Senin, 02 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Lion Air Batalkan Penerbangan ke Bandara Banyuwangi dan Jember

Posted: 02 Jul 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lion Air Grup membatalkan penerbangan maskapainya ke Bandara Banyuwangi dan Bandara Jember hari ini. Hal tersebut menyusul ditutupnya kedua bandara tersebut akibat terdampak erupsi Gunung Agung, Bali.

Corporate Communications Strategic Lion Air Grup, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan pemberitahuan terkait dengan pembatalan tersebut. Status ini berlaku hingga adanya pemberitahuan lebih lanjut, sambil menunggu perkembangan di lapangan.

"Untuk dampak di Banyuwangi dan Jember, status cancel hari ini sampai pemberitahuan lebih lanjut," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Dia menjelaskan, untuk kedua bandara tersebut, Lion Air Grup mengoperasikan Wings Air, dengan rute Surabaya-Banyuwangi PP dan Surabaya Jember PP. Penerbangan hanya sebanyak satu kali setiap hari.

"Saat ini Lion Air Grup yang dioperasikan oleh Wings Air memiliki penerbangan Surabaya-Banyuwangi 1 kali setiap hari PP, Surabaya-Jember 1 kali setiap hari PP," tandas dia.

Penutupan 2 Bandara

Gunung Agung mengeluarkan asap bercampur abu vulkanis terlihat dari desa Tulamben, Karangasem, Bali, Selasa (3/7). Walau terus mengalami letusan hampir sepekan terakhir, Gunung Agung masih berada pada status level III (siaga). (AFP/SONNY TUMBELAKA)

AirNav Indonesia menyatakan perpanjangan penutupan (bandara) Notohadinegoro hingga pukul 15.00 WIB. Hal itu sesuai NOTAM C7025/18 karena dampak erupsi Gunung Agung.

"Perpanjangan penutupan ini setelah melihat perkembangan sebaran abu vulkanik dan arah angin. Adapun Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali sampai saat ini masih beroperasi normal," ujar Yohanes Sirait Manager Humas AirNav Indonesia, dalam keterangan tertulis, Selasa (3/7/2018).

Ia menuturkan, observasi akan dilakukan secara terus menerus dengan pemangku kepentingan penerbangan lainnya. Tak hanya Bandara Jember, Bandara Banyuwangi juga ditutup hingga sore.

Gunung Agung erupsi lagi. Kali ini erupsi terjadi pukul 21.04 Wita. Berdasarkan pantauan dari Pos Pengamatan, tinggi kolom abu yang teramati ± 2.000 meter di atas puncak Gunung Agung.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah barat. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi ± 7 menit 21 detik," demikian keterangan tertulis yang diterima dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Senin (2/7/2018).

Dalam laporan PVMBG, disebutkan erupsi terjadi secara strombolin dengan suara dentuman. Lontaran lava pijar teramati ke luar kawah mencapai jarak 2 kilometer.

Saat ini, Gunung Agung berada pada status Siaga atau level III. PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apa pun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh areal di dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

"Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di areal puncak," sebut PVMBG.   

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan Pencarian Korban Tenggelam KM Sinar Bangun di Danau Toba

Posted: 02 Jul 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Simalungun - Manusia yang merencanakan, namun Tuhan yang menentukan. Mungkin pepatah itu yang aktual untuk usaha keras pencarian Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba.

Sejak tenggelam pada 18 Juni 2018 atau tepatnya pada hari keempat Idul Fitri 1439 Hijriyah, hampir semua mata tertuju ke perairan Danau Toba. Sejak peristiwa itu terjadi, kawasan Pelabuhan Tigaras di Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun selalu ramai, mulai dari tim SAR, prajurit TNI, personel Polri, hingga masyarakat keluarga korban.

Dikutip dari Antara, dari proses penyelamatan awal, tim SAR gabungan berhasil menemukan 24 penumpang yang terdiri dari 21 penumpang selamat dan tiga orang tewas. Setelah ditemukan, penumpang KM Sinar Bangun yang selamat tersebut dibawa ke RSUD Tuan Rondahaim di Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.

Korban yang selamat diberikan perawatan terlebih dulu sebelum kembali ke tempat tinggalnya. Sedangkan, korban tewas menjalani proses identifikasi sebelum jenazahnya diserahkan kepada pihak keluarga.

Awalnya, ratusan keluarga korban banyak berkumpul di Pelabuhan Tigaras untuk menyaksikan pencarian yang dilakukan Basarnas. Namun atas inisiatif Pemkab Simalungun, keluarga korban diarahkan untuk menunggu di RSUD Tuan Rondahaim.

Selain untuk membantu proses identifikasi korban, juga memudahkan keluarga korban karena Pemkab Simalungun menyiapkan sejumlah akomodasi di posko tersebut.

Sebagai bentuk keprihatinan sekaligus kepedulian, sejumlah pejabat tinggi hadir ke Pelabuhan Tigaras yang menjadi lokasi posko terpadu pencarian dan penyelamatan penumpang KM Sinar Bangun. Mereka adalah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sosial Idrus Marham, hingga Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

 

 

 

 

Terjunkan Penyelam Tangguh hingga Alat Canggih

Basarnas terus berupaya mencari korban dan KM Sinar Bangun di Danau Toba. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Proses pencarian penumpang KM Sinar Bangun tersebut melibatkan banyak pihak, termasuk para penyelam tangguh dari Marinir TNI AL. Hal itu untuk menunjukkan keseriusan pemerintah atas insiden yang menewaskan ratusan orang.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M Syaugi menerangkan selain mengerahkan personel dari berbagai instansi, tim SAR gabungan juga menggunakan peralatan canggih untuk melacak keberadaan KM Sinar Bangun.

Salah satu alat canggih yang digunakan adalah "multibeam scane sonar" yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan kapal di dasar perairan.

Menurut Koordinator SAR Marinir Letkol Mar Syamsul Sitohang, peralatan tersebut telah diterima dari Mabes TNI Angkatan Laut dan langsung digunakan di perairan Danau Toba.

Pemanfaatan peralatan khusus tersebut dimaksudkan untuk mengetahui material yang ada di dasar danau, termasuk mengetahui posisi kapal KM Sinar Bangun.

Sesuai dengan hasil rapat, pencarian dan penyelamatan penumoang KM Sinar Bangun dilakukan di dua sektor. Sektor A meliputi perairan dan pinggiran danau yang berdekatan dengan Simalungun. Sedangkan, Sektor B meliputi perairan yang mendekatkan Pulau Samosir.

Namun, penggunaan peralatan tersebut sempat mengalami kendala berupa kedalaman perairan Danau Toba yang dinilai cukup dalam. Dari pengecekan sebelumnya, sekitar 400 hingga 500 meter.

Untuk memperluas lokasi pencarian penumpang dan kapal KM Sinar Bangun, proses pencariannya dilanjutkan dengan penggunaan helikopter pada 26 Juni 2018 pada hari kesembilan penanganan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara Riyadil Akhir Lubis mengatakan, helikopter yang dioperasikan itu milik Basarnas, PT Jafpa yang mengelola keramba di Danau Toba, dan milik Polri. Ketiga helikopter tersebut diterbangkan dari Bandara Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara.

Selain helikopter, pencarian juga dilakukan dengan mengerahkan kapal dan perahu untuk menyisir permukaan Danau Toba. Selain peralatan yang dimiliki Basarnas, pencarian juga dengan memanfaatkan sembilan kapal dari Pemkab Samosir serta perahu dari BPBD Sumatera Utara dan kabupaten/kota.

Dari pencarian selama delapan hari, tim gabungan telah menemukan sejumlah material yang diduga milik penumpang KM Sinar Bangun. Di antaranya helm, STNK, jaket, boneka, dan sepatu yang diduga milik penumpang.

Hentikan Pencarian

banner KM Sinar Bangun (Liputan6.com/Triyasni)

Setelah 15 hari mencari, Tim SAR gabungan akhirnya memutuskan untuk menghentikan pencarian penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba. Direktur Operasi Basarnas Brigjen Mar Bambang Suryo mengatakan hal itu berdasarkan hasil evaluasi secara menyeluruh mengenai perkembangan yang dihadapi.

Pada Minggu, 1 Juli 2018, tim gabungan telah berdialog dan bertatap muka dengan keluarga korban penumpang KM Sinar Bangun yang difasilitasi Bupati Simalungun JR Saragih.

Kemudian, pihaknya telah meminta arahan dari Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang langsung berkomunikasi dengan keluarga korban usai tabur bunga pada Senin siang, 2 Juli 2018.

"Setelah dialog dua arah, sepakat dihentikan pada 3 Juli. Intinya besok (Selasa, 3/7/2018) kita tutup," katanya.

Namun, penutupan operasi tim SAR gabungan tersebut bukan berarti dihentikan secara total karena posko pemantau masih tetap ada di Pelabuhan Tigaras.

Penghentian yang dimaksudkan adalah penghentian proses pencarian yang dilanjutkan dengan pemantauan melalui Kantor SAR Medan, khususnya melalui personel SAR Posko Parapat.

Jika dalam pemantauan tersebut ada informasi dari penduduk atau tanda-tanda munculnya jenazah penumpang ke permukaan, penanganan segera dilakukan. "Kalau ada informasi, sampaikan ke posko, nanti akan ditindaklanjuti," ujar Bambang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Fakta Menarik usai Timnas Brasil Lolos ke 8 Besar Piala Dunia 2018

Posted: 02 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Samara - Timnas Brasil berhasil lolos ke 8 Besar Piala Dunia 2018 menyusul kemenangan 2-0 atas Meksiko di Samara Arena, Senin (2/7/2018). Di delapan besar, pasukan Tite itu akan menghadapi Belgia.

Babak pertama berakhir 0-0 untuk kedua tim. Usai jeda turun minum, Timnas Brasil menggebrak.

Neymar membuka keunggulan Timnas Brasil di menit ke-51. Memanfaatkan umpan menyusur tanah Willian, pemain berusia 26 tahun itu tinggal menyodorkan kakinya ke gawang yang telah kosong.

Gol kedua Brasil diciptakan oleh pemain pengganti Roberto Firmino dua menit jelang bubaran. Hasil ini membuat tim berjuluk Selecao itu menantang Belgia di babak 8 besar Piala Dunia 2018, 7 Juli 2018.

Seiring kelolosan Brasil, beberapa fakta menarik muncul. Berikut di antaranya disadur dari BBC.

Fakta Menarik

Para pemain Brasil merayakan kemenangan atas Meksiko pada babak 16 besar Piala Dunia di Samara Arena, Samara, Senin (2/6/2018). Brasil menang 2-0 atas Meksiko. (AP/Sergei Grits)

1. Brasil berhasil memenangkan delapan dari sembilan pertandingan Piala Dunia melawan wakil Amerika Utara, Tengah, dan Kepulauan Karibia. Hanya kebobolan sekali.

2. Sejak digunakannya babak 16 besar pada Piala Dunia 1986, Meksiko tujuh kali gugur di perdelapan final. Dua kali lebih banyak dibanding negara lain.

3. Brasil tidak terkalahkan dalam 15 pertandingan terakhir di berbagai turnamen, dan hanya kebobolan tiga gol.

4. Roberto Firmino mencetak gol setelah dua menit lebih empat detik masuk sebagai pemain pengganti, gol tercepat kedua dari pemain pengganti di Piala Dunia 2018.

5. Neymar terlibat dalam 20 gol dari 19 pertandingan untuk Brasil, mencetak 11 gol dan mencatatkan sembilan assists.

Fakta Lainnya

6. Firmino mencetak gol ketujuhnya untuk Brasil, yang keseluruhannya merupakan gol terakhir di pertandingan.

7. Neymar mencatatkan tembakan terbanyak (23), dengan 12 di antaranya mengenai sasaran, dan menciptakan peluang terbanyak (16) di Piala Dunia 2018 sejauh ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laser 4D Meniruskan Pipi Chubby yang Hancurkan Lemak dari Dalam

Posted: 02 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mendambakan pipi chubby yang bisa menirus dengan cara mudah? Anda bisa mencoba teknologi laser terbaru yaitu Laser 4D. Teknologi laser yang ditemukan di Eropa ini mengembangkan sistem yang tidak hanya digunakan di area luar tubuh, melainkan aman diaplikasikan dalam mulut.

Salah satu fungsi favorit laser 4D adalah mengencangkan wajah dan meniruskan pipi. Dengan laser 4D, lemak di balik pipi chubby bisa menjadi lebih tirus dan nyata hasilnya.

Untuk mendapat hasil maksimal, treatment harus dilakukan secara berkesinambungan antara empat sampai lima kali dengan jarak satu bulan. Satu bulan menjadi frekuensi terbaik karena setiap menjalani treatment, laser mengangkat lapisan kulit paling atas.

 

 

Treatment Sebulan Sekali

dr Wenny Tan melakukan terapi ngorok dengan Laser 4D (Liputan6.com/Pool/Beauty Inc Sunrise Garden Jakarta Barat)

"Dalam penyembuhannya, kulit membutuhkan waktu 28 hari untuk bisa tumbuh lagi. Baiknya pasien menunggu sampai kulit sempurna baru melakukan treatment selanjutnya," ujar dr Wenny Tan dari klinik kecantikan Beauty Inc Sunrise Garden Jakarta Barat.

Selama proses menunggu jaringan kulit baru, pasien disarankan untuk menjalani beberapa aturan agar tidak mengganggu proses treatment. Seperti memakai sunblock setiap pagi ditambah krim pagi dan krim malam.

"Yang paling dihindari adalah jangan terkena paparan sinar matahari langsung dalam jangka panjang seperti berjemur. Kalau hanya jalan sebentar ke 10-20 menit enggak masalah asalkan pakai sunblock. Kalau naik motor, pakai masker dan kacamata hitam," jelasnya lagi.

 

 

Mengencangkan Wajah dan Menghilangkan Jerawat

dr Wenny Tan

Selain meniruskan pipi dan membentuk wajah atau shaping, Laser 4D juga bisa mengencangkan wajah, mengecilkan pori-pori, serta membuat kulit lebih cerah. Selain itu, Laser 4D juga bisa mengobati dan menyembuhkan jerawat.

Lantas bagaimana tingkat keamanan Laser 4D dan apakah ada efek samping yang ditimbulkan?

"Masing-masing orang beda efek samping, bisa kulit merah, iritasi atau mengelupas. Tapi itu bisa dihindari dengan power yang bisa diatur. Sebelumnya kita melihat tipe kulit agar tidak merusak atau melukai," tutupnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Buah Zakar, Boneka Kambing Dibanderol Rp 2,5 Juta

Posted: 02 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bicara soal mainan, biasanya selalu diidentikan dengan anak-anak. Padahal tak selalu anak-anak saja yang boleh mengoleksi mainan. Malahan banyak orang dewasa yang menjadi kolektor mainan hingga mengeluarkan uang sampai puluhan juta.

Namun apa kamu mau menghabiskan uang jutaan untuk hanya membeli boneka satu ini? Jika dilihat sekilas tak ada yang menduga bahwa boneka kambing ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis.

Herwick si kambing, merupakan boneka pertama yang diklaim memiliki testikel. Karena detail alat reproduksi tersebut boneka ini dijual dengan harga £ 129 atau Rp 2,5 juta.

 

Diproduksi terbatas

Anak bermain boneka (Ilustrasi)

Boneka Herwick dibuat khusus untuk merayakan ulang tahun Herdy ke-10, situs belanja yang menawarkan peralatan rumah tangga. Boneka kambing itu rupanya sengaja dibuat sebagai ikon dari perusahaan Herdy.

Boneka lembut dan terlihat nyaman untuk dipeluk itu hanya dijual dengan jumlah terbatas, yakni hanya sampai 250 buah. Dengan ukuran 19x36 sentimeter, boneka itu dibuat oleh produsen boneka teddy terakhir di Inggris, Merrythought.

Meski begitu, boneka ini belum diperkirakan akan laku dipasaran dengan harga tersebut. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susah Mana, Naik Harley atau Moge Sport?

Posted: 02 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anda berminat untuk mencicipi moge (motor besar)? Tentu pertimbangan pertama adalah memiliki jenis motor besar yang akan digunakan. 

Beda jenis atau bentuk saja bisa berbeda dalam cara mengendalikannya. Apalagi jika perbandingannya antara naik moge sport dan motor touring seperti Harley Davidson.

Mengenai cara berkendara, paparan dari Alfadiansyah atau Alfa, dari Motor Besar Club (MBC) Indonesia bisa memberikan gambaran. Soalnya, dia tergolong penunggang moge segala rupa, baik motor sport maupun touring Harley Davidson.

Jawaban pertamanya justru menunjukkan kalau naik Harley terbilang punya teknik yang tidak sebanyak mengendarai motor sport. Namun, satu sama lain punya plus dan minus.

"Kalau saya bilang lebih gampang naik Harley. Soalnya naik moge sport itu lebih kompleks teorinya. Dari mulai duduk, braking, cornering. Posisi kita u-turn," kata dia.

 

 

Selanjutnya

Dengan begitu, mengendarai sepeda motor besar model sport lebih kompleks dibandingkan model sekelas Harley. Misalnya saja untuk urusan membelok.

"Kalau motor sport, dia harus tahu beloknya seberapa (kemiringannya) kalau Harley masih bisa kita nekuk. Urusan braking juga," kata dia.

Sisanya menurut Alfa hampir sama, seperti masalah counter steering juga posisi duduk. Namun, tantangan untuk mengendarai Harley adalah bobot.

"Kalau motor sport mungkin 160 kg ya. Kalau Harley katakanlah Sportster sudah lebih dari 200 kg. Begitu dia mau naik ke Touring, sudah 400 kg," kata dia lalu menekankan bahwa hal ini butuh teknik tersendiri mulai dari yang paling dasar.

"Kalau lagi standar mau diberdiriin, kalau setangnya lagi belok (berdiri posisi kiri, setang belok kanan), ya berat. Harusnya dibalikin dulu setangnya baru dibediriin," ujarnya.

Reporter : Dimas Wahyu Trihardjanto

Sumber : Otosia.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tersingkir dari Piala Dunia, Pemain dan Pendukung Timnas Jepang Tetap Jaga Kebersihan

Posted: 02 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penggemar sepak bola Jepang di Piala Dunia harus menelan kekecewaan saat tim negaranya tersingkir di fase penyisihan. Walaupun begitu, hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk tetap membersihkan stadion dari sampah.

Mengutip Business Standards pada Selasa (3/7/2018), penggemar Jepang telah mempraktikkan kebiasaan membersihkan stadion setelah pertandingan di Piala Dunia sejak fase penyisihan grup.

Tindakan bersih-bersih ini menjadi salah satu momen menarik di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Sekalipun masalah kebersihan menjadi hal biasa di Jepang, namun aksi ini sempat mendapat pujian salah satu pemain timnas negara matahari terbit tersebut.

"Kami sangat terkesan," ujar bek Maya Yoshida menjelang pertandingan melawan Senegal di fase grup beberapa waktu yang lalu.

"Tentu saja bukan hanya tim nasional yang mewakili Jepang, tapi para pendukung di Rusia juga. Jadi ketika dipuji oleh seluruh dunia (atas tindakan mereka), kami sangat bangga," tambah pemain yang juga bermain untuk Southampton tersebut dikutip dari Japan Times.

Yoshida sendiri mengatakan, para pemain juga menerapkan kebersihan di ruang ganti.

"Baiklah, kami meninggalkan ruang ganti kami setelah pertandingan jauh lebih bersih dibandingkan di Liga Premier," kata Yoshida sambil bergurau.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Membersihkan Ruang Ganti

Suporter Jepang menangis sambil membentangkan bendera negara pertandingan melawan Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, di Rostov-on-Don, Rusia, (2/7). Jepang takluk dengan dramatis atas Rusia 3-2. (AP Photo / Petr David Josek)

Hal ini sepertinya juga terlihat usai Jepang dikalahkan Belgia pada Selasa dini hari Waktu Indonesia Barat.

Dalam sebuah foto yang diunggah di akun @CuriosodeFutbol, terlihat bahwa tim nasional Jepang membersihkan ruang gantinya dan meninggalkan sebuah catatan bertuliskan "Terima Kasih".

"Mereka baru saja tersingkir dari Piala Dunia setelah memainkan pertandingan hebat dan ketika hanya 15 detik tersisa untuk perpanjangan waktu. Meskipun mereka terpuruk, para pemain Jepang membersihkan ruang ganti dan meninggalkan catatan yang mengatakan 'Terima Kasih' Kita punya banyak hal untuk dipelajari," tulis akun tersebut.

Sekalipun sempat unggul saat melawan Belgia, Jepang sepertinya harus pulang setelah tim asuhan Robert Martinez tersebut memperkecil ketertinggalan lewat tandukkan Jan Vertonghen dan Maruoane Fellaini.

Menjelang menit-menit akhir, Belgia berhasil membalikkan keadaan setelah gol Nacer Chadli membobol gawan tim terakhir Asia tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Air Mata Suporter Jepang Usai Laga Lawan Belgia

Posted: 02 Jul 2018 10:00 PM PDT

Suporter Jepang menangis sambil membentangkan bendera negara pertandingan melawan Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, di Rostov-on-Don, Rusia, (2/7). Jepang takluk dengan dramatis atas Rusia 3-2. (AP Photo / Petr David Josek)

Suporter Jepang menangis sambil membentangkan bendera negara pertandingan melawan Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, di Rostov-on-Don, Rusia, (2/7). Jepang takluk dengan dramatis atas Rusia 3-2. (AP Photo / Petr David Josek)

Ekspresi kesedihan suporter wanita Jepang usai pertandingan melawan Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, di Rostov-on-Don, Rusia, (2/7). Jepang takluk dengan dramatis atas Rusia 3-2. (AP Photo / Pavel Golovkin)

Ekspresi kesedihan suporter wanita Jepang usai pertandingan melawan Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, di Rostov-on-Don, Rusia, (2/7). Jepang takluk dengan dramatis atas Rusia 3-2. (AP Photo / Pavel Golovkin)

Suporter wanita Jepang mengusap air mata usai pertandingan melawan Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, di Rostov-on-Don, Rusia, (2/7). Jepang takluk dengan dramatis atas Rusia 3-2. (AFP Photo / Odd Andersen)

Suporter wanita Jepang mengusap air mata usai pertandingan melawan Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, di Rostov-on-Don, Rusia, (2/7). Jepang takluk dengan dramatis atas Rusia 3-2. (AFP Photo / Odd Andersen)

Suporter Jepang memeluk bendera negaranya usai pertandingan melawan Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, di Rostov-on-Don, Rusia, (2/7). Jepang takluk dengan dramatis atas Rusia 3-2. (AFP Photo / Odd Andersen)

Suporter Jepang memeluk bendera negaranya usai pertandingan melawan Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, di Rostov-on-Don, Rusia, (2/7). Jepang takluk dengan dramatis atas Rusia 3-2. (AFP Photo / Odd Andersen)

Ekspresi seorang suporter Jepang setelah pertandingan melawan Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, di Rostov-on-Don, Rusia, (2/7). Jepang takluk dengan dramatis atas Rusia 3-2. (AFP Photo / Juan Barreto)

Ekspresi seorang suporter Jepang setelah pertandingan melawan Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, di Rostov-on-Don, Rusia, (2/7). Jepang takluk dengan dramatis atas Rusia 3-2. (AFP Photo / Juan Barreto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Cek Hasil Pengumuman SBMPTN 2018 di Sini

Posted: 02 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi diumumkan pada 3 Juli 2018. Dikutip dari situs resmi SBMNPTN, Selasa (3/7/2018), hasil seleksi dapat dilihat mulai pukul 17.00 WIB.

Bagi kamu yang ingin mengetahui hasil pengumuman, dapat mengaksesnya di situs resmi SBMPTN 2018 atau langsung mengaksesnya di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Panitia juga menyediakan kanal pengumuman lain yang dapat diakses laman mirror dari 12 Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Berikut ini daftar lengkap untuk akses pengumuman SBMPTN 2018 yang dapat diakses lewat laman mirror.

1. http://sbmptn.ui.ac.id

2. http://sbmptn.undip.ac.id

3. http://sbmptn.ugm.ac.id

4. http://sbmptn.unair.ac.id

5. http://sbmptn.unsri.ac.id

 

Daftar Situs Lanjutan

Nadia, peserta tuna daksa yang mengikuti ujian SBMPTN 2018 di SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Solo, Selasa (8/5).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

7. http://sbmptn.itb.ac.id

8. http://sbmptn.its.ac.id

9. http://sbmptn.ipb.ac.id

10. http://sbmptn.unand.ac.id

11. http://sbmptn.unhas.ac.id

12. http://sbmptn.unsyiah.ac.id

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sendiri digelar pada Selasa, 8 Mei 2018. Ada 860.001 peserta yang akan mengikuti ujian tersebut.

Ketua Panitia Pusat SBMPTN Ravik Karsidi menjelaskan, jumlah peserta tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan peserta yang mendaftar tahun lalu. Kenaikan tersebut mencapai 15 persen.

Minat Peserta SBMPTN 2018 Naik

Sejumlah peserta SBMPTN sedang mengerjakan soal ujian di sejumlah lokasi di Solo, Selasa (8/5).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Peningkatan ini terjadi salah satunya semakin tingginya minat lulusan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, sejumlah kesiapan telah dilakukan, baik oleh panitia pusat maupun lokal guna menyukseskan seleksi tersebut.

Sementara, untuk pelaksanaan SBMPTN akan dilakukan dengan dua kategori. Yakni kategori ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) dan ujian tertulis berbasis cetak atau (UTBC).

Pemilihan kategori tersebut disesuaikan dengan kesiapan pelaksana ujian. Mengingat untuk ujian menggunakan komputer juga diperlukan fasilitas yang memadai.

"Untuk peserta yang mengikuti UTBC sebanyak 833.820 peserta, sedangkan yang mengikuti UTBK sebanyak 26.181 peserta," ujar Ravik saat ditemui JawaPos.com di ruang kerjanya, Senin (7/5/2018).

Pada kesempatan tersebut Ravik menambahkan para peserta SBMPTN tersebut akan memperebutkan lebih kurang 135 ribu kursi di perguruan tinggi negeri (PTN) yang diinginkan.

"Untuk ujian tertulis akan dilaksanakan besok, tetapi untuk ujian keterampilan akan dilaksanakan pada tanggal 9 dan 11 Mei mendatang. Ujian keterampilan ini dilakukan seperti POK atau pun seni," katanya.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Sejumlah peserta mengikuti SBMPTN 2018 di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan, Selasa (8/5). Sebanyak 74 ribu peserta calon mahasiswa ikut ujian SBMPTN di UIN. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tabur Bunga Keluarga Korban KM Sinar Bangun

Posted: 02 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga korban KM Sinar Bangun melakukan tabur bunga di tepi Danau Toba saat pencarian korban dihentikan pemerintah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktor Senior Arief Rivan Meninggal Dunia

Posted: 02 Jul 2018 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali harus kehilangan salah satu aktor terbaiknya. Aktor senior Arief Rivan meninggal dunia di usia 66 tahun.

Berita meninggalnya Arief Rivan tersiar pertama kali dari pesan singkat yang tersebar di media sosial. Dalam pesan tersebut, disebutkan bahwa Arief Rivan mengembuskan napas terakhirnya pada Selasa (3/7/2018) pukul 04.00 WIB.

Kabar duka tersebut juga dibenarkan putri Arief Rivan, Ory, saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (3/7/2018). "Iya benar, berita itu (Arief Rivan meninggal) benar. Mohon doanya," ungkap Ory.

Belum diketahui pasti apa penyebab meninggalnya aktor Arief Rivan. Hanya saja, beberapa tahun terakhir spesialis pemeran antagonis di berbagai sinetron itu sudah jarang menghiasi televisi karena sakit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temukan Sensasi Menenangkan di NIVEA Sensational Oil in Lotion

Posted: 02 Jul 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tubuh senantiasa membutuhkan istirahat dan relaksasi, terutama bagi kamu yang aktif dan super sibuk. Pasti sering kurang tidur atau stres. Enggak kebayang kan jadinya kalau tubuh dan diri kita ini enggak pernah kita manjakan? Tentu akan berdampak buruk untuk kulit dan tubuh kita.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai dengan hal sederhana dan enggak perlu repot-repot mendatangi tempat relaksasi karena kita bisa melakukannya sendiri di rumah, bahkan dimanapun kita inginkan dengan cara memberikan sentuhan untuk kulit dan tubuhmu pakai NIVEA Sensational Oil in Lotion.

Kenapa harus NIVEA Sensational Oil in Lotion?

"Karena ini pertama dan memang berbeda dari lotion lainnya yang dimana ada campuran lotion dengan oil yang bisa jauh lebih melembapkan hingga 24 jam dan juga sebuah varian baru dari NIVEA dengan menggunakan fragrance yang dapat memberikan sensasi menenangkan, sehinigga membuat kita lebih rileks," ujar Brigitta Dewi Pricillia, Brand Executive Body Care Nivea, yang ditemui oleh tim Liputan6.com di booth Nivea, Mall Kota Kasablanka, Jakarta (25/05/2018).

Tiga varian terbaru dari NIVEA Sensational Oil in Lotion

Semakin penasaran ingin mencobanya, bukan? Nah, sebelum itu, wajib kamu ketahui dulu nih kalau ada inovasi terbaru, yaitu fragrance yang bisa membuat rileks dan ada tiga varian terbaru yang bisa kamu pilih sesuai kesukaanmu:

1. Vanilla & Almond Oil

Aroma Vanilla yang dapat menenangkan bisa membuat tubuh menjadi rileks, ditambah dengan Almond Oil yang juga mengunci kelembapan dan menutrisi kulit, sehingga bisa lebih terlihat berkilau dan bercahaya.

2. Cherry Blossom & Jojoba Oil

Bagi kamu penyuka wangi bunga, Cherry Blossom & Jojoba Oil ini cocok untukmu, karena ada sensasi aroma Cherry Blossom-nya yang lembut dan menenangkan. Begitu pula Jojoba Oil yang ampuh melindungi permukaan kulit dan dapat mencegah kulit kering, juga menjadikan kulit lebih lembap hingga 24 jam tanpa rasa lengket.

Kabar baiknya, produk ini paling laris dan disukai lho oleh para pengunjung di booth Nivea, Mall Kota Kasablanka, Jakarta saat event FIMELA Fuchsia Market.

3. Rose & Argan Oil

Cocok buat kamu yang punya rasa stres tingkat tinggi karena ada aroma Rose yang anggun dan bisa meredakan rasa cemas, ditambah Argan Oil dengan 2x Vitamin E dari olive oil untuk melindungi kulit dari radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan melembabkan kulit kering.

Duh, jadi pengen sejenak relaksasi enggak sih? Pengen banget kan? Nah, sekarang kamu enggak perlu khawatir lagi karena udah ada NIVEA Sensational Oil in Lotion. Kamu pilih yang mana nih dari ketiga fragrance di atas?

Stay relax and beautiful ya!

 

 

(ADV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenaikan Harga Pertamax Cs Bisa Picu Inflasi

Posted: 02 Jul 2018 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi bisa memicu inflasi karena kenaikan biaya-biaya produksi (cost push inflation).

Peneliti Indef, Esa Suryaningrum, menyebutkan bahwa meskipun kenaikan terjadi pada BBM nonsubsidi namun dampaknya langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Isu terbaru tanggal 1 Juli ada kenaiakn harga BBM non subsidi. Meskipun yang naik nonsubsidi pasti akan berdampak," kata Esa, Selasa (3/7/2018).

Kenaikan BBM bisa merembet pada persoalan lain sebab hampir 30 persen dari pendapatan masyarakat dihabiskan untuk keperluan BBM atau transportasi.

"Sehingga kalau misalnya terjadi kenaikan harga BBM maka sudah jelas terjadi cost push inflatioan. Akibatnya, daya beli masyarakat juga melemah," ujarnya.

 Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Harga Pertamax Cs Naik

Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7). PT Pertamina (Persero) menaikkan harga Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex mulai dari Rp500 hingga Rp900 per liter mulai 1 Juli 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Diketahui, PT Pertamina (Persero) telah menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi jenis Pertamax pada Minggu 1 Juli 2018. Harga Pertamax naik Rp 600 menjadi Rp 9.500 per liter.

Kemudian harga Pertamax Turbo naik Rp 600 menjadi Rp 10.700 per liter. Sedangkan harga Pertamina Dex naik Rp 500 menjadi Rp 10.500 per liter dan harga Dexlite naik Rp 900 menjadi Rp 9.000 per liter.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito mengatakan, penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex, merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik. Saat ini harga minyak dunia rata-rata mencapai USD 75 per barel.

"Bahan baku BBM adalah minyak mentah, tentunya ketika harga minyak dunia naik akan diikuti dengan kenakan harga BBM," kata Adiatma.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Harap MXGP Tetap Jadi Agenda Tahunan di Pangkal Pinang

Posted: 02 Jul 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menutup balapan para crosser di Sirkuit GOR Sahabuddin Pangkal Pinang Babel, Minggu (1/7) sore, Menpora berharap di tahun-tahun mendatang MXGP tetap menjadi agenda tahunan di Pangkal Pinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penutupan ditandai dengan penyerahan piala kepada para juara di podium utama.
 
Pemerintah pusat sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah, sponsor,  dan semua pihak sehingga even ini dapat digelar lagi di Pangkal Pinang Babel Indonesia. Ini menandakan sebuah kepercayaan besar, dari segi prestasi akan mendongkrak kemampuan para atlet nasional, dan dari segi pariwisata akan semakin memoncerkan Indonesia di dunia akan keanekaragaman budaya dan destinasi wisata. 
 
"Saya melihat tadi para crosser Indonesia mampu bersaing dan masih ada kesempatan sekali lagi di Semarang. Komitmen Pak Gubernur luar biasa, dan semoga sirkuit ini segera dapat dipatenkan sehingga banyak even nasional dan internasional digelar, memberi kesempatan para atlet kita untuk berlaga di even nasional dan internasional," tegas Menpora. 
 
Usai pertandingan, Menpora mengunjungi markas Team Merah Putih (paddock) untuk memberi semangat dan meminta masukan para atlet balap motor kebanggaan Indonesia. "Semangat ya, Merah Putih. Ayo ada masukan atau hal-hal yang disampaikan ke saya," ujar Menpora sambil menyalami para crosser.
 
Kesempatan baik itu tidak disia-siakan para pembalap yang diwakili salah satu andalan Team Merah Putih Aldi Lazaroni. "Waktu persiapan perlu ditambah Pak Menteri, tidak cukup hanya 1-1,5 bulan. Jika persiapan cukup adaptasi motor dan sirkuit akan lebih baik, sekarang saja yang persiapan hanya sekitar 1,5 bulan dan motor dapat dibilang langsung pakai alhamdulillah mampu bersaing hingga finis meskipun belum maksimal," katanya.
 
Adapun tampil di podium sebagai pemenang di Tiket.com Indo MXGP 2018 ini, juara 1 Jeffry Herlings - KTM asal Belanda, juara 2 Antonio Cairoli - KTM asal Italia, dan juara 3 Romain Febvre - Husqvarna asal Perancis. Sebagai kehormatan Menpora menyerahkan piala untuk juara 1 dan Manajer Team.
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Artis Tik Tok, Bowo Alpenliebe Ingin Berangkatkan Orangtua Umrah

Posted: 02 Jul 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah fenomena artis YouTube, kini masyarakat Tanah Air dihebohkan dengan kehadiran Bowo Alpenliebe si bintang Tik Tok. Cowok 13 tahun itu sukses mencuri perhatian kalangan remaja perempuan masa kini.

Kepopulerannya sebagai artis Tik Tok rupanya membawa keuntungan tersendiri bagi Bowo Alpenliebe. Beberapa kali cowok bernama asli Prabowo Mondardo ini dipanggil untuk menghadiri acara jumpa penggemar.

Tarif acara jumpa penggemar ini sendiri dipatok mulai dari Rp 80 ribu sampai dengan Rp 100 ribu. Itu artinya, Bowo Alpenliebe kini sudah bisa menghasilkan uang sendiri berkat popularitasnya.

"Penghasilannya lumayan banyak, dia sekali panggil untuk meet and greet bisa dapat Rp 400 ribu," ujar Ocha, kakak kelas sekaligus teman dekat Bowo Alpenliebe saat dihubungi Liputan6.com via telepon baru-baru ini.

 

Bahagiakan Orangtua

Bowo Alpenliebe, artis Tik Tok yang digandrungi remaja perempuan masa kini. [foto:instagram.com/bowoo_alpenliebe]

Bowo Alpenliebe sendiri memang belum setenar selebritas muda Tanah Air lainnya. Namun Bowo memiliki cita-cita yang begitu mulia bila dirinya nanti sudah punya banyak uang yakni memberangkatkan orangtuanya umrah.

"Dia sudah ada cita-cita pengin banggain orangtuanya. Dia pengin sukses, pengin lebih terkenal, mau bawa orangtuanya umrah," lanjut Ocha.

 

Tercekik Penggemar

Bowo Alpenliebe, artis Tik Tok yang digandrungi remaja perempuan masa kini. [foto:instagram.com/bowoo_alpenliebe]

Sayangnya, acara jumpa penggemar dengan Bowo tidak selalu berjalan dengan mulus. Belum lama ini Bowo mengalami perlakuan tak menyenangkan dari penggemarnya.

Lantaran berebut ingin bertemu, para penggemar sampai membuat Bowo tercekik. "Dia dicekik para fansnya, ditarik-tarik jadi dia risih," tutur Ocha.

 

Kesengsem

Bowo Alpenliebe, artis Tik Tok yang digandrungi remaja perempuan masa kini. [foto:instagram.com/bowoo_alpenliebe]

Kepopuleran Bowo Alpenliebe bukan sekedar karena kelihaiannya bermain Tik Tok, tapi juga karena wajahnya yang dianggap ganteng. Bahkan tidak sedikit penggemar yang kesengsem melihat sosok Bowo.

"Y allah kak bowo ganteng bnget," ujar @oktaviana823.

"Ya ampunnnn gnteng bangettt kmuu," kata @salwa1372.

"Kk Bowo aku mau nanya ? Kapan sih sih ganteng nya KK itu luntur," sahut @melf_hen13.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiba di Pangkal Pinang, Menpora Untuk Buka MXGP

Posted: 02 Jul 2018 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menpora Imam Nahrawi disambut Wakil Gubernur Abdul Fatah dan Sekda Yan Megawandi, tiba di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Bilitung, Minggu (1/7) pagi, untuk membuka even internasioanal Motorcross Grand Prix (MXGP) seri Indonesia 2018 yang dipusatkan di Sirkuit GOR Sahabuddin Pangkal Pinang.
 
Landing di Bandara Depati Amir, Menpora disambut dengan acara pengalungan kain Cual kebanggaan masyarakat Bangka. Kehadiran Menpora Imam Nahrawi di Pulau Bangka kali ini didorong kebanggaannya karena Indonesia dipercaya untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah MXGP, yang menandakan bahwa ketika menjadi tuan rumah pertama dinilai sukses dan berhasil. 
 
"Assalamu 'alaikum, selamat pagi semuanya. Saya bangga Pangkal Pinang, Babel, Indonesia dipercaya kembali menjadi tuan rumah even internasional bergengsi MXGP yang kedua," sapa Menpora kepada para penyambut. 
 
Sebagai informasi awal, sebanyak 31 pembalap bakal bertarung pada MXGP Indonesia di Pangkal Pinang, dengan lima crosser di antaranya mengusung bendera Merah Putih, yaitu Aldi Lazaroni, Asep Lukman, Farhan Hendro, Rizky HK yang tergabung dalam Team Merah Putih dan Andre Sondakh dari KTM.
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekrut Cousins, Warriors Ciptakan Dream Team di NBA

Posted: 02 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Golden State Warriors merespons kepindahan LeBron James ke Los Angeles Lakers dengan menciptakan tim super untuk NBA 2018-2019. Warriors berhasil menggaet center DeMarcus Cousins.

Cousins telah memutuskan meninggalkan New Orleans Pelicans dan berstatus free agent musim panas ini. Awalnya Cousins diperkirakan akan mengikuti LeBron ke Lakers atau kembali ke Pelicans. 

Namun secara mengejutkan Cousins malah memutuskan hijrah ke Warriors. Menurut laporan Yahoo Sports, Cousins setuju meneken kontrak setahun dengan Warriors.

Karena sudah bertabur bintang, Warriors tak bisa memberikan gaji besar. Cousins mengalah dan secara mengejutkan mau dibayar rendah oleh Warriors. Pemain 27 tahun itu hanya dibayar 5,3 juta dolar AS (Rp 76 miliar).

Bergabungnya Cousins membuat Warriors menciptakan dream team di NBA 2018-2019. Mereka bakal punya komposisi starter keseluruhannya pemain All-Star.

Sebelum Cousins, Warriors sudah punya, Stephen Curry, Klay Thompson, Kevin Durant dan Draymond Green.

 

Hanya Semusim

Center New Orleans Pelicans, DeMarcus Cousins (tengah) menerobos duo LA Lakers, Julius Randle (kiri) dan Brandon Ingram pada lanjutan NBA 2017-2018, Senin (23/10/2017) WIB. (AP Photo/Kelvin Kuo)

Cousins nampaknya hanya akan semusim di Warriors. Begitu mendapatkan cincin juara NBA, eks pemain Sacramento Kings itu akan memilih pindah ke klub yang bisa memberikan kontrak maksimal.

Keberhasilan Warriors merekrut Cousins tak lepas dari jasa Green. Cousins dan Green memiliki hubungan dekat. Green yang turut merayu Cousins agar mau hijrah ke ORACLE Arena.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erupsi Lagi, Status Gunung Agung Siaga III

Posted: 02 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Bali - Aktivitas vulkanik Gunung Agung di Karangasem, Bali, hingga kini belum menunjukkan penurunan. Erupsi kembali terjadi pukul 09.46 Wita dengan kolom abu teramati setinggi 500 hingga 2.000 meter dari puncak kawah.

Ratusan pengungsi masih bertahan di sejumlah lokasi.

Hasil pengamatan petugas di pos pengamatan Desa Rendang Karangasem, kolom abu mengarah ke barat tertiup angin.

Statusnya masih siaga level III dan erupsi abu vulkanik diperkirakan terus terjadi.

Simak berita selengkapnya dalam Liputan6 Siang SCTV, Selasa (3/7/2018), di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dongkrak Produksi Padi, Kementerian PUPR Gencar Bangun Bendungan

Posted: 02 Jul 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) gencar membangun bendungan untuk menambah pasokan air bagi areal persawahan. Sulawesi Selatan sebagai salah satu sentra pangan nasional kini dijadikan sebagai salah satu lokasi yang fokus dilakukan pembangunan bendungan. 

 Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, berdasarkan masterplan pembangunan irigasi tahun 1993, Pulau Jawa saat itu diposisikan sebagai pihak penyuplai tanaman pangan. Meski begitu, ia memprediksi, 25 tahun setelah tahun tersebut posisi Jawa sebagai penyuplai komoditas tanaman akan digantikan oleh berbagai daerah lain, termasuk Sulawesi Selatan.
 
"Dalam membangun irigasi itu ada tujuh syarat, di antaranya ada airnya, tanah yang cocok untuk padi, accesibility, ada petaninya, dan topografinya. Yang mencakup itu, salah satunya ada di Sulawesi Selatan," ujar dia di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018).
 
Dia melanjutkan, saat ini Sulawesi Selatan sudah memiliki tiga bendungan besar, yakni Bili-Bili, Ponre-Ponre dan Kalola. Nantinya, ia menambahkan, akan dibangun tiga bendungan lanjutan yaitu Paselloreng, Karalloe dan Pamukkulu yang disinyalir memiliki daya tampung sekitar 230 juta meter kubik.
 
"Walaupun sudah ada Bendungan Kalola, musim kemarau daya tampungnya akan berkurang dibanding musim hujan. Tapi kalau enggak ada bendungan, ya nol," ucap Menteri Basuki.
 

Daerah Irigasi

Kementerian PUPR gencar membangun bendungan untuk menambah pasokan air bagi areal persawahan. ( Maulandy Rizki/Liputan6.com)

Adapun Sulawesi Selatan memiliki sekitar 300 ribu hektare lahan yang berpotensi untuk dimaksimalkan sebagai daerah irigasi. Dari jumlah tersebut, 2.300 lokasi di antaranya memiliki luas lahan di bawah 1.000 hektare. Sedangkan pemerintah pusat memiliki kewenangan untuk mengelola 9 daerah irigasi di atas 3 ribu hektare.

Lebih lanjut, Menteri Basuki menyampaikan, total luas daerah irigasi dan bendungan di Indonesia kini hanya bisa memberi sokongan ke area persawahan sebanyak 11 persen. Nantinya, Kementerian PUPR akan lanjut membangun 49 bendungan baru agar suplai air bisa naik sampai 20 persen.

"Kita punya 7,3 juta hektare lahan irigasi di seluruh Indonesia, dan 231 bendungan. Itu baru untuk menyuplai 11 persen. Kita mau bangun 49 (bendungan) baru lagi supaya bisa naik 20 persen," tukas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituduh Roby Geisha Pakai Guna - Guna, Cinta Ratu Nansya Lakukan Ini

Posted: 02 Jul 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Proses perceraian Roby Geisha dan Cinta Ratu Nansya masih bergulir di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Pada Senin (2/7/2018), merupakan agenda kesimpulan.

Roby Geisha pun membawa bukti atas tuduhannya kepada sang istri, Cinta Ratu Nansya melakukan pelet berupa kain hitam bertuliskan huruf Arab.

"Kan kami dimintakan terus yang pembuktian itu. Jadi tadi sudah kami bawa benda-benda mistis itu ya. Kami sudah bawa, ternyata mereka ada tanggapan. Jadi, kesimpulan dari mereka belum. Masih minggu depan kesimpulan dari mereka," ucap kuasa hukum Roby Geisha, Previany Annisa Rellina, saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Barang-barang tersebut dibawa lantaran pihak Cinta Ratu nansya menyebut pelet tersebut cuma buatan saja. Padahal, Roby Geisha sendiri yang menemukan barang-barang tersebut.

Sibuk dengan Ibu

Cinta Ratu Nansya

Bukti yang dibawa Roby Geisha rupanya tak mempengaruhi Cinta Ratu Nansya. Dirinya memilih untuk menyibukkan diri dengan sang ibu.

Dalam akun Instagram, terlihat Cinta Ratu Nansya tengah memakaikan sepatu di kaki ibunya.

 

Surga di Telapak Kaki Ibu

Cinta Ratu Nansya (Foto: Instagram)

Cinta Ratu Nansya hanya ingin membuat ibunya bahagia. Ia pun menyadari rida ibu merupakan jalan terbaik untuknya.

"Ketika mereka sibuk terus menutupi kesalahannya , biarkan saya sibuk membahagiakan Ibunda tercinta . Karena Surga dan berkah saya tetap ada ditelapak Kaki Ibu," tulisnya sebagai keterangan foto.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekapitulasi Jumlah Penumpang Bandara Angkasa Pura I pada H-8 Hingga Hari Ke-2 Lebaran

Posted: 02 Jul 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat pertumbuhan jumlah penumpang dan pesawat pada masa arus mudik Lebaran 2018, sejak 7 Juni (H-8) hingga 16 Juni (Hari ke-2 lebaran). Dibandingkan periode sama pada tahun lalu, jumlah penumpang dan pesawat meningkat sebesar 8 persen dan 9,3 persen.

Adapun jumlah penumpang mencapai 2.855.453 orang, tumbuh 8 persen dari 2.644.263 orang pada 2017. Sementara itu, arus pesawat sebanyak 22.663 pergerakan. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 9,3 persen atau 20.729 pergerakan. 

Jumlah penumpang terbanyak berada di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dengan total mencapai 696.731 orang. Angka ini naik 11 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang sebanyak 626.040 orang.

"Tingginya trafik penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada masa angkutan Lebaran ini mengindikasikan tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung dan meninggalkan Bali di mana hal ini bertepatan dengan libur cuti nasional dan masa libur sekolah. Bali masih menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat untuk berwisata pada masa libur," ujar Israwadi, Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero).

Jumlah penumpang terbanyak kedua berada di Bandara Internasional Juanda Surabaya sebanyak 615.118 orang atau naik 1,9 persen dari 603.618 orang pada periode sama pada 2017. Selanjutnya, penumpang terbanyak ketiga terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang mencapai 350.376 orang, naik 1,8 persen dari 344.006 orang pada tahun lalu. Sementara itu, pertumbuhan penumpang tertinggi terjadi di Bandara Frans Kaisiepo Biak dengan pertumbuhan 94,79 persen, naik dari 9.198 orang pada 2017 menjadi 17.917 orang pada 2018.

Trafik Penumpang pada hari ke-2 lebaran 

Pada 16 Juni 2018 atau hari ke-dua lebaran, jumlah penumpang di 13 bandara Angkasa Pura I meningkat sebanyak 258.707 orang, tumbuh 5,35 persen dari 245.569 orang dari tahun lalu. Jumlah penumpang terbaanyak tetap berada di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali yang mencapai 73.349 orang atau naik 11,43% dari 65.825 orang pada 2017.

Sementara itu, jumlah penumpang terbanyak kedua terjadi di Bandara Internasional Juanda Surabaya dengan total penumpang sebanyak 56.780 orang. Tumbuh 3,05 persen dari 55.099 orang pada tahun sebelumnya. Adapun jumlah penumpang terbanyak ketiga berada di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, yaitu sebanyak 24.947 orang. Jumlah ini turun 11,27 persen dari 28.117 orang pada 2017.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mudah Bikin Kaca Mobil Tetap Kinclong

Posted: 02 Jul 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara saat hujan turun tentunya membuat mobil menjadi kotor. Tidak cuma bodi, bagian lain pun ikut kotor, termasuk bagian kaca.

Terlebih jika intensitas hujan yang turun sangat lebat. Hal ini juga membuat jarak pandang terbatas saat menyetir dalam kondisi hujan.

Biasanya, otolovers akan menyalakan wiper supaya jarak pandang tetap aman. Tapi, seringnya masih meninggalkan embun dan bekas titik air.

Nah, supaya kaca mobilmu tetap kinclong, Daihatsu Indonesia punya triknya. Apa saja?

Otolovers perlu menyiapkan peralatan dan bahannya. Yakni, rubbing compound dan kain lap yang bersih.

Lalu, lap kaca depan mobil pakai kain lap bersih, sampai semua debu dan kotoran terangkat dengan lap.

 

Selanjutnya

Jika sudah, aplikasikan rubbing compound pada kaca mobil secara merata. Rubbing compound biasanya mengandung wax yang sifatnya kedap air.

Terakhir, bersihkan rubbing compound menggunakan lap kering dengan cara sedikit ditekan sampai pasta compound menghilang.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Daftar Kota Paling Layak Huni di Dunia 2018, Ada Indonesia?

Posted: 02 Jul 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Munchen - Majalah Inggris Monocle mengeluarkan daftar kota paling layak huni di dunia. Ada Indonesia di dalamnya?

Seperti dikutip dari DW, Selasa (3/7/2018), peringkat tahunan yang dikeluarkan oleh majalah itu menyebut Muenchen meraih peringkat tertinggi sebagai kota paling layak huni tahun ini dan menyingkirkan Tokyo dari posisi teratas.

Media tersebut juga menempatkan Berlin, Hamburg dan Dusseldorf di peringkat 20 besar. Tokyo menempati posisi kedua. Tidak ada kota di Indonesia yang masuk ke dalam daftar.

Biaya hidup di ibu kota Bayern itu memang tinggi tetapi para analis berpendapat bahwa warga München mendapatkan balasan yang setimpal, karena kota ini memiliki "infrastruktur yang sangat baik dengan ekonomi yang kuat" dan "kedekatan dengan alam serta apresiasi untuk budaya."

Selain itu, kolam renang umum dan sauna serta pusat kebugaran (gym) terkemuka yang dimiliki München juga menjadi pertimbangan para analis dalam penilaian mereka.

Kota dengan 1,5 juta penduduk ini juga memiliki tingkat pengangguran yang rendah, yakni 3,5 persen. Berbeda dengan banyak kota lain, angka pengangguran di München justru lebih rendah di kalangan anak muda. Ekonomi bergeliat pada industri mobil, mesin bangunan, teknologi informasi dan industri bioteknologi.

Tokyo dan Wina masing-masing turun ke peringkat 2 dan 3. Meski turun peringkat, Tokyo, yang sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020, meraih nilai tinggi untuk "makanan, ritel, transportasi dan efisiensi secara umum" dan "untuk menunjukkan bahwa kota-kota besar tidak harus keras dan tidak manusiawi."

Wina dan Berlin: Turun Peringkat

Wina dikritik karena jam ritel yang terbatas tetapi unggul karena kecantikan arsitektur Barok, sewa rumah yang terjangkau, transportasi yang sangat baik, makanan dan kehidupan kultural.

Sementara itu, posisi 4 dan 5 ditempati Zurich dan Kopenhagen.

Tahun lalu München dan Berlin berada di posisi 3, tetapi sementara München melonjak ke nomor 1, Berlin tergelincir ke nomor 6. Turunnya peringkat Berlin dikarenakan pembangunan bandara yang molor dengan pembengkakan biaya dan perencanaan yang buruk. Bandara itu seharusnya dibuka pada tahun 2011 tetapi hingga kini bandara tersebut belum siap dan tidak akan dibuka sebelum tahun 2019.

Tokyo dan Wina masing-masing turun ke peringkat 2 dan 3. Meski turun peringkat, Tokyo, yang sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020, meraih nilai tinggi untuk "makanan, ritel, transportasi dan efisiensi secara umum" dan "untuk menunjukkan bahwa kota-kota besar tidak harus keras dan tidak manusiawi."

Meskipun begitu, tinjauan Monocle tetap menyebut Berlin sebagai "salah satu kota paling menarik di dunia", penuh kreativitas, tidak hanya dalam seni dan budaya tetapi juga dalam kewirausahaan.

Di peringkat 7 ada Madrid, yang naik tiga peringkat dari tahun lalu dan di posisi 8 Hamburg.

Hamburg: Efek Elbphilharmonie

Hamburg telah mengalami pertumbuhan pesat di bidang pariwisata, disebabkan sebagian oleh gedung konser yang baru saja dibuka - Elbphilharmonie, pada tahun 2017. Kota di pinggiran sungai Elbe itu sekarang melampaui Berlin dalam jumlah turis yang menginap satu malam.

Kota ini sekarang melarang kendaraan bertenaga diesel dan melakukan sejumlah proyek pembangunan kembali.

Melbourne dan Helsinki menutup daftar 10 besar kota layak huni tahun 2018 dengan berada masing-masing di posisi 9 dan 10.

Di benua Amerika, Vancouver menjadi satu-satunya kota yang masuk daftar (di posisi 15) sebagian besar berkat keindahan alamnya.

Kota Jerman lain, Dusseldorf - yang dihuni sekitar 600.000 orang - berada di posisi 18. Biaya hidup yang relatif rendah, panggung seni yang hidup dan sektor telekomunikasi yang berkembang memberi daya tarik bagi kota ini.

Meskipun ukurannya kecil, Dusseldorf adalah rumah bagi bandara ketiga tersibuk di Jerman, setelah Frankfurt dan München. Kota ini juga sedang melakukan perbaikan senilai 80 juta euro untuk sistem transportasi umumnya.

Namun, kota itu dikritik karena tidak ramah terhadap bisnis dan turis.

Sejauh ini Indonesia belum masuk dalam daftar tersebut.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Dosen UGM Koleksi Jersey Pemain Sepak Bola Indonesia Sejak 20 Tahun

Posted: 02 Jul 2018 09:31 PM PDT

Sleman - Sepak bola merupakan olahraga yang memiliki banyak peminat. Pasalnya, olahraga ini menarik banyak penggemar, baik klub, timnas, maupun pemainnya. Dampaknya, tidak hanya banyak yang ingin bisa bermain sepak bola, tetapi juga banyak yang mengoleksi, terutama jersey atau kaus tim.

Jersey atau kaus tim bekas pemain sepak bola di Indonesia ternyata penuh makna. Setidaknya hal itu diresapi betul oleh Dimas Wibardyanto (34), dosen Teknik Arsitektur UGM yang selama 20 tahun ini mengumpulkan tidak kurang dari 500 kaus bekas pemain bola dari seluruh Indonesia.

KRjogja.com berbincang santai di kediaman Dimas Wihardyanto (34), di kediamannya, Jalan Kaliurang KM 5 Pogung Baru. Di dunia akademis, mungkin Dimas terlihat biasa saja layaknya dosen muda pada umumnya. Namun ketika mulai membicarakan kaus bekas yang dikenakan para pemain sepak bola, fakta-fakta menarik tak terduga yang bahkan belum terpikirkan muncul begitu saja.

Messi, Ronaldo, atau pemain dunia saat ini sangat mudah memberikan jersey bermain kepada fans karena pabrikan besar memproduksi banyak jersey tersebut. Namun, tidak di Indonesia, jersey Widodo Cahyono Putro saat berhasil menendang salto di Piala Asia yang jadi salah satu gol terbaik sepanjang masa hanya ada dua atau bahkan satu.

Tak heran kemudian jersey asli pemain di Indonesia menjadi sebuah barang yang sangat sulit untuk bisa didapatkan. Inilah keunikan yang ternyata bisa menggerakkan hati Dimas untuk mengoleksi jersey pemain Indonesia hingga terkumpul 500-an buah di kediamannya.

Sudah 20 tahun, bapak satu putra ini menjadi kolektor jersey tim nasional dan klub-klub Indonesia. Selama itu pula pengalaman di dunia "seragam bekas" setia menemani pria yang dahulu sempat menjadi penulis lepas di akun suporter salah satu klub DIY ini.

"Sekitar tahun 1998, saya masih SMA dan kebetulan satu kelas dengan puteri almarhum Iswadi Idris, legenda sepak bola Indonesia. Saya suka sepak bola, melihat latihan para pemain profesional, dan tertarik dengan cerita-cerita para pemain di luar lapangan. Jersey pertama yang saya dapat juga karena melihat pemain saat latihan coba lapangan sebelum bertanding di Mandala Krida," kenangnya ketika berbincang dengan KRjogja.com, Senin malam, 2 Juli 2018.

 

Baca berita menarik lainnya di KRJogja.com di sini.

 

Tak Beri Imbalan Uang

Kaos Bela Timnas siap untuk pembeli di areal Stadion Pakansari, Bogor, (03/11/2016). (bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Seolah mendapatkan keasyikan tersendiri saat mampu dekat dengan para pemain, Dimas pun mulai memberanikan diri meminta jersey para pemain yang ditemuinya. Para pemain PSIM yang kerap disaksikannya berlatih di Mandala Krida pun akhirnya bisa dikenalnya lebih dekat yang kemudian membuka akses mendapatkan jersey.

Jersey pertama yang dimilikinya adalah kaos latihan Persebaya milik Hartono yang didapat di Mandala Krida. Setelah itu, ia menjalin relasi dengan banyak pemain setelah aktif menulis lepas olahraga.

"Kalau PSIM dulu zamannya Alip Imam, Gatot Ismawan, John Rubiyo, saya senang mengobrol dan senang punya kenalan pemain, melihat keseharian mereka di luar lapangan. Ketika itu merasakan betul sepakbola hiburan rakyat," ungkapnya lagi.

Pendekatan personal di mana para pemain tak melihat jersey dengan imbalan uang adalah momen mengasyikkan bagi Dimas kala itu. Tak heran, koleksinya semakin bertambah karena relasi baik yang dijalin dengan para pemain.

"Untuk memiliki jersey ternyata para pemain bukan menilai dengan uang, tapi kedekatan personal. Ini kepuasan tersendiri bagi saya dan ternyata hobi mengoleksi jersey terus berjalan hingga saat ini berarti sudah sekitar 20 tahunan," ucapnya tersenyum.

Jersey tim-tim Yogyakarta seperti PSS, PSIM, dan Persiba pun menjadi salah satu koleksi utama Dimas saat ini. Banyak cerita menarik yang didapatkannya saat mendapatkan jersey-jersey pesepakbola Indonesia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Tangkap Buronan Malaysia, PM Mahathir Berterima Kasih ke Jokowi

Posted: 02 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Muhammad menyampaikan apresiasi terhadap Polri, atas keberhasilan menangkap Politikus Malaysia, Jamal yang jadi buronan dalam kasus korupsi 1MDB.

"Jadi saya dapat telepon dari Polisi Diraja Malaysia tadi pagi, beliau menyampaikan PM Mahathir menyampaikan terimakasih ke Presiden Jokowi dan akan membuat surat resmi karena sudah membantu investigasi kasus di Malaysia," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat jumpa pers di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Jamal, dijelaskan Tito, adalah seorang buron kasus korupsi 1MDB yang masuk wilayah NKRI secara ilegal via Medan.

Tercatat, Jamal sudah berada di Indonesia sejak 13 Juni 2018. Melalui kordinasi antar lembaga kepolisian, Jamal diketahui bergerilya sampai Jakarta, hingga ditemukan di Tebet, Senin 2 Juli 2018.

"Jadi kita akan segera deportasi kalau tidak hari ini besok, dan polisi Malaysia akan tiba di sini untuk melunasi teknisnya dan mungkin akan terbang pakai Malaysia Airlines," jelas Tito.

Saat ini yang bersangkutan tengah diamankan di Polda Metro Jaya. Menunggu ketibaan Polisi Malaysia untuk mengambil alih Jamal sebagai buronan mereka.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: BTS Dibangun di Tempat Terpencil

Posted: 02 Jul 2018 09:30 PM PDT

Sebuah menara BTS dibangun di Puncak Kawah ijen, Banyuwangi, Selasa (3/7). Pemasangan menara BTS tersebut dilakukan dalam rangka mendukung target kunjungan turis asing sebesar 17 juta pada tahun 2018. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebuah menara BTS dibangun di Puncak Kawah ijen, Banyuwangi, Selasa (3/7). Pemasangan menara BTS tersebut dilakukan dalam rangka mendukung target kunjungan turis asing sebesar 17 juta pada tahun 2018. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan bermain gawai dekat menara BTS di Puncak Kawah ijen, Banyuwangi, Selasa (3/7). Sejumlah operator telekomunikasi terus memasang menara BTS untuk mempermudah penggunanya di sejumlah tempat pariwisata. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan bermain gawai dekat menara BTS di Puncak Kawah ijen, Banyuwangi, Selasa (3/7). Sejumlah operator telekomunikasi terus memasang menara BTS untuk mempermudah penggunanya di sejumlah tempat pariwisata. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan asal Malaysia bermain gawai dekat menara BTS di Puncak Kawah ijen, Banyuwangi, Selasa (3/7). Pemasangan menara BTS tersebut dilakukan dalam rangka mendukung target kunjungan turis asing sebesar 17 juta pada tahun 2018. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan asal Malaysia bermain gawai dekat menara BTS di Puncak Kawah ijen, Banyuwangi, Selasa (3/7). Pemasangan menara BTS tersebut dilakukan dalam rangka mendukung target kunjungan turis asing sebesar 17 juta pada tahun 2018. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan bermain gawai dekat menara BTS di Puncak Kawah ijen, Banyuwangi, Selasa (3/7). Sejumlah operator telekomunikasi terus memasang menara BTS untuk mempermudah penggunanya di sejumlah tempat pariwisata. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan bermain gawai dekat menara BTS di Puncak Kawah ijen, Banyuwangi, Selasa (3/7). Sejumlah operator telekomunikasi terus memasang menara BTS untuk mempermudah penggunanya di sejumlah tempat pariwisata. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jepang Hancur Usai Belgia Tancap Gas

Posted: 02 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Rostov-on-Don - Jepang hancur di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Mereka kalah 2-3 dari Belgia di Rostov Arena, Senin (2/7/2018) atau Selasa dini hari WIB.

Padahal, dalam laga ini, Samurai Biru, julukan Jepang, sempat unggul dua gol. Jepang membuka keunggulan pada menit ke-48 melalui Genki Haraguchi.

Empat menit berselang, Jepang menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Takashi Inui yang mencatatkan nama di papan skor, setelah bola sepakannya dari luar kotak penalti gagal dihentikan Courtois.

Belgia tidak menyerah meski tertinggal dua gol. Tim asuhan Roberto Martinez itu memperkecil ketertinggalan berkat tandukan Jan Vertonghen pada menit ke-69.

Lima menit berselang, suporter Jepang terbungkam karena Marouane Fellaini merobek gawang lawannya setelah menanduk bola kiriman Eden Hazard.

Laga berlangsung sengit menjelang menit-menit akhir. Suporter Belgia pun bersorak berkat gol Nacer Chadli yang memanfaatkan skema serangan balik pada menit ke-90+4. Gol itu membuat Jepang tersingkir di Piala Dunia.

Jepang Hancur

Pemain timnas Belgia, Vincent Kompany berebut bola dengan pemain Jepang, Maya Yoshida pada 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Selasa (3/7). Belgia lolos ke perempat final setelah mengalahkan timnas Jepang dengan skor 3-2. (AP/Petr David Josek)

Pelatih Jepang, Akira Nishino mengatakan, kegagalan timnya membuat Samurai Biru hancur. Dia menyesal Jepang tak bisa menjaga keunggulan.

"Saya hancur. Ya, kami memimpin tetapi tidak bisa menang. Itu mungkin perbedaan yang sangat kecil, tapi saya merasa tidak ada apa-apa di dalamnya," kaya Nishino, dikutip dari BBC.

Nishino melanjutkan, Jepang tak bisa meladeni performa Belgia yang memutuskan tancap gas usai tertinggal dua gol.

"Mungkin itu keputusan saya sebagai pelatih untuk menetapkan taktik. Kami tidak bisa bersaing dengan Belgia, yang meningkatkan permainan mereka."

Tim yang Tersingkir

Berikut enam negara yang sudah tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2018:

Argentina

Spanyol

Portugal

Denmark

Jepang

Meksiko

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Diving Guling-Guling Neymar Jadi Meme Kocak

Posted: 02 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Brasil berhasil melaju ke babak perdelapan final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Meksiko 2-0 dalam pertandingan, Senin malam 2 Juli 2018.

Kedua gol masing-masing dicetak oleh pemain Brasil Roberto Firmino dan Neymar. Meski jadi pahlawan di pertandingan menentukan tersebut, Neymar jadi bulan-bulanan warganet.

Pasalnya, pemain bernomor punggung 10 tersebut dituding melakukan diving dalam pertandingan melawan Meksiko.

Tudingan sering diving membuat Neymar dijadikan meme yang kemudian ramai beredar di internet.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (3/7/2018), linimasa Twitter ramai dengan meme tersebut. Seperti apa nyinyir warganet dalam meme Neymar?

Dalam meme di bawah ini, foto Neymar sedang menggocek bola tampak diedit dengan sebuah stroller bayi raksasa. Mungkin tujuannya agar pemain Brasil tersebut tidak pura-pura terjatuh. 

Foto Pemain Brazil Neymar dijadikan meme dengan stroller bayi (Foto: Twitter/ @mikeyangelo)

Lain lagi dengan meme di bawah ini, memperlihatkan Neymar yang sedang terjatuh, padahal dia baru ke luar rumah. 

Neymar yang jatuh di trotoar (Foto: Twitter/ @ODDSbible)

Disarankan Pakai Roda Bantuan

Striker Brasil, Neymar, digendong rekannya Paulinho merayakan gol ke gawang Meksiko pada babak 16 besar Piala Dunia di Samara Arena, Samara, Senin (2/6/2018). Brasil menang 2-0 atas Meksiko. (AP/Frank Augstein)

Lain lagi dengan meme di bawah ini, agar tak terjatuh warganet menyarankan Neymar untuk menggunakan roda bantuan, mirip dengan roda bantuan pada sepeda anak-anak. 

Neymar disarankan pakai roda agar tidak terjatuh saat bermain bola (Foto: Twitter/ @rana_abdalkreem)

Sementara, di meme yang satu ini, foto Neymar sedang diving di-edit menjadi banyak.

Neymar sedang diving digandakan menjadi meme kocak (Foto: Twitter/ @mikeyangelo)

Gara-gara aksi diving-nya, Neymar sampai layak mendapatkan piala Oscar?

Gara-gara diving, Neymar layak mendapatkan piala Oscar (Foto: Twitter @AdrianUribe)

Diving di Pertandingan Tim Lain

Gelandang Brasil, Neymar, berusaha melewati hadangan gelandang Meksiko, Hirving Lozano, pada babak 16 besar Piala Dunia di Samara Arena, Samara, Senin (2/6/2018). Brasil menang 2-0 atas Meksiko. (AP/Sergei Grits)

Gara-gara sering diving, warganet mengedit foto Neymar yang belum berhenti diving, meski di pertandingan tim lainnya. 

Aksi diving Neymar hingga ke pertandingan tim lain (Foto: Twitter @TheSportsman)

Pemain Meksiko Miguel Layun sampai membantu Neymar yang terjatuh. Ulah Neymar ini bikin geregetan warganet dan membuat meme kocak di bawah ini. 

Neymar dibantu pemain Meksiko Miguel Layun dijadikan meme (Foto: Twitter/ @INTENTIONALLY)

Sementara itu, tampaknya meme paling nyinyir adalah yang di bawah ini. Neymar yang jatuh gara-gara tersenggol pemain lawan dibandingkan dengan pembalap F1 Fernando Alonso yang tetap bisa berdiri meski mobil yang dikendarainya menabrak dan hancur. 

Neymar yang jatuh disenggol pemain lawan dibandingkan dengan pebalap F1 Fernando Alonso yang mobilnya nabrak tetapi masih bisa berdiri (Foto: Twitter @TheAmirSaeed)

Bagaimana menurut kamu, lucu bukan?

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Arti Cahaya Terang di Kawah Gunung Agung

Posted: 02 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gunung Agung kembali mengalami erupsi. Sebagian warga melihat cahaya terang ada di kawah Gunung Agung ketika erupsi terjadi. Apa arti cahaya putih tersebut?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penggemar Messi Gantung Diri Setelah Argentina Kalah di Piala Dunia

Posted: 02 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang penggemar berat Lionel Messi asal India bunuh diri setelah Argentina tersingkir dari Piala Dunia 2018. Pria tersebut, Monotosh Halder, ditemukan gantung diri di kamarnya setelah pertandingan tersebut.

Mengutip Mumbai Mirror pada Selasa (3/7/2018), pria 20 tahun asal West Bengal, India, itu mulai menangis seperti anak kecil setelah pertandingan Argentina melawan Perancis di Piala Dunia dan mematikan televisi.

Pada hari Minggu, tubuh penggemar setia Messi itu ditemukan tergantung di langit-langit kamarnya.

"Ketika Argentina dikalahkan, Monotosh mulai menangis seperti anak kecil," ujar salah satu anggota keluarga.

"Anak saya tidak makan malam pada Sabtu malam. Dia tampak muram saat Argentina kalah. Ketika dia tidak bangun di Minggu pagi, kami masuk dan menemukannya tergantung di langit-langit depang televisi," kata sang ayah, Mongol Halder.

"Selama beberapa hari terakhir, dia menonton semua pertandingan Piala Dunia FIFA. Dia adalah penggemar setia Messi dan Argentina. Lihat apa yang dia lakukan untuk cintanya pada pemain sepak bola," ujar ayah Monotosh.

Polisi telah menyelidiki kasus tersebut. 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

Catatan Bunuh Diri

Kasus bunuh diri karena Messi dua kali terjadi di India (iStockphoto)

Sebelum Monotosh, seorang penggemar Argentina di India lainnya, Dinu Alex, juga dilaporkan hilang setelah Messi dan timnas Argentina kalah dari Kroasia pada pertandingan fase grup Piala Dunia.

Keluarga pria tersebut mengatakan bahwa dirinya terlihat tidak nyaman setelah pertandingan dan hilang beberapa jam kemudian. Dipercaya, Dinu Alex bunuh diri dengan cara menceburkan diri ke sebuah sungai di Kerala.

Pria 30 tahun itu meninggalkan sepucuk surat yang mengungkapkan kekagumannya pada Messi.

"Messi, hidupku untukmu, menunggu untuk melihatmu mengangkat piala," tulisnya seperti dikutip dari The Sun.

Sang ayah mengatakan, dia menyaksikan putranya pergi tidur pukul 11.30 malam waktu setempat. Namun, dia menghilang setelah mereka bangun.

Yang ditemukan hanyalah sebuah jersey Argentina, sebuah penutup ponsel yang bergambar Messi, dan catatan bunuh diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri Tito Setop Sementara Kenaikan Pamen Polri Berpangkat Kombes

Posted: 02 Jul 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Tito Karnavian berniat untuk menghentikan sementara kenaikan pangkat anggota Polri berpangkat Komisaris Besar (Kombes). Dia menjelaskan, Polri berpangkat Kombes saat ini jumlahnya membeludak. Hal tersebut menyebabkan hambatan untuk kenaikan pangkat setingkat di atas, yaitu sebagai brigadir jenderal. Itu disebabkan slot yang tak cukup.

"Saya ingin bicara masalah terutama pangkat Kombes ke atas. Jadi angkatan Polri 1985 ke atas terasa dampak rekrutmen besar, terjadi bottle neck di pangkat Kombes. Mau tidak mau kita akan mengerem di kombes. Karena kini kombes jumlahnya banyak sekali, ada sampai 1.400 kombes," kata Tito saat memimpin upacara kenaikan pangkat anggota Pamen Polri AKBP ke Kombes di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Lewat data Polri, kata Tito, jumlah jenderal berpangkat brigadir jenderal yang pensiun setiap bulannya tidak lebih dari lima anggota. Sementara setiap bulannya Polri berpangkat kombes yang telah lulus sekolah persiapan jenderal bisa mencapai 500 anggota.

"Anggota Polri berpangkat Kombes sudah ikut dalam Sespimti, Lemhanas yang sudah memenuhi syarat jadi Brigjen itu 400-500 anggota, ketimbang jenderal bintang 1 yang pensiun tidak sampai lima anggota yang penisun," kata mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Polri berpangkat kombes tercatat di seluruh Indonesia berjumlah 1.400 anggota. Rata-rata, ribuan anggota tersebut terbentang di tahun angkatan 1984-1997. Karena itu, usai berdiskusi dengan Wakapolri Komjen Safruddin, Kapolri Tito memutuskan untuk mencari anggota berpangkat Kombes yang top of the top.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tidak Melihat Senioritas

Tidak lagi melihat senioritas angkatan, melainkan performa yang mumpuni untuk bisa diangkat menjadi jenderal.

"Jadi mohon maaf, (Kombes) angkatan 84-86 ini rata-rata yang ini masih sisa dari angkatannya. Sementara junior angkatan 90 ke atas ini adalah mereka yang masih bagus idealismenya, spirit bekerja masih oke," keluh Tito.

Sebagai informasi, jumlah rekrutmen Polri angkatan 1983 berjumlah 95 anggota. Setiap tahun mengalami peningkatan, mulai dari 1984 sebanyak 130 anggota, 1985 sebanyak 156 anggota, 1986 sebanyak 185 anggota, 1987 sebanyak 197 anggota, dan di angkatan 1988 sebanyak hampir 200 anggota.

"Di angkatan 89 itu ada rekrutmen 88a dan 88b. Jumlahnya rata-rata hampir 200 anggota, lalu 89-90 itu di atas 200 anggota, saya tidak katakan angkatan 88 ini problem, tapi saya bersama Pak Waka menghadapi sistem dilematis, dan posisi dilematis," Tito menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angkasa Pura I Imbau Masyarakat Tidak Lepaskan Obyek Terbang di Sekitar Bandara

Posted: 02 Jul 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melepaskan balon udara, layang-layang, lampion, drones, ataupun benda terbang sejenis tanpa izin di kawasan bandara. Sebab, berpotensi membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Hal tersebut disampaikan guna menindaklanjuti 14 laporan gangguan balon udara yang dilaporkan oleh para pilot sejak 14 Juni 2018. Gangguan ini dialami para pilot yang melintasi wilayah pengaturan ruang udara militer Yogyakarta (Yogyakarta Military Control Airspace), seperti Wonosari, Kebumen, Sleman, Solo, Kulon Progo, Purworejo, dan Cilacap dengan variasi ketinggian mulai dari 4.000 kaki sampai dengan 25.000 kaki di atas permukaan laut.

Selain itu, petugas pun telah mengamankan dua balon yang dilepaskan oleh warga di dekat Bandara Adisucipto Yogyakarta.

"Laporan-laporan tersebut menjadi perhatian serius bagi kami, mengingat pelepasan balon udara dapat membahayakan keselamatan penerbangan. Untuk itu, kami kembali menegaskan kepada masyarakat untuk tidak melepaskan balon udara dan/atau benda terbang lainnya tanpa izin di kawasan bandara," ujar Faik Fahmi, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero). 

Larangan tersebut sesuai dengan Undang-undang penerbangan Nomor 1 tahun 2009 pasal 421 ayat (2) yang menyatakan bahwa setiap orang yang membuat halangan (obstacle) dan atau melakukan kegiatan lain di kawasan keselamatan operasi penerbangan yang membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan dipidana dengan pidana penjara paling lama tiga tahun dan atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

"Mengingat bandara merupakan salah satu area yang masuk ke dalam kawasan keselamatan operasi penerbangan, PT Angkasa Pura I (Persero) senantiasa bekerja sama dengan seluruh pihak, seperti Direktorat Jenderal Udara (DJU), AirNav Indonesia, TNI, maskapai penerbangan dalam melakukan pengawasan balon udara di kawasan bandara. Kami pun telah secara aktif mengedukasi masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar kawasan 13 bandara AP I terkait peraturan keselamatan dan keamanan penerbangan di kawasan bandara, sehingga masyarakat menjadi paham dan patuh terhadap aturan dalam melaksanakan kebiasaan maupun aktivitas adat setempat," ucap Faik.

Sebelumnya, pada 7 Mei 2018, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia juga telah menetapkan Peraturan Menteri No. 40 tahun 2018 yang mengatur lebih spesifik mengenai peraturan penggunaan balon udara dalam kegiatan adat atau budaya masyarakat. Contohnya, penetapan standar diameter maksimal empat meter dan tinggi tujuh meter untuk balon berbentuk oval dan/atau apabila balon tidak berbentuk oval atau bulat, maksimal dimensi empat meter x empat meter x tujuh meter.

Lebih lanjut, warna balon harus mencolok, memiliki minimal tiga tali tambatan yang terpaku atau terkait dengan pemberat di tanah, dan diterbangkan dengan ketinggian maksimal 150 meter di wilayah udara yang tidak terkontrol (uncontrolled airspace). Adapun peraturan spesifik juga menyebutkan bahwa pelepasan balon udara harus berada 15 km di luar radius kawasan bandara dan pendaratan helikopter.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebanyak 1.360 Peserta Ikuti Seleksi PMB Politeknik Ketenagakerjaan

Posted: 02 Jul 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 1.360  mengikuti ujian Tes Potensi Akademik (TPA) Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) tahun ajaran 2018-2019 di ruang serbaguna kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Senin (2/7/2018). Peserta ujian PMB ini merupakan pelamar yang telah lulus dalam pelaksanaan tes online yang digelar 4-5 Juni  lalu.
 
Saat membuka TPA PMB Polteknaker, dalam sambutannya Sekjen Hery Sudarmanto mengatakan peserta ujian UMB merupakan nominasi peserta yang lolos administrasi dan tes online. Para peserta ujian tersebut selanjutnya akan mengikuti tahapan tes psikologi dan tes kesehatan hingga mencapai jumlah bangku yang tersedia sebanyak 90 mahasiswa.
 
"Sebanyak 90 mahasiswa itu akan mengisi tiga program studi yakni relasi industri (RI), Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan manajemen sumber daya manusia (MSDM), " kata Sekjen Hery. 
 
Sekjen Hery menegaskan Polteknaker didirikan untuk menjawab tantangan masih lemahnya daya saing atau jiwa kompetitif para lulusan perguruan tinggi sehingga lulusan tersebut tidak dapat diserap dunia usaha dan dunia industri. 
 
"Lewat tiga prodi yang ada, Polteknaker akan berupaya sekuat tenga untuk mencetak lulusan berkualitas, memiliki jwa kompetitif sehingga mampu bersaing dalam dunia usaha dan dunia industri, " ujar Sekjen Hery.
 
Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Polteknaker Retna Pertiwi mengungkapkan jumlah peminat yang mendaftar online PMB Polteknaker tahun 2018/2019 sebanyak 4.219 orang. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 1.511 peserta atau 35,81 persen dibandingkan tahun 2017 yakni sebanyak 2.708 peserta.
 
"Jumlah peserta yang mengirimkan berkas secara online sebanyak 2.270 perserta dan yang dinyatakan lolos seleksi administrasi serta mengikuti tes online sejumlah 1.976, " ujar Retna.
 
Ditambahkan Retna, kemudian dari 1.976 itu yang mengikuti UMB 1360 peserta dengan rincian berdasarkan pilihan prodi adalah D IV Relasi Industri sebanyak 428 peserta atau 31,47 persen, D IV K3 sebesar 539 peserta (39/63 persen) dan 393 peserta (28,90 peserta) memilih D III MSDM. 
 
"Dari 1360 peserta, 580 berjenis kelamin laki-laki (42,67 persen) dan 780 peserta (57,33 persen) perempuan. Usia 18-21 tahun sebanyak 1270 peserta (93,38 persen) dan 90 peserta berusia di atas 21 tahun atau sekitar 6,62 persen, " katanya. 
 
Retna menambahkan  proses seleksi penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan dengan prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif tanpa membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras. 
 
"Para peserta diwajibkan mengikuti seluruh proses penerimaan mahasiswa baru sesuai prosedur yang telah ditentukan. Kita ingin memastikan hanya calon terbaik dan yang memenuhi persyaratan dan sesuai kriteria yang bisa mengikuti perkuliahan di Polteknaker, " kata Retno
 
Ditambahkan Retno, tahap selanjutnya usai TPA adalah tes psikologi pada tanggal 5 Juli  nanti di kampus Polteknaker, Bekasi, Jawa Barat. 
 
Peserta yang dinyatakan lulus psikotest akan diumumkan pada 9 Juli 2018. Tahap berikutnya peserta akan mengikuti tes kesehatan dan bebas narkoba di kampus Polteknaker,  pada 11 Juli 2018.
 
"Pengumuman final PMB Polteknaker rencananya akan diumumkan tanggal 12 Juli dan daftar ulang 17 Juli 2018," katanya.
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Terus Tertekan, Sentuh Level 14.429 per Dolar AS

Posted: 02 Jul 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah pada perdagangan Selasa pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Selasa (3/7/2018), rupiah dibuka di angka 14.397 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.390 per dolar AS. Sesaat kemudian rupiah kembali tertekan hingga ke level 14.429 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.397 per dolar AS hingga 14.429 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,16 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.418 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.331 per dolar AS.

Rupiah merosot di awal pekan perdagangan ini karena Dolar semakin stabil dan ketegangan perdagangan global mengganggu ketertarikan investor pada mata uang ini.

Chief Market Strategist FXTM Hussein Sayed menjelaskan, kekhawatiran yang semakin besar mengenai arus keluar modal yang mempengaruhi ekonomi Indonesia semakin memperburuk keadaan rupiah.

Juni adalah bulan trading yang sangat sulit bagi mata uang pasar berkembang. Apabila situasi negatif ini berlanjut di bulan Juli, mata uang pasar berkembang dapat semakin terpukul, termasuk rupiah.

"Pelemahan rupiah dapat berlanjut mendekati 14 500 per dolar AS apabila mata uang AS terus menguat, jelas dia, Selasa (3/7/2018).

Ia melanjutkan, enam bulan pertama 2018 menarik. Fundamental ekonomi dan politik menjadi sorotan utama dan sangat memengaruhi pasar.

The Federal Reserve melakukan pengetatan karena pertumbuhan dan inflasi terus meningkat. Perang perdagangan antara AS dan seluruh negara lainnya terutama China dan Uni Eropa semakin memanas. "Selain itu, pemerintahan AS memberi stimulus besar untuk ekonomi yang sudah mendekati full employment sehingga Dolar AS semakin menguat, tambah dia.

Terobosan

Petugas menghitung uang pecahan dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Jumat (18/5). Pagi ini, nilai tukar rupiah melemah hingga sempat menyentuh ke Rp 14.130 per dolar Amerika Serikat (AS). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ekonom senior dari Centre of Reform on Economics (CORE), Piter Abdullah menilai, BI perlu ada terobosan lain untuk menstabilkan pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

"Kalau untuk stabilisasi nilai tukar rupiah dengan suku bunga ini jelas tidak cukup. BI perlu ada terobosan-terobosan lain untuk mempertahankan nilai tukar," tutur dia kepada Liputan6.com.

Pieter menilai, tekanan rupiah tidak hanya dari sentimen eksternal terutama dari kenaikan suku bunga oleh bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve. The Federal Reserve (the Fed) atau Bank Sentral Amerika Serikat (AS) kembali menaikkan suku bunga pada pertengahan Juni 2018. Dalam kenaikan suku bunga pada Juni ini, the Fed mematok di kisaran 1,75 persen hingga 2 persen. 

Pieter prediksi, the Federal Reserve kembali  naikkan suku bunga acuan pada pertemuan September 2018. Diperkirakan suku bunga the Federal Reserve naik sebanyak empat kali pada 2018.

Selain eksternal, Pieter menyoroti sentimen internal bayangi rupiah. Salah satunya neraca perdagangan Indonesia masih alami defisit. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia Mei 2018 mengalami defisit sebesar US$ 1,52 miliar. 

"Seperti saya katakan, masih banyak hal yang buat rupiah bergejolak. Bulan depan ada rilis neraca perdagangan RI dari badan pusat statistik (BPS), kalau ini masih defisit, ya otomatis rupiah pasti bergejolak," kata dia.

"Jadi 50 basis poin ini saya rasa terlalu tinggi. Ini juga pasti buat rupiah akan bergejolak. Makanya BI perlu terobosan-terobosan baru terkait hal ini," tambah dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rio Reifan Kapok Dipenjara Lagi, tapi....

Posted: 02 Jul 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rio Reifan baru saja terbebas dari kurungan penjara terkait kasus narkoba. Bagi Rio Reifan, ini merupakan kali kedua dirinya terjerat kasus narkoba.

Rio Reifan pun mengaku kapok dipenjara. Namun ia tak berjanji bahwa dirinya tidak akan dipenjara lagi.

"Kalau dibilang kapok ya kapok, ya cuma saya enggak berjanji," ujar Rio Reifan ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (3/7/2018).

Aktor 33 tahun itu menuturkan alasan mengapa ia enggan berjanji banyak perihal kehidupannya di masa mendatang. Sebab pada kasus pertamanya, Rio Reifan sempat mengaku kapok menggunakan narkoba.

Namun akhirnya ia kembali ditangkap dengan kasus yang sama. Saat ini kata Rio Reifan, ia akan menjalani sebaik mungkin kehidupannya yang baru.

"Jadi lihat ke depannya ya. Enggak mau banyak janji. Saya enggak mau mengecewakan keluarga lagi. Mereka sudah banyak kasih support," kata Rio Reifan.

Bernapas Lega

Rio Reifan dan kekasih (Deki Prayoga/bintang.com)

Rio Reifan juga setidaknya dapat bernapas lega untuk saat ini. "Perasaannya alhamdulillah senang ya. Siapapun kalau bebas senang," tuturnya.

Kasus Kedua

Rio Reifan

Rio Reifan dua kali tersandung kasus narkoba. Sebelumnya ia sempat tertangkap tangan memiliki sabu pada 2015 lalu. Atas kepemilikan barang haram tersebut, ia divonis hukuman selama 1 tahun 2 bulan dan bebas pada 2016 lalu.

Tak lama menghirup udara bebas, ia tertangkap lagi dalam kasus yang sama pada Agustus 2017 atas kepemilikan sabu dan ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Bulak Kapal, Bekasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker Dukung Pembentukan Dewan Pendidikan Nasional

Posted: 02 Jul 2018 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mendukung rencana pembentukan Dewan Pendidikan Nasional (DPN) yang bertujuan untuk menyelaraskan dunia pendidikan dengan kebutuhan industri.

"Pembentukan DPN merupakan langkah yang bagus, namun nantinya yang dikedepankan jangan upaya pembentukannya, melainkan pelaksanaan fungsinya," kata Menaker Hanif saat menerima inisiator pembentukan DPN di Kantor Kemnaker pada Senin (2/7).

Dijelaskan Menaker, dasar pembentukan DPN adalah untuk membantu pemerintah menyatukan tujuan pendidikan di Indonesia.

"Jadi supaya pendidikan di Indonesia itu satu tujuan dan nyambung dengan dunia industri," ujarnya.

Produk dari DPN, tutur Menaker, adalah kajian-kajian yang dapat digunakan untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia supaya selaras dengan industri.

Hanif menambahkan, selama ini pendidikan di Indonesia diselenggarakan oleh banyak pemangku kepentingan, misalnya pendidikan di Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Dikti.

"Ini kenyataan di lapangan, mereka melihat pelaksanaan pendidikan belum sesuai kebutuhan pasar kerja, jadi ini bukan pendidikan vokasi saja, tetapi pendidikan secara umum," kata Hanif.

Diakui Menaker, salah satu permasalahan tenaga kerja di Indonesia adalah ketidaksesuaian antara lulusan dengan kebutuhan pasar, sehingga keberadaan DPN sangat diperlukan, sehingga dengan dibentuknya DPN, lanjut Menaker, kedepannya pendidikan di Indonesia diharapkan lebih terarah dan lulusannya mudah diserap oleh dunia industri.

"Saya menaruh harapan yang besar terhadap pendidikan di Indonesia. Apapun jenis pendidikannya, baik formal maupun informal, yang penting dapat meningkatkan kompetensi sehingga tenaga kerja Indonesia dapat masuk dunia kerja dengan mudah," tutup Menaker.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Situs KPU Diretas, Kabareskrim: Jika Ada Pidana Kita Akan Sidik

Posted: 02 Jul 2018 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) di laman infopemilu.kpu.go.id sampai sekarang masih belum bisa diakses. Salah satu alasan, karena ada yang mencoba menyerang situs tersebut.

Kepala Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Kabareskrim) Komjen Pol Ari Dono Sukamto, mengatakan, jika memang ada dugaan tindak kejahatan sibernya, akan dilakukan penyidikan.

"Semua peristiwa yang terkait dengan masalah siber, kita tangani bersama. Kalau itu memang ada tindak pidananya kuat, maka kita akan langsung sidik," ucap Ari di kantornya, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Dia menuturkan, untuk masalah siber ini, jika memang ada kejadian, akan cepat langsung ditindaklanjuti.

"Di siber itu cepat begitu. Ada kejadian masuk pada saat berkatrol bisa langsung ditindaklanjuti," Ari memungkasi.

Serangan Cyber

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan situs infopemilu.kpu.go.id masih mengalami serangan cyber. Padahal, situs itu merupakan sarana transparansi perhitungan hasil Pilkada 2018.

"Sampai sekarang sistem KPU masih diretas terus. Sampai kita membersikan, memperkuat, ya anda lihat sistem apapun di manapun lah pasti potensi untuk diserang itu ada," kata Arief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 2 Juli.

Karena serangan itulah KPU memutuskan menutup akses laman infopemilu.kpu.go.id untuk menangkal serangan peretas. Arief menjelaskan pertimbangannya.

"Sekarang bagaimana kok KPU terhadap proses informasi ini ditutup? Ya karena serangan banyak masuk. KPU mempelajari itu. Daripada nanti makin menimbulkan kegaduhan maka kita hold dulu," ia berujar.

Arief khawatir serangan cyber bisa mengubah hasil pemungutan suara yang ditampilkan situs KPU.

"Pasti kalau sudah ditutup lubang yang di kanan dia nyari yang di kiri. Tutup kiri dia nyari di tengah. Tutup tengah cari yang di atas. Seterusnya. Selalu begitu. Nah kita selalu mempersiapkan diri untuk menutup lubang-lubang itu," sambung Arief.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hindari Tertular Penyakit di Pesawat dengan Cara Ini

Posted: 02 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketika berada di pesawat, tekanan udara akan berubah. Itu artinya sirkulasi udara pun juga ikut berubah. Bagi sebagian orang, hal ini bisa menjadi penyakit. Terlebih jika Anda berada satu pesawat dengan orang yang sedang sakit flu, batuk, atau penyakit lainnya.

Untuk terhindar dari penyakit selama berada di pesawat, sebenarnya Anda bisa melakukan antisipasi. Seperti membersihkan daerah sekitar dengan pembersih dan memiliki ventilasi udara yang baik ketika duduk di pesawat.

Seperti dikutip dari Live Strong pada Selasa (3/7/2018), Dr. Mark Gendreau menuturkan bahwa penyebaran penyakit menular dari perjalanan udara bisa diatasi dengan ventilasi udara. Ventilasi udara sebenarnya bisa menjadi faktor kunci dalam melindungi diri dari virus dan penyakit di pesawat.

Ventilasi udara

Ilustrasi kursi pesawat. (iStockphoto)

"Untuk virus di udara, sangat penting untuk ventilasi, karena ventilasi menjadi sarana utama untuk mengontrol kualitas udara," ujar Dr. Mark.

Aliran udara dari ventilasi menciptakan semacam penghalang di sekitar Anda yang menyebabkan turbulensi. Hal ini mencegah partikel virus memasuki daerah Anda duduk dan akhirnya jatuh ke lantai pesawat.

Memiliki ventilasi udara yang mengalir pada kecepatan sedang menciptakan perisai pada sekitar Anda. Sehingga menghalangi masuknya virus ke dalam tubuh.

Efek ventilasi udara

Ilustrasi pesawat (iStock)

Dr. Mark menganjurkan untuk membiarkan ventilasi udara terbuka. Ini bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk terhindar dari penyakit selama di pesawat.

Mungkin Anda berpikir untuk mengurung diri dari orang lain untuk terhindar dari virus orang lain. Namun kelembapan yang rendah di pesawat menyebatkan selaput lendir mengering, sehingga lebih rentan terhadap tertular virus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Timnas Indonesia U-19 Vs Singapura: Lanjutkan Tren Positif

Posted: 02 Jul 2018 09:15 PM PDT

Jakarta - Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Singapura di Piala AFF U-19 2018 di pertandingan kedua Grup A di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa malam (3/7/2018). 

Hasil positif dibawa Indonesia jelang pertandingan ini. Sebelumnya, skuat berjulukan Garuda Nusantara Jaya itu berhasil memetik tiga angka setelah menang 1-0 atas Laos (1/7/2018). 

Akan tetapi, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri rupanya buta dengan kekuatan calon lawannya itu. Dia belum memantau perkembangan yang dimiliki oleh Singapura saat ini. 

"Saya tidak tahu kekuatan Singapura. Saya menyiapkan tim kami dengan baik dan besok baru saya tahu kekuatan mereka. Kalau tim kami lebih baik dari mereka, maka kami akan menang," kata pria asal Sumatera Barat itu. 

Singapura gagal mendulang poin penuh di laga pertama mereka. Skuat asuhan Rob Johanes Maria Servais itu tumbang 1-2 dari Filipina di Stadion Joko Samudro, Gresik, Minggu malam (1/7/2018). 

Timnas Indonesia U-19 menang 1-0 atas Laos, Minggu (1/7/2018) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. (Bola.com/Aditya Wany)

Selain itu, Singapura punya rekor buruk saat berkompetisi di turnamen ini. Mereka belum pernah sekalipun lolos ke babak semi final dalam 11 penampilannya. 

Akan tetapi, Singapura punya catatan apik saat berjumpa dengan Indonesia di ajang yang sama. Pertemuan keduanya hanya terjadi sekali, yaitu pada edisi perdana 2002. Hasilnya, Singapura sukses unggul 3-1 dalam babak penyisihan grup. 

Indra pun tak ingin menengok berbagai catatan Timnas Indonesia U-19. Dia ingin memastikan kondisi para pemainnya fit agar bisa bertanding dengan baik. "Kondisi pemain semua sudah bagus, saya dapat laporan dari dokter dan kami siap untuk laga kedua," imbuhnya. 

Singapura Ingin Mencari Pelampiasan

Singapura Vs Filipina pada penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2018, Minggu (1/7/2018) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. (Bola.com/Zaidan Nazarul)

Pada pertandingan pertama Piala AFF U-19 (1/7/2018), Singapura harus menelan kekecewaan setelah tumbang 1-2 di tangan Filipina. Maka, mereka pun berniat menebus hasil buruk itu ketika bertemu tuan rumah, Indonesia yang akan berlangsung, Selasa (3/7/2018) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Pelatih kepala Singapura Rob Johannes Maria Servais menyatakan, pertandingan lawan Indonesia sangat penting bagi timnya. Sebab, jika kalah lagi di laga ini, kans Singapura lolos ke babak selanjutnya semakin kecil. "Tidak ada pilihan lagi, kami harus memenangkan pertandingan," tegasnya.

Singapura berambisi keluar dari posisi juru kunci klasemen Grup A yang saat ini mereka tempati. Meski Singapura dan Timor Leste sama-sama kalah di laga perdananya, Singapura kebobolan lebih banyak (2 gol) dibanding Timor Leste yang kalah 0-1 dari Indonesia.

Rob sendiri mengaku terus menekankan dua hal selama persiapan menghadapi Indonesia. Selain mengasah ketajaman barisan depannya, ia juga meminta anak buahnya fokus ke pertandingan sebelum laga benar-benar berakhir.

Hal ini mengaca pada kekalahan mereka dari Filipina. Pada pertandingan itu, timnya harus menelan kekalahan setelah Filipina berhasil mencuri gol menjelang laga berakhir. "Kami harus tampil lebih baik saat bertemu Indonesia," ucap Rob.

Prediksi Susunan Pemain

Indonesia (4-3-3): Aqil Savik (Kiper); Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Kade Raditya, Samuel Simanjuntak (Belakang); M. Rafi, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaiman (Tengah); Feby Eka Putra, M. Rafli Mursalim, Saddil Ramdani (Depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Singapura (4-3-3): Nurshafiq Zaini (Kiper); M. Nazhim Harman, Akmal Azman, Danish Irfan Azman, M, Nur Adam Abdullah (belakang); M. Hamizan M. Hisham, M. Daniel Syafiq Mustaffa, Joel Chew Joon (tengah); Goh Ji Xioong Daniel, Muhammad Syahadat Masnawi, Timothy David Yeo Yi An (depan).

Pelatih: Rob Johannes

 

Sumber: www.bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klaim Unggul Banyak Pilkada, Gerindra Optimistis Prabowo Menang Pilpres

Posted: 02 Jul 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan, kemenangan calon kepala daerah yang diusung partainya di Pilkada, menjadi modal awal untuk menghadapi Pemilu 2019.

Selain kemenangan di Pilkada, kata Riza, kesuksesan Gerindra terlihat dari meroketnya elektabilitas pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu di Jawa Barat dan Sudirman Said-Ida Fauziah di Jawa Tengah.

"Tentu bagi Gerindra ini modal awal yang baik," kata Riza di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 2 Juli 2018.

Naiknya elektabilitas Sudrajat-Syaikhu dan Sudirman-Ida jelang pencoblosan, menurut Riza, memperlihatkan mesin partai pendukung bekerja maksimal. Faktor lainnya, kata dia, adalah pengaruh sosok Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Mesin partai mendukung kehadiran Pak Prabowo sebagai capres, karena tidak bisa dipungkiri dukungan di Jabar dan Jateng terhadap paslon Gerindra," tegasnya.

Riza menambahkan, "selain karena figur paslon juga tentu karena faktor figur Prabowo itu sendiri, mesin Partai Gerindra, PKS, PAN, dan lain-lain sebagai pendukung."

Melihat hasil Pilkada, Gerindra pun optimistis Prabowo akan menang di Pilpres 2019 mendatang.

"Bagaimana ke depan kalau yang ditampilkan Pak Prabowo, tentu hasilnya kami optimis bisa memenangkan Pilpres. Tidak hanya di Jawa, tapi juga di provinsi lainnya," Riza menegaskan.

 

Reporter: Renald Ghiffari

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aprindo Mendukung Pemasaran Produk Hasil Olahan Desmigratif Kemnaker

Posted: 02 Jul 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyatakan komitmennya untuk mendukung program Desa Migran Produktif (Desmigratif) yang diusung Kementerian Ketenagkerjaan.
 
Dalam dukungannya,Ketua Aprindo, Roy N. Mandey mengatakan akan membantu memasarkan hasil produksi juga olahan para TKI dan keluarganya yang sudah mengikuti pelatihan pengolahan bahan pokok yang menjadi potensi unggulan di lokasi-lokasi Desmigratif.
 
"Pemerintah mengajak berbagai pihak untuk mendukung pengembangan program Desmigratif. Kita berharap para pengusaha ritel yang tergabung dalam Aprindo juga dapat membantu pemasaran produk-produk dari Desmigratif, " kata Menaker Hanif, Senin (2/7/2018).
 
Dukungan dari para pengusaha ritel, kata Menaker Hanif diharapkan dapat membantu peningkatan ekonomi dan kesejahteraan para TKI dan keluarganya yang tersebar di desa kantong-kantong TKI di Indonesia.
 
Desmigratif merupakan program perlindungan terhadap pekerja migran sejak dari kampung halaman yang digagas oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Terdapat empat pilar Desmigratif. Yaitu layanan migrasi dan informasi pasar kerja di kantor desa, menumbuhkembangkan usaha-usaha produktif pekerja migran dan keluarganya, mendirikan Rumah Belajar (comunity parenting) bagi anak pekerja migran serta memfasilitasi pembentukan dan mengembangkan koperasi.
 
Sejak 2017, Desmigratif sudah dijalankan di 120 desa kantong pekerja migran/TKI. Tahun 2018 tambah 130 desa dan pada 2019 diproyeksikan menjadi total  sebanyak 400 desmigratif.
 
Dalam kesempatan ini, Menaker Hanif juga menyampaikan bahwa pemerintah berkomitmen untuk memajukan industri ritel Indonesia  agar dapat tumbuh dan berkembang sehingga bisa memperluas kesempatan kerja dan mengurangi pengangguran.
 
Sampai saat ini, total penyerapan tenaga kerja di sektor ritel secara nasional mencapai angka 154 juta. "Kita berharap industri ritel di Indonesia ini dapat terus bertahan, tumbuh dan berkembang di era persaingan global," kata Hanif.
 
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Nikahi Pria Biasa, Putri Jepang dan Calonnya Muncul ke Publik

Posted: 02 Jul 2018 09:11 PM PDT

Putri Jepang Ayako bersama calon suaminya, Kei Moriya berbicara dalam konferensi pers pertunangan mereka di Tokyo, Senin (2/7). Putri Ayako akan meninggalkan gelar kebangsawanan karena menikahi rakyat biasa. (AP/Koji Sasahara, Pool)

Putri Jepang Ayako bersama calon suaminya, Kei Moriya berbicara dalam konferensi pers pertunangan mereka di Tokyo, Senin (2/7). Putri Ayako akan meninggalkan gelar kebangsawanan karena menikahi rakyat biasa. (AP/Koji Sasahara, Pool)

Putri Jepang Ayako dan calon suaminya, Kei Moriya dalam konferensi pers pertunangan mereka di Tokyo, Senin (2/7). Ayako mengumumkan akan menikah dengan pengusaha di sebuah firma ekspedisi, NYK Line berusia 32 tahun pada Oktober. (AP/Koji Sasahara, Pool)

Putri Jepang Ayako dan calon suaminya, Kei Moriya dalam konferensi pers pertunangan mereka di Tokyo, Senin (2/7). Ayako mengumumkan akan menikah dengan pengusaha di sebuah firma ekspedisi, NYK Line berusia 32 tahun pada Oktober. (AP/Koji Sasahara, Pool)

Putri Jepang Ayako bersama calon suaminya, Kei Moriya dalam konferensi pers pertunangan mereka di Tokyo, Senin (2/7). Putri Ayako secara resmi akan bertunangan dengan Kei dalam upacara tradisional pada 12 Agustus mendatang. (AP/Koji Sasahara, Pool)

Putri Jepang Ayako bersama calon suaminya, Kei Moriya dalam konferensi pers pertunangan mereka di Tokyo, Senin (2/7). Putri Ayako secara resmi akan bertunangan dengan Kei dalam upacara tradisional pada 12 Agustus mendatang. (AP/Koji Sasahara, Pool)

Putri Jepang Ayako bersama calon suaminya, Kei Moriya dalam konferensi pers pertunangan mereka di Tokyo, Senin (2/7). Ayako menjadi putri kedua, setelah sang kakak Putri Noriko, yang harus merelakan gelar kebangsawanan demi cinta. (AP/Koji Sasahara, Pool)

Putri Jepang Ayako bersama calon suaminya, Kei Moriya dalam konferensi pers pertunangan mereka di Tokyo, Senin (2/7). Ayako menjadi putri kedua, setelah sang kakak Putri Noriko, yang harus merelakan gelar kebangsawanan demi cinta. (AP/Koji Sasahara, Pool)

Putri Jepang Ayako bersama calon suaminya, Kei Moriya dalam konferensi pers pertunangan mereka di Tokyo, Senin (2/7). Putri Ayako merupakan bungsu dari pasangan Putri Hisako dengan Pangeran Takamoado, sepupu Kaisar Akihito. (AP/Koji Sasahara, Pool)

Putri Jepang Ayako bersama calon suaminya, Kei Moriya dalam konferensi pers pertunangan mereka di Tokyo, Senin (2/7). Putri Ayako merupakan bungsu dari pasangan Putri Hisako dengan Pangeran Takamoado, sepupu Kaisar Akihito. (AP/Koji Sasahara, Pool)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Produk Kosmetik, Rihanna Juga Jualan Sex Toys

Posted: 02 Jul 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Tak hanya berkiprah sebagai penyanyi, Rihanna juga turut menambah penghasilannya dengan meluncurkan produk kosmetik. Namun tak sampai di situ, Rupanya pelantun "Diamonds" tersebut juga menjual produk lain.

Seperti disampaikan oleh Vogue, Jumat (29/6/2018) lalu, Rihanna baru saja meluncurkan merek Xccessories dari label Savage x Fenty miliknya. Yang mengejutkan, produk-produk yang dijualnya itu sangat erat dengan hal-hal berbau seks.

Produk sex toys yang diluncurkan Rihanna antara lain adalah cambuk kecil, borgol yang dilapis bulu tipis, pasties dari bahan kulit dan satin, hingga masker mata dengan renda.

Bahkan, kalau ada yang memesannya sekarang pun Rihanna telah menyediakannya. Para pelanggan produk barunya bisa berbelanja melalui situs resmi Savage x Fenty.

Lingerie

Rihanna. (Jordan Strauss/Invision/AP)

Diketahui, Xccessories juga memiliki produk berupa lingerie alias pakaian dalam yang telah diluncurkan Mei lalu. Rihanna pun sempat mengungkapkan kepercayaan dirinya terhadap aksesoris yang ia jual.

Percaya Diri

Penyanyi Rihanna. (AP Photo/Evan Agostini)

"Saya tidak dibentuk seperti gadis Victoria's Secret, dan saya masih merasa sangat cantik dan percaya diri dengan pakaian dalam saya," ujarnya kepada Vogue pada Mei lalu.

Seksi

Rihanna. (Joel Ryan/Invision/AP)

Rihanna memang kerap memamerkan kemolekan tubuhnya di beberapa videoklip maupun di atas panggung. Bahkan, di beberapa videoklip ia pernah tampil tanpa busana sampai memamerkan tubuh bagian sensitifnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Jenis dan Perbedaan Tapak Ban Mobil

Posted: 02 Jul 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda memperhatikannya, setiap merek ban memiliki beragam jenis dengan pola tapak yang berbeda-beda. Meskipun demikian, pola tapak tersebut tetap mengacu pada standar dasar yang sama.

Melansir OTO.com, pola tapak ban ini bisa dibedakan menjadi tiga pola, yakni simetris, asimetris, dan directional atau uni-directional. Ketiganya memiliki karakter yang juga berbeda dan memiliki kemampuan membuang air yang juga berbeda.

Simetris

Pola ini paling umum ditemui pada kebanyakan ban di masa sekarang. Sesuai dengan namanya, pola pada tread atau permukaan karet paling luar yang diusung menganut desain yang simetris antara kedua sisinya, yakni sisi luar dan dalam di sepanjang tread mengelilingi ban. Serta motif desain yang juga serupa antara satu blok dengan blok yang lainnya.

Desain tersebut kemudian menghasilkan pola untaian yang seperti gelombang, dengan alur utama berfungsi membuang air. ban dengan pola tread simetris biasanya tidak mempermasalahkan arah sehingga memakainya bisa dibolak balik arah rotasinya. Sementara karakter yang biasa diunggulkan dari ban berpola tapak simetris termasuk lebih nyaman dan tidak terlalu bising.

 

 

Selanjutnya

Asimetris

Pola ini menggunakan desain yang berbeda antara kedua sisinya. Hal itu menghasilkan daya cengkeram lebih baik. Ban dengan pola asimetris tampak seperti dua ban berbeda yang digabungkan menjadi satu karena pola alur sisi luar dan dalam berbeda. Pola sisi dalam biasanya lebih banyak dibandingkan sisi luar, sehingga menghasilkan karakter unggulan daya cengkeram lebih baik pada jalan basah.

Sementara sisi luar dengan pola lebih sedikit memberikan kontak yang baik pada permukaan jalan, serta meningkatkan daya cengkeram saat dipakai menikung dengan kencang. Yang perlu diperhatikan adalah pemasangannya yang harus benar yang mana sisi luar tidak bisa ditempatkan pada sisi dalam. kalau terbalik akan membahayakan dan mengacaukan performa. Namun secara rotasi biasanya tidak masalah sehingga bisa memindahkannya ke antara sisi kiri dan kanan mobil.

Directional (uni-directional)

Pola ini sangat berpegang teguh pada arah sehingga biasanya pola yang umum digunakan menyerupai arah panah atau huruf V dan terdapat tanda panah penunjuk arah rotasi pada dinding-dinding ban.

Ban dengan pola tapak ini bebas dipasang di mana saja selama sesuai dengan arah yang dianjurkan. Bentuk dari pola alur berfungsi optimal memecah air sehingga mengurangi kecenderungan terjadinya aquaplanning saat jalanan basah. Ban jenis ini juga memiliki cengkeraman yang baik pada jalan kering.

Sumber : Otosia.com

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Tim Sepak Bola Remaja Thailand Ditemukan Selamat Usai Terjebak 9 Hari di Gua

Posted: 02 Jul 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Bangkok - Setelah sembilan hari terperangkap di dalam gua yang banjir oleh genangan air hujan di wilayah utara Thailand, 12 orang anggota tim sepak bola remaja dan seorang pelatih, berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

Angkatan Laut Kerajaan Thailand merilis sebuah rekaman video pada Senin, 2 Juli 2018, pertama kali menyorot seorang anak laki-laki yang tengah berjongkok di tepian genangan air.

Dikutip dari Time.com pada Selasa (3/7/2018), petugas penyelamat yang berbicara dalam bahasa Thailand aksen Inggris, berteriak ke anak itu, menanyakan berapa orang yang selamat bersamanya.

"Tiga belas," jawab anak itu dengan suara terdengar lirih.

"Tidak apa-apa, kami datang. Banyak orang datang, kami adalah yang pertama, banyak orang yang datang," sahut petugas penyelamat.

Ketika korban lainnya terlihat dalam rekaman video, salah satu dari mereka menanyakan hari apa saat itu. "Senin," jawab petugas penyelamat.

Kelompok gabungan penyelam dan petugas penyelamat dari berbagai penjuru dunia, bahu membahu turun ke dalam kompleks Gua Tham Luang untuk membantu proses evakuasi tersebut.

Tim sepak bola remaja Thailand itu menghilang tanpa kabar sejak 23 Juni lalu, sesaat setelah mereka melakukan perjalanan alam ke kompleks gua terkait, dan kemudian terjebak oleh air banjir yang tiba-tiba naik.

Berikut ini rekaman detik-detik penemuan 12 orang anggota tim sepak bola remaja dan seorang pelatih di Gua Tham Luang Thailand: 

 

Pencarian Penuh Kendala

Tim penyalamat menyusuri hutan mencari tim sepak bola remaja yang hilang di provinsi Chiang Rai, Thailand (26/6). 12 anggota sebuah klub sepak bola remaja tersesat di gua di wilayah utara Thailand. (AFP/Thai News Pix/Krit Phromsakla Na Sakolnakorn)

Sementara itu, satu-satunya pertanda yang ditinggalkan sebelum hilang, adalah sepeda dan perlengkapan sepak bola yang ditemukan di luar pintu masuk kompleks gua. Beserta jejak tangan di sepanjang dinding gua itu.

Banjir besar yang disebabkan oleh hujan lebat selama beberapa hari telah menghambat upaya para penyelam dalam pencarian itu.

Para ahli internasional dari Amerika Serikat, Australia, China dan Inggris telah membantu upaya pencarian dan penyelamatan itu.

Tm penyelam elite angkatan laut Thailand telah mencapai bagian penting di kompleks gua terlarang Tham Luang, Provinsi Chiang Rai yang terkena banjir, pada Senin 2 Juli pagi.

Hal itu menjadikan sebuah progres signifikan dalam proses pencarian 12 pemain sepak bola remaja dan seorang pelatih mereka, yang hilang terperangkap selama sembilan hari.

Kompleks Tham Luang sendiri rentan terhadap banjir besar ketika musim hujan melanda Thailand, yakni berlangsung setiap bulan Juni hingga Oktober.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbas Teror KKSB, Ratusan Warga Toraja di Kenyam Papua Menginap di Tongkonan Agats

Posted: 02 Jul 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Timika - Lebih dari 100 warga Kenyam, Kabupaten Nduga, yang sebagian besar berasal dari etnis Toraja, Sulawesi Selatan, masih mengungsi di Agats, ibu kota Kabupaten Asmat. Ini terjadi setelah penyerangan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKSB) di Kenyam, pekan lalu.

Salah seorang warga Kenyam, Anton Mika Payung, mengatakan seratusan warga etnis Toraja itu untuk sementara ditampung di rumah Tongkonan Agats menunggu kedatangan kapal Pelni untuk segera diberangkatkan ke Timika.

"Informasinya, ada KM Sirimau dari Merauke akan singgah di Agats dan rencananya akan tiba di Timika Selasa siang ini," kata Anton di Timika, Selasa (3/7/2018), dilansir Antara.

Pada Minggu malam, 1 Juli 2018, sebanyak 45 warga etnis Toraja yang mengungsi dari Kenyam, Kabupaten Nduga, telah tiba di Timika menggunakan pelayaran KM Tatamailau dari Agats, Asmat. Para pengungsi itu terdiri atas 41 laki-laki dan empat perempuan.

Setiba di Pelabuhan Paumako Distrik Mimika Timur, para pengungsi dijemput pengurus Ikatan Keluarga Toraja/IKT Mimika dan selanjutnya menggunakan empat bus dibawa menuju Rumah Tongkonan Jalan Sam Ratulangi Timika. Selanjutnya, para pengungsi itu diserahkan ke kerukunan keluarga masing-masing.

Anton mengatakan ratusan pengungsi meninggalkan Kenyam, Nduga, melalui Batas Baru yang merupakan perbatasan Kabupaten Nduga dengan Kabupaten Asmat. Kemudian, para pengungsi menempuh perjalanan sekitar sembilan jam menggunakan perahu motor menyusuri jalur sungai untuk menuju ke Agats, ibu kota Kabupaten Asmat.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan warga etnis Toraja di Kenyam melakukan doa bersama di Rumah Tongkonan Kenyam pasca-penembakan terhadap warga oleh KKSB.

Warga etnis Toraja yang sebagian besar berprofesi sebagai pedagang, peternak, dan buruh bangunan yang menetap di Kenyam memilih mengungsi dari wilayah itu lantaran merasa takut dan trauma atas peristiwa yang menimpa rekan mereka.

Korban KKSB di Kenyam Papua

Ilustrasi Foto Teroris (iStockphoto)

Sebelumnya, satu keluarga yang terdiri atas suami, istri dan anaknya dibunuh oleh KKSB di Kenyam, pekan lalu.

"Kami menyayangkan peristiwa ini. Masyarakat yang tidak bersalah menjadi korban. Mereka (KKSB) melakukan penembakan sehingga warga menjadi trauma dan ketakutan," kata Kombes Kamal.

Pada Senin, 25 Juni 2018, KKSB menembaki pesawat Twin Otter milik Trigana Air di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, yang melulai pilot. KKSB kemudian melarikan diri sambil menembak dan membacok warga sipil hingga menewaskan tiga korban yang sedang berjualan di area bandara tersebut.

Tiga korban tewas atas nama Zaeanal Abidin, warga asal Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, serta pasangan suami istri Hendrik Sattu Kola dan Margaretha Poli, warga asal Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Putra dari pasangan Hendrik-Margareta yang baru berusia 6 tahun, Arjuna Kola, tak luput dari kebrutalan KKSB. Arjuna mengalami lula bacok serius di bagian wajah hingga harus menjalani operasi di RSMM Timika.

KKSB yang menyerang di Kenyam diduga kuat merupakan kelompok wilayah Mugi Ndugama pimpinan Egunius Kogoya. Kelompok ini juga melancarkan serangan ke sejumlah fasilitas pemerintahan di Kenyam, seperti Kantor Bappeda Nduga dan Kantor Badan Pengelola Keuangan Nduga pada Rabu, 27 Juni 2018.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Saksikan Timnas Rusia Adu Penalti di Piala Dunia, Pernikahan Ini Dihentikan

Posted: 02 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2018 yang diadakan di Rusia sepertinya benar-benar menjadi momen khusus bagi warga. Seperti yang dialami pasangan Yekaterina dan Dmitry Vasilyev.

Keduanya menghentikan perayaan pernikahan mereka untuk sesaat, demi menyaksikan tim nasional mereka melakukan adu penalti melawan Spanyol. Tidak sia-sia, Rusia berhasil melaju ke perempat final Piala Dunia.

Dilansir dari New York Post pada Selasa (3/7/2018), pasangan tersebut bersama teman-teman dan keluarganya, berkerumun di sekitar ponsel saat menonton kiper Rusia Igor Akinfeev menahan tembakan dari Koke dan Iago Aspas. Aksi tersebut menyelamatkan Rusia yang tidak diunggulkan di Piala Dunia menuju delapan besar.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Hadiah Terbaik

Pemain timnas Rusia, Artyom Dzyuba berebut bola dengan pemain Spanyol, Sergio Busquets pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Minggu (1/7). Rusia lolos ke perempat final setelah menang adu penalti 4-3 atas Spanyol. (AP/Antonio Calanni)

Upacara pernikahan mereka diadakan pada Minggu, di sebuah kota di luar St Peterburg pukul 2 siang waktu setempat, seiring dengan berjalannya pertandingan antara Spanyol melawan Rusia. Seakan salah fokus, para tamu yang hadir terus mengamati pergerakan skor di pertandingan tersebut hingga tambahan waktu.

Ketika adu penalti dimulai, mereka menghentikan perayaan. Hal tersebut mendapat dukungan dari pasangan yang sedang menikah.

Ruangan itu berubah menjadi sebuah perayaan liar saat Akinfeev berhasil mengamankan kemenangan di adu penalit dengan skor 4-3 untuk tuan rumah.

"Ini adalah hadiah terbaik yang pernah ada," ujar sang mempelai pria yang merupakan penggemar sepak bola dan juga pemain amatir.

Tidak yakin di Piala Dunia

Gelandang Spanyol, Lucas Vazquez menenangkan Sergio Ramos yang menangis usai pertandingan melawan Rusia di babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia (1/7). Spanyol kalah lewat adu penalti atas Rusia 3-4. (AFP Photo/Mladen Antonov)

Kemenangan melawan Spanyol membuat warga Rusia bergembira. Bahkan, beberapa warga dilaporkan mengadakan perayaan di jalan. Hal ini karena banyak dari mereka yang awalnya merasa tidak yakin bahwa timnasnya bisa bertahan di Piala Dunia.

"Ini merupakan kemenangan besar bagi kami, seluruh negeri, jiwa negeri ini. Jujur, sebelum pertandingan, aku berharap kecil kemungkinan mereka bisa menang dari Spanyol. Tapi sekarang, saatnya merayakan kemenangan Timnas Rusia," ujar pendukung Rusia, Mikhail Sitner seperti dikutip dari TVNZ.

Untuk pertandingan berikutnya, Rusia masih harus menghadapi Kroasia pada Minggu, 8 Juli 2018 pukul 01.00 dini hari WIB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Agung Kembali Erupsi, Pengungsi Malah Kebingungan

Posted: 02 Jul 2018 09:00 PM PDT

Fokus, Bali - Gunung Agung kembali erupsi pada Senin malam, 2 Juli 2018, erupsi disertai suara dentuman keras dan lontaran batu pijar ke udara. Ratusan warga pun mengungsi lagi setelah sebelumnya status Gunung Agung turun dari awas ke level siaga.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (3/7/2018), lontaran batu pijar disertai suara dentuman keras dari dalam kawah menandai kembalinya erupsi Gunung Agung, Karangasem, Bali. Akibatnya sebagian wilayah lereng Gunung Agung ludes terbakar.

Lontaran batu pijar yang keluar, teramati hingga jarak 2 kilometer dari puncak kawah, sehingga relatif aman dari pemukiman warga. Menurut pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Agung, erupsi diprediksi masih akan terus terjadi.

Sementara, warga yang berada di lereng Gunung Agung terpaksa menyelamatkan diri dengan mengungsi ke lokasi yang aman. Ratusan warga terpaksa mengungsi dengan membawa perlengkapan tidur seadanya ke Bale Banjar di Desa Rendang yang lokasinya relatif aman di luar radius 4 kilometer.

Mereka kini mengaku bingung jika harus kembali mengungsi, pasalnya posko pengungsian yang disiapkan pemerintah sangat minim lantaran telah dibongkar. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Wajah Asli Bowo yang Bikin Kecewa Fans, Negara Berbahaya untuk Wanita

Posted: 02 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artis Tik Tok Bowo Alpenliebe menjadi viral di jejaring sosial belakangan ini. Dalam setiap unggahan videonya di Tik Tok, bocah 13 tahun itu kerap pamerkan wajahnya sambil melakukan gerakan tangan diikuti dengan pengiring lagu. Ternyata hal itu mampu mendorong banyak remaja putri untuk menjadi penggemarnya.

Sayangnya, saat menghadiri meet & greet bersama Bowo, banyak penggemar yang telah melihatnya secara langsung justru kecewa dengan wajah asli Bowo.

Artikel tentang wajah asli artis Tik Tok, Bowo Alpenliebe yang bikin kecewa penggemar menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler yakni negara yang paling berbahaya untuk wanita. Disusul dengan artikel twit nyeleneh Spanyol kalah dari Rusia menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Bikin Fans Kecewa, Ternyata Begini Wajah Asli Bowo Tik Tok

Bowo Alpenliebe, artis Tik Tok yang digandrungi remaja perempuan masa kini. [foto:instagram.com/bowoo_alpenliebe]

Bowo Alpenliebe atau yang bernama asli Mondardo. Bowo Alpenliebe memiliki banyak penggemar, lantaran video-video Tik Tok yang diunggahnya di media sosial.

Bowo bahkan telah mengadakan meet and greet dengan bayaran Rp 80 ribu yang dihadiri banyak remaja lainnya. Sayangnya, banyak fans yang kecewa ketika melihat wajah asli Bowo Alpenliebe.

Selengkapnya..

2. Terbaru, Ini 10 Negara Paling Berbahaya di Dunia untuk Wanita

Demonstran membawa panci dan wajan saat melakukan mogok kerja dengan menggelar protes untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di Pamplona, Spanyol, Kamis (8/3). Mereka memprotes kekerasan laki-laki terhadap perempuan (AP/Alvaro Barrientos)

Thomson Reuters Foundation baru saja merilis laporan negara-negara paling berbahaya bagi wanita versi terbaru. Daftar ini disusun dengan meminta pendapat dari 548 ahli tentang isu-isu perempuan dari Maret hingga Mei 2018.

Berikut 10 negara tersebut diurutkan dari yang paling buruk.

Selengkapnya..

3. Bikin Ngakak, Ini 11 Twit Nyeleneh Kenapa Spanyol Kalah dari Rusia

(Rangkuman Brilio.net dari berbagai sumber)

Kejutan demi kejutan menghiasi perhelatan Piala Dunia 2018. Timnas Spanyol kalah dari tuan rumah dalam laga babak 16 besar pada Minggu (1/7). La Furia Roja tersingkir dari perhelatan Piala Dunia 2018 karena kalah dalam adu penalti.

Kekalahan tim yang dilatih oleh Fernando Hierro ini ternyata mengundang beragam reaksi dari para pecinta sepak bola. Hal ini terlihat dari ramainya perbincangan tentang kekalahan Spanyol di media sosial.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Kolombia Vs Inggris: Ujian Sebenarnya

Posted: 02 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Moskow - Inggris siap mempertahankan rekor bagus saat melawan Kolombia pada 16 besar Piala Dunia 2018. Kedua tim bertemu di Otkritie Arena, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB.

The Three Lions tidak terkalahkan pada lima pertemuan melawan Los Cafeteros. Pada duel di Piala Dunia, tepatnya edisi 1998, Inggris mengalahkan Kolombia 2-0 untuk melangkah ke putaran berikut.

Laga ini sekaligus menjadi ujian sebenarnya bagi Inggris. Anak asuh Gareth Southgate memenangkan dua duel awal grup mengandalkan ketajaman Harry Kane.

Sedangkan partai terakhir versus Belgia tidak dapat dijadikan patokan karena Southgate merotasi tim. "Kami harus manfaatkan momen," kata Southgate.

"Sudah lebih dari satu dekade Inggris tidak menang di laga gugur kompetisi besar, terakhir kali pada 2006 (Piala Dunia). Sekarang kami berkesempatan menulis sejarah baru dan tidak ingin melewatkannya," sambungnya.

Bisa Apa Tanpa James?

Para pemain Kolombia merayakan gol Yerry Mina (2kiri) saat melawan Senegal pada laga terakhir grup H di Samara Arena, Samara, Rusia, (28/6/2018). Kolombia menang 1-0. (AP/Martin Meissner)

Kolombia tentu berusaha memperbaiki rekor. Anak asuh Jose Pekerman lolos ke 16 besar setelah mengalahkan Senegal pada laga pamungkas grup. Namun, meski memiliki James Rodriguez dan Radamel Falcao, potensi mereka belum sepenuhnya terlihat.

Serangan Los Cafeteros bahkan berpotensi tumpul karena James dirudung cedera pada turnamen kali ini dan diragukan tampil.

"Hasil tes menunjukkan tidak ada yang serius. Kita lihat nanti apakah James dapat bermain atau tidak," kata Pekerman, dilansir Guardian.

Perkiraan Pemain

Kolombia: David Ospina; Santiago Arias, Davinson Sanchez, Yerry Mina, Johan Mojica; Carlos Sanchez, Mateus Uribe; Juan Cuadrado, Juan Quintero, Luis Muriel; Falcao

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Dele, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young; Raheem Sterling, Harry Kane

 

Pertemuan Sebelumnya:

20-05-1970 Persahabatan Kolombia vs Inggris 0-4

24-05-1988 Piala Rous Inggris vs Kolombia 1-1

06-09-1995 Persahabatan Inggris v Kolombia 0-0

26-06-1998 Piala Dunia Kolombia vs Inggris 0-2

31-05-2005 Persahabatan Inggris vs Kolombia 3-2

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: