Sabtu, 21 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


RI Tak Perlu Terburu-buru Merespon Perang Dagang AS-China

Posted: 21 Jul 2018 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perekonomian global saat ini tengah bergejolak dan penuh ketidakpastian. Ini terutama terkait adanya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution memastikan jika Pemerintah Indonesia harus selalu siap merespons kondisi terkini. Namun respon tersebut tidak perlu dilakukan terburu-buru.

"Dengan adanya perang dagang, normalisasi kebutuhan moneter di negara maju semua itu ya pasti punya dampak pada kita, dan harus merespons tapi tidak perlu juga grasa - grusu karena malah itu mempercepat bisa-bisa ikutan mendorong runtuhnya," kata dia dalam HUT Kemenko Perekonomian ke 52, di kantornya, Minggu (22/7/2018).

Rezim multilateral perdagangan global dikatakan sekarang ini cenderung bergejolak terutama setelah AS melakukan langkah yang tidak mengikuti pakem multilateral.

"Anda ingat pada waktu kita mulai me-launching soal globalisasi, waktu jaman globalisasi itu terkenal dengan ucapan suka tidak suka, mau tidak mau siap tidak siap kita harus membuka diri dan lebih terbuka berdagang secara internasional, investasi dan sebagainya," ujarnya.

Dia menegaskan, meski terkena dampak tapi Indonesia akan baik-baik saja.

"Kita percaya bisa menjawab ini walaupun dampak pasti kena, karena bukan kita yang melakukan inisiatif, tapi kita harus menjawab, sehingga memang kebetulan sekali kita selain perang dagang dan normalisasi kebijakan moneter negara maju," tegas dia.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Hadapi Perang Dagang, RI Perlu Perkuat Daya Saing

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (25/5). Ekspor April sebesar 14,47 miliar dolar AS lebih rendah ketimbang Maret 2018 yang mencapai 15,59 miliar dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Indonesia mesti memperkuat daya saing ekonomi untuk melindungi diri terhadap dampak negatif perang dagang.

Hal itu disampaikan Dirjen Perundingan Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Iman Pambagyo saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Jumat (20/7/2018).

"Kembali lagi isunya adalah daya saing. Mau trade war sebesar apapun kalau daya saing ekonomi kita kuat, kita akan baik-baik saja," kata dia.

"Itu (membangun daya saing ekonomi) selalu jadi masalah dan itu komplek sekali tidak bisa ditangani satu atau dua kementerian. Tapi faktanya kita mulai coba fokus pada beberapa key area untuk daya saing seperti bangun infrastruktur," tutur dia.

Selain membangun daya saing dan ketahanan ekonomi domestik, Indonesia juga tentu berkomunikasi dengan negara lain, untuk menghindari keharusan Indonesia juga terlibat dalam perang dagang dengan negara tertentu.

"Tapi kita juga tetap lakukan pendekatan biletaral. Apa yang masih dipermasalahkan dengan hubungan kita, apa yang bisa kita kerjakan sama-sama," kata dia.

Indonesia juga terus mencari kemungkinan membuka pasar-pasar baru agar tidak hanya bergantung pada kerja sama perdagangan dengan pasar tradisional.

"Itu yang bisa kita lakukan intinya kitta tetap pertahankan akses pasar tradisional seperti AS, Jepang, Korea, EU, sambil kita buka lagi akses pasar nontradisional. Mungkin itu (pasar nontradisional) kecil-kecil, tapi kalau dikumpulkan banyak jadi bisa balancing. Jadi tergantung pada beberapa negara besar itu tidak aman buat Indonesia," ujar Iman.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Pertama Donita Sempat Idap Flu Singapura

Posted: 21 Jul 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai orangtua, Donita sangat khawatir dengan kedua anaknya. Apalagi, bila salah satu dari mereka terserang demam.

Hal itu belum lama dirasakan Donita. Putra pertamanya Alfarizqy Ataris Svarga Nugroho, mengalami panas yang cukup tinggi. Tak mau terjadi sesuatu pada anaknya, ia pun langsung melarikannya ke rumah sakit.

Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata Svarga terserang virus Coxsackievirus atau Flu Singapura. Itu terjadi pada dua bulan lalu.

"Aku pikir mau pilek kali ya. Tapi panasnya makin jadi, terus dibawa ke rumah sakit, pas di cek ternyata termometernya sudah 40-an, 39,8 gitu," ujar Donita, ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (21/7/2018). 

Ada Ruam dan Bentol

Donita (Foto: Instagram)

"Langsung di bawa ke UGD terus dikasih obat penururn panas," sambungnya.

Setelah mendapat penanganan, muncul ruam dan bentol-bentol pada kaki anak Donita. Ternyata setelah dicek, pihak rumah sakit mengklaim putranya mengiap Flu Singapura.

 

Langsung Ditangani Medis

Donita (Foto: Instagram)

"Sorenya muncul ruam dan bintik-bintik. Akhirnya baru tahu kalau itu virus Singapura," kata Donita.

Beruntungnya sang anak segera mendapatkan penanganan medis. Sehingga virus yang bersarang ditubuhnya bisa ditanganni dan tak meluas.

"Kalau orang kena virus Singapura dirawat karena mulutnya kena jadi dehidrasi, nah Svarga enggak ngalamin itu. Jadi cuma home treatment," tutup Donita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU: 5 Mantan Napi Korupsi Jadi Bakal Caleg DPR RI

Posted: 21 Jul 2018 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan ada 5 bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI yang merupakan eks narapidana korupsi. Ini terungkap setelah KPU melakukan verifikasi terhadap berkas yang telah didaftarkan oleh partai politik.

"Ada lima orang mantan narapidana korupsi yang diajukan oleh parpol sebagai bacaleg DPR RI," ungkap Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Hotel Borobudur, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu malam (21/7/2018).

Wahyu mengatakan, kelima orang bacaleg itu terdiri dari 2 orang yang terdaftar di daerah pilih (dapil) Aceh II, satu orang terdaftar di dapil Babel, satu orang di dapil Sultra, dan satu orang di dapil Jateng VI.

Dia menegaskan, kelimanya berasal dari partai politik lama. Artinya, mereka berasal dari parpol yang telah menjadi peserta pemilu sebelumnya. Namun KPU masih enggan untuk membeberkan asal parpol dari kelima bacaleg tersebut.

Akibat persoalan ini, KPU memberikan status tidak memenuhi syarat atau TMS kepada kelima bacaleg tersebut.

Lembaga penyelenggara pemilu itu pun menyerahkan ke parpol yang bersangkutan untuk mengganti nama kelimanya dengan bacaleg lain. Tentunya, yang tidak merupakan eks napi korupsi dan memenuhi persyaratan.

Wahyu menuturkan, pihaknya akan menunggu pergantian nama bacaleg hingga tanggal 31 Juli 2018 nanti.

Jika hingga batas waktu yang ditentukan tak juga ada nama pengganti untuk kelima bacaleg tersebut, maka, otomatis akan dikosongkan.

"Berarti setelah tanggal itu kan parpol memang tidak memanfaatkan pergantian itu. Iya (dikosongkan)," tutur Wahyu.

Tandatangani Pakta Integritas

Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wahyu menyatakan, parpol yang menaungi kelima bacaleg telah menandatangani pakta integritas sebelumnya. Karenanya KPU pun menyayangkan tindakan parpol yang tetap nekat mendaftarkan mereka yang memiliki riwayat sebagai mantan terpidana korupsi.

"Ini kan sudah merupakan bukti bahwa imbauan agar parpol tidak mencalonkan kader-kader yang mantan napi koruptor ini kan terbukti tidak efektif," kata dia.

Selain perkara korupsi, KPU belum menemukan adanya bacaleg DPR RI yang merupakan mantan terpidana narkoba dan kejahatan seksual terhadap anak. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Tukang Diving, Neymar Balas Kritikan

Posted: 21 Jul 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Piala Dunia 2018 jadi momen yang menyedihkan bagi Neymar Jr. Selain karena gagal membawa Timnas Brasil melaju jauh, bintang Paris Saint-Germain (PSG) juga menerima hujatan akibat aksi berlebihannya.

Bersama Neymar, Brasil hanya melaju hingga perempat final Piala Dunia 2018. Langkah mereka dihentikan Belgia dengan kekalahan 1-2. Padahal, Selecao dituntut memiliki rapor lebih baik setelah hanya finis sebagai peringkat keempat Piala Dunia 2014.

Akibatnya, Neymar pun dianggap sebagai salah satu pihak yang harus bertanggung jawab di balik keterpurukan Brasil. Ditambah, ia memperlihatkan kebiasaan buruk dalam beberapa laga Piala Dunia 2018.

Yang dimaksud adalah kebiasaannya melakukan diving. Bahkan, saat terkena pelanggaran pun, ia menunjukkan reaksi yang berlebihan, tak jarang sampai berguling-guling seakan telah mendapat pelanggaran keras. Aksinya itu mendapat hujatan dari publik hingga banyak dibikin meme.

"Kritik untuk saya berlebihan. Orang-orang lebih cepat mengkritik yang dilanggar dibandingkan yang melakukan pelanggaran. Saya pergi ke Piala Dunia untuk bermain, untuk mengalahkan lawan, bukan untuk ditendang," ujar Neymar kepada AFP, dilansir NDTV Sports.

 

Bantah ke Madrid

Pemain PSG, Neymar, saat menghadiri acara amal untuk Institut Neymar Jr di Sao Paulo, Brasil, Kamis (19/7/2018). Bintang asal Brasil itu tampak menawan dengan balutan jas. (AFP/Nelson Almeida)

"Kritik saya dibesar-besarkan, tapi saya orang hebat, saya terbiasa berurusan dengan hal semacam ini . Dan saya tak bisa jadi wasit dan bermain pada saat yang sama, tapi ada saatnya saya berharap bisa," ia menambahkan.

Di sisi lain, saat ini pemain berusia 26 tahun itu juga dilaporkan akan meninggalkan PSG. Real Madrid disebut-sebut bakal jadi tujuannya. Neymar dianggap sebagai sosok yang tepat untuk menggantikan Cristiano Ronaldo.

"Orang-orang yang muncul dengan kisah-kisah ini tampaknya tahu lebih banyak tentang kehidupan saya daripada saya sendiri. Saya tak akan menanggapi pertanyaan seperti ini karena tidak ada yang terjadi," ejek Neymar.

 

Statistik Neymar di Setiap Klub

Santos: 136 gol dari 223 laga

Barcelona: 105 gol dan 77 assist dari 186 laga

Paris Saint-Germain: 28 gol dan 16 assist dari 30 laga

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yamaha RX King Edisi Spesial 20 Tahun Banderolnya Rp 50 Juta, Minat?

Posted: 21 Jul 2018 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga motor bekas Yamaha RX King saat ini memang sudah tidak masuk akal. Motor legendaris dari pabrikan berlambang garpu tala ini, seperti sudah menjadi barang komoditi yang bahkan memiliki banderol selangit saat hendak dijual.

Salah satu contohnya, adalah Yamaha RX King edisi spesial 20 tahun produksi 2003 milik Gilbert Ciputra. Pria yang juga anggota King's Club Djakarta (KCDJ) ini, membanderol motor miliknya tersebut Rp 50 juta.

"Saya dapat motor ini 2008, dan dapatnya juga masih mulus. Harganya saat itu, hanya Rp 7 juta," jelas pria yang akrab disapa Putra ini di gelaran Otobursa Tumplek Blek, Sabtu (22/7/2018).

Saat membeli motor edisi spesial ini, harga Yamaha RX King memang belum setinggi saat ini. Meskipun begitu, ia tetap merawat Yamaha RX King yang kabarnya hanya dicetak 5.000 unit di Indonesia ini sangat baik, dan hanya dipakai saat touring bersama klubnya.

"Saat saya dapatkan memang sudah orisinil, dan tidak saya pakai harian. Kalau memang ada yang berani Rp 50 juta, ya saya lepas," akunya.

Sejak dipajang di gelaran Otobursa Tumplek Blek, Yamaha RX King edisi spesial ini sudah ada yang tawar Rp 30 juta. Namun, ia hanya berkeinginan melepas motor kesayangannya tersebut dengan mahal tidak kurang Rp 50 juta.

Selanjutnya

"Biasanya, yang menawar motor seperti ini memang kolektor. Jadi, bukan orang yang sedang cari motor Yamaha RX King," tegasnya.

Saat ini, Yamaha RX King memang tengah naik daun. Bahkan, jika ada yang berminat mencari Yamaha RX King, bukan ditanya ingin mencari yang tahun berapa, tapi punya dana berapa untuk membeli Yamaha RX King.

"Sekarang itu kalau cari Yamaha RX King bukan tanya tahun berapa, tapi tanya jika saya punya unang Rp 15 juta, dapat Yamaha RX King tahun berapa?," pungkasnya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gangguan Jiwa, Anak di Pati Aniaya Ibu Pakai Cobek hingga Tewas

Posted: 21 Jul 2018 10:08 PM PDT

Patroli, Pati - Warga Dukuh Sanggarahan, Desa Tamansari, Kecamatan Pati, Jawa Tengah, terus memadati rumah Sunarti, wanita 50 tahun yang menjadi korban pembunuhan anaknya sendiri.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (22/7/2018), Sunarti ditemukan tewas Sabtu pagi di dalam rumahnya dengan penuh luka lebam dan berlumuran darah. Menurut warga, korban dianiaya menggunakan cobek oleh putrinya, Rubiah yang diduga menderita gangguan jiwa.

Aksi keji itu dilakukan Rubiah lantaran terbakar api cemburu menuding korban akan merebut suaminya. Setelah membunuh, pelaku kemudian menyerahkan diri kepada warga.

"Rubiah datang ke rumah saya bahwa ibunya sudah tidak ada, dan saya ke rumah Rubiah dan menemui korban sudah tidak ada. Kemudian saya melaporkannya kepada tetangga," kata tetangga korban Ngatuwi.

Kasus ini kemudian ditangani Satuan Reskrim Polres Pati. Sementara pelaku yang telah menjalani pemeriksaan petugas, masih ditahan di Mapolres Pati. (Rio Audhitama Sihombing)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sim Salabim, Ampas Buah Naga Jadi Listrik

Posted: 21 Jul 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Siapa sangka, di tangan empat mahasiswa bidang pendidikan STKIP PGRI Sumbar ini, batang tanaman buah naga merah bisa dimanfaatkan. Mereka adalah Kurnia Wulan Sari, Indri Dwi Lelita Sari, Mike Andam Sari, dan Karlin Marta Putri yang menginisiasi penelitian guna menghasilkan energi listrik dari sumber batang tanaman buah naga merah.

"Dikatakan inisiasi karena masih perlu banyak perbaikan, namun secara prinsip dari tiga batang buah naga bisa menghidupkan lampu LED pijar sebesar 3 volt," kata salah satu anggota Kurnia di Padang, Sabtu, 21 Juli 2018, dilansir Antara.

Dia menjelaskan pada dasarnya bahan dan alat yang digunakan cukup sederhana yakni tiga batang tanaman buah naga, kabel positif, dan negatif, lempeng tembaga, dan lampu.

Kemudian dilakukan rangkaian listrik dengan sistem paralel dengan sumbernya batang buah naga yang dihubungkan kabel.

Adapun latar belakang melakukan penelitian ini karena para mahasiswa tersebut melihat harga pelayanan listrik yang relatif mahal serta banyaknya sampah organik yang tidak terpakai seperti ampas tanaman buah naga tersebut.

Ke depan mereka berencana melakukan penelitian dengan skala besar serta perhitungan analisis yang lebih tepat.

Dia mengaku saat ini masih banyak terdapat kekurangan seperti ketepatan dalam perhitungan kandungan serta besaran listrik yang didapatkan.

Pembimbing penelitian tersebut Abizar menambahkan penelitian ini bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2018 dengan judul "Alat Penghantar Listrik dari Buah Naga Merah".

"Kegiatan ini merupakan ide dari mahasiswa yang secara sederhana kemudian disusun menjadi sebuah karya ilmiah," ujarnya.

Penelitian ini dilaksanakan oleh tiga mahasiswa Pendidikan Biologi dan satu orang Pendidikan Fisika. Uniknya, mahasiswa yang berkecimpung dalam penelitian itu bertujuan untuk mengajar atau menjadi guru dan memiliki keinginan untuk meneliti serta menciptakan karya sebagaimana ilmu murni.

Ke depan akan dikembangkan lagi penelitian terkait buah naga menghasilkan listrik dengan parameter dan perlakuan yang berbeda.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ketika Neymar Unjuk Gigi dalam Laga Amal di Brasil

Posted: 21 Jul 2018 10:00 PM PDT

Aksi bintang sepak bola Brasil, Neymar (kanan) saat tampil dalam turnamen untuk badan amal Neymar Junior Project Institute di Praia Grande, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (21/7). (Miguel SCHINCARIOL/AFP)

Aksi bintang sepak bola Brasil, Neymar (kanan) saat tampil dalam turnamen untuk badan amal Neymar Junior Project Institute di Praia Grande, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (21/7). (Miguel SCHINCARIOL/AFP)

Bintang sepak bola Brasil, Neymar (kanan) mencoba menggocek lawan dalam turnamen untuk badan amal Neymar Junior Project Institute di Praia Grande, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (21/7). (AP Photo / Nelson Antoine)

Bintang sepak bola Brasil, Neymar (kanan) mencoba menggocek lawan dalam turnamen untuk badan amal Neymar Junior Project Institute di Praia Grande, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (21/7). (AP Photo / Nelson Antoine)

Bintang sepak bola Brasil, Neymar mengontrol bola dengan dadanya saat turnamen untuk badan amal Neymar Junior Project Institute di Praia Grande, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (21/7). (Miguel SCHINCARIOL/AFP)

Bintang sepak bola Brasil, Neymar mengontrol bola dengan dadanya saat turnamen untuk badan amal Neymar Junior Project Institute di Praia Grande, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (21/7). (Miguel SCHINCARIOL/AFP)

Bintang sepak bola Brasil, Neymar (tengah) dan putranya Davi Lucca foto bersama pemain Argentina (kiri) dan Meksiko saat turnamen untuk badan amal Neymar Junior Project Institute di Praia Grande, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (21/7). (AP Photo/Nelson Antoine)

Bintang sepak bola Brasil, Neymar (tengah) dan putranya Davi Lucca foto bersama pemain Argentina (kiri) dan Meksiko saat turnamen untuk badan amal Neymar Junior Project Institute di Praia Grande, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (21/7). (AP Photo/Nelson Antoine)

Bintang sepak bola Brasil, Neymar berswafoto dengan para penonton saat turnamen untuk badan amal Neymar Junior Project Institute di Praia Grande, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (21/7). (AP Photo/Nelson Antoine)

Bintang sepak bola Brasil, Neymar berswafoto dengan para penonton saat turnamen untuk badan amal Neymar Junior Project Institute di Praia Grande, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (21/7). (AP Photo/Nelson Antoine)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata Belajar Sendiri Itu Asik, Begini Triknya

Posted: 21 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit siswa malas belajar di rumah karena belum mengerti pelajaraan yang akan mereka bahas di sekolah. Pekerjaan rumah yang tidak kunjung selesai dikerjakan juga menjadi masalah tersendiri ketika tidak mengerti. Apalagi kalau soalnya adalah matematika.

Kesulitan semacam itu, pasti sering kali dialami oleh para siswa. Padahal belajar di rumah mampu lo membantu nilaimu menjadi lebih baik.

"Kalau kita paham konsep yang kita pelajari, maka ada semacam intrinsic motivation dalam belajar, yang membuat kita menjadi lebih mengerti," kata Sabda Paul Subekti, Business Development dan Co-founder Zenius Education, dalam acara konferensi pers Zenius, Kamis (19/7/2018).

Jika kamu kerap mengalami masalah ketika belajar karena tidak paham, teknologi media dapat kamu manfaatkan. Apalagi saat ini ada website belajar online yang membantumu memahami dasar-dasar pelajaran yang kerap tidak kamu pahami di sekolah.

Yakni, Zenius.net merupakan salah satu produk pendidikan dari SD, SMA hingga jenjang masuk perguruan tinggi. Pemakaian teknologi untuk edukasi dapat membantumu saat belajar bahkan memberikan motivasi untuk terus belajar secara mandiri.

Dibantu bersama dengan para pengajar, kamu bisa menyaksikan video latihan-latihan soal yang mampu membuatmu lebih memahami mata pelajaran.

Metode menghapal justru bikin belajar tidak asik

(Foto: © Zenius.net)

"Kami tidak memberikan hapalan rumus cepat saat mengerjakan soal. Ada cara terbaik untuk belajar, yakni dengan memahami konsepnya," kata CEO Zenius, Wisnu Subekti.

Untuk menciptakan motivasi belajar kepada para siswa, tentu perlu diciptakan suasana yang menyenangkan dan seru. Zenius membantumu memecahkan soal-soal yang tidak kamu mengerti sampai ke konsep dasarnya sehingga kamu lebih paham.

Menurut Wisnu, pencapaian belajar itu bukan kita mendapat nilai seratus, melainkan ketika mereka bialang 'mengerti banget' pelajaran ini. Itu membuat proses belajar menjadi asik.

Namun, karena tidak semua siswa bisa mengerti, maka harus mengulangi pembelajaran. Zenius menyediakan lebih dari 74 ribu video belajar yang membantumu untuk mengerti konsep pembelajaran di sekolah.

Untuk mengerti konsep belajar di sekolah para siswa seharunya menghindari metode hapalan. Metode itu justu membuat kita berpikir keras dan bersifat memaksa, jadinya justru belajar menjadi tidak asik atau menyenangkan.

Selain mengajarkan metode belajar yang asik, Zenius juga melatih dan membangun pola pikir para sisiwa sesuai logika dan ilmiah. Produk pendidikan ini dibuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia menjadi lebih baik. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reza Artamevia Menambah Panjang Daftar Artis Terjun ke Dunia Politik

Posted: 21 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Reza Artamevia diketahui ikutan juga terjun ke dunia politik. Ia pun sudah resmi terdaftar sebagai anggota salah satu partai politik.

Ditemui usai manggung dalam konser Riki Putra bertajuk 'Bangkit! Musik Indonesia', Reza Artamevia bicara soal keputusannya terjun ke dunia politik. Ia menegaskan kalau keinginannya itu semata-mata agar bisa bermanfaat bagi Indonesia.

"Saya semata-mata tujuan akhir bukan urusan caleg, atau anggota dewan. Saya lebih ingin bisa bermanfaat aja untuk bangsa ini. Mudah-mudahan ya," ujar Reza Artamevia, di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (21/7/2018).

Meski memutuskan untuk berkarier di dunia politik, Reza Artamevia mengaku tak akan meninggalkan dunia hiburan yang telah melambungkan namanya.

 

Izin

(Instagram/rezaartameviaofficial)

Diakui Reza Artemevia, sebelum dirinya memutuskan bergabung, ia pun sudah meminta izin kepada partai yang menaunginya agar tetap bisa eksis.

"Saya sudah bilang sama partai pendukung saya, saya akan tetap bernyanyi. Dan mereka sangat support. Gitu sih, basically saya ingin bisa bermanfaat bagi masyarakat aja. Insya Allah, doain aja," lanjut Reza Artamevia.

 

Pilihan Sendiri

(Instagram/rezaartameviaofficial)

Selebritas yang terjun ke dunia politik, masih mendapat tanggapan miring dari masyarakat, bagaimana Reza Artamevia menyikapinya?

"Enggak, saya enggak mau nanggapin itu (anggapan masyarakat). Itu pilihan pribadi saya, hak saya. Wish me luck aja. Udah jangan nanya kebanyakan. Nanti aja," tutup Reza Artamevia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarot Hari Ini: Semakin Dekat Semakin Hangat

Posted: 21 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Simak prediksi Tarot Hari Ini, Minggu, 22 Juli 2018

The Sun

Bersinarlah seperti matahari di manapun berada. Hadirlah untuk memberi kehangatan, bukan panas yang menyengat. Ada harapan di setiap terbitnya matahari. Semoga hati kita cerah, secerah sinar mentari hari ini.

Cinta

Single: mulai muncul harapan baru. Hari-hari kelam semoga segera berlalu.

Couple: semakin dekat semakin hangat.

Keluarga

Harapan baru selalu bersinar. Maafkan yang sudah terjadi. Buka lembaran baru seiring terbitnya matahari.

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Roma Boyong Kekuatan Baru ke Tur Pramusim ICC 2018

Posted: 21 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Chicago - Sembilan pemain anyar yang direkrut AS Roma pada bursa transfer musim panas tahun ini akan diboyong ke tur pramusim di Amerika Serikat. Untuk tampil di turnamen International Champions Cup (ICC) 2018, Roma membawa total 27 pemain.

Kesembilan pemain anyar AS Roma itu adalah Antonio Mirante, Daniel Fuzato, Ivan Marcano, Davide Santon, William Bianda, Bryan Cristante, Ante Coric, Javier Pastore, dan Justin Kluivert. Hanya Nicolo Zaniolo yang absen.

Pemain 18 tahun itu bergabung dengan Daniele Verde yang saat ini digosipkan pindah ke FC Porto. Meski demikian, Serigala Roma bisa bernapas lega mengingat bek Federico Fazio dan Aleksandar Kolarov sudah kembali bergabung setelah libur pasca-Piala Dunia 2018.

Kembalinya para penggawa AS Roma -ditambah kekuatan dari pemain baru- diharapkan mampu mengembalikan performa tim. Apalagi, tiga hari lalu AS Roma ditahan imbang 1-1 saat menghadapi Frosinone.

"Itu bukan hasil yang kami cari setelah latihan dengan baik. Ayo kita buktikan di Amerika Serikat (di turnamen ICC -red)," kata salah seorang pemain AS Roma, Kevin Stroorman, dikutip laman resmi klub.

Dua Raksasa Spanyol

ROMA VS TOTTENHAM HOTSPUR FC

Di turnamen ICC 2018, Lupi -julukan AS Roma- akan mengawali kampanye mereka dengan menghadapi klub Inggris Tottenham Hotspur. Laga ini akan digelar pada 26 Juli 2018.

Setelah itu, Stroorman dan rekan-rekannya akan bersua dengan dua raksasa La Liga Spanyol, yakni Real Madrid dan Barcelona. di bulan Agustus. Roma akan lebih dulu bertemu Barcelona pada 1 Agustus 2018. Sepekan kemudian, klub Italia akan bertemu Real Madrid.

Daftar skuat AS Roma di ICC 2018

Mirante, Fuzato, Cardinali; Karsdorp, Pellegrini, Yesus, Kolarov, Marcano, Santon, Fazio, Florenzi, Manolas, Bianda; Cristante, Strootman, Pellegrini, De Rossi, Coric, Gonalons, Pastore; Perotti, Dzeko, Schick, Bawah, Defrel, Kluivert, El Shaarawy.

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tiga Anak Band Banting Setir ke Partai Politik

Posted: 21 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para anak band ini putuskan banting setir ke bidang politik dan ikut serta dalam Pemilihan Legislatif 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Media Sosial Ternyata Berpotensi Picu ADHD, Apa Itu?

Posted: 21 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak dimungkiri, kehidupan remaja saat ini sudah begitu lekat dengan smartphone. Salah satu yang layanan yang kerap diakses generasi muda saat menggunakan perangkat itu adalah media sosial.

Awalnya, akses media sosial dianggap hanya bagian dari ekspresi diri atau mengakses informasi. Namun, siapa sangka di balik penggunaan media sosial tersimpan bahaya yang tidak disadari.

Berdasarkan penelitian terbaru dari Jornal of the American Medical Association (JAMA), akses media sosial yang berlebihan oleh remaja berdampak pada potensi attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD).

Sekadar informasi, ADHD merupakan sindrom gangguan jangka panjang. Biasanya, ADHD diikuti dengan gejala khas, seperti perilaku impulsif, kurang perhatian dan hiperaktif.

Dilansir Fox News, Minggu (22/7/2018), studi menemukan kebiasaan mengecek media sosial, mulai dari sekadar melihat-lihat, mengomentari unggahan orang lain, termasuk aktivitas digital lain, ternyata meningkatkan kemungkinan mengalami ADHD dalam dua tahun. 

Menurut studi, remaja yang mengakses media sosial dalam frekuensi tinggi, ternyata memenuhi kriteria penderita ADHD, dibandingkan remaja yang tidak terlalu sering mengakses media sosial. Indikasinya adalah konsentrasi yang berkurang dan perilaku impulsif. 

Associate Editor di NEJM Journal Watch Jenny Radesky menuturkan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah frekuensi penggunaan media sosial di usia 15 dan 16 tahun tanpa tanda-tanda ADHD dapat kemudian berubah menjadi ADHD.

Para peneliti melakukan survei pada lebih dari 2.500 siswa dengan usia antara 15 hingga 16 tahun dari 10 SMA Los Angeles antara tahun 2014 dan 2016.

Hasilnya, siswa yang dilaporkan mengalami enam atau lebih gejala hiperaktif-impulsif memiliki gejala positif ADHD. 

Kendati demikian, bukan berarti remaja tidak boleh mengakses media sosial sama sekali. Para peneliti menyarankan agar akses media sosial lebih dikontrol dan tidak sampai mengganggu aktivitas lain, seperti tidur, membaca, atau berolahraga.

Psikolog: Media Sosial Picu Krisis Kepercayaan Diri pada Remaja

Media sosial menjadi jalur pemasaran digital paling efektif. (Foto: Neovene)

Sebelumnya, pengamatan Jean Twenge, psikolog di San Diego State University, media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, ternyata bisa memicu krisis kepercayaan diri bagi pengguna--khususnya kalangan remaja.

Twenge berujar, media sosial menciptakan pola keterikatan secara rutin, yang 'mengikat' pengguna untuk terus membukanya demi mengakses informasi.

"Akan tetapi, sayangnya ini juga mengisolir mereka. Akibatnya, para remaja tidak memiliki waktu untuk keluarga dan teman-temannya. Kontak sosial mereka seolah-seolah terblokir," kata Twenge.

Karena terisolir, remaja akan terus mengandalkan media sosial sebagai temannya. Di saat lingkungan sekitar dapat menerima keterbukaan informasi yang lebih agresif, ia justru akan menjadi yang tertinggal.

"Media sosial itu memang menghubungkan pengguna, entah dengan ke pengguna lain atau ke informasi baru. Padahal tidak juga, ini dapat mengurangi rasa percaya diri mereka. Mereka lupa kontak sosial lebih berguna. Kontak sosial banyak bentuknya, menerima informasi baru dari mulut ke mulut, berkomunikasi dengan kerabat, dan masih banyak lagi," lanjutnya.

Menurut Twenge, masalah terjadi pada remaja yang lahir di periode 1995-2012. Generasi ini sudah mengenal smartphone dan menganggapnya sebagai perangkat utama.

Mirisnya, jumlah remaja yang lahir pada periode tersebut mengaku jarang menemui teman-temannya. "Sejak 2000, mengalami penurunan 40 persen. Dan pada 2015, cuma ada 56 persen remaja yang pergi bersosialisasi," imbuh Twenge.

Twenge juga mengungkap, remaja modern ini juga dianggap lambat untuk belajar dan berkembang. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu sendiri di dalam kamar, terus-terusan 'tenggelam' di dalam linimasa media sosial.

"Mereka bisa stress dan depresi karena terus-terusan seperti ini," ucapnya.

Berujung pada Depresi

Ilustrasi Media Sosial. Dok: WinNetNews.com

Sebelumnya, penelitian juga mengungkap media sosial dapat memicu efek depresi pada pengguna remaja. Penelitian telah dilakukan ke subjek kalangan remaja berumur 13-17 tahun yang sering menggunakan smartphone-nya untuk 'berinteraksi' di jejaring sosial.

Mengutip informasi laman The Independent, penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti asal Kanada, International Association of Cyber Psychology, Training & Rehabilitation (iACToR) dengan melakukan observasi pada 750 subjek yang merupakan remaja dari berbagai institusi pendidikan di wilayah Ontario.

Penelitian yang juga dipublikasikan lewat jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking ini mengungkap penggunaan medsos yang terlampau berlebihan rupanya mampu menunjukkan indikasi si pemilik jejaring sosial memiliki masalah gangguan mental dan memicu depresi.

"Kapasitas penggunaan jejaring sosial harusnya dibatasi sebagaimana mestinya. Jika digunakan terus menerus dalam jangka waktu berjam-jam, hal tersebut akan menciptakan rasa candu bagi para pengakses," ungkap tim peneliti.

Menurutnya, hal itu mengubah cara pandang pengguna bahwa jejaring sosial termasuk ke hal primer di dalam kehidupan pengguna. Bahayanya, penggunaan jejaring sosial secara berlebihan dapat berdampak negatif pada penggunanya.

"Jejaring sosial berfungsi sebagai alat komunikasi dan pencari informasi jika memang dibutuhkan. Namun hal tersebut bisa berubah fungsi 360 derajat menjadi sebuah 'pengisi dahaga' penggunanya ketika sedang kesepian," tambahnya.

Observasi yang telah dilakukan tim peneliti menyimpulkan sebagian besar dari 750 subjek anak remaja tersebut memang kerap kali tidak memiliki kegiatan apa-apa khususnya pada waktu malam hari. Oleh karena itu, mereka mengakses jejaring sosial sebagai 'teman' agar bisa mengisi kesepian mereka.

"Hal ini menunjukkan bahwa mereka mengalami tanda depresi, jika ini terus dilakukan, mereka akan melakukan hal lebih ekstrem seperti tindakan bunuh diri atau cyberbullying," tukasnya.

Mereka menambahkan, seharusnya ketika kesepian para anak remaja bisa melakukan kegiatan positif yang lebih menggaet mereka ke perkembangan fisik dan mental yang lebih sehat, seperti berolahraga, membaca buku, mendengarkan musik dan masih banyak lagi.

"Sudah seharusnya fungsi dari jejaring sosial dibatasi. Selagi masih ada waktu dan belum terlambat, kini peran orang tua yang harus mengawasi anak mereka agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Hemat, Ini Resep Mudah Buat Scrub Kaki di Rumah

Posted: 21 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda adalah orang yang dengan tekun melakukan perawatan wajah, lalu apakah berlaku juga terhadap perawatan tubuh?

Mungkin banyak wanita yang menyepelekan perawatan area kaki. Padahal kaki merupakan bagian tubuh yang membutuhkan perhatian ekstra. Setelah seharian penuh, tentu kaki akan mengalami rasa lelah.

Sedikit perhatian dengan melakikan relaksasi dapat sangat berarti untuk kaki Anda. Simak beberapa resep foot scrub yang bisa merawat sekaligus memberikan sensasi relaksasi pada kaki berikut ini.

 

1. Rosemary dan Pappermint

Ilustrasi Perawatan Kaki (iStock)

Jika Anda memiliki kulit yang kering, maka resep scrub ini sangat tepat untuk Anda. Rosemary sangat ideal untuk melemaskan otot yang tegang sekaligus merejuvenasi kulit. Saat diaplikasikan, seketika kulit kaki akan terlihat lebih cerah. Sedangkan pappermint oil dapat memberikan sensasi sejuk dan relaks.

 Cara pembuatan:

 1. Campurkan garam ke dalam wadah bersama dengan minyak kelapa dan zaitun.

2. Tambahkan peppermint oil dan rosemary oil ke dalam wadah yang sudah tersisi dengan campuran garam.

3. Jika terlalu kering, Anda bisa menambahkan lagi minyak kelapa dan zaitun hingga teksturnya sesuai yang Anda inginkan.

4. Jika sudah, simpan dalam kemasan kedap udara.

2. Strawberry dan Gula

Ilustrasi Perawatan Kaki (iStock)

Scrub ini akan menyajikan aroma yang menggiurkan. Tak hanya itu, scrub ini memiliki khasiat yang baik bagi kulit. Strawberry berperan sebagai agen yang dapat meminimalisir penuaan di kulit, sedangkan gula mampu mengangkat sel kulit mati secara tuntas.

 Cara pembuatan:

 1. Hancurkan strawberry dan campurkan gula ke dalamnya.

2. Tambahkan olive oil dan aduk hingga rata.

3. Aplikasikan scrub pada kaki dan diamkan selama 20 menit. Lalu bilas hingga bersih.

 

3. Lavender dan garam

Ilustrasi Perawatan Kaki (iStock)

Scrub ini memiliki sifat sebagai antiseptik dan anti inflamasi yang akan menuntaskan ragam masalah kulit serta memberikan efek relaksai yang optimal.

 Cara pembuatan:

 1. Campurkan garam, lavender oil, dan grapseed oil dan aduk hingga menyatu sempurna

2. Basahi kaki dan aplikasikan scrub sambil dipijat perlahan.

3. Diamkan sekitar 10 hingga 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

 

 Dengan tiga resep praktis di atas, Anda bisa melakukan sesi rileksasi di rumah tanpa khawatir budget yang dikeluarkan. Selama mencoba!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Uno: Trotoar Sudirman-Thamrin Bisa Difungsikan 31 Juli

Posted: 21 Jul 2018 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan, trotoar Jalan Sudirman dan MH Thamrin baru bisa difungsikan pada 31 Juli 2018. Menurut dia, trotoar yang ditargetkan rampung 22 Juli itu saat ini hampir mulus.

"Alhamdulillah. Tadi kita sudah mulai lihat. Untuk yang sesuai dengan janji kami bahwa 22 Juli ini lurus, rapi dan hampir mulus. Sebentar lagi mulus. Malam ini insya Allah kita akan lakukan pelapisan. 31 Juli, akhir bulan ini rencananya trotoarnya bisa difungsionalisasikan," ucap Sandi di Lapangan Monas Jakarta Pusat, Minggu (22/7/2018).

Sandi memastikan pihaknya akan terus mengecek setiap harinya agar trotoar Sudirman-Thamrin segera rampung.

Tak hanya itu, pihaknya juga menambah jumlah pekerja pembangunan trotoar dan dibagi menjadi dua shift.

"Dan harus (ditambah) shift-nya itu. Karena saya lihat antara jam 05.00 sampai 07.00 WIB itu tidak banyak kerja. Jadi ini yang perku kita dorong. Tapi saya cukup yakin bahwa kita siap untuk menghadapi Asian Games," jelas dia.

Venue Maraton

Dia mengatakan, trotoar itu nantinya akan digunakan sebagai salah satu cabang olah raga yang akan dipertandingkan, yaitu maraton. 

"Dan jangan lupa juga bahwa (trotoar) Sudirman-Thamrin sampai ke Harmoni ini adalah venue juga. Karena venue maraton itu akan ada di Sudirman-Thamrin sampai ke Harmoni berbalik 2 putaran (dengan total) 42 km," imbuh Sandiaga.

Trotoar Sudirman sendiri mulai dibangun sejak Desember 2017 dan rencananya nanti akan bertuliskan nama-nama atlet yang mengharumkan nama Tanah Air di ajang internasional seperti Asian Games.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: Paula Verhoeven bak Peri Cantik Saat Dilamar Baim Wong

Posted: 21 Jul 2018 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Leher jenjang Paula yang indah makin terekspos dengan bentuk kerah V kebaya. Bagian lengan dibalut kain tule berpotongan cape tembus pandang yang sekilas membuatnya terlihat seperti peri. Simak di Top 3 Lifestyle, Minggu (22/7/2018) bersama dua artikel terpopuler lainnya;

1. Cantiknya Kebaya Penuh Bunga Paula Verhoeven Saat Dilamar Baim Wong

Paula Verhoeven telah menjajal ribuan busana dalam profesinya sebagai model catwalk dan foto. Namun, ia terlihat paling memesona dengan kebaya modern penuh aksen payet bunga putih saat dilamar Baim Wong di Semarang, Sabtu (21/7/2018). Lihat di sini 

Nadia Purwoko, Si Pengacara Cantik Juara Miss Grand Indonesia 2018

Finalis Nadia Purwoko dari Bengkulu melambaikan tangan saat terpilih sebagai Miss Grand Indonesia 2018 di JCC Jakarta, Sabtu (21/7). Nadia Purwoko berhak atas Mahkota The Heart of Indonesia senila Rp 3 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Nadia Purwoko merupakan lulusan hukum dari Universitas Indonesia. Sebelum mengikuti ajang Miss Grand Indonesia, ia bekerja sebagai pengacara di sebuah firma. Baca selengkapnya di sini 

Menu Sarapan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi

Lagi pengin banget ngemil atau ingin mempersiapkan menu sarapan buat besok pagi? Bikin Roti Tawar Goreng Celup Cokelat aja yuk… (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Bintang.com/Muhammad Iqbal Nurfajri)

Mungkin selama ini Anda memilih sereal sebagai menu sarapan praktis. Selain rasanya yang enak, sereal juga cukup mengenyangkan saat dikonsumsi pagi hari. Tapi faktanya, sereal merupakan jenis makanan yang diproses dan mengandung kadar gula yang tinggi. Simak selengkapnya di sini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketimbang MU, Willian Lebih Mantap Pilih Barcelona

Posted: 21 Jul 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Rencana MU untuk membajak Willian dari Chelsea bakal menemui ganjalan. Pasalnya, pemain asal Brasil itu lebih memilih hengkang ke Barcelona.

Semenjak akhir musim lalu Willian kerap dikabarkan akan hengkang dari Stamford Bridge. Ia kabarnya kesal dengan perlakuan Antonio Conte pada dirinya sehingga ia memantapkan hati untuk pindah klub.

Pada musim panas ini Chelsea sudah memecat Conte dan menggantinya dengan Maurizio Sarri. Namun pelatih 59 tahun itu tidak mampu meyakinkan Willian untuk bertahan sehingga ia akan tetap pergi.

Sejauh ini ada dua klub yang ingin mendatangkan Willian yaitu Manchester United dan Barcelona. Namun dilansir Sport, Willian kemungkinan besar akan menolak Manchester United dan memilih bergabung dengan Barcelona.

Laporan tersebut mengklaim bahwa Willian memiliki dua alasan mengapa ia menerima pinangan Barcelona. Alasan pertama adalah ia tidak ingin mengkhianati Chelsea.

Seperti yang sudah diketahui, Chelsea dan Manchester United merupakan rival berat di Liga Inggris. Kedua tim selalu bersaing untuk memperebutkan gelar juara Liga Inggris dalam satu dekade terakhir.

Jika Willian pindah ke MU, berarti ia melakukan pengkhianatan terhadap Chelsea. Ia sendiri kabarnya memiliki perasaan yang kuat terhadap para fans serta klub London Barat itu sehingga ia tidak mau bergabung dengan United.

 

Bujukan Coutinho

Gelandang Barcelona, Andre Gomes, berebut bola dengan gelandang Chelsea, Willian, pada laga Liga Champions di Stadion Camp Nou, Barcelona, Rabu (14/3/2018). Menang 3-0, Barcelona lolos dengan agregat 4-1 atas Chelsea. (AFP/Lluis Gene)

Laporan yang sama juga mengklaim bahwa Willian semakin mantap pindah ke Barcelona karena ajakan Philippe Coutinho.

Coutinho sendiri pada awal tahun yang lalu resmi menjadi pemain Barcelona. Ia dibeli dari Liverpool dengan harga yang sangat mahal, mencapai angka 112,5 juta pounds.

Coutinho dan Willian sendiri memang dikenal memiliki hubungan yang baik. Selama Piala Dunia 2018 berlangsung, keduanya kerap mendiskusikan kehidupan di Barcelona sehingga Willian tertarik untuk mengikuti langkah rekannya tersebut.

Barcelona sendiri kabarnya akan segera melayangkan tawaran ketiga untuk Willian. Mereka kabarnya bersedia mengucurkan uang sebesar 30 juta pounds untuk pemain 29 tahun tersebut.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Coret Tujuh Pemain Jelang Tur Pramusim ICC 2018

Posted: 21 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Milan - AC Milan telah mengumumkan skuat yang akan dibawa ke turnamen pramusim International Champions Cup (ICC) 2018. Tujuh pemain dicoret dalam daftar tersebut.

Seperti dilansir Football Italia, AC Milan membawa beberapa pemain senior, seperti Pepe Reina, Alen Halilovic, Andrea Bertolacci, Leonardo Bonucci, dan Nikola Kalinic untuk menjalani tur di Amerika Serikat. Tiga nama terakhir semula digosipkan akan pergi dari San Siro.

Sementara ketujuh pemain yang dicoret adalah Gustavo Gomez, Riccardo Montolivo, Carlos Bacca, Gabriel Ferreira (kiper), Ivan Strinic, Lucas Biglia, serta Andrea Conti. Beberapa pemain yang absen seperti Carlos Bacca masih beristirahat setelah tampil di Piala Dunia 2018.

"Tim akan berkumpul di Milanello pada Minggu (22/7/2018) untuk bertolak ke Linate airport siang harinya. Kemudian kami akan transit di Paris sebelum melakukan perjalanan panjang ke Los Angeles," demikian bunyi pernyataan AC Milan dikutip situs resmi mereka.

Lawan Berat

Penyerang AC Milan, Patrick Cutrone bersama rekan-rekannya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Fiorentina pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (20/5). Rossoneri memastikan tiket ke Liga Europa. (AP Photo/Antonio Calanni)

Di ICC 2018, AC Milan akan berjumpa Manchester United di StubHub Center, Rabu (25/7/2018) waktu Los Angeles. Enam hari setelahnya, Rossoneri bersua klub Liga Inggris lainnya, Tottenham Hotspur, di Stadium in Minneapolis, Minnesota.

Setelah itu, pada 4 Agustus, anak asuh Rino Gattuso ini akan bentrok dengan Barcelona di Stadium in Santa Clara, Bay Area.

Skuat AC Milan di ICC 2018

A Donnarumma, G Donnarumma, Reina; Abate, Antonelli, Bellodi, Bonucci, Calabria, Musacchio, Rodriguez, Romagnoli, Simic, Zapata; Bertolacci, Bonaventura, Brescianini, Calhanoglu, Halilovic, Kessie, Locatelli, Mauri, Torrasi; Borini, Cutrone, Kalinic, Silva, Suso, Tsadjout

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cabang Atletik Sumbang 3 Emas di Asean School Games 2018

Posted: 21 Jul 2018 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ahmad Ambali Sukur menyumbang medali emas pertama pada Asean School Games 2018, cabang atletik nomor lompat jauh. Medali emas juga disumbang dari nomor lari cabang atletik yang menyumbang tiga medali emas bagi kontingen pelajar Indonesia.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (22/7/2018), Ahmad Ambali Sukur merebut medali emas pertama setelah lompatan 7,65 meter jadi nomor terjauh.

Meski terbilang mampu membuat kejutan, lompatan atlet dari Bangka Belitung,  belum mampu menembus rekor ASG yang dipegang atlet asal Thailand, yaitu 7,96 meter.  Sementara itu, medali perak direbut atlet Malaysia Muhammad Nazri, dan perunggu direbut atlet Thailand Nattapong Srinonta.   

Lagu Indonesia Raya juga tiga kali berkumandang di Stadion Mini Bukit Jalil Malaysia, setalah tiga kontingen Indonesia cabang atletik meraih medali emas. Di nomor 100 meter putra,  Adi Ramli Sidiq mencatat waktu terbaik 10,85 detik,  serta nomor 100 meter putri atas nama Jeany Nuraini dengan catatan waktu 12,05 detik.

Medali emas lainnya diraih di nomor 800 meter putra,  setelah  Wempy Pelamonia menjadi yang terbaik dengan catatan waktu 1 menit 55 detik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat: Pasar Komoditas Pangan RI Masih Dikuasai Mafia

Posted: 21 Jul 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengamat Ekonomi Pertanian, HS Dillon menilai kondisi pasar komoditas pertanian Indonesia masih banyak diintervensi mafia pangan. Hal ini yang membuat impor bahan pangan masih terus berlangsung.

Menurut dia, kartel dan mafia ini cenderung menginginkan adanya impor. Hal tersebut agar mereka mendapatkan keuntungan yang besar.

"Ekonomi pasar kita sudah diintervensi oleh berbagai kepentingan sehingga rakyat dikorbankan. Dalam sektor pertanian banyak yang berkepentingan untuk mendapatkan keuntungan impor komoditas pangan dan ingin Indonesia tergantung terhadap produk pangan Impor," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (22/7/2018).

Dengan kondisi seperti ini, lanjut dia, pemerintah dan masyarakat Indonesia harus lebih berhati-hati dalam menyambut liberalisasi perdagangan. Jangan sampai Indonesia hanya menjadi pasar bagi komoditas pangan negara lain.

"Termasuk di sektor pangan untuk menjaga kedaulatan pangan. Potensi pangan lokal kita perlu dikembangkan dengan melihat spesifikasi wilayah," kata dia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Darmansyah mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan pangan. Sebab, potensi pangan lokal di Indonesia khususnya di Riau sangat besar seperti sagu, umbi-umbian, produk hortikuktura dan peternakan.

"Kami berharap diversifikasi pangan terus dikampanyekan sehingga kita tidak tergantung pada produk impor seperti gandum dan aneka buah impor," ungkap dia.

Berdasarkan hasil penelitian IPB, ada 5 rumpun sagu yang cukup untuk pemenuhan karbohidrat satu keluarga selama setahun. Potensi sagu di Riau sangat besar dan belum optimal termanfaatkan.

"Bahkan yang memanfaatkan tepung sagu negara tetangga seperti Jepang dan China dimana beberapa tahun terkahir riau mengekspor tepung sagu ke dua negara tersebut," sebut Darmansyah.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri mengungkapkan capaian kebijakan pertanian selama empat tahun cukup menggembirakan.

Dari data BPS, produksi pertanian 2017 senilai Rp 1.344 triliun naik Rp 350 triliun dari 2013. Sedangkan nilai ekspor 2017 Rp 441 triliun, naik 24 persen dari 2016 yang hanya Rp 355 triliun.‎

"Selain ekspor, investasi pertanian 2017 sebesar Rp 45,90 triliun, atau naik 14 persen per tahun dari tahun 2013 hingga 2017," tandas dia.

Penggunaan Pestisida Berlebih Ancam Ketahanan Pangan RI

Pedagang beras di Pasar Pondok Gede. (Dok Foto: Liputan6.com/Bawono Yadika Tulus)

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau Food and Agriculture Organization (FAO) menyatakan kerusakan lahan dan penggunaan pupuk serta pestisida yang tidak bijak menjadi ancaman bagi ketahanan pangan Indonesia.

Phd Senior Expatriate Tech-Cooperation Aspac FAO Ratno Soetjiptadie mengatakan, sekitar 69 persen tanah Indonesia dikategorikan rusak parah lantaran penggunaan pupuk dan pestisida yang berlebihan.

Selain itu, ketahanan pangan (food securities) Indonesia pada periode 2015-2080 juga sangat rentan terhadap perubahan iklim. Akibatnya, masalah banjir, kekeringan, serangan hama, selalu dijadikan kambing hitam dari gagal pangan.

"Kita belum punya perencanaan. Kalau butuhnya 1 juta ton, mustinya produksi 1,5 juta ton sehingga ada stok 0,5 juta ton. Kita belum sampai ke sana," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Sementara itu, minimnya ilmu pengetahuan, membuat petani dalam negeri tidak dapat mengukur kadar Ph tanah atau obat-obatan apa saja yang tidak boleh digunakan. Hal ini diperparah juga dengan ketidakmampuan petani dalam memilih benih unggul.

Dia mencontohkan, petani di Karawang memberikan pupuk pada tanaman padi hingga 1 ton dengan harapan akan meningkatkan produksinya. "Akibatnya biaya produksi beras di Indonesia cukup tinggi, dan salah satu kontribusinya dari pembelian pupuk," kata dia.

Menurut Ratno, biaya produksi beras di Indonesia saat ini sebesar Rp 5.900 per kilogram (kg). Angka tersebut lebih tinggi ketimbang biaya produksi di negara lain seperti Vietnam yang sebesar Rp 2.300 per kg, Australia Rp 1.800 per kg dan Amerika Serikat Rp 900 per kg.

"Ditakutkan jika tidak terobosan, Indonesia akan tetap impor beras. Sementara sekitar 40 juta petani padi di Indonesia itu menghidupi penduduk 240 juta jiwa, itu riskan. Apabila petani merugi, maka akan beralih profesi. Sehingga siapa yang akan menanam padi," kata dia.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aqua Japan Optimistis Capai Target Market 32 Persen Tahun Ini

Posted: 21 Jul 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik Indonesia, pertumbuhan ekonomi Tanah Air mencapai 5,07 persen pada 2017. Pencapaian ini lebih besar 0,05 persen dari tahun sebelumnya.

Di satu sisi, meski pasar elektronik Indonesia mengalami penurunan 12,9 persen dibanding 2016, Aqua Japan melalui produk-produk inovatifnya berhasil mencapai angka penjualan dengan pertumbuhan 12 persen pada akhir 2017.

"Aqua Japan Indonesia terus berinovasi mulai dari produk kelas menengah bawah pada 2016, dan mulai mengarah pada produk menengah ke atas pada 2017. Pada tahun ini, kami akan kembali berinovasi dengan memperkuat segmen menengah ke atas," ujar Kenji Sadayuki, President Director of Aqua Japan Indonesia dalam keterangannya.

Kenji pun optimistis, perusahaan akan mencapai target sampai 32 persen pada tahun ini dengan fokus memperluas penjualan di daerah Jawa, Lampung, dan Sulawesi.

Tahun lalu, Aqua Japan berhasil menjadi yang pertama meluncurkan mesin cuci dengan Hijab Mode di Indonesia. Pada tahun ini, perusahaan kembali dengan membawa inovasi baru untuk pasar elektronik Indonesia.

"Tak hanya fokus untuk meluaskan penjualan pada daerah Jawa, Lampung, dan Sulawesi. Pada tahun ini Aqua Japan akan fokus pada pasar semi modern," ucap Kenji Sadayuki menambahkan.

 

Inovasi 2018

Aqua Japan Optimistis Capai Target Market 32 Persen Tahun Ini. Dok: Aqua Japan

Sementara Glenn Manengkei, Senior Manager Marketing Aqua Japan Indonesia menyebut masyarakat menengah ke atas cenderung memiliki karakteristik yang dinamis dan lebih senang menghabiskan waktu di luar rumah.

"Pada tahun 2018 ini setelah mengenal para konsumen lebih baik, kami akan membawa kebahagiaan lebih melalui produk-produk elektronik rumah tangga terbaru agar mereka betah berada di dalam rumah," imbuhnya.

Produk inovasi 2018 yang diluncurkan Aqua Japan salah satunya adalah TV Quantum Dots. Berbeda dengan TV konvensional, TV ini diklaim bisa menampilkan volume warna yang nyata serta memberikan kecerahan yang optimal.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahrez Tak Masalah Debutnya di City Berujung Kekalahan

Posted: 21 Jul 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Debut Riyad Mahrez bersama Manchester City berjalan buruk. Namun eks pemain Leicester City itu mengaku bahagia bisa berseragam The Citizens.

Manchester City berhadapan dengan Borussia Dortmund dalam laga kompetisi uji coba di Amerika Serikat, International Champions Cup, Senin (21/7/2018). Tim asuhan Josep Guardiola itu harus mengakui keunggulan lawannya dengan skor tipis 0-1.

Mahrez sendiri mendapatkan kesempatan tampil sejak menit awal bersama klub barunya tersebut. Ia bermain selama 73 menit sebelum kemudian digantikan dengan pemain muda Manchester City, Patrick Roberts.

Walaupun kalah, namun Mahrez senang karena bisa melakoni laga debutnya dengan The Citizens. Selain itu, ia juga menganggap penampilan rekan-rekan setimnya bisa dibilang bagus.

"Saya merasa sangat baik. Itu merupakan pertandingan yang bagus. Kami punya beberapa momen bagus. Yang paling penting adalah mendapatkan kesempatan bermain, berlari dan mengikuti cara bermain City," ujar Mahrez kepada situs resmi klub.

"Saya pikir kami bermain bagus. Itu adalah permulaan yang baik," ujarnya.

 

Tak Masalah

Manchester City berniat melanjutkan perburuan jasa gelandang Leicester City, Riyad Mahrez, pada bursa transfer musim panas 2018. (AFP/Linsdey Parnaby)

Walaupun hanya sekedar kompetisi pramusim, namun International Champions Cup berisikan banyak klub-klub besar dari seluruh dunia. Mahrez sendiri menganggapnya sebagai kompetisi yang bagus untuk persiapan menjelang musim mendatang.

"Ini adalah kesempatan yang besar untuk bermain melawan tim-tim besar, kami bermain melawan lawan dengan pemain yang bagus," ujarnya.

"Sangat penting bermain dengan tim besar untuk persiapan, karena laga pertama akan berlangsung dalam waktu dua pekan lagi. Jadi tim butuh persiapan dan kami harus menghadapi tipe permainan seperti ini."

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yerry Mina Ingin Tetap di Barcelona

Posted: 21 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masa depan pemain belakang Barcelona Yerry Mina masih menyisakan tanda tanya. Pria Kolombia itu diincar beberapa klub pada bursa transfer musim panas.

Mina bergabung dengan Barcelona Januari 2018. Tapi dia kesulitan menembus tim utama Blaugrana. Mina tak mampu meyakinkan pelatih Ernesto Valverde. 

Namun Mina justru tampil menawan di Piala Dunia 2018. Dia membawa Kolombia lolos ke babak 16 besar. Mina juga sangat tajam untuk ukuran bek tengah dengan melesakan tiga gol.

Akibatnya Mina kebanjiran peminat. Klub-klub Inggris, Turki, Jerman dan Italia tertarik menampungnya jika Barcelona bersedia melepas.

Mina galau dengan banyaknya ketertarikan klub-klub Eropa. Dia sebenarnya ingin bertahan di Barcelona, namun tak menutup kemungkinan pergi musim panas ini.

 

Komentar

9. Yerry Mina (Kolombia) - 3 Gol. (AP/Ricardo Mazalan)

"Saya memiliki kontrak bersama Barcelona dan saya ingin sukses disana. Ada beberapa tawaran untuk saya tapi saat ini saya ingin menikmati liburan saya dan kemudian kami akan lihat," ujar Mina kepada Marca.

"Jika mereka tidak menginginkan saya, saya harus mencari jalan keluar terbaik tapi saya ingat bila tujuan saya untuk sukses bersama Barcelona karena itu tim terbaik di dunia," tegas Mina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lisa BLACKPINK Bakal ke Indonesia, Young Lex Siapkan Sup Betawi

Posted: 21 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan bagi para pecinta K-Pop terutama grup idola BLACKPINK. Salah satu personelnya yakni Lisa, dikabarkan bakal mampir ke Indonesia pada 9 Agustus 2018 mendatang.

Lisa BLACKPINK diundang hadir oleh salah satu situs belanja online di Tanah Air sebagai bintang tamu spesial. Tidak hanya itu, Lisa juga kabarnya akan menggelar jumpa penggemar.

Informasi ini rupanya juga sudah sampai ke telinga Young Lex. Sudah bukan rahasia lagi, rapper bernama asli Samuel Alexander itu adalah penggemar berat Lisa BLACKPINK.

Berkali-kali Young Lex mengutarakan kekagumannya pada pelantun "BOOMBAYAH" tersebut. Young Lex selalu berharap bisa bertemu muka dengan Lisa BLACKPINK.

 

Dari Dekat

Young Lex [foto: instagram.com/young_lex18]

Dan mimpi Young Lex untuk bertemu Lisa pun akan menjadi kenyataan. Rapper 26 tahun itu diberi kesempatan untuk menonton aksi panggung Lisa BLACKPINK dari jarak dekat saat sang idola mampir ke Jakarta nanti.

"Kita akan kasih front row seat dan kak Young Lex bisa record eventnya utk buat vlog kak. Kapan lagi bisa nonton lisa dr dekat gitu kaan," ujar pihak penyelenggara acara melalui pesan singkat kepada manager Young Lex baru-baru ini.

 

Sup Betawi

Young Lex dan Lisa Blackpink. (Adrian Putra/Bintang.com dan Kpopmap)

Young Lex tentunya girang bukan main bisa mendapatkan kesempatan langka ini. "Hehehehe gue udah sering comment di IG nya SOMEDAY! Kita akan ketemu, dan ternyata jadi kenyataan loh!!" katanya di Instagram pribadinya.

Pelantun "Nyeselkan" itu bahkan akan menyiapkan makanan spesial untuk menyambut kedatangan Lisa BLACKPINK. "Nanti aku bawain sop betawi ya neng lisa kalo ga teri medan," lanjut Young Lex disambut gelak tawa warganet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekjen PBB Serukan Israel dan Hamas Menahan Diri di Jalur Gaza

Posted: 21 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, New York - Sekretaris Jenderal PBB, dalam sebuah pernyataan, mengatakan sangat prihatin atas rangkaian eskalasi kekerasan dan konflik antara Israel-Palestina di Gaza dan Israel selatan, dekat perbatasan kedua wilayah.

Antonio Guterres juga menyerukan agar kedua belah pihak menahan diri dan menghentikan berbagai tindakan yang memicu konflik.

"Saya menyerukan kepada Hamas dan militan Palestina lainnya untuk menghentikan peluncuran roket dan layang-layang api serta provokasi lain di sepanjang pagar perbatasan (Israel-Palestina di Gaza)," kata Guterres pada Sabtu 21 Juli 2018, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (22/7/2018).

Layang-layang api adalah layang-layang yang dipasang kain yang dibakar atau membawa bom molotov, kemudian diterbangkan ke wilayah Israel.

Di sisi lain, Guterres mengimbau agar "Israel menahan diri guna menghindari semakin memburuknya situasi."

Guterres selanjutnya mengatakan eskalasi ketegangan akan mengancam nyawa, memperburuk bencana kemanusiaan di Gaza, dan merusak dukungan untuk kembalinya Otoritas Palestina ke wilayah itu.

Pernyataan Guterres datang hanya beberapa jam setelah Hamas mengatakan mediator internasional telah memulihkan gencatan senjata antara Hamas dan Israel.

"Lewat upaya Mesir dan PBB, kami mencapai sebuah persetujuan untuk kembali ke keadaan sebelumnya yang tenang antara pendudukan Israel dan faksi Palestina," kata juru bicara Hamas Fawzi Barhoun.

Tetapi Israel tidak memberikan respons terkait gencatan senjata itu.

 

Simak video pilihan berikut:

Israel dan Hamas Sepakati Gencatan Senjata di Jalur Gaza

Sebuah ledakan besar terjadi selama serangan udara yang dilakukan oleh tentara Israel di Khan Yunis, Jalur Gaza selatan, 20 Juli 2018. (AFP)

Israel dan Hamas sepakat untuk meredakan ketegangan di Jalur Gaza, Palestina. Pernyataan ini diungkapkan oleh seorang juru bicara Hamas dan juru bicara militer Israel pada Jumat, 20 Juli 2018.

Dengan demikian, masyarakat yang tinggal di dekat perbatasan Jaur Gaza dapat kembali menjalankan rutinitas normal, menyusul rangkaian konflik dan kekerasan di daerah itu belakangan terakhir.

Sementara itu, Jerusalem Post menambahkan bahwa pada hari ini, kedua pihak juga sepakat untuk menghentikan pertikaian yang terus menerus meletus di Jalur Gaza. Menurut laporan, kelompok militan Hamas wilayah itu telah mengkonfirmasi kepada para mediator di Mesir atas kesediaan mereka untuk memulihkan keadaan.

"Upaya Mesir dan internasional telah memunculkan perdamaian di antara pertempuran yang melibatkan pasukan pendudukan (Israel) dan demonstran Palestina," ujar Barhum seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu 21 Juli 2018.

Sebelumnya di hari yang sama, pasukan Israel melepaskan serangkaian serangan terhadap lebih dari 40 target militer Hamas di Jalur Gaza.

"Militer Israel mengatakan bahwa pesawat dan tanknya menargetkan 40 pos Hamas. Serangan ini merupakan bagian dari 'serangan berskala luas' untuk menanggapi baku tembak di Jalur Gaza," ucap Jonathan Conricus dari pihak Israel Defense Forces (IDF).

IDF juga mengatakan bahwa jet tempur dan tank mereka telah menghancurkan infrastruktur Hamas dan menyerang hampir 70 titik di daerah kantong itu.

Hamas tak tinggal diam. Mereka membalas dengan menembakkan tiga roket ke Israel, namun dua di antaranya berhasil dilumpuhkan oleh sistem pertahanan udara Iron Dome.

Sementara itu, seorang tentara Israel dilaporkan tertembak dan terluka parah selama "kegiatan operasional" di dekat Jalur Gaza selatan. Namun sayang, nyawanya tak tertolong.

Itulah yang diduga menjadi pemicu pembalasan dari IDF, sebab ia adalah tentara pertama yang dibunuh di Jalur Gaza sejak perang meletus pada 2014 antara Israel dan Hamas. Meski telah mengenakan rompi antipeluru ketika dia berada di medan pertempuran, tentara yang namanya tak disebutkan itu dinyatakan meninggal setelah dilarikan ke Soroka Medical Center, sebelah selatan Be'er Sheva.

Melalui akun Twitter resminya, IDF mengklaim bahwa militernya telah menghancurkan 25 lokasi yang menjadi target sasaran. Satu di antaranya adalah markas besar batalion Hamas di Khan Yunis.

Pada hari Jumat, Presiden Palestina Mahmoud Abbas mendesak masyarakat internasional agar segera turun tangan untuk memadamkan eskalasi baru antara Israel dan Palestina di Jalur Gaza.

Menurut laporan Kementerian Kesehatan Jalur Gaza dan IDF, eskalasi hari Jumat menewaskan sedikitnya empat warga Palestina dan satu tentara Israel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Sebut Suap di Lapas Sukamiskin Terang-terangan

Posted: 21 Jul 2018 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut permintaan mobil hingga fasilitas mewah yang dilakukan Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen kepada narapidana korupsi, Fahmi Darmawansyah terjadi secara terang-terangan.

KPK menemukan bukti permintaan-permintaan tersebut tidak menggunakan kode atau sandi dalam bernegosiasi di dalam lapas.

"KPK menemukan bukti-bukti permintaan tesebut dilakukan baik langsung atau tidak langsung bahkan tidak lagi menggunalan sandi atau kode-kode terselubung. Sangat terang," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Minggu (22/7/2018).

Selain itu, Wahid Husen juga meminta mobil jenis Triton Athlete bewarna putih. Bahkan, dia sempat menawarkan agar mobil tersebut dibeli di dealer yang sudah dikenalnya.

"Namun karena mobil jenis dan warna tersebut tidak ada, akhirnya diganti dengan triton warna hitam yang kemudian diantar dalam keadaan baru tanpa plat nomor ke rumah WH (Wahid Husen)," jelas Febri.

Amankan 2 Mobil

Wakil Ketua KPK Laode M Syarief dan Saut Situmorang memberi keterangan pers terkait OTT Kalapas Sukamiskin di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7). KPK menetapkan Kalapas Wahid Husein sebagai tersangka. (Liputan6.com/HO/Udin)

KPK telah menetapkan empat orang tersangka dalam kasus suap pemberian fasilitas istimewa kepada narapidana di Lapas Sukamiskin. Wahid bersama stafnya Hendry Saputra disangka sebagai pihak penerima suap.

Sementara suami aktris Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawansyah (napi kasus korupsi) dan Andri Rahmat (napi kasus pidana umum/tahanan pendamping Fahmi), disangka sebagai pihak pemberi suap.

Dalam kasus ini KPK juga mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga terkait tindak pidana yaitu 2 unit mobil, yaitu 1 unit Mitsubishi Triton Exceed warna hitam dan 1 unit Mitsubihi Pajero Sport Dakkar warna hitam.

Kemudian uang total Rp 279.320.000 dan USD 1.410, catatan-catatan penerimaan uang dan dokumen teikait pembelian dan pengiriman mobil.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ditempati, Marcelino Lefrandt Beli Apartemen untuk Mainannya

Posted: 21 Jul 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Marcelino Lefrandt sejak kecil sudah memiliki hobi mengoleksi mainan. Hingga kini, telah memiliki dua anak, ia tetap saja tak bisa menghentikan kebiasaannya untuk membeli figure action superhero.

Tentunya, koleksi Marcelino Lefrandt pun sudah tak terhitung jumlahnya. Saking banyaknya, ia pun bingung untuk menaruh mainannya tersebut.

Untuk itu, Marcelino Lefrandt pun memanfaatkan apartemen yang dimilikinya sebagai tempat menyimpan semua mainannya tersebut.

"Sebenarnya saya lagi krisis ruangan dan lemari. Karena saya tinggal di rumah, koleksi saya taruh di apartemen," ujar Marcelino Lefrandt, saat ditemui di Gunpla Expo 2018, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (21/7/2018).

 

Mainan Pertama

Marcelino Lefrandt (Foto: Zulfa Ayu S/Liputan6.com)

Marcelino Lefrandt bercerita, awal dirinya suka mengoleksi figure action superhero, lantaran saat kecil ia menyukai maianan robot Gundam. Dan koleksinya itu masih ada hingga sekarang di kampung halamannya di Manado, Sulawesi Utara.

"Sebelum suka superhero aku tuh suka Anime dulu, robot-robot Gundam kaya gini," lanjut mantan suami Dewi Rezer ini.

 

Rakit Sendiri

Foto profil Marcelino Lefrandt (Deki Prayoga/bintang.com)

Marcelino Lefrandt mengaku yang disukai dari robot Gundam adalah kala merakit. Dirinya bisa berminggu-minggu menyelesaikan satu robot agar bisa berdiri tegak. Itu merupakan tantangan yang paling mengasyikan.

"Ngerakitnya itu yang seru. Penuh perjuangan. Bisa berhari-hari bahkan berminggu-minggu tergantung tingkat kesulitannya," tutup Marcelino.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Liga 1: PSIS Semarang Vs Persebaya di Indosiar

Posted: 21 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Magelang - PSIS Semarang akan meladeni Persebaya Surabaya pada pekan ke-17 Liga 1, Minggu (22/7/2018) di Stadion Sultan Agung, Magelang. Kedua tim diprediksi bakal sama-sama bermain terbuka.

Pasalnya, Persebaya dan PSIS sama-sama membutuhkan poin penuh demi memperbaiki peringkat di klasemen Liga 1. Persebaya dan PSIS saat ini berada di papan bawah klasemen.

Persebaya berada di peringkat ke-13 klasemen sementara dengan raihan 22 poin. Pada pertandingan terakhir, Persebaya meraih kemenangan 2-0 atas PSMS Medan.

Di sisi lain, PSIS juga butuh poin agar keluar dari zona degradasi. Mahesa Jenar menempati peringkat ke-17 dengan koleksi 16 poin.

Live Streaming PSIS Vs Persebaya Surabaya bakal dimulai pukul 15:30 WIB. Dapatkan link live streaming PSIS Vs Persebaya di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Link live streaming PSIS Semarang Vs Persebaya Surabaya, silakan klik di sini..

Prediksi Susunan Pemain

PSIS Semarang (3-5-2): Jandia Eka Putra (kiper); Petar Planic, Haudi Abdillah, Fuzan Fajri (belakang); Safrudin Tahar, Ibrahim Conteh, M Yunus, Bayu Nugroho, Frendi Saputra (tengah); Hari Nur Yulianto, Aldaier Makatindu (depan).

Pelatih: Vincenzo Alberto Annese

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, M. Syaifuddin, Andri Muliadi,(belakang); M. Hidayat, Misbakus Solikin, Robertino Pugliara (tengah); Oktafianus Fernando, David da Silva, Irfan Jaya (depan)

Pelatih: Angel Alfredo Vera

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nadia Purwoko, Si Pengacara Cantik Juara Miss Grand Indonesia 2018

Posted: 21 Jul 2018 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nadia Purwoko menjadi Miss Grand Indonesia 2018 pertama yang melenggang ke panggung Miss Grand International. Setelah wanita perwakilan Miss Grand Bengkulu ini keluar sebagai juara pertama saat malam penobatan selama, Sabtu (21/7/2018).

Nadia Purwoko merupakan lulusan hukum dari Universitas Indonesia. Sebelum mengikuti ajang Miss Grand Indonesia, ia bekerja sebagai pengacara di sebuah firma.

Kelahiran 23 Januari 1992 ini mulai menggeluti dunia model sejak SMA. Tak heran jika ia nampak luwes berpose dan berlenggak-lenggok saat beraksi di panggung Miss Grand Indonesia.

 

Janji Nadia Purwoko

Finalis Nadia Purwoko dari Bengkulu melambaikan tangan saat terpilih sebagai Miss Grand Indonesia 2018 di JCC Jakarta, Sabtu (21/7). Nadia Purwoko berhak atas Mahkota The Heart of Indonesia senila Rp 3 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ia pun mengucap syukur dan berjanji untuk memberikan yang terbaik saat berlaga di Miss Grand International 2018 di Myanmar.

"Semoga saya dapat membawa nama baik Indonesia di kancah internasional dan membawa kembali mahkota ke Indonesia," ujar Nadia Purwoko dalam press conference, Sabtu (21/7/2018).

 

 

Penuhi Kriteria 4R

Presiden Miss Grand Indonesia, Dikna Faradiba membawa mahkota The Heart of Indonesia senila Rp 3 miliar untuk Miss Grand Indonesia 2018, Nadia Purwoko dari Bengkulu pada malam final di JCC Jakarta, Sabtu (21/7). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Terpilihnya Nadia Purwoko sebagai Miss Grand Indonesia dinilai memenuhi semua kriteria 4R.

"Terpilihnya Nadia karena ia sudah memenuhi kriteria yang kami cari, yaitu Raga, Rasio, Rasa, dan Ruh. Memiliki fisik yang baik, rasio yang baik, kemudian memiliki rasa, dan juga spiritualitas," ujar National Director of Miss Grand Indonesia Dikna Faradiba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Ingin Pencak Silat Jadi Penggerak Ekonomi Warga Jakarta

Posted: 21 Jul 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno membuka acara Festival Pencak Silat Tradisional Betawi Ke-VIII Lapangan Monas Jakarta Pusat, Minggu (22/7/2018).

Sandiaga ingin pencak silat dapat dilestarikan sehingga dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat Jakarta.

"Untuk memastikan bahwa kita bisa melakukan pembinaan, kita bawa pencak silat ini ke Monas. Mudah-mudahan pencak silat betawi bisa menjadi penggerak ekonomi kita dan membuka begitu banyak peluang bagi masyarakat khususnya masyarakat Jakarta untuk mendapatkan lapangan kerja," ujar Sandiaga Uno di lokasi.

Menurut dia, pelestarian pencak silat merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat Jakarta.

Sandiaga pun meminta generasi muda untuk mempelajari pencak dilat agar budaya tersebut tidak dikuasai oleh negara lain.

"Ini pengingat kepada kita, kalau kita tidak melestarikan maka hanya jadi sejarah saja. Bahwa pencak silat diawali di Indonesia, tapi sekarang menjadi penonton dan tidak menjadi tuan rumah di negeri sendiri," kata politikus Partai Gerindra itu.

Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Renovasi Padepokan Pencak Silat Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah yang akan digunakan untuk venue Asian Games 2018 telah selesai. (Dok Kementerian PUPR)

Sandi pun mengingatkan bagaimana geliat Pencak Silat di luar negeri sudah cukup maju. Tak hanya Asia, bahkan pencak silat juga banyak dipelajari di negara-negara Eropa. 

"Kita lihat bahwa Vietnam sudah sangat kuat, Malaysia juga sangat kuat. Kita lihat negara-negara lain di Eropa mulai maju silatnya. Jadi jangan sampai karena kita lengah, kita tidak bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Tidak bisa menjadi juara di kampung sendiri," sambung Sandiaga.

Dalam acara ini turut hadir Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana atau Lulung Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ratiyono, dan anggota DPRD DKI dari Fraksi Golkar Ashraf Ali.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan direncanakan hadir dalam penutupan acara festival tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bellamy Ragu MU Bakal Gaet Gareth Bale

Posted: 21 Jul 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Craig Bellamy meragukan rencana MU untuk merekrut Gareth Bale. Eks striker Manchester City itu menilai permintaan gaji Bale tidak akan dipenuhi oleh Setan Merah.

Sudah bukan rahasia lagi jika MU begitu mengidamkan Bale. Mereka sudah tertarik untuk meminang sang pemain semenjak ia masih memperkuat Tottenham Hotspur.

Pada musim panas ini Setan Merah disebut akan kembali mengincar pemain Timnas Wales tersebut. Pasalnya sang pemain sempat mengatakan akan mempertimbangkan masa depannya di Madrid karena minim mendapat jam bermain musim lalu.

Namun Bellamy tidak yakin setan merah bisa mendapatkan Bale pada musim panas ini. "Memangnya ke mana dia [Bale] akan pergi?" buka Bellamy kepada Daily Star.

"MU tidak bisa membayar gajinya. Saya rasa saat ini tidak ada tim yang mampu untuk memenuhi tuntutan gajinya."

"Saat ini hanya ada satu tim yang bisa membayar gajinya, yaitu klub yang ia bela saat ini. Jika ia ingin pergi maka ia harus siap mengalami pemotongan gaji."

 

Bakal Bertahan

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale, kabarnya tak memiliki niat untuk hengkang pada bursa transfer musim panas 2018 nanti. (AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Bellamy menyebut bahwa tidak ada opsi yang cukup baik bagi Bale pada musim panas ini, sehingga ia kemungkinan bertahan di Madrid.

"Saya sendiri yakin ia ingin pindah namun realistis saja, klub mana yang mau membelinya? Apakah ada klub yang mau menghabiskan 80 atau 90 juta pounds untuk dirinya?"

"Saya tahu Juventus membeli Ronaldo dengan harga mahal, namun Ronaldo itu kasus lain dan peruntukannya juga berbeda. Namun untuk Gareth, klub mana yang mau menghabiskan 80, 90 atau 100 juta pounds untuk pemain yang tidak bisa mengembalikan uang sebesar itu?"

Menurut kabar yang beredar di Spanyol, Bale sendiri kemungkinan besar akan bertahan di Madrid. Pelatih baru El Real, Julen Lopetegui disebut siap memberikannya peran penting di Madrid musim depan.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangisan Mahasiswi Ungkap Keberadaan 2 Ton Minuman Keras Tradisional di Kendari

Posted: 21 Jul 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Kendari - Seorang perempuan membantu pengungkapan peredaran minuman keras atau miras tradisional usai menangis keras saat digerebek, Jumat, 20 Juli 2018, malam. Perempuan tersebut diketahui bernama Nurlinda (18), mahasiswi semester 2 pada salah satu universitas di Kota Kendari.

Saat itu, sejumlah anggota anggota polisi menggerebek sebuah rumah indekos di Lorong Ambon Kelurahan Kambu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari sekitar pukul 22.30 Wita. Ketika memasuki rumah kos milik Maldiana (32), polisi awalnya belum menemukan apa-apa.

Apalagi, pemilik rumah kos saat itu tidak berada di tempat. Hanya ada beberapa mahasiswi yang menjadi penghuni kos-kosan yang terlihat suram itu.

Padahal, menurut informasi, lokasi ini menjadi salah satu tempat penyimpanan minuman keras tradisional. Polisi tidak menyerah dan malah mencari sumber yang bisa mengungkap keberadaan minuman keras itu.

"Mana orangnya ini. Mana? Kamu kan orangnya?", tiba-tiba salah seorang polisi menunjuk Nurlinda.

Nurlinda yang kaget dan takut langsung menangis keras. Apalagi, saat Nurlinda tahu akan dibawa ke kantor polisi, remaja ini makin tak dapat menghentikan tangisnya.

"Dia kemudian tunjukkan salah satu kamar kos. Ternyata di dalam kamar kos itu, tersimpan sekitar 2 ton minuman keras jenis arak mata dan KW," ujar Kapolsek Poasia, Kompol Arfah.

Kamar kos yang dimaksud dalam kadaan terkunci dan ditinggalkan pemiliknya. Saat berusaha dibuka, polisi mendapati ratusan jeriken berisi minuman keras yang berbau kecut dan tajam.

"Baunya arak itu kecut. Anggota kami sampai pukul 02.00 Wita subuh mengangkut karena banyaknya," ujar Kompol Arfah.

Arfah menjelaskan Nurlinda berstatus sebagai saksi mata, meskipun, Nurlinda dan pemilik kos memiliki hubungan dekat.

Arak mata adalah sebutan warga lokal pada salah satu jenis minuman keras hasil dari penyulingan air sadapan pohon aren. Jika disulut api, arak akan menyala dan mengeluarkan api berwarna biru.

Sedangkan, arak KW merupakan minuman tradisional yang sudah dicampur bahan lain oleh penjual. Di Kota Kendari, arak biasanya dicampur air, tiner, dan bahan-bahan herbal yang menyebabkan perubahan warna dan bau.

Dari hasil penggerebekan, polisi mengamankan 2.205 liter arak mata dan KW yang kira-kira bernilai jual Rp 80 juta. Jumlah sebanyak ini, disimpan dalam 321 jeriken ukiran 20 dan 5 liter.

 

Kendari Pasar Miras Jenis Arak

Ilustrasi korban miras oplosan (Liputan6.com/Nafisco)

Penangkapan miras tradisional jenis arak, bukan yang pertama kalinya di Polsek Poasia. Tercatat, sudah ada sekitar 20 kali penangkapan sejak 2017 hingga Juli 2018.

Belum terhitung di wilayah hukum Polsek lainnya yang rata-rata memiliki jumlah dan volume tangkapan yang sama. Malah, di beberapa lokasi di Kota Kendari, ada tangkapan yang lebih besar.

Kapolres Kendari AKBP Jemi Junaidi mengatakan pengungkapan miras ilegal salah satu perhatian pihaknya. Pada tahun. 2017, ada sebanyak 3 ton lebih miras ilegal yang diamankan.

Sementara, ada sebanyak 9 ton minuman keras tradisional yang diamankan Polda Sultra di wilayah hukum Polres Kendari. Jumlah sebanyak ini, Diamankan Polda pada 8 Mei, seminggu menjelang puasa Ramadan.

"Kami tegas mengantisipasi miras beredar luas. Apalagi yang ilegal, karena sebagian besar kejahatan jalanan dipicu pengaruh miras," kata AKBP Jemi Junaidi.

Sebagian besar miras tradisional ini, diproduksi dari luar Kota Kendari. Khusus arak, diproduksi di wilayah Kabupaten Muna, salah satu kabupaten penghasil arak terbesar di wilayah Sulawesi Tenggara.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Tol, Waktu Tempuh Bandara Kualanamu ke Kota Medan Hanya 45 Menit

Posted: 21 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta ‎‎Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) ditargetkan rampung pada 2019. Keberadaan tol ini akan menghemat waktu tempuh dari Bandara Kualanamu ke Kota Medan.

Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol Agus Suharjanto mengatakan, jalan tol MKTT diharapkan akan meningkatkan konektivitas guna memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa.

Keberadaan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Bandara Kualanamu menuju Kota Medan atau sebaliknya, yaitu dari saat ini sekitar dua jam menjadi hanya 45 menit.

"Jalan tol ini nanti akan menghubungkan Jalan Tol Belmera yang saat ini sudah terintegrasi dengan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (22/7/2018).‎

Dia menjelaskan, untuk Seksi 1 Simpang Susun (SS) Tanjung Morawa-SS Parbarakan telah berfungsi sejak awal Juni yang lalu sebagai jalur fungsional untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2018. Setelah libur Lebaran 2018 usai, keberadaan jalan tol ini terbukti mampu mendorong perekonomian lokal.

"Kami berharap setelah beroperasi secara menyeluruh, jalan tol ini nantinya mampu berkontribusi pada perkembangan perekonomian wilayah," kata dia.

Simpang Susun (SS) Tanjung Morawa-SS Parbarakan sendiri memiliki panjang 10,75 kilometer dan siap dioperasikan.

Jalan Tol MKTT Seksi 1 akan menghubungkan Jalan Tol Eksisting Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) dengan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 2-6 (Kualanamu-Sei Rampah) yang sebelumnya telah beroperasi sejak 13 Oktober 2017.

 

 

Tujuh Seksi

Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I. (Dok Jasa Marga Kualanamu Tol)

Secara keseluruhan, Jalan Tol MKTT terdiri atas tujuh seksi. Sementara untuk seksi 7 Sei Rampah-Tebing Tinggi sepanjang 9,3 Km dibagi menjadi 2 seksi yakni 7A dan 7B. Seksi terakhir yang ditargetkan rampung awal 2019. Saat ini progres tanahnya sudah 91,75 persen dan konstruksi Seksi 7A sebesar 53,882 persen dan 7B sebesar 77,84 persen.

Jalan Tol MKTT pengusahaannya oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Kualanamu Tol selaku anak perusahaan PT Jasa Marga yang terdiri atas 7 seksi sepanjang 61,7 km dengan nilai investasi mencapai Rp 4,9 triliun.

Sebagian konstruksi Tol MKTT dibangun menggunakan APBN sebagai dukungan pemerintah meningkatkan kelayakan finansialnya. Dukungan berupa konstruksi pada Seksi 2 (Kualanamu-Parbarakan) sepanjang 7,05 km dan Seksi 1 (Tanjung Baru-Parbarakan) sepanjang 7,5 km, dengan progres konstruksi keduanya sudah selesai 100 persen.

Tonton Video Menarik Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Lorenzo Kembali ke Ducati?

Posted: 21 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Saat mulai menemukan konsistensinya, Jorge Lorenzo justru harus mengakhiri petualangan bersama Ducati di pengujung MotoGP 2018. Namun, ia tak menutupi kemungkinan akan kembali ke Ducati di masa depan.

Di awal, mungkin tak akan ada yang percaya jika menyebut X-Fuera bakal merebut kemenangan di MotoGP 2018. Maklum, pembalap asal Spanyol itu memperlihatkan performa buruk sejak awal musim 2017, momen di mana ia resmi jadi pembalap Ducati.

Hebatnya, Lorenzo memperlihatkan bahwa dirinya tak kenal kata menyerah. Penampilannya dalam empat balapan terakhir menunjukkan perbaikan. Selain finis di urutan keenam pada MotoGP Prancis dan ketujuh di Belanda, ia tampil sebagai juara di Italia dan Catalunya.

Itu artinya, pembalap berusia 31 tahun itu sudah memahami karakter serta kelebihan motor Ducati di MotoGP 2018. Sayang, saat ia sudah menemukan ritmenya, ia memutuskan untuk berganti tim dengan memperkuat ke Honda pada musim 2019-2020.

Meski begitu, bukan berarti Lorenzo akan benar-benar melupakan Ducati. Bagaimanapun, pembalap asal Spanyol itu menilai Ducati punya jasa dalam kariernya. Ia pun mengindikasikan akan kembali ke pabrikan asal Italia itu di masa depan.

"Kembali ke Ducati? Dalam kehidupan, Anda tak pernah tahu. Kami masih kehilangan banyak balapan untuk mencoba menutup celah. Tahun depan saya akan berada di proyek lain, seperti yang Anda tahu. Saya baik-baik saja bersama Ducati. Mungkin di masa depan saya bisa kembali," ungkap Lorenzo, dikutip Tuttomotoriweb.

 

Pergi dengan Senyuman

Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo. (Twitter/Ducati Motor)

Lorenzo sendiri akan jadi pengganti Dani Pedrosa sebagai rekan setim Marc Marquez. Setelah hampir 13 tahun bersama Pedrosa di kelas MotoGP, tim pabrikan asal Jepang itu pun ingin mencoba sesuatu yang berbeda. Lorenzo pun dinilai sebagai jawaban tepat.

Kini, ia pun akan menyamai catatan Valentino Rossi yang memperkuat tiga tim pabrikan di kelas MotoGP. Sebelumnya, The Doctor juga sempat menunggangi Honda dan Ducati sebelum akhirnya kembali ke Yamaha.

"Semua orang ingin mengubah berbagai hal di masa lalu, tapi itu tidak mungkin. Masa lalu adalah masa lalu. Terkadang itu membuat saya sedih harus meninggalkan tim yang kompetitif. Tapi hidup adalah pilihan. Sekarang saya ingin meraih kemenangan sebanyak mungkin dan meninggalkan tim ini dengan senyuman," ujar Lorenzo, dikutip Speedweek, 22 Juni 2018.

 

Statistik Lorenzo di Setiap Musim MotoGP

2008: 17 balapan, 1 menang, 6 podium, 4 pole, 1 fastest lap, 190 poin

2009: 17 balapan, 4 menang, 12 podium, 5 pole, 4 fastest lap, 261 poin

2010: 18 balapan, 9 menang, 16 podium, 7 pole, 4 fastest lap, 383 poin

2011: 15 balapan, 3 menang, 10 podium, 2 pole, 2 fastest lap, 260 poin

2012: 18 balapan, 6 menang, 16 podium, 7 pole, 5 fastest lap, 350 poin

2013: 17 balapan, 8 menang, 14 podium, 4 pole, 2 fastest lap, 330 poin

2014: 18 balapan, 2 menang, 11 podium, 1 pole, 2 fastest lap, 263 poin

2015: 18 balapan, 7 menang, 12 podium, 5 pole, 6 fastest lap, 330 poin

2016: 18 balapan, 4 menang, 10 podium, 4 pole, 2 fastest lap, 233 poin

2017: 18 balapan, 0 menang, 3 podium, 0 pole, 0 fastest lap, 137 poin

2018: 9 balapan, 2 menang, 2 podium, 1 pole, 1 fastest lap, 85 poin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Manusia Buat Roti Ribuan Tahun Sebelum Bertani

Posted: 21 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukti arkeologi terbaru yang ditemukan di Yordania menyatakan bahwa sekitar 14.500 tahun lalu manusia telah membuat roti pipih dipanggang di atas batu. Ini ribuan tahun lebih awal daripada budidaya pertanian.

Ilmuwan menemukan bukti di situs purba ini bahwa menusia sudah membuat roti 5.000 tahun lebih dulu daripada yang diperkirakan. Sebelumnya para ilmuwan berpikir bahwa makanan penting ini belum eksis sampai manusia memulai kebudayaan bertani.

Menurut temuan yang diumumkan pada Senin (16/7), peradaban Natufia di sebelah timur Mediterania mencapai puncaknya dan telah membuat roti jauh lebih awal daripada yang diperkirakan oleh para ilmuwan.

"Keberadaan roti di sebuah situs dari zaman ini luar biasa," kata peneliti pascadoktoral Universitas Kopenhagen, Amaia Arranz-Otaegui, penulis utama makalah yang menjelaskan temuan ini dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences.

"Kami sekarang akan meneliti apakah ada hubungan antara produksi roti dan awal mula pertanian," tambahnya.

"Ada kemungkinan roti telah memberi motivasi bagi orang-orang untuk mulai bercocok tanam dan bertani, jika itu menjadi makanan yang diinginkan atau yang banyak dicari."

 

Turki

Peradaban Natufia berkembang di area yang sekarang menjadi wilayah Israel, Yordania, Suriah, dan Palestina antara sekitar 12.500 dan 9.500 Sebelum Masehi. Mereka mendirikan kota Jericho, yang mungkin merupakan kota tertua di dunia.

Sebelumnya, sampel roti tertua yang diketahui ditemukan di situs berusia 9.100 tahun di Turki.

Merevolusi cara berdiet manusia

Sisa-sisa berupa remahan hangus yang ditemukan di Yordania tampaknya adalah anomali dan tidak ditemukan bukti yang menunjukkan bahwa orang Natufia memakan roti secara teratur, demikian studi tersebut.

Penulis lain dalam penelitian itu, Tobias Richter menekankan pentingnya roti dalam pengembangan nutrisi manusia.

"Roti memberi kita sumber karbohidrat dan nutrisi penting, termasuk vitamin B, zat besi dan magnesium, juga serat," kata Richter.

Para ilmuwan telah mereproduksi roti sesuai resep kuno. Arranz-Otaegui menggambarkan hasilnya sebagai "berpasir dan asin."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dukung Atlet Juara Asian Games, Pengunjung CFD Berdoa dan Kumpulkan Tanda Tangan

Posted: 21 Jul 2018 09:00 PM PDT

Pengunjung membubuhkan tanda tangan di atas spanduk raksasa saat car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/7). Doa dan pengumpulan tanda tangan ini diinisiasi Komunikonten untuk mendukung atlet Asian Games 2018. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pengunjung membubuhkan tanda tangan di atas spanduk raksasa saat car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/7). Doa dan pengumpulan tanda tangan ini diinisiasi Komunikonten untuk mendukung atlet Asian Games 2018. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pengunjung membubuhkan tanda tangan di atas spanduk raksasa saat car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/7). Aksi ini sebagai motivasi agar atlet Indonesia menjadi juara di Asian Games 2018. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pengunjung membubuhkan tanda tangan di atas spanduk raksasa saat car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/7). Aksi ini sebagai motivasi agar atlet Indonesia menjadi juara di Asian Games 2018. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pengunjung membubuhkan tanda tangan di atas spanduk raksasa saat car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/7). Aksi ini merupakan dukungan masyarakat untuk kesuksesan pelaksanaan Asian Games 2018. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pengunjung membubuhkan tanda tangan di atas spanduk raksasa saat car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/7). Aksi ini merupakan dukungan masyarakat untuk kesuksesan pelaksanaan Asian Games 2018. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pengunjung membubuhkan tanda tangan di atas spanduk raksasa saat car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/7). Doa dan pengumpulan tanda tangan ini diinisiasi Komunikonten untuk mendukung atlet Asian Games 2018. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pengunjung membubuhkan tanda tangan di atas spanduk raksasa saat car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/7). Doa dan pengumpulan tanda tangan ini diinisiasi Komunikonten untuk mendukung atlet Asian Games 2018. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pengunjung membubuhkan tanda tangan di atas spanduk raksasa saat car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/7). Aksi ini sebagai motivasi agar atlet Indonesia menjadi juara di Asian Games 2018. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pengunjung membubuhkan tanda tangan di atas spanduk raksasa saat car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/7). Aksi ini sebagai motivasi agar atlet Indonesia menjadi juara di Asian Games 2018. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Tetapkan Inneke Koesherawati Sebagai Saksi

Posted: 21 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Inneke Koesherawati ditahan oleh Komisi Pemberantan Korupsi (KPK), terkait kasus suap Lapas Sukamiskin. Istri terdakwa korupsi Fahmi Darmawasyah ditangkap di kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7/2018) dini hari.

Selain Inneke Koesherawati, lima orang juga diamankan oleh KPK terkait kasus yang sama yakni Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, beserta istri. Hendri JFU driver kalapas, Fahmi Darmawansyah (suami Inneke Koesherawati), dan Ander (Napi Tipikor tamping Fahmi).

Dari keenam orang yang diamankan, KPK menetapkan empat orang tersangka. Lantas, bagaimana status Inneke Koesherawati dalam kasus tersebut?

"Sementara ini masih ditetapkan sebagai saksi," ujar Thony Saut Situmorang, Wakil Ketua KPK saat rillis kasus suap Lapas Sukamiskin di kantor KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (21/7/2018) malam.

 

Jalani Pemeriksaan

Inneke Koesherawati usai menjalani pemeriksaan terkait OTT Kalapas Sukamiskin Wahid Husein, di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7). Inneke berstatus sebagai saksi terkait dugaan suap suaminya Fahmi Darmawansyah. (Liputan6.com/HO/Udin)

Saat ini, kata Laode M Syarief yang juga Wakil Ketua KPK, masih menyelidiki lebih lanjut keterlibatan Inneke Koesherawati dalam kasus suap tersebut. Dan, Inneke masih menjalani pemeriksaan di kantor KPK.

"Masih sedang dalam pemeriksaan lebih lanjut," tutur Laode.

 

Dicurigai

Inneke Koesherawati usai menjalani pemeriksaan terkait OTT Kalapas Sukamiskin Wahid Husein, di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7). Inneke diduga mengetahui suap suaminya Fahmi Darmawansyah ke Kalapas Sukamiskin. (Liputan6.com/HO/Udin)

Pemeriksaan yang dilakukan KPK terhadap Inneke Koesherawati, lantaran ia dicurigai ikut membantu dalam kasus suap tersebut. Terlebih suaminya, Fahmi telah ditetapkan menjadi tersangka.

"Kita masih mencurigai adanya keterlibatan IK dalam kasus ini," pungkas Laode M Syarief.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengintip Kondisi Kalijodo Sekarang

Posted: 21 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Suasana berbeda begitu terlihat jika dibandingkan ketika Kalijodo diresmikan pada 22 Februari 2017 oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Sebelumnya, Kalijodo tampak terurus. Rumput-rumputnya tampak hijau. Sementara saat ini, rumputnya terlihat tidak terurus, bahkan terlihat gersang.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tempat yang Berkaitan dengan Nelson Mandela

Posted: 21 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama beberapa hari terakhir mungkin Anda menjumpai beberapa berita yang membahas tentang Nelson Mandela. Hal ini terjadi karena tepat pada tanggal 18 Juli kemarin adalah peringatan 100 tahun kelahiran Mandela. Meskipun Mandela telah tutup usia pada tahun 2013 lalu, namun Presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan tersebut masih memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat dunia. Ia dikenal aktif dalam menyuarakan kesetaraan hak manusia terlepas dari warna kulit yang mereka miliki atau antiapartheid.

Berikut ini adalah enam tempat yang paling berkaitan dengan sosok Nelson Mandela, mengutip dari forbes.com.

1. Pulau Robben

Pulau Robben merupakan tempat di mana Mandela menghabiskan 18 dari 27 tahun penjara. Tahanan politik dan kasus kriminal lainnya juga dikirimkan ke tempat ini.

2. Liliesleaf

Di pinggiran Rivonia, Johannesburg, lahan pertanian ini berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi para pemimpin Kongres Nasional Afrika sekaligus Mandela. Di sini ia menyamar sebagai pekerja pertanian. Namun, setelah berjalan selama dua tahun, tepat pada 11 Juli 1963 polisi keamanan menangkap pempimpin-pemimpin tersebut sekaligus mengamankan properti yang ada. Pada saat itu sebenarnya Mandela sedang dijatuhi hukuman lain, tetapi ia juga dibawa ke pengadilan karena kaitannya dengan Liliesleaf. Liliesleaf kemudian menjadi situs bersejarah pada Juni 2008.

3. Rumah Mandela

Rumah pribadi Mandela ini sekarang sudah dialihfungsikan sebagai museum. Mandela menghabiskan sedikit waktunya di tempat ini. Sebab, menjadi seseorang sangat aktif dalam kegiatan politik dan beberapa kali harus berada dalam pelarian membuatnya jarang berada di rumah. Mandela kembali ke rumah ini pada tahun 1990 setelah dibebaskan dari pulau Robben.

Tempat yang berkaitan dengan Nelson Mandela

Penonton mendengarkan mantan presiden AS Barack Obama berbicara dalam Kuliah Tahunan Nelson Mandela ke-16 di Wanderers Stadium, Johannesburg, Afrika Selatan, Selasa (17/7). Nelson Mandela dikenal sebagai tokoh antiapartheid. (GIANLUIGI GUERCIA/AFP)

4. Balai Kota Cape Town dan Grand Parade

Balai Kota ini merupakan saksi bisu tempat Mandela menyampaikan pidato pertamanya sebagai seorang laki-laki merdeka pada 11 Februari 1990. Banyak orang yang berkumpul ke Grand Parade atau lapangan umum utama untuk mendengarkannya berbicara. Dan untuk merayakan ulang tahunnya yang keseratus tahun, patung Mandela akan diresmikan di balai kota tersebut guna mengenang momen saat itu.

5. Constitution Hill

Kompleks yang terletak di Johannesburg ini adalah bekas penjara dan benteng militer yang menahan orang-orang dari berbagai latar belakang dan keyakinan dengan perlakuan yang bervariasi sesuai dengan warna kulitnya. Narapidana yang pernah menghuni tempat ini tidak hanya Mandela, tetapi juga Mahatma Gandhi dan Winnie Mandela.

 

Nelson Mandela

Foto pada tanggal 14 Mei 2008, mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela bertemu dengan Profesor Stephen Hawking di Johannesburg. Ahli fisika teoretis, Stephen Hawking, meninggal dunia pada hari ini, Rabu (14/3/2018). (AFP Photo/Denis Farrell)

6. Museum Apartheid

Selain menjadi sarana pembelajaran, museum yang juga terletak di Johannesburg ini memberikan pemahaman yang kuat tentang bagaimana kehidupan di Afrika Selatan pada abad ke-20 di bawah sistem apartheid dan apa yang diharapkan untuk masa kedepannya. Lebih dari dua puluh pameran memandu pengunjung melalui berbagai aspek diskriminasi ras melalui film, artefak, foto dan dokumen pribadi yang ditampilkan.

(kiki novilia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siti Zuhro: BIN Tak Perlu Curigai Komitmen KAHMI dan HMI untuk NKRI

Posted: 21 Jul 2018 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Siti Zuhro menilai institusinya kerap dicurigai Badan Intelijen Negara (BIN) terkait komitmennya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila.

"Kepada BIN, KAHMI pada dasarnya tidak perlu dicurigai. Meskipun sipil, cinta kami utuh kepada NKRI," kata Siti Zuhro saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Graha KAHMI Jatim, Kota Surabaya, Sabtu, 21 Juli 2018.

Oleh karena itu, lanjut dia, KAHMI senantiasa terpanggil untuk menjaga kelangsungan dan kemajuan NKRI. Namun, sebaliknya kalau NKRI goyah karena ada elite-elite yang sedang bermanuver dan membahayakan NKRI, KAHMI akan berteriak kencang.

"Itu sifat watak dasar dari alumni HMI. Boleh orang memandang sebelah mata kepada kami, seperti yang saya sampaikan pada acara buka puasa bersama di rumah Pak Akbar Tanjung waktu lalu, kami seolah-olah tidak solid. Begitu menyinggung hal yang prinsip, kami akan bergerak bersama merespons bersama," ujar Zuhro seperti dilansir dari Antara.

Siti Zuhro mengatakan bahwa kehadiran KAHMI cukup diperhitungkan dalam kehidupan bernegara dan berpolitik di negeri ini.

Hal itu dikarenakan KAHMI memiliki prinsip dalam keberpihakan dan empati terhadap Indonesia yang maju yang sejahtera.

"Prinsip dasar yang dipahami itu yang menjadikan KAHMI tidak luntur," katanya.

 

Bangun Rumah KAHMI

Sementara itu, Koordinator Presidium Majelis Wilayah KAHMI Jatim Bawon Adi Yitoni mengatakan bahwa salah satu kebersamaan dan kesolidan anggota KAHMI telah dibuktikan dengan dibangunnya Graha Kahmi Jatim kali ini.

"KAHMI sudah 52 tahun. Bicara program 'ndaki-ndaki' (tinggi) tetapi rumah tidak punya," katanya.

Selama dalam kepengurusan KAHMI Jatim yang sekarang, lanjut dia, pihaknya mencari cara agar Graha Kahmi Jatim bisa dibangun salah satunya dengan cara gotong royong di antara pengurus dan anggota KAHMI Jatim serta bantuan dari pihak-pihak terkait lainnya.

"Meskipun bisanya membantu Rp100 ribu tidak apa-apa, yang penting ikhlas," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Misteri Pengganti OS Android Bikin Penasaran

Posted: 21 Jul 2018 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google dilaporkan tengah mengembangkan sistem operasi (OS) pengganti Android lewat proyek misterius bernama Fuchsia.

Berita ini membuat para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com penasaran, Sabtu (21/7/2018) kemarin. Berita lain yang juga bikin penasaran datang dari 25 juta ancaman peretasan selama Piala Dunia 2018.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Google Siapkan Sistem Operasi Pengganti Android?

Proyek sistem operasi misteri Google yang diberi nama Fuchsia sebenarnya sudah terdengar sejak beberapa tahun lalu.

Bocoran wallpaper Google yang menyiratkan kalau Android P mengusung nama Popsicle. (Foto: Google)

Menurut laporan yang berkembang, Fuchia merupakan sistem operasi yang dikembangkan untuk menggantikan Android. Kini, informasi seputar sistem operasi ini kembali muncul setelah ada laporan terbaru dari Bloomberg.

Dari laporan itu disebut-sebut sistem operasi Fuchsia tidak akan menggantikan Android maupun Chrome OS, setidaknya hingga lima tahun mendatang.

Baca selengkapnya di sini 

2. Selama Piala Dunia, Rusia Hadapi 25 Juta Ancaman Peretasan

Pertandingan sepak bola paling bergengsi sejagat, Piala Dunia 2018, telah selesai diselenggarakan pada 15 Juli 2018. Prancis menjadi pemenang pertandingan ini dan gaung selebrasinya pun masih terasa hingga hari ini.

Final Piala Dunia 2018 bukan cuma milik Prancis dan Kroasia, buktinya ini ada suporter Venezuela yang larut dalam pesta. (Bola.com/Okie Prabhowo)

Namun, siapa sangka di balik akbarnya acara dunia ini, terselip puluhan juta kejahatan siber yang mengancam Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018.

Sebagaimana dikutip WCCF Tech, Sabtu (21/7/2018), Rusia menghadapi setidaknya 25 juta serangan siber selama penyelenggaraan Piala Dunia 2018. Hal ini diungkapkan langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Gara-Gara Cuitan Pedofil, Sutradara Guardians of The Galaxy Dipecat Disney

Ternyata Sutradara Guardian of the Galaxy, James Gunn   pun seperti mengucapkan pernyatan senada. (instagram/jamesgunn)

Ranah Twitter dihebohkan dengan nama James Gunn pada Sabtu pagi (21/7/2018).

Bagi kamu yang akrab dengan film-film superhero Marvel, pasti tahu siapa dia. Ya, James Gunn adalah sutradara dari film superhero Guardians of The Galaxy. Dua seri film tersebut, Guardians of The Galaxy volume 1 dan 2, ia garap berturut-turut pada 2014 dan 2017.

Lantas, mengapa nama James Gunn bisa menjadi trending topic di Twitter? Usut punya usut, nama dia membuat heboh warganet karena akun Twitter miliknya dulu sempat mengeluarkan cuitan tak senonoh seputar pedofilia dan perkosaan.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang City Ogah Ungkit Kegagalan Tampil di Piala Dunia 2018

Posted: 21 Jul 2018 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Leroy Sane tampil apik dan menjadi salah satu pemain andalan Manchester City pada musim lalu. Sayangnya, ia menjadi salah satu sosok yang tidak turut terlibat dalam ajang Piala Dunia 2018 kemarin.

Keputusan pelatih timnas Jerman, Joachim Loew untuk tidak membawa pemain berumur 22 tahun tersebut jelas membuat para penggemar terkejut. Apalagi penggantinya, Julian Brandt, tidak memiliki prestasi yang lebih mentereng di belakangnya.

Sane sendiri mengaku telah membicarakan keputusan sang pelatih sebelum kemudian daftar pemain disebarkan ke publik. Dan dia bisa berbesar hati menerima keputusan yang membuatnya tak bisa tampil di ajang bergengsi itu.

"Saya telah berbicara dengan Jogi Low mengenai itu. Saya juga menerima keputusan itu. Dia memberi saya alasan yang bagus. Itulah kenapa semuanya terasa baik-baik saja," ujar Sane kepada Sky.

Jerman sendiri harus tersingkir di fase grup Piala Dunia 2018, dan kalah 0-2 dari Korea Selatan di laga pekan terakhir. Sane pun menyayangkan performa yang ditunjukkan oleh Thomas Muller dkk itu.

"Saya sangat menyayangkan mereka telah tersingkir di fase grup. Saya pikir sedikit sulit untuk mengatasi itu," ujarnya.

Selain kalah atas Korea Selatan, Jerman juga tumbang di tangan Meksiko dalam laga perdana mereka pada fase grup Piala Dunia 2018. Untungnya, Die Panzer masih bisa mendapatkan tiga angka dari kemenangan 2-1 atas Swedia.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Merapat, Presiden Real Madrid Siap Belanja Lagi

Posted: 21 Jul 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Dalam waktu yang berdekatan, Real Madrid sudah mendatangkan tiga pemain baru. Total pengeluaran untuk ketiga pemain itu mencapai 103,5 juta euro. Meski begitu, Florentino Perez mengindikasikan bahwa transfer Madrid di musim panas ini belum berakhir.

Real Madrid terbilang cukup aktif di bursa transfer musim panas ini. Tiga pemain di posisi berbeda telah dihadirkan. Pertama, mereka merekrut kiper Andriy Lunin (kiper) dari Zorya, Alvaro Odriozola (gelandang) dari Real Sociedad, dan Vinicius Junior (penyerang) dari Flamengo.

Meski bukan nama besar, uang yang dihabiskan Madrid untuk merekrut ketiga pemain itu cukup banyak. Namun, bukan berarti aktivitas transfer Los Blancos hanya berhenti sampai di situ.

Perez memastikan bahwa Real Madrid akan terus melanjutkan aktivitas belanja mereka di musim panas ini. Namun, pria berusia 71 tahun itu tak menyebut siapa pemain yang tengah dibidik. Yang pasti, saat ini cukup banyak pemain top yang tengah dikaitkan dengan mereka.

"Beberapa hari yang lalu saya berjanji bahwa kami akan menandatangani pemain yang luar biasa dan itulah yang kami lakukan. Sekarang kami telah mengumumkan Alvaro Odriozola dan Vinicius Junior dan kami berharap terus melakukannya," ujar Perez, dikutip Football Espana.

 

Deretan Incaran Madrid

5. Neymar (PSG) - Keahliannya dalam mengolah si kulit bundar membuatnya diincar klub papan atas dunia. Meski berstatus pemain termahal, pria 26 tahun itu akan menjadi pilihan Real Madrid untuk menggantikan Ronaldo. (AFP/Christophe Simon)

"Vinicius adalah salah satu talenta paling cemerlang, tidak hanya di sepak bola Brasil, tapi di dunia sepak bola. Dan ada banyak klub besar di Eropa yang ingin merekrutnya," Perez menambahkan.

Madrid sendiri memang terdesak untuk terus aktif di bursa transfer kali ini. Maklum, mereka baru saja kehilangan ikon sekaligus mesin gol andalan, yakni Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal itu memutuskan untuk mencari tantangan baru bersama Juventus.

Sebagai gantinya, mereka pun tengah dikaitkan dengan nama-nama besar. Neymar dari Paris Saint-Germain jadi bidikan utama mereka. Selain itu, ada nama-nama seperti Eden Hazard, Kylian Mbappe, dan Robert Lewandowski. Bahkan, muncul pula nama kiper Chelsea, Thibaut Courtois yang juga rekan setim Hazard.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkumham Akan Bongkar Gazebo di Lapas Sukamiskin

Posted: 21 Jul 2018 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Sri Puguh Budi Utami membenarkan, adanya fasilitas bagi narapidana korupsi yang tidak sesuai standar di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

"Benar ada fasilitas yang tidak pada tempatnya di Sukamiskin dan Menteri Hukum dan HAM telah memerintahkan untuk segera dibenahi sesuai dengan standar yang seharusnya," ujar Sri dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu, 21 Juli 2018 malam.

Dia mengatakan bahwa pembersihan terhadap terhadap fasilitas yang tidak sesuai standar tersebut akan dilakukan di lapas di seluruh Indonesia, tidak hanya di Sukamiskin.

Terkait fasilitas di Sukamiskin, Sri mengatakan bahwa ruang kunjungan di lapas tersebut akan dibenahi.

"Gazebo akan kami bongkar," kata dia.

Kamar Berfasilitas Mewah

Wakil Ketua KPK Laode M Syarief dan Saut Situmorang memberi keterangan pers terkait OTT Kalapas Sukamiskin di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7). KPK menetapkan Kalapas Wahid Husein sebagai tersangka. (Liputan6.com/HO/Udin)

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap adanya praktik suap yang terjadi di Lapas Sukamiskin terkait izin maupun fasilitas mewah untuk para narapidana korupsi.

KPK menemukan kamar-kamar mewah bagi narapidana kasus korupsi. Selain itu, KPK juga menemukan adanya sel yang penghuninya sedang tidak berada di dalam Lapas, yakni Fuad Amin dan Tubagus Chaeri Wardana.

Atas kejadian tersebut, KPK menetapkan Kalapas Sukamiskin Wahid Husen sebagai tersangka. Selain Wahid, KPK juga menetapkan orang kepercayaan Wahid bernama Hendri Saputra, dan dua narapidana yang diduga sebagai penyuap, yakni Fahmi Darmawansyah dan Andre.

Reporter: Ya'cob Billiocta

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konser Pertama di Indonesia, KARD Berikan Penampilan Spesial

Posted: 21 Jul 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Konser perdana KARD di Jakarta baru saja berakhir. Dalam "2018 Wild KARD" yang digelar di The Kasablanka Hall, para member memberikan penampilan spesialnya kala membawakan 15 lagu.

Bukan hanya itu saja, KARD juga membuka sesi tanya jawab dan perbincangan singkat dengan para penggemar.

Dalam penampilan solo para anggota KARD, Somin menjadi member pertama yang menghibur penggemarnya. Sang Black Joker membawakan lagu "Fine" yang versi aslinya dinyanyikan oleh Taeyeon SNSD.

Setelah itu, J.Seph melanjutlan penampilan dengan ngerap dari lagu original yang belum dirilis.

 

Ikut Bernyanyi

KARD (Foto: Instagram/official_kard)

Sang Member bontot, Jiwoon menampilkan sebuah cover dari lagu hits boyband Winner yang berjudul "Really Really". Para penggemar yang mengetahui lagu itu ikut bernyanyi bersama Jiwoo dengan meriah.

Dan BM menjadi member terakhir tampil solo dengan gaya rap nya, membawakan lagu KARD berjudul "Living Good". 

 

Bawakan Lagu Ariana Grande dan Bruno Mars 

KARD (Allkpop)

Usai dengan penampilan solo, KARD kembali menghibur Hidden KARD, sebutan penggemarnya, dengan penampilan spesial dari Jiwoo dan Soomin yang membawakan lagu Ariana Grande berjudul "Side To Side".

Sementara, BM dan J.Seph tak mau kalah untuk memberikan yang terbaik saat melantunkan "24K Magic" milik Bruno Mars.

 

Janji

KARD (Soompi)

Penampilan akhir KARD ditutup dengan lagu single perdana project debut mereka "Oh NaNa" dan juga "Living Good". Tak hanya itu KARD juga berjanji akan kembali menemui Hidden KARD Indonesia. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta di Balik Penangkapan KPK pada Inneke Koesherawati

Posted: 21 Jul 2018 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen dan empat orang lainnya, termasuk Inneke Koesherawati.

Berdasarkan keterangan dari komandan jaga bernama Yunaidi, pada Sabtu, 21 Juli kemarin, sekitar pukul 00.00 WIB, KPK terlebih dahulu menggeledah ruang Kalapas Sukamiskin dan kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atas nama Andri dan Fahmi Darmawangsa yang tak lain suami Inneke Koesherawati.

Lantas, apa yang menyebabkan hingga Inneke Koesherawati juga harus ikut terseret dalam jerat KPK? Berikut sejumlah fakta yang berhasil terkuak: 

 

 

 

1. Dugaan Suap

Suasana penangkapan Kalapas Sukamiskin Wahid Husen (Foto: Istimewa)

Kalapas Sukamiskin kini ditetapkan tersangka atas kasus pemberian fasilitas dan perizinan di dalam lapas Bandung, Jawa Barat ini.

Wahid diduga telah menerima dua mobil jenis Mitsubishi Fortuner dan Mitsubishi Triton Exceed dari Fahmi terkait fasilitas sel dan kemudahan bagi suami dari Inneke Koesherawati ini untuk keluar masuk Lapas Sukamiskin.

 

2. Diduga sebagai Pemberi

Inneke Koesherawati adalah artis Indonesia pada tahun 1990-an. Artis yang sudah mundur dari dunia hiburan ini tetap terlihat cantik menawan walaupun sudah berumur 42 tahun. (Foto: instagram.com/inekekoes)

Kabar penangkapan Inneke Koesherawati oleh KPK pertama kali didapat dari sumber Jawapos.com, Sabtu, 21 Juli 2018.

Inneke, kata sumber tersebut, diduga turut mengetahui adanya OTT yang dilakukan KPK terhadap Fahmi, suaminya.

"Dia diduga sebagai pemberi," ungkap sumber tersebut.

Saat ditangkap Sabtu dini hari kemarin, KPK berhasil mengamankan lima orang terkait suap. Yaitu Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, WBP atas nama Andri dan Fahmi Darmawangsa, Inneke Koesherawati, dan orang kepercayaan Wahid.

 

 

3. Menikmati Sel Sukamiskin yang Nyaman

Mobil Mitsubishi Triton Exceed dan Pajero Sport Dakar diamankan KPK saat OTT Kalapas Sukamiskin Wahid Husein, di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7). KPK menetapkan Kalapas sebagai tersangka dugaan suap jual fasilitas napi korupsi. (Liputan6.com/HO/Udin)

Selain mobil dan surat-suratnya, dalam penggeledahan KPK juga mengamankan uang sebesar Rp 279.920.000 dan USD 1.400.

Uang tesebut juga sebagai salah satu jaminan, bahwa suami dari Inneke, Fahmi Darmawangsa bisa mendapat kamar lebih nyaman dengan berbagai fasilitas.

4. Rencana Hadiri Meet and Greet

(Instagram/inekekoes)

Sebelum ikut terciduk KPK, rencananya hari ini Inneke akan menggelar jumpa penggemar dengan Marini Zumarnis di salah satu toko buku di pusat perbelanjaan di Tangerang.

Hal itu terlihat dari akun Instagram pribadi Inneke Koesherawati dan Marini Zumarnis yang ikut mempromosikan acara tersebut.

"Hai Darl ini merupakan buku yang menceritakan kisah persahabatan Inneke Koesherawati dan Marini Zumarnis. Buku Hi Darl juga menjadi sebuah akronim untuk humbleness, inspiration, dream, awakening, relationship yang berarti kerendahan hati, inspirasi, mimpi, kebangkitan, hubungan," tulis Inneke pada unggahan beberapa hari lalu.

Hingga kini belum diketahui apakah Inneke Koesherawati akan hadir dalam acara tersebut, menyusul kabar penangkapannya.

 

5. Unggahan Terakhir di Instagram

(Instagram/inekekoes)

Sebelum ditangkap KPK, Inneke sempat mengunggah foto di Instagram Stories-nya. Unggahan tersebut memperlihatkan penggalan hadis dan ayat Alquran.

"Pernah melihat orang yang diinginkan kebaikan malah marah-marah?! Pernah melihat orang yang ditunjukkan kepadanya jalan yang lurus malah menyombongkan diri dan menentang-nentang memilih jalan yang dimurkai Allah Ta'ala..?!," bunyi penggalan tulisan dalam Instagram Stories Inneke Koesherawati.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Kronologis Penangkapan Inneke Koesherawati

Posted: 21 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Inneke Koesherawati hingga saat ini masih menjalani pemeriksaan intensif Komisi Pemberantasan Korupsi. Sebelumnya, Inneke diamankan bersama lima orang lainnya dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Sabtu (21/7/2018).

Laode M syarif, wakil ketua KPK menuturkan, sebelum penangkapan pihaknya sudah mengintai Inneke Koesherawati dan beberapa orang lainnya. Dan itu merupakan hasil dari laporan masyarakat yang curiga dengan enam orang yang kini diamankan KPK termasuk Inneke Koesherawati.

"Benar tadi menjelang tengah malam tim penindakan KPK menjalanakan tugasnya di Sukamiskin, Bandung. Kami lakukan pengecekan dari masyarakat. Setelah kami kroscek dan ada bukti awal, maka sekitar enam orang diamankan termaksuk pimpinan lapas dan pihak swasta," ujar Laode saat rilis OTT KPK , di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (21/7/2018).

Setelah mengamankan Kalapas beserta empat orang lainya di Bandung, Jawa Barat, KPK kembali mendalami kasus tersebut hingga ke Jakarta. Sabtu (21/7/2018) dini hari, KPK menuju rumah Inneke Koesherawati yang merupakan istri dari Fahmi Darmawansyah.

 

Dibawa ke Kantor KPK

(Deki Prayoga/Bintang.com)

Dari situ, KPK memboyong Inneke Koesherawati untuk diperiksa lebih lanjut di kantor KPK.

"Setelah dari Bandung kita menuju Jakarta. Kita menyambangi rumah IK di kawasan Menteng, dan mengamankannya pukul 00.01 WIB untuk menjalani pemeriksaan," ujar Laode.

 

Masih Jalani Pemeriksaan

(Instagram/inekekoes)

Kalapas Sukamiskin, Fahmi Darmawansyah, serta dua rekan lainnya telah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi. Sementara, Inneke Koesherawati masih dalam pemeriksaan KPK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Penyanderaan dengan Senjata Api di Los Angeles, Satu Orang Tewas

Posted: 21 Jul 2018 08:29 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Seorang wanita dilaporkan tewas tertembak ketika terjadi aksi penyanderaan dengan senjata api di swalayan Trader Joe's di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), pada Sabtu petang, 21 Juli 2018.

Walikota setempat, Eric Garcetti mengatakan kepada media bahwa tersangka, yang merupakan seorang pria berusia awal 20-an tahun telah menyerahkan diri dan sedang diperiksa secara ketat oleh kantor polisi metropilitan Los Angeles, LAPD.

Dikutip dari CNN pada Minggu (22/7/2018), belum diketahui secara pasti berapa jumlah korban luka, dan apakah ada korban tewas lainnya, dalam insiden penyanderaan dengan senjata api selama berjam-jam itu.

Dijelaskan oleh polisi, bahwa tersangka diketahui menembak neneknya dan seorang wanita muda pada Sabtu dini hari. Beruntung keduanya masih bisa terselamatkan.

Pelaku yang disebut keturunan Afrika-Amerika itu melarikan diri dengan berkendara mobil sedan, ketika polisi datang beberapa saat setelah penembakan. Ia disebut kabur bersama dengan seorang korban yang merupakan salah satu kerabatnya.

Aksi kejar-kejaran sempat terjadi beberapa menit, sebelum tersangka menabrakkan mobil dengan sengaja ke teras swalayan Trader Joe's, di mana kala itu tengah ramai oleh pengunjung.

Tersangka berlari masuk ke dalam toko yang berlokasi di Hyperion Avenue di bagian barat laut kota Los Angeles, seraya mengangkat senjata api dan menembakkan beberapa peluru secara membabi buta.

Hanya sedikit orang yang berhasil menyelematkan diri, mayoritas sisanya terjebak di dalam di dalam toko dalam keadaan mencekam. Tidak ada pintu belakang untuk evakuasi, semua akses terpusat di pintu masuk.

Pelaku mengancam akan menembak siapapun yang bergerak dan berusaha kabur menyelamatkan diri.

Selang beberapa menit setelahnya, polisi datang mengepung seluruh sisi gedung, diikuti oleh kehadiran kendaraan lapis baja dan petugas penyelamat yang bersiaga di belakangnya.

Upaya pengepungan berjalan alot selama lebih dari dua jam, yang disertai beberapa kali suara tembakan dari arah pelaku, dan juga satu kali adu tembak terbuka dengan polisi.

ketika kepungan kian ketat, yang disertai perintah menyerah dari patroli udara, tersangka pun akhirnya tersudut tak berkutik, dan membiarkan pelanggan keluar toko beriringan seraya mengangkat tangan.

Setelah sekitar 30-an orang berhasil dievakuasi, tersangka pun berjalan keluar menyerahkan diri. Ia melemparkan senjata api yang dibawanya, sebelum kemudian dilumpuhkan polisi ke tanah.

Arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian sempat dialihkan selama insiden pennyanderaan terjadi. Tidak ada kerusakan berarti selain kaca pecah dan beberapa rak berserakan.

Adapun jatuhnya korban, sejauh ini disebut tewas sebanyak satu orang, dan tidak lebih dari 10 orang mengalami luka, baik karena tembakan atau hal-hal lain dalam tindakan sandera.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Terlibat Aksi Kejar-Kejaran

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Sementara itu, seorang saksi mata bernama Don Kohles (91) mengatakan bahwa ia melihat sebuah mobil sedan menabrak hidran dan tiang listrik di depat swalayan Tarder Joe's.

"Lalu orang ini keluar dari mobil dan mulai berlari ke dalam toko," kata Kohles. "Saya melihat ke arah belakang, ada dua polisi datang dengan senjata berat, kemudian boom boom boom boom (tembakan terjadi)," lanjut Kohles.

Ditambahkan oleh Kohles bahwa seorang karyawan Trader Joe's sempat tersungkur ke tanah ketika pelaku berlari masuk ke toko, dan menabraknya.

Saksi lain, Devin Field, mengatakan bahwa pelaku sempat menembakkan senjata api ke arah polisi yang mengejarnya, yang dibalas oleh tembakan peringatan.

Khalayak yang berada di tengah-tengah pengejaran, menurut Field, berteriak dan berusaha menyelamatkan diri dengan tiarap. Beberapa yang ada di bangunan sekitar lokasi kejadian, memilih untuk berlindung di balik pintu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setahun Penuh, Kang Daniel Wanna One Jadi Idol Pria Nomor Satu Korsel

Posted: 21 Jul 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Setahun setelah debut bersama Wanna One, Kang Daniel tampaknya masih 'menguasai' Korea Selatan. Salah satu buktinya, adalah ia kembali menjadi jawara dalam peringkat brand reputation untuk anggota boy di Korea Selatab group pada bulan Juli.

Yang menarik, Kang Daniel Wanna One berhasil meraih posisi teratas peringkat pertama dalam daftar yang disusun Korean Business Research Institute ini selama 12 bulan berturut-turut, seperti dilansir dari Soompi, Sabtu (21/7/2018).

Pencapaian ini terbilang cukup fenomenal, karena ranking di bawah Kang Daniel Wanna One selalu mengalami perubahan setiap bulannya.

Peringkat ini biasa digunakan sebagai tolak ukur popularitas seorang idola K-Pop selama satu bulan terakhir.

Urutannya diukur berdasarkan lebih dari 195 juta keping big data terhadap 445 orang idola pria di Korea, yang dikumpulkan dari tanggal 17 Juni hingga 20 Juli 2018. Parameternya adalah partisipasi dan konsumen, peliputan oleh media, komunikasi, dan percakapan oleh publik.

Penurunan Skor

Kang Daniel Wanna One (Naver/ Wanna One)

Dibanding bulan lalu, sebenarnya skor yang diperoleh Kang Daniel bulan ini mengalami penurunan sebesar 26,05 persen. Pada bulan ini, ia mendapat skor 9.300.712.

Kata kunci yang biasa dilekatkan pada nama Kang Daniel dalam penghitungan data ini, adalah 'fashion', 'bandara', dan 'Wanna One'. Analisis juga menunjukkan percakapan tentang Kang Daniel ini 85 persen didominasi dengan reaksi positif.

Seungri BIGBANG dan Changsub BTOB

Seungri `Big Bang` (YG Entertainment)

Seungri dari BIGBANG yang baru melakukan comeback duduk di posisi dua dengan skor 7.628.572.

Sementara itu Changsub BTOB yang baru-baru ini dihantam isu kencan dengan seorang aktris musikal, menduduki tempat ketiga dengan 6.222.389.

 

Daftar 10 Besar

Jimin BTS. (Foto: soompi.com)

Berikut daftar 10 besar idol K-Pop yang masuk dalam daftar ini:

1. Kang Daniel Wanna One

2. Seungri Big Bang

3. Changsub BTOB

4. Jimin BTS

5. Jungkook BTS

6. Jin BTS

7. JR NU'EST

8. V BTS

9. Baekho NU'EST

10. Hwang Min Hyun Wanna One

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: