Rabu, 21 Juni 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


PLN Berikan Diskon Biaya Penyambungan Tambah Daya

Posted: 21 Jun 2017 09:50 PM PDT

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, PT PLN (Persero) memberikan kado spesial bagi pelanggan setia PLN di seluruh Indonesia. Kado yang dibalut dalam Promo Gemerlap Lebaran 2017 ini berbentuk potongan biaya penyambungan tambah daya listrik.

Bagi rumah ibadah, potongan yang diberikan sebesar 100% atau bebas biaya penyambungan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyaman bagi umat saat beribadah, khususnya di bulan Ramadan.

Selain rumah ibadah, seluruh konsumen PLN juga memperoleh kesempatan untuk menambah daya listrik hingga 197 kVA dengan hanya membayar 50% biaya penyambungan untuk penambahan daya.

Pada Promo Gemerlap Lebaran 2017, tidak di proses biaya Jaminan Pelanggan yang merupakan jaminan atas pemakaian daya dan tenaga listrik selama menjadi pelanggan PLN.

"Melalui Promo Gemerlap Lebaran 2017, kami ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mencukupi kebutuhan daya listriknya dengan biaya yang murah. Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, biasanya pemakaian listrik masyarakat akan meningkat, sehingga membutuhkan daya yang lebih banyak," jelas I Made Suprateka, Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN.

Selain lebih murah, pelanggan bisa mendapatkan tambahan daya listrik dengan cepat karena waktu Penambahan Daya (PD) tidak lebih dari 24 jam.

"Maksimal 1 hari menyala, jika tidak memerlukan tambahan jaringan listrik yang baru," tambah Made.

Promo Gemerlap Lebaran 2017 dari PLN.

Promo Gemerlap Lebaran 2017 berlangsung mulai 15 Juni 2017 hingga 31 Juli 2017. Untuk mendapatkan kesempatan ini, pelanggan dapat langsung mendaftar ke Contact Center PLN 123 yang dapat diakses melalui ponsel (kode area+123), telepon 123, email pln123@pln.co.id, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123, dan website www.pln.co.id.



Powered By:

PT. PLN (Persero)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: LeBron James Pindah ke Los Angeles?

Posted: 21 Jun 2017 09:45 PM PDT

Rumor kepindahan bintang Cleveland Cavaliers LeBron James ke Los Angeles Lakers atau Los Angeles Clippers semakin berhembus kencang. LeBron konon akan pindah ke Los Angeles pada NBA 2018/2019.

Sebelumnya banyak pengamat NBA memperkirakan LeBron akan meninggalkan Cavaliers tahun 2018 saat berstatus free agent. LeBron diduga akan mencoba peruntungan pindah ke Wilayah Barat. 

Clippers dan Lakers menjadi dua klub yang paling mungkin menjadi klub berikutnya LeBron. Mantan pemain Miami Heat itu diperkirakan ingin tinggal di Los Angeles untuk kepentingan bisnis.

Dengan tinggal di LA, LeBron akan semakin dekat dengan kantor pusat perusahaan apparel, Nike. Dia juga bisa lebih mudah mengelola bisnis Blaze Pizza. Kantor utama Blaze Pizza berada di dekat LA. LeBron juga bisa semakin mendapat sorotan dengan tinggal di Los Angeles.

Rencana kepindahan ke Los Angeles mendapat dukungan dari istri LeBron, Savannah Brinson. Sang istri ingin menetap di Los Angeles dimana LeBron dua tahun lalu membeli mansion mewah senilai 20 juta USD.

Karena LeBron bermain di Cavaliers, saat ini Brinson hanya bisa sebentar tinggal mansion mewah yang letaknya hanya 13 miles dari Staples Center (markas Lakers dan Clippers).

Lakers pun sudah menyiapkan segalanya untuk mendapatkan LeBron. Mereka melepas Timoty Mozgov dan D'Angelo Russell guna mengosongkan salary cap agar bisa menampung LeBron dan Paul George.

Adapun Clippers konon akan melepas Chris Paul atau Blake Griffin demi mengosongkan salary cap agar bisa mendapatkan LeBron.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengiriman BBM Mulai Meningkat Jelang Lebaran

Posted: 21 Jun 2017 09:45 PM PDT

Menjelang Lebaran 2017, PT Pertamina Patra Niaga mencatat peningkatan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM), dari berbagai terminal penampungan ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Rudy Permana mengatakan, sejak tujuh hari sebelum hari raya Lebaran, Patra Niaga bersama mitra kerjanya telah menyalurkan BBM, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat mudik 2017.‎ Dengan rute pengiriman Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur secara aman dan lancar sesuai waktu yang direncanakan.

"Khusus di Ramadan sampai dengan paska Idul Fitri (H+10), telah dikerahkan lebih dari 1.203 orang awak mobil tangki oleh para mitra kerja, melebihi kebutuhan harian normal 1.190 orang," kata Rudy, di Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Penyaluran BBM yang dilakukan Patra Niaga dari Terminal BBM (TBBM) saat ini telah menunjukkan peningkatan. Terminal BBM tersebut di antaranya Terminal BBM Tanjung Gerem, yang mencatat peningkatan realisasi penyaluran hingga 8,4 persen dari target normal.

Terminal BBM Cikampek meningkat 28,3 persen, Terminal BBM Padalarang meningkat 15,8 persen, Terminal BBM Ujung Berung meningkat 12,5 persen, Terminal BBM Tasikmalaya meningkat 25,3 persen, Terminal BBM Tegal meningkat 25,3 persen dan Terminal BBM Surabaya Group meningkat 11,9 persen.

"Dari realisasi penyaluran secara aman dan melebihi target rata-rata harian tersebut. Tidak lepas dari peran Satuan Tugas (satgas) yang dibentuk berbagai daerah di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, dan Sulawesi, untuk menjamin kelancaran distribusi BBM khususnya selama bulan puasa hingga pasca Idul Fitri," ujar dia.

Rudy menuturkan, Pertamina Patra Niaga bekerjasama dengan beberapa perusahaan, pemborong, pekerjaan dan pengangkutan (4P), untuk melaksanakan pengangkutan BBM dari Terminal BBM milik Pertamina ke seluruh SPBU.

"Capaian tersebut membuktikan komitmen perusahaan 4P sebagai mitra kerja Pertamina Patra Niaga," tutur Rudy.

 

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Tes Urine 200 Sopir Bus AKAP di Pulogebang

Posted: 21 Jun 2017 09:41 PM PDT

Ratusan sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, mengikuti tes urine yang digelar Ditlantas dan Direktorat Narkoba Ditnarkoba Polda Metro Jaya. Hal itu untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pemudik Lebaran dalam perjalanan ke kampung halaman.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Panggara menyampaikan, ada 200 sopir bus yang diperiksa kesehatannya, khususnya terkait penggunaan narkoba dan alkohol.

"Berbagai upaya pemerintah mengamankan pemudik, ada dengan program mudik bareng. Tapi yang paling utama ya pengemudinya itu," tutur Halim di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Kamis (22/6/2017).

Menurut Halim, kegiatan yang merupakan bagian dari Operasi Ramadaniya 2017 itu telah dilakukan sejak 19 Juni 2017 dan akan terus berlangsung secara acak hingga 4 Juli 2017.

"Ini kita kalau tiap hari akan ketahuan, jadi dari Polda sendiri cari waktu. Kalau dari BNNP DKI cek setiap hari di terminal," kata dia.

Dirnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta menambahkan, pengecekan urine tidak hanya dilakukan di Terminal Pulo Gebang. Yang paling diperhatikan adalah terminal besar yang menyediakan bus keluar kota, seperti salah satunya Terminal Kampung Rambutan.

"Kita melakukan tes urine pada pengendara yang akan berangkat khususnya pengemudi AKAP. Kita pastikan setiap pengendara dalam kondisi sehat. Pengemudi harus selalu meyakinkan dirinya bebas narkoba dan bertanggung jawab terhadap penumpang," ujar Nico.

Tentunya, akan ada sanksi bagi para sopir yang kedapatan menggunakan narkoba. Dari larangan mengemudi sampai pencabutan izin operasi Perusahaan Otobus (PO).

Hal itu juga diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Andri Yansyah. Jika peringatan sudah bergulir sampai tiga kali ke pihak PO Bus, surat rekomendasi penghentian operasi akan dilayangkan ke Kementerian Perhubungan.

"Apabila ada sopir kedapatan (narkoba), akan diproses sesuai ketentuan. PO sudah barang tentu akan ada peringatan. Ada jenjangnya sekali, dua kali, tiga kali. Kalau sampai tiga kali diusulkan pencabutan operasi ke Kemenhub. Karena izin pencabutan AKAP ada di Kemenhub," Andri menandaskan.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Super Junior, Leeteuk Rela Kehilangan Hidup

Posted: 21 Jun 2017 09:40 PM PDT

Leeteuk, bukan hanya personel Super Junior tapi menjadi pemimpinnya. Sebagai leader, Leetuk dituntut menjaga member atau rekan-rekannya dengan baik, termasuk kekompakan dan kebersamaan mereka.

Saat Super Junior menghadapi masalah, Leeteuk menjadi orang pertama yang merasa gusar. Seperti kali ini, publik membuat petisi agar Sungmin keluar dari Super Junior. Alasannya, Sungmin tak pantas lagi menjadi member karena mengkhianati beberapa penggemar dengan menikah.

Super Junior

Masalah ini ternyata membuat sang pemimpin pusing. Selain petisi, Super Junior juga akan kembali dengan karya barunya dalam waktu dekat.

Meski tak mengungkapkannya secara langsung, Leeteuk memberikan isyarat kepada dirinya Super Junior untuk tetap kuat. Lewat unggahan foto di Instagram, Leeteuk seolah mencurahkan perasaannya dengan foto berlogo `S` yang biasa digunakan Superman.

Superman adalah salah satu superheroes dengan kekuatannya membasmi kejahatan. Tampaknya Leeteuk ingin meminjam kekuatan Superman untuk menghadapi masalah, diwartakan KoreaPortal, Rabu (21/6/2017).

Leeteuk `Super Junior` (Nate)

"Super Junior. Aku telah meninggalkan hidupku demi kalian. Aku akan selalu melakukan ini semua. Baik sekarang maupun di masa depan. Aku bertanggung jawab untuk memilih," tulis Leeteuk.

Leeteuk menjelaskan, membuat keputusan harus disertai dengan pertanggungjawaban. Leeteuk juga menggambarkan, dirinya merasakan berbagai emosi yang campur aduk hingga sulit dijelaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Lebaran, PLN Tambah Pasokan 240 MW untuk Sumatera Utara

Posted: 21 Jun 2017 09:37 PM PDT

Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar hari Rabu (21/6) kemarin meninjau Pembangkit Listrik Terapung atau Marine Vassel Power Plant (MVPP) Onur Sultan kapasitas 240 MW di Belawan, Sumatera Utara.

Menurut Archandra, kehadiran MVPP di Medan sangat membantu untuk meningkatkan tambahan pasokan listrik di sistem Sumbagut.

"Pelayanan listrik selama Lebaran harus tetap handal, jadi adanya MVPP ini merupakan salah satu inovasi PLN," ujar Archandra.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua Komisi 7 DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, yang menekankan pentingnya pemenuhan pasokan listrik bagi masyarakat. Dirinya juga mengapresiasi kesigapan PLN dalam menjaga kehandalan pasokan listrik di Sumatera Utara.

Direktur Bisnis Regional Sumatera Amir Rosidin sependapat dengan hal tersebut, Menurut dia, sejak dinyatakan beroperasi secara commercial (COD) pada tanggal 15 Juni lalu, pasokan listrik dari MVPP Onur Sultan sudah bisa dinikmati masyarakat.

"Dengan masuknya tambahan daya 240 MW dari MVPP, saat ini daya sistem Sumbagut menjadi 2.223 MW, dengan beban puncak tertinggi Sumut 1.558 MW dan Aceh 355 MW, dengan ini cadangan daya di Sumbagut menjadi 310 MW," ujar Amir Rosidin.

Amir menambahkan, tambahan daya ini sangat penting untuk kehandalan sistem serta membuka ruang yang cukup untuk melayani para pelanggan baru di Sumut dan Aceh.

MVPP Onur Sultan memiliki panjang 300 meter dan lebar 50 meter. Kapal ini dilengkapi mesin PLTD buatan Wartsila berkapasitas 18,81 MW/unit, dengan jumlah total 24 unit dan mesin PLTU dengan kapasitas 2×15 MW.

Salah satu kelebihan MVPP ini adalah memiliki kemampuan dual fuel yang dapat menggunakan bahan bahar minyak (BBM) jenis Heavy Fuel Oil (HFO) dan juga bahan bakar gas (BBG)

Selain itu, kapal pembangkit listrik yang disewa PLN selama 5 tahun ke depan ini memiliki beberapa kelebihan lainnya, yakni mulai dari tidak membutuhkan lahan untuk membangun, mobilitas relokasi cepat, fleksibilitas dalam penggunaan bahan bakar, konsumsi bahan bakar lebih hemat, tingkat produksi limbah relatif rendah, dan pengaruh kebisingan terhadap masyarakat relatif lebih rendah.

Hadirnya kapal pembangkit listrik ini merupakan solusi cepat untuk pemenuhan kebutuhan listrik sambil menunggu pembangkit permanen selesai dibangun.

Dalam kunjungannya, Archandra didampingi Ketua Komisi 7 DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin, kunjungan ini juga sekaligus dimanfaatkan untuk melihat kesiapan pasokan listrik Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) jelang Lebaran.

 

Powered By:

PT. PLN (Persero)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Hari Yoga Internasional, Angkatan Laut India Yoga di Atas Kapal

Posted: 21 Jun 2017 09:34 PM PDT

Personel Angkatan Laut India melakukan gaya yoga di atas kapal induk INS Viraat di Mumbai, India, (21/6). PM Narendra Modi mengatakan 21 Juni dirinya dan jutaan orang di seluruh dunia merayakan Hari Yoga Internasional. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Personel Angkatan Laut India melakukan gaya yoga di atas kapal induk INS Viraat di Mumbai, India, (21/6). PM Narendra Modi mengatakan 21 Juni dirinya dan jutaan orang di seluruh dunia merayakan Hari Yoga Internasional. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Sejumlah Personel Angkatan Laut India saat mengikuti yoga bersama menandai Hari Yoga Internasional di atas kapal induk INS Viraat di pelabuhan Mumbai, India, (21/6). Olahraga yoga telah menyatukan dunia dengan India. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Sejumlah Personel Angkatan Laut India saat mengikuti yoga bersama menandai Hari Yoga Internasional di atas kapal induk INS Viraat di pelabuhan Mumbai, India, (21/6). Olahraga yoga telah menyatukan dunia dengan India. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Sejumlah Personel Angkatan Laut India melakukan gaya yoga di atas kapal induk INS Viraat pada Hari Yoga Internasional di atas kapal induk INS Viraat di pelabuhan Mumbai, India, (21/6). (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Sejumlah Personel Angkatan Laut India melakukan gaya yoga di atas kapal induk INS Viraat pada Hari Yoga Internasional di atas kapal induk INS Viraat di pelabuhan Mumbai, India, (21/6). (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Sejumlah Personel Angkatan Laut India melakukan gaya yoga di atas kapal induk INS Viraat pada Hari Yoga Internasional di atas kapal induk INS Viraat di pelabuhan Mumbai, India, (21/6). (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Sejumlah Personel Angkatan Laut India melakukan gaya yoga di atas kapal induk INS Viraat pada Hari Yoga Internasional di atas kapal induk INS Viraat di pelabuhan Mumbai, India, (21/6). (AFP Photo/Punit Paranjpe)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mencurigakan, Pesawat Menhan Rusia Disambangi Jet NATO

Posted: 21 Jun 2017 09:32 PM PDT

Sebuah jet tempur NATO mendekati pesawat Rusia yang membawa menteri pertahanan. Menurut media Negeri Beruang Merah yang wartawannya berada di dalam penerbangan itu, jet tersebut kemudian dikejar oleh unit pendamping kapal terbang yang ditumpangi Sergei Shoigu.  

Media tersebut seperti dikutip dari BBC, Kamis (22/6/2017), melaporkan bahwa insiden jet tempur F-16 NATO terbang dekat dengan pesawat Shoigu terjadi pada Rabu 21 Juni waktu setempat, di wilayah udara internasional di atas Baltik. Kala itu Sergei Shoigu terbang ke daerah kantong Rusia, Kaliningrad.

Jet tempur Rusia Su-27 kemudian turun tangan, menunjukkan kepada seorang pilot NATO bahwa mereka dipersenjatai dengan menunjukkan sayap berisi amunisi.

Sejauh ini pihak NATO mengatakan bahwa mereka melakukan langkah pendekatan ke pesawat Rusia karena melacak ada tiga jet Rusia tak dikenal.  Menurut rekaman yang ditayangkan kemudian, setelah mendekati ke burung besi itu, jet NATO kemudian terbang menjauh. 

Seorang pejabat NATO kemudian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa aliansi tersebut "dapat memastikan bahwa tiga pesawat Rusia, termasuk dua unit pendamping, terlacak di atas Laut Baltik sebelumnya.

"Karena pesawat terbang tidak mengidentifikasi diri mereka atau merespons kontrol lalu lintas udara, jet tempur NATO bergegas untuk mengidentifikasi mereka, sesuai dengan prosedur standar. NATO tidak memiliki informasi mengenai siapa yang berada di kapal. Kemudian kami menilai perilaku pilot Rusia aman dan profesional," jelas pihak NATO.

Kaliningrad, tujuan Shoigu, adalah daerah kantong militer Rusia di Baltik.

Dalam sebuah pertemuan dengan komandan militer setempat pada hari Rabu, Menhan Shoigu menuduh NATO mengintensifkan kegiatan militernya di dekat perbatasan barat Rusia.

Shoigu merujuk pada latihan baru-baru ini oleh aliansi militer, yang melibatkan 10.000 tentara, 70 kapal dan jumlah pesawat tempur yang sama. Dia menambahkan bahwa kegiatan tersebut mengilustrasikan keengganan Barat untuk melepaskan aktivitas anti-Rusia.

NATO telah memperkuat kehadiran militernya di Polandia, Estonia, Latvia dan Lithuania, setelah aneksasi Rusia terhadap Semenanjung Crimea Ukraina pada tahun 2014.

Insiden terbaru yang melibatkan pesawat NATO dan Rusia terjadi di tengah ketegangan baru antara Washington dan Moskow, yang dipicu oleh serangan jet Suriah di AS setelah menargetkan pasukan pemberontak sekutu Amerika pekan lalu.

Sebagai tanggapan, Rusia, sekutu pemerintah Suriah, memperingatkan bahwa jet AS yang terbang di Suriah di sebelah barat Sungai Efrat akan diperlakukan sebagai sasaran. Pada Selasa 20 Juni, militer AS menembak jatuh pesawat buatan Iran di Suriah.

Puluhan insiden serupa dilaporkan terjadi dalam beberapa tahun terakhir. NATO dan Rusia kerap saling menyalahkan penyadapan agresif di wilayah penting yang strategis.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Djarot Ungkap PR Besar Jakarta di HUT ke-490

Posted: 21 Jun 2017 09:31 PM PDT

Di HUT ke-490 Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat membeberkan beberapa pekerjaan rumah Pemprov DKI.

Apa saja PR Pemerintah DKI Jakarta yang masih harus dituntaskan?

"Masalah pembangunan SDM terus-menerus dan meneruskan (pembangunan) infrastruktur terus kita lihat sekarang," kata Djarot di kawasan Monas, Kamis (22/6/2017).

Menurut Djarot, PR terbesar adalah mengubah mental warga Jakarta yang tertuang dalam program 5 T, yakni tertib lalu lintas, tertib hunian, tertib PKL, tertib demo, dan tertib buang sampah.

"Perubahan terus-menerus yang harus dilakukan, yaitu masalah sikap mental, karena untuk mengubah mental dan paradigma tidak bisa satu dua tahun, butuh waktu terus-menerus," kata Djarot.

"Contoh mental melaksanakan lima tertib saja masih payah, tertib buang sampah belum bisa, tertib lalu lintas apalagi, tertib hunian banyak pelanggaran, tertib PKL juga belum," tambah dia.

Menurut Djarot, PR terbesar di Ibu Kota adalah menyangkut mental bukan fisik. "PR menyangkut masalah mental, sedangkan membangun fisik itu lebih mudah, sedangkan membangun mental lebih panjang waktunya," tegas Djarot.

 

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Silaturahmi, Shangri La Jakarta Gelar Buka Puasa Bersama

Posted: 21 Jun 2017 09:30 PM PDT

Hotel Shangri La Jakarta mengadakan kegiatan buka puasa bersama sebagai perwujudan aktivitas kepedualian sosial atau corporate social responsibility (CSR). Acara yang diadakan pada 16 Juni 2017 tersebut diadakan di Ballroom Hotel Shangri La Jakarta yang menjadi ajang silaturahmi pihak hotel terhadap masyarakat luas.

Tidak hanya dihadiri oleh orang dewasa yang tinggal di daerah Karet, acara ini juga dihadiri oleh Jamaah Masjid Al I'tisham Jakarta Pusat dan sekolah binaan Hotel Shangri La, SMPN 181. Mereka semua berkumpul untuk menjalin hubungan baik dan silaturahmi memperingati bulan suci Ramadan.

Acara diawali dengan penampilan Hadroh (kesenian Islam) yang dibawakan oleh murid-murid SMP 181 dan dilanjutkan dengan sambutan dari General Manager Hotel Shangri La Jakarta, Bapak Andrew den Oudsten.

Acara juga diramaikan dengan program CSR "Shoes to School" yaitu kegiatan donasi sepatu yang diadakan oleh karyawan hotel untuk anak-anak yang membutuhkan. Sejauh ini sudah terkumpul sebanyak 500 pasang sepatu untuk disumbangkan ke beberapa yayasan di kawasan Jakarta seperti: SMP Yayasan Yatim Piatu Al-Ithisom, Yayasan Bakti Luhur Mental Disability, dan KDM (Street Children Foundation). Ketika adzan maghrib berkumandang, para peserta dan pihak hotel langsung berbuka puasa bersama.

Tidak berhenti sampai di situ, acara berlanjut ke program Sahur bersama anak-anak Panti Asuhan. Sekitar 24 sukarelawan dari karyawan hotel melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Putranusa, Jakarta Pusat pada pukul 2.30 dini hari.

"Rangkaian acara ini juga ditujukan untuk para karyawan agar memahami betapa indahnya berbagi terhadap sesama," kata Bintari Rarastiwi, Manajer CSR Hotel Shangri La Jakarta.

Penulis

Nadia Donna
Sahabat Liputan6

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: Sahabatliputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barito Pacifik Gandeng Siam Cement Bentuk Perusahaan Logistik

Posted: 21 Jun 2017 09:30 PM PDT

PT Barito Pacific Tbk (BRPT) melalui anak usahanya PT Barito Investa Prima dengan SCG Cement Building Materials Co, anak usaha The Siam Cement Public Company Limited membentuk perusahaan patungan bergerak di usaha logistik pada Rabu 21 Juni 2017.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Kamis (22/6/2017), perusahaan patungan itu bernama PT SCG Barito Logistics. Investasi di anak usaha patungan itu sebesar Rp 60 miliar. Kepemilikan perseroan di usaha patungan itu sebesar 51 persen sedangkan SCG Cement Building Materials sebesar 49 persen.

PT SCG Barito Logistics akan menerbitkan saham kepada PT Barito Investa Prima dan SCG Cement Building Material sebesar persentase kepemilikan saham masing-masing pihak pada PT SCG Barito Logistics.

Sedangkan dana yang digunakan untuk membentuk usaha patungan itu berasal dari kas internal PT Barito Investa Prima.

Manajemen PT Barito Pacific Tbk menyatakan kalau pihaknya dan SCG Cement Building Materials Co Ltd tidak memiliki hubungan afiliasi. Pembentukan usaha patungan di bidang logistik itu juga tidak berdampak material terhadap kegiatan operasional, hukum, kelangsungan usaha dan kondisi keuangan emiten.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Sultan Larang Pejabat Pemda DIY Mudik Pakai Mobil Dinas

Posted: 21 Jun 2017 09:30 PM PDT

Sultan HB X melarang para pejabat Pemda DI Yogyakarta mudik menggunakan mobil dinas. Menurut Sultan, mobil dinas hanya boleh digunakan untuk kepentingan dinas, bukan untuk pulang kampung.

"Mobil dinas tidak boleh dipakai. Alasannya itu milik negara. Saya tidak mengizinkan aset negara untuk kepentingan pribadi," ujarnya, Selasa, 20 Juni 2017.

Sultan menyebut aturan itu sudah lama diterapkan dalam kepemimpinannya, sehingga para pejabat di bawahnya sudah paham. Sementara, para pejabat di tingkat kabupaten/kota memiliki aturan sendiri karena sudah otonomi daerah. Meski begitu, ia belum mendapat laporan penggunaan mobil dinas oleh jajarannya.

"Tidak ada laporan yang masuk," ujarnya.

Tidak hanya penggunaan mobil dinas, Sultan juga menyoroti cuti bersama yang ditetapkan pemerintah. Cuti bersama dilakukan sesuai aturan pemerintah pusat, sehingga tidak ada lagi pejabat Pemda DIY menambah cutinya.

"Tidak ada tambahan. Mengko diabang (di merah, hari libur) kabeh," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Anggarkan 100 Juta Pounds untuk Belanja Pemain

Posted: 21 Jun 2017 09:30 PM PDT

Liverpool punya anggaran besar untuk mengarungi bursa transfer musim panas kali ini. Manajemen The Reds siap menggelontorkan dana 100 juta pounds untuk belanja pemain meski nanti sudah memboyong Mohamed Salah.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mendapat kucuran dana 100 juta pounds dari manajemen. Bek Southampton Virgil van Dijk masih menjadi buruan utama bagi klub asal Merseyside tersebut.



Seperti dilansir Express, Liverpool juga memantau pemain RB Leipzig, Naby Keita,
yang penampilannya musim lalu mengesankan. Naby Keita berposisi sebagai gelandang tengah dan akan menjadi tambahan berharga bagi The Reds.

Sederet pemain juga masih masuk daftar buruan Liverpool demi menambah kekuatan musim depan. Maklum, Liverpool musim depan berpotensi tampil di Liga Champions, bila lolos dari babak kualifikasi.

Pada musim 2016-2017, Liverpool finis empat besar dan musim depan target mereka lebih besar. Klopp merasa timnya perlu menggaet sejumlah pemain baru bila ingin bersaing di papan atas musim depan.

Mohamed Salah selangkah lagi berkostum Liverpool dan itu jadi tambahan berharga di lini tengah. The Reds sendiri sesungguhnya juga membutuhkan bek kiri dan striker, setelah musim lalu tak punya pemain murni di posisi tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‎Banyak Artis Keok di Bekasi, Nyali Vicky Prasetyo Ciut?

Posted: 21 Jun 2017 09:30 PM PDT

Sebelum nama Vicky Prasetyo, pesinetron Lucky Hakim sudah lebih dulu mengalami pahitnya kekalahan di Pilkada Bekasi. Begitu juga Ahmad Dhani ketika mencalonkan diri sebagai calon Wakil Bupati Kabupaten Bekasi.

Nama besar di panggung hiburan, tak menjadi menjamin bakal meraup suara mayoritas di Bekasi. Lantas, takutkan Vicky Prasetyo untuk tetap maju di Pilkada Bekasi 2018 mendatang?

Vicky Prasetyo (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Menurut saya, kemarin teman-teman artis gagal bukan karena mereka buruk atau tidak potensial. Tapi karena Tuhan masih menguji dia dalam takdir," ujar Vicky Prasetyo dengan gaya bicaranya yang khas, saat berbincang dengan Liputan6.com, baru-baru ini.

Sebagai orang yang pernah gagal dalam pemilihan Kepala Desa di Cikarang, Vicky Prasetyo mengaku tak gentar. Ia justru berjanji akan tetap menunjukkan identitas pribadi yang apa adanya. Menurut Vicky, pencitraan jelang pilkada justru bakal menjadi bumerang yang akan merugikan diri sendiri.

"Kalau saya sih lebih baik dibenci menjadi diri sendiri daripada munafik, tapi menjadi orang lain. Pribadi saya ya seperti ini, jangan malah membuat pencitraan yang berlebihan. Saya lebih ingin biasa saja seperti Vicky yang apa adanya," kata mantan tunangan Zaskia Gotik tersebut.

Vicky Prasetyo (Liputan6.com/Sangaji)

Salah satu hal yang takkan diubah Vicky Prasetyo ialah gaya bicara Vickynisasi yang sering terkesan ngaco. Meski kerap dikritik, hal itu akan tetap ditunjukkan dalam Pilkada 2018 mendatang.

"Cara bicara ini kan tidak bisa dibendung. Saya enggak bisa kalau disuruh pidato yang begini-begitu. Enggak bisa, saya akan begini saja seperti diri saya sendiri," ucap Vicky Prasetyo. (fei)

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Bikin Awet Muda

Posted: 21 Jun 2017 09:30 PM PDT

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen mulai berkurang. Kolagen yang tersisa pun bisa rusak karena terpapar sinar matahari serta kebiasaan buruk. Tak heran bila keriput cepat datang dan kulit pun mengendur.

Kolagen merupakan protein yang diproduksi oleh sel tubuh yang membantu regenerasi kulit, serta menjaganya tetap halus dan lembap. Kolagen inilah yang membantu kita tetap awet muda.

Ada cara agar produksi kolagen tetap terjaga, yakni dengan mengonsumsi makanan yang membantu proses tersebut. Berikut daftar makanan yang bisa membantu Anda mendapatkan asupan kolagen alami, dikutip dari berbagai sumber.

1. Kaldu tulang

Menurut Mind Body Green, salah satu cara memperbarui kolagen pada kulit adalah dengan mengonsumsi kaldu tulang. Gelatin yang terkandung di kaldu tulang juga bisa memperbaiki saluran pencernaan sehingga mencegah inflamasi dan penuaan dini.

2. Produk kedelai

Produk berbahan kedelai seperti susu kedelai dan keju mengandung elemen yang disebut genistein. Elemen itulah yang membuat produk kedelai menjadi sumber kolagen serta membantu menghambat enzim yang mudah hancur dan membuat kulit cepat tua.

Mengutip Health Central, produk kedelai apa pun mengandung cukup banyak genistein, termasuk produk kedelai yang disajikan sebagai pengganti produk hewani.

3. Sayuran hijau gelap

Sayuran hijau gelap juga mengandung zat yang bisa membantu produksi kolagen. Masukkan bayam, kubis, dan kale ke dalam menua harian Anda karena mengandung antioksidan, lutein.

Sebuah studi di Prancis menyebutkan, mengonsumsi 10 mg bayam akan meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit, serta memerangi keriput. Rutin mengonsumsi sayuran hijau gelap juga membantu tubuh lebih mudah memproduksi kolagen.

4. Kacang-kacangan

Produk kacang-kacangan mengandung hyaluronic acid (asam hyaluronat). Konsumsi setidaknya dua sendok makan kacang-kacangan setiap hari.

5. Ikan dan daging tanpa lemak

Ikan yang kaya kandungan omega-3, seperti mackerel, salmon dan tuna serta daging tanpa lemak dari hewan ternak pemakan rumput membantu melindungi membran lemak di sekitar sel kulit. Omega-3 membuat sel tetap kenyal sehingga kulit terlihat lebih muda.

Makanan tersebut juga mengurangi inflamasi dan mengandung asam amino esensial untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

6. Vitamin C

Buah dan sayur kaya akan vitamin C merupakan sumber produksi kolagen alami. Anda bisa memasukkan jeruk, lemon, dan stroberi ke dalam menu harian.

7. Bawang putih

Bawang putih menawarkan asam lipoat dan taurine. Keduanya membantu memproduksi ulang kolagen yang rusak. Bawang putih juga merupakan sumber sulfur terbaik. Sulfur salah satu unsur penting produksi kolagen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNN Tangkap Pilot WNA Terindikasi Positif Narkoba

Posted: 21 Jun 2017 09:29 PM PDT

Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali menangkap seorang pilot. Penangkapan warga negara asing (WNA) itu terjadi usai pemeriksaan atau tes urine.

BNN Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan pemeriksaan urine terhadap crew beberapa perusahaan penerbangan di lombok NTB.

"Dari hasil pemeriksaan tersebut seorang Pilot salah satu perusahaan penerbangan swasta an, RS (WNA) terindikasi positif menggunakan narkoba," kata Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irjen Pol Arman Depari dalam keterangan tertulisnya yang diterima Liputan6.com, Kamis (22/6/2017).

Setelah tes urine, ia melanjutkan, BNN menggeledah tubuh dan barang RS. Di dalam koper, ditemukan barang yang diduga narkoba dibungkus plastik disimpan dalam kotak kaleng persegi empat.

"Saat ini tersangka RS sudah berada di gedung BNN-RI Jakarta untuk pemeriksaan lanjutan. Untuk info lengkap akan dijelaskan di gedung BNN oleh Kepala BNN," pungkas Arman Depari.

 

 

 

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Ciawi-Cigombong Ditargetkan Selesai Akhir Tahun 2017

Posted: 21 Jun 2017 09:23 PM PDT

Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) mengalami kemajuan yang sangat baik, kontruksi dan pembebasan lahan berjalan sesuai rencana.

 

"Perkembangannya sangat baik. Dari total 54 km tol Bocimi, ini di seksi 1 sepanjang 15 km progresnya tidak ada masalah, pembebasan lahan sudah beres semua, konstruksi tidak ada masalah. Kita mau masuk kepada seksi berikutnya, yaitu seksi 2, 3, dan 4," ujar Presiden saat meninjau Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Rabu (21/6) kemarin.

Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry TZ.

Presiden menilai pembangunan Tol Bocimi yang dilakukan sejak tahun 1997 sangat diperlukan karena kemacetan dari Bogor-Ciawi-Sukabumi memang sangat parah.

Hingga saat ini, berdasarkan data Kementerian PUPR progres konstruksi fisik seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,3 km telah mencapai 36,52 persen dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2017.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan Tol Bocimi akan beroperasi penuh sepanjang 54 km pada 2019, jika lahannya bebas 100 persen pada 2017.

"Jika tidak ada kendala lahan dan 100 persen bebas pada 2017 maka konstruksi akan selesai pada 2019. Konstruksi Bocimi ini cukup berat," jelas Menteri Basuki.

Menteri Basuki menjelaskan pengerjaan Tol Bocimi tidaklah mudah karena topografinya pengunungan yang naik-turun dengan risiko pergerakan tanah yang cukup tinggi, seperti Tol Cipularang. Meski begitu, Kementerian PUPR terus memacu pembebasan lahan dan konstruksi tol yang diharapkan bisa mengatasi kemacetan di beberapa titik rute Jakarta–Sukabumi.

Pembangunan jalan tol ini juga akan membantu pengembangan kawasan Jawa Barat Selatan melalui peningkatan aksesibilitas. Sehingga, tercipta multiplier efek terhadap pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan.

Sebagai informasi, Tol Bocimi pengusahaannya oleh PT Trans Jabar Toll dengan saham mayoritas dimiliki oleh PT Waskita Toll Road. Berdasarkan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), jalur Tol Bocimi sepanjang 54 km terdiri atas empat seksi, antara lain Seksi I Ciawi-Cigombong 15,3 km, Seksi II Cigombong- Cibadak 12 km, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat 14 km, serta Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13 km dengan nilai investasi Rp 7,7 triliun.

 

Powered By:

Ditjen Bina Marga - Kementerian PUPR

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Kiri Dortmund Masuk Bidikan Manchester City

Posted: 21 Jun 2017 09:22 PM PDT

Manchester City terus mencari cara untuk bisa mendapatkan bek kiri yang tepat untuk revolusi mereka. Belum rampung urusan dengan AS Monaco untuk Benjamin Mendy dan Southampton untuk Ryan Bertrand, City kini mengalihkan perhatiannya ke Bundesliga.

Laporan eksklusif Foot Mercato menyebutkan, bintang Portugal yang bermain untuk Borussia Dortmund, Raphael Guerreiro jadi target baru Manchester City.

Guerreiro membuat penampilan mengesankan selama semusim lalu setelah direkrut dari FC Lorient. Dalam 17 kali tampil sebagai starter di Bundesliga, Guerreiro mencetak enam gol dengan menyumbang tiga assist.

Saat ditangani Thomas Tuchel, Guerreiro mampu bertransformasi tidak saja sebagai bek kiri alami. Dia juga piawai memainkan peran sebagai gelandang tengah.

Pemain berusia 23 tahun itu memiliki profil yang tepat untuk Pep Guardiola dan akan menjadi pembelian yang masuk akal pada musim depan. Namun, seperti yang ditekankan Foot Mercato, sejauh ini Manchester City hanya mempelajari gagasan untuk mendatanginya.

 

Karena, Mendy tetap menjadi prioritas utama klub yang bermarkas di Etihad itu. Juventus juga menghargai profil Guerreiro, meskipun kemungkinan besar dia akan tetap berada di Signal Iduna Park pada musim depan.

Guerreiro sendiri ditarik keluar karena cedera ankle yang serius saat Portugal menang 1-0 atas Rusia di Piala Konfederasi 2017. Jika cedera itu benar-benar, kepindahan dari Dortmund tampak lebih mungkin terjadi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

D Zawawi Imron: Pengingat untuk Calon Koruptor

Posted: 21 Jun 2017 09:20 PM PDT

Korupsi, adalah salah satu tindakan yang mengganggu menghambat pembangunan bangsa kita. Korupsi adalah tindakan mengambil uang barang yang bukan haknya, baik milik rakyat atau negara.

Kondisi itu telah dicermati oleh para seniman dengan mencipta puisi. Dan Rasullulah juga bersabda, tidak mencuri seseorang kecuali dia telah musyrik, tidak mencuri seseorang kecuali dia habis imannya.

KH Zawawi Imron membahas bahaya koruptor dalam video ini dengan berpuisi yang dilakukan. Pak Zawaai juga menghimbau untuk tidak membenci kepada para koruptor. Kenapa?

Yuk kita simak videonya di bawah ini:

 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekuel Godzilla Pastikan Kehadiran 3 Monster Lain

Posted: 21 Jun 2017 09:20 PM PDT

Kabar menarik baru saja datang dari studio film Warner Bros. Mereka merilis rincian sekuel film Godzilla yang juga dikerjakan Legendary Pictures pada pekan ini, seperti disampaikan oleh Anime News Network, Selasa (20/6/2017).

Dari rincian yang diumumkan, dipastikan bahwa sekuel film Godzilla bakal diramaikan oleh tiga monster selain Godzilla. Ketiganya merupakan kaiju (monster) klasik yang pernah muncul di film-film lawas Godzilla.

Jumlah musuh yang diperlihatkan di beberapa film klasik Godzilla, jumlahnya sangat banyak dengan bentuk bervariasi.

Kisah baru ini berpusat pada usaha heroik sebuah agensi bernama Monarch yang para anggotanya berhadapan dengan monster seukuran raksasa termasuk Godzilla, Mothra, Rodan, dan musuh utama mereka, monster berkepala tiga Ghidorah.

Ketika para spesies purba yang semula dianggap mitos ini bangkit kembali, mereka semua bersaing untuk mendapatkan kekuasaan tertinggi. Alhasil, eksistensi manusia pun hanya bergantung pada keseimbangan.

Studio Toho siap untuk menggarap film Godzilla versi Jepang yang ke-28.

Pengambilan gambar film ini telah dimulai pada Senin (19/6/2017) lalu di Atlanta, Georgia. Kyle Chandler, Vera Farmiga, dan Millie Bobby Brown membintangi film ini sebagai satu keluarga: Ayah, ibu, dan anak perempuan. Ken Watanabe dan Sally Hawkins yang tampil di film pertama pada 2014 lalu, muncul kembali di film ini.

Disutradarai Michael Dougherty, film berjudul Godzilla: King of Monsters direncanakan tayang pada 22 Maret 2019. Setelah itu, barulah film Godzilla vs. Kong yang disutradarai Adam Wingard tayang pada 22 Mei 2020. Keduanya menjadi bagian dari waralaba MonsterVerse.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang MotoGP Belanda: Dovizioso Kritik Dorna

Posted: 21 Jun 2017 09:15 PM PDT

Andrea Dovizioso melontarkan kritikan pedas kepada Dorna Sports, selaku otoritas tertinggi MotoGP terkait perubahan format kualifikasi. Pembalap Ducati Corse itu menilai jika perubahan itu justru menambah tekanan kepada pembalap.

Hal tersebut lantaran para pembalap MotoGP dipaksa menguras energi sejak hari Jumat, demi mendapatkan posisi ideal pada balapan akhir pekan. Kritikan itu dilontarkan Dovizioso jelang balapan seri kedelapan yang berlangsung di Grand Prix Belanda akhir pekan ini.



Pada 2013 lalu, Dorna sempat merilis perubahan format kualifikasi MotoGP. Tujuannya agar para pembalap bisa mengumpulkan data yang maksimal pada motor mereka masing-masing.

Selain itu, Dorna juga mengklaim format baru tersebut bisa memberikan hiburan kepada para penggemar balap kuda besi. Ini bisa dikatakan strategi Dorna untuk meningkatkan jumlah penonton.

"Dengan aturan yang ada, para pembalap justru lebih menderita dan tertekan saat sesi latihan bebas daripada kualifikasi dan balapan. Saya bisa mengerti bahwa sistem ini lebih baik untuk penonton, tapi kami di sini tidak hanya untuk pertunjukan. Kami juga harus mempersiapkan diri untuk balapan," sesal Dovizioso, seperti dikutip dari Motorsport, Kamis (22/6/2017).

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso mengangkat trofi di podium setelah memenangi MotoGP Catalunya di sirkuit Barcelona Catalunya, Minggu (11/6). Dovizioso berhasil menyelesaikan balapan dengan catatan waktu tercepat 44 menit 41,518 detik. (Josep LAGO/AFP)

"Saya tidak mencoba membuat alasan. Ini berlaku sama untuk semua orang. Karena seringkali terjadi adalah beberapa pembalap menggunakan ban baru untuk mendapatkan waktu yang lebih baik dan kemudian diteruskan dalam lomba. Tampaknya seolah-olah seluruh akhir pekan adalah sesi kualifikasi," tambah Dovi.

Sebenarnya Dovi sudah mengeluarkan pendapatnya terkait masalah ini sejak tahun lalu. Namun pihak Dorna sepertinya bersikeras mempertahankan format baru tersebut. Tapi, sekarang pemilik nomor 4 itu mengklaim sudah banyak menerima dukungan dari sesama pembalap.

"Saya sudah mengusulkan hal ini sejak tahun lalu, tapi tidak ada yang mendukung saya. Sekarang saya mengusulkan kembali musim ini, dan kini saya menerima lebih banyak dukungan. Tapi, sayangnya kami tidak bisa berbuat banyak jika tidak ada yang siap untuk membuat perubahan," sindir Dovizioso. (David Permana)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berakhir Hari Ini, 2 Rest Area Ini Tersedia Penukaran Uang Receh

Posted: 21 Jun 2017 09:15 PM PDT

Bank Indonesia (BI) memperbanyak lokasi penukaran uang recehan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di saat Lebaran 2017. Tak hanya berlokasi di beberapa landmark kota-kota besar, tempat-tempat umum pun menjadi salah satu pilihan lokasi.

Salah satunya rest area di jalan tol. BI menempatkan mobil penukaran uang di dua rest area di dua ruas jalan tol‎, yaitu Tol Jakarta-Cikampek dan Cikopo-Palimanan (Cipali).

Dikutip dari data Bank Indonesia, di ruas Tol Jakarta-Cikampek, lokasi penukaran uang ada di rest area kilometer (km) 57 dan ruas Tol Cipali berada di km 102.

Penukaran uang sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak Senin (19/6) hingga Kamis ini (22/6). Untuk jam penukarannya akan dilayani mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Seperti diketahui, dalam Lebaran tahun ini, BI memperkirakan kebutuhan uang tunai akan meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menjelaskan, kebutuhan uang tunai dalam menghadapi Lebaran tahun ini naik sekitar 14 persen. Angka ini tidak jauh berbeda jika dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Memang kecenderungan dalam masa Lebaran dalam 10 tahun terakhir selalu meningkat 14 persen dan tahun ini kecenderungan kita perkirakan sama. Tahun ini kita tambah Rp 167 triliun," kata Agus di Gedung Bank Indonesia.

Dengan adanya penambahan uang tunai yang diedarkan di masyarakat mencapai Rp 167 triliun‎, posisi uang beredar di masyarakat tercatat Rp 691 triliun.

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Cara Mereset Perangkat iOS Menjadi Baru Paling Dicari

Posted: 21 Jun 2017 09:15 PM PDT

Cara mereset perangkat iOS menjadi baru lagi hingga pengembang CoC membesut gim baru ber-genre MOBA paling dicari pembaca Tekno Liputan6.com.

Ada juga berita seputar OnePlus 5 yang ditenagai RAM 8GB. Selengkapnya, simak tiga berita terpopuler pada Kamis (22/6/2017) berikut ini:

1. 3 Cara Reset Perangkat iOS Jadi Baru Lagi

Berencana untuk menjual iPhone kamu? Nah, sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya terlebih dahulu me-reset iPhone kamu.

iPhone 7. (Doc: Digital Trends)

Jika tidak, pengguna iPhone berikutnya dapat mengetahui informasi pribadi kamu. Tentunya kamu tak ingin ada seseorang menyalahgunakan informasi yang terdapat di dalam iPhone untuk kejahatan, bukan?

Meski tampak sepele, me-reset iPhone yang tak lagi digunakan merupakan hal yang penting, tetapi bagaimana cara melakukannya?

Selanjutnya baca di sini 

2. OnePlus 5 Resmi Meluncur dengan RAM 8GB, Berapa Harganya?

OnePlus akhirnya resmi mengumumkan smartphone premium terbarunya, OnePlus 5. Kehadiran OnePlus 5 sendiri sudah diperkirakan sejak beberapa bulan lalu karena OnePlus memang sempat beberapa kali mengungkap informasi tentang smartphone ini.

Dikutip dari Phone Arena, Rabu (21/6/2017), sama seperti bocoran sebelumnya, desain OnePlus 5 memang terlihat mirip dengan iPhone 7 Plus. Terlebih, dengan penggunaan dua kamera utama di bagian belakang membuat smartphone ini makin mirip dengan seri iPhone terbaru itu.

Tampilan OnePlus 5 yang baru saja dirilis (pcadvisor.com)

Sementara untuk spesifikasi, OnePlus 5 sudah dipersenjatai dengan Snapdragon 835 dan opsi RAM 8GB atau 6GB. Spesifikasi ini memang sesuai dengan rumor yang berkembang sebelumnya.

Selanjutnya baca di sini 

3. Pengembang CoC Rilis Gim Baru Bergenre MOBA

Pengembang Clash of Clans dan Clash Royale, Supercell, kembali mengumumkan kehadiran gim baru. Kali ini pengembang asal Finlandia itu memperkenalkan gim berjudul Brawl Stars.

Dikutip dari Forbes, Rabu (21/6/2017), gim ini mengusung tema pertarungan multiplayer. Jadi, pemain akan bertarung dengan pemain lain di empat modus gim berbeda untuk mengumpulkan kristal sekaligus mengalahkan tim lawan.

Brawl Stars, gim anyar yang diperkenalkan oleh Supercell (sumber: androidautorithy.com)

Selanjutnya baca di sini

(Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi - Ahok Kembali Berdampingan di Balai Kota DKI

Posted: 21 Jun 2017 09:12 PM PDT

"Setidaknya di sini mereka berdampingan lagi," tulis salah satu staf Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di akun Instagramnnya, @soakti13.

Ya, tepat satu hari sebelum HUT ke-490 Kota Jakarta, Joko Widodo-Ahok kembali berdampingan. Mereka bukan berdampingan dalam arti fisik untuk merayakan hari jadi Ibu Kota, melainkan gambar mereka berjejer di sudut ruang Balai Kota.

Ir. Basuki Tjahaja Purnama MM, 2014-2017 begitulah tulisan di bawah foto. Dalam foto itu, Ahok mengenakan baju dinas putihnya, berkacamata, dan tersenyum.

Setelah ia mengundurkan diri dari jabatan Gubernur DKI Jakarta dan digantikan Djarot Saiful Hidayat yang kemudian dilantik sebagai Gubernur DKI pada 15 Juni kemarin, Ahok resmi menjadi mantan Gubernur DKI.

Kini, foto Ahok bersama foto Gubernur DKI terdahulu menghiasi Balai Kota. Dia seolah mengawasi dan tersenyum pada siapa saja yang memandang fotonya.

"Saya yakin nanti siang (foto Ahok) jadi tempat selfie," ujar salah satu protokoler Balai Kota bernama Mansur.

 

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Bersenjata Laras Panjang Amankan Arus Mudik di Jalur Pantura Cirebon

Posted: 21 Jun 2017 09:11 PM PDT

Dua polisi bersenjata laras panjang berjaga di jalur pantura Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bypass, Kota Cirebon, Kamis (22/6). Pasukan bersenjata lengkap diterjunkan untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama arus mudik Lebaran  (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dua polisi bersenjata laras panjang berjaga di jalur pantura Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bypass, Kota Cirebon, Kamis (22/6). Pasukan bersenjata lengkap diterjunkan untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama arus mudik Lebaran (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dua polisi bersenjata laras panjang bersiaga di jalur pantura Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bypass, Kota Cirebon, Kamis (22/6). Pasukan bersenjata lengkap diterjunkan untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama arus mudik Lebaran (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dua polisi bersenjata laras panjang bersiaga di jalur pantura Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bypass, Kota Cirebon, Kamis (22/6). Pasukan bersenjata lengkap diterjunkan untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama arus mudik Lebaran (Liputan6.com/Johan Tallo)

Polisi bersenjata berjaga sambil mengatur lalu lintas di jalur pantura Jenderal Ahmad Yani, Bypass, Kota Cirebon, Kamis (22/6). Selama arus mudik, pasukan bersenjata lengkap diterjunkan untuk mengantisipasi gangguan keamanan.  (Liputan6.com/Johan Tallo)

Polisi bersenjata berjaga sambil mengatur lalu lintas di jalur pantura Jenderal Ahmad Yani, Bypass, Kota Cirebon, Kamis (22/6). Selama arus mudik, pasukan bersenjata lengkap diterjunkan untuk mengantisipasi gangguan keamanan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dua polisi bersenjata laras panjang bersiaga di jalur pantura Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bypass, Kota Cirebon, Kamis (22/6). Selama arus mudik Lebaran, pasukan bersenjata lengkap diterjunkan guna mengantisipasi gangguan keamanan (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dua polisi bersenjata laras panjang bersiaga di jalur pantura Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bypass, Kota Cirebon, Kamis (22/6). Selama arus mudik Lebaran, pasukan bersenjata lengkap diterjunkan guna mengantisipasi gangguan keamanan (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dua polisi bersenjata laras panjang berjaga di jalur pantura Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bypass, Kota Cirebon, Kamis (22/6). Selama arus mudik Lebaran, pasukan bersenjata lengkap diterjunkan guna mengantisipasi gangguan keamanan  (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dua polisi bersenjata laras panjang berjaga di jalur pantura Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bypass, Kota Cirebon, Kamis (22/6). Selama arus mudik Lebaran, pasukan bersenjata lengkap diterjunkan guna mengantisipasi gangguan keamanan (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saling Menguntungkan, Harley-Davidson Berniat Akuisisi Ducati?

Posted: 21 Jun 2017 09:09 PM PDT

Kabar terkait penjualan Ducati oleh Audi masih terus bergulir. Kini, setelah beberapa perusahaan besar tertarik, rumor lain menyebutkan Harley-Davidson juga berminat untuk mengakuisisi perusahaan asal Italia itu.

Menurut sumber yang mengetahui hal tersebut, Harley-Davidson (HD) tengah mengantre untuk menyatukan dua merek paling terkenal di industri sepeda motor itu. Tidak tanggung-tanggung, nilai kesepakatan dua merek ini kabarnya sampai 1,5 miliar euro.

Dilansir Reuters, Kamis (22/6/2017), pabrikan moge (motor gede) asal Amerika Serikat ini bahkan telah mempekerjakan Goldman Sachs, untuk bernegosiasi mengenai kesepakatan tersebut.

Sebenarnya, HD bukan satu-satunya yang tertarik untuk mengakuisisi Ducati. Sebelumnya, Audi sebagai perusahaan induk Ducati telah menerima tawaran dari Eicher Motors, pemilik Royal Enfield, dan dari Hero Motorcorp.

Untuk diketahui, penjualan Ducati ini menyusul skandal Dieselgate yang melibatkan Volkswagen sebagai induk perusahaan Audi, dan perusahaan tersebut harus membayar sejumlah denda yang tidak sedikit.

Proses penjualan Ducati ini diharapkan bisa selesai secepatnya. Namun sepertinya tidak bisa dilakukan sebelum gelaran EICMA, di Milan, Italia, pertengahan November 2017. Pasalnya, VW ingin menemukan pembeli yang tepat, dan itu memerlukan waktu.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiah Ramadan dari PLN untuk Pulau Nangka

Posted: 21 Jun 2017 09:09 PM PDT

Warga pulau Nangka, desa Tanjung Pura, kecamatan Sungai Selan kabupaten Bangka Tengah kini sudah dapat menikmati terangnya listrik dari PLN di malam hari. Dengan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) berkapasitas 2X100 kW milik PLN, cukup untuk menerangi rumah-rumah di desa tersebut.

Tak mudah bagi PLN untuk menerangi pulau berpenduduk 563 jiwa itu. Betapa tidak, pulau Nangka berada di Selat Bangka. Untuk sampai ke sana petugas bersama dengan warga harus bergotong royong mengangkut material baik mesin maupun tiang listrik menggunakan kapal nelayan.

Setidaknya butuh waktu 45 menit Perjalanan laut dari dermaga terdekat, tanjung pura. Sebelumnya material diangkut selama 120 menit melalui darat dengan medan yang cukup terjal menuju dermaga.

Lebih dari itu, kondisi pasir di dermaga pulau nangka maupun tanjung pura begitu gembur. Sehingga menyulitkan kaki melangkah di atasnya karena tersedot masuk ke dalam pasir. Untuk dapat melewatinya, dianjurkan mengenakan celana pendek dan melepaskan alas kaki yang dikenakan. Tujuannya agar langkah menjadi lebih ringan dan alas kaki tidak tertinggal di dalam pasir.

Namun berkat gotong royong bersama warga, dengan bermodalkan papan sebagai alas peluncur, tali untuk menarik, dan satu batang kayu sebagai pengungkit, dua buah mesin PLTD dengan berat masing-masing 800kg, dan sebanyak 53 batang tiang listrik berhasil diangkut ke pulau yang mayoritas warganya bermata pencaharian sebagai nelayan tersebut.

Panjang jaringan saluran udara tegangan rendah (SUTR) yang terpasang di pulau ini sepanjang 2.385 meter.

Pembangunan dengan misi pulau Nangka terang ini dimulai 22 Maret, hingga pada akhirnya listrik menyala pertama kalinya tanggal 11 Juni kemarin, tepat di bulan suci Ramadhan.

"Alhamdulillah, Ramadhan menjadi berkah buat warga pulau Nangka. Untuk pertama kalinya listrik PLN dapat menyala di sini. Hal ini menjadi tantangan tersendiri mengingat akses menuju ke lokasi memang tidak mudah" Ujar General Manager PLN Babel, Susiana Mutia.

Sebelumnya, warga masih menggunakan genset untuk memenuhi kebutuhan listrik. Bagi warga yang tidak mempunyai genset, mereka menyalurkan kabel ke warga lain yang telah memiliki genset. Biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit rata-rata 600-800 ribu setiap bulan, itu pun hanya menyala selama lima jam dari pukul 18.00 – 23.00 WIB. Namun kini, dengan listrik dari PLN warga dapat menikmati listrik selama 12 jam mulai pukul 18.00 – 06.00 WIB.Tentu dengan biaya yang jauh lebih murah.

Kepala dusun pulau Nangka, Ali menyampaikan apresiasi atas usaha yang dilakukan oleh PLN. "Kami berterima kasih kepada PLN dengan masuknya listrik ke pulau Nangka, semoga hal ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat menjadi lebih baik" Pungkasnya.

"Ini yang selama ini kami tunggu-tunggu, Jadi kami bahagia kini rumah menjadi benderang, pelayanan kesehatan desa (Polindes) juga menjadi lebih baik. Harapannya semoga listrik PLN terus menyala menerangi desa kami" Ujar Ema salah seorang warga pulau Nangka.

Lebih lanjut, Susiana mengatakan penyalaan listrik di pulau Nangka ini merupakan satu dari sepuluh lokasi program pembangunan PLTD tersebar total kapasitas 22,1 MW.

"Semoga listrik di Pulau Nangka ini dapat memberi dampak positif untuk menunjang aktivitas warga. Ke depan akan segera menyusul pulau-pulau, dan daerah-daerah lain yang saat ini sedang dalam proses". Tutup Susiana.

 

Powered By:

PT. PLN (Persero)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamatkan Nyawa Penjaga, Hukuman 6 Narapidana AS Dipersingkat

Posted: 21 Jun 2017 09:07 PM PDT

Enam tahanan asal Georgia, Amerika Serikat, memperoleh imbalan karena telah menyelamatkan seorang petugas penjara yang menderita serangan jantung.

Sheriff Polk County, Johnny Moats, mengatakan bahwa enam tahanan yang melakukan kejahatan ringan itu, masing-masing hukumannya dipersingkat sebanyak 25 persen.

Dikutip dari BBC, Kamis (22/6/2017), saat kejadian enam pria itu sedang memotong rumput di pemakaman umum kala seorang penjaga mereka pingsan akibat suhu tinggi.

Meski bisa kabur dan membawa pistol milik penjaga, mereka memilih menggunakan ponselnya untuk menghubungi polisi dan melepaskan rompi anti peluru lalu melakukan CPR.

"Ketika itu terjadi, menurut pendapat saya, ini bukan tentang siapa yang dipenjara dan siapa yang tidak," ujar seorang narapidana Greg Williams mengatakan kepada 11alive.com.

Enam narapidana yang menyelamatkan nyawa seorang petugas yang sedang mengawasi mereka memotong rumput di pemakaman umum. (Polk County Sheriff's Office)

"Itu tentang seorang pria yang pingsan dan kami harus membantunya," lanjut dia.

Keluarga petugas yang tidak ingin disebutkan namanya itu, mengucapkan rasa terima kasinya dengan membelikan makan siang berupa piza dan cupcakes pada keesokan harinya.

Sheriff Moats mengatakan, narapidana itu berbicara bahwa selama menjalani masa tahanan para petugas memperlakukan mereka seperti keluarga.

Tindakan mereka sangat kontras dengan dua narapidana Georgia lainnya. Pada 21 Juni lalu, mereka didakwa karena telah membunuh dua penjaga saat keduanya dipindahkan ke penjara lain.

Jaksa mengatakan, mereka berniat menjatuhkan hukuman mati bagi Donnie Rowe dan Ricky Dubose, yang ditangkap di Tennessee setelah dilakukan perburuan selama tiga hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisa Selamat dari Preman Karena Subcribe #BaruTahukan

Posted: 21 Jun 2017 09:03 PM PDT

Bulan puasa adalah bulan yang penuh hikmah dan penuh keberkahan. Tak hanya itu, bulan Ramadan juga bisa menjadi momen berkumpul kembali dengan keluarga.

Nah, keindahan bulan Ramadan tertuang dalam cerita 'Semua Gara-gara Saaih Halilintar'. Ya, youtuber tersebut membuat cerita mengenai dirinya yang tak bisa lepas dari ponsel.

Ia selalu dimarahi oleh keluargnay karena kerap main handphone. Sampai suatu ketika, ponsel kesayanganya jatuh ke air dan rusak. Alhasil, ia harus rela tidak bisa beraktivitas tanpa handphone.

Namun, Saaih tidak langsung patah semangat, ia pun melihat kalau kakaknya mempunyai iPhone baru yang katanya ia harus menabung selama setahun.

Dengan berbagai cara Saaih ingin meminjam ponsel kakaknya, namun selalu dilarang. Sampai suatu ketika, Saaih mendapat kesempatan saat kakaknya tertidur. Ia pun mengambil ponsel tersebut dan langsung membawanya.

Saaih langsung memasukan Kartu Smartfren 4G GSM ke iphone dan ponsel pun siap digunakan. Nah, #BaruTahuKan.

Tak berlangsung lama keasyikan Saaih dalam berselancar dengan iPhone 7 harus diakhiri. Pasalnya, ponsel kakaknya itu dicuri oleh preman. Saaih pun panik dan akhirnya bilang jujur ke kakaknya.

Mereka pun membuat keputusan akan mengambil handphone tersebut ke preman. Lucunya saat ingin merebut kembali ponsel tersebut, mereka harus disekap dan bakal diberikan pelajaran oleh para preman-preman tersebut.

Namun, semua terhenti saat 3 wanita berteriak memanggil 'Saaih..Saaih'. ternyata mereka ada anak dari ketua preman dan sekaligus subscribe Saaih. Mereka mengelu-elukan Saaih di depan bapaknya yang preman.

Akhirnya mereka pun lolos dari bahaya dan mendapatkan kembali iPhone hanya karena Saaih terkenal di Youtube.

Dalam webseries tersebut, Saaih harus merasakan keadaan bahaya bersama kakaknya. Namun, di sisi lain ternyata itu menjadi cerita kebersamaan yang menarik dan berharga yang sudah lama tidak ia rasakan bersama kakaknya.

Webseries

Ya, bagi Anda yang penasaran dengan kelanjutan cerita Saaih Halilintar bisa saksikan dalam webseries #BaruTahukan. Tak hanya sisi komedi saja dalam webseries tersebut, namun ada sisi kebersamaan dan nilai kebaikan.

Tak hanya itu, dalam cerita itu juga mendapatkan fakta bahwa Kartu Smartfren 4G GSM sebagai provider tak hanya berfungsi di ponsel Andromax semata, namun bisa juga di iPhone bahkan ponsel android lainnya. Samsung, Oppo, Lenovo dan Motorla misalnya.

Lihat saja pada scene Saaih memasukan nomornya ke iPhone kakaknya. Kartu Smartfren 4G GSM, langsung aktif layaknya ke ponsel lainnya.

Kini, webseries tersebut sudah masuk dalam episode kedua. Keseruan apalagi yang akan diberikan Saaih serta keluarga? Kamu bisa tonton di sini!

Webseries #BaruTahuKan merupakan serial terbaru dari Smartfren 4G yang menceritakan keseruan Saaih dan keluarga Halilintar.
Nah, bagi kamu yang ingin hadiah, cukup ikuti cerita seru Saaih dan log in dari salah satu aku media sosialmu untuk ikut momen #BaruTahuKan dan menangkan iPhone 7.

Selain itu, kini Smartfren mempunyai promo 'Gratis Internet' setahun serta keuntungan lainnya dari penggunaan Kartu Smartfren 4G GSM.

So, jangan kelewatan setiap episode 'Semua Gara-gara Saaih' dan menangkan Iphone 7.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Obama, Si Anak Menteng yang Jadi Presiden Amerika Serikat

Posted: 21 Jun 2017 09:01 PM PDT

Barack Hussein Obama II lahir pada 4 Agustus 1961, ayahnya seorang intelektual asal Kenya, sementara ibunya adalah gadis berkulit putih asal Kansas, Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari BBC, saat usianya enam tahun, sang ibu, Ann Dunham menikah dengan seorang pria Indonesia, Lolo Soetoro. Mereka pun pindah ke Jakarta, ke Menteng Dalam, yang kemudian menjadi kampung halaman keduanya saat belia.

Lidahnya merasakan kelezatan makanan yang dijual pedagang keliling, seperti bakso, nasi goreng, sate.

Barry -- demikian ia akrab dipanggil saat bocah -- menuntut ilmu di sekolah berbahasa Indonesia.

Foto yang tidak bertanggal yang diperoleh dari Bandung ini menunjukkan Barack Obama (Lingkaran Kuning) pada tahun 1970-an, berfoto dengan teman-teman sekolah dasarnya di SDN 1 Menteng Jakarta. (Restricted To Editorial Use AFP Photo/Ho)

Pertama ia menuntut ilmu di Sekolah Santo Fransiskus Asisi. Kemudian, Obama pindah ke SD Negeri Besuki.

Obama tak lama berada di Indonesia. Ia kembali ke Hawaii dan tinggal bersama kakek dan neneknya.

Setelah lulus dari Columbia University di New York, Obama bekerja selama tiga tahun sebagai staf lembaga sosial di pemukiman kaum miskin di Chicago. Ia kemudian sekolah lagi di Harvard Law School dan menjadi presiden Harvard Law Review.

Saat bekerja di sebuah firma hukum, ia bertemu dengan Michelle Robinson yang kemudian menjadi pasangannya.

Tak hanya menjadi pengacara hukum hak-hak sipil, Obama juga sempat jadi dosen di University of Chicago sebelum akhirnya terjun ke dunia politik.

Ia pun kemudian mencetak sejarah. Pada 4 November 2008. Keturunan penggembala kambing dari Desa Nyangoma-Kogelo di Kenya di Afrika itu mengalahkan seorang politisi tangguh sekaligus mantan ibu negara (Hillary Clinton) dalam konvensi Partai Demokrat, kemudian menang lawan mantan pahlawan perang John McCain, capres Partai Republik.

Barack Obama terpilih menjadi Presiden ke-44 Amerika Serikat di usianya yang masih muda, 47 tahun.

Foto pelantikan Barack Obama 2009 (National Park Service)

Hingga hari itu, sulit untuk membayangkan Presiden AS dijabat seseorang yang bukan 'kulit putih'. Bahwa orang Amerika keturunan Afrika bisa menjadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam. Saat itu, Obama mewakili harapan untuk warga Amerika yang lelah dengan perang yang gencar dilancarkan pemerintahan George W. Bush.

Barack Obama dinyatakan menang dengan hasil raihan suara cukup telak atas John McCain, 349 berbanding 163 electoral votes. Menurut perhitungan popular votes yang dikumpulkan Rabu pagi, Obama mengalahkan John McCain asal Arizona dan meraih 63 juta lebih suara, sementara McCain mengumpulkan kurang lebih 56 juta suara.

Kemenangan itu disambut sukacita dan tangis haru warga Amerika maupun dunia. Harian Prancis berhaluan independen Le Monde hari itu menulis, "Naiknya seorang pria berusia 47 tahun, berkulit hitam ke Gedung Putih adalah bukti kepercayaan Amerika Serikat terhadap nilainya yang terpenting dan kemampuan untuk melupakan drama rasisme dan perbudakan."

Tembok rasial antara kaum kulit putih dan kulit hitam yang selama ini mewarnai sejarah Amerika Serikat sejak pidato tokoh kulit hitam Martin Luther King, Jr telah hancur.

Dalam pidatonya sehari kemudian, Obama menyebut kemenangannya adalah milik Amerika Serikat.

"Jika seseorang di luar sana yang masih meragukan bahwa Amerika Serikat adalah tempat di mana segala hal menjadi mungkin, pada mereka yang masih bertanya-tanya apakah mimpi para pendiri (AS) masih bertahan hingga saat ini, yang masih mempertanyakan kekuatan demokrasi. Malam ini adalah jawabannya," kata Obama dalam pidato kemenangannya 5 November 2014.

Michelle Obama dan Barack Obama dalam acara makan malam kenegaraan pada 2009 (AFP)

Selama 8 tahun memerintah Negeri Paman Sam, Obama mencetak sejumlah prestasi. Memperbaiki sistem kesehatan dan memperkuat hubungan dengan negara-negara di Asia Tenggara adalah buktinya.

Walau hanya sebentar menetap di Indonesia, ingatan masa kecilnya tetap melekat dalam pikiran Obama.

Saat berkunjung kembali ke Indonesia 2010 lalu, Obama mengungkapkan suka citanya. Ia mengatakan, Ibukota yang dikenalnya dulu sudah banyak berubah.

"Menyenangkan sekali berada di sini," sebut Obama seperti dikutip dari Daily Beast, Rabu (21/6/2017).

"Saya sampaikan kepada kalian, saya hampir tidak mengenali ini. Satu-satunya yang ada saat saya pindah adalah Sarinah, sekarang bangunan itu mungkin yang paling pendek," papar dia.

Ia mengaku terkesan atas kondisi Jakarta yang saat ini sudah terisi dengan bangunan yang menjulang tinggi di beberapa ruas jalan.

"Ini berbeda pada 1967 dan 1968. Kebanyakan dari Anda yang belum lahir," ujar Obama yang disambut tawa hadirin, seperti dikutip dari whitehouse.go.

"Hotel Indonesia menjadi salah satu gedung yang tertinggi. Selain itu, ada juga satu department store besar yang disebut Sarinah," imbuh Obama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembelian Lahan Situs Usia Ribuan Tahun di Gunungkidul Kandas

Posted: 21 Jun 2017 09:01 PM PDT

Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, gagal melakukan pembelian tanah di Situs Sokoliman, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. Sebab, penilaian tim penilai independen jauh di bawah harga yang ditentukan pemilik.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Gunungkidul Siti Isnaini Dekoningrum mengatakan kegagalan ini karena pemilik tanah seluas 1.200 meter persegi yang akan digunakan untuk perluasan dan pengembangan Situs Sokoliman menolak tawaran pemerintah.

"Hasil penilaian tim penilai independen tanah Sokoliman tersebut sebesar Rp 107,8 juta, sementara pemilik meminta Rp 300 juta. Sehingga tidak ketemu harga yang cocok antara tim penilai independen dan pemilik, sehingga pengadaan gagal," katanya, dilansir Antara, Rabu, 21 Juni 2017.

Ia mengatakan, pemkab akan mengembalikan anggaran pembelian ke kas Pemda DIY karena anggaran bersumber dari dana keistimewaan. "Anggarannya sudah dikembalikan ke Pemda DIY," katanya.

Siti mengatakan atas kejadian ini akan dibuat kajian teknis, studi kelayakan, dan zonasi terlebih dahulu. Sesuai dengan rekomendasi Badan Pertimbangan Pelestarian Warisan Budaya (BP2WB) DIY.

"Kajian ini diperlukan untuk pengembangan situs yang diperkirakan berusia ribuan tahun lalu," katanya.

Sebelumnya, pemilik tanah Katilan mengaku meminta Rp 300 ribu per meter dan pihaknya sudah beberapa kali berkomunikasi dengan Dinas Kebudayaan. Dengan luas 1.200 meter persegi, dia meminta Rp 360 juta.

"Pembelian tanah itu hanya tanahnya saja bukan tanaman di atasnya. Sudah beberapa kali petugas datang melakukan pengukuran," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Lelaki Sombong Pemilik Kebun Anggur yang Dihukum Allah

Posted: 21 Jun 2017 09:00 PM PDT

Di dalam Alquran, banyak sekali kisah yang bisa kita jadikan pelajaran. Salah satunya tertulis dalam Surat Al-Kahfi, kisah dua orang laki-laki yang berteman. Keadaan mereka satu sama lain berbeda, lelaki pertama merupakan orang yang dicoba dengan kesulitan harta, namun memiliki keimanan yang kuat. Sementara lelaki yang satunya lagi diberi kekayaan namun dirinya kufur kepada Allah akibat sifat sombongnya.

Allah berfirman dalam Surat Al-Kahfi Ayat 32-33, "Kami jadikan bagi seorang diantara keduanya (yang kafir) dua buah kebun anggur dan kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon kurma dan di antara kedua kebun itu Kami buatkan ladang. Kedua buah kebun itu menghasilkan buahnya, dan kebun itu tiada kurang buahnya sedikitpun, dan Kami alirkan sungai di celah-celah kedua kebun itu, dan dia mempunyai kekayaan besar."

Merasa memiliki kekayaan, lelaki tersebut merasa sombong. Dijelaskan pada ayat 34, "Maka ia berkata kepada kawannya (yang mukmin) ketika bercakap-cakap dengan dia, "Hartaku lebih banyak dari pada hartamu dan pengikut-pengikutku lebih kuat."

Kesombongan lelaki tersebut semakin besar saat dia berfikir bahwa hartanya di dunia akan kekal. Dijelaskan pada ayat 35, "Dan dia memasuki kebunnya sedang dia zalim terhadap dirinya sendiri, ia berkata, "Aku kira kebun ini tidak akan binasa selama-lamanya."

Bahkan si kaya berfikir bahwa di akhirat dia pun akan tetap kaya seperti di dunia. Allah menjelaskan pada ayat 36, "Dan aku tidak mengira hari kiamat itu akan datang, dan jika sekiranya aku kembalikan kepada Tuhanku, pasti aku akan mendapat tempat kembali yang lebih baik daripada kebun-kebun itu."

Melihat temannya yang kufur, lelaki yang miskin mengingatkan kepada si kaya agar mau bertaubat. Dijelaskan dalam ayat 37, "Apakah kamu kafir kepada (Tuhan) yang menciptakan kamu dari tanah, kemudian dari setetes air mani, lalu Dia menjadikan kamu seorang laki-laki yang sempurna?"

Si miskin juga memberikan nasihat yang dijelaskan pada ayat 39, "Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu "Masya Allah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan."

Si miskin kemudian berdoa, "Maka mudah-mudahan Tuhanku, akan memberi kepadaku (kebun) yang lebih baik dari pada kebunmu ini dan mudah-mudahan Dia mengirimkan ketentuan (petir) dari langit kepada kebunmu; hingga (kebun itu) menjadi tanah yang licin, atau airnya menjadi surut ke dalam tanah, maka sekali-kali kamu tidak dapat menemukannya lagi."

Selanjutnya Allah membinasakan harta milik si kaya yang sombong. Setelah kehilangan hartanya, barulah si kaya merasa menyesal. "Dan harta kekayaannya dibinasakan, lalu ia membolak-balikkan kedua tangannya (tanda menyesal) terhadap apa yang ia telah belanjakan untuk itu, sedang pohon anggur itu roboh bersama para-paranya dan dia berkata, "Aduhai kiranya dulu aku tidak mempersekutukan seorangpun dengan Tuhanku."

Allah berfirman dalam Surat Al-Kahfi ayat 43, "Dan tidak ada bagi dia segolongan pun yang akan menolongnya selain Allah dan sekali-kali ia tidak dapat membela dirinya."

Kisah di atas dapat memberikan pelajaran kepada kita, bahwa dengan memiliki kekayaan bukan berarti kita hebat, justru kita harus bisa bijaksana dan bersyukur atas apa yang kita miliki. Begitu pula apabila kita diuji dengan kesulitan ekonomi, bukan berarti Allah tidak sayang, melainkan kita diuji agar mampu menjadi orang yang sabar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: