan seorang kriminolog adalah mengungkap mitos. Ini adalah kesempatan untuk terlibat dalam penyelidikan yang menarik dan penyelidikan ini berbeda dari tugas saya yang sebelumnya," ujar Solovyov.

Penyelidikan pembunuhan Tsar pertama kali dilangsungkan oleh Tentara Putih segera setelah kematian beberapa penyelidik bernama Namyotkin, Sergeyev, dan Sokolov.

Secara khusus, Sokolov mengumpulkan sejumlah besar materi penyelidikan yang berperan penting dalam sistem penyelidikan modern di Rusia.

"Kami memutuskan untuk mencari segala hal yang berhubungan dengan kasus Sokolov. Kantor oditurat militer Rusia memilik empat jilid materinya, tapi kami memperluas pencarian kami hingga seluruh dunia," kata Solovyov.

Setelah Revolusi Bolshevik, Sokolov pindah dan membawa banyak dokumen bersamanya. Solovyov pertama mencari dokumen tersebut di Arsip Kerajaan Inggris, di mana ia dibantu oleh Pangeran Michael dari Kent yang mampu berbahasa Rusia dan memiliki hubungan darah dengan Tsar Nikolay II.

Meski begitu, Solovyov tak mampu menemukan data penting. Kemudian ia tahu bahwa dokumen-dokumen terpenting Sokolov pernah jatuh ke tangan Pangeran Orlov. Bahkan anak-anaknya melelang dokumen tersebut dengan nilai lebih dari 600 ribu poundsterling di balai lelang Sotheby's di London.

Dokumen itu kemudian dibeli oleh Pangeran Hans Adam II dari Liechtenstein, yang kemudian mengembalikannya ke Rusia sebagai barter dengan dokumen terkait keluarganya sendiri.

Banyak orang terkenal yang membantu Solovyov dalam misinya. Seperti Boris Nemtsov mantan Wakil Perdana Menteri Rusia yang membantu dengan keahlian medis dan forensik yang dilengkapi dengan laboratorium genetikanya.

Selain itu, ada pula musisi terkenal Mistislav Rostropovich yang membantu dengan menyumbang untuk analisis genetika dan membeli artefak kunci. Sebuah saputangan bernoda darah milik Tsar yang ada di kota Otsu, Jepang.

Kain itu berasal dari tahun 1891, saat ada upaya pembunuhan sang Tsar dalam kunjungannya ke kota tersebut. Namun begitu, meski telah diupayakan, tetap mustahil untuk melakukan analisis genetika dari saputangan itu karena bentuknya membuatnya sulit untuk diperiksa.

Analisis Genetika

Awalnya, pakar genetika menguji coba dengan sampel darah dari anggota keluarga kerajaan Inggris dan Denmark.

"Uji coba diadakan dengan DNA mitokondria, jadi kami membutuhkan anggota perempuan dari keluarga kerajaan," kata Solovyov.

"Ibu dari Alexandra Feodorovna adalah anak dari Ratu Inggris Victoria. Di sini kami beruntung karena Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth saat ini, adalah keturunan Ratu Victoria," tambah Solovyov.

Namun para penyidik kekurangan bahan untuk membandingkan sampel darah modern itu. Baru pada 2007, sampel darah yang cocok untuk analisis genetika dari Tsar Nicholas II ditemukan.

Ternyata selama ini para penyelidik dapat menemukan semua bahan dengan mudah. Seperti baju yang Tsar gunakan pada upaya pembunuhan tahun 1891 di Otsu, komplet dengan jejak darah yang dapat dianalisis, ada di Museum Hermitage di Saint Peterburg.

Uji coba terakhir melibatkan beberapa ahli genetika independen dari Rusia, AS, dan Austria, dan semuanya berpendapat sama.

Solovyov mengatakan, investigasi penyelidikan sang Tsar terakhir dan keluarganya telah memberikan kontribusi khusus ke perkembangan sains.

"Kasus ini menciptakan pendekatan baru yang penting. Saat ini, segala upaya terkait identifikasi mayat di seluruh dunia diadakan dengan teknik yang dikembangkan dalam penyelidikan kasus (pembunuhan Tsar) ini," ujar Solovyov.

Pembantaian tersebut terjadi 17 Juli 1918 jelang tengah malam. Kala itu, dokter istana, dr Eugene Botkin membangunkan Tsar Nicholas II beserta seluruh keluarganya. Alasannya, mereka akan dipindahkan ke lokasi yang lebih aman, menyusul kekacauan yang terjadi di Yekaterinburg.

Keluarga kerajaan diminta memasuki ruangan bawah tanah berukuran 6 x 5 meter. Tak disangka, di sana lah mereka dihabisi oleh kaum revolusioner Bolshevik.

Tiba-tiba, hampir selusin orang bersenjata menyerbu masuk ke ruangan dan memberondong keluarga kekaisaran. Asap mengepul dari senapan. Mereka yang masih bernapas ketika selubung tabun menghilang, ditikam dengan bayonet.

Jasad Tsar Nicholas II, Alexandra, dan 4 putri mereka -- Anastasia, Maria, Olga, dan Tatiana -- juga putra mereka Tsarevich Alexei dan 4 anggota kerajaan lalu dibawa ke sebuah tambang, sekitar 14 kilometer dari Ekaterinburg.

Tsar Nicholas II dan keluarganya (Wikipedia)

Tubuh mereka yang tak lagi bernyawa disiram bensin dan dibakar. Tulang-belulang disiram cairan asam agar hancur. Kemudian yang tersisa dilemparkan ke lubang tambang, yang ditutupi dengan kotoran.

Jenazah pasangan kerajaan dan 3 anak perempuan mereka diekskavasi pada 1991, diidentifikasi secara formal dengan sampel DNA, dan dimakamkan kembali di Katedral St Petersburg pada 17 Juli 1998 -- 80 tahun setelah pembunuhan terjadi. Kelimanya diangkat sebagai orang suci oleh Gereja Ortodoks Rusia pada 2000.

Foto-foto terakhir anak-anak Tsar Nicholas II (Wikipedia)

Namun, sejumlah keanehan ditemukan. Antropolog saat itu ragu soal tubuh Anastasia -- yang sisi kiri wajahnya rusak menjadi potongan-potongan kecil.

Pun dengan temuan jasad diduga Grand Duchess Maria dan Aleksey pada 2007, yang terpisah dari keluarga kerajaan lainnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ronaldo Akhirnya Bertemu dengan Bayi Kembarnya

Posted: 29 Jun 2017 09:30 PM PDT

Cristiano Ronaldo telah mengakhiri petualangannya bersama timnas Portugal di Piala Konfederasi 2017. Dia merasa lega karena bisa kembali berkumpul dengan keluarga. 

Yang membuat Ronaldo semakin bersemangat, dia akhirnya bisa melihat langsung bayi kembarnya untuk pertama kali. 

Seperti dilansir The Sun, untuk kali pertama Ronaldo mengunggah fotonya bersama kedua bayi mungil itu. Lewat akun Facebook-nya, Ronaldo juga mengungkapkan kerinduan yang terpaksa dipendam saat harus memperkuat timnas Portugal di Rusia. 

"Seperti biasa, pikiran dan jiwa ada di sana saat memperkuat timnas Portugal meski saya tahu bahwa dua anak saya baru saja lahir," kata Ronaldo seperti dilansir The Sun. 

"Sayang kami tidak bisa meraih target yang kami inginkan, tapi saya yakin kami akan terus memberikan kegembiraan kepada Portugal," ujar Ronaldo menambahkan.

Ronaldo memang gagal membawa Portugal melangkah lebih jauh di Piala Konfederasi 2017. Mereka terhenti di semifinal setelah kalah adu penalti dari Chile usai bermain 0-0. 

"Sikap Presiden Federasi Sepak Bola Portugal sangat mengena bagi saya dan saya tidak akan melupakannya," kata Ronaldo terkait kekalahan Portugal di Piala Konfederasi. 

Kekalahan ini memang membuat Ronaldo pulang lebih cepat. Namun di balik itu, Ronaldo bahagia karena akhirnya bisa bertemu pertama kali dengan si kembar. Kedua bayi melengkapi akan melengkapi hari-hari Ronaldo yang sebelumnya sudah memiliki putra bernama Ronaldo Jr--dari ibu yang tidak teridentifikasi hingga kini. 

Selain itu, Ronaldo juga tengah menantikan anggota baru lainnya dari kekasihnya, Georgina Rodriguez. Mantan penjaga toko itu kabarnya tengah mengandung 5 bulan. 

"Saya sangat senang, akhirnya bisa bertemu untuk pertama kali dengan anak-anakku."

Cristiano Ronaldo saat tampil di Piala Konfederasi 2017 ( AFP/Kirill Kurdyavtev)

Bayi kembar Ronaldo dikabarkan lahir pada 8 Juni lalu saat Piala Konfederasi 2019 mulai berlangsung di Rusia. Laporan media-media Eropa menyebutkan, bayi kembar yang diberi nama Mateo dan Eva itu lahir lewat proses surogasi di Amerika Serikat. Dolores Aveiro, ibunda Ronaldo  langsung terbang ke Negeri Paman Sam saat keduanya lahir.

Surogasi merupakan proses kehamilan yang melibatkan pihak ketiga di mana seorang wanita bersedia mengandung anak dari pasangan lain.

Ada dua jenis surogasi, yakni tradisional di mana inang pengganti sekaligus menyumbangkan sel telurnya untuk dibuahi sperma dari pria yang menyewanya. Dengan demikian, gen inang pengganti bakal terdapat pada bayi yang akan dilahirkannya. 

Sementara satu lagi adalah Surogasi Gestational di mana inang pengganti hanya menampung embrio dari hasil program bayi tabung. Dengan demikian, bayi yang dilahirkan kelak tidak akan terkait secara genetik dengan ibu pengganti sama sekali. 

Selain Ronaldo, sejumlah selebirtas ternama juga menempuh jalur ini untuk memperoleh keturunan. Mereka adalah supermodel Tyra Banks, pembawa acara Jimmy Fallon hingga artis Sarah Jessica Parker. Namun di sejumlah negara, proses ini tidak diperbolehkan.

 

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jauh-Jauh Liburan ke Belanda, Raffi Ahmad Malah Ketemu Artis Ini

Posted: 29 Jun 2017 09:30 PM PDT

Raffi Ahmad, Nagita Slavina, serta Rafathar Malik Ahmad tengah menikmati liburannya di Eropa. Salah satu negara yang dikunjunginya adalah Belanda.

Tak disangka, Raffi Ahmad bertemu dengan pria Indonesia ini yang juga sedang menikmati Negeri Kincir Angin tersebut. Dia tak lain adalah Ivan Gunawan.

Raffi Ahmad ajak istri dan anak jalan-jalan ke Eropa (Foto: Instagram)

Ketiganya pun berpose di sebuah restoran dengan alam terbuka. Baik Raffi Ahmad, Nagita Slavina, maupun Ivan Gunawan kompak melihat ke arah kamera.

Foto kebersamaan ini pun diunggah di akun Instagram masing-masing, Kamis (29/6/2017). "Di Belanda jauh" ehhh ketemu GUNARSO," tulis akun @raffinagita1717.

Foto yang disukai lebih dari 448 ribu orang ini pun dibanjiri pendapat para warganet di kolom komentar. Sebagian besar fokus pada kecantikan istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina.

"Memsye walau candid tetep cantik," tulis akun @resti_sn. Begitu pun akun @dwika9129, "Memsye paling cantik....deh...."

Di Belanda, Raffi Ahmad bertemu dengan Ivan Gunawan (Foto: Instagram)

"Aku suka bgt deh sama kak nagita @raffinagita1717 gaya ya bisa2 nga kayak artis mudah2yg laen beruntung dpt kak nagita ka raffi @raffinagita1717 selalu bahagia yaa ... Sehat selalu Amienn," lanjut akun @hanna_pharida1991.

Sementara akun @frenjoyz59 menimpali, "Cntiknya...mba gigi...orngx sederhna & apa adax. Suka banget.. smoga lnggeng prnikhnx ya..@raffinagita1717."

 

Saksikan video menarik berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Tak Ada WiFi Gratis di Kedai Filosofi Kopi Blok M

Posted: 29 Jun 2017 09:30 PM PDT

Rio Dewanto memiliki alasan kenapa tidak memasang WiFi di kedai kopi miliknya, Filosopi Kopi. Selain menghindari kebiasaan buruk para pengunjung warung kopi yang pesan satu minuman saja lalu duduk berjam-jam demi bisa internetan gratis, Rio ingin mereka saling bicara.

Hal ini Rio ungkapkan kepada Mario Kassar, produser film Terminator, saat bertandang ke kedai kopi yang berlokasi di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, belum lama ini.

"Sebenarnya, kita nggak pasang WiFi. WiFi yang kami pakai sekarang itu spesial untuk kedatangan kamu. Sebenarnya, kami ingin orang-orang yang datang ke sini berbicara satu sama lain," kata Rio Dewanto seperti dikutip dari vlog pribadinya berjudul "Ngopi Bareng Produser Rambo", Jumat, 30 Juni 2017.

Mario Kassar mendukung langkah yang telah Rio ambil. Menurut Mario, dengan adanya WiFi di kedai kopi, kebanyakan orang hanya membeli satu cangkir saja dan bisa menghabiskan waktu selama lima jam untuk berselancar di dunia maya, mumpung gratis.

"Sebenarnya, idenya adalah, kita ingin mereka lebih berbicara dan berinteraksi," kata Rio Dewanto menekankan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Civic Type R Ini Terbuat dari Manusia

Posted: 29 Jun 2017 09:29 PM PDT

Dalam rangka menyambut Goodwood Festival of Speed yang dimulai kemarin, Honda UK memperkenalkan 'The Human Car', sebuah representasi dari pendekatan Honda untuk mendekatkan manusia dengan mesin. 'The Human Car' menjadi salah satu atraksi menarik yang disajikan Honda, sekaligus memperkenalkan pengunjung Goodwood Festival of Speed dengan teknologi dari Honda.

Mobil tersebut dibentuk dari 12 manusia yang meniru bentuk dari Honda Civic Type R. Selain itu, para manusia tersebut juga meniru bentuk dari motor Honda Fireblade. Untuk menciptakan bentuk yang sempurna, dibutuhkan keterampilan untuk menekuk sendi-sendi pada tubuh.

Kevin Doody, koreografer Ministry of Fun, mengatakan, "Ini adalah project menarik yang ambisius. Dibutuhkan tim performer yang penuh bakat untuk menciptakan perubahan bentuk yang sempurna. Kami bangga dapat memperkenalkan booth Honda yang menyenangkan di ajang Goodwood."

Dave Hodgetts, Managing Director Honda UK, menambahkan,"Ini memaksimalkan prinsip rekayasa 'man maximum, machine minimum' yang kami terapkan pada semua mobil. Saya belum pernah melihat sesuatu seperti ini, ini awal yang sempurna untuk menunjukkan eksistensi kami."

Selain menampilkan The Human Car, Honda menyediakan beragam pembelajaran interaktif di ajang Goodwood Festival of Speed, seperti berbagai tantangan pengetahuan dan menguji kemampuan pengunjung.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:


This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Metro Minta Truk Mulai Beroperasi pada H+8

Posted: 29 Jun 2017 09:28 PM PDT

Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan mengeluhkan masuknya sejumlah truk ke jalur tol Jakarta-Cikampek mulai hari ini. Padahal, truk dan mobil muatan besar lainnya telah diimbau agar mulai beroperasi pada H+8 Lebaran atau pada Senin 3 Juli 2017.

"Kok sudah beroperasi, kan sudah ada imbauannya sampai tanggal 3 (Juli)," ujar Iriawan saat meninjau arus balik di Gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jumat (30/6/2017).

Iriawan lantas memerintahkan jajarannya, terutama dari Ditlantas Polda Metro Jaya agar menangani permasalahan tersebut. Truk diharapkan baru beroperasi pada waktu yang ditentukan.

"Coba nanti dikoordinasikan lagi, truk H+8 baru beroperasi," kata dia.

Jenderal bintang dua itu menilai, truk merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan. Selain lamban karena bermuatan besar, truk juga dianggap banyak memakan badan jalan.

"Itu truk kan makan badan jalan. Kami akan komunikasikan, ini kan menghambat," ucap Iriawan.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengeluarkan surat imbauan kepada truk dan kendaraan besar lain untuk tidak beroperasi sampai tanggal 3 Juli 2017.

Sementara berdasarkan pantauan di lokasi, beberapa truk terlihat sudah melintasi tol Jakarta-Cikampek. Kendati, arus balik di Gerbang Tol Cikarang Utama sejauh ini terpantau ramai lancar.


Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lihat Justin Bieber, Anak DJ Khaled Menangis Kencang

Posted: 29 Jun 2017 09:20 PM PDT

Melanjutkan aktivitasnya di dunia musik, Justin Bieber saat ini tengah berkolaborasi dengan DJ Khaled. Namun, sebuah kisah yang cukup unik baru saja tersiar di dunia maya, seperti dikabarkan Ace Showbiz, Kamis (29/6/2017).

Melalui sebuah video yang diterima oleh TMZ, Justin Bieber tampak membuat putra dari DJ Khaled, Asahd, menangis saat mereka sedang syuting videoklip "I'm the One". Asahd meneteskan air matanya saat ia menatap wajah Bieber.

DJ Khaled dan putranya, Asahd. (bet.com)

Saat syuting, Asahd tengah digendong oleh DJ Khaled, sementara Bieber berdiri di samping ayah dan anak itu. Ketika tatapannya mengarah ke Justin Bieber, Asahd langsung menangis kencang dan sulit untuk ditenangkan.

Pelantun "Sorry" itu mencoba menenangkan sang anak, tetapi DJ Khaled segera menjauhkan anaknya dari Bieber. Suara seseorang yang terdengar dalam video menjelaskan bahwa Asahd sedang tumbuh gigi, karena itulah ia terlihat rewel di lokasi syuting.

Justin Bieber saat syuting bersama DJ Khaled dan anaknya. (TMZ)

Di kalangan penggemar musik dance electronic, terutama fans DJ Khaled, Asahd dikenal tak pernah menangis di depan publik. Pada awal bulan ini saja, ia tampak tenang saat muncul bersama ayahnya di acara Live With Kelly & Ryan.

Bahkan, Asahd pernah mencuri perhatian di BET Awards saat mengenakan tuksedo Gucci yang diiringi rasa bersyukur DJ Khaled. Maka tak heran kalau banyak pihak berpikir macam-macam begitu mendengar kabar Asahd menangis saat menatap Justin Bieber.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aspal Baru, Sesi Latihan MotoGP Jerman Hari Ini Diperpanjang

Posted: 29 Jun 2017 09:15 PM PDT

Dorna Sport Sl sepakat untuk memperpanjang durasi sesi latihan bebas MotoGP Jerman yang berlangsung pada Jumat (30/6/2017). Total, ada tambahan waktu selama 20 menit pada sesi latihan bebas MotoGP hari ini.

Seperti dikutip dari Motor Sport, sesi latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring bakal mendapat tambahan 10 menit. Sesi latihan bebas pertama berlangsung pada 14.55 WIB hingga 15.50 WIB.

Pada sesi latihan bebas kedua dimulai 19.05 WIB dan berakhir pukul 20.00 WIB.

Tambahan sesi latihan bebas ini bukan tanpa alasan. Dorna Sport Sl memberikan tambahan waktu karena Sirkuit Sachsenring baru saja diaspal, Hal itu juga membuat produsen ban MotoGP, Michelin membawa empat komponen ban.

Awalnya, Michelin hanya membawa tiga komponen ban kering untuk bagian depan dan belakang. Untuk MotoGP Jerman, mereka menyediakan ban lunak, serta dua variasi medium dan hard.

Semua ban tersebut mempunyai karakteristik asimetris yang jauh lebih keras di sebelah kiri. Sebab, Sirkuit Sachsenring berlawan dengan arah jarum jam.

Selain itu, untuk MotoGP Jerman, Michelin juga membawa ban wajib. Ban ini hanya boleh digunakan pembalap ketika berada dalam situasi ekstrim.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arus Balik Bandung - Jakarta Tersendat di Rest Area

Posted: 29 Jun 2017 09:14 PM PDT

 

Arus balik mulai terlihat hari ini. Untuk kondisi lalu lintas dari Bandung menuju Jakarta, tepatnya di Tol Purbaleunyi sudah terjadi penumpukan kendaraan di dua titik.

"Secara keseluruhan informasi Bandung-Jakarta lancar. Tersendat di rest area KM 52 dan kemudian tersendat lagi di KM 42," ucap petugas Jasa Marga, Vika saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (30/6/2017). 

Menurut dia, tersendatnya kendaraan di KM 52 hanya sepanjang dua kilometer. Sementara untuk di KM 42, pengendara ataupun arus balik mengular kurang lebih tiga kilometer.

"Untuk di KM 52 tersendat dari KM 54 jadi sekitar 2 kilometer. Sedangkan untuk KM 42 dimulai dari KM 45," jelas Vika.

Untuk arah sebaliknya, masih kata dia, dari Jakarta menuju Bandung, terjadi kepadatan di satu titik. Hal ini lantaran menyempitnya jalur akibat pemberlakuan contra flow kemarin 29 Juni 2017 malam.

"Dari informasi terjadi kepadatan dari KM 40 sampai KM 42. Ini lantaran terjadi penyempitan lajur akibat contra flow tadi malam," kata Vika.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arus Balik, Polisi Siapkan 3 Rekayasa Lalu Lintas di Pantura

Posted: 29 Jun 2017 09:06 PM PDT

Polisi menyiapkan tiga rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan panjang di persimpangan antara jalur Pantura dan masuk Tol Gringsing.

Kapolres Batang, AKBP Juli Agung Pramono, mengatakan rekayasa yang dilakukan polisi untuk mencegah kemacetan, yakni dengan mengarahkan kendaraan dari timur yang akan masuk ke Tol Gringsing ke arah barat pintu tol.

"Jadi nanti rekayasa lalu lintasnya sekitar 200 meter dari pintu Tol Gringsing, kendaraan dari timur kemudian memutar arah kembali ke timur dan masuk ke tol," ucap Juli Agung Pramono di Batang, Jumat (30/6/2017).

Sementara rekayasa kedua dengan memberlakukan contra flow kendaraan dari arah timur untuk masuk ke pintu Tol Gringsing.

"Kita juga mengarahkan kendaraan untuk masuk jalan tol dari pintu Kandeman. Namun banyak yang tidak mau karena jaraknya terlalu jauh dari pintu Tol Gringsing," ujarnya.

Rekayasa yang terakhir jika kendaraan dari timur sangat padat, maka polisi akan menutup jalur Pantura dari arah barat dan membuka empat lajur untuk kendaraan dari timur dan masuk ke Tol Gringsing.

"Kita berlakukan buka tutup jalur Pantura, arah dari barat kita hentikan untuk kemudian kendaraan dari arah timur menggunakan empat lajur masuk ke jalan tol darurat," Juli memungkasi.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyusuri Angkernya Jalur Kabur Napi Nusakambangan

Posted: 29 Jun 2017 09:03 PM PDT

Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) dan kepolisian belum menemukan titik terang keberadaan Kadarmono, napi Lapas Permisan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, yang kabur Senin pekan lalu, 19 Juni 2017, saat menggembala sapi. Hingga sepekan pencarian, keberadaan Kadarmono masih diliputi teka-teki.

Jika dia masih berada di Pulau Nusakambangan, bagaimana dia bertahan hidup di hutan Nusakambangan yang angker? Sementara, jika dia telah keluar Pulau Nusakambangan, bagaimana dia melakukannya?

Koordinator Lapas se-Nusakambangan dan Cilacap, Abdul Aris mengakui pihaknya mengalami kesulitan menemukan jejak Kadarmono lantaran yang bersangkutan paham dengan jalur-jalur yang ada di Nusakambangan. Selama dua tahun terakhir, Kadarmono memang menjadi tahanan pendamping (tamping) penggembala hewan ternak.

"Minimal tahu jalur-jalur luar itu, sudah tahu dia. Apa dia komunikasi dengan orang-orang, penduduk situ, karena dia menggembala sapi itu. Keluar masuk hutan, dia harus tahu. Makanya agak berat kita mencarinya, tetapi kita upayakan," kata Abdul Aris kepada Liputan6.com, Senin, 26 Juni 2017.

Pencarian sudah sampai ke ujung barat Nusakambangan di Selok Jero. Namun, belum ditemukan tanda-tanda keberadaan Kadarmono. "Sekarang pencarian, informasi terakhir di Selok Jero. Dicari sampai ke situ," katanya.

Dia mengatakan, ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, Kadarmono masih berada di Pulau Nusakambangan dan bertahan hidup dengan dengan bekal yang dibawanya. Pasalnya sehari sebelum kabur, Kadarmono membeli 30 bungkus roti di sebuah warung kompleks Lapas.

"Jejak bekas bungkus roti yang dibeli sebanyak 30 bungkus, tidak ketemu jejaknya," ujarnya.

Aris menduga, Kadarmono juga mampu bertahan hidup dengan memakan buah-buahan yang banyak terdapat di Pulau Nusakambangan, seperti kelapa. "Pintar memanjat dia," ungkapnya.

Kemungkinan lainnya, ujar Aris, Kadarmono berhasil keluar dari Pulau Nusakambangan. Jika keluar, Kadarmono diduga menuju Klaces, kawasan Laguna Segara Anakan, yang posisinya hampir berhimpitan dengan Pulau Nusakambangan. Dari Klaces, Kadarmono menuju Pangandaran.

Itu sebab, kata Aris, petugas juga menyebar foto Kadarmono, napi yang kabur dari Nusakambangan. Sosialisasi diberikan kepada masyarakat Kampung Laut dan kelompok nelayan. Pengawasan terhadap kapal yang lalu lalang di perairan Nusakambangan dan Laguna Segara Anakan juga diperketat.

Napi Nusakambangan yang kabur itu diduga sudah mengetahui seluk beluk jalur angker di pulau terpencil itu karena sering menggembala sapi. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Menurut Aris, Kadarmono tidak mungkin kabur dari Pulau Nusakambangan tanpa bantuan orang lain. Sebab, untuk keluar dari Nusakambangan harus menggunakan perahu. Sementara, jalur resmi antara Dermaga Sodong menuju Wijayapura tak mungkin digunakan karena sudah disterilisasi begitu diketahui ada napi yang kabur.

"Masalahnya begini lho, karena, kalau lewat Dermaga Sodong ke Wijayapura sih tidak, mungkin dia lewat jalur-jalur luar ke Klaces, bisa-bisa juga ke Pangandaran, kan," ujarnya.

Aris mengemukakan, pencarian Kadarmono ini berbeda dengan upaya pencarian dua napi Lapas Batu yang kabur 26 Januari 2017 lalu. Pada waktu itu, dua orang napi penghuni Lapas Kelas I Batu, yakni Syarjani Abdullah (40), terpidana seumur hidup kasus narkoba, dan M Husein (43), yang divonis kurungan 13 tahun kabur dari Lapas. Mereka melompat keluar pagar dari pos pengawas yang kebetulan sedang tidak dijaga.

Kedua napi tersebut dipastikan buta peta Nusakambangan dan kabur tanpa persiapan survival. Kedua napi akhirnya ditemukan di komplek Gudang Lapas Batu sepekan setelah kabur, Senin pagi, 30 Januari 2017.

"Kalau yang napi kabur Lapas Batu itu karena dia bingung mentok sana-mentok sini. Tetapi, kalau yang ini (Kadarmono) paham jalan. Cuma, kalau tidak dibantu orang, dia akan susah keluar juga," tuturnya.

Kadarmono adalah napi kasus perampokan yang divonis 14 tahun penjara. Napi asal Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, pertama kali diketahui hilang saat apel para tamping Senin siang sekira pukul 13.00 WIB. Kemudian, saat jam batas masuk Lapas pukul 16.00 WIB, Kadarmono beserta sapinya juga tak kembali ke tempat.

Malam harinya, pencarian langsung dilakukan dengan bekerjasama dengan Kepolisian Sub Sektor Nusakambangan Polres Cilacap. "Pencarian langsung dilakukan begitu sapinya ketemu di tengah hutan sekitar pukul 20.30 WIB malam. Sapinya ketemu tapi penggembalanya tidak ada," kata Aris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaji ke-13 PNS Cair Minggu Depan, Berapa yang Diterima?

Posted: 29 Jun 2017 09:02 PM PDT

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan akan mencairkan atau membayarkan gaji ke-13 para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri aktif mulai Senin pekan depan (3/7/2017). PNS akan mengantongi besaran gaji pokok ditambah tunjangan.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Marwanto Harjowiryono. Ia mengungkapkan, gaji ke-13 untuk para PNS yang masih aktif bakal dicairkan pada awal Juli ini.

"Masih sesuai rencana, dicairkan di hari kerja pertama Juli ini. Jadi di tanggal 3 Juli 2017," ucap Marwanto saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (30/6/2017).

Pelaksanaan pembayaran gaji ke-13 tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 74/PMK.05/2017 tentang Perubahan Atas PMK Nomor 96/PMK.05/2016 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Dalam Pasal 9, penerima gaji ke-13 juga meliputi menteri, pejabat pimpinan tinggi, wakil menteri, staf khusus di lingkungan kementerian, anggota DPRD, hakim ad hoc, serta pegawai lainnya yang diangkat pejabat pembina kepegawaian atau pejabat yang memiliki kewenangan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Gaji ke-13 yang diterima PNS, antara lain gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, serta tunjangan kinerja. Gaji ke-13 dibayarkan pada Juli, sesuai bunyi Pasal 11 PMK 74/2017.

Marwanto mengungkapkan, anggaran negara yang dibutuhkan untuk membayar gaji ke-13 PNS aktif pada tahun ini sebesar Rp 6,8 triliun. Jumlah itu sekitar 29,56 persen dari total alokasi anggaran sebesar Rp 23 triliun untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13.

"Besarnya dana yang diperlukan untuk gaji ke-13 sekitar Rp 6,8 triliun," ucap Marwanto.

Lebih jauh katanya, mekanisme pencairan gaji ke-13 sama dengan THR. Satuan Kerja (Satker) mengajukan Surat Perintah Membayar (SPM) ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Jumlah Satker mencapai 25 ribu Satker di seluruh wilayah Indonesia.

Marwanto menjelaskan, pencairan THR dan gaji ke-13 untuk PNS paling cepat memakan waktu 1 jam. Dengan syarat, seluruh dokumen sudah dipenuhi dan tidak ada kesalahan.

"Dalam kondisi normal, syarat-syarat sudah dipenuhi, tidak ada kesalahan nama penerima, nomor akun, dan lainnya, maka setelah SPM diterima di KPPN, sekitar 1 jam dapat dicairkan," kata dia.

Menkeu Sri Mulyani sebelumnya pernah menuturkan, gaji ke-13 sangat membantu PNS untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak memasuki tahun ajaran baru. "Ini sangat membantu PNS yang masih punya putra-putri bersekolah, biasanya kebutuhan sekolah menjadi penting," ujarnya.

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Kerokan ala Ruben Onsu di Hong Kong

Posted: 29 Jun 2017 09:00 PM PDT

Libur Lebaran dimanfaatkan Ruben Onsu dan keluarga besarnya untuk jalan-jalan ke Hong Kong. Banyak tempat yang dikunjungi di sana.

Ruben Onsu pun berpose di pinggir sungai bersama istri, Sarwendah, ibu-bapak mertuanya, serta beberapa yang lainnya. Sesampainya di kamar, Ruben Onsu minta sesuatu pada istrinya, apa itu?

Ruben Onsu membuka bajunya dan duduk membelakangi sang istri. Sarwendah pun siap dengan koin di tangan. Rupanya, Ruben minta dikerok bagian punggungnya.

Ruben Onsu ajak keluarga jalan-jalan ke Hong Kong (Foto: Instagram)

Itu terlihat pada foto yang diunggah bapak satu anak ini di akun Instagramnya baru-baru ini. Tampak mereka duduk di bawah, Sarwendah pun dalam posisi siap mengerok badan Ruben Onsu.

"Dan akhir nya setelah jalan2 di kerokin deh," tulis Ruben Onsu sebagai keterangan foto yang disukai lebih dari 153 ribu orang.

Ruben Onsu pun didoakan para warganet melalui pendapat di kolom komentar. Tak sedikit juga yang memuji Sarwendah sebagai istri teladan.

"Cepet sembuh ya kak @ruben_onsu. Biar bisa jalan2 lagi sama keluarga ya.. happy holiday," tulis akun @justvie6175.

Belum kelar jalan-jalan, Ruben Onsu sudah masuk angin (Foto: Instagram)

Sementara akun @al.r.aquariun menambahkan, "Wkwkwk artis pun di kerokin ..sip bngt ah."

Akun @super_kipss_501menimpali, "@ruben_onsu di keroknya pake tutup botol sprite biar cepet sembuh...."

"Ya Allah istrinya ruben bener2 ibu rmh tangga cantik tenan," lanjut akun @azizadyahs.

Di Hong Kong, Ruben Onsu dan keluarga besarnya tak lupa untuk mengunjungi Disneyland yang terkenal itu. Mereka pun berpose mengenakan bando kuping Mickey Mouse.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tamu Messi Berdatangan Menghadiri Pernikahan Abad Ini

Posted: 29 Jun 2017 09:00 PM PDT

Tamu upacara pernikahan Lionel Messi mulai tiba di Rosario. Beberapa di antaranya rombongan Barcelona.

Bek kiri Jordi Alba, serta eks penggawa El Azulgrana, di antaranya Carles Puyol, Cesc Fabregas, dan Samuel Eto'o mengabadikan keberadaan mereka di landasan Islas Malvinas International Airport, Rosario, Santa Fe, Argentina, Kamis (29/6/2017).

Mereka tidak mau melewatkan momen bahagia Messi dengan Antonella Roccuzzo keesokan harinya. "Para tamu berdatangan menghadiri pernikahan abad ini," lapor jurnalis setempat, dikutip Fox News.

Rekan setim Messi di Barcelona merupakan bagian dari 260 undangan yang diperkirakan hadir. Selain itu striker Manchester City, Sergio Aguero, plus eks Real Madrid, Angel di Maria, juga datang.

Messi dan Antonella naik pelaminan di kota kelahiran dan tempat mereka dibesarkan. City Centre Rosario, yang masih satu kompleks dengan hotel dan kasino mewah, menjadi tempat resepsi pernikahan pasangan yang sudah saling mengenal sejak masih berusia 5 tahun itu.

Bek kiri Barcelona, Jordi Alba (berdiri tiga dari kiri), plus mantan penggawa El Azulgrana, di antaranya Carles Puyol, Cesc Fabregas, dan Samuel Eto'o berpose di landasan Islas Malvinas International Airport, Rosario, untuk menghadiri upacara pernikahan Lionel Messi. (Instagram)

Mereka sudah dikaruniai dua putra. Thiago Messi lahir 2 November 2012, disusul sang adik, Mateo, pada 11 September 2015.

Saksikan video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebaran, Striker Bali United Curi Ilmu Sepak Bola dari Keluarga

Posted: 29 Jun 2017 09:00 PM PDT

Momen Idul Fitri digunakan oleh striker Bali United, Yandi sofyan untuk melepas rindu bersama keluarga di kampung halaman. Yandi mengaku tak pernah menyia-nyiakan momen tersebut untuk bersenang-senang bersama keluarga.

"Lebaran tahun ini saya rayakan dengan keluarga. Pastinya silaturahmi dengan keluarga di rumah dan juga keluarga besar yang juga merantau sama seperti saya. Kegiatan seperti ini memang sudah menjadi tradisi di keluarga kami setiap Lebaran tiba," ujar Yandi seperti dilansir situs resmi Bali United.

Bukan tanpa alasan, Yandi sangat merindukan keluarganya. Ya, pemain berusia 25 tahun tersebut tentu tak bisa setiap saat melepas kangen dengan keluarganya di Garut, Jawa Barat. Pasalnya, Yandi saat ini berkarier di Pulau Bali.

Tak sekadar melepas kangen, Yandi ternyata juga memanfaatkan momen bertemu keluarga untuk menimba ilmu sepak bola. Kebetulan, beberapa keluarganya juga berkecimpung di dunia si kulit bundar.

"Kalau diskusi tentang sepak bola sudah pasti. Apalagi saudara saya mayoritas adalah pemain sepak bola. Beberapa juga pernah bermain untuk timnas Indonesia seperti Bang Zaenal Arif," kata Yandi.

"Ada juga Giman Nurjaman, Nova Zaenal, dan masih ada lagi. Saya benar-benar mendapat masukan yang membangun dari saudara yang sudah jauh lebih berpengalaman di dunia sepak bola," kata Yandi mengakhiri.

Bali United baru akan kembali melakoni pertandingan di Liga 1 pada Rabu (5/7/2017) dengan menjamu Persiba Balikpapan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar. Skuat asuhan Widodo Cahyono Putro saat ini menempati peringkat ke-11.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sara Wijayanto Buka-bukaan Bicara Hal Favorit dalam Hidup

Posted: 29 Jun 2017 09:00 PM PDT

Istri ilusionis Demian Aditya, Sara Wijayanto membocorkan sejumlah hal yang paling ia sukai dalam hidup. Beberapa diantaranya terbilang unik dan mencengangkan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Salju Turun di Musim Panas di Rusia, Pertanda Apa?

Posted: 29 Jun 2017 09:00 PM PDT

Warga Murmanks yang berjarak 1.487 km di utara Moskow akhirnya dapat bernapas lega. Pasalnya, hujan salju berhenti dan suhu udara di kota mereka naik menjadi empat derajat Celsius. 

Dikutip dari laman RBTH, Jumat (30/6/2017), kota itu sempat diguyur hujan salju lebat dan orang-orang mengeluhkan betapa dinginnya apartemen mereka.

Apalagi, salju turun di tengah musim panas ketika sistem pemanas sentral di Murmansk, dinonaktifkan.

Ini bukanlah situasi yang lazim terjadi. Meskipun Murmansk adalah salah satu kota paling utara dan paling dingin di Rusia, hujan salju di akhir Juni sangat jarang terjadi.

Namun sepanjang tahun ini, cuaca di Rusia benar-benar penuh kejutan.

Tak seperti wilayah Murmansk, Moskow tak terletak di kawasan Lingkar Arktik. Oleh sebab itu, warga ibu kota Rusia tak merasakan fenomena hujan salju pada Juni ini.

Namun, salju pada Mei lalu memaksa pemerintah untuk membatalkan tradisi parade aviasi militer selama perayaan Hari Kemenangan tanggal 9 Mei.

Selama musim semi lalu, cuaca di Moskow memang berubah-ubah dari cerah ke mendung, kemudian kembali cerah selama beberapa kali.

Namun, hari terberat jatuh pada 29 Mei 2017. Badai tropis memporak porandakan ibu kota Rusia. Angin puyuh mencabut pepohonan dari akarnya dan menerbangkan atap-atap bangunan.

Akibat bencana alam itu, sebanyak 18 orang warga dilaporkan meninggal dunia.

Setelah itu, ada hal lain yang terjadi pada 15 Juni. Hari itu menjadi hari terdingin selama musim panas dalam 138 tahun terakhir.

Air raksa pada alat pengukur temperatur jatuh hingga menyentuh angka 10 derajat Celsius. Meski demikian, hal ini dianggap tak begitu mengejutkan.

Akhir-akhir ini, alam semakin tidak terduga. Misalnya, saat hujan salju di Murmansk baru berhenti, cuaca di Siberia Timur sudah panas terik.

Menurut Oksana Salnikova, seorang ahli meteorologi dari Krasnoyarsk (3.352 km di timur Moskow), suhu di kotanya pada 21 Juni hampir mencapai rekor 37 derajat Celsius.

Sementara di bagian selatan Rusia, penduduk setempat mengeluhkan hujan yang tak kunjung henti. Pada awal Mei lalu di Vladikavkaz, ibu kota Osetiya Utara yang berjarak 1.503 km di selatan Moskow mengalami banjir.

Kota itu tampak seperti Venesia yang terkenal akan kota apungnya. Sementara hujan lebat belum mereda, lumpur telah menghancurkan jembatan sehingga memotong sejumlah akses ke desa-desa di pegunungan.

"Tidak ada air, tidak ada gas, dan tidak ada cahaya. Begitulah keadaan kami di sini," ujar seorang perempuan dari salah satu desa tersebut.

Para ilmuwan Rusia percaya bahwa kelainan alam saat ini berkaitan erat dengan pergerakan front cuaca.

Dmitry Kiktev selaku wakil direktur Hidrometeorologi Rusia, menjelaskan bahwa kondisi aneh ini terjadi karena pergerakan gelombang dingin dari Arktik dan cuaca hangat dari selatan di atmosfer, yang didorong oleh pemanasan global.

"Kondisi iklim menjadi semakin menggelisahkan," kata Kiktev kepada Kommersant.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Spesifikasi dan Harga Jual Meizu Pro 7?

Posted: 29 Jun 2017 09:00 PM PDT

Seri smartphone Meizu Pro 7 dilaporkan akan diumumkan dalam sebuah acara pada 26 Juli 2017. Meski belum ada konfirmasi mengenai hal itu, bocoran spesifikasi dan harga jualnya telah beredar di internet.

Dilansir dari GSM Arena, Jumat (30/6/2017), Meizu Pro 7 akan diumumkan bersama dengan Pro 7 Plus. Keduanya diperkirakan mulai dijual pada 4 Agustus 2017.

Perbedaan utama keduanya adalah hanya Meizu Pro 7 yang memiliki layar kedua, e-ink, di bagian bodi belakang. Layar e-ink ini akan menampilkan waktu, tanggal, cuaca, serta "jalan pintas" untuk kamera dan panggilan telepon.

Meizu Pro 7 juga akan disokong chipset Helio X30 milik MediaTek, layar sentuh berukuran 5,2 inci, dua kamera belakang dengan masing-masing sensor 12 MP dan kamera depan 16 MP. Smartphone ini memiliki lubang audio jack 3,5 mm.

Sejauh ini, informasi mengenai Meizu Pro 7 Plus belum banyak beredar. Namun diperkirakan akan dilengkapi layar berukuran 5,5 inci.

Untuk harga jual, Meizu Pro 7 akan dibanderol mulai dari US$ 409 hingga US$ 482. Sementara Meizu Pro 7 Plus dibanderol US$ 555.

(Din/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Telur Gulung, Camilan Nostalgia Masa Kecil yang Nikmat

Posted: 29 Jun 2017 09:00 PM PDT

Rindu dengan jajanan masa kecil dulu? Ya camilan nikmat seperti Telur Gulung memang mengingatkan kita pada jajanan semasa SD dulu. Nah, kini Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah untuk dinikmati saat akhir pekan bersama keluarga. 

Cara membuatnya pun sangat mudah dan praktis, seperti tutorial masak yang dibagikan oleh Kokiku Tv, Jumat (30/6/2017) berikut ini.

Bahan-bahan:

· 2 butir telur
· Garam secukupnya
· Merica secukupnya
· Minyak goreng
· Sosis (sudah direbus)
· Bakso (sudah direbus)

Cara membuat:

1. Kocok telur hingga berbusa. Masukkan garam dan merica secukupnya. Aduk kembali hingga rata.

2. Tusuk sosis dan bakso yang sudah direbus menggunakan tusukan sate. Sisihkan.

3. Panaskan minyak goreng, kemudian, tuang adona telur ke dalam minyak. Lalu, segera gulung bakso dan sosis dengan telur. Tiriskan.

4. Sajikan telur gulung buatan Anda di atas piring. Nikmati dengan saus sambal dan mayones.

Intip video tutorial masak selengkapnya berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Tanda Tubuh Anda Kelelahan

Posted: 29 Jun 2017 09:00 PM PDT

Tubuh kita mengalami banyak tekanan atas aneka hal di sekitar kita, mulai dari pekerjaan, hubungan, kurang tidur, hingga berlebihan berolahraga. Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak menyadari tubuhnya sudah lelah, sehingga butuh istirahat dan relaksasi.

Berikut beberapa tanda bahwa tubuh Anda mengalami kelelahan seperti melansir laman Bustle, Jumat (30/6/2017).

1. Kesulitan mengontrol hidup
Jika Anda merasa sulit dalam mengatur kehidupan mulai dari pekerjaan kantor, rumah tangga, dan aktivitas sosial ini bisa jadi tubuh mengalami kelelahan.

2. Olahraga terasa lebih berat
Bila biasanya Anda bisa lari 5 kilometer, tapi ketika saat ini terasa lebih berat menghadapinya itu kemungkinan tanda tubuh lelah dan butuh istirahat ekstra.

3. Kurang konsentrasi
Ketika tubuh merasa tubuh lelah hal tersebut juga berdampak pada pikiran, sehingga amat sulit untuk berkonsentrasi.

4. Sering sakit
Kelelahan kronis pada tubuh bisa menyebabkan sistem imunitas tubuh lemah. Akibatnya, seseorang jadi lebih mudah sakit seperti diungkapkan ahli kesehatan holistik, Jen Bruno.

Jika sering mengalami batuk, pilek, hidung tersumbat ada baiknya untuk beristirahat. "Ambil rehat sejenak dari aktivitas harian, lalu manjakan diri dengan pijatan. Lakukan hobi yang membuat Anda senang. Coba juga yoga atau meditasi," saran Bruno. Hal tersebut akan meningkatkan imunitas tubuh sehingga lebih jarang sakit.

5. Sakit kepala dan migrain
Stres kronis bisa menyebabkan seseorang sering mengalami sakit kepala dan migrain. Rasa sakit di kepala bisa berdampak pada bagian tubuh lain, seperti nyeri sendi yang membuat tubuh terasa lemah.

Anda bisa mengonsumsi kue jahe atau minuman jahe, bahkan bisa juga menghirup aroma peppermint saat sakit kepala mendera untuk mengurangi sakit perut.

6. Pola tidur tak menentu
Saat tubuh terlalu lelah ada kalanya malah terasa sulit untuk cepat tidur. Alhasil pola tidur pun jadi berantakan dan bila berlangsung lama bisa membahayakan kesehatan.

Jika kesulitan untuk tidur, cobalah yoga atau meditasi sebelumnya.

7. Emosi naik turun
Orang yang terlalu lelah memiliki emosi yang naik turun serta amat sensitif terhadap aneka hal di sekitarnya. Menurut Bruno, ketika tubuh kelelahan, ini akan menghambat tubuh dan pikiran kita berfungsi dengan baik, sehingga mampu mengacaukan emosi.

8. Mengidam aneka makanan
Saat tubuh merasa kelelahan, kemampuan emosional jadi lebih kacau. Kondisi ini juga akan memengaruhi pola makan (emotional eating). Hal ini membuat orang tersebut jadi lebih sering mengidam makanan.

9. Bibir kering
Bila bibir kering dan pecah-pecah belum tentu karena dehidrasi semata. Kurang tidur dan stres kronis bisa menyebabkan bibir jadi kering. Lalu, menurut para ahli, bibir kering bisa terjadi karena kelelahan adrenal.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Deretan Penyelamatan Terbaik Liga Inggris Musim

Posted: 29 Jun 2017 08:57 PM PDT

Tom Heaton melakukan salah satu penyelamatan terbaik di Liga Inggris musim ini dengan mematahkan upaya mantan klubnya, Manchester United! Tendangan voli indah Zlatan Ibrahimovic yang tak tak terkawal gagal masuk ke gawang dengan aksi melompat brilian Heaton, sebuah gerakan yang sebelumnya menjadi ciri khas kiper terkenal Red Devils, Peter Schmeichel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puncak Arus Balik di Jalur Pantura Terjadi pada 1 Juli

Posted: 29 Jun 2017 08:56 PM PDT

Wakapolda Jateng Brigjen Pol Indrajit memprediksi puncak arus balik Lebaran di jalur pantura barat atau tol darurat Gringsing-Brebes akan terjadi pada Sabtu 1 Juli hingga Minggu 2 Juli 2017.

Untuk itu, jajarannya sudah mempersiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai ataupun mengurangi antrean kendaraan di jalur pantura dan pintu masuk tol darurat Gringsing-Brebes.

"Arus balik sudah mulai sejak tiga hari belakangan ini, puncaknya kita prediksikan Sabtu dan Minggu besok. Antisipasinya, kita buat sistem buka tutup kendaraan untuk masuk ke Tol Gringsing ini, paling lama kita tutup 10 menit," ucap Indrajit di Batang Jateng, Jumat 30 Juni 2017.

Indrajit juga mengimbau para pemudik yang ingin kembali ke tempat asal untuk mempersiapkan fisik baik badan maupun kendaraan. Selain itu, Indrajit mengatakan, pihaknya juga akan menggunakan tol darurat jika jalur pantura ramai kendaraan.

"Untuk waktu penggunaan jalur darurat ini kita lihat kalau jalur pantura sepi maka kendaraan kita alihkan ke pantura. Kemudian apabila pantura terdapat kepadatan kendaraan maka kita alihkan kembali ke tol darurat, jadi ini tol darurat sementara 24 jam digunakan situasional," ungkapnya.

Selain itu, ia menambahkan, jajaran Polres Batang menyiapkan rekayasa lalu lintas di pintu masuk Tol Gringsing.

"Rekayasa ini dilakukan karena arus dari timur semakin padat dan menutup jalur pantura dari arah barat agar kendaraan bisa masuk ke Tol Gringsing. Dari pantauan udara terlihat arus kendaraan dari arah timur yang hendak masuk ke Tol Gringsing Batang mulai padat," kata Indrajit.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diincar 3 Klub Liga Champions, Suso Setia Bela AC Milan

Posted: 29 Jun 2017 08:45 PM PDT

Gelandang serang AC Milan, Suso, mengaku mendapatkan penawaran dari tiga klub yang akan berkompetisi di Liga Champions musim depan. Tiga klub tersebut adalah Tottenham Hotspur, AS Roma, dan Napoli.

Namun, pemain bernama lengkap Jesús Joaquín Fernández Sáez de la Torre itu belum mau hengkang. Suso menegaskan ingin tetap bertahan bersama I Rossoneri.

"Saya dapat penawaran dari tiga klub peserta Liga Champions. Tetapi saya ingin tetap di sini. Karena saya senang dengan fans dan pelatih," ujar Suso, seperti dilansir Sky Sport Italia.

Kontrak Suso bersama AC Milan akan berakhir Juni 2019. Sejauh ini, AC Milan belum menawarkan perpanjangan kontrak terhadap pemain asal Spanyol tersebut. Di saat bersamaan, ia sering dikaitkan dengan sejumlah klub yang mengincarnya.

"Kami sudah sepakat di bulan Desember akan ada perpanjangan kontrak. Sekarang ini klub masih ada hal prioritas yang lain," tuturnya.

"Tak ada yang bilang apa-apa pada saya. Saya menunggu sejak Desember dan kita lihat saja nanti. Kami sudah sepakat. Saya bicara pada Fassone (Direktur AC Milan) dan dia bilang tidak ada masalah dengan perpanjangan kontrak. Saya masih menunggu. Mereka punya nomor ponsel agen saya, tapi saya pikir tak ada yang menelepon," jelas Suso.

Salah satu alasan Suso ingin bertahan adalah sosok Vincenzo Montella. Pemain berusia 23 tahun itu merasa cocok dilatih oleh pelatih berusia 40 tahun itu.

"Vincenzo Montella adalah salah satu pelatih terbaik yang pernah melatih saya dan bisa dilihat betapa saya banyak berkembang karenanya. Gian Piero Gasperini (pelatih Atalanta sekarang) juga penting bagi saya selama saya enam bulan membela Genoa," katanya.

Dengan kedatangan Fabio Borini dari Sunderland, Suso semakin tak sabar menanti bergulirnya musim 2017/2018. Seperti diketahui, Suso pernah bermain bersama dengan striker 26 tahun itu di Liverpool di rentang tahun 2010-2012

"Saya bermain bersama Borini kira-kira selama enam bulan atau setahun. Dia penyerang berbakat yang bisa membantu tim," imbuh Suso. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Rencanakan Seluruh Kendaraan Dinas Menggunakan BBG

Posted: 29 Jun 2017 08:44 PM PDT

Kualitas udara di Jakarta semakin membaik saat ditinggal warganya untuk mudik ke kampung halaman. Kondisi inilah yang diidam-idamkan Pemerintah Provinsi DKI.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan DKI Isnawa Adji mengatakan, agar kualitas udara semakin baik pada hari-hari biasa, selain uji emisi kendaraan digalakkan, kendaraan umum seperti mikrolet diharapkan menggunakan converter kit. Hal ini untuk menggantikan bahan bakar yang awalnya premium menjadi bahan bakar gas.

Dia menuturkan, rencana ini sudah lama disusun. Bahkan sudah ada pembicaraan dengan Badan Usaha Milik Daerah seperti Jakpro dan PGN (Perusahaan Gas Negara).

"Ini rencana lama. Kita memang ingin nantinya seluruh mikrolet menggunakan converter kit. Dan ini sudah kita bicarakan dengan BUMD yang ada seperti Jakpro dan PGN," ucap Isnawa ketika dikonfirmasi, Kamis 29 Juni 2017.

Menurut dia, ini lebih murah dan bisa meningkatkan keuntungan atau pendapatan dari para sopir mikrolet. Meski demikian, dia menyadari ada tantangan berat yang menanti.

"Kita menyadari keberadaan SPBG (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas) masih sangat minim. Itu menjadi tantangannya," kata Isnawa.

Karena itu, sebagai contoh yang baik, dia mengutarakan pihak pemprov akan memasang duluan alat tersebut. Rencananya akan dilakukan di kendaraan dinas dan truk pengangkut sampah.

"Pemprov harusnya jadi contoh dulu. Saya ingin seluruh kendaraan dinas sampai truk sampah dipasangi," tandas Isnawa.


Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menanti Penayangan Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2

Posted: 29 Jun 2017 08:40 PM PDT

Lebaran usai, sebuah film lain dinanti oleh pencinta film nasional. Apalagi kalau bukan film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part2Sekuel film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 yang jadi film Indonesia terlaris sepanjang masa akan segera hadir.

Sama seperti film pertamanya, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 atau Warkop DKI Reborn 2 masih dibintangi Vino Bastian, Tora Sudiro dan Abimana Aryasatya. Pihak Falcon Pictures sudah merilis teaser perdananya pada akhir Mei lalu.

 

Di teaser yang dirilis di twitter itu, terungkap film yang dibintangi Indro Warkop itu akan dirilis menyambut Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji nanti. Walaupun begitu belum diketahui tanggal pastinya.

Baru-baru ini, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2 merilis kembali teaser video terbarunya. Teaser yang berdurasi tak sampai satu menit itu menampilkan aksi Vino G.Bastian cs mencari harta karun di sebuah hutan. Lalu di akhir video, Vino beserta Tora Sudiro dan Abimana Aryastatya mengucapkan selamat Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Lewat teaser itu terungkap film yang disutradarai Anggy Umbara ini akan dirilis pada 31 Agustus mendatang. Itu berarti Warkop DKI Reborn 2 bakal tayang sehari sebelum Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji 1438 H yang kemungkinan besar akan jatuh pada tanggal 1 September 2017.

Namun sayangnya, aksi kocak Dono, Kasino, Indro di teaser terbaru ini sempat mendapat kritikan dari netizen. Ada yang menilai dan menghubung-hubungkannya dengan film pertamanya yang dianggap garing. Walaupun begitu, sejumlah penggemar mengaku tidak mempermasalahkan cerita dalam film tersebut.

Menurut mereka, Warkop DKI Reborn bukan hanya soal lucu atau tidak melainkan lebih ke mengenang dan menghargai para pemainnya terdahulu. Lalu, seperti apa kelanjutan ceritanya? Akankah sesukses film perdananya? Kita nantikan saja Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2 yang akan rilis mulai 31 Agustus 2017.

 

*Artikel ini pernah dimuat Bintang.com dan ditulis Henryhens

 

Saksikan video menarik berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Penyakit Ini Bablas Berkat Khasiat Cengkih

Posted: 29 Jun 2017 08:35 PM PDT

Cengkih adalah salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki kandungan obat di dalamnya. Banyak manfaat yang terkandung di dalam cengkih.

Di Indonesia, cengkih seringkali dijadikan sebagai bumbu masakan. Cengkih bisa kamu temui di dalam kuah sup, soto, hingga gulai. Cengkeh pun bisa dijadikan sebagai salah satu bahan jamu.

Dilansir dari Boldsky.com, cengkih dapat membantumu untuk menyembuhkan penyakit-penyakit berikut.

Mengontrol gula darah

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi cengkih bisa membuat penurunan glukosa dalam tubuh. Karena itu, bagi seseorang yang memiliki riwayat gula darah yang tinggi sangat cocok mengonsumsi cengkih.

Mengurangi gejala morning sickness pada wanita hamil

Banyak wanita hamil yang mengalami morning sickness di trimester pertama kehamilan. Mengunyah cengkeh dipercaya akan membantu untuk mengurangi mual tersebut.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taklukkan Meksiko, Jerman Bertemu Chile di Final Piala Konfederasi 2017

Posted: 29 Jun 2017 08:33 PM PDT

Gelandang Meksiko, Hirving Lozano berusaha melewati dua pemain Jerman saat bertanding di semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman akan menghadapi Chile di Final. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Gelandang Meksiko, Hirving Lozano berusaha melewati dua pemain Jerman saat bertanding di semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman akan menghadapi Chile di Final. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Penyerang Jerman, Amin Younes melakukan selebrasi usai mencetak ke gawang Meksiko pada pertandingan semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman menang 4-1 atas Meksiko. (AP Photo/Martin Meissner)

Penyerang Jerman, Amin Younes melakukan selebrasi usai mencetak ke gawang Meksiko pada pertandingan semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman menang 4-1 atas Meksiko. (AP Photo/Martin Meissner)

Gelandang Meksiko, Hector Herrera berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Jerman saat bertanding di semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman akan menghadapi Chile di Final. (AP Photo/Martin Meissner)

Gelandang Meksiko, Hector Herrera berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Jerman saat bertanding di semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman akan menghadapi Chile di Final. (AP Photo/Martin Meissner)

Penyerang Jerman, Timo Werner melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol ke gawang Meksiko di semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman akan menghadapi Chile di Final. (AP Photo/Martin Meissner)

Penyerang Jerman, Timo Werner melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol ke gawang Meksiko di semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman akan menghadapi Chile di Final. (AP Photo/Martin Meissner)

Gelandang Jerman, Leon Goretzka melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Meksiko pada pertandingan semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman menang 4-1 atas Meksiko. (AP Photo/Martin Meissner)

Gelandang Jerman, Leon Goretzka melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Meksiko pada pertandingan semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman menang 4-1 atas Meksiko. (AP Photo/Martin Meissner)

Kiper Meksiko,  Guillermo Ochoa berusaha menghalau bola tendangan penyerang Jerman, Timo Werner saat bertanding di semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman menang 4-1 atas Meksiko. (AP Photo/Sergei Grits)

Kiper Meksiko, Guillermo Ochoa berusaha menghalau bola tendangan penyerang Jerman, Timo Werner saat bertanding di semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman menang 4-1 atas Meksiko. (AP Photo/Sergei Grits)

Kiper Jerman, Marc-Andre Ter Stegen berusaha mengalau bola saat bertanding pada semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman akan menghadapi Chile di Final. (AP Photo/Sergei Grits)

Kiper Jerman, Marc-Andre Ter Stegen berusaha mengalau bola saat bertanding pada semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman akan menghadapi Chile di Final. (AP Photo/Sergei Grits)

Penyerang Meksiko, Marco Fabian melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Jerman pada semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman menang 4-1 atas Meksiko. (AP Photo/Martin Meissner)

Penyerang Meksiko, Marco Fabian melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Jerman pada semifinal Piala Konfederasi 2017 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, (29/6). Jerman menang 4-1 atas Meksiko. (AP Photo/Martin Meissner)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lonjakan Arus Balik Bandara Kualanamu Diprediksi Terjadi pada H+7

Posted: 29 Jun 2017 08:31 PM PDT

Seusai libur hari raya Idul Fitri 1438 H, arus balik mulai terlihat di Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu Wisnu Budi Setianto mengatakan, data terakhir yang diterima pada H+3 Lebaran 2017, jumlah penumpang sebanyak 30.345 orang.

"Jumlahnya naik 2,37 persen dibanding hari yang sama di tahun 2016, yaitu sebesar 29.643 penumpang. Diprediksi, lonjakan arus balik terjadi pada H+7 atau H+8," kata Wisnu di Medan, seperti dikutip Jumat (30/6/2017).

Dia menjelaskan, seperti tahun sebelumnya dalam rangka libur Lebaran, PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Kualanamu mendirikan posko terpadu. Keanggotaannya terdiri atas perwakilan berbagai instansi, seperti AP II, maskapai, TNI, Polri dan Pemda Deli Serdang.

"Posko terpadu sudah beroperasi dari 15 Juni sampai 11 Juli 2017, berlokasi di Terminal Kedatangan Bandara Kualanamu," ujar dia.

Wisnu menyebut, tugas para anggota Posko Terpadu adalah memberikan rasa aman, kenyamanan dan kelancaran kepada pengguna jasa Bandara Kualanamu.

"Bandara Kualanamu beroperasi 24 jam. Dalam hal pengamanan, di samping pengamanan dari internal, kami juga dibantu TNI dan Polri. Jumlahnya berkisar 60-an personel," sebutnya. (Reza Efendi)

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arus Balik Lebaran, Tol Cikampek - Jakarta Mulai Macet

Posted: 29 Jun 2017 08:31 PM PDT

Arus balik Lebaran mulai terlihat di Tol Cikampek menuju Jakarta. Di sejumlah titik sudah terdapat kepadatan lalu lintas.

"Cikampek kepadatan di KM 53 sampai rest area. Kemudian padat kembali di KM 45-42 ini imbas dari kendaraan yang keluar masuk dari rest area," ujar petugas Jasa Marga, Rina saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (30/6/2017).

Menurut dia, kepadatan tersebut akibat meningkatnya volume kendaraan. Meski demikian, belum ada laporan telah diberlakukan contra flow di jalur tol Cikampek - Jakarta tersebut.

"Contra Flow belum ada informasi," ujar Rina.

Kepadatan arus kendaraan juga terjadi di KM 39 Cikarang arah Cikampek. "Lalin di #Tolckmpk dari KM 39 arah Cikampek, terpantau macet," tulis @charinasefilia.

Selain itu, kondisi yang sama juga dirasakan pengendara yang melintasi Cikarang Timur KM 40 arah Karawang Timur KM 42. Hal ini akibat dari imbas penyempitan lajur.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benzema Dikorbankan Real Madrid demi Transfer Mbappe

Posted: 29 Jun 2017 08:30 PM PDT

Karim Benzema terancam terdepak dari skuat Real Madrid musim panas ini. Benzema kabarnya segera jadi korban dari potensi kedatangan Kylian Mbappe.

Seperti dilansir Onda Cero, Real Madrid masih terus melakukan negosiasi dengan AS Monaco terkait transfer Mbappe. Tawaran fantastis sudah diajukan ke klub Ligue 1 tersebut.

Untuk memberi ruang kepada Mbappe di tim inti, Los Blancos mesti melepas salah satu dari trio BBC (Bale, Benzema, Cristiano). Mbappe sendiri konon tidak ingin hijrah ke Santiago Bernabeu bila tidak ada jaminan bermain secara reguler.

Presiden Real Madrid, Florentino Perez, merasa tidak mungkin melego Cristiano Ronaldo atau Gareth Bale. Salah satu pemain yang paling besar peluangnya untuk didepak adalah Benzema.

Mbappe baru berumur 18 tahun, sedangkan Benzema telah menginjak usia 29 tahun. Jalan Mbappe untuk berkembang dan menjadi lebih baik masih terbentang luas.

Benzema bukan tanpa peminat bila benar-benar dikorbankan Real Madrid. Arsenal dan klub Liga Super Tiongkok, Tianjin Quanjian, berminat merekrut mantan bomber Olympique Lyon tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebijakan Anti-Imigran Muslim Trump Mulai Diberlakukan

Posted: 29 Jun 2017 08:30 PM PDT

Pasca-keputusan Mahkamah Agung (MA) AS, perintah eksekutif Donald Trump terkait larangan enam negara muslim masuk ke Amerika Serikat mulai berlaku. Itu berarti warga dari Iran, Libya, Suriah, Somalia, Sudan dan Yaman akan menghadapi kendala lebih hebat lagi jika ingin berkunjung ke Negeri Paman Sam.

Hal itu dikarenakan keputusan MA memberi syarat bagi warga negara dari enam negara muslim itu. Praktik dari kebijakan Trump itu mengharuskan para pemohon visa dari negara-negara itu wajib memiliki hubungan 'bonafide' dengan keluarga dekat di AS atau memiliki keperluan bisnis serta pendidikan.

Dikutip dari laman BBC, Jumat (30/6/2017), aturan tersebut mulai diberlakukan sejak hari ini pukul 20.00 waktu Washington.

Keluarga dekat di sini berarti orangtua, pasangan, anak, menantu, saudara kandung dan tiri. Namun, tidak berlaku jika kerabat berupa kakek/nenek, paman atau bibi, keponakan, ipar, kerabat jauh atau cucu. 

Pernyataan hubungan itu harus dibuat secara formal, didokumentasikan dan tidak dibentuk untuk tujuan menghindari aturan itu. 

Mereka yang telah memegang visa yang sah tidak akan terdampak dari larangan itu. Adapun, dual citizen atau warga negara ganda yang melakukan perjalanan bukan dari negara terdampak juga diperbolehkan masuk ke AS.

MA juga menyetujui larangan 120 hari bagi pengungsi dari enam negara itu. Dengan demikian, pemerintah AS bisa melarang masuk pengungsi yang tidak memiliki hubungan khusus individu atau entitas dengan AS. 

Dari peraturan baru yang telah direstui oleh MA itu, menerangkan bahwa untuk 90 hari ke depan, bagi para imigran muslim yang tak memiliki keluarga dekat di AS tak mendapat izin masuk.

Setelah dilantik pada 20 Januari 2017, Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menandatangani 10 perintah eksekutif. Salah satunya melarang warga muslim yang hendak memasuki AS.

Perintah eksekutif anti-imigran muslim diteken pada 27 Januari 2017. Kala itu ia menilai terlalu berbahaya membiarkan Muslim memasuki negara yang baru ia pimpin tersebut. 

Akibat dari peraturan itu, sejumlah bandara di AS rusuh. Sejumlah hakim negara bagian, yang dimotori negara bagian Washington.

Saat itu, keputusan hakim di Seattle, negara bagian Washington itu diputuskan berlaku secara nasional. Pemerintah pun banding. 

Kebijakan anti-imigran muslim itu sempat tak bisa diterapkan setelah banding yang diajukan pemerintah AS kalah di pengadilan federal yang diputuskan pada Kamis, 9 Februari 2016 waktu setempat.

Dalam debat panas di Pengadilan Banding Sirkuit 9 yang berkedudukan di San Francisco, Jaksa Agung negara bagian Washington dan Minnesota berpendapat bahwa perintah pembatalan sementara (temporary restraining order) tetap diberlakukan karena presiden telah "menimbulkan gejolak" ketika menandatangani perintah eksekutif yang ditentang dua jaksa tersebut.

 

 

 

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: