Kamis, 22 Juni 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cerita Petugas PLN yang Rela Tak Mudik demi Amankan Listrik

Posted: 22 Jun 2017 09:30 PM PDT

Sudah menjadi hal biasa bagi petugas PT PLN (Persero) untuk siap siaga menjaga keamanan listrik selama masa libur Lebaran. Di tengah masyarakat yang menikmati waktu berkumpul bersama keluarga, ada sebagian orang yang masih bekerja, termasuk para pegawai PLN.

Seperti kisah yang dialami oleh Dwi Widodo dan Irvan H, segelintir pegawai PLN yang belum berkesempatan untuk berkumpul dengan keluarga besar di saat Idul Fitri. Keduanya harus mendedikasikan diri untuk menjaga pasokan listrik di Jakarta. Dalam hal ini, unit dinas mereka adalah PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya).

PLN Disjaya merupakan salah satu unit PLN yang menangani pendistribusian tenaga listrik langsung ke konsumen di wilayah Jakarta. PLN Disjaya membawahi 16 Area pelayanan dan 1 Area Pengatur Distribusi (APD). Area pelayanan merupakan kantor PLN yang langsung melayani masyarakat untuk semua kebutuhan dan permasalahan listrik. Adapun APD bertugas mengatur pasokan listrik yang masuk ke wilayah kerja PLN Distribusi Jakarta Raya. Ada 2 bagian penting pada APD dalam mengatur pasokan listrik, yaitu pengawasan di Distribution Control Center (DCC) dan Gardu Induk 20 KV.

Berdasarkan keterangan yang didapat Liputan6.com dari PLN, Dwi Widodo adalah salah satu pegawai PLN yang bertugas mengawasi, mengontrol, dan mengambil tindakan cepat mengevakuasi pemulihan jaringan yang gangguan merupakan tugas utama pegawai PLN di Distribution Control Center (DCC).

Secara terus-menerus 7x24 jam pegawai PLN di DCC mengatur keberlanjutan pasokan listrik di sisi 20 kV dengan sistem shift. Apabila terjadi gangguan pasokan listrik 20 kV, petugas DCC bertugas memulihkan pasokan listrik dengan cara mengalihkan ke jaringan lain agar pelanggan tidak merasakan padam yang lama.

Sementara itu, Irvan H merupakan pegawai PLN yang khusus menangani Gardu Induk (GI) 20 kV. GI ini merupakan ujung tombak pendistribusian tenaga listrik ke pelanggan Tegangan Menengah (TM) dan Tegangan rendah (TR). Satu GI 20 kV terdiri dari beberapa penyulang dan satu penyulang terdiri dari beberapa gardu distribusi.

Kemudian, gardu distribusi tersebut menyalurkan listrik ke pelanggan-pelanggan. Apabila terjadi gangguan di salah satu penyulang, maka beberapa gardu distribusi akan padam sehingga akan ada banyak pelanggan yang mengalami padam. Oleh karena itu, pegawai PLN yang bertugas di gardu induk 20 kV mempunyai tugas yang tidak ringan.

Keduanya harus rela bekerja dan menunda waktunya untuk berkumpul bersama keluarga, karena harus mengembang tugas. Mereka harus memastikan gardu induk 20 kV tersebut dapat menyalurkan tenaga listrik secara optimal.

Pegawai PLN yang bertugas di DCC maupun GI 20 kV sama-sama mempunyai tugas mulia menjaga keandalan pasokan listrik di Ibukota Jakarta selama 7x24 jam. Sekalipun hari raya, mereka tetap ikhlas bekerja demi terjaganya kontinyuitas pasokan listrik untuk senyum pelanggan Jakarta.

Kelistrikan di Jakarta terbagi dalam delapan subsistem, diperkuat dengan 55 gardu induk, 1.874 penyulang dan 13.488 gardu distribusi, serta mampu melayani lebih dari 4 juta pelanggan. Perkiraan beban puncak pada siang hari saat Idul Fitri, yaitu 1.768 MW dan beban puncak pada malam harinya 1.999 MW.

Adapun beban puncak H-1 Idul Fitri diperkirakan 2.224 MW pada siang hari dan 2.213 pada malam hari. Beban listrik saat Idul Fitri di Jakarta berbeda dari beban puncak hari-hari biasa. Pada hari biasa beban listrik di Jakarta lebih tinggi pada siang hari karena banyaknya pelanggan bisnis dan industri yang beroperasi pada siang hari. Sedangkan pada Idul Fitri beban listrik pada malam hari lebih tinggi karena jumlah aktivitas industri di siang hari relatif sedikit.

Mengingat perkiraan beban puncak baik siang maupun malam adalah di bawah beban normal pada hari biasa, maka pasokan daya ke wilayah DKI Jakarta Raya dari Sistem Jawa Bali dalam kondisi aman.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‎Cikarang Utama Macet Parah, Jasa Marga Siapkan Contraflow

Posted: 22 Jun 2017 09:05 PM PDT

Masyarakat mulai meninggalkan Jakarta dan sekitarnya untuk melakukan mudik mayoritas pada H-3 dan H-2 hari ini. Alhasil, beberapa ruas jalan tol mengalami kepadatan, seperti salah satunya di Gerbang Tol Cikarang Utama.

Dari pantauan Liputan6.com di media sosial banyak masyarakat yang mengeluhkan kemacetan yang terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama menuju Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Ini Cikarang Utama macet parah, dari Depok jam 12 malam, baru mau sampe GT Cikarut. Cikarut macet parah," tulis Amelia yang menyampaikan kondisinya pada 08.30 WIB pagi ini.

Pengaduan kepadatan jalan tol pagi ini juga dilakukan oleh Dana Paramita. Dia mengaku keluar Jakarta, tepatnya dari wilayah Senayan pada pukul 07.00 WIB, pada pukul 09.00 WIB baru sampai di kilometer (km) 9.

Ketika dikonfirmasi Liputan6.com ke pihak Jasamarga‎, AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengaku saat ini petugas di lapangan terus melakukan koordinasi dengan pihak Korlantas untuk mengatasi hal itu.

Kepadatan di ruas tol yang terjadi saat ini sudah diperkirakannya. Memang H-2 ini diprediksi menjadi puncak arus mudik‎.

"Untuk mencairkan kepadatan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek saat ini melakukan rekayasa contraflow. Contraflow diberlakukan di dua titik," respon Heru kepada wartawan, Jumat (23/6/2017).

Titik contraflow tersebut adalah pertama, mulai dari KM 32 sampai dengan KM 41. Kedua, elang rest area KM 39. Untuk contraflow ini sudah diberlakukan sejak 09.25 WIB

‎Perlu diketahui sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah mengantisipasi kemacetan di tol Jakarta-Cikampek dalam rangka menghadapi mudik Lebaran tahun ini. Beberapa upayanya dengan menambah gardu operasi menjadi 20 gardu masuk dan 30 gardu keluar di ruas tol tersebut dan menambah area peristirahatan bagi para pemudik.

"Jalan tol paling kritis adalah Jakarta-Cikampek, jadi kita mengupayakan antisipasi kemacetan," kata Direktur Utama Jasa Marga, Dessy Arryani.

Oleh karenanya, Dessy mengaku, Jasa Marga dan Korlantas sudah meletakkan sejumlah alat sensor yang bisa mendeteksi kepadatan lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek. "Kalau sudah sampai apa yang kita sebut kritis, maka dari pusat trafik Jasa Marga akan langsung koneksi ke NTMC, langsung ke Posko dan kemudian Polisi langsung mengurai kemacetan," ia menerangkan.

Upaya lainnya, kata Dessy, dengan menambah gardu tol dari 13 gardu menjadi 20 gardu. Jadi Gerbang Tol Cikarang Utama saat ini ada 20 gardu masuk dan 30 gardu keluar, sehingga justru kondisinya mulai lancar.

"Kita juga tambah rest area yang tidak ada orang jualan. Namanya parking bay, bisa menampung 70-100 kendaraan. Jadi cuma menepi, parkir, ke toilet atau solat, langsung berangkat lagi. Ini sangat membantu kelancaran karena biasanya jalan tol macet di rest area mengingat orang senang piknik di rest area," paparnya.‎ (Yas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Berangkatkan 4.803 Pemudik Gratis ke 33 Kota

Posted: 22 Jun 2017 08:43 PM PDT

PT Pertamina (Persero) memberangkatkan 4.803 pemudik ke 33 kota tujuan dengan 81 bus‎, pada musim mudik lebaran 2017. Mudik gratis tersebut merupakan program Pertamax Enduro Bareng-Bareng Mudik (BBM) 2017.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan, Pertamina telah melakukan program mudik gratis selama 10 tahun. Untuk tahun ini pemudik yang diantarkan mencapai 4.803 orang, dengan 81 bus menuju 33 kota tujuan. Melalui jalur Utara dan Selatan Pulau Jawa, serta rute Palembang Sumatera Selatan.

Para pemudik sebagian besar merupakan mekanik, petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), pekerja outsourcing Pertamina, pekerja pabrik pelumas, pelanggan setia produk Bahan Bakar Khusus (BBK) dan pelumas. Serta 300 pemudik di antaranya merupakan petugas kebersihan DKI Jakarta (‎pasukan oranye), pengurus masjid (marbot) serta guru PAUD.

"Bila sebelumnya hanya memberangkatkan keluarga dan konsumen setia yang telah berkontribusi bagi perusahaan, lebaran kali ini juga memberangkatkan keluarga marbot (pengurus masjid) dan guru PAUD," kata Elia,‎ saat melepas pemudik di Taman Mini lndonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (23/6/2017).

Elia melanjutkan, pemberangkatan 81 bus mudik dilakukan secara bertahap. Rombongan terbesar diberangkatkan hari ini, sebanyak 65 bus dengan 4.023 pemudik. Sebelumnya pada 19 Juni 2017 dengan 10 bus yang membawa 450 pemudik diberangkatkan secara serentak dalam kegiatan Mudik Bareng BUMN Guyub Rukun. Sementara 6 bus lainnya dengan 330 pemudik telah diberangkatkan pada 22 Juni 2017 dari Kantor Kementerian ESDM.

Program Pertamax Enduro BBM merupakan wujud dari tanggung jawab sosial serta bentuk kepedulian dan apresiasi Pertamina, bagi mitra kerja untuk memacu semangat mitra kerja bersama-sama mewujudkan Pertamina menjadi perusahaan energi nasional berkelas dunia pada 2025.

"Program Bareng Bareng Mudik Pertamina juga mendukung himbauan pemerintah untuk perjalanan mudik yang lebih aman. Melalui Bareng Bareng Mudik Pertamina, dapat mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor. Aspek safety harus diutamakan, agar pemudik selamat sampai tujuan dan dapat bertemu keluarga di kampung halaman masing-masing," tutup Elia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Pecahan Uang Baru yang Paling Banyak Diburu untuk THR

Posted: 22 Jun 2017 08:20 PM PDT

Bank Indonesia masih me‎mbuka tempat penukaran uang di beberapa tempat dalam menghadapi lebaran 2017. Penukaran uang ini sudah dilakukan sejak 5 Juni 2017.

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Arbonas Hutabarat mengungkapkan sejak penukaran uang dilakukan, ada pecahan-pecahan paling banyak diburu oleh masyarakat.

"Semua pecahan emisi 2016 sebenarnya diminati masyarakat, tetapi pecahan Rp 5.000 yang balin banyak diburu," kata Arbonas kepada Liputan6.com, Jumat (23/6/2017).

Selain pecahan Rp 5.000 tak kalah banyak diburu masyarakat adalah pecahan Rp 2.000, Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu. Paling favoritnya pecahan ini karena paling banyak dipakai THR kepada sanak saudara di kampung halaman.

Seperti diketahui, Bank Indonesia (BI) memperkirakan kebutuhan uang tunai untuk Lebaran tahun ini mencapai Rp 167 triliun. Jumlah tersebut naik 14,36 persen jika dibanding dengan realisasi kebutuhan pada tahun sebelumnya yang tercatat Rp 146 triliun.

Direktur Pengelolaan Uang BI Suhaedi menerangkan, kenaikan kebutuhan uang pada Lebaran tahun ini dipengaruhi oleh beberapa sebab. Pertama, hari libur pada Lebaran 2017 ini lebih panjang jika dibanding dengan hari libur pada Lebaran tahun lalu.

"Dengan hari libur yang lebih panjang kebutuhan uang tunai juga lebih banyak karena pengeluaran juga bertambah," kata Suhaedi.

Alasan kedua adalah adanya pembayaran THR dan bonus karyawan yang biasanya ada di tengah tahun. Dengan adanya pembayaran THR dan bonus tersebut maka pasokan uang tunai juga bertambah.

Alasan ketiga adalah adanya uang rupiah baru yang dirilis pada akhir 2016 kemarin. Dengan adanya uang rupiah baru tersebut mendorong masyarakat untuk memiliki pecahan-pecahan baru dengan gambar-gambar baru sehingga kebutuhan uang tunai pada tahun ini meningkat. ‎ (Yas)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Harus ke SPBU, Begini Cara Pesan BBM saat Macet di Arus Mudik

Posted: 22 Jun 2017 07:53 PM PDT

Pertamina menyediakan unit khusus sepeda motor yang mengantar Bahan Bakar Minyak (BBM) ke kendaraan yang kena macet saat mudik. Lalu bagaimana cara memanfaatkan fasilitas tersebut?

‎Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito‎ mengatakan, untuk memanfaatkan fasilitas sepeda motor pemasok BBM tersebut, pemudik cukup menghubungi contact Pertamina 1500-000 atau mengakses melalui aplikasi Pertamina Go.

"Cukup telpon contact center Pertamina atau masuk ke aplikasi Pertamina Go, bisa memanggil lewat situ," kata Adiatma, di Jakarta, Jumat (23/6/2017).

‎Namun menurut Adiatma, armada tersebut baru akan dikerahkan Pertamina dalam kondisi macet saja. Sehingga ketika lalu lintas masih dalam kondisi normal, sepeda motor pengantar BBM dalam kemasan ini belum bisa melayani pemudik.

Untuk diketahui, tujuan Pertamina menyediakan unit khusus pemasok BBM menggunakan sepeda motor adalah, untuk memudahkan pemudik mendapatkan pasokan BBM, ketika kondisi lalulintas macet tanpa harus ke SPBU. Dipilihnya sepeda motor karena memiliki keunggulan dapat melewati jalan sempit, sehingga dapat mengakses kendaraan yang membutuhkan pasokan BBM dengan cepat.

‎"Pelayanan tambah di daerah macet ini, dengan kondisi khusus distribusi BBM pakai motor, ini bukan delivery order. Hanya digunakan untuk darurat. Kalau macet tidak terurai," papar Adiatma.

Adiatma melanjutkan, armada khusus sepeda motor tersebut akan mengangkut BBM dalam kemasan dengan kapasitas maksimal 30 liter, BBM yang disediakan adalah Pertamax dan Pertamina Dex. Untuk musim mudik 2017, Pertamina menyediakan 83 unit sepeda motor pemasok BBM, untuk tersebut disebar di jalur mudik yang berpotensi terjadi kemacetan.

‎"Motor bisa mengangkut 30 liter, Pertamina sediakan‎ 83 sepeda motor. Ini bukan delivery, untuk macet tidak bisa terurai," tutup Adiatma.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transjakarta Rute Ciledug-Tendean Beroperasi 17 Agustus 2017

Posted: 22 Jun 2017 07:34 PM PDT

PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta batal mengoperasikan rute layang Ciledung-Tendean pada 22 Juni 2017. Rute ini ditunda dan bakal dioperasikan pada 17 Agustus 2017 nanti.

Humas Transjakarta Wibowo mengungkapkan batalnya pengoperasian rute khusus ini dikarenakan persoalan perizinan yang belum didapatkan oleh perusahaan.

"‎Karena kita belum mendapatkan semacam sertifikat layak fungsi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata dia kepada Liputan6.com, Jumat (23/6/2017).

Mengingat Transjakarta adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), sertifikat ini merupakan domain dari Dinas Bina Marga, Dishub Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Jadi yang mengajukan sertifikat ini Bina Marga Dishub Provinsi, tapi ini belum kami terima, jadi terpaksa pengoperasiannya kita tunda dulu," tegas dia.

Meski tertunda, dikatakan Wibowo, Transjakarta sebenarnya sudah siap untuk pengoperasian rute tersebut. Rencananya, pengoperasian akan ditunda hingga 17 Agustus 2017.

Manajemen Transjakarta melakukan uji coba pengoperasian rute baru, yaitu Koridor 13 Ciledug-Tendean sejak pertengahan Mei 2017. Rute ini akan dilalui melalui jalur layang khusus yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono mengungkapkan meski baru pelaksanaan uji coba, bus yang dioperasikan tetap akan mengangkut penumpang.

Pelaksanaan uji coba ini tidak terlepas dari ada kesepakatan rekayasa lalu lintas yang dilakukan antara Pemerintah Kota Tangerang, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan manajemen Transjakarta.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tangerang bersama Transjakarta, dan pengembang Puri Beta telah menyelesaikan persiapan marka jalan maupun rambu yang menjadi penunjuk arah.

Transjakarta memproyeksikan pelanggan koridor 13 yang memiliki panjang 9,3 km bisa lebih dari 40 ribu setiap harinya. Perusahaan transportasi milik pemerintah provinsi DKI Jakarta akan menyiapkan 100 unit bus. (Yas)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Beli Daging Sapi Rp 75 Ribu per Kg? Datang ke Pasar Murah Ini

Posted: 22 Jun 2017 07:18 PM PDT

Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Komite Daging Sapi Jakarta Raya, bekerja sama menggelar pasar daging murah pada Kamis (22/6/2017) hingga Sabtu (24/6/2017). Harga daging yang dijual Rp 75 ribu sampai Rp 90 ribu per kg.

Pasar daging murah tersebut digelar di pelataran Toko Daging Nusantara, Jalan Kranggan Raya Nomor 45, Jatisampurna, Kota Bekasi.

Menurut Ketua Pelaksana Pasar Murah, Diana Dewi, pihaknya bersama pemerintah sengaja mengelar pasar murah lantaran karena tingginya permintaan daging sepekan terakhir jelang Idul Fitri 1438 H.

"Pasar daging murah ini dilakukan mengingat animo masyarakat akan kebutuhan daging jelang Lebaran," ucap Diana.

Ia menambahkan, harga yang ditawarkan dalam pasar daging murah ini di bawah harga pasaran yang telah ditetapkan pemerintah. Untuk harga daging beku dengan kualitas baik, masyarakat dapat membelinya dengan harga Rp 75 ribu per kilogram. Sementara untuk daging segar masih di angka Rp 90 ribu per kilogram.

"Kita tidak ingin ada oknum yang memanfaatkan tingginya permintaan jelang Lebaran dengan menaikkan harga. Karena itu, kita gelar pasar murah agar pasokan kebutuhan pokok terus ada di masyarakat," jelasnya.

Salah satu pembeli, Wulan (38), mengaku tertarik membeli daging karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Apalagi, kata dia, pasokan daging di pasar tradisional kian menipis.

"Daging sapi di pasar susah didapat. Sudah langka, kalaupun ada, harganya mahal. Bisa dua kali lipat dari hari biasa, jelasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan pasar murah di Bekasi ini akan digelar hingga H-1 Idul Fitri, atau Sabtu (24/6/2017) esok. Pasar murah ini menyiapkan 90 ton daging per hari.

Ketua Komite Daging Sapi Jakarta Raya Sarman Simanjorang mengatakan, kebutuhan daging di Jakarta masih kondisi normal yang mencapai 165 ton setiap harinya atau setara dengan 700 ekor per hari.

Jelang sehari Lebaran, diperkirakan harga daging akan mengalami kenaikan sekitar 30 persen. Karenanya, dengan banyaknya operasi pasar murah seperti ini, akan baik untuk menjaga stabilitas harga," pungkasnya.

 

(Fernando Purba)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Paris Air Show, AirAsia Pesan 14 Pesawat Airbus A320ceo

Posted: 22 Jun 2017 07:00 PM PDT

AirAsia telah menandatangani kontrak dengan Airbus untuk pemesanan 14 unit pesawat A320ceo tambahan untuk mendukung pertumbuhan jangka pendek dalam jaringan regional yang tumbuh lebih tinggi dari yang diharapkan sebelumnya. Penandatanganan kontrak tersebut diumumkan dalam acara Paris Air Show.

Pengumuman penandatanganan kontrak hari ini telah menambah jumlah pesanan AirAsia untuk pesawat jenis A320 menjadi 592 unit, dan mengokohkan posisi AirAsia sebagai pelanggan terbesar untuk jenis pesawat berlorong tunggal (single-aisle) tersebut.

Sampai hari ini, terdapat 171 pesawat jenis A320ceo dan delapan jenis A320neo yang telah diterima dan dioperasikan AirAsia di Indonesia, Thailand, Malaysia, India, dan Filipina.

CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes, mengatakan, sampai saat ini permintaan penumpang masih tinggi di negara-negara tempat AirAsia berkembang, sementara itu performa AirAsia di Indonesia, Filipina, dan India juga sangat baik,

"Tingkat permintaan yang kuat inilah yang kemudian mendorong kami harus menambah jumlah armada, dan Airbus sebagai mitra andalan telah membantu kami mendapatkan slot pesawat tambahan tersebut," kata Tony dalam keterangannya, Jumat (23/6/2017).

Dengan alasan itulah, AirAsia harus berupaya untuk mendapatkan lebih banyak pesawat dari berbagai sumber, termasuk dari pasar leasing pesawat.

Iklim kompetisi saat ini, ditegaskan Tony, berada pada kondisi terbaik, terutama didukung kestabilan harga minyak. Dengan rendahnya biaya saat ini, AirAsia kembali menunjukkan pertumbuhan yang agresif.

Sementara itu Chief Operating Officer - Customer, Airbus Commerial Aircraft, John Leahy mengatakan, pihaknya mengaku senang dengan pengumuman pesanan terbaru dari AirAsia ini.

"Kami bangga dengan peran pesawat A320 Family dalam kesuksesan AirAsia, terutama efisiensi dan keandalannya yang memungkinkan maskapai menjaga biaya serendah mungkin. Kami menantikan kerja sama dengan AirAsia seiring perjalanannya menerbangkan penumpang lebih banyak lagi, lebih sering, dengan biaya yang terjangkau," tambahnya.

A320 Family adalah jenis pesawat berlorong tunggal (single-aisle) dengan penjualan terbaik di dunia. Sampai hari ini jenis pesawat ini telah berhasil membukukan lebih dari 13 ribu pesanan, dengan lebih dari 7.600 pesawat telah terkirim ke sekitar 400 pelanggan dan operator dari seluruh dunia.

Dengan empat jenis ukuran pesawat (A318, A319, A320, dan A321), A320 Family dapat menampung 100 hingga 240 penumpang dalam satu pesawat. Standar jarak antar kursi kelas ekonomi pada jenis pesawat ini, sebesar 18 inci, juga merupakan yang terlonggar untuk tipe pesawat berlorong tunggal. (Yas)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Senada dengan Wall Street, Bursa Asia Mendatar

Posted: 22 Jun 2017 06:40 PM PDT

Bursa Asai bergerak mendatar tapi masih berada di jalur kenaikan mingguan. Gerak Bursa Asia ini mengikuti bursa Amerika Serikat yang juga flat.

MSCI Indeks Asia Pasifik di luar Jepang bergerak mendatar di awal perdagangan dan naik 0,4 persen per pekan seperti dilansir dari Reuters, Jumat (23/6/2017).

Sementara indeks saham Jepang, Nikkei turun tipis, namun menuju kenaikan 0,8 persen secara mingguan yang mana merupakan level tertinggi sejak 2015.

Indeks dolar terhadap 6 mata uang lain turun 0,1 persen di level 97,54 namun naik 0,4 persn secara mingguan.

Sementara euro turun tipis menjadi 1,1148 per dolar dan turun 0,4 persen selama sepakan. Dolar stabil terhadap yen di level 111,28 dan naik 0,4 persen secara mingguan.

"Kita semakin dekat dengan akhir bulan dan di samping fundamental, akan ada orang yang menjual dolar. Jadi akan sangat mudah bagi yen untuk menguat pekan depan," ujar Chief Foreign Exhange Strategist di Daiwa Securities, Mitsuo Imaizumi.

"Kita juga harus tetap waspada pada debat layanan kesehatan di Washington karena kekacauan politik akan merusak dolar," tuturnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maybank Indonesia Terbitkan NCD Senilai Rp 330 Miliar

Posted: 22 Jun 2017 06:20 PM PDT

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) telah menerbitkan Negotiable Certificate of Deposit (NCD) atau sertifikat deposito dengan tenor jangka pendek senilai Rp 330 miliar. Penerbitan NCD ini merupakan penerbitan pertama kali yang dilakukan Bank tanpa menggunakan jasa arranger.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria menjelaskan, dana hasil penerbitan Penerbitan sertifikat deposito dengan tenor jangka pendek ini untuk memperkuat struktur pendanaan perseroan. 

NCD diterbitkan perseroan dalam dua seri. Seri A berjangka waktu 365 hari dengan tingkat diskonto 7,20 persen dan jumlah yang diterbitkan sebesar Rp 300 miliar.

"Untuk Seri B berjangka waktu 18 bulan dengan tingkat diskonto 7,35 persen dan jumlah yang diterbitkan sebesar Rp 30 miliar," jelas dia dalam dikurip dari keterangan tertulis Jumat (23/6/2017).

Layanan operasional

Taswin melanjutkan, untuk mengantisipasi libur Lebaran, Maybank Indonesia menyediakan kembali layanan operasional pada 30 Juni 2017 dimana seluruh kantor-kantor cabang Maybank Indonesia siap melayani seluruh transaksi perbankan.

"Kami berupaya membantu nasabah memenuhi kebutuhan akan layanan transaksi perbankan melalui layanan operasional pada 30 Juni 2017," kata dia.

Maybank Indonesia juga mengoptimalkan jaringan elektronik yang dimiliki, mencakup lebih dari 1.633 ATM Maybank Indonesia termasuk mesin setor tunai (cash deposit machine-CDM), phone banking, Maybank2U internet banking dan M2U mobile banking.

Selain memanfaatkan jaringan ATM Maybank Indonesia, nasabah juga dapat melakukan penarikan tunai melalui lebih dari 20 ribu ATM yang tergabung dalam jaringan ATM Prima, ATM Bersama, Alto, Cirrus dan jaringan MEPS di Malaysia, serta sekaligus terhubung dengan lebih dari 3.500 ATM Maybank di Malaysia dan Singapura.

Jaringan ATM Maybank Indonesia juga siap untuk melayani berbagai transaksi pembayaran, seperti tagihan kartu kredit, handphone, asuransi, dan pembayaran lainnya.

"Ini bukan hanya memberikan kemudahan tapi juga memungkinkan nasabah melakukan pembayaran tagihan tepat waktu," kata Taswin.

"Jika tidak sempat ke ATM, mereka masih bisa memanfaatkan layanan phone banking, Maybank2U internet banking dan M2U mobile banking," tambahnya.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geo Dipa Berpotensi Kehilangan Rp 60 Miliar

Posted: 22 Jun 2017 06:00 PM PDT

BUMN PT Geo Dipa Energi (Persero) berpotensi kehilangan Rp 60 miliar akibat tidak bisa dicairkannya Performa Bond. Hal ini sebagai konsekuensi atas ketidakmampuan PT Bumigas Energi membangun pembangkit listrik tenaga panas bumi.

"Potensi kerugian yang sudah di depan mata adalah senilai Rp 60 miliar, karena tidak bisa dicairkannya performa bond Geo Dipa," kata Corporate Secretary Geo Dipa Endang Iswandini dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Endang mengatakan, pihak Geodipa terus melakukan audiensi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi terkait persoalan tersebut.

Audiensi yang dilakukan oleh manajemen Geo Dipa kepada KPK ini merupakan yang kedua kali, setelah pertemuan pertama pada 19 Januari 2017. Bahkan pimpinan KPK, yaitu Saut Situmorang dan Wawan Wardana juga sudah melakukan inspeksi langsung ke lapangan panas bumi Dieng (Jateng) dan Patuha (Jabar).

Menurut Endang, sesuai keputusan Mahkamah Agung (MA), karena Bumigas tidak bisa memenuhi komitmennya untuk membangun panas bumi sesuai dengan yang dijanjikan, mestinya Geo Dipa bisa mencairkan asuransi senilai Rp 60 Miliar.

"Namun Perfomance Bond tidak bisa dicairkan karena pihak asuransinya sudah tutup beroperasi, dan sayangnya pihak Otioritas Jasa Keuangan (OJK) hingga saar ini belum dapat menelusurinya lagi," kata Endang.

Dikatakan Endang, KPK akan mengawasi jalannya persidangan kasus Pidana mantan Dirut Geo Dipa Samsudin Warsa yang dianggap terlalu lama prosesnya, dan dinilai tidak bisa dikategorikan sebagai kasus Pidana.

"Dalam kasus ini yang dirugikan dan menjadi korban adalah negara dan Geo Dipa, karena Bumigas tidak memenuhi komitmen sesuai dengan yang diperjanjikan, tapi kita yang repot karena disengketakan," katanya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Keuntungan Kerja di Daerah Terpencil yang Wajib Kamu Tahu

Posted: 22 Jun 2017 05:42 PM PDT

Banyak orang mengabdikan dirinya untuk bekerja sebagai karyawan di ibu kota Jakarta. Padahal, banyak sekali peluang baik yang ditawarkan di beberapa daerah terpencil. Meski dari segi gaji berbeda cukup jauh, tapi pengalaman yang didapatkan juga setimpal.

Apalagi kalau pekerjaan ini bisa mendukung passion Anda, pasti makin tertarik, kan? Terkadang orang-orang yang memiliki gaji besar cenderung bekerja hanya untuk mencari uang. Akibatnya, beberapa dari mereka sering merasa kelelahan dan mudah bosan.

Selain passion, apa lagi sih keuntungan bekerja di daerah terpencil? Simak ulasannya seperti dikutip dari Karir.com:

1. Tidak konsumtif

Di mana biasanya Anda menghabiskan uang bulanan Anda? Di pusat perbelanjaan/mal? Ini tak akan lagi jadi masalah ketika Anda bekerja di daerah terpencil.

Kenapa? Bertemu mal saja susah, bagaimana menghabiskannya? Kalau pun ingin berbelanja, Anda akan lebih memilih pasar tradisional, dan itupun hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini cukup membawa dampak positif bagi keuangan Anda, kan?

2. Memiliki tabungan lebih

Jika Anda sudah terbiasa menggunakan uang untuk hal-hal yang penting saja, kesempatan memiliki tabungan lebih bukan hanya angan-angan.

Tabungan ini bisa Anda manfaatkan lagi untuk sesuatu yang akan Anda tekuni dalam kurun jangka panjang. Seperti berwirausaha, atau tambahan saat harus dipindah tugaskan ke kota besar.



3. Solidaritas tinggi

Sudah bukan rahasia umum kalau kerukunan masyarakat di desa menjadi hal utama karyawan di kota besar untuk pulang ke daerah asalnya. Ini adalah salah satu keuntungan yang bisa Anda rasakan: melihat masyarakatnya yang begitu rukun, teman kerja yang solid, akan membuat Anda merasa betah bekerja di daerah terpencil. 

Di pedesaan, Anda juga akan tertular semangat gotong royong yang sudah sulit ditemukan di perkotaan. Keuntungan lainnya, ketika para tetangga sedang menuai hasil panen, mereka tak segan untuk membaginya. Wah, kebayang kan bisa irit bahan pokok nih!

4. Tingkat kriminalitas dan kejahatan rendah

Meski kejahatan dan kriminalitas tak pernah memandang tempat dan waktu, tingkat kejahatan di kota lebih besar dibandingkan dengan di desa/daerah terpencil. Terbukti dari banyaknya pemberitaan di media massa tentang kriminalitas yang terus terjadi, bahkan hampir setiap hari.

Sehingga Anda tak perlu khawatir berlebihan ketika harus pulang larut malam, karena biasanya masih ada petugas siskamling yang masih berjaga hingga pagi. Tetap waspada dan utamakan keselamatan diri sendiri ya!



5. Punya cerita menarik

Walau banyak keuntungan yang di dapat, bekerja di desa terpencil juga bisa membuat Anda bosan. Apalagi saat ingin berhubungan dengan teman-teman melalui jejaring sosial media, tapi jaringan internet tidak mendukung, atau ketika butuh refreshing di pusat perbelanjaan, tapi yang didapat justru hiburan ala pedesaan.

Jangan salah, justru hal ini bisa menjadi cerita yang akan Anda kenang ketika berada di kota. Fasilitas yang kurang memadai, akan menjadikan Anda sosok yang kuat karena berhasil melewati hal-hal yang tak biasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Mengintip The Neyk, Kapal Selam Termewah Dunia

Posted: 22 Jun 2017 05:30 PM PDT

Kebanyakan orang membayangkan ruangan di dalam kapal selam sebagai ruangan yang gelap, sempit dan tidak nyaman. Tapi berbeda ceritanya dengan kapal selam satu ini. Diberi nama The Neyk, kapal selam sepanjang 18,2 meter ini dibuat khusus untuk miliarder yang ingin bepergian dalam laut.

Kapal selam mewah ini bisa mengakomodasi hingga 20 penumpang. Meski didesain khusus untuk kapal selam pribadi, pembuatan kapal selam ini mengikuti standar keamanan dari angkatan laut Amerika Serikat dan NASA.

 Demikian petikan artikel yang paling banyak dibaca di Kanal Bisnis Liputan6.com. Selain itu ada juga artikel lain yang menarik perhatian. Berikut 3 artikel paling populer di kanal bisnis seperti dirangkum dalam Top 3.

1. The Neyk, Kapal Selam Termewah di Dunia

Kebanyakan orang membayangkan ruangan di dalam kapal selam sebagai ruangan yang gelap, sempit dan tidak nyaman. Tapi berbeda ceritanya dengan kapal selam satu ini. Diberi nama The Neyk, kapal selam sepanjang 18,2 meter ini dibuat khusus untuk miliarder yang ingin bepergian dalam laut.

Kapal selam mewah ini bisa mengakomodasi hingga 20 penumpang. Meski didesain khusus untuk kapal selam pribadi, pembuatan kapal selam ini mengikuti standar keamanan dari angkatan laut Amerika Serikat dan NASA.

Berita selengkapnya baca di sini


2. Mendag: Ada Daerah yang Coba Mainkan Harga Daging

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita mengaku ada beberapa pedagang daging yang mencoba mengambil keuntungan dengan menaikkan harga mendekati lebaran 2017.

Bagi Enggar, ini menjadi hal yang lumrah setiap musim perayaan hari-hari besar agama. Hanya saja, saat ini harga daging sapi sudah cukup tinggi, maka tidak semestinya para pedagang memainkan harga daging sapi.

Berita selengkapnya baca di sini


3. Arcandra Tahar Kaget Lihat Hebohnya Mudik

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (‎ESDM), Arcandra Tahar mengaku baru merasakan kehebohan masyarakat yang mudik untuk merayakan‎ lebaran di kampung halamannya.

Arcandra mengungkapkan, dirinya baru menyaksikan kehebohan masyarakat yang ‎melakukan mudik hari ini. Hal itu dikatakan Arcandra setelah melepas rombongan mudik bareng guyub rukun di Kantor Kementerian ESDM.

Berita selengkapnya baca di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Ubah Pekerjaan Membosankan Jadi Menyenangkan

Posted: 22 Jun 2017 04:49 PM PDT

Bosan ketika bekerja merupakan hal lumrah yang sering dialami oleh pegawai. Apabila sudah merasakan hal ini, banyak pegawai yang langsung kehilangan produktivitasnya kala bekerja.

Anda jangan khawatir. Ternyata ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk menghilangkan kebosanan ini. Mulai dari mencoba hal baru hingga pergi berlibur. Semuanya bisa dilakukan selama Anda menyisihkan waktu untuk melakukan hal tersebut.

Berikut ulasannya melansir CNBC, Jumat (23/6/2017):

1. Ubah kebiasaan Anda

Pekerjaan terasa membosankan mungkin diakibatkan Anda yang terjebak dalam rutinitas yang itu-itu saja. Satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah kebiasaan dan rutinitas sehari-hari. Kondisi yang baru bisa memicu Anda lebih semangat kerja.

2. Lebih banyak bercengkrama dengan rekan kerja

Anda juga bisa membuat kondisi kantor semakin menyenangkan dengan lebih banyak bercengkrama dengan rekan kerja. Selain bisa membuat Anda lebih santai, hal ini juga bisa membantu mengurangi beban Anda ketika bekerja.

3. Buat tujuan baru

Anda mungkin terfokus pada tujuan yang itu-itu saja. Tidak ada salahnya untuk membuat tujuan baru agar bisa memiliki fokus lain ketika bekerja. Coba pikirkan sejenak dan fokuskan diri Anda sebelum memilih tujuan baru ini.

Simak video menarik di bawah ini:



4. Pelajari hal baru

Anda juga bisa mencoba untuk mempelajari beberapa hal atau hobi baru untuk menghilangkan kebosanan kala bekerja.

Banyak kegiatan yang bisa Anda pilih, mulai dari mencoba jenis olahraga atau belajar keterampilan lain, seperti memasak dan menjahit.

5. Ambil cuti dan liburan

Jika beberapa cara di atas tidak bisa membuat rasa bosan Anda hilang, berarti tandanya Anda membutuhkan waktu untuk cuti dan liburan. Pergilah ke tempat dimana Anda bisa bersantai tanpa harus terbebani pekerjaan di kantor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Naik Setelah Sentuh Level Terendah

Posted: 22 Jun 2017 04:36 PM PDT

Harga emas naik pada Kamis, setelah logam mulia tersebut menyentuh harga terendah dalam 5 minggu di pekan ini.

"Dengan harga emas turun 8 kali dalam 11 sesi, Emas terpental (naik)," kata Mark O'Byrne, direktur riset di GoldCore di Dublin dilansir dari Marketwatch, Jumat (23/6/2017).

"Sedikit uptick dalam risk aversion seperti yang terlihat di pasar ekuitas yang lemah (pada hari Rabu dan Kamis dini hari) kemungkinan mendukung emas." imbuhnya.

Emas untuk kontrak Agustus nnaik US$ 3,6 per ounce atau 0,3 persen untuk menetap di level US$ 1.249 per ounce.

Harga ini didapat setelah turun 0,2 persen sebelumnya. Ini adalah level tertinggi sejak Jumat lalu dan didapat hanya 3 hari setelah kontrak selesai pada Selasa di level paling rendah sejak 16 Mei.

Emas berada di bawah tekanan awal pekan ini, dan nada tekanan tersebut berlanjut dan membuat pasar murung. Hal ini menyusul komentar dari pejabat The Federal Reserve bahwa diperkirakan akan ada kenaikan suku bunga lagi di tahun ini.

Suku bunga yang lebih tinggi memperlambat permintaan investor untuk emas.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Makeup Minimalis yang Wajib Dicoba Wanita Karir

Posted: 22 Jun 2017 04:00 PM PDT

Tidak ingin dikatakan memiliki kulit kusam, sebaiknya Anda menggunakan makeup ke kantor agar terlihat lebih segar dan menarik. Namun, tak sedikit perempuan yang menggunakan makeup berlebihan ketika pergi bekerja.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa cara makeup minimalis yang wajib Anda coba ketika ke kantor seperti dikutip dari Karir.com:

1. Gunakan Foundation atau BB Cream

Untuk terlihat fresh dan lebih cerah, langkah pertama setelah Anda membersihkan wajah yaitu dengan menggunakan foundation yang warnanya senada dengan kulit wajah atau BB cream yang teksturnya lebih ringan.

Tujuan dari pemakaian foundation dengan warna kulit atau BB cream akan membuat makeup Anda terlihat natural dan terlihat lebih bersiar.

2. Blush on dengan warna pink soft

Selanjutnya, Anda bisa gunakan blush on dengan warna pink soft, sebab warna ini akan membuat penampilan Anda terlihat lebih menarik dan merah merona tanpa terkesan menor.

3. Eyeliner dan maskara cocok digunakan

Ingin mata Anda terlihat lebih bold atau tegas? Anda bisa gunakan eyeliner dan maskara untuk mempertegasnya. Anda bisa pilih warna cokelat atau hitam dan poles tipis-tipis pada mata. Dengan begitu, mata Anda akan terlihat indah dan tegas tanpa berlebihan.

 


4. Lupakan compact powder dan ganti dengan loose powder

Singkirkan compact powder atau bedak padat ketika ingin ke kantor dan ganti dengan loose powder atau bedak tabur untuk memberikan kesan lebih natural dan minimalis. Loose powder memiliki kemampuan untuk menyerap minyak pada wajah daripada compact powder.

Selain itu, loose powder juga digunakan sebagai setting powder, transluscent powder, atau finishing powder, yang mana mampu menahan makeup lebih tahan lama dan natural.

5. Lipstik dengan warna nude pas untuk pergi ke kantor

Singkirkan sejenak lipstik dengan warna yang mencolok dan ganti dengan warna nude atau warna yang natural. Menggunakan lipstik dengan warna nude atau warna yang senada dengan warna kulit akan membuat tampilanmu terlihat minimalis dan natural.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Minyak Naik Dibayangi Kekhawatiran Kelebihan Produksi

Posted: 22 Jun 2017 03:30 PM PDT

Harga minyak naik pada Kamis kemarin, sehari setelah tergelincir ke level terendah dalam 10 bulan.

Meski naik, investor tetap khawatir pada tekanan kenaikan persediaan minyak, walau di sisi lain OPEC pun berkomitmen untuk memangkas produksi demi menyeimbangkan pasar.

Harga minyak acuan dunia, Brent naik 44 sen ke level US$ 45,76 per barel setelah jatuh serendah US$ 44.53. Brent juga sempat menyentuh level US$ 44,35 per barel, terendah sejak November.

Sementara harga minyak Amerika Serikat, West Texas Intermediate naik 21 sen atau 0,49 persen untuk menetap di level US$ 42,74 per barel. Pada Rabu, harga minyak turun serendah US$ 42,05. terendah sejak Agustus 2016.

"Harga minyak ditekan terlalu rendah," ujar Ekonom Energi Senior di ABN Amro, Hans van Cleef dilansir dari CNBS, Jumat (23/6/2017).

Sejak menanjak pada akhir Februari lalu, harga minyak turun sekitar 20 persen, menghapus keuntungan yang dibuat tahun lalu setelah OPEC dan negara lain sepakat memangkas produksi demi keseimbangan pasar.

OPEC dan negara non-OPEC lain sepakat memangkas produksi hingga 1,8 juta per hari untuk 6 bulan pertama di 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wall Street Bergerak Mendatar

Posted: 22 Jun 2017 03:00 PM PDT

Wall Street bergerak mendatar pada penutupan perdagangan Kamis kemarin. Sementara saham-saham kesehatan menguat paling tinggi.

Indeks kesehatan S&P naik 1 persen kemarin, menyentuh rekor penutupan 5 kali berturut-turut, menyusul rilis dari RUU senat Partai Republik yang menggantikan Obamacare. Sementara saham konsumen dan keuangan turun.

Melansir reuters, JUmat (23/6/2017). Tujuan dari badan legislatif adalah memangkas pendanaan medis dan membentuk kembali formula subsidi untuk orang berpenghasilan rendah dalam asuransi pribadi. Indeks ini naik 3,9 persen dalam 5 hari.

Saham bioteknologi Nasdaq naik 1,3 persen dan 9,4 persen sejauh ini dalam sepekan. Meski belum jelas RUU itu mendapatkan dukungan yang cukup jadi UU, saham obat-obatan menjadi Top Gainers di S&P 500 dengan kenaikan 4,4 persen pada Kamis kemarin.

"Proposal tersebut saya rasa lebih dermawan dan positif untuk industri," kata Jeff Jonas, Portfolio Manager di Gabelli Funds.

Dow Jones Industrial Average menyerah dalam penutupan perdagangan kemarin dengan turun 12,74 poin atau 0,06 persen ke level 21.397,29. Kemudian S&P kehilangan 1,11 poin atau 0,05 persen ke level 2.434,5.

Sementara Nasdaq Composite menambahkan 2,73 poin atau 0,04 persen ke level 6.236,69.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Balasan Baik yang Anda Terima Saat Pekerjaan Diremehkan

Posted: 22 Jun 2017 02:33 PM PDT

Mungkin, pekerjaan yang paling berat adalah pekerjaan yang diremehkan. Bagaimana tidak? Usaha sudah sekuat tenaga, yang didapat justru cibiran.  Tak perlu khawatir, karena ketika Anda diremehkan, Anda sedang menuai banyak hal baik.

Hal yang perlu diingat yaitu ketika diremehkan tidak serta merta pekerjaan Anda tak baik. Bisa saja ini pertanda kalau pekerjaan/hasil karya Anda membuat iri yang lainnya atau ini hanya sekedar ujian untuk menaikkan kualitas diri Anda.

Pastinya, ini balasan baik yang akan Anda dapat saat diremehkan seperti dikutip dari Karir.com:

1. Mendidik mental dan diri agar lebih kuat

Semakin diasah akan semakin luar biasa. Pernyataan ini mungkin cocok bagi Anda yang sering diremehkan padahal sudah berusaha sekeras mungkin untuk memberikan yang terbaik. Tenang saja, karena saat Anda diremehkan sebenarnya mental Anda sedang dididik untuk menjadi kuat.

Pribadi yang kuat dihasilkan dari berbagai cobaan yang dilalui tanpa menyerah. Bagi sebagian orang, hinaan dianggap sebagai angin lalu saja, tapi bagi sebagian lainnya, hinaan menjadi beban pikiran.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk lebih santai menghadapi hinaan, karena Anda adalah orang yang hebat.

2. Lebih bijaksana

Saat seseorang berada di titik terpuruk (sudah berusaha sekuat tenaga, bukan dihargai justru dihina) akan lebih bijaksana dalam menghadapi kondisi tersebut. Karena menyerah pun bukan hal yang benar, justru ketika dihina dan kita bangkit.

Orang yang menghina akan menyadari bahwa telah melakukan kesalahan: menghina seseorang yang tak pantas dihina.

Tonton video menarik di bawah ini:

 

 


3. Lebih unggul dibanding yang lainnya

Anda tahu? Seseorang meremehkan Anda bukan karena kualitas Anda yang buruk, tapi karena mereka tahu bahwa Anda adalah pribadi unggul yang memiliki banyak kemampuan. Jadi, saat Anda diremehkan, sebenarnya Anda adalah orang yang cukup kompeten.

4. Mendapat banyak pelajaran hidup dan lebih mudah memaafkan

Mendapat banyak pelajaran hidup dan lebih mudah memaafkanMempunyai pengalaman diremehkan orang, membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik dan senantiasa ingin berbuat baik pada orang sekitar Anda.

Karena Anda sudah pernah merasakan diremehkan dan itu cukup menyakitkan, Anda juga akan terbiasa untuk memaafkan meski tanpa satu pun kata maaf.

Nah, solusi lain agar tidak gampang sakit hati ketika hasil karya diremehkan adalah membuktikan bahwa cibiran orang pada Anda tidak benar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Rahasia Sukses Jack Ma, Orang Terkaya di China

Posted: 22 Jun 2017 01:50 PM PDT

Orang terkaya di China sekaligus pemilik Alibaba.com Jack Ma sebelum mencapai sukses dengan perusahaan raksasa e-commerce yang didirikannya tersebut pernah beberapa kali melewati berbagai kegagalan dan kesulitan yang cukup lama.

Namun berkat ketekunan yang dimiliki, dia kini telah berubah menjadi orang yang sangat sukses dan berada di peringkat ketujuh sebagai orang terkaya sedunia di bidang teknologi versi majalah Forbes.

Pada tahun lalu, ia tercatat  memiliki pendapatan sebesar sebesar US$ 23 miliar. Namanya juga tercatat sebagai orang terkaya di China.

Lalu apa saja rahasia sukses dari seorang Jack Ma hingga bisa membuatnya menjadi salah satu orang terkaya dunia? Berikut ini adalah lima kunci suksesnya seperti dilansir situs Inc:

1. Orang perlu mempercayaimu

Dari karyawan hingga investor, orang-orang menaruh banyak keinginan pada Anda, karenanya orang pun harus mempercayai Anda. Ma mengatakan bahwa kepercayaan merupakan bagian integral kesuksesan Alibaba.

"Kepercayaan ini yang membuat kita bersatu," katanya "Sebanyak 18 investor mempercayai saya, dan karena mereka mempercayai saya, saya harus sangat setia kepada mereka dan setia terhadap misi yang dimiliki," tambahnya.

Menurut dia, kepercayaan dan misi perusahaan yang diberikan padanya merupakan hal paling berharga yang harus dijaga.

2. Lupakan kompetisi, fokus pada pelanggan Anda

Ma tidak terlalu khawatir dengan kompetisi Alibaba. Semua yang Alibaba lakukan  bergantung pada kebutuhan pelanggan. Alasannya sederhana, yaitu untuk mempertahankan pelanggan dalam jangka panjang, kepuasan pelanggan harus sesuai dengan keputusan yang Anda buat.

Jika pelanggannya berkata 'Jack Anda harus membangun lebih banyak gudang,' maka ia akan berusaha membangun gudang, hal itu dilakukan bukan karena ada uang, tapi semua yang dilakukannya tersebut memang diperlukan.

Ketika ditanya siapa yang dilihatnya sebagai pesaing Alibaba, Ma mengatakan bahwa dia tidak tahu. "Sebagai pengusaha, jangan memandang tetangga Anda sebagai pesaing, jangan juga memusatkan perhatian pada pesaing Anda, karena hal itu terlalu kecil, tapi fokuslah pada pelanggan Anda, karena membuat pelanggan bahagia itu penting," jelasnya.

3. Pikirkan bisnis Anda secara global

Bagi Ma, masa depan bersifat global. Dia yakin usaha kecil harus beroperasi secara internasional agar bisa bertahan dalam jangka panjang. "Jika Anda tidak mencoba menglobalisasi bisnis Anda melalui Internet, Anda mungkin tidak memiliki peluang bisnis," kata Ma.

Dia berpendapat bahwa bisnis lokal akan semakin kompetitif. Karenanya dia akan terus mendorong usaha kecil untuk memikirkan bagaimana mereka bisa menjual produk di seluruh dunia.

Tonton video menarik di bawah ini:

 

4. Mempekerjakan anak muda dan orang pintar

Saat masih muda, dia mengaku tidak ada yang memberinya kesempatan, oleh sebab itu, saat ini dia harus memberi kesempatan pada kaum muda. Kaum muda biasanya melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik.

Dia berpendapat bahwa warisan pribadi kurang penting daripada membangun tim yang akan bertahan dan memberi mereka kesempatan untuk melakukannya. Ma juga mengatakan bahwa dia mempekerjakan orang yang lebih pintar darinya karena dia tahu itulah yang terbaik untuk perusahaannya.

5. Teruslah berjalan

Saran terakhir Ma untuk para pengusaha dengan cara mencerminkan perjalanannya sendiri di Alibaba, yakni teruslah berjalan dengan penuh ketekunan karena itu perlu. "Hari ini sangat sulit, besok sulit, tapi yakinlah bahwa lusa sangat indah," jelasnya.​

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinggalkan Hidup Mewah, Miliarder Ini Menetap di Pulau Terpencil

Posted: 22 Jun 2017 01:31 PM PDT

Jika dilihat sekilas, rasanya tidak akan ada yang percaya jika pria tua berjenggot panjang ini merupakan mantan miliarder. Ya, meski penampilannya berubah 180 derajat, pria bernama David Glasheen ini pernah mencicipi hidup bak masyarakat kalangan atas.

Sebelum tinggal di pulau dan menghabiskan waktunya berpetualang, David merupakan mantan pialang saham sukses di era 80-an. Ia hidup dengan harta berlimpah dan gaya hidup serba glamor berkat bisnisnya di pertambangan emas Papua Nugini.

Kekayaannya meroket ke angka US$ 2,84 juta. Ia juga didapuk sebagai salah satu orang paling mapan di Australia. Namun sayang, hal tersebut tidak bertahan lama.

Saat kejatuhan pasar saham menghantam perekonomian global di tahun 1987, seluruh kekayaan yang dimiliki David juga ikut ludes. Kerugiannya kala itu mencapai US$ 7 juta dalam sehari.

Tak banyak yang bisa diselamatkan dalam peristiwa tersebut. Pernikahan yang dijalani David juga retak dan berujung perceraian.

Peristiwa tersebut pun akhirnya mengubah hidupnya. Ia akhirnya menjual properti mewahnya untuk membeli pulau terpencil yang kini telah ditinggalinya selama 20 tahun.

Meski pulau tersebut tidak memiliki banyak fasilitas, mantan miliarder ini mengaku ia justru sangat senang dengan hidupnya. Ia merasa bebas untuk melakukan apa saja tanpa ada aturan.

"Saya muak dengan uang. Uang adalah sesuatu yang membuat orang sakit dan perkawinan saya hancur berantakan. Hal yang paling saya suka di sini adalah kedamaian dan menikmati tempat indah di daerah terpencil yang kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Saya hanya menyukainya," tutur David seperti dilansir News.com.au, Jumat (23/6/2017).

Namun, dia juga mengakui sering merasa kesepian untuk tinggal di pulau seorang diri. David menyatakan, satu-satunya teman ia di pulau tersebut adalah anjing yang diberi nama Quasi.

Tak banyak orang yang bisa diajak berkomunikasi, tak ada yang bisa dibicarakan. Ini sangat sulit, mungkin yang paling sulit" katanya.

Kini, Glasheen hanya hidup dengan mengandalkan kepiting dan kelapa. Ia bahkan mengandalkan tenaga surya untuk membuka internet. Beberapa kali ia menjadi pemandu wisata bagi turis yang datang ke pulau tersebut.

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramainya Pedagang Kulit Ketupat di Pasar Lenteng Agung

Posted: 22 Jun 2017 08:25 AM PDT

Pedagang kulit ketupat menunggu pembeli di kawasan Pasar Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (22/6). Menjelang Hari Raya Idul Fitri, pedagang kulit ketupat musiman mulai ramai di pasar tradisional.(Liputan6.com/Yoppy Renato)

Pedagang kulit ketupat menunggu pembeli di kawasan Pasar Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (22/6). Menjelang Hari Raya Idul Fitri, pedagang kulit ketupat musiman mulai ramai di pasar tradisional.(Liputan6.com/Yoppy Renato)

Pedagang menunjukan kulit ketupat yang akan dijual di kawasan Pasar Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (22/6). Harga satu ikat kulit ketupat dijual pedagang dengan kisaran Rp10.000. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Pedagang menunjukan kulit ketupat yang akan dijual di kawasan Pasar Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (22/6). Harga satu ikat kulit ketupat dijual pedagang dengan kisaran Rp10.000. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Pedagang saat membuat kulit ketupat untuk dijual di kawasan Pasar Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (22/6). Menjelang Hari Raya Idul Fitri, pedagang kulit ketupat musiman mulai ramai di pasar tradisional. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Pedagang saat membuat kulit ketupat untuk dijual di kawasan Pasar Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (22/6). Menjelang Hari Raya Idul Fitri, pedagang kulit ketupat musiman mulai ramai di pasar tradisional. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Kulit ketupat mulai ramai di kawasan Pasar Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (22/6). Menjelang Hari Raya Idul Fitri, pedagang kulit ketupat musiman mulai ramai di pasar tradisional.(Liputan6.com/Yoppy Renato)

Kulit ketupat mulai ramai di kawasan Pasar Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (22/6). Menjelang Hari Raya Idul Fitri, pedagang kulit ketupat musiman mulai ramai di pasar tradisional.(Liputan6.com/Yoppy Renato)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Daging Sapi Diprediksi Naik Jelang Lebaran 2017

Posted: 22 Jun 2017 07:22 AM PDT

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Irwandi, mengatakan, prediksi didasarkan hasil pemantauan ke sejumlah pasar di DKI Jakarta, beberapa hari belakangan, Jakarta, Kamis (22/6).(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Irwandi, mengatakan, prediksi didasarkan hasil pemantauan ke sejumlah pasar di DKI Jakarta, beberapa hari belakangan, Jakarta, Kamis (22/6).(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Calon pembeli melihat daging yang dijajakan di salah satu kios di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/6). Harga daging sapi segar diprediksi dapat melonjak hingga Rp 150.000 per kilogram sampai menjelang Lebaran 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Calon pembeli melihat daging yang dijajakan di salah satu kios di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/6). Harga daging sapi segar diprediksi dapat melonjak hingga Rp 150.000 per kilogram sampai menjelang Lebaran 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Transaksi jual beli daging di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/6). Harga daging sapi segar diprediksi dapat melonjak hingga Rp 150.000 per kilogram sampai menjelang Lebaran 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Transaksi jual beli daging di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/6). Harga daging sapi segar diprediksi dapat melonjak hingga Rp 150.000 per kilogram sampai menjelang Lebaran 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga membeli daging sapi di kios penjualan daging Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/6). Harga daging sapi segar diprediksi dapat melonjak hingga Rp 150.000 per kilogram sampai menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga membeli daging sapi di kios penjualan daging Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/6). Harga daging sapi segar diprediksi dapat melonjak hingga Rp 150.000 per kilogram sampai menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Irwandi, mengatakan, prediksi didasarkan hasil pemantauan ke sejumlah pasar di DKI Jakarta, beberapa hari belakangan, Jakarta, Kamis (22/6).(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Irwandi, mengatakan, prediksi didasarkan hasil pemantauan ke sejumlah pasar di DKI Jakarta, beberapa hari belakangan, Jakarta, Kamis (22/6).(Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendag Paparkan Bukti Harga Pangan Terkendali saat Ramadan

Posted: 22 Jun 2017 07:08 AM PDT

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita‎ memastikan harga kebutuhan pangan saat Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri terkendali. Menurut Enggartiasto, sejak sebelum puasa hingga saat ini harga bahan pangan tidak ada yang bergejolak melebihi 30 persen dari harga normal.

Enggartiasto mengungkapkan biasanya satu minggu jelang Lebaran, tren setiap tahunnya, harga bahan pangan dan kebutuhan pokok rata-rata mengalami kenaikan mulai dari 30 persen hingga 50 persen dari harga normal.

"Kami dapat laporan dari rekan kita di daerah bahwa itu semua tidak kekurangan, ada sedikit yang kekurangan tapi langsung merespon untuk mengambil kekurangan itu. Sampai H+3 kita akan terus kendalikan‎," papar dia di kantornya, Kamis (22/6/2017).

Meski dilihat secara teoritis harga pangan tersebut mengalami tren penurunan setelah Lebaran, namun Enggartiasto memastikan stok bahan pangan dan kebutuhan pokok aman baik di pasar ritel modern hingga di pasar-pasar tradisional.

Meski ada stok, namun ada beberapa pedagang di pasar yang mencoba-coba untuk menaikkan harga‎. Hanya saja hal itu langsung diintervensi oleh pemerintah.

"‎Ada daerah yang menaikkan harga daging, tetapi kemudian kita kirim daging beku, sehingga mereka terpaksa menurunkan harganya. Hal ini lah yang kami lakukan. Jadi kita langsung mengambil langkah," tegas dia.

"Dan kalau datang ke pasar tawar harganya. Karena orang pasti ada usaha untuk mendapat keuntungan sesuatu yang wajar. Jadi masyarakat tawar harganya, karena pasokan cukup sekali dan perolehan harganya pun tidak berubah," tutup Enggartiasto.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip The Neyk, Kapak Selam Termewah di Dunia

Posted: 22 Jun 2017 07:00 AM PDT

Kebanyakan orang membayangkan ruangan di dalam kapal selam sebagai ruangan yang gelap, sempit dan tidak nyaman. Tapi berbeda ceritanya dengan kapal selam satu ini. Diberi nama The Neyk, kapal selam sepanjang 18,2 meter ini dibuat khusus untuk miliarder yang ingin bepergian dalam laut.

Kapal selam mewah ini bisa mengakomodasi hingga 20 penumpang. Meski didesain khusus untuk kapal selam pribadi, pembuatan kapal selam ini mengikuti standar keamanan dari angkatan laut Amerika Serikat dan NASA.

Faslitas yang ada di dalam The Neyk tergolong tak biasa untuk sebuah kapal selam. Kapal ini dilengkapi dengan area lounge mewah, sebuah perpustakaan hingga ruang galeri seni yang komplit.

Lebih dari itu, Nydailynews.com pada Kamis (22/6/2017) melaporkan, kapal selam yang dibuat di Belanda ini dilengkapi dengan mesin yang tak bersuara. Sistem pencahayaan serta pendingin udara juga bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan penumpang.

Bagian kokpit dari The Neyk dilengkapi dengan kaca observasi 27 derajat. Pergerakan kapal juga bisa dikontrol dengan menggunakan joystick sehingga bisa mengeksplorasi bagian laut sesuai keinginan.

Perusahaan transportasi Ocean Submarine dan Rolls Royce merupakan produsen dari kapal selam mewah ini. Meski harga dari kapal selam ini belum dirilis, The Neyk direncanakan mulai berlayar pada Januari 2018.

Yuk, tonton video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendag Enggar: Ada Daerah yang Coba Mainkan Harga Daging Sapi

Posted: 22 Jun 2017 06:48 AM PDT

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita mengaku ada beberapa pedagang daging yang mencoba mengambil keuntungan dengan menaikkan harga mendekati lebaran 2017.

Bagi Enggar, ini menjadi hal yang lumrah setiap musim perayaan hari-hari besar agama. Hanya saja, saat ini harga daging sapi sudah cukup tinggi, maka tidak semestinya para pedagang memainkan harga daging sapi.

"Ada beberapa daerah yang coba naikkan harga, tapi kita coba langsung drop daging beku kemudian dia terpaksa kembali turun. Makanya kita sampaikan kepada masyarakat yang biasa terjadi adalah tawar," kata Enggar di kantornya, Kamis (22/6/2017).

Enggar mengungkapkan, sampai saat ini sebenarnya stok daging aman, paling tidak hingga H+3 lebaran. Untuk itu masyarakat diminta turut aktif menjaga dan memantau harga daging di pasaran.

Sayangnya Enggar enggan mengungkapkan di pasar mana para pedagang tersebut mencoba memainkan harga daging sapi.

"Itu yang jelas di Luar Jawa, sekarang semua aman, setelah kita drop lagi," tegas Enggar.

Dari data Kementerian Perdagangan, saat ini harga daging sapi segar rata-rata Rp 114 ribu per kilogram (kg). Sedangkan untuk daging sapi beku tetap stabil di harga Rp 80 ribu per kg dan harga daging kerbau sebesar Rp 79 ribu per kg.‎ (Yas)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub: Puncak Arus Mudik Terjadi Malam ini Hingga Besok

Posted: 22 Jun 2017 06:39 AM PDT

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada malam ini (22/6/2017) sampai dengan besok malam (23/6/2017). Angka pemudik diprediksi juga akan meningkat 4,85 persen dibanding musim lebaran tahun lalu.

"Puncaknya malam ini sampai besok malam. Untuk angkanya saya belum tahu," ucap Budi Karya saat ditemui dalam Diskusi Mudik Bareng Guyub Rukun di Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Data Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menyebut, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 19,04 juta orang atau naik 4,85 persen dibanding realisasi 2016 sebanyak 18,16 juta orang. Kenaikan paling tinggi diprediksi pemudik yang menggunakan moda transportasi pesawat hingga 9,80 persen dari 4,92 juta pemudik di 2016 menjadi 5,40 juta pemudik di 2017.

"Pemerintah ingin membahagiakan pemudik. Presiden satu tagline mudik guyub dan rukun. Kita ingin memberikan layanan maksimal, macet itu harus kita kelola semaksimal mungkin. Semua sudah disiapkan, sampai dalam keadaan fatal pun Basarnas sudah melakukan latihan tertentu," jelas Budi Karya.

Budi Karya mengimbau kepada para pemudik agar tidak bertumpu pada satu jalan tol, yakni melalui tol Cikopo-Palimanan (Cipali). "Kalau ada kemacetan lebih dari 2 Kilometer (Km), kita akan tutup. Kan bisa lewat jalur Selatan, Utara, seperti Pantura itu malah sepi. Jangan andalkan Cipali saja," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk, Dessy Arryani memprediksi puncak arus mudik kendaraan di Gerbang Tol Cikarut mencapai 120 ribu kendaraan. Hari ini, volume kendaraan sudah mencapai 116 ribu kendaraan.

"Kelihatannya malam ini puncak arus mudik, orang pulang kantor jam 3 sore, buka puasa, dan setelah tarawih mudik. Volumenya diprediksi 120 ribu kendaraan di GT Cikarut saja," pungkasnya. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat Twitter, Miliarder Ini Minta Saran Cara Habiskan Duit

Posted: 22 Jun 2017 06:24 AM PDT

Pendiri Amazon yang juga merupakan salah satu miliarder terkaya dunia Jeff Bezos, mengunggah status di Twitter yang mengundang reaksi beragam dari warganet. Orang terkaya nomor dua di dunia ini meminta pendapat dari para pengikutnya untuk menghabiskan uang miliknya.

Dalam kicauannya di Twitter, Bezos mengatakan ingin berbuat lebih untuk khalayak melalui kegiatan filantropi. Namun, ia belum tahu strategi seperti apa yang pas. Ia juga ingin strategi yang dilakukannya tersebut bisa memberikan dampak lebih luas.

"Saya ingin membuat kegiatan filantropi yang bisa membantu orang banyak dan berdampak panjang," tulis Jeff di twitter seperti dilansir dari The Verge, Kamis (22/6/2017)

Jeff menambahkan, bisnis dan investasi yang dijalankan saat ini memang sudah bisa memberi efek bagi banyak orang. Contohnya perusahaan antariksa Blue Origin, Amazon hingga perusahaan media Washington Post yang ia akuisisi beberapa waktu yang lalu.

Meski begitu, Bezos agaknya merasa belum cukup memberikan sesuatu yang besar. Bezos mengimbau para pengikutnya yang berjumlah lebih dari 200 ribu orang tersebut untuk membalas kicauannya jika punya ide menarik tentang kegiatan filantropi.

Walau niatnya ini baik, Jeff sadar bahwa ia bisa saja mengundang tanggapan negatif dari pengguna internet. Untuk itu, miliarder ini juga terbuka bagi mereka yang tidak sepaham dengannya.

"Jika Anda pikir ini merupakan ide buruk, saya juga siap mendengarnya," tulis Jeff.

Sebagai orang nomor dua terkaya di dunia, Bezos kini hanya terpaut US$ 5 miliar untuk menyalip Bill Gates jadi orang terkaya sejagat. Kekayaan Jeff Bezos kembali meroket setelah dia mengakuisisi perusahaan ritel WholeFoods.

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Paling Kritis, Jasa Marga Antisipasi Macet Tol Cikampek

Posted: 22 Jun 2017 06:12 AM PDT

PT Jasa Marga Tbk telah mengantisipasi kemacetan di tol Jakarta-Cikampek dalam rangka menghadapi mudik Lebaran tahun ini. Beberapa upayanya dengan menambah gardu operasi menjadi 20 gardu masuk dan 30 gardu keluar di ruas tol tersebut dan menambah area peristirahatan bagi para pemudik.

"Jalan tol paling kritis adalah Jakarta-Cikampek, jadi kita mengupayakan antisipasi kemacetan," kata Direktur Utama Jasa Marga, Dessy Arryani dalam Diskusi Mudik Bareng Guyub Rukun di Galeri Nasional, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Oleh karenanya, Dessy mengaku, Jasa Marga dan Korlantas sudah meletakkan sejumlah alat sensor yang bisa mendeteksi kepadatan lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek. "Kalau sudah sampai apa yang kita sebut kritis, maka dari pusat trafik Jasa Marga akan langsung konek ke NTMC, langsung ke Posko dan kemudian Polisi langsung mengurai kemacetan," ia menerangkan.

Upaya lainnya, kata Dessy, dengan menambah gardu tol dari 13 gardu menjadi 20 gardu. Jadi Gerbang Tol Cikarang Utama saat ini ada 20 gardu masuk dan 30 gardu keluar, sehingga justru kondisinya mulai lancar.

"Kita juga tambah rest area yang tidak ada orang jualan. Namanya parking bay, bisa menampung 70-100 kendaraan. Jadi cuma menepi, parkir, ke toilet atau solat, langsung berangkat lagi. Ini sangat membantu kelancaran karena biasanya jalan tol macet di rest area mengingat orang senang piknik di rest area," paparnya.

Adapun upaya antisipasi penanganan arus mudik dan balik Lebaran 2017:

1. Peningkatan Kapasitas:

a. Kapasitas Gerbang Tol (GT):

• Penambahan gardu operasi pada GT Cikarang Utama, yaitu 20 gardu masuk dan 30 gardu keluar, pemanfaatan gardu reversible pada GT Cileunyi, GT Manyaran/GT Tembalang. Penambahan gardu moveable di GT Km 149 Tol Purbaleunyi

b. Kapasitas Lajur :

• Contraflow di daerah Rest Area (Km 32-Km 41, Km 52-Km 61 Jalur A (Arah Cikampek) dan Km 50-Km 68 (Arah Jakarta) dan setelah GT Cikarang Utama Km 29-Km 22 (Arah Jakarta)

• Penambahan lajur Km 62–Km 66 Jalur B
• Pemanfaatan pelebaran lajur Japek Elevated (Km 10+500–Km 36 Jalur A/B)

c. Kapasitas Tempat Istirahat

• Penambahan parking bay di Ruas Jalan Tol Jakarta –Cikampek (Km 18A, Km 41A, Km 59A, Km 34B, Km 58B) dan Parking Bay di Ruas Jalan Tol Palikanci Km 191 A

2. Pengendalian beban ruas per segmen

• Pengalihan lalu lintas pada segmen lalu lintas yang padat berdasarkan informasi dari alat ukur kepadatan/RTMS pada segmen Cawang-Cikunir, Cikunir-Cibitung, Cibitung-Cikarang Timur, Cikarang Timur –Dawuan, Dawuan–Sadang

• Informasi dari alat ukur kepadatan/RTMS dapat dimonitor melalui Posko Cikarut, Korlantas, Kemenhub, Cikopo dan Km 66

3. Perbaikan sistem informasi dan komunikasi

• Penambahan 15 unit VMS, 3 unit VMS Mobile, 1 unit RTMS, 9 unit CCTV, Video Tron di Km 59 A Ruas Japek, video conference di Posko Cikarut dan Cikopo
• Implementasi aplikasi mobile JMCARe
• Twitter dan Group komunikasi lintas instansi

4. Optimalisasi penggunaan transaksi non tol

• Penerapan pembayarantol non tunai dengan Himbara dan BCA
• Diskon tarif 20 persen untuk transaksi non tunai pada H-3 sampai dengan H2 (22 sampai 26 Juni 2017) dan H+4 sampai dengan H+6 (30 Juni sampai dengan 2 Juli 2017)

5. Peningkatan fasilitas pelayanan

• Penambahan unit pelayanan lalu lintas (Derek 28 unit, 2 unit crane)
• Penyediaan BBM Kemasan bekerja sama dengan Pertamina pada Rest Area Permanen dan Temporary
• Poliklinik gratis bekerja sama dengan Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan di Rest Area dan Rest Area Temporary
• Pos Pengaman Kepolisian di setiap Ruas Jalan Tol Operasional dan Fungsional.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Bentuk Badan Usaha di RI, Bagaimana Kewajiban Pajaknya?

Posted: 22 Jun 2017 06:08 AM PDT

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, pemerintah tetap akan memperhitungkan kewajiban pajak Facebook dalam beberapa tahun ke depan, meski perusahaan teknologi informasi tersebut telah menunjukkan itikad baik dengan membangun Badan Usaha Tetap (BUT) di Indonesia.

Darmin mengungkapkan, jika memang Facebook telah memperoleh izin prinsip dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk membuat BUT, maka harusnya telah ada pembicaraan mengenai kewajiban pajaknya di masa lalu.

"Seharusnya ya iyalah (ada perhitungan pajak). Harus ada perundingan membicarakan masa lalunya seperti apa bisnisnya, dan seperti apa benefit yang dia peroleh, itu sangat wajar," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (22/6/2017),

Menurut Darmin, yang juga harus diselesaikan yaitu soal perhitungan kewajiban pajak yang harus dibayar Facebook di Indonesia. 

"P‎ersoalannya itu masing-masing saling membuat argumentasi mana dan berapa perhitungan yang paling benar, tidak ada standarnya, sehingga itu hasil perundingan. Ya ‎entah berapa lama ke belakang soal inilah, paling tidak masa lalunya harus ada yang dihitung," kata dia.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, jika nantinya Facebook membuat BUT, maka statusnya akan sama dengan perusahaan-perusahaan asing lain di Indonesia. Facebook wajib membayar pajak penghasilan (PPh) badan seperti perusahaan lain.‎

"Kalau sudah berdiri di Indonesia, statusnya sudah di sini, dia menjadi perusahaan yang memperdagangkan iklan di dunia maya, dia perusahaan Indonesia, pajaknya berlaku pajak biasa. (Kena PPh Badan?) Iya," tandas Rudiantara.‎
‎‎

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Diboikot, Qatar Airways Jadi Maskapai Terbaik Dunia

Posted: 22 Jun 2017 05:50 AM PDT

Maskapai asal Qatar, Qatar Airways, dinobatkan menjadi maskapai terbaik di dunia oleh Skytrax. Ini merupakan keempat kalinya Qatar Airways behasil menyabet gelar prestisius tersebut.

Penghargaan diterima dalam 2017 Skytrax World Airline Awards yang berlangsung di sela acara Paris Air Show. Selain mendapat gelar sebagai maskapai terbaik, Qatar Airways juga mendapat beberapa penghargaan lain, di antaranya yaitu Best Business Class, Best First Class Lounge, dan Best MiddleEast Airlines.

"Dalam waktu yang relatif singkat, Qatar Airways telah berkembang menjadi lebih dari 140 destinasi di seluruh dunia, menawarkan tingkat keunggulan layanan yang membantu operator pemenang penghargaan untuk menjadi yang terbaik di dunia," tulis Skytrax seperti dilansir dari website resminya Kamis, (22/6/2017)

Penilaian maskapai terbaik ini dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa indikator. Pengambilan suara dan penentuan juara dinilai secara independen oleh otoritas periklanan Inggris (ASA) di tahun 2015 yang mengutamakan kepatuhan, transparansi serta independensi.

Sebanyak 19,8 juta penilaian diikut sertakan dalam survei yang berlangsung dari Agustus 2016 hingga Mei 2017. Total ada 325 maskapai penerbangan yang masuk dalam penilaian yang dilakukan oleh Skytrax, mulai dari maskapai penerbangan internasional terbesar hingga maskapai domestik yang memiliki ukuran lebih kecil.

Penghargaan ini juga menjadi pencapaian sendiri bagi Qatar Airways di tengah kisruh krisis teluk yang tengah melanda negaranya. Minggu lalu, CEO Qatar Airways, Ahmad al-Baker mengatakan bahwa maskapainya tidak terpengaruh oleh keputusan boikot tersebut dari negara-negara Arab.

Qatar Airways masih bisa mengoperasikan sekitar 1.200 penerbangan pada minggu pertama krisis, di mana 90 persen di antaranya berangkat tepat waktu.

Perseroan juga mengumumkan laba bersih Qatar Airways naik hampir 22 persen pada tahun fiskal terakhir. Kenaikan laba bersih ini terjadi sebelum krisis teluk. Selain itu, pencapaian laba bersih Qatar Airways juga bersamaan dengan perayaan 20 tahun Qatar Airways berkiprah di industri penerbangan pada 2017.

Tapi, banyak analis memperkirakan masa depan maskapai yang berbasis di Doha itu diliputi ketidakpastian, di tengah blokade ekonomi oleh sejumlah negara Arab dan lainnya.

Berikut 10 maskapai penerbangan terbaik versi Skytrax:

1. Qatar Airways
2. Singapore Airlines
3. ANA All Nippon Airways
4. Emirates
5. Cathay Pacific
6. EVA Air
7. Lufthansa
8. Etihad Airways
9. Hainan Airlines
10. Garuda Indonesia

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Arcandra Tahar yang Kaget Melihat Hebohnya Mudik

Posted: 22 Jun 2017 05:46 AM PDT

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (‎ESDM), Arcandra Tahar mengaku baru merasakan kehebohan masyarakat yang mudik untuk merayakan‎ lebaran di kampung halamannya.

Arcandra mengungkapkan, dirinya baru menyaksikan kehebohan masyarakat yang ‎melakukan mudik hari ini. Hal itu dikatakan Arcandra setelah melepas rombongan mudik bareng guyub rukun di Kantor Kementerian ESDM.

‎"Saya baru kenal mudik ramai-ramai itu ya baru hari ini, tadi itu," kata ‎Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Menurut Arcandra, saat masih mengemban pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) 1989 sampai 1994, masyarakat yang mudik belum seramai saat ini.

"Dulu waktu saya kuliah, enggak seheboh ini," ucapnya.

Dia pun akan mudik lebaran ‎ke kampung halamannya di Sumatera Barat, dengan menggunakan pesawat bersama keluarganya.

‎"Pulang ke Padang, dalam waktu dekat. Saya akan berlebaran bersama keluarga di sana," tutur Arcandra.

Untuk diketahui, setelah lulus dari ITB 1994, , Arcandra langsung ke Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikan Strata 2 (S2) di Texas pada 1996, kemudian menamatkan pendidikan jenjang S3 pada 2001 di negara yang sama.

Setelah itu, dia melanjutkan karirnya di Amerika Serikat sampai 2016. Setelah 20 tahun hidup di negeri Paman Sam ter‎sebut, Arcandra pulang ke Indonesia karena diangkat jadi Menteri ESDM pada Juli 2016.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Sukses Gelar Buka Puasa Bersama 24.000 Anak Yatim dan Dhuafa

Posted: 22 Jun 2017 05:44 AM PDT

PLN sukses menyelenggarakan buka puasa bersama dengan lebih dari 24.000 anak yatim dan dhuafa dari Sabang hingga Merauke sepanjang bulan Ramadan 1438 H. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian PLN untuk berbagi dengan sesama dan menjaga tali silaturahim dengan masyarakat.

Acara yang bertajuk "Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim dan Dhuafa" ini terpusat di Jakarta, tepatnya di Jakarta Convention Center, Senin (19/6). Dalam acara ini, PLN mengundang 3.200 anak yatim dan dhuafa dari 64 yayasan di Jabodetabek untuk saling berbagi kebahagiaan di bulan berkah nan suci ini.

Acara ini pun mendapatkan apresiasi dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Menteri BUMN Rini Soemarno yang hadir di tengah-tengah para anak yatim dan dhuafa. Direksi dan Dewan Komisaris PLN turut hadir untuk berbuka puasa bersama dan membagi kebahagiaan pada anak-anak yatim dan dhuafa yang memenuhi ruangan Assembly Hall di JCC.

"Kami berterima kasih pada PLN yang memberikan infak kepada anak-anak yatim, dan semoga semakin banyak perusahaan yang memperhatikan santunan kepada anak-anak yatim karena dalam agama kita santunan kepada anak yatim adalah kemuliaan dan doa anak yatim diijabah Allah SWT," ucap Kalla saat menyampaikan sambutannya.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir kemudian secara simbolis memberikan dana santunan dengan total Rp 2,65 Miliar yang akan disumbangkan ke 64 yayasan di Jabodetabek tersebut. Sementara itu, total donasi yang diberikan PLN kepada anak yatim dan dhuafa di seluruh wilayah Indonesia sedikitnya Rp 10 Miliar.

Dana santunan untuk anak yatim dan dhuafa yang diberikan PLN sepanjang Ramadan 1438 H ini merupakan dana dari PLN Peduli dan sebagian dari zakat pegawai PLN yang dikelola oleh LAZIS (Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqoh) PLN. Sebelumnya, program santunan anak yatim dan dhuafa telah diadakan oleh LAZIS PLN di awal Ramadan 1438 H dengan mengundang 10.000 anak yatim dari seluruh Indonesia.

Rangkaian acara pada buka puasa di JCC ini juga meliputi tatap muka para anak yatim dan dhuafa dengan Direksi PLN; video conference dengan PLN Distribusi Jawa Timur di Surabaya serta PLN Wilayah Kalimantan Barat dan PLN UIP Kalimantan Bagian Barat di Kayong Utara; tausiyah dan doa bersama oleh Ustadz Subki Al Bughury; sholat berjamaah; dan penampilan musik dari band Wali.

"Momen ini sangat tepat untuk PLN berbagi dengan sesama. PLN semakin berkah, jaya, dan makmur berkat doa adik-adik sekalian. Diharapkan adik-adik ini adalah generasi penerus bangsa yang akan selalu menerangi negeri ini," ucap Direktur Utama PLN Sofyan Basir.

Sofyan menambahkan bahwa acara ini adalah wujud kepedulian PLN terhadap anak bangsa dan salah satu bentuk silaturahim terhadap masyarakat sekaligus ungkapan syukur bahwa PLN masih berdiri dengan tegap untuk menerangi nusantara.

Dalam kegiatan ini melibatkan pula partisipasi aktif dari pegawai-pegawai PLN sehingga nantinya akan menumbuhkan rasa kepedulian dan berbagi dengan lingkungan sekitar yang masih membutuhkan serta sebagai pengingat betapa pentingnya menyantuni anak yatim dan dhuafa agar kehidupan dunia dan akhirat dapat selalu berkah.

 

Powered By:

PT. PLN (Persero)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Desa-Desa di Kabupaten Bondowoso Sudah 100 Persen Berlistrik

Posted: 22 Jun 2017 05:29 AM PDT

Di penghujung Ramadan ini PLN mengoperasikan listrik di dua desa, yakni Desa Jiret Mas dan Penang, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Dengan dialirinya listrik ke dua desa ini, Bondowoso pun menjadi 100 persen desa berlistrik, dengan total 219 desa.

Upaya melistriki Desa Jiret Mas dan Penang terhitung cepat. PLN hanya membutuhkan 52 hari mulai dari perencanaan, lelang dan pengerjaan jaringan hingga menyambung listrik ke rumah-rumah penduduk.

"Ini rekor pencapaian listrik desa tercepat yang pernah dicapai selama ini. Pekerjaan dilakukan oleh 4 kontraktor secara pararel, simultan dan overwork," jelas Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Timur & Bali Amin Subekti.

Untuk melistriki dua desa tersebut PLN membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 14,7 kilometer sirkit (kms), 4 gardu total 400 kilo Volt Ampere (kVA), dan jaringan tegangan rendah 10 kms. Total biaya investasi sebesar Rp 14 milyar.

Potensi pelanggan yang akan dijangkau PLN sebanyak 1.100 pelanggan, 600 di Desa Jiret Mas, 500 di Desa Penang. Dengan demikian, desa berlistrik di Jawa Timur meningkat dari 8.476 desa (99,67% di tahun 2016) menjadi 8.480 desa (99,70 % per Juni 2017).

"Hingga saat ini masih ada 25 desa di kepulauan Madura, Kabupaten Sumenep, yang masih dalam progres realisasi pembangunan secara bertahap sesuai roadmap sampai dengan tahun 2019 menuju 100% desa berlistrik," ungkap Amin.

Amin mengatakan, upaya melistriki desa-desa di Jawa Timur merupakan sumbangsih PLN untuk kemajuan bangsa.

"Listrik adalah lokomotif pembangunan. Listrik juga merupakan jendela kepada peradaban dan jembatan menuju perekonomian yang lebih baik," ujar Amin.

Mewakili pemerintah Jawa Timur, Kepala Badan Koordinator Wilayah Cahyo Widodo menyampaikan apresiasinya atas perjuangan PLN melistriki Bondowoso.

Ia menaruh harapan adanya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Bondowoso yang masih menjadi daerah tertinggal.

"Desa Jiret dan Penang ini penghasil pisang yang bagus. Pisangnya masih dijual mentah. Dengan listrik, saya harap dapat memberi nilai tambah supaya pisang ini jadi makanan olahan. Listrik juga memungkinkan air menjadi mudah didapat, sehingga potensi UKM untuk tumbuh dapat terwujud," Jelas Cahyo.

 

Powered By:

PT. PLN (Persero)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut: Kecelakaan karena Ngantuk Jangan Salahkan Pemerintah

Posted: 22 Jun 2017 05:28 AM PDT

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengimbau kepada seluruh pemudik untuk disiplin saat perjalanan mudik Lebaran. Pemudik perlu menerapkan disiplin berlalu lintas dan menjaga perilaku dalam berkendara sehingga dapat terhindar dari kecelakaan maupun sakit sewaktu mudik.

"Semua harus disiplin, kerja sama satu tim. Jangan memaksakan sesuatu di luar kemampuan kita," tegasnya saat Diskusi Mudik Bareng Guyub Rukun di Galeri Nasional, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Luhut mencontohkan, pemudik yang mengendarai mobil atau motor jangan memaksakan melakukan perjalanan apabila kantuk menyergap. Pemudik pun harus menaati aturan untuk melewati jalan tol darurat pada pukul 06.00-18.00, tidak lebih dari itu.

"Sudah ngantuk dipaksakan nyetir, lalu kecelakaan, pemerintah mau disalahin? Padahal dia yang nyupir saat ngantuk. Perhatikan juga, jalan darurat boleh digunakan dari jam 6 pagi sampai 6 malam, kalau jalan malam, cari penyakit namanya, jangan salahin kita (pemerintah)," ucapnya.

"Hal-hal seperti itu harus paham. Team work sangat penting, karena sebaik apapun yang pemerintah lakukan, tanpa kerja sama dari masyarakat, tidak akan maksimal. Jangan saling menyalahkan, tapi pemerintah sudah berusaha dan tidak ada yang bisa menjamin 100 persen. Makanya penting disiplin," tambah Luhut.

Pemerintah, diakui Luhut, telah melakukan koordinasi setiap saat dalam penyelenggaraan transportasi Lebaran. Koordinasi antar Kementerian/Lembaga, operator transportasi, operator jalan tol, dan pihak-pihak terkait.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bertugas meningkatkan keselamatan transportasi, seperti kelayakan kendaraan dan kesiapan awak, kesiapan infrastruktur, dan koordinasi dengan BUMN maupun perusahaan transportasi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bertugas menyelesaikan pembangunan jalan dan jembatan, penyiapan jalur alternatif agar dalam kondisi mantap, penyediaan fasilitas umum, air bersih, toilet.

Polri bertugas meningkatkan keselamatan dan keamanan masyarakat yang bepergian dan yang dilewati pemudik. Juga menyelenggarakan tata kelola rekayasa lalu lintas. Kementerian Dalam Negeri bertugas mengarahkan Gubernur/Bupati/Wali Kota agar menyiapkan wilayah masing-masing serta mengerahkan petugas lapangan untuk mengendalikan pasar tumpah.

Tugas Kementerian Kesehatan menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan di sepanjang jalur mudik, koordinasi dengan instansi terkait untuk penyediaan sarana dan operasional lapangan. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menjamin ketersediaan dan kelancaran angkutan bahan bakar, serta menyediakan BBM kemasan di sepanjang jalur mudik.

Kementerian Perdagangan bertugas menjaga kelancaran distribusi bahan pokok. Kementerian Tenaga Kerja memastikan jadwal libur dan waktu pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR). Tugas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yakni memastikan jadwal libur Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejak dini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bertugas memastikan jadwal libur sekolah sejak dini. TNI memiliki tugas menyediakan bantuan angkutan dan mendukung keamanan selama mudik Lebaran. BMKG bertugas menyediakan informasi cuaca secara berkala dan menambahkan aplikasi lalu lintas pada sistem informasi BMKG.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bertugas mensosialisasikan informasi sejak dini berdasarkan masukan dari Kementerian/Lembaga terkait serta penambahan infrastruktur telepon selular dan pengelolaan media sosial.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan, Nila Moeloek mengimbau kepada para pemudik untuk menjaga kebersihan diri sebagai langkah pencegahan timbulnya penyakit yang bisa mengganggu aktivitas mudik.

"Kita siapkan 3.826 pos kesehatan di sepanjang jalur mudik, rumah sakit, klinik tetap siaga, tenaga kesehatan berjaga selama 24 jam, ada ambulans roda dua dan empat. Tapi kita imbau jaga kebersihan diri, nanti sakit, Kemenkes yang dimarahi. Mudik santai saja, jangan terlalu bersemangat. Tenang tapi jangan sakit," harapnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Groundbreaking PLTP Tulehu, Dongkrak Pemanfaatan EBT

Posted: 22 Jun 2017 05:19 AM PDT

PLN kembali memaksimalkan penggunaan Pembangkit Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebagai bagian dari pembangunan program 35.000 MW. Hal ini ditandai setelah dilaksanakannya Groundbreaking (GB) Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Tulehu berkapasitas 2x10 MW terletak di Desa Suli dan Tulehu Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku (20/6).

PLTP pertama yang dibangun di Provinsi Maluku ini diharapkan dapat beroperasi secara komersial (Commercial Operation Date /COD) di tahun 2019. PLTP yang dibangun di atas lahan 1.920 Ha tersebut akan memperkuat sistem kelistrikan di Pulau Ambon yang hingga saat ini dihasilkan dari PLTD dengan daya mampu 61,9 MW dan beban puncak 54 MW.

Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Tulehu memiliki potensi sebesar 60 MW dimana untuk awal proyek ini, PLN mengembangkan sebesar 2x10 MW.

Proyek pengeboran sumur PLTP Tulehu ini didanai oleh APLN dan JICA dimana pelaksanaan Pengeboran dilakukan oleh PT Halliburton Logging Services Indonesia dalam bentuk kontrak Full IPM (Integrated Project Management) dengan Jumlah sumur panas bumi yang akan di bor berjumlah 4 (empat) sumur yakni terdiri dari 3 (tiga) sumur produksi dan 1 (satu) sumur injeksi dengan nilai kontrak sebesar USD 31 Juta. Sedangkan kegiatan Engineering dan Supervisi Pengeboran Pengeboran dilakukan oleh Konsultan WestJec-Connusa Energindo.

Wagub Maluku Zeth Sahuburua mengucapkan apresiasi nya terhadap PLN. "Kami pemerintah provinsi Maluku menyambut dengan baik serta mengapresiasi atas perhatian yang sangat besar nya untuk membangun Maluku," kata Zeth.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati dalam acara GB PLTP Tulehu mengatakan bahwa PLTP Tulehu berpotensi menarik investor.

"Dengan beroperasinya PLTP Tulehu diharapkan dapat meningkatkan 32.28% daya mampu sistem Ambon sehingga sistem menjadi lebih andal, selain itu juga dapat menarik investor baru untuk masuk ke Ambon," kata Nicke.

Hingga saat ini jumlah pelanggan PLN di area Ambon berjumlah 162.017 pelanggan, dan sekitar 90 % dari total penggunaan listrik di Ambon berasal dari keperluan rumah tangga, jauh melampaui industri, bisnis dan sosial. Penambahan PLTP Tulehu ini diharapkan dapat menggenjot pertumbuhan ekonomi di Ambon karena berpotensi menarik para investor.

Tulehu merupakan Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) ke-2 yang dikembangkan oleh PLN

"Ini merupakan pembuktian bahwa PLN mampu mengembangkan potensi panas bumi dari hulu hingga hilir, untuk memberikan tarif listrik yang ekonomis di sistem Ambon. Jika hasil drilling terbukti menjanjikan, maka akan dibangun 3 (tiga) sumur tambahan pada tahap kedua yang terdiri dari 2 (dua) sumur produksi dan 1 (satu) sumur injeksi," lanjut Nicke.

Direktur Regional Maluku Papua PLN Haryanto WS mengatakan bahwa PLN sekarang harus menjemput bola. "Ada perubahan mindset, PLN yang biasanya menunggu, dengan program pemerintah skrg pln diminta ekspansif untuk mengejar pelanggan dan menyediakan listrik," kata Haryanto.

"Dukungan luar biasa dari pemerintah dirasakan oleh PLN telah sangat banyak membantu, kita diberi banyak hibah tanah dalam pembangunan infrastruktur di Ambon ini," lanjut Haryanto.

PLN telah mendapatkan penugasan dari Pemerintah untuk mengembangkan 6 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP). WKP Tulehu adalah salah satu yang telah memasuki tahapan eksplorasi dimana telah Ada 2 (dua) WKP Mataloko & Ulumbu di Flores - NTT yang telah beroperasi sejak 2010.

Guna mendukung Ketahanan Energi Nasional dan mengakselerasi peningkatan bauran Energi dari Panasbumi yang ditargetkan sampai dengan tahun 2026 sebesar 7 GW, PLN telah mengajukan tambahan penugasan WKP berikutnya yang total keseluruhan-nya berjumlah 14 WKP dengan kapasitas sebesar 1.000 MW

Enam WKP yang sudah dimiliki PLN ialah WKP Ulumbu di kabupaten Manggarai (Nusa Tenggara Timur) dengan potensi 40 MW; WKP Mataloko di kabupaten Ngada (Nusa Tenggara Timur) dengan potensi 20 MW; WKP Tulehu di kabupaten Maluku Tengah (Maluku) dengan potensi 60 MW; WKP Ciater di kabupaten Subang (Jawa Barat) dengan potensi 60 MW; WKP Atadei di kabupaten Lembata (Nusa Tenggara Timur) dengan potensi 10 MW; dan WKP Songa Wayaua di kabupaten Halmahera Selatan (Maluku Utara) dengan potensi 10 MW.

Sebagai satu-satunya pembeli energi Listrik dari Panas bumi diharapkan PLTP Tulehu yang dikembangkan oleh PLN, dapat menjadi acuan harga listrik Panas bumi yang saat ini masih di atas harga jual listrik sesuai TDL yang ditetapkan oleh Pemerintah, mengingat pengembangan Panasbumi beresiko tinggi dan saat ini masih sangat mahal biaya investasinya.

Pembangunan PLTP Tulehu ini menjadi bukti keseriusan PLN mendukung penuh upaya Pemerintah untuk menggenjot pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan yang ditargetkan dapat mencapai sekitar 25% dari total bauran energi pada tahun 2025.

Secara keseluruhan PLN telah mengoperasikan PLTP dengan kapasitas sebesar 600 MW dari 1.500 MW kapasitas terpasang di Indonesia. Jumlah ini sama dengan 1/3 total kapasitas seluruh pembangkit panas bumi.

"Pelaksanaan proyek pengeboran sumur PLTP Tulehu merupakan bukti keseriusan PLN dalam mengembangkan panas bumi untuk kelistrikan Nusantara," tutup Nicke.

Dengan dibangunnya PLTP Tulehu 2x10 MW ini juga menjadi salah satu realisasi semangat dari PLN untuk terus menggalakkan pemanfaatan Sumber Daya Energi Baru dan Terbarukan.

Acara Groundbreaking PLTP Tulehu dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI yang diwakili oleh Staf Khusus Wakil Ketua DPR RI Lily Chandra, Anggota Komisi VII Mercy Chriesty Barend, Gubernur Maluku yang diwakili Wakil Gubernur (Wagub) Zeth Sahuburua, Direktur Jenderal EBTKE ESDM yang diwakili Direktur Panas Bumi Yunus Saefulhak, Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati, Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua Haryanto WS, Kepala Sub Direktorat Teknik Benhur L Tobing, Perwakilan Kementerian Keuangan, BAPPENAS, jajaran Direksi PT Sarana Multi Infrastruktur dan perangkat Adat Tulehu dan Desa Suli.

 

Powered By:

PT. PLN (Persero)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kargo Perdana LNG Jangkrik Dikirim ke Bali

Posted: 22 Jun 2017 05:10 AM PDT

Kargo gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) perdana dari Lapangan Jangkrik, Wilayah Kerja (WK) Muara Bakau yang dioperasikan Eni dikirimkan ke pasar domestik dari kilang LNG Bontang, Kalimantan Timur.

Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sukandar mengatakan, dari kilang LNG Bontang kargo perdana LNG sebesar 22.500 m3 tersebut dikirim ke terminal regasifikasi di Tanjung Benoa, Bali, menggunakan Kapal Triputra‎.

Pengiriman tersebut merupakan bagian dari kontrak jangka panjang yang telah ditandatangani Eni dengan PT Pertamina (Persero).

Menurut Sukandar, sebagian besar pasokan gas Wilayah Kerja Muara Bakau ditujukan dan diprioritaskan untuk pemenuhan kebutuhan pabrik pupuk dan kebutuhan LNG dalam Negeri.

"Pemenuhan pasokan tersebut jadi bukti nyata industri hulu migas untuk mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan dan energi di Indonesia," kata Sukandar, di Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Pengiriman kargo pertama ini juga sebagai bagian pemenuhan kebutuhan kelistrikan di Indonesia. Hal ini sejalan dengan kebijakan dari pemerintah, untuk terus menambah ketersediaan pasokan kelistrikan bagi masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Managing Director Eni Indonesia, Fabrizio Trilli mengungkapkan, lifting kargo pertama ini merupakan salah satu pencapaian proyek pengembangan Lapangan Jangkrik. Pasalnya, lapangan tersebut salah satu proyek gas laut dalam pertama di Indonesia.

"Saya sangat bangga melihat hubungan yang kuat dan produktif dengan pemerintah Republik Indonesia, Pertamina dan mitra kerja Joint Venture kami di Proyek Jangkrik," tutupnya.

Sebagai informasi, proyek pengembangan Lapangan Jangkrik ini terdiri dari lapangan gas Jangkrik dan Jangkrik North East yang berlokasi di wilayah kerja Muara Bakau, di laut dalam Selat Makassar.

Saat ini, produksinya sekitar 200 juta standar kubik kaki per hari, yang secara bertahap meningkat mencapai produksi sebesar 450 juta standar kubik kaki per hari atau setara dengan 83.000 barel setara minyak per hari.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Putuskan Harga BBM, Elpiji dan Listrik Tak Naik

Posted: 22 Jun 2017 04:53 AM PDT

‎Pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), Elpiji dan listrik ‎pada 1 Juli 2017. Bahkan untuk listrik dipastikan tidak akan mengalami kenaikan hingga akhir tahun ini.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan, ada sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan pemerintah tidak menaikkan harga BBM. Salah satunya soal tren harga minyak dunia.

Dia mengungkapkan, dengan harga minyak dunia yang relatif stabil saat ini, pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan harga BBM pada 1 Juli 2017.‎ Langkah pemerintah tersebut juga telah sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi sesuai arahan Pak Presiden dan diputuskan dalam Sidang Kabinet juga dengan pertimbangan berbagai faktor termasuk pertumbuhan ekonomi, tren penurun harga minyak mentah dunia tadi pagi Nymex bisa mencapai US$ 42 (per barel). Kalau Brent tadi pagi US$ 44. Minggu lalu kira-kira masih US$ 47 atau US$ 48," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Dengan pertimbangan tersebut, lanjut Jonan, maka harga BBM penugasan yaitu Premium dan Solar bersubsidi tidak akan mengalami kenaikan. Hal ini berlaku untuk 3 bulan ke depan.

"Dengan pertimbangan itu pemerintah memutuskan nggak ada kenaikan harga BBM, khususnya Premium Ron 88, Solar atau Biosolar itu mulai 1 Juli 2017 sampai 31 September 2017. Jadi 3 bulan ke depan nggak ada kenaikan harga BBM sama sekali," kata dia.

Selain BBM, pemerintah juga memutuskan untuk tidak menaikkan harga gas Elpiji subsidi 3 kg. Harga eceran elpiji tabung melon tersebut tetap dipatok sebesar Rp 13,500.

"Ini sama jua dengan harga Elpiji yang 3 kg, yan di subsidi pemerintah itu nggak ada kenaikan. Harga eceran elpiji jadi yang 3 kg tetap Rp 13,500 per tabung 3 kg. Itu berlaku juga 1 Juli 2017 sampai 30 September 2017," jelas dia.

Hal yang sama juga berlaku untuk tarif listrik. Pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan atau melakukan penyesuaian tarif untuk golongan mana pun. Bahkan menurut dia, tarif listrik ini diharapkan bisa mengalami penurunan.

"Untuk tarif tenaga listrik, itu pemerintah sudah menetapkan tidak ada kenaikan atau penyesuaian tarif untuk golongan mana pun juga. Bahkan diharapkan bisa turun tarif listriknya. Intinya prinsipnya nggak ada kenaikan. Mulai 1 juli 2017 sampai 31 Desember 2017. Listrik panjang sampai akhir tahun nggak ada penyesuaian tarif sama sekali," tandas dia.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Tertipu Diskon, Ini Barang yang Anda Butuhkan saat Lebaran

Posted: 22 Jun 2017 04:48 AM PDT

Kebiasaan yang selalu terjadi di Indonesia sekitar satu pekan sebelum Lebaran, pusat perbelanjaan selalu penuh dengan manusia. Betul-betul penuh. Pernah beberapa tahun lalu, iseng saya datang ke sebuah mal di pinggir Jakarta sekitar dua hari sebelum Lebaran, saya betul-betul susah bergerak.

Ya, mungkin secara bawah sadar, hari raya menjadi alasan untuk orang datang ke berbagai pusat perbelanjaan dan menghabiskan uangn. Alasannya sih sederhana, belanja Lebaran.

Menariknya, kalau dilihat, barang-barang yang dibeli oleh mereka yang datang ke pusat perbelanjaan menjelang Lebaran seperti ini seringkali bukan barang-barang yang ada hubungannya dengan Lebaran. Terus kok dibeli? Ya karena barang itu di-sale alias diskon.

Memang, tiap menjelang Lebaran, hampir semua merek ternama dan toko-toko mengadakan program sale alias diskon. Angkanya malah seringkali gila-gilaan. Ya, saat seperti sekarang memang saat-saat emas bagi pedagang untuk menangguk pendapatan yang sangat besar.

Dari sisi pembeli, tentunya saya tidak sarankan juga ke Anda untuk membeli di luar apa yang Anda butuhkan, apalagi sampai terlalu banyak.

Lalu, apa yang sebenarnya butuh untuk Anda beli saat menjelang Lebaran seperti sekarang?

Berikut ini beberapa barang yang benar-benar dibutuhkan:

1. Baju Lebaran

Kalau Anda merasa bahwa baju-baju lama Anda sudah tidak ada yang layak dipakai saat acara Halalbihalal, maka baju Lebaran adalah hal yang mutlak harus Anda beli saat menjelang Lebaran seperti sekarang, seperti Baju Koko untuk pria atau Kaftan untuk wanita, tentunya plus macam-macam jilbab atau kerudung.

Mengingat banyaknya acara Halalbihalal yang mungkin akan Anda datangi, maka yang harus Anda perhatikan tentunya adalah seperti apa rasa nyaman ketika Anda memakai baju Lebaran tersebut.

Indonesia adalah negara tropis, dan pergi berkunjung ke berbagai rumah dalam sehari dengan baju muslim yang serba tertutup membuat seseorang bisa cepat kepanasan kalau bahan bajunya tidak nyaman.

Jadi untuk baju Lebaran, mahal tidak apa, yang penting nyaman dan enak dipakai karena itu akan menemani hari Lebaran Anda sehari penuh.

2. Perangkat salat

Hal kedua yang betul-betul butuh untuk dibeli adalah perlengkapan salat. Kalau Anda merasa perlengkapan salat Anda sepertinya sudah terlalu lama dan kualitasnya sudah berkurang, atau Anda merasa ingin ada penyegaran, maka tidak ada salahnya Anda pertimbangkan untuk membeli sarung, peci, sajadah atau mukena baru. Plus tambahan seperti tasbih atau Kitab Suci Al-Qur'an juga tidak ada salahnya.

Hal yang harus Anda perhatikan juga adalah bahwa beda dengan baju Lebaran, perangkat salat ini tidak hanya akan Anda pakai saat Lebaran, tapi bisa jadi sampai beberapa tahun ke depan. Jadi tidak apa-apa keluar uang yang lebih banyak asalkan memang berkualitas.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

3. Makanan atau bahan makanan

Nah ini penting. Anda bisa mempersiapkan diri untuk membeli bahan untuk makanan Lebaran seperti rendang, ketupat, atau semacam itu. Jangan lupa, selain bahan untuk makanan Lebaran, Anda bisa juga membeli makanan jadi seperti kue-kue Lebaran.

Contohnya seperti kastengel, nastar, putri salju dan sebagainya. Ketika membeli bahan makanan, pastikan Anda memang akan mengolahnya dan tidak hanya membeli hanya karena lapar mata.

Begitu juga dengan kue Lebaran, pastikan bahwa kue-kue itu memang disukai dan pasti ada yang memakannya sehingga kue itu tidak mubazir karena tidak ada yang makan.

4. Perlengkapan traveling

Kalau Anda mudik sebelum Lebaran atau memutuskan untuk pergi jalan-jalan keluar kota setelah Lebaran, maka bisa jadi Anda juga membutuhkan perlengkapan traveling. Barang-barang seperti koper, kantung packing baju, sepatu atau sandal khusus jalan-jalan, itu adalah barang-barang yang mungkin memang Anda perlukan.

Jangan lupa bahwa saat menjelang Lebaran seperti sekarang, toko-toko perlengkapan traveling mengadakan banyak program diskon atau berbagai promo menarik yang bisa jadi menguntungkan buat Anda.

Nah, itulah dia empat hal yang bisa jadi Anda butuhkan untuk Anda beli saat menjelang Lebaran seperti sekarang. Hindari membeli barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan untuk Lebaran, apalagi hanya karena ada embel-embel 'Diskon Ramadan' atau 'Diskon Lebaran'.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjahit Keliling Banjir Order Jelang Lebaran

Posted: 22 Jun 2017 04:31 AM PDT

Penjahit keliling mengukur pakaian pelanggan yang akan dijahit ulang, Jakarta, Kamis (22/6). Jelang lebaran, penjahit keliling mulai banyak menerima orderan warga untuk sekedar memotong atau mengecilkan pakaian. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Penjahit keliling mengukur pakaian pelanggan yang akan dijahit ulang, Jakarta, Kamis (22/6). Jelang lebaran, penjahit keliling mulai banyak menerima orderan warga untuk sekedar memotong atau mengecilkan pakaian. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sejumlah penjahit keliling saat menerima orderan pelanggan, Jakarta, Kamis (22/6). Para penjahit yang biasanya berkeliling masuk kampung ini lebih memilih untuk mangkal di saat jelang lebaran. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sejumlah penjahit keliling saat menerima orderan pelanggan, Jakarta, Kamis (22/6). Para penjahit yang biasanya berkeliling masuk kampung ini lebih memilih untuk mangkal di saat jelang lebaran. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Penjahit keliling mengukur pakaian pelanggan yang akan dijahit ulang, Jakarta, Kamis (22/6). Jelang lebaran, penjahit keliling mulai banyak menerima orderan warga untuk sekedar memotong atau mengecilkan pakaian. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Penjahit keliling mengukur pakaian pelanggan yang akan dijahit ulang, Jakarta, Kamis (22/6). Jelang lebaran, penjahit keliling mulai banyak menerima orderan warga untuk sekedar memotong atau mengecilkan pakaian. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Penjahit keliling mengukur pakaian pelanggan yang akan dijahit ulang, Jakarta, Kamis (22/6). Jelang lebaran, penjahit keliling mulai banyak menerima orderan warga untuk sekedar memotong atau mengecilkan pakaian. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Penjahit keliling mengukur pakaian pelanggan yang akan dijahit ulang, Jakarta, Kamis (22/6). Jelang lebaran, penjahit keliling mulai banyak menerima orderan warga untuk sekedar memotong atau mengecilkan pakaian. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Penjahit keliling saat saat menerima orderan pelanggan, Jakarta, Kamis (22/6). Para penjahit yang biasanya berkeliling masuk kampung ini lebih memilih untuk mangkal di saat jelang lebaran. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Penjahit keliling saat saat menerima orderan pelanggan, Jakarta, Kamis (22/6). Para penjahit yang biasanya berkeliling masuk kampung ini lebih memilih untuk mangkal di saat jelang lebaran. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Menjelang hari raya Idul Fitri, penjahit vermak levis keliling mulai kebanjiran rezeki, Jakarta, Kamis (22/6). Para penjahit keliling mulai banyak menerima orderan warga untuk sekedar memotong atau mengecilkan pakaian. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Menjelang hari raya Idul Fitri, penjahit vermak levis keliling mulai kebanjiran rezeki, Jakarta, Kamis (22/6). Para penjahit keliling mulai banyak menerima orderan warga untuk sekedar memotong atau mengecilkan pakaian. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Penjahit memotong pakaian pelanggannya yang akan dirombak model dan ukurannya, Jakarta, Kamis (22/6). Jelang lebaran, penjahit keliling mulai banyak menerima orderan warga untuk sekedar memotong atau mengecilkan pakaian. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Penjahit memotong pakaian pelanggannya yang akan dirombak model dan ukurannya, Jakarta, Kamis (22/6). Jelang lebaran, penjahit keliling mulai banyak menerima orderan warga untuk sekedar memotong atau mengecilkan pakaian. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sejumlah penjahit keliling saat menerima orderan pelanggan, Jakarta, Kamis (22/6). Para penjahit yang biasanya berkeliling masuk kampung ini lebih memilih untuk mangkal di saat jelang lebaran. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sejumlah penjahit keliling saat menerima orderan pelanggan, Jakarta, Kamis (22/6). Para penjahit yang biasanya berkeliling masuk kampung ini lebih memilih untuk mangkal di saat jelang lebaran. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Harta Gal Gadot Usai Perankan Wonder Woman

Posted: 22 Jun 2017 04:18 AM PDT

Nama Gal Gadot banyak diperbincangkan masyarakat setelah debutnya membintangi peran Diana Prince di film garapan DC Comics, Wonder Woman.

Aktris asal Israel itu kabarnya mendapat US$ 300 ribu atau sekitar Rp 3,9 miliar untuk tiap film yang mengharuskannya menggunakan kostum Wonder Woman.

Artikel mengenai penghasilan Gal Gadot ini menjadi salah satu artikel yang terpopuler. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Kamis (22/6/2017):

1. Sukses Perankan Wonder Woman, Berapa Penghasilan Gal Gadot?

Nama Gal Gadot banyak diperbincangkan masyarakat setelah debutnya membintangi peran Diana Prince di film garapan DC Comics, Wonder Woman. Wanita satu ini mampu menyedot perhatian berkat kecantikan serta aksi memukau di film tersebut.

Ternyata, meski sukses membintangi tokoh superhero tersebut, bayaran Gal Gadot tergolong rendah. Aktris asal Israel itu kabarnya mendapat US$ 300 ribu atau sekitar Rp 3,9 miliar untuk tiap film yang mengharuskannya menggunakan kostum Wonder Woman.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Batas Gaji Pekerja yang Dapat Rumah Subsidi Bakal Naik

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengubah batas gaji pokok bagi masyarakat yang akan mengajukan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau KPR Bersubsidi. Sebelumnya batas maksimal gaji untuk mendapat fasilitas tersebut sebesar Rp 4 juta dan akan dinaikkan.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Lana Winayanti mengatakan, saat ini dirinya masih membahas hal tersebut dengan sejumlah pihak terkait. Menurut dia, dibutuhkan waktu yang panjang untuk memutuskan perubahan batas gaji ini.

Berita selengkapnya baca di sini

3. Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Kuras Duit Jelang Lebaran

Lebaran yang selalu dinanti-nantikan untuk menghabiskan waktu bersama sanak keluarga, sering membuat kita lupa diri. Asalkan semua bahagia, tak jarang keuangan pun dikorbankan. Ingat, tak selamanya kebahagiaan bisa didapatkan dari hidup serba mewah.

Agar kamu tak lagi meratapi keuangan setelah Lebaran, segera antisipasi apa saja yang menjadi penyebab keuanganmu membengkak.

Coba waspadai lima hal ini yang mungkin menjadi momok utama keuangan menjadi ludes tak berbekas.

Berita selengkapnya baca di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Empat Proyek Hulu Migas Diusulkan Jadi Infrastruktur Prioritas

Posted: 22 Jun 2017 04:06 AM PDT

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memasukan empat proyek hulu minyak dan gas bumi (migas), masuk sebagai infrastruktur prioritas.‎ Dengan begitu penyelesaian proyek tersebut akan dipercepat.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, empat proyek hulu migas yang akan masuk sebagai infrastruktur prioritas.

Keempat proyek hulu migas tersebut adalah Lapangan Abadi Wilayah Kerja Masela di Maluku, Lapangan Unitisasi Gas Jambaran-Tiung Biru di Jawa Timur, Indonesian Deepwater Development (IDD) di Kalimantan Timur dan Pengembangan Tangguh Train 3 di Papua.

"Itu tambahan ada Masela, Jambaran Tiung Biru, IDD dan satu lagi Tangguh," kata Wiratmaja, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Menurut Wiratmaja, empat proyek hulu migas tersebut telah memenuhi ‎kriteria proyek prioritas. Untuk diketahui ada empat kriteria eliminasi dan empat kriteria scoring dengan 10 sub-kriteria di dalamnya.

"Kan ada delapan kriteria untuk menjadi proyek strategi nasional prioritas yg masuk dari migas," ucap Wiratmaja.

Jika empat proyek hulu migas tersebut masuk dalam daftar prioritas maka akan mempercepat penyelesaiannya. Pasalnya, akan ada Peraturan Presiden yang memberikan kemudahan perizinan dan pembebasan lahan.

"Kan ada Peraturan Presidennya, jadi ada beberapa kemudahan, misalnya pembebasan lahan, ijin daerah dan sebagainya," tutup Wiratmaja.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Pastikan Harga BBM Tak Naik

Posted: 22 Jun 2017 03:50 AM PDT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar pada Juli 2017. Hal tersebut disampaikannya dalam pembukaan Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka, sore ini.

"Dari hitung-hitungan, kalkulasi terakhir kemarin, kita sudah memastikan bahwa pada bulan depan, bulan Juli, tidak ada kenaikan BBM," ujar dia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Jokowi menyatakan, sebelumnya memang pemerintah memperkirakan akan terjadi kenaikan BBM pada bulan depan. Namun, setelah dikaji kembali, ternyata harga BBM masih bisa untuk tidak dinaikkan atau ditahan pada level harga saat ini.

"Karena sebetulnya kalkulasi kita kemarin kelihatannya BBM akan naik. Tetapi, setelah kita kalkulasi kembali, setelah kita hitung kembali, BBM bisa tidak kita naikkan, termasuk di dalamnya BBM dan gas," tandas dia.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah telah menetapkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium khusus penugasan, Solar bersubsidi dan minyak tanah bersubsidi, untuk periode Juli sampai September 2017. Harga tersebut berlaku mulai 1 Juli 2017 pukul 00.00 WIB.

Dikutip Liputan6.com, Kamis (22/6/2017), dari Keputusan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 2304 K/12/MEM/2017 tentang harga jual eceran jenis bahan bakar minyak tertentu dan jenis bahan bakar minyak khusus penugasan, berikut ini harga BBM baru:

1. Minyak tanah (Kerosene) bersubsidi sebesar Rp 2.500 per liter, sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN)‎.

2. Solar bersubsidi Rp 5.150 per liter, sudah termasuk PPN‎ dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).

3. Harga jual eceran jenis BBM khusus Penugasan untuk jenis Premium RON 88, untuk wilayah di luar Jawa, Madura, dan Bali (Jamali), ditetapkan sebesar Rp 6.450 per liter, sudah termasuk PPN dan PBBKB.

Harga tersebut berlaku terhitung mulai 1 Juli 2017 pukul 00.00 WIB.

Keputusan tersebut sudah ‎berdasarkan pertimbangan Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang penyediaan, pendistribusian, dan harga jual eceran BBM dan Peraturan Menteri ESDM Nomor 27 Tahun 2016 tentang perhitungan harga jual eceran BBM.

Harga BBM yang berlaku sejak 1 Juli 2017 sampai tiga bulan ke depan tersebut tidak mengalami perubahan, dari penetapan harga BBM penugasan dan bersubsidi pada April 2017 sampai Juni 2017.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Darurat yang Bisa Dilalui dari Pukul 06.00 hingga 18.00 WIB

Posted: 22 Jun 2017 03:34 AM PDT

PT Jasa Marga Tbk telah menyiapkan tujuh ruas jalan tol darurat yang bisa dilalui pemudik, yakni di jalur Trans Jawa dan Trans Sumatera dengan total sepanjang 237 Kilometer (Km). Jalan tol alternatif ini dibuka dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB selama masa mudik Lebaran 2017.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi dalam Diskusi Mudik Bareng Guyub Rukun di Galeri Nasional, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

"Jalan darurat dibuka dari jam 6 pagi sampai 6 sore. Malam bisa beroperasi, apabila kondisi macet. Kemacetan sampai berapa Km, itu wewenang Kakorlantas," ujarnya.

Menurut Budi Karya, penamaan jalan darurat karena kondisi yang belum sepenuhnya rampung dalam pengerjaan. Ia menyebut, kondisi jalan darurat masih tanah yang dikeraskan, berlubang, dan tidak ada lampu atau penerangan, serta masih berdebu dan tidak berpagar, sehingga pemudik harus tetap waspada dan berhati-hati.

"Kalau kecepatan mobil 60 Km per jam, mobil bisa goyang. Jadi itu kan ada dua lajur, dan kecepatan harus dipertahankan 40 Km per jam karena masih ada lubang," tegasnya.

Direktur Utama Jasa Marga, Dessy Arryani mengatakan, tujuh ruas jalan tol sepanjang 237 Km diberlakukan secara darurat, yakni di jalur Trans Jawa dan Trans Sumatera.

"Jalan tol darurat ini tidak dikenakan tarif dan masyarakat bisa memanfaatkannya tanpa perlu menghadapi kemacetan di pintu tol masuk dan keluar," paparnya.

Dari data Jasa Marga, jalan tol darurat yang dibuka Jasa Marga untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran, meliputi:

1. Jalan tol Semarang-Solo

- Seksi 3 Bawen-Salatiga (17,5 Km)

2. Jalan tol Surabaya-Mojokerto

- Seksi Driyorejo-Krian (6,1 Km)
- Seksi WRR-Driyorejo (5,1 Km)
- Seksi 1B Sepanjang-WRR (4,3 Km)

3. Jalan tol Gempol-Pasuruan

- Seksi 1 Gempol-Rembang (6,6 Km)

4. Jalan tol Semarang-Batang

- Kandeman-Gringsing (36,45 Km)

5. Jalan tol Solo-Ngawi

- Seksi Kartasura-Solo (11 Km)
- Seksi 1A IC Karanganyar-IC Sragen (14,68 Km)
- Seksi 1B IC Sragen-Mantingan (20,47 Km)
- Seksi 2 Mantingan-Ngawi (34,20 Km)

6. Jalan tol Ngawi-Kertosono

- Klitik-Gunungan (11,2 Km)
- Ruas Sawahan-Kedungjati (6,2 Km)
- Ruas Purworejo-Wilangan (18,3 Km)

7. Jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi

- Ruas Perbarakan-Sei Rampah (35,15 Km).

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Kaji 2,4 Juta Pelanggan Listrik Kembali Dapat Subsidi

Posted: 22 Jun 2017 03:18 AM PDT

Pemerintah mengkaji penambahan 2,4 juta pelanggan listrik golongan 900 volt ampere (VA) untuk kembali mendapatkan subsidi. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dia mengatakan, jika memang nantinya 2,4 juta pelanggan tersebut dinyatakan masih layak mendapat subsidi, maka akan dimasukkan ke dalam golongan 900 VA bersubsidi. Namun jika nantinya dinyatakan tidak layak, maka pelanggan tersebut akan harus membayar tarif listrik tanpa subsidi.

"2,4 juta itu yang masih dikaji kembali. Kemungkinan kelebihan. Belum tahu (dapat subsidi atau tidak). Lagi dilihat lagi. Kalau pun nggak layak masuk ya hapus, dikeluarkan sebenarnya," ujar dia di Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Jika tidak masuk kembali ke golongan masyarakat penerima subsidi listrik pada tahun ini lantaran keterbatasan anggaran subsidi pemerintah, maka 2,4 juta pelanggan listrik tersebut akan diajukan ke dalam penerima subsidi pada tahun anggaran 2018.

"Iya tahun depan kita lihat. Kalau enggak layak ya enggak boleh. (Asal data) TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan). Kan data miskin sudah ada. Misalnya dia punya kartu miskin nggak, kalau nggak punya ya nggak (masuk golongan subsidi)," jelas dia.

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulkan tambahan pelanggan 900 Volt Amper (VA) yang menerima subsidi sebanyak 2,4 juta kepala keluarga. Usulan dilayangkan ke Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Menteri ESDM Ignasius Jonan sebelumnya mengatakan, dari hasil verifikasi ulang yang dilakukan instansinya bersama PT PLN (Persero), ditemukan 2,4 juta pelanggan golongan 900 VA yang subsidinya telah dicabut, ternyata masih berpotensi berhak menerima subsidi.

"Ada tambahan sekitar 2,4 juta pelanggan 900 VA lagi diverifikasi apakah perlu mendapatkan subsidi," kata Jonan.

Menurut Jonan, saat ini sedang dilakukan pemadanan ulang terhadap 2,4 juta pelanggan ‎golongan 900 VA tersebut. Jika dinyatakan layak mendapatkan subsidi, maka jumlah golongan 900 VA yang menerima subsidi meningkat menjadi 6,5 juta pelanggan, dari sebelumnya 4,1 juta pelanggan.

‎"Kalau terjadi, maka yang 900 VA dari sekitar 4,1 juta pelanggan menjadi sekitar 6,5 juta pelanggan," ungkap Jonan.

Selain itu, Jonan juga menyebutkan, dengan ditambahnya penerima subsidi tersebut, pemerintah juga mengusulkan penambahan anggaran subsidinya. Anggaran yang diusulkan sebesar Rp 1,7 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2017

"Usulan kami di RAPBNP 2017 yang akan kami paparkan pada komisi VII setelah libur ada kenaikan sebanyak Rp 1,7 triliun subsidinya untuk tambahan pelanggan yang baru masuk sebanyak 2.4 juta pelanggan," dia menjelaskan.

Jonan melanjutkan, saat ini subsidi listrik yang tercantum dalam APBN 2017 sebesar Rp 50,4 triliun. Jika usulan tambahan subsidi tersebut disepakati komisi VII DPR, maka total subsidi listrik tahun ini mencapai Rp 52,13 triliun. "Kalau disetujui DPR, subsidi khusus listrik menjadi Rp 52,13 triliun," tutur Jonan.

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transaksi Saham Bank BJB Tembus Rp 3 Triliun di Pasar Negosiasi

Posted: 22 Jun 2017 03:01 AM PDT

Transaksi perdagangan saham mencapai Rp 12,3 triliun pada perdagangan saham Kamis (22/6/2017). Lonjakan itu didorong ada transaksi tiga saham yang naik signifikan di pasar negosiasi.

Berdasarkan data RTI, transaksi saham PT Bank BJB Tbk (BJBR) mencapai Rp 3,1 triliun di pasar negosiasi. Saham BJBR ditransaksikan mencapai Rp 3,1 triliun. Harga saham BJBR yang ditransaksikan Rp 2.170 per saham dengan frekuensi perdagangan empat kali di pasar negosiasi. Transaksi saham itu kemungkinan dibantu oleh PT Trimegah Sekuritas dan PT Samuel Sekuritas.

Sementara itu di pasar reguler, saham BJBR naik 1,84 persen ke level Rp 2.210 per saham dengan frekuensi perdagangan 1.072 kali. Nilai transaksi Rp 3,1 triliun.

Saham lainnya yang alami lonjakan transaksi di pasar negosiasi yaitu saham PT PP Properti Tbk (PPRO). Saham PPRO ditransaksikan di level harga Rp 278 per saham dengan total frekuensi lima kali. Nilai transaksinya mencapai Rp 1,6 triliun.

Di pasar reguler, saham PPRO naik tipis 0,89 persen ke level Rp 226 per saham. Total frekuensi perdagangan saham sebanyak 646 kali. Nilai transaksinya mencapai Rp 1,6 triliun.

Kemudian transaksi saham PT Ciputra Development Tbk (CTRA) mencapai Rp 1,4 triliun di pasar negosiasi. Saham PT Ciputra Development Tbk ditransaksikan di level harga Rp 307 per saham atau melemah 73,49 persen. Total frekuensi perdagangan saham mencapai 34 kali.

Di pasar reguler, saham CTRA ditransaksikan menguat 0,43 persen ke level Rp 1.170 per saham. Total frekuensi 870 kali dengan nilai transaksi harian saham Rp 1,4 triliun.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persiapan Matang, Menko Luhut Yakin Macet Brexit Tak Terulang

Posted: 22 Jun 2017 02:45 AM PDT

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengklaim persiapan pemerintah dan seluruh pihak dalam menghadapi mudik Lebaran tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu. Ia optimistis, peristiwa Brexit yang merenggut nyawa pemudik tidak akan terulang kembali.

"Untuk kesiapan transportasi Lebaran, saya kira sudah lebih baik dibanding tahun lalu. Semua lini disentuh, mulai dari kesehatan, komunikasi, angkutan, dan lainnya," kata Luhut dalam Diskusi Mudik Bareng Guyub Rukun di Galeri Nasional, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Ia menyebut, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 19,04 juta orang atau naik 4,85 persen dibanding realisasi 2016 sebanyak 18,16 juta orang. Kenaikan paling tinggi diprediksi pemudik yang menggunakan moda transportasi pesawat hingga 9,80 persen dari 4,92 juta pemudik di 2016 menjadi 5,40 juta pemudik di 2017.

"Karena kemampuan daya beli masyarakat saat ini semakin baik, jadi jumlah pemudik diprediksi meningkat," ujarnya.

Lebih jauh Luhut menerangkan, pemerintah sudah memastikan kesiapan angkutan mudik, seperti kapal laut, kereta api, pesawat terbang, bus. Sebagai contoh pesawat terbang. Maskapai penerbangan telah menyiapkan 523-524 pesawat untuk angkutan mudik, dan bandar udara utama dibuka selama 24 jam sehingga mengurangi kepadatan lalu lintas di udara. Begitupula ada penambahan kereta api.

"Ada juga jalan darurat yang sudah disiapkan, walaupun malam hari belum bisa dilalui karena masih bahaya. Tapi dengan ini, pengalaman tahun lalu Brexit yang kita takutkan, mudah-mudahan tidak terjadi lagi," tegas Luhut.

Dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, diakuinya, melakukan pekerjaan secara maksimal, seperti mengejar pengaspalan jalan. Sementara jalan yang belum bisa diaspal, dapat diperkeras sehingga bisa digunakan untuk jalan darurat.

Dari Kepolisian juga terus berkoordinasi menggelar patroli. Kemudian dari sisi kesiapan posko kesehatan sangat bagus, bekerja sama dengan Basarnas menyiapkan helikopter untuk evakuasi. Dari Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan aplikasi mudik yang bisa memantau cuaca, rest area, dan lainnya.

"Jadi semuanya bagus. Yang kita belum tahu kalau ada gempa bumi saja, tapi semoga tidak ada gempa bumi. Karena kita ingin mudik ini tenang," harap Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan itu.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengklaim kesiapan transportasi dan lainnya dalam menghadapi mudik Lebaran ini sudah 99 persen.

"Hanya 1 persen yang terasa belum. Kita sudah maksimal, semua sudah berusaha sekuat tenaga, seperti PUPR, Kemenkes, Kemenhub, Pertamina, dan lainnya. Kita siap untuk tidak cuti memastikan lalu lintas berjalan lancar tanpa ada kecelakaan," tukasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Bakal Razia Bus Tak Pakai Stiker Biru tapi Beroperasi

Posted: 22 Jun 2017 02:30 AM PDT

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengimbau kepada para pemudik yang menggunakan transportasi bus untuk memilih bus berstiker biru. Itu artinya, moda tersebut sudah lolos uji kelayakan dan keselamatan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sehingga benar-benar layak digunakan untuk mudik.

"Dari hasil ramp check (pemeriksaan rutin) sejak 2 bulan lalu untuk bus, 70 persen bus layak dan 30 persen belum layak," kata Budi Karya saat ditemui di diskusi Mudik Bareng Guyub Rukun di Galeri Nasional, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Dari data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), total bus yang diperiksa mencapai 25.441 bus. Yang layak jalan 60,45 persen atau sebanyak 15.375 bus, sedangkan yang tidak layak jalan ada 10.062 bus atau 39,55 persen.

Atas jumlah itu, Budi Karya mengakui, Kemenhub membuat ketentuan dengan menempelkan stiker berwarna biru pada angkutan bus yang layak jalan untuk mengantar para pemudik. Sementara yang tidak layak jalan, tentunya tidak mendapat stiker dan dilarang beroperasi sebagai angkutan mudik.

"Yang layak jalan, bus dapat stiker warna biru. Yang tidak dapat stiker, tidak layak jalan. Jadi pemudik diimbau untuk memilih bus yang berstiker biru, tanpa stiker jangan dipilih," tegas dia.

Budi Karya menambahkan, Polisi akan merazia supir atau bus yang tidak berstiker, namun tetap beroperasi. "Polisi bakal merazia, karena wong tidak layak jalan kok beroperasi. Karena bicara mudik, nomor satu adalah keselamatan, apalah artinya mudik kalau keselamatan dikesampingkan," ujar dia.

 

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IHSG Cetak Rekor Baru Sambut Libur Lebaran

Posted: 22 Jun 2017 02:19 AM PDT

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bervariasi pada perdagangan saham jelang libur panjang Lebaran. Akan tetapi, IHSG mampu berbalik arah ke zona hijau.

Pada penutupan perdagangan saham, Kamis (22/6/2017), IHSG naik 11,15 poin atau 0,19 persen ke level 5.829,70. Indeks saham LQ45 melemah 0,10 persen ke level 977,62. Sebagian besar indeks saham acuan bervariasi.

Ada sebanyak 159 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sedangkan 164 saham melemah, dan menahan penguatan IHSG. 130 saham diam di tempat.

Pada perdagangan saham Kamis pekan ini, IHSG sempat ke level tertinggi baru di 5.831,34 dan terendah 5.804,60.

Transaksi saham juga cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 230.886 kali dengan volume perdagangan 17 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 12,2 triliun.

Investor asing melakukan aksi jual Rp 1,96 triliun di seluruh pasar. Posisi dolar Amerika Serikat berada di kisaran Rp 13.316.

Secara sektoral, sebagian besar sektor saham menguat. Sektor saham pertanian memimpin penguatan dengan naik 2,63 persen. Disusul sektor saham industri dasar 1,03 persen dan perdagangan 0,76 persen.

Saham-saham yang cetak top gainers antara lain saham MABA naik 69,64 persen ke level harga Rp 190 per saham, saham YULE mendaki 26,47 persen ke level Rp 172 per saham, dan saham SIMA menguat 25 persen ke level Rp 450 per saham.

Sedangkan saham-saham yang masuk top losers antara lain saham KMTR turun 18,32 persen ke level Rp 535 per saham, saham ALKA merosot 17,18 persen ke level Rp 135 per saham, dan saham ETWA susut 16 persen ke level Rp 63 per saham.

Bursa Asia pun bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng turun 0,08 persen ke level 25.674, indeks saham Jepang Nikkei tergelincir 0,14 persen ke level 20.110, dan indeks saham Shanghai turun 0,28 persen ke level 3.147.

Selain itu, indeks saham Singapura menguat 0,43 persen ke level 3.215 dan indeks saham Taiwan mendaki 0,48 persen ke level 10.399.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya menilai pelaku pasar menunggu data-data ekonomi baru mengingat usai libur Lebaran memasuki semester kedua 2017. Emiten juga masih akan membagikan dividen pada awal semester kedua juga membayangi pergerakan IHSG. Selain itu, pergerakan harga komoditas terutama harga minyak yang tertekan juga turut mempengaruhi pergerakan saham jelang libur Lebaran.

"Belum terlalu banyak sentimen. Pelaku pasar akan menyambut rilis data baru usai libur Lebaran," tutur dia saat dihubungi Liputan6.com.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Janji Kuota Mudik Gratis Naik 2 Kali Lipat Tahun Depan

Posted: 22 Jun 2017 02:00 AM PDT

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana menaikkan kuota program mudik gratis untuk tahun 2018 hingga 2 kali lipat.

Program mudik gratis kali ini diakui Budi Karya lebih intensif. Tercatat jumlah dari mudik tahun ini mendekati 300.000 orang. Ini berarti seluruh mudik bareng yang dikolaborasikan oleh Kementerian Perhubungan dengan stakeholders dan BUMN terakumulasi hampir 2 kali lipat dari tahun lalu.

"Harapan kami tahun depan akan dua kali lipat lagi," terang Budi saat melepas Mudik Gratis di Ancol, Jakarta, Kamis (22/6/2017)

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II ini megimbau pemudik tidak menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi untuk mudik lebaran.

Untuk itu, pada tahun 2017 selain program mudik gratis regular (motor diangkut truk), Kemenhub juga mengadakan program tambahan 1.000 unit bus khusus untuk pemudik dengan tujuan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Budi Karya juga mengatakan bahwa program mudik gratis ini merupakan rangkaian kegiatan Kemenhub untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam meningkatkan keselamatan di jalan.

"Penyelenggaraan kegiatan mudik gratis pada masa angkutan lebaran merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri sebagai wujud perhatian pemerintah kepada masyarakat guna mengurangi kepadatan lalu lintas dan mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan," tambahnya,

Budi berpesan kepada pengemudi angkutan lebaran agar mengemudikan kendaraan dengan baik serta memperhatikan aspek-aspek keselamatan dan mematuhi peraturan lalu lintas.

"Saya minta pengemudi untuk memperhatikan 3 hal dalam TRISIAP yaitu pertama, siap mematuhi peraturan lalu lintas dengan memperhatikan batas kecepatan, berperilaku tertib, memperhatikan rambu-rambu lau lintas. Kedua siapkan fisik pengemudi, kondisi pengemudi harus bugar dan tidak menggunakan narkoba. Ketiga, siapkan kondisi kendaraan, kondisi kendaraan secara fisik harus laik jalan dan memenuhi persyaratan teknis," terang Menhub. (Yas)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: