Kamis, 28 Juli 2016

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 RSS

Liputan6 : RSS2 Feed


Rahasia Jenderal Sudirman Kuat Gerilya Berbulan-bulan

Posted: 28 Jul 2016 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Jenderal Sudirman memimpin perang gerilya melawan Belanda sejak Desember 1948 hingga Juli 1949. Selama berperang, ia tidak pernah tertangkap tentara Belanda. Hal itu seringkali menimbulkan pertanyaan apakah Pak Dirman memiliki pegangan tertentu atau jimat.

"Asumsi itu muncul karena Sudirman memimpin gerilya dalam keadaan sakit, ditandu, dan berjalan lebih dari 1.000 kilometer," ujar Sardiman, sejarawan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kepada Liputan6.com, Kamis, 29 Juli 2016.

Dia menuturkan dalam sebuah sambutan acara Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pernah menjabarkan rahasia kesaktian Sudirman selama perang gerilya.

Sudirman pernah ditanya oleh anak buahnya soal kesaktiannya. Sudirman menjawab sambil tersenyum bahwa dia tidak pernah gantung wudhu. Artinya dia selalu berwudhu.

Di lain waktu, setiap bertemu dengan penduduk desa, dia selalu minta air di dalam kendi.  Menurut Sardiman, hal itu menerbitkan anggapan jika kekuatan Sudirman terletak pada kendi yang diberikan. Namun, hal itu tidak pernah dikatakan apalagi dibenarkan oleh Sudirman.


Dia juga berprinsip tidak pernah meninggalkan salat dalam keadaan apapun. Jika tidak bisa berdiri, ia salat dalam keadaan duduk. Jika tidak bisa duduk, salat dilakukan dengan berbaring.

"Prinsip lain Sudirman adalah dia selalu ikhlas berjuang untuk rakyat," tutur Sardiman.

Ia juga mengungkapkan ada versi lain soal kesaktian Sudirman, yakni dia selalu membagikan perbekalannya kepada penduduk desa yang kekurangan. Perhiasan istrinya habis terjual untuk dijadikan modal bergerilya.

Semasa muda, kata Sardiman, Sudirman juga rajin berpuasa. Sikap prihatinnya juga tampak ketika dia menghadapi masalah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Dikritik, Jaksa Agung Pastikan Eksekusi Mati Jalan Terus

Posted: 28 Jul 2016 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Agung HM Prasetyo mengakui langkah pelaksanaan undang-undang, eksekusi mati, mendapat banyak kritik dari berbagai pihak. Meski demikian, eksekusi dipastikan akan tetap berjalan.

"Komentar yang cenderung bermakna menyalahkan, mencurigai, dapat saya maknai sebagai sebuah dukungan," kata Prasetyo di Gedung Kejaksaan Agung, Jalan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Jumat (29/7/2016).

"Bahwa eksekusi mati bandar dan pengedar harus tetap dilaksanakan, meski di sisi lain baik di dalam atau di luar ada saja yang memberikan komentar menolak dan sebagainya," dia melanjutkan.

Situasi ini, diakui Prasetyo, kerap muncul dari waktu ke waktu. Utamanya jelang pelaksanaan eksekusi mati.

"Kenyataan tersebut patut diperhatikan, rasanya kita semua paham dan harus memahami bahwa yang benar itu belum tentu baik," ujar Prasetyo.

"Bagaimana pun para pelaku kejahatan narkoba, baik bandar, produsen narkoba, dan penyedia tetap harus dilakukan, ketika yang bersangkutan melalui proses hukum panjang dan ketelitian dan berkekuatan hukum, eksekusi mati tetap harus kita laksanakan," tegas Presetyo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berapa Orang Kaya RI yang Punya Tabungan di Atas Rp 2 Miliar?

Posted: 28 Jul 2016 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat jumlah simpanan dengan nilai saldo di atas Rp 2 miliar meningkat 0,93 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Sekretaris Lembaga Samsu Adi Nugroho menjelaskan dari data tersebut tercatat rekening orang Indonesia yang memiliki saldo di atas Rp 2 miliar dari 221.534 rekening (April 2016) menjadi 223.587 rekening (Mei 2016).

Dijelaskan Samsu, jumlah nominal simpanan yang bersaldo di atas Rp 2 miliar juga meningkat sebesar 0,91 persen (MoM), dari Rp 2.558.378 miliar (April 2016) menjadi Rp 2.581.588 miliar (Mei 2016).

"Berdasarkan jenis simpanannya, giro, tabungan, deposit on call, sertifikat deposito dan deposito, yang jumlah rekeningnya mengalami kenaikan paling tinggi adalah tabungan," kata Samsu dalam keterangannya, Jumat (29/7/2016).

Kenaikannya mencapai 0,89 persen, dari 174.000.704 rekening pada April 2016 menjadi 175.545.218 pada bulan Mei 2016.

Sementara itu, nominal simpanan yang mengalami kenaikan paling tinggi adalah giro, di mana kenaikannya mencapai 2,08 persen. Dari Rp 1.068.540 miliar di bulan April 2016 menjadi Rp 1.090.776 miliar di bulan Mei 2016.

Jika dilihat dari jenis mata uang, jumlah rekening simpanan dalam Rupiah meningkat sementara jumlah rekening dalam Valas menurun. Sama halnya dengan nilai nominalnya, nominal simpanan dalam rupiah meningkat sedangkan nominal simpanan dalam Valas menurun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penggemar Pokemon Go Rela Buru Martabak Pokeball Sampai Serpong

Posted: 28 Jul 2016 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika penggemar Pokemon Go memakai Pokeball untuk menangkap Pokemon yang ditemukannya di jalan. Maka pengusaha martabak Richard memiliki strategi sendiri dalam menangkap para penggemar gim itu untuk menjadi pelanggannya.

Richard melalui usahanya, Martabak Ganteng berinovasi dengan membuat martabak Pokeball. Martabak ini pun langsung bikin penasaran para penggemar Pokemon Go. Mereka rela jauh-jauh datang ke Gadong Serpong, lokasi Martabak Ganteng demi mencicip martabak tersebut.

"Ada yang jauh-jauh datang dari Kepala Gading buat makan martabak Pokeball ke Serpong sini," kata Richard kepada Liputan6.com, Kamis (28/7/2016).

Martabak Ganteng yang sudah didirikannya sejak 2014 itu memang selalu berinovasi mengikuti tren. Dulu ketika film Captain America: Civil War sedang digandrungi, Richard membuat martabak Iron Man dan Captain America.

Kini, martabak Pokeball sedang menjadi primadona. Martabak yang terdiri dari tiga warna itu dibentuk dari bahan-bahan yang diracik sendiri. Misalnya untuk warna putih, Richard menggunakan cream cheese, hitam menggunakan Oreo, dan merah menggunakan red velvet crumble.

"Untuk adonannya sendiri kami gunakan original," kata dia.

Harga yang ditawarkan untuk martabak Pokeball cukup terjangkau yakni Rp 100.000. Bagi pemain Pokemon Go yang telah menangkap Pokemon bernama Pikachu, Martabak Ganteng bahkan menawarkan diskon khusus yakni 15 persen. Tertarik mencoba?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Fakta Menarik Persiba Vs Semen Padang

Posted: 28 Jul 2016 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Balikpapan - Persiba Balikpapan akan menghadapi Semen Padang dalam laga lanjutan pekan ke-13 kompetisi Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo, di Stadion Persiba, Balikpapan, Jumat (29/07/16) sore WIB.

Jelang laga kedua tim sedang berada dalam kondisi mental yang baik. Persiba dan Semen Padang sama-sama meraih hasil positif dalam dua laga terakhir di TSC 2016.

Beruang Madu meraih satu kemenangan atas Persija Jakarta 1-0 di Stadion Persiba. Sedangkan di laga terakhir anak asuh Jaino Matos sukses menahan imbang 1-1 ketika bertandang ke markas Persipura Jayapura di Stadion Mandala.

Sementara Semen Padang juga mencatatkan hasil positif setelah bermain imbang tanpa gol kontra Pusamania Borneo FC di Stadion Segiri. Teranyar, Kabau Sirah meraih kemenangan telak 4-0 atas Persib Bandung di Stadion H. Agus Salim.

Namun sebelum menyaksikan laga seru antara Persiba kontra Semen Padang, ada baiknya menyimak 7 fakta menarik yang telah dirangkum oleh Liputan6.com berikut ini:

1. Kemenangan 4-0 Semen Padang atas Persib Bandung adalah skor terbesar yang didapatkan Kabau Sirah pada gelaran TSC 2016.

2. Persiba memiliki rekor apik di kandang setelah hanya mengalami satu kekalahan dari enam pertandingan. Kekalahan tersebut didapat Beruang Madu ketika takluk 0-2 dari Bhayangkara Surabaya United.

3. Semen Padang tidak pernah meraih kemenangan dalam dua laga tandangnya di Kalimantan. Kabau Sirah hanya mampu menahan imbang Barito Putera 1-1 dan Pusamania Borneo FC tanpa gol.

4. Kedua klub telah bertemu sebanyak tiga kali sejak tahun 2010. Dari ketiga laga tersebut kedua tim sama-sama meraih satu kemenangan dan satu hasil imbang.

5. Dua striker dari kedua kesebelasan, Shohei Matsunaga dan Marcel Silva Sacramento bersaing ketat di daftar top skorer sementara TSC 2016. Shohei telah mengoleksi tujuh gol, sementara Marcel Silva mengumpulkan enam gol.

6. Persiba tidak mampu meraih kemenangan saat bertanding dengan tim asal Sumatera hingga pekan ke-12 TSC 2016. Beruang Madu hanya mampu menahan imbang tanpa gol Sriwijaya FC.

7. Semen Padang belum mampu mengalahkan Persiba di kandangnya sendiri dari total tiga pertemuan kedua tim. Terakhir, Kabau Sirah hanya mampu menahan imbang Persiba dengan skor 1-1 dalam laga Indonesia Super League (ISL) 2010.

(Yosef Deny Pamungkas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyakit Langka Serang Wanita Ini Gara-gara Makan Keju Kambing

Posted: 28 Jul 2016 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah holidaymaker Inggris mengatakan wanita yang diketahui bernama Sam Philpott, 22 tahun telah menggunakan kursi roda karena infeksi bakteri setelah dirinya makan keju di Yunani. Diakui Philpott, dirinya mengonsumsi keju dari kambing yang tidak divaksinasi dalam jumlah besar.

Pada 2013, seminggu setelah dirinya bepergian ke pulau Yunani dengan orangtuanya, Ian 52, dan Tracey 51, Philpott jatuh sakit. Dia menderita migrain, muntah terus menerus, mual, demam, dan badan gemetar.

Kondisi tersebut tak berubah selama tiga tahun. Philpott yang berasal dari Walsall, West Midlands, sekarang ini masih sakit, dan tidak mampu berjalan, dilansir laman The Telegraph, Jumat (29/7/2016).

Dipercaya, wanita muda ini menderita Brucellosis, yaitu infeksi bakteri yang berasal dari hewan, dan dapat menyebabkan gejala seperti flu yang lama.

"Siapa yang tahu bahwa keju yang tidak dipasteurisasi, itu lezat dan telah membawa saya banyak kebahagiaan sesaat.Tapi menyebabkan hidup saya berakhir, bisa mematikan pikiran, dan rasa sakit yang saya derita," ujar Philpott.

Selain itu, Philpott juga menderita fibromyalgia, sebuah kondisi yang ditandai dengan nyeri serta kelelahan yang sangat. Kini ia tengah dirawat dengan kedua penyakit tersebut karena mereka membawa gejala yang sama.

Philpott kini sedang menjalani terapi intravena-infus antibiotik dan suplemen vitamin langsung ke pembuluh darah- setelah sistem kekebalannya ditutup.

Dikatakan Joe Philpott, sang kakak, adiknya menjadi salah satu pasien yang terburuk kondisinya karena penyakit tersebut telah menyebar. "Dokter percaya bahwa dia lebih dari tertular Brucellosis musim panas di Yunani sehingga mereka berpikir hal ini terkait dengan makan keju."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menang Lotre Rp40 M Pria Ini Malah Dipenjara Seumur Hidup

Posted: 28 Jul 2016 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ronnie Music Jr (45) dijatuhi hukuman seumur hidup setelah didakwa bersalah atas investasi uang hasil lotre ke dalam bisnis obat-obatan terlarang. Tak tanggung-tanggung, Ronnie menang lotre dari salah satu permainan di Georgia sejumlah 3000.000 dollar atau setara hampi 40 miliar rupiah.



Dilaporkan odditycentral.com, Ronnie menginvestasikan setengah dari hartanya dan membuat ia menjadi bagian dari pemasok narkoba di wilayah Georgia. Ronnie mendapat ke sejumlah jaringan untuk memasok narkoba jenis methamphetamine.

Karir Ronnie di dunia kriminal kandas setelah rekan sekomplotannya tertangkap saat sedang menujal methamphetamine seberat 11 pon dengan nilai 500.000 dolar. Polisi kemudian menangkap Ronie di markasnya di Ware County dan menyita methamphetamine dengan harga 1000.000 dolar, senjata api, amunisi, dan uang tunia senilai 600.000 dolar.

Jaksa Penuntut Umum, Ed Tarver mengatakan Ronnie kemungkinan akan mendapat vonis hukuman lebih rendah yakni 25 tahun dibanding tuntutan sebelumnya 35 tahun. "Terdakwa Ronnie sedang mencoba peruntungan dengan menginvestasikan uang jutaan dolar dari kemenangan lotre untuk bisnis narkoba," ujarnya.

Sebelum terlibat kasus peredaran narkoba, Ronnie sebenarnya telah keluar masuk penjara. Pada tahun 2003 ia dinyatakan bersalah atas kasus tindak pidana berat, kepemilikan senjata api, dan membuat ancaman teror. Serta pada 2007 ia dijebloskan lagi ke penjara karena kasus kepemilikan senjata api ilegal. Lalu pada tahun 2009, Ronnie ditangkap atas kepemilikan sabu-sabu.

Lalu pada 2015, keberuntungan berpihak kepada Ronnie. Ia memenangkan lotre senilai 40 miliar rupiah, "Saya rajin membeli lotre. Saya tidak percaya waktu saya mendapatkannya," ujarnya.

(War)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Hillary Clinton, Chloe Grace Moretz Tampil Cantik di Konvensi Demokrat

Posted: 28 Jul 2016 09:23 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Verrel Bramasta Resmi Pacari Nasya Marcella

Posted: 28 Jul 2016 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Arti kedekatan Verrel Bramasta dan Nasya Marcella terjawab sudah. Kedua artis sinetron ini diketahui resmi menjalin kasih dan berstatus sebagai pasangan kekasih. Padahal, keduanya selama ini selalu mengelak jika ditanya perihal asmara.

Kepastian resminya putra Venna Melinda dan Ivan Fadilla memacari Nasya Marcella terungkap melalui media sosial Instagram. Ada peran Gracia Indri dan Irfan Hakim yang membongkar status asmara mereka saat ini.

Verrel Bramasta pacaran dengan Nasya Marcella (instagram)

Gracia Indri dan Irfan Hakim kompak memposting foto bersama Verrel Bramasta, Nasya Marcella dan Nadine Waworuntu saat tengah mengisi

Tidak ada komentar: