Selasa, 10 Februari 2015

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Yaya 'God Bless' Narkoba, Keluarga Tak Mau Anggap Aib

Posted: 10 Feb 2015 09:10 PM PST

Tertangkapnya Yaya Moektio, eks drummer God Bless, karena kasus narkoba memang mencoreng nama baiknya sebagai musisi dan keluarganya. Kendati demikian, keluarga tetap berbesar hati dalam menghadapi masalah pria berusia 57 tahun itu.

Menurut Rama, anak kandung Yaya 'God Bless', keluarganya menganggap apa yang sedang dialami sang ayah sebagai bentuk cobaan dari Tuhan dalam menjalani kehidupan.

"Keluarga tidak menganggap ini sebagai aib ya," ucap Rama, saat ditemui bersama Yaya 'God Bless' di Polres Metro Jakarta Selatan, Selasa (10/2/2015) malam.

Keluarga Yaya 'God Bless' justru berharap masalah yang dialami musisi yang juga menjadi penggebuk drum band Gong 2000 itu bisa menyadarkannya dan membawanya kembali ke jalan yang lurus.

"Memang sudah jalannya seperti ini, mudah-mudahan ini sebagai cambuk buat ayah saya. Kita sudah pasrah dengan semua yang terjadi," urai Rama.

Diakui Rama, anak-anak beserta keluarga sempat syok dan kaget mendengar informasi kalau ayah mereka ditangkap kepolisian karena kasus narkoba.

"Reaksi saya memang awalnya kaget banget ya. Tapi ya mau gimana lagi, ini pelajaran berharga untuk ayah ya," pungkas Rama.(Gie/Mer)

Uitemate, Teknik Mengapung untuk Selamatkan Nyawa Saat Banjir

Posted: 10 Feb 2015 09:06 PM PST

Hujan deras yang melanda Jakarta membuat beberapa daerah terkena banjir. Banjir yang menggenang bahkan hingga melebihi dada orang dewasa. Nah, apabila bantuan belum juga datang sedangkan banjir makin tinggi, Anda jangan panik. Anda dapat mencoba teknik Uitemate agar bisa tetap selamat.

Dilansir dari japanesia.co.id, teknik Uitemate berasal dari bahasa Jepang yang berarti "mengambang dan menunggu". Teknik ini dicetuskan oleh Profesor Hidetoshi Saito dari Universitas Teknologi Nagaoka, Jepang. Menurutnya, saat seseorang terjebak di air, ia akan mencoba tetap berdiri tegak dengan hanya kepala berada di atas permukaan air. Seluruh tubuh akan tenggelam jika orang tersebut mencoba menarik perhatian penyelamat dengan melambaikan tangan. Ia bisa tenggelam dalam hitungan menit.

Nah, teknik Uitemate ini memungkinkan seseorang untuk tetap bernafas dan sangat menghemat energi. Menurut Hidetoshi, saat dalam keadaan genting, jangan paksakan diri untuk berenang. Cukup mengambang seperti daun di air. Teknik ini sudah diajarkan di sekolah dasar di seluruh Jepang. Bahkan saat bencana Tsunami melanda Jepang, teknik ini telah menyelamatkan banyak nyawa saat bala bantuan belum datang.

Untuk melakukannya juga tidak terlalu sulit. Anda bisa meniru gambar di bawah ini atau belajar dari video langkah-langkah teknik Uitemate di bawahnya.

uitemate

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini 

Van Gaal: Di Maria Lambat!

Posted: 10 Feb 2015 09:05 PM PST

Angel Di Maria tampil cukup baik bersama Manchester United sejak diboyong dari Real Madrid. Namun, permainan Di Maria dinilai masih kurang oleh Louis van Gall. Mengapa?

Di Maria diboyong MU dari Madrid pada 26 Agustus 2014 lalu. Setan Merah harus membayar mahar sebesar 59,7 juta poundsterling (Rp 1,15 triliun). Pemain berdarah Argentina itu menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Sejauh ini, Di Maria tampil cukup baik bagi Setan Merah. Dari 14 pertandingan, pemain berusia 26 tahun itu sudah membukukan empat gol. Namun, kinerja Di Maria selama ini dinilai kurang maksimal oleh van Gaal.

"Di Maria harus beradaptasi dengan ritme sepak bola Inggris. Saat ini, dia masih kurang cepat. Dia harus mengatasi perbedaan gaya main di Inggris. Dia bisa melakukannya, saya yakin itu," ungkap van Gaal dilansir situs resmi klub.

Secara keseluruhan, van Gaal juga masih kurang puas dengan sumbangsih skuat Setan Merah. Pelatih berdarah Belanda itu berharap para pemain cadangan bisa meningkatkan permainan mereka hingga selevel dengan para pemain utama.

"Permainan Anda selalu bisa meningkat. Setiap tim harus berbenah. Itulah alasan mengapa kita selalu melakukan latihan. Saya sejauh ini cukup puas dengan penampilan tim. Tetapi, selalu ada aspek yang bisa kami terus tingkatkan," demikian van Gaal.

Baca Juga

Bintang MU Seks Kilat di Toilet Klub Malam

Ternyata, David Beckham Gemar Nonton Film Porno

Mike Tyson Petinju Terhebat Dunia 'Dipukul KO' Wanita & Seks

Pengamat: Banjir Jakarta Salah Ahok Bukan PLN

Posted: 10 Feb 2015 09:05 PM PST

Direktur Eksekutif Institute for Essential Service Reform (IESR) Fabby Tumiwa menyayangkan sikap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahokyang menyalahkan PLN terkait pemadaman listrik Pluit yang menyebabkan pompa pengendali banjir tidak berfungsi.

Menurut Fabby, keputusan yang diambil PLN untuk mematikan jaringan listrik ke daerah  yang terkena banjir sudah sesuai prosedur. Pasalnya, genangan air yang tersentuh aliran listrik berpotensi membahayakan keselamatan manusia.

"Listrik itu berbahaya kalau sebuah kawasan terkena banjir nyala bisa kena korban jiwa, orang bisa kesetrum," katanya saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (11/2/2015)

Dia menuturkan, jika Ahok menganggap pompa air di Waduk Pluit dianggap penting dan harus nyala terus, seharusnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menyediakan genset.

"Harus ada backup generator di sana," tuturnya.

Hal itu diperlukan agar jika ada kondisi kritis yang menyebabkan pasokan listrik terganggu tanpa PLN padamkan, pompa air tersebut bisa tetap menyala.

"Kan mati lampu tidak melulu karena PLN matikan, tapi bisa mati mendadak karena ada gangguan. Genset dibutuhkan sehingga jika ada kondisi kritis, genset itu bisa beri pasokan listrik untuk menyalakan itu," tuturnya.

Berdasarkan informasi, pemprov DKI sebenarnya sudah menyiapkan genset tapi sayangnya hanya sanggup melistriki untuk dua pompa dari 12 pompa yang ada di sana. Ini menunjukkan kelemahan karena tidak ada standar pengamanan pasokan listrik buat obyek vital seperti pompa pengendali banjir.

"Ahok salahkan orang lain, padahal itu kesalahan dari Pemprov DKI. Punya 12 pompa tapi cuma dua yang bisa dilistriki pakai genset. PLN memang bertugas mengaliri listrik, tapi pada kondisi darurat PLN harus melakukan pemadaman karena pelanggan PLN bukan cuma Waduk Pluit, tapi masyarakat luas," terangnya.

Untuk itu, Fabby menyarankan agar kasus ini menjadi bahan evaluasi bagi Ahok dan Pemprov DKI. Sejak dulu banjir adalah bencana yang rutin terjadi di Jakarta, untuk itu Pemprov harusnya melakukan persiapan yang lebih matang agar kondisi seperti ini tidak terulang kembali.

"Harusnya ini sudah dipersiapkan sejak lama," pesan Fabby.

Sebelumnya, Ahok geram pada PLN karena keputusannya memutus pompa air di Waduk Pluit sehingga membuat Kompleks Istana dan sejumlah wilayah Jakarta terendam banjir. Bahkan Ahok telah melaporkan masalah ini ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).(Ndw)

Lukisan dari Cahaya Ini Bikin Jalanan Jadi Cantik

Posted: 10 Feb 2015 09:03 PM PST

Bosan dengan pemandangan jalanan yang itu-itu saja membuat seorang street fotografer asal Prancis, Philippe Echaroux berkreasi membuat karya seni unik.

Proyek unik yang dinamakannya 'Lukisan dari Cahaya' ini membuat heboh kota kelahirannya, Marseille sejak Maret tahun lalu dan masih berlangsung hingga sekarang. Dua minggu sejak Echaorux meluncurkan karya seninya itu, proyek unik ini telah menjadi bahan pembicaraan di 44 negara.

light-painting-street-art-philippe-echaroux-3

Dilansir melalui BoredPanda, Rabu (11/2/2015), Philippe tidak memerlukan cat semprot, ataupun jejak untuk menciptakan karya seninya itu. Ia bermain dengan alat favoritnya: cahaya. Dengan permainan cahaya, ia menciptakan lukisan yang diproyeksikan ke jalanan. Membuat para pengendara jalanan di Prancis menjadi terhibur dengan adanya karya seni unik ini. (Liz)

light-painting-street-art-philippe-echaroux-1

Murahnya Harga Minyak Tak Mampu Dongkrak Ekonomi Global Tumbuh

Posted: 10 Feb 2015 09:00 PM PST

Periode harga minyak murah diperkirakan terus berlangsung sepanjang 2015. Meski harga minyak murah, tapi menurut perusahaan pemeringkat global Moody's Investor Service, kondisi itu diprediksi tak akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kebanyakan negara di dunia.

"Harga minyak murah, yang kami prediksi bertaham lama, seharusnya memberikan dorongan pada pertumbuhan global. Tapi bagi negara-negara G-20, kami melihat pertumbuhan domestik bruto (PDB) hanya akan berada di kisaran 3 persen tiap tahun pada 2015 dan 2016," ungkap Senior Vice-President of Credit Policy di Moody's seperti dikutip dari CNBC, Rabu (11/2/2015).

Diron menjelaskan, artinya pertumbuhan negara-negara G-20 tak akan berubah dari 2014 dan dari Global Macro Outlook pada November 2014.

Proyeksi pertumbuhan global Moody's mengacu pada asumsi bahwa harga minyak mentah jenis Brent berada di level US$ 55 per barel pada 2015 di sekitar harga aslinya.

Laporan tersebut menyimpulkan, Amerika Serikat dan India merupakan dua di antara negara-negara yang menerima untung dari harga minyak murah. Pasalnya, perusahaan-perusahaan dan sejumlah konsumen menghabiskan sebagian keuntungan pendapatan riilnya yang diperoleh dari harga minyak murah.

"Kami memprediksi ekonomi AS akan tumbuh 3,2 persen pada 2015 dan 2,8 persen pada 2015. Untuk India, tingginya inflasi merupakan salah satu penghambat pertumbuhan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir di mana harga minyak akan menurun," terang Diron.

Kondisi tersebut akan memberikan pengaruh positif pada harga minyak. Dia memprediksi pertumbuhan ekonomi India dapat berada di kisaran hampir 7 persen pada 2016, naik dari lima persen tahun lalu.

Sementara bagi negara-negara eksportir minyak seperti Arab Saudi dan Rusia, Moody's mengatakan, rendahnya harga minyak akan terus menekan pertumbuhan ekonomi. Kondisi itu diperparah dengan resesi yang terjadi di Rusia yang diprediksi berlanjut hingga 2017.

Untuk importir seperti China, pajak energi yang lebih tinggi dan harga minyak yang dikendalikan pemerintah akan menekan dampak positif dari harga minyak murah. (Sis/Nrm)

Lihat Meme Kocak Sam Smith Ini

Posted: 10 Feb 2015 09:00 PM PST

Setelah Rihanna dan Iggy Azzalea, kini giliran Sam Smith yang tak luput dijadikan meme di dunia maya. Keberhasilannya memborong empat Grammy Awards memang menyedot perhatian dunia, tak terkecuali publik Tanah Air. Tak ayal, foto dirinya yang banyak tersebar di dunia maya pun menjadi objek keisengan orang-orang.

Lihat saja sejumlah meme kocak dibawah ini yang memplesetkan nama Sam Smith menjadi bermacam-macam kata. Dari sampoa, sam urat, sam poan, sam sat, sam an, samawa, hingga menjadi lirik lagu hits milik Shakira Waka Waka.

Gambar meme memang menjadi sebuah tren beberapa tahun belakangan. Hampir semua public figure tak luput menjadi `korban`. Mulai dari artis, olahragawan, bahkan politikus sekalipun.

Meme memang dibuat karena iseng semata, namun, biasanya yang menjadi `korban` meme adalah mereka yang cukup banyak menyedot perhatian publik entah dari ulahnya, gaya busana, gaya rambut, ataupun prestasinya seperti yang dialami Sam Smith kali ini.

Bagaimana menurut Anda meme-meme dari pemilik lagu hits Stay With Me di atas, Kocak bukan?(Gul/Mer)

 

 

 

Internet Rambah Pelosok, Pemerintah Wajib Edukasi Masyarakat

Posted: 10 Feb 2015 08:57 PM PST

‎Pemerintah berencana membangun internet ke desa-desa dan sekolah serta meningkatkan infrastruktur komunikasi ke kawasan Indonesia Timur. Hal ini mendapat perhatian khusus dari kalangan pegiat dunia teknologi. 

Aktivis teknolog Indonesia merasa khawatir akan resiko besar yang mungkin terjadi sebagai dampak hadirnya internet ke pelosok Tanah Air. Mereka pun kemudian meminta pemerintah melakukan edukasi ke masyarakat agar penggunaan internet bisa lebih optimal nantinya. 

"Edukasi kepada masyarakat soal teknologi khususnya internet itu sangat perlu dilakukan. Edukasi ini diberikan kepada anak maupun orangtua agar penggunaan internet tidak memberikan dampak negatif yang besar bagi masyarakat," ungkap Indriyatno Banyumurtu, Relawan TIK.

Ia memaparkan kebutuhan memberikan edukasi kepada orangtua dan anak perlu dilakukan melalui kerjasama para pemangku kepentingan seperti pemerintah, pelaku industri, organisasi masyarakat sipil maupun komunitas penggiat TIK. 

"Kita harus bersama-sama mendorong masyarakat agar lebih melek teknologi digital dan melek informasi supaya mampu memakainya untuk kebutuhan yang berdampak positif," tambah Indriyatno di kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Jakarta.

Lebih lanjut, ia memaparkan generasi muda kerapkali jadi korban atas tindakan kriminal yang dilakukan secara online. "Anak lebih rentan untuk jadi korban kalau edukasi kepada masyarakat soal teknologi tidak dilakukan," tambahnya.

Menurut data KPAI, sejak tahun 2011 jumlah anak korban pornografi dan kejahatan online telah mencapai 1.022 anak hingga tahun 2014. Secara rinci, anak korban pornografi online sebesar 28%, pornografi anak online 21%, prostitusi anak online 20%, obyek cd porno 15% dan anak korban kekerasan seksual online 11%.
 
Rekomendasi soal edukasi demi mengamankan generasi penerus bangsa ini diusulkan oleh beberapa lembaga antara lain, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), ICT Watch, ECPAT Indonesia, Google Indonesia, DNS Nawala, Relawan TIK dan GM FKPPI.
 
(den/dhi)

Agung Laksono Hadiri Sidang Mahkamah Golkar, Ical Belum Terlihat

Posted: 10 Feb 2015 08:50 PM PST

Sidang perdana Mahkamah Partai Golkar digelar di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat. Sidang itu untuk memutuskan siapa Ketua Umum sah partai beringin itu antara Agung Laksono dan Aburizal Bakrie.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (11/2/2015), Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Ancol Agung Laksono telah hadir sekitar pukul 11.00 WIB mengenakan jas kuning khas Golkar. Agung tampak didampingi Wakilnya, Yorrys Raweyai dan Priyo Budi Santoso.

Sementara, kubu Aburizal Bakrie belum terlihat. Mereka belum memastikan akan hadir pada sidang perdana Mahkamah Partai tersebut. Hal itu lantaran proses gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat masih berjalan.

"Bagi kami, Keputusan PN Jakarta Pusat yang menolak gugatan kubu Agung Laksono dkk sebenarnya cukup memberi sinyal bahwa legal standing atau kedudukan hukum kelompok penyelamat partai itu tidak jelas," ujar politisi Golkar Bambang Soesatyo melalui pesan singkatnya.

Bambang menilai penyelesaian kisruh internal Golkar melalui Mahkamah Partai sudah terlambat. Sebab, Mahkamah Partai sudah pernah mengeluarkan rekomendasi penyelesaian Golkar pada Desember 2014 lalu.

"Saya sendiri sudah bisa memprediksi, siapapun yang dikalahkan di Mahkamah Partai nanti, pasti akan menuding Mahkamah Partai tersebut tidak netral. Karena ketuanya adalah Prof Muladi yang mendukung Munas Bali. Jadi, pasti kusut lagi," tutur Bambang.

Sidang Mahkamah Partai Golkar digelar setelah gugatan kubu Agung Laksono ditolak Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. PN Jakpus mengembalikan masalah dualisme kepemimpinan ke internal partai.

Sebelumnya, ‎Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Akbar Tandjung berharap masalah internal partai berlambang beringin itu bisa selesai secepatnya di Mahkamah Partai. Bila terus berpolemik, akan menghambat mesin partai untuk memenangkan pilkada tahun ini. (Mut)

MPR dan Menteri Sarawak Bahas Pembangunan Jalur Internasional

Posted: 10 Feb 2015 08:50 PM PST

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang menerima kunjungan Menteri Pembangunan Infrastruktur dan Komunikasi Sarawak, Malaysia, Dato Seri Michael Manyin Anak Jawong.‎ Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan kedua negara.

"Isu perbatasan, beliau mau bertanya kira-kira bagaimana pembangunan itu selama 2 tahun," ujar Oesman usai bertemu Michael Manyin di ruang Delegasi Pimpinan MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Dalam pertemuan itu, keduanya juga membahas masalah 'jalur tikus' atau jalur ilegal di wilayah perbatasan kedua negara yakni di Entikong, Kalimantan Barat. Jalur tikus di perbatasan ini sering digunakan imigran gelap.

Menurut Oesman Sapta atau akrab disapa Oso, jalur darat di perbatasan harus segera dibangun dengan baik. Lantaran, ia menilai, tidak hanya Malaysia yang terganggu dengan keberadaan jalur ilegal itu, tapi juga Indonesia.

"Perbatasan harus segera dibangun agar jalur-jalur tikus itu tidak ada lagi, itu yang dimaksud oleh beliau. Beliau juga merasakan ada gangguan jalur-jalur tikus itu. Jadi kedua pihak merasa terganggu dengan keberadaan tikus-tikus itu," beber dia.

Untuk itu Oso menekankan, perlu penanganan khusus dalam menindaklanjuti imigran gelap. Misalnya dengan memberikan hukuman tegas kepada pelanggar perbatasan.

"Jadi kalau tikus ini diberi obat tikus maka bisa kembali ke negara asal dan dihukum di negara masing-masing," lanjut dia.

Oso menjelaskan, sesuai rencana jalur perbatasan akan dibangun pada tahun ini dan akan selesai pada 2016. "2016 sudah selesai, khusus di daerah perbatasan di Entikong, nanti ada juga pembangunan jalan tol dan beberapa pembangunan terkait Entikong itu sendiri," tandas Oso.

Jalur Tikus Jadi Jalur Internasional

Michael sendiri menyatakan, pihaknya telah menemukan 2 ribuan lebih jalur masuk ilegal bagi imigran gelap pada tahun lalu. Tapi saat ini jalur tikus sudah menurun sampai 7 ratusan. "Makanya ini kita bincangkan (dengan MPR RI)," kata Michael.

Dia berharap, dari sekian jalur tikus yang ada bisa diperbaiki dan dijadikan sebagai jalur masuk internasional. "Sekarang kita perbincangkan, apabila ini sudah diputuskan kita akan bisa menggunakan jalur ilegal menjadi jalur internasional. Karena ini akan menguntungkan dua kawasan di perbatasan (Indonesia dan Malasysia)," harap dia.

Terlebih, lanjut dia, Presiden Jokowi sudah mengumumkan target 2 tahun untuk membangun pelabuhan darat antara Entikong dan Sarawak. Sehingga, pelabuhan darat internasional juga bisa memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

"Jadi bukan hanya perjanjian dagang tapi juga pelabuhan darat internasional," tandas Michael. (Sun/Yus)

Selena Gomez Tunjukkan Foto Vulgar Di Atas Sofa

Posted: 10 Feb 2015 08:50 PM PST

Selena Gomez baru saja mengunggah foto vulgarnya. Entah apa maksud wanita yang kini dikabarkan dekat dengan DJ Zedd ini. Kali ini Selena Gomez duduk di atas sofa.

Seperti diwartakan Mirror, Selasa (10/2/2015) tidak terlalu jelas bawahan apa yang dikenakannya. Entah rok pendek, celana pendek, atau mungkin saja tidak mengenakan apapun.

Foto itu bernuansa hitam putih, Selena duduk di atas sofa dengan kaki yang disilangkan. Dengan begitu area pribadinya pun menjadi sesuatu yang riskan tampak di foto.

Tetapi Selena menutup bagian di antara kedua pahanya itu dengan tangan. Sementara wajahnya yang bertampang seduktif itu tetap memandang ke arah kamera. Ia sadar betul ketika fotonya diambil.

Foto itu menjadi trending topic di antara fans dan followernya. Sebanyak 838 ribu likes dibubuhkan di sana. Foto ini diduga menjadi tandingan foto Bieber yang beberapa hari lalu tengah bertelanjang dada di belakang rumahnya dengan boxers Calvin Klein.(Put/Feb)

2 Formasi Terbaik Persija Versi RD

Posted: 10 Feb 2015 08:48 PM PST

Pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan belum puas dengan penampilan anak didiknya di laga pramusim. Persija yang kini diperkuat banyak pemain bintang justru hanya mampu menang tipis meski yang dihadapi mereka hanyalah tim non unggulan seperti PSIS Semarang dan Persip Pekalongan.

Menghadapi PSIS di Stadion Jatidiri Semarang 7 Februari lalu, Persija hanya menang 1-0. Sementara di laga kontra Persip 10 Februari kemarin, Macan Kemayoran memetik kemenangan tipis 2-1.

Hasil tersebut tidak membuat RD, sapaan Rahmad Darmawan tersenyum lebar. Mantan pelatih Sriwijaya FC itu masih memiliki tugas berat sebelum digulirkannya Indonesia Super League (ISL) akhir Februari mendatang.

"Semua hal yang berkaitan dengan organisasi tim baik bertahanan dan menyerang itu yang akan kita perbaiki sekarang ini agar lebih disipilin. Tugas saya sekarang akan memperbaiki tim ini dengan sisa waktu 10 hari lagi di kompetisi sesungguhnya," ucap RD.

Soal formasi, pelatih yang juga pernah menangani Timnas Indonesia U-23 itu mengaku sudah menemukannya. Ia kini tinggal mematangkan kerja sama tim di tiap lini.

"Kita ada dua format yang sering dimatangkan sekarang yaitu 4-1-4-1 atau 4-2-3-1 dengan opsi 1 striker itu yang sering kita olah. Berbicara pemain inti, saya sudah menemukan frame tim sesungguhnya," jelas RD.

Baca Juga

Bintang MU Seks Kilat di Toilet Klub Malam

Ternyata, David Beckham Gemar Nonton Film Porno

Mike Tyson Petinju Terhebat Dunia 'Dipukul KO' Wanita & Seks

3 Pernyataan Ahok Tanggapi Banjir Jakarta

Posted: 10 Feb 2015 08:45 PM PST

Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin 9 Februari 2015 dini hari telah membuat sejumlah wilayah Jakarta terendam air. Ketinggian air berviariasi, mulai dari 10 cm hingga hampir 2 meter.

Kondisi ini mengundang perhatian serius dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Perasaan bingung pun ia rasakan tatkala jalur protokol yang menjadi objek vital negara juga terendam air hingga 50 cm.

Ahok mengaku dalam menanggulangi banjir di Jakarta tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu adanya kerja sama dengan semua elemen. Kendati begitu, Pemprov DKI telah melakukan sejumlah upaya dalam mengantisipasi banjir Ibukota.

Berikut 3 ungkapan Ahok dalam menanggapi banjir Jakarta.

Minta Maaf

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta maaf kepada seluruh warga ibukota. Sebab, banjir masih terjadi di sejumlah wilayah ketika hujan deras tanpa henti mengguyur Jakarta sejak Minggu hingga Senin 9 Februari kemarin. Pria yang karib disapa Ahok itu pun menyadari Pemprov DKI belum berhasil mengatasi banjir.

"Pertama, kita harus minta maaf kepada masyarakat bahwa fakta DKI belum bisa menyelesaikan banjir yang aliran kiri (barat) dan aliran kanan (timur)," kata Ahok di Balaikota Jakarta, Selasa 10 Februari 2015.

Ahok juga mengakui pihaknya belum bisa meyakinkan warga yang bermukim di bantaran waduk dan sungai untuk segera pindah. Akibatnya normalisasi sungai dan waduk hingga kini tak kunjung selesai secara total. Sama halnya dengan pembangunan sodetan.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menyebutkan Pemprov DKI selama ini sudah berusaha cukup keras, memang diakuinya belum mampu menyelesaikan masalah banjir di ibukota.

"Makanya kita minta maaf, kita sudah kerja keras. Bukan mengatakan lebih baik, tapi banyak daerah banjir yang sekarang cuma sebentar surut," ucap Ahok

Tantang Warga

Sejumlah warga mencibir Gubernur DKI Jakarta Ahok habis-habisan di media Sosial menyusul banjir yang merendam Jakarta. Menanggapi hal itu, Ahok malah menantang balik warga yang mencibirnya untuk menggantikan memimpin Jakarta. Menurut dia, penyelesaian masalah banjir di Jakarta bukanlah perkara mudah.

"Toh kalau mau bandingin, bandingin saja sama yang dulu sama dia sendiri kalau jadi gubernur. Kalau kamu memang lebih pintar, kamu calon gubernur 2017. Kalau saya nyalon lagi, tantang saya dengan program Anda. Kita lihat masyarakat lebih percaya omongan bual besar Anda atau saya. Santai saja, tapi saya akan tetap kerja keras," tegas Ahok di Balaikota Jakarta, Selasa 10 Februari 2015.

Ahok menjelaskan, mengatasi masalah banjir tidak hanya perlu usaha keras Pemprov DKI, tapi juga perlu kesadaran warga Ibukota untuk bekerja sama menjaga lingkungan dan memelihara fasilitas yang ada. Misalnya tidak membuang sampah di pintu air, ikut membersihkan saluran air, dan tidak bermukim di bantaran sungai atau waduk.

Sabotase

Hujan yang mengguyur Ibukota pada Senin 9 Februari 2015 dini hari telah membuat Istana Kepresidenan terkepung banjir. Semua akses di kawasan Istana mulai dari Jalan Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Selatan, hingga kawasan MH Thamrin terendam banjir dengan ketinggian mencapai 50 centimeter.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku bingung dengan kondisi ini. Menurut Ahok, tidak ada alasan Istana Negara atau pun Monas terendam banjir. Sebab, kondisi saluran air di sekitar wilayah itu sangat baik.

Menurut Ahok, saluran air di Pluit dan Manggarai sangat rendah. Masjid Istiqlal juga seharusnya selalu dalam posisi rendah. Kalau pun mulai tinggi air bisa dialihkan ke Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk yang posisi airnya juga rendah.

"Tadi saya terbangun jam 02.00 WIB karena hujan langsung cek CCTV, ternyata CCTV Istiqlal mati. Saya curiga terendam nih, pasti istana terendam. Saya nggak tahu sabotase atau sengaja, saya nggak berani menduga," ungkap Ahok. (Ali/Yus)

Kementerian ESDM Anggarkan Rp 27 Miliar Bikin Angkot Tenaga Surya

Posted: 10 Feb 2015 08:44 PM PST

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menganggarkan dana sebesar Rp 27 miliar untuk pengembangan program mobil tenaga surya untuk angkutan umum.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan, angkutan umum dengan menggunakan energi matahari tersebut rencananya berkapasitas 12 orang.

"Kurang lebih 20 sampai 25 unit mobil, anggarannya 27 miliar nanti ukuran 12 penumpang, ukuran travel Bandung- Ciamis," kata Rida, di Jakarta, Selasa (11/2/2015).

Ia mengungkapkan, mobil menggunakan sumber energi matahari tersebut seperti mobil listrik, ada batrai sebagai penampung energinya.

"Kami mulai di sana nyobain mobil listrik bukan pakai listrik ya, jadi batrai mobilnya tapi kalau ujung-ujungnya pakai listrik juga percuma, ini pakai surya," tuturnya.

Mobil tersebut nantinya akan diserahkan ke Pemerintah Daerah Sumba untuk dijadikan angkutan umum. Pemilihan Pulau Sumba karena wilayah tersebut sudah ditetapkan sebagai pulau yang identik dengan pengembangan energi baru terbarukan.

"Ini Sumba iconic island. Pulau itu memang dikembangkan untuk contoh pemanfaatan energi baru terbarukan secara optimum," lanjutnya.

Program tersebut sedang diajukan oleh Direktorat EBTKE Kementerian ESDM. Program tersebut akan masuk dalam Rencana Kerja Anggaran Kementerian Lembaga (RKA-KL) kementerian ESDM 2015 yang diusulkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015. (Pew/Gdn)

Jadi Saksi Korupsi ESDM, Jero Wacik Penuhi Panggilan KPK

Posted: 10 Feb 2015 08:42 PM PST

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan memeriksa mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik. Ia diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait kegiatan yang telah menjerat mantan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Waryono Karno.

"Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka WK (Waryono Karno)," ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha saat dikonfirmasi, Rabu (11/2/2015).

Jero memenuhi panggilan KPK. Dia tiba sekitar pukul 11.30 WIB. Ini merupakan penjadwalan ulang dari pemanggilan penyidik KPK yang seharusnya dilakukan pada Rabu pekan lalu. Lantaran, politisi Partai Demokrat tersebut tidak memenuhi panggilan saat itu dengan alasan sedang ada kegiatan lain.

Pada pemeriksaan ini diduga Jero Wacik akan ditelisik seputar dugaan penerimaan uang Waryono selama menjabat Sekjen Kementerian ESDM, termasuk dari mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

Sementara itu, pada perkara dugaan pemerasan di Kementerian ESDM, KPK juga menjadwalkan memeriksa 2 orang saksi. Mereka adalah, Sri Utami selaku Kepala Bidang Pemindahtanganan Penghapusan dan Pemanfaatan Barang Milik Negara Kementerian ESDM, Haris Darmawan selaku Teller Koordinator Bank Mandiri Cabang Wisma Nusantara. (Osc/Mut)

Yaya 'God Bless' : Saya Menyesal Pakai Narkoba

Posted: 10 Feb 2015 08:40 PM PST

Eks drummer God Bless, Yaya Moektio, menyatakan rasa penyesalannya karena telah menggunakan narkoba dan menyeretnya ke permasalahan hukum dengan kasus yang serius.

"Saya sangat menyesal menggunakan narkoba. Pasti, sudah pasti itu (menyesal dari hati terdalam)," ucap Yaya 'God Bless', saat ditemui di Polres Metro Jakarta Selatan, Selasa (10/2/2015) malam.

Dalam kesempatan itu, Yaya 'God Bless' juga membantah kalau dirinya merupakan pecandu narkoba dan kerap menggunakan barang haram tersebut disela-sela aktivitasnya bermusik.

"Saya bukan sering, pernah (memakai narkoba) iya. Saya nggak mau munafik, cuma kalau bicara kronologis terlalu panjang," papar Yaya 'God Bless'.

Pria berusia 57 tahun ini pun menjadikan penangkapannya terkait kasus narkoba sebagai hal pertama dan terakhir dalam hidupnya. "Intinya bahwa ini untuk yang terakhir dan ini pelajaran yang sangat berarti buat saya," tutup Yaya 'God Bless'.(Gie/Mer)

Tips Mengakali Skutik yang Mati Pasca Banjir-banjiran

Posted: 10 Feb 2015 08:39 PM PST

Intensitas hujan yang mengguyur Kota Jakarta membuat para pengendara khususnya pemotor was-was. Terlebih ketika mereka harus bermanuver menerabas genangan.

Meski banyak pengendara yang berhasil melampaui genangan, tak sedikit dari mereka yang bernasib apes dan motor pun mati.

Nah, untuk skutik apakah langkah-langkah ketika mesin mati setelah merebas banjir? Staff Services Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ridwan Arifin memberikan sedikit tips untuk mengakali skutik yang ngadat.

Pertama, Ridwan menyarankan bagi pengendara untuk mencari tempat yang bebas dari genangan. Kemudian, ia pun meminta agar sejumlah komponen pada skutik ikut diperiksa.

"Kalau kondisinya hidup (setelah menerabas banjir) langsung jalan nggak masalah. Tapi kalau mati harus diperiksa sejumlah komponen," papar Ridwan.

>>>Klik laman berikutnya

Jika skutik mati, menurut Ridwan, beberapa komponen seperti busi dan knalpot harus diperiksa. Bila keduanya basah dan terdapat kotoran segera bersihkan dan keringkan.

"Bila busi nggak masalah. Kalau bisa cek oli. Takutnya sudah kemasukan air," imbuh dia.

Lebih jauh, apabila jenis genangan yang dilalui bercampur lumpur, pria berkacamata itu pun menghimbau pemilik skutik untuk memeriksan CVT.

"Takutnya air masuk membuat karat dan periksa grad dari v-blet,roller dan filer udara. Cek basah atau enggak," papar Ridwan.

Meski cara tersebut bisa menjadi solusi motor yang mati pasca menerabas banjir, Ridwan menyarankan agar pengendara untuk menghindari banjir dan mencari jalur alternatif.

"Ketinggian air normal (30-40cm) untuk skutik intinya nggak masuk knalpot. Kalau setara knalpot sebisa mungkin jangan nutup gas supaya air tak terhisap," jelas dia.

(Gst/Igw)

Gunung Soputan Meletus, Warga Diminta Menjauh

Posted: 10 Feb 2015 08:39 PM PST

Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, kembali mengalami erupsi. Asap tebal berwarna putih kelabu membubung tinggi hingga mencapai 3.500 meter ke arah tenggara.

"Erupsi terjadi pada pukul 07.29 Wita," demikian pernyataan BPBD Provinsi Sulawesi Utara dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/2/2015).

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pihaknya mengimbau warga untuk tidak beraktifitas dalam radius 6,5 km dari Gunung Soputan.

"BPBD Provinsi Sulut dan BPBD Kabupaten mitra memonitoring serta mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tenang menghadapi jika dalam keadaan darurat," katanya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan pascaletusan pada Minggu 18 Januari 2015, aktivitas Gunung Soputan masih tinggi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dari data seismisitas terpantau 46 kali gempa vulkanik dalam, 21 gempa vulkanik dangkal, 53 kali gempa hembusan, 21 gempa guguran, dan tremor terus-menerus.

"Tingkat aktivitas kegempaan vulkanik Gunung Soputan masih tinggi," tegas Sutopo.

Namun, menurut dia, hingga kini belum perlu ada pengungsian karena permukiman terdekat berada di radius 8 kilometer. Masyarakat dapat tetap melaksanakan aktivitas secara normal. (Ali/Yus)

Saksikan Live Streaming MU vs Burnley di Liputan6.com

Posted: 10 Feb 2015 08:36 PM PST

Manchester United kembali berlaga di pertengahan pekan ini. The Red Devils akan berhadapan dengan Burnley di Old Trafford pada laga lanjutan Liga Premier.

Pertandingan MU vs Burnley akan digelar pukul 02.40 WIB. Liputan6.com akan menyiarkan langsung duel ini secara live streaming pada Kamis 12 Februari 2015 dinihari WIB.

Selain itu ada dua laga lagi yang akan disiarkan via live streaming yakni Chelsea kontra Everton dan Stoke City vs Manchester City.

Jadwal Live Streaming:

Chelsea vs Everton, Pukul 02.40 WIB (Klik di sini)
MU vs Burnley, Pukul 02.40 WIB (Klik di sini)
Stoke City vs Manchester City, Pukul 02.40 WIB (Klik di sini)

Bagaimana cara menonton tayangan Live Streaming Liputan6.com, ikuti tutorial berikut ini.

1. Kunjungi www.liputan6.com
2. Lihat promo streaming di halaman utama atau klik sub kanal Jadwal Live Streaming, pilih pertandingan yang Anda inginkan
3. Pastikan Anda memiliki account/login di liputan6.com. Jika belum terdaftar, anda dapat mendaftar terlebih dahulu
4. Pilih promo streaming yang ada
5. Masukan kode yang disediakan
6. Jika ingin lihat pertandingan lainnya, kembali ke halaman utama. Pilih pertandingan lain yang tersedia
7. Selamat menikmati tayangan kami.


Sambut Valentine, Myleene Klass Luncurkan Koleksi Pakaian Dalam

Posted: 10 Feb 2015 08:35 PM PST

Sambut hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari mendatang, penyanyi asal Inggris, Myleene Klass akan luncurkan pakaian dalam khusus wanita. Perempuan 36 tahun ini mengaku jika koleksi terbarunya ini memang terinspirasi dari hari kasih sayang. Untuk mengenalkan koleksi terbarunya ini, Myleene tak menggunakan jasa seorang model melainkan ia lah yang menjadi model dari pakaian dalam terbarunya.

Dilansir dari Daily Mail Rabu (11/2/2015) pakaian dalam milik Myleene didominasi dengan permainan bordir, tali yang seksi dan bahan-bahan lainnya. Dimana, pakaian dalam yang hadir dalam aneka varian warna ini merupakan desainnya sendiri.

"Seluruh desain pakaian dalam ini adalah buatanku. Aku ingin membuat para wanita merasa nyaman, percaya diri dan tetap terlihat modis serta seksi saat menggunakannya," tutur Myleene.

Pakaian dalam Myleene nantinya akan dipasarkan di Littelewood dimana website yang bergerak dibidang retail ini biasa bekerja sama dengan para selebriti hollywood seperti Coleen Rooney, Fearne Cotton dan Kimberley Walsh.

"Myleene Klass tahu benar pakaian dalam seperti apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh setiap wanita. Maka dai itulah kami menggandeng Myleene, " ujar Ben Cooper, Head of Consumer PR, Littlewoods.

Pakaian dalam Myleene hadir dalam tiga warna yaitu merah, hitam dan krim dengan ukuran 8-18, 32B-40E, yang dibanderol dengan harga mulai dari £ 13 - £ 35. (Cyn/Ars)

5 Kisah Cinta paling Mengharukan di Era Modern

Posted: 10 Feb 2015 08:33 PM PST

Sebentar lagi Valentine’s day. Sebelum hari Valentine tiba, saya ingin membagi kisah cinta yang sama sekali tidak terkenal tapi sangat menyentuh hati. Kalau kisah-kisah cinta semacam Romeo dan Juliet, Shah Jahan dan Mumtaz Mahal, Cleopatra dan Marc Anthony dan lain-lain sepertinya sudah banyak yang tahu, tapi meskipun kisah-kisah cinta berikut ini tidaklah terkenal, saya yakin banyak inspirasi hidup yang bisa diambil, terutama tentang kesetiaan dan pengorbanan.

Dengan begitu banyaknya kasus hubungan percintaan para artis dan selebritis yang pendek, riuh dan tidak tahan lama, tidak seperti yang ditampilkan di film-film dimana cinta kasih digambarkan begitu tinggi dan agung, namun hal itu jangan membuat kita hilang kepercayaan akan kesucian cinta. Berikut daftar 5 kisah cinta paling mengharukan.

Selengkapnya

Pengirim:

Twitter: @KeranjinganInfo

Mengeluh, Bermanfaat atau Bermudarat?

Posted: 10 Feb 2015 08:30 PM PST

Bos yang menyebalkan, pekerjaan yang tidak ada hentinya, pasangan yang tidak mengerti, jalanan macet, banjir yang mendera dan banyak hal lainnya picu kita untuk mengeluh. Ada yang mengatakan bahwa mengeluh itu kebiasaan yang buruk, tapi sebuah penelitian di Clemson University menyatakan hal berbeda.

Menurut peneliti, mengeluh bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan mental. Hal ini terlihat dari dari penelitian terhadap 410 partisipan yang merasakan kesadaran, kebahagian, serta keluhan terhadap sesuatu. Didapatkan fakta bahwa usai mengeluh merasa jauh lebih bahagia dibandingkan yang tidak mengeluh.

"Kadang-kadang mengeluh bisa jadi cara untuk melepaskan emosi yang tidak diinginkan," terang psikologi Dr. Elizabeth Lombardo, Ph.D seperti dilansir Good Housekeeping pada Rabu (11/2/2015).

Mengeluh dianggap sebagai bentuk curahan hati karena kegagalan atau ketidaksukaan terhadap sesuatu.

Namun, mengeluh akan jadi mudarat alias tidak menguntungkan ketika fokus pada hal negatif, misalnya melulu menyalahkan orang lain terhadap suatu hal. "Jika keluhan seperti ini malah menyebabkan timbulnya pikiran pesimis, suasana hati buruk, hubungan yang makin buruk," tambah Lombardo.

Dara 2NE1 Ingin Rayakan Hari Valentine Bersama Penggemar

Posted: 10 Feb 2015 08:30 PM PST

Hari kasih sayang hanya tinggal menghitung hari. Biasanya, pada Hari Valentine yang jatuh 14 Februari dirayakan dengan orang-orang yang dikasihi. Hal itu juga akan dilakukan oleh Sandara Park atau yang dikenal dengan Dara .

Personel 2NE1 itu ingin merayakan hari kasih sayang dengan penggemarnya di Filipina. Dara akan tampil dalam variety show ternama di negara itu yaitu Showtime. Melalui akun media sosial miliknya, Dara mengumumkan rencana tersebut.

"Hai, semua! Mari kita bertemu dan bersenang-senang di hari kaish sayang dalam acara Showtime. Catat tanggalnya, 14 Februari 2015," tulis Sandara Park, dilansir dari Nate, Rabu (10/2/2015).

Sedikit bocoran, Dara akan mengobrol hingga menjawab pertanyaan dari penggemar di acara tersebut. Selain itu, Dara juga akan terlibat dalam sebuah permainan mengasyikan.



Selain tampil di variety show, Dara juga akan menggelar fan meeting di Filipina. Menurut jadwal, Dara akan bertemu penggemarnya di Travel Tour Expo 2015 yang berlangsung di SMX Convertion Center, Pasay city, 15 Februari 2015.

Dara memang memiliki banyak kenangan di Filipina. Ia cukup lama tinggal di Filipina. Dara memang lahir di Busan, Korea Selatan. Pada saat Dara berusia 10 tahun, ia dan keluarganya pindah ke Filipina.

Akal Bank Mandiri Tetap Dapat Modal Meski Ditolak PMN

Posted: 10 Feb 2015 08:30 PM PST

Dicoretnya Bank Mandiri dari daftar BUMN penerima Penyertaan Modal Negara (PMN) disayangkan bank plat merah tersebut.

Namun Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya akan mengupayakan cara lain untuk mendapatkan modal selain dari PMN.

"Kalau buat Mandiri apakah itu diberikan atau tidak, kami punya cara lain untuk memupuk modalnya. Misalya dengan mengurangi dividen pay out ratio, menjadi sekitar 20 persen. Biasa kita 30 persen," ujarnya di Jakarta, Hotel Shangri La, Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Menurut Budi, dengan pemotongan ini bisa menjadi alternatif pengganti PMN. Namun hal tersebut baru berupa gagasan dan belum disetujui oleh Kementerian BUMN.

"Kalau dividen pay out ratio-nya turun kan sudah dapat (ganti PMN). Kalau misalnya biasanya setor dividen Rp 20 triliun, kalau dikurangi 10 persen itu sudah dapat Rp 2 triliun. Kalau dikurangi 20 persen itu sudah Rp 4 triliun. Kalau 2 tahun itu saja sudah Rp 8 triliun. Tapi Belum ada persetujuan pengurangan dividen," jelasnya.

Meski demikian, Budi menyatakan bahwa pihaknya masih berharap untuk mendapatkan PMN tersebut guna menggenjot kinerja perseroan.

"Ini kan belum final juga. Dari Komisi VI dan Komisi XI, sampai ke Paripurna. Tapi kita ada jalan keluarnya, ada alternatifnya. (Kalau PMN dipangkas) Antam dipotong setengahnya, kita juga dari kalau dari Rp 5 triliun jadi Rp 2,5 triliun. Rp 2,5 triliun kan tanggung. Tapi kita ada alternatif kalau PMN dipangkas," tandas dia. (Dny/Nrm)

Jakarta Kebanjiran, Ahok Jadikan PLN Kambing Hitam

Posted: 10 Feb 2015 08:29 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok geram pada PLN karena keputusannya memutus pompa air di Waduk Pluit sehingga membuat Kompleks Istana dan sejumlah wilayah Jakarta terendam banjir. Bahkan Ahok telah melaporkan masalah ini ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Institute for Essential Service Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengaku tidak setuju dengan sikap Ahok yang menyalahkan PLN terkait pemadaman listrik Pluit yang menyebabkan pompa pengendali banjir tidak berfungsi.

"Menurut saya, dalam kasus ini Pak Ahok hanya jadikan PLN kambing hitam," jelas Fabby saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (11/2/2015)

Fabby  menyatakan keputusan PLN untuk mematikan jaringan listrik ke daerah  yang terkena banjir sudah sesuai standar. Pasalnya, genangan air yang tersentuh aliran listrik berpotensi membahayakan keselamatan manusia.

"Listrik itu berbahaya kalau sebuah kawasan terkena banjir nyala bisa kena korban jiwa, orang bisa kesetrum," katanya.

Dia menuturkan, jika Ahok menganggap pompa air di Waduk Pluit dianggap penting dan harus nyala terus, seharusnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menyediakan genset.

"Harus ada backup generator di sana," tuturnya.

Manajer Bidang Komunikasi Hukum dan Administrasi PLN Disjaya Koesdianto sebelumnya menjelaskan, keputusan perseroan untuk memutus aliran listrik tersebut karena jika tidak dipadamkan akan membahayakan warga.

Pasalnya, penyulang Cakalang yang memasok aliran listrik untuk wilayah Pluit, juga memasok listrik ke  wilayah Muara Baru dan sekitarnya. Sementara, banyak gardu distribusi yang terendam banjir di Muara Baru sehingga listrik harus dipadamkan agar warga tidak tersengat listrik.


PLN menyadari pompa air Waduk Pluit juga aset penting yang tidak boleh mati. Untuk itu, PLN telah melakukan manuver tau perubahan pasokan dengan mengisolasi jaringan yang memasok gardu yang terendam. Pada pukul 13.15 WIB pasokan gardu ke pompa Pluit berhasil dinyalakan. (Ndw)

 

 

Pelaku Seks Menyimpang Teror Ibu Hamil di Gorontalo

Posted: 10 Feb 2015 08:23 PM PST

Masyarakat Gorontalo geger. Penyebabnya, seorang pelaku seks menyimpang berkeliaran di daerah itu. Korbannya, ibu-ibu hamil.

Kasus ini menjadi perbincangan dan sekaligus meresahkan masyarakat setelah Dinas Kesehatan Kota Gorontalo mendapat laporan dari ibu-ibu hamil bahwa seorang pria telah melakukan tindakan asusila terhadap mereka.

Berdasarkan cerita korban, pelaku datang ke rumah dan mengaku sebagai petugas kesehatan yang akan memeriksa kondisi kandungan korban. Setelah diterima, pelaku langsung melakukan tindakan asusila dengan menyentuh bagian vital tubuh korban.

Kabid Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Gorontalo Olan Jusuf, yang ditemui Liputan6.com mengatakan, total 3 korban yang melaporkan kejadian tersebut. Bahkan parahnya lagi, 1 dari 3 korban harus kehilangan anak yang dikandungnya lantaran meninggal di dalam kandungan.

"Tindak lanjutnya, kami sudah kirim surat peraturan bagi pelayan kesehatan yang akan turun," ujar Olan Jusuf, Rabu (11/2/2015). Olan menduga, pelaku  memiliki kelainan seksual mengingat korbannya adalah ibu hamil.

"Kemarin sudah dilaporkan ke polisi, tapi kita juga sama masyarakat untuk tidak mudah percaya dan selalu meminta surat tugas jika menemukan ada pelayan kesehatan yang datang," pungkas Olan. (Sun/Yus)

Sibuknya Petugas Bersihkan Sampah di Pintu Air Manggarai

Posted: 10 Feb 2015 08:22 PM PST

Sampah selalu menjadi masalah bagi ibukota. Volumenya yang tak pernah berkurang tak kunjung menyelesaikan permasalahannya. Parahnya lagi, banyak warga yang justru membuang sampah di sungai dan kali.

Hal itu pula yang disinyalir menjadi penyebab terjadinya banjir.

Lokasi yang biasa menjadi tempat menumpuknya sampah adalah Pintu Air Manggarai. Padahal lokasi tersebut sebagai penentu ketinggian air di pemukiman sekitarnya. Sebut saja Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (11/2/2015), sejak pagi petugas dari Dinas Kebersihan terus berusaha mengangkat sampah dari Pintu Air Manggarai. Satu unit eskavator sudah sibuk mengangkat material sampah yang besar seperti kayu, ranting, hingga batang pohon.


Meski eskavator sudah berpindah dari sisi selatan ke Utara pintu air, sampah tidak juga berkurang. Terhitung sudah 4 truk besar yang mengangkut sampah dalam waktu kurang dari satu jam.

Ini belum termasuk belasan petugas yang turun hingga ke mulut pintu air. Dari 3 pintu air yang dibuka, hanya satu pintu air yang masih menyisakan tumpukan sampah. Petugas berusaha mendorong sampah agar tidak tersangkut di pintu air. Sehingga air dapat mengalir dengan lancar.

Pekerjaan ini bukan tanpa risiko. Mereka hanya bermodal pelampung, dan sesekali berpegang ke besi pintu air. Sebuah tongkat kayu dan balok menjadi alat untuk mendorong sampah. Alas untuk berpijak, tak lain sampah itu sendiri.

Selain harus mengetahui kepadatan sampah untuk berpijak, mereka juga harus memperhitungkan derasnya air kali Ciliwung yang mengalir ke pintu air. Pekerjaan yang dilakukan eskavator juga kerap membuat arus tiba-tiba menjadi deras.

Mereka pun tampak kelabakan saat air tiba-tiba bergelombang dan menghantam tumpukan sampah tempat mereka berpijak. "Awas woy arus woy... Awas!" Teriak para pekerja yang berada di bawah pintu air tersebut.

Melihat gelombang itu, 2 petugas tampak kocar kacir menyelamatkan diri. 2 Pria yang itu langsung melempar balok kayu yang dipegangnya dan berusaha meraih pegangan terdekat. Beberapa rekan lainnya juga berusaha meraih tangan 2 pria ini. Beruntung keduanya bisa dipegang dan melanjutkan pekerjaan. (Tnt/Yus)

Dikepung Banjir, Telkom Jamin Pelayanan Komunikasi Jakarta Aman

Posted: 10 Feb 2015 08:22 PM PST

Curah hujan tinggi beberapa hari terakhir membuat sebagian wilayah di Jakarta dan sekitarnya terendam banjir. Meski demikian, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) memastikan layanan komunikasi yang disediakannya beserta anak usahanya tetap berjalan optimal.

Pernyataan keamanan kualitas layanan itu diungkapkan langsung oleh Arif Prabowo selaku Vice President Corporate Communication Telkom. Ia mengatakan sistem, perangkat, dan jaringan telekomunikasi yang disediakan Telkom Group, baik layanan voice maupun data internet tidak mengalami gangguan sedikit pun.

"Saat ini kami telah melakukan identifikasi terhadap perangkat kami khususnya yang berada di daerah rawan bencana agar tetap berfungsi secara optimal. Beberapa tempat perangkat tersebut telah kami tinggikan untuk menghindari tingginya banjir dikarenakan curah hujan yang begitu tinggi,” ujar Arif dalam keterangan resmi yang diterima Tim Tekno Liputan6.com, Rabu (11/2/2015).

Arief pun menyatakan, perusahaannya sudah menyediakan mobile genset untuk menopang fasilitas telekomunikasi intansi penting seperti kantor gubernur dan kepolisian berjalan normal seperti biasanya. Di titik-titik penting, Telkomsel menyiapkan 6 posko monitoring siaga banjir, yakni di Gedung TTC Buaran, Gedung TTC BSD, Gedung TTC TB Simatupang, TTC Meruya, Serang dan Karawang.

Tak hanya Telkom, anak usahanya di layanan seluler yakni Telkomsel pun ikut memastikan jaringannya tidak mengalami masalah akibat banjir. Sekitar 240 titik Base Tranceiver Station (BTS) Telkomsel diidentifikasi berpotensi gangguan dan terendam banjir, maka pihaknya menyediakan 123 unit genset portabel dan mobile untuk memasok persediaan listrik saat terjadi banjir.

Arif juga mengklaim pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk merevitalisasi perangkat yang terkena dampak banjir. Seperti halnya pada hari ini dari total 5.104 perangkat di Jabodetabek, 149 MSAN mengalami gangguan atau mati, sejak banjir melanda Jakarta dikarenakan matinya catuan listrik.

Disampaikannya, upaya penggunaan genset portable dan catuan listrik yang sudah kembali normal di beberapa titik, sampai dengan sore ini sudah berkurang menjadi 83 titik MSAN. Begitupun dengan BTS Telkomsel, dari total 11.658 BTS, 146 BTS yang mengalami gangguan sejak kemaren, sampai Selasa sore sudah berkurang menjadi 123 BTS.


(den/dhi)

Anang Hermansyah Banyak Belajar dari Rinto Harahap

Posted: 10 Feb 2015 08:20 PM PST

Jasa Rinto Harahap bagi perkembangan musik Tanah Air memang tak perlu diragukan lagi. Pentolan band The Mercys itu sudah banyak menciptakan hits. Tak hanya itu, beberapa penyanyi seperti Betharia Sonata dan Nia Daniati pun dibesarkan melalui lagu ciptaan Rinto Harahap.

Musisi sekaligus anggota DPR RI, Anang Hermansyah merasakan hal serupa. Diakui Anang, dirinya belajar banyak hal dari Rinto tentang musik.

"Om Rinto itu salah salah legenda industri musik Indonesia. Dia yang mengajarkan aku bagaimana jadi seniman di industri musik. Kami sering diskusi di studionya pada 1990-an," kata Anang Hermansyah di rumah duka, Jalan Bango, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Selasa (10/2/2014) malam.

Kenangan bersama Rinto Harahap yang paling diingat Anang, ketika terjadi kerusuhan 1998. Tragedi yang mendera kestabilitasan negara itu, justru dijadikan pecutan oleh Rinto untuk memajukan industri musik Indonesia.

"Kalau yang paling berkesan itu pernah peristiwa black Oktober 1998. Dia lah yang berpikiran luas agar teman-teman seniman bersatu guna memajukan industri musik. Itu luar biasa sekali, beliau sangat peduli pada perkembangan industri dan memikirkan nasib seniman," terang suami Ashanty itu.

"Karya-karyanya sangat Indonesia dan mewarnai musik pop Indonesia. Beliau selalu berpesan bagaimana nasib industri musik Indonesia dan seniman bisa mendapatkan hal yang layak," sambung Anang Hermansyah.

Seperti diketahui, Rinto Harahap meninggal di RS Mouth Elizabeth, Singapura, Senin (9/2/2015) pukul 22.15 waktu setempat. Beberapa tahun terakhir Rinto berjuang melawan penyakit kanker sumsum tulang belakang, dan menghembuskan napas terakhir karena infeksi paru-paru.

Pemilik karya the Masterpieces of Rinto Harahap itu wafat di usia 65 tahun. Rencananya pemakaman Rinto Harahap baru akan dilaksanakan hari ini di TPU Kampung Kandang. (Ras/Mer)

Jokowi: Saya Biasa Ditekan-tekan

Posted: 10 Feb 2015 08:16 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku telah terbiasa dengan tekanan dari berbagai pihak terkait kebijakan-kebijakan yang dipilihnya. Salah satunya terkait keputusan menolak grasi atau pengampunan terhadap terpidana mati kasus narkotika.

"Grasi yang masuk ke meja saya ada 64. Saya tandatangani semua tapi ditolak. Tapi yang memutuskan hukuman mati bukan bukan presiden. Presiden hanya tidak mengampuni," ungkap Jokowi saat menutup Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VI di Hotel Ina Garuda, Yogyakarta, Rabu (11/2/2015).

Ia menjelaskan, alasan hukuman mati dilakukan karena hukum positif di Indonesia itu masih memberlakukan. Selain itu, sebanyak 18 ribu jiwa dalam setahun meninggal karena narkoba.

"Jadi kita tidak bisa terus-teruskan walaupun tekanan desakan dari luar sangat banyak sekali. Karena saya biasa ditekan-tekan, saya anggap ya biasa," tegas Jokowi.

"Bisa dibayangkan, sudah dihukum mati, sudah dipenjara, masih mengendalikan bisnis narkobanya dari dalam," imbuh Jokowi.

Presiden Jokowi menutup Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VI di Hotel Ina Garuda, Yogyakarta. Jokowi tiba di Ballroom Hotel Ina Garuda pukul 10.00 mengenakan batik hijau dan peci hitam. Dia langsung menyalami peserta kongres dari pintu masuk hingga sampai ke tempat duduk.

Jokowi hadir di KUII ditemani Mensesneg Pratikno, Ketua MUI Din Syamsudin, Gubernur DIY Sultan HB X. Tampak hadir juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan. (Mut)

Rupiah Kembali Melemah ke Level 12.700 per Dolar AS

Posted: 10 Feb 2015 08:16 PM PST

Rupiah kembali bergerak melemah setelah data tenaga kerja Amerika Serikat (AS) membaik dan mendorong penguatan dolar AS. Rupiah hari ini tercatat kembali menyentuh level 12.700 per dolar AS.

Data valuta asing Bloomberg, Rabu (11/2/2015) menunjukkan nilai tukar rupiah melemah 0,18 persen ke level 12.693 per dolar AS. Sebelumnya, nilai tukar rupiah bahkan tercatat dibuka di kisaran 12.702 per dolar AS.

Meski tak menunjukkan pelemahan yang signifikan, nilai tukar rupiah tercatat kembali ke level 12.700 dan berkutat di kisaran 12.692 per dolar AS hingga 12.733 per dolar AS.

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia mencatat nilai tukar rupiah melemah ke level 12.700 per dolar AS. Padahal pada perdagangan sebelumnya nilai tukar rupiah sempat menguat di level 12.644 per dolar AS.

Angka tenaga kerja AS yang membaik berhasil mendorong dolar menguat setelah belakangan ini sempat melemah karena ditimpa penguatan Euro. Kondisi itu membuat nilai tukar rupiah tertekan di tengah penguatan mata uang Asia.

"Selain faktor global, investor juga tengah menunggu pengesahan RAPBN-P 2015 pekan ini, dan diperkirakan dapat memberikan sentimen positif pada pergerakan rupiah," kata Ekonom PT Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta.

Dia juga memprediksi, saat ini perhatian investor juga beralih pada angka defisit transaksi berjalan yang akan diumumkan akhir pekan ini. (Sis/Gdn)

Vokalis Garbage Sebut Kanye West 'Idiot'

Posted: 10 Feb 2015 08:10 PM PST

Ulah Kanye West naik ke atas panggung seolah ingin merebut piala Beck Hansen ketika memenangkan Album of the Year pada Grammy Awards 2015 yang berlangsung Sabtu (8/2/2015) di Los Angeles ternyata mengundang reaksi dari vokalis Garbage, Shirley Manson. Wanita berambut merah tersebut bahkan menyebut Kanye West dengan istilah 'twat', istilah slang di Inggris untuk menyebut kemaluan wanita, atau yang bisa diartikan 'idiot'.



Dalam sebuah wawancara, Kanye menyebut Beck tidak pantas menang Album of The Year. Kanye juga menyuruh Beck untuk 'menghormati seni'. Shirley pun berkomentar panjang melalui status Facebooknya.

"Kaulah yang sibuk tidak menghormati seni. Kau tidak menghormati bakat luar biasamu, dan yang paling penting adalah, kau tidak menghormati sang seniman, kerja keras, dan kau begitu kasarnya menyerang artis hebat dan rendah hati seperti BECK," penggalan tulisan Shirley Manson via akun facebook.com/shirleymanson, Selasa (10/2/2015).

"Dewasalah dan berhenti bikin ulah. Kau membuat dirimu terlihat idiot," tambah Shirley.

Tak hanya Shirley Manson, personel band heavy metal legendaris Kiss pun turut berkomentar tentang aksi Kanye tersebut. Via akun Facebook-nya, Paul Stanley meyayangkan Beck tidak menendang bokong Kanye ketika insiden tersebut terjadi.

"Beck harusnya menendang Kanye dan berkata, 'enyahlah'," tulis Paul Stanley via facebook.com/paulstanley.

Namun, bagaimana menurut Anda ulah Kanye West tersebut?

 

Stoke vs Manchester City: Tiga Poin Harga Mati

Posted: 10 Feb 2015 08:07 PM PST

Manchester City gagal memangkas jarak dengan pimpinan klasemen sementara Chelsea setelah hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Hull City, akhir pekan kemarin. Bahkan, The Citizens hampir kehilangan poin jika tak diselamatkan gol James Milner jelang akhir pertandingan.

Jarak City dengan Chelsea kini berbeda tujuh poin, karena skuat Jose Mourinho di laga lain menang tipis 2-1 melawan Aston Villa.

Kesempatan City mengejar ketinggalan kembali bakal menghadapi tantangan. Mereka akan menghadapi lawan berat saat bertandang ke Stadion Britannia, markas Stoke City, Kamis 12 Februari 2015.

Meski begitu City tetap harus optimistis segera bangkit untuk mengakhiri kemerosotan dan menutup catatan penampilan mereka yang tak kunjung membaik.

Tim asuhan Manuel Pellegrini ini hanya mencatat satu kali kemenangan di lima pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Gelandang, Jesus Navas, berharap City bisa menemukan kembali bentuk permainan terbaik mereka saat bertemu  Stoke.

"Stoke adalah tim yang sangat terorganisasi dengan baik dan sangat disiplin," kata Navas.

"Jika Anda tidak fokus dan bahkan sesaat kehilangan konsentrasi, mereka dapat menyakiti Anda - seperti yang mereka lakukan di Etihad."

City memang pernah dipermalukan Stoke dalam pertemuan terakhir mereka di Etihad, Agustus tahun lalu. Namun, secara keseluruhan City masih tetap unggul atas Stoke dengan tiga kali kemenangan dan sekali imbang.

Pellegrini sendiri mengaku kecewa dengan kinerja timnya akhir-akhir ini, terutama lini serangnya.

"Kami harus meningkatkan kualitas lini serang. Kami selalu kesulitan jika menghadapi tim yang menerapkan permainan bertahan total," ungkap Pellegrini.

"Mengejar tujuh poin tentunya lebih sulit ketimbang lima. Tapi, kita tak tahu apa yang bakal terjadi," imbuhnya.

Kondisi sebaliknya kini tengah dirasakan Stoke. Pasukan Mark Hughes ini, hanya kalah sekali dari sembilan pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Stoke juga berhasil mempertahankan rekor tidak terkalahkan menjadi empat laga setelah bermain seri 1-1 melawan Newcastle akhir pekan lalu.

Dan, Hughes pun sudah tak sabar menantikan pertemuan dengan City. Meski, dia sendiri mengakui laga kontra City bukan pertandingan mudah.

"Kita harus siap untuk mereka, tapi kami bermain sangat baik saat ini," kata Hughes.

Menyimak catatan penampilan The Potters -- julukan lain Stoke -- dalam beberapa laga terakhir, sepertinya City akan kesulitan membawa angka penuh. Imbang adalah hasil terbaik yang diperoleh Sergio Aguero dan kawan-kawan.http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/809138/original/089401700_1423579405-STOKE-CITY-vs-Manchester-city-1500210.jpg

Begini Cara Ford Bikin Cerdas Pengendara di Indonesia

Posted: 10 Feb 2015 08:07 PM PST

Ford Motor Indonesia (FMI) memperluas jangkauan program Driving Skills for Life (DSFL) untuk meningkatkan kesadaran berkendara aman dan cerdas.

"Kebutuhan untuk membantu meningkatkan kesadaran berkendara dengan aman dan pintar bahkan menjadi lebih penting seiring meningkatatnya jumlah pengemudi dan kendaraan di seluruh Indonesia," ujar Bagus Susanto, Managing Director PT FMI di Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Dijelaskan Bagus, program DSFL Fort turut didukung Asia Injury Prevention Foundation (AIPF), Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri), dan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

"Sesi DSFL membantu memberikan pengetahuan, kesadaran dan keterampilan bagi para peserta untuk berkendara lebih aman yang meningkatkan keselamatan semua orang di jalan," imbuh Bagus.

Adapun, pelatihan DSFL meliputi sesi teori dan praktek yang mencakup tips untuk mengantisipasi kondisi jalan, mencegah berkendara dengan kecepatan tinggi, cara merawat kendaraan untuk efisiensi BBM yang optimal, penggunaan sabuk keselamatan, menghindari gangguan konsentrasi saat berkendara, serta menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

"Kami sangat mendukung program Ford DSFL karena program ini sejalan dengan kampanye kami yaitu 'Bersatu, Keselamatan No.1'," ujar Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Condro Kirono.

Sejak program ini diluncurkan pada 2008 lalu, setidaknya hampir 9.500 pengemudi telah menjadi peserta dalam pelatihan DSFL.

Sementara, peserta DSFL berasal dari berbagai latar belakang, di antaranya karyawan, pegawai pemerintah, LSM, anggota komunitas mobil, hingga awak media.

"Dengan bekerja bahu membahu untuk menerapkan standar keselamatan lalu lintas dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang teknik keselamatan berkendara, kami berharap dapat mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia," tandas Condro.

(Ysp/Gst)

Pertamina Telah Selesai Bangun 7 SPBG Bergerak

Posted: 10 Feb 2015 08:06 PM PST

PT Pertamina (Persero) telah menyelesaikan proses pembangunan tujuh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas(SPBG) bergerak atau Mobile Refueling Unit (MRU). SPBG ini akan menggunakan compressed natural gas (CNG).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir mengatakan, pembangunan MRU ini merupakan bagian dari penugasan pemerintah untuk pelaksanaan program konversi BBM ke BBG bagi transportasi jalan.

Ketujuh MRU tersebut adalah kelanjutan dari program yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014. Pertamina, sebagai badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi nasional, telah ditunjuk oleh pemerintah untuk mengelola dana APBN dan menyediakan infrastruktur BBG CNG, yang terdiri dari SPBG, MRU dan jaringan pipa gas.

“Pendanaan untuk pembangunan ketujuh MRU tersebut sepenuhnya bersumber dari APBN 2014. Sebagai bentuk komitmen kuat untuk percepatan program konversi BBM ke BBG," kata Ali di Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Menurut Ali, Pertamina telah sukses menuntaskan proses pembangunan MRU ini dalam jangka waktu yang singkat, kurang dari tiga bulan.

Selanjutnya, MRU tersebut akan dikelola oleh Pertamina melalui PT Pertamina Gas Niaga. MRU selanjutnya akan ditempatkan di tujuh titik lokasi strategis yang terintegrasi dengan jalur-jalur angkutan umum dan tidak terjangkau oleh infrastruktur gas.

“Pertamina telah menempatkan tiga unit MRU di Mother Station Cibubur  untuk pengisian CNG sebelum beroperasi melayani kebutuhan masyarakat akan CNG yang dipasarkan dengan merek dagang Pertamina Envogas,” ungkapnya.

Adapun, masing-masing unit MRU memiliki ukuran 20 ft dengan kapasitas storage sekitar 1800 Lsp. Masing-masing MRU terdiri dari satu unit storage dan satu kompresor untuk pengisian CNG ke kendaraan konsumen. (Pew/Gdn)

Banjir Jakarta, Mahasiswa Beri Bantuan Pengungsi

Posted: 10 Feb 2015 08:05 PM PST

Hujan lebat mengguyur Jakarta sejak Minggu malam (8/2/2015) hingga Rabu (11/2/2015) pagi ini membuat sebagian besar wilayah Jakarta banjir.

Terutama wilayah langganan banjir Kampung Pulo Jatinegara Jakarta Timur yang merupakan wilayah muara kali Ciliwung, terutama  di wilayah RW 02 dan RW 03 Kelurahan Kampung Melayu (Kampung Pulo) Jatinegara Jakarta Timur.

Ketinggian air di pemukiman Kampung Pulo sudah sampai seleher orang dewasa atau sekitar 1,5 meter, sehingga warga sudah mengungsi di beberapa tempat termasuk di kantor Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Timur di Jln Jatinegara Barat. Jumlah warga yang mengungsi  sebanyak 85 kepala keluarga atau 309 orang termasuk banyak balita, anak-anak, dan lanjut usia.

Melihat kondisi warga yang sedang membutuhkan bantuan kemanusian tersebut, maka Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PKC PMII) DKI Jakarta membuka posko bantuan korban banjir di kantor Sudinkes untuk menyalurkan makanan, obat-obatan dan pakaian anak-anak dan balita kepada para korban.

Menurut Ketua Umum PMII DKI Jakarta, mahasiswa Jakarta harus turut merasakan penderitaan yang dialami oleh para korban banjir di pengungsian dengan memberikan bantuan tenaga, pikiran, makanan dan kebutuhan lainnya sebagai bentuk nyata kepedulian sosial mahasiswa.

Adapun bantuan yang disalurkan oleh PMII kemarini (10/2/2015) berasal dari kerjasama PMII DKI Jakarta dengan Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Ketua Umum Kowani Dr. Ir. Hj. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd mengatakan, bantuan yang berikan adalah bentuk kepedulian wanita (kowani) terhadap ibu-ibu, anak-anak, balita, lansia dan warga masyarakat yang menjadi korban banjir.

Selain bantuan langsung, PMII DKI Jakarta juga menghimbau kepada seluruh kadernya untuk berkoordinasi dengan walikota, camat, lurah dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jakarta untuk melaporkan kondisi warga di wilayah yang terkena dampak banjir.

Pengirim:

Mulyadin Permana

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

Beruang Kutub Muncul di Kota London

Posted: 10 Feb 2015 08:04 PM PST

Seekor beruang kutub terpotret berada di jalanan Hampstead Heath di kota London. Tak hanya itu, bahkan beruang kutub ini juga terlihat berada dalam kereta dan menghebohkan orang-orang yang berada di dalamnya. Apakah ini tanda bahwa hewan langka ini telah kehilangan habitatnya dan berpindah ke wilayah urban?



Dikutip melalui Daily Mail, Rabu (11/2/2015), beruang kutub ini ternyata merupakan hasil animatronik yang dikreasikan oleh 19 pakar animasi West End di Inggris. Pembuatan kampanye ini dalam rangka mempromosikan Sky Atlantic baru "Kutub Utara-noir" seri Fortitude.



Teaser film tersebut menampilkan kota fiksi dengan ribuan beruang kutub. Dibintangi oleh Stanley Tucci, Michael Gambon, Sofie Grabol dan Christopher Eccleston, film ini mulai diputar bulan ini di wilayah Inggris.

Sementara itu, Direktur Sky Atlantic Zai Bennett, yang juga produser film ini mengatakan bahwa dibutuhkan waktu dua bulan untuk membangun replika beruang ini.  (Liz)

Foto: Daily Mail

Yaya 'God Bless' Jalani Rehabilitasi

Posted: 10 Feb 2015 08:00 PM PST

Yaya Moektio, eks drummer God Bless, akhirnya diizinkan menjalani proses rehabilitasi setelah terbukti menggunakan narkoba berjenis sabu. Ia menjalani rehabilitasi bersama teman wanitanya yang bernama Sarah.

Proses pemindahan penggebuk drum berusia 57 tahun itu berlangsung di Polres Metro Jakarta Selatan, Selasa (10/2/2015) malam. Yaya 'God Bless' tampak kelelahan saat ingin dibawa ke panti rehabilitasi.

"Secara mental saya sudah siap," ucap Yaya 'God Bless' sesaat sebelum dibawa ke panti rehabilitasi.

Selama berada di kantor polisi untuk menjalani pemeriksaan, Yaya 'God Bless' banyak merenungi kesalahannya menggunakan obat-obatan terlarang.

"Ini sangat menjadi pelajaran berarti buat saya juga. Untuk teman-teman saya semua, narkoba itu bukan suatu kekuatan untuk berkarier, nggak sama sekali. Menghancurkan iya," imbuh Yaya 'God Bless'.

Seperti diketahui, Yaya 'God Bless' ditangkap Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan pada Jumat, 6 Februari 2015 di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Bersama kedua rekannya, Sarah dan Erwinda, Yaya 'God Bless' digiring ke kantor polisi dengan barang bukti berupa tiga paket sabu dan empat alat pengisap narkoba.(Gie/Mer)

5 Tanda Kelamin Pria Bermasalah

Posted: 10 Feb 2015 08:00 PM PST

Pria tentu kenal baik dengan organ vitalnya. Daripada membandingkan kelamin Anda dengan pria lain demi mengetahui norma tidaknya, para ahli mengungkapkan kejadian yang perlu pria waspadai.

Apabila pria mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter Anda seperti dilansir Menshealth, Rabu (11/2/2015):

1. Patch

Pria akan melihat bintik kemerahan, kulit berbulu seperti beludru di penis, tepat di bawah kepala. Pria bisa saja berpikir itu lecet dan itu benar.

Ryan Terlecki, MD, seorang urolog di Wake Forest University Baptist Medical Center, menjelaskan jika patch tidak menyakitkan atau sensitif. Atau jika Anda belum pernah berhubungan seks baru-baru ini, yang biasanya akan menyebabkan semacam gesekan, patch merah bisa menjadi tanda kanker penis.

"Jika kanker ditemukan cukup dini, pengobatan topikal atau operasi bisa mengatasinya. Tetapi jika Anda menunggu terlalu lama, sebagian atau seluruh Penis mungkin harus diangkat," kata Terlecki  memperingatkan.

2. Mengkerut

Kulit kepala penis terasa sedikit mengkerut seperti kemeja yang menyusut ketika dicuci.

Anda juga dapat melihat beberapa tanda keputihan di daerah yang sama. "Apakah Anda merasa sakit, Anda bisa berurusan dengan sesuatu yang disebut lichen sclerosus, kondisi kulit yang mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau sistem kekebalan tubuh," kata Dr Terlecki.

Menurutnya, pria yang tidak disunat harus mengkhawatirkannya atau merasa seperti harus mendorong saat buang air kecil.  Jika tidak diobati, lichen sclerosus dapat menyebabkan kanker atau penyumbatan total di saluran kemih, yang akan membuat pria berakhir di UGD.



3. Melengkung

Saat ereksi pria melihat organ pribadinya itu sedikit melengkung, tetapi akhir ini lengkungannya lebih parah.

"Jika Anda juga merasakan kekerasan atau ketegasan bawah kulit seperti nikel bersarang di poros, Anda bisa berurusan dengan penyakit Peyronie, " kata Joseph Sonstein, MD, dari University of Texas Medical Branch.

Peyronie adalah penumpukan jaringan parut. Jika tidak diobati bisa menyebabkan nyeri saat berhubungan seks, kelengkungan penis yang lebih ekstrim, dan peningkatan risiko untuk penis patah.

Pilihan pengobatan tergantung pada tingkat keparahan kasusnya, tapi termasuk suntikan enzim atau garam. Atau harus operasi.

4. Darah di pipis

Jika Anda melihat ada darah dalam urine Anda, itu bisa menjadi tanda batu ginjal atau pembesaran prostat.

"Dalam dunia medis, darah dalam urine adalah kanker sampai terbukti sebaliknya," kata Dr. Sonstein memperingatkan.

Jika urine tampaknya baik-baik saja, tetapi Anda melihat ada sedikit bercak darah dalam celana atau pakaian, jangan panik. Sebaliknya, memeriksakan skrotum dan poros apakah ada seperti cherry- atau bintik berwarna biru, Dr. Terlecki menyarankan.

Jika noda tersebar dan tampaknya menjadi sumber darah, mereka hampir pasti angiokeratomas, yang tidak berbahaya, katanya.

"Tetapi jika mereka berkumpul bersama dalam sebuah patch dan terutama jika patch gatal, Anda mungkin berurusan dengan penyakit Paget, yang akan membutuhkan operasi pengangkatan," kata Terlecki menambahkan.



5. Peregangan bergelombang

"Untuk pria usia 15 sampai 35 tahun, kanker testis menjadi penyakit yang paling umum," kata Sonstein.

Tanda-tandanya mengeras, massa yang tak nyeri, atau benjolan di bola. Jika ketahuan lebih cepat, 99 persen kasus bisa disembuhkan.

Sonstein merekomendasikan beritahukan anak laki-laki Anda untuk meraba-raba menyeluruh, setidaknya sebulan sekali untuk memeriksa kelainan apapun.

Mandi air hangat saat testis Anda cenderung menggantung lebih jauh dari tubuh Anda merupakan waktu yang bagus untuk melakukan tes ini sendirian.

Golkar Kubu Ical Belum Tentu Hadiri Sidang Mahkamah Partai

Posted: 10 Feb 2015 07:59 PM PST

Mahkamah Partai Golkar akan menggelar sidang terhadap kubu Aburizal Bakrie dan Agung Laksono. Sidang tersebut rencananya dipimpin oleh politisi senior Golkar Muladi.

Meski begitu, kubu Aburizal Bakrie belum memastikan akan hadir pada sidang perdana Mahkamah Partai tersebut. Hal ini lantaran proses gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat masih berjalan.

"Bagi kami, Keputusan PN Jakarta Pusat yang menolak gugatan kubu Agung Laksono dkk sebenarnya cukup memberi sinyal bahwa legal standing atau kedudukan hukum kelompok penyelamat partai itu tidak jelas," ujar politisi Golkar Bambang Soesatyo melalui pesan singkat, Rabu (11/2/2015).

Bambang menilai penyelesaian kisruh internal Golkar melalui Mahkamah Partai sudah terlambat. Menurutnya, Mahkamah Partai sudah pernah mengeluarkan rekomendasi penyelesaian Golkar pada Desember 2014 lalu.

"Saya sendiri sudah bisa memprediksi, siapapun yang dikalahkan di Mahkamah Partai nanti, pasti akan menuding Mahkamah Partai tersebut tidak netral. Karena ketuanya adalah Prof Muladi yang mendukung Munas Bali. Jadi, pasti kusut lagi," tuturnya.

Menurut Bendahara Umum Partai Golkar versi Munas Bali ini, perselisihan Golkar seharusnya sudah dapat dituntaskan di pengadilan. Jika kubu Agung Laksono merasa paling benar, mereka dapat membuka kebenaran itu dalam persidangan.

"Toh hanya tinggal beberapa minggu lagi saja. Kalau kubu Ancol merasa paling benar, kenapa takut membuka kebenaran pengadilan," pungkas Bambang. (Ali/Yus)

Akhiri Puasa Gol, Balotelli Kegirangan

Posted: 10 Feb 2015 07:57 PM PST

Oleh Rizki Hidayat

Setelah cukup lama menanti, Mario Balotelli akhirnya sukses mencetak gol bersama Liverpool di ajang Liga Primer Inggris. Berhasil menyudahi puasa golnya, Balotelli pun merasa senang.

Liverpool mendapatkan perlawanan sengit saat menjamu Tottenham Hotspur di Stadion Anfield, dalam laga pekan ke-25 Liga Primer Inggris, Rabu (11/2) dini hari WIB. The Reds berhasil memimpin lebih dulu lewat aksi Lazar Markovic di menit ke-15.

Sayang, keunggulan Liverpool tak bertahan lama. Harry Kane sukses membawa Tottenham menyamakan kedudukan di menit ke-26 setelah sepakan kaki kanannya gagal dibendung Simon Mignolet.

Skuat Si Merah kembali unggul di menit ke-53 berkat eksekusi penalti Steven Gerrard. Tapi lagi-lagi, Spurs mampu membuat skor menjadi sama kuat setelah Mousa Dembele mencatatkan namanya di papan skor delapan menit berselang.

Balotelli yang baru masuk ke lapangan pada menit ke-74 menjadi pahlawan kemenangan Liverpool. Sepakan kaki kanan Super Mario dari dalam kotak penalti pada menit ke-83 menghujam deras gawang Spurs. Pertandingan pun berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan Liverpool.

"Pertandingan yang luar biasa teman-teman. Senyuman ini hanya untuk orang-orang yang selalu percaya dan mendukung saya. Terima kasih dan Forza Liverpool," tulis Balotelli di akun Instagram nya @mb459.

"Tapi kini, kepala harus tetap ke bawah dan terus bekerja keras. Malam ini sudah berlalu," sambungnya.

Bagi Balotelli, ini adalah gol pertamanya bersama Liverpool di ajang Liga Primer Inggris setelah ditebus dari AC Milan pada musim panas tahun lalu. Sejauh ini, dia telah mendulang tiga gol dengan seragam Si Merah.

Berdasarkan statistik dari Infostrada Live, sejak mencetak gol untuk AC Milan pada 19 April 2014, dalam kemenangan 3-0 atas Livorno, baru kali ini lagi Balotelli berhasil mencetak gol untuk timnya di ajang liga.

Bank Mandiri Tak Dapat PMN, Ini Komentar Menteri Rini

Posted: 10 Feb 2015 07:56 PM PST

Komisi VI DPR RI akhirnya ketuk palu untuk Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 37,276 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015. Namun demikian, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang digadang-gadang akan mendapatkan nyatanya tak masuk dalam daftar penerima PMN.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno beralasan, Bank Mandiri tidak mendapat PMN karena dianggap belum masuk prioritas dari program pemerintah.

"Memang bukan dianggap prioritas, jumlah PMN dilihat prioritasnya, karena ada kebutuhan kementerian lain," kata dia, Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Dia mengatakan, saat ini pemerintah sedang fokus pada bidang infrastruktur, pangan dan kredit usaha rakyat. Maka dari itu, pihaknya mengatakan jika masih ada kemunginan akan mengajukan penambahan PMN untuk tiga perusahaan pelat merah antara lain PT PLN (Persero), PT Perum Jaminan Kredit Indonesia (Persero), dan PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero).

Kemudian, adapun besarannya masing-masing PLN sebesar Rp 5 triliun, Jamkrindo Rp 500 miliar dan Askrindo Rp 500 miliar.

Rini menambahkan, dengan keputusan tersebut bukan berarti pemerintah tidak mengajukan PMN untuk Mandiri pada tahun depan.

"Bank Mandiri tidak disetujui, bukan berarti tahun akan datang tidak mengusulkan," ujar Rini. (Amd/Ndw)

Agung Laksono Minta Mahkamah Partai Golkar Bersikap Independen

Posted: 10 Feb 2015 07:55 PM PST

Partai Golkar akan memulai sidang Mahkamah Partai yang merupakan bagian dari proses islah partai berlambang pohon beringin itu pada hari ini. Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Ancol Agung Laksono berharap, Mahkamah Partai berjalan independen.

"Saya minta, agar Mahkamah Partai dalam menyelenggarakan persidangan harus independen. Mereka memiliki sistem sendiri dalam penyelesaian perkara," ujar Agung Laksono saat dihubungi, Rabu (11/2/2015).

Menurut Agung, dalam persiapan Mahkamah Partai, pihaknya hanya memfasilitasi tempat. Sebab, sidang dilaksanakan di DPP.

"Jadi persiapannya, mereka (Mahkamah Partai) mempersiapkan tempat, mereka ada panitera, dan sesuai dengan peraturan organisasi. Saya dengar dari konpers kemarin, bahwa Mahkamah Partai sudah siap. Dari segi saya sebagai penggugat sudah siap. Sudah ada gugatannya juga, sudah diserahkan dan tinggal dibacakan. Saya sendiri yang nanti akan menyampaikan gugatan secara bergantian," jelas Agung.

Selain Agung, beberapa pengurus dari kepengurusan Ancol akan hadir seperti Priyo Budi Santoso, Agus Gumiwang, Yorrys Raweyai, Agun Gunandjar Sudarsa, Ibnu Munzir dam Zainuddin Amali, serta beberapa pengurus DPW.

Menurut Agung, sidang ini terbuka untuk umum, maka masyarakat dapat menyaksikannya.

"Panitera kemarin juga sudah menghubungi kami jika masing-masing pihak maksimal membawa 25 orang untuk hadir di dalam persidangan. Kami akan taati itu," tutur dia.

Agung menegaskan, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya juga sudah menghubungi pihak kepolisian.

Mantan Menko Kesra itu mengatakan, akan membacakan pernyataan bahwa penyelenggaraan Munas di Bali tidak sesuai mekanisme yang diatur dalam AD/ART. Idrus Marham selaku Sekjen Partai tidak berhak menyelenggarakan Munas karena sebelumnya sudah dinonaktifkan.

"Selain itu, ada dugaan intimidasi selama pelaksanaan Munas di Bali, dan sejumlah gugatan lain. Pada dasarnya kami ingin hasil Munas Bali dibatalkan dan Mahkamah Partai mengakui hasil putusan Munas Jakarta," pungkas Agung Laksono. (Mvi/Yus)

[Hands-on] Mengintip Hasil Jepretan Kamera Samsung NX1

Posted: 10 Feb 2015 07:50 PM PST

Samsung Forum 2015 saat ini tengah digelar di Bangkok, Thailand. Salah satu yang diperkenalkan melalui sesi media workshop adalah kamera mirrorless Samsung NX1.

Pada sesi workshop ini para wartawan dari berbagai media baik cetak maupun online diberi kesempatan untuk menjajal seperti apa rasanya menggunakan kamera tersebut termasuk fitur-fiturnya. 

Kami dibagi menjadi enam kelompok. Tiap kelompok diberi tugas khusus dengan tema yang berbeda-beda. Tentu saja, tugasnya adalah hunting memotret objek-objek menarik layaknya seorang fotografer.

Seperti diketahui, sensor yang terdapat pada kamera mirrorless Samsung NX1 ukurannya setara dengan kamera DSLR, yakni APS-C 28 megapiksel sehingga kualitas gambar yang dihasilkan sebanding dengan DSLR.

Berikut beberapa hasil jepretan foto yang diambil dengan menggunakan kamera mirrorless NX1, saat malam hari (kondisi cahaya minim) dan siang hari. Catanan: kumpulan foto-foto di bawah ini dibidik oleh para wartawan yang ikut dalam Samsung Forum 2015.  





Samsung Forum adalah forum tahunan yang rutin diadakan oleh Samsung Electronics untuk memperkenalkan line-up dan teknologi terbarunya termasuk ponsel, perangkat elektronik konsumer dan rumah tangga dan perangkat TI lainnya.

Pada Samsung Forum tahun 2015 yang berlangsung dari 9-12 Februari ini, Samsung Electronics memperkenalkan rangkaian line-up terbarunya termasuk Samsung Smart Camera NX1, Samsung Galaxy Note Edge, Samsung Printing Solutions, S-UHD TV hingga Samsung Activ Dualwash.

(dew)

Mentan Berkunjung, Petani Gorontalo Banjir Bantuan

Posted: 10 Feb 2015 07:47 PM PST

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menggelar kunjungan resmi untuk pertama kalinya di Provinsi Gorontalo pada Selasa (10/2/2015) kemarin.

Dalam kunjungannya, Amran memiliki sejumlah agenda yakni diantaranya panen raya di Desa Tridarma, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo.

Dari hasil pantauan Liputan6.com, usai melakukan panen raya, Amran Sulaiman pun langsung melanjutkan perjalanannya ke Kecamatan Telaga, untuk meninjau langsung lahan pertanian yang ada di Kabupaten Gorontalo, dan  berdiskusi dengan para petani.

Kepada sejumlah wartawan, Menteri Pertanian RI ini mengatakan, akan memberikan bantuan kepada petani di Gorontalo, mulai dari bibit, hingga peralatan pertanian.

"Bantuan ini saya kasih, tapi dengan catatan, panen besok hasilnya harus naik, kalau naik bantuan akan ditambah" ujar Amran.

Usai melakukan peninjauan di Kabupaten Gorontalo, Amran Sulaiman pun melanjutkan perjalanannya di Kota Gorontalo, untuk meninjau langsung lahan tani sekaligus untuk melakukan tanam padi bersama sejumlah kepala daerah lainnya. (Aldi/Nrm)

Pemerintah Diminta Tak Keburu Nafsu Turunkan Harga Solar

Posted: 10 Feb 2015 07:46 PM PST

Rencana pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar menjadi Rp 6.200 per liter dikritisi Pengamat Ekonomi Indef, Enny Sri Hartati.

Pihaknya menyarankan agar pemerintah tidak terburu nafsu menyesuaikan harga jual solar seiring anjloknya harga minyak dunia.

"Ya (jangan terdesak), karena setiap kebijakan harus disimulasikan dampaknya bukan karena reaktif," ungkap Enny saat berbincang di Gedung DPR, Jakarta, seperti ditulis Rabu (11/2/2015).

Katanya, solar merupakan barang impor yang sangat sensitif terhadap volatilitas nilai tukar rupiah dan harga minyak dunia.

Alasan lain, Enny bilang, naik turunnya harga jual solar berpengaruh besar terhadap harga-harga kebutuhan pokok termasuk tarif angkutan umum.

"Capeknya kalau terjadi gejolak harga, sebab kalau Solar diturunkan harganya nggak akan menurunkan harga barang atau pangan. Kawatirnya jika harga minyak dunia naik padahal Solar terlanjur turun dan harus naik lagi, maka bisa mengguncang harga-harga barang dan kebutuhan pokok," tegas dia.

Indonesia, lanjutnya, saat ini tertolong dengan kondisi harga minyak dunia yang rendah. Namun pemerintah akan kelimpungan apabila harga minyak dunia kembali melonjak, dan tidak dapat segera menaikkan harga jual solar.

Sehingga Enny berpendapat agar pemerintah tidak terlalu sibuk untuk melakukan kebijakan menaikkan dan menurunkan harga jual solar.

"Lebih baik berikan pengusaha insentif dalam bentuk lain sebagai kompensasi harga Solar yang mahal. Ini buat pengusaha lebih efektif karena memang itu yang dibutuhkan ketimbang menaikkan dan menurunkan harga, sebab BBM punya efek domino dan tidak selamanya harga minya dunia terus di level rendah. Pasti akan kembali normal cepat atau lambat," tukas Enny.(Fik/Nrm)

Titiek Puspa Lega Rinto Harahap Meninggal Dunia

Posted: 10 Feb 2015 07:45 PM PST

Kepergian Rinto Harahap meninggalkan rasa sedih sekaligus lega bagi Titiek Puspa. Pasalnya Titiek melihat penderitaan yang dialami Rinto selama berjuang melawan kanker sumsum tulang belakang beberapa tahun terakhir. Makanya begitu mendengar sahabatnya telah pergi, Titiek merasa sedikit lega.

"Kita sangat akrab. Ada rasa sedih dan senangnya (Rinto meninggal). Sudah terlalu lama dia menderita, saat tahu dia sudah tidak ada, ada perasaan, `Terima kasih Tuhan Kau ambil sahabatku, dia sudah kembali kepada-Mu`," ungkap Titiek Puspa di rumah duka, Jalan Bango, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Selasa (10/2/2015) malam.

Diakui Titiek Puspa, saat dirinya tiba di rumah duka, ia sudah merasakan kehadiran Rinto di dekatnya. Padahal jenazah hits maker itu masih baru akan diterbangkan dari Singapura.

"Tadi saya sampai di sini jam 5 sore, kayaknya dia sudah sampai di sini duluan sebelum jenazahnya tiba. Karena saya merasakan sesuatu. Sepertinya dia tahu kalau saya sudah menunggu dia di sini," papar pencipta lagu Kupu-Kupu Malam tersebut.

Tak lupa, Titiek Puspa mendoakan Rinto Harahap agar tenang di sisi Tuhan. Katanya, meski dirinya sudah tidak ada, karya Rinto akan selalu dikenang sepanjang masa.

"Selamat jalan Rinto. Salam saya untukmu. Kamu akan selalu dikenang, selamat jalan. Tuhan terimalah di sisi-Mu, di tempat yang penuh keindahan. Karena dia sudah memberikan yang terbaik untuk Indonesia, menghibur bangsa Indonesia. Mudah-mudahan dia mendapatkan satu tempat yang indah seperti karya-karyanya yang indah," harap Titiek Puspa. (Ras/Mer)

Meski Menang, RD Tak Puas dengan Penampilan Persija

Posted: 10 Feb 2015 07:37 PM PST

Persija Jakarta hanya mampu menang tipis saat bentrok dengan Persip Pekalongan di laga uji coba, Selasa (10/2/2015). Tampil di Stadion Kota Batik Pekalongan, tim Macan Kemayoran menang dengan skor 2-1.

Dalam laga tersebut, gawang Persija kebobolan lebih dulu. Di babak pertama tepatnya menit 31, Syaiful Amar sukses membuat Persip unggul 1-0.

Persija baru bisa bangkit di paruh kedua. Gol yang dicetak Ramdhani Lestaluhu di menit 57 dan Evgeny Kabaev di menit 69 sukses membuat Persija terhindar dari kekalahan.

Meski menang, Rahmad Darmawan belum begitu puas dengan penampilan anak didikannya. Pelatih Persija itu kecewa dengan permainan Ramdhani Cs khususnya di babak pertama.

"Babak pertama kita tidak berkembang. Semua ragu-ragu untuk mengambil keputusan. Cara pressing di sepertiga lapangan tidak dilakukan. Saya tidak tahu kenapa, mungkin faktor kesibukan kita di sini," ucapnya.

"Untuk babak kedua kita sudah mulai jalan. Berbicara puas saya masih lumayan puas. Memang banyak sekali skenario serangan yang kita buat dan cara pressing mereka lebih bagus tapi seharusnya kita bisa lebih dari ini," tambahnya.

Di dua laga uji coba sebelumnya RD, sapaan Rahmad Darmawan, juga kurang puas dengan penampilan Persija. Pada 4 Februari 2015 lalu mereka hanya menang tipis 2-1 dari Barito Putera. Empat hari kemudian, Macan Kemayoran hanya menang 1-0 saat berhadapan dengan PSIS Semarang.

Kiat Atasi Masalah Kulit untuk Kaum Remaja

Posted: 10 Feb 2015 07:35 PM PST

Perjalanan seorang wanita untuk menuju kedewasaan biasanya akan mengalami beberapa fase salah satunya adalah fase remaja. Pada masa seperti itu, biasanya para wanita akan mulai sering mengalami masalah salah satunya adalah kulit. Beberapa masalah tersebut di antaranya seperti kulit berminyak, munculnya buntik hitam, kulit sensitif dan masih banyak lagi. 
 
Permasalahan tersebut menurut dr. R. Amanda Sumantri, SpKK sangat wajar terjadi dimana hal tersebut diperolehnya dari ketidakstabilan hormon wanita remaja yang kemudian menimbulkan masalah pada kulit remaja. 
 
dr. Amanda pun menambahkan pada dasarnya, persoalan kulit berkaitan erat dengan jenisnya yang dibagi menjadi lima macam yaitu kulit normal, sensitif, kombinasi, kering, dan berminyak. 
 
"Sebenarnya, 85 persen remaja wanita memiliki kulit berminyak. Maka dari itulah, banyak di antara mereka yang mengalami masalah kulit yaitu jerawat. Dimana, bekas jerawat biasanya akan menimbulkan noda hitam dan kemerahan pada sekitar wajah mereka," kata dr. R. Amanda Sumantri SpKK saat ditemui di Jakarta. 
 
Untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut, biasanya para remaja akan menggunakan aneka macam produk kosmetik seperti foundation, concealer, bedak dan masih banyak lagi untuk menutupi segala masalah di kulit mereka. Padahal, penggunaan kosmetik tersebut tidak menyelesaikan masalah dan justru terkadang memberikan masalah baru pada kulit wanita karena makeup tersebut menutupi pori-pori di wajah.
 
"Tidak perlu menggunakan kosmetik untuk menutupi masalah kulit karena sebenarnya para remaja dapat melakukan hal-hal sederhana agar masalah kulitnya terselesaikan. Di antaranya seperti mencuci muka setiap hari sebanyak 2 kali dengan pembersih wajah yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda dan perlu diingat saat mencuci muka, gunakanlah air hangat," tutur dr. Amanda.
 
Selain itu, dr. Amanda juga menambahkan jika selain mencuci muka secara rutin, para remaja juga perlu menggunakan pelembab dan tabir surya agar dapat menyehatkan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Cyn/Ars)

Cek Daftar Wilayah Jakarta & Tangerang yang Masih Mati Lampu

Posted: 10 Feb 2015 07:32 PM PST

PT PLN Distrribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) mencatat ada 416 gardu distribusi yang tak dialiri listrik karena banjir di Wilatah Jakarta dan Tangerang, sampai pukul 08.00 WIB, Rabu (11/2/2015)

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Mambang Hertadi mengungkapkan, dari 416 gardu distribusi yang mengalami pemutusan arus listrik meliputi wilayah Cempaka Putih, Kelapa Gading, Teluk Naga, Menteng, Bandengan, Cikopo,  Jati Negara, Marunda, Tanjung Priok, dan Kebon Jeruk.

" Itu data yang kami peroleh sampai pukul 08.00 WIB. Kami akan pantau terus, mudah-mudahan banjir cepat surut," kata Mambang saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Menurut Mambang PLN tidak bisa segera mengaliri listrik meski wilayah yang terendam banjir sudah surut. Pasalnya, Kesiapan wilayah yang listriknya bisa dinormalkan yaitu apabila seluruh wilayah yang dilayani dari gardu distribusi tersebut sudah dalam keadaan kering.

Tidak itu saja, dari pihak PLN juga memerlukan waktu untuk melakukan pembersihan dan revisi gardu, memastikan gardu distribusi siap.

Pelanggan juga dimohon melakukan pengecekan dan memastikan instalasi maupun alat-alat elektronik dalam keadaan kering.

" Jadi, setelah banjir surut, butuh waktu dan proses untuk penormalan gardu distribusi. Apabila terjadi banjir susulan, tidak menutup kemungkinan gardu distribusi yang sudah normal akan kami padamkan kembali," pungkasnya. (Pew/Ndw)

Alasan Penting Ibu Hamil Harus Hindari Konsumsi Alkohol

Posted: 10 Feb 2015 07:30 PM PST

Pada penelitian sebelumnya diungkapkan bahwa ibu hamil masih boleh mengonsumsi sedikit minuman beralkohol. Namun, saran ini telah dikaji ulang dan hasilnya ibu hamil dilarang minum minuman beralkohol.

Pelarangan konsumsi minuman beralkohol pada ibu hamil dikeluarkan oleh Royal College of Obstetricians and Gynaecologist. Dikhawatirkan konsumsi minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko keguguran, menimbulkan masalah pertumbuhan janin serta persalinan prematur.

"Dalam beberapa kasus ditemukan, terjadi kerusakan pada janin dan tidak dapat diperbaiki kembali," terang komite informasi Philippa Marsden seperti dilansir Mirror, Rabu (11/2/2015).

Tak hanya pada saat kehamilan, penghentian konsumsi minuman beralkohol dilakukan hingga saat persalinan dan menyusui. Anda, para ibu, tentunya mampu menghentikan konsumsi minuman beralkohol demi kesehatan buah hati Anda.

Unik, Mengabadikan Cerita Perjalanan dengan Bordir

Posted: 10 Feb 2015 07:30 PM PST

Setiap orang pasti suka jalan-jalan, apalagi jika melihat pemadangan indah serta bertemu hal maupun orang-orang baru. Bahkan Anda sudah terbiasa mendengar jika banyak orang yang kini menjadikan traveling sebagai bagian dari hobinya bukan?

Ya, traveling memang kegiatan yang menyenangkan apalagi jika hobi tersebut bersamaan dengan ketertarikan Anda terhadap fotografi, pastinya menjadi perpaduan yang apik. Namun, memang sebagian besar dari kita membawa kamera saat melakukan perjalanan untuk mengabadikan momen atau menangkap hal-hal yang menarik di sekitar Anda. Tapi hal tersebut tidak dilakukan oleh seorang desainer bernama Teresa Lim.

(Kiri: Big Ben, London. Kanan: Praha)

Teresa, memiliki cara unik sendiri dalam mengabadikan setiap momen maupun kenangan saat ia melakukan perjalanan ke berbagai negara, ia bahkan tidak ingin terlihat seperti turis-turis pada umumnya, dilansir boredpanda.com pada Rabu (11/2/2015). Bahkan setiap ia ingin melakukan traveling, Teresa perlu mendapat waktu lebih untuk membuat souvenir bordir yang menggambarkan tempat yang ia akan kunjungi.

(Kiri: Jembatan Praha, Charles. Kanan: Amsterdam)

"Saya memulai proyek ini pada 2014, saya ingin sesuatu yang lebih dari perjalanan saya. Ketika saya telah menyelesaikan sebuah bordiran, saya merasa telah mengetahui benar tempat yang akan saya kunjungi dan hal tersebut menjadi kepuasan terbesar saya," ungkap Teresa dalam website-nya.

(Kiri: Ha Long Bay, Vietnam. Kanan: Laufersweiler, Jerman)

Terlihat beragam karya sulaman pun telah ia hasilkan dengan baik, bahkan gambar bordir yang berada dalam kain tersebut nampak nyata dan sama dengan tempat maupun lokasi yang ia kunjungi seperti saat ia mendatangi negara Vietnam, Tokyo, Praha dan Jerman.

Unik bukan, apakah Anda memiliki ide-ide kreatif lainnya?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

Suami Cita Citata Muncul di TV, Arez Ingin Ikut Ngetop?

Posted: 10 Feb 2015 07:30 PM PST

Galih Purnama Eli alias Ijonk, dan Audi Reza Hartanto alias Arez adalah teman baik yang tergabung dalam satu band. Salah satu rekan mereka, Asep Nasrullah tak menyangka kalau keduanya terlibat perseteruan yang berujung penangkapan Ijonk.

Menurut Asep, hubungan Ijonk dan Arez hingga Oktober 2014 lalu masih baik, walau tak lagi nge-band bareng. Bahkan, mereka masih komunikasi.
 
"Waktu band bubar, mereka masih silaturahmi, tetap sharing, temanan baik kok. Ijonk nggak pernah dicap jelek juga sama Arez. Dan Oktober lalu, Ijonk pernah mampir ke rumah Arez," kata Asep, usai memberikan keterangan di Mapolrestabes Bandung, Rabu (11/2/2015) dini hari.
 
Diakui Asep, yang juga pentolan band Amor, gitar yang menjadi perkara Ijonk itu merupakan barang yang diberikan Arez untuk suami Cita Citata.
 
"Awalnya memang gitar itu inventaris band, tapi diberikan Arez untuk Injonk sebagai gitaris. Sampai Oktober 2014 nggak ada masalah, baru sekarang dikasuskan pas Ijonk mulai muncul di teve," tuturnya.
Hal senada dijelaskan Zeddy Marshal. Sebelum permasalahan ini muncul, sebetulnya Ijonk telah berusaha bertanggung jawab atas hilangnya gitar itu dan menggantinya dengan uang senilai harga gitar tersebut.

"Waktu Desember 2014 lalu, Ijonk minta tolong kepada saya untuk mengembalikan gitar dengan bentuk uang. Sudah dihubungi tapi Arez susah ditemui dengan alasan ke Jakarta dan Bali, untuk urusan band hingga Februari 2015. Tiba-tiba muncul kasus ini," ujar Zeddy, ditemui di tempat yang sama.
 
"Ijonk juga sudah sempat bilang nanti akan diganti, tenang. Mungkin sempat sibuk jadi tertunda, mungkin Arez nggak sabar jadi seperti itu (laporan kepada polisi)," pungkasnya. (Mer)

Sidang Praperadilan Berlanjut, Budi Gunawan Hadirkan 4 Saksi Ahli

Posted: 10 Feb 2015 07:28 PM PST

Sidang gugatan praperadilan Komjen Pol Budi Gunawan kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini. Dalam sidang lanjutan ini, tim kuasa hukum calon kapolri Komjen Pol Budi Gunawan menghadirkan 4 saksi ahli.

Para saksi ahli ini diminta untuk memperkuat pembuktian dalam gugatan ‎terkait penetapan Kalemdikpol Komjen Pol Budi Gunawan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Rencananya ada 4 saksi ahli yang akan kami hadirkan," kata salah satu kuasa hukum BG, Maqdir Ismail, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (11/2/2015).

Meski demikian, Maqdir masih merahasiakan siapa saja para saksi ahli yang akan diboyong dalam sidang. "Masalahnya belum tentu orang itu hadir, jadi saya belum berani katakan," tambah dia.

Maqdir mengatakan, para saksi ahli yang akan mereka hadirkan itu terdiri dari unsur ahli hukum pidana, ahli hukum administrasi negara dan ahli hukum tata negara. Pada sidang Selasa 10 Februari 2015, kuasa hukum Komjen Pol Budi Gunawan menghadirkan mantan penyidik KPK untuk memberi kesaksian.

Salah satu saksi yang dihadirkan dalam sidang tersebut yaitu AKBP Irsan. Irsan yang pernah menjadi penyidik KPK pada 2005-2009 ini mengatakan, pimpinan KPK tak pernah memaksakan kehendak pribadi untuk menetapkan status tersangka tanpa ada klarifikasi.

Kasubdit 3 Ditipidesdsus Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Budi Wibowo yang menjadi saksi sidang juga membeberkan mengenai klarifikasi laporan hasil analisa (LHA) transaksi keuangan antara 2003-2009 terkait perwira Polri.

"Saat dilakukan pengecekan, klarifikasi kasus Budi Gunawan berdasarkan data yang kami miliki, beliau sudah dalam data yang terklarifikasi dari 2005 sampai 2014," tutur Budi, Selasa 10 Februari 2015.

Dia menerangkan, Bareskrim membentuk tim penyelidik untuk mengusut LHA Budi Gunawan. Namun, setelah diselidiki dan diklarifikasi tim, rekening Budi Gunawan disebut wajar dan tidak ditemukan dugaan transaksi uang yang mencurigakan. Laporan klarifikasi tersebut pun telah dilaporkan kembali ke PPATK oleh Bareskrim. (Mvi/Mut)

Kasudin Tata Air: Longsor Ciganjur Akibat Bangunan Langgar Aturan

Posted: 10 Feb 2015 07:28 PM PST

Hujan yang mengguyur DKI Jakarta membuat wilayah di Jalan Damai RT 004 RW 02 Kecamatan Jagakarsa, Ciganjur, Jakarta Selatan, menjadi longsor. Tanah longsor itu menutupi aliran air di Kali Setu hingga meluap dan merendam rumah warga.

Menurut Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan Deddy Budiwidodo, bangunan di lahan sekitar sungai menjadi salah satu penyebab bencana tersebut.

"Sebelumnya kami tak memprediksi Kelurahan Ciganjur bisa banjir. Ini terjadi karena pembangunan dilakukan melanggar aturan," ujar Deddy saat dihubungi, Rabu (11/2/2015).

Upaya penyedotan air pun dilakukan pihaknya. Dinas Tata Air telah menyiapkan pompa penyedot air yang dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

"Untuk mengantisipasi aliran air, pompa berpindah juga dipakai untuk mengantisipasi sejumlah pompa rusak," jelas dia.

Camat Jagakarsa, Fidiyah Rokhim menjelaskan, tanah longsor terjadi akibat adanya bangunan liar yang memakan lahan di sekitar Kali Setu. Aliran Kali itu mengalir menuju Sungai Krukut.

Menuru dia, ada beberapa bangunan yang ditempati warga itu menyalahi aturan dan tak memiliki izin di mana terletak di tepi sungai.

"Kami akan membongkar seluruh bangunan yang menyebabkan tanah longsor," tandas Fidiyah.

Bencana longsor terjadi Senin 10 Februari sore saat hujan deras yang turun sepanjang hari. Air hujan yang turun itu mengakibatkan pondasi 2 rumah warga tidak kuat hingga mengakibatkan longsor dan menutup saluran Kali Setu yang berada di sekitar perumahan.

Akibatnya air kali meluap dan merendam 200 rumah warga. Puluhan warga yang rumahnya terendam banjir terpaksa dievakuasi ke pos penampungan sementara. (Ali/Mut)

Produsen Otomotif China Mau Bikin Pabrik di Indonesia

Posted: 10 Feb 2015 07:26 PM PST

Produsen otomotif asal China, SAIC-GM-Wuling berencana akan berinvestasi dengan membangun pabrik mobilnya di Indonesia.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Panggah Susanto mengatakan, perusahaan hasil kerja sama antara General Motors (GM), SAIC dan Wuling Motors ini rencananya untuk memproduksi kendaraan roda empat jenis Multi-Purpose Vihicle (MPV) dan Low Cost Green Car (LCGC).

"Yang di China dengan GM itu, dia mau berinvestasi di sini, produknya yang mau dibuat itu jenis MPV dan LCGC," ujarnya di Jakarta, seperti ditulis Rabu (11/2/2015).

Pabrik tersebut direncanakan akan memiliki kapasitas produksi sekitar 150 ribu unit mobil per tahun. Namun Panggah masih enggan menyebutkan nilai investasi dari perusahaan tersebut.

"Kalau tidak salah 150 ribu, tapi kalau investasinya saya lupa," lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan bahwa ada produsen otomotif asal China yang berniat untuk berinvestasi di Indonesia.

Menurutnya, investasi dengan nilai yang cukup besar tersebut rencananya akan menempati lahan yang sudah disiapkan seluas 60 hektar (ha), di kawasan industri sekitar Karawang-Cikampek. Namun Saleh masih enggan menjelaskan lebih lanjut perihal rencana investasi tersebut.

"Itu ada salah satu industri dari China kerja sama dengan swasta, investasi cukup besar," kata Saleh. (Dny/Gdn)

Serunya Band Repvblik Bersepeda Santai dan Berkebun di Muara Teweh

Posted: 10 Feb 2015 07:20 PM PST

Top 5: Ketidaknyamanan Bekerja di Google Paling Bikin Penasaran

Posted: 10 Feb 2015 07:20 PM PST

Banyak orang yang berlomba-lomba ingin bekerja di Google. Bahkan ada sebuah film yang menceritakan betapa seru dan asyiknya magang di Google. Kenyataannya, tidak semua makanan dan sepeda yang tersedia di sana dapat dinikmati secara gratis. Berita ini paling dicari pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, kemarin, Selasa (10/2/2015).

Berita lain yang juga banyak diburu pembaca adalah artikel yang membahas 8 keuntungan berpacaran dengan seorang gamer. Lebih lengkapnya simak 5 artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Bekerja di Google Ternyata Sangat Tidak Nyaman!

Bekerja di salah satu perusahaan raksasa teknologi ini Anda akan bertemu dengan orang-orang pintar, mendapatkan fasilitas menakjubkan, dan kesempatan untuk mempengaruhi puluhan juta orang. Bahkan ada sebuah film yang menceritakan betapa seru dan asyiknya magang di Google. Kenyataannya, tidak semua makanan dan sepeda yang tersedia di sana dapat dinikmati secara gratis.

2. 8 Alasan Kenapa Anda Harus Pacaran Sama Gamer

Gamer merupakan salah satu kriteria pacar yang banyak dicari pada saat ini. Gamer mempunyai cara pemikiran yang cepat, pintar dan tetap cool meskipun sedang mengalami masalah.

3. Melihat Langsung Lensa Super Tele Canon Seharga Rp 1,2 Milyar

Saat mengunjungi markas besar Canon Inc di Shimomaruka, Tokyo, Jepang - tim Tekno Liputan6.com berkesempatan melihat langsung lensa super tele langka besutan Canon yang dihargai US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,2 milyar.

4. Alasan Canon Tak Mau Buka Pabrik di Indonesia

Canon menyebut bahwa Indonesia merupakan pasar paling besar dan potensial di kawasan ASEAN bagi perusahaannya. Pun demikian, produsen kamera terbesar di Jepang ini mengaku belum tertarik untuk membangun pabrik di Indonesia.

5. 3 Fitur Unggulan Kamera Mirrorless Android Samsung NX1

Samsung terus mengembangkan inovasi-inovasi baru pada produk besutannya, termasuk pada kamera pintar mirrorless terbarunya, NX1. Kamera ini dirancang dan dikembangkan untuk memenuhi aspirasi para penggemar fotografi kalangan semi-pro yang ingin naik ke jenjang lebih tinggi.

(dhi)

Polisi Australia Tahan 2 Pria Pemilik Bendera ISIS

Posted: 10 Feb 2015 07:20 PM PST

Unit anti-teror kepolisian Australia menyatakan telah menahan 2 pria di Kota Sydney, atas tuduhan perencanaan serangan teror. Kedua pria, yang masing-masing berusia 24 dan 26 tahun, dijadwalkan menghadiri sidang di pengadilan pada Rabu (11/2/2015) waktu setempat.

Berdasarkan keterangan polisi, bendera kelompok milisi ISIS dan sebilah pisau berburu ditemukan di rumah mereka yang terletak di Fairfield, pinggiran Kota Sydney. Sebuah rekaman video berisi rincian mengenai serangan atas nama ISIS juga ditemukan.

"Kami menuduh kedua pria ini bersiap melakukan aksi kemarin (Selasa 10 Februari 2015)," ujar Deputi Komisaris Kepolisian New South Wales Catherine Burn seperti dimuat BBC.

Kedua pria itu, lanjut Burn, tidak dikenal oleh polisi. Bahkan kesatuan anti-teror baru menyadari keberadaan mereka setelah mendapat informasi tersebut.

Penangkapan kedua pria itu merupakan bagian dari operasi penggerebekan terhadap individu-individu yang dicurigai anggota dan simpatisan ISIS. Sejauh ini, sedikitnya 11 orang telah ditahan di Sydney dan Brisbane dengan tuduhan pelanggaran terkait aksi terorisme.

Operasi tersebut dilakoni setelah seorang pria bernama Man Haron Monis menyandera 18 orang di sebuah kafe di Sydney, 15 Desember 2014 lalu. Penyanderaan yang berlangsung selama 16 jam tersebut berakhir ketika aparat keamanan Australia menyerbu.

Sebanyak 2 tawanan tewas, yakni manajer kafe Tori Johnson dan barista bernama Katrina Dawson. Adapun pelaku penyanderaan diidentifikasi sebagai Man Haron Monis, tewas setelah menembak dirinya sendiri. (Tnt/Mut)

Menteri Rini Perjuangkan 3 BUMN Ini Dapat PMN

Posted: 10 Feb 2015 07:15 PM PST

Komisi VI DPR RI menyetujui alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) sebanyak Rp 37,276 triliun untuk  perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2015.

Namun begitu, Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku masih berupaya memasukan beberapa perusahaan pelat merah lain yang tak masuk daftar pemberian PMN. Alasannya, dari penetapan tersebut masih ada ruang yang cukup untuk penambahan alokasi PMN.

Adapun, perusahaan yang dimaksud antara lain PT PLN (Persero), PT Perum Jaminan Kredit Indonesia (Persero), dan PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero).

"Kami sudah usulkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bila ada usulan PMN. Bila masih ada ruang PLN, Jamkrindo, Askrindo. Sudah kirim surat Kemenkeu nanti kirim surat ke Komisi VI," ujarnya, Jakarta, Rabu dini hari (11/2/2015).

Dia memaparkan, untuk besarannya masing-masing PLN sebesar Rp 5 triliun, Jamkrindo Rp 500 miliar serta Askrindo sebanyak Rp 500 miliar.

Lanjut Rini, alasan pemilihan PLNkembali mendapatkan PMN karena sejalan dengan pemerintah untuk menggenjot sektor infrastruktur. Sementara, dua sisanya untuk mendorong program Kredit Usaha Rakyat (KUR). "Jamkrindo dan Askrindo diutamakan untuk KUR," tandas dia. (Amd/Nrm)

Karakternya Sering Tewas, Ini Kata Sean Bean

Posted: 10 Feb 2015 07:15 PM PST

Bagi yang suka menonton film atau serial tv yang dibintangi Sean Bean, tentu akan tahu kalau karakternya sebagian besar dibuat tewas. Bahkan, saking seringnya dimatikan di dalam film, lelaki kelahiran Inggris, 17 April 1959 tersebut sampai dinobatkan laman Watch Culture sebagai satu dari sepuluh besar aktor yang selalu mati di film.

Begitu juga ketika dirinya melibatkan diri di film sci-fi bertajuk Jupiter Ascending, banyak calon penonton yang menduga kalau karakternya juga bakal tewas di film itu. Pertanyaannya, benarkah anggapan tersebut?

Karakternya Sering Tewas, Ini Kata Sean Bean

"Mereka selalu berpikir kalau aku akan mati, dan aku tak akan memberitahu mereka sebelum mereka benar-benar menontonnya (tertawa)," jawab Sean Bean seperti dikutip dari halaman Screenrant, Rabu (10/2/2015).

Ditambahkan Sean, meski belakangan sudah memainkan banyak karakter dengan pola yang berbeda, ia masih belum sanggup melepaskan imej tersebut dari dirinya.

"Sebenarnya di beberapa tahun terakhir, aku berhasil selamat di banyak film. Tapi ya begitulah, beberapa orang tetap berpikir kalau nasibku akan seperti itu (mati di film). Kurasa, aku berada di peringkat ketiga, John Hurt, Bela Lugosi, kemudian aku," tandas Bean.

Jupiter Ascending, Perjalanan Panjang Ratu Penguasa Bumi

Menyimak ceritanya, Jupiter Ascending berkisah tentang gadis imigran Rusia bernama Jupiter Jones (Mila Kunis) yang sehari-harinya bekerja sebagai pembantu. Tapi siapa sangka, karakter lugu ini sebenarnya ditakdirkan untuk menjadi pemimpin jagat raya. Rahasia itu terkuak setelah dia bertemu dengan seorang manusia setengah serigala bernama Caine yang diperankan oleh Channing Tatum.(Feb)

Kapolda dan Kajati Papua Bertemu Bahas Eksekusi Labora Sitorus

Posted: 10 Feb 2015 07:13 PM PST

Jelang eksekusi Labora Sitorus (LS) terpidana polisi pemilik rekening gendut Rp 1,5 triliun, sejumlah instansi melakukan pertemuan di Kota Sorong. Lokasi itu merupakan tempat LS berada yang selama ini buron.

Dalam pertemuan tertutup itu, terlihat Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Paulus Waterpauw, Kajati Papua Herman Dasilva, Kepala Kanwil Hukum dan HAM Papua Barat Agus Soekono, Rabu (11/2/2015).

Salah satu perwira di jajaran Polda Papua Barat menyebutkan pertemuan itu untuk membahas langkah eksekusi LS yang akan dilakukan dalam waktu dekat. "Rapat ini memang hanya untuk bagimana mengeksekusi LS. Jajaran kami siap. Tapi kami kan bukan eksekutor. Jika ada perintah dari kejaksaan, tetap kami lakukan pengamanan," kata dia yang tak bersedia di sebutkan namanya.

Kajati Papua Herman Dasilva membenarkan pihaknya koordinasi terus dengan sejumlah pihak untuk eksekusi LS. Dia pun tak menyebutkan batas waktu untuk eksekusi LS. "Dalam waktu dekat. Hari ini kita lakukan pertemuan. Hasilnya apa, nanti pasti di jelaskan. Rapat hari ini juga dilakukan dalam rangka proses eksekusi itu semua," kata dia sebelum rapat koordinasi dimulai.

Pihaknya juga membantah kedatangan tim Kejagung ke Sorong dalam rangka eksekusi aset LS yakni PT Rotua. "Tidak benar itu. Tim Kejagung ke Sorong untuk memberikan penguatan dan bimbingan kepada Kejari Sorong dan jajaran dalam proses eksekusi LS. Pasti eksekusi tetap dilakukan," ucap dia.

Dia melanjutkan, laporan yang diterima oleh dirinya bahwa LS belum mengantongi putusan MA juga dibantahnya. "Sepengetahuan saya LS sudah menerima. Saya menerima laporannya seperti itu. Tapi tanyakan kepada pengadilan setempat, sebab yang memberikan surat putusan MA lewat pengadilan. Coba konfirmasi ke pengadilan," papar Dasilva.

LS ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO) alias buron oleh Kejari Sorong setelah kabur dari tahanan setempat pada Maret 2014 silam. LS divonis 15 tahun penjara dan denda Rp 5 miliar, setelah melakukan banding ke Mahkamah Agung dalam kasus pencucian uang dan penyelundupan BBM.

Padahal pada tingkat Pengadilan Negeri Sorong memvonis LS 2 tahun penjara dan denda Rp 500 juta. Lalu LS mengajukan banding ke Pengadilan Makassar dan putusan pun jatuh 8 tahun dengan denda Rp 500 juta. Tak puas dengan putusan yang dijatuhkan tersebut, LS lalu mengajukan banding ke Mahkamah Agung, lalu putusannya pun turun bahwa Labora Sitorus harus mendekam di penjara 15 tahun dan denda Rp 5 miliar. (Mut)

Video Gol-gol di Laga Arsenal vs Leicester

Posted: 10 Feb 2015 07:11 PM PST

Arsenal kembali ke jalur kemenangan. Pada menit 25 Liga Premier Inggris, The Gunners menang 2-1 kala kedatangan tim papan bawah Leicester City di Stadion Emirates, Rabu (11/2/2015).

Meski main di kandang sendiri, pasukan Arsene Wenger sempat kesulitan menembus gawang Leicester. Gol pembuka baru tercipta di menit 27. Bek Laurent Koscielny menyambar sepak pojok Mesut Ozil.

Theo Walcott menggandakan keunggulan Meriam London empat menit sebelum jeda. Walcott menyambar bola muntah tepis kiper Leicester Mark Schwarzer.

Leicester baru bisa memperkecil kedudukan di menit 61. Penyerang anyar Andrej Kramaric memperdaya David Ospina setelah terjadi kemelut di kotak penalti.

Beruntung bagi Arsenal, Leicester gagal mencetak gol lagi di sisa pertandingan.

Mobil Rp 61 Juta Kolaborasi Amerika-Tiongkok Siap Masuk Indonesia

Posted: 10 Feb 2015 07:07 PM PST

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengamini kabar GM-SAIC yang bakal meramaikan pasar otomotif dalam negeri. Kabarnya kolaborasi Amerika-Tiongkok itu bakal menyediakan mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Low Cost Green Car (LCGC).  

Diungkapkan Plt (Pelaksana Tugas) Direktur Jenderal Industri Unggulan (IUBTT) Kemenperin, Panggah Susanto, perusahaan tersebut adalah kerjasama antara General Motors (GM) dan SAIC Motor Corp yang bakal memasarkan mobil dengan merek Wuling.

"Yang Tiongkok dengan GM itu, dia mau berinvestasi di sini, produknya yang mau dibuat itu jenis MPV dan LCGC," ujarnya di Jakarta.

Lanjut Panggah pabrik GM-SAIC diperkirakan bakal memiliki kapasitas produksi 150 ribu unit per tahun. Sayangnya, ia tidak membeberkan angka investasi yang diguyur pabrikan tersebut di Indonesia.

>>>Klik laman berikutnya

Informasi terbaru ini menegaskan pernyataan Menteri Perindustrian Saleh Husin bahwa ada produsen asal Negeri Tirai Bambu yang berniat berinvestasi.

Kata Saleh, GM-SAIC rencananya akan menempati lahan yang sudah disiapkan seluas 60 hektar (ha), di kawasan industri sekitar Karawang-Cikampek.

Sementara itu, laman Reuters menyebutkan bahwa GM-SAIC setidaknya menggelontorkan dana tak kurang dari US$ 700 juta unit membangun pabrik. Jika tidak ada aral melintang fasilitas produksi itu mulai beroperasi pada 2017.

Kabar yang berkembang, untuk bersaing dengan Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia, GM-SAIC menyiapkan Wuling, yang dijual di Tiongkok sekira 30 ribu yuan atau setara Rp 61 juta. 

(Gst/Igw)

Profil Tim ISL 2015: Menanti Kebangkitan "Juku Eja" Bersama Riedl

Posted: 10 Feb 2015 07:06 PM PST

PSM Makassar merupakan salah satu klub asal Indonesia Timur terbaik dikancah sepakbola nasional. Sebagai tim tertua di Indonesia,  PSM memiliki catatan prestasi paling stabil di pentas Liga Indonesia, dengan sekali menjadi juara, empat kali runner-up, dan hanya sekali gagal masuk putaran final. Juku Eja juga dua kali mewakili Indonesia di Liga Champions Asia.

Ketika tim-tim perserikatan digabung dengan tim-tim Galatama menjadi Liga Indonesia sejak tahun 1994, PSM selalu masuk jajaran papan atas hingga sekarang. Setiap musimnya, PSM selalu diperhitungkan dan menjadi salah satu tim dengan prestasi paling stabil di Liga Indonesia.

Juku Eja baru sekali klub ini menjadi juara yakni pada Liga Indonesia tahun 2000, dan selebihnya empat kali menjadi tim peringkat dua pada Liga Indonesia 1995/1996, 2001, 2003, dan 2004.

Saat menjuarai Liga Indonesia, PSM mencatat prestasi mengesankan dengan hanya menderita 2 kali kekalahan dari total 31 pertandingan. Saat itu PSM mengumpulkan pemain-pemain langganan timnas Indonesia seperti Hendro Kartiko, Bima Sakti, Aji Santoso, Miro Baldo Bento, Kurniawan Dwi Julianto yang dikombinasikan dengan pemain asli Makasar seperti Ronny Ririn, Syamsudin Batola, Yusrifar Djafar, dan Rachman Usman, ditambah pemain asing Carlos de Mello.

PSM merajai pentas Liga Indonesia dengan menjuarai Wilayah Timur, dan di babak 8 besar menjuarai Grup Timur. Di semifinal, PSM mematahkan perlawanan Persija Jakarta, sebelum mengatasi perlawanan gigih Pupuk Kaltim di final yang berkesudahan 3-2.

Salah satu yang menjadi ciri PSM hingga selalu menjadi tim papan atas adalah permainan keras dan cepat yang diperagakan pemainnya dengan dipadu dengan teknik tinggi. Tak hanya itu, pemain PSM juga terkenal tangguh dan tidak cengeng dalam kondisi lapangan apa pun. PSM juga didukung oleh regenerasi yang kontinyu dan melahirkan pemain-pemain andalan di tim nasional. Tak hanya itu, kiprah para pemain di lapangan juga didukung oleh deretan pengusaha asal Sulawesi Selatan yang bergantian mengurusi managemen PSM.

Menyambut ISL 2015, PSM serius berbenah diri. Untuk mengembalikan kejayaan klub,  PSM mengontrak mantan pelatih Tim Nasional Indonesia, Alfred Riedl. Pelatih asal Austria tersebut kembali melatih klub setelah terakhir kali menukangi Hai Pong FC di Vietnam pada 2009. Amunisi PSM juga bertambah dengan hadirnya 2 eks punggawa Indonesia U-19, penyerang Muchlis Hadi dan winger Maldini Pali. Mereka akan bahu-membahu membawa panji PSM dengan muka lama seperti Syamsul Chaeruddin, Ponaryo Astaman, dan Muhammad Rachmat.

Untuk pemain asing, Riedl masih memilih-milih sosok yang tepat. Hingga awal Februari ada beberapa pemain yang masih diseleksi. Antara lain Nemanja Vucicevic asal Serbia dan Javi Fernadez Spanyol, Silvio Escobar bomber asal Paraguay yang musim lalu bersama Persepam Madura United (sekarang Madura Utama), dan Boman Irie Aime yang sudah bersama tim musim lalu.

DATA KLUB
Nama lengkap: Persatuan Sepakbola Makassar
Julukan: Juku Eja (Ikan Merah)
Pasukan Ramang
Ayam Jantan dari Timur
Didirikan: 2 November 1915
Stadion: Andi Mattalatta, Makassar , Indonesia (Kapasitas : 30.000)
Ketua Umum: Sadikin Aksa
Direktur Operasional PSM: Azhary Sirajuddin
Manajer: Irsal Ohorella
Direktur Teknik: Sumirlan
Pelatih: Alfred Riedl
Asisten Pelatih: Hans Peter Schaller

Alfred Riedl untuk pertama kalinya akan menangani klub peserta Indonesia Super League (ISL). Klub yang berhasil meyakinkan mantan arsitek timnas Indonesia itu adalah PSM.

Klub kebanggaan warga Makassar itu menjadi klub pertama yang dilatih Riedl sejak Xi Măng Hải Phòng FC pada musim 2008-2009. Akhir-akhir ini pria 46 tahun itu lebih banyak menangani tim nasional.

Riedl menerima pinangan PSM setelah dipecat sebagai pelatih timnas Indonesia. Riedl gagal membawa Indonesia berjaya di Piala AFF 2014. Boaz Solossa cs harus tersingkir di fase grup.

PSM memilih pria Austria ini sebagai pelatih bukan tanpa sebab. Tangan dingin dan Ketegasan mantan pelatih timnas Vietnam itu diharapkan bisa mengembalikan kejayaan PSM yang sudah lama tak pernah juara lagi.

Disiplin tingkat tinggi yang biasa diterapkan Riedl pada anak asuhnya diperlukan PSM untuk memadukan pemain muda dan senior yang menghuni skuat mereka.

Riedl dituntut dapat memadukan pemain muda seperti Muchlis Hadi Ning Saefullah dan Maldini Pali dengan pemain kawakan  macam Syamsul Haeruddin, Ponaryo Astaman dan Markus Haris Maulana.

Pria 46 tahun ini nampaknya takkan terlalu kesulitan meramu tim barunya ini.  Pasalnya Riedl sudah sangat mengenal beberapa pemain seperti Syamsul, Markus dan Ponaryo. Saat melatih timnas Indonesia, ketiga pemain itu kerap jadi andalan Riedl.

Di PSM, Riedl akan didampingi asisten pelatih baru yakni Hans Peter Schaller.

Biodata
Nama lengkap    Alfred Riedl
Tanggal lahir      2 November 1949
Tempat lahir       Wina, Austria
Tinggi                 1.84 meter

Kepelatihan
1990–1991    Austria
1993–1994    Olympique Khouribga
1994–1995    Al-Zamalek
1997–1998    Liechtenstein
1998–2001    Vietnam
2001–2003    Al Salmiya
2003–2004    Vietnam
2004–2005    Palestina
2005–2007    Vietnam
2008–2009    Xi Măng Hải Phòng FC
2009–2010    Laos
2010–2011    Indonesia
2011–2012    Laos (Direktur teknik)
2012–2013    Visé (Pelatih remaja)
2013–2014    Indonesia
2015-             PSM Makassar

Muhammad Rachmat

Muhammad Rachmat merupakan produk pembinaan pemain muda lokal PSM. Sama halnya dengan Syamsul Chaeruddin dan Rasyid Bakrie, pemain berusia 26 tahun ini masih setia membela tim Juku Eja sejak tahun 2008.

Musim lalu, Rachmat membuat kejutan dengan menjadi pencetak gol terbanyak PSM.  Padahal barisan depan Ayam Jantan dari Timur diisi oleh nama-nama mumpuni seperti Mario Costas, Roman Chmelo, Andi Oddang dan Michael Baird.

Rachmat sebenarnya bukanlah seorang yang berposisi sebagai striker murni. Pemain kelahiran Baba, Takalar, Makassar ini sejatinya adalah seorang sayap yang bisa bermain di sisi kanan atau kiri ujung tombak. Tapi, Rachmat mampu membuktikan kualitasnya sebagai penyerang berbahaya dengan koleksi 5 golnya.

Musim lalu, Rachmat tidak dimainkan di 7 laga pertama PSM karena masih dibekap cedera. Selama periode tersebut, PSM hanya berhasil memperoleh 5 poin dan tersungkur di posisi ke-9 klasemen Zona Timur. Memasuki pertandingan ke-8, Rachmat selalu bermain sebagai starter hingga akhir musim.

Kontribusi pemain yang turut membela Tim Nasional Indonesia di AFF Cup 2012 ini bagi PSM di musim lalu cukup besar. PSM tidak pernah kalah ketika Rachmat mencetak gol, dengan rincian 3 kemenangan dan 1 hasil imbang melawan Persipura. Sayangnya, torehan tersebut belum mampu membawa PSM melangkah lebih jauh dari fase Penyisihan Wilayah.

Statistik Rachmat bersama PSM di musim lalu tergolong baik. Angka rata-rata jumlah tembakan ke gawang yang dicatat Rachmat adalah 1.3 per pertandingan dengan akurasi 65%. Untuk ukuran pemain lokal yang jarang tersorot media, angka tersebut termasuk tinggi.

Pemain bernomor punggung 29 ini juga piawai dalam hal duel udara. Jika dirata-rata, Rachmat menang duel udara sebanyak 3 kali per pertandingan. Sebagai pemain sayap, Rachmat sering mengandalkan kecepatan dan kelincahannya. Hal tersebut dibuktikan dengan angka rata-rata dribel suksesnya yang mencapai 1.5 per pertandingan.

Patut ditunggu atraksi pemain sayap PSM di musim depan, yang kemungkinan akan diisi oleh Rachmat dan bintang muda Maldini Pali.

(Thomas/Pramuaji)

PSM kembali ke ajang Indonesia Super League di musim 2014 setelah absen dalam 3 edisi sebelumnya. Di akhir musim lalu, Tim Juku Eja bertengger di urutan ke-7 klasemen Zona Timur. Sampai hingga pertandingan terakhir, PSM masih berkesempatan untuk lolos ke Babak 8 Besar. Sayangnya, 2 kekalahan di 2 pertandingan terakhir mengubur asa tim asal Makassar tersebut.

PSM mengakhiri musim dengan raihan 25 poin hasil dari 7 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 9 kekalahan. Bermain jauh dari dukungan penonton, tepatnya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, menjadi salah satu penyebab turunnya performa PSM di ISL 2014. Fakta tersebut juga membuat angka rata-rata penonton yang datang ke laga “kandang” PSM rendah, yakni hanya sekitar 513 penonton per pertandingan.

Penampilan PSM di paruh pertama musim tidak begitu bagus. Dilatih oleh Rudy Keeltjes, PSM hanya berhasil meraup 9 angka dari 10 laga pertama mereka. Saat break tengah musim, PSM tersungkur di urutan ke-10.

Namun, di paruh kedua kompetisi, PSM bangkit. Dalam 8 laga pertama di paruh kedua, 16 poin diraih Syamsul Chaeruddin dkk. Sayangnya, di 2 laga terakhir, kekalahan dari Putra Samarinda dan Mitra Kukar membuat PSM harus puas finis di urutan ke-7.

Sebanyak 22 gol dicetak oleh 9 pemain PSM berbeda di musim lalu. M. Rahmat menjadi top scorer tim dengan koleksi 5 gol.

Dalam hal kedisiplinan, PSM mencatat 37 kartu kuning, 1 kartu kuning kedua, dan 1 kartu merah. Ada 2 pemain PSM yang paling sering menerima kartu kuning, yakni Markus Harris Maulana dan Agung Prasetyo. Masing-masing pemain tersebut menerima 5 kartu kuning sepanjang musim.

Ada 26 gol yang masuk ke gawang PSM musim lalu. 22 gol bersarang ke gawang Markus, sementara 4 sisanya bersarang ke gawang I Ngurah Komang Arya. Dari catatan kebobolan tersebut, PSM hanya berhasil clean sheet sebanyak 4 kali.

Di ISL 2015, PSM akan dilatih oleh mantan pelatih Tim Nasional Indonesia, Alfred Riedl. Pelatih asal Austria tersebut kembali melatih klub setelah terakhir kali menukangi Hai Pong FC di Vietnam pada 2009. Amunisi PSM bertambah dengan hadirnya 2 eks punggawa Indonesia U-19, Muchlis Hadi dan Maldini Pali. Mereka akan bahu-membahu membawa panji PSM dengan muka lama seperti Syamsul Chaeruddin, Ponaryo Astaman, dan Muhammad Rachmat.

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/808951/original/072609200_1423562706-PSM.jpeg

(Thomas/ Pramuaji)

Skuat PSM Makassar

Kiper
Markus Haris Maulana
AM Guntur

Bek
Boman Airin Aime
Ikbal Samad
Djayusman Trisad
Agung Prasetyo
Rasul Zainuddin
Hendra Wijaya

Gelandang
Syamsul Haeruddin
Rasyid Bakri
Kurniawan Karman
Ponaryo Astaman
Ardan Aras
Kaharuddin Salam
Maldini Pali

Striker
Muchlis Hadi Ning Saifulah
M Rahmat
Abdul Abanda Rahman
Achmad Hasim Tolle
Aditya Putra Dewa

Inilah Penampakan Restoran Pertama McDonalds di Dunia

Posted: 10 Feb 2015 07:05 PM PST

Sukses tak datang dengan mudahnya. meski kini menjadi jaringan restoran cepat saji terbesar di dunia, namun McDonalds memulai bisnisnya itu hanya dari sebuah kios kecil.

Restoran mulai beroperasi pada tahun 1940 sebagai sebuah restoran barbekyu yang dijalankan oleh saudara Richard dan Maurice McDonald di 1398 North E Street at West 14th Street di San Bernardino, California. Bahkan mulanya, restoran ini tidak menjual ayam panggang, melainkan barbekyu.

1st-mcdonald-5

Pada Oktober 1948, setelah saudara McDonald menyadari bahwa sebagian besar keuntungan mereka berasal dari menjual hamburger, mereka menutup restoran mereka dan mulai membuka kios drive-in yang hanya menjual hamburger, keripik kentang, dan jus jeruk. Tahun berikutnya, kentang goreng dan Coca-Cola ditambahkan ke dalam menu.

Pada tahun 1953, McDonald bersaudara mulai waralaba restoran yang sukses mereka, mulai di Phoenix, Arizona dan Downey, California; yang terakhir adalah restoran McDonald tertua. Restoran baru kemudian dibuka di Des Plaines, Illinois, dekat Chicago, pada tanggal 15 April 1955, pada hari yang sama bahwa McDonald menjadi korporasi.

1st-mcdonald-4

McDonalds atau yang populer dengan nama McD melayani sekitar 68 juta konsumen setiap hari di 119 negara. Dilansir melalui laman Amusingplanet.com, Rabu (11/2/2015), kini, restoran pertama ini telah direnovasi menjadi Museum McDonalds. (Liz)

1st-mcdonald-17

Tampilan eksterior restoran makanan cepat saji McDonald pertama dengan lengkungan neon yang menyala di malam hari, Des Plaines, Illinois. Circa pada tahun 1955.

1st-mcdonald-1

1st-mcdonald-12

 

 

Berpura-pura Jadi Dokter, Pria Ini Perkosa 100 Perempuan

Posted: 10 Feb 2015 07:05 PM PST

Seorang pria Jepang dituduh berpura-pura menjadi dokter, lalu memperkosa hampir 100 wanita yang dibujuknya mengikuti sebuah penelitian tentang tidur.

Dikutip dari Elite Daily , Kamis, 5 Februari 2015, Hideyuki Noguchi yang berusia 54 tahun, membuat iklan di internet bahwa dirinya sedang melakukan sebuah riset medis. Penelitian itu, diklaim Hideyuki bertujuan untuk mengetahui tekanan darah selama
tidur, pada wanita berusia remaja hingga 40 tahun. Mereka yang merespons iklan itu, kemudian dibawa ke hotel.

Hideyuki kemudian memberi obat penenang yang membuat para wanita itu pingsan, lalu dia memperkosa korbannya. Dia juga
membuat rekaman video dan menjualnya pada situs porno. Dia disebut telah memperoleh sedikitnya $85.000 atau sekitar Rp 1,07 miliar dari penjualan video pemerkosaan, yang dibuatnya sejak September 2011.

Hideyuki ditangkap setelah seorang korban melihat rekaman video dirinya. Hideyuki yang bukan seorang dokter dan tidak memiliki pengalaman medis, mengaku telah memperkosa hampir 100 orang wanita. Polisi hingga saat ini baru mendapatkan keterangan dari 39 orang korban.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

14 Efek Samping Duduk Terlalu Lama di Tempat Kerja

Posted: 10 Feb 2015 07:00 PM PST

Duduk berjam-jam lamanya bisa mempersingkat hidup Anda. Para peneliti telah melaporkan bahwa orang-orang yang duduk selama berjam-jam memiliki risiko tinggi kematian akibat penyakit jantung.

Bahkan duduk berlama-lama di tempat kerja memiliki efek samping yang dapat menyebabkan kesehatan mental yang buruk. Bahaya duduk di tempat kerja bahkan dapat membuat orang tersebut dinonaktifkan dan bahkan memicu risiko kesehatan.

Studi menyebutkan orang-orang yang terjebak dalam pekerjaan menetap akan berisiko dua kali lipat  jenis tertentu kanker usus besar.

Para ahli telah menemukan setidaknya ada 24 kondisi kronis yang berhubungan dengan bahaya duduk di tempat kerja. Berikut adalah beberapa dari 14 risiko kesehatan akibat kelamaan duduk di tempat kerja seperti dilansir Boldsky, Rabu (11/2/2015).


1. Kolesterol Tinggi

Setelah satu tahun duduk di tempat kerja, Anda perlahan-lahan bisa mengalami kolesterol tinggi. Duduk dalam waktu lama memiliki lebih banyak kesempatan untuk menyebabkan gangguan dalam fungsi metabolisme yang mengakibatkan peningkatan kadar trigliserida plasma, menolak kadar high density lipoprotein kolesterol dan pada saat yang sama penurunan sensitivitas insulin.

2. Obesitas

Duduk berjam-jam berbahaya buat kesehatan. Bahaya duduk di tempat kerja tak mengeluarkan energi karena otot tubuh tak dimanfaatkan sepenuhnya. Selain itu meminimalkan pembakaran kalori.

3. Sakit jantung

Otot-otot hanya bisa membakar lebih sedikit lemak dan aliran darah lebih malas karena kelamaan duduk. Ini akan membiarkan asam lemak menyumbat jantung. Orang dengan gaya hidup yang menetap berisiko mengalami penyakit kardiovaskular.



3. Kanker

Aktivitas fisik yang rendah, berisiko kematikan akibat penyakit jantung dan kanker. Beberapa bahaya kesehatan duduk berjam-jam bisa mengembangkan corpus uteri, kanker jantung dan ovarium.

4. Diabetes

Duduk berjam-jam hanya akan merugikan kemampuan tubuh dalam menangani gula darah. Ini menyebabkan sensitivitas insulin berkurang. Insulin bertanggung jawab membawa glukosa dari darah ke dalam sel dan kemudian digunakan untuk energi.

5. Otak berasap

Otot yang aktif memompa darah segar dan oksigen ke otak dan memicu segala macam  bahan kimia yang meningkatkan suasana hati. Ketika Anda memiliki gaya hidup yang aktif, semuanya bisa lambat masuk ke otak Anda.


6. Sindrom Metabolik

Penelitian terbaru menunjukkan, sindrom metabolik adalah efek buruk dari cara hidup menetap. Duduk dalam jangka waktu lama berkontribusi dalam risiko sindrom metabolik.

7. Sakit punggung

Duduk berjam-jam bisa menjadi penyebab utama sakit punggung. Bahkan bisa mengubah keteguhan tulang belakang dan menambah risiko cedera punggung bawah.

8. Fleksibilitas tulang belakang

Ketika tak ada pergerakan di tulang belakang ini bisa rentan terjadi kerusakan. Ingat, ketika kita melakukan beberapa aktivitas, disk lembut di tulang belakang berkembang. Tapi, ketika kita duduk saja maka disk dikompresi dengan tak merata.



9. Kehidupan sosial membosankan

Bahaya duduk di tempat kerja bisa menjadi penyebab interaksi yang memprihatinkan dan ini tak baik untuk psikologis.

10. Gangguan kaki

Duduk akan memperlambat sirkulasi darah. Ini bisa menjadi alasan cairan berkumpul di kaki. Dan beberapa masalah kesehatan mulai dari pergelangan kaki bengkak mengalami varises.

11. Kerusakan saraf

Neuropati juga bisa disebabkan karena gaya hidup yang tak aktif dan berada pada posisi yang sama dalam waktu berjam-jam.



12. Pinggul sejajar

Jika Anda terparkir di kursi selama berjam-jam, Anda cenderung menempatkan banyak tekanan di pinggul, lutut, dan tulang belakang yang menyebabkan kelemahan.

13. Mati rasa

Duduk dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama bisa melukai saraf dan bisa menyebabkan Anda merasakan ketidaknyamanan dan mati rasa.

14. Depresi

Jika Anda duduk sepanjang hari bisa membuat Anda merasa sedih. Semakin lama Anda duduk, maka Anda berkemungkinan mengalami gejala depresi.

Suami Cita Citata Ditahan, Ibu Kandung Jadi Jaminan

Posted: 10 Feb 2015 07:00 PM PST

Ditetapkannya Galih Purnama Eli alias Ijonk, sebagai tersangka terkait kasus dugaan pencurian alat-alat band di studio milik Arez, membuat sang ibu resah. Melalui kuasa hukum Ijonk, Rohman Hidayat, sang ibu ingin adanya penangguhan penahanan atas Ijonk.
 
Dan pengajuan penangguhan penahanan baru akan dikirimkan setelah 1x24 jam masa pemeriksaan dilakukan. "Untuk sementara kami masih menunggu kewenangan penyidik 1x24 jam. Kami akan ajukan permohonan Ijonk tidak ditahan dengan alasan kemanusiaan. Mudah-mudahan bisa dipercaya penyidik Polrestabes," katanya, saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Rabu (11/2/2015) dini hari.
 
"Ibunya, dan saya sudah jadi jaminan. Ijonk tidak akan melarikan diri, menghilangkan atau merusak barang bukti," tambah Rohman.
Rohman menyayangkan pihak Arez yang melaporkan kejadian ini lantaran kasusnya sudah terjadi cukup lama, 2011 silam. Dan ditekankan kuasa hukumnya kalau Ijonk tidak melakukan pencurian melainkan diberikan secara sukarela oleh Arez.
 
"Waktu gitar hilang, pelapor (Arez) tidak mempermasalahkan dan itu diberikan pada 2011. Buktinya dari tahun 2011 hingga 2015 tidak dipermasalahkan. Baru 2015 ini jadi perkara oleh pelapor," tutupnya. (Mer)

BKPM Undang 200 Investor Korsel Buat Genjot Target Investasi

Posted: 10 Feb 2015 06:54 PM PST

Dalam rangka mencetak target investasi sebesar Rp 519 triliun pada tahun ini, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) agresif memberikan gambaran dan proyeksi atas iklim investasi di Tanah Air, termasuk mensosialisasikan arah kebijakan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) kepada 200 investor dari Korea Selatan (Korsel).

Dari pantauan Liputan6.com, Jakarta, Rabu (11/2/2015), sejumlah investor asal Korsel sudah memadati Auditorium Kantor BKPM sejak Pukul 09.00.

Mereka terlihat antusias mengikuti seminar bertema "Indonesia Economic Perspective, Infrastructure and Manufaktur Investment Opportunities and Challenges 2015-2019. Seminar tersebut diselenggarakan BKPM bekerjasama dengan Kotra dan PT Jababeka Tbk, perusahaan properti.

Hadir Kepala BKPM Franky Sibarani dan Duta Besar Rebuplik Korea untuk Indonesia Cho Tai Young,dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil serta Direktur Jenderal Korean Korea Trade Investment Promotion Agency (KOTRA).

CEO gathering tersebut mengundang kurang lebih 200 investor dari Korsel baik yang telah maupun menyatakan minat berinvestasi di Indonesia.

"Korsel memang fokus investor hari ini darena dalam kurun waktu 5 tahun ini, Korsel merupakan salah satu negara dengan nilai investasi terbesar di Indonesia," ujar Franky, pagi ini.

Dari data BKPM menunjukkan, Korsel menduduki peringkat keempat sebagai negara investor terbesar di Indonesia sepanjang 2010-2014. Pada kuartal IV tahun lalu, Korsel menempati posisi kelima besar negara asal investasi di Tanah Air.

Franky menjelaskan, tujuan diselenggarakan acara ini, pertama memberikan informasi kepada para investor Korsel tentang kebijakan dan peluang investasi di sektor infrastruktur dan manufaktur terkait pembangunan infrastruktur maritim di seluruh Indonesia.

Kedua, memberikan informasi kepada investor Korsel tentang rencana pembangunan kawasan industri baru di seluruh Indonesia didukung pembangunan infrastruktur maritim.  Ketiga, memberi kesempatan para investor Korsel berdiskusi langsung dengan BKPM serta pembicara lain tentang permasalahan yang dihadapi dalam berinvestasi di Tanah Air.

"Jadi investor Korsel bisa memperoleh informasi lebih komprehensif mengenai outlook perekonomian Indonesia pada era pemerintahan baru, sekaligus menumbuhkan minat investor Korsel untuk menanamkan modalnya atau memperluas usaha di Indonesia," harap Franky. (Fik/Nrm)

Potensi Besar, Samsung Serius Garap Mirrorless

Posted: 10 Feb 2015 06:51 PM PST

Angka penjualan kamera digital mengalami penurunan di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir, ini untuk semua jenis kamera. Menurut lembaga riset pasar GfK, salah satu faktor terbesar yang mempengaruhinya adalah smartphone.

Menyusutnya pasar kamera digital adalah karena pasar smartphone dan tablet terus tumbuh. Di antara semua perangkat yang bisa menangkap gambar, smartphone mendominasi penjualan terbesar dalam dua tahun terakhir.

Namun di antara kamera digital, tidak semua perangkat kamera mengalami penurunan penjualan. Kamera compact premium (mirrorless) yang dilengkapi fitur-fitur canggih seperti sensor berukuran besar dan lensa dengan aperture besar semakin populer. Kamera DSLR perlahan kini kehilangan pamor karena kehadiran kamera mirrorless.

Tren perkembangan kamera mirrorless tersebut juga diakui oleh Samsung. "Kamera interchangeable-lens (yang lensanya bisa diganti-ganti) selama ini cuma ada di DSLR", ungkap Dany Setiawanto, Regional Head Digital Imaging Business Southeast Asia, Oceania & Taiwan, Samsung Electronics di acara Samsung Forum 2015 yang digelar di Bangkok, Thailand.

"Mirrorless merupakan kategori baru di segmen kamera, produknya lebih ringan. Tren menunjukkan ada kemungkinan mirrorless akan melebihi penjualan kamera DSLR pada tahun 2019. Inilah yang membuat Samsung fokus di segmen ini", paparnya lagi.

Dari sisi market, pasar mirrorless menurut Dany akan terus berkembang. "Di region ini mirrorless sudah hampir mencapai 33 persen dan terus berkembang. Bahkan di negara-negara yang sudah maju seperti Korea Selatan, Taiwan, mirrorless pasarnya lebih besar daripada DSLR", ungkap Dany.

Untuk menunjukkan keseriusannya di pasar mirrorless, Samsung terus mengembangkan inovasi pada produk-produknya. Yang terbaru, Samsung merilis kamera mirrorless Samsung NX1 untuk kalangan fotografer semi-pro.

NX1 adalah kamera pertama dari seri Samsung NX yang dilengkap fitur Bluetooth serta Wi-Fi standar IEEE 802.11ac berkecepatan 80 Mbps yang tidak hanya mampu mentransfer foto, tetapi juga video dengan cepat dan mudah.

NX1 mampu merekam video 4K dan menangkap gambar super cepat dengan kecepatan 15 frame-per-detik (fps) yang didukung oleh High Speed Imaging Engine DRIMe V. Kamera ini dibekali sensor APS-C berukuran 28 megapixel (MP) sehingga dapat menghasilkan foto beresolusi tinggi.

Dilihat dari sisi ukuran, body NX1 lebih cocok disebut sebagai kamera DSLR karena memang ukurannya hanya sedikit lebih kecil dari kamera DSLR. Sayangnya Samsung belum mau mengungkap harga pasti kamera ini.

"Harga masih dirahasiakan. Tapi yang pasti, kita akan mengeluarkan dua paket yaitu body-only dan juga paket lengkap dengan lensa," kata Gregory Augusta, Product Marketing Manager Digital Imaging Samsung Electronics Indonesia.

Namun menurut sumber terdekat Samsung, NX1 body-only akan dibanderol di bawah Rp 20 juta, sedangkan paket dengan lensa akan dipatok di atas Rp 20 juta.

(dew)

Tohpati: Rinto Harahap Musisi Hebat

Posted: 10 Feb 2015 06:45 PM PST

Kepergian musisi legendaris Rinto Harahap membuat duka industri musik Nasional. Bagi insan musik, Rinto Harahap tak hanya memberi kontribusi besar bagi kemajuan musik Indonesia, tapi juga memberi karya yang bisa dinikmati tanpa batas waktu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Tohpati. Sebab, salah satu dewa gitar Indonesia ini pernah membesut album Rinto Harahap dan mengetahui secara pasti soal puluhan lagu yang lahir dari eksistensi di dunia musik.

"Tahun 2011 aku kerjasama bikin album Masterpiece Rinto Harahap. Waktu itu aku jadi music directornya, bingung milihnya ya karena banyak banget lagunya," kenang Tohpati saat ditemui di sela-sela jumpa pers tur konser Passion, Love, Life di Soehana Hall, Jakarta Pusat, Selasa (10/2/2015).

"Dia (Rinto Harahap) musisi hebat. Dibuktikan dengan karyanya, hitsnya juga terbanyak. Salah satu musisi dengan hits paling banyak. Saya tahu persis itu," tutur gitaris yang sempat mempopulerkan lagu Serampang Samba tersebut.

Lewat tangan dingin Rinto Harahap, diakui Tohpati, musik disajikan secara gamblang dan apa adanya. Tak heran, selain sukses mencetak hits, lagu-lagu milik Rinto Harahap juga masuk dalam kategori everlasting.

"Melodinya simple, sederhana, cepat dan mudah diikuti. Rangkaian melodinya mudah dipahami. Itulah musik populer. Jadi mudah dipahami dan jadi populer di masyarakat," puji Tohpati. (fei)

News Flash: Jabodetabek Diprediksi Alami Hujan Lebat dan Petir

Posted: 10 Feb 2015 06:40 PM PST

Banjir Ancam Petani Banten Gagal Panen

Posted: 10 Feb 2015 06:40 PM PST

Curah hujan yang tinggi hingga akhir Februari nanti, mengancam hasil produksi padi di Provinsi Banten. Karena lahan pertanian terancam puso dan gagal panen akibat terendam banjir.

Kondisi tersebut membuat sulit untuk mencapai target pemerintah pusat sebesar 1 juta ton gabah kering pada 2017 mendatang.

"Cuaca bisa sangat berpengaruh pada produksi pangan apabila sangat ekstrem. Seperti curah hujan yang tinggi dan berkepanjangan seperti sekarang ini," Kata Kepala Dinas pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Banten, Eneng Nucahyati, (09/02/2015).

Terkait seberapa besar kemungkinan terjadinya puso, Eneng mengaku belum mempunyai perhitungan secara matang. Dirinya mengklaim meski lahan pertanian padi terendam banjir, tapi masih bisa diselamatkan tanamannya.

"Melalui petugas di lapangan dan kabupaten kota, terus memantau area persawahan yang terkena banjir dengan usia tanamnya. Apakah banjir menyebabkan gagal panen hingga puso, kami masih menunggu data itu," jelas dia.

Meski mengaku tak akan terjadi gagal panen atau puso, Eneng akan menyediakan bantuan benih padi sebanyak 22,5 ton dan obat tanaman.

"Kami masih ada benih nasional dan benih daerah. Kami juga menyediakan obat-obatan untuk hama dan penganggu tanaman. Petani bisa meminta bantuan melalui dinas kabupaten kota," tegas Eneng. (Tnt/Mut)

Top 5 Bisnis: Seteru Ahok dan PLN Soal Banjir Paling Dicari

Posted: 10 Feb 2015 06:36 PM PST

Hujan yang berlangsung dalam beberapa hari telah menyebabkan Jakarta kembali dikepung banjir. Tak hanya perumahan, dunia bisnis hingga istana menjadi korban meluapnya air di ibukota.

Hal yang menarik adalah polemik yang muncul dari kondisi ini. Di mana, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berang tatkala beberapa pompa yang seharunya menyedot air yang meluap tak dapat beroperasi karena pemadaman listrik yangn dilakukan PT PLN.

Hal ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com. Artikel soal seteru Ahok dan PLN paling banyak dibaca. Berikut artikel paling banyak dicari, Rabu (11/2/2015):

1. Dituding Ahok Jadi Biang Kerok Banjir Jakarta, Ini Penjelasan PLN

PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) angkat bicara soal tudingan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok soal biang kerok banjir Jakarta.

Dalam pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Ahok menyatakan banjir yang menerjang Istana dan sejumlah wilayah Jakarta disebabkan pompa air di Waduk Pluit mati akibat tidak mendapat pasokan listrik dari PLN.

2. Mulai 1 Maret Tak Ada Lagi Penjualan Tiket Pesawat di Bandara

Sebagai tindak lanjut dari instruksi Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan, PT Angkasa Angkasa Pura II (Persero) memastikan akan menghapus loket penjualan tiket pesawat di bandara.

Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi mengatakan penghapusan loket ini akan dilakukan secara bertahap di bandara-bandara yang dikelola oleh perusahaan plat merah tersebut.

3. Banjir Lumpuhkan Bisnis, Ini Usul Pengusaha DKI Jakarta

Curah hujan tinggi terjadi di wilayah Jabodetabek mengakibatkan terjadi banjir di beberapa titik hingga saat ini. Tak tanggung-tanggung banjir Jakarta kali ini juga menggenangi pusat-pusat perbelanjaan di jantung kota Jakarta dan sekitarnya, bahkan sampai ke area Ring 1, Istana Kepresidenan.

Mengomentari hal ini, pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta menilai ada beberapa usulan yang harus segera Pemerintah provinsi DKI Jakarta prioritaskan.

4. Istana Terendam Banjir, Ahok Adukan PLN ke Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hari ini dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait banjir yang merendam Kompleks Istana dan sejumlah wilayah Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Ahok mengungkapkan banjir yang menerjang kantor Jokowi tersebut disebabkan pompa air di Waduk Pluit mati karena tidak mendapat pasokan listrik dari PT PLN (Persero).

5. Anatasios Arnaouti, Hidup Super Mewah Karena Uang Palsu

Bisnis pemalsuan uang memang marak diminati karena dapat membuat para pelakunya mendapat untung cepat dalam waktu singkat. Bahkan beberapa di antara aksi pemalsuan uang dapat bertahan hingga bertahun-tahun tanpa terkuak oleh pihak berwajib.

Anatasios Arnaouti, merupakan salah satu kepala geng pemalsuan uang besar di Inggris yang akhirnya berhasil dibekuk setelah melancarkan operasinya selama beberapa tahun. Kecurigaan masyarakat mulai muncul kala Arnaouti yang tak memiliki pekerjaan dapat tinggal di rumah mewah dan mengendarai mobil super mahal. (Nrm)

6 Desain Kursi Gantung yang Bisa Kembalikan Energi Positif

Posted: 10 Feb 2015 06:35 PM PST

Menikmati keindahan alam dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi stress dan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan bersantai di taman atau ruang terbuka lainnya. 

Warna hijau yang datang dari pepohonan dan tumbuhan lainnya di taman dapat menjadi teman terbaik sekaligus memberikan kesegaran pikiran dan mengembalikan energi positif Anda.

Unsur lainnya yang tak kalah penting ketika Anda meluangkan waktu bersantai di taman adalah kursi gantung. Berbagai macam desain kursi gantung pun hadir melengkapi waktu bersantai Anda. 

Selain desainnya yang unik, kursi ini bisa menjadi pemikat dan dekorasi pemanis pada taman. Dilansir Architecture&Design, Rabu (11/2/2015), berikut beberapa desain kursi gantung yang dapat membantu mengembalikan energi positif Anda:

      

     

     

Anda tertarik untuk memilikinya?

Konsumsi Minuman Berenergi Picu Anak Jadi Hiperaktif

Posted: 10 Feb 2015 06:30 PM PST

Bagi Anda orangtua yang memiliki buah hati hobi mengonsumsi minuman manis maupun bernenergi, coba mulai kurangi asupannya. Terlalu banyak mengonsumsi kedua jenis minuman tersebut pada usia anak-anak bisa memicu timbulnya risiko anak jadi hiperaktif dan hilang perhatian.

Hal ini diketahui lewat penelitian yang dilakukan terhadap 1.649 siswa sekolah menengah di daerah Connecticut. Diantara mereka yang hobi mengonsumsi minuman manis maupun berenergi, 66 persen diantaranya berisiko memperlihatkan gejala anak jadi hiperaktif dan kurang perhatian.

"Hasil penelitian kami mendukung apa yang direkomendasikan American Academy of Pediatri, bahwa orangtua disarankan untuk membatasi asupan minuman manis dan berenergi pada anak-anak," terang pemimpin penelitian dari Yale School of Public Health, Jeannette Ickovics.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Academic Paediatrics ini, lebih banyak anak laki-laki yang menggemari minuman manis. Rata-rata usia anak yang gemar minuman berenergi maupun manis 12,4 tahun.

Seperti dilansir Times of India, Rabu (11/2/2015), konsumsi minuman manis berlebih juga membuat anak jadi obesitas. Hal ini kemudian merembet meningkatkan risiko kesehatan lain seperti masalah jantung dan pembuluh darah di kemudian hari.

Suami Cita Citata Tak Ambil Paksa Gitar Arez

Posted: 10 Feb 2015 06:30 PM PST

Galih Purnama alias Ijonk sempat dijemput paksa oleh tiga orang polisi di Pengadilan Agama Bandung, usai menjalani sidang cerai. Dan Kini, Ijonk harus menginap di kantor polisi guna penyidikan lebih lanjut.
 
Rohman Hidayat, kuasa hukum Ijonk menjelaskan kalau kliennya sudah menjalani pemeriksaan oleh peyidik Polrestabes Bandung. Dalam BAP, Ijonk mengatakan kalau dirinya tak pernah mengambil paksa gitar milik Arez, si pelapor.
 
"Hari ini Ijonk diperiksa di Polrestabes sebagai tersangka, dan sudah di buatkan berita acara pemeriksaan (BAP). Ijonk mengaku pernah diberi gitar oleh pelapor. Tapi gitar tersebut hilang, dan Ijonk sudah melaporkan kejadian tersebut kepada pelapor," ungkap Rohman, ditemui di Mapolresta Bandung.
 
Dan Ijonk berjanji akan mengganti gitar yang hilang itu. Ditambahkan Rohman, Ijonk mengaku kalau ada saksi saat Arez memberikan gitar kepadanya.
"Saksi yang merupakan rekan Ijonk dan Arez sudah diminta untuk bertemu dengan pelapor. Tapi pelapor tak ada dan menghilang. Selain itu, ada saksi lainnya yang mengetahui Arez sudah mengikhlaskan gitarnya," lanjutnya.
Menurut Rohman, keinginan Ijonk mengembalikan gitar itu sudah ada sejak lama, namun hingga kini tak terealisasi. "Niat baik untuk mengembalikan gitar sudah dilakukan jauh sebelum ada laporan (ke Mapolrestabes Bandung)," tutup Rohman. (Mer)

Ahok Akui Konstruksi Trotoar di Jakarta Salah

Posted: 10 Feb 2015 06:21 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengakui, selama ini terjadi kesalahan konstruksi pedestrian atau trotoar di Ibukota. Akibatnya, infrastruktur pejalan kaki itu hingga kini masih banyak yang kurang memadai.

"Dulu itu trotoar dipegang Dinas Pertamanan. Lucu kan. Lihat di Jakarta banyak sekali taman itu nutupin tali air. Taman Tebet itu lagi bongkar semua nih. Dia bikin trotoar, tali airnya ditimpa saja, kontraktor taman mana peduli sih?" kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Maka itu, Basuki yang karib disapa Ahok tersebut mengalihkan pengelolaan trotor kepada Dinas Bina Marga DKI (pecahan Dinas Pekerjaan Umum). Agar, pembangunan ataupun perbaikan trotoar sesuai konstruksi yang ada.

"Kita lagi minta (ke Dinas PU Bina Marga) taman nggak boleh lagi ngurus trotoar. Bina Marga yang ngurus," kata Ahok.

Ia menginstruksikan kepada Kepala Dinas Bina Marga DKI Yusmada Faizal, agar tahun ini mencari lokasi percontohan trotoar yang layak di setiap wilayah Jakarta.

"Jadi contoh, tuh modelnya kayak gitu, jadi nggak bisa langsung, daripada nggak jadi semua kan, yang mana sudah rapi itu jadi contoh," ucap Ahok. (Mvi/Mut)

Bos Canon: Smartphone Bukanlah Alat Fotografi

Posted: 10 Feb 2015 06:20 PM PST

Banyak kalangan yang beranggapan bahwa smartphone adalah kamera kompak generasi baru. Namun statement tersebut langsung ditampik oleh Senior Director & General Manager Canon Singapore, Hideaki Nishimura.

"Smartphone bukanlah alat fotografi. Smartphone hanyalah sebuah memo dan pelengkap semata. Kami tak menganggap smartphone sebagai saingan kamera saku," kata Nishimura di Daiwa Royal Hotels, Oita, Jepang.

Nishimura mencontohkan, saat pengguna smartphone ingin memotret pegunungan, pastinya mereka mengharapkan hasil yang baik. Namun setelah melihat hasil fotonya, mereka tidak bisa mendapatkan hasil foto yang diharapkan.

"Pasar kamera kompak belakangan ini memang sedang menurun. Pun demikian, kami tetap optimis bahwa pasar kamera kompak akan kembali stabil," tambah Nishimura. 

Menurut Grup Industri Camera dan Imaging Products Association yang berbasis di Tokyo, Jepang, selama lima bulan pertama tahun 2013, angka pengapalan kamera saku secara global tercatat menurun 42 persen.

Meskipun demikian, Canon tetap optimis dengan fokus menawarkan fitur-fitur canggih di dalam kamera. Salah satunya adalah dengan menyuguhkan kamera saku yang mudah terhubung ke smartphone dan berbagi foto via internet.

Pandangan Canon senada dengan sejumlah analis, yang berpendapat bahwa konsumen ingin agar kamera mereka menjadi sebuah perangkat tunggal yang dapat mengambil gambar sekaligus mengedit, juga langsung membaginya ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Path.

(isk/dhi)

 

Berlawanan dengan Bursa Asia, IHSG Dibuka Menguat 12,81 Poin

Posted: 10 Feb 2015 06:16 PM PST

Bursa saham Asia yang melemah ternyata tak mempengaruhi laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pagi ini. IHSG dibuka di zona hijau.

Pada pembukaan pukul 09.00 WIB, IHSG menguat 12,81 poin (0,24 persen) ke level 5.334,53. Indeks saham LQ45 menguat 0,34 persen ke level 923,13.

Penguatan indeks saham ditopang dari 80 saham yang menghijau. Sementara itu, 71 saham melemah. Sedangkan 77 saham lainnya diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 24.321 kali dengan volume perdagangan saham 706,61 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 600 miliar.

Secara sektoral, sebagian besar sektor saham menghijau kecuali sektor saham industri dasar turun 0,27 persen. Sektor saham aneka industri naik 0,57 persen, sektor saham manufaktur mendaki 0,21 persen, dan sektor saham infrastruktur menguat 0,17 persen.

Investor asing melakukan aksi beli pada pagi ini. Investor asing melakukan aksi beli bersih sekitar Rp 23 miliar. Sedangkan pemodal lokal melakukan aksi jual bersih sekitar Rp 23 miliar.

Pagi ini, saham-saham yang tercatat menguat dan sebagai penggerak indeks saham antara lain saham BRAU naik 12,79 persen ke level Rp 96 per saham, saham VICO mendaki 7,14 persen ke level Rp 120 per saham, dan saham BORN menguat 4,35 persen ke level Rp 54 per saham.

Sedangkan saham-saham yang menekan indeks saham antara lain saham CTTH turun 5,13 persen ke level Rp 74 per saham, saham ABBA tergelincir 3,12 persen ke level Rp 62 per saham, dan saham BEKS susut 2,86 persen ke level Rp 68 per saham.

Analis PT Samuel Sekuritas, Tiesha Narandha Putri menuturkan, Bursa AS dan Eropa menguat kemarin didukung technical rebound. Sedangkan Bursa Asia melemah terbatas dengan Nikkei ditutup dalam rangka hari libur publik.

Dari dalam negeri, rupiah dibuka melemah 0,34 persen ke level Rp 12.713 per dolar AS.

"Kami memperkirakan IHSG akan diperdagangkan mixed dengan kecenderungan menguat setelah melemah 0,5 persen di sesi perdagangan kemarin," jelasnya.(Gdn)

Akses Tangerang-Jakarta Masih Banjir, Pengendara Nekat Melintas

Posted: 10 Feb 2015 06:15 PM PST

Kondisi Jalan KH Hasyim Ashari, penghubung Kota Tangerang menuju Jakarta dan sebaliknya masih terendam air setinggi 50 cm hingga 1 meter. Sejumlah warga yang melintasi jalan yang menghubungkan Tangerang dengan Jakarta itu pun terpaksa menggunakan jasa gerobak untuk melintas.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (11/2/2015), sebagian pengendara lainnya memilih nekat menyeberangi arus air yang deras. Bahkan beberapa kendaraan yang memaksa melintas tak sedikit yang mengalami mati mesin.

Ketinggian air yang belum surut membuat sebagian besar warga bertahan di sejumlah lokasi pengungsian, meski ada beberapa yang masih terjebak di dalam rumah karena takut terseret arus air.

Warga berharap pemerintah setempat segera melakukan upaya nyata untuk mengatasi banjir yang sudah seringkali terjadi ini.

Sementara itu, banjir yang merendam pemukiman warga di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa 10 Februari malam mulai surut. Meski air masih setinggi 30 cm, namun surutnya air dimanfaatkan warga untuk bersih-bersih rumah. Warga bahkan enggan mengungsi dan memilih bertahan di lantai dua rumah mereka.

Diperkirakan banjir masih menghantui salah satu kawasan langganan banjir di ibu kota ini, mengingat musim penghujan belum usai. (Mar/Mut)

Gwen Stefani Tak Pernah Sesali Pilihannya

Posted: 10 Feb 2015 06:15 PM PST

Gwen Stefani dikenal sebagai fashionista karena gaya busana yang dikenakannya menjadi trend setter. Sejak menjadi bagian dari No Doubt, Gwen Stefani memang kerap kali tampil dengan gaya kontroversialnya.

Namun Gwen Stefani tak pernah menyesali pilihannya itu dalam bergaya. Menurut Gwen Stefani, itu adalah cara dirinya menunjukkan jati diri di dunia hiburan, dengan musik dan fesyen.

"Semua hal memiliki sebuah alasan dalam sebuah pandangan. Jika kau melihat foto lama saya, maka saya dengan bangga mengatakan, `saya tak akan menyesal dengan pakaian yang saya kenakan.` Itu menunjukkan siapa dirimu saat itu," ujar Gwen Stefani, dilansir dari Us Magazine, Selasa (10/2/2015).



Gwen Stefani juga mengungkapkan kebahagiannya menjadi bagian dari band legendari No Doubt. Namun, semua itu berubah seiring berjalannya waktu, khususnya setelah ia berkeluarga.

"Saya telah menjadi pentolan No Doubt sejak akhir 1980-an. Saya sangat menyukai pekerjaan itu. Tapi, sekarang semua berubah. Saya harus lebih banyak meluangkan wkatu untuk keluarga."

Gwen Stefani dikaruniai tiga orang anak, Kingston (8 tahun), Zuma (6 tahun) dan Apollo (11 bulan). Meski masih berkarier di dunia hiburan, Gwen Stefani tetap harus meluangkan waktu untuk anak-anaknya

DPR Restui Gelontoran PMN Buat BUMN Rp 37,276 Triliun

Posted: 10 Feb 2015 06:14 PM PST

Rapat kerja antara Komisi VI DPR RI dan pemerintah menyetujui alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) sebanyak Rp 37,276 triliun untuk perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2015.

Anggaran tersebut, jauh lebih kecil atas usulan sebelumnya yang mencapai Rp 48 triliun. Menteri BUMN Rini Soemarno mengucapkan terima kasih kepada peserta rapat atas putusan tersebut.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada DPR  melakukan rapat kerja menyelesaikan pembahasan mengenai permohonan kami mengenai PMN," kata dia di Jakarta, seperti dikutip Rabu (11/2/2015).

Meski begitu, menurut Rini putusan tersebut masih mensuaikan ruang fiskal. Sehingga, dia bilang jika dimungkinkan pihaknya akan mengajukan tambahan PMN.

"Kami memang sudah mengatakan menginginkan pimpinan melihat jumlah disetujui dibandingkan dengan jumlah diusulkan masih ada ruang. Bila diizinkan kami sudah tulis surat Menteri Keuangan," papar Rini.

Sebagai informasi, rapat kerja ini berlangsung secara tertutup. Rapat yang direncanakan digelar hari Selasa 10 Februari 2015 pukul 19.30 WIB ini molor hingga pukul 20.45 WIB. Kemudian rapat baru benar-benar selesai pada Rabu, 11 Januari 2015 pukul 2.08 WIB.

Sebelumnya, rapat pembahasan soal PMN ini berjalan alot karena tidak menemui keputusan.

Berikut daftar perusahaan BUMN yang mendapat alokasi penerimaan PNM:

1. PT Angkasa Pura II (Persero) Rp 2 triliun
2. PT ASDP (Persero) Rp 1 triliun
3. PT Pelni  (Persero) Rp 500 miliar
4. PT Hutama Karya  (Persero) Rp 3,6 triliun
5. PT Perum Perumnas  (Persero) Rp 2 triliun
6. PT Waskita Karya  (Persero) Rp 3,5 triliun
7. PT Adhi Karya (Persero) Rp 1,4 triliun
8. PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III Rp 3,5 triliun
9. PT Permodalan Nasional Madani  (Persero) Rp 1 triliun
10. PT Garam (Persero) Rp 300 miliar
11. PT Perum Bulog (Persero) Rp 3 triliun
12, PT Pertani  (Persero) Rp 470 miliar
13 PT Sang Hyang Sri  (Persero)  Rp 400 miliar
14. PT Perikanan Nusantara  (Persero)  Rp 200 miliar
15 PT Perum Perikananan Indonesia  (Persero)  Rp 300 miliar
16. PT Dirgantara Indonesia  (Persero)  Rp  400 miliar
17. PT Dok Perkapalan Surabaya  (Persero)  Rp 200 miliar
18. PT Dok Koja Bahari  (Persero)  Rp 900 miliar
19. PT Industri Kapal Indonesia  (Persero)  Rp 200 miliar
20. PT Aneka Tambang  (Persero)  Rp 3,5 triliun
21 . PT Pindad  (Persero)  Rp 700 miliar
22. PT KAI  (Persero)  Rp 2,75 triliun
23. PT Perusahaan Pengelola Aset  (Persero)  Rp 2 triliun
24 PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)  Rp 250 miliar
25. PT Pelindo IV  (Persero)  Rp 2 triliun
26.PT Krakatau Steel  (Persero)  (non cash) Rp 956 miliar
27. PT Bahana PUI  (Persero)  (non cash) Rp 250 miliar

Adapun catatan PMN pada PTPN III digunakan untuk

PTPN VII Rp 175 miliar
PTPN IX Rp 1 triliun
PTPN X Rp 975 miliar
PTPN XI Rp 650 miliar
PTPN XII Rp700 miliar. (Amd/Nrm)

Top 5 Otomotif: Mobil Nasional hingga Yamaha NMax Curi Perhatian

Posted: 10 Feb 2015 06:13 PM PST

Pasca pendatanganan MoU antara PT Adiperkasa Citra Lestari dengan Proton Holding Berhard, wacana soal mobil nasional kembali mencuat. Tak pelak, artikel yang membahas soal perjalanan mobil besutan Indonesia pun sukses jadi sorotan.

Di samping itu, adapula informasi mengenai tips menghindari beli mobil bekas yang pernah terendam banjir hingga tanggapan pembalap soal Yamaha NMax tak luput dari perhatian.

Untuk lebih jelasnya, berikut top 5 artikel otomotif.liputan6.com pada Selasa 10 Februari:

1. Perjalanan Mobil-mobil Hasil Karya Anak Negeri (Bagian 1)

Meskipun saat ini kendaraan-kendaraan bermerek asing menjadi primadona di Tanah Air, bukan berarti bangsa Indonesia tidak mampu menciptakan mobil sendiri. Ide mobil nasional ini sebenarnya telah cukup lama tercetus semenjak era kepemimpian Orde Baru di bawah kuasa Soeharto.

2. Tips Menghidari Beli Mobil Bekas yang Pernah Terendam Banjir

Banjir memang menjadi momok tersendiri, terlebih bagi Anda yang ingin membeli kendaraan bekas. Alih-alih ingin memiliki mobil idaman justru bisa berujung masalah bila Anda nyatanya membeli sebuah kendaraan yang tak prima karena bekas terendam air.

Menurut Senior Marketing Pusat Mobil Bekas Mangga Dua, Herjanto Kosasih, sebenarnya tidak masalah membeli mobil yang pernah terendam banjir. Asalkan, katanya, kendaraan dalam kondisi baik.

3. Harga Yamaha NMax, Lebih Murah Rp 10,5 Juta Dibanding Kompetitor

Segmen skutik dalam negeri semakin bergairah dengan hadirnya Yamaha NMax. Motor yang diposisikan bertarung dengan Honda PCX 150 ini pun hadir dengan harga yang kompetitif.

Ya, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Mohammad Msyur menurutkan, NMax yang hadir dengan mewarisi model XMax dan TMax ini memiliki banderol harga yang jauh lebih kompetitif.

4. Mengapa Yamaha NMax Jadi Skutik Spesial di Indonesia?

Yamaha kembali memperkuat kiprahnya di segmen skutik. Setelah melempar New Mio M3 125 Blue Core, pabrikan berlambang garpu tala itu kini resmi membuka selubung NMax di Indonesia. Lantas apa yang membuat motor ini spesial?

"NMax merupakan model global kedua Yamaha yang diproduksi oleh Yamaha Indonesia. Ini berita baik bagi konsumen Indonesia yang mana menjadi negara pertama dirilisnya NMax," jelas Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Yoichiro Kojima.

5. Kata Pembalap Soal Yamaha NMax

Mengambil tempat di Sirkuit International Sentul, sejumlah pembalap Yamaha pada hari ini (10/2/2015) turut menjajal performa skutik premium terbaru, NMax. Lantas bagaimana pendapat mereka soal performa motor tersebut?

Menurut Imanuel Pratama, Yamaha NMax memiliki sejumlah kelebihan, khususnya pada saat handling dan tenaga.

"Tenaganya penuh terus. Ketika gas diturunin terus ditarik lagi tenaganya enak," ucapnya saat berbincang dengan Liputan6.com.

(Gst/Igw)

Cara Mengatasi Banjir Jakarta Ala Bangkok

Posted: 10 Feb 2015 06:10 PM PST

Pada tanggal 09 Februari 2015, Ibu kota negara kita Jakarta kembali dilanda banjir. Intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan meluapnya beberapa sungai yang aliran airnya “macet”. Penyebab “macetnya” air ini bisa karena sungai kecil dan dangkal atau dalam sungai benda-benda lain selain air yang mengalir di sana sehingga jatah “jalan” untuk air menjadi berkurang. Selain sungai yang meluap, air hujan yang tidak terus terserap tanah karena berkurangnya daerah resapan juga menjadi menjadi penyebab kedua banjir Jakarta.

Selengkapnya

Pengirim:

Ibnu Rusydy
Follow us: @melek_bencana on Twitter | MelekBencana on Facebook

Video Gol Perdana Balotelli di Liga Inggris

Posted: 10 Feb 2015 06:06 PM PST

Liverpool memetik kemenangan penting di pekan 25 Liga Premier Inggris. The Reds menang tipis 3-2 atas Tottenham Hotspur di Anfield, Rabu (11/2/2015) dinihari WIB. Gol kemenangan Liverpool dicetak Mario Balotelli.

Pertemuan Liverpool dengan Spurs berlangsung sengit sejak awal. Tuan rumah unggul lebih dulu pada menit 15. Lazar Markovic melakukan solo-run yang kemudian dilanjutkan dengan tendangan rendah yang mengecoh kiper Hugo Lloris.

Keunggulan ini tak bertahan lama. Di menit 26, bomber muda Spurs Harry Kane bisa menyamakan skor. Umpan terobosan Erik Lamela dengan dingin diselesaikan Kane.

Liverpool kembali unggul di awal babak kedua berkat penalti kapten Steven Gerrard. Wasit memberikan hadiah penalti setelah Daniel Sturridge dilanggar di kotak terlarang.

Namun Spurs lagi-lagi bisa menyamakan skor pada menit 61. Kemelut di depan gawang Liverpool diselesaikan oleh Moussa Dembele.

Tujuh menit sebelum bubaran, Balotelli muncul sebagai pahlawan. Pria Italia itu menyontek umpan Adam Lallana. Ini merupakan gol perdana Balotelli di Liga Premier.

Ini Cara Mercedes Benz Boyong Pegolf Amatir Indonesia ke Jerman

Posted: 10 Feb 2015 06:06 PM PST

Tak melulu hadirkan mobil mewah, Mercedes-Benz Indonesia pada Maret 2015 mendatang akan menggelar turnamen golf MercedesTrophy. Turnamen golf tingkat amatir ini ditujukan bagi pemilik kendaraan Mercedes-Benz yang hobi dengan olahraga tersebut.

"Kami mengundang seluruh pemilik kendaraan Mercedes-Benz yang gemar bermain golf, untuk mengikuti MercedesTrophy 2015. Acara ini merupakan bagian dari apresiasi kami terhadap customers setia Mercedes-Benz di seluruh dunia, termasuk di Indonesia," ungkap Dr. Claus Weidner, President & CEO Mercedes-Benz Indonesia, melalui siaran pers yang diterima Liputan6.com.

MercedesTrophy diadakan pertama kali di Tanah Air sejak 1992 dan telah diikuti oleh lebih dari 60 ribu peserta. Para penggila golf yang berminat ikut serta dalam MercedesTrophy 2015 sudah dapat mendaftarkan diri di masing-masing dealer resmi Mercedes-Benz Indonesia.

Babak kualifikasi akan dilaksanakan secara bertahap mulai dari tanggal 26 Maret dan 9 April 2015 di Royale Jakarta Golf Club. Dalam babak kualifikasi, akan ditentukan sebanyak 70 finalis yang akan melaju ke babak final pada 4 Juni 2015 di Imperial Klub Golf, Karawaci.

Tujuh pegolf terbaik Indonesia yang berhasil lolos di babak final, akan terbang ke Sanctuary Cove Resort, Gold Coast, Australia pada 11-14 Agustus 2015 dan berlaga di tingkat regional. Satu dari tujuh pegolf terbaik Indonesia akan bertanding pada MercedesTrophy World Final pada 1-6 Oktober 2015 yang akan dilaksanakan di Stuttgart, Jerman.

Tahun lalu, tim Indonesia berhasil mengirimkan pegolf untuk bertanding hingga World Final di Stuttgart, Jerman. Selain itu, tim Indonesia juga berhasil mengungguli 8 negara lainnya yaitu Sri Lanka, Malaysia, Vietnam, Taiwan, Singapore, Thailand, Hongkong dan Filipina dengan meraih Nation Cup Winner 2014 sekaligus pertama kalinya berhasil menjuarai Asian Final sejak turut serta pada 1992.

“MercedesTrophy merupakan salah satu kegiatan yang eksklusif bagi seluruh peserta di mana mereka dapat mengikuti turnamen golf bergengsi dan menjadi wakil Indonesia di tingkat regional dan dunia. Peserta juga dapat memperluas jaringan pertemanan dengan sesama pemilik kendaraan Mercedes-Benz,” Tandas Claus.

(Ysp/Gst)

Inilah Pemandangan Bumi dari Luar Angkasa Saat Terjadi Badai Alam

Posted: 10 Feb 2015 06:04 PM PST

Meski wilayah bumi porak poranda akibat bencana alam, namun sesungguhnya satelit di luar angkasa adalah alarm peringatan pertama ketika badai-badai dahsyat muncul. Dilansir melalui laman Discovery, Rabu (11/2/2015), seperti inilah pemandangan sejumlah badai ketika dilihat dari citra satelit luar angkasa.

Sebuah citra satelit menunjukkan puncak intensitas badai salju yang sedang bergerak menuju New York dan Boston pada 27 Januari lalu. Badai tersebut memberikan banyak debu di wilayah Timur Laut wilayah Amerika tersebut.



Awak Stasiun Luar Angkasa Internasional atau NASA, menangkap gambar petir ini dari dinding mata siklon tropis Bansi, di sebelah timur Madagaskar.



Pada bulan Januari 2015, dua siklon tropis - Diamondra dan Eunice - berputar-putar di atas Samudera Hindia. Badai tersebut tidak menyebabkan banyak kerusakan di wilayah tersebut, tetapi kilasan pandangan untuk satelit. (Liz)

Foto: Discovery

Rel Kereta Bogor-Cilebut Patah, Perjalanan KRL Terganggu

Posted: 10 Feb 2015 06:02 PM PST

Rel Kereta Rel Listrik (KRL) antara stasiun Bogor dan Cilebut patah. Akibatnya, perjalanan KRL tujuan Bogor-Jakarta sempat mengalami keterlambatan sejak pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

Wakil Kepala Stasiun Bogor Herry mengatakan, rel patah terjadi sekitar pukul 05.45 WIB pada jalur Bogor-Jakarta antara Stasiun Bogor dan Cilebut.

"Benar ada rel patah, dan kami langsung melakukan perbaikan. Juga sempat menggunakan satu jalur namun sudah normal sekarang," jelas Herry saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui telepon, Rabu (11/2/2015).

Hal tersebut berimbas kepada keterlambatan beberapa keberangkatan kereta, yakni keberangkatan pukul 05.59 WIB telat 20 menit, keberangkatan 06.18 WIB telat 30 menit, serta yang paling lama yakni keberangkatan pukul 06.43 WIB telat 40 menit.

Akibatnya terjadi penumpukan penumpang. Namun berangsur-angsur penumpukan penumpang berkurang karena perjalanan kereta sudah kembali menggunakan 2 jalur.

Patahnya rel terjadi di wilayah Kelurahan Sukaresmi Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Namun belum diketahui pasti penyebab patahnya rel tersebut. "Masih diselidiki penyebab patahnya rel tersebut," pungkas Herry.

Rel KRL antara Cilebut-Bogor juga pernah patah di dekat pos perlintasan 28 Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor pada 2 April 2014. (Mvi)

Cabai Mudahkan Pembakaran Lemak

Posted: 10 Feb 2015 06:00 PM PST

Lagi-lagi penelitian menarik yang menguak manfaat kandungan capcaisin dari cabai. Menurut sebuah studi terbaru, capcaisin pada cabai bukan hanya menimbulkan rasa pedas, namun juga membantu pembakaran lemak dalam tubuh.

Belum lama ini, ilmuwan dari University of Wyoming, Amerika Serikat menemukan efektivitas capcaisin dalam membakar energi dan menciptakan panas tubuh (thermogenesis). Hasilnya, peneliti menemukan bahwa capcaisin dalam diet dapat merangsang reseptor yang disebut potential vanilloid 1 (TRPV1) channel protein.

Seperti diberitakan Dailymail, Rabu (11/2/2015), Peneliti Vivek Krishnan mengatakan, capcaisin secara signifikan dapat meningkatkan aktivitas metabolisme dan pengeluaran energi pada tikus. Hal ini membuat peneliti optimistis bahwa konsumsi cabai bisa membantu mencegah obesitas dan komplikasi kesehatan lain seperti diabetes tipe 2, hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

"Sepertiga dari populasi dunia saat ini kelebihan berat badan atau obesitas. Statistik yang mengejutkan ini telah membuat peneliti untuk membantu memerangi obesitas," kata Krishnan.

Kendati demikian, para peneliti mengatakan, efek capcaisin ini belum terbukti secara klinis sehingga konsumsi cabai belum ditemukan takarannya. Selanjutnya, para peneliti ingin lebih memahami mekanisme capsaicin untuk mencegah obesitas, dan melakukan uji coba lebih lanjut membuktikan bahwa hal itu dapat membantu mengelola berat badan.

Film Amy Winehouse Akan Rilis Tahun Ini

Posted: 10 Feb 2015 06:00 PM PST

Film tentang mendiang musisi kenamaan, Amy Winehouse, dikabarkan tahun ini akan diluncurkan. Film tersebut akan dikemas secara dokumenter dan mengangkat sisi kehidupannya.

Untuk trailer film itu sendiri sudah dirilis pada Minggu (8/2/2015) lalu pada saat acara yang diadakan oleh Universal Music Group. Acara tersebut diselenggarakan untuk menyambut Grammy Awards 2015.

"Dua tahun lalu sudah diputuskan untuk membuat film tentang dirinya, hidupnya, juga perjalanan karirnya. Film ini dijamin akan menjadi film yang menyentuh," kata David Josep selaku CEO dan Chairman Universal Music Inggris seperti dimuat Billboard, Senin (9/2/2015).

Dalam kesempatan yang sama, Amy juga mengungkapkan bahwa di film ini akan mengulas apa saja yang terjadi dengan Amy. "Keluarga, media, kecanduannya, dan ketenarannya. Amy sosok jenius dalam bermusik," tambahnya.

Winehouse meninggal pada usia 27 tahun pada 23 Juli 2011 di rumahnya di London, Inggris. Penyelidikan resmi menyimpulkan bahwa tewasnya Winehouse disebabkan oleh keracunan alkohol setelah menenggak terlalu banyak minuman keras. (fei)

Tanah Longsor di Ciganjur, Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir

Posted: 10 Feb 2015 05:58 PM PST

Warga di RT 04 RW 02, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan menyaksikan proses pengerukan sisa-sisa 2 rumah yang terkena longsor.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (11/2/2015), pengerukan longsor dibantu menggunakan alat berat milik TNI Angkatan Darat (TNI AD).

Bencana longsor terjadi Senin 10 Februari sore, saat hujan deras yang turun sepanjang hari. Air hujan yang turun itu mengakibatkan pondasi 2 rumah warga tidak kuat hingga mengakibatkan longsor dan menutup saluran Kali Setu yang berada di sekitar perumahan.

Akibatnya air kali meluap dan merendam 200 rumah warga.

Puluhan warga yang rumahnya terendam banjir terpaksa dievakuasi ke pos penampungan sementara. (Mar/Mvi)

Harga Emas Antam Susut Rp 3.000 per Gram

Posted: 10 Feb 2015 05:54 PM PST

Harga yang dijual emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) susut Rp 3.000 per gram menjadi Rp 543 ribu per gram pada perdagangan Rabu (11/2/2015).

Namun harga pembelian kembali (buyback) logam mulia PT Aneka Tambang Tbk turun Rp 1.000 per gram menjadi Rp 488 ribu per gram.

Antam menjual emas dari ukuran 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.24 WIB, semua ukuran emas Antam masih tersedia.

Mengingat tingginya animo masyarakat, transaksi pembelian emas batangan yang datang langsung ke Antam dibatasi hingga maksimal 150 nomor antrean per hari.

Berikut daftar harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk:

* Pecahan 1 gram Rp 543.000
* Pecahan 5 gram Rp 2.570.000
* Pecahan 10 gram Rp 5.090.000
* Pecahan 25 gram Rp 12.655.000
* Pecahan 50 gram Rp 25.250.0000
* Pecahan 100 gram Rp 50.450.000
* Pecahan 250 gram Rp 126.000.000
* Pecahan 500 gram Rp 251.800.000. (Nrm)

 

Sejumlah Jalan Tergenang, 7 Koridor Bus Transjakarta Normal

Posted: 10 Feb 2015 05:50 PM PST

Banjir masih menggenangi beberapa ruas jalan di Jakarta. Namun demikian, sejumlah Bus Transjakarta mulai beroperasi normal pada hari ini.

Berdasarkan informasi PT Transjakarta melalui akun twitter @PT_TransJakarta pada hari ini, Rabu (11/2/2015), beberapa koridor yang normal antara lain Koridor 1, Koridor 2, Koridor 4, Koridor 6, Koridor 7, Koridor 10, dan Koridor 11.

Sedangkan, Koridor 5 jurusan PGC-Ancol/Harmoni hanya sampai Jembatan Merah karena Pademangan masih banjir.

Koridor 3 via Tol Kalideres-Rawa Buaya-Tomang karena banjir di Daan Mogot dan sebagian halte seperti Halte Jembatan Baru digunakan untuk pengungsian.

Koridor 12 sementara ditutup, sedangkan Rute Kalideres-Pulogadung berhenti operasi.

Koridor 8 Via Tol Kebon Jeruk dan Tomang, karena banjir di Green Garden dan Daan Mogot belum surut. Sedangkan Koridor 9 jurusan PGC-Grogol hanya sampai Halte Harapan Kita karena banjir di Grogol, Penjaringan, dan Pluit.

Transjakarta juga menginformasikan, akibat banjir, rute Harmoni-Tomang sementara setop operasi dan kembali ke reguler Lebak Bulus-Harmoni. (Mvi)

Kamera Mirrorless Samsung NX1 Sambangi Indonesia Maret

Posted: 10 Feb 2015 05:49 PM PST

Samsung telah mengumumkan kehadiran kamera mirrorless terbarunya, Samsung NX1, di ajang Samsung Forum 2015 yang digelar di Bangkok, Thailand. Kamera ini dipastikan akan masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2015.

"Kami akan merilis beberapa kamera seri NX di Indonesia, salah satunya NX1. Kamera ini akan mulai dipasarkan pada Maret," kata Dany Setiawanto, Regional Head Digital Imaging Business Southeast Asia, Oceania & Taiwan, Samsung Electronics.

NX1 sendiri diperkenalkan pertama kali pada ajang Photokina 2014 di Jerman pada September 2014 lalu. Dilihat dari sisi ukuran, body NX1 lebih cocok disebut sebagai kamera DSLR karena memang ukurannya hanya sedikit lebih kecil dari kamera DSLR.

Terlebih lagi, beberapa fungsi tombol yang ada pada kamera DSLR juga disematkan di kamera ini, seperti tombol AF, ISO, WB, tombol Autp (A), Manual (M), tombol Fn, tombol Menu, jendela bidik (view finder).

Sensor yang terdapat pada kamera mirrorless Samsung NX1 ini ukurannya juga setara dengan kamera DSLR, yakni APS-C 28 megapiksel sehingga kualitas gambar yang dihasilkan sebanding dengan DSLR. 

Samsung punya alasan tersendiri mengapa NX1 dibuat dengan ukuran besar layaknya kamera DSLR. "Target NX1 adalah kalangan semi-pro sehingga mereka perlu agar bisa memegang kamera dengan enak. Untuk di kelasnya NX1 masih jauh lebih ringan, 250-300 gram lebih ringan", klaim Dany.

NX1 adalah kamera pertama dari seri Samsung NX yang dilengkap fitur Bluetooth serta Wi-Fi standar IEEE 802.11ac berkecepatan 80 Mbps yang tidak hanya mampu mentransfer foto, tetapi juga video dengan cepat dan mudah.

NX1 mampu merekam video 4K dan menangkap gambar super cepat dengan kecepatan 15 frame-per-detik (fps) yang didukung oleh High Speed Imaging Engine DRIMe V. Kamera ini dibekali sensor APS-C berukuran 28 megapixel (MP) sehingga dapat menghasilkan foto beresolusi tinggi.

Dany menambahkan, tahun ini Samsung berencana merilis lima (5) seri kamera lagi di Indonesia. Sebelumnya Samsung telah meluncurkan beberapa kamera seri NX di Indonesia, yakni NX3000, NX Mini, NX300, NX300 M, dan NX30.

Mengenai harga, belum diketahui berapa harga yang akan disematkan pada NX1. Namun menurut sumber terdekat Samsung, NX1 body-only akan dibanderol di bawah Rp 20 juta, sedangkan paket dengan lensa akan dipatok di atas Rp 20 juta.

Berikut spesifikasi kamera mirrorless Samsung NX1:

Resolusi sensor : 28 MP BSI APS-C CMOS
Resolusi video : UHD & DCI 4K Video with internal recording
Screen display : 3.0 inci FVGA (C) AMOLED Tilt, Touch
View finder (jendela bidik) : XGA OLED 0,39 inci 2,36M 0,70x
Shutter speed : 1/8000 detik
Continuous shoot : 15 fps with AD
ISO : 100-25600 (dapat ditambah hingga 51200)
Konektivitas : Bluetooth, WiFi 802.11ac, NFC, USB 2.0, Micro HDMI, Remote View Finder Pro
Dimensi : 138,5 x102,3 x 50,4 mm
Berat : 550 gram
Warna: Hitam

(dew)

Ega Liong 'Blackout' Gandeng The Trigger

Posted: 10 Feb 2015 05:45 PM PST

Gitaris band Blackout, Ega Liong merilis mini album bersama band baru bernama “The Trigger”. Band ini mengusung genre rock dengan nuansa kekinian, baik dari segi sound maupun warna musik dan lagunya. Mereka menyebut musiknya sebagai progressive rock.

Ega sendiri sebelumnya sempat menggelar Konser Instrumental Ega Liong & Dewa Gitar di Hard Rock Café Jakarta bersama Ian Antono, Eet Sjahranie, Pay dan Toto Tewel. Pada event yang didukung oleh maecenas Setiawan Djody itu, Ega Liong dicatat oleh Indonesian Book of Records (IBoR) sebagai “Gitaris Indonesia Pertama yang Menggelar Konser Instrumental”.
 
Kembali ke mini albumnya, Ega membangun The Trigger bersama tiga personel lain, yaitu Rian (drum), Keke (bass), dan Leo (vocal). Usai merilis mini album, mereka segera kembali masuk dapur rekaman untuk merampungkan satu lagu lagi yang diproyeksikan sebagai single hits The Trigger.

"Ya, saya dan kawan kawan sedang menggarap satu lagu lagi yang berjudul TSM alias Teringat Sampai Mati. Lagu ini bakal dikemas sebagai single hits The Trigger. Lagunya agak beda dengan lagu yang terdapat dalam mini album. Nuansanya tetap rock tapi musiknya lebih easy listening. Liriknya  bercerita tentang manusia yang tak mampu melepaskan diri dari ingatan masa lalu cintanya,” papar Ega saat ditemui di studionya di kawasan Cawang, Jakarta Timur baru-baru ini.

Untuk melengkapi material promonya, Ega bersama The Trigger sedang mempersiapkan sebuah video klip yang rencananya akan digarap di Bandung dan Jakarta. “Sekarang tahap finalisasi konsep video,” lanjut Ega.

Ega optimis proyeknya ini bisa berjalan dengan baik. Apalagi, sempat mengikuti kualifikasi “Hard Rock Rising 2015”, ajang kompetisi rock yang akan digelar di Barcelona, Spanyol.  Menampilkan lagu Untuk Indonesia, kini The Trigger berada di peringkat kedua, satu level di atas Boomerang.

Untuk bisa mewakili Indonesia pada event yang diperkirakan akan disaksikan oleh 60.000 penonton itu, The Trigger harus beranjak dari ranking 2 (dua) ke peringkat pertama. Ranking diperoleh berdasar one man one vote para pengguna Facebook dan Twitter dengan mengakses Hardrockrising hingga 16 Februari mendatang.

"Kami sungguh-sungguh mohon dukungan dari para pecinta musik rock Indonesia agar The Trigger dapat tampil optimal di Hard Rock Rising 2015 di Barcelona. Tak lupa kami berterimakasih kepada yang telah memberikan vote untuk The Trigger," ungkap Ega yang didukung oleh tiga personel lainnya.

Sebagai rasa terimakasih, Ega membebaskan para pecinta rock yang menjadi voters The Trigger untuk mengunduh (download) gratis lagu Untuk Indonesia di situs thetriggerofficial.com.  "Dukung kami untuk mempertahankan dan mengembangkan rock Indonesia,” demikian Ega berharap.



MU dan Barcelona Rebutan Bocah Paraguay 16 Tahun

Posted: 10 Feb 2015 05:36 PM PST

Sergio Diaz menjadi buah bibir di Kejuaraan Amerika Selatan U-20. Diaz tampil luar biasa meski Paraguay hanya jadi juru kunci. Klub-klub besar Eropa pun mulai naksir berat terhadap pemain klub Cerro Porteno itu.

"Ada empat klub besar Eropa yang menginginkannya," kata bos Cerro, Jose Zapag, seperti dikutip dari Tribalfootball.

Konon klub yang berniat membeli Diaz adalah Manchester United, Liverpool dan Barcelona. Klub terakhir baru akan membeli Diaz tahun depan karena sedang terkena hukuman larangan belanja pemain.

Cerro akan berusaha keras untuk mempertahankan Diaz setidaknya selama dua tahun lagi. "Dia sangat muda. Dia perlu untuk terus bersama kami. Bocah ini akan bertahan. Dia akan menghabiskan dua tahun lagi bersama Cerro," sambung Zapag.

Diaz melakukan debut bersama Cerro di laga pamungkas musim lalu. Pelatih Leo Astrada kemudian menjadikan Diaz sebagai pemain inti di musim ini.

Meski masih belia, Diaz sudah mampu bersaing dengan pemain yang jauh lebih tua. Dia tampil 20 kali dan sudah mencetak delapan gol sebelum bergabung dengan Paraguay uintuk mengikuti Kejuaraan Amerika Selatan U-20.

Asisten pelatih Cerro, Hernan Diaz, sudah mewanti-wanti Diaz untuk tidak buru-buru pergi ke Eropa. Dia perlu menimba ilmu lebih dulu sebelum siap bertarung di Eropa.

"Dia memiliki potensi luar biasa dan masa depan cerah tapi kami perlu melakukannya sedikit demi sedikit. Dia masih anak berusia 16 tahun yang masih pergi ke sekolah," ucap Hernan Diaz.

Bakat Diaz pertama kali ditemukan oleh mantan pemain Newcastle United Diego Gavilan yang saat ini merupakan pelatih tim junior Cerro. Bersama tim U-15, Diaz mampu mencetak 33 gol dalam waktu kurang dari enam bulan.

Cincin Batu Kalimaya Dipakai Taylor Swift di Grammy Awards 2015

Posted: 10 Feb 2015 05:35 PM PST

Batu cantik sebagai perhiasan bukan hanya menjadi kegemaran masyarakat Indonesia. Selebriti-selebriti Hollywood pun menyukainya. Selain penyanyi Beyonce yang terlihat memakai cincin berhias batu zamrud atau emerald di Grammy Awards 2015, ada nama Taylor Swift yang juga menemukan perhiasan batu pada acara tersebut. Dalam acara yang berlangsung pada 8 Februari 2015 di Staples Center, Los Angeles, itu Taylor Swift mengenakan anting dan cincin yang terbuat dari batu black opal.

Seperti dilansir dari situs Eonline.com pada Rabu (11/2/2015), seperangkat perhiasan dari label asal Amerika Lorraine Schwartz yang dikenakan oleh Swift tersebut berharga US$ 1 juta (sekitar Rp 12,7 miliar) Black opal adalah varian terlangka dari batu opal dan merupakan batu nasional Australia. Hampir seluruh batu black opal yang beredar berasal dari pertambangan Lightning Ridge, New South Wales. Batu opal memiliki kandungan air yang membuatnya tampak berkilau warna-warni.

Di Indonesia, batu opal dikenal dengan nama `kalimaya` yang banyak ditambang di daerah Banten. Nilai ekonomis batu ini kini mendapat perhatian serius dari pemerintah Banten. “Pasar Kalimaya akan kami bidik serius untuk dibina agar bisa dikelola melalui wadah koperasi,” ucap Kepala Dinas KUMKM Banten, Nurhana di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Serang, Selasa (03/02/2015) seperti dikutip dari artikel Liputan6.com berjudul `Batu Kalimaya Masuk Jajaran 10 Batu Mulia Termahal di Dunia`.

Sujarwanto Rahmat M. Arifin, salah seorang komisioner Komisi Penyiaran Indonesia yang menaruh perhatian pada batu akik sejak 4 tahun lalu, menjelaskan kepada Liputan6.com pada Rabu (21/1/2015) bahwa batu kalimaya perlu dibasuh air secara rutin agar tidak mudah retak. Sebagaimana batu-batu alam lain, batu kalimaya pun tak luput dari kepercayaan mistis sebagian masyarakat. Sujarwanto mengatakan bahwa ada sebagian masyarakat yang percaya bahwa batu kalimaya berguna untuk mempertajam sixth sense atau indra ke-6.

Menurut Anda, indra ke-6 apa yang bisa Taylor Swift dapat dengan mengenakan perhiasan batu opal atau kalimaya itu? Well it seems that writing a good song and singing it with Sean O’Pry – the highest paid male model – in a video clip are the best thing we want from her.

Jarang Sakit, Ini Resep Tiwi eks T2

Posted: 10 Feb 2015 05:30 PM PST

Sebagai penyanyi, suara merupakan modal utama tak terkecuali bagi mantan personil duo T2, Tiwi (29). Akan sulit baginya menyanyi dengan performa terbaik jika sakit, meski hanya flu dan batuk, dua penyakit yang kerap mendera di musim penghujan seperti saat ini.

"Banyak makan buah dan sayur, makan teratur, ditambah suplemen plus istirahat cukup. Sebenarnya itu saja sih," terang penyanyi pemilik single 'Jangan Bilang Bilang' saat berkunjung ke redaksi Liputan6.com ditulis Rabu (11/2/2015).

Badannya yang kecil dengan tinggi 158 cm dengan berat badan 41 kg, memang tak menghalanginya untuk makan aneka makanan. "Aku mah gak gampang gemuk, jadi makan apa saja tidak masalah," terang Tiwi.

Apalagi sejak menikah dengan pria berdarah Jepang, Shoga Sakuramoto, ia mengikuti kebiasaan makan suami yang lebih lebih kaya ikan dan sayuran yang menambah imunitas tubuhnya jadi lebih baik. "Malah sejak nikah, aku jadi ngikutin kebiasaan makan suami. Makanannya lebih sehat kan," ungkapnya.

Tinggal kurang satu kebiasaan sehat yang belum dilakukan Tiwi. Olahraga. Ia mengaku tidak begitu menyukai olahraga, meski ia tahu manfaatnya.

Tidak ada komentar: