Senin, 01 Agustus 2016

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Menteri PPN: RI Sulit Andalkan Pertumbuhan dari Ekonomi Global

Posted: 01 Aug 2016 12:13 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sulit mengandalkan pertumbuhan perekonomian dari ekonomi global yang hingga kini masih belum membaik.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, ‎perekonomian global sedang tidak menentu karena beberapa faktor. Faktor yang dimaksud mulai dari anjloknya harga komoditas.

"Harga komoditas sedang rendah, tidak hanya batu bara, sawit, tapi juga minyak bumi," kata dia dalam acara Investor Day di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/8/2016).

Dia menambahkan, rendahnya harga minyak dunia juga menjadi indikasi jika perekonomian global sedang melambat. Perekonomian global tertekan, sejak Bank Sentral Amerika Serikat (the Fed) berencana mengetatkan kebijakan moneternya.

Hal ini juga yang menekan rupiah serta menurunkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). "Dari sisi moneter, investor sangat paham gejolak yang menerpa mulanya pertengahan 2013," ujar dia.

Hal lain yang mempengaruhi juga terkait kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral AS. ‎"Di sini ada ekspektasi apakah mau menaikkan lagi, sebenarnya sudah ada wacana kenaikan 2 kali," tutur dia.

Terakhir, perekonomian Indonesia terpengaruh keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau yang dikenal Brexit. Meski pengaruh dari Brexit ini tak terlalu besar bagi perekonomian Indonesia dibandingkan hal lain.

"Pertanyaannya, bagus cepat atau lambat. Buat Eropa akan lebih memberikan kepastian. Cuma kerumitan exit-nya mungkin real exit 2017, 2018," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut MPV Murah, Mitsubishi Perbanyak Dealer

Posted: 01 Aug 2016 12:12 AM PDT

Liputan6.com, Bekasi - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia diketahui tengah mempersiapkan model baru berupa Small MPV. Rencananya prototipe mobil anyar tersebut ditampilkan saat gelaran GIIAS 2016 di ICE BSD City, Tangerang.

Jika tidak ada aral melintang, peluncuran small MPV Mitsubishi dilakukan pertengahan tahun depan. Guna menyambut kelahiran produk terbarunya, Mitsubishi gencar dalam memperluas jaringan pemasaran dan pelayanannya.



"Saat produk Small Crossover MPV Mitsubishi meluncur, jumlah dealer penumpang diharapkan bertambah sekitar dua kali lipat, dari yang ada sekarang. Ini salah satu bagian dari strategi kami saat menjual produk tersebut tahun depan," papar Irwan Kuncoro, Operating GM MMC Marketing PT. KTB saat pembukaan dealer Mitsubishi Nusantara Berlian Motor di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (31/7).

Itu artinya Mitsubishi mengejar pembangunan dealer hingga 160 outlet. Sebagai informasi, hingga saat ini Mitsubishi baru memiliki 81 outlet khusus kendaraan penumpang.

"Ini tanda keseriusan Mitsubishi untuk bisa jadi pemain teratas industri otomotif Tanah Air," kata Irwan.

Sekadar informasi, selain memenuhi pasar domestik, MPV murah Mitsubishi yang diproduksi di Pabrik Delta Mas juga dilempar ke pasar ekspor. Ditargetkan produksinya mencapai 80 ribu unit per tahun dengan rincian 60 ribu pasar nasional dan 20 ribu unit ekspor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rossi Beri Saran pada Calon Bintang MotoGP

Posted: 01 Aug 2016 12:10 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jack Miller digadang-gadang akan jadi pembalap MotoGP papan atas di masa depan. Pembalap dari tim Marc VDS Honda ini dinilai punya modal cukup untuk hal itu.

Potensi tersebut sudah ditunjukkannya saat menjuarai balapan seri Assen, Belanda, (26/6/2016). Di sirkuit basah, Miller mengalahkan pembalap Honda, Marc Marquez untuk meraih podium pertama.



Performa Miller ini ternyata tak luput dari pengamatan Valentino Rossi. Juara dunia 7 kali itu pun memberikan tips pada Miller agar dia bisa berkembang.

"Saya pikir, dia bisa cepat di trek kering jika dia mendapat pengalaman itu lebih banyak di MotoGP," ujar Rossi seperti dilansir Speedweek.

Rossi menambahkan, saat ini Miller sudah punya kemampuan yang bagus jika balapan digelar di saat hujan. The Doctor menduga, kemampuan itu diraih Miller berkat pengalaman yang banyak di trek basah.

Jack Miller saat menjuarai GP Belanda / EPA

Menurut Rossi, gaya membalap Miller saat hujan sangat luwes dan lembut. Namun gaya ini belum mampu ditunjukkannya di lintasan kering. "Miller membalap dengan baik di Assen saat hujan, sangat lembut dan luwes. Dia dengan cerdik memilih jalur yang terbaik," kata Rossi.

"Itu aneh karena Miller punya gaya berbeda di saat trek kering. Dia sangat agresif. Tapi di trek basah, dia bisa menunjukkan gaya membalapnya dengan baik," ujar Rossi mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Horor Penjara Filipina, Tidur Jongkok hingga Makan 'Pakan Babi'

Posted: 01 Aug 2016 12:09 AM PDT

Liputan6.com, Manila - Kehidupan tak pernah berjalan normal di balik jeruji besi. Namun memanusiakan manusia adalah prinsip dasar yang semestinya berlaku di mana saja, termasuk di penjara.

Kontras dengan apa yang terjadi di sebuah penjara di Kota Quezon, Filipina. Di sana, ribuan narapidana berjuang hidup setiap hari 'berperang' demi tempat, air, dan makanan.

Seperti dilansir Daily Mail, Senin (1/8/2016), lembaga pemasyarakatan itu sebenarnya berkapasitas 800 orang. Namun penghuninya kini mencapai 3.800 orang, sekitar lima kali lipat lebih penuh dari yang seharusnya. 

Sejumlah narapidana tidur berdesakan di tangga yang berada di dalam penjara Quezon City di Manila, Filipina, 19 Juli 2016. Setiap sel yang diperuntukkan untuk 20 tahanan, dihuni antara 160-200 tahanan dan harus berbagi ruang secara adil. (Noel Celis/AFP)

Sebagian dari narapidana terpaksa tidur dalam posisi jongkok di sudut ruangan yang berlantai basah. Beberapa di antara mereka bahkan lebih sibuk mengorek paku berkarat dan kecoak mati di dalam jatah makan yang dibagikan.

Ruam dan bisul menjadi hal yang lazim bagi ribuan narapidana yang hidup di dalam bangunan yang kurang ventilasi dan air itu. Mungkin kata higienis tak pernah dikenal di bangunan tersebut.

Terdapat 160 hingga 200 orang dalam satu sel yang seharusnya dihuni 20 narapidana. Kondisi penjara yang kelebihan muatan juga membuat para terhukum itu terpaksa tidur di lantai lapangan basket terbuka, anak tangga, kolong tempat tidur, bahkan beberapa beberapa di antaranya membuat 'ayunan' dari selimut tua.

Menurut Inquirer, rumah tahanan itu dibangun enam dekade lalu untuk menempatkan narapidana yang kasus hukumnya masih tertunda.

Seorang narapidana menggunakan selimut lusuhnya menjadi tempat tidur gantung di penjara Quezon City di Manila, Filipina, 18 Juli 2016. Para tahanan di penjara Quezon City juga menggunakan satu ruangan yang difungsikan serba guna. (Noel Celis/AFP)

Foto-foto yang beredar menunjukkan kehidupan sehari-hari para tahanan di mana tempat mereka mandi, memasak makanan, dan berolahraga terletak berdekatan. Dan dengan mengenakan baju berwarna kuning, ribuan narapidana ini juga berpartisipasi dalam kontes menari berkelompok dan permainan basket.

Kondisi tak manusiawi ini diungkapkan oleh mantan narapidana di penjara itu, Raymund Narag. Pria itu mendekam di sana selama tujuh tahun atas tuduhan pembunuhan terhadap seorang pemuda yang menurutnya tak pernah dilakukannya.

Selepas bebas, Raymund berangkat ke Amerika Serikat (AS). Ia menempuh pendidikan di jurusan peradilan pidana di Southern Illinois University.

Raymund yang masih berusia 20 tahun ketika ditahan mengatakan, ia mendekam di sel bersama 30 orang lainnya. Kisah hidupnya selama di penjara itu ia bagikan dalam buku berjudul, 'Freedom and Death Inside the Jail'.

"Hampir selama tujuh tahun, saya merasakan kematian di setiap momen di hidup saya," kata dia.

"Laki-laki dipaksa tidur di ruangan berlantai basah, di mana saja ada celah atau dalam posisi jongkok -- bisa menyebabkan mereka terserang stroke -- ini saking padatnya," jelas Raymund.

Menurut Raymund, jatah makan tak pernah tepat waktu dan makanan yang diberikan tak ubahnya pakan babi.

"Jatah makanan sangat sedikit dan sering mengandung paku berkarat serta kecoak mati. Ini memaksa orang-orang bertahan dalam kelaparan atau mencuri makanan dari narapidana lain," ujar pria itu.

Kondisi kotor, kekurangan makan, panas terik, serta tak ada ventilasi di dalam sel membuat banyak narapidana jatuh sakit atau menderita ruam dan bisul.

Narapidana memasak makan malam sementara kawannya mandi di dalam penjara Quezon City di Manila, Filipina, 21 Juli 2016. Kondisi sanitasi penjara Quenzon City sangat buruk, hanya terdapat satu toilet yang digunakan hingga 130 narapidana. (Noel Celis/AFP)

"Narapidana rentan terhadap penyakit menular karena kondisi hidup yang buruk. Mereka tidur berdesak-desakkan di mana tak ada ventilasi. Pasokan air minum sangat terbatas. Makanan mereka tidak memiliki kandungan gizi yang memadai sementara yang sakit dan sehat dikelompokkan dalam sel yang sama," ungkapnya.

Ditambahkan Raymund, setiap bulannya terdapat 2 hingga 5 orang narapidana meninggal dunia karena sakit di penjara itu. Tingkat kebosanan yang parah juga menyebabkan banyak di antara mereka depresi sehingga mempertinggi masalah kesehatan mental.

Dalam bukunya, Raymund membagi kisah seorang tahanan bernama Francis. Pria itu dituduh menganiaya seorang gadis, sesuatu yang disangkalnya namun ia tetap dikirim ke penjara sembari menunggu persidangan.

"Ia mendapati dirinya berada dalam sel berukuran 30 meter persegi yang dihuni bersama dengan 180 narapidana lain. Ruang itu pengap, baunya bercampur antara bau keringat, sampah, dan pakaian kotor. Tak ada tempat tidur atau tikar. Pilihannya hanya dua, tidur sambil berdiri atau jongkok di lantai basah," cerita Raymund.

Setelah Raymund meninggalkan tempat itu pada 2002 silam, ia sudah membulatkan tekad untuk menceritakan berbagai 'kengerian' yang dilihat dan dialaminya kepada publik.

"Berjalan melintasi sel-sel di penjara di Kota Quezon membuat siapa saja tersadar betapa jauh tempat itu tertinggal dari standar rumah tahanan normal," tutup Raymund.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Update, Fitur Penting di Pokemon Go Hilang

Posted: 01 Aug 2016 12:09 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pokemon Go akhirnya mendapat pembaruan dalam skala besar untuk pertama kalinya. Pembaruan versi 0.31.0 ini dirilis untuk dua platform sekaligus, yakni iOS dan Android.

Meskipun hadir dengan beberapa perbaikan, bagi sebagian pemain pembaruan ini akan sedikit mengurangi keasyikan bermain.

Alasannya, Niantic memilih menghilangkan fitur 'jejak kaki' yang menandakan lokasi keberadan Pokemon di sekitar pemain.

Belum diketahui alasan perusahaan menghilangkan fitur tersebut, tapi berdasarkan informasi fitur ini kerap dikeluhkan pemain karena tidak akurat.

Oleh sebab itu, diperkirakan John Hanke dan tim belum menemukan solusi untuk masalah itu dan memilih untuk menghilangkan fitur tersebut dalam pembaruan terbaru.

Pun demikian, bukan berarti tak ada fitur lain yang dapat memberikan pengalaman bermain lebih baik. Dikutip dari laman Tech Crunch, Senin (1/8/2016), lewat pembaruan ini, akhirnya pemain dapat mengubah tampilan karakter yang sudah dibuat.

Selain itu, beberapa perubahan tampilan menu pun dibuat lebih mudah. Salah satunya adalah tombol transfer yang dipindah, sehingga mencegah proses transfer Pokemon yang tak disengaja.

Mengingat semakin banyak insiden yang melibatkan Pokemon Go bermunculan, Niantic Labs pun menambahkan peringatan agar lebih berhati-hati saat bermain Pokemon Go setiap kali mulai bermain.

Pengguna Android dan iOS yang sudah kebagian versi resmi Pokemon Go sudah bisa mengunduh pembaruan ini melalui toko aplikasi masing-masing. Namun, pemain di Indonesia masih harus sedikit bersabar mengingat gim ini belum tersedia resmi.

Berikut ini adalah daftar lengkap perubahan yang hadir dalam pembaruan besar Pokemon Go.

- Tombol transfer yang dipindah
- Pokemon favorit tak bisa langsung ditransfer
- Jejak kaki yang menandakan jarak Pokemon hilang
- Peringatan saat memulai aplikasi agar lebih berhati-hati saat bermain
- Mengubah tampilan avatar atau karakter yang sudah dibuat
- Font berubah menjadi lebih tebal
- Beberapa medali mengalami perubahan desain
- Animasi gym yang diperbaiki
- Menyelesaikan bug saat menangkap Pokemon
- Memperbaiki masalah di fitur peta
- Penyesuaian nilai serangan saat pertarungan
- Meningkatkan masalah penggunaan memori

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terjun Payung Akurasi Meriahkan Masa Orientasi Mahasiswa Baru di UGM

Posted: 01 Aug 2016 12:07 AM PDT

Jokowi: Kekuatan Kita Perbedaan, Masalah SARA Harus Ditiadakan

Posted: 01 Aug 2016 12:04 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap konflik yang dipicu isu suku, ras, agama, dan antargolongan (SARA) segera berakhir. Hal ini menyusul kerusuhan dan perusakan rumah ibadah di Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara pada Jumat 29 Juli 2016.

Dia tak mau lagi ada konflik berlatar belakang SARA muncul di Indonesia. Sebagai negara yang menjunjung tinggi keberagaman, hal itu seharusnya tidak terjadi.

"Masalah SARA negara kita ini harus betul-betul kita tiadakan," ujar Jokowi di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Jokowi menilai, keberagaman dan perbedaan yang dimiliki Indonesia merupakan kekuatan besar yang tak dimiliki bangsa lain. Tidak sepantasnya perbedaan ini justru menjadi pemicu masalah.

"Kekuatan kita ini adalah keberagaman, kekuatan kita ini adalah perbedaan, kekuatan kita ada di situ," imbuh Jokowi.

Jokowi mengatakan, para tokoh masyarakat di Tanjung Balai sudah bertemu selepas kerusuhan itu. Dia berharap ada jalan keluar dan konflik serupa tidak akan terjadi lagi.

"Dan tegas saya sampaikan pemerintah akan menindak tegas semua yang bertindak anarkis. termasuk di dalamnya main hakim sendiri," tegas Jokowi.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menjelaskan, semula masalah di Tanjungbalai sebenarnya hanya terjadi cekcok antar-tetangga yang merasa tak nyaman dengan adanya pengeras suara tetangga lainnya. Kemudian kedua pihak dimediasi di kantor kelurahan setempat.

"Jadi miskomunikasi antar tetangga. Mungkin ada kata-kata yang kurang pas ketika ada pengeras suara dari tempat ibadah dan ada warga yang tidak suka. Dilakukan mediasi damai dibawa ke kelurahan tidak ketemu, lalu dibawa ke Polsek," ungkap dia.

"Nah saat sedang mediasi di Polsek ada yang menyebarkan berita negatif di media sosial, lalu terjadilah perusakan satu rumah ibadah, kendaraan dan tiga rumah," sambung Tito.

Atas kejadian tersebut, polisi telah menahan sembilan orang, yang diduga ikut ‎melakukan perusakan tempat ibadah dan rumah saat kerusuhan Tanjungbalai.

"Tujuh orang itu melakukan perusakan dan ‎dua orang terekam kamera CCTV melakukan kekerasan," tandas Tito.

Tito memastikan situasi di Kota Tanjungbalai kini sudah kondusif, pascaperusakan tempat ibadah pada Jumat 29 Juli 2016 itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

80 Warga Karawang Muntah-Muntah Usai Hajatan

Posted: 01 Aug 2016 12:01 AM PDT

Liputan6.com, Karawang - Puluhan warga Dusun Cibango, Desa Telarsari, Kecamatan Jatisari, Karawang, Jawa Barat, mengalami keracunan massal. Peristiwa itu terjadi pada Minggu siang, 31 Juli 2016.

Seperti yang dialami Endang. Dia mengaku mengalami pusing, mual, muntah, serta buang air besar secara terus-menerus.

"Awalnya pusing saya pikir pusing biasa. Kejadiannya setelah kami menyantap makanan di tempat hajatan tetangga," kata salah seorang korban keracunan, Endang di Karawang, Jabar, Senin (1/8/2016).

Endang mengaku kondisi itu dirasakan bersama korban lain dalam kurun waktu lebih dari 24 jam usai menyantap hidangan di acara hajatan yang digelar seorang tetangganya pada Sabtu, 30 Juli 2016.

"Awalnya tidak terasa apa-apa," ujar Endang.

Warga korban keracunan kemudian dievakuasi ke Puskesmas Kecamatan Jatisari, Karawang, untuk mendapat penanganan medis. Jumlah korban keracunan massal mencapai 80 warga. Seperti disampaikan Kepala Puskesmas Jatisari, Een.

"Semalam jumlahnya 70 orang dan tadi pagi masuk lagi 10 orang," kata Een.

"Gejala yang dialami rata-rata sama, mulai dari pusing, muntah, dan buang air besar," dia menambahkan.

Dia mengatakan, 11 orang dirujuk ke Rumah Sakit Puri Asih Karawang karena kondisinya terus memburuk. Sementara, belasan lainnya sudah diperbolehkan pulang.

"Ada 15 orang sudah kita perbolehkan pulang karena kondisinya mulai membaik, tapi mereka harus menjalani rawat jalan," tambah Een.

Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya keracunan ini. Dugaan sementara akibat makanan yang dikonsumsi mengandung bakteri.

Saat ini kasus keracunan massal tersebut telah ditangani pihak Kepolisian Resor Karawang. Aparat juga membawa sisa makanan yang dikonsumsi warga untuk dilakukan tes laboratorium.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sosialisasikan Tax Amnesty ke Ribuan Pengusaha di Jakarta

Posted: 01 Aug 2016 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan kembali melakukan sosialisasi program tax amnesty atau pengampunan pajak langsung di hadapan para pengusaha pada Senin (1//8/2016) siang ini. Sosialisasi tersebut diadakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menjadi tuan rumah penyelenggaraan sosialisasi kali ini. Dalam sosialisasi kali ini diikuti ribuan pengusaha dari berbagai sektor.

Dikutip dari jadwal agenda Kepresidenan, Jokowi sendiri akan melakukan sosialisasi ini pada pukul 14.00 WIB. Tutur mendampingi dipastikan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Dirjen Pajak Ken Dwijugeasteadi, Ketua Apindo Haryadi B Sukamdani dan beberapa pejabat lainnya.

Ini menjadi sosialisasi ke-3 yang dilakukan langsung oleh Presiden RI Jokowi setelah sebelumnya juga dilakukan di Surabaya dan Medan.

Dalam arahannya di Istana Presiden, Jokowi meminta di era kepemimpinan Menteri Keuangan baru di bawah Sri Mulyani diharapkan kinerja‎ Dirjen Pajak harus all out demi merangkul para pemilik dana yang selama ini menaruh uang di luar negeri.

"Kita harus pro aktif, jemput bola untuk tax amnesty, jangan malah menakut-nakuti," kata Jokowi‎ di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Jokowi menceritakan dari sekian kali dirinya melakukan sosialisasi mengenai tax amnesty ini, tercatat masyarakat Indonesia sangat antusias. Ini menjadi sinyal positif bagi dirinya untuk mensukseskan program ini.

Dalam sosialisasi di Surabaya, panitia menyediakan undangan hanya 2.000 orang, namun realisasi mencapai 2.700 orang yang menghadiri acara sosialisasi itu. Begitu juga di Medan, undangan sosialisasi hanya ditujukan ke 3.000 orang, namun yang hadir 3.500 orang.

Dijelaskan Jokowi, ini menjadi bukti kalau peluang dan kesempatan peluncuran program pengampunan pajak ini ada. Dan dirinya meminta para petugas pajak untuk mampu merangkul para pemilik dana itu.

"Sekarang tergantung internal kita. Bisa melayani mereka atau tidak, bisa merangkul mereka atau tidak. Kuncinya di situ sehingga utamanya di ditjen pajak, utamanya di Pelaksana petugas pajak harus pro aktif menjemput bola. Tidak bisa lagi kita diam," paparnya. ‎(Yas/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arti Mike Mohede bagi Gisella Anastasia

Posted: 01 Aug 2016 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gisella Anastasia (Gisel) banyak berguru pada Mike Mohede soal mengolah vokal. Keduanya bahkan sempat tampil bersama dalam sebuah kesempatan. Momen tersebut disebut istri Gading Marten sebagai kenangan manis abersam mendiang Mike Mohede.

"Langsung terbayang dulu kenangan kerja bareng sama Kakak Mike," kata Gisel, saat ditemui di rumah duka di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, Minggu (31/7/2016).

suasana rumah duka mike mohede (Herman Zakharia/ Liputan6.com)

Ibu satu anak ini pertama kali mengenal Mike Mohede saat menjadi peserta ajang pencarian bakat di tahun 2008. Kala itu, Gisel yang masih berstatus sebagai penyanyi pemula dipertemukan dengan Mike Mohede, yang sudah berstatus jawara di musim sebelumnya.

Tak lantas menganggap diri sebagai superstar, Gisel melihat sosok Mike Mohede sebagai penyanyi yang rendah hati. Mike bahkan tak sungkan membagi ilmu dan pengalamannya bernyanyi di hadapan dewan juri dan penonton di studio.

mike mohede, (website: Mike Mohede)

"Sedih banget kalau diingat-ingat. Waktu itu Kakak Mike banyak kasih tahu ini itu. Sampai sekarang aku masih ingat," ia mengungkapkan.

Gisel juga menyebut sosok Mike Mohede sebagai pribadi yang menyenangkan. Meski tenar sebagai penyanyi yang punya suara emas, Mike Mohede tak pernah membanggakan diri sendiri.

"Dia humble banget. Kalau lagi di dekat dia, pasti ketawa-ketawa karena Kakak Mike memang orang yang menyenangkan. Makanya aku merasa kehilangan sekali," tutur Gisel. (Pur/Gie)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Cegah Penyakit Jantung untuk Semua Usia

Posted: 01 Aug 2016 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada kata "terlalu muda" atau "terlalu tua" untuk menjaga kesehatan jantung.

Menurut data statistik Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dari total 41.590 angka kematian di Indonesia, 21,1 persen disebabkan oleh stroke, dan 19,1 persen akibat penyakit jantung dan koroner.

Kurang olahraga, pola makan buruk, serta kebiasaan tidak sehat bisa berdampak fatal pada kesehatan. Mencegah penyakit jantung artinya membuat pilihan bijak dan cerdas yang akan Anda nikmati sepanjang hayat.

Mengutip laman Heart.org, Senin (1/8/2016), berikut cara mencegah penyakit jantung pada semua usia:

1. Pilih pola makan sehat

Makanan yang Anda konsumsi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Karenanya pilihlah makanan yang sedikit mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan sodium.

Sebagai bagian dari diet sehat, konsumsi banyak sayur dan buah, gandum utuh yang kaya serat, ikan (setidaknya dua kali seminggu), kacang-kacangan, legume, dan biji-bijian. Usahakan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi daging. Pilih produk olahan susu rendah lemak dan unggas tanpa kulit. Batasi minuman manis dan daging merah. Jika Anda memilih untuk makan daging, pilihlah yang paling sedikit mengandung lemak.

2. Aktif bergerak

Anda bisa secara perlahan melakukan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang seperti jalan cepat setidaknya 150 menit atau 2,5 jam setiap minggu atau 1 jam dan 15 menit (75 menit) aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi seperti lari dan jogging atau kombinasi keduanya setiap minggu.

Sebagai tambahan, Anda bisa melakukan latihan menguatkan otot baik itu di bagian kaki, pinggul, punggung, perut, pundak, dan lengan selama dua hari atau lebih. Anak-anak setidaknya harus aktif bergerak 60 menit per hari.

3. Tambah pengetahuan tentang kesehatan jantung

Tidak pernah ada kata terlambat untuk mempelajari gejala serangan jantung dan stroke. Karena tidak semua orang merasakan mati rasa mendadak saat terkena stroke atau nyeri jantung parah ketika serangan jantung. Selain itu perlu dicermati, gejala serangan jantung pada wanita berbeda dari pria.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinju Baik untuk Kebugaran Tubuh hingga Kesehatan Jantung

Posted: 01 Aug 2016 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tinju atau boxing memang dikenal sebagai salah satu jenis seni bela diri. Namun bukan hanya mampu melindungi diri, berlatih tinju akan memberikan kebugaran tubuh.

Proses latihan dari tinju tentu bertahap, teknik memukul dalam seni bela diri ini bukan dengan asal memukulkan tangan kepada lawan. Teknik dasar pada tinju harus dikuasai terlebih dahulu sebelum Anda mendapatkan keuntungan dari berlatih tinju.

Seperti dikutip laman Boldsky, Senin (1/8/2016) berikut keuntungan kesehatan tubuh yang bisa didapat dari berlatih tinju.

1. Tingkatkan kekuatan tubuh

Berlatih tinju mampu meningkatkan kekuatan tubuh secara fisik dan organ dalam tubuh.

2. Tubuh menjadi bugar

Aktivitas fisik tinju tidak memusatkan tubuh pada satu titik bagian tubuh saja. Saat berlatih tinju, seluruh tubuh termasuk lengan, bahu, dada, betis, dan kaki bergerak dan bekerja baik untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

3. Melatih refleks

Latihan ini juga meningkatkan tindakan refleks Anda. Stamina akan meningkat saat Anda meningkatkan durasi dan intensitas sesi tinju.

4. Latih kekuatan jantung

Tinju yang baik untuk kesehatan jantung, akan melatih irama jantung selama latihan yang serupa dengan aktivitas cardio. 

5. Turunkan berat badan

Latihan fisik ini efektif dalam membakar banyak kalori. Satu jam latihan tinju dapat membakar sekitar 400 kalori di satu bagian tubuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gabung MU, Ibra Dapat Jatah Mobil Bekas Van Gaal?

Posted: 31 Jul 2016 11:50 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Selain menerima gaji selangit, striker Zlatan Ibrahimovic juga mendapatkan fasilitas berupa mobil mewah dari klub barunya, Manchester United. Selama memperkuat Setan Merah, mantan pemain Paris Saint Germain (PSG) itu bakal mengendarai mobil mewah Mercedes S500 berwarna perak.

Mobil ini tampak terparkir 200 meter dari hotel. Seperti dilansir Dailymail.co.uk, belum lama ini, Ibra tampak mengendarai mobil tersebut saat membawa kekasihnya, Helena Seger dan anak-anaknya mengunjungi restoran Amerika, All Star Lanes. Dalam perjalanan kembali ke hotel pemain asal Swedia itu berhenti sebentar untuk meladeni permintaan tanda tangan dan foto fans MU. 

Meski tampak keren, Dailymail.co.uk, melaporkan mobil yang diterima Ibrahimovic dari Setan Merah ternyata tidak baru alias bekas. Media asal Inggris tersebut juga menyebutkan bahwa mobil yang sama persis juga pernah digunakan oleh Louis Van Gaal saat masih menangani Setan Merah.

Kenyataan ini tentu saja bertolak belakang dengan kebiasaan Ibra selama ini yang dikenal glamor. Seperti diketahui, Ibra adalah tipe pemain yang enggan mendapat fasilitas kelas dua. Kebiasaan ini masih berlanjut hingga pemain berusia 34 tahun itu memutuskan pindah ke Inggris. Ibrahimovic bahkan rela meninggalkan hotel mewah yang disediakan MU hanya karena hanya masalah sepele.

Ya, Ibra baru saja meninggalkan Lowry Hotel yang menjadi langganan tim MU karena tidak punya kolam renang. Ibrahimovic kemudian memboyong seluruh barangnya dan pindah ke Radisson Blu.

 


Hotel ini merupakan favorit para pemain rival, Manchester City. Pilihan yang tepat karena Radisson Blu juga menyediakan paket pelayanan yang cocok untuk Ibra sekeluarga. Dikutip dari laman resmi hotel, dia bisa memilih kamar termahal seharga Rp 17 juta per malam dengan dua tempat tidur.

 Ibra baru saja menjalani debutnya bersama MU. Pemain gratisan itu tampil saat Setan Merah mengalahkan Galatasaray 5-2 pada laga pra-musim, Minggu (31/7/2016). Dalam duel yang berlangsung di Swedia, Ibra berhasil mencetak satu gol cantik yang lahir dari tendangan akrobatik.  

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Ada Anak Emas di Skuat Persib

Posted: 31 Jul 2016 11:50 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman, menolak anggapan adanya anak emas di skuatnya. Menurut pelatih yang akrab disapa Djanur ini, seluruh pemain mendapat kesempatan yang sama untuk diturunkan.

Setelah kembali menukangi Persib untuk menggantikan Dejan Antonic yang mundur, Djanur melakukan rotasi. Bahkan, nama Jajang Sukmara yang selalu menjadi penghuni bangku cadangan selama hampir satu tahun pun mendapat kesempatan.



Djanur memberi kepercayaan Jajang Sukmara untuk bermain penuh dalam tiga pertandingan berturut-turut. Pelatih yang sempat menimba ilmu di Italia ini menyatakan, syarat untuk bisa dimainkan adalah mampu menunjukkan kemampuan terbaik ketika menjalani sesi latihan.

"Saya akan objektif siapa pun yang menunjukan kemampuan terbaik dalam latihan saya tidak ragu untuk memasang. Tidak ada pemain emas," kata Djanur kepada wartawan, Senin (1/8/2016).

"Itulah kadang-kadang sebetulnya pemain yang diberikan kesempatan mempunyai kemampuan hanya soal kesempatan saja," ujarnya.

Djanur menegaskan, para pemain, terutama yang jarang mendapat kesempatan agar terus berlatih dan memperbaiki kesalahan. Jika ada kemajuan, dia tak segan memberi kesempatan turun.

"Saya bukan gambling karena saya betul-betul tahu kemampuan Jajang dan terima kasih ke Jajang begitu dikasih kesempatan menunjukkan penampilan terbaik dan keputusan saya tidak salah," paparnya.

"Saya berharap pemain lain bercermin kepada Jajang semangat latihan dan jangan merasa puas, tetap belajar merasa belum hebat, harus belajar," tutur dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dalam Sebulan, Menteri Susi Tangkap 29‎ Kapal Pencuri Ikan

Posted: 31 Jul 2016 11:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan aparat terkait telah berhasil menangkap setidaknya 29 kapal pencuri ikan di perairan Indonesia. Penangkapan tersebut dalam kurun waktu 1 Juli hingga 29 Juli.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan, penangkapan ini dilakukan oleh Kapal Pengawas Perikanan ORCA 1, 2 dan 3 hingga KRI di beberapa wilayah perairan Indonesia. "Total semua yang kami tangkap di bulan Juli saja ada 29 kapal ikan asing," kata Susi di kantornya, Senin (1/8/2016).

Ada beberapa wilayah perairan Indonesia yang menjadi lokasi penangkapan. Dari jumlah kapal yang tertangkap, paling banyak terjadi di perairan Natuna. Di perairan ini lebih dari 10 kapal pencuri ikan telah ditangkap.

Tercatat, di perairan Natuna sendiri, kapal ORCA 1 menangkap satu kapal pencuri ikan asing pada 29 Juli, kapal ORCA 2 menangkap‎ dua kapal asing pada 27 Juli, dan kapal ORCA 3 berhasil menangkap delapan kapal asing hanya dalam sekali operasi pada 24 Juli 2016.

"Kami tanggal 17 Agustus akan tenggelamkan kapal-kapal di delapan lokasi, termasuk 29 kapal yang kita temukan bulan ini," ucap Susi.

Masih tingginya tindak pencurian ikan ini menjadikan Susi terus meningkatkan kerja sama dengan aparat keamanan RI, mulai dari TNI dan Polri, untuk menjaga wilayah perairan Indonesia.

Sebelumnya pada 18 Juli 2016, Susi Pudjiastuti memang berencana kembali menenggelamkan kapal asing pencuri ikan bertepatan dengan perayaan HUT RI pada 17 Agustus 2016. Rencananya penenggelaman tersebut berlangsung di perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Susi mengungkapkan penenggelaman kapal pencuri ikan tersebut merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia pada tahun ini, yang dikhususkan di pulau-pulau terpencil dan terluar Indonesia. Salah satunya di wilayah Natuna.

"Ada perayaan 17 Agustus kita lakukan tahun ini di Natuna, kita siapkan dengan penenggelaman kapal,"‎ ujar dia. (Yas/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Inovasi Markobar Jakarta, Martabak Kekinian ala Putra Jokowi

Posted: 31 Jul 2016 11:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun belakangan ini jajanan martabak menjadi primadona dan naik kelas. Terutama jenis martabak terang bulan atau martabak manis yang populer di kalangan anak muda.

Lewat inovasi bentuk dan aneka rasa atau topping, martabak menjadi jenis kuliner yang naik pamor dan melejit lagi. Salah satu martabak kekinian yang banyak dibicarakan adalah Markobar milik putra Presiden Jowoki, Gibran Rakabuming Raka.

Kesuksesan Markobar Solo membawa Gibran membuka cabang di Jakarta. Martabak Markobar berbentuk seperti pizza yang bisa dinikmati per slice. Martabak 8 rasa menjadi menu spesial dan menjadi favorit banyak orang di Markobar.

Terdapat 8 slice atau potong martabak yang terdiri dari 8 topping berbeda. Seperti Ovomaltine, Cadburry, keju Kraft, Kitkat, Oreo, Silverqueen, Nutella, Hershey's. Dengan berbagai merek cokelat favorit, kini kita bisa menikmati cokelat lezat dengan harga spesial.

Ya, salah satu inovasi Gibran untuk mengenalkan dan menjangkau lebih banyak penikmat martabak adalah mempromosikan Markobar secara online. Kini kita bisa menikmati harga spesial via Lakupon website O2O (Online to Offline). Tertarik menikmati Markobar? Makin praktis pesan di sini

Sebelum menikmati lezatnya martabak putra Jokowi, berikut ini beberapa fakta menarik Markobar untuk diketahui:

• Awalnya, Martabak ini dibuka di Solo, Jawa Tengah yang merupakan kota asal putra presiden Joko Widodo, Gibran.
• Sebelum menjadi café, markobar merupakan martabak kaki lima di kawasan Kota Barat, Solo sejak tahun 1996.
• Keunikan martabaknya terletak pada:
• Jenis martabak manis yang tidak dilipat seperti pizza.
• Cara memasak yang berbeda dari toko martabak lain.
• Adonan yang tepat (ragi & baking soda) sehingga menghasilkan tekstur martabak terbaik.
• Bahan yang berkualitas membuat kekentalan adonan yang tepat dan sangat empuk.
• Martabak yang tebal dan manis sempurna
• Harga Markobar terjangkau untuk martabak kekinian sekelasnya dan sepadan dengan jumlah yang dibayar.
• Juicy, karena mengandung banyak mentega dan topping manis yang meleleh seperti coklat Toblerone, Kitkat, dan Nutella.


Cabang Martabak Markobar
- Markobar Jakarta
Berbeda dengan yang ada di Kota Solo, di cabang Jakarta, maka Anda hanya bisa pesan take away.

Alamat:
Jl. Raden Saleh 39, Cikini, Jakarta Pusat
Jam Buka: 12.00 – 23.00

- Markobar Bekasi
Alamat:
Jl. Sultan Agung No 43, Bekasi

Jam Buka:
17.00 – 23.00

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri PPN Bambang Kaget Ada Pabrik Indofood di Serbia

Posted: 31 Jul 2016 11:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak banyak yang tahu, perusahaan asal Indonesia ada yang punya pabrik di luar negeri. Salah satunya Indofood, yang punya pabrik mi instan di Timur Tengah.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro‎ pun mengaku terkejut saat tahu hal itu.

"‎Kita harus mulai berpikir industri makanan minuman mungkin bisa kita dorong jadi pemain global. Kenapa? Kalau kita lihat, mohon maaf menyebut nama misalkan bicara instant noodle praktis dari Indonesia Indofood yang pabriknya ketika ke Eropa Timur surprised juga punya pabrik di Serbia misalnya," kata dia dalam acara Investor Day di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Senin (1/8/2016).

Dia mengatakan, bukan hal baru Indofood melebarkan usahanya di internasional. Dia mengatakan, perusahaan tersebut juga telah melebarkan usahanya sampai Sudan dan Nigeria.

"Ke Sudan saya surprised ada. Di Nigeria negara yang tidak terbayangkan kita semua," kata dia.

‎Tak hanya itu, Indofood juga ternyata melebarkan sayapnya ke Arab Saudi. Bahkan, dia mengatakan rasa mi instan yang dijual di Arab Saudi lebih variatif. Dia berharap, industri makanan dan minuman akan menjadi pemain global dan menambah industri andalan Indonesia selain tekstil.

Bambang menyebut industri makanan dan minuman adalah salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi. 

"Ini salah satu industri jadi sumber pertumbuhan ke depan, bukan lagi tekstil garmen yang berkembang tahun 1990-an," tuturnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun, Syahrini Dapat Kecupan dari Pilot Bule

Posted: 31 Jul 2016 11:40 PM PDT

Liputan6.com, Spanyol - Kehidupan Syahrini memang tidak pernah luput dari sorotan publik. Apalagi Syahrini selalu membawa cerita menarik seputar hobinya berlibur ke luar negeri.

 Syahrini [foto: instagram]

Seperti terlihat di Instagram pribadinya, sudah beberapa minggu ini Syahrini memanjakan diri berkeliling sejumlah negara. Mulai dari Inggris, Italia, Prancis, Monako dan terakhir ia diketahui singgah di Spanyol.

Liburan Syahrini kali ini terasa lebih spesial lantaran hari ini, Senin (1/08/2016), bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-34. Setibanya di bandara Malaga, Churriana, Spanyol, Syahrini turun dari pesawat dengan wajah ceria.

"Waiting For The Countdown Of My B'day In The Sky From Monaco To Malaga Spain (menanti hitung mundur ulang tahunku di atas awan dari Monaco ke Malaga, Spanyol)...Alhamdulilah Ya Gusti Allah !!!" ungkap Syahrini.

 Syahrini dapat kecupan dari pilot [foto: instagram]

Tak hanya itu, Syahrini juga mendapat kecupan hangat dari sang pilot pengemudi jet pribadi yang membawanya ke Spanyol. Tiga kecupan mendarat di pipi mantan rekan duet Anang Hermansyah itu.

"Landing Manjaaa Di Malaga To Marbella Espana !!! What A perfect B'day !!! Hatur Nuhun Ya Gusti Allah," tulisnya di Instagram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nekat, 4 Remaja 2 Kali Curi Motor Seorang Anggota TNI AL

Posted: 31 Jul 2016 11:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polres Kota Depok menangkap empat remaja yang diduga pencuri spesialis motor. Dari hasil penyelidikan, mereka sudah dua kali mencuri motor anggota TNI yang sama.

Kapolsek Pancoran Mas Komisaris, Tata Irawan, mengatakan empat remaja tersebut adalah FH (20), AM (17), SA(16), F (18). Mereka ditangkap tim buru sergap di Rawa Denok RT 3/1, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Depok.

Mereka kedapatan tengah mencongkel motor Kawasaki Ninja yang diketahui milik Eko Purwanto (34), seorang personel TNI AL.

"Di situ tim kita menangkap tangan para pelaku yang masuk halaman rumah korban," kata Tata di Jakarta, Senin (1/8/2016).

Dari pengakuan empat remaja tersebut, mereka mengaku sudah dua kali mencuri motor milik Eko. Modusnya mengambil sepeda motor ketika sedang di parkiran dengan cara merusak kunci kontak.

"Jadi motor korban sudah pernah dicuri pelaku pada Desember 2015 lalu. Nah kemarin pelaku berniat mencuri motornya lagi yang lebih mahal," ujar Tata.

Polisi masih terus menyelidiki kasus ini dan mengejar para penadah hasil pencurian para remaja tersebut.
 
"Kita masih kembangkan kasus ini. Apa ada pelaku lain atau tidak. Dan kita akan cari penadahnya," tutup Tata.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Unik di Balik Sakralnya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Posted: 31 Jul 2016 11:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan waktu yang sakral bagi bangsa Indonesia. Pada hari itu, Presiden RI pertama, Soekarno memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia tepat pada pukul 10.00 WIB. Tapi apakah kamu tahu, apa yang sebenarnya terjadi pada saat Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia itu?

Berdasarkan penelusuran Citizen6, berikut ini 5 fakta unik seputar Proklamasi 17 Agustus 1945

1. Soekarno sedang Sakit

Presiden RI pertama itu terkena gejala malaria tertiana. Suhu badannya setelah begadang menyusun naskah proklamasi bersama pahlawan lainnya di rumah Laksamana Maeda. Setelah proklamasi selesai, Soekarno kembali ke kamar tidurnya karena ia masih meriang.

Warna putih dari bendera pusaka terbuat dari kain sprei tempat tidur dan warna merahnya dari kain tenda penjual soto yang ditebus dengan harga 500 sen oleh Ibu Fatmawati.

Naskah asli teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tidak pernah disimpan oleh pemerintah. Naskah tersebut justru disimpan baik oleh wartawan BM Diah. Diah menemukan naskah Proklamasi tersebut berada di tempat sampah rumah Laksamana Maeda, 17 Agustus 1945 dini hari.

Saat tentara Jepang ingin merampas negatif foto yang mengabadikan Proklamasi Kemerdekaan, Frans Mendoer, fotografer proklamasi berbohong kepada tentara Jepang tersebut. Mendoer mengatakan tak punya foto negatif itu dan sudah diserahkan kepada Barisan Pelopor. Lalu, tentara Jepang marah besar. Padahal negatif film itu ditanam di bawah sebuah pohon di halaman kantor harian Asia Raja.

Tiang bendera dibuat dari batang bambo secara kasar, serta ditanam beberapa menit sebelum upacara dimulai. Konon katanya, katrol tiang bendera dibuat dari gelas bekas sahur Moh. Hatta.

Penulis:

Pamela Sandri

Universitas Pancasila

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Halim Siap Layani Penerbangan Haji

Posted: 31 Jul 2016 11:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Halim Perdanakusuma terus berbenah karena menjadi salah satu bandara embarkasi dan debarkasi pada musim Haji 2016. Sebanyak 48.186 calon jamaah haji yang terdiri dari 114 kloter akan berangkat menuju Tanah Suci melalui Bandara Halim.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, Angkasa Pura II (AP II) sebagai pengelola Bandara Halim telah melakukan persiapan yang baik dan relatif sama seperti tahun-tahun sebelumnya. 

"Namun demikian, kami minta pada AP II dan Garuda Indonesia agar meningkatkan pelayanan dan tidak hanya mengandalkan fasilitas yang ada dari Kementerian Agama," ujar Budi seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (1/8/2016).

Para calon jamaah haji yang akan berangkat pada tahun ini telah susah payah mengumpulkan uang dengan jumlah tidak sedikit demi mencapai tujuan yang mulia, yaitu menjadi seorang Haji. Oleh karenanya, AP II dan Garuda Indonesia harus melakukan upaya yang maksimal agar ada peningkatan pelayanan haji.

"Meski layanan land side merupakan ranah Kementerian Agama, saya menugaskan AP II untuk take care juga. Kalau fasilitas sudah cukup ya cukup. Kalau kurang harus ditambah," kata Budi.

Sementara terkait dengan penanganan jamaah haji khusus, Budi menginstruksikan kepada Dirjen Perhubungan Udara agar terus melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Agama untuk menghindari adanya jamaah haji yang terlantar karena visa belum dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi.

Secara nasional, fase keberangkatan calon jamaah haji pada tahun ini berlangsung dari tanggal 9 Agustus hingga 5 September 2016. Fase tersebut dibagi menjadi dua gelombang, yakni gelombang pertama pada 9 Agustus hingga 21 Agustus, dan gelombang kedua pada 21 Agustus hingga 5 September.

Sebanyak 48.186 calon jamaah haji yang terdiri dari 114 kloter akan berangkat menuju Tanah Suci melalui Bandara Halim. Para jamaah tersebut berasal dari empat provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Lampung.

AP II selaku pengelola bandara telah menyiapkan apron selatan serta landasan untuk digunakan pesawat yang akan mengangkut para jamaah tersebut.

Bandara Halim sendiri melayani dua embarkasi, yakni Embarkasi Pondok Gede dan Bekasi, serta satu embarkasi antara, yakni Lampung. Untuk mempermudah proses keberangkatan, pemeriksaan penumpang, koper, dan barang bawaan lainnya dilakukan di Asrama Haji sebelum para jamaah bertolak ke bandara.

Bagi calon jamaah haji dari Pondok Gede dan Bekasi, setibanya di bandara mereka akan langsung diarahkan untuk naik ke dalam pesawat. Sedangkan bagi jamaah asal Lampung, akan diistirahatkan sejenak di terminal sebelum meneruskan perjalanan.

Kementerian Perhubungan telah melakukan koordinasi dengan para instansi yang terlibat, seperti Kementerian Agama, AP I dan II, serta operator penerbangan haji yang ditunjuk yakni Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines.

Pada tahun ini, Garuda Indonesia menyediakan 12 armada pesawat yang terdiri dari Boeing seri 777 dan 747 serta Airbus seri A330. Sementara Maskapai Saudi Arabia Airlines akan menyediakan pesawat Boeing seri 747 dan Airbus seri A330 untuk mengangkut para calon jamaah haji.

Dengan koordinasi yang baik dan intensif, diharapkan proses keberangkatan dan kepulangan haji pada tahun ini berlangsung dengan selamat, aman, dan lancar sebagaimana fokus kerja Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi serta meningkatkan kualitas pelayanan. (Yas/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Usut Dokumen Pengelola Hutan 2 Gunung Pemicu Banjir Banten

Posted: 31 Jul 2016 11:33 PM PDT

Liputan6.com, Serang - Polda Banten akan memanggil berbagai pihak yang dianggap bertanggung jawab atas dugaan terjadinya pembalakan liar atau illegal logging di Gunung Pabeasan Kabupaten Serang dan Gunung Aseupan di Kabupaten Pandeglang yang mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor pada Senin 25 Juli 2016 lalu.

Pihak yang di anggap mengetahui bagaimana pengelolaan dan kondisi lingkungan hutan di dua gunung tersebut adalah Taman Hutan Rakyat (Tahura), Litbang IPB, dan Perhutani.

"Kita akan panggil pemerintah daerah, terutama dari Dinas Kehutanan juga bagaimana pengelolaannya (hutan). Pokoknya semua yang terkait dengan permasalahan itu akan kita panggil, termasuk kepala desa akan kami panggil karena dokumen sementara ada dari kepala desa," kata Direskrimsus Polda Banten Kombes Pol Nurullah di Serang, Banten, Senin (1/8/2016).

Dia mengaku telah memeriksa lebih dari 10 orang untuk kasus ini. Namun hanya empat saksi yang diminta datang ke Polda Banten. Aparat kepolisian pun terus melakukan pemeriksaan dokumen terkait pengelolaan dan kepemilikkan lahan di dua gunung tersebut.

Selain itu, penyalur dan pemilik kayu gelondongan yang ada di sekitar Banten juga akan diperiksa, khususnya di sekitar lokasi bencana banjir bandang dan tanah longsor.

"Waktu pas memantau pakai helikopter, kami melihat ada beberapa wilayah yang bekas tebangan. Namun, kami belum bisa memastikan apakah itu penebangan liar atau bukan. Fokus perhatian penyelidikan ada di daerah yang terkena longsor. Tapi yang terparah di Carita. Karena sudah mengganggu ketertiban umum dan ada korban yang meninggal dunia sampai satu keluarga empat orang," papar dia.

Nurullah menyatakan, aparat kepolisian akan berusaha mengungkap bagaimana tragedi bencana longsong di Carita yang menyebabkan empat orang meninggal dunia bisa terjadi.

"Karena adanya longsor, indikasinya apa. Kita lihat dari prosesnya hingga terjadi longsor. Di Carita itu tidak pernah ada longsor," ucap Nurullah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Bandar Sabu Saat Sembunyi di Kompleks TNI

Posted: 31 Jul 2016 11:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polsek Cilincing menangkap bandar sabu Jason Maurits Lalopua saat bersembunyi di kompleks TNI AL Dewa Kembar, Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara. Jason ditangkap Sabtu 30 Juli 2016 sekitar pukul 19.15 WIB.

Jason ditangkap setelah polisi pemeriksaan bandar sabu lainnya yang ditangkap lebih dulu, Rian Rivaldi. Saat ditangkap, Rian juga bersembunyi di kompleks TNI AL Dewa Kembar.

"Setelah menangkap pelaku Rian Rivaldi maka dilakukan penangkapan pengedar lain bernama Jason. Saat ditangkap pelaku lagi bersembunyi di kamar pada TKP," kata Humas Polres Jakarta Utara Kompol Sungkono, Senin (1/8/2017).

Dari penangkapan Rian dan Jason polisi menyita barang bukti berupa 5 bungkus plastik bening berisi kristal putih dengan berat bruto 1,03 gram, alat hisap atau bong dan timbangan digital. Polisi yang menangkap keduanya, juga sudah berkoordinasi dengan Polisi Militer TNI Angkatan Laut bagian kriminal yaitu Sertu Boy.

"Selain itu ada barang bukti 1 pak plastik klip dan 1 gulung alumunium foil. Saat melakukan penangkapan di TKP yang merupakan Asrama TNI AL, ya buser Cilincing mendapat back up dari Pom AL dan koordinasi komandan kriminal Pom AL Kapten Tamat dan Ketua RW Mayor TNI AL Thamrin," beber dia.

Saat ini, keduanya tengah diperiksa intensif di Polsek Cilincing. Keduanya pun diancam Pasal 114 ayat 1 dan atau Pasal 112 ayat 1 Jo Pasal 132 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Kita amankan pelaku dan barang bukti dan tengah upaya menangkap bandar di atasnya," tutup Sungkono.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran di AS Ini Bukti Tahi Kuda Bisa Jadi Pengganti BBM?

Posted: 31 Jul 2016 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Throop - Sejumlah penggagas energi berkelanjutan mulai melirik daur ulang tinja mamalia sebagai salah satu alternatif energi terbarukan. Beberapa cara telah dilakukan, misalnya mengolah tinja mamalia sebagai briket atau  melalui proses mikroba sehingga menghasilkan gas metana.

Dikutip dari BBC, Senin (1/8/2016) belum lama ini sebuah peristiwa kembali membuktikan potensi kandungan energi yang ada dalam tinja mamalia. Hal itu terjadi ketika onggokan tinja kuda mendadak terbakar di Throop, kota kecil di New York, Amerika Serikat (AS).

Suhu udara di New York memang sedang sangat panas dalam beberapa minggu terakhir. Dinas pelestarian lingkungan hidup (Department of Environmental Conservation, DCE) menerima banyak keluhan tentang merebaknya bau tinja kuda.

Dan pada awal Juli, dinas pemadam kebakaran 'direpotkan' dengan kebakaran yang terjadi di salah satu peternakan kuda. Penyebabnya adalah tinja kuda. 

Setelah diselidiki, ternyata pihak pengelola peternakan menimbun tinja kuda dalam jumlah yang cukup besar.

Udara yang cukup panas saat itu, yakni sekitar 32 derajat Celcius membuat tinja kuda pun mendadak terbakar.

Menurut National Fire Protection Association di AS, letupan api itu adalah akibat dari pemanasan spontan. Hal tersebut terjadi ketika sebuah benda menjadi semakin panas tanpa mengambil panas dari lingkungan sekitar.

Ketika zat itu mencapai suhu letupnya, maka terjadilah percikan spontan. Selain tinja mamalia, sejumlah benda lainnya yang bisa mendadak terbakar adalah kain berlumur minyak, jerami, dan produk pertanian lainnya.

Dengan demikian, gulungan-gulungan jerami dalam lumbung bisa saja terbakar kalau tidak dipersiapkan dengan benar sebelum disimpan.

Letak peristiwa kebakaran dadakan tinja kuda. Suatu kebakaran di negara bagian New York disebabkan oleh tinja kuda yang mendadak terbakar tanpa memerlukan percikan api. (Sumber Google Maps via BBC)

Dipelajari dalam laporan Washington Post, disebutkan bahwa api memerlukan tiga bahan dasar, yaitu panas, oksigen, dan bahan bakar. 

Proses letupan spontan bisa terjadi ketika suhu di dalam timbunan bahan organik--bahan bakar dengan kandungan energi--mencapai suhu 149 hingga 204 derajat Celcius.

Mikroba yang mencerna zat organik itu akan melepaskan panas ke lingkungan sehingga meningkatkan suhu dalam tumpukan jerami atau 'bahan bakar' lain sejenisnya. Untuk mencapai suhu percikan, timbunan tersebut harus tanpa kelembaban.

Para ilmuwan pernah menulis dalam jurnal Compost Science & Utilization pada 2002, "Contohnya adalah seperti merebus kentang dalam air yang kentangnya kemudian terbakar ketika air rebusannya habis."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duel Bintang Bali United Vs Gresik United, Pertarungan Duo Balkan

Posted: 31 Jul 2016 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Bali - Bali United akan menjamu Gresik United pada pekan ke-13 Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo, di Stadion I Wayan Dipta, Senin (1/8/2016) sore WIB. Pertandingan ini juga akan menjadi duel pemain asal Balkan, Nemanja Vidakovic melawan Sasa Zecevic.

Serdadu Tridatu dipastikan tidak akan bisa menurunkan striker muda berbakat, Loudry Setiawan karena mengalami cedera. Itu berarti tumpuan mencetak gol saat melawan Gresik United akan dibebankan sepenuhnya pada Nemanja Vidakovic.



Penyerang asal Serbia ini sedang berupaya mengembalikan ketajamannya bersama Bali United. Sebab, pasca mengalami cedera, Vidakovic sempat mengalami penurunan produktivitas gol dalam beberapa laga.

Padahal, pada awal-awal kompetisi, Vidakovic sempat memperlihatkan permainan mengesankan, bahkan mampu mencetak gol di laga debut. Dari tiga pertandingan di laga awal, Vidakovic sudah mengemas dua gol. Hebatnya, kedua gol dirinya hanya berasal dari 4 tembakan ke arah gawang.

Kini perlahan tapi pasti, Vidakovic mulai kembali menunjukkan ketajamannya. Dia bahkan berhasil menambah pundi-pundi golnya menjadi tiga ketika mencetak gol ke gawang PS TNI pada laga yang berkesudahan dengan skor akhir 2-2 di Stadion I Wayan Dipta itu.

Jika dilihat secara cermat, statistik Vidakovic sejauh ini sangat apik. Kendati baru mencetak tiga gol, pemain ini memiliki akurasi tembakan yang sangat tinggi mencapai 88 persen. Itu menandakan sebagian besar tembakan yang dilepaskan Vidakovic mengarah ke gawang.

Selain statistik, kondisi fisik Vidakovic berada dalam level terbaik. Pasalnya, penyerang asal Balkan ini tidak bermain ketika Bali United menang 1-0 atas Perseru Serui. Vidakovic harus absen karena menjalani hukuman akumulasi kartu kuning.

Kendati angin positif sedang menghinggapi Vidakovic, tidak menjamin dia akan dengan mudah mencetak gol ke gawang Gresik United. Hal tersebut tak terlepas dari kehadiran pemain berpostur raksasa, Sasa Zecevic yang siap mengawalnya selama 90 menit pertandingan.

Sasa merupakan andalan Gresik United di lini belakang. Pemain asal Serbia ini dilengkapi dengan postur tubuh tinggi menjulang yang membuatnya sangat ahli dalam duel di udara.

Tak hanya itu, Sasa juga memiliki struktur tubuh yang kekar. Dia selalu menggunakan kelebihannya ini untuk menghentikan pergerakan striker dengan kekuatan fisiknya.

Meski memiliki tubuh tinggi dan kekar, Sasa juga sangat piawai mengantisipasi serangan dari bola bawah. Setidaknya hal itu dibuktikan dari keberhasilan tekel yang mencapai 67 persen.

Lalu siapakah yang akan memenangi duel pemain asal Balkan? Vidakovic atau Sasa? Menarik untuk dinantikan.

(Penulis: Yosef Deny Pamungkas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang KTT WEIF 2016, TNI Jaga Ketat Kawasan Senayan dan GBK

Posted: 31 Jul 2016 11:30 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biasakah Cegah Kematian Mendadak Akibat Jantung pada Kaum Muda?

Posted: 31 Jul 2016 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kematian mendadak pada orang yang berusia di bawah 35 tahun akhir-akhir ini sering terjadi. Biasanya hal itu karena adanya cacat jantung tersembunyi, kelainan jantung yang diabaikan, serta gaya hidup. Bisakah hal itu dicegah?

Kematian mendadak pada usia muda terkadang bisa dicegah. Namun jika Anda berisiko tinggi mengalami kematian mendadak akibat serangan jantung, dokter biasanya akan menyarankan agar menghindari jenis olahraga kompetitif. Tergantung pada kondisi dasar Anda, perawatan medis atau bedah mungkin akan disarankan untuk mengurangi risiko ini, seperti yang dilansir dari Mayoclinic, Senin (1/8/2016).

Pilihan lain untuk beberapa orang dengan kardiomiopati hipertrofik adalah implan cardioverter-defibrillator (ICD). ICD adalah perangkat seukuran pager yang ditanamkan di dada seperti alat pacu jantung dan akan terus memonitor detak jantung Anda.

Jika aritmia (suatu tanda atau gejala dari gangguan detak jantung atau irama jantung) yang mengancam jiwa terjadi, ICD akan memberikan kejut listrik untuk mengembalikan irama jantung menjadi normal.

Walaupun tidak jelas bahwa kematian mendadak akibat jantung dapat dicegah seperti tidak melakukan olahraga kompetitif, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika khawatir mengenai faktor risikonya. Misalnya, jika seseorang dalam keluarga Anda meninggal muda, bisa dilakukan otopsi untuk menentukan penyebab kematian. Jika hasilnya karena kondisi jantung, tes skrining anggota keluarga mungkin diperlukan, termasuk orangtua dan anak-anak.

Selain itu, tes skrining anggota keluarga dianjurkan untuk dilakukan dari waktu ke waktu, walaupun evaluasi hasil pertama mereka adalah normal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Hal Positif yang Dirasakan Pasangan LDR

Posted: 31 Jul 2016 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa bilang Long Distance Relationship atau LDR itu hubungan yang buang-buang waktu dan merugikan? Di era teknologi seperti ini, Anda bisa menjalani hubungan jarak jauh dengan sangat mudah.

Dengan bantuan telepon pintar untuk telepon dan video call setiap hari, Anda sudah bisa mengobati rasa rindu pada si dia.
Dilansir dari cosmopolitan.com pada Kamis (28/7/2016), berikut adalah 5 keuntungan bagi Anda yang sedang menjalani hubungan jarak jauh.

(foto: cosmopolitan.com)

1. Anda Memiliki Kehidupan Anda Sendiri
Jika biasanya Anda selalu melewati keseharian Anda bersama pasangan dan mengikuti segala kemauannya, kini Anda bisa menjalani hari sesuai dengan keinginan Anda. Tanpa ada aturan dari pasangan yang terkadang sangat  menjengkelkan.

2. Selalu Berkomunikasi
Karena jauh dengan pasangan, membuat Anda terus mengiriminya sms untuk menanya atau memberikan kabar untuknya.
Anda tidak tau apa yang dilakukan oleh pasangan Anda di sana, jadi Anda dan pasangan meningkatkan komunikasi satu dengan yang lain agar hubungan semakin erat.

3. Banyak Topik Pembicaraan
Berbeda denggan ketika Anda dan pasangan berada di kota yang sama dan sering bertemu. Terkadang ada rasa bosan dan tidak punya topik pembicaraan karena terlalu sering bertemu. Namun, pada saat berjauhan, Anda dan pasangan akan membahas setiap hal kecil yang kalian lakukan. Panggilan telepon yang tampaknya tak pernah berakhir karena Anda dan pasangan saling merindukan.

4. Traveling
Berada di kota yang berbeda membuat salah satu dari Anda harus datang berkunjung ke kota pasangan Anda.
Pergi berkunjung menemui pasangan sekaligus liburan bersama bisa Anda rencakan dari jauh-jauh hari. Menyenangkan bukan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uber Gelontorkan Rp 6,5 Triliun Demi Maksimalkan Fitur Ini

Posted: 31 Jul 2016 11:27 PM PDT

Liputan6.com, California - Uber dikabarkan tengah merombak fitur navigasinya agar lebih optimal. Penyedia layanan transportasi online tersebut tak tanggung-tanggung menggelontorkan dana sebesar US$ 500 juta (setara dengan Rp 6,5 triliun) demi memaksimalkan fiturnya itu.

Dilansir Ubergizmo dari Financial Times, Senin (1/8/2016), rencana investasi besar-besaran ini termasuk ke dalam salah satu proyek pilot Uber di kategori mapping. Uber juga disebutkan tak akan lagi terikat dengan Google untuk penyediaan sarana mapping pada aplikasinya.

Brian McClendon, VP Advanced Technologies Uber menjelaskan bahwa pemetaan yang digunakan oleh Uber saat ini sebetulnya sudah baik. Hanya saja, ada beberapa informasi yang masih tidak relevan dengan Uber, seperti topografi laut.

"Masih banyak detail lain yang perlu kita ketahui, seperti pola lalu lintas, lokasi pick up, dan drop off serta yang lainnya. Belum lagi, kita harus lebih fokus menghadirkan detail-detail lokasi yang tidak tertera begitu jelas di peta," kata McClendon.

"Pemetaan merupakan elemen penting untuk menciptakan pengalaman menggunakan Uber yang lebih baik."

Investasi ini rencananya juga akan ditujukan pada rencana Uber dalam mengembangkan kendaraan otonomosnya. Namun McClendon tidak menyinggung sedikit pun soal hal tersebut.

Uber sendiri telah membuat langkah besar untuk meningkatkan lokasi dan teknologi pemetaan. Perusahaan yang sejauh ini telah meraih pendanaan US$ 8,21 miliar tersebut masih paling dikenal di kalangan pengguna sebagai alternatif untuk memanggil taksi berbasis aplikasi di pinggir jalan yang nyaman dan aman.

(Jek/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bila Ada Bukti soal Freddy Budiman, Polri Panggil Harris Azhar

Posted: 31 Jul 2016 11:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bareskrim Polri akan memanggil Koordinator Kontras, Harris Azhar. Pemanggilan ini terkait dengan pengakuan gembong narkoba Freddy Budiman kepada Harris. Freddy mengaku pernah menyetor miliaran rupiah ke petugas BNN dan petinggi Polri ‎untuk kelancaran bisnis narkoba.

"‎Belum ada rencana pemeriksaan, kan seperti perintah Kapolri melalui Kadiv Humas dulu. Jadi tidak pakai disuruh, kalau memang ada bukti, ya kami panggil segera, secara bertahap," kata Kabareskrim Komjen Ari Dono di Mabes Polri, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Sejauh ini, lanjut dia, informasi yang mereka peroleh masih sebatas apa yang disampaikan oleh Harris.

"Kan datanya berangkat dari data Harris, itu juga kan baru katanya. Kata-katanya yang sudah meninggal," ucap Ari.

Mantan Wakabareskrim ini berjanji selalu mengingatkan dan menegur apabila ditemukan indikasi anggota yang melanggar hukum, terutama dalam dugaan ini.

"Nantinya apabila ditemukan pelanggaran, maka kami tidak akan segan untuk menindak tegas oknum-oknum anggota tersebut," ujar Ari.

Freddy Budiman merupakan salah satu dari empat terpidana mati yang dieksekusi pada Jumat 29 Juli 2016 dinihari. Freddy merupakan terpidana mati yang dieksekusi pertama kali di Nusakambangan pada jilid III.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Imbas Bila Rupiah Terus Menguat terhadap Dolar

Posted: 31 Jul 2016 11:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat sejak pemberlakuan tax amnesty. Bahkan, rupiah telah menembus kisaran 13.100 per dolar AS.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro‎ meyakini, Bank Indonesia (BI) akan mengendalikan rupiah supaya tidak terlalu kuat. Pasalnya, jika terlalu kuat, maka berisiko pada ekspor impor Indonesia.

"Setelah tax amnesty nilai tukar relatif stabil dan menguat 13.100. Pertanyaannya apakah bisa lebih kuat? Bisa saja, cuma kalau terlalu kuat enggak bagus buat ekspor kira. Jadi BI pasti melakukan pengelolaan kebijakan moneter untuk memastikan rupiah pada nilainya," kata dia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/8/2016).

‎Dia menerangkan, maksud rupiah yang sesuai nilainya ialah sesuai dengan kondisi riil Indonesia. Lebih detil, dia menyebut sesuai kondisi ekspor.

"Maksud saya bukan sekuat mungkin, tapi dilihat dari term moneter real effective exchange rate yang menggambarkan kondisi riil secara efektif. Menggambarkan kompetitif ekspor Indonesia," kata dia.

Dia mengatakan, pemberlakuan tax amnesty ialah momen yang tepat untuk memupuk cadangan devisa (cadev). Dia menuturkan, dengan cadangan devisa yang banyak. maka rupiah tidak terlalu berfluktuasi.

"Kenapa rupee (India) relatif tahan volatil karena cadangan devisa US$ 250-260 miliar. Kita baru US$ 110 milar," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mike Mohede Meninggal, Gading Marten Buru-Buru Selesaikan Syuting

Posted: 31 Jul 2016 11:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kaget bukan kepalang, begitulah yang dirasakan Gading Marten saat mengetahui Mike Mohede meninggal dunia. Sebab selama ini, Gading Marten tak pernah mendengar Mike mengidap penyakit jantung yang akhirnya merenggut nyawanya, Minggu (31/7/2016).

Suami Gisella Anastasia itu menuturkan, kabar meninggalnya Mike Mohede ia ketahui saat sedang syuting. Ia pun buru-buru merampungkan pekerjaannya dan langsung menuju rumah duka di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan bersama istrinya, Gisel.

suasana rumah duka Mike Mohede (Herman Zakharia/ Liputan6.com)

"Kaget banget. Syuting dipaksain selesai. Saya enggak pernah dengar Mike punya penyakit apa-apa," ujar Gading di rumah duka, Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu malam (31/7/2016).

Bukan hanya Gading Marten yang tak percaya Mike Mohede meninggal dunia, Gisel istrinya pun merasakan hal yang sama. Sebab belum lama ini, ia sempat bertemu penyanyi jebolan ajang pencarian bakat tersebut dalam kondisi baik-baik saja. Bulu kuduk Gisel pun merinding saat melihat jenazah Mike Mohede terbaring di rumah duka, dan masih tak percaya bahwa sahabatnya itu telah tiada.

"Kaget sedih. Merinding. Sampai sekarang merinding enggak percaya. Karena masih berasa enggak real saja gitu. Dari kemarin kalau ketemu baik-baik saja," ujar Giselle

Di mata Gading Marten dan Gisel, Mike Mohede adalah sosok pria yang baik, murah senyum, dan sangat jenaka. Saat terakhir bertemu pun, Gading dan Mike sempat bersenda gurau bersama membahas sesuatu yang mereka anggap seru. Ia juga mengaku kehilangan sosok Mike Mohede.

"Saya ketemu sebulan lebih lalu di stasiun TV. Kalau ketemu ngebahasnya yang seru-seru. Kami kehilangan sosok yang baik," kata Gading 

Mike Mohede (Source: Instagram)


Seperti diketahui, Mike Mohede meninggal dunia akibat penyakit jantung, Minggu (31/7/2016). Sebelum meninggal, Mike Mohede diketahui sempat bermain Playstation (PS), dan setelahnya meminta izin untuk tidur siang. Rupanya Mike sudah tidak sadarkan diri. Dokter menyatakan Mika sudah meninggal saat perjalanan ke RS Premiere Bintaro, Tangerang Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lion Air Delay 12 Jam hingga Jelang Olimpiade Brasil

Posted: 31 Jul 2016 11:13 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Lima jadwal penerbangan maskapai Lion Air mengalami keterlambatan hingga 12 jam di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Lion Air mengakui keterlambatan karena masalah operasional.

Sementara itu, kurang dari sepekan lagi pembukaan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil akan digelar. Berbagai persiapan terus dilakukan penyelenggara. Tim dari berbagai negara, termasuk Indonesia, telah tiba di Brasil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Terima Kunjungan Presiden Tajikistan di Istana Merdeka

Posted: 31 Jul 2016 11:13 PM PDT

Foto Bugil di Facebook, Pria Diperas Pasutri Bekasi Rp 25 Juta

Posted: 31 Jul 2016 11:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria berinisial JJ terpaksa merelakan Rp 25 juta miliknya raib. Dia diduga diperas pasangan suami-istri agar foto bugil yang dia kirim ke sebuah akun palsu di Facebook tidak disebarkan.

Bermula dari perkenalan JJ dengan seorang yang mengaku perempuan di Facebook. Akun tersebut menampilkan foto cantik 'perempuan' akunnya. Keduanya saling berbincang dan berkirim pesan melalui Facebook.

Sepanjang perkenalan di awal 2015 itu, tidak hanya obrolan yang mereka lakukan. Lebih dari itu, keduanya bertukar foto bugil keduanya. Sementara itu, JJ tidak menyadari lawan bicaranya dalam akun tersebut fiktif.

Akun tersebut dioperasikan oleh pasangan suami-istri Mohammad Junior (30) dan Nurfia (23).

"Pelapor mengirim foto pelapor, hanya bagian pinggang ke bawah. Kemudian terlapor mengancam pelapor, jika tidak mengirim sejumlah uang, foto pelapor akan disebarluaskan di media sosial," terang Kasubdit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (1/8/2016).

JJ terkunci. Hidupnya dalam tragedi. Dia menuruti permintaan pasangan tersebut dengan mentransfer sejumlah uang. Tercatat sejak Januari 2015, JJ sudah mengirimkan 4 kali kepada para pasangan tersebut.

"Pengiriman uang sejak bulan Januari 2015 sampai dengan bulan Juli 2016 melalui transfer dari rekening BCA atas nama pemilik rekening yang berbeda-beda. Total kerugian menurut pelapor mencapai Rp 25 juta," ujar Hendy.

Seiring waktu, JJ akhirnya memberanikan melaporkan apa yang dialaminya ke Polda Metro Jaya pada Jumat 29 Juli 2016.

Penyidik akhirnya membongkar praktik pemerasan tersebut dan menangkap kedua sejoli itu di Jalan Kemandoran Nomor 86, RT 4/22, Kelurahan Pekayon, Bekasi Selatan, Senin dini hari  tadi.

"Kami sita beberapa barang bukti, ada kartu identitas asli atas nama pelaku, beberapa kartu ATM dengan nama yang berbeda-beda, handphone dan simcard-nya," kata Hendy.

Keduanya terancam pasal 369 ayat 1 KUHP tentang Pemerasan dan Pengancaman. Ada pun ancaman hukuman penjara bagi keduanya maksimal 4 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Rela Rugi Besar Demi Pulangkan Lukaku

Posted: 31 Jul 2016 11:10 PM PDT

Liputan6.com, London - Chelsea serius untuk memulangkan Romelu Lukaku ke Stamford Bridge. The Blues kini menyiapkan 68 juta pound sterling atau Rp1,17 triliun agar Everton mau melepas Lukaku.

Seperti dilansir Mirror, Chelsea sebelumnya telah menawar Lukaku dengan harga 57 juta pound sterling. Tapi tawaran itu ditolak mentah-mentah oleh Everton.



The Toffees -julukan Everton- menginginkan Chelsea membayar hingga 75 juta pound sterling untuk Lukaku. Harga itu hampir dua kali lipat harga Lukaku saat diboyong Everton dari Chelsea yakni 28 juta pound sterling.

Chelsea melepas Lukaku ke Everton awalnya West Bromwich Albion dengan status pinjaman pada 2011 setelah. Striker asal Belgia ini kemudian dipinjamkan lagi ke Everton pada 2013.

Di sana, Lukaku dipercaya sebagai striker utama. Kepercayaan ini dibayar lunas oleh Lukaku. Everton pun mempermanenkan status Lukaku di awal musim 2014/15.

Performa gemilang Lukaku kemudian memancing minat Chelsea. Apalagi di saat bersamaan, penampilan striker inti mereka, Diego Costa mengalami penurunan.

Selain Chelsea, Real Madrid sempat disebut berminat juga pada Lukaku. Namun, El Real ternyata lebih tertarik untuk menggunakan Alvaro Morata, yang mereka pulangkan dari Juventus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bonus CEO Renault Dipangkas

Posted: 31 Jul 2016 11:09 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Renault memotong bonus sang CEO, Carlos Ghosn, sebesar 20 persen. Hal ini mereka lakukan setelah mendapat tekanan dari pemerintah Perancis saat Rapat Umum Pemegang Saham, pekan lalu.

Melansir Automotive News, Senin (1/8/2016), Pemotongan tersebut membuat bonus yang diterima Ghosn setara dengan 120 persen gaji tahunannya. Tahun lalu, jumlahnya mencapai US$ 7,92 juta.

Untuk diketahui, pemerintah Perancis merupakan pemegang saham terbesar Renault. Mereka menguasai lebih dari 18 persen hak suara perusahaan. Mereka mendesak perusahaan mengendalikan gaji Ghosn.

Menteri Ekonomi Perancis, Emmanuel Marcon, mengatakan bahwa pembayaran bonus yang dianggap berlebihan tersebut merupakan bukti tata kelola yang disfungsional dari Renault.

Setelah menuruti desakan pemerintah Perancis, Renault juga berjanji akan membuat struktur remunerasi yang lebih sederhana, transparan, dan jelas.

Menurut laman Fortune, pemotongan ini disebabkan karena realisasi penghematan yang dirancang awal tahun lalu kurang maksimal. Disebutkan, hanya 6 juta euro yang berhasil dihemat.

Ghosn sendiri nampaknya tak keberatan dengan kebijakan ini. Pasalnya, di kesempatan yang sama ia bahkan mengatakan akan menyumbangkan 1 juta euro dari bonusnya untuk yayasan Renault.

Carlos Ghosn juga merupakan CEO Nissan, yang sejak tahun 1999 hampir 50 persen sahamnya dikuasai Renault. Di sini, ia menjadi salah satu CEO perusahaan Jepang dengan bayaran tertinggi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segmen 3: Lukisan Istana Dipamerkan hingga Olimpiade Brasil 2016

Posted: 31 Jul 2016 11:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Galeri Nasional di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta kedatangan tamu-tamu penting hari ini, Senin (1/8/2016). Presiden Joko Widodo, para menteri, dan sejumlah tokoh, hadir untuk meresmikan pameran lukisan langka koleksi Istana Kepresidenan.

Sementara itu, pembukaan Olimpiade 2016 akan segera digelar. Berbagai persiapan terus dilakukan penyelenggara. Tim dari berbagai negara, termasuk Indonesia pun telah tiba di Brasil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puskesmas Olak kemang, Jambi Bakal Jadi Rumah Sakit

Posted: 31 Jul 2016 11:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Puskesmas Olak Kemang, Sebrang Kota Jambi akan ditingkatkan menjadi rumah sakit tipe D sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di daerah itu.

"Puskesmas tersebut nantinya akan menjadi rumah sakit tipe D, dan saat ini masih dalam proses pembangunan fisik," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Minggu.

Proses pembangunan rumah sakit tersebut kata Fasha ditargetkan selesai pada pertengahan 2017 dan sudah mulai dioperasikan pada awal 2018.

"Peraturan daerah (Perda) untuk menjadikan puskesmas tersebut menjadi rumah sakit sudah kami ajukan," katanya.

Selain itu, untuk menjadikan puskesmas tersebut menjadi rumah sakit itu harus meningkatkan bangunan salah satunya dengan menambah kamar pasien dan kapasitas bangunan.

"Tahun depan kembali kita anggarkan untuk menambah lantai dan kamar pasien, karena untuk menjadi rumah sakit minimal harus ada 40 kamar pasien," katanya menjelaskan.

Meskipun saat ini masih dalam proses pembangunan, walikota akan menggelar sayembara bagi warga di kawasan itu untuk penamaan rumah sakit tipe D tersebut.

"Rumah sakit ini namanya apa, bulan depan akan kita lakukan sayembara. Kita minta tokoh masyarakat, warga olak kemang untuk memilih beberapa nama yang akan kita putuskan nanti," kata Fasha.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi Ida Yuliati mengatakan, jika puskesmas tersebut telah menjadi rumah sakit akan ada beberapa pelayanan yang disiapkan.

"Rumah sakit itu nanti ada poli spesialis dan poli umum, kemudian nanti ada ruang operasi dan ICU," katanya.

Selain itu pihaknya juga saat ini tengah menghitung kebutuhan tenaga medis yang akan ditempatkan di rumah sakit itu nantinya.

"Sekarang kita hitung dulu berapa kebutuhannya, setelah itu baru kita ajukan sesuai kebutuhan rumah sakit tipe D. Yang jelas untuk tipe D ini dokter spesialisnya minimal harus ada dua orang," katanya menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagi, Ular Piton Raksasa Serang Kambing Warga

Posted: 31 Jul 2016 11:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penduduk desa terkejut saat menemukan ular piton seberat 27 kilogram memakan kambing seberat 18 kilogram di China timur, Provinsi Fujian. Ular berukuran besar itu pertama kali ditemukan oleh seorang petani yang telah kehilangan dua ekor kambing selama beberapa hari dan mendapati ular piton itu pelakunya.

Segera, ia berlari ke desa dan meminta bantuan untuk menangkap ular tersebut. Ia bersama beberapa orang yang berani pun pergi ke hutan untuk mencari hewan melata yang telah meresahkan warga tersebut.

Melansir dari Mirror, Senin (01/08/2016), saat sampai di tempat kejadian, mereka menangkap piton dengan tangan dan memasukkan ular sepanjang lima meter itu ke dalam karung. Salah satu warga malah yakin kalau itu ular piton terbesar yang ditangkap di China tahun ini.

Rekaman video kemudian menunjukkan warga desa yang berpose dengan warga bersama ular itu. Setelah ditangkap, ular tersebut dilaporkan memuntahkan kembali kambing yang ia makan sebelumnya. Jika tidak tertangkap, diyakini ular itu bisa hidup beberapa bulan tanpa makan setelah menyantap kambing malang milik si petani.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KKP Beri Nelayan Asuransi dengan Santunan Hingga Rp 200 Juta

Posted: 31 Jul 2016 11:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjalin kesepakatan dengan sebuah perusahaan asuransi untuk memberikan jaminan sosial kepada para nelayan di Indonesia.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengatakan, dengan adanya kesepakatan ini, nantinya para nelayan bisa mendapatkan santunan dari pemerintah. Santunan berlaku bagi yang meninggal dunia, cacat maupun masuk perawatan rumah sakit.

"Untuk santunan kecelakaan mengakibatkan meninggal dunia akibat aktivitas penangkapan ikan, akan mendapat santunan Rp 200 juta," kata Susi di kantornya, Senin (1/8/2016).

Sementara, dia menambahkan, untuk nelayan yang cacat akan mendapatkan santunan sebesar Rp 100 juta. Sedangkan untuk yang terluka memperoleh biaya pengobatan yang akan ditanggung pemerintah hingga Rp 20 juta.

Jaminan santunan ini juga tetap didapatkan para nelayan jika mereka mengalami kecelakaan, meski tidak sedang melakukan aktivitas penangkapan ikan. Hanya saja jumlah santunan yang diberikan berbeda.

Adapun nilai santunan bagi nelayan yang sedang tidak melakukan aktivitas penangkapan ikan sebesar Rp 160 juta. Sedangkan untuk cacat dan tanggungan pengobatan sebesar Rp 100 juta dan Rp 20 juta.

Namun, Susi mengaku belum bisa mengumumkan perusahaan yang memenangkan tender penjaminan sosial para nelayan di Indonesia. Adapun anggaran KKP untuk mengadakan jaminan sosial mencapai Rp 175 miliar di 2016.

"Itu untuk 1 juta nelayan, itu yang nelayan-nelayan yang memiliki kapal 5-10 GT. Sampai saat ini yang terdaftar sudah 824 ribu nelayan," tegas Susi.

Dipastikan Susi, jumlah asuransi nelayan ini nantinya akan bertambah setiap tahunnya. "Jadi asuransi ini bukan ABK yang diasuransikan, kalau ABK ada BPJS atau asuransi lainnya yang dikelola perusahaan pemilik kapal, atau perorangan pemilik kapal," tutup Susi. (Yas/Nrm)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Bocah-Bocah Brebes Berburu Suara Klakson Transjakarta

Posted: 31 Jul 2016 11:05 PM PDT

Liputan6.com, Brebes - Jam baru menunjukan pukul 10.00 WIB. Suasana jalan pantura Tegal-Brebes lengang. Tiba-tiba suasana berubah menjadi ramai saat sebuah bus bercat merah melintas dari arah Tegal menuju Brebes, Jawa Tengah, pada Minggu, 31 Juli 2016.  

Sekelompok anak-anak yang diperkirakan berusia 12 tahun ke bawah yang berdiri di tepi kiri jalan, tepatnya di Jalan Kaligangsa Wetan, melihat bus merah itu berhenti tak jauh dari tempatnya berkumpul.  

Karena penasaran, mereka mendekati bus besar tersebut. Mereka takjub karena ternyata bus yang berhenti itu adalah bus Transjakarta. Bus Transjakarta tanpa penumpang hanya berisi seorang sopir dan kondektur.

Diketahui sebagai Transjakarta karena di badan bus bagian samping kanan, kiri dan depan terdapat tulisan Transjakarta. Tanpa aba-aba, anak-anak berjumlah lima orang itu langsung mengabadikan bus merah dengan kamera telepon seluler yang dipegangnya.  

Bahkan, dua anak itu di antaranya sempat meminta sang sopir untuk membunyikan klakson bus untuk diabadikan di telepon seluler. "Om tolelet-tolelet, nyalain om klaksonnya saya mau rekam bunyinya," kata seorang anak berbaju hitam itu dari tepi jalan.  

Belum sempat mendengarkan suara klakson, sopir bus Transjakarta itu langsung tancap gas melaju kencang ke arah Jakarta. "Yah busnya malah pergi, belum sempat ngerekam suara klaksonnya malah kabur," ucap bocah berambut cepak dengan raut wajah kecewa.  

Karena kecewa tidak dapat mengabadikan suara klakson bus Transjakarta itu, mereka kembali berdiri di tepi jalan pantura untuk berburu suara klakson bus yang melintas di jalur pantura.

Usut punya usut, bus berpelat nomor B 9082 XBZ  itu berhenti untuk memompa ban bus di sebuah bengkel. Tak sampai sepuluh menit, bus itu kembali melanjutkan perjalanannya dan masuk ke pintu tol Brebes Timur (Brexit).  

Tak hanya sekelompok anak-anak pemburu suara klakson bus yang takjub melihat bus Transjakarta yang lewat di jalur pantura. Sejumlah warga yang saat itu berada di sekitar pintu masuk tol Brexit juga bertanya-tanya kenapa bus transjakarta melintas di jalur pantura.  

"Iya tadi saya heran kok bus Transjakarta lewat depan sini, padahal bus ini kan adanya di Jakarta. Jujur ya bus itu bagus sekali, besar ada papan digitalnya. Saya baru pertama kali lihat bus Transjakarta," kata Johan (28), warga Saditan Brebes.

Saat melihat bus Transjakarta melintas, di dalam benaknya ia ingin mencoba masuk ke dalam bus dan berkeliling Kota Brebes.

"Kalau dilihat sepintas dari luar tadi pun bagus. Seandainya bus seperti itu ada di sini (Brebes), saya ingin coba naik dan muter-muter kota naik bus itu," tutur dia.  

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, bus tanpa penumpang itu pun juga sempat berhenti sejenak di dekat Pos Polisi pintu masuk Brexit. Belum diketahui kenapa bus Transjakarta melintas di jalur pantura Tegal-Brebes.

Namun, jika dilihat dari pelat nomor yang masih berwarna dasar putih dan tulisan huruf dan angka berwarna merah, diperkirakan bus Transjakarta itu baru dan diujicobakan langsung mengaspal di jalan menuju ke Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segmen 2: Mike Mohede Meninggal hingga Perumahan Hakim Kebanjiran

Posted: 31 Jul 2016 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kematian mendadak penyanyi Mike Mohede mengundang duka tak hanya keluarga, tapi juga teman-temannya di kalangan selebritis. Hingga kini belum ada penjelasan resmi tentang penyebab kematian Mike Mohede, kecuali dugaan serangan jantung.

Sementara itu, kawasan Perumahan Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara di Jalan Laksda Leo Watimena, Desa Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, terendam banjir setinggi 60 sentimeter. Perumahan hakim ini menjadi langganan banjir kala musim hujan tiba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Makanan Hebat untuk Kesehatan Jantung

Posted: 31 Jul 2016 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kematian akibat penyakit jantung telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, namun masih jadi pembunuh nomor satu di Amerika Serikat. Kabar baiknya, kita sekarang tahu bagaimana mencegah penyakit kardiovaskular, yang meliputi stroke, dan serangan jantung.

Salah satunya dengan menghindari makanan yang tidak sehat, serta olahraga akan membuat perubahaan besar. Cobalah makanan yang kaya nutrisi, serta, serta lemak sehat.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa dimasukkan dalam diet Anda untuk menjaga kesehatan jantung selama beberapa dekade yang akan datang, dilansir laman Health, Senin (1/8/2016).

1. Ikan salmon

Salmon dan ikan berlemak lainnya seperti sarden, dan makarel adalah superstar makanan jantung sehat karena mengandung jumlah yang banyak asam lemak omega-3, yang ditunjukkan dalam studi untuk menurunkan risiko aritmia (tidak teratur denyut jantung, dan aterosklerosis (plak membangun di arteri, dan mengurangi trigliserida.

The Heart Association merekomendasikan makan ikan, dan ikan setidaknya dua kali seminggu. Asam lemak omega-3 juga bisa sebagai suplemen diet.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah tinggi serat larut yang dapat menurunkan kolesterol. "Ini bertindak sebagai spons dalam saluran pencernaan dan menyerap kolesterol sehingga dieliminasi dari tubuh dan tidak diserap ke dalam aliran darah," ujar Lauren Graf, seorang ahli diet dan terdaftar sebagai co-direktur Program Wellness Jantung di Montefiore Medical Center, New York City.

Graf menganjurkan untuk menghindari oatmeal instan, yang sering mengandung gula, bukan gandum asli. Makanan lain seperti roti, pasti, dan bubur jagung juga baik untuk jantung selama masih mengandung seluruh biji-bijian.

3. Blueberry

Bukan hanya blueberry, tapi juga stroberi, dan berry lainnya juga baik untuk jantung. Sebuah penelitian baru-baru ini, wanita berusia 25-42 tahun makan lebih dari tiga porsi blueberry dan stroberi seminggu memiliki risiko 32 persen lebih rendah dari serangan jantung dibandingkan mereka yang kurang makannya.

Para penulis penelitian dikaitkan manfaat untuk senyawa yang dikenal sebagai anthocyanin, flavonoid (yang merupakan antioksidan) yang dapat menurunkan tekanan darah, dan melebarkan pembuluh darah. Anthocyanin terdapat pada tanaman warna merah, dan biru.

4. Dark chocolate

Beberapa penelitian sekarang menunjukkan bahwa dark chocolate dapat bermanfaat bagi jantung. Pada 2012 ditemukan bahwa konsumsi cokelat setiap hari bisa mengurangi serangan jantung nonfatal, dan stroke pada orang yang berisiko tinggi untuk masalah ini.

Temuan diterapkan hanya untuk dark chocolate, yang berarti cokelat terdiri dari setidaknya 60-70 persen kokoa. Dark chocolate mengandung falvonois yang disebut polifenol, dapat membantu menurunkan tekanan darah, pembekuan, dan peradangan. Sayangnya, susu cokelat, dan permen tidak masuk dalam kelas melindungi jantung Anda.

5. Buah citrus

Wanita yang mengonsumsi jumlah tinggi flavonoid ditemukan dalam jeruk, dan anggur memiliki risiko 19 persen lebih rendah dari stroke iskemik (disebabkan ileh gumpalan darah) dibandingkan perempuan yang tidak mendapatkan banyak dari senyawa ini.

Buah jeruk juga tinggi vitamin C, yang dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Waspadalah terhadap jus jeruk yang berisi tambahan gula. Dan menyadari bahwa produk jeruk dapat mengganggu tindakan dari obat penurun kolesterol yang dikenal sebagai statin.

6. Kedelai

Produk kedelai, termasuk tahu dan susu kedelai adalah cara terbaik untuk menambahkan protein untuk diet tanpa lemak tidak sehat, dan kolesterol. Produk kedelai mengandung kadar tinggi lemak tak jenuh ganda (baik untuk kesehatan Anda), serat, vitamin, dan mineral. Terlebih lagi, kedelai dapat mengurangi tekanan darah pada orang yang makan diet tinggi karbohidrat olahan.

Dibandingkan dengan susu atau protein lainnya, protein kedelai benar-benar dapat menurunkan LDL atau kolesterol buruk.

7. Kentang

Tidak ada alasan untuk menghindari kentang karena mereka putih, dan terlihat seperti buruk pati. Selama kentang tidak digoreng, kentang bisa baik bagi jantung Anda. Mereka kaya akan kalium, yang dapat menurunkan tekanan darah.

Mereka juga tinggi serat, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. "Mereka jelas bukan junk food atau karbohidrat olahan," kata Graf. "Mereka memiliki banyak manfaat kesehatan."

8. Kacang

Ini termasuk almond, walnut, pistachio, kacang tanah, dan kacang macadamia, yang semuanya mengandung serat. Mereka juga mengandung vitamin E, yang menurunkan kadar kolesterol jahat.

Beberapa seperti kenari, yang tinggi asam lemak omega-3. "Di masa lalu telah menghindari kacang karena mereka tinggi lemak, tetapi sebagian besar studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang harian lebih ramping daripada orang yang tidak," kata Graf.

Orang-orang yang lebih ramping berada pada risiko yang lebih rendah untuk masalah jantung. Carilah variasi yang tidak memiliki banyak garam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Romantisnya Koleksi Puisi Cinta Mendiang Mike Mohede

Posted: 31 Jul 2016 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mike Mohede dikenal sebagai pribadi yang melankolis selama hidupnya. Penyanyi bersuara merdu ini juga mampu membuat adem dengan suaranya yang lembut dan romantis.

Sejak keluar sebagai juara kontes nyanyi di televisi tahun 2012, nama Mike Mohede mulai terkenal. Sedang menikmati manisnya masa peluncuran album kedua, Mike meninggalkan kita semua untuk selamanya pada Minggu (31/7/2016) pada usia 32 tahun 

Kepergiannya yang mendadak, membuat banyak orang kaget dan tidak percaya. Selain keluarga tercinta, banyak orang yang merasa kehilangan atas berpulangnya Mike. 

Berbagai kenangan manis pun ditinggalkan Mike. Selain keindahan suaranya, Mike juga mengabadikan lirik lagu dan puisi penuh cinta yang romantis. 

Mike Mohede menumpahkan perasaannya pada beberapa lagu miliknya. Ia juga membagikan quotes lirih penuh cinta di akun instagram pribadinya.

 

🎶😇🎶

A photo posted by Mike Mohede (@mikemohede) on

Penggalan lirik dari Mike Mohede begitu menghanyutkan. Dari liriknya menggambarkan secara gamblang jika dirinya sedang dilanda cinta. salah satu lirik yang menyentuh membuat banyak penggemar memberikan komentar yang positif.

"Rindu yang datang seperti angin.. Cinta yang datang seperti hujan.. Sering skali si rindu itu pun, mengikis titik nadir kekakuan hati, siapkan hati kembali bersimbah cinta..," tulisnya pada akun instagram @mikemohede.

 

#puisicintabiasa #tapirinduluarbiasa 😂😂😂

A photo posted by Mike Mohede (@mikemohede) on

Setelah kabar kepergian Mike mencuat ke publik, sahabat dan para penggemar membanjiri postingannya hari ini. Penyanyi melankolis tersebut memang telah pergi, namun karya dan puisinya akan selalu dikenang dan memberikan kehangatan di hati.

"Baru kali rasa kehilangan banget sama public figur @mikemohede bakal kangen suaranya kak Mike .. RIP kak Mike Mohede I LoVe You ..," tulis @inaleo03 salah satu followers akun instagram Mike.

 

#MISSterius #K3TIGA

A photo posted by Mike Mohede (@mikemohede) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta di Balik Kematian Mike Mohede

Posted: 31 Jul 2016 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepeninggal Mike Mohede, dunia musik Indonesia langsung berduka. Bahkan, banyak penyanyi dan selebritas papan atas yang meluapkan kesedihannya atas kematian mendiang pria kelahiran 7 November 1983 itu.

Mike Mohede meninggal dunia di Rumah Sakit Premiere Bintaro, Tangerang Selatan, pada Minggu (31/7/2016). Kabarnya, penyebab berpulangnya Mike disebabkan oleh penyakit jantung. Banyak mimpi dan harapan yang belum tercapai saat Mike dipanggil Yang Maha Kuasa.

Michael Prabawa Mohede adalah seorang penyanyi jebolan salah satu ajang pencarian bakat di Indonesia

Berpulangnya pria kelahiran 7 November 1983 itu sama saja dengan kehilangan salah satu aset penting bagi dunia musik Indonesia. Kini, publik hanya bisa mengenang Mike melalui lagu-lagu dan videoklip yang ada di dunia maya. Namun sebelum itu, ada baiknya kita mengupas kembali enam fakta terkait meninggalnya Mike Mohede.

Apa saja itu? Simak selengkapnya di halaman berikut ini.

Sempat Diet Demi Kekasih

Sebelum meninggal dunia, Mike Mohede dikabarkan sempat menjalani program diet. Rupanya, program tersebut ia lakukan lantaran sedang jatuh cinta. Hal tersebut, diungkapkan oleh Delon.

"Dia sempat kurus, diet ketat turun 20 kilogram, enggak lama kemudian gemuk lagi. Sekarang kurusan dikit. Lagi jatuh cinta katanya," ujar Delon yang merupakan runner up salah satu ajang kompetisi menyanyi Tanah Air, saat ditemui di RS Premiere Bintaro, Minggu malam.

Kepada media, Indra Djamal selaku manajer Mike, sempat menyampaikan bahwa sang penyanyi tak pernah mengeluh sakit. Bahkan, Mike baru menjalani sedikit diet.

Ia juga menyampaikan bahwa Mike tidak memiliki keluhan apa pun dan hanya menjaga pola makan demi penampilannya selama setahun ini. Mike juga sempat rutin berkunjung ke pusat kebugaran untuk membentuk tubuhnya.

Nyanyi Bareng Vina Panduwinata di Acara SBY

Malam sebelum meninggal dunia, Mike Mohede sempat bernyanyi di acara ulang tahun pernikahan Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ani Yudhoyono pada Sabtu (30/7/2016) malam.

Di belakang panggung, Mike bahkan sempat berfoto dengan dua penyanyi wanita yang tampil bersamanya, Vina Panduwinata dan Lala Karmela. Ketiganya lalu membawakan lagu "Dont Forget to Remember Me" milik Bee Gees yang menjadi favorit SBY.

Lagu lain yang juga ia nyanyikan di atas panggung adalah "Juwita Malam". Annisa Pohan yang datang ke acara mertuanya itu, sempat merekamnya dan mengunggahnya di Intagram sambil menyampaikan ucapan belasungkawa.

Terlihat Sehat Sebelum Meninggal

Tak ada yang menyangka Mike akan meninggal dunia begitu cepat. Hampir semua kerabat dan teman-teman sesama artis yang tak menyangka kalau Mike akan meninggal pada hari Minggu.

Bahkan, Lala Karmela dalam sebuah unggahan di Instagram menyampaikan bahwa pada Sabtu malam, Mike bernyanyi dengan sangat indah. Tak ada tanda-tanda Mike akan meninggal.

Senyum dan tawa menghiasi wajah Mike saat ia berbicara mengenai kehidupan dan cinta dengan Lala. Bahkan, Lala Karmela juga mengaku bahwa Mike sempat memberinya masukan pada malam itu.

Sempat Main PS dan Tidur Siang

Sebelum meninggal, Mike Mohede sempat bermain PlayStation (PS) bersama manajernya, Indra Djamal. Usai bermain, Mike meminta izin untuk tidur terlebih dahulu, tapi rupanya Mike Mohede tak sadarkan diri.

Indra Djamal, manajer Mike Mohede, sempat membangunkan pria bertubuh gempal tersebut. Namun Mike Mohede tak terbangun dan tak bergerak. Setelah menyadari hal yang tak wajar ini, Indra Djamal dan keluarga akhirnya melarikan Mike Mohede ke Rumah Sakit Premiere Bintaro, Tangerang Selatan.

"Kemarin main PS bareng, terus tiba-tiba enggak sadar gitu. Posisi tidurnya agak beda, kami bangunin, tapi enggak ada reaksi," ujar Indra di Rumah Sakit Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu malam. Menurut dokter, Mike sudah meninggal saat perjalanan menuju ke rumah sakit.

Terkena Penyakit Jantung

Meninggalnya Mike Mohede saat perjalanan menuju Rumah Sakit Premiere Bintaro, Tangerang Selatan, kabarnya disebabkan penyakit jantung yang ia derita. Menurut dokter, Mike meninggal setengah jam sebelum tiba di rumah sakit.

Meski dokter menjelaskan bahwa Mike Mohede meninggal lantaran serangan jantung, rupanya Mike Mohede tak memiliki riwayat penyakit jantung. Hal tersebut diungkapkan oleh sang manajer, Indra Djamal.

"Riwayat penyakit jantung enggak ada sama sekali. Kata dokter sih karena jantung, kami enggak bisa memastikan," ujar Indra Djamal di RS Premiere Bintaro, Jakarta Selatan, Minggu malam.

Bahkan, Indra Djamal mengatakan, Mike Mohede adalah sosok yang pandai menjaga pola makan. Mengetahui Mike Mohede meninggal dunia, Indra Djamal pun terkejut.

Rekan-rekan Selebritas Menunggu Jenazah Mike

Mike Mohede membuat teman-temannya sesama artis sangat terkejut usai kabar meninggal dirinya diumumkan. Bahkan, sebagian seleb rela menunggu kedatangan jenazah penyanyi berbadan tambun itu.

Setelah dikabarkan meninggal, rumah duka Mike Mohede yang bertempat di kawasan Kuricang, Bintaro, didatangi oleh ratusan warga yang menantikan jenazah Mike. Sebuah tenda putih terpasang di halaman depan rumah mendiang Mike Mohede.

Puluhan kursi juga berjejer di depan kediaman mendiang Mike yang meninggal di usia 32 itu. Sejumlah selebritas yang hadir demi melihat jasad sang musisi jebolan ajang pencarian bakat bukan nama-nama sembarangan. Sebut saja Eva Celia, Citra Scholastika, Chicco Jerikho, Dirly, Kunto Aji, Tanta Ginting, Glenn Fredly, Gery Iskak, dan masih banyak lagi yang turut menunggu kedatangan jenazah.

Mike Mohede akan dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa (2/8/2016). Jenazah Mike Mohede dikebumikan dekat dengan makam sang ayah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langkah Mudah Mengelupas Wallpaper

Posted: 31 Jul 2016 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Punya interior rumah yang dilengkapi dengan wallpaper atau stiker dinding terkesan begitu playful dan menyenangkan. Sayangnya semua wallpaper memiliki usia tertentu hingga akhirnya terlihat kusam atau mengelupas. Dinding rumah pun terlihat tak lagi menarik, dan Anda harus menyediakan waktu untuk menggantinya dengan yang baru.

Tidak mudah menghapus wallpaper, semua tergantung pada ukuran, lama penempelan, hingga material Wallpaper. Ada beberapa wallpaper yang bisa dihapus dalam waktu satu jam, namun ada juga membutuhkan waktu hingga seharian penuh. Dilansir dari Rumah.com, simak langkah tutorial menghapus wallpaper berikut ini.

Mengecek kondisi wallpaper

Jika wallpaper Anda baru ditempel dalam waktu relatif singkat, maka Anda beruntung! Sangat mudah menarik wallpaper yang baru beberapa bulan menempel di dinding, tanpa perlu menyemprotkan air atau bahan kimia tertentu. Cara mengetesnya adalah dengan mencungkil tepi wallpaper dengan pisau kecil kemudian tarik dengan tangan hingga selesai.

Namun, jika wallpaper terlihat sangat lengket dan sulit dilepas, gunakan cara alternatif lainnya.

 Siapkan Peralatan

Ada beberapa peralatan yang diperlukan untuk mengelupas wallpaper, namun sesuai dengan metode yang ingin Anda gunakan. Namun beberapa alat di bawah ini umumnya akan dibutuhkan dalam proses pengelupasan:

  • Pisau dempul atau putty knife
  • Botol sprai
  • Sarung tangan plastik atau karet, masker wajah.
  • Kain penadah kotoran di lantai
  • Masking tape (Sticker bening)
  • Chemical Stripper (larutan kimia penghapus cat dinding)
  • Steamer


Peralatan yang mungkin dibutuhkan dalam menghapus wallpaper

Persiapkan Ruangan Anda

Sebelum mulai menghapus wallpaper, lepas semua dekorasi dinding yang menggantung. Mulai dari lukisan, foto, pajangan gantung, sampai dengan kain tirai/gorden.

Setelah itu singkirkan barang-barang dan furnitur lain di ruangan Anda. Sisanya bisa Anda tutup dengan dropcloth agar tidak terkena debu dan kotoran.

Terakhir, drop cloth juga bisa Anda gunakan untuk melapisi lantai dari ketumpahan cairan seperti lem, air atau debu.

Buat Larutan Khusus

Mulai pekerjaan Anda dengan mencungkil bagian ujung wallpaper yang menempel di dinding Anda. Kemudian tarik dengan tangan secara perlahan. Jangan terlalu keras menarik agar tidak merusak plaster bagian dalamnya.

Jika terasa lengket dan sulit dilepas, semprotkan cairan yang disimpan dalam botol sprai. Gunakan air panas, atau dicampur sedikit dengan pelembut pakaian. Tak perlu banyak-banyak, yang penting air yang digunakan cukup hangat untuk mengelupas lem.

Setelah cairan siap disemprotkan, lakukan sprai dan tunggu sekitar lima hingga 15 menit sebelum ditarik. Jangan tunggu terlalu lama agar cairan lem tidak berubah jadi bubur.

 Waktunya Mengelupas

Jika wallpaper tak juga mengupas dengan mudah, gunakan cara alternatif berikutnya, yaitu dengan dicungkil dengan pisau dempul. Cara ini terbilang efektif, namun alternatif lain yang bisa dicoba adalah dengan "menguapkan" dinding Anda menggunakan steamer. Panas yang dihasilkan dari steamer akan mengurangi sifat perekat dari lem dinding.

Gunakan sarung tangan, buka jendela dan jangan terlalu lama mendekatkan steamer ke wallpaper dinding. Hanya butuh waktu sekitar 30 hingga 40 detik sudah cukup. Ketika kertas dinding terlihat mengelupas, Anda bisa gunakan pisau dempul untuk membantu menarik dari dinding.

Sekarang dinding Anda sudah bersih dari wallpaper kusam, saatnya memberi dekorasi baru pada dinding dengan mengecat atau menempelnya dengan wallpaper baru. Semoga berhasil!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agus Hermanto: Demokrat Masih Godok Calon Penantang Ahok

Posted: 31 Jul 2016 10:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengungkapkan hingga kini Partai Demokrat masih belum menentukan bakal calon gubernur DKI Jakarta yang akan diusung dalam Pilkada DKI. Internal partai masih melakukan pembahasan untuk mencari sosok penantang Ahok.

"Jadi untuk Pilkada DKI, Partai Demokrat belum memutuskan. sekarang ini majelis tinggi Partai Demokrat masih bersidang terus untuk memutuskan siapa calon gubernur maupun wakil gubernur untuk DKI," jelas Agus di Gedung DPR, Jakarta, Senin (1/7/2016).

Agus juga masih enggan menanggapi lebih dalam mengenai siapa saja nama calon usungan dari Partai Demokrat. Karena memang Demokrat tak ingin memberikan harapan hampa kepada calon gubernur nanti.

"Saya tentunya sekali lagi, tidak suka PHP (Pemberi Harapan Palsu) ya. Jadi harapan palsu itu kita tidak pernah dan Partai Demokrat juga tidak pernah memberikan harapan-harapan yang palsu. Sehingga apabila kita memang sudah diyakini, sudah ditentukan oleh majelis tinggi, itulah yang nanti kita usung," jelas Agus.

Dia menegaskan, pihaknya tak akan menyebut nama yang akan diusung dalam Pilkada DKI nanti. Pada waktunya, Demokrat akan mengumumkan orang yang akan diusung maju dalam memperebutkan kursi DKI 1.

"Nanti kalau saya menyebut si A si B, itu namanya kita memberikan PHP. Saya tidak mau memberikan PHP. Jadi apa yang telah ditentukan oleh Partai Demokrat tentunya lewat media akan saya sampaikan," ujar Agus.

Sementara ini, Demokrat masih menentukan calon dari independen terlebih dahulu. Setelah itu baru calon dari partai politik.

"Masih ada waktu, masih cukup waktunya," ujar Agus. (Linus Sandi Satya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segmen 1: Lion Air Delay hingga Penertiban Taksi Online

Posted: 31 Jul 2016 10:53 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Lima jadwal penerbangan maskapai Lion Air mengalami keterlambatan hingga 12 jam di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Lion Air mengakui keterlambatan karena masalah operasional.

Sementara itu, sejumlah taksi online dikandangkan oleh petugas gabungan. Mobil-mobil tersebut terancam ditahan karena pemiliknya belum melengkapi perizinan yang ditentukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Brasil, Hacker Ini Retas Akun Twitter CEO Niantic Labs

Posted: 31 Jul 2016 10:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok hacker yang menamakan dirinya OurMine kembali berulah. Kali ini, CEO Niantic Labs selaku pengembang Pokemon Go menjadi sasarannya. 

Usai melumpuhkan server Pokemon Go lewat serangan Distributed Denial of Service (DDoS) beberapa waktu lalu, OurMine meretas akun Twitter John Hanke pada Minggu (31/7/2016) kemarin. 

Dilaporkan CNET, Senin (1/8/2016), di awal peretas menyebutkan cuitan (tweet) ini didekasikan untuk Brasil karena gim Pokemon Go belum juga dirilis di Negeri Samba tersebut.

Doc: Michelle Star/CNET
Peretas kemudian mencuit "His password was too easy "nopass"" atau "Kata sandinya terlalu mudah "takadakatasandi"", yang disertai tautan penjelasan di Quora mengacu ke cuitan tersebut. Namun, tautan tersebut telah dihapus. 

Diketahui, OurMine merupakan perusahaan yang diklaim menyerang sistem keamanan akun media sosial. Jadi kemungkinan, peretasan ini semacam kegiatan pemasaran untuk mendorong pengguna meningkatkan keamanan akunnya. 

Hal itu justru menuai reaksi, termasuk masyarakat Brasil yang berpikir bahwa peretasan adalah cara yang buruk untuk menyadarkan pengguna, termasuk mereka yang menolak memperbarui gimnya.

Belum diketahui bagaimana OurMine mendapat akses kata sandi Hanke. Pihak Niantic Labs sendiri belum menanggapi kabar peretasan ini. 

Sebelumnya, server Pokemon Go dikabarkan akan offline pada hari ini, Senin (1/9/2016). Lumpuhnya server gim tersebut disinyalir akibat ulah kelompok hacker "PoodleCorp".

Seperti dikutip dari TechTimes beberapa waktu lalu, PoodleCrop telah memberikan peringatan terbuka lewat akun Twitter-nya, @PoodleCorp, untuk membuat server Niantic offline.




PoodleCorp akan melumpuhkan server selama lebih dari 20 jam, dengan menggunakan botnet yang terdiri dari 600 ribu perangkat, sehingga membuat aktivitas server Niantic "sesak".

(Cas/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Penyebab Inflasi Juli 0,69 Persen

Posted: 31 Jul 2016 10:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi Juli 2016 tercatat 0,69 persen dengan inflasi secara tahunan 3,49 persen. Penyumbang inflasi paling besar dari bahan makanan dan kenaikan tarif angkutan saat musim libur Lebaran.

‎Kepala BPS Suryamin saat konferensi pers Inflasi Juli mengungkapkan, inflasi Juli 2016 yang sebesar 0,69 persen terendah sejak 5 tahun terakhir. Dari 82 kota Indeks Harga Konsumen (IHK), 78 kota mengalami inflasi dan 4 kota deflasi. Inflasi tertinggi di Tanjung Pandan 2,34 persen dan terendah di Gorontalo 0,06 persen, sementara deflasi terjadi di Jayapura 1,1 persen

"Inflasi 0,69 persen di Juli 2016 dibanding 5 t‎ahun terakhir, ini yang paling rendah. Juli 2012, tercatat inflasi 0,7 persen, lalu 3,29 persen di Juli 2013, sebesar 0,93 persen di Juli 2014, dan 0,93 persen di Juli tahun lalu," terang Suryamin di kantornya, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Inflasi Juli 0,69 persen, kata Suryamin, di‎sumbang dari transpor, komunikasi, dan jasa keuangan 1,22 persen. Kemudian disusul bahan makanan 1,12 persen, sandang dengan kontribusi inflasi 0,44 persen; makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau 0,54 persen; pendidikan, rekreasi, dan olahraga 0,51 persen; kesehatan 0,37 persen, serta perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakat 0,24 persen.

‎Adapun ‎penyebab inflasi di Juli 2016, antara lain:

1. ‎Tarif angkutan udara, perubahan harga 11,02 persen, andil terhadap inflasi 0,11 persen karena permintaan jasa angkutan udara meningkat. Kenaikan harga tertinggi di Semarang 53 persen dan Bandar Lampung 47 persen

2. Tarif angkutan dengan perubahan harga 10,53 persen, 0,08 persen. Karena kenaikan tarif angkutan antar kota dan kejadian brexit. Sebanyak 47 kota IHK mengalami kenaikan, tertinggi di Madiun 30-34 persen, Semarang 30 persen.

3. Bawang merah perubahan hargaa 9,44 persen, andil 0,06 persen karena pasokan terbatas dan permintaan cukup tinggi karena menghadapi hari raya. Tertinggi di Pare-pare dan Tanjung Pandan

4. Daging ayam ras perubahan harga 3,53 persen, andil inflsi ‎0,05 persen, karena naiknya permintaan. Terjadi kenaikan di 66 kota IHK, tertinggi di Tanjung Pandan dan Sibolga masing -masing 17 persen

5. Kentang ‎dengan perubahan harga 14,8 persen, andil 0,04 persen karena pasokan tidak mencukupi dan permintaan yang sangat tinggi. Kenaikan harga tertinggi di Bogor 51 persen dan Bukit Tinggi 42 persen

6. Tarif listrik perubahan harga 1,12 persen, andil inflasi 0,04 persen karena kenaikan tarif listrik Rp 8 per Kwh per 1 Juni 2015 di prabayar dan paskabayar untuk pelanggan 1.300 Va‎. Sebanyak 80 kota IHK mengalami kenaikan tarif, sedangkan 2 kota di Tarakan dan Batam tidak alami kenaikan

7. Ikan segar perubahan harga 1,31 persen, andil inflasi 0,03 persen. Karena pasokan tidak sesuai

8. Beras perubahan harga 0,5 persen, andil 0,02 persen karena panen raya menurun. Terjadi kenaikan di 44 kota IHK, tertinggi di Pare-pare 6 persen

9. Cabai merah dengan perubahan harga 3,76 persen, andil inflasi 0,02 persen karena cuaca hujan sehingga berdampak ke produksi. Kenaikan harga terjadi di 57 kota IHK, paling tinggi di Kediri 51 persen, Sukabumi 39 persen

10. Emas perhiasan dengan andil inflasi 0,02 persen karena mengikuti pergerakan harga emas dunia. Kenaikan terjadi di 71 kota IHK, tertinggi di Pangkal Pinang dan Purwokerto, Makassar, Banda Aceh naik 4 persen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahapan Pilkada Serentak Dimulai 6 Agustus Ini

Posted: 31 Jul 2016 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memulai tahapan pilkada serentak pada bulan ini, tak terkecuali di Kota Yogyakarta. Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budianto mengatakan, tahapan pilkada Kota Yogyakarta diawali dengan penyerahan syarat dukungan pasangan perseorangan pada 6-10 Agustus 2016.

Setelah itu, baru pendaftaran pasangan calon yang dilakukan 19-21 September 2016. Setelah itu, akan dilakukan verifikasi pada 19 September-9 Oktober 2016. Kemudian pada 22 Oktober 2016 ditetapkan pasangan calon.

"Tanggal 6-10 penyerahan dukungan pasangan calon perseorangan. Berbasis KTP tapi ada surat pernyataan dukungan. Diserahkan kita akan hitung di hadapan mereka," ujar Wawan, di Yogyakarta, Senin (1/8/2016).

Wawan mengatakan, setelah pengumpulan KTP itu, KPU dibantu dengan PPS akan memverifikasi KTP tersebut. Pemeriksaan dilakukan agar tidak ada KTP ganda sebagai syarat dukungan. Namun jika masih ada kekurangan jumlah KTP yang disyaratkan yaitu 26.347 KTP, maka tim pasangan calon dapat segera memenuhi syarat tersebut.

"Setelah itu kita verifikasi administrasi berupa cek kegandaan. Setelah cek kegandaan baru kita faktual kan melalui petugas PPS waktunya 14 hari. Satu satu akan didatangi petugas kita. 26 ribu itu tersebar," ujar dia.

Wawan mengatakan, proses verifikasi KTP sudah disiapkan dengan matang. Termasuk sudah melakukan simulasikan verifikasi KTP tersebut dengan menemui langsung warga sesuai dengan KTP tersebut.

"Sudah di 8 kecamatan misalnya kita sudah simulasikan minimal sehari PPS harus ketemu berapa orang itu sudah kita simulasikan. Harus ketemu orangnya kalau tidak ada, maka diberi waktu tiga hari," ujar Wawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klopp Buta Warna soal Jersey Ketiga Liverpool

Posted: 31 Jul 2016 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool untuk pertama kalinya memakai jersey ketiga mereka musim ini ketika berhadapan dengan AC Milan di laga pramusim, Minggu (31/7/2016). Jersey ketiga Liverpool berwarna hijau neon dan sepertinya membawa keberuntungan bagi pasukan Jurgen Klopp.

The Reds menang 2-0 atas AC Milan berkat gol Divock Origi dan Roberto Firmino. Klopp menilai warna tersebut berdampak positif bagi mood anak-anak asuhannya di lapangan.



Menariknya, Klopp sepertinya tidak tahu pasti apa sebutan untuk warna jersey ketiga Liverpool tersebut. Namun, pelatih asal Jerman itu mengakui menyukai warna jersey ketiga Liverpool dan menyebutnya sebagai warna yang segar.

"Saya menyukainya. Saya suka warna itu. Ok, itu bukan warna Liverpool, tapi itu bukan merah, saya tidak peduli. Itu warna yang bagus. Keren, para pemain menyukainya," ujar Klopp, seperti dilansir The Sport Review.

"Di negara saya, hijau adalah warna harapan. Harapan ada hijau, tapi saya sedikit buta warna. Saya pikir itu warna hijau dan itu harapan. Mari berharap semuanya akan berjalan bagus untuk kami," ucapnya.

Sejauh musim panas tahun ini, Liverpool telah menggaet tujuh pemain baru untuk menambah kekuatan skuat mereka. Namun, tidak sedikit juga klub asal Merseyside ini melepas para pemainnya ke klub lain demi mencegah surplus pemain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramadan Susutkan Jumlah Turis Melancong ke Indonesia Selama Juni

Posted: 31 Jul 2016 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia mencapai 857,7 ribu di Juni 2016. Realisasi tersebut turun dibanding capaian bulan sebelumnya sebanyak 915,2 ribu kunjungan.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, turis yang datang ke Indonesia sepanjang bulan keenam pada tahun ini mencapai 857,7 ribu kunjungan, anjlok dibanding Mei yang mencapai 915,2 ribu kunjungan. Sedangkan dibanding Juni 2015 yang sebanyak 872,4 ribu kunjungan, juga turun.

"Jumlah kunjungan turis ke Indonesia pada Juni merosot dibanding bulan sebelumnya karena di Juni kemarin kita menjalankan puasa sebulan penuh, biasa itu. Kalau Juni 2015 kan, puasa jatuh di pertengahan bulan," kata dia saat Konferensi Pers di Gedung BPS, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Menurut Suryamin, penurunan kunjungan wisman di Juni paling besar berasal dari Malaysia. Khususnya melalui pintu masuk bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. ‎Turis asal Malaysia yang ke Indonesia di Juni 2016 tercatat 79,37 ribu kunjungan atau anjlok dari periode sama tahun lalu 105,14 ribu kunjungan.

Penurunan jumlah kunjungan juga ditunjukkan wisman dari Singapura dari 150,77 ribu menjadi 132,03 ribu kunjungan di Juni ini. Turis asal Jepang turun sedikit dengan jumlah 34,63 ribu dari bulan yang sama 2015 sebanyak 37,32 ribu kunjungan.

Sementara jumlah kunjungan turis asal China dan Australia justru mengalami peningkatan di Juni 2016 masing-masing menjadi 115,84 ribu kunjungan dan 113,67 ribu kunjungan. Sedangkan di Juni 2015, jumlah turis yang melancong ke RI dari kebangsaan tersebut masing-masing 98,26 ribu dan 102,21 ribu kunjungan.

"‎Hal ini ikut menurunkan tingkat hunian kamar hotel berbintang di Juni menjadi 48,63 persen. Turun 6,83 poin dibanding capaian Mei 2016 sebesar 55,46 persen, serta turun 5,51 poin dari Juni 2015 yang mencapai 54,14 persen. Penurunan karena bulan suci Ramadhan," jelas Suryamin.

Data BPS menunjukkan, jumlah kunjungan wisman Juni ini sebanyak 857,7  ribu terdiri dari wisman yang melalui 19 pintu utama sebanyak 805,65 ribu kunjungan dan 52 ribu kunjungan untuk wisman di luar 19 pintu utama.

Rincian lebih lanjut, turis yang melalui 19 pintu utama, meliputi wisman reguler 784,16 ribu kunjungan dan wisman khusus 21,49 ribu kunjungan. Sementara untuk wisman di luar pintu utama sebanyak 52 ribu kunjungan, terdiri dari yang lewat pos lintas batas 21,09 ribu kunjungan dan lainnya 30,91 ribu kunjungan turis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Masih Butuh Rp 4.000 Triliun untuk Infrastruktur

Posted: 31 Jul 2016 10:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta ‎Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani menyatakan, Indonesia masih kekurangan dana sekitar Rp 4.000 triliun untuk membiayai pembangunan infrastruktur yang telah dicanangkan pemerintah.

Rosa mengungkapkan, untuk kurun waktu 5 tahun yaitu pada 2014-2019, dana yang dibutuhkan untuk membangun infrastruktur dalam program pemerintah mencapai Rp 5.500 triliun. Namun hanya sekitar Rp 1.400 triliun-Rp 1.500 triliun yang mampu dipenuhi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Untuk‎ program infrastruktur prioritas pemerintah, budget yang dibutuhkan untuk 2014-2015 itu kurang lebih Rp 5.500 triliun. Tetapi hanya Rp 1.400 triliun-Rp 1.500 yang bisa masuk dalam APBN, APBD dan BUMN," ujar dia di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Senin (1/8/2016).

Rosan menjelaskan, budget sebesar Rp 5.500 triliun ini digunakan untuk proyek pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW), 24 pelabuhan, 15 bandara, 49 bendungan, 3.600 km jalur kereta dan lain-lain. Maka untuk mengatasi kekurangan dana ini, pemerintah mau tidak mau harus mengajak pihak swasta baik lokal maupun asing untuk berpartisipasi.

"Sehingga penting bagi kita untuk mengundang investor baik pihak swasta maupun asing‎," kata dia.

‎Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala BKPM Thomas Lembong. Dirinya mengakui selama ini pera‎n pihak investor swasta dalam pembangunan infrastruktur Indonesia masih sangat minim.

"Keikutsertaan swasta di infrastruktur masih minimal. Kita masih sangat mengandalkan ‎APBN dan BUMN," ungkap dia.

Untuk dapat menarik minat investor swasta dalam proyek infrastruktur pemerintah, lanjut Thomas, dibutuhkan terobosan-terobosan baru. Hal tersebut akan dia lakukan sebagai Kepala BKPM saat ini.

"Kita bikin terobosan-terobosan, konsep-konsep untuk membuka sektor swasta lebih berperan.‎ Memang bagus sudah dirintis oleh pemerintah, bahkan Pak Presiden turun tangan langsung. Tugas kita cari jalan supaya swasta bisa tertarik ikut," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wow, Para Pendaki Ini Bentuk Cincin Raksasa Sambut Olimpiade 2016

Posted: 31 Jul 2016 10:42 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Marinir, Petugas Polisi Ini Sekarang Jadi Bintang Hollywood

Posted: 31 Jul 2016 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan bintang Hollywood harus bersusah payah mewujudkan mimpi untuk menjadi bintang. Tak sedikit dari mereka yang direkrut dari berbagai pentas teater sekolah. Sementara yang lain memulai karier dengan mengikuti audisi demi audisi sampai akhirnya mendapatkan peran sesuai yang membuat nama mereka bersinar.

J. W. Cortes sebagai Detektif Alvarez dalam Gotham.

Tapi semua itu berbeda dengan cerita yang dialami J. W. Cortes, pemeran Detektif Alvarez dalam serial TV Gotham. Gotham bercerita tentang masa-masa awal Komisaris Polisi Gordon, teman Batman, di kota Gotham yang memiliki angka kriminalitas cukup tinggi. Detektif Alvarez diceritakan sebagai salah satu polisi yang bekerja di kantor polisi yang sama dengan Gordon.

Berperan sebagai polisi bukanlah sesuatu yang aneh bagi J. W. Cortes. Bahkan, bisa dibilang perannya itu tidak jauh berbeda dengan kehidupan nyatanya sebagai salah satu petugas polisi kota New York.

Tumbuh di kota Brooklyn, yang saat itu sedang mengalami epidemik narkoba, menjadikan impian sebagai polisi bukanlah cita-cita normal. Apalagi mengingat kakak Cortes adalah ketua suatu geng terkenal, The Latin Kings.

Tepat ketika usianya mencapai 18 tahun, Cortes memutuskan untuk "kabur" dari tempat tinggalnya, dan mendaftar dalam US Marines (Angkatan Laut AS). Pada The Hollywood Reporter, Cortes mengatakan, "Aku mendaftar untuk bergabung dengan Angkatan Laut. Dan benar saja, satu atau dua bulan sesudahnya kakakku ditangkap dengan tuduhan kejahatan federal. Sejujurnya, hal itu menyelamatkan hidupku."

J. W. Cortes kemudian ditugaskan ke Irak pada tahun 1999. Dia kemudian bergabung dalam pasukan khusus yang hampir merenggut nyawanya.

"Pada tahun 2003, aku adalah salah satu marinir yang menjadi bagian dalam invasi Irak. Di sana, aku menyadari bahwa aku belum siap mati. Aku berpikir tentang ayah dan ibuku, dan pelajaran yang mereka berikan. Satu hal yang kuingat adalah, bahwa aku sangat menyukai dunia musik dan akting. Aku berdoa sangat keras. Aku meminta pada Tuhan untuk satu kesempatan lagi. Kubilang, 'Tuhan, jika Kau menyelamatkanku, jika Kau memastikan aku tidak mati di sini, aku tidak akan mau merasakan hal seperti ini lagi, bahwa aku menyepelekan hidupku," tutur J. W. Cortes pada Time.

Sekembalinya dari Irak, Cortes sempat luntang-lantung. Tidak memiliki pekerjaan, dan seorang temannya baru saja terbunuh. Dia tidak tahu apa yang harus dilakukannya.

Untungnya kemudian Cortes bertemu dengan wanita yang kemudian menjadi istrinya melalui suatu situs kencan. Dia lalu mendaftar ke akademi kepolisian, dan enam bulan kemudian menjadi salah satu petugas polisi kota New York.

J. W. Cortes dalam Gotham.

Lalu anak pertamanya lahir. Hal tersebut membuat Cortes teringat akan sumpahnya di bawah serangan misil dulu. Inilah yang kemudian mendorongnya untuk mencoba peruntungan di dunia peran.

"Aku mulai mengikuti audisi, dan terkadang beruntung," ceritanya. "Aku lalu mengikuti sekolah akting, mendapatkan peran-peran kecil."

Walaupun sudah menjadi bintang Hollywood, J. W. Cortes tetap bekerja sebagai petugas polisi.

Tahun lalu, Cortes mengikuti audisi untuk Gotham, sebelum kemudian mengajak keluarganya liburan ke Puerto Rico. Saat sedang berada di pantai, Cortes mendapat telepon dari agennya yang mengatakan dia mendapatkan peran besar dalam Gotham sebagai Detektif Alvarez.

Dan baru beberapa hari lalu, saat Cortes sedang berpatroli, orang-orang menghampirinya agar bisa berfoto dengan Detektif Alvarez.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Tips Kelola Uang Biar Cepat Kaya

Posted: 31 Jul 2016 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang punya masalah dengan uang. Tak sedikit juga dari mereka yang terserang stres karena masalah ini. Salah satu penyebabnya adalah mereka tak tahu bagaimana mengelola uang itu.

Padahal jika bisa mengelolanya, permasalahan mengenai itu pun bisa dihindari.

Dengan mengelola uang, seseorang pun bisa menjadi kaya. Setidaknya tidak punya masalah uang. Berikut tips jitu bagaimana cara mengelola uang seperti dilansir dari Lifehack.

1. Mencatat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran Anda sangat penting untuk memastikan untuk apa saja uang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga akan memiliki pemahaman tentang sejauh mana keadaan keuangan Anda jika Anda ingin melakukan investasi yang potensial untuk masa depan.

2. Pilih Jenis Tabungan yang Sesuai dengan Kebutuhan

Pastikan jenis tabungan yang Anda gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Dunia perbankan kini menawarkan berbagai jenis tabungan dengan berbagai kelebihan agar calon nasabah mau mempercayakan uangnya kepada mereka. Misalnya saja, tingkat suku bunga yang tinggi atau kemudahan saat mengurus akomodasi hotel.

3. Investasikan Uang Anda Secara Tepat

Banyak hal yang bisa Anda lakukan supaya investasi Anda berkembang. Misalnya saja, surat utang menawarkan bunga yang kecil tapi stabil. Sementara itu kalau Anda menginginkan hasil yang lebih besar, Anda bisa mencoba stock trading dan trade betting. Walaupun risiko yang Anda hadapi lebih besar, tapi dengan mempelajari pergerakan pasar, maka Anda bisa tetap mendapat keuntungan (Nabila).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikmatnya Lakukan 4 Aktivitas Ini Bersama Teknologi 4G

Posted: 31 Jul 2016 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bila mendengar kata 4G yang terbersit dalam benak kita adalah anti lag, anti macet, dan semua hal berbau keunggulan kecepatan internet. Hal itu bukan tanpa alasan dikarenakan teknologi 4G memiiki speed 10x dari teknologi sebelumnya, 3G.

Seberapa cepat? Perbedaan mendasar tentu dari segi kecepatan yang amat jauh, imbasnya, beberapa aktivitas yang membutuhkan koneksi prima pun dapat berjalan jauh lebih baik. Apa saja?

Video call-an gak pakai putus-putus

Video call merupakan teknologi yang mengemas semua emosi yang tak bisa dihadirkan telepon biasa. karena hadirkan video dan suara secara real time dari lawan bicara nan jauh disana. Koneksi prima jadi kunci menikmati pengalaman berkomunikasi ini dan teknologi 4G mampu mewujudkan.

Nikmati konten kualitas HD bukan sekadar mimpi lagi

Sebelum 4G masuk ke Indonesia, seringkali kita mengunduh terlebih dahulu video yang ingin ditonton, setelahnya itu baru dibuka di gadget kesayangan, seperti smartphone. Pasalnya, koneksi yang 'lemot' membuat buffering terus menerus, tentu saja berimbas kepada mood menonton. Berkat teknologi 4G mimpi menikmati video kualitas tinggi kapan pun dimana pun dengan lancar telah menjadi kenyataan.

Main game online tanpa nge-lag

Sekarang bukan jamannya lagi harus duduk bareng teman untuk menikmati game-game favorit. Sekarang, kita bisa menantang orang-orang dari seluruh dunia untuk bermain game melalui jalur online. Faktor menang kalah memang banyak, namun, koneksi internet putus atau lambat menjadi alasan favorit. Dengan teknologi 4G sepertinya kamu harus mulai memikirkan alasan lain kalau kalah ya, guys.

Kirim file ukuran raksasa bukan masalah

Dahulu, mengirim file dalam ukuran gigabyte seperti file video menjadi momok menakutkan, apalagi saat tidak sedang di depan komputer kantor padahal situasi begitu mendesak. Dengan kecepatan upload mencapai hingga 20 Mbps file ukuran gigabyte sekalipun dapat dikirim dengan sangat cepat.

Smartfren sebagai salah satu dari empat provider di Indonesia yang menyediakan teknologi 4G super cepat "True Unlimited" tanpa batasan kuota. Untuk mencoba atau terus dapat menikmati layanan tersebut tentu pulsa harus mencukupi.

Nikmati kemudahan isi Pulsa Smartfren di Tokopedia tanpa perlu antri ketika harus beli pulsa elektrik dan tetap melayani 24 jam non stop. Tak hanya itu, lewat Tokopedia kamu juga bisa berbagi sensasi kecepatan 4G kepada teman-teman kamu dengan Modem 4G LTE Smartfren. Modem ini memungkinkan kamu berbagi koneksi 4G ke gadget yang tidak memiliki koneksi 4G dari provider berbeda.

Tak hanya Smartfren, kamu bisa isi pulsa online untuk berbgaia operator sesuai dengan operator yang kamu gunakan, seperti simPATI, Kartu As, XL, AXIS, IM3 Ooredoo, Mentari Ooredoo, Smartfren, 3, Bolt, dan Token Listrik. Kamu bisa mengisi pulsa dari nominal terkecil Rp 25.000 hingga Rp 500.000.


(Adv)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penabrak 6 Siswa SD Purwakarta Dikenal Berprestasi di Sekolah

Posted: 31 Jul 2016 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Purwakarta - FGM (16), pelajar SMK yang menabrak enam siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Sukajaya, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, resmi dikeluarkan dari sekolahnya pada Senin (1/8/2016).

"Iya mulai hari ini dikeluarkan dari sekolah," kata salah seorang guru bidang kesiswaan SMKN 1 Purwakarta, Nurdiatun.

Pelajar kelas 8 itu dikeluarkan setelah dinyatakan melanggar Peraturan Bupati (Perbup) Pendidikan Berkarakter yang salah satunya mengatur larangan pelajar dan anak di bawah umur menggunakan sepeda motor. Apalagi, kasus tabrakan itu menyebabkan seorang korban meninggal dunia.

"FGM kami keluarkan setelah kami juga mendapat instruksi dari pak Bupati juga," ujar Nurdiatun.

Di mata para guru, FGM terbilang anak yang baik dan berprestasi. Ia juga termasuk aktif dalam berbagai kegiatan di organisasi kesiswaan.

"Di sekolah sosoknya baik. Dia juga ranking 3 saat naik kelas kemarin," ucap Nurdiatun.

Para guru di SMK juga menyayangkan insiden yang menimpa FGM. Mengingat sebelumnya, dia selalu datang ke sekolah dengan naik angkot.


"Sesekali dia ke sekolah naik sepeda ontel juga, meski jauh dari Plered sana," imbuh Nurdiatun.

Sementara, orangtua FGM, Alex Gunarsah menyatakan motor jenis Sport yang dipakai anaknya adalah motor miliknya. Ia mengaku anaknya mengambil kunci motor tanpa sepengetahuannya.

"Motor itu bukan saya belikan untuk anak saya. Apalagi, saya guru PNS saya punya biaya dari mana untuk belikan anak saya motor," kata Alex.

Meski harus menempuh perjalanan sejauh lebih dari 30 kilometer, kata Alex, FGM tetap menginginkan bersekolah di SMK itu. "Karena dia bercita-cita sejak kecil mau sekolah di sini," ujar Alex.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menilai kasus yang terjadi pada FGM adalah sistem pembelajaran bagi pelajar lain untuk mengingatkan mereka yang tetap bandel membawa motor. Sebagian besar orangtua kerap tidak berdaya ketika harus berhadapan dengan keinginan anaknya.

"Kalau FGM dikeluarkan dari sekolah, bukan saya yang mengeluarkan, tetapi aturan dan dia sendiri yang melanggar aturan," ucap Dedi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terpidana Mati Asal Nigeria Ingin Suaranya Mendunia

Posted: 31 Jul 2016 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua terpidana mati asal Nigeria, Michael Titus dan Humprey Ejike, menorehkan unek-uneknya pada secarik kertas. Surat itu juga ditandatangani oleh terpidana mati asal Nigeria lainnya Sergei Areski Atlaoui dan juga Seck Osmane yang orangtuanya menetap di negara tersebut.

Mereka ingin curahan hatinya itu didengar oleh dunia. Rohaniwan para terpidana mati asal Nigeria itu, Rina mengatakan surat itu ditulis usai mereka memanjatkan doa.

"Pada saat memimpin doa pagi, saya berbicara dengan mereka. Saya tanya apa sih yang kalian inginkan. Mereka ingin menyuarakan suara mereka ke media internasional," ungkap Rina, di Rumah Duka RS St Carolus Jakarta, Jumat 29 Juli 2016.

Pada tulisan tangan itu, para narapidana mempertanyakan sikap pemerintah Nigeria dan Indonesia.

"Why Indonesia keep killing us like chickens (Kenapa Indonesia membunuh kami seperti ayam)?" tulis mereka dalam surat yang ditujukan untuk seluruh media di dunia itu.

"Unfortunately our government didn't do anything to save us," lanjut mereka.

Selain itu, mereka mempertanyakan hak hukumnya. Sebab, mayoritas dari mereka mengaku belum mengajukan grasi.

"Hampir semua belum mengajukan grasi. Mereka tidak dapat kesempatan untuk mengajukan pengampunan kepada Presiden," kata Rina.

Surat curhatan dengan tulisan tangan ini ditandatangani oleh para narapidana dari Nigeria. Salah satunya adalah Cajetan Uchena Onyeworo Seck Osmane terpidana mati kasus penyalahgunaan narkoba yang telah dieksekusi mati. (Linus Sandi Satya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Kapolri Turun Langsung Atasi Konflik di Tanjungbalai

Posted: 31 Jul 2016 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo memerintahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk menyelesaikan konflik di Tanjungbalai, Sumatera Utara. Jokowi tak ingin isu SARA yang diduga sebagai pemicu kerusuhan tidak meluas.

"Kita setiap saat sudah dilapori kapolri. Jadi kapolri sudah saya perintahkan langsung untuk detik itu juga turun ke lapangan untuk menyelesaikan," kata Jokowi di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Untuk menyelesaikan permasalahan ini, mantan Wali Kota Solo itu meminta Tito langsung menemui tokoh masyarakat setempat. Sehingga isu SARA tidak lagi melebar dan menimbulkan kerusuhan lanjutan.

"Mengumpulkan tokoh-tokoh sehingga jangan sampai isu SARA seperti itu melebar ke mana-mana," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi ingin semua masyarakat mengambil hikmah dari kejadian di Tanjungbalai. Toleransi dan saling menghormati harus menjadi dasar dalam hidup berbangsa.

"Saya kira kita semuanya harus belajar dari sini bahwa semuanya harus mengayomi. Yang mayoritas mengayomi yang minoritas, yang minoritas juga saling bertoleransi karena ini kekuatan kita," pungkas Jokowi.

Sejumlah orang merusak tempat ibadah pada Jumat malam 29 Juli 2016. Perusakan dipicu unggahan seorang netizen yang menyebutkan tentang sikap M. Kemudian beberapa elemen masyarakat di Tanjung Balai berkumpul dan mendatangi rumah M, namun warga akhirnya membubarkan diri.

Tetapi karena masih tersulut emosi, warga kembali mendatangi rumah M dan berupaya membakar rumahnya. Namun, aksi tersebut batal dilakukan.

Tapi massa sudah semakin banyak dan semakin emosi, selanjutnya massa bergerak menuju tempat ibadah yang berjarak sekitar 500 meter dari Jalan Karya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jatuh Bangun Dini Irawati hingga Jadi Desainer Langganan Seleb

Posted: 31 Jul 2016 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda belum familiar dengan nama Dini Irawati. Namun, barangkali tidak dengan busana rancangannya. Sebab, banyak koleksinya sudah pernah dipakai para selebritas dalam maupun luar negeri. Sebut saja Dian Sastrowardoyo, Luna Maya, Isyana Sarasvati, Nindy Ayunda, hingga pemenang America's Next Top Model Mame pernah memakai koleksinya.

Namun, siapa yang sangka desainer yang kini karyanya menjadi favorit para selebritas itu dulunya justru berkarier di bidang lain. Dini kuliah mengambil jurusan psikologi dan bekerja di bidang tersebut selama sekitar tiga tahun. Jauh sekali dengan profesinya kini, kok bisa?

Dalam program Friday Talk Liputan6.com, Jumat (29/7/2016), Dini mengungkapkan awalnya orangtuanya memintanya untuk mengambil jurusan psikologi. Sebab, jurusan itu dinilai memberikan jalur karier yang jelas untuknya. Sementara fashion bisa menjadi hobi.

"Tapi karena memang bukan passion, aku menemukan titik jenuh. Akhirnya aku belajar lagi fashion, kuliah lagi, dan aku baru menemukan sesuatu yang benar-benar aku suka," kata Dini.

 

A photo posted by Dini Irawati (@dinipratiwiira) on


Pekerjaan yang dilakukan dengan hati itu pun berbuah manis. Baru satu tahun Dini menekuni bidang fashion, ia sudah dipercaya menunjukkan karyanya di Jakarta Fashion Week.

Gayung bersambut, pada tahun depannya pun ia kembali memamerkan karyanya. Berkat kecintaannya pada Indonesia, karyanya pun kebanyakan terinspirasi dari kekayaan suku dan budaya di tanah kelahirannya itu.

 

A photo posted by Dini Irawati (@dinipratiwiira) on


Misalnya pada JFW 2016 lalu, ia menampilkan koleksinya bertajuk Dajak yang terinspirasi dari suku Dayak. Sebelumnya ia juga pernah memamerkan koleksi Siwagrha yang terinspirasi Candi Prambanan.

Wanita kelahiran Ujung Pandang, 2 Februari 1980 ini memiliki ciri khas dalam karya-karyanya, yakni craftmanship. Hampir semua detail pada koleksinya berupa hand embroidery. Hasilnya pun menjadi sangat unik dengan detail yang sempurna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nadia Comaneci, Pesenam 14 Tahun yang Gemparkan Olimpiade 1976

Posted: 31 Jul 2016 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Olimpiade Montreal, Kanada 1976 jadi ajang bersejarah buat pesenam Rumania, Nadia Comaneci. Pasalnya, Comaneci mencetak skor sempurna 10 dalam cabang olahraga senam indah di Olimpiade Montreal.

Yang semakin membuat luar biasa, Comaneci mencetak prestasi itu saat usianya baru 14 tahun.

"Semua terkejut melihat gadis 14 tahun melakukan senam seperti yang saya lakukan. Tapi saat itu saya benar-benar tidak tahu kalau hal itu luar biasa," kenang Comaneci dalam artikel Guardian, Desember 2011.

Comaneci memang sudah diprediksi akan tampil brilian dalam aksinya itu. Sebelum Comaneci melakukan senam indah di atas palang rintang bertingkat, salah satu komentator di stasiun tv ESPN, sudah berujar kalau Comaneci akan jadi salah satu perhatian di Olimpiade ini.

Sampul majalah Time y ang menampilkan Nadia Comaneci / Time
"Dia adalah salah satu pesenam terkuat secara teknis yang pernah saya lihat," kata komentator tersebut.

Pujian itu bukan datang tanpa sebab. Satu tahun sebelum Olimpiade 1976, tepatnya April 1975, Comaneci sudah tampil di ajang senam International Champions All Tournament. Usia yang baru 13 tahun membuat Comaneci jadi pesenam termuda yang pernah tampil di ajang tersebut.

"Di usia 13 tahun, Comaneci masih terlalu muda secara fisik dan jiwa untuk jadi pesenam sempurna. Tapi  berikan dia dua atau tiga tahun lagi, maka tak akan ada keraguan atas talentanya," tulis jurnalis Guardian, David Hunn di tahun tersebut.

Prediksi Hunn tidak meleset. Sebelum sukses di Olimpiade 1976, Comaneci telah meraih empat medali emas dan satu perak di Kejuaraan Eropa.

 

Dibimbing Pelatih Kontroversial

Keberhasilan Comaneci meraih prestasi di cabang senam tidak terlepas dari tangan dingin pelatihnya yang kontroversial, Bela Karolyi. Ya, di bawah sekolah senam Karolyi, Comaneci menerima pelatihan layaknya seorang prajurit militer.

"Di hari tertentu, kami dipukul sampai kami mimisan. Anda bisa bilang itu adalah kamp konsentrasi atau mungkin penjara," kata mantan pesenam  Rumania, Rodica Dunca yang pernah mencicipi sekolah tersebut.

Terkait hal itu, Karolyi menolak berkomentar. "Saya menolak itu. Saya bahkan tidak akan berkomentar. Mereka benar-benar sampah," kata Karolyi.

Comaneci sendiri tidak pernah berbicara soal kekerasan yang ada di sekolah tersebut. Tapi dia pernah dilarikan ke rumah sakit usai diduga melakukan percobaan bunuh diri dengan meminum sampo.

Kabar ini sendiri dibantah oleh Comaneci. Meski begitu, dia mengakui, metode yang diterapkan Karolyi sungguh keras. "Hidup sangat menyulitkan buat semuanya," kenang Comaneci pada 2004 silam.

Nadia Comaneci saat ini / life success
Kini, Comaneci berusia 54 tahun dan tinggal di Amerika Serikat bersama sang suami Bart Conner. Comaneci juga sudah memiliki anak bernama Dylan Paul Corner.

Total, saat masih berkiprah, Comaneci membukukan 21 medali emas, 7 medali perak, dan 2 medali perunggu. Ke-21 medali emas itu dia raih antara lain di Olimpiade (5 medali), kejuaraan dunia (2 medali), kejuaraan eropa (9 medali), dan kejuaraan musim panas (5 medali).

Melihat pencapaian tersebut, metode keras Karolyi tampaknya ampuh bagi Comaneci. Dan agaknya, sang atlet pun mengakui hal tersebut.

"Akan sangat bagus jika Anda menemukan metode latihan paling mudah dan kemudian Anda juara. Sayangnya, tidak ada metode latihan yang seperti itu,"

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mandi Air Hangat Tingkatkan Risiko Serangan Jantung, Benarkah?

Posted: 31 Jul 2016 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Air hangat memang dapat menghangatkan tubuh dan membuat tubuh merasa lebih rileks. Namun ilmuwan menemukan sisi negatif dari mandi dengan air hangat untuk kesehatan jantung manusia.

Mandi dengan air hangat di musim dingin meningkatkan risiko serangan jantung 10 kali lebih tinggi, dibandingkan melakukannya di saat musim panas.

Penelitian ini mengamati 11 ribu pasien yang menderita serangan jantung dalam kurun waktu 2007 hingga 2009. Seperti dikutip laman Express, ditulis Senin (1/8/2016) ditemukan 22 persen pasien mendapat serangan jantung saat tidur, 9 persen usai mandi, 3 persen sedang bekerja, dan setengah dari 1 persen saat berolahraga.

Para peneliti juga melihat tingkat serangan jantung per jam dari setiap aktivitas. Mereka menemukan mandi adalah waktu serangan jantung yang lebih sering terjadi. Dari 10 juta orang 54 ditemukan terkena serangan jantung usai mandi dibandingkan saat berolahraga yang hanya ada 10 dari 10 juta orang.

Menurut penelitian, saat mandi ada perubahan suhu mendadak pada tubuh sehingga menyebabkan kondisi kaget dan memengaruhi penurunan drastis terhadap tekanan darah yang menekan jantung.

"Pencegahannya dapat dilakukan seperti pemanasan terlebih dahulu di kamar mandi, atau dengan tidak secara langsung mengguyur diri dengan air hangat sebab ini berisiko tinggi (serangan jantung)," tulis peneliti.

Penelitian ini dilakukan oleh Chika Nishiyama dan kolega dari Kyoto Prefectural University, Jepang dan dimuat dalam jurnal Resuscitation.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mercy dan Porsche Edukasi Sejarah Otomotif

Posted: 31 Jul 2016 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Stuttgart - Dua raksasa otomotif kenamaan asal Jerman, Mercedes-Benz dan Porsche memiliki cara unik untuk mengundang pengunjung datang ke museum mereka. Pengunjung akan mendapat potongan 25 persen untuk kunjungan ke museum Porsche setelah dari Mercedes-Benz begitu pula sebaliknya.

Kolaborasi pabrikan sekota ini mulai terjadi sejak awal dekade 1990an di mana Porsche membangun mobil Mercedes-Benz 500E. Adapun kerja sama kali ini lebih bersifat edukasi kepada khalayak umum.

Dilansir Motor1, pembeli tinggal menunjukkan potongan tiket di museum berikutnya untuk mendapat potongan harga. Pengunjung cukup membayar 6 Euro atau sekira Rp 87.600 dari tarif yang semula 8 Euro atau sekira Rp 117 ribu.

Kedua pabrikan juga akan saling bertukar model display untuk masing-masing museum. Porsche akan memajang W11 230S keluaran 1966 sedangkan Mercedes akan memamerkan 911 Carrera 2,7 produksi 1975.

Promo ini berlaku sampai 30 Desember mendatang. Kedua museum akan dibuka dari Selasa - Minggu mulai jam 9 pagi sampai jam 6 sore.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gurat Kesedihan Ibunda di Samping Jenazah Mike Mohede

Posted: 31 Jul 2016 10:27 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BEI: Imbal Hasil Pasar Modal Indonesia Terbesar di Dunia

Posted: 31 Jul 2016 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Self Regulation Organization (SRO) menggelar Institutional Day dan Investor Day 2016 bertempat di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) dari 1 Agustus sampai 4 Agustus 2016. Acara ini untuk memfasilitasi investor untuk bertemu langsung dengan direksi perusahaan tercatat dalam rangka pemaparan kinerja dan rencana pengembangan ke depannya.

Sebanyak 63 perusahaan meramaikan Institutional dan Investor Day 2016. Tidak hanya perusahaan swasta, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hadir dalam acara ini.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, acara ini juga untuk mengenalkan pasar modal ke masyarakat. Dia mengatakan, dalam 10 tahun terakhir pasar modal mencatatkan kinerja yang positif.

"‎Ada yang menarik 10 tahun terakhir mencatat return terbesar di dunia. Long term menawarkan yang menarik total 317 persen. Itu belum termasuk dividen," kata dia di Gedung BEI, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Dia menambahkan, perkembangan pasar modal Indonesia pun sangat menarik. Frekuensi perdagangan saham sudah mencapai 300 ribu kali. "Tahun ini mencatatkan hal menarik. Frekuensi mencapai di atas 300 ribu," ujar dia.

Tito mengatakan, untuk mendorong pasar modal BEI akan mengeluarkan produk baru. Salah satunya, ‎menambahkan produk untuk ditransaksikan melalui fasilitas margin.

"Bagaimana mempunyai produk baik, broker strong, moga-moga di Agustus kita memberikan produk yang MKBD Rp 250 miliar," tutup dia. (Amd/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NEWS FLASH: Cerita Anggita Sari Soal Sepak Terjang Freddy Budiman

Posted: 31 Jul 2016 10:22 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Pejabat Perhutani Terkait Kasus Suap Pupuk

Posted: 31 Jul 2016 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Direktur Pengelolaan Sumber Daya Hutan Perum Perhutani, Heru Siswanto terkait kasus dugaan suap pengadaan pupuk di PT Berdikari. Heru diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Siti Marwa, Wakil Presiden PT Berdikari.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SM," ucap Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha saat dikonfirmasi, Senin (1/8/2016).

‎Selain itu, KPK juga memeriksa Cokro Djohari yang merupakan Komisaris PT Bintang Saptari, mantan Direktur Keuangan PT Berdikari Anggiat Isidorus Sitohang, staf di PT Berdikari Hendra Syarifudin, Assitant Manager PT Berdikari Elisabeth Mariati, dan pihak swasta Norberta Murniati.

"Mereka juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SM," kata Priharsa.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan lima orang sebagai tersangka pada kasus ini. Mereka adalah Siti Marwa dan Sri Astuti pemilik CV Timur Alam Raya, seorang swasta bernama Budianto Halim Widjaja, dan Aris Hadiyanto selaku Direktur Utama CV Jaya Mekanotama‎.

Aris, Sri, dan Budianto disangka sebagai pemberi suap, sementara Siti Marwa yang juga Wakil Presiden PT Berdikari sebagai tersangka penerima suap. Siti diduga menerima suap lebih dari Rp 1 miliar dari sejumlah perusahaan penyedia pupuk agar perusahaan tersebut dapat menyalurkan produknya ke PT Berdikari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahok Santai Banyak Pelanggar Aturan Ganjil Genap

Posted: 31 Jul 2016 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok santai menanggapi masih banyak kendaraan roda empat yang melanggar aturan baru ganjil genap. Sebab, aturan tersebut masih dalam tahap ujicoba. 

"Ya kan namanya juga masih sosialisasi satu bulan. Santai saja," kata Ahok, di Balai Kota Jakarta, Senin (1/8/2016).

Ahok mengingatkan, aturan ganjil genap adalah kebijakan sementara. Sebab, langkah paling efektif dalam mengantisipasi kemacetan adalah penerapan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP). "Proses lelang (ERP) sedang jalan," ucap dia.

Meski demikian, lanjut Ahok, pelaksanaan ERP baru akan dapat terlaksana sekitar akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018.

Kebijakan sistem ganjil genap diujicoba pada 27 Juli 2016 sampai 26 Agustus 2016. Pemberlakuan ganjil genap akan dipusatkan di jalan bekas 3 in 1. Jalan itu adalah Simpang Patung Kuda, Simpang Kebon Sirih, Simpang Sarinah, Bundaran HI, Bundaran Senayan, CSW, Simpang Kuningan, Simpang Kuningan (kaki Mampang) dan Simpang HOS Tjokroaminoto.

Pemberlakuan pun sama ketika 3 in 1 diberlakukan. Pagi hari diberlakukan dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Sementara untuk sore mulai diberlakukan dari pukul 16.00-20.00 WIB.

Kebijakan ganjil genap juga hanya berlaku untuk kendaraan roda empat. Meski demikian, sistem ini tidak berlaku bagi beberapa kendaraan, seperti kendaraan presiden, wakil presiden, kendaraan pejabat negara, angkutan umum pelat kuning, kendaraan pemadam kebakaran dan truk angkutan barang sesuai peraturan gubernur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Paspampres di Rumah Duka Mike Mohede, Siapa Datang Melayat?

Posted: 31 Jul 2016 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemandangan tak biasa terlihat di area rumah duka Mike Mohede di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, Senin (1/8/2016). Di antara puluhan pelayat yang berkerumun di halaman rumah Mike Mohede, tampak dua orang berpostur tegap mengenakan batik.

Rupanya, dua orang berseragam batik tersebut merupakan personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Pertanyaan pun muncul, siapa tokoh besar yang akan ikut melayat dan memberi penghormatan terakhir kepada Mike Mohede?

Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) memberikan sambutan pada perayaan 40 tahun penikahannya dengan Kristiani Herrawati di Jakarta, Sabtu (30/7). SBY dan Ani Yudhoyono menikah pada 30 Juli 1976. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Berdasarkan pengakuan anggota Paspampres tersebut, diketahui jika Presiden Republik Indonesia keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akan hadir untuk mendoakan dan bertakziah ke kediaman Mike Mohede.

"Iya benar. Bapak (SBY) rencananya mau ke sini," ucap salah satu Paspampres itu.

Mike Mohede sehari sebelum meninggal sempat mengisi acara syukuran ulang tahun pernikahan SBY dan Ani Yudhoyono

Hubungan yang terjalin diantara Mike Mohede dan keluarga besar SBY diketahui cukup kental. Beberapa kali, penyanyi jebolan Indonesian Idol tersebut tampil di acara yang dihadiri oleh SBY beserta keluarganya.

Malah, panggung terakhir Mike Mohede terjadi di pesta perayaan ulang tahun pernikahan SBY dan Ani Yudhoyono yang ke-40 tahun. Sebelum meninggal dunia, Mike Mohede ikut menyumbangkan suara emasnya di depan SBY dan keluarga. (Ras/Gie)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fitur Rahasia BBM yang Perlu Kamu Ketahui

Posted: 31 Jul 2016 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kamu bahwa aplikasi pesan instan yang digunakan saat ini ternyata memiliki segudang fitur rahasia yang cukup berguna? Ya, Tekno Liputan6.com pernah mengulas deretan fitur tersembunyi ini seperti yang pernah ada di WhatsApp beberapa waktu lalu.



Kini, kami akan mengulas seputar fitur rahasia yang ada di aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) versi perangkat Android.

Fitur-fitur ini bisa digunakan pada waktu dan tujuan tertentu. Jadi, tanpa berpanjang lebar lagi, berikut fitur-fitur rahasia BBM yang perlu kamu ketahui sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Senin (1/8/2016).

1. Mention nama di group

Kamu bisa me-mention nama kontakmu di diskusi group BBM. Caranya sangat mudah: tap dan tahan beberapa saat di salah satu foto kontak yang ada di group, setelahnya kontak tersebut secara otomatis akan di-mention.

2. Retract pesan

Bagaimana jika kamu terlanjur mengirim pesan lalu ternyata pesan yang dikirim itu salah? Tenang saja, karena BBM sebetulnya punya fitur retract di mana kamu bisa menarik kembali pesan yang sudah dikirim. Caranya juga mudah, tinggal tap dan tahan pesan yang ingin ditarik, lalu pilih hapus dan klik pilihan retract.

3. Berbagi lokasi

Kamu juga bisa berbagi lokasi dengan kontakmu di BBM. Sangat mudah dan simpel, tinggal buka kontak BBM yang ingin kamu bagikan lokasi dan pilih share location.

4. Backup pesan BBM
Kamu juga bisa mem-backup pesan agar tidak hilang dari BBM. Caranya dengan masuk ke menu BBM dan tap pilihan setting, setelahnya scroll hingga kamu menemukan opsi simpan riwayat obrolan, segera centang pilihan tersebut dan tap pilihan 'cadangkan sekarang'. Saat itu, semua percakapanmu akan di-backup ke server BBM.

5. Mengirim pesan rahasia

Kamu pun bisa memanfaatkan fitur Timed Messenger yang berfungsi sebagai fitur pesan rahasia yang ada di BBM. Kamu bisa mengirim waktu pesan yang dapat dibaca lawan bicara dalam waktu yang ditentukan, mulai dari 1, 3, 5, 30 hingga 60 detik. Caranya pun mudah, buka aplikasi BBM dan pilih kontak. Setelah itu, tulis pesan yang ingin dikirim.

Sebelum mengirim, tap ikon jam di sudut kiri bawah agar dapat mengaktifkan fitur Timed Messenger. Kamu bisa mengatur durasi pesan yang ingin dibaca dan langsung mengirimnya.

Hadirnya fitur-fitur rahasia pada aplikasi pesan instan ini dijamin bakal bikin pengalaman menggunakan BBM terasa lebih optimal dan berguna. Selamat mencoba!

(Jek/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengharukan, Pasien Minta Dipeluk Anjingnya saat Sekarat

Posted: 31 Jul 2016 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anjing disebut-sebut sebagai sahabat terbaik manusia dan hal tersebut ditunjukkan oleh kisah yang satu ini. Seorang wanita yang sakit parah dan sekarat meminta dibawakan anjing kesayangannya sebagai permintaan terakhir. Anjing berbulu cokelat itu segera melompat ke atas kasur saat melihat majikannya yang terbaring lemah.

Dalam rekaman mengharukan tersebut, sang anjing tampak membulatkan tekadnya untuk tetap berada dekat dengan si pemilik. Sementara di sekeliling pasien, staf rumah sakit menangis melihat adegan menyentuh tersebut. Mereka tak bisa menolak keinginan terakhir dari wanita yang menderita stroke dan ingin bertemu dengan anjing kesayangannya itu.

Menurut situs berita Canal 10, pasien berusia 49 tahun itu dirawat di Rumah Sakit Ernesto Dornelles di kota Porto Alegre, Brasil dengan penyakit kanker terminal. Ia membuat permintaan untuk melihat hewan peliharaan sebagai keinginan terakhir karena yakin umurnya tak akan panjang.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Jadi Tuan Rumah ASEAN G2B Infrastructure Investment Forum

Posted: 31 Jul 2016 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN G2B Infrastructure Investment Forum yang akan diselenggarakan pada 8-11 November 2016 di Jakarta Convention Center (JCC). Ajang bertepatan dengan gelaran pameran Indonesia Infrastructure Week 2016 di lokasi yang sama.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri ‎(Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan,‎ ajang ini menjadi inisiatif nirlaba untuk membahas tantangan masa depan yang dihadapi ASEAN di empat tahapan pembangunan proyek infrastruktur, yaitu perencanaan‎, pembiayaan, pembangunan dan pengoperasian.

"Kami ingin mendorong terciptanya hubungan strategis dan memberikan kesempatan kerjasama bisnis bagi pemerintah pusat maupun daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta perusahaan pengembang swasta terkemuka di bidang teknologi dan jasa, bersama dengan para investor global yang diundang dalam forum ini," ujar dia di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (1/8/2016).

‎Rosan mengungjapkan ASEAN G2B Infrastructure Investment Forum akan berfokus pada agenda infrastruktur Indonesia selama 5 tahun ke depan. Dalam periode tersebut, kebutuhan investasi infrastruktur di Indonesia diperkirakan mencapai US$ 450 miliar. Sedangkan untuk lingkup ASEAN diperkirakan mencapai US$ 3,3 triliun untuk 15 tahun ke depan dan masuk dalam ASEAN Master Plan for Connectivity.

‎"Indonesia merepresentasikan sepertiga dari anggaran infrastruktur ASEAN yang telah diajukan. Maka sudah sewajarnya Indonesia menciptakan sebuah wadah bagi pemerintah dan sektor swasta agar dapat menyamakan visi, membangun kemitraan dan mengeksplorasi cara-cara nyata yang dapat mendukung Master Plan for ASEAN Connectivity 2025 seraya memberikan kesempatan untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyatakan, investasi infrastruktur saat ini merupakan‎ fokus utama dari pemerintah Indonesia untuk mempercepat Agenda Pembangunan Nasional.

Sebagai gerbang utama bagi pebisnis dengan pemerintah, lanjut Thomas, pihaknya memiliki amanat untuk menyokong investasi langsung baik dari dalam maupun luar negeri dengan menciptakan iklim investasi yang kondusif.

"ASEAN G2B Investment Forum ini akan menyediakan wadah bagi para pemimpin industri di pemerintah di wilayah ASEAN untuk mendiskusikan kesempatan investasi domestik dan regional yang tercantum dalam Master Plan for ASEAN Connectivity 2025,"‎ kata dia.

‎Selain itu, BKPM juga memiliki tiga prioritas utama dalam sektor infrastruktur. Pertama, 226 proyek-proyek strategis nasional. Kedua, proyek-proyek listrik. Dan ketiga, pengendalian limbah dari proyek-proyek energi.

"BKPM akan memfasilitasi dan terus memberikan bantuan bagi investor. Terutama dalam menyalurkan minat investasi di sektor infrastruktur," tandas dia. (Dny/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMX, Kejar Medali dari Balap Sepeda Garuk Tanah

Posted: 31 Jul 2016 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tony Syarifudin menjadi satu-satunya wakil Indonesia pada cabang olahraga balap sepeda di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016. Pria berusia 25 tahun itu akan tampil di nomor BMX. 

Sebelum berlaga di Rio, Tony menjalani pemusatan latihan ke tanah leluhur BMX, Amerika Serikat. Ya, nomor ini memang awalnya hanya populer di Amerika Serikat. Namun hingga era 1970-an, mengayuh BMX hanya dipandang sebagai permainan yang tengah ngetren di kalangan anak muda.  

Sepeda BMX tak lagi sekadar melakukan gerakan akorbatik, tapi mulai dimainkan di lintasan tanah. Popularitas sepeda dengan rangka besi ini terus menajak hingga ke selatan, California.

Sepeda BMX salah satu barang bergengsi ketika itu. BMX sepeda modifikasi dari sepeda setang lebar, Schwinn Sting-Ray yang kondang di era 1960-an. Guna memudahkan para pengguna mendapatkan handling dan kestabilan sepeda, mereka mengubah stang menjadi lebih pendek. Sepeda ini kemudian bernama BMX dan jadi fenomena. Anak-anak memainkannya di atas tanah meniru motorkros. 

Tahukah Anda
BMX merupakan kepanjangan dari bicycle motocross.

Baru pada 1972, trek permanen dibuat untuk BMX, lengkap dengan tikungan tajam dan gundukan seperti sirkuit motokros. Demam BMX langsung mewabah di AS pada masa itu. Sirkuit-sirkuit tanah liat tersebar di berbagai titik dan ramai dikunjungi setiap akhir pekan tiba. Produsen sepeda di AS berlomba-lomba membuat sepeda BMX dengan desain untuk kebutuhan olahraga.

George E Esser, pendiri Liga Balap Sepad National (National Basketball League), lembaga non-profit mulai mengelola kejuaraan balap sepeda BMX secara profesional pada 1974. Sebelum mempromosikan NBL, George dan sang Isteri, Mary, mempromosikan balap BMX kepada Federasi Motorkros Amerika Serikat (AMA). Gagasan mereka muncul setelah kedua anaknya rutin bermain BMX di trek tanah.

Kemudian pada 1977, American Bicycle Association (ABA) terbentuk sebagai wadah balap sepeda. Eksistensi BMX semakin diakui dunia, April 1981, Federasi BMX internasional berdiri. Kejuaraan balap dunia sepeda BMX pertama kali digelar satu tahun kemudian. Januari 1993, BMX masuk dalam Uni Cyclist International (UCI). Zaman terus berkembang, BMX bukan hanya sepada balap garuk tanah, tapi juga menjadi alat ketangkasan seperti skateboard. Freestyle di kalangan sepada BMX mulai menjamur di awal 1990-an.

Olimpiade Beijing 2008 menjadi tonggak sejarah bagi BMX. Pertama kali cabor ini dilombakan di gelaran multievent tertinggi di dunia. Badan Olimpik Dunia (IOC) mengikutsertakan BMX sebagai salah satu cabor Olimpiade 2008 pada 29 Juni 2003. Maris Strombergs asal Latvia meraih medali emas di nomor bergengsi. Sedangkan medali perak menjadi milik Mike Day asal Amerika Serikat.

Aturan Main
Pada Olimpiade Rio de Janeiro, BMX akan digelar Olympic BMX Center, 5-21 Agustus mendatang. Balapan akan berlangsung di atas trek tanah seluas 400 meter dengan banyak halangan dan rintangan. Delapan pembalap akan berlomba menyentuh garis finis lebih dulu. Empat pembalap terdepan, otomatis lolos ke babak selanjutnya.

Pada Olimpiade 2008, BMX digelar selama tiga hari dan mempertandingkan dua nomor putera dan puteri. 

Sepeda BMX

Pada babak kualifikasi, sebanyak 32 peserta dengan catatan waktu terbaik lolos ke babak perempat final. Delapan besar digelar 4 kali heat (babak penyisihan) yang dibagi dalam 4 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 8 peserta.

Empat peserta terbaik bakal lolos ke babak 4 besar. Sedangkan babak semifinal digelar dua kali dengan format yang sama, 4 pembalap teratas dari masing-masing kelompok melaju ke babak final. Pada partai final tersisa delapan peserta. Pembalap tercepat keluar sebagai pemenang. 

Pembalap asal Latvia, Maris Strombergs menjadi jagoan di cabor sepeda BMX. Dia meraih emas dua kali beruntun di Olimpiade 2008 dan 2012 di nomor putera. Pada Olimpaide Beijing 2008, dia menorehkan waktu 36, 190 detik. Sedangkan, pada Olimpiade London 2012, Maris mencatatkan waktu 37,576 detik.

Perjalanan Indonesia
Syarifudin bakal mewakili Indonesia pada nomor BMX yang akan digelar di Rio de Janeiro. Tony berhasil menyabet satu tiket menggantikan posisi Brasil, memanfaatkan jatah tuan rumah. 

Tony Syarifudin

Menurut pelatih BMX, Dadang Haris Poernomo, ada empat syarat untuk menentukan tiket ke Olimpiade. Berdasarkan rangking negara, rangking individual, tuan rumah, dan rangking dunia.

"Setiap nomor itu berbeda-beda kuota (untuk atlet)," ujar Dadang.

Berdasarkan Kualifikasi UCI (Federasi balap sepeda internasional), Brasil berada di posisi 12. Sedangkan Indonesia berada di posisi teratas rangking UCI bagi negara yang belum mendapat kuota.

Raja Sapta Oktohari selaku Ketua ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) pun mengirim Tony ke Olimpiade karena memiliki poin lebih tinggi daripada Rio Akbar ketika mengikuti kualifikasi. Tony saat  ini berada di peringkat 64 dunia Federasi balap sepada internasional (UCI).

Sebelum bertolak ke Rio, PB ISSI lebih dulu mengirim Tony ke Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam, Tony menjalani pemusatan latihan di bawah asuhan pelatih tim BMX AS, Joey Bradford. Dari AS, pria kelahiran 13 Juni 1991 itu akan bergabung dengan kontingen Indonesia di Brasil. 

Menariknya, Tony bakal bertarung menggunakan sepeda buatan Indonesia. Di kala banyak atlet mengagung-agungkan produk buatan luar negeri, Tony justru lebih nyaman menggunakan sepeda BMX merek Thrill buatan PT Indonesia Bike Works yang berbasis di Gresik, Jawa Timur.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mayoritas Kapal Pencari Ikan di RI Tak Bayar Pajak

Posted: 31 Jul 2016 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengaku akan menggalakkan perbaikan tata kelola kelautan dan perikanan di Indonesia demi meningkatkan penerimaan pajak di sektor ini.

Sekretaris Jenderal KKP Syarif Wijaya mengungkapkan, saat ini ada 630 ribu kapal ikan yang terdaftar menangkap ikan‎ di perairan Indonesia. Namun dari semua itu, hanya sebagian kecil yang patuh terhadap pajak.

"Mungkin dibanding yang lain bisnis perikanan masih agak terbelakang dan banyak orang punya 10-30 kapal dengan putaran modal luar biasa, dia masih dikategorikan usaha perorangan, sehingga tidak terdaftar pajak. Jadi potensi pajak sektor ini luar biasa besar," kata Syarif dalam acara Tax and Economic Crime di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (1/8/2016).


Dikatakannya, saat ini sumbangan pajak dari sektor kelautan dan perikanan tidak lebih dari 1 persen. Dengan potensi perputaran uang yang cukup tinggi, sumbangan pajak itu dinilai sangat minim.

‎Dengan tata kelola di sektor kelautan dan perikanan yang lebih baik, Syarif meyakini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, terutama bagi para nelayan.

‎"Kalau itu terjadi kita bisa atur berapa total stok yang dikelola masyarakat. Kalau begitu kita tau berapa total sok Indonesia untuk meyakinkan keberlanjutan kesejahteraan bisa kita lakukan," papar dia.

Sebagai negara yang memiliki luas perairan lebih luas dibandingkan daratan, dikatakan Syarif sudah menjadi kewajiban KKP dalam menjadikan sumber daya alam yang ada sebagai sumber kesejahteraan.

"Intinya kami ingin sisi pajak naik, tapi governance yang berkaitan dengan tata kelola kelautan dan perikanan berjalan baik," tutup dia. (Yas/nrm)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Buka Pameran Lukisan Istana Menyambut HUT RI

Posted: 31 Jul 2016 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka pameran lukisan Istana. Pameran bertajuk '17/71: Goresan Juang Kemerdekaan' di Galeri Nasional ini dibuat dalam rangka menyambut HUT ke-71 Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, lukisan Istana Kepresidenan yang jumlahnya mencapai 3.000 lebih selama ini hanya bisa dinikmati kalangan Istana saja. Padahal lukisan yang lebih banyak koleksi Presiden Sukarno itu juga patut dinikmati masyarakat umum.

"Masyarakat tidak bisa menikmati, masyarakat tidak bisa menghargai, mengapresiasi. Sehingga masyarakat tidak merasa ikut memiliki. Inilah kenapa pada hari ini kita pamerkan," ujar Jokowi di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Menurut Jokowi, tema lukisan sangat layak untuk jadi pelajaran bagi masyarakat terutama generasi muda. Tak hanya soal gaya lukisan, tapi nilai luhur, perjuangan, hingga membangun peradaban santun di Indonesia.

"Saya berharap pameran lukisan koleksi Istana ini bisa menginspirasi kita semuanya, bisa memicu dan memacu semangat kita, bisa memperkuat karakter bangsa agar nantinya kita menjadi bangsa pemenang," imbuh Jokowi.

Ke depan, imbuh Jokowi, akan banyak koleksi lukisan dan benda seni Istana yang akan dipamerkan dan dinikmati masyarakat luas. Rencana itu diharapkan bisa menjadi cara dalam membangun kedaulatan bangsa. 

"Semoga langkah tersebut menjadi bagian dari tugas sejarah kita untuk membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa pemenang yang berdaulat, mandiri berdikari berdaya saing dan sejahtera," harap Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dishub Jakarta Akan Evaluasi Aturan Ganjil-Genap Malam Nanti

Posted: 31 Jul 2016 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta akan melakukan evaluasi uji coba aturan pelat nomor ganjil-genap terhadap kendaraan pribadi di beberapa ruas jalan protokol. Uji coba aturan ini diterapkan pada 27 Juli 2016 sampai 26 Agustus 2016.

Kepala Dishub DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi malam ini. Karena itu, dia belum bisa melihat apakah pelanggaran hari ini berkurang, dari pertama kali dilakukan pada 27 Juli 2016.

"Nanti malam evaluasinya baru masuk (apakah bertambah atau berkurang)," ucap Andri di Jakarta, Senin (1/8/2016).

Dia menuturkan, dari laporan Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum (Subdit Bin Gakkum) Polda Metro Jaya, dari 27 Juli sampai 29 Juli, jumlah pelanggar meningkat.

Dia menjelaskan, pada 27 Juli, jumlah pelanggar mencapai 553 orang, kemudian 28 Juli ada 1.176 orang, dan pada 29 Juli sebanyak 1.453 orang. Meski demikian, belum ada penindakan dan hanya teguran lisan.

Andri berharap, sistem ganjil-genap dapat dipatuhi seluruh pengendara di Jakarta untuk mengurangi kemacetan. "Pastinya kita berharap bisa mengurangi kemacetan," tutur Andri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Kapal Minta Pelindo II Atasi Kemacetan di Tanjung Priok

Posted: 31 Jul 2016 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha perkapalan yang tergabung dalam Indonesian National Shipowners' Association (INSA) ‎optimistis bahwa kemacetan kapal di dalam pelabuhan Tanjung Priok‎, Jakarta. INSA memandang ini disebabkan kepadatan arus peti kemas akan dapat diatasi oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II ‎selaku badan usaha milik negara (BUMN) yang pengelola pelabuhan tersebut.

Ketua Umum Indonesian National Shipowners' Association (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan bahwa kepadatan arus peti kemas ini terjadi dikarenakan persaingan usaha dan hal ini biasa terjadi. Mungkin ada satu pengelola terminal peti kemas memberikan tarif dan layanan yang bagus sehingga pemilik peti kemas senang menggunakan jasa mereka.

"Untuk ini kami mengharapkan para pengelola peti kemas meningkatkan pelayanan, bukan hanya memberikan tarif yang lebih murah namun juga memberikan pelayanan yang cepat, tepat‎ dan memuaskan," kata Carmelita dalam keterangannya, Senin (1/8/2016).

Saat ini ‎di pelabuhan Priok terdapat empat fasilitas terminal peti kemas ekspor impor yang dikelola Jakarta International Container Terminal (JICT), TPK Koja, Mustika Alam Lestari (MAL) dan Terminal 3 Tanjung Priok. Namun, terdapat perbedaan tarif penanganan petikemas di Terminal 3 Tanjung Priok dan tiga terminal lainnya yaitu JICT, TPK Koja dan MAL.

Adapun besaran tarif terminal handling charges (THC) di Terminal 3 sebesar US$ 95 dollar per kontainer. Dari jumlah itu, sebesar US$ 73 adalah biaya container handling charges (CHC) yang dibebankan oleh pengelola terminal dan sisanya atau US$ 22 merupakan surcharges pelayaran.

Sedangkan jika di JICT, TPK Koja dan MAL dengan THC US$ 95 per peti kemas ukuran 20 feet, pelayaran hanya menikmati surcharges US$ 12 per bok dan selebihnya atau US$ 83 merupakan CHC yang diperoleh pengelola terminal peti kemas.

"Dan dengan terjadi perbedaan tarif antara satu pengelola peti kemas kami melihat masih ada peluang agar THC untuk diturunkan. Hal ini agar bisa menekan biaya logistik sekaligus menarik minat pelanggan," katanya.

Seperti yang diketahui bahwa sejak Sabtu 30 Juli‎ pagi hingga Minggu 31 Juli kemarin, ratusan truk pengangkut peti kemas ekspor impor terlihat mengular sehingga menyebabkan kemacetan di dalam pelabuhan tersibuk di Indonesia itu yang berpotensi kongesti. Kondisi semakin diparah karena gate in dan gate out di Terminal 3 Priok hanya disiapkan masing-masing satu gate.

Carmelita juga meyakini bahwa kepadatan arus barang peti kemas di pelabuhan Priok‎ akan dapat perhatian dari‎ Kementerian Perhubungan (Kemenhub), selaku regulator yang bertanggungjawab di bidang transportasi, khususnya laut.

"Kami melihat di bawah kepemimpinan Pak Budi Karya Sumadi, Kementerian Perhubungan dapat membantu menyelesaikan masalah ini. Kami melihat beliau mau mendengarkan masukan dunia usaha dan berkomitmen memperbaik‎i kebijakan yang menyulitkan dunia usaha," katanya.

Bahkan untuk ini, kata Carmelita, INSA pada pekan lalu telah menyampaikan lebih dari 27 masukan di bidang regulasi pelayaran dan maritim ‎kepada Kementerian Perhubungan agar bisa menjadi pertimbangan dan dijadikan keputusan sehingga dalam mempermudah iklim usaha di tanah air. (Yas/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilema Ibu Pengidap Kanker Rawat Anak Lumpuh 23 Tahun

Posted: 31 Jul 2016 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - Dia adalah Agustina. Seorang ibu rumah tangga yang sejak April 2016 menjanda. Warga Kampung Dawung RT 3 RW 3, Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen, Semarang, ini sudah 23 tahun merawat anaknya yang lumpuh.

Meskipun mengidap kanker serviks, Agustina tak pernah mengeluh kala merawat Caesar Winugrah. Caesar adalah anak semata wayang pasangan (alm) Sukiman dengan Agustina. Sudah 23 tahun Caesar hanya bisa berbaring di tempat tidur karena lumpuh.

Ketika diminta menceritakan kanker serviks yang dideritanya, Agustina mengelak. Ia lebih suka bercerita tentang Caesar. Sejak awal, ia dan suami memang tidak suka membicarakan penderitaannya.

"Prinsip saya dan suami, kami akan berusaha menyembunyikan penderitaan kami. Biar kami atasi sendiri," kata Agustina kepada Liputan6.com, Senin (1/8/2016).

Agustina menuturkan, putranya menderita kelainan tulang belakang sejak berumur 8 bulan. Agustina dan almarhum suami terlambat mengetahui kelainan tulang belakang Caesar. Akibat kelainan itu, tulang belakang Caesar rapuh dan lemah, sehingga Caesar tidak mampu mengangkat kepalanya dan menggerakkan anggota tubuhnya yang lain.

"Lahirnya normal dan sehat. Suatu saat ketika periksa rutin di rumah sakit, ternyata Caesar tidak mampu mengangkat kepalanya seperti anak lain," kata Agustina.


Sejak teridentifikasi, Caesar harus mengikuti fisioterapi dua kali dalam seminggu. Ketelatenan Sulaiman-Agustina rupanya harus terhenti setelah dijalani 11 tahun.

"Rumah sudah dijual, uang sudah habis. Terpaksa terapi kami hentikan," kata Agustina beralasan.

Setelah 11 tahun menjalani terapi, Caesar akhirnya melanjutkan hidup di atas tempat tidur dalam 12 tahun terakhir. Selama itu, ia tidak pernah mencicipi bangku sekolah. Selama itu pula, Agustina mengaku tak pernah meminta bantuan pada siapa pun. Semua ia lalui bersama sang suami dalam senyap.

"Prinsip saya dan suami memang untuk tidak meminta bantuan walau kami kesusahan," kata Agustina.

April 2016 adalah babak baru di kehidupan Agustina. Sukiman, sang suami, meninggal dunia karena stroke.

"Sejak Bapak meninggal, saya tak bisa lagi mencari nafkah. Biasanya dulu itu kan berjualan bubur sayur. Sekarang ya fokus menemani Caesar. Kasihan dia," kata Agustina.

Meski didera cobaan, Caesar tetap bersemangat melatih diri agar bisa menggerakkan tubuhnya. Bahkan, ia juga bisa berkomunikasi dengan baik.

"Sudah bisa miring. Tapi susah dan butuh waktu lama," kata Caesar susah payah.

Entah bermanfaat atau tidak, Caesar juga belajar bahasa. Kini ia sudah dapat memahami nama-nama binatang dan kosakata lain dalam bahasa Inggris. Semua dilakukan sendirian melalui siaran televisi yang ditontonnya.

Agustina saat ini sedang dilanda kegelisahan. Kanker serviks yang diidapnya semakin menyiksa, tapi ia berkukuh tak mau dioperasi. Bukan persoalan takut tak bisa membayar karena ia meyakini bahwa jika Tuhan berkehendak, masalah keuangan akan selesai dengan sendirinya.

"Saya takut jika saya operasi, siapa yang akan merawat Caesar. Bahkan saat saya meninggal, siapa nanti yang akan merawat Caesar," kata Agustina.

Butiran air mata yang sudah terbendung di kelopak itu pun jebol menjadi dua sungai kecil di pipinya. Agustina menangis. Ia tak takut mati. Ia tak takut miskin. Yang ia khawatirkan adalah keberlanjutan hidup Caesar yang memang tidak bisa apa-apa.

Agustina kemudian menyampaikan rencananya. Jika fisiknya sudah tak lagi kuat, ia akan tinggal di panti jompo. Pilihan itu karena tak ada yang bisa merawatnya di saat tua.

"Yang masih menjadi ganjalan saya, bagaimana nanti Caesar? Itu yang membuat saya sering tak bisa tidur di malam hari."

Atas hal ini, Ketua RW Dawung Kedungpane, Sungkono, berharap negara bisa hadir mengatasi masalah Agustina.

"Semoga negara melalui pemerintah kota maupun daerah bisa membantu warga kami ini. Sebagai warga kami juga sudah membantu semaksimal mungkin," kata Sungkono.

Menurut Sungkono, jika sekadar untuk kebutuhan harian, khususnya makan, warga sanggup membantu. Hanya karena durasi yang sangat lama, warga menyerah.

"Karena sudah beberapa tahun, kami tidak sanggup lagi," kata Sungkono.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Mike Mohede Jalani Hidup Sehat

Posted: 31 Jul 2016 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kelembutan khas suara penyanyi Mike Mohede takkan pernah terlupakan di benak pecinta musik Indonesia. Jebolan ajang pencarian bakat 2005 ini selalu ingin memberikan penampilan terbaiknya saat tampil.

Selain musikalitas, Mike Mohede pun berusaha membuat tubuhnya lebih sehat dalam beberapa tahun terakhir hidupnya. Beragam upaya ia lakukan untuk mewujudkannya. Mulai dari mengatur asupan makan hingga rajin jogging berikut upaya Mike Mohede agar lebih sehat.

- Semangat turunkan berat badan

Di awal kemunculannya Mike dikenal sebagai penyanyi dengan tubuh besarnya. Bahkan berat badannya pernah mencapai 150 kg. Namun setelah melakukan medical check-up, Mike mengungkapkan hasilnya tidak menyenangkan.

Ia pun semangat untuk menurunkan berat badan dengan menjaga pola makan dan mengurangi konsumsi nasi putih, mengganti dengan nasi merah. Ia pun juga gemar makan umbi-umbian karena bisa membuatnya merasa lebih kenyang.

"Pokoknya target aku mau jadi 90-an kilogram deh. Semoga, dan tetap semangat," ucapnya tersenyum saat diwawancarai pada Oktober 2013.

Berkat kerja kerasnya pada Juni 2014 ia mengatakan sukses menurunkan berat badan hingga 38 kg.

- Jalani penurunan berat badan dengan santai

Bukan diet atau olahraga ekstrem yang dijalani Mike Mohede. Baginya menurunkan berat badan ini bukan hanya sekadar agar menarik tapi juga lebih berstamina.

"Penampilan ingin lebih singset aja. Biar bisa pilih-pilih pakaian, jadi banyak pilihan. Kalau di atas panggung juga stamina lebih terjaga," kata Mike

- Pilih jogging bukan running

Memiliki berat badan di atas 100 kg Mike pun tidak memilih running alias berlari sebagai olahraganya. Melainkan ia memilih jogging alias jalan cepat. Selain itu ia juga sering bersepeda dan berenang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jeroan dan Daging Kerbau Impor Belum Masuk ke Pasar Tradisional

Posted: 31 Jul 2016 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana mengimpor jeroan dan daging kerbau terhitung Juli lalu. Namun pedagang di Pasar Palmerah, Jakarta Barat mengaku hingga kini belum menjual jeroan maupun daging kerbau impor asal India tersebut.

Seperti diungkapkan para pedagang daging sapi di Pasar Palmerah, Agus (23) asal Pandeglang, Jawa Barat. Dia mengaku daging maupun jeroan kerbau impor asal India belum ada di pasar tersebut. Pedagang hingga kini masih menjual daging dan jeroan sapi.

"Belum masuk daging kerbau di sini (Pasar Palmerah), apalagi jeroannya. Pedagang di sini hanya menjual daging sapi," ucap Agus saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin pagi (1/8/2016).

Dia mengatakan, pedagang tidak tertarik menjual jeroan dan daging kerbau ‎lantaran kurang peminatnya. Daging kerbau memiliki tekstur daging yang keras dibanding daging sapi sehingga jarang dicari konsumen.

"Daging kerbau mah alot. Tidak ada yang mau jual, karena konsumen nyarinya daging sapi biarpun harganya mahal. Kalau soal perut, yang penting berkualitas walaupun harga mahal," terang dia.

Agus bilang, pernah menjajakan daging kerbau kepada konsumen. Dia memotong satu ekor kerbau sebagai alternatif daging sapi, tapi ternyata justru tidak laku di pasaran. "Saya pernah nyoba jualan daging kerbau, lalu tidak ada yang belanja. Daging sedikit, tulangnya banyak. Tidak pada mau beli," dia menjelaskan.

Saat ini, Agus mengatakan, harga jual daging sapi lokal masih berkisar Rp 120 ribu per kilogram (kg). Sementara harga daging sapi impor asal Australia dibanderol Rp 110 ribu-Rp 112 ribu per kg.

"Harga masih tinggi karena dari feedloter-nya masih mahal‎, karkasnya Rp 80 ribu-Rp 90 ribu per kg. Belum tambah biaya lain-lain, seperti ongkos transportasi, tenaga kerja," papar Agus.

Senada, Pedagang daging sapi lainnya H Basir (55) asal Pandeglang pun mengakui bahwa daging kerbau belum masuk ke Pasar Palmerah. "Belum ada kok daging dan jeroan kerbau. Adanya jeroan sapi impor," kata dia.

Basir mengaku tertarik untuk menjual daging kerbau asal India bila masuk ke pasar. Syaratnya harga daging impor itu harus lebih murah dibanding daging sapi, jualnya di bawah Rp 100 ribu, yakni Rp 80 ribu-Rp 90 ribu per kg.

"Kalau mahal ya orang tetap larinya ke daging sapi. Tapi kalau bisa di bawah Rp 100 ribu, konsumen bisa saja beralih," tutur dia.

Dikatakan Basir, saat ini penjualan daging sapi tengah mengalami penurunan paska Lebaran. Dalam sehari, dia hanya bisa menjual 20-30 kg daging sapi lokal ‎dengan omzet Rp 4 juta sampai Rp 5 juta. "Tapi kemarin Lebaran pas lagi ramai bisa jual 3 kuintalan daging sapi dengan omzet Rp 30 juta," tukas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Kece dan Praktis dengan Kain Tradisional

Posted: 31 Jul 2016 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi modis alias fashionable bukan berarti selalu memakai pakaian-pakaian kekinian. Kain tradisional pun bisa membuat Anda tampil fashionable.

Komunitas Cinta Berkain membuktikan bahwa kain tradisional tak harus dipakai untuk acara-acara resmi saja. Bahkan untuk gaya sehari-hari Anda bisa menggunakan kain tradisional.

Ketua KCB Sita H Agustanzil mengatakan, kain tradisional tidak selalu dipadukan dengan kebaya. Dengan blouse atau kaus pun, kain tradisional pantas digunakan.

"Kami percaya kain bisa dipadukan dengan gaya apa saja. Asal tidak berenang dan naik gunung saja, ya. Namun untuk sehari-hari, berbelanja ke mal, ke pasar, bekerja, semuanya bisa pakai kain," kata Sita.

Sita pun menampik anggapan berkain tidak praktis. Karena sebenarnya kain hanya tinggal diikatkan saja dan Anda pun bebas melakukan kegiatan sehari-hari. Saat ini juga banyak tutorial yang membuat Anda tampil kekinian dengan memakai kain.

"Saat tidak resmi tidak ada pakem. Saya saja pakai kain bisa pakai sepatu sneakers," kata Sita.

Menurut Sita, awal memakai kain memang terkesan repot. Sebulan hingga dua bulan pertama mungkin masih canggung. Namun jika dibiasakan, memakai kain bahkan lebih nyaman daripada memakai pakaian lainnya. Memakai kain juga sekaligus melestarikan budaya Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Pacar Ikut Melayat Mike Mohede

Posted: 31 Jul 2016 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak cuma dibanjiri masyarakat dan selebritas, rumah duka Mike Mohede yang terletak di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, juga dihampiri oleh mantan pacar mendiang penyanyi 32 tahun itu.

Masyarakat memang awam dengan kisah asmara Mike Mohede yang jarang terekspose para pewarta. Namun, teman-teman dan kerabat dekat Mike Mohede tahu persis dengan siapa pelantun lagu "Semua untuk Cinta" itu menjalin kasih.

Judika (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Salah satunya Judika, penyanyi yang juga rekan seperjuangan Mike Mohede,saat menembus babak final ajang pencarian bakat di televisi swasta. Judika menyebut, banyak mantan pacar Mike Mohede yang datang melayat.

"Aku lihat tadi ada mantan-mantan Mike di sini," ucap Judika saat ditemui di rumah duka Mike Mohede, Minggu (31/7/2016).

Judika rupanya mengetahui dengan siapa saja Mike Mohede memadu kasih. Termasuk soal urusan putus cinta, Judika jadi salah satu "tempat curhat" Mike Mohede.

Mike Mohede (sumber: Instagram)

"Dia (Mike) sering ngalah, kalau dia putus dia pasrah saja diputusin. Dia baik, rendah hati, kalem, suka senyum. Makanya sama mantan pacarnya juga tetap berhubungan baik, enggak musuhan," Judika menjelaskan.

Sebelum mengembuskan nafas terakhir, kepada Judika, Mike Mohede juga bercerita kalau dirinya telah menemukan sosok perempuan yang tepat untuk mendampingi hidupnya.

"Dia ada rencana mau menikah, tapi Tuhan berkehendak lain," Judika mengakhiri. (Pur/Gie)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren Baru Komunikasi Mobile: VoLTE, ViLTE, dan RCS

Posted: 31 Jul 2016 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Layanan Voice Over LTE (VoLTE) diprediksi menjadi tren baru layanan suara (voice). Dengan VoLTE, pengguna seluler dapat menikmati layanan voice berkualitas High Definition (HD).

Seiring berkembangnya teknologi, layanan VoLTE pun semakin banyak diadopsi di dunia. Tak hanya VoLTE, layanan lain juga akan mengubah cara berkomunikasi mobile di masa depan.

Layanan yang dimaksud adalah Video over LTE (ViLTE), dan Rich Communication Services (RCS), yang merupakan evolusi dari layanan komunikasi berbasis 3GPP. Hal ini diungkap dari publikasi white paper 5G Americas.

5G Americas sendiri merupakan asosiasi yang menaungi penyedia layanan dan infrastruktur telekomunikasi, berbasis di Washington, Amerika Serikat (AS). 

 Presiden 5G Americas, Chris Pearson, mengatakan layanan VoLTE, ViLTE, HD Voice, dan RCS semakin banyak diadopsi berkat komitmen operator dalam menyediakan jaringan berkualitas kepada pengguna.

VoLTE diprediksi menyaingi layanan VoIP karena menawarkan layanan voice berkualitas tinggi dengan latensi rendah, tapi berkapasitas tinggi.

Laporan mengungkap bahwa layanan ini pertama kali muncul pada 2012. Operator telekomunikasi di Amerika Utara merupakan pengadopsi pertama VoLTE.

"VoLTE telah membawa kemajuan dalam beberapa tahun terakhir. Dan kini VoLTE semakin tumbuh signifikan," ujar Pearson, sebagaimana dikutip dari Cellular-News, Senin (1/8/2016).

5G Americas juga memprediksi adopsi ViLTE semakin besar dalam beberapa tahun mendatang. Saat ini, ViLTE masih dianggap sebagai layanan pelengkap.

Begitu juga layanan pesan singkat berbasis RCS. Layanan ini dinilai menguntungkan karena pengguna nantinya tak hanya sekadar berkirim pesan teks, tetapi juga mengirimkan file multimedia, hingga transfer data.

Di Indonesia, operator yang tengah gencar menghadirkan layanan VoLTE adalah Smartfren. Anak usaha Sinar Mas ini bahkan merilis kartu perdana khusus VoLTE beberapa waktu lalu. 

(Cas/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Didampingi Megawati Buka Pameran Lukisan Koleksi Istana

Posted: 31 Jul 2016 09:55 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Vonis Saipul Jamil, KPK Periksa Hakim Pengadilan Bandung

Posted: 31 Jul 2016 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hakim Pengadilan Tinggi Bandung, Karel Tuppu, akan diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Karel diperiksa terkait kasus dugaan suap vonis ringan Saipul Jamil di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Karel diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Samsul Hidayatullah. Samsul merupakan kakak kandung Saipul Jamil.

"Ya jadi saksi untuk tersangka SH," ucap Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, Senin (1/8/2016).

Dari informasi yang dihimpun, ‎Karel merupakan suami Berthanatalia Ruruk Kariman yang juga tersangka pada kasus ini. Bertha yang berprofesi sebagai advokat, menjadi kuasa hukum Saipul dalam perkaranya di PN Jakut.

Belum diketahui pasti keterangan apa yang akan dikorek penyidik KPK dari Karel. Yang jelas, dia diperiksa karena diduga mengetahui perkara dugaan suap yang melibatkan Saipul ini.

"Seorang saksi diperiksa karena keterangannya dibutuhkan penyidik," ucap Priharsa.

Selain Karel‎, penyidik juga memeriksa Tugiman. Tugiman yang merupakan pihak swasta itu diperiksa sebagai saksi untuk Samsul. "Sama, jadi saksi buat tersangka SH," kata Priharsa.‎

KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka kasus dugaan suap vonis ringan terdakwa Saipul Jamil dalam perkara dugaan pelecehan remaja pria di bawah umur di PN Jakarta Utara. Penetapan itu merupakan hasil operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Tim Satgas KPK pada Rabu 15 Juni 2016 siang.

Keempat tersangka tersebut, yakni Panitera Peng‎adilan Negeri Jakarta Utara bernama Rohadi, Berthanatalia Ruruk Kariman dan Kasman Sangaji selaku pengacara Saipul, serta Samsul Hidayatullah yang merupakan kakak kandung Saipul.

Diduga Rohadi menerima suap sebesar Rp 250 juta dari pihak Saipul. Sementara commitment fee untuk vonis ringan ini diduga sebesar Rp 500 juta. Adapun tujuan uang pelicin itu diberikan agar memuluskan keinginan Saipul divonis ringan oleh Majelis Hakim PN Jakut.

Oleh KPK, Rohadi sebagai penerima suap dijerat dengan Pasal ‎12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 tahun1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Kemudian terhadap Bertha, Kasman, dan Samsul dalam posisinya selaku pemberi suap dijerat dengan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 UU Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Saipul Jamil oleh Majelis PN Jakut telah divonis pidana 3 tahun penjara. Vonis itu jauh lebih ringan dari tuntutan Jaksa yang menuntut bekas suami pedangdut Dewi Perssik tersebut dengan pidana tujuh tahun penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BEI Bakal Investigasi Transaksi Saham Sampoerna

Posted: 31 Jul 2016 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meragukan rumor adanya kesalahan perdagangan (trading error) pada transaksi saham PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP). Aksi jual saham HMSP pada penutup pekan lalu membuat perusahaan berkapitalisasi terbesar itu turun di posisi ke dua setelah cukup lama menempati posisi teratas. 

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI Hamdi Hassyarbaini mengaku ragu bahwa terjadi kesalahan memasukkan data perdagangan saham HMPS yang dilakukan oleh broker pada Jumat lalu. Keraguan Hamdi muncul karena kesalahan memasukkan data terjadi pada dua broker yang berbeda.

"‎Masa trading error dua broker yang beda. Salah satu broker mungkin," kata dia di Gedung BEI, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Sebagaimana diketahui, salah satu broker yang menfasilitasi perdagangan saham HMSP pada Jumat kemarin adalah PT ‎Bahana Securities (DX).

Hamdi mengatakan telah meminta penjelasan dari broker tersebut. Dia menambahkan, dari penjelasan Bahana penjualan saham tersebut berdasarkan permintaan dari nasabah. "Kami sudah tanya, mereka memang order gitu," ujar dia.

Namun demikian, Hamdi mengatakan BEI sedang mencari tahu alasan dari penjualan saham tersebut. Lantaran, harga saham HMSP mengalami penurunan cukup dalam. "Kami belum tahu apa motifnya. Penjelasan sementara itu order nasabah bukan trading error," imbuh dia.

Hamdi bilang, jika terbukti ada kesalahan maka broker wajib bertanggungjawab atas kesalahan tersebut.‎ "Mereka harus tanggung, tidak ada sanksi. Paling kita ingatkan hati-hati. Tapi tanggungjawab mereka," tandas dia. (Amd/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Almarhum Tentara Muslim AS Serang Balik Donald Trump

Posted: 31 Jul 2016 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Washington, DC - Pada puncak Konvensi Nasional Demokrat Kamis 28 Juli lalu, salah seorang pembicara di atas panggung adalah Khizr Khan dan istrinya Ghazala Khan. Mereka adalah orangtua dari Humayun Khan, seorang tentara berpangkat kapten di Angkatan Darat AS.

Humayun tewas akibat bom mobil di Irak pada 2004, pada usia yang masih muda 27 tahun. Oleh pemerintah AS, ia dianugerahi bintang jasa secara anumerta.

Humayun adalah tentara muslim AS yang tewas dalam perang di Irak. Menurut sang ayah di atas panggung, Humayun bercita-cita jadi pengacara militer dan ia mendukung Hillary Clinton untuk jadi Presiden AS karena ia satu-satunya kandidat yang menghargai orang-orang seperti dia dan anak mereka. 

Selain itu, Khizr Khan mengecam Donald Trump.

"Jika Donald Trump yang duduk di sana (Gedung Putih), Humayun tidak akan pernah ada di AS. Ia konsisten mencoreng karakter muslim. Ia tidak menghormati kaum minoritas lainnya, perempuan, hakim, bahkan pemimpin partainya sendiri. Ia bersumpah untuk membangun tembok dan melarang kami masuk ke negara ini," jelas Khizr.

"Trump, orang yang tak pernah berkorban kepada siapa pun..."

Ibu Tentara Muslim AS yang Gugur di Irak Serang Balik Trump  (Reuters)

Rupanya, pengusaha tajir itu tak suka diserang oleh Khizr. Ia bahkan menuduh ada Hillary Clinton di balik pidato yang memukau itu. 

"Siapa yang menulis pidato orang itu? Hillary? Dengar ya, saya banyak melakukan pengorbanan. Saya bekerja dengan keras, sangat keras," kata Trump dalam wawancara dengan ABC News pada Sabtu, 30 Juli 2016.

Trump juga menyerang istri Khizr, Ghazala, yang "hanya" berdiri di atas panggung menemani suaminya.

"Saya ingin mendengar istrinya ngomong sesuatu," ujar Trump. "Mungkin, ia tak diperbolehkan untuk berbicara satu kata pun."

Atas tudingan itu, Ghazala menulis sebuah opini yang dimuat di Washington Post. Dilansir dari BBC, Senin (1/8/2016), Ghazala menulis saat itu suaminya menanyakan apakah ia ingin menyampaikan sesuatu di atas panggung konvensi. Namun, ia menolak karena terlalu sedih untuk berbicara.

"Berjalan di panggung konvensi dengan foto besar anak lelaki di belakangku saja membuat aku nyaris tak bisa mengontrol diri dan hati ini. Ibu siapa yang mampu? Donald Trump punya anak-anak yang ia cintai bukan? Perlukah ia bertanya mengapa tak ada sepatah kata pun dariku?" lanjut Ghazala.

"Saat Trump berbicara soal Islam, ia tak peduli. Andai ia belajar tentang Islam dan Alquran yang sebenarnya, ide tentang teroris akan berubah, karena terorisme sangat bertolak belakang dengan agama."

Ghazala menambahkan, "Donald Trump bilang dia banyak melakukan pengorbanan. Dia sungguh tak mengerti arti kata apa itu 'pengorbanan'."

Ghazala menulis, meski ia tak berkata satu patah pun, "Seluruh dunia, seluruh Amerika Serikat merasakan kesedihanku..."

Pernyataan Trump mencela Ghazala membuat petinggi Partai Republik dan Demokrat meradang.

Capres dari Demokrat, Tim Kaine mengatakan Trump memiliki tempramental yang tidak tepat.

"Kalau Anda tidak memiliki lebih banyak empati, saya yakin Anda tak bisa belajar," kata Kaine.

Sementara itu, Gubernur Ohio, John Kasich, yang mantan lawan Trump mengatakan, "hanya ada satu cara untuk berbicara kepada orangtua Bintang Emas (penghargaan atas perwira yang gugur): dengan hormat dan penuh penghargaan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Bek Tangguh Incaran Manchester United

Posted: 31 Jul 2016 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United terus bergerilya di bursa transfer. Skuat asuhan Jose Mourinho ini masih mencari pemain tambahan setelah mendapatkan tiga pemain di bursa kali ini.

Sebelumnya, MU telah resmi mendapatkan Eric Bailly, Zlatan Ibrahimovic, dan Henrikh Mkhitaryan. Tapi Mourinho sepertinya masih ingin menambah pemain terutama di sektor belakang.



Itu mengacu pada stok para pemain belakang MU yang dinilai belum mumpuni saat ini. Memang, ada Chris Smalling dan Daley Blind yang bermain apik sebagai dua bek tengah di musim lalu. Namun hal itu dinilai belum cukup.

Mourinho masih membutuhkan bek kelas dunia agar lini belakangnya tidak keropos. Ini penting mengingat MU mengusung misi untuk bangkit di musim kompetisi 2016/17.

Rumor pun merebak. Setan Merah dikaitkan dengan sejumlah bek yang kini bermain di liga-liga top Eropa.

Disarikan dari berbagai sumber, berikut empat bek yang namanya dikaitkan dengan klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut.

1. Jose Fonte (Southampton)

Fonte mulai mencuri perhatian ketika tampil apik di lini belakang Southampton. Kontribusinya berhasil membawa The Saints finis di papan tengah klasemen Liga Inggris musim 2015/16.

Berkat itu pula, dirinya dipanggil masuk tim nasional Portugal untuk Piala Eropa 2016 lalu. Di level tim nasional, penampilannya ternyata tak mengecewakan.

Fonte mampu menggantikan Bruno Alves untuk berduet dengan bek Real Madrid, Pepe. Hasilnya seperti diketahui, Fonte adalah salah satu pilar penting keberhasilan Portugal menjuarai Piala Eropa 2016.

Kemampuan kapten Southampton dalam membaca dan memimpin lini belakang itulah yang dibutuhkan MU. Sejak hengkangnya Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand, lini belakang MU seolah kehilangan pemimpin. Peran itu masih kosong hingga kini.

Menurut situs transfermarkt, harga transfer Fonte hanya 4,5 juta pound sterling atau Rp77,98 miliar. Harga yang jelas terjangkau buat klub sekelas MU.

2. Ezequiel Garay (Zenit St. Petersburg)

Nama bek Argentina ini sebetulnya sudah dikaitkan dengan MU dalam beberapa kesempatan. Tapi Garay yang kini bermain bagi Zenit Saint Petersburg tak juga bergabung ke Old Trafford.

Dibanding Fonte, pengalaman Garay bermain di level top Eropa lebih banyak. Dia tercatat pernah bermain di Real Madrid dan Benfica. Di level timnas, Garay sudah menghuni timnas Argentina sejak 2007.

Garay bergabung dengan Zenit di musim 2014/15. Pemain berusia 29 tahun ini turut membawa Zenit meraih gelar juara Liga Rusia, Piala Rusia, dan Piala Super Rusia.

Untuk memboyong Garay ke Old Trafford, MU minimal harus menyediakan dana 17 juta pound sterling atau Rp294 miliar. Harga itu bisa meningkat lantaran Garay sendiri saat ini masih terikat kontrak hingga 2019 dengan Zenit.

3. Fabinho (AS Monaco)

Berbeda dengan Fonte dan Garay, Fabinho adalah seorang bek kanan. Bek yang kini bermain di AS Monaco ini punya beberapa nilai plus dibanding keduanya.

Salah satunya adalah usia Fabinho yang baru 22 tahun. MU tentu akan menikmati keuntungan jangka panjang jika Fabinho bergabung. Apalagi, jika performanya menjanjikan nanti.

Tapi membawa Fabinho ke Old Trafford bukan perkara mudah. Setan Merah harus bersaing dengan Barcelona yang juga berminat pada bek asal Brasil ini.

Barcelona sedang mencari pengganti Dani Alves yang hijrah ke Juventus. Semula, Blaugrana membidik bek Arsenal, Hector Bellerin. Namun pemain yang penrah menimba ilmu di akademi Barca, La Masia itu menolak pulang ke Barcelona.

4. Leonardo Bonucci (Juventus)

Leonardo Bonucci mungkin jadi nama yang paling diinginkan Mourinho untuk bergabung. Pasalnya, kualitas bek Juventus ini tidak perlu diragukan lagi.

Bersama  Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli, Bonucci membuat lini belakang Juve jadi salah satu yang paling kokoh di Italia. Dengan keduanya pula, Bonucci mengawal lini belakang timnas Italia di Piala Eropa 2016.

Seperti dilansir The Sun, MU saat ini mulai bergerak untuk memboyong Bonucci. Kabarnya, Setan Merah telah menyiapkan dana 60 juta pound sterling atau Rp1,03 triliun agar Juve mau melepas bek berusia 29 tahun itu.

Namun mahar yang besar tentu tak lantas membuat Juventus luluh. Apalagi, di sisi lain, Chelsea juga disebut berminat membajak bek kelahiran Viterbo tersebut.

The Blues kabarnya bersiap menggunakan koneksi Antonio Conte untuk membujuk Bonucci merapat ke Stamford Bridge.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wisata Alam Gunung Tunak, Surga Tersembunyi di Pulau Lombok

Posted: 31 Jul 2016 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Taman Wisata Alam Gunung Tunak merupakan salah satu destinasi wisata alam di Pulau Lombok yang masih belum diketahui banyak orang. Lokasinya berada di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Dari pusat kota Mataram, jarak yang ditempuh untuk menuju taman wisata alam tersebut sekitar 85 km.

Akses menuju Gunung Tunak ini harus melalui hutan-hutan yang dihiasi berbagai jenis kupu-kupu. Tahun 2016 ini, di hutan tersebut ditargetkan akan membangun sebuah penangkaran kupu-kupu yang bertujuan agar kupu-kupu tidak punah. Uniknya, di hutan tersebut terdapat mata air yang airnya bisa langsung diminum.

Medan jalan yang dilalui cukup terjal dan bisa memacu adrenalin. Disarankan bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini, bisa menggunakan kendaraan jenis off road seperti motor trail atau mobil jeep.

Setelah melewati medan jalan yang terjal, Anda akan disuguhkan panorama yang indah di Gunung Tunak. Di sini tidak hanya terdapat pegunungan namun terdapat juga dinding kapur, hamparan rumput hijau, dan hamparan pantai nan indah dengan air berwarna hijau kebiru-biruan, serta masih sangat terjaga kebersihannya, dikarenakan masih belum banyak orang yang mengetahui tempat wisata alam ini.

Penulis:

Pamela Sandri

Universitas Pancasila

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Kenalkan Perubahan Bunga Acuan kepada The Fed

Posted: 31 Jul 2016 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Nusa Dua - Bank Indonesia (BI) bersama Federal Reserve Bank of New York (The Fed New York) menyelenggarakan joint international seminar dengan topik Managing Stability and Growth Under Economic and Monetary Divergence. Seminar ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan Executive Meeting of Asia Pacific Central Banks (EMEAP) Governor's Meeting 2016.

Seminar ini menjembatani dialog dan forum tukar pandangan antara negara berkembang khususnya di kawasan Asia Pasifik dengan negara maju. Seminar ini juga bentuk kerja sama strategis antara BI dan The Fed New York.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menuturkan, diskusi ini dilakukan mengingat kondisi ekonomi global masuk babak baru, dan majemuknya kondisi ekonomi dunia sehingga berdampak ke kebijakan moneter yang diambil oleh setiap negara.

Di kesempatan tersebut, Agus Martowardojo dalam sambutannya pun menegaskan mengenai kebijakan Bank Indonesia untuk hadapi tantangan global.

Kebijakan ini juga untuk meningkatkan efektivitas transmisi kebijakan moneter. Salah satu kebijakan yang diambil yaitu mengenai perubahan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi BI 7 day repo rate. BI 7 day repo rate itu akan efektif pada 19 Agustus 2016

Agus menuturkan, peningkatan kebijakan moneter memiliki tiga tujuan. Pertama, untuk meningkatkan sinyal kebijakan suku bunga di pasar keuangan. Kedua, untuk memperkuat efektivitas transmisi kebijakan moneter untuk suku bunga di pasar keuangan.

Ketiga, mendukung pendalaman pasar keuangan terutama dalam mendorong transaksi dan mengembangkan tingkat bunga antar bank selama tiga bulan menjadi 12 bulan.

Sejalan dengan hal itu, Agus mengatakan, BI mempercepat pelaksanaan pendalaman pasar keuangan. Pertama , BI memperkuat peran Jakarta Interbank Offered Rate (Jibor) dalam membentuk suku bunga di pasar uang untuk tenor 8-12 bulan. Kedua, mempercepat transaksi repo di pasar keuangan dengan mempromosikan partisipasi bank untuk perjanjian repo. Ketigam mengurangi segmentasi pasar dan meningkatkan kapasitas transaksi pasar dengan mendorong bank untuk membuka lebih banyak akses ke counter party.

Ia menambahkan, kalau BI tak hanya andalkan kebijakan suku  bunga sebagai instrumen kebijakan moneter tunggal tetapi juga bauran kebijakan. Tahun ini, bauran kebijakan itu fokus pada menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan. Di sektor moneter, pelonggaran moneter secara bertahap tetap konsisten.

Selain itu, Agus juga mengakui perkembangan ekonomi global masih penuh ketidakpastian sehingga mempengaruhi prospek pertumbuhannya. Sejumlah kebijakan di setiap negara pun menjadi isu global.

Hal itu antara lain kebijakan bank sentral Amerika Serikat atau the Federal Reserve (AS) yang menaikkan suku bunga bertahap, di sisi lain Jepang dan Eropa telah melanjutkan pelonggaran moneter.

"Pada saat yang sama ekonomi China melambat ini sebagai konsekuensi dari rebalancing ekonomi. Beberapa negara telah adopsi kebijakan suku bunga negatif dengan beberapa yurisdiksi akan lebih negatif," ujar Agus, dalam sambutannya di acara Bank Indonesia-Federal Reserve Bank of New York Joint International Seminar, di Nusa Dua, Bali, Senin (1/8/2016).

Ia menambahkan, keputusan terbaru Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa atau ditebut Britain Exit (Brexit) juga menambah tekanan untuk prospek ekonomi global yang sudah tertekan. "Brexit juga telah menghasilkan kejutan politik. Ini telah bergeser dari keprihatinan global menuju era ketidakpastian politik," kata dia.

Ia memandang,di tengah ketidakpastian politik, kelihatan ada hubungan kuat antara ketidakpastian politik dan kepercayaan pasar. "Kejutan politik berdampak ke ekonomi dan keuangan, dan berimplikasi ke stabilitas keuangan. Karena itu dalam episode baru ini selain menangani kerentangan, perlu juga memperkuat dasar-dasar sistem keuangan global," ujar dia.

Ia melanjutkan, bila tidak maka ada kemungkinan terjebak sehingga ketidakpastian dapat merusak kepercayaan. Hal ini dapat membuat pertumbuhan ekonomi lebih lambat dan stagnan.

Selain itu, Ia mengatakan, perkembangan ekonomi global juga membuat kreativitas dan inovasi dari bank sentral. "Sejumlah kebijakan moneter tidak konvensional diajukan. Bertindak berani di tengah krisis besar, bank sentral telah bergerak maju untuk mencegah dunia dari depresi yang akan memiliki efek negatif," kata Agus.

Agus menambahkan, kreativitas dan inovasi tak berhenti untuk mengatasi krisis keuangan. Ia memandang, bank sentral bertugas melanjutkan tahap berikutnya untuk menjaga stabilitas dan memulihkan ekonomi.

Meski demikian, tantangan bank sentral tetap ada. Agus mengatakan, tantangan itu merangsang momentum ekonomi, mengatasi pengganguran, dan ancaman terhadap stabilitas pasar.

Karena itu, ia menuturkan, para pembuat kebijakan harus lebih kreatif dalam menanggulangi tantangan global. Tantangan utama bagaimana memelihara pertumbuhan ekonomi sekaligus menjaga stabilitas moneter, termasuk kurangi risiko pembalikan modal. (Ahm/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dayung Enggan Bicara Target Medali

Posted: 31 Jul 2016 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Pelatih dayung Indonesia, Boudewijn Van Opstal  menyatakan tim asuhannya siap tempur di Olimpiade 2016, Rio de Janeiro, Brasil. Tiba di medan tempur, tim dayung Indonesia langsung menggelar latihan.

Van Opstal belum mau berbicara target medali. Menurut dia sangat sulit menyamai torehan para pedayung dari Eropa, kendati Dewi dan La Memo menunjukkan peningkatan pesat.

"Saya kira mereka akan bisa bersaing dengan kompetitor dari Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Dan saya juga berharap mereka bisa memberikan perlawanan pada pedayung Eropa. Kami akan berusaha mengalahkan mereka."

Tim Dayung Indonesia

Tim dayung Indonesia berkekuatan pedayung La Memo dan Dewi Yuliawati, tiba di Rio de Janeiro Sabtu (30/7/2016) malam setelah menjalani pemusatan latihan di Amsterdam selama 10 hari.

Pemusatan latihan itu finalisasi menghadapi kompetisi dayung pada Olimpiade 2016. Kompetisi dayung berlangsung pada 6-13 Agustus di Danau Lagoa Rodrigo de Freitas, Copacabana. "Persiapan kami bagus. Kami melakukan training camp di Amsterdam 10 hari kemarin dan saat ini sudah berada di Rio de Janeiro. Kami sangat senang berada di sini dan bertemu dengan atlet-atlet dari negara lain," kata sang pelatih dalam rilis dari tim Cdm Olimpiade 2016

Tim Dayung Indonesia

Dari pengamatan Van Opstal, Memo mengalami kemajuan luar biasa selama berlatih di Amsterdam. Begitu juga dengan Dewi, dia melahap semua sesi latihan dengan baik. 

Sang pelatih menyatakan, tim dayung juga mendapatkan waktu istirahat cukup lama sebelum pertandingan. "Kami memiliki waktu satu pekan sebelum pertandingan untuk menenangkan pikiran dan mematangkan persiapan. Pada 6 Agustus nanti, kami siap bertanding," ujarnya lagi.

Memo dan Dewi mendapatkan tiket Olimpiade pada babak kualifikasi Asia-Oceania di Chungju, Korea Selatan, April lalu. Keduanya akan menghadapi kompetisi yang lebih ketat di banding babak kualifikasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil: Selamat Jalan Mike Mohede...

Posted: 31 Jul 2016 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak cuma banjir ucapan dukacita dari sesama musikus, Mike Mohede juga mendapatkan perhatian khusus dari Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Pria berkacamata itu juga dibuat terkejut dengan kabar kepergian Mike Mohede yang begitu cepat.

Melalui sosial media, Ridwan Kami menyampaikan dukacita mendalam atas meninggalnya Mike Mohede. Baginya, Mike Mohede merupakan salah satu penyanyi muda berbakat yang dimiliki Indonesia.

Diakui oleh Mike jika dirinya memang sudah sejak lama tertarik dengan dunia mengajar.

"Selamat jalan Mike Mohede. Turut berduka cita. You are gone too soon," kicau Ridwan Kamil melalui Twitter, Senin (1/8/2016).

Tak cuma Ridwan Kamil yang ikut berduka cita atas kepergian Mike Mohede, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga ikut menyampaikan rasa kehilangan yang teramat besar kepada pelantun lagu "Semua untuk Cinta" tersebut.

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

Melalui Twitter pula, Ahok memberi tahu sebuah judul lagu favoritnya dari suara emas milik Mike Mohede.

"Selamat jalan Mike Mohede, Lagu yg dinyanyikannya berjudul kemenangan merupakan salah satu lagu favorite saya," Ahok menuliskan. (Gie)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pabrik Kayu di Cipinang Muara Ludes Terbakar

Posted: 31 Jul 2016 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pabrik kayu di Jalan Cipinang Muara 3, RT 11 RW 04, Kelurahan Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur hangus terbakar. Kebakaran terjadi sekira pukul 08.50 WIB pagi tadi.

Kepala Seksi Operasional Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, Gatot Sulaiman mengatakan, pihaknya menerima informasi kebakaran dari salah seorang warga bernama Neneng. Informasi diperoleh pada pukul 08.50 WIB, Senin (1/8/2016). Sesaat kemudian, sejumlah mobil pemadam dikerahkan.

"Kami terima berita sekitar pukul 08.55 WIB, langsung meluncur dan sampai lokasi sekitar jam 09.11 WIB. Kami lalu langsung memulai upaya pemadaman," beber dia.

Hingga saat ini, api masih membakar bangunan yang di dalamnya terdapat material yang mudah terbakar. Selain petugas, puluhan warga juga terlihat membantu memadamkan kebakaran. Belum diketahui penyebab kebakaran.

Api berhasil dijinakan satu jam kemudian. Setelah 13 unit mobil pemadam kebakaran bejibaku memadamkan api.

Petugas masih melakukan pendinginan guna memastikan tidak ada bara api yang dapat menyulut api kembali membara. "Tidak ada korban jiwa. Tapi seluruh kayu yang ada di gudang ludes terbakar," kata Gatot.

Dugaan sementara kebakaran disebabkan arus pendek. Namun, pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Panwas Kota Yogya Bikin Pilkada Bebas Politik Uang

Posted: 31 Jul 2016 09:35 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kiat Sukses Menjadi Pengusaha Sejati

Posted: 31 Jul 2016 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Konon, hanya sedikit orang di dunia ini yang benar-benar memiliki jiwa sebagai pengusaha sejati. Sisanya lebih cocok untuk mencari penghasilan dengan bekerja kepada para pengusaha tersebut.

Mungkin memang benar ada beberapa orang di sekitar kamu yang terlihat sekali jiwa pengusaha sejatinya, namun bukan berarti kamu yang 'terlihat' tidak bisa berbisnis ini pasti akan gagal kalau merintis karir sebagai pengusaha.

Berbeda dengan jaman dulu di mana menjadi pengusaha harus mengandalkan kepandaian sosialisasi dan kemampuan menjual secara langsung, saat ini banyak sekali model bisnis yang tidak memerlukan keahlian tersebut.

Berkat kemajuan teknologi, bukan tidak mungkin kamu bisa sukses sebagai pengusaha bisnis online misalnya, atau menjadi freelancer sukses.

Selama kamu mempraktekkan beberapa kiat sukses berbisnis berikut, kamu bisa menjadi tetap menjadi pengusaha sejati seperti dikutip dari HaloMoney.co.id, Senin (1/8/2016):

1. Belajar dari orang yang sudah sukses

Agar bisnis kamu dapat menjadi sukses, amati dan belajarlah dari bisnis lain di sekitar kamu yang sudah sukses. Kamu bisa coba mengamati bisnis yang yang bergerak di bidang yang mirip dengan bisnis yang akan kamu mulai dan belajar bagaimana mereka bisa menjadi sukses.

Tapi ingat ya, hal ini bukan berarti kamu mencontek mentah-mentah seluruh ide produk dan aktivitas bisnis mereka.

2. Lakukan riset terhadap potensi pasar kamu

Sebelum kamu memulai bisnis, teliti dan pahami kesempatan-kesempatan dan celah bisnis yang ada di pasar. Apakah produk kamu sudah ada di sana?

Kalau ada kompetitor, apa yang bisa membuat produk kamu lebih terlihat? Apa yang membuat produk kamu lebih baik dan apa unique selling point dari bisnis kamu? Lakukan analisis terhadap kondisi pasar sebagai tahap awal menjalankan bisnis kamu.


3. Siapkan diri untuk 'sedikit pengorbanan'

Dalam memulai bisnis baru, gaji bulanan kamu tidak akan cukup untuk membiayainya, kamu harus bersiap untuk menekan pengeluaran pribadi kamu sebanyak mungkin.

Kamu bisa mulai menghemat beberapa pengeluaran seperti pakai transportasi umum, bawa bekal dari rumah, atau capa lain yang bisa membantu menekan pengeluaran. Kumpulkan modal sebanyak mungkin untuk memulai bisnis kamu.

Baca Juga: Mainkan 5 Game Smartphone Ini Untuk Menjadi Ahli dalam Bisnis dan Keuangan!

4. Manfaatkan teknologi untuk strategi pemasaran

Jika modal kamu tidak banyak, maka kamu bisa memanfaatkan media sosial atau membuat sendiri website untuk memasarkan bisnis kamu. Saat in, membuat website sudah tidak perlu pengetahuan coding yang mumpuni.

Banyak template website gratis yang bisa kamu peroleh dan kamu juga bisa melakukan beberapa kustomisasi untuk membuat tampilannya menjadi lebih ciamik!

5. Jangan ragu memakai pinjaman untuk modal awal

Cara lain untuk memulai bisnis adalah dengan mengajukan pinjaman. Modal berbentuk pinjaman memiliki kelebihan sendiri dibandingkan dengan modal berbentuk saham dari investor.

Keunggulan utama menggunakan modal pinjaman adalah kamu tidak perlu merelakan bagian kepemilikan bisnis kamu terhadap orang asing atau investor tersebut.

Baca Juga: Tangkap 4 Pelajaran Bisnis ini di Balik Kesuksesan Pokémon GO!

Jika kamu ingin menggunakan pinjaman, fasiltas pinjaman yang populer di kalangan masyarakan adalah kredit tanpa agunan (KTA) karena tidak perlu memberikan jaminan apapun. Gunakan situs perbandingan populer seperti HaloMoney.co.id untuk melakukannya. (Ndw/Gdn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggota Polres Gunungkidul Wajib Eksis di Medsos

Posted: 31 Jul 2016 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Gunungkidul - Kepolisian Resor Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mewajibkan seluruh jajarannya mengunggah kegiatan di media sosial (medsos) dalam rangka memberantas buta teknologi dan menyosialisasikan kegiatan. Kapolres Gunung Kidul AKBP Nugrah Trihadi mengatakan kewajiban ini sebagai langkah revolusi mental.

"Semua harus bisa memanfaatkan media sosial untuk sosialisasi. Misalnya di Facebook," kata Nugrah di Gunung Kidul, Senin (1/8/2016).

Selain medsos, pihaknya mewajibkan anggota polisi yang beragama Islam untuk ikut pesantren kilat. Setiap tiga hari sekali sebanyak 20 anggota bergiliran memperdalam ilmu ke pondok pesantren.

Sementara, untuk yang beragama lain menyesuaikan sesuai dengan agama masing-masing. Kapolres mengatakan kebijakan ini tidak hanya berlaku bagi anggota. Ia mengaku sudah lebih dulu melaksanakannya.

"Aktif di media sosial (medsos) dan kegiatan pesantren, saya juga ikut," kata Nugrah.

Nugrah mengatakan kebijakan harus ditaati oleh seluruh anggota. Polres Gunungkidul juga tengah mempersiapkan lomba foto bagi anggota polisi. Tema lomba foto itu hingga sekarang masih diolah panitia.

"Panitia berasal dari anggota juga. Jadi nanti, teknisnya, anggota mengabadikan foto sesuai dengan tema dan dijepret dengan menggunakan ponsel," kata dia.

Perwira Unit Humas Polres Gunungkidul Ipda Ngadino menambahkan setiap apel pagi, seluruh anggota termasuk jajaran polsek diperintahkan supaya mengunggah tulisan ke akun medsos masing-masing sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

"Jadi ketahuan yang tidak aktif," kata dia seperti dilansir Antara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klinik Rumah Sehat Ini Khusus Layani Pemulung Tanpa Biaya

Posted: 31 Jul 2016 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wajah lesu seorang pemulung itu berubah menjadi lebih berseri ketika keluar dari ruangan sederhana, yang di bagian depannya terpasang spanduk bertuliskan "Klinik Rumah Sehat".

Klinik ini mulai diresmikan sejak Maret 2015 dan dibuka setiap hari Selasa-Kamis dan Sabtu dengan menyasar para pemulung serta keluarganya, yang tinggal di kawasan Tohpati, Kecamatan Denpasar Timur.

"Setiap minggunya, saya bisa dua atau tiga kali ke klinik ini. Barangkali karena faktor usia, sehingga saya gampang terkena batuk, demam, flu atau gatal-gatal," ujar Muh Syukur (60), seorang pemulung asal Pasuruan, Jawa Timur.

Keberadaan klinik ini, ucap Syukur, benar-benar menjadi angin segar bagi para pemulung, yang memang sering mengalami sakit. Hal ini karena pekerjaan pemulung memiliki keterkaitan dengan sampah, yang sudah tentu tidak higienis dan menjadi pemicu terjangkitnya penyakit.

"Kalau berobat ke klinik ini, benar-benar gratis. Tidak ada pungutan biaya apapun, jadi kami sekeluarga bisa datang kalau sedang sakit. Tidak perlu ke puskesmas atau rumah sakit. Cukup ke klinik ini saja untuk mendapatkan obat atau suntikan kalau lagi sakit," ujarnya.

Tidak adanya pungutan sepeserpun ketika berobat, memang menjadi alasan utama sehingga Klinik Rumah Sehat selalu menjadi tumpuan para pemulung, termasuk pengemis di kawasan Tohpati, jika sedang mengalami gangguan kesehatan.

Menurut Syukur, dengan pendapatan rata-rata harian hanya Rp25 ribu, maka jumlah itu tentu sangat minimal, sedang harga kebutuhan pokok selalu mengalami kenaikan. Tak heran, dirinya amat bersyukur, dengan didirikannya klinik itu, maka biaya berobat bisa dipangkas.

"Kalau sedang nasib baik saja, saya bisa mendapatkan Rp60 ribu. Tapi itu jarang sekali, seringnya ya dapat Rp25 ribu itu. Makanya saya gembira sekali ada klinik ini. Saya, istri, anak, menantu sampai cucu, semuanya kalau sakit berobat ke sini," ujar lelaki yang sudah puluhan tahun menggeluti pekerjaan sebagai pemulung ini.

Di tempat yang sama, Malita Fitriyana, dokter umum yang bertugas di Klinik Rumah Sehat menyatakan, mengobati para pemulung tidak berbeda dengan kalangan masyarakat pada umumnya.

"Justru pemulung biasanya bersikap lebih terbuka. Malah sebagai dokter, saya sering diajak curhat dan cerita berlama-lama untuk membicarakan permasalahan penyakit yang sedang dideritanya," kata Malita.

Jenis penyakit yang banyak diderita para pemulung, antara lain, penyakit kulit, nyeri otot, sendi dan sakit kepala. Kalau pergantian dari musim kemarau ke musim hujan, maka kebanyakan yang datang adalah pasien yang sakit batuk dan pilek.

Dalam sehari, pasien yang berobat ke klinik itu berkisar 5-10 orang dari berbagai kalangan usia. Pasien ini lebih dulu antre menunggu di ruangan klinik yang berada di Banjar Kerta Jiwa, sebelum kemudian dipanggil untuk diperiksa dokter.

"Saya benar-benar senang dengan menjadi dokter bagi pemulung, bisa membaktikan ilmu yang saya miliki kepada masyarakat yang memang betul-betul membutuhkan seseorang untuk merawat dan mengobati beragam penyakit yang diderita. Memang peralatan medisnya masih terbatas, kalau memang penyakitnya berat, maka dirujuk ke rumah sakit terdekat," ujar dokter yang berasal dari Jakarta ini.

Sentra Pemulung

Klinik Rumah Sehat ini berdiri, sebagai bagian program CSR dari PT Namasindo Plas, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bahan daur ulang plastik jenis PET. Berhubung ujung tombak pencari bahan daur ulang plastik itu adalah para pemulung, maka PT Namasindo Plas tergerak untuk lebih memerhatikan kesejahteraan dan tingkat kesehatan mereka.

"Fokus kegiatan ini adalah untuk peningkatan kualitas kesehatan bagi pemulung dan keluarganya. Dalam melaksanakan kegiatan ini, kami bekerja sama dengan Bali PET (perusahaan pencacah plastik) dan juga Klinik Rumah Sehat Madani," kata Budiono, CSR Supervisor PT Namasindo Plas.

Budiono melanjutkan, bahkan tidak hanya di wilayah Tohpati, Denpasar, klinik serupa juga didirikan di kawasan Lepang, Kabupaten Klungkung. Kalau di kawasan Lepang, maka klinik menyasar masyarakat umum yang ingin berobat.

Klinik Rumah Sehat ini juga memiliki program pemeriksaan keliling ke sentra-sentra pemulung di kawasan Denpasar dan Klungkung. Belakangan beberapa masyarakat dari kalangan kurang mampu, juga memanfaatkan klinik ini sebagai tempat berobat.

"Kalau sedang melakukan pengobatan keliling ke masyarakat atau pemulung, tidak lupa juga diberikan penyuluhan tentang pentingnya untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Diharapkan ke depan lebih banyak pemulung yang menikmati layanan kesehatan dari klinik ini," ujarnya.

Sementara itu, sebelumnya Divisi Relation PT Tirta Investama Mambal Nyoman Arsana menyatakan pihaknya sudah melakukan pembentukan Lembaga Pemberdayaan Pemulung (LPP) sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup pemulung, sekaligus berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan.

Dikatakan dia, langkah ini merupakan upaya pemberdayaan pemulung dan tujuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang berkesinambungan, dalam suatu kegiatan industri daur ulang sampah yang dimanajemen secara profesional.

"LPP sudah dibentuk mulai tahun 2010 dan telah memiliki dua Recycle Bussiness Unit (RBU). Yakni nama Bali PET (Desa Lepang, Kabupaten Klungkung) dan Desa Kertalangu (Kota Denpasar). Kegiatan ini melibatkan sekitar seribu pemulung dan dapat memproduksi sampah plastik PRT lebih dari 200 ton per bulan," ujarnya.  (Tri Vivi Suryani/Ant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cintai Warisan Budaya Indonesia Lewat Kain Tradisional

Posted: 31 Jul 2016 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki peradaban tinggi yang tercermin lewat kain tradisionalnya. Karena itu, bangsa Indonesia harus memiliki jati diri dengan bangga memakai kain tradisional.

Itulah setidaknya pesan dari Komunitas Cinta Berkain (KCB), yang ingin mengangkat kembali citra kain tradisional Indonesia menjadi primadona di fashion wanita sehari-hari.

Ketua KCB Sita H Agustanzil mengatakan, KCB meyakini bahwa tradisi Indonesia yang baik perlu dijaga dan dilestarikan. Apalagi Indonesia memiliki banyak jenis kain tradisional dari setiap daerahnya. Menurut Sita, kain pun bisa mempersatukan bangsa.

"Karena kita beragam ras dan etnis kita menyatukannya Bhinneka Tunggal Ika. Bangsa yang berbeda tapi satu tujuan. Ini kain kedaerahan sebenarnya menyatukan kita. Kami ingin mengajak semua perempuan bangsa Indonesia untuk kembali mencintai busana warisan leluhur kita," kata Sita di Jakarta, Jumat (29/7/2016).

KCB lahir pada 9 Maret 2016 didasari oleh keinginan para anggotanya untuk berkontribusi bagi negara. Maka mereka pun memulai dari hal kecil yang juga mereka sukai yakni fashion.

"Kita ingin menyumbangkan keinginan kita sedikit apa yang bisa diberikan kepada bangsa ini. Memperbaiki citra diri sendiri, karena kita perempuan jadi paling mudah lewat fashion. Paling tepat penampilan ya berbusana, busana kain. Biar masyarakat ini mau memakainya," ujar Sita.

Budaya sopan dan santun yang dimiliki bangsa Indonesia pun bisa tercermin saat seseorang mengenakan kain. Sita mengungkapkan, saat memakai kain, seseorang bisa tampak santun karena menjaga sikapnya.

Saat ini KCB sudah terdiri dari 1.800 anggota yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan ada pula KCB cabang Perth dan San Fransisco.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota Etios Facelift Tertangkap Uji Jalan

Posted: 31 Jul 2016 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Bangalore - Toyota tengah menyiapkan penyegaran (facelift) Etios yang dipasarkan di negara berkembang. Baru-baru ini, model baru tersebut terpantau sedang uji jalan di Bangalore, India.

Bidikan Iris Mathew Paul yang dilansir motorbeam.com ini menunjukkan beberapa hal baru dari Toyota Etios facelift, meski beberapa bagian seperti moncongnya ditutup kamuflase putih.

Dibanding versi lama, diketahui bahwa desain bumper berubah, yang membuatnya mungkin akan terlihat lebih sporty. Meski begitu, desain grill masih mempertahankan bentuk V, dengan logo Toyota di tengahnya.

Di bagian belakang, ada sedikit ubahan, di mana terdapat aksen krom yang menghubungkan antara lampu.

Tidak diketahui apa perubahan yang akan terjadi pada bagian interior. Tapi, jika merujuk pada Etios facelift yang meluncur di Brasil, April lalu, maka salah satu aspek yang berubah adalah instrumen panel.

Kemudian, masih merujuk pada model yang ada di Brasil, beberapa fitur baru yang akan disematkan pada Etios adalah cruise control, ISOFIX, dan three-point seat belt untuk penumpang baris kedua.

Tak ada informasi lebih jauh soal tenaga penggerak kendaraan. Tapi menurut beberapa sumber disebutkan bahwa Toyota Etios akan dikemas dengan mesin 1,3 liter Dual VVT-i dan 1,5 liter Dual VVT-i.

Belum diketahui apakah model ini juga akan ada di Indonesia. Yang jelas, Toyota Indonesia sudah memastikan akan tetap menjual Etios, meski santer terdengar produksinya dihentikan karena tak terlalu laku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Bekuk Begal Saat Beraksi di Toko Obat Kuat Tangerang

Posted: 31 Jul 2016 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Ahmad Malik (29) hampir menjadi korban pencurian sepeda motor yang dilakukan oleh IA (25) dan RP (36) pada Minggu subuh kemarin. Percobaan pencurian itu terjadi di toko obat kuat miliknya, Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Babakan Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

"Pelakunya yang satu dari Lampung, bekerja jadi sopir angkot. Satu lagi nganggur saja, asal Malimping Banten," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Awi Setiyono kepada Liputan6.com, Senin (1/8/2016).

Bermula dari patroli Unit Resmob Polsek Tangerang. Saat itu petugas tengah melintas di lokasi kejadian dan mendapati gerak-gerik kedua pria yang mencurigakan itu. Saat anggota menegur IA dan RP, keduanya terkejut dan bergegas naik motor mereka. Tancap gas meninggalkan para polisi tersebut.

"Selanjutnya anggota Resmob melakukan pengejaran hingga akhirnya kedua pelaku berhasil diamankan," ujar Awi.

Kedua tersangka saat diinterograsi aparat, mengaku motor yang dipakainya untuk beraksi juga hasil dari mencuri di kawasan Karawaci Tangerang pada 30 Juli 2016. Polisi menyita satu unit motor Suzuki Satria FU bernomor polisi H 2263 NJ yang hendak dicuri tersangka, tiga buah kunci letter T, sebuah kunci letter L.

"Dan satu unit sepeda motor Honda Beat warna biru tanpa TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) yang dikendarai saat beraksi," tutup Awi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlibat Perdagangan Orang, Eks Pegawai PJTKI Ditangkap Polisi

Posted: 31 Jul 2016 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan pegawai penyalur jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) berinisial AR alias V dan RHW alias R berurusan dengan polisi. Pasangan suami istri ini ditangkap lantaran terlibat jaringan sindikat perdagangan orang.

Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Kombes Umar Surya Fana mengatakan pasangan itu mengirimkan 23 perempuan secara ilegal ke Malaysia. Mereka menjanjikan para perempuan tersebut bekerja sebagai pegawai restoran. Namun ketika sampai di Malaysia, para wanita itu malah dipekerjakan menjadi PSK.

"Mereka direkrut melalui mantan pegawai PJTKI. Rekrutmen dilakukan dengan dijanjikan bekerja di Malaysia sebagai pegawai restoran. Namun begitu sampai di Malaysia mereka dijadikan sebagai pelacur atau PSK dan baru dibayar setelah dua bulan bekerja," kata Umar di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Dia menuturkan, para perempuan korban TPPO ini dipaksa melayani minimal sembilan pria hidung belang setiap harinya. Bahkan, sambung dia, mereka tidak dibayar selama dua bulan bekerja di sana.

"Rata-rata satu korban harus dipaksa melayani minimal sembilan konsumen di Malaysia sana. Kemudian alasannya baru dibayar dua bulan kemudian untuk membayar utang. Padahal saat mereka berangkat merekapun dimintai dana antara Rp 10 juta-15 juta," tutur Umar.

Selain mengamankan pasutri AR alias V dan RHW alias R, penyidik menangkap seorang tersangka lainnya. Tersangka yang diketahui berinisial SH alias S ini berperan sebagai perantara pasutri ke pihak imigrasi.

"Istri namanya AR alias V, suami RHW alias R, kemudian yang link-nya antara suami-istri ke Imigrasi namanya SH alias S. Sudah kita tahan," tandas Umar.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang TPPO dan atau Pasal 102 ayat 1 huruf A Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri (PPTKILN).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Kondisi Hutan Pasca-Kebakaran Hebat di California

Posted: 31 Jul 2016 09:22 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ENAM PLUS: Penerbangan Lion Air Delay, Penumpang Kebingungan

Posted: 31 Jul 2016 09:22 PM PDT

8 Korban Kecelakaan Truk Maut di Cianjur Masih Dirawat

Posted: 31 Jul 2016 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Cianjur - Sebanyak delapan korban luka-luka akibat kecelakaan truk di kilometer 75, Jalan Raya Cianjur, Desa Bangbayang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Sabtu 30 Juli 2016, hingga saat ini masih menjalani perawatan di RSUD Cianjur. Sebanyak 10 orang meninggal dalam peristiwa tersebut.

"Ada delapan orang yang masih menjalani rawat inap. Luka berat tiga orang, dan lainnya luka ringan namun masih membutuhkan perawatan," ujar Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu, di Cianjur, Jawa Barat, Senin (1/8/2016).

Kedelapan nama korban yang masih dirawat antara lain:

1. Jujun, (23) warga Kampung Bangbayang Gekbrong, Cianjur
2. Muchammad Mumud (16) warga Kampung Cicurug RT 01/06, Desa Songgom, Kecamatan Gekbrong, Cianjur
3. Suryadi (30), kernet truk, warga Kampung Salembora, Desa Cogrek, Kabupaten Tangerang
4. Asep Ardiansyah (29) warga Kampung Jambudipa, Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur
5. Asep Suhandi (35), sopir truk, warga Kampung Salembora, Desa Cogrek, Kabupaten Tangerang
6. Ade Irawan (29) warga Kampung Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur
7. Nuresela (19) warga Kampung Sukaratu, Kecamatan Gekbrong, Cianjur
8. Nova Susilawati (30) warga Kampung Jambudipa RT 02/09, Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur.

Sedangkan 10 korban tewas sudah dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan pada Sabtu sore. "Untuk korban tewas sudah dibawa semua oleh pihak keluarga," kata Asep.

Kecelakaan maut melibatkan lima kendaraan terjadi di Cianjur, Jawa Barat, pada Sabtu 30 Juli 2016 sekitar pukul 09.00 WIB. Dalam peristiwa mengerikan itu 10 orang tewas, dan delapan orang lainnya terluka.

Peristiwa tersebut berawal saat mobil truk bernopol B 9479 GDA melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Sukabumi menuju Cianjur. Saat tiba di lokasi kejadian tepatnya di Kampung Bangbayan, Desa Bangbayan, Kecamatan Gebrong, Kabupaten Cianjur, truk yang dikemudikan Asep Suhandi (35), mengalami rem blong sehingga hilang kendali.

Tabrakan pun tak terelakan. Truk tanpa muatan itu menabrak angkot nopol F 2989 YY, tanpa penumpang serta empat sepeda motor yang sedang melaju dari arah berlawanan.

Kecelakaan itu belum selesai. Truk masih melaju hingga menabrak dua orang penyeberang jalan. Setelah itu truk warna kuning keluar jalur dan baru berhenti setelah menabrak tiga bangunan, yaitu bengkel motor, depo isi ulang air mineral, dan warung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Ajak Remaja Berpikir Sebelum Posting di Internet

Posted: 31 Jul 2016 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap hari, lebih dari satu miliar orang mengakses Facebook untuk terhubung dengan orang-orang terdekatnya. Tak jarang, jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg cs ini digunakan untuk membagikan informasi dan mengekspresikan diri penggunanya.

Sayangnya, kadang pengguna mengunggah hal yang dirasa kurang pantas. Untuk itu, Facebook menggandeng Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) meluncurkan panduan 'Think Before You Share'.

Panduan ini memberikan tips cara aman saat berselancar di dunia maya, menghargai orang lain, serta mengetahui apa yang perlu dilakukan saat kamu tak nyaman dengan konten yang dibagikan orang lain. Panduan ini juga mengingatkan remaja untuk lebih berhati-hati terkait konten yang mereka unggah (posting) di Facebook.

Head of Economic Growth Initiatives APAC Facebook Clair Deevy menyebutkan, bagi remaja, internet menjadi tempat untuk berbagi apa saja. "Baik pemikiran, foto, atau video terbaru mereka unggah di Facebook. Kami poun berusaha untuk memastikan keamanan remaja," kata Deevy dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (1/8/2016).

Facebook kampanyekan 'Think Before You Share' untuk remaja (Sumber: Facebook)
Lebih lanjut, Deevy berkata, pihaknya ingin membantu remaja membuat keputusan tepat mengenai berbagi unggahan di dunia maya.

"Dengan panduan 'Think Before You Share', mereka memiliki apa yang dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal YCAB M. Farhan mengatakan, di YCAB, pihaknya berusaha mendapatkan informasi terbaru untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi kaum muda. Hal ini dirasa penting, agar para remaja memahami dan menyadari akibat dari perbuatan yang dilakukan saat online.

"Panduan Think Before You Share diharapkan dapat membantu remaja untuk membagikan sesuatu secara aman dan bertanggung jawab," ujarnya.

Sedangkan Founder of Sudah Dong Katyana Wardana menekankan, internet adalah platform yang berpengaruh sekaligus memiliki risiko nyata bagi remaha. Oleh karenanya, keamanan online menjadi tanggung jawab semua pihak.

Ingin tahu apa saja yang harus dipikirkan sebelum mengunggah sebuah konten di Facebook dan media sosial lain? Yuk cek di sini.

(Tin/Ysl)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Matt Damon Antar Jason Bourne ke Puncak Box Office

Posted: 31 Jul 2016 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles- Sembilan tahun sudah Matt Damon absen dari perannya sebagai agen rahasia yang mengalami amnesia. Tahun ini, ia kembali lewat film Jason Bourne, yang rilis pada 29 Juli lalu.

Jason Bourne (IMDb)

Ternyata, absennya sosok Matt Damon sebagai Jason Bourne selama sembilan tahun ini begitu ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Buktinya, film Jason Bourne langsung melesat ke puncak box office Amerika begitu dirilis.

Dilansir dari Huffington Post, Senin (1/8/2016), dalam minggu perdana penayangannya, Jason Bourne berhasil meraup pendapatan sebesar US$60 juta, atau sekitar Rp784,5 miliar.

Angka ini lebih tinggi sekitar 50 persen dibanding pendapatan The Bourne Legacy yang dibintangi Jeremmy Renner yang dirilis tahun 2012. Penonton memang tampaknya tak terlalu tertarik dengan spin off petualangan agen Aaron Cross yang diperankan oleh Renner. Pendapatan secara global juga turun sebesar US$150 juta dari raihan The Bourne Ultimatum, yang dibintangi Matt Damon pada 2007.

Sementara itu, Star Trek Beyond masih bertahan di posisi kedua boxoffice minggu ini dengan pendapatan sebesar US$24 juta. Jumlah uang yang diraup oleh film garapan Justin Lin ini, selisih tipis dengan Bad Moms di urutan ketiga dengan US$23,4 juta. 

Star Trek Beyond. (Screen Rant)

Minggu ini, akan menjadi waktu yang berat bagi Jason Bourne untuk mempertahankan posisi puncak box office. Pasalnya, tanggal 5 Agustus mendatang Suicide Squad yang lama ditunggu-tunggu penggemar akan segera rilis. Jadi, siapa yang akan memuncaki box office selanjutnya? Kita tunggu saja.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NASA Selidiki Asteroid Bennu yang Bisa Picu 'Bencana Global'

Posted: 31 Jul 2016 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Titusville - NASA berencana akan meluncurkan probe -- robot yang keluar dari orbit Bumi dan menjelajah angkasa luar -- untuk mempelajari asteroid yang berpotensi menghancurkan Bumi.

Asteroid bernama Bennu tersebut, melintasi orbit Bumi setiap enam tahun sekali dan jaraknya makin dekat semenjak ditemukan pada 1999. Pada 2135, diperkirakan Bennu akan melintas di antara Bulan dan Bumi.

Jarak tersebut dinilai sangat dekat dan gravitasi Bumi diyakini dapat mempengaruhi orbit Bennu.

Dikutip dari News.com.au, Senin (1/8/2016), asteroid itu berdiameter sekitar 487 meter dan mengelilingi Matahari dengan kecepatan rata-rata 101 ribu kilometer per jam.

Meski kemungkinan terjadinya tabrakan sangat kecil, jika hal tersebut terjadi maka akan menimbulkan dampak signifikan. Kekuatan hantaman Bennu setara dengan tiga miliar ton bahan peledak berkekuatan tinggi atau 200 kali kekuatan bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima.

"Dalam hal ukuran, Bennu dapat menyebabkan bencana global," kata Profesor Mark Bailey dari Armagh Observatory di Irlandia Utara.

NASA rencananya akan meluncurkan probe Osiris-Rex untuk mempelajari Bennu pada September mendatang.

Probe itu akan mengorbit Matahari selama setahun untuk membangun kekuatan sebelum ia kembali ke sekitar Bumi dan menggunakan gravitasi planet untuk menyelaraskan orbitnya dengan Bennu. Rencanannya Osiris-Rex dan asteroid itu akan bertemu pada Agustus 2018.

Osiris Rex akan diluncurkan pada September 2016 untuk mempelajari asteroid Bennu (Twitter/Dante Lauretta)

Osiris-Rex kemudian akan menghabiskan pemetaan asteroid selama setahun dan kemudian melayang di atas permukaannya untuk mengambil sejumlah puing sebelum kembali lagi ke Bumi.

Bagi para ilmuwan, kesempatan untuk memperoleh puing-puing Bennu yang mengandung karbon merupakan hal menarik.

"Bennu merupakan asteroid yang terdiri dari karbon, peninggalan kuno dari awal tata surya yang penuh dengan molekul organik," ujar Profesor ilmu planet di Arizona Univeristy, Dante Lauretta.

"Asteroid seperti Bennu mungkin telah menyemai Bumi dengan bahan ini, memberikan kontribusi untuk primodial soup (sup purba) di mana kehidupan muncul," jelasnya.

Tugas Osiris-Rex penting lainnya adalah mengukur kekuatan baru yang disebut dengan efek Yarkovsky di mana dapat membuat asteroid meluncur di sekitar tata surya dan berpotensi bergerak menuju Bumi.

Kekuatan ini membuat lintasan Bennu sulit untuk diprediksi, namun ilmuwan mengetahui bahwa posisinya telah bergeser sejauh 160 kilometer sejak tahun 1999.

"Kami perlu tahu segala hal tentang Bennu -- ukuran, massa, dan komposisi. Ini dapat menjadi data penting untuk generasi yang akan datang tambahnya," ujar Lauretta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS: Inflasi Juli Mencapai 0,69 Persen

Posted: 31 Jul 2016 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi Juli 2016 tercatat sebesar 0,69 persen. Adapun tingkat inflasi untuk tahun kalender (Januari-Juli) 2016 tercatat 1,76 persen.

Tingkat inflasi dari tahun ke tahun (Juli 2016 terhadap Juli 2015) sebesar 3,21 persen. Sementara komponen inti mengalami inflasi 0,34 persen. Kemudian tingkat inflasi komponen inti tahun ke tahun 3,49 persen.

Kepala BPS Suryamin menuturkan, dari 82 kota yang masuk survei, sebanyak 78 kota mengalami inflasi, 4 kota deflasi. Adapun inflasi tertinggi tercatat di Tanjung Pandan sebesar 2,34 persen.

Sementara inflasi terendah di Gorontalo sebesar 0,06 persen. Dan deflasi tertinggi sebesar 1,10 persen. "Inflasi Juli 2016 yang terendah sejak 5 tahun terakhir," jelas dia di Jakarta, Senin (1/8/2016).

Dia membeberkan, adapun penyumbang inflasi antara lain adalah, makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau  sebesar 0,54 persen. Kemudian bahan makanan 1,12 persen, sandang 0,44 persen, pendidikan rekreasi dan olahraga 0,51 persen.

Serta transportasi, komunikasi dan jasa keuangan 1,22 persen yang terpicu bulan puasa dan Lebaran. "Artinya Lebaran pada tanggal 6 Juli berarti 1-5 masih ada pengaruh arus mudik. Dan setelah 6-15 Juli arus balik," tutur Suryamin.

Ini sesuai prediksi ekonom. Momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran mengerek harga pangan maupun tarif transportasi secara signifikan sehingga mendorong kenaikan inflasi Juli 2016.

Ekonom sebelumnya memperkirakan inflasi Juli mencapai 0,9 persen atau lebih tinggi dibanding realisasi bulan sebelumnya sebesar 0,66 persen.

"Kita proyeksikan inflasi Juli ini sebesar 0,9 persen (MoM) dan 3,5 persen (YoY)," kata Ekonom Bank Central Asia (BCA), David Sumual saat dihubungi Liputan6.com.

Menurut David, penyebab utama tingginya inflasi bulan ketujuh ini karena andil inflasi makanan dan transportasi yang membumbung tinggi akibat pengaruh musim Lebaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Ahok Jika Risma Ikut Pilkada DKI Jakarta

Posted: 31 Jul 2016 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok turut senang jika Tri Rismaharini dapat mengikuti kontestasi Pilkada DKI Jakarta. Sebab, masyarakat Jakarta akan diuntungkan apabila memiliki banyak cagub berkualitas.

"Saya selalu sampaikan memang Jakarta harus jadi titik semua kepala daerah yang dianggap berhasil untuk di sini, ya kan?" kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Apalagi, ujar Ahok, Risma tidak pernah dengan tegas menolak untuk diajukan sebagai calon gubernur DKI Jakarta oleh PDIP.

"Seingat saya Bu Risma pernah ngomong, 'coba nanti dicek ya, kan Surabaya lebih besar dari pada Solo. Wali Kota Solo (Jokowi) bisa jadi Presiden, masa Wali Kota Surabaya enggak bisa'?" ujar Ahok menirukan ucapan Risma.

Dengan banyaknya calon gubernur yang berpengalaman, kata Ahok, nantinya masyarakat Jakarta akan membandingkan hasil kerja para cagub itu di daerah yang pernah dia pimpin.

"Misal kamu bicara tentang membangun taman, terus kamu bandingkan nanti kan. Taman di daerah yang kamu bangun seperti apa, yang dibangun dari kami seperti apa. Kamu bangunnya butuh berapa tahun? Mungkin 15 tahun, 5 tahun, di sini berapa tahun," tutur Ahok.

Selain itu, Ahok melanjutkan, adanya media sosial akan menambah persaingan semakin seru. Sebab semua orang dapat melihat kinerjanya.

"Nanti masyarakat akan bandingkan, karena ini zaman sosial media begitu cepat. Jakarta langsung dikorek nih koreng-korengnya semua nih, jadi orang enggak boleh mengeluh. Ini menarik, jadi kalau kamu dari daerah lain, datang, lawan politik kamu juga akan membongkar borok kamu. Pasti dong, dia akan bongkar borok kamu, mengatakan kamu begini, begini. Jadi ini menarik," tutur Ahok.

Selain itu, Ahok juga berharap persaingan memperebutkan kursi DKI 1 tidak membawa-bawa isu SARA.

"Demokrasi yang kami harapkan, semua orang milih orang berdasarkan meritokrasi, bukan warna kulit," pungkas Ahok.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Enam Wujud Benda Modern Ketika Pertama Kali Diciptakan

Posted: 31 Jul 2016 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Teknologi diciptakan mulai dari satu fungsi saja hingga sekarang dapat menjadi benda multifungsi. Seperti handphone, dulu handphone hanya digunakan untuk bertelepon saja, sekarang ini sudah dapat digunakan untuk internetan, mengambil gambar, dan hal lainnya.



Benda-benda modern sekarang dulunya juga tidak memiliki bentuk yang praktis. Benda-benda ini masih berbentuk besar dan sekarang diinovasikan menjadi lebih praktis dan mudah dibawa. Penasaran dengan benda modern saat ini ketika pertama kali diciptakan?

Inilah wujud benda modern ketika pertama kali diciptakan:

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi: Duduk 8 Jam Saat Kerja Bisa Sebabkan 'Kematian Sia-Sia'

Posted: 31 Jul 2016 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Cambridge - Gaya hidup duduk berkepanjangan dalam lingkungan pekerjaan rutin, masuk pukul 09.00 pagi dan pulang pukul 17.00 sore, ditengarai menjadi pemicu pandemi kurang gerak yang menyebabkan 90.000 kematian sia-sia. Demikian diperingatkan oleh para pakar.

Menurut para pakar tersebut, orang yang duduk selama 8 jam sehari harus melakukan olahraga setidaknya selama 1 jam sehari untuk menawar dampak buruk itu.

Menurut data, 1 juta orang dewasa dari 16 penelitian seluruh dunia, termasuk di Inggris, AS, Kanada, dan Australia, terungkap bahwa orang dewasa yang duduk terus-menerus selama 8 jam sehari berkemungkinan 59 persen untuk meninggal dalam 20 tahun ke depan. Angka kemungkinan ini lebih tinggi daripada yang duduk diam kurang dari 4 jam sehari.

Anjuran penelitian ini bahkan lebih ketat daripada badan kesehatan dunia, WHO, yang menganjurkan olahraga sedang selama 30 menit setiap hari, sebanyak 5 hari dalam seminggu.

Dikutip dari Daily Mail, Senin (1/8/2016), olahraga tersebut misalnya dalam bentuk jalan ringan atau sepeda statis. Olahraga dapat mengurangi risiko kematian hingga 60 persen, demikian menurut penelitian Cambridge University.

Namun jika tidak bisa melakukan dalam 1 jam, kegiatan ringan seperti pergi ke mesin pencetak atau fotokopi dan berjalan untuk membuat kopi dapat membantu.

Penelitian selama 20 tahun tersebut didasarkan kepada data lebih dari 1 juta orang. Kebiasaan tidak aktif ditaksir mendatangkan kerugian tahunan sekitar 1,7 miliar pound sterling (Rp 29,5 triliun) bagi ekonomi Inggris.

Kebiasaan tersebut juga secara langsung bertanggung jawab pada 1 di antara 6 kematian setiap tahun. Ini setara dengan sekitar 90.000 kematian setiap tahun, melalui sakit jantung, stroke, kanker, diabetes tipe 2, dan pikun.

Menurut para pakar, kurang gerak perlahan-lahan mengurangi kemampuan tubuh untuk melakukan tugas harian yang hakiki, misalnya kapasitas paru-paru, yaitu banyaknya udara yang dapat kita hirup. Demikian juga dengan peredaran darah kaya oksigen ke organ-organ tubuh, pencernaan, dan peluruhan gula tubuh.

Seiring berjalannya waktu, semua itu mendatangkan berbagai masalah kesehatan, termasuk artritis.

Penelitian yang sudah diterbitkan di jurnal Lancet tersebut juga memperkirakan 37 persen kaum dewasa Inggris hampir tidak aktif seluruhnya. Artinya, mereka meluangkan waktu untuk berjalan kurang dari 30 menit setiap hari.

Anjuran penelitian bahkan lebih ketat daripada anjuran WHO, yang menganjurkan olah raga sedang selama 30 menit tiap hari, 5 hari seminggu. (Sumber globalcool.org)

Selain gaya hidup yang duduk diam di kantor, rata-rata pria dan wanita meluangkan waktu 3 jam menonton televisi ketika sedang berada di rumah. Penelitian itu juga menyebutkan bahwa kurang gerak itu merenggut nyawa sama banyaknya dengan merokok dan bahkan lebih mematikan daripada obesitas.

Profesor Ulf Ekelund, pemimpin peneliti Cambridge University, mengatakan, "Bagi banyak orang yang berperjalanan jauh dan memiliki pekerjaan kantoran, tidak mudah menghindari duduk untuk waktu yang lama."

"Untuk orang-orang itu, kami menekankan pentingnya melakukan olahraga, entah jalan ke luar untuk makan siang, berlari di pagi hari atau bersepeda ke tempat kerja."

"Ada kekhawatiran tentang risiko kesehatan berkaitan dengan gaya hidup kurang gerak di masa kini. Kegiatan fisik selama 60-75 menit memang ideal. Sekiranya tidak mungkin, sempatkanlah sedikit olahraga agar membantu mengurangi risiko."

"Istirahatlah 5 menit setiap 1 jam kerja. Pergi ke kantor sebelah, gunakan tangga ke mesin kopi, ke ruang cetak, atau apa pun, tapi istirahatlah. Biasakan kegiatan jasmani di seputar kehidupan sehari-hari."

Para peneliti tersebut memperkirakan bahwa kebiasaan kurang aktif itu bertanggung jawab terhadap 5,3 juta kematian setiap tahun, angka yang setara dengan kematian akibat merokok.

Mereka berpendapat bahwa kebiasaan itu bahkan lebih berbahaya karena semakin banyak orang dewasa dan anak-anak yang kurang aktif dibandingkan angka mereka yang merokok.

Dr Pedro Hallal dari Universidade Federale de Pelotas in Pelotas, Brasil selatan, mengatakan, "Kurang gerak merupakan risiko nomor satu bagi penyakit-penyakit tak menular, misalnya penyakit jantung koroner, kanker, dan stroke."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belanja Iklan TV Capai Rp 49,2 Triliun pada Semester I 2016

Posted: 31 Jul 2016 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Industri periklanan di televisi nasional tak terpengaruh perlambatan ekonomi dan penurunan daya beli masyarakat. Pada Semester I 2016, Adstensity, sebuah aplikasi riset mengenai iklan televisi yang dibesut PT Sigi Kaca Pariwara, mencatat total belanja iklan untuk 13 stasiun televisi nasional mencapai Rp 49,2 triliun. Pendapatan ini naik 49 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang tercatat Rp 32,9 triliun.

Mengutip catatan Adstensity, Senin (1/8/2016), RCTI masih menunjukkan keperkasaannya dengan berhasil mendulang pendapatan kotor dari iklan sebesar Rp 7,4 triliun pada Semester I ini. Raihan RCTI meningkat dibanding periode tahun lalu yakni Rp 4,7 triliun.

Di posisi kedua masih ditempati SCTV yang pada semester ini mencapai Rp 6,7 triliun, meningkat dibanding semester I tahun lalu yakni sebesar Rp 4,7 triliun.

Peningkatan pendapatan kotor juga dialami oleh MNCTV. Stasiun televisi ini memperoleh pendapatan Rp 5,5 triliun, meningkat ketimbang periode yang sama tahun lalu yakni terbilang Rp 3,843 triliun.

Sementara TVRI masih terseok-seok di urutan paling buncit dengan raihan Rp 31,3 milliar. Tapi itu pun masih mending dibanding tahun lalu yang hanya mencapai Rp 12 miliar.

Ramadan, Sepakbola, dan Musik Religi

Selama bulan Ramadan berlangsung atau selama Juni 2016 belanja kotor iklan di 13 televisi nasional juga mengalami kenaikan. Pada Ramadan tahun ini belanja iklan bisa menembus hingga Rp 9,9 triliun atau naik dibandingkan tahun lalu dengan capaianRp 7 triliun.

Dari pencapaian Rp 9,9 triliun itu, lagi-lagi, RCTI berhasil meraup kue iklan sebesar Rp 1,6 triliun atau sekitar 16 persen. Perolehan inipun meningkat bila merujuk Ramadan tahun lalu di mana RCTI hanya meraih Rp 1 triliun.

Peningkatan pendapatan RCTI ini kemungkinan berkaitan dengan momentum Euro 2016 yang bertepatan dengan momentum Ramadan. Dari Euro ini, Rp 312 miliar masuk ke rekening stasiun tv tersebut.

Kendati demikian dari sisi pendapatan program acara, Euro 2016 di RCTI masih kalah dibanding dengan Q'Academy Indosiar, sebuah program pencarian bakat islami dengan genre handroh atau sholawat iiringi musik islami.

Pencapaiannya menembus Rp353 miliar. Hal ini terkait dengan jam tayang Q'Academy yang berada di jam prime time sementara Euro 2016 berada di jam-jam kantuk dini hari sampai menjelang subuh.

Lalu, brand apa yang paling boros belanja iklannya selama Ramadan?

Selama Ramadan 1437 H ini Walls tercatat paling boros belanja iklannya hingga Rp 266,5 miliar. Sementara di posisi kedua ada Djarum dengan cost iklan Rp 259 miliar. Djarum tercatat memanfaatkan betul momentum Euro 2016 untuk menguasai ruang iklan televisi selama Ramadan.

Data brand dengan spending terbesar ini berbeda dengan tahun lalu di mana brand Marjan (Marjan Melon dan Marjan Coco Pandan) mencapai Rp 428,190 milliar. Sementara pada tahun ini Marjan tercatat mengalami penurunan spending iklan yakni hanya Rp 230,7 miliar atau berada di posisi ketiga. (Gdn/Nrm)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Kesalahan Berulangkali, Hakim Garis Dihukum 18 Pertandingan

Posted: 31 Jul 2016 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Sarajevo - Pemandangan yang memalukan terjadi dalam pertandingan Liga Premier Bosnia pada Sabtu (30/7/2016) antara Zeljeznicar melawan Olimpic Sarajevo. Salah satu hakim garis dalam laga tersebut berulangkali membuat kesalahan.

Kedua tim mengirimkan kepada otoritas sepak bola Bosnia terkait tidak kompetennya hakim garis yang bertugas dalam pertandingan tersebut. Saat laga berlangsung, Milicevic memang menjadi pusat perhatian setelah sejumlah keputusannya yang buruk sehingga menganggu jalannya permainan.

 

Seperti dilansir Goal, kesalahan-kesalahan itu membuat sang hakim garis yang diketahui bernama Ljubo Milicevic harus menerima sanksi. Otoritas sepak bola Bosnia langsung mengambil keputusan sangat tegas kepada Milicevic.

Tak tanggung-tanggung, Milicevic dilarang otoritas sepak bola Bosnia untuk menjadi ofisial pertandingan selama 18 pertandingan. Artinya, hingga musim kompetisi Liga Premier Bosnia berakhir, ia tidak akan lagi menjadi hakim garis.

Hukuman tersebut diharapkan bisa membuat Milicevic tidak mengulangi kesalahannya lagi di masa depan. Baru musim depan dia akan kembali diberi kesempatan untuk bertugas sebagai hakim garis lagi.

Akan tetapi, kembalinya Milicevic sebagai hakim garis kemungkinan akan dimulai dari kompetisi di kasta yang lebih rendah. Setelah itu, otoritas sepak bola Bosnia baru mengizinkan dia bertuga lagi di kompetisi Liga Premier Bosnia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selebrasi Konyol, Daniel Ricciardo Minum Sampanye dengan Sepatunya

Posted: 31 Jul 2016 09:09 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ENAM PLUS: Postingan Meresahkan dari Oknum PNS Brebes

Posted: 31 Jul 2016 09:07 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eksekusi Mati di Antara Misteri Curhatan Freddy Budiman

Posted: 31 Jul 2016 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Eksekusi mati jilid III menyisakan misteri. Munculnya curahan hati (curhat) salah satu terpidana mati, Freddy Budiman yang ditulis Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), Haris Azhar, mengagetkan sejumlah pihak.

Haris menuliskan pertemuannya dengan Freddy Budiman pada 2014 di laman media sosialnya. Pada tulisan tersebut, kepada Haris, Freddy mengaku menyetor sejumlah uang kepada aparat polisi dan BNN.

Pimpinan Kepolisian dan BNN pun tidak mau percaya begitu saja dengan ucapan Haris.

Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian, tidak menampik adanya kemungkinan pengakuan Freddy benar. Namun, Polri tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah.

"Bisa saja terjadi, kita akan dalami. Tapi bisa saja jadi alasan yang bersangkutan untuk menunda eksekusi, supaya ramai jadi tunda eksekusi," kata Tito di kantornya, Jakarta, Jumat 29 Juli 2016.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso tidak akan main-main dalam permasalahan ini. Dia tak ragu memberi sanksi tegas kepada pegawainya yang terbukti terlibat membantu bisnis narkoba Freddy.

"Jika terbukti, oknum BNN membantu Freddy Budiman dalam melancarkan bisnis narkobanya maka BNN akan memberikan sanksi tegas dan keras sesuai dengan aturan hukum yang berlaku," ujar Buwas melalui press release yang diterima Liputan6.com, Minggu 31 Juli 2016.

Namun, sulit untuk membuktikan pengakuan Haris tersebut. Terlebih, Freddy telah menghadap regu tembak di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat lalu.

Kejaksaan Agung mengeksekusi empat terpidana mati pada Jumat 29 Juli 2016 dinihari. Namun, eksekusi 10 terpidana mati lainnya ditunda. Belum tahu kapan Kejaksaan Agung akan mengeksekusi mereka.

"Saya belum bisa pastikan tahun ini atau tahun depan," ucap Prasetyo di kantornya, Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Menurut dia, Kejaksaan Agung sudah mengkaji, baik dari faktor yuridis maupun nonyuridis, sebelum menunda eksekusi 10 terpidana tersebut. Namun, dia tidak memperinci alasan yuridis dan nonyuridisnya.

Mantan Presiden Indonesia BJ Habibie sempat menyurati Presiden Jokowi, untuk menunda salah satu terpidana mati, Zulfiqar Ali.

"Jampidum melaporkan, setelah dilakukan pembahasan dengan segala unsur (di Cilacap), ternyata empat orang yang perlu dieksekusi dinihari tadi. Sementara 10 lainnya akan ditentukan kemudian," tegas Prasetyo.

Pada laman resmi Kontras, lembaga swadaya masyarakat itu mengecam tindakan pemerintah Indonesia yang mengeksekusi mati terpidana kasus narkoba. Mereka menilai ada aturan hukum dan HAM yang dilanggar oleh Kejaksaan Agung. Salah satunya, pelanggaran Pasal 6 Ayat (1) UU Nomor 2/PNPS/1964 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pidana Mati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Purwakarta Ancam Rampas Motor Pelajar Bandel

Posted: 31 Jul 2016 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Purwakarta - Pasca-insiden tabrakan enam anak SD, Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, menggandeng kepolisian untuk merazia pelajar yang tetap bandel mengendarai sepeda motor.

Hal itu dilaksanakan pasca-insiden tabrakan yang menimpa enam siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Sukajaya, Desa Sukajaya, Kecamatan Sukatani, di Jalan Purwakarta - Bandung dan merenggut satu korban jiwa. Penabrak adalah pelajar SMK yang baru berusia 16 tahun.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang geram langsung memerintahkan sekolah bersangkutan mengeluarkan siswa tersebut dari sekolah. Ia beralasan, anak tersebut telah melanggar Peraturan Bupati tentang pendidikan berkarakter yang salah satunya memuat larangan pelajar dan anak di bawah umur mengendarai sepeda motor.

Larangan tersebut sudah berlaku sejak setahun lalu. Meski begitu, Dedi mengaku jika selama ini masih banyak pelajar yang mengendarai kendaraan bermotor ke sekolah.

"Kita akan menyisir sekolah-sekolah. Karena, sepertinya masih banyak sekolah yang membiarkan siswanya membawa kendaraan bermotor ke sekolah," kata Dedi, Minggu, 31 Juli 2016.

Dedi juga telah meminta secara tegas kepada seluruh jajarannya di tingkat bawah, dari mulai RT dan Kepala Desa, untuk menggiatkan razia ke rumah-rumah warga dekat sekolah yang diduga menjadi tempat penyimpanan motor pelajar.

"Kalau di rumah warga itu ada motor milik pelajar akan kami rampas. Si pemilik motor dan pemilik penitipannya akan kami beri sanksi. Salah satunya, subsidi yang selama ini mereka dapat dari pemerintah akan dicabut. Misalnya, subsidi kesehatan dan pendidikan," ucap Dedi.

Gencarkan Sosialisasi

Dedi menyatakan para pelajar yang masih bandel akan mendapatkan sanksi tegas hingga dikeluarkan dari sekolah bagi pelajar yang melanggar. Ia juga mengancam akan mencabut subsidi pemerintah bagi para pelanggar aturan.

"Dengan begitu, kalau mereka kecelakaan dari motor maka segala pembiayaan di rumah sakitnya tidak akan gratis lagi. Karena pemerintah tak akan membiayainya. Jadi, subsidi kesehatan yang bisa mereka dapat, dihilangkan," jelas Dedi.

Dedi menerangkan, kebijakan yang tertuang dalam Perbup itu semata-mata untuk meminimalkan pelanggaran dan kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur. Pihaknya juga meminta orangtua turut berperan aktif.

"Kami juga meminta kepada para orangtua, supaya tak terlalu memanjakan anak-anak dengan yang berbau konsumtif. Apalagi, kegiatan seperti ini sangat membahayakan," imbuh Dedi.

Pihak Kepolisian Resor Purwakarta menerangkan selain razia, jajarannya akan menggelar sosialisasi aktif kepada orangtua yang membiarkan anaknya membawa kendaraan bermotor. Pihaknya tidak akan segan mengambil tindakan jika sosialisasi persuasif yang dilakukannya tidak diindahkan.

"Kita akan mulai ke sekolah-sekolah, mengumpulkan para orangtua dan berbicara kepada mereka dari hati ke hati. Ini penting untuk keselamatan anak-anak mereka juga. Kalau terus membandel, ya berarti kami harus bertindak tegas," ujar Kapolres Purwakarta,  AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Lebih Miring, Ini Waktu Terbaik Liburan ke Queensland

Posted: 31 Jul 2016 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda mendambakan tempat liburan yang kosmopolis tetapi tetap dekat dengan alam, Queensland bisa menjadi salah satu pilihan. Lantas, kapan waktu terbaik untuk pergi ke wilayah bersemboyan where Australia shines tersebut?

Direktur International Asia Selatan/Tenggara Tourism and Events Queensland Lim Mui Khim mengatakan, waktu terbaik untuk pergi ke Queensland adalah saat musim dingin. Mengapa?

"Musim dingin di Queensland sebenarnya tidak terlalu dingin hanya sekitar 8 derajat Celcius saja sehingga cocok untuk tetap berjalan-jalan. Kadang kalau terlalu dingin kan tidak enak," kata Khim di Jakarta, Rabu (27/8/2016).

Saat musim dingin, kebanyakan wisatawan domestik justru tidak banyak berwisata. Sehingga hotel atau tempat wisatanya biasanya lebih sepi. Harganya pun menjadi lebih miring.

"Saat winter, wisatawan domestik akan mencari tempat yang lebih hangat. Sehingga justru jarang yang ke Queensland, ini low seasonnya bagi wisatawan domestik," ujar Khim.

Di sisi lain, jika Anda terbiasa dengan sinar matahari yang terik, merasakan musim dingin tentu menjadi kemewahan tersendiri. Apalagi jika musim dinginnya tidak terlalu dingin, sehingga Anda masih bisa berjalan-jalan dengan pakaian yang tidak terlalu tebal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mike Mohede Meninggal, Impian Hedi Yunus Kandas

Posted: 31 Jul 2016 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Industri musik Tanah Air tengah berduka. Salah satu penyanyi terbaiknya, Mike Mohede, meninggal dunia pada Minggu (31/7/2016) akibat serangan jantung.

Ucapan duka terus mengalir dari para kerabat dan rekan sesama artis. Mereka masih tidak percaya, Mike Mohede yang selama ini dikenal ceria itu telah pergi untuk selama-lamanya.

 Hedi Yunus kehilangan Mike Mohede [foto: instagram]

Satu di antara mereka ialah Hedi Yunus. Vokalis grup musik Kahitna itu merasa sangat kehilangan Mike Mohede.

"Baru selesai nyanyi barusan, tiba2 dpt kabar @mikemohede meninggal, ya Allaahh....kehilangan bgt penyanyi bersuara dahsyat & pribadi yang luar biasa baiknya, humble, sangat kehilangan..," ungkap Hedi Yunus di Instagramnya sesaat setelah mendapat kabar wafatnya Mike Mohede.

Meski usianya jauh lebih tua, Hedi Yunus tidak segan mengakui bahwa dirinya mengidolakan Mike. Bahkan pria 47 tahun itu bermimpi suatu saat bisa berduet dengan mendiang Mike Mohede.

Sayangnya, impian itu harus dikubur selamanya bersamaan dengan kepergian pelantun "Semua Untuk Cinta" itu.

"Akhir2 ini saya sering menyebut namanya krn cita2 bgt bisa duet rekaman sama Mike, dan sekarang cita2 itu saya harus saya kubur. RIP Mike Mohede," sesal Hedi Yunus.

 Hedi Yunus [foto: instagram]

Sebelum meninggal, Mike Mohede diketahui sempat bermain PlayStation (PS), dan setelahnya meminta izin untuk tidur siang. Rupanya Mike sudah tidak sadarkan diri. Dokter pun menyatakan Mika sudah meninggal saat perjalanan ke RS Premiere Bintaro, Tangerang Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Kematian Mendadak pada Kaum Muda dan Gejalanya

Posted: 31 Jul 2016 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kematian mendadak pada mereka yang berusia di bawah 35 tahun seringkali karena cacat jantung yang tersembunyi atau kelainan jantung yang diabaikan. Ketika hal ini terjadi, biasanya aktivitas fisik sedang dilakukan. Namun, apa yang menyebabkan kematian jantung mendadak pada kaum muda?

Penyebab kematian jantung mendadak pada kaum muda bervariasi. Biasanya hal ini disebabkan karena irama jantung yang abnormal, dikenal sebagai fibrilasi ventrikel.

Dilansir dari Mayoclinic, Senin (1/8/2016), berikut adalah beberapa penyebab spesifik kematian jantung mendadak pada kaum muda, yang meliputi:

1. Kardiomiopati hipertrofik (HCM)

Adalah penyakit di mana otot jantung (miokardium) menjadi tebal secara tidak normal, sehingga menyulitkan jantung untuk memompa darah.

Walaupun biasanya tidak fatal bagi kebanyakan orang, ini adalah penyebab paling umum kematian mendadak yang berhubungan dengan jantung pada orang di bawah 30 tahun. Selain itu kardiomiopati hipertrofik merupakan penyebab kematian mendadak paling umum pada atlet. HCM seringkali tidak terdeteksi.

2. Kelainan arteri koroner

Terkadang seseorang dilahirkan dengan arteri jantung yang tidak normal. Arteri dapat tertekan selama olahraga dan tidak memberikan aliran darah yang seharusnya ke jantung.

3. Sindrom long QT

Merupakan gangguan irama jantung yang diwariskan turun temurun. Long QT syndrome dapat menyebabkan irama jantung menjadi cepat dan detak jantung yang kacau, sehingga dapat membuat Anda jatuh pingsan serta mengancam jiwa.

Dalam beberapa kasus, irama jantung yang abnormal tersebut dapat menyebabkan kematian mendadak, termasuk orang-orang muda yang memilikinya. Namun, ada beberapa penyebab lain kematian jantung mendadak pada kaum muda, seperti:

1. Kelainan struktural jantung, seperti penyakit jantung bawaan dan kelainan otot jantung.
2. Radang otot jantung yang dapat disebabkan oleh virus dan penyakit lainnya.
3. Sindrom Brugada, yaitu kelainan dari sistem listrik jantung.
4. Commotio cordis, yaitu pukulan tumpul di dada saat berolahraga. Pukulan ini dapat memicu fibrilasi ventrikel jika pukulan tersebut menyerang pada waktu yang salah saat siklus listrik jantung.

Seringkali kematian terjadi tanpa peringatan. Namun untuk mengetahui tanda-tanda pada kaum muda yang berisiko tinggi mengalaminya, ada beberapa gejala yang bisa dilihat seperti:

1. Pingsan yang tidak bisa dijelaskan (sinkop)

Pingsan tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan saat aktivitas fisik dilakukan, bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dengan jantung Anda.

2. Riwayat keluarga yang mengalami kematian jantung mendadak

Adanya riwayat di keluarga yang meninggal sebelum usia 50 tahun, menjadi salah satu tandanya. Hal ini jelas bukan gejala fisik seperti pingsan, namun kematian seperti ini harus Anda perhatikan, serta bicarakan dengan dokter Anda mengenai tes screening.

3. Sesak napas atau nyeri di dada

Hal ini juga bisa menjadi tanda bahwa Anda berisiko mengalaminya. Namun gejala ini tidak umum karena bisa saja merupakan gejala dari masalah kesehatan lainnya seperti asma.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasar Menanti Sinyal Langkah Kebijakan The Fed

Posted: 31 Jul 2016 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Bali - Sejumlah ekonom dan analis mengharapkan pertemuan Executive's Meeting of Asia Pacific Central Banks (EMEAP) Governor's Meeting 2016 dapat memberikan sinyal bagaimana kebijakan bank sentral menghadapi risiko dan perkembangan ekonomi global. Kebijakan bank sentral Amerika Serikat atau the Federal Reserve pun masih menjadi fokus pasar.

Ekonom PT Mandiri Sekuritas Leo Putra Rinaldy menuturkan kalau perkembangan ekonomi global telah berubah. Bila sebelum 2014, pertumbuhan ekonomi global dimotori negara berkembang dan China sehingga berdampak ke harga komoditas. Di saat sama ekonomi negara maju stagnan usaha krisis subprime mortgage.

Kemudian struktur ekonomi global pun berubah pada 2014. Negara-negara berkembang melambat yang didorong perlambatan ekonomi China. "China tumbuh single digit. Commodity boom tidak ada, Brazil alami resesi," kata Leo, seperti ditulis Senin (1/8/2016).

Leo menambahkan, kini motor ekonomi global didorong negara maju. Ekonomi Amerika Serikat (AS) sudah pulih namun Leo mengingatkan pertumbuhan ekonomi negara maju belum akan tumbuh signifikan. 

Leo memandang, hal itu sebagai fokus kebijakan bank sentral apalagi negara maju juga hadapi tekanan fiskal dan inflasi rendah. "Pertumbuhan ekonomi negara maju hanya 2-3 persen. Ini tantangan buat kebijakan terutama bank sentral. Mulai ada dinamika lagi masuk sekarang monetary divergence sekarang tidak sama terutama di negara maju," jelas dia.

Ia pun menuturkan, pasar juga akan melihat bagaimana kebijakan moneter bank sentral Amerika Serikat atau the Federal Reserve ke depan. Hal itu menjadi tantangan bank sentral negara berkembang menghadapi situasi  kenaikan suku bunga the Fed dan juga memacu pertumbuhan ekonomi.

Hal senada dikatakan Kepala Riset PT NH Korindo Securities Reza Priyambada. Ia menuturkan ekonomi global sedang menuju pemulihan. Karena itu butuh peran bank sentral di setiap negara untuk mewujudkan pemulihan ekonomi global.

"Lewat pertemuan ini ingin tahu bagaimana para bank sentral mengambil kebijakannya. Kami tunggu bagaimana kebijakan tiga bank sentral antara lain normalisasi suku bunga the Fed, bank sentral Jepang kucurkan stimulus moneter mekanismenya seperti, dan bank sentral Tiongkok," jelas Reza.

Sedangkan Ekonom PT Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, pihaknya juga memperhatikan kebijakan bank sentral India. "Komentar dari gubernur bank sentral India Raghuram Rajan mewakili bank sentral India," kata dia.(Ahm/Nrm)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Sembarang Akik, Ini Batunya Para Jawara Betawi

Posted: 31 Jul 2016 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meski tidak seramai beberapa waktu lalu, batu akik tetap diminati beberapa komunitas pencinta batu. Salah satunya mereka yang hobi mengoleksi batu akik yang menjadi kebanggaan masyarakat Betawi, batu akik pandan.

Potongan batu ini sedikit berbeda dengan batu akik kebanyakan, besar dan oval. Sebagian masyarakat Betawi menyebut batu ini adalah batunya para jawara. Ada secuil cerita mengapa batu tersebut identik dengan para jawara dari Betawi.

"Para jawara dulu selalu pakai batu akik pandan ini untuk tempur. Jadinya kebawa sama kita sampai sekarang. Kalau pakai juga jadi kayak jawara," kata Fandi Lesmana Pendel (33), salah satu anggota Komunitas Akik Pandan (Kompac), saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu, 30 Juli 2016, di sela Festival Condet 2016.

Tidak hanya satu. Mereka yang mengenakan akik pandan, kata Fendel, biasanya menggunakan lebih dari satu. Bahkan, ada yang hingga lima sekaligus hingga menutupi jari-jemari mereka. Menurut Fandi, alasan ukuran akik dipotong besar adalah karena faktor kebanggaan dan percaya diri.

Batu Akik Pandan khas Betawi yang identik dengan para jawara (Liputan6.com/Winda Prisilia).

"Ada rasa bangga kita pakai ini, karena ini kan salah satu kebanggaan kita sebagai warga Betawi. Besarnya batu itu untuk menarik perhatian dan animo masyarakat luas terhadap akik pandan," kata Fandi.

Sekilas, akik pandan ini berbentuk perisai atau pelindung yang terdapat di dalam batu. Fungsi dari serat lindung ini bisa dijadikan sebagai pengumpul cahaya.

Hingga saat ini, sudah banyak kategorisasi jenis batu akik pandan. Penamaan jenis batu akik pandan didasarkan oleh warna batu.

Beberapa kategori di antaranya batu akik pandan kapas, batu akik pandan merah, batu akik pandan sule, batu akik pandan rudal, batu akik pandan oli, batu akik pandan babon, batu akik pandan nanas, batu akik pandan kapas, batu akik pandan sutra, batu akik pamdan lumut semu, dan batu akik pandan lumut semu.

Fandi mengatakan, ada tiga versi asal-usul penamaan akik pandan. Pertama, dilihat dari bentuk batu akik pandan yang lonjong (oval) layaknya daun pandan sesungguhnya. Kedua, dilihat dari warna batu akik pandan yang hijau kekeruhan.

"Dan yang ketiga, diadopsi dari bahasa Belanda, pendant, yang berarti liontin," kata Fandi.

Fandi punya impian, batu akik pandan ini tidak sekedar menjadi kebanggaan masyarakat Betawi sekaligus juga menjadi batu mulia yang dapat menembus kelas internasional. (Winda Prisilia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Partai Pendukung Ahok Terus Melobi PDIP untuk Pilkada DKI

Posted: 31 Jul 2016 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tak ingin tergesa-gesa membahas Pilkada DKI 2017. Apalagi yang berkaitan dengan dukungan PDIP. Sebab saat ini ketiga partai pendukungnya yaitu Golkar, Hanura dan Nasdem masih terus berkomunikasi dengan partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu.

"Enggak usah ngomongin pilkada deh. Pendaftarannya kan September, jadi enggak usah buru-buru lah saya pikir. Yang pasti komunikasi kami dengan 3 parpol dengan PDIP baik," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin (1/8/2016).

Ahok juga belum mengetahui siapa yang bakal dipilih partai pendukungnya untuk menjadi bakal calon wakil gubernur. Ahok juga tak mengusahakan agar Djarot Saiful Hidayat tetap berpasangan dengannya.

"Enggak (berusaha berpasangan dengan Djarot) saya kira kita komunikasi baik saja. Kita bukan mengusahakan atau apa. Posisi sekarang kita bicara dengan 3 parpol, dengan PDIP, ya saya enggak mau pusingin lah, jalan aja. Saya putusin kerja," tegas Ahok.

Selain itu, menurut Mantan Bupati Belitung Timur itu, hari ini Partai Hanura akan bertemu PDIP untuk kembali membicarakan soal pilkada.

"Iya makanya masing-masing kita ada komunikasi baik, tapi enggak tahu. Yang pasti 3 parpol kan sudah komitmen mendukung saya tanpa macam-macam. Pamrihnya cuma satu, saya bangun Jakarta. Ya sudah dia kerja saja," pungkas Ahok.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NEWS FLASH: Gempa 5,6 SR, Warga Dompu Panik dan Berhamburan Keluar Rumah

Posted: 31 Jul 2016 08:17 PM PDT

NEWS FLAS: Masalah Operasional Penyebab Lion Air Terlambat Hingga 12 Jam

Posted: 31 Jul 2016 08:05 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Masih Buka Peluang untuk Ahok, Asalkan...

Posted: 31 Jul 2016 07:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PDIP masih membuka peluang kepada siapa pun yang ingin menunggang banteng moncong putih itu dalam Pilkada DKI 2017. Termasuk, kepada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ketua DPP PDIP Andreas Pareira memastikan hal tersebut.

"Kepada siapa saja (termasuk Ahok), sebenarnya ada pada Pak Ahok sendiri mau atau tidak," kata Andreas saat dihubungi Liputan6.com, di Jakarta, Senin (1/8/2016).

Namun, dia menyatakan, siapa pun yang ingin diusung PDIP menjadi calon pemimpin daerah harus mengikuti mekanisme partai tersebut.

"Siapa pun ya harus mengikuti mekanisme partai. Untuk apa kita bangun organisasi jika harus mengikuti keinginan orang per orang. Untuk Ahok juga tahu itu kok. Kalau kita harus ikutin keinginan orang per orang, apa kata calon lain di Sumatera, Kalimantan dan di daerah," ucap Andreas.

Dia menambahkan, partai besutan presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri itu belum memutuskan akan mengumumkan calon yang diusung pada Pilkada DKI Jakarta.

"Kalau itu belum ada keputusan ya, belum tahu," tandas Andreas.

Sebelumnya, beberapa kalangan menyarankan Ahok tidak mengikuti bursa bakal calon Gubernur DKI Jakarta dari PDIP. Alasannya, Ahok dianggap memiliki daya tawar yang lebih besar terkait Pilkada DKI Jakarta 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ENAM PLUS - Artis Dan Musikus Datangi Rumah Duka Mike

Posted: 31 Jul 2016 06:38 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: