Senin, 26 Juni 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mendagri: Tidak Benar Presidential Threshold Melanggar Konstitusi

Posted: 26 Jun 2017 09:30 PM PDT

Perdebatan terkait ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden (presidential threshold) belum juga menemui titik temu. Sebagian kalangan bahkan menilai adanya presidential threshold justru melanggar konstitusi.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membantah hal itu. Tjahjo menjelaskan, putusan MK Nomor 14/PUU-XI/2013 tidak membatalkan Pasal 9 UU Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Artinya, ketentuan presidential treshold 20 persen kursi atau 25 persen suara masih sah dan berlaku.

"RUU Pemilu tidak menambah dan tidak mengurangi Pasal 9 UU 42 Tahun 2008 yang tidak dibatalkan MK tersebut. Dengan demikian, tidak benar jika dikatakan bertentangan dengan konstitusi," kata Tjahjo melalui pesan singkat, Selasa (27/6/2017).

Partai politik atau gabungan partai politik yang memenuhi syarat, dapat mengusulkan pasangan calon wakil presiden dan wakil presiden sebelum pelaksanaan pemilu.

Memang, kata Tjahjo, Pilpres 2019 dilaksanakan serentak dengan pemilihan legislatif. Dengan begitu, pemilu yang diselenggarakan sebelum pemilu 2019 adalah pemilu 2014.

"Dengan demikian logika yang diopinikan bahwa ada pendapat terkait kedaluwarsa kondisi politik lima tahun sebelumnya adalah tidak tepat. Karena memang ada tidak pemilu lain selain Pemilu 2014 yang bisa jadi dasar rujukan presidential threshold," jelas dia.

Penerapan presidential threshold diperkuat dengan adanya Pasal 28J ayat 2 UUD 1945. Dalam aturan itu, disebutkan pembatasan yang ditetapkan dalam undang-undang adalah konstitusional.

"Sepanjang nilai maslahatnya atau kebaikannya lebih besar ketimbang mudaratnya untuk kepentingan bangsa dan negara," ucap Tjahjo Kumolo.

 


Saksikan video berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Balik pada 30 Juni 2017

Posted: 26 Jun 2017 09:30 PM PDT

Sebanyak 191 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta pada Minggu 25 Juni 2017 dan Senin 26 Juni 2017 atau H+1 dan H+2 Lebaran. Kendaraan itu yang tercatat melewati Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Corporate Communication PT Jasa Marga Tbk Dwimawan Heru Santoso mengatakan, pada Minggu sebanyak 105 ribu kendaraan melewati GT Cikarang Utama.

"Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 59 persen dari total lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebanyak 66 ribu kendaraan," kata dia dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (27/6/2017).

Sedangkan pada Senin sebanyak 86 kendaraan melewati GT Cikarang Utama. Jumlah tersebut naik 9 persen dari LHR sebanyak 79 ribu kendaraan.

Sementara, Jasa Marga memprediksi puncak arus balik terjadi pada Jumat 30 Juni 2017. Jasa Marga memprediksi 110 kendaraan akan kembali ke Jakarta.

"Jasa Marga prediksi puncak arus balik akan terjadi pada hari Jumat (30/6/2017) dengan volume lalin mencapai 110 ribu kendaraan atau meningkat 40,6 persen dibanding LHR normal yang mencapai 78 ribu kendaraan," jelas dia.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk dapat mengatur perjalanan kembali ke Jakarta agar tidak menumpuk di akhir pekan. Misalnya, dengan pulang lebih awal di pertengahan minggu ini sebelum tanggal 29 Juni 2017.

"Partisipasi aktif dari pengguna jalan tol dapat mewujudkan arus balik yang nyaman dan aman," ujar dia.

 

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudik Lebaran ke Palu, Ririn Ekawati Obati Kesedihan

Posted: 26 Jun 2017 09:30 PM PDT

Ririn Ekawati harus merasakan pahitnya kehidupan, lantaran ditinggal suaminya untuk selama-lamanya. Suami artis ini, Fery Wijaya, pada 11 Juni 2017 akibat leukemia. Getir semakin dirasa Ririn, ketika harus menjalani lebaran tanpa suami.

Untuk mengurangi kesedihannya, Ririn Ekawati memilih untuk mudik ke kampung halaman, agar tak terbayang-bayang kenangan bersama sang suami.

"Kebetulan aku lebaran tahun ini di Palu tempat nenek aku sama anak aku (Cattleya). Pasti sih ada yang berbeda dari lebaran dua tahun belakangan ini, karena mas Ferry sudah tidak ada," ucap Ririn saat dihubungi melalui sambungan telpon, Senin, (26/6/2017).

Tanpa kehadiran sang suami saat berlebaran, kata Ririn, memang menghancurkan hatinya. Terlebih suaminya yang merupakan seorang mualaf, tengah mendalami agama Islam secara mendalam dua tahun belakangan ini.

"Mas Ferry kan baru jadi mualaf kan dua tahun ini ya. Jadi sebenarnya bukan kebiasaan tapi lebih ke dia belajar sesuatu yang baru," ucap Ririn Ekawati.

Sebelum memutuskan mudik, Ririn belum sempat berziarah ke makam sang suami, di San Diego Hills, Karawang. Rencananya sepulangnya dari Palu, ia akan berziarah.

"Belum, belum ziarah. Tapi seminggu setelah meninggal aku ke makam. Habis itu karena kalau ke arah pas mau lebaran kan ramai karena mudik ya jadi gak sempet ke sana pas deket lebaran. Nanti setelah aku pulang dari Palu aku ke makam. Sebenarnya mendoakan kan bisa dari mana saja," katanya.

 

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pensiun dari MotoGP, Rossi Takut Depresi

Posted: 26 Jun 2017 09:20 PM PDT

Penantian panjang Valentino Rossi mencetak kemenangan di ajang MotoGP musim ini akhirnya terbayar lunas. Juara dunia tujuh kali di kelas utama itu sukses merebut kemenangan di Sirkuit Assen, Belanda.

Rossi menandai kemenangan di Assen sebagai yang ke-10 sepanjang kariernya. Delapan kemenangan diantaranya terjadi saat Rossi turun di kelas utama MotoGP.

Sementara dua kemenangan lainnya dicetak di dua kelas berbeda yakni kelas 125cc dan 250cc. Keberhasilan ini tentunya menimbulkan spekulasi apakah Rossi akan tetap memikirkan pensiun dari dunia balap motor atau mengubah rencana jika dia berhasil merebut gelar ke-10 sepanjang kariernya?

Pertanyaan itulah yang menggelayuti pikiran penggemar. Namun begitu, Rossi berusaha mengklarifikasi rumor tentang masa depannya yang sempat ramai beberapa pekan terakhir.

Rossi mengakui jika dirinya masih belum memiliki rencana. Tapi ia berharap masalah ini tidak membuatnya depresi.

"Saya juga tidak thu apa yang akan saya lakukan selanjutnya. Saya berharap tidak mengalami depresi. Ketika saya meninggalkan dunia balap motor, maka saya akan kehilangan sesuatu yang sangat penting, tak tergantikan bagi saya. Tapi mudah-mudahan saya mampu merespons dengan baik," ucap Rossi seperti dikutip dari Mundo Deportivo. (David Permana)

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

23 Warga Pingsan Saat Antre Halal Bihalal di Rumah JK

Posted: 26 Jun 2017 09:13 PM PDT

Sebanyak 23 warga pingsan saat mengantre di acara halal bihalal yang digelar Wakil Presiden RI Jusuf Kalla atau JK, di kediaman pribadinya, Jalan Haji Bau, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Dari catatan yang ada, sekitar dua puluhan lebih yang pingsan dan dievakuasi dari antrean warga lainnya," kata seorang petugas kesehatan saat memeriksa kondisi warga yang pingsan, Makassar, Selasa (27/6/2017).

Warga yang pingsan umumnya anak-anak, remaja, dan lanjut usia. Mereka pingsan akibat faktor ketahanan tubuh yang kurang baik, serta kelelahan di bawah terik matahari.

"Kebanyakan mereka tak makan sebelum antre, sehingga kondisi tubuhnya kurang fit. Namun, semuanya bisa teratasi dan mereka semua sudah diizinkan untuk pulang," ujar petugas kesehatan tersebut.

Selain pingsan, ada juga tiga anak menangis saat dihalangi petugas karena berusaha menerobos pintu masuk kediaman JK. Ketiganya mengaku kehilangan orangtua dan kerabatnya saat mengantre.

"Saya terpisah dengan ibu saya karena aparat melarang saya masuk," kata Wandi, warga Jalan Rappocini, Makassar, sambil terus menangis.

Juru Bicara Wakil Presiden Jusuf Kalla, Husain Abdullah, mengapresiasi antusias masyarakat Makassar dalam acara halal bihalal bersama Wapres JK.

Husain mengatakan, warga rela mengantre sejak subuh hingga pukul 11.30 Wita. Diperkirakan warga akan terus berdatangan hingga mencapai lebih dari 15 ribu orang.

Husain juga mengapresiasi aparat keamanan dari Kodam XIV/Hasanuddin dan Polda Sulsel, yang sudah mengamankan halal bihalal di kediaman JK.

"Semua berjalan lebih baik dan sangat kondusif. Kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan aparat keamanan kali ini, di mana sistem pengamanan yang diberlakukan sangat bagus, sehingga seluruh proses acara berjalan dengan baik dan aman," Husain menandaskan.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Wisatawan Terseret Ombak Ganas 'Pantai Perawan' Garut

Posted: 26 Jun 2017 09:07 PM PDT

Hari kedua Lebaran di pantai selatan Garut, Jawa Barat, diwarnai insiden hilangnya wisatawan lokal akibat ombak ganas. Rizal (15), warga Desa Deswanamekar Wanaraja dan Nandang (14), warga Desa Pakuon Cisurupan, keduanya warga Garut, tergulung ombak Pantai Cijeruk, Kecamatan Cibalong, Garut bagian selatan.

"Kejadiannya sekitar pukul 14.00 siang tadi," ucap Kepala SAR Bandung Jabar S Riyadi, Senin, 26 Juni 2017.

Peningkatan volume kunjungan tidak dibarengi kewaspadaan para pengunjung. Diduga, kedua warga Garut itu menjadi korban saat berenang. "(Padahal), Pantai Cijeruk yang dikenal masih perawan dan memiliki keganasan ombak serta memiliki banyak palungan di bawah karang pantai," ujar dia.

Untuk membantu menemukan kedua korban ombak ganas pantai selatan, tim Basarnas dan aparat gabungan dibantu warga memfokuskan pencarian di sekitar lokasi tergulungnya kedua wisatawan lokal asal Garut tersebut. "Semoga secepatnya mulai ada titik terang," kata dia.

Saat momen liburan Lebaran tahun ini tiba, Riyadi mengakui, jumlah kunjungan wisatawan di pantai selatan Garut selatan meningkat hingga 10 kali lipat dari hari biasa.

"Kami mengimbau kepada pengunjung atau wisatawan agar berhati-hati dan waspada apabila berenang di wilayah pantai selatan Garut, termasuk di Cijeruk yang memiliki ombak besar dan palung karang yang terjal di bawah permukaan air laut," imbau dia.

Agar tidak terjadi korban susulan, Basarnas bekerja sama dengan Balawisata dan Polair Polres Garut terus mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan saat liburan di sekitar pantai.

"Memang jumlah personel tidak sebanding dengan membeludaknya jumlah wisatawan yang datang. Kami minta agar wisatawan mematuhi seluruh aturan yang berlaku seperti larangan untuk tidak berenang di zona merah pantai yang memiliki ombak besar," ujar Riyadi.

Bulan lalu, ombak ganas pantai selatan Garut, menerpa lima santri asal Kota Depok, Jawa Barat, yang tengah mengikuti liburan sekolah. Ombak ganas, namun memiliki pemandangan yang indah menjadi daya tarik tersendiri wisatawan untuk berkunjung ke pantai selatan Garut tersebut.


Saksikan Video Menarik Berikut Ini:



Saat libur Lebaran, banyak warga Garut, Jawa Barat, menyerbu sejumlah objek wisata. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Pada hari kedua Lebaran, banyak warga Garut, Jawa Barat, menyerbu sejumlah objek wisata.

"Sebenarnya dimulai pada hari kemarin pas Lebaran, warga sudah mulai banyak yang berlibur," ujar Deni Muhammad selaku marketing Wahana Wisata Air Sabda Alam Cipanas Garut, saat ditemui, Senin pagi, 26 Juni 2017.

Momen Lebaran tahun ini terbilang panjang dibanding tahun lalu, sehingga volume kunjungan diprediksi lebih banyak. "Hari kemarin baru 500 pengunjung, paling kami prediksi hari ini bakal lebih banyak lagi," ujar dia.

Untuk momen liburan Lebaran tahun ini, pengelola Wahana Air Hangat Sabda Alam menargetkan 2.000 pengunjung yang datang. Namun, melihat respons warga serta panjangnya masa liburan, diprediksi target jumlah itu dapat tercapai.

"Paling banyak masih dari Jabodetabek dan wilayah Jawa Barat memang itu sudah langganan kami, kalau bukan hari raya pun mereka biasa datang," tutur dia.

Wahana Sabda Alam memang menawarkan banyak jenis permainan air. Sebut saja Nampan Tumpah, Waterboom, Waterboom Spiral, Sliderboom, Sliderboom Dewasa, Jamur Payung, Kuda Laut, Kolam Arus, Kolam Terapi Ikan, Sasak Rawayan, Goa Harimau, Flying Fox, dan Bungee Trampoline. Berbagai wahana dan fasilitas tersebut dapat dinikmati pengunjung sepuasnya dengan hanya membayar Rp 50.000 per orang.

Pemandangan serupa dapat ditemui di objek wisata air Situ Bagendit. Danau air tawar yang berada di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, itu mulai ramai dikunjungi pengunjung saat libur Lebaran. "Biasanya mulai pukul 11.00 WIB, pengunjung berdatangan," ujarnya.

Namun, Deni belum bisa memprediksi berapa target pengunjung yang akan diraih kawasan wisata Situ Bagendit itu. "Mungkin liburannya lumayan panjang, nanti saja soal datanya (pengunjung) berapa," sebut dia.

Herman, salah satu pengunjung asal Bekasi, Jawa Barat, mengaku cukup puas dengan wahana permainan yang ditawarkan Sabda Alam. Terlebih, air yang digunakan menggunakan air hangat alami. "Biasanya kami sekeluarga ke Drajat Pass, tapi di sini lumayan bagus juga," kata dia.

Rencananya, ia bersama 10 anggota keluarga lainnya akan bermain wahana air hingga siang hari. "Paling nanti menginap dulu satu hari di Garut sebelum pulang," ujar karyawan Bank BTN ini.


This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kodok Hambat Pembangunan Stadion Baru AS Roma

Posted: 26 Jun 2017 09:00 PM PDT

AS Roma ingin menyaingi Juventus sebagai tim Serie A yang memiliki stadion sendiri. Namun sayang, kendala demi kendala harus mereka hadapi.

Stadio della Roma adalah venue yang akan dibangun Giallorossi. Lokasi yang dipilih adalah kawasan Tor di Valle, berada di tepi Sungai Tiber.

Pemerintah kota Roma telah memberikan izin pada Februari 2017 kemarin. Dalam beberapa bulan terakhir tengah disusun langkah untuk memulai pembangunan stadion megah dengan kapasitas mencapai 74 ribu penonton itu.

Namun rencana AS Roma itu tampaknya belum akan berjalan mulus. Karena masih ada penolakan soal pembangunan tersebut.

Kelompok pencinta lingkungan memprotes tata letak stadion itu yang dinilai mengancam habitat hewan sekitar, khususnya kodok atau katak. Tak hanya memberikan peringatan, kelompok itu ternyata juga siap melakukan pengadangan atas proyek yang segera dikerjakan itu bila imbauan mereka tidak diperhatikan.

"Jika rencana pembangunan stadion AS Roma mengabaikan habitat ampibi, terutama kodok, maka kami akan mengajukan tuntutan untuk menjegal proyek tersebut," pernyataan kelompok itu seperti dikutip Football Italia.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Trik Mudah Bikin Smartphone Selalu Terlihat Baru

Posted: 26 Jun 2017 09:00 PM PDT

Buat anak muda, pemakaian smartphone tentunya harus mengikuti arus zaman. Seiring berjalannya waktu, kondisi smartphone akan menjadi usang dan bisa timbul berbagai macam masalah. Akan tetapi, sebenarnya cukup mudah jika ingin merawat smartphone dengan benar, baik pada iPhone ataupun Android.

Terlebih ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan agar perangkat smartphone bisa terus seperti baru. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

1. Menjaga Perangkat Lunak Tetap Up to Date

Cek apakah ada versi terbaru dari sistem operasi di smartphone kamu, baik itu iOS atau Android sama saja caranya. Semakin kita rutin melakukan pembaruan pada sistem ponsel maka akan lebih mudah memperbaiki dan menutup bug yang muncul agar kinerja ponsel bisa berjalan lancar dan lebih cepat.

Kamu bisa mengecek pembaruan melalui menu pengaturan pada smartphone. Bila kita menjalankan versi terbaru dari perangkat lunak tentu kita akan mendapatkan fitur-fitur dan performa yang lebih baru dan maksimal.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan Lagi

Hampir semua pemilik smartphone masih mempertahankan beberapa aplikasi yang jarang lagi digunakan. Contohnya adalah aplikasi pemesanan tiket pesawat yang bahkan kita jarang sekali menggunakannya, atau gim yang sama sekali tidak menghibur, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak masalah jika kita menginginkan banyak aplikasi yang terpasang, tapi pastikan kita mencopotnya jika tak lagi membutuhkan. Aplikasi yang tidak digunakan lagi tentu akan memenuhi ruang penyimpanan dan bisa saja mereka masih menjalankan beberapa fungsi di latar belakang. Jadi sebisa mungkin secara rutin sempatkan diri kita untuk membersihkan beberapa aplikasi yang tidak lagi terpakai. Jika aplikasi tersebut tidak dapat dihapus maka cukup non-aktifkan saja fungsinya agar tidak dapat lagi menggunakan sumber daya secara diam-diam.

3. Kurangi Beberapa Tugas di Latar Belakang

Pada sistem iOS dan Android, kita bisa melakukan beberapa pengaturan untuk non-aktifkan berbagai macam aplikasi yang menimbulkan dampak negatif pada kinerja smartphone. Misalnya di Android, kita bisa mempertimbangkan untuk mengurangi fungsi latar belakang beberapa aplikasi seperti Email, atau aplikasi media sosial seperti Facebook, dan lain sebagainya.

Matikan juga fitur Bluetooth dan WiFi jika tidak lagi menggunakannya. Dan, yang terakhir yakni jangan gunakan fitur sinkronisasi secara otomatis setiap terhubung ke internet.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marak Skandal Politik, Rusia Ganti Dubes di AS

Posted: 26 Jun 2017 09:00 PM PDT

Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat, Sergey Kislyak, akan meninggalkan jabatannya. Langkah itu dilakukan di tengah maraknya dugaan isu skandal politik antara kedua negara.

Saat ini, komite Kongres AS dan Penasihat Khusus dari Kementerian Kehakiman yang dipimpin oleh Robert Mueller tengah melakukan penyelidikan intensif atas sejumlah isu skandal politik, salah satunya adalah dugaan keterlibatan Rusia dalam membantu tim kampanye Donald Trump saat Pilpres AS 2016.

Akan tetapi, menurut pihak Kementerian Luar Negeri Rusia, langkah tersebut dilakukan bukan karena proses investigasi yang tengah berlangsung atau maraknya dugaan skandal politik antara kedua negara, melainkan hanya sebatas rotasi jabatan semata. Demikian seperti yang dikutip dari CNN, Rabu (28/6/2017).

"Pergantian dubes, terutama di negara besar, jadi bahan pertanyaan sejak tahun lalu. Namun, semua itu telah direncanakan sejak jauh hari. Terutama, untuk duta besar yang telah ditempatkan di negara itu selama beberapa waktu. Jadi, tidak ada pergantian yang dilakukan tanpa di luar rencana yang ada," kata juru bicara Kemlu Rusia, Maria Zakharova.

Pengganti Kislyak adalah Anatoly Antonov. Proses pergantian itu telah disetujui oleh dewan State Duma Rusia (majelis rendah) pada bulan Mei 2017.

Antonov dinilai sebagai salah satu figur krusial dalam lingkaran politik Rusia. Saat ini ia masih menjabat sebagai Deputi Kementerian Luar Negeri. Ia juga pernah menjabat sebagai Deputi Kementerian Pertahanan pada 2011 - 2016.

 Kerap Dirundung Dugaan Skandal

Saat masih menjabat sebagai duta besar, nama Sergey Kislyak kerap disebut terlibat dalam sejumlah dugaan skandal politik.

Pada Mei 2017, sejumlah media sempat memberitakan tentang dugaan skandal pembocoran informasi intelijen yang dilakukan oleh Presiden Donald Trump kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan Duta Besar Sergey Kislyak.

Dugaan skandal pembocoran itu dilakukan saat sang presiden menjamu Lavrov dan Kislyak di Gedung Putih pada 10 Mei 2017. Informasi yang dibocorkan berupa keterangan soal isu terorisme, ISIS, Suriah, keamanan penerbangan, dan juga isu kemanusiaan.

Selain itu, Kislyak juga mengaku pernah berkomunikasi dengan tim kampanye Trump, Jeff Sessions, pada Pilpres AS 2016. Namun, Sessions yang pada waktu itu menjabat sebagai Senat, berargumen bahwa pertemuan dengan Kislyak adalah urusan ke-Senator-an, bukan terkait pemilu.

Penasehat keamanan dalam negeri Trump, Michael Flynn, juga menjadi salah satu individu yang dituding terlibat dalam pertemuaan antara Rusia dengan tim kampanye Rusia.

Flynn dipaksa mengundurkan diri pada 13 Februari 2017 setelah terbukti bertemu dan berdiskusi dengan Sergei Kislyak yang membahas sanksi AS terhadap Rusia serta mengelabui Wakil Presiden Mike Pence tentang pertemuan tersebut. Hope Hicks, juru bicara Gedung Putih, turut mengonfirmasi pertemuan itu.

Hingga kini, Presiden Trump, tim kampanyenya, serta pejabat tinggi Rusia membantah segala tuduhan tersebut.

Saksikan juga video berikut ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kulit Kusam? Lakukan 5 Perawatan Harian Ini agar Wajah Kinclong

Posted: 26 Jun 2017 09:00 PM PDT

Kulit kusam adalah salah satu masalah yang dihindari namun banyak dialami. Jangan khawatir, Anda bisa menyingkirkan kulit kusam asal rutin menjalani perawatan harian.

Seperti melansir dari brides.com, Selasa (27/6/2017), berikut ini adalah beberapa perawatan harian yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk membuat kulit bersinar.

1. Selalu membersihkan wajah
Anda hanya perlu membersihkan makeup sebelum tidur di malam hari dan jangan sampai melewati tahap ini. Jangan biarkan Anda tidur di malam hari dengan sesuatu yang masih menempel di wajah.

Rutinlah membersihkan wajah di pagi dan malam hari. Krim atau susu pembersih akan mengangkat kotoran makeup di wajah, tanpa membuatnya kering setelahnya. Selain itu, jangan lupa melakukan eksfoliasi setiap minggu untuk mengangkat kulit mati.

2. Menggunakan masker
Masker adalah salah satu cara yang baik untuk mengatasi masalah kulit apa pun, seperti kusam, pori-pori besar, atau kering. Hal terpenting adalah apa pun jenis kulit Anda, pilih masker yang sesuai dan aplikasikan setiap minggu.

3. Lakukan pemijatan di wajah
Pijat adalah salah satu kegiatan yang dapat membuat kulit wajah Anda merasa santai. Gerakan pijatan yang tepat dapat membantu mengendurkan otot wajah, meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan kulit, dan meningkatkan drainase limfatik.

4. Tidur yang cukup
Beberapa jam tambahan untuk tidur bisa membuat keajaiban bagi kulit Anda. Kurangnya waktu tidur bisa membuat peradangan kulit, munculnya lingkaran hitam di bawah mata, dan jerawat.

5. Hindari makan junk food
Anda adalah apa yang Anda makan. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang sarat gula dan berlemak dapat berakibat buruk bagi kulit. Kurangi, bahkan hindari sama sekali junk food untuk membuat kulit lebih bersinar. Selamat mencoba!

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengelola Mal Yakin Transaksi Jakarta Great Sale Tembus Rp 16 T

Posted: 26 Jun 2017 09:00 PM PDT

Pengelola mal tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta yakin transaksi saat Festival Jakarta Great Sale (FJGS) menembus Rp 16,54 triliun. FJGS sendiri digelar dari 2 Juni hingga 12 Juli 2017 atau bertepatan dengan momen puasa Ramadan dan Lebaran.

Ketua APPBI DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, pada FJGS terdapat diskon hingga 70 persen. Menurutnya, transaksi saat FJGS akan besar karena masyarakat menerima Tunjangan Hari Raya (THR).

Ellen menerangkan, per tanggal 22 Juni 2017 transaksi yang terjadi mencapai Rp 10,5 triliun atau sekitar 63,5 persen dari target.

"Kan dulu target FJGS itu Rp 16,54 triliun. Kalau sampai tanggal 22 Juni data yang masuk 63,5 persen tercapai, jadi 22 Juni baru Rp 10,5 triliun," kata dia kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (27/6/2017).

Menurut Ellen, transaksi masih akan terus berlanjut sehingga target itu tercapai. Apalagi, perayaan FJGS masih panjang.

"Sedang FJGS masih tersisa 20 hari, harus cari lagi sekitar 36,5 persen. Rp 16,5 triliun kurangi Rp 10,5 triliun sisa Rp 6 triliun masih bisa," ungkap dia.

Terlebih, lanjut Ellen, tak semua masyarakat mudik ke kampung halaman. Serta, tak semua masyarakat berbelanja sebelum Lebaran.

"Soalnya ada yang last minutes shopping orang masih belanja lah. Masih ada Sabtu-Minggu. Traffic lumayan mungkin bagi yang tidak berpergian, sudah masuk mal semua, sama keluarga, sudah kaya suasana liburan," tutup dia.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiper Persib Ditinggal Istri Saat Lebaran

Posted: 26 Jun 2017 09:00 PM PDT

Kiper Persib Bandung Imam Arief Fadillah akan merasakan Idul Fitri tanpa kehadiran sang istri, Ayu Kusumaningrum di kota kelahirannnya, Tasikmalaya, Jawa Barat. Ayu bakal pulang kampung ke Bangka bersama anak mereka Darian.

Imam mengaku lebih memilih pulang ke Tasikmalaya lantaran sudah meninggalkan kota tersebut hampir sepuluh tahun. Profesinya sebagai pesepak bola membuatnya sulit untuk meluangkan waktu lama untuk bertemu keluarga besarnya.

"Sudah hampir 10 tahun saya enggak mudik. Karena sudah kangen kampung halaman, kangen orang tua, kangen saudara-saudara di sana, jadi tahun ini saya lebaran di Tasik," kata Imam dilansir dari laman resmi Persib, pada Jumat (23/6/2017).

Namun Imam tak menjelaskan alasan jauh dengan istrinya yang merupakan seorang perwira polisi tersebut. Ayu dan Darian, buah hati mereka akan pulang ke Bangka untuk bertemu dengan orang tua Ayu.

"Lebaran tahun ini harus jauh dari istri sama anak saya. Sedih banget pastinya. Tapi saya harus pulang kampung," ucap Imam.

Pulau Bangka memang jadi saksi pertemuan kedua sejoli ini pada 2012. Kala itu Imam yang masih bermain untuk kiper PS Bangka mencoba mendekati seorang polisi wanita di area stadion.

Wanita tegas yang telah memikatnya ternyata adalah Ayu, komandan pengamanan di area stadion. Kala itu Ayu menjabat sebagai Ditreskrimsus Narkoba Polisi Daerah Kepulauan Bangka Belitung.

"Saya minta nomer handphone-nya, terus dia bilang buat apa? Kalau bercanda jangan, terus saya bilang saya serius," kata Imam pada Januari lalu.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Manfaat Kesehatan Saling Memaafkan di Hari Lebaran

Posted: 26 Jun 2017 09:00 PM PDT

Hari Raya Idul Fitri atau biasa disebut Lebaran identik dengan ajang saling meminta dan memberi maaf pada sanak-keluarga, teman, serta kolega. Ternyata, bila proses meminta dan memaafkan itu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tulus akan berdampak positif bagi kesehatan.

Selain membuat hubungan dengan orang lain kembali membaik, meminta maaf juga akan meredakan stres, menyeimbangkan hormon, serta membuat energi kembali normal. Hal itu diungkap oleh psikolog klinis, Jeanette Raymond, seperti dikutip daari Everyday Health, Selasa (27/6/2017). 

Sebaliknya, bila permintaan maaf dilakukan tidak benar-benar dari dalam hati, justru berdampak buruk bagi kesehatan. Ini karena emosi negatif masih tertingga di tubuh.

"Permintaan maaf yang seperti itu justru membuat individu tetap merasa cemas atau dilanda kondisi kesehatan yang terkait stres, seperti penyakit jantung dan nyeri otot," ucap psikolog klinis Daniel Watter.

Jadi, sebaiknya manfaatkan momen Lebaran kali ini untuk benar-benar meminta dan memberi maaf pada orang-orang di sekitar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasihat Patah Hati dari Rihanna untuk Seorang Pengungsi Palestina

Posted: 26 Jun 2017 09:00 PM PDT

Semua orang dewasa rasa-rasanya pernah patah hati. Saat hal itu terjadi, tak jarang orang yang mengalaminya merasa dunia seakan runtuh, atau hidupnya hancur. Inilah yang membuat patah hati kadang sulit untuk dilalui.

Seperti yang dirasakan oleh seorang pria yang bernama Samer. Samer, yang menyatakan dirinya adalah seorang pengungsi Palestina di keterangan akun Twitternya, sedang sangat patah hati, dan seperti tidak bisa melaluinya. Di masa-masa sulitnya ini, Samer yang aktif menyuarakan pembebasan Palestina itu lalu mencoba mencari bantuan dan nasihat dari idolanya, Rihanna.

 

Samer yang sekarang tinggal di Chicago, AS, itu mengirimkan pesan langsung (direct message) pada pelantun "We Found Love" itu melalui Twitter, dan bertanya, "Bagaimana caramu melewati patah hati pertamamu?"

Tak disangka, penyanyi bernama asli Robyn Fenti itu membalas pesannya.

Rihanna membalas, "Percayalah bahwa patah hati itu sebenarnya adalah anugerah! Menangislah jika harus, tapi hal itu tidak akan berlangsung selamanya! Kamu akan menemukan cinta lagi, dan hal itu bahkan akan lebih indah! Sementara itu, nikmatilah semuanya tentangmu!"

Tidak hanya untuk Samer yang baru saja merasakan patah hati untuk pertama kalinya, sepertinya nasihat Rihanna itu bisa berlaku untuk semua orang yang pernah mengalaminya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembuluh Darah Pecah, Hamdan ATT Dilarikan ke Rumah Sakit

Posted: 26 Jun 2017 09:00 PM PDT

Idul Fitri sejatinya dilalui umat muslim dengan penuh suka cita. Namun hal demikian tak dirasakan pedangdut senior, Hamdan ATT. Di hari raya ini, kondisi kesehatannya menurun drastis. Ia pun terpaksa dilarikan ke ruang ICU Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, lantaran mengalami serangan jantung.

Tak hanya itu, Hamdan ATT juga mengalami gangguan pada pembuluh darahnya. Anak dari pedangdut berusia 68 tahun itu menceritakan detik-detik sebelum sang ayah dilarikan ke rumah sakit, Senin (26/6/2017).

Hamdan ATT (Liputan6 TV)

"Siang pas lagi mau ambil air wudhu di kamar mandi kayak, dia mungkin ada serangan (jantung) apa gimana enggak ngerti. Tiba-tiba kayak lemas gitu," ujar sang anak, Ais, kepada wartawan melalui sambungan telepon, Selasa (27/6/2017).

"Langsung dibopong sama kakak-kakak ke kamar. Terus pas didiagnosa ada pembuluh darah yang pecah gitu di kepala, di otak, sama ada serangan jantungnya," ia melanjutkan.

Padahal sebelumnya, Hamdan ATT masih segar bugar. Sang anak juga menuturkan bahwa pelantun lagu "Bekas Pacar" itu tak mengeluh apapun mengenai kesehatannya. Semua terjadi secara tiba-tiba.

Hamdan ATT. Foto: Fachrur Rozie/Liputan6.com

"Sebelumnya mah sehat-sehat saja, alhamdulillah. Enggak pernah sakit kayak gini, baru ini aja. Lagi ngobrol-ngobrol gitu kan, banyak saudara datang, biasa Lebaran. Sudah habis itu dia ke kamar mandi. Tiba-tiba dia lemas. Sepupu saya lihat dia kayak mau jatuh gitu, dibantuin," paparnya.

Hingga kini Hamdan ATT masih dalam penanganan dokter di ICU. "Tidur aja, lagi ditanganin. Baru masuk ICU juga sore. Sebelumnya di IGD, sekitar jam 16.00, habis Ashar baru masuk ICU," Ais mengakhiri pernyataan.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LG V30 Bakal Dibekali Fitur Wireless Charging?

Posted: 26 Jun 2017 09:00 PM PDT

Informasi mengenai LG V30 yang disebut-sebut bakal meluncur tahun ini kembali muncul. Kali ini, giliran informasi mengenai fitur anyar yang akan ditanamkan LG pada smartphone premium tersebut.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (27/6/2017), LG V30 akan memiliki dukungan pengisian daya nirkabel (wireless charging). Karenanya, untuk kali pertama V30 akan memakai bodi berbahan kaca, tak seperti dua seri V sebelumnya yang memakai metal. 

Desain berbahan kaca sebenarnya sudah digunakan LG pada G6. Oleh sebab itu, varian terbaru G6 Plus yang baru meluncur telah mendukung pengisian daya nirkabel.

Sementara dari sisi spesifikasi, V30 digadang hadir dengan kemampuan lebih dari G6. Salah satunya ditunjukkan dengan penggunaan chipset Snapdragon 835. Untuk diketahui, G6 masih menggunakan chipset yang terbilang lawas, yakni Snapdragon 821.

Untuk desain, seri V30 dipastikan masih memiliki layar sekunder. Namun berdasarkan unggahan Evan Blass melalui akun Twitter @evleaks, layar sekunder yang diusung V30 ada kemungkinan bakal berbeda dari pendahulunya.

Dalam gambar yang diunggahnya, tampak layar sekunder LG V30 terletak di bagian bawah layar utama dan bisa digeser ke luar (slide). Pada bagian bawah itu pula diisi keyboard atau shortcut untuk berbagai aplikasi yang sering dipakai pengguna.

Layar sekunder ini juga memungkinkan pengguna memaksimalkan penggunaan layar utama. Hal ini dimungkinkan karena menu opsi, keyboard, dan berbagai pengaturan lain tak mengganggu tampilan layar utama.

Namun mengingat ini masih sebatas rumor, bukan tak mungkin ada perubahan yang dilakukan LG. Untuk itu, menarik untuk menunggu pengumuman resmi LG V30 yang diprediksi akan dilakukan pada September 2017.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Uno Ingin Bangun Zona Wisata Religi di Kwitang

Posted: 26 Jun 2017 08:58 PM PDT

Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno berencana membangun zona wisata religi di Jalan Kembang, Kwitang, Jakarta Pusat. Tepatnya di sekitar Masjid Al Riyadh.

Menurut Sandi, di setiap akhir pekan, masjid ini selalu ramai dikunjungi puluhan ribu jemaah yang ingin beribadah dan mengikuti kegiatan pengajian.

Dengan banyaknya pengunjung, sejumlah pengusaha kecil dan menengah turut serta meramaikan. Hal ini yang ingin dimanfaatkan Sandi untuk membangun zona wisata religi.

"Saya melihat di situ ada potensi pariwisata dan daya tarik," kata Sandi di kediaman Habib Abdurachman Al-Habsyi, Jalan Kembang IV, Kwitang, Jakarta Pusat, Selasa (27/6/2017).

Dengan zona wisata religi ini, Sandi berharap nantinya juga akan berkembang pusat ekonomi syariah di Jakarta. Sehingga para pedagang kecil dan menengah bisa mengembangkan usaha serta membuka lapangan pekerjaan.

"Nanti para UKM-nya bisa diangkat naik kelas. Jadi enggak cuma jalan di tempat, mereka juga bisa mengembangkan usahanya. Ekonomi akar rumput yang bisa tumbuh berkembang," ucap Sandiaga Uno.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muslim Israel Berlibur Lebaran di Pantai Mediterania

Posted: 26 Jun 2017 08:49 PM PDT

Sejumlah muslim bermain ombak saat menikmati libur lebaran di pantai laut Mediterania di Tel Aviv, Israel, 26 Jni 2017. (AFP PHOTO / JACK GUEZ)

Sejumlah muslim bermain ombak saat menikmati libur lebaran di pantai laut Mediterania di Tel Aviv, Israel, 26 Jni 2017. (AFP PHOTO / JACK GUEZ)

Suasana di pantai laut Mediterania saat sejumlah muslim berwisata sambil menghabiskan libur lebaran di Tel Aviv, Israel, 26 Jni 2017. (AFP PHOTO / JACK GUEZ)

Suasana di pantai laut Mediterania saat sejumlah muslim berwisata sambil menghabiskan libur lebaran di Tel Aviv, Israel, 26 Jni 2017. (AFP PHOTO / JACK GUEZ)

Seorang pria muslim bersantai di atas pelampung saat berwisata sambil menghabiskan libur lebaran pantai laut Mediterania di Tel Aviv, Israel, 26 Jni 2017. (AFP PHOTO / JACK GUEZ)

Seorang pria muslim bersantai di atas pelampung saat berwisata sambil menghabiskan libur lebaran pantai laut Mediterania di Tel Aviv, Israel, 26 Jni 2017. (AFP PHOTO / JACK GUEZ)

Sejumlah muslim menikmati libur lebaran dengan bermain dan berwisata di pantai laut Mediterania di Tel Aviv, Israel, 26 Jni 2017. (AFP PHOTO / JACK GUEZ)

Sejumlah muslim menikmati libur lebaran dengan bermain dan berwisata di pantai laut Mediterania di Tel Aviv, Israel, 26 Jni 2017. (AFP PHOTO / JACK GUEZ)

Sejumlah muslim bermain ombak saat menikmati libur lebaran di pantai laut Mediterania di Tel Aviv, Israel, 26 Jni 2017. (AFP PHOTO / JACK GUEZ)

Sejumlah muslim bermain ombak saat menikmati libur lebaran di pantai laut Mediterania di Tel Aviv, Israel, 26 Jni 2017. (AFP PHOTO / JACK GUEZ)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebaran Ketiga, Jalur Menuju Tempat Wisata Macet

Posted: 26 Jun 2017 08:45 PM PDT

Selain di jalur mudik, kemacetan juga terjadi di jalur menuju tempat-tempat wisata seperti Bandung, Garut, dan Bogor.

Seperti diunggah pemilik akun Twitter @ASetyanto, Selasa (27/6/2017) pukul 09.38 WIB, terjadi antrean panjang di Tol Jagorawi arah Gerbang Tol Ciawi, Bogor.

"Antrean panjang kendaraan lbh dr 1km terjadi di Tol Jagorawi jlg GT exit Ciawi, cuaca cerah," tweet @ASetyanto.

Tak hanya di ruas Tol Jagorawi, antrean juga terjadi jelang rest area Tol Jagorawi KM 45. Seperti disebutkan pemilik akun @ASetyanto.

"Masuk rest area Tol Jagorawi KM 45 padat," tweet @ASetyanto pada pukul 08.44 WIB.

Kemacetan juga terjadi jelang Kota Garut, Jawa Barat. Seperti informasi yang diunggah pemilik akun @hendragnwn01 pada pukul 09.30 WIB.

"Kondisi terkini Jl. Ry Samarang, Garut arah ke Kamojang, Darajat macet," tweet @hendragnwn01.

Selain itu, kemacetan juga jelang Kota Bandung seperti diunggah pemilik akun @atoxmorrison46 pada pukul 09.27 WIB.

"Antrian GT Pasteur sdh mencapai lebih dari 1 KM kebelakang," tweet @atoxmorrison46.

Pemilik akun @holilullohahmad juga menyebutkan, kondisi lalu lintas di Jatinangor padat merayap.

"Lalin di Jatinangor #Bdg padat merayap," tweet @holilullohahmad pada pukul 09.17 WIB.

Begitu juga arah lokasi wisata Pangandaran, Jawa Barat, juga terjadi kemacetan.

"Lalin arah Pangandaran macet mulai dari Kalipucang, Pangandaran," tweet pemilik akun @setia_drm pada pukul 10.22 WIB.

 


Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 10 Berita Bola: Optimisme Rossi Juara Dunia MotoGP

Posted: 26 Jun 2017 08:40 PM PDT

Kemenangan di MotoGP Assen membuat Valentino Rossi kembali dijagokan dalam bursa juara dunia MotoGP. Podium juara MotoGP Belanda direbut Rossi setelah menyelesaikan balapan dengan waktu 41 menit 41,149 detik.

Berita soal kemenangan Rossi di MotoGP Belanda ini jadi salah satu berita populer di kanal Bola Liputan6.com. Selain berita Rossi, masih ada berita soal Gianluigi Donnarumma juga jadi salah satu berita terpopuler.

Dua berita itu masuk ke dalam kategori Top 10 berita kanal bola Liputan6.com. Berikut berita Top 10 selengkapnya.

1. 3 Alasan Rossi Masih Mampu Juara Dunia MotoGP

Valentino Rossi sukses membuka peluang terlibat dalam persaingan gelar juara dunia MotoGP 2017. Itu berkat hasil positif yang didapat The Doctor pada balapan MotoGP Belanda 2017 di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/2017).

Podium juara MotoGP Belanda direbut Rossi setelah menyelesaikan balapan dengan waktu 41 menit 41,149 detik. Ia unggul 0,063 detik atas pembalap Pramac Racing, Danilo Petrucci, yang finis di podium kedua.

Selengkapnya cek di sini.




2. Siap Bela Inter Milan, Pato Rela Khianati AC Milan

Striker Tianjin Quanjian, Alexandre Pato, mengisyaratkan masih tak bisa melupakan AC Milan. Namun, Pato tidak akan menolak bila ada tawaran dari rival sekota AC Milan, Inter Milan.

"Saya bermain di AC Milan ketika tim masih dikendalikan Berlusconi. Dia adalah orang yang memiliki hubungan sangat dekat dengan saya. Jika AC Milan begitu dicintai di seluruh dunia, itu karena peran Berlusconi," kata Pato, seperti dilansir Football Italia.

Selengkapnya cek di sini.



3. Dani Alves Ajak Pemain Ini Tinggalkan Juventus

Dani Alves sudah memutuskan hengkang dari Juventus. Dia sepakat memutus kerja sama dengan tim yang berbasis di Turin tersebut.

Diyakini dia segera berlabuh di Manchester City. Dalam beberapa kesempatan, dia memberikan sinyal ketertarikan bergabung dengan kubu The Citizens.

Cuma, Alves tidak mau sendirian berlabuh ke Etihad Stadium. Laporan Football Italia, dia mulai memanasi penyerang Paulo Dybala ikut terbang ke Etihad Stadium.

Selengkapnya cek di sini.

Berikut berita Top 10 selengkapnya

4. Lyon bakal Lepas Lacazette, Asal...
5. Sebelum ke Barcelona, Paulinho Diminta Lakukan Ini
6. Matic Bukan Pilihan Pertama MU
7. Pogba Puji Incaran Real Madrid dan Barcelona
8. Manchester City Berencana Tukar Aguero dengan Alexis Sanchez
9. Podium di MotoGP Belanda, Petrucci Samakan Diri dengan Gorila
10. Bek Borussia Dortmund Pilih Bulan Madu di Bali

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memetik Pelajaran dari Kasus Gerai 7-Eleven di Indonesia

Posted: 26 Jun 2017 08:30 PM PDT

Gerai 7-Eleven di Indonesia akan tutup pada 30 Juni 2017. Penutupan ini dinilai sejumlah pihak disebabkan berbagai macam faktor, mulai dari internal hingga eksternal. Akan tetapi, penutupan gerai 7-Eleven di Indonesia juga dapat menjadi pelajaran.

Akademisi dan praktisi bisnis, Rhenald Kasali, angkat bicara mengenai penutupan gerai 7-Eleven di Indonesia. Ia menilai ada berbagai faktor dapat membuat bisnis alami kemunduran. Terkait penutupan gerai 7-Eleven ada kabar yang menyebutkan kalau bisnisnya terlalu cepat besar, tidak merespons kebijakan, dan konsep nongkrong yang gagal.

PT Modern Internasional Tbk melalui anak usahanya PT Modern Sevel Indonesia mengelola gerai 7-Eleven dengan konsep berbeda dari bisnis minimarket lainnya. Mereka menyediakan fasilitas wifi, berbagai macam makanan ringan, dan kopi. Fasilitas ini mendorong masyarakat terutama anak muda betah nongkrong di gerai 7-Eleven. Konsep ini pula yang membuat sejumlah minimarket lainnya meniru model bisnis 7-Eleven.

Oleh karena itu, Rhenald menilai konsep nongkrong yang gagal itu kurang pas. Lantaran PT Modern Internasional Tbk melalui anak usahanya PT Modern Sevel Indonesia (MSI) mampu mencetak penjualan mencapai Rp 1 triliun pada 2012.

Rhenald menuturkan, bisnis model yang dijalankan 7-Eleven di Indonesia tidak hanya ritel tetapi juga menyediakan makanan cepat saji dan tempat untuk nongkrong. Ini juga mendorong bisnisnya cepat berkembang dan diminati anak muda.

Ia menyoroti peran regulator turut mempengaruhi bisnis model 7-Eleven di Indonesia. Rhenald menilai regulator masih mengikuti pola lama soal perizinan. Pelaku usaha dalam hal ini manajemen 7-Eleven di Indonesia saat itu harus memiliki izin untuk menjalankan bisnis ritel dan restoran.

"Desain konsep bisnis 7-Eleven menjadi masalah. Kementerian A bilang boleh, tapi kementerian B tidak boleh. Kementerian ini ingin menerapkan aturan dengan lainnya seperti ritel besar-besar yang tidak ada restorannya," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Selasa (27/6/2017).

Rhenald menilai, regulator kadang mengikuti dan menyenangkan pemain yang sudah ada atau disebutnya lazy incumbents. Bila itu terus terjadi maka dapat menghambat inovasi. Pelaku usaha lama pun tak mengantisipasi perubahan konsep persaingan dengan model bisnis baru.

Oleh karena itu, ia mengharapkan regulator tidak hanya terpaku dengan pemain lama saja, tetapi juga mendorong inovasi baik dari pemain lama. Apalagi menurut Rhenald saat ini para pemain di dunia kencang untuk berinovasi.

"Inovasi ke depan memang akan membuat lebih murah. Kalau tidak mendorong pelaku lama melakukan inovasi maka potensi kita akan diambil oleh pendatang luar negeri lewat internet of things," ujar dia.

Rhenald menambahkan, regulator juga seharusnya lebih terbuka dan memberikan ruang bagi pemain baru. Ini agar pemain baru juga mendapatkan tempat dan membuka peluang usaha.

Rhenald menilai, perilaku regulator tersebut tidak hanya terjadi dalam kasus 7-Eleven, tetapi juga sektor usaha lainnya mulai dari baja, taksi online hingga sektor keuangan. Terkait penutupan seluruh gerai 7-Eleven ini, Rhenald menilai hal itu tak menunjukkan bisnis ritel di Indonesia lesu.

"Convenience store yang umumnya dekat dengan pelanggan akan selalu ada," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani menilai tutupnya 7-Eleven karena konsep bisnis yang kurang tepat dijalani di Indonesia.

"7-Eleven ini bisnis modelnya kurang tepat di Indonesia. Saya sudah lihat sejak pertama dibuka," kata Rosan di sela-sela acara halalbihalal di rumah pribadinya kawasan Kemang, Jakarta, Senin 26 Juni 2017.

Pendiri Grup Recapital ini menilai, bisnis model yang membawa 7-Eleven dalam keterpurukan karena dengan marjin keuntungan yang tipis 1 sampai 3 persen, tapi pembeli bisa nongkrong berjam-jam hanya dengan membeli satu produk. Sementara biaya sewa toko besar dan tidak mampu ditutupi dari hasil penjualan.

"Bisnis modelnya kurang tepat karena marjin ritel itu cuma 1 sampai 3 persen, mestinya in-out cepat. Bukan cuma beli roti satu, lalu duduk sampai berjam-jam. Sedangkan biaya sewa ruangan besar," papar Roesan.

Berbeda dengan Alfamart dan Indomart, kata Rosan, ongkos sewa yang tidak sebesar 7-Eleven, tapi kedua toko ritel modern tersebut mencatatkan volume transaksi yang jauh lebih tinggi dibanding toko ritel dari Amerika Serikat (AS) itu.

"Alfamart dan Indomart tempat kecil, efisien, orang keluar masuk, volumenya banyak. Kalau fix cost besar dipakai buat nongkrong doang, ya tidak jalan. Kecuali marjinnya besar, bolehlah," Rosan menerangkan.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

D'Masiv Mengajak Penggemar Mencintai Alquran

Posted: 26 Jun 2017 08:30 PM PDT

Sudah mencetak banyak hits dan mengumpulkan banyak penggemar, kini D'Masiv tak lagi puas hanya bisa punya job manggung yang banyak. Diam-diam, Rian (vokal), Rama (gitar), Why (drum), Kiki (gitar) dan Ray (bas) punya keinginan mulia. 

D'Masiv selalu ingin memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat, khususnya bagi penggemarnya. Selain dengan tembang-tembang bermuatan positif, D'Masiv juga tergerak dalam hal lain untuk Masivers, sebutan khas penggemar band asal Tangerang ini.

Satu contohnya adalah acara 'ngaji' atau kegiatan mengkaji ilmu-ilmu agama Islam bersama. Tak hanya mengajak penggemar untuk lebih dekat kepada personil band, namun juga kepada idola sejati yaitu Allah SWT.

"D'Masiv punya misi dari awal kita ngebentuk band ingin jadi yang bermanfaat untuk lingkungan kita," kata Rian D'Masiv dalam acara kajian Islam, di Masjid Al-Latief, Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan, belum lama ini.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa jadi manfaat dan teman-teman bisa memberikan inspirasi buat yang lain dan dijauhkan dari hal tidak baik. Masivers biar bisa deket sama D'Masiv lagi dan mendekatkan diri dengan Allah SWT," lanjutnya.

Menginisiasi kegiatan kajian ilmu agama ini merupakan cita-cita D'Masiv sekitar setengah tahun silam. Mereka berharap ada ilmu positif yang bisa ditularkan dan menjadi sebuah ladang pahala bagi orang lain.

"Sebenarnya wacana kita dari setengah tahun lalu. Kita pengin bikin ngaji bareng D'Masiv. Dengan adanya ustaz (yang sampaikan tausiyah) kita bisa dapat ilmu," tambah Rian.

"Kalau di panggung udah biasa bareng D'Masiv. Tapi akan bangus jadinya kalau kita bisa kosongkan waktu untuk lebih mengenal masjid dan mencintai Alqur'an," kata Rian.

 

*Artikel ini pernah dimuat Bintang.com dan ditulis Anto Karibo

 

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arus Mudik di Tol Jakarta Arah Cikampek Merayap

Posted: 26 Jun 2017 08:21 PM PDT

Arus mudik pada H+3 Lebaran masih padat di Tol Jakarta arah Cikampek. Bahkan laju kendaraan cenderung merayap.

Para netizen atau warganet menyebutkan, kemacetan di Tol Cikampek terjadi sebelum dan sesudah Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Lepas GT Cikarang Utama arah Cikampek langsung padat merayap," tweet pemilik akun Twitter @byprakosa, Selasa (27/6/2017) pukul 09.18 WIB.

Pemilik akun @ryan_gambir juga menyebutkan kondisi yang sama pada pukul 09.05 WIB. "Lalin di sekitar GT Cikarang Utama tersendat," ujar dia.

Kepadatan arus mudik di Tol Jakarta arah Cikampek juga disebutkan pemilik akun @dewadiw pada pukul 08.42.

"Lalin di ruas Tol Jakarta arah Cikampek padat merayap," cuit @dewadiw.

Tak hanya itu, pada pukul 08.54 WIB, @NTMCLantasPolri juga menyebutkan, arus mudik di Tol Bekasi Timur arah Tambun terjadi antrean.

"Kondisi arus lalin Tol Bekasi Timur arah Tambun terpantau padat."

Sementara, pemilik akun @RkrSrikandi pada pukul 09.06 WIB menyebutkan, arus mudik di Tol Pulo Gebang arah Cikampek merayap.

"Lalin di ruas Tol Pulo Gebang Arah Cikampek padat merayap," tulis @RkrSrikandi.

Antrean kendaraan juga terjadi di rest area KM 19 Tol Jakarta arah Cikampek. Seperti disebutkan pemilik akun Korlantas Polri.

"Kondisi arus lalin jelang Rest Area KM 19 Tol Jakarta arah Cikampek terpantau padat," tweet @NTMCLantasPolri pada pukul 08.55 WIB.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rossi: Kemenangan di MotoGP Belanda Sangat Penting

Posted: 26 Jun 2017 08:20 PM PDT

Valentino Rossi menggarisbawahi namanya sebagai raja Sirkuit Assen setelah memenangkan balapan seri kedelapan di MotoGP Belanda akhir pekan ini. Dengan demikian, The Doctor sudah mengumpulkan 10 kali naik podium pertama di Sirkuit Assen.

Delapan kemenangan diantaranya terjadi saat Rossi turun di kelas utama MotoGP. Sementara dua kemenangan lainnya dicetak di dua kelas berbeda yakni kelas 125cc dan 250cc.

Rossi pun berhasil mengakhiri puasa kemenangan di ajang MotoGP. Terakhir kali, juara dunia tujuh kali MotoGP itu merebut kemenangan di Catalunya pada 5 Juni 2016 lalu.

"Kemenangan ini penting, terutama setelah satu tahun tanpa kemenangan. Itu adalah perasaan yang hebat. Itu adalah pertempuran yang sulit dengan Danilo (Petrucci), Marc (Marquez), dan Johann (Zarco)," kata Rossi seperti dilansir Tuttomatori.

"Dari sudut pandang teknis ini merupakan kemenangan penting. Kami telah bekerja keras dan baik, kerangka motor dan saya bekerja dengan cara kerja yang lain," kata Rossi menambahkan.

Berkat keberhasilan ini Rossi menyodok ke posisi ketiga dengan raihan 108 poin. Dia terpaut tujuh angka dari Andrea Dovizioso yang sukses mengudeta posisi Maverick Vinales.

"Itu kemenangan ke-10 saya di sini, seperti di Barcelona. Dengan Mugello dan Phillip Island, sirkuit favorit saya," ucap Rossi. (David Permana)

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seumur Hidup, Barack Obama Tidak Boleh Nyetir Mobil

Posted: 26 Jun 2017 08:17 PM PDT

Ada aturan menarik yang berlaku untuk presiden, wakil presiden, mantan presiden, dan mantan wakil presiden Amerika Serikat (AS). Mereka tidak boleh mengendarai mobil sendiri di jalanan umum. Aturan ini juga berlaku pada Barack Obama, yang kini tengah berlibur di Bali.

Orang-orang penting yang mungkin nomor satu di dunia ini bahkan tidak bisa sekadar mengendarai mobil golf, atau hanya pergi 1 kilometer dari rumah sekalipun. Ini berlaku tidak hanya di AS, tapi juga di semua negara di mana mereka berada. Selalu ada sopir yang siap mengantar.

HW Brands, profesor sekaligus sejarawan kepresidenan AS dari University of Texas, mengatakan bahwa bisa jadi presiden AS terakhir yang bebas berkendara di jalan raya seperti warga biasa adalah Lyndon Johnson, yang menjabat antara 1963 sampai 1969.

"Begitu Anda jadi Presiden AS, Anda bahkan tidak boleh berhenti di lampu merah. Dan kalau terlihat lalu lintas terlalu buruk, Anda harus naik helikopter," ujar Brands.

Aturan soal berkendara mulai berubah ketika John F Kennedy, pendahulu Johnson, ditembak sniper saat mengendarai Lincoln beratap terbuka pada 22 November 1963. Sadar bahwa ketika itu keamanan untuk presiden sangat ketat, semua dirombak. Diperbaiki.

Presiden AS setelah Kennedy tidak boleh lagi pakai mobil beratap terbuka, apalagi sampai melambai-lambaikan tangan ke masyarakat seperti yang Kennedy lakukan sebelum insiden. Sementara mobil kepresidenannya sendiri, dirombak dengan fitur keselamatan maksimal.

Meski demikian, sebetulnya sebelum pemerintahan Obama tidak ada Undang-undang atau peraturan yang secara tegas menyebut kalau Presiden AS tidak boleh berkendara sendiri di mobil pribadi. Yang ada adalah protokoler dari Secret Service.

Namun pada 2012, Obama menandatangani aturan bernama Former Presidents Protection Act, yang pada intinya memberikan garansi bahwa mantan presiden, dan presiden-presiden setelahnya (termasuk Donald Trump), akan mendapat perlindungan seumur hidup dari Secret Service. Yang dimaksud perlindungan tersebut termasuk disopiri ke mana pun dan di mana pun. 

Dari sana, sebetulnya Obama telah "melarang" dirinya sendiri bersenang-senang berada di balik kemudi. Meskipun sudah diketahui umum bahwa dirinya cukup suka dunia otomotif.

Namun perlu digarisbawahi, aturan ini berlaku di jalan umum. Yang artinya, kadang presiden juga berkendara di tempat-tempat khusus, meski mungkin tidak disukai Secret Service. Obama, misalnya, pada 2012 lalu pernah mengemudikan Chevrolet Volt di sekitar Gedung Putih.

Terakhir, Juni kemarin, Obama juga pernah mengendarai Corvette Stingray Split Window Coupe lansiran 1963. Lagi-lagi, ia melakukannya di Gedung Putih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu AS Desak Saudi Cs dan Qatar untuk Duduk Bersama

Posted: 26 Jun 2017 08:15 PM PDT

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson mengatakan, beberapa dari 13 tuntutan yang diajukan Arab Saudi Cs kepada Qatar "akan sangat sulit dipenuhi". Tuntutan tersebut merupakan syarat utama bagi Doha jika negara itu ingin isolasi dicabut.

Namun dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari Minggu waktu setempat Tillerson menerangkan, bahwa daftar tuntutan tersebut mencakup "wilayah penting yang memberikan dasar bagi dialog yang mengarah pada sebuah resolusi".

"Langkah produktif selanjutnya adalah masing-masing negara dapat duduk bersama dan melanjutkan pembicaraan," kata Tillerson seperti Liputan6.com kutip dari Al Jazeera, Selasa (27/6/2017).

"Kami percaya para sekutu dan mitra kami akan lebih kuat ketika mereka bekerja sama menuju satu tujuan yang kita semua sepakati, yaitu menghentikan terorisme dan melawan ekstremisme," tambahnya.

Menlu AS yang juga mantan eksekutif Exxon Mobil tersebut juga menyerukan "penurunan retorika" untuk "membantu meredakan ketegangan". Ia sampaikan, Washington mendukung upaya mediasi yang dilakukan Kuwait demi mengakhiri konflik antara Saudi Cs dan Qatar.

Saudi Cs memberikan Qatar waktu 10 hari untuk memenuhi 13 tuntutan yang mereka ajukan. Namun Doha menegaskan, daftar permintaan tersebut tidak masuk akal.

"Daftar tuntutan ini mengonfirmasikan apa yang kami katakan sejak awal -- blokade ilegal ini tidak ada kaitannya dengan terorisme. Ini tentang membatasi kedaulatan Qatar dan mengubah kebijakan luar negeri kami," terang Direktur Kantor Komunikasi Qatar Sheikh Saif bin Ahmed Al Thani dalam sebuah pernyataan pada Jumat lalu.

Qatar menyampaikan, pihaknya tengah mengkaji tuntutan tersebut dan sedang mempersiapkan sebuah respons resmi.

Pernyataan Tillerson tersebut merupakan tanggapan formal pertama dari Kementerian Luar Negeri AS sejak 13 tuntutan tersebut dirilis.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah lebih dulu merespons daftar permintaan Saudi Cs. Erdogan menyambut baik sikap Qatar yang menentang tuntutan itu. Baginya, ultimatum Arab Saudi dan teman-temannya itu "melawan hukum internasional".

 Beberapa poin dalam 13 tuntutan tersebut antara lain menghentikan pembangunan pangkalan militer dan kerja sama militer dengan Turki, mengendurkan hubungan diplomatik, militer, serta intelijen dengan Iran, serta menutup jaringan Al Jazeera. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puluhan Ribu Kendaraan Mulai Tinggalkan Garut

Posted: 26 Jun 2017 08:08 PM PDT

Sebanyak 45.107 kendaraan para pemudik mulai meninggalkan Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada hari kedua Lebaran hingga tadi malam.

"Puncaknya mungkin diperkirakan antara Sabtu atau Minggu, sebab PNS kan masuk kerja hari Senin," ujar Dede Burhanuddin, petugas jaga Dinas Perhubungan, Kabupaten Garut, saat ditemui, Selasa (27/06/2017).

Hari kedua pantauan liburan Lebaran, volume kendaraan yang masuk maupun yang meninggalkan kabupaten Garut tercatat masih tinggi. Begitu juga angka kendaraan yang keluar dari Garut menuju rute Bandung dan lainnya terus meningkat setiap hari.

"Pegawai swasta hari Rabu mulai ada yang masuk jadi, jadi sudah ada juga yang mudik dari sekarang," kata dia.

Berdasarkan pantauan pos perhitungan kendaraan di pintu masuk kecamatan Kadungora, yang merupakan pintu masuk-keluar ke kota Garut, jumlah kendaraan yang masuk ke Kabupaten Garut hingga pukul 08.00 WIB mencapai  62.672 kendaraan. Sementara, kendaraan yang meninggalkan Garut tujuan ke Bandung dan lainnya mencapai 45.107 unit.

"Jumlah ini (keluar Garut) naik dari hari Minggu kemarin yang hanya 29.263 kendaraan yang keluar," ujarnya.

Sementara volume kendaraan yang melintasi Kabupaten Garut, yang tercatat melalui pos hitung Limbangan sebagai pos perlintasan nasional Jawa Barat bagian selatan, mencapai 24.800 unit. Adapun kendaraan arus balik menuju Bandung dan lainnya mencapai baru 10.227 unit.

"Memang yang keluar (meninggalkan) kebanyakan masih dari dalam kota Garut sebagai pemudik asli warga Garut," ujarnya.

Dibanding tahun lalu pada periode yang sama, volume kendaraan yang masuk melalui Garut tercatat meningkat. Sebagai perbandingan, tahun lalu jumlah kendaraan yang masuk pada H+2 mencapai 58.574 unit, sementara tahun ini 62.672 unit.

Sementara kendaraan yang keluar atau arus balik dari kota Garut tahun ini  mencapai 45.107 unit, atau turun yang dari tahun lalu sebanyak 46.752 unit.

"Mungkin libur yang panjang mempengaruhi juga, jadi banyak pemudik yang masih liburan di Garut," kata dia.

Kabupaten Garut sebagai kabupaten terluas di Jabar selatan memang memiliki jumlah penduduk yang cukup besar, yakni 2,5 juta jiwa, angka ini sebanding dengan luas wilayah yang meliputi 43 kecamatan.

Sebagai daerah perlintasan nasional, posisi Garut menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah di bagian selatan Jawa.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikhlas Bekerja untuk Senyum Menyala di Ibukota Jakarta

Posted: 26 Jun 2017 08:04 PM PDT

Di saat takbir berkumandang mengiringi hari nan suci, ada yang harus tetap melayani kebutuhan masyarakat. Mereka rela untuk tidak berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara di hari yang fitri demi menerangi ibukota. Mereka adalah para petugas PLN yang tetap semangat menjaga keandalan pasokan listrik, khususnya di wilayah Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan bisnis yang memerlukan kehandalan listrik tinggi, bahkan di saat hari raya.

Dwi Widodo dan Irvan H. adalah segelintir pegawai PLN yang belum berkesempatan untuk berkumpul dengan keluarga besar di saat Idul Fitri, karena harus mendedikasikan diri untuk menjaga pasokan listrik di Jakarta. Dalam hal ini, unit dinas mereka adalah PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya). PLN Disjaya merupakan salah satu unit PLN yang menangani pendistribusian tenaga listrik langsung ke konsumen di wilayah Jakarta.

PLN Disjaya membawahi 16 Area pelayanan dan 1 Area Pengatur Distribusi (APD). Area pelayanan merupakan kantor PLN yang langsung melayani masyarakat untuk semua kebutuhan dan permasalahan listrik. Sedangkan, APD bertugas mengatur pasokan listrik yang masuk ke wilayah kerja PLN Distribusi Jakarta Raya. Ada 2 bagian penting pada APD dalam mengatur pasokan listrik, yaitu pengawasan di Distribution Control Center (DCC) dan Gardu Induk 20 KV.

Dwi Widodo, salah satu pegawai PLN yang bertugas mengawasi, mengontrol, dan mengambil tindakan cepat mengevakuasi pemulihan jaringan yang gangguan merupakan tugas utama pegawai PLN di Distribution Control Center (DCC). Secara terus menerus 7x24 jam pegawai PLN di DCC mengatur kontinuitas pasokan listrik di sisi 20 kV dengan sistem shift. Apabila terjadi gangguan pasokan listrik 20 kV, petugas DCC bertugas memulihkan pasokan listrik dengan cara mengalihkan ke jaringan lain agar pelanggan tidak merasakan padam yang lama.

Sementara itu, Irvan H. merupakan pegawai PLN yang khusus menangani Gardu Induk (GI) 20 kV. GI ini merupakan ujung tombak pendistribusian tenaga listrik ke pelanggan Tegangan Menengah (TM) dan Tegangan Rendah (TR). Satu GI 20 kV terdiri dari beberapa penyulang dan satu penyulang terdiri dari beberapa gardu distribusi. Kemudian, gardu distribusi tersebut menyalurkan listrik ke pelanggan-pelanggan.

Apabila terjadi gangguan di salah satu penyulang, maka beberapa gardu distribusi akan padam, sehingga akan ada banyak pelanggan yang mengalami padam listrik. Oleh karena itu, pegawai PLN yang bertugas di gardu induk 20 kV mempunyai tugas yang tidak ringan. Mereka harus memastikan gardu induk 20 kV tersebut dapat menyalurkan tenaga listrik secara optimal.

Pegawai PLN yang bertugas di DCC maupun GI 20 kV sama-sama mempunyai tugas mulia  untuk menjaga kehandalan pasokan listrik di Ibukota Jakarta selama 7x24 jam. Sekalipun hari raya, mereka tetap ikhlas bekerja demi terjaganya kontinyuitas pasokan listrik untuk senyum pelanggan Jakarta.

Kelistrikan di Jakarta terbagi dalam 8 subsistem, diperkuat dengan 55 gardu induk, 1.874 penyulang dan 13.488 gardu distribusi, serta mampu melayani lebih dari 4 juta pelanggan. Perkiraan beban puncak pada siang hari saat Idul Fitri, yaitu 1.768 MW dan beban puncak pada malam harinya 1.999 MW.

Sedangkan beban puncak H-1 Idul Fitri diperkirakan sebesar 2.224 MW pada siang hari dan 2.213 pada malam hari. Beban listrik saat Idul Fitri di Jakarta berbeda dari beban puncak hari-hari biasa. Pada hari biasa beban listrik di Jakarta lebih tinggi pada siang hari karena banyaknya pelanggan bisnis dan industri yang beroperasi pada siang hari.

Saat Hari Idul Fitri, beban listrik pada malam hari lebih tinggi karena jumlah aktivitas industri di siang hari relatif sedikit. Mengingat perkiraan beban puncak baik siang maupun malam adalah di bawah beban normal pada hari biasa, maka pasokan daya ke wilayah DKI Jakarta Raya dari Sistem Jawa Bali dalam kondisi aman.

 

Powered By:

PT. PLN (Persero)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

'Ngapungkeun Balon' Cara Unik Warga Garut Meriahkan Lebaran

Posted: 26 Jun 2017 08:02 PM PDT

Ada saja tingkah polah kebiasaan masyarakat dalam merayakan kedatangan Lebaran atau Idul Fitri, 1 Syawal 1438 Hijriah. Satu di antaranya tradisi warga Panawuan, Desa Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat.

Mereka sengaja merayakan hari kemenangan umat Islam itu dengan acara "ngapungkeun balon" atau menerbangkan balon raksasa dari bahan dasar kertas ke udara dengan sukacita.

"Awalnya hanya iseng dari para orang tua di kampung ini. Tapi, lama-lama jadi tradisi yang dilaksanakan setiap tahun," ucap Abang (25), salah seorang pemuda Kampung Panawuan, Garut, Minggu, 25 Juni 2017.

Balon kertas raksasa yang diterbangkan warga merupakan hasil urunan warga, menggunakan bahan dasar kertas telur. Warga merapatkan tiap potongan kertas warna-warni itu dengan perekat dari campuran tepung kanji basah atau bahkan nasi sisa. "Yang penting jangan sobek, biar balonnya bisa terbang," ujar dia.

Balon raksasa berukuran belasan meter itu, imbuh Abang, kemudian diarak warga kampung. Mereka kemudian mencari lahan yang cukup luas untuk menerbangkan balon usai Salat Idul Fitri.

"Penerbangan balon ini tujuannya, yakni ingin mempersatukan warga setempat," tutur dia.

Sebelum balon raksasa dilepas, biasanya warga berkumpul di satu lapangan yang luas dekat perkampungan warga. "Saat ada balon mau diterbangkan, otomatis semua warga kumpul. Nah di situ momen Lebarannya dapat. Warga saling silaturahmi satu sama lain, mengobrol, ada juga yang reuni," kata Abang.

Sejumlah warga Garut merayakan Idul Fitri atau Lebaran dengan menerbangkan balon kertas raksasa. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Ia menambahkan, tradisi menerbangkan balon kertas raksasa ini bukan "kemarin sore". Namun sudah berlangsung sejak 37 tahun yang lalu atau tepatnya pada 1980 saat pertama kali kebiasaan unik itu dilakukan warga.

"Banyak nilai silaturahminya, jadi sekalian bermaafan," ucap Abang.

Dalam sekali acara, warga Kampung Panawuan, Garut, bisa menerbangkan lebih dari 10 balon setinggi belasan meter yang disebar di seluruh penjuru kampung. Bahkan, seiring berjalannya waktu, balon terbang dari kertas raksasa itu kini didesain menyerupai karakter fiksi, seperti Spongebob dan Patrick dalam serial kartun Spongebob Squarepants.

"Sekarang anak kecil umur 7-10 tahun di kampung ini sudah piawai membuat balon. Intinya, ini akan menjadi tradisi turun-temurun di kampung kami," Abang memungkasi.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumor Transfer Semakin Melebar, Kiper AC Milan Minta Maaf

Posted: 26 Jun 2017 08:00 PM PDT

Gianluigi Donnarumma akhirnya buka suara terkait semakin panasnya isu kepindahan dari AC Milan. Kiper timnas Italia U-21 itu mengungkapkan dirinya belum bisa berpikir hingga Piala Eropa selesai.

Donnarumma menjadi rebutan banyak klub sepanjang musim panas ini. Apalagi kiper berusia 18 tahun itu telah menolak perpanjangan kontrak dari AC Milan.

Situasi semakin panas karena agennya, Mino Raiola turut campur dalam masalah ini. Namun Donnarumma sendiri belum berkomentar banyak mengingat masih membela timnas Italia.

"Saya ingin ke Piala Eropa dan menunjukkan bahwa saya bahagia dan memikirkan soal pertandingan selanjutnya. Saya minta maaf atas kisruh yang melingkupi saya," katanya.

"Sekarang saya cuma ingin memikirkan pertandingan melawan Spanyol. Masa depan saya akan dibicarakan setelah tugas tim nasional," tuturnya.

Kiper kelahiran tahun 1998 itu pun tidak terlalu menghiraukan apa yang berkembang di media sosial mengenai dirinya, termasuk soal ulah fans AC Milan yang melemparinya uang lantaran dianggap materialistis.

"Media sosial bisa menyenangkan bisa tidak sekaligus. Saya cuma menggunakannya untuk menghabiskan sedikit waktu. Fans melempari saya dolar? Saya malah tidak tahu itu dolar. Coba nanti saya lihat lagi. Itu tidak mempengaruhi saya sama sekali, karena saya sekarang fokus untuk Euro," ujarnya. (Abul Muamar)

Saksikan video menarik berikut ini:


This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Kaya? Jangan Pernah Lakukan Hal Ini

Posted: 26 Jun 2017 08:00 PM PDT

Memiliki banyak uang merupakan dambaan sebagian besar orang. Maka tak heran jika bekerja dengan semangat menjadi pilihan untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. 

Namun ternyata, bekerja tak menjadi jaminan seseorang bisa menjadi kaya. Kebiasaan dalam mengelola uang atau menggunakan uang ternyata juga membuat seseorang bisa menjadi kaya. 

Lihatlah para miliarder. Mereka tidak hanya bekerja atau berbisnis dengan tekun melainkan juga mengelola hasil keringat dengan benar. 

Ada beberapa sifat dalam menggunakan uang yang bisa membuat Anda sulit untuk bisa kaya. Berikut ini sikap yang membuat Anda tak akan pernah kaya seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (27/6/2017):

Besar pasak dari pada tiang

Lebih besar pengeluaran daripada pemasukan akan memberikan tekanan finansial pada diri Anda. Bahkan saat gaji naik, gaya hidup juga akan terus meningkat.

Kondisi ini akan menyulitkan Anda untuk menyesuaikan pemasukan dan pengeluaran pribadi. Akhirnya, kemungkinan terburuk, Anda akan terlilit utang dan kesulitan membayarnya.

Terlalu sering bersenang-senang

Orang kaya akan lebih senang mengembangkan diri dibandingkan bersenang-senang. Lihat saja miliarder Warren Buffett yang mendedikasikan 80 persen waktu luang untuk membaca buku.

Bahkan menurut sebuah penelitian, 67 persen dari orang kaya hanya menonton televisi satu jam per hari. Sebaliknya, hanya 23 persen dari kalangan bawah yang menonton televisi di bawah satu jam.

Tidak menabung

Pada akhirnya, kekayaan tidak ditentukan berdasarkan seberapa banyak uang yang dihasilkan, tapi seberapa besar yang berhasil disimpan. Jika ingin kaya, Anda harus mulai menabung sedini mungkin.

Jangan pernah tergoda menggunakan uang tabungan tersebut kecuali untuk keadaan yang sangat darurat.

Bertahan pada pekerjaan yang tak disukai

Langkah penting dalam menimbun kekayaan adalah mencari dan menemukan kenyamanan pribadi. Setiap pengusaha yang sukses menjadi miliarder ternyata mengikuti passion pribadinya. Artinya, bertahan pada pekerjaan yang tak Anda cintai hanya akan menjauhkan diri dari kekayaan.

Tak ada harapan sukses bagi orang-orang yang memiliki kepribadian negatif. Kesuksesan datang dari bagaimana Anda berusaha secara kooperatif dengan orang lain.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ririn Ekawati Kenang Lebaran Bersama Suami

Posted: 26 Jun 2017 08:00 PM PDT

Ririn Ekawati memang baru dua tahun membina rumah tangga. Tetapi banyak kenangan yang tak terlupakan dengan sosok almarhum suaminya, Fery Wijaya.

Salah satunya, momen menjalani Lebaran bersama suaminya itu. Meski seorang mualaf, dua tahun belakangan ini, Fery selalu menemaninya untuk salat Idul Fitri bersama.

 

"Mas Fery kan baru jadi mualaf dua tahun ini ya. Dia tuh banyak nanya soal agama, terus soal puasa. Kami salat Id bareng. Ya yang berbeda itu ya sekarang aku salat Id sudah enggak sama Mas Fery," kata dia Ririn Ekawati saat dihubungi via telpon, Senin (26/6/2017).

Selain itu, hal lain yang membuat Ririn terkait momen Lebaran bersama almarhum Fery Wijaya adalah, keceriannya saat membagikan THR buat anak-anak kecil usai salat Id. Bahkan, jauh-jauh hari Fery sudah menyiapkan uang dengan pecahan tertentu untuk menyambut Lebaran.

"Terus dia (Fery) tuh seneng kasih salam tempel buat anak-anak kecil. Jadi jauh sebelum Lebaran dia biasanya sudah tukar uang kecil," ujar Ririn yang memiliki bayi  berusia enam bulan dari perkawinannya dengan Fery Wijaya.

Kini hal itu sudah tidak ada lagi. Ririn Ekawati hanya bisa mengingat kenangan bersama dengan sang suami. Pesinetron yang melejit lewat sinetron Muslimah ini berdoa, agar suaminya mendapatkan tempat terindah di sisi-Nya.

"Aku doa tiap hari buat Mas Ferry. Aku yakin Allah tempatkan dia di tempat paling indah," kata Ririn.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangkal Efek Buruk Makanan Lebaran dengan Kayu Manis

Posted: 26 Jun 2017 08:00 PM PDT

 

Untuk urusan rempah penambah citarasa makanan, kayu manis di Indonesia memang masih kalah populer dibanding jahe atau kunyit. Padahal bumbu yang wanginya semerbak ini menyimpan banyak manfaat sehat. 

Apalagi untuk masa-masa sesudah Lebaran ini. Setelah tubuh banyak diisi dengan makanan yang mengandung kolesterol dan gula yang tinggi, kayu manis bisa kembali menetralisir tubuh serta memperkecil efek buruk makanan enak yang kurang sehat tadi. 

Menurut Chyntia Sass, ahli diet dan nutrisi sekaligus kontributor di Health.com, satu sendok teh kayu manis memliki antioksidan yang kemampuannya sama dengan setengah gelas bluberi. Belum lagi, kandungan antimikroba dalam kayu manis mampu memerangi bakteri seperti E. coli dan jamur Candida.

Selain itu, menurut Sass, yang juga adalah ahli diet bagi tim-tim football kenamaan AS, seperti New York Rangers dan Tampa Bay Peckers, rempah-rempah "manis" seperti kayu manis, jahe, dan pala, telah terbukti bisa memberi kepuasan yang biasanya Anda dapatkan dari gula. Sehingga mereka memungkinkan Anda untuk mengurangi konsumsi gula.

Melansir tulisan Sass di Health.com, Selasa (27/6/2017) berikut manfaat kesehatan kayu manis untuk Anda:

Dalam sebuah studi baru dari Penn State, para peneliti menemukan bahwa diet yang kaya akan kayu manis membantu menangkis efek negatif dari makanan berlemak.

Setelah makanan penuh lemak, kadar lemak di dalam darah yang dikenal sebagai trigleserid meningkat. Dan tingkat trigliserid yang terus tinggi secara kronis meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah studi kecil, perubahan akibat penambahan rempah sangatlah signifikan. Pada dua hari yang berbeda, para relawan diminta untuk menambahkan dua sendok makan rempah, termasuk kayu manis, ke dalam makanan berlemak. Makanan ini kemudian diuji dan dibandingkan dengan makanan yang sama namun tanpa rempah.

Contoh darah yang diambil setelah makan menunjukkan, dengan penambahan kadar antioksidan di dalam darah sebanyak 13 persen, rempah-rempahan bisa mengurangi trigleserid sampai dengan 30 persen.

Dalam suatu riset yang dipimpin oleh Departemen Pertanian AS, para peneliti menemukan ekstrak kayu manis yang kaya akan antioksidan bisa membantu menurunkan faktor risiko yang diasosiasikan dengan diabetes dan penyakit jantung.

Dalam studi ini, 22 orang relawan obesitas dengan pradiabetes dibagi menjadi dua kelompok secara acak. Satu grup diberi placebo, grup yang lain diberi satu dosis kayu manis dua kali sehari, bersamaan dengan diet rutin mereka.

Gula darah setelah berpuasa dikumpulkan di awal penelitian dan setelah enam dan 12 minggu. Hasilnya menunjukkan, ekstrak kayu manis meningkatkan status antioksidan, dan membantu menurunkan kadar gula darah.

Kayu manis telah terbukti bisa memperlambat pengosongan perut, yang hasilnya bisa memangkas peningkatan tajam pada gula darah setelah makan. Hal ini juga akan meningkatkan sensitivitas insulin.

Suatu studi dari University of Georgia juga menemukan, kayu manis bisa mencegah kerusakan jaringan tisu dan inflamasi yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah.

ketika kadar gula darah tinggi, gula menyatu dengan protein untuk membentuk senyawa yang bernama produk advanced glycation end (akhir glikasi lanjutan), atau AGE. AGE akan mengaktifkan sistem imun, yang kemudian akan memicu inflamasi dan kerusakan jaringan tisu yang diasosiasikan dengan penuaan dan diabetes.

Dalam studi ini, para peneliti menemukan hubungan langsung yang kuat antara kandungan antioksidan dalam rempah-rempah termasuk kayu manis, dengan kemampuan mereka untuk mencegah terbentuknya AGE.

Efek ini juga bisa nantinya menurunkan risiko kerusakan jantung, karena AGE berkontribusi dalam pengerasan arteri.

Penelitian menunjukkan, hanya dengan mencium kayu manis sudah bisa meningkatkan proses kognitif, namun mengonsumsinya bisa meningkatkan fungsi otak secara signifikan.

Para peneliti dari Wheeling Jesuit University meminta para relawan untuk menyelesaikan tugas berbasis komputer sambil mengunyah permen, tawar atau yang memiliki rasa kayu manis, peppermint, dan melati. Proses kognitif yang paling terdongkrak adalah pada mereka yang diberi permen kayu manis, yang mempercepat respon visual-motorik dan meningkatkan fokus.

Rempah yang wangi ini bisa jadi juga memiliki kemampuan untuk memulihkan otak. Satu studi dari peneliti di Pelayanan Riset Pertanian menemukan, ekstrak kayu manis mencegah pembengkakan pada sel otak, yang biasa ditemukan setelah trauma kecelakaan otak atau stroke.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: 5 Kesalahan Bikin Rumah Berantakan selama Lebaran

Posted: 26 Jun 2017 08:00 PM PDT

Saat Idul Fitri, keluarga besar biasanya berkumpul di satu rumah. Sejumlah persiapan pun perlu dilakukan agar rumah bersih dan nyaman bagi setiap anggota keluarga. Nmaun ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan sehingga membuat rumah makin berantakan.

Kipas angin menjadi salah satu perabot penting di rumah, karena dapat menyingkirkan hawa panas. Fungsinya pun menarik untuk dimaksimalkan, misalnya menjadi lebih sejuk ataupun sekaligus menjadi hiasan.

Berlibur ke Jogja tidak melulu harus ke Malioboro, Prambanan, Kraton atau Ratu Boko. Jika Anda punya waktu lebih di Jogja, cobalah untuk menjelajahi pantai-pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul banyak sekali pantai di Yogyakarta, bagian Selatan.

Simak berita terpopuler hari ini, Selasa (27/6/2017).

1. 5 Kesalahan yang Bikin Rumah Tambah Berantakan selama Lebaran

Merasa rumah Anda tak pernah terlihat rapi? Mungkin ini alasannya.
Saat Idul Fitri, keluarga besar biasanya berkumpul di satu rumah. Sejumlah persiapan pun perlu dilakukan agar rumah bersih dan nyaman bagi setiap anggota keluarga.

Kegiatan bersih-bersih rumah umum dilakukan menjelang Idul Fitri. Dari mulai membersihkan debu di atas meja atau lemari, mengelap jendela, hingga mengepel lantai. Namun, sejumlah kesalahan mungkin Anda lakukan sehingga alih-alih membuat rumah rapi, justru berantakan. Baca di sini.

2. 3 Cara Praktis Maksimalkan Kipas Angin

Kipas angin menjadi salah satu perabot penting di rumah, sehingga menarik jika fungsinya dimaksimalkan. Anda pun dapat melakukannya sendiri. (Foto: iStockphoto)
Kipas angin menjadi salah satu perabot penting di rumah, karena dapat menyingkirkan hawa panas. Fungsinya pun menarik untuk dimaksimalkan, misalnya menjadi lebih sejuk ataupun sekaligus menjadi hiasan.

Menariknya juga, Anda dapat membuat prakarya sendiri di rumah alias do it yourself (DIY) untuk memaksimalkan fungsi kipas angin. Prakaryanya pun dibuat dari bahan-bahan bekas yang mudah ditemukan sehari-hari, misalnya botol plastik atau sedotan. Baca di sini.

3. Nikmati Keindahan 10 Pantai Ini Saat Mudik ke Jogja

Kini giliran para Penyedia Bisnis atau Biro Perjalanan asal India yang diajak melancong ke Jogjakarta dan Bali pada tanggal 15-19 Mei 2017.
Berlibur ke Jogja tidak melulu harus ke Malioboro, Prambanan, Kraton atau Ratu Boko. Jika Anda punya waktu lebih di Jogja, cobalah untuk menjelajahi pantai-pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul banyak sekali pantai di Yogyakarta, bagian Selatan. Baca di sini.

 

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tunggu Penerbangan, Turis Tiongkok Malah Masak Mi di Bandara

Posted: 26 Jun 2017 08:00 PM PDT

Wisatawan dari Tiongkok memang dikenal suka melakukan tingkah aneh maupun konyol ketika tengah melakukan perjalanan ke luar negeri. Hal tersebut pun baru-baru ini berlangsung di bandara Hong Kong.

Sekelompok perempuan dari Tiongkok terlihat membawa rice cooker untuk memasak beberapa mi saat menunggu penerbangan di aula keberangkatan Hong Kong International Airport.

Dalam sebuah video yang diunggah Apple Daily, mereka terlihat berkerumun dan tak menghiraukan pengunjung lainnya selama memasak mi.

Dilansir Shanghaiist, Selasa (27/6/2017), penumpang yang merekam pemandangan langka itu mengatakan jika para perempuan itu terus berpesta dan bersenang-senang selama 40 menit. Meski mereka membersihkannya setelah selesai makan, tapi dia menganggap jika mereka telah menyalahgunakan ruang tunggu keberangakatan dan melanggar peraturan bandara.

(shanghaiist.com)

Menanggapi insiden tersebut, pihak berwenang bandara mengatakan bahwa di dalam bandara ada 1000 soket listrik yang bisa digunakan penumpang untuk mengisi laptop atau perangkat mobile mereka. Jika seseorang ditemukan menggunakannya secara tidak benar, mereka akan diminta untuk mencabut kabelnya. Jika mereka menolak, mereka diminta membayar denda senilai Rp 13 juta dan tiga bulan penjara.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melebar Saat Lebaran? Yuk Bakar Lemak dengan 5 Aplikasi Diet Ini

Posted: 26 Jun 2017 08:00 PM PDT

Tak cuma bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat, Lebaran juga menjadi momen di mana kita semua bisa menyantap makanan-makanan khas seperti ketupat sayur, rendang, sambal goreng hati, opor ayam, serta makanan berkuah santan lainnya.

Memang, tidak bisa dimungkiri akan sangat sulit mengontrol diri saat hendak memakan semua jenis makanan dalam kurun waktu yang begitu singkat.

Tak heran, banyak orang yang mengalami peningkatan berat badan setelah beberapa hari Lebaran berlalu. Pasalnya, konsumsi makanan dengan lemak dan kalori berlebih jadi penyebab utama.

Sebenarnya, jika bisa dikontrol dengan baik, maka kenaikan berat badan tidak akan terjadi. Namun, jika sudah telanjur terjadi, mau bagaimana lagi?

Jangan khawatir, Tekno Liputan6.com punya solusinya: manfaatkan smartphone dengan mengunduh aplikasi pemantau kalori dan berat badan yang dapat menolong kamu membakar lemak setelah menimbun 'dosa' dari makanan-makanan yang kamu santap.

Merangkum berbagai sumber, terdapat lima aplikasi pemantau kalori dan berat badan yang setidaknya patut kamu jajal. Selamat mencoba!

1. Noom Coach: Weight Loss

Noom Coach: Weight Loss memiliki berbagai fitur untuk mengetahui jumlah kalori dalam tiap makanan (tentunya beragam jenis makanan sudah terdapat di dalam daftar), mengukur banyak langkah per hari, dan menyusun target penurunan berat badan pengguna.

Tampilan antarmuka aplikasi ini sangat sederhana. Namun, bebas dari iklan. Selain itu, beragam jenis makanan yang terdapat di dalamnya dapat membuat kamu mudah menghitung kalori yang masuk, baik saat sarapan, makan siang, makan malam, maupun camilan di tengah waktu makan.

Aplikasi ini bisa dibilang menjadi sebuah jurnal makanan pengguna untuk dapat mengontrol asupan makanan secara terperinci. Noom Couch tersedia di App Store dan Google Play Store secara gratis.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

2. Calorie Counter – MyFitness Pal



Calorie Counter yang dibesut MyFitness Pal ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi memiliki daftar menu makanan beserta kalori yang cukup lengkap, sehingga pengguna bisa mengetahui total kalori dalam asupan makanan sehari-hari.

Selain itu, terdapat pula sekitar 350 gerakan fitness untuk mempercepat proses penurunan berat badan yang patut dicoba. Kamu juga dapat menyusun target berat badan ideal yang diinginkan melalui aplikasi ini.

Fitur lain yang hadir adalah menampilkan teman yang juga sedang berada dalam program diet, sehingga kamu akan termotivasi untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa mengunduh Calorie Counter secara gratis di App Store dan Google Play Store.

3. Lose It!

Lose It! punya berbagai fitur yang bisa membantu untuk meraih berat badan yang diinginkan. Di antaranya ada database makanan dan aktivitas yang telah dilakukan, resep makanan sehat, dan memeriksa kecukupan nutrisi. Selain itu, Lose It! juga bisa digunakan tanpa koneksi internet.

Layaknya jurnal makanan yang dikonsumsi sehari-hari, aplikasi ini mengelompokkan apa yang dikonsumsi dan dilakukan. Terdapat grafik perkembangan target yang kamu tentukan dan juga fitur Friends untuk melihat perkembangan teman Anda yang juga menggunakan aplikasi ini.

Lose It! bisa didapatkan secara gratis di App Store dan Google Play Store.

4. Fooducate Healthy Weight Loss



Kamu memiliki kesulitan memilih makanan yang akan dikonsumsi ketika berbelanja? Fooducate Healthy Weight Loss ini bisa jadi jawabannya. Lewat aplikasi ini, kamu dapat scan setiap kemasan makanan dan memutuskan mana yang cocok diambil untuk membuat diet berhasil.

Dengan begitu, kamu bisa lebih cermat memilih makanan yang siap diasup. Sama dengan aplikasi diet lainnya, Fooducate juga dapat melacak total kalori yang dikonsumsi dan kegiatan olahraga harian yang dilaksanakan.

Kamu bahkan juga dapat melihat perkembangan diet dengan fitur grafik waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk iOS dan Android.

5. Healthy Recipes – By SparkRecipes



Jika kamu tetap ingin mengkonsumsi makanan enak selama melaksanakan diet, kamu bisa menggunakan panduan dari aplikasi ini.

Aplikasi yang digarap oleh Spark People Inc tersebut menyediakan berbagai resep masakan yang dapat menjadi menu selama melaksanakan program penurunan berat badan.

Setiap resep yang ada di aplikasi ini dilengkapi dengan total kalori, lama waktu memasak yang dibutuhkan, dan kamu pun dapat menyimpannya ke dalam halaman Favorites.

(Jek/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Akan Rilis Aplikasi Khusus Kreator Konten Video

Posted: 26 Jun 2017 08:00 PM PDT

Facebook dilaporkan kian serius menggarap konten video yang ada di platform-nya. Setelah meluncurkan fitur live streaming tahun lalu, media sosial itu kini mengumumkan kehadiran aplikasi baru yang ditujukan untuk kreator konten video.

Dikutip dari Engadget, Selasa (27/6/2017), aplikasi ini akan terpisah dari Facebook dan rencananya akan dirilis pada akhir tahun 2017. Serupa dengan Facebook Mentions, aplikasi ini hanya tersedia untuk akun terverifikasi, seperti jurnalis, selebritis, atau influencer.

Nantinya, aplikasi ini menawarkan akses untuk melakukan siaran langsung ke Facebook Live termasuk piranti untuk edit video, mulai dari intro dan outro, stiker, serta frame tambahan.

Mengingat aplikasi ini ditujukan untuk kreator konten, Facebook juga menyediakan fitur Community yang memungkinkan mereka berinteraksi dengan follower-nya di Facebook, Instagram, dan Messenger.

Keputusan perusahaan menghadirkan aplikasi ini disebut tak lepas dari jumlah penonton video yang terbilang besar. Sejak akhir tahun lalu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, memang menuturkan platform-nya akan lebih memprioritaskan konten video.

Bahkan awal tahun ini, Facebook telah menerapkan iklan di dalam video yang diunggah ke platform-nya. Cara ini dilakukan sebagai upaya media sosial itu mulai menerapkan monetisasi pada layanannya.

Namun sedikit berbeda dari layanan lain, iklan akan ditampilkan tak lama setelah video diputar. Meski mulai menerapkan monetisasi, kebijakan ini tak akan berpengaruh pada video yang diunggah oleh pengguna biasa.

Rencananya, perusahaan akan berbagi sekitar 55 persen dari pendapatan iklan di video. Melalui kebijakan ini, diperkirakan perusahaan yang kini dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu dapat menghasilkan uang dari video dalam layanannya.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Sandiaga Dapat Dukungan Agus Yudhoyono

Posted: 26 Jun 2017 07:52 PM PDT

Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno sempat mengunjungi kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY saat hari pertama Lebaran, Minggu 25 Juni 2017.

Di kediaman SBY, Anies dan Sandiaga bertemu Agus Harimurti Yudhoyono. Mereka saling bertukar pikiran terkait pembangunan Ibu Kota.

"Mas Agus memberikan dukungan. Mas Agus bilang kita yang muda-muda mesti sering kumpul, tukar pikiran," tutur Sandiaga mengenai pertemuannya dengan Agus di Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (27/6/2017).

Menurut Sandiaga, Agus memiliki banyak gagasan untuk memajukan Jakarta. Karena itu, dia menantikan masukan dari Agus yang juga disapa AHY itu.

"Dia ada beberapa ide bagus untuk Jakarta yang pasti akan di-support. Mas Agus tokoh yang punya track record yang jelas dari segi kepemimpinan. Kita juga harus saling merangkul," kata Sandiaga.

Sebelumnya, SBY menitipkan pesan khusus kepada Anies dan Sandiaga.

"Pak SBY menitipkan pesan bahwa ekspektasi masyarakat tinggi (kepada Anies-Sandi)," ujar Sandiaga.

Dia juga mengatakan, SBY menyampaikan bahwa tantangan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta sangatlah besar. Untuk itu, SBY berharap Anies-Sandiaga dapat merealisasikan janji-janji saat kampanye.

 

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petinggi Spurs: Jangan Coba-Coba Tawar Harry Kane

Posted: 26 Jun 2017 07:45 PM PDT

Direktur Tottenham Hotspur, Daniel Levy, menegaskan Harry Kane tak akan dilego dengan harga berapa pun. Hal tersebut dikatakan salah satu sumber dalam klub berjuluk Spurs tersebut.

Kane disebut-sebut tengah menjadi incaran beberapa klub di bursa transfer musim panas ini. Manchester United (MU) dan Chelsea kabarnya masuk ke dalam daftar klub yang membidik Kane.

Kane tampil spektakuler pada Liga Inggris 2016/17. Striker Timnas Inggris itu mampu mencetak 35 gol dari 38 penampilan di semua kompetisi.

"Setiap klub yang ingin menawar Kane, takkan ditanggapi oleh Levy," ujar sumber tersebut seperti dilansir Sports Mole.

Berkat kontribusinya itu, Spurs berhasil finis di tempat kedua klasemen Liga Inggris. Tim asuhan Mauricio Pochettino itu pun masuk ke Liga Champions untuk musim depan.

"Kami tak punya ketertarikan menjualnya atau siapa pun. Ia pemain penting Tottenham. Tak ada uang yang sanggup membuat Daniel Levy dan manajemen berubah pikiran," ujar sumber tersebut mengakhiri.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suasana Idul Fitri Muslim Cina di Beijing

Posted: 26 Jun 2017 07:41 PM PDT

Seorang anak perempuan mengambil gambar seusai pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid Niujie, Beijing, 26 Juni 2017. Umat muslim di berbagai penjuru dunia merayakan Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Seorang anak perempuan mengambil gambar seusai pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid Niujie, Beijing, 26 Juni 2017. Umat muslim di berbagai penjuru dunia merayakan Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Seorang pria muslim Cina mengambil gambar selama pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid Niujie, Beijing, 26 Juni 2017. Umat muslim di berbagai penjuru dunia merayakan Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Seorang pria muslim Cina mengambil gambar selama pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid Niujie, Beijing, 26 Juni 2017. Umat muslim di berbagai penjuru dunia merayakan Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Umat muslim Cina melaksanakan salat Idul Fitri di masjid Niujie, Beijing, 26 Juni 2017. Masjid Niujie merupakan Masjid bersejarah di Kota Beijing dan mnjadi tempat ibadah masyarakat muslim. (AFP PHOTO / Nicolas ASFOURI)

Umat muslim Cina melaksanakan salat Idul Fitri di masjid Niujie, Beijing, 26 Juni 2017. Masjid Niujie merupakan Masjid bersejarah di Kota Beijing dan mnjadi tempat ibadah masyarakat muslim. (AFP PHOTO / Nicolas ASFOURI)

Umat muslim Cina menunggu dimulainya pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid Niujie, Beijing, 26 Juni 2017. Masjid Niujie merupakan Masjid bersejarah di Kota Beijing dan mnjadi tempat ibadah masyarakat muslim. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Umat muslim Cina menunggu dimulainya pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid Niujie, Beijing, 26 Juni 2017. Masjid Niujie merupakan Masjid bersejarah di Kota Beijing dan mnjadi tempat ibadah masyarakat muslim. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Umat muslim Cina meninggalkan masjid Niujie, Beijing, seusai pelaksanaan salat Idul Fitri, 26 Juni 2017. Masjid Niujie merupakan Masjid bersejarah di Kota Beijing dan mnjadi tempat ibadah masyarakat muslim. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Umat muslim Cina meninggalkan masjid Niujie, Beijing, seusai pelaksanaan salat Idul Fitri, 26 Juni 2017. Masjid Niujie merupakan Masjid bersejarah di Kota Beijing dan mnjadi tempat ibadah masyarakat muslim. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Dua orang anak berdoa usai mengikuti salat Idul Fitri, di masjid Niujie, Beijing, 26 Juni 2017. Masjid Niujie merupakan Masjid bersejarah di Kota Beijing dan mnjadi tempat ibadah masyarakat muslim. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Dua orang anak berdoa usai mengikuti salat Idul Fitri, di masjid Niujie, Beijing, 26 Juni 2017. Masjid Niujie merupakan Masjid bersejarah di Kota Beijing dan mnjadi tempat ibadah masyarakat muslim. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Supaya Nyaman, KAI Imbau Penumpang Tak Bawa Barang Berlebih

Posted: 26 Jun 2017 07:36 PM PDT

PT KAI mengimbau kepada penumpang tak membawa barang berlebihan di kereta api. Selain demi keamanan, membawa barang seperlunya juga demi menyamanan mengguna jasa kereta api.

VP Public Relation PT KAI Agus Komarudin mengatakan, imbauan itu diberikan supaya perjalan menggunakan kereta nyaman. Pasalnya, barang yang berlebihan di kereta akan mengganggu penumpang lain.

"Dari awal kita imbau penumpang kereta api membawa barang secukupnya nggak terlalu banyak, tentunya akan mengganggu penumpang lainnya, entah kenyamanannya," kata dia kepada Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (27/6/2017).

Dia menuturkan, terkait bawaan barang ini, KAI telah menerapkan beberapa ketentuan. "Tetap sih, ada (yang bawa barang berlebih), tapi kita itungan berdasarkan ukuran, dimensinya juga," ujar dia.

Agus menjelaskan, setiap penumpang diperbolehkan membawa barang ke kereta api dengan berat maksimum 20 kg dan volume atau dimensi maksimal 100 dm3 (70cmx48cmx30cm). Penumpang yang memenuhi ketentuan ini tidak dikenakan biaya.

Ketentuan selanjutnya, barang dengan maksimal 40 kg dengan volume maksimal 200dm3 (70cmx48cmx60) masih diperbolehkan masuk kereta penumpang atau kabin. Namun, dikenakan biaya kelebihan bagasi atau membeli tempat duduk ekstra.

Adapun ketentuannya, untuk kelebihan per kg kelas eksekutif sebesar Rp 10 ribu, kelas ekonomi bisnis atau ekonomi komersial Rp 6 ribu, dan kereta api ekonomi non komersial Rp 2 ribu.

"Kemudian bagasi yang melebihi ukuran misalkan maksimum yang masuk kabin 70x48x60 cm dia bisa masuk kabin. Tapi dia melebihi ukuran misal 40 kg, atau berapa. 40 kg dikurangi 20 kg. 20 kg dikali biaya per kg nya," jelas dia.

Namun, jika penumpang melebihi ketentuan di atas yakni memiliki volume di atas 200dm3 maka barang tersebut diletakkan di luar kereta penumpang. Artinya, barang itu diletakan di kereta barang.

"Ada kereta barang sendiri, ada itu bagasi. Misal barangnya dulu baru orangnya. Ambil stasiun," tandas dia.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Putus, Neymar Langsung Gaet Model Cantik Lagi

Posted: 26 Jun 2017 07:30 PM PDT

Belum lama ini bintang Barcelona, Neymar mengumumkan statusnya sebagai pria single. Dia putus dengan sang kekasih model sekaligus aktris cantik, Bruna Marquezine.

Neymar keceplosan dalam sebuah wawancara saat menghadiri acara amal di Brasil. "Saya tidak suka membahas urusan pribadi, tapi ya, saya dan Bruna berpisah," katanya.

Selama ini Neymar dan Bruna memang sudah berkali-kali putus nyambung. Namun setiap kali putus, mereka melakukan secara baik-baik, termasuk sekarang.

"Keputusan sudah diambil. Saya sangat kagum dengan Bruna dan berharap dia bahagia, bukan cuma untuk karier, tapi juga kehidupan pribadi," Neymar menegaskan.

Tapi hanya berselang beberapa hari setelah mengumumkan berpisah dengan Bruna, sekarang malah mencuat kabar Neymar sudah memiliki gandengan baru.

AS menulis, Neymar menggaet model cantik Caroline Caputo. Nama gadis 23 tahun itu tengah naik daun di Brasil, dia membintangi beberapa iklan produk kenamaan.

Neymar dan Caroline kabarnya bertemu di sebuah kelab malam di Sao Paulo. Sejak saat itu mereka terus berhubungan. Bahkan saat acara amal pekan kemarin, sejumlah wartawan melihat mantan pemain Santos tersebut menerima pesan dari Caroline.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Sorotan Media Asing Pada Liburan Obama

Posted: 26 Jun 2017 07:30 PM PDT

Kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia menjadi sorotan media dunia, membuat heboh masyarakat di Ubud, Bali, sekaligus menjadi pusat perhatian pembaca Liputan6.com kanal Globa pada Selasa (27/6/2017) pagi.

Obama dijadwalkan memenuhi undangan makan siang dari Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada 30 Juni.

Masih terkait dengan suasana Idul Fitri, para pembaca juga tertarik membaca pesan Idul Fitri yang disampaikan oleh Presiden Donald Trump kepada warga Muslim dunia.

Berikut adalah Top3 Global selengkapnya: 

 

1. Liburan Barack Obama di Indonesia Jadi Sorotan Media Asing

Presiden AS, Barack Obama berbicara pada sebuah pertemuan di balai kota 6 April 2011 di Gamesa Technology Corporation di Fairless Hills, Pennsylvania. (William Thomas Cain / Getty Images / AFP)

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, telah tiba di Bali pada 23 Juni lalu. Pulau Dewata menjadi tempat pertama yang dipilih Obama dan rombongannya, dalam rangkaian kunjungan ke Indonesia yang dijadwalkan berlangsung selama 10 hari.

Rencananya, Obama yang ditemani oleh istri dan dua anaknya itu akan berlibur di Bali hingga 28 Juni. Di sana, mereka akan mengunjungi sejumlah tempat wisata seperti Istana Tampak Siring, Pura Tirta Empul, Nusa Dua, Pantai Pandawa, Uluwatu, Bedugul, dan Pura Tanah Lot.

Dari Bali, Obama dijadwalkan bertolak langsung ke Yogyakarta dan mengunjungi sejumlah tempat wisata di sana. Dia akan menghabiskan waktu di lokasi tersebut sebelum memenuhi undangan makan siang dari Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada 30 Juni.

Selanjutnya...


2. Kedatangan Obama Buat Masyarakat Ubud Heboh

Barack Obama saat berada di terasering Jatiluwih, Tabanan, Bali, beserta Michelle Obama dan Sasha Obama. (AFP)

Kedatangan Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, membuat heboh warga Ubud, Bali. Mayoritas masyarakat Ubud mengetahui bahwa mantan pemimpin Negeri Paman Sam ada di daerahnya.

Ketika pertama kali tiba di penginapan di Ubud Raya Hotel, Minggu, 25 Juni 2017, tim Liputan6.com langsung diberi tahu perihal Obama yang sedang berada di Ubud.

"Obama lagi di sini pak, kalau naik sepeda motor ndak sampai 10 menit," sebut resepsionis Ubud Raya Hotel.

Pemilik warung makan Mang Indro di Ubud, juga memberitahu hal yang sama. Ia mengatakan bahwa politikus Partai Demokrat itu sedang berada di dekat tempatnya berjualan.

Selanjutnya...


3. Pesan Lebaran Donald Trump kepada Muslim Dunia

Donald Trump saat mengumumkan hengkangnya AS dari Kesepakatan Paris di Gedung Putih (1/6/2017) (AP Photo/Andrew Harnik)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump turut menambah daftar pemimpin dunia yang menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri.

Trump menyampaikan salam hangat kepada umat muslim setelah pemerintahannya diketahui tidak menyelenggarakan tradisi Ramadan di Gedung Putih seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dikutip dari laman Straits Times, Minggu 25 Juni 2017, Trump beserta keluarga menyampaikan pesan bagi umat muslim yang merayakan hari kemenangan.

"Selama Ramadan, kita diingatkan akan pentingnya belas kasih dan niat baik. Kini Amerika Serikat tengah memperbaharui komitmennya demi menghormati dan meneladani nilai-nilai tersebut," ujar Presiden Trump.

Selanjutnya...

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indeks Saham Jepang Pimpin Penguatan di Bursa Asia

Posted: 26 Jun 2017 07:18 PM PDT

Bursa saham Jepang menguat di awal perdagangan Selasa pekan ini seiring yen melemah. Indeks saham Jepang Nikkei naik 0,4 persen ke level 20.235,79. Yen melemah bakal mendorong ekspor Jepang. Ini menjadi sentimen positif untuk bursa saham dan ekonomi Jepang.

Pada perdagangan saham di bursa Asia cenderung mendatar pada Selasa (27/6/2017). Indeks saham Australia melemah 0,3 persen. Sedangkan indeks saham Korea Selatan Kospi sedikit berubah.

Di pasar global kemarin, bursa saham Amerika Serikat (AS) bervariasi. Indeks saham Dow Jones menguat, sedangkan indeks saham S&P melemah tipis. Analis menilai, ada kekhawatiran di pasar keuangan yaitu harga komoditas terutama minyak yang agak goyah.

"Meski pun bijih besih dan harga minyak mentah stabil, pemulihan mereka tidak memiliki kekuatan. Pasar saham AS juga menguat namun kinerjanya sangat rawan dengan penurunan saham teknologi yang tinggi," tutur Masafumi Yamamoto, Kepala Riset Mizuho Securities, seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (27/6/2017).

Harga minyak melanjutkan kenaikan seiring aksi beli pelaku pasar. Namun kenaikan pasokan minyak mentah di AS dan negara lain membatasi kenaikan harga minyak itu. Harga minyak mentah AS naik 0,15 persen menjadi US$ 43,45 per barel.

Di pasar uang, euro stabil di kisaran US$ 1,1181. Mata uang euro kembali menguat ini usai pimpinan bank sentral Eropa Mario Draghi menyatakan dampak dari pelonggaran kebijakan moneter.

Ia menuturkan, kalau tingkat bunga rendah menciptakan lapangan kerja, mendorong pertumbuhan dan keuntungan pinjaman terutama para peminjam, sehingga akhirnya mengurangi ketidaksetaraan.

Dia juga menolak akan keluar dari kelonggaran kebijakan moneter dalam waktu dekat. Alasannya pengetatan moneter terlalu dini akan menyebabkan resesi baru dan lebih banyak ketidaksetaraan.

Sementara itu, dolar AS menguat terhadap yen di kisaran 111,950 usai menguat 0,5 persen. Mata uang AS menguat menjelang pidato pimpinan the Federal Reserve atau bank sentral AS Janet Yellen yang akan dirilis pada Selasa pekan ini.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Open House di Rumah JK, Warga Mendapat Kue dan Uang

Posted: 26 Jun 2017 07:18 PM PDT

Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali menggelar open house di kediamannya hari ini. Kali ini di rumah pribadinya Jalan Haji Bau Makassar, Sulawesi Selatan.

Open house ini diawasi langsung oleh Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti bersama Kapolda Sulsel Irjen Muktiono.

"Antusiasme masyarakat sangat tinggi ingin berjumpa dan bersalaman dengan Bapak Wapres, sehingga perlu pengawasan hingga pengamanan lebih ketat dan teratur," kata Pangdam Agus Surya Bakti kepada Liputan6.com, Selasa (27/6/2017).

Pada open house kali ini, ribuan warga miskin telah mengantre sepanjang Jalan Haji Bau untuk bersalaman dan mendapat kue dan amplop berisi uang dari Wapres yang akrab disapa JK tu.

Menurut Agus, sistem pengamanan yang diberlakukan kali ini sangat ketat untuk menghindari terulangnya insiden warga terinjak-injak saat mengantre dan mencegah adanya penyusup yang berniat mengacaukan acara.

"Pengamanan kali ini kita buat sekat-sekat agar semuanya berjalan kondusif. Warga yang usia lansia, pria, perempuan dan anak-anak jalur antreannya dipisahkan sehingga diharapkan tak ada yang terinjak-injak," papar Agus.

Acara halalbihalal bersama masyarakat miskin ini merupakan acara tahunan yang digelar Wapres JK setiap Lebaran. Acara ini dihadiri ribuan orang yang berasal dari seluruh daerah di Sulsel.

"Sejak pukul 07.00 hingga pukul 08.00 Wita, masyarakat yang datang diperkirakan sudah berjumlah 5.000-an orang dan diperkirakan terus bertambah," ujar Agus.

Seorang warga yang mengantre, Indah (20) mengungkapkan, datang bersama keluarga ke rumah JK.

"Tadi usai salaman dengan Pak Wapres (Jusuf Kalla), kami diberi per orang bingkisan kue dan uang Rp 100 ribu untuk dewasa dan anak-anak Rp 50 ribu. Tahun ini lumayan dibanding tahun kemarin, tak ada uang yang dibagi," ujar Indah dengan semringah.

 

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Roma Bidik Striker Terbuang Inter Milan

Posted: 26 Jun 2017 07:15 PM PDT

Nasib striker Inter Milan, Stevan Jovetic, hingga kini masih belum jelas. Sevilla yang meminjamnya sejak Januari lalu tak sanggup menebus 14 juta euro untuk mempermanenkannya, sebagaimana yang diminta oleh Inter.

Kabar terbaru menyebutkan, AS Roma mulai mempertimbangkan merekrut Jovetic untuk menambah ketajaman lini depan mereka musim depan. Mantan striker Fiorentina dan Manchester City itu dianggap punya kapasitas yang mumpuni untuk diduetkan dengan atau menjadi pelapis Edin Dzeko.

Dilansir dari Sky Italia, Direktur Olahraga AS Roma, Monchi, yang membawa Jovetic ke Sevilla di bulan Januari, diyakini sebagai sosok yang ingin memboyong penyerang 27 tahun itu ke Roma. Ia kabarnya serius ingin merekrut Jovetic untuk kedua kalinya.

Jovetic awalnya mengorbit saat membela Fiorentina pada 2008-2013. Kelincahan dan ketajamannya membuat Manchester City tergiur dan menggelontorkan uang 26 juta euro untuk merekrutnya pada musim panas 2013.

Di Liga Inggris, penyerang internasional Montenegro itu melempem, dan kembali ke Italia, bergabung dengan Inter Milan pada 2015 sebagai pemain pinjaman. Namun setelah dipermanenkan pada 3 Januari 2017, I Nerazzuri malah meminjamkannya ke Sevilla tujuh hari kemudian, atau 10 Januari 2017.

Di Sevilla, Jovetic kembali menemukan ketajaman. Ia langsung mencetak gol di penampilan perdananya saat melawan Real Madrid dalam leg kedua babak 16 besar Copa del Rey yang berakhir dengan skor 3-3. Tiga hari berselang, ia kembali mencetak gol ke gawang Madrid di La Liga dan mengantarkan Sevilla menang 2-1.

Total, selama enam bulan masa peminjamannya di Sevilla, Jovetic menyumbang 7 gol dan 5 assist dalam 24 penampilan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak, Ucapan Selamat Idul Fitri dari Para Kepala Negara

Posted: 26 Jun 2017 07:13 PM PDT

Umat Muslim di seluruh dunia merayakan Hari Idul Fitri atau hari kemenangan. Ucapan selamat lebaran pun datang dari sejumlah pemimpin dunia.

Mulai dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen Raja Abdullah dari Yordania dan Raja Salman dari Arab Saudi.

Ucapan yang disampaikan melalui media sosial maupun secara lisan. Bahkan pesan selamat Hari Raya Idul Fitri yang disampaikan presiden perempuan pertama Taiwan di laman Facebook terkesan spesial karena diucapkan dalam Bahasa Indonesia.

Seperti apa ucapan Idul Fitri para kepala negara tersebut?

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

Sedikit beda, ucapan Idul Fitri Presiden Taiwan ini diucapkan dalam Bahasa Indonesia.

"Selamat Idul Fitri," ungkap Presiden Tsai Ing-wen pada akhir rekaman sebuah video.

Demikian disebutkan dalam keterangan tertulis The Taipei Economic and Trade Office (TETO) yang diterima Liputan6.com.

Presiden Tsai Ing-wen juga mengucapkan terima kasih kepada Tenaga Kerja Indonesia atas sumbangsih mereka terhadap pembangunan Taiwan.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Presiden Amerika Serikat Donald Trump turut menambah daftar pemimpin dunia yang menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri.

Trump menyampaikan salam hangat kepada umat Muslim setelah pemerintahannya diketahui tidak menyelenggarakan tradisi Ramadan di Gedung Putih seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dikutip dari laman Straits Times, Trump beserta keluarga menyampaikan pesan bagi umat muslim yang merayakan hari kemenangan.

"Selama Ramadan, kita diingatkan akan pentingnya belas kasih dan niat baik. Kini Amerika Serikat tengah memperbaharui komitmennya demi menghormati dan meneladani nilai-nilai tersebut," ujar Presiden Trump.

Ucapan Idul Fitri juga diungkapkan Raja Abdullah dari Yordania. Dia mengucapkan selamat melalui unggahan di Twitter.

"Semoga Tuhan menerima perbuatan baik kita semua dan semoga ini menjadi kesempatan yang diberkati serta membawa damai dan kemakmuran bagi negara kita dan rakyatnya," tulis Raja Abdullah.

Raja Salman Arab Saudi

Kepala negara lain yang mengucapkan Idul Fitri adalah Raja Salman. Dia menyampaikan dengan diwakili Menteri Kebudayaan dan Informasi Awwad bin Saleh Al-Awwad.

"Dunia saat ini menderita karena terorisme. Ini memang momok zaman, mereka telah mengganggu keamanan dan keselamatan dalam masyarakat yang damai. Kami memberikan perhatian besar untuk memperkuat keamanan dan stabilitas di seluruh dunia," ujar Raja Salman melansir Saudi Gazette.

 

Kepala negara yang mengucapkan Selamat Idul Fitri lewat media sosial adalah PM Inggris Theresa May.

Pesan itu ia sampaikan melalui akun resmi Twitter-nya @Number10gov. May turut mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada muslim yang bermukim di Inggris dan seluruh dunia.

"Saya mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh umat muslim di Inggris dan seluruh dunia. Saya juga mengucapkan rasa terima kasih kepada lebih dari tiga juta umat muslim Inggris yang telah memberi kontribusi dan nilai-nilai berharga untuk negeri," ujar May.

May juga menyampaikan bahwa Idul Fitri adalah momen yang sangat spesial. Berawal dari satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa, menahan hawa nafsu, kemudian diakhiri dengan kemenangan.

Perdana Menteri Inggris itu menilai, bulan Ramadan adalah salah satu cara manusia untuk mengintrospeksi diri.

May menyampaikan Negeri Ratu Elizabeth itu bangga dengan keberagaman rakyat di negaranya. Terdapat banyak ras dan keberagaman kepercayaan.

"Selama satu bulan terakhir, banyak muslim Inggris yang berbagi rezeki kepada masyarakat yang berbeda keyakinan. Membantu beberapa komunitas dan menjalankan buka puasa bersama demi terciptanya rasa toleransi," ujar May.

Tak hanya itu, Theresa May juga menanggapi permasalahan teroris yang melanda Inggris beberapa waktu yang lalu.

"Saya juga merasa sedih ketika terjadi hal-hal buruk yang menimpa Inggris beberapa waktu yang lalu. Salah satunya serangan mobil yang menimpa jemaah di masjid Finsbury Park. Dan itu adalah serangan teroris kedua yang terjadi di Inggris dalam satu bulan," ujar May.

Dalam video yang berdurasi 1 menit 51 detik itu, May menganggap serangan yang terjadi memiliki motif lain untuk memisahkan dan memecah belah persatuan bangsa. Ia juga mengatakan benih-benih kebencian dan kejahatan tak akan pernah berhasil melawan niat baik.

Sebagai penutup, Theresa May kembali mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dan berharap hal itu bisa jadi momen persatuan dan kesatuan.

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Sepetak Lahan Milik Donald Trump, Ada Apa di Dalamnya?

Posted: 26 Jun 2017 07:12 PM PDT

Blok apartemen, hotel mewah dan kelab eksekutif adalah sejumlah properti milik Donald Trump. Namun, siapa sangka presiden ke-45 Amerika Serikat itu memiliki sekitar 1.000 meter per segi lahan kosong berupa rawa dan semak di Florida.

Rawa semak belukar itu terletak di salah satu county termiskin di negara bagian Florida. Sang presiden telah memiliki dan membayar pajak properti itu semenjak 2005.

Dikutip dari The Guardian, Selasa (27/6/2017), Trump membeli lahan itu sebesar US$ 1 dari perempuan bernama Nazeema Carrico yang memiliki studio foto khusus pemotretan lingerie.

Lahan itu sama sekali tak menghasilkan uang, tak ada jalan atau tapak semen sementara. Tak ada tanda-tanda untuk dibangun. Rawa dan semak-semak itu hanya cocok untuk nyamuk yang mengganas saat musim panas Florida.

Ketertarikan Trump atas lahan semungil itu menjadi misteri bagi warga sekitar.

Salah satunya adalah Raymond McIntyre, juru taksir properti di Highlands County, kawasan pensiunan yang terkenal dengan buah jeruknya.

"Banyak orang di sekitar sini membutuhkan jip atau helikopter untuk mengirim barang bahkan surat-menyurat. Tapi tanah yang satu itu, korespondensi administrasi langsung dialamatkan ke Trump Tower di New York," kata McIntyre.

Sebidang tanah kecil Trump, yang catatannya menunjukkan bahwa dia membayar pajak US$ 69,87 pada 2016, adalah satu dari ratusan lahan berukuran sama dan dimiliki secara individual di daerah sebelah barat Danau Jackson Sebring yang dikenal sebagai Orange Blossom Estates.

Pada akhir 1960-an, sebuah perusahaan bernama Land Services Sebring mengakuisisi lahan-lahan county yang luas dan menjual subdivisi dengan tujuan mengembangkannya menjadi wisma.

Saat itu, era spekulasi di Florida mencapai puncaknya. McIntyre mengatakan, para pengembang mulai berteriak-teriak karena proyek mereka gagal.

Perusahaan itu, bagaimanapun, terperosok dalam sejumlah tuntutan hukum dan akhirnya bangkrut. Hal itu membuat pemilik lahan tak lagi berharga. Beberapa dikembangkan secara pribadi namun lebih banyak lagi, termasuk sebagian besar di lingkungan tempat Trump berada, tak tersentuh. Menurut catatan county, ribuan petak lahan yang belum berkembang telah terlantar selama beberapa dekade.

Undang-undang baru sekarang mengharuskan pengembang menyediakan infrastruktur seperti jalan, pembuangan limbah dan drainase sebelum mereka bisa membagi dan menjual barang. Tapi peraturannya sudah terlambat bagi mereka yang tanahnya hanya bisa diakses dengan lintasan lumpur, atau dalam banyak kasus, sama sekali tak bisa tersentuh.

"Bagi banyak pemilik lahan ini, mereka membayar lebih dalam pajak properti dalam 15 tahun terakhir daripada nilai tanah sebenarnya," kata McIntyre.

Semua itu memicu ketertarikan Trump atas tanah itu, yang nilainya sekarang "hanya" US$ 4.280.

Ketertarikan itulah yang membuatnya makin misterius. Di lahan itu, tidak ada sumber daya alam seperti gas atau minyak di mana pun dekat, kata departemen zonasi county tersebut.

Ada lapangan golf terdekat, tapi dimiliki oleh pemerintah setempat dan tidak tersedia untuk dikembangkan. Selain itu, ada batasan lingkungan di darat, yang menampilkan padang rumput Florida yang dilindungi yang biasa disebut cut-throat, yang akan menempatkan hambatan lebih jauh jika lahan itu kelak akan dibangun.

"Indah sekali, damai dan tenang di sekitar sini seperti apa adanya," kata Clovena Minkah, tetangga lahan Trump yang telah tinggal di sana selama 20 tahun dan rumahnya menempati satu-satunya lahan yang telah dikembangkan di daerah sekitar.

"Rusa kadang datang dan duduk di halaman dan hanya akan bising saat anak-anak mengendarai kendaraan ATV mereka di malam hari. Dan jalur ke rumah saya banjir setiap kali hujan. Saya sudah berusaha minta agar pemerintah daerah memperbaikinya," lanjutnya.

 

Kondisi kepemilikan lahan itu sama-sama membingungkan dengan alasan Trump mempertahankannya lebih dari satu dekade. Terutama dengan latar belakang penjual, Nazeema Carrico.

Sejatuh-jatuhnya harga tanah, bagaimana bisa ia menjual lahan 1.000 meter per segi itu hanya dengan US$ 1 atau sekitar Rp 13 ribu.

Pemilik awal, Nona Carrico, memiliki tanah itu hanya beberapa minggu setelah ia membelinya pada Juni 2005 seharga US$ 3.300 dari seorang pria di Ohio, yang meninggal awal tahun ini.

Sejak perceraiannya pada 2015, Carrico (41) sekarang menggunakan nama Nazeema Moonab dan tinggal di rumah seluas US$ 550.000 di Covington, Georgia.

Catatan menunjukkan bahwa anggota keluarganya memiliki ratusan petak tanah yang kecil dan belum dikembangkan di Highlands County. Namun Carrico menyerahkan kepemilikan sekitar 50 lahan itu kepada mantan suaminya sebagai bagian dari penyelesaian perceraian.

Carrico tidak menjawab pesan dari Guardian yang mencari komentar terkait tanah itu. Ia juga menghapus profil Facebook dan Instagram pada hari yang sama saat permintaan kontak oleh Guardian dilakukan.

Sepupu Carrico di Tamarac, South Florida, menolak mengetahui apapun tentang dia, dan dua saudara dekat lainnya yang dihubungi melalui telepon di tempat lain di negara bagian itu menutup telepon.

"Tetangga" Trump di lahan tak terurus itu juga bingung dengan bagaimana seorang presiden, pengembang properti yang produktif, mendapat keuntungan dari sepetak tanah itu.

Rosa Salmeron (56) membayar US$ 12.000 untuk tempat yang berdekatan dengan Trump pada 2005. Harga tanah miliknya sekarang dihargai setengah dari angka itu.

Perempuan itu mengatakan bahwa dia tidak mengharapkan untuk mengobrol lewat pagar pembatas lahannya dengan Trump dalam waktu dekat.

"Saya tidak akan mengatakan apapun kepadanya," kata Salmeron, yang tinggal di Florida Selatan dan mengakui bahwa dia belum pernah mengunjungi sebidang tanah yang dimilikinya.

"Saya membelinya sebagai investasi tanah, bukan untuk pembangunan, tapi tidak pernah berhasil. Saya terkejut bahwa Trump juga menjadi pemilik salah satu petak lahan di situ. "

Trump Organization, yang mengelola portofolio kepemilikan real estate Trump, tidak menanggapi permintaan wawancara terkait lahan rawa rahasia itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga: Saya dan Pak Djarot Sudah Saling Kirim SMS

Posted: 26 Jun 2017 07:01 PM PDT

Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan - Sandiaga Uno batal menemui Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat. Waktu menjadi penyebab utama gagalnya pertemuan tersebut.

Sandiaga menyampaikan, meski tidak jadi bertemu dan bersilaturahmi dengan Djarot, mereka sudah saling bertukar pesan singkat.

"Kemarin sudah SMS-an. Beliau bilang sementara SMS dulu ya. Karena beliau ya jadwalnya sangat padat, kita memaklumi," tutur Sandiaga di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (27/6/2017).

Menurut Sandiaga, isi dari pesan singkat mereka secara umum terkait semarak Idul Fitri. Keduanya bertukar salam dan saling bermaafan.

"Salam ke keluarga. Saya juga ucapkan salam dan bilang 'Pak, belum sempat'. Bapaknya sibuk. Iya dia bilang yang penting berkabar atau SMS dan beliau kirim salam untuk keluarga," jelas dia.

Pesan singkat itu dinilai menjadi perantara sementara pertemuan Anies-Sandi dengan Djarot. Jika sudah tepat waktunya, Sandiaga sangat berharap dapat menuntaskan niat temu sapa dan silaturahmi bersama Djarot.

"Jadi ya sudah terobati sedikit. Nanti begitu sudah agak lowong setelah beliau jadwalnya tidak terlalu padat. Saya dan Pak Anies sih anytime, prioritasnya itu," kata Sandiaga Uno.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musibah Roller Coaster di Pekanbaru Pancing Komentar Legislator

Posted: 26 Jun 2017 07:00 PM PDT

Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Riau, meminta pihak kepolisian setempat mengusut tuntas penyebab kecelakaan kerja yang menewaskan seorang teknisi wahana permainan roller coaster di wilayah setempat, Jumat malam, 24 Juni lalu.

"Operasional Wahana Permainan Keluarga Crazy Cap Coaster atau roller coaster mini di lantai tiga Transmart Pekanbaru harus dihentikan sementara. Terlebih, libur Lebaran ini pengunjung pasti akan ramai," ucap Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi di Pekanbaru, Senin, 26 Juni 2017, dilansir Antara.

Ia menjelaskan, penghentian sementara operasional wahana permainan itu agar mempermudah aparat kepolisian setempat mengusut tewasnya teknisi wahana saat tengah memperbaiki roller coaster.

"Kita harus pastikan keamanan wahana bermain di Transmart tersebut sebelum beroperasi lagi," ujar dia.

Tujuannya, menurut dia, agar pengunjung terutama anak-anak sebagai pengguna aman dan selamat dalam bermain. Dengan demikian, tidak jatuh korban lagi.

Selain itu, Azwendi berharap pihak kepolisian menyampaikan hasil penyelidikan mereka secara transparan agar di kemudian hari bisa menjadi kewaspadaan bagi masyarakat.

"Polisi harus ungkap ini ke publik, apa masalah yang terjadi di tempat itu. Kalau memang kelalaian manusia harus ditindak, dan kalau persoalan safety berarti wahana itu harus ditinjau ulang izinnya," ia menegaskan.

Politikus Demokrat ini juga menuturkan, sejak awal ia meragukan keamanan wahana roller coaster tersebut. Menurut dia, launching-nya seakan-akan tergesa-gesa dan lokasi yang hingga hari ini belum tuntas pengerjaannya.

"Harusnya Pemkot Pekanbaru sebelum memberikan suatu tempat usaha beroperasi, dipastikan dulu fasilitas dan keamanannya. Kalau sudah kejadian seperti ini kan repot jadinya baru beroperasi sebulan sudah memakan korban," kata dia.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Guinness World Record mencatat pada tahun 2010 silam sebanyak 102 orang juga melakukan aksi serupa dengan menaiki roller coaster di Inggris.

Merujuk informasi yang diperoleh Liputan6.com, wahana permainan di Trans Studio Mini yang berada di Transmart, Jalan Soekarno-Hatta, Pekanbaru, tersebut belum dua bulan beroperasi. Roller coaster yang sempat mogok diduga tiba-tiba saja berjalan sendiri dan menabrak kepala teknisi yang sedang memperbaikinya.

Kejadian pada Jumat malam, 23 Juni 2017, langsung menewaskan teknisi Muhammad Afif Noval. Nyawa korban melayang setelah terseret dan mengalami luka parah di bagian kepala dan telinganya.

Saat dikonfirmasi, Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota (Wakapolresta) Pekanbaru Ajun Komisaris Besar Edy Sumardy Priadinata mengaku sudah turun ke lokasi untuk menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Sudah ke sana dan mengecek langsung, korbannya karyawan di sana," ucap mantan Kapolres Kampar ini, Sabtu pagi, 24 Juni 2017.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian nahas yang menimpa pria 18 tahun itu diduga bermula ketika roller coaster di Trans Studio Mini mendadak berhenti. Sebagai teknisi, korban langsung mengecek penyebab wahana yang ramai dinaiki pengunjung ini bisa berhenti.

Saat mengecek di perlintasan, tiba-tiba roller coaster tadi berjalan sendiri dan menghantam kepala korban. Peristiwa ini langsung membuat pengunjung histeris dan menjadikan tubuh korban yang tak berdaya sebagai tontonan.

Petugas lainnya berusaha menyelamatkan korban. Hanya saja, karena benturan keras serta kehabisan darah, korban tak bisa diselamatkan. Aparat kepolisian yang bertugas langsung mengamankan lokasi.

Dengan cepat, peristiwa ini menyebar luas di media sosial Instagram. Salah satu akun atas nama Lokerriau menjelaskan, korban bekerja di bagian perbaikan. Akun ini juga menyebut kronologi korban meninggal dunia.

"Jadi pas perbaiki. Roller coasternya jalan sendiri. Jadi dia ketabrak. Tapi, nggak sempat jatuh karena bajunya ketahan, ketabraklah telinga sama kepalanya," tulis akun tersebut.

"Muhammad Afif namanya min, baru tamat 2017 ini, ngelamar kerja di Transmart sebagai teknisi wahananya. Kejadian yang saya tahu wahana roller coasternya itu tiba-tiba mati mendadak, terus pas teknisinya lagi benerin, wahana roller coasternya hidup sendiri, nggak tahu mungkin pas lagi dibenerin mesinnya nggak dimatikan. Jadi dianya ketabrak," Lokerriau menambahkan dalam akun Instagram-nya.

Namun, saat itu, belum ada keterangan resmi dari pengelola Transmart ataupun Trans Studio Mini. Beberapa karyawan yang ditemui Liputan6.com memilih menutup mulut. Sementara, pengelola masih enggan ditemui dengan alasan masih melakukan perbaikan.

Wahana permainan roller coaster di Skotlandia tiba-tiba berhenti saat sedang beroperasi (Foto: PA).

Operasional wahana permainan keluarga "Crazy Cap Coaster" atau roller coaster mini di lantai tiga Transmart, Pekanbaru, Riau, yang menyebabkan seorang teknisi tewas, dikabarkan dihentikan hingga waktu tidak ditentukan.

"Masih dalam proses pendalaman dan akan kami cek ke penyidiknya," kata Wakapolresta Pekanbaru, AKBP Edi Sumardi saat dihubungi melalui telepon seluler atau ponsel di Pekanbaru, Sabtu, 24 Juni 2017, seperti dikutip dari Antara.

Edi menyatakan, kini pihaknya belum bisa menyatakan kapan wahana tersebut bisa beroperasi lagi.

Adapun Fernandes selaku Koordinator Wahana Permainan Transmart saat dijumpai Antara di mal yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Pekanbaru, tersebut mengakui bahwa terkait kecelakaan kerja pihaknya telah menyerahkan kasusnya dan konfirmasi satu pintu ke Wakapolresta Pekanbaru.

Namun, mengenai operasional permainan yang sudah merenggut nyawa teknisi Transmart tersebut, Fernandes mengakui sejak pagi tidak dihidupkan. Alasannya karena sedang proses perbaikan.

"Wahana ini dari tadi enggak aktif, belum tahu kapan dan masih menunggu kabar dari pimpinan HRD," ujar dia.

Ia menceritakan, wahana ini biasanya beroperasi tiap hari sejak diresmikan awal Ramadan kemarin. "Biasanya hidup pagi pukul 10.00-15.00 WIB. Kemudian shift siang pukul 15.00-22.00 WIB," ia membeberkan.

Penumpang wahana permainan ini tidak dibatasi usia, tapi ukuran tinggi badan. "Yang bisa naik permainan ini batasannya tinggi badan minimal 110 sentimeter, umur tak ada batasan. Hanya bagi yang punya riwayat sakit jantung tensi tinggi, ibu hamil ditanyakan dulu tidak dibolehkan naik karena membahayakan nyawa," tutur dia.

Untuk menaiki wahana permainan ini, menurut Fernandes, pihak sekuriti memastikan terlebih dahulu terpasangnya alat pengaman yang otomatis berbunyi kalau ada salah satu tidak terpasang.

"Cukup aman, sebelum safety terpasang, pintu panel wahana belum bisa terkunci akan bunyi ada alarmnya," dia menambahkan.

Untuk permainan ini, pengelola mematok harga tiket Rp 30 ribu per orang untuk dua kali putaran.

Pantauan Antara di tempat kejadian, pintu masuk permainan hanya dipasangi tulisan "closed". Tidak ada pemberitahuan atau pengumuman dari pihak manajemen Transmart mengapa permainan yang menguji adrenalin ini ditutup.

Alhasil, tidak jarang pengunjung mendatangi meja pengaduan yang ditaruh tidak jauh dari lokasi. Mereka umumnya bertanya kenapa tidak hidup dan kapan jalannya.

Dalam keterangannya, petugas jaga hanya mengatakan sedang perbaikan, belum tahu kapan selesai.

Walau ada kejadian tersebut, wahana permainan lainnya tetap beroperasi. Para orang tua seperti tidak terganggu dengan berita itu. Buktinya, anak-anak tetap bermain dan setiap tangga eskalator mulai dijaga satu sekuriti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: