Minggu, 01 Juni 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pantauan Pasar: Harga Sayuran Melonjak di Awal Juni

Posted: 01 Jun 2014 09:48 PM PDT

Membuka pekan pertama Juni 2014, harga sejumlah sayuran di pasar tradisional terus melonjak.  Kenaikan paling besar terjadi pada beberapa jenis sayuran seperti tomat, bawang merah, bawang putih, jengkol, jeruk limo, dan jeruk lemon.

Salah satu pedagang sayuran di PD Pasar Jaya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sunarti (46) menyebutkan, kenaikannya berkisar antara Rp 2.000 sampai Rp 23 ribu per kilogram (kg).

"Yang naiknya paling tinggi itu seperti jengkol yang tadinya cuma Rp 32 ribu, sekarang jadi Rp 55 ribu per kg. Lalu jeruk lemon yang tadinya Rp 10 ribu jadi Rp 25 ribu per kg. Tomat juga tadinya Rp 7 ribu jadi Rp 12 ribu," katanya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (2/6/2014).


Dia mengatakan, kenaikan harga itu mulai terjadi sejak akhir minggu lalu.  Meski demikian, Sunarti berharap saat mendekati masuknya bulan puasa nanti, harga sayuran ini bisa kembali normal dan pasokannya ke pasar tradisional tidak mengalami gangguan.

"Untungnya harga sayuran seperti cabai sudah mulai turun, di bawah Rp 25 ribu. Mudah-mudahan pasokannya aman, jadi harganya nggak naik lagi," tandasnya.

Berikut sejumlah sayuran  berdasarkan pantauan Liputan6.com:

Cabai merah besar Rp 18 ribu per kg
Cabai rawit merah Rp 20 ribu per kg
Cabai merah keriting Rp 15 ribu per kg
Cabai rawit hijau Rp 15 ribu per kg
Wortel lokal Rp 8.000 per kg
Wortel impor Rp 20 ribu per kg
Terong Rp 8.000 per kg
Ketimun Rp 8.000 per kg
Bawang bombay Rp 35 ribu per kg
Bawang merah Rp 25 ribu per kg
Bawang putih Rp 15 ribu per kg
Tomat Rp 12 ribu per kg
Sawi Rp 7.000 per kg
Daun bawang Rp 10 ribu per kg
Daun seledri Rp 10 ribu per kg
Kol Rp 8.000 per kg
Jagung Rp 9.000 per kg
Kentang Rp 10 ribu per kg
Jengkol Rp 55 ribu per kg
Buncis Rp 10 ribu per kg
Jeruk limo Rp 30 ribu per kg
Jeruk peres Rp 10 ribu per kg
Jeruk lemon Rp 25 ribu per kg
Jeruk nipis Rp 20 ribu per kg
Kacang panjang 14 ribu per kg
Oyong Rp 12 ribu per kg

 

Menkes: Beranikah Kita Tegur Perokok di Tempat Umum?

Posted: 01 Jun 2014 09:43 PM PDT

Pemerintah daerah sudah memiliki peraturan tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Hingga kini, tercatat 127 kabupaten kota di 32 Provinsi di seluruh Indonesia yang telah memilki peraturan KTR. Karena itu, seluruh masyarakat jangan takut untuk menegur orang yang merokok di tempat umum.

Imbauan tersebut disampaikan Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi di sela-sela puncak peringatan `Hari Antitembakau` di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (2/6/2014).

"Di mal, restoran, saya nggak lihat penerapannya. Sekarang 127 kabupaten kota memiliki Perda. Kita baru berhasil jika seluruh masyarakat Indonesia menuntut hak, derajat kesehatan setinggi-tingginya, dan berani menegur," kata Menkes Nafsiah Mboi.

Nafsiah menceritakan, dalam sebuah mobil ada seorang sopir yang di belakangnya ibu hamil. Ibu yang merasa terganggu dengan sopir itu menegurnya. Tapi sayang, si sopir malah marah dan bilang `siapa yang suruh naik ke sini`.

"Kalau hal tersebut terjadi pada Anda, beranikah kita menegurnya? Bilang bahwa anak saya harus sehat. Saudara merokok merugikan kita. Tapi, terlalu banyak yang tak berani," kata Nafsiah.

Melihat kondisi tersebut, Nafsiah membandingkannya dengan luar negeri. ia mencontohkan ketika ia masuk ke sebuah restoran di Tokyo, ada seseorang yang menegur karena memiliki rokok di kantungnya. Saat itu pula orang tersebut langsung membuangnya. "Beranikah kita? Beranikah Anda?" tegas Menkes.

Ini Kisah The Philosophers yang Rilis 12 Juni 2014

Posted: 01 Jun 2014 09:40 PM PDT

The Philosophers, film Hollywood yang menampilkan bintang tanah air Cinta Laura Kiehl akhirnya segera rilis di bioskop Indonesia.

Di banyak negara, film`The Philosophers` dikenal dengan judul After The Dark. `The Philosophers` ini sendiri merupakan hasil kerjasama SCTV dengan Olive Branch Productions.

Film bergenre thriller psikologis ini memiliki latar fiksi ilmiah. Selain menjadi sutradara, John Huddles juga merupakan penulis skenarionya.

Sejumlah bintang Hollywood turut memperkuat film ini. Mereka adalah Sophie Lowe, Rhys Wakefield (Sanctum), Bonnie Wright (dari film Harry Potter), James D’Arcy (Cloud Atlas), Daryl Sabara (Spy Kids), Freddie Stroma (Harry Potter), dan Katie Findlay. Bintang blasteran Jerman-Indonesia, Cinta Laura Kiehl juga ikut bermain sebagai Utami.

Inti ceritanya secara singkat berawal dari sebuah sekolah internasional di Jakarta. Seorang guru filsafat menantang murid di kelasnya yang terdiri dari dua puluh siswa senior. Mereka harus memilih sepuluh di antara mereka yang akan berlindung di sebuah bunker dan memulai kembali peradaban manusia setelah terjadinya kiamat nuklir.

Sekedar informasi, `The Philosophers` juga masuk dalam kompetisi Neuchatel International Fantastic Film Festival pada 7 Juli 2013 dan Fantasy FilmFest pada 21 Agustus 2013. Di Amerika Serikat, Kanada, Hong Kong dan sejumlah negara Eropa film ini sudah beredar. Di bioskop Indonesia, film tersebut akan dirilis bertepatan dengan momen libur sekolah, yakni pada 12 Juni 2014. (Gie/Ade)

Harga BBM Subsidi Dipastikan Tak Naik di Tahun Terakhir SBY

Posted: 01 Jun 2014 09:36 PM PDT

Pemerintah memastikan tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi pada tahun ini. Menurut Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah, opsi itu sangat berisiko jika dilakukan di tengah tahun politik karena bisa mengganggu stabilitas politik, keamanan dan ketertiban.

 “Terlebih lagi secara timing dalam 1-3 bulan ini, kita harus tetap fokus pada persiapan kelancaran arus barang, manusia dan modal jelang Ramadan dan Idul Fitri. Pada saat yang bersamaan beberapa hari lagi, Indonesia akan memasuki masa kampanye Pemilihan Presiden RI untuk periode 2014-2019,” paparnya seperti dikutip dalam laman Sekretariat Kabinet, Senin (2/6/2014).

Untuk menjaga fiskal tetap sehat, lanjut Firmanzah, pemerintah memilih melakukan upaya penghematan belanja pada 86 kementerian/lembaga (K/L). Melalui Instruksi Presiden (Inpres) No. 4 Tahun 2014, ditargetkan adanya penghematan sebesar Rp. 100 triliun dari APBN 2014.

Firmanzah menjamin, meski dilakukan penghematan anggaran, program-program yang memiliki dampak langsung pada penciptaan lapangan kerja dan pengurangan angka kemiskinan tetap menjadi prioritas belanja negara pada 2014.

"Sehingga anggaran K/L menjadi sebesar Rp 539,3 triliun dalam rancangan APBN Perubahan (APBN-P) dari sebelumnya sebesar Rp 637,8 triliun," tutur dia.

Selain itu, Firmanzah menegaskan, penghematan dan pemotongan anggaran tidak dilakukan terhadap anggaran pendidikan untuk memenuhi 20% amanat konstitusi, anggaran yang bersumber dari hibah dan pinjaman, dan anggaran yang bersumber dari penerimaan negara bukan pajak badan layanan umum (PNBP-BLU).

“Oleh karenanya, penghematan dan pemotongan belanja utamanya dilakukan pada belanja honorarium, perjalanan dinas, biaya rapat/konsiyering, biaya iklan, pengadaan gedung kantor, pengadaan kendaraan operasional, belanja bantuan sosial, sisa dana lelang atau swakelola, serta anggaran dari kegiatan yang belum terikat kontrak,” ujar Firmanzah. (Ndw)

Jay Alatas Mangkir Lagi, Pihak Christy Jusung Kesal

Posted: 01 Jun 2014 09:30 PM PDT

Sidang perceraian Jay Alatas dan Christy Jusung yang sejatinya digelar di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan, Senin (2/6/2014), kembali ditunda. Pasalnya, kubu Jay Alatas lagi-lagi mangkir dalam persidangan. Hal ini membuat pihak Christy pun kesal.

Kuasa hukum Christy, Miftaahul Jannah, mempertanyakan motif di balik tidak hadirnya pihak Jay. "Alasan dari pihak Jay tidak datang, tak tahu ya. Hakim menyampaikan kalau kantor kuasa hukum Jay kan hanya beberapa langkah dari pengadilan ya. Tapi kenapa tetap tak hadir," cetus Miftaahul.

"Kami duga ini kesengajaan untuk memperlambat sidang. Tujuannya apa, kami tak tahu. Tadi juga sidang diskors 30 menit karena tak bisa memberikan alasan kenapa nggak hadir," lanjut dia.

Dengan begitu, sudah dua kali pihak Jay mangkir dalam persidangan. Sebelumnya, dua minggu lalu mereka juga tak datang. Alhasil, sidang akan dilanjutkan pada 23 Juni mendatang.

Seperti diketahui, Christy menggugat cerai Jay dengan nomor Pdt.G/2014/PAJS pada 7 Januari 2014. Gugatan cerai itu menandai berakhirnya rumah tangga Christy-Jay yang hanya berusia delapan bulan.(Jul/Mer)

Indahnya Keanekaragaman Hayati di Tanjung Datuk

Posted: 01 Jun 2014 09:30 PM PDT

Hari menjelang siang disebuah kawasan terpencil itu. Tanjung Datuk, itulah nama kawasan terisolir itu. Wilayah ini berada di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

Untuk mencapai kawasan Tanjung Datuk membutuhkan waktu satu jam lebih lamanya dengan menggunakan perahu motor dari Desa Temajuk. Sebab, akses jalan darat belum bisa terlewati, masih hutan belantara.

Adalah Parhad. Ia merupakan warga kawasan Tanjung Datuk. Pria berusia 50 tahun ini menuturkan, Tanjung Datuk memang masuk wilayah Indonesia. “Itu wilayah kita,” ungkapnya, hari ini.

Perahu berkapasitas 15 PK ini melaju kencang di atas permukaan air laut kawasan Tanjung Datuk. Air laut yang jernih. Ombak pun hanya sesaat ada. Di sisi laut tampak hutan yang masih asri hijau.

Pohon kayu berukuran besar ada di hutan kawasan Tanjung Datuk ini. Flora dan fauna ada di kawasan hutan Tanjung Datuk ini. Pantas saja wilayah ini diperebutkan oleh negara Malaysia.

Warga kawasan Tanjung Datuk, lainnya, Supriyandi, mengatakan, hutan yang ada di wilayah itu banyak keanekaragaman hayati.

“Kalau hutan di sini masih banyak ditemui burung, tupai hutan dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Keindahan pantai di kawasan Tanjung Datuk terlihat eksotik. Tak jarang turis domestik maupun mancanegara datang ke sana. Di sana Anda bisa melihat secara jelas penyu-penyu dari atas permukaan laut.

“Itu ada penyu muncul bang. Banyak penyu di sini. Orang Malaysia biasa ke sini,” tuturnya beberapa saat menunjukan penyu.

Mahyan (39), warga kawasan Tanjung Datuk, lainnya mengaku takut saat melaut. “Saya bisa melaut pakai perahu kecil. Sudah lama ini jadi nelayan. Memang tempatnya ikan di sana. Ya takut lah sekarang melaut. Selalu diusir,” keluhnya, yang mengaku penghasilannya menurun drastis.

Ia berharap pemerintah secepatnya menyelesaikan permasalahan sengketa tapal batas tersebut. Sebab, jika dibiarkan terus menerus akan meresahkan warga setempat.

“Kenapa nggak dari dulu dijaga wilayah ini? Kenapa pas ada masalah aja dijaga? Kalau Malaysia sering mengadakan patroli di wilayah tapal batas perairan mereka,” tuturnya yang mengaku heran.

Lain hanya Roni. Pria berusia 30 tahun ini mengaku setiap harinya bekerja di Malaysia. “Saya bekerja di Malaysia sudah lama di kebun karet milik warga Malaysia, Teluk Melano. Upahnya 30 RM satu hari dibayar oleh mereka. Saya nggak perlu lapor, tinggal masuk aja ke Malaysia. Dan memang sudah biasa begitu,” pungkasnya. (Raden AMP/Ars)

Wapres: Pengembangan Ekonomi Syariah Bakal Kurangi Kemiskinan

Posted: 01 Jun 2014 09:22 PM PDT

Ekonomi syariah di beberapa negara Islam di dunia dinilai semakin membuktikan kontribusinya dalam peningkatan ekonomi bagi negaranya masing-masing.

Wakil Presiden RI, Boediono menilai, perkembangan ekonomi syariah ini diyakininya telah membantu mengurangi tingkat kemiskinan di setiap negara. Hal itu didukung dari sektor pariwisata.

"Fakta menunjukkan salah satunya dari sektor pariwisata Islam dan pendukungnya kontribusi pembangunan ekonomi dan pengurangan kemiskinan di negara OKI," kata Wakil Presiden di Hotel Borobudur, Senin (2/5/2014).

OKI adalah sebuah wadah kerjasama dari negara-negara Islam yang memiliki anggota sebanyak 57 negara dan berkantor pusat di Arab Saudi.

Sebagai negara berpenduduk Islam terbesar di dunia, Boediono berharap Indonesia untuk terus meningkatkan konektivitas dan kerja sama, dengan beberapa negara OKI lainnya.

"Indoensia siap berbagai pengalamam dan terbuka untuk menjajaki kerjasama dengan anggota OKI di bidang pengembangan pasar syariah," tegasnya.

Sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap peningkatan ekonomi syariah, Boediono mengaku telah melakukan berbagai kegiatan di antaranya pencanangan Gerakan Ekonomi Syariah (Gress) tahun 2013.

Selain itu, melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu menjelaskan pemerintah juga telah mengeluarkan standar pengelolaan hotel berbasis syariah.

"Kami sudah keluarkan standar untuk hotel, sekarang yang hampir rampung itu untuk biro perjalanan islamik. Lalu kami sedang kerjakan untuk standar untuk restoran dan spa," kata Mari Elka.

Dicatat dari data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dari laporan tahun 2013 kedatangan wisatawan internasional ke negara anggota OKI sebesar 151,6 juta atau setara 15,2% dari total kedatangan internasional seluruh dunia. Dari total kedatangan tersbut memiliki nilai US$ 135,5 miliar. (Yas/Ahm)

Neraca Perdagangan RI April Defisit US$ 1,96 Miliar

Posted: 01 Jun 2014 09:21 PM PDT

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia April 2014 mengalami defisit sebesar US$ 1,96 miliar.

Defisit nilai perdagangan Indonesia disebabkan oleh defisitnya sektor migas dan non migas masing-masing sebesar US$ 1,07 miliar dan US$ 0,89 miliar.

Adapun nilai ekspor pada April 2014 turun 5,92% dari US$ 15,19 miliar dibandingkan Maret 2014 menjadi US$ 14,29 milliar. Bila dibandingkan dengan April 2013, ekspor mengalami penurunan 3,16%.

Kepala BPS Suryamin, Senin (2/6/2014), menjelaskan penurunan ekspor April 2014 dampak dari menyusutnya  ekspor non migas sebesar 7,09% dari US$ 12,55 miliar menjadi menjadi US$ 11,66 miliar. Demikian juga ekspor migas turun 0,35% dari US$ 2,64 miliar menjadi US$ 2,63 miliar.

Lebih lanjut penurunan ekspor migas disebabkan menurunnya ekspor minyak mentah sebesar 26,71% menjadi US$ 639,8 juta. Sementara ekspor hasil minyak meningkat 18,31% menjadi US$ 403 juta dan ekspor gas sebesar 11,32%.

Sementara dari sisi volume perdagangan, maka pada April 2014 neraca volume perdagangan Indonesia mengalami surplus sebesar 31,80 juta ton.

Hal tersebut didorong oleh surplusnya neraca sektor nonmigas sebesar 32,34 juta, sebaliknya neraca perdagangan sektor migas defisit 0,54 juta ton. (Fik/Nrm)

 

 

Gitaris Luna Sea Siapkan Album Klasik

Posted: 01 Jun 2014 09:20 PM PDT

Sugizo yang dikenal sebagai gitaris band rock Luna Sea dan juga X Japan, dikabarkan hendak merilis album solo barunya pada 17 September 2014 mendatang. Konsep baru yang akan diusungnya pun berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

Dilansir dari JPop Asia, Minggu (1/6/2014), di dalam album barunya nanti akan ada banyak tembang beraliran klasik yang dipilih langsung oleh Sugizo.

Albumnya sendiri merupakan sebuah kompilasi yang diberi judul Spritual Classic Sugizo Selection. Di dalamnya terdapat nomor-nomor klasik yang sudah diaransemen ulang oleh gitaris bergaya nyentrik ini.

Sayangnya, hingga kini masih belum ada informasi lengkap mengenai album baru Sugizo. Akan tetapi, diharapkan para fans tidak akan kecewa dengan nuansa klasik yang baru pertama kali disajikan oleh sang rocker.

Eksistensi Sugizo di bidang musik terhitung cukup senior. Ia memulai kiprahnya sejak 1987 sebagai bassis di usianya yang ke-17 dengan band metal pertamanya, Pinocchio. Pada 1988, ia keluar dari band tersebut dan bergabung dengan Kashmir.

Karier Sugizo sebagai gitaris Luna Sea dimulai sejak 1989, setelah ia bergabung dengan J (bass), Inoran (gitar), dan Ryuichi Kawamura (vokal) yang semula bernama Lunacy. Setelah Shinya (drum) bergabung, mereka pun terlibat dengan manajemen Yoshiki X Japan dan mengganti namanya menjadi Luna Sea.

Kiprah solo karier Sugizo juga terhitung cukup lama. Ia langsung membangun labelnya sendiri setelah bubarnya Luna Sea dan merilis album perdananya, Truth? pada 1997 yang mampu menyerap fans Luna Sea dan musik rock Jepang untuk mengikuti perjalanan solonya.(Rul/Mer)

Slank Sarapan di Rumah Jusuf Kalla

Posted: 01 Jun 2014 09:19 PM PDT

Jusuf Kalla sarapan bersama grup musik Slank di kediamannya di kawasan Dharmawangsa, Jakarta, Senin (2/6/14). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tidak ada komentar: