Jumat, 28 Maret 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jokowi Diharapkan Jadi Magnet Kampanye di Malang Besok

Posted: 28 Mar 2014 09:38 PM PDT

Calon presiden dari PDIP, Joko Widodo diandalkan menjadi magnet menarik massa saat kampanye di mana pun. Pria yang akrab disapa Jokowi itu, rencananya akan hadir dalam kampanye nasional di Malang, Jawa Timur pada Minggu 30 Maret besok. Dan dapat dipastikan akan menyedot massa di sana.
 
"Akan hadir ribuan kader dan simpatisan dari wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Jokowi juga bisa menarik perhatian masyarakat umum datang dalam kampanye kami,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang, Eddy Rumpoko di Malang Jawa Timur, Jumat (28/3/2014).
 
Kampanye nasional yang akan dihadiri Jokowi itu, rencananya akan digelar di Lapangan Mulyorejo, Sukun, Kota Malang. Namun, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri diperkirakan tak turut hadir dalam kampanye tersebut.
 
Eddy Rumpoko menambahkan, di Malang tak ada arak-arakan atau konvoi menyambut kedatangan Jokowi. Termasuk aktivitas blusukan yang kerap dilakukan Jokowi, tak diagendakan dilakukan di Malang. Gubernur DKI Jakarta itu hanya dijadwalkan memberikan orasi dalam kampanye terbuka itu.
 
Jokowi juga dijadwalkan melakukan pertemuan dengan sekitar 23 kepala daerah dan wakil kepada daerah, pimpinan DPRD, Ketua, Sekretaris, dan Bapilu DPC PDI Perjuangan se-Jawa Timur di Kota Batu pada malam harinya.

Selama di Malang, Jokowi bakal didampingi Sekjend DPP PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo. "Sekaligus ada konsolidasi internal partai untuk wilayah Jawa Timur," ucap Eddy yang juga Walikota Batu ini.
 
Terkait berbagai serangan dari lawan-lawan politik yang ditujukan ke PDI Perjuangan atau ke Jokowi, Eddy menyebut berbagai serangan itu sebagai motivasi tersendiri. Seluruh kader di Malang Raya tak akan termakan isu dan membalas serangan tersebut.
 
"Anggap saja sebagai motivasi untuk kami, tak perlu direspons, biarkan saja. Yang penting kita berpolitik secara santun,” tandas Eddy Rumpoko.

Baca Juga:

Jokowi Mengaku Sudah Bertemu Partai Islam

Kampanye Terbuka Jokowi Singkat, Simpatisan PDIP Kecewa

MU vs Aston Villa: Saatnya Moyes Turun?

Posted: 28 Mar 2014 09:37 PM PDT

Manchester United akan melakoni laga penting menghadapi Aston Villa pada lanjutan Liga Primer Inggris yang berlangsung Sabtu (29/3/2014) malam WIB nanti. Sorotan dipastikan akan ditujukan kepada manajer MU, David Moyes.

Manajer asal Skotlandia ini dituntut untuk kembali memberi kepercayaan kepada suporter menyusul hasil buruk yang dituai MU belakangan ini. Bahkan, sekelompok fans akan sengaja terbang di atas stadion Old Trafford dengan membawa spanduk bertuliskan "Wrong one...Moyes out " atau "Pilihan Salah....Moyes Keluar."

Kekalahan di laga kandang ini tentu bisa saja mengubah nasib Moyes. Meski manajemen maupun pemilik United, keluarga Glazer belum mengeluarkan keputusan apa-apa terkait hal ini.

Maka itu, Moyes pun cuek dengan tuntutan suporter. Dengan enteng dikatakannya, lebih banyak fans yang memberi dukungan kepadanya. "Saya menghadiri makan malam untuk Darren Fletcher dan ada fans MU yang datang kepada saya memberi dukungan. Kemanapun saya pergi, saya mendapatkan dukungan besar dari suporter," katanya.

Soal rencana fans yang ingin menyewa pesawat untuk melintas Old Trafford sambil membawa spanduk, Moyes pun enteng menjawabnya. "Orang-orang bebas melakukan itu, mereka terpaksa melakukan itu. Untuk saat ini, saya lebih bersemangat untuk memperbaiki United," jawabnya.

Ini memang saat yang tepat bagi MU untuk kembali bangkit.Secara statistik, MU selalu dominan atas Aston Villa. Sejak 2010, MU tak pernah kalah dari Aston Villa. Kekalahan terakhir MU atas Villa uniknya terjadi pada 13 Desember 2009 di Old Trafford. Saat itu, Villa mempermalukan MU 1-0.

Entah apa yang terjadi jika kejadian lima tahun lalu terulang lagi kepada MU. Tapi sekali lagi, statistik memang mendukung MU di laga ini. Villa datang ke Old Trafford dengan rekor tak pernah bisa mencetak gol ke gawang United.

Selain itu, Villa pun baru saja menelan kekalahan memalukan 1-4 atas Stoke City di kandang. Paul Lambert, Manajer Villa mengaku akan melakukan segalanya agar Villa tak kembali menelan kekalahan.

Dia mengaku heran karena fans MU akan membentangkan spanduk yang mengusir Moyes dari Old Trafford. "Moyes melakukan yang terbaik untuk United, sama seperti yang dilakukan saya untuk Villa," ujarnya.

Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Rafael, Vidic, Jones, Evra; Carrick, Fellaini; Valencia, Mata, Young; Rooney.

Aston Villa (4-3-3): Guzan; Bacuna, Vlaar, Baker, Bertrand; Sylla, Westwood, Delph; Agbonlahor, Benteke, Weimann.

Pertemuan Terakhir

15/12/13 PRL Aston Villa 0 - 3 Manchester United
23/04/13 PRL Manchester United 3 - 0 Aston Villa
11/11/12 PRL Aston Villa 2 - 3 Manchester United
15/04/12 PRL Manchester United 4 - 0 Aston Villa
04/12/11 PRL Aston Villa 0 - 1 Manchester United
02/02/11 PRL Manchester United 3 - 1 Aston Villa
13/11/10 PRL Aston Villa 2 - 2 Manchester United

 

Akting atau Musik, Bisma SMASH Pilih Mana?

Posted: 28 Mar 2014 09:30 PM PDT

Selain aktif di musik, kini Bisma SMASH juga sering muncul di televisi untuk berakting. Sinetron Cinta Cenat Cenut menjadi sinetron pertama Bisma yang langsung mendongkrak namanya. Saat ditanya ke arah mana passion yang disukainya antara musik dan akting, Bisma pun menjawab.

"Musik ya, passion saya di musik. Makanya, ketika ada festival musik atau konser sebisa mungkin saya kejar. Mau apapun genrenya saya dengar, saya pengin menikmati suasananya," ungkap Bisma SMASH di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (28/3/2014).

"Saya  nikmati jadi audience, jadi saya tahu bagaimana saat mereka performer menyampaikan pesan di atas panggung. Konser musik bukan saya senang juga dengan lagu-lagunya, tapi lebih jadi referensi. Apapun genre musiknya," lanjut kekasih Franda ini.


Sementara akting, pelantun I Heart You ini menganggap sebagai projek keserakahannya di dunia entertain. "Saya memang maruk (serakah) mungkin, karena pada dasarnya saya senang kerja, ya bisa dibilang workaholic banget," kata Bisma.

Banyaknya aktivitas di dunia entertain, membuat Bisma sering ditegur ibundanya. "Kadang sampai orangtua ingatkan makan, katanya 'kok kamu kurus sih? Jangan lupa istirahat segala macam', Jadi memang saya gitu orangnya, di saat ada pekerjaan saya suka lupa waktu," tuntasnya.

Eksplorasi Migas Sumbang Pendapatan Terbesar bagi Medco di 2013

Posted: 28 Mar 2014 09:25 PM PDT

PT Medco Energi Internasional Tbk membukukan penjualan dan pendapatan usaha sebesar AS$ 889 juta. Segmen eksplorasi dan produksi (E&P) minyak dan gas masih menjadi unit usaha utama perseroan yang berkontribusi sebesar 93% dari keseluruhan penjualan dan pendapatan usaha atau sebesar AS$ 827 juta.

Sementara sepanjang 2013, perseroan meraih laba dari operasi yang berjalan sebesar AS$ 40 juta, turun sedikit dari 2012 sebesar AS$ 41 juta.  

“Walaupun menghadapi tantangan yang berat di 2013, dengan turunnya harga minyak dan program efisiensi di perseroan, pembangunan proyek-Proyek utama terutama Proyek Hulu Senoro, DSLNG dan Area 47 Libya masih dapat dijalankan.  Dengan selesainya Proyek Hulu Senoro dan DSLNG pada akhir tahun ini yang akan diikuti Proyek Block A dan Proyek Area 47 Libya mulai tahun 2016 dan seterusnya, saya sangat optimis Perseroan akan terus tumbuh, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang,” ujar Direktur Utama dan CEO MedcoEnergi, Lukman Mahfoedz, Sabtu (29/3/2014).

Sejak 2011, Medco memang fokus kepada usaha eksplorasi dan produksi (E&P) minyak dan gas (Migas).  Pendapatan unit usaha E&P ditentukan berdasarkan total volume penjualan Migas sebesar 19 juta barel setara minyak selama 2013, di mana ada penurunan sebesar 7% bila dibandingkan dengan total volume penjualan Migas pada tahun 2012, yaitu sebesar 20,5 juta barel setara minyak. 

Perusahaan berhasil menahan laju penurunan produksi alamiah lapangan-lapangan tua dari 20-25% per tahun menjadi di bawah 10% per tahun.  

Penurunan penjualan dan pendapatan usaha juga dipengaruhi penurunan rata-rata harga minyak dunia dari AS$ 115,6 per barel di 2012 menjadi AS$ 108,3 per barel di 2013. 

Sejalan dengan usaha efisiensi yang dilakukan terus-menerus, perseroan berhasil mengurangi biaya operasi kantor pusat dan biaya operasional sebesar 15%, dari AS$142 juta di 2012 menjadi AS$121 juta di 2013.  

Di 2013, perseroan berhasil membukukan keuntungan kotor dan pendapatan operasional masing-masing sebesar AS$ 367 juta dan AS$ 246 juta.

Pendapatan sebelum beban bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) tahun 2013 tercatat sebesar AS$ 349 juta, meningkat dari AS$ 346 juta di tahun 2012.  

Dengan posisi kas yang kuat sebesar AS$ 524 juta di awal tahun 2013, Perseroan melakukan pelunasan beberapa hutang, khususnya untuk hutang-hutang dengan beban bunga yang tinggi.  

Dengan ini, biaya beban bunga dan pembiayaan dapat ditekan menjadi AS$ 77 juta (dibandingkan dengan tahun 2012 sebesar AS$ 95 juta).  

Pada 2013, Perseroan berhasil menegosiasikan kembali beberapa perpanjangan kontrak gas disertai dengan kenaikan harga gas yang signifikan, yaitu dari harga rata-rata gas AS$ 4,03 per MMBTU di tahun 2012 menjadi AS$ 5,41 per MMBTU atau naik 34%.

Dalam pengembangan Proyek Utamanya, Perseroan bersama mitra kerja Pertamina, Mitsubishi dan KOGAS terus membangun Proyek Hulu Senoro dan juga Proyek Kilang Donggi Senoro LNG (DSLNG). 

Penyelesaian Proyek Hulu Senoro telah mencapai lebih dari 66% sementara Proyek DSLNG telah mencapai lebih dari 90% pada Maret 2014. Perseroan juga telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) pada Maret 2014 dengan PT Panca Amara Utama (PAU), sebuah perusahaan lokal produsen amoniak.  

Dalam PJBG ini, MedcoEnergi akan memasok gas sebesar 55 MMSCF per hari kepada PAU dengan harga gas yang disepakati berdasarkan harga amoniak internasional.  

Proyek Hulu Senoro dan Proyek DSLNG dijadwalkan akan selesai pada akhir tahun ini. Pada Proyek Area 47 di Libya, Perseroan melalui joint venture Nafusah Oil Operations B.V. (“Nafusah”) saat ini sedang mempersiapkan pekerjaan detailed engineering design (“FEED”) yang akan selesai pada tahun ini, untuk kemudian dilanjutkan dengan proses pemilihan dan penunjukkan kontraktor EPC.  

Selain itu, MedcoEnergi terus melanjutkan kegiatan pengeboran sumur eksplorasi dan appraisal untuk menambah cadangan Migas di lapangan-lapangan yang sudah ditemukan sumber hidrokarbon di blok Area 47.

 

 


Kenali Cara Cowok Modusin Cewek

Posted: 28 Mar 2014 09:25 PM PDT

Banyak para cewek di dunia ini yang menderita dan sakit hati karena jadi korban pemberi harapan palsu (PHP) cowok yang tidak bertanggung jawab.

Cowok nggak bertanggungjawab seringkali memanfaatkan keadaan cewek, misalnya lagi sedang sakit hati karena habis putus cinta, si cowok berpura-pura nenangin padahal itu aslinya modus buat mendapatkan isi hati si cewek tersebut.

Berikut ini 7 cara cowok modusin cewek. Selengkapnya. (mar)

Penulis
Ridwan Ardiansyah
Jakarta, ridwanardiansyxxx@gmail.com

Baca juga:
Grojogan Lepo, Si Cantik Nan Mungil di Bantul
10 Objek Wisata Berastagi yang Wajib Dikunjungi
Inilah yang Membuat Film Oo Nina Bobo Berbeda

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Penjualan Aset Negara oleh Mega Disoal, Jokowi: Kita Beli Kembali

Posted: 28 Mar 2014 09:21 PM PDT

Jokowi berjanji akan membeli kembali aset-aset negara yang dijual ke pihak swasta pada masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri. Calon presiden PDIP itu mengatakan, pembelian kembali aset-aset itu tidaklah mustahil dilakukan.

"Pinginnya kita membeli. Jadi konteksnya harus sambung. Kita akan usahakan buy back. Kita kejar terus. Contoh konkretnya ya seperti Palyja yang kita usahakan untuk beli terus," kata Jokowi saat berkampanye di Pasar Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/3/2014).

"Kalau memang ada isu yang normal, longgar memungkinkan untuk melakukan pembelian kembali, kenapa tidak dilakukan? Ya dilakukan dong," tambah dia.

Menurut pria bernama lengkap Joko Widodo itu, penjualan aset negara pada masa pemerintahan Megawati dilakukan karena pada saat itu sedang terjadi krisis. Sehingga pemerintah dihadapkan pada situasi sulit dan penjualan aset menjadi pilihan untuk menyelamatkan perekonomian.

"Pemimpin kan memang sering dihadapkan pada pilihan yang sulit, dan itu harus dipilih. Dan pilihan itu ada risikonya, dan itulah yang dipilih. Beda kalau keadaannya normal. Saat itu kan konteksnya krisis," jelas dia.

Masalah penjualan aset oleh pemerintahan Megawati kembali diungkit oleh sejumlah politisi menjelang pelaksanaan pemilu. Salah satunya politisi PKS Fahri Hamzah yang meminta PDIP dan juga Jokowi menjelaskan penjualan aset negara oleh pemerintahan Megawati.

Tak hanya soal penjualan aset negara, sindiran-sindiran politik juga ditujukan kepada PDIP setelah mendeklarasikan Jokowi sebagai capres. Misalnya Partai Gerindra yang merasa ditelikung karena PDIP dinilai tidak menepati Perjanjian Batu Tulis 2009 yang salah satu butirnya menyatakan Mega mendukung Prabowo sebagai calon presiden pada Pemilu 2014.

Menanggapi kritikan dan sindiran-sindiran itu, Jokowi menyatakan tak perlu ditanggapi. Jokowi memilih diam daripada menangapi serangan-serangan politik seperti itu. "Ya sampai saat ini kita masih diam. Ya masih diam. Tidak menanggapi hal-hal yang nyerang seperti itu," ucap Jokowi.

Baca juga:

Fahri PKS: PDIP Harus Jelaskan Alasan Megawati Jual Aset Negara

Jokowi `Diserang`, Megawati Minta Elite Politik Jaga Etika

Pengamat: Ingatan PDIP Jual Aset Negara Sulit Dihapus

MU Terpuruk, Moyes Salahkan Skuat Pemain Warisan Ferguson

Posted: 28 Mar 2014 09:19 PM PDT

Musim ini berstatus juara bertahan Liga Premier Inggris tak membuat Manchester United disegani lawan-lawannya. Di bawah kendali David Moyes, MU harus babak belur di ranah Inggris atas rival-rivalnya.

Bahkan, Setan Merah terancam tak akan mendapat satu tiket Liga Champions musim depan. Hal itu dikarenakan Setan Merah masih terpaku di posisi ke-7 dalam klasemen sementara.

Terkait kondisi ini, Moyes menyalahkan skuat `warisan` dari manajer terdahulu, Sir Alex Ferguson. Mantan manajer Everton itu menilai skuat MU saat ini sudah tua. Dia juga menambahkan jika Ferguson masih menjadi manajer akan mengalami hal yang sama.

"Jika Sir Alex masih menjadi manajer musim ini, dia pasti akan mengalami kesulitan. Saya juga yakin setuju dengan pendapat saya," ujar Moyes seperti yang dikutip dari Guardian, Sabtu (29/3/2014).

"Saat ini, skuat MU sudah semakin tua. Jadi siapapun yang menjadi pelatih tim ini pastinya akan mengalami kesulitan. Saya percaya hal itu siapapun pelatihnya," tambah pria asal Skotlandia itu.

Pakai Tong Sampah Pemerintah Saat Kampanye, PDIP Dijatuhi Sanksi

Posted: 28 Mar 2014 09:15 PM PDT

Panitia Penbgawas Pemilu (Panwaslu) Kota Surabaya memberikan sanksi administrasi kepada PDIP atas pelanggaran yang dilakukan pada kampanye nasional yang digelar di Lapangan Thor Gelora Pantjasila beberapa waktu lalu. Tak ada sanksi pidana terkait pelanggaran kampanye PDIP itu.

"Kami memutuskan tidak ada sanksi pidana atas pelanggaran kampanye PDIP. Kami hanya memberikan rekomendasi agar pelaku diberi sanksi administrasi," tutur Ketua Panwaslu Kota Surabaya Wahyu Hariyadi, Sabtu (29/3/2014).

Ada 3 pelanggaran yang dilakukan PDIP. Pertama, saat kampanye nasional partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu, salah satu caleg memakai mobil dinas. Dia adalah caleg PDIP Dapil II Surabaya atas nama Heru Rusianto yang membawa mobil pelat merah L 1053 RP.

Sempat ada perdebatan soal pelanggaran Heru ini, sebab suda mengarah ke unsur pidana dengan memakai fasilitas negara untuk berkampanye. Panwaslu sudah memanggil Heru 3 kali untuk dimintai keterangan, namun tak juga dipenuhi. Sanksi untuk Heru telah dikirim Panwaslu ke KPU.

Pelanggaran ke dua, PDIP menggunakan tong sampah milik Pemkot Surabaya. Tong sampah itu bertuliskan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Surabaya.

Sementara, pelanggaran ke tiga adalah keterlibatan Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana yang hadir pada saat kampanye berlangsung dengan memakai kaos merah. Padahal saat itu Wisnu tidak mendapat izin cuti.

"Untuk pelanggaran Pak Whisnu, kami sudah kirim rekomendasi ke Gubernur Jatim untuk sanksinya, sedangkan untuk kepala dinas DKP, kami juga sudah kirim ke Wali Kota Surabaya," ujar Wahyu.

Baca juga:

Pengamat: Prabowo Harus Belajar Komunikasi Politik

Seksinya Dukungan Purnawirawan untuk Sang Capres

Ketum Tak Dicapreskan, Pasti Capres Partai Dianggap `Boneka`

[OTO-News] Camry dengan `Tampang Baru` Mejeng Bulan Depan

Posted: 28 Mar 2014 09:14 PM PDT

Produsen otomotif asal Jepang, Toyota, memiliki agenda khusus dalam gelaran New York Auto Show yang berlangsung bulan depan. Perusahaan dilaporkan siap memamerkan Camry model 2015 di hajatan tersebut.

Dilansir Worldcarfans, Sabtu (29/3/2014), belum ada informasi perihal generasi terbaru dari sedan mewah Toyota itu. Namun, Camry terbaru menjanjikan sebuah desain yang lebih emosional.

"Desain akan menekankan kesan yang lebih emosional," ujar Presiden dari Toyota Calty Design Research, Kevin Hunter.

Bocoran lainnya, Camry terbaru akan hadir dalam tiga opsi mesin yang berbeda. Mobil menggendong mesin empat silinder berkapasitas 2,5 liter yang mampu melontarkan tenaga 178 horse power (HP) dengan torsi maksimal 230 Nm.

Untuk pilihan kedua, Camry ditopang mesin hybrid empat silinder berkapasitas 2,5 liter dengan output 200 HP dan pilihan mesin V6 3,5 liter dengan tenaga 268 HP dan torsi 336 Nm.

Andrea Poli Siap Merumput Lagi

Posted: 28 Mar 2014 09:12 PM PDT

AC Milan akan menjamu Chievo di pekan ke-31 Seria A, Minggu (30/3/2014) dini hari, di Stadion San Siro, Milan. Pelatih Rossoneri, Clarence Seedorf, telah membawa 21 pemain untuk menghadapi pertandingan tersebut.

Di antara pemain yang dipersiapakan Seedorf, tedapat nama Andrea Poli. Pemain berusia 23 tahun itu, siap kembali ke tim inti setelah lama absen akibat cedera.

Poli diboyong dari Sampdoria ke Milan pada bursa transfer musim panas lalu. Pemain yang pernah berseragam Inter itu mengaku bahagia bisa bermain dengan Milan. "Berada di sini (Milan) adalah sebuah impian," katanya.

Poli terpaksa tak bisa memperkuat Milan dalam beberapa pertandingan setelah mengalami memar berat di kaki kanan. Cedera itu didapat setelah Poli bertabrakan dengan Giovanni Pasquale.

Milan dalam pertandingan nanti kembali berusaha mencari kemenangan, setelah mereka sukses mengambil empat poin dari laga tandang berturut-turut melawan Lazio dan Fiorentina. Saat ini Milan berada di peringkat 12 dengan 39 poin.

Inilah perkiraan susunan pemain Milan: Abbiati, Coppola, Gabriel, Bonera, Rami, Silvestre, Zaccardo, Zapata, Birsa, Emanuelson, Essien, De Jong, Honda, Kakà, Muntari, Poli, Saponara, Taarabt, Balotelli, Pazzini, Robinho.

16 Orang Masih Ditahan, Pasca-Tewasnya Dua Warga di Mimika

Posted: 28 Mar 2014 09:08 PM PDT

Kepolisian Resort Mimika masih mengamankan 16 orang yang diduga pelaku pelemparan batu kearah polisi, pasca tewasnya dua warga setempat, Natalis Dou dan Yulius Giay.

Ke-16 orang itu, atas nama Topianus Kobogau (26), Yunus Zonggonau (28), Ampolos Kwijangge (34), Andreas, Yulius Bagau (26), Isak Yatipai (43), Andreas Butu (22), Primus Butu (41), Penias Kriya (18), Remis Wandikbo (16), Mogorok Wandikbo (13), Bardi Kwijangge (15), Emnor Kwijangge (22), Abo Kwjinagge (15), Lukas Pigome (41), Athinus Arambo (16).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan ke-16 orang ini masih diperiksa, ada kemungkinan mereka akan dipulangkan. "Belum ada indikasi keterlibatan ke-16 orang ini dalam pembunuhan dua warga setempat. Mereka hanya diduga melempari aparat dengan batu," katanya di Jayapura, Jumat (28/3).

Polisi mengklaim hingga saat ini masih mencari pelaku pembunuhan dua warga itu dan ke-16 orang yang diamankan berasal dari Suku Mee. Tidak ada dugaan bahwa 16 orang itu melakukan pembunuhan kepada dua warga tersebut.

Sehari sebelumnya, dua warga Mimika ditemukan tewas di sekitar Jalan Poros SP 7, Distrik Kuala Kencana, Kota Timika-Kabupaten Mimika, Papua. Keduanya diduga dikeroyok hingga tewas oleh sekelompok orang sekitar pukul 04.00 WIT.

Kedua korban, Natalis Dou dan Yulius Giay, ditemukan tewas dengan sejumlah panah yang menancap ditubuh kedua korban, luka bekas kampak dan parang di sekujur tubuhnya.

Pasca-tewasnya dua orang ini, tiga motor dibakar massa, saat di parkir di Kafe Noken. Kafe ini pun dilempari batu oleh keluarga korban yang sempat berkumpul di Lapangan Mimika Indah.

Segi Peringkat, Kuba Jauh Lebih Unggul dari Indonesia

Posted: 28 Mar 2014 09:03 PM PDT

Setelah menjalani persahabatan melawan Andorra, Timnas Indonesia akan menghadapi lawan yang lebih sulit. Tim asuhan Alfred Riedl itu akan menghadapi negara di kawasan Amerika Tengah, Kuba di Tur Spanyol.

Negara yang terletak di kawasan Segitiga Bermuda itu, di atas kertas bisa mengalahkan Indonesia pada pertandingan di Luis Suner Pico, Valencia, Sabtu 29 Maret 2014. Melihat rangking FIFA, Kuba menempati peringkat 100 besar dunia. Kuba duduk di peringkat 93 mengemas 363,30 poin. Berbeda jauh dengan Tim Merah Putih yang menempati posisi 154 dengan 128,13 poin.

Posisi Kuba juga masih di atas raksasa-raksasa Benua Kuning seperti China yang menempati poisisi 98 dan Irak yang menempati 103 dunia. Berkaca dari posisi tersebut, Kuba tentu bisa diunggulkan keluar sebagai pemenang. Kuba sendiri telah tampil di 7 Concacaf Gold Cup sejak 1971. Prestasi terbaik mereka di ajang Konfederasi ini mencapai peringkat 4 di laga debut Concacaf Gold Cup. Pada 2013 lalu, langkah Kuba terhenti di fase perempatfinal.

Dari catatan lima partai terakhir, Kuba menelan tiga kekalahan dan mengemas dua kemenangan. Itu terjadi di ajang Gold Cup 2013 pada Juli lalu. Kuba kalah dari Panama 1-6 dari Panama dan 1-4 saat jumpa Amerika Serikat. Kemudian, Kuba tumbang 0-3 dari Kosta Rika. Sedangkan, kemenangan diraih saat jumpa Belize dengan skor 4-0 dan Trinindan dan Tobago 1-0.

Jika mengacu pada lima pertandingan terakhir, hasil yang dikantongi Indonesia sama dengan Kuba yang menelan tiga kali kekalahan saat jumpa China, Irak, dan Arab Saudi di babak Kualifikasi Piala Asia 2015 grup C. Indonesia meraih kemenangan saat menghadapi Kyrgyzstan dan Andorra di partai uji coba.

“Kuba lebih kuat dibanding Andorra atau Indonesia. Saya yakin itu. Saya berharap, tim melakukan persiapan lebih baik menghadapi pertandingan selanjutnya karena kami telah mendapat pengalaman setelah melawan Andorra,” ujar Riedl.

Tabrakan dengan Burung, Pesawat Jet Mendarat Darurat

Posted: 28 Mar 2014 09:02 PM PDT

Pesawat JetBlue penerbangan 671 menuju West Palm Beach, Florida, tiba-tiba mendarat darurat setelah mengudara selama 25 menit. Apa sebab?

Ternyata sang pilot memutuskan untuk mendarat darurat setelah lepas landas dari Westchester County Airport, karena menabrak kawanan burung

"Seekor burung menabrakkan paruhnya di penerbangan JetBlue menuju Florida Jumat pagi, memaksa pendaratan darurat di Bandara Kennedy," demikian seperti dimuat New York Daily News, Sabtu (29/3/2014).

Pengelola bandara John F. Kennedy (JFK) tempat JetBlue penerbangan 671 pun membenarkan peristiwa pendaratan tersebut.

"Penerbangan JetBlue 671 telah berangkat dari Westchester County Airport di White Plains pukul 09.05 menuju West Palm Beach, Florida," ujar juru bicara bandara.

Otoritas penerbangan setempat juga mengeluarkan pernyataan terkait insiden tersebut. "Penerbangan 671 dengan Airbus A320, berangkat dari Westchester County Airport menuju West Palm Beach menabrak kawanan burung sekitar pukul 9.30 pagi," kata pihak Federal Aviation Administration (FAA).

Sementara dari pihak JetBlue. mencoba memberikan penjelasan bahwa pendaratan darurat itu dilakukan sesuai prosedur standar keamanan dalam dunia penerbangan. "Pilot memutuskan untuk mendarat " sebagai tindakan pencegahan," tutur pihak JetBlue.

Saat mendarat, para penumpang juga bisa melihat bangkai seekor burung yang masih menempel di hidung pesawat. Beruntung setelah mendarat dengan selamat dari penerbangan selama 25 menit, 142 orang dalam pesawat tak ada yang terluka.

"Ada darah di seluruh kaca depan," kata penumpang, Mike Stewart, 66 dari Fairfield, Connecticut. "Tubuh burung terjebak ke hidung pesawat. Tertusuk di hidung pesawat!" tambahnya.

Mike dan penumpang lain mengatakan kepada Daily News, bahwa mereka tidak mendengar ada tabrakan anara pesawat dan kawanan burung. Tak ada yang menyadarinya sampai pilot mengumumkannya melalui pengeras suara.

Sementara penumpang lainnya, Greg Katavolos, 52, mengeluh ia harus berjalan ke 3 counter penerbangan JetBlue untuk mendapatkan penerbangan baru. Padahal kondisinya sedang sakit multiple sclerosis.

"Saya sedikit pincang, dan tidak suka berjalan-jalan. Ini jelas merupakan ketidaknyamanan harus berjalan mengitari JFK," kata Katavolos. "JFK bukan bandara kecil," jelasnya.

Katavolos mengutarakan, dia sudah mendapatkan tiket terakhir pada penerbangan menuju West Palm Beach pada pukul 20.00.

Atas insiden pendaratan darurat itu, pihak maskapai memberikan kompensasi kepada para penumpang untuk mengambil penerbangan alternatif ke Bandara Internasional Palm Beach. Atau memilih perjalanan kembali ke Westchester.

FAA, yang akan menangani penyelidikan insiden tabrakan itu belum mengidentifikasi jenis burung. Pihak JetBlue juga belum merilis informasi mengenai jenis burung yang bertabrakan dengan pesawat tersebut.

Makhluk berbulu yang tinggal di sekitar bandara New York dan terbang melalui wilayah udara rute migrasi kota telah menjadi penyebab utama, dan menuai keprihatinan di kalangan pejabat.

Insiden Serupa

Pada 15 Januari 2009, insiden tabrakan antara pesawat dengan sekawanan unggas pernah terjadi. Penerbangan US Airways yang berangkat dari Bandara La Guardia menuju Charlotte, North Carolina ketika itu menabrak kawanan angsa jenis Canada Geese.

Beruntung si pilot cepat tanggap. Pilot bernama Sully Sullenberger melakukan pendaratan darurat sempurna di Sungai Hudson, dan 155 orang termasuk penumpang dan awak selamat.

Akibat insiden itu, US Fish and Wildlife Services menangkap dan memusnahkan ribuan angsa yang tinggal di taman kota dekat bandara itu -yang paling terkenal di Brooklyn Prospect Park pada 2010.

Baru-baru ini, pihak federasi penerbangan juga telah mengerahkan agen federal ke pengadilan untuk mengeluarkan izin kepada Otoritas Pelabuhan untuk membunuh burung-burung yang migrasi, dengan senapan. Burung-burung itu berada di Kennedy dan La Guardia, termasuk jenis burung hantu jenis snowy white owl.

Kendati demikian, pembunuhan satwa liar --yangdisebut sebagai dalam jargon pemerintah-- tidak mencegah perkembangan pesat unggas.

Menurut catatan FAA, ada 157 serangan burung di Kennedy sejak 2013. Ada 118 di La Guardia dalam jangka waktu yang sama.

Baca Juga:

Kebakaran Pesawat EgyptAir Kuak Misteri Malaysia Airlines MH370?

Mesin Pesawat Swiss Jet Meledak, Bandara London City Ditutup

Bisakah Ilmu Matematika Pecahkan Misteri MH370?

Pesawat Hercules Militer India Jatuh, 5 Orang Tewas

Disentil Mourinho, ini Komentar Ancelotti

Posted: 28 Mar 2014 09:00 PM PDT

Manajer Chelsea, Jose Mourinho melontarkan sebuah kritikan pedas bagi pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti. Komentar itu diutarakan Mou saat Madrid harus mengalami kekalahan kontra Barcelona di El Classico akhir pekan lalu.

Terkait hal itu, Ancelotti menanggapi kritikan itu dengan santai. Dia mengaku tak ingin terpancing emosi dengan komentar Mou kepada dirinya.

Mendapat sindiran dari Mou, Ancelotti menjawabnya dengan kritikan halus kepada pria asal Portugal itu.

"Mourinho sepertinya hanya memberikan pendapatnya. Musim ini, Madrid masih terus bertarung untuk meraih gelar juara. Saya hanya mengingatkan karena siapa orang yang tidak bisa meraih gelar juara musim lalu bersama tim ini," ujar Ancelotti seperti yang dikutip dari Daily Mail, Sabtu (29/3/2014).

"Saat ini kami mencoba untuk lebih fokus lagi di setiap pertandingan untuk menjaga peluang meraih gelar juara di akhir musim ini," katanya menambahkan.

Dapat Gelar dari Keraton Solo, Ini Nama Baru Rossa

Posted: 28 Mar 2014 09:00 PM PDT

Solois Rossa tengah berbahagia. Ia baru saja mendapatkan gelar kehormatan dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Solo). Pihak Keraton beralasan, pemberian gelar ini karena Rossa dinilai ahli di bidangnya, dalam hal ini dunia musik.

Pemberian gelar ini pun berlangsung khidmat di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (28/3/2014) malam. Dengan gelar itu, nama Rossa pun berubah. "Sekarang nama aku jadi Kanjeng Mas Ayu Sri Rossa Swarakaloka," kata Rossa bangga.

Eyang Gempol, yang mewakili pihak Keraton Kasunanan Surakarta menambahkan, "dulu Rossa sudah mendapat penghargaan dari kami (Keraton Surakarta). Hanya, kali ini ditingkatkan satu tingkat lebih tinggi lagi. Gelar itu ada beberapa tingkat. Sekarang Rossa sudah pada puncaknya yaitu Kanjeng Mas Ayu," timpal Eyang Gempol.

Kontan saja, gelar ini membuat Rossa merasa tersanjung. Pelantun Tegar itu berterimakasih kepada pihak Keraton yang telah memberikan apresiasi atas karier yang ia geluti selama ini.

"Saya mau bilang terimakasih atas pemberian gelar ini. Buat saya ini satu hal yang lebih. Kenaikan pangkat ini dipercaya bisa membawa nama baik Keraton. Kalau untuk saya, ini adalah kepercayaan yang tinggi dari Keraton Surakarta kepada saya untuk menjaga budaya. Kami menjaga sama-sama supaya kita tidak kelhilangan kebudayaan luhur ini. Saya sebagai orang Indonesia merasa sangat bangga menjadi bagian dari Keraton Surakarta," tutup Rossa.

Smartfren Digusur, Bagaimana Nasib Pengguna Andromax?

Posted: 28 Mar 2014 09:00 PM PDT

Layanan telekomunikasi milik PT Smartfren Telecom Tbk disinyalir akan dipindah dari jaringan 1.900 Mhz ke 2.300 Mhz. Perpindahan jaringan tersebut tentunya akan mempengaruhi layanan komunikasi yang disediakan operator tersebut.

Perubahan itu akan membuat perangkat yang biasa menggunakan jaringan 1.900 Mhz tak lagi bisa digunakan. Lantas bagaimana dengan pengguna smartphone Andromax yang dipasarkan Smartfren di Indonesia?

"Tentunya pelanggan menjadi salah satu prioritas kami dalam melakukan segala kebijakan perusahaan, langkah pemindahan jaringan tentu akan mempertimbangkan para pengguna smartphone Andromax yang jumlahnya sudah banyak," papar Merza Fachys, Direktur Jaringan Smartfren.

Lebih lanjut Merza mengklaim bahwa perpindahan jaringan itu memerlukan waktu yang cukup panjang bila keputusan pengosongan jaringan 1.900 Mhz memang ditetapkan pemerintah.

"Proses perpindahan jaringan pastinya perlu waktu yang cukup lama. Mungkin juga dalam proses perpindahan produk Andromax akan dibuat kompatibel dengan jaringan baru yang dipilihkan pemerintah, kita lihat nanti tentunya," tambah Merza.

Menteri Kominfo, Tifatul Sembiring juga mengaku bahwa pelanggan operator menjadi salah satu pertimbangan penting saat pemerintah mengambil keputusan di industri telekomunikasi. Menurutnya, keputusan yang diambil tak boleh mengorbankan pelanggan operator.

"Pelanggannya jelas kita perhatikan, jangan sampai keputusan yang kita ambil merugikan pelanggan. Kita masih harus perlu diskusi lagi ya soal kelanjutannya gimana," tandas pria yang akrab disapa Tif itu.

Alasan Olahraga Lari Begitu Digandrungi

Posted: 28 Mar 2014 09:00 PM PDT

Lari tengah menjadi primadona di kalangan penggila olahraga. Selain menyehatkan, lari juga bisa dilakukan secara bersama-sama, baik dengan keluarga dekat atau orang lain yang tergabung di dalam komunitas lari. Salah satu komunitas lari paling tersohor saat ini adalah Indo Runners.

Yasha Chatab, salah satu orang yang turut andil dalam terbentuknya Indo Runners mengatakan, salah satu alasan mengapa lari begitu banyak digemari masyarakat Indonesia karena atlet tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk dapat melakukannya. Hanya bermodal sepatu, orang sudah dapat berlari.

"Kalau olahraga lain harus punya perlengkapannya, seperti raket dan sepeda. Lari is so easy, nyeker juga bisa. Apalagi kalau orang menyukai olahraga otomotif, maka harus punya mobil," kata dia dalam acara `Sunpride dan Film Mari Lari Mengajak Masyarakat Indonesia Bergaya Hidup Sehat Seimbang`, ditulis pada Sabtu (29/3/2014)

Menurut Yasha, hampir seluruh masyarakat Indonesia menyukai sesuatu yang menyenangkan. Tak heran, bila aktivitas menyehatkan dan komunitas lari ini begitu digandrungi. Bayangkan saja, awal komunitas ini berdiri, jumlah pesertanya hanya belasan orang. Tapi kini, jumlahnya lebih dari seratus.

Lewat Indo Runners, Yasha ingin menyampaikan bahwa olahraga lari merupakan aktivitas yang menyenangkan dan dapat dijadikan gaya hidup, "Komunikasi kami tidak banyak membahas dari sisi atletik, tapi lebih kepada fun. Ketemu orang baru, selesai olahraga bisa foto-foto. Kami hanya mau, orang dapat meluangkan waktu untuk melakukan hal positif seperti lari ini."

Pengamat: Prabowo Harus Belajar Komunikasi Politik

Posted: 28 Mar 2014 08:59 PM PDT

Mendekati Pileg dan Pilpres 2014, calon presiden (Capres) dari PDI Perjuangan Joko Widodo atau Jokowi terus menjadi sorot perhatian. Bahkan belakangan ini Jokowi selalu terkena serangan bulan-bulanan dari Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Pakar komunikasi politik Tjipta Lesmana menilai, dalam situasi politik saat ini, wajar muncul opini tentang adanya dalang dan wayang capres di Pemilu 2014. Namun, dia sangat menyayangkan sikap yang diperlihatkan oleh Prabowo.

"Saya yakin istilah dalang dan wayang ini muncul gara-gara Prabowo, yang mengatakan Jokowi capres boneka dan lain-lain. Apakah Jokowi boneka? Menurut saya terlalu sadis pernyataan Prabowo itu," kata Tjipta di Diskusi Polemik Sindo Trijaya Fm 'Siapa dalang dan wayang capres 2014' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (29/3/2014).

Tjipta juga sangat menyayangkan Prabowo, karena terlalu merasa sakit hati, lantaran Megawati akhirnya meresmikan Jokowi sebagai capres dari partai merah itu. Lalu, imbuh dia, terkesan Prabowo menuduh Jokowi sebagai capres boneka PDIP.

"Tuduhan ini sadis, saya kira Jokowi nggak bisalah dituding jadi boneka. Siapapun nanti, misalnya kalau ada capres dari Demokrat kan bisa saja disebut boneka dari SBY," ujarnya.

Tjipta pun berharap, Prabowo agar bisa melakukan kampanye dengan cara yang baik, bukan dengan cara menjatuhkan orang-orang politik yang dianggapnya sebagai saingan.

"Sudah saya katakan di mana-mana, Mister Prabowo, stop complaining. Jangan hantam sini hantam sana. sekali lagi saya katakan kalau kampanyenya seperti itu tidak efektif. Dia berarti harus belajar komunikasi politik dulu dengan Tjipta Lesmana," tandas Tjipta.

Prabowo yang mula-mula melontarkan istilah 'presiden boneka' ini. Ia menilai peran asing masih sangat besar dalam menentukan kebijakan di Indonesia. Karena itu, jangan sampai Indonesia dipimpin oleh presiden boneka di masa yang akan datang.

"Kita tak mau negara kita dipimpin boneka. Saudara mau dipimpin boneka, mau punya presiden boneka?" ujar Prabowo di hadapan simpatisannya di Jakarta, Minggu 23 Maret 2014.

Ikut Earth Hour, 5 Titik di Surabaya Gelap Gulita 1 Jam

Posted: 28 Mar 2014 08:48 PM PDT

Gerakan Earth Hour atau mematikan lampu selama 1 jam akan digelar pada Sabtu malam ini. Lima titik di Kota Surabaya pun akan turut serta dalam gerakan cinta lingkungan itu, mulai pukul 20.30 WIB - 21.30 WIB.

Selama 1 jam, kelima titik tersebut akan gelap gulita. Lima titik itu yakni BG Junction, Tugu Pahlawan, Hotel Majapahit, Grand City Surabaya dan Swiss-Bel Inn.

Koordinator Komunitas Earth Hour Surabaya, Upit mengatakan bahwa rangkaian gerakan Earth Hour yang bertema #Suroboyo Petheng ini akan digelar mulai pukul 19.00-22.00 WIB.

"Nanti akan ada empat duta Earth Hour Surabaya, 12 korporasi switch off, 24 media massa, 30 komunitas dan 2.000 pendukung. Dalam kegiatan tiap tahun ini, juga akan ada bagi-bagi bibit pohon," kata Upit.

Gerakan mematikan lampu ini, lanjut dia, bertujuan untuk mengajak setiap masyarakat, korporasi dan lingkungan untuk menghemat listrik selama 1 jam, dengan mematikan lampu mulai pukul 20.30 WIB - 21.30 WIB.

Baca Juga:

Gaya Hidup Hijau dan Sehat Selama 30 Hari di FX Sudirman

Durex Ajak Pasangan Lebih Dekat Saat Lampu Padam di `Earth Hour`

Ketum Tak Dicapreskan, Pasti Capres Partai Dianggap `Boneka`

Posted: 28 Mar 2014 08:44 PM PDT

Pakar komunikasi politik Tjipta Lesmana mengatakan, persepsi yang menyebutkan calon presiden adalah sebuah boneka karena akan 'diatur-atur' jika capres tersebut tidak mengemban jabatan Ketua Umum ataupun posisi strategis dalam partai. Ia mencontohkan ketika PDI Perjuangan mengusung Joko Widodo sebagai Capres.

"Kan banyak persepsi yang mengatakan bahwa Jokowi sebagai capres boneka," kata Tjipta dalam diskusi 'Siapa Dalang dan Wayang Capres 2014' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (29/3/2014).

Tjipta menuturkan, selain PDIP ada satu partai lagi yang jika mengusung calon presiden akan disebut sebagai capres boneka. Partai yang dimaksud Tjipta adalah Demokrat.

"Partai Demokrat kan capresnya berasal dari Konvensi. Tentu nanti jika hasil survei tidak sesuai dengan majelis tinggi, majelis tinggi yang akan menentukan capresnya," tuturnya.

Masih menurut Tjipta, berbeda dengan partai-partai yang mengusung Ketua Umum-nya sebagai Capres. Menurutnya, selama ini capres yang memiliki jabatan Ketua Umum partai tidak ada persepsi yang mengatakan capres boneka.

"Lihat saja Aburizal Bakrie yang merupakan Ketua Umum Golkar dan Wiranti yang adalah Ketua Umum Hanura. Mereka tidak ada persepsi capres boneka," tandas Tjipta.

Ketua Dewan pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto yang mula-mula melontarkan istilah 'presiden boneka' ini. Ia menilai peran asing masih sangat besar dalam menentukan kebijakan di Indonesia. Karena itu, jangan sampai Indonesia dipimpin oleh presiden boneka di masa yang akan datang.

"Kita tak mau negara kita dipimpin boneka. Saudara mau dipimpin boneka, mau punya presiden boneka?" ujar Prabowo di hadapan simpatisannya di Jakarta, Minggu 23 Maret 2014.

Tidak ada komentar: