Senin, 19 Juni 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cari Pengganti Donnarumma, AC Milan Dekati Kiper Juventus

Posted: 19 Jun 2017 10:10 PM PDT

AC Milan mendekati kiper Juventus, Neto, sebagai pengganti Gianluigi Donnarumma. Hal itu diakui agen Neto, Stefano Castagna terkait komunikasi yang dilakukan Rossoneri.
 
Seperti diketahui, Donnarumma memutuskan tidak memperpanjang kontrak bersama AC Milan. Situasi ini membuat AC Milan bergerak mencari pengganti.

Kontrak Donnarumma sendiri baru akan habis pada musim panas tahun depan. Namun, AC Milan sepertinya bakal melegonya musim panas tahun ini agar mendapatkan dana hasil penjualan.

"Itu baru sekadar sebuah pembicaraan. Apa kesepakatan akan selesai dengan Juventus? Kita akan lihat. Kita akan lihat," tutur Castagna, seperti dilansir Tribal Football.

Neto selama ini kerap duduk di bangku cadangan Bianconeri sebagai pelapis Gianluigi Buffon. Tapi, kiper asal Brasil ini sesungguhnya punya kualitas bagus.

Usia Neto sekarang menginjak 27 tahun dan masih punya karier panjang sebagai penjaga gawang. Sebelum memperkuat Bianconeri, Neto berkostum Fiorentina dari 2011 hingga 2015.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Jurus Kelola Uang THR dengan Bijak

Posted: 19 Jun 2017 10:10 PM PDT

Hari raya Idul Fitri sudah tinggal beberapa hari lagi. Dan di hari-hari seperti ini salah satu momen yang ditunggu-tunggu para karyawan tentunya hadirnya uang Tunjangan Hari Raya (THR). Jumlahnya tentu saja terbilang cukup lumayan karena umumnya senilai satu bulan gaji bagi yang masa kerjanya lebih dari satu tahun atau tercatat sebagai karyawan tetap. 

(Baca juga: Yuk Kelola Bonus dan THR Untuk DP Rumah!)

Dan sesuai namanya, kebanyakan orang memanfaatkan uang ini untuk memenuhi kebutuhan di hari raya. Sebut saja mulai dari yang katanya wajib ada di meja makan seperti ketupat dan opor ayam beserta kue-kue kering, baju baru dan sepatu baru untuk dikenakan saat silaturahmi.

Namun sesungguhnya ada cara yang lebih bijak untuk memaksimalkan penggunaan dana tersebut seperti untuk keperluan yang sifatnya produktif atau bahkan investasi di masa depan. Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, simak beberapa cara cerdas yang bisa dilakukan dengan uang THR Anda berikut ini.

1. Sisihkan untuk Kewajiban Lebaran

Salah satu hal yang wajib Anda dahulukan ketika menyambut datangnya hari raya adalah membayar zakat dan bersedekah, berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Dan uang THR bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kewajiban ini.

2. Bayar Utang

Jika selama ini Anda memiliki utang, tidak ada salahnya juga memanfaatkan THR untuk meringankan beban utang seperti kartu kredit atau pinjaman perorangan. Meskipun konsekuensinya dana THR Anda jadi berkurang namun dengan membayar utang akan meringankan kondisi keuangan Anda di masa depan.

(Simak juga: Pilihan rumah dengan DP ringan yang harganya mulai dari Rp300 jutaan)

3. Investasi

Lewat dana THR Anda juga bisa memulai atau mengembangkan investasi yang sudah dimiliki. Namun pastikan bahwa kondisi keuangan Anda sudah cukup aman dan juga tidak memiliki beban kewajiban atau utang lainnya. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih seperti investasi emas, deposito, atau reksadana. Investasi ini bisa dimulai dari uang ratusan ribu saja.

4. THR untuk Pekerja di Rumah

Apabila ada beberapa orang yang bekerja di rumah, saat menerima THR Anda bisa langsung memisahkannya ke dalam beberapa amplop terpisah sebagai THR untuk mereka. Cara ini akan menghindarkan Anda dari mengalokasi dana THR secara mendadak. Tidak hanya dalam bentuk uang, Anda juga bisa memberikan bingkisan yang berkesan untuk mereka.

5. Renovasi Rumah

Sisihkan sebagian uang THR untuk biaya renovasi rumah atau apapun yang bisa membuat rumah Anda tampak lebih cantik. Buat perencanaan terlebih dahulu seperti bagian rumah mana yang akan direnovasi, dicat, atau perabotan apa yang akan diganti. Perkirakan berapa biaya yang dibutuhkan. Sebaiknya susun prioritas, pastikan Anda tidak menggunakan seluruh dana THR.

6. Akomodasi dan Konsumsi Selama Hari Raya

Bagi Anda yang mudik bersama keluarga, sisihkan dana ini untuk biaya akomodasi dan konsumsi selama perjalanan hari raya. Lebaran biasanya diikuti dengan libur panjang yang jadinya dimanfaatkan untuk menjadi ajang rekreasi. Agar tidak menjadi konsumtif, sebaiknya rencanakan perjalanan serta anggarannya terlebih dahulu termasuk biaya makan dan oleh-oleh.

7. Kewajiban yang Bersifat Tahunan

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan THR untuk membereskan kewajiban yang bersifat tahunan seperti premi asuransi, perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan juga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Jika tanggal pembagian THR belum mendekati jatuh tempo kewajiban tersebut, Anda bisa menyisihkannya di tabungan terpisah.

Mita Agustina

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Prancis Pastikan Bertahan di Barcelona

Posted: 19 Jun 2017 10:03 PM PDT

Bek kiri Barcelona, Lucas Digne, menyangkal kabar akan pergi dari Nou Camp musim panas ini. Digne berniat bertahan musim depan.

Digne baru semusim memperkuat Barcelona. Pemain asal Prancis itu dibeli dari Paris Saint-Germain dengan banderol 16,5 juta euro (Rp239 miliar) dan terikat kontrak hingga Juni 2021 bersama El Barca. 

"Saya mendengar beberapa rumor yang mengklaim saya ingin hengkang, tetapi itu omong kosong. Itu berita palsu," seru Digne.

"Tentu saja, saya akan bertahan di Barcelona. Target saya hanya bermain untuk Barcelona selama beberapa tahun ke depan. Tidak ada diskusi mengenai masa depan saya," tuturnya.

Digne lebih banyak menjadi pelapis Jordi Alba. Bek berusia 23 tahun itu hanya tampil sebanyak 26 kali dalam berbagai kompetisi pada musim 2016-2017.

"Saya tidak sabar mengawali musim depan. Saya ingin berjuang keras supaya mendapat kesempatan bermain yang lebih," ujar Digne.

"Saya ingin mengukir sejarak bersama Barcelona. Saya ingin menjadi bagian dari masa depan klub ini dan memenangi banyak trofi. Saya tidak sabar untuk kembali berkompetisi," ujarnya.

(Artikel asli ditulis oleh Yosua Eka Putra/Diedit Aditya Wicaksono/Bola.com) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Gaj Ahmada, Ini Paparan Penulis 'Majapahit Kerajaan Islam'

Posted: 19 Jun 2017 10:03 PM PDT

Gajah Mada, panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh di Kerajaan Majapahit --yang notabene kerajaan Hindu, belakangan viral atau menjadi isu yang ramai dibahas di warganet. Gajah Mada disebut-sebut beragama Islam.

Isu tersebut mendadak ramai karena berawal dari buku berjudul Fakta Mengejutkan: Majapahit Kerajaan Islam. Sang penulis, Herman Sinung Janutama akhirnya angkat bicara melalui video yang beredar di media sosial.

Dalam video yang diunggah pemilik akun Patih Dadjah Mada pada 19 Juni 2017 itu, Herman menjelaskan metode penulisan dalam buku tersebut, saat dia 'diadili' di kantor Muhammadiyah Kota Yogyakarta berkaitan dengan isu viral Gaj Ahmada.

"Dalam bicara sejarah kita harus mengetahui epistemologi kita sendiri. Tata pengetahuan kita sendiri. Membaca aksara Kawi, maka kita harus menggunakan epistemologi --cabang ilmu filsafat tentang dasar-dasar dan batas-batas pengetahuan-- kami," kata Herman, seperti dikutip Liputan6.com dalam video berjudul Epistemologi Kawi Gadjah (ah)mada itu, Senin (20/6/2017).

"Bukan menggunakan epistemologinya De Graaf atau yang lain, misalnya profesor dari Universitas Michigan Amerika Serikat, Nancy K Florida, sekalipun dia membaca 750 ribu manuskrip Nusantara," dia menegaskan.

Herman menjelaskan dalam Mardi Kawi ada tata cara menulis, membaca, dan menerjemahkan simbol. Sehingga, metodologi penulisan bukunya solid karena cara ini sudah digunakan sejak ratusan tahun lalu.

Pria berkacamata dan berambut gondrong itu mencontohkan penulisan dua suku kata Kawi digabungkan menjadi satu, yang di tengahnya terdapat suku kata yang sama, maka salah satu harus dilebur.

"Itu namanya Garbah. Misalnya, Kusuma Mangku, maka saya hanya akan menuliskan Kusumangku. Nusa, Anta, Tara, maka akan saya gabungkan Nusantara," kata dia dalam video berdurasi 3 menit 22 detik itu.

"Maka ketika saya membaca Gajah Mada, disambung, ketika saya memisahkan, Gajah dan Mada saja, sekalipun maaf-maaf saja, ini menjadi nama universitas terkemuka. Saya harus mengembalikan satu suku kata tersebut pada awalnya, sehingga saya katakan Gadjah (Ah)mada. Ini aturan main dalam penulisan kami," Herman menandaskan.

Pada video lainnya berjudul "Metodologi Penulisan Sejarah Gajah (ah)mada", dengan akun yang sama, Herman juga menyebutkan apapun sumber informasi yang diperoleh akan dia diterima, kemudian dibuktikan melalui penelitian dan survei.

"Dalam menuliskan kita tidak mau menggunakan model-model penulisan laporan, tidak mau. Kita ingin terlibat, harusnya dengan bahasa-bahasa seni fenomenologi --ilmu tentang perkembangan kesadaran dan pengenalan diri manusia sebagai ilmu yang mendahului ilmu filsafat atau bagian dari filsafat. Jadi kita terlibat dalam situs itu," ujar dia.

Herman menegaskan penulisan buku ini juga menggunakan metodologi yang jelas. Dia mengklaim tidak mungkin menulis buku ini hanya sekadar mencari sensasi atau viral di media sosial.

"Pertanyaan sekarang, mana mungkin saya membicarakan ini di level viral? Enggak mungkin, karena kami berbicara kerapian metodologi. Kerapian metodologi ini membuat kita harus mengetahui materi penelitian kita, subjek penelitian kita, materialnya," kata dia.

"Karena itu yang akan menghasilkan data. Maka saya menyiapkan mesin metodologinya. Maka saya bilang data-data, data data akan datang sendiri. Ini bukan metodologi tapi ini adalah spirit ilmiah," penulis buku Majapahit Kerajaan Islam itu menandaskan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Umpan Upah Jutaan Rupiah Berujung Sangkaan Jadi Anggota ISIS

Posted: 19 Jun 2017 10:02 PM PDT

Syahrul Munif (SM), warga Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur ditangkap dengan dugaan masuk jaringan Abu Jandal, petinggi ISIS asal Indonesia. Ia disebut ikut berangkat berperang di Suriah karena dijanjikan mendapat uang puluhan juta rupiah.

Kapolres Malang AKBP Yade Ujung Setiawan mengatakan, terduga teroris diketahui pernah enam bulan berada di Suriah dalam kurun waktu 2013 – 2014 dan sejak pulang ke Indonesia sudah tak lagi berkomunikasi dengan orang–orang tersebut.

"Keterangan istrinya, suaminya saat itu berangkat ke Suriah untuk cari duit. Ternyata tak sesuai harapan," kata Yade di Malang, Senin, 19 Juni 2017.

SM kepada polisi mengaku diiming–imingi mendapat puluhan juta rupiah jika berangkat ke Suriah. Karena itu, warga kelahiran Jember itu pun berangkat bersama sejumlah orang lainnya. Namun, uang yang diterimanya selama berada di Suriah hanya Rp 600 ribu.

"Ternyata apa yang dijanjikan dan yang diberikan tak sesuai, itu pengakuan terduga pada kami. Ini menjadi pembelajaran bagi kita semua jangan mudah diiming-imingi," ucap Yade.

SM baru satu tahun mengontrak rumah di Jalan Wijaya RT 7/RW 3, Pagentan, Singosari, Kabupaten Malang. Sehari-hari ia kini berjualan buku pelajaran sekolah. Sedangkan, istrinya berjualan baju di rumah dan secara online. Warga setempat menyebut sosok SM seperti warga kebanyakan.

Slamet Riadi, Ketua RT setempat mengatakan, tidak pernah ada gelagat yang mencurigakan selama SM tinggal di kampung itu.

"Sehari–harinya ya biasa saja, kalau ketemu ya menyapa. Memang di kampung ini jarang ada kegiatan, jadi antar satu dengan lain kurang begitu bersosialisasi," ucap Slamet.

SM ditangkap Tim Densus 88 Antiteror pada pukul 08.00 WIB kemarin di depan pintu masuk kampung. Ia disebut masuk jaringan Abu Jandal, petinggi ISIS asal Indonesia. Terduga kini dalam proses menuju Mabes Polri untuk pemeriksaan lebih lanjut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ngabuburit di Folk Village, Lokasi Syuting Drama Korea Berlatar Zaman Dahulu

Posted: 19 Jun 2017 10:00 PM PDT

Ingin ngabuburit dengan merasakan suasana pedesaan Korea pada zaman dahulu? Nah, Folk Village di Korea Selatan bisa menjadi pilihan. Tak mesti melewati mesin waktu. cukup membayar tiket sebesar 18 ribu won atau sekitar Rp 230 ribu untuk dewasa, 15 ribu won untuk remaja dan 13 ribu won untuk anak-anak, Anda sudah bisa langsung masuk ke Folk Village.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Senin (19/6/2017), tempat ini membawa kita ke zaman dinasti Jo Seon sekitar abad ke-18. Dibangun di atas lahan seluas 99 hektar, Folk Village di kota Yong In, menawarkan pengalaman melihat sisi tradisional Korea.

Seluruh bangunan disini merupakan replika bangunan pada Dinasti Joe Sung. Tak heran, kawasan Folk Village sering dijadikan lokasi pengambilan gambar untuk drama korea yang mengangkat kisah kehidupan zaman dahulu, seperti Jewel In The Palace yang terkenal dengan tokoh Jang Geum.

Selain bangunan, berbagai atraksi menarik untuk mengenal budaya Korea bisa kita saksikan di sini. Seperti upacara pernikahan adat dan farmers music and dance. Setidaknya, ada empat jenis pertunjukan dihadirkan setiap hari pada jam tertentu. Setiap hari, Folk Village dibuka mulai dari jam 8.30 hingga pukul 18.00. Jadi, cocok sekali untuk dijadikan tempat ngabuburit jika Anda sedang berada di negeri ginseng tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orang Indonesia Daftar Jadi Penduduk Negara Pertama Luar Angkasa

Posted: 19 Jun 2017 10:00 PM PDT

Beberapa hari lalu, dunia heboh dengan kabar pendirian sebuah negara baru, yakni Asgardia. Menariknya, negara yang dicetuskan ilmuwan Rusia Igor Ahusrbeyli ini tak akan berlokasi di Bumi, tetapi di luar angkasa dengan wilayah berupa wahana raksasa.

Disebutkan oleh laman The Sun, walaupun belum resmi berdiri, "pemerintah" Asgardia sudah menyeleksi calon penduduk. Kini, lebih dari setengah juta penduduk Bumi mendaftar jadi warga negara Asgardia, termasuk mereka yang tinggal di Indonesia.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com di laman resmi Asgardia, Senin (19/6/2017), setidaknya 2.609 orang di Indonesia sudah mendaftarkan diri jadi penduduk Asgardia. Indonesia menempati urutan ke-18 di antara negara-negara lain.

Misalnya saja Tiongkok (32.464 orang), Turki (29.545 orang), Amerika Serikat (29.153 orang), Brasil (10.000 orang), Inggris (9.575 orang), Italia, Meksiko, Spanyol, India, Rusia, Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Malaysia, dan lain-lain.

Ketika diklik, lebih dari 80 persen orang yang mendaftarkan diri menjadi warga negara Asgardia berjenis kelamin laki-laki, sedangkan pendaftar perempuan lebih sedikit.

Selain itu, dari peta terlihat pula persebaran pendaftar dari Indonesia yang berasal dari kota-kota besar di Indonesia. Misalnya saja dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Denpasar, Yogyakarta, Bekasi, Banjarmasin, Makassar, Gorontalo, dan kota-kota lain di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Indonesia termasuk satu dari sekian banyak negara asal warga negara Asgardia (Sumber: laman Asgardia)

Sayangnya, tidak ada informasi lebih lanjut apakah orang yang mendaftar jadi warga negara Asgardia ini merupakan warga negara Indonesia atau kaum ekspatriat yang tinggal dan menetap di Indonesia.

Kemungkinan, sebagian di antaranya mungkin adalah orang Indonesia. Hal ini terlihat dari bahasa yang dikuasainya, yakni bahasa Indonesia, meski jumlahnya minoritas.

Sekadar diketahui, mereka yang direkrut menjadi warga negara akan mengantongi sertifikat Asgardia dan resmi menjadi Asgardian (julukan warga negara Asgardia), tetapi tetap memiliki status dwikewarganegaraan.

Penduduk Asgardia mendaftar dari Indonesia (Sumber: Laman Asgardia)

Layaknya negara-negara Bumi, Asgardia juga akan membentuk pemerintahan demokrasi berdasarkan hukum. Warga negara Asgardia pun nanti diminta untuk turut andil memberikan suara demi sistem perumusan dasar konstitusi negara tersebut.

Tujuan dibangunnya Asgardia didasari tiga asas utama dari aspek ilmu alam dan teknologi. Pertama, Asgardia didirikan untuk menjamin kehidupan antariksa secara damai. Kedua, Asgardia hadir untuk melindungi Bumi dari ancaman objek luar angkasa, seperti komet, badai matahari, dan masih banyak lagi.

(Tin/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konsumsi Elpiji Meningkat Jelang Lebaran

Posted: 19 Jun 2017 10:00 PM PDT

Konsumsi ‎elpiji sudah naik sejak Juni 2017 karena meningkatnya aktivitas masyarakat dalam menggunakan bahan bakar tersebut saat Ramadan dan menjelang Lebaran.

Vice President Corporate Communi‎cation Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, rata-rata konsumsi elpiji dalam kondisi normal dari Januari sampai Mei 19.700 metrik ton (mt). Namun menjelang Lebaran 2017, konsumsi elpiji naik rata-rata sekitar 8 persen atau 21.335 mt.

"Ini naik turun, ada yang 5 persen, tetapi kalau dirata-rata sekitar 8 persen atau jadi 21.335 mt meningkat konsumsinya," kata Adiatma, di Jakarta, Selasa (21/6/2017).

Menurut dia, ‎konsumsi paling tinggi terjadi pada 5 Juni, yaitu meningkat mencapai 112 persen dari konsumsi normal, tetapi kemudian kembali turun menjadi 8 persen di atas normal. Dia memperkirakan, konsumsi elpiji saat menjelang Lebaran 2017 sama seperti tahun lalu.

"Paling tinggi 5 Juni 112 persen dari normal tadi. Rata-rata Ramadan dan Idul Fitri naik 8 persen. Sama tahun lalu enggak jauh beda," ujarnya.

Vice Presiden Gas Domestic Pertamina Kusnendar mengungkapkan, untuk menghadapi kenaikan konsumsi elpiji Pertamina telah meningkatkan ketahanan stok dari dari 11 hari menjadi 16 hari.

"Kita tingkatkan ketahanan stok, dari 11 hari menjadi 16 hari, kalau ada yang kurang kita gelontorkan," ujar Kusnendar.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Julia Perez Punya Firasat Kematian Sejak Setahun Lalu

Posted: 19 Jun 2017 10:00 PM PDT

Adik Julia Perez atau Jupe, Nia Anggi, menuturkan firasat kematian yang dimiliki sang kakak. Sejak setahun lalu, Jupe seakan telah siap menghadapi kemungkinan terburuk dari penyakit kanker serviks yang diidapnya.

Tak heran beberapa perubahan sempat dilakukan Julia Perez, termasuk tradisi Jupe melakukan sungkeman terhadap keluarga.

"Biasanya dulu maaf-maafan saja biasa. Tapi tahun lalu dia mintanya sungkeman. Mungkin sudah ada firasat kali ya, jadinya sekarang-sekarang ini juga sering sungkeman. Minta maaf ke mama," ungkap Nia Anggi di Jakarta baru-baru ini.

Selain itu, Nia juga memuji sikap Julia Perez yang senantiasa menyambut Idul Fitri dengan antusias. Janda Gaston Castano itu nyaris tak pernah melewatkan salat Idul Fitri setiap tahunnya.

"Dia walaupun syuting malamnya sampai pagi, tetap dia pasti salat Idul Fitri. Kemarin (tahun lalu) pun begitu," ucapnya.

Nia pun merasa Idul Fitri kali ini akan berbeda tanpa kehadiran Julia Perez. "Pastinya jadi lebih sepi. Biasanya sama dia bareng. Sekarang sudah beda, soalnya dia tuh yang paling antusias kalau Lebaran. Dia yang urusin seragam keluarga, dia yang urusin semuanya," kata Nia Anggi. (Ras)

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Jurnalis Belanda Diculik di Kolombia

Posted: 19 Jun 2017 10:00 PM PDT

Dua wartawan Belanda diculik di Kolombia, tepatnya di area dekat perbatasan dengan Venezuela. Keberadaan mereka di sana untuk mencari seorang ibu dari anak Kolombia yang diadopsi di Belanda beberapa tahun lalu.

Seperti dilansir BBC, Selasa (20/6/2017) Derk Bolt dan Eugenio Follender dikabarkan hilang akhir pekan lalu di Catatumbo. Wilayah itu merupakan sebuah area di mana sejumlah kelompok bersenjata beroperasi, termasuk Pasukan Pembebasan Nasional (ELN).

Melalui media sosial Twitter, pihak berwenang Kolombia mengimbau pembebasan kedua wartawan tersebut.

Tahun 2016, kelompok ELN juga menculik seorang jurnalis Spanyol dan sejumlah warga Kolombia di wilayah yang sama. Namun, mereka semua dibebaskan.

Pasukan Kolombia mengatakan, telah mengirimkan pasukan khusus ke wilayah tersebut demi melakukan pencarian.

Kedua wartawan Belanda itu diketahui bekerja untuk program TV Spoorloos, yang melacak orang-orang yang kehilangan jejak kerabatnya. Bolt adalah presenter, sementara Follender merupakan seorang juru kamera.

ELN merupakan kelompok sayap kiri terbesar kedua di Kolombia. Sementara Farc merupakan yang pertama.

Farc sendiri sudah menandatangani kesepakatan damai dengan pemerintah pada November lalu. Senjata kelompok itu juga sudah dilucuti dan kini anggota Farc bersiap memasuki kehidupan baru sebagai warga sipil.

Kelompok ELN baru memulai perundingan damai pada Februari 2017. Mereka mendesak dilakukannya gencatan senjata, namun pemerintah hanya bersedia melakukannya jika ELN mengakhiri penculikan.

Selama negosiasi, ada operasi militer yang dilakukan untuk melawan kelompok pemberontak tersebut. Di lain sisi, ELN juga masih melancarkan serangan terhadap pasukan keamanan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alves Kembali Beri Sinyal Tinggalkan Juventus

Posted: 19 Jun 2017 10:00 PM PDT

Saga Dani Alves meninggalkan Juventus pada musim panas ini seperti roller coaster. Sempat dirumorkan pindah ke Manchester City pada pertengahan paruh kedua musim lalu, Alves justru marah dengan isu tersebut beberapa hari belakangan.

Yang terbaru, pemain timnas Brasil itu justru meminta kepada Juve untuk dilepas ke City pada bursa transfer kali ini. Pemain berusia 34 tahun itu ingin kembali bekerja sama dengan Josep Pep Guardiola di Etihad.

Hal itu diketahui dengan adanya pertemuan antara agen Alves dan Juventus pada Senin (19/6/2017) lalu. Menurut Gazetta dello Sport, dari diskusi itu, klub berjulukan si Nyonya Tua tersebut mengetahui hasrat mantan pemain Barcelona itu yang ingin mengakhiri kontraknya di Turin untuk pindah ke Manchester.

"Jika Anda memutar kata 'komputer' ke belakang, itu mantra 'Steve Jobs'. Jika Anda mengubah kata 'sepak bola' ke belakang, itu mantra 'Pep'. Dia orang yang jenius. Saya akan mengatakannya lagi. Jenius," kata Alves seperti dikutip dari situs The Players' Tribune.

Kini, Alves tinggal menunggu adanya pembicaraan resmi dari juara Serie A musim lalu dengan City. Meskipun, beberapa waktu terakhir muncul gangguan dari Chelsea yang juga menginginkan Alves, tetapi sang pemain lebih berminat ke City.

Juve sendiri dilaporkan senang bisa melepas Alves pada musim panas nanti. Karena, secara finansial, Juventus bisa menghemat sekitar 3,5 juta euro setara dengan Rp 51,8 miliar per musim yang merupakan jumlah gaji Alves.

Tetapi, Juventus juga menginginkan sebuah kompensasi untuk mengakhiri kesepakatan pemain tersebut yang masih tersisa satu musim hingga 2018 mendatang.

Tonton video menarik berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djamoelogy Bagi-Bagi Jamu sebagai Berkah Ramadan

Posted: 19 Jun 2017 10:00 PM PDT

Salah satu olahan tradisional yang saat ini masih menjadi alternatif dalam pengobatan secara alami di Indonesia adalah dengan mengkonsumsi jamu. Tak hanya berguna untuk pengobatan, jamu diketahui mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, terutama saat berpuasa. Dengan mengkonsumsi jamu selama bulan puasa, daya tahan tubuh akan tetap terjaga dan tubuh akan tetap fit. Terutama untuk menyambut Ramadan, penting sekali bagi umat muslim untuk menjaga daya tahan tubuh.

Namun di era sekarang ini, eksistensi jamu di masyarakat mulai hilang. Masyarakat khususnya anak muda kerap kali mengabaikan eksistensi jamu. Keberadaan Jamu Gendong pun sudah jarang ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta. Masyarakat cenderung memilih mengkonsumsi minuman lain yang sifatnya lebih "modern" seperti cold pressed juice dibandingkan dengan mengkonsumsi Jamu.

Berdasarkan hal-hal tersebut, maka terbentuklah social campaign Djamoelogy. Djamoelogy merupakan wadah yang bertujuan untuk mengangkat kembali eksistensi jamu di masyarakat. Dalam rangka untuk mengembalikan awareness masyarakat tentang jamu, Djamoelogy melakukan edukasi melalui social media (Instagram). Dengan sasaran utamanya, yaitu anak muda, Instagram merupakan platform yang tepat dalam menyampaikan berbagai informasi tentang jamu.

Foto: Istimewa

Selain melakukan edukasi lewat social media, Djamoelogy juga melakukan kolaborasi dengan pengusaha jamu online yang berbasis di Jakarta untuk melakukan kegiatan berbagi takjil secara gratis kepada para pejalan kaki di Jakarta. Didukung oleh Jamu Nyonya Adip, Jamoo Bakool dan Jamu Jiwo, pembagian takjil kali ini berupa Jamu untuk berbuka puasa. Selain itu, kegiatan ini juga ditujukan sebagai salah satu cara untuk memberikan semangat pada umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa.

Untuk menyambut Ramadan, Djamoelogy juga akan membagikan THR kepada masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan takjil ini. Dengan mengunggah takjil ke social media mereka, masyarakat berkesempatan untuk memenangkan THR dari tim Djamoelogy.

Dengan mengkonsumsi jamu secara rutin selama puasa, tubuh akan terasa bugar dan kesehatan lambung dapat terjaga. Selain itu, untuk menjaga maag agar tidak mudah kambuh, jamu dapat dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

Walaupun jamu aman untuk dikonsumsi saat berbuka maupun sahur, ada beberapa jenis jamu yang perlu diperhatikan seperti jenis Kunyit Asam dan Asam Jawa. Kedua jamu tersebut diketahui mempunyai kandungan asam yang tinggi. Untuk itu lebih baik dikonsumsi setelah makan untuk menjaga lambung. Kunyit Asam juga dapat dihidangkan dalam sajian es untuk berbuka bersama keluarga.

*Yuk tonton video menarik berikut ini:

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Michelle Obama dan Gal Gadot Miliki Lengan Kencang

Posted: 19 Jun 2017 10:00 PM PDT

Michelle Obama dan Gal Gadot memiliki kebiasaan yang sama dalam menjaga lengan tetap kencang dan tidak bergelambir, yaitu rajin melakukan plank dan push up.

Rahasia Gal Gadot ini dibocorkan oleh pelatih pribadinya, Hayley Bradley. Menurut Hayley, kliennya itu bukanlah orang yang gemar pergi ke gym. Untuk menumbuhkan otot-otot di sekitar lengan, pemeran Diana di film Wonder Woman itu cukup berlatih plank dan push up selama 30 detik.

Sedangkan untuk Michelle Obama, bukan rahasia umum lagi bila mantan First Lady ini memang getol berolahraga. Dia acapkali berbagi cerita mengenai kebiasaan sehatnya tersebut di akun Instagram pribadinya, @michelleobama.

Seperti kemarin, Michelle Obama mengunggah sejumlah foto di Instagram yang memperlihatkan dia tengah melakukan plank bersama teman-temannya.

Biar pun sekarang tak lagi menjabat sebagai istri dari orang nomor satu di AS, Michelle masih rutin mengajak teman-temannya untuk olahraga bersama. 

 

 

A post shared by Michelle Obama (@michelleobama) on

"Ketika berada di Gedung Putih, saya sering menyelenggarakan bootcamp di akhir pekan bersama para sahabat. Tidak masalah jika kami memiliki tingkat kebugaran yang berbeda-beda. Sebab, bootcamp di akhir pekan adalah pengingat, jika kita ingin merawat orang lain, kita harus mengurus diri kita terlebih dahulu," tulis Michelle sebagai keterangan foto, dikutip Selasa, 20 Juni 2017.

 

A post shared by Michelle Obama (@michelleobama) on

Pantas, Michelle Obama termasuk sosok perempuan yang tak risih mengenakan pakaian yang tidak berlengan. Sebab, dia dapat "memamerkan" lengan yang berotot dan tak bergelambir. Bahkan, Michelle Obama pun pernah push up bersama Ellen DeGeneres di program The Ellen Show.

Plank dan push up memang sangat direkomendasikan untuk perempuan yang menginginkan lengan kencang dan tak bergelambir. Tak perlu lama-lama, 30 detik saja sudah terasa cukup asal dilakukan setiap hari. 

Mau punya lengang kencang seperti Michelle Obama dan si Wonder Woman, Gal Gadot?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendapatkan Uang Pesangon? Ini yang Harus Anda Lakukan

Posted: 19 Jun 2017 10:00 PM PDT

Setiap manusia pasti menginginkan kehidupan yang tenang, damai, dan sejahtera. Tapi nyatanya, apa yang kita inginkan tidak selalu terwujud. Tak ada yang tahu apa yang akan terjadi di hari esok, salah satunya saat terkena PHK atau pemutusan hubungan kerja.

Walaupun perusahaan sedang bagus pertumbuhannya atau karier sedang di atas angin sekalipun pun, tidak menjamin Anda bisa luput dari yang namanya PHK.

Namun yang bisa disyukuri dari PHK ialah pesangon. Saat melakukan pemberhentian kerja, perusahaan wajib memberi kompensasi ini kepada para karyawan. Nominalnya akan disesuaikan dengan berapa lama waktu bekerja dan kebijakan perusahaan.

Ketika terkena PHK dan dapat uang pesangon, jangan terlalu lama meratapi nasib. Bangkit dan segera lakukan 4 hal yang disarankan DuitPintar.com ini.

1. Bangkitkan semangat dan optimisme
Namanya juga manusia, wajar kalau merasa sedih atau kecewa. Tapi yang jadi salah kalau kita terlalu terpuruk dan berlarut-larut dalam masalah.

Jangan lantas menyerah dan pasrah dengan keadaan. Selama masih dianugerahi kesehatan, bangkitkan lagi semangat dan optimisme.

Lakukan hal-hal yang bisa membantu perasaan kecewa itu perlahan terobati. Coba liburan pendek ke luar kota yang jaraknya tidak jauh, hitung-hitung refreshing menghibur hati sambil mencari inspirasi. Atau bisa juga dengan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga.

Kegiatannya bisa dalam bentuk apa saja yang penting tetap positif, menyenangkan, dan hemat pastinya. Ingat, hemat dulu sampai ada sumber pemasukan baru ya.

2. Segera tentukan langkah karier selanjutnya
Oke, setelah mengisi kekosongan hati alias recharge, kita bisa berpikir lebih tenang dan jernih untuk menentukan langkah selanjutnya.

Kalau memang masih di usia produktif, cari pekerjaan baru. Kalau sudah berkeluarga dan memang seorang ibu, memilih jadi ibu rumah tangga untuk lebih fokus mengurus anak serta keluarga juga tidak ada salahnya. Bagaimana jika merasa bosan jadi pegawai? Mulailah berpikir untuk memanfaatkan pesangon dan membuka usaha sendiri.

Ingat ya, tidak masalah apa pun keputusan yang diambil pada akhirnya. Yang pasti jangan ambil keputusan dalam keadaan emosi atau galau. Pertimbangkan dengan matang agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

3. Ambil sebagian pesangon untuk investasi
Saat di-PHK atau dirumahkan, coba manfaatkan uang pesangon untuk mulai investasi. Mungkin sebelumnya tidak terpikir soal hal ini atau mungkin menundanya. Maka inilah saat yang tepat untuk memulai. Uang sebanyak apa pun pasti akan habis karena kebutuhan sehari-hari kalau tidak dialokasikan dengan benar.

Untuk yang sudah ikutan investasi bisa juga menambah portofolio dengan mencoba jenis investasi lainnya. Misalnya sebelumnya sudah punya emas dan reksa dana, setelah ada uang pesangon, mungkin bisa mulai investasi di produk yang lebih tinggi risiko dan keuntungannya seperti properti atau saham.

Tapi ingat, tetap harus hati-hati ya. Konsultasi kepada ahlinya supaya lebih aman. Jangan berpikir kalau semua investasi pasti mendatangkan keuntungan. Ingat, belum ada pemasukkan baru. Apalagi saham dan properti hasilnya baru bisa dirasakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

4. Buat usaha sampingan
Setiap orang pasti ingin punya bisnis sendiri dan tidak perlu lagi bekerja untuk orang lain. Tapi bagaimana kalau ada keraguan karena merasa belum percaya diri?

Kalau memang seperti itu, jangan memaksakan. Lebih baik coba cari saja pekerjaan baru yang beban kerjanya tidak terlalu berat. Dengan demikian, mungkin jadi bisa punya waktu lebih untuk sekaligus merintis usaha sendiri. Istilahnya jadi punya dua sumber pemasukan, kerja kantoran dan usaha sampingan. Manfaatkan uang pesangon buat modalnya.

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Belum Tawar Belotti

Posted: 19 Jun 2017 09:55 PM PDT

Presiden Torino, Urbano Cairo, buka suara soal masa depan striker Andrea Belotti. Cairo menegaskan bila  AC Milan dan Paris Saint-Germain (PSG) belum mengajukan penawaran untuk menggaet Belotti.

Andrea Belotti membukukan 28 gol dan delapan assist dari 38 laga di berbagai kompetisi musim 2016-2017. Performa gemilang membuat AC Milan dan PSG bersaing untuk mendapatkan jasanya. 

Media-media Italia bahkan melaporkan jika AC Milan dan PSG telah melayangkan tawaran resmi kepada Torino. Namun, Urbano Cairo menyanggah isu itu lantaran Andrea Belotti sedang berlibur setelah menikahi pasangannya di kota Palermo, Kamis (15/6/2017).

"Belotti telah menikah. Menurut saya, dia sedang menikmati bulan madu dan saya belum mendengar kabar darinya. Sayangnya, saya tidak bisa pergi ke Palermo untuk menghadiri pernikahannya. Akan tetapi, saya mengirimkan doa terbaik kepada Belotti," kata Kairo.

"Belotti terikat dengan Torino sampai 2021. Jelas sangat penting dia tetap bahagia dan itulah yang saya harapkan. Tidak ada kontak dengan AC Milan atau Paris Saint-Germain. Rumor itu hanyalah karangan dari para jurnalis," ujar Kairo.

Andrea Belotti diberitakan memiliki klausul rilis sebesar 100 juta euro (Rp 1,48 triliun) saat ini. Namun, kesepakatan itu hanya berlaku untuk para tim yang berada di luar Italia.

(Artikel asli ditulis Muhammad Ivan Rida/Diedit Aditya Wicaksono/Bola.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Obama Berencana Kunjungi Yogyakarta Usai Lebaran

Posted: 19 Jun 2017 09:55 PM PDT

Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan berkunjung ke Indonesia pada awal Juli mendatang. Kedatangan Obama itu sedianya untuk menjadi pembicara dalam konvensi diaspora. Obama juga rencananya datang ke beberapa daerah, di antaranya Yogyakarta.

Kabid Humas Pemda DIY Amiarsi Harwani mengatakan, pihaknya belum mendapatkan jadwal pasti kedatangan Obama di Kota Gudeg itu. Terutama, bertemu Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Selengkapnya di

Obama Kunjungi Yogyakarta Usai Lebaran?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Tarif Tol di Jalur Mudik Lebaran 2017

Posted: 19 Jun 2017 09:52 PM PDT

Para pemudik dari wilayah Jakarta yang menggunakan kendaraan pribadi dipastikan bakal melewati jalur tol. Tentu hal ini dimaksud agar lebih cepat tanpa ada hambatan di berbagai persimpangan layaknya melalui jalur alternatif.

Kendati demikian, untuk menghindari kepadatan di pintu keluar tol disarankan menggunakan uang pas.

Namun, kabar gembira bagi para pengguna uang yang tersimpan dalam kartu elektronik. Sebab, sejumlah bank yang mengeluarkan kartu elektronik bekerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan potongan harga sebesar 20 persen.

"Diskon ini berlaku pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2017. Arus mudik yang dikenai diskon adalah pada tanggal 22-26 Juni 2017 atau H-3 sampai dengan H+3 Lebaran," tulis pengumuman tersebut Senin (19/6/2017).

Adapun diskon yang sama juga diberikan untuk arus balik, yaitu pada H+4 sampai dengan H+6 atau mulai dari 30 Juni - 2 Juli 2017.

Ruas-ruas jalan tol yang akan mendapatkan diskon 20 persen berlaku mulai dari Jakarta-Cikampek dan Palimanan-Kanci.

Agar tak salah dalam memanajemen keuangan, ada baiknya mengetahui estimasi biaya yang harus dikeluarkan saat melewati jalur tol, yakni sebagai berikut:

Cikarang Utama - Palimanan Rp 109.500 

Harga ini merupakan perjalanan mulai dari Cikarang Utama-Cikopo Rp 13.500 dan Cikopo-Palimanan Rp 96.000.

Palimanan - Brebes Timur Rp 55.500

Palimanan-Kanci Rp 11.500, sedangkan Kanci-Pejagan Rp 24.000, dan Pejagan-Brebes Timur Rp 20.000.

Semarang - Bawen Rp 13.500

Kertosono – Mojokerto Rp 10.000

Dari lima seksi yang ada, dua antaranya sudah beroperasi, yakni Seksi 1 Bandar-Jombang. Sementara tiga seksi lainnya akan fungsional pada Lebaran ini.

Mojokerto - Surabaya Rp 15.500 

Untuk melanjutkannya bisa melalui seksi Krian- Mojokerto.

Selebihnya, tiga seksi tambahan akan difungsikan pada Lebaran 2017 adalah Seksi IB Sepanjang-WRR 4,3 kilometer dan Seksi II WRR-Driyorejo 5,07 kilometer.

Jalur Gratis

Sementara beberapa jalur tol seperti Brebes Timur– Gringsing, lalu Solo–Ngawi, Ngawi-Kertosono, serta Bawen-Salatiga disebutkan pemudik tak perlu membayar alias gratis, karena jalur tersebut masih fungsional.

Secara total, untuk perjalanan melalui tol dari Cikarang menuju Salatiga dibutuhkan biaya hingga Rp 176.000, sedangkan untuk Cikarang-Surabaya mencapai Rp 201.500.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

29 Pengacara Dampingi Buni Yani Jalani Sidang Eksepsi

Posted: 19 Jun 2017 09:49 PM PDT

Pengadilan Negeri Bandung kembali menggelar sidang kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan terdakwa Buni Yani. Sidang dengan agenda pembacaan eksepsi atau keberatan berlangsung di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (20/6/2017).

Dalam persidangan yang dimulai pukul 09.00 WIB, Buni Yani hadir dengan memakai kemeja putih dan celana hitam serta didampingi 29 penasihat hukumnya.

Seperti dilansir Antara, hingga saat ini, penasihat hukum Buni Yani masih membacakan eksepsi kepada majelis hakim yang dipimpin M Sapto.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Buni Yani dengan dua pasal yakni Pasal 32 ayat 1 jo Pasal 48 ayat 1 dan Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Eletronik (ITE).

Atas dakwaan tersebut, Buni Yani menyatakan eksepsi atau keberatan terutama terhadap Pasal 32, lantaran tidak merasa diperiksa oleh penyidik terkait pasal tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

Saksikan Video di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Transfer De Gea, Begini Jawaban Presiden Real Madrid

Posted: 19 Jun 2017 09:45 PM PDT

Presiden Real Madrid, Florentino Perez membantah kabar timnya kembali memburu David De Gea. Ia mengungkapkan kiper MU itu sudah tak masuk dalam rencana jangka panjang Madrid.

Sejak dua musim terakhir nama De Gea selalu dikaitkan dengan Madrid. Terlebih Madrid sempat menawarnya meski gagal pada saat-saat terakhir.

Dan rumor transfer itu kembali memanas saat ini. Bahkan De Gea kabarnya menjadi bagian transfer Cristiano Ronaldo ke MU.

"Kami belum bicara dengan De Gea. Dua tahun lalu kami memang menginginkannya tetapi tidak terwujud," kata Perez seperti dilansir Soccerway.

"Lagipula para pemain sangat percaya dengan kiper Real Madrid saat ini, Keylor Navas, demikian juga pelatih. Saya juga sangat suka dengan Navas," ujar Perez menambahkan.

Perez juga mengungkapkan alasan Real Madrid memburu De Gea saat itu. "Kami belum tahu kualitas Navas saat itu, sama seperti Zinedine Zidane."

Tonton video menarik berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dengan Produk Ini, Bangun Rumah Cuma 5 Hari

Posted: 19 Jun 2017 09:45 PM PDT

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) akan fokus mengembangkan produk Rumah Pabrikasi Indocement (Rapi) sebagai bagian dari diversifikasi produk tahun ini. Dengan produk ini, maka proses pembangunan rumah bisa dilakukan dalam hitungan hari.

President Director INTP Christian Kartawijaya menerangkan, Rapi merupakan produk komponen rumah yang terbuat dari beton. Sehingga, untuk membuat rumah, komponen tersebut hanya tinggal disusun seperti mainan anak, lego.

"(Rapi) Rumah Pabrikasi Indocement. Jadi di mana kita membuat semacam pabrikasi. Kalau bangun rumah biasanya kita cuma bangun tiang-tiang, habis itu tembok pakai bata. Sekarang kita sudah langsung, kita siap panel-panelnya, panel beton. Kemudian kusen kan biasanya pakai kayu. Sekarang kita kusen pakai beton," jelas dia seperti ditulis di Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Pembangunan rumah membutuhkan waktu yang cepat. Rumah ini sudah pernah diuji untuk penanganan bencana. Dia bilang, rumah ini bisa dibangun sampai 5 hari bahkan paling lama 14 hari (2 minggu).

"Dan yang utama bisa bangun dalam waktu cuma 5 hari bisa jadi itu rumah. Sekarang banyak rumah, bencana, nanti kita bangun kita sudah siap pabrikasi kita bangun, cepat hanya waktu seminggu, paling lambat dua minggu. Dengan dibawa ke sana, pasang," ujar dia.

Produk ini telah digunakan di beberapa daerah seperti, Mauk Tangerang, Garut, Wonosobo. "Kita coba Citeurep, kita bikin rumah contoh juga, ini yang akan kita kembangkan di tahun ini merupakan proyek diversifikasi," ungkap dia.

Christian menambahkan, biaya membangun rumah dengan Rapi terhitung murah. Untuk bangunan rumah seluas 36 meter persegi hanya sekitar Rp 60 juta. Itu tidak memperhitungkan harga tanah.

"Ini 36 meter persegi yang saat ini standar dan kita bisa bangun kurang dari Rp 60 juta," tutup dia.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

H-5 Lebaran, Pemudik Motor Mulai Ramai di Kalimalang

Posted: 19 Jun 2017 09:43 PM PDT

Lima hari jelang Lebaran atau H-5, aktivitas mudik di sepanjang Jalan Inspeksi Saluran Kalimalang, Jakarta Timur, mulai terlihat.

Pantauan Liputan6.com, lalu lintas di kawasan Kalimalang mengarah ke Bekasi, Jawa Barat, mulai ramai pengendara motor yang membawa barang bawaan melebihi kapasitas muat kendaraan roda dua.

Mereka mengenakan pakaian pengaman lengkap dan memasang boks tambahan di motornya. Jaket tebal dan sepatu boot tidak lupa dikenakan.

Tampak pula keluarga kecil dengan satu anak membawa gembolan lebih di motor jenis matic. Anaknya duduk menghadap belakang sambil memeluk si ibu. Terlihat berbahaya jika mereka berniat melakukan perjalanan cukup jauh.

Salah satu pemudik, Yayan Nasrullah (44) berhenti sejenak di SPBU sekitar kalimalang untuk mengambil uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Bersama istrinya Leni Endah (40), mereka bermaksud menuju Karawang, Jawa Barat.

"Saya wirausaha jadi bisa duluan pulang. Ada orang nanti yang urus sampai Lebaran," tutur Yayan di lokasi, Selasa (20/6/2017).

Yayan menyebut, anaknya sudah lebih dulu ke rumah neneknya pada libur akhir pekan kemarin. Mereka perlu mengurus beberapa keperluan sebelum berangkat pulang kampung.

"Alhamdulillah tiap tahun bisa pulang kampung. Sudah biasa naik motor ya jadi ya tetap milih naik motor," jelas dia.

Meski begitu, para pemudik yang melintas di sekitaran Kalimalang tidak terlalu sering. Diperkirakan dua atau tiga hari menjelang Lebaran, pemudik pengendara motor akan lebih ramai melintas di kawasan tersebut.

 

 

 

 

 

 


Saksikan video menarik di bawah ini:

Saksikan video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minibus Terbakar Setelah Tabrak Truk di Cipularang, 7 Orang Terluka

Posted: 19 Jun 2017 09:41 PM PDT

Sebuah mobil yang mengalami kecelakaan hingga terbakar di Jalan Tol Cipularang, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa, 20 Juni 2017 pagi. Oleh petugas mobil tersebut dievakuasi dari lokasi kejadian di km 78-500.

Seperti yang ditayangkan Patroli Siang, Selasa, 20 Juni 2017, aparat kepolisian menuturkan kecelakaan diduga terjadi akibat sopir mobil mengantuk hingga menabrak bagian belakang sebuah truk. Akibat tabrakan, mobil bermuatan tujuh orang yang akan pergi ke Garut tersebut terbakar.

Beruntung para penumpang mobil termasuk sopir berhasil diselamatkan dan dilarikan ke Rumah Sakit Thamrin Purwakarta. Dua di antaranya mengalami luka berat.

Saat proses evakuasi dilakukan, mobil petugas Jasamarga yang melakukan pengamanan di bahu jalan ditabrak sebuah truk. Tidak ada korban dalam tabrakan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Sensasi Syuting Jelangkung dan Jailangkung Versi Sutradara

Posted: 19 Jun 2017 09:40 PM PDT

Ingat dengan film Jelangkung di tahun 2001 lalu? Setelah 16 tahun berselang, kini Rizal Mantovani dan Jose Poernomo kembali berduet menggarap film bergenre horor dari cerita mistis yang sama, berjudul Jailangkung.

Periode 16 tahun tentu bukan waktu yang singkat. Lantas apa perbedaan menggarap film Jailangkung dengan Jelangkung?

Dalam film Jelangkung, Jose dan Rizal mengaku tidak punya keleluasaan dalam menggarap. Inilah perbedaan yang paling signifikan dari kedua film ini yang mereka rasakan.

"Dulu itu bikinnya dengan darah dan air mata, setengah mati dengan bujet yang sangat minim. Jadi keleluasaannya sangat terbatas, banyak minta tolongnya sama orang, sama teman, pinjam rumah, pinjam apa," papar Jose di XXI Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).

Sementara dalam produksi Jailangkung di tahun 2017 sendiri, Jose dan Rizal sudah memiliki kemapanan dalam tahap produksi. Tapi dengan kemudahan itu tentunya ada tanggung jawab besar lain yang dipikul. Yakni memaksimalkan segala aspek, termasuk latar juga visual.

"Kita pengin dapatin sesuatu yang enggak nanggung-nanggung. Kayak dapatin pulau juga jangan yang nanggung-nanggung. Kalau bisa pulau yang di tengahnya ada danau gitu. Ke sananya pun pakai effort," jelas Jose.

Rizal Mantovani dan Jose Poernomo pun bersyukur bahwa rumah produksi Screenplay Film dan Legacy Pictures bisa mewadahi semuanya. "Untuk mendekatkan cerita yang dibuat, Jose sangat memerlukan sebuah rumah produksi yang mampu mengakomodir itu, dan Screenplay adalah yang cocok," Rizal menimpali.

Film Jailangkung bercerita tentang tiga orang gadis yang ingin menguak misteri yang terjadi pada ayah mereka yang ditemukan dalam keadaan koma. Bella (Amanda Rawles) bersama kakaknya, Angel (Hannah Al Rasyid), dan adiknya Tasya (Gabriella Quinnlyn) berusaha menemukan jawabannya. Film ini akan tayang pada 25 Juni 2017 di bioskop seluruh Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Kembali Periksa Ade Komarudin Terkait Kasus e-KTP

Posted: 19 Jun 2017 09:37 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap anggota DPR RI, Ade Komarudin dan Chairuman Harahap. Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk kasus korupsi pengadaan e-KTP.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AA (Andi Agustinus)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (20/6/2017).

Kedua legislator Partai Golkar tersebut bukan pertama kali diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi e-KTP. Ade Komarudin dan Chairuman Harahap pernah diperiksa sebagai saksi untuk mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto.

Keduanya juga sempat dihadirkan dalam sidang perkara korupsi yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.

Dalam dakwaan terhadap Irman dan Sugiharto, Ade Komarudin disebut menerima aliran dana bancakan sebesar US$ 100 ribu. Adapun Chairuman Harahap sejumlah US$ 584 ribu dan Rp 26 miliar. Namun keduanya membantah terlibat korupsi.

Pemeriksaan kali ini diduga untuk mendalami penerimaan aliran dana tersebut. Apalagi, penyidik juga sempat memanggil keluarga Chaeruman, yakni sang istri, Ratna Sari Lubis, bersama sang anak, Wanahari Harahap, pada Senin 19 Juni 2017.

Selain Ade Komarudin dan Chairuman Harahap, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap July Hira, selaku Komisaris PT Berkah Langgeng Abadi dan seorang karyawan swasta Melyana Jap.

"Keduanya juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AA," kata Febri.

Dalam perkara ini, jaksa KPK telah mendakwa mantan Pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto. Keduanya didakwa melakukan korupsi e-KTP dan merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.

Adapun Andi Narogong merupakan tersangka ketiga dalam perkara ini. Andi diduga sebagai aktor utama bancakan proyek senilai Rp 5,9 triliun.

Perkara ini juga menyeret politikus Hanura Miryam S Haryani sebagai tersangka pemberian keterangan palsu. KPK juga menjerat politikus Golkar, Markus Nari, sebagai tersangka yang menghalang-halangi proses penyidikan dan persidangan e-KTP.

 

 

 

 

 




Saksikan video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Warga Prancis Menikmati Musim Panas

Posted: 19 Jun 2017 09:36 PM PDT

Sejumlah orang berjemur sambil menikmati matahari musim panas di dekat air mancur Trocadero di Paris, Senin (19/6). Suhu temperatur di ibu kota Prancis ini mencapai 36 derajat celcius. (AFP Photo / LUDOVIC MARIN)

Sejumlah orang berjemur sambil menikmati matahari musim panas di dekat air mancur Trocadero di Paris, Senin (19/6). Suhu temperatur di ibu kota Prancis ini mencapai 36 derajat celcius. (AFP Photo / LUDOVIC MARIN)

Seorang anak mendekatkan wajahnya pada air mancur saat menikmati musim panas di Nantes, Prancis barat, Senin (19/6). Suhu temperatur di Prancis mencapai 36 derajat celcius. (AFP Photo / LOIC VENANCE)

Seorang anak mendekatkan wajahnya pada air mancur saat menikmati musim panas di Nantes, Prancis barat, Senin (19/6). Suhu temperatur di Prancis mencapai 36 derajat celcius. (AFP Photo / LOIC VENANCE)

Seorang pria menyegarkan dirinya di air mancur sambil menikmati matahari musim panas di Nantes, Prancis barat, Senin (19/6). Suhu temperatur di Prancis mencapai 36 derajat celcius. (AFP Photo / LOIC VENANCE)

Seorang pria menyegarkan dirinya di air mancur sambil menikmati matahari musim panas di Nantes, Prancis barat, Senin (19/6). Suhu temperatur di Prancis mencapai 36 derajat celcius. (AFP Photo / LOIC VENANCE)

Wisatawan berjemur di pantai sambil menikmati matahari musim panas di Benodet, Prancis barat, Senin (19/6). Saat ini suhu temperatur di Prancis mencapai 36 derajat celcius. (AFP Photo / Fred TANNEAU)

Wisatawan berjemur di pantai sambil menikmati matahari musim panas di Benodet, Prancis barat, Senin (19/6). Saat ini suhu temperatur di Prancis mencapai 36 derajat celcius. (AFP Photo / Fred TANNEAU)

Sejumlah anak tidur di lantai saat menikmati bermain air mancur pada musim panas di pusat kota Bordeaux, Prancis barat daya, Senin (19/6). Saat ini suhu temperatur di Prancis mencapai 36 derajat celcius. (AFP Photo / NICOLAS TUCAT)

Sejumlah anak tidur di lantai saat menikmati bermain air mancur pada musim panas di pusat kota Bordeaux, Prancis barat daya, Senin (19/6). Saat ini suhu temperatur di Prancis mencapai 36 derajat celcius. (AFP Photo / NICOLAS TUCAT)

Sejumlah orang menyegarkan diri di air mancur Trocadero, Paris, sambil menikmati matahari musim panas, Senin (19/6). Suhu temperatur di ibu kota Prancis ini mencapai 36 derajat celcius. (AFP Photo / LUDOVIC MARIN)

Sejumlah orang menyegarkan diri di air mancur Trocadero, Paris, sambil menikmati matahari musim panas, Senin (19/6). Suhu temperatur di ibu kota Prancis ini mencapai 36 derajat celcius. (AFP Photo / LUDOVIC MARIN)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibrahimovic Kembali ke MU?

Posted: 19 Jun 2017 09:34 PM PDT

Kabar mengejutkan diungkap Manchester Evening News, penyerang Swedia Zlatan Ibrahimovic, dikabarkan berniat kembali membela Manchester United (MU) usai pulih dari cedera lutut parah. 

Manchester United resmi mengakhiri kerja sama dengan Zlatan Ibrahimovic begitu kontrak sang pemain berakhir pada 30 Juni 2017. Cedera lutut dan gaji yang besar membuat Manchester United tidak bisa memberi penawaran kontrak baru selama satu musim kompetisi.

Meskipun tidak lagi menjadi pemain Manchester United, klub tetap mengizinkan Zlatan Ibrahimovic untuk memakai fasilitas latihan di Carrington.

Keputusan klub disambut baik Ibrahimovic yang tidak segan untuk memulihkan kondisi dengan membawa pelatih pribadi ke Carrington. Ia pun meyakinkan staf Manchester United kalau cederanya akan pulih pada November 2017.

Jika Zlatan Ibrahimovic bisa membuktikan telah pulih dari cedera, Manchester United berpeluang memberinya penawaran kontrak dengan durasi yang singkat.

Pada musim 2016-17, Zlatan Ibrahimovic megantarkan MU meraih tiga gelar, yaitu Community Shield, Piala Liga Inggris dan Liga Europa. Ia mengukuhkan diri sebagai top scorer The Red Devils pada musim kemarin dengan koleksi 28 gol.

(Artikel asli ditulis oleh Aditya Wicaksono/Bola.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasad Pria Bertato Naga Mengapung di Perairan Tidore

Posted: 19 Jun 2017 09:32 PM PDT

Jasad pria bertato naga ditemukan warga mengapung di Selat Gamlamo, perairan Tidore, Maluku Utara, pada Senin, 19 Juni 2017. Selain tato naga di lengan kiri, ciri-ciri lainnya adalah tinggi 160 cm, mata sipit, rambut lurus hitam, dan berkumis.

Informasi yang dihimpun Liputan6.com, jasad lelaki berkulit sawo matang itu ditemukan sekitar pukul 09.45 WIT. Temuan berawal ketika Tim Rescue Bravo Basarnas Ternate sedang berpatroli Siaga Lebaran di sekitar perairan depan Pelabuhan Bastiong Ternate.

Tim Rescue Bravo kemudian mendapat telepon dari warga bahwa telah ditemukan sesosok jasad laki-laki dalam keadaan terapung tepatnya di sekitar depan pelabuhan tersebut.

Basarnas Kota Ternate yang beranggotakan enam orang langsung bergerak menuju TKP. Saat tiba di TKP, jasad itu sudah dinaikkan ke speedboat dari Tidore.

"Kami dapat laporan dari teman sedang siaga Lebaran di Bastiong, bahwa ada lima speedboat dari Tidore yang sedang membawa jenazah," kata Angga Wahyu, salah satu petugas Basarnas Kota Ternate yang memimpin operasi tersebut.

Pihak Basarnas kemudian langsung mengawal dan mengarahkan speedboat tersebut ke Pelabuhan Semut, Kelurahan Mangga Dua, Ternate Selatan. Karena dalam waktu bersamaan ada anggota Basarnas lainnya yang sedang siaga di pelabuhan tersebut.

"Setelah tiba di Pelabuhan Semut, mayat korban langsung dibawa ke RSUD Chasan Boesoirie Ternate dengan menggunakan rescue car milik Basarnas," kata Angga.

Hingga sekarang, identitas lelaki bertato naga belum juga teridentifikasi. "Mayat korban ini tidak memiliki identitas apa pun sehingga belum diketahui asalnya dari mana," katanya.​

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perez Ingin Messi Perkuat Real Madrid

Posted: 19 Jun 2017 09:30 PM PDT

Florentino Perez merupakan salah satu presiden klub tersukses dalam sejarah Real Madrid. Beragam gelar juara dan pemain bintang pernah dipersembahkan untuk Madrid.

Namun, Perez memiliki satu keinginan yang hingga kini belum bisa tercapai. Perez ingin bintang Barcelona Lionel Messi memperkuat Real Madrid

"Tentu saja kami akan senang dapat memiliki Messi di Real Madrid," ujar Perez kepada Onda Cero.

Perez sejak lama menyadari sulit untuk bisa membajak Messi dari Barcelona. Pasalnya, Blaugrana-lah yang membesarkan Messi dari usia 13 tahun. Messi tentunya tidak mau mengkhianati Barcelona dengan pindah ke Madrid yang merupakan musuh abadi El Barca.

"Tapi dia berada di tim junior Barcelona, jadi itu tidak akan pernah dapat terjadi," ujar Perez.

Messi diboyong Barcelona dari Newell's Old Boys tahun 2001. Setelah dibina di La Masia, Messi melakoni debut bersama tim senior Barcelona tahun 2004.

Sejak saat itu Messi menjadi megabintang Barcelona. Pria 29 tahun itu mencetak 507 gol dari 583 pertandingan resmi yang dilakoni Barcelona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ambisi Line Integrasikan Layanan Komunikasi Lewat Aplikasi

Posted: 19 Jun 2017 09:30 PM PDT

Memasuk usianya ke-6 tahun, Line memiliki ambisi besar untuk mengintegrasikan seluruh layanan komunikasinya. Untuk itu, Line akan fokus pada tiga konsep bisnis utama, yakni "Everything Conneted", "Everything Videolized", dan "Everywhere AI".

"LINE akan menggunakan strong connection ke user untuk meluncurkan layanan dengan tiga konsep tersebut. Kami menyebutnya smart portal strategy karena memiliki ekosistem yang besar dan memberi layanan luas," ujar Line Corporation Representative Director & CEO, Takeshi Idezawa pada LINE Conference 2017 di Shibuya, Jepang, Kamis (15/6/2017).

Menurutnya, ketiga konsep tersebut merupakan perwujudan dari visi Line dalam lima tahun mendatang, yakni "Communication First". Oleh karena itu, Line akan memperkaya aplikasinya melalui layanan-layanan terbaru, seperti menambah kapasitas video streaming, sekaligus memperluas cakupan layanan kecerdasan buatan (AI).

Ia mencontohkan Line Messenger yang akan dibekali peningkatan fitur kamera. Nantinya, pengguna dapat mengaktifkan kamera pada fitur chat, serta menambah efek atau filter menggunakan face recognation. Kemudian, layanan Line Pay.

 

"Sekarang bukan cuma terkoneksi dengan orang. Tapi (manusia) juga terhubung dengan vending machine, beli tiket pesawat, dan lainnya," tutur Idezawa.

Pada konsep "Everything Connected", Line Corporation Senior Executive Officer & Head of Corporate Business Group, Shintaro Tabata mengatakan bahwa pengguna dapat terhubung dengan layanan pemerintahan.

"Line telah bekerja sama dengan beberapa lembaga pemerintahan, Shibuya, Fukoka dan Kumamoto dalam menggunakan aplikasi pesan Line untuk mengirimkan informasi tentang perlindungan anak-anak dan layanan pemerintahan," kata Tabata.

Kemudian, konsep "Everything Videolized" akan diwujudkan dalam bentuk aplikasi Line Live. Lewat aplikasi ini, pengguna Line bisa menyiarkan video live, di mana pengguna lain bisa berkomentar. Dan pada konsep terakhir, "Everwhere AI", Line menghadirkan aplikasi Clova yang terhubung dengan banyak konten dan layanan.

"Aplikasi ini akan selalu ada di kehidupan kita sehari-hari. Memberikan music experience, bisa menjadi sekretaris, teman, juga rekan bicara. Karena semua lini kehidupan akan terintegrasi pada Clova," ujar Line Corporation Director and CSMO, Jun Masuda.

(Rita Ayuningtyas/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Nazar Venna Melinda Bila Dapat Hak Asuh Putri Angkatnya

Posted: 19 Jun 2017 09:30 PM PDT

Venna Melinda berharap bisa mendapatkan hak asuh putri angkatnya, Vania Athabina, yang cukup lama diperjuangkannya. Bila keinginannya berhasil, ibunda Verrell Bramasta ini pun memiliki nazar.

Lantaran sulitnya mengurus legalitas hak asuh anak, Venna Melinda pun berjanji akan mengajak sang buah hati, Vania, bersama kakak-kakaknya pergi umrah.

"Saya ingin banget Vania segera legal, karena saya mau mempersiapkan segala sesuatu. Insyaallah Desember ini aku mau umrah, itu nazar saya," kata Venna Melinda, di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Senin (19/6/2017).

Venna Melinda (Dok. Venna Melinda)

Venna Melinda tak menyangka kalau urusan mendapatkan hak asuh anak angkatnya begitu berliku dan panjang. ""Sebetulnya saya enggak nyangka kalau agak lama dan agak berliku-liku​. Saya pikir segampang yang orang bilang, bahwa memuliakan anak seperti Vania itu tinggal ini-ini-ini, kayaknya gampang," lanjutnya.

Untuk itu, bila ia mendapatkan semua yang diharapkannya, wanita single parent ini akan melakukan sujud syukur di depan Kakbah.

"Dengan panjang dan berlikunya mendapatkan Vania ini, saya sampai nazar, 'Ya Allah kalau saya semua beres, saya mau ajak Vania, Varrell dan Athalla umrah', dan akhirnya diputuskan Desember ini. Tapi tunggu Vania harus punya akta karena harus bikin paspor dan sebagainya," ucapnya.

Verrell Bramasta, Venna Melinda dan Vania Athabina

Untungnya, Venna Melinda tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan hak asuh anak angkatnya tersebut. Ia sudah mendapatkan surat rekomendasi dari Dinas Sosial Kota Tangerang, Banten, hingga Kementerian Sosial.

"Mungkin karena saya single parent ya, jadi Allah menguji saya, 'Benar enggak sih kamu serius mau ngurus Vania?'. Makanya ujiannya juga aduh banyak banget. Tapi alhamdulillah semua sudah​ terlalui, tinggal selangkah lagi 10 Juli, harus sabarlah," ucap Venna Melinda.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dacita Kiss, Program Atasi Stres Anak Akibat Ulah Orangtua

Posted: 19 Jun 2017 09:30 PM PDT

Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro telah melakukan penelitian mengenai upaya penanggulangan stres remaja akibat perceraian orang tua dengan metode DACITA KISS (Dadu Bercerita Konseling Interaktif Sahabat Sebaya).

Program penelitian ini merupakan kegiatan PKM PSH yang diketuai oleh Haula Fauzianah dan empat orang rekannya, yaitu Islakhul Amal, Dewi Shabrina, Rimbardi Wisnu Aji, dan Desy Sumardiyani.

Penelitian ini bermula dari banyaknya jumlah perceraian yang ada di Semarang. Perceraian dapat menimbulkan efek stres pada anak yang menjadi korban. Oleh sebab itu, TIM PKM PSH DACITA KISS melakukan inisiatif dengan membuat program penanggulangan stres pada remaja akibat perceraian orang tua.

Program ini menggunakan dadu sebagai alat tambahan dalam metode konseling. Dadu berfungsi untuk menentukan urutan bercerita saat konseling. Dadu dipilih karena dadu merupakan permainan sosial yang mengharuskan berinteraksi dengan teman sebaya dengan melemparkan dadu dan nomor yang muncul merupakan urutan subjek untuk bercerita.

Proses pelaksanaan program DACITA dilakukan dengan dua kali pertemuan, yaitu pertemuan pertama pada hari Minggu, 11 Juni 2017 dengan pembahasan pendekatan antar subjek sahabat sebaya agar timbul rasa kedekatan. Pertemuan kedua pada hari Kamis, 15 Juni 2017 dengan pembahasan konseling antara subjek dengan konselor dan dilakukan permainan dadu untuk mengatur urutan angka subjek agar lebih mudah bererita.

Selama acara konseling berjalan di tengah-tengah acara juga diberikan acara tambahan yaitu ice breaking dan games yang bertujuan untuk menambah kekompakan antar subjek. Agar mereka tidak merasakan bahwa hanya dirinya yang mengalami stres akibat perceraian orang tua.

Penulis:

I. Amal

*Yuk tonton video menarik ini:

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Setoran Pajak Diramal Kurang Rp 50 Triliun

Posted: 19 Jun 2017 09:30 PM PDT

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati memperkirakan penerimaan perpajakan, yakni dari pos pajak dan bea cukai akan mengalami shortfall atau kekurangan Rp 50 triliun pada 2017. Sementara belanja negaranya membengkak Rp 10 triliun sehingga defisit fiskal bakal melebar menjadi 2,6 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

"Kita prediksi di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2017, ada shortfall penerimaan perpajakan Rp 50 triliun. Dan tendensi belanja negara naik sampai Rp 10 triliun," kata Sri Mulyani di kantornya, seperti ditulis Selasa (20/6/2017).

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dijelaskan Sri Mulyani, tengah menyelesaikan asumsi maupun postur anggaran yang berubah di RAPBN-P tahun ini, untuk kemudian diajukan ke DPR guna dibahas. Pemerintah membutuhkan APBN-P lantaran ada beberapa tambahan belanja.

"Tambahannya untuk persiapan Asian Games di 2018, program sertifikasi tanah, persiapan Pilkada serentak dan pemilu, serta kebutuhan pembangunan infrastruktur yang pengadaan lahannya minta didanai. Kita akan coba lihat dari sisi kemampuan APBN kita," terangnya.

Untuk diketahui, dalam APBN 2017, pemerintah mematok penerimaan perpajakan sebesar Rp 1.498,9 triliun. Sementara belanja negara mencapai Rp 2.080,5 triliun dengan defisit anggaran Rp 330,2 triliun atau 2,41 persen dari PDB.

Dengan adanya peningkatan belanja negara, sementara penerimaan perpajakan diperkirakan meleset, Sri Mulyani mengaku, defisit fiskal berpotensi naik sekitar 2,6 persen terhadap PDB, bahkan bisa lebih dari angka itu.

"Target di APBN kan, defisitnya 2,41 persen, tapi mungkin agak sedikit lebar menjadi 2,6 persen dari PDB. Kenaikan dari sisi defisit diperkirakan Rp 37 triliun dari Rp 330 triliun menjadi Rp 367 triliun sampai Rp 370 triliun," ucap Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Sri Mulyani menuturkan, pemerintah akan merampungkan draft RAPBN dalam satu atau dua hari, hingga seminggu ke depan. Untuk kemudian dibahas bersama DPR sebelum reses. "Kita finalkan satu-dua hari ini dari beberapa kementerian. Paling banyak bergerak memang subsidi," ujarnya.

Sementara itu, lebih jauh katanya, pemerintah akan berupaya mengoptimalkan pengumpulan penerimaan perpajakan dari berbagai ekstensifikasi dan intensifikasi. Dari pajak, Kemenkeu akan melakukan kegiatan ekstensifikasi di dalam negeri, di luar negeri, dan by sektoral berdasarkan data yang dimiliki Ditjen Pajak.

"Seluruh ekstensifikasi (pajak) di dalam, luar negeri, dan by sektoral, total bisa memperoleh lebih dari Rp 185 triliun. Juga melakukan penegakkan hukum kepada para importir nakal yang misalnya melaporkan data dokumen impor dan data pajak yang berbeda," tegas Sri Mulyani.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yang Terjadi pada Tubuh Saat Telan Permen Karet

Posted: 19 Jun 2017 09:30 PM PDT

Saat kecil dulu, ketika tidak sengaja menelan permen karet, tidak sedikit dari kita yang merasa panik. Berbagai mitos dan cerita beredar seputar bahayanya menelan permen karet.

Mulai dari baru akan keluar tujuh tahun kemudian, membuat usus lengket, sampai tidak akan bisa buang air besar lagi. Mitos tadi memang terdengar berlebihan, tapi cukup membuat penasaran. Sebenarnya apa sih yang terjadi dalam tubuh saat kita menelan permen karet?

Melansir Buzzfeed, Selasa (20/6/2017), yang berbicara dengan spesialis gastroenterologi, Dr Lisa Ganjhu, DO, seorang lektor kepala medis di NYU Langone Medical Center di New York City, untuk mencoba mencari tahu apa yang terjadi pada sistem pencernaan ketika permen karet tertelan, serta apakah hal ini benar-benar berbahaya.

Menurut Dr Ganjhu, permen karet akan masuk ke dalam tubuh sama seperti semua makanan lainnya. Hanya, mereka tidak akan benar-benar tercerna.

"Sistem pencernaan kita sangat kuat. Jika mereka bisa mencerna steak, maka sistem ini juga bisa mencerna permen karet," ujar Dr Ganjhu. Jadi pergerakan gastrik yang kuat bersama dengan asam dan enzim tetap bisa menguraikan permen karet di perut.

Bedanya, dasar dari permen karet tidak akan benar-benar terurai secara total karena kandungan kimia di dalamnya. Kandungan di dalamnya tidak akan terserap ke dalam usus kecil seperti kebanyakan makanan lain, Dr Ganjhu menjelaskan.

"Begitu mereka masuk, permen karet akan keluar seperti makanan lainnya. Tidak ada rentang waktu yang spesifik karena motilitas sistem pencernaan setiap orang berbeda," ujarnya lagi.

Namun tetap saja, para ahli menyarankan untuk tidak menelan permen karet. Namun alasannya bukan karena tidak bisa dicerna.

"Permen karet benar-benar tidak memiliki nutrisi apa pun. Jadi kebanyakan ahli kesehatan akan menyarankan Anda untuk tidak menelannya," kata Dr Ganjhu.

Lagipula, tujuan permen karet dibuat adalah untuk menikmati rasanya sampai habis, kemudian dibuang. "Permen karet tidak akan membahayakan Anda, tapi tidak masuk akal kalau Anda sengaja menelannya," ia melanjutkan.

Anda juga benar-benar tidak boleh menelan permen karet dalam jumlah besar sekaligus. Mereka bisa tersangkut di pipa udara dan membuat Anda tersedak. Hal ini juga akan terjadi pada makanan lain yang ditelan dalam jumlah besar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Singapura Minta Maaf atas Perselisihan Wasiat Lee Kuan Yew

Posted: 19 Jun 2017 09:27 PM PDT

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, meminta maaf atas perseteruan keluarga terkait wasiat rumah. Ia mengatakan, hal yang seharusnya hanya menjadi urusan keluarganya itu telah merusak reputasi negara.

Lee Hsien Loong dan dua adiknya merupakan anak dari pendiri Singapura yang dipuja dan dihormati, Lee Kuan Yew. Masalah tentang wasiat sebuah rumah itu muncul ke publik saat mereka saling serang di Facebook.

Perselisihan wasiat rumah keluarga itu sontak menjadi tontonan yang mengejutkan publik Singapura.

"Saya sangat menyesalkan bahwa perselisihan ini telah mempengaruhi reputasi Singapura dan kepercayaan warga Singapura terhadap pemerintah," kata Lee dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (20/6/2017).

"Sebagai perdana menteri, saya mohon maaf atas hal ini. Dan sebagai anak tertua, saya sedih memikirkan penderitaan yang dialami orangtua kami seandainya mereka masih hidup."

Keluarga Lee adalah orang-orang yang telah mendominasi politik Singapura selama hampir enam dekade.

Perselisihan itu mencuat di hadapan publik pada 14 Juni 2017. Saat itu adik perempuan dan laki-laki PM Lee Hsien Loog, Wei Ling Hsien yang mengeluarkan sebuah pernyataan melalui Facebook.

Lewat media sosial itu, mereka mepublikasikan pernyataan enam lembar berjudul "What has happened to Lee Kuan Yew's values?". Mereka bersikukuh bahwa wasiat sang ayah harus ditunaikan, yakni menghancurkan bangunan yang pernah jadi tempat tinggal mereka saat kecil.

Ayah mereka yang dikenal akan kesederhanaannya, menentang munculnya sebuah kelompok yang memuja dirinya. Ia takut rumah itu akan menjadi monumen, di mana banyak orang asing berjalan melewati tempat tinggal pribadi keluarganya.

Rumah dengan lima kamar tidur di Oxley Road itu, dibangun pada akhir Abad ke-19 di bekas sebuah perkebunan. Seorang agen properti mengatakan, bangunan itu kemungkinan akan bernilai setidaknya 24 juta dolar Singapura atau sekitar Rp 230 miliar.

Wei Ling dan Hsien Yang menuduh Lee berusaha menghalangi pembongkaran rumah tersebut untuk mengeksploitasi warisan ayah mereka, yakni dengan memanfaatkan kekuatan lembaga pemerintah. Mereka juga menyebut Lee dan istrinya memendam ambisi politik untuk putra mereka, Li Hongyi.

Lee telah membantah tuduhan tersebut. Ia mengklaim klausul pembongkaran itu buru-buru ditambahkan ke kehendak ayahnya dalam keadaan yang meragukan, setelah dihapus dalam dua versi sebelumnya.

Sebuah komite mempertimbangkan apa yang seharusnya dilakukan pada properti tersebut. Namun Lee mengatakan bahwa dia tidak terlibat dalam keputusan tersebut.

"Sama seperti saya ingin move on dan mengakhiri pengalaman yang sangat tidak menyenangkan bagi orang Singapura, tuduhan tak berdasar terhadap pemerintah ini tidak dapat dibiarkan tak terjawab," ujar Lee.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Pentingnya Refleksi Diri Selama Bulan Ramadan

Posted: 19 Jun 2017 09:20 PM PDT

Meskipun Ramadan akan segera berakhir dalam beberapa hari, belum terlambat untuk melakukan evaluasi diri dan berkaca agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik di hari kemenangan nanti.

Dengan pemikiran ini, kita bisa menyoroti pentingnya refleksi diri selama bulan Ramadan. Karena meskipun manusia sering melakukan kesalahan, penting juga untuk memperbaiki kesalahan itu.

Berikut adalah beberapa hal positif yang harus kita fokuskan pada Ramadan ini yang dilansir dari laman Ummahsonic.

1. Pikiran Positif

Selama bulan suci, sering kali kita tergoda emosi akibat hal-hal negatif yang orang lain lakukan, misalnya orang yang makan di tempat umum, menyetir ugal-ugalan atau tidak mau mengantre. Hal tersebut merupakan hal sepele yang kadang bisa memancing emosi dan mengurangi pahala puasa kita.

Apabila kita masih mudah terpancing emosi, cobalah untuk berpikir positif karena itu akan memungkinkan kita untuk merenungkan apa yang sebenarnya makna Ramadan bagi diri kita.

2. Tindakan Anda Sendiri

Terkadang kita tidak sadar melakukan sesuatu hal yang menyinggung perasaan orang lain, misalnya dengan mengunggah foto atau tulisan di media sosial yang menyinggung perasaan orang lain.

Bulan Ramadan ini bisa dijadikan momen refleksi diri apakah kita sudah bisa menjaga setiap perbuatan kita untuk tidak menyakiti perasaan orang lain.

3. Mengidentifikasi Kawasan Peningkatan Diri Sendiri

Setiap Ramadan, penting bagi kita untuk merenungkan usaha yang telah kita perbaiki selama ini. Sudahkah kita membawa mereka sepanjang tahun dan apa hal-hal yang membuat usaha ini menjadi tantangan? Langkah-langkah untuk memperbaiki diri tidak harus besar. Misalnya kita tidak harus berjanji untuk membaca 150 halaman Alquran sehari. Namun kita bisa memulai dari kebiasaan kecil.

Kebiasaan buruk apa yang Anda miliki dengan mudah? Pikirkan tidak bersumpah, bersyukur atas apa yang anda miliki, memanfaatkan sebagian waktu luang Anda. Yang terpenting, cobalah untuk membawa nilai-nilai ini bersama Anda melampaui bulan Ramadan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main di Battleship Island, Song Joong Ki Tertekan

Posted: 19 Jun 2017 09:20 PM PDT

Song Joong Ki siap menyapa penggemar lewat film terbarunya, Battleship Island. Selama menjalani syuting, Song Joong Ki mengaku mengalami banyak tekanan. Maklum saja, saat pertama kali ditawari main film ini, Song Joong Ki belum mengetahui banyak mengenai sejarah asli pulau yang dikenal dengan Hashima tersebut.

"Saat pertama kali ditawari main film ini, jujur aku belum mengetahui banyak soal sejarah pulau ini. Sehingga aku merasa sangat tegang dan tertekan selama syuting," ungkap Song Joong Ki dilansir dari Soompi, Selasa (20/6/2017).

Untuk mendalami karakternya di film tersebut, Song Joong Ki mengaku harus kembali mempelajari sejarah dari pulau yang terletak di dekat Nagasaki, Jepang, itu.

Walaupun tak menjadi pemeran utama tunggal, Song Joong Ki mengaku film Battleship Island sangat berarti untuknya. Pasalnya, sejak selesai menjalani wajib militer, aktor 32 tahun itu memang sangat ingin kembali tampil di layar lebar.

"Aku sangat senang terlibat dalam film ini, karena aku bisa bekerja sama dengan sutradara Ryu Seung Wan. Apalagi sejak aku keluar dari wajib militer aku memang sudah ingin terlibat dalam sebuah proyek film. Jadi, Battleship Island sangat berarti untuk aku," papar pemain drama Descendants of the Sun itu.

Film Battleship Island bercerita tentang penderitaan rakyat Korea Selatan di masa pendudukan Jepang yang dipaksa menjadi buruh pertambangan di Pulau Hashima. Film ini akan mulai ditayangkan di Korea Selatan pada Juli 2017.

 

Simak video menarik di bawah ini : 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Low: Pemain Jerman Buang-Buang Peluang

Posted: 19 Jun 2017 09:15 PM PDT

Pelatih Jerman Joachim Low belum puas atas kemenangan timnya 3-2 terhadap Australia di Piala Konfederasi 2017 pada Senin (19/6) waktu setempat atau Selasa dini hari. Low merasa pemainnya banyak membuang peluang di laga pembuka penyisihan Grup B.

Tiga gol Die Nationalmannschaft dicetak oleh Lars Stindl, Julian Draxler, dan Leon Goretzka. Dalam jumpa pers pasca-pertandingan, Low menyesalkan Jerman tak mampu mencetak gol lebih banyak di babak pertama.

"Kami patut senang dengan kemenangan ini. Kami bermain baik di babak pertama dengan sangat bagus dan memiliki banyak kesempatan di sana," ucap Low dalam laman resmi DFB, dilansir pada Selasa (20/6) siang.

"Kami saling terhubung dengan baik, tapi kami membiarkan banyak peluang lolos. Serangan kami sepertinya kurang mengancam jelang akhir laga," kata Low.

Dalam turnamen pemasanan Piala Dunia tersebut, Low membawa mayoritas pemain mudanya. Draxler didapuk sebagai kapten, sementara kiper Bayer Leverkusen Bernd Leno turun jadi starter pada malam itu.

Usai menantang Australia, Jerman dijadwalkan bertemu juara Copa America, Chile, pada Kamis (22/6) atau Jumat dini hari WIB. Jelang pertemuan kedua tim, Low membocorkan sedikit strateginya.

"Chile adalah salah satu tim terbaik di dunia, secara teknis maupun taktis. Akan baik bagi kami untuk melihat bagaimana kami bertahan dari mereka selama 90 menit dan melihat apakah kami bisa menyesuaikan intensitas mereka selama durasi itu," tutur Low.

Tonton video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Pangkas Izin Penerbitan Surat Utang Emiten Bank

Posted: 19 Jun 2017 09:15 PM PDT

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Sistem Informasi Perizinan dan Registrasi Terintegrasi (Sprint) untuk penerbitan obligasi dan surat berharga syariah (sukuk) khusus emiten bank. Dengan sistem ini, perizinan akan semakin cepat dan sederhana lantaran proses perizinan terintegrasi antara bagian pasar modal dan perbankan.

Dengan Sprint ini maka proses perizinan penerbitan obligasi dan sukuk untuk emiten bank dipersingkat dari semula 105 hari menjadi 22 hari kerja.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto mengatakan, dengan Sprint maka proses perizinan menjadi satu pintu.

"Dengan langkah ini OJK dapat memotong waktu pemrosesan permohonan secara signifikan namun tetap mempertimbangkan aspek prudensial terhadap permohonan yang diajukan," kata dia di Kantor OJK Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Dia menuturkan, hal ini merupakan momentum untuk menjaga perbaikan kondisi ekonomi nasional. Sistem Sprint sendiri telah ditetapkan sebagai virtual single window bagi industri jasa keuangan yang melakukan proses perizinan di OJK.

"Melalui Sprint kami berharap mewujudkan perizinan yang Tuntas (transparan, terpadu, akuntabel, cepat, sederhana)," kata dia.

Dia menambahkan, Sprint juga akan mengurangi risiko perbedaan kebijakan yang dikeluarkan oleh masing-masing bagian. Juga, lanjutnya, mengurangi duplikasi dokumen permohonan yang diajukan pemohon.

Sprint ini juga dilengkapi fitur tracking sebagai bentuk transparansi proses perizinan. Sehingga, pemohon bisa memantau proses perizinan yang telah diajukan.

Untuk diketahui, sebelumnya OJK telah meluncurkan Sprint bancassurance untuk perizinan pemasaran produk asuransi, Sprint untuk perizinan penjualan reksa dana melalui Bank, serta Sprint pendaftaran akuntan publik atau kantor akuntan publik.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua MPR Bertemu Lembaga Pencatat Rekor se-ASEAN

Posted: 19 Jun 2017 09:12 PM PDT

Ketua MPR Zulkifli Hasan menerima audiensi lembaga pencatat rekor se-ASEAN di ruang kerja Gedung Nusantara IV, Senin (19/6)

Lembaga pencatat rekor tersebut berasal dari Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Thailand. Delegasi dipimpin oleh Ketua Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon

Menurut Jaya Suprana, lembaga pencatat rekor ini menjadi salah satu cara sebuah negara mengenalkan kebudayaannya

"Kami ingin agar kebudayaan selalu terjaga mendapat tempat di tengah masyarakat. Semoga kebanggaan terhadap budaya tetap ada," ujarnya.

Ketua MPR Zulkifli Hasan mendukung penuh keberadaan MURI maupun lembaga pencatat rekor se-ASEAN.

"Interaksi antar kebudayaan ini penting untuk memperkuat hubungan antar negara. Apalagi ASEAN ini kan banyak yang serumpun dalam satu regional," dia menegaskan.

Zulkifli Hasan juga menegaskan pentingnya merintis jalan kebudayaan untuk membangun bangsa.

"Kita terlalu sibuk dengan politik sehingga lupa bahwa peradaban justru dibangun dari jalan kebudayaan. Semoga keberadaan lembaga pencatat rekor menjaga nilai nilai luhur bangsa."

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayah 4 Anak Ini Diduga Tersangka Pelaku Teror Van di London

Posted: 19 Jun 2017 09:10 PM PDT

Insiden tabrakan van di London Utara, Inggris, berujung pada penangkapan seorang pria yang disebut-sebut sebagai sopir mobil putih yang mengemudikan kendaraannya ke arah jemaah di dekat Masjid Finsbury Park pada Senin, 19 Juni 2017 waktu setempat. Polisi kemudian mengungkap identitas pria yang diduga menjadi pelaku teror itu, setelah melakukan pencarian sebuah alamat di wilayah Cardiff.

Seperti dikutip dari BBC, Selasa (20/6/2017), pihak berwenang menyebut lelaki berusia 47 tahun -- awalnya disebutkan 48 tahun --bernama Darren Osborne. 

Keluarga Darren Osborne mengaku terkejut dan sedih atas penangkapan tersebut. Menurut polisi, ayah empat anak itu, ditangkap atas dugaan percobaan pembunuhan dan pelanggaran teror atas insiden van menabrak jemaah di dekat Masjid Finsbury Park.

"Kami sangat shock, sulit dipercaya. Masih tak percaya ia terlibat hal itu...", ujar ibunda Osborne, adik dan keponakan dalam sebuah pernyataan.

"Doa kami untuk orang-orang yang terluka," kata mereka lagi.

Kepala polisi metropolitan Cressida Dick bersama para pemuka agama kemudian berjaga pada Senin malam usai insiden tersebut.

Dick mengatakan insiden itu cukup jelas sebagai serangan terhadap Muslim. Ia menambahkan, masyarakat sekarang akan melihat banyak polisi termasuk petugas bersenjata di daerah itu, khususnya di sekitar tempat ibadah.

Menteri Keamanan Inggris, Ben Wallace, mengatakan terduga tersangka itu tak memiliki riwayat kriminal dan diyakini bertindak sendirian.

Menurut BBC, Osborne dibesarkan di Weston, Somerset, dan tinggal di beberapa properti di Cardiff. Dia juga diyakini tinggal di Swindon.

Polisi Metropolitan London mengatakan Osborne ditahan atas dugaan pemberian perintah, persiapan atau mendukung aksi terorisme termasuk pembunuhan dan percobaan pembunuhan.

Serangan itu terjadi tak lama setelah Senin tengah malam, dekat dengan Muslim Welfare House di Seven Sisters Road.

Polisi mengatakan 11 orang lainnya terluka -- sebelumnya disebutkan 10, sembilan di antaranya dibawa ke rumah sakit dan dua orang lainnya dirawat di tempat kejadian.

Beberapa orang yang cedera diyakini mengalami luka serius.

Ini adalah serangan teror keempat di Inggris dalam tiga bulan terakhir, setelah insiden teror London, Manchester dan London Bridge.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Muhammadiyah soal Gajah Mada dan Gaj Ahmada

Posted: 19 Jun 2017 09:01 PM PDT

Beberapa waktu terakhir, media sosial dihebohkan dengan nama dan sejarah Patih Kerajaan Majapahit Gajah Mada menjadi Gaj Ahmada. Perbedaan pendapat juga mencuat terkait Kerajaan Majapahit yang merupakan kesultanan dan Patih Gajah Mada yang beragama Islam.  

Informasi itu didasarkan pada penelitian dan kajian yang kemudian dijadikan buku dengan judul Kesultanan Majapahit: Fakta Sejarah yang Tersembunyi. Buku tersebut diterbitkan oleh Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta.

Wakil Ketua PD Muhammadiyah Kota Yogyakarta Ashad Kusuma Djaya menegaskan, tidak ada campur tangan Muhammadiyah Kota Yogyakarta dalam penulisan buku Kesultanan Majapahit. Muhammadiyah hanya memfasilitasi kajian, sementara hasil kajian itu lalu didokumentasikan oleh anggota kajian itu.  

"Buku itu memang lebih inisiatif dari Mas Herman. Muhammadiyah lebih ke fasilitasi kajian. Penerbitannya dari komunitas kajian itu. Walaupun, hal-hal memudahkan penerbitan itu semua di bawah bendera LHKP PDM Kota Yogyakarta," ujarnya saat ditemui Liputan6.com, Senin, 19 Juni 2017.

Para anggota dalam kajian tentang Majapahit dan Gajah Mada itu berasal dari berbagai komunitas yang ada di Yogyakarta, mulai dari pencinta kajian ilmiah hingga S3, yang berlangsung sejak 2010 lalu. Namun, kelompok kajian itu semakin berkembang karena anggotanya menelusuri kajian lebih dalam. Bahkan, ada anggota kajian yang menelusuri secara mandiri hingga ke Cina.

"Isinya komunitas macem-macem, tapi yang diundang tidak semuanya muslim. Kajian ini tidak berdiri sendiri. Temen juga ada kajian dengan Sifu Yonathan, biksu Buddha. Komunitas ini berhubungan dengan banyak komunitas," ujarnya.

Ashad yang juga pernah menjadi Ketua LHKP ini mengaku setiap era memiliki bidang kajian yang diteliti. Pada era kepemimpinannya, komunitas lebih fokus mengkaji tentang gerakan antikorupsi. Saat itu, ia dan anggota tim kajian sempat mencetuskan gerakan Satgas Muda Antikorupsi Yogyakarta.

Ashad menjelaskan buku yang dikeluarkan waktu itu dengan yang beredar saat ini dan viral di media sosial jelas berbeda. Buku yang diterbitkan oleh LKPP bukanlah Gaj Ahmada, tetapi sosok bernama Gajah Ahmada atau dikenal pula dengan nama Syekh Mada.

Kesalahan penulisan nama itu, ujar dia, akibat ketidaktahuan editor dalam penulisan sastra Jawa dan Sansekerta. Buku itu diterbitkan pada 2010 sebanyak 1.000 eksemplar untuk untuk kalangan sendiri.

"Itu orang yang tidak tahu sastra Jawa dan Sansekerta. Pasti orang yang enggak tahu (bahasa) Jawa," ujar Ashad.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setor Rp 445 miliar, Gelandang Barcelona Merapat ke Arsenal

Posted: 19 Jun 2017 09:00 PM PDT

Arsenal disebut berada di baris paling depan dalam perburuan gelandang Barcelona, Arda Turan. Barcelona bersedia melepas Arda Turan setelah Arsenal menyetor 30 juta euro atau Rp 445 miliar.

Seperti dilansir Sports Mole, agen Arda Turan, Ahmet Bulut telah diberitahu pihak Barcelona, kalau Turan telah masuk daftar jual. Turan kalah bersaing dengan gelandang lain seperti Ivan Rakitic dan Sergio Busquets.

Di sisi lain, Arsenal sedang mencari gelandang berkualitas untuk memperbaiki performa di musim depan. Meriam London pun menganggap Turan sebagai gelandang yang pas dalam skema Arsene Wenger.

Turan didatangkan Barcelona dari Atletico Madrid pada 2015. Bersama Blaugrana -julukan Barcelona- karier Turan turun drastis.

Di Atletico, ia merupakan pilihan utama. Namun di Barcelona, Turan hanya jadi penghangat bangku cadangan.

Pemain berusia 30 tahun itu hanya jadi pemain utama di 14 pertandingan Liga Spanyol dan hanya mencicipi satu kali pertandingan Liga Champions di musim lalu.

Sementara itu, Arsenal sendiri baru merekrut bek Schalke, Sead Kolasinac sebagai pemain anyar mereka. Kolasinac didatangkan secara gratis setelah ia berstatus bebas transfer.

Tonton video menarik berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masjid Agung Mandalika Rampung Sebelum Idul Adha

Posted: 19 Jun 2017 09:00 PM PDT

Masjid Raya Mandalika sudah hampir komplit. Pembangunanannya sudah mendekati 100 persen. Sebelum Idul Adha, masjid yang didesain megah dengan mengadopsi nilai-nilai kearifan lokal dari Mesjid Bayan, Lombok Utara dan Bangunan Adat di Sembalun, Lombok Timur itu dipastikan siap digunakan untuk ibadah.

"Ini merupakan masjid terbesar kedua setelah Islamic Centre di Lombok. Sejauh ini proses pembangunan jalan menuju masjid sudah mulai di aspal. Atap baja masjid juga sudah mulai naik. Saat Ramadan, pengerjaan bangunan masjid sesuai target. Selesai sebelum Hari Raya Idul Adha pada Agustus mendatang," ujar Ketua Tim Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Hiramsyah Sambudhy Thaib yang didampingi PIC Mandalika Taufan, Senin (19/6).

Tampilannya pun dijamin tak kalah artistik dari Islamic Center yang sudah menyerupai Masjid Nabawi di Timur Tengah. Dan saat malam hari, arsitektur masjidnya makin terlihat kinclong dengan balutan pendaran lighting super keren.

Progressnya pun sudah on the track. Selain jalan menuju masjid sudah di aspal dan atap baja masjid sudah mulai naik, gerbang depan masjid dan belakang yang sudah berdiri tegak. Bahkan di bagian pelataran masjid sedang tahap pemasangan ubin. Poin kemajuan lainnya, tercatat di pembangunan toilet masjid yang sedang berlangsung.

"Tim dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC, Red), tetap melakukan pembangunan secara non stop di Bulan Ramadan. Ini sebagai upaya dalam mengejar target Agustus 2017. Pokoknya Masjid Agung Mandalika sudah harus bisa dipergunakan menunaikan sholat saat Hari Raya Idul Adha. Dan ITDC optimistis mampu memenuhi target itu," ujar Hiramsyah.

Di bagian lain, ITDC berupaya melakukan percepatan pembangunan Infrastuktur dasar dan pendukung KEK Mandalika. Salah satunya dengan pembangunan masjid Agung Mandalika di area muka kawasan Mandalika.

"Masjid akan berdiri di atas lahan seluas 5 hektar dan bisa menampung 1.500 Jamaah di dalam bangunan dan 500 orang di teras bangunan," kata dia.

Selain eye cathing dengan balutan arsitektur elegan, warna lokal pun ikut membalut tampilan Masjid Mandalika ini. Bangunannya mengadopsi nilai-nilai kearifan lokal dari Mesjid Bayan, Lombok Utara dan Bangunan Adat di Sembalun, Lombok Timur. Dan semua tadi, masih ditambah dengan ornamen Islami dan kaligrafi serta desain modern.

"Bangunan masjid mengusung Eco Friendly dengan memanfaatkan penerangan cahaya matahari dan angin sebagai pendingin alami. Dan konsepnya bertujuan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat untuk beribadah,"
katanya.

Selain memberikan rasa nyaman, bangunan masjid juga akan dilengkapi dengan pusat edukasi, gedung serbaguna, fasilitas wudhu dan toilet yang layak untuk mengantisipasi kunjungan tamu. Termasuk akan berdampingan dengan pasar seni dan areal festival yang direncanakan dibangun.

Menpar Arief Yahya juga senang jika Masjid Raya Mandalika itu segera direalisasi lebih cepat. Diikuti dengan infrastruktur yang lain yang bisa didahulukan. Action Mandalika sebagai KEK Pariwisatayang sudah lebih dari 25 tahun "diam" berhenti, harus segera memperlihatkan progress.

"Progressnya sangat bagus. Jangan lupa pasang lampu yang bagus di eksterior masjid, setelah itu promosikan secara global," ujar Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Proyek Infrastruktur RI Didanai Utang AIIB

Posted: 19 Jun 2017 09:00 PM PDT

Bank Investasi Infrastruktur Asia (Asian Infrastructure Investment Bank/AIIB) mendanai tiga proyek di Indonesia, yakni proyek perbaikan kawasan kumuh di perkotaan (urban slum upgrade), pembangunan waduk, dan pembangunan infrastruktur daerah atau regional. Proyek tersebut termasuk dalam 13 proyek yang dibiayai AIIB senilai US$ 2,2 miliar atau setara Rp 29,26 triliun (kurs Rp 13.300 per dolar AS).

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan selama dua tahun berdiri, AIIB telah menyalurkan pembiayaan senilai US$ 2,2 miliar untuk 13 proyek di negara-negara anggota AIIB. Tujuannya mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di 80 negara anggota.

"Dari nilai US$ 2,2 miliar dan 13 proyek, ada tiga proyek infrastruktur Indonesia yang dibiayai, yaitu urban slum upgrade, waduk, dan infrastruktur regional. Ada yang nilainya US$ 125 juta dan US$ 100 juta. Jadi Indonesia termasuk paling menonjol," katanya di Jakarta, seperti ditulis Selasa (20/6/2017).

Hal ini disampaikan Sri Mulyani usai menghadiri Sidang Tahunan AIIB ke-II di Jeju, Korea Selatan, pada 16-17 Juni. Sidang Tahunan ini mengangkat tema Sustainable Infrastructure yang dihadiri para menteri dan perwakilan dari 80 negara anggota, organisasi internasional, lembaga kemasyarakatan, akademikus, dan sektor swasta.

Sri Mulyani hadir untuk menjalankan kapasitasnya sebagai Gubernur Indonesia di AIIB. "Indonesia kan salah satu founding member. Tahun lalu saat didirikan, jumlah anggota 57 negara, tapi sekarang ada 23 anggota baru, seperti Amerika Latin, Afrika dan akan tambah tiga lagi anggota, sehingga jumlahnya semakin mendekati 100 anggota," terangnya.

Lebih jauh Sri Mulyani menekankan pentingnya membangun infrastruktur yang berkelanjutan guna meningkatkan konektivitas antar daerah, bahkan negara. Tak kalah penting, menarik dana swasta sebanyak mungkin sebagai sumber pembiayaan infrastruktur, selain dari investasi pemerintah.

"Bangun infrastruktur yang sustainable, ramah lingkungan, dan menarik swasta butuh berbagai macam intervensi, kebijakan harus baik. Jadi memulai dengan mengumpulkan preparation project fund, sama seperti Kemenkeu membangun dana persiapan infrastruktur," ia menjelaskan.

lndonesia juga menyampaikan beberapa arahan kepada AIIB, antara lain supaya AIIB dapat memenuhi kebutuhan finansial di kawasan dalam pembiayaan infrastruktur dan meningkatkan kerja sama dengan lembaga multilateral dalam proyek infrastruktur, khususnya proyek berskala besar.

Selain itu, AIIB diharapkan dapat membiayai proyek-proyek stand-alone dan membantu negara-negara berkembang dalam persiapan proyek melalui Special Funds.

Presiden AIIB, Jin Liquin menekankan perlunya pembangunan infrastruktur di Asia yang berkelanjutan dan upaya AIIB untuk mencapai strategi tematik prioritasnya, yaitu sustainable infrastructure, mobilizing private capital, dan cross border connectivity.

Menkeu Sri Mulyani melakukan beberapa pertemuan bilateral di sela-sela Governors' Session dengan beberapa gubernur, yaitu dengan Gubernur Korea Selatan yang juga Deputy Prime Minister serta Menkeu dan Strategi Dongyeon Kim; Menkeu Tiongkok Xiao Jie; dan Menkeu Sri Lanka Mangala Samarawera.

Juga dengan Menkeu Filipina Carlos Dominguez lll; Menkeu Georgia Dimitry Kumsishvili; Wakil Menkeu Selandia Baru Gabriel Makhlouf; dan Wakil Menkeu Timor Leste Helder Lopes.

Pada pertemuan dengan Menkeu Tiongkok Xiao Jie, Sri Mulyani membicarakan Belt and Road Initiative serta kerja sama di bidang perpajakan. Kedua menteri sepakat untuk mendukung kedua agenda yang menjadi prioritas kedua negara dalam mendorong perekonomian regional dan nasional, dan detil kedua agenda akan ditindaklanjuti di tingkat teknis.

Selanjutnya, pada pertemuan dengan Menkeu Sri Lanka Mangala Samarawera, Menkeu Sri Mulyani mendukung peningkatan kerja sama antara kedua negara, khususnya keinginan Sri Lanka untuk bertukar pengalaman dengan lndonesia dalam pelaksanaan reformasi fiskal dan sektor keuangan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bagaimana Merayakan Hari Ayah Selama Ramadan?

Posted: 19 Jun 2017 09:00 PM PDT

Hari Ayah yang diperingati setiap 18 Juni tahun ini jatuh tepat di tengah bulan Ramadan. Untuk menunjukkan rasa sayang kepada sosok pemimpin keluarga, kita bisa memberikan sesuatu yang spesial di bulan Ramadan ini. Berikut ini beberapa tips dilansir dari laman Ummahsonic.

1. Jadilah Anak yang Lebih Baik di bulan Ramadan

Kita mengerti bahwa kita bisa menunjukkan kasih sayang kapan saja. Namun Hari Ayah bisa dijadikan momen untuk menghargai orang yang telah membimbing dan mendorong serta menafkahi hidup kita.

Mari kita mulai dengan isyarat bahwa kita harus berusaha menjadi anak yang baik di bulan suci Ramadan ini. Misalnya dengan memijat Ayah sepulang kerja, membuatkan makanan kesukaannya untuk berbuka dan menghabiskan waktu santap sahur bersama. Tunjukkan rasa terima kasih dan rasa hormat kepada Ayahmu di momen Hari Ayah, lalu cobalah menunjukkan hal yang sama ke depannya.

2. Belikan Ayah Baju Baru Untuk Lebaran

Ayah tidak hanya akan merasa bersyukur untuk memiliki anak yang bijaksana seperti kita, membelikan baju baru untuk hari raya juga akan mengingatkan kita akan pemenuhan yang kita dapatkan dari bersikap murah hati kepada orang lain.

3. Berdoa Untuk Sang Ayah

Hari Ayah bisa dijadikan saat untuk merenungkan semua kualitas terbaik Ayah, kita juga bisa berdoa untuk beliau. Apalagi, Ramadan merupakan bulan penuh berkah, ampunan dan doa lebih mudah dikabulkan.

Selain itu, bulan Ramadan adalah saat untuk bersyukur atas semua yang kita miliki. Inilah kesempatan untuk bersyukur kepada Allah atas semua yang dilakukan kita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Keseruan Baru yang Bisa Didapat Saat Libur Lebaran di Ancol

Posted: 19 Jun 2017 09:00 PM PDT

Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu tempat hiburan bagi masyarakat yang ingin menghabiskan waktu libur Lebaran. Data tahun 2016 menunjukkan, ada sekitar 700 ribu orang yang memadati kawasan taman rekreasi ini selama seminggu libur Lebaran. Tahun ini diprediksi pengunjung akan meningkat sekitar 15-20 persen.

Menyambut kedatangan pengunjung, tahun ini Ancol telah melakukan berbagai persiapan. Selain persiapan sistem parkir, pihak pengelola Ancol juga telah menyiapkan beragam hiburan khusus. Dengan mengusung tema "Ancol Lebaran Festival", berikut beragam wahana dan hiburan menarik yang bisa Anda temukan saat libur Lebaran di Ancol.

Kereta Sato-Sato

Demi kenyamanan pengunjung selama libur Lebaran di Ancol, pihak pengelola menyediakan wahana Kereta Sato-Sato yang dapat diakses secara gratis. Terus beroperasi sepanjang hari, kereta dengan panjang lintasan mencapai 3,6 km ini akan mengantarkan pengunjung pengunjung ke beragam destinasi yang ada di Ancol. Kereta ini bahkan mampu menampung hingga 131 penumpang.

Selama libur Lebaran, yaitu terhitung mulai 24-30 Juni 2017, Dunia Fantasi Ancol akan kedatangan tamu spesial, yaitu Ninja Turtle atau kura-kura ninja. Pengunjung bisa menyaksikan aksi heroik Mike, Donatelo, Ralph, dan Leo dalam pertunjukan live action "Teenage Mutant Ninja Turtles". Pertunjukan selama 20 menit ini bisa disaksikan pada pukul 13.30 WIB dan 15.30 WIB untuk hari biasa, dan tambahan jam pada 18.30 WIB di akhir pekan.

 

Selain dalam rangka meningkatkan budaya bersepeda, hadirnya Ourbike juga bertujuan untuk mengurangi kemacetan jalan, sehingga pengunjung dapat berwisata dengan nyaman di Ancol. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini, pengunjung hanya perlu mengunduh aplikasi Ourbike di telepon pintar lalu men-scan barcode yang ada pada sepeda untuk membuka kunci. Selama libur Lebaran, fasilitas ini bisa diakses secara gratis. Ke depan pihak pengelola akan mengenakan tarif bagi pengguna fasilitas ini.

 

Akan ada sekitar 100 unit bus yang disediakan bagi pengunjung Ancol untuk menjelajahi setiap keseruannya. Pengunjung tak perlu khawatir mengantre lama, pasalnya bus ini akan terus beroperasi sepanjang hari. Tak hanya itu, bahkan peihak pengelola Ancol juga menyediakan kendaraan sendiri bagi mereka yang berkebutuhan khusus. 

Siapa yang tak kenal penyanyi religi bersuara merdu ini? Opick akan menghibur pengunjung Taman Impian Jaya Ancol saat libur Lebaran. Opick akan hadir di panggung terapung yang ada di Pantai Lagoon pada 1 Juli 2017 pukul 19.30 WIB. Tak hanya itu di sepanjang pantai dan taman Ancol juga akan ada atraksi unik dan menggemaskan para maskot Ancol dalam acara "Parade Seaside Carnival".

Dunia Fantasi akan menggelar games dengan ratusan hadiah menarik di salah satu wahananya, yaitu Atlantis Water Adventure, mulai dari 25 Juni – 31 Juli 2017. Bahkan akan ada Grand Prize berupa motor Vespa bagi pengunjung yang akan diundi pada 17 Agustus 2017. Hadiah ini bisa didapatkan jika Anda membeli tiket annual pass periode 24 Juni – 31 Juli 2017.

Ada persembahan khusus bagi pengunjung saat libur Lebaran di Ocean Dream Samudera, yaitu pertunjukan film "Yogi Bear Adventure" di wahana Cinema 4D. Saat menonton film ini, pengunjung bisa merasakan efek 4 dimensi, berupa gerakan kursi sesuai film. Bahkan penonton bisa merasakan tiupan angin saat film berlangsung. Di wahana Sea Lion New Exhibit, bahkan pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan singa laut dan lumba-lumba.

Jika Ocean Park Hong Kong punya Giant Aquarium, maka Ancol punya SeaWorld. Saat libur Lebaran, wahana ini turut menyuguhkan sesuatu yang spesial, yaitu menghadirkan biota baru yang dikenal dengan nama Giant Pasific Octopus. Bahkan gurita raksasa dengan panjang mencapai 1,5 meter yang didatangkan langsung dari Laut Pasifik Jepang ini akan menari di hadapan para pengunjung.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Perayaan Ultah Ayu Ting Ting, Tingkah Laku Bilqis Bikin Haru

Posted: 19 Jun 2017 09:00 PM PDT

Kebahagiaan tengah meliputi hati Ayu Ting Ting. Pelantun "Alamat Palsu" itu merayakan ulang tahun yang ke-25 dengan dikelilingi orang-orang terdekat, tak terkecuali keluarga kecilnya.

Ayu Ting Ting (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Hal tersebut terlihat dalam sebuah video yang diunggah di Instagram ibunda Ayu Ting Ting, @mom_ayting92, Selasa (20/6/2017) dini hari. Video tersebut merekam kegembiraan Ayu Ting Ting saat menyuapi kue ulang tahun untuk ayah, ibu, adik, dan anaknya.

Namun, ada momen singkat yang membuat warganet salah fokus. Ketika menyuapi sang anak, Bilqis, Ayu Ting Ting langsung menyuruhnya bernyanyi lagu ulang tahun. Suasana pun berubah haru, terlebih bagi sang ayah, Rozak.

Rozak yang menggendong Bilqis tak kuasa membendung keharuan. Air matanya nyaris tumpah. Sontak, Bilqis menatap sang kakek sambil menepuk wajahnya dan berkata, "Ayah, jangan nangis!"

 

Warganet yang melihat video tersebut langsung meninggalkan tanggapan di kolom komentar. Mereka menganggap tingkah polos Bilqis mengundang tawa. Beberapa warganet lain justru mengaku ikut terharu saat melihat momen indah Ayu Ting Ting tersebut.

"Hahhha bilqis nyuruh ayah ozak gak Boleh nangis lucu bilqis," tulis @arienpuspa.

"Wkwkkwkwkk... Iqis iqiiss nabok ayahny jgn ngis.. Ahhahahah.. Sumpah ngakak akuu," sahut @ghee_15.

"Ya Allah nangis jugak lihat ayah.perjuangan yg luar biasa ayu.. Smngatt, one time pengen ktmu kamu, wanita kuat," imbuh @uswatun_ha17.

"Terharu ngeliat air mata ayah rozak,, benar2 terbebani melihat keadaan ayu, bersyukur ayu punya ayah yg sangat menyayangi mu, seandainya ayah qu msh hidup pasti kayak ayu,, bahagia lah," ungkap @elpridaroris.

 

 

Saksikan video menarik di bawah ini. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lelah Berkendara Saat Mudik, Bolehkah Konsumsi Minuman Berenergi?

Posted: 19 Jun 2017 09:00 PM PDT

Perjalanan mudik yang panjang selama belasan jam, membuat sebagian orang yang menyetir jadi mengonsumsi minuman berenergi. Kata sebagian orang, minuman tersebut membantu menahan kantuk dan tubuh jadi lebih berstamina. Sebenarnya boleh tidak sih mengonsumsi minuman berenergi?

Dokter spesialis gizi klinik, Dian Permatasari, tidak menyarankan kepada pemudik untuk mengonsumsi minuman berenergi. Jika pun terpaksa mengonsumsinya karena menyetir atau mengendarai motor di malam hari, pastikan maksimal hanya dua botol saja karena di dalamnya mengandung pembangkit stamina. Bila minuman tersebut dikonsumsi berlebihan akan berbahaya. 

Minuman berenergi (Foto: uhhospitals.org)

"Lalu, pada orang dengan riwayat penyakit jantung dan hipertensi sebaiknya tidak mengonsumsi ini," pesan Dian dalam acara program mudik TEMAN (Tempat Mudik Nyaman) dari SGM Bunda dan Eksplor di Jakarta beberapa saat lalu.

Daripada mengonsumsi minuman berenergi, Dian menyarankan orang yang mudik untuk beristirahat ketika lelah melanda. Misalnya sudah berjalan tiga-empat jam, sebaiknya istirahat di posko-posko mudik.

"Kalau waktunya istirahat ya istirahat, jangan dipaksakan," pesannya.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kumpulkan Uang Rokok Selama 1,5 Tahun, Dita Beli Motor Tunai

Posted: 19 Jun 2017 08:52 PM PDT

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Tampaknya Dita Sari Wootekh meyakini pepatah usang namun tetap relevan hingga kini itu. Berawal dari keinginan hidup sehat, suaminya lalu berhenti merokok.

Uang yang dipakai untuk membeli rokok setiap harinya itu ia simpan, ia tabung di rumah. Saat itu bulan November 2015. Melalui akun Facebooknya, Dita mengatakan, dirinya mengumpulkan uang itu bukan karena ada larangan atau tuntutan dari pihak manapun, namun karena memang ia punya niat tersebut.

Awalnya memang dia merasa tidak percaya, suaminya bisa berhenti merokok secara total namun ia tetap mendukung niat baik suaminya itu.

Perempuan itu juga mengaku suaminya berhenti merokok bukan karena mau berhemat, namun semata-mata karena ingin hidup sehat. Sehari suaminya mampu mengkonsumsi 3-4 bungkus rokok.

Dengan komitmennya itu, ia lalu mengubah akuarium anaknya menjadi "celengan", tempat menyimpan duit. Tak lupa ia menempel tulisan"Power  of 20 ribu".

Karena itu uang yang dimasukkan ke dalam celengan itu pun hanya uang lembaran 20 ribu yang berwarna kehijau-hijauan. Karena niatnya yang menggebu-gebu itu, ia mengaku setiap melihat uang dua puluh ribuan langsung pengen memasukkan ke celengan.

Dan selama 1,5 tahun sudah ia menabung. Dan hasilnya sungguh fantastis. Ia menyebutkan simpanan uangnya itu setahun bisa untuk membeli motor.

Dengan kesuksesannya itu ia mengajak warganet untuk mencoba cara yang telah mereka lakukan.

Sejak ia memposting ceritanya ini, ia mengaku, permintaan pertemanannya di Facebook naik drastis. Ia berharap idenya ini bisa menginspirasi banyak orang.

Saat ini Dita Sari dan keluarganya sedang dalam perjalanan pulang kampung.

*Yuk tonton video menarik berikut ini:

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampakan Terowongan Pelarian Empat Napi Asing dari Lapas Kerobokan

Posted: 19 Jun 2017 08:50 PM PDT

Seorang pria memasukkan kayu ke dalam lubang yang digunakan narapidana untuk kabur dari Lapas Kerobokan, Bali, Senin (19/6). Empat narapidana asing kabur melalui lubang sepanjang 15 m yang mengarah ke parit di luar bangunan Lapas. (AP /Firdia Lisnawati)

Seorang pria memasukkan kayu ke dalam lubang yang digunakan narapidana untuk kabur dari Lapas Kerobokan, Bali, Senin (19/6). Empat narapidana asing kabur melalui lubang sepanjang 15 m yang mengarah ke parit di luar bangunan Lapas. (AP /Firdia Lisnawati)

Dua turis asing berjalang di sepanjang dinding parimeter Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan, Bali, Senin (19/6). Empat narapidana asing kabur melalui lubang sepanjang 15 meter yang mengarah ke parit di luar bangunan Lapas. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Dua turis asing berjalang di sepanjang dinding parimeter Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan, Bali, Senin (19/6). Empat narapidana asing kabur melalui lubang sepanjang 15 meter yang mengarah ke parit di luar bangunan Lapas. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Sejumlah warga mengamati lubang yang digunakan narapidana asing untuk kabur dari Lapas Kerobokan, Bali, Senin (19/6). Empat narapidana asing kabur masih diburu petugas setelah meloloskan diri dari lapas melalui terowongan tersebut. (AP /Firdia Lisnawati)

Sejumlah warga mengamati lubang yang digunakan narapidana asing untuk kabur dari Lapas Kerobokan, Bali, Senin (19/6). Empat narapidana asing kabur masih diburu petugas setelah meloloskan diri dari lapas melalui terowongan tersebut. (AP /Firdia Lisnawati)

Pengendara sepeda motor melintas di samping bangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan, Bali, Senin (19/6). Empat narapidana asing kabur melalui lubang sepanjang 15 meter yang mengarah ke parit di luar bangunan Lapas. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Pengendara sepeda motor melintas di samping bangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan, Bali, Senin (19/6). Empat narapidana asing kabur melalui lubang sepanjang 15 meter yang mengarah ke parit di luar bangunan Lapas. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: