Minggu, 18 Desember 2016

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Berjuang Bersama Selamatkan Tenun Ende dari Kepunahan

Posted: 18 Dec 2016 02:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Kuatnya arus modernisasi membuat beberapa mahakarya tradisional, seperti tenun, mulai kehilangan ruang. Kaum muda yang dinilai sebagai pewaris kebudayaan justru makin banyak yang meninggalkan nilai-nilai tradisional bangsanya. Hal tersebut diungkapkan Ali Abubekar, Ketua Museum Ikat Ende, saat pembukaan acara Pesona Kain dan Budaya Ende di Museum Tekstil, Jakarta, Rabu (14/12/2016). 

"Saya sebagai kepala museum berusaha mengumpulkan kain Tenun Ende, memberikan data satu persatu kain tersebut dan merawat semua kain yang sudah dikumpulkan. Kain yang paling lama ada yang berusia 80 tahun. Seperti fungsi sebuah museum, kami berusaha memperkenalkan dan memberikan informasi kepada masyarakat yang butuh data soal kain tenun ini," ungkap Ali Abubekar kepada Liputan6.com.

Ali mengungkapkan, Ende merupakan tanah yang kaya dengan kain tenunnya, bahkan tiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dan digunakan dalam setiap upacara adat, pesta, dan pergi ke gereja. Harga kain tenun ini juga mahal karena dinilai dari seninya, jadi pantaslah bila pengrajin tenun ini disebut sebagai seniman yang menciptakan karya yang indah.

Tenun Ende akan ditampilkan di Museum Tekstil Jakarta selama satu minggu mulai tanggal 14 hingga 20 Desember 2016

Meski tenun Ende sangat menghormati "pakem", namun permintaan pasar menuntut masyarakat Ende juga memproduksi kain tenun modern.

"Karena mereka punya pakem yang kokoh, saya harus mencoba mengubahnya dengan waktu lama. Makan bersama, menyiapkan benang yang sudah diwarnai, hingga mengajarkan keamanan saat mewarnai tenun ini," ujar Ali.

Bahkan karena ketidaktahuan para pengrajin dengan bahan pewarna kimia, banyak pengrajin yang langsung mencelupkan benang ke dalam larutan kimia tanpa menggunakan sarung tangan, sehingga tangan mereka luka-luka saat proses pewarnaan.

Untuk itu, perlu pengembangan lebih lanjut mengenai prosedur keamanan dan keselamatan agar produksi tenun Ende dapat dilakukan dengan cara modern. Museum Tenun Ikat Ende dan Pemda setempat mempunyai tanggung jawab penuh untuk melestarikan dan menjaga tenun ikat agar tidak punah.

"Saat ini terdapat 50 pengrajin yang dibina oleh Museum Tenun Ikat di Ende, di mana kondisi pengrajin tenun masih memerlukan bantuan dalam hal pemberdayaan, secara teknik tenun, penggunaan bahan-bahan alami, dan bahan baku lainnya, serta akses permodalan dan pemasaran. Kami berharap pemerintah tetap mendukung keberadaan Museum Tenun Ikat sekaligus memberikan advokasi supaya museumnya tetap terjaga," kata Ali menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Layanan, Maskapai Ini Tambah Rute Terbang ke Inggris

Posted: 18 Dec 2016 02:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Untuk memenuhi kebutuhan penerbangan yang menghubungkan Hong Kong dan Inggris, Cathay Pasific baru-baru ini mengumumkan layanan penerbangan ke Gatwick menjadi setiap hari mulai Juni 2017, yang sebelumnya hanya beroperasi empat kali dalam seminggu. Tak hanya itu, Cathay juga akan menambah penerbangan ke Manchester menjadi lima kali dalam seminggu menggunakan Airbus A350-900.

Cathay akan menampilkan produk terbaru maskapai di kelas bisnis, ekonomi premium, dan ekonomi melalui program "Life Well Travelled". Selain kursi terbaru dan sistem hiburan penerbangan yang canggih, pesawat ini juga dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi, yang memungkinkan pemumpang tetap bisa internetan selama dalam perjalanan.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Jumat (16/12/2016), Chief Executive Cathay Pasific, Ivan Chu mengatakan, "Inggris merupakan pasar yang sangat penting bagi kami, kami telah mempelajarinya selama lebih dari 35 tahun. Penambahan rute Gatwick dan Manchester menegaskan komitmen kami untuk melayani penumpang, baik yang berpergian untuk urusan bisnis maupun liburan, dengan meningkatkan kenyamanan dan produk unggulan kami."

Cathay Pasific sendiri saat ini telah mengoperasikan sebanyak 43 penerbangan nonstop ke Inggris per minggu. Maskapai juga telah memperluas jaringan penerbangan ke Eropa dalam beberapa tahun terakhir, dengan mengoperasikan layanan ke Zurich dan Dusseldorf pada 2015, diikuti penerbangan ke Madrid dan Gatwick tahun ini. Tak hanya itu, Cathay Pasific juga telah membuka kembali lounge di Heathrow, satu-satunya lounge dalam jaringan global maskapai di luar Hong Kong yang menyediakan area terpisah untuk penumpang kelas utama dan bisnis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Para Pria Bicara Blak-blakan Kenapa Tak Mau Kencani Wanita Gemuk

Posted: 18 Dec 2016 02:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Faktanya, tak semua wanita gemuk mengalami kesulitan untuk mencari pacar atau bahkan suami. Walaupun begitu, hampir semua wanita dengan berat badan di atas rata-rata pernah memiliki pengalaman: ditolak atau tak jadi didekati pria karena ukuran tubuh mereka.

Your Tango, dilansir Minggu (18/12/2016), berusaha menjadi alasan jujur, kenapa beberapa pria kadang merasa keberatan, dan memilih untuk tidak mengencani wanita gemuk.

Di berbagai kebudayaan--termasuk kebudayaan di Indonesia--sering diajarkan bahwa menjadi gemuk adalah sesuatu yang buruk. Inilah yang kemudian membuat banyak orang merasa "tidak apa-apa" untuk menunjukkan "kejijikan" mereka pada orang-orang yang gemuk.

Perasaan tidak suka atau celaan terhadap orang gemuk jauh lebih mudah dilontarkan dibandingkan penampilan fisik yang lain.

Kalau melihat dari sisi seksual, selera seksual seseorang tidaklah sama dengan orang lain. Begitu juga dengan kriteria saat seseorang memilih orang lain untuk jadi pasangannya.

Namun, jika dibandingkan dengan wanita, pria biasanya lebih keberatan jika harus memiliki pasangan yang gemuk. Mereka tidak masalah, malah menyukai wanita yang montok dan penuh lekuk, namun tidak tertarik dengan wanita gemuk.

Berikut beberapa alasan yang diberikan langsung oleh para pria (harap diingat, alasan dan pendapat para pria ini sama sekali tidak mewakili pendapat Health-Liputan6.com):

  • "Gemuk itu subjektif. Besar itu bukan gemuk. Sama seperti bagaimana wanita tidak suka pria yang lebih pendek darinya, pria juga tidak suka wanita yang lebih berat darinya."
  • "Aku dulu gemuk, dan bekerja sangat keras untuk mendapatkan berat badan ideal. AKu tahu secara langsung bagaimana menjadi gemuk bisa menghajurkan rasa percaya diri dan pandangan sosial. Aku juga akan merasa khawatir jika harus memiliki pasangan yang mengambil risiko berbagai masalah kesehatan sehubungan dengan berat badan, terutama untuk pasangan hidup."
  • "Kecuali untuk permasalahan metobalisme yang bisa ditanggulangi, suatu tubuh yang gemuk adalah tanda kamu tidak mempedulikan kesehatan. Tubuh dan pikira bukanlah dua hal yang terpisah; mereka terhubung. Kamu tidak bisa menyiksa tubuh dan berharap pikiranmu akan mampu menyalakan semua tombol yang diperlukan. Tubuh yang gemuk (walau tidak selalu) menandakan kemalasan, tidak berpikir panjang, dan ketidakpedulian pada kondisi holistiknya."
  • "Wanita yang gemuk tidak bisa melakukan berbagai macam hal seperti wanita yang langsing, sedangkan aku adalah pria yang sangat aktif."
  • "Menjalankan gaya hidup sehat sangatlah penting bagiku. Wanita gemuk tidak memiliki gaya hidup yang sehat."
  • "Aku pernah mengakhiri hubungan dengan wanita yang membiarkan dirinya jadi gemuk. Tugasku adalah untuk mencari uang dan tugasnya adalah untuk selalu terlihat menarik untukku dan dirinya sendiri."

Tentunya, tidak semua pria memiliki pola pria seperti di atas. Belum lagi, seperti yang sebelumnya diucapkan, gemuk itu adalah objektif.

Harus diingat juga, hasil penelitian FitRated, yang dilakukan terhadap 2000 orang, pria dan wanita, menemukan: hampir 50 persen pria menyukai tubuh wanita yang berlekuk. Hanya 22,4 persen pria yang menyukai wanita bertubuh kurus.

Kesimpulan yang bisa diambil dari perkataan para pria tadi adalah, pada dasarnya mereka menyukai wanita dengan kondisi tubuh sehat--terlebih untuk memilih pasangan hidup.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deklarasi dan Repatriasi Tax Amnesty Capai Rp 4.030 Triliun

Posted: 18 Dec 2016 02:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Pernyataan harta dalam program pengampunan pajak atau tax amnesty telah mencapai Rp 4.030 triliun. Sedangkan untuk uang tebusan yang telah dikumpulan mencapai Rp 96,3 triliun. Pemerintah terus melakukan sosialisasi agar program tax amensty periode sukses sampai akhir periode.

Berdasarkan data dashboard Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Minggu (18/12/2016), pukul 14.30 WIB, nilai pernyataan harta berdasarkan Surat Pernyataan Harta (SPH) telah tembus ke angka Rp 4.030 triliun.

Komposisi nilai pernyataan berdasarkan SPH itu antara lain deklarasi dalam negeri mencapai Rp 2.900 triliun. Kemudian deklarasi luar negeri sebesar Rp 989 triliun, dan dana repatriasi yang tercatat Rp 141 triliun.

Adapun uang tebusan dalam program tax amnesty berdasarkan SPH yang disampaikan tembus Rp 96,3 triliun. Komposisinya antara lain wajib pajak orang pribadi non-UMKM mencapai Rp 81,2 triliun, badan non-UMKM sebesar Rp 10,7 triliun, OP UMKM sebesar Rp 4,12 triliun, dan badan UMKM sebesar Rp 264 miliar.

Selain itu, komposisi realisasi berdasarkan surat setoran pajak (SSP) mencapai Rp 101 triliun. Komposisinya antara lain pembayaran tebusan Rp 97 triliun, pembayaran tunggakan Rp 3,06 triliun, pembayaran bukti permulaan (bukper) Rp 625 miliar.

Sebelumnya, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama optimistis, jumlah peserta tax amnesty semakin bertambah hingga 31 Desember 2016 meskipun ada momen Natal dan Tahun Baru.

"Kami yakin, walaupun jelang liburan akhir tahun, peserta tax amnesty tetap akan banyak karena penyampaian SPH dapat dikuasakan," ucap Hestu saat dihubungi Liputan6.com.

Ia melanjutkan, masih banyak Wajib Pajak (WP) yang sedang bersiap mengikuti program tax amnesty di periode II. "Akhir-akhir ini, sekitar 3.000 SPH yang diterima per harinya di seluruh Indonesia," ujar dia. (Gdn/Ndw)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Willian: Oscar Telah Ucapkan Salam Perpisahan

Posted: 18 Dec 2016 02:00 AM PST

Liputan6.com, London - Gelandang Chelsea, Willian mengonfirmasi kabar bakal hengkangnya Oscar ke klub Liga Super Tiongkok. Bahkan Willian mengakui, Oscar telah mengucapkan salam perpisahan dengan rekan setimnya.

"Oscar telah mengucapkan salam perpisahan. Dia teman yang baik dan pemain yang luar biasa," ucap Willian seperti dilansir ESPNFC.

Chelsea telah setuju melepas Oscar dengan harga 56 juta pound sterling atau Rp 938 miliar ke salah satu klub Liga Super Tiongkok, Shanghai SIPG.

Oscar sendiri mulai jarang mendapat tempat begitu Antonio Conte masuk menggantikan Jose Mourinho. Gelandang asal Brasil ini hanya bermain delapan kali di Liga Inggris tanpa satupun gol.

Perubahan formasi menjadi 3-4-3 di bawah Conte diduga menjadi biang keladi penurunan jumlah performa Oscar bersama Chelsea. Eks pemain Internacional itu dianggap tidak pas dengan skema yang diterapkan Conte.

Conte lebih menyukai gelandang yang enerjik. Karena itulah, ia lebih suka memasang N'golo Kante, Nemanja Matic, atau Victor Moses di lini tengah.

Di sisi lain, bergabungnya Oscar menambah panjang deretan bintang-bintang sepak bola Eropa yang berlabuh di Liga Super Tiongkok. Sebelumnya, sudah ada Ezequiel Lavezzi, Jackson Martinez, dan rekan Oscar di timnas Brasil, Hulk yang lebih dulu merumput di Liga Super Tiongkok. Hulk bahkan bermain di calon klub Oscar, Shanghai SIPG.

"Saya berharap yang terbaik untuk Oscar dan keluarganya. Karier seorang pemain bisa cepat berubah. Ketika tawaran datang, Anda harus memikirkan keluarga Anda. Anda ingin bersiap ketika Anda sudah pensiun," kata Willian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Tahun, Waktunya Mempercantik Mobil

Posted: 18 Dec 2016 02:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kalender telah menunjukkan bulan Desember. Jelang akhir tahun seperti saat ini, banyak pemilik mobil yang kembali mempercantik kendaraannya. Apalagi mereka yang tidak jalan-jalan akhir tahun karena anggaran yang terbatas.

Erwin Santoso, pengelola Rafet Auto, bengkel cat mobil yang ada di Jalan Raya Bogor km 35, menyebut bahwa akhir tahun biasanya memang ada peningkatan konsumen.

Lantas, apa persisnya yang dilakukan mereka? "Biasanya konsumen mengecat ulang beberapa bagian panel body yang baret atau penyok, sekaligus poles full body," ujarnya kepada Liputan6.com, Minggu (18/12/2016).

Adapun poles sederhananya adalah mengkilapkan kembali cat mobil, dengan cara menghilangkan permukaan kusam. Ada cairan poles yang mengandung kompon, dimana cara penggunaannya sudah tertera pada bungkus.

Adapun pengecatan umumnya dilakukan hanya pada bagian-bagian yang sudah tidak baik. Soal biaya, di Rafet Auto harganya Rp 450 ribu per panel, namun tergantung kondisi panelnya juga.

Sementara harga full polish, Rafet Auto membanderolnya tergantung jenis mobil. Misalnya city car, sedan, dan hatchback, harganya Rp 650 ribu. MPV Rp 750 ribu, sementara SUV dan mobil besar lain seperti Pajero Sport dan Terrano dibanderol Rp 850 ribu.

Menurut Erwin, konsumen melakukan ini karena ingin mencari mobil baru di awal tahun. Harga jual kembali akan lebih tinggi jika kondisi eksterior baik. Namun memang ada pula yang mempercantik kendaraan tidak untuk dijual kembali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan Perdana Oppo Raisa Phone Serentak di 7 Kota

Posted: 18 Dec 2016 02:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Oppo resmi menggelar penjualan perdana Raisa Phone secara serentak mulai 17 Desember 2016 kemarin. Peminat smartphone ini paling banyak berasal dari 5 kota, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Palembang.

Mengingat produk ini merupakan edisi khusus, jumlah unit yang ditawarkan pun terbatas. Hanya 6.000 orang yang bisa mendapatkan Oppo F1s berwarna hitam dengan desain khusus berupa tanda tangan laser engrave dari penyanyi Raisa Andriana.

"Kami sangat berterima kasih atas sambutan hangat masyarakat Indonesia terhadap produk ini. Setelah diluncurkan pada 7 Desember 2016, 6.000 unit langsung habis terjual. Hal ini membuktikan kolaborasi Oppo dan Raisa mampu menarik banyak konsumen," ujar Brand Manager Oppo Indonesia Alinna Wenxin dalam keterangan resminya, Minggu (18/12/2016). 

Antusiasme terbesar untuk perangkat ini datang dari pembeli yang berasal dari kota Jakarta dengan persentase penjualan sebanyak 36 persen. Surabaya menyusul di tempat kedua dengan persentase 25 persen, kemudian diikuti oleh Bandung (18 persen), Medan (14 persen), dan Palembang (7 persen). 

"Hasil penjualan Oppo Raisa Phone menjadi penutup sangat manis bagi Oppo di tahun 2016. Semoga ke depannya kami bisa terus menghadirkan produk-produk yang selalu dinantikan masyarakat Indonesia," ujarnya menutup pembicaraan.

Adapun kota lain yang juga masuk dalam pengambilan Oppo Raisa Phone adalah Bali dan Makassar.

Sebagai informasi, penghentian pre-order untuk smartphone ini telah dilakukan sejak 10 Desember lalu. Alasannya, seluruh jaringan e-Commerce yang ditunjuk Oppo, telah kehabisan produk ini.

Maka itu, meskipun jadwal pre-order dijadwalkan tutup pada 14 Desember, Oppo memilih untuk menghentikannya. Smarpthone edisi khusus ini sebenarnya tak memiliki perbedaan spesifikasi dengan Oppo F1s, kecuali dari sisi desain. Oppo F1s Black Edition yang dibanderol dengan harga Rp 3.499.000 menjadi seri penutup lini Selfie Expert Oppo di tahun ini.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenangan Masa Kecil Fairuz A Rafiq tentang Rhoma Irama

Posted: 18 Dec 2016 02:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebagai anak A Rafiq, salah seorang penyanyi legendaris Indonesia, ada banyak hal yang disaksikan secara langsung oleh Fairuz A Rafiq. Salah satunya, adalah persahabatan sang ayah dengan Raja Dangdut, Rhoma Irama.

Saat bertandang ke kantor Liputan6.com, di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2016), Fairuz menceritakan bagaimana persahabatan antara dua nama besar di musik dangdut ini terjalin. Ia menyebut Rhoma Irama kerap berkunjung ke rumah mereka.

Fairuz A. Rafiq (Herman Zakharia/Liputan6.com)

 

"Mereka itu selera makannya beda banget," kata Fairuz. Bila A Rafiq tak pernah pantang memakan makanan apa pun, maka hal yang sebaliknya berlaku untuk Rhoma Irama.

"Om Rhoma itu minumnya air putih di gelas gede, dia juga cuma makan buah. Jadi kalau dia datang ke rumah, kita siapin buah-buahan yang banyak," kata Fairuz.

Ketika Fairuz mulai beranjak besar dan terjun ke dunia seni hiburan, seperti orangtua kedua, Rhoma Irama juga ikut memberinya nasihat. Yakni, ia tak perlu ikut-ikutan arus untuk tampil seksi secara berlebihan. "Dan ini juga persis seperti yang Papaku bilang. Jangan over dan jangan under, yang pas saja. Seksi dari dalam saja, secara natural," katanya menambahkan.

 Rhoma Irama ciptakan lagu khusus untuk Fairuz A Rafiq

Sebagai sebuah tanda persahabatan dengan A Rafiq, Rhoma Irama bahkan baru-baru ini juga memberikan satu hadiah istimewa untuk Fairuz. Pria berusia 70 tahun ini menciptakan sebuah lagu bertajuk "Eish" untuk Fairuz.

"Aku diberi tahu juga kalau Om Rhoma itu jarang bikinin lagu buat orang. Jadi ini terasa makin istimewa buat aku," kata Fairuz A Rafiq.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Kematian Misterius, Ini 'Kota Hantu' Paling Mengerikan

Posted: 18 Dec 2016 02:00 AM PST

Liputan6.com, Taipei - Sanzhi Resort awalnya dibangun untuk menjadi resor pantai, sebelum akhirnya kawasan itu ditinggalkan bahkan sebelum dibuka. Resor tersebut disebut sebagai salah satu tempat paling menyeramkan di dunia, dengan misteri yang menyelimuti sejumlah bangunan berbentuk UFO.

Pembangunan resor di distrik Sanzhi, Taiwan, itu dimulai pada 1978. Namun hanya dua tahun kemudian, kawasan itu berubah menjadi "kota hantu" karena sejumlah kasus bunuh diri dan kematian misterius.

Tidak ada seorang pun yang diizinkan secara hukum untuk menginjakkan kaki di area resor sejak 1980. Namun kawasan tersebut telah menjadi daya tarik wisata karena aktivitas paranormal dan konspirasi yang menyelimutinya.

Sejumlah bangunan futuristik di resor tersebut dibiarkan begitu saja setelah sejumlah kecelakaan fatal terjadi selama pembangunan. Diyakini bangunan itu tidak kunjung selesai karena kematian misterius membuat kontraktornya hengkang.

Dikutip dari news.com.au, Minggu (18/12/2016), beberapa pekerja mulai bunuh diri, meskipun mereka tidak menunjukkan tanda-tanda depresi. Terdapat juga sejumlah kecelakaan mobil fatal di jalan dekat area tersebut.

Terdapat sejumlah teori konspirasi dan beberapa orang yang meyakini bahwa resor tersebut berdiri di atas makam para tentara Belanda. Beberapa pekerja mengaku pernah dikunjungi arwah yang tidak ingin makam tersebut diganggu oleh bangunan komersial.

Sementara itu beberapa orang lainnya meyakini bahwa resor tersebut mendapat kutukan setelah dihancurkannya sebuah patung naga. Sebelumnya, sebuah naga beton besar berdiri di pintu masuk, namun seseorang memutuskan untuk menghancurkannya agar pintu masuk bisa lebih lebar.

Dalam budaya Asia, naga adalah simbol keberuntungan dan energi. Makhluk itu diyakini membawa keberuntungan, kemakmuran, dan kesuksesan. Naga juga dianggap sebagai sosok yang kuat, percaya diri, dan merupakan simbol kepahlawanan.

foto: weather

Seorang turis bernama Carrie Kellenberger sempat mengunjungi dengan seorang temannya. Mereka masuk melalui jendela yang hancur untuk dapat menjejakkan kakinya di area tersebut.

"Tempat itu sangat sunyi, kami bisa mendengar ombak yang menerjang pantai dan angin yang membelai rerumputan," tulis Kellenberger dalam blog-nya.

"Bangunan dalam kondisi rusak. Beberapa atapnya terkoyak, sedangkan sejumlah atap lainnya runtuh sendiri...Jumlah kehancuran bangunan itu tak dapat disangka."

"Kami melintasi kompleks, perlhan-lahan mengitari kolam buatan dan lereng yang ditujukan sebagai taman hiburan mini untuk anak-anak," imbuh Kellenberger.

Ia menulis bahwa pemandangan dari jendela sebenarnya menakjubkan. "Tutup matamu terhadap kerusakan yang terjadi dan dalam beberapa menit kamu bisa melihat bagaimana penampilan resor ini sebelum ditinggalkan."

Menurut Blumhouse.com, seorang presiden rumah bir lokal di Taiwan ingin menyelesaikan bangunan tersebut. Pada 1989, ia merekrut tim arsitek dan berencana mengeluarkan US$ 32 juta terhadap proyek itu.

Namun proyek itu tidak pernah selesai karena buruknya material awal yang digunakan untuk membuat bangunan berbentuk UFO.

Meski terdapat sejumlah cerita kejadian menyeramkan di "kota hantu" itu, tidak ada yang pernah berhasil mengetahui apa yang terjadi. Resor tersebut pun diruntuhkan pada 2010 dan tidak ada lagi jejak desa kecil itu.

Rencananya sebuah hotel tepi pantai akan dibangun di atas resor tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ganti Format, Ini Aturan Baru di Piala AFF

Posted: 18 Dec 2016 01:40 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Piala AFF adalah edisi ke-11 ajang sepak bola dua tahunan tersebut di mana Thailand baru saja menobatkan dirinya sebagai juara setelah mengalahkan Timnas Indonesia. Itu adalah kali kelima Thailand tampil sebagai juara Piala AFF.

Kemenangan 2-0 pada leg kedua final di Rajamangala Stadium, Sabtu (17/12/2016), tersebut membuat Thailand unggul agregat 3-2 atas Timnas Indonesia. Sebelumnya, anak asuh Kiatisuk Senamuang tersebut menyerah 1-2 pada leg pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari.

Alhasil, Thailand pun akan datang ke Piala AFF 2018 sebagai juara bertahan. Namun, Thailand dan peserta lain akan melakoni Piala AFF 2018 dengan format berbeda yang diterapkan Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) untuk Piala AFF 2018. Beberapa perubahan tersebut memang sudah dipertimbangkan sebelumnya.

Di Piala AFF 2018, jumlah peserta di fase grup akan ditambah menjadi 10 tim. Sembilan tim peringkat teratas akan lolos secara otomatis. Sedangkan tim di peringkat kesembilan dan ke-10 akan melakoni partai playoff untuk memperebutkan satu kuota yang tersisa.

Tak hanya itu, tak akan ada lagi negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah pada fase grup. Di Piala AFF 2016, Filipina dan Myanmar yang ditugaskan sebagai tuan rumah. Namun, mulai Piala AFF 2018 masing-masing tim akan memainkan dua laga kandang dan dua laga tandang.

Mengenai jadwal dua laga kandang dan dua laga tandang tersebut akan diundi AFF. Untuk semifinal dan final Piala AFF akan tetap diterapkan format kandang dan tandang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berhijab, Ratu Anandita Tetap Konsisten dengan Hobi

Posted: 18 Dec 2016 01:40 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sudah satu tahun lebih Ratu Anandita resmi dinikahi aktor Mario Irwinsyah. Tidak dipungkiri, pernikahan yang digelar 11 Oktober 2015 itu membawa banyak dampak positif bagi keduanya.

 Ratu Anandita

Di penghujung tahun 2016 ini, Ratu Anandita pun memutuskan untuk berhijrah, mengenakan hijab. Wanita 32 tahun itu pun langsung memperlihatkan penampilan barunya ke Instagram pribadinya.

"Bismillahirahmanirahim....Allahumma, ya muqallibal-qulub, thabbit qalbi 'ala dinik wa 'ala thoatik.."Wahai Allah, tuhan yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di dalam agamamu dan ketaatan." tulis istri Mario Irwinsyah itu di unggahan pertamanya usai berhijab.

Meski kini sudah menutup aurat, bukan berarti Ratu Anandita langsung meninggalkan semua rutinitasnya. Termasuk melakukan hobi travelling nya.

 Ratu Anandita dan Mario Irwinsyah

Bahkan sesaat setelah memutuskan berhijab, presenter olahraga itu langsung bertolak ke Australia. Bersama sang suami, Dita menikmati keindahan kota Melbourne usai menonton konser band favorit mereka, Coldplay.

"Salah satu alasan kita ke Melbourne untuukkk nonton iniii bocorannya bisa kalian liat di @mariodita ! Langsung follow akun IG nya yaaaaa Wooohooo...Whoooo...Whoooo.. #ColdplayMelbourne," cerita Ratu Anandita di Instagram pribadinya.

 Ratu Anandita

Tak hanya travelling, Dita, begitu ia disapa, juga tetap konsisten menjalani aktivitas berolahraganya meski sudah menutup aurat. Dan tentunya keputusan Ratu Anandita untuk berhijab itu mendapat sambutan hangat dari para netizen.

"Cantiiiiikkk banget nih teh @ratu_anandita semoga istiqomah ya teh," puji @sri.hayati02.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Terakhir Juru Radio Pesawat Hercules

Posted: 18 Dec 2016 01:33 AM PST

Liputan6.com, Malang - Duka menyelimuti rumah Peltu Lukman Hakim di Jalan Tangkuban Perahu, Kota Malang, Jawa Timur. Anggota TNI AU itu merupakan satu dari 12 personel korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 HS di Wamena, Papua.

Korban meninggalkan istri Titi Suhartiningsyih serta tiga orang anak lelakinya yakni M. Rizal yang baru lulus sekolah tahun ini, Ahmad Syauqi kelas II SMK, serta Novianto yang masih duduk di bangku kelas 2 sekolah dasar.

"Bapak berangkat Jumat pagi. Terakhir saya komunikasi dengan beliau pada Sabtu sore melalui pesan pendek, meminta saya mengambil surat kendaraan yang baru selesai beliau urus," ujar Syauqi, anak korban ditemui di rumah duka, Minggu (18/12/2016).

Syauqi dan saudara kandungnya sudah biasa ditinggal sang bapak untuk dinas sampai berhari-hari. Apalagi banyak anggota keluarga besar mereka yang juga jadi anggota TNI maupun polisi. Pribadi sang bapak juga dikenal tegas dan disiplin, terutama soal waktu.

"Kabar tentang musibah yang dialami oleh bapak juga pertamakali disampaikan oleh seorang saudara yang jadi polisi dan dinas di Papua," ucap Syauqi.

Kakak ipar korban, Kapten Teknik Sutikno mengatakan, korban dikenal mudah membantu anggota keluarga yang membutuhkan pertolongan. Pelda Lukman Hakim masuk TNI AU tahun 1991 dari jalur bintara dan sebelumnya dinas di Juanda Surabaya dan pindah ke Malang.

"Siapa saja keluarga kalau butuh bantuan, dia pasti tak segan membantu. Kebetulan saya dan almarhum juga dinas di tempat yang sama," ucap Sutikno.

Sutikno sendiri menjabat Kaorlat Ops Wing 2 di Pangkalan TNI AU Abdurrahman Saleh Malang. Ia mengaku terakhir bertemu dengan korban pada Selasa lalu di mushola Pangkalan Abdurrahman Saleh Malang.

"Ketemu biasa saja, tak ada obrolan serius. Keluarga tak ada firasat apapun atas musibah ini," kata Sutikno.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarif Hotel Tak Akan Naik pada Libur Natal dan Tahun Baru

Posted: 18 Dec 2016 01:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha hotel menjamin pada libur Natal dan Tahun Baru ini tidak ada lonjakan tarif hotel. Jika pun naik, tidak akan sebesar saat libur Lebaran.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran ‎Indonesia (PHRI) Haryadi Sukamdani mengatakan, tarif yang dipasang hotel pada libur Natal dan Tahun Baru ini tidak akan jauh berbeda dibandingkan tarif normal. Hal ini karena permintaan kamar hotel pada libur akhir tahun tidak sebesar saat libur Lebaran.

"Harganya tidak terlalu beda dibandingkan normal, karena tidak terlalu peak banget," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Dia mencontohkan, saat libur Lebaran, hotel-hotel yang berlokasi di daerah tujuan wisata biasanya menaikan tarifnya hingga 20 persen. ‎Namun hal tersebut tidak terjadi pada libur akhir tahun ini.

"Beda dengan saat Lebaran, biasanya ada surcharge. Misalnya di Solo atau Yogyakarta harganya naik sekitar 10 persen-20 persen dibandingkan normal. Tapi tergantung favorit atau tidak hotel tersebut," kata dia.

‎Sedangkan saat ini, lanjut Haryadi, tarif hotel masih normal. Kenaikan hanya dilakukan jika permintaan akan kamar hotel melonjak tajam pada jelang Natal atau Tahun Baru.

"Saat ini harga normal, kalau hotelnya ramai banget itu baru dia naikan, tapi kalau over all sih tidak. Biasanya naik itu baru di H-1 untuk Tahun Baru. Kalau Tahun Baru biasanya hitungan jam. Misalnya siang sepi tapi malam bisa tiba-tiba ramai," tandas dia.

Sebelumnya pada 13 Desember 2016, Hariyadi mengungkapkan jika tingkat hunian (okupansi) hotel pada libur Natal dan Tahun Baru diperkirakan bisa mencapai 80 persen. Okupansi tertinggi bakal terjadi pada malam pergantian tahun.

Haryadi mengatakan, ‎untuk okupansi, sebenarnya tergantung dari daerah di mana hotel tersebut berada. Namun rata-rata, tingkat hunian hotel pada Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan.

Ia pun memberikan contoh. Untuk libur Natal, hotel yang okupansinya tinggi berada di daerah yang mayoritas penduduknya umat Kristiani. Sedangkan untuk libur Tahun Baru akan lain lagi. Hotel di daerah wisata akan mengalami kenaikan tingkat hunian.

Namun menjelang Tahun Baru, okupansi hotel di daerah tersebut ‎justru menurun. Sebagai gantinya, okupansi hotel-hotel di daerah yang menjadi tujuan wisata akan meningkat. (Dny/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sikat PSM, Persipura Juara

Posted: 18 Dec 2016 01:27 AM PST

Liputan6.com, Jakarta  

Persipura Jayapura memastikan diri menjadi juara Torabika Soccer Championship 2016. Persipura menempati posisi puncak klasemen akhir dengan 68 poin dari 34 pertandingan.

Jumlah poin tersebut sudah tak mungkin dikejar Arema Cronus karena terpaut lima angka meski masih menyisakan satu laga. Tim Singo Edan baru menghadapi Persib Bandung pada malam nanti di Stadion Kanjuruhan.

Tiga angka tambahan tim Mutiara Hitam didapat setelah mengalahkan PSM Makassar di Stadion Mandala, Jayapura, Minggu (18/12/2016) siang WIB. Yohanes Ferinando Pahabol cs menang 4-2.

Meski hanya butuh hasil imbang untuk merebut gelar juara, pasukan Angel Alfredo Vera tampil menyerang sejak menit awal. Namun, gol baru tercipta di menit ke-21 melalui Pahabol. Skor 1-0 untuk Persipura.

Empat menit kemudian, Pahabol menggandakan keunggulan Persipura. Sepakan kaki kiri Pahabol dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau kiper Deny Marsel.

PSM memiliki peluang untuk memperkecil skor di menit ke-38. Tapi, eksekusi penalti Rasyid Bakri bisa diblok kiper Yoo Jae Hoon.

Empat menit jelang turun minum, tuan rumah menambah keunggulan. Kali ini tendangan keras Edward Wilson Junior yang mengoyak gawang PSM. Gol Osvaldo Ardiles Haay jelang turun minum membuat Persipura unggul 4-0 di babak pertama.

Di babak kedua, Persipura kembali tampil dominan. Tapi, hujan deras membuat tempo permainan jadi melambat lantaran lapangan tergenang air.

Pahabol memiliki peluang mencetak hat-trick. Namun, tendangannya dari dalam kotak penalti masih terlalu lemah sehingga dengan mudah ditangkap kiper Deny.

PSM belum menyerah. Upaya mereka mencetak gol balasan akhirnya tercipta di menit ke-85 lewat Rasyid Bakri. Lima menit kemudian, eks pemain Timnas Indonesia U-22 itu mencetak gol keduanya. Laga pun berakhir 4-2 untuk kemenangan Persipura.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Evakuasi Tersendat, Anak-anak Aleppo Terancam Mati Kedinginan

Posted: 18 Dec 2016 01:22 AM PST

Liputan6.com, Aleppo - Ribuan anak-anak kini terancam mati kedinginan di jalanan yang telah hancur di Aleppo. Hal itu diperingatkan oleh tim bantuan internasional, jika evakuasi terhadap penduduk sipil tak berjalan lancar.

Ratusan keluarga berkumpul di jalanan, sementara temperatur udara mencapai minus derajat Celcius pada Sabtu 17 Desember 2016. Mereka sengaja mempersiapkan diri di jalanan dan bekas bangunan yang telah jadi puing demi diangkut untuk evakuasi.

Para orangtua membakar sampah dan menyelimuti tubuh anak-anak dengan selimut, sementara mereka menghadapi dua pilihan yang menyakitkan: tetap tinggal dalam antrean bus meski suhu menggigit, atau meninggalkan barisan pergi mencari tempat perlindungan yang hangat dan menyerahkan tempat mereka bagi keluarga lain. Demikian seperti dikutip dari Telegraph, Minggu (18/12/2016).

"Sepertinya mereka tak punya pilihan, tinggal tapi bisa mati kedinginan atau, pergi meninggalkan barisan tapi nanti tak terangkut evakuasi. Ini sungguh keputusan tragis," kata Melodie Schindler, juru bicara untuk Komite Palang Merah Internasional (ICRC)

Temperatur diperkirakan akan mencapai -3 derajat Celcius pada Sabtu malam. ICRC sudah mewanti-wanti bahwa anak-anak dan mereka yang terluka paling berisiko tewas dari udara dingin yang  menggigit di Aleppo.

"Musim dingin ini akan menjadi pembunuh bagi ribuan keluarga yang tak punya perlindungan dasar bagi tubuh mereka," kata Norwegian Refugee Council.

"Ini adalah semacam perlombaan antara waktu dan cuaca agar mereka yang ingin evakuasi bisa aman dan selamat," tambah organisasi itu.

Sekitar 10.000 orang berhasil dievakuasi pada Kamis dan Jumat lalu.

Namun, pada Jumat, tiba-tiba evakuasi sempat berhenti karena permintaan rezim Suriah agar warga di dua desa yang dikuasai pemberontak juga bisa keluar.

Tentara pro-Presiden Bashar al-Assad mengatakan, mereka meminta warga sipil Syiah pendukung al-Assad dari desa Foua dan Kefraya bisa keluar. Tak lama setelah keluar, terdapat baku tembak yang membuat proses evakuasi berhenti.

Saat itu, pemerintah Suriah menuding pemberontak melontarkan senjata ke arah konvoi, sementara pemberontak menuduh justru tentara pemerintahlah pelakunya.

Bagi mereka yang berhasil keluar dari Aleppo mengalami kebingungan karena tak jelasnya bagaimana nasib mereka selanjutnya.

Salah satu dari mereka adalah Modar Sheko. Suster berusia 28 tahun itu turut berhasil naik bus hijau oleh pemerintah Suriah. Ia kini tinggal di tempat tinggal sementara di luar kota.

Sheko telah kehilangan segalanya. Saudara perempuannya tewas dalam serangan udara di rumah sakit di mana ia bekerja dari tahun 2012.

Saudara laki-lakinya tewas pada bulan November dan sang ayah meninggal beberapa jam kemudian setelah menguburkan anaknya akibat serangan udara.

Suster muda itu masih menggunakan foto keluarganya di Facebook-nya.

Meski ia kehilangan Aleppo, ia masih memiliki harapan bagi kotanya itu.

"Jiwaku masih berada di kota itu bersama teman-teman, rumahku, saudaraku, ayahku, rumahku... dan tanahku," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Manchester City Vs Arsenal: Misi Mengejar Chelsea

Posted: 18 Dec 2016 01:20 AM PST

Liputan6.com, Manchester - Duel big match akan terjadi di Liga Inggris nanti malam di Etihad Stadium. Manchester City akan menjamu Arsenal untuk menjaga peluang juara.

Saat ini kedua tim sedang memburu Chelsea yang berada di puncak klasemen. Manchester City masih berada di posisi keempat klasemen.

Anak asuh Pep Guardiola mengoleksi 33 poin dari 16 pertandingan. Sementara Arsenal setingkat diatasnya dengan selisih satu angka.

Belakangan ini Manchester City tampil tidak konsisten. Dari lima laga terakhir di semua kompetisi, mereka hanya menang dua kali, menelan dua kekalahan dan sekali imbang.

Lini belakang The Citizens menjadi sorotan karena sangat rapuh saat lawan menerapkan serangan balik. Itu sebabnya Guardiola ingin timnya tampil solid agar bisa menekuk tim tamu.

"Arsenal adalah tim terbaik dalam melakukan seranga balik. Mereka punya banyak talenta berbakat," kata Guardiola seperti dilansir Eurosport.

"Kami harus tampil bagus melawan Arsenal. Saya sendiri sangat kagum dengan cara Arsene Wenger menerapkan taktik," ucapnya menambahkan.

Di laga ini City akan tampil tanpa Sergio Aguero dan Fernandinho. Sementara Arsenal tidak akan diperkuat Shkodran Mustafi, Aaron Ramsey, Mathieu Debuchy, Santi Cazorla, Per Mertesacker, dan Danny Welbeck.

Arsenal sendiri baru saja menelan kekalahan perdananya tengah pekan lalu sejak pembukaan Liga Inggris. Mereka takluk 1-2 dari Everton dan menjauh dari puncak klasemen.

"Kunci dalam laga lawan City adalah kami harus kompak bertahan. City tim yang sangat kuat dalam menyerang, apalagi sekarang ditangani Guardiola," ucap Wenger.

Prakiraan susunan pemain Manchester City Vs Arsenal:

Manchester City: Bravo; Sagna, Otamendi, Stones, Clichy; Toure, Fernando, Sane, De Bruyne, Silva; Iheanacho

Arsenal: Cech; Bellerin, Gabriel, Koscielny, Monreal; Elneny, Xhaka, Walcott, Ozil, Iwobi; Sanchez

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ENAM PLUS: Jenazah Korban Jatuhnya Pesawat Hercules TNI Dievakuasi

Posted: 18 Dec 2016 01:20 AM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengerikan, Selena Gomez Terobsesi Justin Bieber

Posted: 18 Dec 2016 01:20 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Kisah cinta Selena Gomez dan Justin Bieber terus membekas di pikiran publik. Keduanya memang dikenal sebagai pasangan kekasih yang romantis di Hollywood. Sejak mengumumkan berpacaran 2011 silam, Justin Bieber dan Selena Gomez tampak selalu mesra di depan publik.

Sayangnya, hubungan Justin Bieber dan Selena Gomez putus 2012 silam. Tak lama, Justin Bieber dan Selena Gomez kembali bersama, tapi memutuskan berpisah lagi di tahun 2013. Sejak itu, hubungan keduanya seperti roller-coaster hingga Juni 2014 silam, Justin Bieber mengunggah foto bersama dengan Selena Gomez.

Justin Bieber sempat dekat hingga berpacaran dengan beberapa wanita, termasuk Sofia Richie. Kedekatannya dengan Sofia Richie sempat membuat Selena Gomez meradang. Bahkan, Selena Gomez berkomentar negatif di akun Instagram Justin Bieber, saat pelantun "Baby" itu mengunggah foto dirinya dengan Sofia Richie.

Hal itu diduga menjadi penyebab Selena Gomez kembali menjalani rehabilitasi. Sebuah kabar menyebutkan, Selena Gomez memang terobsesi Justin Bieber. Mantan bintang Disney itu dilaporkan ingin memiliki Justin Bieber seutuhnya, tak rela mantan kekasihnya itu jatuh ke pelukan wanita lain, diwartakan FoxNews, Minggu (18/12/2016).

Seorang sumber menyebutkan, Selena Gomez kembali memantau akun media sosial milik Justin Bieber. Bahkan, Selena Gomez sempat mengirimkan pesan berupa foto saat dirinya tengah mesra dengan Justin Bieber ke temannya tersebut.

"Sungguh mengerikan. Dia tak akan berhenti. Dia bilang, `sangat merindukannya. Melihat foto-foto itu membuatnya bahagia.` Namun teman-teman Selena khawatir dengan kondisinya itu," ujar seorang sumber.

Saat ini, Selena Gomez memutuskan untuk absen sementara dari industri hiburan. Keputusan itu diambil Selena Gomez pada September 2016 untuk fokus menyembuhkan dirinya.

Selena Gomez dikabarkan tengah menjalani rehabilitasi karena depresi dan penyakit lupus yang ia derita.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Lokasi Disiapkan Jadi Pemakaman Kru Hercules Jatuh di Wamena

Posted: 18 Dec 2016 01:19 AM PST

Liputan6.com, Malang - Seluruh jenazah anggota TNI AU korban pesawat Hercules C-130 HS yang jatuh di Wamena, Papua, diperkirakan tiba di Pangkalan TNI AU Abdurrahman Saleh Malang, Jawa Timur, malam ini.

Jenazah para korban akan dimakamkan sesuai keinginan pihak keluarga. Apakah di makam keluarga, Taman Makam Pahlawan Untung Suropati Kota Malang, atau kompleks pemakaman Pangkalan TNI AU Abdurrahman Saleh Malang di Taman Makam Marga Baka.

Komandan Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Marsekal Pertama Djoko Senoputro, sudah mendatangi rumah duka seluruh korban. Pertemuan dengan keluarga membicarakan proses kedatangan sampai lokasi pemakaman korban Hercules jatuh.

"Ada yang meminta dimakamkan pihak keluarga, ada yang menyerahkan ke TNI AU. Dari kami ada dua lokasi pemakaman yaitu Taman Makam Pahlawan dan Makam Marga Baka," kata Djoko di Malang, Minggu (18/12/2016).

Saat melayat ke rumah duka, Djoko meminta pihak keluarga agar kuat dan ikhlas menerima musibah ini. Seluruh korban adalah putra terbaik bangsa yang gugur saat menjalankan misi negara. Santunan untuk keluarga korban akan diberikan, namun prioritas saat ini adalah pemulangan korban.

Pesawat Hercules TNI AU yang dipiloti Mayor Pnb Marlon A. Kawer, ditemukan jatuh di Kampung Minimo, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya, setelah dinyatakan hilang kontak dengan Bandara Wamena. Sebanyak 12 kru serta seorang penumpang menjadi korban dalam musibah itu.

"Ini semua musibah, kita tak bisa kita menyalahkan takdir. Kita sudah berusaha," ujar Djoko.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Hanya Cerita Dongeng, Desa Sinterklas Sungguhan Ada di Negara Ini

Posted: 18 Dec 2016 01:11 AM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Arema Cronus Vs Persib di Liputan6.com

Posted: 18 Dec 2016 01:10 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Arema Cronus memang harus melupakan ambisi mereka jadi juara Torabika Soccer Champinship presented by IM3 Ooredoo. Pasalnya, gelar juara TSC akhirnya jadi milik Persipura Jayapura yang berhasil menghajar PSM Makassar di laga terakhir.

Namun, bukan berarti Arema akan begitu saja melepas laga terakhir, saat menjamu Persib Bandung. Apalagi, mereka akan tampil di hadapan suporter sendiri di Stadion Kanjuruhan, Malang, malam ini.

Maka itu, di laga ini, pasukan Arema diprediksi akan tetap tampil fight. Apalagi, lawan yang dihadapi juga merupakan salah satu tim terbaik di negeri ini.

Di sisi lain, Persib juga berambisi menutup kompetisi dengan kemenangan. Manajemen Persib, kabarnya bahkan telah menyiapkan bonus cukup besar jika bisa membawa pulang kemenangan dari Malang.

Anda dapat menyaksikan pertandingan ini melalui live streaming di Liputan6.com, pada halaman selanjutnya.

Untuk link live streaming silakan klik di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Now Live Streaming Sriwijaya FC Vs PBFC di Liputan6.com

Posted: 18 Dec 2016 01:05 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sriwijaya FC masih berambisi memperbaiki posisi mereka yang saat ini masih tertahan di peringkat ketujuh klasemen Torabika Soccer Championship preseted by IM3 Ooredoo. Jika sore ini Sriwijaya bisa mengalahkan Pusamania Borneo FC (PBFC), ambisi itu bukan tak mungkin terwujudkan.

Pasalnya, Sriwijaya, yang saat ini mengoleksi 53 poin, akan bermain di kandang sendiri, Stadion Jakabaring. Di sisi lain, tiga pesaing mereka: Bhayangkara FC, Persib Bandung, dan PSM Makassar akan menjalani laga tandang berat. Ketiga tim ini hanya berselisih satu poin dengan Sriwijaya.

Modal Sriwijaya menjalani laga ini juga cukup besar. Terakhir, mereka menang besar 5-2 saat jadi tamu PS TNI, Kamis (15/12/2016) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Namun, di sisi lain PBFC juga memiliki ambisi sama: tiga poin. Mereka ingin menutup kompetisi dengan kemenangan, setelah di dua laga sebelumnya, ditekuk Persib Bandung (0-1) dan ditahan Arema Cronus 2-2.

Laga ini dapat Anda saksikan melalui live streaming di Liputan6.com, pada halaman selanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Riedl atau Kiatisuk Pelatih Timnas Indonesia di Masa Depan?

Posted: 18 Dec 2016 01:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali gagal menjadi juara Piala AFF. Skuad Garuda --Timnas Indonesia-- gagal mengikuti jejak Leicester City, Timnas Chile, dan Portugal, tim yang diremehkan tapi bisa keluar sebagai juara di Liga Inggris, Copa America dan Piala Eropa 2016.

Sabtu (17/12/2016) malam WIB, tim besutan Alfred Riedl kalah 0-2 dari Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok pada leg kedua partai final Piala AFF 2016. Kekalahan itu membuat Timnas Indonesia gagal menjuarai Piala AFF 2016 karena kalah agregat 2-3.

Kegagalan ini menambah panjang rekor buruk Indonesia di final Piala AFF. Timnas Indonesia sudah lima kali menjadi runner-up Piala AFF. Sebelumnya terjadi pada tahun 2000, 2002, 2004 dan 2010.

Riedl sendiri mengatakan bahwa kesulitannya untuk Piala AFF adalah pemilihan pemain. Sebab, PSSI hanya mengizinkan Riedl membawa dua pemain dari masing-masing klub di Indonesia.

Ini menjadi kegagalan ketiga Riedl bersama Skuad Garuda. Sebelumnya, dia juga sudah dua kali memimpin Timnas Indonesia pada Piala AFF 2010 dan 2014.

Meski sudah tiga edisi belum memberikan trofi untuk Timnas Indonesia, Riedl masih mengisyaraktan dirinya bakal menjadi pelatih Skuad Garuda.

"Saya tidak tahu karena sejauh ini belum ada yang berbicara tentang itu. Jadi, saya tidak tahu apa yang harus dikatakan. Saya juga tidak tahu rencana federasi (PSSI) ke depan," ungkap pelatih berusia 67 tahun ini.

"Tapi itu akan sangat menarik untuk membuat timnas yang kuat dengan segala kemungkinan, tidak seperti tahun ini yang menyulitkan. Dan mungkin nanti kami bisa menantang Thailand dengan cara lain," ucap mantan pelatih Vietnam ini.

Sejauh ini, PSSI belum memberikan konfirmasi mengenai pelatih Timnas Indonesia di masa depan. Namun, pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang bersedia menjadi nakhoda Skuat Garuda.

Kiatisuk merupakan orang paling sukses di sepak bola Thailand. Dia meraih tiga gelar Piala AFF sebagai pemain dan dua trofi Piala AFF sebagai pelatih.

Catatan prestasi Kiatisuk menyamai Franz Beckenbauer. Legenda Timnas Jerman mampu menjuarai Piala Dunia 1974 saat menjadi pemain dan memenangkan Piala Dunia 1990 ketika menjadi pelatih untuk Jerman.

"Terima kasih kepada fans Indonesia. Banyak yang meminta saya melatih Indonesia. Tapi saat ini saya masih ingin bersama tim nasional Thailand. Kami masih ada pertandingan kualifikasi Piala Dunia (2018 zona Asia)," kata Kiatisuk seperti dikutip Goal.

"Mungkin (bisa saja) suatu saat nanti, jika saya sudah tidak dipercaya lagi (menangani Timnas Thailand). Ini sudah menjadi bagian dari kehidupan pelatih profesional," ucap pria berusia 47 tahun tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkesan, Raisa Simpan Fotonya dengan Pria Ini

Posted: 18 Dec 2016 01:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Raisa agaknya belum bisa move on dari pria ini. Buktinya, foto berdua dengan sang pria disimpan dan baru 10 hari kemudian diunggah di akun pribadi Instagramnya. Siapa dia?

 

 

Ternyata pose Raisa dengan Brian McKinght. Sekeping foto itu menampilkan wajah sendu Raisa. Dia menyanyi berduet dengan legenda hidup dunia musik tersebut. Brian McKinght tampak memainkan keyboardnya.

Inilah salah satu penampilan mereka di panggung konser "'90 Soul Ace" di Jakarta, awal Desember lalu. Dan, Raisa baru mengunggah fotonya bersama salah satu penyanyi adult contemporery itu,  di akun Instagram miliknya, 10 hari kemudian.

Dalam caption foto tersebut, Raisa menuliskan perasaan hatinya tentang alasan mengapa begitu lama dari kejadian, dia mengunggah foto itu. Rupanya ia ingin merasakan momen tersebut untuk dirinya sendiri saja. "It's because I wanted that moment to be mine."

Tentu penggemar Raisa yang jadi followers-nya paham, jika idolanya itu sedang semringah dengan panggung tersebut. Dan, itu tak menghalangi mereka untuk tetap memuji Raisa. Dengan dress off shoulder hitamnya, kekasih aktor Hamis Daud itu memang tampak menawan. 

Misalnya komentar: @gemasemesta: "One of Ur biggest dreams !" atau @bondanizer: "You so beautiful.. 😍😍😘😘".

Sebelum acara digelar, saat jumpa wartawan, sebenarnya Brian McKnight sudah memuji Raisa lebih dulu. "Dia adalah penyanyi yang luar biasa. Saya mendengar beberapa lagunya, dan itu sangat mengagumkan. Saya belum bertemu tapi sudah bicara lewat social media," papar pelantun tembang "One Last Cry" itu. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masturbasi Berlebihan Bisa Bikin Rambut Rontok

Posted: 18 Dec 2016 01:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Menyentuh penis, vagina, payudara, atau bahkan bibir dengan tangan sendiri adalah tindakan untuk membangkitkan hasrat seksual pria dan wanita yang dikenal dengan masturbasi.

Meski masturbasi menyenangkan, tetapi kecanduan masturbasi atau melakukannya dengan berlebihan dapat memberikan efek buruk untuk kesehatan fisik dan mental individu.

Mengutip laman Articles Factory, Minggu (18/12/2016) 16 efek buruk ini dapat mengintai tubuh saat masturbasi berlebihan.

1. Ketidakseimbangan mental
2. Gairah bercinta dengan lawan jenis menurun
3. Kesulitan mencapai orgasme saat bercinta
4. Peradangan atau abrasi dari organ seks pria
5. Penis bisa mati rasa
6. Masalah kebocoran air mani
7. Jumlah sperma rendah
8. Ereksi lemah
9. Tubuh rentan sakit
10. Perubahan suasana hati
11. Kurangnya fokus atau kemampuan untuk memperhatikan
12. Kehilangan minat dalam pekerjaan
13. Rasa malu atau bersalah
14. Kelelahan
15. Perubahan visi atau pengelihatan
16. Kerontokan rambut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kumpulan Meme Internet Terpopuler Sepanjang 2016

Posted: 18 Dec 2016 01:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artikel yang merangkum kumpulan meme terpopuler sepanjang tahun 2016, menjadi artikel yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com edisi Sabtu (17/12/2016).

Selain itu, dua artikel lainnya yang menyedot perhatian pembaca adalah artikel tentang misteri planet cantik berselimut awan safir dan jumlah pengguna aktif Instagram di dunia yang mencapai lebih dari setengah miliar orang.

Selengkapnya, simak Top 3 Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Kumpulan Meme Internet Terpopuler Sepanjang 2016

Maraknya aktivitas internet di berbagai linimasa media sosial (medsos) ternyata tak lepas dari yang namanya meme (baca: mim, red.). Ya, meme adalah kumpulan gambar parodi yang lucu dengan sentuhan lelucon yang mengolok suatu tokoh, fenomena atau mengangkat tren yang sedang naik daun.

Indonesia pun bisa dibilang sebagai negara 'Raja Meme'. Sebagai bukti, para kreator meme begitu kreatif memanfaatkan suatu momen dengan menghadirkan sejumlah meme yang menggelitik.

Banyak sekali kejadian dan tren menarik di sepanjang 2016, semua tentu ada meme-nya. Untuk itu, Tekno Liputan6.com akan sajikan kumpulan meme internet terpopuler sepanjang 2016 sebagaimana dirangkum Google Indonesia. Simak daftarnya berikut ini.

Selanjutnya baca di sini

 

2. Misteri Planet Cantik Berselimut Awan Safir

Sebuah planet yang berlokasi sekitar seribu tahun cahaya dari Bumi tengah diincar NASA. Bukan tanpa alasan Badan Antariksa Amerika Serikat itu mengincar planet ini. Pasalnya, planet yang dinamai HAT-P-7b tersebut memiliki awan yang terbentuk dari material kristal safir dan rubi.

Dilansir Mirror pada Sabtu (17/12/2016), para astronom NASA memang belum melihat dengan jelas seperti apa wujud planet tersebut. Namun, menilik perkiraan ekosistem planet dengan langit kristal serta kandungan gas raksasa yang 16 kali lebih besar dari Bumi, planet itu bisa dibilang satu-satunya planet megah karena memiliki kandungan kristal yang berlimpah.

Para astronom juga menilai planet tersebut bersifat corundum, yang artinya memiliki kandungan mineral batu kristal, hadir dalam warna merah dan biru batu safir dan rubi. NASA juga tengah mempelajari pola cuaca HAT-P-7b dengan meneliti pergerakan kandungan gas tersebut. Menurut mereka, planet ini memiliki fenomena badai gas yang sering terjadi dalam waktu yang tidak ditentukan.

Selanjutnya baca di sini

 

3. Lebih dari Setengah Miliar Orang di Dunia Aktif di Instagram

Jumlah pengguna Instagram melesat tinggi bak roket. Pada Juni 2016 lalu, media sosial berbagi foto dan video itu mengumumkan telah memiliki setengah miliar pengguna aktif.

Pencapaian tersebut diraih Instagram dalam kurun waktu 5,5 tahun, sebuah rentang waktu yang cepat untuk mengantongi ratusan juta pengguna.

Kini, jumlah pengguna media sosial milik Facebook itu sudah mencapai lebih dari setengah miliar, tepatnya 600 juta, atau dua kali lipat dibanding jumlah pengguna pada 2014 lalu. Tak butuh waktu lama, karena hanya dalam waktu enam bulan sejak Juni 2016, Instagram mampu mencaplok seratus juta pengguna aktif tambahan.

Selanjutnya baca di sini

(Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Bunuh Diri Tewaskan 41 Tentara yang Sedang Antre Terima Gaji

Posted: 18 Dec 2016 12:55 AM PST

Liputan6.com, Aden - Sebuah bom bunuh diri di Aden, Yaman, menewaskan setidaknya 41 tentara dan melukai lainnya. Hal tersebut dikemukakan oleh dua pejabat keamanan senior Yaman atas peristiwa yang terjadi pada Minggu, 18 Desember 2016.

Truk darurat membanjiri area serangan, sementara jalanan ditutup oleh pasukan militer. Tentara yang menjadi korban luka dibawa ke empat rumah sakit di Aden.

Dikutip dari CNN, Minggu (18/12/2016), pembom bunuh diri menyerang pangkalan militer Al Solban di saat tentara berbaris untuk menerima gaji. Para pejabat mengatakan, bomber tersebut dapat masuk ke pangkalan dengan berpakaian sebagai seorang prajurit.

Aden adalah ibu kota de facto Yaman. Ibu kota yang sebenarnya, Sanaa, berada di bawah kendali pemberontak Houthi sejak tahun lalu.

Yaman telah dilanda perang dan menjadi medan pertempuran atas perang proxy yang terjadi antara Arab Saudi dan Iran.

Sementara itu Houthi yang merupakan kelompok minoritas di Yaman, pada tahun lalu melakukan pemberontakan terhadap pemerintah yang dipimpin Presiden Abdu Rabu Mansour Hadi yang didukung oleh Arab Saudi.

Hal tersebut mendorong koalisi yang dipimpin Arab Saudi untuk meluncurkan serangan udara dalam mendukung pemerintahan Hadi terhadap pemberontak di Yaman pada Maret 2015.

PBB menyebut konflik itu sebagai "bencana kemanusiaan" dan telah menewaskan sekitar 10.000 orang di Yaman dan membuat jutaan warga lainnya membutuhkan bantuan.

Pasukan pemerintah dan koalisi yang dimpimpin Arab Saudi juga sedang berperang melawan kelompok cabang Al Qaeda di Yaman (AQAP) dan ISIS, di mana keduanya merupakan kelompok anti-pemerintah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pekerjaan Unik Bergaji Tinggi, Menerjemahkan Emoji

Posted: 18 Dec 2016 12:53 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah perusahaan penerjemahan global yang berbasis di London mencari penerjemah untuk menerjemahkan emoji sekaligus menjadi 'penerjemah resmi emoji' pertama di dunia. Menurut CNN, posisi yang diiklankan di situs Today Translations sejak dua minggu lalu itu telah menarik minat 100 pelamar dari seluruh dunia.

CEO dan pendiri Today Translations, Jurga Zilinskiene mengatakan, perusahaannya menginvestasikan waktu dan energi karena percaya penggunaan emoji akan semakin populer. Terlebih, menerjemahkan emoji bukanlah perkara mudah.

Sebagai contoh, emoji yang menunjukkan seseorang yang tertawa sangat keras sampai keluar air mata dianggap sebagai 'wajah tawa bahagia' oleh orang Barat. Sebaliknya, bagi orang Timur Tengah, emoji tersebut malah bermakna kesedihan.

Contoh lainnya, dalam budaya Jepang, seorang guru akan menggunakan simbol bunga putih untuk memberi pujian pada siswa yang menjalankan pekerjaan dengan baik. Namun, hal itu mungkin berbeda maknanya dengan budaya di negara lain.

Lingkup pekerjaan ini meliputi penerjemahan emoji pada klien, membuat laporan setiap bulan mengenai tren penggunaan emoji, perkembangan, dan perbedaan budaya dalam penggunaan emoji.

Gaji yang ditawarkan yakni antara Rp 900.000 sampai Rp 1.700.000 per 1.000 kata. Menurut Jurga, spesialis emoji akan memiliki struktur gaji yang berbeda mengingat satu emoji tidak melambangkan satu kata.

Penggunaan emoji sendiri semakin populer beberapa tahun belakangan ini. Sampai-sampai emoji menjadi 'word of the year' oleh Oxford Dictionaries pada tahun 2015.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terangi NTT, PLN Datangkan Kapal Pembangkit Listrik

Posted: 18 Dec 2016 12:45 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) berkapasitas 60 MW yang disewa PLN tiba di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kehadiran kapal ini akan memenuhi kebutuhan listrik di wilayah NTT dan sekitarnya.

"Dengan kapasitas itu kami bisa menyuplai listrik ke seluruh daratan timor," ujar Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara Machnizon Masri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Dia menjelaskan, saat ini, kapal pembangkit listrik tersebut masih melalui pemeriksan administrasi oleh imigrasi dan Balai Karantina. Setelah diperiksa kapal tersebut akan berpindah ke Pelabuhan Bolok dan menyuplai listrik ke Gardu Induk Bolok yang kemudian diteruskan sampai ke sistem Timor.

Selain itu PLN akan membangun jaringan hingga ke Kabupaten Belu, karena saat ini Jaringan PLN baru sampai di Soe.

Dengan kekuatan 60 MW dari kapal pembangkit listrik, maka akan terjadi surplus daya listrik di NTT ditambah dengan IPP Bolok yang akan beroperasi sekitar di 2017 nantinya dengan kapasitas 16,5 x 2 MW.

Diperkirakan di 2017 akan ada tambahan daya 90 MW di luar dari beban puncak Kota Kupang yang sekarang mencapai 75 MW.

"Inilah langkah cepat PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik yang memadai dan selamat menikmati listrik warga kota Kupang," tandas Machnizon. (Dny/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Kita Berduka Atas Jatuhnya Pesawat Hercules di Wamena

Posted: 18 Dec 2016 12:41 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi turut berduka atas musibah kecelakaan yang menimpa pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara (AU) di Wamena, Papua. Dia berharap agar ke depan hal serupa tidak terulang kembali.

"Kita kembali berduka atas jatuhnya pesawat TNI AU di Wamena. Akar masalah harus dapat diatasi, agar tidak terulang lagi -Jkw," cuit Jokowi sekitar pukul 12.30 WIB, Minggu (18/12/2016).

Informasi yang diterima Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Jemi Trisonjaya, pesawat C-130HS Hercules TNI AU dengan nomor registrasi A-1334 pilot Mayor Pnb Marlon A Kawer terjadi hilang kontak. Kejadian tersebut berlangsung saat pesawat dalam penerbangan dari Timika ke Wamena, Papua, pukul 06.09 WIT.

Kemduian pukul 08.40 WIT, pesawat itu ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat tersebut. Pesawat Hercules yang ditumpangi 30 personel Kodim 1702/JWY di bawah pimpinan Kapten Inf Irvan (Pasi Intel Kodim 1702/JWY) itu dilakukan evakuasi.

Dalam peristiwa ini, sebanyak 13 orang meninggal dunia yang terdiri dari 12 kru pesawat dan 1 penumpang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kuta, Sanur, Ubud, Nusa Dua Bikin Heboh Bali di Tahun Baru 2017

Posted: 18 Dec 2016 12:40 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Sudah ada rencana berlibur Natal dan Tahun Baru 2017? Akhir Desember 2016 sudah di depan mata. Nah, kalau belum, silakan nikmati sensasi baru ke Bali. Ajakan ini dibisikkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Bali, Anak Agung Gede Yuniartha.

"Ada empat destinasi yang punya acara sangat besar. Yakni di Kuta, Sanur, Ubud dan Nusa Dua Bali. Semua acara dikelola oleh Industri Pariwisata yang ada di Bali. Kami sangat lengkap untuk urusan pesta tahun baru, dan jangan khawatir kekurangan Hotel, karena okupansi Hotel tetap masih terbuka lebar," ujarnya.

Pria yang biasa disapa Agung itu menambahkan, saat ini di Bali tersedia sekitar 5.000 Hotel dan memiliki 130 ribu kamar. "Selama ini tingkat keterisiaannya baru 50 persen, jadi tidak usah takut kehabisan Hotel kalau di Bali. Selain itu juga banyak acara yang bisa dinikmati di Bali,"ujar Agung.

Agung menjamin semua acara akan meriah, itu karena semua industri pariwisata yang ada di Bali sejauh ini memiliki persiapan pesta natal dan tahun baru yang sangat baik.

"Industri di Bali sangat inovatif, mereka punya skema-skema yang bagus dalam mempersiapkan pesta tahun baru," ujar Agung.

Agung juga mengatakan bahwa saat ini lonjakan Wisman di bulan November dan Desember mengalami pelonjakan yang sangat signfikan.

"November kemarin naik 400 ribu Wisman, kalau dari presentasenya sebesar 22 persen. Bulan Desember ini prediksi kami akan bertambah mulai tanggal 23 Desember mereka akan datang ke Bali," ujarnya.

Ke depannya, dia berharap Bandara International Ngurah Rai mendapatkan tambahan luas dan kapasiras area parkir pesawat. Karena dengan adanya tambahan tersebut, maka kapasitas dan penambahan Wisman juga akan semakin bertambah.

"Saat ini slot yang tersedia adalah hanya mendarat malam jam 2 hingga jam 4 pagi. Ini jam yang sangat tidak ideal bagi Wisman. Tahun berikutnya, semoga ada penambahan Bandara dan juga pembangunan Bandara baru di Bali Utara. Itu akan menambah kunjungan Wisman semakin banyak lagi ke Bali," ujar Agung.

Agung juga berharap agar Bali dan beyond Bali terus menjadi ikon pariwisata nasional. Agung juga sempat mempromosikan bahwa Januari nanti akan ada imlek yang akan menambah daya tarik Pulau Dewata.

"Tahun 2017 nanti ada Imlek, yang jatuh pada akhir Januari. Perayaan bagi warga Tiongkok, yang tahun lalu jatuh pada bulan Februari dan diwarnai dengan ratusan chartered flight mendarat ke Bali," ungkap dia.

Agung memaparkan lagi, untuk pesta Tahun Baru 2017 ini akan banyak pesta tahun baru di Bali, dari pagelaran musik, penampilan DJ, pesta kembang api, pesta bahari, pesta pergantian tahun dengan konser artis ternama, hingga acara dengan mengedepankan kearifian lokal semua ada di Bali.

Sekadar informasi, baru saja, penyuka sport tourism, dihibur dengan Bali Beach Run pada 11 Desember 2016, yang lalu. Peserta lomba bisa menyusuri beragam pantai indah yang tersebar dari Pantai Petitenget menuju Pantai Kuta. Keindahan Pantai Seminyak, Pantai Double Six, Pantai Padma, dan Pantai Legian, bisa dinikmati sambil berlari. Sekitar 5000 Wisman ikut pertandingan tersebut. Sementara pecinta olahraga Golf, bisa hadir di New Kuta Golf Pecatu Terbuka 2016. Di sini tiap peserta bisa membubuhkan namanya langsung di Wall of Fame New Kuta Golf Pecatu.

Perayaan Natal yang juga bisa dinikmati di Bali. Sensasi Natal di Bali punya warna beda. Selama Natal, umat kristiani Bali berkumpul di gereja-gereja unik yang memadukan fitur arsitektur tradisional Bali.Selain itu, terdapat juga Winter Wonderland Christmas Eve Dinner yang bisa dinikmati. Sensasi keajaiban Natal dengan dekorasi salju dan musim dingin bisa dinikmati di Alila Seminyak. Mulai Sabtu, 24 Desember 2016.

Natal juga bisa dinikmati dengan suasana pantai. Bagi yang suka bahari, ada Christmas BBQ by the Beach yang siap menyapa mulai 24 Desember 2016. BBQ mewah kelas dunia dan prasmanan di Christmas BBQ dengan panorama pantai bisa dinikmati di The Laguna Bali. Ini memang sedikit sensasional, karena dirayakan di pantai yang biru dan berpasir putih.

Puncaknya adalah Festival Malam Tahun Baru. Acaranya digelar mulai 31 Desember 2016 hingga malam pergantian tahun. Parade kembang api warna warni bak Opening dan Closing Ceremony Olimpiade bisa dinikmati di Pulau Dewata ini.

"Tanggal 31 Desember juga ada Festive Gala Dinner with Anggun," terang Agung.

Pertunjukan kembang api atau firework dan pesta beragam kemeriahan dipastikan akan meramaikan Festive Gala Dinner with Anggun di Sofitel Nusa Dua.

"Silahkan pilih yang Anda suka. Ada banyak even yang bisa dinikmati hingga akhir tahun di Bali," pungkasnya.

Menpar Arief Yahya berharap agenda acara akhir tahun di Bali sukses, dan membuat wisman semakin betah berada di Pulau Dewata itu. Juga semakin banyak wisatawan yang masuk ke Bali dan membuat industri di sana semakin bergairah. Kalau banyak wisman, banyak industri hidup, masyarakat sejahtera dan pendapatan Negara juga meningkat.

"Selamat dan sukses! Bali," sebutnya.

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia Belum Juara, Riedl Tetap Merasa Beruntung

Posted: 18 Dec 2016 12:40 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, mengaku tidak ada mimpi yang belum tercapai dalam hidupnya. Sepanjang hidup hingga 67 tahun sejauh ini, Riedl merasa benar-benar beruntung.

Riedl kemarin malam gagal mengantarkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2016. Di final yang berlangsung dalam dua leg, Timnas Indonesia kalah agregat 2-3 dari Thailand.

Namun dalam kehidupan, Riedl mengatakan, ia dikelilingi orang-orang yang baik. Dia pun merasa puas dan beruntung dengan apa yang telah dilakukan selama ini.

"Tidak ada cita-cita yang belum tercapai, karena saya tahu betul bahwa saya sangat sangat istimewa," ujar Riedl kepada Liputan6.com.

"Saya memiliki istri terbaik di dunia, anak-anak saya wonderful, beberapa teman yang sangat baik," tutur pelatih asal Austria ini.

Dia juga merasa cukup berhasil di sepak bola, baik sebagai pelatih maupun pemain. Belum lagi kesehatan ginjalnya yang membaik usai operasi.

"Beberapa keberhasilan dalam pekerjaan saya, ginjal dari orang Vietnam, dan yang lain. Saya seorang pria yang benar-benar beruntung," ucap Riedl.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Promosikan Pedofilia, Drama Baru Gong Yoo Dikritik Pedas

Posted: 18 Dec 2016 12:40 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Drama terbaru Gong Yoo berjudul Goblin atau Guardian: The Lonely and Great God tengah menjadi pembicaraan, karena dianggap sebagai drama fenomenal. Belum lama tayang, Goblin sudah menempati posisi khusus di hati penggemar.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Yonhap, Goblin juga menjadi drama yang paling sering dibicarakan di media sosial. Netizen menyebut Goblin sebanyak 40.737 kali dalam satu hari. Laporan mengatakan, raihan yang didapatkan Goblin termasuk fantastis. Bahkan, data yang menyebutkan kata "Goblin" meroket hingga tak bisa dihentikan.

Di balik banyaknya pujian, Goblin juga mendapatkan kritikan pedas. Drama yang dibintangi Kim Go Eun itu dianggap mempromosikan pedofilia, penyimpangan seksual sesorang yang memiliki hasrat kepada anak di bawah umur.

 

Goblin yang dimainkan oleh Goong Yoo, digambarkan sebagai seorang pria matang berusia pertengahan 30 tahun. Perbedaan usia yang sangat mencolok antara Goblin dan Ji Eun Tak (Kim Go Eun) yang baru berusia 19 tahun, dianggap tak pantas, diwartakan Yibada, Minggu (19/12/2016).

Beberapa netizen mengungkapkan rasa tidak suka terhadap drama Goblin dengan membanjiri kolom komentar via AllKPop. Mereka beranggapan, Gong Yoo seperti seorang psikopat yang jatuh cinta dengan anak di bawah umur.

"Apakah aku harus menonton drama yang menggambarkan pedofilia di tahun 2016 ini?" tulis seorang netizen.

Pengguna lainnya menyatakan, "dia seorang pria usia matang yang jatuh cinta dengan seorang remaja. Percintaan mereka terlihat menjijikkan. Aku tak sudi menontonnya."

[Foto: Doc tvN]

Goblin bercerita tentang Kim Shin (Gong Yoo), manusia yang terkena kutukan sekaligus berkah menjadi goblin ditakdirkan tetap hidup selamanya. Kim Shin yang merupakan mantan jenderal di era Goryeo yang mati karena pedangnya sendiri, mengubahnya menjadi Goblin karena air mata pengikutnya. Ia menderita melihat kematian orang tercintanya satu per satu.

Hanya satu cara mengakhiri itu semua, membuat dirinya menutup mata dengan tenang. Ia harus menemukan pengantin yang bisa mencabut pedang dari dalam dirinya. Dengan cara itu, Goblin akan mati dengan tenang. Rupanya sosok pengantin Goblin itu ditemukan dalam seorang remaja bernama Ji Eun Tak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bus Terbalik di Pemalang, 8 Orang Tewas

Posted: 18 Dec 2016 12:32 AM PST

Liputan6.com, Pemalang - Bus Handoyo berpelat nomor polisi AA 1409 EA terbalik di persawahan di tepi Jalan Raya Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, pada Sabtu (1712) pukul 23.30 WIB dan mengakibatkan delapan orang tewas.

"Korban tewas maupun luka dibawa ke Rumah Sakit Umum (RSU) Ashari. Korban meninggal di tempat kejadian perkara empat orang sedang empat lainnya di rumah sakit," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pemalang AKP Riswanto di Pemalang, Minggu.

Seperti dilansir dari Antara, Minggu (18/12/2016), Riswanto mengatakan kecelakaan tunggal bus berpenumpang 40 orang itu juga mengakibatkan delapan orang luka berat, dan 17 orang luka ringan.

Kecelakaan tersebut terjadi saat sopir bus jurusan Yogyakarta-Jakarta yang melaju dari arah Purbalingga menuju ke Pemalang tidak bisa mengendalikan kendaraan karena jalanan berbelok-belok dan memiliki turunan tajam.

Akibatnya, bus menabrak pembatas jalan dan kemudian masuk ke sawah yang ada di tepi Jalan Raya Belik Kabupaten Pemalang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil KSAU: Pesawat Hercules Hancur, Tapi Tak Terbakar

Posted: 18 Dec 2016 12:29 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Hercules TNI AU C 130 dengan kode penerbangan A-1334 yang jatuh dalam misi penerbangan latihan Timika-Wamena, Minggu pagi waktu setempat. Meski menghantam daratan dengan sangat cepat, dari pemeriksaan awal tak ditemukan tanda-tanda pesawat terbakar.

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Wakil KSAU) Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja mengatakan, pesawat yang mengangkut 13 orang dan 12 ton muatan itu jatuh karena cuaca yang buruk.

"Pesawat hancur, bukan terbakar," tegas Hadiyan saat konferensi pers di Lanud Halim Perdana Kusumah, Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Dia juga menerangkan, beberapa saat sebelum jatuh, menara kontrol sempat melihat pesawat dan masih menjalin komunikasi.

"Menara kontrol lihat pesawat di ujung landasan 33, tapi pilot menginformasikan cuaca buruk dan berkabut, ia tak lihat menara kontrol. Setelah itu, menara kontrol lost contact dengan pesawat," jelas Hadiyan.

Pesawat Hercules yang dibeli dari Australia ini berangkat dari Timika pukul 05.35 WIT dan dijadwalkan mendarat di Wamena pukul 06.13 WIT. Namun pukul 06.09 WIT, pesawat mengalami lost contact.

Dalam penerbangan ini, pesawat yang sudah dipakai sejak tahun 1980 oleh Australia itu memilki misi latihan untuk penerbang dan sekaligus mengangkut bahan bangunan. "Perkiraan awal, kecelakaan karena cuaca," kata Hadiyan.

Nama-nama penumpang persawat Hercules C 130 dengan kode penerbangan A-1334 yakni Mayor (pnb) Marlon Kawer, Kapten (Png) J. Hontian Saragih, Lettu (Pnb) Hanggo Fitradhi, Lettu (nav) Arif Fajar Prayogi, Peltu Lukman Hakim, Peltu Suyata, Peltu Kusen, Serma Kudori, Peltu Agung Tri, Pelda Agung S dan Serma Fatoni.

Semua jenazah sudah teridentifikasi. Hadiyan mengatakan, jenazah para prajurit yang meninggal dunia dalam misi latihan itu sudah ditangani pihak rumah sakit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bungkusan Mencurigakan Ditemukan di JPO dekat Kota Kasablanka

Posted: 18 Dec 2016 12:25 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bungkusan kardus mencurigakan ditemukan di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO) di dekat Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Bungkusan yang diduga berisi benda mencurigakan itu pun kemudian diamankan petugas kepolisian.

"Enggak ada ancaman bom di Kota Kasablanka (Kokas). Yang ada cuman bungkusan tapi bukan di Kokasnya, di pinggir jalan di bawah JPO," ujar petugas jaga Polsek Tebet, Brigadir Imam, saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (18/12/2016).

Setelah diperiksa benda tersebut, kata dia, tak ada ancaman yang membahayakan. Dalam bungkusan tersebut hanya terdapat mainan anak-anak.

"Isinya hanya mainan, miniatur becak," ujar dia.

Imam menambahkan, benda tersebut terbungkus dengan menggunakan kertas. Yang mana, kertas tersebut dimasukkan ke dalam kardus.

"Dibungkus pakai kertas. Kemudian dimasukkan ke dalam kardus," ujar Imam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gathering Wisman Korea di Bali, Picu Incentive ke Tanah Air

Posted: 18 Dec 2016 12:24 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Sedikitnya 600 Wisman Korea Selatan terpukau oleh keindahan budaya dan kecantikan alam Bali. Acara Gathering Bali, sejak 11-19 Desember 2016 itu membuat mereka semakin mengakui, Bali dan Indonesia punya keunggulan destinasi yang sudah level dunia.

"Mereka nyaman di Bali selama satu minggu, dengan suguhhan budaya asli Pulau Dewata, branding Indonesia terutama Bali terus menancap kuat di benak wisman Korea. Trend kedatangan wisman Asia Pasifik yang menjadi sasaran promosi dan pemasaran kami sepanjang tahun 2016 ke Bali juga positif," ujar Deputi Pemasaran Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana yang diamini Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar Vinsensius Jemadu.

Vinsensius menambahkan, rencananya kegiatan kedatangan Wisman Korea bukan terhenti di acara yang berakhir 19 Desember itu saja. Kata pria yang biasa disapa VJ itu, masih akan ada perjuangan dan ide mengenai kegiatan 'Incentive' Korea sebagai prolog yang dihadiri corporate Korea Donghwa sekitar 700 wisman, dalam waktu dekat ini.

"Untuk 'Incentive' ini kami sudah berhasil berkoordinasi dengan pihak terkait dan kami bersyukur karena mereka confirm akan datang ke Indonesia dengan terbagi beberapa grup yang akan terbang ke Bali," ujar VJ. Kemenpar memang telah menorehkan tren positif terkait dengan mendatangkan Wisman ke Bali. Buktinya di raihan sebelumnya, kegiatan dengan tajuk 'incentive' wilayah Asia Pasifik selama tahun 2016 dengan total 22.000 wisman.

"Rinciannya itu terdiri dari 10.000 wisman Amway China, 2200 wisman Amway India, 6500 wisman Tiens Group China, dan 5000 Grup India lainnya,"kata pria yang pernah menempuh pendidikan di Australia itu. Yang masih segar dalam ingatan dunia Pariwisata Indonesia adalah apa yang dilakukan CEO Tiens Group, Li Jinyuan.

6.500 karyawannya diajak berwisata massal ke Garuda Wisnu Kencana, Bali, 8-13 September 2016 yang lalu. Wisata massal ini merupakan incentive dan bagian dari peringatan 21 tahun Grup Tiens yang bergerak di sektor bioteknologi, perdagangan dalam jaringan (e-commerce), hingga pariwisata.

VJ mengatakan, 'Incentive' seperti ini adalah bagian dari pasar MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions) yang cukup "tebal" marketnya. "Tiens ini adalah hasil lobi lama yang dilakukan Kemenpar Maret 2016. Saat itu saya datang mewakili Pak

Menpar Arief Yahya untuk menemui langsung Li Jinyuan di Wuqing Technology Development Zone of Tianjin. Markas besar perusahaan farmasi yang dimana dengan system Multi Level Marketing (MLM) itu, dan kami bersyukur mereka mau datang. Hal ini akan terus kami perjuangkan lagi di negara lain," terang Vinsensius Jemadu.

Dan yang membuat VJ sumringah, saat berwisata massal di Bali, Li Jinyuan juga memboyong ratusan media Amerika dan Asia. Dari mulai Yahoo News, Daily Times, Daily Star, ABC News, Channel 3, The Guardian, Daily Sun, BBC, CNN, semua bakal hadir di Bali. Sejumlah media besar nasional juga ikut diundang.

"Bayangkan impactnya. Bali bisa sangat diuntungkan dengan pemberitaan masif seputar wisata massal Tiens Grup di Pulau Dewata. Yang perlu dicatat, media-media besar yang diundang semuanya dibiayai Mr Li," pungkas VJ.

Semua data dan cerita tersebut memang sangat wajar terjadi. Itu karena, daya tarik Bali bagi Wisman Korea memang semakin hari semakin seksi saja.Salah satu peserta Gathering Wisman Korea di Bali, Kwang Go Cheon mengatakan, dia happy selama seminggu berada di Bali karena disuguhkan budaya keaslian Pulau Dewata.

"Wajar saja Bali namanya mendunia, karena memang Bali itu keren, jadi wajar bila seluruh dunia termasuk Korea mengincar Bali untuk liburan, apalagi tari-tarian Bali, sangat seksi dan unik," jelas Kwang.

Kwang menambahkan, kekuatan Bali berada pada keaslian originalitas budaya tradisional yang dimilikinya. Apalagi, kekuatan budaya Bali menjadi fenomena tersendiri buat Bali untuk menarik wisatawan lebih banyak. Menpar Arief Yahya berharap besar agar MICE segera dikebut dan menghasilkan tourism dengan daya beli tinggi.

"Bali paling mungkin dalam waktu cepat bisa berkembang. Infrastrukturnya sudah siap," kata Menpar Arief Yahya.

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Vs Kashima Antlers: Ambisi 'Buaya' Asia

Posted: 18 Dec 2016 12:20 AM PST

Liputan6.com, Yokohama - Real Madrid bepeluang menutup tahun 2016 ini satu gelar juara lagi, lewat pertandingan final Piala Dunia Antarklub. Madrid akan menghadapi klub Jepang Kashima Antlers pada Minggu (18/12/2016) pukul 17.30 WIB di Nissan Stadium, Yokohama.

Dalam bentrokan kedua tim ini, Kashima Antlers akan berperan sebagai 'buaya', seperti yang dikatakan beknya Naomichi Ueda jelang final. Pasalnya, mereka adalah tim Jepang dan Asia pertama yang berhasil menembus babak final.

"Sama seperti buaya yang menyelesaikan perburuan dengan menyeret mangsa ke dalam air. Saya hanya ingin membawa mereka ke dasar, apakah itu di udara atau di bawah, satu lawan satu," ucap Ueda dalam jumpa pers pra-pertandingan, seperti dilansir BBC.

Kashima Antlers mengalahkan Atletico Nacional 3-0 di semi-final turnamen, sementara El Real mengalahkan Club America lewat skor 2-0, hasil yang membuat mereka memperpanjang rekor 36 laga tanpa kekalahan di semua kompetisi.

Pelatih Madrid Zinedine Zidane memprediksi kalau laga bakal berjalan ketat karena keduanya termotivasi memenangkan trofi. Khusus untuk pihak lawan, striker Yuma Suzuki bernafsu untuk menjebol gawang El Real agar bisa merayakan selebrasi ala Cristiano Ronaldo.

"Jika saya tidak mencetak gol lagi di final, saya akan segera dilupakan orang. Ini seperti mimpi. Sekarang saya ingin melakukannya di depan mata Ronaldo," ujar Suzuki.

Pada final Piala Dunia Antarklub ini, Zinade  akhirnya bisa menurunkan kapten sekaligus bek tengah Sergio Ramos. Bek timnas Spanyol ini pulih tepat waktu jelang final Piala Dunia klub.

Meski demikian, Zidane tetap tak bisa turunkan Gareth Bale yang tengah cedera.

Lain halnya dengan Antlers karena Masatada Ishii punya skuat lengkap untuk menghadang ambisi Real Madrid, termasuk dua pemain asing mereka bek Bueno dan gelandang Fabricio dari Brasil.

Berikut prakiraan susunan pemain Madrid vs Antlers:

Real Madrid: Navas, Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo, Casemiro, Kroos, Modric, Vazquez, Ronaldo, Benzema.

Kashima Antlers: Sogahata, Nishi, Ueda, Shoji, Yamamoto, Ogasawara, Shibaski, Nakamura, Endo, Dol, Akasaki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menanti Konser Ungu di Singapura

Posted: 18 Dec 2016 12:20 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2016, Band Ungu genap berusia 20 tahun. Namun, di saat bersamaan, mereka harus merelakan sang vokalis vakum lantaran terpilih menjadi wakil Walikota Palu, Sulawesi Tengah, awal tahun ini. 

Tak mau dibilang bubar, tapi dengan sibuknya Pasha sebagai pejabat di daerah otomatis Ungu menurun drastis jadwal manggungnya. Namun, kini terdengar kabar band yang didirikan di Jakarta itu akan menggelar konser merayakan anniversary dua dekadenya.

 

Adalah Makki, sang pencabik bas yang mengumumkan tentang konser itu lewat akun Path-nya. Dalam poster tersebut tertulis konser akan digelar 25 Februari 2017 di Esplanade Concert Hall, Singapura. 

Saat dihubungi terpisah, Makki Ungu membenarkan bahwa dirinya bersama kawan-kawan akan menggelar konser besar di negeri jiran. "Iya, ini promotornya dari Singapura langsung. Doakan lancar ya," kata Makki saat dihubungi Minggu (18/12/2016). 

Dalam poster itu tertulis dalam bahasa Inggris apresiasi promotor pada band Ungu --sebagai band ikonis Indonesia. "Come journey with iconic Indonesian pop-rock band Ungu as they transport you to their colourfull world of music, performing hits songs Demi Waktu, Terciota Untukku and more in this one night only concert."

Band Ungu yang terdiri dari Pasha (vokal), Makki (bas), Rowman (drum), Enda (gitar) dan Oncy (gitar) selama dua dekade memang sudah mencetak banyak hit di belantika musik Tanah Air. Terpilihnya Pasha sebagai pejabat daerah membuat shock banyak penggemar.


Belakangan, personel band lain sibuk dengan proyek solo masing-masing di luar Ungu. Makki misalnya mendirikan band The Secret, bersama Piyu motor penggerak band Padi. Sementara, Rowman terlibat di band The Row.

Lantas, akankah Ungu menggelar konser ultah di Jakarta? "Insya Allah konsep yang sama kalau jalan nanti yang di Indonesia akan menyusul," Makki Ungu menjawab. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Wiranto: Sebelum Pungli Hilang, Kami Tak Akan Berhenti

Posted: 18 Dec 2016 12:19 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang dibentuk olehnya, hingga saat ini sudah menerima lebih dari 17 ribu aduan masyarakat mengenai praktik Pungli.

"Laporan dari satgas, sudah mencapai 17.600 laporan. Itu bukan sedikit,  banyak sekali. Laporkan kegiatan pungli di manapun kepada satgas," ujar Wiranto di sela Kampanye Budaya Anti-Pungli di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Penanggungjawab Tim Saber Pungli itu memastikan, pihaknya tidak main-main memberantas praktik pungli. Ia juga menolak anggapan bahwa pemberantasan praktik pungli hanya sebatas wacana.

"Ada beberapa info dari masyarakat yang merasa bahwa jangan-jangan saber pungli sifatnya hanya anget-anget tahi ayam atau yang sifatnya sementara saja. Saya pastikan tidak. Sebelum pungli bersih dari Indonesia, kita tidak akan berhenti," Wiranto menandaskan.

Ketua Partai hanur nonaktif itu menilai, praktik pungutan liar masih banyak terjadi di tengah masyarakat. Bahkan ia mengatakan pungli sudah hampir menjadi budaya  masyarakat.

"Budaya artinya kita menghalalkan pahal itu tidak halal," ujar mantan Panglima ABRI itu

Dengan adanya situasi ini, sambung Wiranto, pemerintah langsung merespons dengan membentuk Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli.

Selain untuk memberantas praktik pungli di tengah masyarakat, Tim Saber Pungli juga terus menyosialisasikan budaya anti-pungli.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penembakan Iringi Evakuasi Warga Sipil dari Aleppo

Posted: 18 Dec 2016 12:17 AM PST

Liputan6.com, Aleppo - Kepanikan warga tampak dalam video yang direkam dan dirilis aktivis media, saat sebuah insiden penembakan terjadi di Aleppo timur yang masih dikuasai pihak oposisi. Pria, wanita dan anak-anak berlarian ketakutan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (18/12/2016), video tersebut direkam oleh aktivis media Bassel Ibrahim dan Mohammad Moustafa, Jumat 16 Desember 2016. Di hari yang sama evakuasi warga dari timur Aleppo ditangguhkan setelah ada laporan terjadi penembakan.

Saat ini ribuan warga telah dievakuasi sebelum kemudian proses ditangguhkan. Namun diperkirakan masih ada 15 ribu hingga 40 ribu warga sipil yang masih terjebak.

Sementara itu, puing-puing reruntuhan bangunan tampak di berbagai sudut Kota Aleppo yang telah dikuasai pihak pro pemerintah. Masjid Ummayad, salah satu bangunan bersejarah di Aleppo, rusak parah. Demikian pula pasar Aleppo dan sekitarnya.

Warga yang datang menengok ke kota hanya menemukan sisa-sisa.

Sedangkan di London, Inggris, konvoi yang membawa suplai untuk membangun rumah sakit anak berangkat Sabtu waktu setempat. Dalam 10 hari pengumpulan bantuan, sekitar 3 ribu orang mengumpulkan sekitar 155 ribu poundsterling atau sekitar Rp 2,5 miliar.

Proyek ini untuk membantu sekitar 60 ribu anak di Aleppo. Konvoi akan melalui perbatasan Turki dan diperkirakan sampai dalam beberapa pekan.

Sementara di Jerman sekitar 1.200 orang berunjuk rasa di dua lokasi memprotes peperangan di Suriah. Pengunjuk rasa memprotes terjadinya krisis kemanusiaan akibat konflik berkepanjangan yang kini memasuki tahun keenam.

Saksikan tayangan video selengkapya dalam tautan ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tunggu Korban Hercules Jatuh, SAR Siaga di Bandara Sentani

Posted: 18 Dec 2016 12:05 AM PST

Liputan6.com, Jayapura - Puluhan anggota SAR Jayapura dan anggota TNI Lanud Jayapura bersiaga di Bandara Sentani, Jayapura. Tim menunggu kedatangan 12 jenazah yang sedang dievakuasi dari lokasi jatuhnya pesawat Hercules di Wamena, Papua.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (18/12/2016), tim gabungan juga bersiap untuk segera berangkat ke Wamena di Kabupaten Jayawijaya bila diperlukan.

Saat ini tim SAR Wamena dan aparat TNI Kodim 1702 Jayawijaya sedang melakukan evakuasi seluruh jenazah korban di lokasi kejadian. Akibat kecelakaan ini seluruh kru pesawat yang berjumlah 12 orang meninggal dunia.

Saat ini proses evakuasi korban di Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya, tengah berlangsung. Rencananya jenazah korban akan dibawa ke Rumah Sakit Wamena, Papua.

Saksikan tayangan video selengkapya dalam tautan ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Sriwijaya FC Vs PBFC di Liputan6.com

Posted: 18 Dec 2016 12:05 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sriwijaya FC masih berambisi memperbaiki posisi mereka yang saat ini masih tertahan di peringkat ketujuh klasemen Torabika Soccer Championship preseted by IM3 Ooredoo. Jika sore ini Sriwijaya bisa mengalahkan Pusamania Borneo FC (PBFC), ambisi itu bukan tak mungkin terwujudkan.

Pasalnya, Sriwijaya, yang saat ini mengoleksi 53 poin, akan bermain di kandang sendiri, Stadion Jakabaring. Di sisi lain, tiga pesaing mereka: Bhayangkara FC, Persib Bandung, dan PSM Makassar akan menjalani laga tandang berat. Ketiga tim ini hanya berselisih satu poin dengan Sriwijaya.

Modal Sriwijaya menjalani laga ini juga cukup besar. Terakhir, mereka menang besar 5-2 saat jadi tamu PS TNI, Kamis (15/12/2016) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Namun, di sisi lain PBFC juga memiliki ambisi sama: tiga poin. Mereka ingin menutup kompetisi dengan kemenangan, setelah di dua laga sebelumnya, ditekuk Persib Bandung (0-1) dan ditahan Arema Cronus 2-2.

Laga ini dapat Anda saksikan melalui live streaming di Liputan6.com, pada halaman selanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pekik Teriakan “Indonesia, Indonesia” di Tribun Suporter Thailand

Posted: 18 Dec 2016 12:04 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Kalah Menang itu hal biasa dalam sebuah pertandingan olahraga. Pun juga sepak bola, saat Timnas PSSI berlaga di Stadion Rajamangala, Bangkok, 17 Desember 2016. Lebih dari 50% netizen tidak bisa move on dari dukungan moral pada tim Garuda itu. Trending topic di Twitter, 20 besar didominasi oleh tema-tema bela timnas melalui digital. Kali ini, netizen cukup fair, tidak banyak caci maki, tidak banyak hujat cerca, saat harus kalah 0-2 dari tuan rumah Thailand.

Mereka menghargai, menghormati dan mengapresiasi kerja keras, perjuangan besar, squad Merah Putih, selama 2x45 menit itu. Hasil itu adalah capaian maksimal yang bisa dipersembahkan buat bangsa.

"Jangan patah arang. Ambil pelajaran atas kekalahan. Timnas Indonesia tetaplah semangat," tulis Presiden Joko Widodo melalui akun Twitter resmi miliknya.

Puluhan hashtag yang menguasai trending topic di twiterland. Ada yang #TerimakasihTimnasku, #Terimakasih Indonesia, #AksiBelaTimNas1712, #Garuda #Ayo Indonesia, #Respect, #timnasjuara, #timnasday, #indonesia, #GarudaBisaMenang #GarudaBisaJuara, #VivoForIndonesia, dan lainnya. Hingga Minggu pagi, 18 Desember 2016, suara-suara di media social yang mendukung Timnas PSSI masih saja bersiul.

Soal hasil pertandingan, itu sudah terjadi. Dalam pertandingan, menang kalah itu biasa. Yang penting sudah berusaha kekeras jiwa dan kekuat tenaga. Tetapi dari sisi gebyar Piala AFF 2016 itu sendiri, Indonesia patut berbangga. Pertama, dari tribun yang dipenuhi kaus biru supporter Timnas Thailand, terdengar gemuruh suara "Indonesia.. Indonesia.. Indonesia.." diiringin tepuk tangan riuh. Publik Thailand sangat welcome, dengan kehadiran banyak supporter Merah Putih.

Kedua, ini pelajaran penting, bahwa Thailand memperlakukan supporter Indonesia yang terbang ke Negeri Gajah Putih itu sebagai wisatawan mancanegara. Bukan sebagai "musuh bebuyutan" yang harus bersitegang. Mereka justru merasa happy, menyambut supporter dengan suasana damai dan menyenangkan. Kalah di pertandingan, tidak membuat hubungan persaudaraan dan bisnis pariwisatanya rusak.

Ketiga, Wonderful Indonesia tampil lagi di sela-sela partai menegangkan itu. Menpar Arief Yahya melihat akan ada jutaan pasang mata yang akan melihat pertandingan Indonesia v Thailand di Bangkok. Karena itu, melalui Channel Fox TV, dia menginstruksikan untuk menampilkan iklan brand pariwisata Indonesia tersebut di channel itu.

"Ini momentum yang bagus. Menang atau kalah, itu hanya soal hasil. Tapi partai yang ditonton jutaan pasang mata dalam waktu 90 menit itu, menjadi istimewa untuk menampilkan Wonderful Indonesia," jelas Arief Yahya.

Kali ini WI tampil dengan backbround lagu What a Wonderful World dengan tema Adventureus, Sensory, dan Modern Wonders.

"Dan itu ditayangkan di Leg 2 final Piala AFF 2016 tanggal 17 Des 2016, di siaran langsung Fox Sports. Detailnya ditayangkan di 5 Feed menjadi total 15 spots di wilayah Asia Tenggara," jelasnya.

Iklan tersebut akan menjangkau potential viewers sejumlah 63,75 juta orang di Indonesia, Malaysia, Thailand, Philippines, Singapore, Cambodia, Myanmar, Papua New Guinea. Jadi cukup efektif untuk berpromosi.

Timnas Garuda sejatinya sedang mengalami grafik permainan yang meningkat di Piala AFF 2016. Sayang Boaz Solossa dkk harus tertunduk lesu dikalahkan Thailand di babak final dengan skor 0-2. Timnas kalah agregat Gol kendati di pertandingan perdana alias Leg 1 di Indonesia menang 2-1.

Namun perjuangan Timnas ini mendapatkan perhatian hebat dari Presiden Joko Widodo dan juga di dunia digital Sosial media. Tidak tanggung-tanggung, orang nomer satu di Indonesia itu berjanji memberikan bonus jika Timnas meraih juara dengan nominal fantastis Rp 12 Miliar. Itu karena Presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia sudah sangat haus gelar.

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Majelis Zikir Al Baghdadi Undang Ahok-Djarot di Acara Maulid

Posted: 18 Dec 2016 12:03 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan cagub-cawagub DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat rencananya menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad di Gelanggang Olahraga (GOR) Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur. Kegiatan itu diselenggarakan kelompok pengajian Majelis Al Baghdadi.

Ketua panitia acara Mochtar Mohamad mengatakan, pihaknya secara khusus mengagendakan kegiatan dzikir dan doa bersama untuk mendoakan Ibu Kota. Terlebih, secara khusus mereka mengundang pasangan nomor urut dua yang merupakan cagub-cawagub nonaktif DKI.

"Kami undang Pak Ahok dan Pak Djarot. Ini mendoakan Jakarta dan Insya Allah mendukung Pak Ahok-Djarot juga," tutur Mochtar di lokasi acara, Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Menurut Mochtar, dukungan mereka bukan tanpa alasan atau pun dibuat-buat. Mereka melihat ada banyak perubahan baik di Jakarta selama kepemimpinan Ahok-Djarot.

"Kita kan liat kinerjanya bukan hanya omongan. Dia (Ahok) berangkatkan orang umroh kenapa harus dihujat. Berangkatin dan perhatian sama marbot masjid itu keteladanan," jelas dia.

Hanya saja, dia mengaku bahwa belum mendapat kabar pasti soal kedatangan Ahok-Djarot di agenda tersebut. "Pak Djarot Insya Allah ya datang. Pak Ahok belum dapat info lagi," ujar Mochtar.

Pantauan Liputan6.com, warga mulai berdatangan untuk mengikuti zikir dan maulid Nabi yang diadakan di sekitaran stadion atletik itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satgas Saber Pungli Terima 17.600 Laporan dari Masyarakat

Posted: 18 Dec 2016 12:01 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto selaku penanggung jawab satuan tugas itu mengungkapkan, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) sampai hari ini sudah menerima 17.600 laporan masyarakat mengenai pungli.

"Itu jumlah yang cukup besar. Artinya apa? Masyarakat sadar bahwa tugas pembersihan pungli ini tidak dibebankan hanya pada Satgas, tapi masyarakat turut serta aktif untuk melaporkan di mana mereka menemukan pungli di wilayah masing-masing," kata Wiranto di sela Kampanye Budaya Anti-Pungli di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Laporan masyarakat mengenai pungli, menurut dia, kebanyakan berkenaan dengan pengurusan perizinan, serta pembuatan surat, sertifikat, hingga paspor.

Wiranto mengatakan, Kampanye Budaya Anti-Pungli ditujukan untuk menyosialisasikan gerakan sapu bersih pungutan liar kepada masyarakat mengingat pungli sudah hampir membudaya, membuat sebagian warga memakluminya.

"Pungli itu hampir jadi budaya dan sebagian masyarakat toleran terhadap pungli itu. Nah, untuk membersihkannya, hari ini lakukan sosialisasi gerakan budaya sapu bersih pungli. Kami ajak masyarakat untuk sama-sama memberantas keberadaan pungli," ujar da, seperti dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan, Unit Pemberantasan Pungli yang dibentuk di tingkat provinsi dan kementerian akan membantu Satuan Tugas Saber Pungli memberantas praktik itu.

"Kalau Satgas Saber Pungli itu di pusat. Kalau Unit Pemberantasan Pungli itu di kementerian dan provinsi. Kami harapkan laporan masyarakat tidak hanya ke pusat, tapi juga ke unit-unit itu," ucap dia.

Ia mencatat, sampai sekarang Satuan Tugas Saber Pungli sudah melakukan 22 operasi tangkap tangan di berbagai lembaga dan instansi, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Presiden Joko Widodo membentuk Satuan Tugas Saber Pungli pada 28 Oktober 2016. Satuan tugas yang diketuai oleh Komjen Pol Dwi Priyatno itu dibentuk untuk membersihkan Indonesia dari praktik pungutan liar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Barcelona Vs Espanyol: Sapu Bersih Derby

Posted: 18 Dec 2016 12:00 AM PST

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona akan menjalani laga sengit akhir pekan ini. Mereka harus menjamu rival sekota, Espanyol di Camp Nou, Minggu, 18 Desember 2016.

Layaknya sebuah partai derby, gengsi menjadi pertaruhan kedua kubu. Masing-masing mereka ingin membuktikan siapa yang layak disebut sebagai penguasa Catalunya.

Bagi Barcelona, selain beradu gengsi, misi lain yang diemban adalah mengembalikan posisi ke peringkat dua klasemen sekaligus terus memepet sang pemuncak klasemen, Real Madrid. Maka itu, Barcelona harus sapu bersih laga derby ini agar bisa jaga harapan jadi juara.

Saat ini Barcelona berada di posisi tiga. Mereka baru saja digusur oleh Sevilla yang mendulang kemenangan atas Malaga pada Sabtu malam. Keduanya terpaut dua angka kini. Jadi, untuk kembali menduduki posisi dua, tak ada kata lain bagi Los Azulgranas kecuali menang.

Untuk Espanyol, sekarang mereka duduk di posisi sembilan dengan koleksi 22 poin. Kemenangan sudah pasti sangat diharapkan buat mendongkrak posisi mereka sekarang.

Menengok statistik, agaknya Barcelona harus ekstra waspada menghadapi Espanyol. Sebab, tim berjuluk Perequitos belum kalah dalam sembilan laga terakhir. Selain itu, mereka juga mampu memetik empat kemenangan dalam enam pertandingan.

Jelang laga, pelatih Barcelona, Luis Enrique mengingatkan anak-anak asuhnya agar menjaga emosi. Dia yakin tensi pertandingan akan sangat tinggi mengingat itu merupakan partai derby.

"Ini adalah pertandingan spesial bagi semua. Saya ingin pemain bisa mengontrol emosi dan menjadi contoh yang baik buat fans," kata Enrique.

"Bagi kami, kemenangan dalam laga ini sangat penting. Sebab merupakan satu-satunya cara untuk menekan Madrid," ujarnya.

Beruntung bagi Barcelona, pada pertandingan nanti mereka akan turun dengan skuat terbaik. Seluruh pemain dinyatakan siap tampil, kecuali Jeremy Mathieu yang masih dibekap cedera.

Prediksi Susunan pemain:

Barcelona: Ter Stegen, Pique, Jordi Alba, Umtiti, Sergi Roberto, Iniesta, Busquets, Andre Gomes, Neymar, Suarez, Messi.

Espanyol: Diego Lopez, Reyes, Martin, Jurado, Fuego, Sanchez, David Lopez, Caciedo, Perez, Moreno, Baptista.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baby and Daddy: Ayah Panji and The Jagoans

Posted: 18 Dec 2016 12:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebayang enggak sih kalau punya anak dan semuanya laki-laki? Nah, untuk Baby and Daddy kali ini, saya punya cerita setiap detik bareng mereka, seru-seruan bareng, becanda bareng, nangis bareng, mandi bareng, main bareng, semua serba bareng-bareng.

Karena PR-nya pasti banyak, browsing-browsing deh soal parenting. Ketemuan sama teman-teman yang sudah berpengalaman di dunia peranakan. Dan akhirnya nyeplos deh gabung bareng temen-temen di komunitas parenting yang fokus sama peran ayah, salah satunya Ayah ASI dan New Parent Academy.

Baby and Daddy: Ayah Panji and the Jagoans

Ini nih sudah mulai cerita serunya. Dengan cara belajar yang agak gila, sih menurut saya. Dari belajar jadi suami siaga sampai cari tahu segala macam hal tentang agar bisa support istri untuk kasih ASI Ekslusif buat anak-anak nanti.

Masa iya gue laki laki macho belajar ASI, ganti popok, cuci botol asi?? Mau enggak mau bro...hahahaha. Eh malah demen belajar tentang dunia "persususan dan pernenenan".

Baby and Daddy: Ayah Panji and the Jagoans

Kami menikah di tahun 2009, dan langsung diberikan kepercayaan untuk memiliki momongan. Tapi itu tidak berlangsung lama, karena selang 4 bulan istri keguguran dan kemudian "Ramadhani" (nama yg kami berikan) harus di kuret.

Jeda 2 tahun tepatnya 2011 kami diberikan kepercayaan kembali dan lahirlah Muhammad Nayaka Abrar (panggilan : Abang), jeda 22 bulan kemudian, di 2013, lahirlah putra kedua kami Ibrahim Ba Abiyan (panggilan : Biye). Si bontot Bramantyo Rayyan Abisatya (panggilan : Ibam) lahir di tahun 2015 dengan sela 26 bulan dengan kakaknya.

Dan mereka semua LAKI-LAKI yang lahir dengan proses caesar dengan sehat, normal, dan sempurna. Alhamdulillah.

Oke FIX! Mereka hadir dengan karakter dan sifat yang berbeda-beda, tapi saya berusaha untuk bisa mengikuti dan memahami kebiasaan dan kekurangan mereka. Ini saya lakukan dengan menggunakan metode rooming. Saya tak selalu menjadi ayah, karena terkadang saya memposisikan diri sebagai teman bagi mereka.

Baby and Daddy: Ayah Panji and the Jagoans

Sebutan The Jagoans buat mereka itu memang cocok. Kenapa? Karena mereka laki-laki? Bukaaannn.... Tapi karena kami mau mereka menjadi manusia-manusia yang bermanfaat untuk kami dan orang banyak tentunya.

Saat saya di kantor, keseruan mereka saat di rumah selalu di pantau oleh istri. Istri memang tidak saya izinkan bekerja agar bisa fokus mengurus dan memantau perkembangan mereka sejak dini. Karena saya mau mereka  berkembang menjadi pribadi yang utuh, yang orangtuanya benar-benar mengikuti.

Baby and Daddy: Ayah Panji and the Jagoans

Kedekatan saya dengan The Jagoans terbukti saat ini. Sebelum pulang kerja mereka selalu menanyakan keberadaan saya, sesampai d irumah mereka selalu menyambut saya dengan senyum dan ucapan hangat, sampai tidur pun mereka tidak mau lepas dengan saya (sekasur). Berlima loh kami sekamar. (makin susah buat romantisan sama bundanya nih :p ).

Eh tapi itu justru yang membuat saya bangga dengan posisi saya sekarang, selain menjadi suami yang MACHO juga menjadi ayah yang berperan banyak bagi mereka.

Enggak pernah lupa juga nih, kami selalu eksis di media sosial lho! Cek saja IG dan facebook saya @panjieabw. Di sana banyak foto keceriaan bareng mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertumbuhan Ekonomi RI di 2017 akan Bergantung pada China

Posted: 18 Dec 2016 12:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan dinilai akan banyak bergantung pada ekonomi China. Jika ekonomi Negeri Tirai Bambu bisa tumbuh baik, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa sesuai yang diharapkan.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abra PG Talattov mengatakan, pada tahun depan, ekonomi Indonesia masih akan dihadapkan pada banyak tantangan. Salah satu tantangan terberat berasal dari sisi eksternal.

"Kalau kita lihat memang arah perekonomian global ke depan memang masih akan berat, seperti proyeksi World Bank dan IMF masih landai, terutama di Tiongkok," ujar dia dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Abra mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi China pada tahun depan diprediksi akan kembali mengalami perlambatan. Hal ini akan memberikan dampak pada ekonomi Indonesia di 2017.

"China prediksinya akan menurun di kisaran 6,2 persen-6,5 persen. Pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat bergantung kinerja ekonomi China, karena ekspor kita cukup besar," kata dia.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini yang diprediksi akan mencapai angka 5 persen, dinilai sebagai suatu hal yang realistis. Namun, sayangnya pertumbuhan ekonomi ini masih kalah dibandingkan oleh Filipina.

"Dibanding ASEAN, Indonesia cukup tinggi. Tapi masih kalah dibanding Filipina 6 persen. Proyeksi 5,1 persen tahun depan cukup moderat, ditambah keangkuhan kebijakan fiskal tahun depan," jelas dia.

Namun, Abra mengingatkan ekonomi Indonesia di tahun depan akan bergantung pada kondisi perekonomian China. Oleh sebab itu, diharap‎kan kondisi ekonomi global di tahun depan, khususnya Tiongkok, bisa lebih baik dibandingkan tahun ini.

"Perekonomian Indonesia masih tergantung global, tingkat ketergantungan terbesar ke Tiongkok 0,11 persen. Artinya 1 persen pertumbuhan ekonomi Tiongkok, berpengaruh 0,11 persen kepada Indonesia. Jadi maju tidaknya ekonomi Indonesia tergantung Tiongkok, terus Jepang, ASEAN, dan Eropa. Itu sangat berpengaruh," tandas dia. (Dny/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

'Pindah Kursi', Korban Pesawat Jatuh Brasil Ini Lolos dari Maut

Posted: 18 Dec 2016 12:00 AM PST

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Bagi Alan Ruschel, yang merupakan satu dari tiga korban selamat tim sepak bola Chapecoense dari jatuhnya kapal terbang pada bulan lalu, menghadapi kenyataan sesungguhnya adalah perjuangan baginya.

Di depan media, penyerang berusia 27 tahun itu menangis tersedu-sedu mengingat kejadian mengerikan yang menimpa pesawat mereka. Dalam insiden tragis itu, 71 orang tewas, termasuk 19 anggota tim-nya menuju final Copa Sudamericana.

Dikutip dari News.com.au, pada Minggu (18/12/2016), menurut Ruschel, yang membuat nyawanya selamat adalah keputusannya untuk pindah tempat duduk atas permintaan direktur klub, Cadu Gaucho.

"Cadu Gaucho memintaku duduk ke depan, dan membiarkan para jurnalis duduk bersama di belakang," kata Ruschel sambil terisak-isak.

"Awalnya, aku tidak mau, tapi ketika aku melihat Jakson Follman dan ia bersikeras agar aku duduk di sampingya, baru aku mau. Hanya Tuhan yang bisa menjelaskan mengapa aku bisa selamat dari kecelakaan itu. Ia telah menarikku dan memberikanku kesempatan kedua," tambahnya.

Follman, penjaga gawang, juga salah satu pemain yang selamat dari kecelakaan itu bersama dengan penyerang lainnya, Neto. Total, ada 6 orang selamat, -- tiga pemain, staf klub, seorang jurnalis, dan kru kabin. Dari 71 yang tewas, 20 di antaranya adalah wartawan.

Pesawat itu membawa pemain Chapecoense, staf klub, dan media ketika jatuh di pegunungan di luar kota Medellin, Kolombia. Dugaan awal kehabisan bahan bakar menjadi penyebab peristiwa nahas itu.

Menurut laporan, pesawat yang berangkat dari Brasil ke Kolombia untuk final Copa Sudamericana itu terbang dengan tanki bahan bakar tipis. Pesawat juga tidak berhenti untuk isi bahan bakar seperti yang direncanakan.

Pesawat sewaan dari Bolivia itu kini izin terbangnya tengah dihentikan selama investigasi berlangsung.

Selama masa penyembuhan, Ruschel mengatakan, ia mencoba menghindar dari pemberitaan. Namun ia mempertanyakan motif dari pilot pesawat itu yang disebut-sebut juga memiliki aset dalam perusahaan sewaan itu.

"Saat mereka bercerita kepadaku tentang apa yang terjadi, ini seperti mimpi buruk," tutur Ruschel.

"Dikit demi sedikit mereka mencoba menceritakan kepadaku apa yang terjadi. Aku mencoba untuk mengerti. Aku mencoba untuk tidak berbicara tentang kecelakaan itu, menghindari berita. Namun, aku dapat menyimpulkan, ini masalah pilot yang terlalu rakus," ujar pemuda 27 tahun itu.

Ruschel menghabiskan 3 minggu di rumah sakit di Kolombia sebelum akhirnya boleh keluar pada Jumat lalu. Kini, ia harus fokus pada penyembuhan. Namun, tragedi itu mengajarkannya bahwa ia tak boleh berlarut dalam kesedihan dan tetap hidup. Ia juga bersumpah untuk bermain sepak bola lagi.

"Saat aku berada di sini, aku yakin akan pulang ke rumah. Aku akan memberi banyak kebahagiaan bagi timku. Dengan usaha keras, aku yakin bisa bermain sepak bola lagi," tutupnya.

Helio Neto adalah pemain belakang tim sepak bola Brasil, Chapecoense -- ia satu dari enam orang yang selamat dalam musibah tersebut.

Kecelakaan pesawat Lamia Penerbangan 2933 menewaskan 71 dari 77 orang yang ada di dalamnya. Sebagian besar adalah bagian dari tim sepak bola Chapecoense yang akan berlaga melawan Atletico Nacional dalam final Copa Sudamericana yang dijadwalkan pada Rabu, 30 November 2016 waktu setempat.

Ketika insiden itu terjadi, Helio diyakini membaca sebuah ayat Alkitab. Ayat yang dibaca Helio adalah Mazmur 63, terkait keselamatan dalam naungan Tuhan -- sesuai dengan "keajaiban" yang ia alami.

Jurnalis Roberto Cabrini datang ke sebuah lokasi di Medellin, Kolombia, di mana pesawat milik maskapai LaMia Penerbangan 2933 terbaring. Avro RJ85 itu dalam kondisi hancur setelah menabrak sisi pegunungan Cerro Gordo pada 28 November 2016 malam.

Reporter media Brasil, SBT, itu langsung menjalankan tugas jurnalistiknya di antara puing-puing kapal terbang yang nahas dalam perjalanan dari Bandara Santa Cruz-Viru Viru, Bolivia itu.

Namun, matanya menjumpai sebuah benda yang menarik, yang diduga milik salah satu penumpang pesawat. Ternyata, itu adalah Injil atau Alkitab. Saat membukanya, ia menemukan tulisan di balik sampul yang menunjukkan sang pemilik: Helio Neto.

Tubuh reporter berita itu lantas bergetar hebat saat menyadari siapa pemilik kitab suci yang ia pegang. Helio Neto adalah pemain belakang tim sepak bola Brasil, Chapecoense -- ia satu dari enam orang yang selamat dalam musibah tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kevin and the Red Rose, Bukti Pendewasaan Kevin Aprilio

Posted: 18 Dec 2016 12:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan Vierratale, ternyata tak membuat Kevin Aprilio puas. Kini sang musikus muda berbakat itu telah membentuk band baru bernama Kevin and the Red Rose.

Dalam Kevin and the Red Rose, Kevin Aprilio tak lagi menggaet penyanyi perempuan, melainkan tiga laki-laki. Mereka adalah Luthfi, Ilyas, dan Eda. Uniknya, Kevin Aprilio bertemu Luthfi dan Ilyas lewat media sosial Instagram.

Konferensi pers single Kevin And The Red Rose (Deki Prayoga/bintang.com)

"Aku sama Ilyas di DM (direct message) langsung di Instagram sama Kevin, dia ngajakin ketemuan dulu, tes nyanyi-nyanyi. Eh malah nyanyi di depan Om Addie (MS) dan Tante Memes," ungkap Luthfi saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Jika Luthfi dan Ilyas ditemukan oleh Kevin di Instagram, Eda merupakan kawan kuliah dari Kevin. Awalnya ketiganya yang bertemu pada Februari 2016 lalu ini merasa cukup canggung karena tak saling mengenal. Untung suasana tersebut berhasil dicairkan oleh Eda yang supel hingga akhirnya Kevin and the Red Rose terbentuk pada 18 Mei 2016.

Mereka kini telah menelurkan album perdana bertajuk Untukmu yang diedarkan lewat gerai makanan cepat saji, dan telah terjual hingga puluhan ribu keping. Single andalan mereka adalah "Terkunci Untukmu" dan "Menyesal."

Secara musikalitas, Kevin and the Red Rose mengaku lebih romantis dan dewasa daripada Vierratale. Kevin Aprilio sebagai arsitek utama musikalitas mereka, juga terpengaruh oleh musik Korea Selatan seperti soundtrack drama-drama populer Negeri Ginseng.

Konferensi Pers single Kevin And The Red Rose (Deki Prayoga/bintang.com)

Namun Kevin and the Red Rose enggan disebut sebagai boyband. Mereka menyebutnya band biasa atau grup vokal.

"Kevin selalu bilang kita bukan boyband. Soalnya saya main piano juga," ujar Eda. "Antara band dan grup vokal, tapi dibilang grup vokal juga kita gak yang pecah-pecah suara. Di tengah-tengah lah," sahut Luthfi.

"Yang jelas kita bukan boyband karena kita gak ada yang bisa joget-joget," seloroh Ilyas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KEPO: Pewaris Ketenaran Legenda Dunia Ini Curi Perhatian

Posted: 18 Dec 2016 12:00 AM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasar eCommerce Asia Tenggara Diprediksi Susul Tiongkok dan India

Posted: 18 Dec 2016 12:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan internet di Asia Tenggara terbilang cukup agresif. Menurut laporan Google dan Temasek, perkiraan jumlah pengguna yang berkisar di 260 juta, akan melonjak tinggi hingga 489 juta pada 2020.

Setiap bulannya, pengguna baru internet akan bertambah sekitar 3,8 juta dengan nilai yang juga akan berkembang lebih dari US$ 200 miliar pada 2026. Dengan kisaran jumlah mengesankan, pasar eCommerce di Asia Tenggara diprediksi bisa menduduki peringkat ketiga, menyusul Tiongkok dan India.

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari Internet Retailing Expo (IRX) Indonesia pada Minggu (18/12/2016), Asia Tenggara punya produk domestik bruto (PDB) dengan nilai lebih dari US$ 2,5 triliun.

Indonesia pun diyakini akan turut terkena imbasnya. Jumlah pekerja nanti bisa mencapai angka 280 juta pada 2030, yang meningkat dari 109 juta pada 2010. Pertumbuhan tersebut dinilai identik dengan yang Tiongkok alami pada 2009 dan meningkat 1,5 kali dari pertumbuhan pekerja di India.

Diungkap, tiga industri yang menopang pertumbuhan internet di Asia Tenggara adalah eCommerce, media online, dan perjalanan wisata. Dari tiga sektor ini, eCommerce memiliki pertumbuhan tercepat, yakni 32 persen dalam tingkat pertumbuhan tahunannya.

yStats.com juga melaporkan, Indonesia diyakini berpotensi menjadi pasar eCommerce B2C terbesar di Asia Tenggara karena pertumbuhan penetrasi perangkat mobile yang kuat. Seperti diketahui, smartphone digunakan banyak orang Indonesia untuk mengakses internet. Fenomena ini mulai aktif terjadi sejak 2014 silam. Tak jarang, smartphone juga dimanfaatkan sebagai perangkat yang pas untuk belanja online.

Dengan begitu, penetrasi smartphone diharapkan akan meningkat hingga 100 juta pengguna dan mendorong Indonesia masuk ke posisi lima besar negara dengan pengguna smartphone terbanyak dalam waktu tiga tahun mendatang.

Untuk lebih lengkapnya, semua tren pasar internet, mobile dan besarnya pengaruh eCommerce di Asia Tenggara akan dipaparkan di gelaran IRX Indonesia pada 18 dan 19 Januari 2017 di Pullman Central Park, Jakarta. IRX Indonesia diharapkan akan menarik 2.000 pengunjung ke sebuah eksibisi yang lebih beragam, dengan berbagai sesi bernilai tinggi dan 70 penyedia solusi di bidang infrastruktur dan inovasi digital, pembayaran digital, penyediaan last-mile dan masih banyak lagi.

Lebih dari 80 peritel multikanal dan eCommerce akan membagikan pengalaman dan pengetahuan dalam enam sesi konferensi, lokakarya, dan klinik di IRX Indonesia 2017, dengan tema-tema Connected Store of the Future, Payments & Security, Insight & Experience, Digital Sales & Marketing, Digital Merchandising, serta Multichannel Operations & Fulfilment.

(Jek/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miris, Lautan Sampah Kiriman Penuhi Pulau Bunaken

Posted: 17 Dec 2016 11:59 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Hercules TNI AU Jatuh di Wamena

Posted: 17 Dec 2016 11:53 PM PST

Liputan6.com, Wamena - Pesawat Hercules C-130 dengan nomor register A-1334 milik TNI Angkatan Udara jatuh setelah menabrak gunung di daerah Wamena, Papua. Mabes TNI membenarkan terjadinya kecelakaan pada Minggu pagi tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (18/12/2016), sebelum hilang kontak, pesawat yang dipiloti Mayor TNI Marlon A Kawer melakukan kontak terakhir dengan tower di Wamena pukul 06.02 Wit.

Pada pukul 06.08 WIT, petugas tower melihat secara manual pesawat akan landing. Namun satu menit kemudian pesawat hilang kontak.

Sayap kanan pesawat menabrak gunung yang mengakibatkan pilot tidak dapat mengendalikan pesawat hingga akhirnya jatuh. Pukul 08.40 Wit, lokasi jatuhnya pesawat ditemukan oleh personel Kodim di Gunung Lisuwa, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya.

Pesawat membawa 12 orang kru pesawat, sembako dan semen dengan total muatan 12 ton. Sementara akibat kecelakaan ini semua kru pesawat meninggal dunia.

Saat ini korban masih dalam proses evakuasi dari lokasi jatuhnya pesawat. Rencananya para korban akan dibawa ke Rumah Sakit Wamena, Papua.

Saksikan tayangan video selengkapya dalam tautan ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Minggu Ini: ASIOP Apacinti, Bibit Muda Sepak Bola Garuda

Posted: 17 Dec 2016 11:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Walau belum berhasil menjuarai AFF, bibit-bibit pemain muda berbakat Indonesia bersinar di tingkat internasional. Salah satunya sekolah sepak bola yang berhasil menjadi juara dunia turnamen sepak bola junior Gothia Cup 2016 pada Juli lalu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (18/12/2016), melalui pertandingan yang ketat, Raihan dan kawan-kawan berhasil mengukir prestasi kelas dunia. Mereka menjadi yang terbaik di antara puluhan kontestan dari lima benua.

Tim sepak bola ASIOP Apacinti meraih kemenangan sekaligus mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah international.

Sukses meraih kemenangan dan bermain di negeri orang tentu tidaklah mudah. Persiapan mental juga fisik harus dimiliki setiap pemain muda ini.

Namun dorongan semangat sang pelatih membuat mereka lebih percaya diri dalam berkompetisi. Berbagai penghargaan dan kemenangan pun diraih tim yang dijuluki Mutiara dari Senayan ini.

Tak memaksakan target tertentu kepada anak didiknya, seperti harus juara di setiap kompetisi, menjadi kunci keberhasilan ASIOP Apacinti. Namun pembinaan dan memberi kesempatan jam terbang bagi pemain adalah hal utama.

Turnamen Gothia Cup 2016 adalah ajang piala dunia kelompok umur, di antaranya U-11 dan U-18. Kejuaraan ini digelar sejak tahun 1975 dan diselenggarakan di Kota Guttenburg, Swedia. Sementara tahun ini Gothia Cup dikuti 1.509 tim dari 81 negara.

Kemenangan ASIOP Apacinti di ajang Gothia Cup bisa menjadi semangat baru tumbuhnya pesepakbola muda usia dini. Keberhasilan ini juga menjadi harapan sepak bola Indonesia menembus prestasi dunia.

Saksikan tayangan video selengkapnya dalam tautan ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Busana Mini, Aura Kasih Merasa Gendut

Posted: 17 Dec 2016 11:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi seorang figur publik, khususnya wanita, penampilan adalah nomor satu. Apalagi ketika mereka harus berada di atas panggung dengan penampilan menarik.

Seperti halnya Aura Kasih. Mendapat undangan untuk menyanyi di salah satu hotel di Yogyakarta, pelantun "Mari Bercinta" itu tentunya tidak ingin mengecewakan penonton yang hadir.

 Aura Kasih

Dengan riasan wajah sederhana, Aura Kasih tampil mengenakan dress mini batik bernuansa pink. "My natural make up for tonite.... see you at ambarrukmo plaza," ceritanya.

Sebagai wanita, Aura Kasih begitu memperhatikan setiap detil perubahan yang dialami oleh tubuhnya. Alih-alih merasa seksi, penyanyi 28 tahun itu justru merasa gendut saat mengenakan busana mini tersebut.

"Gendyuttttt," ungkapnya dengan mengunggah fotonya tampak samping ke Instagram pribadinya, baru-baru ini.

 Aura Kasih

Di sisi lain, Aura Kasih masih mengundang rasa penasaran publik terkait hubungannya dengan Glenn Fredly. Belakangan, keduanya tepergok beberapa kali menghabiskan waktu bersama.

Tak heran, isu CLBK antara mereka pun terus merebak. Apalagi ketika mencoba dikonfirmasi, baik Glenn Fredly maupun Aura Kasih tidak mengelak tapi juga tak mengiyakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyambangi Kuil Fenomenal yang Dampingi Leicester City Juara

Posted: 17 Dec 2016 11:40 PM PST

Liputan6.com, Bangkok Leicester City menjadi fenomena di Liga Inggris musim lalu. Berangkat dengan status tim yang nyaris degradasi, tim berjuluk The Foxes itu akhirnya keluar sebagai juara mengalahkan tim-tim elite semacam Mancester United, Chelsea, hingga Man City.

Selain soal teknis, kedigdayaan Leicester juga tidak lepas dari sisi religius yang melibatkan biksu-biksu dari Thailand serta keberadaan kuil Wat Traimit Withayaram Woraviharn atau Vihara Golden Buddha. 

Pemilik Leicester Vichai Srivaddhanaprabha memang sangat memperhatikan faktor spiritual. Sejak menjadi pemilik klub, Vichai, yang penganut Buddha, rutin mendatangkan biksu dari Thailand untuk memberkati King Power Stadium dan para pemain Leicester.

Biksu dari Thailand yang didatangkan Vichai juga memberikan jimat kepada para pemain berupa kalung dan kain yang dihiasi dengan pola suci dan logo Leicester di bagian tengah.



Awalnya publik Inggris mungkin menertawakan apa yang dilakukan Vichai. Namun, kesuksesan Leicester musim lalu membuat pencinta bola Inggris mulai mengaitkan The Foxes ini dengan peran para biksu yang kerap diundang Vichai ke King Power Stadium.

April 2016, beberapa media besar seperti Reuters, AFP, The Guardians, hingga CNN sampai melakukan liputan khusus ke Wat Traimit Withayaram Woraviharn atau Vihara Golden Buddha di pusat kota Bangkok. Tujuan mereka adalah menemui biksu senior Vihara Golden Buddha Phra Prommangkalachan untuk mengetahui lebih jauh mengenai faktor spiritual yang menjadi kunci sukses Leicester.

Di sela-sela final kedua Piala AFF 2016 yang mempertemukan Indonesia dan Thailand, Liputan6.com menyempatkan diri mengunjung kuil fenomenal itu. Namun sayang, biksu Phra Promangkalachan sedang tidak ada. Menurut salah satu biksu di sana, biksu Phra Phra Prommangkalachan sedang pergi untuk memberikan konseling.

Seperti apa bentuk dan kondisi kuil fenomenal itu? Saksikan video lengkapnya di halaman berikut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama 20 Tahun, Wanita Ini Selalu Dikirimi Kartu Natal Misterius

Posted: 17 Dec 2016 11:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita merasa ketakutan sekaligus bingung karena menerima kartu Natal misterius yang dikirim tiap tahun. Yang lebih mengerikan, ini telah terjadi selama 20 tahun.

Kartu itu ditujukan pada Lynne dan Bob dari seorang wanita bernama Eileen. Padahal, di rumah tersebut tak ada yang bernama demikian.

"Aku bahkan tak tahu siapa itu Eillen," aku Angie, si pemilik rumah.

Tahun ini, kartu Natal misterius yang ia terima dilengkapi dengan sebuah foto hitam-putih dari tahun 1950-an. Dalam foto itu, terlihat sepasang pria dan wanita yang sedang berlibur dengan ucapan: "Selamat Natal untuk Anda berdua, Eileen."

Tak hanya itu, kartu itu juga dilengkapi kalimat: "Saya menemukan foto ini saat memilah foto lama. Saya yakin Anda akan menyukainya."

Angie telah berusaha mencari tahu siapa pengirim kartu tersebut maupun yang mengantarkan. Namun ia selalu gagal. Bahkan, saat bersembunyi untuk menangkap si pengirim, ia juga tidak berhasil.

"Saat kartu itu datang, aku mendengar kotak pos dibuka. Aku pun mengejarnya ke luar, tapi tak ada siapa-siapa. Ini menyeramkan," kata dia seperti dilansir dari Mirror, Minggu (18/12/2016).

Angie hanya berharap ia bisa memecahkan misteri tersebut. Sebab, ia merasa hidupnya tak lagi tenang sejak kedatangan kartu-kartu itu di saat Natal.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Babak 1: Unggul 4-0, Persipura di Ambang Juara

Posted: 17 Dec 2016 11:32 PM PST

Liputan6.com, Jayapura - Persipura Jayapura di ambang juara Torabika Soccer Championship 2016. Persipura untuk sementara unggul 3-0 atas PSM Makassar pada babak pertama dalam laga yang berlangsung di Stadion Mandala, Minggu (18/12/2016) siang WIB.

Sebenarnya, tim Mutiara Hitam hanya butuh hasil imbang untuk meraih gelar juara. Sebab, Yohanes Ferinando Pahabol cs unggul head to head dari Arema Cronus, yang baru bermain malam nanti melawan Persib Bandung.

Meski demikian, pelatih Angel Alfredo Vera meminta pemainnya tampil menyerang sejak awal laga. Setelah berbagai serangan dilancarkan, Persipura akhirnya membuka keunggulan melalui Pahabol di menit ke-21.

Skor 1-0 tidak bertahan lama. Empat menit berselang, Pahabol mencetak gol keduanya. Sepakan kaki kiri Pahabol dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau kiper Deny Marsel.

PSM memiliki peluang untuk memperkecil skor di menit ke-38. Tapi, eksekusi penalti Rasyid Bakri bisa diblok kiper Yoo Jae Hoon.

Empat menit jelang turun minum, tuan rumah menambah keunggulan. Kali ini tendangan keras Edward Wilson Junior yang mengoyak gawang PSM. Gol Osvaldo Ardiles Haay jelang turun minum membuat Persipura unggul 4-0 di babak pertama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selimut Masih Melekat di Tubuh Jasad Balita Korban Longsor Manado

Posted: 17 Dec 2016 11:31 PM PST

Liputan6.com, Makassar - Upaya pencarian jasad Gio Abdullah (2,5) korban bencana longsor di Kelurahan Paal 4, Kecamatan Tikala, Kota Manado sejak, Jumat 16 Desember 2016 akhirnya membuahkan hasil. Sabtu 17 Desember 2016 sore sekitar pukul 15.50 Wita, Gio ditemukan masih melekat dengan selimut dan kepalanya masih bertumpu pada bantal.

Pencarian yang dilakukan tim gabungan dari Basarnas Manado, kepolisian serta TNI Sabtu sore itu tiba-tiba terhenti. Alat berat yang digunakan untuk membongkar reruntuhan material tanah dan puing bangunan berhenti ketika ada teriakan warga yang melihat tangan korban tersembul di balik material tanah liat.

 

"Pencarianpun langsung dilakukan secara manual untuk menggali longsoran itu," ungkap Camat Tikala, Muhammad Sofyan.

Tak berlangsung lama, jasad Gio ditemukan dalam posisi sedang tidur dengan bantal masih melekat di kepala dan kain yang dipakai untuk alas untuk tidur.

"Gio ditemukan tidak jauh dari tempat ayahnya (Miton Abdullah) ditemukan sebelumnya, di lokasi yang sudah ditandai kayu tempat yang sebelumnya diendus oleh anjing pelacak," tambah Sofyan.

Sofyan menambahkan, setelah ditemukan jasad korban Gio dibawa ke RS Bhayangkara. Gio menyusul ayahnya yang ditemukan terlebih dahulu pada, Jumat 16 Desember 2016 pagi sekitar pukul 05.00 Wita, juga dalam keadaan tak bernyawa.

Ribka Limude, istri Miton dan ibu dari Gio ini menuturkan, suami dan anak semata wayangnya itu selanjutnya akan dibawa pulang ke kampung halaman mereka di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

Selain ayah dan anak, Miton Abdullah dan Gio Abdullah, terdapat juga korban lain dari musibah tanah longsor yang menimpa Manado. Korban jatuh ke sungai bernama Idrus Mangantar (20), warga Kombos Timur Lingkungan V, Singkil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SEMENIT: Kronologi Hercules Hilang Kontak

Posted: 17 Dec 2016 11:30 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makna Mendalam Olahraga Bola Bagi Pemain 'Hot' Raphael Maitimo

Posted: 17 Dec 2016 11:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Raphael Guilermo Eduardo Maitimo atau singkatnya Raphael Maitimo tentunya sudah tidak asing lagi di kuping kita. Di kalangan pria, ia dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola Indonesia yang kehebatannya sebagai posisi gelandang membuat banyak orang berdecak kagum.

Sementara bagi para kaum hawa, pemain sepak bola yang pernah memainkan peran penting untuk Sriwijaya FC, Persija Jakarta dan sekarang Arema Cronus ini memiliki wajah serta penampilan fisik rupawan yang membuat mereka jatuh hati.

Kendati begitu, tetap saja kepopuleran Raphael berawal dari karirnya sebagai pemain sepak bola.

"There are many other great types of sport but nothing beats soccer," ungkapnya dalam bahasa Inggris saat dihubungi oleh Health-Liputan6.com, ditulis Minggu (17/12/2016).

Menurut pria kelahiran 17 Maret 1984 yang merupakan keturunan Minangkabau ini, sepak bola itu nomor satu di dunia dari segi kepopuleran dan pasalnya hal ini membuat olahraga ini tak tersaingi oleh jenis lainnya.

Pemain posisi gelandang dengan nomor punggung 8 ini juga menjelaskan bahwa, sepak bola bagi dirinya bukan hanya sekedar olahraga yang bertujuan untuk menyehatkan tubuh dan memperluas wawasan seputar skills bermain di lapangan saja.

"Sepak bola membawa kedamaian, harmoni, dan cinta pada orang-orang di dunia," tuturnya.

Raphael menjelaskan, olahraga sepak bola juga berperan sebagai instrumen pembawa kedamaian, rasa cinta dan juga keharmonisan antar satu sama lain.

"Bagi saya, sepak bola menyatukan orang dari berbagai agama, budaya, dan warna kulit," tambahnya.

Pria pembuat hati wanita meleleh ini berpendapat, kepopuleran sepak bola di seluruh dunia membuat semuanya bersatu karena dilandasi satu kesamaan tersebut.

Ketika perdamaian, keharmonisan serta rasa cinta mendominasi, maka hati pun terasa lebih bahagia, kemudian jiwa menjadi tenang lantaran terjauh dari hal-hal yang umumnya membuat manusia menjadi ketar-ketir dan stres.

Jadi, olahraga sepak bola juga secara langsung dan tidak menjadi kunci ketenangan jiwa atau kestabilan mental manusia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mencari Jodoh Ideal? Ia Harus Miliki Mantan Sebanyak Ini

Posted: 17 Dec 2016 11:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mengatakan bahwa jodoh bukan sesuatu yang dapat diukur dengan fakta dan angka, namun beberapa penelitian berhasil membuktikan bahwa kualitas pasangan ideal dapat diukur.

Dilansir dari mydomaine.com, Minggu (18/12/2016), sebuah studi menyatakan bahwa orang berambut cokelat dan memiliki mata berwarna cokelat akan jauh lebih populer di situs online kencan, sedangkan profesi guru adalah profesi paling ideal untuk seorang wanita.

Lebih jauh lagi, sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam The Journal of Sexual Research menunjukkan bahwa jumlah mantan yang dimiliki seseorang dapat mempengaruhi ketertarikan orang lain terhadap dirinya. Benarkah? Jadi seharusnya berapa jumlah mantan yang harus Anda miliki untuk menarik perhatian lawan jenis?

Menurut penelitian ini, kebanyakan orang hanya memiliki sejarah hubungan asmara sebanyak 2 sampai 3 kali, bahkan kurang, dan ini dianggap kurang menarik. Menurut Psychology Today, wanita yang memiliki sekitar 6 mantan kekasih dan pria yang telah berhasil tidur dengan sekitar 8 wanita, dianggap jauh lebih menarik untuk dijadikan pasangan yang ideal dan mudah mendapatkan jodoh.

Menariknya, hasil temuan ini sangat konsisten terhadap subjek yang disurvei, mulai dari mahasiswa berusia di bawah 25 tahun, orang-orang yang melakukan pergaulan bebas, dan orang-orang yang memiliki pengalaman seksual yang kurang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hercules TNI Jatuh di Wamena hingga Sensasi Menyelam di Maratua

Posted: 17 Dec 2016 11:26 PM PST

Liputan6.com, Wamena - Pesawat Hercules milik TNI AU yang lepas landas dari Timika hilang kontak beberapa saat sebelum mendarat di Wamena, Papua, Minggu (18/12/2016) pagi. Pesawat membawa 12 orang kru dan 1 penumpang.

Kekayaan laut Indonesia sungguh melimpah. Salah satu cara tepat untuk menikmatinya adalah menyelam dan menyaksikan keindahan alam bawah laut seperti di Laut Maratua, Kalimantan Timur.

Saksikan tayangan video selengkapya dalam tautan ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pilihan Destinasi Liburan untuk Bikers

Posted: 17 Dec 2016 11:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komunitas atau klub sepeda motor umumnya memanfaatkan akhir pekan, akhir tahun, atau saat liburan untuk jalan-jalan bersama alias touring.

Tempat wisata terkenal di suatu daerah adalah destinasi yang paling sering dituju. Pilihannya beragam, ada tempat yang sangat jauh hingga beda provinsi atau pulau, namun ada pula komunitas atau klub yang memilih destinasi yang relatif dekat.

Ada beberapa tempat wisata yang terhitung jadi lokasi favorit komunitas atau klub untuk berkumpul bersama. Liputan6.com merangkum beberapa di antaranya untuk Anda. Mungkin daftar yang kami sajikan bisa jadi referensi.

Bersumber dari beberapa anggota komunitas dan klub motor terkenal, berikut ulasannya:

Tanjung Lesung
Anton Rumanto, yang pernah bergiat di Bionic (Byson Yamaha Owner Club), menyebutkan salah satu tempat wisata favorit komunitas atau klub motor adalah Tanjung Lesung, yang ada di Kabupaten Pandeglang Banten.

Menurut laman bantenwisata.com, Tanjung Lesung adalah salah satu pantai paling indah yang ada di Provinsi Banten. Dengan luas sekira 150 Ha dan hamparan pasir putih sepanjang 15 km, pantai ini bisa dinikmati dengan merogoh kocek untuk tiket masuk sebesar Rp 15 ribu.

Di pantai ini terdapat banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Dari mulai berenang, memancing, hingga banana boat dan jetski. Apalagi, pantai ini punya ombak yang cukup tenang karena tidak langsung menghadap ke laut lepas.

Sawarna
Masih menurut Anton, tempat wisata lain yang kerap jadi destinasi touring adalah Sawarna. Sama seperti Tanjung Lesung, Pantai Sawarna juga ada di Provinsi Banten, tepatnya sekira 150 km dari Rangkasbitung.

Laman bantenwisata.com menyebut, karena secara geografis pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia, maka ombaknya besar dengan arus yang juga kuat. Jadi kondisinya berbeda 180 derajat dengan Tanjung Lesung.

Letak pantai ini memang terpencil, dengan infrastruktur seperti jalan yang masih kurang baik. Namun, karena semakin banyak yang berkunjung dan promosi dari mulut ke mulut dan internet, kondisi ini tak menghalangi semakin banyaknya orang datang.

Ujung Genteng
Kali ini, Faisal, anggota New V-Ixion Lightning Family (NVLF), mengatakan bahwa tempat wisata yang kerap dikunjungi komunitaa atau klub bikers adalah Ujung Genteng, yang ada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Batat.

Kawasan Wisata ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Satu karakter utama yang bisa ditemui dari pantai yang ada di sini adalah air yang jernih. Cocok untuk menenangkan pikiran dari penatnya Ibu Kota.

Namun demikian, tak hanya lantai yang bisa didapat. Di lokasi ini juga terdapat beragam objek wisata lain seperti wilayah konservasi, geopark, dan air terjun. Untuk yang terakhir, salah satu yang paling terkenal adalah Curug Cikaso, yang tingginya mencapai 80 meter dan total lebar hingga 100 meter.

Sentul
Jika tak ingin jauh-jauh hingga ke Banten, di Sentul, Jawa Barat, sebetulnya juga terdapat banyak air terjun. Meski memang popularitasnya belum menyaingi Cikaso. Faisal menyebut bahwa tempat ini juga kerap dijadikan destinasi touring.

Sat air terjun yang cukup menarik minat wisatawan adalah Air Terjun Bidadari. Lokasinya ada di Sentul Paradise Park, sekira dua kilo dari pintu tol Sentul.

Air terjun ini tingginya lebih dari 40 meter. Laman jabarku.com menyebut bahwa aor terjun ini berasal dari kumpulan mata air di hutan lindung Sentul. Di lokasi yang sama terdapat taman air yang luasnya lebih dari 6.000 meter persegi.

Puncak
Lokasi terakhir yang umumnya dikunjungi bikers adalah kawasan Puncak, yang masih masuk dalam wilayah Kabupaten Bogor. Lokasi ini sudah terkenal sejak dulu, dan jadi tempat banyak klub dari berbagai wilayah berkumpul.

Ada puluhan pilihan wisata yang ditawarkan. Dari mulai agrowisata seperti Taman Matahari, wisata alam lain seperti Curug Cilember dan Telaga Warna, hingga wisata religi seperti Masjid Masjid Atta'awun.

Ada dua jalur yang bisa ditempuh untuk mencapai tempat ini dari Jakarta. Pertama lewat jalan utama, yaitu Jalam Raya Bogor, atau lewat jalan pintas Bukit Pelangi, via Babakan Madang. Suguhan alam cukup menyegarkan mata jika Anda melewati jalur alternatif tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Tewas, Ahli UFO Ini Muntah Cairan Hitam Sebanyak 2 Liter

Posted: 17 Dec 2016 11:24 PM PST

Liputan6.com, Warsawa - Seorang ahli teori konspirasi yang meninggal saat mencoba menguak rahasia pemerintah, memuntahkan cairan hitam sebanyak dua liter.

Hal tersebut dialami Max Spiers ketika berkunjung ke Polandia untuk mengisi sebuah konferensi, sebelum akhirnya ia mengembuskan napas terakhirnya di sofa 24 jam kemudian.

Beberapa hari sebelum kematiannya pada 16 Juli 2016, ayah dua anak itu mengirim pesan singkat 'menyeramkan' kepada ibunya, Vanessa Bates. "Anak laki-lakimu berada dalam masalah. Jika terjadi sesuatu, selidiki," tulis Spiers kala itu.

Menurut aparat, ia tutup usia secara wajar, namun sejumlah fakta mengindikasikan hal sebaliknya. Apalagi, tak ada pemeriksaan post-mortem terhadap jasad pria 39 tahun itu.

Namun akhirnya post-mortem dilakukan oleh ahli patologi di Kent timur. Tapi Vanessa mengatakan, lebih dari dua bulan kemudian dia masih tidak tahu hasil otopsi itu, atau apakah pemeriksaan memang dilakukan.

"Mungkin dia tidak menderita luka fisik tetapi ia bisa saja perlahan-lahan diracuni. Itu mengapa hasil tes toksikologi dari post-mortem begitu penting," ujar Bates.

Pria asal Centerbury di Inggris itu tinggal di AS selama beberapa tahun. Namun, sebelum berangkat ke Polandia ia sempat tinggal bersama sang ibu di Britania Raya.

Seperti dikutip dari news.com.au, Minggu (18/12/2016), Spiers mengunjungi Polandia setelah berlibur di Siprus bersama seorang teman wanitanya, di mana ia menjadi orang pertama yang menemukan jasad ahli teori konspirasi itu.

"Ketika mereka kembali, Spiers sakit dengan demam tinggi dan lemah," ujar petugas koroner penyelidikan, Caroline O'Donnell, dalam sebuah pernyataan.

"Keesokan harinya, Spies memuntahkan dua liter cairan hitam. Temannya memanggil dokter yang berusaha menyadarkannya sebelum menyatakan dia (Spiers) meninggal," ujar O'Donnell.

Sebelumnya Bates mengatakan, anak laki-lakinya telah tenar dalam dunia teori konspirasi. "Tapi saya pikir Max telah menggali di tempat membahayakan dan saya takut seseorang ingin dia mati," ujar Bates.

Bahkan, kata Vanessa, Max kini lebih berani mencari misteri terselubung di kalangan petinggi politik, pebisnis, dan artis.

Kematiannya yang tak jelas serta perlakuan pemerintah setempat yang asal-asalan mengambil kesimpulan, membuat para pengikutnya curiga bahwa Max dibunuh.

Max dan para pengikutnya yakin bahwa pemburu UFO yang mendekati fakta sesungguhnya "dimusnahkan" oleh 'Secret Service' atau kerap mereka sebut sebagai 'Men in Black'.

Dalam salah satu situs, Project Camelot, seorang blogger menulis: "Seluruh keadaan mencurigakan dan aku mendorong semua orang membocorkan rincian tentang apa yang sebenarnya terjadi dan menuntut agar jasad Max diotopsi."

Sementara itu Koroner Alan Blundosn mengatakan kepada pengadilan, ia masih menunggu laporan dari Pemerintah Polandia. Dia juga berharap dapat menjamin pendanaan agar laptop dan ponsel Spiers menjalani analisis forensik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vainglory Kebagian Update Besar-Besaran

Posted: 17 Dec 2016 11:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Vainglory, sebagai salah satu gim MOBA terpopuler di perangkat mobile, baru saja mendapat pembaruan besar-besaran. Melalui pembaruan ini, Super Evil Megacorp selaku pengembang menggulirkan sejumlah konten gameplay dan fitur baru, termasuk peningkatan performa.

Salah satu perubahan penting yang diimplementasikan pada gim ini berhubungan dengan chest system. Ada pengembangan baru yang ditambahkan, yakni Mistery Chest. Jadi, pemain dapat bisa memperoleh kesempatan untuk mendapat pemain atau tampilan baru. 

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (18/12/2016), pembaruan ini juga menghadirkan tokoh baru yang diberi nama Idris. Karakter ini merupakan assassin bersenjata tombak dan cakram. 

Sejumlah perubahan fitur juga dihadirkan seperti kemudahan untuk mencari dan bergabung dengan sebuah guild. Reputasi guild juga bisa didapatkan saat pertandingan solo.

Fitur perpindahan guild pun dibuat lebih mudah, sehingga pemilik guild dapat memindahkan kepemilikannya kapan saja. Sebelumnya, sistem klasifikasi hero juga diubah. Kini, semua hero dikategorikan sebagai Captains, Carries atau Junglers. Informasi dan status masing-masing hero juga telah diperbarui. 

Sekadar informasi, Vainglory adalah gim mobile besutan studio gim Super Evil Megacorp.

Gim ini tengah digandrungi gamer dan menjadi salah satu gim mobile paling berkembang pesat di Twitch pada 2015. Kesuksesan gim ini juga membuatnya telah masuk dalam kompetisi e-Sport.

Tahun ini merupakan musim ketiga kompetisi internasional Vainglory. Gelaran yang diberi nama Vainglory International Premier League (VIPL) ini diselenggarakan pada 3 Mei 2016 hingga 5 Juni 2016 di Seoul, Korea Selatan.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berantas Pungli, KPK Pastikan Siap Koordinasi dengan Polri

Posted: 17 Dec 2016 11:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif memastikan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Polri untuk menindak praktik pungutan liar (Pungli).

Hal itu diungkapkan Laode saat menghadiri acara Kampanye Budaya Anti Pungli di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

"Saber Pungli kerja sama kementerian dan lembaga yang sangat bagus. KPK, Mabes Polri, yang terima info pungli kami akan koordinasi," ujar Laode, Minggu (18/12/2016).

KPK, kata Laode, sepakat dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto yang mengatakan bahwa akan terus menindak praktik pungli hinga benar-benar hilang.

"Kami tidak akan setop‎, sebelum pungli itu bersih. Kamu berupaya memberikan respons yang baik," ucap Laode.

Di tempat yang sama, Menko Polhukam Wiranto menegaskan tim Saber Pungli tidak main-main dalam memberantas praktik pungli. Ia memperingatkan sejumlah pihak baik dari masyarakat atau instansi negara agar menjauhi pungli.

"Jadi hati-hati, orang yang pungli, cepat atau lambat pasti ketangkap," tegas Wiranto.

Oleh karenanya, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak ragu melaporkan adanya praktik pungli ke Tim Saber.

"Jadi di lembaga kementerian, kita buat unit. Kalau satgas itu Pusat. Kalau Kementerian dan provinsi itu unit pemberantasan pungli. Mengapa? Karena kita harapkan mereka ada aktivitas. Laporan masyarakat tidak hanya pusat, tapi itu ke unit-unit itu," tandas Wiranto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia yang Bhinneka Bikin Bangga

Posted: 17 Dec 2016 11:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia boleh saja gagal membawa pulang trofi Piala AFF 2016 ke Tanah Air. Skuad Garuda --julukan Timnas Indonesia-- kalah 0-2 dari Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016) malam. Indonesia kalah agregat 2-3.

Tapi, Boaz Solossa dan kawan-kawan mengajarkan hal penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Mereka membuktikan bahwa semboyan negara, Bhinneka Tunggal Ika membuat Timnas Indonesia menjadi tim kuat. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tapi tetap satu jua.

Dengan perbedaan yang ada di Timnas Indonesia, itu justru malah menguatkan sehingga jadi energi positif untuk membuat kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Perbedaan bukan melemahkan, tapi menguatkan. Inilah yang sudah dibuktikan oleh Timnas Indonesia.

Awalnya, tidak ada kontestan Piala AFF 2016 yang memprediksi Timnas Indonesia bisa melangkah ke partai final, lolos dari babak penyisihan grup saja diragukan. Sebab, Indonesia baru saja terlepas dari sanksi FIFA yang membelenggu sepak bola nasional dari pentas internasional. Selain itu, Skuad Garuda juga tergabung di Grup A yang diisi oleh Thailand, Singapura, dan tuan rumah Filipina.

Timnas Indonesia bahkan sempat menjadi bulan-bulanan Thailand di laga perdana Piala AFF 2016. Skuad Garuda kalah 2-4 dari Teerasil Dangda dan kawan-kawan.

Namun perlahan Andik Vermansyah dan kawan-kawan membuktikan kalau Indonesia tidak pantas dipandang sebelah mata. Di pertandingan selanjutnya di Grup A, Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Filipina dan mengalahkan Singapura dengan skor 2-1.

Meraih empat poin membuat Indonesia lolos sebagai runner up Grup A. Di babak semifinal, Indonesia berhasil menyingkirkan Vietnam dengan skor agregat 4-3.

Timnas Indonesia menyingkirkan Vietnam di babak semifinal. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Partai final, Indonesia sempat diremehkan ketika harus menghadapi Thailand, negara yang mengalahkan Skuat Garuda pada babak penyisihan grup. Namun, Timnas Indonesia membuat kejutan pada leg pertama partai final. Indonesia menang 2-1 atas Thailand di Stadion Pakansari, Bogor, 14 Desember lalu.

Sejak saat itu, tidak ada lagi yang memandang Timnas Indonesia dengan sebelah mata. Namun, nasib berkata lain. Indonesia gagal meraih gelar juara setelah kalah dari Thailan di Bangkok, malam tadi.

"Kami tidak pernah berpikir bahwa Indonesia bakal jadi lawan yang begitu tangguh berkaca dari fase grup. Mereka semakin kuat dari satu pertandingan ke pertandingan lain," pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang, usai pertandingan final leg kedua.

Penjaga gawang Timnas Indonesia, Kurnia Meiga (tengah) menahan tendangan penalti saat laga final kedua Piala AFF 2016 lawan Thailand di Rajamangala National Stadium, Bangkok, Sabtu (17/12). Thailand menang 2-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Berbeda dan Makin Kuat

Meski kalah, Timnas Indonesia sudah membuat bangga. Mereka mengajarkan bahwa perbedaan bisa membuat Indonesia lebih kuat. Ya, saat Piala AFF 2016, Skuad Garuda tidak memikirkan perbedaan agama, suku, warna kulit, atau pemain naturalisasi. Mereka berjuang untuk mengharumkan bangsa Indonesia di pentas internasional.

"Nama saya Stefano Lilipaly dan saya orang Indonesia. Ayah saya dari Ambon dan ibu saya dari Belanda. Tim kami berasal dari tempat yang berbeda-beda, tapi asal usul kami tidak penting. Misi kami hanya satu, yakni membanggakan Indonesia. Semangat," ucap Lilipaly, gelandang Timnas Indonesia.

Sementara Andik Vermansyah sedikit membeberkan resep Skuad Garuda yang sukses melangkah hingga partai final Piala AFF 2016.

"Saya Andik Vermansyah, lahir di Jember. Hargai pemain, saling peduli, dan jaga sopan santun yang menjadi budaya kita. Ini yang mempersatukan asal kami," kata pemain Selangor FA itu.

Ya, Timnas Indonesia mengajarkan betapa pentingnya semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Sebuah semboyan yang mampu mempersatukan dan membuat Indonesia menjadi lebih kuat.

Fans selalu memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Senjata God Bless Redam Konflik di Indonesia

Posted: 17 Dec 2016 11:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Konflik yang kini marak terjadi di Indonesia tak luput dari perhatian grup band rock God Bless. Tak mau berdiam diri, Ahmad Albar cs menyiapkan 'senjata ampuh' untuk meredakan berbagai masalah yang terjadi di Tanah Air.

Senjata yang dimaksud God Bless adalah lagu terbaru berjudul "Damai". Lagu ini ada di dalam album terbaru band yang sudah 43 tahun wara-wiri di panggung musik berjudul Cermin 7.

Vokalis God Bless, Ahmad Albar saat membawakan lagu di album ketujuh 36 medio 2009 di Studio 5 INDOSIAR, Jakarta Barat, Sabtu (17/12/2016). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Kita turut memberi arahan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa lebih baik kita hidup dengan damai," ucap Ahmad Albar saat ditemui di Studio 5 Indosiar, Jakarta Barat, Sabtu (17/12/2016) malam.

Sebagai band yang punya banyak lagu sarat kritik sosial, God Bless tak mau Indonesia terpecah belah dengan berbagai polemik yang ada.

"Akhir-akhir ini kan banyak konflik, demo masalah agama, masalah apa lagi, semua lah. Kalau kita diamkan saja, nanti malah tambah kacau. Kalau kacau kan kita, yang rugi juga Indonesia," pelantun lagu "Panggung Sandiwara" ini menuturkan.

Vokalis God Bless, Ahmad Albar mengajak penonton ikut bernyanyi membawakan lagu di album ketujuh 36 medio 2009 di Studio 5 INDOSIAR, Jakarta Barat, Sabtu (17/12/2016). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lewat lagu terbarunya, God Bless ingin mengingatkan soal menjaga persatuan bangsa yang jauh lebih baik ketimbang terus menerus membahas konflik.

"Mudah-mudahan, God Bless hanya bisa bersuara lewat lagu, kita berharap marilah semuanya bersatu," tutur Ahmad Albar. (GIE)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segmen 3: Keindahan Bawah Laut Maratua Kalimantan Timur

Posted: 17 Dec 2016 11:18 PM PST

Liputan6.com, Maratua - Kekayaan laut Indonesia sungguh melimpah. Salah satu cara tepat untuk menikmatinya adalah menyelam dan menyaksikan keindahan alam bawah laut seperti di lautan Maratua, Kalimantan Timur.

Saksikan tayangan video selengkapya dalam tautan ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Citilink Buka Rute Penerbangan Langsung China-Tanjungpinang

Posted: 17 Dec 2016 11:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia membuka rute penerbangan langsung China – Tanjungpinang (pp). Langkah ini dilakukan untuk mendukung percepatan pengembangan pariwisata lokal di Indonesia.

"Penerbangan ini kita buka sebagai bentuk dukungan Citilink Indonesia terhadap program Nawacita yang menempatkan pariwisata sebagai sektor unggulan yang harus terus didorong pertumbuhannya," ujar President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan, di Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Albert menjelaskan, antusiasme turis China untuk mengunjungi destinasi wisata di Indonesia semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, Citilink membuka berbagai rute yang menghubungkan China dengan berbagai kota di Indonesia.

"Antusiasme turis China untuk mengunjungi destinasi wisata di Indonesia terus menunjukkan peningkatan. Ini bisa menjadi kesempatan yang sangat baik untuk menunjukkan kepada masyarakat internasional bahwa Indonesia punya berbagai destinasi wisata yang menarik dan luar biasa indah," kata dia.

Albert berharap dengan dibukanya rute penerbangan langsung China – Tanjungpinang dapat membantu akselerasi pariwisata Kepulauan Riau sehingga destinasi wisata di Kepulauan Riau dan Tanjungpinang bisa dikenal luas oleh wisatawan mancanegara.

Citilink Indonesia akan mendatangkan hampir 7.500 wisatawan asal China ke Tanjungpinang dari Desember hingga Maret 2017. Adapun wisatawan ini diantaranya berasal dari Fuzhou, Wuhan, Guiyang, Changsa, dan Zhengzhou.

Selain Tanjungpinang, saat ini Citilink juga telah melayani beberapa rute penerbangan internasional lainnya dari China dan Hong Kong menuju ke Denpasar dan juga Manado.

Citilink juga menggandeng PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Haji Fisabilillah Tanjung Pinang. Perusahaan plat merah tersebut mendukung melalui peningkatan fasilitas dan layanan di Bandara Haji Fisabililah setara dengan bandara internasional lainnya di Indonesia.

"Kami mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Tanjungpinang sehingga penerbangan charter internasional perdana ini terealisasi. Kami berharap penerbangan ini mampu menumbuhkan aktivitas-aktivitas ekonomi baru dan meningkatkan daya saing industri pariwisata di Kepulauan Riau, khususnya Tanjungpinang," ungkap President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Tanjungpinang merupakan salah satu daerah Free Trade Zone dimana investasi tengah tumbuh pesat dan menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara terbesar ke-3 di Provinsi Kepulauan Riau untuk kawasan wisata bahari dan golf.

"Dengan beroperasinya penerbangan charter internasional ke China oleh Citilink Indonesia di Tanjungpinang, diharapkan semakin meningkatkan frekuensi penerbangan di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah. Langkah ini juga merupakan komitmen AP II dalam mendukung program strategis Kementerian Pariwisata untuk mendatangkan 20 juta wisman ke Indonesia," tandas Awaluddin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Buat Prosedur Pemanggilan Anggota yang Terseret Kasus Hukum

Posted: 17 Dec 2016 11:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Kombes Rikwanto membenarkan bahwa Polri telah menerbitkan Surat bernomor KA/BP-211/XII/2016 Divpropam. Surat itu berisi informasi tentang prosedur pemanggilan terhadap anggota Polri yang terlibat kasus hukum di KPK, kejaksaan maupun pengadilan.

Surat tersebut menerangkan, jika ada pemanggilan terhadap anggota Polri oleh KPK, kejaksaan, maupun pengadilan harus diketahui oleh pimpinan Polri.

Sementara, untuk tindakan hukum lain seperti geledah dan sita ke ruangan di dalam markas komando Polri oleh KPK, kejaksaan dan pengadilan harus melalui izin dari Kapolri melalui Divisi Propam di tingkat Mabes Polri dan Kabid Propam di tingkat Polda.

"Surat seperti itu sudah lama, tapi yang baru ini hanya penegasan. Jadi untuk pemanggilan anggota kita harus didampingi propam. Anggota yang bermasalah dengan hukum laporkan ke pimpinannya, nanti didampingi," kata Rikwanto di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (18/12/2016).

Menurut dia, surat tersebut diterbikan karena ada beberapa kejadian anggota yang bermasalah dengan hukum yang kemudian berdampak kepada organisasi.

"Muncul pernyataan anggota Polri gini-gini di media tapi kok pimpinan enggak tahu ada masalah. Jadi untuk penegasan saja, sehingga satuan tahu dan diberikan pendampingan. Jadi panggilan dari manapun yakni KPK, kejaksaan dan pengadilan akan didampingi," jelas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakasau Jelaskan Penyebab Jatuhnya Pesawat Hercules di Wamena

Posted: 17 Dec 2016 11:13 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segmen 2: Evakuasi Warga Aleppo hingga Bibit Sepak Bola Indonesia

Posted: 17 Dec 2016 11:09 PM PST

Liputan6.com, Aleppo - Proses evakuasi warga dari Aleppo timur, Suriah, ditangguhkan sementara. Diperkirakan masih ada belasan ribu hingga puluhan ribu warga yang terjebak peperangan.

Sementara itu, walau belum berhasil menjuarai Piala AFF, namun bibit-bibit pemain muda berbakat Indonesia bersinar di tingkat internasional. Salah satunya sekolah sepak bola yang berhasil menjadi juara dunia turnamen sepak bola junior Gothia Cup 2016.

Saksikan tayangan video selengkapya dalam tautan ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Basic Outfit Agar Anda Selalu Terlihat Stylish Saat Traveling

Posted: 17 Dec 2016 11:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selain destinasi tempat wisata, penampilan tentu jadi hal utama yang perlu diperhatikan saat merencanakan liburan. Sebab, salah kostum bisa membuat Anda merasa tak percaya diri dan tak nyaman. Basic outfit seperti jeans dan kaus memang jadi andalan saat traveling. Namun, keduanya bisa dipadupadankan dengan pakaian lainnya agar Anda terlihat lebih bergaya saat liburan.

Berikut ini, basic outfit yang bisa Anda bawa agar selalu tampak stylish saat traveling seperti yang dilansir dari collegefashion.net, Kamis (15/12/2016). 

1. Jegging

Jegging yang merupakan singkatan dari jeans legging ini cocok untuk dibawa saat traveling. Selain membuat Anda terlihat stylish karena model skinny yang pas di badan, jegging juga lebih nyaman dipakai karena terbuat dari material yang ringan. Anda bisa bebas bergerak saat traveling tanpa harus menggunakan celana pendek.

2. Boyfriend Tee

Kaus oversized ini cocok dipadukan dengan jegging yang Anda bawa. Selain itu, bahan katun yang mudah menyerap keringat sangat cocok dipakai saat traveling. Jika destinasi liburan Anda adalah pantai, boyfriend tee jadi pilihan yang tepat untuk dipakai.

3. Cardigan

Cardigan tak hanya menghangatkan tubuh Anda saat perjalanan panjang menggunakan pesawat. Memadupadankan oversized cardigan dengan kaus, jeans, atau rok yang dikenakan bisa membuat Anda terlihat semakin stylish saat memakainya.

4. Scarf

Kaus polos yang dipadupadankan dengan scarf berwarna cerah dengan motif floral atau polkadot akan membuat penampilan Anda bertambah manis. Selain mempercantik penampilan, scarf pun dapat Anda gunakan sebagai penghangat atau pelindung kulit saat traveling.

5. Flat Shoes & Boots

Jika terbiasa menggunakan sandal atau sneakers saat traveling, cobalah untuk memakai jenis flat shoes atau boots. Kedua jenis sepatu ini bisa membuat penampilan Anda semakin manis. Selain itu, kedua jenis sepatu ini pun tak kalah nyaman untuk digunakan saat perjalanan.

Sebelum liburan, jangan lupa untuk cek selalu Reservasi.com dan dapatkan informasi terbaru seputar tiket pesawat dan hotel.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segmen 1: Pesawat Hercules Jatuh hingga Cagub DKI Nobar Final AFF

Posted: 17 Dec 2016 11:01 PM PST

Liputan6.com, Wamena - Pesawat Hercules milik TNI AU yang lepas landas dari Timika hilang kontak beberapa saat sebelum mendarat di Wamena, Papua, Minggu (18/12/2016) pagi. Pesawat membawa 12 kru dan satu penumpang.

Sementara itu, meski gagal membawa piala pada ajang AFF Cup 2016 saat final melawan Thailand, acara nonton bareng (nobar) final Piala AFF tetap meriah. Calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pun ikut mengadakan acara nonton bareng.

Saksikan tayangan video selengkapya dalam tautan ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenaskan, Pesawat Hercules TNI AU yang Jatuh Ditemukan dalam Kondisi Hancur

Posted: 17 Dec 2016 11:00 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geluti Dunia Spa, Tita Puspitasari Belajar Kepribadian Orang

Posted: 17 Dec 2016 11:00 PM PST

Liputan6.com, Depok, Jawa Barat Suka pekerjaan yang memerlukan lebih banyak tenaga dibandingkan pekerjaan yang fokus pada pikiran.

Motto itulah yang dimiliki Tita Puspitasari, 37 tahun, seorang terapis spa bambu kelahiran Bogor. Tatkala berhadapan dengan tamu, wajahnya jadi lebih cerah. Kepribadian tamu yang datang dapat terlihat dari mata Tita.

Profesi terapis yang digeluti Tita penuh perjuangan. Ia menempuh pelatihan spa selama delapan bulan di Gaya Spa Wolter Monginsidi. Dalam perjalanan pelatihannya, ia tidak langsung mempraktikkan massage dan menangani tamu, melainkan belajar soal seluk-beluk spa, dari arti spa dan fungsi spa.

Selanjutnya, ia belajar anatomi tubuh dan produk spa. Setelah menguasai pembelajaran, Tita bersama rekan terapis yang menjalani pelatihan saling mempraktikkan teori yang diperoleh.

Lulus teori dan praktik, ia baru diizinkan menangani tamu langsung. Ia mengakui awam saat pertama kali mengikuti pelatihan spa.

"Tadinya saya sempat putus asa. Kok kerjanya jadi pijat? Tapi trainer saya bilang bukan pijat, melainkan spa. Setelah saya mengikuti latihan, lama-lama betah juga. Ilmu yang diperoleh luar biasa dan hebat karena bisa belajar anatomi tubuh," tutur Tita. Gemelut hatinya yang ingin keluar dari pelatihan batal dilakukan.

Ia semakin semangat bekerja. Hal ini didukung tipe Tita yang suka bekerja menggunakan tenaga. Pekerjaan yang membutuhkan kerja otak lebih banyak kurang disukainya.

Kalau bekerja dengan pikiran akan kepikiran terus dan tidak bisa tidur, katanya saat berbincang dengan Health-Liputan6.com di Bambu Slimming Beauty Care Spa di Jalan Margonda Raya Nomor 489, Depok, Jawa Barat pada Selasa (13/12/2016).

Belajar sifat orang

Tita beranggapan kerja di spa membuat seseorang kian eksis. Sebuah prestise berharga bekerja di spa. Pengalaman menarik dari keseharian menangani tamu menjadi pembelajaran kehidupan. Bertemu dengan tamu membuat dirinya kenal lebih banyak orang.

"Dari kenal orang, saya jadi tahu sifat orang. Apakah suasana hatinya lagi bagus atau orangnya bersahabat. Ada saja tamu yang tanya soal saya belajar pijat darimana. Tapi saya jawab seperlunya juga. Saya juga belajar menghadapi tamu agar lebih sopan," kata Tita.

Bertanya ke tamu hanya seputar pijatan dan massage saja, misal pijatannya sudah kencang atau ingin lebih dikuatkan.

Bahkan melontarkan pertanyaan pun harus melihat kondisi tamu, sebaiknya bertanya saat tamu lagi berbaring. Hindari bertanya saat tamu sedang telungkup.

"Kalau telungkup takut tamunya lagi tidur. Saya juga bilang, kalau kurang puas dengan pelayanan bisa mengatakannya. Jangan sungkan-sungkan buat bilang. Ya, takutnya kan bilang enak di depan saja, di belakang mungkin beda komentarnya," katanya.

Kunci kerja di spa

Tak sembarangan bekerja di spa, terapis membutuhkan keterampilan dan sikap (attitude) yang baik. Tita mengemukakan kunci bekerja di spa. Pertama, bekerja dengan tenaga. Tenaga yang dibutuhkan harus maksimum.

Kalau terapis sedang sakit sebaiknya permintaan melayani tamu dibatalkan dulu. Solusi lainnya, tamu dilayani terapis lainnya. Hal ini dikarenakan tenaga yang dikeluarkan tidak maksimum dan hasil terapi kurang memuaskan.

Bagi Tita, spa bambu termasuk unik karena berbeda dari spa lain yang sudah ada  (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Kedua, kerja harus dilandasi keikhlasan. Di mata Tita, tamu yang datang ke spa membutuhkan suasana relaks. Permasalahan yang dimiliki tamu di rumah maupun tempat kerja membuat beban pikiran tersendiri. Untuk itu, pelayanan yang diberikan ke tamu harus baik dan ikhlas.

Ketiga, hindari mengajukan pertanyaan yang mengganggu tamu. Sebaiknya tidak menanyakan pertanyaan pribadi, kalau tamu bertanya soal masalah pribadi dapat dialihkan ke topik pembicaraan lain. Misal, bertanya produk spa apa yang dipakai atau pernah melakukan spa di mana saja.

"Pokoknya, jangan bertanya  yang aneh-aneh dan bersifat pribadi. Di spa diajarkan attitude kepada tamu. Jadi, jangan sampai kita mengganggu suasana hati tamu," lanjut Tita.

Uniknya spa bambu

Lokasi kerjanya yang kini dijalani di Bambu Slimming Beauty Care Spa membawa memorinya saat pertama kali masuk ke spa bambu. Tita menilai spa bambu berbeda dengan spa lain.

"Saya pindah kerja ke sini karena unik pakai bambu. Hasil massage lebih maksimal dan di spa lain tidak ada yang pakai bambu. Di tempat lain lebih banyak spa tangan.Kalau bambu ya jarang dan sepertinya baru ada di sini saja (Depok)," ucap Tita sambil tersenyum.

Pengetahuan soal khasiat bambu, yang mampu menghantarkan panas dan mengikat ion negatif baru ia pelajari di Bambu Slimming Beauty Care Spa.

"Ada tamu yang masuk angin. Dia datang ke sini dan diterapi bambu. Kata dia pakai bambu lebih enak dan masuk anginnya hilang. Bahkan banyak juga orang Korea dan orang Malaysia yang lakukan spa bambu. Mereka sampai bertanya, beli bambu di mana, katanya mau dibawa ke sana (Malaysia)," tawa Tita.

Tamu yang Tita tangani tidak semua diterapi pakai bambu. Hal  ini melihat postur tubuh tamu. Tamu yang kurus akan sakit bila melakukan terapi bambu. Tamu bisa disarankan melakukan terapi lainnya, seperti pijat javanese. 

Buka spa sendiri

Kini, Tita sudah dua tahun bekerja di Bambu Slimming Beauty Care Spa. Suasana kerja begitu nyaman. Ia pun betah.

"Kerja di sini rasa kekeluargaan, kekompakkan, dan solidaritasnya tinggi. Dan kita harus ikhlas bekerja untuk melayani tamu," ucapnya.

Harapan dan kesukaan Tita pada spa membuat dirinya tertarik membuka spa bambu sendiri."Saya ingin buka spa bambu sendiri. Tapi sampai saat ini belum bisa terealisasikan.

Kelak, kalau  ada rezeki, semoga bisa terwujud harapan saya. Yang terpenting, saat ini saya senang bekerja di sini," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiatisuk Senamuang, 'Der Kaiser' Thailand

Posted: 17 Dec 2016 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jika ada pertanyaan siapa pria tersukses di sepak bola Asia tenggara? Jawabannya adalah Kiatisuk Senamuang.

Kiatisuk berkiprah bersama timnas Thailand sejak 1992. Empat tahun berselang atau 1996, Kiatisuk sukses mempersembahkan trofi Piala AFF pertamanya bagi The War Elephant.

Gelar ini terasa istimewa lantaran inilah gelar Piala AFF pertama buat Kiatisuk beserta timnas Thailand.  Setelah gagal membawa timnas Thailand juara di AFF 1998, Kiatisuk kembali berhasil membawa timnas Thailand menjuarai Piala AFF 2000.

Kiatisuk pun menjadi salah satu anggota timnas Thailand yang meraih back to back winners saat meraih Piala AFF 2002. Thailand pun menjad tim pertama yang berhasil menjuarai Piala AFF secara beruntun.

Kiatisuk memutuskan pensiun pada 2007. Selama membela timnas Thailand, Kiatisuk membukukan 71 gol dari 134 penampilan.

Butuh waktu lama bagi Kiatisuk untuk dilirik federasi sepak bola Thailand. Usai enam tahun melatih di level klub seperti Chonburi FC, Kiatisuk resmi dilantik menjadi pelatih timnas Thailand pada 2013. Bukan cuma timnas Thailand senior, Kiatisuk juga menangani timnas Thailand U23.

Taktik tiki-taka yang diterapkan Kiatisuk langsung membawa Thailand juara Piala AFF 2014. Ia jadi orang pertama yang berhasil mempersembahkan trofi AFF baik sebagai pelatih maupun pemain.

Pada Piala AFF 2016, Kiatisuk mempersembahkan trofi AFF keduanya untuk Thailand sebagai pelatih. Di final, ia mengalahkan Indonesia dengan agregat 3-2.

Tak banyak pemain yang menyamai prestasi ini: mempersembahkan trofi bagi timnas, baik sebagai pemain maupun pelatih. Di level dunia, ada nama legenda timnas Jerman, Franz Beckenbauer.

Beckenbauer meraih trofi Piala Dunia baik saat masih menjadi pemain maupun saat menjadi pelatih.  Beckenbauer yang dijuluki 'Der Kaiser' atau Sang Kaisar mempersembahkan trofi Piala Dunia 1974.

Pria yang kini berusia 71 tahun itu lalu memberikan trofi Piala Dunia 1990 bagi Jerman. Trofi Piala Dunia ini menjadi penebusan Beckenbauer yang gagal di Piala Dunia 1986 usai dikalahkan Argentina di final yang saat itu diperkuat Diego Armando Maradona.

Tapi, dilihat dari jumlah trofi, apa yang ditorehkan Kiatisuk lebih fenomenal dari Der Kaiser bukan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditegur Krisdayanti, Aurel Mengadu pada Ashanty

Posted: 17 Dec 2016 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang remaja putri, tentunya Aurel Hermansyah masih kerap ditegur oleh ibunya, Krisdayanti. Walaupun kini Krisdayanti tinggal bersama suami keduanya, Raul Lemos, ia tetap membagi waktu untuk anak dari pernikahan sebelumnya dengan Anang Hermansyah tersebut.

Foto selfie Ashanty bersama dengan Aurel Hermansyah, Azriel dan Krisdanyanti. (via instagram.com/ashanty_ash)

Biasanya Krisdayanti menghabiskan waktu dengan Aurel dan sang adik Azriel pada akhir pekan. Walaupun kadang, kedua anak remaja tersebut malah memilih pergi dengan teman-temannya. Tapi ia memaklumi tingkah dari dua ABG tersebut.

"Cuma kita enggak boleh egois ya, 17 dan 18 tahun itu kayak apa, centilnya, genitnya. Bisa ketemu saya weekend, tapi merekanya perlu main, jadi sayanya banyak ngalah," ucap Krisdayanti kepada wartawan di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

"Tapi sayanya muka topeng aja. Tanya aja terus kegiatannya. (Semisal) saya tegur Azriel jangan terlalu kurus. Mereka enggak berani sih kalau bantah," kata Krisdayanti.

Anang Hermansyah bersama keluarga besarnya, Ashanty, Aurel, Azriel dan Arsy.

Namun ternyata Aurel pernah berani membantah teguran Krisdayanti. Tak hanya itu, Aurel lantas melaporkannya ke Ashanty yang merupakan ibu sambungnya. Lucunya, hal ini kemudian disampaikan Ashanty pada Krisdayanti.

"Kalau Aurel ngebantah terus nangis, entar ngadu ke bundanya. Pesan berantai," kata Krisdayanti berseloroh. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BERANI BEDA: Berbekal Kreativitas, Pengusaha Muda Ini Sanggup Hasilkan Omzet Memuaskan

Posted: 17 Dec 2016 11:00 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Pelaku Usaha Bertarung Ide Ciptakan Kreasi Oleh-Oleh

Posted: 17 Dec 2016 10:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebagai upaya menciptakan ragam kreasi oleh-oleh khas Nusantara bagi para pelaku industri bakery dan pastry, Blue Band baru saja menggelar kompetisi Blue Band Master Oleh-Oleh. Digelar September 2016 yang diikuti ribuan peserta dari berbagai daerah, akhirnya terpilih tiga terbaik, yaitu Bagelen Bekatul dari Jawa Tengah, Cake Salak Kilo dari Kalimantan Timur, dan Nutsafir Cookies dari Nusa Tenggara Barat.

Thomas Agus Pamudji, Managing Director Unilever Food Solution menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Kamis (15/12/2016) mengatakan, "Dalam waktu dua bulan, sebanyak 3.667 pelaku industri bakery dan pastry telah berpartisipasi dalam kompetisi ini, itu artinya animo masyarakat sangat besar, potensi industri oleh-oleh juga sangat besar Indonesia. Proses penjurian sendiri juga dilakukan secara bertahap, mulai dari tahap validasi, tahap penjurian tingkat provinsi, penjuarian tingkat nasional, hingga akhirnya terpilih tiga pemenang utama."

Hal serupa juga diungkapkan Vita Datau selaku Ketua Tim Percepatan Kuliner dan Belanja digelarnya kompetisi ini merupakan apresiasi bagi industri pariwisata di Indonesia yang berkembang pesat. Fakta yang menunjukan tiga dari empat orang Indonesia lebih memilih produk makanan sebagai oleh-oleh saat berpergian telah membuktikan, industri oleh-oleh merupakan potensi yang besar dalam pariwisata Indonesia.

"Komoditas oleh-oleh tidak hanya menguntungkan pelaku industri bakery dan pastry tapi juga berkontribusi bagi sektor pariwisata dan perekonomian Indonesia. Saat ini sektor pariwisata telah berkontribusi 4 persen dari total perekonomian Indonesia dan trennya akan terus meningkat," ungkap Vita.

Selama penjurian dalam kompetisi ini, dewan juri mengakui ada banyak hal yang perlu dikembangkan terkait kreasi oleh-oleh. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis para peserta ke depan.

Chef Rahmat Kusnedi selaku Ketua Dewan Juri mengatakan, tiga kriteria yang dipakai untuk penjurian adalah rasa, rupa dan keunikan. "Kalau rasanya tidak enak tentu tidak menang, karena rendah nilai jualnya. Kalau untuk rupa kami menilai oleh-oleh dari tampilannya, daya tahan, dan kemasannya. Oleh-oleh yang bagus harus dikemas dengan baik dan aman. Oleh-oleh juga harus unik dan mencerminkan keistimewaan daerah asalnya," ungkap Chef Rahmat.

Chef Rahmat sendiri sangat terkesan dengan ribuan peserta yang telah ikut serta dalam ajang kompetisi ini. Masyoritas peserta membuat cake, cookies, roti, dan bolen. Peserta juga banyak yang mengangkat sisi tradisional dan mengemasnya dengan kreatif dan menarik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Dibentuk, Satgas Saber Pungli Sudah Gelar 22 OTT

Posted: 17 Dec 2016 10:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) ternyata sudah melakukan 22 operasi tangkap tangan (OTT). Operasi ini dilakukan sejak Satgas Saber Pungli dibentuk pada 28 Oktober 2016.

"Ada 22 operasi tangkap tangan sejak dibentuk," kata Ketua Satgas Saber Pungli Komjen Dwi Priyatno di acara Kampanye Budaya Anti Pungli di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (18/12/2016).

Menurut dia, OTT tersebut dilakukan di beberapa provinsi, antara lain di Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jakarta.

"Ada yang berkaitan dengan alokasi dana desa, bagian perizinan, pembuatan paspor, ya seperti itu," ucap Dwi yang juga menjabat Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri ini.

"Jadi masyarakat sekarang berani melapor dan mau jadi saksi. Ini yang kita tumbuh kembangkan, masyarakat berani lapor, mau jadi saksi. Itu lebih bagus," sambung Dwi.

Dengan adanya Satgas Saber Pungli, jenderal polisi bintang tiga ini berharap bisa menekan angka pungli di masa yang akan datang.

"Oleh sebab itu, harapannya akan mengerem orang-orang atau mengurangi pungutan liar pada akhirnya. Kita berharap Indonesia zero pungli, bahkan bersih dari pungli," tegas Dwi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Profil Ferry Aman Saragih

Posted: 17 Dec 2016 10:50 PM PST

Liputan6.com, Malang - Ferry Aman Saragih menjadi sosok sentral di lini tengah Arema Cronus pada ajang Torabika Soccer Championship 2016. Pelatih Milomir Seslija kerap memainkannya di skuat utama.

Ferry Aman Saragih tipe gelandang yang memiliki kecepatan dan lincah. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan mendrible bola dengan cepat melewati pemain lawan.

Dengan stamina yang bagus, gelandang 29 tahun ini mampu menjelajah daerah pertahanan lawan. Tak hanya itu, ia juga kerap memanjakan lini depan Arema lewat umpan-umpannya.

Tenaga Ferry Aman Saragih kembali dibutuhkan Arema saat menjamu Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (18/12/2016). Meski peluangnya tipis, laga itu sangat krusial bagi tim Singo Edan untuk merebut gelar juara.

Berikut video profil pemain bernomor punggung 19 itu:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Duterte: Selamat Tinggal, Amerika Serikat!

Posted: 17 Dec 2016 10:48 PM PST

Liputan6.com, Manila - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, kembali membuat pernyataan sinis. Sasarannya kali ini kembali ditujukan kepada Amerika Serikat.

Kepada AS, Duterte mengatakan agar Negara Paman Sam bersiap mencabut kesepakatan pengerahan pasukan dan peralatan untuk latihan. Dengan percaya diri, ia berkoar bahwa uang AS bisa diganti.

Duterte, bagaimanapun, pernah mengatakan hubungan Filipina dan AS bisa meningkat di bawah Presiden terpilih Donald Trump. "Saya suka mulut Anda, itu seperti saya, ya Bapak Presiden. Kami sama dan orang-orang dengan bulu yang sama berkumpul bersama-sama."

Tapi kembali fokus ke pemerintahan AS saat ini, yang telah mengkritik Duterte atas laporan pembunuhan ekstra-yudisial dalam kampanye melawan narkoba, ia menyampaikan pesan yang berbeda.

"Kami tidak membutuhkan Anda," kata Duterte dalam konferensi pers setelah tiba dari kunjungan ke Kamboja dan Singapura. "Bersiaplah untuk meninggalkan Filipina. Siapkan untuk pencabutan dari VFA," tambahnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (18/12/2016).

Visiting Forces Agreement (VFA) yang ditandatangani pada tahun 1998, adalah perjanjian AS dan Filipina yang memberi status hukum untuk ribuan tentara AS yang dikerahkan di negara itu untuk latihan militer dan operasi bantuan kemanusiaan.

"Bye, bye Amerika. Kinerja protokol akhirnya akan mengeluarkan Anda dari Filipina," katanya, menambahkan bahwa keputusannya akan datang "kapan saja" setelah meninjau kesepakatan militer lain, yaitu, Enhanced Defense Cooperation Agreement.

Juru bicara Departemen Luar Negeri, Justin Higgins, mengatakan bahwa para pejabat telah melihat laporan Duterte. Namun Amerika Serikat "belum menerima permintaan resmi dari pejabat Filipina untuk mengubah salah satu dari banyak isu kerjasama bilateral kami."

Duterte terlihat sangat geram dan melampiaskan kemarahannya pada Washington karena keputusan oleh dewan Millennium Challenge Corp, sebuah badan penanggulangan kemiskinan AS, untuk menunda pemungutan suara dalam memilih kembali Manila karena masalah hak asasi manusia.

"Kami tidak butuh uang. China mengatakan mereka akan memberikan begitu banyak," katanya. "Politik di Asia Tenggara berubah."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perhatikan Ini Saat Liburan Pakai Kendaraan

Posted: 17 Dec 2016 10:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meski sekarang masih pertengahan Desember, tentu sudah banyak yang merancang liburan bersama keluarga. Beberapa hal pun dipersiapkan, bahkan sejak jauh-jauh hari agar momen ini bisa maksimal.

Masalahnya, cuaca di akhir tahun kerap tidak menentu, hujan kerap menjadi masalah. Maka, mempersiapkan kendaraan agar bisa tetap maksimal meski diguyur hujan adalah kewajiban. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Mengutip laman toyota.astra.co.di, salah satu aspek penting yang harus diperhatikan adalah kondisi ban. Sebelum liburan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan bahwa tekanan ban dan kedalaman alur ban sudah sesuai.

Tekanan ban yang sesuai, serta alur yang baik, dapat menghindari mobil mengalami aquaplanning atau tergelincir.

Kemudian, periksa pula apakah lampu kendaraan berfungsi dengan baik atau tidak. Pasalnya, rintik hujan dapat mereduksi jarak pandang. Dengan lampu yang redup, maka visibilitas pengendara akan terganggu, dan akan membahayakan.

Wiper juga harus disorot. Pastikan bahwa karet wiper bersih dan berfungsi dengan baik. Lagi-lagi, wiper yang sudah tidak maksimal bisa mengganggu visibilitas.

Pastikan pula beberapa komponen penting lain sedang dalam kondisi prima. Dari mulai roda kemudi, pedal rem, gas, dan kopling.

Cara berkendara pun harus diperhatikan. Misalnya, sebaiknya mengurangi kecepatan saat hujan turun. Jarak aman kendaraan pun harus diperhatikan. Pasalnya, pengereman di jalan basah butuh jarak yang lebih jauh.

Sementara jika naik motor, prinsipnya pun sebetulnya sama. Komponen penting kendaraan harus dalam kondisi yang baik. Ditambah, sebaiknya selalu persiapkan mantel hujan, dan menggunakan sepatu boot agar kaki tidak kedinginan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TCL Resmi Garap Produksi Ponsel BlackBerry

Posted: 17 Dec 2016 10:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa bulan lalu, BlackBerry telah mengumumkan tak lagi menggarap ponsel secara mandiri. Perusahaan asal Kanada itu memilih untuk bekerja sama dengan perusahaan manufaktur lain untuk menggarapnya. 

Salah satu perusahaan yang telah menjalin kerja sama tersebut adalah TCL. Berdasarkan laporan terbaru, BlackBerry mengumumkan kerja sama dengan TCL untuk produk yang dirilis secara global.

Dikutip dari Tech Crunch, Minggu (18/12/2016), sebagian pihak merasa kerja sama ini masuk akal, mengingat TCL dalam beberapa tahun terakhir memiliki hubungan yang dekat dengan BlackBerry. Perusahaan asal Tiongkok itu dipercaya menjadi manufaktur untuk dua ponsel BlackBerry terbaru yakni DTEK50 dan DTEK60. 

Lewat kesepakatan ini, TCL akan membuat dan mendistribusikan perangkat BlackBery secara global, sedangkan BlackBerry akan mengurus bagian aplikasi, fitur keamanan, dan dukungan konsumen. Model kerja sama ini kali pertama dilakukan oleh BlackBerry.

Namun kerja sama ini tak berlaku untuk Sri Lanka, Nepal, Bangladesh, dan Indonesia karena perusahaan dari negara-negara tersebut telah menjalin kerja sama lebih dulu dengan BlackBerry. Adapun di Indonesia, BlackBerry telah mengumumkan perjanjian usaha bersama atau joint venture yang baru terbentuk, PT BB Merah Putih.

Joint venture ini dipimpin oleh PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk, salah satu perusahaan telekomunikasi dengan jaringan distribusi terluas di Indonesia.

Sebagai informasi, BlackBerry memamg telah memastikan tak akan menggarap ponsel lagi pada September tahun ini. Perusahaan tersebut akan memberlakukan sistem outsource, yang memungkinkan perusahaan rekanan untuk mengembangkan produknya sendiri baik dengan lisensi software maupun layanannya

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Terbitkan Uang Baru, BI Juga Harus Urus Redenominasi

Posted: 17 Dec 2016 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang rupiah baru pada Senin esok. Langkah penerbitan tersebut sebagai implementasi dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Masih soal rupiah, selain menerbitkan uang rupiah baru, BI juga harus serius melanjutkan rencana redenominasi‎.

Anggota Komisi XI DPR Donny Imam Priambodo mengatakan, ‎adanya redenominasi rupiah bakal membawa dampak positif kepada ekonomi nasional. Redenominasi akan berpengaruh pada psikologi masyarakat sehingga pada ujungnya akan meningkatkan konsumsi dalam negeri.

"Itu berpengaruh pada psikologi‎ masyarakat. Misalnya harga barang Rp 1 juta sama dengan Rp 1.000, kan kelihatan lebih murah. Bisa juga untuk tingkatkan konsumsi itu nanti," ujar dia di Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Berbeda dengan sanering, lanjut Imam, redenominasi dinilai akan lebih banyak membawa manfaat. Senering adalah pemotongan nilai mata uang. Sedangkan redenominasi adalah penyederhanaan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya. 

Namun dia mengingatkan perlu adanya persiapan yang matang dan dilakukan secara bertahap agar tidak membuat kekhawatiran di masyarakat. 

"Redenominasi dampaknya tidak besar. Sedangkan kalau sanering itu pasti berpengaruh dengan inflasi dan sebagainya. Misalnya punya uang Rp 1 juta jadi hanya senilai Rp 1.000, kan pusing juga," kata dia.

Oleh sebab itu, Donny menyatakan pihaknya mendukung adanya redenominasi pada rupiah. ‎Asalkan dilakukan secara tepat dan persiapan yang matang.

"Kita dukung karena menyederhanakan. Tapi uang lama masih tetap berlaku, jadi dicampur, bayar yang pakai Rp 100 boleh, pakai Rp 100 ribu boleh. Lama-lama akan hilang dan supaya masyarakat tidak shock," tandas dia.

Untuk diketahui, BI akan meluncurkan 11 pecahan uang rupiah baru secara serentak pada 19 Desember 2016. Desain baru tersebut menapilkan gambar pahlawan yang mewakili seluruh wilaya di Indonesia.

Terdapat 12 gambar pahlawan yang akan menghiasi 11 uang rupiah desain baru tersebut. Hanya ada 11 uang rupiah desain baru karena terdapat satu pecahan yang di dalamnya memuat dua pahlawan. (Dny/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerrard Nilai MU Berpotensi Juara Liga Inggris

Posted: 17 Dec 2016 10:40 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - MU (Manchester United) tengah membangun kembali reputasinya sebagai tim papan atas Liga Inggris. Setelah ditinggal pensiun manajer Sir Alex Ferguson pada 2013 lalu, klub berjuluk Setan Merah itu tidak pernah lagi menjadi juara Liga Inggris.

Musim ini bersama Jose Mourinho, klub yang bermarkas di Old Trafford itu berharap dapat jadi kampiun. Namun, hingga pekan ke-17, Wayne Rooney cs masih terpaku di peringkat enam dengan poin 30, tertingga 13 angka dari Chelsea yang ada di puncak klasemen.

Performa MU memang mulai membaik belakangan ini. Mereka meraih tiga kemenangan beruntun, salah satunya mengalahkan West Bromwich Albion pada Minggu (18/12/2016).

Akan tetapi, Steven Gerrard memprediksi The Red Devils baru dapat bersaing jadi juara Liga Inggris pada musim depan. "Saya kira tahun depan Manchester United akan bersaing untuk Liga Inggris," kata legenda Liverpool itu seperti dilansir ESPN.

"Tahun ini, mereka mungkin agak harus berbuat lebih banyak lagi. Tetapi, mereka jelas bergerak maju dan bermain jauh lebih bagus ketimbang tahun-tahun sebelumnya."

Saat ditanya apakah MU bisa finis pada empat besar musim ini, Gerrard menjawab, "Punya peluang."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahagia Jadi Ayah, Liam Payne Ceriwis di Media Sosial

Posted: 17 Dec 2016 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Liam Payne kini tengah menantikan kehadiran buah hatinya. Setelah Cheryl Cole, sang kekasih, dinyatakan hamil, personel One Direction itu mengungkapkan kebahagiaannya dengan berbagi bersama penggemar.

Liam Payne menghabiskan waktu sepanjang akhir minggu melayani penggemar, menjawab pertanyaan yang masuk lewat akun Twitter miliknya. Hampir semua pertanyaan yang datang, mengenai kabar kehamilan sang kekasih.

Salah satunya pengguna Moira bertanya, "Liam Payne, apakah kau antusias menjadi seorang ayah? Hampir lupa, selamat ya!"

Tanpa malu, Liam Payne mengatakan dirinya sangat bahagia. Bahkan ia beranggapan, momen itu adalah hal terbaik sepanjang hidupnya, diwartakan Dailymail, Sabtu (17/12/2016).

"Hal terbaik dan paling bahagia dalam hidupku," tulis Liam Payne.

Selain itu, penggemar Liam Payne pun terus membanjiri penyanyi asal Inggris itu dengan ucapan selamat. Mereka berharap Cheryl Cole selalu sehat dan melahirkan dengan selamat.

 Cheryl Cole menunjukkan perut buncitnya dalam sebuah acara yang berlangsung di London, Inggris, Selasa (29/11/2016). (foto: Dailymail)

Sementara, Liam Payne membulatkan tekad untuk menikahi Cheryl Cole. Kabarnya Liam akan segera meminang Cheryl tahun depan. Mereka bahkan telah menentukan lokasi untuk menggelar prosesi sakral tersebut.

"Satu ide yang mereka ungkap adalah mereka akan menikah di Cape Town musim panas depan," ujar seorang kerabat Liam Payne dan Cheryl Cole pada pihak Mirror. "Mereka ingin memboyong keluarga dekat mereka ke sana."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Investigasi Jatuhnya Hercules di Wamena, TNI AU Cermati 5M

Posted: 17 Dec 2016 10:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Hercules TNI AU yang dipiloti Mayor Pnb Marlon A. Kawer, ditemukan jatuh di Kampung Minimo, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya, setelah dinyatakan hilang kontak dengan Bandara Wamena.

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja mengatakan pihaknya telah membentuk tim untuk memeriksa dan menganalisa penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Untuk menganalisa penyebab jatuhnya pesawat, Hadiyan mengatakan timnya menggunakan analisa faktor dengan istilah 5M, yaitu manusia, material, media, misi dan manajemen.

"Ada 5 faktor yang harus diinvestigasi, dianalisa yaitu manusia, material, media, misi dan manajemen. Fokus kita sekarang ini evakuasi korban terlebih dahulu," ujar Hadiyan saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Ia pun meminta kepada seluruh pihak bersabar dan memberi waktu kepada tim untuk bekerja mencari penyebab jatuhnya pesawat Hercules.

"Jangan terburu-buru (mengambil kesimpulan). Harus sesuai analisa karena kita sudah mengirimkan tim ke sana. Perkiraan awal kecelakaan terjadi karena cuaca," kata dia.

Kendati pesawat langsung ditemukan tak lama setelah hilang kotak, namun Hadiyan memastikan proses investigasi penyebab jatuhnya pesawat akan memakan waktu yang tidak sebentar.

"Investigasi akan terus berlanjut. Tentu akan memakan waktu, tidak akan cepat," Hadiyan menandaskan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ENAM PLUS: TNI AU Investigasi Jatuhnya pesawat Hercules C-130 HS

Posted: 17 Dec 2016 10:35 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Tolleng, Residivis Sadis Kota Kalong yang Kerap Ditembak

Posted: 17 Dec 2016 10:33 PM PST

Liputan6.com, Makassar - Empat kali keluar masuk penjara, Tolleng (35) yang merupakan residivis kasus pencurian motor yang terbilang sadis tak juga jera. Terakhir, dia bahkan memerkosa seorang siswi SMP di Kabupaten Soppeng yang berjuluk Kota Kalong.

Usai memerkosa itu, Tolleng kemudian kabur ke Kota Makassar hingga akhirnya berhasil ditangkap di sebuah rumah kontrakan di Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Jumat, 16 Desember 2016.

Saat hendak ditangkap, ia tak mau menyerah begitu saja. Ia mencoba melawan untuk kabur dari kepungan tim gabungan yang terdiri dari Satuan Reskrim Polres Soppeng dan Tim Khusus Polda Sulsel.

Meski tembakan peringatan diletuskan, Tolleng tetap berusaha melawan dan kabur sehingga anggota berinisiatif melumpuhkannya dengan ditembak. Dua butir peluru akhirnya bersarang di kaki Tolleng.

Kepala Unit Resmob Polres Soppeng Aiptu Asdar mengatakan, Tolleng berhasil ditangkap bersama rekannya La Kumar (28) dalam persembunyiannya di sebuah rumah kontrakan di Jalan Dakwah, Kelurahan Mallimongan, Kecamatan Wajo, Makassar.

"Keduanya sudah lama buron. Di mana mereka tercatat sebagai spesialis curanmor dan terakhir dilaporkan dalam kasus pemerkosaan terhadap siswi di Kabupaten Soppeng, Sulsel, di mana korbannya inisial SR (14)," kata Asdar.

Korban SR, ujar dia, diperkosa usai sepeda motornya dirampas kedua pelaku di Kecamatan Marioriwawo pada 9 Desember 2016 lalu."Keduanya selain masuk dalam daftar DPO di Polres Pinrang Sulsel juga terbanyak di Polres Soppeng, Sulsel," ujar Asdar.

Menurut Asdar, Tolleng merupakan residivis kasus pencurian sepeda motor dan sudah empat kali keluar masuk penjara. Tak hanya itu, betisnya pun sudah sangat akrab dengan timah panas atau peluru.

"Kalau dilihat betis kakinya itu, ada tiga bekas lubang peluru dan terakhir ditambah satu lagi jadi jumlahnya sudah 4 lubang. Tapi dasar dia, tak pernah kapok," ujar Asdar.

Dalam beraksi di Kabupaten Soppeng, kata Asdar, Tolleng dan rekannya La Kumar mengaku sebagai penagih utang dari perusahaan pembiayaan yang menagih cicilan motor. Saat korban berhenti dan lengah, mereka langsung merampas sepeda motor mangsanya.

Terakhir, korbannya siswi SMP. Tak hanya mengambil motornya, siswi SMP itu juga langsung diseret ke sebuah kebun yang sepi kemudian diperkosa.

"Melihat korbannya anak kecil yang tidak berdaya dan kondisi sepi, kemudian mereka memperkosa korban," ujar Asdar.

Terpisah, rekan Tolleng, La Kumar membantah jika dirinya dikatakan masuk dalam jaringan pencuri motor. Ia mengaku hanya ikut dengan Tolleng saat diajak pergi ke Kabupaten Soppeng. Namun, pria berambut ikal itu mengaku ikut memerkosa SR setelah Tolleng melakukan terlebih dahulu.

"Saya tidak ikut mencuri, tapi hanya ikut memperkosa," kata dia, seusai menjalani operasi pengangkatan proyektil yang bersarang di betisnya di RS Bhayangkara Makassar.

Sementara, Tolleng di hadapan polisi mengakui telah memperkosa korban SR. "Saya dendam dengan orangtua korban yang pernah menghinaku beberapa hari sebelum beraksi," kata Tolleng.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Mitos Makanan Orangtua Mesti Tahu

Posted: 17 Dec 2016 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berikut adalah beberapa miskonsepsi yang umum terjadi tentang makanan anak yang harus diketahui oleh para orangtua. Dilansir dari laman Times of India, Minggu (18/12/2016):

Mitos 1: Makanan bergula membuat anak menjadi hiperaktif

Berbagai studi telah menyimpulkan, tidak ada hubungan antara gula dengan kondisi hiperaktif. Para ahli percaya anak-anak yang berperilaku tidak terkontrol bukan karena apa yang seringkali dikenal sebagai sugar rush, namun hal tersebut terjadi karena faktor-faktor lain seperti kurang tidur, pola makan yang buruk yang diikuti dengan asupan besi yang tidak memadai atau juga kurangnya aktivitas fisik.

Orangtua bisa memberi asupan energi atau nutrisi melalui camilan sehat seperti biskuit gandum utuh dan lainnya untuk makanan anak.

Ini adalah sebuah kesalahan persepsi.  Banyak studi menunjukkan, lebih mudah untuk mendorong anak-anak usia lebih muda untuk mencoba makanan baru dibanding anak-anak yang usia lanjut.

Kebanyakan, anak-anak mempelajari pilihan makanan baru karena pengulangan. Jadi jangan cepat menyerah jika anak Anda tidak menyukai menu tertentu ketika mereka mencobanya pertama kali.

Oatmeal memang makanan bernutrisi untuk orang-orang dewasa, namun tidak terlalu baik untuk anak-anak balita. Menurut ahli nutrisi klinis Dr. Nupur Krishnan, "bubur oat mengandung serat yang sangat tinggi yang justru dapat membahayakan sistem pencernaan anak Anda."

Menurut para ahli, kebanyakan dari anak batita memang akan bisa mengatasi alergi makanan yang umum pada usia tiga tahun. Namun alergi pada kacang-kacangan tidak akan hilang dengan sendirinya. Langkah terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter anak untuk kondisi alergi tersebut.

Hingga usia 6 tahun, anak-anak akan membentuk pilihan terhadap beberapa makanan. Jika Anda hanya memberikan atau menawarkan makanan manis atau hambar, kemungkinan besar mereka akan bertumbuh hanya menyukai makanan dengan rasa tersebut.

Kenalkan anak Anda dengan makanan yang berbagai rasa. Ketika anak Anda memasuki usia batita, kenalkan mereka dengan berbagai menu makanan pada bekal makan siang mereka. Hal ini tidak hanya meningkatkan variasi dan nutrisi pada pola makan namun juga dapat membantu membentuk kebiasaan makan yang positif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilot Korban Hercules TNI Jatuh Berulang Kali Terbang ke Wamena

Posted: 17 Dec 2016 10:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya memastikan pesawat Hercules C-130 HS laik terbang. Sementara pilot Mayor penerbang yang menerbangkan pesawat A-1334 itu juga sering terbang ke Wamena, Papua.

"Dia (Mayor Marlon Kawer) adalah instruktur dan sudah berulangkali melakukan misi ke sana (Wamena, Papua)," kata Hadiyan dalam keterangan pers di Halim Perdanakusumah, Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Ia menambahkan, Marlon merupakan instruktur penerbang. Ia juga merupakan penerbang yang sangat berpengalaman menerbangkan pesawat Hercules yang membawa sembako dan 12 ton semen tersebut.

Marlon Kawer adalah anak pertama dari tiga anak pasangan Raymond Hendrik Kawer dan Ester, yang tinggal di Jalan Selat Makasar, Biak.

Berikut nama 12 nama kru pesawat Hercules:
1.  Mayor Pnb Marlon A Kawer Instruktur
2.  Kapten Pnb J Hontian F Saragih
3.  Lettu Pnb Hanggo Fitradhi
4.  Lettu Nav Arif Fajar Prayogi navigator
5.  Plt Lukman Hakim juru radio udara
6.  Plt Suyata juru mesin udara I
7.  Plt Kusen juru mesin udara II
8.  Serma Kudori juru mesin udara III
9.  Plt Agung Tri Load master I
10. Pld Agung S Load Master II
11. Serma Fatoni Load master III
12. Serda Suyanto extra crew

Sedangkan sisanya satu lagi, merupakan penumpang terusan dari Bandara Abdulrahman Saleh, Malang, Jawa Timur. Korban bernama Kapten Rino dari Satgas 212.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operasi Sukses, Pria dengan Tumor Wajah Seperti Dilahirkan Lagi

Posted: 17 Dec 2016 10:28 PM PST

Liputan6.com, Kathmandu - Seorang pria merasa dilahirkan kembali setelah tumor yang seberat batu diangkat dari wajahnya. Sejak usia 12 tahun, Krisna Prasad Bhattarai (60) dari Taplejung, Nepal, telah menderita dengan Neurofibromatosis.

Neurofibromatosis merupakan tumor yang tumbuh di sepanjang saraf. Penyakit ini membuatnya terpaksa hidup dengan tumor raksasa yang menggantung di wajahnya dengan berat yang sama seperti seorang balita.

Saking besarnya, Krishna terpaksa membawa tumor tersebut dalam tas jika ia bergerak. Ia diberitahu bahwa penyakit tersebut tak bisa dihapus.

Namun, Dr Jaswan Shakya dari Rumah Sakit Sushma Koirala Memorial, Kathmandu memberinya secercah harapan. Meski tidak bisa disembuhkan, tumor tersebut bisa diangkat dari wajahnya.

Kepada The Sun, Dr Shakya mengatakan bahwa ini pertama kalinya ia melihat tumor menutupi wajah yang sebesar itu.

"Saya benar-benar terkejut saat melihatnya pertama kali. Saya telah melakukan operasi selama bertahun-tahun, tapi ini adalah tumor terbesar yang pernah kulihat di Nepal," ujar dia.

Sebuah tumor kecil pertama kali muncul di wajah Krishna saat ia berusia 12 tahun. Namun kemudian pertumbuhan tumor tersebut tak kunjung berhenti sampai menjuntai di wajahnya.

Namun sekarang, ia merasa seperti dilahirkan kembali sejak tumor itu diangkat. Setelah operasi selama tujuh jam, ia berharap ketika kondisinya telah pulih, ia bisa mencari pekerjaan lagi dan mungkin mencari istri.

"Aku dulu benci melihat rupaku di cermin. Tapi hidupku berubah drastis setelah dioperasi. Aku sangat berterima kasih pada dokter yang membantuku."

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anjing Raksasa Ini Jadi Pusat Perhatian Pengunjung Car Free Day

Posted: 17 Dec 2016 10:20 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Now Live Streaming Persipura Vs PSM di Liputan6.com

Posted: 17 Dec 2016 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persipura Jayapura siap memastikan gelar Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo, siang ini. Kemenangan saat menjamu PSM Makassar di Stadion Mandala Jayapura akan mengukuhkan Persipura sebagai yang terbaik.

Persipura saat ini berada di puncak klasemen orabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo, dengan 65 poin dan menyisakan satu laga. Sementara Arema Cronus mengekor di posisi kedua dengan hanya terpaut dua poin.

Meski belum diperkuat penyerang andalan Boaz Solossa yang baru membela Indonesia di final Piala AFF, peluang Persipura tetap besar untuk mencetak kemenangan. Apalagi, mereka akan bermain di hadapan suporter sendiri.

Namun, Persipura tetap harus mewaspadai PSM. Pasalnya, Juku Eja juga berambisi meraih kemenangan untuk memperbaiki posisi mereka, yang masih tertahan di peringkat keenam dengan 54 poin. Kemenangan bisa mengangkat mereka ke posisi empat besar.

Anda dapat menyaksikan pertandingan ini melalui live streaming di Liputan6.com, pada halaman selanjutnya.

Untuk link live streaming silakan klik di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Bola, Ahmad Albar Galau saat Rilis Album Baru

Posted: 17 Dec 2016 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Grup band rock legendaris God Bless resmi meluncurkan album teranyar yang bertajuk Cermin 7 di Studio 5 Indosiar, Jakarta Barat, Sabtu (18/12/2016) malam.

 God Bless luncurkan album terbaru di akhir tahun 2016

Yang menarik, sang vokalis, Ahmad Albar, sempat dilanda galau saat mengetahui waktu peluncuran album terbaru God Bless ini bersamaan dengan pertandingan final Piala AFF 2016 yang mempertemukan tim nasional Indonesia dengan Thailand.

"Penginnya sih nonton bola, kan kita harus dukung timnas," ucap Ahmad Albar saat ditemui di sela-sela peluncuran album Cermin 7.

"Tapi ternyata enggak bisa karena ini bertepatan dengan launching albumnya God Bless," Ahmad Albar melanjutkan.

Walau sempat membuat galau, Ahmad Albar tetap bersyukur bahwa album terbaru God Bless bisa meluncur ke masyarakat. Apalagi, album tersebut muncul setelah God Bless absen menelurkan album selama tujuh tahun.

 Album terbaru God Bless, Cermin 7.

Dalam kesempatan itu, God Bless juga menyebut album terbarunya sebagai karya idealis. "Bukan cuma album jujur saja, tapi juga idealis sendiri. Di sini kita mainkan apa yang kita suka malah ada lagu kayak "Anak Adam" itu sampai hampir 15 menit di tahun 80-an, tapi di album ini dipersingkat jadi 8 menitan. Cukup panjang untuk ukuran album komersial," kata Ahmad Albar mengakhiri. (GIE).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solidaritas Yahudi untuk Aleppo, Ucapkan Mantra Anti-Holocaust

Posted: 17 Dec 2016 10:12 PM PST

Liputan6.com, New York - Seluruh yahudi di Israel, Amerika Serikat, dan Inggris turun ke jalan untuk menunjukkan solidaritas mereka terhadap Aleppo. Mereka juga mengekspresikan kesakitan dan frustrasi atas korban warga sipil di Aleppo.

Di Israel, kelompok akar rumput meminta warganya agar menunjukkan soldaritas kepada warga sipil Suriah dengan berunjuk rasa yang digelar akhir pekan ini. Adapun gerakan itu disponsori oleh organisasi perempuan yang mengutuk kekerasan di Suriah.

"Kita tak bisa berdiam diri, kita harus serukan suara kita melawan kekerasan di tempat yang tak jauh dari sini demi rasa kemanusiaan," tulis gerakan itu dalam Facebook-nya seperti dikutip dari JerussalemPost, Minggu (18/12/2016).

Organisasi itu, Roni Slonim, mengatakan tujuan unjuk rasa itu adalah mendukung rakyat Suriah serta meminta kesadaran dari pemerintah Israel.

"Kami ingin bersatu sebagai sebuah kekuatan aktif untuk hak asasi manusia dan melawan teror yang terjadi di Aleppo," kata Slonim. Unjuk rasa ini diharapkan menjadi "protes diam" dan akan memberikan kesempatan bagi warga yang peduli untuk membahas apa yang bisa mereka lakukan bergerak maju untuk membantu warga sipil Suriah.

Di Utara, perbatasan dengan Suriah, puluhan warga dari Golan berencana untuk menggelar aksi protes.

Aktivis berencana untuk berbaris menuju perbatasan di bawah spanduk 'Dunia Diam Lagi' dan 'Hentikan Holocaust anak Suriah'. Serta spanduk, 'Never Again' atau 'Jangan Lagi'.

'Never Again' adalah sebuah gerakan yang dimotori kaum Yahudi yang selamat dari kekejaman Nazi pada Perang Dunia II.

Di London, Persatuan Mahasiswa Yahudi merencanakan "unjuk rasa darurat" pada kamis malam lalu.

Sementara di Inggris, unjuk rasa digelar di dekat gedung parlemen, di Westmisnter. Mahasiswa Yahudi di negara itu menuntut pemerintah Inggris untuk lebih berperan aktif memasukkan bantuan ke Suriah.

"Ketika kami mengenang Holocaust, kami berteriak 'Never Again', tapi ternyata gagal untuk Suriah," kata grup itu.

Sementara, American Jewish Committe meminta agar seluruh dunia membuka mata untuk menyelamatkan Suriah.

"Kita tahu dari sejarah konsekuensi tragis pemerintah yang gagal untuk menemukan kehendak untuk bertindak dalam menghadapi kejahatan yang tak terkatakan seperti terhadap kemanusiaan," kata AJC CEO David Harris. "Menonton tragedi tak terbatas dari Suriah secara real time hanya mempertinggi tingkat keparahan krisis padahal dibutuhkan bantuan internasional yang terkoordinasi."

CEO Anti-Defamation League Jonathan Greenblatt merilis sebuah posting blog minggu ini menyoroti komunitas Yahudi yang memiliki "tanggung jawab khusus untuk berbicara, setelah mempelajari harga keheningan dunia."

"Ungkapan 'Never Again'  tidak hanya komitmen untuk melawan antisemitisme, tetapi memastikan bahwa tidak ada kelompok atau orang yang merasakan kebrutalan seperti itu lagi," tulisnya.

Sementara itu, pebisnis Israel di AS, Moti Kahana berencana menggelar unjuk rasa di New York pada malam natal 24 Desember dan malam tahun baru.

Kahana juga CEO dari organisasi Amaliah, yang memberikan bantuan kepada warga sipil Suriah yang berbatasan dengan Israel.

"'Never Again' seharusnya benar-benar diterapkan," kata Kahana.

"Biarpun jika pemerintah Suriah memusuhi Suriah, rakyat Suriah bukan musuh kami. Kita semua bukanlah musuh satu sama lain. Mari semua berkumpul tanpa pandang ras agar kekerasan di Suriah berakhir," ujar Kahana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanggapan Bos Toyota Indonesia Soal Akuisisi Daihatsu

Posted: 17 Dec 2016 10:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dengan Toyota mengakusisi Daihatsu, maka hal itu disebut-sebut menjadi langkah strategis bagi kedua perusahaan asal Jepang tersebut untuk memperluas jaringan bisnisnya, khususnya di negara berkembang.

Bahkan kabar yang beredar, keduanya mempersiapkan perusahaan baru yang akan mengembangkan segmen mobil ringkas atau Emerging-market Compact Car Company.

Menanggapi hal tersebut, Vice President Director Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto ikut angkat bicara. Menurutnya, dengan kerjasama tersebut maka hal itu diprediksi membuat persaingan otomotif lebih kompetitif.

"Tentu harapan ke depannya juga untuk menjadi lebih baik," ucap Henry, saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat, (16/12/2016).

Henry mengatakan, meski kabar tersebut semakin santer terdengar, namun TAM belum melakukan persiapan khusus. Termasuk melakukan perubahan struktural.

Lebih lanjut Henry menuturkan, karena perusahaan hasil kerjasama ini tergolong baru, maka tahapan kedepannya masih dipersiapkan. "Perusahaan itu untuk negara berkembang. Indonesia termasuk," tutupnya.

Seperti diketahui, jika perusahaan baru ini akan hadir, maka pengembangan produk termasuk jaminan kualitas, akan diserahkan secara penuh kepada Daihatsu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toko Online Amazon Mulai Kirim Barang Pakai Drone

Posted: 17 Dec 2016 10:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, tepatnya Rabu (14/11/2016), Bos Amazon Jeff Bezos membagikan sebuah video yang menunjukkan kesuksesan Amazon mengirimkan barang melalui drone di Inggris. Mengutip Recode, Minggu (18/12/2016), Amazon jelas berupaya untuk mengantarkan barang-barang kepada konsumennya melalui drone.

Bahkan Recode menyebut, Amazon berkolaborasi dengan lembaga regulasi penerbangan sipil Amerika Serikat (AFF) dan telah mendapatkan izin terbang bagi drone mereka. 

Adapun video yang diunggah oleh Bezos memperlihatkan beberapa hal tentang program drone Amazon. Pengiriman barang melalui drone di Amazon diberi nama layanan Amazon Prime Air. Lantas apa saja update mengenai pengiriman barang dengan drone yang dilakukan Amazon?

Pertama, Amazon berencana menggunakan landasan untuk membantu drone sampai ke lokasi sesuai alamat. Selanjutnya, Amazon berharap untuk mengirimkan paket hanya dalam waktu 30 menit atau kurang dari itu. Hal ini diklaim akan memudahkan bagi konsumen Amazon.

Selain itu, dikabarkan bahwa drone yang sepenuhnya dikendalikan secara otonomos ini sanggup terbang sejauh 2 mil hanya dalam waktu 13 menit. Tak hanya itu, teknisi Amazon pun dapat melacak keberadaan drone serta memiliki akses terhadap kamera yang dimiliki drone tersebut.

Drone Amazon untuk mengirimkan barang kepada konsumen (Sumber: Recode)

Dalam laporan Recode disebutkan bahwa ribuan items yang dijual di Amazon mulai dari makanan hingga barang elekronik bisa diantarkan menggunakan layanan Prime Air. Meski saat ini masih dalam taraf percobaan, layanan antar barang dengan drone ini kabarnya akan diperluas hingga bisa melayani konsumen-konsumen lainnya.

Pengiriman menggunakan drone disebut-sebut membuat biaya pengiriman perusahaan meroket. Berdasarkan laporan kuartal terbaru Amazon, dibandingkan pada kuartal tahun lalu, biaya pengiriman barang naik hingga 43 persen. Amazon dikabarkan menghabiskan US$ 3,9 miliar atau Rp 52 triliun untuk pengiriman barang per kuartal keempat 2016.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Jadi Penyanyi Tenar di Jepang? Ikuti Audisinya

Posted: 17 Dec 2016 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan Fatimah Zahratunnisa yang menjadi terkenal setelah menjuarai lomba menyanyi di Jepang? Bila Anda berminat untuk menjadi Fatimah yang berikutnya, maka kini ada kabar gembira. Mulai tanggal 8 Desember 2016 hingga 15 Januari 2017, audisi I Can Sing in Japanese! sudah dibuka untuk umum. Salah satu kontes menyanyi yang diadakan oleh Nippon Television Network Corporation ini, akan diadakan tahun depan di Tokyo, Jepang.

Tayang sejak 2011, program ini sudah menarik perhatian para calon peserta yang tersebar di berbagai negara, mulai dari Denmark, Spanyol, Jamaika, Indonesia dan belahan dunia lainnya. Acara ini bertujuan sebagai wadah penyanyi non-Jepang yang bercita-cita menjadi penyanyi internasional, agar bisa menunjukkan bakatnya. Bahkan para peserta yang menjuarai kompetisi ini beralih menjadi penyanyi profesional setelah dikontrak label terkemuka.

Beberapa pemenang sebelumnya seperti Chris Hart, yang berasal dari Amerika Serikat, akhirnya menandatangani kontrak dengan label dan menjadi artis non-Jepang pertama yang menyelenggarakan konser di 47 prefektur di Jepang. Ada pula Diana Garnet yang memenangkan kompetisi ini tahun 2013, ia akhirnya memulai debut profesional hingga lagunya yang berjudul "Spinning World" dijadikan lagu penutup seri anime Naruto.

Audisi I Can Sing in Japanese untuk tahun 2017 sudah dibuka (foto : Nippon TV)

Setiap musimnya, akan ada 12 hingga 16 kelompok penampil dari seluruh dunia yang diundang ke Tokyo untuk menampilkan kemampuannya di hadapan juri profesional, termasuk produser, selebriti dan penyanyi kenamaan Jepang. Fatimah Zahratunnisa juga berhasil menjuarai kompetisi ini pada tahun 2016 setelah mengalahkan sebelas peserta dari berbagai negara lainnya. Diharapkan kesuksesan ini dapat menjadi pendorong penyanyi asal Indonesia dapat bergabung dan menunjukkan bakatnya di kompetisi I Can Sing in Japanese!

Bila Anda berminat, daftarkan diri Anda dengan cara membuat video menyanyi dengan durasi waktu 5 menit, unggah ke internet dan masukkan data diri ke website ini. Karena ini adalah kompetisi menyanyi dari Jepang, maka lagu yang bisa dibawakan adalah lagu-lagu jepang dari genre apa saja. Jangan sampai kelewatan, karena Audisi tatap muka akan diadakan pada Februari 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Wiranto: Cepat atau Lambat, Pelaku Pungli Pasti Ditangkap

Posted: 17 Dec 2016 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menegaskan Tim Sapu Bersih Saber Pungutan Liar (Saber Pungli) tidak main-main dalam memberantas praktik pungli. Ia pun memperingatkan sejumlah pihak baik dari masyarakat maupun instansi negara agar menjauhi kegiatan pungli.

"Jadi hati-hati, orang yang pungli, cepat atau lambat pasti ketangkap," tegas Wiranto di acara Kampanye Budaya Anti Pungli di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (18/12/2016).

Karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak ragu melaporkan praktik pungli ke Tim Saber.

Menurut Wiranto, masyarakat tak hanya bisa melaporkan praktik pungli ke Tim Saber Pungli di tingkat pusat saja. Di Kementerian dan tiap Provinsi, kata dia, sudah dibentuk unit Saber Pungli. Sehingga, masyarakat bisa lebih mudah melapor.

"Jadi di lembaga kementerian, kita buat unit. Kalau Satgas itu pusat. Kalau Kementerian dan provinsi itu unit pemberantasan pungli. Mengapa? Karena kita harapkan mereka ada aktivitas. Laporan masyarakat tidak hanya pusat, tapi itu ke unit-unit itu," tandas Wiranto.

Dalam acara Kampanye Budaya Anti Pungli, juga dilakukan pembubuhan tanda tangan Ikrar Sapu Bersih Pungutan Liar.‎ Wiranto menjadi orang yang memberikan tanda tangan.

Selain itu, dilakukan juga acara simbolis dengan melepas balon dengan tulisan 'Stop Pungli'.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Prediksi Arema Vs Persib

Posted: 17 Dec 2016 10:05 PM PST

Liputan6.com, Malang - Persib Bandung mengakhiri Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo dengan laga kandang. Persib akan menghadapi tuan rumah Arema Cronus di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (18/12/2016) malam WIB.

Bermain tandang, pemain Persib dilanda kekalahan. Sebab, Maung Bandung cuma punya masa pemulihan sehari usai menang 1-0 atas Pusamania Borneo FC pada 14 Desember lalu. Karena itu, pelatih Djadjang Nurdjaman tidak mematok target muluk.

Sementara itu, pelatih Arema Milomir Seslija mencoba menjaga daya juang para pemainnya di tengah tipisnya peluang merebut gelar juara. Singo Edan berharap Persipura Jayapura yang bermain empat jam sebelumnya, kalah dari PSM Makassar. Saat ini, Persipura mengantongi 65 poin, unggul dua angka dari Arema.

Jika Persipura kalah dari PSM, maka peluang Arema menjadi juara terbuka lebar. Dengan catatan, Cristian Gonzales cs dapat mengalahkan Persib.

Berikut prediksi pertandingannya:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Puspayoga Resmikan Koperasi Penyalur KUR Pertama

Posted: 17 Dec 2016 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga meresmikan Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa sebagai koperasi penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk yang pertama. Peresmian tersebut ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan sebagai koperasi pertama penyalur KUR kepada Ketua Kospin Jasa Andi Arslan Djunaid.

"Kospin Jasa merupakan inspirasi bagi Indonesia karena telah ikut mewujudkan pemerataan kesejahteraan di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi tidak ada artinya jika hanya menimbulkan kesenjangan yang semakin besar," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (18/12/2016).

Puspayoga mengatakan hingga November 2016 sudah ada 32 koperasi yang mengajukan sebagai penyalur KUR. Sampai saat ini sedang dalam tahap verifikasi.

Koperasi penyalur KUR harus memenuhi kriteria, yaitu memiliki kinerja baik dan sehat, bekerja sama dengan perusahaan penjamin dalam penyaluran KUR. Selain itu juga memiliki sistem online data KUR dan sistem informasi kredit program (SIKP).

Kospin Jasa yang berdiri sejak 1973 memiliki aset sebesar Rp 5,8 triliun, sedangkan simpanan anggota Rp 5,3 triliun dan pinjaman mencapai Rp 3,8 triliun dan SHU hingga Rp 42 miliar. Anggota Kospin Jasa tersebar di berbagai daerah di Indonesia dengan jumlah 13.000 orang.

Sebelumnya Menteri Puspayoga juga mengunjungi Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Fastabiq Khoiro Ummah di Pati, Jawa Tengah. Kunjungan tersebut terkait dengan rencana Fastabiq sebagai penyalur KUR Syariah.

Direktur Utama Fastabiq Khoiro Ummah, Muhammad Ridwan mengatakan siap menjadi koperasi penyalur KUR syariah sebab telah memenuhi semua syarat sebagai penyalur KUR.

Ridwan mengungkapkan, Fastabiq secara infrastruktur teknologi sudah terkoneksi antar semua kantor cabang dan kantor kas. Selain itu sudah mendapat penilaian sehat dari Kementerian Koperasi dan UKM.

"Kami siap menjadi koperasi penyalur KUR syariah, semua persyaratan kami yakin bisa memenuhinya," tandas dia. (Dny/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kuaci Bisa Atasi Hasrat Masturbasi Berlebihan

Posted: 17 Dec 2016 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Efek buruk dari masturbasi berlebihan yang dapat merugikan tubuh secara fisik dan mental dapat dikendalikan dengan beragam cara.

Mengonsumsi makanan jenis tertentu hingga aktivitas fisik seperti yoga dapat membantu mengendalikan hasrat masturbasi pria dan wanita. Namun adakah cara yang lebih mudah untuk mengontrol masturbasi berlebihan?

Mengutip laman Article Factory, Minggu (18/12/2016) menyibukkan diri dengan cara apapun seperti membaca buku, membersihkan rumah, dan kegiatan positif lainnya dapat menjadi cara terbaik untuk menghindari otak dan tubuh dari keinginan masturbasi.

Melakukan hobi atau menghabiskan waktu untuk bercengkrama dengan keluarga juga dapat membantu seseorang untuk mengontrol mastrubasi berlebih. Hal ini dianjurkan agar individu tidak memiliki waktu kosong sehingga mereka bisa melakukan masturbasi sepanjang waktu.

Jangan lupa untuk mengonsumsi jahe dan makanan yang mengandung zinc tinggi. Ngemil biji bunga matahari atau kuaci dan kacang tanah dapat menangkal kecanduan masturbasi seharian penuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Krisdayanti Malah Tahu Kabar Aurel dari Wartawan

Posted: 17 Dec 2016 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebagai putri dari Anang Hermansyah dan Krisdayanti, Aurel Hermansyah tak lepas dari sorotan media. Segala aktivitas baik langsung maupun di media sosial, kerap menjadi sasaran pemberitaan.

Apalagi belakangan ini Aurel tampak gemar tampil seksi dan ditambah gosip asmaranya yang gencar beredar, salah satunya dengan pesepakbola Diego Michiels.

Aurel hermansyah [foto: Instagram]

Lantas sebagai ibu, tentunya Krisdayanti perlu mengawasi tindak-tanduk sang anak. Tapi ternyata ibu empat anak itu malah kerap mengetahui kabar terbaru tentang Aurel dari awak media.

"Biasanya (tahu) dari lokasi. Dari teman-teman kayak gini kan saya dapat bahan, sekalian deh bahas," ujar Krisdayanti saat ditemui wartawan di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Istri Raul Lemos itu juga mengatakan bahwa bahwa jika Aurel telah memiliki pacar yang resmi, biasanya lelaki tersebut akan dibawa ke rumah dan menemui keluarganya.

Krisdayanti. [Foto: Faisal R. Syam/Liputan6.com]

"Karena biasanya dia kalau sudah serius baru dikenalin, kalau enggak ya belum dikenalin. Entar biasa diajak ke rumah, makan," ucap Krisdayanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WHOOPS: David Beckham Kecam Kekerasan Anak yang Terjadi di Dunia

Posted: 17 Dec 2016 10:00 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Save Aleppo Warnai Pelaksanaan Car Free Day di Bundaran HI

Posted: 17 Dec 2016 09:37 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: