Selasa, 22 November 2016

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Selamatkan Diri, 500 Warga Rohingya 'Nyeberang' ke Bangladesh?

Posted: 21 Nov 2016 11:31 PM PST

Liputan6.com, Naypyidaw - Menurut relawan, ratusan warga muslim Rohingya menyeberang ke perbatasan Bangladesh selama akhir pekan hingga Senin kemarin. Mereka mencari perlindungan dari kekerasan yang terjadi di negara bagian Rakhine, Myanmar yang menewaskan setidaknya 86 orang dan membuat sekitar 30.000 lainnya mengungsi.

Seperti dilansir Reuters, Selasa, (22/11/2016) pejabat dari badan migrasi PBB, IOM, yang enggan mengungkap identitasnya mengatakan bahwa ia menyaksikan lebih dari 500 warga muslim Rohingya memasuki kamp-kamp di bukit dekat perbatasan pada Senin kemarin.

Hal yang sama juga dilaporkan oleh sejumlah pekerja lainnya. Mereka mengaku melihat sejumlah warga muslim Rohingya yang melarikan diri dari konflik di Rakhine. Mereka tidak menyebutkan berapa banyak yang datang, namun mengungkapkan keprihatinan terkait hal ini.

Pertempuran yang terjadi di Rakhine saat ini disebut sebagai yang paling parah sejak bentrokan komunal tahun 2012 lalu. Pemicu kegentingan yang terjadi saat ini adalah pada 9 Oktober lalu, sekelompok orang bersenjata menyerang tiga pos perbatasan dan menewaskan sembilan polisi. Pasca-serangan tersebut, Rakhine pun menjadi target operasi militer.

Moulavi Aziz Khan (60) yang berasal dari sebuah desa di Rakhine utara mengatakan, ia meninggalkan Myanmar pekan lalu setelah militer mengepung rumahnya sebelum akhirnya membakarnya.

"Aku melarikan diri dengan empat putriku dan tiga cucuku ke bukit terdekat. Kami berhasil menyeberangi perbatasan," kata dia.

Sejumlah tudingan miring mengarah ke militer Myanmar. Selama operasi militer, mereka disebut-sebut telah memerkosa perempuan Rohingya, membakar rumah, dan membunuh warga sipil. Namun semua tuduhan itu dibantah.

Organisasi pemantau HAM, Human Right Watch (HRW) melalui gambar satelit terbaru yang diambil pada tanggal 10, 17, dan 18 November lalu menunjukkan terdapat 820 bangunan yang hancur di lima desa di Rakhine utara. Total jumlah yang telah diratakan dengan tanah menurut kelompok itu mencapai 1.250 unit.

'Jawaban' Myanmar

Pemerintah Myanmar membantah laporan bahwa warga Rohingya mencoba melarikan diri ke Bangladesh.

Juru bicara kepresidenan dan anggota gugus tugas informasi yang baru dibentuk di Rakhine, Zaw Htay, mengatakan, pemerintah terus menyelidiki laporan tersebut. Namun ditegaskannya sejauh ini laporan tersebut belum dapat dibuktikan.

"Bersama dengan militer dan polisi kami melakukan pengecekan sejak 9 Oktober. Beberapa orang telah melarikan diri dari desa mereka, namun kami memulangkan mereka kembali," jelas Htay.

"Jika hal tersebut benar terjadi, kita prihati dan akan melanjutkan investigasi. Kita tidak menolak semua tuduhan...tapi pemerintah akan selalu memeriksanya dan beberapa memang ditemukan tidak benar," imbuhnya.

Militer Myanmar telah mendeklarasikan "zona operasi militer" di Rakhine di mana versi mereka menyebutkan terjadi pemberontakan bersenjata dari kalangan warga muslim Rohingya. Karena alasan ini menurut mereka tidak memungkinkan bagi wartawan internasional untuk memasuki wilayah tersebut.

Myanmar menjadi rumah bagi kurang lebih 1 juta warga muslim Rohingya. Mereka menghuni sejumlah desa di negara bagian Rakhine.

Namun mayoritas masyarakat Myanmar yang beragama Buddha menganggap warga muslim Rohingya sebagai imigran ilegal asal Bangladesh. Para pengamat HAM mengatakan, pemerintah telah membatasi pergerakan warga Rohingya bahkan mengabaikan hak asasi manusia mereka.

"Hingga 30.000 orang diperkirakan akan mengungsi sementara ribuan lainnya terkena dampak pertempuran yang berlangsung baru-baru ini," demikian menurut PBB.

Badan urusan pengungsi PBB menyerukan pemerintah Myanmar untuk membuka akses ke Rakhine sehingga memungkinkan pendistribusian bantuan.

"Gagasannya adalah memberi bantuan kepada mereka, sehingga mereka tidak akan terpaksa menyeberang ke Bangladesh," ujar Vivian Tan, salah satu petugas UNHCR.

"Jika mereka terpaksa menyeberang ke negara lain seperti Bangladesh, kami sangat berharap pemerintah Bangladesh akan menghormati tradisi keramahan lama dan membuka perbatasannya kepada para pengungsi ini," imbuhnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terpuruk di MU, Mourinho Malah Ejek Karier Wenger

Posted: 21 Nov 2016 11:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Tekanan Jose Mourinho sebagai pelatih Manchester United begitu besar. Terlebih, The Special One belum mampu memberikan hasil terbaik kepada MU. Bukannya fokus benahi skuat, ia malah melancarkan serangan kepada pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Pelatih bernama lengkap Jose Mario dos Santos Mourinho Felix tersebut sedang dalam sorotan tajam akibat performa buruk MU di musim 2016/2017. Padahal, tujuan manajemen MU menghadirkannya adalah untuk mengembalikan kejayaan MU.

Dan, Mourinho juga sudah dibekali dengan kehadiran pemain-pemain berlabel bintang seperti Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, dan Henrikh Mkhitaryan. Sayang, pelatih asal Portugal itu belum menemukan komposisi pemain terbaiknya.

Tekanan besar pun datang menghampirinya. Namun, bukan Mourinho namanya jika tak bisa berdalih. Anehnya, kali ini ia justru menyerang salah satu rivalnya, yakni Wenger, seperti dikutip Mirror.

"Pelatih Arsenal tak memenangkan gelar dalam 14 tahun. Saya tak memenangkan gelar dalam 18 bulan. Ia, dalam 14 tahun, gagal membangun tim juara," kata Mourinho.

"Saya baru di sini selama empat bulan. Dan, tekanan ini hanya untuk saya, bukan orang lain."

Sindiran yang dilontarkan Mourinho berdasarkan fakta Wenger yang tak lagi memenangi gelar Liga Inggris sejak 2004/2005.

Pelatih kelahiran 26 Januari 1963 itu juga menyadari penyebab tekanan besar yang ada di pundaknya. Itu karena Mourinho dikenal sebagai pelatih yang mampu menyumbangkan gelar untuk klubnya.

Jose Mourinho saat mengangkat trofi Liga Champions 2009/2010 bersama Inter Milan.
Sukses itu ia ukir bersama Porto, Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid. Bahkan, sudah dua gelar Liga Champions yang dinikmati Mourinho sepanjang karier melatihnya, yakni pada musim 2003/2004 dan 2009/2010.

"Ini pasti karena karier yang saya ciptakan. Saya datang ke klub dan selalu menang. Kenyataan justru lebih sulit. MU benar-benar hidup dalam periode yang membutuhkan stabilitas. Namun, pers tidak bisa memahaminya dengan baik," ungkap Mourinho.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ritual Aneh 2 Kelompok Pengajian di Kampung Halaman Zumi Zola

Posted: 21 Nov 2016 11:30 PM PST

Liputan6.com, Jambi - Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Lintas Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi tengah mengawasi dua kelompok pengajian yang cukup aneh beda dari pengajian biasanya.

Dihubungi di Muarasabak, ibu kota Kabupaten Tanjabtim, Kepala Badan Kesbangpol Linmas Kabupaten Tanjabtim Abdul Rasid mengatakan, dua kelompok pengajian aneh itu berada di Kecamatan Mendahara Ulu dan Kecamatan Berbak.

Kabupaten Tanjabtim merupakan bekas daerah yang dipimpin Gubernur Zumi Zola saat menjadi bupati. Daerah ini juga adalah kampung halaman keluarga besar Zumi Zola.

"Di Kecamatan Mendahara Ulu, ada pengajian dalam kelambu. Sementara di Berbak, ada pengajian bernama Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA)," ujar Abdul Rasid, Selasa (22/11/2016).

Menurut Abdul, pengajian dalam kelambu pesertanya tercatat mencapai puluhan orang yang kebanyakan adalah lansia umur 60-an tahun. Ritual pengajiannya dengan membaca zikir tetapi dilakukan di dalam kelambu secara berombongan.

Sementara, pengajian di Kecamatan Berbak bernama SPMAA memiliki 70 orang santri. Pesertanya beragam dari anak-anak sampai orang dewasa.

Namun demikian, Abdul mengatakan, pihaknya belum menemukan adanya tanda-tanda menyimpang dari kegiatan dua kelompok pengajian itu. Kesbangpol juga tidak menemukan adanya penolakan atau gejolak warga di sekitar lokasi.

"Kita bersama aparat TNI, polisi dan pemuka agama terus melakukan pemantauan sembari mendalami ajaran dua kelompok pengajian itu," ucap Abdul menjelaskan.

Abdul menambahkan, dalam pengawasan itu, pihaknya bersama aparat sudah beberapa kali turun ke lokasi. Karena dinilai tidak menyimpang, kedua kelompok pengajian itu diminta mengurus izin ke instansi terkait yakni ke Kementrian Agama dan Dinas Pendidikan.

"Terutama kelompok SPMAA, katanya yayasan. Namun, tidak memiliki kurikulum atau modul," kata Abdul.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dana Penerima Bantuan Iuran 15 M Hanya 3 Provinsi Saja

Posted: 21 Nov 2016 11:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anggaran Penerima Bantuan Iuran (PBI) dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada 2016 dilakukan secara maksimal oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Namun dari jumlah orang miskin yang menerima PBI/JKN sebanyak 92,4 juta jiwa, ternyata tidak mencakup seluruh provinsi di Indonesia.

Salah satu latar belakang utama, proses pembaruan data (update data) secara nasional membutuhkan dana yang sangat mahal. Dalam validasi dan verifikasi pendataan orang miskin, Kemensos fokus menangani tiga provinsi saja.

"Khusus PBI, anggaran yang ada itu Rp15 miliar. Anggaran itu dimaksimalkan untuk daerah-daerah yang mudah dijangkau dan padat penduduknya. Konsentrasi penduduknya khusus di Jawa, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," kata Mensos Khofifah saat sesi wawancara di sela-sela istirahat Rapat Kerja Mensos tentang Validasi dan Verfikasi data PBI di Gedung Nusantara I, DPR/MPR RI, ditulis Selasa (22/11/2016).

Konsentrasi di tiga provinsi mencakup 92 kabupaten/kota. Mensos Khofifah berharap, proses pendataan orang miskin yang menggunakan sistem multiple entry diikuti exercise on demand application, yang baru di uji coba di 11 kabupaten/kota sehingga mampu menghasilkan data yang akurat.

"Kita sudah menyiapkan aplikasi (pengisian data PBI/JKN) di 44 kota, yang akan mendeteksi, misalnya, si A terima bansos (bantuan sosial) apa saja dari kementerian di pusat. Kalau sistem aplikasi ini disiapkan di masing-masing kabupatan/kota," katanya.

Mensos menambahkan, hingga kini Kemsos masih terus memaksimalkan integrasi intervensi fakir miskin yang mendapatkan berbagai bansos dan subsidi dari pemerintah. Intinya, seluruh penerimaan bansos akan didata. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Alasan Paling Masuk Akal Mengapa Anda Selalu Merasa Lelah

Posted: 21 Nov 2016 11:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anda merasa telah melakukan segala hal untuk mendapatkan tubuh yang segar? Seperti tidur malam yang cukup dan tepat waktu, berolahraga, dan makan makanan bergizi. Namun, tetap saja, rasa lelah yang menggelayuti tubuh tidak kunjung hilang.

Dilansir dari purewow.com, Selasa (22/11/2016), berikut ini adalah beberapa alasan paling sederhana yang dapat menjelaskan mengapa tubuh Anda terus merasa lelah sepanjang hari.

1. Anda dehidrasi
Faktanya, Anda membutuhkan banyak asupan air putih untuk menjaga keseimbangan tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Setidaknya 8 gelas dalam sehari dan jika ini tidak terpenuhi, maka secara otomatis gerak Anda akan terhambat, bahkan mempengaruhi suasana hati.

2. Terlalu terhidrasi
Ini bukan masalah sepele. Jika Anda terlalu banyak minum air sebelum tidur di malam hari, maka secara otomatis Anda juga akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bangun tengah malam untuk ke toilet. Berhenti memasukkan apa pun ke dalam mulut setidaknya 1 jam sebelum tidur.

3. Rumah berantakan
Beberapa studi menunjukkan bahwa tempat yang bersih juga dapat membuat pikiran lebih bersih. Lingkungan sekitar yang bersih dapat membuat Anda jauh lebih nyaman dan santai.

4. Udara terlalu panas
Hal yang dapat Anda lakukan adalah menjaga suhu kamar agar tidur di malam hari tetap terasa nyaman, tidak terbangundi malam hari hanya karena udara terlalu panas atau terlalu dingin.

5. Memiliki alergi
Disadari atau tidak, alergi dapat membuat tubuh terasa lesu. Selain itu, obat-obatan yang Anda minum untuk meredakan alergi akan membuat tubuh semakin lemas. Coba tanyakan kepada dokter adakah obat alergi yang tidak membuat Anda mengantuk.

6. Jadwal tidur yang tidak teratur
Ini semua tentang konsistensi. Anda bisa teratur tidur setiap malam di hari kerja pada jam 10 malam, namun terjaga hingga jam 2 pagi hari di akhir pekan. Perubahan waktu tidur sedikit saja dapat membuat tubuh Anda merasa lelah untuk berusaha menyesuaikannya lagi.

7. Tidur dalam perasaan marah
Anda bertengkar dengan pasangan? Perbaiki masalahnya terlebih dahulu, sebelum Anda pergi tidur dan mematikan lampu, karena tidur dalam keadaan marah dapat mempengaruhi kualitas tidur.

8. Tiroid yang kurang aktif
Selalu merasa lelah dalam beberapa hari berturut-turut? Ini bisa jadi karena tiroid Anda kurang aktif, membuat gerak Anda lambat, tidak peduli berapa lama pun Anda telah tidur.

9. Membutuhkan lebih banyak zat besi
Zat besi dalam tubuh membantu darah untuk terus bergerak dan membawa oksigen sampai ke otot-otot Anda. Jika Anda kekurangan zat besi sebanyak 10 miligram saja dalam sehari, maka tubuh akan lebih cepat merasa lelah dan lamban. Cobalah untuk makan bayam, kacang-kacangan, dan multivitamin.

10. Cuaca
Jika perubahan musim dapat mempengaruhi suasana hati Anda, maka secara otomatis juga dapat mempengaruhi tubuh. Berolahraga secara rutin agar endorfin dalam tubuh tetap mengalir atau duduklah di bawah sinar matahari agar tubuh mendapatkan vitamin D yang cukup.

11. Tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup
Matahari adalah salah satu faktor penting agar tubuh dapat menyesuaikan irama yang sesuai. Habiskan waktu setidaknya selama 30 menit di luar ruangan setiap hari untuk mendapatkan tidur yang cukup.

12. Terlalu banyak terekspos sinar gadget
Sadarkah Anda bahwa sinar dari gadget dapat mempengaruhi kualitas tidur? Hindari untuk terlalu lama menggunakan gadget sebelum tidur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot: Seperti Mangga, Pilih Pemimpin Jangan Karbitan

Posted: 21 Nov 2016 11:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil gubernur petahana Djarot Saiful Hidayat menerima pengaduan warga di Rumah Lembang hari ini. Meski tidak ada Ahok, karena sedang menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama di Mabes Polri, Rumah Lembang tetap ramai oleh warga.

Salah seorang warga yang mendatangi Rumah Lembang adalah Joice. Dia menilai, pasangan nomor urut 2 itu berhasil membenahi Jakarta.

"Banyak perubahan yang kami rasakan. Ada Kartu Jakarta Pintar, Perpustakaan Jakarta, dan lainnya," tutur Joice di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/11/2016).

Mendengar pernyataan Joice, Djarot meminta warga memilih pemimpin yang sudah teruji dan jangan coba-coba.

"Kalau beli mangga saja enggak boleh karbitan. Enggak enak. Milih pemimpin juga harus begitu. Jangan pilih pemimpin jangan karbitan," ucap Djarot.

Menurut mantan Wali Kota Blitar itu, Jakarta tidak akan maju dengan pemimpin yang hanya coba-coba.

Djarot pun menceritakan pengalaman Ahok. Sebelum menjadi Gubenur DKI Jakarta, Ahok menjabat sebagi Bupati Belitung Timur. Sementara Djarot, sebelum menjadi Wakil Gubernur DKI, dia adalah Wali Kota Blitar dua periode.

"Saat saya di DPR RI, Pak Ahok meminta saya untuk menjadi pendampingnya," pungkas Djarot.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zumi Zola Tunggu Rekomendasi Panwaslu soal PNS Dukung Paslon

Posted: 21 Nov 2016 11:22 PM PST

Liputan6.com, Jambi - Gubernur Zumi Zola gerah terhadap ulah sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Jambi yang diduga secara terbuka mendukung sejumlah pasangan calon menjelang Pilkada serentak di daerah itu.

Ia meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bertindak tegas. "Ada laporannya, bahkan katanya ada PNS yang bertugas di Pemprov Jambi," ujar Zumi Zola di Jambi, Senin 21 November 2016.

Terkait adanya temuan itu, Zumi Zola mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada KPU dan Bawaslu. Bahkan, ia menegaskan tidak akan mengintervensi keputusan KPU maupun Bawaslu.

Menurutnya, sudah ada aturan jelas dalam penanganan PNS yang terlibat dalam Pilkada. "Saya tidak mau ngajarin buaya berenang. Ini bukan Pilkada pertama, PNS tidak boleh terlibat," kata Zumi Zola.

Zola juga menegaskan, pihaknya akan mengikuti prosedur yang berlaku apabila nantinya ada rekomendasi dari Bawaslu. Sebab, sanksi untuk PNS tersebut diberikan jika rekomendasi Bawaslu telah keluar.

Ada tiga daerah di Provinsi Jambi yang akan menggelar Pilkada serentak. Di antaranya adalah Kabupaten Muarojambi, Tebo dan Sarolangun.

Belum lama ini, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Muarojambi dan Sarolangun tengah mengusut keterlibatan sejumlah PNS yang diduga terlibat langsung dalam Pilkada.

Ketua Panwas Muarojambi, M Yasir menyatakan, pihaknya telah merekomendasikan lima orang oknum PNS di Kabupaten Muarojambi yang diduga terlibat di Pilkada.

"Sudah kita rekomendasi ke Pemkab Muarojambi untuk di sanksi. Ada bukti foto dan pelaku mengakui," kata Yasir.

Sementara di Kabupaten Sarolangun Panwas setempat merekomendasikan dua nama PNS.

Ketua Panwaslu Sarolangun, Rofiqoh Febriati mengatakan, salah satu terduga berani secara terang-terangan mengunggah status di media sosial yang berisi ajakan mendukung salah satu calon.

"Kita masih proses, pemeriksaan saksi. Sementara pelaku mengakui perbuatannya," kata Rofiqoh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Pemain Chelsea Khawatir Kuartet Lini Depan Timnas Indonesia

Posted: 21 Nov 2016 11:21 PM PST

Liputan6.com, Manila - Philip Younghusband tidak terlalu tegang jelang laga krusial lawan Timnas Indonesia di penyisihan Grup A Piala AFF 2016, malam nanti. Kapten Filipina itu malah menebar senyum dan meladeni permintaan fans yang ingin berfoto bersama, Selasa (22/11/2016) siang.

Ditemui di Hotel Novotel, tempat pemain menginap, Phil terlihat ramah menerima ajakan wawancara dari Liputan6.com Tak tampak raut cemas dalam diri pemain 29 tahun tersebut.

"Kami sudah mengamati permainan Indonesia melawan Thailand. Mereka tim yang berbahaya, terutama di lini depan," kata Phil.

"Empat pemain depan, yakni dua sayap dan dua striker sangat cepat. Mereka ancaman besar buat pertahanan kami," ujar eks pemain Chelsea itu menambahkan.

Saat ini, Filipina berada di posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan koleksi satu poin. Sementara Indonesia di posisi buncit dengan nol poin.

"Bermain di kandang tidak terlalu menguntungkan. Anda bisa lihat suporter kami mungkin hanya empat ribuan, bandingkan dengan Indonesia atau Malaysia yang ditonton 80 ribu hingga 100 ribu penonton," ucap Phil tersenyum.

"Ya semoga saja banyak penonton yang hadir nanti sore. Walau kami tahu stadionnya agak jauh dari pusat kota," pungkasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Targetkan Pencairan Dana Proyek Umbulan Selesai 2 Hari

Posted: 21 Nov 2016 11:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menargetkan realisasi pencairan dana atau financial closing untuk proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) akan selesai dalam dua hari mendatang 24 November 2016.

Jika tahapan ini tuntas, maka proyek yang sudah mandek 43 tahun ini segera memasuki tahap konstruksi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, pemerintah pusat dan daerah sedang menyelesaikan masalah atau kendala teknis supaya target financial closing pada dua hari ini terwujud.

"Tadi kita sudah minta komitmen supaya segera financial closing. Harapannya 2-3 hari ini," ucap Darmin di kantornya, usai Rakor SPAM Umbulan Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo menambahkan, rencananya target financial closing beres pada 24 November ini. Jadi kontrak dan masalah lainnya dimatangkan dan dicari jalan keluarnya supaya financial closing terlaksana seperti yang diharapkan.

"Rencananya tanggal 24 ini financial closing selesai, makanya kita matangkan. Karena jadwal financial close dimajukan dari agenda awal di Juli 2017 ke November ini makanya perlu ada penyesuaian-penyesuaian, misalnya kontrak dan sebagainya," jelas Pakde Karwo.

Dia menuturkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati tengah mendiskusikan jaminan pemerintah pusat atas SPAM Umbulan yang belum masuk ke total anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), khususnya Direktorat Jenderal Cipta Karya pada APBN 2017.

"Anggaran yang dari PUPRA ada tambahan infrastruktur di anggaran mereka. Tapi ini belum masuk di anggarannya di 2017. Makanya Menko Perekonomian dan Sri Mulyani akan bertemu hari ini dan menyelesaikan, jadi kita tunggu hasil rapatnya," ujar Pakde Karwo.

Dia berharap, financial closing dapat selesai tahun ini sehingga konstruksi langsung jalan, paling cepat 2017 dan rampung 2019. Hal itu lantaran daerah sudah sangat siap mengeksekusi pembangunan SPAM Umbulan guna memenuhi kebutuhan air bersih di Jatim.

Bupati Kabupaten Pasuruan, Irsyad Yusuf menambahkan, persoalan yang masih mengganjal dalam proyek SPAM Umbulan adalah jaminan dukungan dari pemerintah pusat melalui APBN yang sudah menjadi kesepakatan pada rapat koordinasi lintas kementerian sebelumnya.

"Saya ingin pastikan apakah itu bisa dipenuhi melalui APBN 2017 tapi ternyata masih dievaluasi, sangat tidak sesuai dengan hasil rapat koordinasi yang dilakukan dengan Pak Menko, Menkeu, Bappenas, dan PUPR," ujar Irsyad.

"Kepentingan kami bagaimana jaminan untuk dukungan Kabupaten Pasuruan sebagai yang memiliki wilayah sehingga kepentingan sosial masyarakat terkait penyediaan air bersih di sekitar Umbulan terpenuhi," harap Irsyad.

Seperti diberitakan sebelumnya, proyek SPAM Umbulan ditargetkan memproduksi air bersih 4.000 liter per detik dan akan menjadi sumber air minum 1,3 juta jiwa masyarakat Jatim.

"Total investasi proyek ini Rp 4,51 triliun, sebesar Rp 2,05 triliun menyerap investasi swasta dan Rp 2,1 triliun dari penjaminan pemerintah lewat PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII)," tutur Darmin.

PII memberikan jaminan terhadap Proyek SPAM Umbulan. Proyek ini dibangun berdasarkan Skema Kerja Sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan PT Meta Adhya Tirta Umbulan.

Proyek SPAM Umbulan merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan infrastruktur publik khususnya air minum dan mempercepat pelaksanaan Proyek Infrastruktur Strategis Nasional yang tercantum dalam Perpres No. 3 tahun 2016. Proyek ini sempat tertunda selama 40 tahun.

Direktur Utama PT PII, Sinthya Roesly mengungkapkan proyek bernilai sebesar Rp 2,1 trilliun ini mendapatkan dukungan kelayakan Rp 818 miliar dari Kementerian Keuangan melalui Project Development Fund (PDF) yang dilakukan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Proyek SPAM Umbulan meliputi pekerjaan desain, konstruksi, operasi dan pemeliharaan serta pembiayaan SPAM dengan kapasitas 4.000 liter per detik.

Proyek SPAM Umbulan akan menggunakan skema BOT (Built Operate Transfer) dengan masa konstruksi dijadwalkan 24 bulan dan masa kerjasama 25 tahun sejak tanggal beroperasi komersial.

Air baku dari proyek akan diambil dari mata air Umbulan di Kabupaten Pasuruan dan akan didistribusikan melalui pipa transmisi sepanjang 93,7 Kilometer (Km) untuk menghasilkan air minum curah kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di 5 Kabupaten atau Kota. Antara lain, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik.

Berbagai pihak telah ikut mendukung keberhasilan proyek ini antara lain Kemenko Perekonomian, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, serta peran serta dari Kementerian Dalam Negeri dalam tahapan eksekusi di tingkat Pemerintah Daerah. (Fik/Ahm)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepatu Tersangkut, Aura Kasih Jatuh dari Panggung

Posted: 21 Nov 2016 11:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa kurang mengenakkan baru saja menimpa Aura Kasih. Minggu (20/11/2016), pelantun "Mari Bercinta" itu tiba-tiba terjatuh dari atas panggung.

Kejadian tak terduga itu terjadi ketika Aura Kasih manggung di salah satu pusat perbelanjaan di Pekanbaru, Riau. Saat perlahan melangkah maju, tiba-tiba saja Aura jatuh dan menimpa penonton.

 Aura Kasih [Liputan6.com]

Begitu jatuh, tubuhnya langsung 'ditangkap' oleh seorang pria bertubuh gemuk yang berdiri persis di depan panggung. Meski merasakan sakit, Aura Kasih berusaha kembali berdiri tegap dan melanjutkan nyanyiannya.

 

Usut punya usut, insiden tersebut terjadi lantaran sepatu hak tinggi yang dikenakan Aura Kasih tersangkut. Beruntung tidak ada luka serius yang dialami mantan kekasih Glenn Fredly itu.

"Akibat "tangga di stage yg d tutup karpet, kayanya ada sela dan gak rapat" so, heels nyangkut, terjadilah... kaki bengkak," ungkap penyanyi 28 tahun itu di Instagram.

 Aura Kasih (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Dalam sekejap, video detik-detik Aura Kasih terjatuh dari panggung pun langsung viral di dunia maya. Penyanyi 28 tahun itu juga mengucapkan terima kasih pada pria gemuk yang telah menyelamatkannya.

"terimmakasih mas2 " gendut" yg menyelamatkan saya pada saat itu. klo kamu tak ada, idungku bisa rata nubruk lantai .anyway pas liat video nya kok lucu yaa," ungkap Aura Kasih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontribusi Perdamaian Rohingya, RI Bangun Sekolah di Rakhine

Posted: 21 Nov 2016 11:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arrmanatha Nasir mengatakan, Pemerintah Indonesia punya kontribusi besar dalam menciptakan perdamaian di Rakhine State Myanmar, antara pemeluk Buddha dan umat Rohingya

Pria yang kerap disapa Tata ini menjelaskan, kontribusi terlihat jelas saat Indonesia membangun sekolah di wilayah itu. Rumah pendidikan tersebut pun dibuat bagi banyak etnis di sana.

"Di lapangan sendiri pemerintah Indonesia di Rakhine State, kita telah membuat sekolah yang baik buat orang Islam dan orang non-Islam," ujar Tata di kantor Kemlu, Senin 21 November 2016.

Selain secara khusus di Rakhine State, Indonesia juga berperan aktif dalam membantu kemajuan Myanmar di beberapa sektor.

"Secara bilateral kita terus selama ini mendorong dan bekerjasama memajukan demokratisasi dan memajukan prinsip HAM dan desentralisasi," kata Tata.

Apa yang dilakukan Indonesia dijalankan dengan dasar yang tepat. Yaitu agar Myanmar ke depannya bisa lebih baik di segala sektor, dibanding saat ini.

"Pada intinya kita terus mendorong dan siap bantu Myanmar hadapi permasalahan saat ini," tutur dia.

Untuk masa sulit yang terjadi di Myanmar sekarang ini, Indonesia pun membuka tangan demi membantu mereka, jika ada permintaan langsung.

"Kita siap, bicara dan membantu apabila mereka ingin belajar dari pengalaman kita sebagai sesama negara multi etnis bagaimana kita menjaga keharmonisan negara kita," kata dia.

"Kita siap sampaikan bantuan kapasitas mengenai demokrasi prinsip HAM terus kita ingatkan," pungkas Tata.

Pembangunan sekolah Indonesia di Myanmar berlangsung sejak 2013 lalu. Total ada tiga unit Sekolah Dasar yang dibangun di Rakhine.

Demi membangun sekolah tersebut, pemerintah mengucurkan dana sebesar USD 1 juta.

"Bantuan itu sebagai upaya penyelesaian masalah di Rakhine State yang tengah mengalami konflik komunal, diwujudkan dengan membangun tiga unit sekolah dasar," kata Duta Besar Indonesia untuk Republik Uni Myanmar ketika itu, Sebastianus Sumarsono seperti dikutip dari Antara News.

Pada kesempatan tersebut, Sebastianus mengungkapkan bahwa Myanmar cukup terbuka dalam menerima bantuan dari Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa yang Akan Dibicarakan Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Megawati?

Posted: 21 Nov 2016 11:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan mendatangi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di kediamannya Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Ketua DPP PAN Yandri Susanto menilai pertemuan tersebut adalah hal yang wajar karena Zulkifli juga akan bersafari politik.

"Sebenarnya, PAN ingin melakukan silaturahmi dengan banyak pihak, salah satunya adalah tokoh partai politik, kebetulan memang Bu Mega yang pertama. Kita kan roadshow dan ini sudah lama, sering dilakukan Bang Zul selama ini," ungkap Yandri di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Lalu apa yang akan dibahas dengan Megawati?

"Bagaimana merekatkan kalau misalkan ada persoalan-persoalan. Kalau menurut saya enggak terlalu bermuatan politik sebenarnya," ucap dia.

Namun, lanjut dia, karena kondisi saat ini sedang memanas maka pertemuan ini diperlukan oleh semua tokoh dan bukan hanya tokoh partai politik.

"Dalam pertemuan langsung, bisa meluruskan kalau yang memang selama ini ada wasangka. Bisa meluruskan kalau selama ini ada semacam hambatan-hambatan. Jadi mari kita sambut secara positif, secara gembira pertemuan-pertemuan tokoh-tokoh partai politik, tokoh-tokoh bangsa, tokoh-tokoh agama yang memang negara ini harus kita sama-sama jaga," papar dia.

Sekretaris Fraksi PAN ini membantah jika ada perpecahan di dalam koalisi pemerintahan. Apalagi, kata Yandri, dalam Pilkada DKI Jakarta PAN dan PDIP tidak mendukung pasangan calon yang sama.

"Enggak ada perpecahan, aman. Saya menyampaikan, kalau masalah persoalan Pilkada DKI tidak boleh ditarik ke persoalan kepada koalisi nasional, dan Pak Jokowi enggak pernah memerintahkan partai koalisi untuk memilih pasangan tertentu," tutur Yandri.

Jadi, tambah Yandri, kalau ada pihak yang mempermasalahkan, menurutnya hal itu terlalu jauh. Dikhawatirkan justru akan masuk jebakan orang untuk melemahkan pemerintahan sekarang.

"Jadi jangan sampai gara-gara Ahok sendiri, persoalan jadi kemana-mana. Pak Ahok kan sudah ditetapkan oleh polisi, yasudah. Koalisi nasional jangan dikaitkan dengan pilkada. Ini bagian kecil saja, toh pilkada bukan hanya di DKI. Kan koalisi itu pelangi," jelas Yandri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legging Bulu Kambing Jadi Tren Fashion yang Diburu Netizen

Posted: 21 Nov 2016 11:18 PM PST

Liputan6.com, Rusia - Fashion memang semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman. Beragam tren fashion yang unik dan aneh pun mulai bermunculan dan selalu menarik perhatian banyak orang.

Musim dingin yang melanda berbagai negara di dunia pasti membuat orang-orang harus mempersiapkan pakaian dan aksesoris yang bisa menghangatkan tubuh ketika beraktivitas di luar rumah.

Jika kamu merasa belum menemukan celana yang cocok untuk menghangatkan kamu di musim dingin, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli legging bulu kambing ini.

Dilansir Metro, Selasa (22/11/2016), memang legging bulu ini terlihat tak nyaman. Tapi kamu tak perlu khawatir karena legging ini terbuat dari bulu kambing Orenburg, Rusia, yang menghasilkan bulu halus dan sangat tipis.

Legging berbulu ini bahkan sudah dijual secara online dan menjadi tren fashion para netizen lho.

Legging rambut kambing Orenburg, Rusia

Bagi kamu yang tertarik memiliki legging bulu kambing ini, kamu memang harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar.

Dalam situs belanja online eBay, satu legging bulu kambing bisa dibanderol Rp 740 ribu. Memang bukan harga yang murah ya, karena bulu kambing Orenburg, Rusia, memang dikenal langka di sana.

Legging rambut kambing Orenburg, Rusia

Sebelumnya, bulu kambing Orenburg memang lebih sering digunakan untuk memproduksi selendang Orenburg, yang terkenal begitu halus.

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMW 1 Series Terbaru, Debut Dunia di Tiongkok

Posted: 21 Nov 2016 11:17 PM PST

Liputan6.com, Guangzhou - BMW membuka selubung sedan 1 Series terbaru di ajang otomotif tahunan 2016 Guangzhou Auto Show. Ini adalah debut dunia, sekaligus menjadi model yang paling penting bagi BMW di pasar Tiongkok.

Melansir Forbes, Selasa (22/11/2016), disebutkan bahwa sedan mewah ini dibangun dengan platform bernama BMW UKL yang punya sistem penggerak roda depan (front-wheel-drive). Platform yang sama juga dipakai untuk membangun seluruh model MINI.

Disebutkan, akan ada tiga varian 1 Series, yaitu 118i (model dasar), 120i Luxury, dan 125i Sport. Ketiganya masing-masing akan menggendong mesin 1,5 turbo bertenaga 136 Tk, 2,0 turbo 192 Tk, dan 2,0 turbo dengan output maksimal 231 Tk.

Di Tiongkok, pasar mobil premium dipimpin oleh mobil bergaya SUV (sport utility vehicle), baru kemudian sedan. 1 Series sendiri akan menjadi kompetitor model-model yang sudah eksis terlebih dulu seperti Audi A3 dan Citroen DS5 LS.

Jochen Goller, Senior Vice President of Sales and Marketing, BMW Brilliance Automotive Ltd, perusahaan gabungan BMW dengan mitra lokal, mengatakan bahwa mobil ini diperuntukkan bagi anak-anak muda tapi kaya raya.

"Ini adalah waktu yang tepat bagi generasi muda Tiongkok menjadi konsumen utama dari mobil premium," ujarnya, dikutip dari bmwblog.com.

Mobil yang sejauh ini belum akan diekspor atau diproduksi di luar Tiongkok ini dibanderol dengan harga antara 180 ribu hingga 260 ribu Yuan atau setara Rp 351 juta hingga Rp 507,8 juta (Kurs: Rp 1.951/yuan).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

F1 Pertimbangkan Coret GP Singapura

Posted: 21 Nov 2016 11:10 PM PST

Liputan6.com, Singapura - Masyarakat Asia Tenggara terancam tak bisa nonton Formula 1 (F1) mulai 2018 nanti. Ini karena pemegang hak komersial F1, Bernie Ecclestone sedang mempertimbangkan untuk coret GP Singapura dari kalender F1 2018.

Ultimatum ini keluar setelah alotnya negoisasi perpanjangan kontrak antara pemegang hak komersial F1 dengan penyelenggara GP Singapura. Bahkan penyelenggara dinilai ogah-ogahan untuk perpanjang kontrak.

GP Singapura dimulai sejak 2008 lalu. Ini merupakan balapan di sirkuit jalan raya tepatnya di kawasan Marina Bay. Ecclestone mengatakan, penyelenggara masih mempertimbangkan kelanjutan GP Singapura.

Ini karena event yang menyedot dana 60 persen dari pemerintah Singapura itu dinilai terlalu mahal. Apalagi target untuk memperkenalkan Singapura di kancah internasional sudah tercapai.

Kemungkinan dicoretnya GP Singapura benar-benar disesalkan Ecclestone.

"Lihat apa yang sudah kami lakukan kepada Singapura. Benar, event ini sudah sedot banyak uang Singapura, tapi kami juga sudah memberikan mereka banyak uang," ujar Ecclestone seperti dikutip crash.

"Singapura kini bukan lagi sekadar bandara untuk transit. Sekarang, Singapura berpikir sudah rebut target mereka dan tak mau lagi gelar balapan."

Jika Singapura benar-benar dicoret, maka langkah ini seakan mengikuti jejak Malaysia yang tak ingin lagi gelar F1. Penyelenggara sendiri belum mau berkomentar terkait ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Hari di Kepulauan Seribu, Ini Harapan Warga ke Anies Baswedan

Posted: 21 Nov 2016 11:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghabiskan dua hari kampanye di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Empat pulau disambanginya yakni Pulau Kelapa, Pulau Panggang, Pulau Pramuka, dan Pulau Tidung.

Menurut penuturan Sunaini (50) warga Pulau Tidung, kehadiran cagub DKI ini adalah yang pertama. Sebab, belum pernah terjadi sebelumnya politikus datang mencari suara sampai menyambangi tempatnya.

"Cuma baru Pak Anies mas, yang lain belum pernah ada. Paling kalau cari suara ya suruh ajudannya (tim sukses), kalau kepalanya langsung, saya rasa baru dia (Anies)," kata penjual oleh-oleh ikan kering khas Tidung kepada Liputan6.com, Selasa (22/11/2016).

Kendati merasa tersanjung, dia berharap Anies tidak sekedar mencari simpati warga. Dia juga ingin janji dan prioritas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu bisa terealisasi bila terpilih kelak.

"Saya sih percaya Pak Anies, tapi semoga janji jangan tinggal janji," lanjut dia ketika dagangannya diborong Anies.

Senada dengan Sunaini, Marisa (44) pedagang kelapa muda di Pulau Tidung juga berharap kehadiran pria yang berpasangan dengan calon wakil gubernur Sandiaga Uno itu bisa membuat pulau wisata terfavorit di Kepulauan Seribu bisa semakin maju.

"Ya harapan biar kita di sini bisa hidup lebih baik," imbuh Marisa sambil tersenyum.

Anies Baswedan kampanye di Kepulauan Seribu pada 21-22 November 2016. Dalam kampanyenya, dia mendengarkan keluh kesah warga yang mengaku kerap mandi dengan air asin. Anies juga yakin ke depan, Pulau Tidung di Kepulauan Seribu bisa disulap menjadi kawasan lebih eksotis seperti Maladewa. Namun hal pertama yang dilakukan adalah memperbaiki transportasi.

"Ini tidak kalah sama Maladewa, tapi kita kurang nyaman transportasinya, resortnya kurang nyaman, kalau diperbaiki bisa lebih dari Maladewa," tutur Anies.

"Saya pernah ke Maladewa saksikan dari dekat, enggak kalah kok," imbuh Anies.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akun Twitter PlayStation dan Xbox Diretas

Posted: 21 Nov 2016 11:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kembali, hacker (peretas) berbuat ulah dengan meretas sejumlah akun populer di jejaring sosial milik Twitter.

Sebagai salah satu jejaring sosial yang paling sibuk, wajar jika sesekali kamu akan menemukan kicauan yang mempromosikan beragam layanan di timeline kamu.

Namun, akhir pekan lalu sejumlah akun Twitter populer seperti @PlayStation, @XboxSupport milik Microsoft hingga @TheNextWeb berhasil diretas.

Mengutip informasi dari laman Engadget, Selasa (22/11/2016), akun yang berhasil diretas tersebut mengunggah kicauan yang mempromosikan layanan untuk menambah jumlah follower di Twitter.

Saat ditelusuri, seluruh kicauan tersebut dikirim menggunakan layanan yang bernama Twitter Counter. Diakui, pihak Twitter Counter memang sedang mengalami pembobolan paksa atas layanannya.

Untung, kejadian peretasan tersebut tak berlangsung lama. Pihak Twitter Counter pun langsung melakukan perbaikan 'lubang' di sistemnya.

Sejumlah akun Twitter populer berhasil diretas. (Doc: Endgadget)

"Sekarang, hacker TIDAK BISA mengunggah tanpa sepengetahuan pemilik akun. Kami akan mengabari Anda bila ada update terbaru!" kicau akun Twitter Counter.

Hingga saat ini, belum ada hacker yang mengakui dan bertanggung jawab atas peretasan terhadap layanan Twitter Counter.

(Ysl/Cas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penangkapan Pejabat Pajak karena Dugaan Suap Nodai Tax Amnesty

Posted: 21 Nov 2016 11:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penangkapan salah satu pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena dugaan kasus suap senilai Rp 1,3 miliar memantik rasa keprihatinan terhadap nasib institusi DJP.  

Praktik tersebut menodai program pengampunan pajak (tax amnesty) dan reformasi perpajakan oleh pemerintah.

Pengamat perpajakan dan Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo mengaku prihatin, terpukul, dan sangat menyayangkan kasus suap yang menimpa salah seorang pejabat Eselon III DJP bidang penegakan hukum ini.

"Di tengah upaya pemerintah melaksanakan program tax amnesty yang cukup berhasil serta mendapat dukungan dan kepercayaan publik, perbuatan ini justru menodai ikhtiar reformasi perpajakan yang sedang dijalankan dan menjadi komitmen Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk dituntaskan," kata Yustinus di Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Praktik suap di tubuh DJP, kata Yustinus, sebagai peringatan dini bagi pentingnya upaya memperkuat komitmen pada integritas, akuntabilitas, dan profesionalitas. Hal yang sebenarnya sudah dibangun dan menjadi bagian tata kelola DJP.

Dengan begitu, dia menyarankan pemerintah segera mengevaluasi sistem pengawasan internal, manajemen kepegawaian yang menyangkut pola dan proses perekrutan, mutasi dan promosi, distribusi tugas dan fungsi, identifikasi jabatan strategis dan rawan penyimpangan, serta kecakapan etis para pejabat dan penyelenggara negara.

"Tindakan ini bukan hanya mengkhianati kepercayaan publik dan menodai agenda reformasi perpajakan, tapi juga meruntuhkan moral ribuan pegawai pajak yang telah berkomitmen menjaga integritas," tegas Yustinus.

Dia meminta Presiden Jokowi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi segera mengambil langkah cepat, tepat, dan tegas. Antara lain, merumuskan agenda dan peta jalan reformasi pajak secara menyeluruh, mencakup kebijakan pajak, regulasi pajak, dan administrasi pajak. Utamanya pembenahan manajemen sumber daya manusia.

"Kita berharap segera ada penjelasan yang terang benderang dan proses hukum yang tegas, adil, dan pelaku dihukum berat demi efek jera bagi seluruh pejabat dan penyelenggara negara di Indonesia," ucap Yustinus. (Fik/Ahm)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maskapai Ini Pecahkan Rekor Satu-satunya di Dunia

Posted: 21 Nov 2016 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirates Arab meningkatkan kenyamanan penerbangan dengan berhenti mengoperasikan pesawat Airbus A330 dan A340. Keputusan tersebut menjadikan Emirates sebagai maskapai penerbangan pertama dan satu-satunya di dunia yang menggunakan armada pesawat Airbus A380 dan Boeing 777 untuk seluruh penerbangan penumpangnya.

Hal itu menjadi sebuah komitmen sesuai dengan visi Emirates yang menawarkan pengalaman penerbangan terbaik dengan penerbangan melalui armada pesawat berbadan besar dan memiliki desain modern.

Penghentian operasi pesawat tua diseimbangkan dengan kedatangan pesawat baru yang lebih modern. Hal itu sekaligus mengukuhkan Emirates menjadi salah satu operator dengan armada pesawat termuda di industri penerbangan dengan rata-rata usia pesawat 5,2 tahun.

Kedua pesawat termuda dalam armada Emirates adalah Emirates A380 ke-85, generasi terbaru pesawat A380 pertama yang dikirimkan pada Oktober 2016. Serta pesawat Emirates Boeing 777-300ER ke 125 yang masih berusia kurang dari 2 minggu.

Seluruh armada Emirates Airbus A380 dan Boeing 777 juga akan berdampak kecil terhadap lingkungan karena kedua tipe pesawat tersebut mempunyai efisiensi bahan bakar dan performa emisi yang lebih baik dibanding pesawat yang telah dipensiunkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gatot Brajamusti Serang Balik Pihak yang Menyudutkannya

Posted: 21 Nov 2016 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pendiri Padepokan Brajamusti, Gatot Brajamusti, hari ini menjalani pemeriksaan di Reskrimsus Polda Metro Jaya, Selasa (22/11/2016) sebagai saksi pelapor. Ia menjadi saksi dalam kasus tuduhan pencemaran nama baik, penghinaan, keterangan, dan laporan palsu oleh CT.

Menurut penuturan sang pengacara, Achmad Rifai, kliennya tak pernah melakukan apa yang dituduhkan oleh CT, yakni pelecehan seksual atau pemerkosaan. Oleh karena itu, pihaknya tidak akan tinggal diam

Gatot Brajamusti (Istimewa)

"Karena ada ketidakbenaran seolah-olah mereka diperkosa, mereka seolah-olah menjadi korban dan sebagainya. Ini adalah hal yang tidak benar. Harus kita ungkap, siapa pun yang terlibat harus bertanggung jawab," kata Achmad Rifai di Polda Metro Jaya, Selasa (22/11/2016).

Kuasa hukum guru spiritual itu menilai ada persekongkolan yang sengaja dilakukan beberapa pihak untuk menjatuhkan Gatot Brajamusti.

Gatot Brajamusti setibanya di Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan, Jakarta, Selasa (25/10). Sebelumnya, polisi menggeledah rumah Gatot di kawasan Pondok Pinang dan menyita barang bukti senjata api dan amunisi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Ada indikasi permufakatan jahat, sehingga kami akan mengungkap siapa pun yang terlibat di sana dan siapa pun orang-orang yang ada di dalam sana. Sehingga Aa Gatot seolah-olah melakukan tindakan pidana tersebut. Kami akan ungkap semuanya," Achmad Rifai menegaskan.

Sementara itu, beberapa bulan lalu CT mengungkapkan kepada media bahwa ia telah diperkosa oleh Gatot Brajamusti. Dari hubungan tersebut, ia bahkan telah dua kali mengandung, tetapi kehamilannya yang pertama digugurkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spanduk soal Ahok di Brebes Bikin Heboh

Posted: 21 Nov 2016 11:00 PM PST

Liputan6.com, Brebes - Warga Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dihebohkan dengan sebuah spanduk berisi tulisan terkait kasus Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Spanduk putih bertuliskan warna hitam, "KAMI PERCAYAKAN PENYIDIKAN AHOK OLEH POLISI DAN AKAN MENJAGA BREBES TETAP DAMAI NKRI HARGA MATI". Tertanda di bawahnya "MASYARAKAT BREBES".

Adapun spanduk berukuran panjang sekitar 3 meter dengan lebar 0,5 meter itu dipasang di depan Kantor Cabang BRI Brebes Jalan Diponegoro. Menurut informasi dari sejumlah warga, spanduk itu juga terpasang di beberapa lokasi di Kabupaten Brebes.

Hingga kini belum diketahui maksud dan tujuan seseorang memasang spanduk tersebut. Yang jelas foto spanduk tersebut sudah tersebar di media sosial dan menuai beragam komentar dari para netizen.

Rata-rata para netizen mengomentari dan menganggap jika pemasangan spanduk itu bertujuan memprovokasi dan ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Di pintu keluar tol Brebes Barat juga ada tulisan 'Ahok Udah Jadi Tersangka ngapain ke Jakarta- Masyarakat Brebes'," ucap pemilik akun Facebook bernama Aziz Priyadi menulis komentar menanggapi unggahan foto spanduk tersebut.

"Copot saja spanduknya, nanti malah bikin gaduh orang Brebes," tulis Andi Purwono menimpali komentar foto spanduk itu.

"Sebenarnya apa yang telah terjadi dengan negara ini???, sehingga himbauan yang berkaitan dengan satu kasus tertentu bisa disebabkan di tiap kota...ada apa dengan dengan 212...," tulis pemilik akun Facebook bernama, Prio O-pay Wibowo mengomentari foto spanduk tersebut.

"Yang aku takutkan misal ada yang tidak terima sama spanduk itu terus bikin spanduk tandingan terus akhirnya ribut sendiri terus apa untungnya. Menurut aku nggak usah seperti itu, nanti malah ribut sendiri, saya yakin masyarakat Brebes nggak mau daerahnya ikut ribut. Saya berpesan semua agar ingat dan waspada," tulis pemilik akun Facebook bernama, Sigitcell Brebesindo.

Informasi yang berhasil dihimpun Liputan6.com, spanduk dipasang oleh sejumlah orang di beberapa tempat yang berbeda hari Senin, 21 November 2016, sekitar pukul 15.30 WIB sore.

Dengan gerak cepat, orang-orang itu memasang spanduk soal Ahok itu di tempat-tempat di keramaian, seperti di pertigaan, perempatan, dan sejumlah tempat strategis lainnya.

Sementara itu, isu rencana aksi massa 2 Desember 2016 dinilai berpotensi mengganggu ketertiban umum. Karenanya, Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono meminta agar warga Jawa Tengah tidak perlu ikut berangkat ke Jakarta.

Dalam telekonferensi dengan Kapolri dan Panglima TNI, ditekankan adanya potensi isu perpecahan antar umat beragama antar suku antar etnis terjadi. Karena itu, polisi dan TNI saat ini rajin berdialog, silaturahmi, dan istigasah.

"Intinya merawat kebhinekaan di semua daerah dan ini sudah berlangsung," kata Condro di lobi Mapolda Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin, 21 November 2016.

Selain menjaga keamanan, polisi diminta memberikan pemahaman kepada masyarakat Jawa Tengah agar tidak ikut demo ke Jakarta. Jika alasan demo terkait kasus Ahok, masyarakat harus mempercayakan kepada polisi. Apalagi, pada tuntutan pertama memang meminta Ahok diproses secara hukum.

"Tidak usah ke Jakarta karena ini proses hukum (Ahok) berjalan," kata Condro.

Sementara itu, hingga kini belum ada pemberitahuan satu pun tentang rencana aksi 2 Desember. Meski demikian, untuk membantu Polda Metro Jaya, Polda Jateng ikut mengirim pasukan sebanyak empat satuan setara kompi ke Jakarta.

"Kalau mau demo, tidak apa-apa demo di sini saja, tapi sampai sekarang belum ada laporan yang mau demo," kata Condro.

Sementara itu Pangdam IV Mayjen Jaswandi mengatakan, TNI dan Polri sebagai perekat negara mengajak masyarakat untuk menghargai satu sama lain termasuk melakukan sosialisasi kebhinekaan kepada sesama dengan berbagai kegiatan.

"Kita mengajak semua elemen masyarakat mensosialisasikan melalui kegiatan olahraga, seperti kemarin ada pawai, dilakukan agar semakin baik dan menghargai satu sama lain," kata Jaswandi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SEJAGAT: Sensasi Berselancar Bersama Hiu

Posted: 21 Nov 2016 11:00 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orangtua, Jangan Sebut 6 Kalimat Terlarang Ini di Depan Anak

Posted: 21 Nov 2016 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua orangtua menyadari bahwa kata atau kalimat yang kerap digunakan saat berkomunikasi dengan anak pengaruhnya sangat besar terhadap masa depan si buah hati. Pasalnya, mereka yang tidak tahu dampaknya pada anak cenderung lebih sering berkata, berkomunikasi atau memberikan perintah pada anak tanpa pikir panjang akan konsekuensinya.

Setiap orangtua wajib menyadari, anak cenderung mencontoh gerak-gerik, gaya berbicara, filosofi hidup dan perilaku orangtua mereka. Tidak hanya menjadikan orangtua sebagai panutan saja, anak-anak juga menilai setiap omongan orangtua mereka sebagai tolak ukur akan suatu hal.

Terlebih, anak juga sangat mungkin memasukkan kalimat apa pun yang keluar dari mulut orangtuanya ke dalam hati. Ini semua membuktikan keistimewaan sosok orangtua di mata anak. Mengetahui fakta ini, para orangtua dianjurkan untuk selalu menunjukan perilaku baik agar anak mengadopsi karakter serupa.

Orangtua juga disarankan untuk selalu berhati-hati menggunakan kata dan kalimat saat berbicara dengan anak. Hati mereka masih rapuh dan apa pun yang ingin diutarakan orangtua pasti dianggap serius dan disimpan dalam memorinya seumur hidup.

jadi, alangkah baiknya jika orangtua berpikir dua kali sebelum melontarkan kalimat yang berpotensi menyakiti hati atau mengecewakan sang anak. Seperti apa kalimat-kalimat terlarang yang orangtua wajib hindari saat sedang asik mengobrol dengan si buah hati? Berikut contohnya seperti dilansir dari Womansday, Selasa (22/11/2016):

1. "Nilai tes kamu bagus nak, tapi kenapa baru kali ini setelah mama dan papa desak kamu untuk belajar baru nilainya bagus?"

Hindari mengombinasikan kalimat positif dan negatif. Cukup memujinya soal nilai tes saja, tanpa harus menggunakan kata sambung 'tapi' atau 'tetapi'. Kata tersebut mampu mengubah pandangan positif menjadi negatif dalam waktu singkat. Jangan buat anak merasa ia tidak becus lantaran harus didesak terlebih dahulu untuk mencapai suatu hal di hidupnya. Jangan pula membuat dirinya merasa tidak mampu mendapatkan nilai bagus karena ia kemungkinan besar tumbuh menjadi sosok yang kurang percaya diri dengan kemampuan otaknya.

2."Mama dan papa bangga kamu ranking dua, tapi bakal jauh lebih bangga lagi kalau ranking satu!"

Ketika anak sudah meraih posisi tergolong tinggi, jangan terus-menerus menaikkan ekspektasi. Ini akan menumbuhkan karakter terlalu perfeksionis padanya. Karakter ini umumnya dipuja atau diidolakan orang lain karena menjadi perfeksionis berarti segala sesuatu yang ada atau terjadi dalam hidupnya menghampiri sempurna dan kesuksesan dianggap suatu hal yang wajib. Meski terkesan menarik namun menjadi terlalu perfeksionis, khususnya soal kedudukan atau posisi akan membuatnya kesulitan merasa puas dan bersyukur soal apa pun. Anak cenderung akan tumbuh menjadi sosok yang sering ketar-ketir, merasa panik, terlalu kompetitif sampai tidak punya banyak teman dan kemungkinannya sangat besar diserang penyakit kejiwaan seperti depresi.

3. "Kamu tuh ya bikin mama dan papa emosi!"

Usahakan untuk tidak menunjukan amarah di depan anak karena hal tersebut sangat menular dan sang anak sangat mungkin mencontoh cara pelampiasan amarah yang diperlihatkan oleh orangtuanya.

4. "Ayo makannya jangan kebanyakan nanti kamu gendut loh!"

Tubuh anak tengah berkembang dan membutuhkan asupan nutrisi dari makanan dan minuman sehat sebanyak-banyaknya. Belum waktunya untuk mereka memikirkan berat badan sampai segitunya. Jika orangtua kerap mengatakan hal ini berulang kali, sang anak kemungkinan akan menjadi terbiasa tidak makan atau mengonsumsi makanan hanya dalam porsi kecil saja. Ia bisa menjadi sering sakit kedepannya dan secara psikis tidak akan puas dengan bentuk badannya.

5. "Kamu jangan lari ke yang tidak-tidak seperti narkoba, kalau sampai iya kamu tidak akan disayang oleh mama dan papa lagi!"

Ketika orangtua berupaya melindungi anaknya dari hal-hal negatif dan juga orang-orang jahat, mereka semestinya menjelaskan alasannya kenapa sang anak tidak diperbolehkan melakukan hal tersebut dan mengapa orang-orang dianggap berbahaya tertentu patut dijauhi. Ketika yang diberikan hanya sebuah instruksi dan ganjaran yang tidak jelas maksudnya apa, sang anak cenderung akan lebih memilih untuk membangkang dan mengikuti rasa penasarannya. Lebih parahnya lagi, sang anak kemungkinan besar menggunakan aksi ini sebagai senjatanya melawan orangtua yang tidak sepaham dengannya soal sesuatu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot: Kenapa Sih Takut Banget Ahok Menang?

Posted: 21 Nov 2016 10:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil gubernur petahana, Djarot Saiful Hidayat menyebut ada pihak yang sengaja mendorong agar kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok segera diproses sebelum pemilihan berlangsung.

Menurut dia, orang atau kelompok yang menekan itu adalah pihak yang takut bila Ahok-Djarot kembali terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Ini ada apa ditekan-tekan (kasus penistaan agam)? Karena ada pihak yang takut. Kenapa sih? Takut sama Ahok-Djarot. Kita anak kecil, masih muda. Kenapa sih? Kok takut banget," ucap Djarot di Rumah Lembang, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Dia merasa ada pihak tertentu yang ingin menjatuhkan Ahok untuk kepentingan pilkada. Djarot tak memberi tahu siapa pihak yang dimaksud. Namun, pihak itu berusaha mendesak agar proses hukum kasus penistaan agama segera diproses sebelum pemilihan berlangsung.

Djarot menjelaskan, saat Badrodin Haiti menjabat sebagai Kapolri, proses hukum pasangan calon yang ikut dalam pilkada akan ditunda hingga pemilihan selesai.

"Di zaman Kapolri Badrodin Haiti, tidak boleh ada proses hukum setelah pemilihan," ucap Djarot.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Ingin Investor Lokal Topang Pasar Modal

Posted: 21 Nov 2016 10:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengapresiasi langkah PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dua lembaga tersebut baru saja meneken perjanjian kerja sama terkait pemanfaatan nomor induk kependudukan, data kependudukan, dan kartu penduduk elektronik (KTP-el) dalam layanan jasa pasar modal. Perjanjian ini diharapkan mendorong keterlibatan investor domestik lantaran registrasi ke pasar modal semakin cepat.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menerangkan, investor domestik dalam negeri masih sangat kecil jika dibanding jumlah penduduk. Oleh karena itu, jumlah investor dalam negeri perlu didorong.

"Jumlah investor di Indonesia dibanding jumlah penduduk kita masih sangat kecil, dan mungkin kita masih yang paling kecil di ASEAN," kata dia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Dia juga mengatakan, investor dalam negeri juga masih terpusat di Jakarta dan Surabaya.  Dengan pemanfaatan data kependudukan itu maka registrasi di pasar modal di semua wilayah semakin cepat dan diharapkan bisa mendorong jumlah investor.

"Kami ingin investor itu datang kota lain seluruh kota di Indonesia. Kalau ini dimobilisasi dananya, rasanya kemampuan kita membiayai proyek infrastruktur atau proyek dana jangka panjang akan mudah. Oleh karena itu, tentu saja kami terima kasih kepada Kemendagri," jelas dia.

Muliaman menuturkan, kerja sama ini juga sejalan program pemerintah dalam mendorong sistem keuangan yang inklusif. Menurut dia, akses terhadap keuangan tidak boleh hanya dinikmati oleh orang-orang tertentu tapi oleh semua masyarakat.

"Presiden  beberapa hari lalu di Istana Negara melaunching Strategi Nasional Keuangan Inklusif. Keuangan nasional itu tidak boleh ekslusif, dia harus inklusif. Kalau dia ekslusif dia hanya dinikmati oleh segelintir masyarakat," ujar dia.
   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disiplin di Barak Bikin Bek Kiri Timnas Indonesia Trengginas

Posted: 21 Nov 2016 10:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Abduh Lestaluhu menjadi salah satu pemain terbaik dalam laga perdana Timnas Indonesia Piala AFF 2016 melawan Thailand pada 19 November lalu. Determinasi dan kecepatan bek PS TNI ini mampu membuat Tim Gajah Putih kerepotan.

Meski berusia 23 tahun, Abduh merupakan pilihan pertama di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia. Ia tak canggung meski baru lima kali membela timnas senior.

Lalu apa harapan dan juga penilaian Abduh tentang peluang Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Berikut petikan wawancara Liputan6.com dengan pemain kelahiran Tulehu itu:

1. Bagaimana komposisi pemain Timnas Indonesia di Piala AFF kali ini menurut Anda?

Menurut saya sangat baik karena banyak pemain muda di skuat kali ini. Banyak pemain muda, maka regenerasi lebih bagus dan untuk pembinaan ke depan juga.

2. Anda sendiri banyak belajar tidak di timnas senior?

Belajar sih karena banyak pemain berpengalaman di tim ini. Selain itu pelajaran berharga saya petik saat debut bersama timnas.

3. Siapa yang paling dekat dengan Anda di skuat? Apakah dengan pemain junior seperti Manahati Lestusen?

Sama Manahati memang dekat, namun semuanya juga. Pemain senior dan junior berbaur di sini.

4. Bagaimana metode pelatihan yang diterapkan pelatih Alfred Riedl? Terutama soal disiplin?

Untuk saya pribadi tidak ada masalah karena saya terbiasa di barak (tertawa).

5.Lalu soal urusan teknis?

Riedl pelatih yang suka mengulang program yang ia inginkan, dan saya pikir itu bagus.

6. Bagaimana perasaan kamu jadi starter di timnas?

Saya pikir tidak ada masalah karena semua pemain banyak membantu. Jadi tidak ada nervous sama sekali.

7. Apa perbedaan bermain untuk klub dan untuk timnas di laga internasional?

Saya pikir hanya bermain keras saja yang membedakan. Di timnas kami harus lebih berhati-hati karena wasitnya sensitif, takutnya pelanggaran yang membahayakan ke gawang sendiri.

8. Ada target khusus di Piala AFF?

Saya hanya ingin menampilkan permainan terbaik saja, semoga bisa memberikan kemenangan bagi Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Bertemu Setnov dan Jokowi, Mega Bertemu Ketum PAN Sore Ini

Posted: 21 Nov 2016 10:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan menerima Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di kediamannya, Jalan Teuku Umar,  Jakarta Pusat, Selasa sore.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno pun membenarkan rencana pertemuan itu. Menurut dia, pertemuan nanti sebagai bagian dari silaturahmi politik.

"Ini silaturahmi politik, bersama-sama parpol-parpol menjaga keteduhan dan keharmonisan anak bangsa," ucap Eddy kepada Liputan6.com, Selasa (22/11/2016).

Pertemuan dua tokoh politik itu, ujar Eddy, untuk semakin menguatkan komitmen menjaga persatuan dan kesatuan. Karena itu, pertemuan perlu dilakukan.

"Tetap berkomitmen menjaga persatuan, kesatuan, dan keragaman," ujar Eddy.

Pertemuan dengan ketua umum partai politik pendukung pemerintahan Jokowi-JK telah diungkapkan oleh Megawati saat bertemu Presiden Jokowi, Senin 21 November kemarin.

Sebelumnya pada Minggu 20 November 2016, Mega telah bertemu Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto.

Menurut Megawati, pertemuan dengan para ketua umum parpol pendukung pemerintah untuk memperkuat jalannya pemerintahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

'Badai Asma' Langka Hantam Melbourne, 2 Warga Tewas

Posted: 21 Nov 2016 10:45 PM PST

Liputan6.com, Melbourne - Pada Senin 21 November 2016 sore, pintu rumah-rumah di seputaran Melbourne, Australia terbuka tiba-tiba akibat badai. Angin kencang itu terasa dingin dan kering.

Tak hanya itu, badai tersebut membawa sesuatu yang janggal. Kombinasi antara cuaca hangat, tingginya serbuk polen atau serbuk sari dan angin kencang yang memproduksi apa yang disebut oleh para ahli 'Badai Asma'. Sebuah kondisi yang langka, berbahaya dan mematikan. Negara bagian Victoria itu bahkan sampai kehabisan ambulans.

Dua orang dilaporkan tewas. Salah satu korban meninggal setelah menanti ambulans selama 30 menit kemudian.

Kendati demikian, juru bicara Ambulance Victoria mengatakan, masih belum jelas apakah kematian korban terkait dengan fenomena itu. Demikian dikutip dari News.com.au, Selasa (22/11/2016).

Bagi mereka yang menderita serangan, mayoritas mengaku tak siap. Kebanyakan tak memiliki riwayat asma semenjak kecil, namun mereka memiliki kasus kesehatan yang sama, yaitu pada saat badai menderita hay fever, atau demam yang disebabkan oleh serbuk polen.

"Aku tak pernah punya asma, tapi aku kerap mengalami hay fever. Tapi biasanya cuma gatal dan bersin-bersin. Namun Senin sore kemarin, rasanya luar biasa dan aneh," kata Kate Craig.

"Aku tiba-tiba menderita asma pukul 19.30, aku merasa tak bisa bernafas, dan dada terasa sesak dan berat. Seperti habis menghirup serbuk bumbu masak yang menyengat," tambahnya.

Sementara itu, Gary Nunn yang tengah transit di bandara Melbourne merasa tak bisa bernafas.

"Saat di bandara, aku merasa ada gejala yang tak pernah kuderita sebelumnya, yaitu kesulitan bernafas," kata Nunn.

Ketua Kesehatan Negara Bagian, Paul Hollman memberi label bahwa Senin kemarin adalah 'bencana negara' karena ia tak pernah mengalami serangan tersebut selama 40 tahun kariernya.

"Dalam satu jam saat badai menghantam, ada sekitar 160 panggilan darurat. Ini fenomena yang langka. Kami juga kehabisan tenaga medis. Aku hanya berspekulasi adanya jumlah iritasi dan serbuk polen yang meningkat luar biasa di udara," kata Hollman.

Sementara itu, Direktur Operasi Gawat Darurat Victoria, Mich Stephenson mengatakan, hari Senin menerima jumlah panggilan yang luar biasa.

"Dari pukul 18.00 hingga 23.00 ada sekitar 1.900 panggilan 000 (nomor darurat Australia) dibanding yang setiap harinya ada 345 telepon," kata Stephenson.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Victoria, Jill Hennessy mengatakan kematian dua korban akan diperiksa.

Dokter John Weiner dari Allergy Net mengatakan badai kemarin sangat langka bagi 20 persen warga Melbourne yang alergi terhadap polen.

"Ini hanya episode besar keempat yang sejenis dalam 30 tahun di Melbourne. Sudah dicatat di tempat lain di dunia, tetapi Melbourne rentan karena jumlah serbuk sari tinggi dan telah terjadi angin utara."

Dia mengatakan kota seperti Sydney aman dari 'Badai Asma' semacam ini, karena angin biasanya bepergian dari timur ke barat dan masuk dari laut. Dia mengatakan jumlah serbuk sari di udara pada Senin jauh lebih tinggi dari biasanya.

"Jumlahnya serbuk sari di yang terseret oleh badai mencapai setengah ton," kata Weiner.

Dr Weiner mengatakan badai menyediakan unsur yang membuat jumlah serbuk sari yang banyak menjadi sangat berbahaya dan mematikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Suasana Pemeriksaan Ahok sebagai Tersangka

Posted: 21 Nov 2016 10:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tengah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama di Rupatama Mabes Polri. Pengacara gubernur nonaktif DKI Jakarta, Sirra Prayuna, mengungkapkan kondisi kliennya saat diperiksa.

Dia menuturkan, pemeriksaan berjalan lancar hingga siang ini.

"Lancar sekali, biasa kok penyidikan enggak tegang," ujar Sirra di sela-sela pemeriksaan Ahok, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2016).

Dia mengakui ada beban psikologi pada diri Ahok selama menghadapi kasus pidana ini. Namun secara umum, Ahok dapat menguasai kondisi kejiwaannya itu.

"Saya kira siapa pun yang menghadapi masalah hukum ada beban psikologi, pasti ada. Ini soal bagaimana menghadapi kondisi mental. Tapi Pak Ahok tenang menjawabnya, dia santai. Tidak ada keluhan dari Pak Ahok," beber Sirra.

Dia mengaku belum mengetahui secara pasti berapa jumlah pertanyaan yang dilayangkan kepada Ahok. Sebab, proses pemeriksaan masih berlangsung.

"Masih berlangsung, pertanyaan masih sama dengan pemeriksaan sebelumnya, tidak kita hitung berapa pertanyaannya," Sirra menjelaskan.

Kendati begitu, pemeriksaan kali ini tidak akan sepanjang pemeriksaan sebelumnya. Pemeriksaan Ahok dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus penistaan agama hanya melengkapi keterangan yang pernah disampaikan pada proses penyelidikan.

"Kita katakan bahwa dalam proses penyidikan sesungguhnya mengulang kembali hal-hal yang substansial, melengkapi, menyempurnakan," tutur Sirra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Program Tol Laut Masih Terganjal Ego Sektoral

Posted: 21 Nov 2016 10:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, program tol laut masih terganjal kendala ego sektoral.

Budi mengatakan, saat ini penggunaan transportasi laut masih sedikit, porsinya kurang dari 10 persen. Padahal Indonesia memiliki lautan yang teramat luas. Akan tetapi,  yang masih jadi andalan adalah transportasi darat.

"Penggunaan jalur darat masih dominan sekali di atas 90 persen, laut kurang 10, padahal kita tahu laut anugerah dari tuhan yang tidak usah kita buat," kata Budi, dalam sebuah diskusi, di Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Budi menuturkan, dalam meningkatkan pemanfaatan lautan untuk transportas‎i Pemerintah memiliki program tol laut. Namun, pada kenyataannya program tersebut masih terganjal ego sektoral. Salah satunya terjadi pada Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menginginkan setiap kabupaten disinggahi kapal tol laut.

"Oleh karenanya kita melihat fakta di lapangan terjadi ego sektoral di berbagai Provinsi dan beberapa badan usaha. Kalau Provinsi yang jelas kelihatan ego sektoral terjadi di NTB dna NTT di mana masing-masing kabupaten menginginkan daerah yang singgahi kapal. Padahal kalau kita harus menyinggahi banyak kapal di NTB dan NTT untuk capai satu titik tidak ekonomi," papar Budi.

‎Budi mengungkapkan, untuk mensukseskan program tol laut, harus diketahui terlebih dahulu mekanisme di lapangan. Kemudian mereformasi cara berpikir seluruh pihak yang terlibat dalam program ini.

"Tidak mungkin tol laut berjalan baik kalau kita tidak tahu mekanisme yang berjalan di lapangan, pelaku usah, Pemda dan masyarakat. Banyak bukti yang mengatakan bahwa kita harus mereformasi cara berpikir," tutur Budi. (Pew/Ahm)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Cuplikan 10 Calon Gol Terbaik 2016

Posted: 21 Nov 2016 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) akhirnya merilis 10 kandidat yang memperebutkan Puskas Award 2016. Gelar ini diberikan kepada pemain yang berhasil mencetak gol terbaik selama periode November 2015 sampai November 2016. 

Lionel Messi dan Neymar kembali masuk dalam daftar. Gol Messi yang berpeluang merebut Puskas Award adalah saat memperkuat timnas Argentina menghadapi Amerika Serikat di ajang Copa Amerika. Sedangkan gol Neymar yang masuk nominasi adalah aksi menawannya bersama Barcelona kala menghadapi Villarreal di arena La Liga musim lalu.

Tahun lalu, keduanya juga sempat masuk daftar tapi gagal keluar sebagai pemenang. Gelar gol terbaik justru jatuh kepada pemain antah berantah, Wendell Lira. Pemain Goianesia tersebut tampil mengesankan lewat gol salto ke gawang Atletico Go pada ajang Goaiano 1. (Baca juga : Pemain Antah Berantah Singkirkan Messi di Puskas Award)

Menariknya, tahun ini, satu kandidat yang ikut memperebutkan Puskas Award berasal dari Negeri Jiran, Malaysia, Mohd Faiz Subri. Subri mencetak gol indah saat Penang melawan Pahang di Liga Super Malaysia beberapa waktu lalu.

(Baca juga: Pemain Malaysia Berebut Penghargaan dengan Messi dan Neymar)

Seperti apa gol-gol yang dicetak oleh masing-masing kandidat? Simak video lengkapnya pada video di bawah ini:

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Pemenang Aktris Utama Ngetop SCTV Awards 2016

Posted: 21 Nov 2016 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kurang dari 8 hari lagi, Malam Puncak SCTV Awards 2016 bakal digelar. Tepatnya SCTV akan menayangkannya pada 30 November 2016 mendatang. Para peraih nominasi masing-masing kategori pun berlomba meminta dukungan penggemar untuk mengirim vote guna memenangkan mereka di ajang penghargaan bergengsi yang diselenggarakan SCTV tiap tahun tersebut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, 3 kategori nominasi yang dianggap paling prestisi adalah Aktor Utama, Aktris Utama, dan Sinetron Paling Ngetop. Nama-nama yang masuk pun bukanlah pesinetron sembarangan. Seperti tahun lalu, kami pun membuat prediksi dan melihat peluang siapa yang akan meraih penghargaan untuk 3 kategori tersebut. Bagaimana hasilnya?

Ini adalah bagian kedua yang akan memuat prediksi untuk kategori Aktris Utama Paling Ngetop. Siapa paling berpeluang menang?

Lompatan karir remaja kelahiran 6 Desember 1999 ini begitu tinggi. Hanya lewat aksinya sebagai Ariel, si mermaid gaul yang bermimpi bisa menjadi manusia biasa ini berhasil membuat nama Amanda Manopo melesat bak meteor. Penggemarnya kian hari makin membludak.

Chemistrynya dengan Angga Yunanda sukses bikin baper penggemar. Syahdan, duet mereka mendapat predikat The Next Aliando-Prilly. Dan seperti kisah Aliando-Prilly, nama Amanda pun tak bisa dilepaskan dengan sang lawan main.

Sementara itu, peluangnya di kategori ini sulit dikatakan mudah, tapi juga tidak susah. Lawan-lawannya adalah para seniornya di jagat akting. Sebuah keajaiban rasanya jika Amanda mampu mengandaskan empat nama besar tersebut. Namun jadi sesuatu yang tak mustahil juga jika mengingat penggemarnya yang mencapai jutaan di akun sosial media-nya mau mendukungnya habis-habisan.

Masuknya pemeran Vani di Surga Yang Ke 2 dalam kategori ini sebuah kejutan besar. Banyak yang menilai Angel Karamoy harusnya masuk di kategori Aktris Pendamping, bukan Aktris Utama.

Namun bukan persoalan besar pula. Angel rasanya memang layak disandingkan dengan kompetitornya di kategori ini. Kemampuan aktingnya tak kalah dari empat pesaingnya. Meski harus melakoni karakter antagonis, Angel tak kehilangan magisnya.

Saking menghipnotisnya, peran yang Angel mainkan (bersama Paramitha Rusady) bahkan disebut yang paling berpengaruh dalam alur cerita Surga Yang Ke 2. Jadi, tak perlu heran jika namanya masuk kategori ini dan mungkin yang akan keluar sebagai peraih gelar Aktris Ngetop tahun ini.

Menghabiskan 8 bulan terakhir mengeksekusi peran Sabrina, istri solehah tapi teraniaya ibu mertua dalam Surga Yang Ke 2. Belum lagi cinta sucinya dikhianati suami tercinta. Tipikal peran ini mengingatkan kita pada masa jaya seorang Nabila Syakieb tempo dulu.

Namun, perannya kali ini sukses membuatnya memboyong piala Terpuji untuk kategori Pemeran Wanita Serial Televisi di Festival Film Bandung 2016 pada akhir September lalu. Kemenangan yang dianggap dramatis oleh sebagian pecinta sinetron.

Apapun itu, Nabila seakan membuktikan peran stereotip ini bisa memberinya berkah. Berkah yang sama akankah ia terima lewat nominasi pertamanya di SCTV Awards? Kita tunggu saja.

Tahun ini ada 2 sinetronnya yang tayang di SCTV. Pertama Romeo dan Juminten, sedang yang kedua, Istri Untuk Papaku. Sayangnya, kedua judul tersebut sudah tak menghiasi layar SCTV.

Maka dengan demikian, peluang Naysilla Mirdad adalah yang tersulit diantara yang lain. Pesinetron yang mendapat julukan 'Diva Sinetron' ini sepertinya harus berlapang dada jika memang tak berhasil menggenggam piala.

Bukan tanpa alasan jika banyak yang menjagokannya akan memenangkan predikat Aktris Ngetop tahun ini. Pertama, tak ada Prilly Latuconsina di daftar nominasi. Peraih piala ini dalam 2 tahun berturut-turut tersebut terpaksa absen karena tak ada sinetronnya yang tayang sepanjang 2016 di SCTV.

Langkah Nikita makin ringan mengingat sinetron yang memajangnya sebagai tokoh utama tengah tayang di SCTV dan jadi favorit penonton. Naila, pembuktian karir Nikita di dunia akting belum padam.

Jika mampu meraih piala, ini bakal jadi piala pertamanya sebagai Aktris Ngetop. Di lemarinya, Nikita sendiri sudah mengoleksi 3 piala Panasonic Gobel Awards. Memenangkan SCTV Awards pastinya jadi privilege tersendiri bagi dara kelahiran 29 Juni 1994 ini. Dan Nikita rasanya tak akan membuang kesempatan emas tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri: Mau Unjuk Rasa Jangan Mendompleng Nama MUI

Posted: 21 Nov 2016 10:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gelombang rencana aksi demo lanjutan terkait kasus dugaan penistaan agama yang dituduhkan kepada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terus berlanjut. Informasi yang beredar, demo akan digelar pada Jumat 25 November dan 2 Desember 2016.

Bahkan massa yang mengatasnamakan diri sebagai Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI), berencana menggelar salat Jumat di sepanjang jalan protokol Ibu Kota pada 2 Desember mendatang.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Kombes Rikwanto menanggapi rencana aksi demo lanjutan itu. Menurut dia, nama GNPF MUI tak layak lagi digunakan oleh massa demonstran yang menuntut penahanan Ahok. Apalagi proses hukum kasus Ahok telah berjalan.

"Saya pikir nama itu sudah tidak relevan lagi. Waktu itu GNPF MUI bawa-bawa nama MUI dengan dugaan penistaan agama," ujar Rikwanto di sela-sela pemeriksaan Ahok di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2016).

Rikwanto menjelaskan, nama GNPF MUI saat demo 4 November lalu masih layak karena sesuai dengan tuntutan MUI kepada Polri untuk mengusut kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok. Namun saat ini, MUI menyerukan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan menghormati proses hukum yang berlaku.

"Itu sudah on the track (menangani perkara hukum Ahok). Enggak usah pakai (nama GNPF MUI) itu lagi, sudah tidak relevan lagi. Kasihan MUI-nya, kok kerjanya hanya unjuk rasa," tutur dia.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu menantang pihak-pihak yang ingin melakukan aksi demo memenjarakan Ahok agar menggunakan identitas diri yang jelas dan tidak membawa-bawa nama MUI.

"Jangan mendompleng, kalau memang mau unjuk rasa, nyatakan siapa kami," tantang Rikwanto.

Sejauh ini, polisi belum mengetahui secara pasti kapan demo lanjutan terkait kasus Ahok itu akan dilaksanakan. Apalagi polisi juga belum menerima surat pemberitahuan aksi demo.

"Belum ada ya, semua tanggal kalau perlu diberikan kepada kami. Banyak sekali info yang berseliweran yang belum terkonfirmasi," ujar Rikwanto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Layanan Bank BUMN Sudah Kalahkan Asing

Posted: 21 Nov 2016 10:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengaku pelayanan bank BUMN saat ini sudah berkembang cukup baik. Bahkan Jokowi menyebut pelayanan bank BUMN sudah mengalahkan pelayanan bank swasta dan bank asing.

Pelayanan perbankan plat merah ini juga dijadikan contoh oleh Jokowi dalam meningkatkan pelayanan pada Badan Layanan Umum (BLU) yang dikelola oleh masing-masing instansi pemerintahan.

"Saya ingat tahun tahun 70-an bank-bank BUMN kita kualitasnya kalau dibandingkan dengan bank-bank swasta apalagi bank-bank asing jauh sekali. Tetapi dengan kompetisi dan keterbukaan yang ada, sekarang kita lihat bank BUMN kita justru memenangi persaingan itu," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

‎Jokowi juga menegaskan, dalam Rapat Koordinasi BLU di Istana tersebut untuk kinerja bukan diukur dari aspek teknis, seperti laporan keuangan dan laporan pertanggungjawaban. Justru tujuan akhir adalah kepuasan masyarakat akan pelayanan BLU tersebut.

‎Meski Jokowi memberikan contoh pelayanan publik di perusahaan, namun Jokowi mengingatkan bahwa BLU dibuat bukan untuk semata-mata mencari keuntungan. Karena jika hanya mencari keuntungan, dipastikan Jokowi fungsi peningkatan pelayanan tidak akan berjalan.

‎"Keseimbangan ini yang harus betul-betul dijalankan, dengan demikian perubahan BLU diharapkan bukan hanya akan membuat layanan pada masyarakat menjadi baik tapi juga tetap menjaga tanggung jawab publik dengan tarif yang terjangkau oleh rakyat, tarif yang terjangkau oleh masyarakat," tutup dia. (Yas/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Berharap Aung San Suu Kyi Selesaikan Konflik Rohingya

Posted: 21 Nov 2016 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menaruh kepercayaan tinggi kepada State Cousellor Myanmar, Aung San Suu Kyi untuk menyelesaikan masalah di Rakhine State -- soal kaum Rohingnya. Di daerah tersebut terjadi insiden berdarah yang telah menewaskan puluhan orang.

Keterangan tersebut disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Arrmanatha Nasir. Menurut dia ada alasan kuat kenapa Indonesia yakin atas hal itu.

"Saya pikir dia mengetahui dengan baik situasinya dan isu HAM sangat dekat di hatinya," sebut Tata di kantor Kemlu, Senin 21 November 2016.

"Kami yakin dia telah bertindak dan akan menghormati HAM bagi seluruh warga Myanmar," sambung dia.

Kendati demikian, sampai sekarang Aung San Suu Kyi masih bungkam terkait kondisi di Rakhine. Sikapnya ini mendapat kritik tajam dari Utusuan Khusus PBB untuk Masalah HAM, Yanghee Lee.

Menurutnya, cara Suu Kyi menangani serta menginvestigasi adanya dugaan penganiayaan di Rakhine harus dirubah.

Ketegangan Rohingya dengan warga Rakhine pecah pada 2012. Penyebab utamanya hingga saat ini masih belum jelas, namun puluhan orang tewas kala itu sementara ribuan lainnya terpaksa kehilangan rumah.

Beredar kabar bahwa bentrokan dipicu oleh pemerkosaan dan pembunuhan seorang perempuan Rakhine, yang diikuti dengan pembunuhan terhadap 10 warga muslim Rohingya.

Terdapat lebih dari satu juta warga muslim Rohingya bermukim di Rakhine. Di tengah mayoritas warga Myanmar yang beragama Buddha mereka mendapat penolakan.

Beberapa menilai Rohingya bukanlah warga asli negara itu melainkan imigran ilegal dari Bangladesh.

Upaya Suu Kyi

Sebelumnya di Markas PBB pada akhir September 2016, Suu Kyi menjelaskan telah melakukan pendekatan terhadap masyarakat di Rakhine. Ia menyebut, di negara bagian tempat di mana komunitas Rohingya berada, sudah dibangun Komisi Penasehat.

Komisi yang didirikan mantan Sekjen PBB Kofi Annan ini ditujukan untuk membantu penanganan masalah keamanan dan hak dasar.

Pembangunan komisi tersebut, tak dipungkiri mendapat tentangan dari pihak-pihak internal Myanmar. Namun, pemerintah mengacuhkannya dan terus mempertahankan keberadaannya demi membangun perdamaian di Rakhine.

"Dengan sikap teguh kami melawan semua prasangka dan intoleransi, kami menegaskan kembali pada keyakinan kami serta HAM untuk mempertahankan martabat dan nilai manusia," ucapnya.

Untuk itu, Suu Kyi menegaskan pembangunan serta menciptakan lapangan kerja baru adalah prioritas pemerintah Myanmar di Rakhine.

"Wilayah Rakhine serta warga Muslim di sana hidup berkekurangan, dan kami ingin semua orang di sana dalam keadaan aman," ujar Suu Kyi.

"Apa yang telah kami coba lakukan ialah menemukan cara mengakhiri ketegangan komunal dan mencari cara mengakhiri semua perselisihan yang ada," pungkasnya.

Sebelum menjadi State Counsellor, Suu Kyi menerima kritik tajam dari dunia internasional. Tak mau berbicara banyak dan terkesan acuh atas masalah Rohingya lah penyebabnya.

Padahal masalah ini sama sekali tak bisa diacuhkan. Sebab sejak perselisihan antar komunitas pecah, 125 ribu warga kehilangan rumahnya dan kurang lebih 100 orang terbunuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Facebook Keukeuh Upayakan Basmi Hoax

Posted: 21 Nov 2016 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Chief Executive Officer (CEO) Facebook, Mark Zuckerberg, kembali bersuara soal tudingan banyaknya informasi palsu beredar di layanan tersebut. Ia menegaskan bahwa Facebook telah berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut sejak lama.

Kendati telah melakukan berbagai upaya memberantas hoax (informasi palsu), Zuckerberg mengakui bahwa masalahnya memang rumit, baik secara teknis atau filosofis.

 

"Meski jumlah informasi palsu relatif sedikit, kami memiliki banyak pekerjaan di depan dengan roadmap kami," jelas Zuckerberg seperti dikutip dari Reuters, Senin (21/11/2016).

Ia pun menguraikan serangkaian langkah yang sudah dilakukan, termasuk menggunakan lebih banyak otomatisasi untuk mendeteksi apa yang akan ditandai oleh pengguna sebagai sesuatu hal yang salah, sebelum mereka melakukannya sendiri.

Zuckerberg menambahkan, Facebook akan mempermudah pelaporan konten palsu melalui kerjasama dengan organisasi verifikasi pihak ketiga dan jurnalis, dalam upaya pengecekan fakta.

Selain itu, juga mengeksplorasi konten yang sudah ditandai. Perusahaan juga akan mencegah penyedia berita palsu menghasilkan uang dari sistem iklan miliknya.

Namun suami Priscilla Chan itu menegaskan Facebook akan berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan, seperti secara tak sengaja justru membatasi konten berisi informasi asli. "Kami tidak ingin menjadi penentu kebenaran seorang diri, melainkan bergantung pada komunitas dan pihak ketiga terpercaya kami," tuturnya.

(Din/Cas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Belanda Tertarik Kunjungi Gedung-Gedung Angker Semarang

Posted: 21 Nov 2016 10:30 PM PST

Liputan6.com, Semarang - Keberadaan kota lama Semarang yang sering disebut sebagai Little Netherland ternyata menarik minat Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte. Dia pun diagendakan mengunjungi sejumlah gedung-gedung yang dikenal angker di kawasan tersebut.

Begitu tiba di Semarang, Mark Rutte langsung melakukan pertemuan tertutup bersama pejabat Jawa Tengah, Kota Semarang dan Belanda di Wisma Perdamaian, Selasa (22/11/2016).

Sesaat sebelum memasuki Wisma Perdamaian yang berada di kawasan Tugu Muda, Mark Rutte sempat melihat Lawang Sewu dan berbisik-bisik dengan pejabat Belanda lain. Ketika hendak memasuki pintu Wisma Perdamaian, lagi-lagi Mark berhenti untuk mengamati pintu ukir yang menjadi hiasan ruangan.

Ia kemudian menandatangani buku tamu. Tak lama kemudian, rombongan berjalan ke gedung pertemuan di sebelahnya dengan diiringi lima penari perempuan.

Kepala Biro Humas Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng Rachmadi, menyebutkan, PM Belanda memang hendak menggelar pertemuan yang bersifat tertutup.

"Sebenarnya hanya jamuan makan siang dan ucapan selamat datang saja," kata Sinoeng di Wisma Perdamaian Semarang, Selasa (22/11/2016).

PM Belanda kunjungi Semarang (Liputan6.com / Edhie Prayitno Ige)

Usai dari Wisma Perdamaian rombongan PM Belanda akan meninjau Polder Banger di Kemijen, Semarang Timur. Selanjutnya PM Mark juga akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah zaman kolonial Belanda.

"Setelah ini peninjauan ke Polder Banger, Polder Tawang, Gereja Blenduk, Lawang Sewu, dan beberapa gedung lain, kemudian pulang," kata Sinoeng.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duel Antarlini Indonesia Vs Filipina, Siapa Unggul?

Posted: 21 Nov 2016 10:30 PM PST

Liputan6.com, Manila - Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl optimistis timnya bisa menang melawan tuan rumah Piala AFF 2016, Filipina Selasa (22/11/2016) di Philippine Stadium. Hal itu disampaikannya dalam jumpa pers jelang pertandingan, Senin (21/11/2016).

"Tentu saja kami harus menang, fokus seluruh tim hanya untuk laga ini. Bukan hal yang mudah memang namun kami harus optimistis," kata Riedl.

Optimisme ini bisa dibilang sebuah kemajuan. Pasalnya, Filipina sempat diprediksi jadi salah satu momok timnas Indonesia di Piala AFF kali ini.

Maklum saja, The Azkals -julukan Timnas Filipina- lebih siap dibanding Indonesia untuk Piala AFF kali ini.  Tim asuhan Thomas Dooley itu juga berpartisipasi di laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia.

Di salah satu laga tersebut, Filipina juga sempat mengalahkan Timnas Korea Utara dengan skor 3-2. Selain itu mereka juga sempat menaklukkan tim kuat Asia lainnya, Bahrain.

Lebih lanjut, Filipina juga diperkuat  banyak pemain naturalisasi di Piala AFF kali ini. Mayoritas dari pemain itupun bermain di Eropa.

Jelang laga melawan Filipina, berikut duel antarlini Timnas Indonesia Vs Filipina.

1. Kiper, Kurnia Meiga (Indonesia) Vs Roland Muller (Filipina)

Di posisi kiper, Filipina diperkuat pemain naturalisasi dari Jerman, Roland Muller. Pemain kelahiran 2 Maret 1988 ini diketahui bermain di Divisi Dua Liga Swiss bersama klub Servette FC Geneve.

Sebelumnya, Muller sempat menimba ilmu di akademi milik klub FC Koln di Jerman. Di Servette, Muller cukup dipercaya mengawal gawang, dibuktikan dengan catatan 56 kali tampil.

Di sisi lain, Indonesia memercayakan posisi kiper pada Kurnia Meiga. Kiper klub Arema Cronus ini lebih muda dari Muller. Meiga lahir pada 7 Mei 1990.

Secara prestasi, Meiga tak kalah dibanding Muller.  Jika Muller hanya pernah memenangkan gelar promosi ke Divisi 1 bersama Servette, Meiga pernah mengecap gelar juara Liga Super Indonesia pada musim 2009/10.

Kiper Timnas Filipina, Roland Muller (newsnetz.ch)

2. Bek, Yanto Basna (Indonesia) vs Amani Aguinaldo (Filipina)

Timnas Indonesia dan Filipina punya kesamaan pada Piala AFF kali ini yaitu sama-sama mengandalkan bek muda. Indonesia mengandalkan Yanto Basna (21 tahun) sedangkan Filipina mengandalkan Amani Aguinaldo (21 tahun).

Meski berusia muda, kedua bek ini sama-sama berprestasi di level klub. Yanto Basna pernah mengantarkan Mitra Kukar menjuarai Piala Jenderal Sudirman 2015. Di turnamen itu pula, ia dinobatkan jadi pemain terbaik.

Di sisi lain, Aguinaldo pernah mengantarkan klubnya, Global menjuarai Liga Filipina di musim 2014. Satu musim sebelumnya, ia mengantarkan Global jadi runner up.

Amani Aguinaldo (12) (Istimewa)

 

3. Gelandang, Stefano Lilipaly (Indonesia) Vs Phil Younghusband (Filipina)

Lilipaly menjadi satu-satunya pemain naturalisasi yang dibawa Riedl pada Piala AFF 2016. Sebagai pemain, Lilipaly punya kemampuan dalam memainkan berbagai posisi.

Di klubnya, Telstar, Lilipaly berperan sebagai bek kanan. Namun di timnas kali ini, Lilipaly diplot Riedl sebagai gelandang tengah.

Di lini tengah, Lilipaly akan berduel dengan kapten timnas Filipina kelahiran Inggris, Phil Younghusband.  Pemain berusia 29 tahun itu merupakan motor permainan The Azkals -julukan Timnas Filipina.

Duel antara Lilipaly Vs Younghusband diprediksi menarik. Pasalnya, kedua pemain punya kemampuan untuk mengatur irama permainan tim masing-masing.

Phil Younghusband (Istimewa)

 

4. Striker, Boaz Solossa (Indonesia) Vs Manuel Ott (Filipina)

Boaz Solossa masih jadi andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Kali ini, ia didapuk sebagai kapten tim sekaligus juru gedor Tim Garuda.

Di pertandingan pertama, Boaz tampil cukup apik. Meski tak mencetak gol, pemain berusia 30 tahun ini beberapa kali sempat membahayakan gawang Thailand.

Melawan Filipina, Boaz tentu tak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk menciptakan gol pertamanya di Piala AFF 2016.  Apalagi, ia sudah mengaku termotivasi karena kekalahan atas Thailand.

"Semua yang ada di AFF adalah tim hebat, tetapi saya harap Indonesia bisa menang," ujar penyerang Persipura Jayapura itu.

Jika Indonesia mengandalkan figur senior, Filipina justru sebaliknya. Mereka menaruh kepercayaan pada striker muda naturalisasi asal Jerman, Manuel Ott.

Sama dengan Boaz, Ott gagal mencetak gol di partai perdana. Namun di laga melawan Indonesia, Ott sepertinya bakal tampil beringas. Ia tentu ingin membuktikan, Filipina tak salah menaturalisasi dirinya.

Manuel Ott (Football channel Asia)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Ilmiah Mengapa Anda Tidak Pernah Merasa Puas

Posted: 21 Nov 2016 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Semua orang, termasuk Anda pasti pernah merasakan bagaimana rasanya memperoleh sesuatu yang baru. Mungkin Anda telah lama mendambakan sesuatu, seperti perubahan hidup, pekerjaan, atau pasangan yang baru, dan begitu mendapatkannya, ada perasaan yang begitu membahagiakan, yaitu rasa puas.

Namun, tidak semua orang termasuk ke dalam golongan mudah puas. Mengapa? Setelah memimpikan sesuatu dan mendapatkannya, seseorang bisa merasa tidak puas. Dilansir dari mydomaine.com, Selasa (22/11/2016), berikut alasan ilmiah mengapa seseorang tidak pernah merasa puas. 

Para psikolog menamakan fenomena ini sebagai "Adaptasi Hedonis." Terlepas dari baik-buruknya, lama kelamaan, Anda akan berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan ini.

Ada beberapa cara untuk menghindari rasa tidak puas yang konstan. Jika Anda tahu pada akhirnya tidak ada sesuatu hal pun di dunia ini yang akan terus berakhir bahagia, maka mungkin di awal, Anda bisa mengurangi antusiasme diri Anda sendiri, dan hal ini lebih berlaku di dalam masalah hubungan.

Para peneliti di Jerman meneliti lebih dari 800 pasangan yang telah menikah dan menemukan bahwa pada dua tahun pertama pernikahan, kebahagiaan mereka meningkat dengan drastis. Namun, lepas dari dua tahun, tingkat kebahagiaan menurun, seperti saat sebelum mereka menikah.

Jika Anda dapat memprediksi hal ini lebih awal, Anda tidak akan berusaha menyalahkan pasangan atau bagaimana hubungan tersebut berlangsung.

Jika sewaktu-waktu Anda mengalami kehidupan hedonis, lakukan usaha proaktif untuk lebih menghargai apa yang telah Anda miliki, bukannya mencari sesuatu lainnya yang lebih dapat memuaskan Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

43 Daftar Obat Mengandung Sildenafil Temuan BPOM RI

Posted: 21 Nov 2016 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini Badan POM RI menemukan 43 obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat (BKO) dari seluruh Indonesia. Temuan ini dikumpulkan mulai Desember 2015 sampai September 2016.

[Baca juga: Sildenafil Mendominasi Tangkapan Terbaru Badan POM]

BKO yang teridentifikasi dicampur ke dalam produk obat-obatan tradisional tersebut didominasi oleh sildenafil. Sildenafil merupakan kandungan yang terdapat di obat disfungsi ereksi dan hipertensi arteri pulmonal.

BKO tersebut seringkali dicampur dalam jumlah yang tidak terukur, sehingga mereka berpotensi membahayakan kesehatan jika digunakan secara tak tepat.

"Efeknya yang sidenafil itu misalnya, bisa menyebabkan stroke, serangan jantung, kehilangan penglihatan dan pendengaran, bahkan kematian," ujar Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen, Ondri Dwi Sampurno di Gedung BPOM RI, Jl Percetakan Negara Nomor 23, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Berikut daftar obat tradisional mengandung bahan kimia obat yang harus dihindari masyarakat Indonesia, jika misalnya mereka masih sempat beredar di pasaran, ataupun jika obat tersebut masih ada di rumah Anda;

1. Wei Yi Wang
2. Truman
3. Vigpower Capsule
4. Pasama
5. Czar
6. Bulesa
7. Japasa
8. Rica Linu
9. Tongkat
10. Ko Pel
11. Es Be
12. Ricasamlang Asam Urat Flu Tulang
13. Linusend
14. Samrenu
15. Slimplus
16. Penafit
17. Ailos
18. Tawon
19. Daun Mujarab
20. Natural Herbal Penggemuk badan
21. Tolak Linu
22. Ricasamlang
23. X-Hot Extra Strong kapsul
24. Ginseng Kianpi Capsule
25. Than Niao Pao kapsul
26. Pendekar
27. Sam Shi Asam Urat Pengapuran kapsul
28. Lagirisa Herbal 44
29. Mahkota Herbal Supplement for Men
29. Jamu Stamina Sepia
31. Jamu Jawa Asli Cap Akar Rempah Alam
32. SBM Extra Strong
33. KBM Kapsul Asam Urat
34. Seven Leave Ginseng
35. Longplay Herbal for Men kapsul
36. Power-Fit kapsul
37. Seven Leave Ginseng pil
38. Tian Ma Tu Chung Seven Leave Ginseng pil
39. Jamu Jawa Dwipa Cap Mahkota Dewa cairan obat dalam
40. Raja Tawon cairan obat dalam
41. Asam Urat + Ginseng Corea serbuk
42. Naga Api cairan obat dalam
43. Aura Kapsul Asam Urat

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Makan Siang dengan Ketum PPP Romahurmuziy

Posted: 21 Nov 2016 10:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy mendatangi Istana Merdeka untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Pria yang karib disapa Romi itu datang sendiri pada pukul 13.00 WIB.

Romi datang mengenakan batik cokelat dan celana hitam dari arah masjid yang ada di kompleks Istana Kepresidenan menuju ke Istana Merdeka.

Saat sampai di lorong Istana Merdeka, Jokowi langsung menyambut Romi. Ketua Umum PPP itu pun memberikan hormat kepada Jokowi dan keduanya bersalaman.

Mereka langsung menuju ke ruang makan di Istana Merdeka.

Belum diketahui agenda pertemuan tersebut. Namun sebelumnya, Presiden juga telah menerima kunjungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada 21 November dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, pada Kamis, 17 November.

Pada pertemuan dengan Megawati, setidaknya membahas tiga isu. Pertama adalah soal ekonomi. Terlebih soal ekonomi makro.

Kedua, Megawati dan Jokowi, juga menyinggung soal kondisi politik nasional, terutama yang bersifat urusan nasional.

"Kemudian yang ketiga tadi kami berbicara hal yang berkaitan dengan pilkada," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin 21 November 2016.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pergantian Ketua DPR Tunggu Surat dari DPP Golkar

Posted: 21 Nov 2016 10:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rapat pleno Partai Golkar telah memutuskan Setya Novanto diusulkan kembali menjadi Ketua DPR. Padahal saat ini posisi tersebut sudah diisi oleh Ade Komarudin.

Sekretaris Fraksi Golkar Aziz Syamsuddin menuturkan, proses pergantian Ketua DPR seharusnya tidak memakan waktu lama.

"Seharusnya prosesnya tidak lama, setelah fraksi mengirim surat ke pimpinan, dan pimpinan mengagendakan prosesnya seharusnya tidak lebih dari dua minggu," ungkap Aziz di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Ia mengatakan, putusan rapat pleno dianggap legal bila memenuhi AD/ART Partai Golkar. Aziz mengatakan, setelah mendapatkan surat dari DPP Golkar, fraksi segera mengirimkannya ke Pimpinan DPR.

"Pimpinan akan mengagendakan, seperti yang ada di tata tertib MD3," ucap dia.

Aziz mengungkapkan alasan mengembalikan jabatan Novanto sebagai Ketua DPR di antaranya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Novanto yang kini menjadi Ketua Umum Golkar merupakan lambang serta figur partai.

"Maka untuk mengembalikan nama baik dan memulihkan rehabilitasi tersebut konsekuensi hukum, bahwa seseorang yang sudah melalui proses baik itu di MKD DPR dan sudah ditetapkan di MK yang menguatkan tidak legal dan MKD yang sudah memulihkan nama baik," ucap dia.

Anggota Komisi III DPR ini mengaku belum mengetahui apakah Novanto bersedia mengikuti keputusan rapat pleno DPP Golkar.

"Apakah Novanto bersedia atau tidak dikembalikan ke DPR, tapi berdasarkan rapat pleno Partai Golkar sudah memutuskan. Ini bukan masalah apa-apa atau tidak apa-apa, penempatan Ade Komarudin juga berdasarkan persetujuan dari partai," jelas Aziz.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Fraksi Partai Golkar Kahar Muzakir belum mengetahui keputusan tersebut.

"Saya belum tahu," tegas Kahar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Gandeng BPKP dan BPK Telusuri Proyek Listrik yang Mangkrak

Posted: 21 Nov 2016 10:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan telah menerima laporan proyek pembangunan pembangkit listrik yang mangkrak. Laporan tersebut sudah dicocokkan dengan data yang dimiliki KPK.

"Listrik sudah dapat laporannya. Sudah dicocokkan dengan yang punya kita. Mudah-mudahan nanti kita bekerja sama dengan BPKP dan BPK untuk segera menelusuri itu," kata Agus Rahardjo di Istana Kepresidenan, Selasa (22/11/2016).

Namun demikian, Agus tidak menyebutkan proyek yang mangkrak tersebut tahun berapa. "Itu yang lama-lama yang mangkrak," kata dia.

Dia juga menyebutkan, laporan tersebut belum masuk ke penyidik KPK. "Belum, belum," kata Agus.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta KPK mengusut tuntas penyebab mangkraknya pembangunan 34 proyek pembangkit listrik yang tersebar di sejumlah daerah. Tak hanya itu, Jokowi juga memerintahkan BPKP untuk melaporkan hasil audit 34 proyek pembangkit listrik yang mangkrak selama bertahun-tahun ini.

BPKP telah menyampaikan temuan mengenai puluhan proyek tersebut kepada pemerintah. Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan, dari 34 proyek tersebut, 12 proyek di antaranya tidak dapat dilanjutkan. Sementara 22 proyek lainnya dapat dilanjutkan, namun dengan anggaran yang cukup besar.

PT PLN (Persero) menyatakan 34 proyek pembangkit listrik yang mangkrak tidak merugikan negara. Ini karena pemerintah belum mengeluarkan uang negara untuk ‎membangun pembangkit tersebut.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat  PLN I Made Suprateka menyebutkan,‎ 34 pembangkit yang mangkrak berkapasitas total 633,5 Mega Watt (MW), dengan nilai investasi Rp 11,3 triliun.

"Ini total investasinya Rp 11,3 triliun. Cuma Rp 11,3 triliun, tapi kemarin ada yang bilang Rp 47 triliun, itu perlu diluruskan," kata dia di Jakart‎a, Jumat (11/11/2016).

Menurut Made, investasi Rp 11,3 triliun tersebut tidak masuk dalam kerugian negara. Sebabnya, angka ini baru anggaran, PLN maupun negara belum melakukan pengeluaran dana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Pertemuan dengan Tokoh Politik itu Hal Biasa

Posted: 21 Nov 2016 10:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi membuka Rapat Koordinasi Badan Layanan Umum (BLU) di Istana Kepresidenan. Sebelum memulai acara tersebut, Jokowi lebih memilih menanggapi pemberitaan ‎di berbagai media dalam beberapa hari belakangan mengenai aktivitasnya.

‎"Beberapa hari, dalam dua-tiga minggu ini kita disuguhkan oleh berita-berita yang berkaitan dengan naik kuda, yang berkaitan dengan makan siang dengan ikan bakar, kemarin makan siang mi goreng dan mi godog, tadi pagi sarapan pagi," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Jokowi menganggap pertemuan dengan para pemimpin politik tersebut sebenarnya sering dilakukan olehnya. Hanya saja selama ini kegiatan tersebut dilakukan secara tertutup.

"Dengan Pak Prabowo, dengan Ibu Mega, dengan Pak Surya Paloh, kelihatannya ada sesuatu yang sangat serius sekali padahal hal-hal seperti itu harian kita lakukan hanya tidak di-publis‎hed, tidak diliput media," kata dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan Megawati Soekarnoputri di teras belakang Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/11). Pertemuan tersebut membahas kondisi politik nasional, ekonomi dan pilkada. (Biropres Kepresidenan/Laily)

Dengan mulai dibukanya aktivitas tersebut ke publik, Jokowi berharap masyarakat mengerti bahwa semua elemen di negara ini sependapat dalam menjaga keutuhan negara dan menjunjung tinggi perdamaian.

Turut hadir dalam acara itu adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri‎ Keuangan Sri Mulyani, Menteri ESDM Ignasius Jonan dan sejumlah pejabat lain.

Presiden Jokowi bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (foto: biro pers kepresidenan)

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada Kamis 17 November 2016. Pertemuan Jokowi dengan mantan rivalnya di Pilpres 2014 itu berlangsung hangat dan akrab. Dalam pertemuan siang itu, keduanya menikmati makan siang dengan menu ikan bakar.

Sedangkan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Umum PDIP menemui Jokowi pada Senin 21 November 2016. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Mega bersantap siang.

Usai makan siang, Jokowi mengatakan pertemuan dan silaturahmi semacam ini memang harus terus membudaya. Komunikasi yang baik akan melahirkan solusi-solusi terbaik untuk semua permasalahan bangsa.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Menguat Seiring Mata Uang Asia Lainnya

Posted: 21 Nov 2016 10:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka melemah pada perdagangan Selasa pekan ini. Namun di tengah perdagangan rupiah mampu menguat hingga sempat menyentuh level 13.380 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Selasa (22/11/2016), rupiah dibuka di angka 13.410 per dolar AS, melemah tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.406 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah berada di kisaran 13.380 per dolar AS hingga 13.460 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah masih mampu menguat 2,53 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.424 per dolar AS pada perdagangan hari ini. menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 13.438 per dolar AS.

Beberapa mata uang Asia memang menguat terhadap dolar pada perdagangan hari ini. Yen Jepang menguat 0,5 persen dan won Korea Selatan naik 1 persen.

The Bloomberg Dollar Spot Index yangh merupakan indeks yang mengukur nilai tukar dolar AS terhadap 10 mata uang utama lainnya turun 0,1 persen. penurunan pada hari ini melanjutkan penurunan pada perdagangan kemarin.

Ekonom Senior St George Bank Ltd, Sydney, Australia, Janu Chan menjelaskan, penguatan dolar AS sudah cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir. Oleh karena itu para spekulan mencoba untuk menahan penguatan tersebut ke level yang lebih tinggi. "kenaikan dolar AS yang terlalu tinggi juga sangat berisiko bagi perekonomian," jelas dia.

Ekonom PT Samuel Sekuritas Rangga Cipta menjelaskan,rupiah yang sempat melemah di pembukaan Senin kemarin akhirnya ditutup menguat tipis.

"Hari ini dorongan penguatan rupiah bisa bertambah dan berlanjut di tengah surutnya kekuatan dolar AS dan kembalinya penguatan minyak," jelas dia.

Namun pelaku pasar perlu melihat bahwa volatilitas rupiah berpeluang kembali mendekati aksi demonstrasi. (Gdn/Ndw)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Persiapan Timnas Lawan Filipina

Posted: 21 Nov 2016 10:20 PM PST

Liputan6.com, Manila - Tim Nasional Indonesia akan menghadapi Filipina pada lanjutan pertandingan Grup A Piala AFF 2016 di Philippine Sports Stadium, Bocaue, Selasa (22/11/2016).

Boaz Solossa dan kawan-kawan tumbang 2-4 dari Thailand pada laga perdana. Oleh karena itu, skuat Garuda harus menang jika ingin membuka peluang ke babak semifinal.

Intip persiapan Timnas di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badan Makin Berat, Kevin Julio Stres Naik Pohon Kelapa

Posted: 21 Nov 2016 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kevin Julio kembali dengan proyek film baru arahan sutradara Sony Gaokasak berjudul Surga di Telapak Kaki Ibu. Lewat film ini, Kevin Julio berperan sebagai Amri, seorang pria remaja yang memiliki keterbatasan mental. Orang-orang sekitar menyebutnya dengan "benga".

Di film tersebut, ada adegan di mana Kevin Julio memanjat pohon kelapa yang berukuran sangat tinggi. Untuk adegan yang satu ini, ia memberikan cerita lucu yang terjadi di balik layar.

Poster Surga di Telapak Kaki Ibu (Istimewa)

"Tapi itu beneran loh ya, walaupun itu cuma settingan, tapi itu paling berat juga. Karena itu pun jujur gue bisa dibilang tiap hari gue makan makanan Padang hampir tiap hari, kayak ayam gulai," cerita Kevin Julio di CGV Blitz GI, Jakarta Pusat, Senin (21/11/2016).

Akibat sering mengonsumsi makanan Padang berlemak tinggi, otomatis berat badannya naik. Melakoni adegan memanjat pohon kelapa, yang notabene pekerjaan mudah, jadi terasa kian sulit bagi Kevin Julio.

Film Surga di Telapak Kaki Ibu. Foto: Instagram

"Itu lumayan sih naikin berat badan juga. Dan saat itu cukup berat juga sih buat saya, karena kan nahan beban badan aku juga gitu loh," Kevin Julio menjelaskan.

Perjuangan Kevin Julio untuk bisa mencapai puncak pohon kelapa bukannya mudah. Sesampainya di atas pohon, ia masih mendapat cobaan berat. "Kalau enggak salah ada lima sampai enam kali take deh. Pas saya lagi take, terus saya putar-putar kan kelapanya, itu beneran jatuh. Kena kepala saya deh belakangnya," ia mengakhiri. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama Setahun Hanya Makan Plastik, Tapi Ia Bisa Bertahan Hidup

Posted: 21 Nov 2016 10:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tim dokter di Rumah Sakit Solan, Pradesh, India terkejut ketika menemukan gumpalan plastik sebesar bola kasti di dalam perut pasien. Tara Devi (52) pasien tunarungu dari Distrik Simaur, Himachal, Pradesh, dilarikan ke rumah sakit karena mengeluh sakit di perutnya.

Dilansir Oddity Central, awalnya dokter mengira, ada segumpal rambut yang tidak sengaja termakan oleh Tara Devi. Namun setelah dilakukan pembedahan, dokter menemukan segumpal plastik yang membentuk tali sepanjang 2 meter lebih.

"Beberapa benang plastik berasal dari karung goni kusut. Plastik itu membentuk seperti sarang burung dan menyumbat ususnya," ujar salah satu dokter di Rumah Sakit Solan.

Dokter sempat mengalami kesulitan mengorek informasi dari pasien lantaran pasien tuli dan bisu. Namun orang yang membawanya ke rumah sakit mengatakan, Tara Devi sangat miskin. Hidup sendirian dan tidak memiliki dukungan dari lembaga sosial manapun.

Tara Devi diduga makan plastik karena kelaparan. Selama satu tahun terakhir, Tara Devi telah memakan plastik setiap kali ia merasa kelaparan. Tubuhnya mulai membengkak ketika tetangga membawa Tara Devi ke rumah sakit.

"Kami telah mendengar orang mengonsumsi pisau, lalu kecanduan sabun dan mereka hidup untuk menceritakan kisah unik mereka. Tapi kasus ini adalah soal kemanusiaan, ia makan plastik bukan karena kondisi langka melainkan disebabkan oleh kemiskinan dan kelaparan," ujar dokter itu.

(War)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemeriksaan Pertama Ahok hingga Pembunuhan Janda di Kebumen

Posted: 21 Nov 2016 10:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjalani pemeriksaan pertama sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama. Polisi menargetkan kasus ini segera dilimpahkan ke kejaksaan dalam waktu satu hingga dua minggu ke depan. 

Sementara itu, Satreskrim Polres Kebumen menangkap pelaku pembunuhan Turmiyati, janda yang ditemukan tewas tanpa kepala di saluran irigasi waduk. Pelaku nekat membunuh lantaran ia merasa tertekan terus-menerus diminta untuk menikahi korban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua Umum IeSPA Hengkang dari IeSF

Posted: 21 Nov 2016 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi eSports Internasional atau lebih dikenal dengan nama IeSF (International eSports Federation) mengumumkan salah satu board member-nya yakni Eddy Lim mengundurkan diri.

Eddy Lim, selaku Ketua Umum IeSPA (Indonesia eSports Association), dikabarkan resmi tak lagi tergabung di jajaran petinggi IeSF. Saat kabar ini mencuat di kalangan pelaku industri gim Indonesia, Tekno Liputan6.com pun mengonfirmasi kabar tersebut langsung ke Eddy Lim.

Saat dikonfirmasi, pria yang sudah lama berkecimpung lama di industri gim ini membenarkan dirinya sudah tak lagi aktif di IesF. "Mengenai saya mengundurkan diri dari board IeSF, benar adanya," kata Eddy Lim kepada Tekno Liputan6.com.

Kabarnya, alasan pengunduran diri Eddy Lim dari IeSF disebut-sebut karena kekacauan penyelenggaraan IeSF 8th Esports World Championship pada awal Oktober 2016. Menyangkut kabar ini, kami belum mendapatkan kejelasan. 

Sekadar informasi, Eddy Lim merupakan salah satu tokoh yang sangat dikenal pelaku industri gim di Indonesia. Sebelum menjadi Ketua Umum IeSPA, ia merupakan founder salah satu komunitas gim terbesar di Indonesia yakni Ligagame.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segmen 3: Kasus Pengeroyokan hingga Pembunuhan Janda di Kebumen

Posted: 21 Nov 2016 10:14 PM PST

Liputan6.com, Makassar - Empat pelaku pengeroyokan pelajar SMP di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan dijadikan tersangka dan telah ditahan polisi. Kasus ini terkuak setelah video amatir peristiwa kekerasan itu menjadi viral. Para pelaku terancam pasal berlapis.

Satreskrim Polres Kebumen menangkap pelaku pembunuhan Turmiyati, janda yang ditemukan tewas tanpa kepala di saluran irigasi waduk. Pelaku nekat membunuh lantaran ia merasa tertekan terus-menerus diminta untuk menikahi korban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segmen 2: Gempa 7,4 SR Guncang Jepang hingga Kapal Tenggelam

Posted: 21 Nov 2016 10:12 PM PST

Liputan6.com, Tagajo - Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Jepang, Selasa pagi (22/11/2016). Akibat kejadian ini, gelombang tsunami menghantam sedikitnya lima prefektur.

Sementara itu, tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian korban di sekitar lokasi tenggelamnya KM Mulya Jati di Tuban, Jawa Timur. Bangkai kapal akhirnya dibiarkan tenggelam setelah gagal diangkat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri: Daerah Mesti Ikut Program BBM Satu Harga

Posted: 21 Nov 2016 10:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan kebijakan pemerintah pusat mengenai program bahan bakar minyak (BBM) satu harga merupakan kebijakan yang harus dijalankan oleh semua daerah. Kebijakan ini dikeluarkan pemerintah untuk mengurangi beban daerah yang selama ini terbebani harga BBM tinggi.

"Daerah harus ikut kebijakan pusat dengan satu harga, yang tadinya di Papua bisa lima kali lipat itu menguntungkan masyarakat. Saya kira daerah merespons positif," kata dia di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Dia menuturkan, daerah tidak menanggung biaya distribusi BBM satu harga ini. Dia mengatakan distribusi BBM satu harga akan ditanggung oleh PT Pertamina (Persero). "Pertamina, standarnya sama," ujar dia.

Dia menegaskan BBM satu harga ialah penerapan harga BBM yang sama untuk semua wilayah. Oleh karena itu, tidak ada perbedaan harga di satu wilayah dengan wilayah lain.  "Saya kira pengertian harga sama, semua harus sama. Kalau Rp 1 rupiah semua Rp 1," kata dia.

Sebelumnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, Pertamina tidak akan rugi cukup besar dengan program BBM satu harga. Untuk mewujudkan program tersebut, Pertamina mengeluarkan dana Rp 800 miliar per tahun. Dana tersebut untuk menutupi biaya distribusi BBM ke wilayah terluar.

‎"Dengan dana itu Pertamina tidak akan rugi. Mungkin cost yang keluar untuk meng-cover itu Rp 800 miliar dalam satu tahun," kata Jonan.

Jonan menuturkan besaran uang yang dikeluarkan untuk menutupi biaya distribusi tersebut memiliki porsi yang sangat kecil jika dibandingkan dengan laba Pertamina. Dalam hitungan Jonan, nilai angka tersebut hanya 2 persen dari laba Pertamina sebelum pajak. "Ini kalau size Pertamina tidak signifikan, ini 2 persen dari laba sebelum pajak," ucap Jonan.

Jonan mengungkapkan BBM satu harga di seluruh Indonesia merupakan komitmen besar Presiden Jokowi. BBM Satu Harga hanya berlaku pada Premium dan Solar bersubsidi saja‎, yang akan diterapkan mulai 1 Januari.

"Ini BBM satu harga. Ini komitmen besar Bapak Presiden untuk memberlakukan satu harga di seluruh Indonesia. Peraturan teknis sudah diterbitkan. Ini hanya untuk Premium 88 dan Solar. Jadi di luar itu tetap," tutur Jonan. (Amd/Ahm)
   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segmen 1: Pemeriksaan Ahok hingga Janji Anies di Kepulauan Seribu

Posted: 21 Nov 2016 10:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjalani pemeriksaan pertama sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama. Polisi menargetkan kasus ini segera dilimpahkan ke kejaksaan dalam waktu 1 hingga 2 minggu ke depan. 

Sementara itu, berkunjung ke Pulau Tidung, calon gubernur Anies Baswedan melihat potensi wisata yang tak kalah dengan wisata di luar negeri. Menurut Anies, Kepulauan Seribu mampu bersaing dengan kepulauan Maladewa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Timnas Indonesia Vs Filipina: Pernah Menang 13-1

Posted: 21 Nov 2016 10:10 PM PST

Liputan6.com, Manila - Timnas Indonesia akan menjalani laga kedua Piala AFF 2016, Selasa (22/11/2016) dengan melawan tim tuan rumah, Filipina di Philippine Stadium. Indonesia harus menang pada laga ini jika ingin memelihara peluang lolos dari fase grup.

Boaz Solossa dan kawan-kawan sudah kalah 2-4 dari Timnas Thailand di pertandingan pertama, Sabtu (19/11/2016). Hasil imbang apalagi kekalahan bakal menipiskan peluang Tim Garuda lolos dari Grup A.

Filipina sendiri bermain imbang 0-0 dengan Singapura. The Azkals -julukan Timnas Filipina- saat ini berada di peringkat kedua di bawah Thailand dengan 1 poin.

Sebagai tuan rumah, Filipina tentu tak ingin dipecundangi Indonesia. Apalagi, kini mereka diperkuat lebih banyak pemain naturalisasi.

Mayoritas pemain naturalisasi itu berasal dari Jerman. Pernah mengecap kompetisi Eropa menjadi modal pemain naturalisasi tersebut.

Jelang duel Indonesia Vs Filipina, berikut 5  fakta menarik seputar pertemuan Indonesia Vs Filipina.

1. Dalam lima pertemuan terakhir, Indonesia berhasil mengemas 3 kemenangan, 2 kali imbang, dan 1 kekalahan. Kekalahan tersebut cukup telak yakni 4-0, terjadi pada Selasa 25 November 2014.

2. Indonesia pernah membantai telak Filipina pada Piala AFF 2002 (kala itu bernama Piala Tiger). TIm Garuda membantai Filipina tanpa ampun dengan skor 13-1. Itu adalah rekor kemenangan terbesar Indonesia atas Filipina.

Bambang Pamungkas saat pertandingan Indonesia Vs Filipina (AFP/Weda)
3.  Dalam kemenangan tersebut, Bambang Pamungkas mencetak sejarah sebagai satu-satunya pemain yang mencetak quattrick (empat gol) di satu laga pada Piala AFF.

4.Secara keseluruhan, menurut data 11v11.com, Indonesia sudah bertemu Filipina 22 kali. Dari 22 laga itu, Indonesia menang 19 kali, imbang 2 kali, dan kalah 1 kali.

5. Indonesia kali ini berada di peringkat FIFA yang lebih rendah dari Filipina. Per tanggal 20 Oktober, Indonesia berada di peringkat 179 dengan 93 poin, sedangkan filipina di urutan ke-124 dengan 297 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ferrari Siap Bangun Pabrik di Jawa Timur Senilai Rp 17 Triliun

Posted: 21 Nov 2016 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Produsen mobil mewah Ferrari kepincut berinvestasi di Jawa Timur (Jatim). Perusahaan asal Italia ini akan membangun pabrik di dua lokasi, yakni Sidaorjo dan Lamongan dengan nilai investasi sekitar US$ 1,3 miliar atau setara Rp 17,42 triliun (kurs Rp 13.400 per dolar AS).

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo mengatakan, proses komunikasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dengan pihak Ferrari masih terus berlangsung hingga saat ini terkiat rencana penanaman modal perusahaan berlogo kuda jingkrak itu.

Pemprov telah menyiapkan dua lokasi yang tepat bagi Ferrari untuk membangun pabrik. Lokasi pabrik, sambungnya, harus dekat dengan area penghasil garam untuk menjaga kualitas baja supaya tahan karat.

"Ada dua tempat, di Lamongan yang sudah tersedia lahan seluas 100 hektare (ha) untuk pabrik hi-tech dan 1.000 ha lahan di Sidoarjo untuk bangun pabrik (spare part) konten-konten di Italia dan Inggris dibuat di Jatim," kata Pakde Karwo di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Dijelaskannya, Ferrari investasi bukan untuk memproduksi mobil kelas premium di Jatim, melainkan komponen-komponen atau suku cadang mobil kelas menengah. Komponen mobil yang diproduksi di Jatim, rencananya akan diekspor ke berbagai negara di Asia.

"Ferrari beralih pada produk bukan luxury tapi untuk kelas menengah dan komponennya nanti diekspor lagi ke Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan," tutur Pakde Karwo.

Nilai investasi yang akan dibenamkan untuk membangun pabrik di Jatim, katanya, total mencapai US$ 1,3 miliar. Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah seiring adanya investasi lanjutan. "Investasi pertama ini total nilanya US$ 1,3 miliar. Nanti akan ada investasi lanjutan karena ada pengembangan produk," jelasnya.

Pakde Karwo menuturkan, Ferrari tertarik menanamkan modalnya di Jatim, khususnya di Sidoarjo dan Lamongan dinilai lebih kompetitif dibanding kawasan negara lain. Indonesia dianggap lebih dekat dengan negara-negara tujuan ekspor utama Ferrari, yakni Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Selatan. "Jadi total biaya produksi lebih rendah kalau dibangun di sini. Lebih kompetitif dan bisa lebih untung," terangnya.

Saat ini, kata Pakde Karwo, Pemprov Jatim masih dalam tahap pembicaraan dengan Ferrari untuk merealisasikan investasi ini. Pemprov akan mengembangkan pelabuhan di bawah PT Pelindo, seperti memperbesar dermaga 3 dan 4, pergudangan, dan lainnya. "Ini masih dibicarakan. Jadi belum tahu kapan mulai investasi atau bangun pabrik," ucap dia.

4 Fasilitas Untuk Ferrari

Pakde Karwo mengaku, Ferrari tidak meminta syarat apapun untuk menanamkan modalnya di Jatim. Pemprov Jatim justru akan memberikan 4 fasilitas atau garansi bagi Ferrari. "Tidak ada syarat, malah kita garansi," tegasnya.

Pertama, seluruh perizinan akan diurus pemerintah provinsi.

Kedua, penyediaan lahan oleh pemerintah.

Ketiga, membuat kelas khusus untuk mendidik dan melatih keterampilan dari pekerja di pabrik Ferrari. "Kami akan lakukan standarisasi buruh dengan membuat kelas khusus untuk mendidik mereka," jelas Pakde Karwo.

Keempat atau terakhir adalah jaminan pasokan listrik karena pembangkit listrik di Jatim kelebihan listrik 2.300 Mw. (Fik/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mitos Mobil 4x4, Tidak Bisa Ngebut?

Posted: 21 Nov 2016 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mobil dengan kemampuan 4x4 alias gerak 4 roda punya alam yang berbeda dengan mobil gerak 2 roda. Tapi benarkah tidak bisa berlari kencang saat on road.

Banyak orang yang berpikir seperti itu. Padahal sekarang teknologi sudah canggih. Semua sistem dibuat untuk mencapai performa yang lebih baik. Sayangnya informasi itu tidak diketahui banyak orang.

Bila tahu bagaimana mengoperasikannya dengan benar, mobil 4x4 tetap bisa melaju kencang. Dan sebaliknya saat salah aplikasi, transmisi memang bisa rontok.

Dengan sistem gerak di keempat roda, maka traksipun bisa dioptimalkan. Pemahaman inilah yang perlu lebih dibenamkan. Untuk mengetahui mitos yang salah selama ini, silakan simak tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajang Ikonik untuk Temukan Sandra Dewi Selanjutnya

Posted: 21 Nov 2016 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wanita modern yang penuh inspirasi kembali dicari di Fun Fearless Female (FFF) 2016. Signature event yang diselenggarakan majalah Cosmopolitan itu kembali mencari sosok wanita yang sesuai dengan karakter tersebut.

Ajang pemilihan yang telah memenangkan Sandra Dewi untuk kategori khusus pada 2006 itu tersebut berlangsung akhir pekan lalu di Jakarta. Selain Sandra Dewi, sejak 2003, Fun Fearless Female telah menjadi salah satu ajang pencarian bakat yang melahirkan banyak nama besar, di antaranya Ayu Dewi (FFF 2006), Melaney Ricardo (The Most Fun FFF 2006), Astrid Satwika (The Most Fun FFF 2008), Filantropi Witoko (Finalis FFF 2009), Monita Tahalea (Finalis FFF 2009) Anita Mae (FFF 2009), dan masih banyak lagi.

FFF semula hadir dengan konsep penghargaan bagi wanita yang memiliki karier cemerlang di bidang mereka masing-masing, seperti Anggun C. Sasmi (FFF 2003), Dewi Sandra (FFF 2008) dan Sherina Munaf (FFF 2010). Seiring berjalannya waktu, konsep FFF berkembang menjadi lebih luas dalam memilih wanita yang memiliki karakter yang kuat, berani, dan siap menggapai karier cemerlang.

FFF 2016 telah mendapatkan 12 finalis yang sesuai dengan kriteria dewan juri. Proses pemilihan berlangsung 1 Juni 2016 sampai 3 Oktober 2016 dan dibagi dalam beberapa tahap. Mulai dari menyaring peserta yang telah mendaftar, hingga audisi berupa sesi pemotretan dan deep interview bagi peserta yang tersaring. Dari 20 semi finalis, akhirnya terpilih 12 finalis yang akan bersaing di malam puncak.

"Tahun ini Cosmo memiliki 12 wanita finalis FFF. Bukan hanya cantik, masing-masing memiliki pembawaan, pandangan, dan ketertarikan yang berbeda-beda hingga membuat FFF semakin kaya. Saya yakin mereka bisa memberi nuansa baru dalam berbagai bidang dan menjadi inspirasi bagi fun fearless female lainnya," ujar Filisya Thunggawan Deputy, Editor-in-Chief Cosmopolitan.

Daftar pemenang dari ajang tersebut yakni:

The Fun Fearless Female 2016:
- Michelle Tahalea (27 tahun, Model)

The Most Fearless FFF 2016:
- Ade Nurul (23 tahun, COO)

The Most Favorite FFF 2016:
- Muthiara Yunica (25 tahun, Entrepreneur)

The Most Fun FFF 2016:
- Claudia Marcia (20 tahun, Model)

The Most Undefeated Beauty Ultima II Fun Fearless Female 2016:
- Chyntia Dewi (24 tahun, Entrepreneur)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pencabul Gadis Belia Dumai Diduga Bentuk Kelompok Seks Bebas

Posted: 21 Nov 2016 10:00 PM PST

Liputan6.com, Dumai - Korban tujuh pemuda yang diduga mencabuli gadis di bawah umur secara bergiliran bertambah dari dua menjadi tiga. Hal itu terungkap setelah korban ketiga membuat laporan ke Mapolsek Bukit Kapur, Kota Dumai, Riau.

Kapolsek Bukit Kapur AKP Ronald Simamora membenarkan adanya laporan tersebut. Dia menyebut gadis yang dirahasiakan identitas ini berumur sama dengan dua korban lainnya, yaitu masih 17 tahun.

"Ada satu korban lagi yang menjadi korban para pelaku, sehingga ada tiga korban," kata AKP Ronald, Selasa (22/11/2016) pagi.

Ronald menyebutkan, korban ketiga mengalami hal serupa sebelum dicabuli tujuh pelaku, yaitu dicekoki minuman jenis tuak. Para korban terus dimintai keterangannya untuk memperkuat bukti perbuatan para pelaku.

Hasil penyidikan, antara para pencabul dengan tiga korban saling kenal. Mereka teman sepermainan dan membentuk sebuah kelompok bernama Terminal Barang atau TB. Kelompok ini ditengarai minum minuman keras bareng dan diduga pula melakukan seks bebas.

"Ada ikrar antara anggota kelompok, 'susah dan senang sama-sama dirasakan'," kata Ronald.

Ronald menambahkan, keterangan itu diberikan empat pelaku yang sudah ditangkap. Para pelaku juga menyebut bahwa seorang buronan berinisial K dalam kasus ini merupakan otaknya.

Tak hanya melakukan seks bebas dan minum minuman keras, kelompok TB juga dinyatakan Ronald suka mengkonsumsi narkoba jenis daun ganja kering.

"Itu pengakuan pelaku yang sudah diamankan," ucap Ronald.

Sebelumnya, empat pelaku dalam kasus ini, di mana dua pelaku berinisial A, kemudian I dan H, sudah ditangkap di lokasi dan berbeda. Sementara pelaku lainnya berinisial K, R dan W masih dalam pengejaran petugas.

‎Yang pertama kali ditangkap adalah A dan I, selanjutnya A dan H. Tiga dari pelaku ini masih berstatus pelajar. Mereka diamankan dari tempat persembunyiannya di Kecamatan Bukit Kapur.

"K ini disebut sebagai otak pencabulan terhadap korban. Sementara pelaku lainnya, termasuk buron berinisial R dan W mengikuti perbuatan K," kata Kapolsek.

Menurut AKP Ronald, dua pelaku yang masih buron terus dikejar dengan berkoordinasi dengan Mapolsek lainnya. Mereka semua bakal diminta pertanggungjawabannya terhadap apa yang telah dialami dua korban.

Sebelumnya, Kapolres Kota Dumai AKBP Donald Happy Ginting menyebutkan, para pelaku tidak hanya sekali melakukan perbuatan bejatnya. Berdasarkan pengakuan dua korban, masing-masing berinisial SN dan R, pelaku sudah berbuat cabul sejak 25 Agustus hingga 12 November.

Sejak dan sampai tanggal tersebut, keduanya kepada penyidik mengaku telah 'dikerjai' sebanyak lima kali. Keduanya kenal dengan pelaku karena satu sekolah dan selalu saja menjemput keduanya dari rumah masing-masing.

"Korban selalu dibawa ke sebuah rumah kosong di belakang terminal Kota Dumai. Sebelum beraksi, para pelaku mencekoki keduanya dengan minuman beralkohol tradisional, yaitu tuak," kata AKBP Donald.

Ketika korban sudah tak sadar diri, para pelaku melakukan perbuatannya secara bergilir kepada kedua gadis belia tersebut. Dalam satu kejadian, memang tak semua pelaku datang ke lokasi tersebut.

"Terkadang dalam satu kejadian, ada tiga atau empat pelaku yang datang. Dan ada pula datang semuanya. Total kejadian yang dialami korban ada lima kali," ujar Donald.‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Cantik Ariska Putri Pertiwi Miss Grand International 2016‎

Posted: 21 Nov 2016 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta ‎Pekerjaannya sebagai seorang publik figur membuatnya harus bertemu banyak orang dari berbagai macam suku dan negara. Wanita asal Medan, Sumatera Utara ini pun harus menjaga kecantikan luar dan dalam tubuhnya.

Merasa perawatan tubuh terbaik ada di Tanah Air, Ariska Putri Pertiwi yang diberi kesempatan untuk pulang ke Indonesia ini pun tak mau menyia-nyiakan. Senin (21/11/2016), Ariska langsung melakukan perawatan tubuh.

Ariska Putri Pertiwi

"Sekali seminggu diusahakan untuk perawatan, kalau sibuk, ya, dua kali seminggu, tergantung aktifitas. Kan, bakal banyak ketemu orang, dan visit negara sana-sini," ucapnya di Taman Sari Royal Heritage Spa, Jakarta Pusat.

‎Perawatan keseluruhan tubuh dengan treatment ancient javanese healing jadi pilihan gadis kelahiran Aceh, 19 tahun silam ini. Putri Indonesia 2016 tersebut mengaku senang dengan bahan-bahan herbal.

Sesaat setelah dinobatkan menjadi Miss Grand International 2016, Ariska Putri Pertiwi yang tadinya tenang berubah terkejut dan meneteskan air mata. Usai disematkan mahkota, Ika mengucapkan terima kasih dan rasa syukur. (facebook/MISSGRANDINTERNATIONAL)

"‎Apalagi kalau berendam, lulur, massage dan body masker selama dua jam dengan bahan-bahan herbal. Badan jadi lebih rileks dan lebih bersih," kata Ariska Putri Pertiwi.

‎Sementara itu, untuk perawatan dari dalam tubuh, Ariska Putri Pertiwi senang mengonsumsi jamu. Menurutnya, jamu bisa membuat tubuhnya selalu fit dan cerah saat berhadapan dengan orang-orang.

"Aku juga suka jamu. Selain itu juga pola makan harus teratur. Olahraga minimal 30 menit setiap hari, dan perawatan tubuh. Itu tips cantiknya," terang Ika, begitu sapaan akrabnya.‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 3 Alasan Utama Kenapa Bercinta di Pagi Hari Sangat Dianjurkan

Posted: 21 Nov 2016 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bercinta tidak hanya dapat menambah kemesraan dan keintiman para pasangan, tetapi juga dapat meningkatkan mood membuat hari lebih indah bila dilakukan pagi hari. Percaya?

Meski semua pasangan memiliki kebiasaan tersendiri untuk melakukan aktivitas menyenangkan ini, tetapi seksolog dan pakar hubungan merekomendasikan kepada pasangan untuk melakukan aktivitas seks di pagi hari. 

Seperti dikutip laman Bustle, Selasa (22/11/2016) tiga alasan ini mengungkap bahwa seks di pagi hari akan memberikan banyak manfaat secara personal, baik bagi pria dan wanita.

1. Melewati hari lebih rileks

"Seks pagi hari akan membuat pasangan lebih rileks, apalagi dilengkapi dengan secangkir kopi usai bercinta. Pasti akan terasa lebih santai dan menenangkan seluruh saraf," ujar sex columnist Sophie St. Thomas.

2. Lebih menyenangkan

Bercinta di malam hari memang terlihat seksi, tetapi melakukan aktivitas yang intim ini saat pagi hari akan terasa lebih menyenangkan.

3. Redupkan hormon stres

"Masalah terbesar bagi pasangan jika seks malam hari akan membuat tidur lebih larut dan keesokan hari terasa lebih melelahkan. Jadi pagi hari adalah waktu terbaik," kata Relationship expert, Dr. Wendy Walsh.

Menurut Walsh, bercinta pagi hari juga dapat mematikan tingkat stres para pasangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi Minta Peningkatan Layanan Publik

Posted: 21 Nov 2016 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para pejabat yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan atau penyelenggara Badan Layanan Umum (BLU) untuk meningkatkan fungsinya.

Jokowi berharap pelayanan umum kepada masyarakat untuk lebih ditingkatkan. Hal ini demi mendukung upayanya dalam mengajak kepada masyarakat akan pentingnya membayar pajak.

"‎Harapan rakyat pada kualitas pelayanan publik juga akan semakin meningkat ketika rakyat semakin sadar dalam membayar pajak. Saya sudah bayar pajak, saya juga akan menuntut hak saya dalam hal pelayanan. Untuk itu kita harus benahi semuanya, langkah-langkah perbaikan harus dilakukan," ucap Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Ia menuturkan, dari berbagai informasi di lapangan yang didapatkan, setidaknya masih ada pelayanan publik pemerintahan yang masih sangat kurang. Kekurangan itu dilihat dari berbagai hal, mulai dari tempatnya, hingga individu yang bertugas melayani masyarakat.

Sikap-sikap sopan santun, ramah, dan selalu menebar senyum menjadi satu hal yang ditekankan oleh Presiden Jokowi dalam melayani masyarakat.

Jokowi juga mengingatkan kepada para petugas BLU mengingat masyarakat Indonesia saat ini sudah sangat cerdas dan kritis. Apa yang dilakukan para petugas BLU bisa langsung dikritik oleh masyarakat.

"‎Gampang sekali sekarang, begitu ada layanan tidak baik tahu-tahu keluar di media sosial (medsos), ada yang berbentuk video, ada yang berbentuk komentar-komentar dan itu tidak bisa kita cegah sekarang ini, apa pun masih gampang sekali. Ada yang melayani cemberut, tahu-tahu mukanya cemberut keluar di medsos. Banyak seperti itu‎," ujar dia.

Jokowi memastikan, jika sentra pelayanan publik itu tidak melakukan perubahan‎, secara otomatis akan ditinggalkan oleh masyarakat. Masyarakat akan memilih ke pelayanan yang dikelola swasta ataupun asing.

‎"Kuncinya adalah kemauan, kemauan untuk berubah, kemauan untuk memperbaiki, kemauan untuk membenahi karena keterbukaan dan persaingan bukan hal yang perlu kita takuti. Tetapi jika digunakan sebagai momentum untuk memperbaiki ini akan menjadikan layanan kita lebih baik ke depan," ujar dia. (Yas/Ahm)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permintaan Anies pada Warga Jakarta saat Demo 25 November

Posted: 21 Nov 2016 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpesan kepada warga Jakarta agar terus menjaga perdamaian ketika nanti aksi demonstrasi pada 25 November dan 2 Desember terjadi.

Apalagi, demo itu diduga merupakan bagian dari aksi makar terhadap pemerintahan Jokowi-JK.

"Semoga warga Jakarta terus jaga perdamaian, taat aturan dan prinsip demokrasi," kata Anies di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2016).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mencurigai adanya gerakan makar dalam aksi yang akan digelar pada 25 November 2016 mendatang.

Menurut Tito, pada aksi 25 November 2016 mendatang ada usaha dari massa aksi untuk menduduki kantor dewan tersebut.

"Ada upaya-upaya, rapat-rapat yang sudah kita pelajari dengan agenda politik lain. Di antaranya upaya melakukan makar. Beberapa kelompok yang ingin masuk dalam DPR dan berusaha untuk dalam tanda petik menguasai DPR," ungkap Tito.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Berikan Perlindungan bagi 3.000 Warga Muslim Rohingya

Posted: 21 Nov 2016 09:54 PM PST

Liputan6.com, Naypyidaw - Kurang lebih enam bulan terakhir, negara bagian Rakhine di Myanmar yang dihuni lebih dari satu juta warga muslim Rohingya memanas. Berbagai informasi yang diperoleh simpang siur akibat media dan relawan tidak diberikan akses untuk mencapai wilayah tersebut.

Namun melalui gambar satelit terbaru, kelompok Human Rights Watch (HRW) melaporkan lebih dari 820 rumah di desa-desa yang dihuni oleh warga muslim Rohingya rata dengan tanah. Peristiwa penghancuran ini terjadi pada rentang waktu 10-18 November.

Pada 13 November lalu, HRW juga telah mengidentifikasi hancurnya 430 bangunan di tiga desa melalui gambar satelit. Meski demikian, pemerintah telah membantah pihaknya yang telah melakukan penghancuran.

Sementara itu, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (22/11/2016) pemerintah Tiongkok mengumumkan bentrokan antara militer Myanmar dan pemberontak merembet masuk ke wilayah mereka. Peristiwa tersebut menyebabkan kerusakan kecil, tapi tak menimbulkan korban tewas.

Pertempuran antara militer Myanmar dan pemberontak terjadi di Wanding di mana ini disebut wilayah perbatasan penting. Surat kabar Global Times melaporkan, sebuah gedung pemerintah China di Wanding mengalami kerusakan ringan.

Pada Senin kemarin, Kementerian Luar Negeri China mengumumkan bahwa setidaknya satu warga negara mereka cedera. Namun tidak terdapat penjelasan lebih lanjut terkait hal ini.

Pada tahun lalu, setidaknya lima warga Tiongkok tewas akibat bentrokan bersenjata yang melibatkan militer Myanmar dan pemberontak.

Di lain sisi, pemerintah Tiongkok mengatakan telah memberikan perlindungan bagi lebih dari 3.000 warga muslim Rohingya yang melarikan diri akibat konflik. China Daily memuat dalam laporannya, sejumlah orang yang terluka telah dibawa ke rumah sakit di Provinsi Yunnan.

"Otoritas China telah merespons dengan cepat dan menangani situasi dengan tepat," ujar juru bicara Kedutaan Besar China di Myanmar, Pan Xuesong.

China yang sejak lama khawatir pertempuran akan "menembus" wilayah perbatasan telah menempatkan pasukan dalam siaga tinggi. Pemerintah Tiongkok pun menyerukan agar semua pihak menahan diri.

Meningkatnya ketegangan di Rakhine yang menjadi "rumah" bagi warga muslim Rohingya menjadi tantangan terbesar yang dihadapi pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi. Pasalnya, peraih Nobel Perdamaian yang berkuasa sejak tahun lalu itu telah berjanji akan melaksanakan rekonsiliasi nasional.

Warga muslim Rohingnya yang jumlahnya diperkirakan mencapai satu juta sering dianggap sebagai imigran ilegal dari Bangladesh. Kewarganegaraan mereka ditolak oleh pemerintah, meski telah hidup di Myanmar selama beberapa generasi.

Belakangan, Rakhine menjadi target operasi militer. Otoritas setempat menegaskan itu adalah operasi pembersihan yang menargetkan kelompok bersenjata.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot Minta Polisi Tangkap Aktor Intelektual Pengadang Kampanye

Posted: 21 Nov 2016 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil gubernur petahana Djarot Saiful Hidayat meminta pihak berwajib mencari aktor intelektual yang mengatur pengadangan kampanye Ahok-Djarot. Ia menduga aksi itu dilakukan secara terorganisir.

"Pengadangan-pengadangan itu, saya minta kepada kepolisian, panwas, dan kejaksaan. Tolong dicari betul, aktor-aktor intelektualnya siapa," ujar Djarot di Rumah Lembang, Selasa (22/11/2016).

Menurut Djarot, sekelompok pengadang itu hanya orang suruhan saja yang tidak mengerti maksud penolakan itu.

"Ini kan cuma bidak-bidak saja. Saat saya temui, mereka tidak tahu apa tujuannya, yang dia tahu adalah penista agama, hukum, dan penjarakan Ahok," kata Djarot.

Djarot meyakini, penolakan terhadap kampanye dirinya dan Ahok direncanakan pihak tertentu secara terorganisir.

"Yang kami temui itu sekadar pion-pionnya saja, sekadar di-remote dari luar, ini gerakan ini jelas direncanakan dong didesain, dipersiapkan, kalau seperti itu tidak mungkin tidak terorganisir,"  tegas Djarot.

Kemarin Djarot baru saja diperiksa Polda Metro Jaya sebagai saksi kasus penghadangan kampanye di Kembangan Utara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NEWS FLASH: Alasan Demo 2 Desember Tetap Dilaksanakan

Posted: 21 Nov 2016 09:30 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NEWS FLASH: Kasus Ahmad Dhani, Polisi Panggil Amien Rais dan Mulan Jameela

Posted: 21 Nov 2016 09:17 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NEWS FLASH: Dinsos Tangkap Pengemis Tajir di JPO Sarinah

Posted: 21 Nov 2016 09:09 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suap Ijon Proyek, KPK Periksa Ketua DPRD Kebumen

Posted: 21 Nov 2016 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Ketua DPRD Kabupaten Kebumen Cipto Waluyo. Cipto diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap ijon proyek di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kebumen.

Keterangan Cipto dibutuhkan penyidik untuk tersangka Direktur Utama (Dirut) PT Otoda Sukses Mandiri Abadi (PT OSMO) Hartoyo. "Jadi saksi untuk tersangka HTY (Hartoyo)?" ujar Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi, Selasa (22/11/2016).

Bersamaan dengan itu, penyidik juga memeriksa Sekretaris DPRD Kebumen, A Dwi Budi Satrio. Bedanya, Dwi dimintai keterangannya untuk tersangka Sigit Widodo.

"Dia jadi saksi untuk tersangka SGW," ucap Yuyuk.

Sebagai informasi, Tim Satgas KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kebumen, Jawa Tengah, Sabtu 15 Oktober 2016. Ada enam orang yang diamankan oleh Tim Satgas.

Mereka yang diamankan, yakni Ketua Komisi A DPRD Kebumen Fraksi PDIP Yudhy Tri Hartanto, Sigit Widodo PNS di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Kebumen, Anggota DPRD Kebumen Dian Lestari dan Suhartono, Sekretaris Daerah Pemkab Kebumen Adi Pandoyo, serta Salim yang merupakan Kepala Cabang PT OSMA Group Cabang Kebumen.

Dalam pemeriksaan, KPK kemudian menetapkan Yudhy dan Sigit sebagai tersangka kasus dugaan suap ijon proyek-proyek di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pemkab Kebumen yang didanai dari APBD Perubahan 2016. Sementara empat orang lainnya masih berstatus saksi.

Yudhy dan Sigit diduga menerima suap Rp 70 juta sebagai ijon dari proyek-proyek di Disdikpora Pemkab Kebumen senilai Rp 4,8 miliar. Proyek-proyek itu antara lain pengadaan buku, alat peraga, dan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Diduga, uang suap itu diberikan Direktur Utama PT OSMA Group, Hartoyo melalui Salim. Di mana dalam pengembangannya, Hartoyo kemudian ditetapkan KPK sebagai tersangka.

Yudhy dan Sigit selaku penerima suap KPK dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sedangkan Hartoyo sebagai pemberi suap dijerat dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 13 UU Tipikor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot Kesal Dilarang Panwaslu Masuk Musala saat Kampanye

Posted: 21 Nov 2016 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur petahana DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku kesal dengan kinerja Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta. Djarot menilai, Panwaslu DKI tidak tegas karena tidak berani memberi sanksi kepada pasangan yang melanggar aturan kampanye.

"Bawaslu dan Panwaslu itu cuma mengawasi, enggak berani memberi tindakan dan sanksi. Saya juga ini geregetan loh," ujar Djarot di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/11/2016).

Wakil Gubernur DKI nonaktif ini juga mengeluhkan larangan Panwaslu Jakarta Utara beberapa waktu lalu. Djarot mengaku heran pada  Panwaslu lantaran dia dilarang saat akan melihat sebuah musala di Semper, Jakarta Utara.

Larangan tersebut membuat Djarot marah. Menurut Djarot, seharusnya tidak hanya pasangan Ahok-Djarot dilarang mengunjungi musala, tetapi juga pasangan calon lain.

"Kita mau begini dilarang, di Semper saya mau lihat sebuah musala atas permintaan warga, eh mereka bilang enggak boleh. Jangan ke sana. Saya marah dong, emang saya mau kampanye, kan lihat saja," tegas Djarot.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Ingin Sulap Pulau Tidung Seperti Maladewa

Posted: 21 Nov 2016 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melanjutkan blusukannya di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Sempat menginap satu malam bersama sang istri, Anies pun mengaku suasana romantisme Tidung ini membuatnya seperti bulan madu.

"Kita semalam di Pulau Tidung seperti post-wedding honeymoon. Malam kita asik santai di sini, bisa makan ikan tangkapan nelayan, langsung dipanggang," kata Anies saat menyusuri bibir pantai, Selasa (22/11/2016).

"Unforgetable banget," ucapnya melanjutkan.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, pukul 08.00 WIB Anies mencoba Jembatan Cinta Pulau Tidung yang legendaris dengan menggandeng tangan sang istri. Konon, masyarakat setempat percaya pasangan yang melintasi jembatan ini bisa langgeng.

"Pagi ini ke Jembatan Cinta. Katanya, kalau (masih gebetan) mulai naik jembatan bisa jadian, kalau yang udah jadian bisa langgeng, katanya. Kita sih asik saja," ujar Anies dengan wajah gembira.

Anies pun yakin ke depan pulau ini bisa disulap menjadi kawasan lebih eksotis seperti Maladewa. Namun hal pertama yang dilakukan adalah memperbaiki transportasi.

"Ini tidak kalah sama Maladewa, tapi kita kurang nyaman transportasinya, resortnya kurang nyaman, kalau diperbaiki bisa lebih dari Maladewa," tutur Anies.

"Saya pernah ke Maladewa saksikan dari dekat, enggak kalah kok," imbuh Anies.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ENAM PLUS: Ahok Diperiksa Sebagai tersangka Dugaan Penistaan Agama

Posted: 21 Nov 2016 08:12 PM PST

Tidak ada komentar: